Sabtu, 11 Juli 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sudah Kelelahan, Pelatih Barcelona Terpaksa Sulit Istirahatkan Lionel Messi

Posted: 11 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Valladolid - Pelatih Barcelona, Quique Setien, merasa lega setelah timnya menang 1-0 di markas Real Valladolid, Minggu (12/7/2020) dini hari WIB dalam laga lanjutan La Liga Spanyol.

Setien mengakui bahwa dia kesulitan menemukan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan Lionel Messi di sisa kompetisi La Liga musim ini. Dia menyadari Messi perlu istirahat.

"Tentu saja," jawab Setien ketika ditanya apakah Messi perlu istirahat.

"Saya sudah mengatakannya sebelumnya, tetapi skornya terlalu ketat. Jika kami mencetak lebih banyak gol di babak pertama, mungkin lebih banyak pemain akan diistirahatkan," ungkap eks pelatih Real Betis ini.

Pelatih yang menggantikan Ernesto Valverde ini mengakui timnya sudah lelah saat menghadapi Valladolid. Apalagi, tim tuan rumah bermain ngotot untuk bisa menyamakan skor di babak kedua, setelah tertinggal hanya satu gol dari Barcelona.

"Mereka memiliki pemain di depan dengan kualitas dan pemain yang berkomitmen. Kami tidak bisa menutupi seluruh area lapangan," papar Setien.

"Kami harus mundur dan itu membuatnya lebih sulit bagi kami. Kami seharusnya mengamankan pertandingan pada babak pertama, kami bisa mencetak dua atau tiga gol," jelas pelatih Barcelona berusia 61 tahun ini.

Barcelona Kelelahan

Pelatih Barcelona, Quique Setien, akui timnya kelelahan. (AFP/Lluis Gene)
Pelatih Barcelona, Quique Setien, akui timnya kelelahan. (AFP/Lluis Gene)

Menurut Setien, ada kegelisahan ketika mengetahui Blaugrana hanya unggul 1-0 dan Valladolid bisa saja mencetak penyeimbang setiap saat. Hal itu yang membuat dia tetap memainkan para pemain utamanya, termasuk Messi.

"Di babak kedua, kami berjuang. Kami memperhatikan kelelahan pada beberapa pemain sampai titik tertentu," tuturnya.

Gol kemenangan Blaugrana atas Valladolid dicetak Arturo Vidal pada menit ke-15. Hasil itu membuat Barcelona kini terpaut satu poin dari Real Madrid, yang memuncaki klasemen La Liga, tapi El Real masih punya satu laga di tangan.

Tidak Klinis

"Saya tidak tahu apakah ini cukup untuk memenangkan La Liga karena Real Madrid memenangkan semua pertandingan mereka," imbuh Setien.

"Kami telah melakukan cukup banyak saat melawan Valladolid dan kami telah menciptakan banyak peluang dan pada akhirnya kami tidak cukup klinis," katanya.

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Dinda Hauw dengan Ketiga Kakak Laki-Lakinya, Akrab Banget

Posted: 11 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris muda Dinda Hauw saat ini tengah menjadi sorotan para netizen. Pasalnya, wanita kelahiran Palembang ini baru saja melangsungkan pernikahan dengan musisi Rey Mbayang pada 10 Juli 2020 lalu.

Pernikahan keduanya pun sukses mengejutkan netizen. Pasalnya, sebelumnya aktris 23 tahun ini sempat dikabarkan dekat dengan Rizky Billar. Meski begitu, pernikahan Dinda Hauw dan Rey Mbayang sukses membuat banyak netizen merasa iri.

Kebahagian atas pernikahan tersebut tak hanya dirasakan oleh Dinda Hauw saja. Akan tetapi ketiga kakak pemain Surat Kecil Untuk Tuhan ini juga berbahagia. Dinda sendiri memang dikenal cukup dekat dengan ketiga kakak laki-lakinya. Bahkan, kebersamaan mereka sering kali mencuri perhatian netizen.

Salah satu kakak Dinda, Kemas Hasan turut mengunggah potret kocak pada momen lamaran sang adik tersayang di Instagram. Momen tersebut juga menjadi sorotan netizen karena memperlihatkan seberapa dekat persaudaraan diantara mereka.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret kompak Dinda Hauw dengan ketiga kakaknya, Minggu (12/7/2020).

1. Ini dia kebersamaan Dinda Hauw dengan ketiga kakaknya saat momen lamaran.

Dinda Hauw dan Kakaknya (Sumber: Instagram/kemashs)
Dinda Hauw dan Kakaknya (Sumber: Instagram/kemashs)

2. Kekompakan juga ditunjukkan saat lebaran Idul Fitri beberapa waktu lalu.

Dinda Hauw dan Kakaknya (Sumber: Instagram/arsyadankms)
Dinda Hauw dan Kakaknya (Sumber: Instagram/arsyadankms)

3. Dinda sendiri memang terlihat sangat dekat dan akrab dengan ketiga kakak laki-lakinya.

Dinda Hauw dan Kakaknya (Sumber: Instagram/arsyadankms)
Dinda Hauw dan Kakaknya (Sumber: Instagram/arsyadankms)

4. Ia pun pernah mengunggah foto masa kecil berwarna hitam putih pada akun Instagram pribadinya.

Dinda Hauw dan Kakaknya (Sumber: Instagram/dindahw)
Dinda Hauw dan Kakaknya (Sumber: Instagram/dindahw)

5. Bahkan, Dinda pun beberapa kali terlihat menghabiskan waktu liburan dengan kakak lelakinya.

Dinda Hauw dan Kakaknya (Sumber: Instagram/arsyadankms)
Dinda Hauw dan Kakaknya (Sumber: Instagram/arsyadankms)

6. Ini dia salah satu potret kedekatan dan keseruan Dinda Hauw dengan ketiga kakaknya.

View this post on Instagram

👫👬

A post shared by KMS M ARSYADAN QISTHI (@arsyadankms) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies: Secara Teknis Penambahan Lahan di Ancol Adalah Reklamasi

Posted: 11 Jul 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan bahwa perluasan kawasan Ancol dan Dunia Fantasi (Dufan) merupakan bentuk reklamasi.

Dia menyatakan, penambahan lahan kawasan tersebut merupakan hasil dari pengerukan sejumlah sungai dan waduk di Jakarta.

"Dan penambahan lahan itu istilah teknisnya adalah reklamasi. Tapi beda sebabnya, beda maksudnya, beda caranya, beda pemanfaatannya dengan kegiatan yang selama ini tentang reklamasi 17 pulau," kata Anies dalam akun youtube Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (13/7/2020).

Menurut Anies, reklamasi itu juga bertujuan untuk mencegah ibu kota dari bencana banjir. Kemudian, reklamasi di Ancol Barat ini juga ditujukan untuk kepentingan umum dan tanpa mengganggu keadilan.

"Yang 17 pulau itu tidak sejalan dengan kepentingan umum, ada permasalahan dengan hukum, mengganggu rasa keadilan. Sementara yang di Ancol ini adalah proyek pemerintah untuk melindungi warga Jakarta dari banjir," ucapnya.

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga menyebut, proses pengerukan dan pengelolaan proyek reklamasi kawasan Ancol itu dilakukan oleh pemerintah.

"Apalagi program ini tidak mengganggu kegiatan nelayan, tidak menghalangi aliran sungai manapun menuju laut, dan ini sudah berlangsung selama 11 tahun," jelas Anies.

 

Tak Ganggu Nelayan

Suasana di lokasi proyek reklamasi perluasan kawasan wisata Ancol, Jakarta, Rabu (8/7/2020). Polemik Reklamasi Ancol terjadi setelah Gubernur Anies Baswedan menerbitkan Keputusan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 237 Tahun 2020 terkait izin pelaksanaan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Suasana di lokasi proyek reklamasi perluasan kawasan wisata Ancol, Jakarta, Rabu (8/7/2020). Polemik Reklamasi Ancol terjadi setelah Gubernur Anies Baswedan menerbitkan Keputusan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 237 Tahun 2020 terkait izin pelaksanaan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Reklamasi Ancol menurut Anies tidak menggangu nelayan dan ini dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah.

"Jadi pengerukannya oleh pemerintah, pengelolaan lahannya oleh pemerintah, dan pemanfaatannya untuk seluruh rakyat. Apalagi program ini tidak mengganggu kegiatan nelayan, tidak menghalangi aliran sungai manapun menuju laut, dan ini sudah berlangsung selama 11 tahun," ia menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Tottenham Hotspur Vs Arsenal: Duel Sengit 2 Klub London Utara

Posted: 11 Jul 2020 09:35 PM PDT

Jakarta Derby London Utara yang mempertemukan Tottenham Hotspur dan Arsenal pada pekan ke-35 Premier League 2019-2020, Minggu (12/7/2020), dipastikan berlangsung sengit. Kedua tim saat ini hanya terpaut satu poin di peringkat ke 8 dan 9 klasemen sementara Premier League.

Tottenham Hotspur yang menjadi tuan rumah dalam laga ini tengah berada di peringkat kesembilan dalam klasemen sementara. Sementara itu, Arsenal unggul satu poin dan tepat berada di atasnya. Kondisi tersebut membuat derby London Utara kali ini bakal berlangsung sangat menarik.

Dalam laga terakhirnya, Tottenham hanya bermain imbang tanpa gol melawan tuan rumah Bournemouth. Sebelum itu, pasukan Jose Mourinho menang 1-0 saat menjamu Everton berkat gol bunuh diri pemain lawan.

Sama seperti Tottenham, Arsenal juga gagal menang dalam laga terakhir mereka, hanya bermain imbang 1-1 menjamu Leicester City. Tim besutan Mikel Arteta itu mencetak satu gol lewat Pierre-Emerick Aubameyang, dan kehilangan Eddie Nketiah yang diganjar kartu merah.

Momentum apik Arsenal, yang sebelumnya berturut-turut menekuk Southampton 2-0, Norwich City 4-0, dan Wolverhampton 2-0, akhirnya tersendat.

Pada pertemuan pertama musim ini, kedua tim bermain imbang 2-2 di kandang Arsenal. Tottenham unggul 2-0 lewat gol Christian Eriksen dan penalti Harry Kane. Arsenal menyamakan skor lewat gol Alexandre Lacazette dan Aubameyang.

Waktu itu, Tottenham masih dilatih Mauricio Pochettino, sedangkan Arsenal masih dilatih Unai Emery. Namun, kini kedua tim memiliki manajer yang berbeda. Siapa yang lebih baik?

 

Perkiraan Susunan Pemain dan Head to Head

  • Perkiraan Susunan Pemain:

Tottenham (4-3-3): Lloris; Davies, Alderweireld, Sanchez, Aurier; Lo Celso, Winks, Sissoko; Heung-Min, Kane, Moura.

Manajer: Jose Mourinho.

Arsenal (3-4-3): Martinez; Kolasinac, Luiz, Mustafi; Tierney, Xhaka, Ceballos, Bellerin; Aubameyang, Lacazette, Saka.

Pelatih: Mikel Arteta.

  • Head-to-Head

5 Pertemuan Terakhir

01-09-2019 Arsenal 2-2 Tottenham (EPL)

02-03-2019 Tottenham 1-1 Arsenal (EPL)

20-12-2018 Arsenal 0-2 Tottenham (EFL Cup)

02-12-2018 Arsenal 4-2 Tottenham (EPL)

10-02-2018 Tottenham 1-0 Arsenal (EPL)

5 Laga Terakhir Tottenham

20-06-2020 Tottenham 1-1 Manchester United (EPL)

24-06-2020 Tottenham 2-0 West Ham (EPL)

03-07-2020 Sheffield 3-1 Tottenham (EPL)

07-07-2020 Tottenham 1-0 Everton (EPL)

10-07-2020 Bournemouth 0-0 Tottenham (EPL)

5 Laga Terakhir Arsenal

26-06-2020 Southampton 0-2 Arsenal (EPL)

28-06-2020 Sheffield 1-2 Arsenal (Piala FA)

02-07-2020 Arsenal 4-0 Norwich (EPL)

04-07-2020 Wolverhampton 0-2 Arsenal (EPL)

08-07-2020 Arsenal 1-1 Leicester (EPL)

 

Statistik dan Prediksi

  • Statistik

Tottenham selalu menang dalam 2 laga kandang terakhirnya di Premier League. Namun, Tottenham hanya menang 2 kali dalam 8 laga terakhirnya di Premier League.

Tottenham tak terkalahkan dalam 5 laga kandang terakhirnya melawan Arsenal di Premier League. The Lilywhites mampu menang tiga kali dan dua kali bermain imbang dengan The Gunners.

Arsenal selalu menang dalam 2 laga tandang terakhirnya di Premier League. Arsenal banya kalah 2 kali dalam 14 laga terakhirnya di Premier League

  • Prediksi: Tottenham 50-50 Arsenal

Derby London Utara ini akan sangat ketat. Kedua tim yang sama-sama berada di papan tengah dan hanya terpaut satu poin ini sama-sama punya kans yang sama untuk menang. Bahkan tidak mustahil kedua tim pada akhirnya harus kembali berbagi poin seperti yang mereka dapatkan pada laga terakhir mereka di Premier League musim ini.

Simak Video Arsenal Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal Terbalik Dihantam Ombak Laut Selatan Cilacap, 1 Nelayan Hilang Tenggelam

Posted: 11 Jul 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Cilacap - Sebuah kapal nelayan terbalik dan tenggelam di perairan Jetis Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Sabtu (11/7). Kejadian ini pertama kali dilaporkan anggota SAR Jetis, Ambar.

Kantor Search and Rescue (SAR) Cilacap menerima laporan pukul 22.00 WIB. Laporan itu menyebut kecelakaan terjadi di titik koordinat pada koordinat 07° 43' 27.00" S 109° 23' 12.65" E.

"Korban hendak kembali dari melaut, namun nahas perahu yang mereka tumpangi terhantam ombak. Satu orang berhasil menyelamatkan diri dan satu orang masih dalam pencarian," kata I Nyoman Sidakarya, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap.

Setelah menerima laporan, Nyoman langsung memberangkatkan satu regu ke lokasi kejadian beserta dua unit rescue car, APD Covid-19 dan peralatan SAR Air, dan peralatan pendukung lainnya.

Regu ini bergabung bersama potensi SAR yang sudah terlebih dulu tiba di lokasi untuk mencari korban yang hilang tenggelam.

 

Kendala Pencarian Korban Tenggelam

Kantor SAR Cilacap memberangkatkan satu regu SAR untuk mencari nelayan yang hilang akibat kapal terbalik di perairan Jetis, Nusawungu. (Foto: Liputan6.com/Basarnas)
Kantor SAR Cilacap memberangkatkan satu regu SAR untuk mencari nelayan yang hilang akibat kapal terbalik di perairan Jetis, Nusawungu. (Foto: Liputan6.com/Basarnas)

Korban selamat bernama Pasimin (58), warga Desa Kalipoh RT 07 RW 02 Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Sementara korban hilang bernama Yasikin (30) warga Desa Srati RT 03 RW 03 Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.

Pencarian baru dilakukan Minggu pagi sesuai rencana operasi SAR setelah berkoordinasi dengan unsur SAR terkait pada Sabtu malam.

"Karena untuk pencarian malam tidak kami rekomendasikan," ujar dia.

Unsur SAR Gabungan Terdiri Basarnas (KPP) Cilacap, Polairud Kebumen, Polsek Nusawungu, Koramil Nusawungu, SAR Jetis, SAR Lawet Perkasa, TPKL Jetis, Cilacap Rescue, Bagana, dan warga sekitar.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Efek Samping Cuci Muka dengan Sabun Mandi, Bikin Kulit Kering

Posted: 11 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meski sudah sangat banyak sabun khusus wajah yang dijual di pasaran, namun beberapa orang masih ada yang menggunakan sabun mandi sebagai sabun pembersih wajah. Padahal ada banyak sekali efek samping cuci muka dengan sabun mandi yang seharusnya diperhatikan.

Memang, agar bersih dan bebas dari berbagai kotoran, Anda harus menggunakan sabun saat mencuci muka. Akan tetapi, sabun yang digunakan tidak boleh sembarangan. Sabun yang Anda gunakan haruslah jenis sabun pembersih yang memang diformulasikan untuk kulit wajah Anda. Sebab, salah-salah justru akan menyebabkan efek samping yang merugikan kulit wajah Anda.

Hal ini karena sabun mandi biasanya mengandung surfaktan lebih tinggi, dimana kandungan tersebut memang bertujuan untuk menghilangkan sebum (minyak) dan kotoran yang menempel di tubuh. Ketika digunakan pada kulit muka, kandungan surfaktan ini bisa merusak penghalang kelembapan alami di kulit wajah sehingga membuat kulit wajah menjadi kering.

Selanjutnya, efek samping cuci muka dengan sabun mandi juga bisa mengganggu pH kulit pada muka Anda. Hal ini akan mengakibatkan mikroorganisme sehat yang sangat dibutuhkan dalam menjaga sistem kekebalan kulit pada wajah akan terganggu. Jika sabun mandi terus digunakan untuk cuci muka, maka kulit yang kering memungkinkan zat iritan masuk ke permukaan kulit yang lebih dalam dan akan menjadi pemicu peradangan.

Tapi, apakah Anda sendiri salah satu yang masih menggunakan sabun mandi untuk mencuci muka? Jika iya, tampaknya Anda perlu mengetahui lebih lanjut efek samping cuci muka dengan sabun mandi tersebut. Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi mengenai efek samping cuci muka dengan sabun mandi tersebut yang dilansir dari Boldsky.com pada Minggu (12/7/2020).

1. Kerusakan kulit

ilustrasi kulit rusak akibat begadang/pexels
ilustrasi kulit rusak akibat begadang/pexels

Efek samping cuci muka dengan sabun mandi yang pertama yaitu meningkatkan risiko kerusakan kulit pada wajah. Sebab, sabun mandi dibuat dari bahan kimia yang dapat membahayakan kulit wajah. Penggunaan sabun mandi pada wajah juga bisa mengurangi minyak alami kulit dan akan membuat wajah menjadi terlihat menjadi kering dan kusam.

2. Kulit menjadi kering

Kulit Kering (sumber: iStockphoto)
Kulit Kering (sumber: iStockphoto)

Efek samping cuci muka dengan sabun mandi selanjutnya yaitu meningkatkan risiko kulit wajah menjadi kering. Hal ini tidak terlepas dari kandungan asam kaustik yang dapat menghilangkan minyak alami yang diproduksi kulit. Efek samping cuci muka dengan sabun mandi inilah yang akhirnya membuat kulit terlihat tipis dan akhirnya mulai mengelupas bahkan hingga mengalami keriput.

3. Memengaruhi kesehatan kulit

Ilustrasi kulit kering. (dok. Jenna Hamra/Pexels/Dinny Mutiah)
Ilustrasi kulit kering. (dok. Jenna Hamra/Pexels/Dinny Mutiah)

Apabila Anda nekat menggunakan sabun mandi secara terus menerus, maka akan menghilangkan lipid alami pada kulit. Padahal, adanya lipid alami pada kulit ini berfungsi untuk melindungi kulit dari infeksi. Jika kandungan lipid pada kulit berkurang, maka akan meningkatkan risiko terserang bakteri serta infeksi virus pada kulit. Dengan kata lain, efek samping cuci muka dengan sabun mandi akan memengaruhi kekebalan kulit.

4. Mengganggu keseimbangan pH kulit

Ilustrasi Kulit Bebas Bekas Luka Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Kulit Bebas Bekas Luka Credit: pexels.com/pixabay

Seimbangnya kandungan pH pada kulit wajah menjadi sangat penting. Hal tersebut karena pH akan membantu mencegah bakteri dan segala jenis infeksi yang bisa menyerang kulit wajah. Selain itu, pH pada kulit sendiri dapat membantu mencegah kulit kering dan bersisik.

5. Berisiko menyumbat pori-pori kulit wajah

Ilsutrasi pori-pori wajah | unsplash.com
Ilsutrasi pori-pori wajah | unsplash.com

Salah satu efek samping cuci muka dengan sabun mandi selanjutnya adalah risiko adanya penyumbatan pori-pori yang terjadi di kulit wajah. Hal ini, tidak lain disebabkan karena sebagian besar sabun mandi yang dijual di pasaran memiliki kandungan asam lemak yang dapat menjadi menyumbat pori-pori di kulit wajah.

Dalam jangka panjang, penyumbatan pori-pori pada kulit wajah ini akhirnya akan menyebabkan berbagai masalah kulit lainnya, seperti komedo, jerawat, dan infeksi.

6. Menghilangkan vitamin pada kulit wajah

Ilustrasi wajah/copyright shutterstock
Ilustrasi wajah/copyright shutterstock

Adanya kandungan vitamin D pada kulit wajah juga akan berisiko menghilang apabila menggunakan sabun mandi sebagai sabun untuk cuci muka. Kandungan vitamin D yang dihasilkan dari paparan sinar matahari akan rusak oleh bahan kimia yang terkandung di dalam sabun mandi tersebut. Padahal, vitamin ini menjadi sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit wajah Anda.

7. Menghancurkan mikroorganisme baik

Ilustrasi wajah berminyak. (via: istimewa)
Ilustrasi wajah berminyak. (via: istimewa)

Efek samping cuci muka dengan sabun mandi yang terakhir yaitu meningkatkan risiko hancurnya berbagai mikroorganisme baik yang terdapat pada kulit wajah. Padahal, berbagai jenis mikroorganisme baik ini merupakan mikroorganisme yang akan membantu melawan berbagai infeksi yang bisa sewaktu-wakut menyerang kulit.

Tidak terdapatnya mikroorganisme baik tersebut akan membawa masalah kulit lainnya, seperti jerawat, hingga kemerahan pada wajah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manisnya Janji Rey Mbayang pada Dinda Hauw Saat Taaruf

Posted: 11 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rey Mbayang telah resmi menikahi Dinda Hauw setelah menjalani proses taaruf. Akad nikah keduanya berlangsung sangat khidmat dengan hanya dihadiri pihak keluarga dan sahabat dekat.

Setelah resmi menikah, Dinda Hauw pun membocorkan isi percakapan dengan Rey Mbayang melalui direct message Instagram. Rey sempat menuliskan rangkaian kata manis kepada Dinda.

"Sehebat apa pun kehadiran aku nantinya untuk melindungi kamu, aku dasar dan paham tidak akan pernah sebanding dengan peran ayah dalam melindungi kamu," kata Rey Mbayang pada Dinda Hauw Mei 2020.

Janji

[Foto: Instagram Dinda Hauw]
[Foto: Instagram Dinda Hauw]

Namun, pria berusia 21 tahun ini menyatakan bahwa ia akan berusaha semampunya membuat wanita yang dicintainya tersebut nyaman dan aman.

"Dan juga membuatmu bahagia, dengan ridho Allah aku janji," kata pemilik nama lengkap Reynaldi Mbayang tersebut.

Masa Lalu

Momen Rey Mbayang Nyanyi Untuk Dinda Hauw. (Sumber: Instagram.com/natta_reza)
Momen Rey Mbayang Nyanyi Untuk Dinda Hauw. (Sumber: Instagram.com/natta_reza)

Dinda Hauw lalu mengajukan satu pertanyaan. Apakah Rey bisa menerima semua masa lalu Dinda.

"Aku pernah pacaran lama juga loh. Tapi kalau kamu menerima, insyaallah aku juga akan berusaha jadi yang terbaik karena Allah," paparnya.

Menerima

Dengan mantap Rey Mbayang mengatakan bahwa ia ikhlas menerima masa lalu Dinda Hauw, dan mengajaknya untuk menata kembali masa depan bersama-sama.

"Masyaallah makasih ya rey. Kamu kejar terus ibadahnya biar kita juga kuatt. aku pun juga. Dan bismillah buat kita berdua," kata pemain film Surat Kecil untuk Tuhan itu.

Percakapan ini pun seketika menjadi viral. Banyak warganet yang ikut baper melihat romantisme pasangan muda tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hotel di India Buat Menu Parotta Masker untuk Tingkatkan Kesadaran terhadap Corona

Posted: 11 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 yang terjadi di dunia mengundang inspirasi bagi banyak orang. Mereka menciptakan berbagai hal yang dikaitkan dengan virus corona tersebut.

Salah satunya di distrik Madurai, India. Sebuah restoran hotel di sana membuat menu makanan dengan membuat parotta menyerupai masker. Parotta merupakan camilan yang berbentuk pipih yang bentuknya menyerupai roti canai yang terbuat dari tepung maida, telur, mentega, dan air.

Pembuatan parotta masker untuk menyebarkan pesan penting tentang pandemi Covid-19. Karena melonjaknya jumlah penduduk yang positif Covid-19.

"Distrik ini telah terjadi lonjakan yang mengkhawatirkan dalam kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir, tercatat jumlah kasus baru kedua tertinggi dari Tamil Nadu," ujar K Lakshmana Kumar (45), Direktur Pelaksana Hotel TempleCity, seperti dilansir dari The New Indian Express. Sabtu, 11 Juli 2020.

Menurut Kumar, namun, masih merupakan pemandangan umum untuk melihat orang-orang Madurai tanpa masker. Itu mendorong gagasan itu. Cara apa yang lebih baik untuk mengirim pesan yang kuat kepada orang-orang Madurai melalui parotta.

Kumar mengatakan bahwa ide konsep itu membuat parotta masker bermula pada Selasa pekan lalu bersama dua rekannya. Dengan cepat mereka mewujudkan parotta masker pada malam itu juga.

Menu Corona

Sebuah hotel di India membuat menu coronar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat memakai masker (Dok.YouTube/TNIE News)
Sebuah hotel di India membuat menu coronar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat memakai masker (Dok.YouTube/TNIE News)

Parotta masker membawa pesan penting di kota Madurai agar waspada terhadap corona Covid-19. Hal itu yang membuat Kumar merasa puas karena menjadikan parotta masker sebagai upaya yang berharga.

Sebagai penduduk asli Madurai, Kumar menambahkan hotel vegetarian ini telah membuat menu corona yang lain pada Mei 2020. Menu tersebut di antaranya Corona rava dosa, Corona bonda.

"Parotta masker telah menjadi makaman yang diminati," ujar Kumar bersemangat. "Hotel ini biasanya menyajikan parotta antara pukul empat sore dan jam sembilan malam. Tapi karena banyak yang membeli, kami mulai melayani pemesanan sejak pukul 10 pagi," kata Kumar.

Kumar optimistis bahwa gagasan itu akan secara efektif menumbuhkan kesadaran penduduk kota dan membawa perubahan perilaku. "Saya yakin orang akan menggunakan masker sebagai bagian dari gaya hidup," tegas Kumar yang siap menyajikan menu parotta masker di semua cabang hotelnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah Telak, Pelatih Chelsea Tak Peduli Soal Perburuan Posisi 4 Besar

Posted: 11 Jul 2020 09:20 PM PDT

London - Chelsea kalah telak 0-3 dari Sheffield United dan kini terancam kehilangan posisi di empat besar klasemen. Manajer Chelsea, Frank Lampard, tak merasa khawatir dengan situasi tersebut.

Chelsea kalah dari Sheffield pada laga pekan ke-35 Premier League, Sabtu (12/7/2020) dini hari WIB. Gol Sheffield pada laga di Bramall Lane dicetak David McGoldrick dengan dua gol dan Oliver McBurnie.

Walau kalah, Chelsea untuk sementara tetap berada di posisi ketiga klasemen dengan 60 poin. Hanya saja, Leicester City dan Manchester United belum memainkan pekan ke-35 dan punya peluang untuk menggusur posisi Chelsea.

Pada pekan ke-35, Manchester United berjumpa Southampton di Old Trafford dan Leicester City akan menjadi tamu bagi Bournemouth. Andai mereka menang, maka poin mereka lebih baik dari Chelsea. Saat ini, Leicester City punya 59 poin dan Manchester United punya 58 poin.

 

Frank Lampard Tak Peduli 4 Besar

Pelatih Chelsea Frank Lampard bereaksi saat menyaksikan timnya bermain melawan West Ham United pada pertandingan Premier League di London Stadium, London, Inggris, Rabu (1/7/2020). West Ham United mengalahkan Chelsea 3-2. (Michael Regan /Pool via AP)
Pelatih Chelsea Frank Lampard bereaksi saat menyaksikan timnya bermain melawan West Ham United pada pertandingan Premier League di London Stadium, London, Inggris, Rabu (1/7/2020). West Ham United mengalahkan Chelsea 3-2. (Michael Regan /Pool via AP)

Penting bagi Chelsea untuk berada di posisi empat besar klasemen akhir Premier League. Sebab, posisi ini bakal membawa mereka ke Liga Champions musim depan -tanpa menghitung sanksi Manchester City. Namun, Frank Lampard punya pandangan lain.

"Saya sebenarnya tidak terlalu peduli dengan posisi empat besar pada hari ini," ucap Frank Lampard di situs resmi klub.

"Tentu saja saya ingin ke sana, tapi hari ini saya mengkhawatirkan performa kami dan saya belajar banyak tentang itu. Kami tidak bisa mendekati Norwich atau Manchester United atau Liverpool atau Wolves dengan cara yang sama seperti yang kami lakukan hari ini," tambah Frank Lampard.

Frank Lampard sangat kecewa dengan hasil yang didapat Chelsea di laga melawan Sheffield. Namun, manajer berusia 41 tahun tidak akan menangis dan menyalahkan timnya. Sebab, dia merasa Chelsea sudah berada di posisi cukup bagus.

"Kami memiliki kesempatan untuk berjuang untuk empat besar, yang tidak banyak diharapkan untuk kita lakukan di awal musim," kata Frank Lampard.

 

Sheffield Lebih Baik

Chelsea saat menghadapi Sheffield United di lanjutan Liga Inggris (AFP)
Chelsea saat menghadapi Sheffield United di lanjutan Liga Inggris (AFP)

Kembali ke pertandingan melawan Sheffield, Frank Lampard mengakui bahwa lawan bermain lebih baik dari Chelsea. Sheffield disebut lebih baik dari sisi fisik maupun tekad pemain dalam memperjuangkan setiap bola. Lawan lebih semangat dari Chelsea.

"Mereka lebih baik dari kami secara fisik, dalam pikiran, dan ketika menguasai bola sehingga Anda kehilangan permainan," ucap Frank Lampard.

"Mereka lebih kuat dari kita. Kami tidak memiliki kerumunan pada saat kebobolan sehingga Anda bisa mendengar setiap suara dan yang bisa saya dengar hanyalah suara pemain Sheffield. Mereka lebih kuat dalam hal itu," tutup Frank Lampard.

Sumber: Chelsea

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Benediktus Gerendo Pradigdo, published 12/6/2020)

 

Simak Video Chelsea Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sean Gelael Sukses Raih Poin Perdana di Formula 2 2020

Posted: 11 Jul 2020 09:15 PM PDT

Jakarta Race 1 Kejuaraan FIA Formula 2 2020 Serie kedua di Red Bull Ring, Austria, berakhir manis bagi pembalap Indonesia, Sean Gelael. Pembalap tim DAMS itu berhasil meraih poin pertamanya setelah finis di peringkat ke-10 setelah Feature Race, Sabtu (11/7/2020) waktu setempat.

Balapan ronde kedua Formula 2 2020 yang kembali digelar di Austria itu dimulai dalam panduan Safety Car. Hujan yang turun pada seri bernama Styria tersebut bahkan sempat meniadakan sesi free practice 3 dan menunda kualifikasi F1.

Walau masih hujan, Race Director F1 Michael Masi memastikan balapan F2 tetap bisa digelar. Setelah usaha pertama dengan melakukan empat formation lap tak membuahkan hasil, balapan pun ditunda sekitar satu jam.

Ketika akhirnya benar-benar digelar, para pebalap muda ini sangat berdisiplin untuk tidak membuat kesalahan vital saat hujan. Yuki Tsunoda yang start terdepan terus memimpin, sampai kesalahan di pit membuatnya finis di posisi kedua di bawah Robert Shwatzman. Guanyu Zhou melengkapi podium.

Sean Gelael yang start dari posisi ke-16 tak kalah disiplin dengan para pembalap di depan. Dia sempat naik beberapa posisi sebelum akhirnya masuk pit. Keluar pit, Sean memang ada di posisi ke-16 lagi, tapi potensinya ada di posisi ke-12. Dan terbukti dia ada di posisi tersebut setelah para pebalap lain masuk pit.

Dengan manajemen ban yang bagus, Sean yang ketika keluar pit terpaut hampir enam detik dari rekan setimnya di DAMS, Dan Ticktum, bahkan sempat memperkecil jarak itu hingga 0,8 detik di posisi 9 dan 10.

Namun Sean kehabisan waktu untuk menyusul Ticktum. Bahkan ketika momentum menyusul Jack Aitken tersedia, Sean tak mau berisiko karena sudah di lap terakhir.

"Dari pada kami bertabrakan, lebih baik saya mengamankan poin. Namun, kalau itu untuk memperebutkan posisi 8, yang berarti pole position Race 2, saya akan memaksanya," kata Sean Gelael yang finis di posisi ke-10.

Poin Berharga

Pembalap tim DAMS di Formula 2 2020 yang berasal dari Indonesia, Sean Gelael. (Istimewa)
Pembalap tim DAMS di Formula 2 2020 yang berasal dari Indonesia, Sean Gelael. (Istimewa)

Sean Gelael juga mengingatkan bahwa baru saja pekan lalu di sirkuit yang sama dia mengalami beragam kendala teknis. Saat itu, Sean gagal mencapai finis baik di feature race maupun di sprint race.

Bercermin dari hasil yang diraih di seri pertama, satu poin awal ini sangat berharga sebagai pembangkit motivasi Sean dan timnya.

"Memang apa yang dialami kami pekan lalu itu sungguh tidak menyenangkan. Namun, Sean justru menyemangati kami untuk bangkit. Dan hari ini terbukti kami bisa bangkit dengan mendapat poin dari kedua pebalap," ujar Francois Sicard, Team Principal DAMS.

 

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Benediktus Gerendo Pradigdo, published 12/7/2020)

Simak Video Sean Gelael Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kendala Polda Metro Cari Ratusan Anak Korban Pencabulan Bule Prancis

Posted: 11 Jul 2020 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyampaikan, penyidik mengalami kendala dalam mengidentifikasi para korban predator anak atau pencabulan yang dilakukan warga negara (WN) Prancis, Francois Abello Camille.

Sebab, para korban pedofilia bule Prancis ini banyak yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). "Jadi sulit mencari identitasnya. Makanya kita pelan-pelan," turur Yusri saat dikonfirmasi, Minggu (12/7/2020).

Menurut Yusri, Francois banyak menutupi informasi saat diminta penyidik membeberkan identitas para korban. Hal ini menjadi tantangan pihak kepolisian mengungkap korban lainnya.

"Tersangkanya kurang kooperatif dalam menyampaikan apapun karena dia mengakunya bergerak sendiri," jelas dia.

Sejauh ini, lanjut Yusri, polisi belum menemukan adanya warga negara asing yang menjadi korban Francois. Pekerjaan seluruh korban pedofilia bule Prancis ini pun masih didalami penyidik.

"Ada korbannya yang anak jalanan, ada juga dia nyari di mal. Jadi kalau dibilang enggak punya kerjaan kan kita enggak tahu identitasnya masih kita dalami sekarang," Yusri menandaskan.

 

Cabuli 305 Anak di Bawah Umur

Ilustrasi: Pencabulan | via: kaskus.co.id
Ilustrasi: Pencabulan | via: kaskus.co.id

Sebelumnya, Subdit 5 Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap pelaku kasus eksploitasi secara ekonomi dan seksual (child sex groomer) terhadap 305 anak di bawah umur. Pelaku diketahui Warga Negara (WN) Prancis atas nama Francois Abello Camille (FAC) alias Frans alias Mister (65).

Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana mengatakan, aksi tersebut dilakukan oleh WN Prancis di beberapa hotel di Jakarta. Kejadian ini sendiri sudah mulai dilakukan sejak Desember 2019 lalu.

"Pada bulan Desember 2019-Februari 2020 di Hotel Olympic, Jakarta Barat. Bulan Februari-April 2020 di Hotel Luminor, Jakarta Barat dan April-Juni 2020 di Hotel Prinsen Park, Jakarta Barat," katanya di Polda Metro Jaya, Kamis (9/7/2020).

Dia menjelaskan, kasus tersebut terungkap berkat adanya laporan masyarakat terkait pemotretan terhadap anak di bawah umur serta melakukan tindakan pencabulan yang dilakukan oleh Francois di Hotel Prinsen Park Mangga Besar, Jakarta Barat.

"Penyidik mendatangi lokasi Hotel Prinsen Park di Kamar 425. Pada kamar tersebut penyidik mendapati WNA keturunan Prancis kondisi setengah telanjang bersama dengan dua anak perempuan di bawah umur dengan kondisi telanjang dan setengah telanjang," jelasnya.

Nana mengungkapkan, kegiatan pencabulan terhadap anak di bawah umur dengan kedok fotografi tersebut sudah tiga bulan dilakukan di Hotel Prinsen Park, Jakarta Barat.

"Para korban anak yang merupakan anak jalanan didandani atau di-makeup terlebih dahulu, sehingga terlihat menarik untuk kemudian dilakukan perbuatan cabul," terangnya.

"Tersangka menawarkan anak korban menjadi model foto di kamar hotel terlapor dengan iming-iming imbalan, faktanya anak korban tersebut disuruh foto telanjang hingga dicabuli dan disetubuhi oleh tersangka," tambah Nana.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Lifehack Pakai Kipas Angin Ini Sukses Bikin Geleng Kepala

Posted: 11 Jul 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang merasa tidak gerah karena cuaca panas pada siang hari? Cuaca panas memang sudah akrab di masyarakat Indonesia. Wajar jika masyarakatnya selalu memakai kipas angin untuk mendinginkan badan dari panasnya matahari.

Namun kegunaan kipas angin tak hanya saat di rumah saja, nyatanya banyak kelakuan kocak memakai kipas angin yang bikin geleng kepala. Kelakuan kreatif tersebut biasa disebut lifehack karena bisa membantu dalam masalah kepanasan.

Lifehack memakai kipas angin ini sukses curi perhatian. Banyak orang menggunakan kipas angin di berbagai tempat dengan kreatifnya. Mulai dari dipasang di mobil hingga ditaruh di kamar mandi, menjadi bukti kreatifnya orang dalam memanfaatkan keberadaan kipas angin.

Penasaran kan gimana kreatifnya warganet lifehack pakai kipas angin? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, lifehack pakai kipas angin yang bikin geleng kepala, Minggu (12/7/2020).

1. Ide bagus tuh, biar cepet kering kan ya.

6 Lifehack Pakai Kipas Angin Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/sukijan.id)
6 Lifehack Pakai Kipas Angin Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/sukijan.id)

2. Udah lapar, tapi nasi masih panas? Pakai kipas angin besar aja biar cepat dingin!

6 Lifehack Pakai Kipas Angin Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)
6 Lifehack Pakai Kipas Angin Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)

3. Anti panas-panas club.

6 Lifehack Pakai Kipas Angin Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)
6 Lifehack Pakai Kipas Angin Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)

4. Hati-hati masuk angin ya, bu.

6 Lifehack Pakai Kipas Angin Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/sukijan.id)
6 Lifehack Pakai Kipas Angin Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/sukijan.id)

5. Kipas angin rasa AC, kreatifnya kebangetan.

6 Lifehack Pakai Kipas Angin Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/sukijan.id)
6 Lifehack Pakai Kipas Angin Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/sukijan.id)

6. Panas sih panas, tapi ya enggak di kamar mandi juga kali.

6 Lifehack Pakai Kipas Angin Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/sukijan.id)
6 Lifehack Pakai Kipas Angin Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/sukijan.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepolisian Diminta Tak Pandang Bulu Proses Hukum Pilot Narkoba

Posted: 11 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian diminta tidak pandang bulu dalam memproses hukum 3 pilot yang terjerat kasus narkoba pada Senin, 6 Juli 2020. Ketiga pilot juga harus diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

"Mau artis, pejabat, pengangguran dan lainnya, semua peraturan sama. Sebab undang-undang (UU) nya sama, proses hukumnya juga harus sama. Dan hukuman harus sesuai aturan UU," kata Pengamat penerbangan Alvin Lie meminta saat dihubungi Merdeka.com, Minggu (12/7/2020).

Dia mengingatkan jika penyalahgunaan narkoba oleh kru pesawat merupakan suatu kesalahan fatal dan tidak bisa ditolerir. Mengingat efek dari mengonsumsi narkoba akan membahayakan keselamatan penerbangan.

"Narkoba sangat membahayakan dan fatal. Penyalahgunaan oleh pilot, teknisi, ataupun awak kabin ini akan berdampak pada keselamatan penerbangan," ujarnya.

Dia meminta penyelesaian kasus ini tidak hanya sampai pada pemberian sanksi hukum terhadap ketiga pilot pengguna narkoba. Melainkan juga harus ada pengusutan lebih lanjut.

Hal itu dimaksudkan agar dapat terpetakan jaringan penyuplai narkotika kepada kru pesawat. Sekaligus memperkecil peredaran ruang lingkup potensi penyalahgunaan narkoba di industri penerbangan Tanah Air.

"Bagaimana bisa berulangkali kebobolan kasus penyalahgunaan narkoba ini," tukas dia.

Kemenhub Tegaskan Tidak Lindungi 3 Pilot Tersandung Kasus Narkoba

Ilustrasi narkoba.
Ilustrasi narkoba.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merespons tentang 3 pilot maskapai penerbangan yang tersangkut kasus narkoba.

Pihaknya melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Hubud) menyatakan tidak akan melakukan intervensi dan menyerahkan seluruh proses hukum kepada Kepolisian (Polri).

Pun, Kemenhub tidak akan memberikan perlindungan kepada personil penerbangan yang terlibat penggunaan obat terlarang itu.

"Penanganan terhadap dugaan penyalahgunaan narkoba oleh pilot adalah wewenang penuh pihak kepolisian. Kementerian Perhubungan mengapresiasi kepolisian dalam upaya pemberantasan narkoba, khususnya yang dilakukan oleh pilot atau personel penerbangan," ujar Dirjen Hubud Novie Riyanto dalam keterangannya, ditulis Minggu (12/7/2020).

Selain itu, Novie meminya agar maskapai selalu melakukan sosialisasi dan tes berkala kepada para personilnya. Tujuannya agar keselamatan penerbangan terjamin karena personil penerbangannya bebas dari narkoba dan narkotika.

Ditjen Hubud sendiri telah memberlakukan tes narkoba atau Rapid Urine Napza (RUN) secara acak di bandara di seluruh Indonesia.

Novie menegaskan, pihaknya akan selalu berkomitmen penuh dalam pemberantasan narkoba terutama dalam praktik penerbangan di Indonesia.

"Kami berkomitmen penuh dalam pemberantasan narkoba demi terwujudnya penerbangan di Indonesia yang selamat, aman dan nyaman," tutupnya. 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Prank Ayah Beri Testpack Positif Hamil, Responnya Tak Terduga

Posted: 11 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orang yang memiliki ide jahil melakukan aksi prank ke orang-orang terdekat seperti sahabat hingga keluarga. Biasanya prank tersebut dilakukan untuk melihat reaksi mengejutkan orang yang menjadi target.

Tak sediki target prank yang memberikan reaksi terkejut. Namun, tak jarang juga prank yang justru gagal lantaran reaksi sang target tak terduga.

Baru-baru ini viral aksi seorang gadis di media sosial yang melakukan prank kepada ayahnya.

Artikel tentang gadis ini prak sang ayah mengaku positif hamil, responnya justru tak terduga menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang statusnya berubah kembali menjadi masjid, ini empat fakta menarik Hagia Sofia.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang enam tingkah absurd pengantin di hari pernikahanna, bikin tepuk jidat.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Gadis Ini Prank Sang Ayah Mengaku Positif Hamil, Responnya Justru Tak Terduga

foto: twitter/@_pinkkissess
foto: twitter/@_pinkkissess

 

Melalui aksi pranknya itu, dia menunjukkan sebuah foto testpack dengan garis dua yang menunjukkan positif hamil.

Selengkapnya...

2. Statusnya Berubah Kembali Jadi Masjid, Ini 4 Fakta Menarik Hagia Sophia

Mengabadikan Eksotisme Hagia Sophia dengan Kamera Samsung Galaxy 10 Plus. Liputan6.com/Nila Chrisna Yulika
Mengabadikan Eksotisme Hagia Sophia dengan Kamera Samsung Galaxy 10 Plus. Liputan6.com/Nila Chrisna Yulika

Hagia Sophia, bangunan berusia 1.500 tahun, saat ini berubah statusnya menjadi masjid. Pemerintah Turki memutuskan untuk mengembalikan status Hagia Sophia menjadi masjid setelah difungsikan sebagai museum.

Bukan untuk pertama kalinya Hagia Sophia diubah menjadi masjid seperti saat ini. Sebelum menjadi museum, Hagia Sophia adalah Katedral lalu berubah menjadi masjid saat Kekhalifahan Utsmaniyah pada tahun 1453. Namun, pada tahun 1934 bangunan tersebut diubah menjadi museum.

Bangunan yang memiliki kubah ikonik ini terletak di distrik Fatih di Kota Instanbul, sisi barat Selat Bosporus. Berubahnya status Hagia Sophia tentu membuat publik heboh. Salah satunya adalah UNESCO yang mengatakan bahwa Hagia Sophia masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia sebagai museum, sehingga memiliki komitmen dan kewajiban hukum tertentu.

Selengkapnya...

3. 6 Tingkah Absurd Pengantin di Hari Pernikahannya, Bikin Tepuk Jidat

foto: TikTok/Twitter
foto: TikTok/Twitter

Pernikahan tentu menjadi momen sakral yang dinanti-nantikan setiap calon pengantin. Berbagai hal pun dipersiapkan sejak jauh-jauh hari agar acara pernikahan berjalan dengan baik.

Namun saat hari pernikahan tiba rupanya tak sedikit pengantin yang justru melakukan hal absurd.

Meski tak berdampak buruk pada acara pernikahannya, tingkah absurd mereka tentu saja menjadi perhatian banyak orang terutama para tamu.

Berikut deretan potret tingkah absurd pengantin di hari pernikahan mereka yang bikin kalian dijamin tepuk jidat dibuatnya.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Terawan Beri Penghargaan untuk 5 Tenaga Medis COVID-19 yang Gugur

Posted: 11 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Semarang Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memberikan penghargaan kepada tenaga medis yang gugur dalam menangani COVID-19 di Jawa Tengah. Santunan kematian pun diberikan sebagai bentuk apresiasi  Pemerintah kepada tenaga medis yang berjuang.

"Dedikasi dari sejawat ini bisa menjadi teladan dan tenaga kesehatan yang telah gugur merupakan pahlawan di bidang medis," jelas Terawan saat kunjungan kerja di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang, Jawa Tengah, kemarin (11/7/2020).

Sebagaimana keterangan resmi Kementerian Kesehatan, penghargaan dan santunan diberikan kepada keluarga lima orang tenaga medis yang gugur kepada ahli warisnya, sebagai berikut:

1. Yuni Wuryaningsih dari Puskesmas Sayung, Demak

2. Yadi Siswanto dari Puskesmas Bangsri I, Jepara

3. Sovian Endy Pradjoko dari RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo, Purwodadi

4. Siti Fatimah dari RSUD RA Kartini Jepara

5. Sang Aji Widi A dari Puskesmas Karanganyar

 

Penghormatan dan Terima Kasih

Menkes Terawan Agus Putranto memberikan penghargaan untuk 5 tenaga medis COVID-19 yang gugur di Jawa Tengah dalam kunjungan kerja di Semarang, Sabtu (11/7/2020). (Dok Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan)
Menkes Terawan Agus Putranto memberikan penghargaan untuk 5 tenaga medis COVID-19 yang gugur di Jawa Tengah dalam kunjungan kerja di Semarang, Sabtu (11/7/2020). (Dok Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan)

Terawan menyampaikan penghormatan dan terima kasih yang tulus kepada tenaga medis atas jasa-jasa yang telah dilakukan menangani pasien COVID-19.

""Tenaga kesehatan di Indonesia saat ini menjadi salah satu garda terdepan dalam menangani COVID-19," ujarnya.

"Rasa duka dan kehilangan yang sangat besar kami sampaikan. Harapannya santunan ini dapat bermanfaat bagi keluarga para tenaga kesehatan yang telah meninggal."

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mendulang Pundi-Pundi Rupiah dari Beternak Murai Batu Medan

Posted: 11 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Postur gagah, serta kicauannya yang lantang membuat burung murai batu medan begitu populer, sehingga harganya pun selangit. Namun siapa sangka, untuk membudidayakan burung istimewa endemik hutan Sumatera ini ternyata cukup mudah. Penasaran? Berikut liputannya untuk Anda, pada program Fokus, 8 Juli 2020.

Di rumah Andi Susanto, di Desa Kencong, Kecamatan Kencong, Jember, inilah burung murai batu medan dibudidayakan. Halaman belakang rumah yang tidak terlalu luas bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha burung endemik dari hutan Sumatera tersebut.

Cara budi daya juga relatif mudah, dengan kandang berukuran 1x2 meter. Sepasang murai batu medan hanya butuh waktu satu minggu untuk dikawinkan. Dengan pakan teratur berupa jangkrik ataupun ulat, seekor anakan berumur 2 bulan mulai bisa dilatih cara berkicau.

Murai batu medan selama ini cukup populer karena posturnya yang gagah, juga kicauannya yang merdu dan lantang. Selain itu, bisa meniru kicauan hampir semua jenis burung, seperti kenari, cililin, hingga burung gereja.

Murai batu medan juga bisa dilatih meniru burung jenis lain, dengan cara diputarkan rekaman suara. Karena itu, harganya cukup mahal. Untuk anakan dijual mulai Rp 1 juta, sedangkan indukan siap kontes, bisa mencapai Rp 35 juta per ekor. Sehingga menjadikan peluang usaha menjanjikan sekaligus upaya pelestarian.

Dari kegiatan penangkaran ini, Andi bisa meraup omzet hingga puluhan juta rupiah per bulan. Bagaimana, tertarik ikut membudidayakan burung flamboyan ini ?

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Spotify Dkk Sempat Tumbang karena Facebook Jadi Sorotan

Posted: 11 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa aplikasi dan platform populer versi iOS, seperti Spotify, Pinterest, hingga Tinder, sempat tidak bisa diaskes. Setelah diusut, kondisi ini terjadi karena Facebook.

Berita ini pun menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (11/7/2020).

Informasi lain yang tak kalah populer datang dari Crash Bandicoot yang dipastikan bakal bisa dimainkan di perangkat Android dan iOS.

1. Aplikasi-Aplikasi di iOS Sempat Tumbang karena Facebook

Sejumlah aplikasi dan layanan populer seperti Spotify, Pinterest, hingga Tinder yang dipasang di iOS sempat tidak bisa diakses, tadi malam. Rupanya, masalah ini terkait dengan login Facebook.

Semalam, laman pendeteksi situs tumbang DownDetector.com banyak menerima laporan terkait tumbangnya aplikasi media sosial saat baru dibuka. Kejadian ini terjadi di perangkat iPhone atau iPad.

Mengutip laman The Verge, Sabtu (11/7/2020), penyebab gangguan ini tampaknya adalah kit software pengembangan Facebook alias (SDK). SDK banyak dipakai aplikasi untuk mengelola login pengguna memakai akun Facebook.

Baca selengkapnya di sini

2. Gim Crash Bandicoot Bakal Bisa Dimainkan di Android dan iOS

Kreator Candy Crush Saga, King, baru saja mengumumkan rencana untuk menghadirkan gim Crash Bandicoot ke mobile platform, yakni Android dan iOS. Gim ini diberi judul Crash Bandicoot: On the Run.

Seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (11/7/2020), dalam gim ini, pemain akan menghentikan aksi Doctor Neo Cortex mengambil alih multiverse. Namun sesuai judulnya, gim mengusung genre endless running, layaknya Temple Run.

Kendati menawarkan genre serupa, gim anyar Crash Bandicoot ini tetap menghadirkan pengalaman sedikit berbeda. Alasannya, gim ini terdiri dari beberapa level yang dapat dilalui pemain.

Baca selengkapnya di sini 4301786

 

3. Pelaku Pembobolan Data Pelanggan Ditangkap Polisi, Ini Kata Telkomsel

BTS Telkomsel pertama di Indonesia. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar
BTS Telkomsel pertama di Indonesia. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Setelah ramai-ramai di media sosial, pembobol data pelanggan pegiat media sosial Denny Siregar akhirnya terungkap dan langsung ditangkap.

Melalui keterangan resmi, Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel Andi Agus Akbar memberi apresiasi kepada Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri atas penindaklanjutan laporan resmi Telkomsel.

Laporan Telkomsel adalah tentang dugaan adanya upaya mengakses sistem secara tidak sah, mengubah, melakukan transmisi, mengurangi, memindahkan, informasi elektronik milik orang lain, serta pencurian data melalui media elektronik.

Baca selengkapnya di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gereja Katedral Kembali Gelar Ibadah Misa, Begini Suasananya

Posted: 11 Jul 2020 09:00 PM PDT

Umat Katolik melaksanakan ibadah misa dengan tetap mengenakan masker di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Umat Katolik melaksanakan ibadah misa dengan tetap mengenakan masker di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Umat Katolik melaksanakan ibadah misa dengan tetap mengenakan masker di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Jemaat duduk di antara pembatas jarak tubuh saat melaksanakan ibadah misa di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Jemaat duduk di antara pembatas jarak tubuh saat melaksanakan ibadah misa di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Jemaat duduk di antara pembatas jarak tubuh saat melaksanakan ibadah misa di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Jemaat duduk di antara pembatas jarak tubuh saat melaksanakan ibadah misa di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Jemaat duduk di antara pembatas jarak tubuh saat melaksanakan ibadah misa di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Jemaat duduk di antara pembatas jarak tubuh saat melaksanakan ibadah misa di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Umat Katolik menjalankan ibadah misa di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Umat Katolik menjalankan ibadah misa di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Umat Katolik menjalankan ibadah misa di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Jemaat duduk di antara pembatas jarak tubuh saat melaksanakan ibadah misa di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Jemaat duduk di antara pembatas jarak tubuh saat melaksanakan ibadah misa di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Jemaat duduk di antara pembatas jarak tubuh saat melaksanakan ibadah misa di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Jemaat duduk di antara pembatas jarak tubuh saat melaksanakan ibadah misa di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Jemaat duduk di antara pembatas jarak tubuh saat melaksanakan ibadah misa di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Jemaat duduk di antara pembatas jarak tubuh saat melaksanakan ibadah misa di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Umat Katolik melaksanakan ibadah misa dengan tetap mengenakan masker di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Umat Katolik melaksanakan ibadah misa dengan tetap mengenakan masker di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Umat Katolik melaksanakan ibadah misa dengan tetap mengenakan masker di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Umat Katolik melaksanakan ibadah misa dengan tetap mengenakan masker di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Umat Katolik melaksanakan ibadah misa dengan tetap mengenakan masker di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Umat Katolik melaksanakan ibadah misa dengan tetap mengenakan masker di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Umat Katolik melaksanakan ibadah misa dengan menjaga jarak di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Umat Katolik melaksanakan ibadah misa dengan menjaga jarak di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Umat Katolik melaksanakan ibadah misa dengan menjaga jarak di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (12/7/2020). Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa bagi umat Katolik dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berburu Tikus Hutan, Pria Asal Minahasa Selatan Tewas di Perkebunan

Posted: 11 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado Seorang pria bernama Rony Runtuwene (65), warga Suluun Dua Jaga III, Suluun Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulut, tewas di Perkebunan Masukat, Tareran, Sabtu (11/7/2020), sekitar pukul 02.30 Wita.

Diketahui Ronny bersama tiga rekannya, Reygen Runtuwene (38), Steven Tenda (47) dan Viktor Rapar (38), pada Jumat malam sekitar pukul 20.30 Wita berangkat menuju perkebunan antara Tombasian Atas dan Kayuuwi, Kawangkoan, Kabupaten Minahasa untuk berburu tikus hutan.

Sekitar pukul 23.30 Wita, keempatnya melanjutkan perburuan di perkebunan antara Rumoong Atas dan Wuwuk, Kecamatan Tareran, Minahasa Selatan. Tak lama kemudian, mereka beristirahat di sekitar tower yang berada di lokasi masuk perkebunan tersebut.

Perburuan pun dilanjutkan kembali, namun kali ini dibagi dua. Ronny bersama Steven, sedangkan Reygen bersama Viktor. Perburuan dilakukan hingga di Perkebunan Masukat. Sebelumnya, mereka sepakat untuk bertemu kembali di jalan raya usai berburu.

Dalam perjalanan di tengah perkebunan, Ronny meminta Steven agar mendahuluinya ke jalan raya. Setelah tiba di jalan raya, Steven berteriak memanggil Ronny. Saat itu Ronny masih membalas teriakan Steven.

Tak lama kemudian Reygen bersama Viktor juga tiba di tepi jalan raya, dan bertemu dengan Steven. Karena tak kunjung datang, Steven kembali memanggil Ronny, namun kali ini tak ada jawaban.

 

Ditemukan dalam Posisi Terlentang

Steven meminta Reygen agar masuk ke perkebunan. Dia mendapati korban dalam posisi terlentang. Reygen langsung memeluk tubuh korban yang sudah tak berdaya, tetapi masih bernapas mendengkur.

Reygen lalu berteriak memanggil Steven dan Viktor. Ketiganya berupaya menyadarkan korban dengan menggerak-gerakkan tubuhnya, namun tak ada respons. Korban meninggal dunia di perkebunan.

Steven kemudian melaporkan kejadian ini ke Polsek Tareran. Personel Polsek Tareran bergegas mendatangi TKP, dan korban sudah diangkat oleh saksi ke pinggir jalan raya, kemudian dievakuasi ke Puskesmas Tareran.

Hasil pemeriksaan tim medis oleh dokter Wandrita Wawolangi, menyebutkan penyebab kematian korban kemungkinan besar karena gagal jantung konfesif.

Pjs Kapolsek Tareran, Ipda Betsy Lumy membenarkan kejadian tersebut. Dia mengatakan, hasil pemeriksaan luar tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban.

"Pihak keluarga korban menolak otopsi yang dinyatakan melalui surat pernyataan penolakan," ujar Lumi di Mapolsek Tareran, Minahasa Selatan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Link Live Streaming Liga Inggris: Tottenham Vs Arsenal Malam Ini

Posted: 11 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Partai panas Tottenham Hotspur melawan Arsenal akan tersaji Minggu (12/7/2020) malam ini pukul 22.30 WIB dalam lanjutan pekan ke-35 Liga Inggris 2019-2020.

Laga bertajuk Derby London Utara ini berlangsung di Tottenham Hotspur Stadium. Kedua tim saat ini hanya terpaut satu poin, Arsenal di peringkat ke-8, sedangkan Spurs di posisi ke-9 klasemen sementara Liga Inggris.

Pertemuan dua tim ini kerap berlangsung sengit, mengingat gengsi tinggi partai ini. Duel Tottenham kontra Arsenal juga menjadi arena adu taktik Jose Mourinho melawan Mikel Arteta di kursi pelatih.

Pada pertemuan pertama di Liga Inggris musim ini, kedua tim bermain imbang 2-2 di kandang Arsenal. Tottenham unggul 2-0 lewat gol Christian Eriksen dan penalti Harry Kane. Arsenal menyamakan skor lewat gol Alexandre Lacazette dan Aubameyang.

Untuk bisa menyaksikan live streaming pertandingan sengit Derby London Utara antara Tottenham Hotspur melawan Arsenal malam ini, Anda bisa mengunjungi link di halaman berikutnya. 

Link Live Streaming

TOTTENHAM HOTSPUR VS ARSENAL (Liputan6.com/Abdillah)
TOTTENHAM HOTSPUR VS ARSENAL (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk menyaksikan live streaming pertandingan antara Tottenham Hotspur vs Arsenal, silakan Anda klik tautan berikut ini....

Prediksi Starter

Gelandang Tottenham, Dele Alli, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Arsenal pada laga perempat final Piala Liga di Stadion Emirates, London, Rabu (19/12). Arsenal kalah 0-2 dari Tottenham. (AFP/Ben Stansall)
Gelandang Tottenham, Dele Alli, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Arsenal pada laga perempat final Piala Liga di Stadion Emirates, London, Rabu (19/12). Arsenal kalah 0-2 dari Tottenham. (AFP/Ben Stansall)

Perkiraan Susunan Pemain

Tottenham Hotspur (4-3-3): Lloris; Davies, Alderweireld, Sanchez, Aurier; Lo Celso, Winks, Sissoko; Heung-Min, Kane, Moura.

Manajer: Jose Mourinho.

Arsenal (3-4-3): Martinez; Kolasinac, Luiz, Mustafi; Tierney, Xhaka, Ceballos, Bellerin; Aubameyang, Lacazette, Saka.

Pelatih: Mikel Arteta.

Klasemen Liga Inggris

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iran Larang Pesta Pernikahan Guna Setop Penyebaran Corona COVID-19

Posted: 11 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Teheran - Presiden Iran Hassan Rouhani menyerukan larangan untuk menyelenggarakan pertemuan besar seperti pernikahan dan untuk membendung peningkatan infeksi Virus Corona, tetapi bersikeras ekonomi negara harus tetap dibuka.

Tak lama setelah pidato Rouhani di televisi, seorang pejabat polisi di Teheran mengumumkan penutupan semua tempat pernikahan, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu (12/7/2020).

Iran secara bertahap mengendurkan pengunciannya sejak pertengahan April lalu, tetapi baru-baru ini melaporkan kenaikan tajam dalam tingkat infeksi.

Korban tewas pada hari Sabtu kemarin naik 188 dari 24 jam sebelumnya menjadi 12.635, sementara jumlah total kasus yang didiagnosis mencapai 255.117, naik 2.397 selama periode yang sama, kata juru bicara Kementerian Kesehatan Sima Sadat Lari di TV pemerintah Iran.

"Kita harus melarang upacara dan pertemuan di seluruh negeri, seperti pernikahan atau pesta," kata Rouhani.

"Sekarang bukan waktunya untuk festival atau seminar," katanya, seraya menambahkan bahwa ujian masuk universitas pun mungkin harus ditangguhkan.

Rouhani dan pejabat Iran lainnya menyalahkan kenaikan infeksi sebagian pada pesta pernikahan dan pertemuan publik lainnya.

Ancaman Gelombang II

Warga dengan masker melintasi sebuah jalan di pusat Kota Teheran, 28 Juni 2020. Presiden Iran Hassan Rouhani pada Minggu (28/6) mengatakan mengenakan masker di tempat umum akan menjadi wajib mulai pekan depan Di tengah meningkatnya infeksi dan kematian akibat COVID-19. (Xinhua/Ahmad Halabisaz)
Warga dengan masker melintasi sebuah jalan di pusat Kota Teheran, 28 Juni 2020. Presiden Iran Hassan Rouhani pada Minggu (28/6) mengatakan mengenakan masker di tempat umum akan menjadi wajib mulai pekan depan Di tengah meningkatnya infeksi dan kematian akibat COVID-19. (Xinhua/Ahmad Halabisaz)

Penasihat Satuan Tugas Koronavirus Iran memperingatkan bahwa jika langkah-langkah yang tepat tidak diambil, antara 50.000 dan 60.000 orang dapat meninggal akibat pandemi.

"Gelombang kedua, yang akan terjadi pada musim gugur, akan jauh lebih mematikan," kata penasihat itu, Hossein Qenaati, menurut kantor berita semi-resmi ISNA.

Sementara berjuang untuk menghentikan penyebaran COVID-19, otoritas Iran khawatir bahwa langkah-langkah yang lebih keras dapat menghancurkan ekonomi yang sudah terhuyung-huyung di bawah sanksi AS.

"Pilihan termudah adalah mematikan semuanya," kata Rouhani.

"Tapi kemudian orang akan turun ke jalan karena kelaparan dan pengangguran."

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahasia Bugar dan Energik Elvy Sukaesih di Usia 69 Tahun

Posted: 11 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ratu Dangdut Elvy Sukaesih tak lagi muda. Meski begitu, wanita kelahiran Sumedang, Jawa Barat, 69 tahun silam, itu masih terlihat bugar dan energik.  

Bahkan, Elvy Sukaesih tetap eksis dan kerap tampil di atas panggung untuk menghibur penonton. Apa rahasianya?

"Kalau rahasia, enggak punya aku," ujar Elvy Sukaesih lantas tertawa saat ditemui di kediamannya, kawasan Otista, Jakarta Timur, Jumat (10/7/2020).

Jarang Olahraga

Elvy Sukaesih (Adrian Putra/Bintang.com)
Elvy Sukaesih (Adrian Putra/Bintang.com)

Kalau banyak orang melakukan aktivitas olahraga untuk menjaga kebugaran, tidak demikian halnya dengan Elvy Sukaesih. Bahkan, untuk urusan makan, dirinya tidak terlalu menjaga. 

"Saya jarang olahraga, kalau makan, sambal tetap makan. Tapi memang umur kadang bikin asam urat. Yang itu saya jaga. Tapi enggak terlalu jaga banget. Karena saya kalau lagi pengin, ya makan saja sambil berdoa semoga menjadi obat, bukan penyakit," ujar Elvy Sukaesih.

Rahasia Terbesar

Elvy Sukaesih (Deki Prayoga/bintang.com)
Elvy Sukaesih (Deki Prayoga/bintang.com)

Meski begitu, Elvy Sukaesih tak menampik ada rahasia terbesar yang selalu dijalaninya agar tetap bugar dan energik. Salah satunya, berusaha membahagiakan hati dengan selalu membersihkan hati dan pikiran dari sifat dengki. 

 

Enggak Sakit Hati

"Cuma alhamdulillah, enggak pernah terbuai dengan orang punya begini begitu, dan saya enggak pernah sakit melihat kemajuan seseorang. Justru saya bahagia. Jadi enggak sakit hati," kata Elvy Sukaesih.

Dijauhkan dari Iri Dengki

Dirinya pun berdoa agar selalu diberikan kesehatan dan dijauhkan dari iri serta dengki. 

"Saya juga selalu berdoa agar dijauhkan dari hati yang sirik. Apapun yang diberikan Allah saya syukuri, sepahit apapun saya terima," pungkasnya.

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Harap Program Kartu Prakerja Diperbaiki Secara Menyeluruh

Posted: 11 Jul 2020 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap pemerintah memperbaiki program Kartu Prakerja secara menyeluruh sesuai rekomendasi yaang diberikan lembaga antirasuah.

"KPK harap program Kartu Prakerja diperbaiki secara menyeluruh sesuai rekomendasi kami sebelum kembali dijalankan," ujar Plt Juru Bicara KPK bidang pencegahan Ipi Maryati Kuding dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/7/2020).

Ipi mengaku telah menyampaikan kepada Menko Perekonomian, bahwa KPK menemukan empat aspek permasalahan dalam tata laksana program yang perlu diperbaiki sebelum dilanjutkan.

Empat temuan KPK itu antara lain terkait proses pendaftaran, kemitraan dengan platform digital, materi pelatihan, hingga pelaksanaan program Kartu Prakerja.

Ipi mengatakan, permasalahan salah satunya disebabkan karena desain program Kartu Prakerja disusun untuk kondisi normal sesuai Perpres No 36 Tahun 2020. Namun, dalam situasi pandemi Covid-19, program ini kemudian diubah menjadi semi-bantuan sosial.

"Sehingga, dari sisi regulasi perlu disesuaikan," kata Ipi.

 

Rekomendasi KPK

Ketua KPK Firli Bahuri (dua dari kiri) memperkenalkan dua Plt Jubir KPK pengganti Febri Diansyah (kanan), yakni Ipi Maryati dan Ali Fikri. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)
Ketua KPK Firli Bahuri (dua dari kiri) memperkenalkan dua Plt Jubir KPK pengganti Febri Diansyah (kanan), yakni Ipi Maryati dan Ali Fikri. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Sebelumnya, terkait permasalahan pada empat aspek tata laksana program Kartu Prakerja, KPK merekomendasikan agar menghentikan sementara program Kartu Prakerja gelombang keempat sambil dilakukan evaluasi atas gelombang sebelumnya dan perbaikan untuk kelanjutan program.

Kemudian KPK meminta pengembalian implementasi program Kartu Prakerja kepada kementerian yang relevan yaitu Kemenaker mengingat infrastruktur yang sudah tersedia.

Rekomendasi tersebut juga disertai sejumlah rekomendasi teknis untuk memperbaiki permasalahan yang ditemukan dalam empat aspek tata laksana program, yaitu, penerimaan peserta dilakukan dengan metode pasif dimana peserta yang disasar pada whitelist, tidak perlu mendaftar daring melainkan akan dihubungi manajemen pelaksana untuk kemudian ikut program.

Penggunaan NIK sebagai identifikasi peserta sudah memadai, tidak perlu dilakukan penggunaan fitur lain yang tidak efisien dari sisi anggaran.

Komite agar meminta legal opinion ke Jamdatun Kejaksaan Agung RI tentang kerjasama dengan delapan platform digital ini apakah termasuk dalam cakupan pengadaan barang dan jasa (PBJ) pemerintah.

Platform digital tidak boleh memiliki konflik kepentingan dengan lembaga penyedia pelatihan. Dengan demikian 250 pelatihan yang terindikasi harus dihentikan penyediaannya.

Kurasi materi pelatihan dan kelayakannya untuk diberikan secara daring agar melibatkan pihak-pihak yang kompeten dalam area pelatihan serta dituangkan dalam bentuk petunjuk teknis.

Materi pelatihan yang teridentifikasi sebagai pelatihan yang gratis melalui jejaring internet, harus dikeluarkan dari daftar pelatihan yang disediakan lembaga penyedia pelatihan.

Pelaksanaan pelatihan daring harus memiliki mekanisme kontrol agar tidak fiktif, misalnya pelatihan harus interaktif sehingga bisa menjamin peserta yang mengikuti pelatihan mengikuti keseluruhan paket.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Pertandingan Serie A Napoli Vs AC Milan: Berebut Tiket ke Eropa

Posted: 11 Jul 2020 08:55 PM PDT

Milan - Pertarungan antara Napoli dan AC Milan pada giornata 32 Serie A 2019-2020, Senin (13/7/2020) dini hari WIB bukan sekadar pertarungan dua tim di papan tengah klasemen. Namun, kedua klub ini masih punya kans untuk bertarung di kancah Eropa, dengan memperebutkan dua posisi tersisa, termasuk dengan AS Roma.

Namun, singkirkan sejenak AS Roma. Duel antara Napoli dan AC Milan ini benar-benar akan membuktikan tim mana yang lebih pantas untuk menjadi wakil Italia di Eropa pada musim depan.

Napoli saat ini berada di peringkat keenam dalam klasemen sementara Serie A dengan 51 poin. Mereka hanya unggul dua poin dari AC Milan yang berada tepat di bawah mereka. Artinya, jika Napoli ingin mengamankan posisi untuk menuju Eropa, kemenangan di laga kandang ini menjadi sangat penting.

Namun, tentunya itu tidak akan mudah. AC Milan yang bertandang ke San Paolo juga termotivasi untuk mendapatkan kemenangan dan memperbaiki posisi mereka di klasemen sekaligus menggeser sang tuan rumah dari posisi enam besar.

Napoli dalam tren positif. Meski mengalami satu kali kekalahan dalam lima laga terakhirnya, empat laga tersisa berakhir dengan poin maksimal. Dalam laga terakhir, Napoli bahkan mencuri tiga poin dari markas Genoa lewat kemenangan 2-1.

Namun, lagi-lagi tim tuan rumah tak boleh meremehkan AC Milan. Rossoneri tidak terkalahkan dalam lima laga terakhir di Serie A, dengan detail empat kemenangan dan satu hasil imbang. Bahkan sang pemuncak klasemen, Juventus, baru saja mereka kalahkan dengan skor 4-2 di San Siro.

Patut dinantikan bagaimana perjuangan kedua tim untuk bisa mendapatkan posisi menuju Eropa pada akhir musim, yang tentu bisa mulai ditentukan dalam laga ini. Apakah Napoli yang meraih tiga poin, atau AC Milan yang mencurinya dari sang tuan rumah.

Susunan Pemain dan Head to Head

  • Perkiraan Susunan Pemain

Napoli (4-3-3): Meret; Rui, Koulibaly, Maksimovic, Lorenzo; Zielinski, Demme, Ruiz; Insigne, Mertens, Callejon.

Pelatih: Gennaro Gattuso

AC Milan  (4-4-1-1): Donnarumma; Conti, Kjaer, Romagnoli, Hernandez; Saelemaekers, Kessie, Bennacer, Bonaventura; Calhanoglu; Ibrahimovic

Pelatih: Stefano Pioli

  • Head to Head

5 Pertemuan Terakhir

24/11/19 Milan 1 - 1 Napoli

30/01/19 Milan 2 - 0 Napoli

27/01/19 Milan 0 - 0 Napoli

26/08/18 Napoli 3 - 2 Milan

15/04/18 Milan 0 - 0 Napoli

5 Pertandingan Terakhir Napoli

24/06/20 Hellas Verona 0 - 2 Napoli

29/06/20 Napoli 3 - 1 SPAL

03/07/20 Atalanta 2 - 0 Napoli

06/07/20 Napoli 2 - 1 Roma

09/07/20 Genoa 1 - 2 Napoli

5 Pertandingan Terakhir AC Milan

23/06/20 Lecce 1 - 4 Milan

28/06/20 Milan 2 - 0 Roma

02/07/20 SPAL 2 - 2 Milan

05/07/20 Lazio 0 - 3 Milan

08/07/20 Milan 4 - 2 Juventus

Statistik dan Prediksi

  • Statistik

Napoli memenangi 7 dalam 8 pertandingan terakhir di Serie A.

Napoli juga memenangi 5 dari 6 pertandingan kandang terakhirnya ketika menjamu AC Milan di semua kompetisi.

Napoli mencetak setidaknya dua gol dalam 7 laga dari 8 laga kandang terakhir menghadapi AC Milan di semua kompetisi.

AC Milan tidak terkalahkan dalam lima laga terakhir mereka di Serie A, termasuk mengalahkan pemuncak klasemen dan juara bertahan, Juventus.

  • Prediksi: Napoli 50-50 AC Milan

Kedua tim dalam tren yang cukup bagus dalam beberapa pertandingan terakhir. Bahkan Napoli mampu meraih kemenangan dalam laga terakhir mereka, di mana mereka menjalani laga tandang. Namun, AC Milan yang sama sekali tak terkalahkan dalam lima laga terakhir juga punya tekad untuk memperpanjang tren positif mereka lewat laga ini.

Simak Video AC Milan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menanti Hasil Gerak Cepat KPK Setelah Penggeledahan di Kota Banjar

Posted: 11 Jul 2020 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Kota Banjar - Setelah melakukan penggeledahan di Kantor Wali Kota Banjar, Jawa Barat sehari sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggeledah rumah kontraktor rekanan, dalam dugaan kasus rasuah infrastruktur Kota Banjar, Sabtu (11/7/2020) kemarin.

Penggeledahan dilakukan hampir tiga jam di rumah seorang kontraktor, Jalan Kewedanaan Cibulan, Kelurahan  dan Kecamatan Banjar, untuk mengumpulkan sejumlah bukti dalam dugaan proyek tersebut.

Hasilnya, satu koper besar yang diduga berisi dokumen dan barang bukti, berhasil dibawa anggota tim KPK, sebagai bahan utama penyidikan kasus tersebut.

Tidak ada keterangan yang disampaikan oleh anggota KPK kepada wartawan. Dengan pengawalan ketat anggota Polresta kota Banjar, mereka langsung meninggalkan lokasi penggeledahan menggunakan tiga mobil bernomor polisi Jakarta.

Sebelumnya, Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, mengatakan, penggeledahan beberapa kantor Pemerintahan di Kota Banjar, merupakan bagian dari proses penyidikan terkait dugaan kasus korupsi proyek pekerjaan infrastruktur.

"Pekerjaanya berlangsung sejak 2012 hingga 2017," ujarnya.

Hingga kini belum diketahui secara pasti, kasus apa saja yang tengah diproses dalam proyek infrastruktur tersebut, total sudah lima koper dan dua dus besar berhasil diamankan penydik KPK, dari beberapa penggeledahan di kota Banjar dalam dua hari terakhir.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuma Butuh Dua Musim, Cristiano Ronaldo Samai Prestasi Del Piero

Posted: 11 Jul 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo terus menorehkan tinta emas di Juventus. Cuma butuh dua musim saja, Ronaldo sukses menyamai rekor milik dua legenda Juventus, Alessandro Del Piero dan David Trezeguet.

Ronaldo menjadi penyelamat Juventus saat bertemu Atalanta di lanjutan Serie A, Minggu (12/7/2020) dinihari WIB. Pria Portugal itu membuat dua gol lewat penalti sehingga laga berakhir imbang 2-2.

Sumbangan dua gol ini membuat Del Piero sudah mengoleksi 28 gol di Liga Italia Serie A 2019-2020. Secara keseluruhan di musim ini, Cristiano Ronaldo telah membukukan 32 gol.

Torehan 32 gol dalam satu musim ini menyamai pencapaian Del Piero, Trezeguet dan Gonzalo Higuain. Namun Cristiano Ronaldo masih berpeluang menambah koleksi golnya.

Juventus masih menyisakan enam pertandingan di Liga Italia Serie A dan minimal satu laga di Liga Champions kontra Olympique Lyon pada leg kedua 16 besar.

 

Selangkah Lagi

Dengan masih ada tujuh laga lagi, Ronaldo bukan tidak mungkin akan memecahkan rekor abadi milik Ferenc Hirzer yang mampu membuat 35 gol dalam satu musim pada musim 1925-1926.

Praktis, Ronaldo hanya butuh empat gol saja untuk mematahkan rekor Hirzer. Jika terus fit sampai musim 2019-2020 berakhir, bukan sesuatu yang mustahil rekor tersebut akan pecah.

Klasemen Liga Italia

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Atalanta pada laga Serie A di Allianz Stadium, Minggu (12/7/2020). Kedua tim bermain imbang 2-2. (Fabio Ferrari/LaPresse via AP)
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Atalanta pada laga Serie A di Allianz Stadium, Minggu (12/7/2020). Kedua tim bermain imbang 2-2. (Fabio Ferrari/LaPresse via AP)
 

FcTables.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Momen Pesta Ulang Tahun Aurel Hermansyah, Dihadiri Orang Tersayang

Posted: 11 Jul 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan tengah dirasakan oleh putri sulung Anang Hermansyah. Pasalnya, pada 10 Juli 2020 kemarin, Aurel Hermansyah genap berusia 22 tahun.

Berbagai kejutan pun diberikan kedapa Aurel Hermansyah. Mulai dari keluarga tercinta, hingga kejutan ulang tahun yang diberikan oleh Atta Halilintar. Pasalnya, pria yang dikabarkan akan menjadi menantu Anang ini memberikan kejutan bucket bunga sekaligus berkeliling Jakarta menggunakan kapal Phinisi.

Bukan hanya mendapat kejutan dari orang-orang tersayang saja. Akan tetapi pada Sabtu (11/7/2020) malam, Aurel Hermansyah pun mengadakan pesta ulang tahun sekaligus perayaan single 'Kepastian'.

Pesta ulang tahun kakak dari Azriel Hermansyah ini pun berlangsung meriah. Tak hanya dihadiri oleh keluarga dan sahabat saja. Akan tetapi tak sedikit pula para rekan selebriti lainnya yang turut hadir memeriahkan acara tersebut.

Kira-kira seperti apa ya perayaan ulang tahun Aurel Hermansyah yang ke-22? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (12/7/2020) berikut ini beberapa potert seru pesta ulang tahun Aurel Hermansyah.

1. Ini dia kejutan yang diberikan oleh Atta Halilintar dan menjadi sorotan netizen.

Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)
Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)

2. Kejutan pesta ulang tahun Aurel Hermansyah pun dilakukan di salah satu hotel bintang lima daerah Rasuna Said, Jakarta.

Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/ashanty_ash)
Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/ashanty_ash)

3. Ekspresi terkejut pun ditunjukan oleh Aurel setelah membuka penutup matanya.

Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/ashanty_ash)
Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/ashanty_ash)

4. Sebelum tiup lilin, Aurel pun tak lupa menyematkan doa dan harapannya.

Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/ashanty_ash)
Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/ashanty_ash)

5. Tiup lilin tersebut pun dilakukan pula oleh seluruh anggota keluarga tercinta.

Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/ashanty_ash)
Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/ashanty_ash)

6. Pada momen spesial tersebut, rupanya Aurel juga memberikan potongan kue kepada Atta Halilintar.

Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/ashanty_ash)
Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/ashanty_ash)

7. Atta Halilintar serta Thariq juga turut melakukan foto bersama dengan Aurel dan keluarga.

Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/ashanty_ash)
Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/ashanty_ash)

8. Kemeriahan pesta ulang tahun Aurel juga dihadiri oleh para sahabat dan rekan selebriti lainnya.

Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)
Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan: Masyarakat Harus Lebih Sadar Akan Bahaya Zoonosis

Posted: 11 Jul 2020 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) menilai masyarakat harus lebih sadar akan bahaya zoonosis. Pasalnya, zoonosis adalah penyakit yang dapat berpindah dari hewan ke manusia, dan 75% dari penyakit menular pada manusia adalah zoonosis.

Dirjen PKH Kementan, I Ketut Diarmita mengatakan, keamanan pangan asal ternak yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) merupakan hal yang sangat penting diperhatikan. Karena konsumen harus mendapatkan kualitas yang layak dan aman dari penyakit serta mencegah penularan zoonosis.

"Selain pangan yang dikonsumsi harus mengandung nilai gizi yang tinggi, kita juga harus dapat memberikan ketentraman batin bagi para konsumen, memastikan apa yang mereka konsumsi itu layak dan aman dari penyakit," ujar Ketut.

Sadar akan adanya potensi bahaya dan pentingnya memberikan edukasi soal penyakit zoonosis, Ditjen PKH Kementan bersama kementerian dan lembaga terkait mengadakan webinar edukasi soal zoonosis bertajuk "Menjaga Kesehatan Hewan untuk Melindungi Kesehatan Manusia" pada Sabtu (11/7).

Selain untuk mengedukasi masyarakat, webinar yang diselenggarakan dalam dua sesi ini merupakan puncak dari serangkaian acara peringatan Hari Zoonosis Sedunia yang jatuh setiap tanggal 6 Juli. Sebelumnya sudah diadakan penayangan infografis berisi edukasi soal zoonosis di media sosial sejak tanggal 1 Juli sampai 10 Juli 2020.

Pada tanggal 6 dan 10 Juli 2020 juga diadakan kegiatan live instagram, yang memberikan pemahaman mengenai sejarah Hari Zoonosis Sedunia, pengertian zoonosis, dan potensi zoonosis yang ada di sekitar manusia.

Adapun pihak yang ikut bekerjasama antara lain Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta didukung oleh FAO ECTAD dan USAID.

Lebih lanjut, atas terlaksananya serangkaian kegiatan ini, I Ketut Diarmita menyampaikan apresiasinya. Menurut, dia webinar sebagai acara puncak ini tidak hanya untuk memperingati Hari Zoonosis Sedunia, namun sarat akan edukasi di dalamnya.

"Acara ini sangat penting bagi khalayak ramai karena memberikan informasi langsung dari para ahlinya terkait bahaya zoonosis yang dapat menyebar melalui kontak langsung atau tidak langsung dengan hewan," imbuh Ketut.

 

(Foto:Dok. Kementerian Pertanian RI)
(Foto:Dok. Kementerian Pertanian RI)

Ketut berharap, ke depannya dengan adanya webinar yang dihadiri oleh 1.000 orang peserta ini masyarakat bisa lebih sadar akan adanya potensi penyakit zoonosis di sekitar kita.

Denny Widaya Lukman, Dosen FKH IPB menyebut memang masyarakat perlu sadar dan paham akan adanya potensi penyakit zoonosis di dalam pangan asal hewan. Pasalnya, pangan asal hewan dapat menjadi pembawa mikroorganisme patogen penyakit hewan (Foodborne Zoonosis).

"Oleh karena itu, unsur kehati-hatian dalam membeli pangan asal hewan sangat dibutuhkan," ujar Denny.

Ia memberikan beberapa tips mengenai pola hidup sehat dan kiat belanja aman di tengah pandemi covid-19. Salah satunya adalah dengan membawa tas belanja sendiri dari rumah sesuai dengan barang belanja yang akan dibeli.

"Jadi ada baiknya kita dari rumah sudah mempersiapkan dan membawa beberapa kantong belanja, memisahkan antara daging, buah, dan sayuran agar tidak terkontaminasi virus," jelasnya.

Selain itu, menurutnya juga perlu untuk menambahkan ice bag ke barang-barang seperti ikan, daging dan sejenisnya. Hal ini agar saat sampai di rumah kondisinya masih dalam keadaan baik.

"Dengan kita membiasakan untuk melakukan ini, maka kita sedang berusaha untuk membentuk pola hidup yang higienis," ucapnya.

Idul Adha di Tengah Pandemi

Terkait dengan perayaan Hari Raya Idul Adha yang diprediksi jatuh pada 31 Juli 2020, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, Kemenkes, Siti Nadia mengatakan ada tiga hal yang harus diperhatikan. Yaitu, jangan menyembelih hewan sakit meski ringan, jangan mengonsumsi hewan mati serta dilarang mengkonsumsi daging atau produk lainnya dari hewan sakit.

"Jika kita melakukan tiga hal ini, maka kita telah berperan dalam mencegah penularan zoonosis," tegasnya.

Ia menambahkan, masyarakat juga wajib selalu menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) dengan selalu mencuci tangan dengan sabun, mencuci bahan makanan sebelum diolah, biasakan memasak dengan benar dan jaga kebersihan di sekitar makanan. Lalu, jika ada gejala sakit akibat makanan tercemar, disarankan segera datang ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan terdekat.

"PHBS ini tidak hanya diterapkan pada pengolahan makanan. Kebiasaan baik tersebut juga harus dilakukan ketika berinteraksi dengan hewan peliharaan," tutur Siti Nadia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertambah 36, Pasien Covid-19 Dirawat di RSD Wisma Atlet Kini 1.152 Orang

Posted: 11 Jul 2020 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pasien rawat inap terkait virus corona Covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat berjumlah 1.152 orang pada Minggu (12/7/2020). Data ini diterima hingga pukul 08.00 WIB. 

Kepala Penerangan Kogabwilhan-I Kolonel Marinir Aris Mudian menyebut, angka tersebut diperoleh setelah ada penambahan pasien rawat inap sebanyak 36 orang di RSD Wisma Atlet.

"Bertambah 36 orang, pasien rawat inap 1.152 orang, semula 1.116 orang," ujar Aris dalam keterangannya, Minggu (12/7/2020).

Dari 1.152 pasien yang dirawat, 666 di antaranya berjenis kelamin pria dan 486 wanita. Pasien yang positif Covid-19 berdasarkan hasil swab sebanyak 1.064.

Sedangkan pasien yang reaktif Covid-19 berdasarkan rapid test di RSD Wisma Atlet berjumlah 83 orang.

"Jumlah pasien yang masuk dalam kategori PDP sebanyak 5 orang, sementara ODP nihil," kata dia.

 

Pasien di RSKI Pulau Galang

Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan fasilitas observasi, penampungan, dan karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular, utamanya virus Corona Pulau Galang, Kepulauan Riau. (Dok Kementerian PUPR)
Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan fasilitas observasi, penampungan, dan karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular, utamanya virus Corona Pulau Galang, Kepulauan Riau. (Dok Kementerian PUPR)

Sedangkan pasien yang dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang sebanyak 53 orang. Terdiri dari 35 pria dan 18 wanita.

"Pasien positif 17 orang, PDP 6 orang, ODP 30 orang," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menang Telak Lagi, Pep Guardiola Puji Performa Manchester City

Posted: 11 Jul 2020 08:35 PM PDT

Jakarta Manchester City berhasil meraih kemenangan telak 5-0 saat bertandang ke Stadion American Express, markas Brighton and Hove Albion, Minggu (12/7/2020) dini hari WIB. Manajer The Citizens, Pep Guardiola, merasa sangat puas dengan hasil yang diraih timnya dan siap untuk menjalani laga tersisa, baik di Premier League maupun di Liga Champions.

Manchester City meraih kemenangan telak di kandang Brighton lewat hattrick yang dicetak Raheem Sterling, plus dua gol tambahan yang masing-masing dicetak Gabriel Jesus dan Bernardo Silva.

Bicara soal kemenangan atas Brighton, Pep Guardiola mengaku sangat puas dengan performa yang diperlihatkan Raheem Sterling dkk. Pelatih asal Spanyol itu menegaskan kepuasannya datang dari semua sisi.

"Saya sangat puas dengan semua yang terjadi pada malam ini. Hasilnya dan level permainan yang kami capai. Kami sekarang berada di level yang bagus dan siap untuk memainkan laga-laga terakhir di Premier League dan Liga Champions," ujar Manajer Manchester City, Pep Guardiola, seperti dilansir dari BBC Sport.

Kemenangan telak Manchester City ini, plus kekalahan telak 0-3 yang dialami Chelsea, membuat Manchester City dipastikan finis di posisi dua dalam klasemen Premier League, meski masih ada tiga pertandingan yang harus dijalani.

2 Kemenangan Telak Setelah Kalah dari Southampton

Manchester City merayakan gol yang dicetak Gabriel Jesus saat melawan Brighton Hove Albion (AFP)
Manchester City merayakan gol yang dicetak Gabriel Jesus saat melawan Brighton Hove Albion (AFP)

Lewat kemenangan telak ini, Manchester City tercatat berhasil mencatatkan 10 gol dalam dua laga terakhir. Sebelum membungkam Brighton, The Citizens juga menang telak 5-0 atas Newcastle United.

Padahal sebelum itu, Manchester City baru saja dikritik karena kekalahan tipis 0-1 yang mereka alami ketika bertandang ke markas Southampton. Pep Guardiola pun menegaskan tim asuhannya sudah menganggap kekalahan itu sebagai masa lalu.

"Kami melupakan hasil Southampton karena kami bermain sangat baik di sana. Sepak bola terkadang aneh. Kami hanya tidak mencetak gol di sana. Kami adalah sebuah tim yang menciptakan banyak peluang dan kali ini kami mengonversinya menjadi gol," tegas manajer asal Spanyol itu.

Sumber: BBC Sport

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Benediktus Gerendo Pradigdo, published 12/6/2020)

 

Simak Video Pep Guardiola Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rugi Rp 726 Miliar, Borussia Dortmund Segera Lepas Jadon Sancho ke MU

Posted: 11 Jul 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Dortmund - Pada Sabtu (11/77/2020) waktu setempat, Borussia Dortmund dilaporkan Goal International mengalami kerugian yang besar akibat virus corona covid-19. Alhasil, mereka terpaksa menjual salah satu pemainnya ke Manchester United (MU).

Borussia Dortmund disebut merugi hingga 40 juta pound sterling atau setara dengan Rp 726 miliar. Untuk menutupi kerugian tersebut, mereka segera melepas Jadon Sancho ke MU.

Sancho memang menjadi pemain incaran tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Pemain berusia 20 tahun itu tampil ciamik pada musim ini bersama Dortmund di semua kompetisi dengan mencetak 20 gol dan 20 assist.

Kendati mengincar Sancho, pihak Setan Merah, sebutan MU, belum mengambil ancang-ancang untuk melakukan perekrutan. Sebabnya, Dortmund mematok harga Sancho sebesar 100 juta pound sterling (Rp 1,7 triliun).

Sementara MU hanya berani menebus pemain jebolan akademi Manchester City itu setengah harga dari yang dipatok Dortmund. Setan Merah tidak berani membayar lebih dari 50 juta pound sterling karena mereka juga terkena dampak virus corona.

 

Solskjaer Berhati-hati

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, percaya jika Mason Greenwood bisa menyamai kehebatan Wayne Rooney sebagai pemain di masa mendatang. (AFP/
Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, percaya jika Mason Greenwood bisa menyamai kehebatan Wayne Rooney sebagai pemain di masa mendatang. (AFP/

Sebelumnya, manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan di bursa transfer karena efek pandemi virus corona covid-19 masih dirasakan.

"Saya pikir bursa transfer nanti akan menjadi situasi yang lebih tenang dari sebelumnya. Saya pikir banyak klub harus berhati-hati untuk tidak menghabiskan terlalu banyak uang."

"Anda mungkin masih tidak tahu berapa banyak klub yang telah kehilangan aset secara finansial selama pandemi ini. Padahal itu sudah terjadi belakangan ini," ucap manajer asal Norwegia itu.

Pendapatan MU Menurun

Solskjaer menyebut MU sangat tenang mengenai transfer pemain, termasuk Jadon Sancho. Terlebih, pendapatan MU akibat virus corona menurun.

Tercatat, pemasukan MU pada kuartal ketiga turun hingga 18,7 persen atau 123,7 juta paund sterling. Setan Merah juga punya utang hingga 429,1 juta paund sterling.

Saksikan video Jadon Sancho di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tren Sepeda Kargo Kala Pandemi

Posted: 11 Jul 2020 08:30 PM PDT

Pemilik workshop Alam Project, Alam bersiap menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Harga sepeda kargo dipatok Rp3-8 juta tergantung jenis dan ukuran sepeda. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pemilik workshop Alam Project, Alam bersiap menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Harga sepeda kargo dipatok Rp3-8 juta tergantung jenis dan ukuran sepeda. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pemilik workshop Alam Project, Alam bersiap menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Harga sepeda kargo dipatok Rp3-8 juta tergantung jenis dan ukuran sepeda. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pemilik workshop Alam Project, Alam menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Pada masa Pandemi Covid-19, pesanan sepeda kargo meningkat seiring tingginya trend sepeda tersebut di kalangan 'goweser'. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pemilik workshop Alam Project, Alam menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Pada masa Pandemi Covid-19, pesanan sepeda kargo meningkat seiring tingginya trend sepeda tersebut di kalangan 'goweser'. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pemilik workshop Alam Project, Alam menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Pada masa Pandemi Covid-19, pesanan sepeda kargo meningkat seiring tingginya trend sepeda tersebut di kalangan 'goweser'. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pemilik workshop Alam Project, Alam menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Harga sepeda kargo dipatok Rp3-8 juta tergantung jenis dan ukuran sepeda. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pemilik workshop Alam Project, Alam menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Harga sepeda kargo dipatok Rp3-8 juta tergantung jenis dan ukuran sepeda. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pemilik workshop Alam Project, Alam menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Harga sepeda kargo dipatok Rp3-8 juta tergantung jenis dan ukuran sepeda. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pemilik workshop Alam Project, Alam menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Pada masa Pandemi Covid-19, pesanan sepeda kargo meningkat seiring tingginya trend sepeda tersebut di kalangan 'goweser'. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pemilik workshop Alam Project, Alam menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Pada masa Pandemi Covid-19, pesanan sepeda kargo meningkat seiring tingginya trend sepeda tersebut di kalangan 'goweser'. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pemilik workshop Alam Project, Alam menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Pada masa Pandemi Covid-19, pesanan sepeda kargo meningkat seiring tingginya trend sepeda tersebut di kalangan 'goweser'. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pemilik workshop Alam Project, Alam menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Harga sepeda kargo dipatok Rp3-8 juta tergantung jenis dan ukuran sepeda. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pemilik workshop Alam Project, Alam menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Harga sepeda kargo dipatok Rp3-8 juta tergantung jenis dan ukuran sepeda. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pemilik workshop Alam Project, Alam menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Harga sepeda kargo dipatok Rp3-8 juta tergantung jenis dan ukuran sepeda. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pemilik workshop Alam Project, Alam menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Pada masa Pandemi Covid-19, pesanan sepeda kargo meningkat seiring tingginya trend sepeda tersebut di kalangan 'goweser'. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pemilik workshop Alam Project, Alam menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Pada masa Pandemi Covid-19, pesanan sepeda kargo meningkat seiring tingginya trend sepeda tersebut di kalangan 'goweser'. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pemilik workshop Alam Project, Alam menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Pada masa Pandemi Covid-19, pesanan sepeda kargo meningkat seiring tingginya trend sepeda tersebut di kalangan 'goweser'. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah perkakas yang digunakan pemilik workshop Alam Project, Alam untuk menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Harga sepeda kargo dipatok Rp3-8 juta tergantung jenis dan ukuran sepeda. (merdeka.com/Imam Buhori)
Sejumlah perkakas yang digunakan pemilik workshop Alam Project, Alam untuk menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Harga sepeda kargo dipatok Rp3-8 juta tergantung jenis dan ukuran sepeda. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah perkakas yang digunakan pemilik workshop Alam Project, Alam untuk menyelesaikan pembuatan sepeda multiguna atau kargo di bengkelnya kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (10/7/2020). Harga sepeda kargo dipatok Rp3-8 juta tergantung jenis dan ukuran sepeda. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amitabh Bachchan dan Abhishek Bachchan Positif Covid-19, Ini 4 Faktanya

Posted: 11 Jul 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Virus Corona Covid-19 sedang mewabah di seluruh dunia. Banyak korban yang sudah terkena virus ini. Tak hanya masyarakat biasa, para selebritas dunia pun ada yang terjangkit virus ini. Terbaru, bintang Bollywood, Amitabh Bachchan menginformasikan ia dinyatakan positif virus Corona Covid-19.

Bintang Bollywood berusia 77 tahun mengabarkan melalui Twitter resminya bahwa ia baru saja dites dan hasilnya positif virus Corona Covid-19. Amitabh Bachchan yang positif, membuat pihak rumah sakit juga turut melakukan tes kepada keluarga Amitabh Bachchan.

Tak hanya Amitabh Bachchan, ternyata sang anak bernama Abhishek Bachchan juga dinyatakan positif virus Corona Covid-19. Keduanya pun kini harus dirawat di rumah sakit dan meminta doa agar mereka tetap diberi kesehatan serta bisa cepat sembuh dari Covid-19.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, fakta-fakta terkait Amitabh Bachchan dan dan Abhishek Bachchan positif virus Corona Covid-19, Minggu (12/7/2020).

 

1. Umumkan hasil tes di Twitter

Amitabh Bachchan (AFP)
Amitabh Bachchan (AFP)

Kabar mengejutkan datang dari jagat hiburan Bollywood setelah salah satu aktris terkenalnya, Amitabh Bachchan dinyatakan positif virus Corona Covid-19. Ia menginformasikan melalui laman Twitternya pada Sabtu (11/7/2020). Amitabh Bachchan juga menginformasikan bahwa keluarganya juga diperiksa oleh otoritas kesehatan setempat.

"Saya dites positif Covid, dirawat di rumah sakit. Pihak rumah sakit memberitahu otoritas kesehatan, keluarga, dan sedang dites juga, hasilnya masih menunggu," tulis Amitabh Bachchan di akun Twitter.

2. Abhishek Bachchan juga dinyatakan positif

Abhishek Bachchan (DNAIndia)
Abhishek Bachchan (DNAIndia)

Tak hanya Amitabh Bachchan, sang anak juga dinyatakan positif virus Corona Covid-19. Abhishek bahkan bercerita ia dan sang anak mengalami gejala ringan mengidap virus Corona Covid-19. Dinyatakannya Amitabh Bachchan dan Abhisek Bachchan positif, membuat otoritas kesehatan memeriksa keluarga dan seluruh staf nya.

"Kami berdua mengalami gejala ringan dan dirawat di rumah sakit. Kami sudah memberi tahu semua otoritas berwenang dan keluarga serta staf kini semua sedang dites," tulis Abhishek di Twiiter, Sabtu (11/7/2020).

3. Keduanya dirawat di Rumah Sakit Nanavati di Mumbai

Amitabh Bachchan (Foto: hindustantimes.com)
Amitabh Bachchan (Foto: hindustantimes.com)

Amitabh Bachchan dan Abhishek Bachchan dinyatakan positif virus Corona Covid-19 pada Sabtu (11/7/2020). Saat ini mereka sedang dirawat di  Rumah Sakit Nanavati di Mumbai, kota pusat ekonomi dan hiburan di India. Kabar ini pun menggemparkan para penggemarnya. Mereka mendoakan pemilik 43 juta pengikut di Twiiter dan sang anak segera sembuh.

"Saya akan berdoa dan tidak akan makan sampai Anda sembuh dan keluar dari rumah sakit," kata penggemar bernama Manoj Pandit di Twitternya.

4. Amitabh Bachchan memohon agar publik tidak panik.

Amitabh Bachchan (AFP Photo/Sujit Jaiswal)
Amitabh Bachchan (AFP Photo/Sujit Jaiswal)

Kasus virus Corona Covid-19 di India sudah menjangkiti 820.000 orang dan menewaskan 22.000 jiwa. Dari jumlah kasus yang sangat banyak, kasus Amitabachchan dan sang anak mencuri perhatian dunia. Keduanya positif tertular virus tersebut. Hebohnya kabar Amitabh Bachchan positif virus Corona, membuat pria berusia 77 tahun memohon agar semua pihak tidak panik.

"Saya memohon kepada semua pihak untuk tetap tenang dan tidak panik." pungkas Amitabh Bachchan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Film The Man Standing Next, Salah Satunya Mengeruk Uang Rp 475 Miliar

Posted: 11 Jul 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat film Korea Selatan The Man Standing Next yang dibintangi Lee Byung Hun dan Kim So Jin? Karya sineas Woo Min Ho ini menorehkan prestasi membanggakan.

Dirilis di jaringan bioskop sejak Januari 2020 dan diadang wabah Corona Covid-19, The Man Standing Next membukukan pendapatan puluhan juta rupiah di negara asalnya.

Di Indonesia, The Man Standing Next tidak tayang di bioskop. Penonton bisa mengakses film ini di situs resmi maupun aplikasi KlikFilm. Kali ini Showbiz Liputan6.com merangkum 6 fakta menarik The Man Standing Next. Simaklah.

1. Intrik Politik Berujung Pembunuhan

Adegan film The Man Standing Next. (Foto: Dok. Showbox/ KlikFilm)
Adegan film The Man Standing Next. (Foto: Dok. Showbox/ KlikFilm)

The Man Standing Next mengisahkan Korea kala dikuasai Presiden Park (Lee Sung Min) di era 1970-an. Presiden Park memegang kendali atas Badan Intelijen Korea (KCIA) yang membuat Kepala KCIA, Kim Gyu-pyeong (Lee Byung Hun) gerah. Puncaknya, dibuatlah rencana mengeksekusi Sang Presiden.

Keadaan merumit saat politikus Park Yong Gak (Kwak Do Won) bersaksi di muka sidang di AS. Ia memiliki naskah bertajuk "Pengkhianat Revolusi" yang membuat kuping Presiden Park panas.

2. Sabet Empat Penghargaan

Adegan film The Man Standing Next. (Foto: Dok. Showbox/ KlikFilm)
Adegan film The Man Standing Next. (Foto: Dok. Showbox/ KlikFilm)

Panen kritik positif dari kritikus dan penonton, The Man Standing Next berjaya di beberapa festival. Di Baek Sang Art Awards 2020 misalnya, Lee Byung Hun menang kategori Pemeran Utama Pria Terbaik. Film ini juga unggul di kategori Technical Award (tata rias wajah dan rambut).

Sementara Chunsa Film Art Awards 2020 menetapkan Lee Byung Hun sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik. Di ajang yang sama, Lee Sung Min yang melakonkan Presiden Park digelari Pemeran Pendukung Pria Terbaik.

3. Gempita Rp 475 Miliar

Adegan film The Man Standing Next. (Foto: Dok. Showbox/ KlikFilm)
Adegan film The Man Standing Next. (Foto: Dok. Showbox/ KlikFilm)

Tak hanya sukses di karpet merah festival, The Man Standing Next memuncaki tangga box office Negeri Gingseng dengan pendapatan lebih dari 34 juta dolar AS atau sekitar 475 miliar rupiah.

Pencapaian ini membuat publik terperenyak mengingat The Man Standing Next bergenre thriller politik berbasis sejarah. Terbilang berat untuk dicerna, tapi pasar rupanya memihak pada film berdurasi 114 menit ini.

4. Adaptasi Novel Nonfiksi

Adegan film The Man Standing Next. (Foto: Dok. Showbox/ KlikFilm)
Adegan film The Man Standing Next. (Foto: Dok. Showbox/ KlikFilm)

Fakta yang satu ini bisa jadi sudah banyak yang tahu. Film The Man Standing Next diadaptasi dari novel nonfiksi berjudul Chief of Namsan karya Kim Choong-sik.

Sebelum diproyeksikan ke layar lebar lewat skenario buatan Woo Min Ho, kisah The Man Standing Next tayang di koran Dong-A Ilbo Korea pada 1990 hingga 1992.

5. Sapa Amerika Selang 2 Hari

Adegan film The Man Standing Next. (Foto: Dok. Showbox/ KlikFilm)
Adegan film The Man Standing Next. (Foto: Dok. Showbox/ KlikFilm)

Kali pertama premier di seluruh bioskop Korea Selatan pada 22 Januari 2020, The Man Standing Next bertengger di puncak box office hingga 4 Februari 2020. Film ini dirilis di Amerika Serikat hanya selang dua hari dari penayangan perdana di negara asalnya.

Di AS, The Man Standing Next menyapa pencinta film per 24 Januari 2020. Bulan berikutnya, giliran Indonesia dikunjungi duet maut Lee Byung Hun dan Lee Sung Min.

6. Secara Streaming di Indonesia

Poster film The Man Standing Next. (Foto: Dok. IMDb/ Showbox)
Poster film The Man Standing Next. (Foto: Dok. IMDb/ Showbox)

Meski bioskop di Indonesia tutup sementara akibat wabah Covid-19, masyarakat Tanah Air tetap bisa mengapresiasi The Man Standing Next lewat situs resmi dan aplikasi KlikFilm.

"Kami berusaha menghadirkan film-film bagus di KlikFilm. Di tengah pandemi Covid-19, pencinta film tetap bisa menonton melalui KlikFilm. Salah satunya, The Man Standing Next secara streaming hanya dengan 7 ribu rupiah," terang Direktur Klik Film, Frederica, di Jakarta, baru-baru ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Rumah di Parigi Moutong Hanyut Terseret Banjir

Posted: 11 Jul 2020 08:29 PM PDT

Liputan6.com, Parigi - Sedikitnya enam unit rumah milik warga di bantaran Sungai Boyantongo di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, hanyut terseret banjir yang melanda wilayah itu.

"Banjir sudah berlangsung dua hari terakhir, namun puncaknya pada Minggu dini hari menghanyutkan enam unit rumah warga setempat," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Moutong, Nyoman Adi di Parigi, Minggu (12/7/2020).

Selain enam rumah terdampak, terdapat sekitar 12 unit rumah warga Desa Boyantongo, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, juga terancam hanyut jika sewaktu-waktu terjadi banjir susulan. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu.

Dia memaparkan saat ini tim BPBD setempat telah membangun posko darurat dan mengevakuasi 18 kepala keluarga yang terdampak. Sejumlah tim lintas sektor telah membantu mendistribusikan bantuan logistik kepada korban banjir.

"Hingga pagi tadi air sudah surut, namun cuaca tidak dapat diprediksi kapan saja bisa hujan. Korban banjir untuk sementara sudah kami evakuasi ke rumah warga yang aman," ujar Nyoman dilansir Antara.

Pemerintah kabupaten setempat sudah bersiaga di posko darurat sebagai upaya antisipasi jika kemungkinan buruk terjadi, karena cuaca di hulu sungai kapan saja bisa berubah dan berpotensi menyebabkan banjir.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Sulawesi III (BWSS III), Dinas Pekerjaan Umum guna menormalisasi sungai sebagai langkah penanganan cepat banjir di kabupaten tersebut.

Dia menambahkan, di alur sungai yang sama Desa Olobaru terdapat sejumlah rumah warga juga terancam roboh akibat banjir jika debit air semakin tinggi. Begitu pun di Desa Tindaki di hari yang sama terendam banjir.

"Bibir sungai terjadi longsor akibat kikisan air sehingga jumlah warga ambruk dan terseret arus. Banjir juga membawa material lumpur dan potongan-potongan kayu," katanya.

Dia mengimbau masyarakat khususnya di bantaran sungai agar berhati-hati dan tetap waspada, karena hujan masih mungkin terjadi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panen di Sungayang, Gubernur Sumbar: Pertanian Jadi Prioritas Pembangunan

Posted: 11 Jul 2020 08:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto kunjungi lokasi Nagari Minangkabau, Kecamatan Sungayang. Hal ini sebagai respon arahan Bapak Presiden Joko Widodo mewujudkan ketahanan pangan. Rombongan melaksanakan kegiatan Panen Raya Padi bersama kelompok tani Sawah Padang nagari Minangkabau serta didampingi forkopimda Tanah Datar.

"Saya Gubernur Sumatera Barat mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI-Polri yang juga ikut mendukung kesedian pangan, karena sebelumnya kami memanen bawang dan yang punya lahan merupakan anggota polri. Jadi kami sangat mengapresiasi pengabdian TNI-Polri dalam mendukung kesediaan pangan," ucap Irwan.

Di Tanah Datar sebagian besar masyarakatnya adalah pekerja petani. Jadi menjadi hal yang wajar jika tanah datar selalu mempunyai cadangan beras yang berlebih.

"Saat ini memang Bapak Presiden selalu mengaungkan ketahanan pangan selama pandemi covid-19. Pandemi ini memang berdampak kepada ekonomi masyarakat yang Maret hingga Mei kemaren sangat berpengaruh," ujarnya.

Irwan Prayitno juga mengatakan bahwa pertanian menjadi salah satu prioritas dalam membangun Provinsi Sumbar. Apalagi Sumbar setiap tahunnya selalu memiliki cadangan beras berlebih untuk kebutuhkan warga sumbar.

 

 

(Foto:Dok. Kementerian Pertanian RI)
(Foto:Dok. Kementerian Pertanian RI)

Namun walaupun kita digenjot dalam mendukung ketahanan pangan, Gubernur Sumatera Barat dan Kapolda menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan wajib memakai masker dan jaga jarak. Selain itu kurangi transmisi lokal dan import dari luar, agar tidak adanya penyebaran covid-19.

"Kami dari pemerintahan selalu mendukung Polri dan TNI untuk terus menegakkan disiplin kepada masyarakat dalam mengedepankan protokol kesehatan," tutup Gubernur Sumatera Barat.

Di tempat yang sama Yuzinosfris, penyuluh setempat mengatakanPanen di kecamatan Sungayang tepatnya di kelompok tani Sawah Padang potensinya seluas 60 ha dengan varietas lokalbujang marantau.

"Kalau yang hari ini baru sekitar 5 hektar dengan provitas 5,7 ton/ha, sisanya dalam waktu dekat," ujarnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Sumatera Barat, Syafrizal. Ia optimis untuk kejar tanam sampai bulan September. Sesuai arahan Mentan Syahrul Yasin Limpo bahwa kita harus kejar tanam bulan April September ini.

"Apalagi ada info FAO tentang musim.kemarau panjang, itu yang kami himbau ke kabupaten untuk segera tanam," sebut Syafrizal

 

(Foto:Dok. Kementerian Pertanian RI)
(Foto:Dok. Kementerian Pertanian RI)

Sebagai gambaran, luas tanam padi Sumbar bulan Juni 2020 seluas 51.474 Ha dan target bulan Juli ini seluas 58.756 hektar.

"Sampai dengan tanggal 10 kemarin sudah lebih 30 persen target tertanam. Selebihnya kami kejar di bulan ini," kata Syafrizal.

Terpisah, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi mengaku optimis jika di tahun 2020 walaupun tengah dilanda pandemi corona dapat meningkatkan produksi pangan khususnya beras. Oleh karenanya, wabah dunia tersebut menjadi tantangan untuk menunjukkan hadirnya negara bagi rakyat.

"Kementan melakukan empat upaya strategis dalam pemenuhan kebutuhan pangan. Pertama, percepatan tanam di musim tanam II, kejar tanam bulan ini supaya target roduksi bisa kita capai," katanya.

Kedua, lanjut Suwandi, pengembangan lahan rawa yang masih memiliki potensi laahan sangat luas. Ketiga, diversifikasi pangan lokal dengan memanfaatkan pangan alternatif dikembangkan di pekarangan. Dan keempat, penguatan cadangan pangan pemerintah dan pengembangan lumbung pangan masyarakat yang akan dikerjasamakan dengan Kostraling.

"Dalam upaya percepatan tanam, kami mengharapkan kepada para penyuluh melaporkan perkembangan mingguan luas tanam/panen padi dan jagung di wilayah kerjanya secara berjenjang di Kostratani dan disampaikan secara online sekaligus ke Kabupaten, Provinsi dan Pusat agar kinerja kita terlapor dengan baik," jelasnya.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Dibuang

Posted: 11 Jul 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air tajin mungkin sudah cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu untuk diberikan kepada bayi sebagai tambahan nutrisi. Manfaat air tajin ini berasal dari kandungan pati yang terbentuk sebelum nasi matang, dimana hal tersebut yang menjadi sumber nutrisi baik bagi kesehatan bayi.

Selain manfaat air tajin bagi kesehatan bayi, air yang dikenal berasal dari cucian beras ini juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Bahkan manfaat air tajin ini sudah diakui di berbagai belahan dunia. Salah satu negara yang mengakui manfaat air tajin ini berasal dari negara yang dikenal dengan pohon sakuranya, yaitu Jepang. Di Jepang, manfaat air tajin terutama untuk kecantikan sudah dimanfaatkan sejak 1.000 tahun lalu.

Air tajin memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kecantikan, seperti senyawa bioaktif asam amino, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin E, mineral (natrium dan kalium), hingga zat antioksidan. Selain manfaat air tajin dari segi nutrisi, air tajin juga sangat ekonomis, sebab tidak perlu merogoh kocek yang cukup agar bisa membuatnya.

Dilansir dari doctor.ndtv.com, untuk mendapatkan manfaat air tajin secara maksimal, Anda hanya perlu merebus tiga sendok makan beras ke dalam dua gelas air. Lalu, masak selama 20-30 menit dan biarkan mendidih. Setelah itu, ketika air sudah mulai berubah menjadi putih susu, saring dan biarkan air tajin hingga dingin, lalu minumlah.

Nah, mungkin Anda juga masih bertanya-tanya dan ingin memahami lebih dalam manfaat air tajin tersebut. Maka, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi mengenai berbagai manfaat air tajin tersebut seperti yang dilansir dari doctor.ndtv.com, Minggu (12/7/2020).

1. Mengatur suhu tubuh

Ilustrasi Foto Pria Berkeringat (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Pria Berkeringat (iStockphoto)

Manfaat air tajin yang pertama yaitu kemampuannya dalam megatur suhu tubuh, terutama bagi Anda yang tinggal di daerah dengan iklim cukup hangat ke panas seperti Indonesia. Air tajin dipercaya menjadi salah satu obat yang sangat efektif untuk mengatur suhu tubuh apabila dikonsumsi dengan cara pengolahan yang benar. Air tajin ini akan membuat suhu tubuh Anda menjadi lebih dingin dan terasa segar setelah dikonsumsi.

2. Sebagai sumber energi

Ilustrasi olahraga bersama (Shutterstock)
Ilustrasi olahraga bersama (Shutterstock)

Manfaat air tajin yang kedua berasal dari bahan pembuat air tajin itu sendiri, yaitu beras. Beras memang diketahui memiliki kandungan berupa karbohidrat yang cukup tinggi. Karbohidrat yang terkandung pada beras sendiri merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Manfaat berupa sumber energi ini didapatkan ketika proses pengolahan dalam pembuatan air tajin yang melarutkan nutrisi pada beras.

Jadi, ketika Anda merasa kurang memiliki energi dan terasa lemas, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi air tajin. Namun, jangan diberi tambahan gula, ya. Sebab justru akan menyebabkan asupan kalori yang berlebihan pada tubuh.

3. Mencegah dehidrasi

Ilustrasi kulit kering. (dok. Jenna Hamra/Pexels/Dinny Mutiah)
Ilustrasi kulit kering. (dok. Jenna Hamra/Pexels/Dinny Mutiah)

Ketika musim panas, tubuh Anda akan sangat berisiko untuk terkena dehidrasi. Untuk mencegah terjadinya dehidrasi tersebut, maka Anda bisa mengonsumsi segelas air tajin sebelum beraktivitas di luar rumah.

Sebab, kandungan nutrisi pada air tajin akan membantu tubuh Anda dapat bekerja secara optimal dan terhindar dari dehidrasi. Agar lebih segar lagi, Anda bisa mengonsumsi air tajin ini dalam keadaan dingin, dan tentunya jangan beri tambahan gula atau pemanis apapun agar tidak memberi kalori berlebih pada tubuh Anda.

4. Mengatasi diare

Ilustrasi Diare Credit: freepik.com
Ilustrasi Diare Credit: freepik.com

Manfaat air tajin selanjutnya yaitu kemampuannya dalam mencegah diare. Bahkan, mengonsumsi air tajin menjadi salah satu solusi obat diare di rumah, ketika tidak adanya obat yang mumpuni untuk mengatasi diare tersebut.

Manfaat air tajin untuk mengatasi diare sangat berguna bagi orang dewasa dan juga bayi.  Bahkan, pada sebuah penelitian menunjukkan jika air tajin merupakan obat yang sangat efektif untuk diare pada anak-anak sebab dapat mengurangi volume dan frekuensi keluarnya tinja.

5. Mencegah sembelit

©Shutterstock
©Shutterstock

Selanjutnya, mengonsumsi air tajin akan menjadi cara yang baik agar sistem pencernaan Anda tetap berfungsi dengan baik. Kandungan nutrisi yang ada di dalam air tajin sangat membantu dalam meredakan sembelit. Namun, meski manfaat air tajin mampu untuk mencegah sembelit, Anda sangat disarankan untuk selali mengonsumsi makanan kaya serat. Sebab, mengonsumsi makanan kaya serat disertai konsumsi air tajin, akan membentuk sistem pencernaan yang baik dan selalu sehat.

6. Membuat rambut menjadi sehat

Ternyata ini manfaat jitu buah pepaya bagi kesehatan rambut. (Foto: Istockphoto)
Ternyata ini manfaat jitu buah pepaya bagi kesehatan rambut. (Foto: Istockphoto)

Manfaat air tajin yang terakhir, yaitu manfaatnya dalam menyehatkan rambut. Manfaat air tajin ini sudah ratusan tahun digunakan sebagai sampo serta kondisioner. Selain lebih murah dan dapat menghemat kantong, menggunakan air tajin sebagai bahan untuk merawat rambut sangat baik dan aman, sebab tidak terdapat campuran bahan kimia berbahaya di dalamnya.

Manfaat air tajin bagi ambut tersebut sebenarnya berasal dari kandungan inositol yang dapat meningkatkan elastisitas rambut dan mencegah kerusakan. Selain itu, memijat kulit kepala Anda dengan air tajin juga akan membantu rambut Anda lebih kuat langsung dari akarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendikbud Usut Dugaan Pelanggaran Etik Pemberian THR dari Pejabat UNJ

Posted: 11 Jul 2020 08:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengapresiasi proses penyelidikan yang telah dilakukan Polda Metro Jaya atas kasus dugaan percobaan suap dan gratifikasi di lingkungan Kemendikbud yang menyeret sejumlah pejabat Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Pelaksana Tugas Inspektur Jenderal Kemendikbud Chatarina Muliana Girsang, menyampaikan ucapan terima kasih atas tindak lanjut laporan tersebut. 

"Kami sebagai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), Inspektorat Jenderal Kemendikbud, mengucapkan terima kasih kepada Dirkrimsus Polda Metro Jaya yang telah berupaya keras menindaklanjuti laporan ini dengan kesimpulan bahwa tidak ditemukan peristiwa pidana dalam perkara ini dan melimpahkan kepada Itjen selaku APIP untuk melakukan pendalaman," ucap Chatarina dalam keterangan pers yang diterima Jumat (10/7/2020).

Chatarina menyebut, Polda Metro Jaya menghentikan penyelidikan atas dugaan kasus suap Tunjangan Hari Raya (THR) pejabat UNJ kepada pegawai Kemendikbud, dengan kesimpulan bahwa tidak ditemukan unsur pidana.

Selanjutnya penyelidik Subdit Tindak Pidana Korupsi Ditreskrimsus Polda Metro Jaya perkara tersebut kepada APIP Kemendikbud dalam hal ini Inspektorat Jenderal Kemendikbud RI untuk dilakukan pendalaman.

"Kami bersyukur karena untuk kepastian hukum akhirnya penyelesaian perkara ini dapat terselesaikan pada hari ini dan ini juga akan memberikan efek jera atau pembelajaran yang baik bagi kita semua dalam membangun tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan dapat lebih baik lagi ke depan,'' harapnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, keputusan penghentian kasus tersebut dilakukan setelah penyelidik melakukan gelar perkara selama hampir dua bulan.

"Kami sudah sampaikan, dari penyidik melakukan gelar perkara dari mulai awal yang kita lakukan kemudian juga memeriksa seluruh saksi-saksi yang ada sekitar 44 saksi termasuk di dalamnya ada keterangan saksi ahli, ada 2 orang yaitu ahli pidana. Kemudian juga telah melakukan rekonstruksi yang ada di dua tempat, yang pertama di UNJ sendiri pada saat ada rapim melalui media online hingga saat penyerahan," jelas Yusri.

"Dengan tidak ditemukannya suatu peristiwa tindak pidana korupsi terhadap perkara a quo, maka penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya melakukan penghentian penyidikan dalam rangka kepastian hukum terhadap perkara ini," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri menyampaikan bahwa pihaknya turut mengawasi penyelidikan kasus tersebut sejak dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

KPK melakukan supervisi, kemudian memfasilitasi beberapa saksi dan satu orang ahli untuk memberikan pendapatnya terkait dengan hasil-hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya.

"Kembali ke pengertian penyelidikannya adalah upaya untuk mencari peristiwa pidana, setelah melakukan serangkaian pemeriksaan dan saksi maupun ahli ternyata tidak ditemukan peristiwa pidananya, sehingga dilimpahkan kepada aparat pengawasan intern pemerintah dalam hal ini adalah Itjen Kemendikbud," tuturnya.

Itjen Kemendikbud selaku APIP berkomitmen akan melakukan pendalaman terhadap peristiwa pemberian THR oleh pejabat UNJ untuk menilai apakah ada pelanggaran kode etik atau pelanggaran disiplin pegawai.

"Itjen Kemendikbud sesuai dengan tugas dan fungsinya, akan berkoordinasi dengan Sekretariat Jenderal dan Ditjen Pendidikan Tinggi untuk melakukan pendalaman tersebut,'' tegas Chatarina.

Lanjut Chatarina, jika ditemukan adanya pelanggaran disiplin maupun kode etik akan segera diproses.

"Kasus ini belum selesai sampai nanti akan dilakukan pendalaman, namun untuk kasus pidananya tidak ada. Proses penyerahan uang ini akan ditindaklanjuti, apakah ada dugaan pelanggaran kode etik atau pelanggaran disiplin,'' tutup Chatarina.

 

Terjaring OTT KPK

Gedung KPK (Liputan6/Fachrur Rozie)
Gedung KPK (Liputan6/Fachrur Rozie)

Diketahui sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang melibatkan pejabat Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

"Benar, pada hari Rabu tanggal 20 Mei 2020 sekitar jam 11.00 WIB, KPK bekerja sama dengan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud telah melakukan kegiatan tangkap tangan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulis, Kamis (21/5/2020) malam.

Kegiatan berawal dengan adanya bantuan dan informasi dari pihak Itjen Kemendikbud kepada KPK perihal dugaan akan adanya penyerahan sejumlah uang yang diduga dari pihak Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kepada pejabat di Kemendikbud.

"Selanjutnya tim KPK bersama dengan tim Itjen Kemendikbud menindaklanjuti informasi tersebut dan kemudian diamankan Dwi Achmad Noor (Kabag Kepegawaian UNJ) beserta barang bukti berupa uang sebesar USD 1.200 dan Rp 27.500.000," ujar Ali.

Dugaan adanya korupsi dalam kasus ini berawal dari langkah Rektor UNJ Komarudin pada 13 Mei 2020 yang diduga telah meminta kepada Dekan Fakultas dan Lembaga di UNJ untuk mengumpulkan uang THR masing-masing Rp 5 juta melalui Dwi Achmad Noor.

THR tersebut rencananya akan diserahkan kepada Direktur Sumber Daya Ditjen Dikti Kemendikbud dan beberapa staf SDM di Kemendikbud. Pada tanggal 19 Mei 2020 terkumpul uang sebesar Rp 55 juta dari 8 Fakultas, 2 Lembaga Penelitian dan Pascasarjana.

Pada tanggal 20 Mei 2020, Dwi Achmad Noor membawa uang Rp 37.000.000 ke kantor Kemendikbud selanjutnya diserahkan kepada Karo SDM Kemendikbud sebesar Rp 5 juta, Analis Kepegawaian Biro SDM Kemendikbud sebesar Rp 2,5 juta serta Parjono dan Tuti (staf SDM Kemendikbud ) masing-masing sebesar Rp 1 juta. Setelah itu Dwi Achmad Noor diamankan tim KPK dan Itjen Kemendikbud.

Selanjutnya KPK melakukan serangkaian pemeriksaan antara lain terhadap Komarudin (Rektor UNJ), Dwi Achmad Noor (Kabag Kepegawaian UNJ), Sofia Hartati (Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan), Tatik Supartiah (Analis Kepegawaian Biro SDM Kemendikbud), Diah Ismayanti (Karo SDM Kemendikbud), Dinar Suliya (Staf SDM Kemendikbud), dan Parjono (Staf SDM Kemendikbud).

"Setelah dilakukan permintaan keterangan, belum ditemukan unsur pelaku penyelenggara negara, sehingga selanjutnya dengan mengingat kewenangan, tugas pokok dan fungsi KPK, maka KPK melalui unit Koordinasi dan Supervisi Penindakan menyerahkan kasus tersebut kepada Kepolisian RI untuk ditindaklanjuti sesuai ketentuan hukum," jelas Ali.

KPK menghimbau kepada penyelenggara negara untuk tidak melakukan korupsi dan atau menerima gratifikasi, terlebih dalam situasi prihatin saat ini dengan adanya musibah wabah Covid-19.

KPK akhirnya melimpahkan kasus operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pejabat Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ke penyidik Polda Metro Jaya.

Kasus OTT terhadap Kabag Kepegawaian UNJ, Dwi Achmad Noor itu terjadi pada Rabu 20 Mei 2020 lalu. Penyidik KPK menyita USD 1.200 dan Rp 27.500.000 yang diduga akan diberikan untuk tunjangan hari raya (THR) beberapa pejabat di Kemendikbud.

Kepolisian telah melakukan gelar perkara setelah menerima pelimpahan perkara pada Jumat 22 Mei. Tujuh orang yang diduga terlibat telah dimintai keterangan sebagai saksi, antara lain Dwi Achmad Noor, Rektor UNJ Komarudin, dan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ Sofia Hartati.

Kemudian, Analisis Kepegawaian Biro Sumber Daya Manusia Kemedikbud Tatik Supartih, Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemedikbud Diah Ismayanti, serta dua Staf SDM Kemendikbud Dinar Suliya dan Parjono.

Namun, belum ada satupun yang ditetapkan sebagai tersangka. Hingga akhirnya kepolisian menghentikan penyelidikan kasus tersebut karena tidak memiliki cukup bukti yang mengarah ke tindak pidana.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibantai Sheffield United, Lampard Khawatir Kerja Keras Chelsea Terbuang Percuma

Posted: 11 Jul 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, London - Chelsea mengalami hal buruk pada pekan ke-35 Liga Inggris. Mereka gagal meraup tiga poin saat sedang bersaing memperebutkan empat besar bersama Leicester City dan Manchester United (MU).

Pada Sabtu (11/7/2020) malam WIB, Chelsea kalah 0-3 dari Sheffield United di Bramall Lane. Tiga gol Sheffield United dicetak oleh David McGoldrick (dua gol) dan Oliver McBurnie.

Kekalahan tersebut membuat Chelsea berada di posisi ketiga dengan 60 poin. Namun, posisi mereka bisa saja terlempar dari empat besar jika Leicester City dan MU meraih kemenangan atas lawan-lawannya.

"Saya tahu di mana posisi kami. Chelea punya kesempatan berjuang untuk empat besar, yang tidak diprediksi banyak orang di awal musim," ucap Lampard, seperti dikutip dari situs resmi klub.

"Tentu saja kami ingin ada di sana. Namun, (pertandingan melawan Sheffield) membuat saya khawatir tentang kinerja kami yang bisa saja terbuang percuma," kata manajer Chelsea berusia 42 tahun itu melanjutkan.

Sebelum dikalahkan Sheffield United, Chelsea meraih dua kemenangan di Liga Inggris, yakni menang atas Watford (3-0) dan Crystal Palace (3-2).

 

 

Banyak Kesalahan Individu

Para pemain Chelsea tampak lesu usai ditaklukkan Sheffield United pada laga Premier League di Stadion Bramall Lane, Sabtu (11/7/2020). Chelsea kalah tiga gol tanpa balas. (AP photo/Rui Vieira, Pool)
Para pemain Chelsea tampak lesu usai ditaklukkan Sheffield United pada laga Premier League di Stadion Bramall Lane, Sabtu (11/7/2020). Chelsea kalah tiga gol tanpa balas. (AP photo/Rui Vieira, Pool)

Lampard juga mengatakan, kekalahan dari Sheffield United terjadi karena Oliver Giroud dan kawan-kawan banyak melakukan kesalahan. Buktinya terlihat kala 56 persen bola yang berada di kaki pemain Chelsea berhasil dicuri pemain Sheffield United.

Padahal, dalam laga tersebut, Chelsea sangat mendominasi permainan. Mereka menguasai ball possesion hingga 76 persen.

"Tiga gol itu mengecewakan, banyak kesalahan yang mengarah menjadi gol, kesahalan individu. Itu yang akan terjadi jika Anda banyak melakukan kesalahan," ucap Lampard menegaskan.

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan video Chelsea di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lihat Harga Toyota Sienta dan Honda Freed Bekas, Siapa Lebih Murah?

Posted: 11 Jul 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Honda Freed dan Toyota Sienta menjadi alternatif mobil keluarga model pintu geser. Meski dari pabrikan berbeda, kedua MPV boxy ini untuk menampung penumpang hingga baris ketiga.

Penggunaan sliding doors pada mobil diklaim memiliki beragam keutungan, salah satunya mempermudah penumpang baris kedua dan ketiga masuk serta keluar dari dalam kabin.

Selain itu, penumpang tidak membutuhkan ruang parkir yang lega untuk membuka pintu jenis ini saat berada di area parkir.

Lalu bagaimana harga bekasnya? Seperti dilansir beberapa situs kendaraan bekas, banderol Honda Freed terpantau lebih mahal dibandingkan Toyota Sienta.

Berikut kisaran harga mobil bekas kedua model pabrikan Jepang tersebut.

Khusus model 2016 hingga 2017, Toyota Sienta dibanderol Rp156 jutaan sampai Rp217 jutaan. Harga yang ditawarkan bergantung dari kondisi kendaraan dan tipe.

Honda Freed

Meski saat ini Honda Freed sudah tak lagi diproduksi pabrikan otomotif berlambang huruf H tersebut, harga yang ditawarkan memiliki depresiasi sangat baik.

Untuk model tahun 2012 hingga 2016, Honda Freed memiliki harga mulai dari Rp135 jutaan hingga Rp180 jutaan, tergantung kondisi kendaraan. 

Harga Toyota Sienta Bekas Tahun 2016

Toyota Sienta G M/T 2016 Rp 156.000.000

Toyota Sienta G A/T 2016 Rp 173.000.000

Toyota Sienta V M/T 2016 Rp 174.500.000

Toyota Sienta V A/T 2016 Rp 183.000.000

Toyota Sienta Q A/T 2016 Rp 217.000.000

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Tottenham Hotspur vs Arsenal: Kejar Tiket Eropa

Posted: 11 Jul 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, London - Tottenham Hotspur akan menghadapi Arsenal pada pekan ke-35 Liga Inggris di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (12/7/2020) malam WIB. Dua pelakon derby London Utara ini hanya terpaut satu poin di klasemen sementara.

Di laga terakhirnya, Tottenham bermain imbang 0-0 melawan tuan rumah Bournemouth. Sebelum itu, pasukan Jose Mourinho menang 1-0 menjamu Everton berkat gol bunuh diri pemain lawan.

Arsenal juga gagal menang di laga terakhir, hanya imbang 1-1 menjamu Leicester City. Skuat besutan Mikel Arteta mencetak gol lewat Pierre-Emerick Aubameyang dan kehilangan Eddie Nketiah lantaran diganjar kartu merah.

Momentum apik Arsenal pun tersendat. Sebelumnya, Arsenal mengalahkan Southampton 2-0, Norwich City 4-0, dan Wolverhampton 2-0, tersendat.

Pada pertemuan pertama musim ini, kedua tim bermain imbang 2-2 di kandang Arsenal. Tottenham unggul 2-0 lewat gol Christian Eriksen dan penalti Harry Kane. Arsenal lalu menyamakan skor lewat gol-gol Alexandre Lacazette dan Aubameyang.

Waktu itu, Tottenham masih dilatih Mauricio Pochettino, sedangkan Arsenal di bawah asuhan Unai Emery. Akankah derby kali ini kembali berkesudahan sama kuat?

Perkiraan Susunan Pemain

Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Sheffield United pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Bramall Lane di Sheffield, Inggris (2/7/2020). Sheffield United menang telak 3-1 atas Tottenham. (Jason Cairnduff/Pool via AP)
Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Sheffield United pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Bramall Lane di Sheffield, Inggris (2/7/2020). Sheffield United menang telak 3-1 atas Tottenham. (Jason Cairnduff/Pool via AP)

Tottenham Hotspur (4-3-3): Lloris; Davies, Alderweireld, Sanchez, Aurier; Lo Celso, Winks, Sissoko; Heung-Min, Kane, Moura.

Pelatih: Jose Mourinho.

Info skuat: Dier (skorsing), Foyth (cedera), Tanganga (cedera).

Arsenal (3-4-3): Martinez; Kolasinac, Luiz, Mustafi; Tierney, Xhaka, Ceballos, Bellerin; Aubameyang, Lacazette, Saka.

Pelatih: Mikel Arteta.

Info skuat: Nketiah (skorsing), Ozil (meragukan), Martinelli (meragukan), Leno (cedera), Pablo Mari (cedera), Chambers (cedera).

Head-to-Head dan Performa

Head-to-Head (Premier League)

  • Pertemuan: 55
  • Tottenham menang: 12
  • Gol Tottenham: 67
  • Imbang: 23
  • Arsenal menang: 20
  • Gol Arsenal: 89.5

 

Pertemuan Terakhir

  • 01-09-2019 Arsenal 2-2 Tottenham (EPL)
  • 02-03-2019 Tottenham 1-1 Arsenal (EPL)
  • 20-12-2018 Arsenal 0-2 Tottenham (EFL Cup)
  • 02-12-2018 Arsenal 4-2 Tottenham (EPL)
  • 10-02-2018 Tottenham 1-0 Arsenal (EPL)

 

5 Laga Terakhir Tottenham (S-M-K-M-S)

  • 20-06-2020 Tottenham 1-1 MU (EPL)
  • 24-06-2020 Tottenham 2-0 West Ham (EPL)
  • 03-07-2020 Sheffield 3-1 Tottenham (EPL)
  • 07-07-2020 Tottenham 1-0 Everton (EPL)
  • 10-07-2020 Bournemouth 0-0 Tottenham (EPL)

 

5 Laga Terakhir Arsenal (M-M-M-M-S)

  • 26-06-2020 Southampton 0-2 Arsenal (EPL)
  • 28-06-2020 Sheffield 1-2 Arsenal (Piala FA)
  • 02-07-2020 Arsenal 4-0 Norwich (EPL)
  • 04-07-2020 Wolverhampton 0-2 Arsenal (EPL)
  • 08-07-2020 Arsenal 1-1 Leicester (EPL).

Statistik

Tottenham selalu menang dalam 2 laga kandang terakhirnya di Premier League.

Tottenham cuma menang 2 kali dalam 8 laga terakhirnya di Premier League (M2 S3 K3).

Tottenham tak terkalahkan dalam 5 laga kandang terakhirnya melawan Arsenal di Premier League (M3 S2 K0).

Arsenal selalu menang dalam 2 laga tandang terakhirnya di Premier League.

Arsenal cuma kalah 2 kali dalam 14 laga terakhirnya di Premier League (M7 S5 K2).

Disadur dari Bola.net (Penulis Gia Yuda Pradana, Published 11/7/2020)

Saksikan Video Arsenal di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UNESCO, Dewan Gereja Dunia Kritik Turki Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid

Posted: 11 Jul 2020 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Jenewa - Ketika Presiden Turki menandatangani sebuah dekrit pada Jumat 10 Juli 2020 yang mengubah Hagia Sophia kuno di Istanbul menjadi sebuah masjid, badan kebudayaan PBB (UNESCO) mengatakan bahwa mereka "sangat menyesalkan keputusan" membuat "tanpa diskusi sebelumnya".

Badan itu juga meminta Turki untuk mematuhi "komitmen dan kewajiban hukum" sesuai dengan status Hagia Sophia sebagai museum dalam Daftar Warisan Dunia (World Heritage List), demikian seperti dikutip dari UN News, Minggu (12/7/2020).

Hagia Sophia didirikan sekitar 1.500 tahun yang lalu sebagai katedral dan secara luas dianggap sebagai contoh terpenting dari arsitektur Kristen Bizantium di dunia.

Menyusul kebangkitan Kekaisaran Ottoman, bangunan itu diubah itu menjadi masjid, tetapi pada tahun 1934, ditetapkan sebagai museum sekuler, dimiliki oleh orang-orang Kristen, Muslim, dan semua agama, atau, tidak sama sekali.

Presiden Recep Tayyip Erdogan menandatangani keputusan tersebut setelah bertahun-tahun berkampanye oleh asosiasi budaya, dan keputusan pada hari sebelumnya oleh pengadilan Turki, menyerahkan kontrol bangunan kepada direktorat agama negara, menurut laporan berita, yang memungkinkannya untuk dibuka kembali untuk beribadah sebagai masjid.

Menanggapi keputusan tersebut, Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay, menggambarkan bangunan Hagia Sophia sebagai "sebuah karya arsitektur, dan kesaksian unik untuk interaksi antara Eropa dan Asia selama berabad-abad. Statusnya sebagai museum mencerminkan sifat universal warisan dan menjadikannya simbol yang kuat untuk dialog."

 

UNESCO Ajak Turki Berdialog

Hagia Sophia (Liputan6.com / Nila Chrisna Yulika)
Hagia Sophia (Liputan6.com / Nila Chrisna Yulika)

UNESCO mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan sebelum keputusan Turku tersebut, bahwa mereka telah meminta Pemerintah untuk melakukan "dialog" dengan pihak berwenang, "sebelum mengambil keputusan apa pun yang mungkin berdampak pada nilai universal dari situs tersebut."

Hagia Sophia, adalah bagian dari "Area Bersejarah Istanbul", dan secara resmi tertulis di Daftar Warisan Dunia sebagai museum.

"Prasasti ini mensyaratkan sejumlah komitmen dan kewajiban hukum. Dengan demikian, suatu Negara harus memastikan bahwa tidak ada modifikasi yang dilakukan terhadap nilai universal luar biasa dari properti yang tertulis di wilayahnya," kata Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Budaya PBB.

"Setiap modifikasi memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu oleh Negara terkait dengan UNESCO dan kemudian, jika perlu, pemeriksaan oleh Komite Warisan Dunia."

"Nilai universal yang luar biasa adalah dasar bagi keputusan untuk menuliskan properti apa pun pada Daftar Warisan Dunia," pernyataan itu melanjutkan.

"Teks-teks yang diadopsi oleh Komite menetapkan bahwa 'Area Bersejarah Istanbul' ditorehkan terutama karena 'integrasi unik dari karya arsitektur yang mencerminkan pertemuan Eropa dan Asia selama beberapa abad' dan karena 'Hagia Sophia menjadi model untuk seluruh keluarga gereja-gereja dan masjid-masjid belakangan, dan mosaik-mosaik istana dan gereja-gereja Konstantinopel, memengaruhi seni Timur dan Barat'".

Agensi mencatat bahwa sejalan dengan penunjukannya, Hagia Sophia "memiliki nilai simbolik, historis dan universal yang kuat."

UNESCO menyerukan kepada pihak berwenang Turki "untuk memulai dialog tanpa penundaan, untuk mencegah efek merugikan pada nilai universal dari warisan yang luar biasa ini, kondisi konservasi yang akan diperiksa oleh Komite Warisan Dunia pada sesi berikutnya."

"Penting untuk menghindari tindakan implementasi apa pun, tanpa diskusi sebelumnya dengan UNESCO, yang akan memengaruhi akses fisik ke situs, struktur bangunan, properti yang dapat dipindahkan, atau manajemen situs," tegas Ernesto Ottone, Asisten Direktur Jenderal UNESCO untuk urusan Kebudayaan. Langkah-langkah seperti itu bisa merupakan pelanggaran aturan yang berasal dari Konvensi Warisan Dunia 1972, badan tersebut memperingatkan.

 

Permintaan Dewan Gereja Dunia

Arsitektur unik Hagia Sophia (File)
Arsitektur unik Hagia Sophia (File)

Sementara itu, dalam sepucuk surat kepada HE Recep Tayyip Erdogan, Presiden Republik Turki, Sekretaris Jenderal Dewan Dunia Gereja sementara Pendeta Prof Dr Ioan Sauca mengungkapkan harapan dan doanya yang sungguh-sungguh agar Hagia Sophia tidak akan menjadi sekali lagi fokus konfrontasi dan konflik, tetapi akan dikembalikan ke perannya sebagai lambang pemersatu sejak 1934.

"Dengan memutuskan untuk mengubah Hagia Sophia kembali menjadi masjid, Anda telah membalikkan tanda positif keterbukaan Turki dan mengubahnya menjadi tanda pengucilan dan perpecahan."

Sauca menulis bahwa keputusan "pasti akan menciptakan ketidakpastian, kecurigaan dan ketidakpercayaan, merongrong semua upaya kami untuk menyatukan orang-orang dari agama yang berbeda di meja dialog dan kerjasama."

"Demi mempromosikan saling pengertian, rasa hormat, dialog dan kerja sama, dan menghindari menumbuhkan permusuhan dan perpecahan lama, kami mendesak Anda untuk mempertimbangkan kembali dan membalikkan keputusan Anda," lanjut surat itu.

 

Apa Kata Erdogan?

Hagia Sophia (Liputan6.com / Nila Chrisna Yulika)
Hagia Sophia (Liputan6.com / Nila Chrisna Yulika)

Keputusan Turki diambil oleh Dewan Negara, badan administrasi tertinggi Turki, menyusul petisi dari sebuah LSM bernama Asosiasi untuk Perlindungan Monumen Bersejarah dan Lingkungan (the Association for the Protection of Historic Monuments and the Environment).

Dikatakan bahwa bangunan itu milik pribadi Sultan Ottoman, Mehmed, yang bertanggung jawab untuk mengubah gereja menjadi masjid.

Masalah ini menyoroti pertikaian antara mereka yang ingin Turki tetap sekuler, dan basis agama konservatif Presiden Erdogan, demikian seperti dikutip dari BBC.

Presiden Erdogan membela keputusannya pada hari Jumat dengan menekankan bahwa negara tersebut telah menggunakan hak kedaulatannya dalam mengubah bangunan kembali menjadi masjid. Ibadah pertama di Hagia Sophia akan kembali diadakan pada 24 Juli.

"Seperti semua masjid kami, pintu Hagia Sophia akan terbuka lebar untuk penduduk lokal dan asing, Muslim dan non-Muslim," katanya.

Saat ini Turki memiliki "435 gereja dan sinagog yang terbuka untuk beribadah," sementara "beberapa bangunan yang dibangun nenek moyang kita di Eropa Timur dan Balkan berdiri hari ini."

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Terbaru hingga Cerita Pilu Editor Metro TV yang Diduga Jadi Korban Pembunuhan

Posted: 11 Jul 2020 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi tengah membentuk tim khusus untuk mengungkap kasus dugaan pembunuhan terhadap editor Metro TV Yodi Prabowo.

Sejumlah saksi serta bukti-bukti di lapangan sudah dikumpulkan untuk menguak misteri kematian Yodi Prabowo. 

Polisi bahkan kembali menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) lokasi penemuan jasad Yodi guna  merunut bagaimana korban maupun diduga pelaku pada saat kejadian. Mereka bahkan menurunkan anjing pelacak untuk mengendus jejak pelaku.

"Iya, barusan kita sudah laksanakan olah TKP, kita menggunakan anjing pelacak dari unit K-9 untuk bisa membantu kelengkapan berkas lah," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus ketika dihubungi, Sabtu 11 Juli 2020.

Sebelumnya, editor Metro Tv Yodi Prabowo ditemukan dalam keadaan tak lagi bernyawa di pinggiran Tol Jorr Pesanggrahan, Kelurahan Ulujami, Jakarta Selatan, Jumat 10 Juli 2020. 

Jasadnya pertama kali ditemukan oleh tiga anak yang sedang bermain layangan dan langsung melaporkannya ke Ketua RT setempat hingga berujung pada laporan polisi.

Saat di TKP, petugas menemukan sejumlah luka tusuk pada tubuh korban dan sebuah pisau yang tak jauh dari lokasi. Polisi menduga Yodi telah menjadi korban pembunuhan.

Kepergian editor Metro TV ini tak hanya meninggalkan duka mendalam pada rekan-rekan korban, tapi juga keluarga bahkan kekasih hatinya. Tersiar kabar, Yodi bahkan berencana menikah.

Berikut sejumlah kabar terbaru hingga cerita pilu dari editor Metro TV Yodi Prabowo yang diduga menjadi korban pembunuhan: 

Mengaku Ada Masalah Sebelum Ditemukan Tewas

Pemakaman editor Metro TV Yodi Prabowo yang diduga menjadi korban pembunuhan. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)
Pemakaman editor Metro TV Yodi Prabowo yang diduga menjadi korban pembunuhan. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Sang kekasih, Suci Fitri Rohmah (24), sempat mendapat firasat sebelum mendapat kabar Yodi ditemukan tewas.

Suci mengaku sempat mendapat firasat tak enak semenjak kekasihnya itu tak bisa dihubungi beberapa hari lalu.

Firasat itu seakan menjadi kenyataan setelah dia mendapat kabar bahwa pujaan hatinya itu ditemukan tewas di pinggir Jalan Tol Ulujami, Jakarta Selatan, pada Jumat, 10 Juli 2020.

Suci sangat kaget mendapat kabar tersebut. Terlebih setelah mendapat kabar bahwa sang kekasih meninggal dunia dalam kondisi mengenaskan.

"Kaget banget, nggak menyangka bisa seperti ini. Memang sempat ada firasat, karena dia nggak bisa-bisa dihubungi," ungkap Suci ditemui usai pemakaman Yodi di TPU wakaf Sandratex, Tangerang Selatan, Sabtu, 11 juli kemarin.

Dia menjelaskan, Yodi Prabowo pada Selasa 7 Juli sekitar pukul 22.00 malam, sempat mengabarinya. Namun, pesan lewat aplikasi itu tak dibalas lantaran Suci tengah terlelap

Suci menjelaskan, beberapa waktu sebelum kepergiannya Yodi memang terlihat tidak seperti sebelum-sebelumnya. Namun, Yodi tak sempat bercerita mengenai masalah dihadapinya.

"Sempat alamarhum bilang kayak ada masalah, cuma dia belum berani cerita ke saya. Saya bilang ceritain ke teman atau siapa yang kamu percaya biar lega, karena dia orangnya nnggak gampang cerita masalah," katanya.

Olah TKP Kembali Digelar

Satuan Polisi Satwa K9 bersama anjing pelacak khusus melakukan simulasi pendeteksian bahan peledak di area Car Free Day,Bundaran HI, Jakarta, Minggu, (16/2/2020). Simulasi untuk mengedukasi tentang cara kerja anjing pelacak saat menemukan bahan peledak yang disembunyikan. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Satuan Polisi Satwa K9 bersama anjing pelacak khusus melakukan simulasi pendeteksian bahan peledak di area Car Free Day,Bundaran HI, Jakarta, Minggu, (16/2/2020). Simulasi untuk mengedukasi tentang cara kerja anjing pelacak saat menemukan bahan peledak yang disembunyikan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Polisi kembali menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi penemuan jasad editor Metro TV, Yodi Prabowo. Polisi hendak mencari bukti-bukti lain yang ditinggal oleh pelaku.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Irwan Susanto menerangkan, pihaknya memeriksa kembali lokasi kejadian setelah menerima hasil autopsi sementara terhadap jasad editor Metro TV ini. 

"Intinya kami cek ulang merunut bagaimana korban maupun diduga pelaku pada saat kejadian. Jadi kami menerima informasi dari tim unit K-9. Karena tim ini menggunakan anjing pelacak," ujar dia di lokasi, Sabtu, 11 Juli 2020.

Tertusuk Benda Tajam di Bagian Jantung

Ilustrasi (iStock)
Ilustrasi (iStock)

Berdasarkan hasil autopsi, Yodi Prabowo diduga meninggal akibat tertusuk benda tajam di bagian jantung. Irwan menerangkan, sejumlah tubuh dari editor Metro TV ini dipenuhi luka.

"Luka di bagian dada sebelah kiri, kemudian ada luka di bagian leher akibat benda tajam. Kemudian dari antara lengan dengan leher ada lebam yang diduga akibat benda tumpul," ujar dia.

Karena itu, dalam olah TKP kali ini penyidik mengambil sample dari pisau yang diduga milik pelaku serta baju yang dikenakan korban untuk mencari jejak pelaku dengan bantuan anjing pelacak.

"Hasilnya seperti apa, kita informasikan lebih lanjut," ucap dia.

Diduga Dianiaya Sebelum Tewas

Ilustrasi Kasus Pembunuhan Anak dalam Kardus Kembali Membawa Duka | via: guardianlv.com
Ilustrasi Kasus Pembunuhan Anak dalam Kardus Kembali Membawa Duka | via: guardianlv.com

Bekas luka ditemukan saat Tim dokter Rumah Sakit Polri Kramat Jati mengotopsi jasad Yodi Prabowo.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Irwan Susanto menerangkan, Yodi Prabowo diduga sempat dianiaya sebelum ditemukan tak bernyawa di pinggir Tol Jorr Pesanggrahan.

"Menurut hasil autopsi kami menilai bahwa diduga ada penganiayaan sebelumnya," kata dia di Jakarta Selatan, Sabtu, 11 Juli 2020.

Irwan membeberkan sekujur tubuh Yodi Prabowo dipenuhi luka akibat senjata tajam maupun benda tumpul.

"Luka di bagian dada sebelah kiri, kemudian ada luka di bagian leher akibat benda tajam. Kemudian dari antara lengan dengan leher ada lebam yang diduga akibat benda tumpul," ujar dia.

Untuk mengungkap kasus dugaan pembunuhan ini, sejauh ini polisi telah memeriksa 16 orang sebagai saksi untuk dimintai keterangan.

"Saksi itu diperiksa oleh Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Selatan, maupun Polsek Pesanggrahan," ucap dia.

Pesan Terakhir untuk Sang Kekasih

Ilustrasi garis polisi. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)
Ilustrasi garis polisi. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)

Sebelum kepergiannya, kekasih almarhum Yodi Prabowo, Suci Fitri Rohmah mengaku sempat mendapat pesan terakhir.

"Selasa (7 Juli 2020) malam sekitar jam 10 itu, dia whatsapp saya. Seperti biasa, memastikan saya sudah bobo, sudah istirahat. Karena memang dia sangat perhatian," kenang Suci, Sabtu, 11 Juli kemarin.

Pesan dari Yodi baru dia balas di Rabu pagi 8 Juli 2020 karena sudah terlelap tidur. Balasan Suci hanya menyisakan centang satu di aplikasi whatsapp, yang artinya pesan tak tersampaikan di handphone sang editor di Metro TV itu.

Dari sanalah, awal mula kekhawatiran Suci muncul. Wanita berkerudung itu mulai mencoba menghubungi Yodi, namun telepon genggamnya itu tak kunjung bisa dihubungi.

Barulah pada Kamis pagi, ibunda Yodi menghubungi melalui whatsapp, mempertanyakan keberadaan anaknya.

"Ditanya Yodi main ke rumah enggak, saya jawab enggak, saya tanya balik. Dan ternyata dia pamit kerja dari hari Selasa, tapi sampai Kamis itu dia enggak pulang dan tanpa kabar," tutur Suci.

Berencana Menikah

ilustrasi cincin pernikahan/Photo by TranStudios Photography & Video from Pexels
ilustrasi cincin pernikahan/Photo by TranStudios Photography & Video from Pexels

Suci juga menuturkan bahwa keduanya berencan akan menikah pada tahun 2022 setelah 7 tahun menjalin hubungan.

"Iya, tahun 2022 nanti, karena kami dekat sudah tujuh tahun. Kenal dari sekolah," tutur Suci.

Pemilihan tahun 2022 bukanlah tanpa alasan, sebab, tahun tersebut dinilainya baik dan sesuai dengan tanggal pertama mereka pertama kali dekat, yakni 22 Agustus.

Sejak berkomitmen akan melenggang ke jenjang yang lebih serius, baik Suci maupun Yodi tengah menabung untuk mempersiapkan hari bahagia itu.

"Dia yang semangat, ngumpulin uangnya sendiri," ujar Suci.

Namun, takdir berkehendak lain, Yodi terlebih dulu dipanggil Yang Maha Kuasa. Dia diduga menjadi korban pembunuhan.

Suci mengaku, sebelum meninggal, sang kekasih yang merupakan editor Metro TV itu seperti ada masalah. Sebab pada Senin, 6 Juli 2020, Yodi menghubunginya, mengutarakan ingin berbicara empat mata.

"Cuma saya enggak bisa karena posisinya kerjanya kan lagi deadline. Kata saya saat itu, nanti saja di rumah, dia nggak mau karena takut ada keluargaku yang dengar," tutur Suci.

Saat itu, Suci menjanjikan, akan bertemu Yodi setelah pekerjaan deadlinenya selesai, sekitar hari Rabu. Namun, Yodi tak kunjung datang ke rumahnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Mesra Marcel Chandrawinata dan Istri yang Jarang Tersorot

Posted: 11 Jul 2020 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Marcel Chandrawinata mulai dikenal luas oleh publik setelah membintangi film Catatan Akhir Sekolah serta Alexandria. Saudara kembar dari aktor Mischa Chandrawinata ini tak hanya dikenal sebagi aktor saja. Akan tetapi dirinya juga model.

Ia pun cukup aktif mengunggah berbagai kegiatannya di media sosial. Termasuk foto mesra bersama istri tercinta, Priscilla Deasy Tirtadjaya. Marcel dan sang istri sendiri telah menikah pada 24 November 2017 lalu.

Pasangan selebriti ini juga hampir tidak pernah mendapatkan pemberitaan negatif. Kehidupan romantis dari Marcel dengan Daesy pun terlihat dari unggahan-unggahan di akun Instagram masing-masing. Bahkan, hampir 3 tahun menikah keduanya tetap terlihat bak pengantin baru.

Keromantisan pasangan selebriti ini memang jarang sekali tersorot oleh publik. Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @marcelchandra, Minggu (12/7/2020) berikut ini beberapa potret mesra Marcel Chandrawinata dengan sang istri yang jarang tersorot.

1. Marcel dan sang istri kerap mengunggah foto bersama saat tengah berlibur.

Marcel Chandrawinata dan istri (Sumber: Instagram/marcelchandra)
Marcel Chandrawinata dan istri (Sumber: Instagram/marcelchandra)

2. Potret mesra keduanya pun sering kali mencuri perhatian publik.

Marcel Chandrawinata dan istri (Sumber: Instagram/marcelchandra)
Marcel Chandrawinata dan istri (Sumber: Instagram/marcelchandra)

3. Bahkan, melalui unggahan foto di Instagram pemain Istri Kedua ini selalu terlihat bahagia bersama sang istri.

Marcel Chandrawinata dan istri (Sumber: Instagram/marcelchandra)
Marcel Chandrawinata dan istri (Sumber: Instagram/marcelchandra)

4. Penampilam keduanya saat menggunakan baju couple juga jadi sorotan.

Marcel Chandrawinata dan istri (Sumber: Instagram/marcelchandra)
Marcel Chandrawinata dan istri (Sumber: Instagram/marcelchandra)

5. Bahkan, tak sedikit yang menilai jika Marcel dan sang istri merupakan pasangan yang serasi.

Marcel Chandrawinata dan istri (Sumber: Instagram/marcelchandra)
Marcel Chandrawinata dan istri (Sumber: Instagram/marcelchandra)

6. Di beberapa momen spesial, adik dari Nadine Chandrawinata ini pun terlihat kerap memberikan kejutan kecil.

Marcel Chandrawinata dan istri (Sumber: Instagram/marcelchandra)
Marcel Chandrawinata dan istri (Sumber: Instagram/marcelchandra)

7. Meski jarang tersorot, akan tetapi momen mesra keduanya sering kali jadi perhatian netizen.

Marcel Chandrawinata dan istri (Sumber: Instagram/marcelchandra)
Marcel Chandrawinata dan istri (Sumber: Instagram/marcelchandra)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Apa Saja Persiapan Menyambut Bayi bagi Para Calon Ayah?

Posted: 11 Jul 2020 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jelang persalinan berbagai persiapan perlu dilakukan menyambut bayi bagi para calon ayah. Banyak hal yang perlu disiapkan, tak sekadar urusan finansial.

"Persiapan mental menjadi calon ayah dengan mencari informasi tentang kehamilan, melahirkan, dan merawat anak, serta mendampingi istri dalam kondisi-kondisi tersebut. Jangan lupa siapkan finansial dan fisik juga serta berpikir positif," ujar psikolog keluarga Ajeng Raviando ketika dihubungi Liputan6.com, Jumat, 10 Juli 2020.

Dalam kondisi seperti sekarang yang masih pandemi, seorang calon ayah tentu sudah memikirkan apakah sudah mempersiapkan finansial atau belum. "Menjadi calon ayah siaga adalah mengetahui tentang informasi kehamilan, seperti baby blues syndrome, membantu istri agar lebih nyaman," jelas Ajeng.

Ajeng mengatakan, biasanya yang mencari informasi tentang kehamilan lebih banyak istri. Namun, jika calon ayah juga mencari informasi tentang kehamilan, maka ia akan menjadi teman diskusi.

"Jadi, saat istri merasa cemas, maka dia tidak cepat panik. Karena secara garis besar, sang suami mengetahui tentang kehamilan," katanya.

Hal lain yang perlu disiapkan adalah mendampingi istri ke dokter kandungan dan terlibat dari awal sehingga istri tak merasa sendirian. "Menjadi pendengar yang baik dan bantu istri yang sedang mengalami banyak perubahan baik secara fisik maupun emosi sejak kehamilan, melahirkan dan saat merawat bayi hingga besar nanti," kata alumnus Universitas Indonesia ini.

Selain itu, sebagai calon ayah harus memberikan dukungan kepada istrinya apa saja yang nanti dibutuhkan, tak hanya sebelum melahirkan, tapi juga setelah melahirkan.

"Banyak calon ayah yang belum siap dengan baby blues syndrome ini. Karena ketidaksiapan mental, maka calon ayah juga bisa stres, seperti menunggu istri di ruang persalinan," kata Ajeng. "Jadi nikmati momentum menjadi ayah baru. Jangan terlalu cemas, ikuti alurnya dan jalin ikatan emosional dengan anak dan mama baru," saran Ajeng.

Jaga Kesehatan

ilustrasi/copyright pexels.com/Edwin Ariel Valladares
ilustrasi/copyright pexels.com/Edwin Ariel Valladares

Sementara itu dilansir dari Healthline, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah menjaga kesehatan. Calon ayah juga perlu menjaga kesehatan, misalnya, seperti berhenti merokok. Paparan merokok selama kehamilan telah terbukti meningkatkan risiko cacat jantung bawaan pada bayi baru lahir.

Selain itu menjaga kebiasaan makan. Makan dengan baik akan membantu mengisi hari-hari panjang bersama istri dan anak. Bisa juga menambah makanan kaya serat agar menambah daya kekebalan tubuh.

Sekarang adalah saat yang tepat untuk memulai diskusi tentang jenis orang tua yang Anda rencanakan. Ingatlah bahwa semua ini masih teoretis untuk Anda berdua. Begitu bayi tiba, tentu akan ada perubahan yang Anda rasakan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proyek 10 Desa Wisata Danau Toba Dimulai

Posted: 11 Jul 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah secara resmi memulai proyek pengembangan 10 desa wisata di kawasan destinasi pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara. Pengembangan 10 desa wisata itu merupakan proyek percontohan. 

Peresmian ini secara simbolis ditandai dengan peletakan batu pertama toilet wisata dan pengelolaan persampahan.

Peletakan batu pertama toilet wisata merupakan CSR dari PT Pertamina sementara pengelolaan sampah dari PT Pegadaian.

"Kita berharap pengembangan Danau Toba tidak hanya bersumber dari APBN pemerintah, tapi juga melibatkan semaksimal mungkin stake holder untuk mengembangkan Danau Toba," kata Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo, dalam pernyataannya, Minggu (12/7/2020).

Peletakan batu pertama pengembangan desa wisata itu disaksikan langsung Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio secara virtual.

Ada 10 desa yang dipilih dalam proyek percontohan berdasarkan kearifan lokal yang dimiliki serta berbasis komunitas. Kesepuluh desa itu terletak di Kabupaten Humbang Hasundutan (tiga desa), Kabupaten Toba (empat desa), dan Kabupaten Tapanuli Utara (tiga desa).

Selain groundbreaking pengembangan desa wisata, pada Jumat ini juga dilakukan penyerahan santunan atas lahan otoritatif Danau Toba.

Pemerintah memberikan uang ganti rugi ekonomi masyarakat yang terdampak pengembangan pariwisata Danau Toba senilai total Rp 26 miliar bagi masyarakat yang terdampak proyek pengembangan pariwisata di lahan seluas 279 hektar.

Proses ganti rugi mengacu pada Perpres No. 62 Tahun 2018 tentang Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan Dalam Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Basional.

Dalam Perpres tersebut penghitungan ganti rugi dilakukan oleh Gubernur dan bisa didelegasikan kepada Bupati.

"Hari ini kami memberikan secara simbolis kepada 255 bidang tanah yang di atasnya ada tanaman seperti kopi dan alpukat, yang dimiliki oleh 204 orang. Total anggaran Rp 26 miliar bersumber dari APBN yang didistribusikan kepada masyarakat sebagai itikad baik pemerintah agar perekonomian rakyat tidak terdampak aktivitas pengembangan pariwisata di Danau Toba," ujar dia.

 

Protokol Kesehatan

Danau Toba Sumatera Utara (dok.Instagram@jokowi/https://www.instagram.com/p/Btzft4ZDXEH/Devita Nur Azizah
Danau Toba Sumatera Utara (dok.Instagram@jokowi/https://www.instagram.com/p/Btzft4ZDXEH/Devita Nur Azizah

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hari Santosa Sungkar menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan covid-19 di destinasi wisata Danau Toba di era kenormalan baru ini.

Untuk itu, ia meminta pemerintah daerah serta pengelola Danau Toba memastikan prinsip Cleanless, Healtyness, Safety, and Environment (CHSE) betul-betul diterapkan di destinasi wisata Danau Toba.

"Mudah-mudahan temen-temen Pemda di sana menyiapkan kebersihan, higienis, terutama sanitasi dan tempat sampah. Kami sedang menyusun buku panduan protokol kesehatan dan siap mensosialisasikannya," jelasnya.

Sebab, penerapan prinsip CHSE di destinasi wisata Danau Toba penting dilakukan untuk memberikan kepercayaan kepada turis baik dari dalam maupun luar negeri.

"Sekarang trennya adalah travel bubble, di mana harus ada perjanjian multilateral dengan negara lain yang di dalam perjanjian itu kita tukar menukar turis. Toba selama ini diminati Malaysia dan Singapura, semoga perjanjian ini segera bisa kita jajaki," tukasnya

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Sembuh dari Corona COVID-19 Bertambah 31 Orang di Gresik

Posted: 11 Jul 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Kabupaten Gresik, Jawa Timur bertambah 31 orang pada Sabtu, 11 Juli 2020.

"Untuk hari ini kami laporkan tambahan positif sebanyak 30 orang, kemudian meninggal dunia satu orang, dan pasien sembuh mencapai 31 orang," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Gresik drg Saifudin Ghozali di Gresik, Sabtu, 11 Juli 2020, seperti dikutip dari Antara.

Pasien sembuh dari COVID-19 itu, kata Saifudin, berasal dari lima kecamatan, masing-masing Bungah, Driyorejo, Kebomas, Manyar, serta Kecamatan Menganti.

Untuk pasien positif berasal dari sembilan kecamatan, masing-masing Cerme, Driyorejo, Duduk Sampeyan, Gresik, Kebomas, Kedamean, Manyar, Menganti, serta Kecamatan Panceng.

Sebelumnya, kata dia, dalam dua pekan terakhir tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Kabupaten Gresik selalu berbanding jauh dengan pasien positif, bahkan perbandingannya cukup signifikan.

Seperti terjadi pada Sabtu, 4 Juli 2020 yang mencatat rekor positif tertinggi terjadi dalam sehari sebanyak 61 pasien terkonfirmasi positif COVID-19, sedangkan kesembuhan hanya satu pasien.

Angka positif yang tidak seimbang dengan tingkat kesembuhan tersebut, juga sempat membuat prihatin Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.

"Saya prihatin, setiap hari jumlah kasus positif di Gresik terus bertambah dan jumlahnya semakin besar. Jumlah itu tidak seimbang dengan kesembuhan," kata Sambari, kepada wartawan.

Total Pasien Positif COVID-19 di Gresik

Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay

Sementara itu, meski terkini laporan pasien sembuh lebih tinggi dibanding positif, tetapi secara akumulasi masih cukup jauh.

Total pasien sembuh saat ini mencapai 229 pasien, sedangkan positif COVID-19 sebanyak 1.137, dengan 804 orang masih menjalani perawatan, serta 104 pasien meninggal dunia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Takut Terluka, 5 Zodiak Ini Paling Tak Mau Dicampakkan

Posted: 11 Jul 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketika menjalani hubungan asmara, setiap individu tentu ingin bahagia. Hanya saja ada beberapa hubungan tak bisa berlangsung lama dan harus kandas. Ya, terluka dalam suatu hubungan merupakan hal yang cukup jelas.

Tetapi berapa lama rasa sakit itu berlangsung, sangat tergantung pada masing-masing orang. Ada beberapa orang yang mungkin tidak bisa menghadapinya dan efeknya mungkin bertahan lama. Beberapa memiliki rasa takut yang terus-menerus terluka, ditolak atau diabaikan.

Seperti melansir dari Boldsky, Minggu (12/7/2020), rupanya ada beberapa zodiak yang diklaim paling takut mengalami yang namanya sakit hati dan dicampakkan, berikut ulasannya.

1. Aries

Ilustrasi Ekspresi Sedih Credit: pexels.com/Masha
Ilustrasi Ekspresi Sedih Credit: pexels.com/Masha

Apakah kamu sering berpikir bahwa mereka yang berzodiak Aries cukup kuat karena mereka kerap berapi-api ketika berbicara?

Faktanya adalah mereka hanya menunjukkan sisi yang lebih kuat. Padahal mereka melakukannya karena memiliki rasa takut terluka dalam dirinya. Mereka juga sebenarnya sangat berperasaan dengan hati mereka. Ketika merasakan sakit sedikit saja, mereka akan merasakannya berlarut-larut.

2. Gemini

Ilustrasi Emosi Sedih Credit: pexels.com/freestocks.org
Ilustrasi Emosi Sedih Credit: pexels.com/freestocks.org

Gemini terkadang terlihat sangat misterius karena mereka tidak banyak bicara dan tidak dekat dengan semua orang.

Tetapi ada hal yang mungkin tidak kamu ketahui bahwa mereka memiliki lautan emosi dan serangkaian pengamatan yang terus mengalir di dalam pikiran mereka sepanjang waktu. Gemini mudah saja memutuskan ikatan untuk mengatasi rasa sakit dan penolakan.

3. Leo

Ilustrasi Berdamai dengan Masa Lalu Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio
Ilustrasi Berdamai dengan Masa Lalu Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Leo selalu tampil percaya diri dan bangga dengan diri mereka seperti layaknya seekor singa. Namun, semakin tinggi kebanggaan, semakin kuat rasa takut akan terluka.

Meskipun mereka percaya diri, mereka juga terus mencari penerimaan. Ketika mereka gagal mendapatkannya, itu sangat menyakitkan bagi mereka.

4. Scorpio

Ilustrasi sedih (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi sedih (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Scorpio memiliki sifat yang mudah mengendalikan banyak hal. Mereka mencoba mengendalikan apapun terlebih dahulu. Hal ini juga menyangkut hubungan dan emosi. Selama mereka bisa, mereka berusaha tidak terluka. Tetapi, tentunya mereka tak terlepas dari menderita ketakutan yang terus-menerus, baik secara sadar atau tidak sadar.

5. Sagitarius

Ilustrasi/copyrightshutterstock/Photo_DDD
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Photo_DDD

Sagitarius sangat mudah mempercayai orang, lalu terluka dan di sinilah pelajaran yang dipelajari. Sekarang mereka tahu bahwa orang-orang terluka. Dari hal tersebut bukan berarti mereka tidak percaya. Hanya saja mereka terus-menerus takut akan terluka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Tutupi Kamera Webcam MacBook, Ini Bahayanya!

Posted: 11 Jul 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian dari kamu yang corcern terhadap implikasi privasi mungkin selalu menonaktifkan atau menutupi webcam bawaan di laptop.

Hal ini karena ada beberapa yang khawatir terkait peretas yang dapat mengakses kamera webcam untuk memata-matai mereka.

Kondisi ini pun mendorong pengguna untuk membeli aksesoris penutup webcam guna memblokir kamera di laptop, salah satunya MacBook. Mereka hanya akan melepas penutup webcam ketika ingin menggunakannya.

Namun, Apple memperingatkan pengguna untuk tidak menggunakan penutup webcam karena berpotensi menyebabkan kerusakan tampilan MacBook.

"Jika kamu menutup MacBook saat penutup kamera webcam terpasang, itu dapat merusak layar karena jarak antara layar dan keyboard jadi dekat. Menutupi kamera internal juga dapat mengganggu sensor cahaya sekitar dan mencegah fitur seperti kecerahan otomatis dan True Tone tak berfungsi," demikian pernyataan Apple, dilansir Ubergizmo, Minggu (12/7/2020). 

 

 

Saran Apple

MacBook Air (apple.com)
MacBook Air (apple.com)

Sebaliknya, Apple meminta pengguna untuk mengandalkan lampu indikator pada webcam, yang mana fitur itu akan memberi tahu pengguna jika kamera sedang digunakan.

Perusahaan mengklaim fitur itu telah dirancang sedemikian rupa sehingga kamera tidak dapat aktif tanpa lampu menyala.

Dengan demikian, peretas tidak bisa menipu penguna secara diam-diam karena mereka akan sadar ketika kemera aktif.

 

Solusi Lain

MacBook Air (apple.com)
MacBook Air (apple.com)

Namun sayangnya, saran dari Apple mungkin akan dianggap angin lalu oleh beberapa pengguna.

Jika kamu benar-benar ingin memblokir kamera webcam, baik dengan penutup yang ketebalannya kurang dari 0,1mm, pastikan untuk melepas penutup webcam sebelum kamu menutup laptop.

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Layar Tancap, Alternatif Bioskop di Era New Normal

Posted: 11 Jul 2020 08:00 PM PDT

Teknisi menyiapkan layar tancap sebelum pertunjukkan di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Teknisi menyiapkan layar tancap sebelum pertunjukkan di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Teknisi menyiapkan layar tancap sebelum pertunjukkan di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Teknisi sedang menyambungkan film sebelum pertunjukkan layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Teknisi sedang menyambungkan film sebelum pertunjukkan layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Teknisi sedang menyambungkan film sebelum pertunjukkan layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Teknisi sedang menyambungkan film sebelum pertunjukkan layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Teknisi sedang menyambungkan film sebelum pertunjukkan layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Teknisi sedang menyambungkan film sebelum pertunjukkan layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Teknisi mengoperasikan proyektor film layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Teknisi mengoperasikan proyektor film layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Teknisi mengoperasikan proyektor film layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Teknisi mengoperasikan proyektor film layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Teknisi mengoperasikan proyektor film layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Teknisi mengoperasikan proyektor film layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Teknisi memasukan film ke  proyektor film layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Teknisi memasukan film ke proyektor film layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Teknisi memasukan film ke proyektor film layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah orang menonton film layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Sejumlah orang menonton film layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah orang menonton film layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah layar tancap menampilkan film di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Sejumlah layar tancap menampilkan film di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah layar tancap menampilkan film di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah anak tanpa mengenakan masker menonton film layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Sejumlah anak tanpa mengenakan masker menonton film layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah anak tanpa mengenakan masker menonton film layar tancap di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/7/2020). Layar tancap atau bioskop terbuka menjadi alternatif bagi warga untuk menikmati film di tengah penerapan new normal di kawasan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: