Rabu, 18 April 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Istri Minta Diceraikan Daus Mini lewat Pesan WhatsApp

Posted: 18 Apr 2018 10:50 PM PDT

Belum lama Daus Mini menikah dengan Rahandini Destia Astrinatri, sang istri saat ini meminta cerai. Rumah tangga Daus Mini terancam hancur.

Daus Mini mengatakan bahwa sang istri gerah dengan pemberitaan yang ada soal hubungan Daus Mini dan Ryana Dewi.

Daus Mini mengatakan bahwa sang istri bahkan meminta cerai lewat pesan percakapan.

"Iya (minta cerai) lewat handpone aja lewat WA, Daus wajar aja sih, mungkin dia lagi emosi. Lagi panas, hatinya lagi galau enggak tenang," ungkap Daus Mini di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (19/4/2018).

Tekanan dari Orang Sekitar

Daus Mini [Photo: Johan Oktavianus]

Daus Mini juga menduga sikap sang istri seperti itu lantaran adanya tekanan dari orang-orang sekitarnya. "Dapat gesekan dari luar. Daus enggak tahu juga kalau ada yang ngomporin dia, jadi emosi sampein ke media dia minta cerai," kata Daus Mini lagi.

 

Niat Ibadah

Daus Mini. (Andy Masela/Bintang.com)

Kendati demikian, Daus Mini menegaskan akan berupaya keras untuk mempertahankan rumah tangganya dengan sang istri.

"Daus tetep mempertahankan rumah tangga Daus. Karena dari awal niatnya mau ibadah, Daus benar-benar jalani hubungan dia tulus dan serius untuk masa depan. Bukannya ngejalanin pernikahan untuk hari ini atau besok tapi mau ke depannya panjang," kata Daus Mini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Magang di BNI? Buruan Cek Infonya di Sini!

Posted: 18 Apr 2018 10:45 PM PDT

Apa Anda mahasiswa D3/S1 yang sedang mencari tempat magang yang sesuai? Ingin magang di salah satu bank besar dan ternama di Indonesia? Yuk, buruan persiapkan diri terbaik Anda karena PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) kembali membuka lowongan magang.

Kali ini, BNI bekerja sama dengan kalibrr.com membuka lowongan magang untuk posisi Testing. Pendaftaran lowongan magang dibuka hingga 20 April 2018.

Mengutip laman resmi milik BNI, Kamis (19/4/2018), berikut deskripsi pekerjaan, persyaratan bagi para pelamar, dan tata cara pendaftaran lowongan magang tersebut:

Testing (Internship)

Tutup Pendaftaran: 20 April 2018

Tingkat Posisi: Magang/OJT

Kategori Pekerjaan: IT dan Software

 

Deskripsi Pekerjaan

Suasana aktivitas di kantor BNI di Jakarta, Selasa (11/8/2015). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Anda akan terlibat dalam Proyek besar IT BNI: "Human Capital Integrated IT System" dan Anda akan bergabung dengan tim spesialis IT BNI yang muda dan berbakat.

Ini adalah kesempatan Anda untuk mengesampingkan portofolio dan pengalaman Anda bekerja di salah satu perusahaan milik negara terbesar di Indonesia.

Uraian Tugas:

- Buat dokumentasi skenario pengujian (aplikasi seluler & web);

- Jalankan pengujian pada aplikasi seluler & web sebagaimana didokumentasikan dalam skenario pengujian dan berikan umpan balik berdasarkan hasil pengujian.

 

Persyaratan

Aktifitas karyawan di kantor BNI di Jakarta, Selasa (11/8/2015). Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk. mencatat hingga semester I/2015 dana kelolaan perusahaan naik 8% . (Liputan6.com/Johan Tallo)

1. Mahasiswa D3/S1 aktif;

2. Mampu mengoperasikan Microsoft Office dan memiliki pengetahuan yang baik di media sosial;

3. Memiliki keterampilan presentasi dan keterampilan komunikasi yang baik;

4. Mampu bekerja, baik dalam tim dan mandiri.

Tata Cara Pendaftaran:

Jika Anda tertarik dan memenuhi persyaratan perusahaan, silakan segera melakukan pendaftaran secara online di sini 

Ingat, pendaftaran lowongan magang hanya dibuka hingga 20 April 2018.

Selamat mencoba dan semoga sukses!

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Champions: Munchen Berambisi Gagalkan Hattrick Real Madrid

Posted: 18 Apr 2018 10:45 PM PDT

Petinggi Bayern Munchen, Karl Heinz Rummenigge, sangat percaya diri jelang leg pertama semifinal Liga Champions 2018. Padahal timnya akan bertemu raksasa La Liga, Real Madrid yang tengah berambisi mencetak hattrick juara turnamen elite antarklub Eropa tersebut. 

Mengadang Los Blancos tentu bukan perkara mudah. Namun Rummenigge percaya kalau Bayern Munchen merupakan satu-satunya tim yang mampu melumpuhkan Los Blancos. Apalagi pada leg pertama, duel akan berlangsung di Allianz Arena, 26 April mendatang. 

"Mengalahkan Real Madrid, kami butuh memenangkan dua pertandingan yang ada. Namun bila ada tim yang bisa melakukannya, itu adalah kami," kata Rummenigge dilansir Marca. 

"Tim kami punya kualitas individu yang besar sekali dan Jupp (Heynckes) telah menyusun potongan-potongan puzzle dengan cara yang luar biasa," ujar Rummenigge menambahkan. 

Bayern melaju ke babak semifinal setelah menyingkirkan wakil Spanyol lainnya, Sevilla. Di leg pertama babak perempat final, Bayern Munchen menang 2-1 atas lawannya. Sedangkan saat tampil di kandang sendiri pada leg kedua, Bayern Munchen ditahan imbang 0-0.

Sementara Real Madrid justru nyaris terjungkal meski di leg pertama sukses menggunduli Juventus 3-0. Meski akhirnya kalah 1-3 pada leg kedua yang berlangsung di Santiago Bernabeu, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan masih bisa lolos dengan agregat 4-3. 

"Tidak ada rasa iri atau egois, hanya semangat tim yang hebat," ujar Rummenigge.

 

 

Semangat Muller

Pemain Bayern Munchen merayakan kemenangan atas Bayer Leverkusen pada laga DFB Pokal di Stadion BayArena, Selasa (17/4/2018). Bayern Munchen menang 6-2 atas Bayer Leverkusen. (AP/Martin Meissner)

Semangat yang sama juga ditunjukkan oleh striker Bayern Munchen, Thomas Muller. Rasa percaya diri Muller meningkat setelah mencetak hattrick saat melawan Bayer Leverkusen pada semifinal DFB Pokal. Dalam duel ini, Bayern Munchen menang dengan skor 6-2.  

"Rasa lapar kami sekarang lebih besar," kata Muller.

"Terlepas dari liga dan dukungan fans yang melihat laga ini, kami belum memenangkan apapun. Itu seperti iklan sepak bola Jerman," beber Muller. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gaya Jokowi Tunggangi Cafe Racer Milik Gibran

Posted: 18 Apr 2018 10:45 PM PDT

Presiden Jokowi menunggangi motor cafe racer milik Gibran di IIMS 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trik Hilangkan Area Hitam di Kulit Leher

Posted: 18 Apr 2018 10:45 PM PDT

Kecantikan kulit wajah adalah hal utama yang dirawat wanita, namun bagaimana dengan leher. Masih banyak yang melupakan perawatan kulit leher sehingga tampilan kurang sempurna. Seperti area hitam ada bagian belakang leher akibat lipatan kulit. Hal ini tentu akan mengganggu penampilan Anda secara keseluruhan.

Untuk menghilangkannya, Anda dapat merawat kulit leher dengan bahan-bahan alami. Seperti dilansir dari situs Boldsky, Kamis (18/4/2018), berikut empat bahan alami yang bisa Anda gunakan saat melakukan pewatan leher, sehingga area hitam terlihat samar dan menghilang secara perlahan.

1. Scrub oatmeal

Oatmeal berfungsi membersihkan dan melembapkan kulit. Anda dapat menggunakan oatmeal sebagai eksfoliator untuk menghilangkan sel kulit mati pada leher. Secara perlahan area hitam pada leher akan memudar dan Anda terlihat lebih bersih dan segar.

 

 

Pepaya dan lemon

Berikut empat trik dan cara menghilangkan area hitam di kulit leher bagian belakang. (Foto: iStockphoto)

2. Pepaya dan lemon

Pepaya adalah salah satu bahan yang efektif menghilangkan area hitam akibat paparan sinar matahari. Anda dapat menggunakan masker pepaya untuk membuat kulit leher lebih cerah dan menghilangkan area hitam tersebut secara perlahan. Lakukan perawatan kulit dengan masker campuran pepaya dan lemon secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Baking soda

Berikut empat trik dan cara menghilangkan area hitam di kulit leher bagian belakang. (Foto: iStockphoto)

3. Baking soda

Baking soda memiliki kandungan yang membantu menghilangkan sel kulit mati. Selain itu antibakteri yang terkandung didalamnya mampu menyamarkan area hitam di kulit leher sehingga terlihat lebih cerah. Aplikasikan baking soda yang telah dicampur air pada area hitam di leher, kemudian bilas hingga bersih.

 

Semangka dan madu

Berikut empat trik dan cara menghilangkan area hitam di kulit leher bagian belakang. (Foto: iStockphoto)

4. Semangka dan madu

Semangka dapat membantu menghilangkan area hitam di kulit leher. Sensasi dingin dari semangka membuat kulit relaksasi. Sementara madu memberikan kelembapan pada kulit sehingga terlihat lebih cerah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Hal yang Bakal Tetap Jadi Misteri Usai Nonton Avengers: Infinity War

Posted: 18 Apr 2018 10:40 PM PDT

Penayangan Avengers: Infinity War tinggal menghitung hari. Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, pada pekan depan, Rabu (25/4/2018), film superhero Marvel ini sudah bisa disaksikan di bioskop seluruh Indonesia.

Tentunya, di Avengers: Infinity War ini penggemar menantikan adegan-adegan para superhero Marvel bekerja sama untuk melawan musuh-musuh barunya yang dipimpin Thanos (Josh Brolin).

Namun, bukan berarti setelah menonton Avengers: Infinity War kita langsung merasa puas begitu saja. Ada beberapa hal yang kemungkinan bisa menjadi ganjalan di pikiran, terutama bagi para pecinta berat superhero Marvel.

Lantas, apa saja hal-hal yang kemungkinan besar bakal masih mengganjal itu? Simak deretannya berikut ini.

Misteri Judul Avengers 4

Avengers: Infinity War. (Marvel Studios)

Avengers: Infinity War memang bakal menjadi penutup trilogi The Avengers yang tayang sejak 2012. Namun, Marvel menggelar proses produksi film ini secara berkesinambungan dengan sekuelnya.

Bicara soal sekuel Avengers: Infinity War, Marvel hingga kini belum mengungkap apa judulnya. Sehingga, banyak yang menyebut filmnya dengan judul "Avengers 4".

Ada kemungkinan, Marvel baru mengumumkan judul film ini beberapa hari atau beberapa bulan setelah Avengers: Infinity War tayang. Jadi, andai itu terjadi, kita harus bersabar untuk mengetahui judul film keempat Avengers.

Fase 4 Marvel Cinematic Universe

Avengers: Infinity War. (Marvel Studios)

Meskipun kita sudah menonton Avengers 4, belum tentu kita mengetahui secara pasti akan seperti apa fase keempat di waralaba Marvel Cinematic Universe nanti.

Ya, sejak film Captain America: Civil War, Marvel mengumumkan bahwa waralaba film mereka sedang memasuki fase ketiga (setelah Ant-Man). Avengers: Infinity War sampai Avengers 4 pun masih dalam tahap itu.

Ditambah lagi, setelah Avengers 4, Sony dan Marvel akan merilis sekuel dari Spider-Man: Homecoming. Jadi, apa saja film-film di fase empat dan seperti apa jadinya nanti, bakal tetap menjadi ganjalan meskipun kita sudah menonton Avengers: Infinity War.

Karakter Tewas

Avengers: Infinity War. (Marvel Studios)

Marvel sempat mengonfirmasi bahwa nantinya bakal ada karakter besar yang tewas di Avengers: Infinity War. Namun, mereka tak membongkar apakah itu salah satu anggota Avengers ataukah beberapa karakter lain yang sudah dikenal sebelumnya.

Meskipun nantinya kita mengetahui siapa karakter yang akan dimatikan di Avengers: Infinity War, tetap saja Marvel meninggalkan ganjalan kepada para penggemarnya. Hal itu akan tetap terjadi seandainya Marvel tak kunjung menjelaskan secara terbuka mengenai apa alasan mereka membunuh karakter tersebut. 

Awal Mula Rumor Silver Surfer

Silver Surfer. (Marvel.com)

Beberapa waktu lalu, tersiar rumor bahwa karakter Silver Surfer yang merupakan bagian dari Fantastic Four akan muncul dalam film ini. Kepastian hadirnya karakter tersebut, tentu baru kita ketahui setelah menonton Avengers: Infinity War. Marvel hingga kini belum mengonfirmasi rumor itu.

Meskipun ada atau tidak Silver Surfer, isu mengenai siapa yang pertama kali menciptakan rumor Silver Surfer dan dari mana asalnya, akan tetap menjadi misteri andai tak ada yang mau mengaku.

Bergabungnya X-Men dan Fantastic Four

Fantastic Four dan X-Men. (Marvel Comics)

Bergabungnya 20th Century Fox dengan Disney, membuahkan harapan fans bahwa X-Men, Fantastic Four, Wolverine, hingga Deadpool bakal tampil bersama Avengers di layar lebar di film-film mendatang.

Tentu saja tak ada hal yang mengindikasikan bahwa karakter-karakter Marvel yang hak cipta filmnya masih dimiliki Fox itu bakal tampil di Avengers: Infinity War.

Sehingga, bakal menjadi ganjalan tersendiri bagi para penggemar mengenai kapan dan di film apa nantinya X-Men, Fantastic Four, dan yang lainnya bakal muncul bersama Avengers.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal Berpenumpang 100 Lebih Karam di Perairan Riau, Baru 4 Orang Diselamatkan

Posted: 18 Apr 2018 10:36 PM PDT

Sebuah kapal berpenumpang kira-kira 105 orang tenggelam di wilayah perairan antara Johor dengan Kepulauan Riau dini hari tadi, Kamis (19/4/2018). Sementara kabar yang terkonfirmasi, baru empat orang yang berhasil diselamatkan.

Komandan Pangkalan TNI AL IV Tanjungpinang Laksama Muda Eko Ribut mengatakan, saat ini dua tim Lantamal IV sedang menuju lokasi. Menurut Eko, ada pula kapal dari Coast Guard Singapura yang turut membantu penyelamatan.

"Saat ini dua tim Lantamal IV sedang dalam perjalanan ke lokasi. 4 orang sudah diselamatkan, kita dapat kabar pukul 08.45 WIB," ujar Eko kepada Batamnews.co.id, Kamis (19/4/2018).

Eko mengaku belum mengetahui nasib para penumpang lainnya. Saat ini Batamnews.co.id juga masih mencari informasi mengenai kabar tersebut. Eko hanya menyebut ada puluhan penumpang lainnya yang masih dicari.

"Ada puluhan orang yang lagi dicari," ujar Eko.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Budi Cahyadi membenarkan kabar buruk tersebut. Namun ia belum mengetahui identitas kapal yang mengangkut penumpang yang diperkirakan berjumlah 100 orang lebih itu.

"Kami dapat informasi dari Coast Guard Singapura," katanya.

Saat ini pihaknya juga mengerahkan satu unit kapal unit kapal KN SAR Purworejo untuk melakukan evakuasi. "Kami lagi melakukan evakuasi. Belum diketahui seperti apa. Nanti kami kabari," ucapnya.

Sementara itu, KPLP Tanjunguban juga mengaku telah mengerahkan KN Sarotama P-112 untuk melakukan penyelamatan. Kapal yang tenggelam itu, diduga mengalami mati mesin dan terombang-ambing.

"Kami dapat kabar insiden ini dari SROP Tanjunguban. Lalu kami terjunkan KN Sarotama dan sudah berada di lokasi yang berjarak 7 mil," ujar Kepala Operasional KPLP Tanjunguban, Sugeng Riono, Kamis (19/4/2018).

Informasi yang diperoleh dari SAR Tanjungpinang dengan sumbernya berasal dari MPA Singapura. Lokasi kejadian berada di  posisi 01.19.049 N dan 104,22.543 E. Di sana tidak hanya KN Sarotama P-112 saja tetapi ada KN SAR 101 Purworejo, Anis Madu, Baladewa.

"KN Sarotama vts center batam memonitor dan berkoordinasi terus. Untuk update informasi akan kami sampaikan lagi," katanya.

Baca berita menarik lainnya dari Batamnews.co.id di sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Miras Oplosan Cicalengka Dirigkus Saat Hendak Pulang Kampung

Posted: 18 Apr 2018 10:31 PM PDT

Geger minuman keras (miras) oplosan baru saja membuat heboh warga Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Total 61 orang meninggal dunia usai menenggak miras oplosan. Ratusan orang dilaporkan dirawat di rumah sakit.

Polisi pun menyita sejumlah barang bukti miras oplosan hingga menetapkan sejumlah tersangka. Salah satu tersangka yang dinyatakan buron adalah bos miras oplosan. Namun, dia baru saja tertangkap di jalur perbatasan antara Provinsi Sumatera Selatan dengan Jambi pada Rabu dini hari, 18 April 2018.

Berdasarkan informasi, bos miras oplosan Cicalengka itu diketahui bernama Syamsuddin Simbolon atau SS. Ia ditangkap jajaran Direskrimsus Polda Jambi Rabu dini hari sekitar pukul 01.00 WIB saat melintas di Desa Mendis Jaya, Kecamatan Bayung Lincir, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

Daerah Bayung Lencir adalah daerah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi.

SS diduga tengah dalam perjalanan melarikan diri menuju kampung halamannya yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Penangkapan bos miras oplosan itu dibenarkan Kapolda Jambi, Brigjen Pol Muchlis AS.

"Dari pengakuan dia (tersangka), akan menuju daerah Sumatera Utara," ujar Muchlis di Mapolda Jambi, Rabu, 18 April 2018.

Usai menangkap sang bos miras oplosan, tersangka langsung diterbangkan menuju Polda Jawa Barat pada Rabu pagi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Korban Tewas Miras Oplosan 61 Orang

Polisi Geledah Rumah Pembuat Miras Oplosan di Cicalengka. Foto: (Huyugo Simbolon/Liputan6.com)

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat (Kapolda Jabar), Inspektur Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto mengatakan jumlah korban yang tewas akibat minuman keras atau miras oplosan maut di wilayah hukumnya hingga saat ini mencapai 61 orang.

"Salah satu hal lain yang berkaitan dengan narkotika itu adalah miras dan hingga saat ini korban meninggal dunia akibat miras oplosan di Jawa Barat bertambah, menjadi 61 orang. Itu hampir dua peleton," ucap Agung, di Bandung, Minggu (15/4/2018), dilansir Antara.

Ditemui usai menjadi pembicara pada talk show kampanye bahaya narkoba yang diadakan oleh Citilink Indonesia-BNN, Kapolda Jawa Barat menjelaskan jumlah korban tewas akibat miras oplosan maut paling banyak ada di Cicalengka, Kabupaten Bandung.

"Jadi 61 orang itu di antaranya ada yang di Cicalengka saja itu 42 orang, di Polrestabes Bandung tujuh, tambahan di Cianjur ada dua orang, di Ciamis satu orang, kemudian di Pelabuhan Ratu, Sukabumi itu ada tujuh orang juga," ujarnya.

Polda Jabar, menurut dia, terus memburu para produsen dan penjual miras oplosan maut karena dampak yang diakibatkan oleh minuman tersebut sudah sangat mengkhawatirkan.

"Kita terus kejar mereka, kita akan kembangkan terus nanti kalau sudah dapat tersangkanya kita bisa kembangkan lagi, kita lihat nanti," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tragis, Jasad Wanita Hamil Ditemukan di Dalam Loker

Posted: 18 Apr 2018 10:30 PM PDT

Polisi menemukan jasad seorang perempuan hamil dalam koper di sebuah loker. Seorang pria berkebangsaan Amerika Serikat kemudian ditangkap terkait hal tersebut.

"Tuduhan pembunuhan diajukan terhadap pria 27 tahun bernama Quentin Neal, di Milwaukee, Wisconsin. Atas kematian Shannon Mani yang berusia 21 tahun dan anaknya yang belum lahir," demikian dilaporkan stasiun berita WDJT seperti dikutip dari New York Post, Kamis (19/4/2018).

Penemuan jasad tersebut terjadi pada Minggu 15 April. Polisi menemukan Mani yang tengah hamil lima bulan, dalam kondisi tewas di loker penyimpanan yang disewa oleh Neal.

Jasad Nona Mani yang tengah hamil ditutupi dengan kantong sampah.

Pencarian Nona Mani bermula dari laporan orangtua yang melaporkan mahasiswa University of Wisconsin-Milwaukee itu hilang pada Jumat 13 April lalu. Ketika itu dia hendak menjemput adik laki-lakinya dari sekolah.

Pihak keluarga Mani juga mengatakan kepada pihak berwenang bahwa perempuan hamil itu tak pernah muncul di tempat kerja beberapa hari belakangan.

Dari laporan tersebut, polisi kemudian melakukan penyelidikan. Mereka mengungkap percakapan dari Apple Watch Nona Mani yang menunjukkan bahwa dia akan mengunjungi apartemen sang kekasih, Neal.

Dari situ lah polisi bergerak mencari si pelaku pembunuhan. Berbekal surat perintah penggeledahan, mereka menggeledah kediaman pacar Nona Mani dan ditemukan jejak darah dalam tempat tinggal tersebut.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

Kronologi Pembunuhan Versi Pengadilan

Ilustrasi kehamilan

Setelah ditangkap, Neal disidang pada Selasa 17 April atas tuduhan pembunuhan yang disengaja, kepemilikan senjata api oleh penjahat dan pembunuhan yang disengaja atas janin yang belum lahir.

Stasiun berita WITI melaporkan, selama wawancara dengan polisi, Neal mengatakan sempat bertengkar dengan Mani di apartemen.

"Terdakwa mengklaim bahwa dia mengacungkan sebuah pistol untuk perlindungannya ke Mani, lalu menuduh wanita itu merebut senjata tersebut dan mengambil pisau dari dapur. Ia menyebut Mani mencoba menarik pelatuk pistol tetapi tidak meledak karena bagian pengamannya masih terkunci," demikian menurut dokumen pengadilan.

Menurut polisi, Neal kemudian mengklaim dia menembak sang kekasih dua kali di kepala dan Mani pun jatuh ke tangga bawah tanah. Dia mengatakan sang kekasih masih berusaha menyerangnya lagi, sehingga ia menikamnya dengan pisau.

Sejauh ini belum diketahui motif pembunuhan tersebut, tetapi Neal mengatakan kepada polisi bahwa terjadi ketegangan dalam hubungan mereka akibat tak direstui orangtua Mani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuplikan Video Penyelamatan Terbaik Pekan 34 Liga Inggris

Posted: 18 Apr 2018 10:30 PM PDT

Ada alasan mengapa kiper Manchester United (MU) David de Gea masuk tim terbaik versi asosiasi Pemain Profesional Inggris dalam empat tahun terakhir.

De Gea kerap melakukan penyelamatan penting yang membantu MU meraih angka.

Salah satunya terjadi pada pekan 34 akhir pekan lalu. Tanpa kesigapannya mementahkan usaha Jake Livermore di bawah mistar, MU bakal menderita kekalahan lebih besar dari West Bromwich Albion.

Penjaga gawang West Bromwich, Ben Foster, juga beraksi gemilang di laga itu kala menghentikan tandukan Romelu Lukaku.

Selain mereka, ada lima kiper lain yang menarik perhatian. Mereka adalah Jonas Lossl (Huddersfield Town), Thibaut Courtois (Chelsea), Wayne Hennessey (Crystal Palace), dan Mathew Ryan (Brighton & Hove Albion), dengan Nick Pope (Burnley) melakukannya dua kali di laga versus Leicester City.

Berikut cuplikan video penyelamatan terbaik pada pekan 34 Liga Inggris:

Cuplikan Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tiba di Kejari Selatan, Fachri Albar Menunduk dan Diam

Posted: 18 Apr 2018 10:30 PM PDT

Aktor Fachri Albar tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktor Fachri Albar tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktor Fachri Albar tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktor Fachri Albar tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktor Fachri Albar tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktor Fachri Albar tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktor Fachri Albar turun dari mobil saat tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktor Fachri Albar turun dari mobil saat tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktor Fachri Albar turun dari mobil saat tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktor Fachri Albar turun dari mobil saat tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktor Fachri Albar tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktor Fachri Albar tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktor Fachri Albar tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktor Fachri Albar tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktor Fachri Albar tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktor Fachri Albar tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktor Fachri Albar tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktor Fachri Albar tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4). Berkas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menjerat aktor Fachri Albar telah dinyatakan lengkap oleh kepolisian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beri Klarifikasi soal Video Panas, Kevin Hillers Tetap Dihujat

Posted: 18 Apr 2018 10:30 PM PDT

Nama aktor Kevin Hillers mendadak ramai menjadi pembicaraan publik. Hal ini terjadi setelah beredar video mesranya dengan Lucinta Luna. Dalam video singkat yang tersebar di media sosial terlihat sosok pria yang diduga Kevin Hiller bersama wanita yang diduga Lucinta Luna.

Setelah viralnya video tersebut, Kevin Hillers membuat klarifikasi lewat video yang ia unggah ke Instagram pada Selasa (17/4/18) kemarin.

Dalam video klarifikasinya, aktor yang pernah bermain dalam GGS Return tersebut mengatakan bahwa dirinya tak tahu kalau yang ia lakukan itu terekam kamera.

Kevin Hillers juga mengatakan bahwa dirinya merasa dijebak dan mengaku ia hanyalah korban. Namun, walaupun ia sudah memberikan klarifikasi, banyak warganet tetap menghujatnya.

Berbelit-belit

Kevin Hillers (Instagram/kevin_hilers)

Banyak warganet menilai, walaupun Kevin sudah mengeluarkan klarifikasi, hal itu tidak menutupi bahwa dirinya memang mempunyai hubungan dengan Lucinta Luna sebelumnya. Banyak juga warganet yang menilai bahwa klarifikasi ini terlalu berbelit-belit.

Warganet Geram

Kevin Hillers (Instagram/kevin_hilers)

"Dah menikmati blng korban, ngomong aja numpang tenar mas fatah. Sblm nya pada ga knl klo dia ini artis. Lht aja pst bntr wira wiri di undang stasiun tv dpt job." tulis akun @mariaoktha.

"Wkwkwkwk hadeh klarifikasi berbelit belit, koneksi lah, jual hp lah..padahal tinggal bilang "iya itu gue yang nge**** sama LL" kelar kan. Jadi kemane mane bang ngomongnya." tulis akun @1990.boys. 

"BAHAHHAHHAHAHAHA NGAKAK, UDAH NYOBA BARU KLARIFIKASI." tulis akun @fauzanhutaglng.

Bukan Dirinya

Kevin Hillers. foto: Instagram

Sebelumnya, dalam video klarifikasinya Kevin Hillers mengatakan bukan dirinya yang merekam videonya dengan Lucinta Luna, tetapi ia tahu siapa yang merekamnya.

"Saya korban. Saya tidak tahu apa-apa dan saya terjebak dan saya tidak tahu apa-apa dan saya tidak mau bilang siapa yang membuat video tersebut tapi bisa menjadi sebuah bukti," ungkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pencerah Nusantara Dekatkan Akses Layanan Kesehatan di Daerah Tertinggal

Posted: 18 Apr 2018 10:30 PM PDT

Hari Kesehatan Dunia pada 7 April lalu mengusung tema "Health for All" atau "Kesehatan untuk Semua", sebagai komitmen dunia untuk memastikan semua orang, tanpa terkecuali, berhak memperoleh layanan kesehatan yang layak. Komitmen ini telah diadopsi oleh negara-negara anggota PBB, termasuk Indonesia, seiring disepakatinya Deklarasi Alma Ata di tahun 1978.

Deklarasi Alma Ata menitikberatkan peran layanan kesehatan primer sebagai garda terdepan penyediaan akses layanan kesehatan bagi masyarakat. Hal ini dilakukan melalui penerapan delapan pelayanan dasar seperti edukasi kesehatan, peningkatan pelayanan makanan dan gizi, pelayanan kesehatan ibu dan anak serta keluarga berencana.

Sebagai organisasi masyarakat sipil yang berkomitmen untuk turut berkontribusi mewujudkan "Health for All" di Indonesia, Center for Indonesia's Strategic Development Initiatives (CISDI) menegaskan kembali kontribusinya pada pembangunan kesehatan melalui inisiatif kepemudaan, Pencerah Nusantara.

Pencerah Nusantara adalah inovasi CISDI dengan menggerakkan anak muda untuk mendekatkan akses layanan kesehatan ke daerah tertinggal di Indonesia. Setelah melalui proses seleksi yang panjang dengan persaingan yang kompetitif, 26 tenaga kesehatan muda terpilih sebagai Pencerah Nusantara Angkatan VI, dari 5000 lebih pendaftar.

Menkes RI, Prof. Nila Moeloek memberi pembekalan untuk Pencerah Nusantara 6

Pada tanggal 15 April 2017, Pencerah Nusantara resmi dilantik oleh Anindita Sitepu, Direktur Program CISDI. Acara yang dilaksanakan di Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tersebut turut dihadiri Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Moeloek Sp.M (K) yang memberikan pembekalan kepada Pencerah Nusantara.

Dalam pidatonya, Prof. Nila Moeloek menyampaikan rasa bangganya atas dedikasi para pemuda yang rela mengabdi kepada negara demi terciptanya paradigma sehat di daerah terpelosok Indonesia.

Menurut Prof. Nila Moeloek, dalam konteks pembangunan dari hulu ke hilir, kesehatan masih sering dianggap sebagai konsekuensi dari pembangunan fisik, sosial, dan ekonomi.

"Perubahan lingkungan dan kondisi sosial-ekonomi yang terus berubah memengaruhi jenis masalah kesehatan. Di Indonesia, selain masalah kesehatan yang mengikuti perubahan lingkungan, masalah kesehatan dasar di banyak daerah masih belum teratasi."

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia tengah menghadapi meningkatnya angka penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, stroke, dan kanker, yang menjadi penyebab tertinggi kematian di Indonesia.

"Sampai kapan pun masalah kesehatan akan ada namun jenisnya terus berubah," lanjut Prof. Nila Moeloek.

 

Pencerah Nusantara 6 bersama Menkes RI, penasihat CISDI, dan mitra CISDI

Dengan kondisi Indonesia sekarang, komitmen untuk menciptakan "Health for All" masih harus diperjuangkan. Pencerah Nusantara menjadi salah satu pendekatan inovatif yang diharapkan dapat berkontribusi mempercepat pencapaian tujuan tersebut.

"Perubahan yang diinisiasi oleh alumni Pencerah Nusantara bersama dengan Puskesmas diharapkan dapat terus menggerakkan masyarakat agar terlibat aktif dalam pembangunan kesehatan. Terlebih lagi, saat ini model Pencerah Nusantara telah diadopsi oleh Kementerian Kesehatan menjadi program nasional, Nusantara Sehat. Saya sangat berharap, perubahan yang diinisiasi dapat terus berlanjut meskipun Pencerah Nusantara sudah tidak lagi berada di daerah penempatan," ungkap Prof. Nila Moeloek di acara Pengukuhan Pencerah Nusantara.

Dengan membawa harapan serta tanggung jawab yang besar, Pencerah Nusantara Angkatan 6 telah diberangkatkan ke delapan penempatan yang tersebar di Indonesia, yaitu Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Mamuju Utara, Kabupaten Konawe, dan Kabupaten Sumbawa Barat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bahaya, Emak-emak Bonceng Anak sampai Gelantungan

Posted: 18 Apr 2018 10:30 PM PDT

Emak-emak ini membonceng anaknya dengan cara digendong dari samping, sehingga si anak bergelantungan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lonjakan Permintaan Obligasi Indosat Ooredoo Naik 1,5 Kali

Posted: 18 Apr 2018 10:30 PM PDT

Indosat Ooredoo baru saja menerbitkan Obligasi Berkelanjutan II Indosat Tahap III Tahun 2018, dengan rencana awal Rp 2 triliun.

Karena minat investor sangat besar selama masa penawaran obligasi (bookbuilding) yang berlangsung sejak 23 Maret hingga 10 April 2018 di mana permintaan mencapai Rp 3,05 triliun, Indosat Ooredoo memutuskan untuk meningkatkan jumlah emisi final menjadi sebanyak Rp 2,719 triliun.

Obligasi yang diterbitkan sekarang juga diklaim mengalami oversubscribed alias kelebihan permintaan hingga 1,5 kali. Obligasi tersebut merupakan bagian dari penawaran umum berkelanjutan (PUB) senilai Rp 9 triliun yang sudah dimulai sejak 2017 lalu.

Dev Rachman selaku Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, menjelaskan penerbitan Obligasi Berkelanjutan II Indosat Tahap III Tahun 2018 diterima positif oleh pasar.

"Dana hasil penerbitan obligasi itu bakal digunakan untuk refinancing," ujar Deva kepada Tekno Liputan6.com dalam keteringan resminya, Kamis (19/4/2018).

Obligasi emiten dengan kode saham ISAT tersebut memiliki peringkat idAAA dari Pefindo. Obligasi Berkelanjutan II Indosat Tahap III Tahun 2017 ini memiliki beberapa jangka waktu yaitu Seri A selama 370 hari, Seri B selama 3 tahun, Seri C selama 5 tahun, Seri D selama 7 tahun, dan Seri E selama 10 tahun.

Tingkat suku bunga (coupon) terdiri atas Seri A sebesar 6,05% per tahun, Seri B sebesar 7,40% per tahun, Seri C sebesar 7,65% per tahun, Seri D sebesar 8,20% per tahun, dan Seri E 8,70% per tahun.

Indosat Ooredoo mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 2,8% menjadi Rp1,1 triliun pada 2017. Kenaikan laba bersih ditopang pertumbuhan pendapatan dan berbagai inisiatif Perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasional, transformasi bisnis dan organisasi, marketing produkyang agresif, serta efisiensi beban keuangan.

Dengan strategi itu, operator yang identik dengan warna merah dan kuning tersebut berhasil membukukan pertumbuhan kuat dan positif selama tahun 2017, memantapkan posisinya sebagai operator telekomunikasi kedua terbesar di Indonesia.

Selama tiga tahun berturut-turut Indosat Ooredoo telah berhasil membukukan pertumbuhan positif yang menggembirakan.

Pertumbuhan Semakin Sehat

Joy Wahyudi, CEO dan Presiden Direktur Indosat Ooredoo. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Pertumbuhan pendapatan Indosat Ooredoo pada 2017 semakin sehat dan stabil sebesar 2,5 persen menjadi Rp 29,9 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan pendapatan utamanya didukung oleh pertumbuhan pendapatan segmen B2B atau MIDI hampir 10 persen dan seluler sebesar 1,7 persen.

Hal ini menunjukan konsistensi perusahaan yang fokus pada strateginya dan keberhasilan menjalankan program transformasi operasional dan organisasi selama 2017.

Untuk mendukung ekspansi dan strategi ke depan, Indosat Ooredoo akan terus menambah jumlah BTS dan meningkatkan layanan kepada pelanggan.

Pembangunan BTS Tambahan

Base Transceiver Station (BTS) milik Indosat. (Doc: Indosat Ooredoo)

Indosat Ooredoo telah membangun 4.874 BTS tambahan dibandingkan tahun sebelumnya, dimana 51% di antaranya merupakanBTS 4G untuk menunjang pertumbuhan penggunaan data yang sangat tinggi.

Total jumlah BTS Indosat Ooredoo pada akhir tahun 2017 adalah 61.357 BTS.

"Indosat Ooredoo sangat serius melakukan ekspansi bisnisnya terutama di luar Jawa. Hal ini ditunjukkan dengan penambahan investasi dan CAPEX perusahaan menjadi sebesar Rp 8 Triliun untuk 2018. Peningkatkan CAPEX ini merupakan wujud keseriusan perusahaan dalam mengeksekusi strategi perusahaan dalam meningkatkan kualitas jaringan, terutama di luar Jawa," tutup Deva.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Libur Lebaran 2018 Ditambah, Cek Daftar Lengkapnya!

Posted: 18 Apr 2018 10:29 PM PDT

Pemerintah menetapkan perubahan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018. Hal ini seiring ditambahnya cuti bersama libur lebaran 2018 sebanyak 3 hari, dari semula 4 hari menjadi 7 hari.

Ini tertuang dalam Lampiran Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 223 Tahun 2018, Nomor 46 Tahun 2018, Nomor 13 Tahun 2018.

Keputusan tersebut mengubah keputusan-keputusan sebelumnya, yaitu Nomor 707 Tahun 2017, Nomor 256 Tahun 2017, Nomor 01/SKB/Menpan-RB/09/2017 Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018.

Menurut Keputusan Bersama tersebut, perubahan ini dibuat dalam rangka efisiensi dan efektivitas hari kerja serta memberi pedoman bagi instansi pemerintah dan swasta dalam melaksanakan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018.

Dalam SKB Tiga Menteri bernomor 223/2018, nomor 46/2018, dan nomor 13/2018, menyebutkan bahwa Cuti Bersama Idul Fitri 1439 Hijriah bertambah dua hari sebelum lebaran, yaitu tanggal 11 dan 12 Juni, dan sehari sesudah lebaran, yakni tanggal 20 Juni.

Dengan demikian, Cuti Bersama menjadi tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni 2018. Libur Idul Fitri sendiri jatuh pada tanggal 15-16 Juni 2018 di hari Jumat dan Sabtu.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar lengkap Hari Libur Nasional beserta Cuti Bersama Tahun 2018:

Hari Libur Nasional Tahun 2018

Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

1. Tanggal 1 Januari: Tahun Baru 2018 Masehi

2. Tanggal 16 Februari: Tahun Baru Imlek 2569 Kongzili

3. Tanggal 17 Maret: Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940

4. Tanggal 30 Maret: Wafat Isa Al Masih

5. Tanggal 14 April: Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW

6. Tanggal 1 Mei: Hari Buruh Internasional

7. Tanggal 10 Mei: Kenaikan Isa Al Masih

8. Tanggal 29 Mei: Hari Raya Waisak 2562

9. Tanggal 1 Juni: Hari Lahir Pancasila

10. Tanggal 15-16 Juni: Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah

 

Selanjutnya

Liburan akhir tahun sebentar lagi dimulai. Pasti enggak mau kan kalau sampai sakit pas liburan? Yuk, jalani 4 tips ini biar terus sehat!

11. Tanggal 17 Agustus: Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

12. Tanggal 22 Agustus: Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah

13. Tanggal 11 September: Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah

14. Tanggal 20 November: Maulid Nabi Muhammad SAW

15. Tanggal 25 Desember: Hari Raya Natal

Cuti Bersama Tahun 2018

1. Tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni: Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah

2. Tanggal 24 Desember: Hari Raya Natal

 

Hore! Cuti Bersama Ditambah 3 Hari, Libur Lebaran 11-20 Juni 2018

Berkah Ramadan, PNS Cuti Bersama Idul Fitri Lebih Awal. (Ilustrasi: thomascooperlaw.com)

Pemerintah menambah cuti bersama Idul Fitri dengan melalui perubahan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018. SKB itu memutuskan perubahan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri dari sebelumnya 4 hari, menjadi 7 hari.

Dikutip dari laman KemenPANRB, Rabu (18/4/2018), dalam SKB Tiga Menteri yang ditetapkan tanggal 22 September 2017 lalu, cuti bersama Idul Fitri ditetapkan pada tanggal 13, 14, 18, dan 19 Juni 2018.

Dalam SKB Tiga Menteri bernomor 223/2018, nomor 46/2018, dan nomor 13/2018, cuti bersama Idul Fitri 1439 Hijriah bertambah dua hari sebelum lebaran yaitu tanggal 11 dan 12 Juni, dan sehari sesudah lebaran yakni tanggal 20 Juni.

Cuti bersamanya menjadi tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19 dan 20 Juni 2018. Libur Idul Fitri sendiri jatuh pada tanggal 15-16 Juni 2018 di hari Jumat dan Sabtu. 

"Tambahan cutinya tanggal 11, 12 dan 20 Juni," ujar Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dalam penandatanganan SKB tiga Menteri di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Perubahan SKB itu ditandatangani oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Acara tersebut turut dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legenda MU: Jangan Banyak Gaya, Pogba!

Posted: 18 Apr 2018 10:27 PM PDT

Legenda Manchester United (MU) Paul Scholes kembali mengkritik Paul Pogba. Dia menilai Pogba terlalu banyak pamer skill di atas lapangan sehingga melupakan tugas utamanya.

Kritikan Scholes ini didasarkan pada pertandingan MU melawan West Bromwich Albion, akhir pekan lalu. Pada laga tersebut, Pogba kembali dipercaya sebagai starter oleh Jose Mourinho.

Pogba yang menjadi pahlawan kemenangan di Derby Manchester malah tampil kurang mengesankan sepanjang laga. Alhasil di pertengahan babak kedua ia ditarik keluar oleh Mourinho, di mana sang manajer mengkritiknya seusai laga.

Scholes sependapat dengan Mourinho bahwa Pogba memang layak dikritik. "Saya pikir cara bermainnya seakan tidak menaruh hormat terhadap strategi yang diterapkan manajernya," ujar Scholes kepada BT Sports.

"Saya pikir dia ingin keluar dan menciptakan pertunjukan. Paul Pogba yang sebenarnya bagus dan itulah yang ia butuhkan."

"Namun, kenyataannya apa yang ia melakukan banyak sekali kebodohan. Mereka belum memenangkan laga itu, dan ia malah melakukan hal-hal gila. Ia malah melepaskan banyak umpan-umpan yang buruk dan segalanya benar-benar buruk," tutup mantan gelandang MU tersebut.

Sumber: Bola.net 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasokan Logistik Mengalir ke Korban Gempa Banjarnegara

Posted: 18 Apr 2018 10:25 PM PDT

Usai gempa 4,4 skala Richter (SR) menggucang Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu siang, 18 April kemarin, kini pasokan logistik menjadi kebutuhan mendesak bagi para korban.

""Kita sudah mendorong logistik ke titik pengungsian tapi masih dibutuhkan makanan, air mineral, beras, minyak goreng dan lauk-pauk," kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat yang dihubungi di Jakarta, Kamis (19/4/2018), yang dikutip dari Antara.

Selain logistik, kebutuhan mendesak lainnya adalah alas tidur, peralatan mandi serta peralatan pembersihan lokasi gempa.

Sementara itu, sesaat setelah gempa Banjarnegara terjadi, Kementerian Sosial (Kemensos) segera bertindak dengan mengirimkan makanan, unit dapur umum, truk serba guna, dan Remote Terminal Unit (RTU). Dua titik dapur umum lapangan dibuka di Desa Sidakangen Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara.

Kemensos juga telah membuka posko pengunsian di empat desa. Yaitu di Kecamatan Kalibening yaitu Desa Kasinoman, Desa Kertosari, Desa Plorengan dan Desa Sidakangen.

 

 

 

Jumlah Pengungsi

Gempa Banjuarnegara merusak ratusan bangunan di Kecamatan Kalibening. (Foto: Liputan6.com/SRU RAPI BNA/Muhamad Ridlo)

Dari data sementara, jumlah pengungsi akibat diguncang gempa 4,4 skala Richter (SR) sebanyak 526 kepala keluarga. Atau 2.104 jiwa yang tersebar di sejumlah titik.

Korban gempa pun mulai berjatuhan. Tercatat ada sekitar 21 orang terluka dan dua meninggal dunia. Keduanya atas nama Asep (13), warga Desa Kasinoman dan Ny Kasri (80), warga Dusun Bakalan, Desa Kasinoman.

Gempa di Banjarnegara terjadi, Rabu kemarin, pukul 13.28.35 WIB dengan kekuatan 4,4 SR. Tepatnya di 7,21 Lintang Selatan (LS) dan 109.65 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 4 kilometer.

Selain menimbulkan korban jiwa, gempa juga telah merusak 316 infrastruktur. Dengan rincian, di Desa Kertosari ada sekitar 62 unit, Desa Kasinoman 217 unit, dan Desa Plorengan 37 unit.

Sejumlah fasilitas umum juga mengalami kerusakan, yaitu satu masjid di Desa Plorengan, Desa Kertosari, dan Desa Kasinoman. Dua gedung SMP di Kalibening juga tak luput dari guncangan gempa.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bergaya Anak Motor, Presiden Jokowi Blusukan ke IIMS 2018

Posted: 18 Apr 2018 10:25 PM PDT

Presiden RI, Joko Widodo meninjau salah stand mobil yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). IIMS 2018 diselenggarakan hingga 29 April mendatang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo meninjau salah stand mobil yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). IIMS 2018 diselenggarakan hingga 29 April mendatang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau salah stand mobil yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau salah stand mobil yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau salah stand mobil yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau salah stand mobil yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau salah stand mobil yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau salah stand mobil yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo meninjau stand mobil pengangkut yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). IIMS 2018 diselenggarakan hingga 29 April mendatang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo meninjau stand mobil pengangkut yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). IIMS 2018 diselenggarakan hingga 29 April mendatang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo melihat salah satu motor customs yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). 38 merek kendaraan dipamerkan di IIMS 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo melihat salah satu motor customs yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). 38 merek kendaraan dipamerkan di IIMS 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo (kedua kanan) melihat salah satu stand motor customs yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). 38 merek kendaraan dipamerkan di IIMS 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo (kedua kanan) melihat salah satu stand motor customs yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). 38 merek kendaraan dipamerkan di IIMS 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo menaiki salah satu motor customs yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). IIMS 2018 diselenggarakan hingga 29 April mendatang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo menaiki salah satu motor customs yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). IIMS 2018 diselenggarakan hingga 29 April mendatang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melihat salah satu motor customs yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melihat salah satu motor customs yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melihat salah satu motor customs yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melihat salah satu motor customs yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melihat salah satu motor customs yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden RI, Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melihat salah satu motor customs yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Revisi UU Perkawinan Perlu Kajian Mendalam

Posted: 18 Apr 2018 10:25 PM PDT

Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong mengakui ada dukungan dan harapan masyarakat untuk merevisi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Untuk itu, Komisi VIII DPR minta kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) untuk melakukan kajian yang mendalam dari aspek sosiologis, filosofis, politis juga aspek legalitasnya.

"Perlu kehati-hatian dalam membahas regulasi itu karena banyak juga masyarakat yang mengaku resistensi terhadap perubahan UU. Sementara masih ada yang menganggap UU itu masih relevan untuk dijadikan acuan dalam rangka mengatur nikah, talak, rujuk," kata Ali Taher usai memimpin Raker Komisi VIII dengan Menteri PPPA Yohana Yambise di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Politisi Partai Amanat Nasional itu berharap, kajian mendalam itu dilakukan pemerintah bersama pemangku kepentingan lain. Jadi lanjutnya, tidak hanya Kemen PPPA, tapi juga Kementerian Agama, Kementerian Hukum dan HAM, dan kementerian terkait lainnya

"Ada beberapa ketentuan tentang batas usia anak. Dalam UU Perkawinan batas usia perempuan 16 tahun, laki-laki 17 tahun atau yang sudah menikah. Namun faktanya, ada yang setelah menstruasi, sudah bisa nikah," imbub Ali Taher.

Karena itu pula, perlu dikaji secara mendalam dari aspek sosiologis. UU lahir menurut Ali Taher dalam teorinya ada dua, karena kebutuhan akan perlu jaminan dan perlindungan serta kepastian hukum, tetapi di sisi lain juga bisa sebagai rekayasa politik, meski hal itu wajar.

"Hanya seberapa jauh kebutuhan itu harus dikaji dengan topangan dari riset-riset kementerian terkait. Idealnya berapa untuk pernikahan dini, kalau pengertian wanita dewasa itu ada yang 18 tahun ada yang 19 tahun dan perdata 21 tahun. Karena itu yang mau disoroti dari sisi apa, karena anak bagi konsep sosiologi Indonesia itu  anak bisa menjadi potensi ekonomi," paparnya.

Lebih lanjut Ali Taher menjelaskan, bagi masyarakat pertanian dimana-mana, anak menjadi potensi ekonomi. Seberapa besar kesadaran itu yang perlu dibangun bersama-sama,  maka sebelum itu DPR mendorong Kemenag dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar wajib belajar itu didorong terus menerus, supaya anak-anak bersekolah.

"Itu dulu yang perlu didorong. Ini kan anak-anak enggak sekolah, tidak ada kegiatan. Lalu pikiran orang tuanya cuma satu, dari pada menjadi beban ekonomi, lebih baik dikawinkan saja," kata Ali Taher menambahkan.

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didatangi Ridwan Kamil, Warga Bantargebang Curhat

Posted: 18 Apr 2018 10:22 PM PDT

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut satu Ridwan Kamil mengunjungi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang di Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan Kamil mendapatkan aduan jika uang kompensasi bau sampah belum cair dari DKI Jakarta.

"Hari ini jadwal kami di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. Salah satu yang kami kunjungi adalah TPA Bantargebang yang merupakan TPA yang sudah kritis," ujar Ridwan Kamil di TPST Bantargebang, Kamis (19/4/2018).

Dalam kunjungannya itu, menurut pria yang karib disapa Kang Emil ini, warga yang bermukim di sana mengadukan, uang kompensasi Rp 200 ribu per bulan setiap tiga bulan belum cair.

"Warga mengeluhkan biaya kompensisasi tidak lancar, sampai bulan empat ini hak mereka belum dibayarkan. Padahal, mereka ini yang harus kita bantu masalah kesehatannya dan lainnya," ucapnya.

Menurut Kang Emil, warga di sekitar TPST Bantargebang yang paling terdampak dengan keberadaan tempat pembuangan akhir tersebut. Selain itu, kata dia, warga juga mengadukan bahwa kondisi TPST Bantargebang sudah overload.

"Tentulah di level tinggi kita akan putusakan secepatnya," ucap Ridwan Kamil.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Uang Kompensasi

Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat bertemu warga Eks Jatigede (Istimewa)

TPST Bantargebang merupakan milik DKI Jakarta. Setiap harinya ada 7.000 ton sampah warga Ibu Kota dibuang ke tempat pembuangan akhir seluas 110 hektar yang ada di Kota Bekasi, Jawa Barat, itu.

Sekitar 18 ribu warga yang bermukim di tiga kelurahan, yaitu Kelurahan Sumurbatu, Cikiwul, dan Ciketing Udik. Mereka pun diberi kompensasi bau sampah berbentuk uang bantuan langsung tunai.

 

Reporter : Adi Nugroho

Sumber  : Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS Bakal Survei Potensi 82 Ribu Desa pada Mei

Posted: 18 Apr 2018 10:20 PM PDT

Badan Pusat Statistik (BPS) kembali menggelar pendataan Potensi Desa (Podes) pada 2 Mei hingga 31 Mei. Jumlah desa yang akan masuk survei sebanyak 82 ribu yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun ini.

Kepala BPS Kecuk Suhariyanto mengatakan, pendataan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sebanyak tiga kali dalam 10 tahun. Di mana, tujuan untuk memetakan informasi mengenai infrastruktur, potensi ekonomi dan sosial, potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang dimiliki oleh desa.

"Tahun 2018 kita nanti mengcover seluruh desa dan kelurahan 82 ribu, semua kita datangi satu-satu. Nanti kita lihat berapa desa yang bergeser dari tertinggal ke berkembang. Berkembang kemudian menjadi mandiri dan apakah pekerjaan yang dilakukan pemerintah sudah tercermin di sana," ujarnya di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Suhariyanto melanjutkan, pendataan tersebut juga nantinya akan menggali informasi mengenai seberapa besar dana desa yang digelontorkan pemerintah dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi desa serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Yang kedua nanti kita akan lihat bagaimana dana desa berpengaruh ke pertumbuhan ekonomi dan juga untuk kualitas hidup manusia. Karena kalau kita bicara target pembangunan dan dana pembangunan tidak semata-mata pertumbuhan ekonomi saja. Kualitas hidup manusia menjadi penting," dia menjelaskan.

Dia menambahkan, data Podes juga memegang peranan penting dalam pengalokasian dana desa. Sebab hal tersebut akan mencantumkan data dasar penyusunan indeks kesulitan geografis (IKG) yang kemudian digunakan untuk menentukan alokator dana desa.

"Semakin tinggi kebutuhan data dan informasi ini menjadi tantangan bagi BPS, misalkan Indeks Kesulitan Geografis kita perlu pikirkan. Data desa perlu disediakan setiap tahun, ini jadi tantangan bagi kita bagaimana menyajikannya dengan baik," dia menandaskan.

Reporter: Anggun P Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Kemendes PDTT Optimistis 15 Ribu Desa Tertinggal Terentaskan Tahun Ini

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes) optimistis dari 30 ribu desa tertinggal akan terentaskan sebanyak 15 ribu desa pada 2018. 30 Ribu desa tertinggal itu tersebar di 74.954 desa di nusantara.

"Saya yakin tahun ini kita berhasil mengentaskan lebih dari 15 ribu desa. Kita tunggu hasil yang valid dari sensus data potensi desa 2018 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS)," kata Menteri Eko dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Eko menjelaskan berdasarkan RPJMN hingga 2019, Kemendes menargetkan akan menuntaskan 5.000 desa tertinggal menjadi berkembang dan 2.000 desa berkembang menjadi desa mandiri. Namun dari hasil penelitian IPB dan UGM, sudah lebih 10.000 desa dari 30.000 desa tertinggal telah terentaskan.

"Desa itu kalau kita bantu pasti akan bangkit. Masuknya dana desa yang dikelola oleh desa telah memiliki dampak yang luar biasa dalam pembangunan desa sejak tahun 2015," katanya.

Kemendes PDTT, kata Eko, telah membuat terobosan untuk meningkatkan pertumbuhan desa dan meningkatkan pendapatan masyarakatnya dengan mengarahkan empat program prioritas kepada desa dalam menggunakan dana desanya.

Ke empat program itu, pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), pembangunan embung, pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan pembangunan sarana olahraga.

"Desa-desa itu miskin karena desa itu tidak punya akses pasar. Dengan model prukades ini, kita akan pertemukan antara daerah dengan dunia usaha dan perbankan serta dari kementerian terkait," ujar dia.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiba di Kejaksaan Negeri, Fachri Albar Tampak Segar Bugar

Posted: 18 Apr 2018 10:20 PM PDT

Dua bulan berlalu, penyidik Polres Jakarta Selatan akhirnya resmi melimpahkan kasus narkoba Fachri Albar ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/4/2018). Pelimpahan kasus Fachri Albar ke Kejari sendiri karena berkasnya sudah dinyatakan P21 atau lengkap.

Menurut pantauan Liputan6.com, Fachri Albar tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan sekitar pukul 11.44 WIB. Ia mengenakan setelan kemeja berwarna abu-abu yang dipadukan dengan celana panjang berwarna senada.

Fachri Albar datang tanpa pengawalan ketat kepolisian. Saat ini, kondisi Fachri Albar sendiri tampak lebih segar. Hal ini dibenarkan ayah dua anak itu saat ditanya mengenai kondisi kesehatannya oleh awak media.

"Baik," ujar Fachri Albar yang diikuti dengan acungan jempol kepada para pewarta.

 

Istri Ikut ke Kejaksaan

(Sumber foto: renata711/instagram)

Selisih tujuh menit setelah Fachri Albar memasuki kejaksaan, sang istri, Renata Kusmanto, turun dari mobil mewah berwarna hitam, menyusul suaminya. Renata Kusmanto memang sudah berniat menemani sang suami ke kejaksaan.

 

Ditangkap di Rumah

Fachri Albar (Deki Prayoga/Bintang.com)

Sebelumnya, polisi menangkap Fachri Albar sekitar pukul 07.00 WIB di rumahnya, Serenia Hills, Cirendeu, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, 14 Februari 2018. Fachri Albar ditangkap dengan barang bukti sabu seberat 0,8 gram, serta obat penenang.

 

Jalani Pengobatan

(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Fachri Albar terlebih dahulu menjalani masa tahanan di Polres Jakarta Selatan selama sebih dari seminggu. Namun karena kondisinya terus mengalami penurunan, dia pun dirujuk ke Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Tuntas, Bareskrim Polri Bakal Periksa Facebook Lagi

Posted: 18 Apr 2018 10:19 PM PDT

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri telah meminta keterangan Facebook Indonesia terkait dugaan kebocoran dan penyalahgunaan data pengguna. Namun keterangan pihak Facebook dianggap masih belum cukup.

Kepala Bareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto mengatakan, anak buahnya masih membutuhkan keterangan lanjutan dari Facebook. Karena itu, polisi berencana mengundang kembali penanggung jawab Facebook di Indonesia itu untuk dimintai keterangan.

"Kami mau cari keterangan lagi beberapa orang, ada perwakilan dari FB," ujar Ari Dono di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (19/4/2018).

Hal senada juga disampaikan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto. Polri masih membutuhkan keterangan Facebook sebagai bahan penyelidikan dugaan kebocoran dan penyalahgunaan data pengguna di Indonesia.

"FB kemarin baru datang sekali, sementara sedang memberikan klarifikasi-klarifikasi, tapi belum tuntas. Artinya kami dari Polri mengharapkan ada kerjasama yang baik lah dengan FB," kata Setyo.

Hanya saja jenderal bintang dua itu belum bisa memastikan kapan polisi akan memeriksa Facebook lagi. Sebab Facebook tengah melakukan investigasi internal terkait persoalan yang belakangan menimpanya.

"Ya mereka juga masih minta waktu," ucap Setyo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kesulitan Polri

Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hattari bersama Vice President of Public Policy Facebook Asia Pasific.  Simon Milner menghadiri Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPR di Senayan, Jakarta, Selasa (17/4). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Polri mengundang Facebook Indonesia untuk dimintai keterangan terkait dugaan kebocoran data pengguna. Bukan itu saja, Polri juga memanfaatkan pertemuan ini untuk membahas soal maraknya konten negatif di media sosial tersebut.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, pihaknya tetap butuh penjelasan Facebook meski telah diundang DPR kemarin. Apalagi ada banyak hal yang perlu dibahas Polri dengan Facebook terkait fenomena media sosial di Indonesia.

"Sudut pandangnya Polri berbeda dengan DPR, karena kita tahu FB itu kan digunakan juga untuk menyebarluaskan konten-konten radikal, kita punya data," ujar Setyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (18/4/2018).

Setyo melanjutkan, Facebook sulit diajak bekerja sama dalam memproteksi penyebaran konten negatif di situsnya. Sementara penyebaran konten negatif begitu masif terjadi di Indonesia.

"Contohnya saja ya kemarin ada akun Divisi Humas Polresta Surakarta. Kok ada (akun) Divisi Humas Polresta Surakarta gitu, isinya konten-konten negatif semua," kata dia.

Polri pun meminta Facebook agar akun tersebut di-takedown. Namun respons Facebook lambat dalam penanganan ini.

"Itu kita minta di-takedown saja, tiga hari baru turun. Maka itu susah sekali. Karena mereka menggunakan parameternya parameter di negara AS," tutur Setyo.

Setyo menuturkan, Facebook berpatokan dengan hukum di Amerika Serikat. Kalau menurut pihak Facebook tidak menyalahi aturan di Amerika Serikat, maka konten tersebut dianggap tak bermasalah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Intip Perempuan Arab Saudi Nonton Film di Bioskop

Posted: 18 Apr 2018 10:17 PM PDT

Para pengunjung perempuan berada teater bioskop pertama King Abdullah Financial District Theatre, Riyadh, Arab Saudi (18/4). Mereka antusias menyaksikan pemutaran film blockbuster Hollywood Black Panther. (AP Photo/Amr Nabil)

Para pengunjung perempuan berada teater bioskop pertama King Abdullah Financial District Theatre, Riyadh, Arab Saudi (18/4). Mereka antusias menyaksikan pemutaran film blockbuster Hollywood Black Panther. (AP Photo/Amr Nabil)

Seorang pengunjung perempuan memakan popcorn saat bersiap menyaksikan film Black Panther selama acara gala undangan di King Abdullah Financial District Theatre, Riyadh, Arab Saudi (18/4). (AFP Photo/ Fayez Nureldine)

Seorang pengunjung perempuan memakan popcorn saat bersiap menyaksikan film Black Panther selama acara gala undangan di King Abdullah Financial District Theatre, Riyadh, Arab Saudi (18/4). (AFP Photo/ Fayez Nureldine)

Seorang pengunjung perempuan memakan popcorn saat bersiap menyaksikan film Black Panther selama acara gala undangan di King Abdullah Financial District Theatre, Riyadh, Arab Saudi (18/4). (AP/Amr Nabil)

Seorang pengunjung perempuan memakan popcorn saat bersiap menyaksikan film Black Panther selama acara gala undangan di King Abdullah Financial District Theatre, Riyadh, Arab Saudi (18/4). (AP/Amr Nabil)

Seorang pengunjung perempuan menempati tempat duduk bersiap menyaksikan pemutaran film Black Panther selama acara gala undangan di King Abdullah Financial District Theatre, Riyadh, Arab Saudi (18/4). (AP/Amr Nabil)

Seorang pengunjung perempuan menempati tempat duduk bersiap menyaksikan pemutaran film Black Panther selama acara gala undangan di King Abdullah Financial District Theatre, Riyadh, Arab Saudi (18/4). (AP/Amr Nabil)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Jual Listrik Masih Mahal, RI Belum Lirik Bangun Pembangkit Nuklir

Posted: 18 Apr 2018 10:16 PM PDT

Pemerintah belum melirik nuklir sebagai sumber ‎energi listrik. Alasannya, Biaya Pokok Produksi (BPP) Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) masih tinggi sehingga berpengaruh terhadap harga jual listriknya. 

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)‎ Arcandra Tahar mengakui, ada ajakan untuk Indonesia menggunakan nuklir, sebagai sumber energi pembangkit yang menghasilkan listrik dengan membangun PLTN.

"Banyak yang mengatakan mari nuklir," kata Arcandra dalam sebuah diskusi, di The Dharmawangsa Hotel, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Namun ajakan tersebut tidak langsung diterima. Dia pun membandingkan harga listrik yang dijual dari PLTN. Dari data di lapangan, rata-rata harga listrik dari PLTN mencapai US$ 14 sen per kilo Watt hour (kWh), jauh lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya sekitar US$ 6 hingga US$ 7 sen per kWh.

"Sebagian mungkin salah persepsi, nuklir bisa di US$ 6-7 sen per kWh, tidak. Pembangkit listrik nuklir itu bisa US$ 14 sen per kWH. Ini data di lapangan," paparnya.

Menurut Arcandra, harga listrik dari pembangkit nuklir masih lebih mahal ketimbang Energi Baru Terbarukan (EBT). Sementara pemerintah saat ini sedang berupaya membuat tarif listrik semakin terjangkau. Sebab itu, ‎pemerintah mengatur harga EBT semakin kompetitif, dengan menerapkan kebijakan harga jual listrik dari pembangkit EBT.

Yaitu 85 persen dari rata-rata BPP listrik nasional, untuk jenis Pembangkit Listrik Tanaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), Pembangkit Listrik Tenaga Biomasa (PLTBm), Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) dan Pembangkit Listrik Tenaga Air laut.

Selain terbentur harga listrik yang lebih mahal, pemanfaatan nuklir sebagai sumber energi listrik, dengan membangun PLTN masih menghadapi tantangan.

"Coba lihat mana yang lebih murah pembangkit nuklir atau EBT. Belum lagi kita punya challenges di nuklirnya," tandas Arcandra. 

Butuh Biaya Rp 70 Triliun untuk Bangun PLTN di RI

Selain berbahan baku fosil, Indonesia juga melirik untuk membangun Pembangkit Listrik Negara Nuklir (PLTN), terutama yang berbasis Thorium.

Pemerintah mesti mengeluarkan biaya investasi sekitar Rp 70 triliun untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Namun, hingga saat ini pemerintah belum memutuskan untuk membangun pembangkit listrik tersebut.

Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Djarot S Wisnubroto menerangkan, nominal Rp 70 triliun tersebut mengacu pada pembangunan PLTN di Uni Emirat Arab.

"Untuk membangun bangun PLTN contoh Uni Emirat Arab itu membutuhkan Rp 70 triliun untuk 1 PLTN berdaya 1.400 MW," kata dia dalam acara Teknologi Nuklir Modern: Workshop untuk Media di Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Dia mengatakan, harga jual listrik dari PLTN cukup kompetitif. Hal itu berdasarkan perhitungan PT PLN.

"Harga listrik PLN pernah hitung 6-8 sen dolar per kwh jadi mungkin cukup kompetitif," tambah dia.

Dia menerangkan, terkait kesiapan membangun PLTN, Indonesia telah memiliki modal. Modal itu berupa perguruan tinggi yang memiliki pembelajaran soal nuklir. Sebut saja Universitas Gadjah Mada (UGM), Intitut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI).

Terkait wilayah, dia bilang Batan telah melakukan studi di beberapa daerah Indonesia. Salah satu acuan tempat yang layak untuk pembangunan PLTN ialah wilayah tersebut harus minim potensi gempa.

"Yang sudah dilakukan studi tapak itu Jepara, Bangka. Yang punya keinginan Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Otoritas Batam," imbuh dia.

Dari sisi teknologi, dia menuturkan Indonesia bisa mengadopsi dari beberapa negara lain yang telah memiliki PLTN.

"Dari sisi lokasi kita sudah melakukan studi tapak di beberapa lokasi, tinggal pilih mana, dari sisi teknologi otomatis bisa adopsi Rusia, Jepang, Korea, Tiongkok atau Amerika," tukas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Jadwal Barcelona Vs Real Madrid, El Clasico Terakhir Musim Ini

Posted: 18 Apr 2018 10:15 PM PDT

Persaingan Barcelona dan Real Madrid mengejar gelar juara La Liga musim ini boleh dikatakan sudah antiklimaks. Jarak kedua tim terlalu jauh, di mana Barcelona berada di puncak dengan 83 poin dan Real Madrid masih di urutan ketiga dengan raihan 68 poih. 

Hasil imbang yang diraih Real Madrid saat menjamu Athletic Bilbao Kamis dinihari WIB juga membuat peluang mengejar Blaugrana semakin tertutup. Sebab memenangkan lima laga tersisa saja belum menjadi jaminan bagi Los Blancos bisa merebut tampuk juara dari Barcelona

Meski demikian, bukan berarti persaingan musuh bebuyutan ini sudah berakhir. Sebelum La Liga musim 2017/18 berakhir, kedua tim masih berhadap-hadapan di atas lapangan. 

Sebelumnya, La Liga, Javier Tebas, sempat mengumkan bahwa El Clasico ini akan berlangsung pada 27 Februari 2018. Namun hingga hari H, laga tak juga berlangsung. 

Akun Twitter La Liga seperti dilansir AS akhirnya mengumumkan jadwal El Clasico tersebut. Duel panas akan berlangsung di markas Barcelona, Camp Nou ini akan berlangsung pada Minggu, 6 Mei pukul 20.45 waktu setempat atau Senin, 7 Mei pukul 01.45 WIB. 

 

 

 

Ajang Balas Dendam

Ekspresi penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Barcelona dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (23/12). Pada El Clasico itu Ronaldo dan timnya kalah telak dikandang sendiri. (AP Photo/Paul White)

Sementara itu, Real Madrid pada El Clasico jilid I di La Liga, babak belur saat menjamu Barcelona di Santiago Bernabeu, 23 Desember 2017. Dalam duel ini, Los Blancos menyerah 0-3. Masing-masing gol Barcelona dicetak oleh Luis Suarez, Lionel Messi, dan Aleix Vidal.

Karena itu, pertandingan yang akan berlangsung di Camp Nou nanti menjadi ajang untuk membalas kekalahan tersebut. Selain itu, kemenangan setidaknya bakal sedikit mengobati kekecewaan para pendukung Los Blancos atas kegagalan meraih trofi La Liga musim ini. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Diskotek Exotic Resmi Ditutup Pemprov DKI

Posted: 18 Apr 2018 10:15 PM PDT

Diskotek Exotic resmi ditutup oleh Pemprov DKI Jakarta. Diduga ada pelanggaran izin usaha yang dilakukan Exotic.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepercayaan Diri Remaja Perempuan Indonesia Masih Rendah. Apa Solusinya?

Posted: 18 Apr 2018 10:10 PM PDT

Kepercayaan diri rendah masih menjadi masalah yang cukup memprihatinkan di kalangan remaja perempuan Indonesia. Masih banyak remaja perempuan yang menjadikan kecantikan sebagai akar kecemasan mereka, bukan sumber kepercayaan diri.

Dove Girl Beauty Confidence Report menunjukkan bahwa 54 persen remaja perempuan di dunia tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Bahkan, 7 dari 10 remaja di Indonesia menarik diri dari aktivitas-aktivitas penting di kehidupan karena tidak percaya diri dengan penampilan. Mereka enggan berkumpul bersama teman dan keluarga, mengikuti kegiatan kelompok, serta aktivitas yang dapat membantu mereka meraih potensi terbaiknya.

Keadaan tersebut semakin diperparah dengan kemudahan mengakses media sosial yang memungkinkan remaja melihat iklan atau foto-foto perempuan cantik di mana saja dan kapan saja. Terlebih lagi, usia remaja merupakan masa di mana seseorang sangat terpengaruh dengan pendapat dari luar.

Menurut Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan, Kreatifitas, dan Kebudayaan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Elvi Hendrani, pola asuh yang kurang tepat dari orangtua juga berpengaruh besar dalam menurunkan kepercayaan diri anak.

"Di rumah kreatifitasnya (anak) tidak boleh terlalu macam-macam. Padahal, pengakuan terhadap kreatifitas anak yang kadang-kadang dianggap nyeleneh itu justru adalah bentuk kepercayaan orangtua untuk meningkatkan harkat dan kepercayaan diri anak-anak," ujarnya, saat menjadi narasumber Dove Self-Esteem Project School Workshop di SMAN 74, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Elvi melanjutkan, mendapat pengakuan dari peer group merupakan hal penting bagi remaja. Namun, lebih penting pengakuan dari orangtua dan guru.

Dirinya pun berharap orangtua membiarkan anak berkreasi dan membina mereka ketika melakukan kesalahan, bukan melarang atau memarahi. Lebih lanjut, Elvi juga mengharapkan sekolah menjadi 'rumah' kedua yang mendampingi anak meningkatkan kepercayaan diri dengan tidak mendiskriminasi anak dan mengakomodasi kreatifitas mereka.

"Banyak sekali hal-hal di sekolah yang menekan anak dan menurunkan kepercayaan diri anak. Mulai dari tidak dipercaya, sehingga salah sedikit dihukum. Padahal kalau dihukum itu kejahatan, kalau kesalahan harus dibetulkan. Ketika anak dihukum, itu menurunkan kepercayaan diri anak," ucap Elvi.

Sebagai solusi untuk meningkatkan kepercayaan diri anak, imbuhnya, sebaiknya sekolah meminta anak melakukan hal yang seharusnya dilakukan. Misalnya, ketika anak buang sampah sembarangan, daripada menghukumnya berdiri di tengah lapangan, lebih baik minta siswa membuang sampah ke tempatnya.

Semangat Kartini

Dalam rangka menyambut Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April, Elvi juga ingin mengingatkan kepada remaja perempuan tentang kesetaraan gender. Ia percaya bahwa remaja perempuan bisa mengerjakan semua pekerjaan laki-laki, jadi kepercayaan dirinya harus meningkat.

Elvi Hendrani & Ira Noviarti saat menjadi narasumber Dove Self-Esteem Project School Workshop di SMAN 74, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Personal Care Director Unilever Indonesia, Ira Noviarti, juga mengingatkan para remaja perempuan untuk menjalani semangat Kartini yang sering menginspirasi orang lain.

"Digital power harus bisa dimanfaatkan untuk menginspirasi perempuan-perempuan lain, termasuk teman sendiri," kata dia, dalam acara sama.

Ira mengatakan, tak harus sukses untuk bisa menginspirasi orang lain. Menurutnya, menghibur teman yang sedang sedih atau menyemangati teman pun sudah termasuk dalam menginspirasi orang lain. 

Spesial dalam menyambut Hari Kartini, Dove memang ingin mengingatkan para remaja perempuan tentang pentingnya memaknai semangat Kartini untuk menjadi percaya diri, menyadari bahwa semua perempuan itu spesial dalam cara berbeda, dan setiap perempuan itu cantik. Hal ini dilakukan Dove melalui Dove Self-Esteem Project, sebuah program edukasi kepercayaan diri bagi remaja perempuan.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2004, Dove telah membantu lebih dari 20 juta remaja secara global untuk membangun kepercayaan dirinya. Di Indonesia sendiri, Dove telah membantu lebih dari 140.000 remaja hingga akhir tahun 2017. Merek produk personal care ini menargetkan 40 juta remaja secara global yang akan dibantu hingga 2020.

"Dove melihat ke depan tekanan sosial semakin tinggi. Sekarang remaja perempuan terpapar dengan brand dan perempuan cantik setiap saat. Melihat hal ini, Dove bersama ahli body image membuat program edukasi supaya anak bisa meningkatkan kepercayaan diri dan memaksimalkan potensinya," ucap Ira.

Sebagai penutup, ia mengingatkan bahwa kepercayaan diri merupakan modal awal untuk mengembangkan potensi. Jadi, bila ingin sukses, remaja harus memiliki kepercayaan diri tinggi.

 

 

(ADV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Rilis, Album Jepang Terbaru SHINee Meledak di 15 Negara

Posted: 18 Apr 2018 10:10 PM PDT

Kepergian Jonghyun meninggalkan duka mendalam bagi SHINee dan para penggemar. Namun kesedihan itu tidak serta merta membuat SHINee berhenti berkarya.

Rabu (18/4/2018) SHINee merilis album Jepang terbaru mereka bertajuk The Best From Now On. Dilansir dari Allkpop, Kamis (19/4/2018), album ini berisi 20 lagu SHINee, termasuk yang terbaru yakni "From Now On".

Lagu-lagu yang terdapat di album The Best From Now On masih dinyanyikan SHINee dengan lima personel atau saat Jonghyun masih hidup. Misalnya "Your Number" dan "Get Treasure".

Sebagian di antaranya ada lagu lama yang Onew, Jonghyun, Key, Minho, dan Taemin nyanyikan dalam bahasa Jepang. Seperti "Replay," "Sherlock," "Lucifer," dan "Everybody".

Laku Keras

Album terbaru SHINee The Best From Now On. [foto: instagram/shinee_jp_official]

Diwartakan Soompi, Rabu (18/4/2018), album The Best From Now On berhasil menduduki puncak tangga album harian di situs statistik musik terbesar di Jepang, Oricon. Pada saat itu, album SHINee tersebut sudah terjual sekitar 62.630 unit.

Setelah resmi dirilis, album The Best From Now On juga sukses menduduki posisi nomor satu untuk kategori Top Album di iTunes seluruh dunia.

 

Meledak di 15 Negara

SHINee [foto: instagram.com/shinee_jp_official]

Pada Kamis (19/4/2018) pukul 9 pagi waktu Korea, album SHINee ini juga berada di peringkat teratas iTunes di 15 Negara. Termasuk Jepang, Rumania, Chili, Peru, Qatar, Thailand, Hong Kong, Arab Saudi, Taiwan, Malaysia, Singapura, Indonesia, Sri Lanka, Filipina, dan Uni Emirat Arab.

Hampir semua lagu yang ada di album ini untuk pertama kalinya dinyanyikan secara langsung oleh SHINee di konser yang mereka gelar Februari 2018 lalu usai kematian Jonghyun.

 

Bersinar di Jepang

Lima menara di Jepang ikut merayakan kesuksesan album terbaru SHINee

Sebagai bentuk perayaan, lima menara di Jepang serentak menyalakan lampu dengan warna resmi SHINee yakni pearl aqua. Yakni Menara Tokyo, Menara Televisi Sapporo, Menara Televisi Nagoya, Menara Kobe Port, dan Menara Fukuoka.

Key SHINee mengungkapkan kebahagiaannya dengan mengunggah foto kelima menara tersebut ke akun Instagram pribadinya. "Shinee lights in japan #fromnowon (Sinar SHINee di Jepang)," tulisnya di keterangan foto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lembaga Internasional Akui Tata Kelola Perusahaan BEI

Posted: 18 Apr 2018 10:07 PM PDT

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menjadi bursa efek pertama di Asia Pasifik dan yang kedua di dunia yang mendapatkan Sistem Manajemen Kelangsungan Bisnis (Business Continuity Management System/BCMS) ISO 22301:2012 dari British Standards Institution (BSI).

Sertikasi ISO 22301:2012 merupakan pengakuan BEI memiliki sistem manajemen kelangsungan bisnis yang efektif. Adapun sertifikasi ISO tersebut telah melalui proses audit yang dilakukan oleh BSI pada Maret 2018.

Dengan penerapan dan audit Sertikasi ISO 22301:2012 diharapkan dapat meningkatkan kemampuan BEI untuk memastikan operasional sistem perdagangan. Selain itu juga dapat melanjutkan kembali bisnisnya dengan cepat apabila terjadi gangguan pada sistem bisnisnya.

Divisi yang ikut tercakup dalam sertifikat BCMS ISO 22301:2012 adalah Divisi Pengaturan dan Pemantauan Anggota Bursa, Operasional Perdagangan, Pendukung Perdagangan, Pengawasan Transaksi, Sekretaris Perusahaan, Operasional Terknologi Informasi, dan Komunikasi Perusahaan serta Divisi Umum dan Manajemen Risiko.

"Menjaga tata kelola governance BEI ialah prioritas. Ini terbukti dengan kami mendapatkan Sertikasi ISO 22301:2012," tutur Direktur Utama BEI Tito Sulistiyo, di Gedung BEI, Kamis (19/4/2018).

"Ini basednya di London dan telah benar-benar mengaudit sembilan divisi, artinya tata kelola kita sudah cukup memadai. Ini berarti dampaknya ke pasar kita punya kredibilitas internasional," tambah Tito.

Tak hanya itu, BEI juga mendapatkan Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) ISO 27001:2013 untuk periode 2018 hingga 2021. Ini dengan lingkup seluruh divisi di perusahaan setelah dinyatakan memenuhi persyaratan ISO pada proses audit yang juga dilakukan oleh BSI pada Maret 2018.

Sertifikasi ISO 27001:2013 dan ISO 22301:2012 ini merupakan hasil komitmen seluruh karyawan BEI dalam menjalankan program dan bisnis sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. BEI juga menerapkan secara konsisten dan memiliki ISO 9001 untuk sistem manajemen mutu yang didapat sejak 2008.

 

Laba Bersih Emiten di BEI Tumbuh 23 Persen

Pekerja berbincang di dekat layar indeks saham gabungan di BEI, Jakarta, Selasa (4/4). Pada pemukaan indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini naik tipis 0,09% atau 4,88 poin ke level 5.611,66. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan laba bersih perusahaan yang mencatatkan saham (emiten) di BEI tumbuh double digit pada 2017.

Hal itu dinilai ditopang dari kinerja emiten bank.Berdasarkan data BEI, sebanyak 79,95 persen atau 371 emiten meraih laba bersih pada 2017 dari 464 emiten yang telah sampaikan laporan keuangan 2017. Tercatat hanya 93 perusahaan tercatat yang membukukan rugi bersih.

Dari jumlah itu, ada 280 perusahaan yang mencatatkan kenaikan laba bersih sepanjang 2017. Akan tetapi, terdapat 184 perusahaan yang mencatatkan penurunan laba bersih pada 2017.

Sebanyak delapan perusahaan mencatatkan ekuitas negatif.Total aset ke-464 perusahaan tercatat yang telah menyerahkan laporan tahunan 2017 naik 11,11 persen menjadi Rp 10.064 triliun pada 2017 dari periode 2016 sebesar Rp 9.057 triliun.

Total ekuitas naik 12,45 persen menjadi Rp 2.869 triliun pada 2017 dari Rp 2.551 triliun pada 2016.Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan laba bersih perusahaan yang mencatatkan saham (emiten) di BEI tumbuh double digit pada 2017. Hal itu dinilai ditopang dari kinerja emiten bank.

Berdasarkan data BEI, sebanyak 79,95 persen atau 371 emiten meraih laba bersih pada 2017 dari 464 emiten yang telah sampaikan laporan keuangan 2017. Tercatat hanya 93 perusahaan tercatat yang membukukan rugi bersih.Dari jumlah itu, ada 280 perusahaan yang mencatatkan kenaikan laba bersih sepanjang 2017.

Akan tetapi, terdapat 184 perusahaan yang mencatatkan penurunan laba bersih pada 2017. Sebanyak delapan perusahaan mencatatkan ekuitas negatif.Total aset ke-464 perusahaan tercatat yang telah menyerahkan laporan tahunan 2017 naik 11,11 persen menjadi Rp 10.064 triliun pada 2017 dari periode 2016 sebesar Rp 9.057 triliun. Total ekuitas naik 12,45 persen menjadi Rp 2.869 triliun pada 2017 dari Rp 2.551 triliun pada 2016.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ganasnya Paus Orca Berburu Singa Laut hingga ke Tepi Pantai

Posted: 18 Apr 2018 10:03 PM PDT

Paus pembunuh atau orca berenang dekat pantai Punta Norte saat berburu singa laut di Argentina, Selasa (17/4). Setiap tahunnya pada bulan Maret dan April, paus orcas berburu singa laut muda yang sedang belajar berenang. (AP/Daniel Feldman)

Paus pembunuh atau orca berenang dekat pantai Punta Norte saat berburu singa laut di Argentina, Selasa (17/4). Setiap tahunnya pada bulan Maret dan April, paus orcas berburu singa laut muda yang sedang belajar berenang. (AP/Daniel Feldman)

Paus pembunuh atau orca berenang dekat bibir pantai Punta Norte saat berburu singa laut di Argentina, Selasa (17/4). Setiap tahunnya pada bulan Maret dan April, paus orcas berburu singa laut muda yang sedang belajar berenang. (AP/Daniel Feldman)

Paus pembunuh atau orca berenang dekat bibir pantai Punta Norte saat berburu singa laut di Argentina, Selasa (17/4). Setiap tahunnya pada bulan Maret dan April, paus orcas berburu singa laut muda yang sedang belajar berenang. (AP/Daniel Feldman)

Paus pembunuh atau orca mengincar anak singa laut yang berada di tepi pantai Punta Norte, Argentina, Selasa (17/4). Setiap tahunnya pada bulan Maret dan April, paus orcas berburu singa laut muda yang sedang belajar berenang. (AP/Daniel Feldman)

Paus pembunuh atau orca mengincar anak singa laut yang berada di tepi pantai Punta Norte, Argentina, Selasa (17/4). Setiap tahunnya pada bulan Maret dan April, paus orcas berburu singa laut muda yang sedang belajar berenang. (AP/Daniel Feldman)

Paus pembunuh atau orca berenang dekat bibir pantai Punta Norte saat berburu singa laut di Argentina, Selasa (17/4). Setiap tahunnya pada bulan Maret dan April, paus orcas berburu singa laut muda yang sedang belajar berenang. (AP/Daniel Feldman)

Paus pembunuh atau orca berenang dekat bibir pantai Punta Norte saat berburu singa laut di Argentina, Selasa (17/4). Setiap tahunnya pada bulan Maret dan April, paus orcas berburu singa laut muda yang sedang belajar berenang. (AP/Daniel Feldman)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenang Dalang Suherman, Korban Ambruknya Tembok Sarang Walet

Posted: 18 Apr 2018 10:01 PM PDT

Kepergian dalang Suherman (48), pemilik Sanggar Hidayat Jati, Desa Gegesik Wetan, Kecamatan Gegesik, di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menyisakan duka mendalam bagi dunia seni dan budaya di Indonesia, khususnya Cirebon.

Suherman merupakan salah satu korban dari tembok sarang walet ambruk yang menewaskan tujuh orang di lokasi. Dalang Herman meninggal bersama anak pertamanya, Arid (13), saat sedang berlatih seni karawitan Cirebon untuk ikut dalam festival seni budaya Cirebon dan perpisahan sekolah SMPN 1 Gegesik.

Kepergian dalang Herman juga menyisakan duka mendalam bagi Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi). Menurut Pepadi, dalang Herman adalah salah satu dalang terbaik di Cirebon.

"Kami juga tadi datang ke rumah duka bersama dengan Pak Menteri Pendidikan. Kami merasa kehilangan sosok dalang ini," ucap pengurus Pepadi Indonesia, Teguh Cokronegoro, Rabu, 18 April 2018.

Menurut dia, dalang Suherman merupakan sosok yang selama hidupnya menjaga dan melestarikan warisan budaya leluhur. Karena itu, Pepadi akan mengawal janji pemerintah membangun kembali sanggar yang didirikan Suherman, termasuk peralatan gamelan.

Teguh meminta peristiwa tersebut tidak menyurutkan semangat budayawan di Cirebon untuk melestarikan warisan leluhur. Meski demikian, Pepadi mengaku belum ada perhatian khusus dari pemerintah terhadap pelaku seni dan budaya.

"Dalang Herman ini mendirikan sanggar tanpa bantuan mana pun, dengan segala kekurangannya sanggar didirikan," katanya.

Dia juga mengaku terpukul atas kepergian dalang cilik berprestasi, Muhammad Az Zikri, yang menjadi salah satu korban tembok sarang walet ambruk. Dari peristiwa tersebut, Teguh mengaku akan lebih intens memantau perkembangan pelatihan pewayangan dan pedalangan di daerah.

Ia pun meminta pemerintah tidak hanya sekadar melakukan pendataan terhadap pusat pelatihan sanggar. Dia mendesak pemerintah agar lebih memberikan ruang kepada pusat pelatihan sanggar untuk dapat mewujudkan keinginan mereka.

"Di setiap kota kabupaten ada sanggar yang didirikan pemerintah dan kita berikan insentif bagi pelatih yang notabene kehidupannya belum mumpuni," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Bantuan Pemerintah

Pengurus Pepadi akan mengawal janji pemerintah yang akan membangun kembali sanggar milik dalang Suherman asal Cirebon beserta peralatannya setelah hancur tertimpa tembok sarang walet. (Liputan6.com/Panji Prayitno)

Adapun Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengaku sudah melakukan peninjauan di lokasi sanggar milik dalang Suherman di Desa Gegesik Wetan, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon.

"Sanggar akan kita bangunkan yang lebih representatif," ujar Muhadjir.

Tak hanya itu, peralatan kesenian yang dibutuhkan untuk sanggar pun akan diberikan. Menurut Muhadjir, sanggar harus tetap berjalan dan berkembang ke arah yang lebih baik sesuai dengan amanah dari dalang Suherman.

Selain di sanggar milik Suherman, Mendikbud juga akan memberikan bantuan alat kesenian gamelan di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 3 Gegesik Cirebon. Bantuan tersebut agar para siswa juga aktif dan bisa belajar kesenian di sekolah.

Muhadjir menjelaskan, pemberian alat kesenian tersebut sudah sesuai dengan program pemerintah yang tengah menggalakkan. Terutama, supaya siswa kembali mempelajari tradisi dan kebudayaan masing-masing.

"Jangan sampai tercabut dari akar budaya," kata Muhadjir.

Dia menyampaikan pula, untuk putra dan putri dalang Suherman akan diberikan beasiswa hingga ke tingkat universitas sesuai dengan keinginan dalang Suherman. Dia mengakui, Gegesik selama ini dikenal sebagai salah satu kampung budaya di Kabupaten Cirebon.

"Saya sekaligus menyampaikan salam dari Bapak Presiden (Jokowi) yang turut berbelasungkawa sekaligus memberikan santunan kepada para korban," ucap Muhadjir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip 6 Hal Unik yang Dicari Saat Belanja Online

Posted: 18 Apr 2018 10:00 PM PDT

Tren jasa titip belanja barang di luar negeri atau yang dikenal dengan jastip semakin berkembang. Bahkan konsep ini menjadi sebuah platform terbaru yaitu Airfrov. Airfrov merupakan aplikasi yang mempertemukan traveler dengan pengguna barang. Anda bisa memesan barang tertentu sesuai dengan keinginan, nantinya traveler akan membelikannya melalui aplikasi Airfrov.

Dari interaksi ini didapatkan 6 permintaan paling unik di Airfrov. BAgi Anda yang ingin belanja barang-barang yang lagi tren di luar negeri, berikut inspirasi barang paling unik yang dicari di luar negeri saat belanja online di Airfrov.

1. Masker cahaya

Buat Anda yang lagi pusing mengatasi masalah jerawat, mungkin masker yang satu ini bisa jadi jawabannya, dengan bentuknya yang unik yaitu berupa masker yang memancarkan gelombang cahaya tertentu untuk membantu proses pemulihan kulit wajah yang bermasalah. Anda bisa mendapatkannya dengan harga berkisar Rp 550.000.

2. Pembersih telinga digital

Untuk barang yang kedua iniAnda bisa belanja online pembersih telinga dengan cara di vacum menggunakan baterai. Dengan harga Rp 110.000 Anda sudah bisa mendapatkan produk beserta baterainya yang memudahkan saat membersihkan telinga.

 

 

Inspirasi produk unik yang dibeli saat belanja online

Berikut enam hal unik yang dicari dan dititip dari luar negeri dengan belanja online di Airfrov Indonesia. (Foto: Dok. Airfrov)

3. Alat rajut kesenian

Jika Anda senang dengan kerajinan tangan, produk unik satu ini cocok buat Anda. Tatting Shuttle bisa bikin kegiatan merajut makin mudah. Produk ini bisa Anda titip belanja di Jepang. 

4. Sarung tinju

Meskipun belanja identik dengan perempuan, ternyata ada satu permintaan belanja unik dari pria yaitu sarung tinju dari Amerika. Bagi Anda yang hobi boxing, sarung tinju ini bisa menjadi inspirasi.

Inspirasi produk unik yang dibeli saat belanja online

Berikut enam hal unik yang dicari dan dititip dari luar negeri dengan belanja online di Airfrov Indonesia. (Foto: Dok. Airfrov)

5. Aksesori motor

Produk selanjutnya, masih dipesen sama laki-laki yang senang memodifikasi motor. Anda bisa pesen shockbreaker dari Thailand untuk membuat motor Anda semakin menarik.

6. Buah zuriat

Terakhir yang menjadi hal unik yang dicari di luar negeri dengan belanja online di Airfrov adalah buah zuriat. Buah ini dipercaya mengandung vitamin dan khasiat terutama bagi pasangan suami istri yang sedang merencanakan program kehamilan. Buah ini hanya ada di Arab Saudi. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Kertajati Beroperasi Bisa Kurangi Ketimpangan Ekonomi

Posted: 18 Apr 2018 10:00 PM PDT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati, di Majalengka, Jawa Barat dapat melayani penumpang atau jemaah haji. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menilai, kehadiran bandara tersebut akan mengatasi dua ketimpangan ekonomi sekaligus.

"Pertama, ketimpangan ekonomi DKI Jakarta dan Jawa Barat," ujar Juru Bicara PSI Bidang Ekonomi, Industri, dan Bisnis Rizal Calvary Marimbo dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (19/4/2018). 

Dia menjelaskan, saat ini beban industri di Jakarta sudah berlebihan, sehingga aktivitas ekonomi berjalan tidak efisien. Sebanyak 75 persen, uang beredar di Jakarta dan sisanya beredar di daerah. Sebab itu, upaya untuk mendorong industri dan aktivitas perekonomian ke wilayah-wilayah, seperti Jawa Barat sangat dibutuhkan.

"Jadi, tercipta konsentrasi atau sentra-sentra perekonomian baru di luar Jakarta dengan adanya infrastruktur Bandara Kertajati Majalengka," ujar dia.

Rizal lebih jauh mengatakan, industri manufaktur misalnya, sudah tidak mungkin berkembang di Jakarta. Sebab itu, industri ini bergeser ke Jawa Barat. Dengan adanya bandara tersebut, pemerintahan Jokowi mengatasi ketimpangan ekonomi antara DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Kedua, selain mengatasi ketimpangan DKI Jakarta dan Jawa Barat, pembangunan Bandara Kertajati juga dapat mengatasi ketimpangan pembangunan ekonomi antara kawasan Utara dan Barat di Provinsi Jawa Barat.

"Selama ini kan, pertumbuhan ekonomi ekonomi di Majalengka (utara) dan sekitarnya cenderung lambat. Sedangkan wilayah barat Jawa Barat misalnya, kawasan Bandung Raya dan sekitarnya tumbuh pesat. Wilayah Utara akan mengejar ketertinggalannya dengan kehadiran Bandara Kertajati Majalengka," ucap Rizal.

 

 

 

Satu Juta Lapangan Kerja

Progres pembangunan Bandara Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Rabu (4/4/2018). (Ilyas/Liputan6.com)

Rizal menambahkan, kehadiran Bandara Kertajati tak hanya akan menjadi bandara kebanggaan warga Jawa Barat. Lebih dari itu, akan memicu penciptaan lapangan kerja serta berkembangnya industri properti dan manufaktur. 

 "Kita tahu bahwa akan tercipta kawasan Aerocity. Ada Tol Cipali, disusul Tol Cisumdawu, serta ada juga infrastruktur transportasi massal seperti kereta api. Semuanya terintegrasi akan menciptakan sekitar satu juta lapangan kerja secara langsung atau tidak langsung di bandara, sekitar bandara, dan kawasan industri," tuturnya. 

Bandara Kertajati Majalengka ini diprediksi akan menyedot sebanyak 2,7 juta penumpang di tahun pertama beroperasi. Pihaknya optimistis kehadiran bandara ini nantinya akan meningkatkan elektabilitas Presiden Jokowi di Jawa Barat.

Presiden Jokowi meresmikan dimulainya pembangunan bandara tersebut pada Januari 2016 dan hingga 17 April 2018, kemajuan pembangunannya sudah mencapai tahap akhir, yakni 93 persen. Diharapkan dalam waktu dekat dapat melayani penerbangan ibadah haji tahun ini.

 

Proyek Lain

Proyek tol Trans Sumatera (Foto: Dok BPJT Kementeriann PUPR)

Jokowi menargetkan membangun 4.814 km jalan baru secara nasional. Sekitar 2.000 km di antaranya telah, sedang dan akan dibangun bukan di Jawa atau Sumatera. Tetapi di titik-titik terluar dan pelosok negeri. Seperti di Kalimantan, Papua, sampai perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT) di Pulau Timor.

"Kalau digabung dengan proyek infrastruktur lainnya, terdapat 24 proyek infrastruktur di Kalimantan, di Sulawesi ada 27 proyek, kemudian di Maluku dan Papua ada sekitar 13 proyek. Proyek-proyek itu baik berupa bendungan, pelabuhan, bandara, hingga pembangkit listrik. Tujuannya, PSI lihat untuk mengatasi ketimpangan juga," ucap Rizal. 

PSI optimistis, daya saing infrastruktur Indonesia akan semakin menguat ke depan di era pemerintahan Jokowi. Sebelumnya, peringkat daya saing infrastruktur Indonesia melonjak untuk periode 2017-2018 sebagai dampak dari masifnya pembangunan infrastruktur.

"Kalau pada periode 2015-2016, Indonesia berada di posisi 62. Jadi, pada periode 2017-2018 naik 10 peringkat ke posisi 52. Ini jadi modal besar untuk mengerek daya saing industri kita ke depan," pungkas Rizal. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK: Anggota DPRD Sumut yang Kembalikan Uang Suap Terus Bertambah

Posted: 18 Apr 2018 10:00 PM PDT

Anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) yang mengembalikan uang suap ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus bertambah. Hingga saat ini, lebih dari 15 anggota DPRD Sumut telah mengembalikan uang suap pemberian mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho.

"Sampai kemarin lebih dari 15 orang anggota DPRD telah mengembalikan uang yang pernah diterimanya ke KPK dengan nilai sekitar ratusan juta rupiah," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (19/4/2018).

Kendati begitu, Febri enggan mengungkapkan siapa saja anggota DPRD Sumut yang telah mengembalikan uang suap tersebut. 

Menurut Febri, tindakan para anggota DPRD Sumut itu bisa menjadi pertimbangan sebagai alasan meringankan dalam proses hukum.

"Hal yang sama kami ingatkan pada seluruh tersangka dan saksi-saksi lainnya agar memberikan informasi seluas-luasnya dan mengembalikan uang yang pernah diterima," jelas dia.

 

Diterima 38 Orang

Ketua DPRD Sumatera Utara, Wagirin Arman menunggu di lobi gedung KPK, Jakarta, (9/4). Wagirin diperiksa terkait kasus suap interpelasi dan penetapan APBD Provinsi Sumut 2012-2013 oleh Mantan Gubernur Sumut, Gatot Pudjo Nugroho. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sebelumnya, KPK menetapkan 38 anggota DPRD Sumatera Utara sebagai tersangka. Mereka diduga menerima uang suap dari mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho, yang masing-masing sebesar Rp 300 juta hingga Rp 350 juta.

Uang yang diterima 38 tersangka dari Gatot itu terkait dengan persetujuan laporan pertanggungjawaban Pemprov Sumut tahun anggaran 2012 sampai dengan 2014 dan persetujuan perubahan APBD Provinsi Sumatera Utara tahun anggaran 2013 dan 2014.

Kemudian pengesahan APBD Provinsi Sumatera Utara tahun anggaran 2014 dan 2015 serta penolakan penggunaan hak interpelasi oleh DPRD Sumatera Utara pada tahun 2015.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP: Marquez Bidik Posisi Crutchlow

Posted: 18 Apr 2018 10:00 PM PDT

Marc Marquez berpeluang memperbaiki posisi pada klasemen MotoGP 2018. Penyebabnya tidak lain rekor sempurna di Circuit of the Americas.

Marquez selalu menjadi yang tercepat di MotoGP Austin sejak balapan perdana bergulir di sana tahun 2013.

Pembalap asal Spanyol itu saat ini menempati posisi lima klasemen MotoGP dengan 20 angka menyusul kegagalan memetik poin di Argentina. Dia tertinggal 18 poin di belakang pimpinan sementara Cal Crutchlow.

Pesaing terbesar Marquez di Austin tetap Andrea Dovizioso. Sementara Valentino Rossi juga siap menandinginya berbekal catatan dua podium pada tiga penampilan terakhir di MotoGP Austin.

Jack Miller, Alex Rins, atau Maverick Vinales turut berpotensi mengancam mengingat rekor bagus mereka di Circuit of the Americas. Mereka pernah juara di sana meski bukan di kelas utama.

Berikut komposisi klasemen MotoGP saat ini:

Klasemen

1. Cal Crutchlow LCR Honda (RC213V) 38 poin

2. Andrea Dovizioso Ducati Team (GP18) 35 poin

3. Johann Zarco Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1) 28 poin

4. Maverick Vinales Movistar Yamaha (YZR-M1) 21 poin

5. Marc Marquez Repsol Honda (RC213V) 20 poin

6. Jack Miller Pramac Ducati (GP17) 19 poin

7. Danilo Petrucci Pramac Ducati (GP18) 17 poin

8. Valentino Rossi Movistar Yamaha (YZR-M1) 16 poin

9. Alex Rins Suzuki Ecstar (GSX-RR) 16 poin

10. Andrea Iannone Suzuki Ecstar (GSX-RR) 15 poin

11. Tito Rabat Reale Avintia (GP17) 14 poin

12. Dani Pedrosa Repsol Honda (RC213V) 9 poin

13. Hafizh Syahrin Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1) 9 poin

14. Franco Morbidelli EG 0,0 Marc VDS (RC213V) 6 poin

15. Pol Espargaro Red Bull KTM Factory (RC16) 5 poin

16. Scott Redding Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 4 poin

17. Alvaro Bautista Angel Nieto Team (GP17) 3 poin

18. Takaaki Nakagami LCR Honda (RC213V) 3 poin

19. Karel Abraham Angel Nieto Team (GP16) 1 poin

20. Jorge Lorenzo Ducati Team (GP18) 1 poin

Jadwal MotoGP Austin

Jumat, 20 April

Free Practice 1: 21:55-22:40 WIB

 

Sabtu, 21 April

Free Practice 2: 02:05-02:50 WIB

Free Practice 3: 21:55-22:40 WIB

 

Minggu, 22 April

Free Practice 4: 01:30-02:00 WIB

Kualifikasi 1: 02:10-02:25 WIB

Kualifikasi 2: 02:35-02:50 WIB

Pemanasan: 21:40-22:00 WIB

 

Senin, 23 April

Balapan: 02:00 WIB

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harapan dan Peringatan Donald Trump Jelang Pertemuan dengan Kim Jong-un

Posted: 18 Apr 2018 10:00 PM PDT

Presiden Donald Trump mengungkapkan harapan sekaligus peringatan terkait pertemuannya dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Dua sosok penuh kontroversi ini dikabarkan akan bertatap muka pada akhir Mei atau awal Juni.

"Itu adalah momen bersejarah. Semoga, pertemuan tersebut akan menjadi kesuksesan besar," ujar Donald Trump dalam konferensi pers yang mengakhiri pertemuan dua harinya dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, seperti dikutip dari USA Today, Kamis (19/4/2018).

Ketika Donald Trump memancarkan keyakinan terkait pertemuannya dengan Kim Jong-un, di lain sisi, ia juga meningkatkan kemungkinan bahwa tatap muka antara dirinya dan pemimpin Korea Utara itu bisa saja dibatalkan karena kurangnya kesepakatan atas agenda bersama.

"Jika saya rasa pertemuan tidak bermanfaat, saya tidak akan datang. Jika saya sudah hadir, ternyata tidak bermanfaat, saya akan meninggalkan rapat dengan sopan," tegas Donald Trump.

Untuk pertama kalinya presiden ke-45 Amerika Serikat tersebut menerangkan parameter dari wacana pertemuannya dengan Kim Jong-un. Donald Trump mengatakan, ia akan mengejar kesepakatan agar Korea Utara menyerahkan senjata nuklirnya, sebuah tujuan yang diyakini banyak analis akan menjadi tantangan.

"Ada jalan terang yang tersedia bagi Korea Utara ketika mereka mencapai denuklirisasi utuh dan dapat diverifikasi serta tidak dapat diubah," jelasnya.

Selain itu, Donald Trump menuntut pembebasan tiga sandera Amerika Serikat yang ditahan di Korea Utara. Dalam kesempatan yang sama, Donald Trump pun menjanjikan pada PM Abe, ia akan membicarakan nasib warga Jepang yang diculik Korea Utara.

"Kami ingin melihat keluarga-keluarga itu bersatu kembali. Ini sangat penting bagi saya, karena ini sangat penting bagi perdana menteri Anda," kata Donald Trump.

Sementara itu, PM Abe memperingatkan bahwa seharusnya tidak ada imbalan bagi Korea Utara atas kesediaannya berdialog. "Tekanan maksimum (terhadap Korea Utara) harus dipertahankan," tutur PM Abe.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Trump Konfirmasi Kunjungan Direktur CIA ke Korea Utara

Presiden AS, Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berbincang selama pertemuan mereka di Resor Mar-a-Lago, Florida, Selasa (17/4). Pertemuan untuk mencari pemahaman bersama mengenai masalah nuklir Korea Utara. (AP/Pablo Martinez Monsivais)

Pada hari Rabu pagi, Donald Trump menegaskan bahwa Direktur CIA Mike Pompeo telah melakukan perjalanan secara rahasia ke Korea Utara pekan lalu untuk bertemu dengan Kim Jong-un. Lawatannya bertujuan membahas rencana pertemuan Donald Trump dan pemimpin Korea Utara itu.

"Pertemuan berlangsung dengan sangat lancar dan sebuah hubungan baik telah terbentuk," twit Donald Trump pada 18 April 2018.

Orang nomor satu di Negeri Paman Sam itu mengatakan, para pejabat sedang mengevaluasi "lima lokasi" sebagai kemungkinan lokasi pertemuannya dengan Kim Jong-un, namun ia tidak merincinya.

Donald Trump tidak lupa memuji Presiden China Xi Jinping atas bantuannya dalam mengatur pertemuannya dengan Kim Jong-un, juga kemauan Tiongkok menjatuhkan sanksi terhadap Korea Utara. "Dia (Xi Jinping) telah menutup perbatasan (China-Korea Utara), dan dia melakukannya dengan sangat, sangat keras," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat, Kaca Segitiga Kecil Ini Berpotensi Merugikan

Posted: 18 Apr 2018 10:00 PM PDT

Mobil yang tertinggal di dalam mobil seringkali menjengkelkan dan membuat panik pengguna mobil. Terutama jika mobil terkunci secara otomatis dan kaca sudah tertutup sempurna.

Tentu kejadian seperti ini akan menyusahkan. Normalnya, Anda akan memanggil tukang kunci untuk membantu membuka pintu mobil agar tak merusak komponen lain saat membuka paksa pintu mobil.

Tapi taukah kamu, kaca berbentuk segitiga yang terletak di dekat spion bisa membantumu. Kaca segitiga itu bisa dicungkil dengan mudah menggunakan obeng dalam waktu yang cukup singkat.

Ukurannya yang cukup lebar, membuat tanganmu bisa meraih bagian lubang kunci. Cara ini seperti ditunjukkan pada sebuah video yang diunggah akun Instagram @dr.herp.

Di sisi lain, kemudahan ini juga bisa membuatmu merugi. Karena kemudahan ini bisa jadi dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Pada video tersebut dicontohkan menggunakan mobil jenis family car. Jadi, pemilik mobil jenis ini sepertinya harus lebih berhati-hati saat meninggalkan mobil, terlebih jika di dalam mobil Anda meninggalkan barang-barang berharga sehingga terlihat melalui kaca mobil.

Sumber: Otosia.com

 

Gorilla Glass Jadi Kaca Mobil, Ringan dan Lebih Kuat

Layar smartphone, terutama Gorilla Glass yang diproduksi oleh Corning Inc, telah beberapa kali diuji cobakan untuk menjadi kaca mobil.

Teknologi otomotif diprediksi akan semakin maju di tahun ini. Salah satunya adalah pengadopsian layar smartphone yang tipis dan ringan dalam produksi kendaraan.

Dilaporkan USNews, layar smartphone, terutama Gorilla Glass yang diproduksi oleh Corning Inc, telah beberapa kali diujicobakan untuk menjadi kaca mobil. Penggunaan kaca ini memangkas berat kendaraan secara signifikan.

Salah satu perusahaan otomotif terkemuka yang telah menggunakan kaca yang digunakan pada miliaran ponsel di seluruh dunia itu adalah BMW AG. Material digunakan pada interior panel di mobil sport hybrid BMW i8.

Sementara Ford Motor Co akan menjadi pabrikan pertama yang menggunakan Gorilla Glass untuk kaca depan dan belakang di mobil sport GT terbaru yang rilis tahun depan. Rencananya, penutup mesin juga akan menggunakan material ini.

"Ini hal paling baru yang terjadi pada kaca sejak 1923," ujar Paul Linden, supervisor mekanisme bodi eksterior Ford. Untuk diketahui, 1923 adalah saat Henry Ford mulai menggunakan kaca tahan hancur di Model T.

Dijelaskan, penggunaan material ini dapat membuat kaca depan lebih ringan hingga 32 persen. Tentu, dengan berat yang lebih ringan, maka bahan bakar pun lebih hemat. "Berat adalah musuh," tutur Linden.

Meski memiliki banyak keuntungan, penggunaan Gorilla Glass secara lebih masif terbentur kendala biaya. Untuk diketahui, Gorilla Glass lebih mahal US$ 2 - 4 per pon dibanding kaca tradisional.*

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Budi Daya Terumbu Karang Berpotensi Tingkatkan Devisa

Posted: 18 Apr 2018 10:00 PM PDT

Aktivitas perdagangan terumbu karang untuk kebutuhan akuarium hias, sebagian besar ada di Bali. Upaya pembudidayaan terumbu karang ternyata memiliki potensi pasar ekspor yang luar biasa. Apalagi, pasar Eropa menyerap hasil budi daya terumbu karang sangat besar. Anggota Komisi IV DPR RI Mahfuz Sidik menilai, jika potensi ini dikembangkan, maka berpotensi meningkatkan devisa.

"Kalau ini bisa dikembangkan dan kemudian pemerintah mengambil kebijakan yang insentif, saya pikir ini peluang untuk peningkatan devisa. Karena pembudidayaan terumbu karang juga menjadi cara lain untuk pelestarian habitat terumbu karang yang ada di Indonesia," kata Mahfuz saat mengikuti Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI budi daya terumbu karang dan ikan hias di PT. Dinar Darum Lestari, Bali, Sabtu (13/4/2018).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu menambahkan, dari data sekitar 50 asosiasi yang terhimpun di Bali, total nilai ekspor mencapai Rp200 miliar. Kendati ini masih skala kecil, tetapi menurutnya mempunyai prospek yang besar, dengan koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Jika KLHK bisa memberikan prioritas lebih kepada usaha pembudidayaan terumbu karang dan bersinergi dengan pelestarian habitat terumbu karang, maka bukan saja bisa meningkatkan volume ekspor dan devisa negara, tapi juga kekhawatiran tentang rusak dan punahnya habitat terumbu karang bisa kita atasi," optimisnya.

Di tempat yang sama, Anggota Komisi IV DPR RI Darori Wonodipuro menambahkan, masih tingginya permintaan koral alam dari negara luar diperlukan pengawasan yang baik untuk menghindari penyeludupan koral secara ilegal.

"Perkembangannya dengan pembinaan aturan yang dipermudah oleh pemerintah, maka masyarakat yang dulu tidak sampai 10 persen, sekarang sudah 50 persen lebih mengadakan penangkaran ataupun budi daya koral," tandas politisi Partai Gerindra itu.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Daus Mini Minta Cerai Gara-Gara Pedangdut Ini?

Posted: 18 Apr 2018 10:00 PM PDT

Nama Ryana Dewi mendadak muncul di tengah kabar bahagia pernikahan Daus Mini dengan Rahandini Destria Astrinatri. Pedangdut itu mengaku punya kedekatan khusus dengan Daus Mini sebelum sang komedian menikah.

Dalam sebuah wawancara, Ryana Dewi mengatakan bahwa dirinya langsung menghubungi Daus Mini ketika ramai berita soal pernikahan siri. Ryana Dewi terkejut karena ia merasa diberi harapan palsu oleh Daus Mini.

"Aku chatting Mas Daus, WA-nya enggak aktif. Nah, malamnya mungkin dia buka WA dari aku, aku tanya 'Kamu nikah kenapa kamu enggak kabarin aku, kenapa kamu enggak kasih tahu aku kalau kamu mau nikah?'," ujar Ryana Dewi.

"Dia sempat balas tanggal 23 pas dia nikah itu, malamnya dia sempat balas, bilang 'Maafin aku Yang (sayang), maaf lahir batin, bukan maksud aku', dia bilang seperti itu. Dari situ, paginya WA saya di-block dia," imbuhnya.

Minta Cerai

Daus Mini (Foto: Instagram/lambe_turah)

Selama hampir sepekan berita soal Ryana Dewi dan Daus Mini menghiasi berbagai berita gosip. Hal itu rupanya membuat Rahandini kesal.

Baru sebulan menikah, Daus Mini menyebut istrinya telah meminta cerai. Penyebabnya karena tak tahan dengan pemberitaan yang bermunculan sekarang ini.

Ryana Dewi (Liputan6.com/Surya Hadiansyah)

Bertahan

Ryana Dewi dan Daus Mini (Liputan6.com/Surya Hadiansyah)

"Dia merasa tidak nyaman dengan pemberitaan yang ada, masalah yang ada, pemberitaan yang ada. Kalau dia cerita ke Daus kayak gitu. Kalau yang lain enggak ada," ungkap Daus Mini di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (18/4/2018).

Daus Mini pun berharap rumah tangganya masih dapat dipertahankan. "Daus tetap mempertahankan. Maunya setia terus intinya mau mempertahankan," ia menjelaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alzheimer dan Keinginan Bunuh Diri Ancam Orang Muda yang Terpapar Polusi Udara

Posted: 18 Apr 2018 10:00 PM PDT

Polusi udara memang selalu menjadi masalah di beberapa daerah. Di Amerika Serikat, beberapa peneliti melakukan otopsi pada orang berumur 11 bulan hingga 40 tahun yang terpapar polusi udara. Hasil otopsi tersebut menunjukkan terdapat dua protein abnormal dalam gen mereka yang terkait dengan penyakit alzheimer dini dan risiko bunuh diri yang lebih tinggi.

Dilansir dari Tech Times, Kamis (19/4/2018), para peneliti dari University of Montana mengatakan, partikel berbahaya pada polusi udara tidak hanya membahayakan fisik seseorang, melainkan juga kesehatan mental mereka.

Beberapa kawasan metropolitan di Amerika Utara memang dikenal memiliki konsentrasi partikel polusi halus di atas ketentuan yang ditetapkan oleh Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, salah satunya Mexico City.

Selain itu, sekelompok peneliti yang dikepalai oleh Dr. Lilian Calderón-Garcidueñas tersebut menemukan jejak APOE 4, gen yang menjadi faktor risiko penyakit alzheimer, pada 203 jenazah yang mereka otopsi. Temuan ini mengungkap, 99,5 persen jenazah yang diotopsi menunjukkan tanda penyakit yang berhubungan dengan otak tersebut.

Parahnya lagi, para peneliti tersebut mendeteksi penyakit alzheimer sudah ada sejak tahap awal perkembangan otak, tepatnya pada umur di bawah satu tahun. Artinya, ketika orang yang jenazahnya diotopsi itu masih hidup, mereka membawa gen APOE 4 sejak masih bayi, dan pembawa gen ini berisiko besar memiliki keinginan untuk bunuh diri.

Dari hasil temuan tersebut, peneliti mengambil kesimpulan dua protein abnormal, yakni hyperphosphorylated tau dan beta-amyloid, yang merupakan plak penyebab alzheimer, terdapat pada partikel halus di udara. Ukurannya sangat kecil, sehingga dapat masuk ke otak melalui hidung, paru-paru, dan saluran pencernaan.

 

Saksikan juga video berikut ini :

[vidio:Nyanyian Anak Untuk Ibu Penderita Alzheimer]()

Penyakit Alzheimer bisa serang orang muda

Tak hanya orang lanjut usia, alzheimer pun ancam generasi muda (iStockPhoto)

Penyakit alzheimer rupanya tidak hanya mengancam orang lanjut usia saja, melainkan juga orang muda. Penelitian yang dilakukan oleh Calderón-Garcidueñas dkk. mengungkapkan orang berusia 30 hingga 40 pun bisa terkena penyakit Alzheimer.

"Tanda penyakit Alzheimer dimulai pada masa kanak-kanak di lingkungan yang tercemar, dan kita harus menerapkan langkah-langkah pencegahan yang efektif sejak dini," ujar Calderón-Garcidueñas, toksikolog di Departemen Ilmu Biomedis dan Farmasi University of Montana sekaligus pemimpin penelitian tersebut, mengutip dari Tech Times.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rumah Raditya Dika Angker, Ini Penyebabnya

Posted: 18 Apr 2018 10:00 PM PDT

Joko Anwar mengaku tahu penyebab angkernya rumah Raditya Dika yang dianggap berhantu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fantastis, Berani Rogoh Kocek Rp 1,7 M untuk Lihat Bangkai Kapal Titanic?

Posted: 18 Apr 2018 10:00 PM PDT

Insiden tenggelamnya kapal Titanic merupakan peristiwa tragis yang tak luput dari ingatan banyak orang. Meski tak sedikit masyarakat mengingat kisahnya dari adaptasi film, tapi Titanic sendiri selalu membuat orang tertarik untuk mengulas sisa sejarahnya.

Namun, ada ungkapan unik dari sutradara film Titanic, James Cameron. Menurutnya lebih banyak orang yang telah pergi ke ruang angkasa daripada pergi ke bangkai Titanic.

Mungkin, misteri ruang angkasa mendorong banyak orang untuk mengetahuinya lebih dalam. Akan tetapi, menjelajah bangkai kapal Titanic dapat menjawab rasa penasaran kita, jika ingin melihatnya secara langsung.

Melansir All That Interesting, Rabu (18/4/2018), sebuah perusahaan berbasis di Washington, Ocean Gate menawarkan ekspedisi penyelaman ke kapal Titanic. Walaupun kedengarannya tak sesulit seperti persiapan ke luar angkasa. Namun ekspedisi menjelajah ke bangkai kapal tua itu, tidak semudah seperti yang kita bayangkan. 

Ekspedisi ini bukan untuk orang yang lemah

Bangkai kapal Titanic di dasar Laut Atlantik (Wikipedia)

"Ini bukan untuk seseorang yang lemah," kata Stockton Rush, CEO OceanGate Inc. Sebelum melakukan ekspedisi, para peserta diwajibkan berlatih dalam waktu yang panjang untuk mengatasi situasi darurat. Bahkan ada juga tahap pelatihan pada tangga baja setinggi 20 kaki.

Oleh sebab itu, peserta yang boleh bergabung dalam ekspedisi biasanya berkisar dari usia 23 hingga 75 tahun. Selain itu, daya tahan fisik juga diperlukan.

"Kami memiliki beberapa orang yang merupakan pendaki gunung atau yang pernah melakukan perjalanan bersepeda selama satu minggu melintasi Alpen serta orang lainnya yang telah pergi ke Kutub Selatan," kata Rush.

Menurutnya, kebanyakan peserta yang terbagi dalam kelompok sengaja dibuat bervariasi. Namun, mereka bisa bersatu karena punya sifat petualang.

Di tahun 2019, Ocean Gate akan kembali membuka kesempatan ini kepada 18 orang. Selain memerlukan persiapan khusus, penyelam juga harus memperkirakan waktu secepat mungkin. Mengingat bahwa kapal itu telah karam lebih dari seabad yang lalu di dasar laut, ada kemungkinan besar Titanic akan mulai segera hancur.

Sayangnya, untuk mengikuti ekspedisi ini kamu perlu mengeluarkan uang sebesar $ 130.000 atau setara Rp 1,7 Miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pansel Hakim MK Cari Pengganti Maria Farida Dibentuk, Ini Harapan KY

Posted: 18 Apr 2018 09:58 PM PDT

Komisi Yudisial (KY) memuji langkah pemerintah yang membentuk Panitia Seleksi Hakim Mahkamah Konstitusi (Pansel Hakim MK) mencari pengganti hakim Maria Farida Indrati yang masa jabatannya akan habis. Pembentukan ini membuktikan pemerintah mengedepankan transparansi.

"Langkah tersebut menunjukkan bahwa pemerintah berkomitmen melaksanakan perintah konstitusi yang menginginkan proses seleksi hakim MK dilakukan secara transparan, akuntabel, dan partisipatif," ucap juru bicara KY Farid Wajdi saat dikonfirmasi, Kamis (19/4/2018).

Dia menilai, dengan proses tersebut bisa menghasilkan hakim MK yang lebih berintegritas. 

Farid mengatakan, lima orang yang menjadi anggota pansel adalah orang-orang berpengalaman dan berintegritas. Mereka terdiri dari mantan hakim MK, komisioner KY, dan akademisi/praktisi.

"Maka terlihat bahwa pemerintah mendudukkan fungsi lembaga MK sebagai pengawal konstitusi," ungkap Farid.

Dia berharap, pansel tidak hanya menemukan hakim MK yang pintar. Tetapi, juga sosok negarawan.

"Harapannya segenap anggota pansel ini dapat menemukan sosok hakim MK, yang tidak hanya pintar, tapi negarawan sejati dan yang tidak kalah pentingnya juga adalah sekali lagi memiliki integritas yang baik," pungkas Farid.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pansel Diketuai Harjono

Maria diperiksa sebagai saksi atas kasus dugaan suap Pilkada Lebak, Banten dengan tersangka Akil Mochtar (Liputan6.com/Herman Zakharia).

Presiden Joko Widodo menunjuk Panitia Seleksi Hakim Mahkamah Konstitusi guna mencari pengganti hakim Maria Farida, yang akan habis masa jabatannya pada 13 Agustus 2018. Keputusan penunjukan Pansel tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 71 tahun 2018, Selasa, 17 April 2018.

"Sudah dibentuk Pansel MK, Presiden yang bentuk. Kan masa jabatannya (Maria Farida) usai tanggal 13 Agustus 2018," ucap juru bicara MK Fajar Laksono di Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Sementara itu, di tempat terpisah, Ketua Pansel Hakim MK Harjono menuturkan, pihaknya belum membuka pendaftaran, sebab belum berkoordinasi dengan anggota lainnya.

"Belum, kita kan belum bertemu. Nanti kan dibicarakan kapan pembuka pendaftaran. Dalam waktu secepatnya kita akan segera berkumpul," ujar Harjono.

Dia menegaskan, dalam tahapan nanti tidak ada yang berbeda. Namun, subtansinya yang sedikit dibedakan. Disinggung mengenai masalah integritas, menjadi salah satu faktor yang dikuatkan.

"Tentu dicari yang memiliki integritas tinggi dan tidak memiliki tendensi," ujar Harjono.

Terkait kriteria hakim pengganti yang dicari adalah sesuai dengan amanat undang-undang. "Yang pertama negarawan, menguasai Undang-Undang Dasar. Itu kan kriteria yang harus ada," jelas Harjono.

Hal ini diamini juga oleh anggota pansel MK, yang juga Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY) Sukma Violetta.

"Tidak ada kriteria tertentu. Sama saja dengan calon hakim MK sebelumnya," jelas Sukma.

Intinya, masih kata dia, jelas dicari hakim yang memiliki kompetensi yang mumpuni. Khususnya di bidang hukum tata negara.

"Kompetensi yang mumpuni, khususnya di bidang hukum tata negara," Sukma memungkasi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditahan Torino, Gattuso: AC Milan Mengulangi Kesalahan Sama

Posted: 18 Apr 2018 09:55 PM PDT

Pelatih AC Milan Gennaro Gattuso menilai timnya mengulangi kesalahan yang sama saat bertemu Torino pada pekan ke-33 Liga Italia di Stadio Olimpico Grande Torino, Kamis (19/4/2018) dini hari WIB. Dia juga meyakini para pemainnya sedang kelelahan menjelang akhir pertandingan.

AC Milan hanya mampu membawa pulang satu poin kala bertemu dengan Torino baru-baru ini. Hasil tersebut membuat peluang Leonardo Bonucci dkk untuk berpartisipasi dalam Liga Champions musim depan semakin kecil.

Dalam laga yang berlangsung di Stadio Olimpico Turin tersebut, Milan sempat unggul lebih dulu lewat gol Giacomo Bonaventura di menit kesembilan. Namun, Lorenzo De Silvestri berhasil menyamakan kedudukan di babak kedua dan membuat skor berakhir 1-1.

Usai pertandingan, Gattuso mengatakan kondisi fisik para pemainnya menurun menjelang akhir pertandingan dan membuat De Silvestri mampu menyamakan kedudukan. Namun, ia mengeluhkan timnya yang mengulangi kesalahan sama.

"Mungkin kami sedikit kelelahan di 20-25 menit akhir, tapi kami seharusnya menyelesaikan pertandingan lebih cepat dan itu adalah permasalahan yang kami miliki belakangan ini," ujar pelatih berumur 40 tahun tersebut kepada Sky Sports Italia.

"Hal yang sama juga terjadi dalam penjagaan pemain dalam situasi bola mati. Torino pantas mendapatkan poin dan bahkan mereka bisa saja menang," tandasnya.

Musim ini, AC Milan selalu tak mampu membawa pulang poin penuh kala bertemu Torino. Pada November tahun lalu, Rossoneri juga harus puas dengan satu poin setelah ditahan imbang oleh tim yang kini dibesut Walter Mazzari tersebut dengan skor 0-0.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potensi Belum Tergarap, Pemerintah Diusul Bangun Industri Dekat PLTA

Posted: 18 Apr 2018 09:51 PM PDT

Penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) khususnya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Indonesia‎ masih belum optimal. Sebab itu pemerintah perlu melakukan terobosan untuk mendorong pengembangan PLTA.

Senior Advisor Andritz Hydro Adhi Satriya mengatakan, ‎potensi energi air Indonesia yang dapat menghasilkan listrik melalui PLTA mencapai 75 ribu Mega Watt (MW). Namun, pemanfaatannya masih relatif rendah kurang dari 8 persen.

"Pertama mengenai fakta yang ada di negara kita, Indonesia memiliki potensi hydro power 75 ribu MW, panas bumi 35 MW tapi pemanfaatannya kurang 8 persen," kata Adhi‎, di Jakarta, Kamis (19/4/20018).

Menurut Adhi, belum optimalnya pemanfaatan tenaga air menjadi energi listrik, disebabkan oleh ketimpangan antara kebutuhan listrik dengan potensi produksi listrik dari PLTA.

Kebutuhan listrik saat ini tertinggi di Pulau Jawa, sementara potensi energi air di luar wilayah jawa. "Kenapa terjadi mix max potensi dan demand di Jawa potensi luar Jawa," ucapnya.

Adhi menilai, jika tidak ada terobosan ide maka pemanfaatan energi air untuk listrik tidak akan optimal.

Dia pun menyarankan agar pemerintah membangun kawasan industri yang letaknya berdekatan dengan po‎tensi PLTA. Langkah ini akan mendorong investasi dan menciptakan kebutuhan listrik baru.

"Pendekatannya adalah demand creation, ini bukan satu mimpi yang tidak nyata, tetangga kita Serawak dengan potensi yang tidak sebesar kita membangun.‎ Pemerintah bisa membangun komplek industri besar, ‎investor industri datang dan investor pembangkit datang," dia menandaskan.

Bos PLN: Proyek Listrik 35 Ribu MW Tidak Ada yang Mangkrak

Pekerja beraktivitas di sekitar proyek pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Jatigede, Sumedang, Jawa Barat, Kamis (6/4). Diperkirakan PLTA ini sudah dapat beroperasi pada 2019. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

PT PLN (Persero) memastikan proyek pembangkit listrik 35 ribu MW (Megawatt) berjalan lancar, sehingga tidak ada pembangunan terhenti alias mangkrak akibat terhambat.

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir mengatakan, pembangunan pembangkit listrik 35 ribu MW tidak ada yang mangkrak, bahkan saat ini pembangunan bergerak lebih cepat.

"Tidak ada proyek mangkrak, justru yang bisa dibilang percepatan," kata Sofyan seperti dikutip di Jakarta, Senin (19‎/3/2018).

Menurutnya, dalam pembangunan proyek tersebut, pemerintah membantu dalam pembebasan lahan. Selain itu, PLN diberikan kesempatan untuk membebaskan lahan dengan harga pasar, sehingga proses negosiasi pembebasan lahan lebih cepat.

"Kenapa hari ini pembebasan cepat dan jauh lebih baik, pertama beli harga pasar, dikawal kejaksaan, sehingga prosesnya kita melakukan konsinyiasi pengadilan," tutur Sofyan.

Sofyan melanjutkan, selain perbaikan mekanisme pembebasan lahan, PLN juga melakukan perbaikan dalam pemilihan kontraktor. ‎Ada syarat yang diberlakukan PLN untuk melihat keseriusan kontraktor dalam menggarap proyek pembangkit listrik 35 ribu MW.

Dia mencontohkan, salah satu syaratnya jika menggunakan perusahaan China, perusahaan tersebut harus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) China, selain itu juga menyiapkan uang jaminan 10 persen dari nilai proyek.

"Kontraktornya kalau yang China, BUMN China, enggak mau swasta. Taruh uang 10 persen dulu sebagai jaminan memang pemenang ini bergerak di kelistrikan," tandas Sofyan Basir

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

13 Tahun Hilang di Yordania, Ini Kondisi TKI Dastin Usai Ditemukan KBRI Amman

Posted: 18 Apr 2018 09:51 PM PDT

Tim Satgas KBRI Amman berhasil menemukan kembali Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bernama Dastin binti Tasja (30), warga Desa Juntikedokan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, yang telah diberitakan oleh sejumlah media online hilang kontak dengan keluarganya selama 13 tahun di Amman Yordania.

Saat ini, Dastin sudah berada di Shelter Griya Singgah KBRI Amman dalam kondisi fisik yang sehat. Namun Dastin hanya bisa berbahasa Arab dan sudah tidak mampu berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia.

"Kami bersama anggota Tim langsung bergerak cepat melakukan berbagai upaya untuk mencari Dastin, diantaranya melakukan koordinasi dengan Unit Cegah Tangkal Tindak Perdagangan Manusia (Counter Trafficking Unit) Yordania," kata Atase Tenaga Kerja KBRI Yordania, Suseno Hadi dalam keterangan pers Biro Humas Kemnaker di Jakarta pada Kamis (19/4).

Dijelaskan Atase Suseno saat melakukan upaya pencarian tim satgas KBRI Yordania telah berupaya keras untuk mencari data dan informasi yang didapatkan dari beberapa sumber tentang keberadaan Dastin, namun sempat terkendala karena tidak dapat dihubungi.

Menurut catatan, Dastin datang ke Yordania tahun 2005, dengan menggunakan visa turis, dan dipekerjakan secara tidak jelas (berpindah-pindah) oleh agen yang menanganinya di Yordania, dimana saat ini agen tersebut telah tutup.

"Alhamdulilah, akhirnya kita bisa mendapatkan informasi mengenai majikan Dastin dan menemukan Dastin di sana. Majikannya cukup kooperatif dan kita juga berhasil mendatangkan majikannya ke KBRI," kata Atase Suseno. 

Melalui bantuan petugas dari CTU, kata Atase Suseno, majikan Dastin bersedia membayar denda perijinan, sisa gaji dan menyelesaikan hak-haknya selama bekerja dengan dia.

"Kita sudah pegang pernyataannya untuk menyelesaikan semua permasalahan terkait dengan Dastin, termasuk denda dan sisa gajinya yang belum dibayarkan. Bila Majikannya lari bisa kita ajukan tuntutan hukum ke pengadilan dan diblacklist," kata Suseno.

TKI Dastin bersama Atase Tenaga Kerja KBRI Yordania, Suseno Hadi di Shelter Griya Singgah KBRI Amman.

Sementara itu, saat ditemui di Shelter Griya Singgah KBRI Amman, Dastin menyampaikan terima kasih kepada tim satgas KBRI yang telah menemukannya. Di sana, Dastin melakukan penyesuaian dan kembali belajar bahasa Indonesia.

"Dia gembira sekali dan memang sudah lama hilang kontak dan tidak berkomunikasi dengan keluarganya. Dia mengatakan ingin segera pulang dan bertemu dengan kedua orang tuanya di kampung halamannya," kata Suseno.

Pihak KBRI Amman terus berupaya berkoordinasi dengan pihak keluarganya di tanah air.

"Kita terus proses untuk kepulangannya ke tanah air. Namun masih menunggu penyelesaian kasusnya sampai tuntas, termasuk sisa pembayaran denda ijin dan sisa gaji dari majikannya," kata Suseno.

Dastin adalah salah satu kasus dari banyak kasus yang masih tersisa di Yordania. Menurut catatan Kementerian Perburuhan Yordania, di tahun 2017, terdapat 2805 PMI yang bekerja di Yordania. Dari jumlah tersebut, hanya 505 PMI yang memiliki ijin, sedang 2300 orang masuk dalam kategori illegal.

Sejak diberlakukannya Kepmenaker Nomor 260 Tahun 2015 Tentang Penghentian dan Pelarangan Penempatan TKI Pada Pengguna Perseorangan di Negara-Negara Kawasan Timur Tengah, pengiriman TKI sudah tidak dilakukan lagi, namun masalah-masalah yang tersisa masih dihadapi.

Masalah utama yang dihadapi oleh para PMI di Yordania pada umumnya terkait dengan gaji yang belum dibayar dan denda ijin tinggal yang tidak diurus oleh Majikan.

"Diharapkan jumlah PMI illegal di Yordania akan menurun sejalan dengan berbagai upaya diplomasi KBRI dengan pemerintah setempat untuk penyelesaian masalah. Sebagai bentuk upaya pemerintah hadir dalam perlindungan WNI/PMI, KBRI Amman akan terus memperjuangkan hak-hak dan melindungi WNI/PMI yang masih ada di Yordania," tutupnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Mau Kalah, Lucinta Luna Juga Bikin Geng Bareng Millendaru

Posted: 18 Apr 2018 09:50 PM PDT

Kehebohan kabar mengenai Lucinta Luna hingga kini masih hangat dibicarakan publik. Meski kiprahnya sebagai pedangdut seakan tenggelam dibanding kabar miring mengenai dirinya, namun ia tetap menikmatinya.

Lucinta Luna juga kerap memperlihatkan segala aktivitasnya di luar panggung.

Seperti yang dilakukan Lucinta Luna bersama Millendaru. Mereka tak mau kalah dengan para selebritas lain yang membentuk sebuah geng atau squad.

Dalam akun Instagramnya, Kamis (19/4/2018), Lucinta Luna pun memamerkan geng barunya dengan anggota di antaranya Millendaru, dokter Siska, dan dua wanita lainnya.

"LuGisc Squad...," tulisnya sebagai keterangan foto. 

 

Dicibir

Lucinta Luna (Foto: Instagram)

Geng yang dibentuk Lucinta Luna dan Millendaru pun berbuah cibiran dari warganet. Tak sedikit dari mereka yang melontarkan kata-kata tak pantas di kolom komentar.

"Cewek nya ga aslii semuaa," tulis akun @debbymarghareta_.

"Kok serem ya jadinya," tambah akun @fadhillahputrimelati.

"Ga bisa bedain mana yang asli mana yang enggak," lanjut akun @venyani1.

 

Ketakutan

Luna Maya. (Instagram/lunamaya).

Beberapa waktu lalu, Lucinta Luna juga memperlihatkan dirinya bertemu dengan Luna Maya. Namun banyak warganet yang menilai bahwa Luna Maya justru ketakutan saat dekat dengan personel Duo Bunga tersebut.

 

Video Panas

Lucinta Luna-Kevin Hillers. (Instagram/lucintaluna/kevin_hilers)

Lucinta Luna memang kerap tampil sensasional. Seperti baru-baru ini juga beredar video adegan panas antara dirinya dengan seorang pria yang mirip dengan Kevin Hillers.

Dalam video singkat tersebut, terlihat adegan keduanya tengah berciuman. Meski begitu, Kevin mengaku kalau dirinya dijebak.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satpol PP Segel Diskotek Exotic Tanpa Pengawalan Polisi

Posted: 18 Apr 2018 09:48 PM PDT

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi menutup Diskotek Exotic. Tempat hiburan yang berada di Jalan Jayakarta Dalam nomor 72A, Sawah Besar, Jakarta Pusat itu ditutup oleh Satpol PP pada pukul 08.00 WIB.

Pantauan Merdeka.com, Kamis (19/4/2018), para personel Satpol PP itu datang dengan menggunakan 5 kendaraan dinas putih biru. Kebanyakan dari mereka adalah perempuan.

Saat tiba di lokasi, mereka langsung menyegel tempat hiburan itu dengan membentangkan garis 'Polisi Pamong Praja Provinsi DKI Jakarta' di depan pintu masuk Diskotek Exotic.

Selain membentangi garis polisi pamong praja, mereka juga memasang spanduk putih bertuliskan pengumuman penutupan kegiatan usaha.

Di spanduk itu tertera juga jenis kegiatan Exotic yang saat ini masih beroperasi, yaitu diskotek, musik hidup, griya pijat, dan bar.

Dalam proses penyegelan diskotek itu tak terlihat aparat kepolisian yang mendampingi Satpol PP. Penyegelan Diskotek Exotic disaksikan beberapa warga sekitar. Mereka mengabadikan momen tersebut dengan menggunakan ponsel.

 

Tak Beri Komentar

Wakil Gubenur DKi Sandiaga Uno melepas anggota Satpol PP perempuan yang akan menutup Diskotek Exotic dan Karaoke Sense

Usai menyegel diskotek, para petugas enggan memberikan komentar banyak terkait penyegelan tersebut.

"Nanti aja ya nanti di Balai Kota," kata salah satu petugas di lokasi.

 

Reporter : Nur Habibie

Sumber : Merdeka.com

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: