Jumat, 10 Juli 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Link Live Streaming Liga Inggris: Sheffield United Vs Chelsea Malam Ini

Posted: 10 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Sheffield - Chelsea harus bertandang ke markas Sheffield United, Sabtu (11/7/2020) malam ini pukul 23.30 WIB dalam pertandingan pekan ke-35 Liga Inggris 2019-2020.

Laga ini diyakini akan berjalan ketat, mengingat kedua tim punya misi masing-masing di sisa musim ini. Chelsea ingin memastikan satu tempat di empat besar demi tiket ke Liga Champions musim depan.

Chelsea bersaing dengan Manchester United, yang saat ini menduduki posisi kelima. Sementara Sheffield United juga mengejar tiket ke Liga Europa dengan target finis di posisi keenam di Liga Inggris musim ini.

Tim tamu datang dengan catatan gemilang setelah mereka meraih dua kemenangan beruntun di Liga Inggris. The Blues mampu menang 3-0 kala menjamu Watford, lalu pasukan Frank Lampard menang 3-2 di kandang Crystal Palace.

Sheffield jelas mendapat ujian berat dengan kedatangan Chelsea malam ini. Laga ini disiarkan di Mola TV dan link live streaming terdapat di halaman berikutnya.

Link Live Streaming

Premier League - Sheffield United Vs Chelsea (Bola.com/Adreanus Titus)
Premier League - Sheffield United Vs Chelsea (Bola.com/Adreanus Titus)

Untuk mendapatkan link live streaming Sheffield United vs Chelsea, silakan klik tautan berikut ini...

Prediksi Starter

Striker Sheffield United, Callum Robinson, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Chelsea pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, London, Sabtu (31/8). Kedua klub bermain imbang 2-2. (AP/John Walton)
Striker Sheffield United, Callum Robinson, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Chelsea pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, London, Sabtu (31/8). Kedua klub bermain imbang 2-2. (AP/John Walton)

Perkiraan Susunan Pemain

Sheffield United (3-5-2): Henderson; O'Connell, Egan, Basham; Stevens, Lundstram, Norwood, Berge, Baldock; Mousset, McGoldrick.

Pelatih: Chris Wilder.

Chelsea (4-3-3): Kepa; Azpilicueta, Rudiger, Christensen, James; Mount, Jorginho, Loftus-Cheek; Pulisic, Abraham, Willian.

Pelatih: Frank Lampard.

Klasemen Liga Inggris

 

FcTables.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wartawan Metro TV Diduga Menjadi Korban Pembunuhan

Posted: 10 Jul 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Editor Metro TV Yodi Prabowo ditemukan meninggal di pinggir Tol Pesanggrahan. Yodi diduga menjadi korban pembunuhan lantaran ada luka bekas tusukan di tubuh dan tak ada barang berharga yang hilang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Kecemasan Keluarga Sebelum Editor Metro TV Yodi Prabowo Ditemukan Tewas

Posted: 10 Jul 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Resah dan kebingungan lantaran Yodi Prabowo (20) tak kunjung pulang, keluarga editor Metro TV yang jenazahnya ditemukan di pinggir Tol Ulujami, Jakarta Selatan, sempat akan melapor ke polisi atas dugaan orang hilang.

Pasalnya, sejak Selasa, 7 Juli 2020 malam, Yodi tak pulang ke rumah.

"Sebenarnya, ayahnya mau lapor Polisi setelah jumatan. Tapi dapat kabar dan langsung ke RS Polri," jelas Biarso, sepupu almarhum ditemui di rumah duka di Jalan Alle, Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Jumat (10/7/2020).

Namun, bukan kabar baik yang didapat, keluarga dikabari bila Yodi Prabowo ditemukan tewas dan jenazahnya berada di RS Kramat Jati. Hanya ayah almarhum yang ke rumah sakit untuk mengetahui kebenaran kabar anaknya tersebut.

Menurut Biarso, korban sebelum ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa, juga tak bisa dihubungi pihak keluarga. Terakhir, korban menghubungi pacarnya.

"Terakhir itu, dikontak pacarnya, tapi saya enggak tahu kapan pastinya. Itu setelah magrib, tapi hari apa enggak tahu," kata Biarso.

Polisi masih memburu pelaku penusukan yang menewaskan editor Metro TV Yodi Prabowo tersebut.

Luka di Dada dan Leher

Editor Metro TV Yodi Prabowo diduga menjadi korban pembunuhan. Polisi menemukan sejumlah luka tusuk di tubuh Yodi Prabowo.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budi Sartono menjelaskan, ada luka tusuk pada bagian dada dan leher.

"(Penyebab kematiannya) luka di leher dan dada," kata dia dalam keteranganya, Sabtu, (11/7/2020).

Budi memaparkan, dari hasil autopsi yang dilakukan oleh Rumah Sakit Polri Kramatjati, luka-luka yang ada di tubuh editor Metro TV Yodi Prabowo teridentifikasi dari serangan benda tajam.

"(Keduanya) luka benda tajam," ucap dia.

Yodi Prabowo ditemukan tidak bernyawa di pinggir Tol Jorr Pesanggrahan, Jalan Ulujami Raya Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan, Jumat 10 Juli 2020.

Kanit Reskrim Polsek Pesanggrahan Iptu Fajrul Choir menerangkan, jasad Yodi Prabowo pertama kali ditemukan tiga anak yang sedang bermain layang-layang di pinggir Tol Jorr Pesanggrahan. Ketiganya pun melaporkan kepada Ketua RT setempat.

Saat ditemukan, editor Metro TV tersebut mengenakan jaket hijau, celana panjang hitam dan mengenakan helm. Posisi jasad saat ditemukan telungkup.

Metro TV Minta Usut Tuntas

Sebelumnya, President Director Metro TV Don Bosco Selamun meminta pihak kepolisian mengusut tuntas penyebab kematian karyawannya, Yodi Prabowo.

"Kami minta pihak kepolisian mengusut tuntas siapa pelaku jika kematiannya disebabkan oleh pembunuhan, penganiayaan atau bentuk kekerasan lainnya," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (10/7/2020).

Menurut Don Bosco, sebelum ditemukan meninggal, Yodi masih terlihat masuk kantor dua hari yang lalu.

"Dia justru masuk kantor Senin dan Selasa. Kejadiannya setelah Yodi pulang dari kantor malam harinya," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

840 PNS Pemprov Jatim dan Keluarga Ikuti Tes Usap

Posted: 10 Jul 2020 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada 840 orang aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS0 di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) beserta keluarganya menjalani tes usap PCR di Rumah Pusat Observasi COVID-19 di kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) di Surabaya, Jumat, 10 Juli 2020.

"Tes usap dilaksanakan secara bertahap, yang setiap tahapannya diikuti 120 orang," tutur Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai, seperti dikutip dari Antara, ditulis Sabtu, (11/7/2020).

Ia menuturkan, ASN yang mengikuti tes usap adalah pegawai yang diketahui hasil tes cepatnya reaktif, termasuk anggota keluarganya.

"Sesuai arahan Gugus Tugas Jatim, bahwa ASN dan keluarganya diharapkan mendapat perhatian serius untuk dilakukan testing masif, karena melakukan pelayanan juga kepada masyarakat sehingga perlu deteksi dini," tutur dia.

Bagi ASN yang hasil tesnya positif, kata dia, langsung menjalani isolasi di RS Lapangan di Jalan Indrapura Surabaya, terutama mereka yang positif tetapi tanpa gejala hingga gejala klinis ringan.

Sedangkan jika ada yang bergejala sedang hingga berat akan langsung dikoordinasikan dengan tim yang menangani sistem rujukan untuk selanjutnya dirawat di rumah sakit rujukan.

Perkembangan Testing dan Tracing

Konferensi pers perkembangan kasus virus corona baru yang memicu COVID-19 di Gedung Grahadi, Jumat (24/4/2020) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Konferensi pers perkembangan kasus virus corona baru yang memicu COVID-19 di Gedung Grahadi, Jumat (24/4/2020) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara itu, sebelumnya perkembangan tracing dan testing di lingkungan OPD Pemprov Jatim per 3 Juli 2020 telah ditemukan 98 orang ASN terkonfirmasi positif.

Para ASN yang telah dilakukan tes cepat ditemukan sebanyak 511 orang reaktif. Dari jumlah tersebut, sebanyak 434 orang di antaranya telah melakukan tes usap dan 77 orang masih menunggu antrean.

"Total yang negatif 266 orang dan positif 98 orang. Sembuh 20 orang, dalam perawatan 78 orang dan yang menunggu hasil tes usap 70 orang," tutur Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Penyebab Nafsu Makan Anak Menurun dan Cara Mengatasinya

Posted: 10 Jul 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab nafsu makan anak menurun tentunya perlu dikenali orang tua. Berbagai menu makanan enak yang disajikan di rumah belum tentu menjamin anak bisa makan lahap. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui penyebab nafsu makan anak menurun terlebih dahulu untuk menanganinya. 

Biasanya kasus nafsu makan anak menurun ini pada saat-saat tertentu masih bisa dikatakan normal. Namun, beda halnya bilsa penurunan nafsu makan pada anak ini disertai dengan berbagai gejala lainnya, seperti penurunan berat badan atau timbulnya gejala penyakit. Hal ini harus diwaspadai dan segera ditangani.

Penyebab nafsu makan anak menurun dapat dipengaruhi beberapa faktor. Bisa karena kondisi kesehatannya, pertumbuhan, hingga kesehatan psikologis anak. Cara mengatasi anak tidak nafsu makan tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (11/7/2020) tentang penyebab nafsu makan anak menurun.

Penyebab Nafsu Makan Anak Menurun

Anak malas makan (Sumber: Istockphoto)
Anak malas makan (Sumber: Istockphoto)

Kondisi Kesehatan

Penyebab nafsu makan anak menurun yang pertama adalah kondisi kesehatannya. Sebuah penyakit dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan yang signifikan pada anak. Hal ini bisanya terjadi jika anak sedang mengalami sakit tenggorokan, sakit perut, diare, sakit kepala, demam atau gejala lainnya.

Anak biasanya akan kehilangan nafsu makan dan makan lebih sedikit daripada biasanya. Meski demikian, biasanya anak akan pulih nafsu makannya saat kesehatannya sudah membaik. Jadi kamu tinggal menangani penyakit yang dialaminya.

Stres

Keadaan psikologis juga dapat menjadi penyebab nafsu makan anak menurun. Stres memiliki banyak efek negatif pada balita dan anak kecil, termasuk kehilangan nafsu makan. Jika nafsu makan anak menurun dan diikuti dengan sulit tidur, maka kemungkinan besar anak mengalami stres.

Stres yang dialami anak biasanya disebabkan oleh masalah keluarga seperti kematian dalam keluarga, kematian hewan peliharaan, perundungan (bullying), ketidakmampuan mengatasi tekanan akademis atau alasan lainnya. Oleh karena itu, kamu perlu mengindentifikasi masalahnya untuk menangani penurunan nafsu makan anak.

Mengalami Anemia

Anemia adalah penyebab nafsu makan anak menurun lainnya. Anak-anak yang menderita anemia tampak lebih lemah, lelah dan mudah tersinggung. Jika tidak segera diobati, anemia dapat mengganggu perkembangan anak dan aktivitas belajarnya.

Penyebab Nafsu Makan Anak Menurun

ilustrasi anak makan/copyright Rawpixel
ilustrasi anak makan/copyright Rawpixel

Cacing Usus

Penyebab nafsu makan anak menurun selanjutnya adalah cacing usus. Bahkan, cacing usus dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan pada anak. Cacing yang berada di dalam sistem pencernaan anak seperti parasit sehingga menyebabkan pendarahan usus, kehilangan nafsu makan, dan disentri.

Pertumbuhan yang Melambat

Penyebab nafsu makan anak menurun berikutnya adalah lambatnya pertumbuhan. Perubahan pertumbuhan bisa menyebabkan kemerosotan nafsu makan pada anak. Selama tahun pertama, anak-anak tumbuh dengan cepat. Tapi, setelah itu pertumbuhan anak akan melambat, dan inilah yang menyebabkannya makan lebih sedikit.

Hal ini terbilang normal karena anak berada pada fase negativistik, yaitu fase yang normal dimana anak usia 18 bulan hingga 3 tahun belajar untuk menolak dan egonya mulai tumbuh. Oleh karena itu, menjalin komunikasi baik dengan anak sangat diperlukan dalam hal ini.

Konsumsi Obat

Beberapa obat-obatan juga dapat menjadi penyebab nafsu makan anak menurun. Biasanya, anak kehilangan nafsu makan karena efek samping yang umum dari obat antibiotik.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

ilustrasi anak makan /copyright By Makistock from Shutterstock
ilustrasi anak makan /copyright By Makistock from Shutterstock

Setelah mengenali penyebab nafsu makan anak menurun, kamu tentunya perlu tahu cara mengatasinya. Diperlukan berbagai strategi untuk meningkatkan nafsu makan anak, sebagai berikut:

Buat tampilan makanan menjadi lebih menarik. Tampilan makanan yang berwarna-warni dan unik dapat membuat anak tertarik. Kamu bisa mengombinasikan berbagai sayuran dengan warna berbeda, lalu cukupi dengan sajian karbohidrat, protein dan lemak untuk mendukung kecukupan gizinya.

Sajikan menu yang berbeda setiap harinya. Menyajikan menu berbeda setiap harinya juga bisa membuat anak kembali bernafsu untuk makan. Hal ini membuatnya penasaran dengan rasa makanan yang baru dilihatnya tersebut. Memberikan makanan yang sama setiap harinya tentu membuatnya bosan.

Goda dengan aroma makanan. Untuk menarik nafsu makan juga bisa melalui aroma makanan yang menyenangkan dan menggoda. Bisa dengan menyajikan makanan hangat yang baru saja selesai dimasak, atau menghangatkan makanan sebelum disajikan.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

ilustrasi anak makan/copyright By Olena Yakobchuk (Shutterstock)
ilustrasi anak makan/copyright By Olena Yakobchuk (Shutterstock)

Sajikan makanan dalam porsi kecil. Satu piring penuh dengan makanan tentunya dapat menurunkan nafsu makan. Dengan membagi porsi kecil, kamu bisa membuat anak makan beberapa kali dalam sehari.

Batasi minuman saat makan. Untuk menjaga nafsu makan dan mencegah rasa kenyang, sebaiknya hindari minum terlalu banyak selama waktu makan. Berikan air, jus, teh, atau minuman lain pada anak setelah selesai makan.

Selain itu, untuk mengatasi nafsu makan anak menurun, kamu juga tidak boleh memaksanya makan. Hal ini dapat membuatnya kurang sensitif terhadap rasa lapar di hari-hari berikutnya. Kamu juga bisa mengajaknya menyiapkan makanan agar lebih tahu makanan apa yang disukainya.

Jika dengan cara-cara tersebut anak tetap tidak nafsu makan, mungkin kamu perlu berkonsultasi dengan dokter. Dengan saran dari dokter, tentu kamu bisa mendapatkan solusi yang aman dan tepat untuk meningkatkan nafsu makan anak.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Liverpool vs Burnley: Sengit di Anfield

Posted: 10 Jul 2020 09:35 PM PDT

Liverpool - Prediksi pertandingan Liverpool vs Burnley dalam lanjutan Premier League, Sabtu (11/7/2020) pukul 21.00 WIB bakal berjalan sengit. Pasalnya, kedua tim sedang dalam kondisi on fire.

Burnley sedang berada dalam form yang cukup meyakinkan. Namun, Liverpool diyakini mampu mengamankan kemenangan.

Terkini, Burnley menang 1-0 di markas West Ham melalui gol tunggal Jay Rodriguez. Dengan hasil itu, berarti pasukan Sean Dyche tak terkalahkan dalam empat laga terakhirnya di Premier League (M3 S1 K0).

Burnley sedang percaya diri. Namun, itu bukan berarti Burnley punya peluang besar untuk mencuri poin di Anfield.

Liverpool baru saja meraih dua kemenangan beruntun. Pertama, Liverpool menang 2-0 menjamu Aston Villa melalui gol-gol Sadio Mane dan Curtis Jones. Setelah itu, pasukan Jurgen Klopp menang 3-1 di markas Brighton lewat dua gol Salah dan satu gol Jordan Henderson.

Salah belum menyerah dalam perburuan sepatu emas Premier League. Faktor itu benar-benar harus diwaspadai oleh barisan belakang Burnley di laga nanti.

Selain itu, fakta bahwa mereka belum pernah gagal memenangi laga-laga kandangnya di Premier League musim ini juga membuat Liverpool semakin diunggulkan meraih tiga poin.

Statistik

(AP/Anthony Devlin)
(AP/Anthony Devlin)

Head-to-Head (Premier League)

Pertemuan: 11

Liverpool menang: 9

Gol Liverpool: 26

Imbang: 1

Burnley menang: 1

Gol Burnley: 8.

 

5 Pertemuan Terakhir

31-08-2019 Burnley 0-3 Liverpool (EPL)

10-03-2019 Liverpool 4-2 Burnley (EPL)

06-12-2018 Burnley 1-3 Liverpool (EPL)

01-01-2018 Burnley 1-2 Liverpool (EPL)

16-09-2017 Liverpool 1-1 Burnley (EPL).

5 Laga Terakhir Liverpool (S-M-K-M-M)

22-06-2020 Everton 0-0 Liverpool (EPL)

25-06-2020 Liverpool 4-0 Palace (EPL)

03-07-2020 City 4-0 Liverpool (EPL)

05-07-2020 Liverpool 2-0 Aston Villa (EPL)

09-07-2020 Brighton 1-3 Liverpool (EPL).

5 Laga Terakhir Burnley (K-M-M-S-M)

23-06-2020 City 5-0 Burnley (EPL)

26-06-2020 Burnley 1-0 Watford (EPL)

30-06-2020 Palace 0-1 Burnley (EPL)

05-07-2020 Burnley 1-1 Sheffield (EPL)

09-07-2020 West Ham 0-1 Burnley (EPL).

Prakiraan Susunan Pemain dan Prediksi Bola.com

(AP/Anthony Devlin)
(AP/Anthony Devlin)

Liverpool (4-3-3): Alisson; Robertson, Van Dijk, Gomez, Williams; Keita, Fabinho, Wijnaldum; Mane, Firmino, Salah.

Pelatih: Jurgen Klopp.

Burnley (4-4-2): Pope; Taylor, Tarkowski, Long, Bardsley; McNeil, Brownhill, Westwood, Pieters; Wood, Rodriguez.

Pelatih: Sean Dyche.

Prediksi Bola.com

Liverpool 60-40 Burnley

 

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 10/7/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekjen Positif Covid-19, Komisi Yudisial Tracing Kontak

Posted: 10 Jul 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Komisi Yudisial (KY) Tubagus Rismunandar Ruhija dinyatakan positif Covid-19 akibat terinfeksi virus Corona. Oleh karena itu, KY langsung melakukan tindak pencegahan dengan meminta seluruh pegawainya bekerja dari rumah atau work from home.

"KY kembali menerapkan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk seluruh pegawai KY hingga Rabu 15 Juli," tulis keterangan Wakil Ketua KY Maradaman Harahap dalam keterangan diterima, Sabtu (11/7/2020).

Meski bekerja dari rumah, Maradaman menegaskan pelayanan KY bagi masyarakat tidak akan berkurang selama pandemi Covid-19.

Publik tetap bisa mengakses situs resmi KY untuk pelaporan, www.pelaporan.komisiyudisial.go.id. atau situs resmi permohonan informasi publik secara online melalui www.ppid.komisiyudisial.go.id.

"Meski seluruh pegawai bekerja dari rumah, pelayanan KY tetap berjalan secara normal," jelas Maradaman usai Sekjen KY dinyatakan positif Covid-19.

Tracing dan Semprot Disinfektan

Kemudian, lanjut Maradaman, guna mencegah adanya penularan di Gedung KY, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi dengan penyemprotan disinfektan di ruang-ruang kerja dan seluruh gedung KY untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"KY juga akan segera melakukan tracing atau penelusuran untuk mengecek adanya dugaan penularan kepada pejabat dan pegawai KY lainnya," Maradaman menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langkah Penyelamatan UMKM dari Covid-19 Dinilai Belum Maksimal

Posted: 10 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Enny Sri Hartati, menilai langkah pemerintah dalam menyelamatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) belum optimal.

Sebab, pemerintah hanya fokus menyediakan dana stimulus, namun tidak memikirkan pasar bagi UMKM.

"Sederhananya begini kalau orang sulit dan menghadapi aktivitas atau UMKM biasanya bisa berjualan bekerja dan berproduksi dia mampu, tapi tidak ada (pasarnya) maka yang harus diselesaikan bagaimana menciptakan demand bagaimana ada yang beli," kata dia dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (11/7/2020).

Enny memandang selama ini pemerintah hanya terfokus pada program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dianggap bisa menyelesaikan semuanya. Padahal, kata dia, itu bukanlah menjadi solusi utama untuk menyelamatkan UMKM.

"Seolah-olah hanya tertumpu kepada sektor keuangan seolah-olah dengan orang berhenti beraktivitas segala macam dengan diguyur dari sisi likuiditas itu persoalan akan selesai mereka lupa bahwa apa yang menyebabkan terganggunya aktivitas berbeda," kata dia.

 

Dana Rp 123 Triliun

BRI telah melakukan restrukturisasi terhadap lebih dari 134 ribu pelaku UMKM yang terdampak COVID-19 di Indonesia.
BRI telah melakukan restrukturisasi terhadap lebih dari 134 ribu pelaku UMKM yang terdampak COVID-19 di Indonesia.

Seperti diketahui, pemerintah menyiapkan dana stimulus pemulihan ekonomi nasional Rp123 triliun untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di masa pandemi. Rinciannya adalah subsidi bunga Rp35,28 triliun, penempatan dana untuk restrukturisasi Rp78,78 triliun.

Kemudian belanja imbal jasa penjaminan (IJP) Rp 5 triliun, penjaminan untuk modal kerja Rp 1 triliun, PPh Final UMKM ditanggung pemerintah (DTP) Rp 2,4 triliun, serta pembiayaan investasi kepada koperasi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan UKM Rp 1 triliun.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menparekraf Harap Patuhi Protokol Kesehatan agar Tak Terjadi Klaster Baru

Posted: 10 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menjelaskan penerapan protokol kesehatan harus diperhatikan kepada para pelaku bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk di industri perfilman. Hal itu diberlakukan agar tidak jadi klaster baru dalam industri perfilman.

"Kalau protokol kesehatannya belum maksimal, khawatir bisa menimbulkan klaster baru. Jadi protokol kesehatan harus dipatuhi," ujar Wishnutama di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat, 11 Juli 2020.

Wishnutama menegaskan bahwa protokol kesehatan harus dipatuhi, tak hanya artis dan kru film, tapi juga pelaku industri film, pengusaha bioskop, dan juga penonton. Hal itu untuk mencegah penyebaran corona Covid-19 dan tetap produktif di masa new normal.

"Phsyical distancing harus diterapkan, baik di bioskop, konser musik, maupun saat syuting," tegas Wishnutama. "Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa kembali bergerak, produktif namun tetap aman dari COVID-19," imbuhnya.

Oleh karena itu, Menparekraf mengajak seluruh pihak, yakni masyarakat dan industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk turut serta dalam kampanye "Indonesia Care", dengan melaksanakan pengelolaan tempat usaha dan wisata yang memastikan sanitasi, higienitas, dan pelayanan tanpa kontak langsung.

Indonesia Care

Menparekraf Wishnutama Kusubandio meluncurkan Indonesia Care di Plaza Senayan, Jakarta (Dok.Kemenparekraf)
Menparekraf Wishnutama Kusubandio meluncurkan Indonesia Care di Plaza Senayan, Jakarta (Dok.Kemenparekraf)

Industri pariwisata dan ekonomi kreatif sangat terpengaruh dengan pandemi corona Covid-19. Untuk menggerakan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kemenparekraf meluncurkan Indonesia Care.

"'Indonesia Care' merupakan salah satu strategi komunikasi kita untuk dapat menjalankan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan mengutamakan prinsip kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan," kata Wishnutama.

Kampanye "Indonesia Care" atau disingkat "I Do Care" menunjukkan komitmen bangsa Indonesia, khususnya seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kepada masyarakat dunia bahwa Indonesia sangat peduli atas kebaikan bersama untuk menjaga kebersihan, higienitas, dan pelayanan tanpa kontak langsung untuk keamanan sesama.  "Indonesia Care" diinisiasi sebagai kesepakatan nasional untuk meningkatkan kepercayaan publik dengan memaksimalkan partisipasi publik serta pebisnis untuk menjunjung tinggi sanitasi dan higienitas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aurel Hermansyah Nangis, Sebut Anang Ayah Terhebat dan Terbaik di Dunia

Posted: 10 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jumat (10/7/2020), Aurel Hermansyah merayakan ulang tahun ke-22. Ia mendapat kejutan dari Anang Hermanysah, Ashanty, Atta Halilintar, Azriel, dan para sahabat di kediamannya.

Dari Anang dan Ashanty, Aurel Hermansyah mendapat jam tangan mewah. Dari Azriel, Aurel Hermansyah beroleh Apple Pencil, peranti elektronik yang selama ini diimpikannya.

Itu masih ditambah kue tar cokelat bundar berukuran besar buat Aurel Hermansyah yang diantar langsung oleh Anang. Rentetan kejutan ini membuat putri sulung Krisdayanti terharu.

 

Ya Allah, Nangis...

Unggahan Aurel Hermansyah. (Foto: Instagram @aurelie.hermansyah)
Unggahan Aurel Hermansyah. (Foto: Instagram @aurelie.hermansyah)

Aurel Hermansyah meluapkan kegembiraan di fitur Instagram Stories, Jumat dini hari. Mengunggah fotonya memakai jaket bertudung dengan aksen bulu lebat, ia menyenggol akun Anang Hermansyah.

"Ya Allah, nangis. Terima kasih ayah terhebat dan terbaik di dunia. Amin ya Allah, terima kasih doanya. Love you," cetusnya seraya menyematkan emotikon wajah berlinang air mata dan tangan menjura.

Nyaris Tanpa Riasan

Ashanty. (Foto: Instagram @ashanty_ash)
Ashanty. (Foto: Instagram @ashanty_ash)

Menilik video bertajuk "Kejutan dari Keluarga dan Doa dari Abang Tersayang di Hari Spesial Aurel" di kanal YouTube The Hermansyah A6, pelantun "Kepastian" bungah mendapat perhatian keluarga dan pacar.

Momen ceria berubah menjadi haru tatkala Aurel Hermansyah didoakan ibu sambung. Ashanty yang tampil nyaris tanpa riasan berdoa moga Aurel Hermansyah panjang umur, sukses, dan dalam lindungan Allah SWT.

Tentang Bakti Seorang Anak

Aurel Hermansyah. (Foto: YouTube The Hermansyah A6)
Aurel Hermansyah. (Foto: YouTube The Hermansyah A6)

Ashanty mengingatkan putrinya soal bakti. "Selalu berbakti kepada orangtua, selalu menjadi anak yang baik penyayang, salehah, dan semua doa yang terbaik," imbuhnya.

Ashanty bersyukur sejumlah cita-cita Aurel Hermansyah dikabulkan Sang Khalik. Karenanya, ia minta Aurel Hermansyah tak lantas tinggi hati, tetap bersikap baik dan mengulurkan tangan kepada yang lain.

 

Bisa Jadi Penyanyi Besar

Anang Hermansyah. (Foto: Instagram @ananghijau)
Anang Hermansyah. (Foto: Instagram @ananghijau)

Sementara Anang Hermansyah menyatakan, "Selamat ulang tahun Aurel, panjang umur, sehat selalu, mudah-mudahan di umur kamu yang 22 tahun ini kamu semakin matang, semakin bisa serius dengan yang kamu cita-citakan."

Dalam kesempatan itu, ia yakin jati diri putrinya adalah penyanyi. "Pipi bilang, mau kamu adalah penyanyi. Kuatkan cita-cita kamu, terus lebih berlatih, percaya diri, dan yakin kamu bisa jadi penyanyi yang besar."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Artis Indonesia Dulu Sempat Ngontrak Kini Miliki Rumah Baru

Posted: 10 Jul 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan para selebriti Tanah Air memang menarik untuk diikuti. Bagi sebagian artis, menjadi publik figur bukanlah perjalanan yang singkat. Ada yang harus melalui perjuangan panjang untuk mencapai kesuksesannya kini.

Bahkan ada yang rela pergi dari kampung halamannya untuk menjadi seorang selebriti. Dalam prosesnya, tak sedikit dari mereka rela ngekos atau ngontrak demi bisa menabung dan membantu perekonomian keluarga. 

Namun siapa sangka, dulu pernah tinggal ngontrak kini deretan artis tersebut memiliki rumah sendiri. Dari hasil jerih payahnya, mereka kini bisa menikmati rumah yang mewah bagi keluarga.

Siapa saja mereka? berikut ini 6 selebriti yang empat ngontrak sebelum memiliki rumah mewah sendiri dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Sabtu (11/7/2020).

1. Furry Setya atau akrab dispaa Mas Pur kini bersiap pindah ke rumah yang berhasil ia bangun, setelah ngekos bersama sang istri.

Rumah baru Furry Setya (Sumber: YouTube/Furry Setya)
Rumah baru Furry Setya (Sumber: YouTube/Furry Setya)

2. Adik Nagita Slavina, Caca Tengker, kini sudah sukses membeli rumah sendiri setelah tinggal ngontrak bersama sang suami.

Deretan artis yang sempat ngontrak kini punya rumah sendiri.(Sumber: Instagram/cacatengker)
Deretan artis yang sempat ngontrak kini punya rumah sendiri.(Sumber: Instagram/cacatengker)

3. Dulu hidup sederhana di kontrakan, Tukul Arwana kini menjadi pembawa acara sukses dan kini kabarnya dijuluki juragan kontrakan.

Deretan artis yang sempat ngontrak kini punya rumah sendiri. (kapanlagi.com)
Deretan artis yang sempat ngontrak kini punya rumah sendiri. (kapanlagi.com)

4. Setelah menikah dengan Bibi Ardiansyah, Vanessa Angel pilih ngontrak di kawasan Cinere. Ia mnegaku akan menabung dulu untuk membeli rumah sendiri.

Deretan artis yang sempat ngontrak kini punya rumah sendiri. (Sumber: Instagram/@vanessaangelofficial)
Deretan artis yang sempat ngontrak kini punya rumah sendiri. (Sumber: Instagram/@vanessaangelofficial)

5. Kini punya rumah bak istana, Denny Cagur nyatanya pernah hidup di kontrakan sederhana yang ia bagikan di channel YouTubenya.

Deretan artis yang sempat ngontrak kini punya rumah sendiri. (Sumber: YouTube/Denny Cagur TV)
Deretan artis yang sempat ngontrak kini punya rumah sendiri. (Sumber: YouTube/Denny Cagur TV)

6. Sama seperti Denny, Andhika Pratama juga sempat berpindah kos saat datang ke Jakarta untuk menjadi artis.

Deretan artis yang sempat ngontrak kini punya rumah sendiri. (Sumber: YouTube/Ussy Andhika Official)
Deretan artis yang sempat ngontrak kini punya rumah sendiri. (Sumber: YouTube/Ussy Andhika Official)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Wapres yang Disebut Isi Bensin Eceran, Kendaraan Cadangan

Posted: 10 Jul 2020 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohamad Oemar membantah mobil Wapres yang viral diisi bensin eceran. Dia menyebut mobil itu diisi dengan bensin cadangan yang memang sudah disediakan karena SPBU setempat tidak menjual bensin sesuai spesifikasi mobil Mercy tersebut.

Oemar mengatakan, peristiwa yang viral tersebut terjadi saat Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, pada 8 Juli 2020.

Saat itu, Wapres Ma'ruf Amin tidak ada di mobil tersebut karena sedang meninjau SMAN 4 dalam persiapan new normal bersama Mendikbud Nasdiem Makarim, Menag Fachrul Razi, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi," kata Oemar dalam siaran tertulisnya soal mobil Wapres yang viral, Jakarta, Sabtu (11/7/2020).

 

 

Selalu Ada Bensin Cadangan

Oemar menjelaskan, mobil itu bukanlah sedang diisi bensin eceran. Paspampres tengah mengisi bensin cadangan lantaran SPBU setempat tidak memiliki bahan bakar dengan kriteria sesuai spesifikasi mobil Wapres.

"Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM," tulis Oemar.

Dia mengungkap, setiap rangkaian VVIP selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi. Hal ini ditujukan, ketika diperlukan pengisian BBM namun tidak tersedia bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mobil Wapres di SPBU setempat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelaku Pembobolan Data Pelanggan Ditangkap Polisi, Ini Kata Telkomsel

Posted: 10 Jul 2020 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah ramai-ramai di media sosial, pembobol data pelanggan pegiat media sosial Denny Siregar akhirnya terungkap dan langsung ditangkap.

Melalui keterangan resmi, Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel Andi Agus Akbar memberi apresiasi kepada Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri atas penindaklanjutan laporan resmi Telkomsel.

Laporan Telkomsel adalah tentang dugaan adanya upaya mengakses sistem secara tidak sah, mengubah, melakukan transmisi, mengurangi, memindahkan, informasi elektronik milik orang lain, serta pencurian data melalui media elektronik.

"Telkomsel siap dan akan terus bekerjasama serta berkoordinasi bersama aparat penegak hukum guna mendukung kelancaran prosss penyidikan kasus secara tuntas," katanya dalam keterangan yang diterima Liputan6.com Sabtu (11/7/2020).

Menanggapi keterangan resmi yang telah disampaikan oleh Dittipidsiber Bareskrim Polri, Telkomsel menyayangkan adanya upaya tindakan illegal access atas data pelanggan yang dilakukan oleh salah satu oknum karyawan outsourcing (tenaga alih daya).

Karyawan Bagian CS

Ilustrasi data pribadi. Dok: betanews.co
Ilustrasi data pribadi. Dok: betanews.co

Tenaga outsourcing tersebut bertugas sebagai customer service di titik layanan GraPARI Rungkut, Surabaya.

Karyawan outsourcing ini dinilai bertanggung jawab dan melanggar standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan oleh Telkomsel.

Bagi Telkomsel, perlindungan, keamanan serta kerahasiaan data pelanggan merupakan prioritas utama bagi perusahaan karena merupakan wujud komitmen untuk menghadirkan kenyamanan bagi para pelanggan dalam menikmati ragam layanan Telkomsel.

"Kami juga memastikan, seluruh aset serta sumber daya teknologi dan manusia, termasuk standar operasional Telkomsel yang berkaitan dan terhubung langsung dengan data pelanggan telah berjalan melalui proses sertifikasi sesuai regulasi yang berlaku," kata Andi.

Bakal Tingkatkan Keamanan dan Prosedur

Data Pribadi (enisa.europa.eu)
Data Pribadi (enisa.europa.eu)

Dengan begitu, upaya pelanggaran atau penerobosan apapun atas data pelanggan yang diyakini disebabkan oleh unsur-unsur kejahatan dan melanggar etika bisnis, dapat dipastikan tidak sesuai dengan komitmen serta misi yang telah diterapkan oleh Telkomsel.

"Telkomsel berkomitmen untuk tidak mentolerir segala aksi yang tidak bertanggung jawab, dan pastinya akan menerapkan sanksi yang tegas bagi pelaku serta memproses sesuai dengan hukum yang berlaku," tutur Andi dalam keterangannya.

Ke depan, Telkomsel juga menyebut bakal meningkatkan upaya perlindungan dan keamanan data pelanggan agar masalah seperti ini tidak terjadi lagi.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Sheffield United vs Chelsea: Ujian Berat The Blues

Posted: 10 Jul 2020 09:20 PM PDT

Sheffield - Chelseaakan bertandang ke markas Sheffield United dalam laga pekan ke-35 Premier League, Sabtu (11/7/2020). Pertandingan ini akan menjadi sangat sulit bagi The Blues.

Sheffield tak terkalahkan dalam tiga laga terakhirnya di Premier League. Setelah menang 3-1 saat menjamu Tottenham Hotspur, dan bermain imbang 1-1 saat melawan tuan rumah Burnley, Sheffield menang 1-0 ketika menjamu Wolverhampton melalui gol tunggal John Egan.

Sheffield masih berjuang mengamankan posisi mereka untuk zona Eropa. Untuk itu, Sheffield pasti mengincar hasil positif saat meladeni Chelsea.

Sementara itu, Chelsea baru meraih dua kemenangan beruntun di Premier League. Setelah menang 3-0 menjamu Watford, pasukan Frank Lampard menang 3-2 di kandang Crystal Palace.

Gol-gol Olivier Giroud, Christian Pulisic, dan Tammy Abraham kontra Palace membuat Chelsea kini memiliki 60 poin di peringkat ketiga. Chelsea cuma unggul tipis atas Leicester City yang memiliki 59 poin dan Manchester United yang mengemas 58 poin.

Sama seperti Sheffield United, Chelsea juga mengincar hasil terbaik dalam laga nanti. Duel ini bisa berlangsung cukup sengit.

Perkiraan Susunan Pemain dan Head to Head

(AP)
(AP)
  • Perkiraan Susunan Pemain

Sheffield United (3-5-2): Henderson; O'Connell, Egan, Basham; Stevens, Lundstram, Norwood, Berge, Baldock; Mousset, McGoldrick.

Manajer: Chris Wilder.

Chelsea (4-3-3): Kepa; Azpilicueta, Rudiger, Christensen, James; Mount, Jorginho, Loftus-Cheek; Pulisic, Abraham, Willian.

Manajer: Frank Lampard.

 

  • Head-to-Head

5 Pertemuan Terakhir

31-08-2019 Chelsea 2-2 Sheffield (EPL)

17-03-2007 Chelsea 3-0 Sheffield (EPL)

28-10-2006 Sheffield 0-2 Chelsea (EPL)

07-05-1994 Chelsea 3-2 Sheffield (EPL)

27-11-1993 Sheffield 1-0 Chelsea (EPL)

  • 5 Laga Terakhir Sheffield

25-06-2020 MU 3-0 Sheffield (EPL)

28-06-2020 Sheffield 1-2 Arsenal (Piala FA)

03-07-2020 Sheffield 3-1 Tottenham (EPL)

05-07-2020 Burnley 1-1 Sheffield (EPL)

09-07-2020 Sheffield 1-0 Wolverhampton (EPL)

  • 5 Laga Terakhir Chelsea

26-06-2020 Chelsea 2-1 City (EPL)

28-06-2020 Leicester 0-1 Chelsea (Piala FA)

02-07-2020 West Ham 3-2 Chelsea (EPL)

05-07-2020 Chelsea 3-0 Watford (EPL)

08-07-2020 Palace 2-3 Chelsea (EPL)

Statistik dan Prediksi

(AP/John Walton)
(AP/John Walton)
  • Statistik

Sheffield tak terkalahkan dalam 5 laga kandang terakhirnya di Premier League. Sheffield tak kebobolan lebih dari 1 gol di tiap laga dalam 9 laga kandang terakhirnya di Premier League.

Chelsea memenangi 5 dari 6 laga terakhirnya di Premier League. Chelsea cuma menang 2 kali dalam 7 laga tandang terakhirnya di Premier League.

Chelsea selalu mencetak minimal 2 gol dalam 5 laga tandang terakhirnya di Premier League.

 

  • Prediksi: Sheffield United 50-50 Chelsea

Kedua tim dalam tren yang bagus dan sama-sama termotivasi untuk bisa menyelesaikan musim dengan posisi terbaik yang bisa mereka raih. Bisa bermain di Eropa akan menjadi tujuan utama kedua tim yang sama-sama tak ingin tergeser dari papan atas klasemen Premier League.

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 10/7/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis FTV Indosiar Suara Hati Istri: Karena Tak Ingin Jadi Perawan Tua, Aku Terpaksa Jadi Istri Kedua, Sabtu 11 Juli 2020

Posted: 10 Jul 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saksikan FTV Suara Hati Istri mulai pukul 18.00 WIB di Indosiar. Kisahnya tentang Dinda adalah seorang wanita karir yang kini sudah berusia 35 tahun dan berprofesi sebagai desainer interior. Sampai sekarang, Dinda masih sendiri dan belum menikah. Dinda mulai cemas, dirinya akan jadi perawantua karena teman-teman dan keluarganya yang lain yang seumuran dia sudah pada menikah.

Dulu Dinda tak pernah memusingkan kapan untuk menikah. Karena Dinda asik bekerja dan mengejar karir. Dinda juga termasuk wanita yang piilh-pilih. Karena merasa mapan, Dinda terlalu memilih laki-laki yang mendekatinya. Seleranya terlalu tinggi. Sampai akhirnya, malah banyak lelaki yang mundur. Suara Hati Istri masih berlanjut.

Tiur, ibu Dinda sering menasehati. Jangan sampai nanti waktu Dinda banyak terlewat dan tiba-tiba Dinda malah tak memiliki pilihan sama sekali. Tapi Dinda merasa tak masalah. Dinda pun mulai merasakan kerinduan untuk menikah melihat orang orang di sekelilingnya sudah membina rumah tangga dan bahagia.

Sampai suatu hari, Dinda bertemu lagi dengan Randy. Teman kuliah Dinda, yang dulu sempat "menembak" Dinda, tapi Dinda tolak karena Dinda menganggap Randy kurang memenuhi kriterianya. Randy kini sudah menikah. Namun Randy sering curhat pada Dinda bahwa  istrinya sudah sakit-sakitan dan hidupnya tak lama lagi.

Bagaimana Suara Hati Istri selanjutnya?

Kesepian

Masayu Anastasia (Adrian Putra/Fimela.com)
Masayu Anastasia (Adrian Putra/Fimela.com)

Randy juga mengarang cerita bahwa sebagai suami dia sering kesepian dan terabaikan karena kondisi istrinya. Makan tak ada yang sediakan, harus cuci baju sendiri, dan harus merawat istrinya. Tapi Randy ikhlas. Dinda malah jadi iba pada Randy dan terkesan dengan perhatian Randy kepada istrinya. Randy juga mengatakan istrinya sering meminta Randy untuk mencari yang kedua. Tapi Randy masih belum menemukan wanita yang pas.

Waktu berlalu. Randy dan Dinda jadi semakin dekat. Dinda malah menyesal dulu menolak Randy. Dinda pun merasa dia jatuh hati pada Randy. Bahkan jatuh iba pada istri Randy. Dinda malah jadi sering bantu Randy untuk biaya pengobatan istrinya.

Saat Randy pusing karena ingin cari pinjaman agar bisa meneruskan biaya kemo istrinya, Dinda yang tak tega malah memberikan. Saat Randy pusing harus jual ini itu untuk beliobat obatan yang mahal, Dinda pun juga tak segan membantu. Randy sangat berterima kasih dan berhutang budi pada Dinda. Randy juga menyampaikan rasa terima kasih istrinya pada Dinda.

 

 

Tak Bisa Mengurus

Logo Indosiar
Logo Indosiar

Sampai suatu hari, Randy malah mengungkapkan peasaannya pada Dinda, dan meminta Dinda jadi istri keduanya. Dinda sangat kaget dan dilema. Randy mengatakan, istrinya sudah setuju dan merestui. Dinda ingin bertemu dengan istri Randy. Tapi Randy mengatakan istrinya sedang tak bisa ditemui karena sedang sekarat. Namun sebelumnya, istrinya telah merestui.

Dinda galau. Setelah selama ini dia terlalu  pemilih, apakah kini dia harus menjadi istri kedua?Namun kerinduan Dinda untuk membina keluarga pun besar. Dinda juga sudah kadung jatuh hati pada Randy. Karena memang Randy sangat perhatian pada dirinya dan juga pada Tiur, ibunya.

Tiur sebenarnya melarang Dinda untuk menjadi istri kedua. Tapi Dinda akhirnya malah menerima permintaan Randy. Dinda setuju untuk menikah dengan Randy walau dia harus menjadi istri kedua. Dinda dan Randy pun menikah siri. Randy beralasan istrinya belum sanggup menghadiri pernikahan karena kondisi kesehatannya. Tapi Randy menunjukkan surat dari istrinya yang merestui pernikahan itu.

Dinda dan Randy melangsungkan pernikahan dengan sederhana. Karena Dinda menjadi istri kedua. Saat ada yang tahu Dinda menjadi istri kedua, mereka mempertanyakan kenapa Dinda mau menjadi istri kedua. Mereka memandang sinis pada Dinda, menganggap Dinda pelakor atau pun bodoh karena tak mau jadiperawan tua. Tapi Dinda berdalih dia dan Randy saling cinta, dan Dinda pun membantu istri pertama Randyyang sakit dan tak bisa mengurus Randy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Link Live Streaming Liverpool Vs Burnley di Liga Inggris Malam Ini

Posted: 10 Jul 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool akan meladeni Burnley dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-35 di Anfield, Sabtu (11/7/2020) WIB. Kemenangan akan memperbesar peluang Liverpool meraup 100 poin di musim ini.

Liverpool sebelumnya sudah dipastikan juara Liga Inggris sejak pekan ke-31. Pasalnya, torehan poin mereka tidak bisa lagi dikejar Manchester City yang berada di posisi kedua.

Tak hanya juara, Liverpool berpeluang menyamai rekor 100 poin milik Manchester City. Saat ini, tim asuhan Jurgen Klopp telah mengoleksi 92 poin.

Liga Inggris musim ini masih menyisakan empat partai lagi. Itu artinya, peluang Liverpool meraih lebih dari 100 poin masih sangat terbuka.

Di sisi lawan, Burnley di musim ini cukup baik penampilannya. Mereka berhasil bertengger di papan tengah klasemen Liga Inggris.

Anda bisa mendapatkan link live streaming Liverpool vs Burnley pukul 21.00 WIB di halaman berikutnya.

Link Live Streaming

Bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold, mengejar pemain Burnley, Dwight McNeil, pada laga Premier League 2019 di Stadion Turf Moor, Sabtu (31/8). Liverpool menang 3-0 atas Burnley. (AP/Anthony Devlin)
Bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold, mengejar pemain Burnley, Dwight McNeil, pada laga Premier League 2019 di Stadion Turf Moor, Sabtu (31/8). Liverpool menang 3-0 atas Burnley. (AP/Anthony Devlin)

Anda bisa mendapatkan link live streaming Liverpool vs Burnley dengan mengklik tautan ini...

Prediksi Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Robertson, Van Dijk, Gomez, Williams; Keita, Fabinho, Wijnaldum; Mane, Firmino, Salah.

Pelatih: Jurgen Klopp.

Burnley (4-4-2): Pope; Taylor, Tarkowski, Long, Bardsley; McNeil, Brownhill, Westwood, Pieters; Wood, Rodriguez.

Pelatih: Sean Dyche.

Saksikan Video Liga Inggris di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Mobil Wapres Ma'ruf Amin Diisi Bensin Eceran, Ini Penjelasan Setwapres

Posted: 10 Jul 2020 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang merekam mobil Wapres RI kehabisan bensin viral. Pada rekaman tersebut, mobil Mercy hitam berpelat merah bertuliskan Indonesia 2 dan berbendera merah putih diisi bensin eceran menggunakan jeriken di pinggir jalan. 

Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohamad Oemar meluruskan soal video mobil VVIP tersebut.

Oemar menjelaskan, mobil itu bukanlah sedang diisi bensin eceran. Paspampres tengah mengisi bensin cadangan lantaran SPBU setempat tidak memiliki bahan bakar dengan kriteria sesuai spesifikasi mobil Wapres.

"Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM," tulis Oemar dalam keterangan resminya, Sabtu (11/7/2020).

Dia mengungkap, setiap rangkaian VVIP selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi. Hal ini ditujukan, ketika diperlukan pengisian BBM namun tidak tersedia bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mobil Wapres di SPBU setempat.

 

Terjadi saat Kunjungan ke Sukabumi

Oemar menambahkan, video viral tersebut terjadi saat Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, 8 Juli 2020.

Saat itu, Wapres Ma'ruf Amin tidak ada di mobil tersebut karena sedang meninjau SMAN 4 dalam persiapan New Normal bersama Mendikbud Nasdiem Makarim, Menag Fachrul Razi, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi," Oemar menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sapi Wagyu BIB Lembang Siap Dukung Ketersediaan Daging Premium di Indonesia

Posted: 10 Jul 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) terus berupaya menjaga ketersediaan daging kualitas premium di Indonesia. Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Ditjen PKH menyediakan pejantan Wagyu untuk mendukung ketersediaan daging premium.

Penyediaan pejantan Wagyu di BIB Lembang ini juga dalam rangka memenuhi permintaan konsumen akan ketersediaan semen beku Sapi Wagyu. BIB Lembang bekerjasama dengan BET Cipelang menyediakan pejantan Wagyu hasil Embrio Transfer (ET) dengan embrio impor dari Australia.

"Saat ini di BIB Lembang terdapat 1 ekor pejantan Wagyu yang sudah produksi semen beku dan 1 ekor calon pejantan," ujar Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Ditjen PKH, Kementan, Sugiono.

Sugiono menjelaskan, pejantan Wagyu di BIB Lembang ini lahir pada tanggal 7 Juni 2017 dan diberi nama Wagekamichi. Tetuanya bernama WSI Okukanemichi dengan EBV 400day bernilai positif (+2). Ia mengungkapkan, stok semen beku Wagekamichi sampai akhir Mei 2020 tersedia sebanyak 7.081 dosis.

Sedangkan calon pejantan sapi Wagyu di BIB Lembang lahir pada tanggal 15 Oktober 2018 dan diberi nama Black Long Ford. Tetuanya bernama Longford F E0241 dengan nilai EBV 400 day bernilai +25. 

"Namun karena umur Black Long Ford belum mencapai 2 tahun jadi belum menghasilkan semen beku. Bobot badannya sekarang mencapai 395 kg," imbuh Sugiono.

 

Keunggulan Sapi Wagyu

Dari karakteristik, Sapi Wagyu memiliki beberapa kelebihan. Sapi Wagyu dikenal merupakan sapi yang tenang dan tidak tempramental. Sapi wagyu juga merupakan sapi yang mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi iklim yang berbeda.

Berat lahir rendah dengan kisaran 30-40 kg juga membuat Sapi Wagyu ini mudah dalam proses melahirkan. Sapi wagyu dikenal sangat subur, sapi betina bisa mencapai dewasa sebelum usia dua belas bulan. Sapi jantan dapat melayani betina 50 persen lebih banyak daripada kebanyakan breed lainnya.

"Sapi wagyu juga memiliki kemampuan untuk mengkonversi pakan gandum atau hijauan menjadi daging sapi yang unggul. Jadi banyak kelebihan yang dimiliki sapi wagyu ini memang," jelas Sugiono.

Sementara itu, Dirjen PKH, I Ketut Diarmita mengatakan pendistribusian semen beku masih perlu menunggu regulasi secara detail. Pasalnya, saat ini masih dalam tahap proses evaluasi dan pengembangan.

Ia berharap ke depannya dengan tersedianya semen beku Wagyu ini dapat dikembangkan pola pembibitan sapi Wagyu secara purebred maupun crossbreed dengan negara lain. Harapannya untuk memenuhi penyediaan daging kualitas premium dengan harga yang terjangkau di pasar Indonesia.

"Jadi tetap berkesinambungan dalam upaya menjaga ketersediaan daging kualitas premium ini tidak terputus," ucap Ketut.

 

Daging Sapi Wagyu

Sekadar informasi, nama Wagyu sendiri berasal dari Jepang dengan kata "Wa" berarti Negara Jepang sementara kata "Gyu" dapat diartikan sebagai sapi. Maka, Wagyu bisa diartikan sebagai daging sapi yang berasal dari Jepang.

Sapi Wagyu yang dibudidayakan di Jepang ini adalah jenis sapi dengan perawatan sangat baik dan diternakkan secara tradisional. Sapi Wagyu ini dipengaruhi oleh ras Inggris dan Kontinental seperti Brown Swiss, Shorthorn, Devon, Simmental, Ayrshire, Korea, Holstein dan Angus selama beberapa generasi hampir 100 tahun yang lalu.

Salah satu ciri dari daging sapi Wagyu ialah mempunyai pola marbling halus yang melimpah pada dagingnya dan didistribusikan secara merata ke seluruh otot. Daging Wagyu memiliki kandungan asam lemak shomifuri yang kaya akan Omega-3 yang mengandung kolestrol baik dan bagus untuk jantung.

Selain itu, daging Wagyu juga mengandung sekitar 30 persen. lemak tak jenuh yang lebih tinggi dari daging sapi biasa. Tingginya konsentrasi lemak tak jenuh inilah yang membuat daging Wagyu sangat berbeda dari daging sapi lainnya berupa kualitas dan rasanya yang halus, lembut serta berair dengan titik leleh rendah ketika dimasak untuk rasa manis dan empuk yang unik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pre-Order Kawasaki Ninja ZX-25R Membeludak, Ada Antre Sejak Dini Hari

Posted: 10 Jul 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Antusiasme masyarakat terhadap Kawasaki Ninja ZX-25R begitu tinggi. Hal itu bisa dilihat dari antrean calon pembeli yang memperebutkan "tiket" pre-order Ninja 250cc empat silinder tersebut.

Seperti diketahui, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) membuka pre-order Ninja ZX-25R pada 11-12 Juli 2020 di Kawasaki Abdul Muis, Jakarta Pusat. Tersedia 200 unit pertama dan hanya berlaku untuk masyarakat Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, dan Banten. Kawasaki membatasi 100 nomor antrian per harinya.

Karena nomor antriannya terbatas, para calon pembeli pun rela menuju Kawasaki Abdul Muis meski Matahari belum terbit. Bahkan ada pula yang sudah datang sejak dini hari.

"Nomernya sudah habis tadi jam setengah enam (05.30 WIB). Ada yang antre dari jam setengah dua pagi (01.30 WIB)," kata Rei salah seorang calon pembeli Kawasaki Ninja ZX-25R kepada Liputan6.com, Sabtu (11/7/2020).

Pemuda asal Cibubur, Jakarta Timur, itupun harus gigit jari karena tidak mendapatkan nomor antrean. Padahal ia sudah tiba di Kawasaki Abdul Muis sebelum pukul 6 pagi. Dia tidak sendiri, ada banyak calon pembali yang juga kehabisan nomor antrean.

"Pada bengong semua, dateng ke sana ternyata sudah habis nomornya. Pendaftaran sudah buka sejak setengah lima (04.30 WIB)," ujar Rei.

 

Pilihan Warna

Antusiasme masyarakat terhadap Kawasaki Ninja ZX-25R begitu tinggi, antrean calon pembeli sudah dimulai sejak dini hari. (Rei)
Antusiasme masyarakat terhadap Kawasaki Ninja ZX-25R begitu tinggi, antrean calon pembeli sudah dimulai sejak dini hari. (Rei)

Pre-order Kawasaki Ninja ZX-25R masih menyisakan satu hari lagi. Ia pun bertekad untuk kembali datang esok hari dengan jam kedatangan yang lebih awal.

"Saya niat balik lagi jam tiga pagi (03.00 WIB) besok, mudah-mudahan dapat (nomor antrean)," imbuhnya.

Sekadar informasi, Kawasaki Ninja ZX-25R hadir dalam dua varian, yakni Standard dan Special Edition.

Secara tampilan, tipe Standard hadir dengan pilihan warna Metallic Spark Black (hitam).

Sementara tipe Special Edition hadir dalam tiga pilihan warna, yakni Lime Green / Ebony, Metallic Spark Black / Pearl Flatdust White dan Candy Plasma Blue / Metallic Spark Blue.

 

Harga

PT Kawasaki Motor Indonesia akhirnya meluncurkan Ninja ZX-25R secara resmi, Jumat (10/7/2020).
PT Kawasaki Motor Indonesia akhirnya meluncurkan Ninja ZX-25R secara resmi, Jumat (10/7/2020).

Terkait harga, tipe Standard dipatok Rp 96 juta dan Ninja ZX-25R ABS SE Rp 112,9 juta. Harga tersebut berstatus on the road Jadetabek dan Serang.

Kawasaki Ninja ZX-25R dilengkapi beragam fitur canggih, seperti Kawasaki Traction Control (KTRC), Power Mode Selection, dan Kawasaki Quick Shifter (KQS).

Untuk dapur pacu, Kawasaki Ninja ZX-25R ini disematkan mesin terbaru 249 liquid-cooled 4-stroke in-line-four yang mampu menyemburkan tenaga hingga 50 Tk dengan ram air dan 49 Tk tanpa ram air.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Foto Candid yang Bisa Mengecoh Mata

Posted: 10 Jul 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak foto yang bisa mengecoh mata. Biasanya hal tersebut diakibatkan oleh pengambilan waktu yang tak pas atau angle yang salah.

Artikel tentang deretan foto candid yang bisa mengecoh mata tersebut menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang zodiak yang paling gampang jatuh cinta pada teman sendiri.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang deretan meme rayuan gombal buaya darat yang bikin senyum kecut.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Jangan Terkecoh, 10 Foto Candid yang Bisa Mengecoh Mata

Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra
Vineet Vohra menghasilkan fotografi jalanan yang unik. Sumber: Instagram/vineet_vohra

Street photography atau fotografi jalanan merupakan salah satu medium yang mengabadikan tingkah laku, baik keadaan lingkungan maupun manusia di sekitarnya. Fotografi jalanan umumnnya menampilkan objek yang diambil di ruang terbuka publik dalam kondisi candid atau tanpa pengarahan.

Sudah banyak fotografer jalanan yang karyanya luar biasa. Salah satunya adalah Vineet Vohra. Vineet adalah seorang fotografer jalanan yang terkenal di New Delhi, India.

Selengkapnya…

2. 3 Zodiak Ini Paling Gampang Jatuh Cinta pada Teman Sendiri

ilustrasi zodiak perempuan/Photo by Aidana Khabdesh on Unsplash
ilustrasi zodiak perempuan/Photo by Aidana Khabdesh on Unsplash

Gara-gara pandemi virus Corona, Anda menjadi lebih dekat dengan teman-teman Anda ketimbang bertemu dengan orang baru. Pada awalnya, mereka hanyalah teman yang bisa membantumu bercanda dan bersenang-senang.

Tapi setelah beberapa percakapan ynag mendalam dan telepon hingga larut malam, Anda mulai menyadari bahwa ada lebih dari itu yang mereka tawarkan.

Selengkapnya…

3. 7 Meme Rayuan Gombal Buaya Darat, Bikin Senyum Kecut

foto: Twitter/@zelafriadi_
foto: Twitter/@zelafriadi_

Sebagian besar dari kamu tentu sudah tak asing dengan istilah "Buaya Darat." Istilah tersebut kerap disematkan kepada kaum pria yang sering mempermainkan perasaan perempuan atau yang sering disebut dengan playboy.

Biasanya mereka tak segan melakukan berbagai macam trik untuk mendapatkan perhatian perempuan yang disukai.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buron 3 Bulan, Pelaku Pencabulan Bocah Diciduk di Rumah Istri

Posted: 10 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Pariaman - Setelah buron selama 3 bulan, akhirnya seorang pria berinisial KA (44) di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat harus merasakan dinginnya jeruji besi karena diduga mencabuli anak di bawah umur.

Peristiwa pencabulan terhadap bocah perempuan usia 11 tahun tersebut terjadi pada 21 April 2020, setelah kejadian itu pelaku melarikan diri.

"Polisi kemudian mendapatkan informasi keberadaan pelaku dan langsung menangkap yang bersangkutan di rumah istrinya," kata Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra kepada Liputan6.com, Jumat (10/7/2020).

Kapolres menjelaskan kejadian itu bermula ketika korban bermain bersama teman-temannya di sekitar rumah pelaku, lalu adik korban memberitahukan bahwa korban dipanggil oleh pelaku ke rumahnya yang kala itu sedang sepi.

Kemudian korban datang ke rumah pelaku dan memberi korban buah timun serta beberapa uang logam pecahan Rp500 dan Rp1.000, selanjutnya pelaku menyuruh korban agar memberikan timun tersebut kepada adiknya untuk dibawa pulang.

Saat adik korban pulang, pelaku langsung menggendong korban ke dalam kamar, setelah itu pelaku mengunci pintu rumah tersebut.

Pelaku menutup mulut korban dengan tangan dan mencabuli korban, berselang beberapa saat kakak korban datang ke rumah pelaku dan mendobrak pintu rumah.

"Ketika kakak korban datang baru pencabulan itu dihentikan pelaku," kata Deny.

Korban kemudian menceritakan apa yang dilakukan pelaku kepada ibu dan kakaknya, bahwa dirinya telah dicabuli oleh pelaku, lalu keluarga korban melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib.

Tersangka dijerat dengan pasal 82, Juncto (Jo) 76E Undang-undang RI Nomor 17 Tahun 2016, tentang penetapan peraturan pemberintah pengganti Undang-undang nomor I Tahun 2016 Tentang perubahan Kedua Atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi Undang-Undang.

"Pelaku terancam pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun serta denda paling banyak Rp5 miliar," Kapolres menambahkan.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Tak Akan Jual Aset Negara demi Tangani Covid-19

Posted: 10 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan mencatatkan aset negara hingga saat ini senilai Rp 10.476 triliun. Namun demikian, DJKN menekankan bahwa aset ini tidak akan dijual untuk membantu pendanaan penanganan Covid-19.

"Kalau kami mau serahkan aset kita, jual aset, bisa. Tapi kami tidak mau jual atau serahkan aset ke orang lain. Kami tidak akan jual aset untuk tutupi itu, kami cari jalan untuk manfaatkan aset untuk bayar kebutuhan di masa datang," ungkap Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata seperti ditulis, Sabtu (11/7/2020).

Isa mengatakan pemerintah ingin aset negara bisa dimanfaatkan dan dipelihara agar nilainya lebih optimal. Maka dari itu, daripada menjual aset, pemerintah lebih memilih untuk memanfaatkannya dengan cara lain.

"Dengan kami punya aset ini, jadi underlying, kami bisa menerbitkan sukuk negara," imbuhnya.

 

Lebih Optimal

Aktivitas pengunjung di Sumarecon Mall Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/5/2020). Sumarecon Mall Bekasi akan menjadi mal percontohan dalam menerapkan New Normal di bidang perniagaan yang rencananya akan dibuka secara bertahap mulai 8 Juni seiring berakhirnya PSBB di Bekasi.(merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Aktivitas pengunjung di Sumarecon Mall Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/5/2020). Sumarecon Mall Bekasi akan menjadi mal percontohan dalam menerapkan New Normal di bidang perniagaan yang rencananya akan dibuka secara bertahap mulai 8 Juni seiring berakhirnya PSBB di Bekasi.(merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Isa menilai cara tersebut bisa memberikan hasil yang lebih optimal. Dengan aset negara yang cukup banyak dan bernilai besar, maka penjaminan atas penerbitan surat utang bisa lebih banyak pula.

"Dulu Rp 1 triliun SBSN mungkin perlu 100 item aset karena nilai kecil, sekarang nilai besar mungkin hanya butuh 50-75 item aset saja untuk underlying Rp1 triliun sukuk," jelasnya.

GBK Jadi Aset Negara Termahal

Pemandangan Stadion Utama GBK sebelum pemadaman lampu di Kawasan DPR-MPR Jakarta, (24/3/2018). Earth Hour 2018 menjadikan Stadion Utama GBK sebagai ikon menyambut Asian Games 2018. (Bola.com/Nick Hanoatubun)
Pemandangan Stadion Utama GBK sebelum pemadaman lampu di Kawasan DPR-MPR Jakarta, (24/3/2018). Earth Hour 2018 menjadikan Stadion Utama GBK sebagai ikon menyambut Asian Games 2018. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Sebelumnya, Direktur Barang Milik Negara, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Encep Sudarwan menyebut komplek Gelora Bung Karno (GBK) sebagai aset Barang Milik Negara (BMN) dengan nilai tertinggi di Indonesia.

GBK, disebutkan Encep memiliki total aset mencapai Rp 347 triliun yang terdiri dari bangunan dan tanah. Sehingga menjadi kompleks dengan nilai aset tertinggi di Indonesia.

Total aset Rp 347 triliun, tanahnya Rp 345 triliun, bangunannya Rp 3 triliun. Jadi totalnya Rp 347 triliun," ujarnya dalam Bincang Bareng DJKN dengan tema Dukungan Kekayaan Negara dalam Upaya Pemerintah Menanggulangi Covid-19, Jumat (10/7/2020).

"GBK pasti tinggi karena lokasinya di pusat kota. Aset GBK karena di kota jadi nilainya Rp 347 triliun. Komplek dengan nilai tertinggi di Indonesia," sambung dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Kelompok Tani Wanita Bercocok Tanam Pakai Aplikasi Terpopuler

Posted: 10 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Emak-emak di kawasan Karawaci, Kota Tangerang, bercocok tanam memanfaatkan teknologi berbasis digital melalui smarphone. Tepatnya menggunakan aplikasi Sipindo untuk mengetahui proses bercocok tanam.

Berita ini pun menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (10/7/2020), kemarin.

Informasi lain yang tak kalah populer datang dari satu juta UMKM yang mulai jualan online sejak 14 Mei 2020.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Kelompok Tani Wanita di Tangerang Manfaatkan Aplikasi untuk Bercocok Tanam

Dulunya bekas kebanjiran, tapi sekarang emak-emak di Komplek Pondok Arum RT 05/02, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, menyulap lahan tidur menjadi kebun untuk memenuhi stok pangan selama pandemi Covid-19. Canggihnya lagi, mereka bercocok tanam memanfaatkan teknologi berbasis digital melalui smarphone.

Warga di sana memanfaatkan aplikasi Sipindo untuk mengetahui proses bercocok tanam dari mulai tahap penyemaian benih hingga panen.

"Aplikasi ini Sistem Informasi Pertanian Indonesia (Sipindo) yang bisa digunakan untuk masyarakat yang ingin mulai bercocok tanam," ujar Technical Field Officer East West Seed Indoensia, Sudi, Jumat (10/7/2020).

Baca selengkapnya di sini

2. Sejak 14 Mei 2020, 1 Juta UMKM Mulai Jualan Online di Platform Digital

Pemerintah beberapa bulan lalu merilis gerakan Bangga Buatan Indonesia, mengajak masyarakat menggunakan produk lokal sekaligus mendorong para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara online.

Pasalnya, penjualan produk secara online dianggap jadi solusi karena membuat bisnis lebih mampu bertahan di tengah kondisi pandemi.

Gerakan yang diluncurkan pada 14 Mei 2020 oleh Presiden Joko Widodo ini, menurut Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko, Marves Odo R.M Manuhutu, bertujuan untuk menambah jumlah UMKM yang menjalankan bisnis secara digital.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. XL Axiata Tingkatkan Jaringan di Kawasan Industri Jawa Barat

BTS XL Axiata di Majalengka, Jawa Barat. (Foto: XL Axiata)
BTS XL Axiata di Majalengka, Jawa Barat. (Foto: XL Axiata)

XL Axiata terus meningkatkan kualitas layanan di Jawa Barat, salah satunya dengan memperkuat jaringan di kawasan industri baru Jawa Barat di Majalengka, Cirebon, dan Subang. Kawasan ini merupakan simpul dari tiga lokasi strategis dalam pengembangan ekonomi.

Apalagi kini kawasan ini didukung infrastruktur mulai dari Pelabuhan Cirebon, Pelabuhan Patimban, dan Bandara Internasional Jawa Barat yang terhubung dengan Tol Cipali dan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan.

Group Head Central Region XL Axiata Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, XL Axiata melihat peran penting dari Jawa Barat dalam kemajuan perusahaan saat ini.

Baca selengkapnya di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Playland Amusement Park Dibuka Kembali untuk Umum

Posted: 10 Jul 2020 09:00 PM PDT

Petugas membagikan masker gratis kepada pengunjung di pintu masuk Playland Amusement Park, di Vancouver, British Columbia, Kanada, pada 10 Juli 2020. Playland Amusement Park dibuka kembali untuk umum pada Jumat (10/7), dengan langkah-langkah protokol kesehatan. (Xihua/Liang Sen)
Petugas membagikan masker gratis kepada pengunjung di pintu masuk Playland Amusement Park, di Vancouver, British Columbia, Kanada, pada 10 Juli 2020. Playland Amusement Park dibuka kembali untuk umum pada Jumat (10/7), dengan langkah-langkah protokol kesehatan. (Xihua/Liang Sen)

Petugas membagikan masker gratis kepada pengunjung di pintu masuk Playland Amusement Park, di Vancouver, British Columbia, Kanada, pada 10 Juli 2020. Playland Amusement Park dibuka kembali untuk umum pada Jumat (10/7), dengan langkah-langkah protokol kesehatan. (Xihua/Liang Sen)

Seorang pengunjung membersihkan tangannya usai menaiki wahana di Playland Amusement Park, di Vancouver, British Columbia, Kanada, pada 10 Juli 2020. Playland Amusement Park dibuka kembali untuk umum pada Jumat (10/7), dengan langkah-langkah protokol kesehatan. (Xihua/Liang Sen)
Seorang pengunjung membersihkan tangannya usai menaiki wahana di Playland Amusement Park, di Vancouver, British Columbia, Kanada, pada 10 Juli 2020. Playland Amusement Park dibuka kembali untuk umum pada Jumat (10/7), dengan langkah-langkah protokol kesehatan. (Xihua/Liang Sen)

Seorang pengunjung membersihkan tangannya usai menaiki wahana di Playland Amusement Park, di Vancouver, British Columbia, Kanada, pada 10 Juli 2020. Playland Amusement Park dibuka kembali untuk umum pada Jumat (10/7), dengan langkah-langkah protokol kesehatan. (Xihua/Liang Sen)

Para pengunjung yang mengenakan masker bersenang-senang menaiki wahana di Playland Amusement Park, di Vancouver, British Columbia, Kanada, pada 10 Juli 2020. Playland Amusement Park dibuka kembali untuk umum pada Jumat (10/7), dengan langkah-langkah protokol kesehatan. (Xihua/Liang Sen)
Para pengunjung yang mengenakan masker bersenang-senang menaiki wahana di Playland Amusement Park, di Vancouver, British Columbia, Kanada, pada 10 Juli 2020. Playland Amusement Park dibuka kembali untuk umum pada Jumat (10/7), dengan langkah-langkah protokol kesehatan. (Xihua/Liang Sen)

Para pengunjung yang mengenakan masker bersenang-senang menaiki wahana di Playland Amusement Park, di Vancouver, British Columbia, Kanada, pada 10 Juli 2020. Playland Amusement Park dibuka kembali untuk umum pada Jumat (10/7), dengan langkah-langkah protokol kesehatan. (Xihua/Liang Sen)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikahi Dinda Hauw yang Lebih Tua Darinya, Rey Mbayang: Enggak Masalah

Posted: 10 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dinda Hauw resmi menjadi istri Rey Mbayang setelah melangsungkan ijab kabul, Jumat (10/7/2020). Dengan maskawin logam mulia sebesar 40 gram, Rey Mbayang mempersunting Dinda Hauw yang usainya lebih tua dua tahun darinya.

Perihal usia, Dinda Hauw sempat menanyakan tentang keyakinan Rey Mbayang untuk menikahi dirinya. Sebab bintang film Surat Kecil Untuk Tuhan juga memikirkan karier Rey Mbayang di dunia hiburan Tanah Air.

"Aku sempat nanya kan memang mau nikahnya kapan? Terus aku juga sempat nanya gimana dengan masalah kariernya dia, secara kan dia dua tahun lebih muda dari aku," ujar Dinda Hauw dalam konferensi pers virtual, Jumat (10/7/2020).

Seperti Rasulullah SAW

Dinda Hauw dan Rey Mbayang (Sumber: YouTube/Kamaro Id)
Dinda Hauw dan Rey Mbayang (Sumber: YouTube/Kamaro Id)

Dengan bijak, Rey Mbayang menjawab usia tak jadi soal buatnya. Berkaca pada keputusan Rasulullah SAW menikahi Khadijah yang usianya jauh lebih tua darinya, Rey Mbayang yakin usia bukan persoalan.

Sudah Jadi Suami Istri

"Kalau aku enggak masalah, sih karena Rasulullah saja beda jauh (usia). Jadi kita insyaallah sudah jadi suami-istri, aku jadi suami, kamu jadi istri, aku paling enggak bisa menyamakan aku dengan orang lain," ujar Rey.

Jawaban Menenangkan Hati

Dinda Hauw. (Foto: Instagram @dindahw)
Dinda Hauw. (Foto: Instagram @dindahw)

Mendengar jawaban tersebut hati Dinda Hauw mengaku tenang. Ia pun yakin untuk dipersunting Rey Mbayang. "Dia selalu kasih jawaban-jawaban yang menenangkan hatiku," ucap Dinda.

 

Kehidupan Orang Beda-beda

Rey Mbayang. (Foto: Instagram @rey_mbayang)
Rey Mbayang. (Foto: Instagram @rey_mbayang)

Setiap orang punya takdirnya sendiri perihal jodoh. Meski beda usia, itu bukan soal utama.

"Karena menurut aku kehidupan itu beda-beda. Ada di umur 21 ada yang sudah menikah, ada yang belum. Ada yang sudah sukses, bahkan ada yang sudah meninggal, jadi kami enggak bisa menyamakan," katanya Rey  Mbayang. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Akan Buang Enam Pemain demi Jadon Sancho

Posted: 10 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) tampaknya serius mengincar gelandang Borussia Dortmund, Jadon Sancho. Pasalnya, Setan Merah disebut siap melepas enam pemain demi gelandang asal Inggris tersebut.

Seperti dilansir Sportskeeda, enam pemain yang akan dilepas adalah Alexis Sanchez, Marcos Rojo, Phil Jones, Chris Smalling, Jesse Lingard dan Diogo Dalot. Keenamnya akan dilego demi menyediakan dana segar bagi MU.

Saaat ini, Sanchez dan Smalling sudah sedang menjalani masa pinjaman di Liga Italia. Sanchez di Inter Milan, sementara Smalling di AS Roma.

Diperkirakan, Jones, Lingard, Rojo, dan Dalot bakal dilego pada bursa musim panas ini. Kebetulan, keempatnya juga gagal menembus skuat utama MU.

Nama Sancho mulai mencuat setelah tampil brilian bersama Dortmund. Pemain berusia 20 tahun itu telah tampil 44 kali dan mencetak 20 gol.

Dortmund sebetulnya ingin mempertahankan Sancho. Akan tetapi, sang pemain rumornya sudah tak kerasan bermain bersama Die Borussien.

 

 

Bersaing dengan Chelsea

Jesse Lingard - Lingard merupakan salah satu pemain jebolan Akademi Manchester United dan memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri ketika di lapangan. Namun, performan pemain asal Inggris ini sempat turun akibat cedera yang dideritanya. (AFP/Oli Scarff)
Jesse Lingard - Lingard merupakan salah satu pemain jebolan Akademi Manchester United dan memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri ketika di lapangan. Namun, performan pemain asal Inggris ini sempat turun akibat cedera yang dideritanya. (AFP/Oli Scarff)

MU tidak sendiri mengincar Sancho. Kabarnya, Chelsea juga berminat terhadap mantan gelandang Manchester City tersebut.

The Blues -julukan Chelsea- memang sedang merombak skuatnya demi bersaing musim depan. Tim asuhan Frank Lampard itu sudah dipastikan memboyong Timo Werner dan Hakim Ziyech.

Statistik Sancho bersama Dortmund

Statistik Sancho

2017/18: 12 main, 1 gol

2018/19: 43 main, 13 gol

2019/20: 44 main, 20 gol

Trofi

Piala Super Jerman: 1

Saksikan Video MU di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inggris Ajak Dunia Pakai Energi Hijau Usai Pandemi Corona COVID-19

Posted: 10 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Inggris mengajak dunia agar menjadikan pandemi Virus Corona (COVID-19) sebagai momentum untuk transisi ke energi hijau. Pandemi yang terjadi disebut sebagai peringatan ketika hubungan manusia dan alam terganggun.

Survei global dari Ipsos MORI menemukan bahwa 71 persen dari penduduk dunia setuju bahwa dalam jangka panjang, bahaya dari perubahan iklim sama besarnya dengan virus corona. Penggunaan energi hijau, selain menjaga alam, juga dianggap semakin murah.

"Biaya menggunakan energi terbarukan semakin menurun tiap tahunnya dan pengembangannya tidak memiliki risiko yang besar terhadap lingkungan," tulis pernyataan resmi Kedutaan Besar Inggris, Jumat (7/10/2020).

Inggris pun mengajak semua negara agar konsisten mengikuti Kesepakatan Paris (L'accord de Paris) dalam rangka melawan perubahan iklim yang berbahaya.

"Saat ini, kita sedang berjalan menuju perubahan iklim yang berbahaya dan berpotensi penuh bencana. Inggris berharap bahwa semua negara dapat menjunjung Kesepakatan Paris dan Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan sebagai kerangka penting untuk memandu upaya pemulihan dari krisis COVID-19," jelas Kedubes Inggris.

Pada 9 Juli kemarin, 40 menteri berbagai negara baru saja berkumpul untuk membahas energ dan iklim global International Energy Agency (IEA) Clean Energy Transitions Summit. Semua negara yang hadir menyampaikan dukungan pada transisi menuju energi hijau untuk menghadapi tantangan saat ini.

Pertemuan IEA dihadiri tokoh penting dunia di bidang ekonomi dan energi, seperti Alok Sharma (Menteri Bisnis dan Energi Inggris), Dan Brouillette (Menteri Energi Amerika Serikat), Hiroshi Kajiyama (Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang), dan Zhang Jianhua (direktur Administrasi Energi Nasional China).

Pemerintah Indonesia juga hadir diwakili Menteri ESDM Arifin Tasrif. Indonesia dan IEA sepakat untuk mendorong investasi swasta dalam sumber energi terbarukan bersama dengan BUMN yakni PT PLN (Persero).

Pertemuan ini turut menjadi persiapan bagi Inggris yang akan menjadi tuan rumah acara Konferensi Perubahan Iklim atau Conference of the Parties (COP) ke-26 di Glasgow tahun depan. Inggris pun terus mendorong program dalam negeri yang mendukung energi hijau

Kebijakan Hijau Inggris

Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 12 Tahun 2017 membuat peluang investari Energi Baru dan Terbarukan (EBT) semakin terbuka lebar.
Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 12 Tahun 2017 membuat peluang investari Energi Baru dan Terbarukan (EBT) semakin terbuka lebar.

Minggu ini, Pemerintah Inggris mengumumkan skema-skema "hijau" yang akan membantu menciptakan ribuan pekerjaan, membantu kelestarian lingkungan, dan menghidupkan kembali ekonomi yang terdampak pandemi. Pemulihan itu dilakukan dengan cara yang lebih ramah lingkungan.

Kebijakan dalam negeri Inggris meliputi: Rp 36 triliun untuk membuat lebih dari 65.000 rumah menjadi lebih efisien dalam penggunaan listrik. Lebih dari 1/5 total emisi gas rumah kaca di Inggris berasal dari penghangat ruangan.

Dengan cara-cara seperti misalnya meningkatkan kualitas insulasi dan memasang jendela lapis dua, kehangatan di rumah bisa lebih terjaga, sehingga menghemat listrik dan uang.

Selanjutnya, ada Rp 18 triliun untuk menjadikan bangunan-bangunan publik di seluruh Inggris (seperti misalnyasekolah dan rumah sakit) menjadi lebih ramah lingkungan, antara lain dengan cara meningkatkan efisiensi penggunaan listrik dan meningkatkan kualitas insulasi sehingga dapatmenghemat pengeluaran untuk listrik dan gas sebagai penghangat ruangan.

Hal ini akan membantu ambisi Inggris untuk mencapai target emisi neto nol sebelum 2050. Kedua langkahdi atas diperkirakan dapat menciptakan 140.000 pekerjaan yang ramah lingkungan.

Penciptaan lapangan kerja yang ramah lingkungan juga dilaksanakan. Ada 5,000 pekerjaan baru melalui proyek pengembangan kawasan alamiah Inggris– seperti misalnya penanaman pohon, membersihkan sungai-sungai, dan menciptakan ruang-ruang hijau baru untuk masyarakat dan margasatwa. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Epidemiolog: Zona Hijau Belum Tentu Aman dari COVID-19

Posted: 10 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Epidemiolog Iwan Ariawan menegaskan zona hijau belum tentu memberikan rasa aman sepenuhnya dari penularan COVID-19. Hal ini karena ada pergerakan penduduk yang terjadi di masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

"Sekarang ini penduduk bergerak (mobilitas) lagi, setelah mungkin berbulan-bulan bosan di rumah. Saya coba kaitkan antara pergerakan penduduk. Dari data yang kami peroleh, pergerakan penduduk semakin tinggi," ujar Iwan dalam seminar daring The Role of IMERI FKUI in the New Normal Era, Kamis (9/7/2020).

"Pergerakan penduduk ini terjadi seiring ada penambahan jumlah kasus COVID-19 per hari. Kita lihat sudah ada analisis lebih dalam pergerakan penduduk dengan korelasi zona. Penduduk itu bergerak dari zona merah ke hijau, merah ke kuning dan seterusnya."

Gambaran terjadi pergerakan penduduk yang berpindah antar zona, lanjut Iwan, tidak menjamin bahwa risiko penularan COVID-19 rendah pada zona hijau. Dalam hal ini, masih ada risiko penularan COVID-19 dari pergerakan penduduk tersebut.

"Jadi, belum tentu memberikan rasa aman dari COVID-19 di daerah-daerah yang zona hijau. Kalau kita lihat kita lihat pergerakan penduduk banyak sekali."

Kemungkinan Bertemu dengan Orang Terinfeksi

Calon penumpang KRL Commuter Line antre menunggu kedatangan kereta di Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Calon penumpang KRL Commuter Line antre menunggu kedatangan kereta di Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Salah satu faktor pendukung bahwa zona hijau tidak menjamin aman dari paparan COVID-19, yaitu kemungkinan seseorang bertemu dengan orang terinfeksi COVID-19. Dalam pergerakan penduduk, yang mana masyarakat sudah memulai aktivitas Adaptasi Kebiasaan Baru, seperti bekerja di kantor, ada kemungkinan mereka bertemu orang terinfeksi COVID-19.

"Ketika kita keluar rumah kan ketemu dengan banyak orang. Nah, kemungkinan bisa saja kita bertemu dengan orang yang terinfeksi COVID-19. Lantas seberapa banyak sih kemungkinan kita bertemu dengan orang terinfeksi COVID-19 tersebut?" papar Iwan.

"Dari data yang saya dapat, dalam aktivitas normal rata-rata satu orang bertemu 15-25 orang. Entah itu orang-orang di kantor maupun perjalanan. Sekarang kita bisa hitung, kalau perhitungan populasi 5 persen, kemungkinan kita bisa saja bertemu orang yang dengan positif COVID-19 itu sudah 50 persen. Belum tentu tertular sih, tapi kita sudah bertemu dengan orang terinfeksi tersebut."

Pada prevalensi COVID-19 pada populasi 15 persen, yang mungkin kondisinya di kota-kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya. Kalau kita keluar rumah kemungkinan bertemu orang yang sudah positif COVID-19 sangat tinggi.

"Saya tegaskan belum tentu tertular ya. Tapi kita sudah bertemu orang lain yang sudah punya risiko menularkan COVID-19 kepada antar sesama," tambah Iwan.

Masing-masing Wilayah Punya Risiko

Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Dewi Nur Aisyah menilai dinamika perubahan pemetaan zona risiko daerah tepapar COVID-19 sangat dinamis saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (1/7/2020). (Dok BNPB/Fotografer Lia Agustina)
Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Dewi Nur Aisyah menilai dinamika perubahan pemetaan zona risiko daerah tepapar COVID-19 sangat dinamis saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (1/7/2020). (Dok BNPB/Fotografer Lia Agustina)

Ahli Epidemiologi Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Dewi Nur Aisyah juga sudah menegaskan walaupun suatu wilayah dikategorikan sebagai zona hijau, belum tentu wilayah tersebut aman dari penularan COVID-19.

Zona hijau diartikan bahwa wilayah tersebut memiliki risiko penularan COVID-19 yang lebih rendah dibandingkan dengan zona yang berwarna kuning atau oranye dan merah.

"Warna hijau belum tentu aman. Jadi, jangan pernah mengatakan ada wilayah yang aman karena masing-masing wilayah punya risiko," tegas Dewi dalam dialog virtual di Graha BNPB, Jakarta, kemarin (8/7/2020).

Dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Dewi juga menjelaskan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru, pemerintah dengan hati-hati menentukan sektor mana saja yang dapat beroperasi terlebih dahulu. Untuk sektor pariwisata baru dibuka untuk kawasan wisata alam serta konservasi pada zona hijau dan kuning.

Pembukaan sektor dan aktivitas di setiap zona juga dilakukan secara bertahap, apalagi masih ada peningkatan kasus positif COVID-19 yang terus meningkat. Dewi mengimbau kepada masyarakat yang ada di zona hijau atau yang ingin berpergian ke zona hijau untuk tetap waspada.

"Jangan menganggap karena zona hijau, kita bisa ke sana atau liburan ke sana saja. Justru kalau tidak hati-hati nanti jadi sumber penularan dan bisa jadi imported case (kasus COVID-19 dari luar daerah yang masuk ke zona hijau)," pesannya.

"Jadi, tidak bisa dengan cepat melihat, kalau hijau berarti aman. Intinya kita masih dalam masa-masa yang harus tetap waspada."

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Real Valladolid vs Barcelona: Messi Cs Jaga Asa Juara

Posted: 10 Jul 2020 08:55 PM PDT

Valladolid - Barcelonaakan bertandang ke markas Real Valladolid pada jornada 36 La Liga, Minggu (12/7/2020) dini hari WIB. Lionel Messi dkk. wajib meraih kemenangan jika ingin menjaga asa untuk mengejar Real Madrid yang berada di puncak klasemen.

Barcelona saat ini telah mengumpulkan 76 poin dari 35 pertandingan. Barcelona tertinggal satu poin di belakang Madrid, yang masih akan menjamu Deportivo Alaves. Jika Madrid menang, maka selisih di antara dua rival ini akan kembali menjadi empat poin, dengan tiga laga tersisa.

Barcelona sempat terpeleset saat menghadapi Sevilla, Celta Vigo, dan Atletico Madrid. Namun, Barcelona rupanya mulai menemukan skema yang tepat. Hasilnya, Barcelona selalu menang dalam dua laga terakhirnya.

Pertama, pasukan Quique Setien mengalahkan tuan rumah Villarreal dengan skor 4-1 lewat satu gol bunuh diri lawan, serta gol Luis Suarez, Ansu Fati, dan Antoine Griezmann. Setelah itu, mereka menjinakkan Espanyol 1-0 lewat gol tunggal Luis Suarez, sekaligus 'mengirim' rival sekotanya tersebut ke divisi dua.

Sementara itu, Valladolid hanya menang sekali dalam tujuh laga terakhirnya di La Liga. Kemenangan itu diraih saat menjamu Alaves, dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Joaquin Fernandez pada pekan ke-34.

Valladolid, yang dalam laga terakhirnya menyerah 1-2 dari tuan rumah Valencia, belum aman dari ancaman degradasi. Mereka masih berada tujuh poin di atas zona merah.

Melawan Barcelona, Valladolid jelas menginginkan hasil terbaik demi memperbesar peluang untuk bertahan di La Liga. Namun, melihat performa Barcelona, misi Valladolid itu sepertinya bakal sulit diwujudkan.

Perkiraan Susunan Pemain dan Head to Head

(AFP/Pau Barrena)
saat melawan Valladolid. (AFP/Pau Barrena)
  • Perkiraan Susunan Pemain

Valladolid (4-5-1): Jordi Masip; R Garcia, Javi Sanchez, Kiko Olivas, Moyano; Toni Villa, San Emeterio, Joaquin, Alcaraz, Plano; Sergi Guardiola.

Pelatih: Sergio.

Barcelona (4-3-1-2): Ter Stegen; Jordi Alba, Lenglet, Pique, Semedo; Arturo Vidal, Busquets, Sergi Roberto; Messi; Griezmann, Luis Suarez.

Pelatih: Quique Setien.

 

  • Head to Head

5 Pertemuan Terakhir

30-10-2019 Barcelona 5-1 Valladolid (La Liga)

17-02-2019 Barcelona 1-0 Valladolid (La Liga)

26-08-2018 Valladolid 0-1 Barcelona (La Liga)

08-03-2014 Valladolid 1-0 Barcelona (La Liga)

06-10-2013 Barcelona 4-1 Valladolid (La Liga)

5 Laga Terakhir Valladolid

24-06-2020 Valladolid 1-1 Getafe (La Liga)

27-06-2020 Sevilla 1-1 Valladolid (La Liga)

02-07-2020 Valladolid 0-0 Levante (La Liga)

05-07-2020 Valladolid 1-0 Alaves (La Liga)

08-07-2020 Valencia 2-1 Valladolid (La Liga)

5 Laga Terakhir Barcelona

24-06-2020 Barcelona 1-0 Bilbao (La Liga)

27-06-2020 Celta Vigo 2-2 Barcelona (La Liga)

01-07-2020 Barcelona 2-2 Atletico (La Liga)

06-07-2020 Villarreal 1-4 Barcelona (La Liga)

09-07-2020 Barcelona 1-0 Espanyol (La Liga)

Statistik dan Prediksi

(AP/Joan Monfort)
(AP/Joan Monfort)
  • Statistik

Selalu tercipta maksimal 2 gol dalam 16 dari 20 laga kandang terakhir Valladolid di La Liga. Valladolid tak terkalahkan dalam 4 laga kandang terakhirnya di La Liga.

Barcelona tak terkalahkan dalam 9 laga terakhirnya di La Liga. Barcelona hanya mencatatkan 2 cleansheet dalam 9 laga tandang terakhirnya di La Liga.

Barcelona memenangi 11 dari 12 laga terakhirnya melawan Valladolid di La Liga.

  • Prediksi: Real Valladolid 30-70 Barcelona

Meski berstatus tim tamu, Barcelona sangat termotivasi untuk meraih tiga poin di kandang Valladolid. Tak ingin tertinggal lebih jauh dari Real Madrid yang berada di puncak klasemen bakal menjadi motivasi kuat Lionel Messi dkk. untuk membawa pulang tiga poin.

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 10/7/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Meriahnya Sambutan Warga bagi Pasien Sembuh dari COVID-19 di Mojokerto

Posted: 10 Jul 2020 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seperti perayaan tahun baru, beginilah cara Warga Bendung, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur menyambut Joko Santoso.

Joko Santoso adalah pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh pada Selasa malam. Layaknya seorang pahlawan, pria berusia 52 tahun ini disambut meriah warga. Ia juga diarak keliling desa dan menemui warga sebelum pulang ke rumahnya. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 8 Juli 2020.

Sambutan meriah ini merupakan dukungan warga terhadap Joko yang merupakan pasien pertama Covid-19 di Kabupaten Mojokerto. Ia dinyatakan sembuh usai dirawat dua bulan lebih di rumah sakit.

Pria yang bekerja sebagai sopir truk ini tak menyangka akan mendapat sambutan meriah dari warga yang menerimanya kembali dengan tangan terbuka.

"Seneng banget, Alkhamdulillah atas dukungan warga Bendung semuanya, tetangga, saudara jadi penguat dukungan saya, support saya teman-teman saya yang ada di Bendung, ya jangan dianggap remeh, protokol kesehatan itu yang terutama," ungkap Joko, Pasien Sembuh COVID-19.

Selain Joko, ada empat orang lainnya di Desa Bendung, Mojokerto yang positif COVID-19 termasuk istri dan keponakannya yang semuanya kini telah dinyatakan sembuh.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video Mobil Wapres Kehabisan Bensin di Jalan

Posted: 10 Jul 2020 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mobil Mercy hitam berpelat merah bertuliskan Indonesia dan berbendera merah putih diisi bensin eceran menggunakan jeriken di pinggir jalan. Peristiwa itu terekam dalam sebuah video yang viral di media sosial.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu 10 Juli 2020, rekaman itu diunggah sejumlah akun di jejaring berbagi video. Akun-akun itu menyebutkan kendaraan tersebut mobil kepresidenan yang dipakai Presiden Jokowi saat kunjungan ke daerah.

Tidak ada deskripsi lain mengenai lokasi dari video tersebut. Warganet yang melihatnya mempertanyakan apakah betul mobil kelas pemimpin negara diisi bensin eceran dipinggir jalan.

"Kapan dan di mana ya itu? Karena mobil Presiden sudah ganti baru, sepertinya video lama," tulis seorang netizen di kolom komentar.

"Sopirnya gimana tuh ga liat meteran tangki?" tulis netizen lainnya soal video mobil kepresidenan habis bensin itu.

 

Mobil Wapres

Liputan6.com menelusuri asal video tersebut. Ternyata mobil tersebut berpelat "Indonesia 2". Artinya, kendaraan dinas Wakil Presiden RI.

Namun, tim Sekretariat Wakil Presiden belum menanggapi soal video viral tersebut ketika dikonfirmasi Liputan6.com. Mereka mengatakan keterangan resmi akan dirilis guna meluruskan kejadian itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

45 Kata-kata Sindiran Buat Pacar yang Cuek dan Egois, Agar Lebih Peka

Posted: 10 Jul 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata sindiran buat pacar yang cuek bisa membuat dia sadar dan lebih peka. Hal ini biasanya mulai dirasakan oleh pasangan yang sudah cukup lama menjalin hubungan. Lama kelamaan, hubungan menjadi terasa hambar dan saling tidak peduli. 

Oleh karena itu, kata-kata sindiran perlu disampaikan untuk menyadarkannya. Hal ini agar hubungan kamu kembali harmonis dan romantis seperti semula. Tentunya kamu dan dia merindukan hubungan seperti saat awal berpacaran yang lucu dan indah.

Kata-kata sindiran buat pacar merupakan ungkapan perasaan terdalam. Perkataan ini tentunya disampaikan setelah muak dengan berbagai tingkahnya yang tidak peduli, cuek, dan egois terhadap hubungan kalian. Buatlah dia peka dengan perasaanmu agar hubungan kamu kembali romantis seperti sedia kala.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (11/7/2020) tentang kata-kata sindiran buat pacar.

Kata-kata Sindiran Buat Pacar yang Cuek

Ilustrasi Pasangan Credit: freepik.com
Ilustrasi Pasangan Credit: freepik.com

Berikut beberapa kata-kata sindiran buat pacar yang cuek:

1. "Aku benar-benar takut jatuh cinta bila kau tidak mampu menangkapnya"

2. "Jika seandainya aku memperlakukanmu sama seperti kamu memperlakukanku, aku yakin kamu pasti akan meninggalkanku."

3. "Aksi lebih berarti dari kata kata. Peduli lebih menunjukan cinta daripada sebuah kata "aku cinta padamu."

4. "Kamu tidak peduli denganku, tapi ingin diperjuangkan. Kamu kira hubungan ini suatu candaan."

5. "Ajari aku untuk tega tak memberi kabar selama itu, seperti yang kamu lakukan padaku setiap saat."

6. "Aku rindu kamu. Bukan, biar aku koreksi. Aku rindu kamu yang dulu, yang peduli padaku."

7. "Jika ini adalah sebuah film, mungkin ini adalah bagian sedih-nya, aku yang selalu mengharapkan perhatianmu dan kamu yang mengabaikanku."

8. "Kadang hati tak sejalan dengan pikiran. Apalagi jika masalah itu datang karena cinta yang entah bisa dipertahankan atau tidak."

9. "Hatiku tak dibuat untuk merasakan ini. Aku lelah merasa sedih."

10. "Kamu butuh seseorang yang berusaha nyata untuk mendapatkanmu."

Kata-kata Sindiran Buat Pacar Egois

Berikut beberapa kata-kata sindiran buat pacar yang egois:

1. "Hubungan cinta ini seharusnya tentang kita, kita berdua, aku dan kamu. Bukan tentang kamu dan kamu."

2. "Kalau pacaran digantung, lebih baik taruh saja di pintu jadi gantungan kunci. Malah berguna."

3. "Hanya karena aku bersamamu sepanjang waktu, bukan berarti kamu bisa menyia-nyiakan aku."

4. "Berharap bisa mengulang waktu, agar aku tak tahu kalo menyayangimu itu akan berasa sesakit ini."

5. "Aku tidak mau ini jadi kebiasaan, kamu terbiasa mengabaikan, dan aku terbiasa memaklumi"

6."Aku tidak mengirimu pesan untuk melatih jariku, aku mengharapkan balasan darimu"

7."Terlalu lama kau abaikan aku hingga aku terbiasa sepi, dan mulai akrab dengan kesendirian"

8."Apa masih ada ruang? kalau ada aku akan pulang. Kalau tidak ada, biarkan aku menghilang"

9. "Kenapa tissue bermanfaat? Karena cinta tak pernah kemarau." - Sujiwo Tejo

10. "Mereka yang kita sayangi yang berada di dekat kita bisa lebih melukai diri kita."

Kata-kata Sindiran Buat Pacar yang Sering Bohong

Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/VeraArsic
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/VeraArsic

Berikut beberapa kata-kata sindiran buat pacar yang sering bohong:

1. "Jika kamu mengatakan kebenaran, kamu tidak perlu mengingat apapun."- Mark Twain

2. "Hak kamu membohongiku dan kewajibanku untuk berpura-pura tidak tahu agar kamu senang karena berhasil membohongiku."

3. "Tidak ada manusia yang memiliki ingatan yang cukup baik untuk menjadi pembohong yang sukses."- Abraham Lincoln

4. "Aku tidak marah jika kamu berbohong. Tapi aku kesal pada diriku sendiri karena aku tidak bisa lagi mempercayaimu."

5. "Kebohongan hanya akan menyelamatkanmu sementara tapi menghancurkanmu selamanya."

6. "Kepercayaan dari orang-orang lugu adalah alat yang paling berguna bagi pembohong."- Stephen King

7. "Satu kesalahan merusak seribu kejujuran. Satu kebohongan merobek jutaan kejujuran."

8. "Jika orang terbiasa bertindak jujur, orang lain akan tetap berusaha percaya meskipun dia berbohong."

9. "Kebohongan tidak akan menyakitimu kecuali diucapkan oleh seseorang yang kamu percaya."

10. "Omongan yang keluar dari mulut-mu itu seperti parfum isi ulang, wangi tapi sayangnya palsu."

Kata-kata Sindiran Buat Pacar yang Selingkuh

Berikut beberapa kata-kata Sindiran Buat Pacar yang Selingkuh:

1. "Orang berselingkuh bukan karena ada kesempatan, tapi karena pilihan."

2. "Hubungan akan karam jika terlalu banyak penumpang di dalamnya."

3. "Jangan biarkan seseorang yang telah meninggalkanmu membuat dirimu menjadi sedih dan tidak mau kenal yang namanya cinta."

4. "Selingkuh merupakan hal yang mudah dilakukan, coba pilih bertahan hal yang lebih sulit tapi sesuatu yang mahal."

5. "Sakit hati begitu dalam, hingga mungkin tidak pernah bisa dimaafkan adalah ketika engkau menduakan cinta pasanganmu. Berselingkuh mengejar kebahagiaan yang hina bersama orang lain."

6. "Selingkuh: meninggalkan yang tak sempurna untuk yang lebih tak sempurna."

7. "Kebahagiaan cinta itu tidak akan pernah diraih dengan perselingkuhan. Justru hal itu sering kali menjadi awal hancurnya sebuah hubungan, awal kesedihan, awal cerita buruk yang menjadi lembaran hitam kelam."

8. "Untuk dirimu ku persembahkan semuanya, namun engkau tega mencampakkan aku begitu saja hanya karena orang yang baru saja kamu kenal"

9. "Tidak ada yang sempurna di dunia ini, bergitupun pasanganmu saat ini. Tetaplah saling melengkapi, namun bukan dengan menghadirkan sosok orang lain untuk engkau jadikan pelampiasan menduakan hati."

10. "Aku tau tapi aku pura-pura tidak tau, ini smeua aku lakukan untuk melihatmu tersenyum."

Kata-kata Sindiran Buat Pacar Lainnya

ilustrasi hubungan cinta/Photo by Kelly Sikkema on Unsplash
ilustrasi hubungan cinta/Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Berikut beberapa kata-kata sindiran buat pacar:

1. "Jatuh cinta adalah hal yang indah. Tapi cinta bisa membuatmu jatuh kapan saja."

2."Aku tau rasanya diabaikan, jadi sesibuk apapun, aku akan berusaha terus mengabarimu"

3."Sudah biasa kau mengabaikanmu, kuharap nanti kau tidak merasakannya. Karena itu sangat sakit"

4."Aku ada disini untukmu, tapi kamu tidak pernah tau, apa hatimu sudah buta?"

5."Sedih ya, dulu kita saling peduli, tapi kini seperti orang yang tidak saling mengenal"

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RUU Cipta Kerja Munculkan Peluang Bagi Pekerja

Posted: 10 Jul 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembahasan RUU Cipta Kerja yang masih dilakukan oleh DPR mampu memunculkan peluang dan norma baru bagi pekerja danpengusaha di Indonesia.

Peluang dan norma ini harusnya bisa dimanfaatkan pada masa pemulihan ekonomi setelah badai pandemi.

"Dari sisi pekerja, saya melihat justru banyak peluang yang tercipta dari adanya RUU Cipta Kerja. Banyak sekali stimulus untuk siapapun yang ingin memulai wirausaha," kata Pengamat Komunikasi Politik Eki Baihaki, Sabtu (11/7/2020).

"Peluang ini penting bagi para pekerja kalau memang ingin mencari solusi jika menilai keberlangsungan perusahaan terancam di tengah pandemi ini," lanjut dia.

Eki menilai pekerja harusnya memang melihat peluang dan opsi lain di tengah ketidakpastian iklim ekonomi yang terjadi.

RUU Cipta Kerja yang jelas memiliki fokus untuk pemberdayaan, perlindungan UMKM, dan kemudahan berusaha, harusnya bisa menjadi jalan keluar supaya pekerja juga bisa lepas dari ketergantungan terhadap perusahaan.

"Kalau hanya menggantungkan diri pada perusahaan, ini contoh pekerja yang menurut saya tidak merdeka. RUU Cipta Kerja ini memberikan opportunity yang luas kok, jadi pekerja memang perlu melihat peluang yang muncul dan memanfaatkannya," kata Eki.

 

Ekosistem Ketenagakerjaan

Pekerja memproduksi pakaian pelindung di sebuah pabrik di Nantong, Provinsi Jiangsu, China, Senin (27/1/2020). Pakaian pelindung tersebut diproduksi untuk mendukung pasokan bahan medis saat wabah virus corona melanda China. (STR/AFP)
Pekerja memproduksi pakaian pelindung di sebuah pabrik di Nantong, Provinsi Jiangsu, China, Senin (27/1/2020). Pakaian pelindung tersebut diproduksi untuk mendukung pasokan bahan medis saat wabah virus corona melanda China. (STR/AFP)

Ekosistem ketenagakerjaan yang diatur dalam RUU Cipta Kerja, juga menjamin fleksibilitas untuk investor lebih mudah masuk dan membuka lapangan kerja lebih masif.

Hal ini sangat krusial untuk dilakukan karena Indonesia saat ini menghadapi tantangan bonus demografi pekerja.

"RUU Cipta Kerja jika nantinya disahkan punya fleksibilitas untuk mempertahankan, memperbaiki, dan bahkan menghapus norma lama serta menciptakan norma baru yang lebih ramah investasi. Ini sangat penting untuk segera dilakukan di Indonesia," kata Pengamat Administrasi Publik Muhammad Rizal.

Menurutnya, Indonesia saat ini sudah cukup ketinggalan dari berbagai negara tujuan investasi. Upaya menarik kembali investor ini bahkan akan semakin sulit setelah adanya Covid-19.

"Kalau kita tidak mampu memberikan regulasi yang kompetitif dan menarik buat investor, sangat mungkin terjadi relokasi bisnis besar-besaran ke wilayah yang lebih kompetitif. Kalau masih di Indonesia ya mungkin masih oke, tapi kalau ke luar dari Indonesia kan tidak bagus juga," kata Rizal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spurs Vs Arsenal, Arteta Bahas Jejak Karier Mourinho

Posted: 10 Jul 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Derby London Utara akan tersaji pada pekan ini di Liga Inggris. Arsenal harus melawat ke markas rival sekotanya, Tottenham Hotspur, Minggu (12/7/2020) WIB.

Jelang duel, pelatih Arsenal Mikel Arteta berkomentar soal manajer Spurs, Jose Mourinho. Menurut Arteta, Mourinho masih salah satu yang terbaik.

"Dia punya cara yang jelas untuk bermain dan menerapkan taktik di pertandingan," kata Arteta seperti dilansir Sportskeeda.

Arsenal dan Spurs saat ini sama-sama menjalani musim yang kurang menyenangkan. Keduanya gagal bersaing di papan atas klasemen Liga Inggris.

Alhasil, Spurs dan Arsenal hanya dapat berkutat di papan tengah. Kedua tim pun hanya membidik tiket ke zona Eropa untuk musim depan.

Arsenal untuk sementara menempati peringkat ke-8 dengan 50 poin. Sementara, Spurs berada satu strip di bawahnya dengan 49 poin.

Menurut Arteta, Mourinho kurang dapat memaksimalkan Spurs karen faktor cedera. "Dalam waktu yang lama, banyak pemain mereka cedera. Dia (Mourinho, red) tak punya kesempatan tampil konsisten bersama timnya," kata Arteta.

 

 

Laga Spesial

Pelatih, Tottenham, Jose Mourinho, memberikan semangat kepada pemainnya saat pertandingan Tottenham melawan Burnley di laga Premier League (7/3/2020) lalu. (AFP/Lindsey Parnaby)
Pelatih, Tottenham, Jose Mourinho, memberikan semangat kepada pemainnya saat pertandingan Tottenham melawan Burnley di laga Premier League (7/3/2020) lalu. (AFP/Lindsey Parnaby)

Sementara itu, laga Derby London Utara nanti akan menjadi yang pertama bagi Arteta sebagai manajer Arsenal. Pria asal Spanyo itu menilai laga tersebut sangat spesial.

"Rivalitas di sepak bola ketika dipandang positif akan membawa energi, semangat, dan kota bersama. Ini hal luar biasa," ujar Arteta.

Jadwal Liga Inggris

Sabtu (11/7) malam s.d. Minggu (12/7) dini hari WIB

18.30: Watford vs Newcastle United

18.30: Norwich City vs West Ham United

21.00: Liverpool vs Burnley

23.30: Sheffield United vs Chelsea

02.00: Brighton & Hove Albion vs Manchester City

Minggu (12/7) malam s.d. Senin (13/7) dini hari WIB

18.00: Wolverhampton vs Everton

20.00: Aston Villa vs Crystal Palace

22.30: Tottenham Hotspur vs Arsenal

01.00: Bournemouth vs Leicester City

Selasa (14/7) dini hari WIB

02.00: Manchester United vs Southampton

Saksikan Video Arsenal di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Protokol Kesehatan Harus Jadi Perhatian Pelaku Industri Pariwisata

Posted: 10 Jul 2020 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya menjelaskan, Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang diterbitkan mengacu pada standar global sebagai panduan teknis operasional bagi pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam melangsungkan berbagai aktivitas ekonomi yang berangsur-angsur kembali bergerak pascapandemi COVID-19.

"Panduan protokol ini merupakan turunan yang lebih detail dari Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang disusun oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan masukan dari Kemenparekraf," kata Nia Niscaya di Jakarta, Jumat, 10 Juli 2020.

Berdasarkan data dari social listening tools Sprinklr Analytic dengan keyword Indonesia, Travel, dan penanganan COVID-19, persepsi negara lain terhadap Indonesia masih rendah. Dengan diluncurkannya Panduan Pelaksanaan Kesehatan, Kebersihan, dan Keselamatan ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Ini merupakan bagian dari langkah gaining confidence atau building trust baik untuk masyarakat domestik dan juga internasional," kata Nia Niscaya.

Oleh karena itu, protokol kesehatan mesti menjadi perhatian untuk diimplementasikan secara ketat oleh pelaku industri.

"Informasi soal Indonesia Care dan Panduan Pelaksanaan Kesehatan, Kebersihan, dan Keselamatan bisa dilihat lebih lanjut di website indonesia.travel/indonesiacare," kata Nia Niscaya.

Dalam kesempatan ini juga disosialisasikan Surat Keputusan Bersama (SKB) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Panduan Teknis Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Bidang Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif dalam Masa Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat COVID-19.

Indonesia Care

Menparekraf Wishnutama Kusubandio meluncurkan Indonesia Care di Plaza Senayan, Jakarta (Dok.Kemenparekraf)
Menparekraf Wishnutama Kusubandio meluncurkan Indonesia Care di Plaza Senayan, Jakarta (Dok.Kemenparekraf)

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan "Indonesia Care" di Studio XXI Plaza Senayan, Jakarta, Jumat, 10 Juli 2020. Kampanye nasional untuk mengimplementasikan protokol kesehatan sekaligus verifikasi guna menghadirkan destinasi yang bersih, sehat, aman, dan lingkungan yang lestari.

Peluncuran kampanye "Indonesia Care" ditandai dengan pemutaran video kampanye "Indonesia Care."  Bersamaan dalam acara ini juga diluncurkan Panduan Pelaksanaan Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) atau yang selanjutnya disebut Panduan Pelaksanaan Kesehatan, Kebersihan, dan Keselamatan untuk sektor Hotel, Restoran dan Bioskop.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, kampanye "Indonesia Care" atau disingkat "I Do Care" menunjukkan komitmen bangsa Indonesia, khususnya seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kepada masyarakat dunia bahwa Indonesia sangat peduli atas kebaikan bersama untuk menjaga kebersihan, higienitas, dan pelayanan tanpa kontak langsung untuk keamanan sesama.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Pelacakan Ungkap Penyebab Tingginya Persentase Pasien COVID-19 Meninggal di Jatim

Posted: 10 Jul 2020 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Tim Pelacakan Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 Jawa Timur Dr Kohar Hari Santoso menyatakan, persentase angka kematian pasien positif dan pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 tinggi di Jawa Timur.

Bahkan persentase kematian pasien positif COVID-19 di Jawa Timur lebih tinggi dibandingkan rata-rata di luar negeri. Oleh karena itu perlu menjadi perhatian semua pihak.

"Persentase kematian pasien COVID-19 yang meninggal dunia di luar negeri itu antara 3 hingga 5 persen, dari total jumlah pasien positif," ujar Kohar saat menjadi narasumber dalam acara sosialisasi pencegahan COVID-19 di Mandhapa Agung Ronggosukowati Pamekasan, Jumat, 10 Juli 2020, seperti dikutip dari Antara.

Sedangkan di Indonesia, khususnya di Jawa Timur, persentase angka kematian pasien yang positif terpapar COVID-19 antara 15 hingga 40 persen lebih. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan menjadi salah satu penyebab.

Hal ini selain pasien yang terpapar memiliki jenis penyakit lain atau penyakit bawaan sehingga berpotensi menurunkan daya tahan tubuh.

Jika daya tahan tubuh menurun, kata Kohar, virus yang ada dalam tubuh orang yang terpapar COVID-19 akan lebih cepat bekerja.

"Kabupaten Pamekasan ini termasuk kabupaten dengan persentase angka kematian pasien positif yang tinggi," ujar dia.

Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim, persentase kematian pasien terpapar COVID-19 sebesar 15,58 persen. Pasien terbanyak yang meninggal dunia berusia lanjut antara umur 60 hingga 69 tahun.

Berdasarkan data per 10 Juli 2020, pasien meninggal karena COVID-19 bertambah 36 orang menjadi 1.202 orang di Jawa Timur. Sementara itu, pasien PDP meninggal sebanyak 1.505 orang dan ODP sebanyak 1.505 orang.

Angka Kematian PDP Juga Tinggi di Jatim

Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Kohar Hari Santoso (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Kohar Hari Santoso (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Selain tingginya angka kematian pasien positif COVID-19, angka kematian pasien dalam pengawasan (PDP) juga sangat tinggi dan tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Tiga kabupaten/kota terbanyak persentase angka kematian pasien dalam pengawasan adalah Kabupaten Bangkalan, lalu Sumenep dan yang ketiga adalah Kota Mojokerto. Persentase angka kematian PDP di Bangkalan 48 persen, Sumenep 43 persen, dan Kota Mojokerto 39 persen.

"Yang paling sedikit sesuai dengan data tim adalah Kabupaten Bondowoso, Kota Surabaya, dan Kabupaten Sampang. Ini untuk PDP, ya, bukan yang positif corona," ujar Hari.

 

Imbau Masyarakat Cegah COVID-19

Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Kohar Hari Santoso (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Kohar Hari Santoso (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Selanjutnya Direktur Rumah Sakit Saiful Anwar Malang ini meminta masyarakat lebih hati-hati dalam berupaya melakukan pencegahan COVID-19.

"Pencegahan ini bisa dilakukan secara primer, sekunder, dan tersier," kata Hari.

Yang dimaksud dengan pencegahan primer adalah upaya pencegahan yang harus dilakukan agar tidak tertular virus corona baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Pencegahan sekunder adalah upaya pencegahan yang harus dilakukan agar tidak menjadi sakit, dengan cara terus berupaya meningkatkan imun tubuh dan membentuk masyarakat tangguh.

Sementara pada pencegahan tersier, menurut Kohar, agar warga yang telah terpapar COVID-19 tidak fatal sehingga menyebabkan yang bersangkutan meninggal dunia.

"Caranya tentu dengan memperhatikan kapasitas dan daya tampung rumah sakit, termasuk kualitas pelayanan," ujar dia.

Pencegahan primer bagi orang dalam pemantauan atau orang tanpa gelajar, sekunder bagi pasien dalam pengawasan, sedangkan pencegahan tersier, adalah upaya pencegahan yang harus dilakukan bagi orang yang sudah positif COVID-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Pertandingan Serie A Juventus vs Atalanta: Tuan Rumah Terpeleset Lagi?

Posted: 10 Jul 2020 08:35 PM PDT

Turin - Pemimpin klasemen sementara Serie A, Juventus, akan bertandang menghadapi tim peringkat ketiga, Atalanta, pada giornata ke-32 Serie A 2019-2020, Minggu (12/7/2020). Bianconeri harus ingat, La Dea adalah lawan yang sangat berbahaya.

Terkini, Atalanta memukul Sampdoria melalui gol-gol Rafael Toloi dan Luis Muriel. Dengan hasil itu, berarti Alejandro Gomez dkk. selalu menang dalam sembilan laga terakhirnya di Serie A, kandang maupun tandang.

Sementara itu, Juventus baru saja mengalami antiklimaks. Setelah meraih tujuh kemenangan beruntun di Serie A, Juventus tumbang 2-4 di kandang AC Milan.

Saat melawan AC Milan, Juventus unggul dua gol terlebih dahulu melalui Adrien Rabiot dan Cristiano Ronaldo. Namun, pasukan Maurizio Sarri kemudian ganti kebobolan empat gol.

Meski kalah, Juventus tetap memimpin klasemen dengan keunggulan tujuh poin. Pasalnya, peringkat 2 Lazio juga kalah, yakni 1-2 di markas Lecce.

Pada pertemuan pertama musim ini, Juventus menang 3-1 di kandang Atalanta. Kali ini, di rumah sendiri, mampukah Bianconeri kembali mengalahkan La Dea?

Perkiraan Susunan Pemain dan Head to Head

(Miguel MEDINA/AFP)
(Miguel MEDINA/AFP)

Perkiraan Susunan Pemain 

Juventus (4-3-3): Szczesny; Cuadrado, De Ligt, Bonucci, Danilo; Bentancur, Pjanic, Rabiot; Bernardeschi, Dybala, Ronaldo.

Pelatih: Maurizio Sarri.

Atalanta (3-4-1-2): Gollini; Toloi, Palomino, Djimsiti; Hateboer, De Roon, Freuler, Gosens; Malinovskyi; Gomez, Zapata.

Pelatih: Gian Piero Gasperini.

 

  • Head-to-Head

5 Pertemuan Terakhir

23-11-2019 Atalanta 1-3 Juventus (Serie A)

20-05-2019 Juventus 1-1 Atalanta (Serie A)

31-01-2019 Atalanta 3-0 Juventus (Coppa Italia)

26-12-2018 Atalanta 2-2 Juventus (Serie A)

15-03-2018 Juventus 2-0 Atalanta (Serie A)

5 Laga Terakhir Juventus

23-06-2020 Bologna 0-2 Juventus (Serie A)

27-06-2020 Juventus 4-0 Lecce (Serie A)

01-07-2020 Genoa 1-3 Juventus (Serie A)

04-07-2020 Juventus 4-1 Torino (Serie A)

08-07-2020 Milan 4-2 Juventus (Serie A)

5 Laga Terakhir Atalanta

25-06-2020 Atalanta 3-2 Lazio (Serie A)

29-06-2020 Udinese 2-3 Atalanta (Serie A)

03-07-2020 Atalanta 2-0 Napoli (Serie A)

06-07-2020 Cagliari 0-1 Atalanta (Serie A)

09-07-2020 Atalanta 2-0 Sampdoria (Serie A)

 

Statistik dan Prediksi

(AFP/Miguel Medina)
(AFP/Miguel Medina)
  • Statistik

Juventus tak terkalahkan dalam 36 laga kandang terakhirnya di Serie A. Juventus selalu menang dalam 8 laga kandang terakhirnya di Serie A.

Juventus tanpa clean sheet dalam 3 laga terakhirnya di Serie A.

Atalanta tak terkalahkan dalam 11 laga terakhirnya di Serie A. Atalanta selalu menang dalam 5 laga tandang terakhirnya di Serie A.

  • Prediksi: Juventus 50-50 Atalanta

Juventus tidak boleh lagi terpeleset jika ingin Scudetto mendekat. Namun, Atalanta punya kans untuk melanjutkan tren positif mereka, baik di laga kandang maupun di laga tandang. Artinya, meski Juventus bermain di kandang, bukan tidak mungkin tiga poin menjadi milik Atalanta.

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 10/7/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Pegawai Rumah Dinas Wali Kota Bandung Diisolasi Usai Positif Terpapar Virus Corona

Posted: 10 Jul 2020 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua orang yang bertugas di rumah dinas Wali Kota Bandung (Pendopo Bandung) diisolasi setelah dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita mengatakan, pegawai itu tidak menunjukkan gejala Covid-19 meski positif terinfeksi Corona. Namun, dia memastikan keduanya melakukan isolasi mandiri secara ketat.

"Yang satunya saya tidak tahu, kalau satu lagi polisi (Patwal) Pak Oded. Kalau polisi itu sekarang tinggalnya di Lembang (Kabupaten Bandung Barat), dia rumahnya ada dua tapi sekarang diisolasi di Lembang," kata Rita di Bandung, Jabar, seperti dilansir Antara, Sabtu (11/7/2020).

Dia mengatakan, keduanya diisolasi selama 14 hari sesuai masa inkubasi virus Corona. Dinkes juga terus melakukan pelacakan terhadap orang yang pernah berkontak dengan dua pegawai tersebut.

Kasus itu ditemukan setelah Dinkes Bandung melakukan tes usap kepada 20 pegawai yang bertugas di rumah dinas Wali Kota Bandung yang berada di Jalan Dalem Kaum itu.

Alhasil, dua orang tersebut dinyatakan positif setelah ditindaklanjuti dengan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR). Dia juga sedang menelusuri awal mula penyebab dua orang tersebut terinfeksi virus Corona.

Pendopo Tidak Ditutup

Menurut Rita, rumah dinas Wali Kota Bandung itu tidak ditutup dan pegawai masih beraktivitas normal. Sebab, penyemprotan disinfektan rutin dilaksanakan di tempat tersebut.

"Ditindaklanjuti dengan penyemprotan disinfektan, kalau Pendopo memang sering disemprot disinfektan," kata Rita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Dinilai Kehilangan Momen Tangani Pandemi Corona

Posted: 10 Jul 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Enny Sri Hartati, menilai pemerintah sudah kehilangan waktu dalam penanganan pandemi Covid-19. Sebab, dalam tiga bulan pertama, pemerintah terlalu berlarut-larut bahkan kebingungan untuk mengatasi pandemi.

"Justru karena kita berlarut-larut itu kita harus segera menghentikan Covid-19 ini dan justru itu yang harus menyadarkan kita bahwa kalau kita berkutat di situ terus kita tidak akan menyelesaikan masalah titik," kata Enny dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (11/7/2020).

Menurutnya, upemerintah tidak punya pilihan-pilihan lain untuk segera menyelesaikan masalah pandemi Covid-19 dan mengadaptasi penyesuaian diri di era kenormalan baru. Tak kalah penting, pemerintah harus melakukan trobosan-trobosan tepat di tengah situasi sekarang ini

"Kita tetap menyelesaikan problem utama menyelesaikan pandemi Covid-19 sekaligus kita beradaptasi juga itu bukan berdamai beradaptasi itu kita tetap harus menjalankan segala protokol covid tetapi kita harus cari strategi terobosan untuk survive itu menjadi kata kunci sekarang," jelas dia.

 

Saling Bergandengan

Petugas bermasker dan berpelindung wajah membersihkan lantai di Mal Central Park, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Selain menerapkan protokol kesehatan, pusat perbelanjaan juga menyediakan fasilitas pendukung physical distancing sebagai persiapan operasional di era normal baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas bermasker dan berpelindung wajah membersihkan lantai di Mal Central Park, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Selain menerapkan protokol kesehatan, pusat perbelanjaan juga menyediakan fasilitas pendukung physical distancing sebagai persiapan operasional di era normal baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dia menambahkan, persoalan sekarang bukan lagi pada perdebatan-perdebatan mana yang mesti didahulukan antara kesehatan dan keuangan. Namun lebih kepada saling bergandeng tangan untuk mencari trobosan-trobosan tepat agar bisa menyelesaikan persoalan pandemi.

"Sekarang kita bareng-bareng mencari terobosan yang tepat apa untuk kita bisa survei beradaptasi menyelesaikan secara ekonomi melakukan sesuatu yang tepat," tandas dia.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Semusim di MU, Bruno Fernandes Sudah Samai Rekor Cristiano Ronaldo

Posted: 10 Jul 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester- Keputusan Manchester United (MU) merekrut gelandang Bruno Fernandes dari Sporting CP Januari 2020 lalu benar-benar tepat. Pemuda Portugal itu terus mengukir tinta emas di Old Trafford.

Fernandes tampil menawan bersama MU sejak bergabung Januari 2020. Eks pemain Sampdoria itu telah berkontribusi atas terciptanya 13 gol MU dalam 10 laga awalnya di Liga Inggris.

Kehebatan Bruno Fernandes di lini tengah membuat MU tak terkalahkan dalam 17 pertandingan terakhir di berbagai ajang. Pencapaian ini didapat sejak Fernandes bergabung ke Old Trafford.

Yang terbaru, Fernandes berhasil dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris bulan Juni. Ini merupakan gelar bulanan kedua yang didapat Fernandes di Liga Inggris sejak bergabung dengan MU.

Sebelumnya, Bruno Fernandes memenangkan penghargaan pemain terbaik edisi Februari. Namun, karena edisi Maret ditiadakan akibat pandemi virus corona, jadi pemilik nomor 18 di MU itu memenangkan dua penghargaan pemain terbaik secara beruntun meski beda bulannya cukup jauh.

 

 

Ronaldo

Reaksi gelandang Manchester United, Bruno Fernandes setelah melakukan tendangan penalti ke gawang Tottenham Hotspur dalam laga Liga Inggris di Stadion Tottenham, London, Jumat (19/6/2020). Manchester United berhasil mencuri poin di markas Hotspur dengan skor imbang 1-1.  (AP/Glyn Kirk, Pool)
Reaksi gelandang Manchester United, Bruno Fernandes setelah melakukan tendangan penalti ke gawang Tottenham Hotspur dalam laga Liga Inggris di Stadion Tottenham, London, Jumat (19/6/2020). Manchester United berhasil mencuri poin di markas Hotspur dengan skor imbang 1-1. (AP/Glyn Kirk, Pool)

Dengan memenangkan gelar pemain terbaik bulanan Liga Inggris dua kali beruntun, Fernandes mampu menyamai pencapaian seniornya Cristiano Ronaldo.

Fernandes menjadi pemain Portugal pertama yang bisa meraih gelar pemain terbaik bulanan Liga Inggris dua kali berturut-turut sejak Ronaldo pada November dan Desember 2006.

Sejarah Baru

Ada satu rekor lain yang tercipta dengan terpilihnya Fernandes sebagai pemain terbaik Liga Inggris bulan Juni. Untuk pertama kalinya gelar pemain terbaik dan pelatih terbaik bulanan Liga Inggris diraih orang Portugal.

Gelar pelatih terbaik Liga Inggris periode Juni diperoleh arsitek Wolverhampton Nuno Espirito Santo yang juga berasal dari Portugal.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Pasangan Seleb Ini Berjodoh Lewat Taaruf, Terbaru Dinda Hauw dan Rey Mbayang

Posted: 10 Jul 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menikah merupakan sebuah keputusan yang besar dalam hidup. Tak ingin gagal dalam membina rumah tangga kelak, sebagian besar orang memilih pacaran sebagai proses penjajakan. Namun cara berbeda ditempuh oleh para seleb berikut ini.

Sudah yakin dengan calon pasangan, para seleb ini pun lebih memilih untuk menjalani proses taaruf. 

Masa taaruf merupakan salah satu alternatif pilihan untuk lebih dekat dengan pasangan. Cara ini merupakan sebuah penjajakan sesuai dengan ajaran Islam. Pasangan yang melakukan taaruf, akan didampingi oleh perantara dan keluarga setiap melaksanakan pertemuan.

Cara ini dilakukan oleh Dinda Hauw dan Rey Mbayang. Setelah melakukan beberapa kali pertemuan, akhirnya dua sejoli ini sepakat untuk menikah pada Jumat (10/7/2020).

Selain Dinda Hauw dan Rey Mbayang, kira-kira siapa sajakah pasangan seleb yang melakukan taaruf? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Sabtu (11/7/2020).

1. Tanpa proses pacaran, Fedi Nuril dan Calysta Vanny Widyasasti lebih memilih taaruf dan akhirnya melaksanakan pernikahan pada 17 Januari 2016.

Fedi Nuril dan Istri (Sumber: Instagram/fedinuril/calystavannyws)
Fedi Nuril dan Istri (Sumber: Instagram/fedinuril/calystavannyws)

2. Sempat beradu akting bersama, akhirnya Dude Harlino memantapkan pilihannya pada Alyssa Soebandono. Sebelum menikah pada 2014 silam, keduanya melangsungkan proses taaruf selama 6 bulan.

Dude Harlino dan Alyssa Soebandono
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

3. Pernikahan Vebby Palwinta dan Razi Bawazier sempat mencuri perhatian khalayak. Saling mengenal lewat DM, keduanya pun memutuskan taaruf sebelum akhirnya menikah pada 18 April 2020.

Bukan hanya itu, di saat pertama kali bertemu, Vebby juga gugup melihat Razi. Ia bingung harus mengobrol apa lagi. (Instagram/vebbypalwinta)
Bukan hanya itu, di saat pertama kali bertemu, Vebby juga gugup melihat Razi. Ia bingung harus mengobrol apa lagi. (Instagram/vebbypalwinta)

4. Kartika Putri dipinang oleh Habib Usman bin Yahya pada 26 Agustus 2018, sebelumnya dua sejoli ini telah saling memantapkan diri melalui proses taaruf.

(Deki Prayoga/Fimela.com)
(Deki Prayoga/Fimela.com)

5. Sudah berlangsung selama kurang lebih 5 tahun, pernikahan Nuri Maulida dan Pandu Kesuma Dewangsa jauh dari kabar miring. Sebelum menikah, keduanya sempat menjalani proses taaruf.

(Instagram/nurimaulida)
(Instagram/nurimaulida)

6. Menikah di usia 17 tahun, keputusan Alvin Faiz untuk meminang Larissa Chou sempat menyita perhatian publik. Keduanya menikah setelah melaksanakan proses taaruf.

Muhammad Alvin Faiz dan Larissa Chou.
Muhammad Alvin Faiz dan Larissa Chou.

7. Baru saling mengenal dalam waktu yang singkat, Rey Mbayang sudah mantap untuk mengajak Dinda Hauw untuk taaruf. Akhirnya dua sejoli ini menikah pada 10 Juli 2020.

Potret Rey Mbayang, suami Dinda Hauw, sejak kecil hingga kini sudah menikah. (Sumber: Instagram/@rey_mbayang)
Potret Rey Mbayang, suami Dinda Hauw, sejak kecil hingga kini sudah menikah. (Sumber: Instagram/@rey_mbayang)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zaskia Adya Mecca Mengurus Sendiri Sejak Anak Pertama, Bagaimana dengan Bayi Kelima?

Posted: 10 Jul 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Zaskia Adya Mecca, akhirnya bisa bernapas lega lantaran bayinya sudah bisa dibawa pulang. Bia, begitu biasa disapa anak-anaknya, mengaku ingin mengurus sendiri anak kelimanya ini.

Zaskia Adya Mecca berencana tak ingin menambah momongan sehingga ia ingin memuaskan diri dengan bayi yang diberi nama Bhaj Kama Bramantyo ini.

Istri Hanung Bramantyo ini juga ingin memaksimalkan dalam mengurus semua keperluan si bayi. Hal itu diungkapkan Zaskia Ady Mecca di akun Instagram terverifikasi miliknya, Jumat (10/7/2020). 

Tak Mau Tambah Asisten

Zaskia Adya Mecca (Instagram/zaskiadyamecca)
Zaskia Adya Mecca (Instagram/zaskiadyamecca)

Bukan cuma momongan yang tak ingin ditambah Zaskia Adya Mecca tapi juga asisten untuk membantunya mengurus keperluan si bayi.

"Baby ke5, bismillah pengen bener2 maksimal ngurus sendiri dari lahir.. ga mau nambah orang buat bantuin ngurus, pengen puas2in mandiin-nyusuin-dll krn berencana ini anak terakhir, ga nambah lagi, jadi puas pegang bayinya 😆😆," tulisnya dengan mengunggah foto tengah menggendong sang anak.

 

Ikrar Ini Sejak Anak Pertama

Zaskia Adya Mecca (Foto: Instagram/@zaskiaadyamecca)
Zaskia Adya Mecca (Foto: Instagram/@zaskiaadyamecca)

Rupanya, ini bukan kali pertama bagi pesinetron Para Pencari Tuhan memiliki keinginan seperti ini. Tapi sejak anak pertama hingga keempat.

"Dulu pas para kakak bayi selalu berikrar Ini tapi masuk 3bulan mulai goyah🤣," sambungnya.

 

Minta Bantuan

Namun pada akhirnya, pemain film Hijab dan Ayat Ayat Cinta ini tetap minta bantuan asistennya.

"Ujung2nya tetep nyolek mba @dianahasli dan @rasiti_zee buat bantu dikit2 menjadi bukit hahaha asli kehadiran mereka ber2 tu da lebih dr cukup ngebantuin," tambahnya.

 

Bagaimana Kali Ini?

Walau punya keinginan kuat untuk mengurus sendiri bayi kelimanya, Zaskia Adya Mecca tetap mempertanyakan kekuatannya dalam berikrar.

"Jadi mari kita lihat, apakah ku bertahan kali ini?! 😎😎⁣," pungkasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polres Bogor dan Bea Cukai Ungkap Produksi Tembakau Sintetis di Tajurhalang

Posted: 10 Jul 2020 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Satuan Reserse Narkoba Polres Bogor membongkar produksi narkotika tembakau sintetis (gorila) di sebuah kontrakan yang berlokasi di Tajurhalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ada 3 orang yang ditangkap dalam penggerebekan tersebut.

"Kami tangkap tiga orang tersangka yang memproduksi dan pengedar, AR (20), MZ (21), dan AI (25). Ditangkap beserta barang buktinya, mereka kerjanya serabutan," ujar Kasat Narkoba Polres Bogor AKP Eka Candra, Cibinong, Kabupaten Bogor, seperti dilansir Antara, Jumat 10 Juli 2020.

Dia menuturkan, pengungkapan kasus tembakau sintetis tersebut berawal dari kecurigaan petugas Bea Cukai dengan adanya kiriman paket berisi serbuk kimia yang dikemas bungkusan kertas layaknya dokumen.

Setelah Bea Cukai melakukan pengujian, paket kiriman dari Belanda itu mengandung bahan narkotika golongan satu yang ternyata dijadikan bahan campuran tembakau oleh tersangka, sehingga menghasilkan tembakau sintetis.

Menurut dia, transaksi itu dilakukan secara online melalui media sosial.

Candra mengatakan, kepolisian bersama Bea Cukai Soekarno-Hatta lantas melakukan penyelidikan ke alamat penerima, yakni wilayah Tajurhalang, Kabupaten Bogor, dan menangkap tiga tersangka.

"Awal temuannya dari Bea Cukai yang mencurigai ada paket berupa dokumen, tapi pas di x-ray kok berupa serbuk, setelah dicek itu narkotika yang akan dikirim ke daerah Bogor," ujar Candra soal tembakau sintetis.

 

Barang Bukti

Dari para tersangka, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, seperti 5 kilogram tembakau sintetis siap edar, 54 gram biang tembakau sintesis, 1 buah kompor gas, 2 buah tabung kecil, 4 botol alkohol, 1 buah alat pres, 1 buah timbangan digital, 25 plastik pembungkus paket tembakau sintetis, dan 5 lembar stiker hologram.

Candra menyebutkan, hasil pemeriksaan sementara para tersangka mengaku sudah memproduksi dan menjual barang tersebut sejak Maret 2020, dengan harga bervariasi per bungkus, mulai Rp800 ribu hingga Rp3 juta.

"Sudah sampai Rp 100 juta keuntungannya, karena gorila (tembakau sintetis) itu mahal harganya. Jadi mereka jual sudah sejak bulan Maret dan dijualnya online jadi random siapa saja sasaran mereka," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenparekraf Luncurkan Indonesia Care untuk Gerakkan Kembali Sektor Pariwisata

Posted: 10 Jul 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menjalankan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan "Indonesia Care" di Studio XXI Plaza Senayan, Jakarta, Jumat, 10 Juli 2020. Kampanye nasional untuk mengimplementasikan protokol kesehatan sekaligus verifikasi guna menghadirkan destinasi yang bersih, sehat, aman, dan lingkungan yang lestari.

Peluncuran kampanye "Indonesia Care" ditandai dengan pemutaran video kampanye "Indonesia Care."  Bersamaan dalam acara ini juga diluncurkan Panduan Pelaksanaan Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) atau yang selanjutnya disebut Panduan Pelaksanaan Kesehatan, Kebersihan, dan Keselamatan untuk sektor Hotel, Restoran dan Bioskop.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, kampanye "Indonesia Care" atau disingkat "I Do Care" menunjukkan komitmen bangsa Indonesia, khususnya seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kepada masyarakat dunia bahwa Indonesia sangat peduli atas kebaikan bersama untuk menjaga kebersihan, higienitas, dan pelayanan tanpa kontak langsung untuk keamanan sesama.

"Indonesia Care" diinisiasi sebagai kesepakatan nasional untuk meningkatkan kepercayaan publik dengan memaksimalkan partisipasi publik serta pebisnis untuk menjunjung tinggi sanitasi dan higienitas sepenuh hati.

"'Indonesia Care' merupakan salah satu strategi komunikasi kita untuk dapat menjalankan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan mengutamakan prinsip kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan," kata Wishnutama Kusubandio.

Libatkan Pengusaha, Konsumen, dan Masyarakat

Menparekraf Wishnutama Kusubandio meluncurkan Indonesia Care di Plaza Senayan, Jakarta (Dok.Kemenparekraf)
Menparekraf Wishnutama Kusubandio meluncurkan Indonesia Care di Plaza Senayan, Jakarta (Dok.Kemenparekraf)

Dalam kesempatan itu, Menparekraf mengajak seluruh pihak, yakni masyarakat dan industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk turut serta dalam kampanye "Indonesia Care" ini dengan melaksanakan pengelolaan tempat usaha dan wisata yang memastikan sanitasi, higienitas, dan pelayanan tanpa kontak langsung.

Pelaksanaan protokol sangat penting dan strategis untuk dilaksanakan sebaik-baiknya dengan melibatkan pengusaha, konsumen dan masyarakat.

"Dengan upaya ini diharapkan sektor yang sudah dibuka dan yang akan dibuka siap melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa kembali bergerak, produktif namun tetap aman dari COVID-19," kata dia.

Turut hadir dalam peluncuran kampanye "Indonesia Care" Kabaharkam Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H, Ketua Umum Badan Perfilman Indonesia (BPI) Chanf Parwez Servia, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf R. Kurleni Ukar, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya dan Plt. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Frans Teguh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen La Liga Spanyol: Barcelona Kian Tertinggal dari Real Madrid

Posted: 10 Jul 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Valladolid - Real Madrid semakin kokoh di puncak klasemen La Liga Spanyol 2019-2020 setelah menundukkan Deportivo Alaves 2-0, Sabtu (11/7/2020) dini hari WIB.

Kemenangan itu membuat Los Blancos mengoleksi 80 poin dari 35 pertandingan La Liga yang telah dilakoni musim ini. Real Madrid unggul empat poin atas Barcelona, yang menduduki peringkat kedua.

Kompetisi La Liga Spanyol musim ini menyisakan tiga pertandingan lagi. Barcelona dituntut pantang terpeleset agar perbedaan poin dengan Real Madrid semakin jauh.

Pada laga pekan ke-36 La Liga Spanyol, Barcelona harus menyambangi markas Valladolid, sedangkan tim asuhan Zinedine Zidane mesti menghadapi tuan rumah Granada

Kedua tim difavoritkan untuk meraup poin penuh, mengingat lawan mereka bukan tim papan atas. Berikut klasemen La Liga Spanyol hingga pekan ke-35.

Klasemen Liga Spanyol

ilustrasi La Liga (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi La Liga (Liputan6.com/Abdillah)
 

FcTables.com

Jadwal La Liga Pekan Ke-36

Ilustrasi La Liga (Bola.com/Adreanus Titus)
Ilustrasi La Liga (Bola.com/Adreanus Titus)

Jadwal Liga Spanyol Pekan ke-36

Sabtu, 11 Juli 2020

22:00 WIB: Osasuna vs Celta Vigo (beIN Sport 1)

Minggu, 12 Juli 202000:30 WIB: Valladolid vs Barcelona (beIN Sport 1)

03:00 WIB: Atletico Madrid vs Real Betis (beIN Sport 1).

19.00 WIB: Espanyol vs Eibar

22.00 WIB: Levante vs Athletic Bilbao

Senin, 13 Juli 2020

00.30 WIB: Leganes vs Valencia

03.00 WIB: Sevilla vs Mallorca

Selasa, 14 Juli 2020

00.30 WIB: Deportivo Alaves vs Getafe

00.30 WIB: Villarreal vs Real Sociedad

03.00 WIB: Granada vs Real Madrid

Saksikan Video La Liga di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Tahun Menanti, Ini 5 Momen Bahagia Bedu Dikaruniai Anak Perempuan

Posted: 10 Jul 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lama menanti, komedian Bedu kini tengah merasakan kebahagiaan. Komedian yang memiliki nama lengkap Bedu Tohar ini baru saja dikaruniai anak ketiga pada 7 Juli 2020.

Sang istri Irma Kartika Anggreani melahirkan anak perempuan yang diberi nama Brilliant Maylafaisha Jennaira. Bedu pun mengungkapkan rasa bahagianya dan menceritakan kondisi istri dan anaknya yang dalam keadaan sehat. 

Dikaruniai anak perempuan, tentunya menjadi anugrah tak terkira bagi Bedu. Anak perempuan yang begitu dinanti akhirnya terwujud setelah menunggu sekitar 8 tahun. 

"Alhamdulillah (punya anak lagi). Karena jarak lahirnya 8 tahun dari yang anak kedua. Iya sempat pengen punya anak perempuan karena sudah punya dua anak laki-laki. Alhamdulillah doa kami dikabulkan," ungkapnya, dikutip dari KapanLagi.com.

Penuh momen haru dan rasa syukur, berikut ini 5 momen komedian Bedu saat dikaruniai anak perempuan yang dirangkum dari Instagramnya oleh Liputan6.com, Sabtu (11/7/2020). 

1. Setelah menanti 8 tahun, sang istri akhirnya melahirkan anak ketiga yang berjenis kelamin perempuan.

Bedu dan istri bersyukur dikaruniai anak perempuan. (Sumber: Instagram/@beddu17)
Bedu dan istri bersyukur dikaruniai anak perempuan. (Sumber: Instagram/@beddu17)

2. Bedu pun menyambut kehadiran putri kecilnya yang diberi nama Brilliant Maylafaisha Jennaira dengan penuh haru.

Bedu dan istri bersyukur dikaruniai anak perempuan. (Sumber: Instagram/@beddu17)
Bedu dan istri bersyukur dikaruniai anak perempuan. (Sumber: Instagram/@beddu17)

3. Komedian ini menyaksikan bagaimana anak ketiganya yang menangis saat baru saja dilahirkan.

Bedu dan istri bersyukur dikaruniai anak perempuan. (Sumber: Instagram/@beddu17)
Bedu dan istri bersyukur dikaruniai anak perempuan. (Sumber: Instagram/@beddu17)

4. Meski bahagia, rasa khawatir juga meliputi perasaan Bedu dan istri lantaran harus melahirkan di tengah pandemi.

Bedu dan istri bersyukur dikaruniai anak perempuan. (Sumber: Instagram/@beddu17)
Bedu dan istri bersyukur dikaruniai anak perempuan. (Sumber: Instagram/@beddu17)

5. Namun ia bersyukur karena setelah melanjalani test Corona Covid-19, semuanya dalam kondisi sehat.

Bedu dan istri bersyukur dikaruniai anak perempuan. (Sumber: Instagram/@beddu17)
Bedu dan istri bersyukur dikaruniai anak perempuan. (Sumber: Instagram/@beddu17)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menikmati Sensasi Dingin Air Terjun di Samadua Aceh

Posted: 10 Jul 2020 08:15 PM PDT

Anak-anak bermain sambil menikmati air terjun di Samadua, Provinsi Aceh pada 9 Juli 2020. Aceh punya banyak destinasi wisata alam  mempesona yang patut dikunjungi. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)
Anak-anak bermain sambil menikmati air terjun di Samadua, Provinsi Aceh pada 9 Juli 2020. Aceh punya banyak destinasi wisata alam mempesona yang patut dikunjungi. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)

Anak-anak bermain sambil menikmati air terjun di Samadua, Provinsi Aceh pada 9 Juli 2020. Aceh punya banyak destinasi wisata alam mempesona yang patut dikunjungi. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)

Seorang pemuda mendinginkan diri di air terjun di Samadua, Provinsi Aceh pada 9 Juli 2020. Aceh punya banyak destinasi wisata alam mempesona yang patut dikunjungi. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)
Seorang pemuda mendinginkan diri di air terjun di Samadua, Provinsi Aceh pada 9 Juli 2020. Aceh punya banyak destinasi wisata alam mempesona yang patut dikunjungi. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)

Seorang pemuda mendinginkan diri di air terjun di Samadua, Provinsi Aceh pada 9 Juli 2020. Aceh punya banyak destinasi wisata alam mempesona yang patut dikunjungi. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)

Seorang perempuan menikmati air terjun di Samadua, Provinsi Aceh pada 9 Juli 2020. Aceh punya banyak destinasi wisata alam  mempesona yang patut dikunjungi. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)
Seorang perempuan menikmati air terjun di Samadua, Provinsi Aceh pada 9 Juli 2020. Aceh punya banyak destinasi wisata alam mempesona yang patut dikunjungi. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)

Seorang perempuan menikmati air terjun di Samadua, Provinsi Aceh pada 9 Juli 2020. Aceh punya banyak destinasi wisata alam mempesona yang patut dikunjungi. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)

Seorang pemuda mendinginkan diri di air terjun di Samadua, Provinsi Aceh pada 9 Juli 2020. Aceh punya banyak destinasi wisata alam mempesona yang patut dikunjungi. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)
Seorang pemuda mendinginkan diri di air terjun di Samadua, Provinsi Aceh pada 9 Juli 2020. Aceh punya banyak destinasi wisata alam mempesona yang patut dikunjungi. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)

Seorang pemuda mendinginkan diri di air terjun di Samadua, Provinsi Aceh pada 9 Juli 2020. Aceh punya banyak destinasi wisata alam mempesona yang patut dikunjungi. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Kazakhstan Bantah Tudingan China Terkait Pneumonia Misterius

Posted: 10 Jul 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kazakhstan membantah laporan yang diterbitkan pejabat China yang menyebut bahwa negara itu sedang mengalami wabah pneumonia misterius.

Sebelumnya, Kedutaan China di Kazakhstan pada Kamis (9/7/2020) memperingatkan warganya di negara itu bahwa pneumonia yang sedang terjadi berpotensi mematikan daripada COVID-19.

Pernyataan yang diterbitkan oleh Kedutaan China pada Kamis mengatakan 1.772 orang telah meninggal pada 2020 dan 628 di antaranya meninggal pada bulan Juni saja akibat wabah pneumonia yang dilaporkan.

Mereka mengklaim wabah telah terjadi di tiga kota provinsi Atyrau, Aktobe dan Shymkent dan ada warga negara China yang telah meninggal akibat wabah misterius itu.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan pada Jumat, Kementerian Kesehatan Kazakhstan menyebutnya sebagai "pneumonia virus karena etiologi (penyebab) yang tidak ditentukan". Sehingga peringatan yang dikeluarkan oleh kedutaan besar China "tidak sesuai dengan kenyataan".

Menteri Kesehatan Aleksey Tsoy mengatakan dalam konferensi pers pada Kamis bahwa kematian akibat pneumonia telah meningkat dari 1.172 dalam enam bulan pertama 2019 menjadi 1.780 selama periode yang sama tahun ini. Dan jumlah kasus pneumonia terdaftar meningkat 50 persen, katanya.

 

 

Lonjakan Kasus COVID-19

Pada Jumat, 10 Juli 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mengatakan pneumonia yang dilaporkan di Kazakhstan "sudah dalam pemantauan" dan bisa kemungkinan penyakit tersebut adalah COVID-19.

"Lonjakan COVID-19 di negara itu akan menunjukkan bahwa banyak dari kasus ini sebenarnya adalah kasus COVID-19 yang tidak terdiagnosis," kata Mike Ryan, Kepala Program Kedaruratan WHO melansir BBC.

Kazakhstan baru-baru ini memberlakukan karantina secara nasional menyusul peningkatan kasus COVID-19. Menurut Kementerian Kesehatan Kazakhstan, negara itu telah mencatat sekitar 55.000 kasus dan 264 kematian pada 10 Juli.

Kesaksian Keluarga Korban

Praktisi medis dan anggota keluarga korban di Kazakhstan mengatakan kepada wartawan BBC Abdujalil Abdurasulov bahwa mereka percaya peningkatan jumlah kasus pneumonia ini terkait dengan COVID-19. Namun, hasilnya tidak terdeteksi karena pengujian berkualitas rendah atau tidak ada pengujian sama sekali.

"Dalam surat kematian, dikatakan pneumonia sebagai penyebabnya. Tetapi kita bahkan tidak tahu apakah mereka melakukan tes COVID-19 atau tidak," kata Venera Zhanalina, yang ayahnya meninggal tiga hari setelah dirawat di rumah sakit dengan gejala seperti COVID-19 kepada BBC.

Aida Jexen (38) mengatakan dia jatuh sakit pada akhir Juni, dinyatakan positif terkena COVID-19. Tetapi seminggu kemudian, ketika dirawat di rumah sakit dan menjalani tes lagi, hasilnya negatif dan mengarah ke diagnosis pneumonia.

"Saya bertanya kepada dokter apa alasannya, mereka mengatakan bahwa pada hari-hari pertama mereka mengambil usap hidung dan virus itu masih ada," kata Aida.

"Mereka perlu mengambil sampel dahak di paru. Tetapi mereka tidak melakukan pengambilan sampel dahak karena mereka tidak ingin diganggu dengan itu."

Seorang pekerja medis yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan kepada BBC bahwa tes COVID-19-nya negatif dua kali. Namun dia telah menunjukkan beberapa gejala dan tomografi komputer telah menunjukkan tanda-tanda jelas dari virus tersebut. Namun hasil tes negatif ia didiagnosis menderita pneumonia.

"Mereka melakukannya [untuk menurunkan angka total coronavirus] karena mereka tidak ingin berada di posisi teratas untuk penyakit ini,"katanya.

Namun dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan kepada kantor berita AFP pada Jumat, WHO mengatakan Kazakhstan mengklasifikasikan kasus-kasus pneumonia sesuai dengan kode organisasi.

"Ini menunjukkan [kasus pneumonia] tidak digolongkan sebagai penyakit misterius yang muncul. Kami sedang dalam proses memverifikasi dengan kementerian terkait kasus pneumonia yang dikonfirmasi COVID-19," kata pernyataan WHO.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Brighton vs Manchester City: Rekor Buruk Hantui The Citizens

Posted: 10 Jul 2020 08:10 PM PDT

Brighton - Brighton akan menjamu Manchester City dalam lanjutan Premier League, Minggu (12/7/2020) pukul 02.00 dini hari WIB. Jelang laga ini, tim tamu dihantui kekalahan pada tiga laga tandang terakhir.

Manchester City tergolong sangat kuat saat main kandang. Terkini, pasukan Josep Guardiola bahkan menghabisi sang tamu Newcastle 5-0 lewat gol-gol Gabriel Jesus, Riyad Mahrez, David Silva, dan Raheem Sterling, serta bunuh diri pemain lawan.

Namun, Manchester City tercatat selalu kalah dalam tiga laga tandang terakhirnya di Premier League. Mereka ditekuk Manchester United 0-2, Chelsea 1-2, dan Southampton 0-1.

Lawatan kali ini merupakan kesempatan bagus bagi City untuk memperbaiki form tandang mereka. Pasalnya, Brighton sedang jeblok di kandang.

Dalam dua laga kandang terakhirnya, Brighton berturut-turut dihantam Manchester United 0-3 dan Liverpool 1-3. Apakah Manchester City kembali kandas di markas lawan, atau mampu memperbaiki tren buruk?

Statistik

(AP/Nick Potts)
(AP/Nick Potts)

Head-to-Head (Premier League)

Pertemuan: 5

Brighton menang: 0

Gol Brighton: 2

Imbang: 0

City menang: 5

Gol City: 15

 

5 Pertemuan Terakhir

31-08-2019 City 4-0 Brighton (EPL)

12-05-2019 Brighton 1-4 City (EPL)

06-04-2019 City 1-0 Brighton (Piala FA)

29-09-2018 City 2-0 Brighton (EPL)

10-05-2018 City 3-1 Brighton (EPL).

 

5 Laga Terakhir Brighton (M-S-K-M-K)

20-06-2020 Brighton 2-1 Arsenal (EPL)

24-06-2020 Leicester 0-0 Brighton (EPL)

01-07-2020 Brighton 0-3 MU (EPL)

04-07-2020 Norwich 0-1 Brighton (EPL)

09-07-2020 Brighton 1-3 Liverpool (EPL).

5 Laga Terakhir City (K-M-M-K-M)

26-06-2020 Chelsea 2-1 City (EPL)

29-06-2020 Newcastle 0-2 City (Piala FA)

03-07-2020 City 4-0 Liverpool (EPL)

06-07-2020 Southampton 1-0 City (EPL)

09-07-2020 City 5-0 Newcastle (EPL).

Prakiraan Susunan Pemain dan Prediksi Bola.com

(AP/Nick Potts)
(AP/Nick Potts)

Brighton (4-3-2-1): Ryan; Burn, Dunk, Webster, Lamptey; Allister, Stephens, Bissouma; Trossard, Mooy; Maupay.

Pelatih: Graham Potter.

City (4-3-3): Ederson; Mendy, Laporte, Stones, Walker; Gundogan, Rodri, De Bruyne; Sterling, Gabriel Jesus, Foden.

Pelatih: Pep Guardiola.

Prediksi Bola.com

Brighton 45-55 Manchester City

 

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 10/7/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Partai PM Lee Hsien Loong Unggul dan Dominan pada Pemilu Singapura 2020

Posted: 10 Jul 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Singapura - Partai Aksi Rakyat (PAP) mempertahankan kekuasaan dalam pemilihan umum Singapura 2020 yang digelar pada Jumat 10 Juli, memenangkan 83 dari 93 kursi parlemen yang dipertaruhkan.

Partai itu mengumpulkan 61,24 persen suara rakyat, mendorong sekretaris jenderal partai --yang juga menjabat sebagai perdana menteri sementara-- Lee Hsien Loong untuk menggambarkan kemenangan sebagai "mandat yang jelas", demikian seperti dikutip dari Bernama, Sabtu (11/7/2020).

Ini adalah pemilihan umum kedua berturut-turut di mana PAP telah menerjunkan kandidat di seluruh 31 divisi pemilihan.

Dalam pemilihan umum 2015, yang melihat semua kursi diperebutkan untuk pertama kalinya sejak kemerdekaan pada tahun 1965, PAP menyapu 83 dari 89 kursi, memenangkan 69,9 persen suara rakyat.

Pemilihan Umum ke-18 untuk Singapura ini, dan yang ke-13 sejak kemerdekaannya, diadakan di bawah kondisi "normal baru" dengan peraturan dan pembatasan yang menjaga jarak di tengah situasi COVID-19 yang berlaku.

Dalam konferensi pers virtual yang diadakan Sabtu 11 Juli pagi, Lee mengatakan: "Secara keseluruhan, saya puas dengan hasil pemilihan ini."

"Kami (PAP) telah mendapatkan mandat yang jelas; 61 persen suara rakyat. Kami mengumpulkan 83 dari 93 kursi yang diperebutkan."

"Hasilnya mencerminkan dukungan luas untuk PAP. Orang Singapura mengerti apa yang dipertaruhkan dan mengapa kita harus bersatu," kata PM Singapura itu.

 

Pemilu untuk Menghadapi Tantangan Virus Corona

Pemilih mengenakan masker saat memverifikasi identitas dengan petugas pemilu di TPS Sekolah Tinggi Chung Cheng, Singapura, Jumat (10/7/2020). Pemilu di tengah pandemi COVID-19, warga Singapura memberikan suara mereka dengan mengenakan masker dan sarung tangan plastik. (AP Photo)
Pemilih mengenakan masker saat memverifikasi identitas dengan petugas pemilu di TPS Sekolah Tinggi Chung Cheng, Singapura, Jumat (10/7/2020). Pemilu di tengah pandemi COVID-19, warga Singapura memberikan suara mereka dengan mengenakan masker dan sarung tangan plastik. (AP Photo)

Pemilihan ini dijuluki "kritis" bagi Singapura dalam menghadapi tantangan COVID-19.

Lee meminta warga Singapura untuk mengesampingkan perbedaan mereka dan bekerja sama untuk membawa Singapura dengan aman dari krisis pandemi.

"Tantangan serius yang kita hadapi membutuhkan respons nasional. Mari kita maju bersama sebagai satu tim Singapura untuk hidup kita, pekerjaan kita, dan masa depan kita," katanya.

Lee memberi selamat kepada Partai Buruh karena mempertahankan enam kursi di lima anggota Aljunied GRC (konstituensi perwakilan kelompok) dan Hougang SMC (konstituensi anggota tunggal) dan memenangkan Sengkang GRC empat anggota yang baru.

PAP memenangkan keempat SMC baru.

Kandidat mandiri tunggal dan 11 partai politik, termasuk PAP, bersaing untuk 17 GRC dan 14 SMC.

Pada akhir pemungutan suara, total 2.535.565 suara diberikan, termasuk 45.772 suara yang ditolak, menurut Departemen Pemilihan Singapura.

Suara datang dari 95,63 persen dari 2.651.435 pemilih terdaftar dan sedikit lebih rendah dari angka yang dilaporkan pada jam 8 malam Jumat, yang didasarkan pada penjumlahan dari perkiraan yang diterima dari 1.100 TPS.

Pada jam 8 malam Jumat, departemen mengatakan jumlah pemilih lebih tinggi dari Pemilihan Umum 2015, yang melihat suara diberikan oleh 2,3 juta pemilih atau 93,56 persen dari pemilih terdaftar.

Jam pemungutan suara diperpanjang sampai jam 10 malam karena masih ada beberapa tempat pemungutan suara dengan antrian panjang, yang dikaitkan dengan tindakan pencegahan COVID-19 yang diberlakukan untuk memastikan pemilihan umum yang aman.

Apa yang dilihat sebagai popularitas Partai Kemajuan Singapura (PSP) yang baru terbentuk gagal membawa Parlemen ke salah satu dari 24 kandidatnya, kelompok terbesar kedua setelah 21 kandidat Partai Buruh.

Tak satu pun dari partai-partai lain, yaitu Partai Demokrat Singapura, Suara Rakyat, Partai Solidaritas Nasional, Partai Reformasi, Partai Rakyat Singapura, Partai Kekuatan Rakyat, Red Dot United dan Aliansi Demokrasi Singapura, juga diwakili di Parlemen.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: