Jumat, 24 Juli 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Diduga Korsleting Listrik, Sejumlah Rumah di Krembangan Surabaya Terbakar

Posted: 24 Jul 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran terjadi di sejumlah rumah di Jalan Tambak Asri Bunga, Kelurahan Morokrembangan, Kecamatan Krembangan, Surabaya, Jawa Timur pada Jumat malam, 24 Juli 2020. Pada kebakaran itu tidak ada korban jiwa.

Kronologi kebakaran di tujuh rumah semi permanen itu menyusul ada laporan dari warga pada pukul 21.10 WIB. Selanjutnya unit tempur Walang Kadung tiba di tempat kejadian pada  pukul 21.18 WIB dan langsung melaksanakan pemadaman.

Unit yang diberangkatkan ada 21 unit antara lain tiga unit Walang Kadung, satu unit Tempur Pos TOW, dua unit Tempur Rayon V Margomulyo, satu unit rescue, satu unit SCBA, satu unit ranger tim Orong-Orong.

Selain itu, satu unit Tempur Pos Kandangan, satu unit Tempur Pos Pakal, satu unit Tempur Pos Pakis TVRI, satu unit Tempur Pos Grudo, dua unit Tempur Rayon II Tambak Rejo, dua unit Tempur Rayon I Pasar Turi, satu unit python, satu unit Tempur Pos Bulak, satu unit Tempur Pos Pegirian, satu unit Tempur Pos Lakarsantri.

Selanjutnya satu unit tempur Rayon IV Wiyung, satu unit tempur Pos Sukolilo, dan satu unit tempur Rayon 3 Rungkut. Dengan unit bantuan dari DKRTH. Luas tempat kejadian yang terbakat kurang lebih 40 meter kali 20 meter.

"Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik," dikutip dari keterangan, Sabtu (25/7/2020).

Penanganan Kebakaran

Penanganan kebakaran itu antara lain oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, BPB Linmas, DKRTH, Posko Terpadu Utara, Polsek Krembangan, Praja Krembangan, Kasatgas Morokrembangan, BKO Kel. Morokrembangan, PLN dan PMI Kota Surabaya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukungan Dokter Tirta untuk Bantu Sesama yang Terdampak Corona Covid-19

Posted: 24 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama dokter Tirta dikenal sebagai relawan Corona Covid-19. Namun namanya kian santer terdengar dari beberapa persoalan. Saat ini, dr Tirta juga dikenal sebagai konten kreator. 

Dokter Tirta yang memiliki nama panjang Tirta Mandira Hudhi ini memang dikenal dengan pemikiran-pemikirannya. Masih terkait dengan Corona, dr Tirta kini aktif mendukung dan mengulas brand-brand lokal di Indonesia melalui media sosial. 

Dokter Tirta bersama Hollywings Merchandise sedang gencar meluncurkan masker non-medical. Animo masyarakat tentang dirilisnya masker Holywings x Dokter Tirta ini sangat diminati.

 

Mengangkat

Dokter Tirta
Dokter Tirta

Bukan hanya itu saja, dr Tirta juga melahirkan produk-produk yang bernuansakan 'Holywings banget'. Seperti kaus, jaket dengan desain kece, topi-topi keren, gelas yang bisa menjadi teman minum di rumah atau kantor. Ada pula Zippo dengan motif-motif yang limited edition sampai car parfume dengan wangi yang menenangan. 

"Kami ingin mengangkat UMKM khusus apparel, penjahit lokal. Tujuannya, orang-orang jadi tahu Holywings bukan sekadar restoran, tapi juga jadi brand lokal yang dibuat sama UMKM lokal," ujar Dokter Tirta di Hollywings Gunawarman, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

"Holywings Merchandise berisi produk-produk yang bernuansakan Holywings dengan motif limited. Kami ingin mengangkat brand lokal, sebab semua merchandise kami dikerjakan oleh UMKM lokal," ujar tambah Kevin, Marketing Hollywing 

 

Kolaborasi

Dokter Tirta
Dokter Tirta

Kolaborasi yang dijalankan Hollywings dengan Dokter Tirta ingin mendukung usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal yang terdampak Covid-19. Ingin memajukan UMKM, semua produk Holywings Merchandise dibuat oleh produsen lokal. 

"Kami ingin mengangkat UMKM khusus apparel, penjahit lokal. Tujuannya, orang-orang jadi tahu Holywings bukan sekadar restoran, tapi juga jadi brand lokal yang dibuat sama UMKM lokal," sambung dokter Tirta.

 

Donasi

Nantinya, seluruh hasil penjualan merchandise ini akan digunakan bagi kegiatan donasi penanganan Corona Covid-19. 

"Seluruh hasil penjualan merchandise ini akan digunakan untuk donasi," pungkas dr Tirta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alokasikan Dana Rp475 Miliar, Singapura Dorong Wisata Domestik

Posted: 24 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Warga Singapura didorong untuk berwisata dalam negeri, kegiatan yang kemudian dijuluki Singapoliday, sebagai bentuk dukungan pada bisnis lokal.

Melansir laman Channel News Asia, Jumat, 24 Juli 2020, sebagai dukungan, Singapore Tourism Board (STB) dan agensi lain menggelontorkan dana kampanye senilai 45 juta dolar Singapura (Rp475 miliar) untuk sembilan bulan ke depan.

"Gerakan ini akan menawarkan pengalaman unik, ragam paket, dan promosi untuk warga lokal," kata STB, Enterprise Singapore and Sentosa Development Corporation (SDC) lewat keterangan resmi.

Pihaknya pun telah menjalin kerja sama dengan ragam komunitas, yakni foodies, para fotografer, serta grup pecinta alam dan sejarah untuk membantu publik Singapura menemukan lokasi-lokasi tersembunyi.

Juga, telah merilis jadwal perjalanan yang diawali dengan area, seperti Little India, Sentosa, Chinatown, dan Orchard Road untuk memungkinkan pelancong mengeksplor sisi berbeda Negeri Singa.

"Singapura punya pasar domestik yang secara signifikan mencari ragam pengalaman baru. Bila kami bisa menangkap sebagian dari apa yang biasa kami habiskan di luar negeri, saya pikir gerakan ini akan memberi dorongan berarti bagi industri pariwisata dalam negeri," kata Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Chan Chun Sing.

Gerakan ini sendiri didorong angka kunjungan turis ke Singapura yang angkanya terjun bebas. Pada Mei, tercatat hanya terdapat 880 kunjungan, pengurangan 99,9 persen dari waktu yang sama tahun lalu. 

Publikasi Berbagai Tawaran Menarik

Wisata sejarah di Singapura. (dok. SGB)
Wisata sejarah di Singapura. (dok. SGB)

Masih seputar dorongan kunjungan bagi turis domestik, sekitar 40 bisnis telah menawarkan setidaknya 80 promosi untuk atraksi, tur, dan pengalaman bermalam di hotel. Beberapa penawaran ini berhubungan dengan Hari Kemerdekaan Singapura ke-55 tahun pada 9 Agustus mendatang.

Sebagai contoh, bakal ada diskon 55 persen tiket Changi Experience Studio dan Singapore Cable Car Sky Passes. Lalu, 1-for-1 deal di atraksi, seperti Wild Wild Wet dan Madame Tussauds. 

Beberapa hotel menawarkan paket promosi staycation dengan tur lokal. Sedangkan, perusahaan tur lokal akan mengombinasikan penawaran untuk menarik minat pelancong dalam negeri. Sentosa pun bakal menawarkan ragam promosi dan paket staycation

STB mengatakan, detail tentang paket, penawaran, dan promosi bakal tersedia di laman SingapoRediscovers dan aplikasi ponsel VisitSingapore.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Transformasi Lesty Kejora, dari Awal Karier hingga Berhijab dan Sukses

Posted: 24 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lestyani Andryani atau yang saat ini lebih dikenal dengan nama Lesty Kejora memang kerap mencuri perhatian netizen. Nama wanita asal Cianjur ini mulai dikenal luas oleh publik setelah mengikuti ajang Dangdut Academy 1 pada 2014 lalu.

Lesty Kejora pun berhasil membius para dewan juri serta penonton dengan suara emasnya. Tak heran jika ia berhasil menyabut juara pertama di ajang pencarian bakat tersebut.

Karier Lesty Kejora setelah menjadi juara di D'Academy pun kian bersinar. Cengkok vokal yang khas dan suara yang menggelegar membuatnya semakin diidolakan oleh masyarakat. Wanita kelahiran 5 Agustus 1999 ini pun sukses mengeluarkan single debut karya Nur Bayan berjudul Kejora.

Tak hanya itu saja, Lesty pun kembali menjajal kemampuan bernyanyinya saat mengikuti ajang D'Academy Asia. Namun, pada ajang ini Lesty Kejora pun hanya berhasil lolos sebagai Runner-up. Bukan hanya sukses berkarier dalam dunia musik dangdut Tanah Air saja. Nyatanya, Lesty Kejora juga sempat membintangi beberapa FTV dan sinetron.

Bukan kariernya saja yang kerap mencuri perhatian netizen. Akan tetapi penampilan wanita 20 tahun ini juga sering menjadi sorotan. Di awal 2019 lalu, pelantun lagu Buka Mata Hati ini memutuskan untuk berhijab. Tak sedikit pula netizen yang memuji penampilan baru dari Lesty dengan hijabnya.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret transformasi Lesty Kejora dari awal karier hingga berhijab dan sukses, Sabtu (25/7/2020).

1. Lesty mengawali karier di ajang Dangdut Academy musim pertama pada usia 15 tahun.

Lesty Kejora (Sumber: Kapanlagi.com)
Lesty Kejora (Sumber: Kapanlagi.com)

2. Potongan rambut pendek dengan poni rata pun menjadi salah satu ciri khas dari Lesty.

Lesty Kejora (Sumber: Kapanlagi.com)
Lesty Kejora (Sumber: Kapanlagi.com)

3. Merindukan masa karantina dan berkompetisi. Lesty Kejora mendapat kesempatan untuk ikut dalam D'Academy Asia.

Lesty Kejora (Sumber: Kapanlagi.com)
Lesty Kejora (Sumber: Kapanlagi.com)

4. Mampu meraih kesuksesan diusia belia tentu saja menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi Lesty.

Lesty Kejora (Sumber: Kapanlagi.com)
Lesty Kejora (Sumber: Kapanlagi.com)

5. Ia pun berhasil menyabet penghargaan Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Terbaik di ajang Anugerah Musik Indonesia 2017.

Lesty Kejora (Sumber: Kapanlagi.com)
Lesty Kejora (Sumber: Kapanlagi.com)

6. Pada 2019 lalu, Lesty Kejora memutuskan untuk berhijab.

Lesty Kejora (Sumber: Kapanlagi.com)
Lesty Kejora (Sumber: Kapanlagi.com)

7. Ia pun lebih sering berpenampilan kasual namun tetap stylish meski berhijab.

Lesty kejora (Sumber: Instagram/lestykejora)
Lesty kejora (Sumber: Instagram/lestykejora)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bakal Cabup Bambang Haryo Siapkan Kader NU Jadi Wakil Maju di Pilkada Sidoarjo

Posted: 24 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Bupati Sidoarjo Bambang Haryo Soekartono mengaku tengah mempersiapkan kader Nahdlatul Ulama menjadi bakal calon wakil bupati yang akan mendampinginya pada Pemilihan Kepala Daerah Sidoarjo 2020.

"Saya mengambil kader NU sebagai pendamping di Pilkada Sidoarjo 2020. Tapi maaf, nama belum bisa disampaikan," ujar Bambang Haryo saat dikonfirmasi di Surabaya, Jumat sore, 24 Juli 2020.

Politikus yang juga pengusaha di bidang pelayaran tersebut mengaku telah evaluasi terhadap beberapa calon dan saat ini sudah ada tiga nama yang menjadi kandidat terkuat sebagai bakal calon wakil bupatinya, dilansir dari Antara.

"Kami masih melakukan riset dari lembaga independen dan pasti berkualitas. Partai pengusung juga sudah menyerahkan nama pendamping saya nantinya di pilkada," ucapnya.

Bambang Haryo masuk pada bursa Pilkada Sidoarjo yang digelar 9 Desember 2020 usai namanya direkomendasi oleh dua partai politik, yaitu Partai Gerindra dan Partai Golkar.

 

3 Partai Siap Beri Rekomendasi

Pilkada serentak
Pilkada serentak

Partai Golkar menerbitkan surat rekomendasi pada 30 Maret 2020, sedangkan Partai Gerindra mengeluarkan rekomendasi 4 Juli 2020.

BHS, sapaan akrab Bambang Haryo, mengaku saat ini sudah ada tiga partai politik lagi yang tak lama lagi juga memberikan rekomendasi kepada dirinya.

"Selain Golkar dan Gerindra, Insya-Allah PPP serta Partai Demokrat bakal merekomendasi. Ada satu lagi partai yang juga siap mengusung, tapi belum bisa saya sebutkan," katanya.

Sementara itu, mantan anggota DPR RI tersebut juga mengaku saat ini tetap turun ke lapangan untuk mengetahui permasalahan di masyarakat.

"Itu sangat penting di waktu yang tinggal sedikit sehingga harus benar-benar dimatangkan, karena sejatinya untuk menguasai permasalahan butuh waktu panjang," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Minta Tim Pemulihan Ekonomi Percepat Realisasi Anggaran PEN

Posted: 24 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengapresiasi langkah pemerintah dalam upaya pembentukan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi. Tim itu diharapkan dapat bekerja cepat utamanya membangkitkan roda ekonomi Indonesia.

Wakil Ketua Umum BPP HIPMI, Anggawira, mengatakan, kondisi perekonomian saat ini sudah cukup berat dan sulit. Apalagi jika melihat negara tentangga seperti Singapura dan Korea Selatan sudah masuk dalam wilayah krisis atau resesi.

Kondisi itu perlu direspon cepat. Setidaknya, lembaga besutan Presiden Joko Widodo itu harus mengeksekusi program-program yang selama ini sudah disampaikan pemerintah. Apalagi realisasi dari program pemulihan ekonomi Indonesia sejauh ini masih sangat minim realisasinya.

"Perlu realisasi cepat faktanya di lapangan informasi-informasi secara masih jauh," kata dia dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (25/7).

Dia berharap, tim yang dipimpin oleh Menteri BUMN Erick Thohir itu memiliki kontrol ke arah sana. Paling tidak, meneruskan apa yang selama ini menjadi hambatan di dalam realisasi program PEN.

Pengusaha ini juga menegaskan, keberadaan lembaga ini jangan sampai hanya sifatnya koordinatif, tapi lemah dalam tatanan eksekutif.

"Sekali lagi hal-hal yang saya sampaikan secara clear faktanya memang secara makro sudah ada program-program penanganan, cuma eksekusinya," kata dia.

Bantuan UMKM

BRI telah melakukan restrukturisasi terhadap lebih dari 134 ribu pelaku UMKM yang terdampak COVID-19 di Indonesia.
BRI telah melakukan restrukturisasi terhadap lebih dari 134 ribu pelaku UMKM yang terdampak COVID-19 di Indonesia.

Di samping itu, dia juga menyoroti bantuan UMKM yang tengah digembor-gemborkan oleh Presiden Jokowi. Di mana, secara langsung Mantan Walikota Solo itu menerima UMKM dan memberikan bantuan langsung senilai Rp25 juta kepada mereka.

"Faktanya juga seperti apa dan mekanismenya bagaimana kitapun dari HIPMI belum mendapatkan bentuk teknisnya seperti apa? Tidak mungkin lembaga kepresidenan mendeliver bantuan bantuan tersebut. Hal-hal seperti ini secara teknik nya harus diatur negara konkrit secara umum seperti itu," kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSG Juara Piala Prancis, Mbappe Dapat Tekel Horor

Posted: 24 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Kesuksesan PSG mengangkat trofi Piala Prancis memakan korban. Tidak tanggung-tanggung, korbannya adalah bintang mereka, Kylian Mbappe.

Seperti dilansir NBC Sports, Mbappe cedera setelah menerima tekel horor dari pemain Saint Etienne, Loic Perrin yang langsung menerima kartu merah. PSG bertemu Saint Etienne dalam laga final Piala Prancis, Sabtu (25/7/2020) dinihari WIB.

Dalam video yang beredar di twitter, engkel Mbappe sempat tertekuk usai menerima tekel Perrin.

Tekel itu sempat memicu ketegangan antar-pemain dari kedua kesebalasan. Mulanya, Perrin hanya diganjar kartu kuning, namun wasit mengubah keputusannya usai melihat VAR.

Mbappe sendiri harus dibopong keluar lapangan setelah sempat meringis kesakitan. Namun pada babak kedua, ia sudah terlihat berada di pinggir lapangan sembari memakai tongkat dan menonton sisa pertandingan.

PSG sendiri keluar sebagai pemenang dalam laga itu. Le Parisien menang lewat gol tunggal Neymar pada menit ke-14.

Usai laga melawan Saint Etienne, PSG akan berhadapan dengan Atalanta di babak delapan besar Liga Champions 1 3 Agustus mendatang. Mbappe kemungkinan absen di laga itu lantaran cedera ini.

 

 

Diincar Real Madrid

Presiden Prancis Emmanuel Macron (tengah) bertepuk tangan saat pemain PSG Kylian Mbappe (kiri tengah) berjalan melewati trofi Piala Prancis usai mengalahkan Saint-Etienne pada laga final di Stade de France, Saint Denis, Paris, Prancis, Jumat (24/7/2020). PSG menang 1-0. (AP Photo/Francois Mori)
Presiden Prancis Emmanuel Macron (tengah) bertepuk tangan saat pemain PSG Kylian Mbappe (kiri tengah) berjalan melewati trofi Piala Prancis usai mengalahkan Saint-Etienne pada laga final di Stade de France, Saint Denis, Paris, Prancis, Jumat (24/7/2020). PSG menang 1-0. (AP Photo/Francois Mori)

Mbappe bergabung dengan PSG dari AS Monaco pada musim 2017/18. Kecepatan dan kegesitan membuat Mbappe langsung mendapat tempat di skuat utama PSG.

Tiga musim berkostum PSG, Mbappe telah tampil 120 kali dan mencetak 90 gol. Enam trofi juga telah dipersembahkannya untuk PSG.

Torehan itulah yang membuat banyak klub besar Eropa meminatinya. Salah satu yang sempat diisukan tertarik adalah Real Madrid.

Statistik Mbappe di PSG

2017/18: 44 main, 21 gol

2018/19: 43 main, 39 gol

2019/20: 33 main, 30 gol

Trofi

Liga Prancis: 3

Piala Prancis: 1

Piala Liga Prancis: 1

Piala Super Prancis: 1

Unggahan Mbappe Angkat Trofi Piala Prancis

Saksikan Video PSG di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Sabtu 25 Juli: Sebanyak 201 Siswa Secapa Kembali Dinyatakan Negatif

Posted: 24 Jul 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta: Bertambah lagi jumlah pasien di Sekolah Calon Perwira Angkatan (Secapa AD), Bandung, yang dinyatakan negatif Covid-19.

Kepala Dinas Penerangan AD Brigjen TNI Nefra Firdaus melaporkan bahwa, pada hari ini Sabtu 25 Juli 2020, ada sebagian siswa yang hasil laboratorium PCR dari swab test ke-2 adalah negatif.

"Hasil lab PCR dari swab ke-2 pasien di Secapa AD sampai dengan pagi ini ada 201 pasien lagi yang dinyatakan negatif," kata Nefra, Sabtu (25/7/2020).

Total, menurut dia, sudah ada 819 siswa yang dinyatakan negatif.

Sehingga, dari total 1.308 siswa yang sempat dinyatakan positif, kini tinggal 489 siswa.

"Pasien positif Covid-19 di Secapa AD pada pagi ini sudah berkurang 819 orang menjadi tinggal 489 orang," jelas Nefra.

Menurut dia, dari 489 tersebut, 10 siswa dirawat di RS TNI AD Dustira, Bandung.

"Sedangkan 479 lainnya berada di Secapa AD (isolasi) tanpa keluhan apa pun," dia memungkasi.

Bukti Penanganan Pasien

Sebelumnya, sebanyak 618 prajurit di Sekolah Calon Perwira (Secapa) AD telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Hasil lab PCR (polymerase chain reaction) dari 'swab' lanjutan pasien di Secapa AD sampai dengan pagi ini, ada 146 pasien lagi yang dinyatakan negatif Covid-19," kata Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa melalui penyataan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (23/7/2020).

Semakin bertambahnya pasien Covid-19 yang sembuh, menurut Andika, merupakan bukti penanganan pasien Covid-19 di klaster Secapa AD terus memperlihatkan kabar menggembirakan.

"Dengan penambahan 618 siswa negatif Covid-19 itu, maka siswa positif yang semula sebanyak 1.308 orang telah berkurang hingga tinggal 690 orang," jelasnya dilansir Antara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Penyebab Rem Mobil Bunyi Ketika Diinjak dan Solusinya

Posted: 24 Jul 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak mungkin sedikit mengganggu bagi beberapa pengemudi termasuk Anda. Hal ini wajar, terutama jika mobil hampir setiap hari digunakan. Sebab, kondisi jalanan kotor dan berdebu, bisa jadi salah satu dari sekian banyak penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak yang kerap kali muncul.

Namun, berbagai penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak ini bisa saja dengan mudah diatasi. Hanya saja tidak banyak orang yang mungkin mengetahui, bagaimana cara melakukan diagnosis agar penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak tersebut segera diketahui dan bisa dilakukan penanganan yang tepat.

Sebab, jika penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak tersebut hanya berasal dari kotoran yang menempel pada piringan cakram, Anda tidak perlu membawa mobil ke bengkel. Namun bagaimana jika ternyata penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak berasal dari kampas rem yang habis? Tentu saja Anda sangat disarankan segera melakukan penggantian di bengkel.

Sebab, selain kampas rem menjadi penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak, hal tersebut juga akan menambah risiko berbahaya ketika mobil melakukan pengereman dalam kecepatan tinggi, karena rem tidak dapat menghentikan laju mobil dengan maksimal.

Nah, lalu untuk mengetahui penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak bisa dimulai dari mana? Berikut ini, Liputan6.com sudah merangkum berbagai penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak, dimulai dari penyebab paling umum dan mudah ditangani, hingga penyebab yang harus dilakukan penanganan di bengkel, Sabtu (25/7/2020).

Rem Terkena Oli dan Air

Ilustrasi Rem (www.kisscc0.com)
Ilustrasi Rem (www.kisscc0.com)

1. Rem Terkena Oli

Salah satu penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak yang mungkin cukup sepele karena adanya tetesan oli yang menempel pada cakram dan kampas rem. Selain akan menimbulkan suara berdecit yang cukup memekakkan telinga, dari segi keamanan juga cukup berisiko. Sebab, ketika melakukan pengereman akan membuat roda jadi sulit untuk berhenti berputar dengan benar. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan pembersihan dengan sabun pada bagian cakram mobil.

2. Rem Terkena Air

Selain karena oli yang menempel pada piringan cakram, faktor yang disebabkan air menempel juga menjadi penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak. Mungkin terdengar sepele, namun hal ini juga umum dialami oleh para pengemudi. terkena percikan air pada piringan cakram bisa menjadi salah satu penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak. Untuk mengatasi hal ini, biasanya cukup gunakan mobil selama beberapa saat, dan secara otomatis bunyi decit bisa menghilang, karena air akan dengan sendirinya mengering.

Kondisi Rem Kotor dan Kurang Pelumas

Ilustrasi Rem (www.kisscc0.com)
Ilustrasi Rem (www.kisscc0.com)

3. Kondisi Rem Kotor

Sedikit berbeda dari dua penyebab di atas, pada kondisi ini biasanya terjadi di musim hujan. Tidak hanya karena kondisi air yang menempel, tapi air tersebut biasanya membawa kotoran seperti pasir atau debu, dan mengisi celah antara kampas serta cakram. Lalu berbagai kotoran tersebut akan mengeras seiring waktu. Hal ini yang akan menimbulkan suara berdecit ketika Anda menginjak rem.

4. Pedal Rem Kurang Pelumas

Biasaanya kekurangan pelumas pada bagian pedal rem akan menimbulkan rem mobil bunyi ketika diinjak. Engsel yang ada pada bagian rem harus rutin dilumasi agar tidak menimbulkan bunyi berdecit ketika sedang dikendarai, dan ada baiknya Anda melakukan perawatan secara rutin untuk menghindari hal tersebut.

Kampas Rem Habis dan Kurang Berkualitas

Ilustrasi Rem (www.kisscc0.com)
Ilustrasi Rem (www.kisscc0.com)

5. Kampas Rem Habis

Selanjutnya ada salah satu penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak yang juga cukup umum, yaitu habisnya kampas rem. Hal ini wajar terjadi apabila mobil memang sering digunakan. Selain membuat bunyi yang kurang nyaman, biasanya kemampuan pengereman akan turun terganggu, karena rem tidak mampu mencengkram bagian cakram atau disc brake dengan baik. Dan, jika hal ini terjadi, segera lakukan penggantian di bengekel terdekat.

6. Kampas Rem Kurang Berkualitas

Jika sudah diganti namun masih saja timbul bunyi berdecit, maka Anda perlu melakukan memastikan apakah merek kampas rem yang digunakan baik atau tidak. Sebab banyak sekali suku cadang aftermarket yang terkadang memiliki kualitas kurang baik. Memang harganya murah, namun hal tersebut bukan jaminan jika kualitas yang didapatkan juga baik. Sangat disarankan Anda menggunakan kampas rem keluaran pabrikan, yang sudah pasti original dan sudah teruji kualitasnya.

Rem Tidak Rata dan Macet

Ilustrasi Rem (www.kisscc0.com)
Ilustrasi Rem (www.kisscc0.com)

7. Rem Tidak Rata

Biasanya, kondisi tidak rata ini bisa terjadi di jenis rem cakram maupun tromol. Mengapa bisa begitu? Umumnya, tidak ratanya bagian rem tersebut disebabkan kampas rem yang tidak pernah diganti. Selain menimbulkan bunyi, biasanya mobil akan terasa bergetar saat dilakukan pengereman. Agar hal ini tidak terus terjadi, maka Anda perlu melakukan penggantian dengan rem cakram atau tromol yang baru.

8. Rem Mobil Macet

Dan, penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak juga bisa disebabkan oleh piston rem yang mengalami kerusakan dan akhirnya tidak bisa bekerja dengan normal. Selain itu, biasanya mobil akan terasa berat ketika dikendarai meskipun pedal sudah dilepas, hal ini karena piston rem yang tidak bekerja normal tersebut susah untuk kembali ke posisi semulanya. Jika sudah begini, maka jalan satu-satunya adalah mengganti kaliper rem dengan yang baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: Yodi Prabowo Diduga Kuat Bunuh Diri

Posted: 24 Jul 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Editor Metro TV Yodi Prabowo dinyatakan meninggal karena bunuh diri dengan menggunakan pisau untuk menusuk tubuhnya sebanyak empat tusukan.

Hal itu dijelakan Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus dalam jumpa pers di Markas Polda Metro Jaya, Sabtu (25/7/2020) siang.

Ikut hadir Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat dalam jumpa pers itu yang menjelaskan bahwa tanda-tanda bukti di lapangan menunjukkan bahwa Yodi Prabowo bunuh diri.

"Diduga kuat bunuh diri," tegas Tubagus.

Menurut dia, tidak ada tanda-tanda bukti DNA orang lain dari pisau yang digunakan untuk menghabisi nyawa Yodi Prabowo yang menderita empat luka tusukan.

"Pisau itu dibeli sendiri oleh korban dari Ace Hardware," ujarnya.

Ade Hidayat mengungkapkan bahwa jenis pisaulah yang membawa penyidik untuk mencari toko penjual pisau itu.

"Pisau itu memiliki tanda yang akan dijual di satu toko," katanya.

Atas penelusuran polisi, pisau itu dibeli di Ace Hardware dan berdasarkan pelacakan teratangkaplah adegan Yodi Prabowo membeli pisau di salah satu tenan Ace Hardware.

Berdasarkan penyelidikan tim dokter polisi, empat luka tusuk di dalam dengan kedalam luka bervariasi, paling dalam menembus bagian bawah paru-paru.

Kronologi Kasus

Diketahui, editor Metro TV Yodi Prabowo ditemukan tewas di pinggir Tol JORRR di Ulujami, Pesanggrahan, Jaksel, pada Jumat (10/7/2020) setelah dinyatakan hilang oleh keluarganya sejak Selasa (7/7/2020).

"(Lokasi temuan) di samping tembok tol," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Budi Sartono saat dikonfirmasi wartawan, Jumat, 10 Juli 2020.

Berdasarkan data yang dihimpun, korban pertama kali ditemukan oleh seorang saksi setelah melihat sepeda motor di sebuah warung bensin dalam keadaan mesin sudah dingin. Beberapa saat kemudian, sejumlah anak yang sedang bermain layangan di pinggir jalan tol melihat ada sesosok mayat laki-laki yang tergeletak.

Pihak Kepolisian juga mengungkapkan hasil autopsi terhadap korban menyebut luka tusukan benda tajam di bagian leher sebagai penyebab utama kematian Yodi.

Polisi menduga Yodi sudah tewas sekitar dua hingga tiga hari sebelum jasadnya kemudian ditemukan oleh warga dan dilaporkan kepada polisi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkurang 22, Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet Kini 1.597 Orang

Posted: 24 Jul 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pasien rawat inap terkait virus corona Covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat berjumlah 1.597 orang pada Sabtu (25/7/2020). Data ini diterima hingga pukul 08.00 WIB.

Kepala Penerangan Kogabwilhan-I Kolonel Marinir Aris Mudian menyebut, angka tersebut diperoleh setelah ada pengurangan pasien rawat inap sebanyak 22 orang di RSD Wisma Atlet.

"Hari ini berkurang 22 orang, jadi pasien rawat inap 1.597 orang, semula 1.619 orang," ujar Aris dalam keterangannya, Sabtu (25/7/2020).

Dari 1.597 pasien yang dirawat, 933 di antaranya berjenis kelamin pria dan 644 wanita. Pasien yang positif Covid-19 berdasarkan hasil swab sebanyak 1.574 orang.

"1.574, pasien yang dinyatakan positif berdasar hasil swab, jumlah tersebut berkurang 25 pasien dari hari kemarin," tutur Aris.

Selain itu, tercatat ada 23 orang berlabel suspek Covid-19. Jumlah inu bertambah 3 orang, setelah kemarin berjumlah 20 orang.

Sebagai informasi, total akumulatif sejak beroperasinya RSD Wisma Atlet, mulai 23 Maret 2020, terdapat 7.964 pasien terdaftar dan 5.484 pasien keluar.

"Rinciannya, pasien rujuk ke RS lain 186 orang, pasien sembuh 5.294 orang, dan meninggal 3 orang," Aris menandasi.

RSKI Pulau Galang

Sedangkan pasien yang dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, hari ini merawat inap sebanyak 25 orang pasien.

Terdiri dari 17 pria dan 8 wanita. Dengan rincian pasien positif 3 orang, pasien suspek 22 orang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aturan Protokol Kesehatan Pasar Hewan Kurban di Jabar

Posted: 24 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat mengeluarkan aturan protokol kesehatan di pasar hewan kurban jelang hari raya Idul Adha.

Sekretaris Gugus Tugas Jabar Daud Achmad menuturkan, setiap pasar hewan yang resmi selalu mengantongi izin berjualan yang dikeluarkan pemerintah setempat.

"Kalau ada pasar hewan harus ada izin dari pemda kota/kabupaten," ucap Daud dalam jumpa pers, Jumat (24/7/2020).

Tak hanya izin, waktu operasional pasar juga dibatasi. Transaksi penjualan tidak diperkenankan sampai malam hari.

Selain itu, Daud menjelaskan terkait tata letak pasar hewan yang akan berjualan hewan kurban. Posisi pasar, kata dia, sebaiknya di tempat yang cukup luas semisal lapangan.

"Antara pembeli dengan pedagang dimungkinkan untuk jaga jarak, serta memakai masker. Di lokasi penjualan hewan harus dibedakan pintu masuk dan keluar, dan yang mau masuk ukur suhu dan disediakan cuci tangan. Bagi yang sakit dilarang masuk," paparnya.

Sedangkan protokol lainnya yang harus dipenuhi adalah penyemprotan cairan disinfektan. "Selalu membersihkan peralatan dengan disinfektan," kata Daud.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengeluarkan protokol kesehatan Idul Adha di tengah wabah Covid-19. Protokol mengatur tata laksana bagi masyarakat mulai dari pencarian hewan kurban, salat Id, penyembelihan, hingga pendistribusian daging. 

Protokol Idul Adha tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 443/Kep.376 -Hukham/2020 tentang Protokol Pemeriksaan Penjualan dan Penyembelihan Hewan Kurban serta Distribusi Hewan Kurban selama Pandemi Covid-19. 

Lalu, Surat Edaran Nomor 451/110/Hukham tentang Penyelenggaraan Salat Idul Adha dalam Situasi Wabah Bencana Non-alam Covid-19. SE ditujukan kepada bupati/wali kota, MUI, kantor departemen agama, pimpinan ormas Islam, para ketua DMI–Baznas, dan pimpinan pondok pesantren se-Jabar. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dihujat Warganet, Shandy Aulia: Anak Saya Tidak Kurus

Posted: 24 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shandy Aulia memberi klarifikasi soal pemberian madu pada putrinya, Claire Herbowo. Ia meluruskan statementnya dan mengikuti anjuran WHO untuk tidak memberikan madu pada bayi di bawah usia satu tahun.

Dari klarifkasi ini, ada komentar yang membuat Shandy Aulia tidak berkenan. Istri David Herbowo ini akhirnya melakukan serangan balik pada dua komentar warganet yang sangat mengganggu dirinya.

"Nah akhirnya berani mengakui kesalahan sebenarnya. Ini yang ditunggu-tunggu klarifikasi tentang madu yang memang jelas tidak dianjurkan WHO untuk bayi under 1y," tulis salah seorang warganet.

Shandy Aulia rupanya keberatan dengan kalimat "Mengakui Kesalahan". Menurutnya, ini bukan persoalan benar atau salah, tapi bagaimana ia telah meluruskan tindakannya agar tak ada lagi pemahaman yang salah.

Hak

[Foto: Instagram Shandy Aulia]
[Foto: Instagram Shandy Aulia]

"Dan juga untuk orang yang pemikiran dan OTAKnya seperti anda yang hanya bisa ASUMSI akan klarifikasi yang saya sudah jelaskan.Bahwa saya TIDAK menyarankan untuk Ibu-Ibu lainnya, dan baiknya mengikuti WHO," jelasnya.

"Anda berkata ANJURKAN artinya setiap ibu memiliki HAK mengambil keputusan apa yang di rasa baik atau tidak untuk anaknya masing-masing," lanjut Shandy Aulia.

Underweight

[Foto: Instagram Shandy Aulia]
[Foto: Instagram Shandy Aulia]

Komentar kedua dari warganet yang juga menyulut emosi Shandy Aulia adalah, saat anaknya disebut memiliki berat badan di bawah rata-rata sehingga perlu dibantu menu pendamping ASI. Sebagai ibu yang lebih paham tentang kondisi anaknya, ia tak terima dengan tudingan itu.

"Intinya anak dia kurang gemuk atau underweight sama kurus mungkin. Cuma nih mamanya enggak berani ngomong langsung kalau anaknya kurus. Dengan alasan tertentu dokter anak aja ga saranin makan dini. Tapi ya sudahlah, kasihan usus anaknya belum kuat banget udah dijejelin makanan. God bless," kata warganet han_ko88.

"Anda HEBAT!!! Sudah bisa memastikan anak saya UNDERWEIGHT.Nihhh saya akan berani NGOMONG! Anak saya TIDAK UNDERWEIGHT!" jawab artis berusia 33 tahun tersebut.

Berat Ideal

Ia mengatakan bahwa berat badan anaknya sudah sesuai dengan usianya. Menurutnya, tak semua bayi juga bisa disamaratakan untuk makan pada usia enam bulan.

"Anak saya sesuai dan masuk dengan kurva berat bayi ideal tidak UNDERWEIGHT sesuai dengan beratnya di usia bayi 5 Bulan.PAKAI OTAK ANDA dalam berpendapat," tutur Shandy Aulia

"Dengan anda berkomentar seperti ini, artinya semua bayi di dunia yang memulai MPASI sebelum 6 bulan sudah pasti underweight ? Wah HEBAT asumsi dan keterangan anda sangat percaya diri MELEBIHI DARI DOKTER," lanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Aakar Abyasa, Pendiri Jouska yang Dituding Rugikan Klien Ratusan Juta Rupiah

Posted: 24 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jouska, sebuah firma konsultan keuangan yang tengah populer di kalangan generasi muda tanah air, dituding merugikan klien hingga Rp 200 juta lewat penggelapan dana.

Sebagai penasihat, Jouska seharusnya tidak berhak mengelola dana tersebut. Jouska kemudian dianggap melanggar kesepakatan karena pengelolaan dana hingga menimbulkan kerugian.

Berdiri sejak 2013, Jouska diinisiasi oleh Aakar Abyasa Fidzuno. Bersama Jouska, Aakar menyasar generasi millennial. Ia menilai generasi millennial sebagai 'anak krisis moneter' yang masih minim pemahaman tentang keuangan. Mimpinya, ingin membuat millennial melek akan masalah finansial.

"Jadi saya selalu bilang bahwasanya financial planning terutama untuk millennials, this is not an option, this is the only way to survive untuk menuju impian," kata Aakar dilansir dari Young on Top, Sabtu (25/7/2020).

Dengan niat itu, Aakar bisa mengantarkan Jouska menjadi perusahaan konsultan keuangan terkemuka hanya dalam waktu tujuh tahun saja, terhitung sejak berdiri pada 2013. Nama Aakar semakin populer karena perusahaannya mendapat kepercayaan dan kerap diundang di berbagai seminar finansial.

Sebelum membangun Jouska, Aakar memang sudah bekerja di perusahaan financial advisor atau penasihat keuangan. Dikutip dari Young on Top, pria kelahiran Banyuwangi, 17 Desember 1985 ini sempat ingin berhenti dari industri finansial dan membangun bisnis.

Terjebak Investasi Bodong

Bursa saham Asia bergerak melemah dengan indeks saham acuan regional merosot tajam 1,2% pada Jumat pekan ini.
Bursa saham Asia bergerak melemah dengan indeks saham acuan regional merosot tajam 1,2% pada Jumat pekan ini.

Namun hal itu urung ia lakukan setelah bertemu dengan seorang perempuan yang terjebak investasi bodong. Hal itu semakin membuat Aakar geregetan untuk, sekali lagi, membuat banyak orang terutama generasi muda 'melek keuangan'. Dari sinilah Aakar akhirnya mendirikan Jouska di 2013.

Pada masa awal pendirian Jouska, Aakar menjadikan sebuah ruko sederhana di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, sebagai kantor. Di tempat itu, ia mulai melayani beberapa klien dalam partai kecil.

Pada 2015, Aakar mulai menggandeng banyak rekan sesama perencana keuangan untuk mengembangkan Jouska. Mereka ini, yang mayoritas adalah kolega Aakar dari daerah, punya PR besar untuk mencari klien dan memperluas jaringan Jouska di Jakarta.

Memasuki tahun ketiga, Aakar dan rekan-rekannya di Jouska hanya bertahan dengan 5 klien saja. Dimana salah satu dari klien itu membawa 30 referral client. Hal itu dicapai melalui strategi yang diterapkan Aakar, yakni membangun jaringan dengan prinsip 'genuine human connection comes first'.

Benar saja, strategi itu amat moncer. Hingga kini, terlepas dari segala kontroversinya, nama Jouska sukses berkibar sebagai salah satu firma penasihat keuangan paling populer di Indonesia.

Operasional Disetop Satgas Waspada Investasi, Ini Kata Jouska

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing menjelaskan tentang fintech di Indonesia, Jakarta, Rabu (12/12). Sedangkang P2P ilegal tidak menjadi tanggung jawab pihak manapun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing menjelaskan tentang fintech di Indonesia, Jakarta, Rabu (12/12). Sedangkang P2P ilegal tidak menjadi tanggung jawab pihak manapun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jouska memberikan tanggapan terkait keputusan Satuan Tugas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberhentikan operasional perusahaan.

Founder dan CEO Jouska Aakar Abyasa menyatakan, akan melengkapi seluruh persyaratan administrasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Demi mendukung kelancaran aktivitas diatas, untuk sementara waktu, terhitung sejak tanggal 24 Juli 2020, PT. Jouska Finansial Indonesia akan menghentikan seluruh kegiatan operasional bisnis konsultan keuangannya.

"Keluhan dan perbedaan pendapat adalah bagian yang tak terelakkan dalam menjalanankan sebuah bisnis. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi terutama bagi klien, eks-klien, mitra Jouska, regulator, maupun pihak-pihak lain. Bagi kami, hal ini adalah pelajaran dan pengalaman berharga yang dapat menjadikan kami dapat lebih baik ke depannya," ungkap Aakar dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Jumat (24/7/2020).

Lanjut Aakar, sejak pemberitaan di hari pertama, 21 Juli 2020, pihaknya telah secara aktif telah menanggapi setiap keluhan yang disampaikan baik melalui media, media sosial, maupun secara langsung.

Jouska telah menindaklanjuti 4 keluhan yang dilaporkan melalui Satgas Waspada Investasi OJK dan bersedia untuk memenuhi segala prosedur dan peraturan yang berlaku.

"Kami juga telah mengirimkan surat undangan resmi kepada klien dan/atau eks-klien yang telah menyampaikan keluhannya tersebut untuk berdiskusi yang berfokus pada solusi," imbuh Aakar. 

Platform Komunikasi Ditutup Sementara

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)
lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Agar semua proses dapat berjalan dengan baik dan guna meminimalisir perdebatan publik yang tidak kondusif, maka segala platform komunikasi online dan/ataupun offline milik Jouska akan ditutup untuk sementara, tidak terbatas pada website, sosial media, aplikasi, dan ataupun acara virtual lainnya hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Jouska secara bertanggungjawab terbuka untuk setiap keluhan terkait layanan yang ingin disampaikan oleh klien dimana informasi mengenai keluhan dapat disampaikan melalui form online https://formkeluhanjouska.paperform.co dengan batas penyampaian laporan hingga 31 Juli 2020.

Adapun, tiap keluhan hanya dapat disampaikan melalui form tersebut untuk menghindari adanya aduan anonim atau perdebatan publik yang meresahkan masyarakat.Aakar berharap, informasi yang telah pihaknya berikan dapat meluruskan kesimpangsiuran yang terjadi.

Pihaknya menghargai nasihat dan keputusan yang ditetapkan oleh Satgas Waspada Investasi OJK dan akan melaksanakan kewajiban yang diberikan sebaik-baiknya.

"Kami ucapkan terima kasih atas saran dankritik yang diberikan kepada kami, tentunya juga bagi klien-klien dan para mitra yang mendukung perjalanan bisnis bersama kami." tutup Aakar. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Zodiak yang Bakal Menjadi Ibu Terbaik

Posted: 24 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap wanita tentu ingin menjadi ibu yang baik bagi buah hatinya. Karena perannya begitu penting, membuat ibu menjadi sosok terhebat dalam hati anak-anaknya.

Ternyata, melalui zodiak bisa mengungkap kualitas ibu yang satu dengan lainnya. Definisi ibu terbaik mungkin akan berbeda pada setiap orang.

Nah, beberapa zodiak dinilai memiliki karakter untuk menjadi ibu terbaik. Penasaran apa saja?

Artikel tentang lima zodiak yang bakal menjadi ibu terbaik menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang tak perlu obat, deretan tanaman yang ampuh mengobati wasir.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang tingkah lucu kambing bermain perosotan sebelum disebembelih saat Idul Adha.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 5 Zodiak Ini Bakal Menjadi Ibu Terbaik, Kamu Termasuk?

ilustrasi ibu dan anak/copyright By Kdonmuang from Shutterstock
ilustrasi ibu dan anak/copyright By Kdonmuang from Shutterstock

Setiap ibu memiliki gaya pengasuhan masing-masing yang unik dalam merawat dan memerhatikan kebutuhan si kecil. Meski tak ada perbandingan yang dapat dibuat antara para ibu dan keterampilan pengasuhan mereka, ada beberapa zodiak yang secara alami cenderung menjadi ibu yang hebat.

Zodiak apa saja? Melansir dari Times of India, ini dia.

Selengkapnya...

2. Tak Perlu Obat, Deretan Tanaman Ini Ampuh Mengobati Wasir

Atasi Wasir dengan Kiat Sederhana Ini
Atasi Wasir dengan Kiat Sederhana Ini

Wasir atau ambeien bisa menjadi salah satu penyakit yang sangat menyiksa. Ketika mengalami ambeien, seseorang akan merasa sakit ketika duduk dalam waktu yang lama.

Ambeien merupakan penyakit yang terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah pada daerah anus atau dubur. Rasa sakit yang tak tertahankan membuat penderita ambeien banyak yang meminum obat untuk meredakannya.

Namun, rupanya ada tanaman berbahan alami yang nyatanya bisa membantu mengobati ambeien.

Selengkapnya...

3. Tingkah Lucu Kambing Bermain Perosotan Sebelum Disembelih Saat Idul Adha

ilustrasi hewan kurban | pexels.com/@shubhamthakur
ilustrasi hewan kurban | pexels.com/@shubhamthakur

Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Umat Islam di seluruh penjuru dunia akan merayakan hari Raya Idul Adha 1441 H yang jatuh pada 31 Juli mendatang.

Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada hari Raya Idul Adha adalah menyembelih hewan kurban. Ibadah berkurban merupakan syariah yang telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim 'alaihissalam yang mengorbankan anaknya Ismail 'alaihissalam kepada Allah Ta'ala sebagai bukti ketaatannya, namun Allah menggantinya dengan hewan sejenis domba.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Genoa Vs Inter Milan: Peluang Rebut Dua Besar

Posted: 24 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Inter Milan seperti kehabisan energi saat Liga Italia Serie A akan berakhir. Skuat asuhan Antonio Conte kerap gagal mempersempit jarak dengan Juventus dalam upaya perburuan gelar juara.

Teranyar, Inter Milan gagal meraih kemenangan di pekan 35 Liga Italia Serie A. La Beneamata ditahan imbang tanpa gol oleh tamunya Fiorentina di Stadion Giuseppe Meazza, Kamis 23 Juli 2020 lalu.

Hasil imbang ini membuat Inter Milan tetap di posisi tiga klasemen Liga Italia dengan 73 poin. Pasukan Antonio Conte tertinggal tujuh poin dari pemuncak klasemen Juventus.

Inter Milan berpeluang memperbaiki lagi peringkat saat bertemu Genoa di pekan ke-36, Minggu (26/7/2020). Ambisi berbeda ingin diraih kedua tim pada laga itu.

Inter Milan ingin kembali ke posisi 2, sedangkan Genoa terus berjuang agar tidak terdegradasi dan tetap bertahan di kasta teratas.

Rebut Lagi Posisi Dua

Striker Inter Milan, Lautaro Martinez, berebut bola dengan bek Fiorentina, Martin Caceres, pada laga Coppa Italia di Stadion San Siro, Rabu (29/1/2020). Inter Milan menang 2-1 atas Fiorentina. (AP/Luca Bruno)
Striker Inter Milan, Lautaro Martinez, berebut bola dengan bek Fiorentina, Martin Caceres, pada laga Coppa Italia di Stadion San Siro, Rabu (29/1/2020). Inter Milan menang 2-1 atas Fiorentina. (AP/Luca Bruno)

Pasalnya, Inter baru saja kehilangan posisi setelah main imbang lawan Fiorentina. Kedudukannya di klasemen sementara digeser Atalanta, dengan hanya satu poin yang memisahkan mereka.

Genoa membawa modal positif pada laga nanti, setelah dalam dua laga terakhirnya berturut-turut mengalahkan Lecce dan Sampdoria.

Perkiraan Susunan Pemain

Genoa (4-4-2): Perin; Biraschi, Goldaniga, Masiello, Criscito; Iago Falque, Behrami, Schone, Jagiello; Pandev, Pinamonti.

Pelatih: Davide Nicola.

Inter (3-4-1-2): Handanovic; Skriniar, Ranocchia, Bastoni; Candreva, Gagliardini, Brozovic, Young; Borja Valero; Lukaku, Lautaro Martinez.

Pelatih: Antonio Conte.

Head-to-Head

Head-to-Head (Serie A)

Pertemuan: 105

Genoa menang: 22

Gol Genoa: 105

Imbang: 29

Inter menang: 54

Gol Inter: 183

 

5 Pertemuan Terakhir

22-12-2019 Inter 4-0 Genoa (Serie A)

04-04-2019 Genoa 0-4 Inter (Serie A)

03-11-2018 Inter 5-0 Genoa (Serie A)

18-02-2018 Genoa 2-0 Inter (Serie A)

24-09-2017 Inter 1-0 Genoa (Serie A).

5 Laga Terakhir Genoa (K-M-K-M-M)

09-07-2020 Genoa 1-2 Napoli (Serie A)

12-07-2020 Genoa 2-0 SPAL (Serie A)

17-07-2020 Torino 3-0 Genoa (Serie A)

20-07-2020 Genoa 2-1 Lecce (Serie A)

23-07-2020 Sampdoria 1-2 Genoa (Serie A).

5 Laga Terakhir Inter (S-M-M-S-S)

10-07-2020 Verona 2-2 Inter (Serie A)

14-07-2020 Inter 3-1 Torino (Serie A)

17-07-2020 SPAL 0-4 Inter (Serie A)

20-07-2020 Roma 2-2 Inter (Serie A)

23-07-2020 Inter 0-0 Fiorentina (Serie A).

Statistik

Genoa selalu menang dalam 2 laga kandang terakhirnya di Serie A: 2-0 vs SPAL, 2-1 vs Lecce.

Genoa selalu mencetak gol dalam 9 laga kandang terakhirnya di Serie A.

Inter selalu mencetak minimal 2 gol dalam 4 laga tandang terakhirnya di Serie A.

Inter tak terkalahkan dalam 4 laga tandang terakhirnya di Serie A (M2 S2 K0): Parma 1-2 Inter, Verona 2-2 Inter, SPAL 0-4 Inter, Roma 2-2 Inter.

Simak Video Inter Milan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Foto Lawas Rima Melati saat Muda, Bikin Pangling

Posted: 24 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak mengenal Rima Melati? Aktris senior yang memulai debut beraktingnya di film Notaris Sulami pada 1961. Sepanjang kariernya pemilik nama asli Marjolien Tambajong ini sudah membintangi 44 judul film.

Tak hanya film, ia juga membintangi 11 judul sinetron. Sebagai aktris yang hits sejak dulu, Rima Melati memang terkenal dengan parasnya yang cantik. Wajar saja jika ia kerap ditunjuk menjadi cover model beberapa majalah Tanah Air.

Bicara tentang prestasi di dunia film, perempuan berusia 80 tahun ini pernah meraih penghargaan Aktris Terbaik Piala Citra FFI 1973. Setelah itu, nama Melati mulai dikenal luas publik. Banyak yang mengagumi bakat hebatnya dalam berakting yang ditunjang paras yang menawan.

Penasaran kan dengan paras menawan Rima Melati saat masih muda? Berikut LIputan6.com rangkum dari berbagai sumber, paras menawan Rima Melati saat masih muda, Sabtu (25/7/2020).

1. Sedari muda, Rima tak hanya terjun ke dunia akting. Ia juga merambah bidang perancangan busana dan peragawati lewat organisasi Indonesia Modeling Agency (IMA).

6 Foto Lawas Rima Melati saat Muda, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/shafiraretro)
6 Foto Lawas Rima Melati saat Muda, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/shafiraretro)

2. Berkat parasnya yang cantik, aktris keturunan Belanda dan Indonesia kerap ditunjuk menjadi cover model majalah.

6 Foto Lawas Rima Melati saat Muda, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/my.nahsifkhan)
6 Foto Lawas Rima Melati saat Muda, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/my.nahsifkhan)

3. Rima dan alm. Frans Tumbuan memang menjadi pasangan yang begitu mesra hingga menjadi cover model bersama.

6 Foto Lawas Rima Melati saat Muda, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/jadulovers)
6 Foto Lawas Rima Melati saat Muda, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/jadulovers)

4. Bila diperhatikan aktris pemeran Intan Berduri ini memang miliki paras menawan sejak dulu.

6 Foto Lawas Rima Melati saat Muda, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/jadulovers)
6 Foto Lawas Rima Melati saat Muda, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/jadulovers)

5. Senyum manis pun terlihat jelas di wajah perempuan kelahiran 22 Agustus 1939. Senyum ini cukup familier bagi penikmat film zaman dahulu.

6 Foto Lawas Rima Melati saat Muda, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/my.nahsifkhan)
6 Foto Lawas Rima Melati saat Muda, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/my.nahsifkhan)

6. Ini dia foto Rima Melati saat menjadi model pada 1960. Parasnya begitu cantik memesona.

6 Foto Lawas Rima Melati saat Muda, Bikin Pangling (sumber: Wikipedia)
6 Foto Lawas Rima Melati saat Muda, Bikin Pangling (sumber: Wikipedia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Peragaan Busana Kala Pandemi COVID-19

Posted: 24 Jul 2020 09:00 PM PDT

Para model mengenakan masker dalam peragaan busana di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/7/2020). Peragaan busana ini digelar di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia. (AP Photo/Lee Jin-man)
Para model mengenakan masker dalam peragaan busana di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/7/2020). Peragaan busana ini digelar di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia. (AP Photo/Lee Jin-man)

Para model mengenakan masker dalam peragaan busana di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/7/2020). Peragaan busana ini digelar di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia. (AP Photo/Lee Jin-man)

Model mengenakan masker dalam peragaan busana di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/7/2020). Peragaan busana ini digelar di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia. (AP Photo/Lee Jin-man)
Model mengenakan masker dalam peragaan busana di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/7/2020). Peragaan busana ini digelar di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia. (AP Photo/Lee Jin-man)

Model mengenakan masker dalam peragaan busana di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/7/2020). Peragaan busana ini digelar di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia. (AP Photo/Lee Jin-man)

Model mengenakan masker dalam peragaan busana di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/7/2020). Peragaan busana ini digelar di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia. (AP Photo/Lee Jin-man)
Model mengenakan masker dalam peragaan busana di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/7/2020). Peragaan busana ini digelar di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia. (AP Photo/Lee Jin-man)

Model mengenakan masker dalam peragaan busana di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/7/2020). Peragaan busana ini digelar di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia. (AP Photo/Lee Jin-man)

Model mengenakan masker dalam peragaan busana di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/7/2020). Peragaan busana ini digelar di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia. (AP Photo/Lee Jin-man)
Model mengenakan masker dalam peragaan busana di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/7/2020). Peragaan busana ini digelar di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia. (AP Photo/Lee Jin-man)

Model mengenakan masker dalam peragaan busana di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/7/2020). Peragaan busana ini digelar di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia. (AP Photo/Lee Jin-man)

Para model mengenakan masker dalam peragaan busana di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/7/2020). Peragaan busana ini digelar di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia. (AP Photo/Lee Jin-man)
Para model mengenakan masker dalam peragaan busana di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/7/2020). Peragaan busana ini digelar di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia. (AP Photo/Lee Jin-man)

Para model mengenakan masker dalam peragaan busana di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/7/2020). Peragaan busana ini digelar di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia. (AP Photo/Lee Jin-man)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bersejarah, Salat Jumat Pertama di Hagia Sophia dalam 86 Tahun

Posted: 24 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peristiwa bersejarah terjadi di Instanbul Turki hari Jumat (24/7) siang. Ribuan warga Turki gelar salat jumat di Hagia Sophia, sebuah bangunan berusia ratusan tahun yang sebelumnya difungsikan sebagai museum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Goldman Sachs Sepakat Bayar Malaysia Rp 57 Triliun Terkait Skandal 1MDB

Posted: 24 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Goldman Sachs telah sepakat mencapai 'penyelesaian' bernilai US$ 3,9 miliar (Rp 57 T) kepada pemerintah Malaysia terkait peran firma finansial itu dalam skandal 1MDB yang merugikan Negeri Jiran miliaran dolar.

Kesepakatan itu menyelesaikan tuduhan di Malaysia bahwa Goldman telah menyesatkan investor ketika membantu mengumpulkan US$ 6,5 miliar (Rp 95 T) untuk 1MDB negara itu.

Jaksa mengatakan, miliaran dolar pada akhirnya dicuri --termasuk oleh beberapa bankir Goldman yang diduga terlibat.

Goldman mengatakan kesepakatan itu merupakan "langkah penting" menuju penyelesaian masalah.

"Ada pelajaran penting yang dapat dipetik dari situasi ini dan kita harus kritis terhadap diri sendiri untuk memastikan bahwa kita belajar dari pengalaman," bunyi pernyataan Goldman, dikutip dari BBC (25/7/2020).

Penyelesaian itu --yang terbesar yang dicapai sejauh ini dalam skandal itu-- termasuk pembayaran tunai US$ 2,5 miliar (Rp 36 T) oleh Goldman. Perusahaan itu juga mengatakan akan menjamin bahwa pemerintah akan menerima setidaknya US$ 1,4 miliar (Rp 20 T) dari uang yang diperoleh dari skandal 1MDB tersebut.

"Penyelesaian ini merupakan aset yang seharusnya menjadi milik rakyat Malaysia," kata menteri keuangan baru Malaysia, Tengku Dato 'Sri Zafrul Aziz.

Dengan kesepakatan itu, berarti pemerintah Malaysia telah memulihkan lebih dari US$ 4,5 miliar (Rp 65 T) --kira-kira jumlah yang dikatakan jaksa dicuri-- dan menyelesaikan dakwaan, yang diajukan pada 2018.

 

Sekilas 1MDB dan Goldman Sachs

Ilustrasi skandal 1MDB Malaysia (AFP PHOTO/Manan Vatsyayana)
Ilustrasi skandal 1MDB Malaysia (AFP PHOTO/Manan Vatsyayana)

Tuduhan berasal dari penjualan obligasi yang diatur Goldman pada 2012 dan 2013 yang mengumpulkan uang untuk dana negara Malaysia di 1MDB.

Pihak berwenang mengatakan, miliaran dolar pada akhirnya digelapkan untuk membeli karya seni, properti, jet pribadi dan kapal pesiar super --dan bahkan untuk membantu membiayai film Wolf of Wall Street, yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio.

Skandal itu telah memicu penyelidikan di seluruh dunia dan memainkan peran dalam kekalahan pemilihan mantan perdana menteri Malaysia, Najib Razak, yang dituduh mengantongi US$ 700 juta dari lembaga dana yang ia buat.

Najib membantah melakukan kesalahan. Putusan diharapkan keluar akhir bulan ini.

Skandal itu telah memudarkan reputasi Goldman Sachs, yang menyebabkan lebih dari selusin eksekutifnya didakwa di Malaysia tahun lalu karena menangani masalah ini.

Penyelesaian ini menyelesaikan klaim tersebut dan melindungi perusahaan dari tuntutan lebih lanjut.

Bank masih menghadapi kemungkinan dakwaan di AS terkait dengan kesepakatan itu, yang menurut jaksa Amerika akan membuat perusahaan menggelontorkan dana penyelesaian sekitar US$ 600 juta.

"Jika [penyelesaian dengan Malaysia] adalah itu, ini akan menjadi berita lama dan kita semua akan pindah [ke penyelesaian lain]," tulis analis Evercore ISI Glenn Schorr pada hari Jumat.

"Sayangnya, [Goldman] masih harus puas dengan DOJ (Kementerian Kehakiman AS) untuk melanjutkan sepenuhnya dan jika kasus-kasus praktik korupsi asing besar-besaran terakhir merupakan indikator yang baik (yang kami pikir demikian), penyelesaian DOJ dapat menghapus sebagian besar kuartal kedua perkara 'hebat' mereka."

Tahun lalu, mantan mitra dan bankir Goldman, Tim Leissner mengaku bersalah di AS karena berkonspirasi untuk mencuci uang dan melanggar undang-undang anti-penyuapan Amerika.

Mantan direktur pelaksana Malaysia di bank, Ng Chong Hwa, juga didakwa di AS dan Malaysia karena skandal itu.

Dalang skandal itu, pemodal Malaysia Low Taek Jho, juga didakwa di Malaysia dan AS. Low telah membantah melakukan kesalahan, dan keberadaannya saat ini tidak diketahui.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sulit Dideteksi, Ortu Harus Lebih Peka Terhadap Masalah Kesehatan Mental Anak

Posted: 24 Jul 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gangguan pada kesehatan mental di usia anak dan remaja dapat mempengaruhi aspek kehidupan mereka bahkan hingga di masa dewasa.

Dalam sebuah seminar daring yang diadakan pada Kamis (23/7/2020), psikolog anak Annelia Sari Sani mengungkapkan bahwa menurut World Health Organization, setengah dari gangguan mental yang diidap oleh orang dewasa, terbentuk sebelum mereka berusia 14 tahun.

Namun, Annelia mengatakan gangguan kesehatan mental pada anak cenderung sulit untuk dilihat. Sehingga penting bagi orangtua untuk lebih peka terhadap perubahan dan perilaku anak serta memberikan penanganannya sejak dini.

"Ketika seorang individu ini mengalami masalah gangguan mental seringan apa pun pada masa kanak-kanak, ketika tidak diatasi, ia akan berlanjut, membesar, dan kemudian yang tadinya hanya area pembelajaran, dia bisa menyentuh area lain seperti emosi dan sosialisasi," ujarnya.

"Ini akan menjadi masalah yang kompleks dan bisa timbul gangguan mental yang besar. Ketika masalahnya ada di dewasa padahal berakar di masa anak-anak, kita harus melacak mundur untuk membereskan dari akarnya," kata Annelia yang juga merupakan Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ikatan Psikolog Klinis Indonesia ini.

Masalah yang Sulit Dideteksi

Ilustrasi Anak (iStock Photo)
Ilustrasi Anak (iStock Photo)

Annelia mengatakan, seringkali masalah kesehatan mental pada anak nyaris tidak diketahui. Inilah yang menjadi penyebab gangguan tersebut sulit dideteksi sejak dini.

"Kalau pun ada tipis sekali. Agak sulit membedakan antara apakah ini fluktuasi (naik turun) perilaku saja atau ini sebuah gangguan. Jadi untuk mengenalinya butuh suatu usaha," ujarnya.

Maka dari itu, orang dewasa harus terlebih dahulu mengenali pribadi anak apabila mencurigai ada masalah yang ia alami. "Pendekatannya tergantung. Kalau anaknya lebih tertutup maka kita akan butuh pendekatan dengan perlahan. Kalau anaknya lebih terbuka biasanya akan lebih mudah," ujarnya.

"Kita libatkan juga orang-orang terdekat si anak. Misalnya dia dekat dengan salah satu orangtuanya, apakah ayahnya atau ibunya, maka ini juga bisa jadi jalur masuk untuk bisa mendekati si anak. Intinya kembali ke relasi."

Annelia mengatakan, dengan membentuk relasi yang baik dengan anak, dia akan melihat bahwa banyak orang yang siap untuk membantunya mengatasi masalah.

"Jadi kita langsung ke arah semua hal bisa kita carikan solusinya, tidak 'kenapa kamu begini?' tidak ribet di situ. Kalau di jalan ketemu akar masalahnya, alhamdulillah. Kalau tidak kita fokus sama solusi."

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Persaingan Sengit MU, Chelsea, dan Leicester

Posted: 24 Jul 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Gelar juara Liga Inggris 2019-2020 sudah pasti jadi milik Liverpool. Tapi, persaingan masih super seru. Manchester United (MU), Chelsea, dan Leicester City bersaing mendapatkan tiket ke Liga Champions musim depan dengan finis di posisi empat besar.

MU saat ini berada di posisi tiga klasemen Liga Inggris dengan 63 poin, sama seperti Chelsea tapi unggul head to head atas skuat asuhan Frank Lampard tersebut. Sementara dengan Leicester, tim berjuluk Setan Merah memimpin satu poin.

Persaingan memperebutkan posisi empat besar semakin memanas karena MU akan menghadapi Leicester pada pekan terakhir Liga Inggris. Laga ini bakal digelar di King Power Stadium, Minggu (26/7/2020).

Meraih satu poin di kandang Leicester sudah cukup bagi MU untuk meraih tiket Liga Champions. Tapi, skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu tentu tidak mengincar hasil imbang.

Sementara Chelsea akan meladeni Wolverhampton Wanderers pada pekan terakhir Liga Inggris. Meski bermain di kandang, Stamford Bridge, The Blues tak boleh menganggap remeh tim peringkat enam itu.

 

Klasemen Liga Inggris

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
 

Jadwal

Minggu, 26 Juli 2020

22.00 WIB, Arsenal vs Watford

22.00 WIB, Burnley vs Brighton & Hove Albion

22.00 WIB, Chelsea vs Wolverhampton Wanderers

22.00 WIB, Crystal Palace vs Tottenham Hotspur

22.00 WIB, Everton vs Bournemouth

22.00 WIB, Leicester City vs Manchester United

22.00 WIB, Newcastle United vs Liverpool

22.00 WIB, Southampton vs Sheffield United

22.00 WIB, West Ham United vs Aston Villa

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lupa Pakai Masker, Puluhan Warga di Gondangdia Disanksi Kerja Sosial

Posted: 24 Jul 2020 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 63 pelanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi di kawasan Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat ditindak dalam Operasi Kepatuhan Peraturan Daerah (OK Prend).

Lurah Gondangdia, Ikhsan Kamil mengatakan, dalam kegiatan OK Prend kali ini pihaknya mengerahkan 14 petugas gabungan dari unsur Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

"Dari 63 pelanggar yang terjaring kebanyakan tidak memakai masker dengan alasan lupa. Mereka akhirnya kita berikan sanksi kerja sosial," ujarnya, Jumat (24/7/2020).

Ia menjelaskan, bentuk sanksi kerja sosial yang dijatuhkan kepada para pelanggar berupa membersihkan sarana dan prasarana di sekitar Jalan Cemara, Gondangdia selama 30 menit. Di samping itu, ada satu pelanggar yang dikenakan denda administratif sebesar Rp 250 ribu.

"Saya minta masyarakat tetap menjaga kesehatan maupun kebersihan di lingkungannya sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19," ujar dia seperti dikutip BeritaJakarta.id.

Sementara itu, petugas gabungan juga kembali menggelar Operasi Kepatuhan Peraturan Daerah (OK Prend) yang digelar di Pasar Pasir Koneng, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Hasilnya, puluhan warga terjaring operasi ini dan langsung ditindak sanksi sosial dan denda administrasi.

Camat Kebon Jeruk, Saumun mengatakan, operasi ini digelar untuk meningkatkan disiplin warga agar mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Adapun sasaran razia ini seperti pasar dan pusat keramaian lainnya.

"Hari ini ada 34 orang yang tidak pakai masker, 28 dikenakan sanksi sosial dan enam orang memilih membayar sanksi denda administrasi," ujar Saumun, Jumat kemarin.

Bagikan Masker Gratis

Dia menambahkan, operasi ini digelar dengan melibatkan Satpol PP, Sudin Perhubungan Jakarta Barat, Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), serta dibantu TNI/Polri.

"Kami juga membagikan masker gratis dalam kegiatan ini," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Berita Bola: Chelsea Gaet Wonderkid Kai Havertz

Posted: 24 Jul 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Chelsea sukses menggaet wonderkid Kai Havertz. Gebrakan ini dilakukan demi menyongsong Liga Inggris musim 2020-2021.

Banyak klub besar Eropa berminat kepada Kai Havertz. Selain Chelsea, Manchester United dan Real Madrid juga naksir.

Keberhasilan Chelsea mendapatkan Kai Havertz menjadi artikel terpopuler di Kanal Bola Liputan6.com. Disusul artikel mengenai benar tidaknya MU membajak bocah ajaib Manchester City, menjadi terpopuler kedua.

Kemudian tampilan vulgar Agustina Gandolfo pacar bintang Inter Milan di Instagram, menyedot perhatian sehingga menjadi artikel terpopuler ketiga. Berikut Top 3 Berita Bola:

1. Chelsea Sukses Dapatkan Wonderkid Kai Havertz

Gelandang Leverkusen, Kai Havertz, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang FC Porto dalam laga UEFA Europa League di Stadion Dragao, Porto pada 27 Februari 2020. Bayer Leverkusen menang 3-1 atas Porto. (AFP/Miguel Riopa)
Gelandang Leverkusen, Kai Havertz, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang FC Porto dalam laga UEFA Europa League di Stadion Dragao, Porto pada 27 Februari 2020. Bayer Leverkusen menang 3-1 atas Porto. (AFP/Miguel Riopa)

Kai Havertz sudah menegaskan ingin pindah dari Bayer Leverkusen. Sejak pekan lalu, pemain berposisi sebagai gelandang serang itu dilaporkan telah meminta Leverkusen melepasnya ke Chelsea.

Selanjutnya...

 

2. MU Bajak Bocah Ajaib Manchester City?

ilustrasi logo manchester united (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi logo manchester united (Liputan6.com/Abdillah)

Manchester United atau MU bakal membuat sakit hati rival sekotanya Manchester City. Setan Merah berniat membajak wonderkid binaan The Citizens, Charlie McNeill.

Pemuda 16 tahun itu bisa didapat MU dengan gratis. Kontrak McNeill bersama City sudah habis. McNeill telah menolak tawaran kontrak dari City.

Selanjutnya...

 

3. Pacar Bintang Inter Milan Tampil Vulgar di Instagram

Striker Inter Milan bersama kekasih Agustina Gondolfo (IG)
Striker Inter Milan bersama kekasih Agustina Gondolfo (IG)

Pacar striker Inter Milan Lautaro Martinez, Agustina Gandolfo kembali membuat heboh. Meski tak bisa liburan musim panas, Agustina memiliki cara untuk membuat kehebohan di musim panas.

Agustina Gondolfo baru-baru ini memamerkan foto seksi dengan melakukan beberapa underboob selfie. Foto-foto tersebut diunggahnya di Instagram.

Selanjutnya...

 

Saksikan Video Chelsea Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Jeffry Reksa, Artis TikTok yang Dikabarkan Dekat dengan Putri Delina

Posted: 24 Jul 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Unggahan Sule pada akun Instagram pribadinya tengah menjadi sorotan netizen. Pasalnya, komedian 43 tahun tersebut terlihat mengunggah foto sang anak, Putri Delina dengan Jeffry Reksa. Tak hanya foto unggahannya saja yang menjadi sorotan. Akan tetapi Sule juga menambahkan keterangan yang sukses mencuri perhatian netizen.

Kabar kedekatan antara Putri Delina dengan Jeffry Reksa sendiri terlihat dari unggahan Instagram Stories masing-masing. Sebelumnya, Jeffry Reksa dikenal luas sebagai salah satu artis TikTok dan digadang-gadang mirip dengan aktor Korea Selatan Ji Chang Wook versi lokal.

Meski tengah dikabarkan menjalin kedekatan, akan tetapi baik Putri Delina maupun Jeffry Reksa tak memberikan konfirmasi resmi pada publik. Meski begitu, tak sedikit pula netizen yang penasaran akan sosok dari artis TikTok ini.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @jeffryreksaa, berikut ini beberapa potret Jeffry Reksa, artis TikTok yang tengah dikabarkan dekat dengan Putri Delina, Sabtu (25/7/2020).

1. Jeffry dan Putri Delina beberapa kali mengunggah momen bersama di media sosial.

Jeffry Reksa (Sumber: Instagram/jeffryreksaa)
Jeffry Reksa (Sumber: Instagram/jeffryreksaa)

2. Jeffry Reksa diketahui merupakan pria asal Surabaya, Jawa Timur.

Jeffry Reksa (Sumber: Instagram/jeffryreksaa)
Jeffry Reksa (Sumber: Instagram/jeffryreksaa)

3. Ia mulai dikenal luas oleh publik melalui aplikasi video TikTok.

Jeffry Reksa (Sumber: Instagram/jeffryreksaa)
Jeffry Reksa (Sumber: Instagram/jeffryreksaa)

4. Bahkan, beberapa waktu lalu namanya semakin dikenal karena disebut-sebut mirip dengan aktor Korea Selatan versi lokal.

Jeffry Reksa (Sumber: Instagram/jeffryreksaa)
Jeffry Reksa (Sumber: Instagram/jeffryreksaa)

5. Tak hanya menjadi bintang TikTok saja, akan tetapi pria 21 tahun ini juga kerap mengunggah aktivitas di akun Instagram.

Jeffry Reksa (Sumber: Instagram/jeffryreksaa)
Jeffry Reksa (Sumber: Instagram/jeffryreksaa)

6. Kebersamaan Jeffry Reksa dengan anak dari komedia Sule pun sukses mencuri perhatian netizen.

Jeffry Reksa (Sumber: Instagram/jeffryreksaa)
Jeffry Reksa (Sumber: Instagram/jeffryreksaa)

7. Ini dia unggahan Sule terkait kedekatan sang anak dengan artis TikTok Jeffry Reksa yang jadi sorotan.

Jeffry Reksa dan Putri Delina (Sumber: Instagram/ferdinan_sule)
Jeffry Reksa dan Putri Delina (Sumber: Instagram/ferdinan_sule)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Data Calon Bermasalah, Ini Tanggapan KPU Surabaya

Posted: 24 Jul 2020 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya menyikapi temuan dari Komisi Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Jawa Timur terkait dengan data dukungan bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota setempat yang bermasalah.

Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi mengatakan bahwa pihaknya belum mengetahui adanya temuan dari KIPP Jatim karena data itu belum sampai ke KPU setempat di Surabaya, Jumat, 24 Juli 2020.

"Sejauh yang kami lakukan dan dihimpun dari PPK (panitia pemilihan kecamatan), verifikasi administrasi sudah berjalan sesuai dengan PKPU," katanya, dilansir dari Antara.

Terkait dengan rencana KIPP Jatim yang akan melaporkan KPU ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Nur Syamsi tidak mempermasalahkannya.

"Kami berada di ruang publik. Ketika ada masyarakat yang merasa dirugikan, silakan mengadukan kerja kami kepada pihak yang berwenang," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua KIPP Jatim Novli Bernado Thyssen menyebutkan hasil pemantauannya pada tahapan verifikasi faktual (verfak) calon perseorangan menemukan 8.157 data dukungan bakal pasangan calon perseorangan bermasalah, seperti dukungan ganda, nomor induk kependudukan (NIK) invalid, dan alamat tidak lengkap.

"Seharusnya hal ini terfilter pada saat verifikasi administrasi dan tergolong jenis dukungan yang dianggap tidak memenuhi syarat (TMS)," katanya di Surabaya.

 

KPU Menyalahi Prosedur

Pilkada serentak
Pilkada serentak

Dari hasil kajian temuan KIPP, Thyssen menilai KPU setempat menyalahi prosedur, tata cara, mekanisme dalam menjajalan verifikasi administrasi dan tidak berpedoman pada prosedur, tata cara yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 beserta PKPU Nomor 1 Tahun 2020.

"Maka, ini terjadi malaadiministrasi dan malaprosedur," ujarnya.

Atas perbuatan tersebut, dia mengganggap KPU setempat merugikan keuangan negara sebab mengalokasikan anggaran negara untuk penyelenggaraan verfifikasi faktual yang sudah jelas suara dukungan tidak memenuhi persyaratan.

Untuk itu, pihaknya bakal melaporkan KPU setempat ke DKPP atas dugaan melakukan pelanggaran kode etik penyelenggaraan pemilu.

"Ya, kami dalam waktu dekat ini akan melaporkan KPU Kota Surabaya ke DKPP. Saat ini kami sedang menyiapkan laporannya," kata Thyssen.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Faida, Awali Karier di Dunia Medis hingga Jadi Bupati Jember

Posted: 24 Jul 2020 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DPRD Kabupaten Jember melalui fraksi-fraksinya sepakat mengusulkan pemberhentian Bupati Jember Faida dalam rapat paripurna hak menyatakan pendapat pada Rabu, 22 Juli 2020. Sidang tersebut berlangsung selama empat jam sejak pukul 11.00 WIB-15.00 WIB.

Ketua DPRD Jember, Itqon Syauqi menuturkan, hak menyatakan pendapat merupakan tindak lanjut dari dua hak yang sudah dilakukan oleh DPRD Jember yakni hak interpelasi dan hak angket sesuai dengan aturan. Bahkan rekomendasi dewan dalam dua hak tersebut diabaikan oleh Bupati Faida.

"Kami menganggap bupati telah melanggar sumpah jabatan, melanggar peraturan perundang-undangan, sehingga DPRD bersikap melalui hak menyatakan pendapat kompak bahwa bupati dimakzulkan," ujar dia seperti dikutip dari Antara, 22 Juli 2020.

Politikus PKB Jember itu menuturkan, DPRD secara administratif tidak bisa memberhentikan bupati, tetapi yang bisa dilakukan adalah pemakzulan atau pemecatan secara politik.

"Yang bisa memecat bupati adalah Mendagri melalui fatwa Mahkamah Agung, kami akan meminta fatwa kepada Mahkamah Agung, sehingga kami akan meminta fatwa MA terkait keputusan paripurna itu," ujar dia.

Adapun Bupati Jember Faida menjabat pada periode 2016-2021. Ia dilantik pada 17 Februari 2016. Berikut profil Bupati Jember Faida yang dikutip dari komnasham.go.id pada Sabtu, (25/7/2020).

Bupati Faida dilantik oleh Gubernur Soekarwo di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur sebagai bupati pertama wanita di Kabupaten Jember. Sebelum terjun ke dunia politik, perempuan kelahiran 19 September 1968 ini mengawali karier di salah satu rumah sakit di Banyuwangi sebagai staf bidang pelayanan medis.

Perempuan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini mengalami tahun yang berat pada 2009 termasuk keluarga Faida. Hal ini seiring sang ayah, dr.Musytahar Umar Thalib tutup usia, hanya berselang sebulan, kakak pertamanya dr.Asyhar meninggal dunia. Sebelumnya, adik laki-lakinya Mumtaz, tutup usia menjelang prosesi wisuda sebagai dokter muda.

Faida pun memikul tugas dan tanggung jawab cukup besar karena dirinya harus menjabat sebagai direktur di dua rumah sakit sekaligus, direktur lembaga pendidikan perawat dan juga menggelola tiga lembaga pendidikan di Jember dan Banyuwangi, Jawa Timur.

Kemudian usai belasan tahun berkecimpung dalam bidang kesehatan, dr Hj.Faida MMR memutuskan terjun ke dunia politik. Ia mendaftarkan diri sebagai Bupati Jember bersama Wakil Bupati Abdul Muquit Arief. Faida dilantik pada 17 Februari 2016 menggantikan Ir MHA Djalal.

Faida dikenal kepeduliannya terhadap bidang kesehatan. Hal itu juga yang mengantarkan dirinya memenangkan sejumlah penghargaan. Salah satunya tokoh nasional berdedikasi untuk kesehatan. Tak hanya bida kesehatan, Faida juga tergolong peduli terhadap isu-isu yang berkaitan dengan hak asasi manusia (HAM).

Pada 2018, ia membuat kesepakatan dengan masyarakat setempat untuk menolak operasional tambang emas di Blok Silo. Ia pun berjanji memenuhi tuntutan warga untuk segera menerbitkan peraturan daerah bebas tambang bagi Kabupaten Jember.

Tak sedikit upaya yang telah ditempuh dan dilalui oleh Faida terutama bela hak masyarakat Jember akan tanah yang ditinggali. Faida menempuh jalur non litigasi. Perjuangan Bupati Jember beserta masyarakat pun berbuah manis dengan dicabutnya izin tambang emas di Kabupaten Jember.

Ia juga sempat mengadakan buka puasa bersama di sebuah Gereja Katolik Santo Yusuf di Jember pada 2018. Melalui kegiatan, ia memiliki harapan besar agar tali persaudaraan dengan sesama umat beragama di Jember dapat terjalin meski berada dalam suadana perbedaan.

Maju Kembali di Pilkada 2020

ilustrasi Pilkada serentak
ilustrasi Pilkada serentak

Pada Pilkada 2020, Bupati Jember Faida pun kembali maju melalui jalur perseorangan dengan mengklaim mendapat 245 ribu dukungan dari masyarakat.

"Dukungan yang masuk sudah mencapai 245 ribu dukungan, sedangkan syarat minimal dukungan untuk maju jalur perseorangan di Pilkada Jember sebesar 121.127 dukungan, sehingga alhamdulillah sudah melebihi," kata Faida dalam konferensi pers yang digelar di rumahnya di Jalan Panjaitan Jember, Jawa Timur, Sabtu, 22 Februari 2020.

Ia mengatakan, dukungan dari masyarakat terus mengalir dan hal tersebut diluar prediksi, bahkan masih ada masyarakat yang membawa form dukungan untuk diberikan kepada pasangan Faida-Vian, sehingga pihaknya sangat menghargai dan mengapresiasi dukungan masyarakat yang begitu besar, dilansir dari Antara.

Pasangan Faida dan Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) pun dinyatakan lolos verfikasi faktual  ukungan bakal calon perseorangan yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) berdasarkan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual dukungan yang digelar Komisi Pemilihan Umum Jember, Jawa Timur.

"Hasil rekapitulasi verifikasi faktual dukungan pasangan bakal calon perseorangan Faida-Vian mendapatkan sebanyak 146.687 dukungan," kata Ketua KPU Jember Muhammad Syai'in usai rapat pleno terbuka di Jember pada Senin, 20 Juli 2020.

Menurutnya, jumlah dukungan pasangan Faida-Vian yang sudah diverifikasi faktual telah memenuhi syarat minimal dukungan yang harus dimiliki pasangan calon perseorangan di Kabupaten Jember sebanyak 121.127 dukungan. "Tidak ada keberatan selama proses rekapitulasi hasil verifikasi dukungan bakal calon perseorangan Faida-Vian hingga berita acara dibuat sehingga KPU Jember menyatakan pasangan bakal calon perseorangan tersebut bisa mendaftar sebagai calon kepala daerah," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fariz RM dan T-Bunc Collaboration Berbagi Untuk Korban Kebakaran

Posted: 24 Jul 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Musisi Fariz RM tak lelah untuk terus berbagi. Setelah terakhir kali berbagi paket makanan, hand sanitizer dan masker kepada pengemudi angkot di Stasiun Sudimara, Tangerang Selatan, Fariz RM Management dan T-Bunc kembali mengadakan aksi sosial. 

Fariz RM Management dan T-Bunc kali ini berbagi kepada para korban kebakaran di Kelurahan Paseban, Kramat Sawah, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2020). 

"Fariz RM Management berkolaborasi dengan T-Bunc Collaboration untuk kesekian kalinya membantu masyarakat yang membutuhkan. Khususnya bagi masyarakat yang tertimpa musibah kebakaran di Paseban," ujar Fariz RM kepada wartawan di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Jumat (24/7/2020)

 

Kewajiban

Fariz RM berbagi kepada korban kebakaran
Fariz RM berbagi kepada korban kebakaran

Fariz RM mengaku apa yang dilakukannya ini merupakan sebuah bentuk kewajiban dan keharusan untuk selalu hadir bagi masyarakat yang tengah mengalami musibah.  

"Pada dasarnya kami sudah komitmen dari awal kami akan hadir untuk masyarakat yang membutuhkan. Alhamdulillah, kami masih diberikan kesempatan dan kemampuan oleh Allah yang Maha Bijak," ujar Fariz RM.

"Harapannya, kegiatan seperti ini selain memberikan bantuan juga bisa menginspirasi komunitas atau kalangan masyarakat lain untuk lebih peduli kepada saudara yang sedang kesulitan di masa pandemi seperti sekarang ini," tambahnya lagi.

 

Donasi

Fariz RM berbagi kepada korban kebakaran
Fariz RM berbagi kepada korban kebakaran

Sebanyak 108 paket berisi selimut, handuk, alat mandi dan masker didonasikan kepada Serikat Wartawan Indonesia (SWI). Fariz RM mewakili tim management menghaturkan terimakasih kepada anggota SWI yang ikut membantu menyalurkan bantuan. 

"Saya mewakili Fariz RM Management dan T-Bunc Collaboration berterima kasih kepada Serikat Wartawan Indonesia (SWI) yang hari ini membantu kegiatan aktivitas amal kami. Semoga kita semua bisa membantu saudara-saudara kita yang berkebutuhan," ujar Fariz RM.

 

Perwakilan

Hadir dalam acara simbolis donasi kepada SWI, tim FRM Management, Permata Warokka dan Caca Gracia. Sedangkan dari T-Bunc Collaboration diwakili DJ Titis, DJ Ronny Lazuardi dan Lydia Nizma. 

"Aksi sosial bersama Fariz RM sudah kesekian kalinya dilakukan T-Bunc Collaboration. Harapannya bagi insan-insan seni yang mampu, ayolah kita banyu mereka yang membutuhkan," seru DJ Titis mewakili T-Bunc Collaboration.

[vidio:Lagu populer Fariz RM - Barcelona]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setop Kegiatan Jouska, Begini Penjelasan Satgas Waspada Investasi

Posted: 24 Jul 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Tugas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan penjelasan terkait dengan penghentian kegiatan Jouska.

Kepala Satgas Waspada Investasi OJK Tongam L Tobing mengatakan, pada Jumat, 24 Juli 2020, kemarin, pihaknya telah memanggil Jouska untuk menjelaskan mengenai kegiatan dan legalitasnya. Di mana diketahui saat ini Jouska sendiri tengah marak diberitakan media massa terkait dengan mengaduan masyarakat yang merasa dirugikan oleh kegiatan perencana keuangan yang dilakukan Jouska.

Menurut Tongam, Satgas Waspada Investasi juga telah menerima beberapa masukan dari berbagai pihak. Salah satunya dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang mengatakan Jouska belum memiliki izin yang didaftarkan melalui OSS (Online Single Submission) dan hanya mendapatkan izin sebagai penyedia jasa penyedia pendidikan lainnya.

"Padahal Jouska ini melakukan kegiatan financial planner atau penasihat keuangan," kata dia dikutip dari video resmi Satgas Waspada Investasi, Sabtu (25/7/2020).

Kemudian, Satgas juga mendapatkan masukain dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang menyampaikan bahwa Jouska seharusnya mendapatkan izin sesuai dengan kegiatannya.

"Jadi tidak hanya dengan nomor induk berusaha atau NIB, tetapi harus ditindaklanjuti dengan izin-izin yang harus dimiliki sesuai dengan kegiatan usahanya," ungkapTongam.

Selain itu, Satgas Waspada Investasi juga mendapatkan masukan dari Bareskrim Polri yang menyatakan kegiatan Jouska diduga melakukan pelanggaran terhadap Undang-Undang (UU) Pasar Modal, UU ITE dan UU Perlindungan Konsumen.

"Apa yang dilakukan Jouska dari hasil pembahasan tersebut, Jouska ini melakukan kegiatan penasihat investasi tanpa izin. Jadi kegiatan-kegiatan penasihat investasi sesuai dengan UU Pasar Modal adalah pihak yang yang memberikan nasihat kepada pihak lain yang melakukan penjualan atau pembelian efek dengan memperoleh imbal jasa. Kegiatan ini dilakukan oleh Jouska, sehingga kegiatan ini dikategorikan kegiatan ilegal karena tidak memiliki izin kegiatan penasihat investasi sesuai dengan UU Pasar Modal," jelas dia.

Harus Kantongi Izin

Satgas Waspada Investasi. (Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu)
Satgas Waspada Investasi. (Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu)

Tongam mengatakan, kegiatan Jouska ini juga seharusnya mendapatkan izin agen perantara perdagangan efek dari dari OJK, karena melakukan kegiatan-kegiatan sebagai refelar.

"Dari pengaduan-pengaduan masyarakat, kegiatan-kegiatan Jouska diduga juga melakukan pengelolaan dana masyarakat. Namun demikian Jouska mengatakan mereka tidak melakukan pengelolan masyarakat. Oleh karena itu, dari pengawas pasar modal akan mendalami kegiatan-kegiatan yang diduga seperti manajer investasi," tutur dia.

Menghentikan kegiatan PT Jouska Finansial Indonesia yang melakukan kegiatan usaha sebagai Penasehat Investasi dan/atau Agen Perantara Perdagangan Efek tanpa izin.

Hasil dari pertemuan tersebut, lanjut Tongam, membuahkan sejumlah kesimpulan, yaitu menghentikan Jouska yang diduga melakukan kegiatan Penasehat Investasi, Manajer Investasi atau Perusahaan Sekuritas tanpa izin.

Kemudian, Satgas Waspada Investasi juga akan melakukan pemblokiran situs, web, aplikasi dan medsos ketiga perusahaan tersebut melalui Kemenkominfo.

Selain itu, Satgas Waspada Investasi juga akan memberikan surat kepada Bareskim Polri berupa laporan informasi untuk dilakukan proses hukum apabila diduga ada tindak pidana yang dilakukan oleh Jouska.

 

Sepakat Hentikan Kegiatan

Peserta memantau monitor bursa saham pasar modal di Bursa Efek Jakarta, Selasa (17/11). Hal ini sejalan dengan salah satu inisiatif pemerintah melalui Bursa Efek Indonesia (BEI), yakni menambah jumlah investor pasar modal. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Peserta memantau monitor bursa saham pasar modal di Bursa Efek Jakarta, Selasa (17/11). Hal ini sejalan dengan salah satu inisiatif pemerintah melalui Bursa Efek Indonesia (BEI), yakni menambah jumlah investor pasar modal. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dari pihak Jouska, kata Tongam, juga telah sependapat untuk segera menghentikan kegiatannya serta akan menyelesaikan semua pengaduan nasabah.

"Kita juga berharap Jouska segara mengurus izin sesuai dengan kegiatannya," kata dia.

Sedangkan untuk kegiatan-kegiatan yang terafiliasi dengan Jouska yaitu PT Mahesa Strategis Indonesia dan PT Amarta Investa Indonesia juga dihentikan kegiatannya karena diduga diduga melakukan kegiatan Penasehat Investasi, Manajer Investasi atau Perusahaan Sekuritas tanpa izin atau ilegal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratu Hemas Angkat Suara Soal Penyegelan Makam Tokoh Adat Sunda Wiwitan

Posted: 24 Jul 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Kuningan - Dukungan dan upaya menyelesaikan persoalan penyegelan bakal makam tokoh masyarakat adat Sunda Wiwitan Cigugur oleh Pemkab Kuningan terus mengalir.

Beberapa di antaranya datang dari Anggota DPD RI GKR Hemas dan Anggota DPR RI Maman Imanulhaq serta Fahmina Institute Marzuki Wahid. Mereka datang ke lokasi bakal makam dan bertemu tokoh masyarakat adat Sunda Wiwitan Cigugur Pangeran Djatikusumah.

"Saya sudah melihat langsung makamnya dan memang itu hak keluarga untuk membuat suatu tempat peristirahatan," ungkap GKR Hemas usai mengunjungi lokasi Batu Satangtung di Curug Go'ong, Jumat (24/7/2020).

Seperti diketahui, lokasi bakal makam tokoh adat Sunda Wiwitan Cigugur berada di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Permaisuri Raja Kasultanan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X itu menuturkan pembangunan makam di atas tanah sendiri tidak memengaruhi apapun.

"Masyarakat di sini saya yakin sudah paham kalau Pangeran Djatikusumah itu tokoh masyarakat adat," kata dia.

 

Ratu Hemas Janji Kawal Persoalan Sunda Wiwitan

Presiden Joko Widodo bersalaman dengan istri Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu Hemas saat tiba di Keraton Yogyakarta, Jumat (28/9). Kedatangan Jokowi dalam rangka mempererat silaturahmi dengan Gubernur DIY. (Liputan6.com/HO/Biropers)
Presiden Joko Widodo bersalaman dengan istri Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu Hemas saat tiba di Keraton Yogyakarta, Jumat (28/9). Kedatangan Jokowi dalam rangka mempererat silaturahmi dengan Gubernur DIY. (Liputan6.com/HO/Biropers)

Menurut dia, lokasi bakal makam Pangeran Djatikusumah sudah tepat. Lokasi makam raja atau tokoh adat banyak dibangun di beberapa daerah lain. Salah satunya Makam Imogiri.

Karena itu, Ratu Hemas mengajak untuk menjaga dan melestarikan budaya dan adat warisan leluhur. Dia tidak menghendaki adat budaya dan tradisi di Kabupaten Kuningan hilang.

"Kalau tidak punya budaya sendiri harus pakai budaya siapa?," kata Hemas.

Ratu Hemas mengaku tidak menghendaki masyarakat sekitar mengabaikan kehidupan budaya dan adat istiadat yang telah terbentuk di sana. Menurut dia, adat istiadat dan budaya merupakan salah satu sumber kekuatan dari manusia Indonesia.

Ratu Hemas memastikan akan membantu dan mengawal polemik tersebut. Dia meminta agar pembangunan bakal makam dilanjutkan.

"Pemkab Kuningan harus memperhatikan hal ini. Saya akan persoalkan ini juga di tingkat legislatif tentunya saya juga harus buktikan dulu sebelum bicara di dewan," kata dia.

Keberagaman di Cigugur Kuningan

Anggota DPD RI GKR Hemas akan membawa persoalan penyegelan bakal makam tokoh adat Sunda Wiwitan Cigugur Kuningan ke legislatif. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)
Anggota DPD RI GKR Hemas akan membawa persoalan penyegelan bakal makam tokoh adat Sunda Wiwitan Cigugur Kuningan ke legislatif. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Dia meminta Pemkab Kuningan memperhatikan dan melestarikan warisan adat dan budaya setempat. Termasuk menghormati keberagaman yang sudah mengakar di sekitar Cigugur, Kabupaten Kuningan..

"Pemkab Kuningan harus memperhatikan kesejahteraan dan keadilan rakyatnya, termasuk masyarakat adat," ucap Ratu Hemas.

Ratu Hemas meminta agar tidak ada seorang pun yang boleh merombak atau mengubah kepercayaan yang ada dan sudah tertanam sejak lama.

"Saya mohon Pemkab Kuningan memperhatikan hal ini," pinta Hemas.

Dalam upaya tersebut, Ratu Hemas berencana membahas persoalan itu dan membantu audiensi masyarakat adat dengan Pemkab Kuningan.

 

Dukungan Anggota DPR yang Juga Pengasuh Pesantren

Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq. (Liputan6.com/Yoppy Renato)
Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Selain Hemas, anggota Komisi VIII DPR RI, Maman Imanulhaq menyatakan penolakan pembangunan bakal makam tokoh masyarakat adat Sunda Wiwitan Cigugur tidak harus terjadi.

Menurut pengasuh Ponpes Al Mizan Kabupaten Majalengka ini, persoalan pembangunan bakal makam harus mengedepankan prinsip konstitusional.

"Keyakinan dan kepercayaan merupakan hak konstitusional yang harus dihargai dan dihormati oleh seluruh masyarakat. Ada dialog yang seharusnya ditempuh bukan mengerahkan massa apalagi ada MUI," ujar dia.

Pada kesempatan tersebut, Maman mengingatkan janji presiden saat kampanye dulu, Indonesia sudah tegas terhadap ideologinya, Pancasila, maupun adat istiadat dan kepercayaan yang dianut masyarakat bangsa ini.

Oleh karena itu, seharusnya sudah tak ada lagu lagi isu tentang adat istiadat dan kepercayaan.

"Tapi, ternyata masih ditemukan, termasuk di Kabupaten Kuningan," kata Maman.

Menurut Maman, kondusivitas daerah penting untuk dijaga. Namun penghormatan dan penghargaan terhadap perbedaan agama, serta kepercayaan dan keyakinan harus dijunjung tinggi.

"Kami ingin mengingatkan kembali seluruh elemen, termasuk Bupati Kuningan, tentang pentingnya menjaga dan menghormati hak-hak konstitusional beragama dan berkeyakinan," ujar Maman.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebut Liverpool Arogan, Klopp Suruh Lampard Banyak Belajar

Posted: 24 Jul 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp membalas sindiran Manajer Chelsea, Frank Lampard. Ia menyebut, Lampard harus banyak belajar.

Sindiran Lampard bermula saat Chelsea digebuk Liverpool 3-5 pada pekan ke-36 Liga Inggris. Usai pertandingan, Lampard menyebut Liverpool arogan lantaran telah dipastikan sebagai juara sebelum musim tuntas.

Klopp pun tak terima dengan pernyataan Lampard. Manajer asal Jerman itu menyebut, Lampard harus banyak belajar sebagai manajer muda.

"Lampard harus belajar. Dia punya banyak waktu. Dia manajer muda, tetapi itulah yang harus dia pelajari," kata Klopp seperti dilansir Sportskeeda.

Klopp mengatakan, ia tidak masalah jika perkataan Lampard diucapkan saat pertandingan. Pasalnya, panasnya pertandingan bisa saja membuat seseorang menjadi tempramen.

Namun setelah pertandingan, Klopp menganggap seorang manajer harus kembali berkepala dingin. Hal itulah, kata Klopp, yang harus dipelajari Lampard.

"Yang harus dipelajarinya adalah menuntaskan masalah saat peluit panjang dan dia tidak melakukan itu. Mengatakan hal tersebut setelah pertandingan, itu tidak bagus," katanya.

 

Hanya Bereaksi

Gelandang Liverpool, Mohamed Salah, berebut bola dengan bek Chelsea, Kurt Zouma, pada laga lanjutan Premier League pekan ke-37 di Stadion Anfield, Kamis (23/7/2020) dini hari WIB. Liverpool menang 5-3 atas Chelsea. (AFP/Phil Noble/pool)
Gelandang Liverpool, Mohamed Salah, berebut bola dengan bek Chelsea, Kurt Zouma, pada laga lanjutan Premier League pekan ke-37 di Stadion Anfield, Kamis (23/7/2020) dini hari WIB. Liverpool menang 5-3 atas Chelsea. (AFP/Phil Noble/pool)

Klopp menambahkan, dirinya hanya membalas ucapan Lampard. Oleh karena itu, ia tidak ingin berkomentar lebih jauh terkait isu tersebut.

"Hanya itu alasan saya berkomentar. Di luarnya, tidak ada lagi. Tetapi karena dia duluan yang bicara, saya kira masuk akal untuk menjelaskan opini saya," ujar Klopp mengakhiri.

Jadwal Liga Inggris Pekan Terakhir

Minggu, 26 Juli 2020

22.00 WIB, Arsenal vs Watford

22.00 WIB, Burnley vs Brighton & Hove Albion

22.00 WIB, Chelsea vs Wolverhampton Wanderers

22.00 WIB, Crystal Palace vs Tottenham Hotspur

22.00 WIB, Everton vs Bournemouth

22.00 WIB, Leicester City vs Manchester United

22.00 WIB, Newcastle United vs Liverpool

22.00 WIB, Southampton vs Sheffield United

22.00 WIB, West Ham United vs Aston Villa

Klasemen Liga Inggris

 

 

Saksikan Video Liverpool di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Bentuk Jok Motor Ini Tak Biasa, Nyeleneh Banget

Posted: 24 Jul 2020 08:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau banyak inovasi kreatif yang bisa dilakukan pada motor. Salah satunya ialah dengan cara modifikasi jok motor menjadi unik. Tak hanya unik, bahkan modifikasi jok motor bisa bikin orang geleng kepala.

Mulai dari jok motor dengan tampilan bak buaya hingga jok motor berduri, menjadi bukti uniknya bentuk jok motor. Banyak orang terheran-heran menyaksikan keunikan jok motor ini. Wajar saja jika jok motor ini menjadi viral di berbagai media sosial.

Netizen yang melihat modifikasi jok motor yang tak biasa ini banyak yang mengomentari seolah tak percaya. Terlebih, keunikan yang sangat nyeleneh ini memang jarang disaksikan banyak orang. Sehingga saat viral, bentuk jok motor unik ini jadi sorotan.

Penasaran kan dengan bentuk jok motor unik? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber,  bentuk jok motor unik, Sabtu (25/7/2020).

1. Kok malah jadi serem ya motornya?

6 Bentuk Jok Motor Ini Tak Biasa, Nyeleneh Banget (sumber: Instagram.com/sukijan.id)
6 Bentuk Jok Motor Ini Tak Biasa, Nyeleneh Banget (sumber: Instagram.com/sukijan.id)

2. Astaga, malah debus di atas motor coba.

6 Bentuk Jok Motor Ini Tak Biasa, Nyeleneh Banget (sumber: Instagram.com/sukijan.id)
6 Bentuk Jok Motor Ini Tak Biasa, Nyeleneh Banget (sumber: Instagram.com/sukijan.id)

3. Biar praktis kalau semisal udah enggak tahan pengen BAB.

6 Bentuk Jok Motor Ini Tak Biasa, Nyeleneh Banget (sumber: Instagram.com/fuckyourbikesucks)
6 Bentuk Jok Motor Ini Tak Biasa, Nyeleneh Banget (sumber: Instagram.com/fuckyourbikesucks)

4. Jok motor khusus jomblo nih. Minat?

6 Bentuk Jok Motor Ini Tak Biasa, Nyeleneh Banget (sumber: Instagram.com/fouryourbikesucks)
6 Bentuk Jok Motor Ini Tak Biasa, Nyeleneh Banget (sumber: Instagram.com/fouryourbikesucks)

5. Kalau yang ini wajib dapat bintang lima.

6 Bentuk Jok Motor Ini Tak Biasa, Nyeleneh Banget (sumber: 1cak.com)
6 Bentuk Jok Motor Ini Tak Biasa, Nyeleneh Banget (sumber: 1cak.com)

6. Enggak cuma motornya saja yang unik, joknya pun juga unik karena diubah pakai kursi.

6 Bentuk Jok Motor Ini Tak Biasa, Nyeleneh Banget (sumber: Instagram.com/fuckyourbikesucks)
6 Bentuk Jok Motor Ini Tak Biasa, Nyeleneh Banget (sumber: Instagram.com/fuckyourbikesucks)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raih WTP Keempat, Mensos: Tantangan Kelola Anggaran Makin Rumit

Posted: 24 Jul 2020 08:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggota III BPK RI Achsanul Qosasi mengapresiasi Kementerian Sosial (Kemensos) karena dapat mempertahankan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk keempat kalinya. Hal ini disampaikannya langsung kepada Menteri Sosial Juliari Batubara, saat penyerahan simbolik predikat tersebut, Jumat (24/7/2020).

"Apresiasi yang tinggi kepada Mensos yang memberikan perhatian yang serius dan komitmen yang kuat dalam pengelolaan anggaran dan penyusunan Laporan Keuangan, serta penyelesaian terhadap tindak lanjut hasil pemeriksaan," kata Achsanul di Gedung Kemensos Cawang Jakarta Timur, lewat siaran pers diterima, Sabtu (25/7/2020).

Menanggapi pujian BPK, Mensos Juliari mengatakan, kementeriannya terus bekerja keras dalam memperhatikan tiap anggaran yang akuntabel. Terlebih, di tengah situasi pandemi, anggaran terus meningkat.

"Adalah prestasi saat predikat WTP bisa kita raih dan pertahankan. Saya kira ini tentu tidak lepas dari kerja sama yang baik, dan komitmen kuat seluruh jajaran Kemensos dan bimbingan Tim BPK," puji Juliari.

Juliari merasa, opini WTP kali ke empat secara berturut-turut ini, terasa sangat penting bagi Kemensos yang terus meningkat jumlah anggarannya terutama untuk belanja bantuan sosial, bahkan di tahun 2020 anggaran kemensos paling besar anggarannya dari seluruh kementerian dan lembaga.

Terus Ditingkatkan

"Meningkatnya nilai anggaran yang tahun ini ditambahkan dengan bansos khusus dampak Covid-19, anggaran Kemensos menjadi Rp124,4 triliun. Ini tantangan pengelolaan anggaran semakin rumit di era pendemi," jelas Ari.

Dia meyakini, Opini WTP dari BPK membuktikan kualitas kinerja Kemensos, dengan tingkat realisasi belanja tertinggi yang pernah dicapai sebesar 63,42 pesen.

"Meraih opini WTP dari BPK bisa dipahami sebuah prestasi. Namun ke depan, kami dengan Inspektur Jenderal dan jajaran unit kerja eselon I Kemensos, tidak hanya ingin menempatkan WTP sebagai prestasi, tetapi juga tradisi," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PANDI dan Kemenko PMK Gelar Webinar Bahas New Normal dan Budaya

Posted: 24 Jul 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menggelar webinar bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Kasultanan Ngayogyakarto. Webinar yang digelar pada Kamis (23/7/2020) lalu itu bertajuk "Menyambut Era New Normal, Momen Membangun Karakter Manusia Berbasis Budaya."

Turut serta di webinar tersebut Henri Nurcahyo, pegiat seni budaya dari komunitas BrangWetaN dan juga penulis buku, yang menjadi moderator.

Hadir sebagai keynote speaker Menko PMK, Muhadjir Effendi, menyatakan bahwa Pandemi Covid-19 banyak memberikan dampak negatif hampir banyak aspek kehidupan. Dia menilai hal ini menjadi tantangan untuk pembinaan generasi muda dalam pembangunan karakter bangsa.

"Membangun karakter bangsa melalui budaya membutuhkan waktu yang sangat lama dan panjang. Dengan ditutupnya Pusat Kebudayaan seperti museum, sanggar, dan lokasi seni pertunjukan dikhawatirkan akan menghambat pelestarian budaya," kata Muhadjir.

Berkaca pada situasi ini, Pemerintah telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor: 02/KB/2020, KB/1/UM/04.00/M-K/2020 tentang Panduan Teknis Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Bidang Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif dalam Masa Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat.

"Panduan ini diharapkan mampu menjadi pedoman para penggiat kebudayaan untuk dapat tetap beraktivitas dengan aman dan nyaman," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode lalu tersebut.

Kegiatan ini, menurut Muhadjir, diharapkan dapat mendorong generasi muda, masyarakat umum, dan pegiat kebudayaan untuk melestarikan kebudayaan melalui digitalisasi dan memanfaatkan teknologi.

"Jangan sampai kebudayaan kita diakusisisi dulu oleh negara lain baru kita terpacu, tapi mulailah sejak dini dan dari diri kita sendiri, manfaatkan perkembangan teknologi informasi yang sudah sangat canggih ini untuk melestarikan kebudayaan nusantara," ujar Muhadjir.

GKR Mangkubumi

Selaras dengan Menko PMK, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi menyatakan Keraton sebagai pelestari budaya terus melakukan penyesuaian agar sejarah budaya bisa selalu diingat oleh generasi muda saat ini. GKR Mangkubumi menilai sejarah panjang harus selalu diingat.

"Memang sejarah panjang ini memang harus selalu kita ingat, karena dengan mengingat sejarah itu, tentunya kita tahu di mana posisi kita berpijak," kata GKR Mangkubumi.

Selain itu GKR Mangkubumi merasa salah satu unsur budaya yang terlupa adalah bahasa daerah, yang sudah mulai terkikis oleh perkembangan zaman. Kemudian sejarah tentang kerajaan dan perjuangan-perjuangan para pahlawan di Indonesia pun banyak dilupakan oleh masyarakat.

"Banyak sekali pekerjaan kita semuanya, seperti apa kita akan menjaga Nusantara ini, apabila kita sendiri tercerabut dari budaya kita sendiri. Jangan menjadi bangga mengikuti budaya orang lain tapi kita sendiri juga melupakan apa yang menjadi budaya kita sendiri," tutur dia.

Urgensi pemanfaatan teknologi

Sementara itu, Yudho Giri Sucahyo selaku Ketua PANDI berbicara tentang urgensi pemanfaatan teknologi informasi dalam pelestarian Budaya Nusantara. Yudho berpendapat teknologi digital sangat berkaitan erat dengan kehidupan saat ini.

Sejalan dengan hal tersebut, PANDI telah melakukan hal konkret untuk membantu pelestarian budaya dengan mendaftarkan domain beraksara daerah yang dikonversi agar bisa terdigitalisasi dan dapat diakses di laman internet.

"Saat ini PANDI telah mendaftarkan Internationalize Domain Name Aksara Jawa ke ICANN, sedang diproses dan menunggu respons dalam waktu delapan minggu ke depan," ujar Yudho.

Tidak hanya Aksara Jawa, PANDI pun berencana akan mendaftarkan aksara daerah lainnya ke ICANN sebagai wujud nyata program Merajut Nusantara melalui digitalisasi aksara daerah.

"Ke depan, kita akan punya keanekaragaman seperti ini, ratusan aksara yang ada di Nusantara ini akan terdigitalkan, sehingga lalu kemudian anak cucu kita semuanya akan masih bisa mengingatnya, masih bisa mempelajarinya dan masih bisa bangga dengan berbagai budaya kita," kata Yudho.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia Serie A: AC Milan Gagal ke Lima Besar

Posted: 24 Jul 2020 08:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Liga Italia Serie A baru menggelar satu pertandingan di pekan 36 ini. AC Milan gagal menyodok ke lima besar klasemen sementara.

AC Milan harus puas tetap di urutan enam setelah bermain imbang 1-1 dengan tamunya Atalanta. Hasil ini sekaligus mengakhiri tren tiga kemenangan beruntun Milan di Liga Italia.

Kegagalan mengalahkan Atalanta membuat AC Milan tetap di urutan enam dengan 60 poin. AC Milan tertinggal satu angka dari peringkat lima AS Roma. Namun Roma masih belum berlaga di pekan ke-36.

Adapun Atalanta tetap di urutan dua. Namun dengan gagal menang Atalanta cuma bisa memangkas satu poin dari Juventus dan masih tertinggal lima angka.

Juventus sendiri belum berlaga di pekan 36. Jika menang melawan Sampdoria, Juventus akan memastikan diri menjadi juara.

Atalanta justru terancam digusur Inter Milan dari peringkat dua klasemen Liga Italia Serie A. Inter yang ada di posisi tiga cuma terpaut dua poin dan masih belum berlaga di pekan 36.

 

Klasemen

ilustrasi logo liga italia (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi logo liga italia (Liputan6.com/Abdillah)
 

 

Jadwal Nanti Malam

Sabtu, 26 Juli 2020

22.15 WIB: Brescia vs Parma

Minggu, 27 Juli 2020

00.30 WIB: Genoa vs Inter Milan

02.45 WIB: Napoli vs Sassuolo

22.15 WIB: Bologna vs Lecce 

Jadwal Lainnya

Senin, 27 Juli 2020

00.30 WIB: AS Roma vs Fiorentina

00.30 WIB: Hellas Verona vs Lazio

00.30 WIB: SPAL vs Torino

00.30 WIB: Cagliari vs Udinese

02.45 WIB: Juventus vs Sampdoria

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai Dilirik Motor Sport 250 Cc, Ini Kelebihan Fitur Quick Shifter

Posted: 24 Jul 2020 08:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu fitur yang ramai dilirik motor sport 250cc saat ini adalah quick shifter. Teknologi ini biasanya terpasang pada motor gede (moge), tapi kini juga disematkan di sportbike 250 cc, yaitu Kawasaki Ninja ZX-25R dan Honda CBR250RR SP.

Bahkan, telah banyak perusahaan aftermarket yang menjual quick shifter secara terpisah.

Lantas, apa fungsi quick shifter? Bagaimana cara kerjanya?

Untuk memindah gear di motor manual, ada beberapa tahap, yakni menurunkan gas, menekan tuas kopling, memasukkan gear, melepas tuas kopling, dan kembali membuka gas.

Sebenarnya proses itu bisa dilakukan dengan sangat cepat. Namun, untuk menyelesaikannya membutuhkan waktu dan usaha.

Fungsi Quick Shifter

Mengutip dari Lifeatlean.com, kehadiran quick shifter mampu mempersingkat proses perpindahan gear. Pasalnya, ada beberapa proses yang dilakukan oleh komputer. 

Secara sederhana, saat melakukan perpindahan gear, quick shifter akan secara otomatis menurunkan gas dengan beberapa cara, seperti mematikan mesin atau pun menghentikan suplai bahan bakar.

 

Terhubung ECU

Setelah itu, kampas kopling dapat berpindah dengan aman. Sistem ini juga memungkinkan pengendara tetap membuka gas ketika mengoper gear.

Sistem ini melibatkan beberapa sensor serta komputer yang langsung terhubung ke ECU atau otak motor bersistem pengabutan injeksi. Karena itu, quick shifter biasanya digunakan pada motor balap dan moge.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seorang Petani Menyambi Bandar Narkoba, Ditangkap Polisi Beserta 15 Kg Sabu

Posted: 24 Jul 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Medan Pihak kepolisian di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) menggagalkan peredaran narkotika jenis sabu seberat 15 Kilogram (Kg) dan pil ekstasi sebanyak 20.000 butir. Barang haram ini milik jaringan pengedar narkoba Medan-Pekan Baru.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko mengatakan, kasus ini diungkap oleh tim dari Satuan Reserse (Satres) Narkoba pada Senin, 20 Juli 2020. Dari pengungkapan ini ditangkap seorang petani yang diketahui sebagai bandar.

"Bandar narkoba yang juga sebagai petani kita tangkap adalah TZ (47), warga Kecamatan Medan Sunggal," kata Riko dalam paparan kasus narkoba di Mapolrestabes Medan, Jalan HM Said, Jumat, 24 Juli 2020.

Dijelaskannya, pengungkapan tersebut berawal dari adanya informasi yang menyebut adanya aktivitas peredaran narkoba, dan bandarnya adalah seorang petani. Atas informasi ini, petugas melakukan penyelidikan.

"TZ kita tangkap di Jalan Pinang Baris," ujar Kapolrestabes.

 

Diperintah

Dari pengakuan TZ, dirinya diperintahkan oleh seseorang berinisial BR yang saat ini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).
Dari pengakuan TZ, dirinya diperintahkan oleh seseorang berinisial BR yang saat ini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

Saat penangkapan terhadap TZ, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti 15 Kg sabu dan 20.000 pil ekstasi. Dari pengakuan TZ, dirinya diperintahkan oleh seseorang berinisial BR yang saat ini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

TZ juga mengakui aksi yang dilakukannya ini bukan pertama kali. Dirinya sudah tiga kali melakukan aksi melanggar hukum tersebut, pertama 10 Kg, kedua 10 Kg, dan ketiga 15 Kg. Barang haram itu akan dipasarkan di Medan atas perintah BR.

"Pengakuan TZ, jika aksinya berhasil akan menerima upah," terang Riko.

Selamatkan Ratusan Ribu Jiwa

Ilustrasi Narkoba
Ilustrasi Narkoba

Diungkapkan Kapolrestabes, dari mengungkapkan dan penyitaan barang haram tersebut telah berhasil menyelamatkan ratusan ribu jiwa. Diperkirakan, dari barang bukti 15 Kg sabu tersebut bisa menyelamatkan lebih kurang 154 ribu orang.

"Kita masih kembangkan kasus ini," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Jaya Tilang 1.601 Kendaraan Selama 2 Hari Operasi Patuh Jaya

Posted: 24 Jul 2020 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar merilis hasil hari kedua analisis dan evaluasi Operasi Patuh Jaya 2020. Hasilnya, sebanyak lebih dari 1.500 kendaraan bermotor terkena sanksi tilang.

"Hasil Anev Ops Patuh Jaya 2020 hari kedua 24 Juli 2020, penindakan tilang sejumlah 1.601 perlanggar tilang dan 2.961 terkena sanksi teguran," tulis Fahri dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/7/2020).

Fahri mengatakan, pelanggaran didominasi oleh pengemudi sepeda motor. Jenis pelanggaran terbanyak adalah tindakan berkendara tidak sesuai jalur.

"Banyak pelanggar pengendara roda dua, mereka melawan arus dengan jumlah 413 pelanggaran," terang polisi berpangkat melati dua ini.

Sedangkan untuk wilayah operasi di kawasan hukum Polda Metro Jaya, data yang dimiliki Fahri mencatat wilayah Jakarta Pusat, Tangerang Selatan, dan Depok mendominasi jumlah pelanggaran Operasi Patuh Jaya 2020.

"Wilayah paling banyak terjadi pelanggaran lalu lintas di wilayah Jakarta Pusat, Tangerang Selatan dan Depok," dia menandasi.

Operasi Digelar 2 Pekan

Sebagai informasi, operasi ini akan dilaksanakan selama dua pekan ke depan. Mulai dari tanggal 23 Juli 2020 hingga 5 Agustus 2020. Sebanyak 1.807 personel dilibatkan, terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan di wilayah DKI Jakarta.

Data yang dimiliki Polda Metro Jaya, selama setengah tahun ini terjadi sebanyak 4.708 kecelakaan dan 484.302 pelanggaran.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Tengah Pandemi Corona COVID-19, Tunisia Mencari Perdana Menteri Baru

Posted: 24 Jul 2020 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sembilan bulan setelah pemilihan umum, Tunisia kembali menghadapi titik buntu dengan parlemen dan pemerintah yang kacau dan berantakan, setelah pengunduran diri Perdana Menteri Elyes Fakhfakh pekan lalu.

Hal ini sering kali dihadapi oleh negara kecil di Afrika Utara itu. Ditambahkan lagi rintangan lainnya yakni virus corona yang menggoyahkan perekonomian, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Sabtu (25/7/2020).

Saat ini, Presiden Kais Saied harus menunjuk pengganti Fakhfakh, yang tetap menjabat sampai serah-terima kekuasaan. Jika kandidat itu tidak lolos di parlemen, kemungkinan masyarakat Tunisia akan kembali ke tempat pemungutan suara (TPS).

"Sejumlah warga benar-benar takut, bukan Covid, tapi kembali ke polarisasi," kata Michael Ayari, analis senior yang berbasis di Tunisia untuk International Crisis Group, serta menambahkan, "ada potensi untuk menghambat sepenuhnya, ketika sistem itu harus berakhir. "

Sementara itu Covid-19, penyakit yang disebabkan virus corona, mengakibatkan kerusakan ekonomi yang parah. Sementara Tunisia terkena dampak ringan, dengan kurang dari 1.400 infeksi dan 50 kematian hingga saat ini, pemberlakuan lockdown yang ketat dan penutupan sejumlah perbatasan telah menghantam negara Mediterania itu.

 

Perekonomian Turun

Warga membawa makanan berbuka puasa gratis dari relawan selama bulan suci Ramadan di Ariana, Tunisia (7/5/2020). Masjid-masjid di Aljazair, Maroko dan Tunisia telah ditutup untuk membatasi penyebaran Covid-19, mencegah doa malam khusus. (AFP/Fethi Belad)
Warga membawa makanan berbuka puasa gratis dari relawan selama bulan suci Ramadan di Ariana, Tunisia (7/5/2020). Masjid-masjid di Aljazair, Maroko dan Tunisia telah ditutup untuk membatasi penyebaran Covid-19, mencegah doa malam khusus. (AFP/Fethi Belad)

Analis memperkirakan PDB negara itu akan menyusut sebesar 6 persen tahun ini, dan beberapa aksi protes terhadap kurangnya lapangan kerja dan investasi muncul di wilayah selatan.

Sementara karangan bunga melati menyambut sejumlah wisatawan Eropa pertama yang tiba minggu lalu, setelah penutupan wilayah atau lockdown yang panjang, tidak jelas berapa banyak yang turut serta dalam upaya untuk menyelamatkan industri yang sangat penting itu.

"Mungkin Rusia akan datang pada Agustus," kata Ayari, "tapi itu akan simbolis saja."

Masalah politik juga terus meningkat. Hanya lima bulan setelah menjabat, Fakhfakh mengajukan pengunduran dirinya pada 15 Juli di tengah tuduhan adanya konflik kepentingan yang kemudian ia bantah.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Sedih, Ini Keuntungan Jadi Jomblo

Posted: 24 Jul 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tidak memiliki pasangan bukan berarti hidup kamu tak bahagia. Coba lihat dari sisi lain, menjadi jomblo engga melulu merugikan kok bahkan ada beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan saat tidak punya pasangan.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang justru hanya dapat didapatkan oleh mereka kaum jomblo.

Memiliki waktu banyak dengan teman

Patut disyukuri saat kamu jomblo. Kenapa? Karena ada beberapa yang tidak bisa dilakukan saat nantinya kamu punya pasangan. Sebagai contoh punya banyak teman. Yap, bagi mereka yang sudah punya pacar akan menghabiskan waktu dengan pacar, kamu yang jomblo bisa tetap happy dengan teman.

Lagi pula, jika kamu punya pasangan, tentu waktu bermain dengan teman akan berkurang. Belum lagi jika kamu punya pasangan yang super protektif. Mungkin kamu akan jarang sekali bertemu dengan para temanmu. Puaskan waktu bersama teman yang mungkin tidak bisa lagi dilakukan jika kamu sudah punya pasangan. Lebih bebas jadi jomblo.

Produktif

Bicara bebas, saat jadi jomblo, kamu bisa meluangkan waktu agar lebih produktif, misalnya menyalurkan hobi kamu. Mulai dari melukis, otomotif, sampai olahraga. Toh, dengan menyalurkan hobi, kamu bisa lebih kreatif. Jadi lebih berguna dan bermanfaat.

Jauh dari stres

Dengan kebebasan yang dimiliki seorang jomblo, tentu akan melahirkan rasa happy. Hal itu berdampak kepada psikologi kamu, jadi bisa lebih rileks. Menjadi jomblo itu, kamu bisa kemana saja tanpa harus khawatir 'dicari' oleh pasangan. Memiliki perasaan yang senang tentu jauh dari kata stres.

Sebaliknya, saat berpasangan tentu kamu harus memberi kabar kepada pasangan dan sesekali bertengkar karena perbedaan pendapat. Hal itu bisa saja membuat kamu stres.

Travelling

Ada sebagian orang mengeluh saat travelling mengajak pasangan. Ribetlah atau tidak bebas. Inilah keutungan bagi kamu yang jomblo. Kamu tak terikat oleh waktu maupun pasangan. Apalagi bagi kamu yang menyukai solo travelling. Kamu bisa mengeksplore ke daerah atau pelosok dengan bebas.

Kamu juga tidak memusingkan masalah budget untuk travelling saat jomblo. Sebaliknya, jika memiliki pasangan, kamu harus menyiapkan dana tambahan saat tarvelling dan mengatur lokasi bepergian. Ribet kan.

Nikmatkan jadi jomblo? kalau sudah begitu bebaskan langkahmu dengan travelling menjelajah tempat-tempat baru. Kalau pun binggung mencari penginapan, kamu bisa kok manfaatkan sebuah aplikasi perjalanan. Biasanya, aplikasi itu memberikan promo menarik bagi kamu yang ingin travelling. Mulai dari pesawat, hotel, hiburan, maupun sewa kendaraan.

Dengan aplikasi itu, kamu bisa menyimpan reservasi secara paperless, kamu hanya menunjukkan melalui ponsel kamu. Lebih mudah kan.

Kalau sudah begini, kamu rencanakan liburan deh. Tidak apa jomblo, siapa tahu saat travelling kamu menemukan jodoh yang tepat. Mau kemana?

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dihina karena Disabilitas, Melissa Blake Balas Ocehan Warganet dengan Swafoto

Posted: 24 Jul 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Melissa Blake, seorang jurnalis difabel mengunggah tulisan kontroversial di Twitternya. Unggahan itu berisi imbauan kepada warganet untuk berhenti mengikuti Presiden Donald Trump dan ingin melihat reaksi mereka.

Alih-alih berkomentar tentang Trump, warganet malah berkomentar tentang keadaan fisik wanita berusia 38 itu.

Melissa memiliki sindrom Freeman Sheldon, gangguan tulang dan otot yang memengaruhi bentuk wajah, tangan, dan kaki.

"Orang-orang membicarakan penampilan saya dengan cara yang benar-benar menghina. Salah satu dari mereka mengatakan bahwa saya dilarang memposting foto saya di media sosial karena gemuk dan jelek," ujarnya mengutip People.

Komentar pedas warganet tidak didiamkan begitu saja. Wanita asal Dekalb, Illinois, AS ini malah memutuskan menggunakan kesempatan itu untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa "saya memiliki hak untuk dilihat sebagai seseorang dengan disabilitas."

Melissa kemudian mengunggah tiga swafoto pada 7 September "untuk melakukan kebalikan dari apa yang mereka ingin saya lakukan."

Dapat Banyak Dukungan

Tiga foto itu dibagikan dengan 7.500 pengikutnya saat itu. Tindakan ini memancing orang-orang yang memihaknya untuk menyukai dan me-retweet-nya. Sejak saat itu, pengikutnya tumbuh menjadi lebih dari 65.000.

"Saya ingin orang-orang ini tahu bahwa mereka tidak bisa mengintimidasi saya. Saya pikir banyak wanita juga berurusan dengan itu, bukan hanya wanita penyandang disabilitas. Ini bisa menjadi tempat yang sangat beracun dan bisa ada banyak hal negatif."

Setelah dia melihat respons besar dari tweetnya, media sosial telah menjadi kegembiraan baginya.

"Itu benar-benar membuat saya melihat hal baik. Banyak hal telah berubah."

Sepanjang hidupnya, Melissa telah menjalani 26 kali operasi untuk meluruskan persendian dan tulangnya dan telah berhasil tetap positif meski diintimidasi sepanjang hidupnya.

"Saya merasakan dukungan dari begitu banyak orang di seluruh dunia yang bahkan tidak pernah saya temui," katanya.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Android 11 Ternyata Masih Punya Nama Dessert, Apa Itu?

Posted: 24 Jul 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google memang sudah memutuskan untuk tidak lagi menggunakan nama dessert untuk penamaan resmi Android. Namun di dalam internal perusahaan, nama itu ternyata masih digunakan.

Informasi ini diketahui dari wawancara VP of Engineering Android Dave Burke. Dalam wawancara bersama Droid Life, dia mengungkap bahwa tim internal Google masih memiliki kode nama untuk Android 11

Adapun seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (24/7/2020), nama internal untuk Android 11 adalah Red Velvet Cake. Meski sebatas penamaan internal, pola yang digunakan masih digunakan masih mengikuti tradisi Android selama ini.

Seperti diketahui, Android 10 seharusnya akan disebut sebagai Android Q, mengikuti kebiasaan. Karenanya, Android 11 dapat disebut pula Android R atau yang kini diungkap sebagai Red Velvet Cake.

Tahun lalu, VP Product Management Android Sameer Samat memang mengatakan penamaan Android berdasarkan dessert dan disusun secara alfabet memang masih digunakan oleh tim internal perusahaan.

Lantas jika demikian, apa nama Android Q yang mungkin tidak banyak diketahui. Dalam wawancaranya, Burke mengatakan Android Q atau Android 10 memiliki nama internal Quince Tart.

Sebagai infomasi, sejak Android 10, Google memang meninggalkan kebiasaan penggunaan nama dessert. Pola angka ini pun akan diteruskan ke generasi selanjutnya, seperti Android 11 dan seterusnya.

Alasan Google Ganti Nama Android 10

Ilustrasi Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Keputusan mengganti nama Android tidak lepas dari umpan balik para pengguna. Menurut VP of Product Management Android Sameer Samat, pemakaian nama dessert ternyata tidak selalu dimengerti masyarakat global.

Dia mencontohkan, di beberapa bahasa, pengucapan L dan R yang tidak jauh berbeda ternyata menciptakan efek tersendiri untuk Android.

Samat menuturkan, tidak jarang saat nama Android Lollipop diucapkan, masih ada orang yang tidak mengetahuinya sebagai penerus KitKat.

"Lebih sulit bagi pengguna Android baru, yang tidak mengetahui pola penamaan ini. Jadi, mereka sulit mengetahui apakah smartphone-nya menjalankan versi terbaru," tulis Samat.

Sejumlah itu, beberapa makanan yang digunakan untuk nama Android ternyata tidak familiar bagi sejumlah orang.

Sebagai contoh, pie tidak termasuk dessert di sejumlah wilayah dan marshmallow tidak terlalu populer di banyak tempat di dunia.

"Sebagai sistem operasi global, penting untuk memakai nama yang jelas dan dipahami oleh semua orang. Jadi, untuk rilis Android selanjutnya, Android akan dipanggil sebagai Android 10," tulis Samat. 

Ponsel Baru dengan RAM 2GB Tak Akan Bisa Jalankan Android 11

Ilustrasi Android, Robot Android. Kredit: Google
Ilustrasi Android, Robot Android. Kredit: Google

Di sisi lain, Google sudah membuka pengujian beta Android 11. Salinan Device Configuration Guide Android 11 bocor, dan mengungkapkan beberapa informasi tentang OS tersebut.

Dilansir GSM Arena, Kamis (23/7/2020), salah satu ketentuannya adalah semua perangkat baru yang ingin menjalankan Android 11 harus memiliki RAM lebih dari 2GB. Smartphone dengan RAM 2GB atau kurang harus meluncur sebagai perangkat Android Go.

Selain itu, ponsel dengan RAM 512 MB tidak lagi memenuhi syarat untuk preloading GSM. Hal ini secara efektif membuat perangkat tersebut telah mencapai akhir dukungannya.

Perubahan-perubahan tersebut diperkirakan dimulai dari kuartal IV 2020, ketika Android 11 telah dirilis ke publik. Pembaruan akan dirilis oleh Original Equipment Manufacturer (OEM).

Selain itu, ponsel dengan RAM 512 MB tidak lagi memenuhi syarat untuk preloading GSM. Hal ini secara efektif membuat perangkat tersebut telah mencapai akhir dukungannya.

Perubahan-perubahan tersebut diperkirakan dimulai dari kuartal IV 2020, ketika Android 11 telah dirilis ke publik. Pembaruan akan dirilis oleh Original Equipment Manufacturer (OEM).

Adapun Android Go merupakan versi lite dari OS Android. Perangkat Android Go dilengkapi sebagian besar aplikasi native, tapi lebih sedikit fitur. Kendati demikian, tetap memiliki fungsi utama yang sama.

Perubahan ini dinilai bertujuan untuk memastikan ponsel yang meluncur dengan hardware sederhana, mendapatkan platform lebih ringan.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Pandemi, Warga di India Justru Sembah 'Dewi Corona'

Posted: 24 Jul 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona Covid-19 masih terus mewabah. Berbagai cara pun dilakukan banyak negara guna mencegah penyebaran virus tersebut. Masyarakat di banyak negara juga telah memiliki kesadaran tinggi untuk memakai masker dan menjaga jarak guna meminimalisir penularan Covid-19.

Namun, berbeda dengan yang dilakukan warga di India. India menjadi salah satu negara yang paling berdampak pandemi Covid-19. Tak sedikit warga yang lantas beralih kepada hal spiritual dalam upaya untuk melindungi diri dari virus corona baru ini.

Melansir dari Oddity Central, Sabtu (25/7/2020), bulan lalu media India melaporkan sekelompok wanita dari sebuah desa di Benggala Barat memiliki cara tak biasa guna melawan virus Corona.

Mereka memutuskan untuk menyembah Corona Mai, atau 'Dewi Corona'. Mereka mendirikan kuil kecil di tepi kolam Chinnamasta, dekat kota Asansol, dan mulai menyanyikan lagu-lagu dan mantra, membakar dupa dan membawa persembahan seperti buah-buahan, sayuran, minyak samin, dan gula tebu.

Berharap pandemi Corona segera berakhir

Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)
Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)

Para wanita mengatakan bahwa mereka berencana untuk beribadah dan berdoa kepada dewi sampai pandemi Covid-19 berakhir.

"Kami berharap Dewi Corona memastikan bahwa virus akan meninggalkan kita selamanya," kata seorang penyembah Dewi Corona berusia 23 tahun kepada The Hindu.

"Persembahan dan nyanyian kami akan memberi kita kelonggaran dari virus," tambahnya.

Percaya ini cara yang terbaik

ilustrasi virus corona covid-19/copyright by diy13 (Shutterstock)
ilustrasi virus corona covid-19/copyright by diy13 (Shutterstock)

Penyembah Corona Mai berkisar dari usia awal 20-an hingga wanita tua di usia 70-an. Mereka semua percaya bahwa cara terbaik untuk membantu memerangi pandemi adalah dengan berdoa kepada dewi Corona sampai dia memutuskan untuk mengambil virus Corona.

"Kami telah memutuskan untuk menyembah Corona Mai setiap hari Senin dan Jumat sampai ia puas," kata seorang wanita berumur 56 tahun.

 

Kuil

ilustrasi virus corona covid-19/photo copyright by Shutterstock
ilustrasi virus corona covid-19/photo copyright by Shutterstock

Sementara kelompok pemuja Dewi Corona dari Benggala Barat ini mendirikan sebuah kuil kecil di luar ruangan, seorang lelaki Kerala mendirikan sebuah kuil untuk menyembah Corona.

"Saya telah mendirikan kuil ini untuk Dewi Corona sesuai dengan kebebasan konstitusional untuk beribadah. Dewi Corona sedang dipuja di sini, "kata pria itu.

"Saya mendedikasikan kuil itu untuk para pekerja kesehatan, para ilmuwan yang berusaha menemukan vaksin, petugas pemadam kebakaran & penyelamatan, personel media dan ekspatriat yang melaporkan informasi secara real-time," lanjutnya

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Edhy Diminta Hapus Aturan yang Sulitkan Nelayan

Posted: 24 Jul 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia melakukan survei terhadap tujuh sektor pelaku usaha untuk mengevaluasi kinerja ekonomi dan pemerintahan di masa pandemi Covid-19.

Hasilnya, pelaku usaha sektor ini mengaku puas dengan kinerja Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan mengaku sependapat dengan hasil survei Indikator Politik Indonesia. Dia menilai selama Edhy Prabowo memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan banyak mengeluarkan kebijakan yang sejalan dengan aspirasi para nelayan.

"(Kinerja Menteri Edhy) sangat baik, mampu menyerap dan wujudkan aspirasi nelayan," kata Daniel di Jakarta, Sabtu (25/7/2020).

Meski begitu, lanjut dia, kinerja Edhy Prabowo masih perlu terus ditingkatkan. Dia meminta agar politisi Partai Gerindra itu segera mencabut beberapa peraturan menteri (Permen) yang dinilai kerap menyulitkan para nelayan, sehingga harus segera direvisi.

"Banyak yang perlu ditingkatkan karena masih banyak permen yang tidak tepat yang harus segera dicabut dan dibuat permen baru yang mampu memajukan perikanan nasional," ujarnya.

Kata Nelayan

Meski larangan soal cantrang sudah dilonggarkan, nelayan Pantura masih ketakutan untuk menjala rezeki di lautan. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)
Meski larangan soal cantrang sudah dilonggarkan, nelayan Pantura masih ketakutan untuk menjala rezeki di lautan. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

Hal senada dikatakan pengusaha tambak udang asal Lampung Timur, Munhari. Menurutnya, Edhy merupakan sosok menteri yang mau mendengarkan keluhan-kesah para pelaku isaha. Dia menyebut bahwa selama ini permasalahan dalam usaha budidaya tambak udang adalah soal ketersediaan air.

"Setelah ketemu beberapa waktu yang lalu, beliau berjanji akan mengupayakan arus air di seluruh pertambakan udang selalu lancar. Sehingga sumbatan-sumbatan yang ada di kawasan tambak akan diperbaiki," kata Munhari.

Selain itu, Munhari menilai sejak kepemimpinan Menteri Edhy, para nelayan merasa tak khawatir ketika melaut di perairan Tanah Air. Sebab, dahulu banyak aturan-aturan yang menyulitkan mereka dalam mencari ikan atau hasil laut lainnya.

"Para nelayan agak senang, peraturannya enggak terlalu ketat kayak dulu. Kalau dulu ini enggak boleh, ini enggak boleh, tapi nelayan luar masuk terus," kata Munhari.

Sementara itu, para pelaku usaha di tujuh sektor yang disurvei oleh Indikator, menempatkan Edhy Prabowo di posisi 6 menteri terbaik. Peringkat teratas adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Tujuh sektor yang dimaksud yakni pertanian non perikanan dan kelautan; perikanan dan kelautan; pertambangan dan penggalian; industri pengolahan; konstruksi; perdagangan besar & eceran, reparasi & perawatan mobil & sepeda motor; serta sektor pengangkutan dan pergudangan. Survei dilakukan melalui wawancara telepon selama 29 Juni sampai 11 Juli 2020 dengan menyasar pelaku usaha besar hingga mikro.

Menteri KKP: Cantrang Tidak Merusak Karang

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan restocking 50.000 ekor ikan nilem ke Waduk GOR Jakabaring. (Foto: KKP)
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan restocking 50.000 ekor ikan nilem ke Waduk GOR Jakabaring. (Foto: KKP)

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menepis anggapan cantrang bisa merusak karang. Sebaliknya jika cantrang terkena karang, justru jaring cantrang yang rusak.

"Bagaimana bisa, cantrang kena karang justru jaring cantrangnya yang rusak," kata Edhy dalam siaran pers, Jakarta, Senin, (20/7/2020).

Larangan penggunaan cantrang oleh Edhy dicabut dan digantikan dengan aturan baru. Saat ini aturan tersebut sedang ada ditahap harmonisasi.

Dia memastikan aturan yang sedang dibahas ini mengatur penggunaan cantrang agar tidak menggangu nelayan dengan alat tangkap lain.

"Paling jelas aturan soal cantrang perlu diatur karena ada nelayan kita yang tidak punya kapal, yang hanya masang bubu di pinggiran. Ini juga jangan diganggu," kata Edhy.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Masker-Masker Mahal yang Hadir Saat Pandemi, Bertabur Berlian dan Mutiara

Posted: 24 Jul 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masker adalah satu dari sekian banyak barang familiar bagi lebih banyak orang di masa pandemi. Bagaimana tidak, pemakaiannya dinilai mampu meminimalisir transmisi COVID-19.

Seiring nyaring gaung pemakaian masker, terutama saat harus keluar rumah, inovasi pun tak luput menghampiri. Sekarang, ragam produk masker bisa dijumpai di pasaran, mulai dari masker kain ragam motif, hingga yang masuk dalam kategori high-end.

Ya, beberapa waktu belakangan, publik dibuat heboh dengan munculnya sejumlah masker dari material-material mewah. Karya desainer asal Jepang, Rieko Kawanishi, misalnya. Melansir laman South China Morning Post, Jumat, 24 Juli 2020, Kawanishi menciptakan masker dari mutiara.

"Saya mau buat produk yang fokus pada pemanfaatan material unggulan Jepang. Karenanya, saya sudah membuat ragam aksesori menggunakan mutiara sebagai material," tuturnya.

Butuh tiga hari bagi sang desainer untuk membuat masker mutiara tersebut. Pasal, ia harus menjahit 310 mutiara dalam empat ukuran berbeda secara manual untuk jadi sebuah masker.

"Material ini biasanya digunakan untuk kalung. Tapi, saat dipakai sebagai masker, kulit terlihat bagus dan halus," imbuhnya. Satu buah masker buatannya dibanderol satu juta yen (Rp137 juta).

Masker Berlapis Emas

Masker terbuat dari emas. (AFP)
Masker terbuat dari emas. (AFP)

Sementara, pria asal India bernama Shankar Kurhade rela membayar sekitar empat ribu dolar Amerika (sekitar Rp58 juta) untuk sebuah masker emas. Masker ini ia pesan secara khusus terlebih dulu.

Berlapis logam mulia seberat 60 gram, perajin membutuhkan delapan hari untuk membuat masker tersebut, demikian kata sang pengusaha dari Pune barat, India itu. "Ini adalah masker tipis dan memiliki pori-pori kecil yang membantu saya bernapas," katanya pada AFP.

"Saya tidak yakin apakah itu (masker) akan efektif melindungi saya dari infeksi virus corona. Tapi, saya mengambil tindakan pencegahan lain," tambahnya.

Masih memanfaatkan emas sebagai material, berdasarkan laporan India Times, dengan tambahan perak sebagai benang, pembuat perhiasan juga berasal dari India, Radhakrishnan Sundaram Acharya, menciptakan masker tak biasa.

Masker berbenang emas 18 karat tersebut dihargai sekitar 2,75 lakh atau hampir Rp54 juta per buah, sedangkan harga masker perak tak disebutkan.

Radhakrishnan menggunakan benang emas dengan ketebalan 0,06 milimeter. Benang emas ini harus lebih dulu dibuat jadi halus dan fleksibel menggunakan mesin yang dimilikinya. Setelahnya, baru bisa dirajut dan ditenun jadi masker.

Ia mengklaim masker wajahnya bisa digunakan ulang dan memiliki lapisan kain yang dijahit di bagian dalam. Hal tersebut berbeda dengan masker emas milik Kurhade yang berlubang.

Bertabur Berlian

Ilustrasi berlian. (dok. pexels/Danielle De Angelis)
Ilustrasi berlian. (dok. pexels/Danielle De Angelis)

Berdasarkan laporan Vice, sebuah toko perhiasan di Surat, Gujarat, India memperkenalkan masker bertabur berlian. Pemilik toko tersebut, Dipak Choksi, mengaku mendapat ide pembuatan masker ini usai seorang pelanggan yang akan melangsungkan pernikahan meminta dibuatkan masker unik dan mewah. 

Modelnya ada yang tersemat emas kuning bersama berlian Amerika seharga 150 ribu rupee (Rp 28,6 juta). Ada pula masker yang dibuat dengan emas putih dan berlian yang dihargai 400 ribu rupee (Rp 76,4 juta).

Pemilik toko menjelaskan bahwa kain yang digunakan untuk membuat masker dipilih sesuai pedoman perlindungan terhadap virus corona baru yang dikeluarkan pemerintah India.

Choksi mengatakan, berlian dan emas di masker ini dapat disusun sesuai keinginan pelanggan dan boleh digunakan kembali untuk membuat perhiasan lain.

Bagaimana dengan di Indonesia?

Masker kreasi Eggie Jasmin dari Eggie Jasmin Artisan. (dok. Eggie Jasmin Artisan)
Masker kreasi Eggie Jasmin dari Eggie Jasmin Artisan. (dok. Eggie Jasmin Artisan)

Menurut desainer, Eggie Jasmine, bagi pelaku industri fesyen, situasi pandemi jadi potensi untuk berkreasi. Para desainer dengan kreatifnya menciptakan gaya berbusana bagi publik yang rindu tampil stylish di era transisi kenormalan baru.

"Tentunya, selain tetap ingin tampil stylish, keamanan dan kesehatan juga jadi pertimbangan utama setiap individu. Pun tak terkecuali dari seorang designer sebagai pecipta karya," tuturnya lewat pesan pada Liputan6.com, Kamis, 23 Juli 2020.

Melihat geliat karya yang dilahirkan para desainer, visualisasi masker dibuat tak hanya polos. Tapi juga memanfaatkan berbagai material, mulai dari katun, leather synthetic, sampai denim. Aksennya pun kian beragam, seperti beads payet, kristal, mutiara, hingga hardware logam,

Masker bermaterial mahal, kata Eggie, sangat mungkin bisa muncul di dalam negeri. "Banyak sekali desainer papan atas yang menggunakan aplikasi tersebut sesuai permintaan. Kembali lagi, penggunaan material mahal itu biasanya tercipta karena ada demand," ungkapnya.

Di sisi lain, mengingat kondisi ekonomi setiap orang tak sama di masa pandemi, masker jenis ini bisa dipasarkan di kalangan tertentu. Dalam mendesain masker, Eggie mengaku kembali ke brand DNA-nya, Eggie Jasmin Artisan.

"Couture dan artistik tetap jadi nilai utama yang saya ke depankan. Dengan desain yang sangat unik dan cita rasa seni berbeda dari desain masker pada umumnya," ungkapnya.

Pertimbangan lain, sambung Eggie, penambahan rasa bangga ketika mengenakan masker yang didesain olehnya.

"Bahan yang saya gunakan sangat bervariasi mulai dari kristal, mutiara, beads, lace, sampai logam. Semuanya private custom by order, pesanan pribadi para klien saya pecinta seni," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikritik Habis-habisan, Shandy Aulia Klarifikasi Soal Beri Madu pada Bayinya

Posted: 24 Jul 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shandy Aulia memutuskan untuk memberi Menu Pendamping ASI (MPASI) pada putrinya, Claire Herbowo pada usia empat menuju lima bulan. Keputusannya ini sempat menuai kontroversi.

Tak hanya itu, sejumlah pihak juga mengkritisi menu yang diberikan Shandy Aulia kepada putrinya. Shandy, mencampurkan sedikit madu murni dalam alpukat sebagai penambah rasa.

Penambahan madu untuk anak di bawah satu tahun rupanya tak diperbolehkan. Untuk menghindari perdebatan berkepanjangan, istri David Herbowo ini memberi klarifikasi.

"Menyudahi semua pendapat yang ada, saya meluruskan untuk mengikuti anjuran WHO untuk tidak memberikan Madu pada anak di bawah 1 tahun," tulis Shandy Aulia di Instagram, Jumat (24/7/2020).

"Kiranya penjelasan saya ini dapat meluruskan semua pro dan kontra yang ada," ia menyambung pernyataan.

 

Take Out

[Foto: Instagram Shandy Aulia]
[Foto: Instagram Shandy Aulia]

Agar tak banyak orang yang salah paham. Shandy Aulia juga akan menghapus bagian penggunaan madu dalam video pembuatan MPASI perdana untuk anaknya.

"Khawatir para ibu yang merasa tidak nyaman akan video tersebut, saya akan take out bagian pemberian Madu tersebut," jelasnya.

Terima Kasih

Shandy Aulia (Sumber: Instagram/shandyaulia)
Shandy Aulia (Sumber: Instagram/shandyaulia)

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada warganet yang sudah meluruskan kekeliruannya, baik itu dengan cara yang tepat, maupun dengan cara yang kurang tepat.

"Terima kasih untuk ibu-ibu yang memberikan pendapat dalam bentuk komentar dengan kata-kata yang beretika ataupun dengan kata-kata yang tidak pantas sekalipun hingga cendurung berasumsi," sambungnya.

Berusaha Menjadi Ibu yang Baik

Sebagai ibu, bintang ilm Eifell I'm in Love ini hanya berusaha menjadi ibu yang baik bagi sang buah hati dengan caranya sendiri.

"Kiranya kita semua para Ibu dapat menjadi ibu yang terbaik bagi anak kita. Bukan merasa menjadi paling baik dari ibu-ibu lainnya. Karena semua Ibu hebat dengan versinya masing-masing," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penemuan Kerangka Mammoth di Danau Pechevalavato Rusia

Posted: 24 Jul 2020 08:00 PM PDT

Sejumlah orang mencari tulang mammoth di Danau Pechevalavato, Yamalo-Nenets, Rusia, Rabu (22/7/2020). Para ilmuwan berharap bisa mengambil seluruh kerangka hewan purba yang punah sekitar 10 ribu tahun lalu tersebut. (Artem Cheremisov/Governor of Yamalo-Nenets region of Russia Press Office via AP)
Sejumlah orang mencari tulang mammoth di Danau Pechevalavato, Yamalo-Nenets, Rusia, Rabu (22/7/2020). Para ilmuwan berharap bisa mengambil seluruh kerangka hewan purba yang punah sekitar 10 ribu tahun lalu tersebut. (Artem Cheremisov/Governor of Yamalo-Nenets region of Russia Press Office via AP)

Sejumlah orang mencari tulang mammoth di Danau Pechevalavato, Yamalo-Nenets, Rusia, Rabu (22/7/2020). Para ilmuwan berharap bisa mengambil seluruh kerangka hewan purba yang punah sekitar 10 ribu tahun lalu tersebut. (Artem Cheremisov/Governor of Yamalo-Nenets region of Russia Press Office via AP)

Sejumlah orang mencari tulang mammoth di Danau Pechevalavato, Yamalo-Nenets, Rusia, Rabu (22/7/2020). Para penggembala rusa lokal menemukan fragmen kerangka mammoth di Danau Pechevalavato. (Artem Cheremisov/Governor of Yamalo-Nenets region of Russia Press Office via AP)
Sejumlah orang mencari tulang mammoth di Danau Pechevalavato, Yamalo-Nenets, Rusia, Rabu (22/7/2020). Para penggembala rusa lokal menemukan fragmen kerangka mammoth di Danau Pechevalavato. (Artem Cheremisov/Governor of Yamalo-Nenets region of Russia Press Office via AP)

Sejumlah orang mencari tulang mammoth di Danau Pechevalavato, Yamalo-Nenets, Rusia, Rabu (22/7/2020). Para penggembala rusa lokal menemukan fragmen kerangka mammoth di Danau Pechevalavato. (Artem Cheremisov/Governor of Yamalo-Nenets region of Russia Press Office via AP)

Sejumlah orang membawa tulang mammoth di Danau Pechevalavato, Yamalo-Nenets, Rusia, Rabu (22/7/2020). Para ilmuwan berharap bisa mengambil seluruh kerangka hewan purba yang punah sekitar 10 ribu tahun lalu tersebut. (Artem Cheremisov/Governor of Yamalo-Nenets region of Russia Press Office via AP)
Sejumlah orang membawa tulang mammoth di Danau Pechevalavato, Yamalo-Nenets, Rusia, Rabu (22/7/2020). Para ilmuwan berharap bisa mengambil seluruh kerangka hewan purba yang punah sekitar 10 ribu tahun lalu tersebut. (Artem Cheremisov/Governor of Yamalo-Nenets region of Russia Press Office via AP)

Sejumlah orang membawa tulang mammoth di Danau Pechevalavato, Yamalo-Nenets, Rusia, Rabu (22/7/2020). Para ilmuwan berharap bisa mengambil seluruh kerangka hewan purba yang punah sekitar 10 ribu tahun lalu tersebut. (Artem Cheremisov/Governor of Yamalo-Nenets region of Russia Press Office via AP)

Sejumlah orang mengamati tulang mammoth di Danau Pechevalavato, Yamalo-Nenets, Rusia, Rabu (22/7/2020). Para ilmuwan berharap bisa mengambil seluruh kerangka hewan purba yang punah sekitar 10 ribu tahun lalu tersebut. (Artem Cheremisov/Governor of Yamalo-Nenets region of Russia Press Office via AP)
Sejumlah orang mengamati tulang mammoth di Danau Pechevalavato, Yamalo-Nenets, Rusia, Rabu (22/7/2020). Para ilmuwan berharap bisa mengambil seluruh kerangka hewan purba yang punah sekitar 10 ribu tahun lalu tersebut. (Artem Cheremisov/Governor of Yamalo-Nenets region of Russia Press Office via AP)

Sejumlah orang mengamati tulang mammoth di Danau Pechevalavato, Yamalo-Nenets, Rusia, Rabu (22/7/2020). Para ilmuwan berharap bisa mengambil seluruh kerangka hewan purba yang punah sekitar 10 ribu tahun lalu tersebut. (Artem Cheremisov/Governor of Yamalo-Nenets region of Russia Press Office via AP)

Seorang pria memegang tulang mammoth di Danau Pechevalavato, Yamalo-Nenets, Rusia, Rabu (22/7/2020). Para ilmuwan berharap bisa mengambil seluruh kerangka hewan purba yang punah sekitar 10 ribu tahun lalu tersebut. (Artem Cheremisov/Governor of Yamalo-Nenets region of Russia Press Office via AP)
Seorang pria memegang tulang mammoth di Danau Pechevalavato, Yamalo-Nenets, Rusia, Rabu (22/7/2020). Para ilmuwan berharap bisa mengambil seluruh kerangka hewan purba yang punah sekitar 10 ribu tahun lalu tersebut. (Artem Cheremisov/Governor of Yamalo-Nenets region of Russia Press Office via AP)

Seorang pria memegang tulang mammoth di Danau Pechevalavato, Yamalo-Nenets, Rusia, Rabu (22/7/2020). Para ilmuwan berharap bisa mengambil seluruh kerangka hewan purba yang punah sekitar 10 ribu tahun lalu tersebut. (Artem Cheremisov/Governor of Yamalo-Nenets region of Russia Press Office via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Relasi Baik dengan Orangtua Bentuk Ketangguhan Anak

Posted: 24 Jul 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pencegahan masalah kesehatan mental yang seringkali berujung pada kasus bunuh diri pada anak bisa dimulai dengan membentuk relasi antara dirinya, orangtua, dan keluarganya.

Psikolog anak Annelia Sari Sani dalam sebuah seminar daring Kamis kemarin, mengatakan bahwa orangtua atau orang dewasa punya peran dalam membentuk ketangguhan tersebut.

"Di Indonesia, sejumlah penelitian mengatakan bahwa ketangguhan seorang anak itu dibentuk dengan memperbaiki relasi antara orangtua, anak, dan keluarganya," kata Annelia, ditulis Sabtu (25/7/2020).

"Jadi yang bisa kita lakukan adalah sebagai orang yang lebih dewasa dari anak-anak, kita harus menjalin relasi yang bagus dengan anak-anak. Mendengarkan anak, melihat masalah dari sudut pandang dia," ujarnya.

Relasi Membentuk Ketangguhan

Ilustrasi Foto Ibu dan Anak Perempuan (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Ibu dan Anak Perempuan (iStockphoto)

Annelia mengatakan bahwa seringkali, menurut orang dewasa, apa yang dihadapi anak hanyalah masalah kecil saja. Namun bagi mereka, belum tentu masalah tersebut adalah sepele.

"Kalau kita memvalidasi perasaan bahwa masalah itu besar buat kamu, lalu kita berempati sama dia tentang apa yang dia rasakan, maka relasi kita akan menjadi lebih bagus," kata psikolog yang juga tergabung dalam Ikatan Psikolog Klinis Indonesia tersebut.

Annelia mengatakan dengan membangun relasi yang lebih baik dengan anak, maka ia akan memiliki ketangguhannya sendiri.

"Anak yang lebih tangguh maka dia akan melihat jalan keluar yang lain selain bunuh diri atau menyakiti dirinya sendiri," ujarnya.

Selain itu, relasi yang baik dengan anak akan membuatnya merasa bahwa ia tidak akan sendirian dalam menghadapi masalahnya. Dia akan merasa bahwa banyak orang yang siap untuk membantunya.

"Jadi kita langsung ke arah semua hal bisa kita carikan solusinya, tidak 'kenapa kamu begini?' tidak ribet di situ. Kalau di jalan ketemu akar masalahnya, alhamdulillah. Kalau tidak kita fokus sama solusi."

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Diimbangi Atalanta, Pioli Ungkap Nama Striker Masa Depan AC Milan

Posted: 24 Jul 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelatih AC Milan, Stefano Pioli mengungkapkan satu pemain yang bakal menjadi sosok kunci di musim depan. Pemain yang dimaksud Pioli adalah striker muda, Rafael Leao (21).

"Leao punya potensi luar biasa. Menaruh harapan kepadanya itu sudah tepat. Dia berkembang musim ini dan musim depan dia penting untuk tim," kata Pioli seperti dilansir Sportskeeda.

AC Milan mendatangkan Leao dari Lille pada awal musim ini dengan kontrak lima tahun. Dari 31 penampilan, Leao baru mencetak lima gol.

Pioli mengatakan, Leao memang belum menunjukkan kemampuan sebenarnya. Namun ia yakin, striker asal Portugal itu akan terus berkembang.

"Dia lebih baik saat latihan ketimbang pertandingan, tetapi perlahan dia akan memperbaikinya. Dia punya kualitas untuk membuka pertandingan dari awal atau saat masuk sebagai pemain pengganti," kata Pioli yang baru saja diperpanjang kontraknya oleh AC Milan.

"Musim depan, dia bisa meledak atau paling tidak konsisten," ujarnya menambahkan.

 

Terbantu Ibrahimovic

Pemain AC Milan, Rafael Leao, mengejar bola saat melawan Parma pada laga Serie A di Stadion San Siro, Rabu (15/7/2020). AC Milan menang 3-1 atas Parma. (AP Photo/Luca Bruno)
Pemain AC Milan, Rafael Leao, mengejar bola saat melawan Parma pada laga Serie A di Stadion San Siro, Rabu (15/7/2020). AC Milan menang 3-1 atas Parma. (AP Photo/Luca Bruno)

Lebih lanjut, Pioli mengakui AC Milan masih punya pekerjaan rumah di lini depan. Pasalnya, mayoritas striker yang dimiliki masih berusia muda.

Pioli mengatakan, mereka termasuk Leao belum dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya. Akan tetapi, kehadiran pemain senior seperti Zlatan Ibrahimovic ikut membantu perkembangan para striker muda itu.

"Kami tim yang dihuni pemain muda yang sedikit sekali saling mengetahuinya. Kami butuh waktu itu normal," kata Pioli.

"Kehadiran Ibrahimovic juga penting, membantu para pemain muda tumbuh di sekitarnya," ujarnya mengakhiri.

Diimbangi Atalanta

AC Milan sendiri baru saja diimbangi Atalanta pada pekan ke-36 Liga Italia. AC Milan membuka skor lewat Hakan Calhanoglu (14'). Namun pada menit ke-34, Atalanta menyamakan kedudukan berkat aksi Daniel Zapata.

Tambahan satu poin menaikkan peringkat AC Milan ke posisi ke-6. Hingga pekan ke-36, AC Milan mengantongi 60 poin, hasil dari 17 menang, 9 imbang, dan 10 kalah.

Klasemen Liga Italia

 

 

Saksikan Video AC Milan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Positif Terus Bertambah, 10 Warga Aceh Meninggal Akibat Covid-19

Posted: 24 Jul 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Aceh - Seorang pasien berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Aceh meninggal dunia dalam perjalanan menuju rumah sakit rujukan pada Selasa (21/07/2020). Pemakaman pasien tersebut sesuai protokol kesehatan fardu kifayah yang berlaku kendati otoritas kesehatan belum mengeluarkan hasil yang menyatakan bahwa pasien tersebut positif.

Pasien tersebut seorang laki-laki berumur 63 tahun, warga Aceh Barat Daya. Dia rencananya akan mendapat perawatan di Rumah Sakit dr Zainoel Abidin dan sebelumnya mendapat penanganan intensif di rumah sakit kabupaten asal.

Hasil uji swab Covid-19 baru keluar setelah pasien tersebut dimakamkan dan rupanya positif. Dalam hal ini, otoritas terkait memberi apresiasi terhadap keluarga pasien karena menyetujui pemberlakuan protokol dalam prosesi pemakaman almarhum.

"Pilihan keluarga menjalankan protokol kesehatan sungguh sangat bijak. Hasil uji swab almarhum, yang baru diterima, konfirmasi positif Covid-19," ujar Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Jumat sore.

Tiga Positif Setelah Kontak dengan Pasien

Petugas memeriksa alat pendukung perawatan pasien virus corona COVID-19 di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). RS Darurat Penanganan COVID-19 dilengkapi dengan ruang isolasi, laboratorium, radiologi, dan ICU. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Petugas memeriksa alat pendukung perawatan pasien virus corona COVID-19 di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). RS Darurat Penanganan COVID-19 dilengkapi dengan ruang isolasi, laboratorium, radiologi, dan ICU. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Otoritas telah melacak orang-orang yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien tersebut. Hasilnya, mereka menemukan tiga orang dengan status positif COVID-19.

Orang-orang tersebut terdiri dari dua perempuan, masing-masing berumur 55 dan 27 tahun, serta seorang laki-laki berumur 40 tahun. Selain itu, terdapat juga tiga kasus baru di Kabupaten Aceh Tamiang.

Ketiganya merupakan perempuan, masing-masing berumur 51 tahun, dan seorang gadis remaja berumur 17 tahun. Mereka pernah melakukan kontak erat dengan salah seorang pasien pada kasus pada 4 Juli lalu.

"Jadi, 7 orang positif COVID-19 yang baru tersebut termasuk almarhum yang dimandikan dan salatkan oleh ustaz pemulasaraan jenazah RSUZA Banda Aceh," ujar Saifullah.

Sudah 10 Orang Meninggal Dunia

Petugas menyiapkan pemakaman pasien Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto menyampaikan per Rabu (15/4) jumlah pasien terkonfirmasi 5.136 dan meninggal 469 orang serta sembuh 446. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Petugas menyiapkan pemakaman pasien Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto menyampaikan per Rabu (15/4) jumlah pasien terkonfirmasi 5.136 dan meninggal 469 orang serta sembuh 446. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Hasil rekap data dari 23 kabupaten/kota di Aceh menyatakan bahwa jumlah kasus COVID-19 di provinsi tersebut saat ini berada pada angka 158 orang. Rinciannya, 64 orang dalam perawatan, 84 orang sembuh, dan 10 orang meninggal dunia.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh secara akumulatif sebanyak 2.331 orang. Sebanyak 2.306 orang dari jumlah tersebut sudah selesai isolasi mandiri, dan 26 orang lagi masuk dalam daftar pemantauan tim gugus tugas.

"Jumlah PDP masih sama dengan kemarin (Rabu), yaitu 134 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1 PDP dalam perawatan, 131 PDP telah dinyatakan sembuh, dan 1 orang lainnya meninggal dunia," sebut Saifullah.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: