Jumat, 17 Juli 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Mendagri: Kalau Kontestan Pilkada Tak Ikuti Protokol Kesehatan, Jangan Dipilih

Posted: 17 Jul 2020 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta kontestan dan tim sukses untuk mematuhi protokol kesehatan virus corona (Covid-19) selama mengikuti tahapan Pilkada Serentak 2020. Dia bahkan menyarankan masyarakat tak memilih peserta pilkada yang tak mengindahkan imbauan tersebut.

"Protokol kesehatan diikuti, kalau ada yang kontestan ada tidak bisa mengatur pendukung tim suksesnya sampai terjadi iring-iringan masa, konvoi, ya jangan dipilih lah," ujar Tito dikutip dari keterangan persnya, Sabtu (18/7/2020).

Menurut dia, kepatuhan kontestan pilkada dalam menerapkan protokol kesehatan akan menggambarkan bagaimana kepemimpinan mereka kedepan. Tito menilai calon kepala daerah yang tak bisa mengatur pendukungnya maka sulit mengurus masyarakat yang jumlahnya banyak.

"Bagaimana mau mengatur masyarakat yang jumlahnya ratusan ribu, puluhan ribu, baru mengatur 200 orang 300 orang tidak bisa," kata dia.

Tito menegaskan calon kepala daerah memang mau tak mau harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam mengikuti pesta demokrasi tahun ini. Hal ini, kata dia, sebagai salah satu konsekuensi yang dihadapi karena pilkada dilaksanakan di tengah pandemi virus corona.

Dia menyebut semua tahapan Pilkada Serentak 2020 telah diatur melalui Peraturan KPU dan Peraturan Bawaslu yang telah disetujui oleh DPR dan Pemerintah. Selain itu, tahapan Pilkada 2020 juga telah melalui konsultasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Kemudian sudah diatur juga protokol-protokol sampai dengan pemungutan suara nanti, termasuk kampanye tidak boleh ada arak-arakan, tidak boleh ada konvoi-konvoi, dibatasi jumlahnya, kalau saya tidak salah 50 orang ya dalam rapat pertemuan terbatas," jelasnya.

Angkat Isu Covid-19

Untuk itu, dia berharap pilkada dapat menjadi ajang untuk menggaungkan topik dan isu penanganan Covid-19 beserta dampak sosial ekonominya. Sehingga, pelaksanaan Pilkada tidak menjadi media penularan Covid-19.

"Kalau topik ini bisa diangkat maka akan terjadi mobilisasi gerakan besar oleh para penyelenggara, kontestan, pengaman; TNI/Polri untuk membuat mendisiplinkan masyarakat dalam rangka untuk mencegah penularan," tutur Tito.

Seperti diketahui, Pilkada Serentak 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia meliputi, 9 Provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Pemungutan yata Pilkada 2020 mulanya akan digelar pada 23 September. Namun, hari pencoblosan diundur menjadi 9 Desember 2020 akibat Covid-19.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djoko Tjandra Seret Jenderal Polri, Mantan Wakapolri: Ini Memalukan

Posted: 17 Jul 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakapolri yang kini menjabat sebagai wakil rakyat di Komisi III DPR RI, Adang Daradjatun angkat suara terkait polemik persuratan yang melengangkan buron Djoko Tjandra. Menurutnya, hal yang turut menyeret pihak kepolisian adalah hal yang memalukan.

"Saya terus terang bahwa sangat memalukan bahwa telah terjadi case yang menyangkut anggota Polri," kata Adang dalam acara Polemik Trijaya, Sabtu (18/7/2020).

Saat digali sejauh apa Adang mengetahui kasus ini, dia memilih untuk tidak membocorkan komunikasi antara dirinya dan Bareskrim juga Propam Polri.

"Bila dipertanyakan apa ini sindikat, saya sudah mendengar dari Bareskrim dan Div Propam, saya tidak akan melampaui yang mereka sampaikan karena masih menjadi pemeriksaan," jelas Adang.

Adang menegaskan, jika kasus ini merupakan perbuatan perorangan maka permasalahan yang dihadapi saat ini adalah tentang moral.

"Saya takut ini bagian dari suatu giat teorganisir dalam kasus ini, karena kalau itu terjadi quo vadis penegakan hukum," tandas Adang.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan internal kepolisian, ada komunikasi langsung antara Brigjen Prasetijo Utomo (sebelumnya ditulis Prasetyo Utomo) dengan Djoko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra.

"Ada komunikasi juga. Iya (secara langsung)," kata Argo di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat 17 Juli 2020.

Sebagaimana dilansir Antara, Brigjen Prasetijo dicopot dari jabatan Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri dan digeser ke bagian Pelayanan Markas (Yanma) Polri dalam rangka pemeriksaan.

Mutasi jabatan itu buntut dari penerbitan surat jalan oleh Prasetijo untuk Djoko Tjandra yang merupakan buronan kasus korupsi. Prasetijo dinilai telah melakukan hal yang melampaui kewenangannya.

Dari hasil penyelidikan, Prasetijo diketahui mengeluarkan surat jalan bagi Djoko Tjandra atas inisiatif sendiri tanpa seizin pimpinan.

Tak hanya itu, pemberian surat keterangan sehat atau bebas virus corona Covid-19 untuk Djoko Tjandra juga melibatkan Prasetijo.

2 Jenderal Polri Dimutasi Akibat Tersandung Kasus Djoko Tjandra

ilustrasi djoko tjandra (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi djoko tjandra (Liputan6.com/Abdillah)

Kepala Divisi Hubungan Internasional, Inspektur Jenderal Napoleon Bonaparte dan Sekretaris NCB Interpol Indonesia Brigadir Jenderal Nugroho Wibowo resmi meninggalkan jabatannya. Keduanya dimutasi Kapolri Jenderal Idham Azis karena tersandung skandal etik kasus buronan Djoko Tjandra.

"Pelanggaran kode etik, dimutasi," singkat Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono kepada media, Jumat (17/7/2020).

Diketahui, mutasi kedua perwira tinggi Polri itu termaktub dalam surat telegram (STR) nomor ST/2076/VII/KEP/2020. Surat ini ditandatangani oleh Asistem Sumber Daya Manusia (SDM) Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan atas nama Kapolri Jenderal Idham Azis pada 17 Juli 2020.

Sebagai informasi, Irjen Napoleon dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Inspektorat Pengawasan Umum Polri. Posisinya digantikan Brigjen Johanis Asadoma yang sebelumnya menjabat Wakil Kapolda NTT.

Kemudian, Brigjen Nugroho Wibowo dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama bidang Jianbang Lemdiklat Polri. Posisinya digantikan Brigjen Amur Chandra Juli Buana yang dulu menjadi Kadiklatsusjatrans Lemdiklat Polri.

Terakhir, adalah posisi Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan (Karo Kowas) PPNS Bareskrim Polri yang kini dijabat Kombes Andian Rian R. Djajadi. Andian sebelumnya menjadi Wakil Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Sebelumnya posisi Karo Kowas PPNS diisi oleh Brigjen Prasetijo Utomo yang diketahui memberikan surat jalan kepada Djoko Tjandra.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djoko Tjandra Keluar Masuk Indonesia, Intelijen Kejaksaan Agung Lemah?

Posted: 17 Jul 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Direktur Penyidikan Kejaksaan Agung, Chairul Imam menilai mudahnya buronan kasus pengalihan hak tagih Bank Bali, Djoko Tjandra keluar masuk Indonesia bukan karena permainan kelompok tertentu. Melainkan akibat lemahnya pengawasan intelijen Kejaksaan Agung.

Ini disampaikan Chairul dalam diskusi virtual bertajuk Ironi Djoko Tjandra & Tim Pemburu Koruptor pada Sabtu (18/7/2020).

"Saya tidak katakan permainan tapi kelemahan intelijen (Kejaksaan Agung), bukti kelemahan peraturan sehingga ini terjadi," ujarnya.

Chairul mengaku cukup bingung melihat santainya Djoko Tjandra keluar masuk Indonesia. Padahal, seharusnya Kejaksaan Agung mudah menangkap Djoko Tjandra.

"Ini kebobolan, karena beberapa kali kita bawa buronan dari luar negeri bahkan dari negara yang tidak punya perjanjian ekstradisi dengan kita, berhasil. Tapi saya tidak tahu kenapa begini," ucap dia.

Chairul melanjutkan, seharusnya Kejaksaan Agung mengawasi ketat keberadaan Djoko Tjandra, di mana pun dia berada. Kejaksaan Agung juga harus menjaga jalur-jalur tikus dari Singapura ke Indonesia. Selama ini, Djoko Tjandra diketahui tinggal di Singapura, bukan Papua Nugini.

"Seharusnya Kejaksaan Agung selalu mengamati dia lagi ngapain, masuk Indonesia atau tidak, harus diikuti terus. Nyatanya tidak diikuti masuk Indonesia. Pintu (masuk RI) kita lemah," kata Chairul.

Kejaksaan Agung Membantah

Kepala Pusat Penanganan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono membantah tuduhan bahwa pihaknya kebobolan menangkap Djoko Tjandra.

"Saya kira mencari terpidana, terdakwa atau tersangka itu tidak segampang mencari sesuatu yang terlihat nyata. Apalagi, kalau bukan di Indonesia tapi sudah bisa keluar negeri," kata Hari.

Dia memastikan, tim intelijen Kejaksaan Agung sedang bekerja maksimal untuk memantau keberadaan Djoko Tjandra. Namun, hingga saat ini belum diketahui keberadaan Djoko Tjandra.

"Kalau tahu, kita tangkap. Tim di bawah memang bekerja, memantau, tapi tidak tahu (keberadaan Djoko Tjandra)," ujarnya.

Hari menambahkan, Kejaksaan Agung masih terus mengumpulkan informasi mengenai keberadaan Djoko Tjandra. Termasuk informasi yang beredar belakangan ini bahwa Djoko Tjandra keluar masuk Indonesia dan sekarang berada di Singapura.

Mengenai keterlibatan instansi lain di balik bebasnya Djoko Tjandra keluar masuk Indonesia, Hari enggan menanggapi. Ia mengaku tak punya kewenangan untuk mengurusi instansi lain.

"Kami tidak masuk ke sana. Yang jelas, kami sudah lakukan sesuai prosedur untuk minta kelengkapan-kelengkapannya. Sejak 2009 memang sudah ada red notice itu dan sudah kita lakukan," pungkasnya.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Tes Usap Ketiga 54 Karyawan RRI Surabaya Dinyatakan Negatif COVID-19

Posted: 17 Jul 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penantian hasil tes swab atau tes usap membuahkan hasil. Sekitar 54 Karyawan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Surabaya telah melakukan tes usap ketiga, hasilnya seluruhnya dinyatakan negatif COVID-19.

Dengan hasil ini itu berarti tudingan RRI Surabaya tidak aman terbantahkan. Kepala Stasiun LPP RRI Surabaya, Sumarlina menuturkan, hasil ini menjadi kabar yang mengembirakan setelah beberapa waktu lalu hasil tes usap yang dilakukan penuh ketidakpastian.

Ia menuturkan, tes usap pertama dari 138 karyawan 54 orang dinyatakan positif sedangkan di tes usap kedua semua negatif COVID-19. Sekarang ini hasil tes usap ketiga sudah keluar dan juga memperkuat tes usap kedua.

Sumarlina mengatakan, hasil tes usap karyawan RRI dengan positif terhadap 54 karyawan itu berdasarkan tes usap pertama yang dilakukan 26 Juni 2020. Hasil tes usap pertama itu baru diketahui 11 Juli 2020, atau lebih dari dua pekan.

Menurut Sumarlina, tes usap pertama ini yang menjadi pangkal masalah, apalagi seluruh karyawan sudah melakukan tes usap kedua yang hasilnya negatif. Sumarlina tidak tahu apakah data atau hasil tes usap pertama itu rusak atau tidak, tetapi demikian ia menyerahkan masalah ini pada Dinas Kesehatan Surabaya.

Kepala Stasiun RRI Surabaya ini merinci, pihaknya memutuskan untuk melakukan tes usap lagi atau ke dua pada 6 Juli 2020, lantaran hasil tes 26 Juni 2020 atau tes usap pertama, tidak keluar juga, dari hasil tes usap ke dua itu semua pegawai RRI Surabaya negatif dari paparan COVID-19.

Kemudian karena ada perbedaan hasil antara tes usap pertama dan kedua, akhirnya sebanyak 54 karyawan di tes usap ulang karena berdasarkan hasil tes usap satu dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19.

"Alhamdulillah kami mengucap syukur pada Allah SWT. Kami telah menerima hasil swab ke tiga, hasilnya seluruh karyawan negatif. Kami berterimakasih pada Pemkot, Bu Risma, Dinkes Surabaya dan BNPB telah memfasilitasi kami. Ini semakin menguatkan kita karena hasil sebelumnya yakni swab kedua juga negatif," ungkap Sumarlina, seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Sabtu, (18/7/2020).

Dua hasil negatif yakni tes usap kedua dan ketiga ini, sekaligus mengkonfirmasi kebingungan data yang terjadi pada tes usap pertama, yang menyebut 54 pegawai RRI positif.

"Hasil swab ke tiga ini kami harapkan bisa menjadi konfirmasi bahwa pegawai RRI Surabaya memang negatif COVID 19, seperti hasil swab ke dua," tegas Sumarlina.

Ajak Semua Pihak Berempati dan Memberikan Dukungan

Selain itu, Kepala RRI Surabaya juga berharap, hasil tes usap ketiga sekaligus menepis berita-berita mengagetkan sebelumnya, yang menyebut 54 pegawai RRI Surabaya positif COVID-19. Karena dampak pemberitaan pada pegawai RRI sangatlah besar.

Dalam kesempatan ini, Sumarlina mengajak semua pihak untuk mempunyai empati dan dukungan. Sebab stigma yang muncul di tengah masyarakat terkait COVID-19 masih tinggi. Ia menceritakan, bagaimana imbas pemberitaan tentang COVID-19 banyak orang terdampak.

"Karyawan saya itu hasil swab satu dan kedua negatif, tapi karena pemberitaan yang masif tentang 54 positif COVID-19, ia sampai diusir dari kos-kosoannya. Belum kecurigaan tetangga-tetangga. Jadi media harus mencerahkan juga jangan menjadi viral yang imbasnya sangat berdampak terhadap keluarga dan masyarakat sekitar," terangnya.

Bagi RRI, kata Sumarlina, tes usap langkah baik. Hal itu sebagai bentuk transparansi. Hal ini sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo untuk mengambil tindakan secepatnya dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dengan meminta tes usap dengan metode polymerase chain reaction (PCR) dan rapid test atau tes cepat.

"Dengan demikian kita bisa sama-sama saling jaga, karena ini menjadi tantangan yang harus kita hadapi," terang Sumarlina.

RRI Surabaya Tetap Tutup Kantor Selama Dua Minggu

RRI Surabaya tetap akan menutup kantornya selama dua minggu ke depan sesuai protokol kesehatan. Penutupan itu kata Kepala RRI Surabaya, untuk menguatkan hasil negatif tes usap  terakhir bahwa pegawai RRI Surabaya sudah bebas COVID-19.

Ia berharap, hasil tes usap ketiga ini juga bisa menjadi konfirmasi untuk seluruh masyarakat Indonesia, pegawai RRI Surabaya yang tetap melaksanakan operasional selama masa pandemi ini, negatif dari COVID-19. Meski di-lockdown, siaran RRI Surabaya Pro1, Pro 2, dan Pro 4, full merelay dari siaran Pro 3 RRI yang konsen pada edukasi dan informasi Covid-19.

Begitu juga dengan ChanalLima tetap siaran. Sumarlina tetap mengimbau kepada seluruh karyawan RRI untuk tetap jalankan protokol pencegahan COVID-19 dengan mengedepankan kebersihan dan kesehatan.

Ia menuturkan, keselamatan dan jaga diri menjadi hal penting karena memutus mata rantai penyebaran Covid-19 kuncinya ada pada displin. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Tahan Godaan Bau Durian, Gajah di Thailand Rampok Toko Warga

Posted: 17 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang yang menyukai durian, musim durian adalah musim yang dinanti-nanti. Namun siapa sangka, bahkan hewan pun tak bisa menolak godaan bau durian yang begitu lezat. Seperti kisah yang terjadi di Thailand ini.

Siriphon Kerdsuchon, pemilik toko Dao Kaset Pa La-U tak akan menyangka bahwa dia akan mengalami perampokan oleh seekor gajah. Pada 7 Juli, seekor gajang mendobrak rolling door tokonya dan mencuri lebih dari 10 durian yang dia simpan.

Tampaknya, gajah tersebut mencium bau durian yang begitu menggoda sehingga tak tahan untuk mengambilnya.

 

Mendobrak rolling door

doc: World of Buzz
doc: World of Buzz

Menurut New 18, diduga gajah tersebut datang dari Taman Nasional Kaeng Krachan yang terletak tak jauh dari tempat tersebut. Gajah itu berhasil mendobrak rolling door logam seharga 12 ribu baht atau sekitar 550 ribu rupiah.

Tak puas dengan durian yang telah didapat, gajah nakal itu kembali lagi malam berikutnya dan menghancurkan pintu yang baru diperbaiki. Lebih dari 10 durian premium bernilai ribuan baht berhasil dirampok oleh gajah tersebut.

 

Tak bisa berbuat apa-apa

doc: World of Buzz
doc: World of Buzz

Untungnya, Siriphon tak lupa mengambil beberapa foto pelaku. Pria itu mengaku tak bisa berbuat apa-apa saat gajah itu mendobrak masuk karena gajah tersebut tampaknya benar-benar tergiur oleh baru durian.

Petugas taman nasional mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki kasus tersebut dan mengumpulkan bukti. Meski menderita kerugian, Siriphon tak terlalu mempermasalahkannya.

 

Tak terlalu mempermasalahkan

Kisah Gajah Thailand yang Kelaparan Akibat Corona. (Sumber: World of Buzz)
Kisah Gajah Thailand yang Kelaparan Akibat Corona. (Sumber: World of Buzz)

Menurutnya, hewan dan pedagang di taman nasional telah hidup berdampingan selama 15 tahun jadi ini bukanlah sesuatu yang harus terlalu dipermasalahkan. Jika menerima kompensasi pun, dia ingin meminta persetujuan dari pejabat setempat karena dana taman nasional itu tak besar.

 

Cara gajah makan durian

doc: World of Buzz
doc: World of Buzz

Lalu, bagaimana sebenarnya cara gajah memakan durian? Tentunya bukan dengan menggunakan alat seperti manusia. Menurut World of Buzz, gajah memakan durian dengan cara mengempaskannya ke tanah dan menginjaknya dengan satu kaki.

Kulit mereka yang tebal membuat mereka tak terlalu tersakiti oleh duri durian. Malahan kemudian mereka akan mengunyah durian itu termasuk kulitnya yang berduri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diberhentikan Menteri KKP, Zulfikar Mochtar Kini Sepedaan hingga Main Gaple

Posted: 17 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Zulficar Mochtar mulai Sabtu (18/7/2020) ini telah resmi melepas jabatannya selaku Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Pelepasan itu dilakukannya setelah mengajukan surat pengunduran diri kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo pada 14 Juli 2020.

Pada hari terakhirnya Jumat (17/7/2020) kemarin, Zulficar sempat berbagi cerita di akun Facebook miliknya tentang apa yang akan dia lakukan jika sudah tidak bekerja lagi di KKP.

Dari tulisan tersebut, tampak ia ingin menikmati waktu lewat berbagai kegiatan khas milenial saat ini, seperti bermain futsal dan bersepeda usai tak lagi jadi pajabat KKP.

"Banyak yang tanya, saya selanjutnya mau kemana? Mau main Futsal, sepedaan (biar kekinian), menyelam, main gaple, ngopi dan diskusi, sambil merawat semangat kemaritiman," tulis Zulficar, seperti dikutip Sabtu (18/7/2020).

 

Rasa Bangga

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo, melakukan kunjungan kerja di Banyuwangi selama dua hari menyempatkan diri singgah di pendopo Kabupaten Banyuwangi.
Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo, melakukan kunjungan kerja di Banyuwangi selama dua hari menyempatkan diri singgah di pendopo Kabupaten Banyuwangi.

Meski telah mundur, Zulficar tetap merasa bangga dan tersanjung pernah bisa menjadi bagian dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Pegawai2 di KKP luar biasa. Dedikasinya, loyalitasnya, militansinya, kemampuan teknisnya, komitmennya. Waktu dan tupoksinya telah menempanya menjadi kuat. Bukan tiba2. Tugasnya tidak ringan. Tanggung jawabnya berat," tuturnya.

 

Keputusan Bulat

Edhy Prabowo dalam acara serah terima jabatan (Sertijab) Menteri Kelautan dan Perikanan di Kantor KKP, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Edhy yang merupakan politisi Partai Gerindra menggantikan Susi Pudjiastuti pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Edhy Prabowo dalam acara serah terima jabatan (Sertijab) Menteri Kelautan dan Perikanan di Kantor KKP, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Edhy yang merupakan politisi Partai Gerindra menggantikan Susi Pudjiastuti pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dia pun menekankan bahwa keputusan mundurnya sudah diambil secara bulat. Zulficar mengaku telah berbicara empat mata bersama Menteri Edhy untuk menjelaskan poin prinsip mengapa ia mundur.

"Saya mohon maaf memilih langkah yang tidak populer. Mundur. Bukan untuk gagah-gagahan. Sederhana saja: prinsip jangan ditawar, jabatan bukan segalanya," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Pesona Honda City Bekas Lansiran 2016, Berminat?

Posted: 17 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Honda City terbaru sudah resmi meluncur di India dan Thailand. Sementara itu,  belum ada kabar apakah masuk Indonesia atau tidak.

Berkode GM6, generasi keenam City ditawarkan sejak 2014 dan mendapat penyegaran pada awal 2017. Meski tertinggal generasi, City GM6 ini tetap keren, modern dan layak dipinang.

Namun sayang kalau membeli unit baru. Lantaran banderol masih cukup tinggi. Harga terbaru Honda City Rp 337 juta dengan transmisi manual dan Rp 355,5 juta dengan girboks CVT. Sedangkan kita tak tahu kapan Honda Prospect Motor (HPM) memboyong City generasi anyar. Bisa jadi tahun depan.

Solusi terbaik, memilih Honda City bekas. Dan kalau mencari yang agak ekonomis, lirik lansiran 2016. Tahun itu, peredaran terakhir sebelum mendapat facelift. Sah saja kalau ingin usia lebih belia. Namun rata-rata masih berlabel Rp 200 jutaan. Nah City 2016 banyak ditawarkan di bawah Rp 200 juta (kisaran Rp 170 juta).

Variatif dari beda tipe dan kondisi yang ditawarkan. Malah untuk 2015 bisa signifikan lebih murah. Soal fitur dan kelengkapan tak berbeda jauh dengan versi facelift. Seperti apa bekal senjata Honda City 2016? Berikut ulasannya.

Performa

Ada tiga varian tipe yang ditawarkan sampai 2016. Yakni tipe S, E dan ES. Bedanya pada kelengkapan dan kemewahan saja. Sedang jantung mekanisnya sama. Mesin 4-silinder 1,5 liter SOHC i-VTEC. Tenaga 120 PS dan torsi maksimal 145 Nm. Angka itu sangat layak diapresiasi. Karena output City berjaya di kelasnya, mengalahkan Toyota Vios yang hanya menyemburkan daya 107 PS. Beda yang signifikan.

Tambahkan dengan kenyamanan dari transmisi CVT. Dan kalau ingin lebih sporty, bisa memanfaatkan keberadaan paddle shift di balik kemudi. Ya, berbicara sedan memang tak lepas dari kenikmatan memgemudikannya. Tapi tak berarti melupakan efisiensi. Karena transmisi jenis CVT juga bisa ramah dengan konsumsi bahan bakar. Ada mode ECON dan ECO Assist untuk bantuan mengejar irit. Oh ya, fitur cruise control jua tersedia, mulai dari tipe E.

Pengendalian

Soal handling dan rasa berkendara, Honda selalu punya resep yang enak. Tak kecuali pada City. Asyik diajak ngebut dengan body roll sangat minim. Kestabilan terbilang baik di kecepatan tinggi. Ia juga lincah di tikungan. Bobot putar kemudi memang terlalu ringan dan feedback terasa kurang. Tapi masih tajam dan presisi sesuai input dari pengemudi. Nilai minusnya, kenikmatan itu harus dibayar dengan redaman yang keras. Rasa kurang enak itu, lebih kuat ketika jadi penumpang belakang.

Makanya City lebih kami rekomendasikan sebagai mobil yang dikemudikan sendiri. Bukan jadi sedan dengan sopir. Toh dimensinya terlalu ringkas. Lebih pas memilih Accord untuk menikmati kursi belakang. Kendati begitu, baris belakang City punya ruang kaki dan kepala yang ramah untuk rata-rata orang Asia. Malah tipe E dan ES sudah diberi arm rest dan AC belakang penunjang kenyamanan lebih.

Fitur & Varian

Honda City 2016 sangat kaya fitur. Bahkan sebagian besar sudah tersedia di varian murah tipe S sekalipun. Sebagai standar sudah ada lampu kabut, sein LED pada spion, antena sirip ikan hiu (shark fin), pelek alloy 15 inci, high mount stop lamp (HMSL) dan green glass. Untuk kosmetik eksterior, tipe S memakai aksen silver di beberapa titik bodi.

Interior tipe bawah memakai skema warna beige dengan pelapis kain membungkus jok. Head unit standar 2DIN bisa memutar CD dan terhubung melalui port USB, AUX serta dedikasi sambungan ke iPhone/iPod. Sayangnya, tombol audio absen pada palang kemudi. Penyejuk kabin juga belum digital dan tidak ada ventilasi AC di baris kedua.

Menariknya, pengaturan kemudi tilt dan telescopic hadir sebagai standar. Begitu juga dengan pengatur ketinggian dudukan kursi. Kombinasikan dengan arm rest pada konsol tengah. Jaminan mendapat posisi mengemudi terbaik. Apalagi, posisi duduk sangat bergaya sedan, cenderung rendah dan ditopang jok semi bucket.

Lebih mengejutkan, fitur safety sudah komplet sejak tipe murah sekalipun. Tersedia dua kantong udara di depan, rem ABS, EBD, BA, vehcile stability assist (VSA), hill start assist (HSA), brake override system dan emergency stop signal. Masih ditambah dengan auto door lock by speed, alarm, immobilizer, ISOFIX & Tether. Oh ya, pada tipe S sudah keyless entry dan bisa membuka bagasi dari remote kunci. Namun masih harus menggunakan anak kunci untuk menyalakan mesin.

Tipe E memiliki segala kebaikan tipe S dengan tambahan kelengkapan. Pada eksterior lebih menor dengan kromium, pelek 16 inci dan spion lipat elektrik. Interiornya serbahitam dengan head unit canggih berukuran 6,1 inci. Layar sentuh yang tertanam di tengah dasbor itu mendukung format video dan bisa dikontrol dari palang kemudi. AC sudah otomatis dengan akses smart touch dan ada ventilasi untuk baris kedua. Tak ketinggalan, tombol untuk menyalakan dan mematikan mesin bisa dijumpai mulai tipe E.

Beranjak naik ke tipe ES, lebih dipertegas kemewahannya. Tampilan eksklusif dengan platinum front grille, pembungkus kulit pada kemudi dan tuas transmisi. Kelengkapan lain termasuk rear power outlet, tweeter dan power window switch panel dengan silver garnish. Sektor safety ketambahan airbag samping dan curtain. Sayangnya, meski pada tipe tertinggi ES dengan layar lapang, tak ada kamera dan sensor parkir untuk City. Harus memasang sendiri dari aftermarket.

Simpulan

Mobil bekas sedan Honda City memang spesial. Nikmat dikemudikan, banjir fitur, dan keren secara tampilan. Ya, desain City GM6 sangat sporty dengan proporsi bodi yang pas. Jauh lebih menawan dari generasi-generasi pendahulunya. Ia punya value for money yang baik. Bahkan setelah berstatus mobil bekas. Soal varian, kami rekomendasikan tipe tertinggi karena punya airbag lebih banyak. Namun tipe S pun sudah sangat cukup fitur dan kelengkapannya. Yang perlu diperhatikan soal kaki-kaki. Honda terkenal agak lemah di sektor ini. Jadi perlu perhatian lebih ketika membeli unit bekas.

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:100725bkecelakaan-mal.flv]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asus ROG Phone 3 Sudah Kantongi Sertifikat TKDN di Indonesia

Posted: 17 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asus masih belum memperkenalkan smartphone gaming terbaru mereka, ROG Phone 3. Akan tetapi, ponsel itu telah mengantongi sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari pemerintah Indonesia.

Informasi ini diketahui lewat laman web Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian.

Di laman web, model ASUS_I003DD telah lolos sertifikasi dengan nilai TKDN sebesar 30,20 persen.

Berdasarkan penelusuran data dan referensi berbagai laman web, ASUS_I003DD merupakan nomor model untuk ROG Phone 3.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Sabtu (18/7/2020), sertifikat TKDN ROG Phone 3 ini diberikan kepada PT. Asus Technology Indonesia Batam dengan nomor 520/SJ-IND.8/TKDN/7/2020.

Asus Konfirmasi Tanggal Peluncuran ROG Phone 3

Lebih lanjut, perusahaan asal Taiwan tersebut secara resmi ungkap kapan mereka akan mengumumkan smartphone penerus ROG Phone 2 tersebut.

Dikutip dari laman resmi Asus, Jumat (3/7/2020), Asus dipastikan akan meluncurkan ROG Phone 3 pada 22 Juli 2020 pukul 11 malam waktu setempat atau 22.00 WIB.

Bertajuk ROG 2020 Game Changer, peluncuran ROG Phone 3 ini akan diadakan di tiga tempat sekaligus, seperti Taiwan, Milan, dan New York.

 

Bocoran Spesifikasi ROG Phone 3

Sebelumnya, ROG Phone 3 dilaporkan akan hadir dengan chipset Snapdragon 865+. Selain itu ia juga dilengkapi RAM 8GB dan 12GB, dan memori internal 128GB.

Smartphone ini menjalankan OS Android 10 dan memiliki chipset Snapdragon 865. Skor pada single-core 910, dan multi-core 3.229.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ungkapan Kesedihan Mastur Ditinggal Omas: Allah Lebih Sayang Mpok

Posted: 17 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Omas berpulang ke Pangkuan Illahi pada Kamis (16/7/2020) malam setelah berjuang melawan penyakit komplikasi diabetes dan paru-paru. Dan pada Jumat (17/7/2020), jenazah komedian senior ini dimakamkan.

Duka menyelimuti keluarga besar mendiang Omas, salah satunya sang adik, Mastur.

Meski sudah ikhlas melepas kepergian Omas untuk selama-lamanya, namun Mastur tetap saja tak bisa secepat itu melupakan sang kakak.

 

Kehilangan

Mastur syuting serial tv Dikejar Rezeki (Bambang E. Ros/bintang.com)
Mastur syuting serial tv Dikejar Rezeki (Bambang E. Ros/bintang.com)

Mastur pun mengunggah foto mendiang sang kakak di akun Instagram miliknya, Sabtu (18/7/2020). Sang adik meyakini ini yang terbaik untuk mendiang Omas.

"Merasa kehilangan itu udh psti,Allah lbh syg sm mpo," tulisnya sebagai keterangan foto.

 

Tempat Terindah

Omas - Mastur (Foto: Instagram/@masturmantab)
Omas - Mastur (Foto: Instagram/@masturmantab)

Pria kelahiran 15 Juni 1969 ini tak lupa memanjatkan doa untuk mendiang Omas.

"Slmat jln ya po smga Allah membrikan tmpt yg pling indah disisiNya #mpokusyg," lanjutnya.

 

Ikut Mendoakan

Para warganet pun memenuhi kolom komentar Mastur untuk ikut mendoakan wanita bernama asli Omas Wati ini.

"Semoga amal ibadah nya di terima Allah SWT aamiin," tulis akun @latief1400.

Hal senada juga ditulis akun @ghodiel_go, "Semoga amal ibadahnya diterima disisi yg maha kuasa, dan dilapangkan kuburnya, amiin."

"Turut berduka cita bang @masturmantab semoga mpo omas di terima iman islamnya di tempatkan di syurganya allah swt. Amiin," tambah akun @iwan_bulle. 

Diabetes

Seperti diketahui, semasa hidupnya Omas sempat menderita diabetes. Namun jelang meninggal, Omas, mengalami sesak napas hingga tak sadarkan diri.

"Kemarin itu jam setengah sebelasan dia pingsan lagi tidur, Alhamdulillah setengah dua belas sadar lagi, setelah pingsan itu tidur lagi. Nah itu badannya panas," kata putra Omas seperti dilansir dari tayangan YouTube KH Infotainment pada Jumat (17/7/2020).

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upaya Penyelamatan Ribuan Anemon Laut dari Selat Pantar NTT

Posted: 17 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Ribuan ekor anemon laut yang merupakan ekosistem terumbu karang yang berasal dari kawasan zona konservasi suaka alam perairan (SAP) Selat Pantar Kabupaten Alor, NTT dibawa keluar secara ilegal.

Ketua Pengelola Kawasan Konservasi SAP Selat Pantar, Kabupaten Alor, Muhammad Saleh Goro, mengatakan, selama tiga hari terakhir, ribuan ekor anemon laut dibawa ke luar NTT secara ilegal tanpa adanya surat keterangan asal (SKA) dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT.

"Ribuan ekor anemon laut itu dibawa keluar oleh dua pengusaha yakni Saifullah Takirin sebanyak 1.500 ekor dan Dominggus Pandu sebanyak 350 ekor yang disimpan di dalam styrofoam," ujarnya kepada wartawan, Kamis (16/7/2020).

Ia menjelaskan, anemon laut merupakan ekosistem terumbu karang berupa hewan dari kelas anthozoa yang memiliki bentuk tubuh seperti bunga yang biasanya disebut mawar laut. Hewan ini dilarang untuk ditangkap di daerah koservasi sesuai dengan aturan yang termuat dalam 7 Ayat 3 Peraturan Gubernur NTT Nomor 38 Tahun 2010 Tentang Penggelolaan Ekosistem Terumbu Karang di Provinsi NTT.

Menurut dia, dari hasil pengawasan di lapangan ditemukan bahwa pada Juni 2020 lalu, penangkapan anemon laut marak dilakukan masyarakat di sejumlah desa di Pulau Pura, Kecamatan Pura yaitu Desa Maru, Desa Pura Selatan, dan Desa Pura Barat.

"Hasilnya kemudian dibawa keluar NTT oleh pengusaha tersebut melalui Kupang tanpa mengantongi SKA yang sudah diatur dalam Pergub Nomor 118 Tahun 2019 bahwa seluruh tata niaga distribusi hasil perikanan di dalam Provinsi NTT wajib memiliki SKA dari DKP NTT," katanya.

Ia meminta adanya surat dari DKP NTT untuk menghentikan praktik ini karena telah mengancam ekosistem laut sebagai bagian dari potensi kekayaan wisata laut di kawasan konservasi setempat.

"Kalau ini tidak dihentikan maka 34 spot selam di SAP Selat Pantar ini akan tinggal kenangan," dia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tes Masif Institusi Pendidikan Kenegaraan, Gugus Tugas Jabar Siap Fasilitasi

Posted: 17 Jul 2020 10:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jawa Barat - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat menyatakan siap memfasilitasi tes masif bagi institusi pendidikan kenegaraan. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, alasannya tes tersebut menjadi salah satu cara pemerintah mengendalikan sebaran COVID-19.

Ridwan Kamil mengaku seluruh kebutuhan tes masif yang diperlukan oleh institusi pendidikan kenegaraan akan dipenuhi. Syaratnya hanya satu, lokasinya berada di Jawa Barat.

"Selama masuk teritorial Jabar semua boleh tersentuh dukungan kami. Itulah kenapa dalam situasi seperti ini yang dibutuhkan adalah fasilitas pengetesan COVID-19," kata Kamil dalam keterangan resminya di Bandung, Sabtu, 18 Juli 2020.

Kamil menyatakan saat ini berbagai inovasi alat pengetesan COVID-19 terus dikembangkan, selain alat bantu pernapasan berupa ventilator. Sejumlah perguruan tinggi di Jabar konsisten melahirkan inovasi dalam penanganan COVID-19.

Kamil mencontohkan Universitas Padjadjaran (Unpad) tengah mengembangkan Deteksi CePAD atau Rapid Test 2.0. Rapid test COVID-19 yang umum mendeteksi antibodi, dan Deteksi CePAD ini mendeteksi antigen. Maka, Deteksi CePAD dapat mendeteksi virus lebih cepat, karena tidak perlu menunggu pembentukan antibodi saat tubuh terinfeksi virus.

"Satu kelebihan Jabar yang saya banggakan semua industri teknologi berkumpul di sini dan disaat pandemi ini mereka memproduksi alat perang melawan COVID-19 seperti produksi ventilator, PCR, APD dan alat rapid test," kata Ridwan Kamil.

 

Penanganan Corona di Jawa Barat

Penanganan COVID-19 di Jabar berjalan optimal kata Kamil, apabila penguatan koordinasi semua pihak mesti dilakukan. Selain itu, kedisiplinan masyarakat dalam terapkan protokol pun mesti ditingkatkan.

Sementara itu Komandan Sesko TNI Marsekal Madya TNI Dedy Permadi melaporkan, terdapat 170 siswa di institusi pendidikan kenegaraan yang dipimpinnya. Rinciannya, 74 siswa dari TNI AD, 39 TNI AL, 36 TNI AU, 17 kepolisian dan empat siswa dari luar negeri. Sebelum menjalani proses pendidikan, semua siswa menjalani rapid test dan hasilnya nonreaktif.

"Namun, pada saat datang ke sini, kami tes lagi dengan metode PCR yang difasilitasi oleh Gugus Tugas Jabar. Ada enam orang terkonfirmasi positif COVID-19," kata Dedy.

Sedangkan siswa yang terkonfirmasi positif COVID-19 ungkap Dedy, sudah mendapat penanganan sesuai protokol kesehatan. Saat ini, tiga di antaranya sudah dinyatakan negatif. Sementara tiga siswa lainnya dirawat di dua rumah sakit di Kota Bandung.

Dedy mengapresiasi konsistensi Gugus Tugas Jabar dalam menangani COVID-19, terutama soal fasilitas tes masif. Dedy memastikan, proses pendidikan di institusi yang dipimpinnya menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

"Atas nama lembaga, terima kasih atas bantuannya, sampai saat ini kami sudah tiga kali melaksanakan swab test, kami juga tidak mau ada klaster baru disini. Panglima TNI juga sangat keras mengingatkan untuk tidak lengah," kata Dedy.

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kebakaran Rumah dan Restoran di Mangga Besar

Posted: 17 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peristiwa kebakaran di Jakarta terjadi dini hari tadi di kawasan Mangga Besar Jakarta Pusat, sebuah restoran dan 2 rumah tinggal hangus terbakar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Tak Akan Menjadikan Masker Wajib di AS Saat Pandemi Virus Corona

Posted: 17 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Presiden AS Donald Trump telah bersumpah untuk tidak mewajibkan orang Amerika untuk memakai masker wajah guna menahan penyebaran virus corona.

Komentarnya muncul setelah pakar penyakit menular top negara itu, Dr Anthony Fauci, mendesak para pemimpin negara bagian dan lokal untuk "sekuat mungkin" dalam membuat orang memakai masker wajah.

Mengenakan masker wajah, Dr Fauci menambahkan, "sangat penting" dan "kita harus menggunakannya, semua orang".

Pemakaian masker wajah di tengah pandemi virus corona telah menjadi sangat dipolitisasi di AS.

Presiden Trump, yang sebelumnya menolak memakai masker wajah, mengenakan topeng di depan umum untuk pertama kalinya pada Sabtu pekan lalu.

Namun, berbicara kepada Fox News pada Jumat 17 Juli 2020, Trump mengatakan dia tidak setuju dengan mandat nasional yang mewajibkan orang memakai masker wajah.

Trump beralasan, orang-orang harus memiliki "kebebasan tertentu," demikian seperti dikutip dari the Hill, Sabtu (18/7/2020).

"Saya ingin orang-orang memiliki kebebasan tertentu dan saya tidak percaya itu, tidak," kata Trump dalam sebuah wawancara dengan Fox News.

Trump juga tampaknya menyatakan skeptis tentang kemanjuran masker, mencatat bahwa pejabat kesehatan masyarakat pada awalnya mengatakan bahwa penutup wajah tidak diperlukan untuk orang sehat, sebelum kemudian menambahkan bahwa ia adalah "orang yang percaya pada masker wajah."

"Saya tidak setuju dengan pernyataan bahwa jika semua orang memakai masker, semuanya lenyap," kata Trump skeptis, merujuk pada perkataan direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) yang mengatakan bahwa negara itu bisa mendapatkan virus di bawah kontrol dalam empat hingga enam minggu jika semua orang memakai masker.

"Dr. [Anthony] Fauci berkata jangan pakai masker, jendral bedah kami - pria hebat - mengatakan jangan pakai masker. Semua orang mengatakan jangan memakai masker, tiba-tiba semua orang harus memakai masker," lanjut Trump. "Dan seperti yang kau tahu, masker juga menyebabkan masalah. Dengan itu, saya percaya pada masker. Saya pikir topeng itu masker."

CDC pada bulan April merekomendasikan penggunaan masker wajah untuk mencegah penyebaran coronavirus setelah bukti menunjukkan bahwa pasien yang tidak menunjukkan gejala masih dapat menyebarkan virus corona.

Kebijakan Masker di Negara Bagian AS

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengenakan masker saat mengunjungi Pusat Kesehatan Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland, Sabtu (11/7/2020). Donald Trump akhirnya menggunakan masker untuk pertama kalinya di depan umum sejak pandemi COVID-19 melanda negara itu.  (ALEX EDELMAN/AFP)
Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengenakan masker saat mengunjungi Pusat Kesehatan Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland, Sabtu (11/7/2020). Donald Trump akhirnya menggunakan masker untuk pertama kalinya di depan umum sejak pandemi COVID-19 melanda negara itu. (ALEX EDELMAN/AFP)

Di negara bagian selatan Georgia, gubernur Partai Republik Brian Kemp telah mendesak warga untuk mengenakan masker wajah untuk bulan-bulan berikutnya.

Kemp mengajukan permohonan kepada warga negara meskipun mengambil tindakan hukum sehari sebelumnya terhadap walikota Atlanta, Keisha Lance Bottoms, karena membuat masker wajah menjadi wajib di kota tersebut.

Bottoms sendiri positif mengidap virus corona.

Pejabat Kota Oklahoma juga mempertimbangkan persyaratan masker dalam ruangan seluruh kota, dengan tidak adanya mandat di seluruh negara bagian.

Sejumlah negara bagian AS, terutama negara bagian selatan, mengalami lonjakan kasus virus corona.

Sekarang ada lebih dari 3,6 juta kasus virus corona yang dikonfirmasi di AS, dan telah ada lebih dari 139.000 kematian --jumlah kematian tertinggi di dunia.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang MotoGP Jerez: Terjatuh di FP 2, Marc Marquez Tak Ambil Pusing

Posted: 17 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jerez - Juara bertahan MotoGP, Marc Marquez tidak ambil pusing soal insiden dirinya terjatuh saat latihan bebas kedua (FP 2) di Jerez, Spanyol. Marquez justru menilai hal itu perlu untuk perbaikan.

"Motor ini jika Anda ingin mengerti batasannya, Anda harus terjatuh," kata Marquez seperti dilansir Sportskeeda.

MotoGP musim 2020 akhirnya resmi digelar lagi setelah tertunda karena pandemi virus corona. Hanya saja, musim ini kemungkinan lebih pendek dan semua seri berpusat di Eropa.

Jerez akan menjadi seri pertama yang bakal digelar akhir pekan ini. Namun sebelum lomba, para pembalap seperti biasa melakoni sesi latihan bebas.

Sayangnya, Marquez gagal mengawali musim ini dengan bagus. Ia terjatuh saat melakoni FP 2 MotoGP Jerez.

"Saya mencoba mencari batasan saat latihan, menemukannya dan juga mencari lintasan yang tepat untuk balapan." kata Marquez.

 

Tidak Masalah

Marc Marquez menjulurkan lidahnya sembari memperlihatkan 10 jarinya sebagai simbol kemenangannya yang kesepuluh di di Sirkuit Sachsenring GP Jerman. (AFP/Tobias Schwarz)
Marc Marquez menjulurkan lidahnya sembari memperlihatkan 10 jarinya sebagai simbol kemenangannya yang kesepuluh di di Sirkuit Sachsenring GP Jerman. (AFP/Tobias Schwarz)

Lebih lanjut, Marquez pun mengaku tidak akan mengubah gaya membalapnya. Menurutnya, insiden ini hanya hal kecil.

"Berapa kali saya terjatuh selama karier saya bersama Honda? Tetapi kemudian, gaya membalap saya tetap sama," katanya mengakhiri.

Hasil FP 2

1. ^11 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) 1'38.125s 17/20 287k

2. ^15 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) +0.027s 4/19 285k

3. ^7 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)* +0.125s 16/19 288k

4. ˅3 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) +0.244s 6/20 288k

5. ^3 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) +0.247s 17/19 290k

6. ˅3 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) +0.265s 16/19 289k

7. ˅5 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) +0.471s 20/21 285k

8. ^3 Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) +0.485s 16/18 290k

9. ˅5 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) +0.489s 10/19 292k

10. ^8 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20) +0.500s 5/18 290k

11. ^3 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) +0.562s 17/19 286k

12. ˅3 Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)* +0.691s 15/18 284k

13. ^8 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) +0.711s 15/17 290k

14. ˅7 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0.720s 19/21 290k

15. = Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) +0.779s 10/18 286k

16. ˅11 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0.808s 16/19 289k

17. ^3 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) +0.879s 9/19 285k

18. ˅12 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20) +1.031s 15/16 290k

19. = Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) +1.056s 18/20 286k

20. ˅7 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) +1.097s 17/18 283k

21. ˅5 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)* +1.479s 3/19 286k

22. = Bradley Smith GBR Aprilia Test Rider (RS-GP) +1.578s 11/21 285k

Jadwal Selanjutnya

Sabtu, 18 Juli 2020

14.55-15.40 WIB: FP3

18.30-19.00 WIB: FP4

19.10-19.25 WIB: Q1

19.35-19.50 WIB: Q2

Minggu, 19 Juli 2020

14.20-14.40 WIB: WUP

19.00 WIB: Race

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [FEATURE] Menekuni Hobi Baru Kala Pandemi

Posted: 17 Jul 2020 10:00 PM PDT

Tika Akmar (35) yang sehari-hari bekerja sebagai Brands Solutions Manager menyelesaikan pekerjaan di kediamannya kawasan Jatiwaringin, Bekasi, Rabu (15/07/2020). Tika mengoleksi dan merawat beragam tanaman hias untuk mengisi waktu luang pada masa pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Tika Akmar (35) yang sehari-hari bekerja sebagai Brands Solutions Manager menyelesaikan pekerjaan di kediamannya kawasan Jatiwaringin, Bekasi, Rabu (15/07/2020). Tika mengoleksi dan merawat beragam tanaman hias untuk mengisi waktu luang pada masa pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tika Akmar (35) yang sehari-hari bekerja sebagai Brands Solutions Manager menyelesaikan pekerjaan di kediamannya kawasan Jatiwaringin, Bekasi, Rabu (15/07/2020). Tika mengoleksi dan merawat beragam tanaman hias untuk mengisi waktu luang pada masa pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penulis Skenario, Swastika Nohara (42) menyelesaikan pekerjaannya di kediamannya, Bintaro, Jakarta, Rabu (15/07/2020). Untuk mengusir kejenuhan, kegiatan baru yang rutin dilakukan Swastika Nohara adalah merawat, mengoleksi serta membudidayakan beragam tanaman hias. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Penulis Skenario, Swastika Nohara (42) menyelesaikan pekerjaannya di kediamannya, Bintaro, Jakarta, Rabu (15/07/2020). Untuk mengusir kejenuhan, kegiatan baru yang rutin dilakukan Swastika Nohara adalah merawat, mengoleksi serta membudidayakan beragam tanaman hias. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penulis Skenario, Swastika Nohara (42) menyelesaikan pekerjaannya di kediamannya, Bintaro, Jakarta, Rabu (15/07/2020). Untuk mengusir kejenuhan, kegiatan baru yang rutin dilakukan Swastika Nohara adalah merawat, mengoleksi serta membudidayakan beragam tanaman hias. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penulis Skenario, Swastika Nohara (42) melihat naskah buatannya di kediamannya, Bintaro, Jakarta, Rabu (15/07/2020). Untuk mengusir kejenuhan, kegiatan baru yang rutin dilakukan Swastika Nohara adalah merawat, mengoleksi serta membudidayakan beragam tanaman hias. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Penulis Skenario, Swastika Nohara (42) melihat naskah buatannya di kediamannya, Bintaro, Jakarta, Rabu (15/07/2020). Untuk mengusir kejenuhan, kegiatan baru yang rutin dilakukan Swastika Nohara adalah merawat, mengoleksi serta membudidayakan beragam tanaman hias. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penulis Skenario, Swastika Nohara (42) melihat naskah buatannya di kediamannya, Bintaro, Jakarta, Rabu (15/07/2020). Untuk mengusir kejenuhan, kegiatan baru yang rutin dilakukan Swastika Nohara adalah merawat, mengoleksi serta membudidayakan beragam tanaman hias. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tika Akmar (35) yang sehari-hari bekerja sebagai Brands Solutions Manager merawat koleksi tanamannya di kediamannya kawasan Jatiwaringin, Bekasi, Rabu (15/07/2020). Tika mengoleksi dan merawat beragam tanaman hias untuk mengisi waktu luang pada masa Pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Tika Akmar (35) yang sehari-hari bekerja sebagai Brands Solutions Manager merawat koleksi tanamannya di kediamannya kawasan Jatiwaringin, Bekasi, Rabu (15/07/2020). Tika mengoleksi dan merawat beragam tanaman hias untuk mengisi waktu luang pada masa Pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tika Akmar (35) yang sehari-hari bekerja sebagai Brands Solutions Manager merawat koleksi tanamannya di kediamannya kawasan Jatiwaringin, Bekasi, Rabu (15/07/2020). Tika mengoleksi dan merawat beragam tanaman hias untuk mengisi waktu luang pada masa Pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tika Akmar (35) yang sehari-hari bekerja sebagai Brands Solutions Manager merawat koleksi tanamannya di kediamannya kawasan Jatiwaringin, Bekasi, Rabu (15/07/2020). Tika mengoleksi dan merawat beragam tanaman hias untuk mengisi waktu luang pada masa Pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Tika Akmar (35) yang sehari-hari bekerja sebagai Brands Solutions Manager merawat koleksi tanamannya di kediamannya kawasan Jatiwaringin, Bekasi, Rabu (15/07/2020). Tika mengoleksi dan merawat beragam tanaman hias untuk mengisi waktu luang pada masa Pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tika Akmar (35) yang sehari-hari bekerja sebagai Brands Solutions Manager merawat koleksi tanamannya di kediamannya kawasan Jatiwaringin, Bekasi, Rabu (15/07/2020). Tika mengoleksi dan merawat beragam tanaman hias untuk mengisi waktu luang pada masa Pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penulis Skenario, Swastika Nohara (42) bersama anak-anaknya merawat tanaman di kediamannya, Bintaro, Jakarta, Rabu (15/07/2020). Untuk mengusir kejenuhan, kegiatan baru yang rutin dilakukan Swastika Nohara adalah merawat, mengoleksi serta membudidayakan tanaman hias. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Penulis Skenario, Swastika Nohara (42) bersama anak-anaknya merawat tanaman di kediamannya, Bintaro, Jakarta, Rabu (15/07/2020). Untuk mengusir kejenuhan, kegiatan baru yang rutin dilakukan Swastika Nohara adalah merawat, mengoleksi serta membudidayakan tanaman hias. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penulis Skenario, Swastika Nohara (42) bersama anak-anaknya merawat tanaman di kediamannya, Bintaro, Jakarta, Rabu (15/07/2020). Untuk mengusir kejenuhan, kegiatan baru yang rutin dilakukan Swastika Nohara adalah merawat, mengoleksi serta membudidayakan tanaman hias. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penulis Skenario, Swastika Nohara (42) menjadikan tanaman sebagai hiasan dinding kediamannya, Bintaro, Jakarta, Rabu (15/07/2020). Untuk mengusir kejenuhan, kegiatan baru yang rutin dilakukan Swastika Nohara adalah merawat, mengoleksi serta membudidayakan tanaman hias. (Liputan6.com/Herman Zakharia
Penulis Skenario, Swastika Nohara (42) menjadikan tanaman sebagai hiasan dinding kediamannya, Bintaro, Jakarta, Rabu (15/07/2020). Untuk mengusir kejenuhan, kegiatan baru yang rutin dilakukan Swastika Nohara adalah merawat, mengoleksi serta membudidayakan tanaman hias. (Liputan6.com/Herman Zakharia

Penulis Skenario, Swastika Nohara (42) menjadikan tanaman sebagai hiasan dinding kediamannya, Bintaro, Jakarta, Rabu (15/07/2020). Untuk mengusir kejenuhan, kegiatan baru yang rutin dilakukan Swastika Nohara adalah merawat, mengoleksi serta membudidayakan tanaman hias. (Liputan6.com/Herman Zakharia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gigi Hadid Pamer Perut Buncit ke Penggemar

Posted: 17 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gigi Hadid yang kini tengah hamil anak pertamanya dengan Zayn Malik muncul di permukaan publik dengan memamerkan perut buncitnya. Itu ia bagikan saat sedang live Instagram bersama para penggemarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hambatan Cari Pembunuh Yodi Prabowo Lewat CCTV: dari Buram hingga Terhapus

Posted: 17 Jul 2020 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menelusuri rute-rute yang dilalui editor Metro TV Yodi Prabowo dari kantornya di Metro TV menuju ke Jalan Ulujami Raya Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Mochammad Irwan Susanto mengumpulkan rekaman CCTV yang berhubungan dengan kematian Yodi Prabowo. Menurut dia, hal ini untuk mencari tahu orang yang bersama Yodi Prabowo sebelum ditemukan tak bernyawa.

"CCTV ada banyak (yang disita), setiap jalan, kami ambil, kami proses. Semoga ada jejak di sana. Kami mintakan juga (CCTV di kantor korban dan yang terpasang di tol Pesanggrahan)," kata dia Sabtu (18/7/2020).

Namun, Irwan mengaku menemui hambatan pada saat mempelajari beberapa rekaman CCTV. Dia mengatakan, sebagian gambar- gambar yang ditampilkan kurang jelas. Karena itu, penyidik perlu melibatkan tim laboraturium forensik.

"CCTV sedang proses uji laboratorium. Ada yang gambarnya buram, ada gambar yang bagus. Karena tidak jelasnya, kami minta bantu laboratorium dengan alat khusus sehingga mempermudah kita melihat," ucap dia.

Selain itu, kendala lain rekaman CCTV menyorot area sekitar TKP penemuan jasad Yodi Prabowo telah terhapus. "Yang sangat dekat dengan TKP itu sudah terhapus, tapi kita berupaya mencari agar terang perkara ini," ujar dia.

Polisi Mencari Petunjuk dari Barang Milik Yodi

Pemakaman editor Metro TV Yodi Prabowo yang diduga menjadi korban pembunuhan. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)
Pemakaman editor Metro TV Yodi Prabowo yang diduga menjadi korban pembunuhan. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Sebelumnya, Polisi terus bekerja mengungkap dugaan pembunuhan editor Metro TV Yodi Prabowo. Barang-barang milik korban diharapkan menjadi petunjuk untuk menemukan pelakunya.

Tim gabungan yang terdiri dari jajaran penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Selatan serta Polsek Pesanggarahan berulang kali mengecek ke lokasi penemuan jasad untuk mencari barang-barang yang berhubungan dengan kematian Yodi Prabowo.

Sejauh ini, yang ditemukan bersamaan dengan jasad editor Metro TV Yodi Prabowo adalah satu unit sepeda motor, dompet, helm, jasket, tas, celana jeans, dan kaos serta sebilah pisau.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Mochammad Irwan Susanto menerangkan, beberapa barang-barang yang melekat dengan korban telah dibawa ke Laboratorium Forensik.

Menurut dia, pihaknya ingin menganalisis jejak yang tertinggal pada barang-barang tersebut. Namun, hingga hari ini, hasilnya belum dapat diumumkan.

"Ini yang sedang kami tunggu," kata dia di kantornya, Jumat (17/7/2020).

Irwan mengatakan, peran tim laboratorium forensik sangat besar untuk membuat kasus pembunuhan editor Metro TV Yodi Prabowo menjadi terang-benderang."Makanya kami sangat menunggu kepastian dari tim yang sedang memproses itu," ucap dia.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan, jumlah saksi yang diperiksa dalam perkara dugaan pembunuhan bertambah menjadi 29 orang. Antara lain, kekasih korban, rekan kerja korban, hingga orang-orang yang dekat dengan lokasi kejadian.

"Kami lakukan pendalaman kepada 29 orang saksi baik itu orang terdekatnya, orang kantor, sampai orang yang terakhir bersamanya," ucap dia.

Yodi Prabowo ditemukan tak bernyawa di pinggir Tol Jorr Pesanggrahan, Jalan Ulujami Raya Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan, Jumat 10 Juli 2020.

Kanit Reskrim Polsek Pesanggrahan Iptu Fajrul Choir menerangkan, jasad Yodi Prabowo pertama kali ditemukan tiga anak yang sedang bermain layang-layang di pinggir Tol Jorr Pesanggrahan. Ketiganya pun melaporkan kepada Ketua RT setempat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Meme Percakapan Orang Belanja Ini Bikin Tepuk Jidat

Posted: 17 Jul 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belanja merupakan kegiatan yang cukup mengasyikkan. Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, belanja pun bisa jadi sarana untuk cuci mata melihat barang atau kebutuhan yang saat ini sedang dijual di pasaran.

Seringkali orang belanja pasti bercakap-cakap dengan penjual. Baik menanyakan apa yang dicari atau bisa jadi tawar menawar harga. Hal seperti ini tentu lumrah. Namun terkadang orang saat belanja pun bisa jadi saling bercanda.

Seperti halnya sebuah meme yang diunggah oleh akun Instagram @duhreceh. Meme orang saat belanja ini pun sungguh mengocok perut dengan dialognya yang kocak dan beberapa memang terjadi di masyarakat.

Seperti halnya orang-orang yang hanya tanya saja dengan penjual namun tidak beli sama sekali. Berikut 6 meme percakapan orang belanja yang Liputan6.com kutip dari Instagram @duhreceh, Sabtu (18/7/2020).

1. Dikiranya memberi santunan, ternyata minta ganti sayuran.

Meme percakapan orang belanja (Sumber: Instagram/duhreceh)
Meme percakapan orang belanja (Sumber: Instagram/duhreceh)

2. Mentang-mentang yang jual anak kecil mau dikasi resi atm saja.

Meme percakapan orang belanja (Sumber: Instagram/duhreceh)
Meme percakapan orang belanja (Sumber: Instagram/duhreceh)

3. Kocak nih, malah jadi tebak-tebakan sama penjualnya.

Meme percakapan orang belanja (Sumber: Instagram/duhreceh)
Meme percakapan orang belanja (Sumber: Instagram/duhreceh)

4. Kebiasaan deh tanya-tanya ujungnya enggak jadi beli.

Meme percakapan orang belanja (Sumber: Instagram/duhreceh)
Meme percakapan orang belanja (Sumber: Instagram/duhreceh)

5. Absurd banget nih penjual sama pembeli, itu sampai dilihatin orang di belakang.

Meme percakapan orang belanja (Sumber: Instagram/duhreceh)
Meme percakapan orang belanja (Sumber: Instagram/duhreceh)

6. Bercanda yang membawa berkah bagi penjual sebelah.

Meme percakapan orang belanja (Sumber: Instagram/duhreceh)
Meme percakapan orang belanja (Sumber: Instagram/duhreceh)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Masalah yang Sering Terjadi pada Motor Injeksi, Pahami Perawatannya

Posted: 17 Jul 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengguna motor injeksi kini semakin banyak. Wajar saja karena pabrik motor secara serentak menawarkan sistem untuk pelanggan agar hemat bahan bakar. Meski lebih hemat bahan bakar daripada motor karburator, ada saja masalah yang sering terjadi pada motor injeksi.

Sebelum mengatahui masalah yang sering terjadi pada motor injeksi, kenali dulu sistem injeksi bekerja. Prinsip sistem injeksi, bekerja dengan mengontrol aliran bahan bakar secara elektronik dari tangki hingga bahan bakar. Teknologi injeksi ini lebih hemat bahan bakar karena proses pembakarannya dalam bentuk kabut volume sesuai permintaan mesin.

Nah, ternyata dibalik efisiensi pembakaran yang dilakukan motor injeksi, ada saja masalah yang sering terjadi pada motor injeksi. Masalah ini biasanya akan muncul dengan kode sensor lampu tertentu. Istilahnya adalah Malfunction Indicator Light (MIL) yang berkedip. Jadi, jika lampu sensor ini berkedip jangan justru dimatikan, tetapi mulailah dengan mencari sumber permasalahannya.

Berikut Liputan6.com ulas masalah yang sering terjadi pada motor injeksi dari berbagai sumber, Sabtu (18/7/2020).

Tarikan Gas Tidak Stabil

Ilustrasi berkendara (Trackimo)
Ilustrasi berkendara (Trackimo)

Tarikan gas yang tidak stabil ternyata memang termasuk masalah yang sering terjadi pada motor injeksi. Masalah ini biasanya akan mengganggu kenyamanan pengendaranya. Hal ini dipengaruhi oleh tarikan gas yang kerap diabaikan.

Faktor utama masalah ini berasal dari filter udara yang rusak. Filter yang rusak akan membuat tarikan gas tidak bisa bekerja lebih optimal. Hal ini juga akan membuat pembakaran motor injeksi tidak berjalan dengan sempurna.

Filter yang rusak akan membuat mesin tidak bisa menyaring udara kotor yang masuk. Pada kondisi ini, mesin akan menjadi kurang bertenaga karena pembakaran tidak sempurna. Selain itu, setinggan jarak renggan busi yang tidak tepat akan membuat tarikan gas tidak stabil.

 

Mesin Tidak Bisa Dihidupkan

Ilustrasi Foto Biker (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Biker (iStockphoto)

Motor injeksi terkadang ada yang tidak bisa dihidupkan. Masalah yang sering terjadi pada motor injeksi terjadi karena bahan bakar tercampur kotoran. Ketika hal ini terjadi, maka akan ada kebocoran pada saluran pemasukan.

Kondisi ini biasanya akan sangat dipengaruhi oleh supply bahan bakar sampai pembakaran tidak berjalan secara maksimal. Saat terjadi, maka motor injeksi menjadi sulit dihidupkan karena masalahnya akan berdampak pada kelistrikan. Bisa juga karena kondisi aki yang sudah buruk.

Komponen Injektor Rusak

Ilustrasi Foto Biker (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Biker (iStockphoto)

Komponen injektor bisa saja menjadi masalah yang sering terjadi pada motor injeksi. Padahal peran dari injektor ini sangat penting pada cara kerja mesin injeksi.

Ketika komponen mesin ini rusak maka akan membuatnya sulit menyalurkan dan mencampur bahan bakar dengan udara. Pada akhirnya akan sangat berpengaruh pada proses pembakaran yang terjadi.

Selain itu, pemicu kerusakan ini juga bisa disebabkan karena salah memilih bahan bakar. Mesin motor injeksi sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan yang tinggi.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi motor injeksi yang rentan kotor jika pembakaran dengan bahan bakar premium. Dampak lainnya bisa membuat mesin mengalami detonasi atau ngelitik cepat dan lambat.

Mati Mendadak

Ilustrasi berkendara (State Farm)
Ilustrasi berkendara (State Farm)

Masalah yang sering terjadi pada motor injeksi ini bisa sebabkan mesin mati mendadak. Mesin yang mati mendadak dan kerap diabaikan akan membuatnya semakin sering mengalami kerusakan.

Masalah utamanya akan berdampak pada kompresi yang bocor dan overheat. Meskipun berkaitan dengan masalah teknis, hal ini juga bisa berdampak pada kerusakan mesin permanen.

Kompresi Bocor dan Oveheat

Ilustrasi berkendara (Harley-Davidson)
Ilustrasi berkendara (Harley-Davidson)

Kompresi Bocor

Kompresi yang bocor ini termasuk masalah yang sering terjadi pada motor injeksi. Dampaknya akan memengaruhi mesin yang tiba-tiba mati mendadak. Faktor utamanya adalah udara kotor yang masuk ke mesin secara terus menerus. Hingga pada akhirnya akan membuatnya mengalami penyumbatan pada dinding piston dan dinding silinder.

Oveheat

Overheat juga termasuk masalah yang sering terjadi pada motor injeksi dan harus diwaspadai. Dampak buruknya akan membuat mesin injeksi lebih sering mati. Overheat adalah kondisi ketika mesin sudah terlalu panas dan tetap nekat terus digunakan. Padahal sebenarnya pada kondisi ini, mesin harus diistirahatkan terlebih dahulu sebelum dihidupkan lagi.

Tips Perawatan Motor Injeksi yang Benar

Ilustrasi Bensin (Sumber: @gustavo-fring/pexels.com)
Ilustrasi Bensin (Sumber: @gustavo-fring/pexels.com)

Bahan Bakar Oktan Tinggi

Menggunakan bahan bakar dengan oktan 90 ke atas adalah salah satu cara merawat motor injeksi yang paling sederhana.

Penggunaan bahan bakar beroktan tinggi dapat menyempurnakan pembakaran di dalam mesin motor. Jangan sesekali menggunakan bahan bakar berkualitas rendah karena dapat memicu kerusakan pada komponen mesin.

Ganti Oli Secara Berkala

Mengganti oli secara berkala juga menjadi hal penting yang tidak boleh terlewat pada perawatan motor injeksi. Lakukanlah penggantian oli setiap dua bulan sekali atau saat motor sudah menempuh jarak 1.000 km. Hindari juga mesin motor yang kekurangan pelumas (kering) karena akan mengganggu kinerja mesin.

Rutin Periksa Kondisi Aki

Jangan cuma pasangan saja yang diperhatiin, kondisi aki motor juga penting untuk diperhatikan.

Motor dengan teknologi injeksi sangat bergantung pada kondisi aki untuk menghidupkan mesin pada sistem pembakaran. Nah, kalau kamu memiliki motor injeksi, pastikan untuk selalu memeriksa kondisi aki motor.

Rawat Busi

Selain aki, kamu juga perlu memperhatikan kondisi busi. Busi adalah pemantik api yang penting untuk proses pembakaran pada mesin. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa busi secara berkala agar dapat memaksimalkan pembakaran pada mesin.

Jika busi mengalami kerusakan, proses pembakaran pada mesin tidak sempurna sehingga mesin kurang bertenaga dan motor tidak dapat menyala. Nah, kalau busi motor sudah tidak menghasilkan api secara maksimal, sebaiknya lakukan penggantian dengan yang baru.

Periksa Kondisi ECU

Electronic Control Unit (ECU) adalah otak dari pengoperasian sistem injeksi pada motor. ECU mengatur keseluruhan unit injektor, baik takaran bahan bakar yang disemprotkan atau buka tutup klep injektor.

Jika sistem ini terganggu, kinerja injektor pun tidak dapat berjalan sempurna dan membuat motor menjadi mogok. Jadi, pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi ECU motor kamu supaya performa motor tetap prima.

Servis Secara Berkala

Melakukan servis berkala adalah cara yang sangat penting untuk merawat kondisi motor injeksi agar tetap prima, minimal setiap tiga bulan sekali. Usahakan untuk melakukan servis motor injeksi di tempat resmi dengan standar yang telah ditetapkan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adaptasi Covid-19, PDIP Resmikan Kantor-Sekolah Kepala Daerah Secara Daring

Posted: 17 Jul 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PDIP memanfaatkan teknologi digital dalam setiap kegiatan partai, sebagai bentuk beradaptasi dalam pandemi Covid-19. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam waktu yang tidak terlalu lama, PDIP juga akan meresmikan sejumlah kantor partai secara daring.

"Kantor partai penting sebagai rumah rakyat, pusat pendidikan politik partai, pusat kebudayaan guna memperkuat kepribadian bangsa yang penuh dengan nilai spiritualitas, rasa cinta pada tanah air, toleransi, dan menyatunya alam rasa dan alam pikir," kata Hasto, Sabtu (18/7/2020).

"Apa yang dilakukan oleh PDI Perjuangan tidak terlepas dari apa yang disampaikan oleh Bung Karno, bahwa partai harus mendorong penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi," lanjut dia.

Menurut dia, aktivitas PDIP selama pandemi tidak pernah berhenti. Berbagai bentuk gotong royong untuk rakyat selalu dilakukan. Rapat DPP partai, kata Hasto, selalu dilakukan seminggu dua kali secara daring.

"Peringatan Bulan Bung Karno yang dilakukan dengan penuh antusiasme dan melibatkan para pemuda Indonesia juga dilakukan dengan memanfaatkan telnologi IT. Bahkan wayangan secara daring yang dilakukan Badan Kebudayaan Nasional Partai mencapai rekor penonton terbanyak, melebihi 1,7 juta orang," ungkap Hasto.

Dia menilai, teknologi justru membuka ruang yang begitu luas bagi kader PDIP dalam menjalani semangat gotong royong.

Sekolah calon kepala daerah dilakukan secara daring

Sekjen Hasto Kristanto saat berdialog dengan elemen muda di DPP PDIP, Jakarta, Senin (7/1). Megawati bercerita tentang pengalaman hidup sebagai Ketum Partai dan Sebagai anak sosok seorang Proklamator Ir. Soekarno. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Sekjen Hasto Kristanto saat berdialog dengan elemen muda di DPP PDIP, Jakarta, Senin (7/1). Megawati bercerita tentang pengalaman hidup sebagai Ketum Partai dan Sebagai anak sosok seorang Proklamator Ir. Soekarno. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Karenanya, selain meresmikan kantor partai, sekolah partai untuk para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah juga dilakukan secara daring. 

"Atas dasar hal tersebut, maka sekolah para calon kepala dan wakil kepala daerah akan diadakan secara daring. PDI Perjuangan memiliki narasumber dalam berbagai disiplin ilmu, dari ideologi Pancasila, hingga strategi pemenangan pemilu," pungkas Hasto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Telan Investasi Rp 1 Triliun, Mal Milik Ciputra Group di Tangerang Resmi Beroperasi

Posted: 17 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ciputra Group meresmikan Mal Ciputra Tangerang, pusat perbelanjaan modern baru yang menjadi One-Stop Shopping Mall pertama di kawasan Tangerang Barat.

Berdiri di atas lahan seluas 4,5 hektar, Mal Ciputra Tangerang merupakan salah satu pusat perbelanjaan terluas di kawasan Tangerang dengan Gross Floor Area (GFA) tahap pertama seluas 54.400 m2 dan 26.000 m2 leasable commercial area.

Total perencanaan GFA adalah sekitar 100.000 m2 dengan total investasi kurang lebih Rp 1 triliun. Mal Ciputra Tangerang akan menjadi destinasi baru di CitraRaya Tangerang, tepat untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari bagi penghuni di CitraRaya Tangerang maupun warga sekitarnya.

"Luasnya pusat perbelanjaan modern terbaru dari Ciputra Group ini menjadikannya tempat yang nyaman untuk berbelanja, tentunya dengan banyak pilihan tenants yang ternama," kata Presiden Direktur Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (18/7/2020).

Sebuah Pusat Perbelanjaan untuk Segala Kebutuhan, Mal Ciputra Tangerang memiliki sekitar 90 tenants yang siap untuk memenuhi segala kebutuhan Anda dan keluarga. Tersedia 178 unit pertokoan yang tersebar di enam lantai Mal Ciputra Tangerang.

Mal Ciputra Tangerang akan menjadi destinasi hiburan terbak di wilayah Tangerang dengan hadirnya layanan bioskop berkelas, CGV Cinemas. Untuk berbelanja furniture dan perkakas rumah, tersedia ACE Hardware dan Selma.

Bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari dapat dengan mudah dibeli di Farmers Market. Pusat rekreasi keluarga dapat ditemukan di Funworld. Anchor tenant lainnya yang telah bergabung termasuk Matahari Department Store dan Eat &Eat.

Inilah One-Stop Shopping Mall sesungguhnya di pusat Tangerang Barat.Retail tenant yang akan beroperasi pada saat Soft Opening Mal Ciputra Tangerang antara lain Guardian, Century, Watson, Optik Melawai, Optik Seiss, Lee Cooper Kids, Cool Kids, Minimal, Manzone, Miniso, Isla, dan Batik Keris, serta restoran Pizza Hut, Yoshinoya, Solaria, Doner Kebab, Imperial Kitchen, Ramen Ten Ten, dan Warung Tekko.

Akses Mudah

(Foto: www.ciputraworldjakarta.com)
(Foto: www.ciputraworldjakarta.com)

Mal Ciputra Tangerang menyediakan area parkir basement yang dapat memuat 291 mobil dan area parkir outdoor untuk 1,125 motor dan 596 mobil. Menjadikan Mal Ciputra Tangerang nyaman dan mudah diakses bagi siapa saja.Mal Ciputra Tangerang akan beroperasi mulai dari pukul 10.00 hingga pukul 22.00, 12 jam penuh melayani pengunjung.

Khusus selama masa PSBB, Mal hanya beroperasi dari pukul10.00 – pukul 20.00.Kemudahan Hidup Modern di CitraRaya TangerangMal Ciputra Tangerang adalah salah satu proyek inovatif yang dikembangkan oleh Ciputra Group, berlokasi tepat di tengah kawasan CitraRaya Tangerang.

Saat ini, sudah ada 68 ribu penghuni dan 50 cluster perumahan di CitraRaya Tangerang. Hadirnya Mal Ciputra Tangerang ini akan semakin memudahkan para penghuni CitraRaya Tangerang untuk terus beraktivitas tanpa harus keluar dari kawasan perumahan, sekaligus juga mendukung daya saing dari brand-brand yang tergabung sebagai tenants Mal.

Saat ini, Mal Ciputra Tangerang akhirnya telah selesai dibangun dan siap untuk menyambut pengunjung dengan protokol kesehatan yang ketat di pertengahan tahun 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detail Pernikahan Putri Beatrice yang Digelar Tertutup, dari Lokasi sampai Prediksi Gaun Pengantin

Posted: 17 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Putri Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi telah secara resmi menggelar penikahan secara privat di Windsor, Inggris, Jumat pagi, 17 Juli 2020, waktu setempat. Melansir laman Strandard UK, Sabtu (18/7/2020), pasangan ini seharusnya menikah pada 29 Mei di London.

Sebagai ganti, pada acara pernikahan yang digelar tertutup tersebut, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip jadi salah dua dari sekitar 20 tamu undangan. Resepsi pernikahan dilaporkan digelar di Royal Lodge yang berlokasi tak jauh dari kediaman ibunda Putri Beatrice, Sarah Ferguson, selama pembatasan wilayah.

Berdasarkan laporan The Sun, pasangan ini memilih menggelar akad di All Saints Chapel, Windsor Great Park, dengan menerapkan protokol sesuai aturan. Gereja ini sendiri merupakan daftar bangunan Great II dan telah cukup sering digunakan Ratu Victoria, serta Queen Mother.

Kendati Putri Beatrice dan Edoardo bertunangan di Itala, Sarah Ferguson mengungkap pada Press Association bahwa negara tersebut bukanlah opsi untuk lokasi pernikahan. "Hanya bisa di Britania Raya," ucapnya.

Sementara, seorang sumber mengungkap Putri Beatrice dan Edoardo mau memastikan Ratu Elizabeth II bisa hadir sebelum melakoni liburan tahunan di Balmoral pada akhir Juli. Mereka menikah di pagi hari dan Her Majesty dilaporkan meninggalkan perayaan pukul 11.45 untuk kembali ke rumahnya, Windsor Castle.

Semula, pernikahan Putri Beatrice diharapkan sebagai momen semua anggota keluarga Kerajaan Inggris dan sejumlah tamu penting berkumpul. "Semua tamu undangan mengaku kecewa, tapi mereka paham pada situasi sekarang," kata seorang sumber pada The Sun.

 

Prediksi Gaun Pengantin dan Mahkota yang Dipakai Putri Beatrice

Putri Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi (FRANCOIS GUILLOT / AFP)
Putri Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi (FRANCOIS GUILLOT / AFP)

Putri Beatrice sendiri dikenal sebagai perempuan stylish yang memerhatikan penampilan. Fashion Editor Evening Standard, Karen Dacre, memperkirakan bahwa Putri Beatrcie cenderung akan bermain aman pada gaun pengantinnya.

"Tak diragukan lagi dengan sangat hati-hati Putri Beatrice akan memilih perancang gaun pengantinnya. Setelah sekian percoaban dan tes, barulah ia akan memilih," ucap Dacre. Perempuan 31 tahun ini punya beberapa desainer favorit yang sangat mungkin ditunjuk sebagai penanggung jawab busana di hari istimewanya.

Label modern Roksanda adalah salah satu andalan Putri Beatrice, dan Dacre percaya, sangat mungkin mereka ditunjuk sebagai kandidat utama. Secara tradisional, pengantin kerajaan memilih desainer Inggris untuk membuat gaun pernikahan mereka, kecuali Meghan Markle yang meminta Claire Waight Keller melakukan tugas tersebut.

"Pun bukan (desainer) Inggris, Elie Saab yang punya bisnis di Paris, di mana Beatrice telah beberapa datang ke pergelaran busananya dan sangat mungkin ternspirasi fairy tale aesthetic yang jadi DNA label tersebut," ucapnya.

Kendati, bila Putri Beatrice ingin interpretasi ala Inggris secara visual, Ralph and Russo masuk dalam daftar opsi. Sementara untuk mahkota, seorang ahli perhiasan kerajaan, Lauren Kiehna, mengatakan bahwa Putri Beatrice tak terlalu suka pakai perhiasan dalam keseharian.

"Saat memakai perhiasan, barang itu biasanya punya nilai sentimental, seperti gelang Cartier pemberian Eduardo. Karena kecenderungan ini, selalu ada kemungkinan ia meminjam mahkota pernikahan ibunya," ucap Kiehna.

Sarah Ferguson sendiri menggunakan York Tiara pada hari pernikahannya di tahun 1986, mahkota berlian dan platinum yang didesain Garrard.

Opsi lainnya yang mungkin dipakai Putri Beatrice adalah Strathmore Rose Tiara. Kiehna mengatakan, "Beatrice punya ketertarikan yang sama dengan ibunya pada era Victoria, jadi mungkin saja kita akan melihatnya memakai mahkota abad ke-19."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Harta Dunia Bikin Istri Lupa Diri, Sabtu 18 Juli 2020

Posted: 17 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap siang Indosiar menayangkan FTV Kisah Nyata Spesial.

Seperti biasa selalu hadir drama yang bikin baper pemirsa khas Kisah Nyata Spesial.

Jangan lewatkan episode FTV Indosiar Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semifinal Piala FA: Chelsea Tanpa Gelandang Andalan Saat Ladeni MU

Posted: 17 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Chelsea tanpa kekuatan penuh saat meladeni Manchester United di semifinal Piala FA, Senin (20/7/2020) dinihari WIB. Pasalnya, Manajer Chelsea, Frank Lampard memastikan gelandang N'golo Kante bakal absen.

"Kante tidak dalam kondisi bugar untuk pertandingan nanti. Dia masih sakit. Jadi dia absen," kata Lampard seperti dilansir Sportskeeda.

Lampard menambahkan, ada pemain lain yang juga kurang bugar selain Kante. Untuk itu, mantan gelandang Chelsea itu mengaku bakal memeriksa lagi kondisi terkini timnya.

Sejak didatangkan dari Leicester City, Kante menjadi bagian penting di lini tengah Chelsea. Perannya sebagai pemutus serangan lawan nyaris tidak tergantikan.

Alhasil, absennya Kante tentu merugikan bagi Chelsea di laga nanti. Apalagi, MU juga tengah meroket penampilannya setelah lima laga terakhir tak terkalahkan.

"Kami tahu mereka bermain baik dan punya lini depan bagus. Mungkin salah satu yang paling bagus di sini," kata Lampard.

 

Sebut Bruno Fernandes

Gelandang asal Prancis, N'Golo Kante, tampil fenomenal bersama Chelsea musim ini. Dia memenangkan dua penghargaan individu bergengsi. (AP Photo/Alastair Grant)
Gelandang asal Prancis, N'Golo Kante, tampil fenomenal bersama Chelsea musim ini. Dia memenangkan dua penghargaan individu bergengsi. (AP Photo/Alastair Grant)

Lebih lanjut, Lampard juga buka suara soal Bruno Fernandes. Menurutnya, pemain asal Portugal itu telah mengubah permainan MU secara signifikan.

"Tentu saja, ia telah membuat perbedaan ebsar. Jadi Anda bisa lihat kekuatan yang mereka bawa ke tim," kata Lampard.

"Kami harus percaya diri dan menghadapi ancaman mereka dan bersiap," ujarnya mengakhiri.

Jadwal Semifinal Piala FA

Jadwal Chelsea vs MU

Senin 20 Juli 2020

00.00 WIB, Chelsea vs Manchester United

Stadion Wembley

beIn Sports

Saksikan Video Chelsea di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memenuhi Kebutuhan dan Memulihkan Trauma Korban Banjir Bandang Masamba

Posted: 17 Jul 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Luwu Utara - l Pemerintah melalui Kementerian Sosial memastikan seluruh kebutuhan masyarakat terdampak banjir bandang di Masamba kabupaten Luwu Utara terpenuhi.

Untuk itu, Menteri Sosial Juliari P Batubara meminta bupati memastikan kebutuhan apa saja yang mendesak bagi masyarakat.

"Ibu bapak sekalian tidak perlu ragu komitmen Presiden Jokowi dalam mewujudkan negara hadir membantu warga di setiap bencana seperti di Luwu Utara ini. Ibu Bupati tidak perlu sungkan atau ragu jika membutuhkan tambahan bantuan kami. Kami siap menambah," kata Menteri Sosial Juliari P Batubara saat menyerahkan santunan korban meninggal di kantor Bupati Luwu Utara, Sabtu (18/7/2020).

Kebutuhan pengungsi yang paling mendasar saat ini adalah makanan dan air bersih. Untuk itu, ia memastikan dapur umum yang dioperasikan personil Taruna Siaga Bencana (TAGANA) tidak akan berhenti memasak makanan buat para pengungsi.

"Saya perintahkan TAGANA memasak secara maksimal. Dapur umum yang saya tinjau ini dipastikan terus melayani suplay makanan," imbuhnya.

Bantuan yang diberikan Kemensos hingga saat ini mencapai 2 miliar rupiah. Jumlah tersebut terdiri dari bantuan logistik, peralatan kebersihan dan santunan korban meninggal dunia. Bantuan ini akan bertambah seiring masih adanya korban banjir bandang yang belum diketemukan.

"Kita pastikan semua korban meninggal dunia dapat santunan. Hingga saat ini telah diberikan santunan kepada 23 ahli waris. Ini bisa kita tambah," imbuh Mantan Ketua IMI dua periode ini.

Kedatangan Menteri Sosial ke kabupaten Luwu Utara didampingi Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin dan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Safii Nasution.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah jumlah korban meninggal dunia yang telah ditemukan dan teridentifikasi sebanyak 32 orang. Sedangkan sebanyak 16 orang korban banjir masih dalam pencairan.

Memulihkan Trauma Pengungsi

Penduduk desa membawa barang-barang dari rumah mereka sebelum mengungsi setelah banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Rabu (15/7/2020).  Akibat banjir bandang tersebut mengakibatkan 16 orang meninggal dunia dan ratusan rumah tertimbun lumpur. (Hariandi HAFID / AFP)
Penduduk desa membawa barang-barang dari rumah mereka sebelum mengungsi setelah banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Rabu (15/7/2020). Akibat banjir bandang tersebut mengakibatkan 16 orang meninggal dunia dan ratusan rumah tertimbun lumpur. (Hariandi HAFID / AFP)

Selain memberikan bantuan berupa materiel, Kemensos juga menerjunkan tim layanan dukungan psiokososial (LDP) untuk memulihkan trauma pengungsi terutama anak-anak.

Layanan ini menjadi salah satu sarana bagi anak-anak yang mengungsi agar tidak terguncang jiwanya atau mengalami stres. Pemulihan secara psikososial ini sudah dilakukan sejak hari pertama bencana banjir terjadi.

"Jadi dukungan psikososial itu adalah kontak awal. Nah, bantuan psikososial dari sejak kejadian sudah datang. Kehadiran kita sebenarnya sudah memberikan penguatan," jelas Mensos.

Bapak dua anak ini sempat melakukan dialog dan bercanda dengan anak-anak di pengungsian. Mensos pun tidak segan-segan untuk menggendong anak-anak dan memberikan makanan serta alat permainan.

Sembari menghibur anak-anak di pengungsian, ia juga melakukan dialog dengan ibu-ibu di masjid samping kantor bupati yang dijadikan tempat pengungsian.

Sementara, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Pepen Nazaruddin mengatakan kemensos akan melakukan kegiatan psikososial yang terkonstruksi.

"Beberapa waktu setelah tiga minggu dari kegiatan yang sekarang, tim LDP akan memberikan lagi asesmen kira-kira bagaimana kondisinya. Kalau ternyata mereka sudah butuh kegiatan sekolah, berarti kita berkoordinasi dengan dinas pendidikan untuk membuat sekolah darurat becana dengan memperhatikan protokol kesehatan. Bisa secara online," ujarnya.

Pepen menjelaskan adanya tim LDP ini, anak-anak di pengungsian diharapkan lebih tenang menghadapi bencana yang bahkan merusak tempat tinggal mereka.

"Tim LDP akan menjangkau seluruh wilayah terdampak banjir bandang di Masamba kabupaten Luwu Utara, mereka bertugas memberikan rasa nyaman kepada korban banjir," tambah Pepen.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengaku senang dengan perhatian yang lebih diberikan Presiden Jokowi melalui Menteri Sosial.

"Perhatian yang besar dari Presiden ini dapat menambah semangat masyarakat Luwu Utara untuk bangkit. Kami bersama seluruh unsur pemerintahan, TNI, relawan dan masyarakat bahu membahu melakukan pembersihan dan evakuasi serta mencari korban yang belum di ketemukan," jelas Indah.

Indah mengaku fokus membuka akses jalan yang masih terisolir terutama pada akses jalan Nasional.

Menurutnya, hal itu penting dilakukan karena jalan tersebut menjadi jalur pendistribusian logistik bagi warga terdampak banjir.

"Mengingat inikan urat nadi lalu-lintas dan perekonomian, terutama untuk mendistribusikan logistik pada beberapa wilayah pengungsian di Kabupaten Luwu Utara," kata Indah.

Sejauh ini, kata Indah, bantuan bagi warga terisolir dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan roda dua.

"Misalnya di daerah pegunungan, di Kota Masamba mengingat memang aksesnya terputus. Jadi baik jembatan gantung dan jembatan betonnya terputus jadi kami cari jalan pegunungan," sebutnya.

BPBD Luwu Utara melansir data jumlah penduduk yang mengungsi ke sejumlah wilayah yang masih aman dari terjangan banjir bandang sungai Masamba. Jumlah pengungsi hingga saat ini sudah mencapai 14.483 jiwa. Jumlah pengungsi terbanyak berasal dari Masamba yakni 7.748 jiwa, disusul Baebunta 5.808 jiwa, kemudian Sabbang 927 jiwa.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siswa SMA/SMK Situbondo dan Bondowoso Pilih Pindah ke Pesantren

Posted: 17 Jul 2020 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Libur sekolah akibat pandemic COVID-19 terlalu lama dan pembelajaran di rumah secara dalam jaringan (daring) yang dianggap wali murid kurang efektif mendorong banyak siswa pindah ke pesantren. Hal itu laporan yang didapatkan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Situbondo

"Pendidikan di pesantren sudah masuk, jadi banyak siswa yang sudah mendaftar di SMA maupun SMK justru dipindah (ke pesantren). Ini saya baru terima laporan ada empat orang lagi siswa di Bondowoso juga dipindah ke pesantren," ujar Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Situbondo membawahi Bondowoso Sugiyono Eksantoso kepada wartawan di Situbondo, Jumat, 17 Juli 2020, seperti dikutip dari Antara.

Pihaknya juga menerima banyak keluhan dari kepala sekolah SMA maupun SMK mengenai terlalu lamanya siswa harus belajar di rumah secara dalam jaringan (daring) yang dianggap wali murid kurang efektif.

Kondisi itu yang menyebabkan banyak orangtua memilih memindahkan anaknya ke pesantren dan bisa jadi juga para wali murid kesulitan mengawasi terhadap anak mereka di rumah.

PPDB Belum Penuhi Pagu

Sejumlah siswi membuat lampion bernuansa imlek di SMA Negri 39 Jakarta, Selasa (21/1/2020). Kerajinan lukisan tersebut dibuat oleh siswa untuk menyambut hari imlek 2571 yang jatuh pada Sabtu (25/1) 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Sejumlah siswi membuat lampion bernuansa imlek di SMA Negri 39 Jakarta, Selasa (21/1/2020). Kerajinan lukisan tersebut dibuat oleh siswa untuk menyambut hari imlek 2571 yang jatuh pada Sabtu (25/1) 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ia meminta semua pihak saling memahami kebijakan belajar di rumah bukan kebijakan sekolah, melainkan sudah menjadi kebijakan nasional.

"Kami memang dilematis, seperti sekarang masa orientasi siswa atau MOS, tapi siswa tak boleh datang ke sekolah. Akhirnya kami menyiasati dengan cara datang bergantian, tapi tidak efektif," ujar dia.

Sugiyono menambahkan hingga saat ini penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK negeri di Situbondo dan Bondowoso belum memenuhi pagu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saling Unfollow, Ini 6 Potret Richard Kyle dan Jessica Iskandar saat Asuh El Barack

Posted: 17 Jul 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hubungan antara Richard Kyle dan Jessica Iskandar tengah hangat menjadi perbincangan publik. Pasangan selebriti ini dikabarkan saling unfollow di Instagram. Hubungan antara Richard Kyle dan Jessica Iskandar tengah diterpa masalah sehingga Jedar dan Richard Kyle sudah tidak saling mengikuti di media sosial Instagram.

Hal tersebut rupanya membuat banyak warganet yang berspekulasi jika dua pasangan ini akan membatalkan pernikahannya. Ragam momen manis sudah dilewati pasangan ini sebelum melangsungkan pernikahannya. Bridal Shower hingga prewedding pun sudah dilakukan Richard Kyle dan Jessica Iskandar.

Selain itu, Richard Kyle juga sudah terlihat sangat dekat dengan buah hati Jessica Iskandar yakni El Barack. Kebersamaan antara Richard Kyle dan El Barack sudah terlihat bak ayah dan anak kandung. 

Walaupun sudah saling unfollow, namun pasangan seleb ini tidak menghapus postingan kebersamaan keduanya. Dalam postingan keduanya, terlihat Richard Kyle dan Jedar sangat kompak ketika mengasuh El Barack. Kehangatan pasangan seleb ini ketika asuh El Barack kerap curi perhatian.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 potret kompak Richard Kyle dan Jessica Iskandar saat asuh El Barack, Sabtu (18/7/2020).

1. Richard Kyle dan Jessica Iskandar sudah terlihat sangat kompak ketika mengasuh El Barack.

Potret Kompak Richard Kyle dan Jessica Iskandar saat Asuh El Barack. (Sumber: Instagram.com/inijedar)
Potret Kompak Richard Kyle dan Jessica Iskandar saat Asuh El Barack. (Sumber: Instagram.com/inijedar)

2. Kebersamaan Richard Kyle bersama ibu dan anak ini kerap mencuri perhatian publik.

Potret Kompak Richard Kyle dan Jessica Iskandar saat Asuh El Barack. (Sumber: Instagram.com/inijedar)
Potret Kompak Richard Kyle dan Jessica Iskandar saat Asuh El Barack. (Sumber: Instagram.com/inijedar)

3. Aktor berusia 32 tahun ini cukup sering mengunggah momen manis dirinya saat bersama Jedar dan el Barack.

Potret Kompak Richard Kyle dan Jessica Iskandar saat Asuh El Barack. (Sumber: Instagram.com/richo_kyle)
Potret Kompak Richard Kyle dan Jessica Iskandar saat Asuh El Barack. (Sumber: Instagram.com/richo_kyle)

4. Kehangatan antara Richard Kyle dan El Barack ini sudah terlihat bak ayah dan anak kandung ya.

Potret Kompak Richard Kyle dan Jessica Iskandar saat Asuh El Barack. (Sumber: Instagram.com/inijedar)
Potret Kompak Richard Kyle dan Jessica Iskandar saat Asuh El Barack. (Sumber: Instagram.com/inijedar)

5. Walaupun kini hubungan Richard Kyle dan Jedar sedang dalam masalah dan saling unfollow, keduanya tidak saling menghapus postingan kebersamaan mereka.

Potret Kompak Richard Kyle dan Jessica Iskandar saat Asuh El Barack. (Sumber: Instagram.com/richo_kyle)
Potret Kompak Richard Kyle dan Jessica Iskandar saat Asuh El Barack. (Sumber: Instagram.com/richo_kyle)

6. El Barack sudah terlihat sangat dekat dengan aktor kelahiran Melbourne, Australia ini.

Potret Kompak Richard Kyle dan Jessica Iskandar saat Asuh El Barack. (Sumber: Instagram.com/inijedar)
Potret Kompak Richard Kyle dan Jessica Iskandar saat Asuh El Barack. (Sumber: Instagram.com/inijedar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Berikan Sertifikat Kesesuaian SNI Embrio Ternak kepada BET Cipelang

Posted: 17 Jul 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI (Ditjen PKH Kementan) terus mengontrol kualitas mutu Unit Pelaksana Tugas (UPT) yang berada di bawah Ditjen PKH. Salah satunya, Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang.

BET yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat ini sukses mendapatkan Sertifikat Kesesuaian SNI Embrio Ternak dari Kementan. Sejauh ini BET Cipelang dinilai sudah mampu menjadi sumber benih dan bibit unggul nasional.

"Selamat kepada BET Cipelang yang telah memperoleh Sertifikat Kesesuaian SNI. Pemberian sertifikat ini semoga bisa menjadi motivasi untuk menjadi UPT sumber benih dan bibit unggul nasional yang berkelanjutan," ujar Dirjen PKH, I Ketut Diarmita.

Secara terpisah, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Ditjen PKH, Sugiono sudah menyerahkan secara langsung Sertifikat Kesesuan SNI Embrio Ternak kepada BET Cipelang yang diterima oleh Kepala Balai, Oloan Parlindungan.

Sugiono menjelaskan, Sertifikat Kesesuaian SNI ini merupakan jaminan tertulis yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) bahwa produk yang dihasilkan oleh produsen tersebut sudah sesuai dengan standar (SNI) yang menjadi acuannya.

"Ini merupakan jaminan tertulis yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) bahwa produk yang dihasilkan oleh produsen tersebut sudah sesuai dengan standar (SNI)," jelas Sugiono.

Sugiono menambahkan, hal ini merupakan salah satu prestasi untuk Kementan, Ditjen PKH dan BET Cipelang itu sendiri. Berhasilnya BET Cipelang mendapat sertifikat juga sekaligus membuktikan bahwa produk embrio yang dihasilkan memiliki mutu dan kualitas baik.

"Saya sangat senang dengan pemberian sertifikat kesesuian SNI ini, karena merupakan salah satu prestasi yang bisa kami raih dan sertifikat ini juga mendukung Sikomandan yang berdaya saing, sehingga menjadikan pertanian makin maju, mandiri dan modern," papar dia.

Lebih lanjut, Sugiono menyebut bahwa Ditjen PKH Kementan terus berupaya menghasilkan benih dan bibit berkualitas.

Sebagai informasi, embrio memerlukan penanganan khusus agar dapat berkembang menjadi individu yang mewarisi sifat unggul tetuanya. Benih dan bibit ternak memiliki peran yang penting dan strategis dalam upaya meningkatkan produksi dan produktivitas ternak.

"Sehingga perlu diusahakan agar benih dan bibit yang diproduksi dan diedarkan tetap terjamin mutunya sesuai standar," imbuh Sugiono. Seperti yang tercantum dalam Undang Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan Bab IV Pasal 13 ayat (5) yang menyebutkan bahwa setiap benih atau bibit yang beredar wajib memiliki sertifikat benih atau bibit yang memuat keterangan mengenai silsilah dan ciri-ciri keunggulannya.

Saat ini embrio yang dihasilkan BET Cipelang sudah memenuhi SNI 7880.1:2013 Embrio ternak-Bagian 1:Sapi. Sampai dengan bulan Juni BET Cipelang sudah memproduksi 786 embrio dari target 945 embrio tahun ini. Rata-rata per tahun BET Cipelang bisa menghasilkan 800 embrio ternak.

Mengacu pada Peraturan Pemerintah No 48 tahun 2011 tentang sumber daya genetik hewan dan perbibitan ternak, bibit didefinisikan sebagai ternak yang mempunyai sifat unggul dan mewariskannya serta memenuhi persyaratan tertentu untuk dikembangbiakkan. Sedangkan benih adalah bahan reproduksi ternak yang berupa mani, sel telur, telur tertunas, dan embrio.

Untuk memperoleh sertifikat Kesesuaian SNI, produsen benih/bibit harus melaksanakan kaidah kaidah perbibitan seperti identifikasi, pencatatan (recording) maupun seleksi. Pelaksanaan dan penerapan Good Breeding Practices di produsen yang optimal, Standar Nasional Indonesia (SNI) serta didukung dengan sistem manajemen mutu yang berkelanjutan.

Keseluruhan ketentuan tersebut dinilai oleh Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) Benih dan Bibit Ternak, LSPro Benih dan Bibit Ternak yang merupakan lembaga penilai kesesuaian yang berkedudukan di Ditjen PKH Kementan. LSPro Benih dan Bibit Ternak dibentuk berdasarkan Permentan Nomor 75 tahun 2011 tentang lembaga sertifikasi produk bidang pertanian.

Seperti yang disebutkan dalam Undang Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan Bab IV Pasal 13 ayat (6) dikatakan sertifikat benih atau bibit sebagaimana dimaksud pada ayat (6) dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi benih atau bibit yang terakreditasi atau yang ditunjuk oleh Menteri.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Siapkan Skema Plt dan Pjs dalam Pilkada Serentak 2020

Posted: 17 Jul 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyiapkan skema Pelaksana Tugas (Plt) dan Pejabat Sementara (Pjs) dalam Pilkada Serentak 2020. Skema ini disiapkan untuk mengantisipasi kekosongan kepala daerah yang maju dalam Pilkada 2020.

"Bagi kepala daerah yang tidak maju dia tetap menjabat, kalau kepala daerahnya maju maka wakilnya yang menjadi Plt, kalau dua-duanya pasangannya maju maka harus diganti dengan Pjs," kata Tito dikutio dari keterangan pers, Sabtu (18/7/2020).

Menurut dia, dasar hukum terkait Plt mengacu pada Pasal 65 dan 66 Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Pemda).

Tito menyatakan, Plt akan dijabat oleh Wakil Gubernur, Wakil Bupati dan Wakil Wali Kota. Hal ini apabila Gubernur, Bupati dan Wali Kota di suatu daerah sedang berhalangan sementara.

Sementara itu, Pjs dipilih jika pada saat pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah petahana maju kembali dalam Pilkada, ada kewajiban untuk cuti sepanjang masa kampanye.

"Pjs nanti akan diajukan kepada Kemendagri, nanti Kemendagri akan menentukan," ujar Tito.

Pilkada Serentak 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia meliputi, 9 Provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Pemungutan suara Pilkada 2020 mulanya digelar pada 23 September. Namun, hari pencoblosan diundur menjadi 9 Desember 2020 akibat Covid-19.

Kemendagri Sebut Pencairan Dana Pilkada 2020 Sudah Capai 69 Persen

Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri melaporkan perkembangan terkait pendanaan dan pencairan Pilkada 2020.

Plt Dirjen Bina Keuda, Mochammad Ardian mengatakan, sekitar Rp 15 triliun anggaran Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk KPUD, Bawaslu, dan pengamanan,  sudah disalurkan Rp 10,4 triliun.

"Realisasi sebesar Rp 10,4 triliun atau 69,45 persen. Sisa pencairan telah mencapai Rp 4,6 triliun atau 30,55 persen," kata Ardian soal dana pilkada, Rabu (15/7/2020).

Adapun rinciannya, untuk KPUD sudah tersalurkan Rp 7,5 triliun; Bawaslu Rp 2,4 triliun, dan pengamanan Rp 434 miliar.

Ardian pun merinci sudah 140 daerah yang sudah 100 persen menyalurkan dananya untuk Pilkada 2020 ke KPUD. Untuk provinsi ada 4 yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Barat, serta 136 Kabupaten/Kota.

"137 Daerah yang telah transfer 100 persen ke Bawaslu, termasuk 5 provinsi yakni Sumatera Barat, Jambi, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dan 132 Kabupaten/Kota," tutur Ardian.

Sementara, ada 42 daerah sudah menyalurkan dana 100 persen untuk keamanan. Dia merinci, 2 adalah Provinsi Jambi, dan Kalimantan Tengah dan 40 kabupaten/kota.

Menurut Ardian, pihaknya akan selalu memantau penyaluran dana tersebut.

"Kemendagri memiliki data real time setiap hari isi kas daerah," pungkas Ardian

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potensi Modifikasi Gerobak Listrik Gelis di Mata Kemenperin

Posted: 17 Jul 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia dan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) menggelar kontes modifikasi Gelis Tuner Competition. Ajang ini merupakan kontes modifikasi gerobak listrik bermerek Gelis.  

Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin RI, mengungkapkan potensi besar dari ajang modifikasi ini.

"Gelis ini merupakan suatu ikon untuk memperkenalkan teknologi listrik di masyarakat. Ini juga bisa menciptakan ekosistem sumber energi renewable," ungkapnya saat teleconference Gelis Tuner Competition, Jumat (17/7).

Menurut Putu, nanti gerobak listrik (Gelis)bisa dipasang panel surya. " Jadi sambil jualan, bisa menangkap sinar matahari untuk mengecas baterai. Saat gerobak listrik dibawa pulang, energi bisa digunakan untuk penerangan atau hal produktif lainnya, " sambung Putu.

Selain itu, teknologi tersebut akan berguna di area remote. " Ini sangat strategis, misalkan dulu ada masyarakat yang susah belajar karena lampu kurang sesuai, dengan adanya teknologi ini dapat penerangan yang bagus. Proses pembelajaran tentu akan berbeda, jadi banyak harapan dari kegiatan ini, kami sangat percaya," pungkas Putu.

Gelis Tuner Competition, Wujud Nyata Kemenperin Dukung Industri Modifikasi

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia dan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) menggelar kontes modifikasi Gelis Tuner Competition.

Berbeda dengan kontes modifikasi lainnya, Gelis Tuner Competition merupakan kontes modifikasi kendaraan listrik roda tiga bermerek Gelis. 

Kegiatan ini merupakan kerja sama Kemenperin dan NMAA bersama PT Solar Panel Indonesia (SPI) selaku produsen Gelis. Kontes ini diharapkan dapat memicu produktivitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan tetap mengikuti perkembangan zaman menggunakan kendaraan penunjang usaha yang ramah lingkungan, fungsional, dan terjangkau.

"Gelis yang 100% berpenggerak motor listrik berbasis sumber daya listrik dari baterai merupakan implementasi amanah Perpres 55 tahun 2019, untuk percepatan kendaraan listrik di jalan raya. Gelis akan memenuhi kebutuhan kalangan masyarakat luas, menyentuh level grass root untuk turut serta merasakan sensasi teknologi kendaraan listrik yang efisien, harga terjangkau, dan ramah lingkungan dalam menjalankan kegiatan usaha produktif. Introduksi Gelis sekaligus akan menjadi media kreativitas bagi modifikator mewujudkan talentanya dan pengembangan komponen dan parts ," jelas Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin RI.   

Adu Gagasan

Dalam kegiatan ini dipilih 3 modifikator terbaik yang masing-masing memiliki keahlian di bidangnya. Mereka ditantang untuk membuat konsep modifikasi kendaraan roda tiga listrik Gelis dengan mengedepankan unsur entrepreneurship atau fungsi yang sejalan dengan jenis usahanya, tanpa mengesampingkan tampilan kendaraan yang menarik.

Ketiga modifikator (tuner) tersebut adalah; Marco Chendra – workshop cat merek Raptor dan builder kendaraan offroad, Yomin Sugianto – workshop spesialis lampu  dan estetika eksterior Yoong Motor, dan Aldhy Rais – workshop spesialis velg dan lifestyle HSR.

Dana Modifikasi

Ketiga modifikator telah menerima kendaraan roda tiga listrik Gelis berjenis DC motor 800W beberapa waktu lalu termasuk uang tunai Rp15 juta yang menjadi nilai modifikasi yang akan dikerjakan. Nantinya, ketiga karya modifikasi kendaraan roda tiga listrik Gelis tersebut akan diluncurkan pada Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 - Hybrid Event, 10 Oktober mendatang, mereka akan memperebutkan kategori bergengsi yaitu: Piala Menteri Perindustrian RI.

"Tentu saja kita akan disuguhkan satu lagi tontonan menarik dengan hadirnya ketiga Gelis modifikasi tersebut pada IMX 2020 yang diselenggarakan secara online. Kami di NMAA sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Kemenperin dan PT Solar Panel Indonesia melalui 'Gelis Tuner Competition' ini. Mengingat lewat kompetisi tersebut secara tersirat memunculkan karakter industri modifikasi Tanah Air yang selalu berkolaborasi, sebagaimana yang kami selalu gaungkan di setiap penyelenggaraan IMX," ulas Andre Mulyadi, NMAA founder sekaligus IMX Project Director.

Saat kemunculannya di IMX 2020 nanti, kendaraan roda tiga listrik Gelis karya masing-masing modifikator akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari beberapa unsur. Masing-masing Kemenperin, perwakilan SPI, Kemenhub, serta NMAA. Kendaraan tersebut nantinya dinilai berdasarkan unsur-unsur yang mendukung kewirausahaan, keselamatan dan keamanan untuk di jalan raya, juga tentu saja penampilan.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan PAN Solo Dukung Gibran Rakabuming Raka Jadi Calon Wali Kota Solo

Posted: 17 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Solo - Turunnya rekomendasi DPP PDIP kepada Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam Pilkada Solo menyebabkan partai besutan Amien Rais, DPD PAN Solo memberikan dukungan kepada pasangan tersebut.

Menurut Ketua DPD PAN Solo Achmad Sapari, DPP PAN telah memerintahkan kepada DPD PAN Solo untuk memberikan dukungan kepada pasangan Gibran-Teguh pada Pilkada Solo.

"Untuk PAN Solo memang diperintah utuk mendukung saudara Gibran dan saudara Teguh di Pilkada Solo," kata dia di Solo, Jumat, 17 Juli 2020.

Sapari mengungkapkan, pertimbangan yang mendasari untuk memberikan dukungan kepada pasangan Gibran-Teguh lantaran partai pengusung pasangan tersebut, PDIP, merupakan partai penguasa di Solo.

Selain itu juga, pertimbangan lainnya, pasangan tersebut diharapkan bisa memajukan Kota Solo lebih baik.

"Pertimbangannya karena satu sisi, kita harus realistis bahwa masyarakat Solo saat ini mendukung PDIP. Dan kami juga punya tujuan, siapa pun yang jadi wali kota harus memajukan Solo untuk masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera," ujar dia.

Jalin Komunikasi

Munculnya dukungan tersebut tidak serta merta tanpa melakukan penjajakan dengan partai pengusung. 

Menurutnya, jajaran pengurus PAN Solo telah menjalin komunikasi dengan sejumlah pengurus PDIP Solo. Meski demikian, ia mengaku komunikasi dengan pasangan calon baru itu sebatas kepada Teguh Prakosa sebagai calon wakil wali kota.

"Justru dengan Pak Teguh dan teman-teman PDIP tiap hari komunikasinya," ucapnya.

Sedangkan, pertemuan dengan Gibran, Sapari mengatakan pihaknya masih menungu waktu yang tepat. Namun, tim yang dibentuknya untuk melakukan pendekatan dengan Gibran sudah berhasil menemuinya.

"Saya punya tim yang sudah pendekatan memang tim sudah ketemu dan suatu saat, kita akan bertemu dengan Mas Gibran dan partai pendukung," kata dia.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Huawei MatePad T10s Nongol di Internet Curi Perhatian

Posted: 17 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang tablet MatePad T10 dan T10s mencuri perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (17/7/2020).

Selain itu, artikel tentang deretan produk terbaru Realme yang akan meluncur, dan layanan terbaru Zenius juga banyak dicari oleh pembaca.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Huawei MatePad T10s Muncul di Geekbench

Huawei dilaporkan sedang menyiapkan MatePad T10 dan T10s. Informasi tentang keduanya pun sudah beredar di ranah internet.

Dilansir dari GSM Arena, Jumat (17/7/2020), informasi tentang tablet Huawei itu kembali muncul. Kali ini di benchmark platform, Geekbench.

Perangkat dengan nomor model AGS3-AL09HN muncul di Geekbench. Perangkat tersebut diyakini sebagai Huawei MatePad T10s.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Realme Ungkap Deretan Produk Anyar, Ada Smart TV hingga Smartphone 5G

Realme baru saja mengumumkan sejumlah rencananya untuk pasar Indonesia pada semester dua tahun ini.

Melalui acara bertajuk Trend Tech Talk, perusahaan asal Tiongkok itu mengungkap deretan produk yang bakal dihadirkan di pasar Tanah Air.

Salah satu rencana yang akan dilakukan Realme adalah meluncurkan smartphone 5G ke Indonesia.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. Zenius Umumkan Layanan dan Logo Baru Sambut Tahun Ajaran 2020/2021

Zenius baru saja mengumumkan logo dan fitur baru bersamaan dengan Tahun Ajaran Baru.

Rebranding ini sekaligus menandai 16 tahun berdirinya Zenius sebagai salah satu platform teledukasi.

"Kami merasa awal tahun ajaran baru 2020-2021 merupakan saat yang tepat untuk Zenius menyongsong masa depan pendidikan Indonesia, dan berevolusi demi menghadirkan pengalaman belajar yang berkualitas," tutur CEO Zenius Education Rohan Monga dalam keterangan resmi, Jumat (17/7/2020).

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Corona COVID-19 Capai 14 Juta di Dunia, Indonesia Hampir Salip China

Posted: 17 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Akhir pekan ini, kasus Virus Corona (COVID-19) di dunia mencapai 14.049.207 kasus. Sudah ada tiga negara yang kasusnya tembus satu juta.

Berdasarkan data Johns Hopkins University, Sabtu (18/7/2020), kasus tertinggi berada di Amerika Serikat dengan total 4,6 juta kasus. Berikutnya ada Brasil yang genap mencapai 2 juta kasus.

Total kematian di AS adalah 139 ribu kasus dan di Brasil mencapai 77 ribu kasus. Pasien meninggal di India jumlahnya lebih kecil, yakni 25 ribu kasus.

India berada di peringkat selanjutnya dengan 1 juta kasus. Daftar 10 besar negara dengan kasus corona tertinggi didominasi oleh negara berkembang seperti Meksiko, Peru, dan Chili.

Indonesia memiliki kasus sebanyak 83.130. Jumlah itu nyaris menyalip kasus di China sebanyak 85.314 kasus. Tiap harinya, kasus di Indonesia sering bertambah di atas seribu kasus.

Kasus corona di Asia Selatan juga patut disorot. Bangladesh dan Pakistan masing-masing mencatat 199 ribu kasus dan 259 ribu kasus.

Selain AS, negara maju lain yang masuk 10 besar kasus terbanyak adalah Inggris dengan total 294 ribu kasus. Peringkat negara Eropa lain seperti Prancis dan Jerman sudah makin turun.

Kemarin, Pasien Tambah 1.462 di Indonesia

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto saat konferensi pers Corona di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (9/7/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/Fotografer Dume Sinaga)
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto saat konferensi pers Corona di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (9/7/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/Fotografer Dume Sinaga)

Jumlah orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona Covid-19 terus mengalami penambahan.

Pada hari ini, Jumat (17/7/2020), sebanyak 1.462 orang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona Covid-19. 

"Kasus konfirmasi positif pada hari ini bertambah 1.462 sehingga totalnya menjadi 83.130 orang," ujar Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto melalui jumpa pers daring di Graha BNPB Jakarta, Jumat kemarin.

Seiring dengan bertambahnya angka positif, jumlah pasien yang sembuh dan sudah dinyatakan negatif Corona Covid-19 juga mengalami penambahan.

Ada 1.489 orang pada hari ini sudah dinyatakan sembuh. Jadi, total akumulatif hingga saat ini, sebanyak 41.834 orang di Indonesia berhasil sembuh dari Corona Covid-19.

Untuk penambahan angka kasus meninggal dunia ada 84 orang pada hari ini. Sehingga, total akumulatif, ada 3.957 orang yang meninggal dunia di Indonesia akibat terinfeksi virus Corona Covid-19.

Data update pasien virus Corona Covid-19 ini tercatat sejak Kamis, 16 Juli 2020 pukul 12.00 WIB hingga hari ini pukul 12.00 WIB.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Potret Menipu Mata yang Buatmu Harus Melihat Dua Kali

Posted: 17 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Otak manusia dapat memproses seluruh gambar yang dilihat mata dalam waktu 13 milidetik. Namun, untuk foto atau gambar yang membuat Anda berpikir, mungkin butuh waktu lebih lama untuk diproses.

Bisa saja Anda justru harus melihatnya dua kali baru mengetahui gambar apa itu sebenarnya. Tak percaya, coba perhatikan foto-foto di bawah ini deh.

Artikel tentang foto-foto yang menipu mata menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang tanda pria mencintai dengan tulus.

Sementara itu artikel tentang bocah yang  hancurkan kastil kaca tiup terbesar di dunia menjadi yang terpopuler ketiga.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 8 Potret Menipu Mata Ini Buatmu Harus Melihat Dua Kali

Doc: Reddit
Doc: Reddit

Foto-foto berikut ini membuatmu harus melihatnya dua kali jika ingin benar-benar memahami apa foto tersebut. 

Selengkapnya...

2. 5 Tanda yang Tunjukkan Bahwa Pria Mencintaimu dengan Tulus

Ilustrasi kencan. Sumber foto: unsplash.com/Priscilla Du Preez.
Ilustrasi kencan. Sumber foto: unsplash.com/Priscilla Du Preez.

Banyak wanita yang bertanya-tanya dan tak yakin dengan ketulusan hati pasangan meski telah menjalin asmara lama.

Padahal, kamu bisa melihat beberapa tanda pada dirinya yang menunjukkan apakah dia benar-benar mencintai Anda atau tidak.

Selengkapnya...

3. Berlarian di Museum, Bocah Ini Hancurkan Kastil Kaca Terbesar di Dunia

Doc: CGTN
Doc: CGTN

Mengasuh anak adalah tanggung jawab yang sulit, karena Anda akan bertanggung jawab atas tindakan dan konsekuensi anak Anda. Seperti kisah berikut ini dari China.

Sepasang suami-istri diminta pertanggung jawaban atas perbaikan kastil kaca yang hancur akibat ulah anak mereka. Insiden itu sendiri terjadi di Museum Kaca Shanghai.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirut: Dana Talangan Rp 8,5 Triliun Tak Cukup Selamatkan Garuda Indonesia

Posted: 17 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra blak-blakan soal pemberian dana talangan Rp 8,5 triliun dari pemerintah. Dia bercerita terkait bantuan tersebut kepada Raffi Ahmad saat melakukan bincang virtual di akun Instagram @garuda.indonesia pada Jumat (17/7/2020) malam.

"Kemarin Alhamdulillah pemerintah ngasih dana talangan Rp 8,5 triliun," kata Irfan, seperti dikutip Sabtu (18/7/2020).

Mendengar pernyataan tersebut, Raffi tercengang atas pemberian dana yang dianggapnya tidak sedikit itu. Namun, Irfan segera menimpali.

"Enggak cukup itu bos, enggak cukup. Bos, penumpang kita tinggal 10 persen. Tinggal 10 persen," ujar Irfan.

Menurut Irfan, kondisi Garuda Indonesia saat ini memang tengah kesulitan, meski bakal menerima dana talangan Rp 8,5 triliun yang berbentuk mandatory convertible bond (MCB) atau obligasi wajib konversi.

 

Operasional Pesawat

Ilustrasi maskapai penerbangan Garuda Indonesia saat berhenti di apron Bandara Adi Soemarmo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)
Ilustrasi maskapai penerbangan Garuda Indonesia saat berhenti di apron Bandara Adi Soemarmo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Terlebih, ia menambahkan, Garuda Indonesia tetap harus mengeluarkan ongkos untuk 70 persen pesawatnya yang kini tidak dipakai.

"Jadi 70 persen pesawat kita tuh parkir sekarang. Sedih juga sih, sedih banget. Tapi gimanapun kita musti bayar, karena pesawat kita semuanya tuh sewa," sebut dia.

"Dan memang dengan kondisi ini kita memang mengalami kerugian yang sangat dalam, sangat-sangat dalam. Sampai sekarang masih rugi, tapi kita akan optimis lah kalau ini lewat kita bisa lalui ini dengan baik," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Richard Kyle Akui Rindu pada El Barack, Anak Jessica Iskandar

Posted: 17 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan Richard Kyle dengan Jessica Iskandar sedang dipertanyakan masyarakat. Banyak yang menduga pertunangan Richard Kyle dan Jessica Iskandar sudah putus.

Dugaan itu didasari oleh kenyataan bahwa Richard Kyle dan Jessica Iskandar sudah tak saling follow Instagram satu sama lainnya. Ditambah lagi, unggahan kakak Jessica Iskandar, Erick Iskandar, diduga menyindir Richard Kyle.

Rasa penasaran warganet tergambar jelas di kolom komentar Instagram Richard Kyle. Banyak yang mempertanyakan kejelasan hubungan Richard Kyle dengan Jessica Iskandar.

Dari banyaknya komentar-komentar tersebut, terselip pertanyaan tentang bagaimana perasaan Richard Kyle kepada putra Jessica Iskandar, El Barack.

 

Rindu

Richard Kyle bersama Jessica Iskandar dan El Barrack. (Instagram/richo_kyle)
Richard Kyle bersama Jessica Iskandar dan El Barrack. (Instagram/richo_kyle)

Seorang warganet bertanya apakah Richard Kyle rindu kepada El Barack, anak Jessica. Pertanyaan itu langsung dijawab oleh Richard Kyle.

"Do you miss el Barack?" tanya @brillianesls_.

"@brillianesls_ yes of course 😔," jawab Richard Kyle.

 

Temui

Unggahan Richard Kyle. (instagram.com/richo_kyle)
Unggahan Richard Kyle. (instagram.com/richo_kyle)

Melihat jawaban Richard Kyle itu, banyak warganet yang menyarankannya untuk menemui El Barack. Mereka meyakini El Barack juga merasakan hal yang sama.

"@richo_kyle temuin bang dia pasti happy 😍," pinta @_yunix.

"@richo_kyle aku sedih bang...temui dan selesaikan baik2 &peluk mereka.😢," timpal @rina_bayu_murti.

"@richo_kyle @alexanderbarackel sangat sayang & cinta sama kakak, el tahunya kak richad sosok ayahnya, & pertama kali el bilang dady, aku sedih, temui dia kak, please 🙏," harap @putriayu9008.

 

Balikan

Terlepas dari itu, tidak sedikit juga yang berharap Richard Kyle menjalin hubungan kembali dengan Jessica Iskandar.

"@richo_kyle please aku dukung kamu sama Jessica kalian pasangan cocok dan el seneng bngt punya Daddy kaya kamu ??? Selesaikan baik baik temui mrka semua akan indah pada waktunya pasti kalian akan di persatukan kembali...," tulis @natasyasyhliaaa.

"@richo_kyle pleasee usha baikan lg sma k jesicaaa," tambah @wilhlr.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bansos Masker Mulai Disalurkan Pemerintah Jawa Barat di Masa AKB COVID-19

Posted: 17 Jul 2020 09:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jawa Barat - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mulai menyalurakan masker dalam paket bantuan sosial (bansos) tahap II sebanyak lima helai. Targetnya yaitu 1.392.407 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) Non Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai penerima bansos tahap II.

Menurut Ketua Divisi Pemberdayaan Aparatur, Non Aparatur, dan Masyarakat, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Dudi Sudradjat Abdurachim, masker dipilih menjadi komoditas bansos guna menyambut Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Ada penambahan masker untuk mengantisipasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Itu atas dasar kesepakatan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar," kata Dudi dalam keterangan resminya di Bandung, Sabtu, 18 Juli 2020.

Dudi menjelaskan alasan dimasukkannya masker dalam penyaluran bansos karena pemakaian masker amat krusial pada masa AKB. Saat kegiatan ekonomi dibuka bertahap dan masyarakat mulai beraktivitas, penggunaan masker dapat menekan risiko penularan COVID-19 di ruang publik.

 

Wajib Pakai Masker di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi COVID-19

Pemerintah Provinsi Jabar mewajibkan pemakaian masker bagi masyarakat yang beraktivitas di ruang publik. Pelanggar aturan yang kini tengah digodog tersebut bisa dikenai sanksi, mulai dari kerja sosial sampai denda.

"Pemberlakuan sanksi tersebut bertujuan meningkatkan kedisiplinan masyarakat terapkan protokol kesehatan di ruang publik. Sebab, kedisiplinan masyarakat amat penting dalam pencegahan penularan COVID-19," kata Dudi.

Selain melalui bansos, lanjut Dudi, penyediaan masker dilakukan Pemerintah Provinsi Jabar dengan membeli 10 juta masker produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pembelian masker juga mampu merangsang UMKM Jabar yang terpuruk karena pandemi.

 

Pembelian Masker Dibagi Dua Tahap

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Kusmana Hartadji mengaku, pembelian masker UMKM ini dibagi dua tahap. Tahap pertama masker yang dibeli sebanyak 2 juta masker dari 200 UMKM. Sementara pada tahap dua Pemda Provinsi Jabar memesan 8 juta masker dari sekitar 400-500 UMKM.

"Tahap pertama ini sudah dilakukan. Masker sudah didistribusikan ke lembaga, dinas, pasar, pesantren dan lainnya. Tanggapan dari UMKM bagus ya. Minimal tukang jahit tertolong, produksi bangkit lagi, yang kerja juga tertolong dan ada keuntungan," kata Kusmana.

Selama empat bulan pandemi Corona, tercatat 37.119 UMKM di 27 kabupaten dan kota terpuruk. Berdasarkan survei bulan April atau satu bulan setelah kasus positif pertama COVID-19 di Indonesia diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020, 97 persen UMKM menurun produksinya dan 40 persen di antaranya berhenti beroperasi.

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 36 Korban Banjir Luwu Telah Ditemukan

Posted: 17 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 36 korban banjir bandang di wilayah Luwu Utara ditemukan Tim SAR Gabungan. Pemerintah setempat menutup lokasi bencana karena air kembali menggenangi wilayah tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Semifinal Piala FA Arsenal vs Manchester City: Arteta Mengeluh Sulit Juara

Posted: 17 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Arsenal akan meladeni Manchester City pada semifinal Piala FA di Stadion Wembley, Minggu (19/7/2020) dinihari WIB. Jelang laga, pelatih Arsenal, Mikel Arteta mengatakan, Piala FA kini sulit dimenangkan.

"Sekarang lebih sulit menjuarainya daripada sebelum-sebelumnya," kata Arteta seperti dilansir Sportskeeda.

Arsenal punya sejarah mentereng di Piala FA. Meriam London tercatat sudah 12 kali memenangkan trofi ini.

Namun demikian, Arsenal belakangan menukik performanya. Mereka tidak lagi dapat bersaing di papan atas Liga Inggris.

Arteta pun mengakui, Liga Inggris merupakan kompetisi yang sulit. Maka dari itu, pelatih asal Spanyol tersebut menganggap banyak klub yang kini beralih ke Piala FA.

"Klub-klub besar tahu betapa sulit Liga Inggris dan Liga Champions. Mereka butuh trofi dan mereka pun mengerahkan kemampuan di kompetisi ini," kata Arteta.

 

Terbiasa Rotasi

Pemain Manchester City Phil Foden (kiri) berebut bola dengan pemain Arsenal pada laga Premier League di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Rabu (17/6/2020). Manchester City menang dengan skor 3-0. (PETER POWELL/POOL/AFP)
Pemain Manchester City Phil Foden (kiri) berebut bola dengan pemain Arsenal pada laga Premier League di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Rabu (17/6/2020). Manchester City menang dengan skor 3-0. (PETER POWELL/POOL/AFP)

Lebih lanjut, Arteta mengatakan, banyak klub dulu terbiasa merotasi pemain di Piala FA. Selain itu, klub-klub juga lebih memilih mengandalkan pemain muda di turnamen tertua di Inggris tersebut.

"Saya kira banyak klub dulu lebih sering menjadikan turnamen ini untuk merotasi tim dan memberi kesempatan pemain muda," katanya.

"Lihat saja di semifinal, banyak pemain yang dirotasi. Lihat banyak klub yang ingin mendapat trofi," ujarnya mengakhiri.

Jadwal Semifinal Piala FA

Berikut jadwal semifinal Piala FA

01.45 WIB, Arsenal vs Manchester City

Stadion Wembley

Saksikan Video Arsenal di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Puluhan Bayi Antelop Tibet Berhasil Diselamatkan

Posted: 17 Jul 2020 09:00 PM PDT

Seorang staf merawat seekor bayi antelop Tibet di stasiun perlindungan Danau Zonag di Hoh Xil, Provinsi Qinghai, China barat laut (16/7/2020). Danau Zonag di Hoh Xil dikenal sebagai
Seorang staf merawat seekor bayi antelop Tibet di stasiun perlindungan Danau Zonag di Hoh Xil, Provinsi Qinghai, China barat laut (16/7/2020). Danau Zonag di Hoh Xil dikenal sebagai

Seorang staf merawat seekor bayi antelop Tibet di stasiun perlindungan Danau Zonag di Hoh Xil, Provinsi Qinghai, China barat laut (16/7/2020). Danau Zonag di Hoh Xil dikenal sebagai

Seorang staf memberi makan bayi antelop Tibet di stasiun perlindungan Danau Zonag di Hoh Xil, Provinsi Qinghai, China (16/7/2020). Petugas patroli berhasil menyelamatkan 11 ekor bayi antelop Tibet di cagar alam nasional Hoh Xil pada tahun ini. (Xinhua/Xue Yubin)
Seorang staf memberi makan bayi antelop Tibet di stasiun perlindungan Danau Zonag di Hoh Xil, Provinsi Qinghai, China (16/7/2020). Petugas patroli berhasil menyelamatkan 11 ekor bayi antelop Tibet di cagar alam nasional Hoh Xil pada tahun ini. (Xinhua/Xue Yubin)

Seorang staf memberi makan bayi antelop Tibet di stasiun perlindungan Danau Zonag di Hoh Xil, Provinsi Qinghai, China (16/7/2020). Petugas patroli berhasil menyelamatkan 11 ekor bayi antelop Tibet di cagar alam nasional Hoh Xil pada tahun ini. (Xinhua/Xue Yubin)

Seorang staf menggendong seekor bayi antelop Tibet di stasiun perlindungan Danau Zonag di Hoh Xil, Provinsi Qinghai, China barat laut (16/7/2020). Danau Zonag di Hoh Xil dikenal sebagai
Seorang staf menggendong seekor bayi antelop Tibet di stasiun perlindungan Danau Zonag di Hoh Xil, Provinsi Qinghai, China barat laut (16/7/2020). Danau Zonag di Hoh Xil dikenal sebagai

Seorang staf menggendong seekor bayi antelop Tibet di stasiun perlindungan Danau Zonag di Hoh Xil, Provinsi Qinghai, China barat laut (16/7/2020). Danau Zonag di Hoh Xil dikenal sebagai

Seorang staf memberi makan bayi antelop Tibet di stasiun perlindungan Danau Zonag di Hoh Xil, Provinsi Qinghai, China (16/7/2020). Petugas patroli berhasil menyelamatkan 11 ekor bayi antelop Tibet di cagar alam nasional Hoh Xil pada tahun ini. (Xinhua/Xue Yubin)
Seorang staf memberi makan bayi antelop Tibet di stasiun perlindungan Danau Zonag di Hoh Xil, Provinsi Qinghai, China (16/7/2020). Petugas patroli berhasil menyelamatkan 11 ekor bayi antelop Tibet di cagar alam nasional Hoh Xil pada tahun ini. (Xinhua/Xue Yubin)

Seorang staf memberi makan bayi antelop Tibet di stasiun perlindungan Danau Zonag di Hoh Xil, Provinsi Qinghai, China (16/7/2020). Petugas patroli berhasil menyelamatkan 11 ekor bayi antelop Tibet di cagar alam nasional Hoh Xil pada tahun ini. (Xinhua/Xue Yubin)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Baru Penangkapan Catherine Wilson, Penampilannya Curi Perhatian

Posted: 17 Jul 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Model dan aktris Catherine Wilson baru-baru ini sedang hangat diperbincangkan netizen. Pasalnya aktris yang berusia 39 tahun ini baru saja ditangkap polisi karena memiliki narkoba.

Catherine Wilson diamankan di kediamannya di Jalan Damai, Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (17/7/2020) pagi. Penangkapan ini pun juga dibenarkan oleh pihak kepolisian.

"Benar tadi pagi sekitar pukul 10.00 WIB, ada publik figur diamankan di kediamannya inisal CW (Catherine Wilson) alias K," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Jumat, 17 Juli 2020.

Saat ditangkap, model yang kerap disapa Keket ini penampilannya pun curi perhatian. Ia terlihat murung dan hanya mengenakan daster berwarna hijau.

Berikut 4 fakta baru penangkapan Catherine Wilson yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Sabtu (18/7/2020).

1. Penangkapan Catherine Wilson bikin kaget orang terdekat

Catherine Wilson
Catherine Wilson

Penangkapan Keket atas kepemilikan narkoba ternyata membuat orang terdekatnya kaget. Seperti yang diungkapkan oleh sang manajer Raindy yang menganggap bahwa ia selalu melakukan pola hidup sehat dan fokus ke karier.

"Kaget banget. Catherine Wilson setahu aku tidak ada gelagat aneh. Aku kan sering ke rumahnya. Orangnya juga hidup sehat dia. Dia juga fokus ke karir dan sekarang fokus ke YouTubenya," ungkap Raindy saat dihubungi Dream, Jumat (17/7/2020).

2. Tinggal bersama dengan orang tua di kediamannya

Catherine Wilson
Catherine Wilson

Penangkapan Catherine Wilson dilakukan di kediamannya yang berada di kawasan Jakarta Selatan. Di kediamannya tersebut, ternyata ia tinggal bersama dengan orang tuanya.

"Di rumahnya ada orangtuanya, ada mamanya juga nggak mungkin dia aneh-aneh. Aku pun orangnya protek ke dia kalau ada aneh-aneh pasti aku kasih tahu," tuturya.

3. Masih kenakan daster berwarna hijau dan ditemukan barang bukti dua paket sabu

Penampakan Catherine Wilson saat diamankan pihak Kepolisian (Istimewa)
Penampakan Catherine Wilson saat diamankan pihak Kepolisian (Istimewa)

Catherine Wilson diamankan di kediamannya masih mengenakan daster berwarna hijau. Ia pun nampak murung saat petugas menyambangi kediamannya. Selain itu ditemukan pula barang bukti berupa botol minuman vitamin C, korek dan dua klip kecil sabu seberat 0,43 gram dan 0,66 gram.

"Kita sudah amankan public figure CW dengan barang buktinya ya. Nanti akan kita informasikan lagi," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Jumat siang.

4. Catherine Wilson dinyatakan positif sabu

Catherine Wilson diamankan oleh pihak Kepolisian terkait dugaan narkotika.
Catherine Wilson diamankan oleh pihak Kepolisian terkait dugaan narkotika.

Usai ditangkap Keket pun menjalani tes urine dan serangkaian pemeriksaan dari kepolisian di Polda Metro Jaya. Dari hasil tes tersebut, Keket pun dinyatakan positif naskoba.

"Sudah positif metamfetamin atau sabu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Jumat, 17 Juli 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin: Dampak Sosial Pandemi Covid-19 Munculkan Kelompok Miskin Baru

Posted: 17 Jul 2020 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan, dampak sosial pandemi Covid-19 menyebabkan kelompok miskin baru atau Misbar. Hal ini memperburuk keadaan kelompok miskin lama atau Mislam.

"Misbar-Misbar sekarang. Jadi ada Mislam ada Misbar. Mislam itu miskin lama, ada miskin baru," kata Ma'ruf saat memberikan sambutan pada acara Silaturahmi dan Dialog dengan Organisasi Massa Islam di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 6, Jakarta Pusat, dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (18/7/2020).

Ma'ruf mengatakan, menurut data yang dimilikinya, jumlah miskin baru banyak sekali. Karenanya, pemerintah meyakini jika kehadiran bantuan sosial (bansos) sangat diperlukan masyarakat.

"Bansos itu (anggarannya) lebih dari Rp 100 (triliun), Rp 120 triliun," jelas dia.

Ma'ruf merinci, bantuan sosial sebesar itu dibagi untuk sejumlah sektor, mulai dari kesehatan, seperti tes masif, isolasi, tracing, dan sebagainya.

"Penanganannya itu Rp 85 triliun. Untuk menanggulangi dampak ekonominya itu sisanya. Seluruhnya itu Rp 695 triliun. Jadi semua untuk ke situ semua," tandas Ma'ruf Amin.

Ma'ruf Amin: Di Masa New Normal Harus Lebih Kreatif

Wapres Ma'ruf Amin memberikan pidato sekaligus menutup Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Kegiatan tersebut untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Wapres Ma'ruf Amin memberikan pidato sekaligus menutup Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Kegiatan tersebut untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakil Presiden Maruf Amin menyatakan, diperlukan perubahan dari sisi pelaku ekonomi agar lebih kreatif di masa new normal. 

"Masyarakat bisa lebih kreatif dalam menyediakan layanan dan inovasi produk yang tepat untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease-2019 (Covid-19). Untuk itu kita  bersama-sama membutuhkan gagasan baru," kata Ma'ruf, Selasa (14/7/2020).

Layanan produk inovatif dalam sektor ekonomi, lanjut Ma'ruf, telah dilakukan pemerintah. Mulai dari perluasan program bantuan sosial. Seperti, pemberian subsidi pembayaran rekening listrik, hingga kebijakan extraordinary  berupa dukungan regulasi pembiayaan pembangunan.

"Hal itu telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 yang kemudian disahkan menjadi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020," beber Ma'ruf.

Dia melanjutkan, ada dua hal penting dalam aturan Undang-Undang tersebut, pertama, menjadi jalan bagi pemerintah untuk meningkatkan pembiayaan melalui pelebaran defisit APBN yang lebih luas hingga di atas 3 persen selama 3 tahun.

Kedua, memperkuat koordinasi untuk bauran kebijakan antara sektor keuangan dan pemerintah dalam melindungi nasabah dan menangani ancaman stabilitas sistem keuangan.

Ma'ruf mengungkap, selain UU No 2 Tahun 2020, pemerintah juga menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 yang mengatur Program Pemulihan Ekonomi (PEN) untuk penanganan pandemi Covid-19. 

"Tujuan utama PEN ini adalah melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan pelaku usaha, seperti penyertaan modal negara (PMN), penempatan dana investasi pemerintah penjaminan dan belanja negara," tegasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buah dan Sayur Efektif Atasi Ketiak Gelap, Kok Bisa?

Posted: 17 Jul 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kulit ketiak hitam dan gelap merupakan mimpi buruk para wanita, terlebih lagi jika sejak awal sebenarnya memiliki bakat atau keturunan kulit putih dan cerah. Selain tidak nyaman dipandang, hal tersebut membuat kita merasa kurang percaya diri dan tidak bebas dalam memilih berbusana. 

Penyebab utama dari kulit ketiak yang gelap adalah penumpukan sel kulit mati atau kerap mencukur bulu ketiak. Namun, kamu tidak perlu terlalu khawatir dengan kondisi kulit ketiak yang terlanjur gelap. Kamu bisa mengembalikan ketiak jadi lebih bersih dan mengurangi warna gelap dengan beberapa bahan alami yang mudah ditemukan. Seperti dilansir dari Purelyb berikut ini;

1. Lemon

Buah lemon memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Selain antioksidan tinggi, ternyata buah lemon kerap dipakai untuk menyamarkan bintik-bintik hitam di kulit dan sebagai antiseptik alami. 

Cara memanfaatkannya, potong lemon dan tempelkan langsung pada kulit ketiak kamu, atau peras jusnya dan oleskan dengan menggunakan kapas. Biarkan beberapa menit agar sari dari buah tersebut terserap ke dalam kulit, lalu bilas. Metode ini bisa dilakukan setiap hari dan kamu mungkin dapat melihat hasilnya dalam satu atau dua minggu.

2. Kentang

 

Doc. pexels
Doc. pexels

Sayuran jenis umbi ini ternyata memiliki manfaat sebagai pemutih alami ketiak yang gelap. Sifat anti-iritasi yang dimiliki kentang mampu mengurangi rasa gatal akibat mencukur.

Caranya pemakaiannya sama seperti lemon, potong kentang dan gosokkan ke ketiak. Atau dengan cara lain yakni memarut kentang, kemudian peras air yang keluar dari kentang tersebut. Oleskan air kentang ke ketiak kamu. Setelah beberapa saat bilas dengan air dingin.

3. Mentimun

Mentimun tak hanya bagus untuk kulit wajah, tapi juga kulit ketiak lho. Karena mentimun punya sifat pemutihan kulit dan juga membantu mendinginkan serta menenangkan kulit. Untuk hasil terbaik, kamu bisa campurkan lemon dan mentimun sebelum diaplikasikan ke kulit ketiak.

4. Bengkuang

Tidak jarang banyak produk pemutih kulit seperti losion tubuh dari bahan bengkuang. Bengkuang terbukti khasiatnya dalam memutihkan dan mencerahkan kulit, hal ini dikarenakan bengkuang memiliki zat fosfor yang dapat mengangkat sel kulit mati. Kupas kulit bengkuang dan parut hingga halus, lalu gosokkan pada ketiak kamu. Biarkan selama 15 menit, dan bilas hingga bersih. Ulangi langkah ini sehabis mandi, penggunaan secara rutin akan memberikan hasil yang sempurna.

5. Pepaya Muda

pepaya muda  (sumber: Pixabay)
pepaya muda (sumber: Pixabay)

Buah pepaya mengandung asam askorbat yang mampu mempercepat pengelupasan sel kulit mati serta mengecilkan pori-pori pada kulit ketiak. Selain itu juga kaya vitamin A, B9 dan E. Blender buah pepaya dan tempelkan pada bagian ketiak yang menghitam, diamkan selama 10 menit. Untuk hasil yang maksimal, lakukan 2-3 kali dalam seminggu. 

6. Kulit jeruk

Jangan anggap remeh kulit jeruk ya. Dengan sifat exfoliating, kulit jeruk secara tidak langsung mampu mengupas sel-sel kulit mati yang mana kemudian dapat mencerahkan kulit.

Cara menggunakan kulit jeruk untuk perawatan kulit ketiak memerlukan beberapa tahapan. Jemur kulit jeruk di bawah sinar matahari, setelah kering, tumbuk kulit jeruk dan campurkan dengan air biasa atau air mawar sampai berbentuk pasta kental. Oleskan pasta tersebut ke ketiak dan biarkan mengering. Setelah mengering, cuci dengan air hangat.

Untuk perawatan kulit ketiak secara alami memang membutuhkan waktu dan usaha yang lebih. Selama kamu tekun dan sabar, keinginan untuk memiliki kulit ketiak bersih dan sehat alami tentunya bukan hal yang mustahil.

Namun, jika kamu merasa tidak sabar menggunakan buah dan sayuran di atas untuk mengatasi kulit ketiak gelap, alternatif terbaik adalah melakukan waxing daripada mencukur bulu ketiak dan menggunakan produk deodoran yang memiliki kandungan antiperspirant, mosturising cream, vitamin E hingga F. Kandungan tersebut tak hanya mencerahkan kulit tapi juga melembutkan kulit ketiak kamu.

Bye bye ketiak gelap.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah 655 Orang Pasien COVID-19 di Sumut Sembuh

Posted: 17 Jul 2020 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Medan - Jumlah pasien terpapar virus Corona COVID-19 di Sumatera Utara (Sumut) yang dinyatakan sembuh terus bertambah.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Sumut mencatat, hingga Jumat, 17 Juli 2020, pasien sembuh dari COVID-19 mencapai 655 orang.

"Bertambah lagi sebanyak 21 orang pasien sembuh, hingga total 655 orang," kata Juru Bicara (Jubir) GTPP COVID-19 Sumut, Whiko Irwan, Sabtu (18/7/2020).

Whiko kembali mengingatkan masyarakat, dalam era adaptasi kebiasaan baru saat ini penting untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari, terutama untuk mencari nafkah.

Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker atau pelindung wajah, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak interaksi 1-2 meter atau menghindari keramaian atau kerumunan orang banyak, sudah menjadi keharusan.

Whiko juga menyampaikan, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan keputusan (Kepmenkes) Nomor HK.01.07/Menkes/413/2020 tanggal 13 Juli 2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

"Sebagaimana disampaikan sebelumnya, selain istilah lama, ada beberapa nomenklatur baru yang ditetapkan," ujarnya.

Istilah Baru

Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)
Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)

Adapun istilah dan defenisinya yakni Kasus Suspek (sesuai dengan ODP dan PDP ringan-sedang), Kasus Probable (sesuai dengan PDP berat atau meninggal dengan gambaran klinis meyakinkan COVID-19, belum ada hasil pemeriksaan Swab PCR).

Kemudian Kasus Konfirmasi (penderita yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19, dan dibuktikan dengan hasil pemeriksaan Swab PCR, bisa dengan simptomatik ataupun asimptomatik). Istilah Kontak Erat (orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau konfirmasi COVID-19).

Pelaku Perjalanan (orang yang melakukan perjalanan baik domestik maupun internasional dalam 14 hari terakhir), Discarded (Kasus suspek dengan hasil pemeriksaan swab PCR negatif 2 kali berturut-turut, Kontak Erat yang telah menyelesaikan karantina 14 hari).

Selesai Isolasi (kasus konfirmasi asimptomatik yang selesai isolasi mandiri 10 hari sejak pengambilan specimen swab PCR, Kasus probable/konfirmasi simptomatik dihitung 10 hari sejak onset/serangan ditambah 3 hari waktu tanpa gejala, dan kasus Probable/konfirmasi simptomatik yang di follow up Swab PCR dengan hasil negatif, ditambah 3 hari waktu tanpa gejala).

"Untuk Kasus Kematian menjadi kasus konfirmasi dan Probable yang meninggal dunia," terangnya.

Kasus COVID-19

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Whiko juga menuturkan kasus COVID-19 di Sumut. Hingga saat ini ada 331 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 2.776 pasien terkonfirmasi positif COVID-19, kemudian 143 orang meninggal dunia, serta 655 orang dinyatakan sembuh.

Kepada daerah kabupaten/kota yang belum didapati pasien positif seperti Nias, Pakpak Bharat, Nias Utara dan Nias Barat, untuk mempertahankan status tersebut.

Demikian pula dengan kabupaten/kota yang sampai dengan Kamis 16 Juli 2020 mencatat penderita COVID-19 positif di bawah 6 orang selama pandemi, antara lain, Labuhan Batu, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Dairi, Mandailing Natal, Nias Selatan, Humbang Hasundutan, Samosir, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan dan Gunungsitoli.

"Diminta untuk tetap menjalankan protokol kesehatan agar penyebaran bisa ditekan," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Imbau Warga yang Tahu Kejadian Pembunuhan Yodi Prabowo Melapor

Posted: 17 Jul 2020 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan polisi untuk mengungkap kasus dugaan pembunuhan Yodi Prabowo. Polisi siap menampung informasi apapun yang terkait dengan kematian editor Metro TV tersebut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang sekiranya mengetahui kejadian sesegera datang, melapor kepada Polres atau ke Polda," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Mochammad Irwan Susanto saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (18/7/2020).

Sejauh ini, polisi telah memanggil 29 orang yang diduga dekat dan mengenali Yodi Prabowo untuk dimintai keterangan sebagai saksi.

Menurut dia, keterangan yang disampaikan akan dicocokkan dengan fakta-fakta yang ditemukan penyidik di lapangan. "Kami sinkronkan," ucap dia.

Dia mengatakan, kepolisian tak begitu saja percaya keterangan para saksi. Menurut dia, pernyataan saksi juga perlu diverifikasi dengan bukti-bukti pendukung.

Irwan mencontohkan saksi penjaga warung. Kepada penyidik, penjaga warung mengaku mengenal Yodi Prabowo.

"Jadi di lingkungan sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) diduga ada yang mengenali. Apakah yang bersangkutan memberikan keterangan dengan benar di hadapan penyidik. Itu yang menjadi pertanyaan sehingga kami tentunya bukan hanya keterangan saja yang kita cari tapi bukti pendukung dari kejujuran dari masing-masing keterangan," papar dia.

"Kita masih mencari bukti pendukung mengenai pemilik warung ada yang mengenal," timpalnya.

 

Kekasih Yodi tak terbuka berikan informasi

Ilustrasi Foto Penyelidikan (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Penyelidikan (iStockphoto)

Polisi juga telah memeriksa kekasih Yodi Prabowo, Suci Fitri Rohmah (24) untuk menggali keterangannya terkait kematian edior Metro TV. Namun dua kali menjalani pemeriksaan, Suci dinilai tidak memberikan penjelasan lengkap alias irit bicara.

"Mohon maaf, pacar korban tidak terlalu terbuka dengan kami," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Mochammad Irwan Susanto, Jumat (17/7/2020).

Irwan menerangkan, kendala lain yang ditemui penyidik saat memeriksa Suci adalah jawaban yang diberikan kerap tidak konsisten atau menjurus kepada keterangan palsu.

"Ada beberapa hal yang sifatnya mungkin bohong. Tapi kami masih mencocokkan dengan beberapa bukti. Kami menilai itu keterangannya tidak sesuai lah," ujar dia.

Bukan tanpa alasan Irwan berkata demikian. Dia menyebut, pernah mensinkronkan keterangan yang diperoleh dari Suci dengan kerabat dari korban. Nyatanya hal itu diyakini berseberangan.

"Kami menilai ada keterangan yang tidak sesuai. Kan adanya beberapa keterangan kita mengerucut pada pelaku. Ada hal-hal yang sifatnya ada pihak saksi atau keterangan dari korban itu tidak berkesesuaian," papar dia.

Yodi Prabowo ditemukan tak bernyawa di pinggir Tol Jorr Pesanggrahan, Jalan Ulujami Raya Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan, Jumat 10 Juli 2020.

Kanit Reskrim Polsek Pesanggrahan Iptu Fajrul Choir menerangkan, jasad Yodi Prabowo pertama kali ditemukan tiga anak yang sedang bermain layang-layang di pinggir Tol Jorr Pesanggrahan. Ketiganya pun melaporkan kepada Ketua RT setempat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11 Cara Mengolah Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak Bau, Kenali Bagian Tubuhnya

Posted: 17 Jul 2020 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Daging kambing dikenal sebagai daging yang mudah dicerna daripada daging sapi. Daging kambing juga memiliki kandungan protein berkualitas dan tidak mudah lenyap. Jadi, wajar jika cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau kerap dicari untuk menambah kelezatannya.

Daging kambing biasanya akan diolah menjadi tongseng, sate, dan gulai. Tidak sekadar mengolah, karena pengolahan yang salah juga akan membuat rasa nikmatnya hilang. Hal ini membuat cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau semakin penting untuk diketahui.

Selain mudah dicerna, cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau akan membuatnya semakin mudah dinikmati siapa saja. Termasuk lansia, anak-anak, dan balita. Bagi yang sedang menjalani diet tidak perlu khawatir, karena mengonsumsinya bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengolah daging kambing agar empuk dan tidak bau dari berbagai sumber, Sabtu (18/7/2020).

Rempah, Jeruk Nipis, dan Marinasi

Ilustrasi Jeruk Nipis Credit: freepik.com
Ilustrasi Jeruk Nipis Credit: freepik.com

Rempah

Merebus daging kambing dengan rempah juga bisa dilakukan sebagai cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau. Segala macam jenis rempah bisa diandalkan. Bahkan menggunakannya juga akan membuat aroma dan rasa khas masakan kambing lebih terasa.

Caranya hanya perlu melumuri permukaan daging kambing dengan parutan jahe. Jika sudah, diamkan sebentar sebelum dimasak. Selain menggunakan jahe, bisa juga gunakan bumbu aromatik seperti jeruk, serai, kayu manis, dan cengkeh.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki sifat asam yang cukup kuat. Hal ini membuat jeruk nipis bisa diandalkan sebagai cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau. Cara ini juga bisa dilakukan jika ingin mencuci daging kambing sebelum mengolahnya.

Cuci daging kambing yang sudah disiapkan. Lalu beri perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bakteri dan aroma amis. Beri perasan jeruk nipis dengan membalurkannya pada permukaan daging. Tunggu dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Marinasi

Jika ingin mengolah daging kambing yang empuk untuk dijadikan sate, marinasi solusinya. Marinasi akan membuat daging kambing tidak berbau prengus. Coba masak dengan daun jeruk nipis, bawang putih, dan ketumbar sebagai campurannya. Jika sudah, rendam selama kurang lebih 30 menit dan barulah sate kambing dibakar.

Menyimpan dan Memotong

Daging kambing. (foodpleasureandhealth.com)
Daging kambing. (foodpleasureandhealth.com)

Menyimpan

Penyimpanan daging kambing ternyata bisa berpengaruh pada bau dan teksturnya saat dimasak. Cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau bisa dengan menyimpannya dalam freezer.

Selain dapat membuatnya lebih empuk, juga akan membuat daging tidak mudah rusak. Menyimpannya dengan wadah kedap udara juga akan membuatnya bertahan lebih lama. Pastikan juga untuk tidak menyimpannya bersama jeroan, karena bisa membuat daging semakin bau prengus.

Memotong

Sebelum mulai memasak daging kambing, usahakan untuk memotongnya. Memotong daging kambing termasuk cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau. Caranya adalah memotongnya berlawanan dengan arah serat daging. Memotongnya sesuai arah serat justru akan membuatnya sulit dikunyah.

Cuka Apel, Tidak Dicuci, dan Garam

ilustrasi daging kambing/Photo by Victoria Shes on Unsplash
ilustrasi daging kambing/Photo by Victoria Shes on Unsplash

Cuka Apel

Cuka apel bisa digunakan sebagai cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau. Caranya hanya perlu melumuri permukaan daging kambing mentah. Jika ingin mengolahnya menjadi steak, melumurinya akan membuat daging lebih juicy dan terasa manis.

Tidak Dicuci

Cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau adalah dengan tidak mencucinya. Ketika mencuci daging kambing, justru akan membuat bau amisnya semakin menyengat. Bahkan bisa berdampak pada daging yang memiliki tekstur sangat a lot. Cara ini berlaku untuk pengolahan apa saja, termasuk sate kambing dan tongseng kambing.

Garam

Menaburi garam termasuk cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau. Cara ini cukup mudah diterapkan, hanya saja membutuhkan sedikit ketelatenan. Hal ini juga bisa dilakukan jika ingin mencucinya terlebih dahulu.

Usai dibersihkan, taburi daging kambing dengan garam. Hal ini tak hanya menambah rasa pada daging tapi juga menghilangkan aroma tak sedap pada daging. Agar garam terserap sempurna diamkan beberapa saat.

Buang Lemak, Daun Pepaya, dan Nanas

Ilustrasi buah nanas (iStockphoto)
Ilustrasi buah nanas (iStockphoto)

Buang Lemak

Membuang lemak penting sekali dilakukan. Selain demi kesehatan pencernaan juga termasuk cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau. Hal ini disebabkan karena sebagian besar aroma prengus daging kambing berasal dari lapisan lemaknya.

Buang lemak berlebih yang menempel pada daging dengan mengirisnya. Agar lebih mudah, dinginkan dulu daging kambing di dalam lemari es. Jika lapisan lemak sudah beku, Anda bisa mengirisnya dengan lebih mudah.

Daun Pepaya dan Nanas

Daun pepaya dan nanas bisa diandalkan untuk cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau. Hal ini dipengaruhi oleh zat papain dalam daun pepaya. Jadi, jika sudah menggunakan daun pepaya tidak perlu lagi memasaknya dengan waktu sangat lama.

Caranya cukup mudah dilakukan. Hanya perlu mencuci, kemudian remas, dan bungkus daging kambing dengan daun pepaya. Diamkan selama kurang lebih satu jam.

Jika tidak memiliki daun pepaya, gunakan saja nanas. Nanas dikenal ampuh membuat daging kambing lebih cepat empuk. Caranya hanya perlu mengupas buah nanas dan menghaluskannya. Jika sudah balurkan pada potongan daging kambing dan diamkan selama satu jam.

Tips Mengolah Setiap Bagian Tubuh Kambing

Ilustrasi daging kambing
Ilustrasi daging kambing

Panggul

Daging panggul kambing bertekstur empuk dan aromanya tidak menyengat. Lemak daging di bagian ini juga lebih sedikit, sehingga cocok digunakan sebagai gulai, sate kambing, dan tongseng.

Kaki Depan

Bagian dari paha hingga kaki memiliki otot yang bertekstur keras. Anda dapat memasaknya menjadi roast lamb, kari, atau semur dengan waktu pemasakan yang panjang agar empuk.

Iga

Bagian iga memiliki tekstur yang empuk dan memiliki kandungan iga. Anda dapat memasaknya sebagai iga bakar atau sup.

Has Luar Bagian Perut

Dengan tekstur yang empuk, bagian ini biasa digunakan dalam masakan sate, steak, dan rendang.

Has dalam Bagian Perut

Dibandingkan sirloin, bagian has luar daging kambing ini justru lebih empuk. Tak heran bagian ini menjadi bagian favorit. Anda dapat menggunakannya dalam sate.

Kaki Belakang (Sengkel)

Bagian sengkel berbeda dengan bagian kaki, namun sama-sama memiliki tektur keras. Anda dapat menggunakannya sebagai semur dan roast lamb.

Bahu

Bagian bahu kambing memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan bagian lain. Dengan tekstur empuk, Anda dapat menggunakannya sebagai sate dan steak.

Sebagai tambahan informasi, Anda dapat memakan sayuran berupa mentimun dan lain-lain setelah mengonsumsi daging kambing untuk menetralisir tekanan darah tinggi dan kolesterolnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Giorgino Abraham Pemeran Sopir Ojol dalam Sinetron I Love You Baby

Posted: 17 Jul 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Giorgino Abraham, aktor berusia 25 tahun asal Indonesia keturunan Belanda yang sempat membintangi Vidio original series bertajuk I Love You Baby.

Giorgino Abraham sendiri juga dikenal sebagai penyanyi, ia pernah mengisi lagu pengiring atau soundtrack di Rahmat Cinta. 

Dalam web series I Love You Baby dia dipercaya memerankan karakter sebagai Raka dan beradu akting dengan Bryan Domani serta Ersya Aurelia. 

Raka merupakan seorang mahasiswa yang bekerja sampingan sebagai driver ojek online. Raka datang dari keluarga yang sederhana yang memiliki sifat rendah hati, ramah, sabar, dan tulus.

Penonton juga kerap kali dibuat terpukau akan ketampanan dari Raka sendiri. Kira-kira masih inget seperti apa paras wajahnya? Berikut 5 potret Giorgino Abraham pemeran dari Raka:

1. Giorgino Abraham sedang menikmati sunset dengan style bergayanya yang santai

Giorgino Abraham (Sumber: Instagram/giorgino_abraham)
Giorgino Abraham (Sumber: Instagram/giorgino_abraham)

2. Giorgino Abraham terlihat maco dengan motor choppernya

Giorgino Abraham (Sumber: Instagram/giorgino_abraham)
Giorgino Abraham (Sumber: Instagram/giorgino_abraham)

3. Giorgino menikmati waktu luangnya di tepi kolam

Giorgino Abraham (Sumber: Instagram/giorgino_abraham)
Giorgino Abraham (Sumber: Instagram/giorgino_abraham)

4. Gaya santai ala Giorgino yang bisa kamu tiru

Giorgino Abraham (Sumber: Instagram/giorgino_abraham)
Giorgino Abraham (Sumber: Instagram/giorgino_abraham)

5. Potret Giorgino saat sedang meluangkan waktu bermain untuk hobinya

Giorgino Abraham (Sumber: Instagram/giorgino_abraham)
Giorgino Abraham (Sumber: Instagram/giorgino_abraham)

Untuk Anda yang ingin menyaksikan lagi akting dari Giorgino Abraham di web series I Love You Baby bisa saksikan episode lengkapnya di Vidio dengan cara klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Leeds United Promosi ke Liga Inggris, Deretan Mantan Pemain Ucapkan Selamat

Posted: 17 Jul 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Leeds - Leeds United memastikan diri tampil di Premier League musim depan (2020/2021). Kepastian itu didapat pada Sabtu (18/7/2020) dinihari WIB.

Leeds yang kini dilatih Marcelo Bielsa berhasil menyegel satu tiket promosi setelah salah satu rivalnya di divisi Championship, West Bromwich Albion kalah 1-2 di kandang Huddersfield Town.

Leeds United saat ini menduduki puncak klasemen Championship dengan 87 poin, atau unggul lima poin dari WBA. Leeds akan menjadi juara Championship jika nanti malam Brentford tak bisa mengalahkan Stoke City atau jika mampu membawa pulang satu poin saat berkunjung ke Derby County.

Keberhasilan Leeds promosi tak lepas dari tangan dingin Bielsa. Ini merupakan musim kedua pria Argentina itu menangani Leeds. Musim lalu mereka finis ketiga di Championship namun tak berhasil merebut tiket promosi lewat play-off.

Kesuksesan Leeds United promosi membuat eks pemainnya turut berbahagia. Pernah ngetop di era 2000an, Leeds memang memiliki banyak alumni hebat seperti Robbie Fowler, James Milner, dan Aaron Lennon.

Berikut rentetan ucapan selamat dari mantan pemain untuk Leeds United.

Ucapan Selamat

Suporter Leeds United
Suporter Leeds United

@James Milner (kini Liverpool) : Selamat LUFC, kembali ke tempat yang semestinya.

@Robbie9Fowler (mantan striker Leeds): Selamat!! LUFC

@AaronLenon (mantan pemain sayap Leeds) Akhirnya, kembali ke Liga Inggris. Selamat @LUFC. Hari yang luar biasa untuk semua yang berada di klub. Leeds Leeds Leeds.

@EddieNketiah (kini Arsenal): Klub dan fans yang hebat. Selamat datang kembali di Liga Inggris. Bangga pernah menjadi bagian dari klub ini.

Pengumuman Leeds United

Saksikan Video Liga Inggris di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Mengulik Perubahan Kebiasaan Staycation di Masa Pandemi

Posted: 17 Jul 2020 08:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak lagi bisa dihindari bahwa pandemi membawa perubahan di berbagai lini, tak terkecuali dalam praktik staycation. Termasuk di dalamnya perbedaan yang disebabkan adaptasi kebijakan hotel dalam mengimplementasi protokol kesehatan demi menjaga keselamatan dan keamanan, baik tamu maupun karyawan.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini, 18 merek hotel Hilton di seluruh dunia telah menerapkan protokol CleanStay sejak Rabu, 15 Juli 2020, yang dibuat atas kolaborasi dengan RB, produsen Lysol dan Dettol, dan Mayo Clinic. Penerapannya meliputi prosedur baru yang membantu para tamu menikmati pengalaman menginap lebih bersih dan aman.

Sementara, Biyan Rohmana Putra selaku Marketing Communication Manager eL Hotel Royale Jakarta, menjelaskan bahwa operasional eL Hotel Royale Jakarta berubah mulai April.

"Penutupan fasilitas (hotel) ada pada saat pemerintah menerapkan PSBB pada akhir bulan Maret 2020. Kemudian, tanggal 25 Juni 2020, kolam renang kami buka khusus untuk in-house guest dengan skala terbatas secara jumlah dan waktu, serta tetap menjaga jarak," imbuhnya lewat teks, Rabu, 15 Juli 2020.

Pun sama halnya dengan Novotel Jakarta Mangga Dua Square. Pihaknya menjelaskan telah menerapkan protokol kebersihan dan jaga jarak aman sesuai ALLSAFE Cleanliness and Prevention Label yang dibentuk dan diaudit Bureau Veritas, juga disesuaikan kebijakan pemerintah lokal.

"Ada empat poin utama dalam implementasinya, yaitu peningkatan standar kebersihan kamar dan area hotel, pelatihan staf, peningkatan standar kebersihan makanan, serta sistem jaga jarak," papar Florencia Irena, Marketing Communication Executive Novotel and ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square,  lewat pesan, Jumat, 17 Juli 2020.

Soal staycation, Ratrie Tathia sebagai Marketing Communications Manager DoubleTree by Hilton Jakarta - Diponegoro mengatakan, sebenarnya minatnya tetap ada. "Yang kelihatan (minat untuk staycation) setelah PSBB dilonggarkan. Ada interest di akhir pekan," katanya lewat sambungan telepon, Kamis, 16 Juli 2020.

Kebiasaan Baru Tamu Hotel Saat Staycation

Ilustrasi staycation. (dok. unsplash.com)
Ilustrasi staycation. (dok. unsplash.com)

Biyan menyambung, usai Idulfitri seiring anjuran pemerintah untuk tak dulu bepergian keluar kota, rata-rata hunian berada di angka 40--50 persen dengan promosi harga bersaing.

"Biasanya dulu staycation hanya satu hari. Tapi, dengan situasi ini, minimal dua malam dan lamanya bisa sampai satu minggu. Tamu pun make sure kamar didisinfeksi setelah digunakan tamu sebelumnya," katanya.

Sementara, di DoubleTree by Hilton Jakarta - Diponegoro, Tatha menjelaskan, kebanyakan tamu menignap selama satu malam. "Dulu biasanya Jumat ke Minggu," ucapnya. Kendati, yang menginap sendiri mulai beragam, yakni business stay, pelancong, maupun keluarga.

Florencia menyambung, di Novotel Jakarta Mangga Dua Square, masih banyak tamu yang pilih membeli promo paket hotel untuk menginap nanti. Tapi, ada pula yang sudah mulai staycation sambil tetap memastikan praktik prokotol kebersihan.

"Perubahan lebih ke kebiasaan tamu. Lebih memerhatikan apakah hotel menerapkan standar kebersihan. Di ulasan media sosial maupun TripAdvisor, cukup sering tamu secara khusus menyebutkan kepuasan mereka apabila hotel menerapkan standar yang sesuai. Ada perasaan aman dari tamu," ungkapnya.

Karenanya, label ALLSAFE dari Accor yang Novetel Jakarta Mangga Dua Square sudah dapatkan disebutkan punya pengaruh cukup signifikan dalam jumlah pemesanan.

Implementasi Hilton CleanStay

THE KOFFEE di area lobi DoubleTree by Hilton Jakarta - Diponegoro. (dok. DoubleTree by Hilton Jakarta - Diponegoro)
THE KOFFEE di area lobi DoubleTree by Hilton Jakarta - Diponegoro. (dok. DoubleTree by Hilton Jakarta - Diponegoro)

Para tamu dapat melihat laman baru di Hilton.com/cleanstay berisi penjelasan apa yang akan mereka dapatkan selama menginap. Selain itu, laman masing-masing properti juga dilengkapi untuk menunjukan protokol dan prosedur kebersihan terbaru yang telah diterapkan di hotel tersebut. 

Dimulai dari lobi, tamu yang menginginkan pengalaman kedatangan tanpa kontak dapat check-in, memilih kamar, dan check-out melalui aplikasi Hilton Honors di ponsel mereka.

Opsi ini tersedia di lebih dari 4,7 ribu properti Hilton di seluruh dunia bagi tamu yang melakukan pemesanan melalui aplikasi Hilton Honors atau di Hilton.com. Bagi para tamu yang menginginkan check-in seperti biasa, terdapat pengambilan langkah penjarakan sosial untuk memastikan proses check-in dan check-out yang aman. 

Lalu, kamar. Terdapat segel Hilton CleanStay yang dipasang di pintu setelah kamar dibersihkan secara menyeluruh. Area di dalam kamar yang paling sering terpapar sentuhan, seperti sakelar lampu, gagang pintu, pengendali TV jarak jauh, dan pengatur suhu, akan mendapat disinfeksi tambahan. Barang-barang di dalam kamar, seperti pena dan kertas, dapat dikeluarkan. 

Layanan Pembenahan. Kamar akan dibersihkan dan didisinfeksi secara menyeluruh setelah digunakan. Layanan pembenahan selama tamu menginap akan berdasarkan permintaan tamu, dikarenakan kemungkinan ada tamu yang tidak menginginkan staf hotel memasuki kamar mereka.

Tambahan fasilitas seperti handuk dan peralatan mandi akan tersedia berdasarkan permintaan, dikemas dengan aman, dan diletakkan di depan pintu kamar. 

Kolam renang berbentuk lagoon di DoubleTree by Hilton Jakarta - Diponegoro. (dok. DoubleTree by Hilton Jakarta - Diponegoro)
Kolam renang berbentuk lagoon di DoubleTree by Hilton Jakarta - Diponegoro. (dok. DoubleTree by Hilton Jakarta - Diponegoro)

Kemudian, area publik. Frekuensi pembersihan area publik akan ditingkatkan. Misal, pusat kebugaran mungkin ditutup selama beberapa waktu dalam sehari untuk dibersihkan. Penempatan peralatan disesuaikan untuk memungkinkan social distancing dan jumlah tamu di dalamnya akan dibatasi

Kolam renang dan sekitarnya akan dibersihkan secara teratur sepanjang hari dan terdapat pengambilan langkah untuk social distancing. Cairan pembersih tangan dan tisu disinfektan akan tersedia di pintu masuk, serta area dengan lalu lintas tinggi. 

Makanan dan Minuman. Di restoran hotel, meja dan kursi akan diatur untuk memungkinkan social distancing. Peralatan makan sekali pakai tersedia berdasarkan permintaan.

Untuk sarapan, restoran akan menawarkan berbagai pilihan, termasuk makanan yang dapat dibawa pergi, makanan yang sudah tersedia di piring dengan penutup, a la carte, dan layanan bantuan. Layanan kamar tersedia dengan pengantaran tanpa kontak dengan pesanan dan peralatan makan sekali pakai diletakkan di depan pintu kamar tamu. 

Terakhir, pertemuan dan acara. Program Hilton EventReady with CleanStay membawa standar baru untuk pertemuan dan acara di Hilton. Program ini akan memberi solusi kebersihan, fleksibilitas, dan keamanan dalam skala besar, serta makanan dan minuman yang kreatif, teknologi terkini, juga praktik berkelanjutan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Liburan Yasmine Wildblood Ke Pulau Seribu, Berjemur di Atas Kapal

Posted: 17 Jul 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di masa pandemi banyak orang menghabiskan waktunya di rumah, tak terkecuali para selebriti. Baik karena jadwal syuting yang sedang berhenti hingga memang memutuskan untuk berada di rumah saja selama masa pandemi.

Tentu bagi banyak orang berada di dalam rumah terlalu lama tentu akan bosan dan akhirnya memilih liburan. Seperti halnya yang dilakukan oleh keluarga Yasmine Wildblood.

Baru-baru ini Yasmine Wildblood dan keluarga kecilnya melakukan liburan bersama untuk hilangkan penat. Keluarga ini pun memutuskan untuk liburan ke Pulau Seribu.

Dalam liburan kali ini ia bersama dengan suaminya Abi Yapto dan kedua anaknya. Keluarga kecil artis ini menikmati indahnya main di pantai dan bersantai di atas kapal. Berikut 7 momen liburan Yasmine Wildblood ke Pulau Seribu yang Liputan6.com kutip dari Instagram @yaswildblood, Sabtu (18/7/2020).

1. Potret liburan Yasmine Wildblood dan keluarga kecilnya ke Pulau Seribu.

Yasmine Wildblood liburan (Sumber: Instagram/yaswildblood)
Yasmine Wildblood liburan (Sumber: Instagram/yaswildblood)

2. Setelah empat bulan hanya di rumah saja, kini ia pun bisa melepaskan penat dan liburan bersama.

Yasmine Wildblood liburan (Sumber: Instagram/yaswildblood)
Yasmine Wildblood liburan (Sumber: Instagram/yaswildblood)

3. Momen liburan ini pun lengkap karena ia ditemani oleh suami dan kedua anaknya.

Yasmine Wildblood liburan (Sumber: Instagram/yaswildblood)
Yasmine Wildblood liburan (Sumber: Instagram/yaswildblood)

4. Seraphina Rose dan Sophia Ayana pun terlihat bahagia dengan liburannya kali ini.

Yasmine Wildblood liburan (Sumber: Instagram/yaswildblood)
Yasmine Wildblood liburan (Sumber: Instagram/yaswildblood)

5. Keduanya nampak senang saat bermain air dan ditemani kedua orang tuanya.

Yasmine Wildblood liburan (Sumber: Instagram/yaswildblood)
Yasmine Wildblood liburan (Sumber: Instagram/yaswildblood)

6. Seraphina Rose yang kini sudah berusia empat tahun pun makin menggemaskan dengan baju renangnya.

Yasmine Wildblood liburan (Sumber: Instagram/yaswildblood)
Yasmine Wildblood liburan (Sumber: Instagram/yaswildblood)

7. Selain bermain air, Yasmine pun menikmati waktunya dengan bersantai di atas kapal.

Yasmine Wildblood liburan (Sumber: Instagram/yaswildblood)
Yasmine Wildblood liburan (Sumber: Instagram/yaswildblood)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: