Minggu, 12 Juli 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Waspadai Virus Flu Babi Baru, Kemenkes dan Kementan Perkuat Prinsip One Health

Posted: 12 Jul 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Kementerian Pertanian dan USAID menggelar Seminar Online Memahami dan Mewaspadai Ancaman Virus Flu Babi Baru (G4 EA H1N1). Seminar diikuti oleh lebih dari 8000 peserta dari berbagai lapisan masyarakat.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes, Achmad Yurianto menyampaikan bahwa tujuan seminar ini adalah untuk mensosialisasikan tentang virus Flu Babi Baru H1N1 (G4 EA H1N1) dalam rangka meningkatkan pemahaman serta kewaspadaan jajaran Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat dalam antisipasi kemungkinan masuk atau munculnya virus Flu Babi Baru di Indonesia. 

"Kita harapkan, seminar online ini dapat meningkatkan pengetahuan para tenaga kesehatan masyarakat, kesehatan hewan, tenaga teknis lainnya, dan masyarakat," jelas Achmad.

Dalam sambutannya, Ia menjelaskan bahwa pada tahun 2009, WHO menyatakan Influenza A (H1N1) sebagai pandemi karena terjadinya penyebaran virus ini ke lebih dari 200 negara di dunia, termasuk Indonesia. Namun virus Influenza A (H1N1) yang menimbulkan pandemi tahun 2009 berbeda dengan virus Flu Babi Baru H1N1 (G4 EA H1N1) yang ditemukan oleh ilmuwan Tiongkok. 

Hal senada disampaikan oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementan, I Ketut Diarmita yang menyebutkan bahwa virus Flu Babi Baru (G4 EA H1N1) ini belum pernah ditemukan di Indonesia. Informasi ini didasarkan pada hasil surveilans dan analisa genetik yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Veteriner Kementerian Pertanian, yaitu Balai Veteriner Medan dan Balai Besar Veteriner Wates. 

"Hasil surveilans kami menunjukkan bahwa virus Flu Babi yang pernah ditemukan di Indonesia, terbukti berbeda dengan virus Flu Babi Baru (G4 EA H1N1)," jelasnya.

 

Surat Edaran Tentang Kewaspadaan Virus Flu Babi

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementan, I Ketut Diarmita saat Seminar Online Memahami dan Mewaspadai Ancaman Virus Flu Babi Baru (G4 EA H1N1).
alt=

Menurut Ketut, sebagai alat untuk deteksi dini, Kementan dengan dukungan FAO dan USAID telah mengembangkan Influenza Virus Monitoring (IVM) online untuk memonitor mutasi virus influenza sejak 2014. Langkah lain yang dilakukan adalah surveilans berbasis risiko untuk Flu Babi serta karakterisasi virusnya. 

"Sebagai langkah kewaspadaan, Kita juga telah membuat Surat Edaran tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Galur Baru Virus Flu Babi H1N1 (G4 EA H1N1)," imbuhnya. 

Surat edaran ini tambahnya, mengajak semua pihak terkait untuk meningkatkan kerjasama, mewaspadai, dan menyiapkan rencana kontingensi kemungkinan masuk dan munculnya G4 EA H1N1 di Indonesia.

"Kita terus lanjutkan dan perkuat kerjasama One Health yang sudah berjalan baik dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan koordinasi dari Kemenko PMK," tegas Ketut.

Sementara itu, Pamela Foster, Pelaksana Tugas Direktur Kantor Kesehatan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) Indonesia, menyatakan COVID-19 mengingatkan bahwa kewaspadaan dan kesiapsiagaan adalah kunci. 

Amerika Serikat, melalui USAID, menurutnya gembira dapat bermitra dengan Indonesia untuk membangun sistem yang membantu mencegah, mendeteksi, dan merespons ancaman ini. 

"Kemitraan ini sangat penting bagi kemampuan kita untuk menghentikan atau meminimalkan dampaknya. Memahami risiko-risiko pandemi menjadi langkah kunci dalam upaya tersebut, dan seminar hari ini sekali lagi menunjukkan komitmen Pemerintah Indonesia terhadap keamanan kesehatan," pungkas Pamela.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gulirkan Berbagai Stimulus, Wapres Yakin Ekonomi Indonesia Tak akanTerpuruk

Posted: 12 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin yakin Ekonomi Indonesia tak akan terpuruk. Sebab, Indonesia telah menggulirkan berbagai stimulus untuk memitigasi akibat pandemi covid-19 ini. Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksi terkontraksi hingga menjadi minus pada kuartal kedua tahun 2020 akibat corona.

"Ekonomi kuartal pertama sudah mengalami perlambatan hanya tumbuh 2,97 persen dibanding 2019. Ekonomi diperkirakan akan tumbuh negatif pada kuartal kedua, oleh karena itu selain upaya sungguh sungguh mengendalikan penyebaran covid pada saat yang sama kita harus mampu menangani dampak ekonomi agar tidak terpuruk terlalu dalam," kata Ma'ruf dalam Launching dan Diskusi buku Pandemi Corona : Virus Deglobalisasi Masa Depan Perekonomian Global dan Nasional, Senin ( 13/7/2020).

Adapun Pemerintah telah menyiapkan anggaran PEN yang terus meningkat. Dimana sejak awal, pemerintah mengalokasikan pembiayaan PEN sebesar Rp 405,1 triliun, kemudian naik menjadi Rp 677,2 triliun, lalu naik lagi menjadi Rp 695,2 triliun.

Ma'ruf berharap anggaran tersebut dapat terserap oleh berbagai instrumen stimulus diantaranya bantuan sosial, subsidi bunga maupun penempatan dana di bank BUMN serta kebijakan lainnya.

"Meskipun pemerintah telah melakukan berbagai upaya baik dalam bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi, pandemi Covid-19 ini tidak mungkin ditangani sendiri oleh pemerintah. Saya sangat menghargai inisiatif INDEF dalam menerbitkan buku ini," kata Ma'ruf.

Sebab, kata Ma'ruf, segala gagasan maupun sumbangan pikiran dari berbagai pihak ini bisa menjadi panduan bagi pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19.

Gulirkan Berbagai Stimulus, Wapres Yakin Ekonomi Indonesia Tak Akan Terpuruk

Ilustrasi pertumbuhan Ekonomi
Ilustrasi pertumbuhan Ekonomi

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi tahun 2020 diproyeksikan tumbuh positif dengan didukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Program stimulus bantuan sosial ini akan mendorong konsumsi masyarakat semester II dan implikasinya ke pertumbuhan ekonomi nasional. Sementara konsumsi Pemerintah di Semester II dapat meningkat sejalan realisasi belanja pemerintah (pusat dan daerah).

"Selain itu, investasi semester II diperkirakan tumbuh moderat seiring dengan membaiknya keyakinan investor. Namun, perdagangan internasional diperkirakan masih mengalami kontraksi karena masih rendahnya permintaan global," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Rahayu Puspasari dalam keternagan resmi, Sabtu (11/7/2020).

Sementara itu, inflasi diperkirakan meningkat bertahap seiring pulihnya konsumsi. Inflasi inti akan meningkat sejalan dengan peningkatan permintaan pasca pelonggaran PSBB bertahap. Inflasi pangan relatif terkendali, namun masih terdapat risiko fluktuasi harga pangan pada masa tanam.

Puspa juga menyebutkan bahwa nilai tukar rupiah diperkirakan dalam tren menguat. Hal ini sejalan dengan stabilitas ekonomi makro dan arus modal masuk ke dalam negeri. Namun tetap diwaspadai risiko volatilitas pasar keuangan global.

Risiko Harga Minyak

Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)
Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Di sisi lain, harga minyak masih terdapat risiko volatilitas karena pengaruh supply and demand global serta faktor geopolitik.

"Lifting migas akan dioptimalkan untuk mencapai target dengan menjaga keekonomian wilayah kerja, efisiensi biaya, serta mengupayakan proyek-proyek migas yang onstream di tahun 2020 dapat berjalan tepat waktu," sambung dia.

Selain itu, pendapatan Negara semester II akan dioptimalkan terutama dari sisi perpajakan . Hal ini, kata Puspa, sejalan dengan membaiknya aktivitas usaha di Era Normal Baru.

"Outlook belanja negara semester II diperkirakan lebih baik sejalan dengan implementasi kebijakan penanganan Covid-19 dan program PEN," tukas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menakar Harta Georgina Rodriguez usai Menjadi Kekasih Cristiano Ronaldo

Posted: 12 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Pundi-pundi kekayaan Georgina Rodriguez kian bertambah setelah menjadi kakasih pemain Juventus, Cristiano Ronaldo. Sebelumnya, dia hanya seorang pramusaji.

Ya, saat pertama kali tercium media menjalin cinta dengan Ronaldo, Gina, sapaan Georgina Rodriguez, hanya seorang pramusaji di toko Gucci, yang berada di Madrid, Spanyol. Bahkan sebelum itu, dia juga menjadi asisten rumah tangga.

Seperti dikutip dari Glamour Fame, ketika bekerja di Jaca, Georgina Rodriguez mendapat bayaran yang cukup membiayai hidupnya seorang diri selama sebulan, yakni 2 ribu dolar Amerika Serikat (Rp 27,8 juta).

Setelah bekerja di sebuah bar, Georgina Rodriguez mencoba bekerja sebagai asisten pelayan di toko Gucci yang tersapat di Madrid, Spanyol. Di toko yang membuatnya berjumpa dengan Cristiano Ronaldo, dia mendapat bayaran sebesar 97 dolar Amerika Serikat atau Rp 1,3 juta per minggu.

Namun pendapatan Georgina Rodriguez, wanita yang kini berusia 26 tahun, melonjak drastis. Kini, dia berprofesi sebagai model dan influencer.

 

Pendapatan Georgina Rodriguez

Georgina Rodriguez (Sumber: Instagram/georginagio)
Georgina Rodriguez (Sumber: Instagram/georginagio)

Mengutip dari Glamour Fame, kekayaan Georgina Rodriguez diprediksi mencapai angka 10 juta dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 145 miliar. Pendapatan utama Gina didapat dari pekerjaannya sebagai brand ambassador pakaian dalam.

Berkat tubuhnya yang seksi, Georgina Rodriguez dipercaya menjadi model utama pakaian dalam perempuan, Yamamay. Sebagai model papan atas, dia berhasil mengumpulkan pemasukan hingga 5 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 69,7 miliar.

Selain itu, wanita kelahiran Argentina itu juga mendapat pemasukan setelah menjadi seorang influencer atau orang yang memiliki followers atau pengikut yang banyak di media sosial. Dia memiliki pengkut di Instagram sebanyak 19 juta.

 

 

Pendapatan sebagai Influencer

Georgina Rodriguez. (Instagram)
Georgina Rodriguez. (Instagram)

Seperti dikutip dari Flash, tarif sekali posting di akun Instagram Georgina Rodriguez cukup fantastis. Wanita kelahiran Buenos Aires, Argentina itu mematok harga terendah sebesar 5.000 dolar Amerika Serikat (Rp 70 juta).

Sedangkan untuk tarif paling mahal di akun Instagram wanita berusia 25 tahun tersebut sebesar 9.000 dolar Amerika Serikat atau Rp 126 juta untuk satu kali posting.

Salah satu postingan berbayar di Instagram Georgina Rodriguez yakni saat dia menikmati alam bebas di Alba, Italia, di tahun 2019. Di foto tersebut, dia tampil fashionable dengan barang-barang bermerek.

Georgina Rodriguez dalam foto itu menggunakan topi serta sabuk dengan merek Louis Vuitton, kemudian menggunakan kaos blazer Max Mara, tas Prada dan baret hitam. Dia juga menggunakan sepatu bot kulit yang ditandatangani oleh Victoria Beckham, istri dari mantan kapten Timnas Inggris, David Beckham.

 

Dapat Uang Bulanan

Cristiano Ronaldo dan kekasihnya, Georgina Rodriguez baru saja dikaruniai anak perempuan pada Minggu (12/11/2017). Kabar ini diumumkan langsung oleh Ronaldo di akun Instagram pribadinya. (Instagram/georginagio)
Cristiano Ronaldo dan kekasihnya, Georgina Rodriguez baru saja dikaruniai anak perempuan pada Minggu (12/11/2017). Kabar ini diumumkan langsung oleh Ronaldo di akun Instagram pribadinya. (Instagram/georginagio)

Selain itu, Georgina Rodriguez juga mendapat uang bulanan dari Cristiano Ronaldo. Mengutip dari Corriere dello Sport, pria berusia 35 tahun itu memberikan uang bulanan kepada Georgina Rodriguez sebanyak 155 ribu dolar Amerika Serikat atau Rp 2,1 miliar per bulan.

Ronaldo memberikan uang bulanan kepada Gina untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Terlebih, Gina juga merawat keempat anak Ronaldo dengan penuh cinta, yakni Cristiano Jr, Mateo, Eva, dan Alana Martina.

Diyakini media Italia, Ronaldo memberikan uang bulanan kepada Georgina Rodriguez karena sikap kekasihnya itu yang tidak membedakan kasih sayang kepada anak-anak. Padahal, hanya Alana Martina yang lahir dari rahim wanita kelahiran Argentina tersebut.

Saksikan video Georgina Rodriguez di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Karyawan Positif Covid-19, IGD RSUD Abdul Moeis Ditutup

Posted: 12 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelayanan IGD di RSUD Abdul Moeis Samarinda Kaltim ditutup sementara, setelah seorang pegawainya positif terpapar Covid-19. Saat ini Karyawan tersebut dan seluruh staf di ruang IGD kini menjalani karantina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tegas, Gugus Tugas Banyuwangi Evaluasi Pelaku Usaha yang Langgar Protokol Kesehatan

Posted: 12 Jul 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi terus berkeliling mengevaluasi dan memantau pelaksanaan protokol kesehatan yang dijalankan para pelaku usaha. Setiap hari, secara bergiliran siang dan malam, tim berkeliling, mulai dari toko, kafe, restoran, hingga warung rakyat.

"Kami keluar-masuk tempat usaha untuk memastikan semua berjalan dengan baik. Intinya, ekonomi harus berjalan, kita semua harus kembali produktif, tapi juga harus optimal dalam penerapan protokol kesehatan agar terhindar dari segala macam jenis penyakit, termasuk Covid-19," ujar Muhammad Yanuarto Bramuda, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Senin (13/7/2020).

Bramuda mengatakan, pada Minggu malam (12/7/2020), ada 9 pelaku usaha yang dievaluasi berdasarkan hasil pemantauan, terdiri atas 3 toko dan 6 pelaku usaha kuliner.  

"Sosialisasi sudah kami geber sejak awal Juni, simulasi sudah dijalankan. Penindakan tadi malam ini adalah bagian dari evaluasi kami terhadap apa yang telah kami sosialisasikan. Kami menemukan ternyata ada pelaku usaha yang tidak menaati protokol kesehatan. Sebagai sanksinya, tempat usaha tersebut ditutup sementara," kata Bramuda.

"Mohon maaf, kami perlu tegas, semua demi kesehatan dan keselamatan bersama, mengingat pandemi Covid-19 ini masih terjadi," imbuhnya.

Dalam pelaksanaan evaluasi tersebut, Gugus Tugas memeriksa fasilitas dan standard pelayanan. Seperti penataan meja dan kursi yang harus berjarak, fasilitas cuci tangan, pelayan yang wajib mengenakan masker dan sarung tangan, dan sebagainya.

"Kami menemukan ada pelayan yang mencopot maskernya. Ada pula pengunjung yang tidak memakai masker, langsung kami beri masker dan wajibkan dipakai saat itu juga. Kami mohon kerja sama semuanya. Kami ingin, pembeli maupun penjual sama-sama terjamin kesehatannya," tambah Bramuda.

 

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi terus berkeliling mengevaluasi dan memantau pelaksanaan protokol kesehatan yang dijalankan para pelaku usaha.
Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi terus berkeliling mengevaluasi dan memantau pelaksanaan protokol kesehatan yang dijalankan para pelaku usaha.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Banyuwangi, Anacleto Da Silva, mengatakan, Gugus Tugas berulang kali melakukan sosialisasi protokol kesehatan ke para pelaku usaha. 

"Sudah berkali-kali kami melakukan sosialisasi. Bahkan kami juga melakukan teguran dan peringatan, tapi masih juga melanggar," kata Leto.

Untuk toko, kafe, dan restoran yang melanggar, ditutup sementara minimal tiga hari. "Kami tutup sementara. Pemiliknya kami masukkan kelas pembinaan. Mereka juga diminta menandatangani surat pernyataan apabila mau dibuka kembali, bahwa mereka akan taat protokol kesehatan dan siap kembali disanksi jika melanggar," kata Leto.

Dia menegaskan, apabila telah dibuka kembali, namun di kemudian hari melakukan pelanggaran lagi, tempat usaha akan dicabut surat izin usahanya.

"Kalau masih melanggar lagi, kami akan cabut surat izin usahanya," ujarnya. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pegawai Positif COVID-19, BPJS Kesehatan Medan Hentikan Sementara Layanan Tatap Muka

Posted: 12 Jul 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Medan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) menghentikan sementara layanan tatap muka. Hal ini dikarenakan adanya pegawai yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona COVID-19.

Staf Humas dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Medan, Redho Nofanda Abdururoma membenarkan hl tersebut. Penghentian sementara layanan tatap muka mulai tanggal 13 sampai dengan 24 Juli 2020.

"Iya, benar, tutup sementara (layanan tatap muka) karena pegawai positif COVID-19," kata Redho, Senin (13/7/2020).

Kepala BPJS Kesehatan cabang Kota Medan, Sari Quratul Ainy menjelaskan, selama penghentian sementara layanan tatap muka, pihaknya memastikan pelayanan kepada peserta tetap dapat dilakukan melalui kanal-kanal yang telah disiapkan.

Selain itu, peserta juga dapat menghubungi care center BPJS Kesehatan di 1500 400, atau aplikasi Mobile JKN. BPJS Kesehatan cabang Kota Medan juga menyediakan WhatsApp yang dapat dihubungi peserta untuk pelayanan informasi, pengaduan, serta layanan administrasi.

"Prioritas kami tetap memberikan pelayanan administasi kepada peserta," ujarnya.

 

Koordinasi dengan Dinas Kesehatan Medan

Sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19, dilakukan penyemprotan disinfektan pada seluruh fasilitas kantor di Jalan Karya, Medan Barat, sejak Sabtu, 11 Juli 2020.
Sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19, dilakukan penyemprotan disinfektan pada seluruh fasilitas kantor di Jalan Karya, Medan Barat, sejak Sabtu, 11 Juli 2020.

Diungkapkan Sari, sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Medan, dan melakukan penyemprotan disinfektan pada seluruh fasilitas kantor di Jalan Karya, Medan Barat, sejak Sabtu, 11 Juli 2020.

"Kita juga telah melakukan contact tracing terhadap pegawai yang dinyatakan positif COVID-19, dan akan segera melakukan tes lanjutan kepada pegawai lainnya," ungkap Sari.

BPJS Kesehatan cabang Kota Medan untuk saat ini mengharuskan pegawai bekerja dari rumah masing-masing, khususnya kepada pegawai yang sedang hamil, menyusui, dan berusia di atas 50 tahun.

Karantina Mandiri

Ilustrasi Melawan Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/cottonbro
Ilustrasi Melawan Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/cottonbro

Sementara itu, untuk pegawai yang melakukan kontak langsung kepada pegawai yang dinyatakan positif COVID-19, akan dilakukan karantina mandiri, serta akan dilakukan tes lanjutan sesuai protokol kesehatan yang telah ditentukan.

"Saya mengajak masyarakat untuk tetap tertib menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan melakukan physical distancing saat berkegiatan di luar rumah," ajak Sari.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11 Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Kasar dan Kusam, Bikin Tampil Percaya Diri

Posted: 12 Jul 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit wajah yang halus adalah dambaan semua wanita dan pria. Kulit wajah yang halus menandakan kondisi kulitmu sehat. Kulit wajah yang kasar dan kusam menjadi salah satu masalah yang harus diperhatikan. Hal ini membuat cara menghaluskan kulit wajah semakin penting untuk diketahui.

Kondisi kulit yang kasar dan kusam membutuhkan perawatan. Perawatannya tentu tidak sekadar cuci muka saja untuk menjadikannya halus. Coba praktikkan cara menghaluskan kulit wajah yang kasar dan kusam untuk mulai mengatasinya.

Cara menghaluskan kulit wajah yang kasar dan kusam tidak hanya menghindari penyebabnya. Menghaluskan kulit wajah karena paparan sinar matahari, usia, dan polusi bisa diatasi dengan bahan alami. Bahan alami dipilih karena lebih aman dan efek sampingnya tidak membahayakan.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghaluskan kulit wajah kasar dan kusam dari berbagai sumber, Senin (13/7/2020).

Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Kasar

Ilustrasi/copyrightshutterstock/Joshua Resnick
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Joshua Resnick

Lemon dan Madu

Lemon juga kaya akan antioksidan dan vitamin C. Lemon juga mengandung alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas dalam kulit. Tidak heran jika ramuan ini diandalakan sebagai cara menghaluskan kulit wajah.

Caranya juga sangat mudah diterpakan. Hanya perlu mencampurkan 1 sdm air perasan lemon dan 2 sdm madu. Kemudian terapkan pada wajah yang kasar secara rutin agar bisa mendapatkan kulit yang halus dan mulus.

Alpukat

Buah alpukat dikenal memiliki kandungan yang baik untuk kulit. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin E, kalium, asam lemak omega 3 dan lesitin. Kandungan vitamin E inilah yang bisa diandalkan sebagai cara menghaluskan kulit wajah.

Caranya dengan kupas buah alpukat dan hancurkan sampai halus. Setelah itu tambahkan sedikit minyak kelapa dan campurkan. Gunakan masker tersebut secara merata di area wajah selama 30 menit.

Bubuk Kopi

Bubuk kopi dapat digunakan sebagai eksfoliator. Kulit yang kasar bisa dihaluskan dengan bubuk kopi ini. Cara menghaluskan kulit wajah ini terbilang aman dan mudah dilakukan.

Cara membuat scrub dengan bubuk kopi yaitu dengan mencampurkan 30 gram bubuk kopi segar, 30 gram brown sugar dan perasan lemon secukupnya. Kemudian gunakan scrub tersebut pada kulit wajah setiap 3 hari sekali setelah mandi. Tunggu scrub mengering selama beberapa menit dan bilas hingga bersih.

Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Kasar dan Kusam

Ilustrasi lidah buaya/copyright shutterstock
Ilustrasi lidah buaya/copyright shutterstock

Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung antimikroba dan anti inflamsi yang efektif untuk mengatasi masalah kulit seperti pecah-pecah atau kulit kering. Tak hanya itu, minyak kelapa dipercaya dapat meningkatkan kelembapan kulit dan menambah jumlah lemak pada kulit.

Cara menghaluskan kulit wajah dengan bahan ini cukup mudah. Coba siapkan satu sendok minyak kelapa. Kemudian taruh pada kedua tangan dan usap hingga terbentuk lapisan tipis. Oles lapisan tipis tersebut ke seluruh wajah dan leher. Diamkan selama semalam dan bilas keesokan harinya.

Selain itu, minyak kelapa juga bisa dibuat menjadi masker dengan mencampurkan madu, masing-masing 2 sendok makan. Masker ini dapat digunakan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Rutin menggunakan pelembap maupun masker alami minyak kelapa ini juga bisa mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

Lidah Buaya

Lidah buaya bisa diandalkan untuk mengatasi kulit wajah yang kasar dan kusam. Bisa dengan menjadikannya masker atau mengonsumsinya secara langsung.

Cara menghaluskan kulit wajah dengan lidah buaya ini sangat mudah. Cobalah untuk mengonsumsi minuman lidah buaya secara rutin. Konsumsilah jus lidah buaya, tanpa tambahan gula setiap pagi dalam keadaan perut kosong.

Selain itu, lidah buaya juga bisa dijadikan masker alami. Campurkan gel lidah buaya dengan 2 sendok teh madu, aduk hingga rata, lalu oleskan pada seluruh wajah. Tunggu beberapa menit hingga masker mulai mengering, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan, beberapa enzim, vitamin C, vitamin A dan senyawa anti peradangan yang dapat melembutkan kulit. Tetapi, sebelum menggunakan lidah buaya, lebih baik cobalah menempelkan sedikit gel lidah buaya di pergelangan tangan.

Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah Anda alergi atau tidak. Apabila tak ada reaksi alergi, maka Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya di wajah sesuai kebutuhan.

Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Kusam

Ilustrasi strawberry | Istimewa
Ilustrasi strawberry | Istimewa

Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Kandungan ini bisa diandalkan sebagai cara menghaluskan kulit wajah secara alami. Buka hanya itu, lemon juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah penuaan dini.

Sebelumnya, Anda bisa mengonsumsi jus lemon secara rutin dengan takaran yang cukup untuk mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Selanjutnya perasan dari lemon bisa digunakan sebagai pembersih wajah alami. Selain itu, kulit lemon juga bisa digosokkan di area leher untuk menghilangkan bintik-bintik hitam.

Strawberry

Strawberry dikenal memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi yang berguna untuk menyamarkan garis-garis halus. Tidak heran jika cara menghaluskan kulit wajah bisa dengan membuatnya menjadi masker wajah.

Asam Alpha Hydroxyl yang terkandung dalam beri yang lezat ini dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan memberi jalan masuk bagi sel-sel baru. Bahkan elastisitas kulit bisa benar-benar terjaga karena kandungannya.

Untuk membuat ramuan masker ini, cukup dengan menghancurkan beberapa buah strawberry segar hingga halus, lalu oleskan secara merata pada wajah. Tunggu hingga 20 menit lalu bilas dengan air bersih

Gula

Perawatan eksfoliasi wajah bisa menggunakan gula. Gula yang digunakan sebagai cara menghaluskan kulit wajah alami adalah gula halus. Sel-sel kulit mati yang tertumpuk di atas permukaan kulit bisa terkikis dengan baik karena gula.

Caranya cukup mudah, campurkan 1 sendok makan gula merah dan gula putih, kemudian tambahkan sedikit air. Aduk adonan hingga tercampur sempurna. Jika sudah menjadi pasta yang cukup halus, lalu oleskan pada wajah dan lakukan gerakan memutar secara perlahan.

Hal ini penting untuk diperhatikan supaya tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Sebab butiran gula halus bisa menggesek permukaan kulit dan menimbulkan luka jika dilakukan secara kasar.

Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Kasar

Ilustrasi oatmeal | iStockphoto
Ilustrasi oatmeal | iStockphoto

Oatmeal

Oatmeal dikenal dapat menghidrasi dan melembapkan kulit. Oatmeal memiliki kemampuan dapat menyerap minyak berlebih dan mengunci kelembapan. Kemampuan ini bisa diandalkan sebagai cara menghaluskan kulit wajahmu.

Cara memanfaatkan oatmeal untuk menghaluskan kulit yaitu dengan mencampurkan oatmeal dengan air hangat. Setelah itu tambahkan yogurt, madu dan putih telur. Oleskan pada area wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas wajah hingga bersih.

Minyak Esensial

Minyak esensial ternyata bisa digunakan sebagai cara menghaluskan kulit wajah. Jangan asal menggunakannya, pilih sesuai kebutuhan. Lakukan perawatan sesuai dengan jenis kulit. Ada banyak sekali pilihannya, yakni minyak mawar, minyak lemon, minyak jojoba, tea tree oil, minyak lavender, dan lain-lain.

Madu

Madu memiliki sifat bioaktif yang sangat efektif mengatasi kulit kasar, keriput, kusam, dan kerutan halus. Tidak heran jika cara menghaluskan kulit wajah ini bisa menggunakan madu. Madu bisa diterapkan menjadi masker untuk perawatan. Gunakan masker madu secara rutin sekitar satu kali dalam seminggu.

Caranya, pastikan wajah telah bersih. Kemudian oleskan madu ke seluruh wajah dengan merata dan hindari area sekitar mata. Diamkan selam 30 menit dan cuci wajah hingga bersih.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sukses dengan Lathi, Sara Fajira Perkenalkan Lagu I Miss You

Posted: 12 Jul 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lagu berjudul "Lathi" yang dipopulerkan Weird Genius bersama Sara Fajira sukses besar tak hanya di dalam negeri, tapi juga mancanegara. Kini, Sara Fajira berharap tuah lagu tersebut menular melalui karya-karyanya yang lain.

Sara Fajira baru saja menelurkan karya baru berjudul "I Miss You". Sama seperti lagu "Lathi" yang fenomenal, ia juga berharap lagu barunya bisa diterima dengan baik oleh pecinta musik.

"Lagu 'I Miss You' ini merupakan single kedua aku," kata Sara Fajira saat jumpa pers video klip lagu terbarunya di MS Glow Aesthetic Clinic Surabaya, Minggu (12/7/2020).

Berbeda dengan lagu "Lathi" yang terkesan mistis, single "I Miss You" ini menunjukan sosok melankolis seorang Sara Fajira.

Tentang Lagu

Sara Fajira saat jumpa pers video klip lagu terbarunya di MS Glow Aesthetic Clinic Surabaya
Sara Fajira saat jumpa pers video klip lagu terbarunya di MS Glow Aesthetic Clinic Surabaya

Sara Fajira mengatakan, lagu terbarunya bercerita mengenai kerinduan pasangan kekasih. Rasa kangen itu makin bertambah di masa pandemi Corona Covid-19.

Wakili Perasaan

Sara Fajira saat jumpa pers video klip lagu terbarunya di MS Glow Aesthetic Clinic Surabaya
Sara Fajira saat jumpa pers video klip lagu terbarunya di MS Glow Aesthetic Clinic Surabaya

"Mewakili perasaan anak-anak zaman sekarang yang kangen dengan pasangannya, terutama di masa pandemi Covid-19," Sara Fajira mengungkapkan arti lagu terbarunya.

Tak Pasang Target

Sara Fajira saat jumpa pers video klip lagu terbarunya di MS Glow Aesthetic Clinic Surabaya
Sara Fajira saat jumpa pers video klip lagu terbarunya di MS Glow Aesthetic Clinic Surabaya

Saat ini, kata Sara Fajira, videoklip lagu terbarunya sudah muncul di YouTube. Ia juga tak mau memasang target jumlah penonton video klipnya seperti lagu "Lathi" yang mendapat jutaan views.

Dukungan Produser Musik

Sara Fajira saat jumpa pers video klip lagu terbarunya di MS Glow Aesthetic Clinic Surabaya
Sara Fajira saat jumpa pers video klip lagu terbarunya di MS Glow Aesthetic Clinic Surabaya

Lagu "I Miss You" diciptakan oleh Fabio Farisco dan diproduseri oleh Shandy Purnamasari, Founder MS Glow. Sebagai seorang pebisnis Shandy Purnamasari ingin mendukung musisi dalam negeri yang terkena dampak pandemi Covid-19.

"Pertama karena lagunya memang bagus easy listening, kedua kami ingin mendukung para musisi terutama di tengah pandemi Covid-19 agar para musisi tetap terus berkarya. Dan sama-sama berasal dari kota Surabaya saya bangga bisa mendukung Sara Fajira," ungkap Shandy Purnamasari. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Nilai Plus yang Membuat Cristiano Ronaldo Lebih Hebat dari Lionel Messi

Posted: 12 Jul 2020 09:35 PM PDT

Turin - Piers Morgan mengutarakan pendapat mengapa Cristiano Ronaldo lebih hebat dibanding Lionel Messi.

Di mata jurnalis senior asal Inggris itu, Cristiano Ronaldo tidak hanya sukses sebagai pesepak bola, tapi juga sebagai manusia dari semua sisi. Morgan mengaku sebagai penggemar berat Ronaldo dan kini bersahabat dengan bintang Juventus itu.

Menurut Morgan, Cristiano Ronaldo punya lima keunggulan yang membuatnya lebih keren dari Messi.

Pertama, Ronaldo punya pengarus besar di tim, tetapi tidak membuat tim itu menjadi Ronaldo sentris. 

"Saya tidak punya tim asing favorit, tetapi saya punya pemain asing favorit. Ketika dia berada di Real Madrid, itu adalah Real Madrid. Sekarang dia di Juventus, itu adalah Juventus," kata Morgan kepada talkSPORT.

Kedua, semangat dan etos kerja Ronaldo luar biasa. Messi pun demikian, namun, menurut Morgan, Ronaldo berada level tertinggi jika bicara etos kerja pesepak bola.

"Dia memiliki semangat kompetitif yang ganas ini, ini jarang saya temui. Dia berusia 35 tahun, Lionel Messi ada di belakangnya. Saya sering berdebat dengan Gary Lineker. Keduanya adalah pemain yang menonjol. Dia (Gary) seorang fanboy Messi. Saya seorang penggemar Cristiano Ronaldo," imbuhnya.

 

 

Berani Mengambil Risiko

Ronaldo Vs Messi 2016 (Bola.com/Adreanus Titus)
Ronaldo Vs Messi 2016 (Bola.com/Adreanus Titus)

Ketiga adalah Cristiano Ronaldo selalu mencoba tantangan baru dan anti kemapapan.

"Lihat Messi. Dia berada di satu klub, dia tidak pernah melakukannya di panggung internasional, rekornya di Liga Champions tidak sebagus Ronaldo. Ronaldo telah melakukannya di panggung internasional, Liga Champions dan cemerlang di empat negara berbeda, Portugal, Inggris, Spanyol, dan sekarang Italia," kata Morgan.

Keempat, Ronaldo berani mengambil risiko.

"Ronaldo lebih menantang dirinya sendiri, berhasil di setiap liga. Messi tidak pernah mengambil risiko itu, dia tidak pernah meninggalkan Barcelona. Ada sesuatu yang bisa dikatakan untuk satu pemain klub, seperti Paolo Maldini, saya tidak ingin merendahkan Messi, tetapi itu untuk Ronaldo.."

"Saya pikir dia adalah pemain terbaik yang pernah bermain. Kami menjadi teman yang cukup baik. Kami saling mengirim sms hampir setiap minggu," kata Morgan.

Sumber: talkSPORT

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Wiwig Prayugi, Published 13/7/2020)

Saksikan Video Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjalanan Koperasi Makmur Mandiri, Berdiri demi Membantu Sesama

Posted: 12 Jul 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dimulai dari niat maka segala sesuatu bisa berjalan. Seperti yang dilakukan Tumbur Naibaho bersama 25 rekannya yang "jebolan" sebuah perusahaan asuransi sepakat mendidirikan sebuah Koperasi. 

Berbekal pengalaman di bidang asuransi, pasar modal, dana pensiun, BPR dan koperasi, dan semangat untuk membantu sesama terbentuklah Koperasi Makmur Mandiri (KMM).

Dipilihnya koperasi, karena Tumbur dan rekan ingin bangkit sekaligus membantu sesama atau menciptakan lapangan kerja baru yang penuh dengan semangat gotong royong.

Tepat pada 22 Juni 2009, Tumbur mendirikan sebuah koperasi yang diberi nama Koperasi Makmur Mandiri (KMM). Dengan gotong royong dari 25 pendiri, koperasi dengan jenis usaha simpan pinjam  tersebut terkumpul modal sebesar Rp 500 juta termasuk simpanan pokok dan simpanan wajib.

Dengan semangat terus melayani anggota dengan layanan yang semakin baik, KMM berkembang pesat. Dalam usianya yang ke-11 tahun ini, total asetnya telah mencapai Rp 580 miliar.

Per awal Juli 2020, Koperasi yang berkantor pusat di Suncity Square, Bekasi, Jawa Barat ini telah memiliki 142 kantor cabang yang tersebar di hampir seluruh penjuru Tanah Air dengan jumlah karyawan mencapai 1.300 orang.

Dari 142 kantor cabang tersebut, sebanyak 66 kantor miliki sendiri. Sementara jumlah anggota telah mencapai  56 ribu orang. Dan ditargetkan hingga akhir tahun 2020 ini jumlah anggota bisa tembus 100 ribu orang.

Ketua Koperasi Makmur Madiri, Tumbur Naibaho meyakini semakin banyak masyarakat yang menjadi anggota akan memperkuat permodalan koperasi.

Dengan kekuatan modal anggota, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Untuk mencapai target jumlah anggota, Tumbur terus mengembangkan jaringan kantor. Pada tahun ini KMM berhasil menambah 4 kantor cabang baru, dan akan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan.

Sejalan dengan penambahan jaringan kantor, KMM juga telah mengadopsi perkembangan teknologi digital dengan meluncurkan Makmur Mandiri Mobile. Dengan aplikasi digital itu, layanan kepada anggota menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan modern.

Makmur Mandiri Mobile memiliki fitur yang beragam, antara lain penyetoran simpanan maupun pinjaman, permohonan pinjaman, pengajuan menjadi anggota, pembelian pulsa, token, membayar asuransi dan fitur lainnya.

Kinerja usaha pun terus digenjot untuk mencapai target yang telah dianggarkan sampai akhir tahun. Volume usaha ditargetkan mencapai Rp750 miliar dengan jumlah anggota sebanyak 100 ribu orang. Sedangkan modal ditargetkan sebesar Rp185 miliar dengan rasio kecukupan modal sebesar 20 persen hingga akhir tahun.

Tumbur optimistis target tersebut dapat terealisasi meski dihadapkan pada tantangan yang tidak ringan akibat ekses pandemi Covid-19. Dukungan dari mitra strategis lembaga keuangan dalam perkuatan permodalan menjadi salah satu alasannya untuk optimistis itu.

 

 

Pengembangan Usaha

ilustrasi-koperasi
ilustrasi-koperasi

KMM pada akhir Mei lalu mendapat kepercayaan dari Kementerian Koperasi dan UKM melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dana Bergulir (LPDB KUMKM) yang memberikan Pinjaman Modal Kerja sebesar Rp50 miliar, namun baru cair Rp40 miliar.

Dana dari LPDB KUMKM ini digunakan khusus untuk membantu modal kerja para anggota. Harapannya, di tengah situasi pandemi Covid 19 ini, usaha anggota dapat cepat bangkit kembali.

Dalam penyaluran pinjaman, KMM tetap fokus untuk kelompok mikro kecil dengan plafon pinjaman di bawah Rp10 juta. Ini disertai dengan jangka waktu angsuran yang pendek rata-rata dibawah 24 bulan.

"Kami tetap fokus membiayai usaha anggota di usaha mikro kecil dengan suku bunga yang kompetitif," ungkap Tumbur.

Penyaluran kredit yang dilakukan KMM disertai dengan prinsip kehati-hatian sebagai bagian dari mitigasi risiko kredit.  Sampai saat ini angka pinjaman bermasalah (non performing loan/NPL) KMM berada di bawah 1,5%. Ini  sebagai bukti risiko pinjaman terkelola dengan baik.

Dalam pengembangan usaha, KMM membidik pangsa pasar yang minim pesaing namun surplus potensi. Salah satunya dengan mengambil alih PT Karunia Putri Sejati yang mengelola Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU atau Pompa Bensin), satu-satunya di Kabupaten Samosir. "Potensi pembiayaan untuk pelaku usaha pom bensin mini cukup besar," ujar Tumbur.

Saat ini diperkirakan ada 400 pengelola kios SPBU mini di Pulau Samosir. Dengan diberikan tambahan modal kerja di bawah Rp5 juta, mereka tidak perlu lagi setiap hari bolak –balik ke SPBU untuk kulakan bensin eceran.

KMM juga memperluas target anggota dengan membidik pelaku usaha mikro kecil, setelah sebelumnya berhasil di segmen karyawan/buruh. 

Ini dilakukan untuk menambah portofolio usaha anggota sekaligus mengelola risiko kredit koperasi.Selama ini, pelaku usaha di tingkat akar rumput mendominasi struktur UMKM.

Banyak dari mereka yang belum tersentuh pembiayaan baik dari koperasi maupun lembaga keuangan lain. Kehadiran KMM di segmen ini diharapkan dapat mempermudah akses pembiayaan bagi pelaku usaha mikro kecil.

Berbagai penghargaan pun telah diraih. Di antanya, sebagai Koperasi Berprestasi 2018 dan dianugerahi Bhakti Koperasi dari Pemerintah. KMM juga tercatat merupakan salah satu Koperasi Besar di Indonesia.

Selain itu, KMM juga mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas rekor Koperasi Simpan Pinjam Pertama yang RAT melalui Video Conference.

Keberhasilan KMM tersebut tak lepas dari dukungan anggota dan karyawan. "Ketengan bekerja para karyawan dan pelayanan yang baik menjadi kunci sukesnya sebuah koperasi," pungkas Tumbur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Far Cry 6 Terkonfirmasi, Ubisoft Buka Pre-Order

Posted: 12 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat bocor beberapa waktu lalu, Ubisoft akhirnya secara resmi mengumumkan kehadiran gim Far Cry 6. Pengumuman itu dilakukan dalam event Ubisoft Forward yang baru saja selesai.

Dalam event tersebut, ada beberapa hal yang akhirnya mengonfirmasi rumor seputar gim iniSalah satunya adalah kehadiran Giancarlo Esposito yang dipastikan tampil di gim ini dan menjadi karakter antagonis.

Sebagai informasi, aktor pemeran serial TV Breaking Bad itu berperan sebagai Anton Castillo. Dikutip dari akun Twitter Giancarlo, Senin (13/7/2020), trailer Fair Cry 6 ini juga sudah dirilis dan dapat disaksikan.

Menyusul kepastian tersebut, Ubisoft pun sudah membuka akses pre-order untuk gim ini. Rencananya, gim ini akan tersedia pada 18 Februari 2021.

Sebagai informasi, Far Cry 6 akan mendukung PS5, PS4, Xbox Series X, Xbox One, Google Stadia, dan PC. Lalu untuk pemain yang membeli gim versi PS4 atau Xbox One dapat melakukan update ke generasi gim terbaru tanpa biaya. 

Akses pre-order ini sudah dibuka di PlayStation Store maupun Microsoft Store. Sementara untuk PC, gim ini sudah dapat didapatkan dari Epic Games Store dan Ubisoft Store.

Kisah Far Cry 6

Sekuel Far Cry terbaru. (Foto: Ubisoft)
Sekuel Far Cry terbaru. (Foto: Ubisoft)

Dalam kisah Far Cry 6, pemain akan bermain sebagai Dani Rojas. Dani berperan mengibarkan revolusi melalui sejumlah perang gerilya di seluruh pula Yara, mulai dari hutan, pinggiran kota, hingga Esperanza sebagai ibukota.

Aks gerilya ini dilakukan untuk melawan Presiden Anton Castillo yang memimpin Yara dengan tangan besi. Karenanya, pemain dapat memanfaatkan beragam senjata dan kendaraan, termasuk membangun aliansi. 

Tidak hanya itu, dalam gim ini, pemain diajak untuk menggagalkan upaya Anton untuk menjadikan anaknya Diego, yang diperankan oleh Anthony Gonzales, menjadi penerusnya.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proyek 4 Pos Perbatasan Indonesia dengan Malaysia Rampung 2021-2022

Posted: 12 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melanjutkan 4 proyek Pos Lintas Batas Negara (PLBN) atau pos perbatasan negara di Kalimantan Utara.

Keempat pos yang berbatasan dengan Malaysia tersebut yakni PLBN Terpadu Sei Pancang, PLBN Terpadu Long Midang dan PLBN Terpadu Labang di Kabupaten Nunukan, serta PLBN Terpadu Long Nawang di Kabupaten Malinau.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berharap, kehadiran pos perbatasan tersebut dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru. Dengan demikian kehadiran PLBN akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan.

"Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan," kata Menteri Basuki, Senin (13/7/2020).

Pembangunan PLBN Terpadu Sei Pancang di Kecamatan Sebatik Utara, Kabupaten Nunukan telah dimulai pada 24 Februari 2020. Ditargetkan proyek ini selesai pada 17 Juli 2021.

Saat ini progres pembangunan fisik telah mencapai 1,37 persen. Nilai kontrak pembangunan PLBN ini sebesar Rp 226,18 miliar.

Adapun pembangunan PLBN ini dilaksanakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Kalimantan Utara, Direktorat Jenderal Cipta Karya. Ruang lingkup pekerjaan meliputi bangunan utama, mess pegawai, Wisma Indonesia, lansekap, pekerjaan interior, X-Ray cabin baggage, metal detector, jalan dan parkir kendaraan, jembatan, serta mekanikal elektrikal dan plumbing (MEP) kawasan.

Bangunan utama pos perbatasan akan dibangun setinggi 3 lantai seluas 5.613 m2, mess pegawai dibangun setinggi 2 lantai dengan luas 1.904 m2, dan Wisma Indonesia dibangun setinggi 2 lantai seluas 1.888 m2.

PLBN Terpadu Long Midang

PLBN Terpadu Long Midang. (Dok Kementerian PUPR)
PLBN Terpadu Long Midang. (Dok Kementerian PUPR)

Sementara PLBN Terpadu Long Midang di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan direncanakan akan mulai kontrak pada Juli 2020 ini. Pengerjaannya ditargetkan rampung pada Desember 2021.

Anggaran pembangunan PLBN ini sebesar Rp 245,38 miliar, meliputi pekerjaan bangunan utama, mess pegawai, Wisma Indonesia, lansekap, pekerjaan interior, X-Ray cabin baggage, metal detector, jalan dan parkir kendaraan, jembatan, serta mekanikal elektrikal dan plumbing (MEP) kawasan.

Selanjutnya, PLBN Terpadu Labang di Kecamatan Lumbis Ogong, Kabupaten Nunukan akan mulai dibangun pada Oktober 2020. Rencananya proyek ini selesai pada pertengahan 2022 dengan anggaran sebesar Rp 5 miliar. Pembangunan PLBN ini meliputi pekerjaan bangunan utama, mess pegawai, Wisma Indonesia, Patung Garuda dan lansekap.

Di Kabupaten Malinau, Kementerian PUPR akan membangun PLBN Terpadu Long Nawang yang berlokasi di Kecamatan Kayan Hulu. Pembangunan PLBN ini dimulai pada Juni 2020 dan ditargetkan selesai pada Desember 2021.

Lingkup kegiatan pembangunan PLBN ini meliputi pekerjaan bangunan utama, mess pegawai, Wisma Indonesia, masjid dan lansekap. Pengerjaan tersebht menelan anggaran sebesar Rp 259,34 miliar.

Pengembangan PLBN Skouw Capai 91 Persen

PLBN Skouw. (Dok Kementerian PUPR)
PLBN Skouw. (Dok Kementerian PUPR)

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meneruskan pengembangan sarana dan prasarana penunjang Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw yang terletak di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan lanjutan kawasan perbatasan Skouw bertujuan untuk pertahanan keamanan sekaligus mendukung kegiatan sosial-ekonomi pada wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

"Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Kamis (25/6/2020).

Saat ini, progres pengembangan sarana dan prasarana penunjang PLBN Terpadu Skouw telah mencapai 91,99 persen. Pekerjaan ini dimulai pada 13 Agustus 2019 dan ditargetkan selesai 31 Agustus 2020. Pengerjaannya menelan anggaran sebesar Rp 129,1 miliar, yang dikerjakan oleh kontraktor PT Nindya Karya dengan manajemen konstruksi PT Yodya Karya.

PLBN Skouw Hidupkan Ekonomi Perbatasan Indonesia-Papua NuginiKonstruksi PLBN Yetetkun di Papua Ditargetkan Rampung Agustus 2021  

Lingkup pekerjaan pengembangan sarana dan prasarana penunjang PLBN Terpadu Skouw meliputi infrastruktur dan penataan kawasan, pembangunan mess karyawan, bangunan pasar, kantor pengelola, renovasi masjid, renovasi gedung serba guna, jembatan penghubung, patung Soekarno, ornamen gerbang, videotron, signage, sculpture, dan sitting group.

Pekerjaan infrastruktur kawasan meliputi perkerasan jalan sepanjang 296 meter, pekerjaan saluran drainase sepanjang 1.620 meter, kolam retensi, kolam penampungan air, pagar keliling sepanjang 1.008 meter, penataan parkir, pembuatan TPS, pekerjaan mamah sirih sebanyak 35 unit dan perabot jalan (tempat sampah dan penerangan).

Sementara penataan kawasan meliputi pekerjaan penanaman taman dengan pohon tabebuya, trembesi, ketapang dan ketapang kencana, pekerjaan perkerasan dan playground. 

Mess Karyawan

PLBN Skouw. (Dok. Kementerian PUPR)
PLBN Skouw. (Dok. Kementerian PUPR)

Mess karyawan dibangun sebanyak 21 unit yang terdiri dari 18 unit tipe 36, 2 unit tipe 54 dan 1 unit tipe 75. Mess karyawan ini dilengkapi dengan air bersih, sanitasi, drainase dan listrik.

Untuk mendukung kegiatan ekonomi masyarakat sekitar, Kementerian PUPR juga membangun pasar di PLBN Terpadu Skouw seluas 7.269 m2 yang terdiri dari 2 lantai.

Pasar ini memiliki total 152 kios, dimana lantai dasar terdapat 40 kios dan lantai satu 112 kios. Kantor pengelola juga dibangun setinggi 2 lantai.

Lantai dasar seluas 347,11 m2 terdiri dari ruang rapat, ruang server, ruang loker, gudang, toilet, dan lobby. Sementara lantai atas seluas 104,62 m2 diperuntukan sebagai ruang staf umum, ruang kepala pasar, ruang panel, ruang administrasi, pantry, dan selasar. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bendung Infeksi COVID-19, Afrika Selatan Setop Lagi Penjualan Minuman Beralkohol

Posted: 12 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Cape Town - Afrika Selatan telah memperkenalkan aturan baru yakni larangan penjualan minuman beralkohol, yang diyakini akan membantu mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19. 

Aturan jam malam di malam hari telah diberlakukan, dan pemakaian masker di luar ruangan juga telah diwajibkan. 

Mengutip BBC, Senin (13/7/2020), Presiden Cyril Ramaphosa mengatakan aturan larangan alkohol yang kedua kalinya diterapkan di Afrika Selatan pada tahun ini, akan mengurangi tekanan sistem kesehatan nasional.

Larangan terhadap penjualan alkohol dikeluarkan hanya beberapa minggu setelah larangan tiga bulan lainnya dicabut dalam upaya untuk mencegah perkelahian, kekerasan dalam rumah tangga dan menghilangkan kebiasaan pesta-pesta mabuk-mabukan di seluruh Afrika Selatan.

Dokter dan polisi mengatakan larangan sebelumnya berkontribusi pada penurunan tajam dalam penerimaan darurat ke rumah sakit. Tetapi para pembuat bir dan pembuat anggur negara itu mengeluhkan masalah dalam bisnis mereka. 

Afrika Selatan menjadi negara yang paling terpukul oleh pandemi Virus Corona baru di benua itu. Bahkan pada awal pekan ini, Afrika Selatan mencatat peningkatan tertinggi dalam sehari. Hampir setengah dari mereka berada di Gauteng, provinsi yang menjadi pusat penyebaran penyakit.

Dalam pidatonya di depan umum, Ramaphosa mengakui "kebanyakan" orang telah mengambil tindakan untuk membantu mencegah penyebaran, tetapi dia mengatakan masih ada beberapa yang bertindak "tanpa tanggung jawab untuk saling menghormati dan melindungi satu sama lain".

"Ada sejumlah orang yang berada di pesta-pesta penyelenggaraan, yang minum-minum, dan beberapa yang berjalan di sekitar ruang yang ramai tanpa mengenakan masker," kata presiden.

Langkah Pencegahan

Anak-anak bermain sepak bola di Ramaphosa, Johannesburg, Afrika Selatan, Selasa (28/4/2020). Afrika Selatan akan mulai mengurangi penerapan lockdown ketat secara bertahap pada 1 Mei, meski kasus COVID-19 yang dikonfirmasi terus meningkat. (AP Photo/Themba Hadebe)
Anak-anak bermain sepak bola di Ramaphosa, Johannesburg, Afrika Selatan, Selasa (28/4/2020). Afrika Selatan akan mulai mengurangi penerapan lockdown ketat secara bertahap pada 1 Mei, meski kasus COVID-19 yang dikonfirmasi terus meningkat. (AP Photo/Themba Hadebe)

Ramaphosa mengatakan langkah-langkah baru itu diperkenalkan untuk membantu mengatasi pandemi Virus Corona baru, dan keadaan darurat akan diperpanjang hingga 15 Agustus. 

Sedangkan untuk aturan larangan malam hari akan diberlakukan mulai pukul 21:00 hingga 04:00.

Pemerintah juga telah menyediakan 28.000 tempat tidur rumah sakit untuk pasien COVID-19. Namun Presiden Ramaphosa mengatakan negara itu masih menghadapi kekurangan "serius" dan membutuhkan lebih dari 12.000 petugas kesehatan, termasuk perawat, dokter, dan fisioterapis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Semangat Murid SD Belajar Online di Hari Pertama Ajaran Baru

Posted: 12 Jul 2020 09:30 PM PDT

Fatma Azaidah, Kelas 2 SDIT As Salamah sedang mengikuti pembelajaran zoom atau online hari pertama masuk ajaran baru 2020/2021 di rumah di kawasan Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Fatma Azaidah, Kelas 2 SDIT As Salamah sedang mengikuti pembelajaran zoom atau online hari pertama masuk ajaran baru 2020/2021 di rumah di kawasan Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Fatma Azaidah, Kelas 2 SDIT As Salamah sedang mengikuti pembelajaran zoom atau online hari pertama masuk ajaran baru 2020/2021 di rumah di kawasan Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Faqih Nur Andrian mengikuti pembelajaran online ajaran baru 2020/2021 di rumah, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). Kemendikbud kembali menghadirkan program Belajar dari Rumah semua level pendidikan di masa darurat pandemi Covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Faqih Nur Andrian mengikuti pembelajaran online ajaran baru 2020/2021 di rumah, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). Kemendikbud kembali menghadirkan program Belajar dari Rumah semua level pendidikan di masa darurat pandemi Covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Faqih Nur Andrian mengikuti pembelajaran online ajaran baru 2020/2021 di rumah, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). Kemendikbud kembali menghadirkan program Belajar dari Rumah semua level pendidikan di masa darurat pandemi Covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Fatma Azaidah mengikuti pembelajaran online ajaran baru 2020/2021 di rumah, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). Kemendikbud kembali menghadirkan program Belajar dari Rumah semua level pendidikan di masa darurat pandemi Covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Fatma Azaidah mengikuti pembelajaran online ajaran baru 2020/2021 di rumah, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). Kemendikbud kembali menghadirkan program Belajar dari Rumah semua level pendidikan di masa darurat pandemi Covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Fatma Azaidah mengikuti pembelajaran online ajaran baru 2020/2021 di rumah, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). Kemendikbud kembali menghadirkan program Belajar dari Rumah semua level pendidikan di masa darurat pandemi Covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Fatma Azaidah, Kelas 2 SDIT As Salamah sedang mengikuti pembelajaran zoom atau online hari pertama masuk ajaran baru 2020/2021 di rumah di kawasan Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Fatma Azaidah, Kelas 2 SDIT As Salamah sedang mengikuti pembelajaran zoom atau online hari pertama masuk ajaran baru 2020/2021 di rumah di kawasan Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Fatma Azaidah, Kelas 2 SDIT As Salamah sedang mengikuti pembelajaran zoom atau online hari pertama masuk ajaran baru 2020/2021 di rumah di kawasan Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Fatma Azaidah, Kelas 2 SDIT As Salamah sedang mengikuti pembelajaran zoom atau online hari pertama masuk ajaran baru 2020/2021 di rumah di kawasan Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Fatma Azaidah, Kelas 2 SDIT As Salamah sedang mengikuti pembelajaran zoom atau online hari pertama masuk ajaran baru 2020/2021 di rumah di kawasan Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Fatma Azaidah, Kelas 2 SDIT As Salamah sedang mengikuti pembelajaran zoom atau online hari pertama masuk ajaran baru 2020/2021 di rumah di kawasan Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Dugaan Prostitusi, Manajer Sebut Artis H Masih di Jakarta Pada Minggu Malam

Posted: 12 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artis FTV berinisial H ditangkap polisi di sebuah hotel di Medan, Sumatera Utara, Minggu (12/7/2020) malam. Artis yang juga selebgram ini ditangkap terkait kasus dugaan prostitusi.

Terkait penangkapan ini, sang manajer memberi keterangan. Ia mengaku tak tahu menahu bila artisnya diamankan oleh pihak berwajib karenana kasus dugaan prostitusi.

"Ah enggak, kata siapa? Aku belum dapet info apa-apa pagi ini," kata Nico, manajer H, saat dihubungi pada Senin (13/7/2020).

Masih di Jakarta

Ilustrasi Prostitusi (ANOEK DE GROOT AFP)
Ilustrasi Prostitusi (ANOEK DE GROOT AFP)

Beberapa jam sebelum peristiwa penangkapan, sang manajer juga masih melakukan kontak dengan artis H. Saat itu, katanya, H masih berada di Jakarta.

"Tadi malam jam 19.44 masih komunikasi. Dia bilang masih di Jakarta. Pas video call itu juga kelihatan sepertinya ada di apartemennya dia di Jakarta," terangnya.

Ada Penerbangan?

Ilustrasi prostitusi
Ilustrasi prostitusi

Sang manajer lantas mempertanyakan, apakah masih ada penerbangan dari Jakarta ke Medan di malam hari, bila artisnya benar-benar diciduk polisi di Medan.

"Saya tahu dari dinding stiker sama bedcover, karena dia suka sama warna merah. Emang masih ada penerbangan ke Medan di atas jam 9 malam?" sang manajer mengakhiri.

Penangkapan

Semengtara itu, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko mengatakan pihaknya menangkap artis berinisial HH karena adanya laporan warga terkait dugaan praktik prostitusi.

"Beberapa hari lalu, teman-teman Sat Reskrim dan Sat Intelkam menerima informasi bahwa ada yang diduga sebagai muncikari menawarkan ke orang-orang, begitu di Medan sini," kata Kombes Pol Riko, Senin (13/7/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap Penganiaya WNI hingga Tewas di Kapal Lu Huang Yuan Yu 118

Posted: 12 Jul 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menangkap terduga pelaku tindak penganiayaan di Kapal Lu Huang Yuan Yu 118 berbendera China yang terjadi dalam rentang waktu terjadi antara Januari 2020 sampai dengan Juli 2020. Salah satu korbannya adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang akhirnya ditemukan meninggal dunia.

Direskrimum Polda Kepri Kombes Arie Darmanto menyampaikan, pelaku adalah warga negara China atas nama Song Chuanyun (50).

"Dia supervisor Kapal Lu Huang Yuan Yu 118," tutur Arie dalam keterangannya, Senin (13/7/2020).

Arie menyebut, pelaku ditangkap pada Rabu, 10 Juli 2020 sekitar pukul 21.45 WIB di atas Kapal Lu Huang Yuan Yu 118 yang berlabuh di Dermaga Lanal Batam.

Pengejarannya dilakukan usai ditemukan jasad WNI yang meninggal dunia di atas kapal dan langkah lanjut Laporan Polisi Nomor: LP-A/ 97/ VII/ SPKT-Kepri tertanggal 09 Juli 2020.

Dari pelaku, diamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya satu pasang sepatu safety merk QA Shoes warna hitam dengan bercak cat, satu buah kunci pas nomor 24 merk Jiang Hua, satu bilah tongkat kayu, dan satu buah bandul pancing yang terbuat dari besi.

"Terhadap tersangka dan barang bukti saat ini telah diamankan di Ditreskrimum Polda Kepri untuk penyidikan lebih lanjut," kata Arie.

Polisi Investigasi Kapal China Lu Huang Yuan Yu 118 Terkait Temuan Jasad WNI

Ilustrasi kapal (iStock)
Ilustrasi kapal (iStock)

Sebelumnya, Kepolisian Polda Kepri menerjunkan tim gabungan untuk menginvestigasi adanya dugaan kasus perdagangan orang yang melibatkan kapal Lu Huang Yuan Yu 117 dan 118 berbendera China. Kedua kapal tersebut diamankan pada Rabu 8 Juni 2020.

Kapolda Kepri Irjen Aris Budiman menyampaikan, di atas kapal itu juga diduga terjadi tindak kekerasan yang mengakibatkan seorang ABK kapal Warga Negara Indonesia (WNI) meninggal dunia.

"Informasi awal yang diterima ada seorang warga negara kita diduga dianiayai hingga meninggal dunia," tutur Aris dalam keterangannya, Kamis (9/7/2020).

Aris berkaca pada pengalaman sebelumnya bahwa sebagian besar tenaga kerja Indonesia yang bekerja di kapal ikan asing mengalami perlakuan tidak manusiawi. Dokumen pekerjaannya pun sering kali dipalsukan.

"Sehingga dugaan kami kedua kapal ini salah satunya merupakan tempat dilakukannya penganiayaan dan kapal lainnya sebagai saksi yang mengetahui kejadian tersebut. Dan warga negara kita juga yang menyampaikan informasi bahwa di mapal tersebut ada mayat, kuat dugaan kami bahwa yang bekerja di kapal tersebut merupakan korban trafficking atau perdagangan manusia yang dipekerjakan secara paksa di atas kapal ikan tersebut," jelas dia.

Menurut Aris, kedua kapal tersebut bertugas mencari ikan dan cumi-cumi dalam satu kepengurusan. Jenazah yang ditemukan di atas kapal kini sedang dalam pemeriksaan tim dokter.

Adapun TKP dugaan penganiyaan hingga menyebabkan meninggal dunia itu terjadi di wilayah yurisdiksi Indonesia dan korban merupakan WNI. Sebab itu, kewenangan investigasi ada di aparat kepolisian, termasuk juga TNI Angkatan Laut dan Bakamla.

"Kapal ini kurang lebih sudah berlayar selama tujuh bulan bertolak dari Singapura ke Argentina dan begitu melewati perairan kita langsung dilakukan penyergapan dengan seluruh aparat yang ada di laut," Aris menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aishwarya Rai dan Putrinya Positif Covid-19

Posted: 12 Jul 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aishwarya Rai dan putrinya dinyatakan positif terinfeksi virus corona baru setelah menjalani tes swab. Sebelumnya, hasil tes rapid keduanya menunjukkan hasil non-reaktif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Penampilan 5 Pemeran Film Surat Kecil untuk Tuhan Dulu Vs Kini

Posted: 12 Jul 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak tahu film Surat Kecil untuk Tuhan? Film drama ini rilis di bioskop pada 7 Juli 2011. Film Surat Kecil untuk Tuhan menceritakan tentang kisah nyata penderita kanker Rhabdomyosarcoma pertama di Indonesia.

Film yang menyentuh perasaan ini diperankan oleh banyak pemeran hits seperti Dinda Hauw, Esa Sigit, Indri Giana, Egi John, Dwi Andhika dan banyak pemeran lainnya. Salah satu pemeran yang curi perhatian adalah Dinda Hauw yang tampil begitu totalitas perankan karakter Keke sebagai penderita kanker Rhabdomyosarcoma.

Kini 9 tahun berselang, para pemeran film Surat Kecil untuk Tuhan semakin terlihat dewasa saja. Pemeran utama yakni Dinda Hauw bahkan baru saja melangsungkan pernikahan dengan Rey Mbayang pada Jumat (10/7/2020). Pada pernikahan tersebut, pemeran Keke ini terlihat begitu cantik.

Penasaran kan bagaimana potret pemeran film Surat Kecil untuk Tuhan dulu vs kini? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, pemeran film Surat Kecil untuk Tuhan dulu vs kini, Senin (13/7/2020).

1. Pemeran Keke, Dinda Hauw kini sudah melepas status lajangnya. Ia menikah dengan Rey Mbayang pada 10 Juli 2020.

Beda Penampilan 5 Pemeran Film Surat Kecil untuk Tuhan Dulu Vs Kini (sumber: Fimela.com dan Instagram.com/dindahw)
Beda Penampilan 5 Pemeran Film Surat Kecil untuk Tuhan Dulu Vs Kini (sumber: Fimela.com dan Instagram.com/dindahw)

2. Esa Sigit, pemeran Andi kini penampilannya semakin keren saja. Ia masih tetap eksis sebagai aktris dan juga mulai melebarkan sayap ke dunia musik.

Beda Penampilan 5 Pemeran Film Surat Kecil untuk Tuhan Dulu Vs Kini (sumber: Instagram.com/esasigit)
Beda Penampilan 5 Pemeran Film Surat Kecil untuk Tuhan Dulu Vs Kini (sumber: Instagram.com/esasigit)

3. Pemeran Chika, Egi John kini sudah jarang terlihat di layar kaca. Ia semakin terlihat religius saja sekarang.

Beda Penampilan 5 Pemeran Film Surat Kecil untuk Tuhan Dulu Vs Kini (sumber: Instagram.com/mregijohn)
Beda Penampilan 5 Pemeran Film Surat Kecil untuk Tuhan Dulu Vs Kini (sumber: Instagram.com/mregijohn)

4. Pemeran Kiki, Dwi Andhika semakin terlihat keren. Kini ia menjadi salah satu presenter hits Tanah Air.

Beda Penampilan 5 Pemeran Film Surat Kecil untuk Tuhan Dulu Vs Kini (sumber: Instagram.com/dwiandhika3486)
Beda Penampilan 5 Pemeran Film Surat Kecil untuk Tuhan Dulu Vs Kini (sumber: Instagram.com/dwiandhika3486)

5. Indri Giana, pemeran Shifa sudah menjadi ibu 2 anak setelah menikah dengan ustaz Riza Muhammad.

Beda Penampilan 5 Pemeran Film Surat Kecil untuk Tuhan Dulu Vs Kini (sumber: Instagram.com/_indrigiana_)
Beda Penampilan 5 Pemeran Film Surat Kecil untuk Tuhan Dulu Vs Kini (sumber: Instagram.com/_indrigiana_)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Suamiku Terpikat Rayuan Wanita yang Pandai Bersandiwara, Senin 13 Juli

Posted: 12 Jul 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jangan lewatkan penayangan FTV Kisah Nyata Spesial Senin siang ini.

Indosiar selalu menyajikan drama memikat melalui Kisah Nyata Spesial.

Saksikan episode Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erling Haaland Diusir dari Klub Malam, Disuruh Pulang Potong Kayu oleh Bapaknya

Posted: 12 Jul 2020 09:20 PM PDT

Oslo - Erling Haaland dikabarkan diusir dari klub malam di Norwegia. Video bintang Borussia Dortmund yang beradu argumen dengan security club itu tersebar di Twitter.

Awalnya, setelah video dari snapchat tersebar, ada yang tidak percaya kalau itu Erling Haaland. Namun, pengguna Twitter meyakini bahwa laki-laki itu adalah Erling Haaland.

Sebelum meninggalkan tempat itu, Haaland berdebat dengan security tersebut. Video tersebut pun mendapat komentar lucu di Twitter.

Eling Haaland tengah berlibur di kampung halaman setelah Bundesliga musim ini berakhir. Ia menikmati musim panas di Norwegia dengan mengunjungi wisata alam untuk bersantai.

Lucunya, berita Erling Haaland diusir dari club langsung direspons sang ayah, Alfie Haaland. Melalui akun Twitternya, Alfie yang mengunggah foto sedang memotong kayu, meminta Haaland kembali bekerja.

 

Jadi Tukang Kayu?

Erling Braut Haaland (Dortmund) - Haaland menjadi penyerang tajam bersama Dortmund di musim ini. Ia tampil menawan di kompetisi Bundesliga dan Liga Champions. Pemain berusia 19 tahun ini memiliki kualitas permainan seperti Cristiano Ronaldo. (AFP/Ina Fassbender)
Erling Braut Haaland (Dortmund) - Haaland menjadi penyerang tajam bersama Dortmund di musim ini. Ia tampil menawan di kompetisi Bundesliga dan Liga Champions. Pemain berusia 19 tahun ini memiliki kualitas permainan seperti Cristiano Ronaldo. (AFP/Ina Fassbender)

Di akun Instagramnya, Haaland mengunggah sebuah foto sedang memotong kayu di hutan.

 
 
 
View this post on Instagram

The winter is coming ❄️ let's chop some wood #GOTfeelings #arbaiskar

A post shared by Erling Braut Haaland (@erling.haaland) on

 

Penyerang berusia 19 tahun itu mencuri perhatian pada musim ini. Setelah tampil gemilang bersama RB Salzburg, Haaland juga memperlihatkan ketajamannya ketika pindah ke Borusia Dortmund pada Januari 2020.

Haaland menjadi striker yang luar biasa musim ini. Ia mencetak 40 gol dari 44 penampilan dalam semua ajang.

Performa impresif Erling Haaland membuat klub-klub besar Eropa kepincut untuk mendapatkan tanda tangannya. Satu di antara klub yang serius memburu jasa sang bomber adalah Real Madrid.

 

Sumber: Twitter

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Wiwig Prayugi, Published 13/7/2020)

Saksikan Erling Haaland di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imported Case Corona Meningkat, Jokowi Minta Pengendalian Transportasi Lintas Wilayah

Posted: 12 Jul 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyoroti kasus virus Corona atau Covid-19 di Tanah Air yang melonjak beberapa hari terakhir. Dia meminta agar dilakukan pengendalian mobilitas warga di perbatasan dan perjalanan transportasi lintas wilayah.

"Pengendalian wilayah perbatasan dan perjalanan serta transportasi lintas wilayah, ini betul-betul kita harus jadi kan perhatian lagi," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Senin (13/7/2020).

Hal tersebut dinilai perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Jokowi melihat, kasus positif Corona dari luar negeri akhir-akhir ini meningkat.

"Karena imported case dari luar negeri juga kita lihat meningkat," ucap dia.

Jokowi juga meminta jajarannya untuk fokus melakukan testing, tracing, dan treatment untuk menekan jumlah kasus Covid-19 di sejumlah daerah. Ada 8 provinsi yang mendapat perhatian khusus dari Jokowi.

"Tetap pada concern kita untuk memasifkan 3T, testing, tracing, dan treatment dengan prioritas khusus testing, tracing, dan treatment ini di 8 provinsi yaitu (di antaranya) Jatim, DKI Jakarta, Jabar, Sulsel, Jateng, Sumut, dan Papua," jelas Jokowi.

Jokowi meminta agar tes terkait virus Corona melalui metode polymerase chain reaction (PCR) semakin ditingkatkan. Caranya, kata dia, dengan memperbanyak jumlah laboratorium di daerah-daerah serta mobile lab PCR.

Surat edaran soal pembatasan perjalanan

Ratusan petugas Bandara Soetta menjalani uji swab Covid-19. (Liputan6.com/PramitaTristiawati).
Ratusan petugas Bandara Soetta menjalani uji swab Covid-19. (Liputan6.com/PramitaTristiawati).

Sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menegaskan penumpang penerbangan luar negeri atau internasional wajib menyertakan hasil negatif Covid-19 melalui metode uji usap atau swab test Polymerase Chain Reaction/PCR.

Sedangkan penumpang penerbangan domestik bisa hanya menggunakan hasil rapid test (uji cepat). Aturan tersebut sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19, yang diubah menjadi SE Nomor 6 Tahun 2020.

"Dalam negeri ketentuannya adalah menggunakan hasil dari PCR tes, tetapi juga boleh menggunakan rapid test. Ini sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 4, dan diperbaiki menjadi Nomor 6 diperpanjangannya," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen Doni Monardo dikutip dari Antara, Kamis (4/6/2020).

Sedangkan untuk penumpang dari luar negeri, kata Doni, mengacu pada Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/313/2020 Tentang Protokol Kesehatan Penanganan Kepulangan WNI dan Kedatangan WNA Dari Luar Negeri di Pintu Masuk Negara dan di Wilayah Pada Situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dalam beleid tersebut, penumpang penerbangan dari luar negeri diwajibkan membawa hasil tes negatif Covid-19 melalui PCR.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen La Liga Spanyol: Peluang Real Madrid Jauhi Kejaran Barcelona

Posted: 12 Jul 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persaingan di La Liga Spanyol semakin ketat jelang kompetisi berakhir. Tim-tim yang berpeluang merengkuh gelar juara dan diprediksi bakal terlempar ke divisi lain musim ini, sudah mulai terlihat.

Seperti biasa, La Liga musim ini kembali menghadirkan persaingan Real Madrid dan Barcelona. Kedua tim raksasa ini semakin sengit bersaing papan atas klasemen. Barcelona saat ini mendulang 79 poin dari 36 pertandingan yang telah dilakoni. Sedangkan, Real Madrid mengumpulkan 80 poin dari 35 laga La Liga musim ini.

Namun, Real Madrid belum memainkan pertandingan pekan ke-36 mereka. Los Blancos baru akan bertanding pada Selasa (14/7/2020) dini hari WIB melawan tuan rumah Granada.

Real Madrid bisa kembali mempelebar jarak jika skuat asuhan Zinedine Zidane itu menang lawan Granada. Berikut klasemen La Liga:

Klasemen La Liga

 

Jadwal Pertandingan

Selasa 14 Juli 2020

00.30 WIB Deportivo Alaves Vs Getafe

00.30 WIB Villarreal Vs Real Sociedad

03.00 WIB Granada Vs Real Madrid

Simak Video Pertandingan La Liga Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Ini, Baru STIN yang Buka Tes SKD Sekolah Kedinasan di 11 Lokasi

Posted: 12 Jul 2020 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) seleksi sekolah kedinasan tahun anggaran 2020 resmi dibuka pada, Senin, 13 Juli 2020. Sebanyak 150.275 pelamar akan bersaing untuk dapat menjadi peserta ajar di 6 sekolah kedinasan.

Untuk hari pertama ini, baru Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) yang dinaungi Badan Intelijen Negara (BIN) yang akan menggelar tes SKD sekolah kedinasan. Pelaksanaan ujian tersebut dilaksanakan di 11 titik lokasi.

"Untuk hari ini STIN saja. Kalau titik lokasi untuk STIN tidak (digelar) di semua lokasi, hanya 11 lokasi," terang Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono kepada Liputan6.com, Senin (13/7/2020).

Adapun penyelenggaraan SKD sekolah kedinasan akan dilakukan di 49 titik lokasi. Meliputi Kantor BKN Pusat, Kantor Regional (Kanreg) BKN, Kantor UPT BKN, dan titik lokasi mandiri.

Lebih lanjut, Paryono melaporkan, pelaksanaan SKD untuk STIN pada hari ini pun hanya diikuti oleh sekitar seperdelapan dari total pelamar.

Sebagai informasi, STIN pada seleksi sekolah kedinasan tahun ini diikuti oleh 8.527 pelamar. "Hari ini ada sekitar 1.025 orang yang ikut tes SKD," ungkap dia.

Untuk SKD pada STIN akan digelar di 11 titik lokasi berbeda, antara lain:

1. BKN Pusat

2. Kanreg Yogya

3. Kanreg Surabaya

4. Kanreg Bandung

5. Kanreg Makassar

6. Kanreg Medan

7. Kanreg Palembang

8. Kanreg Jayapura

9. Kanreg Denpasar

10. Kantor UPT Padang

11. Kantor UPT Balikpapan

 

6 Instansi

Ilustrasi. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Ilustrasi. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

 

Mengutip catatan BKN, pelaksanaan rekrutmen sekolah kedinasan tahun ini dibuka di enam instansi, dengan total formasi sebanyak 5.426.

Berikut rinciannya:

- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada dengan jumlah 1.200 formasi

- Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dengan jumlah 600 formasi

- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan jumlah 2.676 formasi

- Badan Intelijen Negara (BIN) dengan jumlah 250 formasi

- Badan Pusat Statistik (BPS) dengan jumlah 600 formasi

- Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dengan jumlah 100 formasi

Secara jumlah pelamar, Institut Pemerintauan Dalam Negeri (IPDN) yang berada di bawah Kemendagri menjadi sekolah kedinasan dengan jumlah pelamar terbanyak, yakni 57.534 orang.

Posisi kedua ditempat PTTD-STTD di bawah Kemenhub dengan jumlah pelamar 34.384 orang. Diikuti Politeknik Statitiska atau STIS di bawah BPS dengan jumlah pelamar 28.942 orang.

Kemudian Poltekim dan Poltekip yang dinaungi Kemenkumham dengan jumlah pelamar 26.679 orang. Lalu STIN BIN dengan jumlah pelamar 8.527 orang, dan terakhir STSN di bawah BSSN dengan jumlah pelamar 4.123 orang.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Berpotensi Menguat Didorong Sentimen Positif Bursa Saham Asia

Posted: 12 Jul 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan awal pekan ini. Namun demikian, rupiah berpotensi menguat sepanjang hari ini.

Mengutip Bloomberg, Senin (13/7/2020), rupiah dibuka di angka 14.370 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.335 per dolar AS.

Jelang siang, rupiah terus bergerak melemah ke level 14.440per dolar AS.

Sejak pagi hingga pukul 11.00 WIB hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.370 per dolar AS hingga 14.472 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah mengalami tekanan sebesar 4,14 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.486 per dolar AS, menguat tipis jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.501 per dolar AS.

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Senin, mengatakan pembukaan pagi ini aset berisiko terlihat menguat dengan kenaikan indeks saham Asia mengikuti sentimen positif penguatan indeks saham AS dan Eropa akhir pekan lalu, karena potensi pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

"Rupiah juga mungkin akan ikut menguat hari ini mengikuti sentimen positif tersebut," ujar Ariston dikutip dari Antara, Senin (13/7/2020).

 

Prediksi Pergerakan Rupiah

Pegawai menunjukkan mata uang rupiah di penukaran uang di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Rupiah ditutup menguat 170 poin atau 1,19 persen menjadi Rp14.113 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp14.283 per dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pegawai menunjukkan mata uang rupiah di penukaran uang di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Rupiah ditutup menguat 170 poin atau 1,19 persen menjadi Rp14.113 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp14.283 per dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Di sisi lain, lanjutnya, pasar masih memperhatikan perkembangan penularan COVID-19 yang terus meninggi yang dikhawatirkan akan melambatkan kembali pemulihan ekonomi.

Pada Minggu (12/7) kemarin Organisasi Kesehatan Internasional (WHO) melaporkan kenaikan penularan global tertinggi dalam 24 jam sebesar 230 ribu lebih kasus.

"Isu penularan COVID ini bisa memberikan tekanan kembali ke aset berisiko, termasuk rupiah," kata Ariston

Ariston memperkirakan rupiah berpotensi bergerak menguat ke arah Rp14.350 per dolar AS, dengan level resisten di kisaran Rp14.500 per dolar AS.

Pada Jumat (10/7) lalu, rupiah ditutup melemah 40 poin atau 0,28 persen menjadi Rp14.435 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.395 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Patung dari Bubur Kertas, Ikuti 4 Tahap Berikut

Posted: 12 Jul 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat patung dari bubur kertas ternyata cukup mudah, lho. Walaupun cara membuat patung dari bubur kertas ini mudah, tapi kamu bisa mendapatkan manfaat yang sangat banyak. Salah satu manfaat mempraktikkan cara membuat patung dari bubur kertas ini adalah kamu bisa meningkatkan kemampuan kretivitasmu. Dan ketika kreativitasmu semakin dipaksa untuk digunakan, maka secara tidak langsung kamu akan memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

Dengan meningkatnya kreativitas maka membuat seseorang mampu berpikir secara 'out of the box' atau sebuah cara berpikir yang tidak biasa. Hal tersebut sangat diperlukan ketika kamu masuk ke dunia kerja maupun ketika sudah memiliki tanggung jawab yang cukup besar di kemudian hari. Dengan cara berpikir yang 'out of the box' tersebut, kamu akan mampu lepas dari rintangan-rintangan yang mungkin cukup berat dihadapi.

Menurut sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id hal tersebut sangat wajar dan juga penting bagi perkembangan fisik maupun psikis mereka. Itulah mengapa orang tua janganlah selalu melarang tetapi sebaliknya, mendukung dan memberi arahan pada anak-anak dalam bermain, salah satunya dengan mempratikkan cara membuat patung dari bubur kertas.

Nah, jika kamu merasa perlu untuk mencari alternatif dalam pengembangan ketrampilan dan kemampuan berpikir anak, atau mungkin kamu sendiri yang tertantang untuk meningkatkan kretivitasmu, maka Liputan6.com di bawah ini telah merangkum cara membuat patung dari bubur kertas yang memang cukup menantang, Senin (13/7/2020).

Bahan untuk Membuat Patung dari Bubur Kertas

Beraneka ragam kerajinan tangan dari kertas koran bekas yang tidak terpakai dirumah.
Beraneka ragam kerajinan tangan dari kertas koran bekas yang tidak terpakai dirumah.

Bahan-bahan yang bisa digunakan dalam membuat patung dari bubur kertas bisa dengan mudah kamu temui di sekitarmu. Tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam, cukup dengan menyiapkan bahan berikut ini:

- Kertas koran atau kertas biasa

- Tepung kanji

- Kawat kasa

- Tang

- Gunting

- Air

- Baskom

- Cat semprot

- Alas kardus atau triplek

Cara Membuat Patung dari Bubur Kertas Tahap Awal

Berbagai macam hasil kerajinan tangan dari koran bekas yang unik-unik.
Berbagai macam hasil kerajinan tangan dari koran bekas yang unik-unik.

1. Siapkan seluruh alat dan bahan.

2. Rendam kertas ke dalam air.

3. Selanjutnya, tunggu hingga kertas menjadi lunak.

4. Sembari menunggu kertas menjadi lunak, kamu bisa membuat kerangka dari kawat kasa yang dibentuk sesuai keinginanmu, seperti bentuk hewan, bangunan, atau bentuk lainnya. Penggunaan kawat kasa agar proses pengerjaan lebih mudah, sebab untuk memotong kawat kasa cukup dengan menggunakan gunting dan karakter kawat kasa lebih mudah dibentuk.

5. Kembali ke kertas yang telah direndam. Jika sudah benar-benar lunak, selanjutnya remas-remas kertas yang telah direndam tersebut hingga menjadi seperti bubur, dan umumnya semakin lama kertas direndam maka akan semakin lunak teksturnya.

Cara Membuat Patung dari Bubur Kertas Tahap Pembuatan Lem

Memanfaatkan kertas koran/copyright shutterstock
Memanfaatkan kertas koran/copyright shutterstock

1. Proses selanjutnya, kamu bisa mulai membuat lem dengan menggunakan tepung kanji sebagai bahan dasarnya.

2. Caranya cukup mudah, yaitu kamu bisa dengan merebus tepung kanji ke dalam air secukupnya. Sembari direbus, jangan lupa untuk mengaduk adonan tepung kanji terus menerus hingga seluruh adonannya laurt merata dan mulai memiliki tekstur layaknya lem. Proses pengadukan tersebut bertujuan agar hasil akhir lem dari tepung kanji tidak menggumpal.

3. Setelah lem kanji sudah jadi, selanjutnya campurkan lem kanji dan bubur kertas yang telah kamu buat tadi. Pastikan kedua bahan dicampur sampai merata. Sebab, jika terlalu banyak lem kanji akan membuat patung menjadi susah untuk kering. Dan apabila lem penggunaan lem kanji terlalu sedikit, maka akan membuat patung tersebut menjadi mudah retak.

Cara Membuat Patung dari Bubur Kertas Tahap Pelumuran Kerangka

Kertas Bekas Tugas Bisa Digunakan Kembali (Sumber Gambar: dagelan.co)
Kertas Bekas Tugas Bisa Digunakan Kembali (Sumber Gambar: dagelan.co)

1. Pada tahap ini, kamu dapat mulai melumuri kerangka yang telah dibuat tadi dengan seluruh bahan campuran lem kanji dan bubur kertas tersebut. Dan pastikan semua kerangka yang kamu buat sudah tertutup rata.

2. Jika proses melumuri semua kerangka sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah proses pengeringan adonan bubur kertas dan lemb kanji. Namun jangan mengeringkannya dengan cara dijemur. Sebab, penjemuran tersebut akan menyebabkan patung ini menjadi retak.

3. Apabila seluruh patung sudah mengering, maka kamu bisa melanjutkan prosesnya ke bagian pewarnaan. Tapi, jangan lupa untuk memberi alas sebelum melakukan pengecetan dengan cat semprot.

Cara Membuat Patung dari Bubur Kertas Tahap Terakhir

cat semprot
cat semprot

1. Untuk memulai proses pewarnaan, kamu bisa mewarnai patung dengan lapisan dasar yaitu warna hitam untuk warna yang lebih gelap, atau putih jika warna lapisan selanjutnya lebih cerah.

2. Selanjutnya, setelah cat semprot tersebut sudah mengering, kamu bisa mulai mengecatnya dengan warna lain sesuai selera.

3. Nah, setelah seluruh tahapan cara membuat patung dari bubur kertas di atas selesai, tunggu hingga cat mengering, dan patung dari bubur kertas milikmu siap dipajang di tempat yang sudah kamu siapkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Positif di Jakarta Melonjak Lagi, Ini 10 Kelurahan Tertinggi Tangani Covid-19

Posted: 12 Jul 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penambahan kasus baru positif virus corona Covid-19 di DKI Jakarta kembali melonjak. Bahkan pada Minggu 12 Juli 2020 kemarin, Jakarta mencatatkan rekor penambahan kasus baru positif Covid-19 mencapai 404 orang.

Angka tersebut melampaui jumlah kasus baru positif corona Covid-19 pada Sabtu 11 Juli 2020 yang sempat menjadi penambahan tertinggi yakni sebanyak 359 orang. Kini total kasus positif virus corona di Jakarta mencapai 14.361 orang.

"Dari jumlah tersebut, 9.200 orang dinyatakan telah sembuh, sedangkan 702 orang meninggal dunia," kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati dalam keterangan pers.

Selain itu, dia mengatakan, terdapat 554 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 3.905 orang melakukan self isolation atau isolasi mandiri di rumah.

Kemudian, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 355 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 734 orang. Ribuan pasien positif Covid-19 itu tersebar di 265 dari 267 kelurahan di Jakarta.

Berikut 10 kelurahan dengan kasus tertinggi:

1. Kelurahan Pademangan Barat: 193 kasus positif Covid-19

2. Kelurahan Sunter Agung: 179 kasus positif Covid-19

3. Kelurahan Penjaringan: 175 kasus positif Covid-19

4. Kelurahan Petamburan: 142 kasus positif Covid-19

5. Kelurahan Sunter Jaya: 136 kasus positif Covid-19

6. Kelurahan Kenari: 126 kasus positif Covid-19

7. Kelurahan Pegangsaan: 115 kasus positif Covid-19

8. Kelurahan Palmerah: 109 kasus positif Covid-19

9. Kelurahan Kebon Kacang: 103 kasus positif Covid-19

10. Kelurahan Tomang: 93 kasus positif Covid-19

 

Meningkat 2 Kali Lipat dari Juni 2020

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi keterangan terkait pengambilalihan pengelolaan air, Gedung Balai Kota Jakarta, Senin (11/2). Pemprov DKI akan mengambil alih pengelolaan air dari PT Aetra Air Jakarta dan PT PALYJA. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi keterangan terkait pengambilalihan pengelolaan air, Gedung Balai Kota Jakarta, Senin (11/2). Pemprov DKI akan mengambil alih pengelolaan air dari PT Aetra Air Jakarta dan PT PALYJA. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar masyarakat untuk terus berhati-hati dan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 ketika melakukan kegiatan di luar rumah.

"Jangan anggap enteng. Jangan merasa kita sudah bebas dari Covid-19. Karena nanti kalau kondisi ini berlangsung terus, bukan tidak mungkin kita akan kembali ke situasi sebelum ini (PSBB)," kata Anies dalam akun Youtube Pemprov DKI Jakarta, Minggu (12/7/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengungkapkan, positivity rate Jakarta per Minggu 12 Juli mencapai 10,5 persen. Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat bila dibandingkan bulan Juni yang mencapai kisaran 4 persen hingga 6 persen.

Anies menyebut, tanggal 11-17 Juni, 27.091 orang dites tingkat positivity rate-nya 3,1 persen. Kemudian pada 18-24 Juni ada 29.873 orang yang dites, positivity rate-nya 3,7 persen.

Selanjutnya, 25 Juni-1 Juli ada 31.085 orang yang dites PCR, kemudian positivity rate-nya 3,9 persen. Sedangkan 2-8 Juli sebanyak 34.007 orang dites dan positivity rate-nya 4,8 persen.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Instagram Wellness & Beauty Experts on Duty: Mengembalikan Kualitas Terbaik Tubuh

Posted: 12 Jul 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi COVID-19 mengubah gaya hidup nyaris seluruh warga dunia. Munculnya virus Corona baru ini membatasi ruang gerak sebagian besar masyarakat. Sejak kasus pertama COVID-19 ditemukan di Indonesia, Pemerintah mengambil kebijakan agar masyarakat beraktivitas dari rumah demi menghindari semakin meluasnya penularan SARS-CoV-2. Operasional sekolah, kantor, serta fasilitas umum seperti mal, pusat kebugaran, salon, dan spa untuk sementara waktu dihentikan.

Bekerja, belajar, hingga beribadah dari rumah dalam durasi waktu yang cukup lama tak dimungkiri berdampak bagi fisik dan psikis masing-masing individu. Tak semua individu bisa beradaptasi cepat dengan ruang gerak yang terbatas. Berat badan bertambah, postur tubuh terganggu, masalah jerawat, dan kulit kusam adalah beberapa kondisi yang mengiringi stres yang timbul selama pandemi.

Kini, Indonesia telah memasuki masa normal baru. Kantor-kantor serta fasilitas umum telah mulai dibuka secara bertahap. Masyarakat bisa kembali beraktivitas di luar rumah namun dengan aturan baru, menjaga protokol kesehatan secara ketat. Tak hanya sekadar kembali menyehatkan kondisi ekonomi keluarga yang sempat terdampak cukup parah karena pandemi, masa normal baru juga waktu yang tepat untuk mengembalikan kualitas terbaik tubuh.

Melalui program Live Instagram Wellness & Beauty Experts on Duty, Senin, 13 Juli 2020 pukup 14.00 WIB, Kanal Health Liputan6.com akan berbincang dengan pakar kecantikan dr Eklendro Senduk dan pelatih kebugaran bersertifikat Dinda Utami seputar cara kegiatan dan cara mengembalikan kualitas terbaik tubuh di masa pandemi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kawasaki Indonesia Siapkan Ninja ZX-25R Versi Naked Bike?

Posted: 12 Jul 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sangka, rupanya Kawasaki Ninja ZX-25R dibuat di Indonesia. Ini menjadi kebanggaan tersendiri mengingat di era modern ini kehadirannya sendiri terasa baru, yakni sebagai motor 250 cc dengan mesin 4 silinder.

Di sisi lain, ia merupakan obat rindu bagi yang pernah mengenang motor 250cc empat silinder di masa lalu. Sebagai pembuat, apakah kemudian pihak Indonesia terpikir untuk juga menghadirkan ZX-25R versi naked?  

"Hmm...belum ada. Belum ada rencana ke situ," kata Head of Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia Michael Tjandra Tanadi.

Lantas bagaimana kalau ada permintaan versi naked, misalnya di Thailand dan Indonesia?

"Ya pelajari dulu, tidak gampang. Prosesnya panjang. Kan kita sudah punya Z250," kata dia.

Bicara Z250, versi facelift-nya sempat ditampakkan di Thailand. Kalau motor ini nantinya ada di Indonesia, setidaknya ia bisa jadi semacam penyegar.

Sumber: Otosia.com

Beda Rp28 Juta Antara Varian Tertinggi Yamaha R25 dan Tipe Termurah Kawasaki Ninja ZX-25R, Pilih Mana?

Kawasaki Ninja ZX-25R resmi hadir di Indonesia. Otomatis motor sport 250 cc ini berhadapan dengan beberapa kompetitor, seperti Yamaha R25.

Sekalipun punya daya tarik mesin dengan 4 silindernya dan teknologi traction control, kadang konsumen yang bukan loyalis brand bisa berbelok bila disodori harga dengan rentang yang jauh. Seperti kedua motor sport tersebut, rentang harga terdekatnya jadi sekitar Rp28 juta, antara varian tertinggi R25 dan tipe terendah Ninja. Lantas, apakah perbedaan harga tersebut bisa memindahkan hati calon pembeli Kawasaki Ninja ZX-25R ke Yamaha R25? Lihat ulasan yang diberikan Oto.com kali ini:

 

Tampilan Luar

Mengacu postur tubuh antar keduanya terlihat kesetaraan sebagaimana motor fairing 250 cc. Kompak dan dibungkus agresif bak kuda kompetisi sirkuit aspal. Yamaha R25 mencatatkan dimensi 2.090 x 720 x 1.135 mm (PxLxT), berdiri di atas sasis diamond. Sementara itu, Kawasaki Ninja ZX-25R terlihat sedikit lebih susut di atas kertas: 1.980 x 750 x 1.110 mm. Kendati begitu, mereka sama-sama mengusung jarak antarsumbu 1.380 mm.

Tentu punya ciri masing-masing sebagai pembeda. Yamaha R25 melenggok sporty dan bermain rapih. Fairing dan frame menutup jeroan cukup rapat sehingga menyisakan sedikit ruang untuk mengintip. Di lain sisi, Kawasaki Ninja ZX-25R cenderung membuka diri. Lumayan vulgar mempertontonkan frame dan jantung pacu. Di sektor penerangan, baik Yamaha atau Kawasaki sudah menganut LED.

Performa dan Fitur Riding

Seperti jajaran motor sport 250 cc kontemporer, Yamaha R25 masih bermesin dua silinder DOHC berpendingin cairan. Dimensi internal mencirikan nilai sports bike lantaran bersikap overbore guna menyuguhkan teriakan lantang di putaran atas. Dicatatkan diameter silinder selebar 60 mm dibarengi langkah sejauh 44,1 mm. Uppercut pendek ini ciptakan gerakan gesit memutar crankshaft.

Hal ini dibuktikan oleh capaian tenaga 35,5 Tk di putaran 12.000 rpm. Meski angka ini tampak boyo di antara lawan sejenis, beda cerita kalau menyoal momen puntir. Kekuatan maksimum keluar pada 10.000 rpm dengan torehan 23,6 Nm diraih berkat langkah pembakaran yang sedikit lebih panjang. Penyaluran ke roda kemudian diterjemahkan oleh girboks enam percepatan dan rantai.

Tidak ada intervensi mode berkendara atau fitur-fitur canggih nan memikat. Standar dan moderat, paling banter sakelar cut-off 3-in-1 ala moge dengan fungsi starter. Itu saja, tanpa kecanggihan traction control atau slipper clutch. Jangan harap pula eksistensi quick shifter.

Kawasaki Ninja ZX-25R juga menganut jantung seperempat liter berkarakter overbore. Namun kubikasi bukanlah parameter kesetaraan performa. Ada pengaruh lain, salah satunya jumlah silinder. Seperti diketahui, sports bike lansiran Geng Hijau menggendong mesin empat silinder. Bukan lagi 250 cc, secara potensi jauh melampaui segmen itu.

Ya, nuansa balap lebih kental lagi, sanggup menyanyikan nada-nada tinggi dengan merdu. Dengarkan suara merangsang dari unit empat silinder itu. Puncak keluaran tenaga eksis di putaran 15.500 rpm dengan nilai total hingga 50,3 Tk. Pun masih bisa terus digarap hingga 17.000 rpm lebih. Sadis. Namun kalau melihat angka torsi, nilainya justru di bawah R25. Ia siapkan kekuatan 22,9 Nm saja pada 15.500 rpm.

Bukan sekadar jantung ekstra kuat, Kawasaki turut menurunkan fitur moge ke adik kecilnya ini. Sebut saja power mode, bekerja efektif bersama Electronic Control Valve. Karakteristik gelontoran tenaga bisa diatur sedemikian rupa menyesuaikan keinginan pengemudi – mau dibuat penuh emosi atau santai. Sikap pengendalian turut didikte oleh KTRC (Kawasaki Traction Control), bertugas membaca kemungkinan sekaligus menanggulangi selip. Andai merasa tak butuh bantuan, semua pembantu ini bisa diistirahatkan.

Varian termahal Special Edition lebih canggih lagi. Girboks enam percepatan disandingkan Kawasaki Quick Shifter. Komponen ini memungkinkan rider melakukan upshift atau downshift tanpa perlu interaksi kopling di atas 2.500 rpm. Dengan demikian, melancarkan serangan jadi lebih mudah lantaran tinggal tendang atau congkel tuas untuk menyeleksi gigi. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tambah Usia, Puteri Indonesia Lingkungan 2020 Adopsi Pohon Mimba

Posted: 12 Jul 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Putu Ayu Saraswati, Puteri Indonesia Lingkungan 2020 baru saja berulang tahun ke-23 pada 6 Juni 2020. Merayakan pertambahan usianya, ia baru-baru ini mengadopsi sebatang pohon mimba atau dikenal juga dengan sebutan intaran.

"I adopted a tree at Taman Nasional Bali Barat! (Saya mengadopsi sebatang pohon di Taman Nasional Bali Barat)," tulis Ayu lewat akun Instagram miliknya, Minggu, 12 Juli 2020.

Ia menerangkan, pohon mimba bisa tumbuh hingga setinggi 20 meter. Batang, daun, dan bunganya disebut sangat berkhasiat bagi kesehatan karena tinggi akan antioksidan dan antimikroba.

"Daunnya pun dapat diolah sebagai pestisida dan insektisida alami," sambung Ayu.

Ia mengaku tak sabar melihat pohonnya tumbuh besar. Tak lupa, Ayu menyampaikan doa saat menyiram pohon yang baru ditanamnya itu.

"Grow big and make lots of oxygen (Tumbuh besar dan hasilkan banyak oksigen)," ucap Ayu.

Dikutip dari farmasi.ugm.ac.id, pohon mimba terbilang tumbuhan liar di hutan dan tempat lain yang tanahnya agak tandus. Pohon mimba juga ditanam orang di tepi-tepi jalan sebagai pohon perindang. Pohon itu banyak ditemukan di daerah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Madura.

Di India, pohon itu disebut the village pharmacy karena nyaris semua bagian pohon bermanfaat sebagai obat. Selain disebut kaya akan antioksidan dan antibakteri, daun mimba juga digunakan sebagai repelan, obat penyakit kulit, bahkan malaria.

Kembali Bertugas

Puteri Indonesia Lingkungan 2020 Putu Ayu Saraswati (Liputan6.com/Komarudin)
Puteri Indonesia Lingkungan 2020 Putu Ayu Saraswati (Liputan6.com/Komarudin)

Ayu juga kembali bertugas setelah liburan bersama keluarganya di Bali, pekan lalu, sembari merayakan ulang tahunnya. Lewat unggahan di Instagram Stories, ia berbagi momen saat menjadi salah satu pembicara dalam diskusi tentang lingkungan hidup.

Meski diskusi berlangsung virtual, Ayu tetap tampil maksimal. Ia memakai mahkotanya dipadu dengan busana dan riasan yang natural.

Semestinya, Ayu Saraswati mewakili Indonesia di ajang Miss International 2020 yang berlangsung di Tokyo, Jepang, pada Oktober 2020 mendatang. Namun, dokter berdarah Bali tersebut tak bisa berlaga lantaran penyelenggaraan kompetisi ditunda hingga Oktober 2021 mendatang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia usai Duel Napoli vs AC Milan di San Paolo

Posted: 12 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Napoli - Napoli gagal meraih poin penuh di pekan ke-32 Liga Italia. Mereka pun harus puas dengan hasil imbang 2-2 kala menghadapi AC Milan.

Dalam duel Liga Italia yang berlangsung di Stadio San Paolo itu, AC Milan sempat unggul lebih dahulu melalui Theo Hernandez. Namun, Napoli berhasil membalikkan keadaan melalui Giovanni Di Lorenzo dan Dries Mertens.

Namun, AC Milan berhasil menyamakan kedudukan melalui gol yang dicetak Franck Kessie. Di laga ini, AC Milan juga bermain dengan 10 orang setelah Alexis Saelemaekers mendapat kartu merah.

Hasil imbang membuat kedua tim tidak beranjak dari posisi mereka di papan klasemen Liga Italia. Napoli tetap menduduki posisi keenam, tetapi mengumpulkan 52 poin. Sementara Milan tepat di bawahnya, mengoleksi 50 poin.

Lihat klasemen Liga Italia di halaman berikut.

 

Klasemen Serie A

 

Top Scorer Serie A

 

Saksikan video Serie A di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Bangun Rusun untuk 88 Santri di Bangka Belitung Senilai Rp 3 Miliar

Posted: 12 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan mulai membangun rumah susun (rusun) untuk para santri di Pondok Pondok Pesantren Nurul Falah, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung.

Rusun untuk 88 santri tersebut rencananya akan dibangun setinggi dua lantai dengan anggaran Rp 3,18 miliar.

"Rumah susun santri di Bangka ini akan dibangun sebanyak satu tower setinggi dua lantai dengan tipe barak. Rusun ini memiliki daya tampung sebanyak 88 santri dengan target pembangunan selama empat bulan dan biaya Rp 3,18 miliar," ujar Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera V, Darwis, Senin (13/7/2020).

Darwis menjelaskan, meminta agar rusun santri ini dapat dipelihara dan segera dihuni setelah proses pembangunan selesai.

"Pondok pesantren ini memiliki peran besar dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Tanah Air termasuk di Bangka Tengah ini," terangnya.

Adapun Kementerian PUPR pada 2020 ini akan membangun tiga rusun di Bangka belitung. Sebanyak dua rusun akan dilakukan revitalisasi, sementara satu tower lain akan dibangun baru.

"Adanya pembangunan rusun ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai tempat tinggal para santri selama menempuh pendidikan agama di pondok pesantren," imbuh Darwis.

Menteri PUPR Resmikan 3 Rusun untuk Santri dan Mahasiswa Pekalongan

Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran Rp 101 miliar untuk membangun sebanyak 34 tower rusun pondok pesantren dan pendidikan tinggi. (Dok Kementerian PUPR)
Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran Rp 101 miliar untuk membangun sebanyak 34 tower rusun pondok pesantren dan pendidikan tinggi. (Dok Kementerian PUPR)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah meresmikan tiga Rumah Susun (Rusun) di Pekalongan, Jawa Tengah, yang dipusatkan di Universitas Pekalongan (Unikal).

Sebanyak dua unit yang diresmikan merupakan Rusun Santri Pondok Pesantren (Ponpes), yakni Rusun Ponpes Yayasan Madrasah Islamiyah (YMI) dan Ponpes Modern Gondang di Kabupaten Pekalongan, sedangkan satu rusun lainnya adalah Rusun Mahasiswa Universitas Pekalongan (Unikal).

Dalam acara peresmian pada Sabtu (23/2/2019) kemarin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berpesan agar Rusun yang dibangun dengan APBN tersebut bisa dirawat dengan baik oleh para penghuninya.

"Saya ucapkan selamat memanfaatkan Rusun kepada Unikal, Ponpes Modern Gondang dan Ponpes Yayasan Madrasah Islamiyah (YMI). Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung agar mahasiswa lebih berprestasi," kata Menteri Basuki.

Dia juga mengatakan, selain untuk santri dan mahasiswa, rusun yang dibangun itu pun ditujukan bagi para pekerja, MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), TNI/Polri. Adapun salah dua Rusun Ponpes yang diresmikan dibangun pada 2018 oleh kontraktor PT Aya Sophia Primatama.

Rusun Ponpes YMI memiliki 3 lantai dengan tipe kamar barak sebanyak 12 unit. Rincian biayanya berasal dari APBN sebesar Rp 7,5 miliar. Sedangkan Rusun Ponpes Modern Gondang memiliki 2 lantai dengan kamar barak 8 unit. Biaya pembangunannya sebesar Rp 4,9 miliar.

Untuk Rusun Mahasiswa Universitas Pekalongan, dilaksanakan pada tahun anggaran 2018 dengan biaya pembangunan sebesar Rp 14,8 miliar. Rusun tersebut terdiri dari 1 Tower Blok (TB) 4 Lantai dengan tipe 24 berjumlah 50 unit dengan kapasitas 196 mahasiswa.

Ketiga rusun yang diresmikan tersebut telah dilengkapi fasilitas dasar yakni jaringan air bersih, sanitasi dan listrik. Selain itu, setiap kamar juga telah dilengkapi dengan meubelair, seperti lemari, meja, kursi, dan tempat tidur di masing-masing kamarnya.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Benda Super Nyeleneh yang Dipasang di Motor

Posted: 12 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada saja ulah nyeleneh hingga tidak disangka para pengguna kendaraan, khususnya para pemotor. Bahkan, kelakuan di luar dugaan para pengendara motor membuat orang-orang di sekitarnya bingung.

Namun, tak hanya perilaku yang super nyeleneh. Nyatanya para pengendara juga suka membuat kreasi tak biasa pada motornya, seperti memasang benda-benda tak biasa untuk mempercantik tampilan kendaraannya.

Sayangnya, benda-benda yang dipasang tersebut tidak diketahui jelas kegunaannya. Benda yang terpasang di kendaraan sontak menarik perhatian orang-orang di sekitarnya. 

Artikel tentang enam benda tak biasa yang dipasang di motor, kelewat nyeleneh menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang takut terluka, lima zodiak ini paling tak mau dicampakan.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang tujuh ilustrasi dengan teknik shadowology, sulap bayangan jadi karya memukau.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 6 Benda Tak Biasa yang Dipasang di Motor, Kelewat Nyeleneh

(@sukijan.id/instagram.com)
(@sukijan.id/instagram.com)

 

Nah, penasaran benda super nyeleneh apa saja yang dipasang individu di motornya? Berikut potretnya seperti merangkum dari akun Instagram @sukijan.id.

Selengkapnya...

2. Takut Terluka, 5 Zodiak Ini Paling Tak Mau Dicampakkan

Ilustrasi rasa sedih | unsplash.com/@kylebroad
Ilustrasi rasa sedih | unsplash.com/@kylebroad

Ketika menjalani hubungan asmara, setiap individu tentu ingin bahagia. Hanya saja ada beberapa hubungan tak bisa berlangsung lama dan harus kandas. Ya, terluka dalam suatu hubungan merupakan hal yang cukup jelas.

Tetapi berapa lama rasa sakit itu berlangsung, sangat tergantung pada masing-masing orang. Ada beberapa orang yang mungkin tidak bisa menghadapinya dan efeknya mungkin bertahan lama. Beberapa memiliki rasa takut yang terus-menerus terluka, ditolak atau diabaikan.

Selengkapnya...

3. 7 Ilustrasi dengan Teknik Shadowology, Sulap Bayangan Jadi Karya Memukau

Gabungan bayangan sebuah objek membentuk ilustrasi yang unik.
Gabungan bayangan sebuah objek membentuk ilustrasi yang unik.

Karya seni menjadi hal yang tak terbatas bentuknya. Tercipta dari hal-hal yang tak terduga bahkan dari objek yang dianggap tak berharga di sekitar kita.

Namun, Vincent Bal, seorang seniman asal Belanda ini bisa menghasilkan karya seni tak biasa dari benda-benda di sekitarnya menggunakan teknik shadowology.

Seni shadowology merupakan seni yang menggunakan teknik ilustrasi dengan menggabungkan bayangan sebuah objek menjadi sebuah gambar sesuai dengan imajinasi. Seni shadowology dipopulerkan oleh pembuat film dan ilustrator asal Belgia.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Balada Mbah Tarso, Legenda Mancing Mania Banyumas yang Tinggal di Gubuk Reot

Posted: 12 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Banyumas - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Purwokerto menyalurkan bantuan berupa paket sembako untuk satu keluarga miskin yang menghuni sebuah gubuk berukuran 2 x 3 meter dengan tinggi satu meter di kebun salah seorang warga di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Setelah menerima informasi tentang Mbah Tarso (90) dan istrinya Sugiani (45) yang tinggal di gubuk yang terbuat dari karung dan plastik di kebun salah seorang warga Kelurahan Kedungwuluh RT 07 RW 06, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, kami segera mendatanginya pada Selasa (7/7) sore untuk menyerahkan bantuan," kata Staf Program ACT Cabang Purwokerto Rama di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis, dikutip Antara.

Ia mengatakan bantuan berupa paket sembako tersebut merupakan sedekah dari para dermawan dan mitra ACT Cabang Purwokerto.

Rama mengaku sangat prihatin saat mengetahui kondisi gubuk yang telah lima tahun dihuni Mbah Tarso bersama istrinya karena lokasinya jauh dari pemukiman dan untuk menjangkaunya harus dengan berjalan kaki melalui sawah dan perkebunan.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan kembali menyalurkan bantuan untuk Mbah Tarso, di Banyumas.

"Insya Allah akan kami salurkan lagi, nantinya dari hasil survei ini. Mungkin bantuanya bisa dalam bentuk paket pangan lagi, atau pendampingan medis jika suatu saat diperlukan, karena kami di ACT ada relawan medis (Masyarakat Relawan Indonesia/MRI) yang berasal dari kalangan dokter," katanya.

 

Pernah Digigit Ular Kobra

Ilustrasi ular kobra. (iStockphoto)
Ilustrasi ular kobra. (iStockphoto)

Sementara itu, Mbah Tarso mengaku telah mendapat izin dari pemilik kebun untuk membangun gubuk yang telah dihuni selama 5 tahun bersama istrinya.

"Saya dipersilakan untuk tinggal di sini sekalian untuk jaga kebun, bikin gubuk seadanya. Sebelumnya, saya hidupnya mengontrak tanah,dan dibangun rumah kayu, tapi karena sudah tidak punya uang yang cukup, saya tidak bisa melanjutkan kontrak tanah, jadi pindah ke sini," katanya.

Kendati demikian, dia mengakui tinggal di gubuk kecil itu tidaklah nyaman karena sangat terasa dingin pada malam hari dan ketika terjadi hujan dapat dipastikan kebanjiran. Sementara untuk penerangan pada malam hari, dia hanya mengandalkan lilin.

Dia mengatakan usia sebenarnya 90 tahun namun di dalam kartu tanda penduduk (KTP) dimudakan 20 tahun sehingga tercantum 70 tahun,

"Ya, ini saya sudah tua, saudara saya sudah tidak ada, saya pernah merasakan zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Saya dulu ikut kerja rodi pada saat usia 12 tahun, dan dari 50 orang yang saat itu ikut kerja rodi, hanya 3 orang yang selamat dari kematian pada saat bekerja, salah satunya saya," katanya.

Terkait dengan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup, dia mengaku hanya mengandalkan hasil dari memancing di sungai yang sebagian hasilnya dijual dan sebagian untuk dimakan.

Dia hanya mengandalkan kayu bakar untuk memasak makanan karena tidak memiliki kompor, sedangkan airnya mengambil dari sungai.

"Saya pernah digigit ular kobra dan racunnya masih mengalir di darah saya sehingga saya tidak bisa punya anak. Ya seperti inilah keadaan saya dan istri, hanya mengandalkan pertolongan dari Allah," katanya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Intip Para Murid Tes Penentuan Kelas Tahun Ajaran Baru

Posted: 12 Jul 2020 09:00 PM PDT

Murid baru menggunakan masker  mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)
Murid baru menggunakan masker mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)

Murid baru menggunakan masker mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)

Murid baru menggunakan masker  mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)
Murid baru menggunakan masker mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)

Murid baru menggunakan masker mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)

Murid baru menggunakan masker  mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)
Murid baru menggunakan masker mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)

Murid baru menggunakan masker mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)

Murid baru menggunakan masker  mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)
Murid baru menggunakan masker mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)

Murid baru menggunakan masker mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)

Murid baru menggunakan masker  mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)
Murid baru menggunakan masker mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)

Murid baru menggunakan masker mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)

Murid baru menggunakan masker  mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)
Murid baru menggunakan masker mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)

Murid baru menggunakan masker mengikuti tes penentuan kelas tahun ajaran 2020-2021 yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) secara darling di MTs Hidayatul Umami, Cinere, Depok, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Arie Basuk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bus Bantuan Penumpang KRL Mulai Beroperasi

Posted: 12 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bus angkutan penumpang KRL di stasiun Bogor mulai disiapkan Pemprov DKI dan PT KAI Commuter Line. PT KAI dan Pemprov DKI menyediakan bus untuk mengurangi antrean penumpang di stasiun Bogor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Isi Percakapan Baim Wong dan Ayahnya Sebelum Tolak Pinjaman Yulius Rp 10 Juta

Posted: 12 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baim Wong akhirnya buka suara soal pengakuan laki-laki bernama Yulius atau Julius yang mengaku sepupu dan mendatangi rumahnya untuk pinjam uang 10 juta rupiah.

Dalam video yang beredar di medsos, Yulius mengaku mendatangi rumah Baim Wong dan menanti hampir sejam di teras. Sayang, penantian itu sia-sia. Sang aktor tak memberi pinjaman uang.

Baim Wong punya alasan sendiri mengapa membuat Yulius menanti sejam dan tak meminjamkan uang. Baim Wong menyampaikan klarifikasi dalam video "Dia Saudara Sepupu Baim atau Bukan? Ini Klarifikasinya! Ini Cerita Yang Sebenarnya!"

 

Ke Rumah Minta Uang

Baim dan Paula (Instagram/baimwong)
Baim dan Paula (Instagram/baimwong)

Diunggah di kanal YouTube Baim Paula pada Minggu (12/7/2020), Baim Wong bercerita, saat Yulius datang, ia menghubungi ayahnya lewat grup WhatsApp keluarga.

"Saya bacain ya. Papa ada sepupu Papa, namanya lupa, datang ke rumah tapi minta uang," beri tahu suami Paula Verhoeven. Apapun yang berkaitan dengan keluarga selalu dikoordinasikan Baim Wong dengan orangtua dan saudara.

Sepupu Papa Siapa?

Unggahan Baim Wong. (Foto: YouTube Baim Paula)
Unggahan Baim Wong. (Foto: YouTube Baim Paula)

"Menurut Papa gimana, dikasih atau jangan? Agak enggak suka Baim kalau orang ngegampangin minta uang ke Baim," imbuhnya. Salah satu saudara Baim Wong malah balik bertanya.

"Sepupu Papa siapa? Perasaan enggak pernah tahu kalau Papa punya sepupu," cetusnya. "Namanya, tuh Julius dari Depok," sahut bintang sinetron Catatan Hati Seorang Istri.

Bagus Enggak Dikasih

Baim Wong. (Foto: Instagram @baimwong)
Baim Wong. (Foto: Instagram @baimwong)

Baim Wong menanyakan ini agar tindakannya menyakiti hati ayahnya. Beberapa menit kemudian, ayah Baim Wong, Johnny Wong, memberi respons di grup WhatsApp.

"Dan papa jawab Julius, saya bacain ya, Papa bilang enggak usah diladeni Bim, jangan dibiasain. Bagus enggak dikasih, ngelunjak nanti. Iya Pa, kaget juga datang-datang minta uang," Baim Wong membacakan pesan ayahnya.

Papa Jawab Sendiri

Baim Wong. (Foto: Instagram @baimwong)
Baim Wong. (Foto: Instagram @baimwong)

"Oke Julius, ini Papa saya yang njawab sendiri. Ada jamnya, ada tanggalnya, jadi semua itu yang njawab itu Papa. Kalau kamu minta uang sama saya, salah banget. Kamu ke Papa, minta sama Papa," imbau Baim Wong.

"Karena Papa sendiri yang jawab, yang kamu bilang saudara itu. Kamu sekarang mau bilang papa saya jahat? Coba berani, enggak? Kok malah bilang saya seperti itu," imbuhnya. Dalam kesempatan itu, Baim Wong menegaskan, dalam menolong ia tak membedakan orang atau salah prioritas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Tutup Akibat COVID-19, Teras Menara Eiffel Buka Lagi untuk Pesta Malam

Posted: 12 Jul 2020 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Teras Menara Eiffel kembali siap menyambut para tamu untuk menikmati musik dan minuman di udara terbuka pada malam hari tertentu selama musim panas.

Pengunjung Menara Eiffel di Paris, Prancis, kini dapat kembali menikmati minuman dan bahkan berdansa di teras lantai 1 selama musim panas. Dari teras ini, ketika cuaca cerah para pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Paris yang menakjubkan di bawah hangatnya langit biru.

Teras Menara Eiffel yang terletak 57 meter di atas permukaan tanah dapat menampung sekitar 300 hingga 350 orang dan memiliki sebuah bar.

Para pengunjung dapat menikmati musik dari DJ set di teras ini selepas pukul 7 malam waktu setempat setiap Kamis dan Jumat malam, sejak 9 Juli hingga Agustus 28 mendatang, ujar Patrick Branco Ruivo, Direktur Pelaksana Menara Eiffel, Jumat 10 Juli 2020 dikutip dari DW Indonesia.

"Setiap malam, 2 artis musik elektronik akan memainkan musik di Menara dan membenamkan Anda dalam suasana yang asik, nyaman, dan santai," demikian tulis laman internet resmi Menara Eiffel.

Menara Eiffel sempat ditutup pada pertengahan Maret 2020 karena wabah Corona COVID-19. Penutupan kali ini mencatat waktu terlama sejak penutupan pada Perang Dunia Kedua.

Tidak ada Lift dan Harus Pakai Masker

Orang-orang tampak beraktivitas di area Istana Trocadero tak jauh dari Menara Eiffel di Paris, 10 Juli 2020. Jumlah kematian terkait corona di Prancis naik menjadi 30.004, sementara jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit atau di ICU terus turun pada Jumat (10/7). (Xinhua/Gao Jing)
Orang-orang tampak beraktivitas di area Istana Trocadero tak jauh dari Menara Eiffel di Paris, 10 Juli 2020. Jumlah kematian terkait corona di Prancis naik menjadi 30.004, sementara jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit atau di ICU terus turun pada Jumat (10/7). (Xinhua/Gao Jing)

Menara Eiffel kembali dibuka untuk para pengunjung pada 25 Juni 2020 dengan protokol kebersihan dan keamanan yang ketat.

Semua pengunjung Menara Eiffel diharuskan memakai masker wajah dan menjaga jarak aman. Namun pada malam pembukaan acara musik yang berlangsung pada Kamis 9 Juli malam hanya terlihat beberapa orang yang memakai masker.

"Ini benar-benar menyenangkan, cuacanya panas sekali jadi ini adalah saatnya berpesta di udara terbuka," kata mahasiswa asal Prancis, Mia Lahrich. "Saya merasa baik dan orang-orang ini keren. Saya merasa lupa akan Virus Corona (COVID-19)," ujarnya.

Para pengunjung dapat mengakses menara setinggi 324 meter ini dengan menaiki tangga. Untuk sementara waktu lift tidak digunakan karena pertimbangan keselamatan. Selain itu, pengunjung tidak boleh naik lebih tinggi dari lantai dua menara, dan siapa pun yang berusia di atas 11 tahun wajib mengenakan masker penutup wajah.

Menara yang oleh banyak orang dianggap romantis ini tiap tahunnya dikunjungi oleh sekitar 7 juta orang, 75 persen di antaranya adalah wisatawan asing. Tetapi dengan belum pulihnya penerbangan global akibat pembatasan guna memperlambat laju sebaran pandemi, sebagian besar pengunjung dalam waktu dekat ini diperkirakan akan berasal dari Prancis.

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Granada Vs Real Madrid: Dua Langkah Menjadi Juara

Posted: 12 Jul 2020 08:55 PM PDT

Granada - Real Madriddua langkah lagi bakal mengunci titel juara Liga Spanyol. Syaratnya anak asuh Zinedine Zidane harus mengalahkan Granada di Estadio Nuevo Los Carmenes, Selasa (14/7/2020) dini hari WIB.

Menuju laga ini, Real Madrid sedang merasakan delapan kemenangan beruntun di Liga Spanyol. Hasil itu membuahkan gap satu poin dari rival terdekatnya, Barcelona.

Sementara Granada nyaman berada di papan tengah. Mereka baru saja kembali ke jalur kemenangan saat mengalahkan Real Sociedad dengan skor 3-2, 11 Juli lalu.

Tapi yang perlu jadi catatan, Granada selalu gagal meraih kemenangan saat bermain di partai kandang pada tiga laga terakhir. Rapor buruk ini tentu bisa dimanfaatkan Real Madrid.

Apalagi Granada dipastikan tidak diperkuat banyak pilar penting. Sebut saja Maxime Gonalons, Alex Martinez, Quini dan Neyder Lozano.

Sementara Zidane masih belum bisa menurunkan Marcelo dan Nacho akibat cedera. Tapi, pelatih Real Madrid asal Prancis itu sudah bisa memainkan Dani Carvajal dan Sergio Ramos.

Susunan Pemain dan Head to Head

GRANADA VS REAL MADRID (Liputan6.com/Abdillah)
GRANADA VS REAL MADRID (Liputan6.com/Abdillah)

Perkiraan Susunan Pemain

Granada (4-4-2): Silva; Diaz, Duarte, Sanchez, Neva; Machis, Brice, Herrera, Puertas; Soldado, Fernandez.

Pelatih: Diego Martinez

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Carvajal, Ramos, Varane, Mendy; Casemiro, Modric, Kroos; Rodrygo, Benzema, Asensio.

Pelatih: Zinedine Zidane

 

Head to Head

5 Pertemuan Terakhir

  • 05-10-2019 Real Madrid 4-2 Granada (La Liga)
  • 07-05-2017 Granada 0-4 Madrid (La Liga)
  • 07-01-2017 Madrid 5-0 Granada (La Liga)
  • 08-02-2016 Granada 1-2 Madrid (La Liga)
  • 19-09-2015 Madrid 1-0 Granada (La Liga)

 

5 Laga Terakhir Granada

  • 22/06/2020 Leganes 0-0 Granada
  • 28/06/2020 Granada 1-2 Eibar
  • 01/07/2020 Alaves 0-2 Granada
  • 04/07/2020 Granada 2-2 Valencia
  • 11/7/2020 Real Sociedad 2-3 Granada 

 

5 Laga Terakhir Real Madrid

  • 24/06/2020 Real Madrid 2-0 Mallorca
  • 28/06/2020 Espanyol 0-1 Real Madrid
  • 02/07/2020 Real Madrid 1-0 Getafe
  • 05/07/2020 Athletic Bilbao 0-1 Real Madrid
  • 11/07/2020 Real Madrid 2-0 Alaves 

Statistik

Dalam sembilan pertemuan di semua ajang, Real Madrid selalu memetik kemenangan atas Granada.

Real Madrid sedang menunjukkan tren positif di La Liga: delapan kemenangan beruntun.

Real Madrid selalu cetak banyak gol saat bersua Granada. Tiga laga terakhir, Real Madrid sedikitnya mampu membukukan empat gol.

Real Madrid selalu menang dengan skor tipis dalam tiga pertandingan terakhir. Sebelum mengalahkan Alaves, mereka hanya menang dengan margin satu gol saja.

 

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Hendry Wibowo, Published 13/7/2020)

Saksikan Video Real Madrid di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Kebersamaan Ivan Gunawan dengan Orang Tuanya, Penuh Kehangatan

Posted: 12 Jul 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari keluarga Ivan Gunawan. Ayah Ivan Gunawan, Bambang Tjahyo Gunawan mengembuskan napas terakhirnya pada Minggu 12 Juli 2020. Kabar tersebut tentunya mengejutkan sejumlah pihak dan kalangan selebriti. Para seleb Tanah Air pun ramai mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya sang ayah tercinta dari Ivan Gunawan.

Rasa kehilangan tentunya masih menyelimuti artis berusia 38 tahun ini. Dalam unggahan terbaru di akun Instagram miliknya, Ivan Gunawan mengungkapkan rasa sayang mendalam untuk sang ayah melalui caption. "Nemenin papah malam ini .... lama nga tidur bareng papah." tulis Ivan Gunawan disertai dengan emot love.

Dukungan pun terus berdatangan untuk artis sekaligus desainer ini. Doa pun ramai dibubuhkan para kerabat selebriti hingga warganet untuk mendiang ayah Ivan Gunawan. Seleb Tanah Air yang mengenal sosok ayah Ivan Gunawan tentunya juga merasa kehilangan.

Artis kelahiran 1981 ini cukup sering mengunggah kebersamaan bersama kedua orang tuanya. Kekompakan antara Ivan Gunawan bersama ayah dan ibunya ini selalu berhasil mencuri perhatian. Selain Ivan, sang ayah juga kerap memosting momen manis dirinya bersama sang istri dan buah hatinya.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 momen kebersamaan Ivan Gunawan dengan kedua orang tuanya, Senin (13/7/2020).

1. Ivan Gunawan dan kedua orang tuanya cukup sering menghabiskan waktu liburan bersama.

Momen Kebersamaan Ivan Gunawan dengan Kedua Orang Tuanya. (Sumber: Instagram.com/ernagunawan2)
Momen Kebersamaan Ivan Gunawan dengan Kedua Orang Tuanya. (Sumber: Instagram.com/ernagunawan2)

2. Ketiganya selalu terlihat kompak dalam berbagai momen manis.

Momen Kebersamaan Ivan Gunawan dengan Kedua Orang Tuanya. (Sumber: Instagram.com/ernagunawan2)
Momen Kebersamaan Ivan Gunawan dengan Kedua Orang Tuanya. (Sumber: Instagram.com/ernagunawan2)

3. Ayah dan Ibu artis sekaligus desainer ini kerap mengunggah kebersamaan mereka dalam berbagai kesempatan.

Momen Kebersamaan Ivan Gunawan dengan Kedua Orang Tuanya. (Sumber: Instagram.com/ernagunawan2)
Momen Kebersamaan Ivan Gunawan dengan Kedua Orang Tuanya. (Sumber: Instagram.com/ernagunawan2)

4. Kesuksesan Ivan Gunawan tentunya tak lepas dari dukungan ayah dan ibu tercinta.

Momen Kebersamaan Ivan Gunawan dengan Kedua Orang Tuanya. (Sumber: Instagram.com/bam_fasdip)
Momen Kebersamaan Ivan Gunawan dengan Kedua Orang Tuanya. (Sumber: Instagram.com/bam_fasdip)

5. Kebersamaan Igun dan kedua orang tuanya kerap mencuri perhatian publik.

Momen Kebersamaan Ivan Gunawan dengan Kedua Orang Tuanya. (Sumber: Instagram.com/bam_fasdip)
Momen Kebersamaan Ivan Gunawan dengan Kedua Orang Tuanya. (Sumber: Instagram.com/bam_fasdip)

6. Ini adalah momen hangat Ivan Gunawan bersama kedua orang tuanya saat Lebaran bulan Mei lalu.

Momen Kebersamaan Ivan Gunawan dengan Kedua Orang Tuanya. (Sumber: Instagram.com/ivan_gunawan)
Momen Kebersamaan Ivan Gunawan dengan Kedua Orang Tuanya. (Sumber: Instagram.com/ivan_gunawan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Warganet Berduka Dubber Doraemon Nurhasanah Iskandar Meninggal

Posted: 12 Jul 2020 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang duka atas meninggalnya dubber Doraemon, yakni Nurhasanah Iskandar pada Minggu 13 Juli 2020.

Kabar duka ini langsung menjadi perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (12/7/2020).

Tak hanya itu, pembaca juga menaruh perhatian terhadap artikel tentang 11 aplikasi jahat yang disusupi malware Joker, dan bahaya menutup kamera webcam MacBook.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Pengisi Suara Doraemon Nurhasanah Iskandar Meninggal Dunia, Warganet Berduka

Nurhasanah Iskandar yang dikenal sebagai pengisi suara Doraemon, meninggal dunia, Minggu (13/7/2020).

Kabar duka ini disampaikan oleh putra dari Nurhasanah yang juga dubber Doraemon terkini versi Indonesia, Dana Robbyansyah, melalui Instagram Story.

"Untuk semuanya terima kasih yang sudah mendoakan mama. Maafin jika mama punya salah ya. Maaf gak bisa dibales satu persatu," tulis pemilik akun Instagram @danarobbyansyah.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Pengguna Android Diminta Hapus 11 Aplikasi Jahat yang Disusupi Malware Joker, Ini Daftarnya

Peneliti keamanan meminta pengguna Android menghapus 11 aplikasi berbahaya yang mungkin sudah diinstal di perangkatnya.

Para peneliti keamanan yang dimaksud adalah peneliti dari Check Point yang belum lama ini menemukan 11 aplikasi yang bisa menginfeksi smartphone dengan malware Joker.

Mengutip laman Check Point, Minggu (11/7/2020), para peneliti memberi penjelasan, Joker merupakan salah satu jenis malware menonjol di Android.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. Jangan Tutupi Kamera Webcam MacBook, Ini Bahayanya!

Sebagian dari kamu yang corcern terhadap implikasi privasi mungkin selalu menonaktifkan atau menutupi webcam bawaan di laptop.

Hal ini karena ada beberapa yang khawatir terkait peretas yang dapat mengakses kamera webcam untuk memata-matai mereka.

Kondisi ini pun mendorong pengguna untuk membeli aksesoris penutup webcam guna memblokir kamera di laptop, salah satunya MacBook. Mereka hanya akan melepas penutup webcam ketika ingin menggunakannya.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Corona Masih Tinggi, IDI Minta Pemerintah Evaluasi New Normal

Posted: 12 Jul 2020 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus virus Corona atau Covid-19 di Indonesia belum menjinak. Dalam sebulan terakhir, terus terjadi penambahan kasus baru Covid-19 per harinya.

Data Minggu 12 Juli 2020, temuan kasus baru Covid-19 sebanyak 1.681 orang. Penambahan ini membuat total kasus yang disebabkan virus SARS-CoV-2 itu mencapai 75.699.

Melihat kasus Covid-19 terus meningkat, Wakil Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Muhammad Adib Khumaidi meminta pemerintah segera melakukan evaluasi terhadap kebijakan new normal. Terutama, new normal di wilayah-wilayah dengan penambahan kasus Covid-19 cukup tinggi. Misalnya, Jawa Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

"Ini perlu menjadi perhatian berbasis kewilayahan. Kemudian menilai baik secara epidemiologi dan secara medis," ujar Adib saat dihubungi merdeka.com, Senin (13/7/2020).

Dari sisi epidemiologi, yang perlu dikaji secara mendalam adalah rate of transmission dan attack rate. Adib menyebut, jika attack rate tinggi, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di rumah sakit serta kasus kematian meningkat akibat Covid-19, maka pemerintah harus secara tegas memutuskan memberhentikan sementara new normal.

"Harus ada langkah strategis dari pemerintah untuk kemudian melakukan evaluasi secara ketat dan menerapkan aturan yang lebih tegas bahkan mungkin menerapkan PSBB kembali," kata Adib.

Sementara itu, sebaran terbanyak kasus Covid-19 pada Minggu 12 Juli ada di lima provinsi. Yakni, Jawa Timur dengan 518 kasus baru, DKI Jakarta 404 kasus, Sulawesi Selatan 173 kasus, Kalimantan Selatan 77 kasus, dan Jawa Tengah 70 kasus.

 

Jokowi Minta Prioritaskan Testing, Tracing, Treatment di 8 Provinsi

Presiden Joko Widodo mengenakan masker saat meninjau ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Jokowi memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. (Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool)
Presiden Joko Widodo mengenakan masker saat meninjau ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Jokowi memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. (Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyoroti kasus positif virus Corona atau Covid-19 di Tanah Air yang bertambah signifikan dalam beberapa hari terakhir. Jokowi meminta jajarannya untuk fokus melakukan testing, tracing, dan treatment untuk menekan jumlah kasus Covid-19 di sejumlah daerah.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas terkait penanganan Covid-19 yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (13/7/2020). Ada 8 provinsi yang mendapat perhatian khusus dari Jokowi.

"Tetap pada concern kita untuk memasifkan 3T, testing, tracing, dan treatment dengan prioritas khusus testing, tracing, dan treatment ini di 8 provinsi yaitu (di antaranya) Jatim, DKI Jakarta, Jabar, Sulsel, Jateng, Sumut, dan Papua," jelas Jokowi.

Jokowi juga meminta agar tes terkait virus Corona melalui metode polymerase chain reaction (PCR) semakin ditingkatkan. Caranya, kata dia, dengan memperbanyak jumlah laboratorium di daerah-daerah serta mobile lab PCR.

"Target yang kita harapkan target yang saya sampaikan bisa tercapai yaitu 30 ribu," ucap Jokowi.

 

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inter Milan vs Torino: Tim Papan Bawah Bisa Repotkan Pasukan Antonio Conte

Posted: 12 Jul 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Pelatih Inter Milan, Antonio Conte menyebut Torino bakal menjadi lawan yang merepotkan di Giuseppe Meazza Stadium, Senin (13/7/2020) atau Selasa dini hari WIB dalam lanjutan Serie A.

Pada pertemuan pertama di Serie A, Inter Milan memang meraih kemenangan 3-0 di kandang Torino, 24 November 2011. Namun faktanya Inter selalu keteteran dalam lima pertemuan terakhir dengan Il Toro, sebutan Torino.

Dua kekalahan dan dua hasil imbang menghantui skuat I Nerazzurri. Selain itu, tim asuhan Antonio Conte makin terbebani sebab mereka gagal menang di dua laga berturut-turut.

Namun Torino saat ini sedang terpuruk. Mereka berada di papan bawah dalam klasemen Liga Italia, posisi ke-16 dengan 34 poin.

"Kualitas yang dimiliki Torino lebih baik ketimbang posisi mereka di klasemen saat ini. Mereka memiliki skuat dengan kualitas dengan beberapa pemain luar biasa, mereka tim yang sangat kuat."

"Saya yakin Torino bakal mencoba menemukan kembali sentuhan permainan. Mereka ingin datang ke kandang kami dengan tujuan menampilkan performa yang bagus dan mengambil poin. Namun, kami ingin memenangkan pertandingannya," ujar Conte, di situs resmi Inter Milan.

 

Jangan Terpeleset

INTER MILAN VS TORINO (Liputan6.com/Abdillah)
INTER MILAN VS TORINO (Liputan6.com/Abdillah)

Conte juga meminta Romelu Lukaku dan kawan-kawan tidak terpeleset lagi. Di pertandingan sebelumnya, Nerazzurri, sebutan Inter Milan, kalah 1-2 dari Bologna di Giuseppe Meazza.

"Saya pikir belakangan ini kami harus membayar mahal karena kesalahan-kesalahan individu. Ini adalah periode di mana kami langsung dihukum karena kesalahan kecil," kata eks nakhoda Chelsea tersebut.

"Namun, saya pikir kami berada di jalur yang tepat perihal gaya sepak bola kami. Inter Milan juga bermain dalam intensitas tinggi, kami menekan dengan baik dan kami mendorong banyak pemain saat menyerang," ucap Conte menegaskan.

Klasemen Serie A

 

Saksikan video Inter Milan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Gandeng IFC Benahi Kinerja Direksi BUMN

Posted: 12 Jul 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN menjalin kerja sama dengan organisasi internasional yang juga menjadi anggota World Bank Group, International Finance Corporation (IFC). Kerja sama ini bertujuan Tingkatkan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik atau Good Corporate Governance (GCG) dalam peranan Direksi dan Dewan Komisaris BUMN.

Kerja sama ditandai dengan prosesi penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama oleh Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto dan Regional Director IFC East Asia dan Pacific Vivek Pathak pada Senin, 13 Juli 2020 yang dilakukan melalui digital conference. Turut hadir menyaksikan penandatangan tersebut Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin.

Kerja sama ini diharapkan mampu memperbaiki kualitas penerapan GCG pada BUMN utamanya terkait peningkatan peran dan profesionalitas Direksi dan Dewan Komisaris BUMN.

"Dengan semakin membaiknya GCG tersebut, kami yakin ke depan akan berpengaruh positif bagi BUMN dalam hal mendorong efisiensi dan efektivitas operasional serta transparansi dan akuntabilitas pengelolaan BUMN, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kinerja dan daya saing BUMN itu sendiri," tutur Budi Gunadi.

Nota Kesepahaman Bersama ini ditujukan agar kedua pihak dapat saling mendukung penguatan tata kelola perusahaan yang baik dan benar dengan mewujudkan keunggulan kompetitif, meningkatkan efisiensi operasional dan efektivitas biaya. Sekaligus mengaplikasikan akuntabilitas dan transparansi di BUMN.

Terlebih lagi, nilai aset BUMN di Indonesia melebihi setengah PDB negara ini. Memperbaiki tata kelola adalah kunci untuk mendukung operasional BUMN dan memenuhi kebutuhan investor akan efisiensi, akuntabilitas, dan berperan penting dalam memperoleh persetujuan atas arah kebijakan perusahaan.

 

Pelatihan Tata Kelola Perusahaan

Gedung Kementerian BUMN (dok: Humas KBUMN)
Gedung Kementerian BUMN (dok: Humas KBUMN)

Sementara itu, Country Manager IFC untuk Indonesia, Malaysia dan Timor Leste, Azam Khan, mengungkapkan kerja sama yang dilakukan berupa pelatihan tata kelola perusahaan, penilaian tata kelola perusahaan dan pemberian masukan. Juga rencana perbaikan untuk memperkuat tata kelola perusahaan pada BUMN sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

"Kami menghargai komitmen Kementerian BUMN untuk meningkatkan standar tata kelola perusahaan di Indonesia dan bangga dapat bermitra dengan Kementerian BUMN dalam misi penting ini," ungkapnya

Dalam pelaksanaannya IFC diperkenankan menggunakan sumber daya World Bank Group. BUMN sebagai salah satu lokomotif pergerakan ekonomi Indonesia berperan besar terhadap investasi, penyerapan tenaga kerja, dan produk domestik yang selaras dengan 5 program prioritas Kementerian BUMN. Yaitu peningkatan nilai ekonomi dan sosial, inovasi model bisnis, kepemimpinan teknologi, peningkatan investasi dan pengembangan talenta.

Oleh karenanya, penandatanganan ini menjadi perwujudan semangat kolaborasi dari para pemangku kepentingan dan sekaligus membawa semangat profesionalisme BUMN yang berorientasi menjadi pelaku usaha kelas dunia.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Sudah Digaji Besar, Erick Thohir Janji Copot Komisaris yang Jarang Hadiri Rapat

Menteri BUMN Erick Thohir saat rapat bersama DPR di Ruang Pansus B Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/5/2020). Rapat tertutup tersebut membahas antisipasi skema penyelamatan perbankan akibat COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri BUMN Erick Thohir saat rapat bersama DPR di Ruang Pansus B Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/5/2020). Rapat tertutup tersebut membahas antisipasi skema penyelamatan perbankan akibat COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan pihaknya tidak akan segan mencopot komisaris BUMN yang jarang datang saat rapat perusahaan berlangsung.

Sebelumnya, Anggota Ombudsman Alamsyah Saragih sempat mendapat aduan terkait adanya komisaris BUMN yang rangkap jabatan dan jarang menghadiri rapat, meskipun dirinya tidak secara rinci menyebutkan siapa tokohnya.

Kata Erick, kalau kehadirannya komisaris dalam rapat tidak sesuai dengan ketentuan, lebih baik diganti saja dengan figur yang lebih kompeten.

"Kalau bisa ke depannya kalau hadirnya di bawah 50 persen diganti saja (jabatan komisaris)," ujarnya dalam wawancara bersama stasiun televisi, sebagaimana disampaikan Erick di akun Instagramnya @erickthohir, Minggu (12/7/2020).

Menurut Erick Thohir, gaji komisaris sangat besar sehingga harusnya pekerjaannya juga sepadan. Dia ingin agar komisaris tak cuma menjabat dan 'numpang nama' saja.

"Gaji jadi komisaris mungkin 60 persen dari direksi, berarti kan kalau datang sekali sebulan ke kantor itu mahal banget (gajinya), jadi seyogyanya komisaris itu hadir dalam rapat," kata dia.

Ke depannya, Erick ingin dewan komisaris juga mendapatkan penilaian secara berkala untuk memastikan kompetensi komisaris itu, apakah pantas dipertahankan atau tidak.

"Saya mau ke depan yang namanya dewan komisaris juga ada review tahunan. Karena kalau tidak kontribusi, buat apa," ujar Erick Thohir. 

Erick Thohir Soal Isu Reshuffle: Siap Diangkat, Siap Juga Dicopot

Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2019). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2019). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir buka-bukaan soal isu reshuffle kabinet yang sempat menerpa beberapa waktu lalu.

Kala itu, Presiden Joko Widodo dalam pidato arahan Sidang Kabinet sempat marah dan mengancam akan me-reshuffle kabinet jika penanganan Corona masih "biasa-biasa" saja. Presiden bilang, penanganan Corona hingga saat itu belum mengalami progres yang signifikan.

Erick mengatakan, tentunya ketika seorang menteri atau pejabat setingkat menteri lainnya sudah diangkat, maka dirinya harus menerima risiko untuk dicopot kembali, jika memang itu keputusan Presiden.

"Dari awal saya diangkat jadi menteri, saya selalu mengatakan kita harus siap diangkat dan siap juga jika harus dicopot. Karena kita adalah pembantu Presiden," ujarnya dalam wawancara dengan stasiun televisi, sebagaimana dikutip dari akun Instagramnya @erickthohir, Minggu (12/7/2020).

Dirinya melanjutkan, karena itu, pihaknya dan jajaran lain di Kementerian BUMN akan selalu bekerja maksimal dan berusaha sebaik mungkin untuk mencapai Key Performance Index (KPI) yang ditetapkan padanya di awal menjabat.

Pada akhirnya, penilaian final ditentukan oleh Presiden itu sendiri. Tak lupa, Erick meminta dukungan berupa penilaian dan masukan untuk membuat pihaknya bekerja lebih baik.

"Penilaian akhirnya diserahkan kepada presiden. Review dan masukan sangatlah penting bagi kami untuk dapat terus bertransformasi menjadi semakin baik lagi, untuk Indonesia," tutupnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kocak, Pria Bersepeda Unjuk Kebolehan Di Depan Perempuan Akhirnya Jatuh

Posted: 12 Jul 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Unjuk kebolehan saat bersepeda memang boleh saja. Tapi kejadian lucu menimpa pria pesepeda yang satu ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Naya Rivera Sempat Kirim Foto ke Keluarga, 1-2 Jam Sebelum Hilang

Posted: 12 Jul 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Pencarian atas Naya Rivera yang menghilang sejak Kamis (9/7/2020) di Danau Piru, California, Amerika Serikat, terus berlanjut. Sayang, hingga berita ini ditulis, hasilnya masih nihil.

Dilansir dari US Magazine, Senin (13/7/2020), salah satu pegangan tim pencari, adalah foto sang anak yang diambil Naya Rivera sebelum menghilang.

"Ada foto yang dikirim ke seorang anggota keluarga yang memperlihatkan bocah lelaki tersebut di atas kapal yang dekat dengan sebuah teluk kecil," tutur Robert Inglis, perwakilan tim pencarian dari Kantor Sheriff Ventura.

Dari jejak digitalnya, disimpulkan bahwa foto ini ini diambil sekitar 90 menit sampai 2 jam sebelum anak Naya Rivera ditemukan sendirian di atas kapal.

Teluk Ditemukan

Naya Rivera (Dan Steinberg/Invision/AP, File)
Naya Rivera (Dan Steinberg/Invision/AP, File)

Tim pencari telah menemukan teluk dalam foto ini. Tempat kapal ditemukan dan teluk tersebut menjadi titik awal pencarian Naya Rivera.

"Kami telah mengirim penyelam ke dua lokasi ini dan melakukan pencarian secara mendalam," tuturnya menambahkan.

Jarak Pandang Buruk

Proses pencarian Naya Rivera (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)
Proses pencarian Naya Rivera (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Meski telah berusaha keras, pihak pencari mendapat halangan besar dalam menemukan bintang Glee ini. Pasalnya, jarak pandang di dalam air sangat buruk.

"Kalau kamu memakai jam tangan dan mengangkatnya sampai ke depan maskermu, kamu bahkan tak bisa membaca angkanya," kata dia menambahkan.

Membahayakan

Proses pencarian Naya Rivera (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)
Proses pencarian Naya Rivera (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Hal ini diperparah dengan kondisi sekitar lokasi yang membahayakan. Banyaknya pohon dan belukar yang bisa patah atau tersangkut dan menjerat para penyelam di dalam air.

Pencarian di Kabin

Diwartakan People, petugas juga berusaha untuk melakukan pencarian di sekitar kabin yang berada dekat dengan danau. Namun, belum ada hasil dari pencarian ini.

"Tidak ada [kabin] yang ditempati. Belum ada hasilnya," kata salah satu perwakilan Kantor Sheriff Ventura, Shannon King.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Cara Mengobati Herpes di Wajah, Redakan Rasa Sakitnya

Posted: 12 Jul 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Herpes adalah penyakit kulit yang lebih sering menyerang wajah. Penyakit ini biasanya akan membuat area kulit wajah melepuh dan kering. Ketika herpes menyerang wajah, sudah pasti akan membuat kepercayaan diri hilang bukan? Hal inilah yang membuat cara mengobati herpes di wajah menjadi penting dilakukan.

Penyakit herpes disebabkan oleh infeksi virus herpesviridae. Sedangkan virus herpes yang paling terkenal adalah herpes simplex virus. Selain bisa memengaruhi penampilan, herpes di wajah juga sangat menyakitkan. Nah, cara mengobati herpes di wajah ini akan membantu meredakan rasa sakit yang ditimbulkannya.

Herpes dikenal sebagai penyakit kulit yang bisa menular. Tentu saja keberadaannya di wajah akan membuat orang lain enggan mendekat. Cara mengobati herpes di wajah untungnya mudah sekali dilakukan. Tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia dan tentu tidak menyakitkan.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengobati herpes di wajah dari berbagai sumber, Senin (13/7/2020).

Cara Mengobati Herpes di Wajah

Ilustrasi es batu. (dok. Pexels.com/Dinny Mutiah)
Ilustrasi es batu. (dok. Pexels.com/Dinny Mutiah)

Es Batu

Es batu bisa digunakan untuk mengobati herpes di wajah. Sensasi dingin yang diberikan es batu bisa mebantu meredakan rasa sakit dan mengurangi terjadi inflamasi. Inflamasi tambahan jelas akan membuat herpes semakin menyebar.

Caranya sangat mudah, hanya perlu menyiapkan kain untuk mengompres dan air serta es batu. Jika air dirasa sudah dingin, celupkan kain di air es. Tempelkan pada wajah yang sakit dan ganti kain jika suhunya sudah berubah.

Jika menggunakan kain terlalu repot, bisa gunakan botol kecil yang diisi air dingin. Langsung saja tempelkan botol ke area kulit yang terkena herpes. Tetap pastikan bahwa botol bersih.

Lidah Buaya

Lidah buaya bisa digunakan untuk mengpbati herpes di wajah. Tepatnya pada bagian gel dalam lidah buayanya. Gel ini bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan panas karena herpes.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah, tempelkan saja gel lidah buaya pada wajah. Tepatnya pada wajah yang terkena herpes. Jika tidak ingin menggunakan lidah buaya secara langsung, bisa diganti dengan minyak lidah buaya. Minyak ini bisa dibeli di apotek.

 

Cara Mengobati Herpes di Wajah

Ilustrasi baking soda
Ilustrasi baking soda

Baking Soda

Baking soda tidak hanya digunakan untuk memasak, tetapi bisa untuk meredakan sakit karena herpes. Baking soda aman diterapkan pada wajah yang terkena herpes. Sebelum menerapkannya, campurkan baking soda dengan minyak esensial Niauli. Minyak ini dikenal bisa melawan infeksi dan meningkatkan regenerasi kulit.

Takarannya, campurkan satu sendok makan baking soda dengan lima tetes minyak esensial Niauli. Setelah itu tambahkan juga setengah gelas air hangat. Jika sudah, aduk secara merata dan tempelkan pada wajah yang terkena herpes. Bisa mulai tempelkan dengan kain atau kapas.

Mandi Air Dingin

Mandi dengan air dingin juga bisa membantu meredakan peradangan herpes pada wajah. Cara ini bisa sedikit membersihkan dan menjaga luka. Rutinitas ini akan membuat lecet di wajah tetap bersih dan bisa mengurangi risiko infeksi.

Air dingin juga bisa membantu meredakan bintik-bintik sakit dan gatal. Hal ini bisa menurunkan risiko menggaruk wajah yang akan memperparah peradangan.

Goresan justru akan menyebabkan luka menjadi jaringan parut. Jika sudah, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan handuk. Lalu cuci handuk setelah digunakan agar tidak menyebar.

Cara Mengobati Herpes di Wajah

Ilustrasi Minyak Zaitun Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Minyak Zaitun Credit: pexels.com/pixabay

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa membantu mengobati herpes pada wajah. Hal ini disebabkan karena sifat antimikroba dan antivirusnya. Minyak zaitun akan membantu melembapkan dan melembutkan kulit akibat infeksi.

Minyak zaitun memiliki banyak vitamin, termasuk A, D, dan K, serta vitamin E. Kandungan ini akan meregenerasi kulit dan mempercepat penyembuhan akibat ruam herpes.

Teh Hijau

Teh hijau memiliki sifat sebagai antioksidan dan antivirus. Keduanya bisa membantu mencegah infeksi yang datang untuk kedua kali. Hal ini penting sekali dilakukan, karena herpes termasuk penyakit kulit seumur hidup dan bisa muncul berulang-ulang. Katekin yang dimiliki teh hijau akan menghambat pertumbuhan bakteri dan virus pemicu herpes. Selain itu, mengonsumsinya juga bisa mempercepat pemulihannya.

Cara Mengobati Herpes di Wajah

Ilustrasi cuka apel (Foto: iStockphoto)
Ilustrasi cuka apel (Foto: iStockphoto)

Cuka Apel

Cuka apel dikenal memiliki sifat antiradang dan antivirus. Tidak heran jika cuka apel memang bisa diandalkan untuk mengobati herpes di wajah. Cuka apel termasuk aman diterapkan di wajah.

Bisa membantu mencegah peradangan yang semakin parah dan infeksi yang datang kedua kali. Caranya sangat mudah, hanya perlu mencampurkan 1 sendok cuka apel dengan 3 sendok air. Aduk keduanya dengan merata dan oleskan campuran ini ke wajah yang terinfeksi.

Makan Sayur

Mengonsumsi lebih banyak sayur bisa membantu mengatasi rasa sakit akibat peradangan herpes di wajah. Mengonsumsi lebih banyak sayur juga bisa membuat daya tahan tubuh lebih baik. Daya tahan tubuh yang baik ini sangat efektif menghalang infeksi virus, termasuk virus herpes. Misalnya saja seperti kembang kol, bayam, dan tomat.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Realisasi Investasi Capai Rp 210,7 Triliun di Kuartal I, Ternyata Didominasi Dalam Negeri

Posted: 12 Jul 2020 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi kuartal I 2020 mencapai Rp 210,7 triliun. Setara 23,8 persen dari target investasi Rp 886,1 triliun. Jumlah ini tidak termasuk sektor hulu migas dan jasa keuangan.
 
Realisasi investasi ini terbagi dalam Penanaman Modal Dalam Negeri atau (PMDN) sebesar Rp 112,7 triliun. Angka ini setara 53,5 persen dari total realisasi. Dan Penanaman Modal Asing atau (PMA) senilai Rp 98 triliun atau 46,5 persen dari total realisasi.
 
Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia menyampaikan beberapa hal yang mempengaruhi pencapaian ini. Diantaranya yang pertama, terkait dengan konsolidasi perusahaan PMA yang terganggu akibat adanya Covid-19. 
 
"Yang kedua, untuk pengiriman barang dari negara itu kita belum diizinkan. Sehingga realisasinya lama," ujar dia dalam Launching dan Diskusi buku Pandemi Corona : Virus Deglobalisasi Masa Depan Perekonomian Global dan Nasional, Senin (13/7/2020).
 
Bahlil menambahkan, sepanjang kuartal I 2020, investasi telah menyerap 303.085 Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Adapun 5 besar negara investor terdiri dari; Pertama, Singapura senilai USD 2,723 juta atau 40,persen dari seluruh PMA.
 
Kedua, China senilai USD 1,285 juta atau 18,9 persen. Ketiga, Hongkong senilai USD 634 juta. Kemudian Jepang senilai USD 604 juta. Kelima, Malaysia senilai USD 480 juta, serta lainnya sebesar USD 1.076 juta.

17 Perusahaan Siap Relokasi ke Kawasan Industri Batang

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)
lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Sejumlah menteri berkumpul membahas kawasan industri Batang di Jawa Tengah. Rapat berlangsung di kantor kementerian koordinator bidang perekonomian.

Hadir pada rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto itu, antara lain Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia.

"Mengenai Batang kemarin, makannya tadi ada rapat dengan pak menko pak menteri perindustrian mengenai Batang," kata Menteri BUMN, Erick Thohir usai ditemui rapat di Kemenko Perekonomian, Jumat (3/7/2020).

Dalam rapat koordinasi, Menko Airlangga meminta penyelesaian segera time line kawasan industri Batang.

Sebagai tindak lanjut hasil rapat hari ini, BKPM akan segera menggelar rapat dengan beberapa perwakilan dari Menteri Perhubungan Kementerian PUPR PT PN dan PT PP. "Sesuai dengan presiden di akhir tahun sudah ada tampak sedikit di sana," kata dia.

Di tempat yang sama Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia menambahkan sampai dengan hari ini ini sudah ada 17 perusahaan yang melakukan relokasi di Batang.

Secara keseluruhan terdapat 17 yang akan masuk di beberapa cluster atau setara dengan 60 sampai 70 persen dari target.

"Yang masuk di Batang itu masuk di cluster 17 itu yang sudah confrim 3 dari 17 itu. Kita memberikan ruang kepada semua aja tinggal masing-masing investor melihat mana yang paling pas," kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BRI Tegaskan Komitmen Penyelamatan UMKM

Posted: 12 Jul 2020 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menegaskan komitmen untuk melakukan restrukturisasi dan menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah akibat dampak dari pandemi COVID-19. Hal tersebut diutarakan Direktur Utama BRI Sunarso dalam talkshow bersama Dr. Tanri Abeng (Pengamat BUMN dan Dewan Pakar BUMN Track) di Jakarta (09/07).

"Saat ini yang penting adalah selamat, sekarang orientasi BRI adalah restrukturisasi UMKM dulu, dan BRI berupaya agar sektor riil ini jangan sampai mati. Karena kalau UMKM mati, maka bank akan ikut mati juga. Maka kemudian kita sekarang harus sharing pain dan sakit ini kita tanggung bareng, sakit ini kita tanggung bersama untuk kemudian kita hidup bareng bareng dan sembuh bareng bareng," ujar Sunarso.

Sunarso menjelaskan bahwa pada krisis - krisis yang terjadi sebelumnya, sektor yang paling terdampak adalah korporasi besar, berbeda dengan kondisi saat ini dimana seluruh sektor termasuk UMKM merasakan krisis yang terjadi. "Tetapi beruntungnya adalah, krisis demi krisis industri perbankan di Indonesia makin siap dan makin sigap risk managementnya," jelasnya.

Salah satu upaya nyata perseroan terhadap penyelamatan UMKM adalah dengan melakukan restrukturisasi, dimana sejak 13 Maret hingga 30 Juni 2020 BRI sudah melakukan restrukturisasi kepada 2,9 juta nasabah UMKM dan nilai kredit yang direstrukturisasi mencapai Rp 176,6 Triliun.

Sementara itu, Tanri Abeng menambahkan bahwasanya UMKM harus diselamatkan karena mereka adalah pelaku ekonomi terbesar di Indonesia. "Pemerintah harus perhatikan UMKM ini karena mereka adalah pelaku ekonomi terbesar, karena mereka sedang terpuruk. Bagaimana caranya UMKM ini naik kelas, maka mereka akan menjadi pelaku ekonomi yang signifikan," imbuh Tanri Abeng.

Tanri Abeng pun mengutarakan konsep korporatisasi UMKM agar peran UMKM dalam mendorong perekonomian semakin signifikan. "Konsep korporatisasi UMKM yaitu beberapa usaha kecil yang sejenis dikelompokkan dalam satu koperasi, dan kemudian beberapa koperasi tersebut berkumpul untuk membentuk Badan Usaha Milik Rakyat (BUMR). Itu (BUMR) bentuknya Perseroan Terbatas, jadi manajemennya jelas dan professional, dan Presiden Jokowi menyebut hal itu sebagai holdingisasi koperasi," urai Tanri Abeng. 

Apabila konsep ini berhasil dan terjadi korporatisasi maka pada akhirnya akan memudahkan lembaga perbankan itu sendiri karena bank akan memiliki nasabah yang sizeable sehingga bisa komparatif dan bisa mengangkat ekonomi kita yang memiliki potensi sangat besar. 

"Saya bisa melihat bahwa beban BRI sudah sangat berat, dan mungkin akan lebih berat lagi (apabila menjalankan korporatisasi) tetapi sangat menantang karena korporatisasi UMKM akan mengangkat ekonomi yang berbasis masyarakat luas," urainya. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Positivity Rate Corona Covid-19 di Jakarta Melonjak Jadi 10,5 Persen

Posted: 12 Jul 2020 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menterinya untuk fokus menyoroti kenaikan kasus virus corona Covid-19 di tanah air, salah satunya DKI Jakarta. Menurut dia, angka positivity rate corona di DKI Jakarta kini naik drastis hingga dua kali lipat.

"Di Jakarta, laporan terakhir yang saya terima angka positivity rate-nya melonjak dari 4 sampai 5 sekarang sudah 10 setengah persen. Tolong betul-betul dijadikan perhatian," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Senin (13/7/2020).

Jokowi sendiri telah meminta menterinya untuk fokus menekan lonjakan kasus corona di sejumlah daerah. Ada 8 provinsi yang diminta Jokowi agar diberikan priorotas khusus antara lain, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Papua.

Dia ingin agar tes corona di daerah-daerah tersebut diperbanyak serta penelusuran atau tracing dimasifkan. Selain itu, dia meminta agar fasilitas kesehatan rumah sakit untuk pasien corona ditingkatkan.

"Khususnya bed APD, obat-obatan, ventilator dan kamar isolasi yang ini juga masih memerlukan tambahan-tambahan untuk provinsi-provinsi yang tadi saya sebut. Kalau memang kekurangan ini agar Kemenkes bisa menyampaikan kepada Menteri PU untuk segera diselesaikan," jelas Jokowi.

 

Rekor Kasus Harian di Jakarta

Petugas Satpol PP melakukan sosialisasi saat menertibkan pedagang yang nekat berjualan selama masa pandemi COVID-19 di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta, Jumat (22/5/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menambah PSBB selama 14 hari mulai tanggal 22 Mei 2020. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas Satpol PP melakukan sosialisasi saat menertibkan pedagang yang nekat berjualan selama masa pandemi COVID-19 di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta, Jumat (22/5/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menambah PSBB selama 14 hari mulai tanggal 22 Mei 2020. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui bahwa jumlah penambahan kasus positif virus Corona Covid-19 di Jakarta melonjak tinggi selama satu pekan belakangan. Kasus positif corona di Jakarta sendiri bertambah 404 orang per Minggu 12 Juli 2020.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengungkapkan, positivity rate Jakarta per Mingggu mencapai 10,5 persen. Ini merupakan rekor penambahan kasus baru sejak virus corona mewabah di ibu kota.

"Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat bila dibandingkan bulan Juni yang mencapai kisaran 4 persen hingga 6 persen," kata Anies, Minggu

Dia juga menyebut pada 11-17 Juni, sebanyak 27.091 orang dites, tingkat positivity rate-nya 3,1 persen. Kemudian pada 18-24 Juni ada 29.873 orang yang dites, positivity rate-nya 3,7 persen.

Selanjutnya, kata Anies, pada 25 Juni-1 Juli ada 31.085 orang yang dites PCR, kemudian positivity rate-nya 3,9 persen. Sedangkan 2-8 Juli, sebanyak 34.007 orang dites dan positivity rate-nya 4,8 persen.

"Lonjakan ini merupakan peringatan bagi kita semua dan dalam perjalanan selama masa PSBB transisi ini sejak 4 Juni sampai 12 Juli ini," tegas Anies.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Inter Milan Vs Torino: Akhiri Tren Buruk

Posted: 12 Jul 2020 08:35 PM PDT

Milan - Inter Milan punya misi mengakhiri tren buruk saat menjamu Torino pada pekan ke-32 Liga Italia. Laga ini akan dimainkan di Stadion Giuseppa Meazza, Milan, Selasa (14/7/2020) dini hari WIB.

Sebab di dua laga terakhir, Inter Milan selalu gagal mendapatkan tiga poin. Terbaru Samir Handanovic dan kawan-kawan ditahan imbang Hellas Verona 2-2.

Kini dengan tren buruk yang sedang dialami Lazio, tiga poin akan membawa I Nerazzurri semakin dekat untuk kembali ke posisi kedua klasemen.

Untuk merealisasikan target di atas, pelatih Inter Milan Antonio Conte sangat mengharapkan gol dari striker utama mereka, Romelu Lukaku. Maklum penyerang asal Belgia itu hanya membukukan satu gol dari proses open play pada lima partai terakhir.

Menariknya beberapa media internasional memprediksi Conte akan memarkir Lukaku. Sebagai gantinya, Alexis Sanchez akan menemani Lautaro Martinez sebaga tukang gedor utama.

Sayangnya Torino bakal tampil tanpa striker utama mereka, Simone Zaza lantaran menjalani larangan bermain. Kabar baiknya, Armando Izzo sudah bisa kembali bermain.

Susunan Pemain, Head to Head dan Prediksi Skor

INTER MILAN VS TORINO (Liputan6.com/Abdillah)
INTER MILAN VS TORINO (Liputan6.com/Abdillah)

Prediksi Susunan Pemain

 

Inter Milan (3-4-1-2): Handanovic; Skriniar, de Vrij, Bastoni; Candreva, Gagliardini, Brozovic, Young; Eriksen; Sanchez, Lautaro.

Pelatih: Antonio Conte.

 

Torino (3-5-2): Sirigu; Lyanco, Nkoulou, Bremer; De Silvestri, Lukic, Rincon, Meite, Ansaldi; Belotti, Verdi.

Pelatih: Moreno Longo.

 

Head to Head 

5 Pertemuan Terakhir 

  • 28-01-2019 Torino 1-0 Inter (Serie A)
  • 27-08-2018 Inter 2-2 Torino (Serie A)
  • 08-04-2018 Torino 1-0 Inter (Serie A)
  • 05-11-2017 Inter 1-1 Torino (Serie A)
  • 19-03-2017 Torino 2-2 Inter (Serie A) 

 

5 Laga Terakhir Inter 

  • 14-6-2020 Napoli 1-1 Inter (Coppa Italia)
  • 22-6-2020 Inter 2-1 Sampdoria (Serie A)
  • 25-6-2020 Inter 3-3 Sassuolo (Serie A)
  • 29-6-2020 Parma 1-2 Inter (Serie A)
  • 2-7-2020 Inter 6-0 Brescia (Serie A) 

 

5 Laga Terakhir Torino

  • 01-03-2020 Napoli 2-1 Torino (Serie A)
  • 21-06-2020 Torino 1-1 Parma (Serie A)
  • 24-06-2020 Torino 1-0 Udinese (Serie A)
  • 28-06-2020 Cagliari 4-2 Torino (Serie A)
  • 01-07-2020 Torino 1-2 Lazio (Serie A)

 

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Hendry Wibowo, Published 13/7/2020)

Saksikan Video Inter Milan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: