Rabu, 15 Juli 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Nama Ilmuwan China Disematkan ke Asteroid yang Ditemukan 1 Dekade Lalu

Posted: 15 Jul 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asteroid dengan kode 317452 ditemukan para astronom Program Survei NEO dari Purple Mountain Observatory di China timur pada 2010. Satu dekade kemudian, asteroid itu resmi memiliki nama.

Asteroid 317452 kini dinamai Wurukang. Nama tersebut ditetapkan berdasarkan nama Wu Rukang, seorang ilmuwan yang dikenal dengan kontribusinya bagi dunia paleoantropologi, ungkap sejumlah narasumber dari Akademi Ilmu Pengetahuan China (Chinese Academy of Sciences/CAS).

Sebuah upacara digelar di Beijing pada Selasa 14 Juli di Institut Paleoantropologi dan Paleontologi Vertebrata CAS untuk mengumumkan secara resmi penamaan Asteroid Wurukang, seperti dilansir Xinhua, Kamis (16/7/2020).

Penamaan Asteroid Wurukang ini telah disetujui Serikat Astronomi Internasional (International Astronomical Union/IAU).

 

16 Ilmuan China Jadi Nama Asteroid

ilustrasi asteroid. (iStockphoto)
ilustrasi asteroid. (iStockphoto)

Wu Rukang, seorang akademisi CAS, lahir pada 1916 dan meninggal pada 2006. Sebagai pelopor di bidang paleoantropologi dan antropologi fisik China, sang ilmuwan mendirikan bidang akademis baru, neoantropologi.

Asteroid merupakan satu-satunya benda langit yang bisa dinamai berdasarkan nama penemunya.

Menurut CAS, total 16 asteroid telah dinamai berdasarkan nama ilmuwan China, dengan dukungan bersama dari Ho Leung Ho Lee Foundation yang berbasis di Hong Kong dan observatorium CAS Purple Mountain Observatory.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Jenis Tes Bahasa Inggris Sebagai Standar untuk Melanjutkan Studi

Posted: 15 Jul 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Semakin meningkatnya minat masyarakat terutama para pelajar yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, seakan menjadi bukti jika globalisasi memberi dampak yang positif dari sektor pendidikan. Apabila kamu salah satu di antaranya, maka setidaknya diperlukan beberapa sertifikasi termasuk beberapa jenis tes bahasa Inggris yang biasanya menjadi syarat utama.

Namun, jenis tes bahasa Inggris ini akan berbeda kegunaannya, tergantung dimana kamu akan melanjutkan studi tersebut. Misalkan kamu akan melanjutkan studi ke luar negeri, akan dibutuhkan jenis tes bahasa Inggris seperti IELTS yang memang pada tiap jenis tes bahasa Inggris tersebut memiliki kesulitan yang berbeda dalam pengerjaan soalnya.

Secara umum ada 5 jenis tes bahasa Inggris yang biasa digunakan sebagai syarat untuk melanjutkan studi. Tapi, bukan berarti kamu harus melaksanakan semua jenis tes bahasa Inggris tersebut ya. Kamu cuma perlu mengikuti serangkaian tes dari salah satu jenis tes bahasa Inggris tersebut sesuai dengan apa yang dijadikan syarat oleh instansi yang bersangkutan.

Nah, mungkin kamu sendiri masih kebingungan apa saja memangnya jenis tes bahasa Inggris yang sudah umum menjadi syarat dalam melanjutkan studi. Maka, di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum informasi yang penting kamu simak mengenai jenis tes bahasa Inggris sebagai persyaratan dalam melanjutkan studi tersebut, Kamis (16/7/2020).

1. TOEFL (Test of English as a Foreign Language)

Ilustrasi kuliah | Via: salon.com
Ilustrasi kuliah | Via: salon.com

Dimulai dari jenis tes bahasa Inggris yang sudah sangat umum dan tidak asing mungkin di telingamu, yaitu TOEFL. Kamu sendiri mungkin sudah pernah atau akan mengikuti tes ini sebagai syarat melanjutkan studimu. TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language, yang bertujuan untuk mengetahui kapasitas seseorang dalam berbahasa Inggris. TOEFL umumnya digunakan sebagai pra-syarat dalam melanjutkan pendidikan ke universitas.

Jenis tes bahasa Inggris ini diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service) di USA. ETS sendiri pertama kali mengadakan TOEFL tahun 1963. Dan, biasanya tes ini akan memakan waktu hingga sekitar tiga jam dan umumnya diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu:

1. Listening Comprehension

2. Grammar Structure and Written Expression

3. Reading Comprehension

4. Writing

Dan, TOEFL sendiri terbagi menjadi tiga jenis metode tes yang bisa kamu lakukan, yaitu:

a. PBT (Paper Based Test)

PBT-TOEFL atau Paper Based Test TOEFL merupakan jenis tes TOEFL berbasis kertas. Tes ini memang dikerjakan dengan media berupa kertas dengan tiga sesi ujian yaitu Listening, Structure, dan Reading. Umumnya, jenis tes TOEFL ini memiliki rentang nilai atau skor dari 310 hingga 677. Tes ini biasanya berlangsung selama 2 hingga 2,5 jam.

b. CBT (Computer Based Test)

CBT-TOEFL atau Computer Based Test TOEFL dikenalkan pertama kali tahun 1998. Tes ini menggunakan perangkat lunak resmi yang diterbitkan oleh ETS sebagai media pengujian. Pada tes jenis ini ada empat sesi ujian yaitu Listening, Structure, Reading, dan Writing. Tes ini biasanya berlangsung selama 2 hingga 2,5 jam. CBT-TOEFL memiliki rentang nilai antara nol hingga 330.

c. iBT (Internet Based Test)

iBT-TOEFL atau internet Based Test TOEFL dikenalkan dan berlaku secara internasional pada 2005. Jenis tes TOEFL ini dilakukan di computer tanpa perangkat lunak khusus sebagai media pengujian. Pada iBT tes dilakukan secara online dan peserta ujian akan mengerjakan soal tes yang langsung disediakan oleh ETS secara online.

Pada iBT-TOEFL tes terdiri dari empat sesi yaitu Listening, Writing, Reading, dan Speaking, dengan nilai maksimum 120 dan berlangsung selama 4 jam. Jenis tes Bahasa Inggris ini dibagi menjadi dua bagian yaitu Individual Test dan Integrated Test.

2. IELTS (International English Language Testing System)

Ilustrasi: Kuliah di Luar Negeri | via: dcu.ie
Ilustrasi: Kuliah di Luar Negeri | via: dcu.ie

Salah satu tes yang bisa dikatakan lebih sulit dari TOEFL yaitu IELTS. Tes ini wajib untuk kamu yang ingin studi ke Australia, New Zealand, Amerika, dan Inggris. Sebab, bahasa yang dipakai dalam tes ini menggunakan satandar British English. Selain terkenal karena tingkat kesulitannya, tes ini juga membutuhkan strategi yang tepat dalam menjawab. Itulah mengapa, untuk dapat melakukan tes IELTS ini, sangat dibutuhkan preparation course agar kamu bisa lulus.

Dan, jika kamu ingin mengambil S2 di luar negeri, sangat disarankan untuk mengambil IELTS Preparation karena akan diajarkan mengenai writing untuk data dan writing untuk opini sehingga sangat berguna untuk mengerjakan paper-paper kuliah. Namun memang secara biaya tes IELTS lebih mahal dibandingkan tes TOEFL.

IELTS sendiri terbagi menjadi dua jenis tes, yaitu General Training (untuk bekerja) dan Academic Training (untuk studi). Tes IELTS memiliki empat bagian ketika tes, yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Uniknya, standar skor IELTS di tiap negara berbeda-beda tingkatannya, misalnya di Australia, yang memberi syarat minimum skor sekitar 4.5-5.0 untuk General Training dan 5.5-7.0 untuk Academic Training.

3. GMAT (Graduate Management Admission Test)

kuliah di luar negeri | pexels.com/@olly
kuliah di luar negeri | pexels.com/@olly

GMAT biasanya diperuntukan bagi mahasiswa program studi bisnis yang akan melanjutkan studi Master of Business Administration (MBA) di luar negeri. Test ini terbagi dari empat bagian, yaitu kemampuan verbal umum, matematika (quantitative), analytical writing, dan penalaran terpadu (integrated reasoning).

Durasi untuk melakukan tes ini berlangsung sekitar tiga jam. Dan, ada baiknya sebelum kamu akan mengikuti tes ini untuk melakukan persiapan yang bisa diikuti melalui les ataupun praktek sendiri dengan menggunakan teknologi yang ada, sebab biaya tes GMAT cukup mahal.

4. SAT (Scholastic Aptitude/Assessment Test)

Kuliah di luar negeri | Sumber Foto: quipper.com
Kuliah di luar negeri | Sumber Foto: quipper.com

SAT adalah jenis tes bahasa Inggris yang dipakai untuk menilai standar penerimaan mahasiswa baru S1 di Amerika Serikat. Pada tes ini terdapat beberapa komponen seperti evidence-based reading and writing, reading test, writing and language test, mathematics, serta essay.

Untuk skor minimum yang menjadi syarat kelulusan dalam tes ini adalah 2000. Apabila kamu bisa menembus angka tersebut, maka bukan tidak mungkin kamu bisa diterima di universitas-universitas ternama yang ada di Amerika Serikat. Dari segi persiapan, jika ingin mengikuti tes ini memang perlu waktu persiapan yang cukup lama, sekitar enam sampai tujuh bulan.

5. TOEIC (Test of English for International Communication)

Ilustrasi Mata Kuliah (sumber: unsplash)
Ilustrasi Mata Kuliah (sumber: unsplash)

Tes ini sebenarnya merupakan jenis tes yang dapat dikatakan lebih mudah dibandingkan TOEFL. Tes bahasa Inggris ini biasanya lebih umum digunakan sebagai tes yang menjadi syarat untuk masuk ke dalam perusahaan.

TOEIC sendiri mulai menjadi tren di banyak perusahaan karena penggunaan TOEFL untuk dunia kerja dianggap kurang efektif. TOEIC sendiri sudah diselenggarakan ETS (Educational Testing Service) selama 25 tahun di seluruh dunia, namun baru mulai digunakan di Indonesia sejak tahun 1999.

Mengapa TOEIC bisa dibilang lebih mudah? Sebab materi tes TOEIC hanya merupakan tes pilihan ganda yang biasa dilakukan selama 2 (dua) jam yang terbagi menjadi sesi listening dan sesi reading, dengan durasi tes sekitar 2 jam dan terdiri dari 200 soal.

Setiap peserta ujian TOEIC akan menerima skor dari listening dan reading dengan skala skor 5 hingga 495 untuk masing-masing sesinya. Sehingga jika dijumlahkan skor total yang didapat adalah antara 10 sampai 990. Namun, meski umumnya TOEIC digunakan sebagai standar untuk masuk ke dalam lingkup pekerjaan, nilai dari tes TOEIC ini masih bisa digunakan di beberapa kampus di Indonesia sebagai syarat masuknya.

Sertifikat TOEIC sendiri terdiri dari 5 warna yaitu :

- Orange (10–215)

- Cokelat (220–465)

- Hijau (470–725)

- Biru (730–850)

- Emas (855–990)

Nah, setelah mengetahui apa saja jenis tes bahasa Inggris yang bisa kamu ikuti di atas, jangan lupa untuk melakukan persiapan agar tesmu berjalan lancar dan tidak mengalami kendala, sehingga kamu bisa lulus dengan skor memuaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spesifikasi Oppo A72 5G Muncul di Situs Web Telko Tiongkok

Posted: 15 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Awal bulan ini, smartphone Oppo yang belum dirilis dan menggunakan kode nama PDYM20 muncul di situs web otoritas sertifikasi Tiongkok, TENAA.

Sempat diduga sebagai seri Reno, smartphone itu nongol di website China Telecom dengan nama Oppo A72 5G. Lengkap dengan foto dan spesifikasinya.

Berdasarkan informasi yang tertulis di situs web itu, Oppo A72 5G sudah mendukung dual-mode 5G dan layar 6,5 inci refresh rate 90Hz, sebagaimana dilansir dari GSM Arena, Kamis (16/7/2020).

Dalam hal kamera, smartphone ini sudah mengadopsi desain punch hole di layar untuk kamera selfie 8MP (megapiksel).

Sementara itu, kamera utama Oppo A72 5G berkemampuan 16MP, 8MP (ultrawide), dan 2MP (depth sensor).

 

Spesifikasi Oppo A72 5G

Dalam hal spesifikasinya, Oppo menyematkan prosesor MediaTek MT6853V dan Android 10. Ponsel ini hadir dengan tiga varian RAM, seperti 4GB, 6GB, dan 8GB.

Ketiganya usung memori internal sebesar 128GB. Berdasarkan situs China Telecom, masing-masing dijual seharga Rp 3,5 juta, Rp 3,8 juta, dan Rp 4,1 juta.

 

Bodi Oppo A72 5G

Lebih lanjut, tampak tombol volume di sisi kiri ponsel lengkap dengan slot SIM card. Sementara tombol power ada di sisi berseberangan.

Ponsel ini tampaknya akan mengusung teknologi sensor sidik jari di bawah layar, ada juga port USB-C di bagian bawah, audio jack 3,5mm, mikrofon, dan sebuah speaker.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Bakal Juara, Pelatih Barcelona Ogah Disalahkan

Posted: 15 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona- Pelatih Barcelona, Quique Setien ogah disalahkan untuk kegagalan timnya mempertahankan gelar juara La Liga. Dia mengaku kesalahan tak sepenuhnya ada di dirinya.

Dia memilih untuk menyebut Real Madrid memang tampil lebih bagus dibandingkan Barcelona. Kemenangan sembilan kali beruntun disebutnya jadi kunci.

"Saya ambil sebagian tanggung jawab dari kegagalan ini, tapi tidak semuanya," kata Setien seperti dikutip Marca.

"Saya merasa kami tidak tampil buruk dengan imbang tiga kali. Saya lebih memilih untuk memuji Real Madrid karena menang terus sejak restart."

Barcelona masih tertinggal empat poin dari Real Madrid. Los Blancos bakal juara kalau bisa menang di laga melawan Villarreal dini hari nanti.

 

Faktor Messi

Pelatih Barcelona, Quique Setien, mengamati anak asuhnya saat menggelar latihan di Joan Gamper, Barcelona, Senin (25/5/2020). Latihan tersebut untuk persiapan jelang kembali bergulirnya La Liga Spanyol. (AFP/Miguel Rui)
Pelatih Barcelona, Quique Setien, mengamati anak asuhnya saat menggelar latihan di Joan Gamper, Barcelona, Senin (25/5/2020). Latihan tersebut untuk persiapan jelang kembali bergulirnya La Liga Spanyol. (AFP/Miguel Rui)

Setien juga ditanyakan soal faktor Lionel Messi yang tampak kelelahan. La Pulga nyaris bermain semua pertandingan tanpa diganti.

Meski begitu, Setien mengaku Messi masih main seperti biasa.

"Benar, mungkin ada beberapa rekor yang tidak berhasil diciptakannya tahun ini. Kita tahu siapa Messi. Kalau tidak cetak gol, dia memberi assist."

 

Komentar Luis Suarez

 

Setien juga ogah mengomentari opini Luis Suarez soal Barcelona. Penyerang asal Uruguay itu pesimistis menghadapi sisa La Liga.

"Itu pendapat dia. Ini belum gagal karena segalanya masih bisa terjadi, tapi memang itu bakal sulit. Tim yang selalu menang sejak restart pasti bakal kalah, kami akan tempur hingga akhir," ujarnya.

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aset Pemerintah Naik Rp 4.142 Triliun dalam Setahun

Posted: 15 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua BPK Agung Firman Sampurna menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2019 kepada Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Laporan tersebut salah satunya mencatat posisi keuangan pemerintah pada tahun lalu termasuk aset pemerintah yang naik tinggi.

Posisi keuangan pemerintah pusat per 31 Desember 2019 menggambarkan saldo aset, kewajiban, dan ekuitas masing-masing sebesar Rp 10.467,53 triliun, Rp 5.340,22 triliun, dan Rp 5.127,31 triliun. Dibandingkan dengan 2018, aset pemerintah mengalami peningkatan signifikan.

"Dibandingkan 2018 aset pemerintah mengalami peningkatan sebesar Rp 4.142,24 triliun, kewajiban mengalami peningkatan sebesar Rp 422,74 triliun, dan ekuitas mengalami peningkatan sebesar Rp 3.719,50 triliun," ujar Agung saat menyerahkan LKPP kepada DPD, Jakarta, Kamis (16/7/2020).

Peningkatan nilai aset pemerintah dan ekuitas yang sangat signifikan tersebut terutama disebabkan oleh koreksi nilai wajar aset tetap sebesar Rp 4.113,21 triliun berdasarkan hasil penilaian kembali atau revaluasi Barang Milik Negara (BMN).

Secara akrual, Laporan Operasional (LO) 2019 menunjukkan nilai pendapatan operasional pemerintah sebesar Rp2.168,93 triliun, beban operasional sebesar Rp2.422,81 triliun, defisit dari kegiatan operasional sebesar Rp253,88 triliun, surplus dari kegiatan non operasional sebesar Rp4,65 triliun, dan defisit LO sebesar Rp249,22 triliun.

"Dibandingkan dengan tahun 2018, pendapatan operasional mengalami peningkatan 0,01 persen dan beban operasional mengalami peningkatan 7,70 persen sehingga defisit LO mengalami kenaikan sebanyak 10,41 persen," kata Agung.

 

Realisasi Pendapatan

Ketua DPR Puan Maharani bersama Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/6/2020). DPR meminta BPK untuk mengawasi pengelolaan anggaran pemerintah untuk penanganan Covid-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Ketua DPR Puan Maharani bersama Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/6/2020). DPR meminta BPK untuk mengawasi pengelolaan anggaran pemerintah untuk penanganan Covid-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Adapun LKPP Audited 2019 mencakup tujuh komponen laporan keuangan, yaitu Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Realisasi pendapatan negara dan hibah 2019 dilaporkan sebesar Rp1.960,63 triliun atau mencapai 90,56 persen dari anggaran, yang terdiri dari penerimaan perpajakan sebesar Rp1.546,14 triliun, Penerimaan Negara Bukan Pajak sebesar Rp408,99 triliun, dan penerimaan hibah sebesar Rp5,49 triliun.

Penerimaan perpajakan sebagai sumber utama pendanaan APBN, hanya mencapai 86,55 persen dari anggaran atau meningkat sebesar 1,80 persen dibandingkan dengan penerimaan perpajakan 2018.

 

Realisasi Belanja

Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna memberikan keterangan usai pertemuan dengan DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/6/2020). Dalam pertemuan, DPR meminta BPK melakukan pengawasan, pemeriksaan penggunaan dana dalam penanganan pandemi COVID-19 secara tansparan. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna memberikan keterangan usai pertemuan dengan DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/6/2020). Dalam pertemuan, DPR meminta BPK melakukan pengawasan, pemeriksaan penggunaan dana dalam penanganan pandemi COVID-19 secara tansparan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Realisasi belanja negara 2019 sebesar Rp2.309,28 triliun atau mencapai 93,83 persen dari anggaran, yang terdiri dari belanja pemerintah pusat sebesar Rp1.496,31 triliun, transfer ke daerah sebesar Rp743,15 triliun, dan dana desa sebesar Rp69,81 triliun.

Defisit anggaran tahun 2019 mencapai Rp348,65 triliun. Namun, realisasi pembiayaan 2019 mencapai Rp402,05 triliun atau sebesar 115,31 persen dari nilai defisitnya sehingga terdapat Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) sebesar Rp53,39 triliun.

Realisasi pembiayaan tersebut terutama diperoleh dari pembiayaan utang sebesar Rp437,54 triliun, yang berarti pengadaan utang tahun 2019 melebihi kebutuhan pembiayaan untuk menutup defisit.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Museum Layang-Layang Sudah Kembali Dibuka

Posted: 15 Jul 2020 10:30 PM PDT

Pengunjung melihat koleksi layangan di Museum Layang-Layang, Jakarta, yang baru dibuka kembali pada Kamis (16/7/2020). Museum ini mewajibkan pengunjung untuk mengikuti prosedur kesehatan seperti wajib memakai masker, menggunakan hand sanitizer, hingga menjaga jarak antar. (merdeka.com/Arie Basuki)
Pengunjung melihat koleksi layangan di Museum Layang-Layang, Jakarta, yang baru dibuka kembali pada Kamis (16/7/2020). Museum ini mewajibkan pengunjung untuk mengikuti prosedur kesehatan seperti wajib memakai masker, menggunakan hand sanitizer, hingga menjaga jarak antar. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pengunjung melihat koleksi layangan di Museum Layang-Layang, Jakarta, yang baru dibuka kembali pada Kamis (16/7/2020). Museum ini mewajibkan pengunjung untuk mengikuti prosedur kesehatan seperti wajib memakai masker, menggunakan hand sanitizer, hingga menjaga jarak antar. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pengunjung melihat koleksi layang-layang di Museum Layang-Layang, kawasan Fatmawati, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Museum yang menampung 500 jenis layang-layang dari 32 provinsi itu kembali dibuka setelah tiga bulan tutup akibat pembatasan sosial berskala besar (PSBB). (merdeka.com/Arie Basuki)
Pengunjung melihat koleksi layang-layang di Museum Layang-Layang, kawasan Fatmawati, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Museum yang menampung 500 jenis layang-layang dari 32 provinsi itu kembali dibuka setelah tiga bulan tutup akibat pembatasan sosial berskala besar (PSBB). (merdeka.com/Arie Basuki)

Pengunjung melihat koleksi layang-layang di Museum Layang-Layang, kawasan Fatmawati, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Museum yang menampung 500 jenis layang-layang dari 32 provinsi itu kembali dibuka setelah tiga bulan tutup akibat pembatasan sosial berskala besar (PSBB). (merdeka.com/Arie Basuki)

Pekerja membuat layangan unik di Museum Layang-Layang, kawasan Fatmawati, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Museum ini mewajibkan pengunjung untuk mengikuti prosedur kesehatan yang diberlakukan seperti wajib memakai masker, menggunakan hand sanitizer, hingga menjaga jarak antar. (merdeka.com/Arie Basuki)
Pekerja membuat layangan unik di Museum Layang-Layang, kawasan Fatmawati, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Museum ini mewajibkan pengunjung untuk mengikuti prosedur kesehatan yang diberlakukan seperti wajib memakai masker, menggunakan hand sanitizer, hingga menjaga jarak antar. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pekerja membuat layangan unik di Museum Layang-Layang, kawasan Fatmawati, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Museum ini mewajibkan pengunjung untuk mengikuti prosedur kesehatan yang diberlakukan seperti wajib memakai masker, menggunakan hand sanitizer, hingga menjaga jarak antar. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pengunjung melihat koleksi layangan di Museum Layang-Layang, Jakarta, yang baru dibuka kembali pada Kamis (16/7/2020). Museum ini mewajibkan pengunjung untuk mengikuti prosedur kesehatan seperti wajib memakai masker, menggunakan hand sanitizer, hingga menjaga jarak antar. (merdeka.com/Arie Basuki)
Pengunjung melihat koleksi layangan di Museum Layang-Layang, Jakarta, yang baru dibuka kembali pada Kamis (16/7/2020). Museum ini mewajibkan pengunjung untuk mengikuti prosedur kesehatan seperti wajib memakai masker, menggunakan hand sanitizer, hingga menjaga jarak antar. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pengunjung melihat koleksi layangan di Museum Layang-Layang, Jakarta, yang baru dibuka kembali pada Kamis (16/7/2020). Museum ini mewajibkan pengunjung untuk mengikuti prosedur kesehatan seperti wajib memakai masker, menggunakan hand sanitizer, hingga menjaga jarak antar. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pengunjung melihat koleksi layang-layang di Museum Layang-Layang, kawasan Fatmawati, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Museum yang menampung 500 jenis layang-layang dari 32 provinsi itu kembali dibuka setelah tiga bulan tutup akibat pembatasan sosial berskala besar (PSBB). (merdeka.com/Arie Basuki)
Pengunjung melihat koleksi layang-layang di Museum Layang-Layang, kawasan Fatmawati, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Museum yang menampung 500 jenis layang-layang dari 32 provinsi itu kembali dibuka setelah tiga bulan tutup akibat pembatasan sosial berskala besar (PSBB). (merdeka.com/Arie Basuki)

Pengunjung melihat koleksi layang-layang di Museum Layang-Layang, kawasan Fatmawati, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Museum yang menampung 500 jenis layang-layang dari 32 provinsi itu kembali dibuka setelah tiga bulan tutup akibat pembatasan sosial berskala besar (PSBB). (merdeka.com/Arie Basuki)

Sepasang onel-ondel bermasker menyambut pengunjung di Museum Layang-Layang, Kawasan Jakarta, Kamis (16/7/2020). Museum yang menampung 500 jenis layang-layang dari 32 provinsi itu kembali dibuka setelah tiga bulan tutup akibat pembatasan sosial berskala besar (PSBB). (merdeka.com/Arie Basuki)
Sepasang onel-ondel bermasker menyambut pengunjung di Museum Layang-Layang, Kawasan Jakarta, Kamis (16/7/2020). Museum yang menampung 500 jenis layang-layang dari 32 provinsi itu kembali dibuka setelah tiga bulan tutup akibat pembatasan sosial berskala besar (PSBB). (merdeka.com/Arie Basuki)

Sepasang onel-ondel bermasker menyambut pengunjung di Museum Layang-Layang, Kawasan Jakarta, Kamis (16/7/2020). Museum yang menampung 500 jenis layang-layang dari 32 provinsi itu kembali dibuka setelah tiga bulan tutup akibat pembatasan sosial berskala besar (PSBB). (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dijemput Keluarga, Artis HH Kini Sudah Berada di Jakarta

Posted: 15 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah menjalani pemeriksaan secara intensif di Polrestabes Medan, artis FTV sekaligus selebgram HH dipulangkan. Artis HH tidak ditahan karena statusnya saat ini masih sebagai saksi kasus dugaan prostitusi.

Saat ini kata Machi Ahmad selaku kuasa hukum HH, kliennya sudah berada di Jakarta setelah dijemput oleh keluarga dan dirinya.

"Syukur alhamdulillah hari ini kita bisa datang dengan selamat sampai Jakarta berhasil membawa pulang klien kami," ujar Machi Ahmad di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (15/7/2020).

"Dan status klien kami sampai hari ini adalah masih berstatus sebagai saksi," sambungnya.

Bukan Perkara Mudah

Ilustrasi prostitusi
Ilustrasi prostitusi

Bukan perkara mudah bagi Machi Ahmad bisa memulangkan kliennya ke Jakarta dan kembali berkumpul dengan keluarganya. Apalagi masalah yang dialami HH menjadi sorotan seluruh masyarakat Indonesia.

"Setelah rangkaian proses yang melelahkan di Polrestabes Medan, dari rangkaian proses penyelidikan, penyidikan, hingga ditetapkannya tersangka pada orang yang berinisial R dan J," ujarnya.

Sehat

Ilustrasi Prostitusi (ANOEK DE GROOT AFP)
Ilustrasi Prostitusi (ANOEK DE GROOT AFP)

Saat ini kata Machi Ahmad, kondisi kesehatannya kliennya dalam keadaan baik. Sesampainya di Bandara Soekarno Hatta, HH langsung pulang ke rumahnya.

"Alhamdulilah klien kami dengan keadaan sehat wal afiat," ujar Machi Ahmad.

Penangkapan HH

Artis HH saat ditangkap
Artis HH saat ditangkap

Diungkapkan Kapolrestabes, A, R, dan HH, diamankan di hotel yang sama. Bedanya, HH dan A diamankan di satu kamar. Hingga saat ini, status ketiganya masih sebatas saksi.

Terkait muncikari, pihaknya juga masih sedang melakukan pengembangan. "Untuk muncikari masih didalami," sebutnya.

Sebelumnya Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko mengatakan, saat ditangkap di kamar salah satu hotel di Kota Medan, HH sedang bersama seorang pria. Bahkan tanpa busana lengkap.

Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu kotak alat kontrasepsi, dua handphone, serta kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kasus Positif Covid-19 Nyaris Sejuta, India Kembali Lockdown

Posted: 15 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah India kembali memberlakukan lockdown di sejumlah kota, karena angka positif Covid-19 India nyaris menyentuh 1 juta kasus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Kalah Dari Kotagede, Warga Ogan Ilir Juga Terampil Produksi Kerajinan Perak

Posted: 15 Jul 2020 10:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Palembang - Jika Kotagede Daerah Istimewa Yogyakarta, identik dengan kerajinan peraknya, Maka Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pun tak kalah akan kerajinan tersebut, terutama di Kabupaten Ogan Ilir.

Kerajinan perak khas Sumsel diproduksi di daerah Tanjung Batu, kabupaten Ogan Ilir. Daerah ini terkenal dengan kerajinan dari emas dan kini berkembang juga ke kerajinan perak. Para pengrajin di daerah ini menekuni kerajinan perak secara turun temurun.

Meru (43), pengrajin perak di Ogan Ilir mengatakan, produksi kerajinan perak masih terus berjalan, meskipun pandemi Covid-19 membuat mereka membatasi aktifitas.

"Kami tetap produksi meskipun di kondisi sekarang. Malah produksi kerajinan perak kami, sudah dikirim ke berbagai daerah di Sumsel dan luar Sumsel," ujarnya, Rabu (15/7/2020).

Menurutnya, ada keunggulan dari produk kerajinan perak di Ogan Ilir yang dibuat di rumah produksinya, terutama di tingkat kerapian. Bahkan, hasil perhiasan dari bahan baku perak tersebut, tidak kalah saing dengan perhiasan emas pada umumnya.

Ada beberapa motif yang dibuatnya, diantaranya motif emas Dubai dan motif seperti perhiasan emas di pasaran. Bahkan dia juga menerima motif pesanan yang diinginkan pembelinya.

Untuk pasokan bahan bakunya sendiri, dikirim dari tambang di daerah Lebung Bengkulu. Usaha kerajinan perak, tersebut ditekuni Meru turun temurun dari keluarganya. Ia sendiri adalah generasi ketiga yang menjalankan usaha kerajinan perak.

Ketua Dekranasda Sumsel yang juga Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru, melihat potensi besar akan pengembangan usaha perak di Tanjung Batu Ogan Ilir tersebut.

Istri Gubernur Sumsel Herman Deru ini, berencana akan menggandeng para pengrajin pera, unuk mempromosikan produk kerajinan pengrajin di Ogan Ilir tersebut ke pangsa pasar lebih luas.

"Di sini (Tanjung Batu) banyak pengrajin emas dan perak yang membuat perhiasan dan aksesoris. Ini banyak motifnya bagus dan indah. Kita ingin agar pengrajin membuat motif khas Sumsel", ujarnya.

Dia meminta agar motif perhiasan perak ini sendiri dibuat dengan motif khas Sumsel. Seperti motif Pending, yang bisa digunakan sebagai ikat pinggang atau bros. Lalu motif Serumpun, yang bisa diaplikasikan untuk perhiasan gelang.

 

Latih Para Pengrajin

Ketua Dekranasda Sumsel yang juga Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru melihat perhiasan perak di Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir Sumsel (Dok. Humas Pemprov Sumsel / Nefri Inge)
Ketua Dekranasda Sumsel yang juga Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru melihat perhiasan perak di Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir Sumsel (Dok. Humas Pemprov Sumsel / Nefri Inge)

Ada juga motif lain seperti tapak jajo dan bulan sabit, yang digunakan sebagai perhiasan dan aksesoris dengan bahan berlapis emas, kuningan, tembaga, atau perak.

"Jadi nanti Dekranasda Sumsel bersama pengrajin perak Tanjung Batu berkreasi menciptakan perhiasan dan aksesoris motif khas Sumsel. Tidak hanya dipakai saat acara tertentu, tapi kerajinan perak yang bisa digunakan sehari-hari," ujarnya.

Untuk stimulan bagi pengrajin perak, lanjut Feby, telah dilakukan Dekranasda Sumsel melalui peningkatan kemampuan pengrajin. Yaitu dengan memberikan pelatihan-pelatihan mendatangkan pelatih dari pulau Jawa.

"Bagaimana menyepuh dan menghaluskan perhiasan supaya lebih rapi juga indah, ini diberikan pelatihan bagi mereka. Dekranasda Sumsel juga siap melibatkan para pengrajin dalam pameran seni kriya," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelapa Indonesia Mampu Kalahkan Vietnam di Pasar Thailand

Posted: 15 Jul 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai ekspor Indonesia pada Juni 2020 naik dibanding Mei 2020. Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat, hanya ekspor pertanian saja yang terus konsisten menunjukan kenaikan positif bulanan, maupun secara tahunan.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri mengatakan, capaian ini harus dijaga dan ditingkatkan dengan melakukan pemetaan daya saing (keunggulan komparatif) produk pertanian Indonesia. Selain itu, identifikasi produk dan negara pesaing perlu juga diperhatikan.

"Hasil FGD Indonesia-Malaysia-Thailad Growth Triangle (IMT-GT) dan Brunei-Indonesia-Malaysia-Phillipines East ASEAN Growth (BIMP-EAGA) menunjukkan komoditas subsektor perkebunan seperti minyak atsiri, pinang, kapas, cempedak, kakao, sangat potensial di pasar Filipina. Kemudian kelapa kita di Thailand mampu bersaing dengan kelapa Vietnam," kata Kuntoro di Jakarta, Kamis (16/7/2020).

Kuntoro lebih lanjut menjelaskan perdagangan pertanian Indonesia dengan mitra dalam kerangka kerja sama IMT-GT dan BIMP-EAGA masih mengalami surplus. Hal ini menunjukkan bahwa walaupun di tengah wabah pandemi covid-19 yang masih melanda dunia, kinerja sektor pertanian Indonesia terus konsisten dan positif.

 

Tanaman Obat dan Rempah

Pembeli memilih rempah-rempah yang dijual di Pasar Jatinegara, Jakarta, Kamis (26/3/2020). Merebaknya pandemi virus corona COVID-19 membuat penjualan jamu rempah-rempah seperti jahe, temulawak, dan kunyit meningkat pesat. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pembeli memilih rempah-rempah yang dijual di Pasar Jatinegara, Jakarta, Kamis (26/3/2020). Merebaknya pandemi virus corona COVID-19 membuat penjualan jamu rempah-rempah seperti jahe, temulawak, dan kunyit meningkat pesat. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Berdasarkan catatan BPS, ekspor Indonesia pada Juni 2020 mencapai USD 12,03 milar. Capaian ini meningkat 15,09 persen dibandingkan Mei 2020 yang mencapai USD 10,53 miliar. Hal tersebut menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyato merupakan sinyal bagus.

"Komoditas pertanian yang memiliki peran besar dalam peningkatan ekspor. Antara lain komoditas kopi, tanaman obat aromatik dan rempah, biji kakao, dan sarang burung wallet," ujarnya.

Suhariyanto berharap, ke depan ekspor Indonesia bisa terus meningkat dan capaian baik ini tidak hanya terjadi di bulan Juni tetapi di bulan-bulan selanjutnya. Selain itu ia juga meminta sektor lain untuk mencontoh sektor pertanian yang terus tumbuh.

Untuk menjawab harapan itu, selain pemetaan daya saing dan identifikasi produk pesaing yang dilakukan oleh Kementan.

 

Infrastruktur

Menurut Guru Besar Ilmu Ekonomi IPB, Muhammad Firdaus, strategi utama yang harus dilakukan adalah peningkatan infrastruktur.

"Infrastruktur merupakan hal mendasar untuk mengurangi biaya logistik yang nantinya dapat mendorong daya saing produk Indonesia. Untuk meningkatkan daya saing bisa melalui pengendalian mutu dan kuantitas produksi, diversifikasi produk terutama transformasi produk bernilai tambah, peningkatan kapasitas pelaku usaha khususnya UMKM, implementasi revolusi industry 4.0, serta pemanfaatan e-commerce juga diperlukan," ungkap Firdaus.

Dalam hal peningkatan keunggulan kompetitif komoditas pertanian Indonesia, Firdaus mendorong peran Kementerian Perdagangan agar lebih akseleratif dengan meningkatkan peran diplomasi dalam perjanjian perdagangan di negara-negara tujuan ekspor.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Angkat Ashanty Bakal Masuk Pesantren, Ini 6 Momen Putra dan Aulia Belanja Bareng

Posted: 15 Jul 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keluarga Anang Hermansyah dan Ashanty menjadi salah satu keluarga selebriti yang harmonis dan seru. Tak hanya diramaikan dengan kehadiran Aurel, Azriel, Arsy dan Arsya saja, pasangan seleb yang menikah pada 2010 silam ini juga diketahui pula memiliki anak angkat. 

Anang dan Ashanty memiliki dua anak angkat yakni Putra dan Aulia. Meski anak angkat, orang tua Aurel ini begitu menyanyangi mereka. Beberapa kali keduanya diajak keluarga Hermansyah untuk menghadiri acara keluarga hingga liburan ke luar kota. Kini rasa sayang Ashanty kembali ditunjukkan dengan menyekolahkan Putra dan Aulia di pesantren. 

Lewat channel YouTube The Hermansyah A6, menayangkan video yang memperlihatkan Putra serta Aulia belanja kebutuhan sebagai persiapan masuk pesantren. Video bertajuk "ANAK ANGKAT ASHANTY, PUTRA dan AULIA BELANJA KEBUTUHAN BUAT DI PESANTREN" tayang pada Rabu (15/7/2020). Keduanya tampak begitu semangat saat memilih seragam, tas dan perlengkapan lainnya. 

Berikut ini 6 momen Putra dan Aulia, anak angkat Anang dan Ashanty, saat belanja kebutuhan untuk di pesantren yang dilansir oleh Liputan6.com, Kamis (16/7/2020) dari channel YouTube The Hermansyah A6.

1. Bersiap masuk pesantren, Putra dan Aulia pun diberi kesempatan Ashanty untuk membeli barang kebutuhan mereka.

Kebersamaan Putra dan Aulia, anak angkat Anang dan Ashanty. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)
Kebersamaan Putra dan Aulia, anak angkat Anang dan Ashanty. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)

2. Keduanya tampak menuju sebuah toko untuk membeli seragam serta keperluan lainnya.

Kebersamaan Putra dan Aulia, anak angkat Anang dan Ashanty. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)
Kebersamaan Putra dan Aulia, anak angkat Anang dan Ashanty. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)

3. Di toko tersebut Putra dan Aulia sibuk mencoba seragam yang cocok untuk mereka pakai di pesantren.

Kebersamaan Putra dan Aulia, anak angkat Anang dan Ashanty. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)
Kebersamaan Putra dan Aulia, anak angkat Anang dan Ashanty. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)

4. Tak hanya seragam, mereka juga membeli keperluan lainnya seperti sepatu, sandal, sarung dan tas.

Kebersamaan Putra dan Aulia, anak angkat Anang dan Ashanty. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)
Kebersamaan Putra dan Aulia, anak angkat Anang dan Ashanty. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)

5. Setelah belanja, Ashanty pun mengecek kelengkapan barang-barang yang mereka beli.

Kebersamaan Putra dan Aulia, anak angkat Anang dan Ashanty. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)
Kebersamaan Putra dan Aulia, anak angkat Anang dan Ashanty. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)

6. Siap masuk ke pesantren, Ashanty memberikan semangat untuk kedua anak angkatnya agar rajin belajar dan menjadi orang yang sukses.

Kebersamaan Putra dan Aulia, anak angkat Anang dan Ashanty. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)
Kebersamaan Putra dan Aulia, anak angkat Anang dan Ashanty. (Sumber: YouTube/The Hermansyah A6)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Opie Kumis Buka-bukaan soal Miliki 4 Istri

Posted: 15 Jul 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komedian Opie Kumis buka suara soal kehidupan rumah tangganya. Opie Kumis diketahui sempat memiliki empat istri.  

Opie Kumis memberikan klarifikasi soal memiliki empat istri. Katanya, satu istrinya sudah meninggal dunia dan satu lagi berakhir dengan perceraian dan kini tinggal dua.

Hal itu diungkap oleh Opie Kumis dalam video di saluran YouTube SULE Channel dengan tajuk 'Ternyata Opie Kumis Istrinya Empat'.

 

Kehendak Allah

Opie Kumis diwawancara Sule
Opie Kumis diwawancara Sule

Memiliki banyak istri, Opie tak merasa dirinya tampan ataupun bergelimang harta, namun semua dari kehendak kuasa Allah. 

"Gua anggap itu satu tulisan dari Allah, tulisan perjalanan kita hidup. Sebenarnya kita mau kalau Allah memang tidak kehendaki tidak akan terjadi sekarang. Satu contoh gua bujangan, ada cewek juga masih perawan gua demen tuh sama cewek, cewek itu juga demen sama gua berarti kita sama-sama demenkan, berarti kita sama-sama maukan tetapi kalau Allah tidak kehendaki tidak akan terjadi," kata Opie.

"Semua kehendak Allah," timpal Sule.

 

Anak Cucu

Opie Kumis diwawancara Sule
Opie Kumis diwawancara Sule

Dari hasil pernikahan dengan empat istri, Opie Kumis memiliki delapan anak dan enam cucu.

"Yang pertama tiga, yang kedua satu, yang ketiga dua, yang keempat dua, jadi delapan itu dari empat istri, cucu enam," ujar Opie Kumis.

"Berkah kalau menurut saya," timpal Sule.

 

Berkah

Opie Kumis pun tak menampik memiliki empat istri dan delapan anak dalam hidupnya yang bahagia meski terkadang dirinya pusing. 

"Berkah dan 100 persen tenang, dan 200 persen pusing," lanjut Opie.

 

Nambah Istri

Prinsip Opie dalam rumah tangga bukan aliran kawin cerai, namun untuk menambah istri dibolehkan. 

"Enggak kalau gua aliran tidak pernah pisah, gua bukan aliran bercerai tetapi aliran bertambah, kalau bisa jangan sampai bercerai nambah boleh," kata Opie Kumis.

"Tanggung jawab tetap, soal pusing, bini satu pusing, bini dua pusing, tiga pusing, empat pusing, jadi yang namanya punya bini tetap pusing," sambung Opie.

 

Harmonis

Istri pertama Opie Kumis diketahui telah meninggal dunia. Sementara istri kedua meminta cerai karena konflik poligami. Kini, tersisa istri ketiga dan keempatnya yang diakui Opie harmonis hingga kini. 

"Yang pertama sudah almarhum, kedua dipertahankan enggak bisa akhirnya cerai, yang ketiga masih, yang keempat masih," kata Opie.

"Berarti sekarang dua," kata Sule.

"Dua," timpal Opie

 

Konflik Kerap Terjadi

Komedian berusia 62 tahun itu pun tak memungkiri jika konflik kerap terjadi antara dia dan istri-istrinya. Namun, pertengkaran dalam rumah tangga bagi Opie lumrah terjadi. 

"Kalau membagi waktu awalnya memang mereka ini tidak akur dua- duanya saling gontok-gontokan itu pasti manusiawi," kata Opie

"Sudah menerima alhamdulillah saat ini yang ke tiga ikhlas yang keempat ikhlas walaupun terkadang ada monyong-monyong dikit namanya juga manusia, maklumlah punya bibir," kata Opie.

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Bergerak Bantu Korban Bencana Banjir Bandang Luwu Utara

Posted: 15 Jul 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PDI Perjuangan bergerak cepat, membantu masyarakat korban bencana banjir bandang di Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Puluhan orang ditemukan meninggal dunia dalam musibah yang terjadi pada Senin (13/7/2020) malam itu. Sedangkan sedikitnya 4.930 keluarga terkena dampak banjir bandang tersebut.

"PDI Perjuangan sejak tahun 2010 telah memiliki Badan Penanggulangan Bencana (Baguna). Seluruh tim sudah dilatih Basarnas dan BNPB serta BMKG. Melalui Baguna seluruh gerak kemanusiaan Partai di kedepankan. Sebab politik itu membumi dan menyatu dengan seluruh kehidupan rakyat," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kamis (15/7/2020).

Menurut dia, sejak kemarin, Baguna Propinsi Sulsel dipimpin Ketua DPD PDIP, Andi Ridwan Wittiri bersama Kepala Baguna Evi Wulandari terus berkoordinasi membantu masyarakat korban banjir bandang. Bahkan, hari ini dirinya sudah melakukan teleconference dengan seluruh jajaran

"Ini bencana alam yang dahyat dan kami percaya Presiden Jokowi dan Mensos Ari Batubara akan bertindak cepat membantu rakyat. Ketua DPP PDIP Bidang Sosial dan Bencana Alam, Ribka Ciptaning dan Wasekjen PDIP Bidang Kerakyatan, Sadar Restu telah melakukan langkah koordinasi dan siap melakukan mobilisasi tim Baguna Pusat," ungkap Hasto.

Menurut dia, apa yang terjadi semakin menyadarkan betapa pentingnya menjaga lingkungan. Pelarangan penebangan hutan bersifat wajib, demikian pula kegiatan pertambangan harus memerhatikan kelestarian lingkungan.

"Berdasarkan laporan Baguna Sulsel, tanah longsor di Luwu Utara akibat pembalakan liar. Untuk itu aparat kepolisian harus bertindak tegas," tukasnya.

Menurut dia, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pun juga sudah memberikan instruksi untuk bergerak membantu masyarakat korban bencana banjir bandang di Luwu Utara.

"Rakyat tidak boleh menjadi korban. Ketua Umum PDI Perjuangan telah menginstruksikan seluruh kader Partai di Sulsel untuk bergotong royong. Prioritaskan bantuan untuk ibu-ibu dan anak-anak balita. Dapur umum disiagakan. Bantu rakyat tanpa membeda-bedakan pilihan politiknya," pungkasnya.

 

21 Orang Meninggal

Sebelumnya, Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat, hingga Rabu sore (15/7/2020), korban meninggal akibat banjir bandang Luwu Utara menjadi 21 orang.

"Selain korban jiwa, tim SAR gabungan masih terus mencari korban yang hilang," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati.

Dia menyebutkan, dampak dari bencana teridentifikasi di enam kecamatan, yakni Kecamatan Masamba, Sabbang, Baebunta, Baebunta Selatan, Malangke dan Malangke Barat. Dan Lebih dari 1.500 warga berhasil diselamatkan oleh petugas di lapangan serta korban luka telah mendapat perawatan di beberapa rumah sakit.

Selain itu, Raditya menyampaikan berdasarkan laporan BPBD, akibat banjir bandang tersebut dilaporkan sebanyak 156 KK (655 jiwa) mengungsi dan 4.202 KK (15.994 jiwa) terdampak.

"Sedangkan kerugian material tercatat 4.930 unit rumah terendam, 10 unit rumah hanyut, 213 unit rumah tertimbun pasir bercampur lumpur, 1 Kantor koramil 1403-11 terendam air dan lumpur ketinggian 1 meter, jembatan antar desa terputus dan jalan lintas provinsi tertimbun lumpur setinggi 1 hingga 4 meter," tuturnya

Hingga saat ini, katanya, BPBD Kabupaten Luwu Utara dan instansi terkait telah melakukan upaya penanganan darurat seperti evakuasi, pencarian korban, kaji cepat kebutuhan, penanganan penyintas, dan operasional pos komando.

"Kita juga telah menurunkan empat alat berat berupa eksavator untuk membersihkan lumpur di Kecamatan Masamba, dan 6 unit lainya di Kecamatan Baebunta," terangnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

19 Perusahaan Antre IPO, BEI Sebut Minat di Semester II 2020 Masih Tinggi

Posted: 15 Jul 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, hingga data terakhir per 10 Juli 2020, masih ada 19 perusahaan yang berencana melakukan pencatatan saham perdana (Initial Public Offering/IPO) hingga akhir tahun ini.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Nyoman Gede Yetna menilai, kondisi ini berkebalikan dengan pasar modal di negara lain yang minat pencatatan sahamnya surut akibat wabah pandemi Covid-19.

"Tren semester 2 pada tahun 2020 menunjukan masih tingginya minat perusahaan untuk melakukan IPO," kata Nyoman, Kamis (16/7/2020).

Adapun 19 perusahaan yang berencana akan melakukan pencatatan saham di BEI berasal dari beberapa sektor. Sebanyak 9 perusahaan dari sektor trade, service and investment, serta 3 perusahaan dari sektor property, real estat dan building construction.

Lalu, 2 perusahaan dari sektor consumer good industry, 2 perusahaan dari sektor agriculture, dan 3 perusahaan lainnya merupakan perusahaan yang bergerak pada sektor basic industry and chemicals, infrastructure utilities and transportation, serta finance.

Selain itu, saat ini terdapat 30 penerbit yang akan menerbitkan 36 emisi obligasi/sukuk yang berada dalam pipeline di BEI. Sebagai catatan, 1 perusahaan dapat menerbitkaan lebih dari 1 emisi obligasi.

Lebih lanjut, Nyoman membandingkan capaian IPO hingga paruh pertama tahun ini dengan semester 2 2019. Hasilnya, jumlah perusahaan tercatat mengalami peningkatan sebesar 59 persen, dan total nilai penawaran umum mengalami peningkatan sebesar 40 persen.

"Harapan kami tentunya kondisi ke depan akan semakin kondusif, sehingga dapat menambah keyakinan perusahaan untuk dapat menggalang dana melalui pasar modal," pungkasnya.

Minat Perusahaan untuk IPO Tetap Besar di Tengah Pandemi Corona

IPO CLEO (Foto: Achmad DA/Liputan6.com)
IPO CLEO (Foto: Achmad DA/Liputan6.com)

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan, keberadaan wabah virus corona (Covid-19) pada tahun ini tidak mengecilkan minat perusahaan untuk melakukan penawaran perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) di pasar modal.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan, hingga 30 Juni 2020 ada sebanyak 28 emiten yang melakukan pencatatan perdana.

Jumlah tersebut masih jauh lebih banyak dibanding perusahaan yang melantai di pasar saham pada periode sama di 2019, yakni sebanyak 17 perusahaan.

"Pada tahun 2020 ini kami melihat minat perusahaan untuk IPO masih tinggi, khususnya untuk IPO saham dimana untuk jumlah Perusahaan Tercatat baru saham di tahun 2020 per 30 Juni 2020 lebih tinggi bila dibandingkan jumlah perusahaan tercatat baru saham pada tahun sebelumnya," tuturnya, seperti dikutip Selasa (7/7/2020).

Nyoman berharap, dengan adanya beberapa kebijakan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Self Regulatory Organization (SRO) berupa kebijakan potongan 50 persen untuk biaya pencatatan awal saham (ILF), itu dapat membantu dan mendukung perusahaan untuk tetap berencana IPO.

Menurut catatannya, hingga 3 Juli 2020, masih terdapat 21 perusahaan yang datang dari berbagai sektor untuk melakukan pencatatan saham perdana atau IPO di BEI.

Berbagai Sektor

IPO saham Bima Sakti Pertiwi. Dok: Bawono Yadika Tulus/Liputan6.com
IPO saham Bima Sakti Pertiwi. Dok: Bawono Yadika Tulus/Liputan6.com

Adapun 21 perusahaan tersebut sebanyak 8 di antaranya berasal dari sektor perdagangan, jasa dan investment. Lalu 4 perusahaan dari sektor properti, real estate dan konstruksi.

Kemudian 3 perusahaan datang dari sektor agrikultur, 6 lainnya merupakan perusahaan yang bergerak pada sektor industri dasar dan kimia, barang konsumsi, utilitas infrastruktur dan transportasi, serta keuangan.

"Selain itu, saat ini terdapat 33 penerbit yang akan menerbitkan 42 emisi obligasi atau sukuk yang berada dalam pipeline di BEI," ujar Nyoman. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri ESDM Resmikan 10 Pembangit Listrik Berkapasitas 550 MW, Ini Rinciannya

Posted: 15 Jul 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif bersama dengan Direktur Utama PT PLN Zulkifli Zaini meresmikan 5 proyek ketenagalistrikan nasional secara virtual, Kamis (16/7/2020). Salah satunya yaitu 10 unit pembangkit listrik dengan total kapasitas 550 MW.

Proyek yang diresmikan meliputi pembangkit listrik, transmisi dan gardu induk PLN, kerjasama penyediaan pasokan listrik untuk industri smelter, program CSR Kelistrikan Sinar Mas Group dan Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) 450 VA.

Arifin menyatakan, peresmian ini merupakan langkah pemerintah untuk menyediakan pasokan energi yang merata di tengah masa adaptasi kebiasaan baru imbas pandemi Covid-19.

"Selain itu, juga mendorong badan usaha agar tetap menyediakan pasokan listrik yang cukup melalui pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan, sehingga aktivitas masyarakat yang bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah tidak terganggu," ujar Arifin dalam pemaparannya secara virtual.

Zulkifli menambahkan, sejumlah proyek yang diresmikan hari ini merupakan bagian dari proyek 35.000 Mega Watt (MW) yang ditargetkan rampung pada 2025 mendatang.

"Seluruh proyek dan program ketenagalistrikan ini tidak terlepas dari komitmen dan kerjasama serta partisipasi dan dukungan dari semua stakeholder. Kami, PLN, bertekad untuk terus bertransformasi untuk menjadi perusahaan listrik terkemuka di Asia Tenggara," ujar Zulkifli.

Secara rinci, Menteri ESDM meresmikan 10 unit pembangkit listrik dengan total kapasitas 555 MW yang terdiri dari PLTP Muara Laboh (80 MW), PLTGU Muara Karang (300 MW), PLTMG Langgur (20 MW), PLTMG Seram (20 MW), PLTM Ambon Peaker (30 MW), PLTMG Biak (15 MW), PLTMG Biak 2 - NCB PT Indonesia Power (10 MW), PLTMG Jayapura Peaker (40 MW), PLTMG Merauke (20 MW) dan PLTMG Merauke 2 - NCB 9 PT Indonesia Power (20 MW).

5 Proyek Jaringan Listrik

Pekerja memperbaiki kabel listrik Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Banten 3 Lontar, di Kabupaten Tangerang, Rabu (29/4/2020). PLN (Persero) memutuskan untuk menunda sejumlah proyek listrik meski berpotensi mengganggu jalannya program 35.000 MW. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Pekerja memperbaiki kabel listrik Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Banten 3 Lontar, di Kabupaten Tangerang, Rabu (29/4/2020). PLN (Persero) memutuskan untuk menunda sejumlah proyek listrik meski berpotensi mengganggu jalannya program 35.000 MW. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Lalu, terdapat 5 proyek jaringan transmisi dengan panjang hampir mencapai 280 ribu km serta 4 proyek gardu induk dengan kapasitas 330 MVA.

"Total investasi infrastruktur ketenagalistrikan, khususnya untuk 10 pembangkit listrik mencapai Rp 15 Triliun dan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 4.038 orang," ungkap Arifin.

Selain itu, Menteri ESDM juga meresmikan kerjasama antara PLN dengan 6 perusahaan smelter melalui penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL), yaitu PT Sebuku Iron Lateritic Ores (30 MVA), PT Parenggean Makmur Sejahtera (40 MVA), PT Ceria Nugraha Indotama (412 MVA), PT Bintang Smelter Indonesia (100 MVA), PT Huadi Nickel Alloy (190 MVA) dan PT Kapuas Prima Citra (2,5 MVA) dengan jumlah mencapai 722 MW.

 

Smelter

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Lalu, terdapat pula penandatanganan MoU dengan 7 perusahaan smelter yaitu PT Aneka tambang, PT Ang And Fang Brother, PT Mahkota Konaweeha, PT Dinamika Sejahtera Mandiri, PT Kalbar Bumi Perkasa, PT Gulf Mangan Grup dan PT Kobar Lamandau Mineral dengan total kebutuhan listrik diperkirakan 395 MW.

Kemudian, program CSR Kelistrikan Sinar Mas Group yang berhasil melistriki 21.926 rumah tangga, serta program BPBL dari Kementerian ESDM dan 28 Badan Usaha Sektor ESDM untuk 57.573 rumah tangga.

"Kami mohon, objek strategis ini dapat dijaga keamanan dan keandalannya sehingga terus dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat," pungkas Arifin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Kebersamaan Ashanty dan Millendaru, Penuh Kehangatan

Posted: 15 Jul 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Membahas kehidupan selebriti memang tak ada habisnya. Selain karier di dunia hiburan, kehidupan keluarganya juga tak lepas dari sorotan publik. Salah satu keluarga seleb yang kerap mencuri perhatian adalah Ashanty. Tak terkecuali hubungan antara Ashanty dan keponakannya, Millendaru. Seperti diketahui, kedua selebriti itu memang memiliki hubungan keluarga.

Seleb yang lebih dikenal dengan nama Millen Cyrus tersebut merupakan anak dari kakak kandung Ashanty. Sebagai tante dan keponakan, keduanya kerap memamerkan momen bersama. Namun, momen tersebut sudah jarang terlihat seiring dengan perubahan penampilan Millendaru yang kini semakin feminin. Perubahan tersebut kerap disebut-sebut publik sebagai penyebab renggangnya hubungan Millen dan Ashanty.

Meski sempat tak setuju dengan perubahan penampilan Millendaru, namun istri Anang Hermansyah ini mengaku tak mau ambil pusing. Baginya, Millen sudah bisa menentukan pilihannya sendiri. Tak ada niat memusuhi, karena bagaimana pun Millen tetaplah keponakannya. Beberapa waktu yang lalu Millen juga tampak berkunjung ke rumah Ashanty.

Awalnya pemilik nama lengkap Ashanty Siddik Hasnoputro ini sempat kaget melihat perubahan Millen yang dinilai cukup drastis. Kendati demikian, ibu empat orang anak tersebut membenarkan bahwa ia merindukan Millendaru. Berikut potret kebersamaan Ashanty dan Millendaru dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (16/7/2020).

1. Sebagai tante dan keponakan, keduanya terlihat kompak di berbagai kesempatan.

Ashanty dan Millendaru (Sumber: Instagram/@millencyrus)
Ashanty dan Millendaru (Sumber: Instagram/@millencyrus)

2. Meski hubungan keduanya sempat dikabarkan renggang, Ashanty mengaku sayang pada Millen.

Ashanty dan Millendaru (Sumber: Instagram/@millencyrus)
Ashanty dan Millendaru (Sumber: Instagram/@millencyrus)

3. Momen manis keduanya saat bersama, penuh kehangatan bak ibu dan anak.

Ashanty dan Millendaru (Sumber: Instagram/@millencyrus)
Ashanty dan Millendaru (Sumber: Instagram/@millencyrus)

4. Pada 2019, Millendaru juga merayakan hari raya Idul Fitri bersama Ashanty.

Ashanty dan Millendaru (Sumber: Instagram/mariskacorenia)
Ashanty dan Millendaru (Sumber: Instagram/mariskacorenia)

5. Momen keluarga Ashanty dan Millendaru saat buka bersama, penuh kebahagiaan.

Ashanty dan Millendaru (Sumber: Instagram/ashanty_ash)
Ashanty dan Millendaru (Sumber: Instagram/ashanty_ash)

6. Baru-baru ini Millendaru tampak mengunjungi rumah tantenya tersebut. Ashanty pun mengaku rindu pada Millen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Kesalahan Menggunakan Masker, Risikonya Tertular Corona Covid-19

Posted: 15 Jul 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan masker saat bepergian bisa mengurangi risiko penularan Corona Covid-19. Namun, salah memasang masker bisa meningkatkan risiko penularan hingga 75 persen.

Menggunakan masker bisa menghindarkan kita menularkan maupun tertular COVID-19 karena masker berfungsi menahan percikan droplet. WHO juga meyakini jika penularan virus corona baru yang terjadi akibat mikrodroplet dengan partikel lebih kecil mampu berada di udara dalam waktu yang relatif lebih lama.

Apalagi jika seseorang berada di ruangan tertutup dengan sirkulasi udara yang kurang baik. Karenanya juru bicara Pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyebut penggunaan masker harus benar.

Ada baiknya kita mengetahui cara menggunakan masker yang benar dan kekeliruan apa saja terkait penggunaan alat pelindung diri tersebut.

 

Kesalahan pemakaian masker yang sering terjadi

1. Menggunakan masker longgar dengan celah di bagian samping.

2. Memakai masker hanya menutupi ujung hidung saja.

3. Memasang masker di bawah hidung yang menyebabkan area hidung terbuka.

4. Membiarkan area dagu terpapar.

5. Memakai masker diturunkan ke bawah dagu.

Adapun kita wajib menggunakan masker walau berada di antara kolega, teman, keluarga, dan orang yang kita kenal. arena hal ini tidak memungkinkan keamanan yang terjamin dari tidak terpaparnya virus corona yang menyebar dengan cepat.

Penggunaan masker yang benar

Adapun tata cara penggunaan masker yang benar sehingga keamanannya lebih terjamin. Yakni:

1. Pastikan batang hidung hingga bawah dagu tertutup masker.

2. Kencangkan karet masker agar pas di wajah tanpa ada celah yang memungkinkan partikel virus masuk ke dalam celah masker.

Dengan cara ini, maka efektivitas pemakaian masker akan lebih optimal.

(Nabila Mecadinisa/Fimela) 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inggris Larang Layanan Huawei, Alasannya Demi Keamanan Nasional

Posted: 15 Jul 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, London- Inggris telah mengeluarkan perintah untuk larangan atau blokir terhadap perusahaan telekomunikasi China, Huawei dari jaringan 5G-nya di negara mereka.

Kebijakan larangan tersebut sebelumnya juga sudah lama diupayakan pemerintahan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam tarik-menarik geopolitiknya dengan China.

Gedung Putih mengatakan keputusan itu, "mencerminkan konsensus internasional yang berkembang bahwa Huawei dan vendor tidak terpercaya lainnya menimbulkan ancaman terhadap keamanan nasional."

Hal tersebut dikarenakan tuduhan AS soal Huawei yang memiliki keterikatan dengan Partai Komunis China.

Tetapi langkah yang dilakukan Inggris dapat menimbulkan dampak yaitu merenggangnya hubungan mereka dengan China. Para penyedia layanan seluler Inggris, selama hampir 20 tahun telah bergantung pada produksi Huawei. 

Selain itu, Huawei menyebut keputusan soal larangan tersebut "dipolitisasi" dan kemungkinan akan menempatkan Inggris "di jalur lambat digital".

Sementara Duta Besar China di London, Liu Xiaoming, menyebutnya sebagai "keputusan yang mengecewakan dan salah".

Dubes Liu Xiaoming mengatakan via Twitter, "Sudah dipertanyakan apakah Inggris dapat menyediakan lingkungan bisnis yang terbuka, adil, dan tidak diskriminatif untuk perusahaan dari negara lain."

Perubahan politik yang penuh masa depan digital Inggris dilakukan Perdana Menteri Boris Johnson selama pertemuan dengan kabinetnya dan Dewan Keamanan Nasional.

Dengan dibuatnya keputusan itu, mengharuskan perusahaan telekomunikasi di Inggris untuk menghentikan pembelian mereka pada peralatan 5G baru dari Huawei mulai tahun depan dan menghapus peralatan yang telah ada hingga akhir 2027.

Menteri Digital Inggris, Oliver Dowden, mengatakan kepada parlemen bahwa keputusan tersebut bukanlah keputusan yang mudah. 

"Ini bukan keputusan yang mudah, tetapi itu adalah keputusan yang tepat untuk jaringan telekomunikasi Inggris, untuk keamanan nasional dan ekonomi kita," ucap Dowden, demikian seperti dikutip dari AFP, Kamis (16/7/2020). 

 

Sanksi AS

Device Laboratory milik Huawei di Beijing, Tiongkok. Liputan6.com/Andina Librianty
Device Laboratory milik Huawei di Beijing, Tiongkok. Liputan6.com/Andina Librianty

Sebelumnya di bulan Januari, PM Boris Johnson sempat mengizinkan Huawei berpartisipasi dalam mengembangkan teknologi 5G. Namun Donald Trump dan partai konservatif tidak menyukai keputusan itu. 

Tetapi Donald Trump mengatakan kepada pemerintah Inggris bahwa pilihan mereka membahayakan penyebaran informasi intelijen karena memiliki kemungkinan  disadap atau dimanipulasi oleh China.

Selain itu, AS juga mempercayai bahwa Huawei dapat menutup jaringan 5G negara-negara pesaing di bawah perintah Beijing pada saat perang.

Tuduhan itu terus dibantah Huawei. 

Perusahaan telekomunikasi tersebut menunjukkan kerja sama dengan agen keamanan Inggris yang memeriksa keamanan jaringan 3G dan 4G selama dua dekade. 

Tetapi keputusan Inggris tersebut juga dipicu sanksi AS pada Mei yang memblokir akses Huawei ke chip AS di jantung jaringan 5G.

Menteri Oliver Dowden mengakui bahwa kini harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan akses penuh ke jaringan baru yang cepat.

Ia mengungkapkan, "Ini berarti penundaan kumulatif untuk peluncuran 5G dua hingga tiga tahun dan biaya hingga £2 miliar ($ 2,5 miliar, 2,2 miliar euro)".

"Ini akan memiliki konsekuensi nyata untuk koneksi di mana semua konstituen kami bergantung," tambah Dowden.

Tetapi, sejak sistem 5G mulai ditawarkan kepada para calon pengguna di Inggris pada tahun lalu, para pejabat bersikeras bahwa Huawei telah berhasil menginstal hanya sejumlah kecil peralatan.

Pencarian Perusahaan Baru

Teknologi 5G. Dok: Huawei
Teknologi 5G. Dok: Huawei

Dengan adanya permintaan dari Donald Trump itu, PM Boris Johnson menantang pemerintahan Trump untuk datang dengan alternatif yang andal dan hemat biaya untuk Huawei.

Inggris mencari penggantinya ke perusahaan-perusahaan telekomunikasi lain di seluruh dunia yang dapat mengumpulkan sumber daya mereka dan menyediakan komponen individu untuk solusi alternatif yang dapat diterapkan.

Proses tersebut akan dimulai dengan Samsung dari Korea Selatan dan NEC dari Jepang, kata Pemerintah Inggris. Dua perusahaan besar juga sambil menawarkan keterlibatan bagi Nokia dari Finlandia dan Ericsson dari Swedia.

Menanggapi dukungan itu, Kepala Regional Ericsson Arun Bansal menyatakan perusahaannya "siap untuk bekerja dengan operator Inggris untuk memenuhi jadwal mereka, tanpa gangguan kepada pelanggan".

Kepala Eksekutif Nokia untuk Inggris dan Irlandia, Cormac Whelan, juga mengatakan bahwa perusahaannya juga memiliki "kapasitas dan keahlian untuk menggantikan semua peralatan Huawei di jaringan Inggris pada skala dan kecepatan".

Meskipun demikian, pejabat Inggris tetap memperingatkan bahwa semua perusahaan tersebut yang memiliki beberapa peralatan Huawei dalam rantai pasokan mereka perlu diperhitungkan.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viralnya Pangsit Goreng Le Gino, Pembeli Harus Antre Berhari-hari

Posted: 15 Jul 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini, pangsit goreng Le Gino menjadi viral. Pembeli harus antre yang tak jarang memakan waktu berhari-hari sebelum bisa menyantapnya.

Popularitas pangsit goreng Le Gino makin menanjak setelah sejumlah food vlogger mengulasnya di channel mereka masing-masing. Salah satu yang ikut penasaran adalah Nex Carlos. 

Food vlogger yang juga memopulerkan nasi telur Pontianak tersebut mengunggah pengalamannya menyantap pangsit goreng di tempat Pak Le Gino berjualan. Berada di wilayah Cengkareng, Jakarta Barat, tempat jualan itu berada di dalam gang sempit yang padat penduduk.

"Kalau mau ke sini lebih baik pakai motor saja," kata Carlos dalam video yang diunggah 7 Juli 2020.

Saat datang pada Jumat, ia mendapati pesanan online sudah masuk hingga Rabu depan. Meski begitu, warung menyiapkan stok tambahan untuk melayani pesanan pembeli yang datang langsung dengan jumlah hanya 50 bungkus.

"Ini warung baru buka 10 menit, tapi antrean udah sampai nomor 14. Mati aja deh yang baru datang jam 6," celoteh Carlos.

Kepada Carlos, Pak Le Gino mengaku sudah berjualan sejak 1993. Namun saat itu, lokasi jualannya tak di tempat yang sekarang dan hanya menjual bakmi.

Ia baru delapan tahun terakhir berjualan pangsit goreng. Tetapi, warungnya menjadi sangat ramai sejak sebelum lebaran lalu. Antrean pembeli memenuhi pinggir jalan. Karyawan pun tak berhenti mencatat dan mengecek pesanan yang masuk.

Apa Istimewanya?

Pangsit goreng Le Gino. (dok. Screenshot Youtube Nex Carlos/Dinny Mutiah)
Pangsit goreng Le Gino. (dok. Screenshot Youtube Nex Carlos/Dinny Mutiah)

Pakle Gino dibantu dua orang karyawan untuk memasak seluruh pesanan. Meski populer, harga pangsit gorengnya masih terjangkau, Rp18 ribu per porsi.

Carlos pun menjelaskan mengapa pangsit goreng Le Gino punya banyak penggemar. Ia mengatakan pangsit itu direbus terlebih dulu sebelum digoreng sehingga terasa lembut dan kenyal ketika digigit.

Selain itu, daging cincang isiannya banyak. Satu porsi pangsit goreng terdiri dari lima pangsit, bakso, telur, dan beragam sayuran. Kerupuk warna-warni menjadi pelengkapnya

"Pangsitnya yang bikin beda. Mantep lah. Dagang kayak gini enak kali ya?" ujar Carlos.

Warung Pak Le Gino ternyata tak hanya menjual pangsit goreng. Carlos juga sempat mencicipi mi goreng pangsit spesial dan kwetiau goreng spesial yang cita rasanya mirip dengan pangsit goreng, yakni manis dan gurih.

Mi gorengnya menggunakan mi keriting yang memiliki tekstur kenyal dan tebal. Sementara, kwetiaunya juga sama enaknya. Harganya masing-masing Rp15 ribu per porsi. Nah, apa sudah siap memesan?

Anda harus lebih bersabar. Dari unggahan di akun Instagram Pangsit Goreng Le Gino, warung sudah menutup pesanan hingga akhir Juli 2020. Pemesanan baru akan dibuka pada Agustus 2020 dan itu pun mereka wajib datang ke lokasi.

"Jadi, kami kembali ke sistem lama ya. Tidak ada waiting list lagi," tulis admin akun tersebut. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dibuka Lagi, CN Tower Wajibkan Pengunjung Gunakan Masker

Posted: 15 Jul 2020 10:00 PM PDT

Pengunjung yang mengenakan masker bersiap untuk memasuki CN Tower di Toronto, Kanada, pada 15 Juli 2020. Setelah ditutup akibat pandemi COVID-19, CN Tower dibuka kembali mulai Rabu (15/7), dengan pengunjung diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah di dalam menara tersebut. (Xinhua/Zou Zheng)
Pengunjung yang mengenakan masker bersiap untuk memasuki CN Tower di Toronto, Kanada, pada 15 Juli 2020. Setelah ditutup akibat pandemi COVID-19, CN Tower dibuka kembali mulai Rabu (15/7), dengan pengunjung diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah di dalam menara tersebut. (Xinhua/Zou Zheng)

Pengunjung yang mengenakan masker bersiap untuk memasuki CN Tower di Toronto, Kanada, pada 15 Juli 2020. Setelah ditutup akibat pandemi COVID-19, CN Tower dibuka kembali mulai Rabu (15/7), dengan pengunjung diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah di dalam menara tersebut. (Xinhua/Zou Zheng)

Sejumlah pengunjung yang mengenakan masker mengunjungi CN Tower di Toronto, Kanada, pada 15 Juli 2020. Setelah ditutup akibat pandemi COVID-19, CN Tower dibuka kembali untuk umum dengan pengunjung diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah di dalam menara tersebut. (Xinhua/Zou Zheng)
Sejumlah pengunjung yang mengenakan masker mengunjungi CN Tower di Toronto, Kanada, pada 15 Juli 2020. Setelah ditutup akibat pandemi COVID-19, CN Tower dibuka kembali untuk umum dengan pengunjung diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah di dalam menara tersebut. (Xinhua/Zou Zheng)

Sejumlah pengunjung yang mengenakan masker mengunjungi CN Tower di Toronto, Kanada, pada 15 Juli 2020. Setelah ditutup akibat pandemi COVID-19, CN Tower dibuka kembali untuk umum dengan pengunjung diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah di dalam menara tersebut. (Xinhua/Zou Zheng)

Petugas keamanan membersihkan pegangan pintu di pintu masuk CN Tower di Toronto, Kanada, pada 15 Juli 2020. Setelah ditutup akibat pandemi COVID-19, CN Tower dibuka kembali mulai Rabu (15/7), dengan pengunjung diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah di dalam menara tersebut. (Xinhua/Zou Zhen
Petugas keamanan membersihkan pegangan pintu di pintu masuk CN Tower di Toronto, Kanada, pada 15 Juli 2020. Setelah ditutup akibat pandemi COVID-19, CN Tower dibuka kembali mulai Rabu (15/7), dengan pengunjung diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah di dalam menara tersebut. (Xinhua/Zou Zhen

Petugas keamanan membersihkan pegangan pintu di pintu masuk CN Tower di Toronto, Kanada, pada 15 Juli 2020. Setelah ditutup akibat pandemi COVID-19, CN Tower dibuka kembali mulai Rabu (15/7), dengan pengunjung diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah di dalam menara tersebut. (Xinhua/Zou Zhen

Seorang staf membersihkan kios swalayan di luar CN Tower di Toronto, Kanada, pada 15 Juli 2020. Setelah ditutup akibat pandemi COVID-19, CN Tower dibuka kembali untuk umum dengan pengunjung diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah di dalam menara tersebut. (Xinhua/Zou Zheng)
Seorang staf membersihkan kios swalayan di luar CN Tower di Toronto, Kanada, pada 15 Juli 2020. Setelah ditutup akibat pandemi COVID-19, CN Tower dibuka kembali untuk umum dengan pengunjung diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah di dalam menara tersebut. (Xinhua/Zou Zheng)

Seorang staf membersihkan kios swalayan di luar CN Tower di Toronto, Kanada, pada 15 Juli 2020. Setelah ditutup akibat pandemi COVID-19, CN Tower dibuka kembali untuk umum dengan pengunjung diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah di dalam menara tersebut. (Xinhua/Zou Zheng)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Community Experience, Komunitas bagi Para Pelancong Berkursi Roda

Posted: 15 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Melakukan kegiatan luar ruangan masih sulit dilakukan bagi sebagian penyandang disabilitas pengguna kursi roda. Masalah yang dihadapi adalah kondisi jalan dan fasilitas bagi difabel yang tidak tersedia di beberapa objek wisata alam.

Dalam mengatasi hal ini, Craig Grimes mendirikan Community Experience, organisasi nirlaba yang menyediakan informasi tentang kegiatan rekreasi untuk pengguna kursi roda dan panduan wisata di seluruh Inggris, melansir Disability Horizons.

Craig sendiri adalah pengguna kursi roda yang mencoba membuat pedesaan lebih mudah diakses. Diawali dengan memproduksi film pendek yang menunjukkan kepada orang-orang bagaimana mengakses jalur, bekerja sama dengan dewan Natural England, Leeds dan Leicestershire.

Pada 2014 ia memutuskan ingin membantu lebih banyak, sehingga mendirikan Experience Community yang awalnya hanya mengajak jalan-jalan difabel di sekitar Kota Leeds, Inggris.

Kursi Roda Gunung

Pada saat yang sama, ia juga menjadi distributor kursi roda gunung (mountain trike). Ini pada dasarnya adalah seseorang yang menyarankan tentang model kursi roda luar ruangan yang sesuai dengan kondisi pelanggan.

Craig pertama kali mencoba kursi roda gunungnya di sebuah acara dan langsung ketagihan. Dengan menggunakan kursi roda yang disesuaikan untuk perjalanan luar ruangan, ia dapat berjalan-jalan di area pegunungan dan di jalur-jalur yang terbilang ekstrim.

"Melihat begitu banyak pengguna kursi roda gunung berjalan bersama-sama sungguh menakjubkan. Kami dapat bertukar gagasan tentang tempat-tempat untuk  perjalanan dan saling memberikan saran tentang pemeliharaan kursi roda," ujar Craig.

Kecelakaan pada 1997 membuatnya harus menggunakan kursi roda. Kejadian itu menghancurkan impian karirnya untuk bekerja di konservasi. Kondisinya tidak memungkinkan untuk melakukan penelusuran di pedalaman hutan dan secara efektif menghentikannya dari mengejar jalur karier tersebut.

Teknologi kursi roda yang semakin canggih memungkinkan dia untuk tetap aktif dan mengakses pedesaan lagi dengan cara yang tidak pernah dia bayangkan.

Dengan kursi roda yang disesuaikan dengan kebutuhannya tersebut, dia dapat memanjat dan menuruni lereng yang curam, pergi ke hutan (bahkan jika tidak ada jalan setapak yang jelas), melalui trek yang rusak, lumpur yang dalam dan melalui sungai untuk membersihkan lumpur dari kursi rodanya. Ini semua hal yang tidak akan pernah bisa dia lakukan di kursi kerjanya.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampak Nyata, Seni Grafiti 3D Karya Seniman Portugis Ini Bikin Kagum

Posted: 15 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Melukis merupakan salah satu bentuk kreativitas yang tak terbatas. Melukis membutuhkan kelihaian tangan dan imajinasi yang tinggi, salah satunya adalah melukis menggunakan teknik 3D.

Saat ini, tak sedikit seniman yang memanjakan visualisasi penikmat street art melalui trick art 3D, yakni karya seni rupa yang bisa membuat ilusi optik di mata yang melihatnya. Salah satu seniman itu bernama Sergio Odeith.

Odeith merupakan seorang seniman grafiti asal Portugis. Ia memulai membuat grafiti sejak tahun 90-an, saat seni grafiti belum populer seperti saat ini. Karyanya semakin dikenal ketika ia berkreasi dengan 3D mural.

Awalnya, Odeith membuat sketsa untuk gambar yang ingin dibuatnya. Kemudian ia memainkan teknik dengan menggabungkan garis, angle, dan bayangan untuk menciptakan efek yang nyata pada lukisannya.

Pada tahun 2005, Odeith mendapat pengakuan sebagai pelopor seni anamorphic, yaitu karya lukis yang menciptakan efek ilusi optik. Melalui website odeith.com dan instagramnya @odeith, ia membagikan karyanya dan mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai kalangan. Berikut beberapa karyanya yang telah dirangkum dari akun Instagramnya.

Odeith memanfaatkan bangunan kosong untuk menuangkan imajinasinya

Seni 3D karya seniman asal Portugis hasilnya realistis. Sumber: Instagram/odeith
Seni 3D karya seniman asal Portugis hasilnya realistis. Sumber: Instagram/odeith

Namanya mendunia berkat karya 3D nya

Seni 3D karya seniman asal Portugis hasilnya realistis. Sumber: Instagram/odeith
Seni 3D karya seniman asal Portugis hasilnya realistis. Sumber: Instagram/odeith

Jangan terkecoh ya

Seni 3D karya seniman asal Portugis hasilnya realistis. Sumber: Instagram/odeith
Seni 3D karya seniman asal Portugis hasilnya realistis. Sumber: Instagram/odeith

Ia juga mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai kalangan

Seni 3D karya seniman asal Portugis hasilnya realistis. Sumber: Instagram/odeith
Seni 3D karya seniman asal Portugis hasilnya realistis. Sumber: Instagram/odeith

Menipu mata yang melihatnya

Seni 3D karya seniman asal Portugis hasilnya realistis. Sumber: Instagram/odeith
Seni 3D karya seniman asal Portugis hasilnya realistis. Sumber: Instagram/odeith

Tampak seperti serangga raksasa yang sedang menyerang

Seni 3D karya seniman asal Portugis hasilnya realistis. Sumber: Instagram/odeith
Seni 3D karya seniman asal Portugis hasilnya realistis. Sumber: Instagram/odeith

Bayangan membuat lukisan tampak lebih nyata

Seni 3D karya seniman asal Portugis hasilnya realistis. Sumber: Instagram/odeith
Seni 3D karya seniman asal Portugis hasilnya realistis. Sumber: Instagram/odeith

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amerika Serikat Ambil Keputusan Blokir TikTok dalam Hitungan Minggu?

Posted: 15 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Donald Trump telah mengisyaratkan kerangka waktu untuk mengambil tindakan terhadap TikTok.

Pasalnya beberapa waktu terakhir, memang banyak diberitakan platform berbagi video kreatif itu mengancam keamanan nasional.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, mengatakan, pemerintah Trump tengah mempertimbangkan untuk melarang operasional TikTok.

Kini, Kepala Staf Pemerintah Trump, Mark Meadows, mengatakan, langkah pelarangan operasional TikTok di Amerika Serikat bisa diambil dalam beberapa minggu mendatang.

"Ada sejumlah pejabat yang mempertimbangkan risiko keamanan nasional terkait dengan TikTok, WeChat, dan aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi ini dianggap berpotensi mengekspos keamanan nasional, terutama terkait upayanya mengumpulkan data warga Amerika Serikat," kata Meadows kepada wartawan, sebagaimana dikutip dari The Verge, Kamis (16/7/2020).

Lebih lanjut, Meadows mengatakan, dirinya tidak mengetahui ada tenggat waktu tertentu untuk penjatuhan keputusan.

"Namun saya kira dalam waktu beberapa minggu, bukan hitungan bulan," kata Meadows.

TikTok Menyangkal

TikTok. Dok: money.com
TikTok. Dok: money.com

Sementara itu, TikTok sendiri berkali-kali menyangkal mengenai risiko keamanan di platformnya. TikTok juga menekankan, aplikasinya tidak sama dengan Douyin --TikTok versi Tiongkok--.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah menunjuk CEO baru, yakni mantan pejabat eksekutif Disney Kevin Meyer.

TikTok juga menghentikan operasional di Hong Kong, usai pemerintah Hong Kong mengadopsi aturan keamanan nasional baru, tersentral dengan pemerintah Tiongkok.

"TikTok dipimpin oleh CEO orang Amerika dengan ratusan karyawan dari divisi keamanan, produk, dan kebijakan publik di Amerika Serikat," kata TikTok, mengomentari pernyataan Mike Pompeo.

TikTok juga memastikan aplikasinya aman bagi para pengguna. Bahkan, TikTok menegaskan, tak pernah mengirimkan data pengguna Amerika ke Tiongkok.

Ancaman Amerika Serikat

Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok.  Kredit: antonbe via Pixabay
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

Sebelumnya, platform TikTok yang tengah populer di Amerika Serikat malah terancam diblokir pemerintah Donald Trump.

Berbicara kepada Fox News, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengungkapkan bahwa pemerintah AS dapat mempertimbangkan untuk melarang TikTok sebagai bagian dari rencana pemerintah untuk mencekal aplikasi yang dibuat oleh perusahaan China.

"Anda harus tahu kami menganggap hal ini sangat serius. Kami tentu memantaunya," kata Pompeo.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasib Warga Desa Poi Sigi dalam Ancaman Longsor Material Gunung yang Rapuh

Posted: 15 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Sigi - Nestapa sedang dialami oleh warga Desa Poi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Desa itu perlahan mulai tertutup material lumpur dan pasir dari gunung yang rapuh pascagempa September 2018 lalu. Desa itu pun disebut terancam hilang.

Sudah 6 kali banjir dengan material lumpur, pasir, dan batu besar menerjang Desa Poi di Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi. Yang terakhir terjadi pada awal Juli 2020. Material menghantam rumah-rumah warga, lumpur menutup akses jalan poros dan kebun-kebun yang ada di desa itu setinggi 1 meter.

Dusun 2 dan 3 Desa Poi terdampak parah. Di dua dusun itu, dari 180 keluarga sebagian besar telah meninggalkan desa. Penghidupan mereka di desa itu, rumah dan kebun, sudah terkubur lumpur dan bebatuan dari gunung. Sementara warga yang masih bertahan hidup menanggung ancaman bencana.

Semua bencana itu terjadi setelah gempa yang terjadi pada 28 September 2018 lalu.

"Warga sekarang bingung, banyak di antaranya tidak punya tempat tinggal untuk mengungsi. Mereka banyak ke tempat keluarga, membangun pondok di sekitar desa, ada juga mengungsi di sekolah," kata Ketua RT 04, Dusun 2, Desa Poi, Kisman, Senin (13/7/2020).

Pilihan bertahan di desa itu bagi sebagian warga bukan tanpa sebab. Janji pemerintah yang akan merelokasi mereka dari desa Poi hingga pertengahan tahun 2020 ini belum juga terwujud. Padahal, ancaman banjir lumpur dan bebatuan gunung saat musim hujan menjadi keniscayaan bagi desa itu.

"Pokoknya kalau hujan pasti batu-batu dan lumpur masuk ke desa, apalagi kalau hujannya lebat. Seperti sekarang, kami hanya siang berada di desa, kalau malam terpaksa kami tinggalkan desa," Yahya menceritakan.

Jarak antara gunung yang mengancam desa dengan permukiman penduduk Desa Poi sendiri sekitar 1,5 kilometer.

Terancam Terkubur, Segera Relokasi Warga

Kondisi permukaan gunung di desa Poi yang menjadi ancaman warga. tampak bagian puncak hingga tebing gunung itu yang terbuka dan rapuh yang memperlihatkan kandungan material yang mengancam desa Poi. (Sumber foto: Himpunan Ahli Geofisika Sulteng/ Mauludin).
Kondisi permukaan gunung di desa Poi yang menjadi ancaman warga. tampak bagian puncak hingga tebing gunung itu yang terbuka dan rapuh yang memperlihatkan kandungan material yang mengancam desa Poi. (Sumber foto: Himpunan Ahli Geofisika Sulteng/ Mauludin).

Material dari pegunungan yang sejauh ini sudah mengubur sebagian Desa Poi itu disebut pakar kebencanaan dari Universitas Tadulako (Untad), Abdullah, berpotensi membuat seluruh area desa tertutup.

Abdullah menghitung, jika berdasarkan keterangan warga setempat luas area pegunungan yang menganga dan rapuh karena guncangan gempa tahun 2018 lalu mencapai 60 hektare. Jika menggunakan asumsi kedalaman kubangannya 1 meter saja, maka jumlah kandungan material yang berpotensi luber ke desa mencapai 12 ribu ton.

"Itu juga belum termasuk kandungan seluruhnya yang di dalam. Jumlah itu lebih dari cukup untuk menghilangkan desa sebelah selatan Kota Palu itu," Kata Abdullah kepada Liputan6.com, Senin (13/7/2020).

Guncangan gempa dan intensitas hujan tinggi seperti yang terjadi sekarang ini berpotensi terus melemahkan ikatan massa material gunung yang telah rapuh karena gempa dahsyat sebelumnya itu.

"Gunung itu sudah dilemahkan gempa tahun 2018 lalu. Warga segera harus direlokasi. Itu jalan satu-satunya. Kalau hanya dengan normalisasi sungai, akan sia-sia karena material terus turun," Abdullah merekomendasikan.

Simak video menarik lainnya berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Terancam Tanpa Mason Greenwood Lawan Crystal Palace

Posted: 15 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Mason Greenwood telah menjadi salah satu bintang Manchester United (MU) sejak Liga Inggris dilanjutkan pada Juni 2020 di tengah pandemi corona Covid-19. Ia sudah mengemas empat gol dalam empat pertandingan terakhirnya.

Sayang, Greenwood terancam tak bisa melanjutkan performa cemerlangnya saat MU menghadapi tuan rumah Crystal Palace. Laga pekan ke-36 Liga Inggris itu akan berlangsung di Selhurst Park, Jumat (17/7/2020) dini hari WIB.

Penyerang sayap berusia 18 tahun itu diragukan bisa main karena mengalami cedera pergelangan kaki. Cedera itu didapat setelah Greenwood ditekel Oriol Romelu saat MU ditahan Southampton 2-2 di Old Trafford, Senin (13/7/2020) lalu.

Tak Greenwood, MU juga kehilangan dua beknya, yakni Luke Shaw dan Brandon Williams pada laga kontra Southampton. Shaw mengalami cedera engkel, sementara Williams menderita cedera kepala.

Padahal, MU sedang membutuhkan tenaga mereka untuk merebut posisi empat besar klasemen agar bisa tampil di Liga Champions musim depan. Klub berjuluk Setan Merah di peringkat lima dengan 59 poin. Jumlah poin MU sama seperti Leicester City yang berada di peringkat empat.

 

Beri Waktu Pemulihan

Striker muda Manchester United Mason Greenwood merayakan gol Marcus Rashford pada laga Liga Champions melawan Paris Saint-Germain di Parc des Princes, Kamis (7/3/2019) dini hari WIB. (AP Photo/Francois Mori)
Striker muda Manchester United Mason Greenwood merayakan gol Marcus Rashford pada laga Liga Champions melawan Paris Saint-Germain di Parc des Princes, Kamis (7/3/2019) dini hari WIB. (AP Photo/Francois Mori)

Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer akan memberikan waktu pemulihan untuk ketiga pemainnya itu. "Saya akan memberi Luke waktu pemulihan sebanyak mungkin. Pergelangan kaki dia dan Mason mengalami pembengkakan," kata Solskjaer kepada MUTV.

"Brandon seharusnya baik-baik saja. Dia terluka pada bagian sekitar mata. Jika penglihatannya tidak terganggu, maka dia bisa dimainkan."

 

 

Alasan Telat Ganti Greenwood

Greenwood mendapat tekel Oriol Romelu pada akhir babak pertama dan tidak mendapat perhatian wasit Chris Kavanagh. Greenwood masih mampu meneruskan pertandingan dan baru diganti pada menit ke-84.

Solskjaer punya alasan mengapa baru mengganti Greenwood di akhir babak kedua. "Pada momen pertandingan, dia akan terus bermain dan adrenalin membuatnya terus bersemangat. Setelah laga, Anda akan mendapatkan sedikit reaksi," papar juru taktik asal Norwegia itu.

"Saya pikir [tekel Romeu] itu seharusnya tidak luput dari peluit wasit," pungkasnya.

Saksikan Video Mason Greenwood di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hana Hanifah Buka Suara Terkait Kasus Prostitusi Online

Posted: 15 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Artis FTV, Hana Hanifah akhirnya buka suara terkait kasus dugaan prostitusi online yang menjeratnya. Ia menyampaikan permintaan maaf dan menyatakan bahwa dirinya adalah saksi dalam kasus ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepala BKKBN Hasto Ungkap Faktor Penyebab Lansia Stres dan Depresi

Posted: 15 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Hasto Wardoyo mengungkapkan faktor penyebab lanjut usia (lansia) mengalami stres dan depresi. Faktor penyebab dilatarbelakangi kondisi sosial lansia, kesepian, sakit, dan ekonomi lemah.

"Jadi, lansia mengalami kondisi yang kurang menguntungkan, seperti kesepian dan juga karena kondisi sosial belum tentu menguntungkan. Itulah yang membuat mereka bisa stres dan depresi, psikososial, dan skizofrenia," papar Hasto saat Webinar Pahami Lansia, Bahagia Seluruh Keluarga, kemarin (15/7/2020).

"Hal ini terkait dengan kesehatan reproduksi pada perempuan yang mana hormon estrogen menghilang. Tubuh tidak lagi produksi hormon estrogen. Kemudian yang lansia laki-laki juga mengalami andropause dan penurunan hormon androgen. Ditandai dengan penurunan libidonya."

Andropuase merupakan perubahan suasana hati, kecemasan, penurunan gairah seksual, dan masalah tidur. Permasalahan tulang, seperti keropos juga dialami lansia.

"Tulangnya menjadi keropos. Lalu haidnya tidak teratur dan kulit keriput. Faktor-faktor ini kalau enggak siap mental bisa merasa stres. Tentu, harus dihadapi dengan baik supaya lansia tidak stres," lanjut Hasto.

Terapi Estrogen Alami

Makan kacang tanah/copyright: pexels.com/shatta pilabut
Makan kacang tanah/copyright: pexels.com/shatta pilabut

Untuk menghadapi usia lansia, Hasto menambahkan menjaga kebugaran penting. Ada juga terapi estrogen alami yang bisa diberikan, yakni memperbanyak konsumsi kacang-kacangan.

Kacang-kacangan dikenal meningkatkan hormon estrogen. Dalam hal ini, kacang mengandung senyawa fitoestrogen.

"Dari kacang-kacangan ini dapat mengurangi gejala menopause pada perempuan yang memasuki usia lansia. Permasalahan seperti tulang keropos pada tulang punggung juga bisa dicegah cara kita konsumsi fitoestrogen yang terkandung pada kacang," lanjut Hasto.

Olahraga Teratur

Olahraga Lindungi Lansia dari Ancaman Demensia
Olahraga Lindungi Lansia dari Ancaman Demensia

Lebuh lanjut, Hasto menekankan, lansia dapat berolahraga. Hal ini membuat tubuh menjadi kuat dan stres akan berkurang. Olahraga ringan seperti jalan kaki dapat aman dilakukan lansia.

"Karena olahraga itu juga mengeluarkan rasa gembira. Jadi, bikin kita bahagia. Dengan olahraga juga mengurangi kecepatan osteoporosis. Dan olahraga itu memang betul memengaruhi metabolisme kalsium, yang merangsang produksi dopamin," tambahnya.

"Penerapan olahraga yang baik membuat kita lebih segar dam lebih fresh. Selain itu, tidur yang cukup adalah salah satu cara yang baik untuk menjadi energi siap menghadapi hari yang akan datang."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skandal dengan YouTuber Ericko Lim, Listy Chan Dipecat dari Tim eSports

Posted: 15 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Listy Chan disebut-sebut menjadi penyebab hancurnya jalinan asmara YouTuber Ericko Lim dengan Jessica Jane. Isu ini diperkuat dengan unggahan Jessica di Instagram pribadinya.

Pada Selasa (15/7/2020), adik Jess No Limit itu memperlihatkan foto Ericko Lim yang melakukan mirror selfie. Ia merangkul dan mencium kening Listy Chan.

Menyusul pemberitaan ini, karier Listy Chan sebagai gamer profesional rupanya terkena imbas. EVOS eSports mengakhiri kontrak dengan Listy sebagai pro player.

"Setelah melakukan perbincangan dengan pihak terkait, EVOS Esports akhirnya membuat keputusan untuk mengakhiri kontrak dengan Listy sebagai pemain Esports profesional di divisi ML Ladies," tulis pengelola akun evoesports para Selasa (15/7/2020).

Permohonan Maaf

[Foto: Instagram EVOS eSports]
[Foto: Instagram EVOS eSports]

Pihak EVOS eSports juga menyampaikan permohonan maaf jika ada pihak yang kurang berkenan atas keputusan tersebut.

"EVOS Esports sebagai yang merupakan tim menaungi Listy, memohon maaf atas apa yang terjadi. Semoga apapun yang terjadi bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua," begitu akhir unggahannya.

Brand Ambassador

Listy Chan. Dok: Instagram @listychanpokemon
Listy Chan. Dok: Instagram @listychanpokemon

Tak cuma dipecat dari EVOS eSports, dua brand besar juga mengakhiri kerja samanya dengan Listy Chan sebagai brand ambassador. Brand tersebut adalah COC Komputer dan Thanos Auction.

"Dengan berat hati, terhitung mulai dari hari ini, Listy Chan sudah bukan lagi Brand Ambassador dari COC komputer," begitu keterangan di Instagram COC Komputer.

Kata Ericko Lim

Sementara itu, lewat akun Instagram pribadinya, Ericko Lim sempat buka suara mengenai permasalahan ini. Kedekatannya dengan Listy Chan diakuinya hanya sebatas teman.

"I am not gonna deny. Yes, gue emang lagi dekat sama Listy baru-baru ini, and sure, kita hangout bareng as a friend," tulis Ericko Lim di Instagram Storiesnya belum lama ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Diserang Tawon, Enam Petugas PDAM Bantaeng Jatuh ke Jurang

Posted: 15 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Enam orang petugas PDAM Bantaeng ditugaskan memperbaiki pipa bocor di kawasan perbukitan. Naas, mereka diserang kawanan tawon dan terjatuh ke jurang sedalam 100 meter ketika berusaha menyelamatkan diri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Bisa Hindari Resesi, Ini Caranya

Posted: 15 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 tak kunjung usai. Pandemi ini bisa menyeret Indonesia dalam jurang resesi. Pasalnya, banyak kegiatan ekonomi yang lumpuh akibat pandemi ini, sehingga perputaran perekonomian terganggu. Belum lagi daya beli masyarakat yang melemah akibat berkurangnya pendapatan.

Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Umar Juoro mengungkapkan bahwa Indonesia juga berpotensi mengalami resesi. Namun lebih dangkal jika dibandingkan dengan yang terjadi pada Singapura saat ini.

"Jika puncak pandemi pada September, maka kemungkinan Indonesia mengalami resesi menjadi semakin besar karena kegiatan ekonomi terutama konsumsi dan investasi sangat terganggu. Hanya kemungkinan resesi di Indonesia lebih dangkal karena berbeda dengan Singapura yang bergantung besar pada ekonomi dunia, Indonesia ekonominya lebih domestik," ujar dia kepada Liputan6.com, seperti ditulis Kamis (16/7/2020).

Singapura secara resmi mengalami resesi teknis. Pada kuartal ke-2 tahun 2020, ekonomi negara tetangga Indonesia tersebut minus hingga 41,2 persen akibat terhantam pandemi Covid-19.

Pada Januari hingga Maret, PDB Singapura terkontraksi 3,3 persen dibanding kuartal sebelumnya. Dibandingkan tahun sebelumnya, PDB Singapura anjlok 12,6 persen pada kuartal ke-2. Angka itu juga lebih parah dari proyeksi analis sebesar 10,5 persen.

Menurut Umar, Indonesia masih bisa menghindar dari resesi jika terjadi pertumbuhan ekonomi yang positif di triwulan ketiga dan keempat 2020. Dengan catatan, fokus untuk pemulihan demand side, atau daya beli.

"Indonesia masih bisa menghindar dari resesi, paling tidak dengan pertumbuhan positif di triwulan ketiga dan keempat, dg di triwulan kedua kemungkinan negatif. Fokusnya semestinya pada sisi permintaan (demand side)," kata dia.

Dalam hal ini, Pemerintah telah menggulirkan berbagai stimulus, mulai dari Program bantuan langsung tunai, kartu Prakerja, dan bantuan untuk pekerja yang terkena PHK. Selain itu juga ada Penurunan tarif PPN dan subsidi upah pekerja di industri padat karya sangat membantu menjaga permintaan dan mencegah PHK.

"Bagaimanapun kemampuan kita mengendalikan covid masih sangat menentukan jalannya perekonomian," pungkas Umar. Dengan begitu diharapkan jurang resesi di Indonesia tidak terlalu dalam.

Masuk Jurang Resesi, Ekonomi Singapura Minus 41,2 Persen

Ilustrasi Singapura (AP/Wong Maye-E)
Ilustrasi Singapura (AP/Wong Maye-E)

Sebelumnya, ekonomi Singapura secara resmi mengalami resesi teknis. Pada kuartal ke-2 tahun 2020, ekonomi negara tetangga Indonesia tersebut minus hingga 41,2 persen akibat terhantam pandemi Covid-19.

Prediksi nilai Produk Domestik Bruto (PDB) Singapura lebih parah dari prediksi analis. Survey yang dilakukan Reuters menyatakan ekonomi negara-negara di Asia Tenggara diperkirakan merosot 37,4 persen dari kuartal ke kuartal.

Adapun, resesi teknis didefinisikan sebagai pelemahan ekonomi dalam dua kuartal secara berturut-turut. Pada Januari hingga Maret, PDB Singapura terkontraksi 3,3 persen dibanding kuartal sebelumnya.

Lalu dibandingkan tahun sebelumnya, PDB Singapura anjlok 12,6 persen pada kuartal ke-2. Angka itu juga lebih parah dari proyeksi analis yang sebesar 10,5 persen.

Kinerja ekonomi negara tersebut kian melambat setelah pemerintah Singapura menerapkan lockdown parsial, yang diklaim dapat memutus tali penyebaran Covid-19.

Lockdown parsial itu sudah dilakukan sejak April dengan menghentikan aktivitas di tempat kerja kecuali untuk pelayanan publik yang penting dan esensial serta menutup sekolah sementara. Lockdown ini berjalan di kuartal ke-2 dan dilonggarkan pada awal Juni.

Dampaknya, tentu saja aktivitas ekonomi dan dunia usaha di Singapura terhantam. Permintaan domestik menurun demikian dengan permintaan global sehingga tidak ada yang dapat dijadikan pijakan agar ekonomi tumbuh.

Rincian

Secara rinci, pada kuartal ke-2 2020, sektor manufaktur tercatat masih tumbuh 2,5 persen dibanding tahun sebelumnya. Sektor konstruksi ambles 54,7 persen, dan sektor jasa merosot 13,6 persen, dibanding tahun sebelumnya.

Adapun Singapura sendiri menjadi negara dengan jumlah kasus positif Covid-19 terbanyak se-Asia Tenggara dengan catatan 46.200 orang positif Covid-19 dan 26 orang meninggal dunia, menurut data Kementerian Kesehatan Singapura. Pandemi ini mungkin akan menjerumuskan Singapura ke dalam resesi yang lebih parah. Pemerintahnya sendiri sudah memproyeksi kontraksi ekonomi 4 hingga 7 persen tahun ini.

Singapura sendiri sudah menggelontorkan SGD 100 miliar untuk stimulus di tengah pandemi. Alex Holmes, ekonom Capital Economist menyatakan, gelontoran stimulus itulah harapan Singapura untuk bisa segera bangkit.

"Kunci optimisme Singapura terletak pada jumlah stimulus yang digelontorkan pemerintah, yang mencapai 20 persen dari GDP," katanya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Jessica Jane dengan Makeup Tebal, Tampil Berkonsep dan Memesona

Posted: 15 Jul 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jessica Jane dikenal luas sebagai salah satu YouTuber Indonesia. Bukan hanya dikenal sebagai YouTuber saja, akan tetapi Jessica merupakan adik kandung dari Jess No Limit. Kini, Jessica tengah menjadi sorotan publik karena unggahannya terkait dengan putusnya hubungan asmara dirinya dengan Ericko Lim.

Pasalnya, melalui unggahan tersebut, wanita 20 tahun ini mengungkapkan terkait adanya dugaan perselingkuhan antara Ericko Lim dengan salah satu gamer ternama Listy Chan. Nama Jessica Jane pun langsung menjadi sorotan publik serta menjadi trending di Twitter.

Jessica Jane sendiri cukup aktif mengunggah video di kanal YouTube pribadinya. Ia juga sering melakukan berbagai challenge mengenai makanan hingga kegiatan yang akan dilakukan. Tak hanya aktif menjadi seorang YouTuber saja, adik dari Jess No Limit ini juga aktif membagikan foto ataupun video di akun Instagram pribadinya.

Salah satunya ialah foto saat dirinya menggunakan makeup tebal. Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @jessicajane99, berikut ini beberapa potret Jessica Jane saat menggunakan makeup tebal namun tetap memiliki konsep, Kamis (16/7/2020).

1. Melalui akun Instagram pribadinya, Jessica pun cukup sering berkreasi dengan makeup.

Jessica Jane (Sumber: Instagram/jessicajane99)
Jessica Jane (Sumber: Instagram/jessicajane99)

2. Ia pun beberapa kali menggunakan sebuah warna untuk konsep penampilannya, mulai dari makeup, baju hingga perlengkapan lainnya.

Jessica Jane (Sumber: Instagram/jessicajane99)
Jessica Jane (Sumber: Instagram/jessicajane99)

3. Meski terlihat cukup nyentrik, tak sedikit pula netizen yang tetap memuji pesona dari YouTuber satu ini.

Jessica Jane (Sumber: Instagram/jessicajane99)
Jessica Jane (Sumber: Instagram/jessicajane99)

4. Bahkan, dirinya kerap mengunggah video Challenge dengan konsep sebuah warna dalam satu hari.

Jessica Jane (Sumber: Instagram/jessicajane99)
Jessica Jane (Sumber: Instagram/jessicajane99)

5. Makeup Jessica dengan konsep pink ini pun membuatnya terlihat bak idol Korea Selatan ya.

Jessica Jane (Sumber: Instagram/jessicajane99)
Jessica Jane (Sumber: Instagram/jessicajane99)

6. Menggunakan lipstik berwarna hitam, Jessica pun tampil totalitas untuk konsep ini.

Jessica Jane (Sumber: Instagram/jessicajane99)
Jessica Jane (Sumber: Instagram/jessicajane99)

7. Jessica Jane pun diketahui mulai aktif mengunggah berbagai video di kanal YouTubenya sejak 2 tahun terakhir.

Jessica Jane (Sumber: Instagram/jessicajane99)
Jessica Jane (Sumber: Instagram/jessicajane99)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Dunia Sebut UU Omnibus Law Bakal Selamatkan Ekonomi Indonesia

Posted: 15 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Dunia (World Bank) menyatakan ada 3 kunci untuk kembali membangkitkan ekonomi Indonesia, salah satunya dengan mengesahkan Undang-undang omnibus law.

"Kami melihat reformasi prioritas untuk bisa membangun jalan menuju pemulihan prioritas pertama dalam tantangan kami adalah kita menggalakkan undang-undang omnibus law, sehingga kita bisa meniadakan hambatan sehingga bisa mengundang investasi untuk masuk ke Indonesia," kata Country Director World Bank Indonesia-Timor  Satu Kahkonen, dalam Indonesia Economic Prospects, Kamis (16/7/2020).

Menurutnya dengan memberikan dan meniadakan hambatan dalam investasi, maka UU omnibus law bisa menjadi sinyal bahwa Indonesia terbuka untuk bisnis.

Namun sebelum kebijakan ini bisa diadopsi, maka penting sekali untuk diatur dan diaudit dengan baik. Sehingga UU Omnibus Law bisa berfungsi dengan efektif.

Kunci reformasi kedua, yakni reformasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menggalakkan investasi Indonesia, yang saat ini masih mengalami kesenjangan besar pada ranah infrastruktur.

"Masih mencapai USD 1,36 triliun, jadi kesenjangan ini masih sangat senjang sekali, tidak serta merta ditutup hanya berdasarkan dana publik, Indonesia harus mampu memobilisasi keuangan dari sektor swasta," katanya.

Peran BUMN

Gedung Kementerian BUMN (dok: Humas KBUMN)
Gedung Kementerian BUMN (dok: Humas KBUMN)

Karena BUMN memiliki peran sentral dalam memberikan pelayanan infrastruktur, namun pada saat yang bersamaan juga memberikan efek crowding bagi private sector.

Selain itu, limit fiskal pemerintah juga membuat BUMN beralih pada pembiayaan berbasis utang, alhasil pembiayaan juga masih menghadapi tantangan.

"Oleh karena itu, reformasi BUMN agar menjadi katalis dalam partisipasi sektor swasta  akan menjadi kunci untuk terus menggalakkan upaya dalam ranah infrastruktur," ujarnya.

Kunci ketiga,  sebagai bentuk prioritas reformasi adalah akselerasi kebijakan pajak. Kata Kahkonen, Slowdown di ranah ekonomi tentu saja akan berdampak pada publik spending, artinya perlu ada belanja prioritas untuk kesehatan publik, bantuan sosial, pendidikan yang sangat diperlukan.

"Namun ini akan menjadi tantangan sendiri bagi credit rating  Indonesia. Oleh karena itu reformasi pajak untuk bisa meningkatkan pendapatan menjadi sangat penting sekali agar bisa memfasilitasi public spending yang sehat. Tidak ada di dunia yang bisa mencapai breket income tinggi apabila tax to rationya hanya 1 digit saja," pugnkasnya.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bakal Digantikan Ralf Rangnick, Pioli Ingin Menikmati Waktu di AC Milan

Posted: 15 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Pelatih AC Milan, Stefano Pioli mengaku hanya ingin menikmati masa-masa kepelatihannya hingga akhir musim. Pelatih berusia 54 tahun itu rumornya akan digantikan Ralf Rangnick mulai musim depan.

"Saya ingin menikmati bekerja bersama tim yang luar biasa ini, karena melatih mereka merupakan sebuah kebanggaan," kata Pioli seperti dilansir Football Italia.

Seperti diketahui, AC Milan sudah membidik Rangnick sebagai pelatih baru mereka. Rangnick saat ini berstatus sebagai Direktur Teknik RB Leipzig.

Rumor Rangnick akan melatih AC Milan bukan barang baru. Rumor tersebut mencuat setelah Pioli dianggap gagal mendongkrak performa Rossoneri -julukan AC Milan.

Namun belakangan ini, performa AC Milan menanjak. Dalam lima laga terakhir, Hakan Calhanoglu dkk. tidak terkalahkan.

Bahkan, AC Milan berhasil membuka kembali peluang tampil di zona Eropa. Kini, mereka berada di peringkat ke-7 dengan 53 poin, hanya berjarak empat poin dari tim peringkat kelima, AS Roma.

 

Atasi Parma

Para pemain AC Milan merayakan gol yang dicetak oleh Hakan Calhanoglu ke gawang Parma pada laga Serie A di Stadion San Siro, Rabu (15/7/2020). AC Milan menang 3-1 atas Parma. (AP Photo/Luca Bruno)
Para pemain AC Milan merayakan gol yang dicetak oleh Hakan Calhanoglu ke gawang Parma pada laga Serie A di Stadion San Siro, Rabu (15/7/2020). AC Milan menang 3-1 atas Parma. (AP Photo/Luca Bruno)

Tambahan tiga poin dipetik AC Milan saat menumbangkan Parma 3-1, Kamis (16/7/2020) dinihari WIB. Tiga gol AC Milan dalam pertandingan itu dicetak, Franck Kessie (55'), Andrea Romagnoli (59'), dan Hakan Calhanoglu (77').

Sementara, satu gol Parma dibuat oleh Jasmin Kurtic (44'). "Kami membuat banyak peluang di babak pertama, tetapi tidak cukup tajam untuk menuntaskannya. Setelah turun minum, reaksi kami fantastis," kata Pioli mengakhiri.

Hasil Liga Italia Malam Tadi

Sampdoria 3-0 Cagliari

Bologna 1-1 Napoli

AC Milan 3-1 Parma

Lecce 1-3 Fiorentina

AS Roma 2-1 Verona

Sassuolo 3-3 Juventus

Saksikan Video Liga Italia di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sebut Kasus Corona Covid-19 Masih Terkendali hingga Apresiasi 5 Provinsi

Posted: 15 Jul 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali angkat bicara terkait perkembangan kasus Corona Covid-19 di Indonesia.

Menurut Jokowi, negara-negara dunia saat ini sulit mengendalikan angka kasus positif virus Corona Covid-19. Untuk itu, dia meminta agar angka kematian akibat virus Corona ditekan.

"Target dunia itu sekarang bagaimana menekan angka kematian. Yang kedua, bagaimana tingkat kesembuhannya setinggi-tingginya. Dua ini yang sekarang dikejar oleh negara-negara di dunia," ujar Jokowi saat rapat bersama para gubernur di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu, 15 Juli 2020, dikutip dari Setkab.go.id.

Tak hanya itu, Jokowi juga menegaskan, jumlah kasus virus Corona Covid-19 di Indonesia masih terkendali dengan jumlah penduduk yang ada.

Bahkan, menurut dia, Indonesia tidak masuk ke dalam 10 negara dengan kasus Corona Covid-19 tertinggi.

Berikut 5 pernyataan terbaru Jokowi terkait perkembangan kasus Corona Covid-19 di Indonesia dihimpun Liputan6.com:

 

Tekan Angka Kematian

Presiden Jokowi fokus 3T testing, tracing, dan treatment dengan prioritas khusus 8 provinsi yaitu Jatim, DKI Jakarta, Jabar, Sulsel, Jateng, Sumut, dan Papua, (serta Kalsel) saat memimpin rapat terbatas COVID-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/7/2020). (Dok Kementerian Sekretariat Negara)
Presiden Jokowi fokus 3T testing, tracing, dan treatment dengan prioritas khusus 8 provinsi yaitu Jatim, DKI Jakarta, Jabar, Sulsel, Jateng, Sumut, dan Papua, (serta Kalsel) saat memimpin rapat terbatas COVID-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/7/2020). (Dok Kementerian Sekretariat Negara)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan negara-negara dunia saat ini sulit mengendalikan angka kasus positif virus Corona Covid-19. Untuk itu, dia meminta agar angka kematian akibat virus corona ditekan.

Selain itu, dia juga ingin tingkat kesembuhan pasien corona ditingkatkan. Jokowi menyebut sejumlah negara kini berupaya mengejar dua hal tersebut.

"Target dunia itu sekarang bagaimana menekan angka kematian. Yang kedua, bagaimana tingkat kesembuhannya setinggi-tingginya. Dua ini yang sekarang dikejar oleh negara-negara di dunia," ujar Jokowi saat rapat bersama para gubernur di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu, 15 Juli 2020 dikutip dari Setkab.go.id.

"Karena apa, mengendalikan Covid-19-nya, kasus positifnya sangat sulit, penekanannya ada di dua hal itu," imbuh dia.

Menurut dia, akan lebih bagus apabila daerah juga menekan kasus positif Corona sambil menurunkan angka kematian dan meningkatkan jumlah pasien yang sembuh. Meski begitu, Jokowi mengakui tiga hal tersebut bukanlah hal yang mudah dilakukan.

"Bukan barang yang gampang tapi sekali lagi, ini bukan barang yang gampang," kata Jokowi.

 

Kasus Corona Covid-19 di Indonesia Masih Terkendali

Presiden Joko Widodo merapihkan masker yang digunakannya saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Dalam kunjungannya Jokowi memastikan Rumah Sakit Darurat siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)
Presiden Joko Widodo merapihkan masker yang digunakannya saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Dalam kunjungannya Jokowi memastikan Rumah Sakit Darurat siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)

Jokowi menilai jumlah kasus virus Corona Covid-19 di Indonesia masih terkendali dengan jumlah penduduk yang ada.

Bahkan, kata dia, Indonesia tidak masuk ke dalam 10 negara dengan kasus Covid-19 tertinggi.

Menurut Jokowi, kasus positif corona di Amerika Serikat, Brazil, India, hingga Rusia jauh lebih tinggi dibandingkan Indonesia. Padahal, Indonesia masuk ke dalam 5 negara dengan jumlah populasi terbanyak.

"Negara kita ini masuk 5 besar penduduk terbanyak. Tetapi kalau dilihat 10 negara dengan kasus tertinggi, kita tidak masuk di dalamnya. Tadi Amerika (Serikat) 3,4 (juta), Brasil 1,8 (juta), India 906 ribu, Rusia 739 ribu, Peru 326 ribu," ujar Jokowi.

"Artinya, kita berada pada posisi yang masih bisa kita kendalikan," sambung dia.

 

Minta Kepala Daerah Ubah Cara Kerja

Presiden Jokowi saat menghadiri KTT Luar Biasa G20 secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat. (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat menghadiri KTT Luar Biasa G20 secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jokowi pun meminta para gubernur lebih bekerja keras menekan kasus positif Corona di tanah air.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini ingin para gubernur mengubah cara kerja menjadi lebih sederhana dan cepat di tengah krisis ekonomi dan kesehatan akibat pandemi Corona.

"Manajemen krisis harus betul-betul kita lakukan. Ajak aparat kita di bawah kita, untuk betul-betul bekerja extraordinary, enggak bisa kita dalam situasi seperti ini kita kerja normal-normal, dalam situasi seperti ini kita kerja biasa-biasa, enggak bisa," ujar Jokowi.

"Dari channel ordinary pindah channel ke extraordinary. Dari channel yang cara kerja bertele-tele, rumit ke cara-cara kerja yang cepat dan sederhana. Semuanya harus diubah seperti itu," sambung dia.

 

Tetap Beri Sanksi Masyarakat Tak Pakai Masker

Presiden Joko Widodo mengenakan masker saat meninjau ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Jokowi memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. (Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool)
Presiden Joko Widodo mengenakan masker saat meninjau ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Jokowi memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. (Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool)

Kemudian, Jokowi akan mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) yang mengatur tentang pemberian sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan virus Corona Covid-19.

Dengan adanya sanksi tersebut, masyarakat diharapkan dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan tak berkurumun.

"Memang harus diberi sanksi. Kalau ndak, masyarakat kita ini tidak memiliki kesadaran untuk pakai masker, untuk jaga jarak," kata Jokowi.

Dia menyebut Inpers tersebut dapat dijadikan sebagai payung hukum bagi setiap kepala daerah yang ingin menerapkan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan. Terkait sanksi yang diberikan, Jokowi menyerahkan kepada setiap gubernur.

"Kita serahkan kepada gubernur sesuai dengan kearifan lokal masing-masing, mengenai sanksi ini," ucap dia.

Jokowi mengatakan, Jawa Barat telah membuat aturan pemberian sanksi kepada pelanggar protokol kesehatan sudah diterapkan di Jawa Barat.

Sanksi yang diberikan kepada pelanggar yakni berupa denda sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu.

 

Apresiasi Provinsi Terbaik Tangani Virus Corona Covid-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan bilateral di Istana Malacanang di Manila, Filipina, Jumat (28/4). (AP Photo / Bullit Marquez)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan bilateral di Istana Malacanang di Manila, Filipina, Jumat (28/4). (AP Photo / Bullit Marquez)

Jokowi mengapresiasi pengendalian virus Corona Covid-19 di sejumlah provinsi di Indonesia.

Jokowi menyebut lima provinsi terbaik dalam menangani penyebaran Covid-19 yakni Daerah Istimewa Yogyakarta, Bangka Belitung, Aceh, Sumatera Barat, dan Gorontalo.

Hal ini disampaikan Jokowi saat bertemu dengan para gubernur di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu, 15 Juli 2020.

Lima provinsi tersebut dinilai berhasil mengendalikan kasus Corona berdasarkan parameter dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Dari seluruh parameter yang kita miliki, memang DIY (D.I. Yogyakarta) yang paling baik. Bangka Belitung juga masuk, ini yang 5 besar yang baik. Bangka Belitung, Aceh juga masuk. Ketiga, Sumbar juga masuk, dan Gorontalo," ujar Jokowi.

Selain lima provinsi itu, dia juga menilai penanganan Covid-19 di Papua Barat juga baik. Hal ini dilihat dari Papua Barat yang memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi dan jumlah pasien meninggal sedikit.

"Pengendaliannya yang sembuh banyak dan yang meninggal empat," ucap Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kanye West Disebut-sebut Batal Mencalonkan Diri Jadi Capres AS

Posted: 15 Jul 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Hampir dua minggu lalu, Kanye West mengejutkan publik dengan sebuah unggahan di akun Twitter pribadinya. Ia mengutarakan niat untuk maju sebagai calon Presiden Amerika Serikat. 

"Kita sekarang harus sadar dengan janji Amerika dengan mempercayakannya pada Tuhan, menyatukan visi kita dan membangun masa depan kita. Saya mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat! #2020VISION," begitu sesumbar Kanye West pada 4 Juli lalu.  

Namun kini beredar kabar bahwa keinginan sang rapper ciut, Kanye West tak jadi mencalonkan diri, seperti dikutip Antara dari The Hollywood Reporter, Kamis (16/7/2020). 

Pengakuan Penasihat

Kanye West siap maju sebagai calon Presiden AS (AP/Matt Styles)
Kanye West siap maju sebagai calon Presiden AS (AP/Matt Styles)

Hal itu pun diungkapkan oleh Steve Kramer, penasihat yang direkrut Kanye West untuk memastikan suami Kim Kardashian ini berhasil mengumpulkan tanda tangan di dua negara bagian Florida dan Carolina Selatan.

"Aku akan memberitahumu apa yang aku tahu, setelah semua hal kami dibatalkan," ujar Steve Kramer. Namun, Kanye West sendiri belum mengonfirmasi atau menolak adanya laporan itu.

Tidak Punya Hal untuk Dikatakan

Kanye West (Brad Barket/AP)
Kanye West (Brad Barket/AP)

"Aku tidak punya omongan yang baik atau buruk untuk dikatakan tentang Kanye," kata Kramer.

"Setiap orang memiliki keputusan pribadi tentang mengapa mereka membuat keputusan. Mencalonkan diri sebagai presiden menjadi salah satu hal tersulit bagi seseorang untuk benar-benar merenungkan pada tingkat itu," ujarnya kemudian.

Ditanggapi Sinis

Sekadar informasi, pengumuman Kanye West ini sebelumnya sempat diejek dan dipertanyakan, karena dianggap hanya sebagai aksi publisitas untuk merek fashion-nya. Tapi kepada Forbes beberapa hari setelahnya, pelantun "Gold Digger" ini mengatakan bahwa dia serius.

Kanye West juga mengatakan bahwa dia secara resmi telah bicara dengan Presiden Donald Trump. Ia mengaku telah menjadi pendukung berat Trump selama bertahun-tahun.

Gedung Putih yang tak mengindahkan West untuk berlanjut ke tahap selanjutnya diperkirakan karena ia hanya memiliki sedikit atau tidak ada waktu untuk mengumpulkan cukup tanda tangan guna diajukan ke Komisi Pemilihan Federal.

Tiru Wakanda

Kanye West sebenarnya telah memilih Michelle Tidball sebagai pasangannya. West mengatakan model organisasi Gedung Putih-nya akan didasarkan pada negara fiksi Marvel, Wakanda dari Black Panther.

"Saya akan menggunakan kerangka kerja Wakanda sekarang karena ini adalah penjelasan terbaik tentang apa yang akan dirasakan kelompok desain kami di Gedung Putih," kata West kepada Forbes beberapa waktu lalu.

(Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Covid-19 Melonjak, Fraksi PKS DKI Dukung Anies Lanjutkan PSBB

Posted: 15 Jul 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Achmad Yani mendukung kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bila ingin kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Sebab, semenjak diberlakukannya PSBB masa transisi, ada peningkatan kasus positif Covid-19 di Jakarta.

"Ini harus dievaluasi lagi oleh Pak Anies. Kalau mereka memang tidak bisa disiplin sebaiknya kembali saja lagi ke PSBB," kata Yani dalam keterangan tertulis, Kamis (26/7/2020).

Dia menilai, melonjaknya kasus Covid-19 pada masa PSBB transisi akibat meningkatnya jumlah pelanggaran protokol kesehatan. Terutama di transportasi publik, pasar, hingga perkantoran.

Dia pun khawatir dengan melonjaknya jumlah kasus Covid-19 selama PSBB, kapasitas rumah sakit tidak memadai.

"Semua ini akan berakibat pada ketahanan ekonomi dan sosial Jakarta sebagai Ibu Kota. Karena itu jika memang harus PSBB lagi, insyaallah PKS akan mendukung Pak Anies demi terciptanya Jakarta yang lebih baik dan terkendalinya wabah Covid-19," ucap Yani.

PSBB transisi di Jakarta berakhir hari ini

Warga berolahraga saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Warga berolahraga saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pada CFD pertama di masa PSBB Transisi, warga Ibu Kota terlihat lebih memilih bersepeda sebagai sarana olahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sementara itu, pelaksanaan perpanjangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi di Jakarta berakhir hari ini Kamis (16/7/2020). Kebijakan perpanjangan itu tersebut dimulai pada Kamis 2 Juli 2020.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan PSBB transisi di Jakarta diperpanjang selama 14 hari ke depan. Keputusan itu berdasar hasil rapat Gugus tugas Covid-19 DKI Jakarta.

"Rapat gugus tadi disimpulkan,bahwa PSBB transisi yaitu kegiatan masih kapasitas 50 persen akan diteruskan 14 hari ke depan," kata Anies dalam Konpers daring, Rabu 1 Juli 2020.

Saat masa perpanjangan PSBB masa transisi ini, Pemprov DKI Jakarta telah mengizinkan sektor hiburan dan rekreasi kembali beroperasi pada 6 Juli 2020.

Sektor hiburan dan rekreasi terdiri dari pemutaran film, produksi film, dan penyelenggaraan pertunjukan atau nobar di ruang terbuka. Kemudian, ada pula penyelenggaraan pertemuan meeting atau corporate event di ruangan terbuka.

Selain itu adapula gelanggang rekreasi olahraga terkecuali kolam renang juga akan kembali beroperasi pada 12 Juli 2020.

Tren penambahan Covid-19

Garis batas polisi terlihat di dekat petugas saat proses pemakaman jenazah korban virus Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Kamis (25/6/2020). Menurut petugas makam TPU Tegal Alur, selama masa PSBB Transisi jumlah pemakaman jenazah dengan protap Covid-19 meningkat dibanding bulan lalu. (merdeka.com
Garis batas polisi terlihat di dekat petugas saat proses pemakaman jenazah korban virus Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Kamis (25/6/2020). Menurut petugas makam TPU Tegal Alur, selama masa PSBB Transisi jumlah pemakaman jenazah dengan protap Covid-19 meningkat dibanding bulan lalu. (merdeka.com

Sementara itu, berdasarkan corona.jakarta.go.id jumlah kasus positif Covid-19 di Jakarta cenderung fluktuatif selama masa perpanjangan tersebut. Bahkan pernah mencapai angka penambahan 404 orang pada Minggu 12 Juli 2020. 

Berikut rincian kasus positif Covid-19 selama dua pekan saat perpanjangan PSBB masa transisi:

- 2 Juli bertambah 198 kasus

- 3 Juli bertambah 144 kasus

- 4 Juli bertambah 215 kasus

- 5 Juli bertambah 256 kasus

- 6 Juli bertambah 231 kasus

- 7 Juli bertambah 199 kasus

- 8 Juli bertambah 344 kasus

- 9 Juli bertambah 293 kasus

- 10 Juli bertambah 236 kasus

- 11 Juli bertambah 359 kasus

- 12 Juli bertambah 404 kasus

- 13 Juli bertambah 279 kasus

- 14 Juli bertambah 275 kasus

- 15 Juli bertambah 258 kasus

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Tengah Ancaman Resesi Global, Ekonomi China Tumbuh 3,2 Persen pada Kuartal II

Posted: 15 Jul 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta China melaporkan pertumbuhan ekonomi negaranya tumbuh 3,2 persen (yoy) pada kuartal II tahun ini. Pada kuartal sebelumnya, Produk Domestik Bruto (PDB) China mengalami kontraksi 6,8 persen (yoy) akibat pandemi Covid-19.

"Secara umum, ekonomi nasional mengatasi dampak buruk dari epidemi di babak pertama secara bertahap dan menunjukkan momentum pertumbuhan restoratif dan pemulihan bertahap, lebih lanjut mewujudkan ketahanan pembangunan dan vitalitasnya," mengutip keterangan Biro Statistik Nasional China, seperti melansir CNBC, Kamis (16/7/2020).

Pemerintah China mengeluarkan berbagai langkah untuk meningkatkan perekonomian, termasuk pengeluaran fiskal dan pemotongan suku bunga kredit dan persyaratan cadangan bank - jumlah uang tunai yang harus disimpan oleh pemberi pinjaman sebagai cadangan.

Angka perdagangan pada bulan Juni menunjukkan bahwa ekspor dan impor China naik. Aktivitas manufaktur di bulan Juni juga meluas dibandingkan dengan Mei.

"Ekspor China mendapatkan "pangsa pasar besar-besaran," saat bagian dunia lainnya dikunci," kata Kepala Ekonom China di TS Lombard, Bo Zhuang.

Seperti diketahui, China mulai melonggarkan tindakan penguncian relatif lebih awal dari negara lain. Zhuang berharap pemulihan PDB China akan berkelanjutan dalam setidaknya dua kuartal berikutnya.

Hal ini karena ekonomi domestik tampak baik-baik saja dengan pertumbuhan infrastruktur dan perjalanan lintas provinsi yang kembali dibuka.

Zhuang bahkan memperkirakan pertumbuhan dalam dua kuartal ke depan mencapai sekitar 5 persen. Meski begitu, Biro statistik China mengakui bahwa masih ada berbagai risiko yang membayangi. Hal ini seiring dengan pandemi yang belum sepenuhnya selesai di beberapa negara lain. Bahkan juga ada yang masih menunjukkan peningkatan kasus baru.

"Mengingat penyebaran epidemi yang berkelanjutan secara global, dampak besar epidemi yang berkembang pada ekonomi global dan meningkatnya risiko dan tantangan eksternal, pemulihan ekonomi nasional masih di bawah tekanan," jelas dia.

Ekonomi dunia diperkirakan akan jatuh ke dalam resesi tahun ini. Sebab, banyak pemerintah di dunia telah menerapkan penguncian/pembatasan sosial dan aktivitas bisnis.

Melambatnya pertumbuhan permintaan global diperkirakan akan merugikan ekspor China. Tahun ini, Cina membuat keputusan untuk tidak menetapkan target PDB karena ketidakpastian dari dampak pandemi.

Bank Dunia: Ekonomi Global Bakal Minus 5,2 persen di 2020, Negara Maju Paling Parah

Ilustrasi pertumbuhan Ekonomi
Ilustrasi pertumbuhan Ekonomi

Country Director Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste, Satu Kahkonen memperkirakan akan terjadi kontraksi ekonomi secara global sebesar minus 5,2 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di 2020.

Angka ini mencerminkan resesi global terparah sejak perang dunia II dan hampir tiga kali lebih tajam daripada resesi global 2009.

"Baik negara maju, negara emerging dan negara berkembang semua terdampak. Dan untuk tahun ini perekonomian negara maju menyusut signifikan," katanya dalam Indonesia Economic Prospect Report, secara virtual, Kamis (16/7).

Sementara untuk Asia dan wilayah pasifik diproyeksikan akan terkontraksi semakin tajam yakni 6 persen pada 2020. Itu terjadi akibat sebagian besar negara harus lockdown untuk bisa kontrol pandemi Covid-19.

"Namun tergantung penatalaksana waktu dan tentu ini pengaruhi tingkat PDB di negara tersebut," katanya.

Dia menambahkan disrupsi ekonomi terparah juga akan terjadi pada negara yang alami domestic breakout dan negara yang bergantung pada perdagangan global, pariwisata, ekspor komoditas dan pembiayaan keuangan eksternal.

Untuk Indonesia senidiri, Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan turun dengan cukup signifikan. Hal tersebut didasari tiga hal, pertama kontraksi ekonomi global, kedua ekonomi Indoenesia akan terbuka kembali per Agustus, dan ketiga tidak ada gelombang kedua dari pandemi.

"Jika ketiga asumsi yang digunakan berubah maka forecast berubah," katanya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1.500 Peserta UTBK Tahap I Direlokasi ke Tahap II

Posted: 15 Jul 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih menyebut sebanyak 1.500 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-SBMPTN 2020 Tahap I direlokasi untuk mengikuti ujian ke Tahap I.

"Peserta Tahap I yang tidak dapat menyelenggarakan UTBK di relokasi ke Tahap II. Jumlah kurang lebih di angka 1.500-an orang yang harus kita relokasi ke tahap II," jelas Nasih, Rabu (15/7/2020).

Kata Nasih, ada beberapa alasan mengapa para peserta tersebut direlokasi ke tahap II. Salah satunya karena suhu badan peserta melebihi angka yang telah ditentukan, yakni lebih dari 37,5 derajat selsius.

"Dan yang kedua hasil rapid test-nya ternyata reaktif. Tentu kita juga tidak mau mengambil risiko untuk menerima mereka untuk melaksanakan UTBK," paparnya.

"Mereka kita kasih kesempatan untuk bisa melaksanakan pada pelaksanaan UTBK pada Tahap II," sambungnya.

 

Digabung dengan Peserta Tahap II

Sehingga pada pelaksanaan UTBK Tahap II nanti, di samping menguji kurang lebih 150 ribuan peserta juga akan ditambah dengan 1.500 peserta dari Tahap I yang terkendala mengikuti ujian pada Tahap I.

"Termasuk relokasi dari beberapa tempat yang ada UNS, IPB yang tadi ada di Undana akan kita relokasi ke Tahap II. Sehingga mungkin bisa menjadi 170-an ribu lah (peserta UTBK Tahap II," tandas Nasih.

Sebagai informasi, UTBK 2020 dihelat menjadi dua gelombang. Gelombang pertama atau UTBK Tahap I telah selesai digelar pada 5 hingga 14 Juli lalu. Sementara Tahap II akan dilaksanakan pada 20 hingga 29 Juli 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online untuk Cairkan JHT, Tak Perlu ke Kantor

Posted: 15 Jul 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online untuk Jaminan Hari Tua (JHT) bisa dilakukan tanpa tatap muka langsung. Selama pandemi, BPJS Ketenagakerjaan membuka layanannya secara online. Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) BPJAMSOSTEK diaktifkan sebagai pedoman protokol layanan klaim JHT di kala kondisi pandemi Covid-19.

Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online bisa membantu Anda mencairkan Jaminan Hari Tua (JHT). JHT merupakan manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan untuk memenuhi kesejahteraan di hari tua. Meski dipersiapkan untuk hari tua, jaminan ini bisa dicairkan oleh pemiliknya.

Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online dinilai bisa mempermudah pencairan jaminan. Dengan cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online Anda tidak perlu mengantre dan melalukan kontak fisik yang bisa meningkatkan risiko penularan Covid-19.

Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online bisa dilakukan melalui aplikasi BPJSTKU atau website bpjsketenagakerjaan.go.id. Kamu hanya memerlukan koneksi internet stabil serta menyiapkan syarat yang dibutuhkan dalam cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online ini.

Berikut cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(16/7/2020).

Dokumen yang harus disiapkan

Dokumen yang harus disiapkan (Foto: Unsplash)
Dokumen yang harus disiapkan (Foto: Unsplash)

Langkah pertama dalam cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online adalah menyiapkan dokumen dan persyaratan untuk mengajukan klaim. Pastikan juga untuk menyiapkan persyaratan ini dalam bentu scan atau digital untuk diunggah. Dokumen ini di antaranya adalah:

- Kartu BPJS Ketenagakerjaan asli

- KTP

- Kartu Keluarga (KK)

- Paklaring atau surat keterangan kerja

- Halaman depan buku tabungan aktif

- Foto diri terbaru tampak depan

- Formuler JHT yang sudah diisi lengkap dan ditandatangani

- NPWP untuk saldo > Rp 50 juta.

Mengajukan nomor antrian online

Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan. (M. Iqbal/Liputan6.com)
Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan. (M. Iqbal/Liputan6.com)

Untuk bisa memperoleh pelayanan klaim, terlebih dahulu kamu harus memiliki nomor antrian. Nomor ini bisa kamu dapatkan secara online melalui aplikasi BPJSTKU atau website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Berikut caranya:

1. Unduh aplikasi BPJSTKU atau kunjungi website resmi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Buka aplikasi website tersebut.

2. Lakukan login pada akun BPJS Ketenagakerjaan kamu. Jika belum mempunyai akun, kamu bisa mendaftar terlebih dulu melalui kolom Daftar Pengguna.

3. Jika sudah masuk, pilih menu Klaim Saldo JHT.

4. Isi kolom informasi. Di kolom KPJ, isi dengan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan yang kamu miliki, lalu di kolom Keperluan, pilih Pengajuan Klaim.

5. Setelah itu akan muncul pilihan Jenis Klaim. Kamu bisa memilih salah satu di antaranya. Mencapai Usia Pensiun, Mengundurkan Diri, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

6. Jika semua data sudah diisi lengkap, kamu bisa segera klik menu Kirim.

7. Kemudian, muncul daftar dokumen yang dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan. Unggah semua dokumen yang dibutuhkan secara online. Setelah selesai, tunggu email konfirmasi dari BPJS Ketenagakerjaan.

Email tersebut akan berisi antrian online serta nformasi tanggal dan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan untuk melanjutkan proses klaim saldo JHT.

Kirimkan dokumen yang diminta

Kirimkan dokumen yang diminta (Ilustrasi/iStock)
Kirimkan dokumen yang diminta (Ilustrasi/iStock)

Pada h-1 sebelum tanggal pengajuan (tanggal yang ada pada nomor antrian), Anda bisa mengirimkan via email dokumen yang diminta. Lampirkan semua scan dokumen tersebut ke dalam email.

Semua dokumen masuk yang diterima akan diverifikasi secara online oleh petugas. status pengajuan klaim akan diinformasikan petugas melalui kontak yang telah diberikan sebelumnya. Jadi pastikan bahwa email, Whatsapp, dan nomor telepon benar-benar aktif.

Melakukan panggilan video

Melakukan panggilan video
Melakukan panggilan video

Setelah email diterima, informasi akan diberikan melalui pesan singkat (teks) mengenai waktu serta identitas petugas BPJAMSOSTEK yang nantinya akan menghubungi peserta melalui panggilan video (video call). Peserta akan menerima klaim JHT dalam rekening yang sudah ditentukan sesuai tanggal yang diberitahukan petugas.

Siapkan seluruh dokumen asli yang harus ditunjukkan saat dihubungi melalui panggilan video. Jika dokumen dinyatakan layak dan lolos verifikasi, klaim JHT akan ditransfer ke rekening bank milik peserta.

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan ubah nama panggilan menjadi BP Jamsostek.
BPJS Ketenagakerjaan ubah nama panggilan menjadi BP Jamsostek.

Jaminan Kecelakaan Kerja

Jaminan kecelakaan kerja dalam BPJS Ketenagakerjaan memberi perlindungan atas risiko-risiko kecelakaaan yang terjadi dalam hubungan kerja. Ini termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya, hingga perjalanan dinas. Jaminan kesehatan ini juga termasuk penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Jaminan Kematian

Jaminan kmematian memberi manfaat uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika peserta yang meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja. Besar manfaat yang diberikan berkala 24 bulan sebesar Rp12 juta yang dibayar sekaligus. Jaminan Kematian juga menanggung biaya pemakaman sebesar Rp10 juta.

Jaminan Hari Tua

Tak hanya keselamatan selama bekerja, pekerja juga mendapatkan manfaat hari tua dari BPJS TK. Manfaat BPJS ketenagakerjaan ini juga cukup penting untuk memenuhi kesejahteraan di hari tua. Jaminan hari tua atau JHT merupakan manfaat berupa uang tunai yang besarnya merupakan nilai akumulasi iuran ditambah hasil pengembangan yang diatas bunga deposito.

Jaminan Pensiun

Selain mendapatkan jaminan hari tua, peserta juga akan mendapatkan jaminan pensiun. Jaminan pensiun adalah jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Layak Kalah dari Arsenal

Posted: 15 Jul 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, London - Liverpool menelan kekalahan ketiga mereka di musim ini. Meladeni tuan rumah Arsenal, Liverpool takluk dengan skor 1-2 di Emirates Stadium dalam lanjutan Liga Inggris, Kamis (16/7/2020) dinihari WIB.

Lucunya, kekalahan itu lahir dari blunder dua pemain Liverpool, Alisson dan Virgil van Dijk. Keduanya gagal mengoper bola dengan sempurna sehingga membuat Arsenal menciptakan gol.

Liverpool unggul lebih dahulu lewat Sadio Mane (20') sebelum mencetak dua gol berkat Alexandre Lacazette (32') dan Reiss Nelson (44'). Usai pertandingan, Van Dijk mengakui kesalahannya.

"Sayangnya saya membuat kesalahan dan saya terima itu. Saya terima sebagai laki-laki dan kami menatap ke depan," katanya seperti dilansir Sportskeeda.

Van Dijk mengatakan, Liverpool sebetulnya bisa menang atas Arsenal. Maklum, The Reds mendominasi di sepanjang pertandingan meski bermain sebagai tim tamu.

Beberapa peluang emas pun tercipta bagi Liverpool. Sayang, pasukan Jurgen Klopp belum mampu memaksimalkannya.

"Saya punya keyakinan kami akan menang di sini. Tetapi ketika Anda memberikan mereka gol, Anda telah lihat apa yang terjadi," kata Van Dijk.

 

Layak Kalah

Gelandang Arsenal, Joe Willock, berebut bola dengan gelandang Liverpool, Naby Keita, pada pada laga lanjutan Premier League pekan ke-36 di Emirates Stadium, Kamis (16/7/2020) dini hari WIB. Arsenal menang 2-1 atas Liverpool. (AFP/Glyn Kirk/pool)
Gelandang Arsenal, Joe Willock, berebut bola dengan gelandang Liverpool, Naby Keita, pada pada laga lanjutan Premier League pekan ke-36 di Emirates Stadium, Kamis (16/7/2020) dini hari WIB. Arsenal menang 2-1 atas Liverpool. (AFP/Glyn Kirk/pool)

Van Dijk menambahkan, kecerebohan membuat mereka layak kalah dari Arsenal. Meskipun, Liverpool tampil meyakinkan.

"Tentu saja, sulit untuk membalikkan keadaan. Kami membuat beberapa peluang dan mereka coba menyerang balik kami. Tetapi ketika Anda memberikan gol seperti yang kami lakukan saat ini, maka Anda layak kalah," katanya mengakhiri.

 

Hasil Liga Inggris

Burnley 1-1 Wolverhampton Wanderers

Manchester City 2-1 AFC Bournemouth

Newcastle United 1-3 Tottenham Hotspur

Arsenal 2-1 Liverpool

Saksikan Video Liverpool di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Virus Corona COVID-19 Nyaris Tembus 1 Juta, India Lockdown Lagi

Posted: 15 Jul 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, New Delhi - India kembali memberlakukan lockdown untuk beberapa negara bagiannya ketika kasus Corona COVID-19 hampir menembus 1 Juta. Kebijakan tersebut kembali diberlakukan pemerintah sebagai upaya melindungi petugas kesehatan agar tidak kewalahan.

India melaporkan hampir 30.000 kasus baru Virus Corona COVID-19 dan 582 kematian pada 15 Juli, sehingga menambahkan totalnya menjadi lebih dari 936.000 kasus dan lebih dari 24.000 pasien yang meninggal.

Tetapi para ahli mengatakan, jumlah aktual dari kasus kemungkinan akan jauh lebih tinggi karena pengujian yang terbatas dan buruknya pengawasan.

Kebijakan lockdown selama dua pekan yang dimulai pada 16 Juli hari ini diberlakukan di Negara Bagian Bihar, yang memiliki populasi sebanyak 128 juta orang dan sistem kesehatan yang rapuh.

Bihar telah mencatat lebih dari 1.000 kasus Virus Corona dalam sehari sejak 11 Juli, meskipun pengujiannya terbatas.

Sementara hampir sekitar 2,5 juta pekerja migran yang terdampar selama lockdown nasional pertama, dilaporkan telah kembali ke Bihar, setelah kehilangan pekerjaan mereka di kota-kota besar.

Selain itu, di Bangalore, yang merupakan lokasi dari pusat teknologi utama di wilayah selatan India selatan, seperti Amazon dan Apple, juga akan memberlakukan lockdown selama sepekan yang dimulai pada 14 Juli.

Menurut para ahli, pemulihan awal yang diterima sektor ekonomi India pada Juni 2020 setelah dilonggarkannya lockdown nasional sedang dihentikan lagi, dengan diberlakukannya kembali lockdown di area berisiko tinggi. 

Sedangkan menurut Pusat Pemantauan Ekonomi India,  indikator ekonomi seperti tingkat partisipasi tenaga kerja dan konsumsi listrik turun bulan ini dibandingkan dengan Juni, demikian seperti dikutip dari Associated Press, Kamis (16/7/2020). 

 

Tanggapan Para Ahli

Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi masker di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). Meningkatnya kasus corona COVID-19 membuat pemerintah India gencar memproduksi APD dan masker untuk kebutuhan tim medis. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)
Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi masker di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). Meningkatnya kasus corona COVID-19 membuat pemerintah India gencar memproduksi APD dan masker untuk kebutuhan tim medis. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)

Pada pekan lalu, Menteri India untuk bisnis kecil dan menengah, Nitin Gadkari mengatakan bahwa para ahli memperkirakan kerugian sebesar $133,3 miliar untuk tahun depan.

Saat ini, pihak berwenang di India semakin berusaha untuk memfokuskan bagaimana dengan adanya lockdown mereka tetap bisa melindungi ekonomi dari kerugian lebih lanjut, dan hampir belasan negara bagian beralih ke tindakan pencegahan lokal di daerah-daerah di mana banyak kasus telah terdeteksi.

Jayaprakash Muliyil, seorang ahli epidemiologi di Christian Medical College di India, memperingatkan bahwa angka kematian aktual negara akibat Virus Corona bisa jauh lebih tinggi karena tidak adanya mekanisme yang kuat untuk melaporkan kematian di daerah pedesaan.

"Kami tidak memiliki infrastruktur," ungkapnya.

Sementara menurut direktur dari Global Health Institute Harvard, Dr. Ashish Jha, dengan percepatan kasus baru, strategi India harus fokus dalam menjaga jumlah kasus serendah mungkin dan menyelamatkan sebanyak mungkin nyawa warganya.

Dr. Ashish Jha mengatakan, "Anda harus melanjutkan pengujian dan isolasi ... pastikan hanya sedikit atau tidak ada pertemuan di dalam ruangan."

Tak sampai disitu, Dr. Ashish Jha juga memperingatkan bahwa India harus memastikan negaranya terus memiliki persediaan dan tempat tidur yang cukup untuk pasien-pasien yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dalam beberapa hari mendatang.

Namun ia juga memperingatkan, "Anda tidak bisa menyiapkan terlalu berlebihan."

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Bareng Anang Hermansyah, Millendaru Dibilang Mirip Ashanty

Posted: 15 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu yang lalu, hubungan Millendaru dan Ashanty sempat terjalin tidak baik. Semua bermula gara-gara Millen yang memilih untuk berdandan bak wanita tulen padahal sejatinya ia adalah seorang laki-laki. 

Ashanty juga beberapa kali memarahi dan mengkritik gaya hidup Millendaru. Padahal, keduanya sering terlihat bersama. Beberapa bulan terakhir hubungan keduanya justru tampak renggang.

Namun sebuah foto yang diunggah oleh Millendaru di Instagram membuktikan sebaliknya. Ia tampak berpose bareng suami Ashanty, Anang Hermansyah.

 

Acara BBQ

Millendaru berfoto bersama Anang Hermansyah
Millendaru berfoto bersama Anang Hermansyah

Dari Instagram Story yang beredar, Millendaru tampak menghadiri acara BBQ party di rumah Ashanty. Meski hubungan mereka terlihat membaik, Ashanty justru tak bisa menyembunyikan wajah shock-nya saat melihat dandanan keponakannya itu. 

Tapi Millen sepertinya memilih cuek dan malah mengajak Anang Hermansyah foto bareng. Ia memang tak menulis caption apapun namun kolom komentarnya justru banjir pujian dari warganet yang menyebutnya mirip Ashanty.

 

Dikomentari

Millendaru (Foto: Instagram/@millencyrus)
Millendaru (Foto: Instagram/@millencyrus)

Foto Millendaru dan Anang Hermansyah ikut dikomentari oleh Aurel Hermansyah yang baru-baru ini berulang tahun. Ia hanya tertawa dan menulis, "Wkwkwkwk" pada postingan Millen.

 

Meledek

Meski begitu, warganet justru dibuat bertanya-tanya apa arti komentar Aurel. Ada yang bilang Aurel lagi meledek ayahnya, tapi ada juga yang menganggapnya hanya sekadar tawa biasa. Menurut kalian?

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Proyek Strategis Pemerintah, Wika Optimis Kinerja Masih Positif di Masa Pandemi

Posted: 15 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (Wika) melakukan peninjauan ulang terhadap target-target yang semula telah dicanangkan pada awal tahun akibat dampak pandemi Covid-19.

Beberapa kondisi makro, seperti likuiditas keuangan yang ketat, peninjauan ulang terhadap anggaran pembangunan infrastruktur, dan terbatasnya arus mobilisasi sumber daya adalah sebagian dari beberapa faktor yang berpengaruh para pelaku bisnis di tanah air, termasuk Wika.

Namun demikian, perseroan optimis dapat mengembalikan ritme bisnis di tengah berbagai tantangan yang terjadi, termasuk adanya penilaian dari sebagian pihak tentang peningkatan risiko terhadap bisnis perseroan. Hal tersebut ditujukan dalam beberapa hal.

"Beberapa analis terkemuka seperti DBS Securities, RHB Research, dan Samuel Sekuritas Indonesia masih merekomendasikan buy (pembelian) untuk saham WIKA dengan upside rata-rata 25 persen. Hal ini menunjukkan bahwa WIKA masih memiliki kapasitas untuk tetap tumbuh ke depan," ujar Sekretaris Perusahaan Wika Mahendra Vijaya dalam keterangannya, Kamis (16/7/2020).

Lalu, rasio kemampuan arus kas Wika untuk memenuhi kewajiban utang jangka pendek atau Debt Service Coverage Ratio (DSCR) pada kuartal I 2020 berhasil ditorehkan perseroan pada angka 2,18x (dari minimal level covenant 1x). Hal itu menunjukkan bahwa EBITDA perusahaan cukup untuk membayar utang berbunga yang jatuh tempo di tahun yang sama.

Kemudian, analisis tingkat utang perusahaan dari tinjauan Interest Coverage Ratio (ICR) berada pada besaran 3,18x (dari minimal level covenant 2x) pada kuartal I 2020. Dengan demikian, proyeksi atas kemampuan Wika untuk membayar utang berada pada ambang optimis.

Faktor Pendorong

Proyek Wijaya Karya (Wika) di Senegal (dok: Wijaya Karya)
Proyek Wijaya Karya (Wika) di Senegal (dok: Wijaya Karya)

Demikian juga pada parameter kondisi gearing ratio Wika yang pada kuartal-I 2020 berada pada posisi 1,04x (dari maksimal level covenant 2,5x).

"WIKA akan menjaga rasio utang tetap sehat di bawah level covenant," ujar Mahendra.

Adapun di tengah pandemi, Wika tetap mengedepankan asas prudential dan konsisten menjalankan aktivitas operasinya. Ada beberapa faktor yang menguatkan keyakinan ini.

Pertama, masih tingginya kepercayaan pemerintah terhadap Wika yang ditunjukkan dengan adanya beberapa proyek strategis yang ditawarkan. Terbukti dengan keikutsertaan perseroan pada beberapa tender proyek pemerintah dengan total nilai mencapai Rp 15 Triliun.

Kedua, masih positifnya dukungan dari institusi-institusi keuangan nasional dan internasional bagi Wika. Pada Juni lalu, perseroan telah menandatangani kesepakatan kredit modal kerja dengan PT Bank Chinatrust Indonesia (CTBC Indonesia) dengan nilai Rp 300 Miliar.

Kapasitas Kontrak Perusahaan

WIKA Gedung - salah satu anak perusahaan dari PT. Wijaya Karya (Persero), Tbk yang bergerak pada jasa kontraktor - resmi
WIKA Gedung - salah satu anak perusahaan dari PT. Wijaya Karya (Persero), Tbk yang bergerak pada jasa kontraktor - resmi

Kesepakatan dengan perbankan dari Taipei tersebut menunjukkan bahwa masih tingginya kepercayaan perbankan terhadap kinerja sektor konstruksi di tengah pandemi.

"Ini sekaligus mendukung upaya kami untuk mengembalikan ritme pembangunan proyek infrastruktur sejalan dengan pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru," jelas Mahendra.

Yang terakhir ialah kapasitas kontrak perusahaan yang nilainya relatif besar. Hingga Mei 2020, perusahaan memiliki order book sebesar Rp 80,71 Triliun yang masih bisa diproduksi hingga tahun 2022.

"Wika memiliki rekam jejak yang kompetitif-efektif dalam menyelesaikan proyek-proyek strategis berskala mega. Kuncinya adalah mempercepat penerimaan arus kas operasi yang lebih baik sehingga menjaga likuiditas perseroan," pungkas Mahendra.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Cara Aktifkan Fitur Dark Mode di Google Docs, Sheets. dan Slide

Posted: 15 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang tips mengaktifkan fitur dark mode di rangkaian aplikasi Google, seperti Docs, Sheets, dan Slide menjadi perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (15/7/2020).

Tak hanya itu, artikel tentang konsumen Indonesia yang akses situs streaming bajakan menurun dan bentuk konsol NES yang dibuat dari Lego juga banyak dibaca

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Trik Aktifkan Fitur Dark Mode di Aplikasi Google Docs, Sheets, dan Slide

Google baru-baru ini mengumumkan akan mengulirkan update untuk sejumlah aplikasi Android mereka, seperti Docs, Sheets, dan Slide.

Lewat pembaruan ini, raksasa mesin pencari itu akan memunculkan opsi fitur dark mode yang dapat diaktifkan oleh pengguna secara manual atau berdasarkan sistem.

Perlu diingat, update fitur dark mode di Google Docs, Sheets, dan Slide ini masih belum diterima oleh semua pengguna Android.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Konsumen Indonesia yang Akses Situs Streaming Bajakan Turun 55 Persen

Penelitian terbaru dari YouGov tentang perilaku menonton konten online di Indonesia, menemukan adanya penurunan sebesar 55 persen konsumen yang mengakses situs bajakan selama sepuluh bulan terakhir.

Survei yang ditugaskan oleh Asia Video Industry Association's Coalition Against Piracy (CAP) dan dilakukan oleh YouGov ini menemukan 28 persen dari pelanggan online yang sekarang ini menggunakan website streaming bajakan dan situs torrent untuk mengakses konten bajakan.

Menurut siaran pers yang Tekno Liputan6.com terima, Rabu (15/7/2020), itu jauh lebih kecil 63 persen dari survei yang sama pada September 2019.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. Tampilan Kece Replika NES dari Lego

Lego baru saja mengumumkan kolaborasi terbarunya dengan Nintendo. Lewat kolaborasi ini, Lego menghadirkan replika Nintendo Entertainment System (NES) yang dibangun dari bata khas Lego.

Dikutip dari Engadget, Rabu (15/7/2020), replika yang ditampilkan juga terbilang lengkap. Tidak hanya replika NES, tapi turut disertakan pula kartrid, kontroler, dan TV lawas menampilkan gim Super Mario dengan gaya 8-bit.

Meski hanya replika yang dibangun dari bata, Lego membuatnya dengan cukup detail. Salah satu yang paling kentara adalah kartrid dimasukkan ke dalam konsol NES dan TV dapat menampilkan gim yang seolah-seolah berjalan.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Milan Digital Fashion Week 2020

Posted: 15 Jul 2020 09:30 PM PDT

Pejalan kaki melewati layar yang menunjukkan model Vivetta selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia pada 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)
Pejalan kaki melewati layar yang menunjukkan model Vivetta selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia pada 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)

Pejalan kaki melewati layar yang menunjukkan model Vivetta selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia pada 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)

Pejalan kaki melewati layar di katedral Duomo yang menunjukkan model Moschino selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia, 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)
Pejalan kaki melewati layar di katedral Duomo yang menunjukkan model Moschino selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia, 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)

Pejalan kaki melewati layar di katedral Duomo yang menunjukkan model Moschino selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia, 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)

Pejalan kaki melewati layar di katedral Duomo yang menunjukkan model Moschino selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia, 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)
Pejalan kaki melewati layar di katedral Duomo yang menunjukkan model Moschino selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia, 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)

Pejalan kaki melewati layar di katedral Duomo yang menunjukkan model Moschino selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia, 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)

Pejalan kaki melewati layar di katedral Duomo yang menunjukkan model Moschino selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia, 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)
Pejalan kaki melewati layar di katedral Duomo yang menunjukkan model Moschino selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia, 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)

Pejalan kaki melewati layar di katedral Duomo yang menunjukkan model Moschino selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia, 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)

Pejalan kaki melewati layar yang menunjukkan model Vivetta selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia pada 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)
Pejalan kaki melewati layar yang menunjukkan model Vivetta selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia pada 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)

Pejalan kaki melewati layar yang menunjukkan model Vivetta selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia pada 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)

Pejalan kaki melewati layar di katedral Duomo yang menunjukkan model Moschino selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia, 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)
Pejalan kaki melewati layar di katedral Duomo yang menunjukkan model Moschino selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia, 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)

Pejalan kaki melewati layar di katedral Duomo yang menunjukkan model Moschino selama Milan Digital Fashion Week, di Milan, Italia, 14 Juli 2020. Empat puluh rumah mode menampilkan koleksi pakaian untuk musim semi/musim panas 2020 dalam format digital di tengah pandemi Covid-19. (AP Photo/Luca Bruno)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kebakaran Toko Kimia, Petugas Kesulitan Padamkan Api

Posted: 15 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran toko bahan kimia di Kota Solo membuat panik warga yang tinggal di sekitarnya. Petugas kesulitan memadamkan api karena bahan kimia yang mudah terbakar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Benarkah 3 RSUD di Jakarta dan Depok Tutup karena Karyawan Positif Covid-19?

Posted: 15 Jul 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jakarta dan Depok tutup karena karyawannya positif Covid-19 beredar di media sosial. Tiga RSUD tersebut adalah RSUD Kalideres, RSUD Pasar Rebo, RSUD Depok. Kabar ini tersebar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut narasinya:

Assalamualaikum wr wbTemen2 spesialis....

Just Info...Beberapa rumah sakit terpaksa ditutup karena karyawan positif

Cobtoh1. Rsud Kalideres, 8 karyawan positif, sementara rumah sakit ditutup 1 mg2. Rsud pasar rebo, 20 karyawan positif, beberapa poli ditutup3. Rsud Depok...12 karyawan positif... semua poli tutup

Berdasarkan evaluasi..... Ternyata mereka yang positif didapat waktu makan bergerombol tanpa masker,

Mohon kita saling mengingatkanPerawat2 kita, yg masih sering bergerombol makan bareng dan ngobrol....

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang 3 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jakarta dan Depok tutup karena karyawannya positif Covid-19. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "RSUD Kalideres Covid". Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai informasi tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "8 Pegawai Positif Covid-19, RSUD Kalideres Disterilisasi 7-13 Juli" yang dimuat situs Liputan6.com pada 10 Juli 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalideres Jakarta Barat disterilisasi mulai 7-13 Juli 2020 dan layanan poliklinik dialihkan sementara ke RSUD Cengkareng. Hal ini menyusul temuan delapan pegawai positif Covid-19.

"Pegawai umum yang terpapar ada delapan," kata Direktur RSUD Kalideres dr M Bal'an Kamali Rangkuti di Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Dilansir Antara, Bal'an mengatakan, pihaknya menunggu hasil tes usap yang sudah dilakukan untuk seluruh pegawai RSUD Kalideres. Tes usap Covid-19 untuk seluruh pegawai dan tenaga medis di RSUD Kalideres telah dilakukan pada Kamis 9 Juli 2020.

Kegiatan tes usap pada awalnya sudah terjadwal dalam persiapan normal baru di pelayanan RSUD Kalideres.

"Namun karena ada pegawai yang terpapar, maka jadwal kami percepat untuk memastikan rantai penularan bisa diputus dan mengamankan warga yang berkunjung berobat," kata dia.

Sterilisasi karena adanya Covid-19 dengan cairan disinfektan, dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalideres, Jakarta Barat, selama tujuh hari pada 7-13 Juli 2020.

Untuk sementara waktu masyarakat yang akan menjangkau sejumlah layanan kesehatan di RSUD Kalideres dialihkan ke RSUD Cengkareng, Jakarta Barat.

"Enggak tutup semuanya. Tapi masih dapat melayani untuk kasus penanganan pasien dalam keadaan darurat," ujar Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Kristy Wathin.

Penelusuran selanjutnya juga menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "RSUD Pasar Rebo tutup".

Hasilnya terdapat artikel yang menjelaskan mengenai kabar RSUD Pasar Rebo tutup. Adalah artikel berjudul "Beredar Info Tutup Pelayanan Kesehatan Imbas Covid-19, Begini Klarifikasi Pihak RSUD Pasar Rebo" yang dimuat situs jakarta.tribunnews.com pada 9 juli 2020 lalu.

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Pihak Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Pasar Rebo, Jakarta Timur, angkat bicara soal informasi penutupan pelayanan kesehatan.

Sebelumnya warga sempat digegerkan dengan beredarnya kabar atau informasi penutupan pelayanan kesehatan di lingkungan RSUD Pasar Rebo melalui media sosial.

Malalui kabar burung tersebut, penutupan pelayanan ini dilakukan imbas banyak pegawai terjangkit Covid-19.

Untuk itu, Direktur RSUD Pasar Rebo, dr Isnindyarti secara resmi mengeluarkan Surat Edaran Nomor 32/SE/2020 yang berisikan pernyataan klarifikasi.

"Terkait informasi tersebut, kami mengklarifikasi dan memastikan bahwa RSUD Pasar Rebo tetap membuka pelayanan kesehatan rawat jalan, rawat inap dan rawat khusus bagi pasien umum atau pasien JKN," katanya di Jakarta Timur, Kamis (9/7/2020).

Apadun isi surat edaran tersebut secara rinci sebagai berikut:

Sehubungan dengan adanya informasi yang beredar terkait pelayanan dilingkungan RSUD Pasar Rebo yang akan ditutup akibat banyaknya pegawai yang terjangkit virus covid-19, maka dengan ini kami memberitahukan bahwa:

1. RSUD Pasar Rebo benar merupakan salah satu Rumah Sakit Rujukan Penanganan Covid-19

2. RSUD Pasar Rebo sebagai rumah sakit rujukan covid-19 telah menerapkan SOP yang ketat, baik dalam penggunaan APD bagi petugas kesehatan dan penanganan virus covid-19 terhadap pasien yang diduga terjangkit virus covid. Sehingga penyebaran dilingkungan RSUD Pasar Rebo dapat dicegah semaksimal mungkin

3. RSUD Pasar Rebo tetap membuka pelayanan kesehatan rawat jalan, rawat inap, dan rawat khusus bagi pasien umum dan/atau pasien JKN

Liputan6.com juga menemukan artikel yang menjelaskan mengenai perawat positif corona di RSUD Depok. Adalah artikel berjudul "Paramedis Sembuh dari Covid-19, RSUD Depok Kembali Dibuka" yang dimuat situs republika.co.id pada 8 Juni 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Poliklinik RSUD Kota Depok akhirnya kembali dibuka Senin (8/6). Pembukaan tersebut dilakukan setelah sebanyak 24 orang tenaga medis yang terpapar virus corona (Covid-19) dapat disembuhkan.

"Poliklinik RSUD Kota Depok sudah dibuka kembali. Ini dilakukan setelah para tenaga medis sembuh dari Covid-19," ujar Direktur RSUD Kota Depok, dr Devi Maryori, di RSUD Kota Depok,

Devi menambahkan, pembukaan hanya 50 persen dari poli yang ada. "Setiap poli tiga kali sepekan. Namun jumlah kunjungan dan waktunya juga masih dibatasi," terang dia.

Diungkapkan Devi, untuk poli gigi yang ada tiga jenis seperti prostodonti, konservasi, dan ortodonti, masih tutup sementara. "Bicara poli yang ada di RSUD Kota Depok semuanya ada 19 poli, namun poli gigi belum bisa buka begitu juga dengan poli anestesi. Sementara poli VCT dan CST sementara ada di pelayanan di Puskesmas Pancoran Mas," jelasnya.

Menurut Devi, semua dokter dan paramedis yang akan bertugas kembali sudah menjalani rapid dan swab test. "Paramedis yang bertugas sementara ada tambahan diperbantukan dari unit lain yaitu perawat rawat inap," katanya.

Selain itu, lanjut Devi, pihaknya juga akan memperketat protokol kesehatan bagi masyarakat yang ingin berobat ke RSUD Kota Depok. Mulai dari depan, skrining pasien akan lebih diperketat.

Sebelum masuk, kata Devi, pasien wajib mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, masuk dibatasi jumlahnya, duduk diawasi fisikal distancing oleh security, begitu juga saat menunggu panggilan, menunggu lab, ronsent dan obat semua diawasi security. "Itu dilakukan agar tidak terjadi kerumunan. Semua pasien dipastikan kembali memakai masker, petugas memakai APD sesuai kriteria, pintu masuk dan keluar juga akan beda," jelasnya.

 

Kesimpulan

Kabar tentang tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jakarta dan Depok tutup karena karyawannya positif Covid-19 tidak sepenuhnya benar. RSUD Kalideres misalnya, tidak semua layanan kesehatan ditutup. Layanan darurat tetap dibuka dan sebagian layanan poli dialihkan ke RSUD Cengkareng.

RSUD Pasar Rebo juga tetap membuka pelayanan kesehatan. Baik rawat jalan, rawat inap, dan rawat khusus bagi pasien umum dan/atau pasien JKN.

Sementara poliklinik RSUD Kota Depok sudah dibuka kembali pada 8 Juni 2020. Pembukaan tersebut dilakukan setelah sebanyak 24 orang tenaga medis yang terpapar virus corona (Covid-19) dapat disembuhkan. Pembukaan hanya 50 persen dari poli yang ada. 

 

banner cek fakta
banner cek fakta

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Polisi di Mojokerto Tekan Penyebaran COVID-19

Posted: 15 Jul 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Kepolisian Resor Mojokerto, Jawa Timur memakai "mobil-motor dolan-dolan" sebagai upaya untuk menekan penyebaran COVID-194306443 di kabupaten setempat.

Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander menuturkan, "mobil-motor dolan-dolan" itu merupakan salah satu inovasi untuk menekan penyebaran COVID-19.

"Kami menamainya dengan menggunakan kearifan lokal. Tak lupa mengucapkan terima kasih pada satuannya yang tidak mengenal lelah dalam upaya menanggulangi pandemi COVID-19," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, ditulis Kamis (16/7/2020).

Ia menuturkan, mobil-motor dolan-dolan cegah COVID-19 itu dibuat untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan pada masyarakat.

"Keluarga kita sudah banyak yang sembuh saat ini. Namun, kita tidak boleh berhenti mengedukasi dan mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan. Terima kasih pada satuan lalu lintas dan jajaran, kasat binmas, bhabinkamtibmas juga bhabinsa," kata Kapolres Mojokerto.

Atas inovasi itu, Pemerintah Kabupaten Mojokerto mengapresiasi inovasi Polres Mojokerto sebagai wahana penegakan disiplin protokol kesehatan di masyarakat.

"Kami sangat mengapresiasi inovasi ini setinggi-tingginya. Terimakasih kepada Polres Mojokerto, atas ide dan upaya dalam usaha menanggulangi pandemi. Ini bentuk pelayanan pada masyarakat. Saat ini sudah ada 163 orang yang sembuh, kita tidak akan berhenti berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19," kata Bupati Mojokerto Pungkasiadi.

Sosialisasi Protokol Kesehatan

Rombongan bupati dan kapolres bergerak menuju Pasar Legi Mojosari, untuk memberi sosialisasi dan edukasi langsung pentingnya protokol kesehatan. Mulai cuci tangan, jaga jarak, hingga disiplin memakai masker.

Sosialisasi diikuti secara antusias oeh para pedagang dan masyarakat sekitar. Hingga hari ini jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Mojokerto sebanyak 348 orang. Dari data itu, yang berhasil disembuhkan sebanyak 163 orang dan sebanyak 170 orang sedang dalam perawatan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Barcelona Vs Osasuna: Tuan Rumah Belum Menyerah

Posted: 15 Jul 2020 09:20 PM PDT

Barcelona - Barcelona akan menghadapi Osasuna pada laga pekan ke-37 La Liga di Camp Nou, Jumat (17/7/2020) dini hari WIB. Melakoni duel ini, El Barca butuh keajaiban jika ingin menjaga peluang mempertahankan gelar juara.

Saat ini, Los Cules tertinggal empat poin di belakang Real Madrid dengan dua laga tersisa di La Liga. Jika Madrid menang kontra Villarreal, hasil apa pun yang diraih Barcelona saat melawan Osasuna tak akan ada artinya.

Namun, andai Villarreal mampu menjungkalkan El Real, Barcelona masih memiliki kesempatan meraih trofi juara La Liga 2020-2021 hingga pekan terakhir (pekan 38). Namun, hal itu bisa terjadi jika Barcelona mengalahkan Osasuna. Oleh karena itu, pasukan Quique Setien enggan menyerah begitu saja. 

Pada pertemuan pertama musim ini, Blaugrana hanya bermain imbang 2-2 di kandang Osasuna. Dua gol Osasuna diborong oleh Roberto Torres, adapun dua gol Barcelona dicetak oleh Ansu Fati dan Arthur.

Kali ini, di kandang sendiri, Barcelona diprediksi mampu mengalahkan Osasuna. Meski belakangan ini performa mereka kurang meyakinkan, hanya menang dengan skor identik 1-0 dalam dua laga terakhir, Lionel Messi dan kawan-kawan dinilai masih terlalu kuat buat Osasuna.

Barcelona perlu mengamankan tiga poin, sekaligus berharap Real Madrid terjungkal saat melawan Villarreal. Jika yang terjadi tak sesuai harapan, Barcelona harus siap merelakan gelar juara La Liga direbut sang rival abadi.

Prakiraan susunan pemain:

Para pemain Barcelona dan Osasuna mengheningkan cipta untuk mengenang anak Luis Enrique pada laga La Liga di Stadion El Sadar, Pamplona, Sabtu (31/8). Kedua klub bermain imbang 2-2. (AP/Alvaro Barrientos)
Para pemain Barcelona dan Osasuna mengheningkan cipta untuk mengenang anak Luis Enrique pada laga La Liga di Stadion El Sadar, Pamplona, Sabtu (31/8). Kedua klub bermain imbang 2-2. (AP/Alvaro Barrientos)

Barcelona (4-3-1-2): Ter Stegen; Alba, Lenglet, Pique, Semedo; Roberto, Busquets, Rakitic; Vidal; Suarez, Messi.

Pelatih: Quique Setien (Spanyol)

Info skuad: Griezmann (cedera), Dembele (cedera), Umtiti (meragukan).

Osasuna (3-4-3): Herrera; Hernandez, Navas, David Garcia; Lato, Merida, Moncayola, Vidal; Barja, Gallego, Arnaiz.

Pelatih: Jagoba Arrasate (Spanyol)

Info skuad: Avila (cedera), Cardona (cedera), Ibanez (meragukan), Unai Garcia (meragukan), Ruben Garcia (meragukan).

Statistik dan Catatan Pertemuan Kedua Tim:

Kiper Barcelona, Marc-Andre Stegen, gagal menghalau bola saat melawan Osasuna pada laga La Liga di Stadion El Sadar, Pamplona, Sabtu (31/8). Kedua klub bermain imbang 2-2. (AP/Alvaro Barrientos)
Kiper Barcelona, Marc-Andre Stegen, gagal menghalau bola saat melawan Osasuna pada laga La Liga di Stadion El Sadar, Pamplona, Sabtu (31/8). Kedua klub bermain imbang 2-2. (AP/Alvaro Barrientos)

Head to head kedua tim:

  • 31-08-2019 Osasuna 2-2 Barcelona (La Liga)
  • 27-04-2017 Barcelona 7-1 Osasuna (La Liga)
  • 10-12-2016 Osasuna 0-3 Barcelona (La Liga)
  • 16-03-2014 Barcelona 7-0 Osasuna (La Liga)
  • 20-10-2013 Osasuna 0-0 Barcelona (La Liga)

Lima Laga Terakhir Barcelona:

  • 27-06-2020 Celta 2-2 Barcelona (La Liga)
  • 01-07-2020 Barcelona 2-2 Atletico (La Liga)
  • 06-07-2020 Villarreal 1-4 Barcelona (La Liga)
  • 09-07-2020 Barcelona 1-0 Espanyol (La Liga)
  • 12-07-2020 Valladolid 0-1 Barcelona (La Liga)

Lima Laga Terakhir Osasuna:

  • 28-06-2020 Osasuna 2-1 Leganes (La Liga)
  • 03-07-2020 Eibar 0-2 Osasuna (La Liga)
  • 06-07-2020 Osasuna 0-0 Getafe (La Liga)
  • 09-07-2020 Betis 3-0 Osasuna (La Liga)
  • 11-07-2020 Osasuna 2-1 Celta (La Liga)

Persentase menang:

Barcelona 60 - 40 Osasuna

Data dan Fakta

Para pemain Barcelona tampak kecewa usai dibobol Osasuna pada laga La Liga di Stadion El Sadar, Pamplona, Sabtu (31/8). Kedua klub bermain imbang 2-2. (AP/Alvaro Barrientos)
Para pemain Barcelona tampak kecewa usai dibobol Osasuna pada laga La Liga di Stadion El Sadar, Pamplona, Sabtu (31/8). Kedua klub bermain imbang 2-2. (AP/Alvaro Barrientos)

1. Barcelona selalu menang dalam tujuh laga kandang terakhirnya melawan Osasuna di semua kompetisi.

2. Barcelona selalu menang dengan margin minimal dua gol dalam tujuh laga kandang terakhirnya melawan Osasuna di semua kompetisi.

3. Barcelona memenangi 23 dari 25 laga kandang terakhirnya di La Liga.

4. Barcelona mencatatkan lima clean sheet dalam enam laga kandang terakhirnya di La Liga.

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Gia Yuda Pradana/Published: 15/07/2020)

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Gaya Selvi Kitty Naik Sepeda Lipat, Sporty dan Stylish

Posted: 15 Jul 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki badan yang langsing dan ideal, bagi Selvi Kitty bukan berarti tanpa usaha. Sempat mengalami kenaikan berat badan saat hamil dan melahirkan, pedangdut berusia 27 tahun ini pun melakukan diet dan berolahraga secara rutin.

Melalui akun Instagramnya, Selvi Kitty kerap membagikan momen ketika ia sedang berolahraga. Mulai dari workout, hingga joging menjadi agenda rutin baginya.

Kemudian selama pandemi Corona Covid-19, ibu satu anak ini menambah kegiatan olahraganya. Yakni bersepeda santai setiap sore di sekitar kediamannya ditemani oleh sang suami.

Meski sedang berolahraga, namun wanita kelahiran 20 April 1993 ini nampak tetap sporty dan stylish. Berikut merupakan potret gaya Selvi Kitty saat naik sepeda lipat, dilansir dari laman Instagram @selvikitty oleh Liputan6.com, Kamis (16/7/2020).

1. Selama pandemi Corona Covid-19, bersepeda menjadi salah satu aktivitas rutin yang dilakukan oleh Selvi Kitty.

Gaya Selvi Kitty Naik Sepeda Lipat. (Sumber: Instagram/selvikitty)
Gaya Selvi Kitty Naik Sepeda Lipat. (Sumber: Instagram/selvikitty)

2. Setiap sore, ia rutin menaiki sepeda lipatnya keliling komplek kediamannya.

Gaya Selvi Kitty Naik Sepeda Lipat. (Sumber: Instagram/selvikitty)
Gaya Selvi Kitty Naik Sepeda Lipat. (Sumber: Instagram/selvikitty)

3. Wanita kelahiran 20 April 1993 ini selalu berpenampilan sporty dan stylish saat berolahraga.

Gaya Selvi Kitty Naik Sepeda Lipat. (Sumber: Instagram/selvikitty)
Gaya Selvi Kitty Naik Sepeda Lipat. (Sumber: Instagram/selvikitty)

4. Ia kerap memadukan kaus dan leging untuk kostum olahraganya, sesekali ia nampak mengenakan topi

Gaya Selvi Kitty Naik Sepeda Lipat. (Sumber: Instagram/selvikitty)
Gaya Selvi Kitty Naik Sepeda Lipat. (Sumber: Instagram/selvikitty)

5. Ibu satu anak ini tak melulu bersepeda di sore hari, kadang ia juga melakukannya di pagi hari.

Gaya Selvi Kitty Naik Sepeda Lipat. (Sumber: Instagram/selvikitty)
Gaya Selvi Kitty Naik Sepeda Lipat. (Sumber: Instagram/selvikitty)

6. Ketika bersepeda ia biasanya ditemani oleh sang suami, Rangga Ilham Suseno.

Gaya Selvi Kitty Naik Sepeda Lipat. (Sumber: Instagram/selvikitty)
Gaya Selvi Kitty Naik Sepeda Lipat. (Sumber: Instagram/selvikitty)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut