Sabtu, 04 Juli 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Hal Remeh yang Justru Harus Dikerjakan Ulang Saat Bikin Mobil Biasa Jadi Ambulans

Posted: 04 Jul 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di masa pandemi Covid-19, permintaan untuk mobil ambulans diklaim cukup tinggi. Pasalnya, banyak instansi baik pemerintah maupun swasta tengah membutuhkan kendaraan pengangkut pasien atau jenazah.

Hal tersebut, dimanfaatkan dengan baik oleh berbagai agen pemegang merek (APM) di Indonesia, dan salah satunya PT Sokonindo Automobile (DFSK). Jenama asal Cina ini, resmi menawarkan mobil ambulans yang didasarkan pada model Super Cab.

Mengubah mobil pikap menjadi ambulans ini, DFSK menggandeng karoseri PT Ambulance Pintar Indonesia (API).

Dijelaskan Branch Manager API, Ari Cukmata, untuk membuat satu ambulans memang memerlukan waktu yang lebih lama dibanding mobil biasa di pabrikan.

"Pengerjaan ambulans itu, waktu tercepat 45 hari kerja atau sekitar 1,5 bulan untuk membuat satu unit standar," jelas Ari saat konferensi pers secara virtual, belum lama ini.

Di karoseri, pengerjaan ambulans meliputi rancang ulang kabin, membuat desain untuk peralatan medis sesuai permintaan pelanggan, hingga membuat bodinya jika menggunakan model pikap sebagai basisnya, sedangkan jika dari mobil penumpang tidak dibutuhkan.

Pemasangan Stiker Paling Sulit

Sementara itu, dalam pembuatan mobil ambulans sendiri, kesulitan bukan terletak dari segi teknis, tapi justru dari bagian yang sering dianggap remeh, yaitu pemasangan stiker dan logo perusahaan atau instansi yang melakukan pemesanan.

"Biasanya yang susah itu desain stiker atau logo. Kadang terjadi tidak kesesuaian warna atau logo, lalu tulisan yang berakibat dua sampai tiga kali kerja. Bahkan, stiker yang sudah kami setting di kendaraan bisa mengalami perubahan. ini yang rumit," pungkasnya.

DFSK Tawarkan Ambulans Berbasis Super Cab

Di masa pandemi seperti saat ini, kebutuhan akan mobil ambulans untuk melayani pasien Covid-19 meningkat. Melihat peluang ini, PT Sokonindo Automobil (DFSK) menawarkan ambulans berbasis Super Cab.

Ambulans DFSK diklaim lebih unggul, tangguh, dan efisien serta dimensi yang lebih besar dibanding ambulans yang sudah ada.

Dijelaskan Denny Perdana, Area Sales Manager PT Sokonindo Automobile, pihaknya melihat ada kebutuhan konsumen di segmen kendaraan ambulans untuk menunjang kegiatan medis di Indonesia yang semakin memebesar belakangan ini.

"Kami sebagai produsen kendaraan yang selalu berinovasi dengan berorientasi melayani konsumen coba hadirkan ambulans dengan rancang bangun yang sudah teruji dari DFSK Super Cab dan fasilitas kesehatan yang sesuai dengan standar fasilitas ambulans," ujar Denny dalam konfrensi secara online, Kamis (2/7/2020).

Pengerjaan ambulans DFSK Super Cab ini menggandeng karoseri Ambulance Pintar Indonesia (API) yang memiliki spesialisasi pembuatan ambulans sejak 2011.

DFSK Super Cab Ambulans menawarkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan sehari-hari para tenaga medis.

Baik fitur-fitur yang ada di eksterior dan interior sudah lengkap dengan beragam fitur yang semuanya dirancang sesuai dengan standar sebuah kendaraan ambulans.

Kelengkapan Ambulans

DFSK Super Cab Ambulans dilengkapi dengan ranjang pasien yang juga dilengkapi dengan rel untuk mempermudah mengeluarkan/memasukan ranjang pasien ke mobil, lampu periksa, tempat duduk perawat dengan box peralatan, gantungan infus model geser, oksigen BSS system, hingga sekat pemisah antara kabin pengemudi dengan kabin pasien.

Bahkan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas pasien Covid-19, DFSK Super Cab Ambulans dilengkapi dengan stretcher isolator yang aman bagi pasien dan tenaga medis yang bertugas.

Tidak cuma sampai di situ saja, DFSK juga sudah mempersiapkan garansi untuk menjaga kualitas kendaraan DFSK Super Cab Ambulans agar tetap bisa beroperasi prima.

Setiap pembelian DFSK Super Cab Ambulans, mobil ini akan mendapatkan garansi peralatan yang ada di dalamnya selama satu tahun, dan garansi kendaraannya selama tiga tahun atau 120.000 kilometer (tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu).

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Pasien Positif Covid-19 di RSD Wisma Atlet Jadi 667 Orang

Posted: 04 Jul 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pasien rawat inap terkait virus Corona atau Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat berjumlah 667 orang pada Minggu (5/7/2020). Data ini diterima hingga pukul 08.00 WIB pagi.

Kepala Penerangan Kogabwilhan-I Kolonel Marinir Aris Mudian menyebut, terjadi penambahan pasien rawat inap sebanyak 14 orang di RSD Wisma Atlet.

"Dari 653 menjadi 667 orang pasien rawat inap," tutur Aris dalam keterangannya.

Jumlah 667 pasien tersebut terdiri dari 349 pria dan 318 wanita. Menurut Aris, pasien yang positif di RSD Wisma Atlet berdasarkan hasil swab sebanyak 648 orang. Sementara yang reaktif dari hasil rapid test sebanyak 19 orang.

"PDP dan ODP masih nihil," jelas dia.

Tak hanya di RSD Wisma Atlet, Aris juga menyampaikan data terbaru pasien sembuh COVID-19 yang dirawat di RS Khusus Infeksi di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

RSKI Pulau Galang mencatat pasien rawat inap sebanyak 104 orang (72 pria dan 32 perempuan), terdiri atas 21 pasien positif COVID-19, 13 orang PDP, dan ODP sebanyak 70 orang.

Adapun pasien rawat inap di RS Khusus Infeksi Pulau Galang sebanyak 104 orang, terdiri dari 72 pria dan 32 wanita.

Rekapitulasi mulai 12 April-5 Juli 2020, pasien terdaftar sebanyak 343 orang, dan 237 pasien sudah diperbolehkan pulang atau memilih isolasi mandiri.

Ada dua pasien yang memerlukan rujukan ke RS lain, sementara pasien yang meninggal dunia nihil.

Diresmikan Jokowi

Wisma Atlet Kemayoran resmi difungsikan sebagai RS Darurat Covid-19 oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 23 Maret 2020 yang memiliki total kapasitas untuk menampung 12 ribu orang.

Sedangkan RSKI Pulau Galang yang dibangun sejak 9 Maret 2020 untuk mengantisipasi melonjaknya pasien Covid-19 di Indonesia, telah diresmikan operasionalnya pada 6 April 2020.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku saat Pandemi, Bisa Dijual Online

Posted: 04 Jul 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jenis usaha kuliner yang paling laku bisa menjadi peluang di masa pandemi. Kuliner merupakan jenis usaha yang tak pernah redup eksistensinya. Semua orang pasti membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.

Pandemi tidak bisa begitu saja menghalangi niat untuk membuka usaha kuliner. Kamu bisa mencoba mencarai ide jenis usaha kuliner yang paling laku saat pandemi. Jenis usaha kuliner yang paling laku di masa pandemi bisa menjadi pilihan untuk menambah pemasukan. Jenis usaha kuliner yang paling laku di masa pandemi ini bisa dijual secara online.

Dengan memerhatikan kualitas dan kebersihan, jenis usaha kuliner yang paling laku di masa pandemi ini bisa sangat menguntungkan. Jenis usaha kuliner yang paling laku di masa pandemi juga bisa membantu banyak orang untuk mendapatkan makanan dengan mudah.

Ada sejumlah jenis usaha kuliner yang paling laku di masa pandemi yang bisa dicoba. Berikut jenis usaha kuliner yang paling laku saat pandemi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (5/7/2020).

Frozen food

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Jenis usaha kuliner yang paling laku saat pandemi yang pertama adalah frozen food. Makanan beku atau frozen food menjadi makanan praktis yang bisa dikonsumsi setiap saat. Jenis frozen food juga sangat banyak. Mulai dari aneka sosis, bakso, daging, ikan, dim sum, nugget, pizza, kebab, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mencari supplier frozen food yang terpercaya untuk menjual kembali frozen food pada konsumen. Selain menjadi reseller, kamu juga bisa membuat sendiri produk frozen food. Dengan membuat sendiri frozen food, kualitas produk lebih terjamin. Jenis usaha kuliner frozen food ini sangat mudah dikemas dan dikirimkan pada konsumen melalui kurir.

Makanan vegetarian

Ilustrasi Makanan Vegan dan Vegetarian Credit: pexels.com/EllaOlson
Ilustrasi Makanan Vegan dan Vegetarian Credit: pexels.com/EllaOlson

Di masa pandemi, makanan sehat seperti makanan vegetarian dan vegan juga makin banyak dicari. Konsumsi buah dan sayur menjadi kebutuhan penting untuk menjaga kekebalan tubuh selama pandemi. Sayur dan buah kaya akan vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Kamu bisa mencoba menjual makanan vegetarian seperti salad, hummus, dan olahan sayur lainnya. Jenis makanan seperti tempe, tahu, dan olahan biji-bijian pun bisa jadi ide untuk usaha kuliner ini. Pastikan untuk menggunakan buah dan sayur yang berkualitas.

Jus buah

Aneka Jus Buah / Sumber: iStock
Aneka Jus Buah / Sumber: iStock

Selain makanan sehat, minuman sehat juga bisa jadi pilihan jenis usaha kuliner. Jus buah menjadi minuman yang digemari banyak orang. Kamu bisa menjual jus buah secara online dan mengirimkannya melalui jasa kurir di kotamu. Minum jus buah juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

Siapa yang tak suka minuman menyehatkan. Jus buah menjadi salah satu dari jenis usaha kuliner yang paling laku dan paling sederhana untuk digeluti. Buah, terutama buah tropis dapat didapatkan dengan mudah dan murah. Kamu bisa mengemas jus buahmu dalam botol atau cup dan dikirimkan pada konsumen.

Minuman herbal

Ilustrasi Minuman Herbal Empon-Empon Credit: pexels.com/Mareefe
Ilustrasi Minuman Herbal Empon-Empon Credit: pexels.com/Mareefe

Selain jus buah, minuman lain yang laris selama pandemi adalah minuman herbal. Jenis usaha kuliner yang paling laku ini punya banyak bentuk. Mulai dari teh herbal, jamu, hingga suplemen, kamu bisa mencoba minuman herbal ini sebagai usaha di masa pandemi.

Minuman herbal menjadi cara yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dari penyakit. Di masa pandemi, penjualan minuman herbal makin meningkat. Minuman herbal ini bisa kamu kemas dalam bentuk cair siap minum atau racikan yang bisa diseduh sendiri oleh konsumen. Pastikan bahwa produk yang kamu jual aman dan terpercaya kualitasnya, ya.

Lauk siap makan

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Jenis usaha kuliner yang paling laku saat pandemi yang tak kalah penting adalah lauk pauk. Saat pandemi, orang mungkin tak bisa membeli lauk sendiri ke luar rumah. Menawarkan lauk siap makan bisa jadi solusi di masa ini.

Lauk pauk siap makan juga punya ragam pilihan. Mulai dari masakan tradisional Indonesia, masakan rumahan, fast food, seafood, dan banyak lagi. Kamu bisa memilih spesialisasi menu yang ingin kamu jual.

Lauk pauk lain yang juga banyak dicari selama pandemi adalah jenis lauk yang bisa tahan lama disimpan. Lauk ini seperti rendang dan abon. Proses memasaknya yang lama membuat sebagian orang mungkin enggan membuatnya. Kamu bisa mencoba peruntungan dari menjual produk makanan ini.

Camilan

Ilustrasi keripik singkong./Copyright shutterstock.com/g/ismed_photography_SS
Ilustrasi keripik singkong./Copyright shutterstock.com/g/ismed_photography_SS

Selain lauk pokok, camilan juga menjadi jenis usaha kuliner yang paling laku yang bisa digeluti. Keripik merupakan camilan yang banyak dimakan orang. Keripik dapat mengambil beragam bahan dasar seperti singkong, pisang atau buah-buahan.

Pengolahannya pun tak cukup sulit dan cenderung lebih bertahan lama. Keripik juga bisa dipadukan menjadi aneka rasa bahkan keripik pedas begitu digemari orang Indonesia. Selain keripik, kamu juga bisa mencoba menjual makanan kekinian seperti makaroni, mi, kue, gorengan, dan masih banyak lagi.

Dessert

Ilustrasi puding./Copyright shutterstock.com/g/Liliya+Kandrashevich
Ilustrasi puding./Copyright shutterstock.com/g/Liliya+Kandrashevich

Tak cuma camilan, jenis usaha kuliner yang paling laku selama pandemi adalah dessert atau makanan penutup. Dessert seperti puding, manisan, es krim bisa jadi pilihan tepat untuk memulai usaha. Ada banyak pilihan dessert kekinian yang bisa kamu coba.

Kamu bisa membuat menu dessert box yang bisa dijual secara online. Varian dessert box seperti Dalgona, Milo, Regal, Kit-Kat juga sedang mencuri perhatian. Dessert-dessert ini sangat banyak dijual secara online dan mudah dibuat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Kembangkan Bisnis Lewat Waralaba? Tengok Dulu 5 Hal Ini

Posted: 04 Jul 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pernah bermimpi usaha yang Anda bangun memiliki banyak cabang dan tersebar di seluruh Indonesia bahkan hingga ke negara lain? Jika iya, maka waralaba bisa menjadi salah satu strategi yang dapat dipertimbangkan oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengenbangkan sayapnya.

Sebut saja Kopi Kulo, AICE ice cream, Kebab Turki Baba Rafi, hingga Sabana Fried Chicken. Nama-nama tersebut adalah sederet usaha yang menggunakan strategi pengembangan bisnis waralaba.

Bukan hanya sektor makanan dan minuman yang bisa menggunakan waralaba. Usaha di luar sektor makanan dan minuman juga tetap bisa menggunakan strategi serupa. Sebut saja Indomaret, Coolio Barbershop, Dokter Mobil, hingga Apotek K-24.

Anda tertarik dengan bisnis waralaba? Nah, sebelum menerapkan bisnis rawalaba, sebaiknya Anda harus paham seluk beluk dari bisnis tersebut.

Dilansir dari laman ukmindonesia.id, Minggu (5/7/2020), waralaba dikenal juga dengan sebutan franchise. Waralaba adalah sistem pendistribusian barang maupun jasa kepada pelanggan akhir dengan pemilik hak waralaba yang memberikan haknya kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, Standar Operasional dan Prosedur (SOP), dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Pemilik atas merek atau usaha yang memberikan hak waralaba disebut franchisor, sedangkan pembeli atau penerima hak waralaba disebut franchisee.

Tak perlu takut jika Anda ingin menggunakan strategi waralaba. Karena skema waralaba ini telah diatur oleh pemerintah sedemikian rupa. Peraturan terbaru terkait penyelenggaraan waralaba telah diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan dalam Permendag Nomor 71 tahun 2019. Simak caranya:

 

1. Mendaftarkan merek dagang

Pengunjung melihat pameran Indonesia Franchise & SME Expo (IFSE) di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (25/11). Diharapkan pengunjung dapat melihat peluang usaha yang ditawarkan oleh industri waralaba Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung melihat pameran Indonesia Franchise & SME Expo (IFSE) di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (25/11). Diharapkan pengunjung dapat melihat peluang usaha yang ditawarkan oleh industri waralaba Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mendaftarkan merek dagang menjadi hal yang sangat penting. Salah satu aset kekayaan intelektual dalam usaha yang perlu untuk dilindungi adalah merek, dan cara melindunginya adalah dengan mendaftarkannya ke Kementerian Hukum dan HAM. Setelah didaftarkan, Anda akan memperoleh Sertifikat Merek yang diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

 

 

2. Mengurus legalitas badan hukum

Pengunjung melihat pameran Indonesia Franchise & SME Expo (IFSE) di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (25/11). Diharapkan pengunjung dapat melihat peluang usaha yang ditawarkan oleh industri waralaba Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung melihat pameran Indonesia Franchise & SME Expo (IFSE) di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (25/11). Diharapkan pengunjung dapat melihat peluang usaha yang ditawarkan oleh industri waralaba Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Setelah Anda mendaftarkan merek dagang, sebaiknya Anda segera mengurus legalitas badan hukum untuk usahanya. Jika usaha yang dimiliki ingin dibesarkan melalui skema waralaba, maka usaha tersebut wajib berbadan hukum.

Tidak harus berbadan hukum PT atau Perseroan Terbatas, melainkan berbadan hukum CV (Persekutuan Komanditer) juga bisa menjadi opsi yang dapat Anda pilih.

Langkah-langkah yang perlu Anda lalui jika ingin mengurus badan hukum CV, antara lain pembuatan akta dan pendirian CV, pembuatan Surat Keterangan Domisili Perusahaan, pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP, pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP, dan pembuatan Tanda Daftar Perusahaan atau TDP.

 

3. Hitung kelayakan usaha

Gerai camilan KitaTos pada pameran International Franchise, License & Business Concept Expo & Conference (IFRA) 2019, di JCC Senanyan, Jakarta. (Merdeka.com/Dwi Aditya Putra)
Gerai camilan KitaTos pada pameran International Franchise, License & Business Concept Expo & Conference (IFRA) 2019, di JCC Senanyan, Jakarta. (Merdeka.com/Dwi Aditya Putra)

Tahap selanjutnya dalam waralaba ini adalah hitung uji kelayakan usaha yang Anda miliki. Bahasa awamnya, Anda harus menghitung berapa lama modal yang dikeluarkan franchisee nanti dapat kembali. Tentu semakin cepat modal ini dapat kembali, akan semakin menarik pula usaha waralaba sahabat UKM di mata calon franchisee atau mitra usaha.

 

4. Menyusun Dokumen SOP

Pengunjung menikmati makanan saat Indonesia Franchise & SME Expo (IFSE) di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (25/11). Diharapkan pengunjung dapat melihat peluang usaha yang ditawarkan oleh industri waralaba Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung menikmati makanan saat Indonesia Franchise & SME Expo (IFSE) di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (25/11). Diharapkan pengunjung dapat melihat peluang usaha yang ditawarkan oleh industri waralaba Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menyusun standar operasional prosedur atau biasa disebut SOP. Ini hal yang sangat penting bagi Anda.

Selain memudahkan para mitra usaha, SOP juga sebagai jaminan bahwa produk yang ditawarkan sesuai dengan standar. SOP ini juga mencakup bagaimana cara menyimpan bahan baku, bagaimana cara menyajikan (misal usaha Anda berhubungan dengan food and beverage), bagaimana jika ada komplain dari pelanggan, dan lain sebagainya. 

5. Membuat perjanjian kerjasama kemitraan

(Sumber: iStockphoto)
(Sumber: iStockphoto)

Setelah SOP selesai dibuat, perjuangan belum selesai. Anda masih harus membuat perjanjian usaha kemitraan franchise. Secara umum, perjanjian usaha kemitraan franchise ini tidak jauh berbeda dengan surat perjanjian kerjasama.

Isinya mencakup tanggung jawab dan wewenang dari para pihak, dalam hal ini franchisor dan franchisee. Hal lebih detail yang dapat dimasukkan dalam perjanjian usaha kemitraan franchise ini, antara lain besar royalti yang diberikan, cara pembayaran paket usaha waralaba, berapa lama perjanjian usaha kemitraan franchise ini berlaku, bagaimana nanti jika kontrak kerjasama telah selesai, dan lain sebagainya.

Jika legalitas-legalitas tersebut telah selesai diurus, maka Anda dapat segera memperkenalkan produk waralabanya. Banyak hal yang bisa Anda lakukan,baik pemasaran secara online maupun offline. Pastikan kontennya menarik agar para calon mitra usaha mau berkolaborasi dengan produk waralaba yang Anda miliki.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Virus Corona, Alat Kelamin Pria Ini Alami Ereksi Tak Henti Selama 4 Jam

Posted: 04 Jul 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Biasanya penderita virus Corona akan mengalami masalah dengan organ pernapasan mereka. Sebab, virus cenderung ini menyerang paru-paru.

Namun, kasus kali ini sungguh tak masuk di akal dan belum pernah terjadi bila dikaitkan dengan virus tersebut. Seorang pasien virus Corona di Prancis dilaporkan menderita ereksi selama empat jam karena gumpalan darah yang mungkin dipicu oleh penyakit tersebut.

 

Kondisi menyakitkan

Ilustrasi Penis (Liputan6.com/Johan Fatzry)
Ilustrasi Penis (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Pria 62 tahun yang identitasnya tak disebutkan itu mengalami kondisi menyakitkan yang dikenal sebagai priapismus saat berada di unit perawatan intensif di Rumah Sakit Le Chesnay.

Priapismus sendiri merupakan ereksi penis yang berkepanjangan dan tidak disebabkan oleh rangsangan seksual, Mayo Clinic melaporkan. Sayangnya, priapismus biasanya menyakitkan.

 

Tak kunjung reda meski dikompres

Ilustrasi ereksi | Via: liputan6.com
Ilustrasi ereksi | Via: liputan6.com

Menurut laporan kasus di The American Journal of Emergeny Medicine, awalnya para dokter menerapkan kompres es ke alat kelamin pria itu. Namun, setelah empat jam ternyata ereksinya tak kunjung hilang.

Dengan menggunakan jarum, dokter akhirnya memutuskan untuk mengalirkan darah dari penisnya. Dalam laporan itu disebutkan bahwa ditemukan bagian tersebut penuh dengan gumpalan darah.

 

Kasus pertama terkait virus Corona

Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)
Image)

Melansir dari Nypost, dokter mengatakan gumpalah darah adalah umum di antara pasien virus Corona. Tapi ini adalah kasus pertama yang diketahui menyebabkan priapismus.

"Presentasi klinis dan laboratorium pada pasien kami sangat menyarankan priapismus terkait infeksi SARS-CoV-2," tulis para dokter.

 

Perlu penelitian lebih lanjut

ilustrasi virus corona covid-19copyright by diy13 (Shutterstock)
ilustrasi virus corona covid-19copyright by diy13 (Shutterstock)

Meski demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui kaitan antara kasus aneh pembekuan darah dan virus Corona.

"Meskipun argumen yang mendukung hubungan sebab akibat antara COVID-19 dan priapisme sangat kuat dalam kasus kami, harus dilakukan penelitian selanjutnya untuk memperkuat bukti," kata laporan itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penjaga Toko Gagalkan Aksi Perampokan Dengan Botol Bir

Posted: 04 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang penjaga toko menggagalkan aksi perampokan di China. Ia melindungi dirinya dengan memecahkan enam botol bir ke kepala perampok.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaki Patah Akibat Terjatuh dari Motor, Sammy Simorangkir Jalani Operasi

Posted: 04 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sammy Simorangkir harus menjalani perawatan intensif di sebuah rumah sakit usai menjalani operasi.

Salah satu kaki Sammy Simorangkir mengalami benturan akibat jatuh dari motor. Dan dokter menyarankan mantan vokalis Kerispatih ini untuk operasi.

Namun, baru Sabtu (4/7/2020), Sammy Simorangkir menjalani operasi. Hal itu diungkapkan sang istri, Viviane, di Instagram Stories Sammy saat ditanya awak media.

 

Patah

Sammy Simorangkir (Foto: Instagram/@sammysimorangkir)
Sammy Simorangkir (Foto: Instagram/@sammysimorangkir)

Dijelaskan Viviane, kaki Sammy Simorangkir patah akibat terbentur batu beton saat terjatuh.

"Jatuhnya udah seminggu yang lalu. Naik motor jatuh kena batu beton kakinya, jadinya patah," terangnya.

 

Bengkak

Lebih lanjut, Viviane menambahkan, Sammy Simorangkir tak langsung menjalani tindakan setelah terjatuh.

"Karena kondisi kakinya bengkak, dokter belum berani ambil tindakan dulu. Jadi tindakan baru proses sembuh," imbuhnya.

 

Lancar

Baik Sammy Simorangkir maupun sang istri bersyukur operasi yang dijalani pria kelahiran Bandung, 8 September 1982 ini lancar.

"Puji Tuhan lancar semuanya," tulis Viviane di Instagram Story nya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [CERITA] Memutus Rantai Corona di Paraguay

Posted: 04 Jul 2020 10:00 PM PDT

Petugas mewawancara pemuda yang menjalani karantina di fasilitas olahraga Ciudad del Este, Paraguay, Rabu (24/6/2020). Ada 15 ribu warga Paraguay masih menunggu untuk masuk kembali ke negara itu di negara-negara tetangga seperti Brasil dan Argentina. (AP Photo/Jorge Saenz)
Petugas mewawancara pemuda yang menjalani karantina di fasilitas olahraga Ciudad del Este, Paraguay, Rabu (24/6/2020). Ada 15 ribu warga Paraguay masih menunggu untuk masuk kembali ke negara itu di negara-negara tetangga seperti Brasil dan Argentina. (AP Photo/Jorge Saenz)

Petugas mewawancara pemuda yang menjalani karantina di fasilitas olahraga Ciudad del Este, Paraguay, Rabu (24/6/2020). Ada 15 ribu warga Paraguay masih menunggu untuk masuk kembali ke negara itu di negara-negara tetangga seperti Brasil dan Argentina. (AP Photo/Jorge Saenz)

Perawat berbicara kepada warga yang menjalani karantina di sebuah sekolah di Ciudad del Este, Paraguay, Rabu (24/6/2020). Paraguay mengendalikan pandemi COVID-19 dengan hanya beberapa ribu kasus yang dikonfirmasi dan beberapa lusin kematian. (AP Photo/Jorge Saenz)
Perawat berbicara kepada warga yang menjalani karantina di sebuah sekolah di Ciudad del Este, Paraguay, Rabu (24/6/2020). Paraguay mengendalikan pandemi COVID-19 dengan hanya beberapa ribu kasus yang dikonfirmasi dan beberapa lusin kematian. (AP Photo/Jorge Saenz)

Perawat berbicara kepada warga yang menjalani karantina di sebuah sekolah di Ciudad del Este, Paraguay, Rabu (24/6/2020). Paraguay mengendalikan pandemi COVID-19 dengan hanya beberapa ribu kasus yang dikonfirmasi dan beberapa lusin kematian. (AP Photo/Jorge Saenz)

Petugas mewawancarai para pemuda yang mejalani karantina di fasilitas olahraga, Hermandarias, Paraguay, Kamis (24/6/2020). Dengan 7 juta jiwa, ekonomi stagnan, kemiskinan tinggi, dan sistem kesehatan masyarakat yang lemah, penyebaran kasus COVID-19 di Paraguay bergerak lambat. (AP Photo/Jorge Saenz)
Petugas mewawancarai para pemuda yang mejalani karantina di fasilitas olahraga, Hermandarias, Paraguay, Kamis (24/6/2020). Dengan 7 juta jiwa, ekonomi stagnan, kemiskinan tinggi, dan sistem kesehatan masyarakat yang lemah, penyebaran kasus COVID-19 di Paraguay bergerak lambat. (AP Photo/Jorge Saenz)

Petugas mewawancarai para pemuda yang mejalani karantina di fasilitas olahraga, Hermandarias, Paraguay, Kamis (24/6/2020). Dengan 7 juta jiwa, ekonomi stagnan, kemiskinan tinggi, dan sistem kesehatan masyarakat yang lemah, penyebaran kasus COVID-19 di Paraguay bergerak lambat. (AP Photo/Jorge Saenz)

Seorang pemuda menjalani karantina di sebuah sekolah di Ciudad del Este, Paraguay, Rabu (24/6/2020). Sekitar 8.500 orang telah melewati sistem karantina untuk mengekang penyebaran COVID-19. (AP Photo/Jorge Saenz)
Seorang pemuda menjalani karantina di sebuah sekolah di Ciudad del Este, Paraguay, Rabu (24/6/2020). Sekitar 8.500 orang telah melewati sistem karantina untuk mengekang penyebaran COVID-19. (AP Photo/Jorge Saenz)

Seorang pemuda menjalani karantina di sebuah sekolah di Ciudad del Este, Paraguay, Rabu (24/6/2020). Sekitar 8.500 orang telah melewati sistem karantina untuk mengekang penyebaran COVID-19. (AP Photo/Jorge Saenz)

Dua perempuan saat menjalani karantina di sebuah lembaga keagamaan di Asuncion, Paraguay, Kamis (18/6/2020). Seiring dengan kebijakan isolasi, para ahli memuji keberhasilan Paraguay dalam mengekang penyebaran COVID-19 dengan menciptakan jaringan pusat karantina. (AP Photo/Jorge Saenz)
Dua perempuan saat menjalani karantina di sebuah lembaga keagamaan di Asuncion, Paraguay, Kamis (18/6/2020). Seiring dengan kebijakan isolasi, para ahli memuji keberhasilan Paraguay dalam mengekang penyebaran COVID-19 dengan menciptakan jaringan pusat karantina. (AP Photo/Jorge Saenz)

Dua perempuan saat menjalani karantina di sebuah lembaga keagamaan di Asuncion, Paraguay, Kamis (18/6/2020). Seiring dengan kebijakan isolasi, para ahli memuji keberhasilan Paraguay dalam mengekang penyebaran COVID-19 dengan menciptakan jaringan pusat karantina. (AP Photo/Jorge Saenz)

Seorang pemuda yang menjalani karantina beristirahat di sebuah sekolah di Ciudad del Este, Paraguay, Kamis (24/6/2020). Pemuda itu mengatakan dia dikarantina selama 70 hari sebelum dia pergi. (AP Photo/Jorge Saenz)
Seorang pemuda yang menjalani karantina beristirahat di sebuah sekolah di Ciudad del Este, Paraguay, Kamis (24/6/2020). Pemuda itu mengatakan dia dikarantina selama 70 hari sebelum dia pergi. (AP Photo/Jorge Saenz)

Seorang pemuda yang menjalani karantina beristirahat di sebuah sekolah di Ciudad del Este, Paraguay, Kamis (24/6/2020). Pemuda itu mengatakan dia dikarantina selama 70 hari sebelum dia pergi. (AP Photo/Jorge Saenz)

Keluarga yang menjalani karantina jalan-jalan di taman properti keagamaan di Asuncion, Paraguay, Kamis (18/6/2020). Kendati terbilang sukses menghadapi pandemi COVID-19, Paraguay dihadapkan dengan ekonomi yang melemah. (AP Photo/Jorge Saenz)
Keluarga yang menjalani karantina jalan-jalan di taman properti keagamaan di Asuncion, Paraguay, Kamis (18/6/2020). Kendati terbilang sukses menghadapi pandemi COVID-19, Paraguay dihadapkan dengan ekonomi yang melemah. (AP Photo/Jorge Saenz)

Keluarga yang menjalani karantina jalan-jalan di taman properti keagamaan di Asuncion, Paraguay, Kamis (18/6/2020). Kendati terbilang sukses menghadapi pandemi COVID-19, Paraguay dihadapkan dengan ekonomi yang melemah. (AP Photo/Jorge Saenz)

Seorang pria yang menjalanikarantina berbicara melalui handphone di teras sekolah, Ciudad del Este, Paraguay, Rabu (24/6/2020). Ada 15 ribu warga Paraguay yang masih menunggu untuk masuk kembali ke negara itu di negara-negara tetangga seperti Brasil dan Argentina. (AP Photo/Jorge Saenz)
Seorang pria yang menjalanikarantina berbicara melalui handphone di teras sekolah, Ciudad del Este, Paraguay, Rabu (24/6/2020). Ada 15 ribu warga Paraguay yang masih menunggu untuk masuk kembali ke negara itu di negara-negara tetangga seperti Brasil dan Argentina. (AP Photo/Jorge Saenz)

Seorang pria yang menjalanikarantina berbicara melalui handphone di teras sekolah, Ciudad del Este, Paraguay, Rabu (24/6/2020). Ada 15 ribu warga Paraguay yang masih menunggu untuk masuk kembali ke negara itu di negara-negara tetangga seperti Brasil dan Argentina. (AP Photo/Jorge Saenz)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia Serie A Nanti Malam: Laga Mudah Bagi Inter Milan

Posted: 04 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Liga Italia Serie A akan menggelar tujuh pertandingan seru sepanjang Minggu (5/7/2020) malam WIB. Inter Milan akan mendapat lawan mudah kali ini.

Inter Milan bakal main di kandang sendiri, Giuseppe Meazza Stadium, menjamu Bologna. Kemenangan besar diperkirakan akan bisa diraih pasukan Antonio Conte.

Tiga angka menjadi harga mati bagi Inter Milan. Kemenangan akan membuat Inter cuma berjarak satu poin dari peringkat dua Lazio. Saat ini Inter Milan terpaut empat poin dari Lazio yang sudah bertanding di pekan 30 Liga Italia Serie A.

Kemenangan atas Bologna juga akan memelihara peluang Inter Milan menjuarai Liga Italia Serie A. Saat ini Inter terpaut 11 poin dari pemuncak klasemen Juventus.

Satu laga seru lainnya di Liga Italia Serie A nanti malam adalah Napoli melawan Roma. kedua tim perlu menang demi mengamankan tiket berlaga di Liga Europa musim depan.

 

Jadwal

Minggu 5 Juli 2020

22.15 WIB, Inter Milan vs Bologna (Bein Sports 2)

 

Senin 6 Juli 2020

00.30 WIB, Cagliari vs Atalanta

00.30 WIB, Parma vs Fiorentina (Bein Sports 2)

00.30 WIB, Udinese vs Genoa

00.30 WIB, Brescia vs Hellas Verona

00.30 WIB, Sampdoria vs SPAL

02.45 WIB, Napoli vs AS Roma (Bein Sports 2)

 

Hasil Pertandingan

ilustrasi logo Seri A liga italia (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi logo Seri A liga italia (Liputan6.com/Abdillah)

Juventus 4-1 Torino

Sassuolo 4-2 Lecce

Lazio 0-3 AC Milan

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Heroik Warga Palembang Gagalkan Pembegalan di Siang Bolong

Posted: 04 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Aksi kriminalitas pembegalan memang kerap terjadi di Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel). Biasanya para pelaku begal mencari mangsa pada malam hari, terutama di ruas jalan yang sudah sepi aktivitas lalu lintas.

Namun kali ini, para pelaku begal nekat mengincar korbannya pada siang hari. Seperti terjadi di Lorong Veteran Jalan Tembok Baru Kelurahan 9 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) 1 Palembang Sumsel, pada hari Jumat (3/7/2020) siang.

Aksi pembegalan yang terekam CCTV di rumah warga, merekam dengan jelas bagaimana para pelaku berusaha merampas sepeda motor korbannya.

Awalnya pada Jumat siang sekitar pukul 12.30 WIB, seorang wanita menggunakan sepeda motor melaju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Kota Palembang. Tiba-tiba, dua orang pria yang berboncengan membututi wanita tersebut.

Tiba-tiba, salah satu pelaku begal turun dari kendaraannya dan mendorong wanita tersebut dari atas sepeda motornya hingga terjatuh.

Sempat terjadi perebutan sepeda motor antara korban dan kedua pelaku. Bahkan korban mengalami penganiayaan, sehingga tak berdaya mempertahankan sepeda motornya.

Ketika salah satu pelaku akan membawa kabur sepeda motor korban, tiba-tiba Heri (44), warga sekitar yang melintas di TKP langsung mendekati kerumuman tersebut.

"Saya kira suami istri bertengkar. Tapi saat lebih dekat, ada suara teriakan perempuan minta tolong. Saya langsung turun dari sepeda motor dan mengejar kedua pelaku yang ternyata akan membegal," ucapnya, Sabtu (4/7/2020).

Melihat keberadaan Heri, kedua pelaku langsung kabur tanpa berhasil membawa sepeda motor korban. Heri pun berusaha mengejar kedua pelaku, namun mereka berhasil melarikan diri.

Aksi heroik pria yang berprofesi sebagai buruh bangunan ini, berhasil menggagalkan pembegalan di Kota Palembang pada siang hari.

Heri langsung menolong korban yang jatuh tersungkur.Korban yang masih syok, ternyata merupakan salah satu mahasiswi di Kota Palembang.

 

Gagalkan Aksi Pembegalan

Aksi pembegalan di siang bolong di Kota Palembang Sumsel yang terekam kamera CCTV (Liputan6.com / Nefri Inge)
Aksi pembegalan di siang bolong di Kota Palembang Sumsel yang terekam kamera CCTV (Liputan6.com / Nefri Inge)

"Saya berusaha menenangkan korban dan akhirnya dia bisa melanjutkan perjalanannya. Korban terlihat masih syok atas kejadian itu, tapi beruntung sepeda motornya tidak jadi dibawa kabur pelaku," katanya.

Saat membantu korban, dia tidak peduli jika akan diserang oleh para pelaku yang kemungkinan membawa senjata tajam (sajam) atau senjata api (senpi) yang bisa membahayakan jiwanya.

Heri mengaku bersyukur, bisa membantu orang dalam kesusahan. Terlebih bisa menggagalkan aksi pembegalan, yang memang kerap terjadi di Kota Palembang.

"Awalnya tidak peduli keselamatan saya, yang penting bantu korban. Tapi kalau dipikir-pikir, apa yang saya lakukan juga cukup berbahaya," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Penyanyi Katy Perry Melawan Keinginan Bunuh Diri di 2017

Posted: 04 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Amerika Serikat Katy Perry mengungkapkan bahwa dirinya sempat mengalami ingin bunuh diri usai beberapa masalah menimpanya di tahun 2017. Salah satunya adalah putusnya hubungan antara dirinya dan tunangannya yang sekarang, aktor Orlando Bloom.

Dalam sebuah wawancaranya di CBC Radio One, pelantun lagu "Firework" ini mengungkapkan bahwa di 2017, ia mengalami dua hal yang cukup membuat kondisi mentalnya terganggu.

Saat itu, Katy Perry harus putus dengan Bloom. Selain itu album terbarunya "Witness" mendapatkan ulasan yang tidak terlalu memuaskan meski kala itu ia memiliki ekspektasi tinggi soal karyanya tersebut.

"Karier saya berada di lintasan ketika itu semakin tinggi, tinggi, dan tinggi, lalu kemudian saya mendapatkan perubahan kecil, tidak sebesar itu dari perspektif luar. Namun bagi saya itu seismik," kata wanita 35 tahun ini dikutip dari Insider pada Jumat (3/7/2020).

Bersyukur

Aktor Inggris, Orlando Bloom dan penyanyi AS, Katy Perry tampil bersama di karpet merah Gala untuk Global Ocean di Monaco, Rabu (26/9). Ini merupakan debut karpet merah mereka untuk pertama kali pasca kembali menjalin hubungan asmara. (AFP/Valery HACHE)
Aktor Inggris, Orlando Bloom dan penyanyi AS, Katy Perry tampil bersama di karpet merah Gala untuk Global Ocean di Monaco, Rabu (26/9). Ini merupakan debut karpet merah mereka untuk pertama kali pasca kembali menjalin hubungan asmara. (AFP/Valery HACHE)

Perry juga mengungkapkan bagaimana dia berjuang melawan keinginan tersebut.

"Bersyukur mungkin menjadi hal yang menyelamatkan hidup saya karena jika saya tidak menemukannya saya mungkin akan berkubang dalam kesedihan saya sendiri dan mungkin akan melompat (bunuh diri)," ujarnya dikutip dari People.

"Namun saya menemukan cara untuk bersyukur. Apabila itu terasa sangat, sangat sulit saya berjalan-jalan dan mengatakan 'saya bersyukur, saya bersyukur!' meski suasana hati saya sedang tidak baik."

Perry mengatakan, masalah dan rasa putus asa yang dialaminya merupakan cara agar dia menemukan dirinya sendiri secara utuh dengan cara yang berbeda. Menurutnya, hal itu membuatnya lebih dimensional ketimbang menjalani hidup sebagai bintang pop yang tak pernah puas.

Meski sempat mengakhiri hubungan, Perry dan Bloom akhirnya kembali bersama dan memutuskan bertunangan pada tahun 2019 lalu. Bulan Mei lalu, ia dan aktor pemeran Legolas di The Lord of the Rings itu mengumumkan bahwa mereka akan memiliki seorang buah hati.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gedung Lantai 2 Bank Mandiri Syariah di Jakpus Terbakar

Posted: 04 Jul 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran menghanguskan lantai dua Gedung Bank Mandiri Syariah di Jalan Pintu Air Raya, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (5/7/2020). Sebanyak 16 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan memadamkan api.

Call Center Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, Jujung mengatakan kebakaran terjadi sekira pukul 08.45 WIB. Api melalap ruang teller yang berada di lantai 2.

"Tapi tidak sampai menjalar ke ruang server," ujar dia saat dihubungi, Minggu (5/7/2020).

Api diduga bersumber dari korsleting arus pendek listrik. Saat ini api pun telah berhasil dipadamkan.

"16 unit mobil pemadamkan diterjunkan. Api sudah padam pukul 09.26 WIB," terang dia.

Tidak ada korban jiwa dalam inisden kebakaran tersebut. Pihaknya juga belum bisa menaksir berapa kerugian yang ditanggung oleh Bank Mandiri akibat kebakaran ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan Ultah Sang Ayah, Ini 6 Momen Kebersamaan Ben Kasyafani dan Sienna Ameerah

Posted: 04 Jul 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehangatan yang terpancar antara aktor tampan dan buah hatinya memang kerap mencuri perhatian. Ben Kasyafani dan buah hatinya, Sienna Ameerah merupakan salah satu seleb Indonesia yang kerap mengunggah momen kebersamaannya bersama sang anak.

Nama Ben Kasyafani tentunya sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Mantan suami Marshanda ini sudah malang melintang dan membintangi sejumlah judul sinetron. Aktor kelahiran 1983 ini menikah dengan Marshanda pada tahun 2011 dan sudah dikaruniai putri cantik bernama Sienna Ameerah Kasyafani.

Walaupun sudah berpisah dengan Marshanda pada tahun 2014, Ben Kasyafani masih kerap terlihat menghabiskan waktu bersama sang putri, Sienna Ameerah. Pada saat pertambahan usia Ben pada 4 Juli lalu, momen kebersamaan ayah dan anak ini pun mencuri perhatian.

Rupanya kebersamaan ayah dan anak ini kerap terlihat dalam berbagai momen manis. Pemeran Novan dalam sinetron Samudra Cinta ini cukup sering mengunggah momen kebersamaannya bersama sang buah hati.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 momen kebersamaan Ben Kasyafani dan Sienna Ameerah, Minggu (5/7/2020).

1. Saat ulang tahun Ben Kasyafani yang ke-37 pada 4 Juli lalu, Sienna membuat kue ulang tahun untuk sang ayah.

Momen Kebersamaan Ben Kasyafani dan Sienna. (Sumber: Instagram.com/benkasyafani)
Momen Kebersamaan Ben Kasyafani dan Sienna. (Sumber: Instagram.com/benkasyafani)

2. Selain merayakan ulang tahun bersama, ayah dan anak ini sering menghabiskan waktu bersama.

Momen Kebersamaan Ben Kasyafani dan Sienna. (Sumber: Instagram.com/benkasyafani)
Momen Kebersamaan Ben Kasyafani dan Sienna. (Sumber: Instagram.com/benkasyafani)

3. Aktor kelahiran 1983 ini cukup sering mengunggah momen kebersamaannya bersama Sienna di akun Instagram pribadinya.

Momen Kebersamaan Ben Kasyafani dan Sienna. (Sumber: Instagram.com/benkasyafani)
Momen Kebersamaan Ben Kasyafani dan Sienna. (Sumber: Instagram.com/benkasyafani)

4. Kebersamaan yang terpancar antara Ben dan Sienna kerap mencuri perhatian.

Momen Kebersamaan Ben Kasyafani dan Sienna. (Sumber: Instagram.com/benkasyafani)
Momen Kebersamaan Ben Kasyafani dan Sienna. (Sumber: Instagram.com/benkasyafani)

5. Kehangatan antara ayah dan anak ini kerap terlihat dalam berbagai kesempatan. Ben juga selalu terlihat menemani sang putri bermain.

Momen Kebersamaan Ben Kasyafani dan Sienna. (Sumber: Instagram.com/benkasyafani)
Momen Kebersamaan Ben Kasyafani dan Sienna. (Sumber: Instagram.com/benkasyafani)

6. Pesona gadis kecil berusia 7 tahun ini memang selalu mencuri perhatian. Selain parasnya, tingkah lucu anak semata wayang Ben Kasyafani dan Marshanda ini kerap membuat gemas.

Momen Kebersamaan Ben Kasyafani dan Sienna. (Sumber: Instagram.com/benkasyafani)
Momen Kebersamaan Ben Kasyafani dan Sienna. (Sumber: Instagram.com/benkasyafani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungi Indonesia Timur, Menko PMK Pantau Percepatan Penanganan Covid-19

Posted: 04 Jul 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy akan melakukan kunjungan kerja ke wilayah Indonesia Timur pada hari ini, Minggu (5/7/2020). Kunjungan kerja dilakukan dalam rangka memantau percepatan penanganan Covid-19 di sana.

Rencananya Muhadjir akan didampingi oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional Doni Monardo, Anggota DPR RI, serta para pejabat pimpinan tinggi, madya, dan pratama Kementerian dan Lembaga.

Agenda diawali dengan mengunjungi Kota Surabaya, Jawa Timur. Berdasarkan jadwal, Menko PMK beserta rombongan akan berangkat dari Jakarta siang ini dan akan tiba di Surabaya pukul 15.30 WIB.

Di sana, Menko PMK dan rombongan akan meninjau rumah sakit darurat Covid-19, dan melakukan rapat koordinasi bersama Gubernur Jawa Timur dan jajaran Pemprov Jawa Timur untuk membahas evaluasi penanganan Covid-19.

"(Hari ini) Jatim," kata Muhadjir Effendy, Minggu (5/7/2020).

 

Bertolak ke Maluku

Setelah mengunjungi Jawa Timur, dia beserta rombongan bertolak menuju Kota Ambon, Maluku dengan agenda yang serupa yakni memantau percepatan penanganan Covid-19. Kunjungan kerja akan diteruskan dalam beberapa hari ke depan dengan mengunjungi kota-kota di wilayah Indonesia Timur.

"(Kemudian disusul) Maluku, Maluku utara, Papua dan Papua barat. Sampai Rabu," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bruno Fernandes Gemilang, MU Terancam Ditinggal Gelandang Senior

Posted: 04 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester- Gelandang senior Juan Manuel Mata kemungkinan besar akan pindah dari Manchester United (MU) akhir musim nanti. Pria Spanyol itu jadi tumbal kedatangan Bruno Fernandes.

Mata semakin sulit mendapatkan kesempatan bermain di MU sejak Fernandes direkrut dari Sporting pada Januari 2020. Sejak pindah ke MU, Fernandes selalu tampil menawan sehingga menyulitkan Mata mendapat menit bermain.

Posisi Mata semakin sulit karena sejak Liga Inggris dilanjutkan kembali usai pandemi virus corona Covid-19, pemain muda Mason Greenwood tampil cemerlang dan terus dipercaya main oleh Ole Gunnar Solskjaer.

Kondisi ini membuat Mata gelisah. Pemain 32 tahun itu kabarnya mempertimbangkan untuk pindah klub. Mata diklaim Sansursuz Futbol mungkin akan melanjutkan karier di Turki.

Eks pemain Chelsea itu diminati Fenerbahce. Klub raksasa Turki itu siap membuka pembicaraan dengan manajemen MU.

 

Murah

4. Juan Mata - Manchester United memboyong Mata dari Chelsea karena kedatangan Hazard saat itu. Terkenal dengan kedermawanan, tidak ada alasan bagi fans garis keras Man United membenci gelandang Spanyol Tersebut. (AFP/Paul Ellis)
4. Juan Mata - Manchester United memboyong Mata dari Chelsea karena kedatangan Hazard saat itu. Terkenal dengan kedermawanan, tidak ada alasan bagi fans garis keras Man United membenci gelandang Spanyol Tersebut. (AFP/Paul Ellis)

Harga Mata tidak akan terlalu mahal. Pasalnya kontrak Mata bersama Setan Merah akan habis pada Juni 2021.

Juan Mata mulai membela MU tahun 2014 lalu. Selama berkarier di Old Trafford, Mata mampu memberikan satu gelar Piala FA, Piala Liga, Liga Europa dan Community Shield.

Klasemen Liga Inggris

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Bentrok dengan China, PM India Bakar Semangat Militer di Perbatasan

Posted: 04 Jul 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Leh - Perdana Menteri India Narendra Modi memberikan semangat kepada prajurit militer di perbatasan India di kota Leh, Ladakh. Ia menengok prajurit yang dirawat di rumah sakit militer usai bentrokan dengan militer China di Lembah Galwan beberapa pekan lalu.

Dalam kunjungannya, PM Modi memberikan pujian kepada para prajurit militer dalam melindungi wilayah India di daerah yang menantang secara geografis.

"Keberanian kalian lebih besar daripada ketinggian tempat kalian ditempatkan. Tekad kalian lebih kuat dari pada lembah tempat kalian berjalan setiap hari. Lengan kalian sekuat batu di sekitar kalian. Tekad kalian sekuat gunung di sekitarnya," ujar PM Modi dalam pidato resminya dari PIB India, Sabtu (5/7/2020).

"Dari Leh-Ladakh ke Kargil dan Siachen, dari puncak bersalju Rezang La ke aliran air dingin lembah Galwan, setiap puncak, setiap gunung, setiap sudut, setiap kerikil adalah kesaksian dari kekuatan para prajurit India," lanjutnya.

PM Modi mengumumkan India terus mengembangkan senjata modern dan infrastruktur militer. Ia menyebut keberanian prajurit India telah terbukti baik pada perang dunia atau upaya menjaga perdamaian.

"Kita selalu bekerja untuk perlindungan kemanusiaan. Kalian semua adalah pemimpin yang telah menetapkan tujuan, tradisi, dan budaya India yang mulia ini," ujarnya.

Lebih lanjut, PM Modi juga menyindir gagasan kolonialisme. Ia menegaskan bahwa zaman ekspansi kolonial telah berakhir dan sekarang adalah era untuk melakukan pengembangan di tengah perubahan zaman yang cepat.

Modi berkata semangat kolonialisme di masa lalu telah menimbulkan banyak kerusakan.

"Pada abad-abad sebelumnya, ekspansionisme telah melakukan kerusakan terbesar terhadap kemanusiaan dan telah mencoba untuk menghancurkan manusia. Obsesi dengan ekspansi selalu menjadi ancaman bagi perdamaian dunia," tegasnya.

Bentrokan antara prajurit India dan China terjadi pada 15 Juni lalu di Lembah Galwan yang merupakan daerah perbatasan kedua negara. Totalnya ada 20 prajurit India yang meninggal.

Prajurit China dilaporkan juga tewas, namun militer China tak mengungkap jumlahnya. Pemerintah China sudah meminta agar insiden di Lembah Galwan bisa diselesaikan lewat jalur diskusi bilateral.

Perundingan Masih Berlanjut

PM Narendra Modi (MONEY SHARMA / AFP)
PM Narendra Modi (MONEY SHARMA / AFP)

Komandan militer China dan India melakukan pertemuan, dekat wilayah perbatasan yang mereka sengketakan untuk kembali berunding. Pertemuan tersebut dilakukan menyusul bentrokan yang terjadi antarmiliter dari kedua belah pihak beberapa waktu lalu. 

Setelah kedua negara saling mengerahkan pasukan dari kedua sisi, Komandan Angkatan Darat India Korps 14, Letnan Jenderal Harinder Singh, dan Mayor Liu Lin, Komandan wilayah militer Xinjiang Selatan, akhirnya bertemu pada Selasa 30 Juni. 

Pertemuan yang digelar di pos terdepan Chushul yang dikuasai India, dekat danau Pangong Tso itu diketahui merupakan kelanjutan dari pertemuan sebelumnya yang dilakukan selama 11 jam pada 22 Juni.

Kedua negara sepakat untuk mencoba meredakan ketegangan dalam pertemuan pertama itu, yang meningkat akibat bentrokan mematikan pada 15 Juni.

Dalam insiden bentrokan yang terjadi di Lembah Galwan, setidaknya ada 20 tentara India yang terbunuh dan China kini masih memiliki sejumlah korban yang tidak ditentukan jumlahnya.

Kedua negara bersengketa mengenai perbatasan di kawasan tersebut dan belum mencapai kesepakatan untuk garis kontrol aktual yang memisahkan kedua belah pihak.

Kendati demikian, hal itu semakin meningkatkan risiko ketegangan.

Selain itu, insiden ini juga telah memicu sentimen nasionalis pada kedua negara, yang mungkin membuat penyelesaian lebih sulit untuk dicapai, demikian seperti dikutip dari South China Morning Post, Rabu (1/7/2020). 

Menurut profesor studi China di Universitas Jawaharlal Nehru New Delhi, Nehru Srikanth Kondapalli, pembicaraan yang diadakan itu berlangsung sedikit lebih awal dari yang diperkirakan.

Karenanya, hal itu dikatakan menandai pertemuan pertama yang digelar pada 22 Juni lalu tidak diselesaikan dengan keputusan yang positif.

"Para pemimpin dari kedua pihak tidak tenang, dan tidak banyak keputusan tentang kesepakatan yang tidak terjadi. Alih-alih menyelesaikan konflik, kedua pihak justru akan lebih masif lagi dalam mengeluarkan kekuatan," katanya.

Selain itu, menurutnya, setelah pertemuan pimpinan militer dari kedua negara tersebut, para diplomat menunjukkan reaksi yang "kaku".

Duta besar China untuk India, Sun Weidong, mengatakan kepada The Press Trust of India, pasukan India adalah pihak yang harusnya disalahkan karena melewati wilayah teritorial China. 

Sementara tanggapan dari Duta besar India untuk China, Vikram Misri, memperingatkan kemungkinan adanya "riak dan dampak" bagi hubungan antarkedua negara.

Di seluruh India, muncul seruan untuk boikot barang-barang dari China. Karena itu, bisnis-bisnis impor di pelabuhan-pelabuhan India dilaporkan sedang mengalami penundaan. 

Pemerintah India juga telah mengeluarkan larangan bagi 59 aplikasi dari China pada Senin 29 Juni, termasuk platfrom video kreatif yang populer seperti TikTok, termasuk Baidu Maps dan WeChat. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gugur di Kongo, BRI Cairkan Asuransi Prajurit TNI AD Serma Rama Wahyudi

Posted: 04 Jul 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui Kantor Cabang BRI Payakumbuh Kantor Wilayah BRI Padang mencairkan asuransi kepada keluarga Serma Rama Wahyudi yang gugur saat menjalankan misi perdamaian di Kongo, Senin lalu (22/06).

Serma Rama Wahyudi merupakan prajurit TNI AD Denpal 1/4 Pekanbaru. Ia terpilih menjadi salah satu pasukan perdamaian PBB yang tergabung dalam Satgas Kizi Kongo XX-Q/Monusco. Corporate Secretary BRI Amam Sukriyanto menyatakan BRI ikut berbelasungkawa atas meninggalnya salah seorang prajurit bangsa.

Almarhum yang berasal dari Denpal Pekanbaru, yang mana satgas ini untuk pengelolaan keuangannya dipercayakan kepada Bank BRI Kanca Payakumbuh," imbuhnya.

Dengan kepemilikan rekening tabungan BritAma sebagai rekening payroll satgas, Bank BRI memberikan asuransi sejumlah Rp145.543.562 kepada keluarga pada saat pemakaman selesai digelar pada Jumat (3/7). 

Tabungan BritAma dilengkapi dengan adanya fitur asuransi kecelakaan diri (personal accident), yakni asuransi yang diberikan secara gratis kepada nasabah pemiliki rekening tabungan, baik dalam bentuk mata uang rupiah dan/atau valas yang memenuhi kriteria untuk diikutsertakan dalam penutupan asuransi kecelakaan diri.

Adapun yang dijamin antara lain jumlah uang pertanggungan atas kematian, cacat tetap, cacat sebagian dan biaya perawatan rumah sakit serta santunan pendapatan, santunan duka dan biaya tunjangan pendidikan.

"Kami berharap tentunya dengan adanya asuransi personal accident ini bermanfaat bagi keluarga Almarhum Serma Rama Wahyudi yang ditinggalkan," kata Amam.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gawat, 91 Juta Data Pengguna Tokopedia di Dark Web Bisa Diunduh Gratis di Forum

Posted: 04 Jul 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada awal Mei lalu Tokopedia diterpa isu kebocoran data jutaan akun penggunanya. Saat itu, akun yang terkait dengan aktivitas ini berniat menjual 91 juta data pengguna Tokopedia. Data yang saat itu dibanderol senilai USD 5.000 atau sekitar Rp 70 jutaan itu kini bisa diunduh secara cuma-cuma.

Pada Sabtu (4/7/2020) sore, salah satu anggota grup Facebook terkait keamanan siber dengan sekitar 15 ribu anggota berbagi tautan untuk mengunduh 91 juta data Tokopedia sebanyak secara gratis.

Saat ditelaah, tautan itu merujuk pada salah satu akun bernama @Cellibis di Raidsforum yang memang telah membagikan data itu pada Jumat (3/7/2020). Akun itu berbagi secara hampir cuma-cuma di forum itu, yang sebelumnya dia peroleh dengan membeli data itu di Dark Web senilai USD 5.000.

Dalam keterangannya Minggu (5/7/2020), pakar keamanan siber Pratama Persadha menyatakan Tokopedia sudah semestinya bertanggung jawab karena data pengguna yang mereka kelola bocor dan tentu banyak pihak akan memanfaatkannya untuk tindak kejahatan. Ini menjadi bukti bahwa Tokopedia benar-benar telah diretas.

"Meski gratis, [proses] pengunduhan juga tidak mudah. File ini disimpan di server Amerika, sehingga [mereka yang berminat mengunduh data ini] harus menggunakan VPN dengan IP Amerika," ujar chairman Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC tersebut kepada Tekno Liputan6.com.

Raidforums, kata Pratama, juga memiliki mata uang tersendiri dan semua member yang mendaftar di forum itu terlebih dahulu dapat menggunakannya.

"Member bisa mendepositkan uang melalui layanan Paypal minimal sebesar 8 Euro, lalu akan mendapatkan 30 Credit," tutur Pratama menambahkan.

Ukuran Akhir Data 28,5GB

Tokopedia turut serta mendukung gerakan Bangga Buatan Indonesia. (dok. Tokopedia)
Tokopedia turut serta mendukung gerakan Bangga Buatan Indonesia. (dok. Tokopedia)

 Selain itu, ujar Pratama, untuk mendapatkan data 91 juta akun Tokopedia seseorang perlu melakukan pembayaran senilai 8 Credit. Jika pembayaran selesai, tautan untuk mengunduh data itu akan muncul dan hasil akhir unduhannya tersedia dalam format .zip dengan ukuran 9,5GB, yang kemudian menjadi data dalam format .txt sebesar 28,5GB setelah melalui proses ekstraksi.

"Tapi tidak lantas kita bisa membuka file teks sebesar itu, harus ada aplikasi khusus semisal UltraEdit untuk bisa membukanya. Setelah itu kita bisa melihat data sebanyak 91.174.216 yang berisikan nama lengkap, nama akun, email, toko online, tanggal lahir, nomor HP, tanggal mendaftar, serta beberapa data yang terenkripsi berbentuk hash. Lalu dengan mudahnya dengan fitur pencarian, keyword email atau nomor telepon yang ingin dicari bisa dengan mudah ditemukan," kata Pratama.

58 anggota forum sudah mengunduh

Hingga Minggu (5/7/2020) pukul 10.00 WIB, tautan untuk mengunduh data 91 juta akun Tokopedia masih bisa diakses dan sudah ada 58 anggota yang telah mengunduhnya. Di sana tertulis masa berlaku tautan hanya hingga 5 hari ke depan. Adapun data yang bocor, itu sama seperti data yang banyak dibahas pada awal Mei 2020 lalu, yaitu data yang ditambang per Maret 2020.

"Kebocoran ini kembali membuktikan betapa lemahnya regulasi perundang-undangan kita yang menaungi wilayah siber dan data pribadi. Sekali lagi, RUU Perlindungan Data Pribadi [RUU PDP] harus segera diselesaikan dan wajib mengatur sanksi serta standar teknologi yang dijalankan untuk penyelenggara sistem elektronik," kata Pratam menegaskan.

GDPR

Pratama menilai GDPR (General Data Protection Regulation) dapat menjadi contoh bagaimana seharusnya RUU PDP dan turunannya mengatur kasus semacam ini.

"Kalau data ini jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, sangat memungkinkan digunakan sebagai sumber dasar tindakan kriminal. Data yang sudah beredar ini bisa digunakan untuk tindak kejahatan. Misalnya, telemarketing palsu. Lalu yang paling berbahaya mengaku dari Tokopedia, menelepon calon korban karena nama, email dan nomor seluler jelas valid. Itu memudahkan para penipu meminta sejumlah uang mengaku dari pihak manapun termasuk tokopedia," tutur Pratama.

Lebih lanjut, bila hash function yang melindungi kata sandi pengguna dapat dipecahkan, pihak tidak bertanggung jawab dapat mengambil alih akun pengguna, jika pengguna tidak mengganti kata sandinya sejak kasus kebocoran data ini mengemuka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Napoli Vs AS Roma: Duel Sengit Papan Atas

Posted: 04 Jul 2020 09:35 PM PDT

Jakarta Duel papan atas bakal tersaji saat Napoli menjamu AS Roma pada pekan ke-30 Serie A di Stadion San Paolo, Senin (6/7/2020) pukul 02.45 WIB. 

Kedua klub berdiri beriringan di klasemen sementara Serie A. AS Roma menghuni peringkat kelima, sedangkan Napoli menempati posisi keenam. 

Meskipun hanya satu tingkat di bawah peringkat keempat, namun jarak yang membentang cukup lebar. Giallorossi terpaut 12 seri dari Atalanta yang menempati posisi keempat, dengan hanya menyisakan sembilan pertandingan. 

Yang menarik adalah sikut-sikutan untuk memperebutkan urutan kelima. Napoli hanya terpaut tiga poin dari AS Roma.  

Meski akan bertindak sebagai tuan rumah, rekam jejak sejarah tak terlalu berpihak pada Napoli. Mereka selalu gagal mengalahkan AS Roma di kandang sejak Novemver 2014. Selain itu, Napoli juga kalah 1-2 di kandang AS Roma pada awal musim ini.  

Namun, modal AS Roma juga tidak meyakinkan. Tim besutan Paulo Fonseca akan menghadapi Napoli setelah menelan dua kekalahan beruntun kontra AC Milan dan Udinese. 

Jadi, siapakah yang akan mendulang tiga poin pada laga kali ini? 

 

 

Perkiraan Susunan Pemain

Napoli

Formasi: 4-3-3

Meret; Hysaj, Maksimovic, Koulibaly, Rui; Elmas, Lobotka, Ruiz; Insigne, Mertens, Callejon

Pelatih: Gennaro Gattuso 

AS Roma

Formasi: 4-2-3-1

Mirante; Zappacosta, Smalling, Fazio, Spinazzola; Cristante, Veretout; Mkhitaryan, Pellegrini, Kluivert; Dzeko

Pelatih: Paulo Fonseca

 

Head to Head

5 Duel Terakhir Napoli vs AS Roma

2/11/2019 AS Roma 2-1 Napoli

31/3/2019 AS Roma 1-4 Napoli

29/10/2018 Napoli 1-1 AS Roma

4/3/2018 Napoli 2-4 AS Roma

15/10/2017  AS Roma 0-1 Napoli

5 Pertandingan Terakhir Napoli

3/7/2020 Atalanta 2-0 Napoli

29/6/2020 Napoli 3-1 SPAL

24/6/2020 Hellas Verona 0-2 Napoli

18/6/2020 Napoli 0-0 Juventus

14/6/2020 Napoli 1-1 Inter Milan

5 Pertandingan Terakhir AS Roma

3/7/2020 AS Roma 0-2 Udinese

28/6/2020 AC Milan 2-0 AS Roma

25/6/2020 AS Roma 2-1 Sampdoria

2/3/2020 Cagliari 3-4 AS Roma

28/2/2020 KAA Gent 1-1 AS Roma

Sumber: Sportmole, Soccerway 

Disadur dari Bola.com (Yus Mei Sawitri,published 5/7/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main Bareng di Dari Jendela SMP, Ini 6 Potret Kompak Rey Bong dan Sandrina Michelle

Posted: 04 Jul 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sinetron baru di SCTV dengan judul Dari Jendela SMP memang sedang menjadi perbincangan netizen pecinta sinetron. Pasalnya sinetron dengan kisah percintaan remaja ini memiliki cerita yang sangat menarik.

Apalagi pemainnya pun sudah terkenal di kalangan pecinta sinetron seperti Rey Bong yang pernah bermain dalam film Si Doel dan Sandrina Michelle yang sudah bermain film sejak 2015.

Dalam beradu akting keduanya pun sudah memiliki chemistry yang kuat. Apalagi keduanya pun sudah mengenal sejak masih kecil.

"Bangun chemistry seru. Kebetulan Sandrinna anaknya humble juga, jadi gampang kita jadi teman baik. Kenalnya dari umur dia tujuh tahun, sekarang aku 15 tahun, dia 13 tahun. Kita sering ketemu tapi baru kali ini satu project," tutup Rey Bong mengutip dari Kapanlagi.com

Berikut 6 potret kebersamaan Rey Bong dan Sandrina Michelle yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Minggu (5/7/2020).

1. Potret kebersamaan Rey Bong dan Sandrina Michelle saat masih kecil.

Rey Bong dan Sandrina Michelle (Sumber: Instagram/iyainivira)
Rey Bong dan Sandrina Michelle (Sumber: Instagram/iyainivira)

2. Begini penampilan keduanya dalam memerankan Joko dan Wulan dalam sinetron Dari Jendela SMP.

Rey Bong dan Sandrina Michelle (Sumber: Instagram/rey_bong26)
Rey Bong dan Sandrina Michelle (Sumber: Instagram/rey_bong26)

3. Dalam sinetron remaja ini keduanya pun tarik perhatian pecinta sinetron.

Pemain sinetron Dari Jendela SMP (Sumber: Instagram/sandrinna_11)
Pemain sinetron Dari Jendela SMP (Sumber: Instagram/sandrinna_11)

4. Karakter yang diperankan oleh Sandrina pun cukup menantang karena isu kehamilan di usia muda.

Adegan sinetron Dari Jendela SMP tayang perdana di SCTV Senin, 29 Juni 2020 (dok Sinemart)
Adegan sinetron Dari Jendela SMP tayang perdana di SCTV Senin, 29 Juni 2020 (dok Sinemart)

5. Begini kekompakan keduanya meski sedang tidak bermain akting di depan kamera.

View this post on Instagram

❤💙💜🖤

A post shared by ___.Salsa❤ (@___.salsah) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Insiden Masker Tak Sengaja Tertindik ke Telinga Perempuan Amerika

Posted: 04 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Sissy Sheridan, perempuan asal Amerika Serikat yang belum lama mengalami kejadian kurang mengenakkan. Bagaimana tidak, tali pengakit masker pembawa acara web series Nicklodeon berjudul DIY with Me ini tak sangaja tertindik ke telinganya.

Melansir laman Buzzfeed, Sabtu, 4 Juli 2020, pada akhir pekan lalu, seorang pekerja di Icing by Claire, Sterling, Virginia, tak sengaja menindik tali masker yang tercantol ke telinganya.

Bersama sang ibu, Leisa, Sissy tampak menunjukkan tali masker yang bersarang di tindikan telinganya, bahkan setelah dicoba untuk dipotong. Upaya ini diperlihatkan lewat serangkaian foto dan video di akun TikTok dara 16 tahun tersebut.

Mereka mengatakan sudah melaporkan insiden ini pada pihak jasa tindik dan meminta pengembalian dana secara penuh. Namun, harus lebih dulu melepas anting dan mengembalikannya ke toko untuk menerima refund.

Sissy sendiri awalnya mengaku sangat bersemangat sekaligus gugup mendapatkan anting ketiga di masing-masing telinga. Mengingat praktik ini dilakukan masih di masa pandemi, ia melakukan proses itu dengan menggunkan dua lapis masker.

"Orang yang menindik akan berada sangat dekat dengan saya. Karenanya, saya pikir supaya lebih aman dan tenang, saya memakai dua masker sekaligus," ucapnya.

"Ia mengerjakan yang pertama, yakni telinga kanan dan itulah sisi yang terdapat tali masker menyangkut," kata Sissy. "Saya tak tahu sama sekali. Saya hanya duduk dan tak merasakan apapun. Tak ada tanda masker tertindik ke telinga."

Memerhatikan Komponen Baru

Masker tersangkut ditindikan telinga perempuan asal Amerika Serikat. (dok. TikTok/Sissy Sheridan)
Masker tersangkut ditindikan telinga perempuan asal Amerika Serikat. (dok. TikTok/Sissy Sheridan)

Sissy baru menyadarinya saat ia merasa tak terlalu suka dengan peletakkan tindikan tersebut. Saat berada di dalam mobil menuju rumah, ia sadar pengakit masker di lapisan paling bawah ternyata tertindik dan menimbulkan rasa tak nyaman.

"Masker saya tak mau lepas. Saya pikir itu tersangkut di belakang telinga atau rambut. Jadi, saya meminta bantuan ibu saya. Saat itu, saya baru merasa bahwa tali maskernya ikut tertindik bersama anting," katanya.

Kendati sang ibunda berusaha menenangkan, Sissy sudah sangat histeris dan langsung menangis. Sekarang, telinganya berada dalam kondisi sangat sakit.

"Telinganya sudah jelas sangat sakit. Saya tak mau menarik anting selama tali masker tersangkut di telinganya," ucap Leisa.

Carmen Sandy, manajer tempat Sissy menindik telinga mengonfirmasi pihaknya memang telah berbicara dengan Sissy dan ibunya. Perusahaan pun menyebut tengah melakukan investigasi dan bakal mengambil langkah sesuai hasilnya.

Sissy sendiri mengutarakan tak ingin pegawai yang menindiknya berada dalam masalah. "Ini hanya kejadian aneh," katanya. Kendati, ia berharap para pebisnis memerhatikan banyak komponen baru saat kembali buka di masa pandemi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk, Tertawa di Akhir Pekan dengan Nonton Kartun Fun Farm di Vidio

Posted: 04 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan orangtua bersama anak di akhir pekan adalah menonton serial atau film kartun.

Tak hanya mampu melepas stress setelah lima hari bekerja, menonton tayangan kartun juga dianggap bisa mempererat hubungan anak dengan orangtua. Tentu saja, pemilihan tayangan kartun juga harus disesuaikan dengan usia si kecil.

Karakter lucu dari kartun yang ditonton oleh anak-anak, bisa membuat mereka tertawa lepas. Selain itu, kartun juga dapat merangsang imajinasi dan kreativitas buah hati.

Salah satu kartun yang bisa ditonton dengan si kecil ketika akhir pekan adalah Fun Farm. Serial animasi tersebut bercerita tentang sekelompok hewan lucu yang tinggal dalam sebuah peternakan. 

Aksi kocak dan menggemaskan dari ayam, keledai, sapi, dan domba di peternakan tersebut dijamin bisa bikin siapa saja yang menontonnya terhibur.

Penasaran dengan seri kartunnya? Saksikan cerita selengkapnya dengan menonton video Fun Farm di bawah ini. Atau bisa juga mengaksesnya lewat aplikasi dan situs streaming Vidio.

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LTMPT Minta Peserta UTBK Patuhi Hal Ini di Tengah Pandemi Covid-19

Posted: 04 Jul 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 yang dipercayakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dimulai hari ini. Berbagai Universitas melakukan persiapan termasuk Universitas Indonesia.

Menurut Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof Dr Budi Prasetyo, para peserta harus memastikan tetap menjaga kesehatan, dan tetap tinggal di rumah jika tak ada keperluan mendesak.

"Mencari informasi lokasi tes dengan cara melihat lokasi pada Web Pusat UTBK PTN tanpa harus datang ke lokasi ujian," kata Budi saat dikonfirmasi, Minggu(5/7/2020).

Selain itu, yang hendak menuju tempat ujian, disarankan selain mempersiapkan dokumen yang diperlukan, juga membersihkan badan atau mandi, sarapan atau makan siang di tempat masing-masing.

"Wajib mengenakan masker, sarung tangan dan face shield," jelas Budi.

Dia pun menegaskan, semuanya harus mengikuti prosedur sesuai dengan protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19. Baik dari persiapan UTBK sampai keluar dari ruang ujian.

"Apabila ada keluhan sakit silakan melapor," pungkasnya.

Diikuti 703.875 Peserta

Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dalam seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri tahun 2020 yang dimulai Minggu diikuti oleh 703.875 peserta dari berbagai daerah. Demikian menurut Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

"Kami minta peserta untuk menaati protokol kesehatan dalam pelaksanaan UTBK," kata Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo di Jakarta, Minggu (5/7/2020).

Peserta yang menurut hasil pemeriksaan suhunya di atas normal tidak diperkenankan mengikuti ujian. Orang tua atau orang yang mengantar peserta ke lokasi ujian dilarang turun dari kendaraan untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Selain itu, selama UTBK setiap peserta wajib mengenakan masker dan pelindung wajah untuk mencegah penularan COVID-19.

UTBK merupakan syarat untuk mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

UTBK 2020 dilaksanakan dalam dua tahap. UTBK tahap pertama yang berlangsung 5 hingga 14 Juli diikuti oleh 579.069 peserta dan UTBK tahap dua dari 20 hingga 29 Juli diikuti oleh 124.806 peserta. UTBK diselenggarakan di 74 pusat UTBK.

Ujian dalam sehari digelar dua sesi dengan sesi pagi berlangsung pukul 09.30 sampai 11.15 dan sesi siang berlangsung 14.30 sampai 16.15. Saat jeda waktu ujian, ruangan akan disemprot dengan disinfektan.

Peserta yang karena kondisi tertentu, seperti bencana, tidak bisa mengikuti UTBK tahap satu maupun dua, bisa mengikuti ujian pada 29 Juli sampai 2 Agustus 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peningkatan SDM Lewat Bertani On Cloud Bisa Dongkrak Produktivitas Sektor Pangan

Posted: 04 Jul 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun di tengah pandemi covid-19, bukan halangan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor Pertanian. Salah satunya adalah program Bertani On cloud yang digagas oleh Kementerian Pertanian (Kementan). 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) Dedi Nursyamsi mengatakan, selama pandemi pihaknya telah melaksanakan program Bertani On cloud, yakni upaya BPPSDMP mengadakan pelatihan untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

"Menurut penelitian Ary Ginanjar dia seorang motivator yang hebat, dari hasil penelitiannya ada tiga faktor pengungkit produktivitas, pertama adalah inovasi teknologi dan sarana dan prasarana itu memberikan kontribusi terhadap peningkatan produktivitas 25 persen," kata Dedi kepada Liputan6.com, seperti ditulis Minggu (5/7/2020).

Faktor kedua, yakni dengan adanya kebijakan peraturan perundangan, juga memberikan kontribusi kurang lebih 25 persen. Lalu yang ketiga, 50 persen lainnya adalah kontribusi dari sumber daya manusia. Oleh sebab itu Kementan pun menggagas Bertani on Cloud.

"Itu kata kuncinya sekarang bagaimana caranya mencetak sumber daya manusia yang betul-betul bisa mengimplementasikan teknologi, yang betul-betul memanfaatkan sarana dan prasarana dan bisa taat terhadap semua kebijakan, dengan memanfaatkan peraturan perundangan dan sebagainya, agar produktivitas meningkat secara tajam dengan cara pelatihan," jelasnya.

Menurutnya dengan pelatihan kualitas SDM maka peningkatan ilmu pengetahuanya dipastikan akan meningkat pula. Secara bersamaan maka produktivitas pertanian juga akan meningkat apabila SDM sudah terlatih, dan mengimplementasikan ilmu yang diperolehnya dari pelatihan tersebut.

"Salah satu bentuk pelatihan adalah dengan cara Bertani On Cloud, jadi kita yakin sekali dengan pelatihan kualitas sumber daya manusia pertanian atau kapasitas dari SDM pertanian, itu pasti meningkat ,di saat yang sama akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan produktivitas berarti dia bisa meningkatkan produksi komoditas pertanian," ujarnya.

 

Produktivitas Meningkat

Petani memupuk tanaman padi di Karawang, Jawa Barat, Senin (4/7). Untuk mencapai target swasembada pangan 2016, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20 triliun. (Liputan6.com/Gempur M Surya)
Petani memupuk tanaman padi di Karawang, Jawa Barat, Senin (4/7). Untuk mencapai target swasembada pangan 2016, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20 triliun. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Demikian pelatihan yang diberikan untuk para petani yang sudah melek digital atau generasi milenial, penyuluh, dan praktisi, diharapkan setelah mereka menguasai tematik-tematik dari bertani, ia yakin produktivitas pertanian itu akan meningkat.

"Kalau produktivitas pertanian meningkat itu saya haqul yakin ketahanan pangan ada di genggaman kita, itu yang sangat kita harapkan," pungkasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pakai Baju Tunik, Wanita ini Tersangkut di Motor

Posted: 04 Jul 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Terjadi kecelakaan yang disebabkan pakaian seorang wanita nyangkut di roda motor trail. Insiden ini terjadi di tanjakan Cibeureum, Bandung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Adik Tiriku Berambisi Merebut Suamiku Sendiri, Minggu 5 Juli 2020

Posted: 04 Jul 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jangan lewatkan FTV Kisah Nyata Spesial Minggu siang kali ini.

Kali ini judul Kisah Nyata Spesial yang disajikan: Adik Tiriku Berambisi Merebut Suamiku Sendiri.

Anda juga bisa menyaksikan episode FTV Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik di sini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Athletic Bilbao Vs Real Madrid: Tes Berat untuk Los Blancos

Posted: 04 Jul 2020 09:20 PM PDT

Jakarta Real Madrid menghadapi tes berat saat bertandang ke markas Athletic Bilbao pada pekan ke-34 La Liga 2019-2020, di Stadion San Mames, Minggu (5/7/2020) pukul 19.00 WIB. Los Blancos ingin pertahankan keunggulan,karena itu bidik kemenangan.

Meski di atas angin, Real Madrid pantang terlena. Jika terlalu percaya diri, Los Blancos bisa saja terpeleset dan malah rugi. 

Sebelumnya, Barcelona tertahan 2-2 oleh Atletico Madrid. Sementara itu, Madrid menang 1-0 menjamu Getafe melalui penalti Sergio Ramos. Pasukan Zinedine Zidane unggul empat poin atas Barcelona dengan lima laga tersisa.

Untuk itu, meski mungkin bakal sedikit sulit, Bilbao wajib dikalahkan. Bilbao baru saja meraih dua kemenangan beruntun di La Liga.

Pertama, Bilbao menang 3-1 menjamu Real Mallorca melalui gol-gol Raul Garcia (penalti), Oihan Sancet, dan Asier Villalibre. Setelah itu, anak-anak asuh Gaizka Garitano memukul tuan rumah Valencia lewat sepasang gol Raul Garcia.

Pada pertemuan pertama musim ini, Real Madrid ditahan Bilbao 0-0 di Santiago Bernabeu. Los Blancos harus meraih hasil lebih baik di pertemuan kali ini jika ingin menjaga keunggulan atas Barcelona.

 

Perkiraan Susunan Pemain

La Liga - Athletic Bilbao Vs Real Madrid (Bola.com/Adreanus Titus)
La Liga - Athletic Bilbao Vs Real Madrid (Bola.com/Adreanus Titus)

Athletic Bilbao

Formasi: 4-2-3-1

Unai Simon; Yuri, Inigo Martinez, Yeray, Capa; Vesga, Dani Garcia; Muniain, Sancet, Williams; Raul Garcia.

Pelatih: Gaizka Garitano.

Info skuad: Tidak ada pemain absen.

Real Madrid

Formasi: 4-3-1-2

Courtois; Marcelo, Sergio Ramos, Varane, Carvajal; Kroos, Casemiro, Valverde; Modric; Hazard, Benzema.

Pelatih: Zinedine Zidane.

Info skuad: Nacho (cedera), Reinier (cedera), Varane (meragukan).

 

Head-to-Head dan Performa   

Head-to-Head (La Liga)

Pertemuan: 177

Athletic Bilbao menang: 51

Gol Bilbao: 240

Imbang: 36

Real Madrid menang: 90

Gol Madrid: 352

5 Pertemuan Terakhir

23/12/2019 Madrid 0-0 Bilbao (La Liga)

21/4/2019 Madrid 3-0 Bilbao (La Liga)

16/9/2018 Bilbao 1-1 Madrid (La Liga)

19/4/2018 Madrid 1-1 Bilbao (La Liga)

3/12/2017 Bilbao 0-0 Madrid (La Liga)

5 Laga Terakhir Bilbao (S-M-K-M-M)

18/6/2020 Eibar 2-2 Bilbao (La Liga)

20/6/2020 Bilbao 1-0 Betis (La Liga)

24/6/2020 Barcelona 1-0 Bilbao (La Liga)

27/6/2020 Bilbao 3-1 Mallorca (La Liga)

2/7/2020 Valencia 0-2 Bilbao (La Liga)

5 Laga Terakhir Madrid (M-M-M-M-M)

19/6/2020 Madrid 3-0 Valencia (La Liga)

22/6/2020 Sociedad 1-2 Madrid (La Liga)

25/6/2020 Madrid 2-0 Mallorca (La Liga)

29/6/2020 Espanyol 0-1 Madrid (La Liga)

3/7/2020 Madrid 1-0 Getafe (La Liga)

.

Statistik dan Prediksi

- Bilbao cuma kalah 3 kali dalam 30 laga kandang terakhirnya di La Liga.

- Bilbao tak terkalahkan dalam 4 laga kandang terakhirnya di La Liga (M3 S1 K0): 1-0 vs Villarreal, 1-1 vs Atletico Madrid, 1-0 vs Real Betis, 3-1 vs Real Mallorca.

- Real Madrid selalu menang dalam 6 laga terakhirnya di La Liga.

- Real Madrid selalu clean sheet (tak kebobolan) dalam 3 laga terakhirnya di La Liga.

- Real Madrid tak terkalahkan dalam 9 laga terakhirnya melawan Bilbao di La Liga (M6 S3 K0).

Sumber: dari berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Gia Yuda Pradana, published: 3/7/2020)

Saksikan Video Real Madrid di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Jenis Biji-Bijian Utuh untuk Sarapan, Bantu Turunkan Berat Badan

Posted: 04 Jul 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jenis biji-bijian utuh bisa menjadi pilihan sehat untuk sarapan. Biji-bijian utuh masih jarang mengalami pemrosesan. Ini membuat biji-bijian utuh lebih bergizi daripada biji-bijian olahan.

Biji-bijian utuh terdiri dari tiga bagian. Dedak yang merupakan lapisan luar yang bergizi, germ yang merupakan embrio kaya nutrisi dan endosperma yang merupakan persediaan makanan germ tinggi dalam karbohidrat bertepung. Biji-bijian utuh tinggi zat besi, magnesium, mangan, fosfor, selenium, vitamin B dan serat makanan

Konsumsi biji-bijian utuh dikaitkan dengan manfaat penurunan berat badan. Biji-bijian sangat cocok dikonsumsi untuk sarapan. Karbohidrat dan serat dalam biji-bijian ini membantu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Biji-bijian utuh juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung yang, diabetes tipe 2, kanker dan banyak lagi. Berikut 10 jenis biji-bijian utuh untuk sarapan, dirangkum Liputan6.com dari Healthline, Minggu (5/7/2020).

Jenis Biji-Bijian Utuh untuk Sarapan

Ilustrasi Oat | unsplash.com
Ilustrasi Oat | unsplash.com

Oat

Oat merupakan jenis biji-bijian utuh yang sering dikonsumsi untuk sarapan. Oat bebas gluten, dikemas dengan vitamin, mineral, dan serat tinggi.

Oat utuh adalah pilihan terbaik untuk sarapan. Oat mengandung antioksidan avenanthramide yang dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker usus besar dan tekanan darah rendah. Oat juga mengandung beta-glukan, sejenis serat larut yang membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Pastikan untuk memilih gandum utuh. Jenis oat lain seperti oatmeal instan lebih diproses dan mungkin mengandung tambahan yang tidak sehat.

Rye

Rye atau gandum hitam adalah anggota keluarga gandum dan telah dikonsumsi selama berabad-abad. Rye biasanya lebih bergizi daripada gandum biasa.

Rye mengandung lebih banyak mineral dengan karbohidrat lebih sedikit. Biji-bijian ini juga biasa diolah menjadi tepung untuk roti gandum. Rye mengandung serat sangat tinggi yang dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dalam usus.

Jenis Biji-Bijian Utuh untuk Sarapan

Soba (sumber: Pixabay)
Soba (sumber: Pixabay)

Soba

Soba atau buckwheat merupakan jenis biji-bijian utuh bebas gluten. Soba dikemas dengan nutrisi seperti mangan, magnesium, tembaga, fosfor, zat besi, vitamin B dan serat.

Kulit dalam soba utuh merupakan sumber pati resisten yang baik. Pati resisten dapat meningkatkan kontrol gula darah, kesehatan pencernaan, membantu penurunan berat badan dan kesehatan jantung.

Millet

Millet bebas gluten dan merupakan sumber magnesium, mangan, seng, kalium, zat besi, vitamin B dan serat. Konsumsi millet untuk sarapan dinilai mampu mengurangi peradangan, menurunkan trigliserida darah dan meningkatkan kontrol gula darah.

Jenis Biji-Bijian Utuh untuk Sarapan

Quinoa | via: brainscape.com
Quinoa | via: brainscape.com

Barley

Barley adalah biji-bijian sereal serbaguna yang telah dikonsumsi selama ribuan tahun. Barley utuh kaya akan mineral seperti selenium, mangan, magnesium, seng, tembaga, besi, fosfor dan kalium, serta vitamin B dan serat. Namun, barley mengandung gluten. Jadi jenis biji-bijian ini tidak cocok bagi Anda yang menghindari gluten.

Quinoa

Quinoa dikemas dengan lebih banyak vitamin, mineral, protein, lemak dan serat sehat daripada biji-bijian populer seperti oat. Quinoa juga merupakan sumber antioksidan, seperti quercetin dan kaempferol, yang dapat menetralkan molekul yang berpotensi berbahaya yang disebut radikal bebas.

Quinoa juga merupakan sumber protein sempurna karena mengandung emua sembilan asam amino esensial. Ini menjadikan quinoa pilihan yang bagus untuk vegetarian dan vegan dalam pemenuhan asupan protein.

Jenis Biji-Bijian Utuh untuk Sarapan

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh (Sumber: iStockphoto)
Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh (Sumber: iStockphoto)

Beras merah

Beras merah menjadi jenis biji-bijian utuh yang mudah ditemui. Beras ini menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang tidak bisa meninggalkan nasi untuk sarapan.

Beras merah masih mengandung dedak, gern dan endosperma. Sementara itu, nasi putih sudah tidak memiliki dedak dan germ. Karena dedak dan germ kaya akan nutrisi, beras merah mengandung lebih banyak serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Nasi merah juga bebas gluten secara alami.

Beras merah juga mengandung lignan, antioksidan yang mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi tekanan darah, peradangan dan kolesterol jahat LDL.

Beras hitam

Beras hitam adalah jenis beras yang termasuk dalam spesies Oryza sativa L. Nasi hitam mendapatkan warna hitam-ungu khasnya dari pigmen yang disebut anthocyanin, yang memiliki sifat antioksidan kuat. Beras hitam merupakan sumber protein dan serat yang baik untuk penurunan berat badan. Serat dan protein mengurangi nafsu makan dan meningkatkan perasaan kenyang.

Jenis Biji-Bijian Utuh untuk Sarapan

Ilustrasi jagung (dok. Pixabay.com/lukinIgor/Putu Elmira)
Ilustrasi jagung (dok. Pixabay.com/lukinIgor/Putu Elmira)

Sorghum

Sorghum adalah biji-bijian yang dikemas dengan nutrisi lengkap. Biji-bijian ini kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin B, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, dan seng.

Sorghum juga merupakan sumber serat, antioksidan, dan protein. Sorgum secara alami bebas gluten, menjadikannya pilihan yang baik bagi diet bebas gluten.

Jagung

Jagung adalah jenis biji-bijian utuh yang sangat populer. Jagung menjadi makanan pokok di seluruh dunia dan tumbuh dalam jumlah yang lebih tinggi daripada gandum dan beras.

Jagung utuh yang belum diproses kaya akan mangan, magnesium, seng, tembaga, fosfor, kalium, vitamin B, dan antioksidan. Jagung juga bebas gluten secara alami. Jagung mengandung lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini dikaitkan dengan risiko degenerasi makula dan katarak yang lebih rendah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Potret Menggemaskan Francesca Rausi, Model Down Syndrome yang Menginspirasi

Posted: 04 Jul 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Namanya Francesca Rausi. Gadis manis berusia 4 tahun ini memang tak seperti anak-anak kebanyakan. Francesca mengalami down syndrome sejak kecil.

Namun Francesca memiliki keistimewaan tersendiri. Meski mengidap down syndrome, dia tetap memiliki rasa percaya diri tinggi.

Meski baru berusia 4 tahun, Francesca memiliki minat yang tinggi akan dunia model dan fotografi. Ketika dia masih balita, dia berpartisipasi dalam kompetisi pemodelan regional dan memenangkan kontes Model Super Junior Terbaik dan merupakan balita pertama yang melakukannya di Malta.

Artikel tentang potret model down syndrome yang menginspirasi menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang pasangan yang foto prewedding pakai pakaian Jawa di Jepang.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang peruntungan dan cinta zodiak di bulan Juli.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 6 Potret Cantik Francesca Rausi, Model Down Syndrome yang Menginspirasi

foto: IG/@francescarausi_
foto: IG/@francescarausi_

Francesca bahkan berhasil berjalan di catwalk sebuah acara busana amal dan membuat orang terpesona dengan penampilan dan rasa percaya dirinya.

Tentu saja Francesca menginspirasi banyak orang dengan apa yang telah dilakukannya. Melansir dari Brightside, Sabtu (4/7/2020), berikut deretan potret Francesca yang akan buat siapapun kagum melihatnya.

Selengkapnya....

2. Viral Pasangan Foto Prewedding di Jepang Pakai Baju Adat Jawa

Haryanto dan Novia menggunakan baju adat Jawa Tengah saat prewedding di Jepang. Sumber: Hassan Hans
Haryanto dan Novia menggunakan baju adat Jawa Tengah saat prewedding di Jepang. Sumber: Hassan Hans

Jika berlibur ke negeri Sakura, rasanya kurang afdal kalau belum foto menggunakan pakaian adatnya, yaitu Kimono. Namun, hal itu tak dilakukan pasangan suami istri, Hartanto dan Novia, yang memiliki darah Jawa ini. 

Keduanya memutuskan untuk pre-wedding menggunakan pakaian adat Jawa Tengah di Kyoto, Jepang.

Selengkapnya...

3. Berdasarkan Zodiak, Ini Peruntungan Cinta dan Keuanganmu di Bulan Juli (Part 1)

ilustrasi perempuan/Photo by Renato Abati from Pexels
ilustrasi perempuan/Photo by Renato Abati from Pexels

Memasuki bulan Juli, tiap individu tentu mengalami kondisi dan peruntungan yang berbeda. Nah, penasaran bagaimana peruntungan dan kehidupan cintamu di bulan Juli ini berdasarkan zodiak?

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah 43 Kali Percobaan, Ronaldo Akhirnya Bikin Gol dari Tendangan Bebas

Posted: 04 Jul 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, sudah lama puasa gol dari tendangan bebas. Ia pun senang penantian panjangnya berakhir saat Bianconeri melumat Torino 4-1, Sabtu (4/7/2020) malam WIB.

Opta mencatat bahwa Ronaldo butuh 43 kali percobaan di semua kompetisi untuk mencetak gol pertamanya dari tendangan bebas. Terakhir kali Ronaldo mencetak gol lewat tendangan bebas pada Desember 2017 dengan kostum Real Madrid.

Sebanyak 42 kesempatan sebelumnya, tendangan Ronaldo terbuang begitu saja karena dimentahkan kiper lawan, tidak mengenai sasaran atau terbentur benteng pertahanan lawan.

"Saya sungguh menginginkan gol dari tendangan bebas itu sehingga saya bisa mengembalikan kepercayaan diri," kata Ronaldo kepada Sky Sport Italia

"Kami sudah tahu ini akan menjadi pertandingan yang berat, tapi kami sudah bekerja keras, menang dan kini membuat Lazio tertekan. Kami sudah mencapai tujuan hari ini," sambung Ronaldo.

Kartu Kuning

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, mencetak gol ke gawang Torino pada laga Serie A di Stadion Allianz, Turin, Sabtu (4/6/2020) (AP/Fabio Ferrari)
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, mencetak gol ke gawang Torino pada laga Serie A di Stadion Allianz, Turin, Sabtu (4/6/2020) (AP/Fabio Ferrari)

Dalam laga itu, Paulo Dybala dan Matthijs de Ligt terkena kartu kuning. Alhasil, keduanya tak bisa turun saat melawan AC Milan dalam laga berikutnya.

"Tak peduli siapa yang mencetak gol, sepanjang tim ini menang. Kami semua dalam kondisi bagus dan akan berusaha menang juga melawan Milan," tutup pesepakbola Portugal ini.

Klasemen Liga Italia

 

Saksikan Video Ronaldo Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Menarik Kemenangan Besar Manchester United Lawan Bournemouth

Posted: 04 Jul 2020 09:11 PM PDT

Manchester- Manchester United teruskan penampilan apik dengan kemenangan besar lawan Bournemouth di pekan ke-33 Premier League 2019/2020, Sabtu (4/7/2020) malam WIB. Pada laga yang digelar di Old Trafford itu, MU menang dengan skor 5-2.

Gol-gol Manchester United dicetak Mason Greenwood [2 gol], Marcus Rashford [penalti], Anthony Martial, dan Bruno Fernandes. Sedangkan, gol Bournemouth dicetak Junior Stanislas dan Joshua King.

United kini mendapatkan 55 poin dan terus menekan Leicester City yang berada di posisi ketiga klasemen dengan 58 poin. Setan Merah punya performa yang sangat bagus dengan catatan tak pernah kalah pada 16 laga terakhir.

Lini depan United juga tampil tajam di laga melawan Bournemouth. Semua pemain depan mencetak gol, termasuk Bruno Fernandes sebagai gelandang serang. 

Mengutip dari Bola.net, berikut 5 hal yang bisa diambil dari pertandingan Manchester United versus Bournemouth.  

Kordinasi Lini Belakang

11. Harry Maguire dipercaya menjadi kapten Manchester United pada awal musim 2020 ini.(AFP/Oli Scarff)
11. Harry Maguire dipercaya menjadi kapten Manchester United pada awal musim 2020 ini.(AFP/Oli Scarff)

Kebobolan dua gol harus menjadi evaluasi bagi tim Manchester United asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Kali ini bukan lagi David de Gea yang mendapat sorotan, tetapi kinerja empat pemain yang ada di depannya.

Pada gol pertama Bournemouth, nampak tidak ada koordinasi yang bagus antara Harry Maguire dan Victor Lindelof. Mereka berebut menghalau umpan crossing dan pada akhirnya tidak ada yang mendapatkan bola itu.

Lalu, ada ruang terbuka untuk Junior Stanislas. Maguire kemudian dengan mudah dilewati. Di babak kedua, Eric Bailly justru melakukan handball dan membuat United mendapat hukuman penalti.

Bruno Fernandes

Bruno Fernandes -  Fernandes dibeli Manchester United dengan harga 55 juta euro dari Sporting CP pada awal 2020 lalu. (AFP/Lindsey Parnaby)
Bruno Fernandes - Fernandes dibeli Manchester United dengan harga 55 juta euro dari Sporting CP pada awal 2020 lalu. (AFP/Lindsey Parnaby)

Lagi-lagi Bruno Fernandes. Sejauh ini, pemain asal Portugal belum menunjukkan performa mengecewakan bagi Manchester United. Dia terus membuktikan alasan mengapa United harus membelinya.

Bruno Fernandes membuat dua assist di babak pertama, untuk Mason Greenwood dan Anthony Martial. Di babak kedua, dia mencetak gol indah dari eksekusi tendangan bebas.

Kini, Bruno Fernandes telah mencetak enam gol dan lima assist dari sembilan laga di Premier League. Nampaknya, Bruno Fernandes melanjutkan tren positif pemain eks Sporting di United setelah era Cristiano Ronaldo dan Nani.

Kombinasi Lini Depan

Penyerang Manchester United (MU), Marcus Rashford saat mengeksekusi penalti ke gawang Bournemouth di Old Trafford, Sabtu (4/7/2020). (Clive Brunskill/Pool via AP)
ke gawang Bournemouth di Old Trafford

Solksjaer pasti tersenyum lebar usai laga melawan Bournemouth. Sebab, dia punya kombinasi lini depan yang tajam dan mematikan. Marcus Rashford, Anthony Martial, dan Mason Greenwood.

Lihat ulang gol pertama Greenwood. Dia bergerak di sisi kiri serangan, posisi yang harunya menjadi milik Rashford. Sementara, Rashford berada di sisi kanan. Mereka bertukar posisi dengan sangat baik.

Trio M [Marcus, Martial, dan Mason] memang punya begitu cair dalam bertukar posisi. Mereka bisa bergerak melebar, baik di kanan maupun kiri, tetapi bisa dengan cepat masuk ke kotak penalti.

Robin van Greenwood atau.....

Striker Manchester United, Mason Greenwood, berebut bola dengan pemain Brighton pada laga Premier League pekan ke-32 di Stadion Falmer, Rabu (1/7/2020) dini hari WIB. Manchester United menang 3-0 atas Brighton. (AFP/Mike Hewitt/pool)
Striker Manchester United, Mason Greenwood, berebut bola dengan pemain Brighton pada laga Premier League pekan ke-32 di Stadion Falmer, Rabu (1/7/2020) dini hari WIB. Manchester United menang 3-0 atas Brighton. (AFP/Mike Hewitt/pool)

Mason Greenwood bermain sangat efektif di laga melawan Bournemouth. Bocah 18 tahun mencetak dua gol hanya dari dua shots yang dilepas. Bahkan, dia bisa saja mencetak hattrick andai tidak diganti pada babak kedua.

Banyak yang menyamakan Greenwood dengan Robin van Persie. Sebab, mereka sama-sama dominan dengan kaki kiri. Namun, mantan pemain Manchester United, Dimitar Berbatov punya pendapat berbeda. Greenwood lebih mirip dengan.....

"Greenwood saat bermain melawan Brighton, ia sangat mirip [Cristiano] Ronaldo," ujar Berbatov kepada The Mirror.

Masih Butuh Jadon Sancho?

Jadon Sancho (117 juta euro) - Pemain Borussia Dortmund ini kini memiliki harga pasar transfer tertinggi di Bundesliga. Sancho memiliki harga pasar mencapai 117 juta euro. (AFP/ Ina Fassbender)
Jadon Sancho (117 juta euro) - Pemain Borussia Dortmund ini kini memiliki harga pasar transfer tertinggi di Bundesliga. Sancho memiliki harga pasar mencapai 117 juta euro. (AFP/ Ina Fassbender)

Sebelum laga melawan Bournemouth, Manchester United dikabarkan makin dekat untuk mendapatkan Jadon Sancho. Bahkan, United disebut sudah mencapai kesepakatan personal dengan pemain 20 tahun milik Dortmund.

Setan Merah dan Jadon Sancho telah menyepakati kontrak lima tahun dan gaji 140 ribu pounds per pekan. Hanya saja, United belum menemui kata sepakat dengan Dortmund soal harga transfer.

Jika melihat performa apik Mason Greenwood dan pemain depan United lain, transfer Jadon Sancho pun dipertanyakan. Namun, kehadiran Jadon Sancho bakal membuat United punya kedalaman skuad makin bagus.

Sumber asli: Bola.net 

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 5/7/2020)

Saksikan Video Manchester United di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Wajibkan Pusvetma Aman di Tengah Covid-19

Posted: 04 Jul 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian (Kementan) lewat Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) terus mengoptimalkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di lingkungan internal pegawai selama pandemi Covid-19. Itu karena dalam menjalankan tugasnya, pegawai Pusvetma selalu berhubungan dengan bahan-bahan kimia dan biologis yang dapat menimbulkan bahaya jika terkontaminasi.

Begitu juga dengan peralatan dan mesin untuk produksi serta pengujian yang memiliki risiko bahaya apabila pengoperasiannya tidak sesuai. Keadaan ini diperparah dengan sudah tuanya bangunan kantor dan laboratorium serta jaringan listrik yang menyebabkan kondisi tidak aman (unsafe condition).

Sadar akan besarnya potensi bahaya yang dihadapi tersebut, maka Pusvetma berkomitmen untuk melaksanakan Sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3 ini secara optimal dan menjadi prioritas.

"Jadi K3 ini menjadi hal yang sangat penting, mengingat kesehatan dan keselamatan pegawai maupun tamu dan siapapun yang berkunjung ke Pusvetma menjadi prioritas," ujar Kepala Pusvetma, Agung Suganda.

Agung mejelaskan, sejatinya persiapan fasilitas untuk mendukung K3 ini sudah dilakukan sejak pertengahan tahun 2018. Contohnya seperti penyediaan fasilitas klinik pegawai, penguatan fasilitas biosafety, APAR di semua lokasi kritis, peta evakuasi dan titik kumpul.

Penguatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam penanganan K3 juga terus dilakukan dengan membentuk tim K3 yang diikutkan dalam beberapa pelatihan baik internal maupun eksternal. Penyiapan fasilitas dan SDM ini merupakan bentuk tanggung jawab dari manajamen untuk selalu menyediakan lingkungan kerja yang aman bagi para pegawai.

Agar implementasi K3 di Pusvetma berjalan dengan baik dan benar sesuai peta risiko dan pengendaliannya, maka pada akhir tahun 2018 dimulai penyusunan Panduan K3 yang mengacu kepada ISO 45001:2018 Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3).

Setelah semua dokumen telah tersedia, kemudian Pusvetma mengajukan sertifikasi ISO 45001:2018 kepada Lembaga Sertifikasi, Garuda Sertifikasi Indonesia, yang merupakan salah satu lembaga sertifikasi K3 yang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN)

"Audit eksternal dilakukan pada bulan Mei 2020. Meski masih ada temuan ketidaksesuaian pada saat audit, Pusvetma terus berkomitmen untuk melakukan tindakan perbaikan sehingga penerapan SMK3 di Pusvetma sesuai dengan standar yang telah ditetapkan," papar Agung.

Akhirnya pada 30 September 2019, Garuda Sertifikasi Indonesia menerbitkan Sertifikat ISO 45001:2018 dengan nomor G.06-ID0113-IX-2019 sebagai bentuk pengakuan bahwa Pusvetma telah menerapkan SMK3 dengan baik sesuai standar. Sertifikat tersebut berlaku sampai 29 September 2022 dan akan dilakukan audit surveilans setiap tahun sekali.

 

Pusvetma, Bagian Penting Kementan yang Wajib Dijaga

Pusvetma Kementan.
Pusvetma Kementan.

Sekadar informasi, Pusvetma saat ini merupakan satu-satunya UPT dibawah Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan yang telah memiliki sertifikat ISO 45001:2018 Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3). Dengan mengimplementasikan sistem ini, maka Pusvetma dapat menerapkan kondisi yang aman di lingkungan Pusvetma.

"Jika ada kondisi yang tidak diharapkan, para pegawai juga telah memiliki pengetahuan untuk melakukan pengendalian awal dan evakuasi dini dalam rangka penyelamatan," tambah Agung.

Sementara itu, untuk menjamin agar implementasi SMK3 ini tetap sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, maka secara rutin dilakukan pelaksanaan audit internal. Audit Internal dilakukan oleh auditor internal yang dipilih dari masing-masing bagian dan melakukan audit di bagian yang berbeda.

Tahun ini, audit Internal dilakukan pada 1-3 Juli 2020 untuk menghasilkan rekomendasi tindakan perbaikan, apabila ada ketidaksesuaian antara standar dengan kondisi di lapangan.

"Hasil audit internal ini juga akan dijadikan sebagai bahan tinjauan manajemen dalam implementasi SMK3 di Pusvetma," jelas Agung.

Pada pembukaan Audit Internal ISO 45001:2018 hari Rabu 01 Juli 2020, Agung Suganda, Kapusvetma menekankan kembali pentingnya penerapan ISO 45001:2018.

"Adanya potensi bahaya yang sangat besar dapat terjadi dilingkungan Pusvetma karena banyaknya bahan-bahan kimiawi, bakteri, virus yang dapat menular kepada manusia maupun hewan seperti virus rabies, anthrax," ujar Agung.

Pusvetma merupakan unit pelaksana teknis (UPT) bidang kesehatan hewan dibawah Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementan. Pusvetma berdiri pada 12 September 1952 atau hampir 68 tahun yang lalu.

Tugasnya adalah melaksanakan produksi, pengujian dan distribusi Vaksin, Antisera, Diagnostika dan Bahan Biologis lain dalam rangka penanggulangan, pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan di Indonesia.

Dirjen PKH Kementan, I Ketut Diarmita juga mengatakan, selain bahaya internal, ada bahaya lainnya yang dihadapi oleh Pusvetma seperti kebakaran dan bencana alam lain yang tidak bisa diprediksi. Untuk itu, menurutnya penerapan SMK3 di lingkungan Pusvetma memang sangat diperlukan.

"SMK3 ini penting untuk menjaga dan melindungi para pegawai dan semua orang yang berada di lingkungan Pusvetma. Selain itu, juga untuk menjamin output kinerja yang lebih baik," ucap Ketut.

Dengan penerapan SMK3 di Pusvetma, peningkatan capaian kinerja Pusvetma dapat terus didorong karena lingkungan tempat kerja yang aman dan sehat akan meningkatkan produktifitas pegawai.

"Semoga Pusvetma akan terus mampu mencapai target kinerja yang telah ditetapkan baik oleh Ditjen PKH selaku pembina teknis maupun oleh Dit PKBLU (Pengelola Keuangan Badan Layanan Umum) Kementerian Keuangan selaku pembina satker BLU," tuturnya.

Ketut berpesan kepada peserta Audit Internal K3 Pusvetma, dalam situasi pandemi covid-19 ini, penerapan SMK3 juga bisa membantu untuk mencegah penyebaran covid-19 di lingkungan Pusvetma. Maka menurutnya audit internal ini juga perlu melihat Panduan SMK3 yang telah dimiliki apakah sudah mengakomodir kejadian wabah penyakit seperti pandemi covid-19 lengkap dengan upaya-upaya pencegahannya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tentukan Idul Adha, Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Zulhijjah pada 21 Juli 2020

Posted: 04 Jul 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jelang Hari Raya Idul Adha, Kementerian Agama RI akan kembali menggelar sidang isbat (penetapan) awal Zulhijjah 1441H. Menag Fachrul Razi mengatakan bahwa sidang isbat akan digelar pada 21 Juli Mendatang.

"Sidang Isbat akan digelar 21 Juli 2020," jelas Menag di Jakarta, Kamis (02/07).

Pelaksanaan sidang isbat oleh Kementerian Agama sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 02 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah.

Menag menjelaskan bahwa sidang isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender Hijriyah. Misalnya, sidang isbat awal Ramadan digelar pada 29 Syaban, awal Syawal digelar 29 Ramadan.

"Karenanya, sidang isbat awal Zulhijjah digelar pada 29 Zulqadah yang bertepadan 21 Juli 2020," ujar dia yang dikutip dari laman resmi Kemenag.

 

Dihadiri Tim Falakiyah

Sebagaimana Ramadan dan Syawal, sidang isbat nantinya akan diawali pembahasan hasil hisab dan laporan rukyatul hilal sebelum menentukan 1 Zulhijjah. Sidang akan melibatkan Tim Falaikiyah Kementerian Agama, perwakilan ormas, dan undangan lainnya.

"Jika tanggal 1 Zulhijjah sudah ditentukan, maka bisa diketahui kapan Hari Raya Idul Adha 1441H yang jatuh pada 10 Zulhijjah," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Meme Realita saat Marahan dengan Pacar Ini Malah Bikin Dada Sesak

Posted: 04 Jul 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hubungan asmara anak muda sering kali berlika-liku. Baik itu karena keegoisan salah satu pihak atau pun sang pacar yang memang gengsian saat sedang marahan.

Seringkali bila sedang marahan, keduanya pun saling meluapkan kemarahan masing-masing. Alhasil bikin jadi musuhan dengan pacar dan tidak saling berkomunikasi dalam beberapa waktu.

Ujung yang paling menyedihkan ialah bahwa keduanya pun memutuskan hubungan. Namun sebelum memutuskan sebuah hubungan, terkadang saat keduanya saling tidak berkomunikasi mereka ini sama-sama ingin memulai percakapan kembali namun gengsi.

Dari gengsi inilah hubungan pun makin rumit. Tidak selamanya cowok harus memulai, namun keduanya pun harus sama-sama menurunkan gengsi agar hubungan bisa lekas membaik.

Berikut 6 meme realita marahan dengan pacar yang Liputan6.com kutip dari Instagram @sejiwatinja, Mingggu (5/7/2020).

1. Memulai untuk baikan usai berantem terkadang sulit karena masih gengsi pada pasangan.

Meme realita musuhan dengan pacar (Sumber: Instagram/sejiwatinja)
Meme realita musuhan dengan pacar (Sumber: Instagram/sejiwatinja)

2. Selain itu terkadang ada pula yang merasa malu namun dalam hati sudah sangat kangen pacar.

Meme realita musuhan dengan pacar (Sumber: Instagram/sejiwatinja)
Meme realita musuhan dengan pacar (Sumber: Instagram/sejiwatinja)

3. Karena keadaan seperti ini seringkali pasangan muda-mudi galau terhadap hubungan keduanya.

Meme realita musuhan dengan pacar (Sumber: Instagram/sejiwatinja)
Meme realita musuhan dengan pacar (Sumber: Instagram/sejiwatinja)

4. Tidak heran biasanya bahwa masa percintaan anak muda itu terkadang rumit dan berliku.

Meme realita musuhan dengan pacar (Sumber: Instagram/sejiwatinja)
Meme realita musuhan dengan pacar (Sumber: Instagram/sejiwatinja)

5. Masalah kecil biasanya menjadi besar karena salah paham pada pasangan.

Meme realita musuhan dengan pacar (Sumber: Instagram/sejiwatinja)
Meme realita musuhan dengan pacar (Sumber: Instagram/sejiwatinja)

6. Jangan terlalu mempertahankan gengsi agar hubungan lekas membaik.

Meme realita musuhan dengan pacar (Sumber: Instagram/sejiwatinja)
Meme realita musuhan dengan pacar (Sumber: Instagram/sejiwatinja)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Emak-Emak di Jembatan Suramadu Langgar Aturan, Polisi Beri Sanksi

Posted: 04 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tayangan video di tiktok tiga ibu yang beraksi joget di Jembatan Suramadu ramai di media sosial. Tayangan video berdurasi sekitar 17 detik tersebut salah satunya diunggah di akun twitter pipibolong pada 1 Juli 2020.

Terkait hal tersebut, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKBP Ganis Setyaningrum menuturkan, aksi tiga ibu-ibu tersebut melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya Pasal 287 Ayat 1 juncto Pasal 106 Ayat 4 huruf a dan b.

"Sanksi denda maksimal Rp 500 ribu," ujar AKBP Ganis, seperti dikutip dari Antara, ditulis Minggu (5/7/2020).

Akan tetapi, AKBP Ganis memilih melakukan pendekatan humanis terhadap emak-emak tersebut. Ketiganya diperbolehkan pulang setelah membuat pernyataan bermaterai dan klarifikasi tentang video Tik Tok yang dibuat dengan mengaku salah dan sanggup tidak akan mengulangi perbuatannya.

Ia menuturkan, Polres Tanjung Perak meningkatkan patroli di Jembatan Suramadu, edukasi dan mengimbau kepada masyarakat seiring dengan video viral tersebut.

"Di Jembatan Suramadu sudah di pasang rambu-rambu untuk berhenti karena kecepatan sangat tinggi, berbahaya sekali kalau berhenti di situ," tegas dia.

Sementara itu, ibu-ibu tersebut mengaku tidak mengetahui kalau perbuatannya melanggar hukum.

"Kami benar-benar tidak tahu kalau perbuatan itu melanggar hukum. Kami mohon maaf dan jangan ditiru," tutur LR mewakili rekan-rekannya, sebagaimana dirilis Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.    

Kepada polisi, emak-emak itu berdalih menyempatkan membuat video Tik-tok yang membahayakan itu saat sedang dalam perjalanan menuju ke Kedai Bebek Songkem di Bangkalan, Madura, untuk merayakan ulang tahun salah satu ibu-ibu tersebut.

Imbauan Khofifah

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Video viral tersebut pun menjadi perhatian Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Dalam akun instagram resmi @khofifah.ip. Ia mengimbau agar tidak tidak melakukan aksi yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.

"Kalau ingin viral dan terkenal jangan begini caranya lur. Apalagi hanya untuk sekedar TikTok. Selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan orang lain. Kalau sudah terciduk polisi mau apa?," tulis dia.

"Yang ingin berjoget ala India, silahkan cari taman yang luas, lengkap dengan pepohonan dan bunga biar bisa berlari-lari sambil menari ala artis Bollywood. Bukan di jalan raya atau jembatan," tulis dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Microsoft Luncurkan Inisiatif Global untuk Tingkatkan Keterampilan Digital

Posted: 04 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft baru saja mengumumkan inisiatif global baru untuk meningkatkan talenta digital pada 25 juta orang di seluruh dunia. Rencananya, inisiatif ini akan digelar hingga akhir 2020.

Kehadiran inisiatif ini merupakan bentuk respons Microsoft menjawab krisis ekonomi global akibat pandemi Covid-19. Karenanya, perluasan akses ke talenta digital merupakan langkah penting untuk mempercepat pemulihan ekonomi, terutama yang terdampak pemutusan hubungan kerja.

"Hari ini, kami mengumpulkan sumber daya dari Microsoft termasuk LinkedIn dan GitHub untuk menata kembali cara orang belajar dan menerapkan keterampilan baru," tutur CEO Microsoft Satya Nadella dalam keterangan resmi, Jumat (3/7/2020).

Dengan inisiatif ini, Microsoft akan melakukan sejumlah hal, seperti akses gratis ke jalur pembelajaran dan konten untuk pengembangan talent. Lalu ada pula sertifikasi dan piranti untuk melakukan pencarian kerja secara gratis.

Menurut perusahaan, inisiatif ini akan melibatkan teknologi komprehensif yang dibangun di atas data dan teknologi digital. Karenanya, proses inisiatif ini akan dimulai dengan data pekerjaan dan talenta dari LinkedIn Economic Graph.

Melalui layanan tersebut, perusahaan memberikan akses gratis untuk konten di LinkedIn Learning, Microsoft Learn, dan GitHub Learning Lab. Seluruh layanan ini dapat diakses dari LinkedIn dan akan tersedia secara online dalam empat bahasa (Inggris, Prancis, Jerman, dan Spanyol).

Siapkan Sumbangan USD 20 Juta

Ilustrasi pembayaran digital
Ilustrasi pembayaran digital

Tidak hanya itu, Microsoft juga mendukung inisiatif ini dengan sumbangan USD 20 juta untuk membantu organisasi nirlaba di seluruh dunia. Melalui penyaluran lewat organisasi nirlaba, sumbangan itu diharapkan dapat membantu mereka yang paling membutuhkan.

Untuk diketahui, seperempat dari keseluruhan sumbangan itu akan diberikan dalam bentuk tunai pada organisasi nirlaba berbasis komunitas yang dipimpin dan biasanya melayani komunitas kulit berwarna di Amerika Serikat.

Microsoft berjanji pula untuk membuat data dan analitik lebih kuat, termasuk data dari LinkedIn Economic Graph. Data ini akan tersedia untuk pemerintah seluruh dunia dan dapat digunakan untuk menilai kebutuhan ekonomi lokal dengan lebih baik.

Terakhir, perusahaan yang berbasis di Redmond itu mengumumkan tengah menciptakan aplikasi pembelajaran baru di Microsoft Teams. Aplikasi ini dirancang untuk membantu para pengusaha meningkatkan keterampilan karyawan lama dan baru saat mereka kembali bekerja.

Semua Toko Ritel Fisik Microsoft Tutup Permanen

Papan Nama Booth Microsoft di Computex 2017. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Papan Nama Booth Microsoft di Computex 2017. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Terlepas dari inisiatif tersebut, Microsoft telah mengumumkan akan menutup semua toko ritel fisiknya secara permanen.

Langkah ini terpaksa ditempuh setelah perusahaan mulai menutup toko-toko itu pada akhir Maret karena Pandemi Covid-19.

Mengutip Venture Beat, Senin (29/6/2020), perusahaan mengatakan para karyawan toko fisiknya akan dipindahkan ke corporate hubs. Mereka akan menangani penjualan, pelatihan, dan dukungan jarak jauh bagi para pelanggan Microsoft.

Ke depannya perusahaan akan berfokus pada toko digital di Microsoft.com dan melalui Windows dan Xbox. Secara kolektif, toko-toko digital itu menjangkau sekitar 1,2 miliar orang di seluruh dunia.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kontribusi Pulisic di Chelsea Bikin Lampard Geleng-Geleng

Posted: 04 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Manajer Chelsea, Frank Lampard, memuji Christian Pulisic yang memberi kontribusi tinggi untuk The Blues semenjak kompetisi dilanjutkan di tengah pandemi COVID-19.

Statistik mencatat, pemain Amerika Serikat itu menyumbangkan satu gol ketika Chelsea mengalahkan Aston Villa 2-1, satu gol lagi saat menumbangkan Manchester City 2-1 serta memenangkan dua tendangan penalti kendati tim besutan Frank Lampard kalah 2-3 lawan West Ham.

Lantas dalam laga pekan ke-33 kontra Watford, Sabtu (4/7/2020), pergerakan Pulisic kembali menghasilkan satu tendangan penalti yang membuahkan kemenangan 3-0 di Stamford Bridge.

"Ia bermain sangat baik, sempat cedera pada awal Januari dan menepi sebelum liga dilanjutkan. Tapi sekarang ia tampak sangat siap, lapar dan kualitasnya begitu mencolok saat ini," kata Lampard di resmi Chelsea.

"Ia melewati pemain lawan, bergerak dengan cepat dan selalu bekerja keras untuk membantu Chelsea dalam situasi apapun," ujarnya menambahkan.

Jawab Tantangan

Pemain Chelsea Christian Pulisic (tengah) berebut bola dengan bek Leicester City Ricardo Pereira (dua kiri) di depan penjaga gawang Leicester City Kasper Schmeichel dalam Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Minggu (18/8/2019) (AP Photo/Frank Augstein)
Pemain Chelsea Christian Pulisic (tengah) berebut bola dengan bek Leicester City Ricardo Pereira (dua kiri) di depan penjaga gawang Leicester City Kasper Schmeichel dalam Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Minggu (18/8/2019) (AP Photo/Frank Augstein)

Pujian Lampard sungguh berarti, terlebih lagi di awal musim ia sempat menantang Pulisic untuk menunjukkan kualitasnya. Di usia yang belum genap 22 tahun, Lampard meyakini Pulisic masih punya potensi untuk menjadi pemain yang lebih baik lagi dan lebih berperan penting untuk Chelsea.

"Sungguh saya sangat senang atas perkembangannya dan mengingat usianya serta segala hal yang masih bisa dicapainya. Saya sangat-sangat senang bisa tim ini bisa punya pemain sebaik dia yang masih bisa lebih baik lagi," pungkasnya.

Kemenangan atas Watford membuat Chelsea mengamankan kembali peringkat keempat klasemen dengan koleksi 57 poin, menggusur Manchester United (55) yang sempat menempatinya selama beberapa jam.

Chelsea bakal berusaha menjaga posisi mereka dalam persaingan empat besar ketika bertandang ke markas Crystal Palace untuk laga pekan ke-34 pada Selasa (7/7) waktu setempat.

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan Video Chelsea Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: AC Milan Cukur Lazio 3-0

Posted: 04 Jul 2020 09:00 PM PDT

Pemain Lazio Sergej Milinkovic-Savic (kedua kiri) menendang bola saat menghadapi AC Milan pada pertandingan Serie A di Olympic Stadium, Roma, Italia, Sabtu (4/7/2020). AC Milan mengalahkan Lazio dengan skor 3-0. (AP Photo/Riccardo De Luca)
Pemain Lazio Sergej Milinkovic-Savic (kedua kiri) menendang bola saat menghadapi AC Milan pada pertandingan Serie A di Olympic Stadium, Roma, Italia, Sabtu (4/7/2020). AC Milan mengalahkan Lazio dengan skor 3-0. (AP Photo/Riccardo De Luca)

Pemain Lazio Sergej Milinkovic-Savic (kedua kiri) menendang bola saat menghadapi AC Milan pada pertandingan Serie A di Olympic Stadium, Roma, Italia, Sabtu (4/7/2020). AC Milan mengalahkan Lazio dengan skor 3-0. (AP Photo/Riccardo De Luca)

Pemain AC Milan Hakan Calhanoglu (kanan) mencetak gol ke gawang Lazio pada pertandingan Serie A di Olympic Stadium, Roma, Italia, Sabtu (4/7/2020). AC Milan mengalahkan Lazio dengan skor 3-0. (AP Photo/Riccardo De Luca)
Pemain AC Milan Hakan Calhanoglu (kanan) mencetak gol ke gawang Lazio pada pertandingan Serie A di Olympic Stadium, Roma, Italia, Sabtu (4/7/2020). AC Milan mengalahkan Lazio dengan skor 3-0. (AP Photo/Riccardo De Luca)

Pemain AC Milan Hakan Calhanoglu (kanan) mencetak gol ke gawang Lazio pada pertandingan Serie A di Olympic Stadium, Roma, Italia, Sabtu (4/7/2020). AC Milan mengalahkan Lazio dengan skor 3-0. (AP Photo/Riccardo De Luca)

Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic (tengah) mengontrol bola saat menghadapi Lazio pada pertandingan Serie A di Olympic Stadium, Roma, Italia, Sabtu (4/7/2020). AC Milan mengalahkan Lazio dengan skor 3-0. (AP Photo/Riccardo De Luca)
Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic (tengah) mengontrol bola saat menghadapi Lazio pada pertandingan Serie A di Olympic Stadium, Roma, Italia, Sabtu (4/7/2020). AC Milan mengalahkan Lazio dengan skor 3-0. (AP Photo/Riccardo De Luca)

Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic (tengah) mengontrol bola saat menghadapi Lazio pada pertandingan Serie A di Olympic Stadium, Roma, Italia, Sabtu (4/7/2020). AC Milan mengalahkan Lazio dengan skor 3-0. (AP Photo/Riccardo De Luca)

Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic (kiri) merayakan dengan Giacomo Bonaventura usai mencetak gol ke gawang Lazio pada pertandingan Serie A di Olympic Stadium, Roma, Italia, Sabtu (4/7/2020). AC Milan mengalahkan Lazio dengan skor 3-0. (Spada/LaPresse via AP)
Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic (kiri) merayakan dengan Giacomo Bonaventura usai mencetak gol ke gawang Lazio pada pertandingan Serie A di Olympic Stadium, Roma, Italia, Sabtu (4/7/2020). AC Milan mengalahkan Lazio dengan skor 3-0. (Spada/LaPresse via AP)

Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic (kiri) merayakan dengan Giacomo Bonaventura usai mencetak gol ke gawang Lazio pada pertandingan Serie A di Olympic Stadium, Roma, Italia, Sabtu (4/7/2020). AC Milan mengalahkan Lazio dengan skor 3-0. (Spada/LaPresse via AP)

Pemain AC Milan Ante Rebic (ketiga kiri) merayakan bersama rekan-rekan setimnya setelah mencetak gol ke gawang Lazio pada pertandingan Serie A di Olympic Stadium, Roma, Italia, Sabtu (4/7/2020). AC Milan mengalahkan Lazio dengan skor 3-0. (AP Photo/Riccardo De Luca)
Pemain AC Milan Ante Rebic (ketiga kiri) merayakan bersama rekan-rekan setimnya setelah mencetak gol ke gawang Lazio pada pertandingan Serie A di Olympic Stadium, Roma, Italia, Sabtu (4/7/2020). AC Milan mengalahkan Lazio dengan skor 3-0. (AP Photo/Riccardo De Luca)

Pemain AC Milan Ante Rebic (ketiga kiri) merayakan bersama rekan-rekan setimnya setelah mencetak gol ke gawang Lazio pada pertandingan Serie A di Olympic Stadium, Roma, Italia, Sabtu (4/7/2020). AC Milan mengalahkan Lazio dengan skor 3-0. (AP Photo/Riccardo De Luca)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Geger Temuan Benda Mirip Jenglot Bertaring Terlilit Ular Mati

Posted: 04 Jul 2020 09:00 PM PDT

Sragen - Penemuan dua benda aneh berbentuk mirip jenglot di Mondokan, Sragen, menghebohkan warga. Meski demikian tidak ada peristiwa ganjil apapun setelah warga menemukan benda misterius tersebut.

Hal itu dijelaskan Kepala Desa Pare, Samdani, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (3/7/2020). Kedua benda mirip jenglot itu memiliki dua taring dan berkuku panjang yang tajam.

Dua benda menyeramkan diduga jenglot itu ditemukan di sekitar Buntit, Desa Pare, Kecamatan Mondokan, Sragen, di dua hari berbeda. Benda pertama ditemukan di pinggir Bendungan Buntit Mondokan Sragen pada Rabu (1/7/2020) lalu.

"Benda ini diambil dan dirawat Endut, warga Kaligunting, Desa Kedawung, Mondokan," jelas Samdani, dikutip Solopos.com.

Bentuk benda diduga jenglot itu seperti makhluk kecil yang diawetkan dengan dua taring besar. Kuku-kuku tangannya juga besar berwarna putih tulang. Kedua tangannya menyilang di dada dengan jari-jari memegangi pundak.

 

Jenglot Berambut Panjang dan Bertaring

Petugas kecamatan yang menemukan benda bertaring seperti jenglot mengancam akan melarung benda itu jika pemiliknya tak segera datang. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Petugas kecamatan yang menemukan benda bertaring seperti jenglot mengancam akan melarung benda itu jika pemiliknya tak segera datang. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Benda itu berdiri menghadap arah bendungan berair. Di bawahnya ada lilitan ular mati melingkarinya.

Benda mirip jenglot kedua ditemukan di Mondokan, Sragen, Kamis (2/7/2020) sore sekitar pukul 16.00 WIB. Bentuknya berbeda dengan yang kali pertama ditemukan. Benda itu ditemukan Cokro, warga Buntit RT 027, Desa Pare, Mondokan, Sragen.

"Rambutnya hitam dengan dua taring di depan dengan posisi tangan sedekap di antara di perut. Benda kedua ini ditemukan dekat jembatan yang melintang di atas bendungan itu," jelasnya.

Penemuan benda diduga jenglot itu menggemparkan warga Mondokan karena asal muasalnya belum diketahui pasti. Kabar penemuan benda mirip jenglot di Mondokan, Sragen, itu tersiar lewat media sosial.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Taksi Express Potong Gaji Karyawan hingga 40 Persen

Posted: 04 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI), perusahaan pengelola taksi Express mengeluarkan kebijakan pengurangan pegawai di tengah pandemi Corona ini. Selain itu, perseroan juga memotong gaji karyawan hingga 40 persen.

Direktur Utama Express Transindo Utama Johannes BE Triatmojo menjelaskan, jumlah karyawan Express Transindo Utama mengalami penurunan dari sebanyak 471 karyawan untuk periode 31 Desember 2019 menjadi sejumlah 390 karyawan pada periode akhir Juni 2020.

Penurunan jumlah karyawan ini merupakan bagian dari penyelesaian atas masa kontrak karyawan yang sejalan dengan restrukturisasi internal perseroan yang dilakukan melalui konsolidasi operasional baik di kantor pusat maupun di pool sehubungan dengan kondisi bisnis yang menurun sebagai dampak pandemi Covid-19.

Selain itu, sebanyak 390 karyawan taksi Express masih bekerja saat ini juga terkena dampak yaitu penyesuaian gaji. "Terdapat pemotongan gaji karyawan sebesar 40 persen dari total gaji per bulan yang diperkiraan akan berlangsung hingga periode yang belum dapat ditentukan," kata dia dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Minggu (5/7/2020).

Menurut Johannes, perseroan sampai saat ini belum bisa menentukan apakah akan kembali melakukan pemutusan hubungan kerja atau melakukan penyesuaian gaji terhadap karyawan taksi Express mengingat pandemi ini belum bisa ditentukan kapan berakhirnya.

Namun, perseroan akan terus memantau perkembangan wabah COvid-19 ini dan terus mengevaluasi dampaknya di masa mendatang terhadap kinerja keuangan Express Transindo Utama sebagai pengelola taksi Express.

Hentikan Layanan

Kondisi dan suasana Pool Taksi Express di kawasan Tanah Kusir yang terendam banjir, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Selasa sore (31/12/2019) menyebabkan ratusan armada taksi terendam. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Kondisi dan suasana Pool Taksi Express di kawasan Tanah Kusir yang terendam banjir, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Selasa sore (31/12/2019) menyebabkan ratusan armada taksi terendam. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI), perusahaan pengelola taksi Express memutuskan untuk membatasi serta menghentikan beberapa layanan.

Direktur Utama Express Transindo Utama Johannes BE Triatmojo menjelaskan, perseroan melakukan menghentikan dan membatasi operasional sejak fase pertama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada tanggal 10 April 2020.

Terdapat tiga jenis operasional taksi Express yang terdampak. Pertama adalah Pembatasan operasioanl taksi reguler dan taksi premium di Jadetabek maupun luar kota. Kedua pembatasan operasional pada layanan penyewaan kendaraan dan layanan limusin di Jakarta dan Bali.

"Ketiga penghentian operasional pada layanan penyewaan bus di Jadetabek," jelas dia dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Minggu (5/7/2020).

Johannes menjelaskan, penghentian dan pembatasan operasional tersebut disebabkan adanya pemberlakukan PSBB dan penurunan permintaan atas layanan transportasi umum.

"Hingga kini kondisi penghentian dan pembatasan operasional taksi Express ini masih berlangsung di segmen-segmen usaha dan entitas anak baik di jadetabek maupun luar kota," lanjut Johannes.

Saksikan video pilihan berikut ini:

[vidio:Taksi Express Klarifikasi Tidak Terlibat Perampokan]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir di Kyushu Jepang, 15 Orang Tewas dan Hampir 200 Ribu Warga Dievakuasi

Posted: 04 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kyushu - Sedikitnya 15 orang di Prefektur Kumamoto, Jepang selatan, dikhawatirkan tewas dan 13 lainnya hilang ketika hujan lebat memicu tanah longsor dan banjir di pulau Kyushu pada Sabtu 4 Juli 2020 waktu setempat.

Otoritas prefektur mengumumkan pada jam 5 sore bahwa 14 penghuni panti jompo di distrik Watari Kuma tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Tiga warga lainnya didiagnosis menderita hipotermia, demikian seperti dilansir the Asahi Shimbun, Minggu (5/7/2020).

Sebelumnya, pejabat prefektur Kumamoto, Jepang mengatakan satu keluarga dengan tiga orang di Tsunagi dilaporkan hilang setelah rumah mereka tersapu oleh tanah longsor. Salah satunya ditemukan dalam keadaan henti jantung paru.

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan khusus mengenai hujan lebat untuk prefektur Kumamoto dan Kagoshima pada pukul 4:50 pagi, tetapi itu diturunkan menjadi peringatan pada pukul 11:50 pagi.

Peringatan itu juga menargetkan masyarakat setempat agar bersiap-siap menghadapi hujan deras yang disebabkan oleh garis awan hujan yang terhenti di daerah tersebut.

Di antara kota-kota yang dicakup oleh peringatan itu adalah Amakusa, Ashikita, Kuma, Uki dan Yatsushiro di Prefektur Kumamoto dan Isa di Prefektur Kagoshima.

Di antara kota-kota Prefektur Kumamoto yang mencatat curah hujan lebat antara tengah malam 2 Juli dan 10 pagi pada 4 Juli adalah Minamata dengan 513 milimeter, Yunomae dengan 497 mm, Amakusa dengan 471 mm, Kuma dengan 470,5 mm dan Yamae dengan 468,5 mm.

Hampir 200 Ribu Penduduk Diminta Evakuasi

Ilustrasi bendera Jepang (AFP/Toru Yamanaka)
Ilustrasi bendera Jepang (AFP/Toru Yamanaka)

Pada pukul 9:30 pagi pada tanggal 4 Juli, Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran mengatakan pemberitahuan tingkat 5 tertinggi dari bencana alam yang sedang berlangsung telah dikeluarkan untuk total 38.615 penduduk di Prefektur Kumamoto, sementara perintah evakuasi tingkat 4 telah dikeluarkan untuk 76.662 penduduk prefektur Kumamoto dan Kagoshima.

Rekomendasi evakuasi dikeluarkan untuk 167.687 warga di Kumamoto, Kagoshima, dan Miyazaki.

Beberapa warga Tsunagi ditemukan menunggu untuk diselamatkan dari atap rumah mereka. Warga di Yatsushiro dan Sagara juga dilaporkan terisolasi.

Di Prefektur Kagoshima, pemerintah kota Akune mengeluarkan perintah evakuasi untuk 4.216 penduduk. Jalan menuju kota Izumi yang berdekatan runtuh, sehingga tidak dapat dilewati.

Tanah longsor menghancurkan satu rumah di Nagashima, tetapi wanita tua yang tinggal di sana mengungsi tepat waktu dan tidak terluka. Sebuah jalan prefektur di kota Kagoshima menjadi tidak dapat dilewati karena tanah longsor.

Jalur Kyushu Shinkansen antara stasiun Kumamoto dan Kagoshima-Chuo membatalkan operasi dari kereta terjadwal pertama pada 4 Juli, seperti halnya sejumlah jalur lokal, menurut pejabat Kyushu Railway Co.

Jepang Barat diperkirakan akan menghadapi hujan lebat dan badai sampai sore 4 Juli, sementara hujan lebat diperkirakan akan terjadi di Jepang timur pada awal 5 Juli. Bagian depan musim hujan diperkirakan akan melanda sebagian besar negara, membawa lebih banyak hujan ke barat Jepang pada 5 Juli.

Satu gugus tugas dibentuk di kantor perdana menteri pada awal 4 Juli, dan Perdana Menteri Shinzo Abe mengeluarkan instruksi untuk melakukan segala upaya untuk melindungi kehidupan masyarakat.

Para pejabat mengatakan bahwa sekitar 10.000 anggota Pasukan Bela Diri sedang bersiap untuk dikirim ke wilayah Kyushu. Ryota Takeda, menteri negara yang bertanggung jawab atas manajemen bencana, akan terbang ke Kyushu pada 4 Juli untuk penilaian langsung dari situasi tersebut.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembali ke Pelukan Zaskia Adya Mecca, Anak Kelimanya Sudah Copot Selang Oksigen

Posted: 04 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Zaskia Adya Mecca diketahui tengah berbahagia dengan kehadiran anak kelimanya, Bhaj Kama Bramantyo. Zaskia Adya Mecca melahirkan anak kelimanya pada Jumat (3/7/2020) pagi didampingi Hanung Bramantyo.

Namun tak lama setelah Zaskia Adya Mecca menjalani operasi persalinan, ia harus dipisahkan oleh putranya untuk menjalani pemasangan alat bantu napas. Putra Zaskia Adya Mecca itu mengalami TTN (Transient tachypnea of the newborn), yakni gangguan pernapasan yang muncul pada bayi sesaat setelah lahir.

Untungnya, Zaskia Adya Mecca tidak terpisah lama dengan sang putra. Pada Sabtu (4/7/2020) siang, bayi mungilnya itu sudah kembali ke pelukannya. Ditandai dengan unggahan Zaskia Adya Mecca di Instagram Story.

Akhirnya Jumpa

Unggahan Zaskia Adya Mecca. (instagram.com/zaskiadyamecca)
Unggahan Zaskia Adya Mecca. (instagram.com/zaskiadyamecca)

"Alhamdulillah akhirnya jumpa," tulis Zaskia Adya Mecca yang terlihat tengah menggenggam tangan putranya.

Berangsur membaik

Unggahan Zaskia Adya Mecca. (instagram.com/zaskiadyamecca)
Unggahan Zaskia Adya Mecca. (instagram.com/zaskiadyamecca)

Sejak itu, putranya terus menunjukkan perkembangan. Kondisi putranya itu berangsur membaik dari waktu ke waktu.

"Alhamdulillah getting better, Sipiiiit..," tulis Zaskia Adya Mecca dalam unggahan lain.

Lepas Selang Oksigen

Yang terbaru, diketahui bahwa alat bantu pernapasan dan selang-selang yang terhubung di tubuh putranya itu sudah bisa dilepas. Zaskia Adya Mecca juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua yang telah memberikan doa untuknya dan sang putra tercinta.

"Alhamdulillah copot selang, copot oksigen, dan juga copot alat bantu nafas, makasih doanya temen2..," tulis Zaskia Adya Mecca.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Herbal Jamur Cordyceps Aman Dikonsumsi Jangka Panjang

Posted: 04 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Obat herbal dari jamur Cordyceps sebagai antivirus dinyatakan aman untuk dikonsumsi jangka panjang. Bahkan jamur Cordyceps yang sudah dalam bentuk suplemen herbal, sejauh ini tidak memiliki efek samping.

"Sejauh ini, sejumlah literatur dan penelitian belum menemukan efek samping saat mengonsumsi Cordyceps militaris," tutur pakar biomolekuler Universitas Brawijaya Widodo saat sesi webinar Tangguh Hadapi New Normal, Rabu (1/7/2020).

"Jamur ini juga termasuk obat tradisional yang sudah dipakai dalam pengobatan tradisional di Tiongkok dan Tibet ratusan tahun, sehingga cenderung lebih aman dikonsumis pada waktu yang relatif lama."

 

Lantas apakah jamur Cordyceps aman dicampur herbal lain saat dikonsumsi? Widodo menjelaskan, pencampuran bahan herbal memiliki efek yang lebih baik bagi tubuh.

Namun, hingga kini ia belum menemukan hasil riset, apakah mencampur Cordyceps dengan herbal lain seperti jahe atau kunyit menghasilkan efek yang lebih baik atau tidak.

"Idealnya herbal itu dimixing semakin baik, tetapi saya belum menemukan riset kalau (jamur Cordyceps) di-combine akan lebih baik atau tidak," jelasnya.

Mengekstrak Jamur Cordyceps

Mengekstrak jamur Cordyceps. Ilustrasi suplemen (Photo by Kayla Maurais on Unsplash)
Mengekstrak jamur Cordyceps. Ilustrasi suplemen (Photo by Kayla Maurais on Unsplash)

Jamur Cordyceps dikonsumsi dengan cara diekstrak dan dikemas berbentuk suplemen herbal. Ekstraksi berfungsi untuk mendapatkan senyawa yang diperlukan.

"Paling baik diekstrak, karena dengan diekstraksi, senyawa-senyawa lain yang mungkin kurang baik bisa dihilangkan, sehingga yang didapatkan senyawa yang diperlukan," papar Widodo.

Ekstraksi terbagi atas dua cara, yaitu tradisional dan modern. Secara tradisional biasanya dengan perebusan, sedangkan cara modern dengan mengekstraksi jamur menggunakan larutan organik.

"Proses ekstraksi macam-macam. Ada yang tradisional dan modern. Paling minimun (sederhana) diesktrak menggunakan air panas dalam perebusan. Kalau di perusahaan modern bisa dengan ekstraksi menggunakan larutan organik," lanjut Widodo.

Ia menambahkan jamur Cordyceps mengandung senyawa yang bersifat immunodobulator (meningkatkan sistem imu), anti inflamasi, antivirus. Sekaligus bertindak sebagai antioksidan, yang bisa mengobati gangguan pernapasan.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rapid Test Gratis Bagi Peserta UTBK dan Sopir Non Perusahaan di Banyuwangi

Posted: 04 Jul 2020 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelajar yang akan mengikuti  penyeleksian masuk perguruan tinggi negeri dengan melakukan ujian tulis berbasis komputer (UTBK), mendapat fasilitas dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi berupa rapid test gratis. Selain kepada peserta UTBK, fasilitasi tersebut juga akan diberikan kepada sopir logistik rute Bali.

"Ada beberapa kota lokasi UTBK mensyaratkan bahwa peserta harus menunjukkan hasil rapid test non reaktif atau uji swab negatif. Ada yang baru beberapa hari ini mengeluarkan pengumuman itu. Jadi kita respons dengan memfasilitasi rapid test," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Jumat (3/7).

Anas mengatakan, untuk peserta UTBK gelombang pertama yang dimulai 5 Juli, bisa melakukan rapid test di Puskesmas, Sabtu (4/7). Anas menyadari, waktunya cukup mepet, karena Gugus Tugas juga perlu waktu menyiapkan kebutuhan alat rapid test. Apalagi, ada kota yang menjadi lokasi UTBK baru mengumumkan syarat rapid test atau uji swab belum lama ini.

Tes UTBK dilaksanakan dua tahap. Tahap I, 5-14 Juli dan tahap II pada 20-29 Juli 2020. Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan, bagi peserta yang belum mendaftar, bisa mendaftarkan diri di gelombang berikutnya.

"Rapid test di Banyuwangi lalu ke Surabaya, untuk UTBK agak makan waktu dan berpotensi capek, jadi bisa dijadwal ulang UTBK-nya. Tapi kalau yang untuk ke Jember saya kira masih cukup waktunya," jelas dr Widji Lestariono.

Rio, sapaan akrab Widji Lestariono, mengatakan, pelaksanaan rapid test dilakukan di 45 puskesmas seluruh Banyuwangi. Pelajar bisa memilih puskesmas terdekat. "Jamnya tolong diperhatikan, yakni menyesuaikan jam kerja puskesmas."

Bagi pelajar, mereka wajib membawa KTP atau kartu keluarga, bukti pendaftaran peserta ujian, dan keterangan yang menyatakan bahwa untuk melaksanakan UTBK dibutuhkan pemeriksaan rapid test.

"Para pelajar yang mengikuti UTBK tahap II juga silakan berkoordinasi dengan Puskesmas terdekat untuk mengatur waktunya," ujarnya.

Rio menambahkan, selain bagi peserta UTBK, program rapid test gratis ini juga bisa diakses sopir logistik non perusahaan jurusan Bali dengan menunjukkan surat rekomendasi dari Dinas Perhubungan. Seperti diketahui, Pemprov Bali mewajibkan sopir logistik yang memasuki daerahnya dilengkapi rapid test dengan hasil non-reaktif.

"Rapid test gratis ini khusus bagi sopir yang tidak bernaung di bawah perusahaan alias usaha pribadi. Misalnya, ada penjual sayur dari Banyuwangi yang menjual hasil panennya ke Bali, itu bisa. Tapi kalau sopir logistik dari PT A, misalnya, kami harapkan perusahaannya memfasilitasi rapid test," ujar Rio. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Southampton Vs Manchester City: Tim Tamu Terus Tancap Gas

Posted: 04 Jul 2020 08:55 PM PDT

Jakarta Manchester City tetap serius untuk mengejar kemenangan saat melawan Southampton pada lanjutan Premier League di Stadion St Mary, Senin (6/7/2020) pukul 01.00 WIB. Manchester City diyakini bisa kembali meraih tiga poin di laga ini.

Kedua klub sebenarnya sudah tak mempertaruhkan apa pun pada laga ini. Manchester City akan menyudahi Premier League 2019-2020 sebagai runner up, sedangkan Southampton juga tidak dalam ancaman degradasi. 

The Saint, julukan Southampton, bercokol di peringkat ke-14. Setelah memenangi laga sebelumnya kontra Watford, Southampton hampir pasti bertahan di Premier League musim depan. 

Meski sudah tidak mengejar apa pun, Manchester City tampaknya tak akan bermain santai. Apalagi, The Citizen sedang dalam euforia kebahagiaan setelah melumat sang juara, Liverpool, dengan skor 4-0 beberapa hari lalu. 

Manajer City, Pep Guardiola, sudah menegaskan fokus timnya kini beralih untuk merebut gelar di kancah Piala FA dan Liga Champions. Namun, bukan berarti City akan melepas begitu saja laga-laga sisa di Premier League. Kemenangan besar kontra Liverpool membuktikan The Citizen tetap haus kemenangan. 

Seluruh laga tersisa City di Premier League adalah menghadapi tim papan bawah hingga papan tengah. Meski demikian, Pep Guardiola tampaknya tetap menuntut performa 100 persen dari anak asuhnya. Tak heran, Manchester City kemungkinan akan tetap tancap gas saat bertandang ke markas Southampton. 

 

Perkiraan Susunan Pemain

Winger Manchester City, Raheem Sterling merayakan golnya ke gawang Arsenal di Etihad Stadium, (17/6/2020). (AP photo/Dave Thompson, Pool)
Winger Manchester City, Raheem Sterling merayakan golnya ke gawang Arsenal di Etihad Stadium, (17/6/2020). (AP photo/Dave Thompson, Pool)

Southampton 

Formasi: 4-4-2

McCarthy; Walker-Peters, Bednarek, Stephens, Bertrand; Armstrong, Ward-Prowse, Romeu, Redmond; Ings, Long

Pelatih: Ralph Hasenhüttl

Manchester City

Formasi: 4-3-3

Ederson; Cancelo, Laporte, Fernandinho, Zinchenko; Rodri, De Bruyne, Foden; Mahrez, Jesus, Sterling

Pelatih: Pep Guardiola  

Head to Head

Head to head 

2/11/2019 Manchester City 2 - 1 Southampton

30/10/2019 Manchester City 3 - 1 Southampton

30/12/2018 Southampton 1 - 3 Manchester City

4/11/2018 Manchester City 6 - 1 Southampton 

13/5/2018 Southampton 0 - 1 Manchester City 

5 Pertandingan Terakhir Southampton

29/2/2020 West Ham United 3 - 1 Southampton

7/3/2020 Southampton 0 - 1 Newcastle United

20/6/2020 Norwich City 0 - 3 Southampton

26/6/2020 Southampton 0 - 2 Arsenal  

28/6/2020 Watford 1 - 3 Southampton 

5 Pertandingan Terakhir Manchester City

18/6/2020 Manchester City 3 - 0 Arsenal

23/6/2020 Manchester City 5 - 0 Burnley 

26/6/2020 Chelsea 2 - 1 Manchester City 

29/6/2020 Newcastle United 0 - 2 Manchester City 

3/7/2020 Manchester City 4 - 0 Liverpool

Sumber: Sportmole, Soccerway 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Pemotretan Keluarga Kecil Acha Sinaga, Baby Lucas Curi Perhatian

Posted: 04 Jul 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keluarga kecil seleb tak jarang menjadi sorotan. Kebersamaan dan kehangatan keluarga selebritas kerap mencuri perhatian. Momen manis keluarga seleb pun kerap diabadikan dengan menjalani pemotretan keluarga yang curi perhatian. Acha Sinaga merupakan salah satu seleb yang baru-baru ini menjalani pemotretan bersama keluarga kecilnya.

Nama Acha Sinaga tentunya sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Artis berusia 30 tahun ini sudah malang melintang di industri hiburan Tanah Air dan membintangi sejumlah judul FTV. Acha Sinaga menikah dengan Andy Ambarita pada tahun 2017, kini artis kelahiran 1989 ini sudah dikaruniai buah hati yang menggemaskan pada 10 Maret 2020.

Acha Sinaga bersama keluarga kecilnya kini tinggal di Australia. Keluarga kecil Acha Sinaga dan Andy tentunya semakin berwarna setelah kehadiran sang buah hati. Keluarga kecil ini pun menjalani pemotretan untuk mengabadikan momen manis keluarga mereka.

Dalam pemotretan tersebut, kehangatan yang dipancarkan keluarga yang selalu terlihat hangat ini pun mencuri perhatian. Ekspresi lucu baby Lucas berhasil membuat warganet merasa gemas.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 gaya pemotretan keluarga kecil Acha Sinaga, Minggu (5/7/2020).

1. Berkonsep outdoor dan menggunakan baju dengan warna cokelat senada, pemotretan keluarga kecil Acha Sinaga sederhana namun penuh kehangatan.

Gaya Pemotretan Keluarga Kecil Acha Sinaga. (Sumber: Instagram.com/achasinaga)
Gaya Pemotretan Keluarga Kecil Acha Sinaga. (Sumber: Instagram.com/achasinaga)

2. Kebahagiaan pun tak henti dipancarkan keluarga kecil ini setelah kehadiran buah hati mereka pada 10 Maret 2020 lalu.

Gaya Pemotretan Keluarga Kecil Acha Sinaga. (Sumber: Instagram.com/achasinaga)
Gaya Pemotretan Keluarga Kecil Acha Sinaga. (Sumber: Instagram.com/achasinaga)

3. Saat menjalani pemotretan tersebut, Baby Lucas sudah berusia 14 minggu.

Gaya Pemotretan Keluarga Kecil Acha Sinaga. (Sumber: Instagram.com/achasinaga)
Gaya Pemotretan Keluarga Kecil Acha Sinaga. (Sumber: Instagram.com/achasinaga)

4. Artis kelahiran 1989 ini pun tak lupa mengabadikan momen manis dirinya dan sang buah hati.

Gaya Pemotretan Keluarga Kecil Acha Sinaga. (Sumber: Instagram.com/achasinaga)
Gaya Pemotretan Keluarga Kecil Acha Sinaga. (Sumber: Instagram.com/achasinaga)

5. Acha Sinaga dan Andy Ambarita juga sang buah hati kini tinggal di Sydney, Australia.

Gaya Pemotretan Keluarga Kecil Acha Sinaga. (Sumber: Instagram.com/achasinaga)
Gaya Pemotretan Keluarga Kecil Acha Sinaga. (Sumber: Instagram.com/achasinaga)

6. Ekspresi lucu Acha Sinaga dengan keluarga kecilnya ini berhasil membuat warganet gemas.

Gaya Pemotretan Keluarga Kecil Acha Sinaga. (Sumber: Instagram.com/achasinaga)
Gaya Pemotretan Keluarga Kecil Acha Sinaga. (Sumber: Instagram.com/achasinaga)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pekan Sempurna Bukayo Saka: Perpanjang Kontrak Bersama Arsenal dan Cetak Gol Perdana

Posted: 04 Jul 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Wolverhampton - Winger Arsenal, Bukayo Saka, mengaku akan mengenang selamanya gol pertamanya untuk The Gunners. Hal itu terjadi saat Meriam London menang 2-0 melawan Wolverhampton Wanderers, Sabtu (4/7/2020) malam WIB.

Saka berjanji merayakan pekan tak terlupakan ini, yang juga termasuk pekan di mana ia memperpanjang kontrak bersama Arsenal. Penampikan pemain berusia 18 tahun itu musim ini telah membuat kagum banyak orang.

Dia membayar kepercayaan klubnya itu dengan gol luar biasa yang membuat Arsenal memimpin sebelum jeda setelah melepaskan tendangan volinya.

"Ini pekan yang akan saya kenang sepanjang hidup saya," kata Saka kepada Sky Sports.

"Ini pekan hebat bukan hanya untuk saya, tetapi juga para penggemar Arsenal. Anda bisa menyaksikan apa yang sedang dibangun manajer dan kami sungguh senang atas hasil yang kami dapatkan dan bahwa saya bisa mengikatkan masa depan saya di sini."

"Saya masih 18 tahun sudah menjadi impian saya bermain untuk klub ini," sambung dia.

Golnya merancang Arsenal menang 2-0 di Molineux yang merupakan kemenangan tandang kedua kali berturut-turut di Liga Premier dan keempat secara beruntun dari semua kompetisi.

 

Jadwal Liga Inggris

(AP Photo/Michael Probst)
(AP Photo/Michael Probst)

Minggu, 5 Juli 2020

18.00 WIB, Burnley vs Sheffield United (Mola TV)

20.15 WIB, Newcastle United vs West Ham United (Mola TV)

22.30 WIB, Liverpool vs Aston Villa (Mola TV)

 

Senin, 6 Juli 2020

01.00 WIB, Southampton vs Manchester City

 

Selasa, 7 Juli 2020

02.00 WIB, Tottenham Hotspur vs Everton (Mola TV)

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan Video Arsenal Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seorang Pendaki Hilang Misterius di Gunung Guntur Garut

Posted: 04 Jul 2020 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Petugas gabungan mencari seorang pendaki asal Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat yang dilaporkan hilang di kawasan Gunung Guntur, Kecamatan Tarogong Kaler.

Kepala Polsek Tarogong Kaler Iptu Masrokan, Minggu membenarkan, adanya seorang remaja Afrizal (16) asal Kecamatan Cilawu, yang berangkat mendaki bersama teman-temannya pada Jumat (3/7) siang dan dilaporkan hilang, Sabtu (4/7) pagi.

"Ya betul (pendaki hilang) rencananya sekarang (Minggu) mau pencarian," kata Masrokan yang dikutip dari Antara.

Ia menuturkan, jajarannya sudah mengecek lokasi kejadian atau sekitar awal korban hilang di wilayah Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler.

Korban, kata dia, dilaporkan hilang oleh temannya pada Sabtu (4/7) pagi, kemudian sempat dilakukan pencarian oleh keluarganya, hingga akhirnya petugas gabungan diterjunkan ke Gunung Guntur.

"Korban berangkat Jumat pukul 13.00 sampai di lokasi kemah jam 18.00 WIB, pada waktu temannya bangun jam 05.00 WIB korban sudah tidak ada di tenda," katanya.

Kepala Basarnas Bandung, Deden Ridwansah menyampaikan, jajarannya sudah diterjunkan dengan peralatan lengkap untuk mencari korban yang hilang di kawasan Gunung Guntur.

"Satu tim diturunkan untuk membantu pencarian korban," katanya.

 

Sisir 3 Jalur Pendakian

Ia menyampaikan, tim yang diterjunkan sudah koordinasi dengan unsur petugas terkait di lapangan untuk memudahkan pencarian. Ia menyampaikan, awal pencarian, Minggu pagi akan dilakukan dengan menyisir Pos 3 jalur pendakian Gunung Guntur.

"Kami koordinasi dengan unsur di lapangan. Berdasarkan pertimbangan teknis di lapangan, pencarian dimulai Minggu pukul 06.00 WIB di sekitar Pos 3 Gunung Guntur," katanya.

Sebelumnya, informasi yang dihimpun bahwa korban Afrizal pergi mendaki bersama empat orang temannya, Jumat (3/7) siang, kemudian berkemah dan berbincang-bincang sampai Sabtu (4/7) sekitar pukul 02.00 WIB, kemudian tidur.

Namun saat bangun, Sabtu pagi korban sudah tidak ada di dalam tenda, teman korban menunggu sampai pukul 11.00 WIB, tapi korban tidak kunjung datang juga hingga akhirnya memutuskan untuk turun gunung melaporkan peristiwa itu.

Selanjutnya orang tua korban dan beberapa orang lainnya melakukan pencarian, namun tidak membuahkan hasil hingga akhirnya petugas gabungan diterjunkan untuk mencari korban.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Inter Milan Vs Bologna: Tuan Rumah On Fire

Posted: 04 Jul 2020 08:35 PM PDT

Jakarta Inter Milan sedang on fire dalam melakoni laga di serie A termasuk saat menjamu peringkat ke-11, Bologna, pada pekan ke-30 Serie A 2019-2020, di Stadion Giuseppe Meazza, Minggu (5/7/2020) pukul 22.15 WIB. Sebelumnya, Inter Milan hancurkan Brescia 6 gol tanpa balas.

Inter Milan memenangi dua laga terakhirnya, mencetak delapan gol, dan cuma sekali kebobolan. Setelah menekuk tuan rumah Parma 2-1, pasukan Antonio Conte menghabisi sang tamu Brescia 6-0 melalui gol-gol Ashley Young, Alexis Sanchez (penalti), Danilo D'Ambrosio, Roberto Gagliardini, Christian Eriksen, dan Antonio Candreva.

Sementara itu, Bologna tak terkalahkan dalam dua laga terakhirnya. Bologna mengalahkan tuan rumah Sampdoria 2-1 lewat penalti Musa Barrow dan gol Riccardo Orsolini, kemudian bermain 1-1 menjamu Cagliari.

Pada pertemuan pertama musim ini, Inter menang 2-1 di kandang Bologna. Sempat tertinggal oleh gol Roberto Soriano, Inter berbalik menang lewat sepasang gol Romelu Lukaku (1 penalti).

Inter Milan bertekad melanjutkan momentum kemenangan mereka. Setelah Parma dan Brescia, Bologna bisa menjadi korban mereka yang berikutnya.

  

Perkiraan Susunan Pemain   

Lautaro Martinez (Inter Milan).(AFP/Isabella Bonotto)
Lautaro Martinez (Inter Milan).(AFP/Isabella Bonotto)

Inter Milan

Formasi: 3-4-1-2

Handanovic; Godin, de Vrij, Bastoni; Moses, Barella, Borja Valero, Young; Eriksen; Lukaku, Lautaro.

Pelatih: Antonio Conte.

Info skuad: Skriniar (skorsing), Sensi (cedera), Vecino (cedera).

Bologna

Formasi: 4-3-3

Skorupski; Tomiyasu, Danilo, Bani, Dijks; Soriano, Schouten, Medel; Orsolini, Palacio, Barrow.

Pelatih: Sinisa Mihajlovic.

Info skuad: Skov Olsen (cedera), Santander (cedera), Poli (cedera), Mbaye (cedera).

 

Head-to-Head dan Performa   

Head-to-Head (Serie A)

Pertemuan: 145

Inter Milan menang: 70

Gol Inter Milan: 220

Imbang: 35

Bologna menang: 40

Gol Bologna: 166

5 Pertemuan Terakhir

3-11-2019 Bologna 1-2 Inter (Serie A)

4-2-2019 Inter 0-1 Bologna (Serie A)

1-9-2018 Bologna 0-3 Inter (Serie A)

11-2-2018 Inter 2-1 Bologna (Serie A)

20-9-2017 Bologna 1-1 Inter (Serie A)

5 Laga Terakhir Inter (S-M-S-M-M)

14-6-2020 Napoli 1-1 Inter (Coppa Italia)

22-6-2020 Inter 2-1 Sampdoria (Serie A)

25-6-2020 Inter 3-3 Sassuolo (Serie A)

29-6-2020 Parma 1-2 Inter (Serie A)

2-7-2020 Inter 6-0 Brescia (Serie A)

5 Laga Terakhir Bologna (S-K-K-M-S)

22-2-2020 Bologna 1-1 Udinese (Serie A)

29-2-2020 Lazio 2-0 Bologna (Serie A)

23-6-2020 Bologna 0-2 Juventus (Serie A)

29-06-2020 Sampdoria 1-2 Bologna (Serie A)

2-7-2020 Bologna 1-1 Cagliari (Serie A)

 

Statistik

- Inter Milan cuma kalah 2 kali dalam 22 laga terakhirnya di Serie A (M13 S7 K2).

- Selalu tercipta minimal 3 gol dalam 4 laga kandang terakhir Inter di Serie A.

- Inter Milan selalu mencetak minimal 2 gol dalam 4 laga kandang terakhirnya di Serie A.

- Inter Milan tak terkalahkan dalam 11 laga kandang terakhirnya di Serie A (M6 S5 K1).

- Inter Milan cuma kalah 1 kali dalam 12 laga terakhirnya melawan Bologna di semua kompetisi (M7 S4 K1)

Sumber: dari berbagai sumber 

Disadur dari: Bola.net (Penulis Gia Yuda Pradana, published: 3/7/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalung Antivirus Corona Diproduksi Massal Agustus 2020

Posted: 04 Jul 2020 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian(Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian (Balitbangtan) tengah mengembangkan antivirus Corona. Antivirus tersebut berasal dari Pohon Kayu Putih.

"Dari 700 jenis (tanaman), 1 yang bisa mematikan Corona dari hasil lab kita. Dan hasil lab ini untuk antivirus. Dan kita yakin. Bulan depan (Agustus) ini sudah dicetak, diperbanyak," ujarnya dikutip dari akun Youtube Kementerian Pertanian RI, Minggu (5/7/2020).

Dalam video tersebut, antivirus Corona tersebut berbentuk kalung. Selain itu juga ada yang berbentuk roll on.

Syahrul menjelaskan bahwa antivirus tersebut sudah diujicoba. Hasilnya, antivirus tersebut dapat membunuh virus Corona dalam waktu 15 menit.

"Jadi ini bisa membunuh, kalau kontak 15 menit dia bisa membunuh 42 persen dari Corona. Kalau dia 30 menit maka dia bisa 80 persen," jelas dia.

Badan Litbang Pertanian akan menggandeng perusahaan swasta yakni PT Eagle Indo Pharma untuk pengembangan inovasi dan hilirisasi terhadap produk berbahan eucalyptus yang disebut dapat menangkal Virus Corona.

"Dengan kerja sama ini diharapkan semakin cepat proses pengembangan produk untuk tersedia, sehingga dapat digunakan masyarakat sebagai pencegahan pandemi Virus Corona," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Fadjry Djufry.

Ada pun hasil uji laboratorium antivirus berbasis eucalyptus mendapat respon positif masyarakat Hasil pengujian Balitbangtan terhadap berbagai tumbuhan yang berpotensi sebagai antivirus Corona, disimpulkan bahwa yang paling efektif ditemukan adalah pada tanaman eucalyptus yang memiliki kandungan senyawa aktif 1,8-cineole (eucalyptol).

Paparan hasil uji eucalyptus terhadap Virus Influenza, Virus Beta dan Gamma Corona menunjukkan kemampuan membunuh virus sebesar 80-100 persen.

 

Banyak Permintaan

Oleh karena itu Fadjry menegaskan kerja sama yang dilakukan ini sebagai tindak lanjut atas banyaknya permintaan dari jajaran pemerintah daerah dan masyarakat luas terhadap hasil olahan produk eucaliyptus ini.

"Kita bertemu dengan mitra yang melisensi beberapa produk kita seperti inhaler, roll on dan yang kalung. Produk ini yang paling banyak diminta banyak gubenur dan bupati hampir se-Indonesia, karena ini bisa jadi anti Corona," kata Fadjry.

Ada pun kerja sama ini dilakukan untuk pengembangan inovasi produk melalui mekanisme kerja sama lisensi dalam hal ini bersama PT Eagle Indo Pharma sebagai mitra lisensi Balitbangtan. Mitra kerja sama mempunyai kewajiban untuk memproduksi teknologi dengan supervisi dari Balitbangtan.

PT Eagle Indo Pharma merupakan perusahaan swasta nasional yang dikenal dengan merk dagang Cap Lang memiliki produk-produk berkualitas yang ada di pasaran.

Kerja sama ini diharapkan semakin cepat proses pengembangan produk untuk digunakan masyarakat sebagai upaya dalam pencegahan pengembangan pandemic Virus Corona.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: