Kamis, 23 Juli 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Seluruh Pemain Timnas Indonesia Nonreaktif COVID-19, Uji Swab Tetap Dilakukan

Posted: 23 Jul 2020 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seluruh pemain, pelatih, dan ofisial Timnas Indonesia senior dan U-19 telah berkumpul di salah satu hotel di Jakarta. Sebelum memulai pemusatan latihan bersama pelatih kepala Shin Tae-yong, seluruhnya terlebuh dulu menjalani tes cepat atau rapid test COVID-19, Kamis (23/7/2020). 

Dokter PSSI, Syarif Alwi, seperti situs resmi PSSI, menjelaskan, langkah ini merupakan arahan langsung dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Irawan guna menjaga kesehatan seluruh personel timnas Indonesia

"Sesuai arahan ketua umum PSSI, hari ini kami melakukan pemeriksaan rapid test kepada seluruh pemain dan ofisial timnas Senior dan U-19. Uji itu berjalan dengan lancar dan baik," ujar Syarif. 

Seluruh hasil pemeriksaan menunjukkan status nonreaktif COVID-19. Meski demikian, untuk memastikannya, timnas Indonesia dan U-19 selanjutnya akan menjalani tes usap (Swab) hari ini. 

"Selanjutnya, kami melakukan swab test kepada seluruh pemain dan ofisial," tutur Syarif.

 

Langkah Wajar

Bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo, melakukan selebrasi usai membobol gawang PSM Makassar pada laga Piala Indonesia 2019 di SUGBK, Jakarta, Minggu (21/7). Persija menang 1-0 atas PSM. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo, melakukan selebrasi usai membobol gawang PSM Makassar pada laga Piala Indonesia 2019 di SUGBK, Jakarta, Minggu (21/7). Persija menang 1-0 atas PSM. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Salah satu pemain yang dipanggil untuk mengikuti TC timnas, Ryuji Utomo menganggap tes cepat dan usap tersebut sebagai hal wajar dalam menerapkan protokol kesehatan selama pandemi.

Karena itu, bek yang bermain di klub Persija Jakarta itu pun antusias kembali berkegiatan di lapangan setelah sekitar empat bulan mesti berlatih di rumah karena pandemi COVID-19.

"Saya sudah tidak sabar menanti pemusatan latihan nanti. Sudah lama tidak merasakan rumput lapangan sepak bola. Tentu ini juga merupakan keinginan setiap pemain. Alhamdulillah bisa terpilih pada TC kali ini dan saya akan memberikan yang terbaik," kata Ryuji.

 

Tidak Karantina

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat latihan di Lapangan G, Senayan, Jakarta, Rabu, (19/2/2020). Pada sesi latihan kali ini Timnas menjalani tes fisik dengan menggunakan alat Smart Gate. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat latihan di Lapangan G, Senayan, Jakarta, Rabu, (19/2/2020). Pada sesi latihan kali ini Timnas menjalani tes fisik dengan menggunakan alat Smart Gate. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Setelah berkumpu, timnas Indonesia selanjutnya akan berlatih di lapangan Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta pada Sabtu (25/7). TC itu dijadwalkan berlangsung sampai 8 Agustus 2020. 

Shin Tae Yong sendiri telah tiba di Indonesia sejak Rabu lalu. Meski baru pulang dari Korea Selatan, dia tidak tidak diwajibkan untuk menjalani karantina mandiri selama 14 hari. PSSI dan pemerintah memberi kebebasan bagi Shin Tae-yong untuk segera menjalankan tugasnya menangani timnas. 

 

Jadwal Timnas Indonesia

Sebelumnya, PSSI telah memanggil 29 pemain timnas senior dan 46 pemain timnas U-19 untuk mengikuti TC. Timnas Indonesia akan menghadapi tiga laga terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Sementara timnas U-19 akan tampil di Piala Asia U-19 2020. 

Jadwalnya:

Timnas Senior

8 Oktober 2020

Thailand vs Timnas Indonesia

13 Oktober 2020

Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab

12 November 2020

Vietnam vs Timnas Indonesia

Timnas U-19

14 Oktober 2020: Indonesia vs Kamboja

14 Oktober 2020: Uzbekistan vs Iran

17 Oktober 2020: Iran vs Indonesia

17 Oktober 2020: Kamboja vs Uzbekistan

20 Oktober 2020: Uzbekistan vs Indonesia

20 Oktober 2020: Kamboja vs Iran

Piala Asia U-19 2020 akan berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Dalami Keterlibatan Keluarga dalam Pelarian Pembobol BNI Maria Lumowa

Posted: 23 Jul 2020 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menyampaikan, penyidik tengah mendalami keterlibatan keluarga tersangka pembobolan BNI Maria Pauline Lumowa. Penyidik mendalami keterlibatan keluarga atas palarian Maria selama 17 tahun ini.

"Ini dalam penegembangan dalam pemeriksaan," tutur Ahmad di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (24/7/2020).

Dia menyebut, pihaknya akan bekerja profesional dalam mengusut siapa pun yang memiliki andil dalam pelarian Maria Pauline Lumowa.

"Kalau dalam pemeriksaan ada tersangka baru akan disampaikan," kata Ahmad.

Tersangka kasus pembobolan kas BNI senilai Rp 1,2 triliun, Maria Pauline Lumowa telah menunjuk pengacara yang ada dalam daftar pilihan Kedutaan Besar Belanda. Proses hukum pun segera dilanjutkan penyidik.

"Pada Minggu 20 Juli 2020, MPL telah menunjuk pengacara dari list yang beberapa waktu lalu diajukan Kedubes Belanda dan telah dilakukan tanda tangan kontrak," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono di kantornya, Jakarta Selatan, Senin 20 Juli 2020.

Menurut Awi, penyidik kini tinggal menunggu pengacara yang ditunjuk itu untuk mempelajari perkara yang menjerat Maria Lumowa.

 

Kedutaan Belanda Tak Dampingi

Sebelumnya, pihak Kedutaan Besar Belanda menyatakan tidak akan mendampingi tersangka Maria Pauline Lumowa dalam pemeriksaan kasus pembobolan kas Bank BNI senilai Rp 1,2 triliun.

Namun demikian, Kedubes Belanda menyiapkan sejumlah nama pengacara untuk dipilih mendampingi Maria selama pemeriksaan di Bareskrim Polri.

Pada kasus ini, penyidik Bareskrim telah memeriksa sebanyak 14 saksi.

"14 saksi sudah diperiksa, termasuk saksi yang sedang menjalani hukuman, yang sudah bebas serta pihak BNI 46," ucap Awi.

Penyidik juga telah menyita aset-aset milik tersangka Maria Pauline Lumowa senilai Rp 132 miliar. Pencarian dan penyitaan aset dilakukan selama Maria kabur ke luar negeri.

 

Kedaluarsa Oktober 2021 dan Perjalanan Kasusnya

Penyidik berusaha menangani dan menuntaskan kasus ini sesegera mungkin mengingat perkara tersebut akan dinyatakan kedaluwarsa pada Oktober 2021.

Dalam kasus pembobolan kas Bank BNI cabang Kebayoran Baru lewat Letter of Credit (L/C) fiktif, polisi menetapkan 16 orang sebagai tersangka termasuk Maria Pauline Lumowa dan Adrian Waworuntu.

Pada periode Oktober 2002 hingga Juli 2003, Bank BNI mengucurkan pinjaman senilai Rp 1,2 triliun kepada PT Gramarindo Group yang dimiliki Maria Pauline Lumowa dan Adrian Waworuntu.

Pada Juni 2003, pihak BNI yang curiga dengan transaksi keuangan PT Gramarindo Group mulai melakukan penyelidikan dan mendapati perusahaan tersebut tak pernah melakukan ekspor.

Dugaan L/C fiktif ini kemudian dilaporkan ke Mabes Polri, namun Maria Pauline Lumowa sudah lebih dahulu terbang ke Singapura pada September 2003 atau sebulan sebelum ditetapkan sebagai tersangka oleh tim khusus yang dibentuk Mabes Polri.

Pada kasus ini, Adrian dan 14 orang lainnya telah menjalani hukuman. Sementara Maria Pauline kabur ke luar negeri selama 17 tahun. Dia akhirnya berhasil diesktradisi dari Serbia pada 9 Juli 2020 lalu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat Unair: Konflik DPRD dan Bupati Jember Pertanda Komunikasi Politik Buruk

Posted: 23 Jul 2020 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Guru Besar Ilmu Politik Universitas Airlangga, Prof.Kacung Marijan mengatakan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jember mengusulkan pemakzulan atau pemberhentian Bupati Jember Faida melalui sidang paripurna Hak Menyatakan Pendapat (HMP) pada Rabu, 22 Juli 2020 menunjukkan ketidakharmonisan DPRD dengan bupati.

Ia menuturkan, ketidakharmonisan tersebut bahkan dengan partai yang mengusung Faida. Padahal seharusnya, menurut Prof Kacung, partai yang mengusung Bupati Jember Faida seharusnya mendukung sehingga tidak terjadi pemakzulan. Adapun partai pengusung Faida tersebut antara lain PDIP, Nasdem, Hanura dan PAN.

"Ada ketidakharmonisan. Komunikasi politik yang tidak nyambung. Partai pengusung seharusnya mendukung tetapi ini tidak terjadi. Jadi konflik ini terhadap semua partai," ujar Prof Kacung saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Jumat, (24/7/2020).

Ia menambahkan, ketidakharmonisan bupati dengan partai pengusung mungkin karena ada konsesi partai belum dipenuhi bupati.

"Ini pertanda komunikasi politik yang buruk antara bupati dengan partai pendukung, dan beberapa partai sehingga terus masalah," ujar Prof Kacung.

Prof Kacung menuturkan, seharusnya bupati juga didukung oleh partai pendukungnya. Dengan ada konflik dengan DPRD, Prof Kacung menuturkan, hal itu menjadi tantangan berat untuk menjalankan kebijakan oleh bupati. Hal ini mengingat ada sejumlah kebijakan bupati yang perlu persetujuan dari DPRD.

"Bupati Faida bukan dari kader partai. Ia diusung oleh sejumlah partai. Kemudian dalam perkembangannya Bu Faida selalu ingin independen. Jadi terputus dukungan dari empat partai. Ia juga maju kembali dalam Pilkada lewat jalur independen. Padahal DPRD itu orang partai semua artinya kebijakan pemda juga perlu back up partai meski bukan dari mayoritas," ujar dia.

Melihat kondisi konflik DPRD Jember dan Bupati Faida, Prof Kacung menilai calon independen bukan dari partai sebaiknya ditiadakan.

"Secara aturan memang tidak mudah. Bupati butuh dukungan DPRD. Rusak hubungan DPRD dan bupati jadi tidak membuat nyaman. Pemerintahan tidak menjadi bagus, perlu ada komunikasi yang baik," ujar dia.

 

Kata Mendagri

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengaku optimistis pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang berlangsung di Sulawesi Utara akan berjalan lancar dan aman dari Covid-19. (Yopi)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengaku optimistis pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang berlangsung di Sulawesi Utara akan berjalan lancar dan aman dari Covid-19. (Yopi)

Sebelumnya berbagai upaya dilakukan untuk menangani konflik DPRD Jember dengan Bupati Faida mulai dari Kementerian Dalam Negeri hingga DPD.

Mengutip Antara, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menuturkan, persoalan Kabupaten Jember sebenarnya adalah terkait dengan komunikasi antara kepala daerah dan DPRD sehingga mekanisme check and balance tidak berjalan. Hal itu disampaikan Tito pada 22 Juni 2020.

Ketua DPRD Kabupaten Jember Itqon Syauqi mengungkapkan, permasalahan di Jember yang belum memiliki APBD, serta anggaran COVID-19 Jember yang diputuskan sepihak bupati tanpa rapat dengan DPRD berujung proses hak angket. Selain itu, bupati juga bertindak sepihak memotong pos anggaran dewan cukup signifikan.

"Itu adalah sebagian dari potret ketidakharmonisan antara fungsi pengawasan dan pengelolaan APBD Jember. Karena itu, kami memilih konsultasi dengan DPD RI dan Kemendagri dengan prinsip money follow function. Apalagi rekomendasi dari Kemendagri juga diabaikan oleh Bupati, dan masih banyak lagi, seperti menggunakan APBD tanpa payung hukum dan penyalahgunaan wewenang lainnya, sehingga yang dirugikan adalah rakyat," ujar Itqon pada, 

Sebelumnya Bupati Jember Faida bersama Wakil Bupati Abdul Muqit Arief memenangkan Pilkada 2015 yang diusung PAN, PDIP, Hanura, dan NasDem.

Periode pemerintahan yang dijalankan 2016-2021. Bupati Faida kembali maju menjadi calon Bupati Jember 2020 perseorangan berpasangan dengan Dwi Arya Nugraha Oktavianto.

DPD Kawal Mediasi Bupati dan DPRD Jember

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mengawal mediasi yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri terhadap Bupati Jember Faida dengan jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Ketua Badan Akuntabilitas Publik DPD RI Sylviana Murni mengaku senang karena persoalan antara bupati dengan DPRD Jember bisa selesai dengan kesepakatan kedua pihak, dan diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan oleh kedua pihak.

"Mudah-mudahan (kesepakatan) ini menjadi pedoman untuk langkah-langkah selanjutnya. Sehingga kemesraan ini, harmonisasi antara DPRD dan Ibu Bupati Jember, bisa betul-betul terlaksana bukan hanya di atas kertas, tetapi realisasinya sesuai dengan kesepakatan dan sesuai juga dengan peraturan perundang-undangan yang harus kita pedomani," ujarnya di Jakarta, Rabu, 8 Juli 2020, mengutip dari Antara.

Adapun mediasi itu menghasilkan enam butir kesepakatan meliputi pertama, dalam proses penyelesaian perselisihan tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan berkoordinasi dengan Bupati Jember Faida dan jajaran DPRD Jember.

Kedua, Bupati Jember Faida berkewajiban menindaklanjuti surat Mendagri No.700/12429/SJ tanggal 11 November 2019, dengan menyampaikan hasilnya kepada Gubernur Jatim dan Mendagri selambat-lambatnya tanggal 7 September 2020.

Instruksi Mendagri dalam surat tersebut yaitu:

1. Mencabut 15 Keputusan Bupati tentang Pengangkatan Dalam Jabatan, 1 Keputusan Bupati tentang Demisioner Jabatan, serta 1 Keputusan Bupati tentang Pengangkatan Kembali Pejabat yang dilakukan Demisioner. Selanjutnya, Bupati Faida segera mengembalikan pejabat yang diangkat pada jabatan semula, seperti sebelum Keputusan Bupati tentang Pengangkatan Dalam Jabatan pada tanggal 3 Januari 2018. Serta, menyusun perencanaan mutasi untuk penataan kembali pengisian jabatan dengan memfungsikan Tim Penilai Kinerja sesuai ketentuan perundang-undangan. 2. Mencabut 30 Peraturan Bupati tentang Kedudukan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja (KSOTK) yang dibuat tanggal 3 Januari 2019, kemudian kembali memberlakukan Peraturan Bupati tentang KSOTK yang diundangkan tanggal 1 Desember 2016.

3. Menindaklanjuti surat dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri nomor: 821.2/442/Dukcapil, tanggal 9 Januari 2019, perihal peringatan atas pergantian Kepala Bidang Pengelolaan Administrasi Kependudukan Kabupaten Jember.

Ketiga, pengangkatan dan pengukuhan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember harus dilakukan konsultasi dan persetujuan Gubernur Jawa Timur sesuai dengan surat gubernur nomor 821.2/1580/204.4.2020 tanggal 21 Februari 2020 perihal permohonan persetujuan tertulis pengukuhan pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Pemkab Jember.

Keempat, terhadap Rancangan Anggaran Penerimaan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2020 yang belum disepakati dengan DPRD, melalui keputusan Gubernur nomor 188/1.K/KPTS/013/2020 tanggal 3 Januari 2020 tentang Pengesahan Rancangan Peraturan Bupati Tahun 2019 tentang Penggunaan APBD tahun Anggaran 2020, dapat dilakukan dengan pengeluaran paling besar seperdua belas jumlah pengeluaran APBD tahun anggaran sebelumnya dan DPRD tetap melakukan pengawasan.

Kelima, terhadap hak keuangan pimpinan dan anggota DPRD tetap mengacu Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD.

Keenam, mengedepankan peran gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk melakukan pembinaan kepada pemerintah kabupaten.

Selanjutnya

Adapun, rapat untuk memediasi jajaran DPRD Jember dengan Bupati Jember itu dipimpin langsung Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kemendagri, Muhammad Hudori serta Inspektur Jenderal Kemendagri Tumpak H. Simanjuntak, Selasa, 7 Juli 2020.

Rapat dihadiri Bupati Jember Faida, Ketua DPRD Kabupaten Jember Itqon Syauqi dan Ketua BAP DPD RI Sylviana Murni. Usai rapat, Hudori mengungkapkan, rapat mediasi kali itu, merupakan rapat terlama. Pembahasan rapat dimulai pada jam 10.00 WIB sampai jam 17.20 WIB (lebih dari 7 jam).

Meski demikian, Hudori bersyukur, Kemendagri sudah menyelesaikan mediasi antara DPRD Jember dengan Bupati Jember.

"Alhamdulillah dalam waktu yang saya sampaikan tadi cukup lama, kami bahas lengkap. Jajaran kami dari Kemendagri lengkap dan harapan kami mudah-mudahan karena sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014, penyelenggara pemerintahan itu di daerah itu adalah DPRD dan Bupati (Jember)," ujar Hudori dalam rilis Kemendagri yang diterima di Jakarta, Selasa, 7 Juli 2020.

Jadi, kata Hudori, kata kunci penyelesaian persoalan itu adalah pelayanan akan baik atau buruk tergantung dari penyelenggara pemerintahan. Dan pemerintahan di daerah itu adalah Bupati dan DPRD.

"Harapannya mudah-mudahan dengan selesainya persoalan ini harapan ke depan apa yang dicita-citakan untuk masyarakat Jember, terutama termasuk layanan publik dan seterusnya ini bisa berjalan dengan baik," ujar dia.

Sylviana Murni mengapresiasi langkah Kemendagri yang sangat responsif menyelesaikan persoalan antara DPRD dan Bupati Jember.

Sylviana mengatakan, apa yang dilakukan DPD RI dan Kemendagri dengan memfasilitasi rapat mediasi, adalah untuk meneruskan aspirasi masyarakat Jember.

"Mudah-mudahan mediasi ini membawa berkah, membawa kebaikan untuk masyarakat Jember ke depan," ujar Sylviana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkeu Terbitkan SBN Perdana dengan Skema Burden Sharing Pekan Depan

Posted: 23 Jul 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian keuangan (Kemenkeu) akan menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) yang akan langsung dibeli oleh Bank Indonesia (BI) melalui private placement pada pekan depan. Penerbitan SBN dengan skema burden sharing ini merupakan bagian dari skema pembiayaan defisit fiskal senilai Rp 398 triliun.

"Kami sekarang sedang mempersiapkan pembuatan akun khusus dan mudah-mudahan minggu depan kami dapat memulai implementasinya," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman dalam Dialogue Kita edisi Juli 2020, Jumat (24/7/2020).

Saat ini Kementerian Keuangan tengah memproses pembuatan rekening khusus di BI untuk penempatan dana pembelian SBN tersebut.

"Untuk penempatan dana harus ada rekening khusus di BI, sedang proses. Minggu depan mulai implementasi, Juli ini sudah akan ada penerbitan SBN perdana untuk men-support public goods," katanya.

Luky menjelaskan, SBN yang akan diterbitkan memiliki tenor 5 dan 8 tahun. Ini sesuai dengan kesepakatan Kemenkeu dan BI dalam SKB II. Adapun skema burden sharing antara Kemenkeu dan BI terbagi menjadi dua komponen, pembiayaan untuk public goods dan non public goods.

"Kita sudah sepakat dengan BI agar tidak terjadi penumpukan di 1 tahun, SBN disebar dengan tenor 5 sampai 8 tahun," jelasnya.

Selanjutnya, untuk pembiayaan non-public goods sebesar Rp 505,9 triliun untuk UMKM dan korporasi, BI akan menanggung sebagian bunga SBN tersebut.

BI Telah Beli SBN di Pasar Perdana Rp 36,69 Triliun

Karyawan menghitung uang kertas rupiah yang rusak di tempat penukaran uang rusak di Gedung Bank Indonessia, Jakarta (4/4). Selain itu BI juga meminta masyarakat agar menukarkan uang yang sudah tidak layar edar. (Merdeka.com/Arie Basuki)
Karyawan menghitung uang kertas rupiah yang rusak di tempat penukaran uang rusak di Gedung Bank Indonessia, Jakarta (4/4). Selain itu BI juga meminta masyarakat agar menukarkan uang yang sudah tidak layar edar. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) telah membeli Surat Berharga Negara (SBN) di pasar perdana sebesar Rp 36,69 triliun sampai dengan 14 Juli 2020. Pembelian ini melalui skema lelang utama, Greenshoe option dan Private Placement.

Dengan partisipasi Bank Indonesia (BI) dalam pembelian SBN dari pasar perdana ini, pemerintah memiliki keleluasaan untuk merealisasikan APBN.

"Sinergi ekspansi moneter Bank Indonesia diperkuat dengan akselerasi stimulus fiskal pemerintah dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional," kata Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam video konferensi, Kamis (16/7/2020).

Sinergi tersebut termasuk peran Bank Indonesia (BI) dalam pendanaan APBN 2020 melalui pembelian SBN dari pasar perdana. Pembelian ini melalui mekanisme pasar maupun secara langsung (private placement).

Realisasi pembelian SBN di pasar perdana ini sesuai dengan Keputusan Bersama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia masing-masing tanggal 16 April 2020 dan 7 Juli 2020.

"Sinergi kebijakan moneter dan fiskal tersebut sebagai bagian upaya bersama untuk mempercepat implementasi program Pemulihan Ekonomi Nasional, dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi," lanjut Perry.

Ke depan, sambungnya, Bank Indonesia (BI) terus memastikan kecukupan likuiditas dan berkomitmen mendukung pendanaan APBN 2020 sebagai bagian dari upaya mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Informasi Kunci Jelang Duel Leicester vs MU

Posted: 23 Jul 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) bakal menghadapi laga hidup mati saat bertandang ke markas Leicester City dalam lanjutan Liga Inggris 2019/2020, Minggu (26/7/2020). Hasil yang diraih dalam pertandingan di King Power Stadium nanti bakal menentukan langkah Setan Merah ke Liga Champions musim depan. 

Liga Inggris boleh jadi sudah memiliki pemenang. Sejak pekan ke-31, kompetisi kasta tertinggi di Negeri Ratu Elizabeth itu telah dikuasai oleh Liverpool sebelum akhirnya resmi ditahbiskan lewat pengaulang medali dan penyerahan trofi, kemarin usai duel melawan Chelsea di Anfield Stadium.  

Meski begitu, bukan berarti Liga Inggris kehilangan greget. Sebaliknya, persaingan tetap berlangsung ketat pada perebutan dua tempat menuju kompetisi Liga Champions musim depan. Tiga klub, yakni Chelsea, MU, dan Leicester sama-sama berpeluang saling jegal menuju kompetisi antarklub Eropa itu. 

Sebagai juara, Liverpool sudah otomatis memegang tiket ke Liga Champions musim depan. Sementara satu slot lagi sudah ditempati oleh Manchester City yang tidak mungkin tergusur lagi dari urutan ke-2. 

UEFA memberikan 4 jatah bagi tim-tim Liga Inggris. Karena itu, dua slot lagi akan diisi oleh penghuni peringkat ketiga dan keempat pada klasemen akhir Premier League musim ini di mana tim yang berada di urutan keempat akan menjalani babak kualifkasi sebelum masuk fase grup Liga Champions. 

Sementara tim yang terlempar dari empat besar harus rela tampil di Europa League musim depan. Lalu apa saja yang perlu diketahui dari perjuangan MU saat bertandang ke kandang Leicester nanti?

 

 

Peluang MU

Gelandang Manchester United, Paul Pogba, berebut bola dengan pemain Leicester City, Nampalys Mendy, pada laga Premier League di Stadion King Power, Minggu (3/2). Manchester United menang 1-0 atas Leicester City. (AP/Rui Vieira)
Gelandang Manchester United, Paul Pogba, berebut bola dengan pemain Leicester City, Nampalys Mendy, pada laga Premier League di Stadion King Power, Minggu (3/2). Manchester United menang 1-0 atas Leicester City. (AP/Rui Vieira)

MU sejauh ini memimpin perburuan dua tiket tersebut. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer duduk di peringkat ketiga dengan 63 poin. Akan tetapi, Setan Merah belum bernapa lega karena mereka hanya unggul produktivitas dari Chelsea di peringkat ke-4, dan satu poin dari Leicester di posisi kelima.

Dalam situasi seperti itu, hasil imbang apalagi menang di kandang Leicester bakal memastikan posisi MU di Liga Champions musim depan. Dan bila kalah, pasukan Ole Gunnar Solskjaer masih berpeluang lolos asalkan Chelsea kalah saat menjamu Wolverhampton Wanderers di laga terakhir, Minggu nanti. 

 

Punya Modal Bagus

Striker Manchester United, Marcus Rashford, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Crystal Palace pada laga lanjutan Premier League di Selhurst Park, Jumat (17/7/2020) dini hari WIB. Manchester United menang 2-0 atas Crystal Palace. (AFP/Glyn Kirk)
Striker Manchester United, Marcus Rashford, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Crystal Palace pada laga lanjutan Premier League di Selhurst Park, Jumat (17/7/2020) dini hari WIB. Manchester United menang 2-0 atas Crystal Palace. (AFP/Glyn Kirk)

MU punya modal yang cukup bagus jelang pertemuan dengan Leicester. Salah satunya produktivitas golnya yang jauh di atas Chelsea. Ini membuat kemenangan yang diraih di King Power Stadium nanti dipastikan bakal sulit dilewati Chelsea sekalipun pasukan Frank Lampard juga menang atas Wolves. 

Selain itu, pada pertemuan paruh pertama musim ini, MU menang tipis 1-0 atas Leicester City. Dalam laga ini, sebiji gol Setan Merah dicetak lewat titik putih oleh Marcus Rashford.

 

Susunan Perangkat Pertandingan

Martin Atkinson (AP)
Martin Atkinson (AP)

Sementara itu, seperti dilansir situs resmi MU, Martin Atinkson telah ditunjuk sebagai wasit yang akan memimpin duel melawan Leicester City. Atinkson sudah tiga kali bertugas pada pertandingan MU, termasuk saat Setan Merah merebut kemenangan 1-0 atas Leicester City pada September lalu. 

Dari tiga laga yang dipimpin Atinkson musim ini, MU meraih dua kali seri dan sekali menang. Seluruh pertandingan ini kebetulan berlangsung di markas Setan Merah, Stadion Old Trafford. 

Atinkson akan dibantu oleh Lee Betts dan Constantine Hatzidakis dan Oliver Langford sebagai wasit cadangan. Paul Tierney dan Peter Kirkup akan bertugas mengawasi layar VAR dari Stockley Park

Siaran Langsung

Lalu di mana pertandingan MU vs Leicester City bisa disaksikan secara langsung?

Simak informasinya di bawah ini:

Minggu (26/7/2020) 

22.00 WIB: Leciester City vs MU

Siaran langsung

Mola TV mulai 21.30

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret 7 Pemeran Suami Antagonis di Suara Hati Istri, Bikin Netizen Geregetan

Posted: 23 Jul 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta acara televisi terutama FTV pasti sudah tak asing lagi dengan FTV Suara Hati Istri. FTV yang tayang di Indosiar ini memang berhasil mencuri perhatian netizen.

Jalan cerita serta karakter yang diperankan oleh masing-masing artis pun sering menjadi sorotan. Bahkan, tak sedikit pula yang merasa gemas dan geregetan atas akting dari para suami antagonis di FTV Suara Hati Istri tersebut.

Terkadang, rasa gemas dan geregetan netizen bukan hanya dirasakan saat menonton FTV saja. Bahkan, beberapa aktor yang memainkan karakter suami antagonis pernah mengalami pengalaman kurang menyenangkan.

Walaupun melalui FTV Suara Hati Istri kerap bermain sebagai suami antagonis dan sering menyakiti istri. Akan tetapi para aktor ini merupakan sosok baik dan sayang keluarga di kehidupan nyata.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (24/7/2020) berikut ini beberapa potret pemeran suami antagonis di Suara Hati Istri yang sukses bikin netizen geregetan.

1. Panji Saputra cukup sering bermain sinetron ataupun FTV. Akting pria 38 tahun ini saat di Suara Hati Istri pun sukses membuat banyak netizen geregetan.

Suami Suara Hati Istri (Sumber: Instagram/panjiasaputra)
Suami Suara Hati Istri (Sumber: Instagram/panjiasaputra)

2. Meski sering memerankan suami antagonis, nyatanya suami Ardina Rasti, Arie Dwi Andhika merupakan sosok pria yang sayang keluarga.

Suami Suara Hati Istri (Sumber: Instagram/arie10andika)
Suami Suara Hati Istri (Sumber: Instagram/arie10andika)

3. Rifky Alhansyi juga sering membuat netizen gemas berkat akting yang dimainkan sebagai suami antagonis.

Suami Suara Hati Istri (Sumber: Instagram/rifkyalhabsyi)
Suami Suara Hati Istri (Sumber: Instagram/rifkyalhabsyi)

4. Walau kerap bermain sebagai suami yang jahat, akan tetapi di kehidupan nyata Teuku Mirza sosok family man lho.

Suami Suara Hati Istri (Sumber: Instagram/teukumirza)
Suami Suara Hati Istri (Sumber: Instagram/teukumirza)

5. Kamu pasti tak bakal menyangka jika Hans Hosman merupakan pria pecinta binatang. Ia pun sering mengunggah foto bersama anjing kesayangan di Instagram.

Suami Suara Hati Istri (Sumber: Instagram/hanshosman)
Suami Suara Hati Istri (Sumber: Instagram/hanshosman)

6. Habibi Hood diketahui telah cukup lama berkarier sebagai aktor, penampilannya di Suara Hati Istri pun sukses membuat netizen gemas.

Suami Suara Hati Istri (Sumber: Instagram/habibihood)
Suami Suara Hati Istri (Sumber: Instagram/habibihood)

7. Selalu tampil totalitas saat berakting, sosok Fery Ixel sering kali membuat netizen geram akan perannya sebagai suami antagonis.

Suami Suara Hati Istri (Sumber: Instagram/feryixell)
Suami Suara Hati Istri (Sumber: Instagram/feryixell)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orangtua Kurang Pahami Masalah Kesehatan Mental Anak

Posted: 23 Jul 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai statistik menunjukkan maraknya gangguan kesehatan mentalanak, khususnya saat usia remaja. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menemukan bahwa prevalensi gangguan mental emosional remaja usia di atas 15 tahun meningkat menjadi 9,8 persen dari yang sebelumnya 6 persen pada 2013.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mencatat 15 persen anak remaja di negara berkembang berpikiran untuk bunuh diri. Bunuh diri merupakan penyebab kematian terbesar ketiga di dunia bagi kelompok anak usia 15-19 tahun.

Memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2020, platform penyedia layanan kesehatan berbasis digital, Halodoc, menggandeng Ikatan Psikolog Klinis Indonesia (IPK Indonesia) untuk melakukan edukasi yang bertujuan mengajak orangtua untuk lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan mental anak.

"Kami percaya bahwa melindungi hak anak, termasuk dalam menjaga kesehatan mental mereka merupakan kunci keberhasilan untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas," ujar Felicia Kawilarang, VP Marketing Halodoc, saat telekonferensi, Kamis, 23 Juli 2020.

Felicia mengajak para orangtua untuk kian memahami pentingnya menjaga kesehatan mental pada anak, seperti mereka menjaga kesehatan fisik buah hati mereka. Hal senada dengan diungkapkan psikolog Annelia Sari Sani.

"Gangguan mental pada usia anak hingga remaja dapat memengaruhi berbagai aspek kehidupan mereka termasuk menyebabkan masalah pada perilaku, gangguan emosional dan sosial, gangguan perkembangan dan belajar, gangguan perilaku makan dan kesehatan, hingga gangguan relasi dengan orangtua," kata Annelia yang juga sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia.

Lebih lanjut Annelia mengatakan, tidak seperti gangguan kesehatan lainnya, tanda-tanda gangguan kesehatan mental, terlebih pada anak, cenderung sulit untuk dilihat. "Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk lebih peka terhadap perubahan perilaku anak dan memberikan penanganan sejak dini, guna meminimalisasi risiko jangka panjang saat anak tumbuh dewasa," imbuh Annelia.

Stigma Negatif

Ilustrasi Anak-Anak (Dok.Pixabay)
Ilustrasi Anak-Anak (Dok.Pixabay)

Saat ini masih banyak stigma negatif yang sering diterima oleh penderita gangguan mental di Indonesia. Stigma yang paling sering ditemui adalah rasa malu dan bingung.

"Mereka malu mengakui bahwa memiliki gejala-gejala gangguan mental serta tidak memahami solusi alternatif yang mereka miliki. Saya percaya bahwa dengan membuka komunikasi dua arah secara lebih intensif dengan orangtua, maka penanganan gangguan kesehatan mental dapat dilakukan sejak dini," ungkap Asaelia Aleeza selaku Co-founder Ubah Stigma, komunitas dengan misi meningkatkan kesadaran pentingnya kesehatan mental.

Sementara itu, berdasarkan data internal dari Halodoc periode Februari hingga Mei 2020, jumlah konsultasi dengan dokter jiwa terus meningkat. Lonjakan yang sangat signifikan mulai terlihat saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada April 2020 dengan peningkatan pertumbuhan layanan konsultasi mencapai hampir 80 persen bila dibandingkan dengan Maret 2020. Jumlah konsultasi dengan dokter kejiwaan masih tercatat naik hingga puncak yang ada di Mei 2020.

"Kami percaya bahwa ketenangan pikiran merupakan salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh yang saat ini, khususnya sangat penting untuk dijaga, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak," tandas Felicia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Para Ilmuwan Berhasil Menguak Peta 3D Terbesar dari Alam Semesta

Posted: 23 Jul 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah lima tahun menaruh fokus ke dalam jangkauan ruang terdalam, para peneliti telah merilis apa yang mereka sebut dengan "peta tiga dimensi terbesar alam semesta" yang pernah ada.

Peta yang membingungkan ini adalah hasil dari proyek yang sedang berlangsung yang disebut Sloan Digital Sky Survey (SDSS), sebuah pencarian ambisius internasional dengan tujuan memetakan perluasan alam semesta yang dapat diamati, dan diharapkan juga dapat menyelesaikan beberapa teka-teki kosmik dalam proses tersebut.

Dengan update terbaru tersebut, proyek ini telah berhasil memetakan dan mengukur lebih dari 2 juta galaksi, yang membentang dari Bima Sakti ke benda-benda kuno yang berjarak lebih dari 11 miliar tahun cahaya.

Peta baru yang terperinci akan membantu para astronom menyatukan periode abstrak dari ekspansi alam semesta yang dikenal sebagai 'celah'.

"Kami tahu baik sejarah kuno alam semesta dan sejarah ekspansi terakhirnya dengan cukup baik, tetapi ada kesenjangan yang sulit selama 11 miliar tahun," ungkap Kyle Dawson, seorang kosmolog di University of Utah dan peneliti utama proyek tersebut. "Selama lima tahun, kami telah bekerja untuk mengisi celah itu."

Ekspansi Sudah Sedikit Direkayasa

Ledakan Kosmik
Ledakan Kosmik

Seperti dilansir Live Science, Jumat (24/7/2020), kesenjangan dimulai beberapa miliar tahun setelah ledakan Big Bang. Para ilmuwan dapat mengukur laju ekspansi alam semesta yang sebelumnya berkat latar belakang gelombang mikro kosmik, suatu radiasi kuno yang tersisa dari masa lampau alam semesta yang masih dapat dideteksi oleh para peneliti; dan mereka dapat menghitung ekspansi terbaru dengan mengukur bagaimana jarak antara Bumi dan galaksi-galaksi terdekat meningkat seiring waktu.

Tetapi ekspansi di periode pertengahan telah sedikit direkayasa karena cahaya galaksi sudah lebih dari beberapa ratus juta tahun memancarkan cahaya yang sangat redup. Untuk mengisi kekosongan ini, sebuah tim yang terdiri dari lebih dari 100 ilmuwan dari seluruh dunia memandang tidak hanya galaksi yang jauh, tetapi juga inti galaksi aktif, kuasar yang menyala terang.

Kunci dari survei ini adalah fenomena yang disebut redshift, sebuah proses di mana cahaya dari galaksi paling kuno dan jauh secara harfiah diregangkan oleh ekspansi alam semesta, meningkatkan panjang gelombangnya dan menggesernya ke ujung spektrum yang lebih merah.

Sebagai akibat dari perubahan warna kosmik ini, sumber cahaya yang menjauh dari bumi tampak lebih merah, sedangkan yang lebih dekat ke bumi terlihat lebih biru.

 

Laju Kosmik 11 Miliar Tahun Lalu

Ilustrasi sinar kosmik. (Foto: Space)
Ilustrasi sinar kosmik. (Foto: Space)

Untuk menghitung laju ekspansi kosmik 11 miliar tahun yang lalu, tim ini mengukur redshift jutaan objek yang jauh beserta kecepatannya, sebuah pengukuran yang menunjukkan seberapa banyak galaksi terseret oleh gravitasi benda lain di sekitarnya.

Hasil peneltian yang dijelaskan dalam 23 studi baru yang dirilis pada 20 Juli, menunjukkan alam semesta mulai mengembang dengan laju yang meningkat sekitar 6 miliar tahun yang lalu, mengikuti periode perlambatan.

Para ilmuwan menghubungkan ekspansi alam semesta dengan kekuatan misterius yang disebut energi gelap, yaitu fenomena misterius yang bertindak berlawanan dengan gravitasi dan bertanggung jawab untuk mempercepat perluasan alam semesta, meskipun tidak ada yang sepenuhnya yakin apa itu atau di mana ia berada.

Survei seperti ini membantu para ilmuwan lebih membatasi sifat-sifat energi gelap, kata para peneliti, meskipun masih jauh dari yang ingin diketahui. Peneliti berharap dapat segera menemukan solusi untuk teka-teki itu tanpa harus menunggu miliaran tahun lagi.

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satgas Covid-19 Tak Lagi Umumkan Data: Tak Menutupi, Justru untuk Transparansi

Posted: 23 Jul 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, data pasien positif, tingkat kematian dan kesembuhan akibat infeksi virus Corona tidak lagi diumumkan. Data tersebut akan diberikan secara realtime kepada masyarakat dalam sebuah laman.

"Bahwa Satgas tidak lagi mengumumkan data harian melalui konferensi pers. Namun demikian, seluruh data update harian terhadap kasus yang ada, kami sampaikan melalui portal www.covid-19.go.id/petasebaran," kata Wiku, Jumat (24/7/2020).

Menurut dia, data di laman itu akan diupdate setiap pukul 16.00 WIB setiap harinya.

Dia mengatakan, tidak mengumumkan di depan layar, bukan berarti menutup-nutupi. Justru, kata dia, pemerintah ingin transparan. Oleh karena itu, data terkait Covid-19 diumumkan melalui portal yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

"Tidak ada maksud untuk menutup-tutupi data. Mari kita dorong transparansi publik. Dan silakan masyarakat ikut mengontrol apabila ada kondisi yang tidak sesuai keadaan sebenarnya," tutur Wiku.

 

Data yang Selaras

Wiku mengatakan, dengan adanya penyajian data di portal, merupakan upaya Satgas agar tidak ada perbedaan angka antara pusat dan daerah. 

"Kami sedang berusaha keras agar betul-betul data ini bisa diakses dengan real time. Dan datanya tidak berbeda antara data nasional dengan data di daerah," ujar Wiku.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Food Vlogger Makan Tahu Gejrot Pakai 140 Cabai, Warganet: Lihatnya Aja Udah Mules

Posted: 23 Jul 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat ini ada begitu banyak food vlogger yang mereview berbagai jenis makanan. Nantinya mereka akan mengunggah review makanan tersebut di media sosialnya agar dapat dilihat oleh para pengikutnya.

Tak sedikit food vlogger yang menampilkan review yang tak biasa bisa jadi hal ini dilakukan untuk menarik perhatian penonton.

Seperti yang dilakukan seorang food vlogger yang baru-baru ini viral. Food vlogger dengan akun instagram @sibungbung belum lama ini mencuri perhatian warganet lantaran review makanannya.

Bagaimana tidak, wanita tersebut mereview tahu gejrot dengan jumlah cabai luar biasa.

140 Cabai

foto: IG/@sibungbung
foto: IG/@sibungbung

Pada video yang diunggahnya beberapa hari lalu, dia terlihat memakan tahu gejrot dengan menambahkan 140 cabai di dalamnya.

Awalnya dia membawa sebungkus plastik berisi 90 biji cabai hijau untuk ditambahkan ke tahu gejrot yang hendak dimakannya. Namun rupanya sang pedagang kembali menambahkan cabai hingga mencapai 140 biji cabai hijau. Dia pun lantas memakannya sambil tak kuat menahan rasa pedas

Komentar warganet

Resep tahu gejrot./Copyright shutterstock.com
Resep tahu gejrot./Copyright shutterstock.com

Tentu saja video tersebut menjadi viral, bahkan telah dilihat lebih dari 1,2 juta kali. Tak sedikit pula warganet yang memberikan komentarnya.

"Ini definisi cabe pake tahu ya," komentar @makansamakoko.  

"Seremm banyak bgt cabenya kaaa," tulis @milatulauliyaaa.  

"Sangkain jus cabe ijo," kata @ericekos.  

"Ya ampun ciiii, cici yg makan aku yg mules kayanya nih," timpal @dandeoils.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menyalin Tabel dari Halaman Web Menggunakan Google Sheet

Posted: 23 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di Internet tersedia banyak data yang mungkin kamu perlukan untuk banyak tujuan mulai dari mengerjakan tugas hingga menulis laporan.

Format datanya bervariasi, tergantung pada sumber yang kamu temukan. Ada yang sudah berbentuk data siap pakai dalam format XLS atau CSV, misalnya, tetapi ada pula yang kadang berupa tabel yang disematkan pada halaman web.

Untuk tipe data kedua, ada satu trik yang dapat kamu coba menggunakan Google Sheet. Layanan online spreadsheet dari Google itu memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk menarik data dari halaman web dengan cepat dan rapi dengan fungsi import HTML.

Sebagai contoh, kami akan menarik data tabel dari halaman Wikipedia bertajuk "Pandemi COVID-19 di Indonesia" yang diakses dari tautan https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19_di_Indonesia. Halaman tersebut memuat banyak informasi dan salah satunya tabel berjudul "Kasus COVID-19 di Indonesia".

Untuk menarik data tabel tersebut menggunakan Google Sheet, kamu cukup menuliskan fungsi dengan format berikut ini:

=IMPORTHTML("URL", "QUERY", Index)

Arti Fungsi

Ganti "URL" dengan tautan https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19_di_Indonesia

Ganti "QUERY" dengan "Table"

Ganti indeks dengan angka. Di sini agak tricky karena kamu mesti cari tahu, tabel yang hendak disalin, ada di urutan ke berapa di halaman web tersebut.

Jika ada di urutan kesepuluh, misalnya, maka kamu tulis angka "9" karena nilai Index pada fungsi tersebut tidak dimulai dari 1, melainkan 0.

Setelah beberapa kali mengisikan angka untuk Index, akhirnya kami dapati bahwa tabel yang hendak kami salin dapat ditarik dengan nilai Index "10".

Fungsi Lengkap

Dengan demikian, fungsi lengkap untuk menarik data tabel berjudul "Kasus COVID-19 di Indonesia" dari halaman Wikipedia yang bertajuk "Pandemi COVID-19 di Indonesia" adalah sebagai berikut:

=IMPORTHTML("https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19_di_Indonesia", "Table", 10)

Tidak perlu menunggu lama, Google Sheet otomatis akan menarik data tersebut dan hasilnya tampak seperti pada gambar di bawah ini.

Selanjutnya kamu dapat menyimpan data tersebut ke format XLSX, ODS, PDF, HTML, CSV, atau TSV lewat menu File => Download. Selamat mencoba!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jubir Wiku: Kandidat Vaksin COVID-19 Harus Sesuai dan Cocok untuk Indonesia

Posted: 23 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Terkait kehadiran vaksin di Indonesia, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah sudah membentuk tim pakar di bidang vaksin dan obat yang masuk dalam Satgas.

"Kehadiran tim pakar in untuk memastikan kadidat vaksin yang dibuat cocok dan sesuai untuk kepentingan memberikan perlindungan bagi masyarakat Indonesia," kata Wiku dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan di Jakara pada Jumat (24/7/2020).

Wiku juga menegaskan bahwa ada tiga hal yang menjadi prioritas dalam pembuatan vaksin yakni aman, tepat dan cepat.

"Aman, berarti vaksin tersebut harus memberikan perlindungan kepada masyarakat Indonesia tanpa ada efek samping," tuturnya.

Lalu, tepat berarti vaksin itu menimbulkan kekebalan spesifik pada virus yang berkembang di Indonesia.

Kemudian, cepat ini berlaku pada uji klinis yang sebaiknya dilakukan cepat tapi juga aman. Juga nantinya dalam hal produksi mesti cepat dan memadai untuk masyarakat Indonesia.

 

Ingin Produksi Vaksin Sendiri

Pemerintah juga menginginkan produksi vaksin dilakukan oleh produsen yang berasal dari Indonesia. Sehingga Indonesia bisa menjadi bangsa yang mandiri.

"Dalam hal ini sementara ada Bio Farma yang sebuah BUMN, juga ada rencana pihak swasta PT Kalbe," tuturnya.

Saat ini pemerintah tengah menyiapkan uji klinis fase tiga dari kandidat vaksin Sinovac dari China. Yang rencananya jika sukses bakal diproduksi oleh salah satu BUMN, Bio Farma.

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Sebulan, Penempatan Dana Himbara Naik Rp 6 Triliun dari Modal Rp 30 T

Posted: 23 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah menempatkan dana sebesar Rp 30 triliun pada 4 Bank Himbara demi menambah likuiditas bank-bank dalam menjalankan tugas untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi. Keempat bank tersebut, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN) dan Bank Mandiri.  

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu mangatakan, hingga hari ini Himbara melaporkan penempatan dana tersebut sudah tumbuh menjadi Rp 36 triliun. Perbankan sebelumnya berjanji akan mengembalikan pinjaman deposito tersebut dalam 3 bulan dengan total Rp 90 triliun.

"Penempatan dana di 4 bank ini belum 1 bulan Rp 30 triliun yang ditempatkan itu sudah menciptakan Rp 36 triliun kredit modal kerja baru. Nah, ini sedikit di atas janji perbankan, karena waktu itu janji perbankan Rp30 triliun akan di kali 3 dalam 3 bulan. Jadi memang dalam 3 bulan akan terjadi Rp90 triliun kredit modal kerja baru," ujarnya melalui diskusi online, Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Dengan adanya pencapaian tersebut, stimulus penempatan dana di Bank Himbara terealisasi dengan baik. Harapannya, dengan adanya penempatan dana tersebut semakin banyak pelaku usaha yang mendapat modal kerja sehingga ekonomi bisa bergerak lebih cepat.

"Dalam sebulan ini, persis hari ini sudah satu kali. Ini sudah on track sehingga aktivitas ekonomi bekerja lagi. Tenaga kerjanya bisa bekerja lagi. Ini yang kita harapkan jadi stimulus yang menghasilkan multiplier efect," kata Febrio.

Di sisi lain, pemerintah juga memberikan stimulus berupa penjaminan kredit modal bagi Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM). Dua BUMN menjadi pelaksana penjaminan kredit tersebut yaitu Jamkrindo dan Askrindo.

"Skema penjaminan kredit modal kerja, ini cukup disambut UMKM dan kita akan siapkan untuk koorporasi. UMKM belum satu bulan dijalankan, saat ini yang sudah mengajukan penjaminan Rp 31 triliun kredit modal kerja baru ini diajukan perbankan untuk UMKM. Ini semua kredit yang masuk masyoritas Rp 50 juta," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber; Merdeka.com

 

DPR Pertanyakan Mengapa Hanya Bank BUMN yang Dapat Dana Rp 30 Triliun

Ilustrasi bank (Sumber: Istockphoto)
Ilustrasi bank (Sumber: Istockphoto)

Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Mukhamad Misbakhun mengkritisi kebijakan pemerintah yang menempatkan dana senilai Rp 30 triliun di 4 Bank BUMN. Dia menganggap penempatan dana itu menjadi diskriminatif, karena hanya dilakukan kepada perusahaan pelat merah saja.

"Dalam kritik yang kita sampaikan sebagai pemegang saham Bank BUMN bersikap diskriminatif terhadap cara penanganannya. Karena apa ini juga akan menimbulkan faktor kepercayaan publik kepada bank-bank di luar bank himbara (Himpunan Bank Negara) pemerintah mau melakukan penyelamatan tapi risikonya tidak mau ditanggung," kata dia dalam sebuah diskusi virtual di Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Dalam melakukan upaya penyelamatan, perbankan hanya diberi skema dana penempatan saja. Di mana dana penempatan ini sifatnya adalah dana nganggurnya pemerintah yang selama ini berada di rekening Bank Indonesia kemudian digeser untuk disimpan ke korporasi.

Di samping itu, penempatan dana ini juga dianggap justru menimbulkan permasalahan baru yang akan terjadi pada akhir tahun. Apalagi dana tersebut merupakan APBN pemerintah.

"Duit APBN itu kalau disimpan di sebuah korporasi harus ditarik kembali untuk kemudian dilakukan penghitungan kembali. Nah nanti bank-bank ini yang selama ini mendapatkan dana pendapatan pemerintah harus berpikir tanggal 31 Desember pada saat ditarik itu dana penempatan dan mungkin akan bulan Januari awal akan ditempatkan kembali maka mereka akan mengalami shocking liquiditas," jelas dia.

 

Saksikan Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Penyebab Darah Haid Menggumpal, Miom Salah Satunya

Posted: 23 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Haid merupakan siklus normal reproduksi yang dialami wanita. Haid ini akan berlangsung selama 7 hingga 15 hari setiap bulannya. Bagi wanita yang siklus haidnya lebih panjang, biasanya akan mengalami darah haid menggumpal. Kondisi ini sebenarnya normal saja terjadi, tetapi penyebab darah haid menggumpal lain juga perlu diwaspadai.

Penyebab darah haid menggumpal, normalnya dipengaruhi oleh senyawa antikoagulan yang tidak bekerja optimal. Senyawa ini tidak bisa mengencerkan darah pada saat lapisan rahim meluruh. Nah, hal inilah yang kemudian membuat darah dikeluarkan dalam bentuk gel dan berwarna merah atau merah tua kecokelatan.

Namun, ada beberapa kondisi yang harus diwaspadai ketika darah haid yang dikeluarkan menggumpal. Terutama ketika gumpalan darah terus menerus keluar, berukuran besar, dan disertai rasa sakit. Pada kondisi ini, penyebab darah haid menggumpal tidak lagi normal dan bisa mengindikasikan kondisi kesehatan tertentu.

Berikut Liputan6.com ulas penyebab darah haid menggumpal dari berbagai sumber, Jumat (24/7/2020).

Ketidakseimbangan Hormon

Ilustrasi haid Credit: freepik.com
Ilustrasi haid Credit: freepik.com

Ketidakseimbangan hormon bisa menjadi penyebab darah haid menggumpal. Tepatnya berkaitan dengan kadar hormon esterogen dan progesteron. Terlalu banyak dan terlalu sedikit hormon yang dimiliki, bisa sebabkan darah haid menggumpal. Terkadang bisa samapai menyebabkan haid berlangsung lebih lama dan lebih banyak dikeluarkan.

Kondisi ini biasanya akan dialami pada tahun-tahun pertama haid atau saat pubertas dan mendekati menopause. Terkadang, siklus haid bisa memanjang atau memendek. Darah haid yang keluar pun bisa sedikit atau banyak. Beruntungnya kondisi ini tidak membahayakan.

Penyebab dari ketidakseimbangan hormon juga umumnya disebabkan karena psikologis. Stres kronis atau bahkan kegelisahan jangka pendek misalnya. Kemudian pada kondisi ini, siklus dan volume menstruasi menjadi tak terkontrol dengan baik.

 

Miom

Ilustrasi haid (Sumber Foto: Quick and Dirty Tips)
Ilustrasi haid (Sumber Foto: Quick and Dirty Tips)

Miom atau fibroid disebut sebagai masalah reproduksi yang menakutkan. Kondisi ketika ada tumor non-kanker yang tumbuh pada dinding rahim. Selain bisa menjadi penyebab darah haid menggumpal, miom juga sebabkan volume darah haid lebih banyak dari biasanya.

Miom terjadi ketika terjadi pertumbuhan massa di dalam rahim atau di luar rahim yang tidak bersifat ganas. Miom berasal dari sel otot polos rahim. Terkadang juga berasal dari otot polos pembuluh darah rahim.

Jumlah dan ukuran miom bervariasi, terkadang bisa tumbuh lebih dari satu. Miom akan tumbuh di area dinding rahim. Memiliki bentuk yang menonjol pada rongga endometrium atau permukaan rahim.

Memang tidak terlalu membahayakan, tetapi miom bisa mengganggu kesuburan wanita. Penelitian menunjukkan ada 27 persen wanita yang memiliki miom dan mengalami gangguan kesuburan. Sedangkan saat sedang hamil, miom bisa sebabkan keguguran. Parahnya bisa sebabkan adanya tindak operasi pengambilan rahim (histerektomi) terbesar.

Endometriosis

Ilustrasi haid
Ilustrasi haid

Endometriosis merupakan kondisi ketika jaringan rahim tumbuh di luar rahim. Endometriosis juga bisa menjadi penyebab darah haid menggumpal dan perdarahan abnormal. Meski sebenarnya endometriosis tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Umumnya disebabkan oleh keturunan, hormon, dan operasi panggul.

Endometrium akan muncul pada ovarium, tuba falopi, dinding luar dari rahim, dalam perut atau sekitar usus dan kandung kemih. Kondisi ini bisa terjadi pada anak perempuan dan wanita usia subur. Komplikasi yang bisa dialami oleh penderita adalah sulit hamil, meski sebenarnya pembedahan bisa sedikit memberikan harapan kehamilan.

Adenomyosis

Ilustrasi haid (Sumber: iStockphoto)
Ilustrasi haid (Sumber: iStockphoto)

Adenomysis ini hampir mirip dengan endometriosis. Kondisi ketika ada lapisan rahim yang tumbuh ke dalam dinding rahim. Hingga menyebabkan rahim menebal dan membesar 2-3 kali lipat dari ukuran normal. Tidak heran jika kemudian penderitanya akan mengalami perdarahan hebat. Termasuk menjadi penyebab darah haid menggumpal.

Meski begitu, sebenarnya jaringan tersebut tetap mengalami siklus yang sama. Seperti penebalan, luruh, dan perdarahan, selama siklus haid berlangsung. Selain pembesaran rahim, penderita juga akan mengalami rasa nyeri dan perdarahan menstruasi yang berlebihan.

Gejala:

- Perdarahan menstruasi yang berlebih atau memanjang

- Kram yang sangat berat atau nyeri yang tajam pada panggul saat mengalami menstruasi (dismenorea)

- Nyeri panggul yang kronis

Keguguran

Ilustrasi darah haid. Foto: Womenshealthmag
Ilustrasi darah haid. Foto: Womenshealthmag

Keguguran merupakan penyebab darah haid menggumpal yang lebih mudah dikenali. Pasalnya gumpalan darah haid yang keluar akan lebih besar. Ada pula yang sampai sudah membentuk seperti tangan dalam gumpalan darah.

Ketika mengalaminya setelah telat datang bulan, sebaiknya lebih diwaspadai dan segera periksakan ke dokter. Gejala umum dari keguguran adalah ada bercak darah dari vagina. Cairannya cukup bervariasi, mulai dari lendir kecokelatan, bercak darah ringan, hingga perdarahan banyak.

Kondisi ini bisa hilang-timbul dan berlangsung selama beberapa hari. Namun, perlu diingat bahwa pendarahan ringan cukup umum terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan. Para ahli memperkirakan 70 persen kasus keguguran disebabkan oleh kelainan kromosom janin.

Kelainan ini biasanya mengakibatkan janin tidak dapat berkembang. Sedangkan jika keguguran terjadi pada trimester kedua. Tepatnya antara minggu ke-14 hingga minggu ke-26, biasanya disebabkan oleh penyakit atau kondisi kesehatan ibu yang mengandungnya.

Gejala:

- Kram dan nyeri perut pada perut bagian bawah

- Keluar cairan dari vagina

- Keluar jaringan dari vagina

- Tidak lagi mengalami gejala-gejala kehamilan, seperti mual

Kanker

Ilustrasi haid Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio
Ilustrasi haid Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Kanker serviks atau leher rahim memang terdengar cukup menyeramkan karena bisa sebabkan kematian. Kanker ini juga termasuk salah satu penyebab darah haid menggumpal yang perlu diwaspadai. Terkadang perdarahan bisa terjadi sangat hebat selain terjadi gumpalan. Bagi wanita muda, perdarahan dan gumpalan bisa muncul setelah berhubungan seksual.

Sebagian besar kasus kanker leher rahim disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) yang dapat ditularkan melalui kontak seksual. Namun, penyebab utamanya tetap disebabkan oleh virus HPV (human papillomavirus).

Terdapat lebih dari 100 tipe virus HPV yang berbeda. Sayangnya, saat terjangkit virus, sebagian besar jenis virus itu tidak menimbulkan gejala yang berarti. Hingga membuat wanita kesulitan mendapat pengobatan pada stadium awal kanker.

Faktor Risiko:

- Jumlah pasangan seksual yang lebih tinggi

- Berhubungan seksual di usia dini

- Adanya infeksi menular seksual lain

- Daya tahan tubuh yang lemah

- Merokok

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Ada Harapan dalam Gubuk Reyot 2x2 Meter yang Tak Padam Diterpa Pandemi

Posted: 23 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Sikka - Hidup itu perjuangan. Tanpa perjuangan, niscaya keberhasilan tak akan diraih. Seperti kisah hidup Fransiskus Beny (25).

Pemuda ini tak pernah mengeluh dilahirkan dari keluarga miskin. Sejak kecil, ia hidup sendiri bersama ibunya, Yuvensia (61) karena ditinggal pergi sang ayah.

Gubuk berukuran 2X2 meter di RT 039/RW 012, Kelurahan Waioti, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, NTT, menjadi tempat berlindung ibu dan anak ini.

Hidup serba keterbatasan di gubuk tanpa lampu listrik, tak membuat pemuda ini patah semangat. Baginya, ibu adalah segalanya. Apa pun ia lakukan agar ibunya bisa selalu tersenyum.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, ia menjual hasil kebun di pasar. Sesekali, ibunya pun turut membantu membawa hasil kebun untuk dijual. Meski hidup di wilayah kota yang sedang dihantui covid-19, Fransiskus bersama ibunya tak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"Apa pun saya tetap bertahan hidup dengan Mama. Jangankan listrik, beras miskin saja, kami tak dapat. Hidup dari hasil jualan saja sudah cukup. Intinya, mama sehat selalu," ujarnya kepada wartawan, Rabu (22/7/2020).

Untuk menerangi gubuk reyot pada malam hari, mereka mengandalkan lampu pelita buatan ibunya.

"Saya kadang sedih melihat tetangga dapat bantuan dari pemerintah," ujarnya.

Fransiskus mengaku dalam beberapa pekan terakhir, mereka hanya mendapatkan bantuan sembako dan bantuan peralatan bangunan rumah dari Pastor Paroki St Thomas Morus, KUB St. Yohakim dan beberapa tokoh masyarakat di Kelurahan Waioti.

Kepedulian warga dan pihak gereja itu lantaran melihat kesusahan ibu dan anak di gubuk reyot yang seringkali kebasahan saat hujan turun. Bahkan, saat malam tiba, mereka harus hidup dalam kegelapan karena tidak ada listrik untuk menerangi.

"Cuma pakai lampu pelita saja. Kadang juga tidak pakai karena tidak ada minyak tanah. Kalau hujan lari ke tetangga, kadang bisa sampai tidak pernah tidur semalaman," ucapnya.

Liputan6.com yang mengunjungi ibu anak ini pada Rabu (22/7/2020) sekitar pukul 18.00 Wita disambut dengan senyum ramah saat dipersilahkan masuk ke gubuk tak layak huni itu. Sungguh memprihatinkan memang. Gubuk kecil yang berada di tengah kebun ini sangat gelap. Hanya ada satu lampu pelita yang menerangi gubuk reyot itu.

Tak ada kamar di dalamnya. Hanya terdapat satu tempat tidur dari bambu tak bertikar. Ada juga karpet usang menutupi lantai tanah. Seluruh pakaian terisi dalam beberapa kardus bekas, tampak menumpuk di bawah kolong tempat tidur, bercampur dengan perlengkapan masak.

Di luar gubuk, terdapat tungku buatan yang digunakan untuk memasak. Ironis memang, masih ada warga kota yang luput dari perhatian pemerintah. Hanya harapan yang membuat mereka masih bertahan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tembus 35 Meter, Ini Sepeda Terpanjang di Dunia

Posted: 23 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda kini menjadi tren di tengah masyarakat Indonesia. Jauh sebelum booming di Indonesia, masyarakat Belanda mengandalkan sepeda sebagai alat transportasi harian. 

Maka tak heran, jika orang-orangnya memiliki ide tak biasa soal sepeda. Dilansir Autoevolution, pada 2016 lalu komunitas bersepeda Belanda, Mijl Van Mares Werkploeg membuat sepeda yang bisa memecahkan rekor dunia.

Tercatat pada Guinness Book of World Records, mereka membuat sepeda terpanjang sedunia dan tetap fungsional. Tentu saja tak mudah membuat sepeda tak biasa tapi tetap fungsional.

Ada banyak tantangan saat membuatnya. Strategi mereka unik. Tetap membuat sepeda itu menjadi yang terpanjang, tapi sebetulnya rangkaian sepeda itu tak sepenuhnya utuh.

Sepeda itu memiliki panjang 35,79 meter yang bisa dikendarai di perkotaan dengan jalanan lurus. Material yang mereka pakai adalah potongan-potongan terpisah terdiri dari aluminium bekas toko. Uniknya, pedal yang berfungsi menggerakkan sepeda bukan ada di depan. 

  

 

Penggerak Belakang

Tapi ada di belakang, dengan ban besar tak biasa. Sehingga ada dua dudukan, di depan dan di belakang yang merupakan penggerak.

Ban besar di belakang itu disebut untuk memberikan keseimbangan sepeda. Sepeda itu juga menggunakan rem cakram.

Sumber: Otosia.com

Cara Berkendara Sepeda Remaja Ini Mengerikan, Nyawa Jadi Taruhan

Kembali menarik perhatian media sosial, sejumlah pengendara sepeda melakukan aksi berbahaya saat berekendara, seperti dilansir akun Instagram @newdramaojol.id, Kamis (23/7/2020).
Kembali menarik perhatian media sosial, sejumlah pengendara sepeda melakukan aksi berbahaya saat berekendara, seperti dilansir akun Instagram @newdramaojol.id, Kamis (23/7/2020).

Kembali menarik perhatian media sosial, sejumlah pengendara sepeda melakukan aksi berbahaya saat berkendara, seperti dilansir akun Instagram @newdramaojol.id, Kamis (23/7/2020).

Dalam video yang dibagikan terlihat enam orang remaja memacu sepedanya dengan kecepataan tinggi saat melewati sebuah tikungan tajam. Empat pesepeda sebelumnya berhasil melewati tikungan tanpa mengalami kecelakaan.

Namun, seorang pesepeda di paling belakang mengalami kecelakaan karena harus menghindari sebuah mobil yang hendak melewati tikungan.

Tak bisa mengontrol laju kendaraannya, remaja tersebut akhirnya kehilangan arah dan terjatuh di sisi kanan jalan. Tak hanya terjatuh, Ia juga masuk ke sebuah selokan dengan kawat duri.

Bertaruh nyawa, aksi berkendara tersebut tak seharusnya ditiru. Kecelakaan fatal bisa saja terjadi apabila remaja tersebut menabrak mobil yang melintas.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Head to Head AC Milan Vs Atalanta: Kalah Telak di Pertemuan Terakhir

Posted: 23 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Konsistensi AC Milan kembali diuji pada pekan ke-36 Liga Italia. Rossoneri akan menjamu Atalanta di San Siro, Sabtu (25/7/2020) dini hari WIB.

AC Milan dan Atalanta sama menorehkan hasil mengagumkan sejak Liga Italia dilanjutkan Juli lalu di tengah pandemi corona Covid-19. Kedua tim sama-sama belum terkalahkan.

AC Milan mencatat tujuh kemenangan dan dua imbang. Sedangkan Atalanta delapan kali menang dan dua imbang.

Namun pada pertemuan pertama musim ini di Liga Italia, AC Milan dibantai Atalanta dengan lima gol tanpa balas di Gewiss Stadium, 22 Desember 2019. Kelima gol tuan rumah masing-masing dicetak oleh Alejandro Gomez, Mario, Mario Pasalic, Josip Ilicic (2), dan Luis Muriel.

Tapi, AC Milan yang sekarang jelas berbeda. Pelatih Stefano Pioli telah menemukan racikan yang tepat. Apalagi setelah bergabungnya Zlatan Ibrahimovic sejak Januari lalu.

 

 

Head-to-Head (Liga Italia)

Pemain Atalanta merayakan gol yang dicetak Luis Muriel ke gawang Sampdoria pada laga lanjutan Serie A pekan ke-31 di Gewiss Stadium, Kamis (9/7/2020) dini hari WIB. Atalanta menang 2-0 atas Sampdoria.  (Gianluca Checchi/LaPresse via AP)
Pemain Atalanta merayakan gol yang dicetak Luis Muriel ke gawang Sampdoria pada laga lanjutan Serie A pekan ke-31 di Gewiss Stadium, Kamis (9/7/2020) dini hari WIB. Atalanta menang 2-0 atas Sampdoria. (Gianluca Checchi/LaPresse via AP)

Pertemuan: 117

AC Milan menang: 51

Gol AC Milan: 187

Imbang: 42

Atalanta menang: 24

Gol Atalanta: 117.

 

5 Pertemuan Terakhir

22-12-2019 Atalanta 5-0 AC Milan (Liga Italia)

17-02-2019 Atalanta 1-3 AC Milan (Liga Italia)

23-09-2018 AC Milan 2-2 Atalanta (Liga Italia)

13-05-2018 Atalanta 1-1 AC Milan (Liga Italia)

24-12-2017 AC Milan 0-2 Atalanta (Liga Italia)

Statistik

5 Laga Terakhir AC Milan

08-07-2020 AC Milan 4-2 Juventus (Liga Italia)

13-07-2020 Napoli 2-2 AC Milan (Liga Italia)

16-07-2020 AC Milan 3-1 Parma (Liga Italia)

19-07-2020 AC Milan 5-1 Bologna (Liga Italia)

22-07-2020 Sassuolo 1-2 AC Milan (Liga Italia)

 

5 Laga Terakhir Atalanta

09-07-2020 Atalanta 2-0 Sampdoria (Liga Italia)

12-07-2020 Juventus 2-2 Atalanta (Liga Italia)

15-07-2020 Atalanta 6-2 Brescia (Liga Italia)

18-07-2020 Verona 1-1 Atalanta (Liga Italia)

22-07-2020 Atalanta 1-0 Bologna (Liga Italia)

Klasemen Liga Italia

 

Saksikan Videlo Liga Italia di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Special Content: BIN Kembali ke Pelukan Presiden

Posted: 23 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Misterius, rahasia, tertutup dan bahkan angker. Itulah kesan masyarakat pada umumnya perihal dunia Intelijen, termasuk Badan Intelijen Negara atau BIN.

Pekerjaannya bersifat rahasia. Senyap. Apabila situasi di masyarakat berlangsung aman, tentram, dan damai, itu berarti BIN menjalankan tugas.

Kini, induk intelijen Indonesia itu jadi sorotan. Bukan karena cara kerjanya, melainkan karena tidak lagi berada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam).

Dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 73 Tahun 2020, BIN akan langsung berada di bawah Presiden. Dengan sistem baru ini, harapannya, presiden akan lebih cepat, tepat, efektif, dan efisien dalam mengambil kebijakan, serta memperketat kerahasiaan informasi tersebut.

Presiden sebagai single client BIN akan mendapat penyampaian informasi secara langsung. Namun, koordinasi dengan kementerian atau lembaga lainnya tetap bisa dilakukan, demikian juga dengan Kemenkopolhukam.

"BIN langsung berada di bawah presiden karena produk intelijen negara lebih langsung dibutuhkan oleh presiden," kata Menko Polhukam, Mahfud Md.

"Tapi setiap Kemenko bisa meminta info intelijen kepada BIN. Saya sebagai Menko Polhukam selalu mendapat info dari Kepala BIN dan sering meminta BIN memberi paparan di rapat-rapat Kemenko," ucapnya.

Keberadaan intelijen di bawah langsung pemimpin negara sudah jauh lebih dulu dilakukan oleh negara-negara besar dunia, seperti Amerika Serikat dengan CIA, Inggris dengan MI6, dan Rusia dengan FSB (dulu KGB). 

 

Disatukan Soekarno

Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. (Istimewa)
Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. (Istimewa)

Sesungguhnya, Indonesia juga melakukannya saat Presiden Soekarno membentuk Badan Koordinasi Intelijen pada 5 Desember 1958. Badan itu menyatukan semua lembaga intelijen, termasuk dari tentara dan kepolisian, agar lebih solid.

"Sudah dari awal BIN dibentuk di bawah Presiden. Undang-Undang intelijen tahun 2011 itu menyatakan di pasal 27 Badan Intelijen Negara bertanggung jawab langsung di bawah presiden," kata Pengamat Intelijen UI, Ridlwan Habib saat dihubungi Liputan6.com.

"Dan itu diperkuat dengan Peraturan Presiden tentang BIN tahun 2012 pasal 1 yang menyatakan bahwa Kepala BIN bertanggung jawab kepada presiden. Jadi, bukan sesuatu yang baru-baru amat," Ridlwan menambahkan.

Ridwan juga menyebut, lingkup BIN sekarang menjadi lebih luas. "Karena BIN ini kan memang bukan sekadar Polhukam. BIN bisa di PMK, di perekonomian, dan lain-lain. Jadi, BIN ini urusannya banyak sekali, tidak hanya dikerucutkan dalam Polhukam. Jadi, wajar jika dikeluarkan dari ranah koordinasi Menkopolhukam," ujarnya.

Berdasarkan Perpres Nomor 34 Tahun 2010 tentang Badan Intelijen Negara juga disebutkan BIN merupakan lembaga pemerintah non-kementerian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Pengalihan kooordinasi BIN ke Presiden ini membuat badan itu tidak wajib melapor ke Kemenkopolhukam. "Semua ditujukan untuk efisiensi agar terjadi percepatan distribusi informasi," Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto, menjelaskan dalam keterangan resminya.

Di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, BIN juga mendapat dukungan penuh. Itu terbukti dari kenaikan anggaran pada 2019 dari Rp 5,35 triliun menjadi Rp 7,42 triliun pada 2020.

 

Tantangan Intelijen Indonesia

Kepala BIN Budi Gunawan (Liputan6.com/Johan Tallo)
Kepala BIN Budi Gunawan (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menurut Ridlwan Habib, sistem BIN di bawah presiden memunculkan pertanyaan tentang pengawasan intelijen di Indonesia. Sampai saat ini, hanya Komisi I DPR yang diberikan wewenang untuk pengawasan khusus kepada intelijen. "Siapa sebenarnya yang berhak mengawasi kinerja intelijen, karena kan intelijen kan pada kodratnya akan kerja tertutup dan rahasia. Apakah itu cukup hanya Komisi I DPR?" ucap Ridlwan.

"Bagaimana dengan pengawasan dari masyarakat sipil atau LSM? Di negara yang lebih maju, seperti contohnya AS, pengawasan intelijen itu dilakukan bukan hanya oleh parlemen, tapi juga dilakukan oleh masyarakat," ungkapnya.

Ridlwan menjelaskan, Intelijen Indonesia dikenal dengan kekuatan mengumpulkan informasi dan penyamaran. Tapi, Intelijen Indonesia dinilai memiliki kelemahan dalam hal analisa.

Data yang banyak dan berlimpah itu gagal ditata dengan baik, karena kekurangan analis intelijen, yang memahami metode analisa intelijen sehingga produk intelijennya seharusnya tidak sama dengan produk jurnalistik.

Menurut Ridlwan, Kepala BIN saat ini, Budi Gunawan, mulai coba memperbaiki dan meningkatkannya dengan menghadirkan program pacasarjana atau S2 di STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara).

Kendati demikian, level intelijen Indonesia dengan negara-negara lain sesungguhnya tidak kalah. Mantan dosen S2 Kajian Intelijen UI, mendiang Supono Sukirman, yang juga mantan Deputi III BIN, pernah bercerita keunggulan intelijen Indonesia dibanding negara-negara lain, termasuk Amerika Serikat dan Rusia.

Supono pernah dikirim mewakili intelijen Indonesia untuk semacam kursus internasional selama hampir satu tahun di Israel. Intelijen Israel, Mossad, menjadi penyelenggara dan pengujinya.

Pesertanya dari agen di hampir seluruh dunia. Dan berdasarkan cerita yang didengar Ridlwan, Supono menunjukkan data Indonesia menjadi nomor satu di bidang penyamaran dan pengumpulan data.

Tantangan lain untuk BIN di masa sekarang, di era keterbukaan, lembaga yang dipimpin Jenderal Polisi Budi Gunawan ini mesti mengikuti zaman. BIN kini memiliki akun resmi media sosial seperti di Twitter, Instagram, bahkan YouTube, sesuatu yang tidak familiar di masa lalu. Namun, urusan rahasia negara dan BIN tetap menyimpannya rapat-rapat.

Sejarah BIN

(Liputan6.com/Fery Pradolo)
(Liputan6.com/Fery Pradolo)

Perjalanan BIN sebagai lembaga Intelijen negara telah menapaki jalan panjang. Sejak dibentuk pasca proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada bulan Agustus 1945, organisasi intelijen negara ini sudah enam kali berganti nama.

Mulai dari Badan Rahasia Negara Indonesia (BRANI), Badan Koordinasi Intelijen (BKI), Badan Pusat Intelijen (BPI), Komando Intelijen Negara (KIN), Badan Koordinasi Intelijen Negara (BAKIN), hingga yang terbaru BIN.

Saat pertama berdiri, lembaga intelijen ini dipimpin oleh Zulkifli Lubis bersama sekitar 40 mantan tentara Pembela Tanah Air (Peta) yang menjadi penyelidik militer khusus.

Personel-personel Intelijen pada lembaga ini merupakan lulusan Sekolah Intelijen Militer Nakano, yang didirikan pendudukan Jepang pada tahun 1943. Zulkifli sendiri merupakan lulusan sekaligus komandan Intelijen pertama.

Dari sana BIN melalui jalan panjang. Pada awal Mei 1946, dilakukan pelatihan khusus di daerah Ambarawa. Sekitar 30 pemuda lulusannya menjadi anggota Badan Rahasia Negara Indonesia (BRANI). Lembaga ini menjadi "Payung" gerakan Intelijen dengan beberapa unit ad hoc, bahkan operasi luar negeri.

Sepanjang tahun 1952-1958, seluruh angkatan dan Kepolisian memiliki badan Intelijen sendiri-sendiri tanpa koordinasi nasional yang solid. Maka 5 Desember 1958 Presiden Soekarno membentuk Badan Koordinasi Intelijen (BKI) dan dipimpin oleh Kolonel Laut Pirngadi sebagai Kepala.

Selanjutnya, 10 November 1959, BKI menjadi Badan Pusat Intelijen (BPI) yang bermarkas di Jalan Madiun, yang dikepalai oleh DR Soebandrio. Di era tahun 1960-an hingga akhir masa Orde Lama, pengaruh Soebandrio pada BPI sangat kuat diikuti perang ideologi Komunis dan non-Komunis di tubuh militer, termasuk Intelijen.

Pada 22 Agustus 1966, Soeharto mendirikan Komando Intelijen Negara (KIN) yang dipimpin oleh Brigjen Yoga Sugomo sebagai Kepala. Kepala Komando Intelijen Negara (KIN) bertanggung jawab langsung kepada Soeharto.

Sebagai lembaga Intelijen strategis, maka BPI dilebur ke dalam KIN yang juga memiliki Operasi Khusus (Opsu) di bawah Letkol Ali Moertopo dengan asisten Leonardus Benyamin (Benny) Moerdani dan Aloysius Sugiyanto.

Kurang dari setahun, 22 Mei 1967 Soeharto mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) untuk mendesain KIN menjadi Badan Koordinasi Intelijen Negara (BAKIN). Mayjen Soedirgo menjadi Kepala BAKIN pertama.

Lalu pada tahun 2000, Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mengubah BAKIN menjadi Badan Intelijen Negara (BIN) sampai sekarang.

Infografis Sepak Terjang BIN

Infografis Sepak Terjang BIN (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis Sepak Terjang BIN (Liputan6.com / Abdillah)

Saksikan Video BIN di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Helm Pintar Pendeteksi Kasus Infeksi Virus Corona di Mumbai

Posted: 23 Jul 2020 10:00 PM PDT

Sukarelawan petugas kesehatan dari LSM India Bharatiya Jain Sanghatana mengenakan helm pintar untuk melakukan screening kasus COVID-19 dari pintu ke pintu di Mumbai, 21 Juli 2020. Helm tersebut menjadi senjata utama bagi Mumbai dalam upaya memberantas Virus Corona. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)
Sukarelawan petugas kesehatan dari LSM India Bharatiya Jain Sanghatana mengenakan helm pintar untuk melakukan screening kasus COVID-19 dari pintu ke pintu di Mumbai, 21 Juli 2020. Helm tersebut menjadi senjata utama bagi Mumbai dalam upaya memberantas Virus Corona. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)

Sukarelawan petugas kesehatan dari LSM India Bharatiya Jain Sanghatana mengenakan helm pintar untuk melakukan screening kasus COVID-19 dari pintu ke pintu di Mumbai, 21 Juli 2020. Helm tersebut menjadi senjata utama bagi Mumbai dalam upaya memberantas Virus Corona. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)

Sukarelawan petugas kesehatan dari LSM India Bharatiya Jain Sanghatana mengenakan helm pintar saat proses screening kasus COVID-19 dari pintu ke pintu di Mumbai, 21 Juli 2020. Helm berteknologi tinggi ini mengidentifikasi kasus-kasus yang dicurigai di daerah kumuh dan padat. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)
Sukarelawan petugas kesehatan dari LSM India Bharatiya Jain Sanghatana mengenakan helm pintar saat proses screening kasus COVID-19 dari pintu ke pintu di Mumbai, 21 Juli 2020. Helm berteknologi tinggi ini mengidentifikasi kasus-kasus yang dicurigai di daerah kumuh dan padat. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)

Sukarelawan petugas kesehatan dari LSM India Bharatiya Jain Sanghatana mengenakan helm pintar saat proses screening kasus COVID-19 dari pintu ke pintu di Mumbai, 21 Juli 2020. Helm berteknologi tinggi ini mengidentifikasi kasus-kasus yang dicurigai di daerah kumuh dan padat. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)

Sukarelawan petugas kesehatan dari LSM India Bharatiya Jain Sanghatana mengenakan helm pintar untuk melakukan screening kasus COVID-19 dari pintu ke pintu di Mumbai, 21 Juli 2020. Alat tersebut memungkinkan petugas Kesehatan mencatat suhu puluhan penduduk per menit. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)
Sukarelawan petugas kesehatan dari LSM India Bharatiya Jain Sanghatana mengenakan helm pintar untuk melakukan screening kasus COVID-19 dari pintu ke pintu di Mumbai, 21 Juli 2020. Alat tersebut memungkinkan petugas Kesehatan mencatat suhu puluhan penduduk per menit. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)

Sukarelawan petugas kesehatan dari LSM India Bharatiya Jain Sanghatana mengenakan helm pintar untuk melakukan screening kasus COVID-19 dari pintu ke pintu di Mumbai, 21 Juli 2020. Alat tersebut memungkinkan petugas Kesehatan mencatat suhu puluhan penduduk per menit. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)

Sukarelawan petugas kesehatan dari LSM India Bharatiya Jain Sanghatana mengenakan helm pintar untuk melakukan screening kasus COVID-19 dari pintu ke pintu di Mumbai, 21 Juli 2020. Helm tersebut menjadi senjata utama bagi Mumbai dalam upaya memberantas Virus Corona. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)
Sukarelawan petugas kesehatan dari LSM India Bharatiya Jain Sanghatana mengenakan helm pintar untuk melakukan screening kasus COVID-19 dari pintu ke pintu di Mumbai, 21 Juli 2020. Helm tersebut menjadi senjata utama bagi Mumbai dalam upaya memberantas Virus Corona. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)

Sukarelawan petugas kesehatan dari LSM India Bharatiya Jain Sanghatana mengenakan helm pintar untuk melakukan screening kasus COVID-19 dari pintu ke pintu di Mumbai, 21 Juli 2020. Helm tersebut menjadi senjata utama bagi Mumbai dalam upaya memberantas Virus Corona. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Amerika Serikat Tutup Konsulat Tiongkok di Houston, Kenapa?

Posted: 23 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tiongkok siap membalas setelah AS memerintahkan penutupan konsulatnya di Houston, Texas. Rabu waktu Texas masih ada lalu-lalang manusia di kantor perwakilan tersebut, meski Jumat mendatang AS meminta dikosongkan. Isu pencurian kekayaan intelektual kembali menjadi pemicu ketegangan baru AS-Tiongkok ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pilu Aurel Hermansyah Disangka Sedot Lemak Hingga Operasi Plastik

Posted: 23 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dahulu, Aurel Hermansyah adalah salah satu anak artis yang cukup sering jadi sasaran perundungan warganet. Ia kerap dirundung karena penampilannya.

Lewat kanal YouTube Irish Bella, Aurel Hermansyah menceritakan masa kelam tersebut. Di usia remaja, ia mengalami kegemukan hingga membuatnya tak percaya diri.

Berkat tekad yang kuat, Aurel Hermansyah akhirnya berhasil menurunkan berat badan sebanyak 13 kilogram dari 63 kilogram. Namun setelah kurus, ia masih di-bully.

"Kalau kita kurus kan otomatis muka kita berubah, hidung kelihatan kecil, benar dong. karena dulu tuh aku kayak bengkak semua, aku gede, semuanya gede. Dari situ aku di-bully," ungkapnya dalam video yang diunggah Kamis (23/7/2020).

Operasi?

Potret Aurel Hermansyah Tampil Natural, Tetap Memesona (sumber: Instagram.com/aurelie.hermansyah)
Potret Aurel Hermansyah Tampil Natural, Tetap Memesona (sumber: Instagram.com/aurelie.hermansyah)

Akibat fisiknya yang berubah drastis, Aurel Hermansyah sempat dituding melakukan prosedur operasi. Padahal, hal itu tak benar sama sekali.

"Aku sempat enggak keluar, karena gendut jadi aku enggak PD, aku di rumah aja tiba-tiba aku sekalinya foto di Instagram tuh kurus, orang pada 'Wah enggak mungkin banget nih Aurel pasti operasi, sedot lemak lah, kok gini mukanya'," jelasnya.

Tak Berani

Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)
Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)

Menurutnya tudingan tersebut sangat tidak masuk akal. Akhirnya, ia sempat memberi klarifikasi untuk meluruskan.

"Aku sampai bilang, kalau aku memang operasi plastik, aku sudah pasti minta mukaku yang cantiknya banget-banget. Dan waktu itu aku masih kecil, SMA kelas 2, ya kali operasi, ya enggak berani," ucapnya lagi.

Di-bully di Sekolah

Lebih lanjut, Aurel Hermansyah juga mengaku sempat di-bully oleh teman-temannya saat sekolah. Itu lantaran postur tubuh yang tak langsing.

"Pernah waktu ospek, dulu aku gendut, terus dipanggil namanya satu-satu sama kakak kelas, pas namaku disebut aku berdiri, aku kan dulu gendut banget," paparnya.

Ditertawakan

"Terus diketawain sama kakak kelas, 'Oh ini anaknya Anang Hermansyah gendut banget' itu aku sakit hati banget sih. Itu aku malu, sedih kayak enggak punya teman karena gendut," Aurel Hermansyah mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkah HAN 2020, Sebanyak 96 Napi Anak di Sumut Peroleh Remisi

Posted: 23 Jul 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Medan Sebanyak 96 narapidana (napi) anak di Sumatera Utara (Sumut) merasakan keberkahan pada peringatan Hari Anak Nasional 2020. Keberkahan yang didapatan mereka berupa remisi dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Janwil Kemenkumham) Sumut.

Humas Kanwil Kemenkumham Sumut, Josua Ginting mengatakan, dari 96 n‎api anak tersebut, menerima pemotongan masa tahanan dengan rincian selama 1 bulan berjumlah 68 orang, dua bulan sebanyak 10 orang, dan tiga bulan berjumlah 18 orang.

"Total menerima Remis Anak Nasional atau RAN I sebanyak 96 napi anak. Sedangkan, RAN II tidak ada," kata Josua, Jumat (24/7/2020).

Dijelaskannya, untuk Surat Keputusan (SK) Remisi Anak Nasional sudah disampaikan kepada masing-masing Unit Pelayanan Teknis (UPT) di wilayah kerjanya di Sumut.

Napi anak yang berhak menerima Remisi Anak Nasional dengan syarat berkelakukan baik selama lebih kurang tiga bulan. Untuk tindak pidana umum (pidum) harus telah menjalani pidana minimal 3 bulan, dihitung sejak tanggal penahanan sampai dengan tanggal 23 Juli 2020.

 

Berkelakuan Baik

Pembebasan 143 narapidana itu akan dilakukan secara bertahap. Asimilasi untuk Lapas Klas I Medan totalnya 143 orang. Tahap awal, sebanyak 43 orang dibebaskan. Ditambah 5 orang yang masuk dalam Pembebasan Bersyarat (PB).
Pembebasan 143 narapidana itu akan dilakukan secara bertahap. Asimilasi untuk Lapas Klas I Medan totalnya 143 orang. Tahap awal, sebanyak 43 orang dibebaskan. Ditambah 5 orang yang masuk dalam Pembebasan Bersyarat (PB).

Kemudian belum berumur 18 tahun, tidak sedang menjalani tindakan disiplin dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, terhitung sebelum tanggal pemberian remisi.

"Syarat selanjutnya telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pembinaan Khusus Anak atau LPKA dengan predikat baik," terang Josua.

Jumlah Napi Anak di Sumut

Ilustrasi penjara Guyana (AFP)
Ilustrasi penjara Guyana (AFP)

Diterangkan Josua, saat ini jumlah penghuni Lembaga Pemasyarakat (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) se-Sumut berjumlah 28.994 orang. Rinciannya, 21.375 napi pria, 1.150 napi wanita, dan 6.218 tahanan pria, 201 tahanan wanita.

"Untuk napi anak pria di Sumut berjumlah 109‎ orang, dan tahanan anak pria sebanyak 26 orang," Josua menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Perpanjang Masa Penahanan Pembobol BNI Maria Pauline Lumowa

Posted: 23 Jul 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Bareskrim Polri memperpanjang masa penahanan tersangka pembobol bank negara Indonesia (BNI) Maria Pauline Lumowa (MPL). Perpanjangan masa penahanan itu telah dikoordinasikan dengan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

"Sesuai dengan surat Kabareskrim yang ditujukan kepada Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta untuk mengajukan permohonanan perpanjangan penahanan MPL selama 40 hari ke depan," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat (24/7/2020).

Menurut Ahmad, perpanjangan masa penahanan itu terhitung sejak 29 Juli 2020 hingga 7 September 2020. Selama ditahan Bareskrim, Maria Lumowa dinyatakan dalam kondisi sehat dan rutin dijenguk keluarga sesuai jam besuk.

"Saat ini sedang berlangsung pemeriksaan terhadap tersangka MPL, saya ulangi sedang berlangsung," kata Ahmad.

Dalam pemeriksaan sebelumnya, Maria Lumowa dicecar 27 pertanyaan terkait kasus pembobolan kas BNI senilai Rp 1,2 triliun. Pemeriksaan dilakukan setelah Maria menunjuk pengacara untuk mendampinginya selama proses penyidikan.

Sejauh ini, polisi telah memeriksa 14 saksi terkait kasus tersebut, termasuk terdakwa yang lebih dulu telah menjalani hukuman dalam perkara pembobolan kas BNI ini. 

Penyidik juga telah menyita aset-aset milik tersangka Maria Pauline Lumowa senilai Rp 132 miliar. Pencarian dan penyitaan aset itu dilakukan selama Maria kabur ke luar negeri.

 

17 Tahun Buron

17 Tahun Buron, Pembobol Bank BNI Maria Pauline Lumowa Tiba di Tanah Air (Foto: Kemenkumham)
17 Tahun Buron, Pembobol Bank BNI Maria Pauline Lumowa Tiba di Tanah Air (Foto: Kemenkumham)

Dalam kasus pembobolan kas Bank BNI cabang Kebayoran Baru lewat Letter of Credit (L/C) fiktif ini, polisi telah menetapkan 16 orang sebagai tersangka, termasuk Maria Pauline Lumowa dan Adrian Waworuntu.

Kasus bermula pada periode Oktober 2002 hingga Juli 2003, Bank BNI mengucurkan pinjaman senilai Rp 1,2 triliun kepada PT Gramarindo Group yang dimiliki Maria Pauline Lumowa dan Adrian Waworuntu.

Pada Juni 2003, pihak BNI yang curiga dengan transaksi keuangan PT Gramarindo Group mulai melakukan penyelidikan dan mendapati perusahaan tersebut tak pernah melakukan ekspor.

Dugaan L/C fiktif ini kemudian dilaporkan ke Mabes Polri, namun Maria Pauline Lumowa sudah lebih dahulu terbang ke Singapura pada September 2003 atau sebulan sebelum ditetapkan sebagai tersangka oleh tim khusus yang dibentuk Mabes Polri.

Dalam kasus ini, Adrian dan 14 orang lainnya telah menjalani hukuman. Sementara Maria Pauline kabur ke luar negeri selama 17 tahun. Dia akhirnya berhasil diesktradisi dari Serbia pada 9 Juli 2020 lalu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibunya Terinfeksi Covid-19, Pria Ini Rela Panjat Tembok Rumah Sakit Demi Menemani

Posted: 23 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak tentunya akan melakukan ragam cara untuk membahagiakan dan menghabiskan waktu bersama orang tua. Kehangatan dan kebersamaan bersama orang tua tentunya selalu dirindukan ketika sedang terpisah karena jarak ataupun waktu.

Orang tua tentunya sudah banyak melakukan hal luar biasa dan penuh kasih sayang kepada anaknya. Oleh sebab itu banyak anak-anak yang ingin membalas budi orang tuanya dengan penuh kasih sayang. Walaupun hal tersebut tidak sepenuhnya dapat membalas jasa yang telah dilakukan orang tua kepada anaknya.

Seorang pria yang berasal dari Palestina rela memanjat tembok rumah sakit agar tetap bisa menemani sang ibunda dan menghabiskan waktu bersama. Hal tersebut merupakan pengorbanan kasih sayang seorang anak kepada ibunya. Ragam cara dilakukan agar tetap bisa menemani sang ibunda melawan rasa sakitnya.

Pria tersebut ingin menghabiskan waktu bersama ibundanya sebelum ibunya meninggal dunia. Ibunda pria ini didiagnosis menderita kanker dan terinfeksi virus Corona Covid-19. Seperti diketahui, penyebaran virus Corona ini membuat rumah sakit membatasi jumlah pengunjung yang ingin membesuk keluarga atau kerabat yang dirawat di rumah sakit.

Oleh karena itu, pria tersebut rela memanjat tembok rumah sakit agar tetap bisa menemani sang ibunda. Berikut Liputan6.com melansir dari Mirror.co.uk tentang kisah haru seorang pria yang ingin menemani sang ibunda dengan memanjat tembok rumah sakit, Jumat (24/7/2020).

Rela Panjat Tembok Rumah Sakit

Kisah Pria yang Ingin Temani Ibudanya Ini Bikin Haru. (Sumber: Mirror)
Kisah Pria yang Ingin Temani Ibudanya Ini Bikin Haru. (Sumber: Mirror)

Pria bernama Jihad Al-Suwaiti ini rela memanjat tembok rumah sakit setiap harinya untuk menemani sang ibunda yang sedang terbaring di ranjang rumah sakit. Pria berusia 30 tahun ini berasal dari Hebron, Palestina. Pria tersebut ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama ibunda sebelum ibundanya meninggal dunia.

Ibunda Jihad Al-Suawiti didiagnosis menderita kanker dan terinfeksi virus Corona. Penyebaran virus Corona di hampir seluruh negara membuat seluruh tempat umum, salah satunya rumah sakit membatasi jumlah pengunjung yang datang. Hal tersebutlah yang membuat pria berusia 30 tahun ini rela untuk memanjat tembok rumah sakit.

Menurut petugas rumah sakit, pria yang bernama Jihat Al-Suwaiti ini duduk di ambang jendela mengawasi ibunya ketika dia berjuang melawan kanker dan virus Corona. Jihad sudah iperintahkan untuk tidak memanjat bagian luar gedung karena alasan keamanan, tetapi menolak untuk mendengarkan dan terus duduk di luar jendela ibunya.

"Dia memanjat pipa di gedung untuk bangun ke tempat untuk melihat ibunya, yang berada di lantai dua," tutur salah satu petugas rumah sakit.

"Dia menghabiskan sebagian besar harinya di sana, mengamati kondisi ibunya dari luar jendela. Dia baru turun setelah dia yakin ibunya sudah tertidur," tambahnya.

Ibunya Berjuang Melawan Kanker dan Virus Corona

Kisah Pria yang Ingin Temani Ibudanya Ini Bikin Haru. (Sumber: Mirror)
Kisah Pria yang Ingin Temani Ibudanya Ini Bikin Haru. (Sumber: Mirror)

Ibu Jihad Al-Suwaiti ini bernama Rasmi Suwaiti yang sudah berusia 73 tahun. Rasmi Suwaiti berjuang melawan leukimia sebelum didiagnosis terinfeksi virus Corona. Menurut situs berita Says, ibunda Jihad Al-Suwaiti ini mengahabiskan waktu lima hari di rumah sakit sebelum menghembuskan napas terakhirnya.

Menurut penuturan saudara laki-laki Jihad Al-Suwaiti, pria berusia 30 tahun ini memang sangat dekat dengan ibundanya.

"Dia sangat dekat dengan ibu kami, terutama sejak ayah kami meninggal 15 tahun yang lalu." tutur saudara laki-lakinya.

Menurut laporan, Jihad Al-Suwaiti mencoba memasuki kamar ibundanya di rumah sakit, setelah mengetahui bahwa kondisi ibundanya semakin memburuk.  Pada 16 Juli, merupakan hari terakhir Jihad memanjat tembok untuk terakhir kalinya untuk mengucapkan selamat tinggal kepada ibunya melalui jendela Unit Perawatan Intensif (ICU).

Berusaha Menerima

Setelah saudara laki-lakinya memberitahu bahwa ibundanya sudah meninggal, Jihad merasa kaget dan berusaha menerima kenyataan.

"Ibu kami juga berjuang melawan leukemia sebelum didiagnosis dengan COVID-19 beberapa minggu yang lalu. Ketika Jihad diberitahu tentang kematian ibu kami, ia marah dan kaget," tutur saudara laki-laki Jihad

"Sekarang dia tampaknya telah menerima kenyataan," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Insentif Gaji Karyawan Bebas Pajak Terganjal Masalah Teknis

Posted: 23 Jul 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan, hingga kini stimulus PPh Pasal 21 atau pembebasan pajak penghasilan bagi masyarakat yang ditanggung pemerintah (DTP) masih mengalami sejumlah kendala teknis. Pendataan jumlah penerima insentif gaji bebas pajak ini hingga kini belum rampung.

"Satu hal yang kita agak concern itu adalah pemanfaatan stimulus PPh 21 DTP. Ini tadinya harapannya untuk menjadi uang yang diterima oleh pekerja di kelompok kelas menengah, ini adalah yang pendapatannya di bawah Rp 200 juta selama 1 tahun," ujarnya dalam diskusi online, Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Febrio mengatakan, untuk mempercepat realisasi stimulus gaji bebas pajak tersebut pemerintah akan segera melakukan penyederhanaan administrasi. Di mana sebelumnya, pemerintah sudah menyediakan anggaran sebesar Rp 25 triliun untuk stimulus ini.

"Ini, mengalami kendala karena masalah teknis, masalah administrasi, masalah pendataan. Ini akan di-simplify segera supaya budget yang disediakan di sana sekitar Rp 25 triliun itu harapannya bisa sampai ke kantong masyarakat," jelasnya.

Febrio menambahkan, masyarakat yang menjadi target insentif PPh 21 atau gaji bebas pajak ini terutama adalah kelas menengah karena tidak sedikit dari mereka yang sudah dirumahkan bahkan di PHK.

"Jadi ini memang yang harus segera kita sampaikan. Pemerintah harus kerja lebih cepat lagi mengubah skema-skema yang tadinya terlalu rumit menjadi skema-skema yang lebih sederhana, dan lebih cepat untuk sampai ke masyarakat," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Gaji Pekerja di 1.062 Industri Bebas Pajak, Nilainya Tembus Rp 25,6 Triliun

Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)

Sebelumnya, permintah telah mengubah insentif perpajakan bagi dunia usaha dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Perubahan tersebut nantinya akan tertuang di dalam revisi Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2020 tentang tentang Perubahan Postur dan Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2020.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dalam desain baru pemulihan ekonomi tersebut PPh 21 atau pajak karyawan lebih dari 1.062 kelompok industri atau sektor akan masuk ke dalam insentif pajak. Adapun total PPh 21 yang ditanggung pemerintah mencapai Rp 25,6 triliun.

"Lebih dari 1.062 kelompok industri atau sektor masuk di dalam, sektor yang mendapatkan insentif pajak ini. Total ditanggung pemerintah mencapai 25,6 triliun," kata dia usai rapat terbatas di Jakarta, pada Rabu 3 Juni 2020.

Dia menyadari dunia usaha tertekan akibat Covid-19. Oleh karena itu, perlu mendapatkan ruangan nafas bagi mereka (perusaha) agar bisa survive mengatasi kondisi yang sangat berat melalui berbagai insentif perpajakan.

"Selain kredit modal kerja, terutama untuk kecil dan membantu restructuring, kita juga bantu dalam insentif perpajakan agar beban dunia usaha bisa dikurangi sebesar mungkin," katanya.

Kemudian pemerintah juga menanggung pajak UMKM. Sehingga pelaku usaha tersebut tidak perlu bayar pajak final 0,5 persen. "Jadi tahun ini mereka dapat subsidi untuk tidak bayar pajak," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Produser Sheila Timothy Berbagi Kebaikan untuk Anak Jalanan

Posted: 23 Jul 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Produser Sheila Timothy berbagi kebaikan untuk anak jalanan dengan mengandeng BenihBaik.com di Hari Anak Nasional. Kesibukannya sebagai produser yang mendorongnya melakukan hal itu. 

Berawal dari film Pintu Terlarang (2008) yang dibintangi oleh Fachri Albar dan adik kandungnya Marsha Timothy, Sheila Timothy mulai tertarik dengan masalah sosial di Indonesia, khususnya anak-anak.

"Saya melihat tingginya angka kekerasan pada anak seperti bullying yang berujung pada kekerasan fisik semakin marak terjadi di Indonesia. Bahkan kekerasan ini terus terjadi dan meningkat setiap tahun," kata Sheila Timothy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/7/2020).

 

Tradisi

Sheila Timothy (Foto: Istimewa)
Sheila Timothy (Foto: Istimewa)

Dia menambahkan tradisi seperti ini harus segera diputus untuk memperbaiki generasi dan setiap anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik tanpa kekerasan.

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional, Sheila Timothy bekerjasama dengan BenihBaik.com ingin berbagi kebaikan dengan menggalang dana untuk komunitas anak jalanan yang ada di Indonesia. Sheila Timothy berharap Teman Baik turut andil memperbaiki generasi penerus bangsa.

 

Donasi

Sheila Timothy (Sumber: Instagram/@lalatimothy)
Sheila Timothy (Sumber: Instagram/@lalatimothy)

Donasi yang terkumpul nantinya akan disalurkan ke berbagai kampanye di BenihBaik.com yang memiliki fokus pada anak-anak jalanan atau pemberdayaan anak contohnya seperti membuat rumah belajar untuk anak-anak yang orangtuanya tidak mampu, penyediaan  perlengkapan sekolah, serta membeli susu dan makanan bernutrisi bagi anak-anak. 

Banyak komunitas yang akan menerima donasi dari Teman Baik ini, sasarannya di kota-kota besar seperti Bandung, Jabodetabek, dan Surabaya. "Khusus di Jabodetabek, saya akan turut hadir dalam penyaluran bantuan," ungkap Sheila Timothy.

 

Kampanye

Andy F Noya, founder BenihBaik.com turut menyatakan sambutannya bagi kehadiran Sheila Timothy. 

"Kehadiran Sheila Timothy tentu memberi warna yang indah bagi kampanye kemanusiaan. Anak jalanan selalu menjadi perhatian bagi penduduk perkotaan. Kita semua tentu juga punya keinginan yang sama seperti Sheila, memberikan mereka kesibukan yang berguna untuk masa depan mereka ketimbang kehidupan keras anak-anak di jalanan. Terima Kasih Sheila Timothy berkenan untuk berbuat baik untuk mereka dan memberi kepercayaan kepada BenihBaik.com," pungkas Andy F Noya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirut Garuda: Orang Naik Pesawat karena Terpaksa

Posted: 23 Jul 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) Irfan Setiaputra mengatakan, penumpang pesawat saat ini hanya mereka yang terpaksa terbang dengan alasan tertentu. Misalnya untuk keperluan dinas pekerjaan atau kondisi darurat keluarga.

"Hari ini yang terbang itu yang memang harus terbang karena dinas atau kondisi keluarga yang tengah gawat," kata Irfan dalam diskusi Ngopi Pagi bertajuk 'Yuk Terbang Lagi Bersama Garuda Indonesia' di Rakyat Merdeka TV, Jakarta, Jumat, (24/7/2020).

Sementara itu penumpang yang mau terbang untuk keperluan wisata atau silaturahim ke lintas daerah belum ada. Mereka masih memastikan situasi dan kondisi lantaran takut terpapar virus corona dalam perjalanan.

Untuk itu, Garuda Indonesia membuat kampanye Terbang Bersama Garuda Aman dan Nyaman. Penerapan protokol kesehatan yang ketat dilakukan perusahaan. Penumpang dan awak kabin wajib memakai masker dan memberlakukan jaga jarak.

Di kelas ekonomi, kursi baris 3 hanya diisi 2 kursi. Kursi tengah senagaja dikosongkan untuk menjaga jarak. Begitu juga untuk kursi bisnis yang hanya diisi satu penumpang.

"Kelas bisnis, dua kursi hanya diisi satu penumpang," kata dia.

Namun Garuda Indonesia tetap memberikan pilihan bagi penumpang keluarga yang ingin duduk berderet. Hanya saja ini pun tidak selalu diizinkan, harus dengan persetujuan semua pihak.

"Tapi inis esuai dengan kesepakatan bersama, terbang ini harus membuat aman dengan kehadiran kita bukan hanya terbang aman," katanya mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Pilot Garuda Indonesia Diklaim Terbaik di Asia Pasifik

Seragam Pramugari Garuda Indonesia rancangan Anne Avantie (Dok. Anne Avantie)
Seragam Pramugari Garuda Indonesia rancangan Anne Avantie (Dok. Anne Avantie)

Sebelumnya, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan maskapai yang dibawahinya kini memiliki sejumlah pilot terbaik yang sudah diakui dunia. Keterampilannya bahkan bisa membuat penumpang asing terkagum-kagum dan memberikan apresiasi sambil bertepuk tangan.

Pernyataan itu dikeluarkannya saat berbincang santai dengan Raffi Ahmad dalam siaran live Instagram di akun resmi @garuda.indonesia, Jumat (17/7/2020) malam.

"Pilot kita paling jago se-Asia Pasifik. Katanya kalau di dunia juga paling jago, kalau mendarat pun cesss (lancar)," tutur Irfan kepada Raffi Ahmad, seperti dikutip Sabtu (18/7/2020).

"Seringkali (pendaratan mulus itu) kan ditepokin sama penumpang yang londo-londo, yang sebelumnya enggak pernah naik pesawat Garuda Indonesia," sambung dia.

Namun cerita bagus itu sulit terulang di saat wabah pandemi Covid-19 sekarang ini. Sebab, Irfan menyebutkan jumlah penumpang Garuda Indonesia kini hanya tersisa 10 persen saja.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Prinsip Penting Pembuatan Vaksin COVID-19 di Indonesia

Posted: 23 Jul 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa Indonesia berusaha keras untuk menyediakan proteksi kepada masyarakat dari virus SARS-CoV-2 salah satunya dengan vaksin. Ada tiga hal yang menjadi point penting pemerintah dalam pembuatan vaksin. 

"Dalam pembuatan vaksin perlu ada tiga hal penting yang diperhatikan. Yaitu aman, tepat, dan cepat," ujar Wiku dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta yang dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (24/7/2020).

Ia menambahkan, yang disebut aman adalah vaksin harus mampu memberi perlindungan dan tidak memberikan efek samping yang membahayakan. Sedangkan tepat, berarti vaksin harus menimbulkan kekebalan yang spesifik terhadap COVID-19.

Ketiga cepat, artinya vaksin harus diproduksi dengan baik dalam jumlah yang memadai tanpa melupakan kondisi sekarang yang menuntut ditemukannya vaksin secara cepat.

Wiku juga menuturkan bahwa ada tim pakar di bidang vaksin dan obat yang masuk dalam Satuan Tugas Penanganan COVID-19. 

"Tim ini untuk memastikan kandidit vaksin yang dibuat cocok dan sesuai juga memberikan perlindungan bagi masyarakat indonesia," tutur Wiku. 

Ia menambahkan, pembuatan vaksin akan dilakukan oleh pemerintah dan perusahaan obat Indonesia. Hal ini berdasar kepada asas kemandirian. 

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Janji Sampaikan Data Kasus Covid-19 Secara Real Time

Posted: 23 Jul 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, pihaknya akan memberikan data terkait kasus virus corona di Indonesia secara real time kepada masyarakat.

"Kami menuju memberikan data secara real time agar masyarakat bisa mengakses langsung dan media juga bisa mengakses untuk bisa menyampaikan kepada masyarakat," ucap Wiku dalam konferensi pers daring, Jumat (24/7/2020).

Namun demikian, kata Wiku, proses tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan selama empat bulan ini pihaknya belum mampu memberikan data perkembangan Covid-19 secara real time.

"Selama empat bulan pertama kami belum mampu mengintegrasikan jadi satu. Mengingat ada beberapa kendala di dalam business process atau proses dalam pengumpulan data dari setiap daerah dan ada proses verifikasi dari Kemenkes yang ternyata memerlukan waktu lebih lama," ucapnya.

Dalam memverifikasi data perkembangan Covid-19 yang ditemukan di daerah, kata Wiku, pihaknya membutuhkan waktu untuk membuat sistem pendekatan data terintegrasi yang bisa diterima oleh berbagai pihak, termasuk juga Kemenkes.

Tak Menutupi Data

Petugas memantau penyebaran virus corona (COVID-19) di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Pemprov DKI Jakarta menyebut Posko COVID-19 menerima panggilan telepon sebanyak 2.689 terkait virus corona. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas memantau penyebaran virus corona (COVID-19) di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Pemprov DKI Jakarta menyebut Posko COVID-19 menerima panggilan telepon sebanyak 2.689 terkait virus corona. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lebih lanjut, Wiku juga menjawab pertanyaan banyak pihak tentang tidak ada lagi konferensi pers (konpers) update data Covid-19 secara harian yang disampaikan tiap sore. Wiku menegaskan bahwa hal tersebut bukan untuk menutupi data.

"Tidak ada maksud menutup-nutupi data, mari kita dorong transparansi publik," kata Wiku.

Wiku menjelaskan, masyarakat termasuk media kini bisa melihat data kasus tambahan, sembuh, meninggal, suspek dan lain-lain tentang Covid-19 lewat laman https://covid19.go.id/

"Data-data tersebut diumumkan jam 16.00 tergantung dari pengiriman data dari Kemenkes yang memverifikasi data nasional yang masuk," kata Wiku.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Risiko Corona COVID-19, Sekolah di Afrika Selatan Ditutup hingga 24 Agustus

Posted: 23 Jul 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Johannesburg- Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mengatakan, sekolah umum di Afrika Selatan akan ditutup kembali dalam upaya mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19. Saat ini negara tersebut tengan berjuang meredam lonjakan infeksi COVID-19.

"Kabinet telah memutuskan hari ini bahwa semua sekolah publik ditutup selama empat pekan ke depan," kata Presiden Cyril Ramaphosa dalam pidatonya. 

Ia juga menambahkan, bahwa tahun akademik yang seharusnya berakhir pada bulan Desember akan diperpanjang.

Mulai 27 Juli, sekolah di Afrika Selatan akan ditutup dan dijadwalkan dibuka kembali pada 24 Agustus.

"Kami telah mengambil pendekatan yang begitu hati-hati untuk menutup sekolah-sekolah selama masa diperkirakan akan ada peningkatan infeksi terbesar," jelas Presiden Cyril Ramaphosa, seperti dikutip dari AFP, Jumat (24/7/2020).

Paket Bantuan dan Dukungan Ekonomi

Foto ilustrasi murid di India diambil pada 2008. (INDRANIL MUKHERJEE / AFP)
Foto ilustrasi murid di India diambil pada 2008. (INDRANIL MUKHERJEE / AFP)

Kasus Virus Corona COVID-19 di Afrika Selatan kini telah tercatat sebanyak 408.052, yang merupakan tertinggi kelima di dunia. Sementara ada lebih dari 6.000 orang yang telah meninggal karena virus tersebut.

Meningkatnya infeksi Virus Corona telah menyebabkan kekhawatiran di antara para guru di Afrika Selatan, dengan serikat pekerja meminta pemerintah mencabut keputusannya untuk membuka kembali sekolah-sekolah bagi tingkat kelas pelajar pada Juni 2020.

Untuk mendanai kesehatan dan membantu mereka yang terkena dampak dari pandemi, Presiden Cyril Ramaphosa mengumumkan paket bantuan sosial dan dukungan ekonomi yang jumlahnya hingga mencapai US$ 30 miliar.

Menurut African Development Bank, bagian ekonomi termaju di Afrika dipredikisi akan berkontraksi antara 6,3 dan 7,5 persen karena pandemi Virus Corona.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Maternity Shoot Ussy Sulistiawaty Bertema Fashionable, Tampil Modis

Posted: 23 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan selebritas Tanah Air memang menarik untuk diikuti. Seperti kehidupan pasangan seleb yang akan segera memiliki anak kelima, Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama. Saat ini Ussy sudah memasuki usia kehamilan 33 minggu.

Setelah sebelumnya melakukan maternity shoot dengan konsep semi formal, kali ini pasangan yang menikah 21 Januari 2012 melakukan maternity shoot dengan tema fashionable. Hal tersebut karena busana yang digunakan keduanya begitu modis.

Busana warna hitam dipakai Andhika dan Ussy memakai busana warna putih, membuat keduanya terlihat begitu serasi. Berbagai pose mesra dilakukan keduanya yang membuat foto maternity shoot ini banjir pujian dari netizen.

Penasaran kan dengan gaya Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty saat maternity shoot tema fashionable? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @riomotret, gaya Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty saat maternity shoot tema fashionable, Jumat (24/7/2020).

 

1. Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty tampil begitu serasi di maternity shoot tema fashionable.

6 Gaya Maternity Shoot Ussy Sulistiawaty Bertema Fashionable, Tampil Modis (sumber: Instagram.com/riomotret)
6 Gaya Maternity Shoot Ussy Sulistiawaty Bertema Fashionable, Tampil Modis (sumber: Instagram.com/riomotret)

2. Dengan warna busana hitam putih, pasangan yang menikah pada 21 Januari 2012 ini terlihat mesra.

6 Gaya Maternity Shoot Ussy Sulistiawaty Bertema Fashionable, Tampil Modis (sumber: Instagram.com/riomotret)
6 Gaya Maternity Shoot Ussy Sulistiawaty Bertema Fashionable, Tampil Modis (sumber: Instagram.com/riomotret)

3. Tampilan modis keduanya sangat mendukung gaya pose saat foto maternity shoot.

6 Gaya Maternity Shoot Ussy Sulistiawaty Bertema Fashionable, Tampil Modis (sumber: Instagram.com/riomotret)
6 Gaya Maternity Shoot Ussy Sulistiawaty Bertema Fashionable, Tampil Modis (sumber: Instagram.com/riomotret)

4. Keserasian Andhika dan Ussy pada maternity shoot tema fashionable pun banjir pujian dari netizen.

6 Gaya Maternity Shoot Ussy Sulistiawaty Bertema Fashionable, Tampil Modis (sumber: Instagram.com/riomotret)
6 Gaya Maternity Shoot Ussy Sulistiawaty Bertema Fashionable, Tampil Modis (sumber: Instagram.com/riomotret)

5. Sebelum tema fashionable, keduanya juga tampil mesra dengan konsep pemotretan romantis dengan serba merah muda.

6 Gaya Maternity Shoot Ussy Sulistiawaty Bertema Fashionable, Tampil Modis (sumber: Instagram.com/riomotret)
6 Gaya Maternity Shoot Ussy Sulistiawaty Bertema Fashionable, Tampil Modis (sumber: Instagram.com/riomotret)

6. Terlebih, gaya Ussy dan Andhika bak orang berdansa ini sukses curi perhatian publik.

6 Gaya Maternity Shoot Ussy Sulistiawaty Bertema Fashionable, Tampil Modis (sumber: Instagram.com/riomotret)
6 Gaya Maternity Shoot Ussy Sulistiawaty Bertema Fashionable, Tampil Modis (sumber: Instagram.com/riomotret)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IM3 Ooredoo Rilis Kios myIM3 untuk Bantu Masyarakat Mulai Usaha

Posted: 23 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo menghadirkan Kios myIM3 sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat untuk memulai usaha sederhana di tengah pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, pemerintah kini menerapkan adaptasi kebiasaan baru, salah satunya lewat PSBB transisi di sebagian wilayah Indonesia. Hal ini diharapkan bisa menstimulasi perekonomian yang terdampak pandemi.

Apalagi, hampir semua masyarakat Indonesia turut merasakan dampak pandemi yang berimbas pada pendapatan mereka.

Nah, lewat Kios myIM3 ini, seluruh pelanggan IM3 Ooredoo berkesempatan untuk memulai sebuah usaha.

Mengutip keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Jumat (24/7/2020), Kios myIM3 merupakan program pertama yang memungkinkan masyarakat umum untuk menjual paket internet ataupun pulsa IM3 Ooredoo.

Penjualan bisa melalui fitur di aplikasi myIM3. Dengan begitu, pengguna bisa mendapat keuntungan finansial sekaligus manfaat dari penggunaan aplikasi myIM3.

Buka Kesempatan Usaha untuk Masyarakat

Logo Indosat Ooredoo di kantor pusatnya di Jakarta. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Logo Indosat Ooredoo di kantor pusatnya di Jakarta. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo Ritesh Kumar Singh menyebut, pihaknya paham bahwa masyarakat ingin punya peluang untuk tetap produktif di masa pandemi yang menantang.

"IM3 Ooredoo menghadirkan program Kios myIM3 untuk membuka dan memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin dengan mudah memulai sebuah bisnis dengan tetap berada di rumah," kata Ritesh.

Pihaknya percaya program Kios myIM3 akan menjadi langkah awal positif bagi pelanggan untuk membuka jendela usaha baru sehingga membawa berbagai manfaat dan keuntungan yang dapat meringankan di situasi sulit saat ini.

Apalagi, saat ini masyarakat cenderung memilih metode online saat membeli produk ataupun kebutuhan pokok.

Cara Gabung ke Kios myIM3

Indosat Ooredoo.
Indosat Ooredoo.

Hal ini juga dapat menjadi alasan baik untuk bergabung dalam program Kios myIM3 karena semua transaksi bisnis dapat dilakukan secara online dari rumah sehingga tetap aman serta nyaman, dan memenuhi kebutuhan komunikasi banyak orang.

Program Kios myIM3 dapat diikuti oleh seluruh pelanggan IM3 Ooredoo, untuk memulainya pelanggan cukup download aplikasi myIM3 dari Google Play Store dan mengikuti langkah-langkah mudah yang tertera disana.

Bagi para pelanggan IM3 Ooredoo yang sudah memiliki aplikasi myIM3, dapat melakukan update ke versi terbaru myIM3 untuk mengakses fitur ini.

(Tin/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Susunan Pemain AC Milan Vs Atalanta: Ancaman Rosoneri Baru

Posted: 23 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta AC Milan bakal menghadapi lawan berat saat menjamu Atalanta di San Siro pada lanjutan Liga Italia pekan ke-35 Sabtu (25/7/2020). AC Milan mengejar tiket ke Liga Europa musim depan.

Pelatih AC Milan menyebut pasukannya sebagai kekuatan baru. Dia memperingatkan Atalanta yang pernah kalahkan Milan 5-0 di pertemuan pertama.

AC Milan juga punya tren bagus karena tak terkalahkan sejak lockdown. Namun uniknya mereka juga tak pernah kalahkan Atalanta di kandang pada enam tahun terakhir.

"Kami tak perlu diingatkan dengan hasil buruk lalu. Kami ingin terus tampil bagus selama mungkin," kata Pioli seperti dikutip Football Italia.

"Atalanta sedang dalam statistik bagus, tapi kami juga ingin tampil bagus. Kami banyak berubah sejak laga pertama melawan mereka."

 

Rotasi

Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic berlari sambil membawa bola saat menghadapi Sassuolo pada pertandingan Serie A Italia di Stadion Mapei, Reggio Emilia, Italia, Selasa (21/7/2020). AC Milan menang 2-1 sekaligus menggeser posisi AS Roma dari posisi lima klasemen. (Spada/LaPresse via AP)
Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic berlari sambil membawa bola saat menghadapi Sassuolo pada pertandingan Serie A Italia di Stadion Mapei, Reggio Emilia, Italia, Selasa (21/7/2020). AC Milan menang 2-1 sekaligus menggeser posisi AS Roma dari posisi lima klasemen. (Spada/LaPresse via AP)

 

Di pertandingan nanti, Pioli akan menempatkan pemain terbaik di semua posisi. Saelemaekers, Calhanoglu dan Ante Rebic bakal tetap berada di belakang Ibrahimovic.

Ada juga kemungkinan rotasi yaitu Bonaventura gantikan Calhanoglu. Saelemekers diganti dengan Krunic, tapi kemungkinan ini kecil.

Soalnya kedua pemain sudah paling bagus di posisi masing-masing.

 

Prediksi Susunan Pemain

 

AC Milan (4-2-3-1): Donnarumma; Conti,Kjaer, Romagnoli,Hernandez; Bennacer,Kessie; Saelemaekers,Calhanoglu,Rebic; Ibrahimovic

Cadangan: Begovic;Biglia,Bonaventura,Laxalt,Gabbia, Calabria

Pelatih: Stefano Pioli

 

Atalanta (3-4-1-2);Toloi,Palomino,Djimsiti; Castagne,De Roon,Freuler,Gosens; Pasalic; Gomez, Zapata

Cadangan: Rossi;Piccoli,Bellanova,Caldara, Sutalo,Malinovskiy, Colley, Muriel

Pelatih: Gasperini

Saksikan video AC Milan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengejutkan, Ini Firasat Ashanty Soal Hubungan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar

Posted: 23 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aurel Hermansyah telah dilamar oleh Atta Halilintar. Dengan begitu, maka langkah keduanya menuju gerbang pernikahan akan semakin dekat.

Lewat kanal YouTube nya, Irish Bella bertanya kepada Aurel Hermansyah, apakah pernah terbayang di benak Aurel bahwa jodohnya adalah Atta Halilintar?

"Enggak. Tapi ada satu momen mungkin itu feeling orangtua kali ya dari bunda, karena bunda ke aku tuh feelingnya kuat banget dan enggak pernah meleset," kata Aurel Hermansyah dalam video yang diunggah, Kamis (23/7/2020).

"Jadi waktu pertama kali collab, ini benar-benar pertama kali ketemu, pas sudah kelar (membuat konten) aku duduk di sofa, kita duduk, ngobrol, terus aku waktu itu ngasih dia kopi," lanjutnya.

Firasat

Ashanty. (Sumber: Instagram/@ashanty_ash)
Ashanty. (Sumber: Instagram/@ashanty_ash)

Keakraban ini lalu dilihat oleh ibu sambungnya, Ashanty. Kala itu, istri Anang Hermansyah tersebut baru saja menyelesaikan salat. Ia memiliki firasat bahwa akan ada sesuatu yang terjadi antara putrinya dengan Atta.

"Bunda bilang, 'Kok bunda kayak ada feeling kalian kayaknya bakal ada something' tapi bunda enggak tahu apa, cuma akan ada sesuatu dari kalian berdua," jelasnya.

Menyangkal

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah (Instagram/aurelie.hermansyah)
Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah (Instagram/aurelie.hermansyah)

Mendengar hal tersebut, artis berusia 22 tahun ini menyangkal. Ia bersikukuh tak akan ada hubungan istimewa dengan sang YouTubers.

"Aku bilang, 'Ih apaan sih, enggaklah' makanya kita enggak boleh kan bilang 'Ih enggak mau, apaan sih Bun, enggak, orang dia berisik banget, enggak cocok aku ngobrol sama dia makanya tadi bentar doang'," ungkap Aurel.

Feeling

Karena anaknya terus menerus menyangkal, Ashanty memberi peringatan. Sebab, feeling orangtua terhadap anak tentu sangat kuat.

"Bunda bilang 'Hati-hati, enggak boleh ngomong gitu'. Karena orangtua tuh feelingnya dan itu bunda keadaannya lagi salat. Itu bunda lihat, ya mungkin kayak enggak dalam waktu dekat, dan beberapa bulan kemudian (dilamar)," papar pelantun "Kepastian" itu.

Setelah Atta Halilintar melamar, barulah Aurel Hermansyah tersadar bahwa insting ibunya selalu tepat. "Kata bunda, 'Makanya kalau orangtua bilang jangan ngomong enggak mau, lihat kan'," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suasana Masjid Hagia Sophia Sebelum Salat Jumat Pertama dalam 86 Tahun

Posted: 23 Jul 2020 09:22 PM PDT

Orang-orang memegang syal dengan nama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, ketika foto di luar era Bizantium Hagia Sophia, di distrik bersejarah Sultanahmet Istanbul, Kamis, (23/7/2020). Bangunan bersejarah itu resmi dialih fungsi dari museum menjadi masjid pada 10 Juli lalu. (AP Photo/Omer Kuscu)
Orang-orang memegang syal dengan nama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, ketika foto di luar era Bizantium Hagia Sophia, di distrik bersejarah Sultanahmet Istanbul, Kamis, (23/7/2020). Bangunan bersejarah itu resmi dialih fungsi dari museum menjadi masjid pada 10 Juli lalu. (AP Photo/Omer Kuscu)

Orang-orang memegang syal dengan nama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, ketika foto di luar era Bizantium Hagia Sophia, di distrik bersejarah Sultanahmet Istanbul, Kamis, (23/7/2020). Bangunan bersejarah itu resmi dialih fungsi dari museum menjadi masjid pada 10 Juli lalu. (AP Photo/Omer Kuscu)

Umat Muslim melaksanakan salat di luar Hagia Sophia era Bizantium, di distrik bersejarah Sultanahmet Istanbul, Kamis, 23 Juli 2020, sehari sebelum sholat Muslim pertama di monumen tengara dalam 86 tahun setelah konversi kembali menjadi masjid. (AP Photo/Omer Kuscu)
Umat Muslim melaksanakan salat di luar Hagia Sophia era Bizantium, di distrik bersejarah Sultanahmet Istanbul, Kamis, 23 Juli 2020, sehari sebelum sholat Muslim pertama di monumen tengara dalam 86 tahun setelah konversi kembali menjadi masjid. (AP Photo/Omer Kuscu)

Umat Muslim melaksanakan salat di luar Hagia Sophia era Bizantium, di distrik bersejarah Sultanahmet Istanbul, Kamis, 23 Juli 2020, sehari sebelum sholat Muslim pertama di monumen tengara dalam 86 tahun setelah konversi kembali menjadi masjid. (AP Photo/Omer Kuscu)

Orang-orang duduk di luar Hagia Sophia era Bizantium, di distrik bersejarah Sultanahmet di Istanbul, Kamis, 23 Juli 2020, sehari sebelum sholat Muslim pertama di monumen tengara dalam 86 tahun setelah konversi kembali menjadi masjid. (AP Photo/Omer Kuscu)
Orang-orang duduk di luar Hagia Sophia era Bizantium, di distrik bersejarah Sultanahmet di Istanbul, Kamis, 23 Juli 2020, sehari sebelum sholat Muslim pertama di monumen tengara dalam 86 tahun setelah konversi kembali menjadi masjid. (AP Photo/Omer Kuscu)

Orang-orang duduk di luar Hagia Sophia era Bizantium, di distrik bersejarah Sultanahmet di Istanbul, Kamis, 23 Juli 2020, sehari sebelum sholat Muslim pertama di monumen tengara dalam 86 tahun setelah konversi kembali menjadi masjid. (AP Photo/Omer Kuscu)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satgas: Persentase Kematian Covid-19 di Indonesia Menurun, Semakin Dekati Dunia

Posted: 23 Jul 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persentase kematian kasus positif Covid-19 di Indonesia menunjukkan tren positif. Tren positif ini terlihat pada persentase data kematian kasus positif sejak Maret 2020.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, persentase maksimal kematian akibat virus Corona pada Maret 2020 sebanyak 9,34 persen dengan rata-rata 4,89 persen.

"Kalau kita lihat di April, angkanya meningkat lagi maksimumnya 9,5 persen dan rata-rata 8,64 persen. Jadi cukup tinggi dibanding Maret," ujar Wiku dalam konferensi pers di Istana, Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Persentase kematian ini mulai turun pada Mei 2020. Pada bulan tersebut, persentase maksimal jumlah kematian akibat Covid-19 di Indonesia turun menjadi 7,66 persen dengan rata-rata 6,68 persen.

Angka ini kembali turun pada Juni 2020 dengan persentase maksimum 6,09 persen dan rata-rata 5,56 persen.

"Pada Juli ini jumlah maksimalnya sudah turun lebih banyak jadi 5,08 persen dan rata-rata 4,86 persen. Sedangkan angka kematian dunia 4,2 persen. Jadi Indonesia sudah mendekati rata-rata dunia," tutur Wiku soal persentase kematian akibat Covid-19.

 

Hasil Belajar

Wiku mengatakan, persentase kematian pada kasus positif Covid-19 di Indonesia semakin turun disebabkan oleh beberapa hal.

Salah satunya, manajemen penanganan pasien Covid-19 yang lebih baik.

"Kita semua banyak belajar dan kalau kita lihat jumlah ruang isolasi meningkat menjadi 23.519, jumlah bed isolasi juga meningkat menjadi 188.510 di Indonesia. Jumlah tenaga kesehatan yang pengetahuan makin tinggi dan terbiasa menangani pasien Covid-19 juga makin baik," ujar Wiku.

Menurut dia, penurunan persentase kematian juga disebabkan lebih banyaknya rumah sakit rujukan di Indonesia. Dia mengungkapkan, saat ini ada 839 RS rujukan di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Para Bintang Sinetron Dari Jendela SMP Tak Terganggu Jadwal Syuting di Tengah Sekolah Online

Posted: 23 Jul 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para pemain sinetron Dari Jendela SMP, seperti Rey Bong (Joko), Rassya Hidayah (Indro), Kiesha Alvaro (Roni), Sandrinna Michelle (Wulan) dan Emiliano Cortizo (Gino) masih terus menjalani rutinitasnya untuk melakukan syuting. Sebagai siswa yang juga masih menjalani sekolah daring di masa pandemi Corona Covid-19 ini, mereka mengaku tak kesulitan syuting Dari Jendela SMP.

Hal itu disampaikan para bintang sinetron Dari Jendela SMP saat menggelar virtual meet and greet, Kamis (23/7/2020) sore. Rupanya, jadwal sekolah mereka cukup fleksibel lantaran sebagian besar dari mereka menjalani home schooling.

"Kalau aku sih ngebagi waktunya dengan syuting enggak susah. Karena aku juga home scholing gampang bagi waktunya," kata Sandrinna Michelle.

"Ya aku sebenerrnya nggak jauh beda karena kita di sini sebagian sekolah home scholing. Jadi tugas itu dikirim guru lewat email, terus break syuting kita tinggal belajar sih," timpal Rey Bong, pemeran Joko di sinetron garapan SinemArt Production ini.

Sekolah Umum

Pemain sinetron Dari Jendela SMP (Sumber: Instagram/sandrinna_11)
Pemain sinetron Dari Jendela SMP (Sumber: Instagram/sandrinna_11)

Sementara Kiesha Alvaro dan Rassya Hidayah adalah merupakan siswa sekolah umum. Kendati demikian, mereka juga tidak merasakan terganggu karena rupanya keduanya cukup mendapat dukungan dan kelonggaran dari pihak sekolah untuk kegiatan syutingnya.

"Aku yang nggak home schooling. Aku kan mulai syuting dari SD. Sekolah sama guru, kepala sekolah, udah tahu aku bilang ada syuting mereka ngerti yang penting tugas selesai," tutur Kiesha.

"Aku sekolah swasta juga guru aku juga support aku, aku sekarang bisa bagi waktu kalau nggak take bisa sekolah online dulu," jelas Rassya.

 

Virtual Meet and Greet

Virtual Meet and Greet #3xtraOrdinary SCTV Bareng Pemain Dari Jendela SMP dan Istri Kedua.
Virtual Meet and Greet #3xtraOrdinary SCTV Bareng Pemain Dari Jendela SMP dan Istri Kedua.

Dalam menyambut ulang tahun ke-30 yang bertajuk #3xtr0rdinary, SCTV menyiapkan serangkaian acara. Salah satunya adalah dengan menggelar acara meet and greet secara virtual dengan para bintang sinetron Dari Jendela SMP dan Istri Kedua pada Kamis (23/7/2020) bersama pemirsa Bandung dan sekitarnya.

Acara Virtual Meet and Greet Bintang3xtraOrdinary SCTV ini diramaikan oleh Sandrinna Michelle, Rey Bong, Emiliano Cortizo, Kiesha Alvaro, dan Rassya dari sinetron Dari Jendela SMP. Sementara dari sinetron Istri Kedua dihadiri oleh Aryani Fitriana, Donny Michael, Immanuel Caesar Hito, Indah Indriana, dan Tsania Marwa.

Interaksi Langsung

Acara meet and greet ini mempertemukan para bintang sinetron tersebut dengan 30 pemirsa SCTV asal Bandung dan sekitarnya. Mereka berinteraksi langsung dan berkesempatan memberikan pertanyaan kepada para idolanya melalui platform video conference.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Siasat Pemerintah Tarik Utang dari Luar Negeri

Posted: 23 Jul 2020 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Keuangan merealisasikan penerbitan utang sebesar Rp 421,5 triliun pada semester I-2020. besaran ini setara 34,5 persen dari target. Dari total realisasi tersebut, salah satunya berasal dari penerbitan pinjaman program sebesar USD 1,8 miliar.

Adapun penerbitan pinjaman semester I ini berasal dari 5 mitra, yakni World Bank (WB), Asian Development Bank (ADB), Kreditanstalt für Wiederaufbau (KfW), Agence Francaise de Developpement (AFD), dan dari Japan International Cooperation Agency (JICA).

"Di semester I, ditarik dari WB, ADB, KFW, AFD, dan dari JICA. Tapi WB seperti biasa, dan ADB ada beberapa paket. Jadi bukan berarti WB sudah habis, dan nggak ada lagi semester II. Bukan berarti semester 1 ADB, tidak akan ada lagi di semester II. Itu totalnya USD 1,8 billion dari 5 mitra kita," jelas Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Luky Alfirman dalam Dialogue Kita edisi Juli 2020, Jumat (24/7/2020).

Sebagai salah satu upaya mengelola risiko, pembayaran kali ini menggunakan Euro. "Tadi kita lihat, misalnya Euro itu kuponnya sudah 0 persen, makanya kita konversi ke Euro. Jadi kita bunganya 0 persen sebetulnya, tapi dalam mata uang Euro," kata dia.

"Ini salah satu contoh yang kita lakukan dalam pengelolaan risiko. Misalnya ada outstanding utang, kitake ADB karena saat ini Euro dan Yen sedang murah. Kemudian kita konversikan, kita negosiasikan dengan lembaga mitra kita, ADB (Asian Development Bank), akhirnya kita bisa mengconvert sampai USD 8,3 miliar," jelas Luky.

Adapun besaran dari masing-masing mitra, yakni World Bank USD 300 juta, ADB €462 juta (ekv. USD 500 juta), KfW € 500 juta, AFD € 100 juta, dan JICA ¥ 31.800 juta.

"Kita mengelola resiko. Biasanya kita mulai dalam USD, sekarang kita dalam Euro. Dan euro pun sekarang juga lagi bagus. Ini kita lagi diuntungkan. Tapi kita nggak berani semua. Karena tadi kita sampaikan, kita mengelola risiko di sini," tukas dia.

Realisasi Pencairan Utang Pemerintah Capai Rp 421,5 Triliun di Semester I 2020

Dari hasil riset HSBC menyebutkan, Singapura menjadi negara dengan tingkat utang tertinggi, yaitu mencapai 450 persen terhadap PDB.
Dari hasil riset HSBC menyebutkan, Singapura menjadi negara dengan tingkat utang tertinggi, yaitu mencapai 450 persen terhadap PDB.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman mencatat, realisasi pembiayaan utang yang sudah mencapai 34,5 persen dari target atau mencapai atau Rp 421,5 triliun.

Luky memaparkan, pembiayaan utang semester I 2020 terutama bersumber dari penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) di pasar domestik melalui lelang dan non-lelang. Diantaranya, penerbitan SBN valas semester I yang mencapai Rp 145,7 triliun.

"Pebiayaan utang, realisasi semester I sudah mencapai Rp 421,5 triliun, dimana SBN nettonya sudah mencapai Rp 430,4 triliun. Jadi SBN valas ktia ada berapa? semester I sudah USD 9,9 miliar, atau Rp 145 triliun. Ada 3 penerbitan global bond, di Januari, April, dan global sukuk di bulan Juni. Kita terbitkan SBN ritel 2 kali dan cash wakaf link sukuk," terang Luky.

Adapun nilai dari ketiga global bond tersebut penerbitan SBN ritel sebesar Rp 14,4 triliun. INi termasuk penerbitan sukuk wakaf. Pengertian pinjaman program USD 1,8 miliar, dan penarikan pinjaman proyek Rp 5,3 triliun.

"Ini salah satu contoh yang kita lakukan dalam pengelolaan risiko. Misalnya ada outstanding utang, kitake ADB karena saat ini Euro dan Yen sedang murah. Kemudian kita konversikan, kita negosiasikan dengan lembaga mitra kita, ADB (Asian Development Bank), akhirnya kita bisa mengconvert sampai USD 8,3 miliar," kata Luky.

Memang kita bayar dalam bentuk Euro, tapi suku bunganya itu sudah hampir 0 persen. Jadi sangat kecil. Nah itu salah satu contoh bagaimana kita mengelola portofolio risiko kita," imbuh dia.

Tonton Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Link Live Streaming MotoGP Andalusia, FP 1 dan FP 2 Hari Ini

Posted: 23 Jul 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dinyatakan fit untuk tampil di MotoGP Andalusia yang berlangsung di sirkuit Jerez, Minggu (26/7/2020). Kabar ini mengejutkan karena Marquez baru saja menjalani operasi di tangan kanan dua hari lalu.

Repsol Honda pun mengkonfirmasi soal comeback Marc Marquez ini. Meski begitu manajer Repsol Honda, Alberto Puig memastikan sang juara enam kali MotoGP itu tak akan tampil di sesi latihan bebas Jumat.

Puig pun mengakui kepulihan Marc Marquez mengejutkan semua pihak, termasuk Honda.

"Tak ada yang menyangka Marc Marquez akan tampil di MotoGP Andalusia," kata Puig seperti dikutip crash.

"Saat kecelakaan terjadi, kami sangat khawatir. Tentu dia harus operasi di Barcelona. Kami tahu dokter melakukan tugasnya dengan baik."

 

Diyakinkan Marquez

Ilustrasi persaingan Marc Marquez dan Valentino Rossi di MotoGP. (Robert MICHAEL / AFP)
Ilustrasi persaingan Marc Marquez dan Valentino Rossi di MotoGP. (Robert MICHAEL / AFP)

Puig menceritakan, Marquez sendiri yang meminta Honda untuk mencobanya kembali tampil di MotoGP Andalusia. Ini membuat tim mengundangnya kembali ke paddock.

"Setelah operasi, Marquez merasa sangat baik. Dia bilang kepada kami," saya merasa baik. Saya tidak kesakitan. Saya bisa gerakkan lengan." Kemungkinan syaraf rusak tidak terjadi," ujar Puig.

"Honda awalnya ingin melepaskan balapan ini dan coba di Brno. Namun setelah dokter bilang dia fit, kami akan coba dia pada Sabtu, tergantung bagaimana perasaannya, dia akan coba atau tidak balapan sama sekali."

 

Tergantung Tim

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez dalam balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).(AP Photo/David Clares)
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez dalam balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).(AP Photo/David Clares)

 Puig menegaskan pihaknya ogah ambil risiko dengan Marquez. Kalau dirasakan terlalu berisiko, Honda siap membatalkan balapan.

"Sejak akhir pekan lalu sampai hari ini, segala hal berlangsung begitu cepat. Sejujurnya kami sangat kaget."

Jadwal MotoGP Andalusia

Jumat, 24 Juli 2020

14.55-15.40 WIB Free Practice 1

19.10-19.55 WIB Free Practice 2

 

Sabtu, 25 Juli 2020

14.55-15.40 WIB Free Practice 3

19.10-19.25 WIB Kualifikasi 1

19.35-19.50 WIB Kualifikasi 1

 

Minggu, 26 Juli 2020

14.20-14.40 WIB Pemanasan

19.00 WIB Balapan

 

Link live streaming MotoGP

Hari ini, sesi latihan bebas pertama akan berlangsung. Dapatkan link live streamingnya pada tautan di samping ini, https://bit.ly/3hwBKlj.

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Kasual Nicole Parham, Simpel dan Stylish

Posted: 23 Jul 2020 09:15 PM PDT

Meski menggunakan busana kasual, akan tetapi penampilan dari Nichole tetap terlihat stylish. Ia juga lebih sering menggunakan makeup ataupun gaya rambut yang cukup simpel. (Liputan6.com/IG/@nicoleparham_)
Meski menggunakan busana kasual, akan tetapi penampilan dari Nichole tetap terlihat stylish. Ia juga lebih sering menggunakan makeup ataupun gaya rambut yang cukup simpel. (Liputan6.com/IG/@nicoleparham_)

Meski menggunakan busana kasual, akan tetapi penampilan dari Nichole tetap terlihat stylish. Ia juga lebih sering menggunakan makeup ataupun gaya rambut yang cukup simpel. (Liputan6.com/IG/@nicoleparham_)

Sering menggunakan busana kasual, Nicole Parham juga kerap memadukannya dengan outer untuk menambah detail. Tak hanya itu saja, Nicole juga beberapa kali menggunakan aksesoris tambahan seperti kacamata untuk gaya OOTDnya. (Liputan6.com/IG/@nicoleparham_)
Sering menggunakan busana kasual, Nicole Parham juga kerap memadukannya dengan outer untuk menambah detail. Tak hanya itu saja, Nicole juga beberapa kali menggunakan aksesoris tambahan seperti kacamata untuk gaya OOTDnya. (Liputan6.com/IG/@nicoleparham_)

Sering menggunakan busana kasual, Nicole Parham juga kerap memadukannya dengan outer untuk menambah detail. Tak hanya itu saja, Nicole juga beberapa kali menggunakan aksesoris tambahan seperti kacamata untuk gaya OOTDnya. (Liputan6.com/IG/@nicoleparham_)

Aktris muda satu ini juga lebih sering terlihat menggunakan sneakers bahkan ketika berlibur. Meski terkesan boyish, akan tetapi ia tetap menampilkan sisi manis dengan rambut terurai serta makeup natural. (Liputan6.com/IG/@nicoleparham_)
Aktris muda satu ini juga lebih sering terlihat menggunakan sneakers bahkan ketika berlibur. Meski terkesan boyish, akan tetapi ia tetap menampilkan sisi manis dengan rambut terurai serta makeup natural. (Liputan6.com/IG/@nicoleparham_)

Aktris muda satu ini juga lebih sering terlihat menggunakan sneakers bahkan ketika berlibur. Meski terkesan boyish, akan tetapi ia tetap menampilkan sisi manis dengan rambut terurai serta makeup natural. (Liputan6.com/IG/@nicoleparham_)

Gaya liburan Nicole Parham juga terkesan santai. Saat berkunjung ke Candi Borobudur, ia pun memilih menggunakan jumpsuit dan dipadukan dengan sneakers berwarna putih. (Liputan6.com/IG/@nicoleparham_)
Gaya liburan Nicole Parham juga terkesan santai. Saat berkunjung ke Candi Borobudur, ia pun memilih menggunakan jumpsuit dan dipadukan dengan sneakers berwarna putih. (Liputan6.com/IG/@nicoleparham_)

Gaya liburan Nicole Parham juga terkesan santai. Saat berkunjung ke Candi Borobudur, ia pun memilih menggunakan jumpsuit dan dipadukan dengan sneakers berwarna putih. (Liputan6.com/IG/@nicoleparham_)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Bedah 1.350 Rumah Tak Layak Huni di Kabupaten Bandung

Posted: 23 Jul 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyalurkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah kepada 1.350 rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Pada tahap I ini Program BSPS di Kabupaten Bandung sebanyak 1.350 unit dan dilaksanakan di 23 kecamatan. Kami harap dengan bantuan sebesar Rp 17,5 juta per unit rumah ini masyarakat bisa lebih bersemangat dalam membangun hunian yang layak huni," kata Direktur Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR KM Arsyad dalam keterangan tertulis, Jumat (24/7/2020).

Arsyad mengatakan, rumah swadaya yang diprakarsai oleh masyarakat sendiri tidak seluruhnya menjadi rumah yang layak huni. Hal tersebut menjadi tantangan bagi pemerintah untuk dapat menyediakan hunian yang layak.

"Penyediaan rumah layak huni bagi masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat saja, tapi juga pemerintah daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, pemda tentunya memiliki berbagai program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Salah satunya dengan meningkatkan akses terhadap tempat tinggal yang layak huni dan dilengkapi dengan prasarana yang memadai.

Lebih lanjut, Arsyad berharap program bedah rumah ini turut menjadi roda penggerak perekonomian warga di tingkat desa pada masa pandemi Covid-19. Masyarakat juga bisa mendapatkan lapangan pekerjaan sekaligus membangun rumahnya.

"Pelaksanaan program BSPS juga harus tetap berpedoman pada protokol kesehatan guna pencegahan penularan Covid-19," ujar dia.

Pemerintah Bedah 100 Rumah Tak Layak Huni di Manokwari Selatan

Kementerian PUPR bedah rumah 100 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat. (Foto: Kementerian PUPR)
Kementerian PUPR bedah rumah 100 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat. (Foto: Kementerian PUPR)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah kepada 100 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat.

Masing-masing rumah di bawah standar tersebut mendapat bantuan Rp 21 juta per unit sehingga bangunan rumah tersebut dapat ditingkatkan kualitasnya menjadi lebih layak huni.

"Alokasi dana bantuan per unit rumah sebesar Rp 21 juta. Jadi total bantuan yang akan disalurkan Kementerian PUPR untuk bedah rumah di Kabupaten Manokwari Selatan sebesar Rp 2,1 miliar," kata Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (PPP) Wilayah Papua II Yance Pabisa dalam keterangan tertulis, Jumat (17/7/2020).

Yance menerangkan, pelaksanaan program BSPS di daerah tersebut tersebar di distrik Oransbaru. Program bedah rumah di wilayah tersebut menjangkau tiga kampung, yakni Kampung Oransbari sebanyak 31 unit, Waroser sebanyak 30 unit, dan Mauri sebanyak 39 unit.

Secara keseluruhan, Kementerian PUPR awalnya mengalokasikan bedah rumah sebanyak 3.383 unit rumah. Jumlah yang mendapat bantuan bedah rumah tersebut kemungkinan akan bertambah jika pemerintah daerah setempat mengajukan usulan bantuan lagi.

Salah seorang penerima bantuan bedah rumah di Kampung Waroser, Ronald mengucapkan terimahkasih kepada Kementrian PUPR karena telah memberikan bantuan program BSPS kepada masyarakat papua Barat.

"Kami berharap tahun depan Distrik Oransbari kembali mendapat bantuan bedah rumah ini karena masih banyak masyarakat yang tinggal di rumah tidak layak huni," harapnya.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menristek Tekankan Pentingnya Pemanfaatan Teknologi di Era New Normal

Posted: 23 Jul 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro meminta seluruh anak Indonesia menyadari pentingnya mempelajari ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi demi masa depan bangsa Indonesia.

Menteri Bambang berharap sektor pendidikan Indonesia dapat berporos ke arah kurikulum modern yang menekankan teknologi.

"Model pendidikan saat ini sedang mempersiapkan anak-anak kita untuk bekerja di era ekonomi baru dengan bisnis digital, dimana masa depan akan lebih berpusat pada manusia dan layanan kreatif yang beroperasi melalui saluran yang sarat digital. Jenis pekerjaan tertentu akan punah, jadi kita perlu beradaptasi," ujar Menristek dalam keterangannya, Jumat (23/7/2020).

Lebih lanjut dia mengatakan, meskipun dalam kondisi pandemi seperti saat ini, Bambang mengharapkan anak-anak Indonesia tetap produktif dengan memanfaatkan waktu di rumah untuk melakukan hal positif, kreatif dan Inovatif.

Oleh karena itu, dia meminta kontribusi seluruh lapisan masyarakat, termasuk orang tua dan guru berjuang bersama untuk menjalankan adaptasi kebiasaan baru. 

"Jangan jadikan kondisi ini sebagai halangan anak-anak Indonesia untuk meraih mimpi dan cita-cita, jadikan ini tantangan dan kesempatan. Jadikan waktu luang untuk terus belajar dan mengembangkan diri untuk hal-hal positif, kreatif, dan inovatif," jelas Menristek Bambang PS Brodjonegoro. 

Jadikan Pandemi sebagai Lompatan Riset

Sebelumnya, Bambang juga mengatakan momentum pandemi Covid-19 harus dijadikan sebagai lompatan untuk riset dan inovasi Indonesia naik kelas.

"Jadikan momentum Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 sebagai upaya untuk membuat riset dan inovasi Indonesia naik kelas," kata Menristek/Kepala BRIN Bambang dalam acara virtual di Jakarta, Jumat, 10 Juli 2020.

Saat ini banyak dibutuhkan inovasi dan teknologi yang mendukung percepatan penanganan Covid-19 dan kesiapan masyarakat dalam menjalani masa adaptasi kebiasaan baru.

Menristek Bambang menuturkan dengan momentum Covid-19 maka riset dan inovasi akan mendapat perhatian lebih dari masyarakat karena mampu menjawab kebutuhan dalam negeri.

Jika sebelum pandemi Covid-19, riset dan inovasi bangsa masih kurang dilirik, maka saat inilah menjadi peluang besar di mana pemerintah, peneliti, industri dan seluruh pemangku kepentingan semakin berkolaborasi untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi untuk mengatasi masalah pandemi.

Oleh karena itu, para peneliti dan akademisi harus menghasilkan riset dan inovasi yang benar-benar dibutuhkan masyarakat dan menjadi kebanggaan bangsa dan negara Indonesia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detail Cincin Tunangan Demi Lovato yang Ditaksir Seharga Rp14 Miliar

Posted: 23 Jul 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anda tak perlu melihat dari dekat untuk menyadari kehadiran cincin tunangan yang melingkar di jari manis Demi Lovato. Saat mengumumkan telah bertunangan dengan kekasihnya, Max Ehrich, penyanyi 27 tahun ini membagikan sejumlah foto berlatar pantai.

Di setiap potret, di mana tangan kiri Lovato tampak, cincin berlian berupa potongan zamrud yang diapit berlian beraksen trapesium bakal langsung menyita perhatian. Melansir laman E! News, Jumat (24/7/2020), menurut empat ahli perhiasan, cincin bertakhta berlian tujuh dan 10 karat tersebut diestimasikan bernilai miliaran rupiah.

"Berlian di bagian tengah tampak seperti 10 karat," ucap Jenny Luker, President Platinum Guild International USA. "Karena berliannya hadir bersama platinum, padanannya kian berkilau! Bagian itunya saja kira-kira bernilai 500 ribu dolar Amerika (Rp7 miliar)."

Andrew Brown, CEO WP Diamonds, mengatakan bahwa berlian di inti cincin tunangan itu setidaknya bernilai 10 karat. Tampilannya dipadankan dengan dua karat berlian berpotongan trapesium di kedua sisi. "Cincin dengan ukuran tersebut bakal dijual mendekati satu juta dolar Amerika (Rp14,6 miliar)," katanya.

"Bila itu (keluaran) Harry Winston, cincin ini bahkan bisa dijual mendekati harga 2,5--3 juta dolar (Rp36 miliar--Rp44 miliar)," imbuhnya.

Sementara menurut Kathryn Money, SVP Merchandising and Retail Expansion Brilliant Earth, berlian berpotongan zamrud diestimasikan bernilai delapan hingga 10 karat. Berpadan aksen lainnya, cincin tunangan Demi Lovato diperkirakan total antara 9,5 hingga 11,5 karat.

Sementara untuk harga, Money mengatakan, cincin tersebut dibanderol lebih dari 850 ribu dolar Amerika (Rp12 miliar). "Tergantung kualitas dan karakteristik spesifik dari berlian di bagian tengah, kami mengestimasi cincin tersebut seharga antara 450 ribu hingga 850 ribu dolar Amerika (Rp6,6 miliar-Rp12 miliar)," tuturnya.

 

Mirip Cincin Meghan Markle

Cincin Pertunangan Demi Lovato (Instagram/ ddlovato, foto oleh: Angelo Kritikos - @angelokritikos)
Cincin Pertunangan Demi Lovato (Instagram/ ddlovato, foto oleh: Angelo Kritikos - @angelokritikos)

Berdasarkan pernyataan Shannon Delany-Ron, Director Communications JamesAllen.com, berlian di bagian tengah diperkirakan merupakan perhiasan tujuh karat. Estimasi harga cincinnya berkisar antara 250 ribu--300 ribu dolar Amerika (Rp3,6 miliar-Rp4,4 miliar).

Delany-Ron pun menjelaskan kemungkinan detail dari desain cincin tunangan Demi Lovato. "Tiga berlian seperti cincin Demi punya arti simbolis dan merepresentasi hubungan masa lalu, sekarang, juga masa depan," ucapnya.

Perihal potongan gaya keseluruhan perhiasan tersebut, para ahli perhiasan menyandangkannya pada cincin serupa milik Meghan Markle dengan tiga berlian. Kemudian, Jennifer Lopez, Amal Clooney, Jennifer Lawrence, dan Beyonce yang semuanya punya cincin tunangan berpotongan zamrud.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan Ulang Tahun, Yamaha Berikan Diskon Menarik

Posted: 23 Jul 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Merayakan ulang tahun di bulan Juli, Yamaha memberikan berbagai program spesial melalui dealer resminya di Indonesia.

"Masih dalam suasana ulang tahun Yamaha di bulan ini, kami mengajak konsumen untuk ikut merasakan kegembiraannya dengan berbagai program spesial untuk konsumen di era new normal," kata Frengky Rusli, Chief DDS 1 PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Salah satu program yang menarik perhatian ialah Yamaha Anniversary Festival. Bekerja sama dengan salah satu startup Indonesia, program ini memberikan kesempatan bagi konsumen untuk mendapatkan harga spesial saat melakukan pembelian.

Selain diskon 10 persen terdapat juga potongan harga hingga Rp2 juta bagi seluruh masyarakat di Tanah Air. Program ini berlaku mulai 20 Juli hingga 31 Juli 2020 untuk pembelian secara online.

Penawaran khusus lainnya ialah potongan produk apparel dan aksesoris hingga 40 persen. Hal ini senada dengan perayaan ke-46 PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Produk aksesori Yamaha yang mendapatkan potongan harga ialah top box kit case, produk apparel 46 seperti tas VR 46, dan pit shirt 46.

Yamaha Siapkan Motor Sport 250 Cc 4 Silinder untuk Indonesia?

Salah satu berita besar di industri roda dua dalam 12 bulan terakhir, adalah Kawasaki yang meluncurkan motor sport 250 cc empat silinder terbarunya, ZX-25R. Namun, saat ini, tampaknya pabrikan lain juga mulai panas untuk mengembangkan pesaingnya, termasuk Yamaha.

Melansir Visordown, kabarnya, pabrikan berlambang garpu tala tersebut tengah mengembangkan motor sport 250 cc empat silinder, yang bakal hadir sebagai YZF-R25M.

Belum ada konfirmasi resmi terkait rumor tersebut, meskipun kabarnya datang dari Indonesia, sebagai negara yang yang sudah mulai meniagakan ZX-25R.

Tidak hanya Yamaha, Honda juga kabarnya tengah menyiapkan model yang sama, yang akan hadir sebagai CBR250RR-R.

Jika Yamaha benar-benar mengembangkan model tersebut, kemungkinan besar motor ini akan memiliki spesifikasi tertinggi, dan berorientasi sebagai motor balap atau sirkuit, dengan nama M sebagai penanda hal tersebut.  

Di Mana Bakal Diluncurkan?

Kabar menyedihkan bagi penggemar motor sport di Eropa, karena sebagian besar pabrikan yang hendak memproduksi model bermesin 250 cc empat silinder ini tidak akan mengincar pasar Benua Biru. Negara yang akan disasar, adalah Asia yang menjadi pasar menguntungkan untuk model tersebut, seperti Indonesia dan Selandia Baru.

Sedangkan untuk Kawasaki ZX-25R sendiri, pabrikan 'Geng Hijau' ini telah menyatakan akan meluncurkan di pasar lain juga, setelah melakukan peluncuran awal di Asia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Rayakan Gelar Juara Liga Inggris, James Milner Ketahuan Ejek MU

Posted: 23 Jul 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool- Liverpool merayakan gelar juara Liga Inggris pada Rabu atau Kamis (23/7/2020) dini hari WIB lalu. Liverpool mengakhiri dahaga setelah menanti 30 tahun.

Saat selebrasi, pemain Liverpool tampak bersuka cita bahkan cenderung lepas kendali. Seperti yang dilakukan gelandang Liverpool James Milner yang ketahuan ejek Manchester United (MU) dengan kata-kata kotor.

Lewat video diketahui, gelandang senior Liverpool itu menyebut MU sampah. Video itu diambil oleh Giorgio Wijnaldum saat pemain akan menerima medali juara Liga Inggris.

"Ini pertama kalinya saya menginginkan tali medali warna merah. Sebelumnya ini jadi ciri khas MU. Sampah," ujarnya seperti yang terekam di vidio.

Tampak pula Adam Lallana yang tertawa yang mendengarkan celotehan Milner saat pemain Liverpool akan menerima medali.

 

Mendarah Daging

Para pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak oleh James Milner, ke gawang Everton pada laga Piala FA di Stadion Anfield, Jumat, (5/1/2017). Liverpool menang 2-1 atas Everton. (AP/Rui Vieira)
Para pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak oleh James Milner, ke gawang Everton pada laga Piala FA di Stadion Anfield, Jumat, (5/1/2017). Liverpool menang 2-1 atas Everton. (AP/Rui Vieira)

James Milner memang besar sebagai lawan untuk MU. Selain pernah memperkuat Man City, dia memulai kariernya di Leeds United yang juga dikenal sebagai rival berat MU.

Milner juga pernah membela Aston Villa dan Newcastle sebelum gabung City pada 2010 lalu.Dia jadi juara Liga Inggris dengan City pada 2012.

Liverpool akan menghadapi laga terakhirnya melawan Newcastle pada Minggu (26/7/2020). The Reds bisa kalahkan jumlah poin 97 musim lalu, tapi tak bisa mencapai 100 poin.

 

Tak Berhenti

Sementara itu, Jurgen Klopp mengaku Liverpool tak akan berhenti sampai disini saja. Mereka akan terus mengejar juara.

"Kami tak akan pernah berhenti, tak akan pernah berhenti. Kami punya tantangan, kami bisa lebih baik," ujarnya.

Saksikan video Liverpool berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Viral Struk Makanan Capai Rp 135 Juta, Tuai Beragam Komentar Warganet

Posted: 23 Jul 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini sebuah foto struk makanan yang mencapai Rp 135 juta dalam satu kali makan beredar hingga menjadi perbincangan viral di lini masa Twitter.

Tentu saja unggahan tersebut membuat banyak orang kaget hingga menuai beragam komentar warganet.

Artikel tentang viralnya struk makanan yang mencapai angka Rp 135 juta tersebut menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang 3 zodiak yang dikatakan paling setia pada pasangannya.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang harapan warganet di Hari Anak Nasional 2020.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Viral Struk Makanan Capai Rp135 Juta, Warganet: Makan Kayak Bayar Haji

Struk Belanja / Sumber: iStockphoto
Struk Belanja / Sumber: iStockphoto

Ada berbagai makanan yang memiliki harga hingga puluhan juta rupiah di dunia. Tentunya di balik harganya yang mahal, terdapat hidangan makanan yang super lezat sehingga makanan tersebut menjadi mahal.

Makanan yang memiliki rasa enak dan dijadikan sebagai menu istimewa umumnya akan memiliki harga yang lebih tinggi dari makanan biasanya. Meski begitu, makanan dan minuman tersebut tetap saja laku dijual dan banyak peminatnya.

Selengkapnya…

2. Patut Dipertahankan, 3 Zodiak Ini Dikatakan Paling Setia pada Pasangannya

ilustrasi pasangan/copyright unsplash/@sarahgracesharp
ilustrasi pasangan/copyright unsplash/@sarahgracesharp

Bagi sebagian orang "kesetiaan" nampaknya hanya sebuah kata yang harus ada dalam setiap hubungan, tapi bagi sebagian lain kata ini memiliki makna yang lebih dalam.

Ketika pertama kali melangkah ke dalam suatu hubungan baru, Anda mungkin sering bertanya-tanya apakah pasangan Anda akan setia. Pasalnya semua orang tentu ingin mendapatkan pasangan yang tak hanya tulus mencintai tapi juga setia.

Selengkapnya…

3. Selamat Hari Anak Nasional 2020, Begini Ucapan dan Harapan Warganet

Ilustrasi anak-anak pelajar SD yang tengah masa pengenalan sekolah di Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Ilustrasi anak-anak pelajar SD yang tengah masa pengenalan sekolah di Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Setiap tanggal 23 Juli di Indonesia diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Peringatan Hari Anak Nasional ini menjadi momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh masyarakat Indonesia terhadap anak-anak agar bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial, tampak memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional dengan berbagai unggahan.

Selengkapnya…

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erajaya Mulai Jual Vacuum Cleaner Roidmi dari Xiaomi

Posted: 23 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Erajaya dan Roidmi, sebuah perusahaan dari Xiaomi yang berfokus pada peralatan Smart Home, menjual vacuum cleaner Roidmi di Indonesia. Penjualan dilakukan melalui platform eraspace.com.

Direktur Erajaya Group Djohan Sutanto mengatakan, produk Roidmi telah mendapatkan pengakuan internasional dan penghargaan berkelas, terutama untuk kategori desain.

"Kami yakin, kehadiran dari vacuum cleaner Roidmi yang inovatif ini akan diterima baik oleh masyarakat Indonesia. Kami membuka penjualan produk ini ekslusif hanya di eraspace.com dengan berbagai promosi menarik khusus untuk Konsumen kami," kata Djohan dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com.

Di Indonesia, vacuum cleaner Roidmi hadir dalam beberapa produk seperti portable cordless vacuum cleaner P1 yang dibanderol Rp 799 ribu.

Berbagai Jenis Vacuum Cleaner Roidmi

Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani
Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Kemudian ada Roidmi S1E Special yang dijual seharga Rp 3,9 jutaan, Roidmi S1E yang dijual Rp 3,1 juta, dan Roidmi X20 cordless vacuum cleaner yang dijual Rp 6 juta.

Perwakilan Roidmi Internasional John Wang mengatakan, seri vacuum cleaner Roidmi pertama kalinya dijual ke Indonesia atas kerja sama dengan Erajaya Group.

"Kami berharap rangkaian peralatan smart home Roidmi dapat berkembang dan menduduk pasar Indonesia di bawah promosi multi-channel Erajaya Group. Kami juga berharap bisa membangun kerja sama yang saling menguntungkan," tutur John.

Promo Cashback dan Gratis Ongkir

Suasana di lantai 1 kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing, Tiongkok. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani
Suasana di lantai 1 kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing, Tiongkok. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Lebih lanjut, vacuum cleaner Roidmi akan tersedia di seluruh outlet Urban Republic mulai 27 Juli 2020. Xiaomi memberikan promo, di mana, konsumen yang melakukan pembelian perdana di eraspace.com akan mendapatkan cashback Rp 150 ribu untuk member premium Eraclub.

Konsumen juga mendapatkan gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia dan cicilan 0 persen hingga 12 bulan menggunakan kartu kredit BCA, BNI, BRI, CIMB, Citibank, DBS, dan Mandiri.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

30 Tahun Bisnis Narkoba, Mak Gadi Punya 4 Rumah Mewah Dikelilingi CCTV

Posted: 23 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Polres Indragiri Hulu membentuk tim gabungan dari Reserse Kriminal dan Reserse Narkoba untuk mengusut kekayaan Mak Gadi. Wanita 61 tahun sudah menggeluti bisnis narkoba sejak tahun 1990 sehingga diduga banyak aset yang diperolehnya.

Menurut Kapolres Indragiri Hulu Ajun Komisaris Besar Efrizal, Mak Gadi bakal dikenakan pidana tambahan selain Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Apakah nantinya bisa digeser ke tindak pidana pencucian uang (TPPU)," kata Efrizal, Kamis siang, 23 Juli 2020.

Efrizal menjelaskan, Mak Gadi punya rumah mewah di Desa Kuantan Babu, Kecamatan Rengat. Di belakang rumahnya ada beberapa rumah untuk anak serta menantu yang juga ikut menjadi bandar serta pengedar narkoba.

"Ada empat rumah di situ, sekelilingnya ada CCTV," ucap Efrizal.

Efrizal menjelaskan, Mak Gadi sudah berjualan narkoba sejak suaminya masih hidup 30 tahun lalu. Dia pun melanjutkan bisnis itu bersama anak beserta menantu ketika pasangan hidupnya tersebut meninggal dunia.

Informasi diperoleh, narkoba jenis sabu masuk ke rumahnya dalam jumlah kiloan. Barang haram itu langsung dipecah menjadi paket kecil lalu disebar ke pengedar lain, termasuk keluarganya.

Meski berjualan, Mak Gadi tidak selalu mengonsumsi narkoba. Hal ini berbeda dengan anak dan menantunya karena hasil tes urine mereka positif narkoba.

"Mak Gadi ini urinenya negatif, dari mana narkoba yang dijualnya dia masih tutup mulut," sebut Efrizal.

Warga Resah

Menurut Efrizal, masyarakat di desa itu berterima kasih kepada Polres karena sudah menangkap Mak Gadi. Pasalnya selama ini, warga setempat resah dengan kelakuan keluarga Mak Gadi.

"Apalagi selama ini jarang tersentuh, makanya masyarakat antusias," ucap Efrizal.

Dalam kasus ini, satu anak Mak Gadi ditetapkan sebagai buron. Dia berhasil lolos ketika petugas datang mendobrak satu per satu komplek rumah Mak Gadi.

"Mak Gadi sendiri ditangkap di kamar mandi setelah membuang barang bukti. Sabu dan tembakau gorila ada yang ditemukan di septic tank," kata Efrizal.

Mak Gadi ditangkap pekan lalu di rumahnya setelah langganannya ditangkap polisi. Dia ditangkap bersama dua anak dan tiga menantunya. Satu anaknya saat ini dinyatakan buronan.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Uji Klinis Calon Vaksin Virus Corona Covid-19 Hanya di Indonesia

Posted: 23 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di Facebook postingan terkait vaksin virus corona covid-19. Postingan tersebut banyak dibagikan sejak awal pekan ini.

Salah satunya adalah akun @AhmadGhozali yang memposting foto tersebut pada, Selasa (21/7/2020). Postingan tersebut sudah dibagikan sebanyak 49 kali dan mendapat 20 komentar.

Unggahan foto tersebut disertai dengan narasi:

"Dalam Sejarah Pemimpin Dunia, Hanya Di Rezim Saat ini Yang Bahagia Melihat Rakyatnya Akan Di jadikan Kelinci Percobaan Vaksin Corona Dari China, Sedangkan China Sendiri Tak menguji Coba Pada Rakyatnya Sendiri.

Apakah ini bagian dari konspirasi jahat dari pejabat penghianat !!Sangat Miris ...."

Kemudian pada bagian foto juga terdapat tulisan, "konspirasi jahat dari pejabat penghianat."

Lalu benarkah klaim bahwa vaksin virus corona covid-19 hanya diuji coba di luar China, khususnya Indonesia?

 

 

Penelusuran fakta:

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan mengetik kata kunci "vaksin sinovac diuji di Indonesia." di mesin pencarian Google.

Hasilnya ada beberapa artikel yang muncul seperti dari situs Antaranews.com yang menuliskan artikel berjudul, "Ahli: Uji Klinis Tahap Tiga Tentukan Efektivitas Vaksin di Indonesia."

Isinya sebagai berikut:

"Yogyakarta (ANTARA) - Ahli mikrobiologi dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Tri Wibawa menyebutkan uji klinis tahap tiga untuk vaksin kerja sama antara Bio Farma dan Sinovac Biotech, China, akan menentukan efektivitas di Indonesia.

"Dari uji klinis fase tiga ini nantinya bisa dilihat apakah itu cukup aman dan bisa membangun antibodi untuk bisa melindungi orang Indonesia atau tidak," kata Tri Wibawa melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Kamis.

Guru Besar UGM ini menjelaskan ada empat tahap dalam uji klinis vaksin. Pada uji klinis fase satu, vaksin diujicobakan pada populasi lima sampai 50 orang yang tidak berisiko terinfeksi COVID-19. Uji coba dilakukan untuk mengetahui aspek keamanan dan kemampuan dalam menimbulkan kekebalan.

Lalu uji klinis fase dua dilakukan dengan tujuan yang sama seperti pada fase satu. Hanya saja, pada fase tiga diujicobakan pada populasi yang lebih besar, yakni antara 25-1.000 orang dan populasi yang telah terjadi transmisi lokal.

Berikutnya, pada uji klinik fase tiga diujikan pada populasi 100-10.000 orang yang memiliki risiko untuk terinfeksi untuk melihat efektivitas vaksin dalam mencegah infeksi virus corona jenis baru itu.

"Jadi uji klinis fase satu dan dua sudah dilakukan di China. Lalu fase tiga ini dilakukan pada populasi yang spesifik akan dilindungi, yakni Indonesia, dilihat cukup aman dan bisa melindungi atau tidak. Kalau ternyata hasilnya tidak efektif maka BPOM tidak akan mengeluarkan izin edar ke masyarakat," kata dia.

Apabila vaksin lolos pada fase tiga, maka dilanjutkan dengan uji klinis fase empat. Pada fase ini dilakukan monitoring untuk melihat efek jangka panjang vaksin (post marketing surveillance). Jika saat peredaranya di masyarakat muncul efek samping, maka vaksin akan ditarik kembali.

Tri Wibawa mengatakan ada perbedaan urutan genom virus corona SARS-Cov-2 yang ada di China dan Indonesia. Kendati begitu, dia berharap virus masih merangsang respons imun yang sama. Dia mencontohkan pada vaksin Bacillus Calmette-Gurin (BCG) yang dikembangkan untuk infeksi tuberkolosis (TBC).

"Misalnya pada BCG itu bukan tuberkolosis, tapi spesies lain karena memiliki sifat sama dalam menimbulkan respons kekebalan pada manusia. Bisa merangsang proses respons imun yg sama. Nah ini yang harus dibuktikan juga, maka ada studi fase tiga ini," kata dia.

Selama belum diperoleh vaksin dan obat untuk COVID-19, Tri Wibawa mengimbau masyarakat untuk selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan, mulai dari menjalankan phyisical dan social distancing, memakai masker, dan menerapkan gaya hidup sehat.

"Selama belum ada vaksin dan obat yang efektif, jalan satu-satunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," kata dia."

Selain itu ada pula artikel dari Liputan6.com berjudul, "Tiba di Indonesia, Ini Deretan Fakta Vaksin Covid-19 Sinovac China." isinya antara lain sebagai berikut:

"Indonesia ikut terlibat dalam uji klinis vaksin Virus Corona Covid-19. Pemerintah melalui BUMN PT Kimia Farma (Persero) bekerja sama dengan perusahaan China, yakni Sinovac Biotech.

Uji klinis ini merupakan tahap 3 ke manusia. Universitas Padjajaran juga turut berperan dalam uji coba ini dan menyebut ada 1.620 sukarelawan yang dicari.

"Begitu Komite Etik sudah oke, kita akan jalan," kata Ketua Tim Riset Fakultas Kedokteran Unpad Kusnandi Rusmil seperti dikutip dari laman resmi unpad.ac.id.

Vaksin Virus Corona tersebut bakal disuntikkan dua kali ke tubuh relawan per 14 hari. Secara berkala, tim akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap setiap relawan. Pemantauan relawan dilakukan selama 7 bulan.

Jalannya uji coba klinis vaksin itu berbeda di tiap negara. Berdasarkan laporan Gulf News pada Kamis, 26 Juli lalu, Uni Emirat Arab bekerja sama dengan BUMN China yang bergerak di bidang farmasi, yakni Sinoparm.

Otoritas kesehatan negara itu mengeluarkan izin untuk mencari 15 ribu sukarelawan untuk uji vaksin Corona Covid-19.

Kementerian Kesehatan UEA mencari sukarelawan berusia 18-60 tahun yang sebelumnya tak pernah kena Corona Covid-19. Penderita kanker atau defisiensi imun tidak dapat ikut serta.

Sementara itu, Media China Global Times melaporkan bahwa Brasil menyiapkan 9.000 untuk mencoba vaksin Virus Corona Covid-19. Pada uji di Brasil, orang tua di atas 60 tahun boleh ikut serta.

Kelompok dibagi menjadi dua, yakni orang dewasa berusia 18-59 tahun dan lansia di atas 60 tahun. Perkembangan mereka akan di-follow up selama setahun.

Uji klinis ini akan dilaksanakan di 12 fasilitas kesehatan di berbagai daerah Brasil. Brasil tak hanya melakukan uji coba vaksin dari China, namun dari Universitas Oxford yang juga menunjukan potensi sukses.

Terakhir, Bangladesh mencari 2.100 sukarelawan untuk mencoba vaksin dari Sinovac. Persetujuan diberikan oleh Komite Etika Penelitian Nasional di Bangladesh yang melihat ada potensi dari vaksin Sinovac.

Uji klinis di Bangladesh akan dilakukan di tujuh rumah sakit, demikian laporan New Indian Express."

Website lain yakni Abcnews.com juga menuliskan artikel soal vaksin buatan Sinovac ini berjudul, "China company says its vaccine could be complete by autumn."

Dalam artikel tersebut menjelaskan bahwa fase 1 dan 2 telah dijalankan di China dengan sukses. "Kami telah sukses uji klinis fase 1/2 dengan 743 sukarelawan berusia dari 18-59 tahun. Ada 143 sukarelawan dalam fase 1 dan 600 sukarelawan pada fase 3. Hasilnya kandidat vaksin mampu memberikan respons positif dan tidak ada efek samping," ujar Helen Yang, Direktur Senior Hubungan Investor Sinovac Biotech seperti dilansir Abcnews.com.

Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Kesimpulan:

Klaim yang menyebut bahwa Indonesia hanya menjadi kelinci percobaan vaksin corona dari China adalah salah. Faktanya selain Indonesia beberapa negara lain seperti Brasil, Bangladesh, dan Turki juga mengadakan uji klinis tahap 3 untuk calon vaksin covid-19 dari Sinovac.

Selain itu klaim yang menyebut bahwa China tidak menguji calon vaksin di negaranya sendiri adalah salah. Pasalnya pada fase 1 dan 2 uji klinis dilakukan di China dan menggunakan sukarelawan di sana.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi AC Milan Vs Atalanta: Mantapkan Posisi ke Liga Europa

Posted: 23 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta AC Milan harus fokus untuk menyelesaikan tiga laga tersisa untuk memantapkan posisi ke Liga Europa. Tren bagus yang dibawa Stefano Pioli harus dituntaskan hingga akhir musim.

AC Milan saat ini berada di posisi keenam, atau posisi terakhir untuk masuk zona Liga Europa. Meski begitu, posisi ini belum aman.

Napoli bisa saja menyalip kalau AC Milan tidak konsisten untuk menghadapi sisa musim. Praktis hanya AS Roma, Milan dan Napoli yang kini berebut untuk posisi enam besar.

Melihat tren permainan AC Milan yang ciamik, kemenangan bisa saja didapatkan. Meski hal itu cukup berat karena menghadapi klub peringkat dua klasemen Atalanta di San Siro, Sabtu (25/7/2020) dini hari WIB nanti.

Atalanta bisa jadi ganjalan karena konsistensi mereka saat main di laga tandang. Bagaimana AC Milan menghadapi ini?

 

Konsistensi

Pemain AC Milan merayakan gol yang dicetak Ante Rebic ke gawang Juventus pada laga lanjutan Serie A pekan ke-31 di Stadion San Siro, Rabu (8/7/2020) dini hari WIB. AC Milan menang 4-2 atas Juventus. (AFP/Miguel Medina)
Pemain AC Milan merayakan gol yang dicetak Ante Rebic ke gawang Juventus pada laga lanjutan Serie A pekan ke-31 di Stadion San Siro, Rabu (8/7/2020) dini hari WIB. AC Milan menang 4-2 atas Juventus. (AFP/Miguel Medina)

Bicara konsistensi, AC Milan memang menemukan ini bersama Stefano Pioli. Sejak 2020, Milan hanya menuai dua kekalahan saja.

Dua kekalahan itu terjadi saat melawan Inter Milan dan Genoa. Sedangkan klub besar lain sudah menerima efek Pioli seperti Juventus yang takluk dengan pasukan muda Rosoneri.

Dipimpin striker gaek Zlatan Ibrahimovic, AC Milan seperti menemui tambahan tenaga untuk bangkit.

"Saya percaya pada pekerjaan yang telah kami lakukan, saya yakin pada kualitas AC Milan dan kemampuannya untuk meraih kemenangan," kata Stefano Pioli.

 

Hasil AC Milan

 

Berikut hasil fantastis AC Milan di 7 pertandingan terakhir:

Lecce 1-4 AC Milan

AC Milan 2-0 AS Roma

AC Milan 4-2 Juventus

Napoli 2-2 AC Milan

AC Milan 3-1 Parma

AC Milan 5-1 Bologna

Sassuolo 1-2 AC Milan

Saksikan video AC Milan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: