Senin, 20 Juli 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Bio Farma Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19 di Agustus 2020

Posted: 20 Jul 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bio Farma (Persero) siap melakukan uji klinis tahap 3 vaksin Covid-19 yang didatangkan dari Sinovac Biotech, China, pada Minggu 19 Juli 2020. Uji klinis terhadap 2.400 vaksin akan dilakukan pasa bulan Agustus mendatang.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, uji klinis vaksin Covid-19 dijadwalkan akan berjalan selama 6 bulan, sehingga ditargetkan akan selesai pada bulan Januari 2021 mendatang.

"Apabila uji klinis vaksin Covid-19 tahap 3 lancar, maka Bio Farma akan memproduksinya pada kuartal I tahun 2021 mendatang, dan kami sudah memperisiapkan fasilitas produksinya di Bio Farma, dengan kapasitas produksi maksimal di 250 juta dosis," ujar Honesti dalam keterangannya, Selasa (21/7/2020).

Adapun, alasan Bio Farma memilih Sinovac sebagai mitra adalah platform atau metode pembuatan vaksin yang digunakan oleh Sinovac sama dengan kompetensi yang dimiliki oleh Bio Farma saat ini. Dengan metode inaktivasi tersebut, Bio Farma sudah memiliki pengalaman dalam pembuatan vaksin seperti vaksin Pertusis.

Kendati, vaksin yang baru datang kemarin masih memerlukan beberapa tahapan lagi sebelum bisa dilakukan uji klinis, yaitu pengujian di dalam Laboratorium Bio Farma serta beberapa perizinan lainnya.

 

Dilaksanakan di Unpad

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Uji klinis vaksin Covid-19 ini akan dilaksanakan di Pusat Uji Klinis yaitu di Fakultas Kedokteran UNPAD, yang akan mengambil sample sebanyak 1.620 subjek dengan rentang usia antara 18 hingga 59 tahun, dengan kriteria - kriteria tertentu.

Sedangkan sisa dari vaksin tersebut, akan digunakan untuk uji lab di beberapa lab antara lain di Bio Farma dan Pusat Pengujian Obat Dan Makanan Nasional (PPOMN).

Dalam uji klinis vaksin Covid-19, Bio Farma berperan sebagai sponsor dan berkolaborasi dengan berbagai pihak antara lain Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan RI (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI sebagai medical advisor dan pelaksanaan uji titer antibodi netralisasi, BPOM RI sebagai regulator, dan FK UNPAD sebagai insititusi yang sudah berpengalaman dalam pelaksanaan uji klinis vaksin - vaksin yang beredar di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luka Hampir di Sekujur Tubuh, Kisah Bocah Digigit Buaya Ini Bikin Miris

Posted: 20 Jul 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di pantai tentunya mengasyikkan. Jika liburan bersama anak-anak, orang tua tentunya harus senantiasa menjaga sang buah hati. Keselamatan buah hati tentunya harus diutamakan oleh orang tua yang menghabiskan waktu liburan bersama sang anak.

Keaktifan anak-anak tentunya membuat orang tua harus selalu menjaga buah hatinya. Kisah pilu dialami bocah berusia 6 tahun lantaran digigit buaya karena asyik bermain di pantai. Bocah mengalami luka hampir di sekujur tubuh tubuhnya.

Buaya yang menggigit bocah tersebut menerkam kepala sang bocah dan menyeretnya hingga ke dalam air. Bocah tersebut pun mengalami kritis dan mengalami luka yang memprihatinkan di hampir sekujur tubuhnya. Oleh sebab itu, penjagaan orang tua ketika menghabiskan waktu bersama sang buah hati tentunya harus sangat ketat.

Kisah haru bocah berusia 6 tahun yang digigit buaya dan mengalami luka hampir di sekujur tubuhnya ini dirangkum Liputan6.com dari Mirror pada Selasa (17/7/2020).

Kisah Haru Bocah yang Digigit Buaya

Kisah Bocah yang Digigit Buaya Ini Bikin Haru. (Sumber: Mirror)
Kisah Bocah yang Digigit Buaya Ini Bikin Haru. (Sumber: Mirror)

Bocah berusia 6 tahun ini mengalami luka hampir di sekujur tubuhnya setalah digigit buaya di pantai El Palmar Meksiko. Bocah tersebut sedang asyik bermain di dekat pantai bersama saudara perempuannya, dan tidak bersama kedua orang tuanya.

Buaya yang mencengkram kepala bocah tersebut kemudian menyeretnya ke dalam air selama 10 menit. Kabarnya bocah tersebut bersama saudara perempuannya berjalan ke rumah muara ke puluhan buaya di dekat pantai El Palmar di Meksiko.

Menurut laporan, para saksi yang melihat kejadian tersebut menuturkan jika buaya tersebut menggigit kepala, lengan, dada, dan kaki bocah tersebut. Turis dan penjaga pantai harus melempar batu ke buaya untuk melepaskan anak itu dan menakuti binatang sepanjang tiga meter itu.

Kondisi bocah tersebut sangat memprihatinkan dan kritis, dan kemudian dilarikan ke rumah sakit. Menurut Mexico News Daily, bocah tersebut masuk dan keluar dari kesadaran, dan harus diintubasi pada saat kedatangan.

Terjadi Peningkatan Jumlah Buaya

Kisah Bocah yang Digigit Buaya Ini Bikin Haru. (Sumber: Mirror)
Kisah Bocah yang Digigit Buaya Ini Bikin Haru. (Sumber: Mirror)

Kabarnya telah ada peningkatan jumlah buaya selama masa pandemi Corona Covid-19. Pada bulan April, buaya La Ventanilla, Oaxaca, menyerbu pantai untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade tanpa adanya aktivitas manusia selama pandemi.

Serangan buaya di Meksiko memang kerap terjadi. Sebelumnya, pernah ada kejadian seorang nelayan diserang oleh buaya saat tidur siang di pantai Boca Barra, tepat di selatan Puerto Escondido.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Brooklyn Beckham Bakal Gelar Pernikahan Secara Yahudi

Posted: 20 Jul 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Brooklyn Beckham baru saja bertunangan dengan Nicola Peltz pada minggu lalu. Pertunangan putra sulung David-Victoria Beckham dengan bintang "Transformer: Age of Extinction" itu terjadi setelah sembilan bulan berpacaran.

Brooklyn yang berprofesi sebagai fotografer tersebut memberi Nicola cincin pertunangan seharga Rp2,8 miliar. Nicola juga telah menemui kedua orangtua kekasihnya.

Ayah Nicola, Nelson Peltz (72) dan sang istri, Claudia Heffner (65), dikabarkan akan membiayai pernikahan putrinya. Angkanya mencapai 1,3 miliar Pound sterling atau sekitar Rp24,3 triliun.

Dikutip dari Mirror, Selasa (21/7/2020), keluarga Nicola mampu mengeluarkan biaya pernikahan sebesar itu karena profesi ayahnya sebagai pengelola perusahaan dana investasi. Sementara, sang ibu adalah mantan model.

"Nicola dibesarkan di rumah tangga Yahudi. Sementara ibunya, Claudia, bukanlah seorang Yahudi, ayahnya, Nelson, adalah seorang yang taat. Mereka membesarkan anak-anak mereka untuk menjunjung tinggi nilai-nilai tradisional Yahudi," kata seorang sumber.

"Ketika mereka mulai berbicara tentang masa depan mereka, Brooklyn menyetujui pernikahan Yahudi. Meskipun itu tidak ortodoks, atau super religius, itu mungkin akan mengandung unsur-unsur tradisional," sambung dia.

Pasangan itu mengatakan akan menggelar dua upacara pernikahan, satu di Inggris dan satu lagi di Florida. Upacara pernikahan yang akan digelar pada 2021 itu diperkirakan akan menghabiskan dana 4 juta Pound sterling atau sekitar Rp75,2 miliar.

Sumber tersebut menambahkan, "Mereka belum yakin apakah akan menggelar upacara yang dipimpin seorang rabi, tetapi Brooklyn mengatakan kepada Nicola bahwa dia akan membiarkan kekasihnya menyiapkan semuanya, candanya tentang bagaimana ia siap dikontrol,"

Kakek Brooklyn

Brooklyn Beckham dan Nicola Peltz mengumumkan pertunangan mereka lewat akun Instagram pribadi. (dok. Instagram @brooklynbeckham/https://www.instagram.com/p/CCgN-Vel63f/Putu Elmira)
Brooklyn Beckham dan Nicola Peltz mengumumkan pertunangan mereka lewat akun Instagram pribadi. (dok. Instagram @brooklynbeckham/https://www.instagram.com/p/CCgN-Vel63f/Putu Elmira)

Dalam silsilah keluarga, Brooklyn Beckham memiliki darah Yahudi dari kakek ibunya. Ia bahkan menyebut diri setengah Yahudi dalam autobiografinya.

"Aku mungkin lebih banyak bersinggungan dengan Judaisme daripada agama lainnya," tulis dia.

Brooklyn merupakan pembawa cincin pernikahan ibu dan ayahnya yang digelar di Kastil Luttrellstown, Irlandia, pada 1999 lalu. Victoria dan David duduk di singgasana emas di altar dan menghabiskan dana 500 ribu Pound sterling untuk pesta pernikahan selebritas termewah pada saat itu.

Sementara itu, mantan kekasih Brooklyn terkejut dengan kabar pertunangan tersebut. Ia memperingatkan, "Ia jauh dari kata dewasa untuk menikah."

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perpanjang SIM Bisa Dilakukan Malam Minggu, Catat Lokasi dan Jadwalnya

Posted: 20 Jul 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beroperasi di Teteg Malioboro, Satlantas Polresta Yogyakarta kembali menggelar program SIM Malam Minggu (Simami). Selain memudahkan masyarakat yang bekerja, program ini juga mampu mencegah berkerumunnya pemohon di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas).

Sudah ada sejak 2018, Kanit Regident Satlantas Polresta Yogyakarta AKP Wartono menegaskan, hampir tiga bulan program ini tak beroperasi karena pandemi Corona Covid-19.

"Sudah ada sejak 2018 dan kami tingkatkan terus. Namun saat adanya wabah Covid-19 sejak Maret lalu, program ini kami hentikan dahulu karena kebijakan dari pemerintah terkait pelayanan di luar kantor," kata AKP Wartono dilansir NTMC Polri.

Saat beroperasi, Simami hanya bisa melayani pemohon yang akan memperpanjang SIM A dan SIM C. Untuk membuat SIM baru, pemohon akan diarahkan ke kantor Satpas terdekat.

"Jadi hanya untuk pemohon yang akan memperpanjang SIM saja. Sehari bisa langsung jadi ketika syarat terpenuhi, seperti surat keterangan sehat, membawa SIM lama. Setelah itu mereka melakukan sidik jari dan foto serta membayar biaya yang ditetapkan. Tak perlu waktu lama, SIM segera dicetak dan langsung jadi," tuturnya.

 

Bisa Melayani Masyarakat di Luar Yogyakarta

Tak hanya melayani masyarakat Yogyakarta, program Simami juga bisa dinikmati masyarakat dari daerah lain.

"SIM kan sudah online, sehingga orang dari luar Yogyakarta bisa memperpanjang di sini, tapi tetap kami lihat dahulu apakah data mereka tercantum di Satpas yang ada. Jika tidak ada, pemohon bisa meminta surat keterangan dari Satpas di daerah asal untuk dikirimkan bukti bahwa SIM-nya terdaftar dari wilayah dia membuat pertama kali," tuturnya.

Pelayanan Dibatasi

Simami beroperasi setiap Sabtu malam mulai pukul 18.30-22.00 WIB. Selama pandemi pelayanan juga akan dibatasi.

"Setiap Minggu sekitar 50 orang yang kami layani. Kami juga menekankan protokol keamanan. Pemohon dan petugas wajib mengenakan masker, ada juga pengecekan suhu tubuh. Selain itu, kami sediakan wastafel dan hand sanitizer. Tidak lupa saat mengantre kami berikan jarak 1 meter," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Sassuolo vs AC Milan: Bukan Sekadar Lanjutkan Catatan Impresif

Posted: 20 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta AC Milan akan menghadapi Sassuolo pada pekan ke-35 Liga Italia di Mapei Stadium, Rabu (22/7/2020) dini hari WIB. Milan dan Sassuolo sama-sama tak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir mereka di liga.

Saat ini AC Milan berada di posisi ke-7 klasemen sementara dengan raihan 56 poin. Sedangkan, Sassuolo yang sudah meraih 48 poin ada di peringkat 8.

Milan terakhir sudah meraih enam kemenangan dan dua hasil imbang. Itu termasuk kemenangan 2-0 atas AS Roma, 3-0 atas Lazio, dan 4-2 atas Juventus.

Teranyar, skuat asuhan Stefano Pioli mencukur Bologna 5-1 lewat gol-gol Alexis Saelemaekers, Hakan Calhanoglu, Ismael Bennacer, Ante Rebic, dan Davide Calabria.

Sementara itu, Sassuolo, mencatat empat kemenangan dan empat hasil imbang. Itu termasuk menaklukkan Lazio 2-1, serta menahan imbang Inter Milan dan Juventus dengan skor identik 3-3.

Bagi AC Milan dan Sassuolo pertandingan ini dinilai sangat penting. Bukan hanya melanjutkan catatan impresif, kedua tim juga butuh poin penting untuk mengamankan posisi mereka di klasemen Liga Italia.

Fokus

Gelandang AC Milan, Ismael Bennacer (kanan) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Bologna pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro di Milan, Italia, Sabtu, (18/7/2020). AC Milan menang telak 5-1 atas Bologna. (AP Photo/Luca Bruno)
Gelandang AC Milan, Ismael Bennacer (kanan) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Bologna pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro di Milan, Italia, Sabtu, (18/7/2020). AC Milan menang telak 5-1 atas Bologna. (AP Photo/Luca Bruno)

Stefano Pioli mewanti-wanti anak asuhnya mewaspadai kekuatan lawannya. Ia memperingatkan Sassuolo bahwa timnya masih memiliki banyak bahan bakar untuk laga ini.

"Game ini akan membutuhkan perhatian, rasa hormat, dan fokus maksimal," kata Pioli pada konferensi pers seperti dikutip dari Football Italia.

Milan dan Sassuolo sama-sama sedang berada dalam form yang meyakinkan. Duel mereka nanti sepertinya bakal berlangsung ketat.

Terancam Kehilangan Pemain Penting

Gelandang Juventus, Douglas Costa, berusaha melewati gelandang AC Milan, Giacomo Bonaventura, pada laga Serie A Italia di Stadion Allianz, Turin, Minggu (10/11). Juventus menang 1-0 atas Milan. (AFP/Marco Bertorello)
Gelandang Juventus, Douglas Costa, berusaha melewati gelandang AC Milan, Giacomo Bonaventura, pada laga Serie A Italia di Stadion Allianz, Turin, Minggu (10/11). Juventus menang 1-0 atas Milan. (AFP/Marco Bertorello)

Menghadapi pertandingan penting itu, AC Milan dihadapkan pada situasi cukup gawat. Mereka bisa kehilangan enam pemain pilar.

Dengan kartu kuning yang sudah dimiliki, Milan bisa kehilangan Simon Kjaer, Alessio Romagnoli, Theo Hernandez, Ismael Bennacer, Ante Rebic dan Mateo Musacchio (yang juga tidak bermain karena cedera).

Perkiraan Susunan Pemain

Samuel Castillejo (kiri) mencetak gol ke gawang Sassuolo dan membantu AC Milan menang 4-1. (Serena Campanini/ANSA via AP)
Samuel Castillejo (kiri) mencetak gol ke gawang Sassuolo dan membantu AC Milan menang 4-1. (Serena Campanini/ANSA via AP)

Sassuolo (4-2-3-1): Consigli; Muldur, Marlon, Peluso, Kyriakopoulos; Magnanelli, Locatelli; Berardi, Djuricic, Boga; Caputo.

Pelatih: Roberto De Zerbi,

Info skuad: Pedro Obiang (cedera), Gregoire Defrel (cedera), Filippo Romagna (cedera).

Milan (4-2-3-1): G Donnarumma; Conti, Kjaer, Romagnoli, Theo Hernandez; Kessie, Bennacer; Bonaventura, Calhanoglu, Rebic; Ibrahimovic.

Pelatih: Stefano Pioli.

Info skuad: Leo Duarte (cedera), Mateo Musacchio (cedera).

Head-to-Head

Pertemuan: 13

Sassuolo menang: 4

Gol Sassuolo: 18

Imbang: 2

Milan menang: 7

Gol Milan: 23.

5 Pertemuan Terakhir

05/11/2017 Sassuolo 0-2 AC Milan (Liga Italia)08/04/2018 AC Milan 1-1 Sassuolo (Liga Italia)30/09/2018 Sassuolo 1-4 AC Milan (Liga Italia)02/03/2019 AC Milan 1-0 Sassuolo (Liga Italia)15/12/2019 AC Milan 0-0 Sassuolo (Liga Italia)

5 Laga Terakhir Sassuolo

04/07/2020 Sassuolo 4- 2 Lecce (Liga Italia)08/07/2020 Bologna 1-2 Sassuolo (Liga Italia)11/07/2020 Lazio 1-2 Sassuolo (Liga Italia)15/07/2020 Sassuolo 3-3 Juventus (Liga Italia)18/07/2020 Cagliari 1-1 Sassuolo (Liga Italia)

5 Laga Terakhir AC Milan

04/07/2020 Lazio 0-3 AC Milan (Liga Italia)07/07/2020 AC Milan 4-2 Juventus (Liga Italia)12/07/2020 Napoli 2-2 AC Milan (Liga Italia)15/07/2020 AC Milan 3-1 Parma (Liga Italia)18/07/2020 AC Milan 5-1 Bologna (Liga Italia)

Statistik

Sassuolo tak terkalahkan dalam 8 laga terakhirnya di Serie A (M4 S4 K0).

Sassuolo tak terkalahkan dalam 4 laga kandang terakhirnya di Serie A (M2 S2 K0).

Sassuolo selalu mencetak minimal 3 gol dalam 4 laga kandang terakhirnya di Serie A.

Milan tak terkalahkan dalam 8 laga terakhirnya di Serie A (M6 S2 K0).

Milan selalu mencetak minimal 2 gol dalam 8 laga terakhirnya di Serie A.

Milan tak terkalahkan dalam 7 laga terakhirnya melawan Sassuolo di Serie A, kandang dan tandang (M5 S2 K0).

 

Klasemen Serie A

 

Simak Video AC Milan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pansus DPRD Rote Ndao Temukan 15 Mantan Napi Korupsi di NTT Kembali Aktif Jadi PNS

Posted: 20 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Sebanyak 15 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup pemerintah daerah Kabupaten Rote Ndao, NTT diduga bekerja secara ilegal. Pasalnya, status PNS mereka telah dihapus pada data kepegawaian negara.

Ke-15 PNS yang punya jabatan starategis itu dihapus dari status PNS karena terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi. Sesuai UU ASN, 15 orang ini harus dipecat. Ironisnya, mereka masih menjalani pekerjaan dan masih menerima gaji layaknya PNS lain.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Rote Ndao, Paulus Henuk, mengatakan, pengaktifan kembali PNS Tipikor itu ditemukan oleh pansus LKPJ DPRD Rote Ndao. Dalam penelusuran Pansus, ditemukan dugaan adanya kerugian negara.

"Saat ini sedang dibahas oleh Pansus. Kita dorong agar ditindaklanjuti aparat hukum, karena kerugian negara mencapai miliar rupiah," ujarnya kepada wartawan, Senin (20/7/2020).

Ia menjelaskan, pada tahun 2018 terdapat tiga SK yang diterima yakni SK dari Kepala BKN, Menpan RB dan Kementerian Dalam Negeri kepada seluruh Pemda mulai tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota tentang pemberhentian PNS yang terlibat Korupsi. Untuk keseluruhan Indonesia, tercatat sebanyak kurang lebih 9 ribu orang.

Meski demikian, hingga tahun 2019, Pemda Rote Ndao melakukan pembangkangan dan tidak melaksanakan SK tersebut. 16 PNS Tipikor yang mestinya diberhentikan dengan tidak hormat tertanggal 31 Mei 2019. Namun, pada 24 April 2019, Bupati Rote Ndao menerima pengajuan keberatan secara administratif kepada pemerintah, sehingga dari 15 PNS dicabut SK pemberhentiannya, sementara satu PNS diberhentikan secara permanen.

Dengan pencabutan SK pemberhentian, 15 orang ini pun kembali diaktifkan. Saat pengajuan gaji, diketahui, dua dari 15 PNS ini namanya sudah tidak tercatat di sistem kepegawaian. Sementara, yang bersangkutan masih diberikan jabatan struktural.

"Tentunya ada tanda tangan secara administratif saat mereka menjabat. Bagaimana mungkin seorang PNS yang sudah tidak diakui, masih menjabat dan digaji? Dasar hukum apa yang dipakai," tegas politikus Partai Perindo itu.

Ia mengatakan, Pansus LKPJ Kabupaten Rote Ndao juga sudah mendapat penjelasan bahwa pemberhentian dan penghapusan nama ke-15 PNS ini sejak akhir Desember 2019.

"Artinya, dari 1 Januari 2020 sampai hari ini sudah 6 bulan lebih orang itu bekerja ilegal, karena satus PNS sudah tidak ada," ujarnya.

Meski demikian, selama bekerja, 15 PNS ini tetap mendapat gaji dan diberi tunjangan. "Pemberian jabatan dan gaji dari bulan Januari sampai Juni. Kerjanya ilegal, lalu dasar pembayaran gaji oleh Pemda itu apa," katanya.

Ia menjelaskan, setelah disoroti Pansus DPRD,15 PNS itu tiba-tiba kembali diberhentikan Pemda.

"Saat ini mereka kembali diberhentikan, sementara Pemda selama ini membayar gaji mereka," tandasnya.

Ia menjelaskan, ada perintah peraturan pemerintah bahwa bagi PNS yang sudah berkekuatan hukum tetap putusannya, mestinya diberhentikan. Jika masih diaktifkan, maka ada dugaan kuat terjadinya kerugian keuangan negara.

"Ini bisa kita katakan sudah ada kerugian negara. Mereka ada gaji pokok ada tunjangan, ada uang perjalanan dinas apalagi yang masuk dalam anggaran pemerintah itu dia ada honor pengelola cukup besar sehingga negara mengalami kerugian miliaran rupiah," tegasnya.

Dugaan kerugian negara ini disebabkan akibat adanya SK dari pimpinan atau pemberi SK.

"Pemberi SK yang harus bertanggung jawab. Kalau soal hukum nanti kita serahkan ke penegak hukum. Yang mengeluarkan adalah Bupati Rote Ndao. Dia yang tanda tangan karena secara kewenangan ada di Bupati," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi A, Veki Bulan yang juga anggota Pansus, membenarkan temuan pansus atas dugaan kerugian negara tersebut. Ia mengaku tidak paham mekanisme serta dasar hukum apa yang digunakan oleh pemerintah hingga melawan undang-undang sebagai dasar hukum tertinggi dan melawan perintah pemerintah pusat.

"Ini kejadian pembangkangan hanya terjadi di Kabupaten Rote Ndao. Ini sangat aneh dan nyata," ujarnya.

Terhadap temuan tersebut, mantan jurnalis tersebut mengaku akan berkoordinasi dengan kepolisian dan aparat penegak hukum lainnya untuk segera ditindaklanjuti.

Terpisah, Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bulu, saat dikonfirmasi wartawan, Senin (20/7/2020) enggan berkomentar.

"Itu dia punya tanggapan, saya tidak ada urusan, no comment, saya tidak mau menanggapi orang-orang yang tidak bertanggungjawab," dia memungkasi.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jubir COVID-19: Thermo Gun Tidak Gunakan Sinar Radioaktif

Posted: 20 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa pendapat mengenai thermo gun atau thermal gun yang bisa merusak otak karena menggunakan sinar radioaktif adalah tidak benar.

"Secara ilmiah berbagai ahli sudah mengatakan bahwa statement ini tidak benar," kata Yuri dalam konferensi pers dari Graha BNPB, Jakarta pada Senin (20/7/2020).

"Thermal gun hanya mengukur dengan pancaran radiasi sinar inframerah yang setiap saat pasti akan dipantulkan oleh semua benda yang ada di sekitar kita," ujar Yuri.

Ia menegaskan bahwa thermo gun tidak menggunakan sinar laser atau sinar radioaktif seperti X-Ray.

Jangan Tambah Berita Menyesatkan

Warga menjalani pemeriksaan suhu saat mengikuti swab test di Balai RW 20, Villa Dago, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (17/7/2020). Swab test gratis yang dilakukan seiring meningkatnya kasus COVID-19 tersebut diikuti 200 warga dari beberapa RW di Benda Baru. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Warga menjalani pemeriksaan suhu saat mengikuti swab test di Balai RW 20, Villa Dago, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (17/7/2020). Swab test gratis yang dilakukan seiring meningkatnya kasus COVID-19 tersebut diikuti 200 warga dari beberapa RW di Benda Baru. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

"Ini akan membahayakan semua orang dan kemudian justru kontra produktif untuk mencegah agar penularan tidak terjadi," tambahnya.

Yuri meminta agar masyarakat tidak mudah untuk terpengaruh pernyataan mengenai thermo gun berisi pancaran sinar radioaktif atau sinar laser yang bisa merusak struktur otak.

Untuk itu, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan ini juga meminta agar orang-orang menyikapi informasi semacam ini dengan baik.

"Kesulitan ini tidak usah ditambah dengan berita-berita yang menyesatkan karena ini akan membuat masyarakat semakin panik," katanya.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Pekerja Hiburan Jakarta Geruduk Balai Kota

Posted: 20 Jul 2020 10:00 PM PDT

Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan membawa poster saat menggelar aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka usaha hiburan yang ditutup akibat pandemi COVID-19.. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan membawa poster saat menggelar aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka usaha hiburan yang ditutup akibat pandemi COVID-19.. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan membawa poster saat menggelar aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka usaha hiburan yang ditutup akibat pandemi COVID-19.. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan menggeruduk Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Kedatangan mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka kembali tempat hiburan malam yang hingga kini ditutup akibat COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan menggeruduk Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Kedatangan mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka kembali tempat hiburan malam yang hingga kini ditutup akibat COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan menggeruduk Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Kedatangan mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka kembali tempat hiburan malam yang hingga kini ditutup akibat COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan membawa poster saat menggelar aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka usaha hiburan yang ditutup akibat pandemi COVID-19.. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan membawa poster saat menggelar aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka usaha hiburan yang ditutup akibat pandemi COVID-19.. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan membawa poster saat menggelar aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka usaha hiburan yang ditutup akibat pandemi COVID-19.. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan menggeruduk Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Kedatangan mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka kembali tempat hiburan malam yang hingga kini ditutup akibat COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan menggeruduk Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Kedatangan mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka kembali tempat hiburan malam yang hingga kini ditutup akibat COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan menggeruduk Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Kedatangan mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka kembali tempat hiburan malam yang hingga kini ditutup akibat COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan membawa poster saat menggelar aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka usaha hiburan yang ditutup akibat pandemi COVID-19.. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan membawa poster saat menggelar aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka usaha hiburan yang ditutup akibat pandemi COVID-19.. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan membawa poster saat menggelar aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka usaha hiburan yang ditutup akibat pandemi COVID-19.. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan menggeruduk Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Kedatangan mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka kembali tempat hiburan malam yang hingga kini ditutup akibat COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan menggeruduk Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Kedatangan mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka kembali tempat hiburan malam yang hingga kini ditutup akibat COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan menggeruduk Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Kedatangan mereka meminta Gubernur Anies Baswedan untuk membuka kembali tempat hiburan malam yang hingga kini ditutup akibat COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan membentangkan spanduk saat menggelar aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Mereka meminta Gubernur Anies Baswedan membuka usaha hiburan yang ditutup akibat pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan membentangkan spanduk saat menggelar aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Mereka meminta Gubernur Anies Baswedan membuka usaha hiburan yang ditutup akibat pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan membentangkan spanduk saat menggelar aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Mereka meminta Gubernur Anies Baswedan membuka usaha hiburan yang ditutup akibat pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan membentangkan spanduk saat menggelar aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Mereka meminta Gubernur Anies Baswedan membuka usaha hiburan yang ditutup akibat pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan membentangkan spanduk saat menggelar aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Mereka meminta Gubernur Anies Baswedan membuka usaha hiburan yang ditutup akibat pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan membentangkan spanduk saat menggelar aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/7/2020). Mereka meminta Gubernur Anies Baswedan membuka usaha hiburan yang ditutup akibat pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Penyandang Disabilitas Saling Membantu dan Memotivasi, Patut Dicontoh

Posted: 20 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Organisasi Disabilitas Tanpa Batas (DTB) salurkan bantuan ke 19 penyandang disabilitas yang tersebar di Bandung hingga Cimahi, Jawa Barat. Bantuan ini disalurkan dalam rangka meringankan beban para difabel di masa pandemi COVID-19.

Bantuan ini disalurkan langsung oleh Ketua DTB Jabar Corfied, Sekretaris DTB Jabar Bonita,dan Wakil DTB Jabar Zulhamka Julianto Kadir. Ketiganya adalah penyandang disabilitas daksa.

"DTB itu singkatan dari Disabilitas Tanpa Batas, sementara ini programnya bantuan sosial untuk anggota, kedepannya mungkin juga ada pelatihan dan mungkin ada program-program yang lain," ujar Corfied dalam video yang diterima Liputan6.com, Minggu (19/7/2020).

Sumbangan ini berupa Sembilan bahan pokok atau sembako yang diharapkan dapat bermanfaat bagi penerima dari berbagai ragam disabilitas, mulai dari disabilitas fisik, sensorik, hingga disabilitas intelektual.

"Terima kasih semoga kedepannya lebih banyak anggotanya. Ya seharusnya pemerintah juga memberikan yang terbaik. Bukan hanya bantuan seperti ini tapi juga lapangan pekerjaan yang bisa dijadikan usaha," ujar Hadi Hardianto, penyandang polio yang menerima manfaat.

Memotivasi Difabel

Foto: dokumentasi pribadi DTB.
Foto: dokumentasi pribadi DTB.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, Zulhamka berharap agar para penyandang disabilitas lebih terdorong dan memiliki semangat untuk melakukan hal serupa kepada difabel lainnya.

"Diharapkan mampu mendorong semangat serta motivasi kepada disabilitas dan keluarga disabilitas, karena melihat secara langsung sosok disabilitas yang sudah mampu dan berani untuk tampil pada masyarakat umum," ujarnya.

Ia menambahkan, rencana selanjutnya adalah mengadakan pelatihan untuk membuka peluang mata pencaharian. Jika sudah terlatih, maka mereka dapat menghidupi diri dan keluarga secara mandiri.

"Berkarya dari hasil kegiatannya apapun itu misal di bidang pekerjaan formal atau wirausaha. Karena nunggu kebijakan pemerintah lama, sedangkan teman-teman difabel butuh hidup hari ini.  Mudah-mudahan teman-teman difabel bisa lebih mandiri setelah ada kegiatan pelatihan dan cepat terealisasikan," pungkasnya.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenali Ciri-Ciri Investasi Bodong Berkedok Koperasi, Apa Saja?

Posted: 20 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satgas Waspada Investasi mencatat, data entitias ilegal tahun 2017-2020 terdapat 158 fintech yang telah terdaftar di OJK, dan semuanya tidak ada yang berbadan hukum koperasi. Sehingga apabila terdapat koperasi yang melakukan fintech, maka hal tersebut adalah ilegal.

"Beberapa tahun belakangan jumlah lembaga keuangan ilegal berbasis digital mengalami tren perkembangan, dengan perkiraan total kerugian masyarakat dari tahun 2009 hingga 2019 mencapai angka Rp 92 triliun. Kerugian masyarakat tersebut tidak di-cover oleh aset yang disita dalam rangka pengembalian dana masyarakat," kata Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) OJK Tongam L. Tobing, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/7/2020).

Ia menyebut, maraknya investasi ilegal disebabkan banyaknya permintaan masyarakat akan jasa keuangan, yang diikuti dengan rendahnya pengetahuan masyarakat akan investasi ilegal, penawaran bunga tinggi, dan penggunaan tokoh agama, tokoh masyarakat serta selebriti sebagai media propaganda agar masyarakat bergabung dalam investasi tersebut.

Lalu, modus penipuan berkedok koperasi memiliki ciri sebagai berikut, pertama, penawaran melalui berbagai media seperti SMS (link atau nomor telepon), situs, media sosial, Google Play Store, atau Apps Store.

"Kedua, menggunakan nama 'KSP' atau 'koperasi', namun tidak memiliki pengesahan Badan Hukum dan/atau izin usaha dari kementerian yang berwenang," katanya.

 

Ciri Selanjutnya

Ilustrasi investasi Bodong (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Ilustrasi investasi Bodong (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Ketiga, pencatutan nama koperasi berizin dan/atau terkenal sehingga menimbulkan rasa percaya. Keempat, menyatakan "Sudah Terdaftar atau Diawasi," seakan-akan sudah dalam pengawasan instansi berwenang.

Kelima, menggunakan logo koperasi Indonesia atau Kementerian Koperasi dan UKM, seakan-akan benar-benar berbentuk koperasi atau berkaitan dengan kementerian. Keenam, berbadan hukum, tapi kegiatannya tidak sesuai dengan prinsip koperasi.

Ia menekankan perlu adanya database tentang tingkat literasi dan inklusi masyarakat terhadap koperasi. Keberadaan database dimaksudkan sebagai bahan penyusunan strategi kebijakan.

Selain itu, penanganan penipuan berkedok koperasi di daerah diupayakan secara kolaboratif, dimana Pemerintah pusat memberikan asistensi apabila diperlukan.

 

Bertindak Cepat

ilustrasi-koperasi
ilustrasi-koperasi

Kata dia, harus didorong untuk bertindak secara cepat dan tegas terhadap praktik penipuan berkedok koperasi, guna menghindari meluasnya permasalahan dan semakin besarnya kerugian masyarakat.

"SWI mendorong daerah mengambil langkah-langkah: mendatangi atau mengundang koperasi/oknum untuk mendapatkan klarifikasi (shock therapy); melakukan penghentian operasional; dan melakukan tindakan represif berupa pelaporan kepada kepolisian atas tindakan melanggar hukum sehingga menimbulkan efek jera," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rindu, Unta Ini Tempuh Jarak 100 KM untuk Temui Pemilik Lama Setelah Dijual

Posted: 20 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Tiongkok - Seekor unta baru-baru ini berhasil meluluhkan hati jutaan orang di Tiongkok, setelah menempuh jarak 100 kilometer melalui padang pasir untuk kembali ke pemilik sebelumnya setelah delapan bulan dijual.

Media Tiongkok belum lama ini menampilkan kisah yang mengharukan dari seekor unta setia yang diduga menghabiskan berhari-hari melintasi padang pasir tandus daerah Mongolia Dalam, Tiongkok Utara.

Unta tersebut berusaha kembali ke pemilik asalnya setelah dijual ke petani lain 8 bulan sebelumnya. Unta yang terluka itu terlihat berjalan melintasi padang pasir awal bulan ini dan ditemukan seorang gembala lain.

Karena kasihan, gembala itu mengambil dan merawatnya sambil berusaha menemukan pemiliknya.

Terharu

foto: Photo: Bayan Nur Daily
foto: Photo: Bayan Nur Daily

Melansir dari Oddity Central, Selasa (21/7/2020), kabar tentang penemuan unta itu sampai ke telinga Temur, pemilik lamanya. Dia lantas bergegas mengambilnya dan ingin mengembalikan unta itu ke pemilik barunya.

Tetapi setelah mendengar kisah perjalanan mantan peliharaannya itu, Temur pun merasa terharu dan menginginkan unta itu kembali.

Dijual 8 bulan silam

Ilustrasi unta. (iStockphoto)
Ilustrasi unta. (iStockphoto)

Temur akhirnya bercerita telah menjual unta itu kepada petani lain pada Oktober 2019. Petani itu membawa unta itu ke kampungnya dengan berjalan sejauh 100 Kilometer. Dia membesarkannya di kampung halaman di musim dingin dan membiarkan merumput di pegunungan di musim semi.

Unta itu tampaknya telah menyesuaikan diri dengan rumah barunya, tetapi pada tanggal 27 Juni, unta tersebut melarikan diri.

Diambil kembali

Ilustrasi unta (iStock)
Ilustrasi unta (iStock)

"Ketika kami mendengar berita itu, kami ingin membawa unta itu kembali, tetapi pemiliknya barunya telah membawanya kembali ke tempatnya," kata istri Temur.

"Jadi kami menghubunginya dan memutuskan untuk mengganti unta itu dengan unta betina berusia 3 tahun. Setelah kami mendapatkannya kembali, saya sangat sedih ketika saya menemukan bahwa ada banyak luka di tubuhnya, karena pasti sudah melewati pagar," tambahnya.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Bakal Larang Filter Wajah di Android 11?

Posted: 20 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Android  versi terbaru (Android 11) dikabarkan akan menghadirkan perubahan kecil, tetapi signifikan dalam hal fotografi.

Mengutip laman Slash Gear, Selasa (21/7/2020), pada pembaruan kali ini, Camera API Behavior v7.5.4. "CameraDevice" dan Camera API tidak bisa lagi mengubah tampilan wajah manusia menjadi berbeda dari aslinya.

Hal ini boleh jadi bertujuan supaya tidak ada lagi perubahan tampilan wajah di foto dengan wajah asli pada saat mengambil foto wajah seseorang.

Dengan pembaruan ini, perangkat Android berlisensi Google tak akan memiliki izin pengolahan filter wajah pada kamera smartphone.

Nantinya Google juga bakal mempersyaratkan, perangkat Android baru harus memastikan hasil foto wajah seseorang tidak diubah. Dalam hal ini pengubahan tampilan wajah bisa melalui pengubahan bentuk muka, warna kulit, atau memperhalus kulit wajah.

Jika pembaruan ini benar-benar diterapkan, dampaknya akan dirasakan oleh smartphone Android yang memiliki mode beauty yang aktif secara default.

Untuk Perangkat Bersertifikat Resmi Google

Ilustrasi Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Perangkat yang dibuat oleh Huawei, Vivo, dan lain-lain yang punya mode Beauty pada kameranya pun perlu melakukan penyesuaian sebelum bisa selaras dengan OS Android 11. Tentu jika smartphone yang dimaksud berjalan dengan Android dan sertifikat resmi Google.

Sementara untuk Huawei, karena kerja sama ekslusif Google mereka saat ini terputus, perangkat mereka di masa depan mungkin tidak terdampak.

Belum diketahui apa alasan Google kemungkinan menghadirkan perubahan ini, tetapi hal ini ditengarai terkait dengan algoritma Artifilcial Intelligence dan Machine Learning yang terus mengalami inovasi dan perubahan.

Cegah Deepfake?

Ilustrasi Deepfake. Kredit: Facebook AI
Ilustrasi Deepfake. Kredit: Facebook AI

Jika kamera smartphone Android bisa mengubah tampilan foto hasil modifikasi jadi layaknya foto sebenarnya, ini bisa menipu orang lain.

Hal ini terkait dengan deepfake face swaping (ubah tampilan wajah) yang berpotensi bikin banyak simpang siur.

Terlepas dari hal itu, menghentikan hasil foto yang diubah atau modifikasi dianggap jadi langkah yang bijak untuk meminimalisasi pemalsuan.

(Tin//Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Kali Jalani Kemoterapi, Feby Febiola Pangkas Habis Rambutnya Hingga Botak

Posted: 20 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Feby Febiola tampil mengejutkan dengan penampilan barunya. Feby Febiola yang selama ini dikenal memiliki ramput panjang itu sudah tidak lagi seperti dulu.

Feby Febiola memutuskan memotong habis rambut di kepalanya itu. Rupanya potongan rambut seperti itu sudah ia idamkan sejak lama.

Namun baru kali ini keinginan Feby Febiola itu bisa tercapai. Penampilan baru Feby Febiola itu dipamerkannya di Instagram pada Senin (20/7/2020).

"Dari dulu suka berandai andai kalau punya rambut bondol kayak gini, akhirnya kesampaian juga..kayaknya cewek botak itu keren dan berkarakter..," tulis Feby Febiola.

 

Kemoterapi

Feby Febiola (Sumber: Instagram/febyfebiola_)
Feby Febiola (Sumber: Instagram/febyfebiola_)

Rupanya ada alasan yang membuat Feby Febiola harus mencukur habis rambutnya. Yaitu karena ia mengalami kerontokan setelah menjalani kemoterapi berkali-kali.

"Jadi ceritanya aku harus melewati 6x session chemotherapy, udah mulai rontok rontok, sekalian aja dibondol..," ungkapnya.

 

Baik-Baik Saja

Feby Febiola (Foto: Instagram/@febyfebiola_)
Feby Febiola (Foto: Instagram/@febyfebiola_)

Namun untuk saat ini, Feby Febiola belum mau bercerita banyak tentang proses kemoterapi yang tengah ia jalani itu. Yang pasti, saat ini kondisinya baik-baik saja.

"Nanti aku ceritain semuanya deh, aku janji. But No Worries, kondisi aku sekarang baik2 aja, semuanya dalam kontrol tangan Tuhan..," lanjut Feby Febiola.

 

Terima Kasih

Terlepas dari itu, Feby Febiola menyampaikan ucapan terima kasih kepada siapapun yang telah mempedulikan kondisi kesehatannya. Serta kepada semua pihak yang telah mendoakannya.

"Makasih yg udah nanyain dan doain..bukan perjalanan yg mudah buat aku..tapi aku yakin Tuhan selalu genggam tanganku, dan semuanya terasa mudah.. Walau dalam lembah bayang bayang maut, Engkau selalu besertaku..gadamu dan tongkatMu, itulah yg menghiburku," tutup Feby Febiola.

 

Dukungan

Rekan-rekannya sesama artis pun kemudian menyampaikan dukungannya untuk Feby Febiola. Mereka memberikan doa dan semangat untuk Feby Febiola dalam menjalani kemoterapinya.

"Hugs n Kisses kak Feb❤️❤️❤️ sampe ketemu lagi kita di bali ngopi" yahhh.. semoga therapy berjalan lancar 🙏🏼Love," tulis Chelsea Olivia.

"Heyy u .. keep strong !! 🤗🤗 doa aku selalu buat km dan keluarga 🤗," timpal Baim Wong.

"semangat Feb si cewek hebat kuat 🤗," tambah Wulan Guritno.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 3 Wanita Bertemu Beruang Hutan Saat Jogging, Lihat Cara Menghadapinya

Posted: 20 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Insiden menegangkan harus dihadapi tiga orang wanita yang sedang jogging. Secara tak sengaja, mereka bertemu beruang hutan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Eksodus TKA China Ilegal ke Indonesia

Posted: 20 Jul 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang eksodus tenaga kerja asing (TKA) China ilegal ke Indonesia beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Komunis Laknatullah pada 19 Juli 2020 lalu.

Akun Facebook Komunis Laknatullah mengunggah gambar berisi narasi sebagai berikut:

Ngeri! Indonesia akan menjadi Palestina ke 2. Eksodus Pendatang ilegal orang orang yahudi ke Palestina tidak bisa bahasa Arab.

Eksodus tka cina ilegal ke Indonesia tidak bisa bahasa Indonesia.

Konten yang disebarkan akun Facebook Komunis Laknatullah telah 32 kali dibagikan dan mendapat 2 komentar warganet.

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang eksodus tenaga kerja asing (TKA) China ilegal ke Indonesia. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "eksodus TKA China".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah mengenai klaim tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Isu Eksodus Tenaga Kerja China ke Indonesia, Benarkah?" yang dimuat situs detik.com pada 30 Juni 2015 lalu.

Perbincangan hangat di media sosial kini seputar isu eksodus tenaga kerja China ke Indonesia. Ada yang khawatir, nasib Indonesia bakal seperti Angola yang rajin membangun, namun pekerjanya dari China. Benarkah kabar itu?

Isu ini berawal dari pemberitaan tentang tenaga kerja China di proyek pembangunan pabrik semen di Lebak, Banten, yang kerap buang air besar sembarangan. Dari situ, isu berkembang hingga eksodus tenaga kerja dari sebuah pabrik di Manokwari, Papua.

Pemerintah Jokowi dituding membuka keran pekerja asing China dan mempersempit nasib pekerja dalam negeri seiring dengan meningkatnya kerjasama infrastruktur dengan mereka. Sejumlah berita penandatanganan proyek kerjasama pun ditautkan dengan kabar eksodus.

Bak bola salju, isu tersebut menggelinding hingga ke Afrika. Ada yang mengaitkan video dokumenter BBC tentang dominannya tenaga kerja China dii Angola. Proyek-proyek infrastruktur di sana, tak menyediakan tempat bagi warga setempat.

Pertanyaan besar pun muncul: apakah nasib Indonesia bakal sama seperti Angola?

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menjawab pertanyaan di atas dengan tegas. Dia memastikan tak ada eksodus atau banjir pekerja asal China di Indonesia.

"Tidak benar ada eksoodus karena kami cukup selektif mengeluarkan izin. Semua IMTA (Izin Memekerjakan Tenaga Asing) yang kami keluarkan untuk kedua pabrik itu sifatnya sementara (masa kerja hanya 6 bulan). Setelah itu mereka harus angkat kaki. Lagipula, para TKA itu kan hanya kerja di tahap konstruksi, bukan produksi. Jika konstruksi kelar, mereka segera pulang," tegas Hanif kepada detikcom, Selasa (30/6/2015).

Politisi PKB itu membeberkan data. Untuk dua perusahaan yang disorot yakni, PT Cemindo Gemilang hanya menerbitkan 17 izin pekerja asing dan PT Cimona, menerbitkan 432 izin untuk 6 bulan kerja.

"Karena 6 bulan, maka kami perkirakan sebagian sudah pulang. Kenapa? Karena memang mayoritas dari mereka adalah TK untuk tahap konstruksi saja," terangnya.

Meski begitu, Hanif mengaku mendapat laporan jumlahnya lebih banyak di lapangan. Saat ini, dia sedang memverifikasinya. Jika benar, maka mereka bakal dideportasi.

Data yang dimiliki Hanif, selama periode Januari 2014- Mei 2015, izin bagi tenaga kerja China di Indonesia adalah 41.365. Namun yang masih berada di Indonesia jumlahnya sebesar 12.837.

Berapa jumlah TKA China yang ada di Indonesia? Liputan6.com menemukan artikel berjudul "Jumlah tenaga kerja asing di Indonesia 98.902, TKA China terbesar" yang dimuat situs kontan.co.id pada 12 Mei 2020. Artikel tersebut menjelaskan mengenai jumlah TKA China yang kini bekerja di Indonesia.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia pada 2020 mencapai 98.902 orang. Dari data tersebut TKA asal China menduduki peringkat pertama, yaitu 35.781 orang. atau setara 36,17%.

Disusul kemudian dengan Jepang 12.823 orang, Korea Selatan 9.097, India 7.356 orang, Malaysia 4.816 orang, Philipina 4.536 orang, Amerika Serikat 2.596 orang, Australia 2.540 orang, Inggris 2.176 orang, Singapura 1.994 orang dan, 15.187 dari negara lainnya.

Plt Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta & PKK) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Aris Wahyudi menyampaikan bahwa terjadi penurunan pengajuan penggunaan TKA oleh perusahaan - perusahaan di Indonesia lantaran pandemi Covid-19.

Sayangnya berapa angka penurunan pengajuan tersebut tidak disampaikan lebih jelasnya.

Aris menegaskan penurunan tersebut lantaran pihaknya tidak mengijinkan pengajuan penggunaan TKA baru yang merupakan dampak adanya penyebaran wabah Covid-19 saat ini.

"Iya (menurun), karena kita tak mengizinkan pengajuan penggunaan TKA baru, kecuali untuk yang akan bekerja pada Proyek Strategis Nasional, sesuai Perpres No.56 Tahun 2018 dan sesuai Permen Hukum dan HAM No. 11 tahun 2020," jelas Aris saat dihubungi Kontan.co.id pada Selasa (12/8).

 

Kesimpulan

Klaim tentang eksodus tenaga kerja asing (TKA) China ilegal ke Indonesia ternyata tidak benar. Isu ini pernah beredar pada 2015 namun dibantah Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri ketika itu. Per Mei 2020, jumlah TKA asal China sebesar 35.781 orang.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini Masyarakat Kepung Gedung DPR Menolak RUU HIP

Posted: 20 Jul 2020 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Beredar foto yang mengklaim masyarakat mengepung Gedung DPR untuk menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Klaim foto tersebut diunggah akun Facebook Feizal Syahmenan, pada 16 Juli 2020. Unggahan foto menampilkan sejumlah orang menutupi jalan dengan mengenakan pakaian dominan kuning dan biru dan terlihat arus lalulintas kendaraan yang tersendat. Klaim tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Semoga RUU HIP atau diganti dengan nama apapun dibatalkan,

Massa Rakyat sudah tumpah ruah mengepung Gedung DPR dari depan dan belakang."

Foto tersebut telah dibagikan sebanyak 1.300 kali dan mendapat komentar sebanyak 72 kali.

Benarkah klaim foto masyarakat kepung Gedung DPR untuk menolak RUU HIP? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto masyarakat mengepung Gedung DPR untuk menolak RUU HIP dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

                                                  

Penelusuran klaim foto masyarakat mengepung Gedung DPR untuk menolak RUU HIP
Penelusuran klaim foto masyarakat mengepung Gedung DPR untuk menolak RUU HIP

 

Hasil penelusuran mengarah pada sejumlah foto yang identik dengan klaim, salah satunya ditampilkan dalam artikel berjudul "Foto: Aksi di Gedung DPR, Jalanan jadi Lautan Manusia" yang dimuat situs tagar.id, pada 24 September 2019.

Artikel tersebut memuat sejumlah foto aksi unjuk rasa mahasiswa di depan Gedung MPR/DPR sepanjang Selasa siang, 24 September 2019. Salah satu foto yang dimaut identik dengan klaim.

Keterangan Foto pada artikel tersebut menyebutkan, ribuan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia menggelar aksi demonstrasi menolak pengesahan Rancangan Undang-Undang Kitab Hukum Pidana (RKUHP) dan sejumlah RUU kontroversial di depan Gedung MPR/DPR, Jakarta Pusat, Selasa, 24 September 2019. Foto tersebut merupakan hasil bidikan Fotografer Tagar Gemilang Isromi Nuari.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang aksi unjuk rasa tersebut, Cek Fakta Liputan6.com melanjutkan penelusuran menggunakan Google Search dengan kata kunci 'demo mahasiswa 24 September 2019 di gedung DPR'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Saksi Bisu Demo Mahasiswa 24 September" yang dimuat situs liputan6.com, pada 25 September 2019.

Artikel tersebut menyebutkan, Demo yang diikuti ribuan mahasiswa di depan Gedung DPR/MPR, Selasa, 24 September 2019 berujung ricuh. Bentrokan dengan aparat tak bisa dihindarkan saat ribuan mahasiswa yang memadati gedung wakil rakyat menolak untuk dibubarkan.

Diketahui aksi ini untuk menolak pengesahan sejumlah RUU. Mulai dari RUU KUHP, Revisi UU Permasyarakatan, RUU Minerba dan RUU Pertanahan.

Kesimpulan

klaim foto masyarakat kepung Gedung DPR untuk menolak RUU HIP tidak benar. Foto tersebut merupakan aksi unjuk rasa mahasiswa di depan Gedung MPR/DPR sepanjang Selasa siang, 24 September 2019.

Aksi tersebut untuk menolak pengesahan sejumlah RUU. Mulai dari RUU KUHP, Revisi UU Permasyarakatan, RUU Minerba dan RUU Pertanahan.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tutup 4 Bulan Imbas COVID-19, Markas PBB di New York Mulai Dibuka Terbatas

Posted: 20 Jul 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, New York - Markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York pada Senin 20 Juli 2020 memasuki fase satu pembukaan kembali, setelah secara fisik ditutup selama empat bulan terakhir untuk menekan penyebaran COVID-19.

"Fase satu berarti tidak boleh lebih dari 400 orang yang berada di markas besar setiap hari," kata Stephane Dujarric, Juru Bicara Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres, dalam konferensi pers yang digelar pada tengah hari seperti dikutip dari Xinhua News, Selasa (21/7/2020).

"Saat ini, kami memiliki sekitar 200 hingga 300 staf PBB dan delegasi yang datang ke markas besar, termasuk mereka yang menangani keamanan, pemeliharaan, dan pembersihan," imbuhnya.

"Jadi, menaikkan batas maksimum ke angka 400 cukup kecil dan tidak akan terlalu kentara," kata Dujarric, seraya menambahkan bahwa "fase dua akan diluncurkan secara bertahap."

Pada hari kerja normal, ada sekitar 11.000 orang termasuk staf PBB, delegasi, dan pengunjung yang masuk ke gedung organisasi global tersebut.

Pertemuan Fisik Pertama di Tengah Pendemi COVID-19 Pada 14 Juli

Sekjen PBB, Antonio Guterres. (Source: AP)
Sekjen PBB, Antonio Guterres. (Source: AP)

Dewan Keamanan (DK) PBB melakukan pertemuan secara fisik pada 14 Juli untuk pertama kalinya sejak 12 Maret.

Pertemuan itu dilakukan bukan di ruang yang biasa digunakan dewan tersebut di markas PBB, melainkan ruang konferensi Dewan Ekonomi dan Sosial demi menerapkan jaga jarak fisik yang aman bagi 15 anggota DK PBB dan orang-orang utama di tim mereka. Mereka juga mengenakan masker kecuali ketika berbicara menggunakan mikrofon.

Sementara itu, New York City memasuki fase empat pembukaan kembali pada Senin dengan tidak mengizinkan kegiatan dalam ruang tertutup di tengah kekhawatiran pejabat setempat terkait kemungkinan gelombang kedua infeksi coronavirus, yang dibawa ke kota itu dari pusat penyebaran baru di seluruh negeri.

Sekjen PBB pertama kali memerintahkan seluruh staf di markas besar PBB di New York untuk bekerja dari rumah antara 16 Maret dan 12 April, kecuali jika kehadiran fisik mereka di kantor diperlukan untuk menjalankan urusan penting PBB. Dia kemudian berturut-turut memperpanjang aturan tersebut hingga 30 April, 31 Mei, 30 Juni dan 31 Juli.

Saksikan juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikenal Pemalu, 5 Zodiak Ini Mudah Tak Percaya Diri

Posted: 20 Jul 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki sifat dan kepribadiannya masing-masing. Ada orang yang mudah bergaul karena percaya diri, dan ada pula yang pemalu hingga sulit beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Sifat pemalu biasanya membuat seseorang tidak percaya diri dan tertutup dari orang yang baru dikenal. Bahkan saking pemalunya, orang tersebut cenderung tidak banyak berbagi cerita dengan keluarganya sekalipun.

Rupanya sifat pemalu juga dimiliki oleh beberapa zodiak yang mengakibatkan dirinya mudah tak percaya diri. Beberapa zodiak tersebut sering menutup dirinya dan sulit beradaptasi dengan orang-orang yang baru dikenal. Tak jarang pula ia merasa gugup ketika berhadapan dengan lawan jenis.

Penasaran apakah kamu termasuk dalam beberapa zodiak tersebut? Berikut 5 zodiak yang dikenal mudah tak percaya diri dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (21/7/2020).

1. Virgo

Dikenal Pemalu, 5 Zodiak Ini Mudah Tak Percaya Diri (Sumber: Pexels)
Dikenal Pemalu, 5 Zodiak Ini Mudah Tak Percaya Diri (Sumber: Pexels)

Virgo biasanya memilih untuk menghindar terlibat dalam percakapan yang tak berkaitan dengan dirinya. Zodiak ini tidak pintar berbasa-basi karena terhalang oleh sifat malunya. Virgo bukan tipe orang yang akan berbicara hanya untuk menghidupkan suasana yang hening.

Ia akan merasa canggung dalam situasi dan lingkungan baru. Ia juga mudah merasa mudah tak percaya diri jika dihadapkan dengan pekerjaan yang melibatkan orang-orang yang tidak ia kenal.

2. Cancer

Dikenal Pemalu, 5 Zodiak Ini Mudah Tak Percaya Diri (Sumber: pixabay.com)
Dikenal Pemalu, 5 Zodiak Ini Mudah Tak Percaya Diri (Sumber: pixabay.com)

Cancer tidak suka menjadi pusat perhatian, apalagi jika di keramaian. Hal itu karena ia merasa malu jika dilihat oleh banyak orang. Ketika berkumpul dalam suatu kelompok, Cancer seolah tak tertarik dengan semua pembicaraan. Namun diam-diam ia mendengar dan bersiap untuk memberikan jawaban.

Ketika diberikan sebuah tanggung jawab yang mengharuskan berbicara dengan orang baru, ia akan sangat mudah merasa tak percaya diri. Maka tak heran jika ia lebih suka bekerja di dalam lingkungan yang sudah familiar.

3. Pisces

Dikenal Pemalu, 5 Zodiak Ini Mudah Tak Percaya Diri (Sumber: lisaaromano.com)
Dikenal Pemalu, 5 Zodiak Ini Mudah Tak Percaya Diri (Sumber: lisaaromano.com)

Mempunyai sifat pemalu, Pisces sering menjadi sangat cemas saat berada di lingkungan baru dan berhadapan dengan orang-orang yang tak dikenal. Dikenal sangat sensitif, ia lebih memilih menghindari perdebatan.

Pisces juga mudah merasa tak percaya diri jika harus beradu pendapat dalam perdebatan. Orang berzodiak ini takut akan perasaan tidak menyenangkan yang diakibatkan oleh perdebatan itu.

4. Capricorn

Dikenal Pemalu, 5 Zodiak Ini Mudah Tak Percaya Diri (Sumber: Pixabay.com/Putu Elmira)
Dikenal Pemalu, 5 Zodiak Ini Mudah Tak Percaya Diri (Sumber: Pixabay.com/Putu Elmira)

Capricorn jarang memperhatikan hal-hal sepele. Ia bukan orang yang tertarik dengan obrolan ringan karena tidak suka berbasa-basi. Capricorn mengalami kesulitan dengan percakapan yang tak tertuju pada dirinya.

Capricorn sebenarnya cukup percaya diri, namun terkadang ia merasa malu saat berhadapan dengan orang yang dikaguminya. Ia juga mudah tak percaya diri jika mendapat pekerjaan yang bukan bidang keahliannya.

5. Scorpio

Dikenal Pemalu, 5 Zodiak Ini Mudah Tak Percaya Diri (Sumber: Pixabay.com)
Dikenal Pemalu, 5 Zodiak Ini Mudah Tak Percaya Diri (Sumber: Pixabay.com)

Scorpio dikenal sangat menjaga privasinya. Meskipun terlihat tegas, namun dalam hatinya ia sering merasa cemas dan malu. Saat seseorang pertama kali mengenalnya, Scorpio terlihat angkuh. Padahal sebenarnya ia terkadang merasa malu.

Zodiak ini juga mudah merasa tak percaya diri saat berhadapan dengan orang baru. Namun saat orang-orang mulai mengenal Scorpio, ia akan terbuka dan bebas mengekspresikan dirinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPK Wajibkan Semua Instansi Pemerintah Umumkan Laporan Keuangan di Media

Posted: 20 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada tahun 2020 Badan Pengawas Keuangan (BPK) mewajibkan seluruh entitas yang laporan keuangannya diperiksa oleh BPK, untuk mengumumkan melalui media massa.

"Nanti akan ditampilkan neraca, laporan arus kas, laporan realisasi anggaran, beberapa komponen akan ditampilkan satu halaman penuh, dari semua entitas baik Pemda, K/L, maupun LKPP. Satu halaman penuh media untuk tingkat daerah, kota, Provinsi, di media massa lokal," kata Ketua BPK Agung Firman Sampurna, dalam Media Workshop LHP atas LKPP Tahun 2019, Selasa (21/7/2020).

Sedangkan Untuk K/L disampaikan di media nasional dan sudah disampaikan ke publik. Salah satunya seperti penyampaian prospek perusahaan yang akan go public.

Menurutnya, entitas yang keuangannya diperiksa oleh BPK adalah entitas yang pengelola keuangan negara. Berarti yang dikelola adalah uang rakyat. Oleh karena itu, baginya, rakyat perlu tahu laporan keuangan bagaimana setelah diperiksa oleh BPK.

"Tahun ini yang diwajibkan utamanya adalah entitas yang opininya wajar tanpa pengecualian (WTP), tahun depan semua entitas apapun opininya harus  disampaikan ke publik, maupun yang Wajar Dengan Pengecualian (WDP), disclaimer, harus disampaikan termasuk opininya," katanya.

 

Masalah

Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna memberikan keterangan usai pertemuan dengan DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/6/2020). Dalam pertemuan, DPR meminta BPK melakukan pengawasan, pemeriksaan penggunaan dana dalam penanganan pandemi COVID-19 secara tansparan. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna memberikan keterangan usai pertemuan dengan DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/6/2020). Dalam pertemuan, DPR meminta BPK melakukan pengawasan, pemeriksaan penggunaan dana dalam penanganan pandemi COVID-19 secara tansparan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Lanjutnya, laporan hasil pemeriksaan terhadap laporan keuangan baik tingkat Pemda, K/L, Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LK BUN), maupun Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), itu memuat sejumlah masalah.

"Masalah tersebut merentang dari persoalan terkait kelemahan pengendalian internal, sampai dengan aspek ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undangan," katanya.

Temuan-temuan yang disampaikan tersebut tentunya  ada yang dapat diangkat menjadi public awareness, dalam rangka memperkuat proses tindak lanjut maupun  perbaikan sistem.

Beberapa diantaranya buka hanya perbaikan sistem, tapi sampai pada tingkat yang dibutuhkan upaya yang luar biasa, yaitu dibutuhkan reformasi. Sebagai reformasi pengelolaan dana pensiun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tren Investasi Global Diprediksi Minus 40 Persen Tahun Ini, Bagaimana di Indonesia?

Posted: 20 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan aliran Foreign Direct Investment (FDI) atau investasi asing mengalami peningkatan sebesar USD 2 miliar. Berbanding terbalik dengan aliran FDI di Asia yang justru mengalami penurunan sebesar USD 25 miliar.

"Dari Top 20 FDI itu kita posisinya masih di peringkat 17," kata Direktur Deregulasi Penanaman Modal Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) Yuliot dalam Kajian Tengah Tahun INDEF, Selasa (21/7/2020).

Dalam paparannya, Yuliot menyebutkan FDI Global diperkirakan menurun hingga -40 persen pada 2020. Hal ini sebagai dampak dari pandemi Covid-19, sehingga perusahaan merevisi proyeksi pendapatan pada 2020.

Adapun industri yang paling terdampak diantaranya energi, penerbangan, serta industri hospitality, dengan penurunan pendapatan sekitar 40 persen-200 persen.

"Hal tersebut dapat berdampak kepada keputusan re-investasi perusahaan yang akan menyebabkan tertundanya rencana ekspansi investasi ke negara-negara di Dunia," papar dia.

UMK Makanan dan Kesehatan Dominasi Pengajuan Izin Investasi Selama Pandemi Covid-19

Sejumlah konsumen menunggu di kantor BKPM, Jakarta, Senin (26/10/2015). Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan komitmen pemerintah demi memberikan pelayanan prima dan cepat kepada investor. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sejumlah konsumen menunggu di kantor BKPM, Jakarta, Senin (26/10/2015). Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan komitmen pemerintah demi memberikan pelayanan prima dan cepat kepada investor. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Juru Bicara Komite Penanaman Modal, Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM), Tina Talisa mengatakan investasi yang masuk tidak selalu harus perusahaan asing dan perusahaan besar.

Kenyataannya perusahaan yang terdaftar dalam sistem online single submission (OSS) BKM saat ini justru didominasi UMK dalam negeri.

"Sejak datanya ada di OSS, selalu jumlah persentasenya lebih besar teman-teman UMK. Ini menunjukkan bahwa sebetulnya investasi itu tidak selalu besar dan tidak selalu asing," kata Tina dalam Talk Show Corona bertajuk 'Prospek dan Tantangan Investasi di Era Adaptasi', di Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat (17/7/2020).

Selama bulan Juni 2020, terdapat 57 ribu perusahaan yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan nomor induk berusaha (NIB). Namun lebih dari setengahnya yakni 37 ribu perusahaan yang mendaftar pelaku usaha menengah dan kecil.

Jenis usaha yang didaftarkan yakni sektor makanan dan alat kesehatan. Perusahaan ini juga tidak hanya perusahaan produksi, tetapi juga perusahaan sebagai distributor.

"Ini bukan berarti mereka semua produksi tetapi banyak yang juga sebagai distributor," kata dia.

Tina menambahkan sejak pandemi corona mewabah perizinan dari sektor kesehatan selalu yang paling banyak. Disusul sektor BPOM dan perdagangan. Padahal sebelum pandemi, sektor kesehatan kurang diminati para pelaku usaha.

Melihat ini, Tina menilai pelaku usaha di Indonesia sangat adaptif dan pandai membaca peluang. Terbukti dengan produksi alat kesehatan dalam negeri sudah bisa diekspor ke negara lain. Harga alat pelindung diri juga sudah relatif turun dan stabil. Tidak seperti di masa awal pandemi harganya melonjak.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

7 Pabrik Investor Asing yang Relokasi ke Indonesia Siap Dibangun

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)
lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Juru Bicara Komite Penanaman Modal, Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM), Tina Talisa mengatakan sampai saat ini sudah ada 7 perusahaan atau investor asing yang merelokasikan pabriknya ke Indonesia. Mereka memilih kawasan industri Batang sebagai salah satu lokasinya.

"Minggu depan, 7 perusahaan akan relokasi, akan ada groundbreaking. Kita berusaha mengawal tak hanya sampai izin, tapi sampai konstruksi dan produksi," ujar dia saat video conference dengan tema "Potret Investasi di Indonesia" di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Tina memastikan selama pandemi akibat virus corona ini tidak ada investor yang hengkang dari Indonesia. Mereka masih menetap dan tidak berniat untuk mencabut investasinya.

Sementara itu, para calon investor juga belum ada yang membatalkan rencana investasinya. Mereka saat ini hanya menunda waktu pelaksanaan realisasi investasi. "Belum ada yang membatalkan, hanya penundaan waktu," kata dia.

Selama pandemi ini kata Tina, BKPM mendapatkan tugas baru dari Presiden Joko Widodo untuk menarik investasi asing masuk ke Indonesia.

Terutama bagi para pengusaha yang hengkang dari China dan merelokasi pabriknya ke negara lain. "Presiden kan bilang kalau ada relokasi dari negara RRT (China) kita harus berani menangkap," kata dia.

Investasi dikatakan menjadi cara pemerintah bisa membuka lapangan pekerjaan baru dan bisa menyerap tenaga kerja yang ada di Indonesia. "Itu upaya untuk menciptakan lapangan pekerjaan," tuturnya.

Sebab selama ini perekonomian Indonesia ditopang dari sektor konsumsi. Konsumsi masyarakat bisa tumbuh dengan baik jika mereka memiliki pekerjaan. Lapangan pekerjaan ini yang berusaha disediakan pemerintah lewat penarikan investasi.

Adapun realisasi investasi pada kuartal I-2020 mencapai Rp 210,7 triliun. Angka ini 23,8 persen dari target realisasi investasi tahun 2020 yaitu Rp 886 triliun. "Atau 23,8 persen dari target awal," kata dia.

Akibat pandemi Covid-19 ini, BKPM merevisi target investasi tahun 2020. Sampai bulan Juli 2020, target investasi BKPM turun menjadi Rp 817 triliun.

Namun, jika Gugus Tugas Penanganan Covid-19 menyatakan pandemi usai, BKPM akan kembali merevisi target capaian realisasi investasi. "Kalau Gugus Tugas bilang selesai (pandemi Covid-19) maka kita bisa revisi lagi targetnya.

Reporter: Anisyah Alfaqir

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Diminta Beri Solusi soal Pembukaan Tempat Hiburan di Tengah Pandemi

Posted: 20 Jul 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Hiburan Jakarta (Asphija) Hana Suryani meminta agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan solusi cepat terkait pembukaan tempat hiburan saat pandemi virus Corona atau Covid-19.

"Pemerintah tidak pernah memberikan solusi yang jelas. Padahal pengusaha dan karyawan hiburan sangat siap dan proaktif dalam menjalankan protokol yang sudah ada yang sudah disepakati," kata Hana dalam keterangan pers, Selasa (21/7/2020).

Saat ini, lanjut dia, puluhan ribu karyawan tempat hiburan sudah menjadi penggangguran dan keluarganya juga mengalami kesusahan. Seperti tidak mampu membayar sewa kontrak rumah hingga membayar anak sekolah.

Selain itu, sejumlah pengusaha juga sudah mulai menutup usahanya karena tak mampu membayar sewa gedung atau ruko.

"Belum lagi usaha-usaha kecil lain yang berdampak dari usaha hiburan juga sudah mengeluh kelaparan," ucapnya.

Karena itu, Hana juga mempertanyakan terkait tempat usaha lain yang sudah boleh beroperasi. Menurutnya sejumlah tempat usaha itu belum tentu dapat dinyatakan aman dari penyebaran Covid-19.

"Kami yang mempunyai izin legal malah dilarang buka. Sementara, tempat yang tidak ada izin usahanya bebas beroperasional dengan segala pelanggarannya," jelasnya.

 

Pembukaan Bioskop Ditunda

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi. Keputusan itu dikeluarkan lantaran kasus penyebaran virus Corona Covid-19 di Ibu Kota masih tinggi.

Selain itu, mantan menteri pendidikan ini juga menunda jadwal operasional sejumlah tempat hiburan di Jakarta. Salah satunya yakni bioskop yang sempat direncanakan akan kembali beroperasi pada 29 Juli 2020.

"Karena itu juga maka sebagian dari operasi-operasi yang rencananya akan dibuka, maka terpaksa harus kita tunda sampai waktunya lebih aman. Misalnya pembukaan bioskop, pembukaan tempat hiburan indoor lainnya," kata Anies di saluran YouTube Pemprov DKI Jakarta, Kamis, 16 Juli 2020. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKS Kritisi Keberadaan BPIP Layaknya Era Orde Baru

Posted: 20 Jul 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Mulyanto, meminta pemerintah mendengar dan mempertimbangkan aspirasi masyarakat terkait keberadaan dan kinerja Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Kita semua harus introspeksi diri terkait status dan kiprah BPIP ini. Tidak boleh kita main menang-menangan, terutama terkait dengan alasan kenapa masyarakat kerap mengkritik keras keberadaan dan kinerja BPIP ini," tegas Mulyanto dalam keterangan tulis, Selasa (21/7/2020).

Mulyanto menambahkan, akar masalahnya harus segera dicari sehingga energi bangsa tidak habis untuk membicarakan hal-hal yang sudah final seperti Pancasila.

"Justru yang utama bagi kita adalah bagaimana mengamalkan Pancasila ini secara murni dan konsekuen sebagaimana tafsirnya dalam Pembukaan dan Batang Tubuh UUD NRI tahun 1945," jelas alumni PPSA XV Lemhanas RI itu.

Dia menilai pelembagaan sosialisasi dan pembinaan Pancasila seperti masa Orde Baru masih menyisakan trauma di kalangan masyarakat. Tafsir tunggal dan indoktrinasi semi militeristik tentang Pancasila, dengan berbagai program litsus (Penelitian Khusus) menjadi hantu bagi masyarakat.

Menurut Mulyanto, trauma Orde Baru yang melembagakan Pancasila melalui BP7 dan P4 ini belum hilang benar dari ingatan kolektif bangsa ini.

"Kala itu, dalam tataran personal, para pejabat tampak keren dalam berwacana, namun miskin dalam pengamalan dan keteladanan ber-Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," urainya.

Dan secara sosial, lanjut Mulyanto, nilai-nilai Pancasila semakin terlihat timpang antara teori dan praktek. Terbukti masih banyak kasus korupsi, kolusi, nepotisme dan pembatasan penyampaian aspirasi.

"Padahal yang menjadi acuan masyarakat itu adalah pengamalan, keteladan, dan bukti nyata, bukan sekedar wacana tentang Pancasila," tegas Mulyanto.

Di sisi lain, Mulyanto melihat prestasi ekonomi, budaya, dan politik Luar Negeri saat itu juga tidak tampak menonjol.

Itulah kenapa ketika krisis moneter yang diikuti dengan krisis multidimensi terjadi, masyarakat mendesak untuk dihapuskannya kelembagaan BP7 dan P4 tersebut.

"Terkait dengan BPIP, kita juga masih ingat ketika lembaga ini dibentuk kemudian merebak isu soal honor Anggota Dewan Pengarahnya yang kelewat besar," tutur Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI ini. 

 

Setuju Menimbang Ulang Keberadaan BPIP

Hingga akhirnya, lanjutnya, Ketua BPIP Yudhi Latif yang pemikir kenegaraan dan kebangsaan, saat itu mengundurkan diri.

"Namun sayang, ketika Ketua BPIP yang baru dilantik, dia langsung obral statemen yang menyudutkan peran agama di Indonesia," ujar Mulyanto.

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum reda, imbuhnya, BPIP malah menggelar konser musik dengan kerumunan massa tanpa masker. Lalu muncul RUU HIP dan RUU BPIP yang ingin memperkuat dasar hukum kelembagaan BPIP dari sekedar Perpres menjadi UU.

"Jadi menurut saya terkait kelembagaan BPIP ini memang masih traumatik," imbuhnya. 

Namun demikian, kata Mulyanto, bukan berarti tanpa BPIP tidak dapat mensosialisasikan dan melakukan pembinaan kepada penyelenggara negara dan masyarakat tentang Pancasila.

"Secara kelembagaan kita memiliki Lembaga Kajian MPR dengan program Sosialisasi 4-Pilar MPR; Lemhannas RI dengan program PPSA dan PPRA serta Pemantaban Nilai-nilai Kebangsaan; dan lain-lain. Kita juga memiliki Dewan Ketahanan Nasional. Lembaga-lembaga ini sudah teruji baik, bermanfaat serta mendapat kepercayaan publik, karenanya perlu didorong dan dikuatkan dalam rangka Pembinaan Ideologi Pancasila," jelas Mulyanto. 

Untuk itu Mulyanto setuju Pemerintah menimbang ulang keberadaan BPIP. Apalagi Presiden berencana untuk membubarkan 18 lembaga pemerintah yang tidak berkinerja optimal.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Pemain Lawan Positif Covid-19, Klub Liga Spanyol Degradasi Tanpa Bertanding

Posted: 20 Jul 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim Divisi II Liga Spanyol, Deportivo La Coruna dipastikan turun kasta ke Segunda B. Tim yang pernah berlaga di kompetisi teratas La Liga itu bahkan tidak bisa menjalani laga terakhirnya karena Covid-19.

Seperti dilansir Marca, Deportivo La Coruna yang berada di zona merah seharusnya masih menyisakan satu laga lagi. Meski demikian, kesempatan untuk bertahan di Segunda Division akhirnya pupus setelah rival-rival terdekatnya, Albacete dan Lugo berhasil memenangkan laga terakhir mereka.

Hasil ini membuat Deportivo gagal keluar dari posisi empat terbawah bersama Numancia Extremadura, dan Racing Santander. Keempat tim ini harus rela bermain di Segunda B pada musim mendatang.  

Deportivo sendiri tidak jadi memainkan laga terakhirnya melawan Fuenlabrada. Duel yang seharusnya berlangsung di markas Deportivo itu tidak jadi digelar lantaran 12 pemain lawan positif Covid-19.

"Setelah mendeteksi adanya kasus positif di CF Fuelabrada, federasi sepak bola Spanyol (RFFF) dan La Liga sama-sama memutuskan untuk menunda laga RC Deportivo vs CF Fuenlabrada," bunyi pernyataan resmi La Liga terkait penundaan tersebut seperti dilansir dari Marca. 

"Tim monitoring juga mengambil sikap yang sama untuk tetap memainkan matchday 42 lainnya dengan keyakinan bahwa ini merupakan solusi terbaik dalam melindungi kesehatan dari para pemain dan integritas keseluruhan kompetisi," La Liga menambahkan dalam keterangan resminya. 

 

Mempengaruhi Tim Lain

ilustrasi Sepak Bola (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi Sepak Bola (Liputan6.com/Abdillah)

Hasil laga menjadi tidak penting lagi bagi Deprotivo. Namun bagi, Fuenlabrada yang hanya membutuhkan satu poin untuk lolos ke babak play off babak kualifikasi berlaku sebaliknya. Kemenangan melawan Deportivo bakal mengantar mereka ke posisi 6 menggusur Elche. 

Sementara tiga tim sudah dipastikan lolos ke babak kualifikasi, yakni Girona, Almeria, dan Real Zaragoza.  Sedangkan dua tim teratas yakni Huezca dan Gardiz bakal promosi ke La Liga. 

 

Menuai Protes

Rayo Vallecano akhirnya menang 1-0 atas Albacete pada laga lanjutan babak kedua kompetisi divisi II La Liga Spanyol, Rabu (10/6/2020) (AFP/Javier Soriano)
Rayo Vallecano akhirnya menang 1-0 atas Albacete pada laga lanjutan babak kedua kompetisi divisi II La Liga Spanyol, Rabu (10/6/2020) (AFP/Javier Soriano)

Penundaan pertandingan Deportivo vs  Fuenlabrada diumumkan hanya beberapa jam sebelum 11 laga pamungkas Segunda Division lainnya kick off. Hal ini membuat marah klub Rayo dan Elche. Mereka menyesalkan upaya La Liga yang tetap menggelar pertandingan lain setlah pembatalan tersebut. 

"Rayo Vallecano sangat kecewa terhadap pembatalan ini," bunyi pernyataan resmi Rayo. 

"Membatalkan atau menunda Deportivo vs Fuenlabrada, tanpa menunda sisa laga yang relevan, dapat diartikan, jika Albacete dan Lugo memenangkan pertandingan mereka, Deportivo secara matematis sudah akan terdegradasi. Ini mengecewakan karena mereka tidak akan bersungguh-sungguh lagi memainkan pertandingan melawan Fuenlabrada dan ini membahayan kepentingan Rayo."

Klasemen Akhir La Liga

 

Deretan Fakta La Liga 2019/2020

La Liga Spanyol 2019/2020

Juara: Real Madrid (87 poin)

Runner Up: Barcelona (82 poin)

Jumlah pertandingan: 380

Durasi kompetisi: 16 Agustus 2019 – 19 Juli 2020 

Liga Champions: Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, dan Sevilla

Europa League: Villarreal, Real Sociedad, dan Granada

Jumlah gol: 942

Top Scorer: Lionel Messi (25 gol)

Kiper terbaik: Thibaut Courtois

Rekor kemenangan terlama: Real Madrid (10 laga)

Rekor kekalahan terlama: Espanyol (10 laga)

Skor terbesar: Villarreal vs Granada : 4-4 (17/8/2019)

Jumlah penonton terbanyak: 93.462 (Barcelona 0-0 Real Madrid, 18/12/2019)

Total penonton: 4,630,608  

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hari Anda Buruk Intip Ekspresifnya Anjing Corgi Berikut

Posted: 20 Jul 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketika sedang penat dengan masalah yang dihadapi. Melihat ekspresi anjing ini bisa memberikan semangat kembali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Lorong Waktu Animasi di Vidio Episode Berbaik Sangka Kepada Allah

Posted: 20 Jul 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bukan cuma sinema religi Lorong Waktu aja yang jalan ceritanya seru untuk diikuti. Tapi, serial adaptasi dalam bentuk animasinya juga patut ditonton, lho

Nggak ada yang berbeda dari serial Lorong Waktu Animasi dan sinetron aslinya. Masih bercerita tentang Zidan, Haji Husin, dan Ustaz Addin yang berpetualang menggunakan mesin waktu.

Selain menghibur, tayangan Lorong Waktu Animasi juga sarat akan edukasi agama Islam yang terselip dalam setiap ceritanya. Seperti pada episode berjudul "Berbaik Sangka Kepada Allah" ini.

Zidan kesal karena ia dan Pak Haji dikirim ke tempat tinggi yang membuatnya merasa takut. Hal itu karena ada kesalahan sistem dari komputer yang dikendalikan oleh Ustaz Addin.

Saat kembali, Zidan menangis tersedu-sedu. Namun, ia harus bersyukur karena tidak terkirim ke tempat yang seharusnya dituju. Sebab, di sana sedang ada musibah.

Dari kisah tersebut, penonton bisa belajar jika manusia harus senantiasa berbaik sangka kepada Sang Pencipta, Allah SWT.

Nah, bagi yang penasaran dengan ceritanya bisa menonton dahulu video trailer di bawah ini. Jika ingin menyaksikan episode lengkapnya, dapat langsung berkunjung ke laman Lorong Waktu Animasi yang ada di aplikasi dan situs streaming Vidio.

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Bentuk Layangan Bertema Horor Ini Bikin Seram Sekaligus Geleng Kepala

Posted: 20 Jul 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat memasuki musim kemarau dengan angin yang cenderung berhembus kencang, banyak masyarakat yang memanfaatkannya untuk bermain layangan. Bahkan, tak sedikit pula daerah-daerah di Indonesia yang mengadakan festival layangan.

Bukan hanya mempercantik langit dengan berbagai bentuk layangan saja, akan tetapi tak sedikit pula yang justru mengenang bermain layangan saat masa kecil.

Masyarakat Indonesia sendiri cukup dikenal dengan ide kreatifnya yang bisa membuat kamu geleng kepala. Maka, bukan hal yang aneh bila ditemukan berbagai bentuk layangan yang terbilang nyeleneh.

Bahkan, baru-baru ini media sosial pun turut diramaikan dengan berbagau bentuk layangan bertema horor. Mulai dari bentuk keranda hingga hantu yang mampu membuat netizen terkejut. Melalui akun Twitter @subtanyarl, tak sedikit pula netizen yang turut berbagi mengenai bentuk layangan horor yang sukses curi perhatian netizen.

Kira-kira seperti apa ya bentuk layangan horor yang dibuat oleh para netizen ini? Dirangkum Liputan6.com dari akun Twitter @subtanyarl, berikut ini beberapa bentuk layangan dengan tema horor yang bisa membuat kamu bergidik seram hingga geleng kepala, Selasa (21/7/2020).

1. Duh mengerikan juga ya kalau siang-siang lihat layangan berbentuk keranda di langit.

Bentuk layangan (Sumber: Twitter/subtanyarl)
Bentuk layangan (Sumber: Twitter/subtanyarl)

2. Banyak yang salah fokus ini sama bentuk layangan ini, antara mirip pocong atau salah satu karakter ikan di animasi Spongebob.

Bentuk layangan (Sumber: Twitter/subtanyarl)
Bentuk layangan (Sumber: Twitter/subtanyarl)

3. Kalau malam-malam melihat layangan bentuk seperti ini seram juga ya.

Bentuk layangan (Sumber: Twitter/subtanyarl)
Bentuk layangan (Sumber: Twitter/subtanyarl)

4. Tak sedikit netizen yang justru dibuat geleng kepala karena gambar layangan tersebut tampak menangis.

Bentuk layangan (Sumber: Twitter/subtanyarl)
Bentuk layangan (Sumber: Twitter/subtanyarl)

5. Kalau ini siang dan malam tampak mengerikan ya

Bentuk layangan (Sumber: Twitter/subtanyarl)
Bentuk layangan (Sumber: Twitter/subtanyarl)

6. Duh, kebayang enggak sih kalau mengalami kejadian seperti ini?

Bentuk layangan (Sumber: Twitter/subtanyarl)
Bentuk layangan (Sumber: Twitter/subtanyarl)

7. Harus banget diletakkan di tengah tangga?

Bentuk layangan (Sumber: Twitter/subtanyarl)
Bentuk layangan (Sumber: Twitter/subtanyarl)

8. Reaksi para tetangga bagaimana ya?

Bentuk layangan (Sumber: Twitter/subtanyarl)
Bentuk layangan (Sumber: Twitter/subtanyarl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

40 Santri Ponpes Gontor Sembuh dari Covid-19

Posted: 20 Jul 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rektor Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor), Amal Fathullah Zarkasyi mengungkapkan, 50 santrinya dinyatakan positif Covid-19. Namun, 40 orang di antaranya sudah berhasil sembuh.

Ini disampaikan Amal Fathullah Zarkasyi dalam Talk Show Laporan dari Pesantren yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Selasa (21/7/2020).

"Yang kena positif 50, 40 sudah dinyatakan sembuh dan pulang kembali ke pondok (Ponpes Gontor)," ujarnya.

Amal Fathullah Zarkasyi menjelaskan, kasus Covid-19 terdeteksi pertama kali di Ponpes Gontor pada 2 Juli 2020. Saat itu, satu santri asal Sidoarjo dinyatakan positif terpapar virus SARS-CoV-2.

"Kasus kedua, diadakan rapid test bagi 150 santri baru akan pergi ke Kendari. Hasilnya, 11 anak reaktif dan langsung diisolasi. Kemudian ditindaklanjuti dengan swab," jelasnya.

Tak berselang lama, 11 santri Ponpes Gontor kembali positif Covid-19. Tepat pada 12 Juli 2020. Mereka akhirnya dibawa ke RS Darurat Lapangan Indrapura Surabaya.

Tiga hari berselang, 10 santri dinyatakan sembuh dari Covid-19, setelah berkali-kali mengikuti tes swab. Namun, penyebaran Covid-19 di lingkungan pesantren Gontor masih terjadi.

Jaga Ketat Aktivitas Santri

Amal Fathullah Zarkasyi menyebut, pihaknya kembali menemukan 14 santri positif Covid-19. Mereka langsung dikirim ke rumah sakit.

"Gelombang keempat, masuk 5 santri (ke rumah sakit karena positif Covid-19). Kelima masuk 8 santri, sekarang dalam posisi di Surabaya," terangnya.

Dia memastikan, Ponpes Gontor terus menjaga ketat aktivitas para santri. Edukasi menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun terus disampaikan kepada santri.

"Untuk kehati-hatian, kami tetap karantina mereka (santri) di suatu tempat yang enjoy, tempat olahraga," pungkasnya.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Golkar Dukung Gibran-Teguh di Pilkada Solo

Posted: 20 Jul 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPD I Golkar Jawa Tengah, Iqbal Wibisono, menyatakan mendukung putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wali kota Solo 2020. 

"Keputusan DPP Partai Golkar, Partai Golkar ikut mengusung Gibran," katanya, Senin, 20 Juli 2020. 

Terkait wakilnya, kata Iqbal, Golkar tidak menyodorkan tokoh lain untuk mendampingi. Golkar ikut mendukung anggota DPRD Kota Solo dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Teguh Prakosa, sebagai pendamping Gibran.

Pasangan Gibran-Teguh sebelumnya diumumkan oleh PDIP pada Jumat pekan lalu sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo. 

Di Kota Solo, PDIP merupakan partai terbesar, karena mampu meraih 30 dari total 45 kursi di DPRD.

Sementara di posisi kedua ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memiliki 5 kursi di DPRD, posisi ketiga ditempati Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Amanat Nasional dengan masing-masing 3 kursi, serta 1 kursi terakhir dipegang oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Koalisi Golkar dan Gerindra

Sementara itu, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, sebelumnya melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Dia menyampaikan ada kecocokan sekaligus perbedaan antara partainya dengan Gerindra terkait koalisi di sejumlah daerah pada Pilkada 2020.

Namun, menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini perbedaan tersebut dianggap hal wajar. 

"Kami sepakat bahwa kami semua mendukung dan menjaga persahabatan, menjaga NKRI, dan kami berjuang untuk kemajuan Indonesia. Jadi banyak persamaan daripada perbedaan," ujar Airlangga.

Dia mengatakan partainya akan terus berkomunikasi dengan Gerindra secara periodik. Airlangga menyebut selama ini juga sering berkomunikasi dengan Prabowo mengingat mereka sama-sama berada di kabinet Presiden Joko Widodo.

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemeliharaan Jalan Raya Nagreg Gunakan Skema Padat Karya Tunai

Posted: 20 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menyalurkan skema program Padat Karya Tunai (PKT/cash for work) untuk mendukung mitigasi dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19. Salah satunya dilaksanakan di ruas Jalan Nagreg-Rajapolah, Jawa Barat, mulai dari Km 43,2 hingga Km 92,2.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, program Padat Karya Tunai dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat setempat sebagai pelaku, khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi.

"Tujuannya adalah untuk membuka lapangan pekerjaan dan menjaga daya beli masyarakat dengan mendistribusikan dana hingga ke desa-desa/pelosok," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Selasa (21/7/2020).

Adapun pekerjaan preservasi Jalan Nagreg-Rajapolah melalui skema padat karya dilaksanakan berupa pengecatan kereb pada trotoar atau median, pembersihan patok, pembersihan rambu, pengendalian tanaman atau rumput, pembersihan drainase jembatan, serta pengecatan pada jembatan. Waktu pelaksanaan yakni 365 hari kalender sejak mulai kontrak 19 Maret 2020.

 

Anggaran

Perbaikan Jalan Nagreg-Rajapolah, Jawa Barat, mulai dari Km 43,2 hingga Km 92,2 dengan skema Padat Karya Tunai (PKT) (dok: PUPR)
Perbaikan Jalan Nagreg-Rajapolah, Jawa Barat, mulai dari Km 43,2 hingga Km 92,2 dengan skema Padat Karya Tunai (PKT) (dok: PUPR)

Untuk preservasi Jalan Nagrek-Rajapolah, Kementerian PUPR menyalurkan anggaran Rp 52,7 miliar untuk pemeliharaan jalan rutin, dan Rp 205 juta untuk pemeliharaan jembatan.

Pekerjaan jalan ini dilakukan oleh 35 orang tenaga kerja atau 3.248 Hari Orang Kerja. Sementara pemeliharaan jembatan dengan kebutuhan 15 orang per hari atau 914 HOK.

Progres fisik pengerjaan jalan hingga pertangahan Juli 2020 mencapai 40,7 persen. Sementara pemeliharaan jembatan telah menyentuh progres 42,8 persen.

Lebih lanjut, Menteri Basuki mengutarakan, peningkatan kualitas jalan nasional Nagreg-Rajapolah memiliki arti penting lantaran akan memperlancar konektivitas di selatan Pulau Jawa. Sehingga diharapkan dapat mengurangi kesenjangan dengan kawasan Pantai Utara (Pantura) Jawa yang lebih maju.

"Selama ini Jalan Nagreg-Rajapolah sebagai jalur logistik untuk mendukung kelancaran produksi dan distribusi barang kebutuhan pokok dan obat-obatan atau alat kesehatan, serta layanan kesehatan/kendaraan medis dalam rangka penanganan pencegahan penyebaran Covid-19," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hancurkan Patung Buddha Berusia 1.700 Tahun, Empat Pria Pakistan Dibekuk Polisi

Posted: 20 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Takhtbhai - Polisi Khyber Pakhtunkhwa telah menangkap empat pria karena menghancurkan patung Buddha kuno yang ditemukan selama pekerjaan konstruksi di daerah Takhtbhai, di Provinsi Mardan.

Mengutip Dawn, Selasa (21/7/2020), sebuah video muncul di media sosial yang menunjukkan seorang pria sedang menghancurkan patung Buddha menggunakan palu, yang sebagian masih tertanam di bawah tanah. 

Sedangkan, laki-laki lain terlihat sedang melihat patung itu sedang dihancurkan sementara beberapa orang sedang merekam video.

Dr Abdul Samad, direktur arkeologi dan museum Khyber Pakhtunkhwa, menyebut penghancuran patung itu sebagai "kejahatan" dan mengatakan "tidak menghormati agama apa pun serta tidak dapat ditoleransi".

Polisi Khyber Pakhtunkhwa kemudian menulis di akun Twitternya bahwa tersangka telah dilacak dan ditangkap, sementara potongan patung yang rusak juga ditemukan.

Menurut polisi, mereka yang ditangkap bernama Qamar Zaman, Amjad, Aleem dan Suleman.

Patung Kuno Berusia 1.700 Tahun

Ilustrasi garis polisi. Foto: Ist/Kriminologi.id
Ilustrasi garis polisi. Foto: Ist/Kriminologi.id

Laporan informasi pertama (FIR) telah didaftarkan terhadap mereka di bawah Undang-Undang Antiquities 2016, menurut para pejabat. 

Dr Samad menyatakan penghargaan atas "tindakan cepat" polisi dalam menangkap para tersangka.

Direktur mengatakan bahwa patung itu milik peradaban Gandhara dan berusia sekitar 1.700 tahun. Dia menambahkan bahwa polisi pun telah menutup daerah itu usai kejadian. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Galaxy Note 20 Hiasi Ranah Internet

Posted: 20 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seri Galaxy Note 20 akan diumumkan pada 5 Agustus 2020. Informasi tentang smartphone tersebut terus bermunculan menjelang hari pengumumannya.

Dilansir GSM Arena, Selasa (21/7/2020), Evan Blass yang kerap memberikan bocoran tentang smartphone baru membagikan video sebuah smartphone yang diduga sebagai Galaxy Note 20. Berdasarkan video tersebut, Galaxy Note 20 memiliki layar dengan punch hole di bagian tengah atas.

Kemudian terdapat tiga kamera belakang bersama dengan flash di bagian kiri atasnya.

Video tersebut juga memperlihatkan letak tombol volume dan power Galaxy Note 20, yang berada di sisi kanan. Stylus S Pen berada di sisi kiri dan port USB-C di bagian bawah perangkat.

Evan Blass mengunggah video tersebut di akun Twitter miliknya.

Samsung Sebar Undangan, Galaxy Note 20 Akan Hadir 5 Agustus

Antusiasme pengunjung di booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Antusiasme pengunjung di booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Setelah berbagai rumor dan bocoran informasi, Samsung akhirnya secara resmi menyebarkan undangan acara Galaxy Unpacked tahun ini. Dari trailer yang diunggah oleh Samsung, Galaxy Unpacked akan digelar pada 5 Agustus pukul 10 pagi waktu setempat, atau 21.00 WIB.

Perusahaan asal Korea Selatan itu diyakini akan mengumumkan deretan seri terbaru Galaxy Note 20, akseoris pendukung, hingga penerus smartphone layar lipat pertama Samsung, yakni Galaxy Fold.

Informasi Lain

Walau video itu hanya berdurasi 15 detik, ada satu hal yang pasti sekaligus mengonfirmasi bocoran yang marak beredar di internet saat ini.

Hal itu adalah percikan warna copper atau tembaga. Ini sesuai dengan bocoran gambar Galaxy Note 20 Ultra yang sempat muncul di laman situs resmi Samsung pada awal Juli.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Operasi Patuh Jaya 2020 Segera Digelar

Posted: 20 Jul 2020 09:30 PM PDT

Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)
Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)
Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)
Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)
Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)
Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)
Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)
Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menindak pengendara sepeda motor yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Polisi akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 pada 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 di seluruh Polda se-Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk Nonton Konser ‘Pertashow’ Dapatkan Uang Rp500 Ribu dan Hadiah Motor Yamaha Lexi

Posted: 20 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya masyarakat yang mulai beraktivitas, sejumlah mal di kota besar, destinasi wisata, dan pusat perbelanjaan juga mulai beroperasi di tengah adaptasi kebiasaan baru. Tentunya dengan wajib menerapkan protokol kesehatan.

Nah bagaimana dengan konser musik? Apakah memungkinkan untuk menggelar acara musik? Tentu bisa dong! Kamu bisa menikmati tontonan musik berkualitas secara online melalui smartphone.

Ada konser menarik yang layak ditonton, yaitu Konser Digital Pertashow Episode 5 persembahan Pertamina. Pertashow adalah Program digital #BERKAHDIRUMAH live di aplikasi MyPertamina yang dihadirkan untuk masyarakat karena terdampak pandemi Covid-19.

Banyak program Pertashow yang dihadirkan. Kamu bisa ikutan berbagi kebaikan dengan ikut donasi melalui KitaBisa.com. Caranya kamu hanya perlu menukarkan poin MyPertamina ke kupon undian BBM 2020. Jadi setiap 10 poin yang kamu tukarkan itu punya nilai Rp100.

Menariknya lagi, ada berbagai macam kuis interaktif yang kasih kesempatan kamu untuk memenangkan Saldo LinkAja sebesar Rp500 ribu dan hadiah utama motor Yamaha Lexi. Gimana menarik banget kan, nonton konser digital sambil menunggu keberuntungan mendapatkan hadiah motor.

Yuk, jangan lewatkan keseruan Pertashow Episode 5 persembahan Pertamina. Konser musik seru ini akan ditayangkan pada Rabu 22 Juli 2020 mulai pukul 19.30 WIB dan tonton secara Live Streaming hanya di aplikasi MyPertamina.

Nah kalau kamu belum punya aplikasinya, buruan download dari sekarang, registrasi dan nikmati berbagai fitur-fiturnya. Informasi lebih lanjut cek Instagram @mypertamina atau kunjungi www.mypertamina.id atau hubungi Pertamina Call Center 135.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pejabat yang Membantu Pelarian Djoko Tjandra Bisa Dipidana

Posted: 20 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Terkait kasus yang menjerat Brigjen Polisi Prasetyo Utomo,Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mendesak agar pejabat yang terlibat nenbantu pelarian Djoko Tjandra dijerat pasal pidana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prilly Latuconsina Soal Aliando: Sumpah Demi Allah Saya Enggak Pernah Kontak Dia Lagi

Posted: 20 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat sinetron Ganteng-Ganteng Serigala memuncaki rating dan share, Prilly Latuconsina dan Aliando jadi idola. Syuting selama 2,5 tahun, keduanya diharapkan berjodoh di dunia nyata.

Namun kenyataannya tak demikian. Setelah sinetron itu turun layar, Prilly Latuconsina dan Aliando punya kehidupan masing-masing. Prilly Latuconsina tak saling kontak dengan Aliando lagi.

Prilly Latuconsina menyampaikan ini lewat video percakapan dengan Melaney Ricardo berjudul "Curhat Prilly Tentang Aliando, Bangkit Dari Bullyan Netijen, dan Tas Seharga Mobil" di YouTube, Senin (20/7/2020).

Berani Sumpah

Prilly Latuconsina. (Foto: Instagram @prillylatuconsina96)
Prilly Latuconsina. (Foto: Instagram @prillylatuconsina96)

Prilly Latuconsina bahkan tak tahu di mana Aliando sekarang. Publik mengira ia berbohong saat bilang tidak tahu kabar Aliando. Dituding berbohong, Prilly Latuconsina bersumpah.

"Sumpah demi Allah aku enggak pernah kontak sama dia lagi. Aku kan Muslim, ya kalau berani sumpah bawa nama Tuhan (ternyata bohong), itu dosa," beri tahu bintang film Danur: I Can See Ghosts.

Dulu Best Friend Banget

Unggahan Melaney Ricardo. (Foto: YouTube Melaney Ricardo)
Unggahan Melaney Ricardo. (Foto: YouTube Melaney Ricardo)

Banyak yang menduga hubungan Aliando dan Prilly Latuconsina merenggang karena kisah cinta mereka di lokasi syuting kandas. Prilly Latuconsina menegaskan, hubungannya dengan Aliando kala itu sebatas sahabat.

"Dulu kita best friend banget, dia salah satu yang sahabat terbaik," katanya. "Sekarang enggak tahu mungkin dia lagi pengin sendiri, it's okay itu pilihan orang. Aku jujur menganggap dia sebagai teman dekat aku walaupun sekarang enggak kontakan," cetus Prilly Latuconsina.

Tuhan Menolongku

Prilly Latuconsina (Foto: Instagram @prillylatuconsina96)
Prilly Latuconsina (Foto: Instagram @prillylatuconsina96)

Artis kelahiran Tangerang, 15 Oktober 1996, ini berjanji ketika Aliando butuh bantuan, ia siap menolong. Terkait konflik dengan Aliando dan keluarga di masa lalu, Prilly Latuconsina menyebut itu dilatari banyak faktor dan telah selesai dengan bantuan Tuhan.

"Tuhan menolongku, munafik kalau sebagai manusia kita enggak pernah buat salah. Saya bukan malaikat. Pasti sehari-hari pernah buat salah. Pasti sehari-hari kita secara tidak sengaja, pernah ngomongin orang. Itu terjadi," ia mengenang.

Merusak Mental

Prilly Latuconsina (Foto: Instagram @prillylatuconsina96)
Prilly Latuconsina (Foto: Instagram @prillylatuconsina96)

Saat itu, usia Prilly Latuconsina baru 18 tahun. Ia dilingkungi berbagai perdebatan di medsos. Penggemar Prilly Latuconsina dan Aliando kerap bertengkar. Perdebatan mengerucut pada kesimpulan Prilly Latuconsina terlalu berharap pada Aliando. Ia dinilai tak pantas mendapat Aliando dan sebagainya.

Hal-hal seperti ini merusak mentalnya. Prilly Latuconsina membawa masalah ini kepada Sang Khalik. "Saat itu aku minta maaf sama Tuhan. Ya Allah, maaf aku jadi orang yang enggak tahu malu. (Aku) menjelek-jelekkan diri kita di hadapan Tuhan," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tentukan Idul Adha Hari Ini, Kemenag Turunkan Tim Pantau Hilal di Kepulauan Seribu

Posted: 20 Jul 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jakarta Islamic Centre (JIC) menurunkan Tim Falakiyah untuk memantau pergerakan hilal, untuk menetapkan hari raya Idul Adha, 1 Zulhijah 1441 Hijriah.

"Kementerian Agama Pusat akan melaksanakan Sidang Istbat untuk menenetapan 1 Duzlhijjah 1441 H. Sidang rencananya akan diselenggarakan hari ini bakda Maghrib," tulis siaran pers Kementerian Agama diterima, Selasa (21/7/2020).

Kementerian Agama menjelaskan, penetapan akan berdasarkan hasil hisab dan juga ruktyat yang dilakukan di banyak pos observasi bulan (POB) dan tersebar di banyak daerah di Indonesia.

Tim falakiyah nantinya akan melakukan rukyatul hilal di Pulau Karya, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta yang merupakan salah satu POB di Indonesia. Sebagai informasi, Tim falakiyah JIC dipimpin oleh Kepala Sub Divisi Pengkajian Badan Managemen Jakarta Islamic Centre, Paimun Karim.

 

Data Hisab Ephemeris, Idul Adha 31 Juli 2020

Hisab ephemeris 2020 dengan markaz hisab Pulau Karya, Kabupaten Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta diperoleh data bahwa sudah terjadi ijtima' atau konjungsi pada hari Selasa, 21 Juli 2020, jam 00.32.54 dini hari. 

Adapun data posisi bulan dan matahari saat matahari terbenam, ghurub, pada hari Selasa, 21 Juli 2020 diperoleh informasi bahwa bulan terbenam jam 18: 34: 29 WIB, matahari terbenam jam 17: 55:34 WIB; umur bulan 17 jam 22 menit 40 detik; irtifa (tinggi) bulan 8 derajat 39 menit 13 detik dan tinggi matahari minus 0 derajat 56 menit 27 detik. 

Oleh karenanya Idul Adha diperkirakan jatuh pada hari Jumat, 31 Juli 2020. Dan hari Arafah jatuh pada hari Kamis 30 Juli 2020. Namun demikian, keputusan tetap pada pemerintah dari hasil sidang itsbat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Liga Inggris Tadi Malam: Wolves Bangga Bisa Masuk Enam Besar

Posted: 20 Jul 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wolverhampton Wanderers atau Wolves cukup bangga dengan kemenangan 2-0 atas Crystal Palace di lanjutan Liga Inggris dini hari tadi. Kemenangan ini membuat Wolves masuk enam besar klasemen Liga Inggris.

Wolves menang berkat dua gol dari Daniel Podence dan Jonny di lanjutan Liga Inggris. Ini membawa Wolves masuk zona Liga Europa meski pelatih Nuno Espirito Gomes melihat hal lebih besar.

"Hari ini, kami mencetak dua poin lebih banyak dibandingkan musim lalu. Jadi kami lebih baik, saya senang dengan itu," kata Nuno seperti dilansir situs Wolves.

"Pujian pantas diberikan untuk pemain yang bisa bagus di musim sulit. Rasa yakin dalam diri pemain begitu hebat."

Nuno juga senang karena Wolves bisa mencetak gol di dua babak. Meski dia melihat timnya main lebih baik di babak kedua.

"Di babak pertama kami seharusnya bisa memindahkan bola lebih cepat. Kami banyak kehilangan bola dan membuat Palace lakukan serangan balik," katanya usai laga Liga Inggris pekan ke-37 itu.

 

Hasil Liga Inggris

Pemain Crystal Palace, Joe Ward (kiri) mencoba laju pemain Wolves (AFP)
Pemain Crystal Palace, Joe Ward (kiri) mencoba laju pemain Wolves (AFP)

 

Selasa (21/7/2020)

Brighton& Hove Albion 0-0 Newcastle United

Sheffield United 0-1 Everton

Wolverhampton Wanderers 2-0 Crystal Palace

Jadwal Liga Inggris

 

Rabu, 22 Juli 2020

00.00 WIB: Watford vs Manchester City

02.15 WIB: Aston Villa vs Arsenal

 

Kamis, 23 Juli 2020

00.00 WIB: Manchester United vs West Ham Uniited

02.15 WIB: Liverpool vs Chelsea

Klasemen Liga Inggris

Saksikan Video Liga Inggris di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sama-sama Jadi Artis, Ini 6 Potret Kompak Artis Wanita dan Keponakannya

Posted: 20 Jul 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Industri hiburan Tanah Air selalu diramaikan kehadiran artis-artis pendatang baru. Banyaknya artis yang meramaikan dunia entertain, tak sedikit dari kalangan keluarga artis yang sama. Mulai dari ibu, ayah, anak hingga sepupu dan keponakannya turut menjadi artis.

Seperti antara artis dan keponakannya ini. Sama-sama terjun sebagai publik figur, tak jarang tante dan keponakan ini memiliki bidang yang sama. Momen kebersamaan mereka pun kerap diunggah di laman Instagram masing-masing.

Sederet artis berikut ini bahkan tak segan memberikan dukungan dan semangat untuk keponakannya. Bahkan kedekatan antara mereka pun kerap menjadi sorotan media skaing kompaknya.

Berikut ini 6 potret kebersamaan artis dengan keponakannya dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (21/7/2020). 

1. Alya Rohali dan Alika adalah dua wanita yang sama-sama terjun sebagai artis. Keduanya sukses meraih prestasi di panggung hiburan.

Potret kebersamaan artis dengan keponakannya. (Sumber: Instagram/@
Potret kebersamaan artis dengan keponakannya. (Sumber: Instagram/@

2. Ikuti jejak sang tante, Chloe Xaviera kini juga mulai terjun ke dunia hiburan. Dirinya juga jago nyanyi dan menari.

Potret kebersamaan artis dengan keponakannya. (Sumber: Instagram/@
Potret kebersamaan artis dengan keponakannya. (Sumber: Instagram/@

3. Kedekatan Mona Ratuliu dan Kesha Ratuliu tentunya sudah tak asing lagi. Tante dan keponakan ini dikenal begitu dekat.

Potret kebersamaan artis dengan keponakannya. (Sumber: Instagram/@
Potret kebersamaan artis dengan keponakannya. (Sumber: Instagram/@

4. Tak banyak yang tahu kalau Edward Akbar adalah keponakan Tamara Bleszynski. Tamara tampak hadir di pernikahan Edward dan Kimberly Ryder.

Potret kebersamaan artis dengan keponakannya. (Sumber: Instagram/@tamarableszynskiofficial)
Potret kebersamaan artis dengan keponakannya. (Sumber: Instagram/@tamarableszynskiofficial)

5. Jadi penyanyi dangdut terkenal, Dewi Perssik mengajak keponakannya Lebby untuk turut terjun di dunia hiburan.

Potret kebersamaan artis dengan keponakannya. (Sumber: Instagram/@
Potret kebersamaan artis dengan keponakannya. (Sumber: Instagram/@

6. Dikenal luas masyarkaat, rupanya Brisia Jodie adalah keponakan dari suami dokter Reisa Broto Asmoro.

Potret kebersamaan artis dengan keponakannya. (Sumber: Instagram/@
Potret kebersamaan artis dengan keponakannya. (Sumber: Instagram/@

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Animasi Petualangan Si Unyil di Vidio Episode Mencari Harta Harun

Posted: 20 Jul 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tayangan edukasi yang dibalut unsur hiburan selalu hadir dalam serial animasi Petualangan Si Unyil. Yup, serial kartun garapan Studio Produksi Film Negara (PFN) ini bisa jadi tontonan berkualitas buat anak-anak.

Selalu ada saja masalah yang dihadapi Unyil dan kawan-kawan di setiap episodenya. Tapi, itu semua bisa mereka lalui dengan bekerja sama supaya bisa mencari solusi untuk memecahkan persoalan tersebut.

Secara tidak langsung, serial Petualangan Si Unyil juga mampu melatih serta mengarahkan anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

Seperti pada episode Petualangan Si Unyil "Mencari Harta Karun" kali ini. Lagi-lagi Unyil diganggu adiknya, Kinoy yang ingin ikut bermain bersamanya. Tapi dia melarang, karena permainan ini bukan untuk anak kecil.

Ketika sampai di lapangan, Unyil sudah ditunggu oleh sahabat-sahabatnya yang siap untuk mencari harta karun. Tapi mereka bingung karena tidak ada peta petunjuk untuk mencari benda berharga yang terkubur di dalam tanah itu.

Karena asyik bermain, Unyil sampai lupa jika Kinoy menghilang. Ia pun panik dan mencari adiknya itu. Akankah Unyil menemukan Kinoy?

Saksikan aksi seru Unyil dengan teman-temannya pada video di bawah ini. Atau bisa juga melalui laman Petualangan Si Unyil yang ada di aplikasi dan situs Vidio. Yuk, download aplikasi Vidio sekarang!

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LPEI Bantu Nasabah Kembali Beraktivitas di Era New Normal

Posted: 20 Jul 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah berupaya memulihkan ekonomi nasional. Diantaranya dengan membuka secara perlahan aktivitas bisnis dan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Sebagai dukungan, Indonesia Eximbank atau Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) memberikan bantuan 32 unit wastafel portable dan 32 unit thermo gun kepada 4 Pelaku Usaha yang merupakan Nasabah LPEI di Wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.

Corporate Secretary LPEI Agus Windiarto menyampaikan, sebanyak 32 unit wastafel portable dan 32 unit thermo gun diberikan LPEI kepada PT Seho Makmur, PT Kabepe Chakra, PT Panen Mas Agung, dan PT Jesi Jason Surya Makmur.

Bantuan ini diharapkan dapat memberikan perlindungan kesehatan yang lebih maksimal kepada sekitar 5 ribu pegawai. Sehingga resiko penyebaran dan penularan di lingkungan kerja dapat diminimalisir.

"Bantuan ini merupakan bukti bahwa LPEI selalu bersinergi dan membantu dunia usaha di daerah. Ini juga merupakan langkah nyata LPEI mendukung pemerintah dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," ujar Agus Windiarto seperti dikutip, Selasa (21/7/2020).

Agus menambahkan, bantuan tersebut berasal dari dana yang dihimpun oleh manajemen dan Pegawai LPEI yang didonasikan untuk membantu program PEN.

 

Perkuat Penjaminan

Di tengah pandemi Covid-19, LPEI juga memastikan bahwa bisnis Lembaga tetap berjalan normal. Bahkan, di tahun ini LPEI memperkuat bisnis penjaminan sebagai bagian implementasi regulasi yang diamanatkan oleh pemerintah dan otoritas.

Selain relaksasi dan bantuan kemanusiaan, LPEI juga memiliki Produk Penjaminan Kredit Bank yang dapat membantu memperkuat kapasitas Bank Komersial serta memberikan pendanaan alternatif bagi eksportir.

"Produk ini menjadikan LPEI sebagai Credit Enhancer dan menjalankan fungsi mengisi ruang kosong di pasar yang tidak dapat dijalankan oleh perbankan konvensional," tegas Agus Windiarto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PANRB Bantah Isu Gaji ASN Daerah Bakal Ditunda dan Dirapel

Posted: 20 Jul 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membantah seputar isu gaji aparatur sipil negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah yang pembayarannya bakal ditunda dan dirapel.

Kabar tersebut dimuat salah satu akun di Twitter yang mengimbau kepada PNS daerah untuk bersiap menghadapi keterlambatan pembayaran gaji.

"Enggak benar itu," tegas Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Dwi Wahyu Atmaji kepada Liputan6.com, Selasa (21/7/2020).

Sebelumnya, akun Twitter @podoradong sempat melontarkan kabar tak sedap bahwa gaji para ASN di daerah akan mengalami penundaan dan pembayarannya bakal diterima sekaligus di kemudian hari.

Bahkan, akun tersebut membuat peringatan bahwa para PNS wajib bersiap jika sertifikasinya sebagai pegawai negeri bakal dicabut. Cuitan yang dibuat pada Senin, 20 Juli 2020 pukul 22.42 itu kini telah mendapat 1.164 retweet dan 3.152 likes.

"Seiring informasi yg dpt kami sampaikan, untuk seluruh ASN didaerah, harap bersiap kencangkan ikat pinggang," tulis akun tersebut.

"Turbulensi tertundanya bayar gaji bahkan rencana gaji dirapel hingga pencabutan sertifikasi kemungkinan bakal terjadi dibulan-bulan kedepannya. Harap bersabar, ini ujiaan," serunya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Indonesia Rangking Ketiga Penderita TBC Tertinggi di Dunia

Posted: 20 Jul 2020 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa Indonesia saat ini berada di peringkat ketiga dengan jumlah penderita Tuberkulosis (TBC) tertinggi di dunia. Peringkat Indonesia tersebut dibawah India dan China.

"Perlu saya kembali ingatkan Indonesia masuk ranking ketiga penderita TBC tertinggi di dunia setelah India dan China," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (21/7/2020).

Jokowi menyebut TBC merupakan salah satu dari 10 penyakit menular dengan angka kematian tertinggi di dunia. Bahkan, kata dia, setiap tahunnya jumlah pasien TBC yang meninggal lebih banyak dibandingkan HIV/AIDS.

Di Indonesia, Jokowi menuturkan bahwa sebanyak 165 ribu pasien meninggal akibat TBC pada 2017. Kemudian, jumlah pasien yang meninggal akibat TBC pada 2018 mencapai 98 ribu pasien.

"Perlu kita ketahui, 75 persen pasien TBC adalah kelompok produktif artinya di usia produktif 15-55 (tahun). Ini yang juga harus kita waspadai," jelasnya.

 

Bebas TBC pada Tahun 2030

Jokowi sendiri telah memasang target bahwa Indonesia bebas TBC pada 2030. Untuk mencapainya, Jokowi meminta agar penanganan TBC dilakukan meniru model Covid-19 untuk melacak penderitanya.

"Kita sudah memiliki model untuk Covid yaitu pelacakan secara agresif untuk menemukan di mana mereka harus dilakukan. Kita mungkin nebeng Covid ini kita juga lacak yang TBC," ujar Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Hack dari Dokter agar Masker Pas di Wajah dan Efektif Cegah COVID-19

Posted: 20 Jul 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) selalu menekankan tentang pentingnya memakai masker untuk mencegah penyebaran virus corona. 

Tapi yang juga orang-orang harus ketahui adalah pentingnya memakai masker dengan benar untuk menyelamatkan banyak nyawa. Maka dari itu, Olivia Cui, DMD, seorang dokter gigi, berbagi tips super sederhana untuk membuat masker medis menjadi pas di wajah dan menjadi lebih efektif untuk melawan COVID-19.

Sebagaimana catatan dari CDC bahwa penyebaran utama COVID-19 yaitu melalui droplet atau tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, berbicara atau meninggikan suara mereka (berteriak atau saat bernyanyi).

Bahkan mereka yang tidak menunjukkan gejala atau pra-gejala dapat menularkan virus kepada orang lain. Itu sebabnya disarankan agar orang mengenakan masker setiap kali mereka berada di temoat umum, bersamaan dengan sering mencuci tangan dan menjaga jarak sosial, untuk membendung penyebaran virus dan berpotensi menyelamatkan banyak nyawa.

Namun, tidak semua masker dibuat sama. Beberapa mungkin terlalu besar untuk pas di wajah. Kemudian Cui berbagi tipsnya melalui TikTok untuk hack cepat masker agar pas di wajah dan aman bagi pemakainya.

 

Tips masker

Calon penumpang kereta api mengenakan masker saat berada di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (31/01). Dalam rangka pencegahan Virus Corona, PT Kereta Api Indonesia (persero) melakukan sosialisasi kepada penumpang dengan membagi-bagikan masker di stasiun Gambir. (merdeka.com/Imam Buhori)
Calon penumpang kereta api mengenakan masker saat berada di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (31/01). Dalam rangka pencegahan Virus Corona, PT Kereta Api Indonesia (persero) melakukan sosialisasi kepada penumpang dengan membagi-bagikan masker di stasiun Gambir. (merdeka.com/Imam Buhori)

Dalam video 60 detik, Cui menunjukkan bahwa masker medis sering mengerut di sisi wajah dan terbuka. Untuk mengatasi hal ini, ia menawarkan tutorial singkat tentang membuat masker medis apapun menjadi pas di wajah.

Pertama, cuci tangan Anda lalu keluarkan maskernya. Selanjutnya, lipat topeng Anda menjadi dua. Kemudian, ikat simpul dengan simpul telinga di setiap sisi sedekat mungkin dengan kainnya. Kemudian, masker yang sebelumnya dilipat, saat dibuka akan membentuk oval. Sampai sini jangan dipakai dulu, karena masih ada lubang kecil di kedua sisi topeng di sebelah lingkaran telinga. Maka dari itu, selipkan kain yang melengkung keluar ke sisi dalam masker. Maka Anda telah memiliki masker yang lebih ketat dan lebih aman.

"Dengan tidak adanya N95, ini mungkin menjadi alternatif yang baik," kata Cui. Dan rupanya pemirsa TikTok setuju karena videonya telah mengumpulkan lebih dari 3,4 juta kali penampilan dengan komentator mengoceh tentang hasilnya yang positif.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Cara Investasi Emas di Pegadaian, Mudah dan Aman

Posted: 20 Jul 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara investasi emas di Pegadaian menjadi pilihan tepat berinvestasi. Emas merupakan salah satu objek menguntungkan selain saham, reksa dana, dan deposito untuk investasi. Harga emas yang terus naik membuat banyak orang tertarik mengetahui cara investasi emas di Pegadaian.

Pegadaian merupakan salah satu penyedia layanan investasi emas yang terpercaya. Pegadaian memiliki sejumlah produk investasi emas yang bisa jadi pertimbangan. Cara investasi emas di Pegadaian juga mudah.

Cara investasi emas di Pegadaian juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika kamu tertarik berinvestasi emas, cara investasi emas di Pegadaian ini patut kamu ketahui. Cara investasi emas di Pegadaian bahkan bisa dilakukan secara online.

Berikut cara investasi emas di Pegadaian, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(21/7/2020).

Tabungan emas

Tabungan emas
Tabungan emas

Tabungan emas merupakan produk yang dikeluarkan Pegadaian untuk investasi emas dengan mudah. Cara investasi emas di Pegadaian mirip seperti menabung di bank. Tabungan Emas Pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas.

Dari tabungan emas Pegadaian, kamu bisa menyetorkan uang yang akan dikonversi ke dalam bentuk gram emas. Kamu bisa mulai setoran awal mulai dari 0,01 Gram atau Rp 50.000,- Biaya administrasi tabungan ini juga cukup ringan. Kamu hanya dibebankan Rp 30.000,- per tahun untuk biaya penitipan emas.

Syarat membuka tabungan emas Pegadaian juga tak rumit. Kamu cukup menyerahkan fotokopi kartu identitas resmi berupa KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku, mengisi formulir, dan membayar transaksi tabungan. Pembukaan dan transaksi tabungan juga bisa dilakukan secara online melalui aplikasi digital yang disediakan Pegadaian.

Emasku

Ilustrasi emas (iStock)
Ilustrasi emas (iStock)

Emasku merupakan produk investasi emas Pegadaian lainnya yang juga perlu dipertimbangkan. Layanan Emasku dari Pegadaian memberikan kemudahan investasi emas dengan sistem angsuran sekaligus mendapatkan perlindungan asuransi jiwa.

Kamu bisa mulai berinvestasi emas dalam produk ini mulai dari nominal Rp 150.000. Dengan menyertakan fotokopi KTP atau identitas diri yang masih berlaku serta memiliki paket layanan, kamu akan memperoleh emas murni 24 karat bersertifikat mulai dari berat 1 sampai dengan 25 gram. Nantinya emas bisa diangsur selama 12 kali dan pembayaran angsurannya bisa melalui Pegadaian atau bank.

Selain itu, produk Emasku juga memberikan keuntungan tambahan berupa perlindungan asurasni kecelakaan diri, meninggal dunia, dan cacat tetap karena kecelakaan. Nantinya nasabah bisa memperoleh biaya pertanggungan sampai dengan Rp 30.000.000 serta polis berbentuk voucher yang dapat diaktivasi melalui SMS.

Konsinyasi emas

Ilustrasi harga emas. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Ilustrasi harga emas. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Konsinyasi Emas adalah layanan titip-jual emas batangan di Pegadaian.Investasi emas akan lebih aman karena disimpan di Pegadaian. Keuntungan dari hasil penjualan emas batangan diberikan kepada nasabah, ini membuat emas yang dimiliki lebih produktif.

Sebagai contoh, jika menitipkan emas di Pegadaian lewat layanan Konsinyasi Emas, maka emas akan dijual kembali oleh pihak Pegadaian untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang lain. Kemudian, jika dari penjualan tersebut ada keuntungan yang didapat, maka keuntungan tadi akan diperuntukkan bagi nasabah. Lalu, emas akan diganti oleh pihak Pegadaian dengan kadar dan berat yang sama. Sehingga, emas tetap utuh seperti sedia kala.

Membeli tunai emas

Membeli tunai emas  (sumber: Pixabay)
Membeli tunai emas (sumber: Pixabay)

Cara investasi emas di Pegadaian selanjutnya adalah membeli langsung emas. Kamu bisa membeli emas batangan secara tunai melalui program Mulia Emas yang dimiliki pegadaian. MULIA adalah layanan penjualan emas batangan kepada masyarakat secara tunai atau angsuran dengan proses mudah dan jangka waktu yang fleksibel.

Emas yang dimiliki Pegadaian pastinya akan lebih terjamin dan terpercaya. Kamu bisa datang langsung untuk membeli emas secara tunai. Emas yang ditawarkan pun beragam, mulai dari berat 5 gram hingga 1 kilogram.

Mencicil emas

Pekerja merapikan emas di galeri 24 Pegadaian, Tangerang, Selasa (7/7/2020). Harga emas Pegadaian khusus batangan 1 gram cetakan Antam hari ini naik Rp 4.000 atau 0,42% ke level Rp 950.000/gram dari harga hari sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja merapikan emas di galeri 24 Pegadaian, Tangerang, Selasa (7/7/2020). Harga emas Pegadaian khusus batangan 1 gram cetakan Antam hari ini naik Rp 4.000 atau 0,42% ke level Rp 950.000/gram dari harga hari sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain membeli tunai, cara investasi emas di Pegadaian lainnnya adalah dengan mencicilnya. Jangka waktu angsuran bisa dipilih mulai dari 3 bulan sampai dengan 36 bulan. Sebelumnya kamu harus membayar uang muka (DP) yang besarannya antara 10-90 persen dari nilai emas.

Setelah menentukan semua itu dan cicilan dilunasi, kamu bisa menerima emas dalam waktu 1-2 minggu dari waktu pelunasan. Untuk pelunasan dipercepat, kamu akan mendapatkan diskon margin dan emas bisa langsung diterima setelah melakukan konfirmasi.

Arisan emas

Emas batangan terlihat di galeri 24 Pegadaian, Tangerang, Selasa (7/7/2020). Kenaikan harga emas Pegadaian khusus batangan 1 gram cetakan Antam di tengah lonjakan kasus virus corona menjaga permintaan untuk safe havenlogam mulia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Emas batangan terlihat di galeri 24 Pegadaian, Tangerang, Selasa (7/7/2020). Kenaikan harga emas Pegadaian khusus batangan 1 gram cetakan Antam di tengah lonjakan kasus virus corona menjaga permintaan untuk safe havenlogam mulia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Arisan emas merupakan salah satu program Mulia Emas yang dimiliki Pegadaian. Cara investasi emas di Pegadaian ini berkonsep seperti arisan. Dalam program ini akan dilakukan pengundian setiap bulan untuk mendapat satu keping emas. Adapun pemesanan dalam satu kali undian minimal sebesar 1 gram dan maksimal tak terbatas.

Selain itu, tidak perlu khawatir mengenai fluktuatifnya harga karena Pegadaian menerapkan harga flat, sehingga naik atau turunnya harga emas tidak akan memengaruhi harga emas di program ini karena tidak akan berubah sejak awal perjanjian.

Untuk Mulia Arisan, syaratnya kamu wajib memiliki perangkat identitas yang berlaku untuk masing-masing anggota. Nantinya, pembayaran uang muka bisa dimulai dari 10%.

Menitip emas

Menitip emas  (sumber: Pixabay)
Menitip emas (sumber: Pixabay)

Pegadaian membuka layanan jasa penitipan emas bagi masyarakat. Jika kamu memiliki emas, kamu bisa menitipkannya agar lebih aman. Emas yang kamu simpan di Pegadaian diasuransikan, jadi kamu tidak perlu khawatir emasmu akan hilang.

Adapun biaya jasa penitipan emas di Pegadaian cukup terjangkau, hanya Rp 20.000 per 100 gram tiap bulan. Kamu cukup datang langsung ke outlet Pegadaian membawa emas yang ingin dititipkan.

Gadai emas

Warga saat bertransaksi di pegadaian di Jakarta, Kamis (15/6). Meningkatnya kebutuhan masyarakat jelang Lebaran membuat banyak orang menggadaikan barang berharga guna memenuhi kebutuhan yang mendesak. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga saat bertransaksi di pegadaian di Jakarta, Kamis (15/6). Meningkatnya kebutuhan masyarakat jelang Lebaran membuat banyak orang menggadaikan barang berharga guna memenuhi kebutuhan yang mendesak. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Cara investasi emas di Pegadaian yang terakhir adalah gadai emas. Sebagai penyedia jasa gadai, Pegadaian menerima penggadaian emas dari masyarakat. Adapun nilai peminjaman yang bisa kamu dapatkan dari gadai emas ini sebesar 85% dari harga emas.

Penitipan emas di Pegadaian bisa dilakukan selama empat bulan, namun dapat diperpanjang dengan tambahan biaya sewa. Biaya gadai dihitung per 10 hari masa pinjaman di Pegadaian syariah, sedangkan Pegadaian konvensional per 15 hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iran Eksekusi Mati Eks Penerjemah Diduga Mata-Mata CIA dan Intel Israel

Posted: 20 Jul 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Baghdad - Iran kembali mengeksekusi mati terduga mata-mata. Seorang bekas penerjemah bahasa asing didakwa kasus spionase untuk Israel dan Amerika Serikat.

Dia antara lain dituduh ikut membantu membocorkan lokasi Jendral Qasem Soleimani yang dibunuh AS dalam sebuah serangan drone di Baghdad, Irak.

Mengutip DW Indonesia, Selasa (21/7/2020), eksekusi mati terhadap Mahmoud Mousavi Majd "dilakukan pada Senin 20 Juli pagi," seperti klaim kantor berita Iran, Mizan Online. Kematiannya sekaligus "menutup kasus pengkhianatannya kepada negara," lapor kanal berita pelat merah tersebut. 

Majd diputus bersalah menerima uang dalam jumlah besar dari dinas rahasia AS dan Israel, tutur juru bicara pengadilan, Gholamhossein Esmaili. Dia ditangkap dua tahun silam dan tidak terlibat langsung dalam pembunuhan Soleimani, menurut dokumen pengadilan.

Majd bermigrasi bersama keluarganya ke Suriah pada 1970-an, dan bekerja sebagai penerjemah bahasa Inggris, tulis Mizan. Ketika perang berkecamuk, dia bertahan sementara keluarganya mengungsi.

"Pengetahuannya mengenai bahasa Arab dan kondisi geografi Suriah membuatnya menjadi dekat dengan penasihat militer Iran. Dia bertanggung jawab untuk satuan-satuan yang tersebar dari Idlib hingga Latakia," lapor Mizan lagi. Meski bukan anggota Garda Revolusi, Majd "mampu menyusup ke area-area sensitif di balik kedok penerjemah."

Dia menerima bayaran "dalam bentuk mata uang Dolar AS untuk membocorkan informasi seputar konvoi delegasi penasehat, perlengkapan militer, sistem komunikasi, identitas komandan dan pergerakan mereka, serta mengungkap area, kode dan kata sandi yang penting."

Perang Spionase Iran dan AS

Dalam sebuah pemberitaan, stasiun televisi Iran menyiarkan potongan video yang diklaim menampilkan salah seorang penghubung CIA untuk Majd, dan bahwa otoritas keamanan segera membunyikan alarm bahaya usai menyadap percakapan keduanya.

Laporan tersebut antara lain memuat video pengakuan bersalah Majd, di mana dia mengaku menerima pesan rahasia dan menyerahkan sejumlah dokumen kepada penghubung CIA, yang memuat "foto dan dokumen identifikasi aparat keamanan dan para komandannya."

Menurut laporan media pemerintah, Majd berniat bekerja sama dengan dinas rahasia Arab Saudi sebelum ditangkap aparat. Dia dicokok pada Oktober 2018, tulis Mizan.

Eksekusi Mati Mata-Mata Sebelumnya

Ilustrasi rudal Iran (AFP)
Ilustrasi rudal Iran (AFP)

Pekan lalu Iran juga mengumumkan telah mengeksekusi mati seorang terpidana mata-mata yang dituduh menjual informasi rahasia seputar program peluru kendali Iran kepada CIA. Pria bernama Reza Asgari itu bekerja untuk divisi penerbangan di Kementerian Pertahanan, namun memutuskan pensiun dini empat tahun lalu.

Desember 2019 silam Teheran mengaku telah menangkap delapan orang "yang terkait dengan CIA" dan terlibat menggalang aksi protes menentang kenaikan harga bahan bakar yang berlangsung selama berbulan-bulan. Pertengahan tahun lalu pemerintah juga mengumumkan berhasil membongkar lingkaran spionase CIA, dengan menangkap 17 orang antara Maret 2018-2019.

Presiden AS Donald Trump mengatakan klaim tersebut "salah total".

Saksikan juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Gamers In Action: Heboh Esports Selama Pandemi

Posted: 20 Jul 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat sebagian masyarakat Indonesia belum bisa beraktivitas secara optimal di tengah pandemi Covid-19, turnamen esports justru banyak bermunculan.

Para penggila esports yang tak bisa mendatangi stadion untuk menyaksikan pertandingan olahraga, beralih menonton esports secara virtual atau streaming.

Terlebih, pertandingan esports dan juga gim online menjadi salah satu alternatif hiburan bagi sebagian orang untuk membunuh kebosanan saat mereka harus berdiam diri di rumah.

Kondisi ini pun membuat jumlah pengguna gim online dan penonton esports melonjak tajam.

Andrian Pauline, CEO Tim Rex Regum Qeon (RRQ) dan Andrew Tobias, Wakil Ketua Indonesia Esports Association (IESPA) akan mengupas tuntas geliat esports di Tanah Air selama pandemi.

Untuk lebih jelasnya, saksikan live streaming Liputan6.com bertajuk Gamers in Action: Heboh Esport Selama Pandemi.

Hari: Selasa, 21 Juli 2020

Pukul: 14.00-15.00 WIB

Tema: Heboh Esport Selama Pandemi

Nara sumber:

- Andrian Pauline, CEO Tim Rex Regum Qeon (RRQ)

- Andrew Tobias, Wakil Ketua Indonesia Esports Association (IESPA)

Jangan lupa, kamu bisa menyaksikan live streaming via TikTok @liputan6com (https://vt.tiktok.com/UWER4C/) dan YouTube Liputan6. Juga via Zoom di https://us02web.zoom.us/j/81699435885 

Silahkan menyaksikan sajian spesial Liputan6.com kali ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin: SDM Indonesia Harus Ditingkatkan untuk Menang di Tingkat Global

Posted: 20 Jul 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengamini Sumber daya manusia (SDM) unggul merupakan kunci untuk memenangkan persaingan global. Namun dia menyayangkan posisi Indonesia masih berada di peringkat ke lima dari 10 negara ASEAN yang tergabung dalam ASEAN Productivity Organization (APO) 2019.

"Untuk itu, kapasitas SDM Indonesia harus lebih ditingkatkan. Ini kunci untuk memenangkan persaingan global," kata Ma'ruf Amin pada acara Wisuda Universitas Terbuka Periode Kedua Tahun Akademik 2019-2020 secara virtual dari kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, melalui siaran pers diterima, Selasa (21/7/2020).

Menurut data Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas), lanjut dia, Badan Pusat Statistik mencatat pada bulan Agustus 2019, dari 126.57 juta penduduk Indonesia usia 15 tahun ke atas yang bekerja, hanya sekitar 12.27 juta atau hanya 9.7 persen yang berkesempatan menikmati pendidikan tinggi dan merupakan lulusan universitas.

Karenanya, Ma'ruf berharap, pendidikan tinggi memiliki kewajiban untuk menyediakan akses terjangkau bagi masyarakat.

"Hal ini sesuai dengan roadmap pemerintah dalam menyediakan pendidikan tinggi dalam skala tidak terbatas dan biaya yang terjangkau bagi masyarakat," imbuhnya.

Wapres menambahkan, selain keterjangkauan, kualitas pendidikan juga penting untuk ditingkatkan. Seperti dengan pengembangan hard dan soft skills atau kemampuan teknis sesuai bidang.

"Kombinasi pendidikan hard skills dan soft skills yang baik diharapkan dapat tercipta lulusan yang memiliki keterampilan teknis humanis dan mampu menghadapi perubahan sosial," yakin Ma'ruf Amin.

 

Sikap Berkarakter dan Semangat Patriot Nasionalis

Wapres Ma'ruf meyakini, hal tidak kalah penting, dimiliki pelajar dan mahasiswa adalah sikap berkarakter dan semangat patriotisme dan nasionalisme. Karenanya, para pendidik diimbau bisa menyisipkan bahan ajar untuk memantapkan kesadaran dan pemahaman ideologi negara yakni Pancasila agar lebih kuat lagi.

"Pendidikan karakter perlu dilaksanakan dalam porsi yang sama dengan pendidikan kompetensi. Akan tetapi metode pendidikan karakter tersebut haruslah lebih inovatif dan kreatif agar tetap menarik dan efektif," tegas dia.

Menutup pidatonya, Ma'ruf mengajak seluruh civitas akademika Universitas Terbuka untuk bersama-sama membantu pemerintah memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) serta menyampaikan harapannya agar Universitas Terbuka dapat berkembang lebih baik lagi.

"Saya mengajak seluruh civitas akademika Universitas Terbuka untuk turut serta bersama-sama memutus penyebaran Covid-19 dengan selalu mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari," Ma'ruf menyudahi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pantau PSBB, Sejumlah Wilayah di Indonesia Gandeng Waze

Posted: 20 Jul 2020 09:01 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta melalui Jakarta Smart City (JSC) dan Jawa Barat melalui Jabar Digital Service (JDS) bekerja sama dengan Waze untuk menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saat pandemi Corona Covid-19. Kerja sama tersebut diwujudkan melalui program Waze for Cities.  

Waze for Cities merupakan program gratis untuk berbagi data dua arah mengenai informasi lalu lintas yang tersedia di publik. Fungsinya adalah untuk memantau dan mengevaluasi perkembangan kemacetan di kota masing-masing.

Country Manager Waze Indonesia Marlin R. Siahaan menjelaskan, selama masa pandemi, data real-time Waze menyediakan sumber daya sangat penting bagi mitra-mitranya.

"Melalui wawasan data Waze yang kuat, kami sangat senang dapat membantu JSC dan JDS dalam mengelola lalu lintas dan membuat perencanaan kota yang baik," tutur Marlin, dalam keterangan yang diterima Liputan6.com.

Marlin menyebut, JSC dan JDS merupakan dua di antara lebih dari 1.500 mitra global yang menggunakan data Waze for Cities untuk mengurai kemacetan dan membuat perencanaan keputusan yang lebih baik.

Ketika Covid-19 melanda, data dari Waze dapat digunakan untuk mengevaluasi kebijakan PSBB yang dipaparkan langsung kepada Bupati/Walikota. Data ini termasuk informasi mengenai penurunan tingkat kemacetan dan beberapa area yang ditutup jalannya.

Selain itu, JSC menggunakan Waze for Cities Data untuk mengevaluasi kebijakan lalu lintas Ganjil-Genap Jakarta, membantu memantau titik-titik kemacetan dinas perhubungan secara semiautomatis, dan menemukan rute yang tidak dijangkau oleh jaringan MRT.   

Jawa Barat

Dengan melakukan hal itu, JSC dapat mengidentifikasi dan merekomendasikan daerah-daerah yang perlu dijangkau oleh TransJakarta atau sistem transportasi umum lainnya, sekaligus memaksimalkan pilihan transportasi umum yang aman selama pandemi.

JSC mengoptimalkan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mengetahui, memahami, dan mengendalikan berbagai sumber daya demi membentuk Jakarta menjadi kota yang cerdas.

Serupa dengan JSC, JDS adalah Unit Pelaksana Pengelola Layanan Digital, Data, dan Informasi Geospasial yang beroperasi di bawah Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Setiaji menjelaskan manfaat menjadi mitra Waze for Cities Data. Menurut Setiaji, Waze for Cities Data membantu pihaknya menanggapi masalah dengan cepat dan membuat keputusan di saat krisis.

"Kami melihat bahwa platform ini akan terus berguna bagi perencanaan kami ke depannya. Setiap kali kami menemukan lubang jalan dan titik banjir, kami dapat langsung memberitahu pihak-pihak terkait untuk mengatasi masalah tersebut," kata Setiaji.

Sebelum memakai data dari Waze, pihaknya harus mengerahkan petugas di lapangan untuk memantau secara manual dengan menghitung volume kendaraan di jalan dan memeriksa CCTV.

"Sejak kami menjadi mitra Waze for Cities Data pada Juli tahun lalu, memantau lalu lintas menjadi jauh lebih mudah dan nyaman," tutur Setiaji. 

Jakarta

Serupa, Head of Data & Analytics Jakarta Smart City Juan Intan Kanggrawan mengungkapkan, data Waze membantu timnya dalam mengawasi kondisi lalu lintas Jakarta.

"Data Waze memungkinkan kami menelaah dan menganalisis pola kemacetan lalu lintas tertinggi di Jakarta, kemudian mengubah gagasan-gagasan menjadi tindakan untuk kota yang lebih baik lagi," tutur Juan.

Gagasan ini, kata Juan, telah terjustifikasi dengan metrik yang dapat diukur.

Lebih lanjut, ketika Covid-19 melanda, pihaknya menggunakan pola pengemudi Waze secara real-time untuk menentukan keberhasilan PSBB dan memeriksa hasilnya.

Sementara itu, Waze for Cities Data adalah bagian dari Waze for Cities. Di mana, mitra dapat mengakses berbagai solusi untuk mengelola lalu lintas saat situasi genting.

Program gratis untuk berbagi data dengan dua arah ini menghasilkan pemahaman lebih baik tentang smart data di antara para pemimpin kota, membantu mereka untuk membuat keputusan yang lebih tepat ketika memantau kebijakan berbasis kota seperti PSBB.

Sumber: Tekno Liputan6.com ditayangkan 21 Jul 2020, 08:00 WIB

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cincin Pernikahan Putri Beatrice Langgar Tradisi Kerajaan, Mengapa?

Posted: 20 Jul 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Putri Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi mengejutkan publik dengan pernikahan privat mereka yang digelar pada Jumat, 17 Juli 2020. Setelah kabar bahagia mereka, penampilan cucu Ratu Elizabeth II ini seketika jadi sorotan khalayak luas, termasuk soal cincin pernikahan.

Dilansir dari laman Hello Magazine, Selasa (21/7/2020), adapun jeweller Inggris Shaun Leane kembali ditunjuk dan mendapat kehormatan untuk menciptakan cincin kawinnya. Sebelumnya, ia juga merancang cincin pertunangan Putri Beatrice dan Edoardo.

Sang desainer menghadirkan desain platinum dan berlian pada cincin pernikahan pasangan berbahagia tersebut. Tampilan kian apik dengan memadukan estetika Victoria dan Art Deco.

Cincin pernikahan itu juga cocok dengan cincin pertunangan Putri Beatrice sehingga kedua cincin duduk bersama. Cincin pertunangan dan pernikahan dibuat dengan tangan di toko Shaun Leane di Mayfair.

Proses pembuatan ini dilaksanakan setelah berkonsultasi dengan Putri Beatrice dan Edoardo. Hingga akhirnya, ditetapkan dengan berlian berkualitas terbaik.

"Saya senang untuk pasangan yang bahagia, itu menghangatkan hati saya melihat dua orang yang luar biasa bersatu dalam cinta seperti halnya Edoardo dan Beatrice. Saya merasa sangat tersanjung telah menjadi bagian dari perjalanan mereka," kata Shaun Leane dalam sebuah pernyataan.

"Terlibat dalam momen yang sangat istimewa dalam merancang dan menciptakan cincin pertunangan dan cincin pernikahan. Saya berharap mereka seumur hidup penuh cinta dan kebahagiaan bersama," tambah desainer cincin pernikahan Putri Beatrice.

 

Tradisi Kerajaan

Putri Eugenie dan Jack Brooksbank menyapa mesyarakat saat menaiki kereta kencana usai melangsungkan pernikahan di Kapel St. George, Windsor Castle, London, Inggris,  Jumat (12/10). (Andrew Matthews, Pool via AP)
Putri Eugenie dan Jack Brooksbank menyapa mesyarakat saat menaiki kereta kencana usai melangsungkan pernikahan di Kapel St. George, Windsor Castle, London, Inggris, Jumat (12/10). (Andrew Matthews, Pool via AP)

Shaun telah malang melintang di dunia high-fashion karena sebelumnya ia berkolaborasi dengan Alexander McQueen, Givenchy dan Boucheron. Karya-karyanya juga dipamerkan di V&A Museum di London dan Metropolitan Museum di New York.

Desain cincin itu menandakan pelanggaran dengan tradisi kerajaan karena kebanyakan pengantin kerajaan selamase abad terakhir telah memilih untuk memiliki cincin nikah emas. Menurut jeweller Clogau, cincin pernikahan Ratu sendiri terbuat dari bongkahan emas Welsh murni dari tambang Clogau.

Putri Margaret, Putri Anne, Putri Diana, Pangeran Charles dan Duchess of Cornwall juga menggunakan emas yang sama di band mereka. Penggunaan terbaru emas Welsh dalam cincin pernikahan kerajaan adalah untuk pernikahan Duke dan Duchess of Cambridge pada 29 April 2011.

Begitu pula dengan pernikahan Duke dan Duchess of Sussex pada 19 Mei 2018. Tak ketinggalan pernikahan Putri Eugenie dan Jack Brooksbank pada 12 Oktober 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

64 Kepsek Mundur, Oknum Jaksa Dilaporkan karena Dugaan Kasus Pemerasan

Posted: 20 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Tiga oknum di Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu dilaporkan Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) Persatuan Guru RI (PGRI) ke Kejaksaan Tinggi Riau. Hal ini terkait dugaan pemerasan 64 kepala sekolah (Kepsek) yang berujung pengunduran diri beberapa waktu lalu.

Ketua LKBH PGRI Taufik Tanjung menjelaskan, ada 11 kepsek yang diminta keterangan pada Senin siang, 20 Juli 2020, di pengawasan Kejati Riau. Jumlah ini bakal bertambah pada hari berikutnya.

"Pagi tadi enam orang guru diminta keterangan, siang ini tambah lagi lima. Besok ada lagi," kata Taufik di Kejati Riau, Senin petang, 20 Juli 2020.

Taufik menjelaskan, dugaan pemerasan ini berawal dari laporan sebuah LSM terkait penyelewengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Indragiri Hulu. Laporan ini dijadikan celah untuk mengambil uang kepada 64 kepsek.

Taufik menyebut dugaan pemerasan ini berlangsung sejak tahun 2016. Setiap guru mengaku menyerahkan uang berbeda-beda, mulai dari Rp25 juta hingga R60 juta.

Uang ini diserahkan kepada seorang kepsek yang ditunjuk sebagai koordinator. Selanjutnya, diserahkan ke oknum jaksa di Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu agar laporan LSM tadi tidak diusut.

"Bahkan ada guru yang menjual mobil untuk menyerahkan uang itu," kata Taufik.

Untuk tahun ini, Taufik menyebut sudah ada sejumlah kepsek menyerahkan uang ke oknum dimaksud. Nilainya mencapai Rp210 juta.

Dalam laporannya ke Pengawasan Kejati Riau, Taufik melampirkan sejumlah berkas. Di antaranya hasil audit dari Inspektorat Kabupaten Indragiri Hulu terkait pengelolaan dana BOS.

"Kalau untuk bukti penyerahan uang tidak ada," sebut Taufik.

Terkait LSM yang melaporkan dugaan penyelewengan dana BOS, Taufik menyebut tidak terdaftar di lembaga Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

"Namanya Tipikor Nusantara," kata Taufik.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: