Jumat, 03 Juli 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


KY Harap Hakim Vonis Penyerang Novel Baswedan Sesuai Fakta Persidangan

Posted: 03 Jul 2020 03:35 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Yudisial (KY) Jaja Ahmad Jayus berharap, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara memvonis dua terdakwa kasus penyerangan air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan sesuai dengan fakta hukum dalam persidangan. 

"Saya pernah melakukan pemantauan sekali ya, selama proses itu sesuai fakta hukum di persidangan, KY tentunya memberikan kewenangan kepada para hakim memutus sesuai fakta hukum di persidangan," ujar Jaja di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (3/7/2020).

Jaja menegaskan, setiap hakim memiliki kewenangan memutus suatu perkara tanpa intervensi dari pihak mana pun. Sehingga, jaja berharap majelis hakim yang menangani dua terdakwa penyerang Novel Baswedan, yakni Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis dapat memutus perkara sesuai fakta hukum di persidangan.

"Siapapun tidak boleh intervensi, KY atau siapapun tidak boleh intervensi. Hakim harus memutus sesuai fakta di persidangan," tegas Jaja.

Jaja mengaku, pihaknya turut melakukan pemantauan jalannya proses persidangan tersebut. Pemantauan itu dilakukan dengan turun langsung ke ruang sidang maupun secara daring.

"Karena ada sidang virtual disiarkan secara media elektronik, selain pantau langsung juga kita pantau media elektronik," kata Jaja.

Dia pun mengaku, pihaknya menerima laporan permintaan pemantauan persidangan kasus penyerangan terhadap Novel. Pemantauan itu dilakukan tidak lain untuk menemukan adanya unsur kejanggalan dalam sidang tersebut.

"Setiap yang menjadi konsumsi publik, KY selalu pantau," terang Jaja.

Oleh karena itu, Jaja menyebut jika terdapat pihak-pihak yang nantinya merasa kurang puas akan vonis hakim dalam kasus Novel Baswedan, bisa melakukan upaya hukum lain. Seperti banding dan kasasi.

"Kalau enggak puas terhadap putusan, silakan banding dan kasasi," kata dia.

Novel Baswedan Sebut Vonis Teror Air Keras Bakal Jadi Wajah Hukum Indonesia

Penyidik KPK Novel Baswedan usai memneuhi panggilan penyidik Komisi Kejaksaan di Jakarta, Kamis (2/7/2020). Novel Baswedan memberikan keterangan terkait aduan masyarakat terhadap penuntut kasus penyerangan air keras pada 2017. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Penyidik KPK Novel Baswedan usai memneuhi panggilan penyidik Komisi Kejaksaan di Jakarta, Kamis (2/7/2020). Novel Baswedan memberikan keterangan terkait aduan masyarakat terhadap penuntut kasus penyerangan air keras pada 2017. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dua penyerang penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan bakal menghadapi vonis pada 16 Juli 2020. Novel menyebut, vonis tersebut bakal menjadi tampilan wajah hukum di Indonesia.

Novel mengaku tak banyak berharap dengan persidangan kasus ini.

"Sulit untuk menaruh harapan terhadap proses hukum yang banyak janggal dan jauh dari fakta kejadian. Saya lebih melihat putusan nanti akan jadi tampilan wajah hukum di Indonesia," ujar Novel saat dikonfirmasi, Rabu (1/7/2020).

Novel Baswedan menyebut banyak kejanggalan dari awal kasus ini diungkap Polri. Menurut dia, kedua terduga pelaku, Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis bukanlah pelaku sebenarnya.

Selain itu, dalam dakwaan kasus ini banyak yang janggal. Mulai dari material yang disebut untuk menyiram dirinya adalah air aki, bukan air keras, hingga tak dihadirkannya saksi kunci yang menurut Novel berada di lokasi kejadian.

Oleh karena itu, Novel menyebut vonis terhadap dua terduga pelaku dirinya merupakan tampilan buruk wajah hukum di Indonesia.

"Apakah (tampilannya) akan tampak lumayan atau sangat buruk," kata Novel Baswedan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Minta SIKM Ditiadakan, Ini Tanggapan Pemprov DKI

Posted: 03 Jul 2020 03:34 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menegaskan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) tetap berlaku di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. Fungsi SIKM di masa PSBB transisi untuk memantau pergerakan masyarakat yang masuk atau keluar Jakarta di tengah pandemi Covid-19.

"SIKM efektif, karena kita masih dalam masa transisi PSBB. Masih dalam upaya bersama mengatasi pandemi Covid-19. SIKM merupakan satu-satunya instrumen yang dilakukan Pemprov DKI untuk mengendalikan pergerkan orang dari dalam keluar dan sebaliknya," ujar Syafrin, Jumat (3/7).

Syafrin meengaku tidak setuju usulan agar SIKM ditiadakan. Menurutnya, hal itu justru akan mempersulit Pemprov DKI untuk melacak penyebaran virus Corona di ibu kota.

Dengan adanya SIKM, tutur Syafrin, akan mempercepat lokalisir temuan kasus Covid-19 dan menghindari klaster baru virus yang menyerang pernafasan itu.

"Kalau enggak ada SIKM orang datang itu lost, enggak bisa dikontrol dia di mana interaksinya kita enggak tahu. Kita tahu sendiri pandemi ini jangankan kita terlambat 1 hari, terlambat 1 jam menangani cepat penyebarannya sudah kemana-mana," jelasnya.

 

 

Menhub Minta SIKM DKI Ditiadakan

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengusulkan agar SIKM DKI Jakarta ditiadakan. Dia menilai SIKM tidak secara menyeluruh diwajibkan kepada penumpang angkutan umum, tetapi hanya untuk angkutan udara, kereta api, dan bus AKAP.

"Karena memang percuma udara, kereta api, bus tetapi darat tidak dilakukan, saya sudah sampaikan," kata Budi saat rapat kerja dengan Komisi V DPR, Rabu (1/7).

SIKM berlaku selama Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) belum dicabut.

Masyarakat wajib mengantongi SIKM jika melakukan perjalanan keluar dan masuk Provinsi DKI Jakarta dengan tujuan daerah di luar Jabodetabek, atau melakukan perjalanan masuk Provinsi DKI Jakarta dengan asal perjalanan dari daerah di luar Jabodetabek.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Corona Masih Ada, Pakar Penyakit Menular AS Minta Dunia Pilih Ekonomi Atau Nyawa

Posted: 03 Jul 2020 03:32 AM PDT

Liputan6.com, Washington D.C- Pakar penyakit infeksi terkemuka di Amerika Serikat Dr. Anthony Fauci meminta para pemimpin dunia harus memilih antara menyelamatkan ekonomi atau menyelamatkan nyawa saat pandemi Virus Corona COVID-19 masih berlangsung hingga saat ini. 

"Anda tidak bisa menyeimbangkan nyawa dan ekonomi. Jadi marilah jadikan kesehatan publik sedemikian sehingga membantu membuka ekonomi, dan jangan memperlakukannya sebagai dua kekuatan yang berlawanan," kata Fauci kepada the Journal of the American Medical Association.

Fauci menyampaikan gagasannya saat para gubernur di AS sekali lagi menutup tempat-tempat minum dan restoran, serta memberlakukan kembali pembatasan. 

Penutupan itu dilakukan, akibat peningkatan yang mengkhawatirkan dari kasus Corona COVID-19 di Negeri Paman Sam tersebut.

Peningkatan kasus baru Virus Corona COVID-19 dilaporkan hingga 40 dari 50 negara bagian AS, dan catatan jumlahnya memecahkan rekor setiap hari, demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (3/7/2020). 

Krisis yang Belum Pernah Terjadi dalam 102 Tahun

Warga menyaksikan skuadron jet tempur Blue Angels dari Angkatan Laut dan Thunderbirds dari Angkatan Udara Amerika Serikat bermanuver di langit Kota New York, Selasa (28/4/2020). Aksi itu sebagai bentuk penghormatan untuk petugas medis yang tengah berjuang melawan COVID-19. (AP Photo/Seth Wenig)
Warga menyaksikan skuadron jet tempur Blue Angels dari Angkatan Laut dan Thunderbirds dari Angkatan Udara Amerika Serikat bermanuver di langit Kota New York, Selasa (28/4/2020). Aksi itu sebagai bentuk penghormatan untuk petugas medis yang tengah berjuang melawan COVID-19. (AP Photo/Seth Wenig)

Gubernur New Jersey Phil Murphy menyebut akibat dari lonjakan angka kasus Virus Corona ini karena orang-orang yang tetap menolak untuk mengenakan masker dan menjaga jarak aman.

Fauci mengatakan, Kita berada dalam pandemi yang belum pernah terjadi sebelumnya."

"Kita tidak pernah menyaksikan hal seperti ini dalam 102 tahun terakhir dan kita harus memperlakukannya secara serius karena begitu banyak akibatnya," jelas Fauci. 

Dipimpin oleh Wakil Presiden Mike Pence, Dr. Anthony Fauci adalah bagian dari gugus tugas Virus Corona di AS.

Saat muncul di CNBC pada Kamis 2 Juli, Wapres Pence menyampaikan janjinya bahwa pemerintahan Trump akan terus berusaha membuka kembali Amerika sementara memitigasi kenaikan kasus Corona COVID-19 yang baru. 

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangis dan Tembakan Salvo Iringi Pemakaman Prajurit TNI yang Gugur di Kongo

Posted: 03 Jul 2020 03:30 AM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Satu tembakan udara dari sejumlah prajurit TNI mengiringi jenazah Pelda Anumerta Rama masuk ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma Pekanbaru. Selanjutnya tembakan salvo mengiringi peti prajurit TNI gugur di Kongo itu masuk ke liang lahat.

Anita, istri Pelda Anumerta Rama, tak kuasa menahan tangis ketika dibopong keluarganya menabur bunga di atas makam. Anita juga didampingi ketiga anaknya yang hanya terlihat diam melihat jenazah ayahnya ditimbun dengan tanah.

Perwakilan keluarga Rama, Jonatan mengaku sangat sedih bercampur rasa bangga dengan pemakaman secara militer ini. Dia bangga karena keponakannya itu telah menjadi pahlawan dan mendharmakan jiwanya untuk Indonesia.

"Senang bercampur duka, anak kemenakan kami meninggal dalam misi perdamaian," kata Jonatan.

Jonatan berharap apa yang dilakukan Rama menjadi catatan amal. Dengan demikian, Rama bisa mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan karena tugasnya sebagai pasukan perdamaian dari Indonesia.

"Kami merasa bangga dan juga merasa kehilangan karena kami dapat mendharma-baktikan anak kami berbakti untuk bangsa," kata Jonatan.

Dia pun berharap atasan serta rekan Pelda Anumerta Rama sesama prajurit bisa memaafkan jika dalam bertugas ada kesalahan.

Sudah Ketetapan Tuhan

Istri dan keluarga Pelda Anumerta Rama Wahyudi melihat proses pemakaman prajurit TNI gugur di Kongo itu di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma Pekanbaru. (Liputan6.com/M Syukur)
Istri dan keluarga Pelda Anumerta Rama Wahyudi melihat proses pemakaman prajurit TNI gugur di Kongo itu di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma Pekanbaru. (Liputan6.com/M Syukur)

Sementara itu, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah meminta keluarga mengikhlaskan Pelda Rama. Menurutnya, nyawa manusia sudah menjadi ketetapan Tuhan.

"Tidak ada yang bisa menunda jika Tuhan berkehendak, maka dengan imanlah kita bisa mengikhlaskan," kata Irwansyah.

Kepada keluarga Pelda Rama, Irwansyah menyampaikan belasungkawa dan penghargaan setinggi-tingginya atas jasa almarhum menjaga perdamaian dunia.

"Kita sudah mengantarkan almarhum ke tempat terakhir. Kita doakan almarhum diterima di sisi-Nya," ucap Irwansyah.

Pelda (anumerta) Rama merupakan kontingen pasukan penjaga perdamaian PBB (Monusco) dari Indonesia di Kongo. Dia menjadi korban serangan pemberontak Pasukan Aliansi Demokratik (ADF) pada Senin malam (22/6/2020) waktu setempat.

Saat itu, Serma Rama sedang patroli bersama rombongan. Tiba-tiba dia diserang sekitar 20 kilometer dari Kota Beni di Provinsi Kivu Utara.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oppo Hadirkan Fitur Payment Protection untuk Dukung Keamanan Transaksi

Posted: 03 Jul 2020 03:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat banyak orang beralih ke belanja online untuk membeli makanan hingga kebutuhan sehari-hari.

Dengan meningkatnya transaksi online, penggunaan aplikasi perbankan dan dompet digital di smartphone pun meningkat. Untuk itu, keamanan bagi pengguna smartphone merupakan hal yang mutlak.

Untuk menjaga keamanan pribadi, tidak cukup hanya mengandalkan password. Apalagi, kini ancaman online seperti phishing dan malware kian masif.

Untuk menjamin keamanan di perangkat smartphone, Oppo merilis solusi Payment Protection yang dilengkapi dengan fasilitas Environment Security.

Dalam keterangan resmi Oppo yang diterima Liputan6.com, Jumat (3/7/2020), salah satu perangkat Oppo yang kebagian fitur ini adalah Oppo A92.

Cara kerjanya, ketika pengguna melakukan transaksi pembayaran dari smartphone, Payment Protection akan memberikan perlindungan otomastis. Pelindung transaksi pembayaran daring ini akan mendeteksi keamanan sistem, captcha, dan aplikasi e-commerce yang dipakai pengguna.

Sebagai contoh, ketika pengguna Oppo A92 membuka aplikasi perbankan di smartphone-nya, fitur ini akan otomatis memindai smartphone dari berbagai kemungkinan malware.

Hindari Perekaman Input Teks

Ilustrasi belanja online (Foto: Lazada Indonesia)
Ilustrasi belanja online (Foto: Lazada Indonesia)

Fitur Payment Protection Oppo A92 dilengkapi dengan Secure Keyboard. Fitur keyboard virtual ini akan mencegah adanya perekaman input teks atau angka yang dilakukan oleh malware atau keylogger dan mencegah pengiriman data melalui koneksi internet.

Ketika aplikasi sudah terlindungi, akan ada notifikasi berwarna biru yang berbunyi Secure Payment di bagian atas layar.

Perangkat akan mengetahui aplikasi yang membutuhkan perlindungan saat pembayaran, dan akan diaktifkan secara default.

Untuk mengaktifkan fitur Payment Protection pengguna bisa mengecek Setting kemudian pilih Security dan tap Payment Protection.

Tips Aman untuk Pengguna

Buat yang suka belanja di online shop, hati-hati dengan modus penipuan baru yang meminta cashback. (Ilustrasi: Pexels.com)
Buat yang suka belanja di online shop, hati-hati dengan modus penipuan baru yang meminta cashback. (Ilustrasi: Pexels.com)

Walaupun sudah melakukan transaksi dan pembayaran online, pengguna juga perlu memastikan:

- menggunakan username dan password untuk transaksi, berbeda dengan akun lainnya

- membuat password yang sulit ditebak

- selalu mengganti password secara berkala

- mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya yaitu official Google Play

- memeriksa riwayat transaksi secara rutin

- menghindari transaksi dengan menggunakan koneksi Wi-Fi publik atau perangkat yang dipakai khalayak umum

- melakukan logout atau keluar dari aplikasi setelah selesai transaksi.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

30 Kata-Kata Motivasi Cinta yang Menyentuh Perasaan

Posted: 03 Jul 2020 03:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata motivasi cinta ternyata sangat diperlukan untuk mempererat sebuah hubungan antara dua insan. Mungkin ada yang menganggap jika kata-kata motivasi cinta seakan cerminan akan sikap butanya seseorang karena rasa sayang dan cinta yang berlebihan. Memang, rasanya sudah cukup wajar ketika seseorang akan melakukan apapun demi orang yang dicintai. Tidak munafik, kata-kata motivasi cinta diperlukan agar hubunagn selalu terjaga. 

Dengan sedikit ungkapan kata-kata motivasi cinta, setidaknya aka nada suntikan semangat untuk menjalani kehidupan percintaan yang lebih bahagia meski diterpa banyak masalah. Bahkan, meski tidak dalam bentuk materi, kata-kata motivasi cinta justru ampuh untuk meluluhkan hati pasangan.

Atau, jika kamu mengetahui ada salah satu sahabatmu yang sedang mengalami kegalauan akibat masalah cinta, maka kata-kata motivasi cinta ini setidaknya akan menghibur dan memberi cara pandang berbeda tentang masalah cinta yang sedang dihadapi.

Kamu tidak perlu pusing-pusing untuk merangkai berabagai kata-kata motivasi cinta yang indah, karena di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum kata-kata motivasi cinta yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan, baik untuk hubunganmu sendiri atau untuk memberi sedikit nasihat kepada sahabatmu, Jumat (3/7/2020).

Kata-Kata Motivasi Cinta yang Islami

ilustrasi hubungan cinta/Photo by Kelly Sikkema on Unsplash
ilustrasi hubungan cinta/Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

1. "Sebenarnya kehadiran jodoh itu sangat sederhana. Jika sampai saat ini jodohmu belum juga datang maka itu artinya kamu belum benar siap dan membutuhkannya."

2. "Siapa bilang cinta sejati harus selalu memiliki? Sebelum ada ucapan sah dari saksi dan wali, diriku belum berani mengungkapkan isi hati."

3. "Ku titipkan cinta ini hanya pada-Mu, jagalah hatiku dan hatinya dari rasa kecewa, hingga waktu itu tiba. Persatukanlah kami dalam restu dan Ridho-Mu."

4. "Cintai aku karena Allah. Niscaya, cinta kita akan utuh sampai akhir hayat."

5. "Aku yakin, jika dua orang sudah ditakdirkan untuk bersama, maka dari sudut bumi manapun meraka berasal pastilah mereka akan bertemu."

6. "Kau tidak akan pernah menemukan cinta sejati sampai kau belajar mencintai Allah terlebih dahulu." - Boonaa Mohammed

7. "Jangan terlalu bersedih karena pertolongan akan selalu datang bersama dengan kesabaran." - HR. Ahmad

8. "Tetap saling menjaga satu sama lain untuk selalu dekat dengan Allah. Semoga kelak bersama-sama masuk surga."

9. "Bingkai cinta dalam Islam adalah pernikahan yang membuat hidup tampak anngun dan bersahaja."

10. "Cinta sejati tidak berakhir dengan kematian. Jika Allah SWT menghendaki, cinta itu akan berlanjut sampai ke surga."

Kata-Kata Motivasi Cinta untuk Keluarga

ilustrasi anak/Photo by Emma Bauso from Pexels
ilustrasi anak/Photo by Emma Bauso from Pexels

11. "Banyak yang sibuk mengejar harta hingga melupakan keluarga. Padahal tanpa kita sadari, keluarga ialah harta yang tak ternilai, indahnya kebersamaan."

12. "Keluarga adalah amanat dari Tuhan. Hendaknya segala yang kamu lakukan adalah untuk kedamaian dan kebahagiaan keluarga."

13. "Kesenangan bermula dari kebersamaan bersama orang-orang terdekat, terutama keluarga."

14. "Keluarga merupakan mahakarya terbaik dari alam semesta."

15. "Memiliki tempat untuk pergi adalah rumah. Memiliki seseorang untuk dicintai adalah keluarga. Memiliki keduanya adalah berkah."

16. "Sejauh apapun kamu pergi, keluarga adalah tempat kamu pulang."

17. "Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahim."

18. "Bisa membuat keluarga bahagia adalah salah satu momen paling membahagiakan dalam hidup ini."

19. "Lebih baik hidup sederhana tapi bermakna, dari pada hidup mewah tapi mengorbankan cinta keluarga."

20. "Keluarga adalah salah satu hal yang paling penting kita miliki, yang tak akan pernah berubah dan akan selalu ada saat kita membutuhkannya."

Kata-Kata Motivasi Cinta untuk Pasangan LDR

Ilustrasi Hubungan LDR Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio
Ilustrasi Hubungan LDR Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

21. "Jangan takut sama yang namanya jarak, dia hanya sedang menguji kamu dalam penantian."

22. "Mencintai adalah bentuk keberanian yang besar. Berani mencintai tanpa syarat adalah sebuah pengorbanan yang besar."

23. "Jika saatnya tiba, sedih akan menjadi tawa, perih akan menjadi cerita, kenangan akan menjadi guru, rindu akan menjadi temu, kau dan aku akan menjadi kita." - Fiersa Besari

24. "Tuhan memang menggariskan kita untuk saling berjauhan, tetapi aku yakin Tuhan memiliki rencana besar dibalik itu semua."

25. "Jarak itu sebenarnya tak pernah ada. Pertemuan dan perpisahan dilahirkan oleh perasaan karena jarak juga hanyalah sebuah letak geografis, bisa ditempuh oleh apapun demi membayar tuntas kerinduan."

26. "Pacaran jarak jauh memang tak semudah air yang jatuh, tetapi pacaran jarak jauh mampu menumbuhkan rindu yang utuh."

27. "Aku disini setia sepenuh hati hanya untukmu, maka jagalah kesetiaanku ini dengan setiamu."

28. "Lautan memang memisahkan daratan, tapi tidak bisa memisahkan jiwa-jiwa." - Munia Khan

29. "Jika kamu mendengarkan suara angin dengan seksama, kamu akan mendengarkan aku membisikkan kata cinta untukmu." - Andrew Davidson

30. "Jarak menjadi tidak berarti saat seseorang jauh lebih berarti."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan Corona Covid-19, Hyundai Bantu Distribusi Ventilator ke Rumah Sakit

Posted: 03 Jul 2020 03:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melanjutkan perjuangan untuk melawan pandemi Corona Covid-19 di Indonesia, Hyundai Motor Company menyerahkan bantuan ventilator kepada beberapa rumah sakit di Jakarta dan Jawa Barat.

bantuan tersebut, di antaranya ke rumah sakit Medistra di Gatot Subroto, Jakarta yang diterima oleh Dini Handayani, Direktur Rumah Sakit Medistra pada 25 Juni 2020, serta kepada Omni Hospital Pekayon dan RSUD Cabangbungin, yang keduanya berlokasi di Bekasi, Jawa Barat dan diterima oleh Eka Supria Atmaja, Bupati Bekasi pada 30 Juni 2020.

Hyundai memberikan masing-masing satu unit tambahan ventilator di setiap rumah sakit tersebut.

Dijelaskan YoungTack Lee, President of Hyundai Motor Asia-Pacific Headquarters, pabrikan asal Korea Selatan ini selalu mengupayakan untuk memberikan dukungan melalui berbagai cara.

"Pemerintah Indonesia juga telah bekerja keras untuk mengalahkan pandemi ini, dan kami percaya bahwa dukungan lewat sinergi seperti ini bisa membantu dalam mempercepat perwujudan tujuan tersebut," jelas Youngtack Lee dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (3/7/2020).

Bantuan 20 Ventilator

Selanjutnya, Hyundai juga mengharapkan langkah untuk terus menumbuhkan Kemajuan bagi Kemanusiaan, akan mempermudah kinerja rumah sakit dalam meningkatkan jumlah kesembuhan pasien Corona Covid-19 di Indonesia.

Pada pertengahan Juni 2020, Hyundai secara resmi menyerahkan 20 ventilator senilai 5,4 miliar Rupiah kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk membantu memenuhi permintaan yang tinggi terhadap ketersediaan ventilator yang sangat krusial dalam penanganan pasien Covid-19.

 

Ventilator Lainnya

Selain itu, Hyundai kini memberikan bantuan lebih lanjut dengan cara mendistribusikan beberapa dari alat bantu pernapasan tersebut kepada rumah sakit di Jakarta dan Jawa Barat.

Ventilator lainnya kemudian akan didistribusikan oleh BKPM kepada berbagai rumah sakit terpilih lainnya di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karyawan Positif Covid-19, Unilever Hentikan Operasional Gedung TBB Cikarang

Posted: 03 Jul 2020 03:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Unilever Indonesia Tbk bekerjasama dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi melakukan tindakan mitigasi pada salah satu fasilitas produksi Unilever di Cikarang. Langkah ini dilakukan setelah ditemukan karyawan bagian engineering yang positif corona covid-19. 

Sebagai langkah proaktif pencegahan dan memastikan keselamatan karyawan, Unilever Indonesia menghentikan sementara operasional di gedung TBB sejak Jumat 26 Juni 2020. Unilever Indonesia pun segera menghubungi dan mengirimkan laporan resmi mengenai situasi tersebut kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, melakukan contact tracing, dan mewajibkan PCR test bagi keseluruhan karyawan gedung TBB sebanyak 265 orang.

Pabrik-pabrik Unilever di Cikarang berada dalam lokasi yang terpisah-pisah. Gedung TBB merupakan salah satu bagian dari kompleks pabrik Unilever Indonesia di Cikarang, yang mana dalam kompleks tersebut terdapat beberapa gedung dengan protokol pemisahan zona kerja dan area produksi yang ketat.

Karyawan hanya diperbolehkan bekerja di zona masing-masing, dan tidak dapat melintas zona kerja dan area produksi untuk alasan apapun.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan, Tim Gugus Tugas dan pengelolah Kawasan Industri Jababeka telah melakukan kunjungan ke lokasi dan berkoordinasi langsung dengan manajemen setempat.

"Kami mengapresiasi langkah Unilever Indonesia yang telah melapor kepada Gugus Tugas, sehingga kita dapat dengan sigap melakukan pengecekan," kata dia dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (2/7/2020.

Berdasarkan tinjauan tim, Unilever memiliki beberapa pabrik di kompleks Cikarang, setiap gedungnya memiliki protokol pemisahan zona kerja dan area produksi yang ketat. Sehingga hanya satu area saja yang perlu untuk ditutup untuk sementara. Kami menghargai bahwa perusahaan telah menerapkan protokol kesehatan, bersikap proaktif, terbuka dan terus berkoordinasi dengan kami."

 

 

Prioritas

Direktur Corporate Affairs dan Sekretaris Perusahaan PT Unilever Indonesia Tbk Sancoyo Antarikso menegaskan, kesehatan dan keselamatan karyawan adalah prioritas utama.

"Operasional segera kami tangguhkan begitu mendapat kabar tersebut, untuk berfokus menerapkan berbagai langkah preventif dalam upaya menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan," kata dia. 

Unilever secara Global memiliki protokol yang tegas dalam menangani kasus Covid-19, dan kebijakan ini diterapkan pada seluruh kantor dan pabrik Unilever di 180 negara, termasuk di Indonesia. Sejak awal pandemi, kami telah melakukan zonasi pada kompleks pabriknya. Kompleks pabrik Unilever Cikarang terdapat beberapa gedung dengan protokol pemisahan zona kerja dan area produksi yang ketat.

Karyawan hanya diperbolehkan bekerja di zona masing-masing, dan tidak dapat melintas zona kerja dan area produksi untuk alasan apapun.

Sancoyo menambahkan, perusahaan akan terus memastikan bahwa semua standar keselamatan dan kesehatan kerja di pabrik kami terpenuhi sebelum kami kembali pada operasional normal.

"Kami memahami bahwa produk kami merupakan bagian penting dalam keseharian konsumen oleh karena itu perlu kami sampaikan bahwa hal ini tidak akan mempengaruhi pasokan kepada konsumen. Stok yang ada di gudang kami maupun di gudang distributor dan pelanggan masih mencukupi." tutup dia. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legenda Tinju Panama Berhasil Kalahkan Virus Corona Covid-19

Posted: 03 Jul 2020 03:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah seorang legenda tinju profesional asal Panama, Roberto 'Hands of Stone' Duran telah meninggalkan rumah sakit pada Kamis (2/7/2020) waktu setempat. Sebelumnya, mantan juara dunia enam kali itu dirawat akibat terjangkit virus corona Covid-19.

Duran mengumumkan kabar baik ini lewat media Instagram. "Hari ini, dengan bantuan Tuhan, saya kembali ke rumah setelah menang dalam pertarungan melawan Covid-19. Itu seperti kejuaraan dunia," kata Duran.

Selain pesan, Duran juga mengunggah video yang memperlihatkannya keluar dari rumah sakit dengan menggunakan kursi roda. Duran juga tampak mengenakan masker di mana sejumlah petugas medis mengelilinginya sembari mengibarkan bendera kecil Panama.

Duran tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada dokter dan perawat yang menanganinya. "Hari demi hari mereka melakukan yang terbaik untukku, tanpa memperdulikan resiko yang dihadapi (terjangkit Covid-19). Saya memang mantan juara dunia, tapi bagiku kalian adalah juara kehidupan." 

 

Dirawat Sejak 25 Juni

Legenda tinju Panama, Roberto Duran saat bertemu Presiden AS, Donald Trump (Andrew Caballero-reynolds / AFP)
Legenda tinju Panama, Roberto Duran saat bertemu Presiden AS, Donald Trump (Andrew Caballero-reynolds / AFP)

Duran yang sudah berusia 69 tahun pertama kali dibawa ke rumah sakit pada 25 Juni lalu. Saat itu, dia memeriksakan diri setelah mengalami gejala demam parah dan belakangan divonis terinfeksi Covid-19.

Panama sendiri merupakan negara yang paling parah terpapar virus Corona Covid-19 di kawasan Amerika Tengah. Hingga saat ini, negara berpenduduk sekitar 4 juta jiwa itu mencatat 34 ribu lebih kasus dengan 645 kematian.

 

Sepak Terjang Duran

Sebelum pensiun, Duran telah melewati 119 laga dalam rentang usia 16 hingga 50 tahun. Dia mencatat rekor bertanding 103 kali menang, 16 kali kalah (4kali KO).

Dari seluruh kemenangan yang pernah diraihnya, 70 di antaranya diraih lewat KO. Itu sebabnya, dia diberi julukan Hand of Stones. Di negaranya, Duran adalah pahlawan nasional.

Dia menjadi atlet yang sangat populer di Panama bersama pemain bisbol New York Yankees, Mariano Rivera, mantan juara Olimpiade lompat jauh, Irving Saladino, dan dua mantan pesepak bola Rommel Fernandez serta Julio Dely Valdes.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jakarta Kini Punya Layanan Bike Sharing

Posted: 03 Jul 2020 03:30 AM PDT

Petugas melakukan pengecekan sepeda untuk layanan bike sharing atau penyewaan sepeda di Kawasan Jakarta, Jumat (3/7/2020). Layanan bike sharing yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor ini terbagi dalam 6 titik lokasi di Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas melakukan pengecekan sepeda untuk layanan bike sharing atau penyewaan sepeda di Kawasan Jakarta, Jumat (3/7/2020). Layanan bike sharing yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor ini terbagi dalam 6 titik lokasi di Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Petugas melakukan pengecekan sepeda untuk layanan bike sharing atau penyewaan sepeda di Kawasan Jakarta, Jumat (3/7/2020). Layanan bike sharing yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor ini terbagi dalam 6 titik lokasi di Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Petugas keamanan melintas di dekat deretan sepeda untuk layanan bike sharing atau penyewaan sepeda di Kawasan Jakarta, Jumat (3/7/2020). Layanan bike sharing yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor ini terbagi dalam 6 titik lokasi di Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas keamanan melintas di dekat deretan sepeda untuk layanan bike sharing atau penyewaan sepeda di Kawasan Jakarta, Jumat (3/7/2020). Layanan bike sharing yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor ini terbagi dalam 6 titik lokasi di Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Petugas keamanan melintas di dekat deretan sepeda untuk layanan bike sharing atau penyewaan sepeda di Kawasan Jakarta, Jumat (3/7/2020). Layanan bike sharing yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor ini terbagi dalam 6 titik lokasi di Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Petugas melakukan pengecekan sepeda untuk layanan bike sharing atau penyewaan sepeda di Kawasan Jakarta, Jumat (3/7/2020). Layanan bike sharing yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor ini terbagi dalam 6 titik lokasi di Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas melakukan pengecekan sepeda untuk layanan bike sharing atau penyewaan sepeda di Kawasan Jakarta, Jumat (3/7/2020). Layanan bike sharing yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor ini terbagi dalam 6 titik lokasi di Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Petugas melakukan pengecekan sepeda untuk layanan bike sharing atau penyewaan sepeda di Kawasan Jakarta, Jumat (3/7/2020). Layanan bike sharing yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor ini terbagi dalam 6 titik lokasi di Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pejalan kaki melintas di dekat deretan sepeda untuk layanan bike sharing atau penyewaan sepeda di Kawasan Jakarta, Jumat (3/7/2020). Layanan bike sharing yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor ini terbagi dalam 6 titik lokasi di Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pejalan kaki melintas di dekat deretan sepeda untuk layanan bike sharing atau penyewaan sepeda di Kawasan Jakarta, Jumat (3/7/2020). Layanan bike sharing yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor ini terbagi dalam 6 titik lokasi di Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pejalan kaki melintas di dekat deretan sepeda untuk layanan bike sharing atau penyewaan sepeda di Kawasan Jakarta, Jumat (3/7/2020). Layanan bike sharing yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor ini terbagi dalam 6 titik lokasi di Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Petugas melakukan pengecekan sepeda untuk layanan bike sharing atau penyewaan sepeda di Kawasan Jakarta, Jumat (3/7/2020). Layanan bike sharing yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor ini terbagi dalam 6 titik lokasi di Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas melakukan pengecekan sepeda untuk layanan bike sharing atau penyewaan sepeda di Kawasan Jakarta, Jumat (3/7/2020). Layanan bike sharing yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor ini terbagi dalam 6 titik lokasi di Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Petugas melakukan pengecekan sepeda untuk layanan bike sharing atau penyewaan sepeda di Kawasan Jakarta, Jumat (3/7/2020). Layanan bike sharing yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor ini terbagi dalam 6 titik lokasi di Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adelia Pasha Dituding Pelakor, Begini Tanggapan Suami

Posted: 03 Jul 2020 03:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Istri Pasha Ungu, Adelia Pasha, tengah merasakan hal tidak menyenangkan dari komentar-komentar warganet. Komentar-komentar dari warganet membuat Adelia Pasha tak tahan lagi memendam sakit hatinya dan menuangkan kekecewaannya ke dalam unggahan di Instagramnya.

Adelia Pasha kesal sekaligus sedih lantaran disebut perebut laki/suami orang (pelakor) ketika menikah dengan Pasha Ungu. Berbagai tuduhan miring ditujukan kepada Adelia Pasha.

"Hari ini aku mau share soalnya sedih aja... Lucu bgt deh kadang-kadang ada aja orang yang bikin kepikiran... Jadi ada segelintir orang yang comment2 ataupun dm sama saya.....," tulis Adelia Pasha.

"Duh pelakor hidupnya enak... Sama pasha lo dapet enaknya hidupnya... Karena lo pasha jauh darianak2nya yang lama," tulisnya memberi contoh komentar-komentar dari warganet.

 

Jawaban Adelia Pasha

Foto Instagram
Foto Instagram

Terkait tuduhan-tuduhan tersebut, Adelia Pasha memiliki jawaban. Dalam unggahan tersebut ia membantah semua tuduhannya. Untuk tuduhan pelakor sendiri, Adelia Pasha menyatakan bahwa ia tidak pernah merebut Pasha Ungu dari siapapun, karena saat mengenalnya, status Pasha Ungu sudah sendiri.

"Pertama saya sangat sakit hati klo saya dibilang perebut suami orang atau pelakor.. pada saat saya ketemu suami saya suami saya single silahkan klarifikasi kembali sama suami saya yaa....," tegas Adelia Pasha lagi.

 

Jangan Menghakimi

Pasha Ungu dan Adelia Pasha (Instagram/adeliapasha)
Pasha Ungu dan Adelia Pasha (Instagram/adeliapasha)

Dari situ, Adelia Pasha mengimbau kepada warganet untuk tidak lagi membahas masa lalunya dengan Pasha Ungu. Ia dan suaminya sepakat untuk membangun masa depan bersama.

"please jangan pernah mendjuge orang kalau kalian gak tau apa2 pernikahan kami hampir 10 tahun bukan saatnya liat kebelakang tapi kami fokus melihat kedepan....rejeki sudah ada catatan dan bagian dari ALLAH,hidup kami seperti apa dan kami hidup bahagia alhamdulillah sampai sekarang," tutup Adelia Pasha.

 

Dukungan

Unggahan tersebut mendapat berbagai respons. Terutama dari para sahabatnya di kalangan artis yang memberikan dukungan kepada Adelia Pasha.

"Wanita cantik banyak tapi wanita yg Cantik dari Hati karena Punya Hati yg THULUS bisa di Hitung ya tu dirimu salah 1nya @adeliapasha ♥️♥️♥️ ALLAH berikan ini karena Kamu mampu Naik Kelas 🙏 IBU yg baik tuk semua anak2x 🤗 Isrti yg amazing tuk bp wawali @pashaungu_vm Alfaatihah 🤲 KETIKA ALLAH BERSAMAMU TIDAK ADA YG BISA MENGHANCURKANMU," tulis Annisa Trihapsari.

"cayaaaank...semua yg kenal km tau bgt klo km baik bgt," tulis April Jasmine.

 

Respons Pasha Ungu

Sementara sang suami, Pasha Ungu turut membubuhkan komentar di unggahan tersebut. Tak berbicara banyak, ia hanya menuliskan kata panggilan untuk istri tercintanya. 

"Asmaraku..," tulis Pasha Ungu singkat sambil menambahkan ikon hati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bakal Hengkang dari AC Milan, Ibra Bakal Bela Klub Swedia?

Posted: 03 Jul 2020 03:25 AM PDT

Jakarta - Zlatan Ibrahimovic tinggal selangkah lagi meninggalkan AC Milan. Kabar tersiar, striker gaek itu akan membela klub Swedia.

Seperti dilansir Football Italia, Kamis (2/7/2020), Ibrahimovic akan pergi dari San Siro pada musim panas ini. Klub yang akan menjadi destinasinya adalah Hammarby, di Swedia. 

Kontrak Zlatan di AC Milan berakhir pada akhir musim ini. Ia tak menunjukkan isyarat akan memperpanjang kontrak tersebut. 

Menurut Football Italia, ia akan meninggalkan AC Milan pada 31 Agustus 2020. Sang striker, yang akan berusia 39 tahun pada Oktober nanti, mencetak empat gol dalam 11 laga sejak kembali ke Rossoneri pada Januari. 

Beberapa waktu lalu Zlatan mengalami cedera betis dan harus menepi selama beberapa pekan. Zlatan bahkan sempat pulang ke Swedia. 

Gara-gara cedera tersebut Ibra absen pada dua laga pertama AC Milan di Serie A selepas lockdown. Tetapi, mantan pemain Barcelona dan Manchester United itu sudah kembali fit dan siap diturunkan.  

 

Pilihan Realistis

Zlatan Ibrahimovic mengenakan jersey AC Milan saat berfoto di markas AC Milan, Italia, Kamis (2/1/2020). Ibrahimovic kembali memperkuat AC Milan. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)
Zlatan Ibrahimovic mengenakan jersey AC Milan saat berfoto di markas AC Milan, Italia, Kamis (2/1/2020). Ibrahimovic kembali memperkuat AC Milan. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)

Zlatan Ibrahimovic punya alasan cukup kuat untuk pulang kampung melanjutkan karier di Hammarby. Klub tersebut tidak asing bagi Zlatan. 

Ibrahimovic memiliki saham di Hammarby. Ia juga berlatih di klub tersebut pada masa lockdown karena pandemi virus corona beberapa waktu lalu. 

Menghabiskan karier di Swedia yang tingkat persaingan dan tuntutannya tak sebesar di Serie A, La Liga, atau Premier, tampaknya menjadi pilihan realistis bagi Zlatan yang usianya tak muda lagi.

Sumber: Football Italia

Disadur dari: Bola.com (penulis Yusmei, published 3/7/2020)

Saksikan video AC Milan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Daging dan Telur Ayam Diprediksi Turun Juli Ini

Posted: 03 Jul 2020 03:20 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri memprediksi harga daging ayam ras dan telur ayam ras yang sempat meninggi pada Juni 2020 kemarin akan kembali turun pada Juli ini.

Abdullah Mansuri memperkirakan, ayam peternak akan kembali panen produksi di bulan ini, sehingga harga daging ayam ras dan telur ayam ras akan terpangkas.

"Kami prediksi bulan Juli ini sudah ada panennya. Semoga enggak naik lagi," ujar Abdullah Mansuri kepada Liputan6.com, Jumat (3/7/2020).

Menurut dia, harga kedua komoditas tersebut khususnya daging ayam melambung tinggi lantaran adanya penurunan produksi pada ayam peternak.

"Ayam yang memang masih tinggi karena ayam ini kan ritmenya. Jadi kemarin-kemarin produksi banyak, harganya turun. Pasca itu produksi ternaknya turun, sehingga enggak sekuat biasanya produksinya. Jadi harga di pasaran tinggi," tuturnya.

Mengatasi kenaikan ini, Ikappi terus menjalin kontak dengan peternak dan pemerintah agar harga daging ayam ras dan telur ayam ras bisa segera turun pada bulan ini.

"Tapi kami memprediksi bulan Juli sih seharusnya sudah mulai normal. Kita terus berkoordinasi dengan peternak ayam, kita terus dorong agar tata niaga yang digawangi kementerian perdagangan ini bisa lebih baik lah," tukas dia.

Ayam dan Telur Penyumbang Inflasi Tertinggi di Juni 2020

Aktivitas jual beli telur di pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Kamis (5/7/2020). Sebenarnya telur ayam infertil atau telur HE layak konsumsi, namun lebih cepat membusuk karena berasal dari ayam betina yang sudah dibuahi pejantan sehingga seharusnya tak diizinkan dijual bebas (Liputan6.com/Johan Tallo)
Aktivitas jual beli telur di pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Kamis (5/7/2020). Sebenarnya telur ayam infertil atau telur HE layak konsumsi, namun lebih cepat membusuk karena berasal dari ayam betina yang sudah dibuahi pejantan sehingga seharusnya tak diizinkan dijual bebas (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan angka inflasi bulan Juni 2020 sebesar 0,18 persen. Angka ini lebih tinggi dari inflasi bulan Mei 2020 yang sebesar 0,07 persen.

"Kalau kita lihat hampir separuh, 6 dari kelompok pengeluaran yang ada itu mengalami inflasi,"ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Kecuk Suhariyanto dalam video konferensi, Rabu (1/7/2020).

Inflasi tertinggi terjadi pada kelompok makanan, minuman dan tembakau. Sebaliknya, ada 4 komponen yang mengalami deflasi, dan sisanya harganya stagnan.

Adapun kelompok pengeluaran makanan, minuman dan tembakau mencatatkan inflasi sebesar 0,47 persen, dan memberikan andil kepada inflasi sebesar 0,12 persen.

Beberapa komoditas yang dominan memberikan andil kepada inflasi ini disebabkan terjadinya kenaikan harga yang cukup tinggi.

Yang pertama, terjadi kenaikan daging ayam ras, itu memberikan andil kepada inflasi sebesar 0,14 persen.

"Jadi kalau kita lihat pergerakan harga daging ayam ras selama bulan Juni memang mengalami kenaikan dan kenaikan itu terjadi di 86 kota. Kenaikan tertingginya terjadi di Gunung Sitoli yaitu sebesar 41 persen, dan Lhokseumawe misalnya terjaidi kenaikan harga daging ayam ras sebesar 37 persen," urainya.

Dengan demikian, pada bulan ini, daging ayam ras menjadi penyumbang inflasi pada bulan Juni 2020.

Komoditas lainnya yang cukup memberikan andil kepada inflasi adalah telur ayam ras, di mana andilnya sebesar 0,04 persen.

Sebaliknya ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga sehingga andil dalam deflasi, termasuk harga bawang putih, cabai merah dan beberapa bumbu dapur lainnya.

Penurunan harga bawang putih yang memberikan andil kepada deflasi sebesar 0,04 persen. Kemudian penurunan harga cabai merah memberikan andil kepada deflasi sebesar 0,03 persen.

"Dan juga beberapa bumbu-bumbuan seperti cabe rawit kemudian juga minyak goreng, gula pasir yang masing-masing memberikan andil kepada deflasi sebesar 0,01 persen," jelas Kecuk.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Sinetron I Love You Baby Episode Jumat, 3 Juli 2020

Posted: 03 Jul 2020 03:20 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap sore Anda bisa menyaksikan I Love You Baby di layar SCTV.

Sinetron I Love You Baby ditayangkan mulai pukul 17.20 WIB.

Seperti biasa episode I Love You Baby juga bisa disaksikan via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSSI Ungkap Alasan FIFA Coret Stadion Mandala Krida Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Posted: 03 Jul 2020 03:16 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan alasan FIFA tidak mengizinkan Piala Dunia U-20 digelar di Stadion Mandala Krida yang berada di Yogyakarta.

Awalnya, Stadion Mandala Krita merupakan satu dari 11 venue yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Namun namanya dicoret oleh FIFA lantaran ada Gunung Merapi yang masih aktif.

"Kalau Mandala Krida, FIFA berulang kali menanyakan Gunung Merapi. Itu yang mereka khawatirkan," kata Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule saat konfrensi pers di Kemenpora, Jakarta, Jumat (3/7/2020).

"Kita juga tidak tahu kapan gunung itu bakal mengeluarkan laharnya," ujar Iwan Bule menjelaskan alasan FIFA mencoret Stadion Mandala Krida.

Gunung Merapi memang sangat dekat dengan Stadion Mandala Krida, venue yang menjadi calon tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 itu. Gunung Merapi juga baru meletus pada 21 Juni lalu dengan tinggi kolom erupsi hingga 6.000 meter.

Enam Stadion

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat melakukan inspeksi ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/3/2020). Inspeksi tersebut untuk mengecek kesiapan SUGBK menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat melakukan inspeksi ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/3/2020). Inspeksi tersebut untuk mengecek kesiapan SUGBK menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)

Saat ini, PSSI sudah memastikan akan ada enam stadion yang bakal menggelar Piala Dunia U-20, yakni Stadion Gelora Bung Karno, Gelora Bung Tomo, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Jakabaring, dan Stadion Manahan.

Namun, dua di antaranya belum mendapat persetujuan dari FIFA, yakni Jakabaring dan Si Jalak Harupat. PSSI sendiri tetap ngotot ingin menggelar Piala Dunia U-20 di stadion tersebut.

"Kami sudah komunikasi dengan FIFA. pertimbangan Jakabaring karena sudah beberapa kali gelar event internasional, fasilitas lainnya juga lengkap, jadi kita akomodir dengan FIFA. Semua tersedia di Jakabaring."

"Kalau Bandung sudah bagus. Di sana ada stadion pendukungnya juga, tapi tinggal dipoles sedikit," ujar Iwan Bule menegaskan.

 

Fokus ke Prestasi

Iwan Bule juga menegaskan, PSSI sangat fokus dengan prestasi Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021. Ini sudah menjadi arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas di Istana pada 1 Juli 2020.

"Saya ingin timnas sesuai harapan rakyat. Kami fokus ke prestasi," ucap Iwan Bule mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tol Desari Ruas Brigif-Sawangan Resmi Beroperasi

Posted: 03 Jul 2020 03:15 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) melalui anak usaha PT Citra Waspphutowa resmi membuka Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi 2 untuk ruas Brigif-Sawangan sepanjang 6,3 km.

Dalam acara peresmian tersebut, hadir Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit beserta Direktur Utama PT Citra Waspphutowa Jusuf Hamka.

Jusuf Hamka mengatakan, Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi 2 langsung terbuka untuk para pengguna untuk dilewati tanpa biaya alias gratis.

"Yes, sekarang ini per detik ini juga (kendaraan) sudah bisa lewat, sudah dibuka dari sana juga semua dibuka," ucap dia di Gerbang Tol (GT) Sawangan, Depok, Jumat (3/7/2020).

Dia pun berharap, pembukaan Tol Desari Seksi 2 ini akan mempermudah gerak warga Depok dan sekitarnya serta mengurai kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Raya Sawangan.

 

Panjang Total

Mobil melintas di jalan tol Depok-Antasari seksi II (Brigif-Sawangan), Depok, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Jalan tol sepanjang 6,30 kilometer yang menjadi bagian dari jalan tol Depok-Antasari tersebut akan segera beroperasi pada Juni-Juli tahun ini. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Mobil melintas di jalan tol Depok-Antasari seksi II (Brigif-Sawangan), Depok, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Jalan tol sepanjang 6,30 kilometer yang menjadi bagian dari jalan tol Depok-Antasari tersebut akan segera beroperasi pada Juni-Juli tahun ini. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Secara keseluruhan, Jalan Tol Depok-Antasari total memiliki panjang 21,6 km yang terbagi atas tiga seksi, yakni Seksi 1 Antasari-Brigif sepanjang 5,8 km yang telah beroperasi September 2018.

Lalu, Seksi 2 Brigif-Sawangan sepanjang 6,3 km, dan Seksi 3 Sawangan-Bojong Gede sepanjang 9,5 km.

 

Terkoneksi Tol Bogor

Mobil melintas di jalan tol Depok-Antasari seksi II (Brigif-Sawangan), Depok, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Jalan tol sepanjang 6,30 kilometer yang menjadi bagian dari jalan tol Depok-Antasari tersebut akan segera beroperasi pada Juni-Juli tahun ini. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Mobil melintas di jalan tol Depok-Antasari seksi II (Brigif-Sawangan), Depok, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Jalan tol sepanjang 6,30 kilometer yang menjadi bagian dari jalan tol Depok-Antasari tersebut akan segera beroperasi pada Juni-Juli tahun ini. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Tol Depok-Antasari juga akan terkoneksi dengan Tol Bogor Ring Road-Ciawi, dengan penambahan lingkup sepanjang 6,5 km untuk ruas Bojong Gede-Salabenda.

Pengusahaan Jalan Tol Depok-Antasari dilaksanakan oleh VMBP melalui anak usaha PT Citra Waspphutowa, serta PT Waskita Toll Road dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool dan Bayern Munchen Masuk Negosiasi Awal Transfer Thiago Alcantara

Posted: 03 Jul 2020 03:15 AM PDT

Liputan6.com, Munchen - Liverpool belum lama ini memulai negosiasi dengan Bayern Munchen untuk mendapatkan gelandang Thiago Alcantara pada bursa transfer musim panas tahun ini.

Seperti dilansir Sport, Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp mengagumi permainan Thiago Alcantara. Pemain internasional Spanyol itu sudah Klopp pantau sejak masih melatih Borussia Dortmund.

Negosiasi antara kedua tim untuk saat ini masih dalam tahap awal. Namun, The Reds kabarnya sudah mengajukan tawaran pertama sebesar 35 juta euro.

Tapi, Bayern Munchen meminta Liverpool menaikkan tawarannya untuk mantan pemain Barcelona itu. Die Borussen butuh dana besar menyeimbangkan keuangan klub.

Apalagi, Bayern Munchen baru mendapatkan tanda tangan Leroy Sane dari Manchester City. Selain itu, The Bavarians juga masih mengincar pemain lain seperti Kai Havertz dari Bayer Leverkusen.

Banderol 50 Juta Euro

Thiago Alcantara ingin meninggalkan Bayern Munchen untuk mendapat tantangan baru. (AFP/Christof Stache)
Thiago Alcantara ingin meninggalkan Bayern Munchen untuk mendapat tantangan baru. (AFP/Christof Stache)

Bayern Munchen sejauh ini bertahan di angka 50 juta euro untuk Thiago Alcantara. Kontrak pemain berusia 29 tahun itu di Allianz Arena akan habis pada Juni 2021.

Sementara itu, Thiago Alcantara sebelumnya dikabarkan memang tertarik berseragam Liverpool musim depan. Pemain yang telah tujuh musim memperkuat Bayern Munchen itu ingin mencari tantangan baru.

 

Kontrak Habis

Thiago sendiri sudah menolak tawaran perpanjangan kontrak dari Bayern Munchen. Klub raksasa Bundesliga mau tak mau harus menjual Thiago musim panas tahun ini ketimbang mereka kehilangan dia musim depan tanpa mendapatkan uang sepeser pun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Foto Orang di Kertas Bungkusan Ini Bikin Tertawa Nyengir

Posted: 03 Jul 2020 03:15 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nasi bungkus selalu identik dengan memakai bungkus dari koran. Terkadang dalam membungkus nasi pakai koran, tak sengaja membungkus menggunakan koran yang terdapat wajah seseorang. Foto wajah tersebut nyatanya bisa membuat orang tertawa atau merasa terganggu ketika mau makan. 

Persis seperti unggahan akun Instagram @awreceh.id pada Kamis (2/7/2020). Akun Instagram tersebut mengunggah potret nasi bungkus dengan ada foto wajah orang yang bak sedang melihat ke arah orang tersebut. Sontak, nasi bungkus ini diabadikan dan dibagikan di media sosial hingga viral.

Banyak netizen tak menyangka ada bungkus nasi yang seperti. Tidak sengajanya bungkus tersebut membuat netizen ramai mengomentari. Hingga sekarang, postingan tersebut sudah mendapatkan 174 ribu like dan 875 komentar.

Tak hanya nasi bungkus dengan wajah menyebalkan tersebut, masih banyak bungkusan lainnya yang memperlihatkan foto orang. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, foto orang di kertas bungkusan yang bikin ketawa nyengir, Jumat (3/7/2020).

1. Duh, kenapa ekspresi orangnya kayak gitu sih.

5 Foto Orang di Kertas Bungkusan Ini Bikin Ketawa Nyengir (sumber: Instagram.com/awreceh.id)
5 Foto Orang di Kertas Bungkusan Ini Bikin Ketawa Nyengir (sumber: Instagram.com/awreceh.id)

2. Kenapa sampai ada foto Raditya Dika di bungkus itu sih.

5 Foto Orang di Kertas Bungkusan Ini Bikin Ketawa Nyengir (sumber: Instagram.com/receh.id)
5 Foto Orang di Kertas Bungkusan Ini Bikin Ketawa Nyengir (sumber: Instagram.com/receh.id)

3. Beli gorengan bonus pas foto dong.

5 Foto Orang di Kertas Bungkusan Ini Bikin Ketawa Nyengir (sumber: Instagram.com/sukijan.id)
5 Foto Orang di Kertas Bungkusan Ini Bikin Ketawa Nyengir (sumber: Instagram.com/sukijan.id)

4. Ya ampun, sampai ijazah dipakai bungkus lho. Mana ada fotonya lagi.

5 Foto Orang di Kertas Bungkusan Ini Bikin Ketawa Nyengir (sumber: Instagram.com/awreceh.id)
5 Foto Orang di Kertas Bungkusan Ini Bikin Ketawa Nyengir (sumber: Instagram.com/awreceh.id)

5. Duh, itu kenapa bungkusnya pas di berita duka sih.

5 Foto Orang di Kertas Bungkusan Ini Bikin Ketawa Nyengir (sumber: Instagram.com/awreceh.id)
5 Foto Orang di Kertas Bungkusan Ini Bikin Ketawa Nyengir (sumber: Instagram.com/awreceh.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi Yudisial Sambangi KPK Tukar Data Calon Hakim

Posted: 03 Jul 2020 03:13 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Yudisial (KY) Jaja Ahmad Jayus menyambangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (3/7/2020). Jaja mengaku kehadirannya dalam rangka pertukaran data terkait hakim.

"Agendanya berkaitan tugas-tugas di KY. Ada pertukaran data antara KY dan KPK tentunya yang menjadi kewenangan KY," ujar Jaja usai pertemuan tertutup dengan KPK, Jumat (3/7/2020).

Jaja mengaku, pertukaran data berkaitan dengan seleksi hakim yang akan digelar kembali oleh KY.

"Kemudian kita akan melakukan seleksi Hakim ad hoc di MA, baik Tipikor maupun PHI. Tentunya sebagaimana biasa kita memperoleh data dari KPK. Nah ini dalam rangka menjalin komunikasi itu," kata dia.

Jaja menyebut, nanti pihaknya akan mengajukan surat kepada KPK terkait pertukaran data para calon hakim.

"Nanti prosesnya KY mengajukan surat ke sini (KPK) untuk memperoleh data, kemudian nanti KPK melakukan analisisnya sesuai permintaan dari KY," kata dia.

Diketahui, Komisi Yudisial menunda proses seleksi calon hakim agung dan hakim ad hoc pada Mahkamah Agung yang diperkirakan hingga enam bulan ke depan karena wabah Covid-19.

"Setelah melakukan koordinasi informal antara Komisi Yudisial dan DPR serta Mahkamah Agung, ada kesepakatan dimungkinkan melakukan penundaan proses seleksi selama enam bulan ke depan," ujar Anggota Komisi Yudisial Farid Wajdi dalam konferensi video, Rabu (20/5/2020).

Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi Komisi Yudisial itu menuturkan, penundaan seleksi tetap mempertimbangkan kebijakan pemerintah serta situasi pandemi hingga memungkinkan dilakukan seleksi calon hakim agung dan hakim ad hoc di Mahkamah Agung.

 

Kualitas Hakim

Penundaan itu dipilih agar kualitas dan kompetensi calon hakim tidak turun apabila seleksi tetap dilakukan saat wabah Covid-19 dengan segala keterbatasan.

Mahkamah Agung disebutnya telah menyampaikan kebutuhan untuk mengisi kekosongan jabatan hakim agung sebanyak 8 orang yang terdiri dari 2 orang untuk kamar perdata, 4 orang untuk kamar pidana, 1 orang untuk kamar militer, dan 1 orang untuk kamar Tata Usaha Negara khusus pajak.

Selain itu, Mahkamah Agung juga membutuhkan 6 orang hakim ad hoc Tindak Pidana Korupsi pada Mahkamah Agung dan 2 orang hakim ad hoc Hubungan Industrial pada Mahkamah Agung.

"Ada kebutuhan mendesak menyangkut jumlah hakim agung dan ad hoc. Dari segi waktu 6 hakim ad hoc tipikor akan selesai masa tugasnya. Mahkamah Agung mengusulkan hakim ad hoc tipikor sekarang diperpanjang untuk setahun ke depan," tutur Farid Wajdi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masa Transisi New Normal Dongkrak Konsumsi BBM Pertamina

Posted: 03 Jul 2020 03:11 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak masa transisi new normal bergulir, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Pertamina mengalami lonjakan ketimbang saat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).  

Pertamina mencatat, pada era new normal atau sejak 8 Juni 2020 tercatat konsumsi BBM naik menjadi rata-rata 114 ribu KL per hari.

Meski masih dibawah Januari - Februari 2020 yang tercatat 135 ribu KL per hari, namun angka tersebut telah mengalami kenaikan sekitar 10 persen dibanding pada masa pemberlakuan PSBB.

Konsumsi BBM baik gasoline maupun gasoil sama-sama mulai mengalami peningkatan sejalan dengan beroperasinya sarana transportasi umum dan kendaraan pribadi, industri, perkantoran, dan juga pusat perbelanjaan serta pelaku UMKM.

Namun demikian, konsumsi BBM masih di bawah rata-rata normal pada masa sebelum pandemi COVID -19.

"Jika selama PSBB, konsumsi BBM secara umum mengalami penurunan sekitar 26%, saat ini penurunannya berkurang menjadi sekitar 16 persen dibanding rerata konsumsi normal," ujar Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication Pertamina.

Perolehan

Sementara menjelang semester kedua 2020 dengan kebijakan transisi new normal, konsumsi gasoline tercatat 78,82 ribu KL, sedangkan konsumsi gasoil mencapai 34,99 ribu KL.

"Pertamina tetap mendistribusikan BBM ke seluruh pelosok negeri, sehingga seluruh SPBU tetap beroperasi melayani konsumen baik pada masa PSBB, new normal maupun normal," lanjut Fajriyah.

 

Beroperasi Normal

Menurut Fajiryah seluruh bisnis Pertamina dari hulu, pengolahan hingga hilir tetap beroperasi meskipun harus menghadapi pandemi Covid-19 dan tantangan global lainnya.

"Pemulihan ekonomi di sejumlah wilayah belum merata. Kami masih terus memantau perkembangan pandemi COVID-19. Namun untuk memastikan kebutuhan energi terpenuhi, Pertamina tetap menyediakan BBM di seluruh wilayah sesuai permintaan," tutupnya.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Makan di Restoran? Lakukan 3 Hal Ini Agar Terhindar dari Virus Corona Covid-19

Posted: 03 Jul 2020 03:10 AM PDT

Jakarta - Sejumlah kota sudah membuka kembali restoran dan kafe meski pandemi virus corona covid-19 belum berakhir. Itu sebabnya penting bagi kita untuk terus patuh pada protokol kesehatan jika terpaksa makan di luar.

Bukan hanya mengenakan masker saat berada di luar rumah dan rajin mencuci tangan, tetapi kamu juga harus memikirkan bagaimana caranya menekan risiko penularan virus corona covid-19. 

Di DKI Jakarta, hampir semua restoran dan kafe kini tidak lagi membagikan menu dengan selembar kertas. Kini, banyak dari mereka yang membagikan menu secara digital untuk menghindari adanya kontak langsung dan penularan virus. 

Demi menjaga kenyamanan dan keamanan saat makan di restoran atau cafe, CNN Travel membagikan 3 tips mencari tempat makan yang aman dan menerapkan beragam peraturan untuk menurunkan risiko penularan virus corona covid-19. 

1. Out door

Selama ini, aturan menjaga jarak 2 meter dari orang lain sudah diterapkan di mana-mana. Namun, CNN Travel menulis, sebaiknya kamu menghindari restoran atau kafe yang berada di dalam ruangan, atau ruangan tanpa kipas angin. Pasalnya, meski kamu sudah menjaga jarak, namun partikel dari droplet bisa saja terbang lebih jauh dari 2 meter akibat tertiup kipas angin.  

Kasus ini juga sempat muncul di Cina, orang-orang yang duduk searah angin berembus terinfeksi virus meski jaraknya lebih dari 2 meter dari orang positif virus corona covid-19.

2. Pramusaji Kenakan Masker

Sejumlah pelayan mengenakan masker dan pelindung wajah untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19 saat mengantarkan makanan di Restoran Sanborns of the Azulejos, Mexico City, Meksiko, Rabu (1/7/2020). (AP Photo/Eduardo Verdugo)
Sejumlah pelayan mengenakan masker dan pelindung wajah untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19 saat mengantarkan makanan di Restoran Sanborns of the Azulejos, Mexico City, Meksiko, Rabu (1/7/2020). (AP Photo/Eduardo Verdugo)

Pilih restoran atau cafe dimana para karyawan dan pramusajinya tertib mengenakan masker. Kalau perlu, mengenakan sarung tangan untuk menjaga kebersihan. 

 

3. Bersihkan Meja 

Para pekerja mengenakan masker dan pelindung wajah untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19 saat memasang penanda jaga jarak aman di Restoran Sanborns of the Azulejos, Mexico City, Meksiko, Rabu (1/7/2020). (AP Photo/Eduardo Verdugo)
Para pekerja mengenakan masker dan pelindung wajah untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19 saat memasang penanda jaga jarak aman di Restoran Sanborns of the Azulejos, Mexico City, Meksiko, Rabu (1/7/2020). (AP Photo/Eduardo Verdugo)

Meski para pramusaji sudah membersihkan meja dan kursi setiap kali konsumer selesai makan, namun ada baiknya jika kamu juga mengelap meja dan kursi sebelum memesan makanan. Kamu bisa menggunakan tisu basah yang mengandung anti bakteri, atau juga cairan disinfektan yang selalu kamu bawa. 

Jadi, meski sudah bisa beraktivitas seperti sedia kala, jangan lupa untuk selalu mengenakan masker, menjaga jarak, dan menjaga kesehatan untuk menghindari virus Corona. 

Disadur dari: Fimela (penulis: Karla Farhana, editor: Adinda Tri, published 3/7/2020)

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PPI Salurkan APD dan Paket Pangan untuk Tenaga Medis di Bekasi

Posted: 03 Jul 2020 03:10 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) (Persero) menyerahkan bantuan berupa sejumlah alat pelindung diri (APD) dan paket pangan kepada RSUD Kota Bekasi, Jawa Barat sebagai dukungan bagi tenaga medis yang tengah berjuang menangani pasien Corona.

Corporate Secretary PT PPI Syailendra menyatakan, pemberian bantuan APD dan paket pangan merupakan tahap ketiga bantuan perusahaan kepada rumah sakit terutama di daerah yang masih berzona merah seperti Bekasi.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada RSUD Kota Bekasi karena telah menerima bantuan dan berkenan membantu dalam mendistribusikan kepada para tenaga medis. Sebelumnya, PT PPI juga telah mendistribusikan bantuan APD di rumah sakit di Jakarta dan Depok," ujar Syailendra, Jumat (3/7/2020).

Adapun bantuan yang diserahkan PPI ialaj APD coverall suit yang terdiri dari baju pelindung standar medis, masker, faceshield, dan sarung tangan, sebanyak 200 set. Untuk paket pangan yang diberikan ialah produk PPI seperti Beras Panganesia, Minyak Goreng Panganesia, Sarden Kiku, dan lain-lain.

Syailendra mengatakan, setelah penyerahan bantuan hari ini, PT PPI berencana untuk kembali mengirimkan bantuan APD ke rumah sakit lainnya.

"Insya Allah dalam waktu dekat ini, PT PPI masih akan memberikan dukungan APD beserta paket pangan," ujarnya.

Bentuk Covid Ranger

Petugas medis mengenakan alat pelindung diri (APD) saat swab test massal di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Depok, Jawa Barat, Selasa (2/6/2020). Swab test massal untuk mengantisipasi penyebaran virus corona COVID-19 ini dapat memeriksa 180 orang per hari. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas medis mengenakan alat pelindung diri (APD) saat swab test massal di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Depok, Jawa Barat, Selasa (2/6/2020). Swab test massal untuk mengantisipasi penyebaran virus corona COVID-19 ini dapat memeriksa 180 orang per hari. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

PT PPI juga membentuk Covid Ranger yang terdiri dari karyawan Kantor Pusat dan Kantor Cabang, yang selama ini terus berkoordinasi dengan Kementerian BUMN, khususnya bersinergi dengan BUMN Klaster Pupuk dan Pangan terhadap program persiapan The New Normal dengan membuat timeline bersama hingga Desember 2020.

Kemudian berkontribusi terhadap pengembangan aplikasi COSMIC dan Peduli Lindungi dalam bentuk dukungan kepada akselerasi pelaksanaan protokol The New Normal Kementerian BUMN, serta bersinergi dengan rumah sakit BUMN untuk mendukung kegiatan kesehatan di PPI.

Covid Ranger PPI juga menginisiasi sistem pemantauan kesehatan karyawan (termasuk keluarganya), menginisiasi pelaksanakan rapid test, terus menggalakan kegiatan olahraga, melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan di kantor seperti APD, faceshield, sarung tangan, membuka klinik siaga, menginisiasi penyemprotan disinfektan di lingkungan sekitar kantor, dan menyediaan handsanitizer, pemberian vitamin, serta sosialisasi dan kampanye #CovidSafeBUMN.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Massa Harap Aspirasi Menolak PPDB DKI Didengar Jokowi

Posted: 03 Jul 2020 03:08 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan para orang tua murid berunjuk rasa menolak Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta Tahun 2020/2021 di Taman Aspirasi seberang Istana Merdeka Jakarta. Mereka berharap, aspirasi mereka bisa diterima oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Kita berharap Presiden Jokowi mau menampung aspirasi kita untuk batalkan PPDB DKI 2020," ucap Rudi S selaku koordinator lapangan dalam orasinya, Jumat (3/7/2020), seperti dilansir dari Antara.

Massa aksi adalah para wali murid yang anaknya terkena dampak PPDB DKI 2020, tidak diterima masuk sekolah negeri karena sistem penerimaan yang dinilai mempersulit siswa mendapatkan akses.

Menurut Rudi, mereka telah melakukan aksi sebanyak empat kali untuk menyalurkan aspirasinya kepada Gubernur DKI Jakarta, Wagub DKI, Pimpinan DPRD DKI, dan Komisi X DPR RI. Tapi dari keempat aksi tersebut, massa merasa apa yang menjadi apsirasi mereka tidak didengarkan.

"Tuntutan kita batalkan PPDB DKI 2020," kata Rudi.

Dalam orasi yang disampaikan, para orang tua murid mengatakan PPDB DKI 2020 bermasalah, khusus untuk jalur zonasi dengan pembatasan usia sehingga membuat anak-anak sulit bersekolah.

Sebelumnya, para wali murid itu melakukan aksi unjuk rasa di kantor Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta Pusat sejak Selasa pagi 30 Juni 2020 pukul 10.00 WIB hingga pukul 13.00.WIB.

Namun, tak satu pun perwakilan dari Pemprov DKI yang menemui ibu-ibu wali murid itu dan bahkan perwakilannya pun dilarang untuk bertemu gubernur.

Selain berorasi, massa juga melakukan pembacaan puisi yang ditulis oleh orang tua murid tentang kondisi anak-anak lulusan 2020 yang kecewa karena sistem PPDB DKI pakai jalur usia.

 

Bentangkan spanduk tolak PPDB DKI 2020

Para orang tua siswa menggelar aksi didepan gedung Balaikota, Jakarta, Selasa (23/6/2020). Mereka menuntut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghapus prioritas usia dalam aturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Para orang tua siswa menggelar aksi didepan gedung Balaikota, Jakarta, Selasa (23/6/2020). Mereka menuntut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghapus prioritas usia dalam aturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Turut bergabung dalam aksi massa Sekjen Komnas Anak Danang Sasongko yang ikut menyemangati perjuangan orang tua murid korban PPDB DKI 2020.

Menurut Danang, Komnas Anak menemukan tiga pelanggaran PPDB DKI 2020 jalur zonasi yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Saat dilakukan orasi, massa dikejutkan dengan Presiden Joko Widodo yang keluar dari Istana Merdeka. Massa mencoba menyapa, namun mobil presiden melaju ke arah Sarinah.

Massa melakukan aksi dengan bernyanyi lagu-lagu nasional sambil membentangkan spanduk tolak PPDB DKI 2020. Mereka memulai aksinya sejak pukul 14.00 WIB.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Rekrut Petarung MMA, India Beli 33 Jet Tempur Rusia Usai Bentrok di Perbatasan

Posted: 03 Jul 2020 03:07 AM PDT

Liputan6.com, New Delhi- Pemerintah India telah menyetujui pembelian 33 jet tempur Rusia dan pembaruan teknologi pada 59 pesawat militer 59 MiG-29 yang mereka miliki.

Pembelian dan pembaruan teknologi pada pesawat militer ini diketahui adalah untuk meningkatkan kekuatan udaranya, menyusul ketegangan antara India dan China di perbatasan beberapa waktu lalu.

Menurut Kementerian Pertahanan India, negara mereka membeli 21 pesawat MiG-29 dan 12 jet Sukhoi Su-30, yang bernilai sebesar US$ 2,43 miliar. 

Pembelian dan pembaruan tersebut juga untuk memenuhi "kebutuhan lama Angkatan Udara dalam menambah skuadron tempurnya," kata kementerian itu, seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (3/7/2020). 

Perangkat Keras Militer dari Rusia Sebagai Salah Satu Pilihan

Pesawat tempur Su-25 melepaskan asap dengan warna bendera Rusia saat terbang di atas Ivan the Great Bell Tower di Kremlin saat latihan untuk parade militer Hari Kemenangan di Moskow, Kamis (4/5). (AFP PHOTO / Natalia KOLESNIKOVA)
Pesawat tempur Su-25 melepaskan asap dengan warna bendera Rusia saat terbang di atas Ivan the Great Bell Tower di Kremlin saat latihan untuk parade militer Hari Kemenangan di Moskow, Kamis (4/5). (AFP PHOTO / Natalia KOLESNIKOVA)

Sejak bentrokan yang terjadi baru-baru ini, kedua negara memindahkan pasukan tambahan dan peralatan militer ke bagian-bagian penting dari Garis Kontrol Aktual (Line of Actual Control) di kilometer 3.488, yang merupakan garis gencatan senjata yang memisahkan kedua pasukan.

Menurut para pejabat, lampu hijau yang diberikan untuk pembelian pesawat itu menyusul kunjungan Menteri Pertahanan India, Rajnath Singh ke Moskow pada bulan lalu, di mana ia meminta Rusia untuk mempercepat pengiriman. 

Meskipun selama dekade terakhir India telah beralih ke AS dan Israel untuk pengiriman senjata berteknologi tinggi, ada lebih dari setengah perangkat keras militer negara tersebut yang masih berasal dari Rusia. 

Selain itu, Kementerian Pertahanan India juga menyetujui pembelian rudal udara yang mereka kembangkan sendiri, yang dikatakan akan menambah kemampuan serangan angkatan udara.

China Rekrut Petarung MMA

Tentara India dan Tentara China di wilayah perbatasan yang jadi sengketa (Foto:AFP)
Tentara India dan Tentara China di wilayah perbatasan yang jadi sengketa (Foto:AFP)

Militer China merekrut petarung MMA (Mixed Martial Arts) untuk membantu pasukannya, menyusul bentrokan yang terjadi dengan tentara India di Lembah Galwan, Himalaya, beberapa waktu lalu.

Menurut laporan stasiun televisi CCTV, 20 petarung MMA tersebut berasal dari Enbo Fight Club di provinsi Sichuan yang terletak di barat daya China. Mereka akan membentuk Plateau Resistance Tibiff Mastiffs yang bermarkas di Lhasa. 

Karena kerap menghasilkan pejuang yang terus berkompetisi di turnamen internasional seperti Ultimate Fighting Championship di AS, klub MMA itu menjadi dikenal.

Pengumuman tentang perekrutan itu datang setelah bentrokan paling mematikan dalam beberapa dekade antara pasukan China dan India di sepanjang perbatasan kedua negara yang diperebutkan di Himalaya. 

 

Baca Selangkapnya...

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Cokok 2 Tersangka Penyebar Hoaks Rush Money

Posted: 03 Jul 2020 03:04 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bareskrim Polri menangkap dua penyebar informasi tidak benar alias hoaks soal penarikan uang simpanan besar-besaran atau rush money di sejumlah bank. Menurut pengakuan masing-masing pelaku, AY dan IS, tindakan tersebut dilakukan karena iseng.

Keduanya mengunggah hoaks ke akun media sosialnya pada awal Juni lalu.

"Adanya laporan berkaitan dengan provokasi yang dikaitkan dengan penarikan dana di sejumlah perbankan. AY ditangkap di Jakarta dan IS di Malang, dan mereka tidak saling kenal satu sama lain," ujar Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigjen Slamet Uliandi saat jumpa pers di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (3/7/2020).

Slamet menyebut, tiga bank yang menjadi sasaran hoaks adalah Bukopin, BTN dan Mayapada.

"Pelaku AY beraksi, dalam akun media sosial twitter @Achmadyani.ay70 menuliskan caption: "Yg punya simpenan di Bukopin ,BTN, Mayapada buruan ambil (klo bisa semuanya)..!!!! Daripada amsyong....," kata Slamet membacakan ujaran hoaks salah satu pelaku.

Kemudian IS, lanjut dia, juga menyebar video hoaks yang berisi pernyataan jika Bank Bukopin tidak memiliki uang cash untuk mencairkan tabungan nasabahnya.

"IS juga unggah foto tubuh perempuan yang melanggar kesusilaan pada akun Twitter @Samuelimam," jelas Brigjen Selamet.

 

Tak Punya Rekening di Bank Terkait

Slamet melanjutkan, pelaku bukanlah nasabah yang memiliki rekening di bank yang telah mereka fitnah. Mereka juga tidak tahu persis kondisi keuangan bank tersebut sama sekali.

"Jadi tujuan kedua pelaku menyebarkan hoaks rush money dengan tujuan ingin menciptakan kondisi chaos seperti saat 1998," tegas Brigjen Selamet.

Akibat perbuatan, polisi menjerat tersangka AY dengan Pasal 14 Ayat 1 dan/atau Ayat 2 dan/atau Pasal 15 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Sementara IS, dijerat Pasal 45 Ayat (1) Jo Pasal 27 Ayat (1) UU Nomor 11 Tahun 2008 sebagai Pasal 14 ayat (1) dan/atau (2) dan/atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 14 ayat (1) dan/atau (2) dan/atau Pasal 15 UU RI No 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kamar Bayi Mewah Tasya Farasya, Serba Custom dan Multifungsi

Posted: 03 Jul 2020 03:01 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tasya Farasya baru saja menjadi ibu dari Maryam Eliza Khair pada 26 Juni 2020. Sekitar sepekan setelah kelahiran sang putri, beauty influencer tersebut memamerkan kamar bayi yang mengusung konsep modern klasik.

Kamar bayi Tasya berada di walking closet yang bersebelahan dengan kamar tidurnya. Ia bekerja sama dengan salah satu biro desain interior untuk merenovasi ruangan tersebut agar sesuai dengan keinginannya. Meski dikerjakan mepet, istri Ahmad Assegaf ini mengaku sangat puas dengan hasil akhirnya.

Perubahan paling terlihat dari warna pintu-pintu lemari yang memenuhi dinding kiri dan kanan ruangan. Jika sebelumnya dicat warna abu-abu dengan detail ukiran yang rumit, saat ini pintu lemari itu dicat warna beige dengan detail yang lebih sederhana.

"Kenapa beige, supaya lebih kalem, soft gitu, tapi nuansa Louvre-nya masih ada. Lebih modern klasik," kata Tasya dalam video yang diunggahnya di channel YouTube miliknya.

Tasya juga mengubah detail pada langit-langit. Lampu gantung yang tadinya bertudung bak bunga tulip terbalik, diubah menjadi chandelier dengan dudukan lampu melingkar dan beberapa kristal menggantung. Saat lampu dinyalakan, terlihat art ceiling berpendar.

Kamar bayi Tasya Farasya. (dok. Youtube Tasya Farasya/Dinny Mutiah)
Kamar bayi Tasya Farasya. (dok. Youtube Tasya Farasya/Dinny Mutiah)

Selanjutnya, Tasya menunjukkan boks bayi yang dirancangnya secara khusus. Ia menyebutnya sebagai boks bayi tercantik yang pernah dilihatnya.  

"Ini ku custom design. Di-adjust sesuai yang aku mau," kata dia.

Boks bayi itu menggunakan material kayu solid dengan warna abu-abu yang di-washed out yang tampak serasi dengan keseluruhan perabot dan warna wall paper di ruangan itu. Rangkanya dibuat kokoh karena Tasya hendak menggunakannya selama mungkin.

"Someday kalau anaknya sudah enggak di baby box gitu, ini bisa jadi sofa duduk," jelasnya. 

Boks bayi itu juga dilengkapi dengan banyak laci tekan di bagian bawah. Laci tersebut berguna untuk menyimpan banyak perlengkapan bayinya, khususnya pakaian. Selain itu, laci juga membuat kamar bayi tampak lebih rapi.

"Apapun yang terjadi, aku selalu minta storage yang banyak. Jadi di sini, ada laci-laci yang muat banyak," tutur Tasya.

Sofa Bundar

Mengintip desain kamar anak yang klasik dari Tasya Farasya (Foto: instagram/lifetime.design)
Mengintip desain kamar anak yang klasik dari Tasya Farasya (Foto: instagram/lifetime.design)

Boks bayi tersebut menggeser posisi sofa single seater dengan dudukan tangan. Tasya kemudian menggantinya dengan sofa bundar berukuran kecil yang ditaruh di tengah-tengah ruangan.

Nuansa klasik terlihat dari ukiran kaki-kaki sofa yang memiliki ruang kosong di bawahnya. Dengan begitu, sofa tersebut bisa multifungsi, bisa sebagai tempat duduk sekaligus tempat penyimpanan.

"Ini enggak akan makan tempat dan anakku bisa main-main di sini," ujarnya.

Area Wastafel

Kamar mandi Tasya Farasya. (dok. Youtube Tasya Farasya/Dinny Mutiah)
Kamar mandi Tasya Farasya. (dok. Youtube Tasya Farasya/Dinny Mutiah)

Tasya juga merenovasi kamar mandinya yang berhias marmer. Salah satunya mengubah tampilan wastafel menjadi lebih modern. Sebuah cermin memanjang diapit dengan dua rak tinggi untuk menaruh produk-produk perawatan tubuh favoritnya. Belum lagi deretan laci dengan pegangan berdesain klasik di bawahnya.

Di sekelilingnya ditempatkan lampu yang bisa diatur pencahayaannya menggunakan remote. Menurut Tasya, wastafel yang berada di dekat pintu kamar mandi itu akan banyak dimanfaatkannya untuk berfoto atau membuat video lantaran pencahayaannya yang bagus.

"Akan banyak buat bathroom selfie di sini deh kayanya," ucap Tasya.

Bak Mandi Bayi

Kamar mandi Tasya Farasya. (dok. Youtube Tasya Farasya/Dinny Mutiah)
Kamar mandi Tasya Farasya. (dok. Youtube Tasya Farasya/Dinny Mutiah)

Demi sang bayi, Tasya juga rela menggeser bathtub bergaya klasiknya dengan bak mandi bayi yang dilengkapi banyak laci di bagian bawah. Keberadaannya berfungsi untuk menaruh beragam kebutuhan bayi, terutama baju rumahan yang akan dipakai sehabis bayinya mandi.

Di dinding dekat bak mandi bayi ditaruh ambalan. Sementara ini, Tasya menaruh dekorasi-dekorasi simpel di atasnya. Bila sudah dipakai nanti, ia akan menaruh sabun bayi di tempat itu.

Warna putih mendominasi perabot itu. Begitu pula dengan drawer di sebelahnya, tetapi fungsinya lebih untuk menaruh produk-produk kosmetik yang belum diulas olehnya. Sebuah cermin memanjang dengan ukiran berwarna emas di sekelilingnya menambah kesan lapang pada kamar mandi yang memang luas.

Dengan desain secantik itu, tak heran bila ibunda Tasya memujinya. Bahkan, ia menyebut kamar mandi Tasya seperti tempat spa. Nah, apakah Anda tertarik untuk mendesain kamar bayi seperti milik Tasya?

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lagi-Lagi Bermasalah, PPDB Sumbar Diperpanjang hingga 6 Juli 2020

Posted: 03 Jul 2020 03:00 AM PDT

Liputan6.com, Padang - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA di Sumatera Barat, diperpanjang hingga 6 Juli 2020, karena adanya keluhan dari orangtua calon siswa ketika mendaftar.

PPDB SMA di Sumbar sejak dibuka memang mengalami banyak kendala, mulai dari website yang tidak bisa diakses hingga akhirnya situs pendaftaran diubah.

Awalnya PPDB jenjang SMA online ini dibuka pada 22 hingga 25 Juni 2020, tetapi pada hari pertama, website https://ppdbsumbar2020.id/ tidak bisa diakses.

Kemudian Dinas Pendidikan Sumbar mengeluarkan pengumuman, pendaftaran ditunda menjadi 25 hingga 28 Juni 2020. Namun, pada 25 Juni, pihaknya kembali mengubah jadwal tersebut menjadi 29 Juni sampai 2 Juli 2020.

Saat dibuka kembali, panitia mengganti situsnya menjadi https://ppdbsumbar.id/ karena website sebelumnya bermasalah beberapa kali.

Kali ini, Dinas Pendidikan Sumbar memperpanjang masa pendaftaran menjadi 6 Juli 2020 karena beberapa keluhan yang diterimanya, seperti tidak bisa menginput data.

Kendala lain yang dikeluhkan, lanjutnya, siswa tidak bisa login NISN, itu disebabkan sekolah asal siswa tidak menginput data sesuai file yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Sumbar.

"Perpanjangan masa PPDB ini agar masih ada kesempatan mendaftar untuk calon siswa," kata Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri, Jumat (3/7/2020).

Pantauan Liputan6.com, saat ini website PPDB tersebut sudah dapat diakses dengan lancar sejak dibuka pada 29 Juni 2020. Namun kendala yang dihadapi masyarakat tetap ditampung oleh panitia.

Hingga Kamis 2 Juli 2020, panitia mencatat sudah ada sekitar 36 ribu pendaftar SMA sedangkan daya tampung sekitar 50 ribu. Kemudian untuk SMK telah mendaftar lebih kurang 20 ribu orang ydari daya tampung 26 ribu.

Adib mengimbau orang tua siswa agar tidak panik dengan pendaftaran tersebut, karena di website juga ditampilkan data langsung pendaftaran siswa, sehingga dapat diketahui apakah anaknya memenuhi syarat untuk lolos.

"Bagi siswa yang lolos seleksi diumumkan 7 Juli dan dapat langsung mendaftar ulang sampai 8 Juli 2020," ia menambahkan.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Pixel 4a Punya Baterai 3.140 mAh

Posted: 03 Jul 2020 03:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google sedang menyiapkan smartphone baru Pixel 4a. Informasi tentang smartphone tersebut juga beredar di ranah internet.

Dilansir dari GSM Arena, Jumat (3/7/2020), informasi mengenai Pixel 4a itu kini berasal dari National Communications Commission (NCC) Taiwan dan TUV Rheinland. Berdasarkan sertifikasi dari keduanya, Pixel 4a akan hadir dengan baterai 3.140 mAh dan pengisian daya 18W.

Charger dari smartphone tersebut memiliki nomor model TC G1001-US dan G1000-US. Sementara baterainya dengan nomor G025J-B.

Menurut sejumlah laporan, Pixel 4a akan hadir dengan layar FHD+ OLED berukuran 5,8 inci, chipset Snapdragon 730, dan satu kamera belakang. Selain itu, juga terdapat RAM 4GB, serta pilihan memori internal 64GB dan 128GB.

Google Pixel 4a Akan Segera Meluncur

Pixel 4 dan Pixel 4 XL  (Doc: Google)
Pixel 4 dan Pixel 4 XL (Doc: Google)

Sebelumnya, Google Pixel 4a dilaporkan telah mendapatkan sertifikasi dari Federal Communications Commission (FCC) Amerika Serikat (AS). Ini dinilai mengindikasikan smartphone tersebut akan segera dirilis.

Pada data FCC, smartphone tersebut memiliki tiga nomor model yaitu G025N, G025M, dan G025J. Model terakhir diprediksi untuk pasar AS.

Peluncuran Google Pixel 4a Kembali Ditunda

Lebih lanjut, informasi tentang Galaxy Pixel 4a sebelumnya juga pernah disampaikan oleh John Prosser. Ia kerap memberikan bocoran tentang berbagai produk teknologi, termasuk smartphone.

Prosser melalui Twitter mengungkapkan, Google kembali menunda peluncuran Pixel 4a di pasar. Pengumuman tetap akan dilakukan pada 13 Juli, tetapi peluncuran di pasar baru akan digelar pada Agustus 2020.

Pengumuman Pixel 4a pada awalnya dilaporkan akan dilakukan dalam acara Google I/O pada Mei 2020. Namun acara tersebut dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Prosser sebelumnya mengatakan bahwa perubahan waktu peluncuran disebabkan kondisi pasar, bukan karena masalah rantai suplai. Kondisi pasar ini berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang memengaruhi banyak industri.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sering Diabaikan, Begini Cara Mencuci Masker yang Benar

Posted: 03 Jul 2020 03:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini penggunaan masker sudah menjadi hal yang tak bisa kita tinggalkan. Terlebih lagi pemerintah telah mewajibkan seluruh masyarakat untuk mengenakan masker ketika pergi keluar rumah.

Dengan menggunakan masker bisa membantu mencegah penularan virus Covid-19 yang masih terus mewabah.

Biasanya masker yang banyak dipilih orang ialah masker kain. Tak hanya efektif mencegah penularan droplet, masker kain juga dinilai ramah lingkungan karena dapat dipakai berulang kali.

Namun, ada hal yang sering diabaikan oleh banyak orang ketika menggunakan masker kain yaitu cara mencucinya.

Jangan sampai penggunaan masker kain justru membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mencucinya secara rutin dan dengan cara yang benar.

Cara mencuci masker yang benar menurut CDC

Ilustrasi Masker Kain Credit: pinterest.com/SitiNurjanah
Ilustrasi Masker Kain Credit: pinterest.com/SitiNurjanah

Menurut CDC masker kain harus langsung dicuci setelah digunakan. Penting untuk selalu melepas masker dengan benar dan mencuci tangan Anda setelah memegang atau menyentuh masker bekas pakai. Melansir dari CDC.gov, Jumat (3/7/2020), berikut langkah-langkah mencuci masker yang benar:

Menggunakan mesin cuci

  • Anda dapat menyertakan masker dengan cucian biasa.
  • Gunakan deterjen biasa dan pengaturan air yang paling hangat untuk masker kain.

Menggunakan tangan

  • Siapkan larutan pemutih dengan mencampurkan: 5 sendok makan (1/3 gelas) atau 4 sendok teh pemutih rumah tangga.
  • Periksa label untuk melihat apakah pemutih Anda dimaksudkan untuk disinfeksi. Beberapa produk pemutih, seperti yang dirancang untuk penggunaan yang aman pada pakaian berwarna, mungkin tidak cocok untuk disinfeksi.
  • Pastikan produk pemutih tidak melewati tanggal kedaluwarsa. Jangan sekali-kali mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya.
  • Rendam masker dalam larutan pemutih selama 5 menit.
  • Bilas bersih dengan air dingin atau suhu kamar.

Cara mengeringkannya

Ilustrasi pakaian yang dijemur. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)
Ilustrasi pakaian yang dijemur. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Cara mengeringkan dengan pengering:

Gunakan pengaturan panas tertinggi dan biarkan masker dalam pengering sampai benar-benar kering.

Cara mengeringkan dengan udara:

Letakkan masker yang telah dicuci di bawah sinar matahari dan biarkan hingga benar-benar kering.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Daftar Lengkap 105 Fintech Pinjaman dan 99 Kegiatan Usaha Ilegal

Posted: 03 Jul 2020 03:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Satgas Waspada Investasi (SWI) menemukan 105 fintech peer to peer (pep) lending ilegal. Mereka tidak terdaftar dan mendapatkan izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang merupakan otoritas perizinan, pengaturan dan pengawasan layanan fintech peer to peer lending.

Fintech pinjaman ilegal ini beroperasi dengan menawarkan pinjaman ke masyarakat melalui aplikasi dan pesan singkat di telepon genggam.

Maraknya fintech peer to peer lending ilegal itu sengaja memanfaatkan kondisi melemahnya perekonomian masyarakat akibat pandemi Covid 19.

"Mereka mengincar masyarakat yang saat ini kesulitan ekonomi dan membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan pokok atau konsumtif," ujar Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing, (3/7/2020).

Pinjaman fintech ilegal ini sangat merugikan masyarakat karena mengenakan bunga yang tinggi, jangka waktu pinjaman pendek dan selalu meminta untuk mengakses semua data kontak di handphone.

"Ini sangat berbahaya, karena data ini bisa disebarkan dan digunakan untuk mengintimidasi saat penagihan," Tongam mengingatkan.

 

Daftar 105 Fintech Ilegal

Ilustrasi Fintech. Dok: edgeverve.com
Ilustrasi Fintech. Dok: edgeverve.com

Bagi yang ingin mengetahui, bisa menyimak 105 fintech peer to peer (pep) lending ilegal, seperti mengutip data Satgas Waspada Investasi melalui daftar ini

Daftar Entitas Ilegal

Ilustrasi Investasi ilegal. (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Ilustrasi Investasi ilegal. (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Selain kegiatan fintech peer to peer lending ilegal, Satgas Waspada Investasi juga menghentikan 99 kegiatan usaha yang diduga melakukan kegiatan usaha tanpa izin dari otoritas yang berwenang dan berpotensi merugikan masyarakat.

Tongam mengatakan penawaran usaha ilegal ini sangatlah mengkhawatirkan dan berbahaya bagi masyarakat karena memanfaatkan ketidakpahaman masyarakat untuk menipu dengan cara iming-iming pemberian imbal hasil yang sangat tinggi dan tidak wajar.

Selain itu banyak juga kegiatan yang menduplikasi website entitas yang memiliki izin sehingga seolah-olah website tersebut resmi milik entitas yang memiliki izin.

Dari 99 entitas tersebut di antaranya melakukan kegiatan sebagai berikut:

- 87 Perdagangan Berjangka/Forex Ilegal

- 2 Penjualan Langsung (Direct Selling) Ilegal

- 3 Investasi Cryptocurrency Ilegal

- 3 Investasi uang

- 4 lainnya.

Simak daftar entitas ilegal tersebut melalui tautan ini

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Muhadjir: Kita Akan Kejar Angka Kematian COVID-19 Nol

Posted: 03 Jul 2020 03:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menegaskan upaya untuk mengejar angka kematian COVID-19 sampai nol. Artinya, tidak ada penambahan kasus kematian di tiap provinsi.

Hal tersebut merupakan target utama Pemerintah dalam penanganan COVID-19, yakni menekan angka kematian (vatalitas). Apalagi melihat angka kematian COVID-19 yang relatif masih meningkat seiring ditemukannya kasus-kasus positif baru di sejumlah daerah.

"Fatality rate ini yang paling penting. Kalau bisa, sedikit yang terkena (terpapar), tapi kalau pun yang terkena banyak namun yang meninggal sedikit itu masih bagus," tegas Muhadjir saat melakukan tinjauan dan koordinasi penanganan COVID-19 di Kota Lhokseumawe, Aceh, Kamis (2/7/2020).

"Kita akan mengejar bagaimana supaya angka kematian ini betul-betul nol."

Dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Muhadjir menyebut, memastikan setiap daerah memiliki fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai untuk menangani pasien COVID-19. Pemerintah pusat pun sudah memberikan bantuan, terutama alat tes PCR beserta perlengkapan kesehatan, seperti alat pelindung diri.

 

Percepatan Produksi PCR Kit

Tim  medis  melakukan pemeriksaan hasil PCR COVID-19 di  Laboratorium Container (lab Con) COVID-19 RSKD Duren Sawit, Jakarta, Kamis (18/6/2020). (merdeka.com/Imam Buhori)
Tim medis melakukan pemeriksaan hasil PCR COVID-19 di Laboratorium Container (lab Con) COVID-19 RSKD Duren Sawit, Jakarta, Kamis (18/6/2020). (merdeka.com/Imam Buhori)

Dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Pemanfaatan RSKI Pulau Galang melalui telekonferensi pada Selasa (30/6/2020),  ada bahasan soal percepatan produksi PCR kit oleh PT Bio Farma.

Berdasarkan laporan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir, kemampuan produksi PCR kit besutan PT Bio Farma sudah mencapai 50.000 per minggu atau dihitung sebanyak 200.000 per bulan.

Untuk mencukupi kebutuhan di Indonesia sendiri, Terawan menerangkan minimal perlu satu juta kit. Pemerintah juga telah menyerahkan bekas laboratorium vaksin flu burung untuk mengoptimalkan produksi PCR kit dari dalam negeri.

Sementara itu, Basyir menambahkan saat ini pihaknya tengah membuat rancangan pemanfaatan bekas laboratorium flu burung agar bisa dimanfaatkan tempat pengembangan produksi PCR kit. Ia berharap pada  Agustus 2020, produksi dari PCR kit bisa mencapai satu juta kit.

Muhadjir mendukung produksi PCR kit dari dalam negeri. Menurutnya, pemerintah sangat berkepentingan  memproteksi produk dalam negeri dan bisa diserap di pasar sendiri.

"Intinya, kita punya semangat memberikan proteksi produk dalam negeri. Misalnya, Bio Farma bisa memproduksi dengan kapasitas maksimal. Maka, kita akan upayakan agar diserap di pasar. Itu (PCR kit dalam negeri) tentunya lebih murah dan compatible dengan pasar Indonesia," tutup Muhadjir.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diajak Tur ke Old Trafford, Wonderkid Birmingham Malah Tolak Tawaran MU

Posted: 03 Jul 2020 03:00 AM PDT

Liputan6.com, Birmingham - Wonderkid Birmingham City, Jude Bellingham, ternyata tidak tertarik bergabung dengan Manchester United (MU). Bellingham memilih berlabuh ke Borussia Dortmund musim depan.

Seperti dilansir Bild, Dortmund telah menyelesaikan proses perekrutan remaja berusia 17 tahun itu. Pengumuman resmi Jude Bellingham bakal dilakukan Dortmund dalam beberapa hari ke depan.

Untuk mendapatkan tanda tangan Jude Bellingham, Dortmund harus merogoh kocek 20 juta pound sterling. MU kabarnya juga mengajukan tawaran yang sama kepada Birmingham.

Padahal, MU lebih dulu mendekati Birmingham City untuk mendapatkan jasa Bellingham. Bahkan, manajer legendaris Setan Merah, Sir Alex Ferguson sampai turun tangan untuk memuluskan transfer tersebut.

Sir Alex Ferguson menjadi pemandu tur pribadi untuk Bellingham ke Old Trafford dan fasilitas MU lainnya, dengan harapan sang pemain mau bergabung di masa depan.

Ikuti Jejak Sancho

MU naksir dengan Jude Bellingham (istimewa)
MU naksir dengan Jude Bellingham (istimewa)

Sayang, Bellingham ternyata lebih tertarik melanjutkan kariernya di kompetisi Bundesliga Jerman. Konon, Bellingham termotivasi dan terinspirasi mengikuti jejak Jadon Sancho bersama Dortmund.

Sancho merupakan winger asal Inggris yang tampil bersinar untuk Dortmund di Bundesliga. Bellingham, yang biasa bermain sebagai gelandang tengah ini merasa bisa lebih fokus berkembang di Jerman karena jauh dari sorotan media Inggris.

 

5 Gol dan 4 Assist

Jude Bellingham bermain gemilang bersama Birmingham City musim ini di Divisi Championship. Dia membuat 35 penampilan di Championship, mencetak lima gol dan memberikan empat assist.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Nadya Arina saat Liburan, Tampil Modis

Posted: 03 Jul 2020 03:00 AM PDT

Wanita yang mulai aktif di dunia hiburan sejak 2014 ini kerap membagikan momen liburannya di Instagram. Penampilannya saat berlibur itu berhasil mencuri perhatian. Nadya Arina selalu tampil modis di berbagai kesempatan. (Liputan6.com/IG/@nadyaarina)
Wanita yang mulai aktif di dunia hiburan sejak 2014 ini kerap membagikan momen liburannya di Instagram. Penampilannya saat berlibur itu berhasil mencuri perhatian. Nadya Arina selalu tampil modis di berbagai kesempatan. (Liputan6.com/IG/@nadyaarina)

Wanita yang mulai aktif di dunia hiburan sejak 2014 ini kerap membagikan momen liburannya di Instagram. Penampilannya saat berlibur itu berhasil mencuri perhatian. Nadya Arina selalu tampil modis di berbagai kesempatan. (Liputan6.com/IG/@nadyaarina)

Saat berlibur, wanita kelahiran 15 Oktober 1997 ini sering tampil dengan gaya kasual. Kali ini ia tampil kece dengan atasan motif garis-garis berwarna kuning mustard dan putih. Celana yang dikenakannya pun senada dengan warna bajunya. (Liputan6.com/IG/@nadyaarina)
Saat berlibur, wanita kelahiran 15 Oktober 1997 ini sering tampil dengan gaya kasual. Kali ini ia tampil kece dengan atasan motif garis-garis berwarna kuning mustard dan putih. Celana yang dikenakannya pun senada dengan warna bajunya. (Liputan6.com/IG/@nadyaarina)

Saat berlibur, wanita kelahiran 15 Oktober 1997 ini sering tampil dengan gaya kasual. Kali ini ia tampil kece dengan atasan motif garis-garis berwarna kuning mustard dan putih. Celana yang dikenakannya pun senada dengan warna bajunya. (Liputan6.com/IG/@nadyaarina)

Berlibur merupakan momen santai untuk melepas penat. Nadya Arina kali ini memilih tampil dengan gaya simpel. Kaus berwarna coklat ia padukan dengan celana jeans. Tak hanya itu, ia terlihat santai dengan sandal jepit. (Liputan6.com/IG/@nadyaarina)
Berlibur merupakan momen santai untuk melepas penat. Nadya Arina kali ini memilih tampil dengan gaya simpel. Kaus berwarna coklat ia padukan dengan celana jeans. Tak hanya itu, ia terlihat santai dengan sandal jepit. (Liputan6.com/IG/@nadyaarina)

Berlibur merupakan momen santai untuk melepas penat. Nadya Arina kali ini memilih tampil dengan gaya simpel. Kaus berwarna coklat ia padukan dengan celana jeans. Tak hanya itu, ia terlihat santai dengan sandal jepit. (Liputan6.com/IG/@nadyaarina)

Di beberapa kesempatan, pesinetron cantik ini memang kerap tampil modis. Gaya penampilannya saat berlibur terlihat kece. Nadya Arina memilih sweater biru yang dipadukan dengan celana jeans. Topi yang dipakai pun menambah penampilannya terlihat keren. (Liputan6.com/IG/@nadyaarina)
Di beberapa kesempatan, pesinetron cantik ini memang kerap tampil modis. Gaya penampilannya saat berlibur terlihat kece. Nadya Arina memilih sweater biru yang dipadukan dengan celana jeans. Topi yang dipakai pun menambah penampilannya terlihat keren. (Liputan6.com/IG/@nadyaarina)

Di beberapa kesempatan, pesinetron cantik ini memang kerap tampil modis. Gaya penampilannya saat berlibur terlihat kece. Nadya Arina memilih sweater biru yang dipadukan dengan celana jeans. Topi yang dipakai pun menambah penampilannya terlihat keren. (Liputan6.com/IG/@nadyaarina)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kereta Api Rute Jakarta-Surabaya Kembali Beroperasi di Daop 7 Madiun

Posted: 03 Jul 2020 03:00 AM PDT

Liputan6.com, Surabaya PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun kembali membuka rute perjalanan dari Jakarta ke Surabaya dengan mengoperasikan lagi KA Turangga relasi Surabaya Gubeng–Bandung–Gambir PP mulai Jumat (3/7/2020). Beroperasinya KA Turangga sebagai komitmen KAI untuk melayani masyarakat yang ingin bepergian keluar kota menggunakan kereta api.

"Karena tingginya minat dan antusiasme masyarakat untuk bepergian dengan kereta api pada era normal baru ini, PT KAI kembali menjalankan KA Turangga," ujar Ixfan Hendriwintoko, Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (3/7/2020).

KA Turangga akan beroperasi saat akhir pekan saja, yaitu pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Biasanya pada hari-hari itu terjadi peningkatan jumlah penumpang. KAI Daop 7 Madiun telah melayani sebanyak 3.682 penumpang kereta api jarak jauh sejak 12 Juni hingga 1 Juli 2020.

Sedangkan untuk pengguna KA lokal pada periode yang sama mencapai 18.421 orang. Penumpang yang akan naik kereta api jarak jauh tetap diharuskan menunjukkan surat bebas Covid-19 yang masih berlaku pada saat boarding sesuai SE Gugus Tugas Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020.

KAI Daop 7 Madiun juga suda menolak 579 penumpang karena tidak memenuhi persyaratan. Secara umum, KAI mengharuskan seluruh penumpang kereta api dalam kondisi sehat, yakni memiliki suhu tubuh tidak lebih dari 37,3 derajat Celsius serta memakai pakaian lengan panjang, atau jaket saat berada di area stasiun dan di dalam kereta api.

Selain itu setiap individu yang melaksanakan perjalanan tetap wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, jaga jarak, sering mencuci tangan, dan wajib memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) khusus calon penumpang yang ke Jakarta.

Dengan beroperasinya KA Turangga, otomatis jumlah perjalanan KA juga bertambah. Sebelumnya, Daop 7 Madiun telah melayani sejumlah KA jarak jauh, yakni KA Kahuripan, Sri Tanjung, dan Ranggajati.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Tahun Menikah, Tyas Mirasih Ogah Ikut Program Bayi Tabung?

Posted: 03 Jul 2020 03:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Biduk rumah tangga Tyas Mirasih dan Raden Soedjono sudah berjalan tiga tahun. Selama itu juga, keduanya belum memiliki momongan.

Dan Tyas Mirasih belum mau mengikuti jejak selebritas lainnya untuk menjalani program bayi tabung.

Bukan tak ada tawaran yang datang padanya. Itu diungkapkan Tyas Mirasih, di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (2/7/2020).

 

Ingin Normal

"Ya menjalani kegiatan sebenernya kalau syuting dari kemarin masih ada. Alhamdulillah, kemarin juga bulan puasa aku dapet reguler sahur. Cuma itu lah kita tetap melakukan protokol-protokol yang sesuai prosedurnya," ujar Tyas seperti melansir dari Liputan6.com. (Instagram/tyasmirasih)

Tyas Mirasih mengaku ingin memiliki anak. Namun bukan dari program bayi tabung.

"Udah ada penawaran sih. Sudah ada yang menawarkan untuk bayi tabung, cuma aku sama suami penginnya dikasih (anak) dengan proses normal dan alami. Sampai saat ini masih santai dan enggak ngoyo banget karena masih ada pekerjaan masing-masing," ujarnya.

 

Tak Bisa Diam

Bukan tanpa alasan Tyas Mirasih belum ingin menjalani program bayi tabung.

"Ya seiring berjalannya waktu aja. Belum planning. Kalau bayi tabung harus banyak istirahat, sebulan pertama enggak bisa ngapa-ngapain. Sementara aku dan suami tuh enggak bisa diem kan masih kayak ya udah berdoa aja dikasih yang normal. Kalau nanti waktunya udah siap dan belum dikasih (anak) juga secara alami, mau mencoba (bayi tabung)," ujar Tyas.

 

Nikmati Waktu Berdua

Lebih lanjut, Tyas mengatakan ia dan suaminya masih menikmati waktu berdua. Terlebih lagi ada lima anggota keluarga lainnya yang selalu menemaninya di rumah.

"Bertujuh, kan ada kucing aku 5," ucapnya. (Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rekaman Meteor Melintas di Langit Jepang

Posted: 03 Jul 2020 03:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah meteor melintasi langit Jepang, pada dini hari waktu setempat (2/7). Saksi mata sebut ada suara ledakan dan kilatan di langit sebelum meteor berbentuk bola api itu melintas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Yakin Vaksin Virus Corona COVID-19 Bisa Segera Luncurkan

Posted: 03 Jul 2020 02:52 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Amerika Serikat (AS) akan segera meluncurkan vaksin untuk Virus Corona COVID-19. Begitu optimisme yang dilontarkan presiden Negeri Paman Sam itu, Donald Trump.

Dalam pernyataannya, ia menyebut setidaknya ada tiga kandidat vaksin Virus Corona yang dinilai cukup baik sejauh ini, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (3/7/2020).

"Tiga benar-benar terlihat sangat bagus," kata Trump di sebuah acara di Gedung Putih, tanpa memberikan perincian lebih lanjut. "Kami pikir kami akan segera memilikinya."

Direktur Institut Kesehatan Nasional AS Dr Francis Collins mengatakan, sebelumnya pada hari Kamis bahwa ia optimis program akselerasi vaksin administrasi Trump "Operation Warp Speed" akan menghasilkan vaksin yang aman dan efektif untuk corona COVID-19 pada akhir tahun dan dapat memenuhi target membuat 300 juta dosis pada awal 2021.

 

Satu Juta Alat

Berbicara pada sidang Senat AS, Collins mengatakan Amerika Serikat punya tujuan untuk memiliki satu juta alat tes COVID-19 per hari untuk September 2020.

Sehingga, kemungkinan untuk melakukan pembukaan kembali sekolah dan acara olahraga bisa segera terealisasikan.

Jumlah infeksi Corona COVID-19 AS telah meningkat selama sepekan terakhir, dengan angka harian mencatat rekor baru beberapa kali didorong oleh wabah di Texas, California, Florida dan Arizona.

Trump Setuju Pakai Masker  

Presiden AS Donald Trump dan Ibu Negara AS Melania Trump di Air Force One di USAF Joint Base Pearl Harbor Hickam, Hawaii pada 4 November 2017, jelang keberangkatan menuju Tokyo, Jepang (Andrew Harnik/Jepang)
Presiden AS Donald Trump dan Ibu Negara AS Melania Trump di Air Force One di USAF Joint Base Pearl Harbor Hickam, Hawaii pada 4 November 2017, jelang keberangkatan menuju Tokyo, Jepang (Andrew Harnik/Jepang)

Setelah berbulan-bulan ogah memakai masker, Presiden Amerika Serikat Donald Trump akhirnya setuju untuk mengenakannya. Keputusan ini diambil ketika kasus Virus Corona (COVID-19) di negaranya mendadak kembali melonjak.

Dilansir CNBC, Presiden Trump mulai mengaku suka memakai masker. Tetapi, ia belum mau mewajibkan masker di seluruh wilayah AS. Ia beralasan ada daerah yang bisa menerapkan jaga jarak.

"Saya mendukung masker. Saya berpikir masker itu bagus," ujar Donald Trump yang mengaku dirinya mirip pahlawan bertopeng Lone Ranger saat pakai masker.

Semua Orang Harus Tes

Dalam wawancara bersama Fox Business itu, Donald Trump berkata dirinya biasanya tidak perlu memakai masker karena jarang berkerumun. Selain itu, ia mengungkap semua orang yang bertemu dengannya harus tes Virus Corona COVID-19 lebih dahulu.

Pakar kesehatan menyebut pemakaian masker bisa mencegah penularan Virus Corona COVID-19. Analis Goldman Sachs juga berkata masker bisa menjadi alternatif ketimbang lockdown nasional yang bisa melemahkan ekonomi negara.

Meski kasus di AS sedang melonjak, Trump mengaku menangani Virus Corona COVID-19 dengan baik. Ia pun mengklaim virusnya pasti akan hilang.

"Saya berpikir suatu saat (virusnya) akan menghilang, saya harap," kata Trump. "Saya berpikir kita akan segera mendapat vaksin juga," tambahnya.

Susah Pakai Masker

Sebelumnya, Presiden Trump diketahui susah mengenakan masker. Ia sempat bermasker pada Mei lalu ketika mengunjungi pabrik Ford, namun seringkali ogah memakai masker.

Tindakan Donald Trump berbeda dari anggota gugus tugas Virus Corona COVID-19 di Gedung Putih, seperti Dr. Anthony Fauci dan Dr. Deborah Birx, yang kerap memakai masker.

(Teddy Tri Setio Berty)

Saksikan Video Donald Trump di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuplikan Real Madrid Susah Payah Kalahkan Getafe

Posted: 03 Jul 2020 02:45 AM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid dipaksa kerja keras oleh Getafe untuk memenangkan laga pekan ke-33 Liga Spanyol. Los Blancos menang 1-0 melalui gol penalti Sergio Ramos pada menit ke-79 di Estadio Alfredo di Stefano, Jumat (3/7/2020) dini hari WIB.

Ini adalah kemenangan keenam Real Madrid secara beruntun. Selain itu, hasil ini juga membuat skuat racikan Zinedine Zidane menambah selisih poin atas rival terdekat sekaligus juara bertahan Barcelona.

Real Madrid sekarang mengantongi 74 poin dari 33 pertandingan. Dengan lima laga sisa, Los Blancos unggul empat poin atas Barcelona

Real Madrid selanjutnya menghadapi Athletic Bilbao, Minggu (5/7/2020). Sedangkan Barcelona bersua Villarreal di hari yang sama.

Saksikan cuplikan video Real Madrid kontra Espanyol di halaman berikutnya.

 

Cuplikan Video

Jadwal Liga Spanyol

Sabtu 4 Juli 2020

22.00 WIB, Celta Vigo vs Real Betis

 

Minggu 5 Juli 2020

00.30 WIB, Real Valladolid vs Deportivo Alaves

03.00 WIB, Granada vs Valencia

19.00 WIB, Athletic Bilbao vs Real Madrid

22.00 WIB, Espanyol vs Leganes

00.30 WIB, Osasuna vs Getafe

03.00 WIB, Villarreal vs Barcelona

Klasemen Liga Spanyol

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertumbuhan Investor Retail Pasar Saham Indonesia Terdongkrak Kebijakan WFH

Posted: 03 Jul 2020 02:45 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mengeluarkan kebijakan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah untuk menghambat penyebaran virus Corona. Kebijakan ini ternyata berdampak positif di pasar saham Indonesia. 

Direktur Utama PT Danareksa Sekuritas, Friderica Widyasari Dewi mengatakan, kondisi WFH membawa fenomena baru di perdagangan saham Indonesia. Di mana pertumbuhan investor retail domestik terus naik. Sebab, pemilik dana memiliki waktu yang cukup banyak untuk mengamati saham-saham apa saja yang bisa dibeli setiap harinya.

"Dengan ada WFH aktivitas investor retail domestik ini meningkat. Mungkin karena mereka ada di rumah punya banyak waktu jadi ngulik saham-saham apa yang bisa dibeli," ujar Frederica dalam diskusi online, Jakarta, Jumat (3/7/2020).

Frederica mengatakan, beberapa perusahaan yang melakukan pencatatan awal di bursa efek Indonesia sempat mendapat cibiran tidak akan dilirik oleh pasar saham. Namun kenyataannya, masyarakat tertarik melakukan pembelian karena memiliki waktu yang relatif panjang untuk menimbang segala keputusan.

"Kalau tadinya mungkin ngantor nggak punya waktu, ini di rumah tidak dilihatin bos jadi aktif. Ini sangat membantu market kita. Ada perusahaan nekat IPO mereka dibantu oleh keberadaan investor domestik. Ini juga menjadi tujuan beberapa negara untuk meningkatkan partisipasi," jelasnya.

Dengan adanya salah satu hal positif ini, dia percaya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ke depan mampu rebound setelah sempat menyentuh angka 3.900. Kondisi pemulihan tersebut juga tergantung kebijakan pemerintah.

"Kita melihat seperti itu, yang penting bagaimana efektivitas dari program program pemerintah yang ada dan bagaimana di lapangan itu sangat mempengaruhi kondisi pasar saham," tandasnya.

 

 

Anggun P. Situmorang

Merdeka.com

Gerak Saham Hari Ini

Pengunjung melintas dilayar pergerakan saham di BEI, Jakarta, Senin (30/12/2019). Pada penutupan IHSG 2019 ditutup melemah cukup signifikan 29,78 (0,47%) ke posisi 6.194.50. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung melintas dilayar pergerakan saham di BEI, Jakarta, Senin (30/12/2019). Pada penutupan IHSG 2019 ditutup melemah cukup signifikan 29,78 (0,47%) ke posisi 6.194.50. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali menguat pada penutupan perdagangan jelang akhir pekan ini. Investor asing jual saham Rp 108,25 miliar di pasar regular. 

Pada penutupan perdagangan saham, Jumat (3/7/2020), IHSG ditutup naik 7,01 poin atau 0,14 persen ke posisi 4.973,79. Sementara itu, indeks saham LQ45 naik 1,37 persen ke posisi 769,81.

Selama perdagangan, IHSG berada di posisi tertinggi pada level 4.997,48 dan terendah 4.964,10.

Sebanyak 176 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Sementara 222 saham melemah dan 172 saham diam di tempat. 

Transaksi perdagangan saham cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham 611.818 kali dengan volume perdagangan 6,9 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 6,1 triliun.

Investor asing jual saham Rp 108,25 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.550.

Dari 10 sektor pembentuk IHSG, empat sektor berada di zona merah, antara lain sektor konstruksi yang turun 1,56 persen, sektor aneka industri turun 0,36 persen, sektor perkebunan turun 0,32 persen dan sektor keuangan turun 0,23 persen.

Sedangkan sektor yang menguat dipimpin oleh pertambangan yang naik 2,07 persen. Kemudian diikuti sektor industri dasar yang naik 1,80 persen dan sektor manufaktur yang naik 0,52 persen.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Positif Corona di RI Tembus 60 Ribu, Ini 6 Provinsi Nol Kasus Baru Per 3 Juli

Posted: 03 Jul 2020 02:45 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan kasus positif virus corona di Indonesia per Jumat (3/7/2020) pukul 12.00 WIB tembus 60.695 orang setelah ada penambahan harian sebanyak 1.301.

Kendati, Yurianto menuturkan, terdapat 16 provinsi dari total 34 provinsi di Indonesia yang melaporkan penambahan kasus positif corona Covid-19 di bawah 10 orang. Enam provinsi di antaranya bahkan tidak melaporkan penambahan kasus positif baru atau nol kasus.

"Dari 34 provinsi, ada 16 provinsi yang hari ini melaporkan tambahan kasus di bawah 10. Enam provinsi yang hari ini tidak melaporkan ada penambahan kasus," kata Yurianto dalam video conference, Jumat sore.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, enam provinsi yang hari ini nihil penambahan kasus positif corona yakni, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Lampung, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sementara itu, penambahan kasus tertinggi terjadi di Jawa Timur yakni 353 orang sehingga totalnya menjadi 13.048 pasien positif corona.

Di luar Pulau Jawa, penambahan kasus tertinggi ditemukan di Sulawesi Selatan sebanyak 180. Adapun penambahan kasus baru positif corona di DKI Jakarta yaitu 140, sehigga totalnya menjadi 11.961 orang.

 

Kasus Sembuh dan Meninggal

Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur (Foto: Dok Pemkot Surabaya)
Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur (Foto: Dok Pemkot Surabaya)

Secara keseluruhan, Yurianto mengumumkan bahwa hari ini kasus positif corona bertambah 1.301. Sehingga, total pasien yang dikonfirmasi terinfeksi virus corona mencapai 60.695 orang.

Penambahan 1.301 kasus baru ini didapat dari hasil pemeriksaan 22.281 spesimen terkait virus corona. Yurianto menyebut saat ini ada 38.767 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 13.609 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) corona.

Sedangkan, pasien yang sudah sembuh bertambah 901 orang. Mereka dinyatakan dua kali negatif virus corona setelah menjalani dua kali pemeriksaan melalui metode polymerase chain reaction (PCR). Total pasien yang sudah sembuh saat ini yakni, 27.568 orang.

Namun, masih ada pasien yang meninggal akibat terinfeksi virus tersebut. Jumlah pasien meninggal bertambah 49, sehingga totalnya menjadi 3.036 orang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mina Eks AOA Unggah Foto Tangan Penuh Bekas Luka, Tuding Jimin Pelaku Bullying

Posted: 03 Jul 2020 02:40 AM PDT

Liputan6.com, Seoul - Tak lama setelah Kwon Mina eks AOA mengeluarkan pengakuan mengenai perundungan atau bullying pada Jumat (3/7/2020), sebuah unggahan dibagikan di akun Instagram Jimin.

Dilansir dari Allkpop, leader AOA tersebut mengunggah sebuah layar hitam yang hanya memuat satu kata, "Fiksi." Unggahan tersebut tak bertahan lama dan kini telah dihapus.

Banyak warganet yang berspekulasi bahwa ini adalah reaksi Jimin terhadap pengakuan Mina eks AOA. Apalagi, dalam unggahannya Mina menulis sang pelaku bullying beberapa waktu lalu kehilangan ayahnya. Sementara ayah Jimin AOA meninggal dunia pada 3 April lalu.

 

Fiksi? Terlalu Mengerikan

Jimin AOA (Instagram/jiminbaby_18 - https://www.instagram.com/p/BpZmplUh0-m/_
Jimin AOA (Instagram/jiminbaby_18 - https://www.instagram.com/p/BpZmplUh0-m/_

Tak lama setelah unggahan Jimin, Mina dengan terang-terangan mengungkapkan bahwa leader AOA tersebut adalah sang pelaku bullying.

"Fiksi? Mengatakan ini adalah fiksi terlalu mengerikan," kata dia.

Bekas Luka

Unggahan Mina eks AOA. (Instagram/ kvwowv)
Unggahan Mina eks AOA. (Instagram/ kvwowv)

Ia juga mengunggah foto pergelangan tangan yang bagian nadinya penuh luka akibat senjata tajam.

"Unnie (sebutan untuk perempuan yang lebih tua), aku melalui perawatan bekas luka sebanyak 3-4 kali dan bekas lukanya menjadi makin samar. Tapi Unnie, ingatan tak akan pergi, setiap hari akun makin gila," kata Mina, seperti diwartakan Allkpop.

 

Permintaan Mina

Mina eks AOA. (Instagram/ kvwowv)
Mina eks AOA. (Instagram/ kvwowv)

Wanita 26 tahun ini mengatakan tak punya akses untuk melakukan tuntutan. "Jimin unnie, hukum apa? Tuntutan apa? Aku tak bisa melakukannya karena tak punya uang," tuturnya.

Mina menyebut dirinya juga tak punya keinginan menuntut ganti rugi atas tekanan mental yang ia terima.

"Aku hanya merasa tak adil diriku rusak karenamu, Unnie. Aku sakit, dan melewati masa sulit. Yang aku mau, kamu datang ke hadapanku dan mengakui kesalahanmu," tuturnya.

Menyiksa

Mina menyebut kejadian bullying selama 10 tahun ini meninggalkan trauma mendalam bagi dirinya.

"Unnie, kamu merundungku, dan hidupmu baik-baik saja. Untukku, membuka mata setiap harinya begitu menyiksa, tapi aku harus menghidupi keluargaku. Tolong akui ini dan minta maaf kepadaku," tutur Mina.

Sementara itu, hingga artikel ini ditulis belum ada jawaban apa pun dari agensi yang menaungi AOA, FNC Entertainment.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demo Protes PPDB DKI Berlanjut hingga ke Istana, Ini Tuntutannya

Posted: 03 Jul 2020 02:39 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aksi protes oleh puluhan massa terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020/2021 berlanjut di Taman Aspirasi Silang Monas depan Istana Merdeka Jakarta, Jumat (3/7/2020.

Massa yang menamakan dirinya Relawan PPDB DKI 2020 ini sebagian besar adalah para wali murid yang putra putrinya tidak diterima di sekolah negeri karena sistem PPDB 2020/2021 yang dianggap menyulitkan.

Dilansir dari Antara, puluhan massa aksi mulai berkumpul di Taman Aspirasi Silang Monas pukul 13.00 WIB, mereka didominasi para ibu-ibu dan juga kaum bapak.

Sebelumnya, para wali murid itu melakukan aksi unjuk rasa di kantor Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta Pusat pada Selasa pagi 30 Juni 2020 pukul 10.00 WIB hingga hingga pukul 13.00.WIB.

Namun, tak satu pun perwakilan dari Pemprov DKI yang menemui ibu-ibu wali murid itu dan bahkan perwakilannya pun dilarang untuk bertemu gubernur.

Menurut Rudi S, koordinator lapangan, sudah keempat kalinya mereka melakukan aksi protes ditujukan ke Gubernur DKI, Wakil Gubernur, DPRD DKI hingga Komisi X DPR RI, namun apa yang menjadi aspirasi mereka tentang PPDB tidak membuahkan hasil.

"Hari ini kami mengadu kepada presiden, pemimpin kita agar apa yang suarakan ini bisa didengar," kata Rudi.

Tuntutan

Rudi mengatakan tuntutan mereka hanya satu yakni batalkan PPDB DKI Jakarta, bukan direvisi atau diperpanjang.

"Dari awal tuntutan kami, batalkan PPDB DKI," kata Rudi.

Massa membawa spanduk dan poster-poster berisi tuntutan seperti batalkan PPDB DKI, tolak sistem zonasi, dan hapus parameter usia dalam jalur zonasi.

Sementara itu, petugas keamanan dari kepolisian tampak berjaga-jaga di sekitar lokasi, begitu juga petugas Dinas Perhubungan yang mengatur kelancaran arus lalu lintas di sekitar Jalan Medan Merdeka Barat dan Medan Merdeka Utara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Corona COVID-19 di Jawa Timur Tembus 13.000 Orang

Posted: 03 Jul 2020 02:34 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jawa Timur mencatatkan tambahan kasus baru Corona COVID-19 terbanyak di Indonesia pada Jumat, 3 Juli 2020. Bahkan tambahan kasus baru Corona COVID-19 sebanyak 353 orang mendorong total pasien positif Corona COVID-19 menembus angka 13.000 di Jawa Timur.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia, Achmad Yurianto menuturkan,  jumlah pengujian spesimen mencapai 22.281 spesimen.

Dengan demikian, total spesimen yang sudah diperiksa mencapai 871.436 spesimen. Yurianto mengatakan, dari pemeriksaan spesimen tersebut, pihaknya mendapatkan kasus konfirmasi positif Corona COVID-19 sebanyak 1.301 orang sehingga total 60.695 orang.

"Distribusi penambahan kasus ini Jawa Timur melaporkan 353 orang dan kemudian melaporkan sembuh 247 orang," ujar Yurianto dalam konferensi pers, Jumat (3/7/2020).

Berdasarkan laporan media harian COVID-19 pada 3 Juli 2020 pukul 12.00 WIB, tambahan kasus baru Corona COVID-19 sebanyak 353 orang di Jawa Timur sehingga total pasien positif Corona COVID-19 mencapai 13.408 orang. Pasien sembuh bertambah 247 orang sehingga total menjadi 4.638 orang. Di satu sisi, pasien meninggal karena Corona COVID-19 bertambah 21 orang menjadi 969 orang.

Selain itu, kasus Corona COVID-19 terbanyak lainnya di Sulawesi Selatan sebanyak 180 orang dan 41 kasus sembuh. DKI Jakarta mencatat 140 kasus baru terkonfirmasi positif Corona COVID-19 dan sembuh mencapai 238 orang. Jawa Tengah melaporkan 134 kasus baru dan 50 pasien sembuh dari Corona COVID-19, Kalimantan Selatan mencatat 110 kasus terkonfirmasi positif dan 28 sembuh.

Yurianto menuturkan, kasus baru Corona COVID-19 tersebut karena tracing atau pelacakan semakin agresif dilakukan dinas kesehatan daerah. Kemudian tes masif dari tracing yang didapatkan dengan tes real time polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM).

"Karena kasus konfirmasi positif yang masuk registrasi untuk pengamatan epidemiologi dunia bukan rapid test. Rapid test sebagai tuntunan untuk lakukan tracing dan lihat deteksi dini bagi pekerja migran sebelum melaksanakan real time PCR, ini upaya untuk tegakkan diagnosa," kata dia.

Selain itu, ia menambahkan, 16 provinsi mencatatkan kasus di bawah 10 dan enam provinsi melaporkan tidak ada penambahan kasus.

Pasien Sembuh dari Corona COVID-19

Petugas kepolisian India berdiri disamping grafiti yang mengilustrasikan virus  corona di Bangalore (3/4/2020). Grafiti tersebut dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mematuhi lockdown yang diberlakukan pemerintah India  sebagai langkah pencegahan COVID-19. (Xinhua/Stringer)
Petugas kepolisian India berdiri disamping grafiti yang mengilustrasikan virus corona di Bangalore (3/4/2020). Grafiti tersebut dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mematuhi lockdown yang diberlakukan pemerintah India sebagai langkah pencegahan COVID-19. (Xinhua/Stringer)

Ia mengatakan, beberapa provinsi juga melaporkan pasien sembuh lebih banyak antara lain di NTB mencatat kasus sebanyak 23 kasus baru dan 25 sembuh, Banten melaporkan 21 kasus baru dan 54 sembuh.

Kemudian Maluku melaporkan tujuh kasus dan sembilan sembuh, Riau mencatat empat kasus baru dan 12 sembuh, Kepulauan Riau melaporkan kasus positif COVID-19 sebanyak tiga kasus dan empat sembuh.

Selain itu, Kalimantan Barat tak ada kasus baru dan enam sembuh, Kalimantan Utara tak ada penambahan kasus dan enam sembuh, Sulawesi Tengah melaporkan tidak ada penambahan kasus dan satu sembuh.

"Total sembuh 901 orang sehingga akumulasi 27.568. Kalau kita perhatikan persentase nasional di kisaran 42 persen dan kemudian perhatikan sudah lebih 13 provinsi yang memiliki persentase sembuh di atas 70 persen. Angka ini pasti akan naik, proses sembuh ini membutuhkan waktu," tutur dia.

Yurianto menambahkan, ada 435 kabupaten/kota di 34 provinsi sudah terdampak COVID-19. Sementara itu, total orang dalam pantauan (ODP) sebanyak 38.767 dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 13.609.

Yurianto juga kembali mengingatkan untuk melakukan aktivitas produktif dengan mematuhi protokol kesehatan. Protokol kesehatan itu mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Hal ini juga agar tidak menularkan kepada anggota keluarga.

"Ingat kita harus kembali produktif dengan ke depankan aman," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Bersyukur Bank Dunia Naikkan Status Indonesia Jadi Negara Menengah ke Atas

Posted: 03 Jul 2020 02:33 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, Bank Dunia telah menaikkan status Indonesia menjadi upper middle income country atau negara berpenghasilan menengah ke atas. Menurut dia, kenaikan status tersebut perlu disyukuri.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan secara virtual dalam Sidang Terbuka Peringatan 100 Tahun Institut Teknologi Bandung (ITB), Jumat (3/7/2020).

"Status Indonesia telah naik dari lower middle income country (negara berpenghasilan mengengah ke bawah) menjadi upper middle income country," kata Jokowi.

"Kenaikan status ini harus kita syukuri," sambung dia.

Dia menuturkan, Gross National Income per kapita Indonesia naik menjadi USD 4.050 dari posisi sebelumnya yakni, USD 3.840. Jokowi meminta agar kenaikan status tersebut dijadikan sebuah peluang agar Indonesia lebih maju.

"Kita perlakukan sebagai sebuah peluang agar negara kita Indonesia bisa terus maju melakukan lompatan kemajuan agar kita berhasil menjadi negara berpenghasilan tinggi dan berhasil keluar dari middle income trap," tutur Jokowi.

 

Ajakan Jokowi

Untuk itu, dia mengajak keluarga besar ITB untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul yang dapat memajukan Indonesia. Terlebih, ITB merupakan institut pendidikan teknik tertua di tanah air.

Jokowi menyebut banyak tokoh bangsa yang menimba ilmu dan kepemimpinan di ITB seperti, Presiden Soekarno yang merupakan proklamator. Kemudian, Presiden ketiga RI BJ Habibie yang dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia.

"Kontribusi ITB ditunggu oleh seluruh anak bangsa. Tunjukkan prestasi akademisi dan peneliti kita. Tunjukkan sumber daya IPTEK dan inovasi karya bangsa kita kepada dunia. Buktikan kontribusi ITB untuk kesejahteraan rakyat dan kemajuan Indonesia tercinta," tutur Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terobos Lampu Lalu Lintas, Gerombolan Pesepeda Jadi Sorotan

Posted: 03 Jul 2020 02:33 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda menjadi salah satu alat transportasi andalan bagi masyarakat di tengah Pandemi Corona Covid-19 yang terjadi saat ini. Dinilai lebih sehat, aktivitas yang melibatkan pesepeda tak jarang viral di media sosial.

Salah satu yang menarik perhatian dibagikan akun Instagram @newdramaojol.id. Dalam video tersebut terlihat, puluhan pesepeda menerobos lampu lalu lintas dan meminta pengguna jalan lain berhenti.

Aksi tak terpuji ini tentu mendapat banyak perhatian. Tak hanya dari pengguna jalan yang terlibat, warganet yang melihat hal tersebut juga memberikan komentar negatif.

Salah satunya datang dari akun Instagram @dianfitrianingsih09. "Sebagian besar yang pake sepedah ga mematuhi rambu lalu lintas," tulisnya.

"Penguasa baru jalanan, skrg hampir tiap hari ketemu pesepeda kayak gini.. ada fenomena baru jalan raya," tulis @abim1908.

"Hormatilah sesama pengguna jalan untuk terciptanya ketertiban, kelancaran, serta mengurangi angka kecelakaan di jalan," tulis @alfaqir_93.

Saksikan Videonya di Bawah Ini

Tren Baru, Balap Liar Pakai Sepeda di Jalan Raya

 Sepeda kini menjadi alat transportasi pilihan bagi masyarakat yang ingin bepergian sekaligus berolah raga. Tak hanya di jalan raya, sepeda pun digunakan di medan berat seperti hutan atau pegunungan.

Pada video yang diunggah oleh akun Instagram @fakta.indo menunjukkan sesuatu yang lain. Mereka melakukan balapan sepeda layaknya sepeda motor balapan di jalan raya.

 

"Balap liar zaman now kini berganti haluan jadi sepeda mengikuti tren terkini." begitu keterangan video.

Dalam video terlihat ada dua pesepeda yang ikut dalam adu cepat itu. Sementara di kanan dan kiri serta belakang dua pesepada ramai oleh penonton.

Mereka pun turut berteriak menambah keseruan balap sepeda itu. Meski seharusnya kerumunan itu tak boleh ada di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) karena protokol kesehatan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Beri Respons Tegas Terkait Tawaran Menggiurkan Negara Barat ke Warga Hong Kong

Posted: 03 Jul 2020 02:31 AM PDT

Liputan6.com, Beijing - Negara-negara Barat kini sedang bergerak untuk menawarkan perlindungan bagi jutaan warga Hong Kong setelah Beijing mengeluarkan undang-undang keamanan yang dirancang untuk mencegah aksi protes masyarakat.

Mengutip Channel News Asia, Jumat (3/7/2020), Inggris memimpin sekutu dalam menawarkan hampir setengah dari 7,5 juta penduduk kota jalur potensial untuk mendapatkan status kewarganegaraan Inggris. Ditambah lagi, terdapat indikasi kuat bahwa Australia, Kanada, Selandia Baru dan Amerika Serikat juga dapat menawarkan beberapa bentuk suaka.

Dalam tantangan langsung ke China, anggota yang disebut aliansi Five Eyes telah membingkai tindakan itu sebagai keharusan moral sebagai upaya untuk membantu warga Hong Kong lolos dari cengkeraman hukum. 

Berbicara di parlemen, sekretaris luar negeri Dominic Raab mengatakan Inggris memiliki tugas untuk merawat penduduk koloni yang diserahkannya kembali ke China pada tahun 1997.

Dia mengatakan negara itu akan mengizinkan siapa pun dengan status British National (Overseas) (BNO) - dan tanggungan mereka - untuk datang ke Inggris dan akhirnya menerima kewarganegaraan. Ketentuan tersebut diperkirakan akan berlaku bagi lebih dari 3 juta penduduk Hong Kong.

Tawaran dari Negara Barat

Para pengunjuk rasa yang menentang Undang-Undang Keamanan Nasional berbaris pada hari peringatan penyerahan Hong Kong ke China dari Inggris di Hong Kong, Rabu (1/7/2020). Unjuk rasa berlangsung sehari setelah pemberlakuan Undang-Undang Keamanan Nasional. (AP Photo/Vincent Yu)
Para pengunjuk rasa yang menentang Undang-Undang Keamanan Nasional berbaris pada hari peringatan penyerahan Hong Kong ke China dari Inggris di Hong Kong, Rabu (1/7/2020). Unjuk rasa berlangsung sehari setelah pemberlakuan Undang-Undang Keamanan Nasional. (AP Photo/Vincent Yu)

Di AS, sekelompok senator lintas partai terkemuka minggu ini mengusulkan undang-undang yang memberi sejumlah besar pengunjuk rasa di Hong Kong mendapat jalur cepat ke status pengungsi.

Australia memberi isyarat kuat bahwa tawaran tempat berlindung yang aman akan dibuat dalam beberapa hari mendatang sementara Kanada diam-diam muncul dalam beberapa bulan terakhir sebagai tempat perlindungan potensial dengan setidaknya 50 warga Hong Kong mengajukan permohonan suaka di sana. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris Pekan 33: Dihajar Man City, Liverpool Bidik Aston Villa

Posted: 03 Jul 2020 02:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Sang juara Liga Inggris 2019/20, Liverpool terluka. Mereka dipermalukan Manchester City 0-4 di pekan ke-32, Kamis (2/7) atau Jumat dinihari WIB.

Kini, di pekan ke-33 Liga Inggris, Liverpool dipastikan kembali berambisi untuk menebus kekalahan tersebut, saat menjamu Aston Villa di Stadion Anfield.

Selain Liverpool vs Aston Villa, salah satu duel yang menarik lainnya adalah pertarungan Manchester United (MU)  vs Bournemouth.

Pertandingan MU vs Bournemouth bakal berlangsung di Old Trafford Stadium, Sabtu (4/7/2020). Setan Merah, sebutan MU, sedang on fire setelah kembali dari masa lockdown.

Tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu tidak terkalahkan dalam empat pertandingan. Rinciannya, MU meraih tiga kemenangan dan sekali hasil imbang.

Sementara Bournemouth saat ini berada di zona degradasi. Dalam empat pertandingan terakhir, mereka menelan kekalahan.

Berikut selengkapnya jadwal Liga Inggris pekan ke-33. 

Jadwal Liga Inggris Pekan 33

Sabtu, 4 Juli 2020

18.30 WIB, Norwich City vs Brighton (Mola TV)

21.00 WIB, Leicester City vs Crystal Palace (Mola TV)

21.00 WIB, MU vs Bournemouth (Mola TV)

23.30 WIB, Wolverhampton vs Arsenal

Jadwal Liga Inggris Pekan 33

Gelandang Liverpool, Neco Williams berebut bola dengan gelandang Manchester City, Bernardo Silva  pada pertandingan lanjutan Liga Inggris  di Stadion Etihad di Manchester, Inggris (2//7/2020). City menang telak 4-0 atas Liverpool. (AFP/Pool/Laurence Griffiths)
Gelandang Liverpool, Neco Williams berebut bola dengan gelandang Manchester City, Bernardo Silva pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad di Manchester, Inggris (2//7/2020). City menang telak 4-0 atas Liverpool. (AFP/Pool/Laurence Griffiths)

Minggu, 5 Juli 2020

02.00 WIB, Chelsea vs Watford (Mola TV)

18.00 WIB, Burnley vs Sheffield United (Mola TV)

20.15 WIB, Newcastle United vs West Ham United (Mola TV)

22.30 WIB, Liverpool vs Aston Villa (Mola TV)

Klasemen Liga Inggris

Senin, 6 Juli 2020

01.00 WIB, Southampton vs Manchester City (Mola TV)

Selasa, 7 Juli 2020

02.00 WIB, Tottenham Hotspur vs Everton (Mola TV)  

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan Video Liverpool di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Huawei Nova Generasi Terbaru Siap Hadir di Indonesia

Posted: 03 Jul 2020 02:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Huawei memastikan akan membawa seri smartphone Nova generasi terbaru di Indonesia. Hal itu dipastikan setelah perusahaan asal Tiongkok itu memperkenalkan seri P40 ke pasar Tanah Air beberapa waktu lalu.

Huawei Nova sendiri merupakan salah seri yang terbilang populer sejak awal kemunculannya pada 2016 hingga saat ini. Menurut laporan, seri itu sudah memiliki lebih dari 125 juta pengguna di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

"Seri Huawei Nova baru akan segera hadir di Indonesia pada pertengahan Juli dan siap membawa seri ini ke level berikutnya," tutur Country Head Huawei Consumer Business Group Indonesia, Fisher Jiang, dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (3/7/2020).

Lebih lanjut Fisher mengatakan seri Nova, mulai dari Nova 2i, Nova 3i, dan Nova 5T, memang telah mewarnai pasar smartphone mid-range di Indonesia. Responnya pun terbilang tinggi, untuk Nova 5T masih banyak konsumen yang mencari dan berminat.

"Huawei Nova 5T merupakan King of Mid Range karena penggunaan Kirin 980 yang juga dimiliki P30 Pro. Jadi, Nova 5T merupakan pilihan tepat bagi mereka yang hendak mencari smartphone midrange, tapi dengan performa flagship," tutur Fisher.

Sementara untuk Nova terbaru yang akan diperkenalkan, Fisher mengatakan akan menggunakan teknik pemrosesan inovatif untuk menghadirkan varian warna baru. Selain itu, perangkat ini akan memiliki panel belakang 3D.

Tidak hanya soal desain, fitur kamera juga disebut akan menjadi andalan dari seri Huawei Nova terbaru ini. Meski belum ada informasi mengenai seri smartphone yang dimaksud, Huawei berencana untuk memperkenalkan smartphone ini pada 13 Juli 2020.

Huawei Boyong P40 Pro Plus dengan Kamera Ciamik, Harganya Rp 18 Jutaan

Seri Huawei P40 (screenshot via @HuaweiMobile)
Seri Huawei P40 (screenshot via @HuaweiMobile)

Sebelumnya, Huawei baru saja memperkenalkan P40 Pro di Indonesia beberapa waktu lalu, Huawei kembali memboyong flagship smartphone terbarunya, yakni Huawei P40 dan P40 Pro Plus.

Dalam acara live streaming melalui kanal YouTube, Selasa (9/6/2020), Huawei menjelaskan kebolehan kedua flagship smartphone tersebut.

P40 Pro Plus merupakan smartphone paling premium di antara keduanya. Produk ini dibanderol dengan harga Rp 18,5 jutaan. Sementara, P40 dijual dengan harga Rp 10 juta di Indonesia.

Huawei P40 Pro Plus bisa dipesan mulai 12-26 Juni 2020 dengan bonus smart eyewear Gentle Monster-Huawei dengan total nilai Rp 9,9 juta. Sementara P40 bisa dipesan 12-19 Juni 2020 dengan bonus Huawei Free Buds Lite dan Huawei Band 3e.

Deputy Country Head Huawei Consumer Business Group Indonesia, Lo Khing Seng mengatakan, Huawei P40 Pro Plus hadir sebagai smartphone dengan standar lebih tinggi.

"Teknologi fotografi di Huawei P40 Pro mengusung standar lebih tinggi, misalnya dengan kehadiran optical zoom 10x lipat dan hasilnya pun menakjubkan," kata Lo Khing Seng.

Spesifikasi Huawei P40 Pro Plus

Huawei P40 Pro Plus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Huawei P40 Pro Plus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Huawei P40 Pro megusung layar jenis Flex OLED seluas 6,58 inci dengan resolusi 2.640x1.200 piksel serta rasio aspek 19,8:9.

Perangkat ini berbasis Android 10 dengan EMUI 10, dan kinerjanya disokong chipset HiSilicon Kirin 990 5G. Perangkat ini memiliki RAM 8GB dengan memori internal 512GB.

Huawei P40 Pro didukung baterai berkapasitas 4.200mAh dengan dukungan pengisian daya cepat dan fast wireless charging yang diklaim mampu mengisi daya 70 persen dalam waktu 30 menit.

Kamera Huawei P40 Pro Plus menjadi nilai jual utama dalam perangkat ini. Terdapat 5 kamera utama yang menggunakan teknologi kamera Leica.

Kelima kamera Huawei P40 Pro Plus masing-masing memiliki sensor 40MP f/1.8 untuk ultra-wide, 50MP RYYB f/1.9 ultra vision wide, 8MP periscope f/4.4 dengan 10x optical telphoto, 8MP f/2.4 dengan 3x optical telephoto, dan ToF.

Sementara kamera depan, dilengkapi kamera 32MP dengan f/2.2. Kamera depannya bisa merekam video selfie 4K dan autofocus dengan efek bokeh.

Perangkat ini juga didukung teknologi in screen fingerprint scanner yang diklaim 30 persen lebih cepat dibandingkan milik smartphone lain. P40 juga didukung IP68 untuk ketahannya dari cipratan air.

Di Indonesia, Huawei P40 hadir dalam balutan warna ceramic white dengan bodi belakang tahan sidik jari.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ketua Komisi Yudisial Datangi KPK

Posted: 03 Jul 2020 02:30 AM PDT

Ketua Komisi Yudisial (KY), Jaja Ahmad Jayus berjalan keluar seusai pertemuan dengan pimpinan KPK di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/7/2020). Pertemuan yang berlangsung tertutup itu untuk membahas pertukaran data terkait hakim bersama pimpinan lembaga antirasuah tersebut. (merdeka.com/Imam Buhori)
Ketua Komisi Yudisial (KY), Jaja Ahmad Jayus berjalan keluar seusai pertemuan dengan pimpinan KPK di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/7/2020). Pertemuan yang berlangsung tertutup itu untuk membahas pertukaran data terkait hakim bersama pimpinan lembaga antirasuah tersebut. (merdeka.com/Imam Buhori)

Ketua Komisi Yudisial (KY), Jaja Ahmad Jayus berjalan keluar seusai pertemuan dengan pimpinan KPK di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/7/2020). Pertemuan yang berlangsung tertutup itu untuk membahas pertukaran data terkait hakim bersama pimpinan lembaga antirasuah tersebut. (merdeka.com/Imam Buhori)

Ketua Komisi Yudisial (KY), Jaja Ahmad Jayus berjalan keluar seusai pertemuan dengan pimpinan KPK di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/7/2020). Pertemuan yang berlangsung tertutup itu untuk membahas pertukaran data terkait hakim bersama pimpinan lembaga antirasuah tersebut. (merdeka.com/Imam Buhori)
Ketua Komisi Yudisial (KY), Jaja Ahmad Jayus berjalan keluar seusai pertemuan dengan pimpinan KPK di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/7/2020). Pertemuan yang berlangsung tertutup itu untuk membahas pertukaran data terkait hakim bersama pimpinan lembaga antirasuah tersebut. (merdeka.com/Imam Buhori)

Ketua Komisi Yudisial (KY), Jaja Ahmad Jayus berjalan keluar seusai pertemuan dengan pimpinan KPK di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/7/2020). Pertemuan yang berlangsung tertutup itu untuk membahas pertukaran data terkait hakim bersama pimpinan lembaga antirasuah tersebut. (merdeka.com/Imam Buhori)

Ketua Komisi Yudisial (KY), Jaja Ahmad Jayus melambaikan tangan usai pertemuan dengan pimpinan KPK di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/7/2020). Pertemuan yang berlangsung tertutup itu untuk membahas pertukaran data terkait hakim bersama pimpinan lembaga antirasuah tersebut. (merdeka.com/Imam Buhori)
Ketua Komisi Yudisial (KY), Jaja Ahmad Jayus melambaikan tangan usai pertemuan dengan pimpinan KPK di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/7/2020). Pertemuan yang berlangsung tertutup itu untuk membahas pertukaran data terkait hakim bersama pimpinan lembaga antirasuah tersebut. (merdeka.com/Imam Buhori)

Ketua Komisi Yudisial (KY), Jaja Ahmad Jayus melambaikan tangan usai pertemuan dengan pimpinan KPK di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/7/2020). Pertemuan yang berlangsung tertutup itu untuk membahas pertukaran data terkait hakim bersama pimpinan lembaga antirasuah tersebut. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PNS di Kota Tangerang Raup Setengah Miliar Rupiah dari Menipu

Posted: 03 Jul 2020 02:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang oknum pegawai negeri sipil (PNS) yang sehari-hari bekerja sebagai Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kota Tangerang menipu puluhan orang dengan modus bisa menjadikan korbannya sebagai PNS.

Dari hasil menipunya, oknum PNS itu bisa meraup uang haram hingga Rp 500 juta. "Bisa sampai Rp 500 jutaan, tapi sudah buat kebutuhan pribadi, bangun rumah, renovasi," ucap Dani Ramdani, tersangka penipuan saat dirilis di Mapolrestro Tangerang, Jumat (3/7/2020).

Untuk mencari target, Dani mendatangi satu persatu rumah calon korbannya. Dia kemudian menawarkan korbannya untuk jadi PNS di Pemkot Tangerang. Bila korbannya tertarik, tersangka akan meminta sejumlah uang secara tunai kepada korbannya.

Kapolres Metro Tangerang Kombes Sugeng Hariyanto mengatakan, jumlah korban penipuan ini sudah mencapai 27 orang. Bahkan jumlah tersebut bisa saja bertambah, sebab, penyidik masih terus mendalami adanya kemungkinan korban lain.

"Sampai saat ini ada 27 korban, tapi bisa saja bertambah. Atau uang kerugiannya yang bisa bertambah, semua masih didalami," tutur Kapolres.

Sugeng menuturkan, oknum PNS itu meminta uang kepada korbannya dengan nominal yang beragam, mulai dari Rp 10 juta, Rp 80 juta, Rp 100 juta, hingga Rp 120 juta.

"Itu korban yang menyerahkan secara cash kepada tersangka. Jadi total korban meraup sekitar Rp 600 juta," ujar Kapolres.

 

Modal Baju Dinas dan Email

Oknum PNS di Kota Tangerang raup hampir Rp 600 juta dari hasil menipu. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)
Oknum PNS di Kota Tangerang raup hampir Rp 600 juta dari hasil menipu. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Padahal, sehari-harinya, tersangka Dani Ramdani ini, hanya bekerja sebagai PNS di golongan 2c atau staf biasa. Namun, untuk meyakinkan korbannya saat akan melakukan penipuan, tersangka akan mengenakan baju dinasnya.

Selang beberapa saat setelah korban memberikan uangnya, tersangka akan memberikan email yang berisi keterangan bila korban diterima sebagai PNS. Alamat emailnya pun dibuat semirip mungkin dengan lembaga penerima kepegawaian pemerintahan.

"Makanya banyak korban yang percaya. Dan ini sudah tersangka lakukan dari 2016," kata Kapolres.

Akibat ulahnya ini, tersangka dikenakan pasal 378 atau 372 KUHP, dengan ancaman diatas 5 tahun kurungan penjara.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: