Rabu, 08 Juli 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Koperasi dan UMKM Diminta Terapkan Pembukuan Digital biar Dilirik Pemberi Pembiayaan

Posted: 08 Jul 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyiapkan Rp 80 triliun- Rp 100 triliun untuk pembiayaan UMKM. Dana ini disalurkan melalui lembaga pembiayaan formal sebagai kucuran modal kerja baru bagi Koperasi dan UMKM.

Dia mengatakan ingin semua UMKM terhubung ke lembaga pembiayaan formal. "Karena dalam catatan bank dunia yang sukses UMKM berkembang, tumbuh dari usaha kecil menjadi menengah, dan menengah jadi besar itu adalah UMKM yang sudah terhubung ke lembaga pembiayaan formal, seperti perbankan, koperasi syariah, Koperasi Simpan Pinjam, dan sebagainya," kata Teten dalam Webinar, Kamis (9/7/2020).

Koperasi dan UMKM didorong agar bisa memanfaatkan modal kerja baru tersebut. Apalagi modal kerja ini diklaim lebih murah dan cicilan berlangsung lama.

"Sehingga tidak perlu bayar cicilan selama 6 bulan. Ini akan kami salurkan dalam bank Himbara, BPR, KSP, BMT, silakan mengajukan ke lembaga pembiayaan tersebut, ini bukan dibagikan oleh Kementerian Koperasi dan UKM langsung," lanjut dia.

Digitalisasi UMKM juga dikatakan sangat penting untuk memperoleh akses pembiayaan. Itu karena ke depan banyak lembaga pembiayaan yang sudah melakukan record digital mengenai kesehatan usaha UMKM, yang bisa menggantikan jaminan dalam bentuk akses pembiayaan.

"Ke depan record digital akan menjadi model, oleh karena itu digitalisasi menjadi penting untuk koperasi dan UKM. Selama ini lembaga pembiayaan itu kurang percaya memberikan pinjaman, kalau pembukuannya masih manual, karena double pembukuan itu sering dilakukan," ujarnya.

Apabila menerapkan pencatatan digital, maka lembaga pembiayaan bisa melihat apakah UMKM tersebut usahanya berkembang atau macet.

"Beberapa pelaku usaha sekarang sudah melihat record atau catatan digital mengenai kesehatan usaha, itu menjadikan referensi untuk memberikan pinjaman, ke depan akan seperti itu," jelas dia.

Menurutnya sudah tidak zaman menumpuk aset untuk jaminan pinjaman. Melainkan yang penting sekarang adalah pengelolaan usaha secara digital.

"Sekarang yang penting dari lembaga pembiayaan melihat dari usahanya, apakah usahanya lancar dan mampu membayar cicilan, kenapa tidak diberikan pembiayaan," ujarnya.

Teten menyampaikan, bisnis proses, pembukuan di UMKM secara digital itu sangat penting dan bisa menjadi model baru dalam pemberian pinjaman.

Kementerian dan BUMN Diminta Serap Produk UMKM Senilai Rp 400 Triliun

UMKM. (Foto:Dok.PGN)
UMKM. (Foto:Dok.PGN)

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan apabila setiap tahun Kementerian, lembaga, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mampu menyerap belanja produk UMKM, maka penyerapan tersebut bisa mencapai Rp 300-400 triliun.

Maka secara tidak langsung bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, dikarenakan permintaan (demand) mengenai produk UMKM meningkat, sehingga produk UMKM bisa terserap dengan baik karena didukung oleh pasar dalam negeri.

"Supaya nanti penyerapan belanja UMKM yang sudah diperintahkan oleh Presiden baik Kementerian, BUMN, lembaga, yang membeli produk UMKM, kalau setiap tahun ada belanja produk UMKM maka bisa serap Rp 300-400 triliun," kata Teten dalam webinar, Kamis (9/7/2020).

Penyerapan yang ia maksud, seperti kebutuhan Kementerian, lembaga, BUMN, akan kebutuhan kantor, misalnya furniture, seragam kantor, makanan, minuman, dan keperluan lainnya yang bisa dipenuhi oleh UMKM.

"Saya kira akan menggerakkan perekonomian UMKM, jadi pendekatan kami sesuai arahan Presiden adalah market demand," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya telah menyiapkan dua pendekatan, pertama melalui SMESCO yang disiapkan menjadi trading house untuk memudahkan produk UMKM yang menyebar di berbagai daerah  yang produknya kecil-kecil, akan diagregasi melalui trading house di SMESCO.

"Kita mau membuat e-catalog seluruh produk UMKM untuk memudahkan menghubungkan UMKM dengan buyer, baik dalam negeri maupun luar negeri, tentu kita akan fokus pada produk-produk yang sedang tumbuh permintaannya baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri," ujarnya.

Demikian Teten menegaskan, bahwa pihaknya memerlukan bantuan kepala dinas di berbagai daerah untuk mengkurasi produk-produk yang sedang tren, yang bisa dimasukan dalam e-catalog di SMESCO. Dan, juga ingin semua produk UMKM yang standarnya sudah bagus agar masuk di e-catalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Lanjut Teten, jika pembiayaan terus digelontorkan untuk memabntu UMKM, apabila demand-nya rendah, ya tetap saja akan sulit mengembangkan UMKM tersebut. Oleh karena itu,  ia berharap agar permintaan domestik lebih banyak menyerap produk UMKM.   

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diberi Kejutan Suami dan Anak Sambung, Ini 6 Momen Perayaan Ultah Angelica Simperler

Posted: 08 Jul 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bintang FTV, Angelica Simperler baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-34. Suami dan anak tirinya pun turut memberikan kejutan kepada artis kelahiran 1986 ini.

Nama Angelica Simperler tentunya sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Artis yang kini sudah menginjak usia 34 tahun ini sudah malang melintang di industri hiburan Tanah Air. Terjun ke industri hiburan sejak tahun 2009, pemilik nama lengkap Angelica Faustina Simperler ini dijuluki sebagai ratu FTV Indonesia.

Walaupun sudah berusia 34 tahun, namun pesona artis yang sudah membintangi ragam judul FTV ini seakan tak pernah luntur. Pada Kamis 9 Juli 2020, suami dan anak tiri Angelica Simperler memberikan kejutan ulang tahun untuk artis kelahiran Jakarta ini. Tentunya ini merupakan momen pertama Angelica Simperler merayakan ulang tahun bersama sang suami.

Diketahui Angelica Simperler menikah dengan Rico Hidros Daeng pada 20 Juni 2020 lalu. Menikah dengan Rico Hidros Daeng, Angelica juga sudah terlihat dekat dengan anak sambungnya yang bernama Ahmad Titan At Tariq.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 momen perayaan ulang tahun Angelica Simperler, Kamis (9/7/2020).

1. Ini merupakan momen pertama kali Angelica Simperler merayakan ulang tahun bersama suami dan anak sambungnya.

Momen Perayaan Ultah Angelica Simperler. (Sumber: Instagram.com/angelicasimp.new)
Momen Perayaan Ultah Angelica Simperler. (Sumber: Instagram.com/angelicasimp.new)

2. Walaupun sederhana, namun kehangatan dan kebersamaan keluarga kecil ini pun turut dirasakan warganet.

Momen Perayaan Ultah Angelica Simperler. (Sumber: Instagram.com/angelicasimp.new)
Momen Perayaan Ultah Angelica Simperler. (Sumber: Instagram.com/angelicasimp.new)

3. Artis yang dijuluki sebagai ratu FTV ini masih terlihat awet muda di usianya yang kini sudah menginjak 34 tahun.

Momen Perayaan Ultah Angelica Simperler. (Sumber: Instagram.com/angelicasimp.new)
Momen Perayaan Ultah Angelica Simperler. (Sumber: Instagram.com/angelicasimp.new)

4. Anak sambung Angelica Simperler juga mengunggah momen perayaan ulang tahun sang ibunda ini di akun Instagram pribadinya.

Momen Perayaan Ultah Angelica Simperler. (Sumber: Instagram.com/titan_attariq)
Momen Perayaan Ultah Angelica Simperler. (Sumber: Instagram.com/titan_attariq)

5. Kedekatan antara bintang FTV ini dengan anak sambungnya terlihat seperti kakak adik ya.

Momen Perayaan Ultah Angelica Simperler. (Sumber: Instagram.com/angelicasimp.new)
Momen Perayaan Ultah Angelica Simperler. (Sumber: Instagram.com/angelicasimp.new)

6. Tak sedikit warganet yang mendoakan dan mengucapkan selamat di hari ulang tahun istri Rico Hidros Daeng ini.

Momen Perayaan Ultah Angelica Simperler. (Sumber: Instagram.com/angelicasimp.new)
Momen Perayaan Ultah Angelica Simperler. (Sumber: Instagram.com/angelicasimp.new)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anti Ribet, Begini Cara Perpanjang SIM di Mobil Keliling

Posted: 08 Jul 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain di Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas), perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) juga bisa dilakukan di layanan mobil keliling.

Tersedia di beberapa titik, pemohon sebaiknya memperhatikan beberapa dokumen penting yang harus dibawa agar layanan yang diberikan bisa berjalan maksimal dan lebih cepat.

Sebelum menuju lokasi SIM keliling, pemohon harus menyiapkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan alat tulis seperti pulpen untuk mengisi dokumen.

Hanya melayani pembuatan SIM A dan SIM C, saat tiba di lokasi, pemohon harus mendaftar dengan memberikan fotokopi KTP. Isi biodata lengkap pada formulir yang diberikan.

Sesuai Antrean

Setelah itu, serahkan kembali formulir kepada petugas dan menunggu sesuai nomor antrean. Pemohon akan dipanggil kembali oleh petugas untuk melakukan tes kesehatan mata.

Apabila lolos, pemohon akan langsung diarahkan menuju tempat foto. Usai melakukan dua hal tersebut, pemohon diharuskan melakukan pembayaran perpanjangan dan menunggu terbitnya SIM baru.

 

Biaya Perpanjangan SIM

Sesuai PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, biaya perpanjangan SIM A ialah Rp80 ribu dan Rp75 ribu untuk perpanjangan SIM C.

Selama pandemi, pemohon harus memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Karena itu, penggunaan masker serta penerapan physical distancing wajib dilakukan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Menular Lewat Udara, Ini yang Perlu Dilakukan untuk Mencegahnya

Posted: 08 Jul 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bukti baru menunjukkan Virus Corona COVID-19 mampu bertahan di udara dan dapat menulari orang. Meski masih akan diteliti lebih lanjut, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengakui fakta yang mengkhawatirkan itu dan meminta orang-orang harus mengantisipasi agar tidak tertular.

Dalam hasil penelitian 239 ilmuwan yang disampaikan kepada WHO, dijelaskan Virus Corona dapat tetap berada di udara selama berjam-jam dan menginfeksi orang ketika mereka menghirupnya. Risiko penularan paling tinggi terjadi di ruang tertutup dengan ventilasi yang buruk.

Virus yang menyebar di udara inilah yang dapat membantu menjelaskan peristiwa infeksi massal yang dilaporkan di pabrik pengemasan daging, gereja, dan restoran.

Meski begitu, belum jelas seberapa sering orang tertular akibat Virus Corona di udara dalam bentuk aerosol ini dibandingkan dengan droplet atau percikan air yang dikeluarkan ketika orang batuk atau bersin. Demikian juga dibandingkan dengan kontak dengan permukaan yang terkontaminasi, kata Linsey Marr, seorang ahli aerosol di Virginia Tech.

Aerosol dilepaskan bahkan ketika seseorang tanpa gejala menghembuskan napas, berbicara atau bernyanyi, menurut Marr dan lebih dari 200 ahli lainnya, yang telah menjabarkan bukti dalam surat terbuka kepada WHO.

Yang jelas, kata para ahli itu, orang-orang harus mempertimbangkan meminimalkan waktu berada di dalam ruangan dengan orang-orang bukan keluarga mereka. Sekolah, panti jompo, dan bisnis harus mempertimbangkan untuk menambahkan filter udara baru yang kuat dan lampu ultraviolet yang dapat membunuh virus di udara.

Lantas bagaimana antisipasi yang dapat kita lakukan untuk menghindari penularan Virus Corona melalui udara? Berikut jawabannya seperti dikutip dari New York Times, Rabu (8/7/2020):

Tetap Jaga Jarak

Ilustrasi Lockdown Credit: pexels.com/cottonbro
Ilustrasi Lockdown Credit: pexels.com/cottonbro

Untuk virus yang ditularkan melalui udara berarti ia dapat dibawa melalui udara dalam bentuk yang sangat kecil. Bagi sebagian besar patogen, ini adalah skenario ya atau tidak. HIV misalnya, terlalu halus untuk bertahan hidup di luar tubuh, dan tidak bisa mengudara. Sedangkan virus campak bisa mengudara, dan sangat berbahaya karena bisa bertahan di udara hingga dua jam.

Untuk Virus Corona, penjelasannya lebih rumit. Para ahli sepakat bahwa virus tidak melakukan perjalanan jarak jauh atau tetap hidup di luar ruangan. Tetapi bukti menunjukkan itu dapat melintasi suatu ruangan dan, dalam satu pengaturan kondisi percobaan, Virus Corona mampu bertahan paling lama tiga jam.

Aerosol adalah droplet, sebaliknya, tetesan adalah aerosol - mereka tidak berbeda kecuali dalam ukuran. Para ilmuwan terkadang menyebut tetesan berdiameter kurang dari lima mikron sebagai aerosol. Sebagai perbandingan, sel darah merah berdiameter sekitar lima mikron; rambut manusia selebar 50 mikron.

Dari awal pandemi, WHO dan organisasi kesehatan masyarakat lainnya telah memfokuskan pada kemampuan virus untuk menyebar melalui tetesan besar yang dikeluarkan ketika orang yang gejalanya batuk atau bersin.

Tetesan ini berat dan jatuh dengan cepat ke lantai atau ke permukaan yang mungkin disentuh orang lain. Inilah sebabnya mengapa lembaga kesehatan masyarakat merekomendasikan menjaga jarak setidaknya 1,8 meter dari orang lain, dan sering mencuci tangan.

Tetapi beberapa ahli telah mengatakan selama berbulan-bulan, orang yang terinfeksi juga melepaskan aerosol ketika mereka batuk dan bersin. Lebih penting lagi, mereka mengeluarkan aerosol bahkan ketika mereka bernapas, berbicara atau bernyanyi, terutama dengan sedikit tenaga.

Para ilmuwan tahu sekarang bahwa orang dapat menyebarkan virus meskipun tanpa gejala - tanpa batuk atau bersin - dan aerosol mungkin menjelaskan fenomena itu.

Karena aerosol lebih kecil, mengandung lebih sedikit virus daripada tetesan. Tetapi karena mereka lebih ringan, mereka dapat berlama-lama di udara selama berjam-jam, terutama karena tidak adanya udara segar. Dalam ruang tertutup yang padat, satu orang yang terinfeksi dapat melepaskan cukup virus aerosol dari waktu ke waktu untuk menulari banyak orang.

Ventilasi Udara Penting

Ilustrasi orang pakai masker saat wabah Virus Corona COVID-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)
Ilustrasi orang pakai masker saat wabah Virus Corona COVID-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Jarak fisik masih sangat penting. Semakin dekat Anda dengan orang yang terinfeksi, semakin banyak aerosol dan tetesan yang mungkin terpapar pada Anda. Sering-sering mencuci tangan adalah langkah yang bagus.

Apa yang baru adalah bahwa kedua hal itu mungkin tidak cukup. "Kita harus lebih menekankan masker dan ventilasi seperti yang kita lakukan dengan mencuci tangan," kata Dr. Marr. "Sejauh yang kami tahu, ini sama pentingnya, jika tidak lebih penting."

Petugas kesehatan mungkin perlu memakai masker N95, yang menyaring sebagian besar aerosol. Saat ini, mereka disarankan untuk melakukannya hanya ketika terlibat dalam prosedur medis tertentu yang dianggap menghasilkan aerosol.

Bagi masyarakat, masker masih akan sangat mengurangi risiko, selama kebanyakan orang memakainya. Di rumah, ketika Anda dengan keluarga Anda sendiri atau dengan teman sekamar yang Anda tahu harus berhati-hati, masker tidak diperlukan.

Sedangkan untuk berapa lama aman dalam suatu ruangan, itu sulit ditentukan. Tergantung pada apakah ruangan terlalu ramai untuk memungkinkan jarak aman dari orang lain dan apakah ada udara segar yang mengalir melalui ruangan.

Jangan Terlalu Lama dalam Ruangan Ber-AC

Banner Infografis Polusi Udara di Dunia Menurun saat Pandemi Corona. (Foto: Dok. Freepik)
Banner Infografis Polusi Udara di Dunia Menurun saat Pandemi Corona. (Foto: Dok. Freepik)

Lakukan sebanyak yang Anda bisa di luar ruangan. Meskipun banyak foto orang di pantai, bahkan pantai yang agak ramai, terutama pada hari berangin, kemungkinan lebih aman daripada pub atau restoran indoor dengan udara daur ulang dari mesin pendingin udara atau AC.

Jangan lupa tetap memakai masker jika Anda cenderung dekat dengan orang lain untuk waktu yang lama.

Ketika di dalam ruangan, satu hal sederhana yang dapat dilakukan orang adalah "membuka jendela dan pintu mereka jika memungkinkan," kata Dr. Marr.

Anda juga dapat meningkatkan filter di sistem pendingin udara rumah Anda, atau menyesuaikan pengaturan untuk menggunakan lebih banyak udara luar daripada udara daur ulang.

Bangunan umum dan bisnis mungkin ingin berinvestasi dalam pembersih udara dan lampu ultraviolet yang dapat membunuh virus. Jika tidak ada hal-hal itu yang mendesak dan penting, cobalah untuk meminimalkan waktu yang Anda habiskan di dalam ruangan, terutama tanpa masker. Semakin lama Anda menghabiskan waktu di dalam, semakin besar dosis virus yang mungkin Anda hirup.

 

Reporter: Iqbal Fadil

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seruan Kim Kardashian bagi Brand agar Pekerjakan Model Kulit Hitam

Posted: 08 Jul 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kim Kardashian mendorong lebih banyak merek kecantikan dan fesyen untuk merekrut model-model hitam. Bintang reality show dan pengusaha berusia 39 tahun ini mengunggah beberapa potret model hitam cantik lewat KKW Beauty-nya.

"Kami memiliki hak istimewa memotret model hitam paling cantik sejak meluncurkan @kkwbeauty 3 tahun lalu. Saya sangat berterima kasih atas kolaborasi kreatif mereka dan saya mendorong merek lain untuk memesan wanita luar biasa ini untuk pekerjaan di masa depan," tulis Kardashian, dikutip dari Today, Rabu, 8 Juli 2020.

Dalam unggahannya itu, ia membagikan potret model dari berbagai usia dan penampilan, termasuk setidaknya satu model yang memakai surai rambut perak yang indah. Di sebelah nama masing-masing model, ia menyertakan agen model yang mewakilinya.

Banyak warganet yang memuji langkah Kardashian. Namun, ada juga warganet yang mempertanyakannya. "Mengapa kamu tidak bisa mengatakan" wanita cantik? " Mengapa membuang warna kulit mereka di sana? Apakah kamu mengatakan 'model putih yang cantik'? #Stopaddingcolor," kritik seseorang.

Namun, yang lain menjelaskan bahwa Kim Kardashian secara khusus mempromosikan model-model hitam. Alasannya karena merek-merek terkenal tidak mempekerjakan mereka sesering model kulit putih.

"Aku minta maaf Karen! Tapi hitam itu penting! Mereka tidak dapat dipesan sebanyak model kulit putihmu! Jadi TERIMA KASIH KIM !! Hitam itu indah !!!!" tulis yang lain.

 

Kontribusi dalam Industri Fesyen

Kim Kardashian. (dok.Instagram @kimkardashian/https://www.instagram.com/p/B9imx4pA1dZ/Henry)
Kim Kardashian. (dok.Instagram @kimkardashian/https://www.instagram.com/p/B9imx4pA1dZ/Henry)

Sejumlah warganet menuding Kardashian memakai unggahannya untuk mempromosikan merek kecantikannya. Namun, beberapa orang justru membela Kardashian.

"Dan jika dia tidak mengatakan apa-apa, orang masih membencinya. Berbahagialah para model ini mendapatkan pengakuan yang layak mereka terima," tulis seorang.

Unggahan Kardashian muncul kurang dari sebulan setelah legenda model Beverly Johnson menulis tentang adanya diskriminasi dalam industri fesyen. Ia mengatakan debutnya dimaksudkan untuk mengantar arus perubahan, tapi beberapa dekade kemudian, rasisme masih merembes dalam industri fesyen.

"Budaya hitam berkontribusi besar bagi industri mode," kata Johnson. "Tapi orang kulit hitam tidak diberi kompensasi untuk itu," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Jatim Periksa Bupati Lumajang, Ada Apa?

Posted: 08 Jul 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Media sosial (Medsos) diramaikan dengan video sidak Bupati Lumajang Thoriqul Haq atas dugaan penyerobotan lahan milik mendiang Salim Kancil oleh pengusaha tambang pasir.

Akibat video tersebut, seorang pengusaha tambang pasir melaporkan Bupati Thoriq ke Polda Jatim terkait dugaan pencemaran nama baik. Alhasil, penyidik Ditreskrimsus memanggil dan memeriksa sang bupati. 

"Kami dipanggil teman-teman di Polda di Direskrimsus berkenaan dengan laporan yang nanti akan saya konfirmasikan siapa yang keberatan," ujar Thoriq saat tiba di Mapolda Jatim, Kamis (9/7/2020).

Thoriq menyampaikan, dirinya sebenarnya tidak bermaksud mencemarkan nama baik siapapun. Dalam kasus yang diunggah di akun salah satu aplikasi video Lumajang Tv itu, Thoriq hanya bermaksud menindak lanjuti laporan jika ada penyerobotan lahan milik mendiang Salim Kancil oleh pengusaha tambang pasir.

"Yang penting dari semua itu berkenaan dengan tanah yang digarap atau sawah yang digarap istrinya almarhum Salim Kancil yang dulu kita ingat semua, itu menjadi tragedi Salim Kancil dan meninggalnya almarhum Salim Kancil," kata Thoriq.

"Dan tanah itu sekarang menjadi polemik kembali dan ini saya dipanggil berkenaan dengan kasus ini," dia menambahkan.

Dipanggil Sebagai Saksi

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Thoriq menegaskan, sebagai warga negara yang baik, dirinya memenuhi panggilan penyidik atas laporan pengusaha itu. Dia akan memberikan keterangan sesuai fakta yang terjadi pada 2019. Saat ini status Thoriq sebagai saksi saja.

"Saya (nanti) dimintai keterangan. Iya nanti saya minta penjelasan dulu dari kepolisian. Ini saya sebagai saksi," kata dia.

Terkait polemik lahan, Thoriq tidak bisa menjelaskan lebih rinci. Dia menyebut yang berhak menjelaskannya ialah keluarga mendiang Salim Kancil. Dalam hal ini istri maupun anaknya. 

"Salah satunya soal istilah penyerobotan. Nanti keterangan berikutnya akan dijelaskan istri almarhum," ucap mantan anggota DPRD Jatim Komisi C ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Bulan Berpisah karena Lockdown, Ini Momen Menggemaskan Bocah Bertemu Sahabatnya Kembali

Posted: 08 Jul 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang ibu menangkap momen menggemaskan saat putranya bertemu kembali dengan sahabatnya setelah berbulan-bulan terpisah karena lock down virus Corona. Mereka awalnya tak tahu bahwa mereka akan bertemu lagi sehingga reaksi mereka benar-benar tak ternilai.

Begitu bocah yang ibunya mengambil video melihat sahabatnya, ia segera berlari ke arah sahabatnya itu. Pada saat yang bersamaan, bocah laki-laki dari kejauhan berlari melihat sahabatnya.

 

Keduanya lalu saling berpelukan erat sementara ibu salah satu bocah melihat dari kejauhan dengan muka gembira.

 

Berkenalan di tempat penitipan anak

Doc: Facebook.com/ViralHog
Doc: Facebook.com/ViralHog

Sejak bertemu di tempat penitipan anak dua tahun lalu, keduanya yang tinggal di New York, telah menjadi sahabat dan saling merindukan sejak pembatasan virus Corona diterapkan.

Melansir dari Kidspot, di awal video, terdengar ibu si bocah bertanya, "Menurutmu, siapa yang akan kita temui?"

Anaknya hanya menjawab: "Aku tidak tahu."

 

Awalnya tampak tak yakin

Doc: Facebook.com/ViralHog
Doc: Facebook.com/ViralHog

Saat pertama kali melihat siapa yang menurutnya adalah sahabatnya di kejauhan, dia tampak bingung, tak yakin apa yang dilihatnya itu nyata.

Saat dia sudah yakin itu adalah temannya, dia mulai berlari ke arah bocah satunya sambil berteriak "William!"

 

Saling menanyakan satu sama lain

Doc: Facebook.com/ViralHog
Doc: Facebook.com/ViralHog

Saat telah bertemu, keduanya saling berpelukan dan melompat-lompat. Mereka tampak masih tak percaya dengan kejutan itu.

Dalam keterangan video, sang ibu menulis: "Berbulan-bulan telah lewat dan mereka saling menanyakan satu sama lainnya. Bahkan saat berjauhan, mereka berpura-pura seolah mereka bermain bersama."

 

Respons netizen

Doc: Facebook.com/ViralHog
Doc: Facebook.com/ViralHog

Warganet pun menyukai momen menggemaskan tersebut. Mereka merespon positif pertemuan kedua bocah itu yang telah lama tak bertemu.

"Aw, menggemaskan sekali. Aku pun seperti itu saat bertemu dengan temanku setelah sekian lama berpisah," tulis salah satu netizen.

"Anak kecil memang memiliki jiwa yang murni. Lihat betapa bahagianya mereka," ujar netizen lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diduga Rugikan Negara Rp100 Miliar, BUMN di Riau Dilaporkan ke Kejaksaan

Posted: 08 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Pengelolaan dana Kredit Koperasi Primer untuk Anggota (KKPA) di Koperasi Petani Sawit Makmur (Kopsa-M) Desa Pangkalan Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, diduga terindikasi korupsi.

Law Enforcement Monitoring (Inlaning) sudah melaporkan kasus ini Kejaksaan Tinggi Riau. Yang dilaporkan adalah PT Perkebunan Nusantara V dan oknum di perusahaan pelat merah itu.

Kasi Penkum dan Humas Kejati Riau Muspidauan dikonfirmasi membenarkan adanya laporan ini. Dia menyebut laporan ini masih ditelaah sebelum diusut penyelidik.

"Nanti pengumpulan data dan keterangan dulu untuk mencari terjadinya tindak pidana atau tidak," kata Muspidauan, Rabu siang, 8 Juli 2020.

Direktur Inlaning, Dempos Tampubolon mengungkapkan, dugaan korupsi ini dilaporkan pada 25 Juni 2020. Dia meminta Kejati Riau mengusut kasus ini karena berpotensi merugikan negara Rp100 miliar.

Dempos menyebut ada 4 hal yang menjadi fokus laporan. Pertama, dugaan penyalahgunaan keuangan kredit KKPA oleh oknum PTPN V untuk membangun kebun bernilai Rp54 miliar.

Kredit dari Bank BRI Agro Pekanbaru untuk membangun kebun baru itu tak berjalan dengan baik. Salah satu buktinya, kondisi fisik kebun dan sarana prasarananya diduga tidak layak.

"Misalnya seperti jalan poros, jalan blok, dan gorong-gorong yang tidak layak. Namun PTPN V harus menanggung pembayaran kredit pada Bank BRI Agro karena kebunnya gagal," kata Dempos.

Dempos juga menyebut 100 hektare lahan KKPA itu gagal tanam dan panen. Belakangan, sertifikat hak milik dari lahan itu diagunkan ke Bank Mandiri di Palembang, Sumatera Selatan.

"Ini artinya lahan puso tetap dibebani utang dan dana pembangunan lahan puso tersebut ke mana?" ujar Dempos.

 

 

Sawit Gagal Panen

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kedua, Inlaning menduga ada penggelembungan kredit saat pengalihan kredit dari Bank BRI Agro Pekanbaru ke Bank Mandiri Palembang. Pasalnya kredit awal sebesar Rp54 miliar, setelah 10 tahun berjalan, bukannya berkurang tetapi bertambah jadi Rp83 milar.

Ketiga, besaran kredit yang dicairkan Bank Mandiri Palembang diduga ada permainan. Dempos menyebut sangat tidak masuk akal kredit kebun gagal bisa dicairkan Rp83 miliar dengan cicilan Rp900 juta lebih perbulan.

"Pencairan kredit sebesar Rp83 miliar tersebut masuk ke rekening PTPN V," sebut Dempos.

Dempos menyatakan, kredit itu tidak pernah dinilai oleh konsultan independen dan tanpa hasil penilaian fisik kebun Dinas Perkebunan Kabupaten Kampar atau Provinsi Riau.

"Ini menimbulkan kerugian negara karena kemampuan bayar Kopsa-M sangat minim akibat produksi kebun tidak sampai 0,5 ton/bulan," kata Dempos.

Dempos memperkirakan hingga tahun 2023 PTPN V akan menanggung kerugian lebih dari Rp100 miliar karena menjadi penjamin atas uutang tersebut.

Keempat, Dempos menduga ada penyalahgunaan keuangan kredit pada Bank Mandiri Palembang. Pasalnya sesuai Perjanjian Kerjasama Nomor 07 tanggal 15 April 2013, kredit sebesar Rp83 miliar sebagian diperuntukkan perbaikan kebun KKPA dan sarana prasarana kebun KKPA.

"Namun dana tersebut tidak dipergunakan untuk perbaikan kebun KKPA dan sarana prasarana kebun KKPA Kopsa-M. Untuk apa dana tersebut digunakan, Kopsa-M sampai hari ini tidak mendapat penjelasan apapun dari PTPN V," sebut Dempos.

Sementara itu, Humas PTPN V Rizky, belum mau mengomentari adanya laporan Inlaning ini ke Kejati Riau.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

COVID-19 per 8 Juli 2020 Bertambah 1.853, Epidemiolog: Masih Perlu Penjelasan Situasi

Posted: 08 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kasus positif COVID-19 per 8 Juli bertambah 1.853 orang, sehingga total akumulatif mencapai 68.079 orang. Menilik penambahan kasus tersebut, epidemiolog LaporCOVID-19 Iqbal Elyazar menerangkan masih perlu penjelasan dari otoritas kesehatan terkait situasi yang lebih rinci.

"Perlu penjelasan dari otoritas kesehatan dqn Gugus Tugas. Dari jalur mana kontribusi kenaikan kasus itu terjadi, sehingga dapat menjelaskan, apakah situasinya memang tambah parah atau ada upaya penemuan, diagnosis, pelaporan yang lebih baik," ujar Iqbal dalam keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Kamis (9/7/2020).

Ia melanjutkan ada beberapa faktor yang mendorong kenaikan jumlah positif COVID-19 yang terkonfirmasi, yaitu pemeriksaan orang yang datang ke rumah sakit dan orang yang terlacak dalam pelacakan dari kasus positif meningkat.

"Harus diketahu juga apakah orang-orang yang diperiksa melalui survei-survei khusus meningkat di lokasi tertentu. Misalnya, kerumunan, perkantoran, pasar, pabrik, perumahan, sarana transportasi umum, pesantren dan sarana pendidikan, agama, dan lainnya," lanjut Iqbal.

Selain itu, faktor kenaikan positif COVID-19 juga melihat apakah kemampuan laboratorium untuk memeriksa jumlah sampel meningkat. Ini terkait penambahan jumlah laboratorium, alat dan petugas pemeriksa spesimen.

"Kemudian dijelaskan juga apakah memang semua laboratorium pemeriksa COVID-19 melaporkan angka positif mereka, setelah pada hari-hari sebelumnya tertunda (libur)," ujar Iqbal.

 

Sebagian karena Gejala Ringan

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto saat konferensi pers Corona di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (30/6/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto saat konferensi pers Corona di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (30/6/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Dari temuan kasus baru COVID-19 yang bertambah 1.853, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan sebagian besar pasien positif COVID-19 yang dilaporkan mengalami gejala ringan.

"Sebagian besar kasus yang didapatkan dengan gejala minimal atau sangat sedikit. Sehingga tidak merasakan sakit," kata Yuri saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, kemarin (8/7/2020).

Gejala COVID-19 yang ringan membuat pasien tidak memerlukan perawatan dan isolasi di rumah sakit, melainkan isolasi di rumah. Syaratnya, protokol kesehatan harus dijalankan dengan ketat.

"Isolasi mandiri dengan mematuhi peraturan isolasi mandiri di rumah agar tidak menjadi penularan baru di tengah masyarakat," tegas Yuri.

Perpanjang PSBB, Sanksi, dan Contact Tracing

Petugas Dishub mengawasi pelanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar saat menyapu jalan di Tanah Abang, Jakarta, Jumat (15/5/2020). Pemprov DKI memberlakukan sanksi sosial bagi pelanggar PSBB dengan memakaikan rompi bertulis 'Pelanggar PSBB' saat menyapu jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas Dishub mengawasi pelanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar saat menyapu jalan di Tanah Abang, Jakarta, Jumat (15/5/2020). Pemprov DKI memberlakukan sanksi sosial bagi pelanggar PSBB dengan memakaikan rompi bertulis 'Pelanggar PSBB' saat menyapu jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mengenai temuan kasus positif COVID-19 yang semakin banyak, Iqbal menyarankan beberapa upaya untuk mengatasinya, salah satunya dengan memaksimalkan langkah-langkah yang selama ini telah diterapkan. 

"Solusinya tidaklah banyak, sehingga harus maksimal. Pemerintah daerah jangan merasa takut untuk memulai atau memperpanjang dan mengulang Pembatasan Sosial Berskala Besar," tambah Iqbal yang juga anggota International Youth Science Forum.

"Pemda dan aparat memaksimalkan pemakaian masker di luar rumah. Pastikan ada sanksi sosial untuk pelonggaran. Pemakaian masker adalah tindakan bela negara dan manfaat untuk melindungi anggota komunitas yang lain."

Lebih lanjut, Iqbal menerangkan pemda dapat mempercepat, perbanyak penelusuran kontak (contact tracing), pemeriksaan PCR, dan segera diisolasi jika ditemukan kasus positif, sehingga interaksi orang-orang tersebut dapat dimininalisirkan.

Bagi seseorang yang terinfeksi maupun positif COVID-19 dengan gejala ringan sebaiknya isolasi diri yang benar di rumah supaya tidak terjadi transmisi di dalam rumah.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Beragam Koleksi Mobil Klasik Mini Dipamerkan di Rumah Lelang Austria

Posted: 08 Jul 2020 10:00 PM PDT

Para pengunjung melihat koleksi mobil klasik
Para pengunjung melihat koleksi mobil klasik

Para pengunjung melihat koleksi mobil klasik

Para pengunjung melihat koleksi mobil klasik
Para pengunjung melihat koleksi mobil klasik

Para pengunjung melihat koleksi mobil klasik

Foto pada 8 Juli 2020 menunjukkan koleksi mobil klasik
Foto pada 8 Juli 2020 menunjukkan koleksi mobil klasik

Foto pada 8 Juli 2020 menunjukkan koleksi mobil klasik

Para pengunjung melihat sebuah mobil klasik
Para pengunjung melihat sebuah mobil klasik

Para pengunjung melihat sebuah mobil klasik

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian dan BUMN Diminta Serap Produk UMKM Senilai Rp 400 Triliun

Posted: 08 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan apabila setiap tahun Kementerian, lembaga, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mampu menyerap belanja produk UMKM, maka penyerapan tersebut bisa mencapai Rp 300-400 triliun.

Maka secara tidak langsung bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, dikarenakan permintaan (demand) mengenai produk UMKM meningkat, sehingga produk UMKM bisa terserap dengan baik karena didukung oleh pasar dalam negeri.

"Supaya nanti penyerapan belanja UMKM yang sudah diperintahkan oleh Presiden baik Kementerian, BUMN, lembaga, yang membeli produk UMKM, kalau setiap tahun ada belanja produk UMKM maka bisa serap Rp 300-400 triliun," kata Teten dalam webinar, Kamis (9/7/2020).

Penyerapan yang ia maksud, seperti kebutuhan Kementerian, lembaga, BUMN, akan kebutuhan kantor, misalnya furniture, seragam kantor, makanan, minuman, dan keperluan lainnya yang bisa dipenuhi oleh UMKM.

"Saya kira akan menggerakkan perekonomian UMKM, jadi pendekatan kami sesuai arahan Presiden adalah market demand," ujarnya.

2 Pendekatan

Bank BRI yang memiliki komitmen untuk fokus terhadap pemberdayaan UMKM di Indonesia tidak tinggal diam melihat kondisi saat ini.
Bank BRI yang memiliki komitmen untuk fokus terhadap pemberdayaan UMKM di Indonesia tidak tinggal diam melihat kondisi saat ini.

Oleh karena itu, pihaknya telah menyiapkan dua pendekatan, pertama melalui SMESCO yang disiapkan menjadi trading house untuk memudahkan produk UMKM yang menyebar di berbagai daerah  yang produknya kecil-kecil, akan diagregasi melalui trading house di SMESCO.

"Kita mau membuat e-catalog seluruh produk UMKM untuk memudahkan menghubungkan UMKM dengan buyer, baik dalam negeri maupun luar negeri, tentu kita akan fokus pada produk-produk yang sedang tumbuh permintaannya baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri," ujarnya.

Demikian Teten menegaskan, bahwa pihaknya memerlukan bantuan kepala dinas di berbagai daerah untuk mengkurasi produk-produk yang sedang tren, yang bisa dimasukan dalam e-catalog di SMESCO. Dan, juga ingin semua produk UMKM yang standarnya sudah bagus agar masuk di e-catalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Lanjut Teten, jika pembiayaan terus digelontorkan untuk memabntu UMKM, apabila demand-nya rendah, ya tetap saja akan sulit mengembangkan UMKM tersebut. Oleh karena itu,  ia berharap agar permintaan domestik lebih banyak menyerap produk UMKM.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Link Live Streaming Liga Inggris Malam Ini: Aston Villa Vs MU

Posted: 08 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Birmingham - Manchester United (MU) bakal meladeni Aston Villa dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-34, Jumat (10/7/2020) dini hari WIB di VIlla Park. MU wajib mengantongi tiga poin jika ingin menjaga peluang lolos ke Liga Champions musim depan.

MU saat ini menempati peringkat kelima klasemen Liga Inggris dengan 55 poin. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer tertinggal lima poin dari Chelsea yang menempati posisi ketiga.

Di atas kertas, Setan Merah diprediksi menang atas Villa. Pasalnya, MU tengah dalam kepercayaan diri tinggi setelah lima laga tak terkalahkan.

Di saat bersamaan, duet Bruno Fernandes dan Paul Pogba di lini tengah juga semakin padu. Jelas, Aston Villa harus waspada penuh terhadap sepak terjang keduanya di pertandingan nanti.

Aston Villa sendiri saat ini berada di zona degradasi. Namun Jack Grealish dkk. masih punya peluang lolos lantaran hanya tertinggal empat poin dari zona aman.

Anda bisa mendapatkan link live streaming Aston Villa vs MUU pukul 02.15 WIB di halaman berikutnya.

Link Live Streaming

Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak oleh Anthony Martial ke gawang Sheffield United pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Rabu (24/6/2020). Manchester United menang dengan skor 3-0. (AP/Michael Regan)
Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak oleh Anthony Martial ke gawang Sheffield United pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Rabu (24/6/2020). Manchester United menang dengan skor 3-0. (AP/Michael Regan)

Untuk mendapatkan link live streaming Aston Villa vs MU silakan klik tautan berikut ini...

Prediksi Susunan Pemain

Aston Villa (4-4-2): Reina; Guilbert, Konsa, Mings, Hause; Douglas Luiz, McGinn, Nakamba, Grealish; El Ghazi, Davis.

Manchester United (4-3-1-2): De Gea; Shaw, Maguire, Lindelof, Wan-Bissaka; Pogba, Fred, McTominay; Fernandes; Rashford, Martial.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

New Normal, Ini 5 Tips Praktis Dongkrak Bisnis di Instagram

Posted: 08 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang pandemi Covid-19, sejumlah industri mengalami penurunan, terutama di sektor, F7B, jasa, dan retail. Pun demikian, fenomena ini juga melahirkan peluang baru bagi pelaku UMKM di Indonesia.

Di tengah penerapan masa PSBB transisi saat ini, para pelaku UMKM didorong untuk mulai bangkit dan menghidupkan kembali roda perekonomian.

Sebagai salah satu upaya untuk mendukung para pelaku UMKM, Instagram kembali mengadakan rangkaian LIVE Akademi Instagram.

Sepanjang bulan Juni lalu, Pieter Lydian, Country Director untuk The Facebook Company di Indonesia mengadakan bincang bisnis bersama beberapa figur publik yang sukses berbisnis di Instagram. Antara lain Dimas Beck, Zaskia Adya Mecca, dan Luna Maya.

Selama sesi acara tersebut Pieter Lydian dan ketiga figur publik itu membahas tips praktis seputar persiapan strategi bisnis di Instagram untuk menghadapi new normal.

1. Bangun Eksistensi Bisnis

Pelaku UMKM harus terus berinovasi dan memanfaatkan peluang yang disediakan oleh platform digital, seperti Instagram.

Mengutip siaran pers Instagram, Kamis (9/7/2020), langkah pertama yang dapat dilakukan para pelaku UMKM yang baru ingin membangun eksistensi bisnis mereka di Instagram adalah mengubah profil mereka menjadi profil bisnis.

Dengan menggunakan Profil Bisnis, mereka dapat memperoleh Insights secara realtime tentang kinerja Stories dan postingan Feed, karakteristik para followers dan bagaimana mereka berinteraksi dengan postingan, menambahkan tombol Aksi, seperti mengirim pesan, telepon, email, dsb., serta melakukan promosi atau beriklan.

CEO dan pemilik bisnis @lunahabit, @namabeauty.co dan @macama.id, Luna Maya, menyarankan para pelaku bisnis untuk menganalisis interaksi konsumen, performa penjualan, dan karakteristik konsumen mereka secara berkala.

Analisis bisnis ini akan sangat membantu para pelaku UMKM menyusun strategi pemasaran yang efektif.

2. Tonjolkan Karakter Utama Bisnis

LIVE Akademi Instagram. Dok: Instagram
LIVE Akademi Instagram. Dok: Instagram

Menurut data internal Instagram, 2 dari 3 pengunjung Profil Bisnis di Instagram bukan berasal dari followers. Itulah mengapa Feed profil bisnis kamu harus bisa menjadi etalase online saat orang melihat bisnis kamu.

Pelaku UMKM perlu membuat nama bisnis yang menarik, menulis informasi seputar bisnis yang lengkap pada bagian bio, dan selalu fokus pada 6 foto teratas Feed.

Ketiga hal tersebut akan membantu orang mengenali karakteristik bisnis kamu secara mudah saat mereka mengunjungi profil bisnis Instagram kamu.

 

3. Maksimalkan Fitur Gratis

Ilustrasi Instagram di Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Instagram di Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Para pelaku UMKM dapat memaksimalkan seluruh fitur bisnis Instagram untuk membangun eksistensi bisnis, menjaga interaksi, bahkan mendorong terjadinya penjualan. Berikut beberapa tips penggunaan fitur-fitur tersebut:

- Tetap terhubung dengan para calon pelanggan melalui IG LIVE. Anda bisa melakukan tanya jawab dengan penonton, berbagi inspirasi, atau IG LIVE with dengan mengajak seorang pembicara tamu untuk saling berbagi cerita.

Pemilik bisnis fashion muslim @meccanismindonesia, @biabyzaskiamecca, dan @zaskiamecca_id, Zaskia Adya Mecca, menambahkan bahwa IG LIVE juga bisa membantu bisnis untuk mengadakan online bazaar interaktif.

- Gunakan IGTV untuk berbagi konten yang lebih panjang, seperti tips mix-match fashion, tutorial make up, kreasi masakan, dan topik-topik diskusi lainnya.

- Bagikan informasi penting seputar perubahan operasional bisnis dan kebijakan prosedur 'new normal' yang diterapkan di toko offline Anda melalui Feed, guna memberikan panduan kesehatan dan kebersihan bagi para pelanggan yang ingin mengunjungi toko.

- Bagikan cerita mengenai bisnis kamu hingga proses behind-the-scenes produk-produk melalui Stories untuk tetap terhubung dengan para pengguna serta memberikan ketenangan bagi pelanggan atas komitmen kamu menjaga bisnis tetap higienis dan aman selama COVID-19.

Instagram juga memiliki beberapa fitur di Stories yang bisa kamu gunakan untuk membangun interaksi yang interaktif, seperti Stiker Pesanan Makanan, Stiker Gift Card, dan Stiker Dukung Bisnis Kecil.

- Gunakan tagar yang sesuai untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Ada 10 hashtag dengan tingkat pertumbuhan tertinggi di Indonesia pada masa PSBB transisi ini: #fashion, #hijab, #bajumurah, #newnormal, #gamis, #onlineshop, #gamissyari, #hijabers, #hijabstyle, dan #dress.

 

4. Jaga interaksi dengan konsumen

Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)
Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Di tengah situasi ini, menjalin komunikasi dua arah dengan para followers Anda juga menjadi kunci dalam mempertahankan bisnis.

Dengan terbatasnya aktivitas di toko offline, interaksi online menjadi opsi utama yang digunakan para konsumen untuk mencari tahu lebih lanjut seputar suatu produk dan ketersediaan produk sebelum mereka melakukan pembelian.

Kamu dapat memanfaatkan kolom komentar dan Direct Message secara aktif untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan calon konsumen.

Selain itu, kamu dapat mencoba membangun interaksi menyenangkan dengan calon pelanggan melalui fitur-fitur kreatif di Stories seperti polling, stiker pertanyaan, stiker kuis, dsb.

 

5. Perkaya Ilmu dan Ikuti Tren

Instagram, Aplikasi Instagram. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Instagram, Aplikasi Instagram. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Instagram memahami bahwa situasi ini merupakan masa-masa yang tidak mudah bagi para pelaku UMKM. Sebagai pelaku bisnis, adaptasi menjadi langkah utama yang harus diambil seiring dengan adanya tanggung jawab untuk mendukung para karyawan, baik dari sisi finansial dan mental, serta memastikan roda bisnis tetap berjalan.

Dimas Beck, pemilik @umaracatering, @laukitaindonesia, dan @lumpang_emas menambahkan bahwa para pelaku bisnis juga harus terus berupaya mencari formula yang tepat dalam merancang strategi bisnis sesuai dengan situasi terkini.

Mereka dituntut untuk dapat mengambil keputusan yang cepat di tengah perubahan industri bisnis yang cukup dinamis saat ini.

Para pelaku UMKM dapat mengakses materi rangkaian IG Live Akademi instagram secara gratis melalui IGTV @pieterlydian dan @kreavi (mitra kreatif Akademi Instagram).

Bagi kamu yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar strategi Pemasaran Digital melalui layanan-layanan Facebook Companies dapat mengakses Facebook Blueprint (https://www.facebook.com/business/learn).

(Isk/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ririn Dwi Ariyanti dan Aldi Bragi Diterpa Isu Perceraian

Posted: 08 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rumah tangga Ririn Dwi Ariyanti dan Aldi Bragi sedang diterpa isu perceraian. Kabar ini mencuat setelah Ririn tak lagi mengunggah foto kebersamaaannya bersama sang suami di Instagram.

Dilihat dari akun media sosialnya, sudah lama sekali Ririn Dwi Ariyanti tak mengunggah foto suaminya. Sementara Aldi masih sempat mengunggah foto keluarga di momen Lebaran. Keduanya duduk berjauhan.

Selain itu, tak ada nama Aldi Bragi di profil Instagram Ririn Dwi Ariyanti. Sementara di Instagram suaminya masih tersemat profil bertuliskan, "Proud Father of Four and a Loving Husband for @ririndwiariyanti."

Momen

Ririn Dwi Ariyanti dan Aldi Bragi (sumber: Instagram.com/aldi4bragi)
Ririn Dwi Ariyanti dan Aldi Bragi (sumber: Instagram.com/aldi4bragi)

Beberapa momen bersama sang suami yang masih diunggah oleh Ririn di Instagram adalah saat Lebaran 2019. Mereka duduk berdampingan dengan wajah yang ceria.

Ririn juga masih menyimpan foto kemesraannya dengan Aldi Bragi yang diunggah pada Februari 2019. Dalam foto itu Ririn duduk di pangkuan sang suami.

Masih Follow

Ririn Dwi Ariyanti dan Aldi Bragi (sumber: Instagram.com/aldi4bragi)
Ririn Dwi Ariyanti dan Aldi Bragi (sumber: Instagram.com/aldi4bragi)

Meski keduanya juga masih saling follow, warganet kerap kali mempertanyakan mengapa belakangan ibu dari empat orang anak itu tak pernah lagi mengunggah foto dengan suaminya.

Respons

"Kenapa gak pernah posting sama suami," kata pengguna akun @mama__amalia.

"Kok suaminya engk ada difto sich," kata pemilik akun mantanbl_id.

"kok skrg jarang foto sama suami nya mbk rin, maaf bila pertanyaan saya lancang," tambah yang lainnya. 

Tak Ada Pendaftaran

Isu ini memang telah menyebar sejak awal bulan Juli. Namun dalam video tayangan Hot Issue di kanal YouTube Indosiar bertanggal 4 Juli lalu, telah dipastikan bahwa sampai saat itu tak ada pengajuan berkas atas nama Ririn dan Aldi. 

"Untuk atas nama RR dengan ALD sampai saat ini belum ada mendaftar ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan," tutur Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Cece Rukmana Ibrahim. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Foto Petugas Satpol PP Pakai Sepeda Brompton

Posted: 08 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Viral sebuah foto Satpol PP kota Makassar memakai sepeda Brompton seharga kurang lebih Rp 90 juta. Foto ini pun menyukut komentar pedas dari warganet. Namun, setelah dikonfirmasi itu bukanlah sepeda milik anggota Satpol PP.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MRT hingga Jakpro Akan Bentuk Perusahaan Patungan untuk Kelola Integrasi Tiket

Posted: 08 Jul 2020 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta bersama sejumlah perusahaan transportasi akan membentuk perusahaan patungan untuk mengelola integrasi tiket.

Direktur Utama (Dirut) PT MRT Jakarta William Sabandar menyatakan selain MRT, ada pula PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), PT Jakarta Propertindo (Jakpro), dan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ).

"Nanti sama-sama ngerjainnya, jadi pertama ticketing terintegrasi, sistem transportasi terintergrasi berbasis rel," kata William di Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Saat ini, kata dia, para pengguna angkutan umum masih melakukan pembayaran tiket transportasi seperti KRL commuterline, dan Transjakarta secara terpisah. Karena itu perusahaan patungan ini akan mempermudah secara sistem dan para pengguna.

Menurut William dalam integrasi tiket tidak dapat dilakukan sendiri oleh perusahaan induk.

"Sekarang persoalannya operator itu punya sistem ticketing sendiri, sistem subsidi sendiri sehingga tidak efisien. Jadi sekarang dengan di integrasikan sistemnya, nanti akan ada tarif bandling, sehingga ini nanti yang harus dikerjakan oleh si usaha ini," jelasnya.

Uji Coba Stasiun Transit Terintegrasi

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai melakukan uji coba Stasiun Tanah Abang sebagai stasiun transit terintegrasi. Uji coba dilakukan setelah stasiun direnovasi dan ditata ulang dalam rangka proyeksi pemerintah terkait integrasi stasiun dengan moda transportasi umum.

"Inti penataan stasiun adalah kita ingin adanya integrasi secara utuh, fully integration untuk pergerakan orang atau kendaraan. Apakah itu yang menuju ke stasiun ataupun dari stasiun menuju angkutan umum," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Selasa, 2 Juni 2020.

Syafrin menuturkan, penataan terhadap Stasiun Tanah Abang dilakukan bersama dengan pemerintah pusat melalui badan usaha milik negara (BUMN) yakni PT KCI dan PT KAI.

Sementara, dari Jakarta, proyek ini dikerjakan oleh PT MRT Jakarta, PT Transjakarta, dan Sarana Jaya.

Syafrin menjelaskan, setelah stasiun ditata, tidak ada lagi moda transportasi umum seperti angkot, bajaj, dan transportasi alternatif ojek online yang parkir di sembarang tempat.

Penataan juga memberikan kenyamanan bagi masyarakat hendak mengakses moda transportasi selain kereta listrik. Sebab, lahan kosong yang berada di area Stasiun Tanah Abang dijadikan sebagai pedesterian dan dipasang kanopi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilamar Ali Syakieb, Ini 6 Momen Kejutan Ulang Tahun Margin Wieheerm

Posted: 08 Jul 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Margin Wieheerm baru saja merayakan ulang tahunnya ke-20. Wanita kelahiran 2000 ini pun mendapatkan kejutan dari keluarga dan para sahabatnya. Namun ada yang lebih berkesan bagi Margin yakni dirinya dilamar oleh sang kekasih, Ali Syakieb.

Tepat di hari ulang tahunnya pada 8 Juli 2020, Margin dan Ali Syakieb pun memamerkan kemesraannya dalam momen istimewa tersebut. Menjalin hubungan sejak 2019 lalu, aktor yang juga adik kandung Nabila Syakieb ini datang membawa kue serta buket bunga berwarna putih. Kue tersebut berhiaskan sepasang boneka dengan sepasang cincin.

Dari beberapa foto dan video yang diunggah oleh kerabat keduanya, pasangan ini kompak menggunakan busana putih. Tampak pula kedua orang tua masing-masing berbincang bersama. 

Berikut ini 6 momen ulang tahun Margin Wieheerm yang mendapat kejutan lamaran dari Ali Syakieb, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (9/7/2020).

1. Margin Wieheerm merayakan ulang tahunnya ke-20 bersama keluarga, sahabat dan tampak pula Ali Syakieb, kekasihnya.

Margin Wieheerm dilamar Ali Syakieb tepat dihari ulang tahunnya. (Sumber: Instagram/@joevithathe)
Margin Wieheerm dilamar Ali Syakieb tepat dihari ulang tahunnya. (Sumber: Instagram/@joevithathe)

2. Di hari spesial itu, wanita kelahiran 2000 ini juga mendapatkan kado istimewa dari Ali Syakieb.

Margin Wieheerm dilamar Ali Syakieb tepat dihari ulang tahunnya. (Sumber: Instagram/@marginw)
Margin Wieheerm dilamar Ali Syakieb tepat dihari ulang tahunnya. (Sumber: Instagram/@marginw)

3. Aktor sinetron itu datang membawakan buket bunga putih serta kue ulang tahun untuk pujaan hatinya.

Margin Wieheerm dilamar Ali Syakieb tepat dihari ulang tahunnya. (Sumber: Instagram/@marginw)
Margin Wieheerm dilamar Ali Syakieb tepat dihari ulang tahunnya. (Sumber: Instagram/@marginw)

4. Inilah potret kue yang dibawa oleh Ali Syakieb yang dikabarkan adalah kue lamaran untuk Margin Wieheerm.

Margin Wieheerm dilamar Ali Syakieb tepat dihari ulang tahunnya. (Sumber: Instagram/@joevithathe)
Margin Wieheerm dilamar Ali Syakieb tepat dihari ulang tahunnya. (Sumber: Instagram/@joevithathe)

5. Lewat unggahan Instargam Stories, Margin mengunggah kue dan buket bunga pemberian aktor berusia 33 tahun tersebut.

Margin Wieheerm dilamar Ali Syakieb tepat dihari ulang tahunnya. (Sumber: Instagram/@marginw)
Margin Wieheerm dilamar Ali Syakieb tepat dihari ulang tahunnya. (Sumber: Instagram/@marginw)

6. Buket bunga yang dibawa Ali adalah buket bunga berwarna putih dan juga tampak kotak perhiasan Adelle.

Margin Wieheerm dilamar Ali Syakieb tepat dihari ulang tahunnya. (Sumber: Instagram/@joevithathe)
Margin Wieheerm dilamar Ali Syakieb tepat dihari ulang tahunnya. (Sumber: Instagram/@joevithathe)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan Faktor Kesehatan dan Ekonomi Harus Seimbang saat New Normal

Posted: 08 Jul 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut sektor kesehatan dan perekonomian perlu seimbang saat penerapan tatanan normal baru atau new normal. Dia berpesan, jangan sampai salah satunya dikorbankan atau diutamakan.

Untuk menyeimbangkan keduanya, kata dia, perlu inovasi dan kreativitas. 

"Menjaga dua hal ini jangan sampai kita mementingkan ekonomi, kemudian kesehatan menjadi terkorbankan. Kemarin kita mementingkan kesehatan, kemudian ekonominya menurun. Karena itu kita coba hidup menjaga dua keseimbangan. Ini memang tidak mudah," ujar Ma'ruf Amin lewat siaran tertulisnya, Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf Amin saat melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, Rabu 8 Juli 2020.

Terkait kunjungannya ke SMAN 4 Sukabumi itu, dia mengatakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi Corona membuat banyak aktivitas di luar rumah dihentikan, termasuk pendidikan. Oleh karena itu, sistem belajar secara online (daring) atau tanpa tatap muka langsung, dilakukan.

Namun, dia menilai pelaksanaannya kurang optimal. Terlebih di beberapa daerah tidak dapat dilakukan karena belum ada jaringan internet.

"Karena itu pada saat ini bagaimana mengembalikan mereka ke kelas dengan tatap muka, namun memang kondisi belum memungkinkan untuk semua karena ada daerahnya kita itu kalau nasional ada merah, oranye, kuning, hijau," kata Ma'ruf Amin.

 

SMAN 4 Sukabumi Menjadi Percontohan

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. (dok Setwapres)
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. (dok Setwapres)

Wapres Ma'ruf mengapresiasi SMAN 4 Sukabumi yang menjadi percontohan gaya belajar mengajar new normal. Selain dinyatakan wilayah aman Covid-19, salah satu sekolah di Jawa Barat diberikan izin karena memiliki inovasi dalam pelaksanaannya.

"Sekarang alhamdulilah untuk daerah hijau bagi mereka yang ingin membuka tentu dipersilakan. Karena itu saya memberi apresiasi kepada SMAN 4 Sukabumi di zona hijau," salut Ma'ruf Amin.

Dia berharap pada suasana saat ini, dunia pendidikan harus terus mencari cara yang lebih baik lagi. Perlu adanya pengembangan inovasi, dan dapat menjadi contoh bagi daerah lain, terutama di daerah zona hijau yang ingin membuka kembali sekolahnya.

"Yang kita harapkan ada inovasi-inovasi untuk bagaimana supaya pendidikan dibuka di daerah hijau tapi kesehatan tetap terjaga, protokol kesehatan tetap dipelihara. Bagaimana inovasi dilakukan penyelenggaranya," Wapres menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NTT Kembali Diserang Virus ASF, Ratusan Babi Mati Misterius

Posted: 08 Jul 2020 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Sikka - Ratusan ekor babi milik warga mati mendadak di kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timu (NTT). Dalam seminggu, kurang lebih 332 ekor babi mati yang menyebabkan peternak mengalami kerugian.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Pertanian Sikka, dr Maria Margaretha Siko, mengatakan, dari ciri-cirinya, kematian ternak babi itu akibat terserang African Swine Fever (ASF) atau karena hog cholera.

Menurut dia, matinya ternak babi tersebut telah terjadi sejak bulan Februari 2020. Kematian tertinggi terjadi pada bulan Juni 2020, jumlah kematian babi sekitar 226 ekor.

"Bulan Mei 2020 kemarin kita sudah mengambil spesimennya, untuk memastikan jenis virus yang menyerang babi. Hanya terkendala wabah covid-19 sehingga tidak ada pesawat untuk untuk pengiriman sampelnya," ujarnya kepada wartawan, Rabu (8/7/2020).

Ia mengatakan, sampel yang dikirim itu berupa darah babi yang masih hidup dan limpa dari babi yang sudah mati. "Ada kematian karena ASF, ada juga karena hog cholera," sebutnya.

Dari ratusan ekor babi yang mati itu, tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Sikka dengan jumlah kematian babi tertinggi terdapat di tujuh kecamatan.

Jumlah kematian yang paling banyak terdapat di Kecamatan Alok ada 90 ekor, Kecamatan Nita ada 50 ekor, Kecamatan Alok Timur ada 47 ekor, Kecamatan Kewapante 46 ekor, Kecamatan Lela 21 ekor, Kecamatan Kangae 18 ekor, Kecamatan Alok Barat 17 ekor.

Menurut dia, penyebaran dan penularan virus ASF dan hok cholera ini akibat penyebaran secara ilegal melalui daging beku berupa sei, roti babi, dan babi hidup. Dari hasil penelusuran yang dilakukan tim kesehatan hewan (Keswan), diketahui penyebaran virus ASF dan hog cholera yang mengakibatkan kematian pada babi kerena adanya acara atau hajatan yang bersumber dari makanan.

"Makanan berupa air limbah daging babi kemudian menularkan penyakit yang sama ke babi-babi lainnya setelah mengonsumsi air limbahan babi yang dikonsumsinya," bebernya.

Sementara Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Sikka, Drh Elfrida Carvallo, meminta peternak dan pengusaha babi meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit ASF dan hog cholera.

"Caranya tidak memperjualbelikan babi sakit dan babi mati, dilarang mengonsumsi dan mengedarkan dan atau menjual daging babi yang sakit dan mati kepada tetangga atau orang lain," dia memungkasi.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-16 di Piala AFC U-16: Cuma Kenal dengan Tiongkok

Posted: 08 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 tergabung di grup neraka pada Piala AFC U-16. Dari tiga lawan yang mereka hadapi, Timnas Indonesia U-16 cuma kenal dengan Tiongkok.

Sesuai dengan hasil undian yang dilakukan pada Kamis (18/6/2020), Pasukan Bima Sakti tergabung di Grup D. Timnas Indonesia U-16 akan berada di satu grup bersama Tiongkok, Arab Saudi, dan Jepang.

Timnas Indonesia U-16 sudah pernah menghadapi Tiongkok namun belum dengan dua raksasa Asia lainnya. Duel melawan Tiongkok itu terjadi saat babak kualifikasi Piala AFC U-16 Grup G.

Ketika itu, pada 22 September 2019, Timnas Indonesia U-16 menahan imbang Tiongkok dengan skor imbang 0-0.

Hasil imbang tersebut meloloskan Timnas Indonesia U-16 ke Bahrain dengan status sebagai runner up Grup G babak Kualifikasi Piala AFC U-16. Skuat Garuda mengumpulkan 10 poin.

Lihat jadwal Timnas Indonesia U-16 di halaman selanjutnya.

 

Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia U-16

Pemain timnas Indonesia U-16 mengikuti latihan di stadion Patriot, Bekasi Senin (6/7/2020) (Sumber: PSSI)
Pemain timnas Indonesia U-16 mengikuti latihan di stadion Patriot, Bekasi Senin (6/7/2020) (Sumber: PSSI)

Babak Grup

Jumat, 27 November 2020

Indonesia vs Arab Saudi

Senin, 30 November 2020

China vs Indonesia

Kamis, 3 Desember 2020

Jepang vs Indonesia

 

Pembagian Grup Piala AFC U-16

Grup A: Qatar, Iran, Korea Utara, Bahrain.

Grup B: UEA, Yaman, Oman, Tajikistan.

Grup C: Uzbekistan, India, Australia, Korea Selatan.

Grup D: Tiongkok, Arab Saudi, Indonesia, Jepang.

Saksikan Video Timnas Indonesia U-19 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Telan Dana Rp 278 Miliar, Jembatan Sei Alalak Banjarmasin Rampung Maret 2021

Posted: 08 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada Rabu (8/7/2020) malam meninjau progres pembangunan Jembatan Sei Alalak sepanjang 850 meter di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dalam tinjauan tersebut, Menteri Basuki mengingatkan untuk memaksimalkan penggunaan komponen dalam negeri untuk bahan material jembatan.

"Utamakan menggunakan produk dalam negeri, jangan terlalu cepat untuk mengimpor bahan material jika masih ada produk dalam negeri walaupun harganya lebih mahal," imbuh Menteri Basuki dalam keterangan resminya, Kamis (9/7/2020).

Dalam tinjauan tersebut, Menteri Basuki juga mengingatkan dalam pembangunannya dilaksanakan sesuai protokol kesehatan Covid-19. Antara lain dengan menjaga jarak fisik, menggunakan masker dan menghindari kerumunan.

"Kondisi sekarang ini disebut sebagai The New Normal, dimana harus bisa bertahan melewati pandemi ini dengan baik dan dapat mengantisipasinya dalam pelaksanaan pekerjaan," ujar dia.

Jembatan Sei Alalak akan menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang telah berusia sekitar 30 tahun dan menjadi jalur utama yang menghubungkan Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Penyelesaian jembatan tersebut diharapkan juga dapat mendukung percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Bentang utama jembatan Sei Alalak dirancang dengan menggunakan cable-stayed dan struktur jembatan lengkung dan pertama di Indonesia.

Pekerjaan Jembatan Sei Alalak mengunakan dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) senilai Rp 278 miliar dengan kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-PT Pandji (kerja sama operasi/KSO) dengan skema pekerjaan tahun jamak (multiyears).

Progres Konstruksi

Pembangunan Jembatan Sei Alalak Banjarmasin. (Dok Kementerian PUPR)
Pembangunan Jembatan Sei Alalak Banjarmasin. (Dok Kementerian PUPR)

Saat ini progres konstruksinya telah mencapai 67 persen dengan memasuki tahap pekerjaan bentang utama yakni struktur pylon, backspan, abutment, dan jalan pendekat. Targetnya, pengerjaan jembatan dapat rampung 100 persen pada Maret 2021.

Adapun Jembatan Sei Alalak didesain untuk dapat dilintasi kendaraan dengan tonase maksimal 10 ton, lebih kuat dari struktur jembatan lama Kayu Tangi 1 yang berasal dari rangka baja kelas B dengan kemampuan menahan beban kurang dari 8 ton. Selain itu, juga telah diperhitungkan kekuatan jembatan ini dengan konstruksi tahan gempa, dan masa layan hingga 100 tahun.

Selama pekerjaan Jembatan Sei Alalak, arus lalu lintas dialihkan ke Jembatan Kayu Tangi 2 dan seiring dengan diselesaikannya pembangunan jembatan tersebut, direncanakan juga akan dilakukan penghapusan (demolisi) Jembatan Kayu Tangi 1.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Pengendara Motor Geber-Geber Gas Digebuki Warga Pakai Sandal

Posted: 08 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beredar video pengendara motor digebuki warga dengan sandal jepit. Kejadian yang terjadi di salah satu tempat wisata itu diduga karena pengendara menggeber-geber motor saat adzan berkumandang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berikut Cara Mengetahui Foto Benar atau Hoaks

Posted: 08 Jul 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Informasi berupa gambar atau foto yang bertebaran media sosial sangat rentan dimanipulasi dan belum tentu benar. Sebab itu, kita perlu jeli untuk mengetahui kebenarannya.

Berikut cara untuk mengetahui kebenaran foto atau gambar yang dilansir dari abt.net.au:

1. Menggunakan Reverse Image Search

Banyak gambar palsu yang diresirkulasi dan sebelumnya telah dibongkar. Pencarian menggunakan reverse image search adalah cara sederhana dan efektif untuk melihat bagaimana gambar sebelumnya digunakan.

Tidak seperti pencarian internet biasa di mana kata kunci ditentukan, pencarian gambar mengguanakan perangkat reverse image search di Google atau TinEye dapat mencari gambar yang sama atau serupa di basis data yang luas.

Anda bisa mencari kemungkinan kecocokan dengan memotong gambar agar hanya fokus pada bagian yang dicari.

Mesin reverse image search tidak dapat secara ekstensif mengindeks konten yang sangat luas dan terus berubah di internet. Jadi, jika gambar itu ada di internet, tidak ada jaminan bahwa gambar itu akan ditemukan oleh situs tersebut. Dalam hal ini, tidak menemukan gambar tidak berarti itu nyata atau palsu.

Berikut caranya:

* Buka laman Google Images atau Yandex.* Klik ikon kamera di bagian kotak search boxs.* Ketikkan tautan (url) dari suatu gambar yang akan dicek keasliannya. Metode lain adalah dengan mengunggah foto yang akan dicek.* Muncul hasil pencarian di mana situs pertama yang menggunggah foto tersebut berada di posisi teratas.* Hasil pencarian terlihat teks foto yang menerangkan kebenaran gambar tersebut.* Kroscek hasil pencarian dengan situs berita yang kredibel menggunakan kata kunci yang sesuai.

2. Periksa Metadata

Gambar digital sering mengandung metadata yang kaya, ini dapat memberikan petunjuk tentang keasliannya.

Metadata adalah data tentang data. Metadata untuk gambar digital meliputi pembuatan dan model kamera, pengaturan kamera seperti ukuran apertur dan waktu pencahayaan, tanggal dan waktu ketika foto diambil, lokasi GPS tempat pengambilan foto, dan banyak lagi. Pentingnya tanggal, waktu, dan tag lokasi sudah jelas.

Tag lain mungkin memiliki interpretasi langsung yang serupa. Misalnya, perangkat lunak pengedit foto dapat memperkenalkan tag yang mengidentifikasi perangkat lunak, atau tag tanggal dan waktu yang tidak konsisten dengan tag lain.

Beberapa tag memberikan informasi tentang pengaturan kamera. Ketidak konsistenan antara properti gambar yang tersirat oleh pengaturan ini dan properti sebenarnya dari gambar memberikan bukti bahwa gambar telah dimanipulasi. Misalnya, tag waktu diafragma atau bukaan dan ukuran bukaan menyediakan ukuran kualitatif tingkat cahaya dalam adegan yang difoto.

Waktu bukaan yang pendek dan bukaan kecil menunjukkan pemandangan dengan tingkat cahaya tinggi yang diambil pada siang hari, sementara waktu bukaan yang panjang dan bukaan besar menunjukkan pemandangan dengan tingkat cahaya rendah yang diambil pada malam hari atau di dalam ruangan.

Metadata disimpan dalam file gambar dan dapat dengan mudah diekstraksi dengan berbagai program. Namun, beberapa layanan online menghapus banyak metadata gambar, sehingga tidak adanya metadata tidak jarang. Namun, ketika metadata utuh, itu bisa sangat informatif

3. Gunakan Perangkat Lunak Edit Foto

Jika Anda mencurigai suatu objek telah dihapus dari suatu gambar, perangkat lunak seperti Photoshop atau Pixlr dapat mengungkap tanda-tandanya. Itu bergantung pada membesar-besarkan perbedaan yang sangat halus yang biasanya tidak terlihat.

 

(Arazanses Vicoristen Sinaga)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Masa Kecil Raffi Ahmad, Bikin Pangling

Posted: 08 Jul 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, presenter ternama Raffi Ahmad mengunggah foto masa kecilnya di Instagram. Suami Nagita Slavina itu mengunggah beberapa foto masa kecilnya. Postingan pertamanya adalah foto bersama sang nenek. Foto tersebut pun dibanjiri komentar oleh warganet.

Banyak orang yang salah fokus dengan nenek Raffi yang akrab disapa Mami Popon ini. Penampilan Mami Popon dalam potret tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Nenek Raffi Ahmad terlihat mengenakan sanggul di rambutnya. Ia juga terlihat mengenakan kacamata hitam dalam foto tersebut.

Meski foto lama, namun Mami Popon terlihat cukup glamor dan elegan. Tak hanya itu, masa kecil ayah dari Rafathar ini juga terlihat begitu lucu dan menggemaskan. Wajah Raffi saat masih kecil berhasil membuat banyak orang pangling. Kendati demikian, Raffi sudah terlihat tampan.

Bahkan ada yang menyebut pria kelahiran Bandung ini sudah ganteng sedari kecil. Berikut 6 potret masa kecil Raffi Ahmad yang bikin pangling dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (9/7/2020).

1. Foto masa kecil Raffi Ahmad bersama Mami Popon yang curi perhatian.

6 Potret Masa Kecil Raffi Ahmad, Bikin Pangling (Sumber: Instagram/raffinagita1717)
6 Potret Masa Kecil Raffi Ahmad, Bikin Pangling (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

2. Sejak kecil, suami Nagita Slavina ini memang sangat dekat dengan sang nenek.

6 Potret Masa Kecil Raffi Ahmad, Bikin Pangling (Sumber: Instagram/raffinagita1717)
6 Potret Masa Kecil Raffi Ahmad, Bikin Pangling (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

3. Momen kebersamaan Raffi Ahmad dengan sang ayah, ia terlihat begitu menggemaskan.

6 Potret Masa Kecil Raffi Ahmad, Bikin Pangling (Sumber: Instagram/raffinagita1717)
6 Potret Masa Kecil Raffi Ahmad, Bikin Pangling (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

4. Tak sedikit orang yang pangling dengan foto masa kecil ayah Rafathar ini.

6 Potret Masa Kecil Raffi Ahmad, Bikin Pangling (Sumber: Instagram/raffinagita1717)
6 Potret Masa Kecil Raffi Ahmad, Bikin Pangling (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

5. Berbeda dengan sekarang, masa kecil Raffi terlihat imut dengan pipi tembemnya.

6 Potret Masa Kecil Raffi Ahmad, Bikin Pangling (Sumber: Instagram/raffinagita1717)
6 Potret Masa Kecil Raffi Ahmad, Bikin Pangling (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

6. Meski bikin pangling, pria 33 tahun ini sudah terlihat tampan sedari kecil.

6 Potret Masa Kecil Raffi Ahmad, Bikin Pangling (Sumber: Instagram/raffinagita1717)
6 Potret Masa Kecil Raffi Ahmad, Bikin Pangling (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Park Seo Joon dan Kang Ha Neul Adu Akting Humor di Running Man, Siapa Menang?

Posted: 08 Jul 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tak tahu Running Man? Yup, acara variety show paling terkenal di Korea Selatan itu memang selalu bisa bikin penontonnya terhibur. Ada saja aksi kocak dari para pemain dan bintang tamu yang hadir. 

Program yang mengudara di stasiun TV SBS sejak 2010 itu saat ini sudah memiliki ratusan episode, lho. Nah, salah satu tayangan paling berkesan adalah saat Park Seo Joon dan Kang Ha Neul hadir di Running Man sebagai bintang tamu.

Kedua aktor tampan itu ditantang untuk bisa membuat orang yang hadir di sana tak kuat menahan godaan tawa. Dalam episode tersebut, Seo Joon harus beradu kemampuan akting jenaka dengan Ha Neul.

Misi yang harus diselesaikan adalah mengumpulkan orang yang tak tahan dengan akting konyol mereka sebanyak-banyaknya. Aksi kocak dari Seo Joon dan Ha Neul itu dijamin bisa bikin kamu ikutan tertawa terbahak-bahak deh!

Lalu, siapakah yang berhasil menang? Temukan jawabannya dengan nonton Running Man full episode di aplikasi dan situs streaming Vidio.

Kebetulan, saat ini Vidio sedang memberikan akses gratis untuk nonton 10 drama Korea terbaik selama bulan Juli. Salah satunya adalah Running Man ini. 

Selain Running Man, kamu juga bisa menikmati sembilan K-Drama hits lainnya, lho. Seperti The World of the Married, Reply 1988, SKY Castle, Welcome to Waikiki 1 dan 2, At Eighteen, The Inheritors/The Heirs, What's Wrong with Secretary Kim, dan Search: WWW. Yuk, download aplikasi streaming Vidio sekarang!

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1.158 WNI Positif Corona COVID-19 di Luar Negeri, Tertinggi dari Arab Saudi

Posted: 08 Jul 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Arab Saudi menjadi negara dengan kasus warga negara Indonesia (WNI) yang positif Virus Corona COVID-19 di luar negeri. Totalnya ada 173 WNI.

Masih ada 80 WNI yang dirawat di Arab Saudi akibat Virus Corona. Sebanyak 52 pasien sudah sembuh dan 41 meninggal. Jumlah WNI yang meninggal di Arab Saudi juga yang tertinggi.

Sebelumnya, kasus tertinggi Virus Corona bagi WNI berada di Malaysia dengan total 167 WNI. Hingga kini, 118 WNI masih dirawat di Malaysia dan 2 orang meninggal.

Berikut petanya pada Kamis (9/7/2020):

"Tambahan WNI terkonfirmasi COVID-19 di Singapura, Qatar, dan Kuwait, serta sembuh di Amerika Serikat. Total WNI terkonfirmasi COVID-19 di luar negeri adalah 1158: 765 sembuh, 84 meninggal dan 309 dalam perawatan," tulis @Kemlu_RI via Twitter.

Kasus WNI yang terpapar Virus Corona paling banyak di wilayah Timur Tengah. Di Qatar ada 97 kasus dan di Kuwait ada 96 kasus.

Pasien yang sembuh berada di Thailand, Taiwan, Spanyol, Rusia, Jepang, India, dan Vatikan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Usut Suap dan Gratifikasi Rp 46 M Nurhadi Lewat 6 Saksi

Posted: 08 Jul 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap enam saksi dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait perkara di Mahkamah Agung (MA) tahun 2011-2016 dengan tersangka Nurhadi.

Mereka antara lain ialah Direktur PT Multitrans Logistic Indonesia Henry Soetanto, Marketing Office District 8 Wira Setiawan, serta dua karyawan swasta bernama M Hamzah Nurfalah dan Tonny Wahyudi.

"Mereka diperiksa untuk tersangka HS (Hiendra Soenjoto, Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (9/7/2020)

Selain mereka, penyidik juga memeriksa dua saksi lainnya, yakni Direktur Utama PT Multi Bangun Sarana Donny Gunawan dan Budi Soetanto selaku karyawan swasta.

"Keduanya akan diperiksa untuk tersangka NHD (Nurhadi)," kata Ali.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan mantan Sekretaris MA Nurhadi, Riezky Herbiono yang merupakan menantu Nurhadi, dan Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (PT. MIT) Hiendra Soenjoto.

Hiendra dijerat sebagai pihak yang menyuap Nurhadi. Hiendra melalui Rezky Herbiono diduga memberi suap dan gratifikasi dengan nilai total mencapai Rp 46 miliar.

Tercatat ada tiga perkara sumber suap dan gratifikasi Nurhadi, pertama perkara perdata PT MIT vs PT Kawasan Berikat Nusantara, kedua sengketa saham di PT MIT, dan ketiga gratifikasi terkait dengan sejumlah perkara di pengadilan.

Diketahui Rezky diduga menerima sembilan lembar cek atas nama PT MIT dari Direkut PT MIT Hiendra Soenjoto untuk mengurus perkara itu. Cek itu diterima saat mengurus perkara PT MIT vs PT KBN.

Ketiganya diketahui sempat menjadi buronan dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Selama kurang lebih empat bulan menghilang, Nurhadi dan Rezky akhirnya ditangkap tim penindakan KPK di sebuah rumah mewah di kawasan Simprug, Jakarta Selatan.

 

Tidak Ada Perlawanan

Tak ada perlawanan yang diterima tim penindakan dari Nurhadi dan Rezky. Tim hanya kesulitan untuk masuk ke dalam rumah tersebut lantaran pintunya digembok.

Tim awalnya berusaha masuk secara baik-baik, dengan mengetuk pagar dan pintu rumah, namun tak ada itikada baik dari Nurhadi. Tim kemudian memutuskan untuk membobol pagar dan pintu rumah dengan disaksikan ketua RW setempat.

Nurhadi dan Rezky pun digelandang tim ke lembaga antirasuah untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Sementara Hiendra Soenjoto hingga kini masih menjadi buronan.

Saksikan Video Terkait Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Aston Villa vs Manchester United: Misi Setan Merah Jaga Momentum

Posted: 08 Jul 2020 09:35 PM PDT

Jakarta - Manchester United bertamu ke markas Aston Villa pada lanjutan Premier League di Villa Park, Kamis (9/7/2020) atau Jumat dini hari WIB.

Menempati peringkat kelima, Manchester United sedang percaya diri setelah meraih tiga kemenangan beruntun di liga. Dalam tiga laga terakhirnya di Premier League, MU berturut-turut menang 3-0 menjamu Sheffield United, menumbangkan tuan rumah Brighton 3-0, dan menghancurkan sang tamu Bournemouth 5-2.

Anthony Martial menyarangkan hat-trick ke gawang Sheffield. Setelah itu, satu gol Mason Greenwod dan dua gol Bruno Fernandes membawa MU menang di kandang Brighton. Terkini, MU menghajar Bournemouth melalui gol-gol Greenwood (2), Marcus Rashford (penalti), Martial, dan Fernandes.

Sementara itu, Aston Villa, dengan kapten Jack Grealish yang kerap dikait-kaitkan dengan MU, gagal meraih satu kemenangan dalam sembilan laga terakhirnya di Premier League. Yang terbaru, Aston Villa dipukul sang kampiun Liverpool 0-2 di Anfield.

Peluang Aston Villa untuk menghindari degradasi masih terbuka. Namun, Aston Villa membutuhkan hasil terbaik di laga-laga sisa.

Hanya sayang, Aston Villa sepertinya harus siap gagal menang saat menghadapi Manchester United di laga ini nanti.  

Perkiraan Susunan Pemain

ASTON VILLA  VS MANCHESTER UNITED (Liputan6.com/Abdillah)
ASTON VILLA VS MANCHESTER UNITED (Liputan6.com/Abdillah)

Aston Villa (4-4-1-1): Reina; Taylor, Mings, Hause, Konsa; Trezeguet, Luiz, McGinn, El Ghazi; Grealish; Davis.

Pelatih: Dean Smith.

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Shaw, Maguire, Bailly, Wan-Bissaka; Pogba, Matic; Rashford, Fernandes, Greenwood; Martial.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer. 

Head-to-Head

Head-to-Head (Premier League)

Pertemuan: 49

Aston Villa menang: 3

Gol Aston Villa: 29

Imbang: 12

MU menang: 34

Gol MU: 89

5 Pertemuan Terakhir

1/12/2019 MU 2-2 Aston Villa (Premier League)

16/4/2016 MU 1-0 Aston Villa (Premier League)

15/8/2015 Aston Villa 0-1 MU (Premier League)

4/4/2015 MU 3-1 Aston Villa (Premier League)

20/12/2014 Aston Villa 1-1 MU (Premier League)

5 Laga Terakhir Aston Villa (S-K-S-K-K)

18/6/2020 Aston Villa 0-0 Sheffield (Premier League)

21/6/2020 Aston Villa 1-2 Chelsea (Premier League)

25/6/2020 Newcastle 1-1 Aston Villa (Premier League)

27/6/2020 Aston Villa 0-1 Wolverhampton (Premier League)

5/7/2020 Liverpool 2-0 Aston Villa (Premier League)

5 Laga Terakhir MU (S-M-M-M-M)

20/6/2020 Tottenham 1-1 MU (Premier Legue)

25/6/2020 MU 3-0 Sheffield (Premier League)

27/6/2020 Norwich 1-2 MU (Piala FA)

1/7/2020 Brighton 0-3 MU (Premier League)

4/7/2020 MU 5-2 Bournemouth (Premier League)

 

Statistik

- Aston Villa gagal mencetak gol dalam 5 dari 7 laga terakhirnya di Premier League.

- Selalu tercipta maksimal 2 gol dalam 3 laga terakhir Aston Villa di Premier League.

- Manchester United tak terkalahkan dalam 16 laga terakhirnya di semua kompetisi (M12 S4 K0).

- Manchester United selalu menang dalam 3 laga terakhirnya di Premier League.

- Manchester United selalu mencetak minimal 3 gol dalam 3 laga terakhirnya di Premier League.

 

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Gia Yuda Pradana, published: 8/7/2020)

 

Saksikan Video Manchester United Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran COVID-19 Surabaya 8 Juli 2020: Pasien Positif 6.681, Sembuh 3.143 Orang

Posted: 08 Jul 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasien positif Corona COVID-19 kembali melonjak di Surabaya, Jawa Timur pada 8 Juli 2020. Ada tambahan pasien positif Corona COVID-19 sebanyak 108 orang.

Sebelumnya selama dua hari berturut-turut tambahan pasien positif Corona COVID-19 sekitar 50 orang. Pada 7 Juli 2020, ada tambahan pasien positif COVID-19 sebanyak 56 orang. Pada 6 Juli 2020, tambahan pasien positif COVID-19 sebanyak 52 orang.

Pada 8 Juli 2020 dengan tambahan pasien positif COVID-19 108 orang membuat total pasien positif COVID-19 menjadi 6.681 orang di Surabaya.

Mengutip peta sebaran Corona COVID-19 di laman lawancovid-19, Kamis (9/7/2020), berdasarkan sumber dinas kesehatan Kota Surabaya, total pasien COVID-19 di Surabaya itu rinciannya antara lain 6.583 orang dari Surabaya dan 98 orang dari luar Surabaya hingga 8 Juli 2020.

Total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dalam perawatan sebanyak 2.981 orang. Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Surabaya bertambah menjadi 3.113 orang dan dari luar Surabaya sebanyak 30 orang.

Pasien meninggal karena Corona COVID-19 bertambah menjadi 551 orang dan dari luar Surabaya sebanyak enam orang.

Total pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Corona COVID-19 mencapai 5.569 orang. Dari jumlah tersebut, PDP dalam pengawasan sebanyak 2.363 orang dan PDP sembuh mencapai 2.830 orang. PDP meninggal ada 376 orang.

Selain itu, total kumulatif ODP mencapai 4.555 orang. Rinciannya ODP dipantau sebanyak 382 orang dan ODP selesai dipantau ada 4.133 orang. ODP meninggal sebanyak 40 orang.

Surabaya Barat

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Barat:

Pasien Positif: 835 orang

Konfirmasi sembuh: 362 orang

ODP: 801 orang

ODP selesai dipantau: 707 orang

ODP dipantau: 88 orang

PDP: 1.052 Orang

PDP sembuh: 515 orang

PDP meninggal: 80

Konfirmasi meninggal: 59 orang

Surabaya Pusat:

Pasien positif: 892 orang

Konfirmasi sembuh: 370 orang

ODP: 534 orang

ODP selesai dipantau: 490 orang

ODP dipantau: 39 orang

PDP: 690 orang

PDP sehat: 345 orang

PDP meninggal: 52 orang

Konfirmasi meninggal: 101 orang

Surabaya Selatan:

Pasien positif: 1.518 orang

Konfirmasi sembuh: 700 orang

ODP: 1.265 orang

ODP selesai dipantau: 1.124 orang

ODP dipantau: 127 orang

PDP: 1.356 orang

PDP sembuh: 640 orang

PDP meninggal: 88 orang

Konfirmasi meninggal: 116 orang

Surabaya Timur

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Timur

Pasien positif: 2.133 orang

Konfirmasi sembuh: 1.064 orang

ODP: 1.452 orang

ODP selesai dipantau: 1.347 orang

ODP dipantau: 98 orang

PDP: 1.524 orang

PDP sembuh: 788 orang

PDP meninggal: 93

Konfimasi meninggal: 164 orang

Surabaya Utara:

Pasien positif: 1.303 orang

Konfirmasi sembuh: 647 orang

Konfirmasi meninggal: 117 orang

ODP: 503 orang

ODP selesai dipantau: 465 orang

ODP dipantau: 30 orang

PDP: 947 orang

PDP sembuh: 542 orang

PDP meninggal: 63 orang

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Tanda Nomor Kontak WhatsApp Diblokir Curi Perhatian

Posted: 08 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang tips untuk mengetahui apakah seseorang memblokir akun WhatsApp, mencuri perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (8/7/2020).

Tak hanya itu, pembaca juga sangat tertarik dengan berita peluncuran Poco M2 Pro, dan kabar Microsoft tertarik untuk membeli divisi gim Warner Bros Interactive.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. 4 Tanda Nomor Kontak Kamu Diblokir Orang di WhatsApp

Pernah mencoba mengirim pesan kepada seseorang lewat WhatsApp tapi tidak masuk? Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah nomor kontak kamu telah diblokir.

Soal ini, pihak WhatsApp memberikan tips untuk mengetahui apakah seorang pengguna memblokir akun WhatsApp kita.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Poco M2 Pro Resmi Meluncur, Identik dengan Redmi Note 9 Pro

Poco M2 Pro akhirnya resmi diperkenalkan ke publik. Smartphone ini hadir sebagai perangkat kelas menengah yang didukung dengan baterai berkapasitas besar.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (8/7/2020), Poco M2 Pro sebenarnya identik dengan Redmi Note 9 Pro dan diperkenalkan sebagai Redmi Note 9S di beberapa pasar. Tidak hanya desain, spesifikasinya pun sama persis.

Oleh sebab itu, smartphone ini dipersenjatai dengan chipset yang sama seperti Redmi Note 9S, yakni Snapdragon 720G. Lalu untuk sektor fotografi, smartphone ini juga hadir dengan empat kamera belakang.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. Microsoft Tertarik Beli Divisi Gim Warner Bros Interactive

Bulan lalu, tersiar sebuah kabar beredar di internet yang menyebutkan AT&T akan berniat untuk menjual divisi gim WarnerMedia.

Adapun divisi Warner Bros. Interactive Entertainment termasuk di dalamnya sejumlah studio gim besar, seperti Rocksteady, NetherRealm, Monolith dan banyak lagi.

AT&T sendiri disebutkan rela melepas divisi gim tersebut dikisaran harga USD 2 miliar hingga USD 4 miliar.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkop Catat 789 Ribu UMKM Telah Go Digital

Posted: 08 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) menyatakan bahwa hingga saat ini pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang sudah masuk ke digital sudah mencapai 789 ribu UMKM.

Hal itu sejalan dengan target Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, yang menargetkan 2 juta para pelaku UMKM baru untuk didorong dan dipercepat menuju go digital.

"Sejak 14 Mei 2020 gerakan bangga Buatan Indonesia telah mencapai penambahan 789 ribu UMKM, yang masuk ke ekosistem digital dengan target kami 2 juta UMKM, ini bagus. Kemungkinan di akhir 2020 bisa mencapai target 10 juta lebih," kata Teten dalam Webinar, Kamis (9/7/2020).

Memang sebelumnya kata Teten, baru tercatat 13 persen atau 8 juta UMKM yang sudah masuk ke platform digital. Oleh karena itu, Kemenkop dan UKM memanfaatkan momentum ini untuk mendorong UMKM agar go digital.

"Luar biasa dengan market yang besar 260 juta masyarakat Indonesia ini, saya kira yang perlu kita manfaatkan ke depan, dengan adanya pandemi covid-19 ini momentum   yang kita gunakan untuk go-digital, Supaya UMKM bisa memanfaatkan momentum ini untuk percepatan digitalisasi," katanya.

Dua Strategi

Pedagang kerajinan menunggu pembeli saat pameran UMKM Export BRILian Preneur 2019  di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (20/12/2019). UMKM Export BRILian Preneur 2019  berlangsung hingga 22 Desember. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pedagang kerajinan menunggu pembeli saat pameran UMKM Export BRILian Preneur 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (20/12/2019). UMKM Export BRILian Preneur 2019 berlangsung hingga 22 Desember. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kendati begitu, untuk mendukung UMKM do digital, Teten menyebutkan bahwa Kemenkop dan UKM memiliki dua strategi untuk digitalisasi UMKM.

Yakni pertama, memperluas akses pasarnya baik pasar domestik maupun luar negeri, dan kedua memperbaiki bisnis proses yang lebih efisien.

"Terlebih digitalisasi akan memberikan kemudahan  untuk UMKM memperluas akses pembiayaan. Tentu pemerintah dalam akselerasi aspek tersebut baik melalui penyiapan infrastruktur digital, meningkatkan kapasitas SDM-nya, aspek produksi dan pemasaran serta kegiatan lainnya," ujarnya.

Untuk  peningkatan kapasitas SDM pihaknya sudah membentuk antara lain edukukm, yaitu pelatihan e-commerce, seri webinar, sparc campus dan lainnya.    

Menteri Teten Yakin Lebih dari 10 Juta UMKM Bakal Go Digital di 2020

Kementerian Koperasi dan UKM sejak awal membuka kerja sama seluas-luasnya dengan berbagai pihak dengan prinsip transparan, akuntabel, dan semata-mata demi memajukan koperasi dan UMKM di Tanah Air.
Kementerian Koperasi dan UKM sejak awal membuka kerja sama seluas-luasnya dengan berbagai pihak dengan prinsip transparan, akuntabel, dan semata-mata demi memajukan koperasi dan UMKM di Tanah Air.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki yakin bahwa lebih dari 10 juta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) akan go digital alias terhubung dengan platform digital pada tahun ini. Sejauh ini, sudah ada 8 juta pelaku UMKM yang sudah terhubung dengan platform digital.

"Jadi presiden (Jokowi) menargetkan digitalisasi 10 juta UMKM tahun ini. Tapi keyakinan kami bisa lampaui dari itu," tegas Teten dalam diskusi virtual via YouTube, Rabu (8/7/2020).

Dia menjelaskan, bahwa penting bagi UMKM terhubung ke ekosistem digital atau go digital untuk mengakses pasar yang lebih luas. Sekaligus mengintegrasikan dengan pembayaran berbasis digital yang dianggap lebih efisien.

Melalui digitalisasi akan memudahkan pemerintah untuk mengembangkan record digital. Yakni kesehatan usaha bisa dijadikan referensi oleh lembaga pembiayaan untuk membantu modal kerja dan investasi dari UMKM.

Terlebih UMKM yang bisa bertahan saat ini adalah yang terhubung dengan platform online, dan juga UMKM yang berhasil beradaptasi bisnisnya. Untuk itu, ia mendorong pelaku usaha disektor ini mampu berinovasi dalam merespons perkembangan pasar yang dinamis, salah satunya dengab go digital tersebut.

"Kita terus dorong, ke depan akan ada perubahan perilaku konsumen yang berbelanja secara online. Hal itu menjadi penting untuk kita mempercepat modernisasi UMKM," tukasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayu Ting Ting Melongo Lihat Brankas Nikita Mirzani Berisi Uang Euro

Posted: 08 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pedangdut Ayu Ting Ting berkesempatan untuk datang ke kediaman Nikita Mirzani. Nikita diketahui memiliki rumah mewah hasil kerja kerasnya. 

Hal itu terlihat dari berbagai koleksi barang-barang berharga fantastis dan juga rumah mewah milik Nikita Mirzani. Tidak tanggung-tanggung, Nikita pun juga tampak memiliki kotak brankas yang berisikan banyak harta kekayaannya. Kontan saja hal ini membuat Ayu Ting Ting melongo.

Seperti apa cerita Ayu Ting Ting yang mendatangi kediaman Nikita Mirzani? Berikut ulasan selengkapnya seperti yang dirangkum dalam kanal YouTube Qiss You TV.

Kagum

Ayu Ting Ting megunjungi kediaman Nikita Mirzani (YouTube)
Ayu Ting Ting megunjungi kediaman Nikita Mirzani (YouTube)

Melalui sebuah video yang berjudul 'Ternyata Nyai Nikita Pernah Direndahkan Teman Dekatnya', nampak Ayu Ting Ting tengah mengunjungi rumah mewah perempuan yang akrab disapa Niki ini. 

Kagum dengan hasil kerja keras Niki selama ini, Ayu pun tampak tidak dapat berkata-kata saat dirinya melihat luas dan mewahnya kamar Nikita Mirzani. Ayu juga menilai bahwa kamar mewah Niki tersebut sangat nyaman.

 

Koleksi Tas Mewah

Ayu Ting Ting megunjungi kediaman Nikita Mirzani (YouTube)
Ayu Ting Ting megunjungi kediaman Nikita Mirzani (YouTube)

Di sebelah kamar tidur Niki, tampak berjajar koleksi tas bermerk dan berharga fantastis. Koleksi tas mewah tersebut terlihat diletakkan secara rapi pada jarak khusus yang menjulang tinggi.

 

Barang Selalu Dipakai

Ayu Ting Ting megunjungi kediaman Nikita Mirzani (YouTube)
Ayu Ting Ting megunjungi kediaman Nikita Mirzani (YouTube)

Meski memiliki banyak barang mewah di rumahnya sebagai hasil kerja kerasnya, Niki mengaku bahwa dirinya selalu membeli barang yang ia perlukan. Ia tidak membeli barang-barang mewah tersebut hanya untuk sekedar pamer dan lain sebagainya. 

"Kalau beli barang-barang itu selalu yang Niki pakai. Harus Niki pakai. Nggak boleh nggak kepakai. Jadi semuanya berguna. Bukan cuma ah beli ah, ngga," ungkapnya.

 

Koleksi Parfum

Selain tas mewah, perempuan yang juga ibu dari tiga anak ini juga rupanya gemar mengoleksi berbagai merk parfum ternama. Ia mengungkapkan bahwa parfum adalah salah satu caranya untuk membuat orang lain nyaman untuk berada di dekatnya. 

"Emang lu suka banget parfum ya teh," tanya Ayu.

"Suka. Suka. Biar enak gitu kalau ketemu orang atau apa," ungkapnya pada Ayu.

 

Koleksi Jam Tangan

Aktris yang berusia 34 tahun ini juga tidak segan-segan memperlihatkan jam tangan mewahnya yang diproduksi di Swiss. Bahkan, ia juga menyebutkan nominal harganya yang membuat Ayu berdecak kagum. 

"Itu RM. Richard Mille. Murah ini murah. Rp 1,7 miliar," jelasnya.

 

Brankas Isi Euro

Di akhir video, Ayu nampak menemukan sesuatu di bawah meja kamar mewah Nikita. Seolah tak percaya, Ayu pun berulang kali mengetuk kotak penyimpanan yang berisikan barang berharga Nikita. 

"Kecil itu safety box nya. Tapi isinya Euro (mata uang negara Eropa). Hahaha," tegasnya.

"Iya. Udah nggak muat. Ini aja tadinya mau aku kasih ke abangku. Bertiga ngangkat ngga kuat," ucapnya.

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Delapan Karyawan Positif Covid-19, Pabrik Pengolahan Kayu Ditutup

Posted: 08 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pabrik pengolahan kayu  PT Kutai Timber Indonesia (KTI) Kota Probolinggo meliburkan seluruh karyawannya, setelah ada 8 karyawan pabrik kayu plywood tersebut terkonfirmasi positif virus Corona. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Dalami Korupsi di PT Dirgantara Indonesia Lewat Pejabat Bappenas

Posted: 08 Jul 2020 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus mendalami kasus dugaan korupsi pemasaran dan penjualan pesawat di PT Dirgantara Indonesia.

Untuk mendalami hal tersebut, tim penyidik menjadwalkan pemeriksaan Deputi Bidang Politik Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Rizky Ferianto.

Rizky akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk melengkapi berkas tersangka mantan Asisten Direktur Utama PT DI Bidang Bisnis Pemerintah Irzal Rizaldi Zailani. 

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IRZ (Irzal Rizaldi Zailani)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Kamis (9/7/2020).

Rizky sebelumnya juga pernah diperiksa untuk tersangka Irzal pada Senin, 15 Juni 2020. Saat itu tim penyidik mencecar Rizky mengenai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Dirgantara Indonesia. Rapat tersebut terutama terkait penentuan mitra penjualan pesawat PT Dirgantara Indonesia. 

Selain Rizky, hari ini penyidik juga menjadwalkan memeriksa tiga saksi lainnya. Mereka yakni, Manager Penjualan PT DI Heri Muhamad Taufik Hidayat, Plt Kepala Departemen Kontrak Unit Sekretaris PT DI Dinah Andriani, dan Direktur Utama PT. Selaras Bangun Usaha Ferry Santosa Subrata. 

"Ketiganya juga diperiksa untuk tersangka IRZ," kata Ali Fikri. 

Dalam kasus ini, KPK baru menetapkan dua orang sebagai tersangka. Mereka adalah mantan Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso dan mantan Asisten Direktur Utama bidang Bisnis Pemerintah PT Dirgantara Indonesia Irzal Rinaldi Zailani.

Kasus korupsi ini bermula pada awal 2008, saat Budi Santoso dan Irzal Rinaldi Zailani bersama-sama dengan Budi Wuraskito selaku Direktur Aircraft Integration, Budiman Saleh selaku Direktur Aerostructure, serta Arie Wibowo selaku Kepala Divisi Pemasaran dan Penjualan menggelar rapat mengenai kebutuhan dana PT Dirgantara Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan di kementerian lainnya.

Dalam rapat itu juga dibahas mengenai biaya entertaintment dan uang rapat-rapat yang nilainya tidak dapat dipertanggungjawabkan melalui bagian keuangan.

Kemudian Budi Santoso mengarahkan agar tetap membuat kontrak kerjasama mitra atau keagenan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan dana tersebut. Namun sebelum dilaksanakan, Budi meminta agar melaporkan terlebih dahulu rencana tersebut kepada pemegang saham yaitu Kementerian BUMN.

Setelah sejumlah pertemuan, disepakati kelanjutan program kerjasama mitra atau keagenan dengan mekanisme penunjukkan langsung. Selain itu, dalam penyusunan anggaran pada rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) PT Dirgantara Indonesia, pembiayaan kerjasama tersebut dititipkan dalam 'sandi-sandi anggaran' pada kegiatan penjualan dan pemasaran.

Selanjutnya, Budi Santoso memerintahkan Irzal Rinaldi Zailani dan Arie Wibowo untuk menyiapkan administrasi dan koordinasi proses kerjasama mitra atau keagenan. Irzal pun menghubungi Didi Laksamana untuk menyiapkan perusahaan yang akan dijadikan mitra atau agen.

Rp 96 Miliar Diterim Pejabat PT DI

Kemudian, mulai Juni 2008 hingga 2018, dibuat kontrak kemitraan atau agen antara PT Dirgantara Indonesia yang ditandatangani oleh Direktur Aircraft Integration dengan Direktur PT Angkasa Mitra Karya, PT Bumiloka Tegar Perkasa, PT Abadi Sentosa Perkasa, PT Niaga Putra Bangsa, dan PT Selaras Bangun Usaha.

Atas kontrak kerjasama tersebut, seluruh mitra atau agen tidak pernah melaksanakan pekerjaan berdasarkan kewajiban yang tertera dalam surat perjanjian kerjasama.

PT Dirgantara Indonesia baru mulai membayar nilai kontrak tersebut kepada perusahaan mitra atau agen pada 2011 atau setelah menerima pembayaran dari pihak pemberi pekerjaan. Selama tahun 2011 sampai 2018, jumlah pembayaran yang telah dilakukan oleh PT Dirgantara Indonesia kepada enam perusahaan mitra atau agen tersebut sekitar Rp 205,3 milyar dan USD 8,65 juta, atau sekira Rp 330 M.

Setelah keenam perusahaan menerima pembayaran, terdapat permintaan sejumlah uang baik melalui transfer maupun tunai sekitar Rp 96 miliar yang kemudian diterima oleh pejabat di PT Dirgantara Indonesia (persero). Di antaranya Budi, Irzal, Arie Wibowo, dan Budiman Saleh.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Cara Menaikkan Trombosit pada Anak Melalui Makanan, Penuhi Nutrisi

Posted: 08 Jul 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara menaikkan trombosit pada anak bisa dilakukan dengan memenuhi nutrisi yang tepat. Trombosit merupakan sel darah berbentuk pelat, lengket, dan tidak berwarna yang membantu proses pembekuan darah. Ketika trombosit rendah, tubuh bisa mengalami serangkaian gejala seperti kelelahan, mudah memar, dan gusi berdarah. 

Trombosit lemah bisa terjadi karena beragam penyakit mulai dari tifus, leukemia, anemia, hingga demam berdarah. Kondisi ini bisa terjadi pada anak-anak. Untuk mengatasinya, penting mengetahui cara menaikkan trombosit pada anak.

Selain pengobatan dan istirahat yang cukup, cara menaikkan trombosit pada anak yang tak kalah penting adalah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral anak. Cara menaikkan trombosit pada anak melalui asupan nutrisi ini dapat membantu tubuh membuat dan menjaga trombosit dalam darah.

Cara menaikkan trombosit pada anak bisa dilakukan dengan pemberian makanan seperti buah, sayur, suplemen dan daging. Cara menaikkan trombosit pada anak bisa membantu mempercepat pemulihan. Berikut cara menaikkan trombosit pada anak melalui makanan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(9/7/2020)

Makanan kaya folat

Daftar Makanan yang Mengandung Folat (Anna Shkuratova/Shutterstock)
Daftar Makanan yang Mengandung Folat (Anna Shkuratova/Shutterstock)

Cara menaikkan trombosit pada anak yang pertama adalah meningkatkan asupan folat. Folat adalah vitamin B9 yang membantu pertumbuhan sel-sel, termasuk sel darah. Kekurangan folat dalam tubuh dapat menyebabkan jumlah trombosit darah yang lebih rendah. Makanan kaya folat sangat penting untuk pembelahan sel sehat dalam tubuh yang dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit darah.

Makanan yang mengandung folat meliputi sayuran hijau gelap seperti bayam dan kale, hati sapi, telur, jeruk, pisang, alpukat, serta kacang dan biji-bijian.

Makanan kaya zat besi

Makanan yang mengandung zat besi (sumber: iStock)
Makanan yang mengandung zat besi (sumber: iStock)

Zat besi menjadi nutrisi yang penting dalam produksi sel darah. Zat besi sangat penting untuk tingkat sel darah merah dan trombosit yang sehat. Kekurangan zat besi pada anak dan remaja dapat meningkatkan risiko penurunan trombosit.

Mengatur kadar zat besi penting untuk mengurangi kelelahan, mengobati anemia, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan kaya zat besi meliputi tiram, hati sapi, kedelai, bayam, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Makanan kaya vitamin C

ilustrasi vitamin buah/Photo by Trang Doan from Pexels
ilustrasi vitamin buah/Photo by Trang Doan from Pexels

Vitamin C berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Vitamin C juga membantu trombosit bekerja dengan benar. Konsumsi vitamin C bersama zat besi juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi lebih efisien. Perpaduan zat besi dan vitamin C membantu meningkatkan jumlah trombosit.

Sumber vitamin C yang baik meliputi buah-buahan seperti mangga, jambu, dan jeruk, sayuran seperti bayam, brokol dan kembang kol. Konsumsi makanan-makanan ini dalam keadaan segar sangat disarankan karena proses pemanasan bisa merusak kandungan vitamin C.

Makanan kaya vitamin B12

Ilustrasi Daging Sapi Credit: freepik.com
Ilustrasi Daging Sapi Credit: freepik.com

Vitamin B-12 diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Kadar B-12 yang rendah dalam tubuh juga dapat menyebabkan jumlah trombosit yang rendah. Vitamin B12 juga membantu mencegah jenis anemia yang disebut anemia megaloblastik yang menyebabkan lelah dan lemah.

Vitamin B12 juga terlibat dalam produksi energi dalam tubuh. Ini dapat membantu mengembalikan energi yang hilang selama pemulihan. Vitamin B-12 hadir dalam produk-produk hewani, termasuk daging sapi dan hati sapi, telur, ikan, dan produk susu.

Makanan kaya vitamin D

vitamin d (Foto: unsplash.com)
vitamin d (Foto: unsplash.com)

Vitamin D berkontribusi pada berfungsinya tulang, otot, saraf, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D juga memainkan peran penting dalam fungsi sel sumsum tulang yang menghasilkan trombosit dan sel darah lainnya.

Tubuh dapat menghasilkan vitamin D dari paparan sinar matahari. Sumber vitamin D lainnya meliputi kuning telur, ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan mackerel, minyak hati ikan, serta produk makanan yang difortifikasi.

Makanan kaya vitamin K

Ilustrasi sayuran (Photo by Anna Pelzer on Unsplash)
Ilustrasi sayuran (Photo by Anna Pelzer on Unsplash)

Cara menaikkan trombosit pada anak selanjutnya adalah konsumsi makanan kaya vitamin K. Vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Mengonsumsi vitamin K membantu peningkatan jumlah trombosit dan gejala perdarahan. Nutrisi ini diperlukan untuk memastikan pertumbuhan sel yang sehat pada tingkat optimal dalam tubuh.

Makanan yang kaya vitamin K meliputi sayuran hijau seperti bayam, kangkung, kale, dan brokoli, kedelai dan produk olahannya, telur, hati, dan labu.

Vitamin A

ilustrasi wortel/Photo by Kristen Kaethler on Unsplash
ilustrasi wortel/Photo by Kristen Kaethler on Unsplash

Vitamin A sangat penting untuk produksi trombosit yang sehat. Nutrisi ini dikenal penting untuk pembentukan protein dalam tubuh. Kandungan protein yang sehat dalam tubuh membantu dalam proses pembelahan dan pertumbuhan sel.

Makanan kaya vitamin A termasuk wortel, labu, kale, dan ubi jalar. Vitamin A juga bisa ditemukan pada sumber hewani seperti hati sapi, minyak hati ikan kod, dan ikan berlemak.

Klorofil

Sayuran Hijau (Strelka/Shutterstock)
Sayuran Hijau (Strelka/Shutterstock)

Klorofil adalah pigmen hijau yang memungkinkan tanaman menyerap cahaya dari matahari. Konsumsi klorofil dapat membantu mengurangi beberapa gejala jumlah trombosit yang rendah. Selain itu, klorofil secara kimiawi mirip dengan hemoglobin, protein yang penting dalam sel darah merah karena membawa oksigen ke seluruh tubuh seseorang.

Manfaat klorofil bisa didapat dari mengonsumsi langsung sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi, atau rumput gandum. Klorofil juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Sebagian besar suplemen klorofil mengandung klorofilin. Klorofilin adalah turunan klorofil alami yang larut dalam air yang berpotensi diserap lebih baik oleh tubuh daripada bentuk klorofil lainnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejar Buronan Djoko Tjandra, Mahfud Md Hidupkan Lagi Tim Pemburu Koruptor

Posted: 08 Jul 2020 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyatakan segera menghidupkan kembali Tim Pemburu Koruptor (TPK). Tujuannya, guna membutu koruptor kelas kakap, salah satunya Djoko Tjandra.

"Ini mau kita aktifkan lagi TPK, pada saatnya akan memburu Djoko Tjandra," kata Menko Mahfud kepada wartawan, Kamis (9/7/2020).

Menko Mahfud mengatakan, tim tersebut terdiri dari Polri, Kejaksaan Agung (Kejagung), dan Kemenkumham. Dia menjelaskan tim gabungan ini sudah ada di era kepemimpinan Menko Polhukam dan memiliki Inpres.

"Tim Pemburu Koruptor, pernah ada inpresnya dulu, tapi kemudian inpres ini waktu itu berlaku satu tahun, belum diperpanjang lagi. Kita akan coba perpanjang," terang Mahfud.

Sebagai informasi, TPK ada sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2004. Kala itu, TPK beranggotakan Kemenkumham, Kejagung, Kemenlu, dan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK).

"Tugas utama dari tim ini adalah menangkap para koruptor terutama yang kabur ke luar negeri serta menyelamatkan aset negara," Menko Mahfud menandasi.

Manfaatkan Musibah Covid-19

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menilai buronan kasus Bank Bali Djoko Tjandra, bisa lolos masuk ke Indonesia dengan cara memanfaatkan situasi pandemi Covid-19.

"Yang bersangkutan memanfaatkan pandemi Covid-19 ini untuk kepentingan yang bersangkutan," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (7/7/2020).

Adanya pandemi, menurut Dasco membuat aparat penegak hukum berkonsentrasi untuk mengawasi pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kelengahan itulah yang dimanfaatkan Djoko Tjandra. 

Politisi Gerindra itu lantas meminta, institusi penegak hukum segera bersinergi untuk menuntaskan masalah buronan ini.

"Kami imbau kepada aparat penegak hukum saling bersinergi untuk mengungkap kasus ini. Kami akan minta kepada Komisi III yang membawahi penegakan hukum untuk proaktif," tandas dia. 

Saksikan Video Terkait Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangan Diborgol, Buronan Maria Pauline Lumowa Tiba di Bandara Soetta

Posted: 08 Jul 2020 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Maria Pauline Lumowa, buronan yang menggelapkan uang BNI senilai Rp 1.7 triliun, tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (9/7/2020). 

Pantauan Liputan6.com, sekitar pukul 11.00 wib, Maria tiba di ruang VIP Terminal 3 Bandara Soetta. Dia tiba dengan keadaan kedua tangan diborgol, lalu mengenakan pakaian tahanan oranye, serta rambut yang ditutup dengan bandana.

Saat tiba, tersangka penggelapan pinjaman uang Rp1,7 Triliun di BNI itu, mendapat pengawalan ketat kepolisian.

Meski sejumlah wartawan menerumuninya untuk menanyakan pertanyaan, Maria bergeming tetap menundukan kepala.

Lalu dia dievakuasi ke dalam ruangan di gedung VIP tersebut. Sementara, di dalam ruangan itu, sudah ada Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly yang sudah tiba di awal. 

Seperti diketahui, Maria Pauline Lumowa, menjadi buronan negara sejak 2003. Indonesia melalui Kemenkumham mengunjungi Serbia dan berhasil membuat kesepakatan hukum serta membawa pulang wanita yang jadi buronan tersebut.

Maria Pauline Lumowa, buron Pembobol Bank BNI Ditangkap (Foto: Kemenkumham)
Maria Pauline Lumowa, buron Pembobol Bank BNI Ditangkap (Foto: Kemenkumham)

Diborgol Selama di Perjalanan

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly menyebut Maria Pauline Lumowa, buron kasus pembobolan BNI, diborgol selama perjalanan dari Serbia menuju Indonesia. Maria diekstradisi dari Serbia setelah kurang lebih 17 tahun menjadi buronan.

"Selama perjalanan menggunakan pakaian tersebut (pakaian tahanan) dan dalam keadaan tangan diborgol, karena kita di udara, mencegah hal-hal yang mungkin saja membahayakan penerbangan," ujar Yasonna menyelipkan kata maaf seperti dalam tayangan televisi nasional, Kamis (9/7/2020).

Pada foto-foto yang diberikan pihak Direktorat Jenderal AHU Kemenkumham, Maria Pauline Lumowa memang mengenakan pakaian tahanan dan diborgol dengan menggunakan kabel ties putih.

Yasonna mengaku sempat memperkenalkan diri sebagai Menkumham kepada Maria. Dia juga mengatakan kepada Maria akan menyerahkannya kepada Bareskrim Polri.

"Nanti sampai di Indonesia kami akan menyerahkan ibu ke Bareskrim Polri, hadapi saja dengan tenang, semua kita lakukan secara profesional," kata Yasonna.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi dan Prabowo Naik Heli Merah Putih saat Kunjungan ke Kapuas

Posted: 08 Jul 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah, (9/7/2020). Setibanya di Kota Palangka Raya pukul 08.45 WIB, Jokowi dan Prabowo langsung menuju Kabupaten Kapuas dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU dari Bandara Tjilik Riwut.

Ada yang berbeda dengan Helikopter Kepresidenan yang digunakan Jokowi kali ini. Helikopter yang biasanya bewarna putih biru kini dicat menjadi merah putih serupa bendera Indonesia.

Kendati begitu, helikopter kepresidenan tersebut bukanlah barang baru. Helikopter yang biasa digunakan Jokowi saat kunjungan kerja dicat ulang sebagai bagian dari pemeliharaan.

Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto menyampaikan bahwa dirinya melaporkan kepada Jokowo bahwa helikopter tersebut harus memasuki pemeliharaan rutin, pada Maret 2020.

"Presiden berpesan agar selain dilakukan pemeliharaan berkala juga diberikan nuansa berbeda yang lebih 'Indonesia' pada helikopter tersebut," ucap Suharyanto seperti dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan sebelumnya helikopter tersebut didominasi warna biru. Kemudian, pihak Istana memutuskan mengganti menjadi merah putih untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI.

"Kami memutuskan untuk mengganti warnanya dengan merah putih dan Presiden menyetujuinya. Warna ini juga dipilih untuk lebih menyemarakkan perayaan 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia," jelas Heru.

 

Kedepankan Protokol Kesehatan

Dalam penerbangan menuju Kabupaten Kapuas, protokol kesehatan tetap dikedepankan. Helikopter Kepresidenan yang biasanya diisi oleh 10 orang, kali ini hanya diisi 5 orang.

Jokowi hanya didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan tiga orang perangkat melekat lainnya, yaitu Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Dan Grup A Paspampres Kolonel Inf. Achiruddin, dan Ajudan Presiden Kolonel Inf. Rudi Saladin.

Saksikan Video Terkait Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial Episode Kamis, 9 Juli 2020

Posted: 08 Jul 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nyata Spesial ditayangkan setiap hari di Indosiar.

FTV Kisah Nyata Spesial hadir mulai pukul 11.30 WIB.

Anda bisa menyaksikan Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Tidak Diekstradisi ke Indonesia, Maria Pauline Lumowa Bisa Bebas 16 Juli 2020

Posted: 08 Jul 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Serbia atas bantuan menangkap buron pembobol BNI senilai Rp 1,7 triliun Maria Pauline Lumowa.

Yasonna menyebut, Maria ditangkap dan ditahan Pemerintah Serbia pada 16 Juli 2019. Menurut Yasonna, jika tidak segera dibawa ke Indonesia, maka secara hukum Maria Pauline Lumowa harus dilepaskan tepat setahun berselang yakni 16 Juli 2020.

"Tahun lalu ditangkap oleh Serbia, ditahan di sana, dan Serbia memberitahukan kepada Indonesia. Ini menjadi sangat penting kita kejar sekarang karena 16 Juli yang datang ini secara hukum dia harus dilepas oleh Pemerintah Serbia," ujar Yasonna dalam tayangan televisi nasional, Kamis (9/7/2020).

Maka dari itu, Yasonna dan tim delegasi segera merapat ke Serbia untuk menjemput Maria Pauline Lumowa. Beruntung, Presiden Serbia Aleksander Vucic mau membantu agar Maria mempertanggungjawabkan perbuatannya dan diadili di Indonesia.

"Nah, itu sebabnya kita harus cepat-cepat ambil, karena pengacaranya terus melakukan manuver. Termasuk ada salah satu negara Eropa yang mencoba meminta kepada pemerintah Serbia supaya beliau diadili saja di Belanda. Itu sebabnya kita betul-betul berupaya keras untuk mengekstradisi. Ini di injury time," kata Yasonna.

Pembobol BNI

Kemenkumham tangkap buronan pembobol Bank BNI Maria Pauline Lumowa melalui perjanjian ekstradisi dengan pemerintah Serbia. (Dok: Kemenkumham)
Kemenkumham tangkap buronan pembobol Bank BNI Maria Pauline Lumowa melalui perjanjian ekstradisi dengan pemerintah Serbia. (Dok: Kemenkumham)

Maria Pauline Lumowa merupakan pembobolan kas BNI cabang Kebayoran Baru lewat Letter of Credit (L/C) fiktif. Pada periode Oktober 2002 hingga Juli 2003, Bank BNI mengucurkan pinjaman senilai 136 juta dolar AS dan 56 juta euro atau sama dengan Rp 1,7 triliun dengan kurs saat itu kepada PT Gramarindo Group yang dimiliki Maria Pauline Lumowa dan Adrian Waworuntu.

Aksi PT Gramarindo Group diduga mendapat bantuan dari 'orang dalam' karena BNI tetap menyetujui jaminan L/C dari Dubai Bank Kenya Ltd, Rosbank Switzerland, Middle East Bank Kenya Ltd, dan The Wall Street Banking Corp yang bukan merupakan bank korespondensi Bank BNI.

Pada Juni 2003, pihak BNI yang curiga dengan transaksi keuangan PT Gramarindo Group mulai melakukan penyelidikan dan mendapati perusahaan tersebut tak pernah melakukan ekspor.

Kabur ke Belanda

Dugaan L/C fiktif ini kemudian dilaporkan ke Mabes Polri, namun Maria Pauline Lumowa sudah lebih dahulu terbang ke Singapura pada September 2003 alias sebulan sebelum ditetapkan sebagai tersangka oleh tim khusus yang dibentuk Mabes Polri.

Selama buron, Maria sempat bolak balik Singapura-Belanda. Maria diketahui sudah menjadi warga negara Belanda sejak 1979. Pemerintah Indonesia juga sempat meminta Kerajaan Belanda untuk mengektradisi Maria namun ditolak.

Maria akhirnya ditangkap di Serbia oleh NCB Interpol Serbia di Bandara Internasional Nikola Tesla Serbia pada 16 Juli 2019. Penangkapan berdasarkan red notice yang diterbitkan Interpol pada 22 Desember 2003.

 

Disadur dari: Kanal News Liputan6.com (Penulis: Fachrur Rozie, Editor: Rita Ayuningtyas, published 9/7/2020)

Saksikan Video Maria Pauline Lumowa Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Ingin Program I'm Gen Z Kreatif dan Bervariasi untuk Menyentuh Anak Muda Milenial

Posted: 08 Jul 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menpora Zainudin Amali hari Rabu (8/7) sore didampingi Staf Khusus Bidang Milenial Alia Laksono menerima Audiensi Pembina I'm Gen Z Lalu Mara Satria Wangsa,Chief I'm Gen Z Budi Setiawan, General Treasure I'm Gen Z Achmad Fajriansyah dan Deputi Pemuda dan Olahraga I'm Gen Z Ichya Halimudin di ruang kerjanya Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.
 
Menpora menyampaikan adanya variasi dan kreatifitas program dari apa yang dibuat dalam organisasi I'm Gen Z ini jangan monoton agar banyak anak muda yang tertarik. "Jangan terus ambil pasar yang sama dengan organisasi kepemudaan yang sudah lama ada di Indonesia, harus ada spesifik sehingga membuat anak muda tertarik," pesan Menpora
.
Menurutnya Kemenpora saat ini sedang mendorong para anak muda milenial agar menjadi anak muda yang kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing serta mau menjadi entrepreneur.
 
"Kemenpora mendorong terciptanya 5.000 entrepreneur agar tidak menjadi beban bangsa dalam mencari pekerjaan terlebih Indonesia akan menghadapi bonus demografi," pesannya.
 
Selain pentingnya variasi program agar menarik orang untuk ikut dalam organisasi, mempromosikan program pemerintah boleh saja tetapi timbal baliknya harus ada. "Diawal-awal ini dibutuhkan inovasi dan kreativitas agar banyak orang tertarik karena akan menjadi alternatif terhadap kejenuhan orang terhadap OKP yang ada dan lihat reaksi publik terhadap kehadiran ini," tuturnya.
 
Chief I'm Gen Z Budi Setiawan berharap mendapat arahan langsung dari Menpora untuk organisasinya yang baru terbentuk. Budi ingin memberikan suasana baru kepada generasi milenial bahwa demokrasi itu asyik. "Kami ingin mendapat wejangan dari bapak agar generasi milenial ini yang apatis terhadap politik menjadi mau untuk masuk ke dalam dunia demokrasi," ujar Budi.
 
"Sasaran organisasi kami adalah anak muda yang apatis dengan dunia politik, kami ingin memberikan gambaran bahwa demokrasi itu tidak jahat agar pemberdayaan demokrasi ini efektif," tambahnya. 
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Tak Buka Lowongan CPNS di 2020, Ini Alasannya

Posted: 08 Jul 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2020 dipastikan tidak akan digelar. Sebab, saat ini pemerintah masih harus menyelesaikan seleksi penerimaan CPNS 2019 yang tertunda akibat pandemi corona.

Dikutip dari laman Setkab, Kamis (9/7/2020), penerimaan CPNS tahun 2019 akan masuk pada tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) dan pelaksanaan SKB tertunda karena pandemi Covid-19.

Tahun ini Pemerintah masih akan menuntaskan proses seleksi CPNS formasi tahun 2019 yang tertunda karena pandemi Covid-19.

"SKB akan dilanjutkan bulan September-Oktober 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo.

"Kementerian PANRB dan BKN terus melakukan koordinasi dengan BNPB (Gugus Tugas Covid-19) dan Kementerian Kesehatan, untuk memastikan agar pelaksanaan SKB benar-benar memenuhi standar protokol kesehatan," lanjutnya.

Namun demikian, penerimaan CPNS untuk tahun 2021 akan dilaksanakan. Saat ini, menurut Menteri PANRB, sedang dilakukan proses pengajuan serta verifikasi dan validasi usulan masing-masing instansi pemerintah.

"Proses ini akan mempertimbangkan kebutuhan untuk pembangunan nasional dan daerah, serta hasil evaluasi dampak pandemi Covid-19," jelas dia.

Penerimaan CPNS 2020 Ditiadakan, Bagaimana di Tahun Depan?

CPNS saat mengikuti SKD di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). Tes SKD CPNS Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan mulai 27 Januari hingga 28 Februari 2020 dengan jumlah peserta memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD sebanyak 3.364.868 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
CPNS saat mengikuti SKD di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). Tes SKD CPNS Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan mulai 27 Januari hingga 28 Februari 2020 dengan jumlah peserta memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD sebanyak 3.364.868 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2020 akan ditiadakan. Namun demikian, rekrutmen abdi negara tersebut rencananya akan kembali dibuka pada 2021 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, seperti dikutip dari laman Setkab, Kamis (9/7/2020).

Menurut Tjahjo, saat ini pihaknya sedang dilakukan proses pengajuan serta verifikasi dan validasi usulan masing-masing instansi pemerintah.

"Proses ini akan mempertimbangkan kebutuhan untuk pembangunan nasional dan daerah, serta hasil evaluasi dampak pandemi Covid-19," jelas dia.

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah akan meniadakan rekrutmen CPNS tahun 2020.

"Penerimaan CPNS tahun 2020 akan kami tiadakan," ujar dia.

Hal ini mengingat bahwa penerimaan CPNS tahun 2019 akan masuk pada tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) dan pelaksanaan SKB tertunda karena pandemi Covid-19.

 

Pemerintah Masih Buka Peluang Seleksi CPNS di 2021

Ilustrasi tes CPNS
Ilustrasi tes CPNS

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo memastikan bahwa pemerintah tidak akan menggelar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun formasi 2020.

Namun demikian, Tjahjo mengatakan seleksi tes CPNS akan kembali dibuka pada tahun mendatang, yakni di 2021.

"Info dari BKN (Badan Kepegawaian Negara) 2021 ada tes CPNS," kata Tjahjo kepada Liputan6.com, Selasa (7/7/2020). Kendati begitu, ia belum menjawab seputar pelaksanaan CPNS 2021 akan digelar pada bulan apa.

Mendukung pernyataan Tjahjo, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji menyampaikan, pemerintah buka kemungkinan dan masih mengkaji soal kembali dibukanya perhelatan seleksi CPNS pada tahun mendatang.

Begitu pula dengan rencana penyelenggaraan seleksi sekolah kedinasan yang kabarnya akan tetap dilaksanakan pada 2021.

"Untuk 2021 masih akan dibahas. Kemungkinan masih ada. (Kalau sekolah kedinasan?) Semua masih open untuk dibahas," ujar Atmaji kepada Liputan6.com.

Atmaji menyatakan, wabah virus corona (Covid-19) yang datang di Indonesia pada awal Maret 2020 telah membuat pemerintah harus memikirkan kebutuhan akan aparatur sipil negara (ASN) atau CPNS ke depannya.

"Pasca pandemi ini kami harus mereview ulang sistem kerja dan kebutuhan ASN ke depan. Sehingga perlu perhitungan yang cermat baik jumlah maupun kualifikasi yang dibutuhkan semua sektor dan daerah," tutur dia.

 

SKB CPNS 2019 akan Digelar pada September-Oktober 2020

Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi berlangsung 27-31 Januari 2020. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi berlangsung 27-31 Januari 2020. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Seleksi kompetensi bidang calon pegawai negeri sipil (SKB CPNS) formasi tahun 2019 akan dilaksanakan paling cepat dua bulan lagi. Periodenya antara September sampai Oktober 2020.

Ini diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, Rabu (8/7/2020).

"SKB akan dilanjutkan bulan September-Oktober 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan. Kementerian PANRB dan BKN terus melakukan koordinasi dengan BNPB (Gugus Tugas Covid-19) dan Kementerian Kesehatan, untuk memastikan agar pelaksanaan SKB CPNS benar-benar memenuhi standar protokol kesehatan," jelas dia.

Dia menuturkan, jika pemerintah akan meniadakan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2020. Hal ini mengingat bahwa penerimaan CPNS tahun 2019 akan masuk pada tahap seleksi kompetensi bidang (SKB).

Pelaksanaan SKB CPNS tertunda karena pandemi Covid-19. Namun ditargetkan SKB CPNS berlangsung pada September-Oktober 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pemerintah memastikan akan menuntaskan proses seleksi CPNS formasi tahun 2019 yang tertunda karena pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, dia menuturkan jika rekrutmen ASN pada 2021 akan dilaksanakan. Saat ini sedang dilakukan proses pengajuan serta verifikasi dan validasi usulan masing-masing instansi pemerintah. Proses ini akan mempertimbangkan kebutuhan untuk pembangunan nasional dan daerah, serta hasil evaluasi dampak pandemi Covid-19. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuplikan Barcelona Susah Payah Kalahkan Espanyol

Posted: 08 Jul 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona meraih kemenangan penting pada pekan ke-35 Liga Spanyol. Blaugrana menang 1-0 atas Espanyol dalam derby Catalan di Camp Nou, Kamis (9/7/2020) dini hari WIB.

Gol kemenangan Barcelona dicetak Luis Suarez di menit ke-56. Suarez memanfaatkan bola rebound Lionel Messi yang diblok bek Espanyol.

Pada laga ini, Barcelona dan Espanyol harus bermain dengan 10 pemain. Barcelona kehilangan Ansu Fati di menit ke-50 karena kartu merah. Tiga menit kemudian, gelandang Espanyol Pol Lozano yang giliran diusir keluar lapangan.

Kemenangan atas Espanyol membawa Barcelona terus menempel Real Madrid di puncak klasemen. Dengan 76 poin, Barcelona kini tertinggal satu poin dari Real Madrid. Namun, sang rival punya satu laga lebih banyak.

Saksikan cuplikan pertandingan Barcelona kontra Espanyol di halaman berikut.

Cuplikan Pertandingan

Jadwal Liga Spanyol

Jumat, 10 Juli 2020

00.30 WIB, Eibar vs Leganes

00.30 WIB, Mallorca vs Levante

03.00 WIB, Athletic Bilbao vs Sevilla

Sabtu, 11 Juli 2020

00.30 WIB, Real Sociedad vs Granada

03.00 WIB, Real Madrid vs Derpotivo Alaves

22.00 WIB, Osasuna vs Celta Vigo

Klasemen Liga Spanyol

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Tekankan Munas DPP Mapancas Harus Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Posted: 08 Jul 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali menerima Dewan Pimpinan Pusat Mahasiswa Pancasila (DPP Mapancas), di Ruang Kerja Lantai 10 Graha Pemuda Senayan Jakarta Pusat, Rabu (8/7). Kedatangan DPP Mapancas yang dipimpin Ketua Umum Medi Sumaedi bermaksud melaporkan rencana pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) ke-15.
 
Sehubungan pelaksanaan Munas, pesan penting Menpora karena saat ini masih dalam situasi Pandemi Covid-19 maka apapun kegiatan harus menjalankan Protokol Kesehatan yang ketat. "Karena ini bersifat nasional, silakan disampaikan ke Pak Deputi untuk selanjutnya menghadap Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat, agar nanti semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar serta tidak ada kesalahan," tegas Menpora yang didampingi Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Ni'am Sholeh.
 
Poin penting lagi yang disampaikan dalam setiap organisasi kepemudaan, Munas harus menjadi bagian konsolidasi dan kaderisasi. Karena Mapancas adalah organisasi kemahasiswaan dan menyandang nama Pancasila maka sosialisasi ke kampus-kampus akan penyadaran ideologi bangsa dan kebhinekaan harus menjadi program utama kepengurusan selanjutnya.
 
Menanggapi pesan-pesan Menpora tersebut Ketua Umum Mapancas akan memperhatikan dengan sungguh-sungguh dan menindaklanjuti dengan baik."Perihal kaderisasi saya menegaskan cukup satu periode saja, selain memberikan contoh juga langkah bijak dan elegan untuk memberikan kesempatan kepada kader-kader muda yang lain," kata Ketum Medi Sumaedi.
 
Munas yang akan digelar di Hotel Grand Zuri BSD Tangerang Selatan Banten pada tanggal 27-28 Juli mendatang akan dilaksanakan secara langsung dan virtual. Dengan mengikuti protokol kesehatan maka yang hadir 100 orang dari kapasitas ruang 250 orang, selebihnya sekitar 1.000 peserta mengikuti secara virtual melalui Zoom.Hadir dari DPP Mapancas turut mendampingi Ketum diantaranya Bendum Pilar Saga Ichsan sekaligus Ketua Panpel Munas, Sekretaris Panpel Erna K, Sarwanto, dan Ketua DPD Sulteng Didik Djibran. 
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Perjuangan Wanita Atasi Kulit Eksim, Perubahan Wajahnya Bikin Kaget

Posted: 08 Jul 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit yang mulus tentunya menjadi idaman setiap wanita. Ragam cara dilakukan untuk mendapatkan kulit mulus yang didambakan. Eksim merupakan salah satu penyakit yang kerap membuat kulit seseorang terasa kasar atau bersisik. Mengatasi eksim dengan krim merupakan salah satu cara untuk menyembuhkan eksim yang diderita. 

Penyakit eksim atau dermatitis adalah penyakit peradangan pada kulit. Tanda-tanda utama yang dirasakan pasien penyakit eksim, yaitu rasa gatal berlebih pada kulit dibarengi dengan kulit memerah, bersisik serta pecah-pecah, hingga timbul gelembung-gelembung kecil yang mengandungan air atau nanah. 

Rasa gatal yang ditimbulkan dari penyakit ini tentunya membuat seseorang yang menderitanya terasa tak nyaman dan ingin menggaruknya. Namun hal tersebut akan menyebabkan kulit menjadi mudah terinfeksi. Upaya untuk menyembuhkan penyakit ini tentunya harus dengan kesabaran dan ragam upaya agar tidak menimbulkan penyakit yang lainnya.

Seperti dilansir Liputan6.com dari Mirror pada (9/7/2020), kisah wanita yang berusaha keras untuk mengobati eksim yang dideritanya ini biki terharu. Pasalnya dirinya harus menderita penyakit lain karena mengatasi eksimnya dengan krim steroid. Upaya tersebut tidak berbuah manis, dan sebaliknya, kulit wajahnya berubah.

Kisah Wanita yang Berjuang Atasi Eksim

Kisah Wanita Atasi Eksim Hingga Membuat Wajahnya Berubah Ini Bikin Pilu. (Sumber: Mirror)
Kisah Wanita Atasi Eksim Hingga Membuat Wajahnya Berubah Ini Bikin Pilu. (Sumber: Mirror)

Wanita yang bernama Anita Wong dan berusia 36 tahun ini terus berupaya untuk mengatasi eksim yang dideritanya. Wanita ini melwati masa-masa dimana dirinya merasakan perubahan wajahnya lantaran menggunakan krim steroid untuk mengatasi eksim yang dideritanya. Ragam upaya terus dilakukan wanita berusia 36 tahun ini hingga sembuh dari eksim atau dermatitis yang dideritanya.

Obat-obatan keras pun digunakan oleh wanita ini untuk mengobati penyakit yang dideritanya, dan mengakibatkan kulitnya kemudian menjadi tipis. Anita Wong melakukan pengobatan ke dokter umum, dokter kulit, hingga spesialis alergi yang tak terhitung jumlahnya.

Anita Wong selama bertahun-tahun mencoba untuk menggunakan krim emolien, topikal, krim anti-jamur dan imunosupresan, steroid oral, antibiotik, dan antihistamin. Dirinya juga mencoba pengobatan alami untuk mengobati penyakit dermatitisnya ini.

Saat hamil anak pertama, wanita ini pun menghentikan penggunaan krim yang biasa digunakannya. Pada tahun 2011, Anita Wong kembali ke dokter dan diresepkan steroid topikal untuk digunakan di wajahnya yang membantu membersihkan kulitnya. Namun pada Juli 2013, Anita terkejut didiagnosis dengan katarak di kedua mata karena terlalu sering menggunakan steroid. Pada tahun Januari 2014, Anita menjalani operasi katarak, dan mata kanannya mengalami kerusakan permanen.

 

 

Menderita Sejak Lama

Kisah Wanita Atasi Eksim Hingga Membuat Wajahnya Berubah Ini Bikin Pilu. (Sumber: Mirror)
Kisah Wanita Atasi Eksim Hingga Membuat Wajahnya Berubah Ini Bikin Pilu. (Sumber: Mirror)

Penyakit yang diderita Anita Wong sudah dialami sejak lama. Rasa gatal yang terus menghampiri tentunya membuat dirinya terganggu. Selama 25 tahun Anita mengalami penyakit tersebut hingga membuat kulit wajahnya rusak dan didiagnosa menderita katarak. Hingga akhirnya kondisinya sedikit lebih membaik setelah detoksifikasi.

"Itu sangat memengaruhi kepercayaan diri dan kehidupan sosial saya. Gatal itu gila dan sejak usia muda saya menderita insomnia. Saya tidak pernah merasa nyaman dengan kulit saya sendiri dan semakin memburuk selama bertahun-tahun dan ini berlangsung selama dua puluh lima tahun." ungkap Anita Wong.

Sudah Mulai Membaik

Kisah Wanita Atasi Eksim Hingga Membuat Wajahnya Berubah Ini Bikin Pilu. (Sumber: Mirror)
Kisah Wanita Atasi Eksim Hingga Membuat Wajahnya Berubah Ini Bikin Pilu. (Sumber: Mirror)

Ragam upaya yang dilakukan pun membuahkan hasil yang baik, pada tahun 2018, kulit wajahnya perlahan sudah mulai membaik. Anita mengatakan dirinya melakukan detoksifikasi selama bertahun-tahun sehingga kulit wajahnya sudah mulai membaik.

"Saya termotivasi untuk mendetoksifikasi semua obat berbahaya dari sistem saya secepatnya. Saya memulai perjalanan detoksifikasi pada Juli 2013, di mana saya menarik diri dari steroid topikal dan obat-obatan konvensional, dan itu adalah neraka pada awalnya."tutur wanita berusia 36 tahun ini.

 

Bersyukur

Kisah Wanita Atasi Eksim Hingga Membuat Wajahnya Berubah Ini Bikin Pilu. (Sumber: Mirror)
Kisah Wanita Atasi Eksim Hingga Membuat Wajahnya Berubah Ini Bikin Pilu. (Sumber: Mirror)

Setelah berjuang mengobati penyakit selama bertahun-tahun, Anita pun bersykur setelah merasa kulitnya menjadi lebih baik.

"Sekarang, saya merasa diberkati. Saya merasa bebas. Saya merasa nyaman di kulit saya sendiri dan normal. Saya telah belajar banyak tentang kesehatan, tubuh dan pikiran saya. Saya adalah orang yang jauh lebih kuat dan percaya diri sekarang," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Ngabalin untuk Susi Pudjiastuti

Posted: 08 Jul 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebijakan Kementerian Kelautan dan perikanan (KKP) yang membuka keran ekspor benih lobster menuai polemik. Salah satu pengkritik keras kebijakan itu yaitu mantan menteri Susi Pudjiastuti.

Di era Susi, ekspor lobster menjadi hal yang dilarang, bahkan sejumlah pihak harus berurusan dengan hukum karena kebijakan tersebut. Terkait kritik yang disampaikan Susi, Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin menilai ekspor benih lobster kebijakan yang menguntungkan nelayan.

Ngabalin menganggap wajar bila kebijakan di kementerian berubah setelah menterinya berganti.

"Semua aturan pada periode menteri lalu, Ibu Susi, dia sudah selesai pada zamannya, dia sudah selesai pada waktunya. Setiap orang ada kuasanya dan setiap kuasa itu tergantung pada masa-masanya," ujar Ngabalin dalam acara pelepasan ekspor olahan ikan di Kirana Food International Tuban, Jawa Timur, pada Rabu, 8 Juli 2020.

Ngabalin pun meminta agar Susi memberika kesempatan kepada Menteri saat ini, Edhy Prabowo untuk membuat kebijakan-kebijakan yang menurutnya tepat dan menguntukngkan nelayan.

"Setiap orang ada masanya. Maksud saya, jangan kemudian kebijakan diambil, diganggu terus. Banyak orang juga yang tidak jadi menteri di periode kedua, dia tidak mengganggu," tandas Ngabalin.

 

Kritik Balik Susi

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat berkunjung ke Pulau Popongan, Balak-balakang, Mamuju (Liputan6.com/Abdul Rajab Umar)
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat berkunjung ke Pulau Popongan, Balak-balakang, Mamuju (Liputan6.com/Abdul Rajab Umar)

Ngabalin, yang kini mengisi jabatan di Komisi Pemangku Kepentingan dan Konsultasi Publik Kelautan dan Perikanan ini, justru mengkritik balik Susi yang dinilai jarang berkomunikasi dengan nelayan saat masih menjabat menteri.

"Seakan-akan tidak ada komunikasi nelayan dengan KKP. Sementara, kalau KKP itu ibarat perusahaan, maka saham mayoritas yang memiliki itu para nelayan dan mereka yang bergerak di sektor kelautan," ujar mantan politikus Partai Bulan Bintang (PBB) itu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerard Pique Naik Sepeda ke Camp Nou, Barcelona Tekuk Espanyol

Posted: 08 Jul 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Gerard Pique menarik perhatian saat Barcelona menjamu Espanyol, Kamis ini hari WIB (9/7/2020). Selain lewat penampilannya pada Derby Catalunya itu, Pique menjadi sorotan saat tiba di Camp Nou.

Tidak seperti pemain lain pada umumnya yang datang dengan bus pemain, Pique memilih hadir dengan kendaraan sendiri. Bukan mobil, tapi kekasih penyanyi Shakira itu justru mengendarai sepeda listrik.

Seperti dilansir Marca, Pique yang dikenal tidak akur dengan fans Espanyol tampak santai dengan kaos oblong dan celana pendek putih. Gerakannya lincah saat menyusuri jalanan menuju lokasi laga.  

 

Ternyata bukan kali ini saja bek tengah Barcelona itu, menjalani bike to work. Pada tahun 2018 lalu, pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu juga pernah melakukan hal yang sama ke lokasi latihan.

Aksi Pique tentu saja menarik perhatian orang-orang di jalan. Begitu juga sejumlah warga yang berada di luar Camp Nou. Namun Pique tidak menghentikan lajunya dan segera masuk ke dalam stadion.

 

Barcelona Menang 1-0

Pemain Espanyol, Javier Puado (kiri) berebut bola dengan bek Barcelona, Jordi Alba pada lanjutan pertandingan La Liga Spanyol di Camp Nou, Kamis (9/7/2020) dini hari WIB.  Barcelona menang tipis 1-0 atas Espanyol lewat gol yang dicetak Luis Suarez. (LLUIS GENE / AFP)
Pemain Espanyol, Javier Puado (kiri) berebut bola dengan bek Barcelona, Jordi Alba pada lanjutan pertandingan La Liga Spanyol di Camp Nou, Kamis (9/7/2020) dini hari WIB. Barcelona menang tipis 1-0 atas Espanyol lewat gol yang dicetak Luis Suarez. (LLUIS GENE / AFP)

Sementara itu, pada pertandingan melawan Espanyol, Pique tampil sejak menit pertama. Dalam duel ini, Barcelona berhasil menang lewat gol semata wayang yang dietak Luis Suarez pada menit ke-56. 

Tambahan tiga poin menjaga peluang Barcelona mengejar pemuncak klasemen La Liga Spanyol, Real Madrid. Saat ini, Barcelona terpaut 1 poin dari Los Blancos yang memimpin dengan 77 poin. 

Derby Catalan sendiri berjalan dalam tensi tinggi. Wasit mengeluarkan dua kartu merah dalam laga ini. Kartu merah pertama diberikan kepada pemain Barcelona, Ansu Pati pada menit ke-50. Sedangkan satu kartu merah lainnya dihadiahkan kepada pemain tim tamu, Pol Lozano tiga menit kemudian.  

Klasemen Sementara

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kado Gaun Pengantin bagi Petugas Kesehatan

Posted: 08 Jul 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 yang terjadi saat ini membuat keprihatinan banyak orang dan organisasi. Sebuah organisasi nirlaba di Massachusetts, Amerika Serikat, membagikan gaun pengantin kepada para pahlawan perawat kesehatan di komunitas-komunitas di seluruh dunia.

Brides Across America, yang dikenal karena memberikan gaun pengantin kepada wanita militer dan responden pertama (first responder), memperluas kelompok yang dilayaninya di tengah pandemi. Sementara para profesional perawat kesehatan terus bekerja untuk menyelamatkan nyawa pasien COVID-19.

"Kami hanya ingin melakukan sesuatu untuk membalas dan setidaknya mengatakan, 'Hei, kami memikirkanmu,'" kata pendiri organisasi nirlaba Brides Across America, Heidi Janson, seperti dikutip dari Today, Rabu, 8 Juli 2020.

Hedi mengatakan, mereka mempertaruhkan nyawa, seperti militer atau responden pertama. Jadi, pemberian gaun pengantin adalah cara untuk membalas jasa para petugas medis kepada masyarakat.  "Kami hanya berpikir itu sejalan dengan misi kami," imbuhnya.

Organisasi ini juga mengirimkan gaun ke luar negeri, ke butik-butik lain dan tempat pameran. "Responsnya luar biasa," kata Janson.

"Gadis-gadis itu sangat bahagia. Mereka menyukai gaun yang diterimanya," imbuh Hedi yang mengatakan mereka tak percaya gaun itu gratis. "Aku bekerja, aku merencanakan pernikahan. Aku tidak punya waktu (untuk mencari gaun)," katanya. 

Misi Besar

Ilustrasi gaun pengantin (Dok.Pixabay)
Ilustrasi gaun pengantin (Dok.Pixabay)

Brides Across America diluncurkan pada 2008, Janson menjelaskan, ketika dia memerhatikan banyak orang membutuhkan gaun di tengah banyaknya pasukan militer yang dikirim untuk bertugas.

"Kami memiliki banyak penyebaran, dan orang-orang membutuhkan gaun pada menit terakhir," katanya. "Kami merasa perlu untuk memberi kembali dan melakukan sesuatu."

Saat ini, nirlabanya memiliki sekitar tujuh orang yang membantu dan mereka telah mengirimkan gaun yang disumbangkan oleh butik, salon, dan desainer di seluruh AS, bahkan hingga California.

"Kami cukup kecil, tetapi kami memiliki misi besar," katanya. "Ini benar-benar sulit, tetapi kami berusaha sebaik mungkin untuk melanjutkan sebanyak yang kami bisa dengan keadaan saat ini."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkuliahan di AS Akan Sepenuhnya Online Imbas COVID-19, Begini Dampaknya

Posted: 08 Jul 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Amerika - Belum lama ini, Amerika mengeluarkan peraturan baru agar para murid internasional diharapkan kembali ke negara asal bila mengikuti sistem kuliah virtual. Langkah itu diambil karena pandemi Virus Corona COVID-19 yang tak kunjung usai. 

Salah satu yang terdampak aturan ini adalah Huang Liqin, seorang murid dari China yang berkuliah di Minnesota.

Huang menjadi salah satu murid internasional yang saat ini studinya akan menjadi sedikit berantakan akibat peraturan baru akibat pandemi Corona COVID-19 ini, karena Amerika melarang para murid internasionalnya tinggal di negeri Paman Sam itu ketika semua universitas menawarkan kelas online. Demikian seperti dikutip dari South China Morning Post, Kamis (9/7/2020).

Divisi Imigrasi dan Bea Cukai Departemen Keamanan Dalam Negeri AS mengatakan pada Senin 6 Juli 2020 bahwa siswa non-imigran yang menghadiri sekolah yang beroperasi sepenuhnya online tidak dapat mengikuti kursus online penuh dan tetap berada di AS.

"Departemen Luar Negeri AS tidak akan mengeluarkan visa kepada siswa yang terdaftar di sekolah dan / atau program yang sepenuhnya online untuk semester [musim gugur] juga tidak akan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS mengizinkan siswa ini untuk memasuki Amerika Serikat," katanya.

"Siswa aktif yang saat ini berada di Amerika Serikat yang terdaftar dalam program tersebut harus meninggalkan negara itu atau mengambil tindakan lain, seperti mentransfer ke sekolah dengan instruksi langsung untuk tetap dalam status sah menurut hukum."

Sekitar 370.000 Murid dari China Studi di Amerika

Ilustrasi mahasiswa. Dok: goKampus
Ilustrasi mahasiswa. Dok: goKampus

Diperkirakan ada sekitar 370.000 murid China ke Amerika untuk melakukan studi lanjutan setiap tahunnya, Huang mengatakan bahwa tak seorang pun perwakilan sekolahnya merespons mengenai peraturan terbaru Amerika. Ia pun berencana pindah sekolah jika masih belum mendapat tanggapan.

Namun ternyata, untuk pindah ke sekolah lain, hal ini sudah tak mungkin karena jadwal pendaftarannya telah ditutup.

"Pilihannya sangat terbatas. Saya mungkin hanya berkeliling untuk melihat universitas mana yang belum ditutup, "katanya.

Lilu Li, yang berusia 19 tahun juga harus kembali ke China jika peraturannya berlaku, saat ini dirinya beresekolah di California. 

"Kalau peraturannya berlaku, saya harus meninggalkan Amerika sebelum pertengahan Agustus, ketika universitas kembali dibuka," katanya, dia juga menambahkan bahwa membeli tiket pulang juga tidak mudah.

Sekolah Li sejauh ini telah memperingatkan para murid untuk memperpanjang visanya jika tidak bersekolah di Amerika selama enam bulan terakir. 

"Kedutaan Amerika di China belum dibuka, dan saya belum tahu kapan bisa mengajukan visa baru," ujarnya. 

Dia mengatakan akan pindah ke community college sebentar untuk mengisi waktu.

Qian Jianan, seorang kandidat doktoral di University of Southern California, mengatakan dia merasa aman untuk saat ini karena memiliki satu kelas penelitian terarah, di mana dia bertemu seorang profesor secara langsung. Atau bisa disebut kelas face-to-face, namun Qian akan tetap berkonsultasi kepada sekolahnya mengenai aturan baru ini.

Di Beijing, perempuan yang biasa dipanggil Claire ini juga harus mengubah seluruh rencananya, karena dia baru saja menerima program pasca sarjana dari Harvard, dia sendiri berencana ke Amerika bulan Agustus mendatang. Namun sepertinya rencana itu berantakan akibat pandemi Virus Corona COVID-19.

Dia tidak bisa pergi karena sekolahnya sedang memindahkan programnya secara online. 

"Saya akan tinggal di Beijing dan melakukan pembelajaran jarak jauh. Tetapi tinggal di Beijing berarti saya harus melakukan banyak upaya untuk operasional sekolahnya," kata Claire, karena saat ini seluruh sistem belajar pindah ke online.

Claire yang juga memiliki sebuah sekolah swasta, mengaku "belajar dan bekerja akan membuatnya sangat lelah". Dirinya ingin memiliki kehidupan bersekolah di luar negeri yang "nyata" dan bertemu dengan murid-murid lain dari seluruh penjuru dunia. 

Dalam sebuah surat publik, Presiden Universitas Harvard Lawrence Bacow mengatakan pihak kampus sangat prihatin dengan bimbingan baru, menyebutnya "pendekatan yang tumpul, satu ukuran untuk semua masalah kompleks".

"Kami akan bekerja erat dengan perguruan tinggi dan universitas lain di seluruh negeri untuk memetakan jalur ke depan. Kita harus melakukan semua yang kita bisa untuk memastikan bahwa siswa/i dapat melanjutkan studi tanpa takut dipaksa meninggalkan negara di tengah tahun, mengganggu kemajuan akademis mereka dan merusak komitmen - dan pengorbanan - yang telah dibuat oleh banyak dari mereka untuk mengembangkan pendidikan mereka," kata Bacow.

Universitas-universitas di Amerika lainnya mengatakan mereka akan melihat dan membuat rencana solusi masalah ini. 

Seorang konsultan di lembaga penelitian luar negeri, Kim Wang, mengatakan bahwa sudah ada kemunduran dari murid yang belajar di Amerika. Hal ini dikarenakan adanya perseteruan dagang dan rencana Presiden Donald Trump untuk membatasi peluang pekerjaan bagi lulusan internasional universitas Amerika.

Kanada adalah tujuan akademis alternatif paling populer karena sistem sekolah menengah dan universitas yang serupa, kata Kim Wang.

"Masih banyak keluarga dari China ingin mengirim anak-anak mereka untuk belajar di AS," kata Wang."Mereka mengatakan bahwa sementara universitas Amerika adalah yang paling mahal dan membutuhkan lebih banyak tes, pendidikan Amerika adalah yang paling dihargai di beberapa bidang."

Reporter: Yohana Belinda

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angka Kasus Positif Covid-19 di Sulut Kembali Naik

Posted: 08 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Setelah beberapa hari terakhir kasus baru positif Covid-19 di Sulut cenderung menurun, di mana angkanya di bawah 20, kini naik kembali. Selasa (7/7/2020), ada penambahan 34 kasus baru. 

"Kasus positif terbanyak untuk hari ini berasal dari Kota Manado yaitu 24 kasus," ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel.

Selain Manado, beberapa daerah yang ikut menyumbangkan kasus baru Covid-19 adalah Minahasa (6), Minahasa Utara (1), Tomohon (2), Sangihe 1 kasus.

"Dengan penambahan 34 kasus baru ini, maka akumulasi kasus positif di Sulut sebanyak 1.214 orang," ungkapnya.

Untuk pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 sebanyak 329 orang, 94 orang meninggal dunia, serta 829 orang sementara dalam pemantauan dan perawatan.

34 Kasus Baru Positif Covid-19 di Sulut

Ilustrasi Melawan Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/cottonbro
Ilustrasi Melawan Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/cottonbro

1. Pasien 1.219: Perempuan, 35 tahun, asal Tomohon.

2. Pasien 1.220: Perempuan, 53 tahun, asal Minahasa Utara.

3. Pasien 1.221: Laki-laki, 74 tahun, asal Manado.

4. Pasien 1.222: Laki-laki, 61 tahun, asal Manado.

5. Pasien 1.223: Perempuan, 31 tahun, asal Manado.

6. Pasien 1.224: Perempuan, 11 tahun, asal Manado.

7. Pasien 1.225: Perempuan, 44 tahun, asal Manado.

8. Pasien 1.226: Laki-laki, 42 tahun, asal Manado.

9. Pasien 1.227: Perempuan, 37 tahun, asal Manado.

10. Pasien 1.228: Laki-laki, 54 tahun, asal Manado.

11. Pasien 1.229: Laki-laki, 26 tahun, asal Manado.

12. Pasien 1.230: Perempuan, 66 tahun, asal Manado.

13. Pasien 1.231: Perempuan, 23 tahun, asal Tomohon.

14. Pasien 1.232: Laki-laki, 47 tahun, asal Manado.

15. Pasien 1.233: Perempuan, 29 tahun, asal Manado.

16. Pasien 1.234: Laki-laki, 30 tahun, asal Minahasa.

17. Pasien 1.235: Perempuan, 17 tahun, asal Minahasa.

18. Pasien 1.236: Laki-laki, 24 tahun, asal Manado.

19. Pasien 1.237: Laki-laki, 41 tahun, asal Manado.

20. Pasien 1.238: Laki-laki, 29 tahun, asal Minahasa.

21. Pasien 1.239: Perempuan, 35 tahun, asal Manado.

22. Pasien 1.240: Laki-laki, 51 tahun, asal Manado.

23. Pasien 1.241: Laki-laki, 22 tahun, asal Manado.

24. Pasien 1.242: Laki-laki, 48 tahun, asal Minahasa.

25. Pasien 1.243: Laki-laki, 25 tahun, asal Manado.

26. Pasien 1.244: Perempuan, 22 tahun, asal Manado.

27. Pasien 1.245: Laki-laki, 19 tahun, asal Manado.

28. Pasien 1.246: Laki-laki, 22 tahun, asal Manado.

29. Pasien 1.247: Laki-laki, 37 tahun, asal Manado.

30. Pasien 1.248: Laki-laki, 24 tahun, KTP asal Sangihe, berdomisili di Manado.

31. Pasien 1.249: Laki-laki, 36 tahun, asal Manado.

32. Pasien 1.250: Perempuan, 70 tahun, asal Minahasa.

33. Pasien 1.251: Laki-laki, 72 tahun, asal Minahasa.

34. Pasien 1.252: Perempuan, 30 tahun, asal Sangihe.

 

 

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: