Kamis, 05 April 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Turun Naik, Pegadang Pasar Tradisional Keluhkan Harga Telur Susah Ditebak

Posted: 05 Apr 2018 10:27 PM PDT

Harga telur ayam dalam negeri di pasar tradisional terpantau turun. Namun pedagang mengeluhkan terkait naik turunnya harga telur yang sukar ditebak.

Pedagang di Pasar Kebayoran Lama bernama Ning (24) mengatakan, harga telur ayam dalam negeri sekarang turun Rp 1.000, dari Rp 22 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp 21 ribu per kg.

"Tapi dia (harga telur ayam dalam negeri) enggak ketebak harganya, bakal naik atau turun. Paling bentar lagi naik," keluh dia saat ditemui di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Penurunan harga telur ayam dalam negeri tidak diikuti komoditas telur jenis lainnya, semisal telur ayam kampung dan telur asin.

Telur ayam kampung belum berubah secara harga, masih dijual Rp 2.200 per butir, sedangkan telur asin stabil pada angka Rp 28 ribu per kg.

Sementara itu, pedagang lainnya yang bernama Amin (70) menambahkan, penurunan harga telur ayam dalam negeri memang sudah terjadi sejak sebulan lalu.

Di kios dagangannya, harga komoditas ternak ini harga telur ayam kampung ditawarkan sebesar Rp 2 ribu per butir. "Kalau telur asin saya biasa jual Rp 27 ribu per kg, stabil kok itu," tandas dia.

Harga Cabai dan Bawang Putih Turun

Harga cabai di awal pekan pertama April 2018 (Foto: Liputan6.com/Maulandy R)

Harga cabai rawit merah dan bawang putih di pasar tradisional kini terus menurun. Penurunan harga cabai rawit merah hingga separuhnya jika dibandingkan saat harga sedang tinggi-tingginya satu bulan lalu.

Uus (50), salah seorang pedagang di Pasar Kebayoran Lama mengatakan, ramainya pasokan cabai rawit merah dari penyetor menjadi faktor utama yang membuat harganya berkurang.

"Cabai rawit merah kan sempat tuh Rp 70 ribu per kg, tapi sekarang makin turun jadi Rp 35 ribu per kg. Pasokannya lagi banjir (banyak, dari penyetor), makanya harga turun," kata dia kepada Liputan6.com di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Komoditas cabai lain, yaitu cabai merah keriting juga ikut turun, dari sebelumnya Rp 40 ribu per kg menjadi Rp 35 ribu per kg.

"Yang stabil (tidak naik, tidak turun) paling cabai rawit hijau, tetap Rp 35 ribu per kg," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Argentina, Persaingan Dimulai Hari Ini

Posted: 05 Apr 2018 10:15 PM PDT

Seri kedua MotoGP 2018 dimulai sejak Jumat (6/4/2018). MotoGP Argentina 2018 di Sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo akan mulai digulir dari sesi latihan bebas, kualifikasi, hingga balapan.

Berkaca dari hasil MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, ada tiga pembalap yang aksinya bakal mendapat perhatian. Mereka adalah penghuni podium di Losail, yakni Andrea Dovizioso, Marc Marquez, dan Valentino Rossi.

Masing-masing dari pembalap itu juga punya pengalaman naik podium balapan di Argentina. Khusus Rossi, ia adalah satu-satunya pembalap yang konsisten naik podium dalam balapan MotoGP Argentina tiga musim terakhir.

Namun, bukan berarti mereka yang bakal mengisi slot podium pada MotoGP Argentina 2018. Apalagi, Marquez dan Dovi sama-sama gagal mencapai garis finis pada balapan musim lalu. Untuk Dovi, ia juga hanya finis ke-13 pada musim 2016. Justru Maverick Vinales yang tampil sebagai juara pada edisi 2017.

Sebelumnya, Dovi sukses memenangi balapan MotoGP Qatar. Pada balapan tersebut, pembalap asal italia itu mencapai garis finis lebih cepat 0,027 detik atas The Baby Alien.

 

Jadwal MotoGP Argentina

6 April 2018

FP1: 19:55 WIB

FP2: 00:05 WIB

 

7 April 2018

FP3: 19:55 WIB

FP4: 23:30 WIB

Q1: 00:10 WIB

Q2: 00:35 WIB

 

8 April 2018

Balapan: 01:00 WIB

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sadis, 4 Beruang Riau Dibunuh Dan Dikuliti

Posted: 05 Apr 2018 10:15 PM PDT

Kejam, empat beruang madu di Riau dibunuh dan dikuliti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilot Jet Tempur AS Tewas Saat Misi Terbang di Nevada

Posted: 05 Apr 2018 10:14 PM PDT

Seorang pilot jet tempur anggota unit akrobatik Angkatan Udara Amerika Serikat tewas dalam misi terbang di Nevada, AS pada Kamis, 5 April 2018.

Jet tempur F-16 yang diawaki oleh Mayor AU Stephen Del Bagno seorang jatuh dalam misi latihan penerbangan di Nevada Test and Training Range sekitar pukul 10.30 waktu setempat. Demikian seperti dikutip dari NBC News (6/4/2018).

Pesawat itu jatuh beberapa saat usai lepas landas dari Nellis Air Force Base (AFB), dekat Las Vegas, Nevada.

"Kami sangat berduka atas tewasnya Mayor Del Bagno," kata Brigjen AU Jeannie Leavitt, Komandan Wing 57 di Nellis AFB dalam sebuah pernyataan resmi.

Wing 57 merupakan induk unit US Air Force Air Demonstration Squadron - 'Thunderbirds', sebuah skuadron jet tempur akrobat Angkatan Udara AS. Skuadron itu kerap melaksanakan sejumlah misi terbang akrobatik untuk berbagai perhelatan seremoni militer.

"Del Bagno merupakan personel penting untuk skuadron. Kami sungguh merasa kehilangan," lanjut Brigjen Leavitt.

Sementara itu, lewat sebuah pernyataan, Thunderbirds menjelaskan, latihan penerbangan yang dilakukan oleh Del Bagno adalah persiapan jelang festival di March Air Reserve Base di California Selatan pada akhir pekan nanti -- di mana skuadron tersebut akan tampil.

Namun, menyusul tewasnya sang mayor, Thunderbirds batal tampil pada perhelatan tersebut.

Saat ini, penyelidikan terkait tewasnya Del Bagno tengah dilakukan oleh otoritas terkait.

 

 

 

Konsultan Pilot untuk Film Marvel Cinematic Universe

Jet tempur Angkatan Laut AS Blue Angels melakukan atraksi saat upacara wisuda Lulusan US Naval Academy di Annapolis, Maryland, (26/5). Akademi ini mendidik perwira Angkatan Laut dan Korps Marinir Amerika Serikat. (AP Photo / Patrick Semansky)

Mayor AU Stephen Del Bagno asal Valencia, California telah bergabung dengan Angkatan Udara AS sejak 2005 usai lulus dari Utah Valley State University.

Sejak bergabung dengan AU AS, Del Bagno telah mencatat 3.500 jam terbang. Ia juga berdinas sebagai pengevaluasi pilot-pilot AU AS.

Ia baru bergabung dengan US Air Force Air Demonstration Squadron - 'Thunderbirds' beberapa bulan belakangan.

Del Bagno juga merupakan konsultan pilot untuk film Marvel Cinematic Universe berjudul Captain Marvel, produksi Marvel Studios yang dibintangi Aktris Terbaik Oscar, Brie Larson. Film itu akan rilis pada 2019.

Pihak Marvel Studios yang paham akan kabar tewasnya Del Bagno turut menyampaikan ucapan bela sungkawa.

"Kami kehilangan seorang teman kemarin. Marvel Studios sungguh berduka mendengar kabar tewasnya Mayor AU Stephen Del Bagno. Kami sungguh beruntung memilikinya sebagai konsultan untuk Captain Marvel. Kami sungguh merindukannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Pangdam Siliwangi Doni Monardo Dilantik Jadi Sekjen Wantannas

Posted: 05 Apr 2018 10:12 PM PDT

Mantan Pangdam III Siliwangi Letnan Jenderal Doni Monardo resmi dilantik menjadi Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas). Pelantikan digelar di kantor Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam).

Dalam pelantikan yang bersifat tertutup itu, turut hadir Menko Polhukam Wiranto beserta jajaran lainnya. Doni pun diambil sumpahnya dan kemudian menandatangani berita acara pelantikan.

Usai pelantikan, Doni Monardo memilih tidak berbicara dengan awak media. Dia langsung menuju ke kantornya, yang tak jauh dari kantor Menko Polhukam.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menunjuk Pangdam III Siliwangi, Mayjen Doni Monardo menjadi dengan jabatan barunya bintang di pundak Doni bertambah menjadi tiga atau letnan jenderal (Letjen).

Doni Monardo menggantikan posisi Irjen Tjetjep Agus Supriyatna yang saat ini menjabat sebagai Plt Sesjen Wantannas. Keputusan itu tertuang dalam Keppres Nomor 24/TPA tahun 2018 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional. Keppres ditetapkan pada 14 Maret 2018.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sosok Doni Monardo

Letnan Jenderal Doni Monardo dilantik menjadi Sekjen Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) (Liputan6.com/ Putu Merta Surya Putra)

Doni Monardo sempat menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Lalu menjadi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus), dan Pangdam XVI/Pattimura.

Nama jebolan Akademi Militer 1985 ini harum ketika ditugaskan oleh Presiden SBY menjadi Wakil Komando Satuan Tugas untuk membebaskan kapal MV Sinar Kudus yang dibajak perompak Somalia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketika E-KTP Bikin Kalang Kabut KPU Jateng

Posted: 05 Apr 2018 10:11 PM PDT

Kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) kembali bikin pusing. Tetapi, kali ini yang kalang kabut bukan pihak yang terlibat.

Masyarakat protes lantaran KTP-el-nya tak kunjung jadi. Dinas Kependudukan dan Catatatan Sipil (Disdukcapil) pusing karena kehabisan blangko e-KTP.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun pusing tujuh keliling. Pasalnya, tak beresnya penggarapan proyek segede Rp 5,7 triliun itu rupanya menjadi masalah besar pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018. Bayangkan saja, di Jawa Tengah, masih ada 829. 832 orang yang belum memliki e-KTP.

Padahal, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 7 tahun 2018, tanpa e-KTP, seorang warga negara tak bisa menggunakan hak pilihnya.

Aturan tentang pemungutan dan penghitungan suara pemilih itu menyebut bahwa warga yang akan menggunakan hak di hari pemungutan suara wajib membawa surat undangan atau Formulir C6 disertai KTP Elektronik atau Surat Keterangan perekaman data e-KTP.

Ratusan ribu orang itu terancam kehilangan hak suaranya. Padahal, angka 829.832 adalah tiga persen dari daftar pemilih sementara (DPS) Pemilihan Gubernur Jateng (Pilgub) Jateng 2018, yang berjumlah 27,34 juta orang.

Penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub Jateng pun kian dekat. Sebab itu, KPU Jawa Tengah mengultimatum, sekaligus memberi kesempatan kepada Disdukcapil untuk segera menyelesaikan e-KTP, atau setidaknya melakukan perekaman data.

Target Partisipasi Pemilih Tetap 77,5 Persen

Suasana penghitungan suara dalam Pilkada Cilacap 2017. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo berharap pembuatan e-KTP dikebut hingga batas waktu DPT pada minggu ke empat bulan April 2018 ini. Sebab, KPU ditarget memenuhi persentase partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen.

"Pada pelaksanaan Pilgub sebelumnya tingkat partisipasi di Jawa Tengah hanya mencapai 56 persen," ucapnya, di Purwokerto, Rabu (4/4/2018).

Selain masalah e-KTP, Joko juga memperkirakan terdapat sekitar 6-7 juta jiwa yang berada di luar Jateng. Kemungkinan besar, sebagian besar tak pulang untuk menunaikan hak pilihnya.

Di antaranya bekerja sebagai buruh migran luar negeri atau merantau di luar kota, terutama kota besar dan luar pulau Jawa.

"Karena ada yang domisili di luar negeri, tapi kalau ada yang berada di sekitar Jawa Tengah biasanya pulang. Karena pemilih yang berada di luar negeri, secara teknis tidak bisa pulang. Kemudian di luar Pulau Jawa, secara teknis sulit pulang," dia menjelaskan.

Meski berat, namun KPU jateng tetap berupaya memenuhi target 77,5 persen partisipasi pemilih. Salah satu upayanya adalah dengan mensosialisasikan pemilu pada pemilih pemula.

Bagaimana Kepemilikan E-KTP Cilacap?

Anggota KPU Cilacap, Akhmad Kholil. (Foto: Liputan6.com/ Muhamad Ridlo)

Anggota KPU Kabupaten Cilacap, Akhmad Kholil mengungkapkan Cilacap adalah salah satu daerah dengan tingkat kepemilikan e-KTP yang rendah. Sebanyak 21.631 warga di Cilacap tak memiliki e-KTP.

Risikonya, warga yang tak memiliki e-KTP atau Surat Keterangan (Suket) perekaman data, bakal dicoret dari daftar DPS. Otomatis, nama mereka pun hilang dari daftar DPT.

"Seandainya betul-betul tidak memiliki KTP Elektronik, maka orang tersebut tidak bisa menggunakan hak pilihnya. Itu peraturan nomor 7 tahun 2018," kata Kholil, Kamis, 4 April 2018.

Namun begitu, dia menjamin, jika seseorang sudah merekam data, maka ia akan bisa menggunakan hak pilihnya dengan memperlihatkan surat keterangan (Suket) perekaman data.

Mengantisipasi hal itu, KPU Cilacap telah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk segera menyelesaikan e-KTP, atau setidaknya sampai perekaman data.

Hasil koordinasi dengan Disdukcapil Cilacap, sebanyak 24 persen dari 21 ribuan warga Cilacap telah melakukan perekaman data. Sisanya, akan diupayakan secepatnya.

Selain masalah kepemilikan e-KTP, partisipasi pemilih di Cilacap juga banyak dipengaruhi banyaknya buruh migran. Sebab, Cilacap adalah penyumbang buruh migran terbanyak di Jawa Tengah dan keempat di Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main di The Perfect Husband, Bunga Zainal Tak Mau Diistimewakan

Posted: 05 Apr 2018 10:10 PM PDT

Setelah 13 tahun vakum, Bunga Zainal akhirnya melepas rasa rindunya di dunia perfilman. Wanita yang sempat disebut Ratu FTV ini bergabung dalam film produksi Screenplay Films berjudul The Perfect Husband.

Dalam film produksi suaminya, Sukhdev Singh, Bunga Zainal berperan sebagai wanita bijaksana bernama Dita. Dita diceritakan sebagai kakak dari Ayla yang diperankan oleh Amanda Rawles.

Tentunya, Bunga Zainal memiliki alasan mengapa ia memutuskan kembali ke layar lebar. Itu lantaran ia sudah mendapat lampu hijau dari suaminya.

"Karena anak-anak sudah gede. Anak-anak sudah bisa ditinggal syuting. Suami aku bilang 'duh karakter Dita ini pas banget sama kamu', kantor udah casting pemain lain, dan belum nemu banget," ujar Bunga Zainal di XXI Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (6/4/2018).

Sambut Antusias

Bunga Zainal dan Sukhdev Singh. (Foto: instagram.com/bungazainal05)

Alhasil sang suami memberi tawaran langsung pada Bunga Zainal untuk berperan dalam The Perfect Husband. Penawaran ini tentunya disambut dengan antusias oleh wanita berusia 31 tahun tersebut.

"Terus dia bilang "Mau enggak bantuin Screenplay untuk main film ini?" Akhirnya aku pikir, ya sudahlah ya PH suami aku sendiri, terus filmnya juga bagus banget," sambung ibu dua anak tersebut.

Tak Mau Diistimewakan

Bunga Zainal. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Selama menjalani proses syuting, Bunga Zainal juga menolak fasilitas istimewa yang diberikan. Dia lebih suka berbaur dengan pemain lainnya demi menciptakan chemistry yang baik saat beradegan.

"Pas kalian di posisi saya pasti gitu logikanya (diperlakukan spesial). Kebetulan saya bukan orang kayak gitu, Aku bukan orang ansos, aku sering ngobrol, sering bersosialisasi. Kalau dikasih ruangan sendiri aku enggak mau. Aku mau gabung sama mereka," tuturnya.

Suami Perfeksionis

Bunga Zainal. (Deki Prayoga/Bintang.com)

"Pemain bukan aku saja, tapi logikanya memang tempat itu dipersiapkan untuk aku. Kayak jemputan, kayak kamar sendiri, itu pasti ada, tapi tidak aku ambil. aku mau kenal sama Amanda karena baru kenal di sini," ia melanjutkan.

Soal honor pun, Bunga Zainal dibayar secara profesional. Tidak ada campur tangan dari suami soal pembayaran.

"Oh sangat sangat profesional banget. Dia enggak pernah mau ikut campur soal itu. Dia itu perfeksionis banget, enggak cuma aku tapi ke pemain kecil juga," pungkas Bunga Zainal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tumpahan Minyak Cemari Sejumlah Pantai di Balikpapan

Posted: 05 Apr 2018 10:10 PM PDT

Gambar dari udara tumpahan minyak di Pantai Kemala, Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (2/4). Pipa bawah laut Pertamina pecah akibat tersangkut jangkar kapal pengangkut batu bara. (AFP)

Gambar dari udara tumpahan minyak di Pantai Kemala, Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (2/4). Pipa bawah laut Pertamina pecah akibat tersangkut jangkar kapal pengangkut batu bara. (AFP)

Polisi membersihkan Pantai Benua Patra setelah tumpahan minyak di sekitarnya, Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (2/4). Pembersihan pantai ini mendapat dukungan banyak pihak, terutama perusahaan migas yang ada di Balikpapan. (AFP)

Polisi membersihkan Pantai Benua Patra setelah tumpahan minyak di sekitarnya, Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (2/4). Pembersihan pantai ini mendapat dukungan banyak pihak, terutama perusahaan migas yang ada di Balikpapan. (AFP)

Petugas membersihkan Pantai Benua Patra setelah tumpahan minyak di sekitarnya, Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (2/4). Pembersihan pantai dilakukan secara manual agar lebih efektif untuk mengumpulkan ceceran minyak. (AFP)

Petugas membersihkan Pantai Benua Patra setelah tumpahan minyak di sekitarnya, Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (2/4). Pembersihan pantai dilakukan secara manual agar lebih efektif untuk mengumpulkan ceceran minyak. (AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hajar CSKA Moscow, Petr Cech: Arsenal Hebat

Posted: 05 Apr 2018 10:07 PM PDT

Petr Cech memuji keberhasilan Arsenal menang telak 4-1 atas CSKA Moscow pada leg pertama perempat final Liga Europa, Jumat (6/4/2018) dini hari WIB. Arsenal mengontrol jalannya pertandingan.

Cech menyebut, timnya sudah bermain bagus saat menyerang. Bahkan menurutnya Arsenal bisa mencetak gol lebih banyak lagi di pertandingan itu. Tetapi, yang paling penting adalah keberhasilan Arsenal untuk menjaga gawangnya tidak kebobolan lebih banyak.

"Kami menunjukkan performa yang hebat. Jelas kami bermain bagus saat menyerang dan menciptakan banyak peluang dan saya kira kami harusnya mampu mencetak lebih banyak gol," ungkap Cech dikutip dari laman resmi Arsenal.

"Khususnya di babak kedua kami menciptakan banyak peluang dan kami berpeluang menambah gol kami tetapi yang terpenting adalah saat sudah unggul 4-1 di paruh waktu, anda tidak mau kebobolan lagi."

Pula, Cech memuji pertahanan kokoh yang dibangun timnya di babak kedua yang membuat CSKA tidak bisa membuat peluang berbahaya.

"Anda harus membuat mereka tidak dapat kembali ke permainan terbaik mereka dan kami berhasil melakukan itu dengan baik. Kami benar-benar mengontrol pertandingan."

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Aksi Damai di Monas, Kereta dari Gambir Juga Ambil Penumpang di Jatinegara

Posted: 05 Apr 2018 10:07 PM PDT

PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan rekayasa pola operasi kereta api pada Jumat ini. Rekayasa tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan terhambatnya perjalanan calon penumpang menuju stasiun Gambir diakibatkan kemacetan di sekitar Monumen Nasional (Monas ), dikarenakan adanya aksi damai.

Rekayasa pola operasi tersebut yakni 10 kereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir, mulai pukul 12.35 WIB sampai pukul 18.45 WIB pada hari itu akan berhenti luar biasa (BLB) di Stasiun Jatinegara.

"Jadi penumpang kereta api yang kesulitan untuk menuju ke Gambir bisa naik dari Stasiun Jatinegara, dimana biasanya kereta api keberangkatan Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara. Hal ini demi memudahkan pelayanan penumpang," ungkap Edy Kuswoyo, Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta kepada wartawan, Jumat (6/9/2018).

Edy menegaskan, ke-10 kereta api itu, akan tetap berangkat dari Gambir sesuai jadwal, namun ada penyesuaian pola operasi di Stasiun Jatinegara sehingga juga berhenti.

Para penumpang yang sudah memiliki tiket atau kode booking KA pada jam keberangkatan tersebut dapat naik dari Stasiun Jatinegara.

"Kita juga menyiagakan petugas untuk membantu pelayanan penumpang di sana," tambahnya.

PT KAI menghimbau para penumpang untuk mengantisipasi dan memperkirakan waktu keberangkatan kereta api, sehingga tidak tertinggal.

Pastikan selalu nama yang tertera pada tiket atau kode booking sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas anda.

Untuk diketahui, massa dari Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) bakal menggelar aksi damai di Monas. Aksi damai tersebut bertajuk Aksi Bela Islam terkait puisi Sukmawati Soekarnoputri berjudul Ibu Indonesia yang dianggap menistakan agama Islam.

Jadwal Kereta yang Berhenti di Jatinegara

Penumpang menaiki kereta di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (29/11). Memasuki libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, PT KAI Daop 1 akan mengoperasikan 11 Kereta Api (KA) tambahan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Daftar kereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir dan berhenti luar biasa di Stasiun Jatinegara :

1. KA 34 (Argo Parahyangan)

2. KA 56 (Bangunkarta)

3. KA 12 (Argo Sindoro)

4. KA 26 (Argo Parahyangan)

5. KA 44 (Bima)

6. KA 11234 (Argo Parahyangan Tambahan)

7. KA 18 (Argo Jati)

8. KA 42 (Gajayana)

9. KA 7060 (Argo Parahyangan Premium)

10. KA 28 (Argo Parahyangan).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Beli Mobil dengan Dana Terbatas, Ikuti Tips Ini

Posted: 05 Apr 2018 10:05 PM PDT

Ritual mudik dan libur panjang menjadi waktu yang tepat untuk bertemu dengan keluarga maupun jalan-jalan mengunjungi tempat wisata. Mobil merupakan transportasi ideal untuk mudik ke kampung halaman.

Sayangnya, kadang budget ketat, jadi coba-coba cari yang second, apalagi kalau bermerek tapi lumayan ramah di kantong. Untuk pilihan yang harganya tidak terlalu tertebak dan bisa murah, pelelangan bisa jadi pilihan.

Bisanya, di pelelangan, ada saja mobil-mobil yang dijual dengan harga mengejutkan. Soalnya, kadang alasan orang titip mobil di sini karena kredit macet ataupun perusahaan yang tidak punya waktu untuk jual mobil satu-satu.

"Multifinance kan bisanya akan melakukan penarikan, nah itu 70-80 persen dipasarkan ke (balai lelang) Ibid. Ada juga satu perusahaan yang bingung jual satu-satu, ya dititipkan deh ke Ibid," kata Daddy Doxa Manurung, Chief Operation Officer Balai Lelang Ibid, dalam satu kesempatan.

Kalau dilihat-lihat, banyak minibus sekelas Avanza-Xenia juga APV yang dijual di bawah pasaran, bahkan ada APV tahun 2012 dengan harga buka lelang Rp 48,5 juta, tapi yang ini blind van.

Lalu ada juga Agya keluaran 2014 yang dipasang dengan harga lelang Rp 79 juta. Kondisinya masih lumayan kalau dilihat sekilas, dan balai lelang seperti mereka memperbolehkan calon pembeli untuk masuk kabin dan menyalakan mesin.

Soal kondisi, mobil-mobil yang dilelang ini biasanya sudah punya keterangan kondisinya. Keterangan itu seperti nilai untuk eksterior-interior, mesin, hingga kelengkapan surat-surat.

"Waktu tiga hari sebelum lelang, ada open house, orang boleh lihat kondisi segala macam, bisa dilihat di situ. Boleh lihat dalam, nyalakan mesin. Nanti pada saat lelang, mobil akan lewat. Boleh bawa mekanik kalau sekiranya kurang paham dengan mobil saat open house," ujarnya.

KPK Lelang Barang Inventaris, Mobil Tahanan Mulai Rp 30 Jutaan

Petugas keamanan mengecek mobil operasional KPK yang akan dilelang di Gedung KPK Lama, Jakarta, Selasa (27/2). KPK akan melelang kendaraan operasional inventaris yang telah berumur di atas 10 tahun. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III, akan melelang sejumlah barang inventaris yang telah berumur lebih dari 7 tahun. 

Lelang barang inventaris KPK ini akan diselenggarakan pada Kamis, 1 Maret 2018. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan lelang ini akan digelar di KPKNL mulai pukul 10.00 WIB. Syarat peserta lelang adalah memiliki akun yang telah terverifikasi pada website Lelang,  https://www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id./

 

 

Setidaknya ada 12 unit mobil dan sepaket motor yang berjumlah 12 unit juga yang akan dilelang. Dari 12 unit mobil, tiga di antaranya merupakan mobil tahanan yang masing-masing memiliki nilai limit Rp 30 jutaan.

Berikut ini unit-unit beserta harga limit yang ditawarkan dalam lelang KPK.

1 UNIT HONDA JAZZ GD 36 1.5 VTI CKD M/T (2007) Rp 59.560.000

1 UNIT TOYOTA YARIS 1.5 E M/T (2007) Rp 61.752.000

1 UNIT TOYOTA KIJANG GRAND KF 83 LGX (2004) Rp 41.000.000

1 UNIT TOYOTA PREVIA 2.4 L A/T (2004) Rp101.412.000         

1 UNIT TOYOTA KIJANG INNOVA V (2006) Rp 75.952.000

1 UNIT TOYOTA KIJANG INNOVA V (2006) Rp 77.925.000

1 UNIT TOYOTA KIJANG INNOVA G (2006) Rp 68.058.000

1 UNIT TOYOTA KIJANG INNOVA G (2006) Rp 66.744.000

1 UNIT TOYOTA KIJANG INNOVA G (2006) Rp 68.400.000

1 UNIT MOBIL TAHANAN TOYOTA KIJANG KF 83 SPR LONG Rp 36.279.000

1  UNIT MOBIL TAHANAN TOYOTA KIJANG KF 60 STD Rp 36.056.000

1 UNIT MOBIL TAHANAN TOYOTA KIJANG KF 60 STD Rp 31.204.000

 1 (SATU) PAKET KENDARAAN RODA 2 SEBANYAK 12 UNIT dengan nilai limit Rp 39.290.000 Terdiri dari: 5  UNIT HONDA TIGER GL 200 D (2007) , 2  UNIT HONDA SUPRA NF 125 SD (2005), 4 UNIT HONDA SUPRA NF 125 TD (2007), 1 UNIT HONDA SUPRA NF 125 TR (2007)

Untuk informasi lebih lengkapnya https://www.kpk.go.id/id/publikasi/pengumuman/4163-pengumuman-lelang-barang-inventaris-kpk-2322018

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendirian BUMDes Masih Terkendala Pengetahuan Masyarakat

Posted: 05 Apr 2018 10:04 PM PDT

Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Eko Ariantori, menyebut pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terkendala beberapa masalah. Salah satunya, masih banyak masyarakat desa yang tidak memiliki pengetahuan akan pentingnya BUMDes.

"Pertama tipe ketidaktahuan. Kedua kepala desa yang tahu, ada inisiatif mendirikan BUMDes, tapi tidak merasa ada untungnya. Ketiga, ada yang tahu, tapi mendirikannya itu asal saja. Akhirnya kita pelan-pelan membangun mimpi mereka, kenapa mau mendirikan," jelas dia, Jumat (6/4/2018).

Eko mengatakan, sejauh ini OJK secara partisipatif mendekati beberapa perangkat desa. Mulai dari kepala dan sekretaris desa untuk melakukan pendataan potensi desa tersebut.

Selain itu, OJK juga memfasilitasi dan mendampingi desa-desa dalam melakukan musyawarah desa. Sehingga nantinya akan menghasilkan satu peraturan desa (Perdes) untuk memberikan BUMDes dan menyusun satu perjanjian kerjasama antar desa.

Seperti diketahui, BUMDes adalah sebuah lembaga usaha desa yang dikelola oleh pemerintah desa juga masyarakatnya, dengan tujuan memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada di desa tersebut.

 

OJK Sinergikan Program Inklusi Keuangan dan BUMDes Tangani Ketimpangan Ekonomi

Ilustrasi warga desa.

Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Eko Ariantori, menyebut saat ini pihaknya tengah fokus terhadap inklusi keuangan berkelanjutan. Salah satunya adalah melalui sinergi program dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang diyakini mampu mendorong perwujudan desa maju dan masyarakat sejahtera.

Dengan adanya Bumdes, diharapkan juga dapat mengurangi terjadinya ketimpangan antara perkotaan dengan perdesaan. "Membangun itu butuh akses keuangan jadi melalui program BUMDes yang kita sinergikan dengan program inklusi keuangan kita harapkan gap antara desa kota terkait dengan inklusi keuangan dan literasi keuangan bisa mengejar ketertinggalannya," kata Eko pada saat Pelatihan dan Gathering Media Massa, di Purwokerto, Kamis, (5/3) malam.

Sejauh ini, lanjut dia, sangat jelas terlihat bagaimana ketimpangan antara kota dan desa masih tinggi. Di mana tingkat kemiskinan di desa masih 13,9 persen, atau dua kali lipat dari tingkat kemiskinan di kota yang berkisar 7,72 persen.

Padahal, saat ini, potensi kekayaan desa cukup besar. Dengan total 74.958 desa, 61.821 desa memiliki potensi dalam pengelolaan sektor pertanian. 20.034 desa berpotensi di perkebunan, 12.827 desa berpotensi di perikanan, 1.902 desa berpotensi di wisata, dan 65.587 desa berpotensi di energi baru dan terbarukan.

Melihat potensi tersebut, OJK pun berinisasi bersama seluruh stakeholder untuk memfasilitasi di dalam percepatan pembangunan di desa melalui BUMDes. "OJK memfasilitasi BUMDes menjadi model yang inklusif. Partisipasi masyarakat besar, sektor keuangan sehat, ITnya bisa memfasilitasi koneksi-koneksi desa dengan baik," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Kembali Periksa 5 Anggota DPRD Kota Malang Tersangka Suap

Posted: 05 Apr 2018 10:03 PM PDT

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa lima anggota DPRD Kota Malang periode 2014-2019. Lima anggota DPRD merupakan bagian dari 19 tersangka kasus dugaan suap pembahasan APBD-P Kota Malang tahun 2015.

"Lima anggota DPRD Kota Malang ini akan diperiksa sebagai tersangka," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (6/4/2018).

Mereka yang dipanggil adalah Abdul Hakim, Imam Fauzi, Sulik Lestyowati, Syaiful Rusdi, dan Tri Yudiani. Berdasarkan pantauan, Sulik Lestyowari dan Tri Yudiani telah tiba di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan pada pukul 10.30 WIB.

Terkait kasus ini, KPK telah menahan 14 tersangka antara lain, Wali Kota nonaktif Malang Moch Anton yang tengah mencalonkan diri kembali di Pilkada 2018, dan anggota DPRD Yaqud Ananda Gudban.

Keduanya resmi ditahan berbarengan dengan anggota DPRD Malang Heri Pudji Utami, Abd Rachman, Hery Subiantono, Rahayu Sugiarti, dan Sukarno.

Pada Rabu 28 Maret, KPK melanjutkan penahanan terhadap lima anggota DPRD Malang terkait dugaan suap APBDP tersebut. Mereka adalah Wakil Ketua DPRD Kota Malang, M Zainuddin dan Wiwik Hendri Astuti, serta tiga anggota DPRD, Salamet, Mohan Katelu, dan Suprapto.

Kemudian Bambang Sumarto ditahan pada Kamis 29 Maret 2018 dan Sahrawi langsung dijebloskan ke rutan usai menjalani pemeriksaan Kamis 5 April 2018.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pertimbangkan Praperadilan

Sementara itu, Sahrawi yang merupakan politikus Partai PKB itu mengaku tengah mempertimbangkan untuk mengajukan praperadilan atas penetapannya sebagai tersangka.

"Saya akan konsultasi dengan tim lawyer saya apakah mengajukan praperadilan terkait kezaliman ini yang terjadi," ujar dia di KPK, Kamis 5 April 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Desainer Marc Jacobs Melamar Sang Kekasih dengan Flash Mob

Posted: 05 Apr 2018 10:03 PM PDT

Marc Jacobs, desainer ternama dunia melamar kekasihnya, Char Defrancesco di restoran Chipotle, New York, Rabu (4/4/2018). Yang menarik, Direktur Kreatif rumah Louis Vuitton itu melamar dengan diiringi tarian flash mob. 

Flash Mob dilakukan oleh karyawan Chipotle yang diiringi oleh lagu klasik 1986 dari Prince berjudul Kiss. Ketika tarian berakhir, Marc Jacobs berlutut di hadapan Char Defrancesco dan meminangnya. 

Merayakan ulang tahun Char Defrancesco

Dikutip dari Huffington Post pada Jumat (6/4/2018), Marc Jacobs dan sang kekasih datang ke restoran Mexico tersebut untuk merayakan ulang tahun Char. Sang kekasih pun terkesima dengan penampilan flash mob yang dilakukan oleh karyawan Chipotle.

Apalagi Marc Jacobs pun berlutut dan mempersembahkan sebuah cincin untuk Char. Char yang berprofesi sebagai model itu terkejut dan akhirnya menerima lamaran Marc Jacobs untuk menikahinya.

Marc Jacobs dan Char Defrancesco sudah menjalin hubungan selama beberapa tahun. Mereka pun sudah tinggal bersama di West Village.

Sudah menjalin hubungan beberapa tahun

 

Who remembers Jay and Silent Bob?

A post shared by Char Defrancesco (@chardefrancesco) on

Semua orang yang berada di restoran terlihat ikut bahagia menyaksikan proses lamaran tersebut. Kita tunggu saja kabar selanjutnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gigit Kepala Ayam Hingga Putus, Remaja di Florida Terjerat Hukum

Posted: 05 Apr 2018 10:03 PM PDT

Seorang remaja berusia 17 tahun di Florida, Amerika Serikat tengah dihadapkan dengan permasalahan hukum yang menjerat dirinya.

Remaja laki-laki yang masih tercatat sebagai siswa di sekolah menengah atas itu terlilit hukum karena telah menggigit kepala ayam hingga lepas.

Dikutip dari laman Fox News, Jumat (6/4/2018), Kantor Sheriff Volusia County dalam postingannya di Facebook mengatakan bahwa pelaku bernama David Andrew Jimenez.

Perbuatan yang masuk dalam katergori sadis itu ia lakukan di kandang ayam yang ada di sekolahnya. Saat itu, pihak sekolah sedang melangsungkan acara Farm to Table -- sebuah program sosial untuk mempromosikan makanan lokal.

Kala itu, seorang guru menemukan ada tubuh ayam tanpa kepala di tempat parkir. Sementara, bagian kepala ditemukan di kandang ayam. Tak hanya perkara ayam tanpa kepala saja, lokasi kandang juga dipenuhi dengan pecahan telur yang dilempar ke dinding.

"Menggigit kepala ayam dan kemudian melempar telur ke dinding adalah tindakan sadis," ujar pihak Sheriff Volusia County.

Setelah dilakukan penyelidikan, remaja laki-laki itu diyakini sebagai pelaku utama. Jimenez secara diam-diam masuk ke dalam kandang ayam tanpa izin dan melakukan tindakan sadis.

Menurut penyidik, motif utama perbuatan keji yang dilakukan oleh Jimenez tak lain dan tak bukan adalah adanya keinginan untuk melakukan tindak kekerasan kepada siapa saja.

Kini, remaja itu telah diamankan dan akan menghadapi pemeriksaan lebih lanjut.

Bunuh Ayam tiap 15 Menit

Ilustrasi ayam (iStock)

Jika David Andrew Jimenez diyakini melakukan tindakan kekerasan atas dorongan dalam diri, makan beda dengan pria yang satu ini.

Mabuk cinta adalah alasan utama mengapa pemuda asal Alabama bernama Hayden Smith yang melakukan sesuatu di luar nalar.

Dilkutip dari metro.co.uk, saat mengalami masalah dalam hubungan asmara, Hayden nekat mengancam ibu kandungnya dan membunuh ayam peliharaan milik sang ibu setiap 15 menit sekali di rumahnya sendiri.

Pemuda berusia 18 tahun itu dikabarkan tengah bertengkar dengan kekasihnya. Merasa sakit hati dan tak ingin kehilangan cinta, ia pun meminta ibunya agar membantu memperbaiki hubungannya dengan sang kekasih.

Namun, bukannya berbicara dengan baik-baik kepada sang ibu, remaja galau itu justru mengancam ibunya bahwa ia akan membakar rumah dan bunuh diri jika ibundanya tidak bisa membuat hubungannya dengan sang kekasih membaik.

Hayden pun memberikan batas waktu beberapa jam kepada sang ibu. Jika ibunya tidak berhasil, ia benar-benar akan membakar rumah.

Sambil menunggu tindakan sang ibu untuk mengambil hati kekasihnya, Hayden memotong ayam peliharaan milik ibunya setiap 15 menit sekali.

Setiap kali membunuh ayam, pemuda patah hati itu mengirim 'teror' kepada ibunya berupa pesan yang berisi gambar mayat ayam. Dari pesan gambar yang dikirim, Hayden diketahui telah berhasil membunuh sedikitnya 6 ekor ayam milik sang ibu.

Merasa tindakan sang anak sudah melampaui batas kewajaran, sang ibu meminta polisi untuk menghentikan aksi buah hatinya.

Hayden akhirnya ditangkap kepolisian setempat atas tuduhan kekerasan dalam rumah tangga dan tindakan kriminal. Kini, remaja galau itu pun harus mempertanggungjawabkan tindakannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hipnoterapi : 15 Tahun Gagal Bercinta

Posted: 05 Apr 2018 10:00 PM PDT

 

Sebelum wanita usia 40-an tahun itu meminta jadwal bertemu, klien vaginismus terlama yang pernah saya terapi sudah 14 tahun menikah. Selebihnya menikah selama 2-9 tahun. Nur, sebutlah begitu namanya, sudah mengalami vaginismus selama 15 tahun perkawinannya.

"Ya, saya masih perawan sampai sekarang. Saya merasa bersalah terhadap suami.  Saya juga marah pada diri sendiri, karena tidak bisa menjadi isteri yang baik, yang bisa melayani suami. Kasihan suami saya," ungkap Nur tak kuasa lagi menahan tangisnya. Rasa bersalah itu bertambah besar ketika Nur mengingat bahwa kesempatannya hamil semakin kecil, mengingat usianya terus bertambah.

Vaginismus sendiri berarti disfungsi seksual atau ketidakmampuan melakukan hubungan seksual yang dialami oleh wanita. Mereka mengalami kekejangan otot vagina bagian luar dan sekitar vagina. Gejala yang biasanya muncul adalah penolakan aktivitas seksual yang mengarah pada sentuhan seputar vagina. Bahkan sentuhan pada kaki atau paha pun sudah membuat kedua lutut dan paha mereka terkunci rapat.  

Ada beragam penyebab vaginismus. Antara lain trauma pelecehan seksual, takut tertular penyakit kelamin,  menolak hamil, pengalaman seksual sebelumnya yang menyakitkan, dan lain sebagainya. Dari pengalaman praktek hipnoterapi juga ditemukan klien mengalami vaginismus karena cerita teman bahwa hubungan intim itu sakit, ada pula yang gara-gara mendengar cerita ibunya bahwa melahirkan itu amat sangat menderita (biar tidak menderita oleh bawah sadar dicegah supaya tidak bisa berhubungan intim sehingga tidak hamil) dan lain-lain.

Nur sudah berusaha kesana kemari dengan beberapa pendekatan dan pengobatan untuk mengatasi masalah vaginismusnya. Selain mau punya anak, dia juga sangat ingin melayani kebutuhan seksual suami sebagaimana para isteri lazimnya.

 

 

Suka Dibelai

Ilustrasi ciuman di leher - bekas cupang - seks (iStockphoto)

Nur sungguh beruntung, karena suaminya tetap setia dan dapat memahami masalahnya. "Selama ini dengan suami saya hanya mau dibelai, dipeluk, dan dielus di kepala," ungkap Nur.  Lebih dari itu tubuhnya reflek menolak.

Di kedalaman rileksasi, ketika saya minta membayangkan suaminya mendekat dan mengajaknya berhubungan intim, lutut dan pahanya langsung terkunci. Bagian diri Nur yang isteri sangat ingin melakukannya, tapi ada bagian dirinya yang lain menolak.

Dalam proses terapi, menggunakan teknik tertentu pikiran bawah sadarnya memberikan penjelasan bahwa Nur sangat dekat dan mencintai ayahnya. "Ayahnya meninggal saat Nur masih SMP. Nur sangat kehilangan. Dia sangat dekat dengan ayahnya," ungkap bawah sadarnya.

Nur sangat merindukan ayahnya, maka kehadiran suami oleh bawah sadarnya diposisikan sebagai pengganti ayah. Inilah yang membuat Nur hanya mau disentuh oleh suami seperti dilakukan ayahnya di masa kecil: memeluk, membelai atau mengelus kepalanya. 

Dengan teknik tertentu, setelah sumber masalah ditemukan dan diselesaikan, pikiran bawah sadar Nur diedukasi sehingga menyadari bahwa Nur harus berfungsi penuh sebagai isteri bagi suaminya. Bahwa suami bukanlah ayah. Perasaan kehilangan ayah pun diatasi, dan Nur kecil dibantu sehingga memiliki perasaan bahwa ayahnya selalu ada untuknya. Dengan demikian bawah sadar Nur tidak lagi memposisikan suaminya sebagai ayah. 

 

Pelajaran yang Dapat Diambil

Ilustrasi seks, pasangan, selingkuh (iStockphoto)

 

Bila Anda atau pasangan mengalami vaginismus, setelah melalui pengobatan medis tidak teratasi, tiba saatnya mencari bantuan hipnoterapis klinis.Tidak semua masalah vaginismus disebabkan oleh problem fisik. Bila sumbernya ada di pikiran maka penyelesaian juga harus di level pikiran. Tidak perlu menunggu sampai belasan tahun untuk bisa keluar dari masalah vaginismus, bila Anda segera menemukan solusi yang tepat. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

USU Buka Pendaftaran SBMPTN, Begini Cara Pendaftarannya

Posted: 05 Apr 2018 10:00 PM PDT

Universitas Sumatera Utara (USU) telah membuka penerimaan calon mahasiswa untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 yang diperkirakan diikuti puluhan ribu siswa lulusan SLTA dan SMK.

Ketua Panitia Lokal (Panlok) 14 Medan, Rosmayati mengatakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dilakukan secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat.

Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN itu, menurut dia, dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

"Peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengajukan dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi," ujar Prof Rosmayati dalam keterangannya di Kampus Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Kamis, 5 April 2018, dilansir Antara.

Ia mengatakan, pelaksanaan SBMPTN 2018 terdiri atas UTBC dan UTBK yang dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2016, 2017 dan 2018 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat serta lulusan Paket C tahun 2016, 2017 dan 2018.

Pada tahun ini, Panitia Pusat akan meningkatkan layanan peserta UTBK. Ujian tulis yang terdiri atas UTBC dan UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik pengembangan tes.

"Ujian tulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek), serta bidang sosial dan humaniora (soshum)," katanya.

 

 

Tata Cara Pendaftaran

Hari ini tagar SBMPTN 2016 menjadi trending topic nomor satu di Twitter, dan berikut 10 kicauan paling menarik dari netizen.

Rosmayati menjelaskan, selain mengikuti UTBC atau UTBK, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan (UK).

Informasi SBMPTN ini meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan PTN serta program studi. Secara rinci, informasi lengkap mengenai SBMPTN 2018 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Tujuan SBMPTN adalah menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu.

Selain itu, memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah. Pendaftaran SBMPTN 2018 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Sementara, tata cara pengisian pendaftaran ujian tulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id mulai 29 Maret 2018.

"Pendaftaran online UTBC dan UTBK mulai tanggal 5 April 2018 pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal 27 April 2018 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran online UTBK akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi," kata Wakil Rektor I USU itu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

[vidio:(Video) Sidak SBMPTN - Liputan6 pagi]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games 2018 Semarak dengan Es Krim Obor

Posted: 05 Apr 2018 10:00 PM PDT

Asian Games 2018 menjadi ajang yang ditunggu-tunggu. Masyarakat Indonesia patut berbangga karena pelaksanaan Asian Games 2018 akan berlangsung di Jakarta dan Palembang. Untuk menyemarakkannya, Aice akan hadir sebagai satu-satunya pilihan es krim selama Asian Games 2018.

Es krim Aice sendiri memiliki kesamaan visi dengan pemerintah dalam upaya menggiatkan olahraga untuk menyehatkan masyarakat Indonesia. Bersamaan dengan momen ini, Aice pun meluncurkan es krim varian terbaru berbentuk obor yang terinspirasi dari semangat para atlet Asian Games 2018.

Dukung gaya hidup yang sehat dan trendi

Aice akan mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 dengan menghadirkan pilihan es krim bagi pengunjung dan atlet (Liputan6/pool/Aice)

Sylvana Zhong, Marketing dan Brand Manager Aice di Indonesia mengungkapkan Aice selalu mendukung gaya hidup yang sehat dan trendi bagi masyarakat Indonesia.

"Aice selalu berupaya mengembangkan produk es krim yang tidak saja enak namun juga berkualitas, guna mendukung gaya hidup sehat dan trendi, seperti salah satu produk unggulan kami, Mango Slush Low Fat Less Sugar yang disesuaikan dengan tren hidup sehat masyarakat saat ini," ujar Sylvana.

Menyediakan es krim untuk atlet dan pengunjung

Aice akan mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 dengan menghadirkan pilihan es krim bagi pengunjung dan atlet (Liputan6/pool/Aice)

Bentuk dukungan Aice kepada INASGOC dalam Asian Games 2018 akan menyemarakkan pada pembukaan. Aice akan menghadirkan es krim bagi semua pengunjung yang hadir dan memastikan ketersediaan es krim cukup bagi para atlet yang datang di Atlet Village.

"Kami sangat bangga dan bersemangat untuk menjadi bagian dari perhelatan akbar Asian Games 2018 yang dinanti-nantikan masyarakat dunia dan berkontribusi bagi Indonesia" tutup Sylvana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Bentuk Lidah, Kami Bisa Tebak Kepribadianmu

Posted: 05 Apr 2018 10:00 PM PDT

Mungkin, artikel ini sulit dipercaya. Bentuk lidah bisa mengungkap kepribadian seseorang? Tapi, ternyata bisa lo.

Dilansir dari situs Boldsky (5/4/2018), karakter seseorang ternyata berkaitan dengan bentuk lidahnya. Dengan demikian, kepribadian orang memang bisa diprediksi.

Nah, coba Anda ambil kaca dan julurkan lidah Anda. Apakah bentuknya panjang, tebal, tipis, atau yang lainnya?

Begini penjelasan lebih detailnya:

Lidah tipis

Mereka yang punya lidah tipis diyakini memiliki hati yang cenderung bersih. Namun di sisi lain, mereka bicara terlalu banyak.

Sebetulnya, mereka tidak bermaksud membuat orang lain sebal atau sakit hati, tapi mereka berlidah tipis memang biasanya bicara blak-blakan tanpa basa-basi. Benar-benar apa adanya.

Lidah kecil

Ilustrasi lidah kecil (Pixabay)

Orang dengan lidah kecil biasanya tidak terlalu banyak bicara. Mereka lebih suka diam dan tenang dalam segala situasi. Di sisi lain, mereka memang agak susah diandalkan. Mereka cenderung tidak bisa menentang seseorang dengan mudah.

 

Lidah panjang

Ilustrasi lidah panjang (Pixabay)

Biasanya, pemilik lidah panjang ini lebih bijak dibanding berlidah jenis lain. Mereka juga dikenal sebagai jiwa yang antusias pada aktivitas baru dan senang bergaul.

 

Lidah tebal

Ilustrasi lidah (Pixabay)

Biasanya, orang pemilik lidah tebal temperamennya tinggi. Dengan temperamen itu, si pemilik lidah ini sering bertengkar atau adu pendapat dengan orang lain. Bahkan, hal-hal kecilpun bisa menjadi pemicu konflik dengan orang lain.

 

Lidah aerodinamis

Ilustrasi anak menjulurkan lidah lancip (Pixabay)

Biasanya lidah jenis ini dikenal juga dengan lidah berujung lancip. Biasanya pemilik lidah ini cerdas.

Pemilik lidah ini juga mudah membuat kubu, baik untuk mendukung atau berseberangan dengan seseorang.

Sumber: Feed.Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Menikah Baby Margaretha Unggah Foto Pria Bule Ganteng, Siapa Dia?

Posted: 05 Apr 2018 10:00 PM PDT

Baby Margaretha kini telah resmi menikah. Model majalah pria dewasa itu pun memulai lembaran hidup yang baru bersama Christian Bradach.

Dengan statusnya yang baru, Baby Margaretha lantas mengucapkan selamat tinggal pada sang mantan. Seperti yang disampaikan Baby melalui Instagram pribadinya, Kamis (5/4/2018).

"Jika sesuatu ditakdirkan untukmu, sampai kapanpun tidak akan pernah menjadi milik orang lain... Selamat tinggal mantan..." tulis Baby Margaretha di keterangan foto.

Bintang film Tragedi Penerbangan 574 itu mengunggah foto seorang pria bule yang tampan tengah terduduk di sebuah kursi kayu. Semua orang tentunya penasaran dengan siapa sosok pria bule tersebut.

 

Mantan Pacar Jadi Suami

Suami Baby Margaretha saat muda [foto: instagram.com/babymargaretha1]

Rupanya, pria yang ada di foto tersebut adalah Christian Bradach sewaktu muda. Foto itu diambil ketika suami Baby Margaretha itu masih berusia 31 tahun.

"Mantan Terindah.. when @chrisconsul was 31 years old.." kata Baby saat menampilkan sosok pria yang kini menjadi suaminya itu.

 

Mirip Artis Hollywood

Suami Baby Margaretha saat muda [foto: instagram.com/babymargaretha1]

Penampilan Christian Bradach sewaktu muda itu sukses membuat warganet gagal fokus. Bahkan tidak sedikit yang menilai Christian tampan bak artis Hollywood.

"Mirip2 artis hollywood nya.... meni kasep pisan," puji @kethywidyastuti.

"Mirip aktor alec baldwin waktu masih muda, yang main di film The Hunt For Red October," sahut @aleclitbang94.

 

Terpaut 20 Tahun

Baby Margaretha resmi dinikahi Christian Bradach, Minggu (1/4/2018) [foto: instagram.com/chrisconsul]

Seperti diketahui, Baby Margaretha dan Christian terpaut usia cukup jauh yakni 20 tahun. Baby saat ini berumur 34 tahun sementara suaminya yang berkebangsaan Austria itu sudah 54 tahun.

Setelah menikah secara siri pada Oktober 2017 lalu, Baby Margaretha akhirnya dinikahi secara negara oleh Christian Bradach pada Minggu (1/4/2018). Pernikahan keduanya digelar di sebuah hotel di Bandung, Jawa Barat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibunda Facebook: Kami Membuat Kesalahan dan Saya Mengakuinya

Posted: 05 Apr 2018 10:00 PM PDT

Sheryl Sandberg, sosok ibu sekaligus orang terkuat kedua di Facebook, mengakui bahwa ia telah membuat kesalahan setelah adanya data pengguna yang disalahgunakan untuk tujuan politik oleh Cambridge Analytica, perusahaan konsultan asal di Inggris.

Dilansir Financial Times, Jumat (6/4/2018), Sheryl mengaku masih belum tahu apa yang terjadi dengan data yang diambil oleh Cambridge Analytica. Sebab, pihak Facebook belum dapat melakukan penyidikan sampai pihak berwenang di Inggris selesai melakukannya terlebih dulu.

Sheryl pun mengakui kesalahannya karena kurang memberi penguatan pada sistem keamanan Facebook.

"Kami telah berbuat kesalahan dan saya mengakuinya dan saya yang bertanggung jawab," ucap ibu dua anak itu.

"Ada hal-hal operasional yang kami harus ubah di perusahaan ini dan kami sedang mengubahnya. Kami mesti belajar dari kesalahan dan mengambil tindakan."

Facebook mengatakan bahwa data akun 87 juta pengguna Facebook kemungkinan telah diambil secara tidak sah oleh Cambridge Analytica.

Sebelumnya, Mark Zuckerberg dan Shery Sandberg sempat dikritik karena membutuhkan berhari-hari sebelum memberi klarifikasi. Sheryl pun turut minta maaf atas keterlambatannya dalam merespons.

"Kami ingin memastikan dulu apa yang sebenarnya terjadi," ucap Sheryl kala itu.

Data 1 Juta Pengguna Facebook di Indonesia Disalahgunakan

Banner Data Pengguna Facebook Indonesia Bocor (Liputan6.com/Triyasni)

Mayoritas dari 87 juta orang yang datanya "dicuri" oleh Cambridge Analytica adalah berasal dari Amerika Serikat (AS).

Terhitung sekitar 70 juta data profil pengguna Facebook di AS menjadi korban, lalu diikuti oleh pengguna di Filipina di mana 1,2 juta orang menjadi korban.

Untuk di Indonesia sendiri, ada sekitar 1,1 juta pengguna yang datanya disalahgunakan Cambridge Analytica.

Selain tiga negara yang disebutkan di atas, negara seperti Inggris, Meksiko, Kanada, India, Brasil, Vietnam, dan Australia pun ikut menjadi 10 besar dengan korban terbanyak.

 

Dipanggil Kongres

CEO Facebook  Mark Zuckerberg (AP Photo/Paul Sakuma)

Sebelumnya, Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook sudah siap bila dipanggil dengan Kongres AS.

Pemanggilan Zuckerberg dijadwalkan diadakan pada minggu depan, yakni pada tanggal 10 dan 11 April 2018.

Pada 10 April, Zuckerberg akan bersaksi di depan komite gabungan Senat, sementara pada tanggal 11 ia dipanggil oleh komite perdagangan di Senat.

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menang 4-2, Lazio Tetap Waspadai Salzburg

Posted: 05 Apr 2018 10:00 PM PDT

Pelatih Lazio, Simone Inzaghi mengaku timnya tetap mewaspadai RB Salzburg meski menang 4-2 di leg pertama Babak 8 Besar Liga Europa. Pasalnya, Inzaghi melihat Salzburg punya potensi membahayakan Lazio.

"Leg kedua tak akan mudah. Namun kami punya kapasitas untuk menghadapi leg kedua di Austria," ujar Inzaghi seperti dilansir Soccerway.

Lazio memainkan leg pertama melawan RB Salzburg di Stadio Olimpico, Jumat (6/4/2018) dinihari WIB. Senad Lulic menjadi pencetak gol pertama Lazio pada menit ke-8.

Salzburg menyamakan kedudukan pada menit ke-30 berkat gol penalti Valon Berisha. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-1.

Lazio kembali memimpin setelah Marco Parolo mencatatkan namanya di papan skor pada menit 49. Namun Salzburg kembali menyusul usai Takumi Minamino mencetak gol di menit 71.

Felipe Anderson dan Ciro Immobile akhirnya menjadi mimpi buruk Salzburg. Anderson mencetak gol ketiga Lazio di menit 74, disusul gol Immobile di menit 76.

"Setelah skor 2-2 itu tak mudah dan ada penalti yang diberikan kepada lawan. Namun kami membalikkan keadaan dan kami berterima kasih kepada dukungan suporter," ujar Inzaghi.

 

 

Inzaghi Terkesan

1. Ciro Immobile (Lazio) (AP/Efrem Lukatsky)

Lebih lanjut, Inzaghi menambahkan, kebobolan empat gol tidak membuat Salzburg bisa diremehkan. Pasalnya, tim asal Austria itu punya catatan yang bagus di Liga Europa.

"Salzburg memukau saya dengan performanya melawan Real Sociedad. Tim yang lolos satu dari 46 pertandingan seharusnya tidak diremehkan," kata Inzaghi.

Perlu Hasil Imbang

Pada leg kedua nanti, Lazio hanya butuh hasil imbang 0-0 untuk lolos ke babak semifinal. Sementara, RB Salzbug minimal harus menang 2-0 untuk lolos.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Istri Kepala Desa Cantik Mirip Barbie

Posted: 05 Apr 2018 10:00 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pemerintah Segera Berlakukan Aturan Ganjil Genap di Tol Jagorawi

Posted: 05 Apr 2018 09:55 PM PDT

Suasana saat kendaraan roda empat melintas di Tol Jagorawi, Jakarta, Jumat (6/4). Pemerintah akan memberlakukan aturan ganjil genap di ruas Tol Jagorawi dan Tol Jakarta-Tangerang mulai awal Mei 2018. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana saat kendaraan roda empat melintas di Tol Jagorawi, Jakarta, Jumat (6/4). Pemerintah akan memberlakukan aturan ganjil genap di ruas Tol Jagorawi dan Tol Jakarta-Tangerang mulai awal Mei 2018. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kendaraan roda empat melintas di Tol Jagorawi, Jakarta, Jumat (6/4). Aturan ganjil genap di ruas Tol Jagorawi dilakukan setelah melihat kesuksesan kebijakan yang sama di Tol Jakarta-Cikampek untuk mengurai kemacetan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kendaraan roda empat melintas di Tol Jagorawi, Jakarta, Jumat (6/4). Aturan ganjil genap di ruas Tol Jagorawi dilakukan setelah melihat kesuksesan kebijakan yang sama di Tol Jakarta-Cikampek untuk mengurai kemacetan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana saat kendaraan roda empat melintas di Tol Jagorawi, Jakarta, Jumat (6/4). Aturan ganjil genap untuk ruas Tol Jagorawi akan berlaku di Pintu Tol Cibubur 2 arah Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana saat kendaraan roda empat melintas di Tol Jagorawi, Jakarta, Jumat (6/4). Aturan ganjil genap untuk ruas Tol Jagorawi akan berlaku di Pintu Tol Cibubur 2 arah Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kendaraan roda empat melintas di Tol Jagorawi, Jakarta, Jumat (6/4). Pintu Tol Cibubur 2 arah Jakarta dipilih untuk menerapkan aturan ganjil genap karena 34.278 kendaraan yang masuk setiap harinya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kendaraan roda empat melintas di Tol Jagorawi, Jakarta, Jumat (6/4). Pintu Tol Cibubur 2 arah Jakarta dipilih untuk menerapkan aturan ganjil genap karena 34.278 kendaraan yang masuk setiap harinya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana saat kendaraan roda empat melintas di Tol Jagorawi, Jakarta, Jumat (6/4). Pemerintah akan memberlakukan aturan ganjil genap di ruas Tol Jagorawi dan Tol Jakarta-Tangerang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana saat kendaraan roda empat melintas di Tol Jagorawi, Jakarta, Jumat (6/4). Pemerintah akan memberlakukan aturan ganjil genap di ruas Tol Jagorawi dan Tol Jakarta-Tangerang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Widodo Yakin Spasojevic Kembali Tajam di Bali United

Posted: 05 Apr 2018 09:54 PM PDT

Ilija Spasojevic sudah melalui empat pertandingan bersama Bali united tanpa gol. Meski begitu, pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro tetap memberi dukungan kepada striker naturalisasi itu.

Spaso terakhir kali mencetak gol saat Bali United imbang 1-1 melawan tim asal Filipina, Global Cebu dalam laga lanjutan Grup G Piala AFC di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Selasa, (27/2/2018). Ini jelas bukan perjalanan yang mengenakkan bagi Spaso sebagai penyerang profesional yang dituntut banyak membukukan gol.

Namun meski begitu, Widodo mengaku yakin ketajaman Spaso akan terlihat. Dengan kompetisi yang masih panjang, pemain naturalisasi asal Montenegro itu pasti bisa mencetak banyak gol.

"Suatu saat pasti dia bisa cetak gol, dan dia kan sudah cetak gol di Piala AFC. Tinggal nunggu di Liga, tapi Liga juga kan baru dua pertandingan, ya kita tunggulah," ujar Widodo.

Widodo menilai tak ada yang salah dengan Spaso atau pun timnya yang dianggap tak memberikan suplai bola kepada eks Bhayangkara FC tersebut. Sebab yang terpenting baginya adalah pemain bisa berkontribusi untuk tim.

"Kalau saya lihat striker itu tidak mesti mencetak gol, tapi dia bisa juga untuk membuka ruang, dan memberikan assist. Nah saya kira sudah cukup itu, dalam situasi permainan kan pasti berkembang," kata mantan pelatih Sriwijaya FC (SFC) ini.

Pada pertandingan berikutnya, Bali United akan bersua Perseru Serui pada pekan ketiga Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (7/4). Sementara dalam laga lanjutan Piala AFC Grup H, Irfan Bachdim dkk bakal bentrok dengan wakil Myanmar, Yangon United, Rabu (11/4)

Mampukah Spaso mengakhiri paceklik gol dalam dua pertandingan selanjutnya?

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putuskan Berhijab, Si Cantik Dena Mundur dari JKT48

Posted: 05 Apr 2018 09:50 PM PDT

Satu lagi member JKT48 memutuskan untuk mengundurkan diri. Kali ini Dena Siti Rohyati atau yang dulu akrab disapa Dena JKT48. Dena merupakan salah satu dari tim trainee JKT48.

Pengunduran diri Dena telah diumumkan manajemen JKT48 melalui situs resminya. Dalam penjelasannya, pihak JKT48 menyebutkan bahwa Dena mengundurkan diri sejak 5 April 2018.

"Dena Siti Rohyati (trainee) telah mengajukan pengunduran diri dari JKT48. Oleh karena itu terhitung 5 April 2018, member yang bersangkutan sudah tidak melanjutkan aktivitasnya di JKT48. Kami mohon pengertiannya dan terima kasih. JKT48 Operation Team," begitu isi tulisan dalam situs JKT48 seperti dikutip Liputan6.com, Jumat (6/4/2018).

Berhijab

Dena Siti Rohyati eks member JKT48 (Instagram)

Sementara itu, Dena Siti Rohyati pun menuturkan alasannya untuk mundur. Dara 21 tahun itu memutuskan untuk berhenti menjadi member JKT48 setelah mantap berhijab.

Menariknya, Dena juga membuat akun media sosial baru dengan foto profil dirinya tengah berhijab. Tak lupa, Dena meminta kepada para penggemar untuk menghapus semua foto dirinya tanpa hijab.

Hapus Foto lama

Dena Siti Rohyati eks member JKT48 (Instagram)

"Mohon maaf saya minta tolong bagi teman2 yg masih menyimpan foto2 saya di hp kalian yg tidak menutup aurat, tolong dhapus ya. Karna ketika saya meninggal dunia dosa jariyah itu akan terus mengalir. Syukron," ucapnya dalam akun @dena.sr15

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Naik Traktor, Menteri Rini Panen Raya di Banyuwangi

Posted: 05 Apr 2018 09:48 PM PDT

Usai menyerap 176,2 ton gabah Petani dalam panen raya dan Serah Gabah di Desa Gempolkerep, Mojokerto, Jawa Timur pada pekan lalu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno kembali melakukan kegiatan serupa di Desa Pondok Nongko, Kecamatan Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur, pada hari ini.

Sedikit berbeda saat kunjungan panen raya di Mojokerto, Menteri Rini menandai panen dengan menaiki traktor pemanen padi (Combined Harvester) di Banyuwangi .

"Lewat program ini, BUMN turun langsung menyerap gabah petani. Ini sebagai upaya agar petani mendapatkan harga gabah yang baik. Dengan begitu, petani bisa mendapatkan penghasilan yang cukup dan bisa menikmati hasil. Sehingga pada akhirnya bisa memberi kesejahteraan bagi petani dan keluarganya," kata Menteri BUMN Rini Soemarno di Banyuwangi, Jumat (6/4/2018).

Serap Gabah Petani merupakan program inisiasi Kementerian BUMN yang dijalankan PT Pertani (Persero), PT Sang Hyang Seri (Persero), PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) dan PT Pupuk Indonesia (Persero), ditambah pendampingan selama masa tanam oleh Himpunan Bank Negara (Himbara).

Adapun pendampingan dilakukan Bank Mandiri di Jawa Barat, Bank BNI di Jawa Timur, dan Bank BRI di Jawa Tengah.

Pada kesempatan ini, Rini bersama dengan 50 Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Sumber Kedawung, memanen 32 ton padi di atas area seluas 4 Hektar (ha). Setiap hektar luas tanam mampu menghasilkan gabah kering sebanyak 8 ton.

Setelah itu, seluruh hasil panen aya akan diserap PT Pertani dengan harga pasar yang menguntungkan bagi Petani. Selain mendapatkan jaminan penyerapan hasil panen dengan harga Rp 4.400 per kilogram, para petani juga mendapat pendampingan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank BNI sebesar Rp 9 juta per hektar.

 

Penyerapan Gabah

Menteri BUMN Rini Soemarno saat Panen Raya di Banyuwangi. (Dok Kementerian BUMN)

Khusus di Jawa Timur, total gabah Petani yang terserap lewat program Serap Gabah ini sudah mencapai seberat 210 ton.

Program Serap Gabah BUMN ini merupakan kegiatan pembelian gabah langsung dari petani dengan tujuan menjaga stabilitas tingkat harga gabah di tingkat petani.

Program ini mengutamakan pembelian gabah pada harga pasar untuk para petani yang telah menjadi debitur Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI dan pemegang Kartu Tani BNI. Dengan demikian, Program Sergab ini juga akan mengamankan kualitas kredit petani debitur KUR BNI.

Hingga Maret 2018, Bank BNI telah menyalurkan KUR kepada 9.307 debitor di Jawa Timur dengan nilai total Rp 806,75 miliar. Kartu Tani yang juga merupakan inisiatif Kementerian BUMN ini berperan sebagai sarana pemantau yang dapat menunjukkan lokasi panen dalam rangka penyerapan gabah, sekaligus juga menjadi alat pemberian KUR untuk musim tanam berikutnya.

Sejauh ini, jumlah kartu tani yang telah disalurkan BNI kepada petani di Jawa Timur mencapai 870.628 kartu. Tak hanya untuk sarana penyaluran KUR, Kartu Tani juga bisa dilengkapi dengan asuransi lahan dan asuransi kecelakaan kepada petani.

Sementara untuk penyebaran Kartu Tani, Kementerian BUMN sudah menunjuk Himpunan Bank Negara (Himbara). Dimana Bank Mandiri mengelola di Jawa Barat, Bank BNI di Jawa Timur, dan Bank BRI di Jawa Tengah.

Tonton Video Pilihan Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jonan: Kementerian Lingkungan Hidup Bakal Atasi Pencemaran di Teluk Balikpapan

Posted: 05 Apr 2018 09:48 PM PDT

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyerahkan permasalahan kerusakan lingkungan yang merupakan dampak dari kebocoran pipa minyak milik PT Pertamina (Persero) di perairan Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Jonan menjelaskan, ia sudah mendapat laporan mengenai adanya kebocoran pipa minyak di Teluk Balikpapan yang menyebabkan kerusakan lingkungan. Ia pun segera melakukan koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Menurut Jonan, kerusakan lingkungan ‎akibat bocornya pipa minyak merupakan wewenang KLHK. Dia pun menyerahkan tindakan berikutnya ke instansi yang dipimpin oleh Siti Nurbaya tersebut.

"Itu masalah lingkungan, jadi di KLHK tupoksinya. Selanjutnya KLHK yang akan ambil tindakan,"‎ kata Jonan, di Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (6/4/2018).

 

Akibat Jangkar

Teluk Balikpapan kini sudah bersih kembali (sumber: Pertamina)

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto menjelaskan, tumpahan minyak disebabkan oleh pipa milik Petamina di bawah laut yang terputus, akibat tersangkut jangkar kapal.

Jangkar kapal membuat pipa patah dan minyak yang mengalir di pipa keluar bercampur dengan air laut dan memicu kapal terbakar.

"Pipa yang putus itu 20 inci, kebetulan paralel di daerah situ ada pipa 16 inci," kata Djoko.

Djoko mengatakan bahwa seharusnya tidak ada kapal yang melakukan lego jangkar di area tersebut. Namun karena cuaca buruk memaksa kapal melakukan lego jangkar dan kapal pun terobang-ambing, sehingga membuat jangkar kapal menyeret pipa.

Saat ini pipa rusak yang mengalirkan minyak mentah untuk mentah ke Kilang Balikpapan sudah diperbaiki, ‎sehingga sudah tidak ada lagi minyak yang tumpah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar: PSMS Vs Persija di Liga 1 2018

Posted: 05 Apr 2018 09:45 PM PDT

Duel klasik bakal terhapar di Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak, saat PSMS Medan menjamu Persija Jakarta di Stadion Teladan, sore ini. Klasik, karena kedua sudah saling bertemu sejak era perserikatan.

Peluang PSMS tentu saja besar karena bermain di kandang sendiri. Namun, mereka juga tetap harus mewaspadai sepak terjang klub dari ibukota.

Ya, Persija memang tengah dalam kepercayaan diri tinggi di Liga 1 2018. Terakhir, mereka sukses mengalahkan Arema FC 3-1.

Marko Simic tak pelak akan kembali jadi andalan Persija. Jika tak hati-hati, bukan tak mungkin gawang PSMS jadi sasarannya.

Live Streaming Indosiar: PSMS Vs Persija di Liga 1 2018 dapat Anda saksikan pukul 15.30 WIB. Dapatkan link Live Streaming Indosiar: PSMS Vs Persija di Liga 1 2018 pada halaman selanjutnya.

 

 

 

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Indosiar: PSMS Vs Persija di Liga 1 2018 silakan klik di sini.....

Prakiraan Susunan Pemain

PSMS Medan (4-3-3): Abdul Rohim (Kiper); M. Roby, Reinaldo Lobo, Jajang Sukmara, Aziz Akbar (Belakang); Dilshod Sharofetdinov, Legimin Raharjo, Freydian Wahyu (Tengah); Antoni Putro, Frets Butuan, Wilfried Yessoh (Depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (Kiper); Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa (Belakang); Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (Tengah); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (Depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Usai Resmi Ditahan, Fayakhun Jalani Pemeriksaan Perdana di KPK

Posted: 05 Apr 2018 09:45 PM PDT

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar, Fayakhun Andriadi memasuki gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan, Jakarta (6/4). Fayakhun menjadi tersangka kasus suap pengadaan satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar, Fayakhun Andriadi memasuki gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan, Jakarta (6/4). Fayakhun menjadi tersangka kasus suap pengadaan satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka anggota DPR Fayakhun Andriadi menuju ruang penyidik untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta (6/4). Fayakhun tak membawa apapun dan bungkam saat dikawal seorang petugas. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka anggota DPR Fayakhun Andriadi menuju ruang penyidik untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta (6/4). Fayakhun tak membawa apapun dan bungkam saat dikawal seorang petugas. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar, Fayakhun Andriadi berada di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan, Jakarta (6/4). Ini merupakan pertama kalinya Fayakhun diperiksa setelah resmi ditahan sejak Rabu (28/3) lalu. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar, Fayakhun Andriadi berada di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan, Jakarta (6/4). Ini merupakan pertama kalinya Fayakhun diperiksa setelah resmi ditahan sejak Rabu (28/3) lalu. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka anggota DPR Fayakhun Andriadi menuju ruang penyidik untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta (6/4). Fayakhun menjadi tersangka kasus suap pengadaan satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka anggota DPR Fayakhun Andriadi menuju ruang penyidik untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta (6/4). Fayakhun menjadi tersangka kasus suap pengadaan satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, Video Bocah Diberi Makan Kecebong Hidup

Posted: 05 Apr 2018 09:45 PM PDT

Sebuah video anak yang diberi makan kecebong hidup menjadi viral, khususnya di media sosial China. Namun, tindakan itu dinilai justru akan merugikan si bocah di kemudian hari.

Dikutip dari laman The Star, 4 April 2018, video itu menunjukkan seorang wanita tengah menyuapi bocah dengan kecebong dari sebuah mangkuk berisi cairan. Video tersebut diunggah ke Sina Weibo, YouTube, dan media sosial lainnya.

Wanita itu terdengar mengatakan,"Ikan kecil? Ikan kecil."

Si bocah itu tampak langsung membuka mulut dan menelan kecebong itu dengan santai. Sepertinya dia sudah terbiasa mengonsumsi kecebong atau disebut juga berudu itu.

Netizen menanggapi beragam, namun sebagian besar 'mengutuk' aksi wanita itu.

Pengguna Facebook Lai Han Ng mengomentari dengan pedas: "Orang dewasa ini benar-benar tidak punya otak."

Rachel Wong menulis: Kasihan sekali (bocah laki-laki itu). Anggota keluarganya bodoh!"

Seorang dokter anak pun ikut angkat bicara. Dr Pei mengunggah penjelasan mengenai video viral itu di media sosial Weibo hari Minggu.

 

Infeksi Parasit

Menurut dia, praktik itu dijelaskan dengan detail di buku herbalogi China, The Compendium of Materia Medica, yang ditulis dokter dan herbalis Li Shizhen selama periode Dinasti Ming di tahun 1500-an.

Dalam buku itu, menurut dia, kecebong disebut bisa mendetoksifikasi luka dan borok. "Namun, memakan kecebong hidup seperti itu--walaupun misalkan si anak tidak luka, malah bisa jadi kena infeksi. Sebab, anak-anak bisa terpapar kuman yang ada di tubuh kecebong," jelasnya.

Dia juga membagikan sebuah foto infeksi akibat parasit yang pernah ditemukan di perut seorang bocah, di ruang bedah.

"Ini bisa muncul karena memakan kecebong, katak, dan ular mentah," kata dia.

Menurut The Compendium of Materia Medica versi online, penggunaan kecebong untuk 'mengobati'luka dan bekasnya memerlukan kecebong yang ditumbuk menjadi pasta. Pasta kecebong itu kemudian dioleskan pada luka, bersama dengan pasta mulberry.

Sebuah studi berjudul A Neglected Risk For Sparganosis: Eating Live Tadpoles In central China mengungkap bahwa sparganosis atau infeksi parasit disebabkan karena praktik memakan kecebong hidup-hidup yang muncul di China tengah.

"Survei kami menunjukkan bahwa 11,93 persen kecebong di provinsi Henan terinfeksi oleh plerocercoids (Bentuk larva cacing pita)," demikian tulisan studi yang dipublikasikan di Infectious Diseases Of Poverty Journal, tahun lalu.

Dengan demikian, mengonsumsi kecebong hidup meningkatkan resiko terkena infeksi sparganosis. Pendidikan kesehatan masyarakat yang konprehensif harus dilakukan. Orang-orang di daerah endemik harus dilarang melakukan kebiasaan buruk memakan kecebong hidup tersebut.

 

Video

Lihat video bocah memakan kecebong hidup itu seperti yang diunggah ke Fanpage Facebook Shanghaiist berikut: 

 

Sumber: Feed.Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Senin Besok, Facebook Bakal Ungkap Korban Kebocoran Data Pengguna Indonesia

Posted: 05 Apr 2018 09:45 PM PDT

Setelah skandal penyalahgunaan data penggunanya terungkap, Facebook pun mulai melakukan sejumlah pembenahan. Salah satu yang menjadi perhatian adalah mengenai pengaturan privasi pengguna yang siap dirombak dan diperbaiki.

CTO Facebook Mike Schroepfer mengatakan pihaknya akan memudahkan pengguna untuk mengetahui pengaturan privasinya. Dikutip dari Newsroom Facebook, Jumat (6/4/2018), raksasa media sosial itu nantinya akan memberikan notifikasi ke pengguna pada 9 April.

"Mulai 9 April, kami akan menampilkan pengaturan ini di bagian atas News Feed, sehingga pengguna dapat mengetahuinya," tulis Schroepfer. Dengan informasi ini, pengguna dapat mengetahui aplikasi apa saja yang terhubung dengan akun Facebook-nya.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat mengetahui informasi apa saja yang diketahui oleh aplikasi bersangkutan. Facebook juga memberikan akses ke pengguna untuk menyingkirkan aplikasi yang tak lagi diinginkan.

"Sebagai bagian dari proses ini, kami juga akan mengabarkan pengguna apabila informasi mereka telah disalahgunakan oleh Cambridge Analytica," ujar Schroepfer. Jadi, pengguna dapat mengecek apakah datanya masuk dalam informasi yang disalahgunakan. 

Untuk informasi, pengumuman ini dilakukan Facebook bersamaan dengan pengungkapan jumlah akun yang terdampak penyalahgunaan data. Berdasarkan data terbaru, ada sekitar 87 juta data pengguna yang terdampak kasus ini.

Sebagian besar pengguna, menurut Facebook, memang banyak berasal dari Amerika Serikat. Namun, yang mengejutkan, Indonesia ternyata masuk dalam tiga besar negara yang menjadi korban.

Indonesia sendiri ada di urutan ketiga dengan sekitar 1 juta pengguna Indonesia menjadi korban kasus penyalahgunaan data oleh Cambridge Analytica. Sementara di urutan kedua, ada Filipina dengan jumlah pengguna 1,7 juta.

Negara-negara lain yang juga menjadi korban adalah Inggris, Meksiko, Kanada, India, Brasil, Vietnam dan Australia. Namun, Facebook mengaku tidak tahu rincian data yang diambil dan jumlah pasti akun yang menjadi korban.

Menkominfo Minta Facebook Tutup Aplikasi Pihak Ketiga

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Di Indonesia sendiri, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sudah bertemu dengan pihak perwakilan Facebook untuk mengklarifikasi penyalahgunaan data. 

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menuturkan, dalam pertemuan itu pihaknya menegaskan bahwa media sosial, seperti Facebook harus mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia.

"Terutama untuk Peraturan Menteri Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi. Karena dari kasus CA, yang menjadi perhatian adalah soal data pribadi," tuturnya saat bertemu dengan awak media di Kantor Kemkominfo di Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Pria yang akrab dipanggil Chief RA itu juga mengaku siap memberikan sanksi terhadap raksasa media sosial tersebut. Sanksi yang dimaksud dapat berupa sanksi administrasi, tapi tak tertutup pula ada sanksi pidana.

"Kami juga sudah meminta Facebook untuk mematikan aplikasi yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga, terutama kuis-kuis kepribadian semacam CA. Jadi, untuk di Indonesia, kuis-kuis semacam itu dimatikan dulu," ujarnya.

Lebih lanjut Rudiantara menuturkan, pihaknya juga meminta hasil audit yang dilakukan Facebook terhadap aplikasi di platform-nya. Dengan demikian, pihaknya dapat mengetahui apakah ada dampak penyalahgunaan data Facebook dari masyarakat Indonesia.

Imbauan Menkominfo

Pertemuan Menkominfo dan Facebook di Jakarta, Kamis (5/4/2018). Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

"Kami juga imbau ke masyarakat, kalau memang tak penting-penting amat, tak usah pakai media sosial dulu. Tunggu sampai seluruhnya tertata dengan baik," ujar Rudiantara.

Menyusul permintaan untuk menutup aplikasi pihak ketiga yang berjalan di Facebook untuk Indonesia, Public Policy Lead Facebook Indonesia, Ruben Hattari, pihaknya masih belum dapat memastikan karena harus berkoordinasi dengan kantor pusat Facebook.

"Untuk kapan kami belum memastikan. Tapi kita pastikan akan terus melakukan audit dan berkoordinasi dengan kantor pusat. Kita juga selalu membuka komunikasi dengan pemerintah," ujar Ruben.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunci Kesuksesan dan Mimpi Artek Group di Usia 40 Tahun

Posted: 05 Apr 2018 09:37 PM PDT

Perusahaan local agency, Artek Group, merayakan hari jadinya yang ke 40 pada Kamis (5/4/2018). Perayaan ini bertepatan pula dengan ulang tahun sang founder, Abdul Manan, yang ke-74.

Perayaannya pun berlangsung begitu meriah dan khidmat. Keluarga Abdul Manan beserta seluruh karyawan kompak memakai dress code bertemakan 1001 malam. Ada yang jadi Cleopatra, Genie, dan gaya orang Timur Tengah lainnya. Kostum-kostum ini pun dilombakan dalam gelaran fashion show untuk dipilih sebagai kostum terbaik.

Mereka bersyukur atas bertambah usianya Abdul Manan dan perusahaan yang telah dibangunnya sejak 1978 itu. Rasa syukur mereka panjatkan melalui doa dan potong tumpeng. Setelah itu, seluruh keluarga Artek bersama media dan partner yang diundang makan malam bersama.

Usia 40 tahun memang bukan usia yang muda. Sejak dibangun pertama kali di Semarang dengan lima orang karyawan, Artek Group sudah berkembang begitu besar.

Perusahaan tersebut tak lagi hanya brand agency saja, tetapi sudah merambah jenis usaha lain. Beberapa jenis usaha yang juga dilakoni Artek Group antara lain bisnis merchandising, media specialist, dan production house. Terbaru, mereka membuka Artech, yaitu bisnis yang menjual produk-produk teknologi, seperti speaker.

Abdul Manan bersama keluarga melakukan prosesi potong tumpeng dalam perayaan ulang tahun Artek Group ke-40

Dalam usianya yang baru ini, Artek Group mengusung tema 40 years Impassioned 'Never stop thinking before you become a king'. Tema ini menunjukkan bahwa Artek Group tak akan berhenti memberikan pelayanan terbaik bagi klien hingga brand klien menjadi 'raja'.

Tema tersebut diangkat karena menurut Abdul Manan, Artek Group dapat terus berkembang karena kepercayaan klien yang begitu besar. Pendapat serupa juga disampaikan oleh Chief Operation Officer (COO) Artek Group, Maya Dewi. Menurutnya, Artek terus bergerak karena menjalankan tiga filosofi yang diciptakan Abdul Manan, yaitu Kejujuran, Kemauan, dan Kemampuan (3K).

"Kita selalu terbuka dengan klien kita. Tidak ada yang kita tutupi dari klien, semua kita diskusikan bersama. Kalau ada apapun kita selalu terbuka sama klien. Di sini kita harus bisa served klien yang paling baik. Jadi kalau ada kata-kata klien tidak pernah salah, ya memang itu benar. Apalagi di dunia service ini ya, semua harus all out untuk klien," ujarnya, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/4/2018).  

Ia melanjutkan, ada tiga kunci kesuksesan Artek Group, yaitu smart work, never give up, dan never give up. Abdul Manan menambahkan, tiga kunci lainnya ialah kerja keras manajemen dan tim, tahu bagaimana melayani klien, dan tidak pernah berhenti meningkatkan diri.

Harapan Artek Group ke depannya, mereka dapat lebih maju ke arah digital melihat perkembangan digital yang begitu pesat. Untuk harapan jangka panjang, Maya berharap dalam lima tahun ke depan Artek Group dan badan usaha mereka lainnya dapat menjadi local agency nomor 1.

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6.500 Personel Polri-TNI Amankan Aksi Tuntut Puisi Sukmawati

Posted: 05 Apr 2018 09:34 PM PDT

Sebanyak 6.500 personel gabungan dari  Polri dan TNI akan dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa Persaudaraan Alumni (PA) 212 hari ini. Rencananya ada 1.000 orang berunjuk rasa di depan Kantor Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat terkait dengan puisi Sukmawati Soekarnoputri.

"Ada 6.500 personel gabungan TNI-Polri yang dikerahkan untuk pengamanan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, Jumat (6/4/2018).

Argo menuturkan, massa akan terlebih dahulu melakukan salat Jumat berjamaah di Masjid Istiqlal.

"Rencananya kumpul pukul 13.00 WIB, selanjutnya mengarah ke Bareskrim," kata dia.

Ia menyampaikan, aksi tersebut adalah dukungan kepada Polri agar menangkap, mengadili, dan memenjarakan penista agama. Aksi itu dilakukan sebagai bentuk reaksi atas puisi "Ibu Indonesia" yang dibacakan oleh putri Bung Karno, Sukmawati Soekarnoputri.

Sementara untuk pengalihan arus lalu lintas, terkait aksi menuntut puisi Sukmawati Soekarnoputri bersifat situasional.  "Pengaturan lalin situasional ya," kata Argo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

MUI Imbau Maafkan Sukmawati

Budayawati Sukmawati Soekarnoputri (kedua kanan) didampingi Ketua MUI KH Ma'ruf Amin (kedua kiri) tersenyum usai pertemuan di kantor MUI, Jakarta, Kamis (5/4). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma'aruf Amin mengajak umat Islam memaafkan Sukmawati. Sebelumnya, putri Bung Karno itu memancing polemik dalam puisinya yang berjudul 'ibu Indonesia' dibacakan dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018. Ia diinilai menyinggung isu azan dan kidung.

"Kami mengajak seluruh umat Islam untuk bisa menerima permohonan maaf beliau dan tidak lagi melakukan kejahatan," kata KH Ma'aruf Amin di kantor MUI, Jl Tugu Proklamasi, Jakarta, Kamis 5 April 2018.

Ma'aruf juga berharap pihak-pihak yang mengadukan Sukmawati ke pihak berwajib untuk mencabut laporan. Dengan begitu, kata Ma'ruf, suasana menjadi damai.

"Bahkan kalau bisa kami inginkan menghentikan upaya untuk mengadukan persoalan ke pihak pengadilan, Bareskirm dan juga membangun keutuhan bangsa dan negara," ungkap Ma'aruf.

Dia menyarankan polemik puisi Sukmawati diselesaikan dengan kepala dingin. Menurut Ma'ruf tujuannya mencapai titik temu.

"Semoga kebangsaan supaya bangsa ini tetap utuh. Dan tidak terjadi konflik. Dan karena itu MUI memiliki perhatian besar," ungkap Ma'aruf.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Cabai dan Bawang Putih Turun

Posted: 05 Apr 2018 09:34 PM PDT

Harga cabai rawit merah dan bawang putih di pasar tradisional kini terus menurun. Penurunan harga cabai rawit merah hingga separuhnya jika dibandingkan saat harga sedang tinggi-tingginya satu bulan lalu.

Uus (50), salah seorang pedagang di Pasar Kebayoran Lama mengatakan, ramainya pasokan cabai rawit merah dari penyetor menjadi faktor utama yang membuat harganya berkurang.

"Cabai rawit merah kan sempat tuh Rp 70 ribu per kg, tapi sekarang makin turun jadi Rp 35 ribu per kg. Pasokannya lagi banjir (banyak, dari penyetor), makanya harga turun," kata dia kepada Liputan6.com di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Komoditas cabai lain, yaitu cabai merah keriting juga ikut turun, dari sebelumnya Rp 40 ribu per kg menjadi Rp 35 ribu per kg.

"Yang stabil (tidak naik, tidak turun) paling cabai rawit hijau, tetap Rp 35 ribu per kg," ujar dia.

Bawang putih

Seorang pedagan bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati sedang merapihkan dagangannya, Jakarta, Jumat (19/6/2015). Memasuki bulan Ramadan sejumlah harga sayur mengalami kenaikan harga. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Penurunan harga juga turun dirasakan bawang putih biasa dan cutting. Bawang putih biasa di lapak milik Uus kini dijual di angka Rp 40 ribu per kg, sementara bawang putih cutting Rp 48 ribu per kg.

Uus menuturkan, tidak hanya harga kedua komoditas itu saja yang turun, melainkan juga selisih harganya. "Kalau dulu (bawang putih) yang biasa sama yang cutting itu harganya bisa beda Rp 10 ribu, sekarang jadi cuman Rp 8 ribu," ungkapnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, harga tomat buah saat ini masih terpantau stabil pada kisaran Rp 10 ribu. Penurunan harga juga dialami kentang.

"Kentang sekarang turun, dari Rp 12 ribu jadi Rp 10 ribu," tukas Uus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putri Eks Mata-Mata Rusia yang Diracun Akhirnya Buka Suara

Posted: 05 Apr 2018 09:32 PM PDT

Yulia Skripal, putri eks mata-mata Rusia yang bersama ayahnya, Sergei Skripal, ditemukan tak sadarkan diri akibat diracun, telah sadar. Setelah beberapa saat kesehatannya pulih, akhirnya Yulia pun buka suara.

Perempuan 33 tahun itu sadar setelah diracun dengan nerve agents kelas militer lebih dari seminggu yang lalu dan mengatakan "kesehatan dan kekuatannya berangsur-angsur pulih setiap hari" setelah serangan itu.

"Saya bersyukur atas perhatian masyarakat kepada saya dan untuk banyak pesan dari niat baik yang telah saya terima," katanya dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari News.com.au pada Jumat (6/4/2018).

"Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesembuhan saya dan terutama kepada orang-orang Salisbury yang datang membantu saya ketika ayah saya dan saya tak sadarkan diri. Lebih dari itu, saya ingin berterima kasih kepada staf di Salisbury District Hospital atas kepedulian dan profesionalisme mereka," lanjut pernyataan Yulia.

"Saya yakin Anda semua bingung, tapi saya harap Anda akan menghormati privasi saya dan keluarga saya selama periode pemulihan saya."

Yulia Skripal dan ayahnya, mantan agen ganda Sergei Skripal, ditemukan terpuruk di bangku taman di luar sebuah restoran pizza di tengah kota pada 4 Maret lalu. Petugas polisi Nick Bailey juga dirawat di rumah sakit setelah mencoba untuk memberi pertolongan pertama kepada anak dan bapak itu. Tetapi sejak pulih, mengatakan dia tidak menganggap dirinya sebagai "pahlawan".

Sementara itu, sang ayah, Sergei Skripal masih dalam kondisi kritis.

Penggunaan racun saraf kelas militer kepada eks mata-mata Rusia dan putrinya itu mengejutkan pemerintah Inggris dan memicu krisis diplomatik yang disamakan dengan "Perang Dingin" yang baru.

Pemerintah Inggris menuding diracunnya eks mata-mata Rusia dan putirnya dilakukan oleh Rusia. Akibatnya, Inggris mengusir diplomat Rusia.

Pengusiran itu menjadikan pengucilan massal terbesar diplomat di seluruh dunia dengan banyak negara Eropa, AS dan Australia mengusir staf diplomat Rusia sebagai tanda solidaritas kepada Inggris.

Rusia dengan keras membantah bertanggung jawab, mengklaim bahwa Inggris tidak dapat membuktikan darimana racun itu berasal. Kremlin bahkan curiga, racun itu didapat fasilitas pertahanan Inggris di Porton Down, dekat lokasi rumah Skripal.

Pihak berwenang di Porton Down telah membantah tudingan Rusia. Namun minggu ini, kepala laboratorium, Gary Aitkenhead, mengatakan tidak dapat memverifikasi agen syaraf yang berasal dari Rusia.

Komentar itu bertentangan dengan klaim sebelumnya yang dibuat oleh Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson.

Pemerintah Inggris semakin dipermalukan ketika Kementerian Luar Negeri terpaksa menghapus tweet yang mengklaim Rusia adalah pelaku peracun eks mata-mata Rusia, dengan mengatakan bahwa itu "tidak akurat". Tindakan menghapus kicauan itu menyebabkan ejekan dari Kedutaan Besar Rusia di Inggris.

 

Saksikan video menarik berikut  ini:

Rusia Tidak Diperkenankan Campur Tangan Investigasi

Vasily Nebenzia Duta Besar Rusia untuk PBB  (Sputnik News)

Pada hari Kamis, Executive Council di Organisation for the Prohibition of Chemical Weapons (OPCW), di Den Haag mengalahkan permintaan Rusia untuk campur tangan investigasi kasus Skripal. Suara 41 lawan 6 yang menolak keberadaan Rusia.

Dengan demikian, Rusia menggelar pertemuan darurat di Dewan Keamanan PBB.

Pada pertemuan Dewan Keamanan PBB, duta besar Rusia di PBB, Vasily Nebenzia mengatakan tujuan utama Inggris adalah "mendiskreditkan dan bahkan mendelegitimasi Rusia dengan "tuduhan tak berdasar".

Inggris mengatakan Rusia berada di belakang serangan itu tetapi Moskow menyangkal tanggung jawab.

Perwakilan Inggris PBB Karen Pierce mengatakan tindakan Inggris "bersiap untuk setiap pemeriksaan".

Pierce mengibaratkan permintaan Moskow untuk mengambil bagian dalam penyelidikan terhadap seorang pelaku pembakaran yang menyelidiki kebakarannya sendiri.

Dubes Rusia untuk PBB, Nebenzia mengatakan tuduhan Inggris yang mengatakan Rusia sebagai dalang meracun ayah dan anak itu "mengerikan dan tidak dibuktikan kebenarannya", dan mengklaim Inggris sedang melancarkan "perang propaganda" melawan Rusia.

Dia mengatakan Novichok - kelompok agen saraf yang digunakan dalam keracunan - adalah "tidak dilindungi hak cipta oleh Rusia, terlepas dari nama Rusia yang jelas" dan telah dikembangkan di banyak negara.

"Ini semacam teater yang absurd. Tidak bisakah Anda muncul dengan cerita palsu yang lebih baik?", sindir Nebenzia.

Dalam pernyataannya kepada dewan beranggotakan 15 orang itu, Tuan Nebenzia mempertanyakan mengapa Rusia mau melenyapkan seseorang menggunakan metode "berbahaya dan sangat umum".

Dia membandingkan penggunaan bahan kimia dengan "ratusan cara cerdas membunuh seseorang" yang ditunjukkan dalam film seri Inggris yang terkenal, Midsomer Murders.

Menanggapi Nebenzia, Duta Besar Inggris untuk PBB, Karen Pierce, menuduh Rusia berusaha untuk "melemahkan lembaga-lembaga internasional yang telah membuat kita aman sejak Perang Dunia Kedua".

Dia mengatakan Rusia dicurigai karena beberapa alasan, mengatakan negara itu memiliki "catatan melakukan pembunuhan yang disponsori negara" dan bahwa "pandangan pembelot sebagai target yang sesuai untuk pembunuhan".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian LHK Akan Perkarakan Kasus Minyak Tumpah di Balikpapan

Posted: 05 Apr 2018 09:32 PM PDT

Upaya pembersihan tumpahan minyak dan pemulihan lingkungan di Teluk Balikpapan dan sekitarnya, terus dilakukan, Kamis siang, 5 April 2018.

Dirjen Bidang Penegakan Hukum Kementerian Kehutanan bersama lima orang ahli tiba di Balikpapan untuk menginvestigasi penyebab bocornya pipa minyak mentah milik PT Pertamina.

Upaya hukum akan dilakukan, namun yang terpenting adalah upaya penanganan dari dampak tumpahan minyak.

Saksikan berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, sesaat lagi pukul 12.00 WIB. Anda juga dapat menyaksikan tayangan berita SCTV secara live streaming di tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1 2018, Siaran Langsung PSMS Vs Persija

Posted: 05 Apr 2018 09:30 PM PDT

Pekan ketiga Go-Jek Liga 1 2018 bersama BukaLapak akan dibuka dengan pertarungan PSMS Medan dan Persija Jakarta di Stadion Teladan, Jumat (6/4/2018). Persija lebih diunggulkan mengingat hasil pertemuan mereka di Piala Presiden.

Sebelum di Liga 1 2018, PSMS dan Persija sempat bertemu pada semifinal Piala Presiden 2018. Saat itu, Persija tampil sebagai pemenang dengan agregat 5-1 dalam dua pertandingan yang dihelat di Stadion Manahan, Solo.

Kali ini, Persija juga sedang dalam tren positif. Usai bermain 0-0 kontra Bhayangkara FC, anak asuh Stefano 'Teco' Cugurra itu mampu meraih tiga poin kala menjamu Arema FC. Di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Persija sukses menghajar Arema 3-1.

Apalagi, kali ini kemenangan atas PSMS bisa membawa tim Macan Kemayoran melesat ke puncak klasemen Liga 1. Dengan catatan, mereka berharap agar PSM Makassar bertekuk lutut saat menjamu Persela Lamongan di Stadion Andi Mattalatta, satu jam setelah laga PSMS melawan Persija berakhir.

Sampai pekan kedua, hanya PSM yang sukses meraih enam poin. Sukses itu didapat saat PSM menaklukkan PSIS Semarang dua gol tanpa balas dan menang 1-0 di markas Perseru Serui.

 

Jadwal Pekan Ketiga

6 April 2018

15:30 WIB: PSMS Medan vs Persija Jakarta (Indosiar)

18:30 WIB: PSM Makassar vs Persela Lamongan (O'Channel)

7 April 2018

13:30 WIB: Persipura vs PS Tira (Vidio.com)

15:30 WIB: Madura United vs Sriwijaya FC (Indosiar)

18:30 WIB: Bali United vs Perseru Serui (Indosiar)

18:30 WIB: Bhayangkara FC vs PSIS Semarang (Vidio.com)

 

8 April 2018

15:30 WIB: Persebaya Surabaya vs Barito Putera (Indosiar)

18:30 WIB: Persib Bandung vs Mitra Kukar (Indosiar)

18:30 WIB: Borneo FC vs Arema FC (18:30 WIB)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Petani Sawit di Jambi Usai Diseruduk Gajah Liar

Posted: 05 Apr 2018 09:30 PM PDT

Seorang petani bernama Damanhuri (46) terbaring sakit di RSUD Muarabungo, Kabupaten Bungo. Ia harus menjalani perawatan medis usai diseruduk kawanan gajah yang mengamuk di kebun sawit.

Hambali, seorang warga Muarabungo menceritakan, informasi tersebut didapat dari keluarga Damanhuri yang ikut mengantarnya ke rumah sakit. Damanhuri adalah warga Kabupaten Tebo yang bersebelahan dengan Kabupaten Bungo.

Dari keterangan keluarga korban, kata Hambali, peristiwa yang menimpa Damanhuri terjadi pada Rabu, 4 April 2018. Tepatnya di Desa Pinang Belai, Kecamatan Serai Serumpun, Kabupaten Tebo.

Pada siang hari, Damanhuri bersama beberapa petani lainnya tengah berjaga di perkebunan sawit untuk menghalau gerombolan gajah yang biasa melintas dan merusak pepohonan sawit.

"Katanya, saat itu dia (Damanhuri) pergi dari pondok, tapi tak kunjung balik. Akhirnya dicari sama temannya. Pas ketemu badannya sudah luka-luka, katanya diseruduk gajah," ujar Hambali saat dihubungi di Kota Muarabungo, ibu kota Kabupaten Bungo, Jumat (6/4/2018).

Melihat Damanhuri terluka, rekan-rekannya langsung membawanya ke Puskesmas Sekutur di Kabupaten Tebo. Namun karena lukanya lumayan parah, korban akhirnya dirujuk ke RSUD Muarabungo di Kabupaten Bungo.

"Kata keluarga korban ada tulangnya yang patah karena diseruduk gajah dan harus menjalani operasi," ucap Hambali.

 

BKSDA Turun Tangan

Petugas BKSDA Jambi mengamankan temuan tengkorak gajah di Desa Pemayungan, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi pada April 2017 lalu. (Dok. BKSDA Jambi/Bangun Santoso)

Menerima laporan akan peristiwa tersebut, Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi bersama anggota Polres Tebo langsung turun ke lokasi. Tim BKSDA juga berdialog dengan warga serta keluarga korban agar tidak terjadi aksi "balas dendam" kepada kawanan gajah di daerah itu.

"Kami melakukan penyuluhan kepada warga, kejadian pastinya tidak tahu secara pasti karena tidak ada saksi saat kejadian," ujar Kepala Seksi Wilayah II BKSDA Jambi, Wawan Gunawan.

Menurut Wawan, korban sudah sadar tetapi harus menjalani operasi karena mengalami luka patah tulang di bagian iga serta luka di leher.

Dari beberapa catatan, sejumlah daerah di Kabupaten Tebo beberapa kali terjadi konflik satwa dengan manusia, khususnya gajah. Daerah tersebut seperti di Kecamatan Serai Serumpun, Kecamatan Sumay, hingga Kecamatan VII Koto.

Beberapa daerah di Kabupaten Tebo memang masuk kawasan jelajah gajah sumatera (Elephans maximus Sumatranus). Namun sayang, kawasan tersebut kini sudah banyak beralih fungsi menjadi kawasan perkebunan, khususnya sawit.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Tanya BPJS Kesehatan] Cek Status Kepesertaan JKN-KIS Bisa di Mana?

Posted: 05 Apr 2018 09:30 PM PDT

Tanya:

Di mana peserta Jaminan Kesehatan Nasional - KIS (JKN-KIS) dapat melakukan pengecekan status kepesertaan?

Jawab:

Pengecekan status kepesertaan dapat secara swakelola (dilakukan sendiri) melalui aplikasi mobile JKN telepon seluler. Peserta JKN-KIS dapat dapat mengunduh aplikasi tersebut di Playstore (Android) dan App Store (IOS).

Selain itu, peserta juga bisa mengecek status kepesertaan dengan menghubungi Layanan BPJS Kesehatan Care Center di nomor 1500 400 (24 jam) atau mendatangi Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat.

 

Hormat kami,

Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Kebocoran Data Pengguna Facebook di Indonesia Sedot Perhatian

Posted: 05 Apr 2018 09:30 PM PDT

Skandal kebocoran data pengguna Facebook kian membengkak. Jumlah data pengguna yang disalahgunakan mulanya diperkirakan sekitar 50 juta, kini bertambah menjadi sekitar 87 juta. 

Indonesia pun turut menjadi korban. Dari 87 juta, sekitar 1 juta di antaranya adalah pengguna Facebook di Tanah Air. 

Berita ini pun menyedot perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com. Informasi lain yang juga menyedot perhatian datang dari lima smartphone terlaris di Indonesia. 

Lebih lengkapnya simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Data Pengguna Facebook di 10 Negara Bocor, Indonesia Kena Imbasnya

Bola salju kasus penyalahgunaan data pengguna yang menjerat Facebook semakin besar. Baru-baru ini, perusahaan milik Mark Zuckerberg itu mengungkap jumlah data pengguna negara mana saja yang bocor.

Facebook

Dalam keterangan resminya, perusahaan mengungkap informasi dari 87 juta pengguna disalahgunakan oleh perusahaan konsultan politik, Cambridge Analytica.

Dari data yang diungkap oleh Mike Schroepfer selaku Chief Technology Officer Facebook, penyalahgunaan data Facebook di Amerika Serikat (AS) mencapai angka 70,6 juta akun.

Baca selengkapnya di sini 

2. Ini 5 Merek Smartphone Paling Laris di Indonesia

Perusahaan riset International Data Corporation (IDC) baru merilis laporan terbarunya mengenai penjualan smartphone di Indonesia periode kuartal keempat 2017.

Ilustrasi menggunakan smartphone

Ada beberapa data yang dipaparkan oleh IDC, salah satunya adalah lima merek smartphone pemimpin pasar Indonesia.

Mengutip data IDC yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (5/4/2018), kelima merek smartphone pemimpin pasar di Indonesia pada 2017 antara lain Samsung, Oppo, Advan, Asus, dan Vivo.

Baca selengkapnya di sini

3. Indonesia Juga Jadi Korban Skandal Penyalahgunaan Data Facebook

Kantor Facebook Indonesia. (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Skandal penyalahgunaan data puluhan juta pengguna Facebook masih belum usai. Setelah dikritik oleh berbagai pihak, Facebook akhirnya membeberkan rincian akun penggunanya yang disalahgunakan oleh Cambridge Analytica.

Dalam keterangan resminya, Facebook mengungkap informasi dari sekira 87 juta pengguna telah digunakan secara tidak layak oleh perusahaan konsultan politik, Cambridge Analytica.

Sebagian besar merupakan data pengguna Facebook di Amerika Serikat (AS), dan Indonesia juga termasuk tiga besar yang menjadi korban.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Truk Pengangkut Minyak Goreng Dijarah Warga

Posted: 05 Apr 2018 09:30 PM PDT

Kecelakaan truk pengangkut minyak goreng terjadi. Warga yang ada di sekitar kejadian justru berebut mengambil minyak goreng.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bendungan Jatibarang Jadi Percontohan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Posted: 05 Apr 2018 09:28 PM PDT

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencoba mereplikasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Jatibarang di Semarang, Jawa Tengah. Itu karena sumber listrik operasional bendungan dapat disediakan secara mandiri.

Sebelumnya, Kementerian PUPR telah memasang 936 panel surya berukuran 1,6 meter x 1 meter pada lereng utara Bendungan Jatibarang. Fasilitas ini dapat menghasilkan listrik sebesar 304,2 kilowatt-peak (kWp), atau setara 291.000 kilowatt-jam (kWh) per tahun.

Melalui proyek pemasangan tersehut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan, itu berdampak pada sumber listrik untuk operasional bendungan yang dapat disediakan secara mandiri.

"Pembangunan panel surya di Bendungan Jatibarang ini merupakan proyek percontohan dalam rangka mengoptimalkan aset bendungan," ucap dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Keunggulan PLTS di bendungan ini adalah tidak memerlukan pembebasan lahan sehingga bisa dibangun dengan cepat, mudah dalam pemeliharaan, dan bisa diintegrasikan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH).

Adapun listrik yang dihasilkan dari sana dimanfaatkan untuk kebutuhan operasional waduk, sementara kelebihan daya yang ada akan diserahkan kepada Perusahaan Listrik (PLN).

 

Potensi di Bendungan Lain

Foto: Edhi Prayitno / Liputan6.com

Beberapa Bendungan lain di Jawa Tengah yang memiliki potensi untuk pemasangan panel surya yakni Bendungan Lalung dan Bendungan Delingan di Karanganyar, dengan potensi masing-masing sebesar 1.000 kWp.

Selain untuk operasional bendungan, ketersediaan listrik juga dapat menunjang pengembangan potensi wisata, misalnya dengan pembuatan lampu dan air mancur hias yang membutuhkan sumber daya listrik relatif besar.

Seperti di Bendungan Jatibarang, selain memberikan manfaat suplai air irigasi dan air baku, pemandangan di sekitar bendungan sangat bagus sehingga kini menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Semarang. Daya tarik lainnya adalah keberadaan objek wisata Goa Kreo yang dihuni satwa khas seperti kera.

Untuk pengembangan lebih lanjut, Kementerian PUPR akan menggandeng Kementerian ESDM sebagai dukungan terhadap program pengembangan Energi Baru & Terbarukan, serta Kementerian BUMN yang membawahi perusahaan listrik PT PLN untuk kerja sama pengoperasian PLTS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pemeriksaan Lanjutan Panitera Pengganti PN Tangerang Tuti Atika

Posted: 05 Apr 2018 09:26 PM PDT

Panitera Pengganti PN Tangerang Tuti Atika tiba untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/4). Tuti Atika yang terjaring operasi tangkap tangan diperiksa dalam kasus dugaan suap Hakim PN Tangerang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Panitera Pengganti PN Tangerang Tuti Atika tiba untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/4). Tuti Atika yang terjaring operasi tangkap tangan diperiksa dalam kasus dugaan suap Hakim PN Tangerang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Panitera Pengganti PN Tangerang Tuti Atika berjalan masuk ke gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/4). Tuti Atika yang terjaring operasi tangkap tangan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Hakim PN Tangerang Wahyu Widya Nurfitri. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Panitera Pengganti PN Tangerang Tuti Atika berjalan masuk ke gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/4). Tuti Atika yang terjaring operasi tangkap tangan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Hakim PN Tangerang Wahyu Widya Nurfitri. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Panitera Pengganti PN Tangerang Tuti Atika berjalan masuk ke gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/4). Tuti Atika yang terjaring operasi tangkap tangan diperiksa penyidik KPK dalam kasus dugaan suap Hakim PN Tangerang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Panitera Pengganti PN Tangerang Tuti Atika berjalan masuk ke gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/4). Tuti Atika yang terjaring operasi tangkap tangan diperiksa penyidik KPK dalam kasus dugaan suap Hakim PN Tangerang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Panitera Pengganti PN Tangerang Tuti Atika tiba untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/4). Tuti Atika yang terjaring OTT diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Hakim PN Tangerang Wahyu Widya Nurfitri. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Panitera Pengganti PN Tangerang Tuti Atika tiba untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/4). Tuti Atika yang terjaring OTT diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Hakim PN Tangerang Wahyu Widya Nurfitri. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Uno Ungkap Sebab Serapan APBD DKI Rendah

Posted: 05 Apr 2018 09:25 PM PDT

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno menanggapi rendahnya serapan Triwulan I 2018. Dari data http://publik.bapedadki.net menunjukkan total serapan anggaran belanja per 6 April 2018 sebesar Rp 6,78 triliun atau 9,5 persen dari total APBD Rp 71,16 triliun.

Menurut Sandiaga, rendahnya serapan anggaran dapat memicu terhambatnya program pemerintah. Menurut dia, salah satu kendala rendahnya penyerapan adalah sulitnya pengadaan atau pembebasan lahan dari Dinas Sumber Daya Air untuk pembuatan waduk, situ, dan normalisasi sungai.

"(Penyerapan) delapan persen total dari target 12 persen. Kalau dibedah lagi dibuka, dari belanja langsung dan belanja tidak langsung, hanya satu belanja yang belum bisa dapat kita kategorikan sukses, yaitu pengadaan tanah," kata Sandi di Balai Kota, Kamis (5/4/2018) malam.

Sandiaga menyebut, pola kerja dan penyerapan dari SKPD cenderung berbentuk tongkat hoki atau kurva datar selama beberapa bulan, dan baru naik menukik pada bulan-bulan terakhir. Sandi berencana mengubah pola itu agar anak buahnya tidak menggenjot penyerapan anggaran di akhir tahun.

"Dan ini akan memang harus kita bicarakan tahun 2019 mulai sekarang. Mulai bulan Maret, April," tegas Sandiaga.

Politikus Gerindra itu menjelaskan penyebab terjadinya kurva tongkat hoki. Pertama perencanaan SKPD yang kurang baik dari awal. Kedua, persiapan dari masing-masing SKPD yang perlu ditingkatkan.

"Ketiga, belum semua kelompok SKPD melakukan pengadaan barang/Jasa pemerintah melalui e-purchasing berdasarkan Katalog Elektronik (e-katalog)," imbuh dia.

 

Koordinasi dengan BPBDJ

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mencicipi dawet telasih langganan Presiden Jokowi di Pasar Gede Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Sandiaga meminta para kepala dinas yang beralasan serapan rendah karena sulit lelang untuk berkoordinasi dengan Badan Penyelenggara Barang dan Jasa (BPBDJ)

"Sudah tidak ada alasan lagi bahwa penyerapan rendah karena lelang, atau barang-barang yang belum masuk ke katalog lokal. Ini yang kita inginkan," ujarnya.

Ia meminta semua SKPD melakukan percepatan lelang sehingga proses eksekusi dan penagihan pembayaran usai proyek rampung dikerjakan dapat berjalan lebih cepat. Selain itu, ia juga akan memberlakuan lelang konsolidasi terhadap proyek pembangunan yang nilainya kecil dan sama.

"Mau itu programnya lelang konsolidasi, harus dibuka untuk usaha kecil dan menengah. Tapi kita ingin perencanaannya lebih baik," tandas Sandiaga.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Data Pengguna Facebook Bocor, Indonesia di Urutan ke-3

Posted: 05 Apr 2018 09:24 PM PDT

Skandal kebocoran data pengguna Facebook yang bocor membengkak hingga 87 juta pengguna. Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Jumat (6/4/2018), hal ini diungkapkan Chief Technology Officer Facebook, Mike Schroepfer, lewat laman situs Facebook, Rabu, 4 April 2018. 

Yang mengagetkan, dari 87 juta data pengguna bocor, data pengguna Facebook Indonesia turut bocor dan bertengger di urutan tiga dengan jumlah satu juta lebih, di bawah Amerika Serikat dengan 70,6 juta data, dan Filipina dengan 1,1 juta data.

Terkait hal tersebut, Facebook Indonesia memenuhi panggilan Menkominfo Rudiantara. Hasil pertemuan, Facebook diminta patuh pada aturan yang berlaku di Indonesia dan diwajibkan berkoordinasi dengan polisi menyangkut penyalahgunaan data pribadi. Facebook pun diminta menutup aplikasi yang menyebabkan kebocoran data. Facebook terancam sanksi administratif dan pidana.

Mulai Senin, 9 April besok, Facebook akan menambahkan sebuah tautan di atas news feed, untuk memberitahu pengguna, aplikasi apa saja yang mereka gunakan dan informasi apa yang dibagi dengan aplikasi itu.

Pengguna bisa menghapus aplikasi yang tidak mereka inginkan. Pengguna juga akan diberitahu, jika ternyata data mereka telah terbagi dengan cara tidak sepatutnya oleh Cambridge Analytica. Selain itu, Facebook juga menghapus pilihan pencarian pengguna menggunakan nomor telepon atau alamat e-mail.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menurut Anji, Begini Cara Buktikan Lucinta Luna Transgender atau Bukan

Posted: 05 Apr 2018 09:20 PM PDT

Hingga sekarang, nama Lucinta Luna masih kerap diperbincangkan publik. Isu bahwa dia adalah seorang transgender, membuat banyak orang bertanya-tanya tentang identitas asli Lucinta Luna.

Saking hebohnya, Anji pun ikut mengeluarkan pendapatnya untuk membuktikan Lucinta Luna seorang transgender atau bukan.

Hal tersebut diungkap Anji melalui video miliknya yang diunggah di YouTube, Kamis (5/4/2018).

Dalam videonya, Anji mengungkapkan cara untuk mengetahui identitas asli Lucinta Luna. Namun, berbeda dari yang lainnya, Anji ingin membongkarnya dari sisi musik.

Buktikan Identitas

Anji pun ikut mengeluarkan pendapatnya untuk membuktikan Lucinta Luna seorang transgender atau bukan.(Adrian Putra/Bintang.com)

Anji menjelaskan bahwa membuktikan identitas asli Lucinta Luna dari sisi musik sebenarnya mudah. Ia menegaskan suara perempuan dan laki-laki sangat berbeda.

Hal ini berdasarkan pengalamannya saat berkolaborasi dengan penyanyi wanita. Perbedaan suara inilah yang membuat seorang penyanyi laki-laki dan perempuan sulit untuk menemukan nada yang pas.

Kesulitan

Anji pun ikut mengeluarkan pendapatnya untuk membuktikan Lucinta Luna seorang transgender atau bukan. (Adrian Putra/Bintang.com)

"Saya pada saat berkolaborasi dengan penyanyi wanita biasanya akan kesulitan mencari nada-nada yang pas karena entah ketinggian, entah kerendahan. Kalau saya kerendahan, dianya udah pas. Dianya kerendahan atau ketinggian, sayanya pas. Jadi susah untuk menyatukan," jelas Anji.

Range yang Berbeda

Lucinta Luna (Instagram)

Kemudian, ia menyimpulkan suara wanita dan pria sebenarnya memiliki range yang sangat berbeda. Oleh karena itu, bagi yang penasaran dengan identitas asli Lucinta Luna, Anji memiliki saran untuk membuktikannya.

"Coba suruh Lucinta Luna menyanyikan lagu-lagu wanita yang range-nya juga bermacam-macam. Nanti akan keliatan range vokalnya dan bagaimana cara dia bernyanyi," ujarnya.

Diminta Bernyanyi

Anji pun ikut mengeluarkan pendapatnya untuk membuktikan Lucinta Luna seorang transgender atau bukan. (Adrian Putra/Bintang.com)

Anji sebenarnya sangat menyayangkan tidak banyak video yang memperlihatkan Lucinta Luna bernyanyi. Kebanyakan video yang ia temukan hanya berisi sensasi semata.

Di akhir video, Anji menyarankan kepada pihak televisi yang mengundang Lucinta Luna untuk menyanyikan lagu wanita selain lagunya sendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Subsidi, Penumpang KRL Bisa Gunakan Kereta Bandara ke Jakarta

Posted: 05 Apr 2018 09:18 PM PDT

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan akan memberikan subsidi kepada para penumpang KRL untuk bisa menggunakan kereta api (KA) Bandara menuju DKI Jakarta dari dari Stasiun Batuceper. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan di Stasiun Duri.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan adanya subsidi ini, masyarakat bisa menggunakan KA Bandara hanya dengan membayar seharga tiket KRL.

"Nanti kita akan memberikan jatah, jumlahnya akan ditentukan oleh Pak Dirjen ada para penumpang kereta api menggunakan kereta api Railink dengan waktu tertentu dengan jumlah tertentu yang akan ditentukan," kata Menhub di Hotel Le Meridien, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Mengenai sistem penjualan tiketnya, Menhub akan bekerja sama dengan komunitas pencinta kereta lintas Tangerang-Jakarta. Dengan demikian, Menhub meminta kepada para komunitas untuk memberikan hak itu kepada para pengguna kereta.

"Makanya kita minta kepada mereka (komunitas) untuk menujuk perwakilan itu, harus menentukan mekanisme tertentu supaya ada keadilan. Nanti kami berikan subsidi supaya Railink sebagai perusahaan swasta tidak rugi," tegasnya.

Namun, kapan subsidi tersebut akan diberlakukan, masih menunggu hasil diskusi teknis antara Dirjen Perkeretaapian, PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Railink selaku operator KA bandara.

Bersifat sementara

Rangkaian kereta Bandara Soekarno-Hatta yang mulai beroperasi memasuki peron stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12). Pada 2 Januari, kereta bandara Soekarno Hatta akan diberlakukan tarif normal yaitu Rp 70.000. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Hanya saja, subsidi ini hanya diberlakukan sementara, sembari menunggu pembangunan jalur tunggu untuk kereta di Stasiun Duri rampung. Karena jika hal itu selesai, maka lansiran KA bandara tidak lagi mengganggu perjalanan KRL di Stasiun Duri.

Menhub menargetkan pembangunan jalur tunggu tersebut akan dilakukan segera dan ditargetkannya bisa selesai dalam waktu satu bulan.

Sebelumnya, Menhub mengumpulkan stakeholder perkeretaapian di Hotel Le Meridien, Jakarta, Jumat pagi ini. Langkah Budi Karya ini untuk mencari solusi mengenai keluhan masyarakat soal kepadatan di Stasiun Duri, Jakarta Barat.

Hadir dalam pertemuan ini di antaranya Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri, Direktur Operasional KAI Slamet Suseno Priyanto, Direktur Utama Railink Heru Kuswanto, Direktur Kereta Commuter Indonesia (KCI), dan perwakilan dari komunitas KRL Mania yang merupakan kumpulan pengguna KRL.

"Saya dengar keluhan di Stasiun Duri, terutama mengenai operasi Kereta Bandara, jadi kita coba mediasi hal itu," kata Budi Karya di Hotel Le Meridien.

Awalnya, acara mediasi ini akan dilakukan langsung di Stasiun Duri. Namun karena suatu hal, acara ini berpindah di Hotel Le Meridien, Jakarta. Diawali dengan sarapan bersama, seluruh stakeholder kemudian berdiskusi mengenai masalah kepadatan di Stasiun Duri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi PSMS vs Persija: Misi Berat Ayam Kinantan

Posted: 05 Apr 2018 09:15 PM PDT

PSMS Medan melawan Persija Jakarta dalam laga pekan ketiga Gojek Liga 1 Bersama Bukalapak di Stadion Teladan, Medan, Jumat (6/4/2018). PSMS mengusung misi berat karena wajib merebut kemenangan pertama saat menghadapi Persija.

Penggawa Ayam Kinantan mengalami dua kekalahan di dua pekan pertama, yaitu 0-1 saat bertandang menghadapi Bali United di pekan pertama dan 1-2 saat menjamu Bhayangkara FC di pekan kedua.

Tak ingin mengulang kegagalan saat menghadapi Bhayangkara FC, PSMS bertekad untuk meraih poin saat menjamu Persija Jakarta.

Keinginan PSMS tersebut sangat kuat, terutama karena tim asuhan Djadjang Nurdjaman itu tak ingin lagi mengecewakan suporter fanatik mereka yang datang langsung ke stadion. Berbekal harapan tidak dirugikan wasit seperti dalam laga sebelumnya, PSMS ingin tampil baik saat menghadapi Macan Kemayoran.

"Dari dua laga awal, PSMS belum meraih poin. Artinya ini hasil tidak menyenangkan buat kami dan suporter. Walau wasit yang merugikan kami terkena sanksi, tapi kami tetap kalah. Sebenarnya dari sisi permainan kami tampil baik. Kami sudah meladeni dua laga berat dan siap menghadapi Persija," ujar Djadjang Nurdjaman.

Djanur menyadari ibu kota datang dengan kekuatan yang luar biasa setelah meraih kemenangan 3-1 atas Arema FC di pekan kedua. Namun, mantan pelatih Persib Bandung itu tetap optimistis selama timnya mampu bermain konsisten dalam pertandingan menghadapi Ismed Sofyan dkk.

"Saya pikir kami harus meraih poin. Itu baru bisa tercapai kalau kami bermain konsisten. Semoga wasit netral dan tidak merugikan kami. Mudah-mudahan para pemain bisa memperlihatkan penampilan terbaik," ujar Djanur.

PSMS dalam dua laga pertama juga terkendala di lini tengah, di mana Djanur tak ingin memainkan Legimin Raharjo karena keberadaan Dilshod Sharofetdinov yang memiliki karakter permainan serupa, yaitu sebagai gelandang bertahan. Dalam laga ini, bukan tidak mungkin kedua pemain tersebut bisa dimainkan bersama mengingat tebalnya lini tengah Persija hingga ke lini depan.

Bek Persija Jakarta, Ismed Sofyan, merayakan gol yang dicetak Jaimerson Xavier ke gawang Arema FC pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Sabtu (31/3/2018). Persija menang 3-1 atas Arema FC. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Persija Respek terhadap PSMS

Persija Jakarta datang ke Medan sebagai tim yang diunggulkan untuk meraih kemenangan jika melihat dari tren dalam dua laga pertama. Namun, pelatih Macan Kemayoran, Stefano Cugurra Teco, merasa timnya lebih baik menaruh respek terhadap PSMS Medan yang akan bermain di depan ribuan suporter fanatisnya di Stadion Teladan.

Persija bertandang ke Medan dengan modal kemenangan 3-1 atas Arema di pekan kedua. Meski akan menghadapi Johor Darul Ta'zim di Piala AFC pada Selasa (10/4/2018), Persija tetap membawa pemain terbaiknya untuk menghadapi PSMS Medan di pekan ketiga Liga 1 2018.

"Kami membawa 18 pemain ke Medan yang sudah siap tampil. Kami akan menurunkan pemain terbaik dan paling siap untuk pertandingan ini," ujar Stefano Cugurra Teco.

Mengenai kekuatan PSMS, Stefano Teco mengaku sudah cukup mengenal permainan tim berjulukan Ayam Kinantan itu. Meski PSMS dalam situasi yang tidak terlalu bagus, terutama karena belum mendapatkan satu poin pun dari dua laga pertama, pelatih Persija asal Brasil itu tetap menaruh respek terhadap tim tuan rumah.

"Kami sudah dua kali menghadapi mereka di Piala Presiden. Kami pasti tahu kekuatan mereka, dan tentu mereka pun sudah tahu kekuatan kami. Persija pasti respek terhadap lawan, saya pikir mereka punya beberapa pemain dengan kualitas bagus. Tentu saat bertahan, kami harus mengawal para pemain mereka. Satu yang penting, kami respek dan bekerja keras untuk dapatkan hasil yang bagus di pertandingan ini," tegas pelatih Persija itu.

 

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain:

PSMS Medan (4-3-3): Abdul Rohim (Kiper); M. Roby, Reinaldo Lobo, Jajang Sukmara, Aziz Akbar (Belakang); Dilshod Sharofetdinov, Legimin Raharjo, Freydian Wahyu (Tengah); Antoni Putro, Frets Butuan, Wilfried Yessoh (Depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (Kiper); Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa (Belakang); Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (Tengah); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (Depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Zodiak yang Terkenal Jutek, Wanita dengan Zodiak yang Bikin Pria Tergila-gila

Posted: 05 Apr 2018 09:15 PM PDT

Setiap orang pasti punya kesan tersendiri saat tampil di depan publik. Ada yang pembawaannya ceria, pemalu, ataupun supel ketika bertemu dengan orang lain.

Meski begitu, tak semua orang bisa memberikan kesan yang positif ketika bertemu dengan orang baru. Ada kalanya, seseorang yang bisa memiliki sifat pembawaanya kasar dan jutek ketika bertemu orang. Tentunya hal ini dapat memberikan kesan bahwa mereka tak ramah atau bersahabat dengan orang lain.

Karakter semacam itu, ternyata bisa terpancar melalui zodiak mereka. Meskipun mereka tidak berniat untuk membuat orang kesal, namun hal tersebut terjadi karena bawaan sifat sejak lahir. 

Artikel tentang zodiak yang terkenal jutek dan tak bersahabat menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel tentang zodiak wanita yang membuat pria mudah tergila-gila menempati kedua terpopuler. Disusul dengan artikel ketiga terpopuler yakni objek pertama yang dilihat tunjukan kelemahanmu dalam cinta.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Pemilik Zodiak Ini Dikenal Jutek dan Kasar, Benarkah?

 

Serba salah memang punya muka jutek. Kayak beberapa zodiak ini, nih. (Sumber foto: pexels.com)

Zodiak ternyata bisa memancarkan karakter dan kepribadian pemiliknya. Bukan hanya itu, zodiak juga bisa dipakai untuk menilai bagaimana orang lain melihat kita.

Beberapa zodiak berikut ini dinilai tidak bersahabat kepada orang lain. Padahal, pemilik zodiak ini tidak bermaksud menyinggung perasaan lawan bicaranya.

Selengkapnya..

2. Punya Daya Sihir, Wanita dengan Zodiak Ini Mudah Buat Pria Tergila-gila

Kalau kamu merasa punya sifat-sifat berikut ini, mending jangan dekat-dekat Pisces deh. (Sumber foto: unsplash.com)

Kecantikan dan sensualitas adalah aset terbesar wanita manapun, yang dengannya menarik pria ke arah mereka.

Tapi ada wanita dengan zodiak tertentu yang memiliki kekuatan luar biasa untuk memikat pria manapun yang mereka pilih dengan daya tarik dan kharisma mereka.

Selengkapnya..

3. Objek Pertama yang Dilihat di Sini Ungkap Kelemahanmu dalam Cinta

Tes Kepribadian (yourtango.com)

Untuk menjabarkan kelemahan dan kelebihan dalam diri, bisa juga dengan berbagai macam metode juga banyak dilakukan oleh orang-orang.

Salah satu dengan mengikuti tes kepribadianyang banyak ditemui di dunia maya. Tes kali ini menunjukan ilusi gambar. Gambar yang kami tunjukan, dapat mengungkap sisi kelemahanmu dalam cinta.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: