Senin, 06 Juli 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sinyal Ponsel Sempat Biarpet Saat Gempa Menggoyang Rangkasbitung

Posted: 06 Jul 2020 11:06 PM PDT

Liputan6.com, Banten - Gempa bumi Magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Rangkasbitung, Banten, Selasa siang (7/7/2020). Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, episenter gempa terletak pada koordinat 6,70 LS dan 106,15 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 km arah Barat Daya Rangkasbitung, Banten, pada kedalaman 87 km.

Daryono Kabid Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah, akibat adanya deformasi pada Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah Lempeng Eurasia, tepatnya di bawah Banten Selatan.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault).

Guncangan gempa ini dirasakan di daerah Lebak III-IV MMI, Cihara, Rangkasbitung, Bayah, Pandeglang, Malingping, Cibeber, Banjarsari, Sukabumi III MMI, Jakarta, Depok, Bandung II-III MMI, Tangerang Selatan, Bakauheni II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Guncangan gempa ini sangat dirasakan di Jakarta karena adanya efek soft sedimen/tanah lunak (local site effect) di Jakarta sehingga resonansi akibat tebalnya lapisan tanah lunak ini membuat gempa sangat dirasakan.

Hingga Selasa siang, 7 Juli 2020, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. 

Sementara itu, Taman seorang warga Kampung Kadu kupak, Desa Juhut, Kecamatan Karang Tanjung, Pandeglang, mengaku merasakan getaran gempa, namun tidak begitu kuat.

"Tapi sinyal hape sempat naik turun enggak seperti biasanya," katanya. Hal tersebut juga dirasakan beberapa warga lainnya. 

Pantauan Liputan6.com di Kota Serang - Baros (Kabupaten Serang) dan di Cadasari di Pandeglang Banten tidak ada kerusakan berarti akibat gempa tersebut, kondisi masih aman dan aktivitas warga masih berjalan normal.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalani Uji Kelayakan, Calon Deputi Gubernur BI Juda Agung Disindir DPR

Posted: 06 Jul 2020 11:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi XI DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) untuk calon Deputi gubernur Bank Indonesia (BI) pada Selasa ini. Ketiga calon tersebut yaitu Juda Agung, Aida S. Budiman, dan Doni P. Joewono.

Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung mendapat kesempatan pertama untuk melakukan fit and proper test.

Pada saat uji kelayakan berjalan, salah satu anggota Komisi XI DPR Rudi Hartono memotong pemaparan Juda Agung yang dianggap sudah seperti deputi gubernur yang sudah terpilih.

"Saya sarankan Pak Agung jangan paparan seperti gubernur atau deputi yang sudah jadi," seru Rudi di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Adapun pada kesempatan tersebut, Juda menyampaikan gagasannya seputar agenda Bank Indonesia dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi dan reformasi di era new normal.

 

Penanganan Covid-19

Juda mengatakan, Bank Indonesia perlu menavigasi pergerakan ekonomi untuk jangka menengah panjang, khususnya di masa pasca wabah pandemi virus corona (Covid-19).

"Dari sisi struktutural atau jangka panjang, perekonomian nasional dihadapi risiko middle income trap. Pertumbuhan hingga 2024 berpotensi 5,5 sampai 6,1 persen. Tapi proyeksi ini bisa tercapai bila kebijakan-kebijakan struktural ditempuh kita semua," kata dia.

Dia mengungkapkan, tantangan tersebut butuh strategi, namun BI tidak bisa menyelesaikan masalah itu sendirian sehingga harus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk DPR RI.

"Tahun 2020 ini adalah fase penyelematan ekonomi seperti manajemen krisis bantu dunia usaha dan rumah tangga bertahan dari berhentinya produksi dan melemahnya keuangan," ujar Juda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berat Badan Bertambah Selama Lockdown, Calon Pengantin Minta Ganti Rugi

Posted: 06 Jul 2020 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan selalu menjadi perbincangan yang hangat, tak hanya sebelum acara digelar maupun usai acara. Apalagi saat pandemi yang terjadi di penjuru dunia, banyak orang yang terpaksa menunda pernikahannya.

Salah satunya seperti dilansir dari Fox News, Senin, 6 Juli 2020. Tak hanya menunda pernikahannya, seorang calon pengantin perempuan terpaksa meminta uang kepada kakak perempuannya senilai 600 dolar AS atau Rp8 juta untuk memperbaiki gaun pengantinnya.

Lewat unggahan dengan nama Fun-Line7588, calon pengantin berbagi ceritanya di Reddit. Ia awalnya membeli gaun pengantin kakak perempuannya sebagai hadiah awal. Gaun itu berharga 3.500 dolar AS atau seharga Rp40 juta karena gaunnya bagus.

Sang kakak menulis, karena pandemi, pernikahan adiknya itu ditunda ke musim semi berikutnya. Namun pada minggu lalu, ia meminta uang lagi sebesar 600 dolar AS karena ingin memperbaiki gaun itu. Alasannya, ia bertambah berat badannya selama lockdown dan tak bisa mengenakan gaun itu lagi.

Tentu saja kakak perempuan itu kaget karena pernikahan saudaranya itu masih satu tahun lagi. Dalam setahun, menurutnya, calon pengantin itu bisa menurunkan berat badannya.

Ia makin terkejut adik dan orangtuanya menuntutnya untuk membayar ganti rugi itu. Karena jika tidak, calon pengantin itu akan membuang gaun pengantinnya. 

"Dia sangat marah kepada saya dan mengatakan kepada orangtua kami bahwa saya memanggilnya gemuk dan menghinanya," katanya.

 

Perdebatan

Ilustrasi pengantin. (iStockphoto)
Ilustrasi pengantin. (iStockphoto)

Persoalan ganti rugi seorang adik terhadap kakaknya itu menimbulkan beragam reaksi dari warganet.  "Mengapa dia mengubah gaunnya, sementara pernikahannya masih setahun lagi?"

"Kalau memang gaun pengantin tidak pas, seharusnya calon pengantin itu yang harus membayar kalau mau mengubah gaun itu. Calon pengantin yang perlu bertanggung jawab atas tindakannya sendiri," kata pengguna yang lain. 

Rata-rata pengguna Reddit bingung mengapa calon pengantin itu meminta uang untuk memperbaiki gaun yang telah dibelinya. Apalagi, ia meminta uang itu dari kakaknya sendiri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook, Google dkk Ogah Penuhi Permintaan Data Pemerintah Hong Kong

Posted: 06 Jul 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan-perusahaan teknologi menolak permintaan pemerintah Hong Kong untuk menyerahkan data pengguna mereka. Di antara perusahaan yang dimaksud antara lain ada Facebook, Google, Twitter, dan hingga Telegram.

Permintaan Hong Kong atas data pengguna media sosial ini dilakukan setelah Tiongkok menetapkan undang-undang keamanan nasional baru untuk daerah semi-otonomnya (Hong Kong).

Mengutip Reuters, Selasa (7/7/2020), Facebook selaku pemilik Facebook, WhatsApp, dan Instagram dalam pernyataan menyebut, pihaknya menunda ulasan untuk semua layanannya "sambil menunggu penilaian lebih lanjut dari UU Keamanan Nasional."

Sementara Twitter menyebut, mereka menangguhkan ulasan atas permintaan Hong Kong. Twitter bahkan menyerukan keprihatinan serius mengenai implikasi hukum masalah ini.

Twitter menekankan, "Perusahaan berkomitmen melindungi pengguna yang memakai layanan kami, termasuk kebebasan pendapat mereka."

Pihak Google menyebut, akan menunda ulasan terhadap permintaan pemerintah Hong Kong untuk menghapus konten yang diunggah pengguna (user generated content) dari layanannya.

Google mengaku, masih ingin meninjau detail aturan baru yang diterapkan di Hong Kong.

Telegram Terang-Terangan Menolak

Logo Aplikasi Telegram
Logo Aplikasi Telegram

Sementara itu, mengutip laman KTLA, Telegram menyebut, pihaknya mengerti pentingnya melindungi hak dan privasi pengguna di Hong Kong.

"Telegram tak pernah berbagi data apapun kepada otoritas Hong Kong di waktu lalu dan tidak berencana untuk memproses permintaan data pengguna di Hong Kong, dalam kaitannya dengan perubahan politik di kota ini," kata juru bicara Mike Ravdonikas.

Sekadar informasi, jejaring sosial kerap menerapkan pembatasan pada unggahan yang dianggap melanggar aturan setempat. Di Hong Kong misalnya, Facebook membatasi 394 konten yang dilarang di wilayah tersebut pada paruh kedua 2019.

Perusahaan media sosial sendiri telah lama beroperasi di Hong Kong dan tidak terpengaruh oleh pemblokiran seperti yang dilakukan oleh Tiongkok.

 

Aturan yang Dimaksud

Aplikasi Twitter. Ilustrasi: Dailydot.com
Aplikasi Twitter. Ilustrasi: Dailydot.com

Perlu diketahui, di bawah aturan yang baru berlaku, penyedia platform dan layanan internet diperintahkan untuk menghapus unggahan yang dianggap tak sesuai dengan konstitusi dan membahayakan keamanan nasional.

Penyedia layanan yang tak mematuhi aturan ini bisa didenda sebesar 100 ribu dolar Hongkong (US$ 12.903) serta mendapatkan hukuman kurungan hingga 6 bulan.

Para individu atau pengguna yang mengunggah konten terlarang diminta untuk menghapusnya atau akan mendapatkan sanksi denda atau pun penjara selama 1 tahun.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Pemain yang Akan Dibuang Chelsea Usai Pembelian Werner

Posted: 06 Jul 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Chelsea melakukan gebrakan luar biasa di bursa transfer untuk menghadapi musim 2020-2021. The Blues sudah mendatangkan dua pemain top yakni gelandang serang Hakim Ziyech dan penyerang Timo Werner.

Ziyech didatangkan Chelsea dari Ajax Amsterdam. Sedangkan Werner diboyong dari Red Bull Leipzig setelah memenangi persaingan dengan Liverpool.

Usai mendapatkan Ziyech dan Werner, Chelsea belum akan berhenti membeli pemain ada dua sampai tiga pemain lagi yang akan diboyong tim asuhan Frank Lampard.

Kai Havertz dari Bayer Leverkusen dan bek kiri Leicester City Ben Chilwell dikabarkan jadi incaran utama Chelsea. Untuk merekrut keduanya, butuh dana bear.

Oleh karena itu, Chelsea akan melego beberapa pemain untuk menambah anggaran belanja. Daily Express melaporkan ada empat pemain yang akan dibuang Chelsea untuk menambah uang belanja Lampard. Siapa saja? Simak di halaman berikutnya:

 

 

 

 

Marcos Alonso

Bek Chelsea, Marcos Alonso, melakukan selebrasi usai membobol gawang Newcastle United pada laga Premier League 2019 di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (19/10). Chelsea menang 1-0 atas Newcastle United. (AP/Steven Paston)
Bek Chelsea, Marcos Alonso, melakukan selebrasi usai membobol gawang Newcastle United pada laga Premier League 2019 di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (19/10). Chelsea menang 1-0 atas Newcastle United. (AP/Steven Paston)

Posisi Alonso sebagai bek kiri Chelsea terancam jika Chilwell jadi didatangkan. Alonso hampir pasti akan dibuang oleh Lampard bila Chilwell didapat.

Alonso kemungkinan akan kembali ke Spanyol atau Italia. Barcelona disebut berminat kepada Alonso setelah Junior Firpo tampil mengecewakan

Emerson Palmieri

Bek baru Chelsea, Emerson Palmieri menyapa fans saat perkenalan dirinya di Stamford Bridge di London (31/1). Emerson dibeli Chelsea dari AS Roma seharga 17 juta pound sterling. (AFP Photo/Glyn Kirk)
Bek baru Chelsea, Emerson Palmieri menyapa fans saat perkenalan dirinya di Stamford Bridge di London (31/1). Emerson dibeli Chelsea dari AS Roma seharga 17 juta pound sterling. (AFP Photo/Glyn Kirk)

Sama seperti Alonso, posisi Emerson merupakan bek kiri. Kehadiran Chilwell membuat Emerson tidak akan dimainkan lagi oleh Lampard.

Chelsea siap melego Emerson musim panas nanti. Juventus menjadi calon klub Emerson. I Bianconeri sedang butuh bek kiri untuk melapis Alex Sandro.

Michy Batshuayi

Penyerang Michy Batshuayi saat pertandingan semifinal Piala Liga Inggris antara Chelsea dan Arsenal di stadion Emirates di London 24/1). Michy Batshuayi dipinjamkan dari Chelsea ke Borussia Dortmund. (AP Photo/Matt Dunham)
Penyerang Michy Batshuayi saat pertandingan semifinal Piala Liga Inggris antara Chelsea dan Arsenal di stadion Emirates di London 24/1). Michy Batshuayi dipinjamkan dari Chelsea ke Borussia Dortmund. (AP Photo/Matt Dunham)

Michy Batshuayi tak akan masuk perencanaan Lampard di Chelsea musim depan. Masuknya Timo Werner membuat Batshuayi akan semakin sulit mendapat menit bermain.

Batshuayi akan jadi pilihan ketiga setelah Werner dan Tammy Abraham. Pindah ke Bundesliga atau La Liga jadi pilihan terbaik untuk Batshuayi.

Tiemoue Bakayoko

Gelandang Chelsea, Tiemoue Bakayoko melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Qarabag pada Grup C Liga Champions di Stamford Bridge, London, Inggris (12/9). Chelsea menang telak atas Qarabag 6-0. (AFP Photo/Ben Stansall)
Gelandang Chelsea, Tiemoue Bakayoko melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Qarabag pada Grup C Liga Champions di Stamford Bridge, London, Inggris (12/9). Chelsea menang telak atas Qarabag 6-0. (AFP Photo/Ben Stansall)

Pemain asal Prancis ini memang tak disukai Lampard. Musim ini saja Bakayoko sudah dipinjamkan ke AS Monaco. Sayangnya Monaco tak jadi mempermanenkan Bakayoko.

Bakayoko berharap bisa kembali membela AC Milan setelah sukses saat dipinjamkan kesana. Namun AC Milan memiliki kendala jika harus membeli Bakayoko.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tepis Rumor Akan Gelar KTT Lagi dengan AS, Korut Sebut Tak Punya Rencana

Posted: 06 Jul 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Korea Utara tidak memiliki niat untuk duduk dengan Amerika Serikat, dan mendesak Korea Selatan untuk "berhenti mencampuri urusan orang lain". Hal ini disampaikan langsung oleh seorang diplomat senior Korut. 

Kwon Jong Gun, direktur jenderal untuk urusan AS di kementerian luar negeri Pyongyang, menuduh Korea Selatan salah menafsirkan pernyataan Wakil Menteri Luar Negeri Choe Son Hui yang menepis "rumor sebelum waktunya" tentang pertemuan puncak antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump. Demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (7/7/2020). 

Choe mengatakan pada hari Sabtu bahwa Korea Utara tidak merasakan perlunya KTT baru, beberapa hari setelah Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, yang telah menawarkan untuk menengahi antara Kim dan Trump dan menyarankan kedua pemimpin bertemu lagi sebelum pemilihan AS pada November.

"Ini adalah waktu untuk menghentikan campur tangan dalam urusan orang lain, tetapi tampaknya tidak ada obat atau resep untuk kebiasaan buruknya," kata Kwon dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari kantor berita resmi KCNA.

"Secara eksplisit berbicara sekali lagi, kita tidak punya niat untuk duduk berhadap-hadapan dengan Amerika Serikat."

Trump dan Kim bertemu untuk pertama kalinya pada tahun 2018 di Singapura, meningkatkan harapan untuk mengakhiri negosiasi program nuklir Pyongyang. 

Namun KTT kedua mereka, pada 2019 di Vietnam, dan negosiasi tingkat kerja berikutnya berantakan.

Pertemuan Perwakilan AS di Korsel

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un berbincang dengan Presiden AS, Donald Trump di zona demiliterisasi Korea (DMZ), Desa Panmunjom pada Minggu (30/6/2019).  Pertemuan keduanya berawal ketika Trump menuliskan undangan pertemuan dengan Kim melalui Twitter. (Brendan Smialowski/AFP)
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un berbincang dengan Presiden AS, Donald Trump di zona demiliterisasi Korea (DMZ), Desa Panmunjom pada Minggu (30/6/2019). Pertemuan keduanya berawal ketika Trump menuliskan undangan pertemuan dengan Kim melalui Twitter. (Brendan Smialowski/AFP)

Deputi Menteri Luar Negeri AS Stephen Biegun, yang memimpin perundingan dengan Korea Utara, dijadwalkan tiba di Seoul pada Selasa malam untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Seoul mengenai cara-cara menghidupkan kembali perundingan.

Biegun mengatakan pekan lalu bahwa ada waktu bagi kedua belah pihak untuk terlibat kembali dan "membuat kemajuan besar," tetapi pandemi Virus Corona baru akan membuat pertemuan puncak antar pemimpin menjadi sulit untuk dilakukan sebelum pemilihan presiden AS pada 3 November.

Bulan lalu, Korea Utara tiba-tiba meningkatkan ketegangan dengan Korea Selatan dan meledakkan kantor penghubung bersama, tepat di samping perbatasan, sebelum tiba-tiba menunda rencana untuk tindakan militer yang tidak ditentukan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PPDB di Cilacap Tanpa Kuota Khusus Anak Nakes, Ini Solusi Disdik

Posted: 06 Jul 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Cilacap - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan kuota khusus untuk anak tenaga kesehatan yang menangani pasien COVID-19 dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020.

Melalui jalur afirmasi, anak-anak tenaga kesehatan mendapat prioritas saat mendaftar di sekolah yang dipilih. Kebijakan ini sebagai penghargaan terhadap tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan penanganan pasien COVID-19.

Namun, Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap tidak memberlakukan jalur khusus tenaga kesehatan pada PPDB jenjang SD dan SMP. Sebab, mereka berkaca pada PPDB jenjang SMA yang menuai persoalan setelah menerapkan kuota khusus untuk anak tenaga kesehatan.

"Yang menangani Covid-19 kan bukan hanya nakes, ada polisi, tentara, di kecamatan ada satgas hingga desa," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap, Kastam, melalui sambungan telepon.

Jika PPDB SMP di Cilacap hanya memberikan prioritas kepada anak tenaga kesehatan atau nakes, maka hal ini akan memicu protes dari orangtua dari profesi lain yang turut menangani Covid-19.

Sementara jika semua diberi kesempatan pada jalur afirmasi, maka akan menggeser kuota afirmasi untuk anak dari keluarga tidak mampu dalam PPDB Cilacap.

"Bisa jadi berebut nanti," ujar dia.

Cegah Sekolah Jadi Klaster Baru

Siswa masuk bilik disinfektan di Sekolah Nasional Satu (Nassa School), Bekasi, Rabu (24/6/2020). Menuju kenormalan baru, Nassa School memberlakukan protokol kesehatan COVID-19 dengan membatasi jumlah siswa serta penggunaan teknologi ultraviolet guna membersihkan kelas. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Siswa masuk bilik disinfektan di Sekolah Nasional Satu (Nassa School), Bekasi, Rabu (24/6/2020). Menuju kenormalan baru, Nassa School memberlakukan protokol kesehatan COVID-19 dengan membatasi jumlah siswa serta penggunaan teknologi ultraviolet guna membersihkan kelas. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Untuk menghindari kemungkinan protes orangtua peserta didik, Dinas Pendidikan Cilacap mengembalikan PPDB sesuai petunjuk teknis awal tanpa mengakomodasi jalur tenaga kesehatan. Sebab, pada dasarnya semua orang terdampak Covid-19.

Sesuai petunjuk teknis, kuota jalur zonasi sebesar 50 persen, prestasi 30 persen, afirmasi 15 persen, dan pindah tugas 5 persen.

Proses PPDB di Cilacap kini memasuki tahap verifikasi dan analisis berkas. Sesuai jadwal, penerimaan akan diumumkan pada tanggal 8 Juli 2020.

Setelah pengumuman, siswa yang diterima akan menjalani proses pendaftaran ulang. Jika pendaftaran bisa dilakukan secara daring, maka pendaftaran ulang mengharuskan tatap muka secara fisik antara pendaftar dengan panitia PPDB.

"Daftar ulang kan cek berkas secara fisik, jadi dengan sangat terpaksa kita harus mendatangkan orang tua atau peserta didik," dia menjelaskan.

Untuk menghindari penumpukan, proses daftar ulang dilakukan secara bergilir. Panitia akan mengatur jadwal pendaftaran ulang berdasarkan nomor urut masing-masing.

 

Sistem Bergilir di Sekolah

Simulasi dalam kendaraan di Sekolah Nasional Satu (Nassa School), Bekasi, Rabu (24/6/2020). Menuju kenormalan baru, Nassa School memberlakukan protokol kesehatan COVID-19 dengan membatasi jumlah siswa serta penggunaan teknologi ultraviolet untuk membersihkan kelas. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Simulasi dalam kendaraan di Sekolah Nasional Satu (Nassa School), Bekasi, Rabu (24/6/2020). Menuju kenormalan baru, Nassa School memberlakukan protokol kesehatan COVID-19 dengan membatasi jumlah siswa serta penggunaan teknologi ultraviolet untuk membersihkan kelas. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Meskipun menerapkan protokol kesehatan, namun sekolah diminta berupaya menghindari kemungkinan kerumunan. Terlebih, Dinas Pendidikan tak ingin ada klaster baru di sekolah.

Dinas juga telah menyiapkan regulasi new normal di sekolah. Kenormalan baru menjadi mendesak karena peserta didik perlu mengenal guru, mata pelajaran, dan lingkungan sekolah di awal tahun ajaran baru.

Namun untuk merealisasikan penerapan kenormalan baru, sekolah harus menunggu kebijakan pemerintah daerah karena Cilacap belum berstatus zona hijau.

Sesuai regulasi, penerapan kenormalan baru di sekolah dilakukan secara bertahap dengan menerapkan pembatasan.

Dalam satu hari sekolah hanya akan diisi sepertiga jumlah siswa. Sebagai contoh, Senin dan Selasa untuk siswa kelas 7, Rabu dan Kamis untuk kelas 8, Jumat dan Sabtu untuk kelas 9.

Dalam satu kelas pun, masing-masing akan dibagi dua. Sehingga ruang kelas tidak terisi penuh seperti kondisi normal sebelum pandemi.

"Jika disetujui maka akan dimulai di awal tahun ajaran baru, tetapi jika tidak ya kembali ke kelas online," ucap Kastam.

Banjir Pendaftar Jalur Zonasi PPDB SMP di Cilacap

Panitia pelaksana saat membantu salah satu pendaftar dalam proses pengambilan nomor token PPDB di SMPN 92, Jakarta, Senin (25/6). (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Panitia pelaksana saat membantu salah satu pendaftar dalam proses pengambilan nomor token PPDB di SMPN 92, Jakarta, Senin (25/6). (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Sementara, sejumlah SMP di Kabupaten Cilacap kebanjiran pendaftar di jalur zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini.

Terbukti, jalur yang menyediakan separuh dari total kuota itu, pendaftarnya sudah melebihi kuota di hari kedua pendaftaran.

PPDB di SMP Negeri 2 Majenang, misalnya. Dari 160 kursi yang disediakan untuk jalur zonasi, pendaftarnya sudah lebih dari 200 anak.

Kepala SMP Negeri 2 Majenang, Suwarno mengatakan, sekolahnya menyediakan 10 rombongan belajar (rombel), atau 320 kursi. Dengan demikian, jumlah kuota minimal 50 persen untuk jalur zonasi 160 kursi.

"Di hari kedua pendaftaran, kisaran pukul 10.00, pendaftar jalur zonasi sudah 200an anak," kata Suwarno, Jumat (3/7), dikutip Suaramerdeka.com.

Untuk jalur lainnya, yakni afirmasi, mutasi dan prestasi belum terpenuhi. Jalur prestasi dengan kuota 96 kursi, pendaftarnya masih di bawah 50 persen. Banyaknya pendaftar yang masuk jalur zonasi, lanjut dia karena berkaitan dengan kewilayahan.

 

Alasan Pemilihan Jalur Zonasi

"Mayoritas pendaftar memang dari Majenang. Tapi manakala di jalur lain tidak terisi penuh, selebihnya bisa dimasukkan ke jalur zonasi," kata dia.

Banyaknya pendaftar jalur zonasi juga terjadi di SMP Negeri 8 Cilacap. "Di hari kedua PPDB, untuk kuota jalur zonasi di sekolah kami pendaftarnya sudah melebihi kuota," kata Kepala SMP Negeri 8 Cilacap, Marjoko.

SMP Negeri 8 Cilacap, masuk Kelurahan Sidakaya, Cilacap Selatan itu menyediakan delapan rombel, yakni 256 kursi. Dengan demikian, kuota minimal 50 persen untuk jalur zonasi di sekolah itu 128 kursi. Marjoko yang juga Ketua MKKS SMP di Kabupaten Cilacap berpendapat, banyaknya pendaftar di jalur zonasi erat kaitannya dengan regulasi.

"Karena regulasinya zonasi, sehingga lebih banyak yang memilih sekolah yang terdekat," katanya.

Kemudian ditinjau dari aspek apapun, lanjut dia sekolah yang lebih dekat lebih menguntungkan. "Dari segi ekonomi lebih efisien, orang tua juga lebih mudah memantau, dan sebagainya," ujarnya.

Tidak hanya itu, dari syarat pendaftaran juga lebih simpel. Tidak seperti jalur lain yang harus menyertakan syarat tambahan. Seperti halnya jalur afirmasi disertai keterangan tidak mampu.

"Karena itu, mendaftar di jalur zonasi tampaknya dirasa lebih mudah," katanya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembangunan Fisik Rusun Pasar Jumat Capai 90 Persen

Posted: 06 Jul 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan progres fisik pembangunan Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi di Pasar Jumat DKI Jakarta sudah mencapai 90 persen. Diharapkan dengan penyediaan hunian yang layak berupa rusun dapat memberikan kontribusi nyata bagi produktivitas masyarakat dalam bekerja, sekaligus sebagai persiapan menghadapi kenormalan baru

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengatakan pembangunan rusun penting untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), juga diperuntukkan bagi para mahasiswa, pelajar, santri, dan pekerja. Termasuk para Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri. "Kepada PT. Brantas Abipraya selaku kontraktor pelaksana untuk segera menyelesaikan pembangunan Rusun tersebut dengan tetap menjaga kualitas, agar bisa dimanfaatkan ASN dengan baik," ujarnya di Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Menurutnya Rusun Pasar Jumat merupakan infrastruktur perumahan yang masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Rusun tersebut dibangun di atas lahan Komplek Perumahan Kementerian PUPR seluas 5.300 meter persegi tersebut berada tidak jauh dari Stasiun moda transportasi berbasis rel Mass Rapid Transit (MRT) atau Moda Raya Terpadu di Lebak Bulus, Jakarta.

Kehadiran Rusun berbasis Transit Oriented Development (TOD) yang lokasinya dekat dengan transportasi publik dinilai memberikan efisiensi tinggi bagi masyarakat perkotaan, khususnya para ASN. Diharapkan konsep hunian terintegrasi ini dapat lebih banyak dikembangkan di kota-kota besar lainnya di Indonesia, sehingga dapat menurunkan angka backlog pemilikan dan penghunian rumah sekaligus meningkatkan kualitas hunian yang layak.

 

Target Selesai

Pembangunan Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi di Pasar Jumat DKI Jakarta sudah mencapai 90 persen. (Dok Kementerian PUPR)
Pembangunan Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi di Pasar Jumat DKI Jakarta sudah mencapai 90 persen. (Dok Kementerian PUPR)

Sementara itu, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi AH menyatakan progres fisik pembangunan Rusun Pasar Jumat hingga saat ini sudah sekitar 90 persen. Ditargetkan pada akhir bulan Juli 2020 seluruh pekerjaan konstruksi bangunan sudah rampung.

Adapun, Luas bangunan utama Rusun Pasar Jumat sekitar 2.800 meter persegi terdiri dari 18 lantai. Yakni 16 lantai untuk hunian sebanyak 460 unit, 2 lantai untuk fasilitas bermain anak dan fasilitas umum yang berada di lantai 1 dan 2.

Untuk menambah kenyamanan penghuni, setiap unit pada Rusun Pasar Jumat didesain dengan tipe 36. Dimana dilengkapi dengan fasilitas 1 kamar utama, 1 kamar anak, ruang tamu, kamar mandi shower dan toilet duduk, juga ruang jemur pakaian dengan daya listrik 2.200 KWh.

 

Sistem Beton Ringan

Pembangunan Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi di Pasar Jumat DKI Jakarta sudah mencapai 90 persen. (Dok Kementerian PUPR)
Pembangunan Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi di Pasar Jumat DKI Jakarta sudah mencapai 90 persen. (Dok Kementerian PUPR)

Pembangunan Pasar Jumat menerapkan sistem teknologi beton ringan precast lantai dan dinding. Untuk precast pada lantai menggunakan Hollow Core Slab (HCS) dan untuk precast pada dinding menggunakan Lightweight Cement Wall (LCW) sebagai wujud kemajuan teknologi konstruksi di Indonesia.

"LCW merupakan salah satu inovasi material beton ringan dan sangat efisien dari sisi waktu kerja dengan kualitas kedap suara, tahan api, dan tes beban yang cukup banyak. Sementara HCS sebagai salah satu terobosan dalam konstruksi lantai beton untuk bangunan bertingkat yang menggunakan sistem prategang dimana kabel ditarik terlebih dahulu pada suatu dudukan khusus yang telah disiapkan dan kemudian dilakukan pengecoran," jelasnya

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di-bully Warganet, Rahmawati Kekeyi: Sakitnya Dihina Itu Tak Mudah Dilupakan

Posted: 06 Jul 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini publik dihebohkan dengan raibnya akun Instagram terverifikasi Rahmawati Kekeyi. Warganet menyerbu akun Facebook hingga Kanal YouTube Rahmawati Kekeyi menanyakan ke mana akun Instagramnya.

Gerah diserbu khalayak, Rahmawati Kekeyi menyampaikan klarifikasi di kanal YouTube resminya, yang dilanggani lebih dari sejuta orang, pada Senin (6/7/2020).

Dalam video berdurasi 23 menit dan 18 detik itu, Rahmawati Kekeyi tak hanya membenarkan raibnya akun Instagram @rahmawatikekeyiputricantikka23. Ia juga mencurahkan perasaan lantaran sering menjadi korban perundungan siber.

 

Diejek dan Dihina

Rahmawati Kekeyi. (Foto: Instagram @rahmawatikekeyiputricantikka23)
Rahmawati Kekeyi. (Foto: Instagram @rahmawatikekeyiputricantikka23)

Pelakunya, siapa lagi kalau bukan warganet yang kerap melontar makian di kolom komentar. Rahmawati Kekeyi minta masyarakat memahami kenapa ia patah hati bukan main mendapati akun Instagramnya lenyap.

Dua tahun lamanya, ia mengumpulkan pengikut hingga lebih dari 700 ribu orang. "Dua tahun lamanya itu enggak mudah. Sakitnya di-bully, sakitnya diejek, sakitnya dihina, itu enggak mudah untuk dilupakan. Mereka mengejek karena fisik. Tapi, (aku) enggak masalah," beri tahu Rahmawati Kekeyi.

Aku Berusaha Kuat

Unggahan Rahmawati Kekeyi. (Foto: YouTube Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka)
Unggahan Rahmawati Kekeyi. (Foto: YouTube Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka)

"Aku berusaha kuat tapi semenjak kemarin aku bingung. Aku bingung harus ngapain, harus bertindak apalagi kayak gimana lagi. Aku bingung harus mulai dari mana lagi. Aku bingung mungkinkah aku buat Instagram kedua," imbuhnya.

Saking bingung, Rahmawati Kekeyi kemudian curhat kepada sahabat sekaligus manajer soal bagaimana menghidupi keluarga setelah akun Instagram amblas.

Curhat Kepada Sahabat

Rahmawati Kekeyi. (Foto: Instagram @rahmawatikekeyiputricantikka23)
Rahmawati Kekeyi. (Foto: Instagram @rahmawatikekeyiputricantikka23)

"Aku curhat: Kak, banyak yang aku hasilkan dari Instagram. Aku bisa menghidupi Mama dari Instagram dan perjuangan aku, tuh enggak gampang," Rahmawati Kekeyi memaparkan.

Di pengujung klarifikasi, ia berharap pihak Instagram Indonesia memulihkan akun yang dinonaktifkan. Jika akun itu pulih, Rahmawati Kekeyi hanya ingin kembali kerja untuk masa depan dan keluarga.

 

Butuh Waktu Menyendiri

Rahmawati Kekeyi. (Foto: Instagram @rahmawatikekeyiputricantikka23)
Rahmawati Kekeyi. (Foto: Instagram @rahmawatikekeyiputricantikka23)

"Insyaallah sesulit apapun akan aku terima," ia menukas. Sejumlah warganet menyarankan Rahmawati Kekeyi membuat akun Instagram baru. Ide ini membuatnya galau. "Kayaknya belum tahu aku bikin atau enggak karena aku takut untuk memulai. Kalau akhirnya seperti ini," jawabnya.

Ia ikhlas jika akun Instagram itu hilang selamanya. "Mungkin aku butuh waktu untuk menyendiri dulu beberapa saat hingga Instagramku benar-benar kembali," pungkasnya. Diberitakan sebelumnya, Rahmawati Kekeyi menyebut akun Instagramnya dinonaktifkan karena report sejumlah warganet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saran Dokter untuk Pasien Penyakit Tidak Menular di Masa Pandemi

Posted: 06 Jul 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di masa pandemi, pasien penyakit tidak menular tetap harus melakukan kontrol untuk memantau kondisi kesehatannya selagi tetap menjaga dirinya dari tertular COVID-19.

Dokter Eka Ginanjar dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) mengatakan bahwa di masa pandemi, orang yang sehat harus menjaga agar orang dengan penyakit tidak menular di sekitarnya tidak terkena COVID-19.

"Yang paling penting, orang dengan penyakit tidak menular ini, diabetes, darah tinggi, yang sudah kena, stroke, penyakit jantung, jangan lupa ini penyakit degeneratif. Penyakit yang harus dikontrol," kata Eka dalam siaran bincang-bincang dari Graha BNPB, Jakarta beberapa waktu lalu, ditulis Senin (6/7/2020).

"Jadi (karena pandemi) takut ke rumah sakit, jangan (karena) takut jadi tidak berobat," kata Sekretaris Jenderal PAPDI itu.

Ia mengatakan, waspada terhadap COVID-19 bukan berarti pasien PTM mengabaikan kondisi kesehatan yang sudah lebih dulu dimilikinya.

Taat Minum Obat

Ilustrasi obat (iStockphoto)
Ilustrasi obat (iStockphoto)

Senada dengan Eka, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan bahwa pasien PTM tetap harus memantau dan menjaga kondisi kesehatannya meski di masa pandemi.

Umumnya, pemantauan pasien PTM paling tidak dilakukan sebulan sekali. Namun di masa pandemi, Kemenkes mengatakan ada fleksibilitas bagi mereka.

"Untuk penyandang PTM mendapat fleksiblitas bahwa obat diberikan untuk dua bulan, yang biasanya satu bulan, sehingga mengurangi mobilisasi mereka keluar," kata Direktur Pencegahan dan Penyakit Tidak Menular Kemenkes Cut Putri Arianie dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, Cut Putri juga meminta agar orang dengan PTM harus taat dalam minum obat.

"Yang penting minum obat secara teratur. Karena dalam survei kami menunjukkan orang PTM itu 50 persen tidak patuh dalam minum obat," ujarnya.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menag: Dubes Saudi Sebut 70 Persen Kuota Haji 2020 untuk Ekspatriat

Posted: 06 Jul 2020 10:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi VIII DPR menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama Menteri Agama Fachrul Razi. Rapat kali ini membahas evaluasi mekanisme Keputusan Menag tentang Pembatalan keberangkatan jemaah haji.

Menag Fachrul dalam pemaparannya menyatakan, telah bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqafi. Pada pertemuan itu, Menag juga menanyakan kuota haji untuk ekspatriat Indonesia di Arab Saudi.

"Saat saya tanya apakah ada kuota khusus untuk kedutaan kita di Saudi Arabia, mereka mengatakan belum ada keputusan tentang itu. Tapi kami sepakat 70 persen dari 10.000 (kuota haji) akan kami berikan kepada ekspatriat, dan bagaimana mekanismenya sedang kami rumuskan," kata Fachrul dalam rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (7/7/2020).

Fachrul menyebut belum ada keputusan dari Arab Saudi mengenai kuota bagi ekspatriat Indonesia.

"Tapi saat ini saya dengar bahwa berdasarkan pengajuan, nanti setelah pengajuan baru mereka akan putuskan tentang mekanismenya, atau kuotanya, atau apapun namanya itu," ujar Menag Fachrul Razi. 

 

Kuota Haji 2020

Selain itu, lanjut Fachrul, Dubes Essam mengapresiasi dukungan Indonesia terkait pembatasan kuota Haji 2020 oleh Arab Saudi.

"Beberapa hari lalu Dubes Arab Saudi Essam bin Abed Al-Thaqafi telah berkenan bersilaturahmi dengan Kementerian Agama. Beliau menyampaikan apresiasi atas dukungan Indonesia terhadap keputusan Saudi membatasi jemaah haji tahun ini," jelasnya. 

Menag Fachrul Razi menambahkan, alasan yang digunakan untuk mengambil keputusan itu sama dengan kebijakan pemerintah Indonesia dan juga Komisi VIII DPR RI, yakni mengutamakan keselamatan jiwa manusia dalam situasi pandemi.

Diketahui, ibadah Haji 2020 dilaksanakan namun dengan kuota sangat terbatas. Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqafi mengatakan, kuota Haji 2020 hanya 10.000 jemaah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gempa 5,4 Magnitudo Guncang Banten, Terasa Sampai Jakarta

Posted: 06 Jul 2020 10:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banten diguncang gempa pada Selasa, 7 Juli 2020, pukul 11.44 WIB. Gempa berkekuatan 5,4 Magnitudo ini terasa hingga ke Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Ini Spontan Melukis Pakai Sandal dan Kain Pel, Hasilnya Bikin Takjub

Posted: 06 Jul 2020 10:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap seniman memiliki caranya sendiri untuk menciptakan karya seni. Mulai dari media yang unik hingga cara pembuatan yang tak biasa. Meskipun kadang terkesan aneh namun selalu ada estetika yang ada dalam karya seni tersebut.

Baru-baru ini, di media sosial Twitter sedang viral seorang pria melukis tanpa menggunakan kuas ataupun alat lukis. Malahan, pria yang tak diketahui identitasnya ini melukis hanya menggunakan sandal dan kain pel.

Di sebuah video yang diposting oleh pengguna Twitter @hcahyono pada Senin (6/7/2020), meski terlihat dikerjakan dengan asal-asalan, namun ternyata hasilnya cukup membuat takjub warganet.

Sudah penasaran dengan hasilnya? Berikut Liputan6.com ulas aksi spontan pria melukis dengan sandal dan kain pel, Selasa (7/7/2020).

 

Kreativitas tanpa batas

Membuat karya seni memang bisa dilakukan dengan beragam cara. Meskipun kadang tak lazim, namun siapa sangka jika hasil akhirnya bisa menciptakan karya penuh estetika?

Nampak seolah dikerjakan asal-asalan, tapi pria ini berhasil mengundang decak kagum warganet. Siapa sangka ia bisa melukis ombak yang sangat indah dengan cara yang tak biasa.

Respon warganet

Pria Ini Spontan Melukis Pakai Sandal dan Kain Pel, Hasilnya Bikin Takjub. (Sumber: Twitter/hcahyono)
Pria Ini Spontan Melukis Pakai Sandal dan Kain Pel, Hasilnya Bikin Takjub. (Sumber: Twitter/hcahyono)

Video yang berdurasi 37 detik tersebut mengundang decak kagum warganet. Salah satu pengguna Twitter @desiesetiani menuliskan rasa kagumnya atas bakat pria tersebut. "Flexing bangettttt, aku yang gak punya jiwa art sama sekali menangis melihat ini,"

Kemudian ada pula warganet yang menganggap bahwa hal yang dilakukan oleh pria tersebut bisa membuatnya dimarahi karena mengotori halaman rumah. "Aku pun bisa bikin kek gitu, bisa diomelin emaaak maksutnyaa," tulis @bebekmerayap menanggapi postingan tersebut.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Panik, Lakukan ini Kala Terjadi Gempa Saat Berkendara

Posted: 06 Jul 2020 10:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah gempa berkekuatan 6,1 menggoyang Jepara, Jawa Tengah, pada 05.54 WIB dini hari tadi, beberapa wilayah Jabodetabek kembali merasakan gempa bumi.

Belum diketahui pusat gempa berada di mana. Namun, beberapa warga merasakan lindu cukup kuat, sekitar pukul 11. 44 WIB.

Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan pengendara dan penumpang kendaraan umum, jika terjadi gempa? Ada tips aman yang dikutip dari laman resmi Nagoya International Center.

Jika kita berada di dalam bus, hal pertama yang harus dilakukan penumpang ialah berpegang erat pada bar (besi pegangan yang berada di atas kepala/jendela) atau tali.

Bila tidak ada yang dapat dijangkau, menunduklah hingga dada menempel pada paha dalam posisi duduk. Ketika bus berhenti, ikuti instruksi pengemudi untuk keluar dari bus. Pada waktu ini, Anda harus tetap tenang.

Jika Anda panik, itu akan semakin menyulitkan dalam mengevakuasi diri sendiri dan orang lain. Hal ini juga bisa mengakibatkan jatuh atau mendorong seseorang secara tidak sengaja.

Sebagian besar bus memiliki pintu keluar darurat alternatif yang diberi label dengan jelas. Anda mungkin diminta untuk menggunakan salah satu dari jalan keluar ini dalam situasi gempa.

Saat Berkendara Mobil

Gempa bumi bisa menjadi sangat berbahaya jika Anda sedang mengendarai mobil. Meski akan menjadi pengganggu di dalam perjalanan tetapi Anda haruslah tetap tenang.

Tetap memegang kemudi dengan kuat, pelan-pelan, dan tarik ke sisi kiri jalan dengan hati-hati. Matikan mesin Anda dan biarkan pintu Anda tidak terkunci.

Pintu yang tak terkunci akan menjadi akses orang lain untuk menyelamatkan Anda di dalam mobil ketika terjadi keadaan darurat.

 

Dapatkan Info Terkini dari Radio

Tunggu di mobil Anda dan dengarkan radio untuk informasi darurat penting apa pun yang dapat membantu Anda.

Ketika getaran berkurang, simpan kunci Anda di kunci kontak dan tinggalkan mobil Anda dengan berjalan kaki sambil memperhatikan lingkungan Anda saat Anda mencari tempat berlindung yang sesuai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Ungkap Penyebab Gempa Rangkasbitung yang Terasa hingga Jakarta

Posted: 06 Jul 2020 10:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gempa bermagnitudo 5,1 mengguncang Rangkasbitung, Lebak, Banten, pukul 11.44.14 WIB, Selasa (7/7/2020). Gempa berkedalaman 87 km tersebut terasa hingga Jakarta.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap penyebab gempa  yang pusatnya berada di 18 km barat daya Rangkasbitung itu.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengungkap, gempa ini terjadi akibat subduksi lempeng Indo-Australia.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam dibawah lempeng Eurasia," jelas Rahmat dalam siaran pers BMKG, Selasa (7/7/2020).

Menurut dia, hasil analisis mekanisme sumber gempa BMKG menunjukkan, lindu Rangkasbitung memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

 

Imbau Warga Tenang

BMKG mengimbau masyarakat tidak panik. BMKG meminta warga segera menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. 

"Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke rumah," tulis BMKG.

BMKG menginformasikan, episenter gempa terletak pada koordinat 6,70 LS dan 106,15 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 km arah Barat Daya Rangkasbitung, Banten pada kedalaman 87 km.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Lebak III-IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), Cihara, Rangkasbitung, Bayah, Pandeglang, Malingping, Cibeber, Banjarsari, Sukabumi III MMI, Jakarta, Depok, Bandung II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), Tangerang Selatan, Bakauheni II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hasil pemodelan BKMG menunjukkan, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"Hingga hari Selasa, 7 Juli 2020 pukul 12.07 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," kata Rahmat Triyono.

Antisipasi Gempa Bumi

Ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi.

Sebelum:

- Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi. 

- Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung. 

- Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran. 

- Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi. 

- Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi. 

- Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi.

- Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran. 

- Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan. 

- Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.

Saat Terjadi Gempabumi:

- Jika Anda berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan. 

- Jika berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah. 

- Jika Anda sedang mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran. 

- Jika Anda tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami. 

- Jika Anda tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

 Setelah Terjadi Gempabumi:

- Jika Anda berada di dalam bangunan: keluar dari bangunan tersebut dengan tertib; jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa;periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K; telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda. 

- Periksa lingkungan sekitar Anda: apabila terjadi kebakaran, apabila terjadi kebocoran gas, apabila terjadi hubungan arus pendek listrik. Periksa aliran dan pipa air, periksa apabila ada hal-hal yang membahayakan. 

- Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa,karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan. 

- Jangan berjalan di daerah sekitar gempa, kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada. 

- Dengarkan informasi mengenai gempabumi dari radio (apabila terjadi gempa susulan). Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya. 

- Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi. 

- Jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan demi keamanan dan keselamatan kita semuanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Giliran Pangandaran Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5

Posted: 06 Jul 2020 10:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi berturut-turut mengguncang Pulau Jawa, Selasa (7/7/2020). Kini giliran wilayah Pangandaran, Jawa Barat yang diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa Pangandaran terjadi pada pukul 12:17:52 WIB. 

Pusat gempa berada di 234 km barat daya Kabupaten Pangandaran atau koordinat 9.42 lintang selatan (LS) dan 107.27 bujur timur (BT).

BMKG memastikan, gempa dengan kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami.

Namun hingga berita ini ditulis, belum ada laporan terkait dampak yang ditimbulkan dari gempa Pangandaran.

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang wilayah Jepara, Jawa Tengah pada Selasa pukul 05.54.44 WIB.

Gempa kemudian mengguncang wilayah Rangkasbitung, Banten dengan kekuatan magnitudo 5,4. Gempa pada pukul 11:44:14 WIB ini juga terasa hingga Jakarta dan sekitarnya.

Antisipasi Gempa Bumi

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi.

Sebelum:

- Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi. 

- Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung. 

- Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran. 

- Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi. 

- Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi. 

- Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi.

- Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran. 

- Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan. 

- Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.

Saat Terjadi Gempabumi:

- Jika Anda berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan. 

- Jika berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah. 

- Jika Anda sedang mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran. 

- Jika Anda tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami. 

- Jika Anda tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

 Setelah Terjadi Gempabumi:

- Jika Anda berada di dalam bangunan: keluar dari bangunan tersebut dengan tertib; jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa;periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K; telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda. 

- Periksa lingkungan sekitar Anda: apabila terjadi kebakaran, apabila terjadi kebocoran gas, apabila terjadi hubungan arus pendek listrik. Periksa aliran dan pipa air, periksa apabila ada hal-hal yang membahayakan. 

- Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa,karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan. 

- Jangan berjalan di daerah sekitar gempa, kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada. 

- Dengarkan informasi mengenai gempabumi dari radio (apabila terjadi gempa susulan). Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya. 

- Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi. 

- Jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan demi keamanan dan keselamatan kita semuanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Viral Foto Presiden Soekarno dengan Obama Cilik, Benarkah?

Posted: 06 Jul 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Foto Presiden Soekarno dengan Barack Obama ketika masih anak-anak beredar di media sosial. Foto ini diunggah akun Facebook David Kiato Ateha pada 30 Juni 2017.

Dalam foto tersebut, tampak Presiden Soekarno tengah berbincang dengan anak laki-laki dan perempuan. Si anak laki-laki tampak berembut pendek dan mengenakan setelan jas. Sedangkan anak perempuan mengenakan dress berwarna cerah.

Akun Facebook David Kiato Ateha kemudian mengaitkan foto tersebut dengan pertemuan Presiden Soekarno dengan Barack Obama saat masih cilik.

"Presiden Soekarno pasti tdk menyangka kalau anak SD Menteng yg disalaminya kelak jadi Presiden Amerika (Obama)," tulis akun Facebook David Kiato Ateha.

Konten yang disebarkan akun Facebook David Kiato Ateha telah 2.800 kali dibagikan dan mendapat 219 komentar warganet.

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto Presiden Soekarno dengan Barack Obama ketika masih anak-anak. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs pencari Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai foto tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Heboh! Foto 'Obama Cilik' Salaman dengan Soekarno" yang dimuat situs inet.detik.com pada 30 Juni 2017 lalu.

Jakarta - Media sosial di Tanah Air tengah dihebohkan dengan beredarnya foto dua anak kecil yang tengah bersalaman dengan mantan Presiden Soekarno. Banyak yang meyakini, anak kecil dalam foto tersebut adalah Obama dan saudaranya, Maya Soetoro-Ng.

Jika dilihat, tampang pria kecil dalam foto tersebut memang mirip dengan Obama waktu cilik. Dugaan tersebut kian kuat mengingat Mantan Presiden Amerika Serikat itu pernah tinggal di Indonesia saat berusia 6-10 tahun.

Sayangnya, penilaian itu tidak benar. Foto tersebut telah dikonfirmasi dan pria kecil dalam foto bukanlah Obama. Foto hitam putih itu diambil saat Lebaran 1962, sementara Obama sendiri tinggal di Indonesia pada 1967.

Nah, dua bocah cilik dalam foto itu ternyata adalah Adi Nasution dan Ida Nasution. Keduanya adalah anak dari Mualif Nasution, sekretaris pribadi Presiden Soekarno dan panitia penyusun buku Sarinah serta di Bawah Bendera Revolusi.

Mualif turut pula terlihat dalam foto tersebut. Ia berdiri di samping Cindy Adams, wartawan asal Amerika Serikat yang mewawancari Presiden Soekarno.

Meski ini bukan foto asli Obama dan Soekarno, namun karena kemiripannya, netizen pun tetap berbondong-bondong menyebarkannya di media sosial.

Bicara soal Obama sendiri, pria kelahiran Hawaii ini tengah berkunjung ke Indonesia. Bersama istri dan kedua anaknya, Obama sempat berlibur di Bali selama 5 hari sejak tanggal 23 sampai 28 Juni. Kemudian, ia melanjutkan jalan-jalan ke Yogyakarta pada tanggal 28 Juni sampai 29 Juni.

Hari ini ia dijadwalkan akan bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor. Setelahnya Obama akan mendatangi Mal Kota Kasablanka, Jaksel. Obama akan berpidato dalam acara Kongres Diaspora Indonesia ke-4.

 

 

Kesimpulan

Foto yang diklaim Presiden Soekarno bertemu dengan Barack Obama cilik ternyata tidak benar. Anak laki-laki dengan setelan jas bukanlah Obama.

Foto itu ternyata adalah Adi Nasution dan Ida Nasution. Foto hitam putih itu diambil saat Lebaran 1962, sementara Obama sendiri tinggal di Indonesia pada 1967.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Strategi Pupuk Indoneaia Pastikan Subsidi Tepat Sasaran

Posted: 06 Jul 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pupuk Indonesia (Persero) berkomitmen untuk menjaga kelancaran penyaluran pupuk bersubsidi sampai ke tangan petani sesuai dengan prinsip 6T, yakni tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat, tepat waktu dan tepat mutu.

Perseroan pun telah memiliki sejumlah strategi diantaranya pencirian pupuk bersubsidi dengan warna khusus, bag code, hingga penyaluran hanya kepada petani yang terdaftar dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

Kepala Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia (Persero) Wijaya Laksana mengatakan, pihaknya memberikan ciri pupuk bersubsidi dengan warna yang cukup mencolok.

Dimana untuk pupuk subsidi jenis Urea diberi ciri dengan warna merah muda atau pink, sedangkan pupuk subsidi jenis ZA diberi warna oranye. Hal ini bertujuan membedakan antara pupuk bersubsidi dan non subsidi sehingga dapat meniminalisir peluang penyelewengan.

"Pupuk bersubsidi juga memiliki ciri pada kemasan karungnya. Terdapat tampilan logo Pupuk Indonesia di bagian depan karung dan bertuliskan 'Pupuk Bersubsidi Pemerintah'. Pada kemasan tercantum juga nomor call center, logo SNI, nomor izin edar pada bagian depan karung dan memiliki Bag Code dari produsennya," kata Wijaya kepada wartawan, Selasa (7/7/2020).

Ia menambahkan, penyaluran pupuk bersubsidi dilakukan secara tertutup, sesuai alokasi dan hanya kepada para petani yang terdaftar dalam sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) yang dikelola Kementerian Pertanian. Para produsen pupuk pun akan selalu mematuhi semua aturan penugasan penyaluran pupuk bersubsidi yang berlaku.

 

Selanjutnya

Pupuk. (Merdeka.com/Imam Buchori)
Pupuk. (Merdeka.com/Imam Buchori)

Seperti, Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 15/M-DAG/PER/4/2013 tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi untuk Sektor Pertanian secara nasional mulai dari Lini I sampai dengan Lini IV. Serta Peraturan Menteri Pertanian Nomor 01 Tahun 2020 tentang Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk bersubsidi sektor pertanian tahun anggaran 2020, Juncto Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2020.

"Kedua aturan tersebut sudah dengan tegas mengatur tentang syarat, tugas, dan tanggung jawab dari produsen, distributor, dan penyalur atau pengecer hingga HET pupuk bersubsidi yang wajib dipatuhi ketika menyalurkan pupuk bersubsidi kepada petani," kata Wijaya.

Penerapan sistem e-RDKK diyakini dapat meminimalisir penyelewengan sehingga penyaluran pupuk bersubsidi semakin tepat sasaran. Terlebih melalui sistem ini juga diyakini bisa mencegah terjadinya duplikasi data penerima subsidi.

Di samping itu, pengawasan oleh Pupuk Indonesia Grup pun telah didukung dengan sistem monitoring dan penebusan berbasiskan teknologi informasi digital, yakni SIAGA dan Webcommerce (WCM). SIAGA merupakan aplikasi berbasis web dan mobile yang dapat mengontrol transaksi oleh kios dan juga infotmasi stock pupuk bersubsidi yang dapat diakses secara realtime dan akurat. Sementara WCM dapat mengontrol penebusan oleh distributor sesuai alokasi.

"Aplikasi tersebut mampu menunjang penerapan aturan e-RDKK hingga Kartu Tani, sehingga penyaluran dan pengendalian stock pupuk bersubsidi dapat lebih valid dan terverifikasi," katanya.

 

Peningkatan Ketertiban

Pabrik Pupuk milik Pupuk Indonesia Holding Company (dok: Pupuk Indonesia)
Pabrik Pupuk milik Pupuk Indonesia Holding Company (dok: Pupuk Indonesia)

Bagi Pupuk Indonesia Grup, kehadiran aplikasi ini menjadi solusi terhadap peningkatan ketertiban administrasi penyaluran pupuk bersubsidi yang berbasis teknologi.

"Untuk lebih memudahkan dalam mengetahui ketersediaan stock pupuk di seluruh daerah di tanah air, kami juga menyajikan informasi publik tersebut melalui website www.pupuk-indonesia.com yang dapat dipantau setiap saat," ujar Wijaya.

Dalam hal penjualan, Pupuk Indonesia Grup selalu memprioritaskan pemenuhan kebutuhan subsidi. "Sehingga penjualan komersil baik dalam negeri atau ekspor hanya dilakukan setelah kebutuhan subsidi telah terpenuhi," tutup Wijaya.

Untuk diketahui juga, alokasi pupuk untuk petani setiap tahunnya ditetapkan olah Kementerian Pertanian, dan hasil pelaksanaan di lapangan pun PT Pupuk Indonesia (Persero) selaku produsen dan pelaksana tugas Public Service Obligation (PSO) diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV FTV Siang Episode Selasa, 7 Juli 2020

Posted: 06 Jul 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jangan lewatkan penayangan FTV Siang kali ini.

Seperti biasa drama FTV Siang di SCTV hadir mulai pukul 13.00 WIB.

Anda bisa menyaksikan episode FTV Siang via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Perkelahian Hugo Lloris VS Son Heung-min Padahal Satu Tim

Posted: 06 Jul 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Terjadi perkelahian antara rekan satu tim Totenham Hotspur. Kejadian itu akhirnya berujung damai dan saling memaafkan antar kedua belah pihak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret 10 Selebriti Luar Negeri saat di Indonesia, Ada yang 'Ngemper' di Trotoar

Posted: 06 Jul 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia tak hanya dikenal akan budayanya yang indah. Akan tetapi wisata, kuliner hingga keramahan masyarakat pun dikenal luas hingga luar negeri. Hal ini pula yang membuat banyak wisatawan asin memlih Indonesia sebagai destinasi liburan. Tak terkecuali oleh para selebriti dunia lainnya.

Namun rupanya, kunjungan para selebriti luar negeri saat ke Indonesia tak hanya ke pantai. Bahkan, beberapa dari mereka ada yang asyik berjalan-jalan di pinggir jalan raya hingga blusukan di pasar. Tentu saja pemandangan para selebriti yang berada di pasar, mall hingga 'ngemper' di terotoar sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia lainnya.

Tak sedikit para netizen yang mengabadikan foto para selebriti luar negeri yang tengah bersantai hingga blusukan dan mengunggahnya di media sosial. Bahkan, akun Twitter @ferdiriva turut mengunggsh beberapa kejadian yang terbilang jarang melihat selebriti luar negeri blusukan dan bersantai namun bukan di tempat wisata.

Unggahan pada Senin (6/7/2020) tersebut pun langsung ramai oleh netizen. Bahkan, hingga tulisan ini dibuat, unggah foto yang memperlihatkan Katy Perry tengah berada di Jalan Surabaya, Jakarta telah di retweet sebanyak lebih dari 20 ribu kali dan mendapat suka lebih dari 52 ribu kali.

Kira-kira siapa saja ya para selebriti luar negeri yang pernah blusukan hingga 'ngemper' di pinggir jalan Indonesia? Dirangkum Liputan6.com dari akun Twitter @ferdiriva, berikut ini beberapa potret selebriti yang terlihat bersantai saat berkunjung ke Indonesia, Selasa (7/7/2020).

1. Ini dia penampilan Katy Perry saat tengah berada di pinggir jalan kota Jakarta.

Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/ferdiriva)
Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/ferdiriva)

2. Saat di Jogja, Matt Damon terlihat 'blusukan' ke sawah. Momen ini pun sukses mencuri perhatian netizen.

Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/anitnaram)
Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/anitnaram)

3. Rupanya Andy Lau pada tahun 19990-an pernah berkunjung ke Salatiga loh.

Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/ferdiriva)
Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/ferdiriva)

4. Saat berkunjung di Indonesia, Essien justru asyik memotong rumput. Foto ini pun sempat viral dan jadi sorotan.

Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/romeogadungan)
Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/romeogadungan)

5. Saat berlibur di Bali, Pink dan keluarganya juga sempat berkunjung ke pasar tradisional loh, enggak disangka banget ya.

Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/inooongnnn)
Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/inooongnnn)

6. Wah, kalau fotonya diunggah di Facebook bakal seperti apa ya reaksinya?

Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/lautantariksa)
Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/lautantariksa)

7. Leader Big Bang, G-Dragon yang sempat membeli spidol di toko perlengkapan alat tulis di salah satu mall di Jakarta pun sempat jadi sorotan.

Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/ferdiriva)
Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/ferdiriva)

8. Duh, si Bapak sukses bikin para ARMY Indonesia iri deh ini.

Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/minsuga1993yoon)
Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/minsuga1993yoon)

9. Kalau Siwon udah tak perlu diragukan deh kelokalannya. Choi Siwon terlihat santai saat berjogging.

Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/ferdiriva)
Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/ferdiriva)

10. Dua member dari grup band Korea Selatan, CN Blue ini juga sempat viral karena terlihat santai saat 'ngemper' di pinggir jalan.

Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/ferdiriva)
Selebriti Luar negeri (Sumber: Twitter/ferdiriva)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trik Membuat Rambut Terlihat Lebih Indah dan Berisi Pakai Jedai

Posted: 06 Jul 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ingin tampilan rambut yang lebih bervolume dan indah tapi malas untuk blow? Eits, nggak perlu khawatir. Anda bisa kok membuatnya dengan mudah hanya dengan satu alat, yaitu jepitan badai. 

Aksesori berjuluk jedai itu dipercaya bisa membuat rambut terlihat makin berisi, lho. Selain menghemat waktu, penggunaan jepitan badai juga lebih sehat untuk rambut ketimbang dengan alat styling.

Pasalnya, panas dari alat tersebut mampu merusak kutikula rambut. Bila tidak diimbangi dengan perawatan, rambut bisa menjadi kering, bercabang, dan rapuh.

Lalu, bagaimana sih cara menggunakan jedai untuk menata rambut? Caranya cukup mudah, kamu hanya menggulung rambut dan tinggal menunggunya selama beberapa menit. 

Untuk lebih jelasnya, yuk ikuti langkah hair styling dari channel Bacaterus TV yang ada di aplikasi streaming Vidio di bawah ini.

1. Langkah paling awal adalah semprot rambut kamu menggunakan vitamin.

Langkah pertama dalam styling rambut dengan jedai. (Sumber: kamini.id)
Langkah pertama dalam styling rambut dengan jedai. (Sumber: kamini.id)

2. Sisir rambut kamu hingga ke belakang.

Langkah kedua styling rambut dengan jedai. (Sumber: kamini.id)
Langkah kedua styling rambut dengan jedai. (Sumber: kamini.id)

3. Setelah disisir ke belakang, buat ponytail.

Langkah ketiga styling rambut dengan jedai. (Sumber: kamini.id)
Langkah ketiga styling rambut dengan jedai. (Sumber: kamini.id)

4. Jika kamu pemilik rambut banyak, ada baiknya dibagi ke dalam dua bagian ya.

Langkah keempat styling rambut dengan jedai. (Sumber: kamini.id)
Langkah keempat styling rambut dengan jedai. (Sumber: kamini.id)

5. Ambil ujung bawah rambut, kemudian gulung ke dalam sembari mengarahkannya ke atas.

Langkah kelima styling rambut dengan jedai. (Sumber: kamini.id)
Langkah kelima styling rambut dengan jedai. (Sumber: kamini.id)

6. Jepit rambut menggunakan jedai dari arah atas maupun bawah.

Langkah keenam styling rambut dengan jedai. (Sumber: kamini.id)
Langkah keenam styling rambut dengan jedai. (Sumber: kamini.id)

7. Lakukan hal yang sama dengan rambut yang tadi sudah dibagi dua dan diamkan beberapa saat.

Langkah ketujuh styling rambut dengan jedai. (Sumber: kamini.id)
Langkah ketujuh styling rambut dengan jedai. (Sumber: kamini.id)

8. Buka jedai tersebut dan kamu akan mendapatkan hasil rambut yang terlihat lebih berisi dan curly.

Langkah kedeelapan styling rambut dengan jedai. (Sumber: kamini.id)
Langkah kedeelapan styling rambut dengan jedai. (Sumber: kamini.id)

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

E-KTP Kilat Djoko Tjandra, Dirjen Dukcapil: Pembuatannya hanya 1 Jam 19 Menit

Posted: 06 Jul 2020 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Buron kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) terkait pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra lolos saat membuat e-KTP di Kelurahan Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh menungkap Djoko Soegiarto Tjandra yang mengganti namanya menjadi Joko Soegiarto Tjandra itu membuat e-KTP dalam waktu singkat.

Dalam waktu 1 jam 19 menit, e-KTP Djoko Tjandra sudah tercetak.

"Dari database Dukcapil dapat diketahui, perekaman e-KTP yang bersangkutan dilakukan pada pukul 07.27 WIB. Pencetakan KTP-el dilakukan pada pukul 08.46 WIB, sehingga dibutuhkan waktu kurang lebih 1 Jam 19 menit," kata Zudan dalam keterangannya, Selasa (7/7/2020).

Singkatnya waktu tersebut tidak mengherankan Zudan. Sebab, pembuatan e-KTP saat ini bisa saja selesai dengan catatan waktu lebih cepat dari milik Djoko Tjandra.

Cepatnya pembuatan e-KTP saat ini, lanjut Zudan, didukung oleh perbaikam sistem perekaman. Sehingga, dalam durasi 24 jam selama satu hari, direktoratnya dapat mencetak e-KTP sesuai data perekam.

"94,34 persen e-KTP selesai dalam waktu kurang dari 24 jam. Secara keseluruhan, data pembuatan selama Juni 2020 menunjukkan bahwa terdapat pembuatan 889.521 e-KTP," terang Zudan.

 

Tak Cuma Djoko

Zudan menegaskan, pembuatan e-KTP dengan waktu kilat tidak hanya bisa dilakukan Djoko Tjandra. Menurut data direkoratnya, ada 28,94 persen atau 257.477 data e-KTP yang selesai dalam kurun waktu 60 menit di seluruh Indonesia.

Kedua, untuk pembuatan durasi 1 hingga 2 Jam, ada 15,39 persen atau setara dengan 136.863 data e-KTP. Ketiga, untuk pembuatan durasi 2 hingga 3 jam ada 11,08 persen atau 98.579 data e-KTP.

Kemudian, untuk pembuatan durasi 3 hingga 6 jam ada 28,05 persen atau 249.507 data e-KTP. Kelima, untuk pembuatan durasi 6 hingga 24 jam ada 10,87 persen atau 96.712 data e-KTP.

Terakhir, untuk waktu pembuatan lebih dari 24 jam, hanya 5,66 persen atau 50.383 data e-KTP.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Rangkasbitung yang Terasa hingga Jakarta Berkekuatan Magnitudo 5,4

Posted: 06 Jul 2020 10:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan magnitudo 5,4 mengguncang wilayah Rangkasbitung, Banten pada Selasa 7 Juli 2020 pukul 11:44:14 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, episenter gempa berada di koordinat 6.69 lintang selatan (LS) dan 106.14 bujur timur (BT) atau 18 km barat daya Rangkasbitung.

"Pusat gempa berada di 18 km barat daya Rangkasbitung, Banten, 95 km barat daya Jakarta, dengan kedalaman 82 Km," tulis BMKG.

Gempa bumi juga dirasakan di sejumlah wilayah dengan tingkat getaran yang beragam, di antaranya Lebak III-IV MMI, Cihara, Rangkasbitung, Bayah, Pandeglang, Malingping, Cibeber, Banjarsari, Sukabumi III MMI, Jakarta, Depok, Bandung II-III MMI, dan Tangerang Selatan II MMI.

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan terkait dampak yang ditimbulkan dari guncangan gempa bumi tersebut.

Antisipasi Gempa Bumi

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi.

Sebelum:

- Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi. 

- Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung. 

- Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran. 

- Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi. 

- Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi. 

- Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi.

- Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran. 

- Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan. 

- Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.

Saat Terjadi Gempabumi:

- Jika Anda berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan. 

- Jika berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah. 

- Jika Anda sedang mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran. 

- Jika Anda tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami. 

- Jika Anda tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

 Setelah Terjadi Gempabumi:

- Jika Anda berada di dalam bangunan: keluar dari bangunan tersebut dengan tertib; jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa;periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K; telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda. 

- Periksa lingkungan sekitar Anda: apabila terjadi kebakaran, apabila terjadi kebocoran gas, apabila terjadi hubungan arus pendek listrik. Periksa aliran dan pipa air, periksa apabila ada hal-hal yang membahayakan. 

- Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa,karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan. 

- Jangan berjalan di daerah sekitar gempa, kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada. 

- Dengarkan informasi mengenai gempabumi dari radio (apabila terjadi gempa susulan). Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya. 

- Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi. 

- Jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan demi keamanan dan keselamatan kita semuanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Serie A AC Milan vs Juventus di Vidio Malam Ini

Posted: 06 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- AC Milan akan menjamu Juventus dalam laga giornata 31 Serie A 2019-2020, Rabu (8/7/2020) dini hari WIB. Ini menjadi pertemuan keempat kedua tim di musim 2019-2020.

Pada pekan ke-12, Juventus menekuk AC Milan di Turin melalui gol tunggal Paulo Dybala. Setelah itu, mereka bertarung dalam dua leg semifinal Coppa Italia.

Leg pertama di kandang I Rossoneri berkesudahan 1-1 (Ante Rebic 61; Cristiano Ronaldo-penalti 91). Juventus lolos ke final setelah leg kedua di Turin berkesudahan 0-0.

Jelang duel ini, AC Milan sedang dalam tren positif. Mereka baru saja 'membantu' Juventus menjauh dari kejaran peringkat kedua, Lazio. Tim arahan Stefano Pioli itu menang 3-0 di kandang Lazio melalui gol Hakan Calhanoglu, Zlatan Ibrahimovic (penalti), dan Ante Rebic.

AC Milan juga diuntungkan dengan bakal absennya dua pemain bintang Juventus, Dybala dan bek Matthijs de Ligt. Keduanya tak bisa main akibat akumulasi kartu kuning.

 

Link Live Streaming

Laga AC Milan melawan Juventus akan dimulai pukul 02.45 WIB. Vidio akan menyiarkan duel seru ini.

Untuk dapat menyaksikan siaran langsung pertandingan Serie A antara AC Milan melawan Juventus lewat live streaming silakan klik tautan berikut ini.

Prakiraan Susunan Pemain

Serie A - AC Milan Vs Juventus (Bola.com/Adreanus Titus)
Serie A - AC Milan Vs Juventus (Bola.com/Adreanus Titus)

Perkiraan Susunan Pemain:

AC Milan (4-2-3-1): G Donnarumma; Conti, Kjaer, Romagnoli, Hernandez; Kessie, Bennacer; Saelemaekers, Bonaventura, Paqueta; Ibrahimovic.

Pelatih: Stefano Pioli.

Juventus (4-3-3): Szczesny; Cuadrado, Rugani, Bonucci, Danilo; Bentancur, Pjanic, Matuidi; Bernardeschi, Higuain, Ronaldo.

Pelatih: Maurizio Sarri.

 

  • Head-to-Head

5 Pertemuan Terakhir

13-06-2020 Juventus 0-0 Milan (Coppa Italia)

14-02-2020 Milan 1-1 Juventus (Coppa Italia)

11-11-2019 Juventus 1-0 Milan (Serie A)

06-04-2019 Juventus 2-1 Milan (Serie A)

17-01-2019 Juventus 1-0 Milan (Supercoppa)

 

5 Laga Terakhir Milan

13-06-2020 Juventus 0-0 Milan (Coppa Italia)

23-06-2020 Lecce 1-4 Milan (Serie A)

28-06-2020 Milan 2-0 Roma (Serie A)

02-07-2020 SPAL 2-2 Milan (Serie A)

05-07-2020 Lazio 0-3 Milan (Serie A)

 

5 Laga Terakhir Juventus

18-06-2020 Napoli 0-0 Juventus (Coppa Italia)

23-06-2020 Bologna 0-2 Juventus (Serie A)

27-06-2020 Juventus 4-0 Lecce (Serie A)

01-07-2020 Genoa 1-3 Juventus (Serie A)

04-07-2020 Juventus 4-1 Torino (Serie A)

 

Jadwal

Rabu 8 Juli 2020

00.30 WIB, Lecce vs Lazio

02.45 WIB, AC Milan vs Juventus

Kamis 9 Juli 2020

00.30 WIB, Fiorentina vs Cagliari

00.30 WIB, Genoa vs Napoli

02.45 WIB, Torino vs Brescia

02.45 WIB, AS Roma vs Parma

02.45 WIB, Atalanta vs Sampdoria

02.45 WIB, Bologna vs Sassuolo

Klasemen Serie A

 

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyederhanaan Cukai Rokok Jadi Strategi Reformasi Fiskal Kemenkeu

Posted: 06 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menetapkan penyederhanaan (simplifikasi) struktur tarif cukai hasil tembakau sebagai salah satu bagian strategi Reformasi Fiskal.

Kepastian tersebut diperoleh setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati resmi menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 77/PMK.01/2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan Tahun 2020 – 2024.

Haula Rosdiana, Guru Besar Perpajakan Departemen Ilmu Administrasi Fiskal Universitas Indonesia menilai kebijakan cukai dapat menjadi instrumen pengendalian konsumsi rokok untuk menyelamatkan kelompok masyarakat yang rentan.

"Kebijakan yang komprehensif dan holistik diperlukan karena keterjangkauan dan penerimaan negara harus diamankan. Jangan sampai ada penyelundupan pajak," kata Haula di Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Dia menjelaskan, kebijakan cukai merupakan salah satu instrumen yang cukup cepat dan efektif. Sebab, dampak kebijakan cukai juga akan langsung dirasakan konsumen.

Rencana perbaikan dan reformasi kebijakan cukai rokok juga dinilai telah sejalan dengan visi dan misi presiden menciptakan sumberdaya manusia yang maju dan unggul.

 

Ditandatangani Sri Mulyani

Sejumlah batang rokok ilegal diperlihatkan petugas saat rilis rokok ilegal di Kantor Direktorat Jenderal Bea Cukai, Jakarta, Jumat (30/9). Rokok ilegal ini diproduksi oleh mesin dengan total produksi 1500 batang per menit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah batang rokok ilegal diperlihatkan petugas saat rilis rokok ilegal di Kantor Direktorat Jenderal Bea Cukai, Jakarta, Jumat (30/9). Rokok ilegal ini diproduksi oleh mesin dengan total produksi 1500 batang per menit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebagaimana diketahui, Sri Mulyani menandatangani PMK 77/2020 pada 29 Juni 2020 dan mulai berlaku 30 Juni 2020. Dokumen itu menyebutkan Reformasi Fiskal dilakukan demi memperkuat pertumbuhan dan daya saing ekonomi yang merupakan satu dari lima pilar untuk mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 18/2020 tentang RPJMN 2020-2024 telah menetapkan tujuh agenda pembangunan beserta arah kebijakannya.

"Kementerian Keuangan dalam Agenda Pembangunan Pertama RPJMN tahun 2020- 2024 diamanatkan dapat berkontribusi dalam mendukung arah kebijakan pembangunan nasional," tulis Sri Mulyani dalam PMK 77/2020.

Sesuai aturan tersebut, strategi Reformasi Fiskal akan dijalankan oleh semua direktorat dan badan di bawah Kementerian Keuangan, termasuk Badan Kebijakan Fiskal dan Direktorat Jenderal Bea Cukai.

Dalam kesempatan yang sama, Pande Putu Oka, Kepala Pusat Kebijakan Pendapatan Negara Badan Kebijakan Fiskal juga menegaskan bahwa cukai memiliki dua dimensi yakni pengaturan (regulerend) dan penerimaan (budgeter). "Dalam konteks dinamika reformasi cukai kita sudah punya beberapa perjalanan yang panjang baik penggolongan, simplifikasi, dan lain-lain," kata dia.

Menurut Pande, reformasi kebijakan cukai rokok antara lain meliputi penyederhanaan tarif, harga transaksi pasar, dan harga jual eceran. Seluruh proses tersebut bertujuan meningkatkan kemudahan administrasi, mengurangi rentang harga, moral hazard, hingga meminimalkan peredaran rokok illegal.

Langkah pemerintah menetapkan penyederhanaan tarif cukai rokok sebagai salah satu strategi kebijakan Reformasi Fiskal telah sejalan dengan masukan berbagai pihak. Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (LDUI) dan Bank Dunia sebelumnya telah mengusulkan pemerintah menempuh kebijakan ini.

Manajer Informasi Kependudukan Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia, Nur Hadi Wiyono menilai, sistem struktur cukai saat ini yang berjenjang dan memiliki banyak layer berpotensi membuka celah pelanggaran kebijakan cukai.

"Kami sudah usulkan pada pemerintah untuk melakukan usaha simplifikasi cukai agar dilakukan penyederhanaan secara bertahap," ungkap Nur Hadi.

 

Rekomendasi Bank Dunia

Bea Cukai pun terus melakukan pengawasan di daerah produksi dan pemasaran rokok ilegal antara lain di Malang, Jawa Timur dan Teluk Bayur, Sumatera Barat.
Bea Cukai pun terus melakukan pengawasan di daerah produksi dan pemasaran rokok ilegal antara lain di Malang, Jawa Timur dan Teluk Bayur, Sumatera Barat.

Bank Dunia dalam Review Anggaran Indonesia juga merekomendasikan hal serupa. Sebab, penyederhanaan tarif cukai diprediksi memberikan keleluasaan ruang fiskal hingga 0,7 persen dari Produk Domestik Domestik Bruto (PDB), jauh di atas keuntungan fiskal dari penghapusan subsidi energi atau penghapusan pembebasan pajak pertambahan nilai yang hanya berkisar 0,2-0,4 persen dari PDB.

Kebijakan penyederhanaan struktur cukai secara bertahap sebelumnya telah tercantum pada PMK 146/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau. Lewat aturan ini, struktur tarif cukai rokok akan disederhanakan secara bertahap dari 12 layer di 2017 menjadi 5 layer di 2021. Pemerintah menempuh kebijakan tersebut dalam rangka optimalisasi penerimaan cukai hasil tembakau, meningkatkan kepatuhan pengusaha pabrik serta penyederhanaan sistem administrasi di bidang cukai.

Baru setahun berjalan, kebijakan simplifikasi dibatalkan melalui terbitnya PMK 156/2018. Belakangan, Bank Dunia menyebut bahwa agenda reformasi cukai sempat terhambat lobi-lobi dari industri rokok. Dengan reformasi cukai ini, Indonesia dinilai dapat mendorong penerimaan negara, menurunkan prevalensi merokok, menyelamatkan kehidupan dan mengurangi biaya kesehatan akibat penyakit terkait merokok.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kebakaran Hanguskan Rumah dan Kios di Jalan Minangkabau

Posted: 06 Jul 2020 10:30 PM PDT

Suasana kebakaran rumah dan kios di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)
Suasana kebakaran rumah dan kios di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)

Suasana kebakaran rumah dan kios di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)

Warga membantu petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan rumah dan kios yang terbakar di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)
Warga membantu petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan rumah dan kios yang terbakar di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)

Warga membantu petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan rumah dan kios yang terbakar di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)

Warga membantu petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan rumah dan kios yang terbakar di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)
Warga membantu petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan rumah dan kios yang terbakar di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)

Warga membantu petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan rumah dan kios yang terbakar di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)

Warga membantu petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan rumah dan kios yang terbakar di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)
Warga membantu petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan rumah dan kios yang terbakar di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)

Warga membantu petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan rumah dan kios yang terbakar di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)

Warga melihat pendinginan rumah dan kios yang terbakar di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)
Warga melihat pendinginan rumah dan kios yang terbakar di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)

Warga melihat pendinginan rumah dan kios yang terbakar di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)

Warga mengevakuasi barang-barang saat kebakaran rumah dan kios di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)
Warga mengevakuasi barang-barang saat kebakaran rumah dan kios di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)

Warga mengevakuasi barang-barang saat kebakaran rumah dan kios di Jalan Minangkabau, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Seorang TNI Marahi Kades karena Kondisi Bendera Indonesia

Posted: 06 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Viral sebuah video seorang TNI berpangkat Danramil marah ketika mendapati kondisi bendera merah putih yang tak terawat di halaman kantor desa. TNI itu pun memarahi Kepala Desa setempat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lama Tak Pemanasan, Ari Lasso Alami Kram Diafragma Saat Manggung Virtual

Posted: 06 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama masa pandemi Corona Covid-19, banyak penyanyi mulai off berkegiatan, temasuk juga Ari Lasso. Mantan vokalis Dewa 19 itu lebih banyak membuat konten untuk kanal YouTube-nya.

Baru beberapa waktu lalu, Ari Lasso kembali ke "panggung" lewat sebuah mini konser di fitur Instagram Live. Namun karena sudah lama tidak manggung, Ari Lasso menemui sedikit kendala.

Ari Lasso mengalami kram diafragmanya di tengah-tengah acara berlangsung. Hal itu disampaikan Ari Lasso saat berbincang dengan Luna Maya di kanal YouTube Luna Maya beberapa waktu lalu.

"Kemarin nyanyi, lama nggak pemanasan dua minggu karena masa Covid ini, nyanyi lah langsung IG Live. Itu lagu ketiga kram diafragma gua," kata Ari Lasso.

 

Minta Waktu

Ari Lasso. (Foto: Instagram @ari_lasso)
Ari Lasso. (Foto: Instagram @ari_lasso)

Karena hal tersebut, Ari Lasso langsung mengabil sikap. Ia meminta waktu untuk melakukan peregangan dengan latihan pernapasan di ruangan yang berbeda.

"Jadi kayak, 'Ndra, Stop dulu, kamu ngomong dulu, aku pemanasan ke ruang sebelah dulu'," ungkap Ari Lasso.

 

Panik

Ari Lasso. (Foto: Instagram @ari_lasso)
Ari Lasso. (Foto: Instagram @ari_lasso)

Rupanya latihan pernapasan menjadi rutinitas yang wajib dilakukan oleh Ari Lasso. Akibatnya jika tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu bisa menyebabkan kram dan hal lain yang membuatnya panik.

"Aku kalau nggak lakuin ini Luna sebelum nyanyi, itu panik aku, aku harus cari kamar mandi dulu (untuk pemanasan)," ujar Ari Lasso.

 

Latihan Setiap Hari

Kalaupun tidak ada jadwal manggung, Ari Lasso tetap melakukan latihan pernapasan di pagi hari.

"Aku masih belajar nyanyi sampe sekarang, latihan pernapasan, humming, masih setiap bangun tidur. Manfaatnya, kita kalau nyanyi itu enggak boleh dari paru-paru, paru-paru itu mengolah oksigennya, tapi manajemen pengelolaan napasnya dikelola oleh diafragma," kata Ari Lasso. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Eucalyptus, Ini Kata Tim Riset Corona dan Formulasi Vaksin PNF

Posted: 06 Jul 2020 10:25 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Guru Besar Biologi Molekuler Universitas Airlangga (Unair) yang juga Ketua Tim Riset Corona dan Formulasi Vaksin di Professor Nidom Foundation (PNF), Chairul Anwar Nidom, menilai inovasi produk antivirus Corona dari tanaman eucalyptus merupakan temuan awal yang sangat bagus.

Menurut dia, riset mengenai eucalyptus harus diteruskan karena penelitian ini menjadi kabar yang menggembirakan. Apalagi bahan yang diteliti merupakan bahan alami Indonesia untuk mengatasi penyakit, baik yang disebabkan oleh virus, bakteri atau potensi terhadap Covid 19.

"Bahkan penelitian bahan alami ini sampai ke luar negeri. Saya kira ini sangat berpotensi adanya fakta bahwa minyak eucalyptus bisa dibuat sebagai antivirus," kata Chairul, Senin, 6 Juli 2020.

Karenanya, Chairul berharap para peneliti litbang Kementan melakukan kolaborasi dengan para peneliti penyakit dan kuman penyakit (patogen) untuk melakukan riset lebih dalam pada eucalyptus, serta ditingkatkan dengan fasilitas riset yang canggih berteknologi.

"Harus diselesaikan dengan dukungan dana riset, fasilitas, dan SDM yang unggul," katanya.

Sementara itu, Pengamat Pertanian yang juga Ketua Harian DPD HKTI Jawa Barat, Entang Sastraatmaja menilai inovasi yang dilakukan Kementerian Pertanian patut diapresiasi dan harus didukung oleh semua pihak. Menurut Entang, inovasi ini sangat dinantikan oleh rakyat Indonesia. Mestinya ide dasar ini ditangkap oleh publik sebagai ikhtiar yang butuh pengkajian lebih lanjut.

"Semua Kementerian, Lembaga ataupun Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian yang ada di negeri ini perlu mengembangkan hasil uji invitro, sehingga menjadi karya anak bangsa yang sangat bermanfaat. Bahkan Presiden Jokowi harusnya menjadi sosok yang tepat untuk membawa samua ini guna mengawal dan mewujudkan vaksin antivirus berbasis eucalyptus," katanya.

Mengenai munculnya tanggapan yang keliru dari masyarakat, kata Entang, Litbang Kementan harus lebih serius dan meningkatkan kinerja penelitian ini sebagai pengalaman berharga.

"Jadi saya kira kritik yang disampaikan publik itu dijadikan motivasi saja untuk kedepannya. Mereka akan berpikir ulang ketika hasilnya benar-benar dirasakan," katanya.

Sementara itu, Enterprenur Milenial Mochamad Ali Rizaldi berpendapat bahwa setiap inovasi yang dikembangkan oleh Kementan selama ini selalu dirasakan dampak dan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Kementan, kata dia, selalu mengutamakan hasil tanaman dalam negeri untuk dilakukan pengembangan serta uji coba yang bermanfaat untuk petani dan masyarakat.

"Alhamdulillah saya melihat Kementan selalu berpikir untuk kepentingan orang banyak. Saya berharap masyarakat bisa merubah mindsetnya dan mencoba untuk turun langsung kelapangan dan merasakan manfaatnya," tutupnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhat Akun Instagramnya Hilang, Ini 5 Pernyataan Haru Kekeyi

Posted: 06 Jul 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, selebgram sekaligus YouTuber Kekeyi membuat netizen heboh. Lantaran akun Instagram miliknya diketahui hilang atau tak bisa ditemukan. Pemilik nama lengkap Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka ini diketahui begitu aktif mengunggah kegiatannya sehari-hari di media sosial tersebut.

Bukan hanya unggah momen keseharian, Kekeyi juga diketahui mendpatkan penghasilan dari Instagram lewat jasa endorse dan sebagainya. Setelah akun Instagramnya hilang dan tak bisa diakses beberapa hari, selebgram berusia 25 tahun itu pun akhirnya memberikan klarifikasi.

Kekeyi mengunggah video di channel YouTube-nya bertajuk "KEKEYI KLARIFIKASI | AKUN INSTAGRAM HILANG!!!" yang tayang pada Senin (6/7/2020). Dlaam video Kekeyi mengungkapkan curhatannya soal Instagramnya yang hilang. 

Berikut ini 5 pernyataan Kekeyi soal akun Instagramnya yang mendadak hilang, dilansir dari channel YouTube rahmawati kekeyi putri cantikka oleh Liputan6.com, Selasa (7/7/2020).

1. Dinonaktifkan oleh Pihak Instagram

Kekeyi unggah curhatan akun Instagramnya hilang, tak bisa bekerja. (Sumber: YouTube/  rahmawati kekeyi putri cantikka)
Kekeyi unggah curhatan akun Instagramnya hilang, tak bisa bekerja. (Sumber: YouTube/ rahmawati kekeyi putri cantikka)

Dalam pernyataannya di YouTube, Kekeyi mengatakan bahwa akun miliknya itu tiba-tiba tak bisa ditemukan. Mantan kekasih Rio Ramadhan ini mengaku dalam videonya kemarin adalah hari paling menyedihkan untuknya. Pasalnya, akun Instagram yang selama ini menjadi tempat untuknya berekspresi dan juga mencari uang itu dinonaktifkan pihak Instagram.

"Malam ini adalah malam paling menyedihkan. Akun instagram aku di nonaktifkan oleh pihak Instagram," tutur Kekeyi.

2. Tak Tahu Alasan Akunnya Ditutup

Kekeyi unggah curhatan akun Instagramnya hilang, tak bisa bekerja. (Sumber: YouTube/  rahmawati kekeyi putri cantikka)
Kekeyi unggah curhatan akun Instagramnya hilang, tak bisa bekerja. (Sumber: YouTube/ rahmawati kekeyi putri cantikka)

Pelantun lagu "Keke Bukan Boneka" ini juga membeberkan jika ia sama sekali tak tahu alasan kenapa akunnya dinonaktifkan. Ada yang mengatakan jika kaun Kekeyi menghilang, lantaran direport oleh netizen. 

"Aku juga gak tahu apa kesalahan di situ. Ada yang bilang ke aku, kalau itu karena report dari netizen. Ada yang bilang karena yang lainnya. Aku gak tahu apa salah aku," jelas Kekeyi.

3. Instagram Jadi Tempatnya Bekerja

Kekeyi unggah curhatan akun Instagramnya hilang, tak bisa bekerja. (Sumber: YouTube/  rahmawati kekeyi putri cantikka)
Kekeyi unggah curhatan akun Instagramnya hilang, tak bisa bekerja. (Sumber: YouTube/ rahmawati kekeyi putri cantikka)

Sebagai seorang selebgram, Instagram begitu penting bagi Kekei. Dlaam video ia melanjutkan jika butuh waktu dua tahun untuk membangun Instagramnya hingga bisa tenar seperti sekarang.

"Dua tahun lamanya aku membangun akun itu. Dengan tangis tiap malam, rasa sakit yang aku alami," terangnya.

Kekeyi menjadikan akun tersebut sebagai tempatnya bekerja mencari uang. Bila akun tersebut hilang, Kekeyi bingung harus kerja apa dan ia pun tak punya penghasilan lagi. 

4. Takut Tak Bisa Bekerja Lagi

Kekeyi unggah curhatan akun Instagramnya hilang, tak bisa bekerja. (Sumber: YouTube/  rahmawati kekeyi putri cantikka)
Kekeyi unggah curhatan akun Instagramnya hilang, tak bisa bekerja. (Sumber: YouTube/ rahmawati kekeyi putri cantikka)

Semakin menjelaskan isi curhatannya, tangis Kekeyi pun pecah saat ia menuturkan takut tak bisa bekerja lagi jika akunnya tak kembali.

"Kalau misalnya aku gak kerja, kalau misalnya aku gak jadi public figure, aku kerja apa? Aku takut melamar pekerjaan di luar sana. Aku takut kayak kemarin, aku kayak bener-bener melamar kerja," ucap selebgram asal Nganjuk ini.

"Belum dilihat file yang aku bawa tapi aku ditolak mentah-mentah karena fisik aku. Aku takut itu terjadi lagi. Maafin aku. Aku mohon izinkanlah aku bekerja lagi," sambungnya.

5. Pakai Akun Instagram Sementara

Kekeyi unggah curhatan akun Instagramnya hilang, tak bisa bekerja. (Sumber: YouTube/  rahmawati kekeyi putri cantikka)
Kekeyi unggah curhatan akun Instagramnya hilang, tak bisa bekerja. (Sumber: YouTube/ rahmawati kekeyi putri cantikka)

Kekeyi menuturkan jika dirinya belum tahu akan membuat akun baru atau tidak. Sejak akun Instargam aslinya hilang pada Rabu (1/7/2020) Kekeyi akan aktif menggunakan akun barunya @rkpc_kekeyi23. Followersnya pun sudah mencapai lebih dari 12 ribu.

Namun jika akun aslinya benar-benar menghilang tak bisa kembali, YouTuber ini mengaku akan mengikhlaskannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Wacana Solusi Tekan COVID-19 di Jatim, Termasuk PSBB Tingkat Kecamatan

Posted: 06 Jul 2020 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur menyatakan ada empat poin wacana solusi alternatif untuk menekan angka penularan COVID-19 yang masih tinggi di wilayah setempat, terutama di Surabaya Raya.

"Ada empat poin wacana solusi alternatif yang bisa diterapkan di Surabaya Raya," ujar Kapolda Jawa Timur Irjen Pol M Fadil Imran saat rapat analisa dan evaluasi (anev) di Mapolda setempat, seperti dikutip dari Antara, ditulis Selasa, (7/7/2020).

Empat poin tersebut, antara lain plan A dilakukan dengan menerapkan pendisiplinan protokol kesehatan penerapan normal baru berdasarkan epidemiologi peningkatan kesadaran masyarakat.

Plan B dengan meneruskan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Untuk plan C adalah merumuskan pembatasan berbasis kelurahan atau kecamatan dalam radius 100 hingga 200 meter dari pusat konfirmasi warga yang positif COVID-19 Sementara untuk plan D yakni menerapkan kembali PSBB di kelurahan atau kecamatan selama 14 hari penuh.

"Itu wacana saja, segala sesuatunya kita harus persiapkan. Saya melemparkan model sambil kita melakukan kajian secara scientific berdasarkan data dan masukan dari para pakar. Pakar epidemiologi, pakar ekonomi. Jadi kalau bottom up  lebih enak," kata Fadil.

Fadil mengatakan, plan tersebut baru sebatas wacana dan akan dipilih yang terbaik. Namun, kini pihaknya masih mempersiapkan. "Ya namanya dipersiapkan," tutur dia.

Cari Solusi Tepat untuk Penanganan COVID-19 di Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara itu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, anev ini dilakukan sesuai perintah Presiden Joko Widodo yang meminta ada penurunan kasus COVID-19 di Jatim dalam dua minggu.

"Presiden waktu datang beberapa waktu lalu, dari arahan beliau bagaimana antara perlindungan, kesehatan dan ekonomi ini bisa berseiring ada gas dan rem. Kapan digas, kapan direm, ini membutuhkan dinamika yang harus dicarikan titik keseimbangan," ujar Khofifah.

Selain itu, Khofifah mengatakan langkah ini untuk mencari solusi bagaimana penanganan COVID-19 yang tepat di Jatim, terutama di Surabaya Raya yang kasusnya paling tinggi.

"Namanya equilibrium dinamic. Jadi dinamika itu harus ter-update, real time dan any time. Tidak bisa kita update menunggu beberapa hari atau beberapa minggu. Maka, one gate system itu real time bagaimana evaluasi dan layanan secara kuratif bisa didistribusikan terutama untuk Surabaya Raya," ujarnya.

Khofifah juga meminta semuanya dilihat secara sistemik. Yakni ada proses dinamika dan harus dilakukan proses equilibrium dinamic.

"Semua bergerak, semua mereport dan kita butuh quick report. Itu pentingnya harus dilakukan quick response," katanya.

Pada anev tersebut hadir pula Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah, Bupati Gresik Sambari, hingga Plt Bupati Sidoarjo Nur Achmad. Sedangkan untuk anev bersama Kota Surabaya sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hunian DP 0 Rupiah Pemprov DKI, Rusunami Klapa Village Baru Terisi 168 Unit

Posted: 06 Jul 2020 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko menyatakan dari total 780 unit di Rusunami Klapa Village, Jakarta Timur, baru 168 unit yang berpenghuni.

Rusunami Klapa Village merupakan program pertama Samawa dengan tanpa uang muka (DP) nol rupiah yang telah diresmikan Pemprov DKI Jakarta pada 2018.

"Untuk akad kredit sudah 252 pemohon, yang sudah ditempati 168 unit," kata Sarjoko saat dihubungi soal Rusunami Klapa Village, Selasa (7/7/2020).

Sementara itu, kata dia, saat ini Pemprov DKI Jakarta telah bekerja sama dengan Perum Perumnas untuk pemasaran unit DP nol rupiah di Rusunami Bandar Kemayoran, Jakarta Utara dan Sentraland Cengkareng, Jakarta Barat.

Sarjoko menyebut masyarakat dapat mengajukan untuk dua lokasi tersebut mulai Sabtu 4 Juli 2020 lalu. Untuk jumlah unitnya pun terbatas.

 

Di Kemayoran dan Cengkareng

Untuk hunian di Rusunami Bandar Kemayoran, Jalan Rajawali Utara, Pademangan terdapat 30 unit yang ditawarkan dengan ukuran 27 meter persegi.

Harga yang ditawarkan yakni Rp 285.120.000 ditambah Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL) sebesar Rp 10.000 per bulannya.

"Sedangkan untuk di Sentraland Cengkareng, Jakarta Barat total hunian yang ditawarkan sebanyak 64 unit," jelasnya.

Ukuran satu unit yang ditawarkan yakni tipe satu kamar dengan luas 21 meter persegi. Sedangkan harga yang ditawarkan berkisar Rp 198 juta ditambah IPL sebesar 12.000 setiap bulan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Terduga Pelaku Serangan di Pusat Rehabilitasi Narkoba Meksiko Ditangkap

Posted: 06 Jul 2020 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Mexico City- Polisi Meksiko telah menangkap tiga pria terduga pelaku serangan bersenjata di sebuah pusat rehabilitasi narkoba yang menewaskan 27 orang. 

Dikutip dari AFP, Selasa (7/7/2020), informasi tentang penangkapan tersebut disampaikan oleh kantor kejaksaan setempat. 

Para pelaku bersenjata itu dilaporkan menyerang fasilitas yang berlokasi di pusat kota Irapuato, Negara Bagian Guanajuato, pada Rabu 1 Juli 2020.

Menurut keterangan dari pihak berwenang, para korban dipaksa untuk berlutut "ke tanah lalu menembak mereka ditembak". Para pelaku ditangkap secara serentak oleh pasukan khusus. 

Kantor Kejaksaan Meksiko menanggapi insiden itu via Twitter, dengan menyebutnya sebagai "kejahatan keji."

Selain itu, kecaman terhadap serangan di pusat rehabilitasi narkoba tersebut juga diberikan oleh Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador. 

Insiden serangan bersenjata itu disebut sebagai yang paling mematikan di tahun ini di Meksiko.

Pada awalnya, jumlah korban tewas adalah 24 orang, tetapi tiga lainnya yang terluka juga meninggal dalam perawatan.

Presiden Andres Manuel Lopez Obrador memberikan perintah penyelidikan kepada pemerintah Guanajuato, yang dipimpin oposisi, untuk mengetahui apakah ada "persekongkolan" antara pemerintah setempat dan gerombolan penjahat dalam kekerasan itu.

Insiden itu diyakini sebagai bagian dari konflik yang sedang berlangsung antara dua kartel narkoba, menurut laporan media lokal. 

 

 

Insiden Terbesar Kedua di Meksiko

Ilustrasi Foto Garis Polisi (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Garis Polisi (iStockphoto)

Hadirnya infrastruktur energi skala besar di Guanajuato dikatakan menarik kartel seperti Santa Rosa de Lima, yang berurusan dengan pencurian bahan bakar. 

Juga adanya ketegangan antara mereka dengan Generasi Baru Jalisco, yang merupakan salah satu kartel terkuat di Meksiko dalam mengendalikan perdagangan yang menguntungkan.

26 tersangka anggota Santa Rosa de Lima, yang memblokade jalan dengan membakar kendaraan di tiga kota telah ditangkap, kata pihak berwenang pada 21 Juni. 

Adapun laporan pembunuhan lain beberapa hari sebelumnya, yang dialami oleh enam anggota dari satu keluarga, termasuk anak di bawah umur di Celaya, yang merupakan salah satu kota dimana kartel tersebut melakukan blokade jalan. 

Sejak Lopez Obrador berkuasa pada 2018, insiden yang terjadi di pusat rehabilitasi narkoba pada 1 Juli itu adalah yang terbesar kedua di Meksiko, setelah 28 orang tewas dibunuh dalam serangan di sebuah bar di Negara Bagian Veracruz Agustus 2019.

Sejak Desember 2006, ketika pemerintah mulai mengerahkan operasi militer untuk melawan kartel narkoba, ada lebih dari 290.000 orang yang tewas, menurut angka resmi. 

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Bumi Getarkan Jabodetabek, Warganet di Twitter Riuh

Posted: 06 Jul 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi dilaporkan terasa di sejumlah wilayah di Jabodetabek. Menurut informasi dari akun Twitter Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG), pusat gempa berada di 18 km barat daya Rangkas Bitung, Banten.

Magnitudo gempa itu 5,4 dan tidak berpotensi tsunami. Kejadian ini sontak mendapat respons dari banyak warganet yang mengaku  merasakannya.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan, Selasa (7/7/2020), tagar gempa kini menjadi Trending Topic Twitter. Selain banyak yang merasakan, tidak sedikit pula yang tidak menyangka terjadi gempa.

Untuk mengetahup seperti apa respons warganet mengenai gempa yang baru saja terjadi di Jabodetabek, berikut ini beberapa kicauan yang sudah dihimpun dari Twitter.

Gempa Magnitudo 6,1 Jepara Terasa hingga Yogyakarta

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Selain di Jabodetabek, gempa sebelumnya juga terjadi di wilayah Jepara, Jawa Tengah. 

Pusat gempa terjadi di laut atau 53 kilometer barat laut Jepara hingga getarannya terasa di beberapa bagian wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Seperti di wilayah Mlati, Kabupaten Sleman, Sedayu, Kabupaten Bantul serta beberapa bagian Kulon Progo.

"Gempa tersebut menghasilkan spektrum gelombang seismik yang luas dirasakan hingga DIY dikarenakan memiliki energi yang cukup besar," jelas Supervisor Pusat Gempa Regional VII Stasiun Geofisika Yogyakarta Nugroho Budi W, Selasa (7/7/2020) dilansir Antara.

Menurutnya, energi besar yang mampu menjangkau wilayah yang jauh karena mengalami proses pemantulan dan pembiasan gelombang.

Selain faktor sumber gempa, kondisi geologi lokal lanjut Budi juga menjadi faktor penyebab gempa itu dapat dirasakan atau tidak.

"Wilayah dengan kondisi geologi yang didominasi lapisan endapan atau sedimen akan memiliki peluang merasakan getaran gempa. Hal ini dikarenakan gelombang gempa yang melalui kondisi geologi tersebut akan mengalami pembesaran gelombang gempa atau amplifikasi," kata dia.​​​​​​​

Tidak Berpotensi Gelombang Tsunami

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Sementara itu, Sugeng, warga Sentolo, Kulon Progo, menceritakan saat getaran gempa yang cukup kuat dia rasakan ketika masih berada di dalam rumah.

"Terasa banget seperti gempa (Yogyakarta) 2006. Rumah bergetar kencang. Tetangga saja langsung membunyikan kentongan," kata Sugeng.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi dengan magnitudo 6,1 yang terjadi Selasa pukul 05.54 WIB berada di laut pada koordinat 6,12 Lintang Selatan dan 110,55 Bujur Timur. Atau 53 km barat laut Kota Jepara pada kedalaman 578 km.

Menurut BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Dan hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa itu.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendag Sosialisasikan Aturan Impor Melalui Mekanisme Kawasan Pabean

Posted: 06 Jul 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan sosialisasi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) 51/2020 tentang pemeriksaan dan pengawasan tata niaga impor setelah melalui kawasan pabean (post border) secara virtual pada Selasa (7/7/2020).

"Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 51/2020 akan diberlakukan secara efektif pada bulan Agustus nanti dimana Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga diamanatkan untuk melaksanakan pemeriksaan dan pengawasan terhadap barang tertentu yang diberlakukan tata niaga impor dengan mekanisme post border," ujar Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN), Veri Anggrijono dalam sambutannya.

Permendag 51/2020 ini disusun untuk menyesuaikan dan meningkatkan efektivitas dan pengawasan tata niaga impor setelah melalui kawasan pabean. Dengan diterbitkannya Permendag ini, maka Permendag 28/2018 tentang pelaksanaan tata niaga impor di luar kawasan pabean atau post border telah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Adapun beberapa hal yang menjadi perubahan dalam Permendag sebelumnya adalah adanya pencabutan self declaration dan digantikan dengan kewajiban pemenuhan persyaratan impor, yaitu mencantumkan data persyaratan impor dalam dokumen Pemberitahuan Impor Barang (PIB) berupa nomor dan tanggal atas dokumen persetujuan impor dan atau laporan surveyor sesuai dengan masing-masing larangan dan pembatasan (lartas) yang telah diberlakukan tata niaga impor di masing-masing komoditi yang telah diatur di tingkat peraturan Menteri Perdagangan.

"Dengan pemendag 51/2020 ini, pengawasan dan pemeriksaan akan dapat dilakukan bersama sama dengan tim teknis lainnya secara efektif akan para pelaku usaha yang pada waktu kemarin mencoba untuk melihat celah dari peraturan tersebut dengan peraturan ini mudah mudahan celah celah yang sering dimanfaatkan pelaku usaha ini dapat tertutupi dengan berlakunya Permendag 51/2020 ini," kata Veri.

Kemendag Bakal Setop Impor Produk yang Ganggu Industri Dalam Negeri

Tumpukan peti barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Ekspor dan impor masing-masing anjlok 18,82 persen dan ‎27,26 persen pada momen puasa dan Lebaran pada bulan keenam ini dibanding Mei 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Tumpukan peti barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Ekspor dan impor masing-masing anjlok 18,82 persen dan ‎27,26 persen pada momen puasa dan Lebaran pada bulan keenam ini dibanding Mei 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menghentikan impor barang-barang yang dinilai merugikan industri dalam negeri.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Kemendag akan berkoordinasi dengan kementerian terkait seperti Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, apabila ada impor produk yang berpotensi menganggu industri dalam negeri, maka harus dilihat apakah impor produk tersebut sesuai dengan aturan. 

"Bila ada produk lokal yang terganggu, akan kita lihat apakah sudah ini sudah sesuai dengan aturan impor barangnya. Apabila produk ini ganggu industri kita, akan setop bila menganggu industri dalam negeri. Kita sedang melakukan pengendalian impor," kata dia di Jakarta, Kamis (11/6/2020).

Terkait dengan impor produk apa yang akan dihentikan, Agus menyatakan akan berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga (K/L) terkait. Sebab, keputusan untuk menghentikan impor tak bisa diputuskan oleh Kemendag sendiri.

"Untuk produknya kita akan bahas dengan K/L lain karena kita tidak bisa tetapkan sendiri. Supaya ini tepat sasaran, produknya kita lihat mana yang tidak support industri kita. Kita lihat industirnya. Kita bahas dengan Kementerian Perindustrian," tutup dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ade Fitrie Kirana Ciptakan Program Bantu Sesama Selama Pandemi

Posted: 06 Jul 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ade Fitrie Kirana, pesinetron yang dikenal masyarakat melalui aktingnya di serial Islam KTP SCTV, menilai dukungan terhadap sesama selama masa pandemi sebagai hal terpenting yang harus dilakukan masyarakat.

Di masa pandemi, kata Ade Fitrie Kirana, banyak orang terpaksa kehilangan pekerjaan. Sektor usaha dan industri juga mengalami defisit pemasukan yang mengakibatkan pengurangan jumlah tenaga kerja.

"Karena memerhatikan sesama di masa sulit seperti ini juga merupakan aktifitas positif yang baik dan berpahala," kata Ade Fitrie Kirana kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Ade Fitrie Kirana juga memberikan contoh mengenai usahanya memerhatikan sesama melalui program donasi dari bisnis kecantikan yang dijalankannya.

Manfaatkan Lini Usaha

Ade Fitrie Kirana (ist)
Ade Fitrie Kirana (ist)

Ade Fitrie Kirana saat ini menjalankan bisnis di bidang kecantikan, yakni AFK Beauty Skincare. Dari lini usahanya, ia membuat program yang dikhususkan untuk membantu sesama selama pandemi.

Belanja dan Donasi

Ade Fitrie Kirana (ist)
Ade Fitrie Kirana (ist)

"Kami membuat program di mana orang bisa berbelanja namun juga bisa ikut berdonasi. Donasi ini nantinya akan disalurkan kepada orang yang membutuhkan," ujar perempuan yang juga aktif sebagai pendiri dan pengembang Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak (YPPA) ini.

Barakallah Friday

Ade Fitrie Kirana (ist)
Ade Fitrie Kirana (ist)

AFK Beauty Skincare yang dikelola Ade Fitrie Kirana memberikan program belanja sekaligus donasi dengan cara unik.

"Misalnya, program Barakallah Friday yang berlangsung tiap hari Jumat, mengajak para customer untuk ikut berdonasi sambil mereka berbelanja," kata dia.

Berbagi

Ade Fitrie Kirana (ist)
Ade Fitrie Kirana (ist)

Sebagai pebisnis, Ade Fitrie Kirana tak ingin selalu bergantung kepada keuntungan penjualan. Ia ingin menciptakan ide lain dengan cara berbisnis dengan membantu orang lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berbagi Cara Menangkal Hoaks di Tengah Pandemi Covid-19

Posted: 06 Jul 2020 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona Covid-19 telah menjadi pandemi di dunia. Para ahli menyebut, virus yang ditemukan di Wuhan, China itu berbahaya, apalagi tingkat penularannya juga begitu cepat.

Selain Covid-19, kabar hoaks dan disinformasi yang beredar mengenai virus tersebut juga tak kalah berbahaya. Seluruh negara di dunia mengalami serangan hoaks tentang virus corona, tak terkecuali di Indonesia.

Pemimpin Redaksi Majalah Tempo, Wahyu Dhyatmika mengistilahkan penyebaran hoaks di tengah pandemi ini sebagai infodemi. Ia menganggap, infodemi ini sangat berbahaya. Bahkan nyawa bisa jadi taruhannya.

"Contohnya saat Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengindikasikan obat corona adalah disinfektan. Orang-orang jadi meminum disinfektan. Itu kan berbahaya," kata Wahyu saat diskusi virtual yang digelar Liputan6.com pada Senin (6/7/2020).

Menurut Wahyu, situasi seperti ini hampir terjadi pada seluruh negara di dunia. Penyebabnya, mereka gagap menghadapi pandemi.

"Tidak ada satu pihak pun yang sanggup menghadapi pandemi ini sendirian," ujar pria yang akrab disapa Komang ini.

Hal yang sama juga diutarakan Co-Founder Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Aribowo Sasmito. Ia menyebut situasi saat ini lebih berat dibanding saaat Pemilihan Presiden 2019 lalu.

Sebab selain kabar hoaks dan disinformasi, infodemi juga diramaikan dengan teori konspirasi yang beredar di tengah masyarakat. Bahkan, akibat teori konspirasi ini, tiang pemancar sinyal 5G di London, Inggris dibakar warga.

"Padahal enggak masuk akal gimana sinyal 5G bisa menyebarkan sesuatu yang organik, seperti virus?" kata Aribowo.

Sementara di Indonesia, penyebaran hoaks dan disinformasi berimbas kepada pengguna di media sosial. Banyak warganet justru lebih percaya akun medsos yang menyebarkan teori konspirasi dibanding pendapat para ahli. Padahal, kata Aribowo, pendapat ahli dan ilmuwan merupakan kunci bagi masyarakat melawan pandemi.

"Itu yang memperparah keadaan. Kita harus mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada ahli," tambah Aribowo.

Informasi simpang siur mengenai virus corona Covid-19 ternyata juga dirasakan para pegiat Cek Fakta Liputan6.com. Karmin Winarta sebagai Koordinator Pegiat Cek Fakta Liputan6.com mengatakan, pihaknya menemukan beragam informasi baik valid maupun yang sumir di dalam grup percakapan Pegiat Cek Fakta Liputan6.com.

"Terutama saat pandemi Covid-19. Banyak berita dan kabar yang beredar. Ada yang benar ada yang enggak," ungkap Karmin.

Dalam grup pegiat cek fakta, Karmin turut mengajak masyakat untuk tidak mudah percaya dengan informasi yang beredar seputar virus corona. Ia selalu meminta para pegiat cek fakta sama-sama menelusuri tiap informasi yang diterima.

"Agar mereka mendapat informasi yang benar," ucap Karmin.

 

Saring Sebelum Sharing

Ilustrasi berita hoax. (Sumber foto: technology.inquirer.net)
Ilustrasi berita hoax. (Sumber foto: technology.inquirer.net)

Melawan berita hoaks dan disinformasi di tengah pandemi saat ini dibutuhkan kerjasama semua pihak. Baik dari pemerintah, para ahli, media massa, hingga masyarakat.

Komang meminta, pemerintah bisa lebih terbuka dan transparan dalam menyampaikan informasi seputar pandemi. Selain itu, pendapat ahli juga sangat diperlukan untuk menunjang data yang disampaikan pemerintah.

Sementara Komang berharap, masyarakat bisa lebih meningkatkan literasi digitalnya. Sehingga tidak langsung percaya dengan informasi yang diterima lewat gadget mereka.

"Jangan mengikuti insting utk turut menyebar. Saring sebelum sharing," ucap Komang.

Aribowo juga mengingatkan pentingnya menjaga emosi saat menerima informasi. Ada baiknya dikroscek terlebih dahulu sebelum menyebarkannya ke orang lain.

"Hati-hati dengan emosi, pada saat orang menerima kabar yang buat emosi, jangan langsung share. Jaga emosi. Ketika menerima broadcast di aplikasi percakapan, sebaiknya tidak diforward lagi. Kita pertimbangkan juga, apakah momennya tepat dan seberapa penting informasi itu," tutup Aribowo.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Burden Sharing Tak Bikin Neraca Keuangan BI Defisit

Posted: 06 Jul 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Skema pendanaan anggaran negara burden sharing atau pembagian beban yang ditujukan untuk pemulihan ekonomi nasional akan mempengaruhi neraca keuangan bank Indonesia (BI). Dalam skema ini,  BI akan membeli Surat Berharga Negara (SBN) tanpa imbal hasil.

"Dengan burden sharing ini pasti ada tambahan-tambahan beban terhadap neraca keuangan BI dan tentu akan mempengaruhi neraca keuangan BI," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo seperti ditulis Selasa (7/7/2020).

Meski begitu, dirinya tetap optimistis neraca keuangan BI tak akan sampai defisit karena ikut menanggung beban utang pemerintah. Menurutnya, modal BI cukup besar untuk menopang defisit keuangan.

Di mana, modal BI diatur dalam perundang-undangan sebesar Rp 3,72 triliun. Sementara aset atau liabilitasnya terus meningkat tiap tahun, selama 2019 mencapai Rp2.351 triliun.

"Bagaimana kalau skenario burden sharing ini kemudian mengalami defisit? Modal kami cukup besar, sehingga masih bisa menopang defisit," jelasnya.

 

Masih Kuat

Gubernur BI Perry Warjiyo bersiap Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (20/6/2019). Rapat memutuskan untuk mempertahankan BI7DRR sebesar 6,00%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Gubernur BI Perry Warjiyo bersiap Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (20/6/2019). Rapat memutuskan untuk mempertahankan BI7DRR sebesar 6,00%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu, penghasilan BI pun dinilai masih akan kuat. Di mana salah satu penghasilan terbesar BI adalah dari pelaksanaan kebijakan moneter. Selama tahun lalu saja, BI berhasil memperoleh penghasilan kebijakan moneter Rp 90,15 triliun, berdasarkan laporan keuangan BI 2019.

"Apa yang terjadi di neraca keuangan tidak akan mempengaruhi BI menjalankan kebijakan moneter. Itu yang paling kita jaga stabilitas," kata dia.

Adapun neraca keuangan BI selama tahun lalu mencatatkan surplus Rp 33,35 triliun (setelah pajak). Ini diperoleh dari total penghasilan sebesar Rp 91,80 triliun, sementara beban bunga hingga remunerasi kepada pemerintah mencapai Rp 46,57 triliun.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Pesepeda Meninggal Dunia di Bekasi karena Pakai Masker

Posted: 06 Jul 2020 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang seorang pesepeda meninggal dunia kehabisan oksigen karena menggunakan masker saat bersepeda beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Frupy Nadia pada 27 Juni 2020 lalu.

Akun Facebook Frupy Nadia mengunggah gambar korban yang diklaim meninggal dunia karena memakai masker saat bersepeda.

"𝘐𝘯𝘯𝘢𝘭𝘪𝘭𝘭𝘢𝘩𝘪 𝘸𝘢𝘪𝘯𝘯𝘢𝘪𝘭𝘭𝘢𝘪𝘩𝘪 𝘳𝘰𝘫𝘪𝘶𝘯..𝘒𝘰𝘳𝘣𝘢𝘯 𝘨𝘰𝘸𝘦𝘴 𝘱𝘢𝘬𝘦 𝘮𝘢𝘴𝘬𝘦𝘳 𝘵𝘥 𝘱𝘢𝘨𝘪 𝘥𝘪𝘣𝘦𝘭𝘢𝘬𝘢𝘯𝘨 𝘤𝘪𝘵𝘳𝘢𝘨𝘳𝘢𝘯𝘥 ..𝘈.𝘯 𝘬𝘰𝘭.𝘭𝘢𝘶𝘵(𝘛) *𝘋𝘐𝘋𝘐𝘒* *𝘏𝘈𝘙𝘐* *𝘗𝘙𝘈𝘚𝘌𝘛𝘠𝘖..* 𝘚𝘦𝘮𝘰𝘨𝘢 𝘢𝘮𝘢𝘭 𝘪𝘣𝘢𝘥𝘢𝘩𝘯𝘹 𝘥𝘪𝘵𝘦𝘳𝘪𝘮𝘢 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩 𝘴𝘸𝘵. *𝘕𝘖𝘛𝘌 😘𝘔𝘦𝘯𝘨𝘪𝘯𝘨𝘢𝘵𝘫𝘢𝘯 𝘳𝘦𝘬𝘢𝘯2 𝘬𝘭𝘰 𝘣𝘦𝘳𝘴𝘦𝘱𝘦𝘥𝘢 𝘫𝘨𝘯 𝘱𝘢𝘬𝘦 𝘮𝘢𝘴𝘬𝘦𝘳 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘣 𝘫𝘢𝘯𝘵𝘶𝘯𝘨 𝘱𝘦𝘳𝘭𝘶 𝘰𝘬𝘴𝘪𝘨𝘦𝘯 𝘺𝘨 𝘣𝘢𝘯𝘺𝘢𝘬.𝘋𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘱𝘢𝘬𝘦 𝘮𝘢𝘴𝘬𝘦𝘳 𝘵𝘦𝘳𝘩𝘢𝘭𝘢𝘯𝘨 𝘰𝘬𝘴𝘪𝘨𝘦𝘯 𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬 𝘬𝘦 𝘫𝘢𝘯𝘵𝘶𝘯𝘨 𝘥𝘢𝘯 𝘱𝘢𝘳𝘶2..👇," tulis akun Facebook Frupy Nadia.

Konten yang disebarkan akun Facebook Frupy Nadia telah 388 kali dibagikan dan mendapat 32 komentar warganet.

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang seorang pesepeda meninggal dunia kehabisan oksigen karena menggunakan masker saat bersepeda.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "pesepeda meninggal pakai masker". Hasilnya terdapat beberapa artike yang membantah klaim tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Pria di Bekasi Meninggal Saat Bersepeda, Polisi Sebut karena Serangan Jantung" yang dimuat situs kompas.com, pada 23 Juni 2020.

BEKASI, KOMPAS.com- Kapolsek Pondok Gede Kompol Hersiantory mengatakan, Didik Hari Prasetyo meninggal dunia akibat penyakit jantung yang dideritanya. Ia menegaskan, Didik bukan meninggal karena menggunakan masker saat bersepeda.

"Nah Bapak ini mempunyai riwayat jantung dari keluarganya. Bukan gara-gara masker, sama saja nanti ajak orang tidak menggunakan masker," ucap Hersiantory saat dihubungi, Senin (22/6/2020).

Ia mengatakan, awalnya Didik bersepeda dengan teman-temannya dari Perumahan Kranggan Permai dengan rute Jalan Raya Kranggan-Alternatif Cibubur-Kampung Cimatis.

Setelah sampai di Kampung Cimatis Jalan Katelia, Kranggan Permai, Didik mengalami sesak napas. Kemudian, ia memilih untuk beristirahat di tepi jalan hingga akhirnya ketinggalan rombongan.

"Kemudian dia saat ditemukan sudah tidak sadarkan diri. Pada saat berolahraga korban tidak membawa identitas diri," kata dia.

Warga yang menemukan Didik tak sadarkan diri langsung membawanya ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur. Namun, saat perjalanan ke rumah sakit, ia telah dinyatakan meninggal dunia.

Hersiantory mengimbau agar pesepeda tidak terlalu memaksakan diri jika mulai tidak nyaman atau sesak napas saat bersepeda.

"Jangan memaksakan diri gitu loh, kalau sudah capek ya istirahat," tutur dia. Sebelumnya, pesan beredar tentang seorang pria bernama Didik Hari Prasetyo (53) meninggal dunia saat bersepeda di Jalan Raya Cimatis Kelurahan Jatikarya, Kecamatan Jatisampurna, Bekasi pada Minggu (21/6/2020) diakibatkan oleh penggunaan masker.

 Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Heboh Pesepeda Pakai Masker Meninggal Dunia, Polisi: Itu Serangan Jantung" yang dimuat situs okezone.com, pada 29 Juni 2020.

 

Dalam situs tersebut Kapolsek Pondok Gede Kompol Hersiantony menyatakan,  korban meningal dunia bukan karen menggunakan masker saat bersepeda, melainkan karena serangan jantung.

"Itu (bukan karena makai masker), tapi terkena serangan jantung," kata Tony ketika dikonfirmasi Okezone, Minggu (28/6/2020).

 Dia mengungkapkan, awalnya memang korban bersepeda dengan rekannya di wilayah Perumahan Kranggan Permai dengan track Jalan Raya Kranggan-Alternatif-Cibubur-Kampung Cimatis.

Namun demikian, cerita Tony, ketika di Kampung Cimatis Jalan Katelia, Kranggan Permai, Didik ketinggalan rombongan. "Dia terjatuh dari sepeda kemudian tidak sadarkan diri. Pada saat berolahraga korban tidak membawa identitas diri," ungkapnya.

Lantas, lanjut Tony, korban tidak sadarkan diri sehingga dilarikan ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur. Namun, ketika di dalam perjalanan ke RS Mitra Keluarga Cibubur, korban sudah meninggal.

Kesimpulan

Klaim tentang seorang pesepeda meninggal dunia kehabisan oksigen karena menggunakan masker saat bersepeda ternyata tidak benar. Korban meninggal dunia karena serangan jantung, bukan kehabisan oksigen karena bersepeda menggunakan masker.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cek fakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Mobil Honda Mobilio Terbaru Tahun 2020 dengan Spesifikasi Lengkapnya

Posted: 06 Jul 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga mobil Honda Mobilio pada bulan ini terlihat masih cukup stabil dan tidak ada perubahan dibanding beberapa bulan sebelumnya. Harga mobil Honda Mobilio masih sangat mampu dijangkau oleh banyak kalangan. Sebab, harga mobil Honda Mobilio termasuk dalam kategori yang sangat 'worth it' jika dilihat dari segi keuntungan baik fitur dan performa yang didapatkan.

Bahkan, rasanya dengan harga mobil Honda Mobilio yang resmi dipasarkan ini cukup murah. Honda tampaknya tidak ingin kehilangan calon konsumen dari kategori MPV yang memang cukup menjamur di Indonesia. Suksesnya beberapa produk MPV dari merek lain tampaknya menggiurkan bagi Honda, itulah mengapa Honda akhirnya mengeluarkan Honda Mobilio ini.

Jika Anda memang bertujuan ingin membeli kendaraan roda empat dengan kapasitas yang cukup banyak dan memiliki performa baik serta harga terjangkua, Honda Mobilio adalah jawabannya. Selain harga mobil Honda Mobilio yang sangat menarik tersebut, pelayanan dari Honda pasca pembelian juga menjadi nilai lebih. Sebab, Honda sudah menyiapkan pelayanan baik servis mesin hingga pencarian suku cadang yang lebih murah.

Nah, jadi bagaimana menurut Anda? Mungkin jika Anda membutuhkan referensi mengenai harga mobil Honda Mobilio tersebut. Jadi, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum mengenai harga mobil Honda Mobilio beserta detail lengkap dari spesifikasi Honda Mobilio keluaran terbaru dari situs resmi Honda Indonesia, Selasa (7/7/2020).

New Honda Mobilio S

mobilio
mobilio

Harga mobil Honda Mobilio yang pertama diawali dari tipe termurah yang ditawarkan Honda, yaitu tipe S. Fitur yang ditawarkan pada Honda Mobilio tipe S ini memang tidak lebih lengkap dibanding tipe lainnya. Selain itu, tipe ini hanya memiliki satu pilihan transmisi yaitu manual. Banderol harga mobil Honda Mobilio 1.5 S M/T yaitu sebesar Rp 203.400.000.

Mesin

Tipe Mesin: 1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW                         

Sistem Suplai Bahan Bakar: PGM-FI                         

Diameter x Langkah: 73,0mm x 89,4mm                

Isi Silinder: 1496                               

Perbandingan Kompresi: 10,3:1                 

Daya Maksimum: 88Kw(118PS) / 6.600rpm                          

Momen Puntir Maksimum: 14,5kg.m(145Nm) / 4.600rpm                             

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi: 4.386mm x 1.683mm x 1.603mm                            

Jarak Sumbu Roda: 2.650mm                      

Jarak Pijak Depan/Belakang: 1.472mm / 1.475mm                            

Ground Clearance: 189mm                          

Kapasitas Tangki: 42L                     

Sasis

Suspensi Depan: MacPherson Strut                         

Suspensi Belakang: H-Shape Torsion Beam                           

Rem Depan: Ventilated Disc                        

Rem Belakang: Drum

Sistem Kemudi: Rack & Pinion

New Honda Mobilio E

Honda Mobilio pada September 2014 mengalami peningkatan penjualan sebanyak 888 unit dari bulan sebelumnya.
Honda Mobilio pada September 2014 mengalami peningkatan penjualan sebanyak 888 unit dari bulan sebelumnya.

Harga mobil Honda Mobilio selanjutnya dari kategori E. Kategori ini merupakan kategori yang lebih tinggi dibanding tipe S. pada kategori ini ditawarkan dua tipe, yaitu manual dan automatic. Jika Anda berminat, maka Anda bisa memiliki Honda Mobilio ini dengan harga sebagai berikut:

1. Harga Mobil Honda Mobilio 1.5 E M/T Rp 224.400.000

2. Harga Mobil Honda Mobilio 1.5 E A/T Rp 235.800.000

Mesin

Tipe Mesin: 1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW                         

Sistem Suplai Bahan Bakar: PGM-FI                         

Diameter x Langkah: 73,0mm x 89,4mm                

Isi Silinder: 1496                               

Perbandingan Kompresi: 10,3:1                 

Daya Maksimum: 88Kw(118PS) / 6.600rpm                          

Momen Puntir Maksimum: 14,5kg.m(145Nm) / 4.600rpm                             

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi: 4.386mm x 1.683mm x 1.603mm                            

Jarak Sumbu Roda: 2.650mm                      

Jarak Pijak Depan/Belakang: 1.472mm / 1.475mm                            

Ground Clearance: 189mm                          

Kapasitas Tangki: 42L                     

Sasis

Suspensi Depan: MacPherson Strut                         

Suspensi Belakang: H-Shape Torsion Beam                           

Rem Depan: Ventilated Disc                        

Rem Belakang: Drum

Sistem Kemudi: Rack & Pinion

New Honda Mobilio RS

Secara umum, HPM mengeluarkan Mobilio RS dengan menonjolkan tampilan yang lebih macho juga premium.
Secara umum, HPM mengeluarkan Mobilio RS dengan menonjolkan tampilan yang lebih macho juga premium.

Rasanya tidak ingin kalah dengan versi TRD dari Toyota, Honda juga meluncurkan tipe mobil dengan sematan RS. Memang, secara eksterior sudah kentara jika mobil dengan sematan RS dibelakangnya merupakan tipe dengan tampilan yang lebih sporty.

Secara fitur, memang mobil Honda Mobilio ini lebih lengkap, atau bisa dibilang jika tipe RS merupakan tipe premium yang dimiliki Honda. Jadi tidak heran jika dari segi harganya pun, harga mobil Honda Mobilio ini lebih mahal dari seri sebelumnya.

Untuk bisa membawa pulang Honda Mobilio ini, Anda bisa menebusnya dengan dua pilihan harga yang berbeda, tergantung transmisi yang diinginkan. Berikut daftarnya:

1. Harga Mobil Honda Mobilio 1.5 RS M/T Rp 248.200.000

2. Harga Mobil Honda Mobilio 1.5 RS A/T Rp 259.000.000

Mesin

Tipe Mesin: 1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW                         

Sistem Suplai Bahan Bakar: PGM-FI                         

Diameter x Langkah: 73,0mm x 89,4mm                

Isi Silinder: 1496                               

Perbandingan Kompresi: 10,3:1                 

Daya Maksimum: 88Kw(118PS) / 6.600rpm                          

Momen Puntir Maksimum: 14,5kg.m(145Nm) / 4.600rpm                             

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi: 4.386mm x 1.683mm x 1.603mm                            

Jarak Sumbu Roda: 2.650mm                      

Jarak Pijak Depan/Belakang: 1.472mm / 1.475mm                            

Ground Clearance: 189mm                          

Kapasitas Tangki: 42L                     

Sasis

Suspensi Depan: MacPherson Strut                         

Suspensi Belakang: H-Shape Torsion Beam                           

Rem Depan: Ventilated Disc                        

Rem Belakang: Drum

Sistem Kemudi: Rack & Pinion

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran di Depan STIE Muhammadiyah Jaksel, 13 Unit Damkar Diterjunkan

Posted: 06 Jul 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran melanda ruko mebel di depan STIE Muhammadiyah, Jalan Minangkabau Barat, Jakarta Selatan, Selasa (7/7/2020). Sebanyak 13 unit mobil pemadam dikerahkan untuk menjinakan api.

Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Mulat Wijayanto menerangkan, pihaknya menerima laporan kebakaran pada pukul 09 45 WIB.

"Terjadi kebakaran pada lapak pedagang (ruko mabel) pkl. 09.45 di Jalan Minangkabau Barat No. 60 RT 1/1 (titik kenal depan STIE Muhamadiyah) Jakarta Selatan," kata dia dalam keterangan tertulis.

Hingga berita ini diturunkan, Dinas Pemadam Kebakaran masih melakukan proses pendinginan. Belum diketahui kerugian yang ditanggung pemilik lapak akibat kebakaran.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkop Dorong KUKM Pertanian Go Digital

Posted: 06 Jul 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menindaklanjuti arahan dari Presiden dalam rangka menyelamatkan ekonomi nasional di masa relaksasi pandemi covid-19, Kementerian Koperasi dan UKM telah menyusun berbagai strategi  untuk menggerakkan produksi dan pemasaran komoditas pertanian, yang tadinya tradisional agar dapat ditingkatkan penjualannya melalui e-commerce.

"Di era digital ini penggunaan big data itu dapat menjadi salah satu faktor dalam pengambilan keputusan, jadi kita bisa mengetahui tren yang saat ini ramai di masyarakat. Bisa dilihat melalui transaksi di platform digital," kata Asisten Deputi Pertanian dan Perkebunan Kementerian Koperasi dan UKM Dewi Syarlen, dalam webinar KUKM Pertanian menembus Pasar E-commerce, Selasa (7/7/2020).

Lanjut Dewi, hal itu bisa diterapkan oleh petani, pelaku koperasi dan UMKM dalam bidang pertanian untuk meningkatkan pemasaran yang tadinya masih offline beralih ke platform digital.

Selain itu, dengan penggunaan big data ia berharap baik petani maupun koperasi dan UKM  bisa melihat peluang dan tren pemasaran yang saat ini digandrungi oleh masyarakat. Sehingga mereka bisa mendorong diri untuk meningkatkan dan tertarik dengan platform penjualan digital.

"Tren-tren seperti ini mendorong persyaratan keamanan yang baru dan wajib dipatuhi oleh rantai pasokan, mulai dari budidaya tanaman, proses pengolahan, penyimpanan, dan pengantaran ke konsumen semuanya harus dipastikan keamanannya terjamin," ujarnya.

 

Tren Masyarakat

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Dewi mengatakan banyak tren yang saat ini berkembang di masyarakat, misalnya frozen food, konsumsi kopi yang disukai anak muda, dan masih banyak lagi.

Menurutnya tren di bidang kuliner di platform digital turut menggerakkan  start-up yang bergerak dalam bidang pasokan sayur, ikan, daging,  telur, dan sebagainya dari petani.

"Rangkaian ekosistem ini diharapkan dapat membantu dan menggerakan konektivitas kita melalui big data di dunia pertanian, mulai dari proses hasil pertanian, logostik, pembiayaan, harga dari petani hingga ke konsumen," jelasnya.

 

Harga Adil

Ilustrasi Frozen Food: Credit: Liputan6.com
Ilustrasi Frozen Food: Credit: Liputan6.com

Demikian petani dan konsumen  diharapkan bisa memproses stabilisasi harga secara adil. Serta diharapkan petani lain bisa tertarik dengan pemanfaatan platform digital ini.

"Peranan platform digital dapat dilihat sebagai titik ungkit kemajuan produksi dan pemasaran petani , pelaku koperasi dan UKM," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maskapai Austria Alihkan Layanan Penumpang ke Kereta Api, Akibat Pandemi?

Posted: 06 Jul 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah maskapai nasional milik Austria memutuskan tak lagi mengoperasikan salah satu rute domestik, yakni rute Wina--Salzburg. Mereka menghentikan operasional pesawat dan menggantikannya dengan layanan darat menggunakan kereta api.

Apakah keputusan itu akibat terdampak pandemi Covid-19? Nyatanya, kebijakan diambil sebagai langkah memenuhi kriteria ramah lingkungan demi mendapat dana talangan dari pemerintah.

Dikutip dari laman CNN, Selasa (7/7/2020), pemerintah menyediakan 600 juta pound sterling dana bantuan bagi maskapai yang mampu memotong emisi domestiknya hingga 50 persen sebelum 2050. Dana tersebut pun bermaksud menghentikan operasional rute penerbangan yang juga dilayani kereta api dengan waktu tempuh kurang dari tiga jam.

Maka itu, mulai 20 Juli 2020, jumlah jadwal kereta api yang melayani Bandara Internasional Wina dan Stasiun Sentral Salzburg akan ditambah secara signifikan. Jumlahnya jadi 31 kali dari hanya tiga kali per hari.

"Bandara Wina dapat ditempuh menggunakan kereta api dari Salzburg di bawah tiga jam dan tanpa beralih kereta api," kata CEO maskapai tersebut, Alexis von Hoensbroech dalam sebuah pernyataan resmi. "Ini alasan tawaran AIRail kami lebih baik dan lebih ramah lingkungan dibanding terbang."

AIRail adalah layanan darat yang bekerja sama dengan operator kereta api nasional Austria, OOB. Wina dan Salzburg yang berjarak 296 kilometer itu bisa ditempuh menggunakan pesawat selama 45 menit. Faktanya, waktu yang dibutuhkan di bandara justru lebih lama dibanding waktu perjalanan menggunakan kereta selama 2 jam 49 menit.

Bukan yang Pertama

ilustrasi kereta api | pexels.com/@veerasak-piyawatanakul-392493
ilustrasi kereta api | pexels.com/@veerasak-piyawatanakul-392493

Para penumpang yang sudah membeli tiket pesawat berhak mendapat kompensasi, pengembalian dana, maupun pengalihan rute. Pihak maskapai juga menjamin bila kereta penghubung atau pesawat mengalami keterlambatan, pelanggan secara otomatis akan dipesankan kembali rute pengganti.

Layanan kereta pertama kali diuji coba pada 2019 saat Bandara Salzburg ditutup sebulan untuk renovasi runway. Pihak maskapai mengklaim pasar merespons baik. Pandemi Covid-19 telah melumpuhkan industri penerbangan dan membuat beberapa maskapai yang tersisa mencari dana talangan dari pemerintah.

Meski begitu, pengalihan layanan penerbangan ke darat untuk rute jarak pendek sudah dimulai sebelum wabah melanda seluruh dunia. Tahun lalu, KLM menggandeng perusahaan kereta Belanda dan Belgia untuk menggantikan rute penerbangan Amsterdam--Brussels dengan layanan kereta. Di Jerman, Lufthansa juga berkolaborasi dengan jaringan kereta Deutsche Bahn.  

Industri aviasi dianggap sebagai salah satu penyumbang emisi karbondioksida terbesar di dunia. Dewan Bandara Internasional mencatat setidaknya industri aviasi menyumbang dua persen emisi karbondioksida gobal, dan pergerakan maskapai itu diprediksi berkembang setidaknya 1,9 persen per tahun dalam 20 tahun mendatang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uji Coba Gratis, Ini Spesifikasi Bus Listrik Transjakarta Blok M - Balai Kota

Posted: 06 Jul 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai melakukan uji coba bus listrik untuk rute Balai Kota - Blok M selama tiga bulan ke depan. Berlangsung sejak Senin 6 Juli 2020 kemarin, pengguna transportasi ramah lingkungan ini tak perlu membayar alias gratis.

Terdapat dua armada bus, transportasi umum ini dibawa PT Bakrie Autoparts yang merupakan distributor BYD di Indonesia. Berbeda tipe, kedua bus yang digunakan merupakan model K9 dan tipe C6.

Terkait dimensi, model K9 memiliki dimensi lebih besar karena panjang bus ini mencapai 12.000 mm, lebar 2.550 mm, dan tinggi 3.200 mm.

Dilansir beberapa sumber, bus listrik asal Cina ini disematkan motor listrik AC synchronous dan baterai berkapasitas 324 kWh.

Model C6

Mampu menempuh jarak 250 kilometer untuk sekali pengisian daya, baterai bus listrik ini membutuhkan waktu hingga 4 jam agar terisi penuh. Kecepatan maksimal yang bisa dihasilkan bus ini mencapai 70 km per jam dengan torsi 1.100 Nm dan tenaga 300 kW.

Khusus model C6, panjang yang dimiliki bus ini hanya panjang 7.319 mm, lebar 2.140 mm, dan tinggi 2.946 mm. Tenaga yang mampu dihasilkan bus ini hanya 150kW karena menggunakan motor listrik BYD-3425TZA.

 

Lama Pengisian

Meski sama-sama membutuhkan waktu 4 jam untuk mengisi daya, baterai tipe C6 hanya berkapasitas 145 kWh. Karena dimensi yang lebih kecil, bus ini mampu mencapai kecepatan 100 km per jam.

Kapasitas baterai yang lebih kecil, jarak tempuh yang dihasilkan model ini juga lebih pendek yakni 200 km dalam kondisi baterai terisi penuh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lockdown Dilonggarkan, Kasus Corona COVID-19 India Tertinggi Ketiga Dunia

Posted: 06 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, New Delhi - India telah melampaui Rusia untuk menjadi negara ketiga yang paling parah terkena dampak pandemi Virus Corona COVID-19. Hal ini merupakan dampak dari pembukaan kembali ekonomi yang membawa lonjakan infeksi.

Melansir VOA News, Selasa (7/7/2020), bukan hanya jumlah kasus COVID-19 yang membuat para pejabat khawatir namun laju peningkatan di negara terpadat kedua di dunia ini sekarang menjadi salah satu yang tertinggi.

Peningkatan tajam dalam infeksi baru telah mendorong beberapa negara bagian di negara itu seperti Kerala, Benggala Barat, Assam dan Jharkhand untuk memberlakukan kembali penguncian di daerah yang paling parah terkena dampaknya.

Angka kasus di India sekitar 700.000 kasus sekarang menempatkannya di belakang Amerika Serikat dan Brasil.

"Kami sedang bergerak menuju puncak, yang dapat kami perkirakan sekitar awal Agustus," kata Dr. T. Jacob John, salah satu ahli virologi terkemuka di negara itu.

"Tetapi bahkan setelah puncaknya, kita akan terus melihat sejumlah besar infeksi dalam beberapa bulan mendatang, memasuki tahun depan," sambungnya lagi. 

Akibat Pelonggaran Lockdown

Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi masker di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). Meningkatnya kasus corona COVID-19 membuat pemerintah India gencar memproduksi APD dan masker untuk kebutuhan tim medis. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)
Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi masker di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). Meningkatnya kasus corona COVID-19 membuat pemerintah India gencar memproduksi APD dan masker untuk kebutuhan tim medis. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)

Jumlah kasus Corona COVID-19 meningkat, ketika bisnis dibuka kembali dan lalu lintas menuju semula.

Dari restoran hingga pusat perbelanjaan dan kantor hingga tempat-tempat keagamaan, sebagian besar wilayah India telah mencabut batasan untuk memulai kembali ekonomi yang terpukul oleh salah satu dari penutupan paling ketat dan terpanjang di dunia.

Rekor tertinggi baru harian dalam infeksi dicatat selama akhir pekan, ketika pihak berwenang melaporkan lebih dari 24.000 kasus.

Sebagian besar gelombang infeksi datang dari empat negara bagian selatan yakni Andhra Pradesh, Tamil Nadu, Karnataka dan Telangana. 

Para pejabat mengatakan bahwa peningkatan kasus juga sebagian merupakan hasil dari peningkatan pengujian yang sedang dilakukan India.

Pada hari-hari awal pandemi, pengujian sangat terbatas karena kurangnya fasilitas.

Ketika India bergulat dengan pandemi dan infrastruktur kesehatannya semakin meningkat, para ahli kesehatan masyarakat menekankan perlunya mendidik orang tentang memakai masker.

"Kuncian itu membuat orang percaya bahwa virus itu akan dikalahkan. Mereka tidak memahami dengan baik bahwa mereka harus terus mengambil tindakan pencegahan,"kata John, yang membantu memimpin upaya untuk mengendalikan HIV / AIDS di India.

"Sama seperti kami mengajari orang-orang tentang perlunya menggunakan kondom untuk hubungan seks yang aman, kita perlu membuat orang mengerti bahwa masker adalah cara terbaik untuk mengurangi penularan COVID-19. Ini adalah vaksin sosial yang merupakan kebutuhan saat ini," sambungnya.

Dalam pidatonya pekan lalu, Perdana Menteri Narendra Modi memperingatkan bahwa negara ini berada pada titik kritis dalam perjuangannya melawan virus, tetapi banyak yang tidak mengikuti pedoman untuk mencegah penyebarannya seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak sosial.

Tempat Wisata Kembali Dibuka

Pengunjung mengambil foto mantan aktor film India di Museum Nasional Sinema India (NMIC), Mumbai, India (22/1). NMIC dibangun pemerintah dengan dana US$19,6 juta setara Rp277 miliar. (AFP Photo/Punitparanjpe)
Pengunjung mengambil foto mantan aktor film India di Museum Nasional Sinema India (NMIC), Mumbai, India (22/1). NMIC dibangun pemerintah dengan dana US$19,6 juta setara Rp277 miliar. (AFP Photo/Punitparanjpe)

India terus membuka kembali lebih banyak tempat umum, meskipun ada peningkatan kasus, karena berfokus pada mengembalikan pekerjaan dan menghidupkan kembali ekonomi.

Pada hari Senin, banyak monumen bersejarah diberi sinyal hijau untuk dibuka.

Namun, pihak berwenang di negara bagian Uttar Pradesh mengatakan bahwa tempat wisata paling ikonik di India, Taj Mahal, akan tetap ditutup.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mengunjungi Grand Bazaar Food Street di Xinjiang

Posted: 06 Jul 2020 10:00 PM PDT

Para wisatawan berfoto saat mengunjungi Grand Bazaar Food Street di Urumqi, ibu kota Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 4 Juli 2020. (Xinhua/Zhao Ge)
Para wisatawan berfoto saat mengunjungi Grand Bazaar Food Street di Urumqi, ibu kota Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 4 Juli 2020. (Xinhua/Zhao Ge)

Para wisatawan berfoto saat mengunjungi Grand Bazaar Food Street di Urumqi, ibu kota Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 4 Juli 2020. (Xinhua/Zhao Ge)

Seorang gadis kecil menari dengan iringan musik di Grand Bazaar Food Street di Urumqi, ibu kota Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 4 Juli 2020. (Xinhua/Ding Lei)
Seorang gadis kecil menari dengan iringan musik di Grand Bazaar Food Street di Urumqi, ibu kota Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 4 Juli 2020. (Xinhua/Ding Lei)

Seorang gadis kecil menari dengan iringan musik di Grand Bazaar Food Street di Urumqi, ibu kota Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 4 Juli 2020. (Xinhua/Ding Lei)

Seorang pedagang membuat barbeku di Grand Bazaar Food Street di Urumqi, ibu kota Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 4 Juli 2020. (Xinhua/Ding Lei)
Seorang pedagang membuat barbeku di Grand Bazaar Food Street di Urumqi, ibu kota Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 4 Juli 2020. (Xinhua/Ding Lei)

Seorang pedagang membuat barbeku di Grand Bazaar Food Street di Urumqi, ibu kota Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 4 Juli 2020. (Xinhua/Ding Lei)

Para wisatawan mengunjungi Grand Bazaar Food Street di Urumqi, ibu kota Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 4 Juli 2020. (Xinhua/Ding Lei)
Para wisatawan mengunjungi Grand Bazaar Food Street di Urumqi, ibu kota Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 4 Juli 2020. (Xinhua/Ding Lei)

Para wisatawan mengunjungi Grand Bazaar Food Street di Urumqi, ibu kota Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 4 Juli 2020. (Xinhua/Ding Lei)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Penampakan Black Panther di India, Warganet Heboh

Posted: 06 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seekor macan kumbang atau black panther tertangkap kamera di Kabini, Karnakata, India. Ini merupakan kejadian langka, karena spesies ini dikabarkan tak pernah terlihat lagi dalam kurun waktu 100 tahun.

Dalam fotonya, hewan yang juga disebut black panther ini sedang berjalan di tengah pepohonan. Sementara foto lainnya, menunjukkan ia sadar dengan kamera dengan melihat dari balik pohon.

Diketahui foto-foto tersebut merupakan hasil jepretan dari Shaaz Jung. Ia merupakan seorang fotografer untuk NatGeo Film, spesialis kucing besar, dan pemilik the Bison Kabini.

Sempat sadar kamera dan mengintip dari balik pohon

Seekor macan kumbang tertangkap kamera. Sumber: Instagram/ @shaazjung
Seekor macan kumbang tertangkap kamera. Sumber: Instagram/ @shaazjung

Ia memiliki sebuah vila di India yang dikenal dengan The Bison. Selain itu, dirinya juga membantu mendirikan kamp satwa liar yang ramah lingkungan di India Selatan dan Afrika Timur.

Dalam akun Instagram-nya @shaazjung, ia kerap membagikan hasil fotonya, yaitu satwa liar. Mulai dari singa, gajah, sampai macan tutul.

Seperti Karakter Fiksi

Seekor macan kumbang tertangkap kamera. Sumber: Instagram/ @shaazjung
Seekor macan kumbang tertangkap kamera. Sumber: Instagram/ @shaazjung

Foto-foto yang diunggah ulang akun Twitter @Earth itu mendapat respons baik dari warganet. Tak sedikit dari warganet yang memuji hasil foto dari Shaaz Jung.

Ada pula yang menyebut macan kumbang itu sama seperti karakter fiksi dalam cerita Mowgli karya Rudyard Kipling di The Jungle Book, yaitu Bagheera. 

Respons Warganet

Seekor macan kumbang tertangkap kamera. Sumber: Instagram/ @shaazjung
Seekor macan kumbang tertangkap kamera. Sumber: Instagram/ @shaazjung

Hingga saat ini, foto tersebut telah disukai oleh 230 ribu dan di retweet lebih dari 53 ribu pengguna Twitter. 

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-19 Berlaga di Piala AFC U-19: Pemanasan Menuju Piala Dunia U-20

Posted: 06 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 yang dinakhodai Shin Tae-yong belum memulai pemusatan latihan. Pelatih asal Korea Selatan itu belum dapat menjajal kemampuan timnas U-19 lantaran pandemi corona Covid-19.

Padahal, Timnas Indonesia U-19 akan tampil di Uzbekistan di putaran final Piala AFC U-19. Ajang ini ini bakal berlangsung pada 14 hingga 31 Oktober 2020.

Di turnamen tersebut, Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup A. Garuda Nusantara -julukan Timnas U-19- bakal menantang Kamboja, Iran, dan Uzbekistan selaku tuan rumah.

Pada laga pertama, Timnas Indonesia U-19 bermain melawan sesama wakil Asia Tenggara, Kamboja. Duel ini berlangsung pada 14 Oktober.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri yakin Timnas U-19 dapat meraih hasil terbaik di ajang ini. Apalagi persiapan yang matang tentunya akan mendapat hasil yang positif.

"Saya pikir karena saya sudah coba dua kali di ajang Piala AFC U-19, karena itu grupnya kita yakin bisa lolos grup. Setelah itu kita lihat babak selanjutnya," kata Indra Sjafri, seperti dikutip laman PSSI.

Piala AFC U-19 bisa dijadikan Timnas Indonesia U-19 sebagai ajang pemanasan menuju Piala Dunia U-20 2021. Indonesia sudah dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 karena berstatus sebagai tuan rumah.

Lihat jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFC U-19 pada halaman berikutnya.

Jadwal Timnas Indonesia U-19 di AFC U-19

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat latihan Timnas U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Senin (13/1/2020). Pria asal Korsel ini menjadi supervisi untuk Timnas Indonesia senior, U-22, U-20, dan U-16. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat latihan Timnas U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Senin (13/1/2020). Pria asal Korsel ini menjadi supervisi untuk Timnas Indonesia senior, U-22, U-20, dan U-16. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

14 Oktober 2020: Indonesia vs Kamboja

14 Oktober 2020: Uzbekistan vs Iran

17 Oktober 2020: Iran vs Indonesia

17 Oktober 2020: Kamboja vs Uzbekistan

20 Oktober 2020: Uzbekistan vs Indonesia

20 Oktober 2020: Kamboja vs Iran.

Pembagian Grup Piala AFC U-19

Grup A: Uzbekistan, Indonesia, Kamboja, Iran.

Grup B: Korea Selatan, Jepang, Irak, Bahrain.

Grup C: Arab Saudi, Australia, Vietnam, Laos.

Grup D: Qatar, Tajikistan, Malaysia, Yaman.

Saksikan video Timnas Indonesia U-19 di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prancis Sarankan Operator Telko Tak Gunakan Produk Huawei

Posted: 06 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Amerika Serikat memutuskan untuk tak lagi menggunakan peralatan teknologi komunikasi Huawei. Selain itu, AS juga mengajak negara-negara sekutunya untuk melakukan langkah serupa.

Sejauh ini, Inggris disebut-sebut tengah menyusun proposal untuk tidak menggunakan peralatan teknologi baru Huawei di jaringan 5G. Inggris juga mempercepat penghapusan teknologi Huawei yang sudah dipakai.

Kini Prancis mulai mengambil langkah terhadap Huawei. Meski tak memblokir secara penuh, kepala agensi keamanan siber Prancis ANSSI Guillaume Poupard menyarankan ke operator telekomunikasi untuk tidak menggunakan peralatan jaringan komunikasi Huawei.

"Yang bisa saya katakan adalah, tidak ada larangan total (terhadap Huawei). Namun, operator yang saat ini tidak menggunakan Huawei, kami sarankan untuk tetap tidak menggunakannya," kata Guillaume Poupard, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Reuters, Selasa (7/7/2020).

Seorang sumber menyebut, Prancis berupaya untuk keluar dari penggunaan peralatan komunikasi Huawei karena dianggap membawa risiko pengawasan terhadap data pelanggan.

Minta Operator Telko Pertimbangkan

Huawei (Foto: Huawei)
Huawei (Foto: Huawei)

Laporan Reuters menyebut, separuh dari peralatan jaringan milik operator Prancis Bouygues Telecom dan SFR dikembangkan oleh Huawei.

Sementara, operator telko pemerintah Orange menggunakan peralatan telekomunikasi milik Nokia dan Ericsson.

"Bagi mereka yang sudah menggunakan Huawei, kami memberikan otorisasi untuk jangka waktu bervariasi antara tiga dan delapan tahun," kata Guillaume Poupard dalam wawancara.

Lebih lanjut dia mengatakan, mulai minggu depan, operator telekomunikasi bisa mempertimbangkan permintaan dari mereka.

Klaim Bukan karena Anti Tiongkok

Menara Eiffel terlihat pada hari pembukaan kembali objek wisata tersebut di Paris, Prancis, pada 25 Juni 2020. Menara Eiffel dibuka kembali untuk umum pada Kamis (25/6) setelah ditutup selama tiga bulan akibat pandemi COVID-19. (Xinhua/Gao Jing)
Menara Eiffel terlihat pada hari pembukaan kembali objek wisata tersebut di Paris, Prancis, pada 25 Juni 2020. Menara Eiffel dibuka kembali untuk umum pada Kamis (25/6) setelah ditutup selama tiga bulan akibat pandemi COVID-19. (Xinhua/Gao Jing)

Guillaume Poupard mengatakan, keputusan ini bukanlah karena anti Huawei ataupun Tiongkok, melainkan upaya untuk melindungi kebebasan Prancis.

"Ini bukan anti Huawei atau rasisme anti Tiongkok. Yang kami katakan, risikonya tidak sama antara pemasok asal Eropa dan non-Eropa," katanya.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: