Senin, 13 Juli 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Artis Vanessa Angel Melahirkan Anak Pertama, Yuk tonton FTV Spesialnya di Vidio

Posted: 13 Jul 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Vanessa Angel wanita kelahiran Jakarta, 21 Desember 1993 telah melahirkan anak pertamanya pada Selasa, (14/07/2020).

Ia melahirkan di tengah pandemi Covid-19, di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat. Kabar baik tersebut diketahui melalui unggahan di akun Instagram terverifikasi Vanessa Angel.

Vanessa Angel sendiri mengawali karir di dunia hiburan pada tahun 2008. Ia juga dikenal sebagai bintang FTV terkenal, terbukti sejak tahun 2011 hingga 2018, Vanessa telah membintangi 23 judul FTV.

Berbagai macam peran pernah dicoba Vanessa mulai dari orang kaya yang sombong hingga penjual mie ayam. Untuk Anda yang ingin menyaksikan episode lengkap FTV spesial Vanessa Angel bisa disaksikan di Vidio dengan cara klik tautan berikut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Status Hagia Sophia Berubah, Yunani Tuntut Rumah Kemal Ataturk Jadi Museum Genosida

Posted: 13 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Athena - Sebuah partai politik Yunani menyerukan agar rumah kelahiran mantan Presiden Turki, Mustafa Kemal Atatürk di Thessaloniki menjadi sebuah museum untuk memperingati Genosida Yunani di wilayah Pontus di Laut Hitam.

Melansir Greek City Times, Selasa (14/7/2020), solusi tersebut menyarankan untuk mengubah rumah Atatürk menjadi museum peringatan genosida.

"Tidak ada pengadilan Turki yang dapat menodai karakter Hagia Sophia yang terlalu kronis," kata partai itu dalam sebuah pernyataan hanya sehari sebelum Turki memutuskan untuk mengubahnya menjadi masjid.

"Sebaliknya, Yunani dapat dan harus mengubah rumah Kemal menjadi museum memori dan kehormatan para korban genosida Pontian [Yunani] Pontian," menurut solusi tersebut. 

Meskipun orang Turki menganggap Atatürk sebagai pendiri Republik Turki modern, orang-orang Yunani, Armenia, dan Asyur mengingatnya sebagai salah satu pelaku utama genosida terhadap minoritas Kristen di Kekaisaran Ottoman, yang menyebabkan pemusnahan sistematis sekitar 3,5 juta orang. 

Dengan sekitar satu juta orang Yunani dimusnahkan pada kebijakan yang dibuat oleh Atatürk dan pendahulunya, lebih dari 1,2 juta orang Yunani secara paksa dikeluarkan dari Turki pada tahun 1923-1924 sebagai akibat dari Perjanjian Lausanne, yang menghancurkan ribuan tahun kehidupan Yunani di Asia Kecil, Pontus dan Thrace Timur.

Satu-satunya upaya ekstrem Turki untuk mengubah Hagia Sophia menjadi masjid yang telah dilakukan, adalah memberikan legitimasi bagi Yunani untuk mengubah tempat kelahiran Atatürk menjadi Museum Genosida tanpa ada kecaman dari Turki, sebuah opini yang diterbitkan oleh Greek City Times beberapa hari sebelum saran Solusi Yunani.

Respons Turki

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (AP/Yasin Bulbul)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (AP/Yasin Bulbul)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan dan pemerintahannya telah menjelaskan bahwa Yunani tidak memiliki suara perihal konversi Hagia Sophia menjadi masjid, karena hal itu merusak kedaulatan Turki.

Dia telah menetapkan aturan, dan rumah Atatürk, tidak seperti Hagia Sophia, bukanlah situs warisan UNESCO yang terdaftar. 

Pada hari Jumat, Erdogan juga mengumumkan bahwa masjid Hagia Sophia akan dibuka untuk salat pada 24 Juli.

"Hagia Sophia akan mulai berfungsi sebagai masjid setelah 86 tahun. Saya berharap keputusan ini akan bermanfaat bagi semua umat manusia. "Pintu-pintu Hagia Sophia akan terbuka untuk semua orang," katanya.

"Terbuka untuk semua, Muslim dan non-Muslim," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duh, Jutaan Pengguna Pakai Aplikasi WhatsApp Modifikasi yang Bisa Ekspos Percakapan

Posted: 13 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jutaan pengguna WhatsApp diperingatkan soal aplikasi WhatsApp yang berpotensi mengekspos semua percakapan mereka.

Informasi ini diketahui pertama kali oleh akun Twitter WABetaInfo yang mencuit peringatan tentang versi WhatsApp yang telah dimodifikasi.

"Jangan pakai semua versi WhatsApp yang telah dimodifikasi," kata WABetaInfo, sebagaimana dikutip Liputan6.com dari The Sun, Selasa (14/7/2020).

Pesan ini menekankan, semenarik apa pun versi WhatsApp yang telah dimodifikasi, bahayanya tetap sangat besar.

Hal ini karena mereka yang memodifikasi bisa menyematkan serangan bernama man-in-the-middle (MITM), sebuah jenis serangan penyadapan siber.

Modikasi Tanpa Persetujuan Pihak WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Bicara modifikasi, peretas bisa mengedit perangkat lunak yang dipakai, sehingga mereka bisa menguping pembicaraan, bisa membaca, bahkan mengubah teks yang dikirim.

WABetaInfo juga memperingatkan, penggunaan WhatsApp yang telah dimodifikasi tanpa persetujuan perusahaan berpotensi membuat akun diblokir sementara oleh pihak WhatsApp.

Terkadang orang ingin menggunakan versi aplikasi yang dimofikasi karena mereka ingin memiliki beberapa fitur tambahan.

Disarankan Ikut Versi Beta daripada Versi Modifikasi

Membuat status Boomerang di WhatsApp
Membuat status Boomerang di WhatsApp

Namun, selalu lebih baik memakai versi resmi, karena data pengguna lebih aman.

Sementara, jika kamu ingin mencoba fitur WhatsApp baru sebelum orang lain, kamu bisa mencoba versi WhatsApp Beta.

Caranya, unduh WhatsApp seperti biasa di Google Play. Kemudian gulir ke bawah halaman hingga melihat tulisan "Menjadi penguji Beta".

Ketuk tombol "Saya masuk atau I'm In" kemudian klik "Gabung" untuk mengkonfirmasi.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal La Liga: Real Madrid Juara di Pekan ke-37?

Posted: 13 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Real Madrid antusias menanti La Liga 2019/2020 pekan ke-37. Tim asuhan Zinedine Zidane itu bisa menjadi juara, merebut trofi yang musim lalu dimenangkan oleh Barcelona.

Dalam klasemen La Liga, Real Madrid telah mengemas 83 poin dari 36 pertandingan. Mereka unggul empat poin dari Barcelona yang berada di posisi kedua.

Dengan menyisakan dua pertandingan tersisa, maka Real Madrid tinggal butuh satu kemenangan lagi untuk mengamankan gelarnya. Jika bisa mendapat tambahan tiga angka sekali lagi, maka raihan poin raksasa Ibu Kota Spanyol itu takkan bisa terkejar sang rival.

La Liga pekan ke-37 serempak digelar pada hari yang sama, yakni Kamis (16/7/2020) hingga Jumat dini hari WIB. Pertandingan yang melibatkan Barcelona dan Real Madrid dimainkan di jam yang sama.

Lihat jadwal La Liga pekan ke-37 yang bisa membuat Real Madrid juara, di halaman selanjutnya.

Jadwal La Liga Pekan Ke-37

ilustrasi La Liga (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi La Liga (Liputan6.com/Abdillah)

Kamis, 16 Juli 2020

23.30 WIB, Eibar vs Real Valladolid

Jumat, 17 Juli 2020

02.00 WIB, Athletic Bilbao vs Leganes

02.00 WIB, Barcelona vs Osasuna

02.00 WIB, Real Betis vs Deportivo Alaves

02.00 WIB, Celta Vigo vs Levante

02.00 WIB, Getafe vs Atletico Madrid

02.00 WIB, Mallorca vs Granada

02.00 WIB, Real Madrid vs Villarreal

02.00 WIB, Real Socciedad vs Sevilla

02.00 WIB, Valencia vs Espanyol

Klasemen Liga Spanyol

 

Saksikan video Liga Spanyol di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Identik dengan Warna Ungu, Ini 6 Potret Purple Island yang Bikin Kagum

Posted: 13 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penampakan sebuah pulau yang indah memang selalu membuat seseorang kagum. Keindahan yang disajikan kerap menenangkan pikiran seseorang. Pulau yang menyajikan keindahan bak negeri dongeng memang tak jarang menjadi tujuan wisata para pengunjung.

Pulau yang menyajikan keindahan biasanya jarang diketahui keberadaannya, sehingga suasananya masih terlihat asri. Hal tersebutlah yang membuat keindahan yang disajikan terasa alami dan dapat memanjakan mata pengunjung.

Salah satu pulau unik yang dapat memanjakan mata pengunjung adalah Pulau Ungu yang terletak di Korea Selatan. Negeri Ginseng ini memang selalu menyajikan keindahan di setiap sudutnya. Selain itu, salah satu negara Asia ini memang kerap dikunjungi sebagai tujuan wisata pengunjung.

Pulau tersebut dikatakan Pulau Ungu lantaran suasana sekitarnya identik dengan warna ungu. Selain memiliki ladang lavender, rumah-rumah dan jembatan di pulau tersebut juga di cat dengan warna ungu. Hal tersebutlah yang membuat salah stau pulau di Korea Selatan ini disebut dengan Pulau Ungu.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret Pulau Ungu di Korea Selatan yang penampakannya bak negeri dongeng, Selasa (14/7/2020).

1. Terdapat ladang lavender Pulau Ungu, Korea Selatan ini. Hal tersebut membuat pulau tersebut semakin indah.

Pulau Ungu. (Sumber: Instagram.com/sudar_choi)
Pulau Ungu. (Sumber: Instagram.com/sudar_choi)

2. Jembatan di Pulau Ungu ini juga di cat berwarna ungu. Jembatan Cheonsa ungu atau Jembatan Malaikat ini yang menghubungkan pulau-pulau Banwol dan Parkji patut dikunjungi.

Pulau Ungu. (Sumber: Instagram.com/khy_0131)
Pulau Ungu. (Sumber: Instagram.com/khy_0131)

3. Jembatan di pulau ini terlihat unik dan indah dengan dipenuhi warna ungu sepanjang jembatan.

Pulau Ungu. (Sumber: Instagram.com/khy_0131)
Pulau Ungu. (Sumber: Instagram.com/khy_0131)

4. Selain jembatan, rumah-rumah di pulau ini juga di chat dengan warna ungu senada.

Pulau Ungu. (Sumber: Instagram.com/misspurplehk dan odittycentral.com)
Pulau Ungu. (Sumber: Instagram.com/misspurplehk dan odittycentral.com)

5. Jalanan di pulau ini juga tak ketinggalan di cat dengan warna ungu.

Pulau Ungu. (Sumber: Instagram.com/lisahakyungkim)
Pulau Ungu. (Sumber: Instagram.com/lisahakyungkim)

6. Pulau tersebut masih dalam proses. Namun, sudah banyak yang mengetahui terkait keberadaan salah satu pulau di Korea Selatan ini.

Pulau Ungu. (Sumber: Instagram.com/khy_0131)
Pulau Ungu. (Sumber: Instagram.com/khy_0131)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Banjir Bandang Bercampur Lumpur Terjang Luwu Utara

Posted: 13 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Luwu Utara - Banjir bandang melanda Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan pada Senin, 13 Juli 2020 malam. Akibatnya, ratusan rumah terendam air dan lumpur serta sejumlah warga dilaporkan meninggal dan hilang. 

Banjir bandang itu disebabkan oleh luapan air Sungai Masamba akibat curah hujan yang sangat tinggi di hulu sungai. Luapan air sungai tersebut membawa material lumpur dan batang pohon berukuran besar.

"Air sungai meluap. Kejadiannya sesudah salat isya, air terus naik dan merendam rumah warga. Air ini bercampur lumpur," kata Amiruddin, Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Luwu Utara, Selasa (14/7/2020) dini hari.

Berdasarkan informasi yang diterima Liputan6.com, pada pukul 20.15 Wita, volume air dari bantaran Sungai Masamba sempat meluap namun luapannya tidak begitu besar. Lalu sekitar pukul 20.45 Wita, air mulai surut sehingga warga yang sebelumnya menyelamatkan diri kembali ke rumah mereka masing-masing untuk membersihkan sampah yang masuk ke dalam rumah.

Tiba-tiba pada pukul 21.00 Wita Sungai Masamba kembali meluap dengan volume luapan air yang besar, diperkirakan mencapai 4 meter. Akibatnya sejumlah warga pun terjebak di dalam rumah mereka.

"Hujan mulai reda itu jam 22.45 (Wita) lalu air baru surut itu jam 01.00 (Wita) lewat, dinihari" lanjut Amiruddin.

Hingga siang ini dua warga dilaporkan meninggal dunia dan belasan lainnya masih belum berhasil ditemukan. Dua warga yang meninggal itu adalah Gandi (35), pimpinan FIF Kabupaten Toraja dan Askar (35) seorang pengusaha swasta.

"Dua korban meninggal sudah dievakuasi ke Rumah Sakit. Kemungkinan masih ada korban lainnya, masih dalam pencarian," Amiruddin menambahkan.

Hingga kini tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Basarnas dan BPBD serta sejumlah warga bekerja sama untuk mengevakuasi warga ke lokasi yang lebih aman. Selain itu tim gabungan tersebut juga masih mencari korban yang hilang terserert banjir bandang tersebut.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: John Travolta Unggah Kesedihan setelah Kelly Preston Meninggal

Posted: 13 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta John travolta akhirnya angkat bocara tentang kepergian sang istri Kelly Preston akibat kanker payudara. Ia juga berterima kasih pada tim medis yang telah merawat istrinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluarga dan Manajer Sebut Artis H Terbang ke Medan Untuk Pemotretan

Posted: 13 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pihak keluarga artis H didampingi manajer dan kuasa hukum, menggelar konferensi pers terkait dugaan prostitusi artis H. Sebelumnya, ramai diberitakan bahwa artis H diamankan Satuan Reskrim Polrestabes Medan pada Minggu (12/7/2020) malam.

Artis H ditangkap karena dugaan kasus prostitusi. Terkait hal tersebut pihak keluarga dan manajer angkat bicara. Hingga saat ini, pihak keluarga artis H masih belum mendapat kepastian terkait isu tersebut.

Mereka hanya membenarkan bahwa artis H berencana terbang ke Medan untuk melakukan sesi pemotretan. "Belum tahu ya (kronologis penangkapannya), tapi yang saya dengar artis berinisial H memang ada job pemotretan di sana," kata kuasa hukum artis H, Machi Achmad, dalam kasus yang lain.

 

Rencana Pemotretan

Ilustrasi prostitusi
Ilustrasi prostitusi

Ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (13/7/2020), ia menambahkan, "Saya kurang tahu karena saya belum ke sana dan belum memastikan, saya pun belum menemui calon klien saya."

Mendukung pernyataan Machi Achmad, Nico yang merupakan manajer artis H, membenarkan rencana pemotretan itu. 

 

Komunikasi Terakhir

Ilustrasi Prostitusi (ANOEK DE GROOT AFP)
Ilustrasi Prostitusi (ANOEK DE GROOT AFP)

Terlepas dari benar atau tidak, Nico mengatakan bahwa saat terakhir komunikasi, ia mengetahui artis H masih berada di Jakarta.

"Dia (artis H) bilang bahwa dia di Jakarta, saya juga kaget kenapa tiba-tiba sekarang di Medan. Memang ada info ke saya bahwa 'aku mau ada pemotretan di Medan' tapi memang dia belum memberikan ke saya hari kapan atau tanggal berapa," kata manajer artis H itu.

Klarifikasi Perwakilan Keluarga

Ilustrasi prostitusi
Ilustrasi prostitusi

Begitu pun dengan keluarga artis H. Nabil, selaku perwakilan keluarga, mengatakan, artis H sempat izin tidak dapat menghadiri acara syukuran keluarga lantaran ingin melakukan pemotretan.

"Sebelumnya H ngasih tahu saya sekitar empat hari yang lalulah, saya ajakin dia ke acara syukuran saya. Dia bilang maaf kak, enggak bisa, ada photoshoot," jelas Nabil.

 

Ditangkap di Medan

Seperti diketahui, personel Satreskrim dan Satintelkam Polrestabes Medan menangkap artis H di sebuah hotel di Medan pada Minggu (12/7/2020) malam. Ia ditangkap terkait dugaan kasus prostitusi.

Selain H, polisi turut menangkap seorang pria berinisial R (35) yang diduga menyewa jasa prostitusi. Saat ditangkap, keduanya dalam kondisi tak berbusana lengkap. Petugas juga turut mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu kotak alat kontrasepsi, dua unit handphone, dan kartu ATM.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Hal yang Harus Diperhatikan saat Cek Arah Kiblat 15-16 Juli Besok

Posted: 13 Jul 2020 10:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Umat Islam dapat memanfaatkan fenomena Matahari melintas tepat di atas ka'bah pada 15-16 Juli 2020 besok untuk cek kembali arah kiblat

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Agus Salim menjelaskan, berdasarkan data astronomi, matahari melintas tepat di atas ka'bah pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA pada Rabu-Kamis, 15-16 Juli besok.

Peristiwa yang dimanfaatkan untuk cek arah kiblat ini dikenal dengan nama istiwa a'dham atau rashdul qiblah.

"Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke ka'bah," ujar Agus dalam siaran tertulis Kemenag, Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Dia mengatakan, peristiwa yang sama terjadi pada 27-28 Mei 2020 lalu.

 

Menurut dia, secara tanggal dan waktu, peristiwa untuk cek arah kiblat ini juga sama dengan fenomena 2018. 

"Secara tanggal dan waktu, kejadian ini sama dengan peristiwa pada tahun 2018 lalu," lanjut dia.

 

3 Hal yang Harus Diperhatikan

Agus Salim mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses verifikasi arah kiblat. Hal tersebut yaitu:

1. Pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan Lot/Bandul

2. Permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata

3. Jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Garuda Indonesia Minta Dana Talangan Rp 8,5 T Cair Tahun Ini Agar Tetap Terbang

Posted: 13 Jul 2020 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai nasional Garuda Indonesia berharap dana talangan senilai Rp 8,5 triliun dari pemerintah bisa segera cair di tahun ini. Kecepatan penyaluran pun penting untuk menjaga kelangsungan bisnis perseroan di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, saat ini kinerja industri penerbangan nasional tengah mengalami kondisi yang sulit akibat okupansi yang rendah. Dikarenakan masyarakat masih enggan bepergian karena menjaga diri dari penyebaran virus mematikan asal Wuhan.

"Dana talangan kita harapkan cair tahun ini. Mengingat Garuda membutuhkan dana likuiditas sebesar Rp 8,5 triliun untuk menjaga operasional perusahaan. Hal itu karena okupansi pun masih rendah akibat virus ini," ujarnya saat menggelar rapat kerja bersama Komisi VI DPR-RI di Komplek Parlemen, Selasa (14/7).

Bos Garuda Indonesia tersebut menjelaskan, dana talangan tersebut akan bermanfaat besar untuk membantu kelancaran arus kas perusahaan. Imbasnya kelangsungan bisnis maskapai plat merah tersebut tetap mengudara di tengah pandemi ini.

Namun, Irfan meminta bentuk dana talangan itu berupa Mandatory Convertible Bond (MCB). Hal ini untuk menjaga likuiditas dan solvibilitas Garuda Indonesia di 2020 hingga 2021.

Tenor 3 Tahun

Pesawat Garuda Indonesia terparkir di Terminal 3 bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/7/2019). Maskapai penerbangan Garuda Indonesia  mengeluarkan kebijakan terbaru terkait pengambilan gambar ataupun video di dalam pesawat oleh penumpang ataupun awak kabin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pesawat Garuda Indonesia terparkir di Terminal 3 bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/7/2019). Maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengeluarkan kebijakan terbaru terkait pengambilan gambar ataupun video di dalam pesawat oleh penumpang ataupun awak kabin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu, MCB diusulkan dengan tenor tiga tahun untuk memberikan waktu dan kesempatan kepada manajemen yang baru di tunjuk pada 22 Januari 2020.

Sekaligus untuk memperbaiki fundamental revenue dan cost perusahaan. Sehingga maskapai menjadi lebih efektif dan efisien dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Terkait recovery, Garuda memprediksi setidaknya dibutuhkan waktu dua hingga lima tahun. Prediksi ini merujuk temuan oleh BCG terkait kajian dampak pandemi Covid-19 terhadap industri penerbangan.

"Berdasarkan hasil analisa di atas, manajemen saat ini memerlukan waktu yang memadai untuk fokus pada fase recovery. Sekaligus Memperbaiki fundamental Garuda," jelasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Belum Pulih, Penumpang Garuda Indonesia ke Bali hanya 20 Orang

Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)
Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra membeberkan kondisi penerbangan sejak dilonggarkannya PSBB dan mulai dibukanya berbagai sektor bisnis untuk membangkitkan ekonomi secara perlahan di tengah pandemi.

Menurutnya, kinerja industri penerbangan belum mengalami perubahan siginifikan hingga kini. Orang-orang masih belum bepergian dan daerah-daerah terutama tujuan wisata masih membatasi pendatang untuk mencegah penularan virus.

Contohnya saja Bali. Irfan bilang, jika sebelumnya penerbangan ke Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan frekuensi yang tinggi, maka sekarang, kondisinya berbeda.

"Kita punya penerbangan sebelum Corona ini sampai 16 kali sehari. Hari ini hanya satu (penerbangan) dan diisi hanya 15 sampai 20 orang saja," kata Dirut Garuda Indonesia dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi X DPR RI, Selasa (7/7/2020).

Wajib Tes PCR

Tenaga medis melakukan rapid test massal di Kantor Kelurahan Pondok Betung, Tangerang Selatan, Kamis (14/5/2020). Sebanyak 500 alat rapid tes covid-19 dan 2 unit mobile laboratorium milik BIN disediakan untuk mendapatkan hasil uji tes dengan PCR dalam waktu 5 jam. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Tenaga medis melakukan rapid test massal di Kantor Kelurahan Pondok Betung, Tangerang Selatan, Kamis (14/5/2020). Sebanyak 500 alat rapid tes covid-19 dan 2 unit mobile laboratorium milik BIN disediakan untuk mendapatkan hasil uji tes dengan PCR dalam waktu 5 jam. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Pemerintah daerah tujuan wisata seperti Bali mewajibkan pendatang memiliki hasil tes PCR sebelum datang ke sana. Hal ini dinilai membuat orang-orang enggan bepergian.

Memang, saat ini penumpang pesawat didominasi oleh mereka yang punya kepentingan pergi, misalnya pekerjaan atau bisnis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Kesegaran TemuLawak Di Indosiar Setiap Akhir Pekan

Posted: 13 Jul 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indosiar tak lelah menyajikan acara seru dan menghibur. Kali ini pemirsa disuguhkan acara terbaru TemuLawak. Ini bukan acara masak memasak karena judul acara ini sejatinya merujuk pada kemasan komedi atau lawak.

TemuLawak dimeriahkan para komedian legendaris Srimulat. Ada beberapa seleb bintang tamu yang juga bergabung dan tampil berbeda di setiap episodenya. Acara komedi ini hadir setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu malam. Tayang perdana Sabtu (11/7/2020) mulai pukul 23.00 WIB. 

Deretan komedian Srimulat top selalu hadir di setiap episode dengan cerita sketsa berbeda. Mereka adalah Tukul Arwana, Nunung, Polo, Kadir, Tessy, Doyok, dan Rohana. 

Mengapa Srimulat? Harsiwi Achmad selaku Direktur Programming SCM mengungkapkan grup lawak Srimulat sudah cukup lama menghilang dari layar kaca. Lewat acara TemuLawak, Indosiar menginisiasi para komedian berkumpul kembali dengan kisah masa kini dibalut oleh komedi ala Srimulat. Kerindungan pemirsa pun terbayar.

 

Set kreatif

TemuLawak hadir di Indosiar setiap akhir pekan mulai Sabtu (11/7/2020) malam
TemuLawak hadir di Indosiar setiap akhir pekan mulai Sabtu (11/7/2020) malam

Tidak hanya itu, set property juga disesuaikan dengan tema yang diangkat disetiap episode. "Celoteh-celoteh segar dan lawakan khas Srimulat dalam 'Temu Lawak' ini lah yang dipastikan mengundang tawa pemirsa menikmati akhir pekan", tutur Harsiwi.

Berbagai tema menarik akan diangkat dalam setiap episode "Temu Lawak". "Dendam Kuntilanak" menjadi tema perdanayang disajikan di episode Sabtu, 11 Juli 2020 lalu.

Kuntilanak

TemuLawak hadir di Indosiar setiap akhir pekan mulai Sabtu (11/7/2020) malam
TemuLawak hadir di Indosiar setiap akhir pekan mulai Sabtu (11/7/2020) malam

Dikisahkan Tukul sebagai majikan dengan Maria Vania sebagai istrinya. Suatu ketika muncul rumor kuntilanak yang meresahkan warga sekitar, tidak terkecuali Bebizie yang merupakan puteri dari Polo, sopir pribadi Tukul.

Setelah berbagai cara dilakukan akhirnya diketahui bahwa kuntilanak tersebut adalah istri dari Polo.

Polo pun mengakui kesalahannya karena meminta istrinya untuk menjadi kuntilanak. Dikemas secara komedi, kisah "Dendam Kuntilanak" menjadikan hiburan di malam hari.

Bintang Suara hati Istri

TemuLawak hadir di Indosiar setiap akhir pekan mulai Sabtu (11/7/2020) malam
TemuLawak hadir di Indosiar setiap akhir pekan mulai Sabtu (11/7/2020) malam

Sementara itu cerita menyayat hati yang setiap hari hadir dalam program "Suara Hati Istri",  hari Minggu kemarin (13/7/202) juga dihadirkan dalam TemuLawak. Temanya "Ayahku Memaksa Menikahi Pria yang Tidak Kucintai....Tolong!!!"

Sosok suami antagonis di "Suara Hati Istri", Panji Saputra kali ini hadir menggoda Nunung yang berperan sebagai sekretaris seorang rentenir, Tukul Arwana.

Sementara itu Polo dan puterinya, Angela Lee semakin merasa tertekan karena belum mampu melunasi hutangnya dengan Tukul. Panji yang berbesar hati untuk menikahi Angela Lee harus menerima nasib pahit karena tidak mendapat restu Polo.

Angela Lee dipaksa untuk menikah dengan Tukul supaya utang-utang Polo dianggap lunas. 

TemuLawak hadir di Indosiar setiap akhir pekan mulai Sabtu (11/7/2020) malam
TemuLawak hadir di Indosiar setiap akhir pekan mulai Sabtu (11/7/2020) malam

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pegawai Reaktif Covid-19, Gedung Lama DPRD DKI Disterilisasi 3 Hari

Posted: 13 Jul 2020 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz menyatakan, gedung lama DPRD DKI disterilisasi selama tiga hari ke depan. Hal tersebut karena salah satu pegawai dinyatakan reaktif virus Corona atau Covid-19.

"Iya (reaktif) yang saya dengar begitu, ini untuk antisipasi saja. Ada beberapa karyawan yang reaktif jadi memang itu diisolasi mandiri," kata Aziz di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Dia juga mengatakan, semua gedung DPRD sudah dilakukan penyemprotan cairan disinfektan pada Senin 13 Juli 2020. Dia pun mengatakan, sejumlah kegiatan ditunda akibat sterilisasi tersebut.

Aziz menambahkan, gedung lama DPRD DKI baru dapat digunakan kembali pada Kamis 16 Juli 2020.

"Kita di fraksi dan komisi-komisi semua rapat ditunda. Yang rapat pekan ini semua dibatalkan yang dalam gedung ya," ucap Aziz.

Kasus positif Covid-19 di DKI

Tim  medis  melakukan pemeriksaan hasil PCR COVID-19 di  Laboratorium Container (lab Con) COVID-19 RSKD Duren Sawit, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Dalam seminggu terakhir ada 18.105 orang di Jakarta dites PCR. (merdeka.com/Imam Buhori)
Tim medis melakukan pemeriksaan hasil PCR COVID-19 di Laboratorium Container (lab Con) COVID-19 RSKD Duren Sawit, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Dalam seminggu terakhir ada 18.105 orang di Jakarta dites PCR. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sementara itu, jumlah pasien positif virus Corona atau Covid-19 di DKI Jakarta bertambah 279 orang pada Senin (13/7/2020). Berdasarkan penambahan tersebut saat ini jumlah kumulatif pasien di mencapai 14.640 kasus.

"Dari jumlah tersebut, 9.408 orang dinyatakan telah sembuh, sedangkan 710 orang meninggal dunia," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia berdasarkan keterangan pers.

Selain itu dia mengatakan 597 pasien dari total keseluruhan pasien psoitif Covid-19 masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 3.925 orang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjelasan Kemenhan soal Penunjukan Prabowo Pimpin Proyek Lumbung Pangan

Posted: 13 Jul 2020 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi tugas kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sebagai leading sector pengembangan Food Estate atau lumbung pangan di Kalimantan Tengah.

Terkait hal ini, Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, tugas tersebut dilandasi oleh perspektif pertahanan negara, seperti yang diatur dalam UU No 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara khususnya pasal 6.

Adapun bunyinya: 'Bahwa Pertahanan negara diselenggarakan melalui usaha membangun dan membina kemampuan daya tangkal negara dan bangsa, serta menanggulangi setiap ancaman'.

"Kami di Kementerian Pertahanan memahami bahwa ancaman itu terdiri dari ancaman militer, nirmiliter dan hibrida, merujuk apa yang telah disampaikan oleh Presiden mengutip peringatan organisasi pangan dan pertanian dunia PBB (FAO) bahwa ada potensi ancaman krisis pangan dunia di waktu-waktu yang akan datang seiring merebaknya pandemi Covid-19, atau pun krisis-krisis yang disebabkan karena faktor-faktor lainnya," kata Dahnil, Selasa (14/7/2020).

"Oleh sebab itu, perlu diantisipasi sedini mungkin agar kita tidak mengalami krisis pangan," lanjut dia.

Karena itu, perlu dipersiapkan cadangan pangan yang cukup di masa yang akan datang. "Nah salah satunya melalui pengembangan food estate di Kalimantan Tengah," tutur Dahnil.

Menurut dia, food estate di Kalimantan Tengah ini dikembangkan sebagai pusat pertanian pangan sebagai cadangan logistik strategis untuk pertahanan negara.

"Food Estate bukan program cetak sawah, namun pengembangan pusat pangan selain tanam padi juga akan dikembangkan pusat-pusat pertanian pangan lainnya, seperti singkong, jagung, dan lain-lain, sesuai dengan kondisi lahan disana," tutur Dahnil.

 

Pusat Produksi Cadangan Pangan

Dia menjelaskan, food estate sebagai cadangan logistik strategis untuk pertahanan negara berfungsi membantu kementerian pertanian dan Bulog, bila suatu saat, dalam kondisi tertentu kita kekurangan supply pangan.

"Maka, cadangan pangan yang sudah dikembangan dan dipersiapkan di food estate Kalimantan Tengah tersebut siap digunakan," jelas Dahnil.

Adapun, ini akan dikembangkan sebagai pusat produksi cadangan pangan dari tanah milik negara.

"Kedua sebagai cadangan melalui pengelolaan penyimpanan cadangan pangan untuk pertahanan negara, dan ketiga melakukan distribusi cadangan pangan keseluruh Indonesia," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Fakta Meninggalnya Bule Perancis Tersangka Pencabulan Anak

Posted: 13 Jul 2020 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Warga Negara Prancis tersangka pencabulan terhadap 305 anak di bawah umur, Francois Abello Camille (FAC) alias Frans alias Mister (65) meninggal dunia.

Sebelum dinyatakan meninggal dunia, tersangka pencabulan itu sempat dibawa dari ruang tahanan Rutan Polda Metro Jaya ke dokter kesehatan Polda Metro Jaya dalam kondisi lemas.

"Kemudian tensi masih teraba masih terasa 90 per teraba. Kemudian dengan kondisi itu kami larikan ke Kramat Jati (RS) dengan sebelumnya kita sudah koordinasi agar dilakukan tindakan-tindakan medis sebelumnya," ujar Kepala Bidang Dokter Kesehatan (Kabidokkes) Polda Metro Jaya Kombes Umar Shahab, Senin, 13 Juli 2020.

Setelah dibawa ke UGD dan dilakukan tindakan prosedur sesuai SOP yang ada, AFC sempat dibawa ke ruang ICU. Karena kondisinya semakin lemah, nyawa AFC tak tertolong.

Meski begitu, hingga saat ini menurut Umar, pihaknya masih belum bisa memastikan penyebab jelas meninggalnya FAC.

Berikut fakta-fakta di balik meninggalnya Warga Negara Prancis tersangka pencabulan terhadap 305 anak di bawah umur, Francois Abello Camille (FAC) dihimpun Liputan6.com:

 

Kondisi Lemas

Tersangka asal Prancis berinisial FAC alias Frans (65) dihadirkan saat rilis kasus eksploitasi anak di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (9/7/2020). Polda Metro Jaya menangkap Frans yang melakukan eksploitasi secara ekonomi dan seksual terhadap 305 anak di hotel di Jakarta. (merdeka.com/Imam Buhori)
Tersangka asal Prancis berinisial FAC alias Frans (65) dihadirkan saat rilis kasus eksploitasi anak di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (9/7/2020). Polda Metro Jaya menangkap Frans yang melakukan eksploitasi secara ekonomi dan seksual terhadap 305 anak di hotel di Jakarta. (merdeka.com/Imam Buhori)

Kepala Bidang Dokter Kesehatan (Kabidokkes) Polda Metro Jaya Kombes Umar Shahab menjelaskan bahwa FAC dikirim dari ruang tahanan Rutan Polda Metro Jaya ke dokter kesehatan Polda Metro Jaya dalam kondisi lemas.

"Kemudian tensi masih teraba masih terasa 90 per teraba. Kemudian dengan kondisi itu kami larikan ke Kramat Jati (RS) dengan sebelumnya kita sudah koordinasi agar dilakukan tindakan-tindakan medis sebelumnya," tutur Shahab, Senin, 13 Juli 2020.

 

Sempat Dibawa ke RS Kramat Jati dan ICU

Tersangka asal Prancis Frans (65) dihadirkan saat rilis kasus eksploitasi anak di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (9/7/2020). Polisi mengamankan barang bukti  21 pakaian yang dipakai korban, laptop, 6 memori card, 20 alat kontrasepsi, 2 vibrator, dan 6 kamera. (merdeka.com/Imam Buhori)
Tersangka asal Prancis Frans (65) dihadirkan saat rilis kasus eksploitasi anak di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (9/7/2020). Polisi mengamankan barang bukti 21 pakaian yang dipakai korban, laptop, 6 memori card, 20 alat kontrasepsi, 2 vibrator, dan 6 kamera. (merdeka.com/Imam Buhori)

Shahab menjelaskan, sesampainya di UGD RS Kramat Jati, kemudian dilakukan tindakan prosedur sesuai SOP yang ada. Karena kondisinya semakin lemah, maka FAC dibawa ke ruang ICU.

"Di sana dilakukan tindakan-tindakan sebagaimana upaya kita menyiapkan upaya untuk mempertahankan kehidupan seseorang," papar dia.

"Tidak ada perbedaan apakah dia tersangka atau pun korban, ataupun pasien lainnya. Semua kita lakukan tindakan yang betul sesuai dengan prosedur yang ada," lanjut Shahab.

Namun sayangnya, nyawa FAC tak tertolong.

 

Penyebab Kematian Belum Diketahui

Ilustrasi (Liputan6.com)
Ilustrasi (Liputan6.com)

Menurut Shahab, sampai saat ini, jenazah masih berada di kamar jenazah RS Kramat Jati. Pihaknya tengah mengoordinasikan hal itu dengan kedutaan Prancis di Jakarta mengenai tindak lanjut yang akan diambil.

"Apakah perlu penyidik meminta untuk dilakukan autopsi terlebih dahulu atau langsung dari kedutaan meminta untuk dikirim," ucap dia.

Shahab menuturkan, pihaknya belum bisa memastikan apa penyebab kematian FAC. Berhubung belum dilangsungkannya autopsi terhadap jasad korban.

"Kalau untuk hasil autopsi belum kita laksanakan karena belum ada permintaan untuk dilakukan autopsi," terang Shahab.

"Namun diagnosa dari dokter yang merawat itu jelas dari hasil rontgen ada retakan pada tulang belakang di leher yang menyebabkan sumsumnya itu kena jerat sehingga menyebabkan suplai oksigen ke otak dan organ-organ yang penting itu berkurang. Itu yang menyebabkannya (meninggal dunia)," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Judul Menyesatkan Digunakan dalam Kabar Krisdayanti Meninggal Dunia

Posted: 13 Jul 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang penyanyi Krisdayanti meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut dimuat situs wow.yuxshare.com dengan judul artikel "Krisdayanti Meninggal Dunia, Diduga Dibekap Suami Pakai Bantal" yang ditayangkan pada 4 Juli 2020.

Berikut isinya:

Suara.com - Hermita Krisdayanti, perempuan berusia 21 tahun di Kelurahan Muara Fajar, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Provinsi Riau, ditemukan tewas dalam rumahnya.

Belakangan terungkap, Krisdayanti dibunuh oleh suaminya sendiri berinisial AR pada Minggu (30/6) akhir pekan lalu. AR juga kekinian berhasil ditangkap saat dalam pelarian.

"Tersangka kabur setelah melakukan pembunuhan. Tapi kami berhasil menangkapnya di wilayah Kabupaten Bengkalis kurang dari 24 jam setelah pembunuhan," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Pekanbaru Ajun Komisaris Awaluddin, Rabu (3/7/2019).

Kepada Antara, Awaluddin menuturkan AR tega membunuh Krisdayanti karena terbakar api cemburu. Aksi pembunuhan itu terjadi pada Minggu dini hari sekitar pukul 02.00 WIB.

Insiden pembunuhan itu sendiri terungkap setelah tersangka AR bertingkah aneh, yakni meminta paksa uang kepada Shakira Gule, orang tuanya sendiri.

Kediaman Shakira dan pasutri yang baru saja membuat bahtera rumah tangga tersebut memang berdekatan.Karena tingkah anaknya tidak wajar, Shakira tidak bersedia memberikan uang. AR yang putus asa kemudian kembali ke rumahnya dan mengambil sepeda motor dan langsung pergi.

Shakira bersama anggota keluarga lainnya langsung memeriksa apa yang terjadi di kediaman anaknya itu. Namun, Shakira melihat menantunya terbaring tak bernyawa.

Awaluddin menduga, korban meninggal akibat kekurangan oksigen setelah dibekap AR memakai bantal.Sementara polisi yang mendapat informasi tersebut segera memburu AR yang saat itu kabur mengendarai sepeda motor.

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang penyanyi Krisdayanti meninggal dunia. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "Krisdayanti Meninggal Dunia". Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai kabar tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Krisdayanti Meninggal Dunia, Diduga Dibekap Suami Pakai Bantal" yang dimuat situs suara.com pada 3 Juli 2020. Artikel tersebut ternyata digunakan dalam situs wow.yuxshare.com sebagai sumber.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa yang menjadi korban pembunuhan adalah Hermita Krisdayanti, bukan penyanyi Krisdayanti. Korban merupakan perempuan berusia 21 tahun yang tinggal di Kelurahan Muara Fajar, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Riau.

 

Kesimpulan

Klaim tentang penyanyi Krisdayanti meninggal dunia ternyata tidak benar alias hoaks. Kabar yang beredar viral menggunakan judul yang menyesatkan (false headline).

Banner cek fakta (Liputan6/Triyasni)
Banner cek fakta (Liputan6/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Desain Akuarium Anti Mainstream Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 13 Jul 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta ikan hias dan aquascape tentu akuarium menjadi salah satu hiasan yang berada di rumah. Tidak hanya menjadi hiasan, akuarium ini pun menjadi salah satu yang penting dalam dekorasi rumah tersebut.

Selain bisa menjadi tempat memelihara ikan hias dan aquascape. Akuarium dengan desain yang tidak biasa bisa diaplikasikan dalam berbagai sudut ruangan di rumah menggantikan hiasan yang sebelumnya digunakan. Seperti halnya lukisan, atau wastafel yang biasa-biasa saja bisa diganti dengan desain akuarium yang anti mainstream ini.

Dengan adanya akuarium ini tentu suasana rumah akan menjadi beda dan keren. Meski begitu, akuarium haruslah dijaga kebersihan dan kesehatan kehidupan yang di dalamnya. Apabila hanya dibiarkan tentu akuarium akan sangat kotor dan mengeluarkan bau tidak sedap. 

Berikut 7 desain akuarium anti mainstream yang Liputan6.com kutip dari 1cak.com, Selasa (14/7/2020)

1. Akuarium bisa jadi latar belakang tempat tidur di kamar, sehingga bisa menonton ikan-ikan sebelum tidur.

Aquarium anti mainstream (Sumber: 1cak.com)
Aquarium anti mainstream (Sumber: 1cak.com)

2. Pengganti sekat meja kantor, bisa pakai akuarium panjang. Bikin susana kantor jadi lebih asyik ya!

Aquarium anti mainstream (Sumber: 1cak.com)
Aquarium anti mainstream (Sumber: 1cak.com)

3. Begini jadinya kalau desain meja kantor diaplikasikan sebagai akuarium, unik banget.

Aquarium anti mainstream (Sumber: 1cak.com)
Aquarium anti mainstream (Sumber: 1cak.com)

4. Wastafel di rumah, bisa jadi akuarium maupun aquascape biar sudut rumah makin unik!

Aquarium anti mainstream (Sumber: 1cak.com)
Aquarium anti mainstream (Sumber: 1cak.com)

5. Daripada jam rusak nganggur enggak terpakai, bisa buat akuarium nih!

Aquarium anti mainstream (Sumber: Brilio)
Aquarium anti mainstream (Sumber: Brilio)

6. Punya drum yang sudah tidak dipakai, bisa jadi akuarium yang tidak ada tandingannya seperti ini.

Aquarium anti mainstream (Sumber: 1cak.com)
Aquarium anti mainstream (Sumber: 1cak.com)

7. Pakai televisi bekas yang disulap jadi akuarium seperti dalam film Warkop DKI.

Aquarium anti mainstream (Sumber: 1cak.com)
Aquarium anti mainstream (Sumber: 1cak.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Ditiadakan di Sekolah Madrasah RA, MI, MTS dan MA

Posted: 13 Jul 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang pendidikan agama islam (PAI) dan bahasa arab ditiadakan di sekolah madrasah RA, MI, MTS, dan MA beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Tri Putri Elfika.

Akun Facebook Tri Putri Elfika mengunggah gambar surat yang diklaim dari Kementerian Agama berisi tentang Impelementasi KMA 792 Tahun 2018, KMA 183 tahun 2019 dan KMA 184 tahun 2019.

Dalam surat itu terdapat beberapa poin. Satu di antaranya sebagai berikut:

"Dengan berlakunya KMA 183 Tahun 2019 dan KMA 184 Tahun 2019 maka mulai Tahun Pelajaran 2020/2021 KMA No 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah sudah tidak berlaku lagi".

Akun Facebook Tri Putri Elfika kemudian mengaitkan surat tersebut dengan tidak adanya pelajaran agama islam dan bahasa arab ditiadakan di sekolah madrasah RA, MI, MTS, dan MA.

"Ilmu pendidikan agama islam dan bahasa arab maupun berkaitan agama dalam proses pembelajaran itu wajib ada disetiap pembelajaran. Tujuan ini untuk memberi pemahaman kepada anak diusia balita sampai ia menjadi tua lalu mati akan dibawa amal yang berkaitan tentang agama. Pembelajaran agama ini tidak pernah dihapus sampai akhir hayat menjemput.

Apa gunanya pendidikan agama dan bahasa arab tidak berlaku lagi dilingkungan sekolah, kemana nanti tongak ukur tujuan madrasa itu didirikan. Saya alumni MTs dan MA yang pernah mengenyam pendidikan, setiap ujian mesti diharus didahulukan bagi pondok pesantren itu ujian tes al quran, bahasa arab diselah percakapan asarama santri. Lalu kalau ini dihilangkan kemana mereka akan belajar, apakah Guru ini ikhlas tidak dihargai selama ia memperjuangkan titik peluh mereka menjadi sarjana pendidikan agama, bahasa arab, dll. Untung aja masih iming-iming dihilangkan belum nyata. Masih KI dan KD diganti berdasarkan Kurikulum baru. Masih selamat dalam menuntut ilmu.

ohh,, malang sekali nasib pendidikan di Indonesia ini? (problem pendidikan masih rendah)

Ampunilah kami ya Allah, dosa dosa kami ya Allah.. Ampuni dan sadarkanlah Pemimpin kami untuk kemaslahatan umat ini ya Allah. (doa ini perlu, untuk saling mengingatkan diri saya dan Anda sebagai calon pemimpin).

""Jangan jadikan beban bagi kami di Akhirat nanti ya Allah.. Aamiin"".#Saya Tri Putri Elfika,, dengan tegas menolak mata pelajaran ini dihapuskan (kalau itu terjadi), kalau tidak.. Alhamdulillah masih selamat. InsyaAllah saya sudah menyampaikannya Ya Allah.(saya tidak mengabaikan dalam berkaitan tentang Agama)," tulis akun Facebook Tri Putri Elfika.

Konten yang disebarkan akun Facebook Tri Putri Elfika telah 6 kali dibagikan dan mendapat 12 komentar warganet.

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang pendidikan agama islam dan bahasa arab ditiadakan di sekolah madrasah RA, MI, MTS, dan MA.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "pelajaran agama islam ditiadakan".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Beredar Surat Kurikulum PAI 2013 Tak Diberlakukan di Madrasah, Ini Kata Kemenag" yang dimuat situs Liputan6.com pada 10 Juli 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar surat Keputusan Menteri Agama (KMA) yang menyebut kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab tahun 2013 sudah tak diberlakukan pada tahun ajaran 2020-2021. Siswa madrasah akan memulai tahun ajaran baru pada 13 Juli mendatang.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar membenarkan surat tersebut. Dia menegaskan bidang pelajaran tersebut tetap ada. Namun ada perbaikan pada substansi materi.

"Mulai tahun pelajaran 2020/2021, pembelajaran di MI, MTs, dan MA akan menggunakan kurikulum baru untuk Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab," terang Umar di Jakarta, Jumat (10/07/2020).

Menurut dia, keputusan ini sudah disosialisaikan sejak lama. Dan surat yang beredar saat ini hanya penegasan dari keputusan yang ditetapkan Kementerian Agaman.

"Ini sudah disosialisasikan sejak satu tahun lalu kepada seluruh guru dan pengawas madrasah. Surat di atas hanya penegasan saja. Sebaiknya surat di baca pelan-pelan dari atas, tidak ujuk-ujuk baca nomor 3. Insya Allah paham," ujar dia.

Umar menegaskan, Kemenag telah menerbitkan KMA No 183 tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. Selain itu, diterbitkan juga KMA 184 tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah. Kedua KMA ini akan diberlakukan secara serentak pada semua tingkatan kelas pada tahun pelajaran 2020/2021.

"KMA 183 tahun 2019 ini akan menggantikan KMA 165 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah," ujar Umar.

"Sehubungan itu, mulai tahun ajaran ini KMA 165 tahun 2014 tidak berlaku lagi," lanjutnya.

Meski demikian, mata pelajaran dalam Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab pada KMA 183 Tahun 2019 sama dengan KMA 165 Tahun 2014. Mata Pelajaran itu mencakup Quran Hadist, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Bahasa Arab. "Jadi beda KMA 183 dan 165 lebih pada adanya perbaikan substansi materi pelajaran karena disesuaikan dengan perkembangan kehidupan abad 21," jelas Umar.

"Kemenag juga sudah menyiapkan materi pembelajaran PAI dan Bahasa Arab yang baru ini sehingga baik guru dan peserta didik tidak perlu untuk membelinya. Buku-buku tersebut bisa diakses dalam website e-learning madrasah," tandasnya. 

Kesimpulan

Kabar tentang pendidikan agama islam dan bahasa arab ditiadakan di sekolah madrasah RA, MI, MTS, dan MA ternyata tidak benar.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar menegaskan, bidang pelajaran agama islam dan bahasa arab tetap ada. Namun ada perbaikan pada substansi materi, bukan ditiadakan.

Banner Cek Fakta - Klarifikasi. (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta - Klarifikasi. (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Mulai Agustus Pagosip akan Digaji Tiap Bulan

Posted: 13 Jul 2020 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang pagosip atau tukang gosip mulai Agustus akan menerima gaji setiap bulan beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Fhyra Doraemong pada 9 Juli 2020.

Akun Facebook Fhyra Doraemong mengunggah gambar tangkapan layar video tayangan berita dari Kompas TV. Dalam gambar tersebut terdapat sebuah narasi yang menyebut bahwa pagosip akan menerima gaji mulai Agustus. Berikut isinya:

Mulai bulan agustus smua pagosip Akan trima gaji tiap bulan Segera lengkapi data2 anda Fhoto copy KK dan KTP

Akun Facebook Fhyra Doraemong kemudian menambahkan narasi dalam konten yang diunggah.

"Ciee yg mau dpt gaji tingkatkan kualitas," tulis akun Facebook Fhyra Doraemong.

Konten yang disebarkan akun Facebook Fhyra Doraemong telah 649 kali dibagikan dan mendapat 3 komentar warganet.

 

Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto dengan Situs Yandex
Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto dengan Situs Yandex

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang pagosip atau tukang gosip mulai Agustus akan menerima gaji setiap bulan. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar yang diunggah akun Facebook Fhyra Doraemong ke situs pencari Yandex.

Hasilnya, gambar tersebut merupakan hasil tangkapan layar video dari Channel YouTube KOMPASTV bertajuk "Dirdik KPK: Ada Oknum di KPK, Saya Akan Bongkar!" yang diunggah pada 6 April 2018.

"Direktur Penyidikan KPK Brigjen Aris Budiman meminta wartawan mendekatinya selepas upacara pelantikan Deputi Penindakan KPK yang baru, Brigjen Firli.

Aris Budiman pun buka-bukaan soal dugaan perintangan kerja penyidik KPK oleh internal KPK sendiri.

Sebelumnya, ketidakharmonisan di KPK diungkap Brigjen Aris Budiman saat menjadi undangan rapat dengan pansus hak angket KPK beberapa waktu lalu.

Brigjen Aris Budiman bahkan tak segan menyebut ada oknum di KPK yang harus dibongkar," tulis Channel YouTube KOMPASTV.

 

Kesimpulan

Klaim tentang pagosip atau tukang gosip mulai Agustus akan menerima gaji setiap bulan ternyata hoaks. Tidak ada situs dan tayangan berita resmi yang memuat klaim tersebut.

Gambar yang diunggah akun Facebook Fhyra Doraemong pada 9 Juli 2020 sengaja disunting dan disebarluaskan.

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warisan Eka Tjipta Widjaja Digugat, Grup Sinar Mas Buka Suara

Posted: 13 Jul 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Freddy Widjaja, salah satu ahli waris orang terkaya di Indonesia pendiri Grup Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja mengajukan gugatan warisan kepada ahli waris lainnya. Tak tanggung-tanggung, nilai warisan yang dipermasalahkan mencapai ratusan triliun.

Gugatan tersebut diajukan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 16 Juni 2020. Dikutip dari situs Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Selasa (14/7/2020), Freddy menggugat 5 ahli waris almarhum Eka Tjipta Widjaja lainnya.

Kelima ahli waris yang digugat tersebut adalah Indra Widjaja, Teguh Ganda Widjaja, Muktar Widjaja, Djafar Wijaja dan Franky Oesman Widjaja.

Sidang pertama gugatan bernomor 301/Pdt.G/2020/PN Jkt.Pst, tertanggal 16 Juni 2020, itu dilakukan pada pada 29 Juni dan sidang kedua pada Senin 13 Juli 2020.

Untuk harta warisan yang digugat oleh ahli waris Eka Tjipta Widjaja tersebut adalah:

1. PT. Smart (Sinar Mas Agro Resources and Technology) Tbk dengan total nilai aset Rp 29,31 triliun.

2. PT. Sinar Mas Multi Artha dengan total nilai aset Rp 100,66 triliun

3. Sinar Mas Land dengan total nilai aset di tahun 2019 sebesar Rp 116,36 triliun

4. PT. Bank Sinar Mas Tbk dengan total nilai aset pada September 2019 sebesar Rp 37,39 triliun

5. PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk dengan total nilai aset pada 2018 sebesar Rp 131,26 triliun

6. PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk sebesar Rp 44,47 miliar

7. PT. Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry dengan total nilai aset di 2018 sebesar Rp 29,96 triliun

8. PT. Bank China Construction Bank Indonesia Tbk dengan total nilai aset Rp 16,20 triliun

9. Asia Food and Properties Limited dengan estimasi nilai asset sebesar Rp 80 triliun

10. China Renewable Energy Investment Limited dengan total nilai aset di 2019 sebesar Rp 5 triliun

11. PT. Golden Energy Mines Tbk dengan total nilai aset pada 2019 sebesar Rp 11,70 triliun

12. Paper Excellence BV Netherlands dengan total nilai aset sebesar Rp 70 triliun.

Dalam gugatan ini Freddy  meminta kepada pengadilan untuk membagi harta waris menurut hukum perdata, masing-masing setengah bagian.

Pernyataan Grup Sinar Mas

Ilustrasi. Palu sidang (Pixabay)
Ilustrasi. Palu sidang (Pixabay)

Managing Director Sinar Mas Gandi Sulistiyanto menjelaskan beberapa poin mengenai gugatan tersebut. Poin pertama adalah Freddy Widjaja merupakan anak luar kawin dari Nyonya Lidia Herawaty Rusli.

Kedua bahwa yang bersangkutan telah mendapatkan hak bagiannya sebagai penerima wasiat sesuai dengan surat wasiat dari almarhum Eka Tjipta Widjaja.

"Ketiga, gugatan dari Saudara Freddy Widjaja terhadap aset perusahaan-perusahaan Sinar Mas tidak ada hubungan dengan almarhum Eka Tjipta Widjaja, karena beliau tidak memiliki saham di perusahaan perusahaan tersebut," kata Gandi. 

Oleh sebab itu, gugatan dari Freddy Widjaja tidak mempunyai dasar hukum. "Jadi pada dasarnya Sinar Mas tidak ada sangkut pautnya dalam persoalan keluarga Bapak Eka Tjipta Widjaja dalam kasus gugatan ini," tutup dia. 

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf: Peran Tokoh Agama Penting untuk Keberhasilan Adaptasi Kebiasaan Baru

Posted: 13 Jul 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut, tokoh agama berperan penting untuk keberhasilan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam pandemi Covid-19.

Hal itu dikatakan Ma'ruf dalam Dialog Virtual Nasional Lintas Iman dengan tema 'Peran dan Tantangan Agama di Masa dan Paska Pandemik' yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Masjid Istiqlal, Selasa (14/7/2020).

"Dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru ini, saya ingin kembali mengajak para tokoh agama untuk tidak henti-hentinya mengingatkan para pemeluk agama agar tetap menjaga semangat, tidak berputus asa atau menyerah, serta mau memahami dan mematuhi protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah. Saya yakin, peran para tokoh agama sangat penting untuk memastikan keberhasilan kebijakan ini," ucap Ma'ruf Amin.

Dia menjelaskan, kebijakan AKB diambil oleh pemerintah setelah beberapa daerah menunjukkan penurunan dalam penyebaran Covid-19. Namun perlu disadari, angka penularan Covid-19 hingga saat ini masih cukup tinggi, terlebih belum ditemukan obat dan vaksinnya.

"Untuk itu, pemerintah juga telah menyiapkan protokol pelaksanaan AKB agar masyarakat aman Covid-19 dan produktif. Kebijakan ini penting untuk disosialisasikan seluas mungkin kepada masyarakat, agar dipahami dan dijalankan secara patuh dan konsisten, seperti dalam konsep ajaran Islam sami'naa wa ata'na," kata Ma'ruf.

Ma'ruf mengingatkan, pemuka agama juga berperan dalam membangkitkan semangat umat agar bekerja keras dalam rangka memulihkan kembali keadaan, serta mengejar ketertinggalan yang terjadi akibat Covid-19. Serta, untuk memusatkan kembali tenaga dan pikiran bangsa dalam mencapai tujuan pembangunan nasional yaitu Indonesia Maju.

"Peran agama yang utama memang mengajarkan kebaikan dan menjaga ketakwaan umat, namun tidak kalah penting adalah peran dalam mendorong semangat umat untuk mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi guna mewujudkan kemaslahatan atau kemanfaatan bagi umat manusia," tegas Ma'ruf.

Jokowi: Puncak Covid-19 Diprediksi Agustus atau September

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Ratas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu membahas Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Ratas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu membahas Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut puncak virus corona (Covid-19) diprediksi terjadi pada Agustus atau September 2020. Namun, prediksi tersebut dapat berubah apabila virus corona tidak dikendalikan.

"Kalau melihat angka-angka memang nanti perkiraan puncaknya ada di Agustus atau September, perkiraan terakhir. Tapi kalau kita tidak melakukan sesuatu, ya bisa angkanya berbeda," ujar Jokowi kepada wartawan di halaman tengah Istana Merdeka Jakarta, Senin (13/7/2020).

Untuk itu, dia meminta para menterinya bekerja keras menekan penyebaram virus corona. Jika tidak, maka pandemi virus corona dikhawatirkan akan semakin panjang.

Jokowi juga menyinggung soal teguran keras yang diberikannya kepada para menteri kabinet beberapa hari lalu. Menurut dia, teguran keras itu untuk mendorong dan memotivasi menterinya agar kerja lebih keras lagi di situasi pandemi Covid-19.

"Tapi kalau mintanya, dengan agak berbeda, yaitu memotivasi para menteri agar bekerja lebih keras lagi. Bukan marah, memotivasi. Agar lebih keras lagi kerjanya," jelas Jokowi.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Matahari Melintasi Ka’bah 15-16 Juli 2020, Saatnya Cek Lagi Arah Kiblat

Posted: 13 Jul 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Matahari akan melintas di atas ka'bah pada 15-16 Juli 2020, maka cek kembali arah kiblat Anda. Peristiwa ini dikenal dengan nama istiwa a'dham atau rashdul qiblah.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Agus Salim mengatakan, waktu Matahari di atas ka'bah, bayangan benda yang terkena sinar matahari akan menunjuk arah kiblat. 

"Peristiwa yang sama terjadi juga pada 27 dan 28 Mei 2020 yang lalu," kata Agus dalam siaran tertulis Kemenag, Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Momentum ini, lanjut dia, dapat digunakan bagi umat Islam untuk cek arah kiblat.

Dia menjelaskan, berdasarkan data astronomi, matahari melintas tepat di atas ka'bah pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA pada Rabu-Kamis, 15-16 Juli besok.

"Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke ka'bah," ujar Agus.

Menurut dia, peristiwa untuk cek arah kiblat ini sama dengan fenomena 2018 lalu. "Secara tanggal dan waktu, kejadian ini sama dengan peristiwa pada tahun 2018 lalu," lanjut dia.

 

Kententuan Cek Kiblat

Agus Salim mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses verifikasi arah kiblat. Hal tersebut yaitu:

1. Pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan Lot/Bandul

2. Permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata

3. Jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tok, Vonis Mati untuk 2 Kurir Sabu 30 Kg Asal Aceh

Posted: 13 Jul 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Medan Tok, Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan menjatuhkan vonis hukuman mati kepada dua terdakwa kasus narkoba jenis sabu seberat 30 Kilogram. Vonis mati dijatuhi majelis hakim pada sidang putusan yang digelar secara teleconference.

Dalam sidang yang digelar pada Senin, 13 Juli 2020, kedua terdakwa melalui layar video virtual berada di Ruang Cakra 8 Pengadilan Negeri (PN) Medan.

"Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Syarifuddin dan terdakwa Saifuddin dengan pidana mati," ucap majelis hakim yang diketuai Ahmad Sayuti.

Pascamendengar putusan hakim, terdakwa Syarifuddin (41) warga Dusun Meunasah Desa Seuneubok Lapang, Kecamatan Darul Ihsan, Kabupaten Aceh Timur, dan Saifuddin(43) warga Dusun Paloh Lada Desa Paloh Lada, Kecamatan Dawantara, Kabupaten Aceh Utara tampak begitu terpukul.

Terkait putusan tersebut, majelis hakim sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menilai kedua terdakwa melanggar ketentuan Pasal 114 ayat (2) Jo. Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Melakukan percobaan atau permufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana narkotika dengan tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan narkotika golongan I lebih dari 5 gram," sebut hakim.

 

Hal Memberatkan

Ilustrasi palu hakim pengadilan. (Sumber Pixabay)
Ilustrasi palu hakim pengadilan. (Sumber Pixabay)

Hal yang memberatkan, kedua terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam hal memberantas peredaran narkoba, dan kedua terdakwa berbelit-belit saat memberikan keterangan. Sedangkan hal yang meringankan kedua terdakwa tidak ditemukan.

Vonis yang dijatuhi majelis hakim sama dengan tuntutan JPU Maria Tarigan yang pada sidang sebelumnya. Menanggapi putusan, kedua terdakwa melalui penasihat hukumnya, Sri Wahyuni SH, dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Menara Keadilan menyatakan pikir-pikir.

Dalam dakwaan JPU Maria Tarigan, kasus ini berawal pada 11 November 2019 lalu. Terdakwa Syarifuddin dihubungi seseorang bernama Nanda dan mengajak kerja antar sabu ke Kota Medan. Syarifuddin mengajak Saifuddin dengan mengatakan apabila sabu tersebut telah sampai ke tangan penerima, mereka akan mendapat upah puluhan juta.

Ditangkap Polda Sumut

Polda Sumut, melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) akan menelusuri serta menyelidiki penjualan masker di distributor dan apotek, baik secara langsung maupun lewat online.
Polda Sumut, melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) akan menelusuri serta menyelidiki penjualan masker di distributor dan apotek, baik secara langsung maupun lewat online.

Nanda memerintahkan keduanya berangkat dari Aceh Utara menuju Aceh Tamiang menggunakan bus untuk menemui orang suruhannya bernama Ompong. Dalam pertemuan tersebut Ompong memberikan kunci mobil Toyota Avanza warna hitam nomor polisi BL 1180 UL, dan mengatakan di dalam mobil ada paket sabu.

Selanjutnya Syarifuddin dan terdakwa Saifuddin berangkat menuju Medan menggunakan mobil tersebut. Sesampainya di pintu masuk Tol Megawati, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, mobil mereka dihentikan petugas Dit Resnarkoba Polda Sumut.

Saat diperiksa ditemukan 1 tas jinjing warna hitam berisi 30 Kilogram sabu. Kedua terdakwa beserta barang bukti dibawa petugas ke kantor Dit Resnarkoba Polda Sumut.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenparekraf Terbitkan Panduan Protokol Kesehatan di Hotel dan Restoran, Apa Isinya?

Posted: 13 Jul 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menerbitkan buku panduan protokol kesehatan di bidang hotel dan restoran. Industri terkait dan masyarakat diminta mempelajarinya lebih lanjut agar bisa tetap produktif dan aman di tengah jumlah korban positif Covid-19 yang terus bertambah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, Senin, 13 Juli 2020, mengimbau pelaku parekraf untuk aktif dalam mencari, memahami, serta mengimplementasikan protokol kesehatan dengan taat dan disiplin.

"Industri pariwisata harus bersiap diri untuk dapat memberikan jaminan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan yang tinggi terhadap produk dan pelayanan yang diberikan kepada wisatawan. Oleh karena itu, perlu adanya buku panduan praktis bagi industri pariwisata dalam menyiapkan produk dan pelayanan yang bersih, sehat, aman, dan ramah lingkungan khususnya hotel dan restoran," ujar dia, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Selasa (14/7/2020).

Buku panduan protokol kesehatan ini merupakan turunan dari Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. Penyusunan buku panduan tersebut melibatkan berbagai pihak.

Di antaranya, asosiasi usaha hotel dan restoran, asosiasi profesi terkait bidang perhotelan dan restoran, serta akademisi dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan dari Kementerian Kesehatan dan arahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Buku panduan itu terdiri dari dua pokok materi, yaitu panduan umum dan panduan khusus.

Panduan umum meliputi manajemen atau tata kelola hotel dan restoran seperti memperhatikan informasi terkini serta imbauan dan instruksi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terkait COVID-19 di wilayahnya, membuat Standar Operasional Prosedur (SOP), menyediakan dan memasang imbauan tertulis, serta menerapkan protokol kesehatan dasar bagi karyawan, tamu, dan pihak lain yang beraktivitas di hotel maupun restoran seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Sedangkan, panduan khusus meliputi tiga alur pelayanan hotel dan restoran mulai dari pintu masuk hingga ruang karyawan. Ketiganya terdiri dari panduan bagi pengusaha dan pengelola terhadap fasilitas yang harus disediakan, panduan bagi tamu, serta panduan bagi karyawan.

Jadi Acuan

Ilustrasi hotel. (iStockphoto)
Ilustrasi hotel. (iStockphoto)

Pelaksanaan protokol kesehatan disebutnya sangat penting untuk dilakukan dengan baik. Karena hal ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk mendorong pergerakan sektor parekraf, serta meningkatkan kepercayaan dan produktivitas masyarakat agar merasa aman dari COVID-19.

Buku panduan ini juga dapat menjadi acuan bagi Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, serta asosiasi usaha dan profesi terkait hotel dan restoran untuk melakukan sosialisasi, edukasi, simulasi, uji coba, pendampingan, pembinaan, pemantauan dan evaluasi dalam penerapan Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) demi meningkatkan keyakinan para pihak, reputasi usaha, dan destinasi pariwisata.

Dengan adanya buku panduan ini, Menparekraf berharap pihak terkait bisa lebih memahami pengimplementasian protokol kesehatan serta dapat berkontribusi dalam membangkitkan kembali industri pariwisata Indonesia yang lebih berkualitas. Lebih lanjut, buku panduan protokol kesehatan di bidang hotel dan restoran bisa diakses melalui link https://www.kemenparekraf.go.id/post/panduan-pelaksanaan-kebersihan-kesehatan-keselamatan-dan-kelestarian-lingkungan-untuk-sektor-parekraf.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Sosok Fiat 1100, Mobil Klasik Milik Haji Bolot

Posted: 13 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Haji Bolot telah berkarya di Indonesia selama lebih dari 5 dekade. Sampai detik ini pun masih tetap menghibur masyarakat Indonesia dengan gayanya yang khas.

Selama berkiprah, Haji Bolot kerap tampil sebagai pelawak sekaligus pemain lenong Betawi. Di usianya yang ke-78, penampilan Haji Bolot pun masih terbilang prima.

 Nah, belum lama ini aktor sekaligus presenter Mang Saswi berkunjung ke kediaman pribadi Haji Bolot. Momen yang direkam menjadi sebuah vlog itu pun mengulik seisi rumah sang pelawak senior.   

Haji Bolot rupanya memiliki kegemaran mengoleksi mobil klasik. Salah satunya adalah Fiat 1100.  

Fiat 1100

Koleksi di rumah Haji Bolot. (Youtube Saswi Channel via Merdeka.com)
Koleksi di rumah Haji Bolot. (Youtube Saswi Channel via Merdeka.com)

Dilansir conceptcarz, Fiat 1100 diproduksi dari tahun 1937 hingga 1969. 1100 merupakan pembaruan dari 508 'Balilla' sekaligus menjadi kembaran 508C. 

Di balik kap mesin bersemayam mesin 1.089 cc 4 silinder. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 4-percepatan. Fiat 1100 dikenal memiliki rasa berkendara yang nyaman, performa mumpuni di masanya, dan pengendalian yang memadai.

 

Versi Murah dan Standar

Di tahun 1953, 1100 didesain ulang menjadi sedan 4 pintu dan mendapatkan nama baru, yaitu 1100/103. Model ini memiliki lampu depan terintegrasi dan memiliki dua versi, 'economica' and 'normale' atau 'murah' dan 'standar.' Pada tahun 1953, Fiat memperkenalkan 1100TV (Turismo Veloce) atau versi sporty. Tenaga mesinnya meningkat dari 35 Tk menjadi 49 Tk.

Tahun 1955 menjadi awal pengenalan 1100/103 Trasformabile pada Geneva Motor Show. Roadster dua pintu yang didesain oleh divisi khusus Fiat (Sezione Carrozzerie Speciali). Hanya ada 571 unit yang diproduksi di dunia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:kasus-haji-bolot-rangga-hot-shot-121222.]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menilik Penggunaan Sinar UV dalam Pencegahan Virus Corona COVID-19

Posted: 13 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para ilmuwan masih terus mencari pengobatan yang benar-benar efektif untuk membunuh virus corona penyebab COVID-19. Salah satunya juga demi menghentikan penyebarannya di lingkungan.

Salah satu yang dilirik oleh para peneliti adalah penggunaan sinar ultraviolet (UV) untuk membunuh SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Selama ini, sinar ultraviolet banyak digunakan untuk menghentikan patogen selam beberapa dekade. Beberapa pakar menyebut bahwa secara teori, ini juga bisa bekerja untuk virus corona penyebab COVID-19.

Hanya saja, sinar UV yang digunakan haruslah yang sesuai penggunaannya dan dalam dosis yang tepat, serta diberikan oleh profesional. Artinya, tidak semua alat yang memancarkan sinar UV di rumah bisa membunuh virus.

Dilansir dari Live Science pada Selasa (14/7/2020), Center for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan ada tiga jenis sinar UV yang diklasifikasikan dari panjang gelombangnya: UVA, UVB, dan UVC. Untuk UVC merupakan jenis dengan gelombang terpendek dan energi tertinggi yang bisa bertindak sebagai desinfektan.

"UVC telah digunakan selama bertahun-tahun, ini bukan hal baru," kata Indermeet Kohli, ahli fisika yang mempelajar fotomedis di bidang dermatologi Henry Ford Hospital, Detroid, Amerika Serikat.

Cara Kerja Sinar UV

Gambar menggunakan mikroskop elektron yang tak bertanggal pada Februari 2020 menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 (oranye) muncul dari permukaan sel (abu-abu) yang dikultur di laboratorium.  Sampel virus dan sel diambil dari seorang pasien yang terinfeksi COVID-19. (NIAID-RML via AP)
Gambar menggunakan mikroskop elektron yang tak bertanggal pada Februari 2020 menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 (oranye) muncul dari permukaan sel (abu-abu) yang dikultur di laboratorium. Sampel virus dan sel diambil dari seorang pasien yang terinfeksi COVID-19. (NIAID-RML via AP)

Kohli menyebut, UVC pada panjang gelombang 254 nanometer bisa digunakan untuk menonaktifkan influenza H1N1 serta virus corona lain seperti SARS-CoV dan MERS-CoV.

Sementara dalam sebuah studi yang masih menunggu peninjauan sejawat di medRxiv, menyatakan bahwa UVC juga bisa melawan SARS-CoV-2.

Kohli menjabarkan, UVC-254 bekerja karena panjang gelombangnya mampu menyebabkan lesi pada DNA dan RNA. Paparan ini mampu merusak keduanya sehingga tidak dapat bereplikasi, sehingga secara efektif membunuh atau menonaktifkan mikroorganisme atau virus.

Namun, Kohli mengatakan penggunaannya juga harus dilakukan dengan bertanggung jawab dan akurat. Dia mengatakan bahwa kemampuannya dalam merusak DNA juga membuat UVC berbahaya bagi kulit manusia.

Maka dari itu, teknologi desinfeksi dengan UVC haruslah diberikan kepada fasilitas medis serta mendapatkan evaluasi secara keamanan dan terkait efektifitasnya oleh tim yang ahli di bidang fotomedik dan fotobiologi.

Penggunaan Lampu UVC di Ruang Tertutup

Lampu sinar ultraviolet (UV) untuk sterilisasi rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) Jakarta di Depo LRT Kelapa Gading, Senin (29/6/2020). Sterilisasi dari paparan Covid-19 dilakukan setiap malam usai kereta melayani penumpang dengan waktu penyinaran selama 15 menit. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Lampu sinar ultraviolet (UV) untuk sterilisasi rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) Jakarta di Depo LRT Kelapa Gading, Senin (29/6/2020). Sterilisasi dari paparan Covid-19 dilakukan setiap malam usai kereta melayani penumpang dengan waktu penyinaran selama 15 menit. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana I Gusti Ngurah Kade Mahardika, dalam bincang-bincang dari Graha BNPB, Jakarta beberapa waktu lalu juga mengatakan bahwa memang ada potensi penggunaan sinar ultraviolet untuk membunuh virus di ruang tertutup.

"Saya melihat peluang, memang belum direkomendasikan oleh WHO, belum direkomendasikan oleh satgas COVID-19, itu adalah reintervensi instalansi ultraviolet portabel yang saya cek harganya tidak mahal," ujarnya.

Menurutnya, selama tidak ada seseorang di dalam ruangan, alat ini bekerja dengan aman. Ia mengatakan bahwa alat tersebut sudah digunakan juga di dalam laboratoriumnya.

Kade Mahardika mengatakan, saat ini sudah ada perangkat yang bisa mendeteksi keberadaan manusia sehingga bisa mati secara otomatis apabila ada seseorang yang masuk ke ruangah dengan alat tersebut.

"Saya kira ini intervensi sederhana tapi perlu standarisasi satgas COVID-19 di Jakarta untuk menjadi salah satu strategi mengurangi risiko COVID-19 di ruangan-ruangan tertutup."

Menurut Kade Mahardika, perangkat berupa lampu UVC yang ada di pasaran saat ini sudah cukup bisa untuk mengurangi risiko penularan virus corona di dalam suatu ruangan.

Harus dalam Dosis yang Tepat

Gambar menggunakan mikroskop elektron yang tak bertanggal pada Februari 2020 menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 (kuning) muncul dari permukaan sel (biru/pink) yang dikultur di laboratorium.  Sampel virus dan sel diambil dari seorang pasien yang terinfeksi COVID-19. (NIAID-RML via AP)
Gambar menggunakan mikroskop elektron yang tak bertanggal pada Februari 2020 menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 (kuning) muncul dari permukaan sel (biru/pink) yang dikultur di laboratorium. Sampel virus dan sel diambil dari seorang pasien yang terinfeksi COVID-19. (NIAID-RML via AP)

Di sisi lain, masih ada keraguan terkait efektifitas lampu UVC dalam membunuh SARS-CoV-2 yaitu soal kualitasnya.

Dr. Jacob Scott, peneliti di Department of Translational Hematology and Oncology Research Cleveland Clinic mengatakan, terkait perangkat berupa lampu UVC yang bisa digunakan di dalam rumah, mereka memiliki kontrol kualitas yang rendah. Sehingga, alat ini tidak menjamin bisa benar-benar menghilangkan patogen.

"UVC memang membunuh virus, tetapi masalahnya adalah Anda harus mendapatkan dosis yang cukup," kata Scott.

Selain itu, penggunaan perangkat UVC juga diperhitungkan apabila digunakan di rumah sakit. Misalnya geometri ruangan, bayangan, waktu, serta jenis bahan atau benda yang akan didesinfeksi. Namun menurut Scott, untuk di ruang terbuka, penggunaannya akan lebih sulit.

Baik Kohli dan Scott juga dikabarkan tengah mengembangkan perangkat desinfeksi dari UVC untuk alat pelindung diri bersama tim mereka masing-masing.

Kohli mengatakan, penggunaan UVC untuk dekontaminasi udara yang bersirkulasi masih terus didiskusikan oleh para peneliti. Masih ada juga studi terkait UVC-222 atau Far-UVC yang mungkin tidak merusak sel manusia.

Kohli mengatakan bahwa apabila digunakan secara akurat dan bertanggung jawab, UVC memiliki potensi yang sangat besar.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemberantasan Togel Tak Serius, Lilik Nekat Aksi Jalan Kaki Jogja - Mapolda Jateng

Posted: 13 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Blora - Lilik Yuliantoro (30), pemuda asal Blora, Jawa Tengah, kembali melakukan aksi gila. Dia jalan kaki dari Yogyakarta ke Semarang sebagai bentuk protes atas upaya pemberantasan judi togel di Blora yang dianggapnya tidak serius.

"Saya prihatin atas kondisi yang ada, selama ini yang ditangkap hanya pengecernya dan tidak sampai bandar besarnya. Judi togel merusak mental dan moral anak bangsa," ujar Lilik saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (14/7/2020).

Keprihatinan Lilik terhadap pemberantasan judi togel di Blora bukan tanpa alasan. Menurut dia, judi togel sudah jelas-jelas melanggar hukum negara maupun agama, namun aparat penegak hukum seakan tutup mata, dan setengah hati melakukan pemberantasan ke bendar besar.

Lilik mencontohkan, seperti halnya di wilayah Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Aparat hanya menangkap pelaku di level pengecer dan tidak pernah sekali pun bandar ditangkap dan diadili. Dia bilang, rata-rata di daerah lain kondisinya juga sama.

"Padahal tempat bandar itu berada sudah bukan rahasia publik lagi, nyata di depan mata. Namun yang terjadi para bandar tidak ditangkap. Ada apa dengan aparat penegak hukum?" katanya.

Lilik mengawali aksinya dengan berjalan kaki dari Pal Putih Yogyakarta, lalu menuju Mapolda Jawa Tengah dan berakhir di Kantor Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam aksinya itu dirinya membawa flyer bertuliskan, "AKSI JALAN KAKI TUTUP TOGEL BLORA DAN SE-JATENG, JOGJA - SEMARANG, POLDA JATENG"

Dalam perjalanannya Lilik hanya membawa masker, bendera merah putih, dan pakaian 2 stel. Direncanakan saat jalan kaki menuju kota Semarang estimasi waktunya 3 hari. Dia akan membagikan selebaran tuntutan kepada orang yang ditemuinya sepanjang perjalanan.

 

 

Aksi Gila Lainnya

Lilik mengawali aksinya dengan berjalan kaki dari Pal Putih Yogyakarta, menuju Mapolda Jawa Tengah dan berakhir di Kantor Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/ Ahmad Adirin)
Lilik mengawali aksinya dengan berjalan kaki dari Pal Putih Yogyakarta, menuju Mapolda Jawa Tengah dan berakhir di Kantor Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/ Ahmad Adirin)

Aksi gila Lilik melakukan perjalanan panjang sebagai bentuk protes bukan kali ini saja. Sebelumnya dia pernah aksi jalan kaki Blora - PSSI Semarang, Jawa Tengah, untuk menuntut keadilan soal pertandingan sepakbola antara Persikaba melawan Persab Brebes. Kala itu PSSI memutuskan pertandingan dilanjutkan di Citarum, dan Persikaba juara runner up.

Aksinya yang kedua, yaitu jalan kaki Blora - Semarang untuk bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Kala itu Lilik Meminta agar di Kabupaten Blora ada stadion sepak bola yang layak.

Aksinya yang ketiga yaitu aksi jalan kaki Blora - Jakarta dengan membawa 1.000 aspirasi untuk Presiden Jokowi. Saat itu dia mengadukan kasus korupsi Blora ke Komisioner Pemberantasan Korupsi (KPK). Aksi ke empat yaitu aksi jalan kaki Jogja - Jakarta soal pernyataan Amien Rais dan berkunjung ke kantor pusat KPK.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video Siswa Sekolah Jalani Upacara Online, Tuai Komentar Lucu Warganet

Posted: 13 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pandemi Covid-19 ini para siswa sekolah di Jakarta tetap memulai tahun ajaran 2020/2021. Namun, proses Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilakukan secara online.

Tentu saja hal ini karena sekolah di Jakarta belum boleh dibuka kembali akibat pandemi Covid-19.

MPLS di Jakarta diawali dengan melakukan upacara bendera. Upacara pun turut dilakukan secara online, sementara para siswa mengikuti dari rumah masing-masing dengan tetap memakai seragam.

Hal ini rupanya sempat diabadikan seorang warganet dan membagikannya di media sosial Twitter.

Tetap mengenakan seragam

foto: Twitter/@mzkiwt
foto: Twitter/@mzkiwt

Warganet dengan akun @mzkiwt tersebut membagikan sebuah video berdurasi 14 detik yang memperlihatkan seorang anak laki-laki berseragam SMP sedang "menghadiri" upacara sekolahnya.

Upacara online

foto: Twitter/@mzkiwt
foto: Twitter/@mzkiwt

Dirinya berdiri di depan laptop yang telah terhubung oleh aplikasi video conference. Sementara itu, di balik layar terlihat beberapa pelajar lain dan juga guru yang sedang melakukan upacara online.

Komentar warganet

foto: Twitter/@mzkiwt
foto: Twitter/@mzkiwt

Hingga kini video yang diunggah Senin (13/7/2020), tersebut telah mendapat lebih dari 30 ribu likes. Tak sedikit pula warganet yang memberikan komentarnya.

"Bayangin waktu mengheningkan cipta, kuota data abis," komentar @hallo_niken.

"Yang gerek benderanya siapa Woyyyy," tanya akun @Uwwuu_.

"Kuota...oh... kantong jebol....," timpal @PutryKelana2 .

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampakan Komet Neowise di Langit Belarus

Posted: 13 Jul 2020 10:00 PM PDT

Komet Neowise atau C / 2020 F3 terlihat di dekat desa Turets, Belarus, 110 kilometer (69 mil) barat ibu kota Minsk, Selasa (14/7/2020) pagi. Bulan ini, komet Neowise melintasi tata surya bagian dalam untuk pertama kalinya dalam 6.800 tahun. (AP Photo/Sergei Grits)
Komet Neowise atau C / 2020 F3 terlihat di dekat desa Turets, Belarus, 110 kilometer (69 mil) barat ibu kota Minsk, Selasa (14/7/2020) pagi. Bulan ini, komet Neowise melintasi tata surya bagian dalam untuk pertama kalinya dalam 6.800 tahun. (AP Photo/Sergei Grits)

Komet Neowise atau C / 2020 F3 terlihat di dekat desa Turets, Belarus, 110 kilometer (69 mil) barat ibu kota Minsk, Selasa (14/7/2020) pagi. Bulan ini, komet Neowise melintasi tata surya bagian dalam untuk pertama kalinya dalam 6.800 tahun. (AP Photo/Sergei Grits)

Komet Neowise atau C / 2020 F3 terlihat di Turet, Belarus, 110 kilometer (69 mil) barat ibu kota Minsk, Selasa (14/7/2020) pagi. Bulan ini, komet Neowise melintasi tata surya bagian dalam untuk pertama kalinya dalam 6.800 tahun. (AP Photo/Sergei Grits)
Komet Neowise atau C / 2020 F3 terlihat di Turet, Belarus, 110 kilometer (69 mil) barat ibu kota Minsk, Selasa (14/7/2020) pagi. Bulan ini, komet Neowise melintasi tata surya bagian dalam untuk pertama kalinya dalam 6.800 tahun. (AP Photo/Sergei Grits)

Komet Neowise atau C / 2020 F3 terlihat di Turet, Belarus, 110 kilometer (69 mil) barat ibu kota Minsk, Selasa (14/7/2020) pagi. Bulan ini, komet Neowise melintasi tata surya bagian dalam untuk pertama kalinya dalam 6.800 tahun. (AP Photo/Sergei Grits)

Komet Neowise atau C / 2020 F3 terlihat di belakang sebuah gereja Ortodoks di langit Turet, Belarus, 110 kilometer (69 mil) barat ibu kota Minsk, Selasa (14/7/2020) pagi. Bulan ini, komet Neowise melintasi tata surya bagian dalam untuk pertama kalinya dalam 6.800 tahun. (AP Photo/Sergei Grits)
Komet Neowise atau C / 2020 F3 terlihat di belakang sebuah gereja Ortodoks di langit Turet, Belarus, 110 kilometer (69 mil) barat ibu kota Minsk, Selasa (14/7/2020) pagi. Bulan ini, komet Neowise melintasi tata surya bagian dalam untuk pertama kalinya dalam 6.800 tahun. (AP Photo/Sergei Grits)

Komet Neowise atau C / 2020 F3 terlihat di belakang sebuah gereja Ortodoks di langit Turet, Belarus, 110 kilometer (69 mil) barat ibu kota Minsk, Selasa (14/7/2020) pagi. Bulan ini, komet Neowise melintasi tata surya bagian dalam untuk pertama kalinya dalam 6.800 tahun. (AP Photo/Sergei Grits)

Komet Neowise atau C / 2020 F3 terlihat sebelum matahari terbit di Turet, Belarus, 110 kilometer (69 mil) barat ibu kota Minsk, Selasa (14/7/2020) pagi. Bulan ini, komet Neowise melintasi tata surya bagian dalam untuk pertama kalinya dalam 6.800 tahun. (AP Photo/Sergei Grits)
Komet Neowise atau C / 2020 F3 terlihat sebelum matahari terbit di Turet, Belarus, 110 kilometer (69 mil) barat ibu kota Minsk, Selasa (14/7/2020) pagi. Bulan ini, komet Neowise melintasi tata surya bagian dalam untuk pertama kalinya dalam 6.800 tahun. (AP Photo/Sergei Grits)

Komet Neowise atau C / 2020 F3 terlihat sebelum matahari terbit di Turet, Belarus, 110 kilometer (69 mil) barat ibu kota Minsk, Selasa (14/7/2020) pagi. Bulan ini, komet Neowise melintasi tata surya bagian dalam untuk pertama kalinya dalam 6.800 tahun. (AP Photo/Sergei Grits)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Ditahan Southampton, Anthony Martial Samai Rekor Eric Cantona

Posted: 13 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester- Manchester United gagal meraih kemenangan saat menjamu Southampton di pekan 35 Liga Inggris, Selasa (14/7/2020) dinihari WIB. Sempat unggul 2-1, MU dipaksa bermain imbang 2-2.

Pada laga yang berlangsung di Old Trafford itu, MU tertinggal oleh gol Stuart Amstrong. Namun duet Marcus Rashford dan Anthony Martial bisa membalikkan keadaan.

Sayangnya kemenangan MU yang sudah di depan mata sirna setelah Michael Obafemi mencetak gol penyeimbang di menit keenam masa injury time babak kedua.  

Meski MU gagal menang, Martial sukses masuk buku sejarah di laga kontra Southampton itu. Martial menjadi pemain ke-10 MU yang bisa membuat 50 gol di Liga Premier.

Martial juga menyamai pencapaian legenda klub Eric Cantona. Cuma Martial dan Cantona saja pemain asal Prancis yang bisa mengoleksi 50 gol untuk MU di Liga Premier.

 

 

Cantona

Cantona total membuat 64 gol bersama MU di Liga Premier. Rekor gol Cantona ini sangat mungkin akan bisa disamai atau bahkan dilewati oleh Martial.

Martial masih sangat muda. Saat ini Martial baru berusia 24 tahun. Performanya juga sedang menanjak bersama MU musim ini.

Sedang Dalam Performa Terbaik

Penyerang Manchester United, Anthony Martial, melakukan selebrasi usai membobol gawang Sheffield United pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Rabu (24/6/2020). Manchester United menang dengan skor 3-0. (AP/Michael Regan)
Penyerang Manchester United, Anthony Martial, melakukan selebrasi usai membobol gawang Sheffield United pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Rabu (24/6/2020). Manchester United menang dengan skor 3-0. (AP/Michael Regan)

Total Martial berhasil melesakkan 16 gol di Liga Inggris 2019-2020. Martial juga membuat lima gol lain di berbagai ajang yang diikuti MU.

MU sangat berharap Martial kembali tajam di tiga laga Liga Inggris tersisa. Mereka butuh gol Martial demi mengejar tiket ke Liga Champions musim depan.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komplikasi Akibat Hipotermia di Gunung, Ketahui Pencegahannya

Posted: 13 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Melakukan pendakian ke gunung memang sangat mengasyikkan. Apalagi dengan cuaca dingin yang konon terdengar sangat menyejukkan. Meski banyak yang menyebutnya sebagai kegiatan yang aman-aman saja, sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Pada cuaca dingin ekstrem seperti di gunung bisa menyebabkan hipotermia. Parahnya komplikasi akibat hipotermia di gunung bisa terjadi.

Hipotermia merupakan kondisi saat suhu tubuh manusia turun drastis menjadi 35 derajat celcius. Sebuah pertanda buruk, suhu tubuh di bawah 37 derajat celcius bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Komplikasi akibat hipotermia di gunung bisa terjadi dan sebabkan kematian. Pada kondisi ini, sistem saraf dan organ tubuh manusia sudah pasti akan mengalami gangguan.

Hipotermia dan komplikasi akibat hipotermia di gunung bisa menyerang siapa saja. Setiap penderita juga akan mengalami gejala yang berbeda-beda. Mulai dari gejala yang ringan hingga berat bisa menyerang pada kondisi ini. Kulit pucat, mati rasa, menggigil, gangguan bicara, kaku, sulit bergerak, sesak napas, jantung berdebar, dan respon menurun.

Agar bisa lebih mewaspadainya, pahami komplikasi akibat hipotermia di gunung dan cara mencegahnya. Berikut Liputan6.com ulas dari berbagai sumber, Selasa (14/7/2020).

Frostbite

Ilustrasi dingin (iStockphoto)
Ilustrasi dingin (iStockphoto)

Frostbite merupakan salah satu komplikasi akibat hipotermia di gunung yang bisa terjadi. Komplikasi yang menyebabkan cedera pada kulit dan jaringan di bawahnya karena pembekuan. Parahnya, jaringan tubuh yang membeku bisa sampai rusak. Frostbite kerap disebut sebagai radang dingin yang menyerang tangan, kaki, hidung, dan telinga.

Luka yang sangat serius bisa terjadi karenanya dan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Meski bisa pulih dalam waktu beberapa minggu, kulit penderita tetap akan rusak. Bahkan, penderita bisa sampai kehilangan kulit, jari, dan kaki serta cacat dan berubah warna.

Gejala sesuai tahapan yang akan dialami penderita:

- Kulit menjadi pucat dan mulai memutih atau berwarna cerah.

- Permukaan kulit Anda mungkin tampak berbintik-bintik, biru, atau ungu. 

- Sensasi menyengat, terbakar, dan pembengkakan.

- Bisa sampai muncul lecet dan jaringan mati yang berwarna hitam, biru atau abu-abu gelap. 

- Jika sudah sampai jaringan kulit paling bawah, penderita akan mati rasa.

- Sendi atau tubuh tidak aktif lagi.

- Muncul lepuhan besar setelah 24-48 jam dan berubah menjadi hitam dan keras seperti jaringan mati.

Chilblains

Ilustrasi kedinginan | unsplash.com/@andre_furtado
Ilustrasi kedinginan | unsplash.com/@andre_furtado

Chilblains disebut sebagai komplikasi akibat hipotermia di gunung yang bisa terjadi. Kondisi ketika terjadi sebuah peradangan pada pembuluh darah kecil dan saraf kulit manusia. Chilblains akan terasa sangat menyakitkan.

Anggota tubuh yang bisa terpengaruh adalah pada kulit bagian tangan dan kaki. Nama lainnya adalah pernio, perniosis, dan gangguan vaskular. Tanda yang paling kentara, ketika muncul bercak kulit bengkak berwarna merah atau biru mengkilap.

Gejala yang dialami penderita:

- Sensasi terbakar

- Lecet

- Rasa gatal

- Pembuluh darah kecil di dekat permukaan kulit mengencang

- Darah bocor ke jaringan di sekitar dan mengakibatkan pembengkakan

- Iritasi pada saraf dan terasa sangat sakit

Faktor risiko:

- Pakaian sangat ketat dan tipis

- Iklim lembap

- Merokok

- Perempuan

- Kurus

- Memiliki lupus

- Memiliki Raynaud yang bisa munculkan luka sendiri

Trench Foot

Ilustrasi Musim Dingin | unsplash.com/@freestocks
Ilustrasi Musim Dingin | unsplash.com/@freestocks

Trench foot merupakan kondisi ketika terjadi kerusakan pada pembuluh darah dan saraf pada kaki. Selain karena cuaca dingin pengunungan, kondisi ini bisa diakibat karena terlalu lama berendam dalam air. Trench foot termasuk salah satu komplikasi akibat hipotermia di gunung yang harus diwaspadai.

Sebutan lain dari trench foot adalah immersion foot syndrome. Kasus pertama terjadi saat perang dunia pertama. Tepatnya ketika cuaca sangat dingin dan pertempuran terjadi dalam parit dan tidak banyak yang mengenakan kaus kaki bahkan sepatu.

Trench foot kemudian disebut sebagai penyakit kaki parit. Hingga kemudian pada perang dunia pertama ini menewaskan sekitar 2.000 tentara Amerika dan 75.000 tentara Inggris. Tepatnya ketika kaki tentara perang benar-benar selalu basah, dingin, dan tidak mendapat kesempatan kering.

Kaki yang terpapar cuaca yang dingin dan basah berkepanjangan bisa membuatnya kehilangan sirkulasi dan fungsi saraf. Paa kondisi ini biasanya penderita juga akan kekurangan oksigen dan nutrisi dalam darah.

Gejala yang akan dialami penderita:

- Lecet

- Kulit berbintik

- Kemerahan

- Muncul jaringan kulit yang mati yang mengelupas

- Kaki kedinginan

- Kaki terasa berat

- Kaki mati rasa

- Kaki tasa sakit saat terkena panas

- Kaki gatal terus-menerus

- Kaki terasa seperti tertusuk duri dan terasa geli

Gangrene

Ilustrasi musim dingin (Sumber Instagram/@designdetail)
Ilustrasi musim dingin (Sumber Instagram/@designdetail)

Gangrene termasuk salah satu komplikasi akibat hipotermia di gunung. Komplikasi ini bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh. Kematian jaringan tubuh disebabkan karena kurangnya aliran darah atau infeksi bakteri. Ekstremitas bisa sebabkan jari kaki, jari tangan, otot, organ dalam, dan anggota badan. Kondisi ini bisa menjadi semakin parah akibat diabetes dan aterosklerosis.

Gejala yang dialami penderita:

- Kuliy pucat hingga biru, ungu, hitam, atau merah

- Pembengkakan dan melepuh berisi cairan di kulit

- Kulit rusak

- Kulit mati rasa

- Berbau busuk

- Kulit menjadi tipis, berkilau, dan kehilangan rambut

- Kulit kedinginan atau dingin saat disentuh

- Jaringan bengkak dan sangat nyeri

- Demam ringan dan meriang

- Tekanan darah rendah

- Detak jantung cepat

- Sakit kepala ringan

- Sesak napas

- Kebingungan atau linglung

Cara Mencegah Hipotermia di Gunung

Ilustrasi selimut | Pixabay/Tri Ayu Lutfiani
Ilustrasi selimut | Pixabay/Tri Ayu Lutfiani

Lindungi dari paparan dingin

Perlahan-lahan, pindahkan orang tersebut dari udara dingin. Jika tidak ada rumah yang bisa menghangatkannya, lindungi dirinya dari angin terutama di sekitar leher dan kepala. Isolasi dia paparan tanah yang dingin.

Lepaskan pakaian basah

Lepaskan pakaian basah dengan hati-hati. Gantilah benda basah dengan mantel atau selimut hangat dan kering.

Kompres air hangat

Jika membutuhkan pemanasan lanjutan, lakukan secara bertahap. Misalnya, gunakan kompres hangat dan kering dari pusat tubuh seperti leher, dada, dan selangkangan. Apabila memiliki alat seperti selimut listrik, hal tersebut bisa dipakai.

Apabila Anda menggunakan botol air panas atau pemanas kimia, bungkuslah dengan handuk hangat sebelum menggunakannya.

Berikan minuman hangat

Berikan orang tersebut minuman hangat, manis, dan tidak beralkohol.

Berikan CPR

Berikan Cardiopulmonary Resusication (CPR) seperti teknik kompresi dada atau pernapasan buatan jika orang tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan seperti bernapas, batuk, atau gerakan.

Jangan memberikan panas dadakan

Jangan terlalu cepat menghangatkan orang tersebut dengan lampu pemanas atau mandi air panas.

Jangan menghangatkan lengan dan kaki

Jangan mencoba menghangatkan lengan atau kaki. Pemanasan atau memijat anggota badan, ini bisa membuat kerja jantung dan paru- paru menjadi stres.

Jangan gunakan alkohol dan tembakau

Alkohol menghambat proses pemanasan, sementara produk tembakau mengganggu sirkulasi yang dibutuhkan untuk menghangatkan. Jangan gunakan dua benda tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Vanessa Angel Melahirkan Anak Pertama

Posted: 13 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Artis Vanessa Angel baru saja melahirkan anak pertama dari pernikahannya dengan Bibi Ardiansyah. Bayi bernama Gala Sky Andriansyah itu terlahir pada 14 Juli 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditangkap Polisi di Hotel, Artis H Dalam Kondisi Tanpa Busana Lengkap

Posted: 13 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti terkait dugaan prostitusi yang melibatkan artis H. Seperti diketahui, artis H ditangkap polisi di sebuah hotel di Medan, Sumatera Utara, pada Minggu (17/2/2020) malam.

Sejumlah barang bukti yang diamankan polisi dari penangkapan artis H berupa satu kotak alat kontrasepsi, dua handphone, serta kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko, mengatakan, menangkap artis H bersama seorang pria. Bahkan, dia menjelaskan, saat ditangkap kondisi artis H tanpa busana lengkap. 

"Saat diamankan, posisi yang bersangkutan (H) sedang tidak mengenakan busana lengkap," kata Riko di Mapolrestabes Medan, Jalan HM Said, Senin (13/7/2020).

 

Tiga Orang Diperiksa

Ilustrasi prostitusi
Ilustrasi prostitusi

Disebutkan Kapolrestabes, saat ini sudah ada tiga orang saksi yang diperiksa, termasuk artis H. Pihaknya juga akan melakukan gelar perkara.

 

Pengembangan Kasus

Ilustrasi prostitusi
Ilustrasi prostitusi

Terkait muncikari, pihaknya juga masih sedang melakukan pengembangan. "Dugaan muncikari, Medan ada, Jakarta juga. Ada komunikasi, dan sedang didalami," sebutnya. 

 

Artis H Dites Covid-19

Ilustrasi prostitusi
Ilustrasi prostitusi

Disebutkan Riko, terhadap artis H dilakukan pengecekan kesehatan sekaligus tes Covid-19 di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumut, Jalan KH Wahid Hasyim, Medan.

"Yang bersangkutan (HH) mengeluh capek, makanya kita cek kesehatannya, sekaligus tes Covid-19," dia melanjutkan.

 

Datang dari Jakarta

Ilustrasi prostitusi
Ilustrasi prostitusi

Untuk diketahui, artis H ditangkap di sebuah hotel berbintang bersama dengan seorang pria berinisial R (35). Penangkapan dilakukan Sat Reskrim dan Sat Intelkam Polrestabes Medan terkait dugaan prostitusi melibatkan artis. 

"Pengakuannya (H) baru landing dari Jakarta, kemudian menginap di salah satu hotel dengan seorang teman," dia menyebutkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Alat untuk Akses ke Google Translate

Posted: 13 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penerjemahan mesin (Machine Translation) merupakan suatu cara otomatis untuk menerjemahkan teks atau ucapan dari satu bahasa ke bahasa lain.

Google merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan ini, yakni Google Translate. Layanan ini dapat mengolah sejumlah data dari berbagai bahasa sumber dan menyediakan terjemahannya ke bahasa target.

Meskipun tidak dimaksudkan untuk sepenuhnya menggantikan peran dari penerjemah manusia, mesin dapat sangat membantu ketika terjemahan instan diperlukan.

Buat kamu yang hendak menggunakan atau menerapkan Google Translate, kamu dapat menempuh salah satu dari tiga cara berikut ini. 

Browser 

Banyak browser populer menawarkan kemampuan terjemahan, seperti Chrome, Microsoft Edge atau Firefox. Untuk menerjemahkan konten web di Chrome, misalnya, yang harus Anda lakukan adalah pergi ke halaman web dalam bahasa lain, lalu klik "Terjemahkan" di bagian atas.

Widget

Kalau kamu seorang pengelola situs web, ada baiknya juga untuk kamu mempertimbangkan widget Google Translate untuk situs web yang kamu kelola.

Alat ini memiliki kemampuan untuk menerjemahkan konten halaman web ke lebih dari seratus bahasa berbeda. 

Unggah PDF

Google Translate juga mendukung penerjemahan berbagai format dokumen (.doc, .docx, .odf, .pdf, .ppt, .pptx, .ps, .rtf, .txt, .xls, .xlsx). Cukup dengan mengunggah dokumen, kamu bisa mendapatkan versi terjemahan dari dokumen itu di bahasa target. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Risma Blusukan di Pasar Keputran Usai Subuh, Ingatkan Warga Pakai Masker

Posted: 13 Jul 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) sudah terjun ke lapangan untuk memulai aktivitas pekerjaannya saat sang surya belum memancarkan sinarnya.

Seusai Salat Subuh, Risma memulai aktivitas pagi dengan blusukan ke Pasar Keputran Utara dan Selatan. Risma terjun ke Pasar Keputran untuk memimpin operasi penertiban masker baik kepada pedagang maupun pembeli. Namun, pada operasi kali ini, wali kota perempuan pertama di Surabaya itu tak hanya ditemani oleh jajarannya.

Ia ditemani Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II) Marsdya TNI, Imran Baidirus, serta Danrem Tipe A 084/Bhaskara Jaya, Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo, dan Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Johnny Eddizon Isir.

Dengan berjalan kaki bersama, Risma bersama rombongan menyisir di sepanjang Jalan Keputran. Hal ini untuk memastikan para pedagang serta pembeli di kawasan itu menerapkan protokol kesehatan, seperti jaga jarak dan memakai masker.

"Maskernya dipakai, jangan diturunkan. Yang sakit sudah ribuan jangan ditambah lagi. Nanti kalau sakit diisolasi 14 hari. Tidak enak memang (pakai masker), tapi kalau nanti sakit lebih tidak enak lagi," kata Wali Kota Risma saat mengimbau para pedagang dan pembeli di pasar, seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id, Selasa (14/7/2020).

Gelar Tes Cepat di Pasar Keputran

Tenaga medis merapikan hasil rapid test pegawai Lapas Kemenkumham di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Tangerang, Banten, Sabtu (30/5/2020). Hasil rapid tes yang diikuti 87 pegawai termasuk Kepala Lapas menunjukkan seluruh pegawai negatif virus Corona Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Tenaga medis merapikan hasil rapid test pegawai Lapas Kemenkumham di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Tangerang, Banten, Sabtu (30/5/2020). Hasil rapid tes yang diikuti 87 pegawai termasuk Kepala Lapas menunjukkan seluruh pegawai negatif virus Corona Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Tak hanya melakukan penertiban masker, seluruh pedagang beserta karyawan di pasar itu juga dilakukan rapid test atau tes cepat massal oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya.

Hal ini untuk mengantisipasi tidak ada warga yang terpapar COVID-19. Bagi warga yang hasil rapid test reaktif, mereka langsung dibawa ke salah satu hotel oleh Pemkot Surabaya untuk isolasi sembari dilakukan test swab.

"Kita rapid test semua, sebetulnya ini sudah ketiga kali di sini. Cuma sekarang saya pilih siapa yang ikut di-rapid. Jadi ini pengaruh dampaknya bisa ke kampung-kampung, karena itu kita lakukan (rapid test) ini supaya kampungnya juga aman," ujar Wali Kota Risma.

Risma menilai, pasar merupakan salah satu tempat pertemuan orang dengan jumlah besar. Seperti di Pasar Keputran yang menjadi induk pertemuan pedagang antardaerah. Oleh karena itu, disiplin menerapkan protokol kesehatan di pasar menjadi salah satu fokus utamanya.

"Jadi karena itu kenapa kemarin Kepala BNPB menyampaikan bahwa Surabaya (kasus Covid-19) sudah turun, tapi harus dijaga supaya tidak ada pimpong. Karena itu kenapa kita turun di sini, bahwa pertemuannya itu bukan hanya jumlah orang tapi juga berbagai wilayah," ujar dia.

Imbauan Pangkogabwilhan II untuk Disiplin Protokol Kesehatan

ilustrasi memakai masker medis (sumber: iStockphoto)
ilustrasi memakai masker medis (sumber: iStockphoto)

Di tempat yang sama, Pangkogabwilhan II, Marsdya TNI Imran Baidirus menyampaikan, sebenarnya cara untuk mengendalikan kasus COVID-19 sederhana. Yakni, dengan disiplin menggunakan masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan.

"Kalau ini ditegakkan, pasti saya yakin bahwa efektivitas dari penegakan disiplin ini akan sangat baik implementasinya di lapangan," kata Marsdya TNI Imran Baidirus.

Apalagi, kata Pangkogabwilhan II, pasar merupakan tempat kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari. Tentunya setiap hari pasti terjadi kerumunan massa. Oleh sebab itu, agar tidak terjadi kasus Covid-19 di pasar maka perlu dikendalikan.

"Di Pasar Keputran kan kita tahu sendiri kebutuhan-kebutuhan pokok masyarakat. Sehingga ini (pasar) memang kebutuhan sehari-hari, pasti ada kerumunan orang di sini. Ini yang kita antisipasi mereka jangan sampai lengah," tegasnya.

Dorong Masyarakat Disiplin Protokol Kesehatan

Jalan MERR IIC Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Jalan MERR IIC Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara itu, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Johnny Eddizon Isir berkomitmen untuk terus mendukung Pemkot Surabaya bersama TNI mempercepat proses pengendalian kasus Covid-19. Salah satunya pengendalian di titik-titik keramaian seperti pasar.

"Apalagi dari preferensi (kecenderungan) sebelumnya, pernah dilakukan rapid di sini dan ada yang kemudian positif," kata Kombes Pol Isir.

Meski demikian, ia menyebut, saat ini angka kasus COVID-19 di Surabaya relatif turun dan sudah bisa terkendali. Namun upaya-upaya preventif untuk mencegah virus ini harus tetap ditegakkan. Selain itu pula upaya pengendalian ini juga perlu diimbangi dengan meningkatkan kesembuhan.

"Pasar Keputran ini sebagai salah satu pasar rujukan juga dari pedagang luar kota yang datang ke sini (Surabaya). Ini yang perlu kita lakukan monitor dan kontrol. Jadi ini salah satu bentuk kita untuk membangkitkan lagi kesadaran (masyarakat) bagian dari pada memonitor," ujar dia.

Optimalkan Pasar Tangguh

Pasar Tradisional di Surabaya  (sumber: Pixabay)
Pasar Tradisional di Surabaya (sumber: Pixabay)

Senada dengan Kapolrestabes Surabaya, Danrem 084/Bhaskara Jaya, Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo juga menyatakan siap sepenuhnya membantu dan mendukung Pemkot Surabaya dalam penanganan Covid-19. Apalagi, hingga saat ini belum ada vaksin dari virus tersebut.

"Kita tahu sendiri Covid-19 sampai sekarang belum ada obatnya (vaksin). Nah, obatnya ya kita sendiri. Obatnya hanya disiplin pakai masker, rajin cuci tangan, disiplin jaga jarak. Hal-hal yang sangat rentan seperti di keramaian-keramaian ini dibutuhkan kesadaran masyarakat," kata Danrem.

Di samping itu pula, Danrem menyebut, pembentukan Pasar Tangguh juga harus terus dioptimalkan. Tujuannya tidak lain, untuk mengajak masyarakat bersama-sama memutus pandemi Covid-19 ini. Melalui Pasar Tangguh, diharapkan timbul kesadaran masyarakat agar saling mengingatkan satu sama lain disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Jaraknya diatur, pakai masker, kalau perlu pakai pelindung diri menggunakan face shield. Itu salah satu dasar-dasar Pasar Tangguh, dia mempertahankan dirinya sendiri dulu perorangannya, baru yang lain saling mengingatkan," pungkasnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Dana Publik, Pemakaman Wali Kota Seoul Park Won-Soon Tuai Protes

Posted: 13 Jul 2020 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Kematian Wali Kota Seoul Park Won-soon tak henti-hentinya mencuri perhatian publik. 

Perdebatan kembali muncul terkait apakah Wali Kota Seoul, yang ditemukan tewas pekan lalu akibat bunuh diri, seharusnya telah mendapatkan prosesi pemakaman yang didanai publik di tengah tuduhan pelecehan seksual terhadap seorang anggota stafnya, seperti dikutip dari laman The Guardian, Selasa (14/7/2020). 

Pengadilan administrasi ibu kota Korea Selatan menolak perintah 11 jam untuk memblokir penggunaan dana pembayar pajak untuk pemakaman bagi Park Won-soon.

Sementara banyak warga Korea Selatan yang menyatakan terkejut atas kematian Park, lebih dari 500.000 orang menandatangani petisi yang menyerukan agar presiden Gedung Biru negara itu tidak menggunakan uang publik untuk layanan tersebut. 

"Mengadakan pemakaman keluarga yang tenang akan menjadi hal yang tepat untuk dilakukan," mengutip petisi tersebut.

Mantan sekretaris Wali Kota Seoul, sebelumnya melaporkan Park ke polisi atas dugaan pelecehan seksual. Namun, kematiannya ini berarti penyelidikan atas kasusnya secara otomatis akan ditutup.

Seorang pengacara untuk wanita itu mengatakan, kliennya telah mengalami beberapa tindakan pelecehan seksual dari Park, termasuk pesan teks larut malam dan selfie pakaian dalam, selama empat tahun dia bekerja untuknya.

Dia akan memanggilnya ke kamar di sebelah kantornya dan meminta untuk "memeluknya", pada satu kesempatan menempelkan bibirnya ke lututnya yang memar "untuk menciumnya dengan lebih baik," kata pengacara itu.

"Saya seharusnya berteriak, berteriak keras dan melaporkannya saat pertama kalinya," kata korban, yang tidak mau disebutkan namanya, dalam sebuah pernyataan.

Prosesi Pemakaman

Para pelayat memberikan penghormatan mereka di sebuah altar peringatan untuk almarhum Wali Kota Seoul Park Won-soon di Seoul City Hall Plaza, Sabtu (11/7/2020). Kematian mendadak Wali Kota Seoul, yang dilaporkan terlibat dalam tuduhan pelecehan seksual, menjadi sorotan publik. (AP/Ahn Young-joon)
Para pelayat memberikan penghormatan mereka di sebuah altar peringatan untuk almarhum Wali Kota Seoul Park Won-soon di Seoul City Hall Plaza, Sabtu (11/7/2020). Kematian mendadak Wali Kota Seoul, yang dilaporkan terlibat dalam tuduhan pelecehan seksual, menjadi sorotan publik. (AP/Ahn Young-joon)

Layanan pemakaman disiarkan secara online pada Senin pagi karena situasi pandemi COVID-19. Sekitar 100 anggota keluarga Park, bersama dengan teman-teman, pejabat kota dan politisi pun hadir dalam kebaktian di balai kota Seoul.

Meskipun ada kontroversi atas kematiannya, pemerintah kota Seoul menyelenggarakan pemakaman lima hari untuk Park - dua hari lebih lama dari ritual normal Korea, yang dimulai sejak hari kematian - dan mendirikan sebuah altar peringatan di luar balai kota.

Lebih dari 20.000 orang memberikan penghormatan selama periode berkabung, dengan putri Park memberi tahu para pelayat pada hari Senin: "Saya bisa merasakan sukacita ayah saya ketika saya bertemu warga satu per satu."

Dia akan dikremasi di taman peringatan di Seoul selatan dan dibaringkan di kota kelahirannya, Changnyeong, provinsi Gyeongsang Selatan.

Sebagai perwakilan dari 10 juta penduduk Seoul, Park - anggota partai Demokrat yang memerintah tengah-kiri Presiden Moon Jae-in - Park Won-soon dianggap sebagai politisi paling kuat kedua di negara itu.

Mantan pengacara hak asasi manusia berusia 64 tahun itu memperjuangkan perjuangan liberal, termasuk kesetaraan gender, dan menyediakan perumahan yang terjangkau bagi perempuan pekerja lajang selama dekade jabatannya.

Dia secara luas dianggap sebagai kandidat liberal terkemuka untuk presiden ketika masa lima tahun tunggal Moon berakhir pada 2022, tetapi warisannya berisiko dinodai oleh tuduhan terhadapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPK Siap Periksa Pengelolaan Anggaran Penanganan Covid-19

Posted: 13 Jul 2020 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agus Joko Pramono, memastikan pihaknya siap memeriksa pengelolaan anggaran penanganan pendemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah.

Pandemi dinilai memiliki skala yang besar dan sangat kompleks pada aspek penanganan bencana, kesehatan, keselamatan manusia, sosial, ekonomi dan keuangan.

Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan payung hukum untuk mengintegrasikan kebijakan lintas sektoral sebagai satu kesatuan kebijakan penanganan.

Ini dia ungkapkan saat menjadi narasumber dalam Seminar Ekonomi Nasional dengan tema "Strategi Audit Dana Bencana dan Peran Auditor Pemerintah", yang diselenggarakan secara virtual melalui telekonferensi, kemarin.

"Terkait pergeseran dana APBN/APBD Tahun 2020 sebagai hasil refocusing dan realokasi anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19, BPK memeriksa pertanggungjawaban pelaksanaan APBN/APBD Tahun Anggaran 2020 berupa laporan keuangan dengan mempertimbangkan kesesuaian terhadap Standar Akuntansi Pemerintah, kecukupan pengungkapan, efektivitas sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan," ujar dia.

Adapun kebijakan pemeriksaan yang akan dilakukan BPK atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara dalam penanganan pandemi Covid-19 adalah pemeriksaan berbasis resiko secara menyeluruh (comprehensive) melalui tiga jenis pemeriksaan, yaitu pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu.

Sementara Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam dan PMK Iwan Taufiq Purwanto yang menyampaikan paparannya mengenai Strategi Pengawasan Intern atas Tata Kelola Penanganan Bencana.

Prioritas pengawasan yang dilakukan oleh Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) adalah untuk memastikan manfaatnya betul-betul sampai kepada masyarakat dan memastikan program percepatan penanganan Covid-19 dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat tapi akuntabel.

"Untuk mengawal akuntabilitas dalam masa kedaruratan, sinergi dan kolaborasi antara APIP, BPK dan Aparat Penegak Hukum (APH) harus dilakukan sejak awal. Kolaborasi peran ketiga pihak tersebut diperlukan agar kapasitas untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah menjadi semakin kuat dan dapat dilakukan sedini mungkin", jelas Iwan Taufiq.

Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan Sumiyati menjelaskan mengenai Pengawasan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan atas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Lingkup pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kemenkeu adalah melaksanakan fungsi pengawsan internal sejak perencanaan sampai dengan pertanggungjawaban kegiatan.

Tujuan pengawasan yang dilakukan adalah memastikan program berjalan efektif serta memberikan dampak positif, mengawal program tepat sasaran, tepat jumlah, tepat kualitas dan tepat waktu serta memastikan seluruh transaksi tekah dicatat, dilaporkan dan dipertanggungjawabkan. 

Jokowi Ancam Reshuffle, Realisasi Dana Penanganan Corona Langsung Naik

Petugas medis melakukan tes usap (swab test) ke pedagang Pasar Karang Anyar di Jakarta, Kamis (26/6/2020). Tes swab dengan metode PCR dilakukan secara masif setelah adanya pelonggaran PSBB, terutama di wilayah yang berpotensi tinggi menjadi tempat penularan Covid-19. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas medis melakukan tes usap (swab test) ke pedagang Pasar Karang Anyar di Jakarta, Kamis (26/6/2020). Tes swab dengan metode PCR dilakukan secara masif setelah adanya pelonggaran PSBB, terutama di wilayah yang berpotensi tinggi menjadi tempat penularan Covid-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Kementerian Keuangan menyebutkan progress realisasi pelaksanaan penanganan Covid-19 telah mencapai 4,7 persen, atau senilai Rp 87,5 triliun.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Keuangan, Suahasil dalam diskusi daring Breakfast Forum Strategi Pemerintah dan Dunia Usaha di Fase New Normal, Jumat (10/7/2020).

"Sekarang sudah cair 87,5 triliun, 4,7 persen. Waktu Presiden viral itu, waktu itu masih sekitar 1,5 persen. Sekarang sudah mulai naik," kata Suahasil.

Adapun rinciannya, untuk sektor kesehatan telah terealisasi 6,71 persen dari total alokasi sebesar Rp 87,55 triliun. Kemudian, realisasi perlindungan sosial mencapai 36,84 persen dari Rp 203,90 triliun.

"Perlindungan sosial yang agak cepat. Hampir 37 persen. ini karena programnya itu memang sudah jalan, jadi tinggal menambahkan aja," imbuh Suahasil.

Sementara sektoral K/L dan Pemda telah terealisasi 5,18 persen dari 106,11 triliun, UMKM terealisasi 24,41 persen dari total alokasi Rp 123,46 triliun, pembiayaan korporasi masih dalam proses dengan aplikasinya sebesar Rp 53,57 triliun, serta insentif usaha telah terealisasi 11,17 persen dari alokasi anggaran sebesar Rp 120,61 triliun.

"Untuk bantuan sektoral Pemda sekitar udah sekitar 5 persen, UMKM udah sekitar 24 persen korporasi lagi kita urus, dan insentif pajak baru 11 persen," pungkas dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandai Berpose, Ini 6 Gaya Thalia Putri Onsu yang Paling Menggemaskan

Posted: 13 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anak selebriti Tanah Air memang kerap mencuri perhatian publik. Tingkah lucunya tak jarang mebuat warganet merasa gemas. Walaupun usianya masih berusia balita, namun beberapa anak selebriti ini sudah pandai bergaya. Salah satunya adalah Thalia Putri Onsu.

Buah hati Ruben Onsu dan Sarwendah ini selalu berhasil membuat warganet gemas dengan potret dirinya bak model cilik. Walaupun masih berusia 5 tahun, adik Betrand Peto ini sudah pandai berpose dan memiliki akun Instagram. Akun Instagram kakak dari Thania Onsu ini sudah diikuti oleh 2,8 juta pengikut.

Dalam akun Instagram tersebut, baik Ruben maupun Sarwendah kerap membagikan potret menggemaskan sang buah hati dengan ragam gaya yang curi perhatian. Tak sedikit warganet dan seleb Tanah air yang merasa gemas dan memuji Thalia yang sudah pandai bergaya.

Baru-baru ini, Sarwendah kembali mengunggah potret putri sulungnya ini dengan menggunakan pakaian ala Cinderella. Makeup dan pakaian yang dikenakan Thalia pun memperlihatkan dirinya bak Cinderella seperti dalam tokoh Disney.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 gaya Thalia Putri Onsu yang paling menggemaskan, Selasa (14/7/2020).

1. Walaupun masih berusia 5 tahun, Thalia Putri Onsu sudah pandai berpose bak model cilik.

6 Gaya Thalia Putri Onsu yang Paling Menggemaskan. (Sumber: Instagram.com/thaliaputrionsu)
6 Gaya Thalia Putri Onsu yang Paling Menggemaskan. (Sumber: Instagram.com/thaliaputrionsu)

2. Baik Ruben maupun Sarwendah kerap mengunggah potret gemas Thalia dengan ragam gaya yang curi perhatian.

6 Gaya Thalia Putri Onsu yang Paling Menggemaskan. (Sumber: Instagram.com/thaliaputrionsu)
6 Gaya Thalia Putri Onsu yang Paling Menggemaskan. (Sumber: Instagram.com/thaliaputrionsu)

3. Ini adalah gaya Thalia yang berhasil curi perhatian. Tak sedikit warganet hingga kalangan selebriti yang memuji penampilan Thalia satu ini.

6 Gaya Thalia Putri Onsu yang Paling Menggemaskan. (Sumber: Instagram.com/ruben_onsu)
6 Gaya Thalia Putri Onsu yang Paling Menggemaskan. (Sumber: Instagram.com/ruben_onsu)

4. Dalam berbagai momen, penampilan kakak Thania Onsu ini memang selalu terlihat stylish.

6 Gaya Thalia Putri Onsu yang Paling Menggemaskan. (Sumber: Instagram.com/thaliaputrionsu)
6 Gaya Thalia Putri Onsu yang Paling Menggemaskan. (Sumber: Instagram.com/thaliaputrionsu)

5. Thalia semakin terlihat menggemaskan dengan gaun merah mudah yang dikenakannya ya.

6 Gaya Thalia Putri Onsu yang Paling Menggemaskan. (Sumber: Instagram.com/thaliaputrionsu)
6 Gaya Thalia Putri Onsu yang Paling Menggemaskan. (Sumber: Instagram.com/thaliaputrionsu)

6. Dalam setiap penampilannya, putri Ruben Onsu dan Sarwendah ini kerap tampil bak gadis remaja.

6 Gaya Thalia Putri Onsu yang Paling Menggemaskan. (Sumber: Instagram.com/thaliaputrionsu)
6 Gaya Thalia Putri Onsu yang Paling Menggemaskan. (Sumber: Instagram.com/thaliaputrionsu)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Champions 2019/2020: Kembali Bertarung Mulai Agustus

Posted: 13 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Manchester City bisa fokus menatap sisa 2019/2020, termasuk Liga Champions. The Citizens baru saja bebas larangan mengikuti kompetisi paling bergengsi antarklub Eropa tersebut. 

Sebelumnya Manchester City sudah mengetahui hasil undian musim ini yang berlangsung di markas UEFA, Jumat (10/7/2020). Tim-tim terbaik Eropa pun mengetahui rintangan untuk menjadi yang terbaik.

Tertunda akibat pandemi virus Corona sejak 11 Maret, Liga Champions musim ini dijadwalkan bergulir kembali di Lisbon, bulan depan. Lokasi pertandingan nantinya dibagi rata ke markas Benfica (Estadio da Luz) dan Sporting CP (Estadio Jose Alvalade). Final berlangsung di Estadio da Luz.

Kompetisi mengalami perubahan sistem dengan kedua tim hanya bertanding sekali untuk memesan tempat di putaran selanjutnya. Namun, UEFA menetapkan empat laga leg kedua babak 16 besar berlangsung di lokasi semula. Artinya, tim yang bertindak sebagai tuan rumah bakal tetap menjamu lawan.

Mereka adalah Manchester City (vs Real Madrid), Juventus (vs Olympique Lyon), Bayern Munchen (vs Chelsea), dan Barcelona (vs Napoli).

Para tim tersebut berusaha mengikuti jejak Atletico Madrid, Paris Saint-Germain, RB Leipzig, dan Atalanta yang terlebih dahulu lolos perempat final Liga Champions.

Jadwal 16 Besar

Ilustrasi liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)

7 Agustus

2 Manchester City vs Real Madrid (agregat 2-1)

6 Juventus vs Olympique Lyon (1-1)

8 Agustus

5 Bayern Munchen vs Chelsea (3-0)

8 Barcelona vs Napoli (1-1)

Perempat Final

Ilustrasi Logo dan trofi Liga Champions. (AFP/Valery Hache)
Ilustrasi Logo dan trofi Liga Champions. (AFP/Valery Hache)

12 Agustus

D Atalanta vs Paris Saint-Germain

13 Agustus

B RB Leipzig vs Atletico Madrid

14 Agustus

C Pemenang 8 vs Pemenang 5

15 Agustus

A Pemenang 2 vs Pemenang 6

 

Semifinal dan Final

SEMIFINAL

18 Agustus

X Pemenang B vs Pemenang D

19 Agustus

Z Pemenang A vs Pemenang C

FINAL

23 Agustus

Pemenang X vs Pemenang Z

Saksikan Video Liga Champions Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Potret Rangga Azof di Samudra Cinta dan Omen, Mana yang Lebih Kamu Suka?

Posted: 13 Jul 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rangga Prawitra Azof atau lebih sering disebut dengan Rangga Azof adalah aktor tampan asal Indonesia kelahiran Palembang, Sumatera Selatan, 6 Mei 1989.

Nama Rangga Azof sendiri saat ini kian melejit saat membintangi sinetron Samudra Cinta dan serial web bertajuk Omen.

Dalam setiap judul sinetron sekaligus serial web yang dibintanginya, pesona Rangga Azof mampu menyihir hati para remaja khususnya kaum perempuan.

Kira-kira seperti apa potret pesona Rangga Azof di Samudra Cinta dan Omen? Yuk intip potretnya.

1. Momen pernikahan Rangga Azof dan Haico

Momen Pernikahan Haico dan Rangga Azof di Samudra Cinta (Sumber: Instagram/
Momen Pernikahan Haico dan Rangga Azof di Samudra Cinta (Sumber: Instagram/

2. Potret kebersamaan Rangga Azof dan para pemain Samudra Cinta lainnya

Samudra Cinta (Sumber: Instagram/@haico.vdv)
Samudra Cinta (Sumber: Instagram/@haico.vdv)

3. Rangga Azof saat berperan menjadi Jack

Rangga Azof (sumberfoto: Omen)
Rangga Azof (sumberfoto: Omen)

4. Potret kebersamaan Rangga Azof dan Cut Syifa

Rangga Azof (Sumber: Omen)
Rangga Azof (Sumber: Omen)

Untuk Anda yang ingin menyaksikan episode lengkap sinetron Samudra Cinta dapat disaksikan di Vidio dengan cara klik tautan berikut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Diminta Kaji Dulu Rencana Pengembangan Lumbung Pangan di Bawah Kemhan

Posted: 13 Jul 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Pertahanan Prabowo untuk memimpin pengembangan lumbung pangan nasional. Menurut Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Sukamta, semestinya rencana tersebut harus didahului dengan kajian matang. Hal ini mengingat ketahanan pangan adalah isu strategis nasional dan saat ini negara sedang terdampak pandemi.

"Situasi krisis pangan memang sudah membayang, tetapi itu jangan disikapi dengan membuat keputusan secara terburu-buru. Kita tentu tidak berharap ini hanya menjadi kebijakan populi, seperti lahan sejuta gambut pada masa lalu namun ternyata alami kegagalan," katanya di Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Menurut Sukamta, Kalimatan direncanakan perannya sebagai lumbung energi nasional dan paru-paru dunia bukan sebagai lumbung pangan.

"Artinya rencana pengembangan di Kalimatan ini tidak sinkron dengan rencana pembangunan nasional yang sudah ada," ucapnya.

Anggota Komisi I DPR ini memandang, ada 3 persoalan terkait rencana ini yang perlu menjadi perhatian. Pertama, pemahaman pangan sebagai unsur penting membangun ketahanan nasional bukan berarti sektor ini harus dipegang Kementerian Pertahanan.

"Ada beberapa sektor penting untuk membanguan ketahanan nasional, kan tidak berarti Kemhan mengurusi semua hal. Kementerian pertanian, Bulog, Badan Ketahan Pangan yang selama ini mengurusi soal pangan, harus dilihat sebagai satu kesatuan usaha membangun ketahanan nasional. Kemhan saya lihat sudah punya beban dan tanggung jawab yang besar," terangnya.

Persoalan kedua, kebutuhan anggaran yang sangat besar yakni mencapai puluhan triliun.

"Yang jadi soal saat ini pemerintah sedang minim pemasukan, sementara kondisi ekonomi ke depan masih belum menentu. Opsi hutang akan semakin menambah beban hutang yang sudah membengkak. Mestinya pemerintah sedapat mungkin menekan pengeluaran hanya untuk kegiatan yang penting dan mendesak," kata dia.

Tolong Petani Singkong

Persoalan yang ketiga, soal komoditas singkong yang akan dikembangkan di lahan yang sedang disiapkan seluas 30 ribu hektar di di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.

"Saya kira lebih tepat jika Pemerintah saat ini menolong terlebih dulu para petani singkong. Berkali-kali petani alami anjloknya harga, seperti di bulan Juni kemarin harga 1 kg hanya Rp 900 rupiah. Lebih baik pemerintah membuat pilot project industri untuk menyerap hasil panen singkong yang sudah ada," ucapnya

Anggota DPR asal Yogyakarta ini berharap Kemhan bisa menanggapi permintaan Presiden dengan bijak.

"Saya yakin korps TNI jika diberi tugas apapun atas nama kepentingan negara, pasti bersedia tanpa keluhan sedikitpun. Namun demikian, akan lebih baik jika tiap sektor yang sudah ada dapat didorong bekerja secara profesional di bidang masing-masing. Ini juga bagian dari wujud membangun ketahanan nasional," dia menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inter Milan Masih Percaya Bisa Salip Juventus Usai Bungkam Torino

Posted: 13 Jul 2020 09:35 PM PDT

Milan - Inter Milan menang 3-1 atas Torino pada laga pekan ke-32 Liga Italia di Stadion Giuseppe Meazza, Selasa (14/7/2020) dini hari WIB. Hasil ini mengantarkan Inter Milan ke posisi kedua klasemen di bawah Juventus, menggeser Lazio.

Kini Inter Milan tertinggal delapan poin dari pemuncak klasemen, Juventus. Sementara Liga Italia tinggal menyisakan enam pertandingan lagi.

Meski selisih terbilang cukup lebar, penggawa senior Inter Milan, Diego Godin percaya masih ada peluang I Nerazzurri menyalip Juventus di klasemen.

"Kami memiliki kesempatan untuk tetap di posisi kedua dan kami akan melakukan segalanya untuk mempertahankan posisi ini," kata Godin usai kemenangan Inter Milan atas Torino.

"Sekarang, kami harus berpikir tentang memenangkan setiap pertandingan untuk juga lebih dekat dengan Juventus. Kami akan menjalani pertandingan demi pertandingan dan melihat di mana kita setelah itu," tambahnya.

Kalahkan Torino

Inter Milan Vs Torino (AFP/ Miguel Medina)
Inter Milan Vs Torino (AFP/ Miguel Medina)

Bermain di kandang sendiri, Inter Milan tampil dominan. Tercatat penguasaan bola mereka mencapai 61 persen berbanding 39 persen milik tim tamu.

Namun Inter justru kebobolan terlebih dahulu di laga ini. Adalah Andrea Belotti yang mencetak gol pada menit ke-17.

Inter Milan baru bisa membalas pada babak kedua. Ashley Young mencetak gol penyeimbang pada menit ke-48.

Sementara dua gol lainnya dicetak Diego Godin pada menit ke-51 dan Lautaro Martinez 10 menit kemudian. Hingga laga berakhir skor tak berubah dengan kemenangan Inter Milan 3-1.

Sumber: Football Italia 

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Hendry Wibowo, Published 14/7/2020)

Klasemen Liga Italia

 

Saksikan Video Inter Milan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Penyaluran Daging Kurban di Jakbar di Tengah Pandemi Corona

Posted: 13 Jul 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari kurban atau Idul Adha kali ini digelar di tengah pandemi Covid-19 akibat virus Corona. Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat mengatakan, masyarakat tak perlu khawatir soal pendistribusian daging kurban di tengah wabah.

Sebab, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengatur pola pendistribusiannya.

Menurut dia, pembagian tidak lagi menggunakan kupon tetapi diantar langsung ke rumah-rumah warga. Sebagaimana yang tercantum dalam Instruksi Gubernur Nomor 43 Tahun 2020.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Barat Iwan Indriyanto mengatakan panitia bakal menyalurkan daging kurban secara langsung ke orang yang berhak menerimanya.

"Daging kurban harus diantarkan ke rumah orang yang berhak," kata Iwan dalam keterangannya, Selasa (14/7/2020).

Dia mengatakan, metode ini diambil, salah satunya untuk menghindari terjadi antrean warga saat menunggu pembagian daging kurban di masjid, khususnya di Jakarta Barat.

"Agar tidak ada kerumunan saat penyerahan daging kurban," ucap Iwan.

 

Patuh Protokol Kesehatan

Selain melarang penggunana kupon, Instruksi Gubernur tersebut juga meminta panita mematuhi protokol kesehatan pencegahaan Covid-19.

Salah satunya, lebih baik, panita yang bertugas memotong hewan kurban tidak terlalu banyak.

"Tetap harus pakai masker, sarung tangan, face mask," ujar Iwan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oppo Akan Umumkan Teknologi Pengisian Cepat 125W

Posted: 13 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Oppo direncanakan akan mengumumkan teknologi pengisian cepat (fast charging) berkemampuan 125W.

Hal ini terungkap lewat video singkat yang diposting ke akun Twitter Oppo. Dalam video berdurasi 8 detik itu, tampak perubahan angka dari 65W ke 125W secara cepat.

Dilansir Gizchina, Selasa (14/7/2020), Oppo akan mengungkap teknologi fast charging 125W ini pada 15 Juli 2020.

Selain Oppo, teknologi pengisian cepat 125W ini juga akan diadopsi oleh smartphone merek lain, seperti Realme, Vivo, dan iQoo di masa mendatang.

Informasi, solusi pengisian daya cepat memang bukanlah hal yang baru di industri smartphone. Oppo sendiri memang dikenal sebagai salah satu vendor yang mempelopori teknologi fast charging di lini ponsel.

Hal ini dibuktikan Oppo ketika mengumumkan kehadiran Reno Ace sebagai smartphone pertama yang mengusung teknologi Super VOOC 2.0 65W.

 

Realme dan Xiaomi

Sebelumnya tipster gadget Ishan Agarwal menyebut, Realme tengah mengembangkan solusi pengisian daya cepat dengan daya lebih dari 100 watt.

Bahkan disebutkan pula, teknologi isi daya milik Realme ini ada kemungkinan diperkenalkan bulan Juli 2020 bernama SuperDart.

Mengutip Gizmochina, Minggu (12/7/2020), teknologi pengisian daya 100 watt+ ini akan diumumkan dengan nama Ultra Dart.

 

Isi Baterai dalam Waktu Singkat

Menurut tipster Ishan Agarwal, pengisian daya 100watt+ ini mampu mengisi sepertiga dari baterai 4.000 watt hanya dalam 3 menit.

Kerennya, berdasarkan gambar yang dibagikan oleh sang tipster, pengisian daya penuh 4.000mAh hanya butuh waktu sekitar 10 menit.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Manchester United Ditahan Imbang Southampton 2-2

Posted: 13 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester United harus berpuas diri terima hasil imbang 2-2 saat menjamu Southampton di Old Trafford. Kegagalan menang ini membuat MU tidak bisa naik peringkat di klasemen sementara Liga Inggris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Prasetya Perwira TNI dan Polri 2020 di Istana Negara

Posted: 13 Jul 2020 09:30 PM PDT

Presiden Joko Widodo (tengah) tiba dalam acara Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Jokowi melantik Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)
Presiden Joko Widodo (tengah) tiba dalam acara Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Jokowi melantik Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)

Presiden Joko Widodo (tengah) tiba dalam acara Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Jokowi melantik Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)

Presiden Joko Widododan Wakil Presiden Ma'ruf Amin berfoto dengan para perwira remaja peraih Adhi Makayasa dalam acara Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Upacara diwakili para peraih Adhi Makayasa. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)
Presiden Joko Widododan Wakil Presiden Ma'ruf Amin berfoto dengan para perwira remaja peraih Adhi Makayasa dalam acara Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Upacara diwakili para peraih Adhi Makayasa. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)

Presiden Joko Widododan Wakil Presiden Ma'ruf Amin berfoto dengan para perwira remaja peraih Adhi Makayasa dalam acara Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Upacara diwakili para peraih Adhi Makayasa. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)

Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) menyaksikan secara virtual yel-yel dari perwira remaja Akademi Militer dalam acara Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) menyaksikan secara virtual yel-yel dari perwira remaja Akademi Militer dalam acara Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)

Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) menyaksikan secara virtual yel-yel dari perwira remaja Akademi Militer dalam acara Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)

Presiden Joko Widodo (kanan) menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan perwira remaja peraih Adhi Makayasa dalam Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Upacara diwakili para peraih Adhi Makayasa. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)
Presiden Joko Widodo (kanan) menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan perwira remaja peraih Adhi Makayasa dalam Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Upacara diwakili para peraih Adhi Makayasa. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)

Presiden Joko Widodo (kanan) menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan perwira remaja peraih Adhi Makayasa dalam Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Upacara diwakili para peraih Adhi Makayasa. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin berbincang dengan para perwira remaja peraih Adhi Makayasa dalam acara Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Upacara diwakili para peraih Adhi Makayasa. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin berbincang dengan para perwira remaja peraih Adhi Makayasa dalam acara Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Upacara diwakili para peraih Adhi Makayasa. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin berbincang dengan para perwira remaja peraih Adhi Makayasa dalam acara Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Upacara diwakili para peraih Adhi Makayasa. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL

Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan ucapan selamat kepada para perwira remaja peraih Adhi Makayasa dalam acara Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Upacara diwakili para peraih Adhi Makayasa. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)
Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan ucapan selamat kepada para perwira remaja peraih Adhi Makayasa dalam acara Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Upacara diwakili para peraih Adhi Makayasa. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)

Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan ucapan selamat kepada para perwira remaja peraih Adhi Makayasa dalam acara Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Upacara diwakili para peraih Adhi Makayasa. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online Lewat HP, Lebih Mudah

Posted: 13 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online bisa kamu lakukan dari rumah. Hanya dengan menggunakan gadget atau smartphone saja, kamu sudah bisa mencairkan BPJS Ketenagakerjaan dari rumah. Jadi tidak perlu lagi ke kantor BPJS terdekat.

Namun, kamu tetap bisa melakukannya dengan berbagai pilihan lain, seperti offline dengan langsung ke kantor, hingga melalui Bank yang telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Program perlindungan kepada seluruh tenaga kerja di Indonesia ini wajib diberikan oleh perusahaan kepada setiap tenaga kerja yang menjadi tanggung jawabnya. 

Cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online tentunya lebih mudah diterapkan. Ada 4 program yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan, yaitu Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiun bagi seluruh tenaga kerja beserta keluarganya. Namun dari keempat program tersebut, hanya program Jaminan Hari Tua (JHT) saja yang dapat dicairkan oleh peserta.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/7/2020) tentang cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online.

Mengurus Nomor Antrean Secara Online

BPJS Ketenagakerjaan. (Ilustrasi: Liputan6/M.Iqbal)
BPJS Ketenagakerjaan. (Ilustrasi: Liputan6/M.Iqbal)

Sebelum mengenali cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online ataupun offline, kamu perlu tahu cara mengurus nomor antrean terlebih dahulu. Nomor antrean ini juga bisa dilakukan secara online. Antrean online ini diberlakukan baik untuk peserta yang akan melakukan pencairan secara digital ataupun yang harus datang ke kantor BPJS.

Cara mengurus atau mendapatkan nomor antrean online pencairan program Jaminan Hari Tua (JHT) ini dapat dilakukan dengan dua cara yakni melalui website dengan alamat antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id atau aplikasi BPJSTKU yang dapat diunduh di playstore.

Nantinya, kamu akan diminta untuk mengunggah beberapa dokumen untuk mencairkan klaim JHT. Setelah itu, baru bisa ditentukan apakah proses akan dilanjutkan secara online ataupun offline.

Kamu harus menyiapkan beberapa dokumen seperti scan kartu peserja Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan (KPJ). Peserta juga dapat melampirkan kartu digital yang diunduh dari aplikasi BPJSTKU.

Kemudian juga melampirkan salinan KTP, Kartu Keluarga (KK), Salinan verklaring atau surat keterangan sudah berhenti bekerja dari perusahaan, salinan buku rekening yang masih aktif, foto peserta dan formulir permohonan pencairan JHT BPJS yang sudah diisi dan ditandatangani.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online. Kredit: Pexels via Pixabay
Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online. Kredit: Pexels via Pixabay

Cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online bisa dilakukan dengan mudah. Cara ini tentunya tidak mengharuskan kamu untuk pergi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Cukup dengan memanfaatkan gadget dan internet, lalu membuka website BPJS Ketenagakerjaan atau mengunduh aplikasinya, maka kamu sudah bisa menerapkan cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online ini.

Berikut cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online:

1. Unduh aplikasi BPJSTKU atau kunjungi website resmi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Buka aplikasi website tersebut.

2. Lakukan login pada akun BPJS Ketenagakerjaan kamu. Jika belum mempunyai akun, kamu bisa mendaftar terlebih dulu melalui kolom Daftar Pengguna.

3. Jika sudah masuk, pilih menu Klaim Saldo JHT.

4. Isi kolom informasi. Di kolom KPJ, isi dengan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan yang kamu miliki, lalu di kolom Keperluan, pilih Pengajuan Klaim.

5. Setelah itu akan muncul pilihan Jenis Klaim. Kamu bisa memilih salah satu di antaranya. Mencapai Usia Pensiun, Mengundurkan Diri, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

6. Jika semua data sudah diisi lengkap, kamu bisa segera klik menu Kirim.

7. Kemudian, muncul daftar dokumen yang dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan. Unggah semua dokumen yang dibutuhkan secara online. Setelah selesai, tunggu email konfirmasi dari BPJS Ketenagakerjaan.

8. Email tersebut berisi informasi tanggal dan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang harus kamu datangi untuk melanjutkan proses klaim saldo JHT.

9. Pada hari yang telah ditentukan, kamu bisa menyerahkan dokumen yang telah diminta sebelumnya. Kemudian, petugas akan menginformasikan waktu pencairan saldo JHT.

Itulah beberapa cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online yang bisa kamu praktikkan hanya dengan smartphone di rumah.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Offline (Langsung ke Kantor)

BPJS Ketenagakerjaan (Liputan6.com/Fery Pradolo)
BPJS Ketenagakerjaan (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Bagi kamu yang masih bingung dengan cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online, kamu juga masih bisa melakukannya dengan langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini tentunya juga cukup efektif, karena nantinya kamu bisa mengikuti petunjuk dari petugas di kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan secara offline atau langsung ke kantor:

1. Datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

2. Lengkapi formulir pengajuan klaim.

3. Serahkan dokumen dan berkas yang dibutuhkan. Pastikan kamu telah membawa semua dokumen sesuai persyaratan. Seperti fotokopi kartu BPJS Ketenagakerjaan beserta kartu aslinya, fotokopi KTP atau paspor milik peserta beserta dokumen aslinya, dan fotokopi Kartu Keluarga (KK) beserta dokumen aslinya, dan buku rekening tabungan yang masih aktif

4. Kemudian kamu akan mendapatkan nomor antrean, lalu tunggu sesuai urutan nomor.

5. Jalani proses wawancara dan pengambilan foto

6. Tunggu hingga proses pencairan dana berhasil

Kamu bisa menerapkan cara mencairkannya langsung ke kantor jika masih bingung menerapkan cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online.

Jika Kartu Hilang

BPJS Ketenagakerjaan.(Liputan6.com/Fery Pradolo)
BPJS Ketenagakerjaan.(Liputan6.com/Fery Pradolo)

Jika kamu memiliki masalah kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang, kamu tidak perlu panik. Kamu masih bisa mencairkan dana JHT dengan mengikuti beberapa prosedur.

Berikut cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan jika kartu hilang:

1. Buatlah surat kehilangan dari pihak kepolisian terlebih dahulu.

2. Pastikan nomor kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan tercantum dalam surat kehilangan yang sudah dibuat.

3. Selanjutnya, kamu bisa datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat untuk mengurus pencairan dana dengan menggunakan syarat di atas.

4. Kamu akan mendapatkan petunjuk lebih lanjut dari petugas yang membantu pencairan dana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Atta Halilintar Lamar Aurel Hermansyah, Ngaku Mau ke Monas Ternyata…

Posted: 13 Jul 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aurel Hermansyah sedang bungah. Pasalnya, Atta Halilintar memberinya cincin berlian dengan batu warna ungu berbentuk hati sebagai lambang keseriusan menjalani hubungan.

Saking bahagia, Aurel Hermansyah memamerkan cincin pemberian Atta Halilintar di akun Instagram terverifikasi miliknya, yang diikuti 15 juta orang lebih, Senin (13/7/2020).

"Tujuh bulan tahap perkenalan… dan kemarin tanggal 10 Juli kamu menanyakan keseriusan aku dalam hubungan kita @attahalilintar. Bismillah," tulis Aurel Hermansyah sebagai status teks.

Kan Bilangnya Mau Ke Monas

Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar. (Foto: Instagram @aurel.hermansyah)
Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar. (Foto: Instagram @aurel.hermansyah)

Tak hanya berbagi kebahagiaan kepada warganet, Aurel Hermansyah menceritakan kronologi Atta Halilintar melamarnya kepada Anang dan Ashanty dalam video "Aurel Dilamar Atta di Tengah Laut, Anang dan Ashanty Kepo."

"Kan bilangnya mau ke Monas, aku pikir benaran mau ke Monas. Pas di jalan, tuh enggak ditutup matanya. Pas di tol aku bingung, ini mau ke mana kok lewat tol," urainya dalam video yang diunggah di kanal YouTube The Hermansyah A6, Senin (13/7/2020).

Nyaris Tak Percaya

Unggahan Aurel Hermansyah. (Foto: YouTube The Hermansyah A6)
Unggahan Aurel Hermansyah. (Foto: YouTube The Hermansyah A6)

Setelah itu, Atta Halilintar menutup mata Aurel Hermansyah lalu membimbingnya ke getek. Di situ, Aurel Hermansyah boleh membuka mata dan menerima kue dari Atta Halilintar.

Pelantun "Kepastian" dan "Susah Jatuh Cinta" berterima kasih. Dalam hati ia berpikir kejutan sampai di sini. Ternyata belum. Dari getek, Atta Halilintar menutup mata kekasih lalu membawanya ke kapal. Mendapati dirinya berada di kapal, Aurel Hermansyah nyaris tak percaya.

Gerak-gerik Atta Aneh

Aurel Hermansyah. (Foto: Instagram @aurelie.hermansyah)
Aurel Hermansyah. (Foto: Instagram @aurelie.hermansyah)

"Sampai di kapal yang bikin kaget lagi, ada penyanyi Mahen," ungkap seleb kelahiran Jakarta, 10 Juli 1998, dengan wajah semringah. Selanjutnya, Aurel Hermansyah diajak Atta Halilintar makan malam. Di sanalah, puncak kejutan terjadi.

"Yuk ke atas makan, dinner, bilangnya begitu. Setelah makan, tuh aku sudah melihat gerak-gerik Atta aneh," ia mengingat. Pasalnya, Atta Halilintar dikenal lahap saat bersantap. Aurel Hermansyah saat itu mendapati kekasihnya hanya membolak-balikin sendok. Momen tak terduga terjadi. 

Kamu Mau Terima, Enggak?

Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)
Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)

Atta Halilintar memberikan cincin. "Pas dia mau ngasih cincin, tuh dia ngomong, ya aku mau menunjukkan bukti keseriusan aku sama kamu. Karena kamu selalu tanya hubungannya sebenarnya bagaimana. Oke aku mau nunjukin keseriusan," Aurel Hermansyah memaparkan.

"Mungkin kalau menunjukkan keseriusan tuh sudah biasa, ya sudah intinya kamu mau terima atau enggak," Aurel Hermansyah menirukan ucapan pacarnya. Dan ya, ia menerima Atta Halilintar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: WNA Perancis Tersangka Pencabulan 305 Anak Ditemukan Bunuh Diri

Posted: 13 Jul 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta WNA asal Prancis, Francois Abello Camelle, tersangka pencabulan 305 orang anak dibawah umur, bunuh diri di rumah tahanan Polda Metro Jaya. Polisi temukan jenazah Francois dalam kondisi leher terlilit kabel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Corona COVID-19 Kian Naik, Filipina Lockdown Area Navotas di Manila

Posted: 13 Jul 2020 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Manila- Filipina kembali menerapkan lockdown untuk sekitar 250 ribu penduduk di Manila, menurut pernyataan seorang pejabat.

Lockdown itu diberlakukan untuk wilayah Navotas di ibu kota Filipina tersebut. 

Keputusan itu diambil setelah jumlah infeksi Virus Corona COVID-19 di Filipina terus bertambah. Populasi Navotas sekitar 250 ribu, di antara total 12 juta orang di Manila.

Wali kota Navotas, Toby Tiangco, mengatakan, "Saya tidak yakin apakah ini solusi, tetapi saya yakin jika saya melakukan ini jumlah kasus tidak akan bertambah".

Navotas diketahui merupakan salah satu wilayah termiskin di Manila. Daerah tersebut merupakan tempat aktivitas pelabuhan nelayan utama di ibu kota. 

Menurut angka pemerintah setempat, ada sebanyak 931 kasus Virus Corona COVID-19 yang dikonfirmasi dan 59 kematian.

Jumlah infeksi baru juga dilaporkan telah meningkat dalam dua pekan terakhir, demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (14/7/2020). 

 

 

Warga Masih Bisa Pergi untuk Bekerja

Sepasang warga menaiki sepeda di jalanan kota Manila pada 20 Mei 2020. Alat transportasi umum yang masih beroperasi dalam kapasitas terbatas membuat warga Filipina beralih ke sepeda saat berakhirnya masa karantina dan dimulainya periode The New Normal. (Ted ALJIBE/AFP)
Sepasang warga menaiki sepeda di jalanan kota Manila pada 20 Mei 2020. Alat transportasi umum yang masih beroperasi dalam kapasitas terbatas membuat warga Filipina beralih ke sepeda saat berakhirnya masa karantina dan dimulainya periode The New Normal. (Ted ALJIBE/AFP)

Wali Kota Navotas, Toby Tiangco mengatakan diberlakukannya kembali lockdown itu karena, "Kami tidak punya pilihan selain melakukannya karena orang-orang begitu keras kepala," merujuk pada para warga yang melanggar aturan jarak sosial.

Tiangco mengatakan kepada AFP, bahwa perintah lockdown itu diharapkan dapat mulai berlaku pada 15 Juli atau 16 Juli, seraya menambahkan serangkaian pedoman masih sedang dalam proses difinalisasi.

Para warga akan diizinkan untuk pergi bekerja, tetapi olahraga di luar ruangan akan dilarang.

Selain itu, toko-toko dan bisnis lainnya dapat tetap beroperasi tetapi restoran hanya akan diizinkan untuk melakukan layanan take away.

Tiangco juga menjelaskan bahwa ia  telah meminta kepala polisi ibu kota untuk mengerahkan pasukan dalam menegakkan perintah dan memberikan tindakan bagi mereka yang melanggar. 

Tertinggi kedua di Asia Tenggara, Filipina memiliki jumlah infeksi Virus Corona lebih dari 57.000 dan 1.599 kematian. 

Departemen Kesehatan Filipina pada 12 Juli melaporkan lebih dari 2.000 infeksi baru dari hari sebelumnya dan mencatat 162 kematian baru, tetapi jumlah tersebut termasuk dari jumlah kematian yang belum terhitung dalam beberapa bulan terakhir.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beras Siap Panen Lagi, Buwas: Kita Aman dari Ancaman Krisis Pangan

Posted: 13 Jul 2020 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama Perum Bulog Budi buka suara soal isu ancaman krisis pangan di masa pandemi saat ini. Seperti prediksi Organisasi Pangan Dunia (FAO) jika kekeringan bakal melanda negara-negara di dunia, termasuk Indonesia.
 
Pria yang akrab disapa Buwas ini mengatakan, ketahanan pangan Indonesia saat ini masih cukup baik, khususnya untuk beras. Itu lantaran dukungan cuaca yang bersahabat, sehingga beberapa wilayah di Nusantara siap memasuki musim panen fase kedua.
 
"Untuk Indonesia tidak usah khawatir, karena cuaca kita tidak seekstrim di luar. Prediksi kita sebelumnya sekarang sudah tidak panen, tapi sekarang masih panen di beberapa wilayah," ujar dia dalam sesi bincang virtual, Selasa (14/7/2020).
 
"Bahkan di beberapa wilayah sekarang sudah mulai tanam lagi, jadi akan ada panen lagi. Jadi kekuatan pangan kita boleh dikatakan masih stabil," Buwas menekankan.
 
Namun demikian, ia menambahkan, Bulog tetap bersiap-siap terhadap kemungkinan terburuk. Seperti lewat penyerapan gabah guna mengantisipasi masa paceklik beras yang biasa dimulai tiap September.
 
"Kita juga sudah persiapkan kemungkinan terburuk. Gabah juga sudah disiapkan. Tapi saya yakin dengan perhitungan, cuaca kita tidak sekestrim di negara-negara lain," tegas Buwas.
 
Lebih lanjut, mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) tersebut juga menyatakan bahwa konsumsi pangan masyarakat Indonesia bukan hanya beras.
 
Buwas menyoroti ketersediaan sagu di Papua yang melimpah, meski kini posisinya mulai tergantikan oleh kebutuhan konsumsi beras.
 
"Tapi jangan hanya lihat pangan dari sisi beras. Ada kentang, umbi-umbian, itu harus dikelola dengan baik. Kalau kita mau bicara sagu di Papua, itu ada 450 juta ton per tahun produksinya. Ini kekuatan," seru Buwas.
 
 
 

Jokowi Tunjuk Prabowo Pimpin Pengembangan Lumbung Pangan di Kalteng

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) saat meninjau lahan yang akan dijadikan
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) saat meninjau lahan yang akan dijadikan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi tugas Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sebagai leading sector pengembangan Food Estate atau lumbung pangan di Kalimantan Tengah.

Kendati begitu, pembangunan lumbung padi tetap akan dimonitor oleh Kementerian Pertanian dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Karena ini menyangkut cadangan strategis pangan kita, leading sector-nya akan kita berikan ke Pak Menhan yang tentu saja didukung Pak Menteri Pertanian, juga Menteri PU. Tentu saja di daerah kita harapkan ada dukungan dari gubernur dan para bupati," kata Jokowi di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020).

Pengembangan lumbung pangan baru tersebut diharapkan dapat menjadi sumber cadangan logistik nasional untuk mencegah kekurangan pasokan pangan dalam negeri. Selain itu, cadangan logistik tersebut juga digunakan untuk mengantisipasi krisis pangan.

"FAO (Organisasi Pangan dan Pertanian) sudah mengeluarkan peringatan bahwa krisis pangan akan melanda dunia karena pandemi juga karena memang adanya musim yang tidak bisa diatur dan diprediksi. Oleh sebab itu, kita menyiapkan sekarang ini yang namanya cadangan logistik nasional," jelas Jokowi.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: