Kamis, 16 Juli 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


6 Potret Prewedding Terbaru Felicya Angelista dan Caesar Hito, Rayakan Monthversary

Posted: 16 Jul 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan selebriti Felicya Angelista dan Caesar Hito dalam waktu belakangan ini kerap mengunggah potret preweddingnya dalam media sosial Instagram. Memiliki berbagai konsep prewedding bersama dengan FD Photography, keduanya pun selalu tampil memesona.

Dalam potret prewedding, keduanya pun selalu tampil mencuri perhatian para penggemar. Seperti halnya saat ini dalam momen monthversary yang ke 7 tahun 4 bulan. Tanggal 17 setiap bulannya menjadi tanggal spesial bagi Feli dan Hito

"Another seventeen, jangan bosen2 monthversary sama aku ya poy hihi.. selamat 7thn 4 bulan tunanganku. God bless our relationship" ungkap Felicya Angelista dalam Instagramnya.

Berikut 6 potret prewedding terbaru Felicya Angelista dan Caesar Hito rayakan monthversary yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Jumat (17/7/2020).

1. Felicya Angelista dan Caesar Hito diketahui telah jalani hubungan sejak tujuh tahun lalu.

Prewedding Felicya Angelista dan Caesar Hito (Sumber: Instagram/felicyangelista_)
Prewedding Felicya Angelista dan Caesar Hito (Sumber: Instagram/felicyangelista_)

2. Selama masa pacaran hingga sekarang, keduanya memiliki banyak kenangan indah.

Prewedding Felicya Angelista dan Caesar Hito (Sumber: Instagram/  bellyiverzon)
Prewedding Felicya Angelista dan Caesar Hito (Sumber: Instagram/ bellyiverzon)

3. Sampai pada akhirnya, keduanya memutuskan tunangan dan akan segera menikah.

Prewedding Felicya Angelista dan Caesar Hito (Sumber: Instagram/felicyangelista_)
Prewedding Felicya Angelista dan Caesar Hito (Sumber: Instagram/felicyangelista_)

4. Tanggal 17 di setiap bulannya memiliki makna spesial bagi pasangan seleb muda ini.

Prewedding Felicya Angelista dan Caesar Hito (Sumber: Instagram/wiramapratama)
Prewedding Felicya Angelista dan Caesar Hito (Sumber: Instagram/wiramapratama)

5. Pasalnya, tanggal 17 merupakan hari jadi atau monthversary bagi Feli dan Hito.

Prewedding Felicya Angelista dan Caesar Hito (Sumber: Instagram/felicyangelista_)
Prewedding Felicya Angelista dan Caesar Hito (Sumber: Instagram/felicyangelista_)

6. Dalam kesempatan Monthversary, Felicya Angelista pun unggah potret prewedding terbarunya bersama Caesar Hito.

Prewedding Felicya Angelista dan Caesar Hito (Sumber: Instagram/felicyangelista_)
Prewedding Felicya Angelista dan Caesar Hito (Sumber: Instagram/felicyangelista_)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

GM FKPPI Jatim Siap Kawal Pembahasan RUU BPIP

Posted: 16 Jul 2020 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Surat Presiden Joko Widodo tentang Rancangan Undang-Undang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (RUU BPIP) telah diantarkan ke DPR RI, dan diterima Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Wakil Ketua DPR RI lainnya, Kamis 16 Juli 2020.

Agar pembahasan RUU BPIP tersebut berjalan dengan baik dan segera disahkan, Pengurus Daerah (PD) XIII Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (GM FKPPI) Jatim siap mengawal pembahasan RUU tersebut hingga tuntas.

"Kami tidak hanya menyambut baik dengan sudah diserahkannya RUU BPIP ini ke DPR RI, tapi kami sangat mengapresiasi langkah lembaga tinggi dan tertinggi negara yang merespon cepat usulan dan dukungan beberapa komponen bangsa, agar nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan, dijalankan dengan memiliki perlindungan hukum. RUU BPIP harus kita kawal bersama untuk kemudian segera disahkan," kata Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim, R Agoes Soerjanto, Jumat (17/7/2020).

Agoes menegaskan, agar RUU BPIP yang kini telah resmi dibahas di DPR RI, tidak lagi ada pihak lain yang merespons negatif dan mengalihkan fokus pembahasannya, apalagi sampai memicu pro dan kontra.

Sebab RUU BPIP secara substansi berbeda dari RUU HIP. RUU BPIP berisikan tugas, fungsi, wewenang, dan struktur Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Oleh karena itu, RUU BPIP tak lagi mengandung pasal-pasal kontroversial yang sempat ditolak publik.

Dengan RUU BPIP, lanjutnya, maka akan ada acuan hukum tegas atau legalitas. Saat ini Indonesia telah memiliki BPIP yang dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 7 Tahun 2018 oleh Presiden Joko Widodo. BPIP adalah revitalisasi dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP).

"BPIP akan semakin memiliki acuan hukum yang kuat, sistemik dan berkesinambungan dalam melaksanakan tugasnya mendoktrinasi Pancasila di segala bidang dan aspek kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa," ungkapnya.

Selanjutnya

Menurut dia, GM FKPPI yang mewakili generasi muda sangat membutuhkan RUU BPIP ini. Karena RUU BPIP adalah acuan hukum pembinaan dan pengamalan Pancasila agar bisa benar-benar dilaksanakan dan dapat terimplementasikan dalam kehidupan aktifitas sosial, serta menjadi pakem kultur masyarakat.

BPIP akan kuat, tutur Agoes, hal itu karena RUU BPIP optimistis akan disambut baik oleh semua komponen anak bangsa. Dengan ada RUU BPIP, harapanya juga akan mengatur bagaimana penanaman nilai-nilai Pancasila kembali dilakukan melalui pendidikan sejak mulai dini.

"Melalui pendidikan, Pancasila akan dipahami secara kultural, dan kedepan generasi muda akan siap menjadikan Pancasila sebagai alat pertahanan yang mujarab dalam menangkal segala gangguan dan ancaman globalisasi. Untuk itu kembali saya saya tegaskan, Pancasila jangan dipergunjingkan lagi. Pancasila adalah final," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Pengemudi Ojol di Tangerang Dites Swab Covid-19

Posted: 16 Jul 2020 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jelang pengoperasian kembali ojek online (ojol) untuk mengangkut penumpang, ratusan pengemudinya dites swab atau PCR Test terkait Covid-19 di Terminal utama Poris Plawad, Kota Tangerang, Jumat (17/7/2020).

Sedari pagi, para driver ojol dari operator Grab dan Gojek sudah memenuhi terminal tersebut untuk mengikuti tes swab Covid-19. Mereka mengantre, kemudian didata oleh petugas yang seluruhnya mengenakan APD lengkap.

Selanjutnya, peserta maju ke meja tempat tenaga medis dari Dinas Provinsi Banten duduk untuk melakukan tindakan swab test.

"Agak takut, tapi demi bisa narik penumpang lagi, ikuti saja aturannya," tutur Ahmad, salah satu driver yang masih mengantre.

Gubernur Banten Wahidin Halim mewajibkan para pengemudi ojol menjalani tes bebas Covid-19 untuk bisa beroperasi kembali di wilayahnya. Menurut Kadishub Provinsi Banten, Tri Murtopo, dalam aturan Gubernur, tes bebas Covid-19 bisa dengan cara rapid test atau swab test.

"Jadi tidak harus swab, rapid test juga bisa. Terpenting, sudah menjalani tes bebas Covid-19, persyaratan semua sudah terpenuhi, baru bisa narik penumpang lagi," ujar Tri Murtopo.

Syarat lainnya yang harus dipenuhi para driver ojol adalah diwajibkan menggunakan helm full face, mengenakan jaket atribut, menyediakan hand sanitizer dan memasang pembatas antara penumpang dan pengemudi.

"Kalau ada sekat atau pembatas antara driver dengan penumpang, yang ditakutkan penumpang menjadi pembawa virus, tidak akan menular. Begitu juga sebaliknya," tutur Tri Murtopo.

 

Target Tes 2.100 Penemudi Ojol

Driver Grab Bike membawa Grab Protect pelindung yang membatasi antara pengemudi dan penumpang di Jakarta, Selasa (9/6/2020). Grab memberikan pengamanan dengan Grab Protect bagi pengemudi yang membatasi antara driver dan penumpang untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.  (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Driver Grab Bike membawa Grab Protect pelindung yang membatasi antara pengemudi dan penumpang di Jakarta, Selasa (9/6/2020). Grab memberikan pengamanan dengan Grab Protect bagi pengemudi yang membatasi antara driver dan penumpang untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara, Tri Murtopo menargetkan, akan ada 2.100 driver ojol yang akan di-swab test. Namun, jumlah tersebut akan dibagi dalam tiga hari per wilayah di Tangerang Raya.

"Hari ini, 700 pengemudi ojol di Kota Tangerang, kemudian Senin minggu depan 700 lagi di Kabupaten Tangerang, sisanya 700 lagi di Tangsel," tuturnya.

Namun ternyata, jumlah tersebut hanya sekitar 7 persen saja dari jumlah pengemdi ojol di tiga wilayah Tangerang. Sebab, untuk Grab saja mencapai 13 ribu, lalu Gojek 17 ribu, sehingga total 28 ribu.

"Tapi pernyataan operator jumlah tersebut tidak semua aktif. Jadi anggaplah swab tes gratis ini adalah stimulan untuk operator, agar bisa melakukan tes serupa," ujar Tri Murtopo.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lihat Kylie Jenner Pamer Mi Instan, Rizky Billar: Minta Bikinin Sama Kendall Jenner

Posted: 16 Jul 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kylie Jenner, sempat membuat heboh jagat maya. Ia mengunggah semangkuk mi instan lengkap dengan telur, di Instagram Stories miliknya, Rabu (15/7/2020).

Tak ada tulisan yang disertakan dalam foto ini. Namun ada barisan emotikon wajah tersenyum yang mencecap dan menjulurkan lidah, sebagai simbol Kylie Jenner menikmati makanan ini.

Salah satu yang mengikuti jejak Kylie Jenner menikmati mi instan adalah Rizky Billar.

 

Pamer

Rizky Billar (Foto: Instagram/@rizkybillar)
Rizky Billar (Foto: Instagram/@rizkybillar)

Dalam Instagram terverifikasi miliknya, Kamis (16/7/2020), Rizky Billar memamerkan foto dirinya tengah menikmati mi kuah yang siap masuk ke dalam mulutnya.

 

Halusinasi

Rizky Billar (Foto: Instagram/@rizkybillar)
Rizky Billar (Foto: Instagram/@rizkybillar)

Namun, keterangan yang dibuat pria yang disebut-sebut sebagai mantan kekasih Dinda Hauw ini cukup halu alias berhalusinasi. Ia menganggap Kendall Jenner sebagai kekasihnya.

"Jadi ini berawal dari gua liat story ipar gua si @kyliejenner yg dimasakin mie ama kakanya (slide 2). Trus karna abis liat story dia gua kepengen juga nge-mie dong..mana siang2 lagi ya kan.. Dan langsung minta dibikinin juga dong ama bokin gua @kendalljenner ..," tulisnya.

 

Puji Kendall Jenner

Tak sampai situ saja, Rizky Billar juga memuji Kendall Jenner.

"Emang kamu paling pinter deh bikin mie instan beb @kendalljenner .," lanjutnya.

 

Ajak Bisnis

Rizky Billar juga mengajak supermodel ini untuk berbisnis. Yaitu buka warung kopi yang juga menjual mi instan.

"Abis ini kita buka usaha warkop ya sayang 😘..Foto candid by : @kendalljenner," pungkasnya.

 

Sedih Ditinggal Nikah?

Warganet yang melihat unggahan Rizky Billar justru merasa sedih karena tingkahnya. Apakah ini karena pesinetron Cinta Nikita dan Cinta Karena Cinta ini ditinggal nikah Dinda Hauw?

"Waduh malah makin halu, segitu pedihnya hati lu ky?" tulis akun @ichalmuhammad91.

Akun @bayuandhikaa ikut prihatin, "Ikut prihatin gue lar😩, skrng knp lo jadi begini yak syediiih😥😅🤣."

"Jadi halu kann," timpal akun @aditadiyatma.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Terus Perbarui Data Keluarga Miskin selama Pandemi

Posted: 16 Jul 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus memperbaiki kebijakan di tengah berbagai tantangan teknis implementasi program seperti keterbatasan data dan infrastruktur. Pemerintah juga bersikap terbuka dan fleksibel terhadap dinamika yang ada.

"Saya setuju (data) ini adalah area dimana pemerintah Indonesia butuh ditingkatkan lagi. Dengan adanya desentralisasi dan otonomi Indonesia, tentunya memberikan tanggungjawab lebih bagi pemerintah daerah untuk meng-update data kepada kelompok atau keluarga keluarga miskin dan update data," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani, seperti ditulis Jumat (17/6/2020).

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga mendukung pemerintah daerah agar bisa men-update data dari rumah ke rumah tangga yang membutuhkan dukungan sehingga mereka bisa diidentifikasi dan datanya terus ditingkatkan.

Sebagaimana diketahui bahwa pertumbuhan ekonomi dibangun atau didasari dari mobilisasi orang dan barang dan juga modal dengan tanpa batas atau borderless dan inilah yang menciptakan growth atau pertumbuhan ekonomi di negara-negara emerging yang maju dan negara berkembang.

Melihat proyeksi pertumbuhan ekonomi dalam masa pandemi yang diperkirakan mengalami kontraksi, Indonesia harus mempersiapkan diri bersiap-siap untuk melihat outlook atau prospek apa saja yang optimistik dan tidak optimistik.

"Itulah yang menjadi alasan mengapa pemerintah memiliki rencana cadangan atau contingency plan. Kita selalu berharap yang terbaik tetapi mempersiapkan yang terburuk juga dan ini coba kita lakukan melihat dimana ada kontraksi dari Mei hingga Juli," ungkap Sri Mulyani.

 

Identifikasi

Menteri Keuangan, Sri Mulyani melambaikan tangan saat tiba menghadiri pelantikan Presiden dan Wapres 2019 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi-Ma'ruf Amin resmi dilantik sebagai Presiden dan Wapres RI periode 2019-2024. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Menteri Keuangan, Sri Mulyani melambaikan tangan saat tiba menghadiri pelantikan Presiden dan Wapres 2019 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi-Ma'ruf Amin resmi dilantik sebagai Presiden dan Wapres RI periode 2019-2024. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Bendahara Negara ini menambahkan, dalam setiap kebijakan yang diambil, pemerintah selalu mencoba mengidentifikasi gagasan kebijakan yang baik tetapi implementasinya sangat bergantung dari data serta mekanismenya, apakah bisa mencapai kelompok sasaran dengan cara yang sangat efektif dan apakah infrastrukturnya sudah cukup baik yang diperlukan untuk mengeksekusi kebijakan yang bisa menjangkau kelompok yang ingin dijangkau.

"Ini adalah hal-hal yang selalu menjadi tantangan tidak bagi pemerintah bukan karena pemerintah tidak bisa mengidentifikasi, tetapi bagaimana menjangkau mereka dengan cara yang paling efektif ini adalah sangat penting dan yang terakhir dengan semua tantangan ini kita juga harus menyadari sebagaimana yang disebut bahwa kapasitas fiskal bukannya tidak terbatas, kita harus memastikan prioritasnya apa dan di area mana saja dan apakah kebijakan ini efektif," pungkas Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Helikopter Taiwan Jatuh Saat Simulasi Perang Lawan China, 2 Orang Tewas

Posted: 16 Jul 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Taichung- Helikopter Taiwan jatuh saat melakukan simulasi perang untuk menghalau invasi yang dilakukan China. Dalam insiden pada Kamis 16 Juli waktu setempat itu, dua orang dilaporkan tewas.

Simulasi perang tersebut merupakan puncak dari latihan yang telah dilakukan selama lima hari, untuk mengetahui seberapa besar kemampuan Taipei dalam menangkal serangan dari China.

China kini masih menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya yang harus disatukan kembali, bahkan jika memerlukan kekerasan. Dengan mencoba untuk menghalangi upaya militer China untuk mendarat di pantai kota Taichung, merupakan simulasi utama latihan perang itu. 

Taiwan pun mengerahkan jet tempur Taiwan, kapal perang, dan berbagai pasukan bersenjata darat, serta melibatkan 8.000 tentara.

Helikopter Bell 0H-58D jatuh ketika akan kembali ke pangkalan udara Hsinchu, dan menewaskan pilot dan kopilot, menurut keterangan pihak militer. 

Sejak kedua belah pihak terpisah perang saudara yang terjadi pada 1949, Taipei masih menerima ancaman invasi China. Taipei terdesak dengan semakin besarnya kemampuan angkatan bersenjata Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dalam beberapa tahun terakhir. 

Sejak Presiden Tsai Ing-wen berjabat pada 2016, dan enggan mengakui prinsip "satu China",  Beijing semakin menumpuk tekanan militer, ekonomi, dan diplomatik. 

Tsai Ing-wen kemudian meraih kemenangannya dalam pemilihan pada Januari lalu, dalam apa yang dianggap sebagai tanda perlawanan terhadap taktik kuat yang dilakukan China, seperti dikutip dari AFP, Jumat (17/7/2020).

Pidato Presiden China Xi Jinping

Ilustrasi helikopter TNI AU. (Liputan6.com/Miftahul Hayat)
Ilustrasi helikopter TNI AU. (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Presiden China Xi Jinping pada 2019 menyampaikan pidato yang membahas tentang Taiwan, di mana ia menegaskan bahwa unifikasi akan datang.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying mengatakan, "Saya pikir tidak dapat dihindari lagi momen bersatunya Republik Rakyat China akan melakukan penyatuan tanah air."

Dalam beberapa bulan terakhir pesawat-pesawat tempur China telah mulai menyuarakan suara terhadap Taiwan dengan frekuensi yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang mendorong Taipei untuk mengerahkan jet tempurnya.

 

Pengembangan Perangkat Keras

Pesawat-pesawat tempur Taiwan diparkir di jalan raya dalam rangkaian latihan militer
Pesawat-pesawat tempur Taiwan diparkir di jalan raya dalam rangkaian latihan militer

Ketidakcocokan militer dengan China semakin diperparah dengan negara Barat yang semakin siaga untuk menjual persenjataan canggihnya ke Taipei, karena khawatir menimbulkan kemarahan Beijing.

Hal tersebut membuat Taipei terdorong untuk mengembangkan perangkat kerasnya sendiri, termasuk rudal canggih, kapal, dan jet pelatih baru.

Beberapa perangkat keras itu, diantaranya termasuk rudal hipersonik dan telah digunakan selama latihan pekan ini.

Pendekatan China yang semakin kuat  juga telah memicu kerjasama internasional yang diperkuat oleh sejumlah negara dengan Taiwan.

Di bawah kepemimpinan Presiden AS Donald Trump, AS semakin sering untuk menjual alat-alat perangnya, termasuk jet tempur F-16. 

China pada awal pekan ini juga telah mengancam akan menjatuhkan sanksi terhadap perusahaan pertahanan Lockheed Martin karena meningkatkan sistem pertahanan patriot.

Selain itu, Prancis juga membuat marah Negeri Tirai Bambu tersebut dengan menyetujui untuk meningkatkan sistem interferensi rudal terhadap kapal fregat yang dibeli Taiwan pada tahun 1990-an.

Sementara Washington tetap menjadi sekutu tidak resmi dan pemasok terkemuka untuk Taiwan, meskipun mengalihkan pengakuan diplomatik kepada China pada 1979.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaksi Novel Baswedan Usai Kedua Terdakwa Penyerangnya Divonis 2 Tahun Penjara

Posted: 16 Jul 2020 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan tak terkejut dengan vonis hakim yang dijatuhkan kepada kedua terdakwa Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis.

Keduanya adalah orang yang menyebabkan kedua matanya rusak parah. Bahkan, mata sebelah kiri dipastikan buta permanen.

"Saya tidak terkejut dan hal ini tentunya sangat ironis. Karena penyimpangan yang begitu jauh dari fakta sebenarnya akhirnya mendapat justifikasi dari putusan hakim," ujar dia dalam keterangan tertulis, Jumat (17/7/2020).

Menurut Novel Baswedan, sejak awal persidangan banyak kejanggalan dan masalah. Bahkan, Novel Baswedan mengaku sudah lebih dahulu mendapat informasi perihal ganjaran untuk para terdakwa sebelum hakim menjatuhkan vonis. Menurut dia, diprediksi hukuman tak lebih dari dua tahun penjara.

"Ternyata semua itu sekarang sudah terkonfirmasi," ujar dia.

Novel kembali mempertegas dirinya juga tidak tertarik untuk mengikuti proses pembacaan tuntutan. Dia menyakini bahwa persidangan ini seperti sudah dipersiapkan untuk gagal atau sidang sandiwara.

"Karena sidang yang dibuat dengan sedemikian banyak kejanggalan tersebut seperti di delegitimasi sendiri oleh para pihak dipersidangan, sehingga memang tidak ada harapan yang saya gantungkan dalam proses tersebut," ucap dia.

 

Tak Berpihak Pada Upaya Pemberantasan Korupsi?

Sebelumnya, majelis hakim telah memutus bersalah dua terdaka penyerang Novel Baswedan, yakni Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis. Keduanya dijatuhi vonis berbeda. Rahmat Kadir divonis pidana 2 tahun penjara, sementara Ronny Bugis divonis 1 tahun 6 bulan atau 1,5 tahun penjara.

Novel menerangkan usai putusan dibacakan, dirinya dihubungi oleh beberapa rekannya bahwa pertimbangan dalam putusan hakim sama dengan tuntutan jaksa penuntut umum, yang membedakan hanya besarnya hukuman. 

Novel tidak ingin menyebut bahwa ini adalah kemenangan para penjahat dan koruptor. Tapi, Novel khawatir persidangan menjadi cerminan yang nyata bahwa negara benar-benar tidak berpihak kepada upaya pemberantasan korupsi.

"Dan upaya untuk mendesak pengungkapan atas serangan terhadap insan KPK yang diserang selama ini akan semakin sulit dilakukan, begitu juga para orang yang diserang saat berjuang untuk berantas korupsi," ucap dia.

"Karena satu-satunyanya kasus yang dijalankan diproses peradilan yaitu kasus ini, justru ditutupi untuk membuka aktor lainnya dan pelaku di atasnya," dia menandaskan.   

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gibran soal Teguh Dampingi di Pilkada Solo: Langsung Ada Chemistry

Posted: 16 Jul 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gibran Rakabuming Raka hari ini akan bertolak ke Semarang, Jawa Tengah untuk menghadiri pengumuman rekomendasi PDIP untuk Pilkada 2020.

Sebelum bertolak ke Semarang, dia menyempatkan diri hadir di DPC Solo. Dirinya hadir bersama Teguh Prakosa, yang digadang-gadang sebagai pendampingnya.

"Saya sangat bersyukur. Saat dapat undangan, langsung udah kelihatan chemistry-nya. Pokoknya setelah ini saya dan Pak Teguh akan melakukan komunikasi intensif dengan jajaran PDIP," kata Gibran, dalam keterangannya, Jumat (17/7/2020).

Dia menuturkan tak mempersiapkan apa-apa untuk datang ke Semarang. Hanya mengikuti arahan dari Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Rudyatmo.

"Saya persiapannya bismillah saja untuk ke Semarang ini. Saya akan mengikuti arahan Pak Rudy selaku Ketua DPC," tutur Gibran.

 

Kata Teguh Prakosa

Sementara itu, Teguh sendiri menyatakan siap jika nanti disandingkan dengan Gibran.

"Harus siap. Artinya Mas Gibran ini pasangan muda. Sehingga kami harus bisa mengikuti apa saja kemauan anak-anak muda. Bisa mengikuti langkah-langkahnya yang rapi, punya wawasan luas, semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Kenangan Omas Bareng Ketiga Anaknya, Single Parent Panutan

Posted: 16 Jul 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari pelawak senior Omaswati yang mengembuskan napas terakhir pada Kamis (16/7/) malam di Cimanggis, Jawa Barat. Omas meninggal dunia pada usia 54 tahun karena penyakit diabetes dan asma yang dideritanya sejak lama.

Kabar meninggalnya Omas disampaikan oleh anak sulungnya bernama Dio Ambiah. Dio juga menjelaskan keadaan sang ibu sebelum tutup usia. Sang ibu terlihat sangat kurus dan Dio berujar berat Omas mungkin hanya 25 kilogram saja.

"Firasat mungkin, saya beberapa hari terakhir ini, pokoknya biasa kan buang air kecil ngangkat baju, saya ngelihatnya badannya akhir-akhir ini udah kurus banget tinggal tulang doang. Kalau ditimbang tinggal 25 (kilo) kurus banget. Ini apa, penyakit kok kayak gini sampe makan badan kayak gini?" kata Dio seperti Liputan6.com kutip dari KapanLagi.com, Kamis (16/7/2020).

Adik dari Mandra ini memang sosok single mom panutan yang membesarkan 3 anaknya setelah bercerai dengan Madi Pribadi pada 2002. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, potret kenangan Omas bersama dengan anak-anaknya, Jumat (17/7/2020).

 

1. Ini dia ketiga anak Omas bernama Dio, Dinda dan Dimas. Omas membesarkan ketiganya sebagai single parent setelah bercerai dengan Madi pada 2002.

5 Potret Kenangan Omas Bareng Anak-anaknya, Single Parent Panutan (sumber: Instagram.com/d_ambiyaofficial)
5 Potret Kenangan Omas Bareng Anak-anaknya, Single Parent Panutan (sumber: Instagram.com/d_ambiyaofficial)

2. Omas selalu mendukung karier anak-anaknya seperti karier Dio yang kini mulai merambah dunia DJ.

5 Potret Kenangan Omas Bareng Anak-anaknya, Single Parent Panutan (sumber: Instagram.com/d_ambiyaofficial)
5 Potret Kenangan Omas Bareng Anak-anaknya, Single Parent Panutan (sumber: Instagram.com/d_ambiyaofficial)

3. Di beberapa kesempatan, Dio kerap terlihat menemani sang ibu yang tampil di acara televisi.

5 Potret Kenangan Omas Bareng Anak-anaknya, Single Parent Panutan (sumber: Instagram.com/d_ambiyaofficial)
5 Potret Kenangan Omas Bareng Anak-anaknya, Single Parent Panutan (sumber: Instagram.com/d_ambiyaofficial)

4. Saat menemani ibunya yang bekerja, Dio pun tak lupa berswafoto bersama. Gaya Omas selalu berhasil mengundang gelak tawa.

5 Potret Kenangan Omas Bareng Anak-anaknya, Single Parent Panutan (sumber: Instagram.com/d_ambiyaofficial)
5 Potret Kenangan Omas Bareng Anak-anaknya, Single Parent Panutan (sumber: Instagram.com/d_ambiyaofficial)

5. Sedari dulu, Omas terkenal sebagai sosok ibu yang selalu perhatian ke anak. Seperti saat terlihat di foto lawas bersama dengan Dio dan Dimas.

5 Potret Kenangan Omas Bareng Anak-anaknya, Single Parent Panutan (sumber: Liputan6.com)
5 Potret Kenangan Omas Bareng Anak-anaknya, Single Parent Panutan (sumber: Liputan6.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat, Tilang Elektronik Berlaku Kembali Minggu Depan

Posted: 16 Jul 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain tilang manual, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga memberlakukan kembali electronic-traffic law enforcement (e-TLE) atau Tilang Elektronik di sejumlah ruas jalan.

Berlaku minggu depan, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengimbau pengendara kendaraan bermotor lebih memperhatikan peraturan lalu lintas yang berlaku.

"Tilang elektronik kita berlakukan bersamaan dengan pelaksanaan tilang manual," katanya dilansir NTMC Polri, Jumat (17/7/2020).

Banyaknya pelanggar lalu lintas menjadi alasan utama tilang manual dan tilang elektronik kembali diberlakukan di wilayah DKI Jakarta. Terlebih kepatuhan masyarakat terhadap peraturan yang berlaku mengalami penurunan.

"Selama masa pandemik kemarin, anggota memprioritaskan pada penanganan terhadap kegiatan PSBB. Tetapi, karena anggota lebih fokus ke sana dan tidak melakukan pelanggaran lalu lintas, kami melihat bahwa kedisiplinan masyarakat, kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan lalu lintas terjadi penurunan," ujar Sambodo.

Tak hanya itu, polisi juga menemukan banyak pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan dan membahayakan pengguna jalan lain.

Banyak Pelanggaran Lalu Lintas

"Sehingga banyak sekali pelanggaran lalu lintas yang ditemukan, seperti melawan arus, melanggar batas stop line, melanggar lampu merah, tidak menggunakan helm, sepeda motor naik ke jalan layang non-tol dan lain sebagainya," tuturnya.

Terdapat 15 jenis pelanggaran yang menjadi sasaran operasi. Akan ditindak tegas, pelanggar lalu lintas diharapkan tak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

"Oleh sebab itu, maka mulai minggu depan kita akan laksanakan lagi penindakan secara tegas terhadap 15 jenis pelanggaran yang sering kita temukan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas," katanya.

 

Berikut 15 Jenis Pelanggaran Lalu Lintas

1. Menggunakan handphone saat berkendara.

2. Menggunakan kendaraan di atas trotoar.

3. Mengemudikan kendaraan melawan arus.

4. Mengemudikan kendaraan di jalur busway.

5. Mengemudikan kendaraan melintas di bahu jalan.

6. Sepeda motor melintas atau masuk jalan tol.

7. Sepeda motor melintas di jalan layang non-tol.

8. Mengemudikan kendaraan melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL).

9. Pengemudi yang tidak memberikan prioritas kepada pengguna jalan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan.

10. Mengemudikan kendaraan melebihi batas kecepatan.

11. Mengemudikan kendaraan tidak menggunakan helm SNI.

12. Mengemudikan kendaraan di jalan tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari.

13. Mengemudikan kendaraan yang membiarkan penumpang tidak menggunakan helm.

14. Mengemudikan kendaraan pada perlintasan kereta api yang tidak berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup.

15. Mengemudikan kendaraan berbalapan di jalan.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Utang Luar Negeri Indonesia Naik Lagi, Capai Rp 5.981 Triliun

Posted: 16 Jul 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia mencatat jumlah utang luar negeri Indonesia pada akhir Mei sebesar USD 404,7 miliar atau setara dengan Rp 5.981 triliun (kurs 14.780 / dolar AS). Angka ini masih tetap terkendali dengan struktur yang sehat.

"Utang luar negeri Indonesia tercatat sebesar USD 404,7 miliar pada akhir Mei 2020," kata Kepala Departemen Komunikasi, Bank Indonesia, Onny Widjanarko dalam siaran persnya, Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Dari jumlah tersebut, Onny merincikan utang luar negeri sektor publik yakni pemerintah dan bank sentral sebesar USD 194,9 miliar. Sementara utang luar negeri swasta termasuk BUMN sebesar USD 209, 9 miliar.

Untuk itu, utang luar negeri Indonesia tumbuh 4,8 persen (yoy). Lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada April 2020 sebesar 2,9 persen (yoy).

Kondisi ini dipengaruhi oleh transaksi penarikan neto utang luar negeri, baik Pemerintah maupun swasta. Selain itu, penguatan nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS juga berkontribusi pada peningkatan utang luar negeri berdenominasi Rupiah.

 

Utang Luar Negeri Pemerintah Juga Naik

Ilustrasi Pantau Rupiah (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Ilustrasi Pantau Rupiah (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Lebih rinci Onny menjelaskan utang luar negeri Pemerintah meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Posisi utang luar negeri Pemerintah pada akhir Mei 2020 tercatat sebesar 192,1 miliar dolar AS atau tumbuh 3,1 persen (yoy).

Perkembangan tersebut terutama dipengaruhi oleh arus modal masuk pada pasar Surat Berharga Negara (SBN). Ini seiring dengan meredanya ketidakpastian pasar keuangan global dan tingginya daya tarik aset keuangan domestik. Termasuk terjaganya kepercayaan investor asing terhadap prospek ekonomi Indonesia.

Sentimen positif ini membawa pengaruh pada turunnya tingkat imbal hasil SBN. Sehingga biaya utang Pemerintah dapat ditekan.

"Pengelolaan ULN Pemerintah dilakukan secara hati-hati dan akuntabel untuk mendukung belanja prioritas yang saat ini dititikberatkan pada upaya penanganan wabah Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional" kata dia.

Sektor prioritas tersebut mencakup sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial (23,4 persen dari total ULN Pemerintah), sektor konstruksi (16,4 persen), sektor jasa pendidikan (16,3 persen), sektor jasa keuangan dan asuransi (12,6 persen), serta sektor administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib (11,6 persen).

 

Utang Luar Negeri Swasta Juga Naik

Mata uang Rupiah, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Rupiah secara point to point pada triwulan II 2020 mengalami apresiasi 14,42 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Mata uang Rupiah, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Rupiah secara point to point pada triwulan II 2020 mengalami apresiasi 14,42 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, utang luar negeri swasta meningkat didorong ULN perusahaan bukan lembaga keuangan. PAda akhir bulan Mei 2020, utang luar negeri swasta tumbuh 6,6 persen. Lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yakni 4,4 persen.

"ULN swasta pada akhir Mei 2020 tumbuh sebesar 6,6% (yoy)," kata Onny.

ULN perusahaan bukan lembaga keuangan meningkat sebesar 8,9 persen (yoy), di tengah kontraksi ULN lembaga keuangan sebesar 0,8 persen (yoy). Beberapa sektor dengan pangsa ULN terbesar, yakni mencapai 77,3 persen dari total ULN swasta. Sektor-sektor tersebut yaitu jasa keuangan & asuransi, sektor pertambangan & penggalian, sektor pengadaan listrik, gas, uap/air panas & udara dingin (LGA), dan sektor industri pengolahan.

"Struktur ULN Indonesia tetap sehat, didukung penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya," kata Onny.

Rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada akhir Mei 2020 sebesar 36,6 persen. Sedikit meningkat dibandingkan rasio pada bulan sebelumnya sebesar 36,2 persen.

Meskipun meningkat, struktur ULN Indonesia tetap didominasi oleh ULN berjangka panjang dengan pangsa 89 persen dari total ULN. Dalam rangka menjaga agar struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan Pemerintah terus meningkatkan koordinasi dalam memantau perkembangan ULN, didukung dengan penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.

Onny menambahkan peran ULN juga terus dioptimalkan dalam menyokong pembiayaan pembangunan. Tentu saja dengan meminimalisasi risiko yang dapat memengaruhi stabilitas perekonomian.

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya Putri Kylie Jenner Menenteng Tas Mewah Seharga Rp17 Juta

Posted: 16 Jul 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan putri Kylie Jenner, Stormi Webster, kembali berhasil mencuri atensi khalayak luas. Kali ini, Kylie mendandani sang buah hati dengan tampilan kasual dan tas mewah dari rumah mode ternama dunia.

Kylie mengunggah potret sang putri melalui akun Instagram pribadi pada Rabu, 15 Juli 2020. Potret itu menampilkan Stormi mengenakan busana kasual serba putih dengan tata rambut updo yang diikat oleh aksesori rambut bermotif cerah.

"coolest baby to ever do ittt (bayi paling keren yang pernah melakukannya)" tulis Kylie Jenner dalam kolom keterangan potret buah hati.

Dilansir dari laman People, Jumat (17/7/2020) tepat di sebelah balita berusia dua tahun ini terdapat tas tangan Louis Vuitton putih. Terlihat pula tas itu dihiasi dengan monogram rumah mode asal Prancis ini dan desain seperti bunga dalam berbagai warna.

Sementara, versi putih dari tas Nano Speedy tampaknya tak tersedia di situs web Louis Vuitton. Untuk versi cokelat yang saat ini stoknya tidak tersedia, dijual seharga 1.180 dolar AS atau setara Rp17,2 juta.

Tas mini ini melengkapi koleksi Stormi Webster bersama Louis Vuitton Speedy yang dibeli tantenya, Kim Kardashian, untuk putri dan ponakannya selama musim liburan 2018 lalu.

Hadiah-hadiah Mewah

Putri Kylie Jenner, Stormi Webster, tampil dalam balutan outfit serba putih dan tas dari Louis Vuitton. (dok. Instagram @kyliejenner/https://www.instagram.com/p/CCq1vCvnyWA/?hl=en/Putu Elmira)
Putri Kylie Jenner, Stormi Webster, tampil dalam balutan outfit serba putih dan tas dari Louis Vuitton. (dok. Instagram @kyliejenner/https://www.instagram.com/p/CCq1vCvnyWA/?hl=en/Putu Elmira)

"Saya mendapatkan ini untuk semua bayi perempuan di keluarga untuk Xmas dari Jepang," tulis Kim Kardashian di potret yang menampilkan tas warna-warni dari Takashi Murakami Collection yang dirilis pada 2003.

Kim total membawa delapan tas. Ia menjelaskan bahwa menyimpan satu untuk dirinya dan tambahan untuk masa depan, setelah seorang penggemar bertanya untuk siapa tas lainnya.

Pendiri KKW Beauty ini juga memberikan tas mewah kepada putrinya Chicago dan North West juga keponakannya, True, Dream Renee, dan Penelope Scotland. Tak lama setelah itu, Kylie membagikan video Stormi yang menerima hadiah di Instagram.

Video itu menampilkan Stormie memegang tas Louis Vuitton yang diberikan. Sembari meletakkan di tangan, ia melambaikan tangan dan tersenyum manis ke kamera.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Fakta Terkait Vonis 2 Penyerang Novel Baswedan

Posted: 16 Jul 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sidang pembacaan putusan terhadap dua orang terdakwa penyerang penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan telah digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Kamis, 16 Juli 2020.

Dua orang terdakwa penyerang Novel Baswedan yaitu Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis divonis lebih berat dari tuntutan jaksa. Rahmat Kadir dihukum pidana 2 tahun penjara, sementara Ronny Bugis dipidana 1 tahun 6 bulan atau 1,5 tahun penjara.

Dalam sidang, majelis hakim menyatakan kedua terdakwa terbukti bersalah melakukan penganiayaan hingga menyebabkan luka berat seperti yang tercantum dalam Pasal 353 ayat (2) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Ketua Majelis Hakim Djuyamto menyakini, Rahmat Kadir dan Ronny Bugis adalah pelaku yang melakukan penganiayaan dengan direncanakan terlebih dahulu sehingga menimbulkan luka berat terhadap Novel Baswedan.

Setidaknya ada 213 halaman amar putusan kedua terdakwa yang dibacakan dalam sidang putusan tersebut.

"Atas dasar terdapatnya persesuaian antara alat-alat bukti keterangan saksi, keterangan terdakwa maupun surat dengan terdapatnya persesuaian tersebut dapat ditarik suatu petunjuk perbuatan, kejadian atau keadaan yang menunjukkan bahwa Kadir Mahulette bersama Ronny Bugislah pelakunya," ucap hakim Djuyamto saat membacakan amar putusan.

Berikut deretan fakta terkait sidang putusan dua terdakwa penyerang Novel Baswedan, dihimpun Liputan6.com:

 

Hukuman 2 Tahun Penjara untuk Rahmat Kadir

Pewarta merekam layar monitor yang menampilkan dua terdakwa penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette (kanan) dan Rony Bugis yang mengikuti sidang putusan secara teleconference di PN Jakarta Utara, Kamis (16/7/2020). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Pewarta merekam layar monitor yang menampilkan dua terdakwa penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette (kanan) dan Rony Bugis yang mengikuti sidang putusan secara teleconference di PN Jakarta Utara, Kamis (16/7/2020). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Salah satu terdakwa penyerang penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan, yakni Rahmat Kadir Mahulette dijatuhi hukuman dua tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Kamis, 16 Juli 2020.

"Hakim yang memeriksa perkara ini mengadili menghukum 2 tahun penjara dikurangi masa tahanan yang telah dijalani. Dan memerintahkan terdakwa tetap ditahan," kata Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara Djuyamto.

Dalam amar putusannya, majelis hakim menyatakan Rahmat Kadir Mahulette terbukti bersalah melanggar Pasal 353 ayat (2) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Vonis yang dijatuhkan majelis hakim lebih tinggi dibandingkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum.

Dalam kasus ini, dijelaskan peran terdakwa Rahmat Kadir Mahulette menyiramkan asam sulfat (H2SO4) ke wajah Novel Baswedan.

 

Hukuman 1,5 Tahun Penjara untuk Ronny Bugis

Layar monitor menampilkan dua terdakwa penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette (kanan) dan Rony Bugis yang mengikuti sidang pembacaan putusan secara teleconference di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis (16/7/2020). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Layar monitor menampilkan dua terdakwa penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette (kanan) dan Rony Bugis yang mengikuti sidang pembacaan putusan secara teleconference di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis (16/7/2020). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Vonis terhadap Ronny lebih ringan dibadingkan satu terdakwa penyerang Novel Baswedan lainnya, yakni Rahmat Kadir Mahulette.

"Hakim yang memeriksa perkara ini mengadili menjatuhkan hukuman kepada terdakwa selama satu tahun 6 bulan dikurangi pidana dari yang sudah dijalankan. Dan memerintahkan tetap ditahan," kata Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara Djuyamto.

Dalam amar putusannya, majelis hakim menyatakan Ronny Bugis terbukti bersalah melanggar Pasal 353 ayat (2) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Vonis yang dijatuhkan majelis hakim lebih tinggi dibandingkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum yakni pidana satu tahun penjara.

 

Hakim Yakin Keduanya Penyerang Novel Baswedan

Suasana sidang perdana kasus penyiraman terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis (19/3/2020). Dua terdakwa, yakni Ronny Bugis dan Rahmat Kadir Mahulete menjalani sidang dengan agenda pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Suasana sidang perdana kasus penyiraman terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis (19/3/2020). Dua terdakwa, yakni Ronny Bugis dan Rahmat Kadir Mahulete menjalani sidang dengan agenda pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara telah menjatuhkan hukuman kepada kedua terdakwa penyerang penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Kedua terdakwa yakni Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis diganjar hukuman beragam. Rahmat Kadir divonis pidana dua tahun penjara. Sedangkan, Ronny Bugis dipidana satu tahun enam bulan penjara.

Majelis hakim menyatakan kedua terdakwa terbukti bersalah melakukan penganiayaan hingga menyebabkan luka berat seperti yang tercantum dalam Pasal 353 ayat (2) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Ketua Majelis Hakim Djuyamto menyakini, Rahmat Kadir dan Ronny Bugis adalah pelaku yang melakukan penganiayaan dengan direncanakan terlebih dahulu sehingga menimbulkan luka berat terhadap Novel Baswedan.

"Atas dasar terdapatnya persesuaian antara alat-alat bukti keterangan saksi, keterangan terdakwa maupun surat dengan terdapatnya persesuaian tersebut dapat ditarik suatu petunjuk perbuatan, kejadian atau keadaan yang menunjukkan bahwa Kadir Mahulette bersama Ronny Bugislah pelakunya," ucap hakim Djuyamto saat membacakan amar putusan.

Dalam kasus ini, dijelaskan peran terdakwa Rahmat Kadir Mahulette yakni menyiramkan cairan asam sulfat (H2SO4) ke wajah Novel Baswedan.

Sementara, peran terdakwa Ronny Bugis hanya mengantarkan terdakwa Rahmat Kadir untuk menemui Novel Baswedan di perumahan di Jalan Deposito Blok T No.8 RT. 003 RW.010 Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Akibat penyiraman air keras, Novel Baswedan menderita luka berat di kedua matanya. Mata sebelah kiri mengalami kebutaan permanen. Sedangkan, penglihatan mata sebelah kanan menjadi sangat minim.

 

Pertimbangan Vonis

Pengunjung melihat layar monitor yang menampilkan dua terdakwa penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette (kanan) dan Rony Bugis yang mengikuti sidang putusan secara teleconference di PN Jakarta Utara, Kamis (16/7/2020). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Pengunjung melihat layar monitor yang menampilkan dua terdakwa penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette (kanan) dan Rony Bugis yang mengikuti sidang putusan secara teleconference di PN Jakarta Utara, Kamis (16/7/2020). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Vonis beragam dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara kepada dua terdakwa penyerang penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

Terdakwa Rahmat Kadir Mahulette divonis dua tahun penjara. Sedangkan, Ronny Bugis lebih ringan yakni satu tahun enam bulan atau 1,5 tahun penjara.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara mempertimbangkan tuntuan jaksa dan nota pembelaan dari penasihat hukum terdakwa dalam menjatuhkan vonis terhadap dua penyerang Novel Baswedan.

Majelis hakim juga mempertimbangkan banyak hal, antara lain pada sisi korban.

"Di mana saksi korban telah kehilangan salah satu panca indera yang merupakan alat vital yang sangat berharga dalam hidup dan aktivitas kehidupannya sebagai aparatur penegak hukum," kata Ketua Majelis Hakim Djuyamto.

Pun demikian pada sisi terdakwa.

"Terdakwa telah bersikap ksatria mengakui dan mempertanggungjawabkan perbuatannya sehingga menjadikan kasus yang sekian lama tidak terungkap menjadi terungkap," ucap dia.

Selain itu, Djuyamto juga memperhatikan aspek yuridis, sosiologis, dan filosofis. Dia menjelaskan, secara yuridis, pidana yang dijatuhkan kepada terdakwa berdasarkan pada-pasal pidananya dilanggar dan ketentuan perundang-udangan hukum yang berlaku.

Kemudian secara sosiologis, pendekatan hukum pidana harus mampu menghadirkan kembali keadaan harmoni masyarakat yang terganggu akibat kegiatan yang dilakukan oleh terdakwa penyerang Novel Baswedan.

Terakhir, aspek filosofis di mana dengan dinyatakan kesalahan menjatuhi tidak pidana kepada terdakwa juga merupakan bagian daripada menegakkan keadilan.

 

Hal yang Meringankan dan Memberatkan Vonis

Petugas berdiri di sisi layar monitor yang menampilkan dua terdakwa penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette (kanan) dan Rony Bugis yang mengikuti sidang putusan secara teleconference di PN Jakarta Utara, Kamis (16/7/2020). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Petugas berdiri di sisi layar monitor yang menampilkan dua terdakwa penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette (kanan) dan Rony Bugis yang mengikuti sidang putusan secara teleconference di PN Jakarta Utara, Kamis (16/7/2020). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kemudian, Djuyamto menjelaskan, sebelum menjatuhkan pidana tersebut, dia telah mempertimbangkan hal-hal yang memperberat dan meringankan kedua terdakwa penyerang Novel Baswedan.

Dia mengatakan, hal yang memberatkan adalah perbuatan terdakwa tidak mencerminkan diri sebagai seorang Bhayangkara negara. Selain itu, perbuatan terdakwa mencederai citra lembaga Polri.

Sementara itu, Djuyamto juga memberkan hal yang meringkankan antara lain terdakwa telah berterus terang mengakui perbuatannya.

Kemudian, terdakwa juga menyampaikan permohonan maaf kepada pihak-pihak yang dirugikan. Serta terdakwa belum pernah dihukum.

"Terdakwa telah menyamapikan permohonan maaf kepada Novel Baswedan dan keluarganya, seluruh rakyat Indonesia, dan institusi Polri," ucap hakim dalam persidangan.

 

Hakim Kesampingkan Amicus Curiae

Layar monitor menampilkan dua terdakwa penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette (kanan) dan Rony Bugis yang mengikuti sidang pembacaan putusan secara teleconference di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis (16/7/2020). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Layar monitor menampilkan dua terdakwa penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette (kanan) dan Rony Bugis yang mengikuti sidang pembacaan putusan secara teleconference di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis (16/7/2020). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara mengesampingkan amicus curiae yang diajukan Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) dalam perkara penyerangan penyidik KPK Novel Baswedan.

Amicus curiae disampaikan oleh Kontras melalui surat nomer 103/SK Kontras/VI/2020 tertanggal 18 Juni 2020.

Ketua Majelis Hakim, Djuyamto mengatakan, sistem peradilan pidana di Indonesia yang diatur dalam KUHAP tidak mengenal amicus curiae.

Namun dalam praktik peradilan terdapat beberapa fakta di mana amicus curiae yang diajukan oleh pihak terkait tidak langsung dalam beberap perkara di peradilan Indonesia.

Djuyamto menyebut, beberapa kasus dilakukan amicus curiae misalnya dalam perkara Prita Mulyasari di PN Tangerang dan perkara penodaan agama terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Pada dasarnya majelis hakim memahami maksud amicus curiae dari Kontras di atas, namun demikian sebagaimana fungsi hukum acara pidana adalah untuk menegakkan hukum pidana materil di mana majelis hakim atau pengadilan adalah tempat untuk menguji hasil proses penyidikan dan penuntutan atas dugaan dilanggarnya hukum pidana materil," kata dia.

Menurut Djuyamto, hasil proses penegakan hukum pidana pada tingkat penyidikan dan penuntutan tersebut disusun dalam bentuk berkas penyidikan dan surat dakwaan.

"Majelis hakim akan menguji surat dakwaan berdasarkan fakta-fakta hukum yang terbukti di persidangan," jelas Djuyamto.

Untuk diketahui, amicus curiae merupakan istilah latin dari 'Sahabat Pengadilan' yaitu sebagai pihak yang merasa berkepentingan terhadap suatu perkara, memberikan pendapat hukumnya kepada pengadilan.

Keterlibatan pihak yang berkepentingan dalam sebuah kasus ini hanya sebatas memberikan opini, bukan melakukan perlawanan.

 

Novel Baswedan Angkat Bicara

Penyidik KPK Novel Baswedan usai memneuhi panggilan penyidik Komisi Kejaksaan di Jakarta, Kamis (2/7/2020). Novel Baswedan memberikan keterangan terkait aduan masyarakat terhadap penuntut kasus penyerangan air keras pada 2017. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Penyidik KPK Novel Baswedan usai memneuhi panggilan penyidik Komisi Kejaksaan di Jakarta, Kamis (2/7/2020). Novel Baswedan memberikan keterangan terkait aduan masyarakat terhadap penuntut kasus penyerangan air keras pada 2017. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Penyidik KPK Novel Baswedan mengaku sudah mendapat informasi bahwa vonis terhadap dua orang terdakwa penyerang dirinya tidak akan lebih dari 2 tahun penjara.

"Bahkan sejak awal proses, saya sudah mendapat informasi dari banyak sumber yang mengatakan bahwa nantinya (terdakwa) akan divonis tidak lebih dari 2 tahun. Ternyata semua itu sekarang sudah terkonfirmasi," kata Novel yang dikutip dari Antara, Kamis 16 Juli 2020.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Kamis malam menjatuhkan vonis selama 2 tahun penjara kepada Rahmat Kadir Mahulette dan 1,5 tahun penjara kepada Ronny Bugis karena terbukti melakukan penganiayaan yang menyebabkan luka berat terhadap penyidik KPK Novel Baswedan.

"Pertama saya sejak awal mengatakan bahwa persidangan ini banyak kejanggalan dan masalah, sehingga saya menyakini bahwa persidangan ini seperti sudah dipersiapkan untuk gagal atau sidang sandiwara," tambah Novel.

Novel juga mengaku tidak tertarik untuk mengikuti proses pembacaan tuntutan, karena sidang yang dibuat dengan sedemikian banyak kejanggalan seperti didelegitimasi sendiri oleh para pihak di persidangan.

"Sehingga memang tidak ada harapan yang saya gantungkan dalam proses tersebut. Setelah putusan dibacakan, saya dihubungi oleh beberapa kawan yang memberitahu bahwa pertimbangan dalam putusan hakim sama dengan tuntutan jaksa penuntut umum, hanya beda besarnya hukuman," ungkap Novel.

Putusan memang lebih berat dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Jakarta Utara yang menuntut Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis selama 1 tahun penjara.

"Saya tidak terkejut dan hal ini tentunya sangat ironis karena penyimpangan yang begitu jauh dari fakta sebenarnya akhirnya mendapat justifikasi dari putusan hakim," tambah Novel.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hunian Ini Diklaim Jadi Cikal Bakal New Normal Kawasan Elit

Posted: 16 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ternyata, dampak pendemi Covid-19 di dunia properti memberikan perubahan dalam berbagai aspek. Mulai dari cara berinteraksi, hingga model bisnis pun menyesuaikan dengan tatanan baru yang disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Meski begitu, pada kehidupan tatanan baru ini, para pembisnis properti masih optimistis dengan perkembangan pasar yang mulai bergeliat. Contohnya hunian Combio Lofts di kawasan elit Alam Sutera, Tangerang, yang penjualannya tetap laris.

"Sebab, kami menilai Cambio Lofts ini adalah solusi hunian New Normal for the next generation," ujar Rita Megawati, Expert Property Practitioner yang sudah berkecimpung di dunia properti selama 18 tahun, yang kini menjadi Project Consultant Cambio Lofts @Alam Sutera, Jumat (17/7/2020).

Di tengah banyaknya pilihan properti yang ditawarkan untuk tempat tinggal atau juga investasi, hunian vertikal ini menawarkan sesuatu yang berbeda dalam menjalani 3 unsur kehidupan utama di tengah perkotaan, yakni live, work and play.

"Kuncinya, kami bisa merealisasikan keinginan semua orang untuk memiliki gaya hidup one stop living dengan lokasi, fasilitas, dan design unit yang super efektif," terang Rita.

 

Di Alam Sutera

Dia juga menerangkan,Cambio Lofts adalah maha karya yang didirikan di atas lahan seluas 1,1 Ha persis di jantung kota Alam Sutera yang dikembangkan oleh ACT Group, salah satu perusahaan raksasa properti asal Singapura.

Dalam pengembangannya, Cambio Lofts terdiri dari 2 tower yang tiap tower terdiri dari 700 unit dan di desain seperti huruf Y. Setiap lantai dilengkapi 7 lifts dengan tehnologi baru yang berada di tengah Gedung, alhasil semua unit apartemen akan menikmati gaya hidup seperti hunian di Singapura.

"Dari segala fasilitas di tengah kota tersebut, harga permeter apartemen ini cukup terjangkau, hanya Rp 21 jutaan per meter dengan nett area bisa mencapai 90 persen,"ujar Rita.

Selain itu, kemudahan opsi dalam skema pembayaran bagi calon penghuni juga jadi prioritas, yakni pengelola penawarkan skema pembayaran yang disebut "Revenue Account" di dukung Bank OCBC NISP. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkat Unggahan Foto Viral di Twitter, Tukang Kayu Menjelma Jadi Model

Posted: 16 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Arab Saudi - Sebuah unggahan Twitter yang viral, mengubah kehidupan seorang tukang kayu Pakistan berusia 24 tahun yang tinggal di Arab Saudi.

Menurut laporan media, Muhammad Waqas yang datang ke Arab Saudi empat tahun lalu, selalu ingin menjadi [model](https://www.liputan6.com/tag/model ""). Kendati demikian, dia tidak terlalu berharap bisa berhasil.

"Saya datang ke Arab Saudi empat tahun lalu untuk bekerja sebagai tukang kayu. Dan, tidak pernah terpikirkan bisa menjadi model di dunia periklanan," kata Muhammad, berbicara kepada saluran media lokal seperti dikutip dari Gulf News, Jumat (17/7/2020). 

Namun, unggahan temannya di media sosial benar benar mengubah kariernya. Dari tukang kayu menjelma jadi seorang model.

"Suatu hari saya melihat teman saya, Faisal, mengedit foto-foto saya. Saya bilang kepadanya bahwa sejak keci memang ingin bekerja di bidang modeling. Namun di Pakistan, saya tidak mendapatkan kesempatan. Jadi teman saya  sengaja memotret dan mengirimkan foto saya ke orang yang relevan," tambahnya.

Unggahan Membawa Keberuntungan

Foto Muhammad yang diunggah oleh temannya, beserta tangkapan layar di mana Muhammad meminta agar bisa mendapat kesempatan dalam industri pemodelan, menjadi viral di dunia maya.

Unggahan tertanggal 1 Juli oleh pengguna Twitter @ tamimi1_1 termasuk tangkapan layar di Twitter mendapatkan lebih dari 33.000 likes sejauh ini. Akun pengguna itu juga bertanya jika ada agensi yang mungkin sedang mencari model agar menghubunginya.

"Bagi agensi yang membutuhkan pria tampan untuk menjadi model bagi mereka, bisa hubungi saya," tulis @ tamimi1_1.

Segera setelah itu, Muhammad ditawari kesempatan menjadi model.

Mengutip akun Twitter miliknya, Muhammad memposting foto-foto saat ia menjadi model sebuah perusahaan pembuatan rompi yang berbasis di Arab Saudi.

Saat ini, Muhammad telah memperbarui akun media sosialnya, berbagi cuplikan dari pemotretan yang telah ia jalani. Kini akun @ MuhammadWaqas1_ sudah memiliki 19.300 pengikut di Twitter.

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

Saksikan Video Pilhan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menristek Dorong LBM Eijkman Tingkatkan WGS untuk Virus Corona COVID-19

Posted: 16 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mendorong agar Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman meningkatkan hasil pengurutan genom virus atau whole genome sequencing (WGS) untuk virus corona COVID-19.

Dalam konferensi persnya di LBM Eijkman, Jakarta kemarin (16/7/2020) sore, Bambang mengatakan bahwa terkait WGS, Indonesia masih tertinggal dari beberapa negara lain.

"Sampai saat ini baru 16 WGS yang sudah disampaikan ke GISAID. Itu secara jumlah kalah jauh dibandingkan negara-negara lain, termasuk India dan China. Secara proporsional pun kita masih ketinggalan," kata Bambang, ditulis Jumat (17/7/2020).

Bambang mengatakan, mengingat peran besar LBM Eijkman dalam penanganan dan riset terkait COVID-19 di Indonesia, mereka diminta harus mampu melakukan manajemen berbagai kegiatan yang dilakukannya.

"Harus pintar-pintar melakukan manajemen untuk berbagai kegiatan yang dilakukan secara paralel, tujuannya sama COVID-19, tapi ada beberapa kegiatan yang tentu ada batasan penelitinya," kata Bambang.

Pengerjaan Memakan Waktu

Gambar menggunakan mikroskop elektron yang tak bertanggal pada Februari 2020 menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 (oranye) muncul dari permukaan sel (abu-abu) yang dikultur di laboratorium.  Sampel virus dan sel diambil dari seorang pasien yang terinfeksi COVID-19. (NIAID-RML via AP)
Gambar menggunakan mikroskop elektron yang tak bertanggal pada Februari 2020 menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 (oranye) muncul dari permukaan sel (abu-abu) yang dikultur di laboratorium. Sampel virus dan sel diambil dari seorang pasien yang terinfeksi COVID-19. (NIAID-RML via AP)

Ketika berbincang dengan Health Liputan6.com beberapa waktu lalu, Direktur LBM Eijkman menjelaskan bahwa mereka telah mengirimkan 10 WGS dari virus corona SARS-CoV-2 ke GISAID. Sisanya berasal dari Universitas Airlangga.

Dalam kesempatan tersebut, Amin berharap bahwa hingga sekitar pertengahan Agustus, Eijkman bisa mengirimkan 100 WGS ke GISAID.

"Kami harapkan dua bulan ini," kata Amin pertengahan Juni yang lalu. "Karena mengerjakan 10 atau 20 sequence itu memakan waktu juga," ujarnya.

Selain studi untuk WGS, LBM Eijkman seperti yang telah diketahui juga berperan dalam memimpin konsorsoium vaksin untuk pengembangan vaksin COVID-19 yang dibuat di Indonesia. Adapun, vaksin ini dinamakan vaksin merah putih.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Pendiri Travelio Besarkan Startup dan Dua Balita di Tengah Pandemi

Posted: 16 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pengusaha perempuan tergolong lebih sedikit ketimbang pengusaha pria. Salah satu faktornya adalah keterbatasan akses untuk meraih modal.

Menurut riset Crunchbase (2019), dari seluruh total pendanaan startup hanya kurang dari 3 persen yang berhasil digalang oleh pendiri startup perempuan.

Beruntung, Co-Founder & COO Travelio, Christie Tjong, yang juga merupakan ibu dari dua anak berhasil menggalang US$ 18 juta di pendanaan Seri-B pada November 2019. Pendanaan tersebut dipimpin oleh Temasek Holding melalui Pavilion Capital, dan dilakukan tepat sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

"Membesarkan startup itu nyaris mirip seperti menyuapi balita, harus diawasi setiap menitnya," kata Christie melalui keterangan tertulisnya, Jumat (17/7/2020).

Ia pun berhasil membuktikan kemampuannya dalam 'menyuapi' high-growth startup dan kedua balitanya di saat yang bersamaan.

Travelio adalah startup penyewaan apartemen Indonesia yang memegang lebih dari 5.000 kontrak manajemen eksklusif, dengan aset kelolaan di atas US$ 350 juta.

Pada Mei 2020, Travelio meluncurkan layanan tambahan e-groceries bernama TravelioMart, di mana menyediakan ratusan produk segar & FMCG dari petani, produsen, dan importir untuk kebutuhan para penyewa apartemen sekaligus seluruh penduduk Jakarta tanpa harus keluar rumah.

 

Latar Belakang Berdirinya TravelioMart

Pada awalnya, TravelioMart ingin dihadirkan sebagai layanan komplementer untuk para penyewa apartemen. Ide ini sudah muncul sejak akhir 2019, namun pandemi memberikan momentum tepat untuk bisnis e-groceries, sehingga TravelioMart segera diluncurkan.

"Saat pandemi global melanda, masyarakat kembali memprioritaskan kebutuhan dasarnya. Makanan jelas adalah kebutuhan dasar, dan kami sadar akan kekuatan digitalisasi-supply chain kami, maka kami cepat bertindak. Layanan TravelioMart akhirnya tersedia, bukan hanya untuk para penyewa apartemen saja, namun sesuai kapabilitas kami yaitu dapat menyasar ke target audiens yang lebih luas," kata Christie.

Sebagai ibu, naluri Christie tentunya untuk selalu memastikan kesehatan si kecil, maka belanja di luar rumah bukan keputusan yang tepat di masa seperti ini.

Namun sayangnya, banyak kendala saat berbelanja lewat platform e-grocery, misalnya pilihan bahan makanan yang masih sangat terbatas.

"TravelioMart hadir untuk memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat. Saat kamu tinggal di apartemen kami, kamu tidak hanya mengenal kami sebagai penyedia platform, namun sebagai rumah yang juga menyediakan segala kebutuhan kamu," tutur Christie.

COO berusia 32 tahun ini menyatakan bahwa TravelioMart menyeleksi supplier secara ketat, untuk memastikan terjaminnya kualitas dan kesegaran bahan-bahan yang dijual.

 

Bangun Infrastruktur

Salah satu karakteristik startup, terutama yang masih di tahap awal, yaitu kurangnya corporate infrastructure. Hal tersebut memaksa para founders untuk menjalankan beberapa peran secara sekaligus - dan merangkap setara dengan lima orang.

Sebagai COO, Christie tidak hanya harus mengenali satu-persatu komponen 'mesinnya', namun juga harus memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Ia menceritakan betapa beratnya tanggung jawab yang diemban setelah berhasil menggalang dana, karena ia harus langsung membangun 'infrastruktur' yang mumpuni untuk mencapai target-target yang diberikan oleh investor.

Para founders menjadi semakin proaktif seiring diluncurkannya lini bisnis, produk, layanan, maupun infrastruktur baru untuk bisa scale up sebesar dua, tiga, atau bahkan berkali-kali lipat setelah berhasil mendapatkan pendanaan baru.

Meski begitu, memainkan beberapa peran secara sekaligus bukanlah sesuatu yang baru bagi COO dan ibu dari anak 1 dan 4 tahun itu.

"Memainkan peran sebagai COO, istri, bahkan ibu secara sekaligus tentu memerlukan dedikasi yang sangat tinggi. Dulu saya sempat mengira jika saya fokus secara penuh ke salah satunya, yang lainnya pasti akan terabaikan. Namun saya sadar bahwa kata 'terabaikan' itu tidak akan muncul ketika saya mendedikasikan diri ke ketiganya - yang hanya dapat dicapai jika saya bisa mengatur waktu dengan baik," ujar Christie.

 

Keterbatasan Melahirkan Keputusan Terbaik

Berbagai keterbatasan telah membuatnya lebih efisien dalam manajemen waktu, karena ia mengerti apa saja tuntutan di setiap peran. Sebagai gantinya, hal tersebut membentuk pola pikir Christie untuk menjadi semakin gesit dalam mengambil keputusan.

"Saya sangat mempercayai kalimat 'speed outweighs perfection.' Percaya atau tidak, itulah rahasia kami dalam membesarkan Travelio hingga saat ini, khususnya untuk bisa survive di masa pandemi. Kami tidak hanya cepat untuk menyadari kegagalan, kesalahan, maupun inefisiensi, namun juga untuk menindak-lanjutinya," ujarnya. Kemampuan beradaptasi dan keinginan untuk selalu belajar hal baru adalah dua nilai kunci yang telah lama tertanam dalam budaya tim manajemen Travelio.

Jajaran pendiri Travelio terdiri dari dua Co-Founders perempuan (Christie Tjong & Christina Suriadjaja) dan satu Co-Founder laki-laki (Hendry Rusli).

Travelio adalah satu dari sedikit perusahaan bermodalkan dana dari venture capital yang berhasil menggalang dana besar dan bertumbuh setelah melewati tahap pendanaan Seri B, dengan mayoritas perempuan di tim manajemennya.

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilarang Kasih Makan Monyet Hitam Endemik Sulteng, Mengapa?

Posted: 16 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Palu - Konflik antara monyet endemik Sulawesi Tengah dengan manusia tengah terjadi. BKSDA Sulteng menyebut terjadi perubahan perilaku primata tersebut juga karena ulah manusia. Bahkan, perubahan itu disebut akan semakin mengancam.

Sulawesi Tengah dikenal memiliki primata endemik yang hidup baik di hutan primer maupun sekunder, salah satunya adalah jenis Monyet Hitam Sulawesi Tengah atau Macaca tonkeana. Jenis monyet itu bisa dengan mudah dijumpai di hutan pegunungan jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong, yang juga jadi habitatnya.

Namun, lambat laun intensitas aktivitas manusia di kawasan itu disebut turut memengaruhi perilaku satwa itu. Apalagi dengan kebiasaan orang-orang yang berhenti dan memberi makan monyet-monyet di lokasi itu.

Memang, selama ini kawanan monyet ekor pendek itu sudah menjadi daya tarik pengendara yang melintas terutama di kilometer 14 dan 15 jalan nasional tersebut. Akibatnya, monyet-monyet berbulu hitam itu kerap berkeliaran di tengah jalan tersebut menunggu pengendara memberi makanan, jumlahnya puluhan bahkan bisa mencapai ratusan.

"Kalau pulang dari Palu ke Parigi saya sering berhenti di sini istirahat, sambil foto monyet-monyet itu. Kalau ada buah-buahan kadang saya kasih," kata Hendra (32), warga Kabupaten Parigi Moutong yang bekerja di Kota Palu, Kamis (9/7/2020).

Perilaku Monyet Bisa Makin Mengancam

Kawanan Monyet Hitam Sulawesi Tengah (Macaca tonkeana) sedang berkeliaran di jalan trans Palu - Parimo menunggu diberi makanan oleh warga yang melintas. (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto).
Kawanan Monyet Hitam Sulawesi Tengah (Macaca tonkeana) sedang berkeliaran di jalan trans Palu - Parimo menunggu diberi makanan oleh warga yang melintas. (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto).

Haruna, Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 BKSDA Sulteng mengatakan, konflik satwa tersebut dengan manusia di lokasi itu malah makin mengkhawatirkan akibat kebiasaan memberi makan itu.

"Kalau sebelumnya hanya menunggu diberi makanan, sekarang kawanan hewan itu sering dilaporkan masuk ke rumah-rumah warga sekitar mencari makanan," Haruna menceritakan, Sabtu (11/7/2020).

Di sisi lain perubahan perilaku juga membuat satwa yang dilindungi Undang-Undang  Nomor 5 tahun 1990 itu terancam "dicuri" orang-orang yang tidak bertanggung jawab saking mudahnya hewan itu didekati.

Haruna memperkirakan perubahan perilaku yang terjadi sejak 2 tahun terakhir itu berpotensi lebih fatal, jika masyarakat tidak menghentikan kebiasaan memberi makan dan taat pada imbauan BKSDA Sulteng yang disebar di sekitar lokasi tersebut.

"Populasi satwa itu kami lihat masih terjaga. Hanya saja konflik itu yang jadi kekhawatiran kami. Hewan itu jadi makin terbiasa minta makanan, apalagi kalau rumah dan kantin makin banyak," Haruna mengkhawatirkan.

Simak video menarik lainnya berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Audrey O’Connor Siap Tampil di Film See Me yang Mengisahkan Kehidupan Down Syndrome

Posted: 16 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris Down syndrome, Audrey O'Connor tak lama lagi akan segera syuting film barunya yang berjudul See Me, yang diproduksi oleh Bus Stop Films. Jalan ceritanya ia tulis sendiri tentang kehidupan sekolah menengah atas (SMA) dengan disabilitasnya.

 

"Saya tidak yakin apakah itu akting atau berada di belakang set, saya pikir saya hanya menyukai keduanya. Ini industri yang sangat bagus," kata O'Connor yang kini berusia 29 tahun dan salah satu co-founder Ruckus.

Ruckus merupakan perkumpulan teater khusus penyandang disabilitas yang berbasis di Sydney yang bertujuan menghancurkan stereotip orang-orang tentang apa yang mampu dicapai oleh para penyandang disabilitas.

O'Connor mengatakan, dirinya memutuskan untuk memasuki industri perfilm-an sejak usianya masih 15 tahun. Ia begitu cinta dunia film sampai bermimpi dirinya berada di set film.

Pembuatan film ini melibatkan 60 persen aktor dan 11 diantaranya dalam penulisan naskah berdasarkan kisah nyata kehidupan orang-orang penyandang disabilitas.

O'Connor berharap film ini akan menginspirasi orang lain yang juga hidup dengan kondisi down syndrome untuk bersuara.

"Saya ingin menunjukkan bahwa orang-orang yang seperti saya, dan kita juga dapat membuat perbedaan bagi dunia dan menunjukkan siapa kita sebenarnya. Makanya penting bagi kita untuk berbagi cerita kita," katanya.

 

Toolkit Pembuatan Film Inklusif

Naomi Novita Terapis Anak Down Syndrome dan Autisme mengajarkan metode montessori. Tangerang Selatan (4/3/2020).
Naomi Novita Terapis Anak Down Syndrome dan Autisme mengajarkan metode montessori. Tangerang Selatan (4/3/2020).

Untuk mendukung O'Connor, Bus Stop Films akan merilis Toolkit Pembuatan Film Inklusif mereka, yang menguraikan prinsip praktik terbaik untuk menciptakan inklusi bermakna penyandang disabilitas di depan dan di belakang kamera.

Salah satu pendiri Bus Stop Films, Genevieve Clay-Smith, mengatakan dia berharap toolkit ini akan mengarah pada peningkatan representasi orang-orang penyandang disabilitas di industri film, bersamaan dengan mengedepankan pembahasan keberagaman.

"Inklusi yang berarti, harus menjadi bagian dari penulisan naskah, storytelling, dan akan menjadi bagian dari proses bahkan sebelum Anda memasuki set syuting. Semua itu sangat penting karena orang-orang yang mengalami disabilitas hanya dapat membawa pengalaman itu," katanya.

"Industri film adalah industri storytelling atau bagaimana kita bercerita. Jika kita meninggalkan orang-orang ini (penyandang disabilitas) dari cerita yang kita buat, tidak mewakili mereka di layar maka kami kehilangan separuh besar populasi," kata Clay-Smith.

Bus Stop Films didirikan lebih dari satu dekade yang lalu dengan tujuan memasukkan lebih banyak penyandang disabilitas ke dalam industri dan menceritakan kisah mereka sendiri.

Selain memproduksi film, organisasi nirlaba ini juga menjalankan program pembuatan film yang dapat diakses oleh orang-orang yang ingin memasuki industri.

"Artinya akan ada lebih banyak transformasi kehidupan. Karena mereka akan dapat dimasukkan dalam industri yang indah, menakjubkan, luar biasa, dan ajaib yang disebut industri film yang menceritakan kisah dan kisah yang mengubah dunia," kata Clay-Smith.

See Me menjadi produksi pertama Bus Stop Film setelah lockdown COVID-19 dilonggarkan dan akan tayang perdana pada 2021.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Patut Dicurigai, 5 Tanda Pacar Selingkuh dengan Sahabatmu Sendiri

Posted: 16 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Umumnya, saat memiliki pasangan kita akan berbagi cerita dengannya. Mulai dari kisah hidup sampai dengan memberi tahu dengan siapa saja kita berteman. Tak sedikit yang mengetahui bahkan mengenal teman pasangannya tersebut.

Terkadang, senang melihat kekasih akrab dengan orang yang kenal dekat dengan diri kita. Namun, momen tersebut justru bisa jadi awal mula keduanya berselingkuh dan bermain di belakang kita.

Hal ini karena bisa saja ada ketertarikan antara keduanya yang tak kita ketahui. Sebenarnya apa saja sih tanda-tanda kalau pasangan selingkuh dengan sahabat kita?

1. Pacar seringkali memuji sahabat

ilustrasi alasan orang selingkuh/pexels
ilustrasi alasan orang selingkuh/pexels

Sesekali melontarkan pujian kepada sahabatmu saat keduanya pertama kali bertemu mungkin bukanlah hal yang aneh. Namun, jika pacarmu sering memuji sampai ke hal-hal kecil dari sahabatmu, itu perlu dicurigai.

Namun, kalau ia tiba-tiba mengubah penampilannya saat ingin bertemu sahabatmu, hal ini perlu diwaspadai. Pasalnya, seseorang akan tampil rapi dan mau mengubah penampilannya ketika akan bertemu seseorang yang pujiannya diharapkan. Jadi, kekasihmu ingin membuat kagum siapa?

3. Berlebihan menjaga ponselnya

Meski memutuskan hengkang dari SMASH yang membesarkan namanya pada 2013 silam, karier Morgan terus berjalan. Jadi tak heran jika kehidupannya tak lepas dari sorotan publik. Tak terkecuali, penampilannya yang simpel namun tetap keren.(Liputan6.com/IG/@morganoey)
Meski memutuskan hengkang dari SMASH yang membesarkan namanya pada 2013 silam, karier Morgan terus berjalan. Jadi tak heran jika kehidupannya tak lepas dari sorotan publik. Tak terkecuali, penampilannya yang simpel namun tetap keren.(Liputan6.com/IG/@morganoey)

Saat melakukan pendekatan dengan orang lain, seringkali kita tak bisa jauh dari ponsel karena mengharapkan balasan dari sang pujaan hati.

Namun, ketika kamu sudah menjalani hubungan dan dia masih saja terobsesi dengan ponselnya, hal ini patut dicurigai. Mengirim pesan adalah salah satu cara mereka yang selingkuh untuk bisa berkomunikasi, yaitu dengan mengirim pesan satu sama lain.

4. Tingkah pacar dan sahabat aneh saat sedang berkumpul bersama

Pacar teman selingkuh/copyright: shutterstock
Pacar teman selingkuh/copyright: shutterstock

Ketika sedang berkumpul bertiga, kamu merasa ada hal aneh bahkan merasa tak nyaman. Meskipun keduanya tak memperlihatkan secara terang-terangan, kamu justru merasa risih karena tau ada kebohongan yang disembunyikan antara pacarmu dan sahabatmu.

5. Pacarmu pernah menanyakan kehidupan asmara sahabat

Ilustrasi/copyright shutterstock
Ilustrasi/copyright shutterstock

Ketika pacarmu mulai tertarik dan bertanya-tanya mengenai kehidupan pribadi sahabatmu, hal tersebut perlu dicurigai.

Terkadang pacarmu memberi alasan ingin comblangin sahabatmu dengan seseorang. Namun, siapa yang tahu kalau ternyata pacarmu lah yang penasaran dan ingin menjalin hubungan dengannya?

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Meninggal, Berat Badan Omas Hanya 25 Kilogram

Posted: 16 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Omas telah pergi untuk selamanya karena penyakit diabetes. Sang komedian senior ini mengembuskan napas terakhir di kediamannya di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat, pada Kamis (16/7/2020) malam.

Kepada wartawan, anak almarhumah Omas, Dio Ambiah mengungkap firasat sebelum sang ibunda meninggal dunia. Ia punya perasaan tak enak saat melihat berat badan Omas terus menyusut.

"Firasat mungkin saya beberapa hari terakhir ini. Biasa kan buang air kecil ngangkat baju (mama), saya ngeliatnya badannya akhir-akhir ini sudah kurus banget, tinggal tulang doang," kata Dio Ambiah di rumah duka pada Kamis (16/7/2020) malam.

25 Kilogram

Omas
Omas

Dio Ambiah pun mengungkap berat badan sang ibunda sebelum wafat. Menurutnya, berat badan ibunya jauh dari rata-rata bobot tubuh orang dewasa

"Kalau ditimbang tinggal 25 (kilogram) kurus banget. Ini penyakit kok kayak gini sampai makan badan kayak gini," papar keponakan Mandra tersebut.

Meninggal

Omas Wati (Foto: Instagram/@dausminiasli)
Omas Wati (Foto: Instagram/@dausminiasli)

Hingga pada Kamis (16/7/2020) petang, kesehatan Omas semakin memburuk. Sampai di titik ini, sang anak sudah memasrahkan semuanya kepada Sang Pencipta.

"Dan akhirnya tadi maghrib dia sesek gitu. Ya sudah (saat itu) saya doa dalam hati, 'Ya sudah misalnya ibu nggak kuat Dio ikhlasin'," paparnya.

Didampingi Anak

Sang pelawak legendaris itu akhirnya mengembuskan napas terakhir pada pukul 19.30 WIB. Ia pergi dengan tenang didampingi oleh anak-anaknya.

"Selanjutnya yang tanggung jawab, dan Dio yang ngatur, semua ikhlas. Akhirnya tadi jam setengah delapan sudah nggak ada," Dio Ambiah mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Frustrasi, Messi Sebut Barcelona Bisa Tersingkir dari Liga Champions

Posted: 16 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi benar-benar geram dengan kegagalan timnya, Barcelona juara Liga Spanyol. Parahnya, Barcelona juga kalah 1-2 dari Osasuna pada pekan ke-37, Jumat (17/7/2020) dinihari WIB.

Messi yang juga berstatus sebagai kapten tim pun menyebut Barcelona bisa kalah dari Napoli jika tidak berubah. Barcelona akan berhadapan dengan Napoli pada babak 16 besar Liga Champions leg kedua.

"Kita butuh rehat dan melupakan kegagalan ini jika kami ingin bertarung di Liga Champions. Kami harus benar-benar berubah, jika tidak kami akan kalah dari Napoli," kata Messi seperti dilansir Sportskeeda.

Barcelona bermain imbang 1-1 dengan Napoli pada leg pertama di Naples. Hasil itu membuat Barcelona hanya perlu bermain imbang tanpa gol di leg kedua jika ingin lolos.

Namun kondisi Barcelona saat ini sedang tidak menentu. Mereka gagal meraih gelar juara Liga Spanyol dan kabarnya dilanda kisruh internal.

Messi pun meminta timnya untuk introspeksi. Kami harus mengkritik diri sendiri. Kami Barcelona dan harus memenangkan pertandingan, tidak peduli yang mana itu," katanya.

Hasil Liga Spanyol

Para pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak oleh Luis Suarez ke gawang Espanyol pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Rabu (8/7/2020). Barcelona menang 1-0 atas Espanyol. (AFP/Lluis Gene)
Para pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak oleh Luis Suarez ke gawang Espanyol pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Rabu (8/7/2020). Barcelona menang 1-0 atas Espanyol. (AFP/Lluis Gene)

Athletic Bilbao 0-2 Leganes

Barcelona 1-2 Osasuna

Real Betis 1-2 Deportivo Alaves

Celta Vigo 2-3 Levante

Getafe 0-2 Atletico Madrid

Real Mallorca 1-2 Granada

Real Madrid 2-1 Villarreal

Real Sociedad 0-0 Sevilla

Valencia 1-0 Espanyol

Klasemen Liga Spanyol

 

 

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anjing Dilatih Deteksi Orang yang Terinfeksi Virus Corona

Posted: 16 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah anjing yang biasanya bertugas mencari dan mendeteksi narkoba dan alat peledak dilatih keahlian baru. Mereka mulai berlatih untuk mendeteksi orang-orang yang terinfeksi virus corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Masuk Pantai Indah Kapuk Harus Pakai Paspor

Posted: 16 Jul 2020 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Netizen heboh. Beredar klaim masuk Pantai Indak Kapuk (PIK) harus pakai paspor.

Klaim tersebut diunggah akun Facebook Nazwa Adawiyah V, pada 14 Juli 2020. Unggahan tersebut berupa video pesepeda yang ingin masuk kawasan Pantai Indah Kapuk, namun dalam narasinya harus menunjukan paspor.

Berikut transkrip narasi dalam video tersebut:

"Jadi seperti sudah saya sampaikan bahwa Kalau masuki kawasan ini (PIK) di atas pukul 09.00 WIB, harus pakai paspor, harus minta izin kepada pemilik di kantor marketing, karena sudah dikuasi oleh pihak swasta. Jadi kita sebagai rakyat tidak bisa, mobil yang bebas sepeda nggak, jadi harus pakai paspor ya kalai ke Pantai Indah Kapuk itu seperti turis di negeri sendiri. Parah!"

Pada unggahan video tersebut, diberikan keterangan sebagai berikut:

"🆘🆘🆘🆘

*HANYA ADA DI JAMAN JOKOWI*

MASUK PANTAI INDAH KAPUK WAJIB PAKAI PASPORT, KAYAK ADA NEGARA DALAM NEGARA AJA‼️

semoga cepat lengser

Aamiiin Aamiiin Allahumma Aamiin"

Benarkah masuk Pantai Indah Kapuk harus menggunakan paspor? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim masuk Pantai Indah Kapuk harus menggunakan paspor menggunakan Google Search dengan kata kunci 'pantai indah kapuk harus pakai paspor'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Viral Pesepeda Sebut ke PIK 2 Harus Pakai Paspor, Ini Penjelasan Pemprov DKI" yang dimuat situs news.detik.com, pada 15 Juli 2020.

Dalam artikel tersebut, Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan lokasi video tersebut berada di PIK 2, Kabupaten Tangerang, Banten. Menurutnya, di kawasan tersebut memang ada pengaturan waktu masuk pesepeda karena masih ada lalu lalang truk proyek.

"PIK 2 berada di kawasan Banten. Info sekuriti, ada pengaturan untuk giat olahraga atau bersepeda di kawasan tersebut dalam rangka aspek keselamatan, mengingat di lokasi masih banyak alat berat beroperasi dan mobilisasi truk besar," ujar Sigit.

Sigit menegaskan, pihaknya tidak pernah memberlakukan pembatasan akses di kawasan PIK, Jakarta Utara. "Akses di kawasan PIK dan kawasan Pantai Maju dipergunakan tanpa ada pembatasan masuk atau akses apa pun," katanya.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Viral Pesepeda Masuk PIK 2 Harus Pakai Paspor, Manajemen Ungkap Faktanya" yang dimuat situs news.detik.com, pada 15 Juni 2020.

Dalam artikel tersebut Manajemen pengelola Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 angkat bicara terkait video viral pesepeda mengaku tidak mendapat izin dan harus menggunakan paspor jika masuk ke kawasan PIK 2 di atas pukul 09.00 WIB. Manajemen menegaskan kabar itu tidak benar.

"Isu paspor sama sekali tidak benar," ujar Township Management Director Agung Sedayu Group, Restu Mahesa.

Restu menegaskan Pantai Maju di PIK terbuka untuk umum. Dia mengimbau seluruh warga yang ingin masuk ke kawasan PIK 2 agar mengikuti aturan Pemprov DKI terkait protokol kesehatan di tengah pandemi Corona.

Dia mengatakan warga yang hendak masuk atau berolahraga di kawasan PIK 2 memang harus melapor ke petugas. Namun dia menegaskan kebijakan ini bukan melarang warga untuk masuk, justru hanya sekedar mendata warga saja agar warga yang masuk di PIK 2 aman mengingat masih ada pembangunan di kawasan itu.

"Proyek kami masih berjalan di beberapa lokasi masih belum bisa diakses secara umum, karena membahayakan bilamana pengunjung masuk ke area tersebut, masih banyak alat berat, masih banyak truk di sana sehingga kami berikan kebijakan, bilamana yang akan olahraga tetap minta izin, sehingga tercatat semuanya," jelasnya.

Kesimpulan

Klaim masuk Pantai Indah Kapuk harus menggunakan paspor tidak benar.

Di kawasan pengambilan video tersebut memang ada pengaturan waktu masuk pesepeda untuk mejaga keselamatan karena masih ada lalu lalang truk proyek.

Pihak Manajemen pengelola Pantai Indah Kapuk menyatakan tidak memberlakukan pembatasan khusus, hanya melakukan pendataan warga yang masuk kawasan tersebut.

 

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Makeup Hanya 5 Menit Sebelum Tampil di Zoom Meeting

Posted: 16 Jul 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selama masa pandemi COVID-19, sejumlah pegawai diwajibkan bekerja dari rumah. Salah satu aplikasi yang sangat membantu adalah zoom meeting.

Namun apa jadinya bila meeting dimulai tepat 15 menit lagi, dan kita tidak ada waktu untuk berpakaian rapi apalagi makeup?

Vincent Oquendo, seorang MUA (Make-up Artist), merincikan kiat-kiat termudah untuk memiliki wajah mulus dalam 5 menit saat meeting zoom, dilansir dari Vogue.

1. Oleskan moisturizer

Perawatan kulit sangat penting untuk setiap memulai tampilan apapun, baik bagi yang di rumah maupun tidak," kata Oquendo. Setelah membersihkan dengan cepat, ia merekomendasikan untuk mencari pelembab yang menghidrasi yang mencerahkan kulit.

2. Tetes mata

"Kamera dapat menangkap noda merah dan pink, jadi Anda akan terlihat lebih lelah jika mata Anda sedikit merah," saran Oquendo.

 

3. Pakai maskara

Ilustrasi maskara. (dok. Bru-nO/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Ilustrasi maskara. (dok. Bru-nO/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Selanjutnya, Oquendo menyarankan untuk menyalakan kamera pada laptop atau kamera ponsel sebagai cermin Anda.

"Anda bisa melihat berdasarkan pencahayaan dan bagaimana tampilan Anda pada layar," saran Oquendo. Kemudian agar tampak mata Anda terbuka lebar, keriting bulu mata ANda menggunakan maskara.

"Ini menambah definisi mata Anda dan dalam gambaran yang akan tampil di layar akan membuat Anda tampak lebih segar."

4. Gunakan Blush On

Tentang panggilan video, termasuk zoom, meskipun tampilannya HD, Anda masih akan terlihat blur atau pudar, catat Oquendo. Sehingga agar Anda tampak segar, aplikasikan blush atau perona pipi.

"Anda ingin menonjolkan sesuatu pada wajah Anda saat muncul di layar. Maka tambahkan kehangatan di pipi Anda untuk membuat Anda terlihat lebih hidup." Untuk mengaplikasikannya, ahli merekomendasikan menggesekkan kuas perona pipi runcing dalam gerakan berbentuk oval di pipi Anda dan kembali ke bagian luar wajah Anda.

"Ketuk untuk mengurangi serbuk blush berlebih, karena warnanya akan sedikit lebih terang saat muncul di layar," katanya.

5. Tambahkan concealer

"Ini adalah bagian yang paling penting. Gunakan jarimu untuk menepuk concealer di bawah matamu di pangkal hidungmu dan di sudut dalam matamu." kata Oquendo.

Jika Anda memiliki 30 detik ekstra, gunakan waktu tersebut untuk mengaplikasikan sedikit kontur, terutama di area tepat di atas rahang. Dengan ini akan mencerahkan dan membentuk area yang dapat memberi definisi pada rahang Anda, katanya. Maka Anda dapat hadir tepat waktu dengan wajah tampak segar.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aruna dan Lidahnya, Film Bertema Kuliner yang Mengangkat Makananan Khas Nusantara

Posted: 16 Jul 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjelang akhir pekan, tentunya kamu butuh sebuah tontonan yang bisa menyegarkan pikiran setelah bekerja selama sepekan. Salah satunya adalah film. Apalagi, jika filmnya bertema tak biasa, seperti makanan misalnya.

Selain bisa jadi hiburan, film yang menampilkan kudapan lezat nan menggiurkan juga bisa jadi referensi buat kamu yang mau kulineran di akhir pekan. Nah, salah satu film yang mengangkat topik seputar makanan adalah Aruna dan Lidahnya.

Ya, Aruna dan Lidahnya merupakan film yang diadaptasi dari novel laris karya Laksmi Pamuntjak. Dirilis pada 2018 lalu, film ini dibintangi sejumlah aktor dan aktris papan atas Tanah Air. Sebut saja Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Oka Antara, dan Hannah Al Rasyid.

Selama menonton Aruna dan Lidahnya, kamu harus siap-siap menelan air liur. Pasalnya, di sepanjang film, kamu bakal dimanjakan dengan grafis dan cuplikan gambar yang apik dari berbagai kuliner Nusantara. Mulai dari kudapan khas Surabaya, Pamekasan, Pontianak, hingga Singkawang.

Bercerita tentang perjalanan Aruna (Dian Sastrowardoyo), seorang gadis yang punya hobi kulineran dengan sahabat-sahabatnya, Bono (Nicholas Saputra) dan Nadezhda (Hannah Al Rasyid). Suatu hari ia, ditugaskan untuk menyelidiki kasus flu burung di empat kota di Indonesia bersama mantan koleganya, Farish (Oka Antara).

Di sela-sela pekerjaan Aruna, ia selalu mengajak ketiga kawannya itu menyempatkan diri mencicipi makanan khas daerah tersebut. Konflik muncul saat Aruna merasakan ada sesuatu yang janggal dari kasus yang sedang ia investigasi.

Buat kamu para pencinta kuliner, film ini bisa jadi referensi yang tepat buat ditonton di akhir pekan. Apalagi setiap detail gambar makanan dalam film, mulai dari meracik bumbu sampai hidangan tersebut matang dijamin bisa bikin perut kamu keroncongan!

Untuk nonton film Aruna dan Lidahnya, kamu bisa streaming lewat aplikasi dan situs Vidio. Yuk, download aplikasi Vidio di ponselmu sekarang!

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Komplikasi Diabetes atau Sakit Gula, Ketahui Pencegahannya

Posted: 16 Jul 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Diabetes atau sakit gula ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh manusia. Kondisi ketika penyerapan gula oleh tubuh tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya. Hingga menyebabkan glukosa dalam darah menumpuk dan memicu komplikasi akibat diabetes atau sakit gula.

Hal ini dipengaruhi oleh kinerja produksi insulin dalam prankreas. Penderita akan kesulitan memproduksi hormon insulin, dampaknya sel-sel tubuh tidak bisa menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi. Komplikasi akibat diabetes atau sakit gula semakin berisiko tinggi jika kondisi ini tidak segera dicegah dan ditangani.

Apalagi jika kadar kolesterol jahat penderita diabetes atau sakit gula ikut tinggi. Kemudian pembuluh darah rusak dan timbulkan penimbunan lemak. Besar kemungkinan tekanan darah juga akan ikut tinggi pada kondisi ini. Hal inilah yang kemudian membuat komplikasi akibat diabetes atau sakit gula terjadi dan ancam nyawa penderitanya.

Berikut Liputan6.com ulas komplikasi akibat diabetes atau sakit gula dari berbagai sumber, Jumat (17/7/2020).

Rambut, Gigi, dan Mulut

rambut rontok (sumber: iStockphoto)
rambut rontok (sumber: iStockphoto)

Rambut

Rambut rontok bisa menjadi salah satu komplikasi akibat diabetes atau sakit gula yang kerap terjadi. Komplikasi ini terbilang sangat ringan karena tidak begitu membahayakan nyawa penderita. Kerontokan rambut biasanya akan terjadi karena rusaknya pembuluh darah karena aliran darah folikel terhambat. Hingga membuat folikel melemah karena kekurangan nutrisi dan oksigen.

Selain aliran darah, hal ini juga berdampak pada endokrin. Pada penderita diabetes, endokrin akan bermasalah dan ganggu pertumbuhan rambut. Risiko terparahnya akan akibatkan kebotakan. Tidak hanya pada rambut kepala tetapi tangan, kaki, alis, dan bagian tubuh yang lainnya.

Gigi dan Mulut

Gigi dan mulut bisa ikut bermasalah karena tingginya gula dalam darah. Komplikasi akibat diabetes atau sakit gula yang satu ini harus lebih diperhatikan. Penderita mungkin akan sangat tidak nyaman dengan kondisi mulutnya jika komplikasi ini terjadi. Infeksi di area gigi dan mulut penderita akan lebih sering terjadi. Misalnya seperti gangguan gigi, gusi, dan lidahnya.

Bakteri akan lebih sering menghinggapi mulut penderita karena kandungan gulanya sangat tinggi. Bakteri ini akan memicu pembentukan plak pada permukaan gigi. Plak yang semakin menebal akan membuat gusi dan mulut meradang dan terinfeksi. Pembengkakan juga akan lebih sering dialami.

Komplikasi ini bisa dihindari, mulailah jaga kebersihan mulut dan gigi. Setidaknya lakukan sikat gigi minimal dua kali dalam satu hari. Perbanyak konsumsi air putih untuk menghindari bakteri yang menumpuk pada air liur.

 

Saraf dan Kaki Diabetik

Ilustrasi tangan kesemutan
Ilustrasi tangan kesemutan

Saraf

Kerusakan pada sistem saraf jelas akan terjadi pada penderita diabetes atau sakit gula. Sebutannya adalah neuropati diabetik, kondisi ketika saraf tangan dan kaki tidak bisa bekerja optimal. Penderita biasanya akan mengalami mati rasa atau kesemutan di jari tangan dan kaki. Terkadang ada yang merasa kebas dan merasakan sensasi terbakar.

Kondisi ini pada awalnya memang terasa biasa saja, tetapi lama kelamaan bisa semakin parah. Hingga bisa mengganggu aktivitas keseharian. Akan diperparah lagi jika penanganan penyakit diabetes tidak ditangai sebagaimana mestinya.

American Academy of Family Physicians mengatakan bahwa 10 sampai 20 persen pengidap diabetes mengalami nyeri saraf. Kerusakan saraf juga dapat memengaruhi mood, hingga menyebabkan stres dan gangguan tidur kronis.

Kaki Diabetik

Memiliki luka pada tubuh memang sudah biasa terjadi dan dialami. Namun, hal ini jelas berbeda dengan penderita diabetes. Penderita akan mengalami komplikasi akibat diabetes atau sakit gula yang buat lukanya sulit untuk disembuhkan. Parahnya, amputasi terkadang harus dilakukan karena pembusukan yang terjadi akibat gula darah yang tinggi.

Ketika gula darah tinggi, sirkulasi darah yang kaya oksigen dan nutrisi sangat dibutuhkan. Padahal ketika kondisi ini terjadi, pembuluh darah justru mengalami sumbatan. Hingga pada akhirnya justru jaringan dan saraf menjadi rusak. Agar terhindar dari komplikasi ini, rajin-rajinlah menjaga kebersihan kaki.

Ketoasidosis Diabetik

ilustrasi sesak napas (sumber: iStockphoto)
ilustrasi sesak napas (sumber: iStockphoto)

Ketoasidosis diabetik terjadi ketika ada banyak asam atau keton dalam darah. Pada kondisi ini, energi sangat dibutuhkan oleh tubuh dengan memecah gula yang dibantu oleh hormon insulin. Namun, penderita diabetes akan kesulitan memproduksi hormon ini dan membuat tubuh memproduksi hormon lain.

Hormon yang diproduksi bukan untuk memecah gula tetapi untuk memecah lemak menjadi energi. Pada kondisi inilah kemudian asam atau keton dihasilkan. Keton yang berlebihan agar menumpuk dalam darah dan sebabkan katoasidosis diabetik.

Agar bisa menghindari komplikasi akibat diabetes atau sakit gula ini, perhatikan pola makan. Jangan lewatkan waktu makan saat sedang stres dan lupa menyuntikkan insulin. Penderitanya akan lebih sering buang air kecil, sakit perut, sesak napas, jantung berdebar-debar, dan merasa lemah. Parahnya akan membuat penderita mengalami koma.

Mata dan Reproduksi

Rabun | KlikDokter
Rabun | KlikDokter

Mata

Mata merupakan salah satu indra vital manusia. Ternyata komplikasi akibat diabetes atau sakit gula bisa merusaknya. Penderita seiring berjalannya waktu akan merasakan pandangan matanya semakin kabur. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah kecil di belakang mata rusak.

Namun, jika penderita bisa mengontrol kadar gula darahnya, pandangan mata yang kabur akan kembali normal dengan sendirinya. Meski begitu, mewaspadainya juga harus terus dilakukan. Pembengkakan pasti akan terus terjadi dan perdarahan bisa saja terjadi di mata penderita. Hingga timbulkan jaringan parut karena ada tekanan sangat tinggi di mata.

Reproduksi

Komplikasi akibat diabetes atau sakit gula bisa terjadi dan mengganggu area reproduksi pria dan wanita. Pria biasanya akan mengalami disfungsi ereksi. Hingga dapat dipastikan ada gangguan pada sistem saraf dan pembuluh darah area reproduksinya.

Untuk wanita akan mengalami infeksi jamur pada vaginanya yang sebabkan keputihan berlebihan. Kondisi ini juga akan membuat hubungan seksual menjadi tidak menyenangkan. Bahkan terkadang bisa timbulkan bau busuk, gatal, dan perih luar biasa.

Kardiovaskuler dan Ginjal

Ilustrasi sakit jantung
Ilustrasi sakit jantung

Kardiovaskuler

Masalah kardiovaskuler juga bisa terjadi karena komplikasi akibat diabetes atau sakit gula. Hal ini disebabkan karena terjadi penumpukan lemak pada pembuluh darah. Hingga pada kondisi terparah bisa hambat sirkulasi darah dan tingkatkan risiko aterosklerosis.

Aterosklerosis terjadi karena ada pengerasan pembuluh darah dan bisa timbulkan serangan jantung atau stroke. American Heart Association mengatakan orang dengan diabetes, empat kali lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung daripada diabetes. Faktor risikonya, yakni tekanan darah tinggi, kolesterol dan trigliserida tinggi, obesitas, malas gerak, serta merokok.

Ginjal

Pembuluh darah yang rusak karena diabetes ternyata bisa sebabkan komplikasi akibat diabetes atau sakit gula. Parahnya kerusakan ini akan menyerang ginjal manusia. Pembuluh darah yang rusak akan lebih banyak terjadi pada ginjal dan sebabkan sel-sel ginjal tidak bekerja optimal.

Kerusakan pembuluh darah ini terjadi ketika gula darah yang tinggi membuat ginjal lebih keras bekerja. Jadi, tidak heran jika pembuluh darah di sekitarnya ikut rusak. Fungsi ginjal akan semakin menurun dan komplikasi akan semakin parah hingga sebabkan kematian penderitanya.

Cara Mencegah Komplikasi Diabetes

ilustrasi makan sayur/Photo by Louis Hansel on Unsplash
ilustrasi makan sayur/Photo by Louis Hansel on Unsplash

Diabetes atau penyakit gula memang kerap disebut sebagai biang dari segala penyakit. Biang ini kemudian disebut sebagai komplikasi akibat diabetes atau sakit gula. Terkadang bisa ringan dan parahnya bisa sebabkan kematian. Dikutip dari p2ptm.kemenkes.go.id. berikut ini pencegahan komplikasi diabetes yang bisa dilakukan penderitanya.

1. Minum obat secara teratur sesuai anjuran Dokter/petugas kesehatan.

2. Jaga kadar gula darah (Tes rutin kadar gula darah) dan check-up .

3. Makan sehat - memperbanyak konsumsi sayur dan buah, kurangi lemak, gula, dan makanan asin.

4. Beraktivitas fisik secara teratur.

5. Waspada infeksi kulit dan gangguan kulit.

6. Periksa mata secara teratur.

7. Waspada jika ada kesemutan, rasa terbakar, hilangnya sensasi, dan luka pada bagian bawah kaki.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Digelar September, Simak Aturan Pelaksanaan Tes SKB CPNS 2019

Posted: 16 Jul 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengatur tata cara pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun formasi 2019. Adapun seleksi tersebut rencananya akan digelar pada September-Oktober 2020.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono memastikan, pelaksanaan SKB CPNS 2019 tetap akan digelar pada rentang waktu tersebut. Namun, BKN belum mengeluarkan tanggal pastinya kapan tes lanjutan dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) itu akan digelar.

"Kalau tanggal belum ada. Tapi masih September-Oktober," kata Paryono kepada Liputan6.com, Jumat (17/7/2020).

Adapun ketentuan pelaksanaan tes bagi para peserta SKB CPNS telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Kepala BKN Nomor 17/SE/VII/2020 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi Dengan Metode Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara (CAT BKN) Dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Terdapat beberapa kebijakan dan prosedur yang wajib dipatuhi para peserta tes SKB. Seperti dihimbau untuk melakukan isolasi mandiri sebelum tes hingga wajib menggunakan masker.

Berikut kebijakan umum dan prosedur penyelenggaraan seleksi bagi peserta SKB CPNS 2019:

 

Kebijakan Umum

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana (tengah) meninjau pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana (tengah) meninjau pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kebijakan Umum bagi Peserta Seleksi:

1) Peserta seleksi dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri mulai 14 hari sebelum pelaksanaan seleksi.

2) Peserta tidak diperkenankan mampir ke tempat lain selain ke tempat seleksi.

3) Wajib menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu. Jika diperlukan, penggunaan pelindung wajah (faceshield) bersama masker sangat direkomendasikan sebagai perlindungan tambahan.

4) Tetap memperhatikan jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.

5) Menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan/atau menggunakan handsanitizer.

6) Membawa alat tulis pribadi.

7) peserta seleksi dengan hasil pengukuran suhu >37,3 derajat C diberikan tanda khusus dan mengikuti ujian di tempat terpisah (ruangan khusus) dan diawasi dengan petugas yang wajib memakai masker dan pelindung wajah (faceshield).

8) Peserta seleksi yang berasal dari wilayah yang berbeda dengan lokasi ujian mengikuti ketentuan protokol perjalanan yang ditetapkan oleh Pemerintah

 

Prosedur Seleksi

Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Prosedur Penyelenggaraan Seleksi

a. Sebelum berangkat peserta diharuskan dalam kondisi bersih (mandi dan cuci rambut) serta menjaga kebersihan.

b. Menyiapkan berbagai dokumen yang diperlukan agar dapat sampai pada tujuan dan mengikuti seleksi.

c. Peserta seleksi wajib hadir paling lambat 60 menit sebelum seleksi dimulai.

d. Peserta datang ke lokasi seleksi dengan memakai masker menutupi hidung dan mulut hingga dagu.

e. Bagi pengantar peserta seleksi berhenti di drop zone yang sudah ditentukan.

f. Pengantar peserta seleksi dilarang menunggu dan/atau berkumpul di sekitar lokasi seleksi.

g. Kepolisian Republik Indonesia yang ditugaskan memastikan tidak ada kerumunan pengantar dan peserta di sekitar lokasi seleksi.

h. Peserta wajib diukur suhu tubuhnya.

i. Peserta yang suhu tubuhnya > 37,3 derajat C ( dilakukan 2 kali pemeriksaan dengan jarak 5 menit) ditempatkan pada tempat yang ditentukan.

j. Peserta yang suhu tubuhnya < 37,3 derajat C langsung ke bagian registrasi untuk diperiksa kelengkapan yang dipersyaratkan seperti KTP asli/Surat Keterangan penganti KTP asli yang masih berlaku/ Kartu Keluarga Asli atau kartu keluarga yang dilegalisir pejabat yang berwenang dan Kartu Peserta Seleksi (Pansel Instansi dalam memeriksa kelengkapan dokumen Peserta Seleksi tanpa kontak fisik/menjaga jaga jarak minimal 1 meter.

k. Dalam pemeriksaan kelengkapan yang dipersyaratkan seperti KTP asli/Surat Keterangan penganti KTP asli yang masih berlaku/ Kartu Keluarga Asli atau kartu keluarga yang dilegalisir pejabat yang berwenang dan Kartu Peserta Seleksi, Peserta membuka masker untuk memastikan bahwa peserta yang datang adalah peserta yang mendaftar.

l. Peserta melakukan scan barcode untuk mendapatkan PIN Registrasi

m. Peserta melakukan penitipan barang secara mandiri di tempat yang ditentukan dengan tetap menjaga jarak minimal 1 (satu) meter.

n. Peserta membawa pensil kayu (bukan pensil mekanik) dan dokumen yang dipersyaratkan seperti KTP asli/Surat Keterangan penganti KTP asli yang masih berlaku/ Kartu Keluarga Asli atau kartu keluarga yang dilegalisir pejabat yang berwenang dan Kartu Peserta Seleksi.

o. Petugas melakukan pemeriksaan atau check bodymenggunakan alat metal detector dengan menyesuaikan jarak sensor serta memakai masker dan faceshield. Jika ada hal yang mencurigakan sehingga dilakukan pemeriksaan fisik, maka dilakukan dengan meminimalisir kontak fisik peserta seleksi.

p. Pansel Instansi wajib menyemprotkan handsanitizer ke tangan peserta sebelum diarahkan ke ruang tunggu steril.

q. Peserta menunggu di ruang tunggu steril dengan tetap menjaga jarak minimal 1 meter.

r. Tim Pelaksana CAT BKN dalam mengarahkan peserta seleksi ke dalam ruangan seleksi tetap menjaga jarak minimal 1 meter dan untuk kertas buram sekali pakai akan disediakan oleh Tim Pelaksana CAT BKN.

s. Peserta mengikuti seleksi dengan metode CAT BKN sesuai Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

t. Peserta selama melaksanakan seleksi dengan CAT BKN,apabila ada keluhan kesehatan agar melapor.

u. Peserta Seleksi dapat keluar dari ruangan seleksi, apabila sudah menyelesaikan soal-soal seleksi dan sudah mencatat hasil skornya dengan tetap menjaga jarak minimal 1 meter serta meminta izin kepada Tim Pelaksana CAT BKN.

v. Peserta mengambil barang yang dititip di tempat yang ditentukan dan langsung meninggalkan lokasi seleksi.

w. Hasil seleksi CAT secara livescoring dapat dilihat melaluimedia online streaming; link dibagikan sebelum penyelenggaraan seleksi.

x. Hasil seleksi CAT persesi yang dicetak dan diunggah di situs web resmi instansi masing-masing. Hasil persesi yang dicetak tidak ditempel di papan pengumuman; dan.

y. Bagi Peserta yang hasil pemeriksaan kedua tetap memiliki suhu tubuh > 37,3 derajat C sebagaimana pada huruf i berlaku ketentuan sebagai berikut:

1) Peserta tetap mengikuti seleksi sesuai prosedur bagi peserta yang memiliki suhu tubuh < 37,3 derajat C denganditangani petugas khusus dan ruang seleksi khusus.

2) Peserta dilakukan pemeriksaan oleh tim kesehatan, apabila tim kesehatan merekomendasikan peserta dapat mengikuti seleksi, maka peserta mengikuti seleksi pada sesi yang bersangkutan. Apabila tim kesehatan merekomendasikan peserta tidak dapat mengikuti seleksi, maka peserta seleksi diberikan kesempatanmengikuti seleksi pada sesi cadangan satu hari setelah jadwal akhir seleksi untuk instansi yang bersangkutan.Dan apabila peserta seleksi tersebut tidak mengikuti seleksi pada sesi cadangan, maka peserta seleksi tersebut dianggap gugur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Erick Thohir Soal Rencana Beli Perusahaan Asing: Bukan Buat Gaya-Gayaan

Posted: 16 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana akan melakukan akuisisi perusahaan luar negeri. Hal ini merupakan langkah mendorong terbentuknya supply chain atau rantai pasok dalam negeri.

Sebelumnya, Erick menggandeng Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk meningkatkan diplomasi BUMN dan membuat BUMN go global. Tak hanya itu, perbaikan supply chain juga menjadi fokus utama kerja sama tersebut.

"Ini yang kita harapkan dengan kita mengakuisisi beberapa perusahaan yang ada di luar negeri tujuannya simpel, yaitu memperbaiki supply chain kita. Bukan suatu program yang istilahnya gaya-gayaan," jelas Erick Thohir dalam sambutannya, Jumat (17/7/2020).

Erick bilang, Indonesia memiliki 2 keunggulan yang bakal mendukung rencana perbaikan ekosistem rantai pasok dalam negeri. Pertama, ialah pasar yang besar. Kedua, sumber daya yang melimpah.

"Tapi di dua pihak lain seperti logistik dan teknologi kita masih kekurangan. Nah hal-hal ini yang kita harus perbaiki," Erick Thohir.

 

Kekurangan

Menteri BUMN, Erick Thohir memberikan paparan dalam rapat dengan Panitia Kerja (Panja) DPR RI untuk skandal di PT Asuransi Jiwasraya (Persero), di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (29/1/2020). Erick Thohir diundang untuk membahas penyelesaian sengkarut Jiwasraya. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri BUMN, Erick Thohir memberikan paparan dalam rapat dengan Panitia Kerja (Panja) DPR RI untuk skandal di PT Asuransi Jiwasraya (Persero), di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (29/1/2020). Erick Thohir diundang untuk membahas penyelesaian sengkarut Jiwasraya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kekurangannya, lanjut Erick, harus diperbaiki agar BUMN bisa go global. Dengan go global, BUMN bisa memasarkan produk buatan mereka yang sudah terkenal akan kualitasnya, mulai dari produk industri farmasi hingga industri pertahanan.

Erick dan Menlu Retno sendiri akan segera merealisasikan rencana-rencana mereka agar bisa langsung dikerjakan dengan cepat.

"Memang dalam kurun waktu dekat saya dengan ibu Menlu ingin segera merealisasi hal-hal yang kita sepakati. Insya Allah manfaatnya untuk kita semua, dan sudah saatnya Indonesia setara, bahkan lebih besar dari negara lain," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bersih-Bersih Coretan Sisa Demo di Kawasan DPR

Posted: 16 Jul 2020 09:45 PM PDT

Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori pembatas jalan pascaunjuk rasa di kawasan DPR/MPR, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Coretan tersebut dilakukan oleh massa yang menolak RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja di depan Gedung DPR pada Kamis (16/7) kemarin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori pembatas jalan pascaunjuk rasa di kawasan DPR/MPR, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Coretan tersebut dilakukan oleh massa yang menolak RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja di depan Gedung DPR pada Kamis (16/7) kemarin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori pembatas jalan pascaunjuk rasa di kawasan DPR/MPR, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Coretan tersebut dilakukan oleh massa yang menolak RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja di depan Gedung DPR pada Kamis (16/7) kemarin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori pembatas jalan pascaunjuk rasa di kawasan DPR/MPR, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Coretan tersebut dilakukan oleh massa yang menolak RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja di depan Gedung DPR pada Kamis (16/7) kemarin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori pembatas jalan pascaunjuk rasa di kawasan DPR/MPR, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Coretan tersebut dilakukan oleh massa yang menolak RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja di depan Gedung DPR pada Kamis (16/7) kemarin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori pembatas jalan pascaunjuk rasa di kawasan DPR/MPR, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Coretan tersebut dilakukan oleh massa yang menolak RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja di depan Gedung DPR pada Kamis (16/7) kemarin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori pembatas jalan pascaunjuk rasa di kawasan DPR/MPR, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Coretan tersebut dilakukan oleh massa yang menolak RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja di depan Gedung DPR pada Kamis (16/7) kemarin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori pembatas jalan pascaunjuk rasa di kawasan DPR/MPR, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Coretan tersebut dilakukan oleh massa yang menolak RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja di depan Gedung DPR pada Kamis (16/7) kemarin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori pembatas jalan pascaunjuk rasa di kawasan DPR/MPR, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Coretan tersebut dilakukan oleh massa yang menolak RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja di depan Gedung DPR pada Kamis (16/7) kemarin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori pembatas jalan pascaunjuk rasa di kawasan DPR/MPR, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Coretan tersebut dilakukan oleh massa yang menolak RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja di depan Gedung DPR pada Kamis (16/7) kemarin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori pembatas jalan pascaunjuk rasa di kawasan DPR/MPR, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Coretan tersebut dilakukan oleh massa yang menolak RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja di depan Gedung DPR pada Kamis (16/7) kemarin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori pembatas jalan pascaunjuk rasa di kawasan DPR/MPR, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Coretan tersebut dilakukan oleh massa yang menolak RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja di depan Gedung DPR pada Kamis (16/7) kemarin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Kelebihan Joko yang Memikat Hati Wulan di Sinetron Dari Jendela SMP

Posted: 16 Jul 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Muhammad Fahreyza Anugrah Efrianda atau lebih akrab dipanggil dengan sebutan Rey Bong merupakan aktor muda berusia 14 tahun yang membintangi sinetron Dari Jendela SMP.

Rey Bong dipercaya memerankan karakter Joko dalam sinetron Dari Jendela SMP dan beradu akting dengan Sandrinna Michelle yang memerankan karakter Wulan.

Dalam setiap episodenya, Joko dan Wulan selalu mampu menarik perhatian penonton berkat chemistry yang begitu kuat. Dalam cerita, sosok Joko yang dari keluaga sederhana mampu memikat hati Wulan, teman sekelasnya yang kaya.

Pada kesempatan kali ini SCTV akan membagikan 5 kelebihan Joko yang memikat hati. Yuk, langsung tonton videonya di bawah ini dan juga untuk Anda yang ingin menyaksikan episode lengkap sinetron Dari Jendela SMP bisa disaksikan di Vidio dengan klik tautan ini.

Saksikan Videonya di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS, Inggris dan Kanada Tuding Rusia Curi Hasil Penelitian Vaksin Corona COVID-19

Posted: 16 Jul 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Moskow - Rusia dituding berada di balik peretasan dunia maya besar-besaran dan berkelanjutan untuk mencuri informasi dari perusahaan farmasi dan institusi akademik Barat, yang melakukan penelitian tentang vaksin Virus Corona COVID-19 dan pengobatannya.

Para pejabat Amerika, Inggris, dan Kanada, mengutarakan tuduhan pencurian informasi terkait Vaksin COVID-19 tersebut pada Kamis 16 Juli.

Dalam sebuah pernyataan bersama, pemerintah ketiga negara itu mengatakan operasi peretasan dimulai pada Februari dan sejak itu dilakukan tanpa henti.

National Cyber Security Centre Inggris, bagian dari agen intelijen negara, GCHQ, mengeluarkan pernyataan tersebut, yang dikoordinasikan dengan mitra-mitranya di Amerika dan Kanada. Para pejabat mengidentifikasi kelompok peretas Rusia APT29, yang juga dijuluki Cozy Bear, berada di balik peretasan itu.

"APT29 memiliki sejarah panjang menarget organisasi pemerintah, diplomatik, penelitian, perawatan kesehatan dan energi untuk mendapatkan data intelijen. Jadi, kami mendorong semua orang untuk menanggapi ancaman ini dengan serius dan menerapkan mitigasi yang dikeluarkan dalam pedoman," kata Anne Neuberger, direktur keamanan dunia maya di Badan Keamanan Nasional Amerika dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (17/7/2020).

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menolak tuduhan peretasan informasi terkait penelitian vaksi Virus Corona COVID-19.

"Kami tidak memiliki informasi tentang siapa yang bisa meretas perusahaan farmasi dan pusat penelitian di Inggris. Kami hanya bisa mengatakan satu hal – Rusia tidak punya hubungannya dengan upaya-upaya itu."

Rusia Sangkal Tuduhan

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Pihak Rusia kemudian menyangkal tuduhan Inggris bahwa "agen-agen Rusia" berupaya mencampuri pemilihan umum tahun lalu dan badan intelijen Rusia kemungkinan besar meretas penelitian vaksin Virus Corona COVID-19.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan kepada kantor berita TASS, "Kami tidak punya informasi tentang siapa yang bisa meretas perusahaan farmasi dan pusat penelitian di Inggris," katanya dan menambahkan,"Kami hanya bisa mengatakan, Rusia tidak terlibat dengan upaya ini."

Dalam konferensi pers di Moskow hari Kamis, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan, "Penyelidikan kriminal sedang berlangsung, kata Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab. Dalam tahap ini, tidak pantas bagi kami untuk mengatakan sesuatu (mengutip perkataan Raab). Pernyataan itu begitu kabur dan kontroversial, sehingga hampir mustahil untuk dipahami. Kalau tidak pantas diceritakan, maka jangan dikatakan. Jika Anda mengatakannya, tunjukkan fakta-faktanya."

Inggris, Amerika dan Kanada hari Kamis menuduh Rusia mencoba mencuri informasi dari para pakar yang sedang meneliti vaksin COVID-19. Tiga negara itu menuduh kelompok peretasan APT29, yang dikenal sebagai Cozy Bear dan dikatakan sebagai bagian dari dinas intelijen Rusia yang menyerang lembaga-lembaga penelitian akademik dan farmasi yang terlibat dalam pengembangan vaksin Virus Corona COVID-19.

Pusat keamanan cyber nasional Inggris membuat pengumuman yang dikoordinasikan dengan pihak berwenang di AS dan Kanada.

"Sangat tidak dapat diterima kalau Badan Intelijen Rusia menarget orang-orang yang bekerja untuk menanggulangi pandemi corona," kata Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab dalam sebuah pernyataan.

"Sementara orang lain mengejar kepentingan diri mereka sendiri dengan perilaku sembrono. AS dan sekutunya bekerja keras untuk mengembangkan vaksin dan melindungi kesehatan dunia.''

Serangan yang gigih dan berkelanjutan itu dilihat oleh para pejabat intelijen sebagai upaya untuk mencuri kekayaan intelektual di samping mengganggu penelitian. Kampanye "aktivitas jahat" sedang berlangsung, termasuk serangan "terutama terhadap pemerintah, diplomatik, badan think-tank, perawatan kesehatan dan sasaran-sasaran energi," kata Pusat keamanan syber Nasional Inggris dalam sebuah pernyataan.

Tidak jelas apakah ada informasi yang benar-benar dicuri, tetapi pusat cyber itu mengatakan, informasi rahasia tiap individu belum pasti telah terancam. Kementerian Luar Negeri Rusia tidak segera menanggapi permintaan untuk memberi komentar.

Saksikan juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Tersangka, Mahasiswi Tabrak 2 Orang hingga Tewas di Jaktim Tak Ditahan

Posted: 16 Jul 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menyematkan status tersangka kepada ARP, pengemudi mobil yang menabrak dua pengendara motor hingga tewas dalam kecelakaan maut di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur. Namun, mahasiswi berusia 23 tahun itu tidak ditahan karena dinilai kooperatif.

Dalam insiden kecelakaan yang terjadi pada Rabu malam 15 Juli 2020 itu, dua orang meninggal dunia dan satu orang terluka.

"Kami tetapkan sebagai tersangka dengan sangkaan Pasal 310 ayat (4) Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pelaku tidak ditahan karena koperatif, dan ada orangtuanya sebagai penjamin," kata Kanit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Timur AKP Agus Suparyanto saat dikonfirmasi, Jumat (17/7/2020).

Agus menerangkan, ARP kemarin siang telah diperiksa di Unit Laka Polres Metro Jakarta Timur. Agus memastikan pengendara mengemudi dalam kondisi sadar dan tidak terpengaruh minuman keras.

Kepada polisi, ARP mengaku kelelahaan usai mencari toko percetakan yang buka 24 jam.

"Tidak mabuk, hanya lelah dan mengantuk. Pelaku mau nyiapin bahan karena dikejar deadline presentasi di kantornya besok," ujar dia.

Agus menerangkan, pihaknya memfasilitasi pertemuan antara keluarga tersangka dengan keluarga para korban kecelakaan. Saat itu, pihak keluarga pelaku bersedia untuk bertanggung jawab.

"Pihak pelaku sudah membantu pemakaman, datang ke pemakaman. Pihak tersangka ini sudah datang ke pemakaman yang dua ini, termasuk yang di Purwakarta," papar dia.

 

Kronologi Kecelakaan

Ilustrasi Foto Kecelakaan Mobil (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Kecelakaan Mobil (iStockphoto)

Sebelumnya, Kanit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Timur AKP Agus Suparyanto menjelaskan, pengemudi berinisial AJP (23) melaju dari Jalan Ahmad Yani menuju ke DI Panjaitan pada Rabu 15 Juli 2020 sekira pukul 23.45 WIB.

Pengemudi menabrak pengendara motor yang tengah berboncengan ketika melewati jalan layang Jatinegara. Kedua korban yakni Dadan Sujana dan Doni Sanjaya meninggal dunia.

"Pengemudi bersama penumpang terjatuh terpental di badan jalan hingga meninggal dunia," kata dia saat dihubungi, Kamis (16/7/2020).

Saat itu, AJP bukannya menolong korban malah kabur meninggalkannya. AJP kembali menubruk kendaraan lain.

"Kira-kira 500 meter dari Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang pertama, pengemudi kembali oleng ke kiri sehingga nabrak orang yang sedang mendorong motor. Korbannya Novan Bawono mengalami luka-luka," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkop Terima 118 Sertifikasi Merek Dagang untuk Koperasi dan UMKM

Posted: 16 Jul 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, menerima 118 Sertifikat merek bagi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Kementerian Koperasi dan UKM mengapresiasi atas penyerahan 118 sertifikat merek dari Kemenkumham. Yang mendapatkan sertifikat merek ini pelaku usaha, dengan begitu akan semakin percaya diri dalam menjalankan usahanya," kata Teten dalam Penyerahan sertifikat merek UMKM, di Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Karena sengketa merek di Indonesia sering terjadi, maka dengan adanya sertifikat merek ini pelaku koperasi dan UMKM bisa mendapatkan kepastian hukum atas merek yang dimilikinya sekaligus memberikan manfaat bagi bisnis koperasi dan UMKM.

Lanjut Teten, saat pandemi ini bisa menjadi momentum sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing UMKM, sekaligus menjaga dan melestarikan kualitas dan melindungi kekayaan intelektual anak bangsa dan produk asli Indonesia.

Khususnya produk-produk yang akan diekspor ke luar negeri, maka harus dibarengi dengan langkah-langkah perlindungan merek bagi para pelaku Koperasi dan UMKM di tanah air. Karena sering ada perdebatan di media sosial, ketika negara lain mengklaim kekayaan Indonesia .

Selain menggerakkan kampanye nasional Bangga Buatan Indonesia, Kementerian Koperasi dan UMKM mendorong kekayaan intelektual produk koperasi dan UMKM melalui program fasilitasi pendaftaran merek, hak cipta, desain produk UMKM.

"Sejak 2015 Kementerian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Kemenkumham, memberikan kemudahan dan melakukan penyederhanaan proses pendaftaran atas Hak Kekayaan Intelektual (HKI), dan kebijakan afirmatif khusus Koperasi dan UMKM," ujarnya.

 

 

Dukungan Kumham

Menkumham Yasona Laoly. (Liputan6.com/Switzy Sabandar)
Menkumham Yasona Laoly. (Liputan6.com/Switzy Sabandar)

Sementara itu, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly sangat mendukung pengembangan UMKM di Indonesia.

Selain itu, menurutnya berdasarkan hasil riset yang dibacanya menyebutkan sebagian banyak pendaftaran kekayaan intelektual di suatu negara, korelasi pertumbuhan ekonominya positif. Begitu sebaliknya, semakin kecil inovasi dan semakin kecil pertumbuhan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) maka pertumbuhan ekonominya bisa negatif.

"Kemenkumham sangat mengapresiasi Kementerian Koperasi dan UKM yang tiada henti-hentinya mengedukasi UMKM, untuk peduli terhadap negara atas produk barang dan jasa yang dihasilkan, saya kira kerjasama sosialisasi ini akan menjadi penting untuk HKI UMKM ke depannya," ujarnya.

Meningkatnya pendaftaran sertifikat merek ini tidak terlepas dari perkembangan sistem informasi dan teknologi. Demikian Kemenkumham menerapkan sistem birokrasi digital untuk mempermudah pelaku Koperasi dan UMKM yang hendak mendaftarkan merek usahanya.

"Beberapa tahun lalu Kementerian hukum dan HAM masuk pada birokrasi digital, pada seluruh pelayanan kita harus digitalisasi. Zaman sekarang kita tidak bisa lagi meninggalkan atau lepas dari dunia digital," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampilan Jennifer Eve saat Pakai Simple Dress, Menawan

Posted: 16 Jul 2020 09:35 PM PDT

Tak hanya mengguanakan simple dress saja. Akan tetapi, wanita kelahiran 5 Februari 1999 ini lebih sering menggunakan makeup natural. Bahkan, Jennifer Eve tak menggunakan aksesoris berlebih. (Liputan6.com/IG/@jennifereve99)
Tak hanya mengguanakan simple dress saja. Akan tetapi, wanita kelahiran 5 Februari 1999 ini lebih sering menggunakan makeup natural. Bahkan, Jennifer Eve tak menggunakan aksesoris berlebih. (Liputan6.com/IG/@jennifereve99)

Tak hanya mengguanakan simple dress saja. Akan tetapi, wanita kelahiran 5 Februari 1999 ini lebih sering menggunakan makeup natural. Bahkan, Jennifer Eve tak menggunakan aksesoris berlebih. (Liputan6.com/IG/@jennifereve99)

Penampilan Jennifer dengan menggunakan sebuah dress berwarna putih ini pun curi perhatian netizen. Dress yang memiliki detail pada bagian polanya ini hanya dipadupadankan dengan sebuah tas kecil berwarna baby pink. (Liputan6.com/IG/@jennifereve99)
Penampilan Jennifer dengan menggunakan sebuah dress berwarna putih ini pun curi perhatian netizen. Dress yang memiliki detail pada bagian polanya ini hanya dipadupadankan dengan sebuah tas kecil berwarna baby pink. (Liputan6.com/IG/@jennifereve99)

Penampilan Jennifer dengan menggunakan sebuah dress berwarna putih ini pun curi perhatian netizen. Dress yang memiliki detail pada bagian polanya ini hanya dipadupadankan dengan sebuah tas kecil berwarna baby pink. (Liputan6.com/IG/@jennifereve99)

Saat menghadiri sebuah acara, pemeran Arumi di Istri Kedua ini juga tak melakukan banyak style pada rambutnya. Pasalnya, dress berwarna merah marun ini telah memiliki detail yang membuat penampilannya tampak anggun dan menawan. (Liputan6.com/IG/@jennifereve99)
Saat menghadiri sebuah acara, pemeran Arumi di Istri Kedua ini juga tak melakukan banyak style pada rambutnya. Pasalnya, dress berwarna merah marun ini telah memiliki detail yang membuat penampilannya tampak anggun dan menawan. (Liputan6.com/IG/@jennifereve99)

Saat menghadiri sebuah acara, pemeran Arumi di Istri Kedua ini juga tak melakukan banyak style pada rambutnya. Pasalnya, dress berwarna merah marun ini telah memiliki detail yang membuat penampilannya tampak anggun dan menawan. (Liputan6.com/IG/@jennifereve99)

Jennifer Eve juga sering mengunggah gaya OOTD melalui akun Instagram pribadinya. Penampilannya dengan simple dress panjang tanpa lengan ini juga membuat Jennifer terlihat memesona. (Liputan6.com/IG/@jennifereve99)
Jennifer Eve juga sering mengunggah gaya OOTD melalui akun Instagram pribadinya. Penampilannya dengan simple dress panjang tanpa lengan ini juga membuat Jennifer terlihat memesona. (Liputan6.com/IG/@jennifereve99)

Jennifer Eve juga sering mengunggah gaya OOTD melalui akun Instagram pribadinya. Penampilannya dengan simple dress panjang tanpa lengan ini juga membuat Jennifer terlihat memesona. (Liputan6.com/IG/@jennifereve99)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Dipilih PDIP Jadi Calon Wali Kota Solo, Purnomo Mengaku Tahu Lebih Dulu dari Jokowi

Posted: 16 Jul 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Solo - Achmad Purnomo yang menjadi rival Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon Wali Kota Solo melalui PDIP telah diberitahu Presiden Jokowi terkait hasil rekomendasi DPP PDIP.

Rencananya hasil rekomendasi DPP PDIP akan diumumkan melalui pertemuan virtual di DPD PDIP Jawa Tengah.

Achmad Purnomo mengaku diundang Presiden Jokowi untuk datang ke Istana Merdeka pada Kamis, 16 Juli 2020 kemarin. Salah satu isi pertemuan adalah terkait informasi rekomendasi calon Wali Kota Solo yang diusung DPP PDIP.

"Saya malah sudah diberitahu lebih dahulu, bukan oleh DPP PDIP, tapi malah oleh ayahnya, Presiden Republik Indonesia," kata Purnomo yang juga Wakil Wali Kota Solo saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat, 17 Juli 2020.

Dalam pertemuan dengan Jokowi itu, dia menyampaikan informasi bahwa rekomendasi tidak jatuh kepada dirinya, melainkan kepada Gibran-Teguh.

Setelah mendengar kabar tersebut, ia pun mengaku biasa saja dan pertemuan berlanjut dengan pembicaraan seperti sahabat yang sudah tidak lama bertemu.

"Biasa saja responnya, saya bilang siap pak. Dan setelah itu guyonan," ujarnya.

Lantas, menurut Purnomo, Presiden Jokowi juga meminta bantuan kepada dirinya untuk membimbing Gibran nantinya yang bakal maju sebagai calon Wali Kota Solo melalui PDIP. Pasalnya, Presiden menganggap Purnomo sudah memiliki pengalaman untuk memimpin Kota Solo mendampingi Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

"Istilahnya Pak Jokowi itu mohon dibantu untuk memimpin Solo nantinya, saran-sarannya karena dianggap senior untuk membimbing dan memberi saran," ucapnya.

Siap Dukung Gibran

Bakal calon wali kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menyapa awak media saat tiba di DPP PDIP, Jakarta, Senin (10/2/2020). Kedatangannya tersebut untuk Proses fit and proper test calon pilkada 2020. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Bakal calon wali kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menyapa awak media saat tiba di DPP PDIP, Jakarta, Senin (10/2/2020). Kedatangannya tersebut untuk Proses fit and proper test calon pilkada 2020. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Purnomo pun mengaku akan memberikan saran dan masukan jika nantinya Gibran meminta kepada dirinya, tentunya dalam membangun Kota Solo yang lebih baik.

"Kalau diminta ditanya, semuanya kan begitu kan, lumrah," dia.

Lantas ketika disinggung mengenai adanya tawaran dari partai lain, ia mengaku hingga saat ini belum ada. Purnomo pun mengaku ke depan akan lebih fokus dalam kegiatan sosial dan menggeluti bisnis SPBU miliknya yang sempat ditinggal lantaran menjadi Wakil Wali Kota Solo.

"Ya saya kan aktif kegiatan sosial seperti PMI, Yayasan Amal Sahabat. Terus saya juga akan kembali menggeluti bisnis," katanya. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tetap Aman Saat Naik Transportasi Umum, Ini Caranya

Posted: 16 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memasuki masa new normal, sebagian orang telah melakukan aktivitasnya seperti biasa. Namun, tetap harus menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran dari pemerintah. Bagi mereka yang memiliki kendaraan pribadi mungkin tidak ambil pusing, namun bagaimana bagi yang bergantung dengan transportasi umum, Mass Rapid Transit (MRT) misalnya.

Tentu perlu ekstra waspada saat menaikinya bukan? Namun, agar mencegah penularan virus saat menaiki transportasi umum, berikut hal yang perlu disiapkan.

Tubuh sehat

Saat kamu beraktivitas dengan moda transportasi, hal penting yang perlu diingat ialah pastikan tubuh kamu sehat. Sebaliknya, jika merasakan tubuh kurang enak maupun demam, batuk, dan pilek lebih baik mengurungkan niat untuk beraktivitas jauh lebih baik.

Jaga jarak

Physical distancing atau jaga jarak menjadi paling mudah dilakukan yang diimbau dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mencegah penularan virus Covid-19. Dan hal itu perlu kamu terapkan saat naik MRT. Lebih baik jaga jarak dengan orang lain minimal 1 – 2 meter.

Patuhi tanda yang diberikan

Saat menggunakan transportasi umum, seperti MRT, biasanya pihak MRT telah memberikan tanda-tanda atau peraturan yang harus dipatuhi. Hal itu mudah kok. Kamu cukup ikuti tanda yang dibuat. Sebagai contoh, biasanya di lantai terdapat tanda berwarna merah atau kuning untuk mengantre masuk. Selain itu, biasanya saat kamu masuk, terdapat tanda kursi mana yang boleh digunakan atau tidak.

Jangan sentuh apapun

Perlu diketahui, penularan bakteri maupun virus berasal dari tangan, lalu tak sengaja mengenai mulut atau wajah. Maka dari itu, saat menaiki MRT alangkah baiknya jangan menyentuh apapun, bahkan hand strap sekalipun.

Pakai masker dan siapkan hand sanitizer

Hal mudah yang bisa mencegah penularan virus ialah selalu menggunakan masker. Walaupun kamu tidak memiliki masker medis, kamu bisa juga menggunakan masker kain multi layer. Hal itu efektif terhadap proteksi penularan virus. Selain itu, selalu sediakan hand sanitizer di kantung maupun tas saat beraktivitas.

Gunakan pembayaran non tunai

Beralih menggunakan non tunai dalam segala transaksi merupakan tindakan untuk mencegah penularan virus Covid-19. Misalnya, membeli tiket transportasi umum seperti MRT melalui aplikasi MRT Jakarta yang bisa menggunakan metode pembayaran dengan dompet digital seperti DANA. 

Selain mudah dan praktis, hal ini bisa mengurangi kamu kontak langsung dengan benda-benda di sekitar dan orang lain, pastinya beli tiket di aplikasi MRT Jakarta pakai DANA bebas antre.  

 

Berikut cara beli tiket di aplikasi MRT Jakarta menggunakan DANA:

  • Buka aplikasi MRT Jakarta, lalu log in
  • Pilih stasiun keberangkatan dan tujuan, lalu tap Beli Tiket
  • Setelah itu, pilih DANA sebagai metode pembayaran
  • Hubungkan akun DANA dan aplikasi MRT Jakarta dengan memasukkan nomor ponsel yang terdaftar di DANA, lalu masukan PIN
  • Akun DANA akan tersimpan dan lanjutkan ke pembayaran. Setelah berhasil beli tiket, kamu akan menerima QR Code yang akan kamu tap in saat masuk ke stasiun keberangkatan dan tap out saat kamu keluar stasiun tujuan.
Bayar MRT Jakarta pakai DANA.
Bayar MRT Jakarta pakai DANA.

Selain aman dan praktis, kamu juga bisa menghemat naik MRT karena DANA lagi ada promo diskon 50% untuk pembelian tiket di aplikasi MRT Jakarta. Untuk info lebih lanjut tentang promo ini kamu bisa klik di sini.

Yuk, gunakan DANA saat naik MRT!

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perbaikan 7 Fasilitas Umum yang Rusak Akibat Kerusuhan Wamena Telah Rampung

Posted: 16 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya melakukan perbaikan dan rekonstruksi fasilitas umum di Jayapura dan Wamena. Fasilitas tersebut rusak saat aksi massa yang terjadi 29 Agustus 2019. Perbaikan yang dilakukan meliputi gedung pemerintahan, pasar dan fasilitas pendidikan.

"Selain menunjuk salah satu BUMN Karya dalam pelaksanaan rehabilitasi ini, Kementerian PUPR melibatkan kontraktor lokal di bawah Gapensi dan masyarakat setempat untuk bersinergi agar penanganannya berjalan cepat dan memiliki kualitas yang baik," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Jumat (17/7/2020).

Adapun proses perbaikan dan rekonstruksi fasilitas umum di Wamena dan Jayapura ini tidak terkena kebijakan refocusing anggaran. Untuk diketahui, pemerintah menerapkan refocusing anggaran sejak wabah Covid-19 melanda Indonesia.

Lokasi pekerjaan rehabilitasi dan rekonstruksi meliputi Aula Majelis Rakyat Papua (MRP), Gedung BLK Kelas II Abepura, dan Gedung KPU. Sementera di Wamena, Kabupaten Jayawijaya meliputi Pasar Wouma, rehabilitasi 403 unit ruko, STISIP Amal Ilmiah Yapis, dan Gedung KUA Kabupaten Jayawijaya.

Pengerjaan perbaikan Aula MRP Jayapura yang dilaksanakan pada 13 September 2019 telah rampung 100 persen dengan anggaran rehabilitasi sebesar Rp 7,1 miliar. Rehabilitasi dan rekonstruksi Gedung BLK Kelas II Abepura juga telah selesai 100 persen sejak dikerjakan 13 September 2019 dengan anggaran Rp 1,46 miliar.

.

Selesai

Kementerian PUPR melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi fasilitas umum di Jayapura dan Wamena pasca aksi massa yang terjadi 29 Agustus 2019. (Foto: Kementerian PUPR)
Kementerian PUPR melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi fasilitas umum di Jayapura dan Wamena pasca aksi massa yang terjadi 29 Agustus 2019. (Foto: Kementerian PUPR)

Sementara rekonstruksi Gedung KPUD Jayapura yang berlokasi di Jalan Soa Siu, Kota Jayapura juga telah rampung seluruhnya. Pengerjaan bangunan seluas 907 m2 ini berupa struktur, arsitektur, dan MAP dengan anggaran Rp 11,2 miliar.

Sedangkan untuk rehabilitasi dan rekonstruksi Pasar Wouma di Wamena telah selesai 100 persen dengan anggaran Rp 2,2 miliar. Rehabilitasi Pasar Wouma hanya memakan waktu dua pekan sejak 28 Oktober 2019.

Rehabilitasi 403 unit ruko di Wamena telah selesai sebanyak 400 unit dan sisanya sebanyak 3 unit tengah dalam masa pengerjaan akhir. Lokasi kegiatan rehabilitasi Ruko berada di Kabupaten Jayawijaya yang terbagi di 3 titik, yakni Wouma, Hom-hom dan Pikhe.

 

Gedung Lain

Kemudian rehabilitasi STISIP Amal Ilmiah Yapis Wamena yang dilaksanakan sejak 13 Desember 2019 juga telah rampung dengan biaya Rp 51,65 miliar.

Selain itu, rehabilitasi Gedung KUA Kabupaten Jayawijaya yang juga dimulai pada 13 Desember 2019 telah selesai dengan biaya Rp 1,1 miliar.

Rehabilitasi dan rekonstruksi ini dilaksanakan sebagai bagian pemulihan pasca kerusuhan, sekaligus mendukung situasi kondusif menjelang digelarnya Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua 2021

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mozilla Rilis Aplikasi VPN dengan Prinsip Privasi Data

Posted: 16 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mozilla merilis VPN berbayar untuk perangkat berbasis Windows dan Android. Mozilla VPN didasarkan pada teknologi seperti WireGuard, sebuah protokol yang banyak dipakai di layanan VPN terkemuka.

Soal tampilan antarmuka pengguna, perusahaan mengklaim Mozilla VPN terlihat dan sederhana dan mudah digunakan, bahkan oleh siapa pun yang baru mengenal VPN.

"Di pasar yang ramai oleh perusahaan yang menjanjikan privasi dan keamanan, mungkin sulit untuk mengetahui siapa yang harus dipercaya. Mozilla memiliki reputasi untuk membangun produk yang membantu Anda menjaga keamanan informasi Anda," tutur juru bicara perusahaan dikutip dari keterangan resmi, Jumat (17/7/2020).

Lebih lanjut, perusahaan menyebut menjalankan Prinsip Privasi Data yang diklaim mudah dibaca dan tidak berbelit-belit.

"Prinsip ini berfokus hanya pada informasi yang kami butuhkan untuk menyediakan layanan. Kami tidak menyimpan log data pengguna," kata juru bicara perusahaan lebih lanjut.

Tarif

Aplikasi Mozilla VPN
Aplikasi Mozilla VPN

Untuk tarif berlangganan, Mozilla VPN dibanderol dengan harga USD 4,99 per bulan atau sekitar Rp 70 ribuan per bulan. Untuk sementara, Mozilla VPN akan tersedia di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Singapura, Malaysia, dan Selandia Baru.

Selanjutnya perusahaan akan berupaya menambah cakupan layanan ke negara lainnya.

"Kami tidak bermitra dengan platform analitik pihak ketiga yang ingin membuat profil dari apa yang Anda lakukan di dunia maya. Dan karena pembuat VPN ini didukung oleh perusahaan yang digerakkan oleh misi, Anda dapat memercayai bahwa uang yang Anda keluarkan untuk produk ini tidak hanya akan memastikan Anda memiliki VPN terbaik, tetapi juga membuat internet lebih baik untuk semua orang," tutur juru bicara perusahaan.

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prilly Latuconsina dan 4 Artis Wanita Muda Ini Kamarnya Mewah Bak di Hotel

Posted: 16 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kesuksesan sejumlah artis wanita muda di usia 20-an tentu membuat mereka berhasil memiliki pundi-pundi rupiah yang lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Termasuk Prilly Latuconsina salah satunya.

Memilik pendapatan yang besar di selama berkarier, Prilly Latuconsina dan beberapa artis wanita pun memutuskan untuk memiliki hunian sendiri. Bahkan, rumah yang mereka beli pun sangat mewah.

Bahkan, Prilly Latuconsina dan para artis wanta ini memiliki rumah mewah di usia yang terbilang muda, 20-an tahun. Kemewahan rumah mereka pun didukung oleh kamar yang luas bak di sebuah hotel.

Sesuai Keinginan

Kamar para artis wanita ini tentu saja dibuat sesuai keinginan mereka masing-masing. Desain dan tata letaknya pun mencerminkan diri mereka masing-masing.

 

Fasilitas yang Memanjakan Diri

Tak cuma luas bak di sebuah hotel, kamar para artis ini bahkan memiliki fasilitas yang bisa memanjakan diri mereka tanpa harus bepergian ke luar rumah.

 

Bikin Takjub

Selain itu, tampilan kamar para artis wanita ini kerap membuat takjub warganet setelah mereka memamerkannya baik itu di media sosial maupun vlog masing-masing.

Seperti Apa?

Lantas, siapa saja mereka dan seperti apakah tampilan kamar mewah sejumlah selebriti wanita muda ini? Simak deretannya berikut ini.

1. Prilly Latuconsina

Kamar Prilly Latuconsina. (YouTube/Prilly Latuconsina via Brilio)
Kamar Prilly Latuconsina. (YouTube/Prilly Latuconsina via Brilio)

Desain kamar Prilly Latuconsina benar-benar dibuat mirip di sebuah hotel bintang lima. Sekain itu kamarnya memiliki sebuah walk in closet yang ukurannya sangat luas.

 

2. Natasha Wilona

Kamar Natasha Wilona. (YouTube/Natasha Wilona via Brilio)
Kamar Natasha Wilona. (YouTube/Natasha Wilona via Brilio)

Natasha Wilona memilih putih dan krem untuk pewarnaan kamarnya. Berbagai fasilitas favorit yang membuatnya betah pun ada di dalam kamarnya.

3. Aurel Hermansyah

Kamar Aurel Hermansyah. (YouTube/Ricis Official via Brilio)
Kamar Aurel Hermansyah. (YouTube/Ricis Official via Brilio)

Ukuran kamar Aurel Hermansyah juga sangat luas. Ia pun memilih warna putih untuk interior dan ungu untuk perabotan. Walk in closet dan kamar mandi yang mewah pun ada di dalamnya.

4. Ria Ricis

Kamar Ria Ricis. (YouTube/Ricis Official via Brilio)
Kamar Ria Ricis. (YouTube/Ricis Official via Brilio)

Beralih ke kamar Ria Ricis, artis yang lama menjadi vloger ini membuat area santai serba biru serta penyimpanan alat-alat perawatam kulit. Kesan ceria pun terasa di dalam kamarnya.

5. Nikita Willy

Kamar Nikita Willy. (YouTube/Calvin Jeremy via Brilio)
Kamar Nikita Willy. (YouTube/Calvin Jeremy via Brilio)

Nikita Willy memiliki kamar yang juga memiliki kesan elegan. Ia memilih ungu dan silver untuk pewarnaannya. Kamar Nikita Willy terasa unik dengan desain memanjang. Di dalamnya juga terdapat walk in closet serta kamar mandi seperti di hotel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Kasus Pertama Penularan Lokal Corona Covid-19 di Trenggalek

Posted: 16 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya- Kasus Corona Covid-19 di Trenggalek sudah memasuki transmisi atau penularan lokal. Wanita berusia 55 tahun menjadi kasus pertama penularan lokal di kabupaten itu.

Wanita yang menjadi pasien 46 itu merupakan istri dari pasien 34. Ia terkonfirmasi tanpa gejala. Pada 19 Juni lalu, suaminya yang bekerja sebagai sopi di Sidoarjo datang.

"Setelah suaminya dinyatakan positif terpapar Corona Covid-19, gugus tugas melakukan kehati-hatian dan pada 11 Juli melakukan tes ulang kepada wanita itu dan hasilnya reaktif," ujar Bupati Trenggalek Nur Arifin, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (17/7/2020).

Setelah itu, dua hari kemudian ia mengikuti uji seja dan pada 14 Juli dinyatakan positif Corona Covid-19 yang terpapar dari suaminya. Meskipun transmisi lokal pertama, dalam kasus ini belum ditemukan klaster penyebaran baru.

Selain kasus 46, terdapat pula kasus pasien 44 dan 45 yang memiliki hubungan keluarga yakni ibu dan anak. Namun, Bupati Trenggalek memastikan itu belum transmisi lokal Corona Covid-19 karena memiliki riwayat melakukan perjalanan satu keluarga.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sopir Mabuk, Mobil menabrak Trotoar

Posted: 16 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah minibus menabrak trotoar setelah melaju kencang, diduga pengemudi mabuk, karena tercium bau minuman di dalam mobil. Sang sopir tidak sadarkan diri usai kecelakaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Anak Tiriku Adalah Istri Baru Bapakku, Jumat 17 Juli 2020

Posted: 16 Jul 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nyata Spesial seperti biasa ditayangkan mulai pukul 11.30 WIB.

Kali ini Kisah Nyata Spesial menyajikan drama berjudul: Anak Tiriku Adalah Istri Baru Bapakku.

Anda juga bisa mneyaksikan FTV Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Penyebab Mood Swing dan Cara Mengatasinya yang Tepat, Jangan Anggap Sepele

Posted: 16 Jul 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab mood swing bisa dipengaruhi oleh kondisi tubuh kamu saat itu. Mulai dari kondisi kesehatan fisik, kondisi hormon, hingga kondisi kesehatan mental menjadi berbagai macam faktor yang menyebabkan terjadinya mood swing.

Mood swing atau perubahan suasana hati dapat disebabkan oleh banyak hal, karena itulah ada kalanya kondisi ini bisa menimbulkan dampak yang serius. Hal ini terutama jika mood swing terjadi terlalu sering, berulang, atau sangat ekstrem.

Penyebab mood swing perlu dikenali segera agar dapat ditangani dengan baik. Walaupun kondisi ini normal terjadi, jika terlalu sering dan mengganggu aktivitas, serta disertai gejala lain kamu patut waspada memiliki gangguan mental.

Bahkan, mood swing yang terjadi tanpa adanya pemicu yang jelas perlu dicurigai sebagai kondisi bipolar. Konsultasi ke psikolog jika kamu mulai kesulitan mengatasinya. Jika hal ini mengganggu aktivitas, sudah saatnya kamu berkonsultasi ke dokter spesialis kejiwaan atau psikiater.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (17/7/2020) tentang penyebab mood swing.

Penyebab Mood Swing (Kondisi Hormon)

mood swing/copyright: unsplash/seth doyle
mood swing/copyright: unsplash/seth doyle

Penyebab mood swing bisa dipengaruhi oleh berbagai kondisi tubuh, salah satunya adalah kondisi hormon. Hal inilah yang menyebabkan mood swing sering kali terjadi pada perempuan. Berikut beberapa penyebab mood swing karena kondisi hormon:

PMS

Penyebab mood swing karena kondisi hormone yang pertama adalah PMS. Banyak wanita mengalami sindrom pramenstruasi (PMS) beberapa hari sebelum menstruasi. Ini bisa membawa gejala seperti kram, sakit kepala, dan perubahan suasana hati.

PMS dapat membuat kamu merasa sedih atau murung tanpa pemicu. Bisa jadi karena kadar hormon tertentu turun pada saat itu dalam sebulan. Setelah menstruasi datang, kadar hormon mulai meningkat, yang membantu menstabilkan suasana hati kembali.

Kehamilan

Penyebab mood swing karena kondisi hormon berikutnya adalah kehamilan. Saat hamil, kamu menghasilkan lebih banyak hormon dari biasanya. Lonjakan hormon ini dapat memengaruhi suasana hati.

Kamu mungkin akan menangis lebih sering atau merasa kosong. Mood kamu mungkin tiba-tiba berubah dari bahagia ke sedih, lalu kembali bahagia lagi.Beberapa wanita menjadi depresi selama kehamilan atau setelah bayi lahir, ketika kadar hormon turun dengan cepat. Jika ini terjadi, bicarakan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Menopause

Menopause juga bisa menjadi penyebab mood swing yang dipengaruhi kondisi hormon. Ketika mulai menopause, tubuh membuat hormon jauh lebih sedikit daripada sebelumnya. Penurunan itu dapat menyebabkan sejumlah gejala, termasuk masalah tidur dan perubahan suasana hati.

Perubahan gaya hidup, seperti pola makan yang lebih sehat, lebih banyak tidur, atau lebih banyak olahraga, dapat membantu suasana hati kamu.

Penyebab Mood Swing (Kondisi Kesehatan Mental)

Ilustrasi stres (Unsplash.com/Nick Karvounis)
Ilustrasi stres (Unsplash.com/Nick Karvounis)

Penyebab mood swing juga bisa dipengaruhi oleh berbagai kondisi mental, salah satunya adalah gangguan bipolar. Hal inilah yang patut kamu waspadai, karena bisa berbahaya. Berikut beberapa penyebab mood swing karena kondisi kesehatan mental:

Gangguan Bipolar

Apabila perubahan suasana hati atau mood swing terjadi terlalu sering, apalagi dalam tingkat yang berlebihan hingga mengganggu diri dan orang lain, perlu dicurigai bahwa kamu mengalami gangguan bipolar. Untuk memastikan hal ini, kamu dapat menemui dokter atau psikolog.

Stres

Penyebab mood swing berikutnya adalah stres. Stres kronis dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, serta membuat kamu merasa sedih dan marah. Saat stres, kamu mungkin kehilangan kualitas tidur yang dapat memengaruhi suasana hati. Olahraga adalah cara yang baik untuk meredakan stres dan membantu membuat kamu merasa lebih baik.

ADHD

Penyebab mood swing akibat gangguan mental sekanjutnya adalah ADHD. Jika kamu memiliki masalah attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) atau hiperaktif, kamu mungkin tidak dapat mengendalikan impuls dengan baik.

Kamu akan cenderung marah atau frustrasi tiba-tiba, bahkan untuk hal-hal kecil, seperti antrean panjang atau kemacetan lalu lintas. Orang dengan ADHD lebih cenderung menjadi depresi atau memiliki masalah lain yang berkaitan dengan suasana hati.

Penyebab Mood Swing (Kondisi Lainnya)

ilustrasi perempuan bekerja/copyright By TORWAISTUDIO (Shutterstock)
ilustrasi perempuan bekerja/copyright By TORWAISTUDIO (Shutterstock)

Penyakit Tertentu

Penyebab mood swing juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti menderita penyakit tertentu. Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan gangguan mood adalah kerusakan paru-paru, ginjal, atau jantung, penyakit tiroid, dan kelainan pada otak.

Gula Darah Rendah

Penyebab mood swing selanjutnya adalah gula darah rendah. Jika kamu pernah mengalami lapar dan marah pada saat yang bersamaan, itu mungkin akibat gula darah rendah. Ini terjadi pada beberapa orang ketika mereka terlalu lama di antara waktu makan.

Kamu mungkin merasa marah, kesal, kesepian, atau bingung, bahkan ingin menangis atau menjerit. Para penderita diabetes pun harus memperhatikan perubahan suasana hati yang tiba-tiba jika gula darah rendah terlalu lama.

Makanan

Makanan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab mood swing. Selain menyediakan energi untuk kita beraktivitas, makanan dapat memengaruhi mood dengan merangsang produksi dopamin. Dopamin adalah senyawa kimia dalam otak yang membuat kita merasa senang, bahagia, dan puas, untuk mendorong kita mengulang perilaku menyenangkan tersebut.

Konsumsi Obat

Selain beberapa penyebab di atas, kecanduan atau penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan minuman keras, serta efek samping obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab mood swing atau perubahan suasana hati.

Cara Mengatasi Mood Swing

Ilustrasi mood. Credit: pexels.com/Burst
Ilustrasi mood. Credit: pexels.com/Burst

Setelah mengenali berbagai penyebab mood swing, kamu tentunya juga perlu mengetahui cara menanganinya. Supaya tidak terjadi berkelanjutan atau secara berulang dan mengganggu rutinitas harian, berikut ini beberapa cara mengatasi mood swing yang bisa kamu terapkan:

- Cukup tidur setiap hari, agar kadar hormon stres bisa dikendalikan

- Lakukan hobi yang disenangi atau bermeditasi

- Olahraga secara rutin dan teratur, paling tidak 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu

- Cobalah untuk selalu berpikir positif akan segala sesuatunya

- Kurangi asupan kafein dan hindari minuman beralkohol

- Melalukan relaksasi dengan pijat

- Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang setiap hari

- Carilah teman yang dapat mendengarkan keluh kesah kamu dan memberikan masukan positif

- Konsultasi ke psikolog jika mulai kesulitan mengatasinya

- Jika hal ini mengganggu aktivitas sudah saatnya anda berkonsultasi ke dokter spesialis kejiwaan atau psikiater

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabupaten Bekasi Ajukan Perpanjangan PSBB ke Ridwan Kamil

Posted: 16 Jul 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Bekasi - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, kembali mengajukan perpanjangan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional ke Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pengajuan tersebut mengingat masa berlaku status serupa sebelumnya telah berakhir.

"Kita sudah ajukan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk memperpanjang PSBB proporsional terhitung mulai hari ini hingga 14 hari ke depan," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah di Cikarang, Jumat (17/7/2020).

Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil evaluasi atas meningkatnya kasus konfirmasi positif di wilayah Kabupaten Bekasi pada 14 hari PSBB proporsional sebelumnya.

Sepanjang bulan ini pemerintah daerah mencatat adanya lonjakan kasus positif dengan jumlah kasus baru mencapai 66 yang mayoritas disumbang oleh kluster kawasan industri.

Salah satu perusahaan di Kawasan Industri Jababeka, Kecamatan Cikarang Utara, bahkan menemukan kasus konfirmasi positif hingga 40 orang.

"Tracking (melacak), tracing (menelusuri), screening (penapisan), hingga kuratif awal serta Swab Test PCR terus dilakukan di sejumlah episentrum klaster industri, termasuk dari bantuan 2.000 alat tes usap provinsi. Hasilnya kini beberapa kasus positif kluster industri sudah sembuh meski angkanya masih fluktuatif karena terus kita upayakan secara masif," ungkap Alamsyah seperti dilansir dari Antara.

Update Corona Bekasi

Selain kawasan industri pihaknya juga tengah melakukan tes usap masif di lingkungan pasar tradisional dengan menyasar pedagang, pengunjung, hingga pengelola pasar yang memiliki interaksi tinggi.

"Hasil tes usapnya belum ada yang keluar sementara targetnya semua pasar tradisional," katanya.

Hingga pukul 08.00 WIB pagi ini situs pikokabsi.bekasikab.go.id, mencatat total kasus konfirmasi sebanyak 65 orang dengan rincian 31 orang menjalani perawatan di rumah sakit sementara 34 lainnya melakukan isolasi mandiri.

Sejak awal pandemi, kasus konfirmasi di Kabupaten Bekasi mencapai 339 kasus dengan jumlah kesembuhan sebanyak 253 orang sementara angka kematiannya 21 orang atau enam persen.

Dari laman situs yang sama diketahui pula kasus suspek atau sebelumnya dikenal dengan pasien dalam pengawasan tinggal menyisakan lima persen saja atau 73 dari total 1.476 yang telah diawasi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peluang Karim Benzema Sempurnakan Gelar Juara Real Madrid: Jadi Top Scorer!

Posted: 16 Jul 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid baru saja resmi merengkuh gelar juara Liga Spanyol 2019/20. Kemenangan 2-1 atas Villarreal, Jumat (17/7/2020) dinihari WIB memastikan hal itu.

Kemenangan Real Madrid atas Villarreal tercipta berkat dua gol Karim Benzema di menit 29 dan penalti di menit 77. Sementara, satu gol Villarreal dicetak Iborra (83').

Real Madrid saat ini mengantongi 86 poin. Dari 37 partai, mereka menang 26 kali, imbang 8 kali, dan kalah 3 kali.

Di sisi lain, Barcelona berada di posisi kedua dengan 79 poin. Lionel Messi dkk. mengantongi 24 kemenangan, 7 hasil imbang, dan 6 kekalahan.

Pada dinihari tadi, Barcelona secara mengejutkan takluk 1-2 dari Osasuna. Alhasil, tim asuhan Quique Setien itu mustahil mengejar torehan poin Real Madrid.

Bagi Real Madrid, ini adalah gelar juara Liga Spanyol ke-34 sepanjang sejarah klub. Di saat yang sama, gelar ini membuat Zinedine Zidane telah meraih 11 trofi selama karier kepelatihannya di Real Madrid.

 

 

Disempurnakan Benzema

Striker Real Madrid, Karim Benzema, mengangkat trofi juara La Liga usai mengalahkan Villrreal pada laga lanjutan pekan ke-37 di Estadio Alfredo Di Stefano, Jumat (17/7/2020) dini hari WIB. Real Madrid menang 2-1 atas Villarreal. (AFP/Gabriel Bouys)
Striker Real Madrid, Karim Benzema, mengangkat trofi juara La Liga usai mengalahkan Villrreal pada laga lanjutan pekan ke-37 di Estadio Alfredo Di Stefano, Jumat (17/7/2020) dini hari WIB. Real Madrid menang 2-1 atas Villarreal. (AFP/Gabriel Bouys)

Gelar juara Liga Spanyol musim ini tentu akan semakin sempurna jika Benzema sukses meraih gelar pencetak gol terbanyak. Saat ini, Benzema terpaut dua gol dengan Lionel Messi yang berada di urutan pertama.

Benzema di musim ini telah mencetak 21 gol dengan lima di antaranya lahir lewat penalti. Di urutan pertama, Messi mengoleksi 23 gol.

Selama kariernya di Real Madrid, Benzema belum pernah meraih gelar pencetak gol terbanyak Liga Spanyol. Maklum, ia selalu berada di bawah bayang-bayang Cristiano Ronaldo yang saat ini bermain bagi Juventus.

Benzema berpotensi menyalip Lionel Messi jika bisa mencetak hattrick pada laga terakhir melawan Leganes. Di saat bersamaan, Messi gagal mencetak gol saat Barcelona meladeni Deportivo Alaves.

Daftar 10 Besar Top Scorer Liga Spanyol

1. Lionel Messi: 23 gol

2. Karim Benzema 21 gol

3. Gerard Moreno: 16 gol

4. Raul Garcia: 15 gol

5. Luis Suarez: 15 gol

6. Iago Aspas: 14 gol

7. Luis Ocampos: 14 gol

8. Ante Budimir: 12 gol

9. Alvaro Morata: 12 gol

10. Santi Cazorla: 11 gol

Saksikan Video Real Madrid di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Bedah 100 Rumah Tak Layak Huni di Manokwari Selatan

Posted: 16 Jul 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah kepada 100 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat.

Masing-masing rumah di bawah standar tersebut mendapat bantuan Rp 21 juta per unit sehingga bangunan rumah tersebut dapat ditingkatkan kualitasnya menjadi lebih layak huni.

"Alokasi dana bantuan per unit rumah sebesar Rp 21 juta. Jadi total bantuan yang akan disalurkan Kementerian PUPR untuk bedah rumah di Kabupaten Manokwari Selatan sebesar Rp 2,1 miliar," kata Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (PPP) Wilayah Papua II Yance Pabisa dalam keterangan tertulis, Jumat (17/7/2020).

Yance menerangkan, pelaksanaan program BSPS di daerah tersebut tersebar di distrik Oransbaru. Program bedah rumah di wilayah tersebut menjangkau tiga kampung, yakni Kampung Oransbari sebanyak 31 unit, Waroser sebanyak 30 unit, dan Mauri sebanyak 39 unit.

Secara keseluruhan, Kementerian PUPR awalnya mengalokasikan bedah rumah sebanyak 3.383 unit rumah. Jumlah yang mendapat bantuan bedah rumah tersebut kemungkinan akan bertambah jika pemerintah daerah setempat mengajukan usulan bantuan lagi.

Salah seorang penerima bantuan bedah rumah di Kampung Waroser, Ronald mengucapkan terimahkasih kepada Kementrian PUPR karena telah memberikan bantuan program BSPS kepada masyarakat papua Barat.

"Kami berharap tahun depan Distrik Oransbari kembali mendapat bantuan bedah rumah ini karena masih banyak masyarakat yang tinggal di rumah tidak layak huni," harapnya.

Kementerian PUPR Bedah 1.823 Rumah Tak Layak Huni di Bogor

Kementerian PUPR bedah rumah 100 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat. (Foto: Kementerian PUPR)
Kementerian PUPR bedah rumah 100 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat. (Foto: Kementerian PUPR)

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyalurkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah kepada 1.823 rumah tidak layak huni untuk masyarakat di Bogor, Jawa Barat.

Direktur Rumah Swadaya Ditjen Perumahan Kementerian PUPR KM Arsyad menjelaskan, tahun ini Jawa Barat mendapatkan alokasi program BSPS sebanyak 8.928 unit melalui Satuan Kerja Strategis Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR.

 

"Jumlah alokasi bedah rumah sebanyak 1.823 unit dari Kementerian PUPR adalah Rp 25,9 miliar," terang Arsyad dalam keterangan tertulis, Jumat (10/7/2020).

Dia menambahkan, alokasi penyaluran program bedah rumah di Kota Bogor tersebar di beberapa lokasi. Di antaranya di Bogor Barat (340 unit), Bogor Selatan (579 unit), Kota Bogor Utara (260 unit), Tanah Sereal (320 unit), Bogor Tengah (200 unit), dan Bogor Timur (240 unit).

Dijelaskannya bahwa setiap penerima program bedah rumah mendapatkan bantuan sebesar Rp 17,5 juta rupiah yang terbagi sebanyak Rp 15 juta rupiah berupa bahan bangunan dan Rp 2,5 juta rupiah untuk upah pekerja.

"Melalui Program BSPS ini Kementerian PUPR berupaya menjaga perekonomian masyarakat melalui program padat karya tunai berupa upah untuk pekerja," ungkap dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tips Cuci Botol Minum Agar Tetap Bersih

Posted: 16 Jul 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Botol minum adalah benda yang pasti dibutuhkan dan dibawa oleh semua kalangan. Tapi tak terpikirkan untuk mencucinya. Ini dia tips mencuci botol minum agar tetap bersih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Juara Liga Spanyol, Apa Kata Lionel Messi?

Posted: 16 Jul 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Kapten Barcelona, Lionel Messi merelakan gelar juara Liga Spanyol 2019/20 jatuh ke tangan Real Madrid. Menurutnya, Real Madrid layak didapuk menjadi juara.

"Saya kira Real Madrid melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. Mereka bermain baik sejak kompetisi dimulai lagi," kata Messi seperti dilansir Sportskeeda.

Pekan ke-37 La Liga Spanyol mejadi pekan penahbisan Real Madrid sebagai juara Liga Spanyol. Los Galacticos menjadi kampiun setelah menang 2-1 atas Villarreal, Jumat (17/7/2020) dinihari WIB.

Kemenangan Real Madrid atas Villarreal tercipta berkat dua gol Karim Benzema di menit 29 dan penalti di menit 77. Sementara, satu gol Villarreal dicetak Iborra (83').

Real Madrid saat ini mengantongi 86 poin. Dari 37 partai, mereka menang 26 kali, imbang 8 kali, dan kalah 3 kali.

Di sisi lain,, Barcelona berada di posisi kedua dengan 79 poin. Lionel Messi dkk. mengantongi 24 kemenangan, 7 hasil imbang, dan 6 kekalahan.

Pada dinihari tadi, Barcelona secara mengejutkan takluk 1-2 dari Osasuna. Alhasil, tim asuhan Quique Setien itu mustahil mengejar torehan poin Real Madrid.

 

Pertandingan Sulit

Striker Barcelona, Lionel Messi, tampak kecewa saat melawan Villareal pada laga La Liga di Stadion Estadio de la Ceramica, Minggu (5/7/2020). Barcelona menang 4-1 atas Villareal. (AP/Jose Miguel Fernandez de Velasco)
Striker Barcelona, Lionel Messi, tampak kecewa saat melawan Villareal pada laga La Liga di Stadion Estadio de la Ceramica, Minggu (5/7/2020). Barcelona menang 4-1 atas Villareal. (AP/Jose Miguel Fernandez de Velasco)

Messi mengakui laga melawan Osasuna tidak mudah. Namun pemain asal Argentina itu tidak berpikir timnya layak kalah.

"Saya tidak berpikir kami harus kalah, tetapi kami tahu jalannya pertandingan akan seperti apa. Kami tahu kami harus bersabar menemukan celah," katanya mengakhiri.

 

Hasil Liga Spanyol Dinihari Tadi

Jumat 17 Juli 2020

Athletic Bilbao 0-2 Leganes

Barcelona 1-2 Osasuna

Real Betis 1-2 Deportivo Alaves

Celta Vigo 2-3 Levante

Getafe 0-2 Atletico Madrid

Real Mallorca 1-2 Granada

Real Madrid 2-1 Villarreal

Real Sociedad 0-0 Sevilla

Valencia 1-0 Espanyol

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penyerang Novel Baswedan Dihukum Dua Tahun Penjara

Posted: 16 Jul 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Majelis hakim menyatakan duaterdakwa penyerang penyidik KPK, Novel Baswedan terbukti bersalah. Keduanya dihukum masing-masing dua dan 1,5 tahun penjara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: