Kamis, 09 Juli 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: Syarat UTBK, Calon Mahasiswa Harus Antre Jalani Rapid Test

Posted: 09 Jul 2020 10:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para peserta ujian tertulis berbasis komputer rela mengantre di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surabaya. Mereka akan menjalani rapid test atau tes cepat, sebagai salah satu syarat untuk bisa mengikuti UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Sebelumnya Pemerintah Kota Surabaya mengeluarkan surat edaran yang mewajibkan para peserta UTBK menunjukkan hasil rapid test sebagai syarat mengikuti ujian. Tak ada pilihan lain bagi mereka, meski harus merogoh uang pribadi Rp 175 ribu untuk rapid test. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 8 Juli 2020.

Pihak rumah sakit menyatakan peminat rapid test cukup tinggi, mencapai lebih dari 100 orang dalam sehari. Bagi para peserta UTBK, sejumlah syarat juga dipermudah.

"Khusus untuk peserta UTBK sebesar Rp 175 ribu, kemudian peserta mendapatkan surat hasil rapid test, kemudian juga beserta surat keterangan dari dokter yang menyatakan sehat," terang Siti Chabsah, Kasubag Humas RS PKU Muhammadiyah Surabaya.

Di Gresik, lebih dari 100 calon mahasiswa mendatangi Puskesmas Sidayu, di sini para peserta UTBK terpaksa harus mengantri lama sejak pagi, bahkan hingga 7 jam untuk menjalani rapid test.

Ruang tunggu yang layak pun tidak tersedia, sehingga harus duduk di halaman Puskesmas. Meski harus berkerumun dan mengantri lama, rapid test ini gratis bagi peserta UTBK.

"Menyediakan 100 rapid test gratis, dan ternyata yang mendaftar lebih dari 100, dan Alkhamdulillah tadi saya bawa tambahan gratis 25," terang Asluchul Alif, Wakil Ketua DPRD Gresik.

Puskesmas juga diminta untuk menambah jatah rapid test bagi para peserta UTBK. Dari 125 peserta UTBK yang menjalani rapid test, satu orang dinyatakan reaktif.

Ada tiga Puskesmas yang ditunjuk menjalani rapid test bagi calon mahasiswa, akan kembali menggelar rapid test gelombang 2 dengan jatah 100 orang dalam satu kecamatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menghitung Passing Grade SNMPTN, Bantu Pilih PTN yang Tepat

Posted: 09 Jul 2020 10:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara menghitung passing grade SNMPTN bisa membantu memperkirakan kemungkinan lolos tidaknya masuk PTN. SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu seleksi masuk PTN yang ada di Indonesia.

Dengan SNMPTN, kamu tak perlu lagi mengikuti serangkaian tes untuk bisa masuk PTN favorit. Ini membuat banyak siswa berlomba untuk bisa tembus SNMPTN. Salah satu perhitungan yang biasa dicari siswa adalah bagaimana cara menghitung passing grade SNMPTN.

Cara menghitung passing grade SNMPTN ini bisa dilakukan dengan membandingkan nilai rapormu dengan perkiraan passing grade yang dimiliki sebuah PTN. Cara menghitung passing grade SNMPTN sangat berguna bagi para calon peserta SNMPTN.

Cara menghitung passing grade SNMPTN bisa membantumu menentukan PTN dan jurusan mana yang sesuai dengan nilai yang kamu miliki. Dengan cara menghitung passing grade SNMPTN kemungkinanmu lolos jadi lebih besar. Berikut cara menghitung passing grade SNMPTN, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(10/7/2020).

Tahapan mengikuti SNMPTN

Ilustrasi ujian sekolah | via: istimewa
Ilustrasi ujian sekolah | via: istimewa

Dilansir dari http://snmptn.ac.id/ ada sejumlah tahapan yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti SNMPTN. Berikut tahapannya:

1. Calon peserta baik SNMPTN, UTBK, maupun SBMPTN diwajibkan untuk melakukan registrasi atau membuat akun di LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Pendaftaran akun LTMPT dilakukan pada waktu yang telah ditentukan oleh LTMPT.

2. Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, menggunakan email dan password login ke laman Portal LTMPT http://portal.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

3. Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.

4. Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://www.snmptn.ac.id.

5. Siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Ketentuan pilihan PTN

Ilustrasi mahasiswa belajar di kampus (iStockphoto)
Ilustrasi mahasiswa belajar di kampus (iStockphoto)

Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi yang dipilih menyatakan prioritas pilihan.

Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2020 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Sistem pemeringkatan dalam SNMPTN

ilustrasi sekolah | unsplash.com/@flpschi
ilustrasi sekolah | unsplash.com/@flpschi

Pemeringkatan siswa dilakukan oleh Sekolah berdasarkan nilai mata pelajaran yang telah ditentukan. Untuk jurusan IPA, pemeringkatan dilakukan berdasarkan nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

Untuk IPS pemeringkatan dilakukan berdasarkan nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. Untuk Bahasa pemeringkatan dilakukan berdasarkan nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing. Sedangkan untuk SMK didasarkan pada nilai Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

Berdasarkan kelengkapan data nilai siswa yang diisikan oleh sekolah akan ditetapkan jumlah siswa yang dapat mendaftar SNMPTN 2020 dengan ketentuan Akreditasi Sekolah:

Akreditasi A : 40 % terbaik di sekolahnya;

Akreditasi B : 25 % terbaik di sekolahnya;

Akreditasi C dan lainnya 5 % terbaik di sekolahnya.

Mengenal passing grade SNMPTN

ilustrasi sekolah | pexels.com/@137666
ilustrasi sekolah | pexels.com/@137666

Melalui SNMPTN, kamu bisa masuk ke PTN melalui nilai rapor yang dimiliki selama 5 semester di SMA atau SMK. SNMPTN kini dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Passing grade adalah acuan nilai yang bisa meloloskan siswa untuk bisa masuk PTN.

Penting diketahui bahwa PTN tidak pernah merilis passing grade secara resmi. Passing grade yang kamu dapatkan di internet merupakan perkiraan atau prediksi yang bisa memperlihatkan peluangmu untuk bisa lolos SNMPTN ke suatu PTN. Meski tidak resmi, angka-angka ini bisa jadi pertimbangan peluangmu untuk bisa lolos.

Biasanya patokan passing grade didapat dari nilai-nilai siswa yang lolos SNMPTN di tahun sebelumnya. Nilai ini kemudian dikumpulkan dan dijadikan patokan passing grade SNMPTN.

Cara menghitung passing grade SNMPTN

Ilustrasi Sekolah Credit: freepik.com
Ilustrasi Sekolah Credit: freepik.com

Cara sederhana menghitung passing grade SNMPTN adalah membandingkan nilaimu dengan nilai alumni sekolahmu yang lulus SNMPTN di jurusan dan PTN tujuanmu. Misalnya, kamu ingin masuk ke jurusan Ekonomi di UGM, maka kamu harus mencari informasi tentang alumni sekolahmu di tahun sebelumnya yang lolos SNMPTN di jurusan Ekonomi UGM.

Kemudian, bandingkan nilaimu dengan nilai alumni sekolahmu yang lolos SNMPTN tersebut. Karena jurusan Ekonomi termasuk dalam bidang IPS, maka nilai yang harus dibandingkan adalah nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

Kamu bisa menghitung rata-rata nilai ke enam mata pelajaran ini. Caranya adalah dengan menjumlah ke enam nilai lalu dibagi enam. (jumlah nilai:6). Jika nilaimu sama atau bahkan melebihi nilai alumni sekolahmu, ada peluang besar kamu bisa lolos ke SNMPTN.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TikTok Luncurkan Solusi Periklanan untuk Bantu UMKM Indonesia

Posted: 09 Jul 2020 10:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - TikTok meluncurkan solusi periklanan TikTok for Business di Indonesia. Platform ini salah satunya merupakan bentuk dukungan TikTok bagi UMKM di Tanah Air.

Apalagi, saat ini pemerintah tengah menggalakkan program Bangga Buatan Indonesia, yang mengajak pelaku UMKM untuk melakukan bisnis secara digital.

Dalam kesempatan yang sama, TikTok juga menegaskan komitmennya membantu UMKM di dunia, termasuk Indonesia, di masa pandemi Covid-19.

TikTok menyebut, solusi periklanan ini diharapkan mampu menjangkau audiens yang tepat melalui komunitas TikTok yang kreatif dan iklusif.

Direct Sales Leader TikTok Indonesia Pandhu Wiguna menyebut, berdasarkan laporan McKinsey, lebih dari 54 persen konsumen menghabiskan waktu mengkonsumsi konten dalam bentuk video ketika pandemi.

"Format video singkat dan komunitas TikTok yang terkenal kreatif akan memberikan peluang bagi berbagai bisnis dan usaha, termasuk UMKM, untuk menggaet pasar yang lebih dinamis dan pemasarannya lebih efektif," kata Pandhu dalam media briefing mengenai TikTok for Business yang digelar secara online, Jumat (10/7/2020).

Lebih lanjut, Pandhu mengatakan, platform ini merupakan solusi periklanan masa kini. "Dengan akses yang mudah dan fleksibel yang diberikan, UMKM dapat segera melakukan digitalisasi dan membangkitkan kembali bisnisnya di masa New Normal dan seterusnya," ujar Pandhu memberikan penjelasan.

Siap Donasikan USD 100 Juta untuk Bantu UMKM

TikTok hadirkan solusi periklanan TikTok for Business untuk membantu mendukung UMKM.
TikTok hadirkan solusi periklanan TikTok for Business untuk membantu mendukung UMKM.

Bersamaan dengan peluncuran TikTok for Business, TikTok juga menghadirkan program Back-to-Business di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.  Tujuannya sama, mendukung UMKM untuk tetap memperluas bisnis dengan menggunakan platform digital di masa pandemi.

Melalui program ini, pelaku usaha akan memiliki kesempatan beriklan di TikTok dengan kredit sebesar USD 300 per UMKM untuk dipakai hingga 31 Desember 2020. Total dana yang digulirkan TikTok untuk membantu UMKM terdampak Covid-19 adalah USD 100 juta. 

Syarat yang diajukan pun cukup mudah, salah satunya adalah memiliki akun TikTok Ads Manager dan memiliki izin usaha. Selanjutnya, pihak TikTok yang akan menentukan UMKM tersebut layak mendapatkan bantuan iklan USD 300 tersebut.

Apresiasi dari Pemerintah

TikTok: Dok: theverge.com
TikTok: Dok: theverge.com

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo R.M Manuhutu mengatakan, pemerintah berupaya mengajak UMKM go digital untuk membantu meningkatkan penjualan dan mendukung produk buatan dalam negeri.

"Untuk itulah, kami mengapresiasi langkah mitra platform digital, termasuk TikTok, yang memberikan fitur khusus untuk mendukung program digitalisasi UMKM ini," katanya.

Salah satu pebisnis yang mulai menggunakan TikTok for Business adalah Najla Bisyir, pemilik Bittersweet by Najla. Ia mengatakan, TikTok membantunya menyasar audiens baru yang tidak didapatkan di platform lain.

"Di TikTok, audiensnya lebih kreatif sehingga kami bisa bikin challenge dan audiens bisa mempromosikan dengan cara yang unik. Apalagi, target pasar kami adalah 13-30 tahun dan ini sesuai dengan pengguna TikTok, sehingga mudah untuk branding produk saya melalui TikTok," tuturnya.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV FTV Siang Episode Jumat, 10 Juli 2020

Posted: 09 Jul 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap hari FTV Siang hadir mulai pukul 13.00 WIB di SCTV.

Anda bisa menikmati drama khas segar yang selalu disajikan FTV Siang.

Jangan lupa penayangan FTV Siang juga bisa disaksikan via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langkah Pemprov DKI Cegah Banjir, Pembebasan Lahan dan Bangun Sheet Pile

Posted: 09 Jul 2020 10:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria berkomitmen melakukan upaya percepatan dan pencegahan banjir. Langkah-langkahnya antara lain, membebaskan lahan, membangun sheet pile dan sistem polder.

Pembangunan sheet pile dan sistem polder akan bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), termasuk pembiayaannya. Ini disampaikan Riza usai meninjau sejumlah titik rawan banjir di Jakarta.

"Mudah-mudahan ke depan kita bisa mengambil langkah cepat sesuai arahan Pak Gubernur dalam rangka pencegahan dan penanganannya," kata Riza dalam sebuah video yang disiarkan melalui YouTube Pemprov DKI Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Dia menjelaskan, pekan lalu pihaknya sudah bertemu dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuldjono untuk membahas langkah percepatan dan penanganan banjir di DKI Jakarta. Basuki dan jajarannya menyatakan bersedia membantu Pemprov DKI Jakarta.

Riza juga mengaku sudah bertemu Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil untuk membahas hal yang sama.

"Kemudian hari ini kami akan bertemu Kementerian Bappenas. Nanti sore juga membahas percepatan pencegahan banjir di wilayah Jakarta," sambungnya.

Rampung Tahun Ini

Setelah menemui sejumlah menteri terkait, Riza berharap penyusunan perencanaan pencegahan banjir dalam bentuk Detail Engineering Design (DED) selesai bulan depan. Sehingga pengerjaan penataan aliran sungai dikerjakan dan dirampungkan tahun ini, termasuk pembangunan sheet pile serta pembebasan lahannya.

"Setelah dibebaskan dan dibangun, insya Allah warga di sini bebas banjir. Ini kan sekarang kalau airnya pasang, dia banjir. Tadi di Kedoya Utara juga setiap bulan dia merasakan banjir, paling tidak satu minggu di masa bulan purnama. Mudah-mudahan setelah dibangun, beberapa bulan ke depan sudah tidak ada banjir lagi," kata Riza mengakhiri.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trio Kwek Kwek Sempat Reuni demi Hibur Papa T Bob Sebelum Meninggal

Posted: 09 Jul 2020 10:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu penciptan lagu anak Indonesia legendaris, Papa T Bob meninggal dunia pada Jumat (10/7/2020) agi. Sebelum meninggal, ia diketahui sempat mengidap diabetes.

Demi memberi semangat dan menghibur Papa T Bob, mantan penyanyi cilik Trio Kwek Kwek yang terdiri dari Leony, Dea ananda dan Affandi, sempat menggelar konser reuni virtual.

Konser ini dilangsungkap pada April 2020 silam. Mereka menyanyikan beberapa lagu terpopuler karangan papa T Bob seperti "Bus Sekolah, "Ku Takut Mamaku Marah" dan lainnya, saat mereka kondang di era tahun 1990-an.

"Video ini kita persembahkan untuk Papa T Bob karena tanpa beliau enggak akan ada Trio Kwek Kwek, dan enggak akan ada lagu-lagu ini. Tetap semangat lawan penyakitnya, oom! Biar bisa berkarya lagi," tulis Leony, kala itu.

Tina Toon

Papa T Bob (Foto: Instagram/@papatbob_official)
Papa T Bob (Foto: Instagram/@papatbob_official)

Tina Toon juga sempat sempat membuat unggahan di Instagram pribadinya, meminta masyarakat untuk mendoakan kesembuhan Papa T Bob. Meski sedang sakit, semangatnya untuk berkarya tak pernah surut.

"Jadi dapet kabar dari temen2 mantan artis cilik kalau om Wanda (nama asli om Papa T Bob) masuk RS karena diabetes , trus kmren sempet nge WA jg , dan beliau sendiri yg jawab," kata Tina Toon April lalu.

Papa T Bob

Papa T Bob (Foto: Instagram/@papatbob_official)
Papa T Bob (Foto: Instagram/@papatbob_official)

Papa T Bob lahir pada 22 Oktober 1960. Ia meninggal di usia 59 tahun. Selain Trio Kwek Kwek dan Tina Toon, ia juga pernah menciptakan lagi "Diobok-Obok" untuk Joshua.

Pemilik nama asli Erwand Lukas ini juga menciptakan lagu "Si Nyamuk" untuk Enno Lerian, juga "Si Lumba-Lumba" untuk Bondan Prakoso.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cari Dana Rp 20 Triliun, Pemerintah Bakal Lelang SUN 14 Juli 2020

Posted: 09 Jul 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan melakukan lelang Surat Utang Negara (SUN) dalam mata uang Rupiah pada 14 Juli mendatang. Lelang SUN ini untuk memenuhi sebagian dari target pembiayaan dalam APBN 2020.

Pelaksanaan lelang SUN dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 168/PMK.08/2019 tentang Lelang Surat Utang Negara di Pasar Perdana Domestik (PMK No. 168/PMK.08/2019) dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 38/PMK.02/2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Keuangan Negara untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan/atau Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan (PMK No. 38/PMK.02/2020).

Lelang ini akan dilakukan pada Selasa, 14 Juli 2020 yang dibuka pukul 09.00 WIB dan ditutup pukul 11.00 WIB. Kemudian setelmen pada Kamis, 16 Juli 2020.

Melansir dari keterangan resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Kamis (9/7/2020) target Indikatif dari lelang SUN ini adalah Rp 20 triliun. Dengan target maksimalnya sebesar Rp 40 triliun.

Adapun seri Surat Perbendaharaan Negara (SPN) yang akan dilelangkan yakni SPN03201015 (new insurance) dengan jatuh tempo 15 Oktober 2020, dan SPN12210429 (reopening) dengan jatuh tempo 29 April 2021. Tingkat alokasi pembelian non kompetitif dari kedua seri ini sebesar maksimal 50 persen dari yang dimenangkan.

 

Obligasi Negara

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)
lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Sementara untuk Obligasi Negara (ON) diantaranya; FR0081 dengan jatuh tempo 15 Juni 2025 dan tingkat kupon 6,5 persen, FR0082 dengan jatuh tempo 15 September 2030 dan tingkat kupon 7 persen, FR0080 dengan jatuh tempo 15 JUni 2035 dan tingkat kupon 7,5 persen, FR0083 dengan jatuh tempo 15 April 2040 dan tingkat kupon 7,5 persen, serta FR0076 dengan jatuh tempo 15 Mei 2045 dan tingkat kupon 7,375 persen.

Alokasi pembelian non-kompetitif dari seri ON ini sebesar maksimal 30 persen dari yang dimenangkan.

Selanjutnya, peserta lelang SUN ini terdiri dari Bank Indonesia (BI), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan Dealer Utama, meliputi; Citibank N.A., Deutsche Bank AG, PT Bank HSBC Indonesia, PT Bank Central Asia, Tbk., PT Bank Danamon Indonesia, Tbk., PT Bank Maybank Indonesia, Tbk., PT Bank Mandiri (Persero), Tbk., PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk., PT Bank OCBC NISP, Tbk., PT Bank Panin, Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk., PT Bank Permata, Tbk., PT Bank CIMB Niaga Tbk., PT Bank ANZ Indonesia., Standard Chartered Bank,JP Morgan Chase Bank N.A., PT. Bahana Sekuritas, PT. Danareksa Sekuritas, PT. Mandiri Sekuritas, PT. Trimegah Sekuritas Indonesia, Tbk.

Penjualan SUN tersebut akan dilaksanakan dengan menggunakan sistem pelelangan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

 

Lelang Terbuka

Ilustrasi investasi | unsplash.com/@precondo
Ilustrasi investasi | unsplash.com/@precondo

Lelang bersifat terbuka (open auction), menggunakan metode harga beragam (multiple price). Pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian kompetitif (competitive bids) akan membayar sesuai dengan yield yang diajukan. Pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian non-kompetitif (non-competitive bids) akan membayar sesuai dengan yield rata-rata tertimbang (weighted average yield) dari penawaran pembelian kompetitif yang dinyatakan menang.

Pemerintah memiliki hak untuk menjual ketujuh seri SUN tersebut lebih besar atau lebih kecil dari jumlah indikatif yang ditentukan. SUN yang akan dilelang mempunyai nominal per unit sebesar Rp 1 juta.

Pada prinsipnya, semua pihak, baik investor individu maupun institusi, dapat menyampaikan penawaran pembelian (bids) dalam lelang. Namun dalam pelaksanaannya, penyampaian penawaran pembelian harus melalui Peserta Lelang sebagaimana diatur dalam PMK No. 168/PMK.08/2019 dan PMK No. 38/PMK.02/2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Petugas Kebersihan Kerja Sendirian Bersihkan Ruang Isolasi Corona Ini Bikin Salut

Posted: 09 Jul 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Corona Covid-19 hingga saat ini masih menjadi perhatian dunia. Virus yang berawal dari China ini telah menyebar ke berbagai berlahan dunia. Kini semua cara telah dilakukan untuk memutus rantai penularan virus tersebut. Di tengah pandemi global ini, para petugas medis bekerja di garda terdepan untuk memerangi virus Corona Covid-19.

Bahkan, mereka harus rela terpisah sementara dari keluarga demi merawat pasien Corona Covid-19. Paramedis ini bekerja bertaruh nyawa demi menyelamatkan pasien yang tertular virus tersebut. Selain paramedis, petugas kebersihan rumah sakit juga selayaknya mendapat perhatian khusus.

Pasalnya, petugas kebersihan juga bekerja dalam risiko terpapar virus Corona Covid-19. Para petugas kebersihan ini harus membersihkan ruangan tempat pasien Corona Covid-19 dirawat serta membersihkan sampah klinis bekas perawatan pasien. Seperti yang dilakukan oleh petugas kebersihan bernama Andi ini.

Ia bekerja sendirian untuk membersihakn ruang isolasi orang yang terpapar virus Corona Covid-19. Kisahnya tersebut diunggah oleh akun Instagram @herry.tjahjono. Dalam unggahannya tersebut, ia memperlihatkan foto Andi yang tengah membersihkan ruangan isolasi yang tidak diketahui lokasi tepatnya namun berada di Indonesia. Kisah petugas kebersihan inipun menjadi viral di media sosial.

Bekerja Sendirian di Ruang Isolasi

View this post on Instagram

PAHLAWAN DALAM KESENDIRIAN YANG SUNYI Mari kita tengok seorang sahabat yang bekerja seorang diri di ruang isolasi Covid-19. Dia masuk kerja setiap hari, dari pagi dan sore selama 14 hari. Lalu menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Masuk kerja lagi 14 hari, demikian seterusnya. Dia bekerja sendirian. Namanya Andi. Tugasnya mengangkut semua sampah, menyapu dan membersihkan lantai, kamar mandi, merendam dan menjemur linen, boot, faceshield, mengantar pakaian pasien atau barang titipan dari keluarga. Dia pernah sekali sakit. Maka sampah pun menumpuk, sudut ruang ICU beraroma menusuk hidung, semuanya berantakan. Ketika ditanya kenapa sendirian ? Jawaban Andi menimbulkan iba : "Ngga ada yang mau, pak..." Pernah ada temannya yang mau, namun hanya bertahan sehari. Esoknya kabur karena tak kuat. Tak ada yang tahu kenapa dia bertahan. Apapun itu, Andi sudah mengisi hidupnya dengan makna. Dia "sangat" berguna bagi sesamanya. Dia tak menunggu pengakuan atau penghargaan dari siapapun. Dia tak menunggu apa pun, kecuali urutan pekerjaan yang dijalaninya sebagai amanah. Di mata saya, Andi telah memilih jalan sunyi dalam hidupnya. Jalan pejuang, jalan pahlawan....dalam kesendirian yang sunyi. Melawan Covid-19 dengan caranya sendiri. Hormat saya untukmu Andi ! By : HT

A post shared by Herry Tjahjono (@herry.tjahjono) on

 

Diketahui, Andi membersihkan ruang isolasi sendirian karena tidak ada orang lain yang bersedia. "Ketika ditanya kenapa sendirian ? Jawaban Andi menimbulkan iba: "Ngga ada yang mau, pak...," tulis Herry seperti dikutip oleh Liputan6.com dari akun Instagram @herry.tjahjono, Jumat (10/7/2020).

Di foto yang diunggah oleh Herry Tjahjono, petugas kebersihan itu terlihat mengenakan baju pelindung lengkap dengan face shield dan masker. Herry juga memberikan keterangan dalam foto tersebut, bahwa Andi bekerja setiap hari dari pagi hingga sore selama 14 hari. Kemudian ia libur, dan mengisolasi dirinya sendiri selama 14 hari. Lalu masuk kembali setelah mengisolasi mandiri dan demikian seterusnya.

"Dia masuk kerja setiap hari, dari pagi dan sore selama 14 hari. Lalu menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Masuk kerja lagi 14 hari, demikian seterusnya,".

Setiap harinya, petugas kebersihan ini membersihkan ruangan dan mengangkut sampah bekas pasien Corona Covid-19. Tak hanya itu, ia juga mengantarkan titipan barang dari keluarga pasien.

"Tugasnya mengangkut semua sampah, menyapu dan membersihkan lantai, kamar mandi, merendam dan menjemur linen, boot, faceshield, mengantar pakaian pasien atau barang titipan dari keluarga," jelas Herry.

Warganet Salut

Sebelumnya, ada teman Andi yang juga bekerja dengannya mengurus ruang isolasi. Namun hanya bertahan dalam sehari, karena alasan tidak kuat. Selama bekerja menjadi petugas kebersihan ruang isolasi Corona Covid-19, Andi sempat sakit sekali. Dampaknya sampah menumpuk hingga sudut ruang ICU tercium bau tidak enak.

"Dia pernah sekali sakit. Maka sampah pun menumpuk, sudut ruang ICU beraroma menusuk hidung, semuanya berantakan," jelas Herry.

Herry dan sejumlah warganet pun dibuat salut oleh kerja keras Andi. Menurut Herry, petugas kebersihan itu tak menunggu pengakuan atau penghargaan dari siapapun. Ia tak menunggu apa pun, kecuali urutan pekerjaan yang dijalaninya sebagai amanah.

"Di mata saya, Andi telah memilih jalan sunyi dalam hidupnya. Jalan pejuang, jalan pahlawan....dalam kesendirian yang sunyi. Melawan Covid-19 dengan caranya sendiri," tutur Herry.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota New York Gotong Royong Bersama Warga Lukis Mural Black Lives Matter

Posted: 09 Jul 2020 10:32 PM PDT

Liputan6.com, New York- Dalam menyerukan kesetaraan ras, terutama kepada warga kulit hitam, Kota New York masih memiliki semangat yang besar untuk itu. Wali Kota New York Bill de Blasio bersama warga sekitar kota tersebut mengecat jalanan di depan Gedung Trump Tower dengan tulisan "Black Lives Matter" pada Kamis 9 Juli.

Pelukisan pada jalanan itu tetap ia lakukan meskipun pada pekan lalu Presiden Donald Trump telah mengatakan bahwa mural jalanan akan menjadi "simbol kebencian."

Wali Kota Bill De Blasio bersama istrinya, Chirlane McCray, dan Pendeta Al Sharpton ketika ia membantu melukis kata yang menyerukan keadilan rasial di AS itu dengan cat berwarna kuning berukuran besar di area Fifth Avenue di depan Trump Tower.

Sementara para aktivis yang menonton menyerukan dengan bernyanyi: "Jalan siapa? Jalan-jalan kita!"

"Ketika kita mengatakan 'Black Lives Matter,' tidak ada lagi pernyataan Amerika, tidak ada lagi pernyataan patriotik karena tidak ada Amerika tanpa warga kulit hitam," ujar Bill de Blasio.

Wali Kota Bill de Blasio juga menyerukan, "Kami mengakui kebenaran diri kami sebagai orang Amerika dengan mengatakan 'Black Lives Matter', seraya menambahkan, "Kami membenarkan yang dianggap kesalahan".

Rencana pelukisan mural Black Lives Matter itu sudah diumumkan oleh Wali Kota Bill de Blasio pada bulan lalu, setelah sebelumnya mengatakan slogan itu akan dilukis di jalan-jalan di beberapa lokasi di sekitar New York, demikian seperti dikutip dari Associated Press, Jumat (10/7/2020). 

 

Antuasiasme Warga

Mural Black Lives Matter dilukiskan dalam huruf-huruf besar berwarna kuning di 16th Street yang mengarah ke Gedung Putih di Washington DC, sebagai bentuk dukungan dan solidaritas. (Photo credit: Khalid Naji-Allah/Executive Office of the Mayor via AP)
Mural Black Lives Matter dilukiskan dalam huruf-huruf besar berwarna kuning di 16th Street yang mengarah ke Gedung Putih di Washington DC, sebagai bentuk dukungan dan solidaritas. (Photo credit: Khalid Naji-Allah/Executive Office of the Mayor via AP)

Donald Trump merespon via Twitter bahwa mural itu akan merendahkan "area Avenue yang mewah" dan "lebih jauh tidak mengikuti keistimewaan New York."

Namun Walikota Bill De Blasio mengatakan di laman sosial media itu bahwa Black Lives Matter merupakan "sebuah gerakan untuk mengenali dan melindungi kehidupan orang kulit hitam."

Rahima Torrence, salah satu seorang warga yang ikut berpartisipasi melukis jalanan dengan cat kuning di Fifth Avenue, mengatakan bahwa meskipun mural itu mungkin hanya merupakan sebuah simbol, tetapi "ini adalah awal dari sesuatu yang lebih".

Menurut Torrence, lokasi di depan gedung Trump Tower sendiri "menunjukkan bahwa warga kulit hitam dianggap penting dan itu menunjukkan kepadanya bahwa hal tersebut tidak dapat diabaikan."

Pada sebelumnya, mural Black Lives Matter yang berwarna kuning itu sudah menghiasi jalanan di dekat are Gedung Putih di Washington D.C.

Walikota Washington D.C Muriel Bowser menyebut lukisan itu sebagai cara untuk menunjukkan solidaritas dengan warga Amerika yang marah atas pembunuhan pria kulit hitam George Floyd di Minneapolis.

Sebelum menjabat sebagai Presiden AS, donald Trump diketahui tinggal di gedung itu tetapi telah menghabiskan sedikit waktu di sana sejak itu.

Tahun lalu, Donald Trump juga sudah mengubah tempat tinggal resminya dari New York ke Florida, namun kerajaan bisnisnya masih bermarkas di kota yang dijuluki oleh Amerika sebagai "Big Apple" itu.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Meninggal, Papa T Bob Sempat Dirawat karena Diabetes

Posted: 09 Jul 2020 10:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pencipta lagu anak, Papa T Bob telah pergi untuk selamanya. Musikus berusia 59 tahun ini meninggal dunia, pada Jumat (10/7/2020).

Kabar meninggalnya Papa T Bob telah dibenarkan langsung oleh Stanley Tulung, selaku pengamat musik.

"TELAH BERPULANG KERAHMATULLAH SAUDARA KITA, SAHABAT KITA, PAPA T BOB (ERWANDA LUKAS) PADA HARI JUM'AT JAM 10.35 TGL. 10 JULI 2020," begitu isi pesan dar Stanley kepada Liputan6.com.

 

Diabetes

Papa T Bob (Foto: Instagram/@papatbob_official)
Papa T Bob (Foto: Instagram/@papatbob_official)

Mengilas balik, Papa T Bob memang sempat mendapat perawatan intensif di rumah sakit karena penyakit diabetes. Hal ini sempat disampaikan oleh Tina Toon.

"Jadi dapet kabar dari temen2 mantan artis cilik kalau om Wanda (nama asli om Papa T Bob) masuk RS karena diabetes , trus kmren sempet nge WA jg , dan beliau sendiri yg jawab," kata Tina pada di Instagram, April 2020 lalu.

Semangat

Papa T Bob (Foto: Instagram/@papatbob_official)
Papa T Bob (Foto: Instagram/@papatbob_official)

Meski sedang sakit, semangat Papa T Bob untuk terus berkarya, tidak pernah surut. Ia masih ingin meramaikan industri musik anak Indonesia.

"Masih semangat dan mau berkarya lagi," kata Tina Toon. Sebelum Meninggal, Papa T Bob Sempat Dirawat Intensif karena Diabetes

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Link Live Streaming Liga Spanyol Malam Ini: Real Madrid vs Deportivo Alaves di Vidio

Posted: 09 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid akan menjamu Deportivo Alaves pada lanjutan pertandingan La Liga Spanyol, Sabtu (11/7/2020) dini hari WIB. Kemenangan akan membuat Los Blancos semakin dekat dengan gelar juara.

Real Madrid saat ini telah mengumpulkan 77 poin dari 34 pertandingan. Sementara itu, peringkat 2 Barcelona telah mengoleksi 76 poin dari 35 laga, usai menang 1-0 atas Espanyol.

Madrid wajib menang jika ingin mempertahankan keunggulan empat poin mereka atas sang rival.

Di atas kertas, meski tanpa Sergio Ramos dan Dani Carvajal yang terkena akumulasi kartu kuning, Madrid diyakini mampu mengamankan tiga angka.

Terkini, Madrid menang 1-0 atas tuan rumah Athletic Bilbao lewat penalti Sergio Ramos. Dengan hasil itu, berarti pasukan Zinedine Zidane selalu menang dalam tujuh pertandingan terakhirnya di La Liga.

Sementara itu, Alaves selalu kalah dalam lima pertandingan terakhirnya di La Liga. Mereka berturut-turut dipukul Celta Vigo 0-6, Osasuna 0-1, Atletico Madrid 1-2, Granada 0-2, dan Real Valladolid 0-1.

Bagi Real Madrid, rentetan kemenangan membuat mereka percaya diri bakal jadi juara. Namun, Los Blancos tetap harus waspada. Mereka sama sekali tak boleh lengah.

Link Live Streaming

Anda bisa mendapatkan link live streaming Real Madrid vs Deportivo Alaves melalui tautan berikut ini....

Prediksi Susunan Pemain

(AP Photo/Alvaro Barrientos)
(AP Photo/Alvaro Barrientos)

Madrid (4-3-3): Courtois; Marcelo, Militao, Varane, Mendy; Kroos, Casemiro, Modric; Vinicius, Benzema, Isco/Asensio.

Pelatih: Zinedine Zidane.

 

Alaves (4-4-2): Roberto; Adrian Marin, Laguardia, Rodrigo Ely/Magallan, Ximo Navarro; Luis Rioja, Camarasa, Pina, Aleix Vidal; Joselu, Lucas Perez.

Pelatih: Juan Muniz.

Klasemen Liga Spanyol

 

Saksikan Video Real Madrid Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Rilis Android 11 Beta 2

Posted: 09 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google merilis Android 11 Beta 2. Peluncuran ini bersamaan dengan banyak perbaikan bug.

Dilansir GSM Arena, Jumat (10/7/2020), ada juga beberapa perubahan kecil di UI pada versi beta baru ini. Google merilis catatan di situs web Android Developer mengenai Android 11 Beta 2.

Perbaikan yang dihadirkan termasuk berkaitan dengan kontrol gesture, dan perbaikan yang membuat keyboard bisa muncul dengan benar.

Seperti versi beta lain, Android 11 Beta 2 masih memiliki beberapa masalah termasuk koneksi WiFi yang tidak stabil, dan masalah yang menyebabkan beberapa pengguna Pixel 4 tidak bisa kembali ke Android 11 melalui OTA.

Peluncuran pada 8 September

Ilustrasi Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Selain itu, Google juga dilaporkan secara tidak sengaja mengungkapkan waktu peluncuran Android 11 ke publik, yaitu pada 8 September.

Pada saat presentasi "Hey Google" Smart Home Summit di YouTube, ada sebuah caption yang mengungkapkan waktu kehadiran Android 11. Ini kemungkinan untuk perangkat Google Pixel.

Berdasarkan screenshot yang beredar, 8 September tertulis sebagai tanggal peluncuran Android 11. Namun, video tersebut kini dilaporkan tidak bisa diakses oleh publik.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perumnas dan PTPN II Sinergi Kembangkan Kawasan Perumahan

Posted: 09 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masih tingginya minat masyarakat dalam menyasar rumah tapak di Indonesia memacu Perumnas untuk terus gencar dalam mengembangkan kawasan rumah tapak, setidaknya inilah yang menjadi pemicu Perumnas menggandeng PTPN II dalam mengembangkan konsep integrated new township "Kota Mandiri Bekala" di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Direktur Utama Perum Perumnas Budi Saddewa Soediro menjelaskan, kawasan ini diharapkan akan dimulai pembangunannya pada Juli ini.

"Rencananya akan terintegrasi dengan transportasi kereta api dimana stasiun kereta api akan berada tepat di depan kawasan tersebut," ujar Budi di Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Kawasan ini akan berada di lahan seluas kurang lebih 854 Ha, dimana pembangunannya akan dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama akan berkonsentrasi pada luasan lahan 50 Ha atau setara dengan 2.175 hunian. Lebih dari 50 persen dari unit hunian tersebut akan ditujukan untuk segmen Masyarakat Berpenghasilan Rendah, jelas Budi.

Perseroan tidak hanya membangun rumah saja di kawasan Kota Mandiri Bekala ini, tetapi juga terdapat zona komersial dan tak kalah penting adalah terintegrasi dengan transportasi massal.

"Kedepannya konsep ini yang akan kami usung untuk kawasan rumah tapak, yaitu terintegrasi dengan transportasi sehingga memudahkan penghuni dalam kegiatan sehari-hari," tegas Budi.

 

Proyek Wilayah Bogor

Maket rumah yang dipamerkan dalam pameran Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/8). Pameran proyek perumahan ini menjadi ajang transaksi bagi pengembang properti di seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Maket rumah yang dipamerkan dalam pameran Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/8). Pameran proyek perumahan ini menjadi ajang transaksi bagi pengembang properti di seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tidak hanya di Kota Mandiri Bekala, Perumnas juga telah bekerjasama dengan PT KAI (Persero) dalam pengembangan stasiun baru di Parung Panjang Bogor dengan nama Perumnas Parayasa.

Konsep terintegrasi langsung dengan stasiun baru tersebut merupakan kawasan rumah tapak yang yang tengah dikembangkan oleh Perumnas di wilayah Jabodetabek.

"Saat ini IMB untuk Kota Mandiri Bekala sedang berproses di Pemkab Deli Serdang, kami berharap IMB dapat segera terbit", pungkas Direktur PTPN II Marisi Butar Butar.

Terkait faktor kepastian hukum, dijelaskan Marisi, lokasi pengembangan Kota Mandiri Bekala adalah milik PTPN II sesuai surat rekomendasi DPRD Sumut No. 1295/18/Sekr tanggal 25 Mei 2018.

Dan Kementerian ATR/BPN juga telah menerbitkan HGB dengan Nomor 1938/2020 dan 1939/2020 dengan total luas kurang lebih 241 Ha sebagai dasar pengembangan di tahap pertama, lanjut Marisi

Pengembangan hunian Kota Mandiri Bekala ini merupakan jawaban atas permasalahan kebutuhan hunian yang semakin mahal di kota besar. Dengan konsep terintegrasi transportasi, hunian ini dapat menjadi pilihan bagi masyarakat sebagai tempat tinggal.

Dengan kecenderungan harga lahan yang tinggi khususnya di kota-kota besar di Indonesia, sinergi dengan beragam BUMN dengan mengoptimalkan lahan idle yang ada, setidaknya ini merupakan angin segar untuk dapat menciptakan kawasan hunian di tengah kota khususnya bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sopir Banting Setir, Mobil Terperosok ke Kalimalang

Posted: 09 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah mobil terperosok ke dalam sungai Kalimalang setelah sang Sopir membanting setir menghindari sebuah lubang. Setelah mobil dievakuasi, satu penumpang ditemukan tewas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Santai Angelica Simperler saat Pakai Kacamata, Makin Modis

Posted: 09 Jul 2020 10:25 PM PDT

Salah satu aksesoris yang sering ia gunakan yaitu kacamata. Aktris yang baru saja menikah ini melengkapi OOTD-nya dengan kacamata hitam yang menambah pesonanya. (Liputan6.com/IG/@angelicasimp.new)
Salah satu aksesoris yang sering ia gunakan yaitu kacamata. Aktris yang baru saja menikah ini melengkapi OOTD-nya dengan kacamata hitam yang menambah pesonanya. (Liputan6.com/IG/@angelicasimp.new)

Salah satu aksesoris yang sering ia gunakan yaitu kacamata. Aktris yang baru saja menikah ini melengkapi OOTD-nya dengan kacamata hitam yang menambah pesonanya. (Liputan6.com/IG/@angelicasimp.new)

Wanita yang kini sudah berstatus menjadi istri Rico Hidros ini selalu menawan dengan makeup tipis. Dipadu dengan kacamata, gayanya semakin modis. (Liputan6.com/IG/@angelicasimp.new)
Wanita yang kini sudah berstatus menjadi istri Rico Hidros ini selalu menawan dengan makeup tipis. Dipadu dengan kacamata, gayanya semakin modis. (Liputan6.com/IG/@angelicasimp.new)

Wanita yang kini sudah berstatus menjadi istri Rico Hidros ini selalu menawan dengan makeup tipis. Dipadu dengan kacamata, gayanya semakin modis. (Liputan6.com/IG/@angelicasimp.new)

Meski sudah berusia 34 tahun, Angelica memiliki paras yang imut bak anak remaja. Terlebih lagi dirinya selalu cocok dengan gaya busana casual dan santai. Dengan kacamata hitam, auranya kian terpancar. (Liputan6.com/IG/@angelicasimp.new)
Meski sudah berusia 34 tahun, Angelica memiliki paras yang imut bak anak remaja. Terlebih lagi dirinya selalu cocok dengan gaya busana casual dan santai. Dengan kacamata hitam, auranya kian terpancar. (Liputan6.com/IG/@angelicasimp.new)

Meski sudah berusia 34 tahun, Angelica memiliki paras yang imut bak anak remaja. Terlebih lagi dirinya selalu cocok dengan gaya busana casual dan santai. Dengan kacamata hitam, auranya kian terpancar. (Liputan6.com/IG/@angelicasimp.new)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Rekomendasi Drama Korea Kocak di Vidio yang Bisa Menghibur Kamu di Akhir Pekan

Posted: 09 Jul 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan kantor yang tak ada habisnya bikin kamu stres? Atau sedang galau dan butuh hiburan?

Jika iya, nggak ada salahnya untuk meluangkan waktu sejenak di akhir pekan, untuk lepas dari rutinitas kantor yang mencekik. Sejumlah kegiatan bisa kamu lakukan untuk menghibur diri. Salah satunya adalah menonton drama Korea.

Di saat seperti ini, kamu pasti pengin menyaksikan drama Korea yang jalan ceritanya ringan dan mengandung unsur komedi. Nah, tiga K-Drama dari Vidio ini rasanya cocok buat kamu tonton di akhir pekan.

Dengan menonton rekomendasi drama Korea dari Vidio ini, bisa membuat kamu melupakan sejenak masalah yang membuat stres atau galau. Adegan komedi yang lucu dan kocak di setiap episodenya dijamin bakal bikin kamu tertawa terpingkal-pingkal.

Berikut adalah tiga judul drama Korea lucu yang bisa kamu tonton di Vidio selama akhir pekan.

1. Reply 1988

Seria drama Korea Reply 1988. (Sumber: Vidio)
Seria drama Korea Reply 1988. (Sumber: Vidio)

Lima tahun sejak penayangan perdananya pada 2015, drama Korea Reply 1988 kembali naik daun belakangan ini. Selain karena berlatar komedi, alasan lain yang membuat serial besutan sutradara Shin Won Ho itu banyak digemari adalah memiliki jalan cerita ringan.

Penonton tak perlu berpikir keras untuk bisa memahami setiap cerita yang disajikan. Dalam drama ini juga tak ada pemeran 'jahat', konflik yang diangkat pun sederhana namun bermakna. Seperti ayah yang terkesan cuek tapi sebenarnya peduli, ibu yang khawatir anaknya tak lulus ujian masuk perguruan tinggi, dan sebagainya.

Reply 1988 bercerita tentang sekelompok remaja yang tinggal di sebuah gang di Ssangmundong, Seoul. Mereka adalah Deok Sun (Lee Hye Ri), Choi Taek (Park Bo Gum), Sung Sun Woo (Go Kyung Pyo), Kim Jung Hwan (Ryu Jun Yeol), serta Ryu Dong Ryong (Lee Dong Hwi).

Kelimanya telah berteman sejak kecil. Keluarga mereka pun sudah sangat dekat satu sama lain, layaknya saudra. Sering berbagi makanan, mengadakan pesta bersama, pokoknya potret kehangatan bertetangga tercermin dalam serial ini. Reply 1988 full episode bisa disaksikan di aplikasi dan situs streaming Vidio secara gratis.

2. Welcome to Waikiki

Serial drama Korea Welcome to Waikiki. (Sumber: Vidio)
Serial drama Korea Welcome to Waikiki. (Sumber: Vidio)

Welcome to Waikiki menyuguhkan cerita yang lucu dan kocak dengan tingkah pemain yang bisa membuat penonton tertawa. Sketsa konyol dan humor receh dijamin bakal ngakak nonton drama ini di sepanjang episode.

Serial drama komedi produksi JTBC ini menceritakan kehidupan Kang Dong Goo (Kim Jung Hyun), Bong Doo Sik (Son Seung Won) dan Lee Jon Ki (Lee Yi Kyun). Ketiga sahabat itu menjalankan usaha penginapan bernama Waikiki, namun sepi pengunjung.

Mereka harus membayar biaya sewa tempat itu kepada pemilik, hingga akhirnya bekerja serabutan. Suatu pagi, mereka dikejutkan dengan kemunculan bayi yang sengaja ditinggalkan ibunya di salah satu kamar hostel tersebut. Siapa sangka, kehadiran anak itu malah membawa keuntungan bagi bisnis mereka.

Lantaran banyak digandrungi para pencinta drakor, Welcome to Waikiki sampai dibuatkan sekuel keduanya. Welcome to Waikiki full episode bisa disaksikan di aplikasi dan situs streaming Vidio secara gratis.

3. Welcome to Waikiki 2

Welcome to Waikiki 2
Welcome to Waikiki 2

Welcome to Waikiki 2 merupakan sekuel kedua dari serial drama korea Welcome to Waikiki musim pertama. Kendati mengalami perubahan pemeran utama dan jalan cerita yang hadir cukup berbeda dari sebelumnya, drama ini tetap seru kok untuk ditonton.

Adegan kocak dari para pemainnya dijamin bakal mengocok perut kamu. Seperti pada episode pertama, Woo-Sik yang harus berpura-pura mencintai wanita pemilik penginapan, supaya diberi waktu untuk melunasi biaya sewa gedung. Ada pula aksi konyol dari Lee Jung Ki, aktor figuran yang kerap mendapatkan peran absurd di setiap proyek filmnya. 

Nah, Welcome To Waikiki 2 pas banget nih untuk kalian jadikan sebagai tontonan wajib kala menghabiskan waktu berlibur di rumah saat akhir pekan. Welcome to Waikiki 2 full episode bisa disaksikan di aplikasi dan situs streaming Vidio secara gratis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transaksi E-Commerce Kartu Debit BNI Tumbuh 105 Persen di Masa Pandemi

Posted: 09 Jul 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Bisnis Konsumer Bank Negara Indonesia (BNI) Corina L. Karnalies menyatakan, volume transaksi e-commerce Kartu Debit BNI mencapai sekitar Rp 500 miliar pada semester I 2020.

Angka ini tumbuh 105 persen secara year on year (yoy) dari volume transaksi e-commerce per Juni 2019 yang sebesar Rp 225 miliar. Corina bilang, animo masyarakat untuk melakukan transaksi e-commerce meningkat di tengah pandemi.

"Animo penggunaan kartu debit BNI untuk bertransaksi e-commerce terus tumbuh, apalagi pada saat pandemi ini, kita tumbuh 105 persen yoy," jelas Corina dalam konferensi pers virtual, Jumat (10/7/2020).

Direktur Utama Artajasa Bayu Hanantasena menambahkan, pasar e-commerce memang tumbuh dalam 5 tahun terakhir. Untuk itu, perlu langkah untuk memperketat keamanan dalam bertransaksi secara digital.

Salah satunya dengan menghadirkan layanan otentikasi B-Secure yang diimplementasikan ke dalam Kartu Debit BNI khususnya yang berlogo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional).

"Pasar e-commerce tumbuh dalam 5 tahun terakhir, oleh karenanya kartu ini penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk memastikan transaksi di e-commerce dilakukan dengan aman," kata Bayu.

 

Layanan B-Secure

ATM BNI di Hong Kong
ATM BNI di Hong Kong

Layanan B-Secure yang digagas BNI dan Artajasa ini memungkinkan pengguna Kartu Debit BNI berlogo GPN menikmati kemudahan transaksi di merchant tertentu.

Corina bilang, adanya layanan transaksi e-commerce domestik ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan 25 persen volume transaksi e-commerce Kartu Debit BNI.

"Kami berharap dengan kerjasama peluncuran layanan ini, terdapat peningkatan volume transaksi e-commerce lebih dari Rp 100 miliar, dengan layanan B-Secure ini," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkot Surabaya Tambah Anggaran untuk Kampung Tangguh

Posted: 09 Jul 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur menambah anggaran stimulus kampung tangguh dari Rp 3,5 juta menjadi Rp 10 juta setiap kampung. Hal ini untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Sudah disepakati saat rapat bersama bu wali kota. Dalam waktu dekat (pekan depan) akan realisasikan," ujar Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, di Surabaya, seperti dikutip dari Antara, ditulis Jumat (10/7/2020).

Dia menuturkan, anggaran tersebut akan difokuskan untuk kegiatan memutus mata rantai COVID-19 di Surabaya, seperti halnya penyemprotan disinfektan maupun membuat dapur umum di tiap-tiap kampung.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya hingga saat ini terdapat 1.505 kampung tangguh yang tersebar di seluruh RW di 31 Kecamatan.

Whisnu mengatakan, kegiatan kampung tangguh selama ini dinilai cukup efektif menekan penyebaran COVID-19 di wilayah perkampungan, seperti halnya salah satu kampung tangguh di RT 7 RW 1 Kampung Kranggan, Kelurahan Bubutan, Surabaya.

Ingatkan Pengurus Kampung dan Warga Disiplin Protokol Kesehatan

Wakil Wali Kota Surabaya, Wisnu Sakti Buana (Dimas Angga P)
Wakil Wali Kota Surabaya, Wisnu Sakti Buana (Dimas Angga P)

Ia menuturkan, gotong-royong warga terlihat dalam kebersamaan memutus rantai pandemi COVID-19.

"Ini sangat efektif. Sementara yang terlihat warga urunan dalam pencegahan. Itu yang ingin kita bantu," tutur dia.

Whisnu juga meminta selain penambahan anggaran, pengurus kampung dan warga tetap disiplin menjalankan protokoler kesehatan seperti halnya jaga jarak, rajin cuci tangan dan memakai masker.

"Karena yang bisa mengingatkan itu justru warga terdekat, misalnya tetangga. Sehingga tingkat kesadaran semakin terbentuk," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diterapkan 2021, BPJT Buka Lelang Teknologi Bayar Tol Tanpa Berhenti

Posted: 09 Jul 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menerapkan teknologi transaksi pembayaran tol non-tunai tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) secara terbatas pada 2021 mendatang.

Saat ini, BPJT telah membuka proses pelelangan bagi investor yang tertarik. Proses prakualifikasi lelang tersebut sudah dimulai sejak 8 Juli 2020.

"Prakualifikasi lelang sudah dimulai," kata Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit kepada Liputan6.com, Jumat (10/7/2020).

Berdasarkan catatan BPJT, proses prakualifikasi lelang secara keseluruhan akan dilaksanakan secara elektronik (daring).

Tahap pengumuman prakualifikasi dimulai pada 8 Juli 2020, untuk kemudian berlanjut dalam fase pemberian penjelasan pada 16 Juli 2020.

Selanjutnya, pada 17 Juli 2020 peserta tender diberi kesempatan terakhir untuk menyerahkan pertanyaan-pertanyaan klarifikasi. 

Adapun batas akhir penyerahan dokumen kualifikasi ditetapkan 7 Agustus 2020. Pengumuman hasil prakualifikasi bakal diselenggarakan pada 21 Agustus 2020, di mana para peserta masih diberi waktu periode sanggahan pada 27 Agustus 2020.

Lebih lanjut, Danang memperkirakan, penerapan teknologi nirsentuh pembayaran tol akan dilakukan secara bertahap. "Mungkin dimulai di Jawa," sambungnya.

Adapun tahap awal pengimplementasian sistem MLFF tersebut akan diterapkan di jalan tol berdasarkan lingkup wilayah semisal Jabodetabek, bukan per ruas tol.

"Per wilayah akan menjadi pilihan, bukan ruas. Ini yang akan jadi usulan para peserta tender," ujar Danang.

Sistem Bayar Tol Tanpa Berhenti Dimulai Tahun Depan Secara Bertahap

Kepadatan lalu lintas saat penerapan dengan kartu e-Toll di gerbang tol Semanggi 2, Jakarta, Selasa (31/10). Mulai hari ini, pembayaran di jalan tol Indonesia dilakukan sepenuhnya secara nontunai menggunakan uang elektronik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Kepadatan lalu lintas saat penerapan dengan kartu e-Toll di gerbang tol Semanggi 2, Jakarta, Selasa (31/10). Mulai hari ini, pembayaran di jalan tol Indonesia dilakukan sepenuhnya secara nontunai menggunakan uang elektronik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menerapkan teknologi transaksi pembayaran tol non-tunai tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) secara terbatas pada 2021.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit menuturkan jika penerapan teknologi nirsentuh pembayaran tol akan dilakukan secara bertahap. "Mungkin dimulai di Jawa," ujar kepada Liputan6.com, Jumat (10/7/2020).

Dia menuturkan jika pada tahap awal pengimplementasian sistem MLFF tersebut akan diterapkan di jalan tol berdasarkan lingkup wilayah semisal Jabodetabek, bukan per ruas tol.

"Per wilayah akan menjadi pilihan, bukan ruas. Ini yang akan jadi usulan para peserta tender," ujar Danang.

Saat ini, BPJT telah membuka proses pelelangan bagi investor yang tertarik. Proses prakualifikasi lelang tersebut sudah dimulai sejak 8 Juli 2020. "Prakualifikasi lelang sudah dimulai," kata dia.

Multi Lane Free Flow merupakan transaksi pembayaran tol yang dilakukan dalam kecepatan normal dengan menggunakan teknologi nirsentuh. Sehingga, kendaraan tak perlu berhenti untuk membayar tol.

 

Tonton Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Kartu Kuning Online untuk Syarat Melamar Kerja

Posted: 09 Jul 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kartu kuning online penting untuk mencari kerja. Kartu kuning atau kartu AK1 merupakan kartu tanda pencari kerja yang dikeluarkan oleh Dinas Ketenagakerjaan setempat. Kartu ini dibuat dengan tujuan untuk pendataan para pencari kerja.

Terkadang, kartu kuning juga menjadi syarat dalam melamar pekerjaan baik di lembaga pemerintahan maupun swasta. Ini membuat orang banyak mencari bagaimana cara membuat kartu kuning online.

Karena sering menjadi syarat dalam melamar pekerjaan, penting mengetahui cara membuat kartu kuning online. Kartu kuning bisa dibuat dengan mengunjungi Dinas Ketenagakerjaan yang berada di kota atau kabupaten.

Cara membuat kartu kuning online dapat mempermudah proses pembuatan kartu ini. Meski kamu bisa melakukan cara membuat kartu kuning online, kamu harus tetap mengambil cetakan kartu kuning secara langsung di Dinas Ketenagakerjaan.

Cara membuat kartu kuning online akan membantu pengisian database di Kemnaker sehingga proses pembuatan jadi lebih singkat. Berikut cara membuat kartu kuning online, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (10/7/2020).

Fungsi kartu kuning

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Kartu kuning berisi informasi tentang pemilik, seperti nama, nomor induk kependudukan (NIK) KTP, data kelulusan, hingga sekolah dan universitas tempat pencari kerja memperoleh gelar. Disnaker, di bawah Kementerian Tenaga Kerja, adalah satu-satunya lembaga pemerintah yang berhak mengeluarkan kartu kuning ini.

Disnaker akan memberi data calon pencari kerja kepada pihak perusahaan. Data-data pencari kerja ini didapatkan dari nama-nama pencari kerja yang sudah terdaftar dan memiliki kartu kuning. Proses pembuatan kartu kuning di disnaker tidak dipungut biaya alias gratis. Kartu berlaku selama 2 tahun dengan keharusan melapor setiap 6 bulan sekali bagi pencari kerja yang belum mendapatkan pekerjaan.

Cara membuat kartu kuning online

Ilustrasi bekerja (pixabay.com)
Ilustrasi bekerja (pixabay.com)

Cara permohonan untuk memperoleh Kartu Kuning/AK-I dapat dilakukan dengan cara mendaftar secara langsung di loket pelayanan di setiap kantor Dinas Tenaga Kerja setempat dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan serta mengisi formulir yang telah disiapkan oleh petugas.

Cara membuat kartu kuning online dapat mempermudah Anda mendapatkan kartu pencari kerja ini. Dengan cara membuat kartu kuning online Anda tidak perlu lagi mengisi formulir atau data saat datang ke disnaker. Di Disnaker Anda hanya perlu menunjukkan bukti registrasi, menyerahkan berkas, dan menunggu pencetakan kartu.

Syarat cara membuat kartu kuning online

Ilustrasi bekerja./Copyright shutterstock.com/g/Makistock
Ilustrasi bekerja./Copyright shutterstock.com/g/Makistock

Data yang diperlukan untuk cara membuat kartu kuning online di antaranya adalah:

1. KTP

2. pas foto 3x4

3. Ijazah pendidikan terakhir

4. Sertifikat keterampilan (opsional)

5. Surat keterangan pengalaman kerja (opsional)

Beberapa disnaker akan meminta Anda untuk mengunggah scan data di atas. Jadi pastikan juga untuk menyiapkan scan data tersebut.

Cara membuat kartu kuning online

Cara membuat kartu kuning online (Ilustrasi/iStockphoto)
Cara membuat kartu kuning online (Ilustrasi/iStockphoto)

Cara membuat kartu kuning online bisa dilakukan melalui lama disnaker tempat Anda tinggal. Tiap disnaker memiliki lamannya sendiri. Anda juga bisa melakukan registrasi melalui https://account.kemnaker.go.id/register.

1. Klik situs resmi Dinas Ketenagakerjaan tempat Anda tinggal. Atau buka https://account.kemnaker.go.id/register.

2. Pilih menu daftar.

3. Isi data. Ada lima kolom yang mesti diisi ketika mendaftar untuk membuat kartu kuning secara online, yakni daftar sebagai siapa, NIK, Email, Nomor telepon, dan kata sandi.

4. Setelah itu Anda akan diminta memasukkan kode verifikasi yang diberikan melalui sms. Masukkan kode tersebut pada kolom yang disediakan.

4. Setelah itu, Anda akan diminta mengisi data mengenai akun, mulai dari foto 3x4, data diri, pekerjaan, keterampilan, dan pendidikan.

5. Ikuti perintah yang ada dan isi semua data yang diminta, jika sudah semua klik tombol save atau simpan.

6. Apabila sudah sampai pada klik tombol simpan, database Anda sudah tersimpan di Disnaker.

7. Pada disnaker daerah tertentu, Anda akan mendapatkan nomor registrasi untuk mengambil kartu kuning di disnaker.

Cara mendapatkan kartu kuning

Ilustrasi Kerja (Foto: DarkWorkX/Pixabay)
Ilustrasi Kerja (Foto: DarkWorkX/Pixabay)

Selanjutnya, Anda tinggal datang ke kantor Disnaker setempat untuk mengambil kartu kuning. Kartu AK1 dibuat di daerah kabupaten masing-masing pencari kerja. Pencari kerja hanya bisa membuat kartu kuning di daerah aslinya, yaitu yang tertera di KTP.

Jangan lupa di fotokopi sebanyak yang Anda perlukan. Mintalah legalisasi di kantor Disnaker. Untuk bisa mendapatkan cetakan kartu kuning Anda perlu menyertakan syarat dokumen seperti:

1. Fotokopi ijazah terakhir yang terlegalisasi (bawa juga ijazah asli untuk berjaga-jaga)

2. Fotokopi KTP/SIM (bawa juga KTP asli untuk berjaga-jaga)

3. Fotokopi Akta Kelahiran.

4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

5. Dua lembar pas photo berwarna ukuran 3x4 dengan latar belakang warna merah.

6. Cari tempat atau bagian pembuatan kartu kuning/AK-1.

7. Serahkan dokumen persyaratan yang diminta. Jika Anda memiliki nomor registrasi untuk mendapatkan kartu kuning, serahkan juga nomor tersebut.

8. Tunggu proses pencetakan kartu kuning

9. Terakhir, lakukan legalisir kartu kuning.

Syarat ini sebenarnya bergantung pada kebijakan kantor Dinas Ketenagakerjaan di daerah masing-masing.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ribuan Anggota Panitia Pilkada Jalani Rapid Test COVID-19 di Sukabumi

Posted: 09 Jul 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ribuan anggota panitia ad hoc pilkada menjalani tes cepat (rapid test) COVID-19 yang pelaksanaannya dimulai dari Jumat, (10/7/2020) hingga Minggu (12/7/2020).

"Adapun jumlah panitia ad hoc yang menjalani rapid test COVID-19 ini sebanyak 7.863 orang, mereka merupakan panitia pemungutan suara (PPS), panitia pemilihan kecamatan (PPK) hingga petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP)," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman di Sukabumi, Jumat (10/7/2020).

Menurutnya, dalam melaksanakan tes cepat ini pihaknya sudah bekerjasama dengan 58 puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan. Tujuan dari pemeriksaan ini selain sebagai bentuk antisipasi penyebaran COVID-19 dalam waktu dekat ini mereka akan melaksanakan tugasnya yakni melakukan pemutakhiran data pemilih pada 15 Juli hingga 14 Agustus 2020.

Tentunya saat mereka melakukan tugasnya di lapangan akan berhadapan langsung dengan masyarakat untuk memastikan nama dan alamat warga yang tercantum tepat, agar tidak ada pemilih ganda maupun pemilih siluman.

Dalam pelaksanaan tes cepat ini pihaknya berkoordinasi dengan petugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan.

Jika nantinya ditemukan adanya pantia ad hoc yang positif, maka untuk penanganannya diserahkan kepada tim Gugus Tugas dan tidak menutup kemungkinan diganti antisipasi terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, setiap panitia ad hoc sudah dibekali masker dan hand sanitizer serta wajib menerapkan protokol kesehatan maksimal sesuai standar World Health Organization (WHO).

"Tahapan pelaksanaan pilkada di masa pandemi COVID-19 juga sudah diatur dalam Peraturan KPU RI Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada Serentak, sehingga setiap melaksanakan tahapan wajib menerapkan protokol kesehatan maksimal," tambahnya seperti dikutip dari Antara.

 

Teknis Kampanye

Di sisi lain, Ferry mengatakan untuk teknis kampanye, debat calon Bupati-Wabup Sukabumi, pemungutan/perhitungan suara hingga penetapan calon kepala daerah terpilih di masa pandemi ini pihaknya masih berkoordinasi dengan sejumlah instansi dan melihat kondisi status COVID-19 di Kabupaten Sukabumi.

Dia mengatakan, dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini pihaknya tidak hanya menargetkan sebatas sukses saja, tetapi harus tetap sehat. Maka dari itu, seluruh divisi di KPU Kabupaten Sukabumi sedang mempersiapkan segala sesuatunya, karena pelaksanaan pilkada pada tahun ini dipastikan jauh berbeda dengan yang sebelumnya dikarenakan adanya pandemi COVID-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pangeran Charles dan Camilla Ucap Komentar Langka soal Pensiun

Posted: 09 Jul 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Pangeran Charles dan Camilla melakukan kunjungan ke sebuah pusat distribusi Asda, Kamis, 9 Juli 2020. Pada kesempatan itu, keduanya bertemu beberapa dari total 700 pekerja di pusat Bristol untuk berterima kasih pada upaya mereka selama pandemi.

Melansir laman Hello, Jumat (10/7/2020), para pekerja dilaporkan bekerja lebih panjang dengan pembagian jam kerja tertentu, serta menunda liburan untuk memenuhi permintaan tinggi selama krisis virus korona.

Dalam kunjungan tersebut, Pangeran Charles dan Duchess of Cornwall bertemu operator warehouse, Richard Sigward, yang telah bekerja selama 17 tahun dan masih enggan untuk pensiun.

"Duchess mengatakan ia setuju bila orang bisa bekerja dan senang, mereka harus terus melakukannya," kata Sigward. Perbincangan itu kemudian membuat pasangan keluarga kerajaan itu berbicara tentang pensiun, topik yang terbilang jarang disinggung.

Camilla mengatakan, ia belum ada niat untuk pensiun di usia yang sudah mencapai 72 tahun. "Begitu pun dengan Pangeran Charles (belum mau pensiun)," ucap Sigward.

Chris Tilly, general manager dari pusat distribusi itu mengatakan, pekerjaan sekarang sangat menantang dan menunjukkan penghormatan pada para pekerja karena sanggup bertahan.

"Saya pikir, sangat baik Pangeran Charless dan Duchess menyempatkan waktu datang ke pusat distribusi dan bertemu para pekerja. Mereka selalu mengatakan terima kasih pada setiap pekerja yang mereka lihat untuk apa yang dilakukan selama 14 minggu terakhir," ucapnya.

 

Ketertarikan Pangeran Charless dan Camilla

Pangeran Charles dan Camilla di Kapel St George di Windsor, Inggris, mengikuti pemberkatan gereja di upacara pernikahan sipil mereka, 9 April 2005. (ALASTAIR GRANT / POOL / AFP)
Pangeran Charles dan Camilla di Kapel St George di Windsor, Inggris, mengikuti pemberkatan gereja di upacara pernikahan sipil mereka, 9 April 2005. (ALASTAIR GRANT / POOL / AFP)

Dalam kunjungannya, Pangeran Charless dan Camilla diceritakan sangat tertarik dengan apa yang dilakukan para pekerja di Asda, berapa lama sudah bekerja, dan bagaimana mereka bekerja di masa pandemi.

Charles dan Camilla juga belajar tentang bagaimana perusahaan tersebut mendukung program amal mitranya, FareShare, yakni lemaga amal fokus melawan kelaparan dan sampah makanan, serta Trussell Trust yang mengurusi bank makanan.

"Terima kasih. terima kasih semuanya. Kalian pantas mendapat waktu minum yang menyenangkan," kata Pangeran Charles sebelum pergi.

Pasangan ini pun melanjutkan kunjungan ke pabrik pakaian Turnbull & Asser di hari itu. Mereka ke sana juga untuk memberi apresiasi. Pasal, di awal pandemi, pabrik ini mengubah operasional mereka demi mendukung tenaga kesehatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pencipta Lagu Papa T Bob Meninggal Dunia

Posted: 09 Jul 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Pencipta lagu anak-anak kondang Papa T Bob, meninggal dunia pada hari ini, Jumat (10/7/2020).

Kabar duka meninggalnya Papa T Bob diinformasikan pengamat musik Stanley Tulung lewat pesan tertulis kepada Showbiz Liputan6.com.

"TELAH BERPULANG KERAHMATULLAH SAUDARA KITA, SAHABAT KITA, PAPA T BOB (ERWANDA LUKAS) PADA HARI JUM'AT JAM 10.35 TGL. 10 JULI 2020," begitu isi pesan mengenai meninggalnya Papa T Bob.

Dimakamkan di Bintaro

Papa T Bob (Nurwahyunan/Bintang.com)
Papa T Bob (Nurwahyunan/Bintang.com)

Papa T Bob rencananya segera dimakamkan di Bintaro. Namun detail pastinya, masih dirundingkan pihak keluarga.

Sempat Masuk RS

Papa T Bob (Foto: Instagram/@papatbob_official)
Papa T Bob (Foto: Instagram/@papatbob_official)

Sementara itu, pada pertengahan April lalu, Papa T Bob diketahui menjalani perawatan di rumah sakit karena diabetes.

Hal ini diungkapkan Tina Toon melalui akun Instagram-nya.

Komunikasi dengan Tina Toon

Papa T Bob (Foto: Instagram/@tinatoon101)
Papa T Bob (Foto: Instagram/@tinatoon101)

"Jadi dapet kabar dari temen2 mantan artis cilik kalau om Wanda (nama asli om Papa T Bob) masuk RS karena diabetes, trus kmren sempet nge WA jg, dan beliau sendiri yg jawab," begitu isi unggahan Tina Toon kala itu.

Selamat jalan, Papa T Bob....

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rapid Test COVID-19 Buatan Anak Bangsa, Menristek: Bulan Ini Target Produksi 200 Ribu Unit

Posted: 09 Jul 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro mengungkapkan alat rapid test RI-GHA COVID-19 buatan anak bangsa segera diproduksi massal pada Juli dan Agustus 2020.

Produk rapid test RI-GHA COVID-19 telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan. Dengan demikian, pihaknya siap memproduksi dalam jumlah besar.

"Bulan (Juli) ini, kami targetkan bisa memproduksi 200 ribu unit rapid test, tetapi bulan depan (Agustus) dipastikan kita sudah bisa memproduksi 400 ribu unit," kata Bambang saat saat konferensi pers peluncuran inovasi produk RI-GHA COVID-19 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, kemarin (9/7/2020).

Ia melanjutkan, 4.000 kit rapid test antibodi RI-GHA COVID-19 telah diakurasi di beberapa rumah sakit di Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Surabaya. Sementara itu, sekitar 6.000 kit juga telah diuji lapangan di sejumlah puskesmas, salah satunya di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

"Alat rapid test tersebut sudah telah teruji sensitivitas (98 persen) dan spesifitasnya (96 persen) melalui uji laboratorium terhadap orang Indonesia," lanjut Bambang dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

Deteksi OTG, ODP, PDP, dan Pasca Infeksi

Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menristek BRIN Bambang Brodjonegoro saat saat konferensi pers peluncuran inovasi produk rapid test RI-GHA COVID-19 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (9/7/2020). (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan/Kemenko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menristek BRIN Bambang Brodjonegoro saat saat konferensi pers peluncuran inovasi produk rapid test RI-GHA COVID-19 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (9/7/2020). (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan/Kemenko PMK)

Bambang menjelaskan rapid test RI-GHA COVID-19 memiliki keunggulan. Alat ini mampu mendeteksi Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan PDP), dan pasca infeksi.

"Alat uji itu tergolong fleksibel karena mampu mendeteksi OTG, ODP, PDP, dan Pasca Infeksi dengan menggunakan sampel serum, plasma, atau whole blood. Hasilnya pun bisa diketahui secara cepat dalam waktu 15 menit tanpa membutuhkan alat tambahan maupun tenaga terlatih," jelasnya.

Untuk kisaran harga, rapid test juga murah. "Harga yang sangat murah yaitu Rp75.000. Maka, kita harapkan alat ini bisa dipergunakan secara massal, sehingga bisa mengatasi secepatnya masalah COVID-19," tandas Bambang.

Rapid test RI-GHA COVID-19 dikembangkan Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT), Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, Universitas Mataram, dan PT Hepatika Mataram.

Solusi Pemenuhan Alat Kesehatan

Menko PMK Muhadjir Effendy mencoba produk rapid test RI-GHA COVID-19 saat sesi peluncurannya di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (9/7/2020). (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan/Kemenko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy mencoba produk rapid test RI-GHA COVID-19 saat sesi peluncurannya di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (9/7/2020). (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan/Kemenko PMK)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sangat mengapresiasi hasil temuan anak negeri berupa alat rapid test RI-GHA COVID-19.

Alat itu digadang-gadang mampu menjadi solusi atas pemenuhan kebutuhan alkes yang sudah sangat mendesak di Indonesia.

"Tentu saja kita harus mendukung karya anak bangsa. Kita dorong agar produk dalam negeri bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri kita tanpa harus tergantung produk dari luar," ujar Muhadjir.

"Ini ada kaitannya dengan masalah mental. Perlu ada revolusi mental untuk kita bangga dengan produk dalam negeri kita sendiri, kita mencintai produk dalam negeri sendiri. Kita bisa menggunakan secara penuh dengan percaya diri dengan produk dalam negeri."

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia dan Australia Perkuat Kerja Sama Komprehensif Strategis di Bidang Ekonomi

Posted: 09 Jul 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri terus memperkuat Kemitraan Komprehensif Strategis RI-Australia melalui Pertemuan tingkat Pejabat Tinggi (Senior Officials Meeting) kedua negara secara daring pada Kamis 9 Juli 2020. 

Pertemuan membahas berbagai upaya peningkatan kerja sama bilateral serta kerja sama di kawasan dan global.

Selain itu, kedua pihak juga mengevaluasi Rencana Aksi Kemitraan Komprehensif Strategis RI-Australia yang telah diresmikan oleh Menteri Luar Negeri RI dan Australia pada 10 Februari 2020 yang lalu.

Secara khusus pihak Indonesia menyampaikan apresiasi atas komitmen dan solidaritas Australia bagi penanganan COVID-19 di Indonesia. Hal ini menunjukan kerja sama kedua negara terus berjalan meskipun kedua negara mengalami berbagai tantangan di tengah pandemi. 

Pemberlakuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement/IA-CEPA) pada 5 Juli 2020 yang lalu merupakan lembar baru hubungan bilateral kedua negara, yang akan berkontribusi dalam pemulihan perekonomian kedua negara dan akan semakin membuka peluang kerja sama pelaku bisnis, termasuk UMKM. 

 

Tingkatkan Koordinasi

Presiden RI Joko Widodo dan PM Australia Scott Morrison pada sela-sela KTT ASEAN di Bangkok, Thailand, 4 November 2019 (sumber: Sekretariat Presiden RI)
Presiden RI Joko Widodo dan PM Australia Scott Morrison pada sela-sela KTT ASEAN di Bangkok, Thailand, 4 November 2019 (sumber: Sekretariat Presiden RI)

Selain kerja sama bilateral, kedua pihak juga membahas dinamika di kawasan dan regional, dan menyepakati pentingnya peningkatan dialog dan koordinasi guna memastikan Kawasan Indo-Pasifik yang stabil, aman dan sejahtera berdasarkan prinsip dan hukum internasional yang berlaku.

Pertemuan tingkat pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri kedua negara yang pertama ini, dipimpin Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemlu, Desra Percaya dan First Assistant Secretary Southeast Asia Division kemludag Australia, Julie Heckscher.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 6 Pemimpin Negara yang Terinfeksi Virus Corona

Posted: 09 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Virus Corona bisa menyerang siapa aja termasuk pemimpin negara. Berikut 6 pemimpin negara-negara di dunia yang terkonfirmasi terinfeksi virus corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada-Ada Saja, Polisi Balapan Pakai Mobil Patroli

Posted: 09 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Texas - Pada akhir Juni 2020, beberapa anggota polisi dari Dallas County Sheriff mengikuti balapan. Adu cepat itu dilakukan di tempat yang benar, yakni di lintasan balap Yello Belly di Grand Prairie, Texas.

Dilansir Autoevolution, yang kini menjadi masalah bagi polisi yang mengikuti balap adalah balapan menggunakan mobil patroli. Balapan itu pun direkam dan diunggah secara online hingga menjadi viral.

Setelah video tersebut viral, kantor Dallas County Sheriff pun mengetahui hal itu dan melakukan investigasi atas penggunaan mobil patroli. Tapi menariknya, para polisi yang mengikuti balapan tersebut justru mendapatkan dukungan dari komunitas.

Bahwa mereka tak seharusnya diberi sanksi karena mereka bisa membuat ikatan dengan masyarakat dengan cara yang tidak dilakukan oleh polisi lain dalam beberapa bulan terakhir. Dalam video yang beredar pun tampak banyak orang menonton dan mendukung polisi.

"Di mata publik, kami melihatnya sebagai tanda yang positif, berdasarkan apa yang terjadi di negara ini. Kami pikir itu tidak benar jika mereka mendapatkan masalah," kata seseorang yang mendukung polisi.

Sumber: Otosia.com

 

Bikin Iri, Suzuki Jimny Terbaru Jadi Mobil Dinas Polisi

Suzuki Jimny Jadi Mobil Dinas Polisi. (Foto: Akun Instagram @suzukijimnyindonesia)
Suzuki Jimny Jadi Mobil Dinas Polisi. (Foto: Akun Instagram @suzukijimnyindonesia)

Suzuki Jimny generasi terbaru menjadi salah satu mobil yang diburu oleh penggemarnya. Selain jatah per bulan hanya sekitar 50 unit, untuk mendapatkan mobil ini harus melalui inden yang sangat panjang.

Dikutip dari akun Instagram @suzukijimnyindonesia, Selasa 14 April 2020, mobil ini digunakan sebagai kendaraan dinas Polresta Barelang, Batam, Kepulauan Riau.

" Kendaraan dinas R4 @satlantas.barelang," tulis @suzukijimnyindonesia.

Mobil dinas ini menggunakan warna dasar putih dengan kombinasi hitam di atap. Di fender belakang, tertulis " B9 Polresta Barelang". Di pintu, terdapat livery merah dan biru khas polisi. Tak lupa tercantum logo Kepolisian Republik Indonesia.

Suzuki Jimny ini juga dilengkapi dengan lampu sirine. Kap mobil dipoles dengan warna biru.

Komentar Warganet

Penampakan Jimny jadi mobil dinas membuat warganet berdecak kagum. Mereka menyebut jip ini oke juga jika dijadikan kendaraan dinas polisi.

" Keren broooo," tulis @yudi_eko_wicaksono.

" Keren coy, apalagi yang 5 door," tulis @mpgamersindonesia.

" Aih susah dapat ini mobil," tulis @khoen.

" Ngarai braaay," tulis @anugerahhafid. 

  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jungkir Balik Kehidupan TKI Asal NTT Tanpa Identitas Usai Dideportasi dari Malaysia

Posted: 09 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Sikka - Sebanyak 24 Pekerja Migran Indonesia (PMI), yang dulu dikenal dengan istilah Tenaga Kerja Indonesia atau TKI, asal Nusa Tenggara Timur (NTT) tiba di Mbay Kabupaten Nagekeo, setelah dideportasi dari Malaysia, Rabu (8/7/2020).

Nasibnya tak menentu. Mereka kini ditampung tim relawan Yayasan Permata Bunda Berbelas Kasih Larantuka, Flores Timur.

Dari 24 PMI ada kisah haru yang dialami seorang pria bernama, Junison Bin Yohanes (24). Ia lahir di Keningau, negara bagian Sabah. Orangtua Junison berasal dari Pulau Sumba di NTT.

Di Malaysia, orangtuanya bekerja sebagai buruh bangunan tanpa dibekali identitas kependudukan. Meski orangtuanya dari NTT, tetapi, ia tidak mengetahui alamat asal kedua orangtuanya termasuk sanak famili di wilayah itu.

Junison menuturkan, pada Juli 2019 lalu, ia ditangkap di Kota Kinabalu saat sedang menjual singkong. Karena tak memiliki identitas kependudukan, ia pun dipenjara selama 5 bulan oleh polisi Malaysia.

Di penjara, ia bertemu dengan belasan PMI lainnya asal NTT. Mereka kemudian dipindahkan ke penampungan di Kinabalu selama 2 bulan dan berlanjut ke Kota Tawau, Sabah, Malaysia selama 3 bulan.

Pada 3 Juni 2020, mereka dideportasi dari Malaysia dan dikirim melalui Nunukan, Kalimantan. Dari Kalimantan, mereka dibawa hingga ke Makassar, Sulawesi Selatan. Di sana, mereka wajib menjalani karantina selama 22 hari. Setelah itu, mereka diantar menggunakan kapal feri menuju Mbay, Kabupaten Nagekeo, Flores.

Ia mengaku saat berada di penjara, polisi menanyakan tempat lahirnya. Ia lalu menipu petugas dan mengaku lahir di Sumba, NTT. Dari pengakuannya, oleh Konsulat Jenderal RI di Kinabalu dibuatkan paspor untuk keluar dari Malaysia.

Karena tak mengetahui alamat jelas orangtuanya, maka saat dideportasi, ia diajak ke Lembata oleh Umar bin Abidin, warga asal Kedang, Kabupaten Lembata, yang dikenalnya di penjara. Namun, sampai di Lembata, ia ditolak warga, karena dia bukan warga daerah itu.

Paspor sementara yang diterbitkan KJRI, menerangkan ia lahir di Pulau Sumba. Namun, dia mengaku tidak mengetahui alamat desa orangtua dan keluarganya. Ia kemudian diselamatkan Yayasan Bunda Maria Berbelas Kasih.

"Saya tidak mau pulang ke Malaysia lagi karena pasti dipenjara. Kalau waktu itu saya mengaku lahir di Malaysia maka saya pasti dipenjara di sana," katanya. 

Ia mengaku, saat ia dipenjara, kedua orangtuanya juga tidak datang menjenguknya, karena tidak memiliki identitas kependudukan.

"Mungkin mereka juga sudah melarikan diri dan bersembunyi di hutan," sebutnya.

Pemilik Yayasan Bunda Maria Berbelas Kasih, Benedikta BC da Silva mengaku sedih dengan nasib Junison yang tidak jelas sejak ditolak Pemerintah Kabupaten Lembata.

"Kalau dibawa ke Sumba, kita tidak tahu alamat keluarga orangtuanya di sana. Makanya, saya sudah meminta BP3TKI Kupang agar Junison tinggal bersama saya di yayasan dan dibuatkan berita acara penyerahannya," ungkapnya.

Saat ini, Junison sudah dipekerjakan di sebuah tempat usahanya. Nantinya, kata dia, Junison akan dibuatkan surat-surat resmi sehingga bisa kembali ke keluarganya di Malaysia.

"Sudah hilang kontak dengan orangtuanya. Karena, saat ditangkap, handphone-nya disita," tutupnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Spanyol Malam Ini: Real Madrid vs Deportivo Alaves

Posted: 09 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid akan menjamu Deportivo Alaves pada lanjutan pertandingan La Liga Spanyol, Sabtu (11/7/2020) dini hari WIB. Kemenangan akan membuat Los Blancos semakin dekat dengan gelar juara.

Real Madrid saat ini telah mengumpulkan 77 poin dari 34 pertandingan. Sementara itu, peringkat 2 Barcelona telah mengoleksi 76 poin dari 35 laga, usai menang 1-0 atas Espanyol.

Madrid wajib menang jika ingin mempertahankan keunggulan empat poin mereka atas sang rival.

Di atas kertas, meski tanpa Sergio Ramos dan Dani Carvajal yang terkena akumulasi kartu kuning, Madrid diyakini mampu mengamankan tiga angka.

Terkini, Madrid menang 1-0 atas tuan rumah Athletic Bilbao lewat penalti Sergio Ramos. Dengan hasil itu, berarti pasukan Zinedine Zidane selalu menang dalam tujuh pertandingan terakhirnya di La Liga.

Sementara itu, Alaves selalu kalah dalam lima pertandingan terakhirnya di La Liga. Mereka berturut-turut dipukul Celta Vigo 0-6, Osasuna 0-1, Atletico Madrid 1-2, Granada 0-2, dan Real Valladolid 0-1.

Bagi Real Madrid, rentetan kemenangan membuat mereka percaya diri bakal jadi juara. Namun, Los Blancos tetap harus waspada. Mereka sama sekali tak boleh lengah.

Jadwal Pertandingan

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale mengontrol bola dari kawalan pemain Deportivo Alaves Guillermo Maripan saat bertanding di La Liga Spanyol di stadion Mendizorroza, Vitoria (6/10) (AP Photo/Alvaro Barrientos)
Gelandang Real Madrid, Gareth Bale mengontrol bola dari kawalan pemain Deportivo Alaves Guillermo Maripan saat bertanding di La Liga Spanyol di stadion Mendizorroza, Vitoria (6/10) (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Sabtu, 11 Juli 2020

00.30 WIB, Real Sociedad vs Granada

03.00 WIB, Real Madrid vs Derpotivo Alaves

22.00 WIB, Osasuna vs Celta Vigo

Klasemen Liga Spanyol

 

Saksikan Video Real Madrid Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Manchester United Lumat Aston Villa 3-0

Posted: 09 Jul 2020 10:00 PM PDT

Pemain Manchester United Bruno Fernandes bereaksi saat dilanggar di kotak penalti saaat menghadapi Aston Villa pada pertandingan Premier League di Villa Park, Birmingham, Inggris, Kamis (9/7/2020). Manchester United menang 3-0. (AP Photo/Shaun Botterill, Pool)
Pemain Manchester United Bruno Fernandes bereaksi saat dilanggar di kotak penalti saaat menghadapi Aston Villa pada pertandingan Premier League di Villa Park, Birmingham, Inggris, Kamis (9/7/2020). Manchester United menang 3-0. (AP Photo/Shaun Botterill, Pool)

Pemain Manchester United Bruno Fernandes bereaksi saat dilanggar di kotak penalti saaat menghadapi Aston Villa pada pertandingan Premier League di Villa Park, Birmingham, Inggris, Kamis (9/7/2020). Manchester United menang 3-0. (AP Photo/Shaun Botterill, Pool)

Pemain Manchester United Paul Pogba berupaya mengendalikan bola saat menghadapi Aston Villa pada pertandingan Premier League di Villa Park, Birmingham, Inggris, Kamis (9/7/2020). Manchester United menang 3-0. (AP Photo Andrew Boyers, Pool)
Pemain Manchester United Paul Pogba berupaya mengendalikan bola saat menghadapi Aston Villa pada pertandingan Premier League di Villa Park, Birmingham, Inggris, Kamis (9/7/2020). Manchester United menang 3-0. (AP Photo Andrew Boyers, Pool)

Pemain Manchester United Paul Pogba berupaya mengendalikan bola saat menghadapi Aston Villa pada pertandingan Premier League di Villa Park, Birmingham, Inggris, Kamis (9/7/2020). Manchester United menang 3-0. (AP Photo Andrew Boyers, Pool)

Pemain Manchester United Paul Pogba (kiri) mencetak gol ke gawang Aston Villa pada pertandingan Premier League di Villa Park, Birmingham, Inggris, Kamis (9/7/2020). Manchester United menang 3-0. (AP Photo/Shaun Botterill, Pool)
Pemain Manchester United Paul Pogba (kiri) mencetak gol ke gawang Aston Villa pada pertandingan Premier League di Villa Park, Birmingham, Inggris, Kamis (9/7/2020). Manchester United menang 3-0. (AP Photo/Shaun Botterill, Pool)

Pemain Manchester United Paul Pogba (kiri) mencetak gol ke gawang Aston Villa pada pertandingan Premier League di Villa Park, Birmingham, Inggris, Kamis (9/7/2020). Manchester United menang 3-0. (AP Photo/Shaun Botterill, Pool)

Pemain Manchester United Paul Pogba (kiri) mencetak gol ke gawang Aston Villa pada pertandingan Premier League di Villa Park, Birmingham, Inggris, Kamis (9/7/2020). Manchester United menang 3-0. (AP Photo/Oli Scarff, Pool)
Pemain Manchester United Paul Pogba (kiri) mencetak gol ke gawang Aston Villa pada pertandingan Premier League di Villa Park, Birmingham, Inggris, Kamis (9/7/2020). Manchester United menang 3-0. (AP Photo/Oli Scarff, Pool)

Pemain Manchester United Paul Pogba (kiri) mencetak gol ke gawang Aston Villa pada pertandingan Premier League di Villa Park, Birmingham, Inggris, Kamis (9/7/2020). Manchester United menang 3-0. (AP Photo/Oli Scarff, Pool)

Pemain Manchester United Scott McTominay menggiring bola saat menghadapi Aston Villa pada pertandingan Premier League di Villa Park, Birmingham, Inggris, Kamis (9/7/2020). Manchester United menang 3-0. (AP Photo/Oli Scarff, Pool)
Pemain Manchester United Scott McTominay menggiring bola saat menghadapi Aston Villa pada pertandingan Premier League di Villa Park, Birmingham, Inggris, Kamis (9/7/2020). Manchester United menang 3-0. (AP Photo/Oli Scarff, Pool)

Pemain Manchester United Scott McTominay menggiring bola saat menghadapi Aston Villa pada pertandingan Premier League di Villa Park, Birmingham, Inggris, Kamis (9/7/2020). Manchester United menang 3-0. (AP Photo/Oli Scarff, Pool)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WhatsApp Business Hadirkan Fitur QR Code, Katalog, dan Stiker Baru

Posted: 09 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp Business menghadirkan tiga fitur baru untuk memudahkan komunikasi antara pemilik bisnis dengan para konsumen.

"Hari ini kami memperkenalkan fitur-fitur baru untuk membantu lebih dari 50 juta pengguna WhatsApp Business dan ribuan usaha makro pengguna WhatsApp Business API," kata WhatsApp dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Jumat (10/7/2020).

Lebih lanjut, pihak WhatsApp menyebut, fitur-fitur ini hadir untuk mempermudah pengguna memulai chat dengan akun bisnis di WhatsApp, hingga melihat produk dan layanan yang ditawarkan.

Berikut ini ketiga fitur yang dimaksud:

1. Chat dengan Akun Bisnis dengan Kode QR

Kode QR memudahkan pengguna untuk memulai chat dengan mudah. Pasalnya, sebelum ada fitur ini, ketika pengguna mau menambahkan kontak akun bisnis, mereka harus mengetikkan nomor secara manual dan menyimpannya.

Kini pengguna hanya perlu memindai Kode QR yang ada di etalase toko, kemasan produk, atau struk pembelian untuk memulai chat dengan sebuah bisnis.

Pihak WhatsApp menyebut, telah menguji fitur Kode QR ini dengan salah satu bisnis di Indonesia, Storage King Bali. Perusahaan unit penyimpanan yang ada di Bali ini hanya tinggal memasang Kode QR di poster, kantor, situs bisnis, dan platform medsosnya.

Bagi konsumen, mereka hanya perlu memindai Kode QR, WhatsApp akan langsung mengarahkan ke halaman chat, baik kosong maupun telah berisi pesan otomatis yang telah disiapkan oleh bisnis tersebut (opsional).

Fitur pesan otomatis ini dapat diatur untuk memudahkan pelanggan memulai percakapan. Selain itu, pesan otomatis, admin akun bisnis juga bisa mengatur pengiriman katalog sebagai salah satu bentuk respon kepada pelanggan.

2. Berbagi Katalog

Contoh tampilan Katalog pada WhatsApp Business | Karla farhana/Fimela.com
Contoh tampilan Katalog pada WhatsApp Business | Karla farhana/Fimela.com

Fitur kedua adalah Berbagi Katalog. Pasalnya katalog memungkinkan bisnis untuk menampilkan dan membagikan informasi produk atau layanan mereka, untuk meningkatkan penjualan.

Katalog sudah diluncurkan tahun lalu dan jadi salah satu cara paling disukai pengguna untuk berinteraksi dengan konsumen. Bahkan, tiap bulannya ada lebih dari 40 juta pengguna di dunia melihat katalog bisnis melalui WhatsApp.

Kini untuk memudahkan pengguna menemukan produk bisnis, pengguna WhatsApp Business bisa membuat tautan (link) untuk seluruh katalognya maupun per produk.

Link dapat dibagikan di situs bisnis, Facebook, Instagram, dan media lainnya.

3. Stiker 'Bisnis Kami Buka'

WhatsApp Business menghadirkan stiker Toko Kami Buka untuk memudahkan para pelaku bisnis berkomunikasi dengan konsumennya (Foto: WhatsApp)
WhatsApp Business menghadirkan stiker Toko Kami Buka untuk memudahkan para pelaku bisnis berkomunikasi dengan konsumennya (Foto: WhatsApp)

Pada kesempatan yang sama, WhatsApp juga meluncurkan paket stiker 'Bisnis Kami Buka' untuk membantu komunikasi antara pemilik bisnis dan konsumen menjadi lebih mudah dan cepat.

Paket stiker 'Bisnis Kami Buka' adalah koleksi unik yang menampilkan desain baru rancangan tim desainer WhatsApp dan koleksi stiker khusus untuk pengguna Indonesia karya dua seniman lokal asal Yogyakarta, TEMPA.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Terkecoh, 10 Foto Candid yang Bisa Mengecoh Mata

Posted: 09 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Street photography atau fotografi jalanan merupakan salah satu medium yang mengabadikan tingkah laku, baik keadaan lingkungan maupun manusia di sekitarnya. Fotografi jalanan umumnnya menampilkan objek yang diambil di ruang terbuka publik dalam kondisi candid atau tanpa pengarahan.

Sudah banyak fotografer jalanan yang karyanya luar biasa. Salah satunya adalah Vineet Vohra. Vineet adalah seorang fotografer jalanan yang terkenal di New Delhi, India.

Vineet menghasilkan karya yang menghibur, kompleks, terstruktur dengan indah dan sangat kontemporer. Ia dengan mahir menggabungkan konten, komposisi, dan cahaya untuk membuat sebuah foto yang menarik.

Vineet membagikan karya-karyanya melalui akun Instagram-nya, @vineet_vohra. Hingga saat ini, akun pribadinya tersebut telah memiliki pengikut lebih dari 100 ribu orang.

Ia juga seorang guru fotografi yang suka mengadakan acara di Asia, Eropa, dan Amerika Serikat. Selain itu, Vineet juga memiliki komunitas fotografi jalanan di Asia. Bahkan, ia sudah ikut berkontribusi selama sepuluh tahun untuk mengembangkannya.

Berikut beberapa potret menarik karya Vineet yang dilansir dari akun Instagram @vineet_vohra.

1. Kok kepalanya kecil ya?

Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra
Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra

2. Perpaduan yang pas meskipun tubuhnya lecek

Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra
Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra

3. Burung-burung seolah keluar dari kepala pria tersebut

Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra
Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra

4. Teman yang sedang bermain

Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra
Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra

5. Loh, kok jadi anjing yang sedang membaca

Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra
Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra

6. Sejak kapan unta memiliki tanduk sebanyak itu

Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra
Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra

7. Seekor kuda yang kelaparan

Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra
Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra

8. Sedang berpikir keras

Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra
Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra

9. Duh, pinggangnya sakit enggak ya

Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra
Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra

10. Bertumpu pada perahu

Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra
Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Fakta Rapid Test Buatan Anak Bangsa, Harga Murah hingga Akurasi Tinggi

Posted: 09 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia kini telah mampu memproduksi alat rapid test sendiri yang dinamakan RI-GHA. Dalam peluncurannya, Kamis (9/7/2020), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan, rapid test dinilai sebagai salah satu faktor penting yang bakal membantu Indonesia menuntaskan pandemi Corona.

Kini, adanya RI-GHA Covid-19 Rapid Diagnostic Test IgG/IgM yang telah mengantongi izin edar dari Kementerian Kesehatan pada 19 Mei lalu, penuntasan pandemi diyakini bakal lebih cepat.

"Karena itu, pada kesempatan ini saya menyambut baik, untuk memenuhi fasilitas peralatan dan pra-pelayanan, baik dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 dari mereka yg sudah terpapar akibat virus itu," tutur dia.

Ternyata, rapid test inovasi dalam negeri ini memiliki beberapa keunggulan mulai dari hasil tes hingga harga yang murah. Lengkapnya, simak rangkuman fakta-fakta RI-GHA, rapid test buatan dalam negeri, yang disusun Liputan6.com berikut.

1. Diinisiasi Dalam Waktu 2 Bulan

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi (BRIN) Bambang Brodjonegoro menyatakan, butuh waktu 2 bulan saja bagi Kemenristek, khususnya Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk menyusun prototipe hingga benar-benar memfinalkan produk tersebut, tentunya dengan bantuan mitra produksi.

"Pengembangan sudah dilakukan tahapnya dari desain sampai produksi dan ini dilakukan dalam proses yang sangat singkat yaitu 2 bulan, sejak dari 0 hingga diproduksi," ujar Bambang.

2. Bekerjasama dengan 2 Mitra Usaha

Adapun saat ini, Kemenristek telah memiliki 2 mitra usaha produksi rapid test yaitu Hepatika Mataram dan Laboratorium Prodio. Ke depannya, pihaknya akan mencari mitra tambahan untuk mendorong peningkatan kapasitas produksi RI-GHA.

"Apalagi tadi seperti yang disampaikan Pak Menko PMK, Pak Presiden sudah menginstruksikan untuk menyetop impor produk terkait Covid-19 yang bisa diproduksi di dalam negeri," imbuh Bambang.

 

Hasil Keluar Hanya Dalam 15 Menit

Rapid Test RI-GHA Covid-19. Liputan6.com/Athika Rahma
Rapid Test RI-GHA Covid-19. Liputan6.com/Athika Rahma

3. Hasil keluar 15 Menit

Bambang menyatakan, salah satu keunggulan RI-GHA ialah hasil tes keluar hanya dalam waktu 15 menit saja.

"Hasil deteksi bisa muncul 15 menit saja tanpa tenaga tambahan," ujarnya.

4. Desain sederhana dengan akurasi tinggi

Tak cuma itu, alat rapid test ini memiliki desain yang lugas dan praktis serta dapat digunakan untuk menguji sampel darah kapiler, serum, plasma atau whole blood untuk mendeteksi OTG, ODP, PDP dan pasca infeksi.

Level spesifitasnya sendiri mencapai 96 persen dan level sensivitasnya mencapai 98 persen.

 

Harga Lebih Murah

Rapid Test RI-GHA Covid-19. Liputan6.com/Athika Rahma
Rapid Test RI-GHA Covid-19. Liputan6.com/Athika Rahma

5. Harga Murah, Sekitar Rp 75 Ribu

Berdasarkan dokumen gambar yang didapatkan Liputan6.com, rapid test ini dijual per boks. Dengan rincian, 20 kaset tes cepat, 20 pipet tetes dan 1 botol buffer untuk 20 tes. Harganya disebutkan sebesar Rp 75 ribu per tes.

6. Bakal diproduksi 600 Ribu dalam 2 Bulan Ke Depan

Kemenrinstek menargetkan, pihaknya akan memproduksi 400 ribu rapid test kit bulan Agustus mendatang.

Hal itu dilakukan guna mempercepat pemenuhan kebutuhan rapid test dalam negeri. Adapun untuk bulan ini, produksi rapid test kit dalam negeri ditargetkan mencapai 200 ribu unit.

"Besaran produksi kami target 200 ribu bulan ini, bulan depan 400 ribu," kata Bambang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angel Lelga Siap Polisikan Akun Palsu dan Penyebar Fitnah

Posted: 09 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masalah yang terjadi antara Angel Lelga dan Vicky Prasetyo hingga saat ini masih menjadi perbincangan hangat. Meski pada akhirnya Vicky Prasetyo ditahan atas kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap mantan istrinya, Angel Lelga, namun tidak sedikit juga yang menyudutkan Angel Lelga.

Di Instagram Angel Lelga, banyak warganet yang seakan masih tidak percaya dengannya. Mereka kemudian meninggalkan komentar-komentar negatif di Instagram Angel Lelga.

Angel Lelga sendiri sepertinya mulai gerah dengan adanya akun-akun tersebut. Angel Lelga bersama dengan kuasa hukumnya berencana mempolisikan akun Instagram yang menyebar fitnah tentangnya.

"Assalamualaikum...✨ selain melaporkan semua yg membuat onar di rumah saat itu kuasa hukum saya akan melakukan upaya hukum dan melaporkan beberapa account fitnah dan palsu🙏🏻 ...," tulis Angel Lelga di Instagram-nya pada Kamis (9/7/2020).

Efek Jera

Vicky Prasetyo dan Angel Lelga. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Vicky Prasetyo dan Angel Lelga. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Angel Lelga mengatakan bahwa langkah ini ditempuh semata untuk membuat efek jera terhadap mereka yang selama kasus ini bergulir terus melakukan fitnah kepadanya.

"Saya lakukan upaya hukum agar ada efek jera dan saya mau akhiri semua dengan cara keadilan krn selama 2 tahun saya diam tapi tdk ada efek jera," lanjut Angel Lelga.

 

CCTV

Unggahan Angel Lelga. (instagram.com/angellelga)
Unggahan Angel Lelga. (instagram.com/angellelga)

Terkait CCTV yang merekam momen penggerebekan Vicky Prasetyo pada malam kejadian itu, Angel Lelga mengatakan ia tidak memiliki kewenangan untuk menyiarkannya. Kendatipun banyak warganet yang ingin mengetahuinya.

"Buat yg minta di share cctv itu sgt aneh dan hal yg gak mungkin😂krn barang bukti semua sudah di sita polisi dr awal , kami gak berkuasa lg klu bisa mungkin tersangka gak perlu nunggu 2 th baru di adili..?" sambung Angel Lelga.

Prihatin

Adapun Angel Lelga sejatinya merasa prihatin dengan keluarga Vicky Prasetyo atas penangkapannya itu. Namun menurutnya, ini adalah konsekuensi yang harus diterima Vicky Prasetyo.

"Masalah anak2nya saya prihatin tapi apaboleh buat krn setiap perbuatan harus ada pertanggung jawaban., so ini jg pembelajaran buat saya dan kita semua sebelum melakukan hal buruk pikir panjang dnk krn penyesalan di belakang klu di depan namanya DP🤪... ," tulisnya lagi.

Berhenti Fitnah

Terakhir, sekali lagi Angel Lelga mengimbau kepada masyarakat untuk berhenti menyebarkan fitnah terkait masalahnya dengan Vicky Prasetyo.

"Yg benar tdk perlu pembelaan atau bentuk opini.🙏🏻 apalg minta simpatik krn saya dr dulu sampai skrg tdk pernah bergaul selain kerja dan keluarga🙏🏻 so saya gak ada kepentingan apapun .. jd sekali lagi saya mohon jgn fitnah berkepanjangan🙏🏻 #bertobat#akhiri," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seri NBA Spotlight Malam Ini di Vidio: Karier Stephen Curry di Golden State Warriors

Posted: 09 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Stephen Curry merupakan salah satu penembak jitu yang akurat dalam dunia basket. Kemampuan membidik three point-nya yang akurat membuat dia difavoritkan para pencinta NBA. 

Berkat kemahirannya itu, Curry mendapat gelar The Most Valuable Player dua kali berturut-turut, di sepanjang 2015 - 2016. Dia juga meraih prestasi di ajang NBA All Star sebanyak enam kali pada 2014 hingga 2019 lalu.

Stephen Curry lahir di di Akron, 14 Maret 1988. Pria yang saat ini berusia 32 tahun itu berasal dari keluarga altet berbakat. Dia merupakan anak tertua dari dari mantan pebasket Dell Curry. Sementara ibunya, Sonya adalah mantan bintang voli Divisi I Amerika Serikat.

Ada pepatah yang mengatakan jika buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Ya, ungkapan itu seolah nyata adanya. Tumbuh dari latar belakang keluarga atlet, membuat Stephen Curry melanjutkan karier ayahnya sebagai pebasket profesional.

Sedari kecil, Curry memang telah dilatih bermain basket oleh sang ayah. Kemampuannya itu ternyata bisa membuat Curry menerima beasiswa pendidikan olahraga dari sejumlah perguruan tinggi. Namun, ia akhirnya mendaftar sebagai mahasiswa di Davidson College.

Dari situlah awal perjalanan karir basket profesionalnya dimulai. Dia dipilih oleh Golden State Warriors di urutan ketujuh pada NBA Draft 2009 silam.

Saat berkarier bersama Warriors, Curry memilih untuk mengenakan nomor punggung 30. Bukan tanpa alasan, itu merupakan angka yang digunakan oleh sang ayah kala bermain bersama Charlotte Hornets.

Perjalanan karier dari Stephen Curry itu bisa disaksikan dalam tayangan seri dokumenter NBA Spotlight, Jumat (10/7/2020), pukul 20.00 WIB. Kisah berdirinya klub Golden State Warriors juga bisa ditonton 30 menit setelahnya.

Seluruh episode lengkap NBA Spotlight bisa dinikmati di aplikasi dan situs streaming Vidio. Klik di sini untuk menonton.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akui Jalani Operasi Rhinoplasty, Ini 6 Potret Terbaru Dara Arafah

Posted: 09 Jul 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki penampilan yang sempurna dan menarik tentu merupakan idaman semua orang. Bahkan, untuk memperbaiki hal yang dirasa kurang, sebagian orang rela merogoh kocek hingga ratusan juta rupiah.

Hal inilah yang dilakukan oleh selebgram hits Dara Arafah. Wanita yang pernah berseteru dengan Lucinta Luna ini baru-baru ini mengakui bahwa dirinya telah menjalani operasi Rhinoplasty atau operasi untuk merekonstruksi bentuk hidung.

"Gue gak pede dengan kondisi hidung gue yang agak miring dan kecil, terserah lo pada mau bilang apa intinya gue gak pernah bisa merasa pede dan im just wanna fix it," tulis Dara Arafah di Instagram storiesnya pada Kamis (9/7/2020).

Wanita kelahiran 28 Febuari ini juga menuturkan bahwa operasi tersebut baru saja ia lakukan 2 minggu yang lalu. Kira-kira seperti apakah potret terbaru Dara Arafah? Berikut ulasan selengkapnya dihimpun dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (10/7/2020).

1. Dara Arafah mengakui bahwa dirinya melakukan operasi Rhinoplasty setelah mendapatkan beragam pertanyaan dari warganet.

Potret Terbaru Dara Arafah setelah Operasi Rhinoplasty. (Sumber: Instagram/daraarafah)
Potret Terbaru Dara Arafah setelah Operasi Rhinoplasty. (Sumber: Instagram/daraarafah)

2. Wanita kelahiran 28 Februari ini mengaku selama ini tak percaya diri dengan bentuk hidungnya.

Potret Terbaru Dara Arafah setelah Operasi Rhinoplasty. (Sumber: Instagram/daraarafah)
Potret Terbaru Dara Arafah setelah Operasi Rhinoplasty. (Sumber: Instagram/daraarafah)

3. Operasi Rhinoplasty wanita berusia 20 tahun ini ditangani oleh dr. Tompi.

Potret Terbaru Dara Arafah setelah Operasi Rhinoplasty. (Sumber: Instagram/daraarafah)
Potret Terbaru Dara Arafah setelah Operasi Rhinoplasty. (Sumber: Instagram/daraarafah)

4. Ia pun mengaku merogoh kocek cukup dalam yakni senilai Rp 100 juta.

Potret Terbaru Dara Arafah setelah Operasi Rhinoplasty. (Sumber: Instagram/daraarafah)
Potret Terbaru Dara Arafah setelah Operasi Rhinoplasty. (Sumber: Instagram/daraarafah)

5. Banyak warganet yang menyebut bentuk hidungnya aneh, Dara menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena operasi yang ia lakukan baru selesai 2 minggu yang lalu.

Potret Terbaru Dara Arafah setelah Operasi Rhinoplasty. (Sumber: Instagram/daraarafah)
Potret Terbaru Dara Arafah setelah Operasi Rhinoplasty. (Sumber: Instagram/daraarafah)

6. Ia merasakan bahwa hidungnya masih bengkak, keras, bahkan mati rasa.

Potret Terbaru Dara Arafah setelah Operasi Rhinoplasty. (Sumber: Instagram/daraarafah)
Potret Terbaru Dara Arafah setelah Operasi Rhinoplasty. (Sumber: Instagram/daraarafah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Geledah 5 Tempat Pasca OTT Bupati Kutai Timur, KPK Sita Dokumen Penting

Posted: 09 Jul 2020 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah lima lokasi dan menyita sejumlah benda terkait operasi tangkap tangan (OTT) Bupati Kutai Timur, Ismunandar.

"Penggeledahan kami lakukan pada Kamis 9 Juli 2020," tulis Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (10/7/2020)

Ali merinci, lima lokasi penggeledahan tersebut, pertama rumah Kepala Badan Pendapatan Daerah Kutai Timur yakni kediaman Musyaffa. Kedua, rumah dari kontraktor yang menjadi tersangka pemberi suap, yakni kediaman dari Aditya Maharani. Ketiga, rumah tersangka Deky Ariyanto.

Keempat dan Kelima, adalah dua rumah dari saksi bernama Lila Mei Puspita dan Sesthy. Keduanya berasal dari CV Bulanta turut.

"Kami sita berbagai macam dokumen. Dokumen tersebut diduga terkait dengan perkara ini sehingga bisa menguatkan pembuktian," jelas Ali.

Suami Istri Jadi Tersangka

Diketahui, KPK telah menetapkan pasangan suami istri sebagai tersangka, Ismunandar (Bupati Kutai Timur) dan istrinya, Encek UR Furgasih (Ketua DPRD Kutai Timur).

"Mereka terlibat sebagai penerima suap terkait proyek infrastruktur di Pemkab Kutai Timur," beber Ali.

Selain pasutri tersebut, KPK juga menetapkan Kepala Bappeda Kutai Timur Musyaffa, Kepala BPKAD Kutai Timur Suriansyah, dan Kepala Dinas PU Kutai Timur Aswandini sebagai tersangka karena terkait kasus yang sama.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dampak Covid-19, Inflasi Semester I Turun Drastis jadi 1,09 Persen

Posted: 09 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Inflasi Semester I-2020 mengalami penurunan secara kumulatif mencapai 1,09 persen (ytd), lebih rendah dari pola historis 3 tahun yaitu 2,11 persen (ytd).

Hal ini antara lain dipengaruhi oleh lemahnya permintaan saat diterapkannya kebijakan PSBB. Inflasi s.d. Adapun inflasi Juni mencapai 1,96 persen (yoy).

"Salah satu kegiatan yang paling terlihat mengalami perubahan adalah inflasi Ramadhan dan Idul Fitri sangat rendah sebagai dampak dari PSBB. Hal ini berbeda dengan pola historis tahun-tahun sebelumnya yang biasanya tinggi," jelas Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Rahayu Puspasari dalam keterangan resmi, Jumat (10/7/2020).

Selain itu, dampak pandemi Covid-19 terhadap pertumbuhan domestik mulai terlihat pada triwulan I-2020. Pada periode ini, konsumsi masyarakat turun terutama untuk sektor transportasi, restoran dan hotel. Hal ini diikuti dengan turunnya investasi terutama untuk jenis mesin, dan produk kekayaan intelektual.

"Di sisi lain, perdagangan tumbuh internasional positif, didorong oleh pertumbuhan ekspor nonmigas serta penurunan impor seiring pelemahan permintaan domestik. Pada Triwulan II, tekanan terhadap pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan berlanjut dan semakin dalam, terutama dengan adanya pembatasan sosial di tingkat daerah yang masif untuk mengendalikan penyebaran Covid-19," kata Puspa.

 

Kondisi Pasar Keuangan

Ilustrasi Inflasi (iStockphoto)
Ilustrasi Inflasi (iStockphoto)

Puspa melanjutkan, kondisi pasar keuangan juga mulai membaik. Hal ini tercermin pada penguatan nilai tukar Rupiah dan penurunan tingkat suku bunga SPN 3 Bulan.

Nilai tukar sempat melemah signifikan pada pertengahan Maret s.d. April, namun sejak Mei kembali menguat. Sedangkan tingkat suku bunga SPN 3 bulan bergerak menurun dipengaruhi perbaikan likuiditas pasar keuangan dalam negeri dan minat investor pada obligasi jangka pendek.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ricciardo Tolak Bantu Alonso yang Kembali ke Renault Musim Depan

Posted: 09 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Daniel Ricciardo menyambut kembalinya Fernando Alonso ke Formula 1 musim depan sebagai penggantinya di Renault. Namun, ia tak akan memberi juara dunia dua kali itu kesempatan menjajal mobil balapnya untuk membantunya pemanasan.

Ricciardo akan meninggalkan Renault setelah musim ini usai dan ia sangat senang Alonso kembali berkompetisi di F1.

"Akan luar biasa tentunya bagi olahraga ini. Alonso adalah nama besar di olahraga ini dan telah berada di sana bertahun-tahun," kata Ricciardo soal Alonso yang akan berusia 39 tahun akhir bulan ini.

"Kembali ke tim dan brand yang mempersembahkan dua gelar, saya rasa cocok. Dan saya sangat senang bisa balap melawan dia lagi."

"Para pebalap muda itu bagus, tapi mereka membuat saya merasa tua, jadi ada satu lagi pebalap yang lebih tua di grid akan baik untuk saya," ucap Ricciardo.

Tak Perlu Bantuan

(AP Photo/Asanka Brendon Ratnayake)
(AP Photo/Asanka Brendon Ratnayake)

Alonso terakhir membalap di F1 bersama McLaren pada 2018 dan Ricciardo ketika ditanya apakah mau meminjamkan mobilnya di sesi latihan bebas tahun ini kepada Alonso, ia menjawab "Tidak".

"Saya mendengar kata-kata 'bantu Fernando Alonso'. Dia tak perlu bantuan apa pun. Sepertinya ia tidak melambat di usianya sekarang. Musim terakhirnya di F1 cukup kuat dari apa yang saya lihat dan dengar."

Ocon Hubungi Alonso

Rekan satu tim Ricciardo, Esteban Ocon, yang mengidolakan Alonso sejak kecil, mengatakan jika sang pebalap Spanyol itu akan membantu membangun sesuatu yang baru di Renault.

"Dia sangat termotivasi. Saya berkirim pesan dengannya kemarin atau sebelumnya dan dia sangat bersemangat untuk kembali," kata pebalap 23 tahun asal Prancis itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gedung Opera Kairo Kembali Dibuka

Posted: 09 Jul 2020 09:41 PM PDT

Pengunjung menyaksikan konser di teater terbuka Gedung Opera Kairo, Mesir, Kamis (9/7/2020). Sekitar 400 pengunjung menghadiri konser yang diadakan di teater terbuka Gedung Opera Kairo. (Xinhua/Ahmed Gomaa)
Pengunjung menyaksikan konser di teater terbuka Gedung Opera Kairo, Mesir, Kamis (9/7/2020). Sekitar 400 pengunjung menghadiri konser yang diadakan di teater terbuka Gedung Opera Kairo. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Pengunjung menyaksikan konser di teater terbuka Gedung Opera Kairo, Mesir, Kamis (9/7/2020). Sekitar 400 pengunjung menghadiri konser yang diadakan di teater terbuka Gedung Opera Kairo. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Sejumlah musisi tampil dalam konser di Gedung Opera Kairo, Mesir, Kamis (9/7/2020). Gedung Opera Kairo kembali dibuka dengan menerapkan langkah-langkah anti-COVID-19 yang ketat. (Xinhua/Ahmed Gomaa)
Sejumlah musisi tampil dalam konser di Gedung Opera Kairo, Mesir, Kamis (9/7/2020). Gedung Opera Kairo kembali dibuka dengan menerapkan langkah-langkah anti-COVID-19 yang ketat. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Sejumlah musisi tampil dalam konser di Gedung Opera Kairo, Mesir, Kamis (9/7/2020). Gedung Opera Kairo kembali dibuka dengan menerapkan langkah-langkah anti-COVID-19 yang ketat. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Sejumlah musisi tampil dalam konser di Gedung Opera Kairo, Mesir, Kamis (9/7/2020). Sekitar 400 pengunjung menghadiri konser yang diadakan di teater terbuka Gedung Opera Kairo. (Xinhua/Ahmed Gomaa)
Sejumlah musisi tampil dalam konser di Gedung Opera Kairo, Mesir, Kamis (9/7/2020). Sekitar 400 pengunjung menghadiri konser yang diadakan di teater terbuka Gedung Opera Kairo. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Sejumlah musisi tampil dalam konser di Gedung Opera Kairo, Mesir, Kamis (9/7/2020). Sekitar 400 pengunjung menghadiri konser yang diadakan di teater terbuka Gedung Opera Kairo. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Seorang wanita diperiksa suhu tubuhnya sebelum masuk Gedung Opera Kairo, Mesir, Kamis (9/7/2020). Gedung Opera Kairo kembali dibuka dengan menerapkan langkah-langkah anti-COVID-19 yang ketat. (Xinhua/Ahmed Gomaa)
Seorang wanita diperiksa suhu tubuhnya sebelum masuk Gedung Opera Kairo, Mesir, Kamis (9/7/2020). Gedung Opera Kairo kembali dibuka dengan menerapkan langkah-langkah anti-COVID-19 yang ketat. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Seorang wanita diperiksa suhu tubuhnya sebelum masuk Gedung Opera Kairo, Mesir, Kamis (9/7/2020). Gedung Opera Kairo kembali dibuka dengan menerapkan langkah-langkah anti-COVID-19 yang ketat. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Han Seo Hee Positif Narkoba Lagi, Kali Ini Benar-Benar Terancam Masuk Bui

Posted: 09 Jul 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Sosok kontroversial Han Seo Hee kembali menjadi fokus pemberitaan. Ia positif narkoba dalam tes yang dilakukan secara acak.

Padahal, Han Seo Hee tengah berada dalam masa percobaan atas kasus narkoba yang membelitnya sebelum ini.

Dilansir dari Koreaboo, Jumat (10/7/2020), kabar mengenai Han Seo Hee ini kali pertama diwartakan secara eksklusif oleh Etoday. Ia baru-baru ini diperiksa oleh petugas yang berwenang, atas dugaan pelanggaran Hukum Administrasi Obat-obatan Psikoaktif.

Tes Mendadak

Han Seo Hee. (Liputan6.com/IG/hxxsxxhee)
Han Seo Hee. (Liputan6.com/IG/hxxsxxhee)

Petugas dari Kementerian Kehakiman melakukan tes narkoba secara mendadak, tanpa pemberitahuan kepada Han Seo Hee tanggal 8 Juli 2020.

Dalam perjanjian untuk bisa menjalani masa percobaan, petugas memang diperbolehkan untuk melakukan tes narkoba secara mendadak, setidaknya sebulan sekali.

Diinvestigasi

Han Seo Hee. (Liputan6.com/IG/hxxsxxhee)
Han Seo Hee. (Liputan6.com/IG/hxxsxxhee)

"Pelaku pelanggaran narkoba seperti mariyuana bisa dites secara acak dalam masa hukuman percobaannya. Jika hasilnya positif, investigasi oleh jaksa tak bisa dihindari," begitu pernyataan dari petugas yang menginspeksi.

Terancam Masuk Bui

Karena kasus hukumnya kembali dibuka, konsekuensi paling besar yang dihadapi Han Seo Hee, kali ini ia terancam benar-benar masuk penjara.

Sekadar informasi, pada September 2017, ia mendapat hukuman empat tahun masa percobaan karena penggunaan mariyuana. Bila masa percobaan ini dilanggar, hukuman penjara tiga tahun menantinya.

Menanti Keputusan Pengadilan

"Kami tak tahu apa yang akan dikatakan pengadilan terkait hasil positif Han Seo Hee dalam masa hukuman percobaan. Tapi tak bisa dipungkiri ia bisa menghadapi hukuman tiga tahun penjara karena melanggar hukuman percobaan," tambah sumber dari petugas yang menginspeksi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengalaman Pertama Liburan, Ini 6 Potret Gemas Kiano Anak Baim Wong Saat Berjemur

Posted: 09 Jul 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu anak seleb yang kerap membuat warganet merasa gemas adalah Kiano Tiger Wong. Buah hati Baim Wong dan Paula Verhoeven ini selalu membuat gemas dan tak jarang menjadi keponakan online kesayangan warganet.

Kiano Tiger Wong lahir pada tanggal 27 Desember 2019 dan kini sudah berusia 6 bulan lebih. Tingkah lucunya pun kerap diunggah Baim Wong dan Paula di akun Instagram pribadinya. Selain itu, di usianya yang sudah menginjak 6 bulan ini, bayi menggemaskan ini juga sudah memiliki akun Instagram dengan 1,5 juta pengikut.

Baru-baru ini, Paula Verhoeven mengunggah momen manis keluarga kecilnya ketika sedang liburan. Dalam unggahan tersebut, istri Baim Wong ini menyebutkan bahwa liburan tersebut merupakan momen pertama kali Kiano liburan.

Dalam momen tersebut, terlihat potret menggemaskan Kiano saat sedang berjemur. Keluarga kecil yang selalu terlihat hangat ini memang selalu berhasil menarik perhatian warganet. Kehadiran Kiano pada tentunya membuat keluarga kecil ini tak lepas dari perhatian.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 potret menggemaskan Kiano anak Baim Wong saat berjemur, Jumat (10/7/2020).

1. Ekspresi lucu Kiano saat sedang berjemur ini berhasil membuat warganet merasa gemas.

Potret Gemas Kiano Tiger Wong Saat Berjemur. (Sumber: Instagram.com/paula_verhoeven dan Instagram.com/baimwong)
Potret Gemas Kiano Tiger Wong Saat Berjemur. (Sumber: Instagram.com/paula_verhoeven dan Instagram.com/baimwong)

2. Gaya Kiano Tiger Wong sudah seperti turis yang berjemur di pantai nih.

Potret Gemas Kiano Tiger Wong Saat Berjemur. (Sumber: Instagram.com/paula_verhoeven dan Instagram.com/kianotigerwong)
Potret Gemas Kiano Tiger Wong Saat Berjemur. (Sumber: Instagram.com/paula_verhoeven dan Instagram.com/kianotigerwong)

3. Kepala plontos dan pipi tembam buah hati Baim Wong dan Paula Verhoeven ini membuat warganet ingin mencubit pipinya ya.

Potret Gemas Kiano Tiger Wong Saat Berjemur. (Sumber: Instagram.com/paula_verhoeven dan Instagram.com/baimwong)
Potret Gemas Kiano Tiger Wong Saat Berjemur. (Sumber: Instagram.com/paula_verhoeven dan Instagram.com/baimwong)

4. Ini merupakan momen pertama kali Kiano liburan bersama Mama dan Papa lho.

Potret Gemas Kiano Tiger Wong Saat Berjemur. (Sumber: Instagram.com/paula_verhoeven dan Instagram.com/paula_verhoeven)
Potret Gemas Kiano Tiger Wong Saat Berjemur. (Sumber: Instagram.com/paula_verhoeven dan Instagram.com/paula_verhoeven)

5. Bayi menggemaskan yang kini sudah berusia 6 bulan ini kerap menjadi keponakan online kesayangan netizen.

Potret Gemas Kiano Tiger Wong Saat Berjemur. (Sumber: Instagram.com/paula_verhoeven dan Instagram.com/kianotigerwong)
Potret Gemas Kiano Tiger Wong Saat Berjemur. (Sumber: Instagram.com/paula_verhoeven dan Instagram.com/kianotigerwong)

6. Dalam setiap unggahan Baim dan Paula, Kiano memang selalu mencuri perhatian.

Potret Gemas Kiano Tiger Wong Saat Berjemur. (Sumber: Instagram.com/paula_verhoeven dan Instagram.com/baimwong)
Potret Gemas Kiano Tiger Wong Saat Berjemur. (Sumber: Instagram.com/paula_verhoeven dan Instagram.com/baimwong)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sistem Bayar Tol Tanpa Berhenti Dimulai Tahun Depan Secara Bertahap

Posted: 09 Jul 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menerapkan teknologi transaksi pembayaran tol non-tunai tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) secara terbatas pada 2021.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit menuturkan jika penerapan teknologi nirsentuh pembayaran tol akan dilakukan secara bertahap. "Mungkin dimulai di Jawa," ujar kepada Liputan6.com, Jumat (10/7/2020).

Dia menuturkan jika pada tahap awal pengimplementasian sistem MLFF tersebut akan diterapkan di jalan tol berdasarkan lingkup wilayah semisal Jabodetabek, bukan per ruas tol.

"Per wilayah akan menjadi pilihan, bukan ruas. Ini yang akan jadi usulan para peserta tender," ujar Danang.

Saat ini, BPJT telah membuka proses pelelangan bagi investor yang tertarik. Proses prakualifikasi lelang tersebut sudah dimulai sejak 8 Juli 2020. "Prakualifikasi lelang sudah dimulai," kata dia.

Multi Lane Free Flow merupakan transaksi pembayaran tol yang dilakukan dalam kecepatan normal dengan menggunakan teknologi nirsentuh. Sehingga, kendaraan tak perlu berhenti untuk membayar tol.

 

Hungaria Tawari Indonesia Sistem Pembayaran Tol Berbasis Satelit

Pengendara melakukan transaksi menggunakan kartu e-Toll di gerbang tol Semanggi 2, Jakarta, Selasa (31/10). Penerapan transaksi nontunai atau penggunaan uang elektronik di gerbang tol mulai dilaksanakan secara penuh hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengendara melakukan transaksi menggunakan kartu e-Toll di gerbang tol Semanggi 2, Jakarta, Selasa (31/10). Penerapan transaksi nontunai atau penggunaan uang elektronik di gerbang tol mulai dilaksanakan secara penuh hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Hungaria menawarkan rencana untuk membangun sistem transaksi jalan tol tanpa henti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) berbasis satelit di jalan tol Indonesia. Melalui sistem ini, pengguna til tak perlu lagi berhenti di gerbang tol untuk menempelkan uang elektronik di mesin pembaca.

Pemerintah RI melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menerima prakarsa proyek tersebut dari perusahaan Hongaria, Roatex Ltd Zrt dan telah disetujui sebagai pemrakarsa proyek sejak 31 Oktober 2019 lalu.

Saat ini, Roatex Ltd Zrt sedang menyempurnakan studi kelayakan dan penyiapan dokumen badan usaha yang akan melaksanakan dan mengelola pembayaran non-tunai MLFF, paling lambat 31 Januari 2020.

Setelahnya, perusahaan tersebut bakal mengikuti proses lelang implementasi MLFF di gerbang jalan tol yang akan dimulai pada April 2020, dengan target pengumuman pemenang sudah keluar pada akhir 2020.

Direktur Perumusan Kebijakan dan Evaluasi, Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Hery Trisaputra Zuna mengatakan, perusahaan asal Hungaria tersebut menawarkan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dalam pembayaran non-tunai di jalan tol.

"Jika dibandingkan dengan RFID (Radio Frequency Identification atau Pengenal Frekuensi Radio) yang telah diterapkan saat ini membutuhkan alat pembaca di setiap tempat. Tapi kalau satelit alat pembacanya tidak harus di setiap tempat, sehingga bisa lebih murah," jelas Hery dalam pernyataan tertulis, Jumat (24/1/2020).

GNSS merupakan sistem pembayaran yang menggunakan alat yang dipasang di mobil dan dibaca lewat satelit. Penggunaan GNSS banyak diterapkan di negara-negara Eropa Timur, termasuk Hungaria.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klaster Covid-19 Secapa AD Bandung Ditangani Pihak Militer

Posted: 09 Jul 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat Daud Achmad mengatakan, penanganan kasus positif Covid-19 di Sekolah Calon Perwira Secapa Angkatan Darat (Secapa AD) yang diumumkan sebagai klaster baru di Jabar belum lama ini, ditangani langsung oleh pihak militer.

Menurut Daud, penanganan berupa pelacakan kontak hingga tes masif.

"Saya kira bahwa penanganan itu ditangani langsung oleh pihak TNI AD, termasuk pelacakan dan tindak lanjutnya juga sebagaimana kemarin sudah disampaikan oleh Pak Gubernur dan kami masih konfirmasi terus mengenai hal ini (klaster)," kata Daud dalam jumpa pers, Kamis (9/7/2020).

Daud belum menjelaskan detail tim penanganan yang dimaksud apakah Mabes TNI AD atau Kesehatan Daerah Militer (Kesdam). Meski demikian, ia memastikan bahwa Gugus Tugas Jabar terus berkoordinasi dengan Secapa TNI AD dan memantau perkembangan penanganan.

Selain itu, data yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster tersebut ke data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar (Pikobar).

"Tetap masuk (Pikobar), ODP dan PDP-nya juga," katanya.

Terkait penanganan di luar lingkungan Secapa TNI AD seperti wilayah permukiman warga sekitar, Daud menyatakan hal itu menjadi kewenangan Pemerintah Kota Bandung. Ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan waspada.

"Itu wilayahnya Kota Bandung. Imbauannya masyarakat tetap waspada," tuturnya.

Seperti diketahui, Pemprov Jabar mengumumkan klaster baru Covid-19 di dua zona, yakni industri dan institusi pendidikan kenegaraan. Kedua klaster itu kini menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi Jabar.

Klaster industri berada di pabrik Unilever di Kabupaten Bekasi. Sedangkan, klaster kedua merupakan klaster institusi pendidikan di Bandung Raya dengan 200 siswa terkonfirmasi positif berdasarkan pemeriksaan swab.

Angka Kasus Harian Tertinggi

Hingga Kamis (9/7/2020) pukul 17.21 WIB, laman Pikobar pukul menyampaikan penambahan kasus harian positif Covid-19 di Jabar mencapai 962 orang. Angka tersebut menjadi yang tertinggi sejak Maret 2020.

Adapun secara akumulatif total jumlah terkonfirmasi positif di Jabar mencapai 4.843 orang. Pada ketegori jumlah positif aktif saat ini mencapai 2.846 orang atau bertambah sebanyak 931 orang.

Sementara untuk pasien sembuh, terjadi penambahan sebanyak 27 orang, sehingga totalnya menjadi 1.811 orang. Sedangkan, untuk jumlah kasus meninggal dunia bertambah empat orang menjadi 186 kasus.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seorang Santri Pondok Gontor 2 Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Posted: 09 Jul 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satu dari tujuh santri Pondok Modern Gontor kampus 2, Ponorogo, Jawa Timur, yang positif virus Corona atau Covid-19 dinyatakan sembuh. Hal itu berdasarkan hasil tes swab kedua yang diterima pada Kamis 9 Juli 2020.

"Alhamdulillah santri Gontor Kampus 2 kasus 01 dinyatakan sembuh. Hal ini berdasarkan tes swab kedua kepada yang bersangkutan, yang menunjukkan bahwa santri tersebut negatif Covid-19," tutur Wakil Pengasuh Gontor Kampus 2, Muhammad Hudaya dalam keterangannya, Jumat (10/7/2020).

Menurut Hudaya, Kampus Gontor 2 masuh terus berupaya meningkatkan imunitas para santri lewat berbagai kegiatan olahraga yang terukur dan terstruktur. Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

"Pelaksanaan lockdown kampus yang telah dilakukan di Gontor Kampus 2 sejak tiga bulan yang lalu tetap berlaku dengan disiplin yang ketat," jelas dia.

Selain itu, lanjutnya, peningkatan imunitas juga dilakukan melalui asupan makanan dan vitamin. Kesempatan beristirahat dari aktivitas pesantren pun diberikan lebih banyak dibandingkan hari biasanya.

"Ubudiyyah santri diperkuat dengan berbagai kegiatan ibadah untuk menyelaraskan doa dan ikhtiar. Di antara kegiatan ubudiyyah tersebut adalah salat hajat serta memperbanyak membaca alquran pada jam pelajaran kelima dan enam," Hudaya menandaskan.

Sebelumnya, tujuh temuan kasus infeksi virus corona atau Covid-19 yang teridentifikasi berdasar hasil tes usap PCR pada sejumlah santri/calon santri di Pondok Modern Gontor kampus 2, Ponorogo, Jawa Timur, semuanya berasal dari luar daerah.

Hal ini mengacu data resmi yang dikeluarkan Pemkab dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Ponorogo, sejak Ahad (6/7) yang mengonfirmasi kasus pertama santri terpapar SARS-CoV-2 hingga Rabu, 8 Juli 2020 yang mengumumkan adanya enam santri, calon santri baru terkonfirmasi positif Covid-19.

Pada kasus pertama, santri yang teridentifikasi positif Covid-19 berasal dari Sidoarjo. Kasus ini diketahui setelah Dinas Kesehatan Ponorogo mendapat informasi dari Dinkes Jatim bahwa ayah salah satu santri di Pondok Modern Gontor, dengan nama dan alamat disebut spesifik, positif Covid-19, dilansir dari Antara.

Selang dua hari kemudian, Rabu, Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni kembali mengumumkan hasil tes usap PCR di BPTKL Surabaya yang mengonfirmasi ada enam santri, dari total 10 kasus baru, yang terkonfirmasi di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Ponorogo.

Dari enam santri itu, dua orang di antaranya berasal Makassar, satu santri dari Manado, satu santri dari Banjarmasin, satu santri dari Ternate, dan satu santri lagi dari Gowa, Sulawesi Selatan.

Sama seperti santri terpapar Covid-19 pertama asal Sidoarjo, keenam santri asal luar Jawa ini diketahui masuk Pondok Gontor dengan membawa surat keterangan sehat, namun tanpa disertai hasil tes cepat (rapid test) Covid-19.

"Pondok Gontor Kampus 2 menegaskan bahwa selama ini tidak ada kasus Covid-19 di pondok. Temuan kasus (pertama) bukan berasal dari lingkungan dalam Pondok Modern Gontor, tapi berasal dari luar pondok, yakni dari Sidoarjo," kata Wakil Pengasuh Pondok Modern Gontor Kampus 2, Muhammad Hudaya.

Hudaya menegaskan kasus santri positif Covid-19 hanya terjadi di Pondok Modern Gontor Kampus 2, tetapi tidak terjadi di kampus cabang-cabang Gontor lainnya termasuk tidak di kampus Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor.

Imbau Santri Tetap Tenang

Oleh karenanya, pihaknya mengimbau kepada seluruh wali santri Pondok Modern Gontor Kampus 2 agar tetap tenang dan tidak panik.

"Situasi di kampus Pondok Modern Gontor Kampus 2 kami informasikan saat ini tetap berjalan dengan tenang, aman, kegiatan santri-santri berjalan sebagaimana mestinya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19," ujarnya.

Pondok Modern Gontor Kampus 2 telah melakukan kerja sama dengan jajaran pemerintah Kabupaten Ponorogo.

Pengasuh pondok juga mempersilahkan petugas dari Satgas Covid-19 untuk melakukan tindakan-tindakan yang dibutuhkan, seperti melakukan tes cepat atau rapid test Covid-19maupun tes usap PCR, terhadap orang-orang yang diidentifikasi terlibat kontak erat.

Sejak wabah corona melanda Indonesia dan ditetapkan status pandemi Covid-19, oleh pemerintah, Pondok Modern Gontor Kampus 2 terhitung sejak 15 Maret 2020 sudah tidak dibuka untuk umum.

Hal itu sesuai Maklumat Pimpinan Pondok Modern Gontor No:3/PMDG/1441 Tentang Pencegahan Risiko Covid-19 di Kalangan Santri. Salah satu isi maklumat itu berbunyi; melarang kunjungan wali santri dan tamu sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Sejak maklumat tersebut dikeluarkan seluruh aktivitas di Pondok Modern Gontor Kampus 2 disesuaikan dengan protokol ketat penanganan Covid-19, termasuk salah satunya mengurangi berbagai kegiatan santri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecelakaan Mobil di Kalimalang Diduga karena Sopir Mengantuk

Posted: 09 Jul 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang ibu dilaporkan tewas, sedangkan anaknya hilang terseret arus dalam kecelakaan tunggal di Jalan Arteri Kalimalang, Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Jumat (10/7/2020).

Minibus yang dikemudikan oleh Sutaryo, tercebur ke dalam saluran Kalimalang.

Di dalam mobil terdapat tiga orang penumpang yakni Samsiah beserta dua anaknya MK (10), dan NFM (3). Serta satu orang sopir. MK (10) dan sopir selamat dari maut dan saat ini berada di Unit Laka Lantas Polres Bekasi.

Kasatlantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Ojo Ruslani, mengatakan sopir diduga mengantuk ketika melintas di Jalan Arteri Kalimalang, tepat depan Masjid Ibnu Sina, Kelurahan Jatibening Kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi. Sehingga minibus masuk ke dalam saluran air.

"Penyebab diduga karena sopir ngantuk," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (10/7/2020).

Kendaraan Sudah Dievakuasi

Ojo mengatakan, kendaraan yang tercebur sudah berhasil diangkat ke daratan. Sementara jasad korban meninggal dievakuasi ke RSUD Bekasi.

"Sudah bisa diangkat dari saluran Kalimalang pukul 07.50 WIB," ujar dia.

Kasus kecelakaan ini ditangani Satlantas Polres Metro Bekasi Kota. Saat ini, sopir telah diamankan guna dimintai keterangan lebih lanjut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Travelling di Masa Pandemi Covid-19

Posted: 09 Jul 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Larangan bepergian demi mencegah penularan Covid-19 sejak Maret 2020 membuat masyarakat berdiam di rumah. Namun, niat untuk travelling kini bisa diwujudkan pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Dibukanya sejumlah sektor, termasuk pariwisata, adalah upaya pemerintah menggenjot kembali perekonomian masyarakat. Tentu saja dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan demi meredam Covid-19.

Nah, bagi siapa saja yang sudah tak sabar untuk kembali jalan-jalan, ingat-ingat pesan yang disampaikan Travel Blogger, Muhammad Arif Rahman, dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Nasional Covid-19, Jakarta, belum lama ini.

Menurut pemilik Backpackstory.me ini, hal paling utama yang harus diperhatikan adalah status kesehatan diri sendiri.

"Kita harus tahu kondisi fisik kita seperti apa ketika ingin melakukan travelling. Jika sudah siap travelling, harus patuh dengan protokol kesehatan," ujarnya.

Semua Berubah di Masa Pandemi Covid-19

Wisatawan bersepeda mengelilingi obyek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, Minggu (21/6/2020). Setelah tidak beroperasi akibat pandemi, pengelola membuka kembali TMII dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dan pembatasan pengunjung. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Wisatawan bersepeda mengelilingi obyek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, Minggu (21/6/2020). Setelah tidak beroperasi akibat pandemi, pengelola membuka kembali TMII dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dan pembatasan pengunjung. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Melakukan perjalanan jauh di era new normal tak lagi sama kayak enam bulan yang lalu. Dulu, kata Arif, ketika mau jalan-jalan tinggal beli tiket, pesan hotel, dan berangkat. Sedangkan sekarang, para traveller harus tahu zona mana yang aman untuk didatangi.

"Kalau kita lihat situs Gugus Tugas covid19.go.id ada zona hijau, kuning, oranye, merah. Nah, yang aman dikunjungi yang mana," kata Arif.

"Habis itu protokol transportasi, apakah transportasi ke sana sudah dibolehkan dengan bus, kereta, atau pesawat," ujar pria yang juga memiliki usaha travel Whatravel. 

Tidak sampai di situ, pejalan harus mencari informasi tambahan, apakah butuh surat-surat pendukung seperti SIKM dan surat bebas COVID-19 dengan terlebih dahulu melakukan rapid test dan swab test.

"Cek juga kesiapan lokasi di sana, apakah mereka siap dengan protokol yang baru," Arif melanjutkan.

Tantangan Traveller

Pada kesempatan itu, travel blogger yang mulai bermain di ranah Youtube ini bercerita mengenai tantangan yang dia rasakan sebagai pemilik usaha travel.

Dia dan seluruh tim di perusahaannya tentu saja mematuhi imbauan dari pemerintah. Selama PSBB, Whatravel membuat konten-konten menarik di Instagram, seperti Kabar Dunia Whatravel - Bring the World Closer to You dan Live Virtual Walking Tour.

Ketika pariwisata domestik mulai dibuka, Arif mengatakan bahwa dia dan tim sama-sama belajar mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum membuka kembali usaha tersebut.

"Untuk di Whatravel kami sedang menyiapkan travel kit yang isinya adalah hand sanitizer, masker, tisu basah, semua yang dibutuhkan untuk mencegah penularan COVID-19. Peserta travel akan kita kasih satu-satu," katanya.

"Kita tentu saja akan ingatkan untuk jaga jarak, mengimbau untuk selalu cuci tangan, dan tentu saja pakai masker," katanya.

 

Disadur dari: Kanal Health Liputan6.com (Penulis: Aditya Eka Prawira, Editor: Dyah Puspita Wisnuwardani, published 9/7/2020)

Saksikan Video Wisata di Tengah Covid-19 Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Predator Terbesar dalam Sejarah, Fosil Ikan Berusia 70 Juta Tahun Ditemukan di Argentina

Posted: 09 Jul 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Buenos Aires- Sebuah fosil ikan raksasa berumur 70 juta tahun yang hidup di antara dinosaurus telah ditemukan di wilayah Patagonia di Argentina, menurut pernyataan tim peneliti. 

Para peneliti mengatakan, "Fosil hewan karnivora dengan gigi tajam itu ditemukan di dekat Sanau Colhue Huapial," yang berlokasi sekitar 1.400 kilometer selatan ibukota Buenos Aires.

Pernyataan dari para peneliti juga membeberkan bahwa temuan yang berhasil dicapai oleh seorang ahli paleontologi Argentina itu "adalah sisa-sisa ikan predator yang panjangnya mencapai lebih dari enam meter."

Penemuan tersebut dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Alcheringa, yang berjudul "An Australasian Journal of Palaeontology".

Ikan itu "berenang di laut Patagonia pada akhir Zaman Kapur, ketika suhu di sana jauh lebih beriklim daripada sekarang," jelas para peneliti itu. 

Fosil ini termasuk golongan genus Xiphactinus, kata para peneliti, dan merupakan salah satu "di antara ikan predator terbesar yang ada dalam sejarah Bumi."

Selain itu, bentuk tubuhnya pun dikatakan para peneliti sangat ramping dengan kepala yang besar dan rahang besar serta gigi setajam jarum, yang panjangnya mencapai beberapa sentimeter.

Julieta de Pasqua, yang merupakan salah satu penulis jurnal itu mengungkapkan, bahwa  spesies ini telah ditemukan di bagian lain di dunia, dan "beberapa di antaranya bahkan telah mempertahankan isi lambung". 

Fosil Xiphactinus pada sebelumnya hanya ditemukan di belahan Bumi utara, meskipun satu contoh serupa baru-baru ini ditemukan di Venezuela.

Wilayah Patagonia di Argentina, diketahui sebagai salah satu reservoir fosil dinosaurus dan situs spesies prasejarah yang paling penting, demikian seperti dikutip dari AFP, Jumat (10/7/2020).

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pre Order Kawasaki Ninja ZX-25R Segera Dibuka, Ini Aturan Mainnya

Posted: 09 Jul 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) siap memeriahkan pasar otomotif Tanah Air lewat produk terbarunya, Ninja ZX-25R. Lalu kapan Ninja ZX-25R bisa dipesan konsumen?

Melalui Instagram resminya, Kawasaki Indonesia siap membuka pre-order Ninja ZX-25R sehari setelah resmi mengaspal, atau tepatnya 11-12 Juli 2020.

Tersedia 200 unit pertama, Ninja ZX-25R bisa dipesan melalui main dealer Kawasaki Abdul Muis, Jakarta Pusat. Hanya berlaku untuk masyarakat Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, dan Banten, calon konsumen harus menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Namun, di tengah pencegahan Covid-19, pabrikan 'geng hijau' ini menerapkan mekanisme antrian preorder, yaitu pertama pengunjung wajib mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, pengunjung yang memiliki suhu tubuh 37,3 derajat celcius, kondisi yang kurangs ehat, berusia di bawah 9 tahun tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan ini.

Kemudian, wajib mengambil nomor antrian di pos security Kawasaki Abdul Muis, mulai pukul 06.00.

"PT KMI menyediakan 100 nomor antrian setiap harinya. Setiap satu nomor antrian berlaku untuk dua orang. Setiap satu nomor antrian hanya boleh melakukan preorder untuk 1 unit saja," tulis KMI dalam unggahan di instagramnya, Jumat (10/7/2020).

Mekanisme pelayanan

Untuk open gate mulai pukul 08.00, dan untuk setiap nomor antrian maksimal waktu berkunjung yang diberikan 60 menit.

Pengaturan jam pelayanan berdasarkan nomor antrean, yaitu 001-020 jam 08.00-09.00, 021-040 jam 09.00-10.00, 041-060 jam 10.00-11.00, 061-080 jam 11.00-12.00, 081-100 jam 12.00-13.00.

Diharapkan pengunjung hadir sesui dengan waktu yang tertulis, dan jika hadir sebelum waktunya tidak bisa dilayani. Bagi konsumen yang tidak hadir atau terlewat pada saat jam pelayanan bisa datang kembali, dan masuk area showroom pukul 13.00.

 

Dibuka Kembali Jika Masih Ada Slot

Jika masih ada slot pemesanan unit, maka akan dibuka kembali antrian pukul 13.00 dan jika sudah habis, pengunjung yang tidak mendapatkan unit pada 11 Juli 2020, bisa datang kembali pada 12 Juli 2020.

Terakhir, untuk calon konsumen yang tidak bisa mengikuti kegiatan pre order ini, bisa melakukan pemesanan di diler Kawasaki terdekat, mulai 13 Juli 2020.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upaya Pencarian Nelayan Hilang di Perairan Bunaken Manado

Posted: 09 Jul 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Manado Seorang nelayan bernama David Wiliam, warga Kelurahan Alun Banua, Kecamatan Bunaken, Manado, dilaporkan hilang sejak, Selasa (7/9/2020). Basarnas Manado yang menerima informasi itu bergerak mencari David.  

Informasi yang dihimpun menyebutkan, David turun ke laut untuk mencari ikan seperti biasanya. Namun, kemudian warga menemukan perahu yang digunakan David di Pulau Manado Tua. Hanya saja, nelayan itu tidak berada di dalam perahunya.

Basarnas Manado yang menerima laporan warga pada Rabu malam (8/7/2020), langsung mempersiapkan tim untuk mencari korban. Sehari berikutnya, Kepala Kantor Basarnas Manado Suhri Sinaga memerintahkan 1 tim untuk bergerak mencari korban.

Sinaga mengungkapkan, tim langsung menuju ke lokasi dan berkoordinasi dengan keluarga korban, dan pemerintah setempat untuk meminta data data korban.

"Tim SAR Babungan Basarnas, Polisi, BPBD dan masyarakat bergerak bersama menyisir perairan sekitar Bunaken," ujarnya.

Akhirnya, tim gabungan berhasil menemukan David dalam keadaan meninggal dunia, tidak jauh dari lokasi mencari ikan. Korban langsung dievakuasi dan dibawa ke Puskesmas Bunaken, Manado, untuk ditindaklanjuti sesuai protokol kesehatan dan diserahkan ke keluarganya.

"Basarnas Manado bersama tim gabungan berhasil menemukan korban, selanjutnya mengikuti protokol Covid-19 dalam penanganan korban," ujar Sinaga.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: