Selasa, 14 Juli 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


XL Axiata Pastikan Jaringan Aman Pasca Banjir Bandang di Luwu Utara Sulsel

Posted: 14 Jul 2020 10:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada Senin malam, 13 Juli 2020, bencana banjir bandang melanda Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Aktivitas masyarakat setempat pun menjadi lumpuh.

Tak sedikit sarana umum yang rusak, termasuk infrastruktur telekomunikasi. XL Axiata dalam keterangannya menyebut, banjir bandang tak berdampak signifikan terhadap infrastruktur jaringan yang ada di sekitar lokasi.

XL Axiata memaparkan, secara umum layanannya tetap beroperasi dan melayani kebutuhan pelanggan. Perusahaan juga siap mengirimkan bantuan darurat untuk masyarakat yang terdampak.

Group Head XL Axiata Region East, Bambang Parikesit, mengatakan, di beberapa titik, bencana banjir memang menyebabkan sejumlah BTS tidak bisa beroperasi karena pemadaman listrik.

"Hal ini bisa dimaklumi karena sangat beresiko jika listrik tetap dialirkan dan ada banjir di situ. Kami telah mengantisipasinya dengan menyalakan genset untuk beberapa titik BTS yang memang masih memungkinkan dijangkau dan perangkat tidak terendam air," katanya dalam keterangan resmi XL Axiata yang diterima Liputan6.com, Rabu (15/7/2020).

Tim Lakukan Perbaikan Infastruktur Jaringan

Teknisi sedang melakukan perbaikan infrastruktur jaringan XL Axiata di sekitar lokasi bencana banjir bandang yang berada di  jalur fiber optik Masamba -Tolemo, Kabupaten Luwu Utara. (Foto: XL Axiata)
Teknisi sedang melakukan perbaikan infrastruktur jaringan XL Axiata di sekitar lokasi bencana banjir bandang yang berada di jalur fiber optik Masamba -Tolemo, Kabupaten Luwu Utara. (Foto: XL Axiata)

Bambang lebih lanjut mengatakan, ada sejumlah lokasi yang BTS-nya terdampak banjir dan tidak bisa dijangkau. "Kami masih menunggu perkembangan kondisi lebih panjut," tuturnya.

Menurut Bambang, ada sekitar 28 BTS XL Axiata yang terdapat di Kabupaten Luwu Utara, termasuk di sekitar lokasi bencana.

Guna memastikan keamanan jaringan, saat ini tim teknis XL Axiata telah berada di lapangan dan mengecek semua infrastruktur jaringan yang ada di sana.

Sementara, tim dari pusat monitoring telah melakukan rekayasa jaringan agar layanan untuk pelanggan tetap bisa terjaga.

Apalagi, di saat bencana seperti ini, layanan telekomunikasi dan data sangat dibutuhkan, baik oleh warga korban, juga aparat penanggulangan bencana.

Pemulihan dan Penyaluran Bantuan

XL Axiata mengumumkan kerja sama bidang cloud dengan Google Cloud (Foto: XL Axiata)
XL Axiata mengumumkan kerja sama bidang cloud dengan Google Cloud (Foto: XL Axiata)

Menurut Bambang, tim XL Axiata akan terus bersiaga mengantisipasi situasi yang terjadi. Sejumlah persiapan juga dilakukan untuk menghadapi apapun kondisi yang akan datang.

Selain itu, XL Axiata juga mendukung upaya pemulihan kondisi pasca bencana banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara Propinsi Sulawesi Selatan.

XL Axiata menyalurkan bantuan yang bersifat darurat untuk warga yang terdampak bencana. Bantuan yang akan disalurkan berupa bahan makanan, obat-obatan, dan selimut.

Lokasi penyaluran adalah di beberapa lokasi pengungsian yang terdampak paling serius. Dalam menyalurkan bantuan ini, XL Axiata bekerjasama dengan aparat setempat untuk memastikan sampai ke warga yang membutuhkan bantuan.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkah Kevin Ardilova dan Bio One yang Bikin Geregetan di Sinetron Pesantren Rock N' Dut

Posted: 14 Jul 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pesantren Rock N' Dut merupakan sebuah sinetron miniseri drama yang diproduksi oleh Screenplay Productions.

Pesantren Rock N' Dut sendiri berlatarkan kisah di sebuah pesantren dan sinetron ini dibintangi oleh artis-artis idola seperti Kevin Ardilova, Indah Permatasari, Bio One, dan Nadya Arina.

Salah satu yang membuat sinetron ini wajib ditonton adalah akting dari Kevin Ardilova yang dipercaya memerankan karakter Sahur dan Bio One berperan sebagai Dimas.

Kedua pemain tersebut berhasil menciptakan karakter yang bikin penonton geleng-geleng kepala akibat ulahnya. Penasaran seperti apa? Simak videonya di bawah ini.

Dan untuk Anda yang ingin menyaksikan episode lengkap sinetron Pesantren Rock n' Dut dapat disaksikan di Vidio dengan cara klik tautan ini.

Saksikan Videonya di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Pamer Capaian WTP 7 Tahun Beruntun di Depan Komisi V DPR

Posted: 14 Jul 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (BKS) menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Laporan itu disampaikannya kepada Komisi V DPR RI dalam rapat kerja (raker) bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar.

Dalam laporannya, Menhub Budi menyatakan kementerian yang di bawahnya berhasil memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK selama 7 tahun berturut-turut sampai 2019.

"Ini merupakan pencapaian predikat opini WTP yang ke-7 secara berturut-turut dari tahun 2013," kata Menhub  di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Selain itu, ia mengatakanz penyelesaian tindak lanjut dari Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II BPK tahun 2019 telah mencapai angka penyelesaian tindak lanjut rata-rata nasional.

"Penyelesaian tindak lanjut di Kemenhub adalah 76,1 persen atau lebih besar 1,8 persen di atas rata-rata nasional sebesar 74,3 persen. Tentu capaian ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus meningkatkan akuntabilitas dan kinerja di masa yang akan datang," papar Menhub.

Pekerjaann Rumah

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Dok Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Dok Kemenhub)

Kendati begitu, masih ada sejumlah pekerjaan rumah yang perlu diperbaiki Kementerian Perhubungan. Menurut Budi, BPK masih menemukan beberapa poin yang tidak dapat ditindaklanjuti.

Adapun beberapa temuan tersebut seperti rekomendasi BPK dengan status Belum Tindak Lanjut (BTL) pada semester I 2019 sebanyak 59, dan pada semester II 2019 sebanyak 36 atau berkurang 23.

Nilai rekomendasi pada semester I sebesar Rp 27,26 miliar dan pada semester II sebesar Rp 684,06 miliar atau terdapat penambahan nilai sebesar Rp 656,8 miliar.

Lalu, rekomendasi dengan status Tidak Dapat Ditindaklanjuti (TDTL), terdapat 4 rekomendasi dengan nilai Rp 10,17 miliar dan dan USD 10,64 ribu.

"Rekomendasi ini sudah dinyatakan secara sah oleh BPK bahwa rekomendasi benar-benar tidak dapat ditindaklanjuti," tukas Budi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Bahan Alami untuk Obat Kumur, Jaga Kesehatan Mulut

Posted: 14 Jul 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berkumur menjadi step penting saat membersihkan mulut selain menyikat gigi dan flossing. Obat kumur dapat digunakan untuk mengontrol bau mulut dan mengurangi gigi berlubang. Berkumur bisa membantu memerangi kondisi seperti surutnya gusi, radang gusi, mulut kering, dan penumpukan plak. 

Obat kumur bekerja untuk membilas gigi, gusi, dan mulut. Obat kumur biasanya mengandung antiseptik untuk membunuh bakteri berbahaya yang dapat hidup di mulut. Selain menggunakan produk obat kumur yang dijual di pasaran, kamu bisa menggunakan bahan alami untuk berkumur.

Bahan alami untuk obat kumur ini mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang membantu meningkatkan kesehatan mulut. Bahan-bahan alami ini juga bisa menyegarkan mulut dan menghilangkan bau mulut. Berikut bahan alami untuk berkumur, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(15/7/2020).

Bahan alami untuk obat kumur

Bahan alami untuk obat kumur (Alexeysun/Shutterstock)
Bahan alami untuk obat kumur (Alexeysun/Shutterstock)

Air garam

Garam memiliki sifat antiseptik, pembersihan, dan menenangkan. Garam menjadi obat rumahan umum untuk banyak masalah mulut. Membilas mulut dengan air garam hampir sama efektifnya dengan obat kumur yang dijual bebas yang mengandung senyawa seperti chlorhexidine. Ini dapat membantu mengurangi plak gigi serta jumlah mikroba dalam mulut. Air garam bisa membantu mengatasi sariawan, gusi bengkak, dan bau mulut. Larutkan setengah sendok teh garam dengan satu gelas air. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik.

Baking soda

Baking soda atau natrium bikarbonat, dapat secara efektif membunuh bakteri di mulut. Berkumur dengan baking soda bisa mengatasi bau mulut dan masalah mulut lainnya yang disebabkan oleh perkembangan bakteri. Tambahkan 2 sendok teh baking soda ke 1 cangkir air hangat. Berkumurlah dengan larutan ini selama 30 menit lalu muntahkan dan bilas dengan air biasa.

Bahan alami untuk obat kumur

Ilustrasi cuka sari apel. Sumber foto: unsplash.com/RawPixel.
Ilustrasi cuka sari apel. Sumber foto: unsplash.com/RawPixel.

Cuka sari apel

Cuka mengandung asam alami yang disebut asam asetat. Bakteri tidak suka tumbuh di lingkungan yang asam, sehingga berkumur dengan cuka sari apel dapat mengurangi pertumbuhan bakteri. Cuka sari apel memiliki tingkat keasaman yang kuat. Sebelum digunakan, pastikan untuk melarutkan cuka sari apel dengan air. Campurkan 1 sendok teh cuka sari apel dengan satu gelas air hangat. Gunakan untuk berkumur selama 15 detik, muntahkan, lalu bilas dengan air biasa.

Kayu manis dan cengkeh

Kayu manis memiliki sifat antibakteri dan efektif dalam pengobatan karies gigi yang disebabkan oleh bakteri mulut. Sementara cengkeh dikenal luas fungsinya untuk kesehatan mulut. Cengkeh memiliki sifat antivirus dan antioksidan yang membantu mengatasi plak dan peradangan. Campurkan 10-15 tetes minyak kayu manis dan 10-15 tetes minyak cengkeh dengan satu gelas air. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik.

Bahan alami untuk obat kumur

daun mint./Copyright shutterstock.com/g/strangerstudio
daun mint./Copyright shutterstock.com/g/strangerstudio

Daun mint

Mint bisa membuat mulut tetap lembap dan segar. Berkumur dengan mint bisa membantu mengatasi bau mulut dan membunuh bakteri. Mint bisa digunakan untuk berkumur dengan menyeduh daun mint segar dengan air panas. Biarkan hingga hangat dan gunakan untuk berkumur. Melarutkan minyak pepermint dengan segelas air juga bisa membantu membersihkan mulut dari bakteri dan jamur. Minyak peppermint sangat efektif dalam memerangi bau mulut.

Lidah buaya

Kidah buaya memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan. Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat kumur. Berkumur dengan lidah buaya dapat membantu mengurangi pendarahan dan plak gingiva. Caranya dengan men-jus gel lidah buaya dan berkumur dengan jus lidah buaya tersebut dua hingga tiga kali sehari.

Bahan alami untuk obat kumur

Bahan alami untuk obat kumur
Bahan alami untuk obat kumur

Tea tree oil

Tea tree oil sangat membantu dalam pengobatan sakit gigi, periodontitis, dan infeksi mulut. Larutkan 3 tetes tea tree oil dengan satu gelas air hangat. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik dua kali sehari. Berkumur dengan larutan tea tree oil bisa mengurangi bengkak dan pendarahan pada gusi.

Minyak serai

Minyak serai dapat digunakan sebagai pembersih mulut untuk mencegah penumpukan bakteri. Minyak ini bisa membantu mengurangi plak dan gingivitis. Minyak serai umumnya aman digunakan selama dilarutkan dengan benar. larutkan 2 sampai 3 tetes minyak serai dengan satu gelas air. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik dua kali sehari.

Bahan alami untuk obat kumur

Ilustrasi Jahe (Dok.Unsplash)
Ilustrasi Jahe (Dok.Unsplash)

Jahe

Jahe juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, anti-inflamasi, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan mulut. Senyawa aktif dalam jahe yang disebut gingerol mencegah pertumbuhan bakteri mulut. Rebus akar jahe dengan air lalu gunakan air rebusan jahe tersebut untuk berkumur dua kali sehari. Air rebusan jahe juga bisa ditambakan cengkeh dan kayu manis untuk hasil yang lebih efektif.

Daun jambu biji

Berkumur dengan air rebusa jambu biji bisa menjaga kesehatan mulut. Sifat antibakteri dan antimikroba bisa membersihkan mulut dan mencegah perkembangan plak gigi. Daun jambu biji bisa direbus dengan air, lalu digunakan untuk berkumur dua kali sehari. Berkumur dengan daun jambu biji bisa mengurangi peradangan gusi, meringankan nyeri, dan menyegarkan napas.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengidap Takikardia, Begini Potret Jessica Iskandar yang Tampak Pasrah

Posted: 14 Jul 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jessica Iskandar dikabarkan mengidap penyakit Takikardia. Takikardia sendiri merupakan kondisi di mana detak jantung melebihi 100 kali per menit.  

Penyakit yang diderita Jessica Iskandar ini dinilai tidak normal karena bilik jantung dalam tubuh berdetak lebih cepat dari biasanya meskipun sedang dalam keadaan beristirahat.

Jessica Iskandar kembali memeriksakan diri ke dokter. Hal itu terungkap dari postingan terbarunya di Instagram, Senin (13/7/2020).

 

Cek ke Dokter

Jessica Iskandar sedih usai menjalani pemeriksaan dokter.
Jessica Iskandar sedih usai menjalani pemeriksaan dokter.

Dalam foto yang diunggah, tampak Jessica Iskandar melakukan pemeriksaan di RS Premier Bintaro. Tampak Jessica mengenakan masker didampingi dokter.

"Dokter, semangat bantu aku sehat lagi yaaa. Amin. Terima kasih dok!" tulis Jessica Iskandar.

 

Banyak Didoakan

Jessica Iskandar sedih usai menjalani pemeriksaan dokter.
Jessica Iskandar sedih usai menjalani pemeriksaan dokter.

Postingan Jessica Iskandar langsung dibanjiri komentar dari warganet. Mereka turut mendoakan Jessica segera sembuh.

"Semoga cepat sembuh," tulis @adiwardoyodoyo.

"Semangat jedar demi el," tulis @srihandayani7527.

"Semangat Jess,,sehat selalu y," tulis @lastry_ary.

 

Tentang Takikardia

Jessica Iskandar sedih usai menjalani pemeriksaan dokter.
Jessica Iskandar sedih usai menjalani pemeriksaan dokter.

Takikardia merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada seseorang dengan detak jantung melebihi 100 kali per menit. Perlu diketahui, dalam kondisi tertentu memang detak jantung dalam tubuh akan meningkat lebih cepat dari biasanya. Seperti saat sedang berolahraga, atau sebagai respons saat terjadi stres, trauma, maupun penyakit. 

Meskipun begitu, kondisi detak jantung yang lebih cepat pada Takikardia sering terjadi saat sedang dalam kondisi normal atau istirahat. Dengan kata lain, jantung berdetak lebih cepat saat sedang tidak melakukan aktivitas fisik, trauma maupun menderita penyakit tertentu. Maka dari itu, gangguan kesehatan ini perlu segera diobati agar tidak menimbulkan kerusakan fungsi jantung dan menyebabkan berbagai komplikasi.

Dalam proses perawatan, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan maupun melakukan tindakan operasi jika diperlukan. Beberapa tindakan ini dilakukan untuk membantu mengendalikan detak jantung yang cepat serta mengontrol kondisi lain yang turut memberikan pengaruh pada kondisi Takikardia.

 

Penyebab Takikardia

Setelah mengenal penyakit Takikardia, selanjutnya perlu diketahui beberapa hal yang menjadi penyebab Takikardia. Pada dasarnya, penyebab Takikardia adalah segala sesuatu yang mengganggu kontrol laju aksi pemompaan pada organ jantung.

Inilah yang mengakibatkan jantung berdetak lebih cepat dan tidak terkontrol.  

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab Takikardia yang perlu diketahui: Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein; Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol; Anemia; Olahraga; Kondisi tubuh demam; Tekanan darah tinggi atau darah rendah; Elektrolit dalam tubuh yang tidak seimbang; Efek samping konsumsi obat; Tiroid yang terlalu aktif; Kebiasaan Merokok; Kondisi stress mendadak, seperti ketakutan; Penggunaan obat stimulan, seperti kokain atau metamfetamin.

 

Sempat Menangis

Jessica Iskandar tak kuasa menahan tangisnya setelah melakukan tes darah. Jessica takut sesuatu terjadi padanya karena selama ini ia merasa bahwa detak jantungnya dirasa tak normal. Hal itu terungkap dalam video di saluran YouTube Jessica Iskandar dengan tajuk 'Cape: Ada Apa Dengan Jedar? Kita Doain Aja yang terbaik Ya!' yang tayang 21 Juni 2020, Jessica bercerita bahwa ia kaget dengan kondisinya. 

Awalnya, wanita yang akrab disapa Jedar itu meminjam jam tangan milik Richard Kyle. Jam tangan tersebut memiliki fitur heart rate memonitor detak jantung. Saat memakai jam tangan tersebut, ibu satu anak itu kaget lantaran detak jantungnya sangat cepat. Akhirnya ia pun ditemani sang kekasih datang ke laboratorium klinik untuk melakukan pemeriksaan.

"Aku bingung, Richard kan punya jam yang bisa ngecek itu, heart rate gitu. Terus aku dikasih pinjam. Kalau lagi istirahat Richard 50-60, terus aku dilihat ini istirahat 190 gitu," jelas Jessica. 

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkat Kehadiran UTBK Tahap I Capai 93,01 Persen

Posted: 14 Jul 2020 10:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih menyebut bahwa tingkat kehadiran peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-SBMPTN 2020 mencapai 93,01 persen.

"Tingkat kehadirannya mencapai 93,01 persen dari 558 ribu orang (peserta Tahap I) yang hadir 519 ribu orang," katanya saat konferensi pers, Rabu (15/7/2020).

Hal ini berarti tingkat ketidakhadiran para peserta hanya berada di angka 6,99 persen. Kata Nasih hal itu merupakan suatu kemajuan luar biasa dibandingkan tingkat kehadiran pada tahun sebelumnya. Kendati sedang dalam masa pandemi, menurut Nasih semangat para peserta begitu luar biasa.

"Nampaknya minat atau keikutsertaan dari kawan-kawan peserta ini sungguh luar biasa. Padahal restriksi dan barrier di beberapa tempat kita bisa melihat sendiri ada yang nggak bisa masuk ke kota tertentu karena harus ada persyaratan," ucap dia.

Sebagai perbandingan, menurut Nasih, pada perhelatan UTBK tahun 2019, tingkat ketidakhadirannya masih berada di angka 11,1 persen.

"Jadi sebagai perbandingan pada 2019 tingkat ketidakhadirannya mencapai 11,01 persen. Itu artinya kehadirannya hanya di angka 88,09 persen," ucapnya.

UTBK Tahap I dilakukan di sebanyak 85 lokasi yang dipegang oleh 72 Pusat UTBK seluruh Indonesia. Tes dilakukan sejak 5 hingga 14 Juli 2020.

UPN Veteran Tertinggi

Adapun Pusat UTBK dengan tingkat kehadiran tertinggi di Tahap I adalah di UPN Veteran Jakarta yang mencapai 97,76 persen.

"Dari 8.740 peserta, yang hadir 8.544 peserta. Artinya UPN Veteran Jakarta yang konon banyak orang takut datang ke Jakarta tapi yang hadir ternyata 97,76 persen," tandas Nasih.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Pertanyakan Kelebihan Dana Perjalanan Dinas Kementerian Desa hingga Rp 8 Miliar

Posted: 14 Jul 2020 10:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar rapat kerja dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Rapat tersebut membahas mengenai tindak lanjut hasil pemeriksanaan BPK semester I dan II 2019.

Anggota Komisi V Bambang Suryadi menyoroti kelebihan pembayaran perjalanan dinas sebesar Rp8 miliar pada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun lalu. Temuan BPK tersebut baru ditindaklanjuti sebesar 48 persen.

"Satu hal saja Pak, saya terkait perjalanan dinas. Kalau tidak salah bapak sampaikan ada kelebihan bayar senilai Rp8 miliar terhadap perjalanan dinas dan sudah ditindaklanjuti 48 persen," ujar Bambang di Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Bambang meminta Menteri Desa merinci penyebab kelebihan bayar perjalanan dinas bengkak sampai miliaran. Apalagi perjalanan dinas seharusnya dilengkapi dengan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) setelah melakukan tugas.

"Saya mohon penjabaran dari temuan ini kasusnya seperti apa? tindaklanjutnya apakah hanya karena tidak ada SPJ nya atau kelebihan bayar. Kalau tidak ada SPJ nya, perjalanan dinas selesai bisa disiasati," paparnya.

 

Evaluasi

Petugas menata Gedung Nusantara atau Gedung Kura-Kura di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (15/8/2019). Persiapan itu berlangsung jelang pidato presiden dalam Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPR dan DPD serta Sidang Paripurna DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Petugas menata Gedung Nusantara atau Gedung Kura-Kura di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (15/8/2019). Persiapan itu berlangsung jelang pidato presiden dalam Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPR dan DPD serta Sidang Paripurna DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dia menambahkan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi perlu melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap perjalanan dinas. Selain itu, dia juga meminta, agar dilakukan koreksi terhadap Pengelola Perjalanan Dinas.

"Kelebihan bayar Rp8 miliar ini sesuatu yang luar biasa artinya Pengelola Perjalanan Dinas ya perlu dikoreksi kembali. Itu saja," tandasnya.

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Tubuh Kekar, Ini 6 Potret Goldi Senna Eks Idola Cilik saat Olahraga

Posted: 14 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta ajang pencarian bakat anak-anak, Idola Cilik pasti tak asing dengan sosok bocah manis Goldi Senna. Selang 12 tahun, peserta musim pertama ini memiliki penampilan yang berbeda. 

Jika dirinya dikenal dengan bocah manis bersuara merdu, Goldi kini tumbuh menjadi remaja yang memiliki tubuh kekar. Lewat laman Instagramnya, remaja kelahiran Sidoarjo, 21 Agustus 1996 tersebut kerap membagikan momen dirinya sedang berolahraga. 

Mulai dari dari olahraga di gym hingga bersepeda. Ia juga turut berpartisipasi dalam acara-acara freeletics yang digelar di kota Jawa Timur. Tak heran jika Goldi mantan Idola Cilik memiliki penampilan yang bikin pangling.

Berikut ini 6 potret Goldi Senna Idola Cilik musim pertama saat berolahraga yang dirangkum dari Instagram miliknya oleh Liputan6.com, Rabu (15/7/2020).

1. Remaja kelahiran Sidoarjo ini kini tumbuh menjadi sosok yang memiliki tubuh kekar dan macho.

Momen olahraga Goldi Senna, mulai dari ngegym hingga gowes. (Sumber: Instagram/@goldisenna)
Momen olahraga Goldi Senna, mulai dari ngegym hingga gowes. (Sumber: Instagram/@goldisenna)

2. Goldi diketahui memang memiliki pola hidup sehat dan kebiasaan olahraga seperti bersepeda.

Momen olahraga Goldi Senna, mulai dari ngegym hingga gowes. (Sumber: Instagram/@goldisenna)
Momen olahraga Goldi Senna, mulai dari ngegym hingga gowes. (Sumber: Instagram/@goldisenna)

3. Pemilik nama lengkap Goldi Senna Prabowo ini beberapa kali mengunggah momen dirinya bersepeda.

Momen olahraga Goldi Senna, mulai dari ngegym hingga gowes. (Sumber: Instagram/@goldisenna)
Momen olahraga Goldi Senna, mulai dari ngegym hingga gowes. (Sumber: Instagram/@goldisenna)

4. Punya tubuh yang atletis, tak hanya bersepda saja dirinya juga sering latihan nge-gym.

Momen olahraga Goldi Senna, mulai dari ngegym hingga gowes. (Sumber: Instagram/@goldisenna)
Momen olahraga Goldi Senna, mulai dari ngegym hingga gowes. (Sumber: Instagram/@goldisenna)

5. Ini salah satu momen kala Goldi ikut berpartisipasi dalam acara Freelatics Workout di Malang

Momen olahraga Goldi Senna, mulai dari ngegym hingga gowes. (Sumber: Instagram/@goldisenna)
Momen olahraga Goldi Senna, mulai dari ngegym hingga gowes. (Sumber: Instagram/@goldisenna)

6. Remaja yang kini tinggal di Malang ini bahkan didapuk menjadi finalis L-Men of The Year mewakili Jawa Timur.

Momen olahraga Goldi Senna, mulai dari ngegym hingga gowes. (Sumber: Instagram/@goldisenna)
Momen olahraga Goldi Senna, mulai dari ngegym hingga gowes. (Sumber: Instagram/@goldisenna)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Tahun Berlalu, Ini 7 Potret Terbaru Novita Sari Anggraeni Pemeran Mama Abdel

Posted: 14 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Novita Sari Anggraeni merupakan sosok aktris yang terkenal saat ia berperan dalam Sitkom Abdel dan Temon pada tahun 2008 hingga 2010. Ia pun berperan sebagai Mama Abdel yang selalu tampil layaknya mama sosialita yang seksi.

Sebelumnya beradu akting dengan Abdel maupun Temon, aktris cantik Novita Sari Anggraeni memang sudah meniti karier di dunia entertainment sejak tahun 2000-an. Ia pun pernah main film Hantu Gudang Cibubur dan Dorce Vs Hantu. 

Namun peran ikoniknya yang melejitkan kepopulerannya dalam dunia hiburan ialah saat ia memerankan sosok Mama Abdel. Kini 12 tahun berlalu sejak syuting pertama, Novita Sari dan Abdel pun bertemu kembali.

Dulu Abdel Achrian yang berperan jadi anaknya kini telah punya rambut beruban. Namun Novita Sari tetap tampil memesona seperti tidak banyak berubah saat ia syuting bersama Abdek.

Berikut 7 potret terbaru aktris Novita Sari Anggraeni pemeran Mama Abdel yang Liputan6.com kutip dari Instagram @novitasarianggraini99, Rabu (15/7/2020).

1. Begini potret terbaru Novita Sari Anggraeni saat reunian bareng Abdel di rumahnya

Novita Sari Anggraeni (Sumber: Instagram/novitasarianggraini99)
Novita Sari Anggraeni (Sumber: Instagram/novitasarianggraini99)

2. Dalam pertemuannya dengan Abdel, penampilan Novita pun enggak banyak berubah

Novita Sari Anggraeni (Sumber: Instagram/novitasarianggraini99)
Novita Sari Anggraeni (Sumber: Instagram/novitasarianggraini99)

3. Ia pun masih tetap memesona seperti dahulu padahal sekarang Abdel saja sudah beruban

Novita Sari Anggraeni (Sumber: Instagram/novitasarianggraini99)
Novita Sari Anggraeni (Sumber: Instagram/novitasarianggraini99)

4. Usai memerankan Mama Abdel yang membuat namanya makin terkenal, ia pun tetap bermain sinetron hingga sekarang

Novita Sari Anggraeni (Sumber: Instagram/novitasarianggraini99)
Novita Sari Anggraeni (Sumber: Instagram/novitasarianggraini99)

5. Saat ini ia pun masih syuting sinetron bersama artis-artis muda yang ditayangkan pada stasiun televisi swasta

Novita Sari Anggraeni (Sumber: Instagram/novitasarianggraini99)
Novita Sari Anggraeni (Sumber: Instagram/novitasarianggraini99)

6. Melalui media sosial Instagramnya, Novita Sari pun sering sapa penggemar dengan unggah potret kesehariannya

Novita Sari Anggraeni (Sumber: Instagram/novitasarianggraini99)
Novita Sari Anggraeni (Sumber: Instagram/novitasarianggraini99)

7. Begini potret Novita Sari bersama dengan suaminya yang bernama Fuad

Novita Sari Anggraeni (Sumber: Instagram/novitasarianggraini99)
Novita Sari Anggraeni (Sumber: Instagram/novitasarianggraini99)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kasus Covid-19 Melonjak, Bangalore India Kembali Lockdown

Posted: 14 Jul 2020 10:30 PM PDT

Orang-orang berdiri di depan pertokoan yang tutup di area komersial saat lockdown di Bangalore, Rabu (15/7/2020). Pusat IT India, Bangalore, kembali memberlakukan lockdown selama seminggu dimulai dari 14 Juli 2020 untuk menahan lonjakan kasus Covid-19 yang meningkat. (Manjunath Kiran/AFP)
Orang-orang berdiri di depan pertokoan yang tutup di area komersial saat lockdown di Bangalore, Rabu (15/7/2020). Pusat IT India, Bangalore, kembali memberlakukan lockdown selama seminggu dimulai dari 14 Juli 2020 untuk menahan lonjakan kasus Covid-19 yang meningkat. (Manjunath Kiran/AFP)

Orang-orang berdiri di depan pertokoan yang tutup di area komersial saat lockdown di Bangalore, Rabu (15/7/2020). Pusat IT India, Bangalore, kembali memberlakukan lockdown selama seminggu dimulai dari 14 Juli 2020 untuk menahan lonjakan kasus Covid-19 yang meningkat. (Manjunath Kiran/AFP)

Seorang pria bersepeda di depan toko-toko yang tutup di area komersial saat pemberlakukan lockdown di Bangalore, Rabu (15/7/2020). Pusat IT India, Bangalore, kembali memberlakukan lockdown selama seminggu dimulai dari 14 Juli 2020 setelah adanya lonjakan kasus Covid-19. (Manjunath Kiran/AFP)
Seorang pria bersepeda di depan toko-toko yang tutup di area komersial saat pemberlakukan lockdown di Bangalore, Rabu (15/7/2020). Pusat IT India, Bangalore, kembali memberlakukan lockdown selama seminggu dimulai dari 14 Juli 2020 setelah adanya lonjakan kasus Covid-19. (Manjunath Kiran/AFP)

Seorang pria bersepeda di depan toko-toko yang tutup di area komersial saat pemberlakukan lockdown di Bangalore, Rabu (15/7/2020). Pusat IT India, Bangalore, kembali memberlakukan lockdown selama seminggu dimulai dari 14 Juli 2020 setelah adanya lonjakan kasus Covid-19. (Manjunath Kiran/AFP)

Seorang pria bersepeda di depan kios bus Jayanagar yang sepi saat pemberlakukan lockdown di Bangalore, Rabu (15/7/2020). Pusat IT India, Bangalore, kembali memberlakukan lockdown selama seminggu dimulai dari 14 Juli 2020 untuk menahan lonjakan kasus Covid-19 yang meningkat. (Manjunath Kiran/AFP)
Seorang pria bersepeda di depan kios bus Jayanagar yang sepi saat pemberlakukan lockdown di Bangalore, Rabu (15/7/2020). Pusat IT India, Bangalore, kembali memberlakukan lockdown selama seminggu dimulai dari 14 Juli 2020 untuk menahan lonjakan kasus Covid-19 yang meningkat. (Manjunath Kiran/AFP)

Seorang pria bersepeda di depan kios bus Jayanagar yang sepi saat pemberlakukan lockdown di Bangalore, Rabu (15/7/2020). Pusat IT India, Bangalore, kembali memberlakukan lockdown selama seminggu dimulai dari 14 Juli 2020 untuk menahan lonjakan kasus Covid-19 yang meningkat. (Manjunath Kiran/AFP)

Pengendara motor melintas di depan pertokoan yang tutup di area komersial saat lockdown di Bangalore, Rabu (15/7/2020). Pusat IT India, Bangalore, kembali memberlakukan lockdown selama seminggu dimulai dari 14 Juli 2020 untuk menahan lonjakan kasus Covid-19 yang meningkat. (Manjunath Kiran/AFP)
Pengendara motor melintas di depan pertokoan yang tutup di area komersial saat lockdown di Bangalore, Rabu (15/7/2020). Pusat IT India, Bangalore, kembali memberlakukan lockdown selama seminggu dimulai dari 14 Juli 2020 untuk menahan lonjakan kasus Covid-19 yang meningkat. (Manjunath Kiran/AFP)

Pengendara motor melintas di depan pertokoan yang tutup di area komersial saat lockdown di Bangalore, Rabu (15/7/2020). Pusat IT India, Bangalore, kembali memberlakukan lockdown selama seminggu dimulai dari 14 Juli 2020 untuk menahan lonjakan kasus Covid-19 yang meningkat. (Manjunath Kiran/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Link Live Streaming Liga Inggris Malam Ini: Arsenal vs Liverpool

Posted: 14 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Arsenal akan menjamu Liverpool pada pekan ke-36 Liga Inggris. Laga tersebut akan dimainkan di Emirates Stadium, Kamis (17/7/2020) dini hari WIB.

Laga Arsenal kontra Liverpool hanya akan menjadi duel dua tim besar yang sudah tak punya target. Arsenal tidak mungkin bisa finis di posisi untuk ke Eropa musim depan, sementara Liverpol sudah menjadi juara.

Satu-satunya yang menarik dari laga ini adalah duel tajam lini depan. Pierre-Emerick Aubameyang dan Mohamed Salah bersaing ketat dalam urusan mencetak gol.

Salah sudah mengoleksi 19 gol bersama Liverpool di Liga Inggris musim ini. Sementara Aubameyang satu gol lebih unggul dari Salah. Sedangkan posisi teratas daftar pencetak gol terbanyak ditempati oleh Jamie Vardy dari Leicester City dengan torehan 23 gol

Meski telah mematikan diri menjadi juara, Liverpool akan kembali menurunkan kekuatan penuhnya. Sebab, pasukan Jurgen Klopp masih mengejar rekor poin terbanyak dalam satu musim Liga Inggris.

Anda dapat memperoleh tautan live streaming laga Arsenal vs Liverpool di halaman selanjutnya:

 

 

Link Live Streaming

ARSENAL VS LIVERPOOL (Liputan6.com/Abdillah)
ARSENAL VS LIVERPOOL (Liputan6.com/Abdillah)

Anda dapat memperoleh link live streaming Arsenal vs Liverpool di tautan berikut ini...

 

 

Perkiraan Susunan Pemain

Arsenal (3-4-3): Martinez; Kolasinac, Holding, Sokratis; Tierney, Ceballos, Xhaka, Soares; Saka, Lacazette, Nelson.

Manajer: Mikel Arteta.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Robertson, van Dijk, Gomez, Alexander-Arnold; Keita, Fabinho, Wijnaldum; Mane, Firmino, Salah.

Manajer: Jurgen Klopp

 

Jadwal Liga Inggris

Kamis, 16 Juli 2020

00.00 WIB, Burnley vs Wolverhampton (Mola TV)

00.00 WIB, Manchester City vs Bournemouth (Mola TV)

00.00 WIB, Newcastle United vs Tottenham Hotspur (Mola TV)

02.15 WIB, Arsenal vs Liverpool (Mola TV)

Jumat, 17 Juli 2020

00.00 WIB, Everton vs Aston Villa (Mola TV)

00.00 WIB, Leicester City vs Sheffield United (Mola TV)

02.15 WIB, Crystal Palace vs Manchester United (Mola TV)

02.15 WIB, Southampton vs Brighton (Mola TV)

Sabtu, 18 Juli 2020

02.00 WIB, West Ham United vs Watford (Mola TV)

Klasemen Liga Inggris

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 334 Perawat Puskesmas Jatim Positif Covid-19

Posted: 14 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tenaga medis di Indonesia yang terinfeksi virus corona terus bertambah. Sedikitnya 334 perawat di Jawa Timur dilaporkan terpapar virus corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Potret Kediaman Selebgram Acha Sinaga dan Suami di Australia

Posted: 14 Jul 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Acha Sinaga tengah vakum dari dunia hiburan Tanah Air setelah ia menikah dengan Andy Ambarita pada 2017 lalu. Kini, pemilik nama Maria Dyer Achsahinta Sinaga itu menghabiskan hari-harinya di Australia bersama suami.

Pernikahan Acha Sinaga pun telah dikaruniai seorang anak yang bernama Lucas Ambarita. Ketiganya kini tinggal di sebuah apartemen yang minimalis namun terlihat elegan.

Menariknya, biarpun tak menyewa asisten rumah tangga, Acha Sinaga dan suami tetap bisa menjaga agar tempat tinggal mereka bisa selalu terlihat bersih dan rapi.

Seperti Apa?

Mungkin jadi banyak yang penasaran ya, seperti apa tampilan kediaman finalis 10 besar Miss Indonesia 2009 ini di Australia. Yuk ikuti deretan potretnya dari Instagram

1. Ruang Keluarga

Potret kediaman Acha Sinaga di Australia. (Instagram/@achasinaga)
Potret kediaman Acha Sinaga di Australia. (Instagram/@achasinaga)

Di ruang keluarga, terlihat Acha Sinaga dan suami memilih interior bernuansa monokrom.

2. Kamar Tidur

Potret kediaman Acha Sinaga di Australia. (Instagram/@achasinaga)
Potret kediaman Acha Sinaga di Australia. (Instagram/@achasinaga)

Untuk kamar tidurnya, terlihat warna putih menjadi pilihannya.

3. Pajangan dan Foto

Potret kediaman Acha Sinaga di Australia. (Instagram/@achasinaga)
Potret kediaman Acha Sinaga di Australia. (Instagram/@achasinaga)

Salah satu sudut ruangan yang memiliki meja dengan desain ala perapian, terdapat sejumlah foto dan juga pajangan.

4. Tempat Mencuci Pakaian

Kediaman Acha Sinaga di Australia. (YouTube/Acha Sinaga)
Kediaman Acha Sinaga di Australia. (YouTube/Acha Sinaga)

Sementara pada sudut ruangan lain terdapat sebuah tempat mencuci pakaian serta lokasi meletakkan alas seterika.

5. Kamar Mandi

Kediaman Acha Sinaga di Australia. (YouTube/Acha Sinaga)
Kediaman Acha Sinaga di Australia. (YouTube/Acha Sinaga)

Di salah satu vlog, Acha Sinaga dan suami juga memamerkan kamar mandi kediaman mereka.

6. Meja Makan

Kediaman Acha Sinaga di Australia. (YouTube/Acha Sinaga)
Kediaman Acha Sinaga di Australia. (YouTube/Acha Sinaga)

Seperti inilah meja makan di kediaman Acha dan suami yang minimalis namun terlihat bersih dan rapi.

7. Dapur

Kediaman Acha Sinaga di Australia. (YouTube/Acha Sinaga)
Kediaman Acha Sinaga di Australia. (YouTube/Acha Sinaga)

Seperti meja makan, dapur pun tak kalah bersihnya. Tanpa banyak pewarnaan, Acha dan suami memilih warna putih.

8. Televisi Besar

Kediaman Acha Sinaga di Australia. (YouTube/Acha Sinaga)
Kediaman Acha Sinaga di Australia. (YouTube/Acha Sinaga)

Salah satu barang yang sempat dipamerkan Acha adalah satu unit televisi berukuran besar.

9. Ruang Kerja Suami

Kediaman Acha Sinaga di Australia. (YouTube/Acha Sinaga)
Kediaman Acha Sinaga di Australia. (YouTube/Acha Sinaga)

Ruang kerja suami Acha, Andy Ambarita, juga sempat dipamerkan.

10. Balkon

Kediaman Acha Sinaga di Australia. (YouTube/Acha Sinaga)
Kediaman Acha Sinaga di Australia. (YouTube/Acha Sinaga)

Kediaman Acha Sinaga dan suami ini tentunya memiliki sebuah balkon yang bisa dijadikan tempat untuk bersantai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaksa Agung Pastikan Tak Pernah Cabut Red Notice Buron Djoko Tjandra

Posted: 14 Jul 2020 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Agung ST Burhanuddin menegaskan, Kejaksaan tidak pernah melakukan pencabutan status red notice terhadap buron kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) terkait pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra.

"Red notice itu kan tidak ada cabut mencabut, selamanya sampai ketangkap, tapi nyatanya begitulah," kata Burhanuddin di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta Selatan, Rabu (15/7/2020).

Burhanuddin mengaku masih menelusuri perihal hilangnya status red notice terhadap Djoko Tjandra di Interpol. Dia pun belum menemukan pihak yang bertanggung jawab atas masalah tersebut.

"Itu sampai sekarang belum ada titik temunya," jelas Burhanuddin.

Pengacara Andi Putra Kusuma selaku kuasa hukum Djoko Sugiarto Tjandra membantah tuduhan bahwa telah menyembunyikan kliennya sebagaimana yang dilaporkan oleh Tim Advokasi Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI).

"Pada dasarnya kita menghormati laporan KAKI, tapi kalau tuduhannya Pasal 221 melindungi dan menyembunyikan buronan, ada beberapa hal yang perlu saja klarifikasi," kata Andi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin 6 Juli 2020, seperti dilansir Antara.

Ada tiga poin yang dijelaskan Andi terkait tuduhan tersebut. Andi menyebutkan, tidak pernah menyembunyikan buron kasus pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra, karena timnya membawa kliennya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk mendaftarkan permohonan PK.

Menurut dia, pengadilan merupakan tempat umum yang bisa diakses semua orang, dan semua orang bisa melihat dan bertemu satu dengan yang lainnya.

"Kalau menyembunyikan, kan banyak orang yang melihat di pengadilan negeri ini," katanya.

 

Status DPO kembali disematkan pada 27 Juni 2020

Banner Djoko Tjandra (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Djoko Tjandra (Liputan6.com/Triyasni)

Yang kedua, lanjut Andi, sejak 2012, Djoko Tjandra sudah tidak tercatat sebagai DPO (daftar pencarian orang) berdasarkan keterangan dari Kementerian Hukum dan HAM.

Status DPO kembali disematkan kepada Djoko oleh Imigrasi pada tanggal 27 Juni 2020, begitu juga dengan daftar merah pemberitahuan (red notice) Interpol dan pencekalan.

"Sebelumnya dari 2014 enggak ada (status). Karena permohonan jaksa kan dari berlaku enam bulan. Permohonan terakhir dari jaksa itu diajukan pada tanggal 29 Maret 2012," kata Andi.

Yang ketiga, lanjut Andi, terkait permohonan ke luar negeri dari Kejaksaan Agung RI hanya berlaku enam bulan. Artinya, enam bulan setelah tanggal tersebut tidak ada lagi pencegahan baik keluar ataupun masuk.

Karena jaksa tidak memohon lagi berdasarkan informasi dari Kemenkum HAM sejak tahun 2012 sudah tidak ada lagi permintaan dari Kejaksaan Agung.

Setelah itu, Menkumham menindaklanjuti hal itu dan menghapus nama Djoko Tjandra dari sistem perlintasan pada Mei 2020.

"Artinya, kalau Pak Djoko masuk ke Indonesia tanggal 8 Juni tidak ada pencegahan. Jadi dari mana saya menyeludupkan sedangkan untuk bisa ke pengadilan ini kan baris depannya pemerintah banyak banget, ada imigrasi dari kepolisian itu semua dilewati sebelum sampai di sini," kata Andi.

 

 

Menkumham: Djoko Tjandra Tak Lagi Buruan Interpol Sejak 2014

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyampaikan penjelasan kepada Komisi III DPR saat rapat kerja di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (22/6/2020). Rapat membahas evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi dan pola manajemen pegawai di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyampaikan penjelasan kepada Komisi III DPR saat rapat kerja di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (22/6/2020). Rapat membahas evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi dan pola manajemen pegawai di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menkumham Yasonna Laoly menyatakan, nama terpidana kasus hak tagih Bank Bali, Djoko Tjandra sudah tidak lagi masuk dalam red notice atau buruan Interpol sejak tahun 2014.

Yasonna berandai apabila buronan itu masuk ke Indonesia belum lama ini, maka ia tidak bisa dihalangi karena tidak ada dalam red notice.

"Beliau menurut Interpol sejak 2014 kan tidak lagi masuk dalam DPO. Jadi kalau seandainya pun, seandainya ini berandai-andai, jangan kau kutip nanti seolah-olah benar, seandainya dia masuk dengan benar, dia nggak bisa kami halangi," kata Yasonna di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (2/7/2020).

Politisi PDIP itu kembali berandai-andai, apabila Djoko Tjandra masuk Indonesia dengan cara benar bahkan sambil santai bersiul, maka tidak akan bisa halangi.

"Karena dia tidak masuk dalam red notice. Seandainya masuk dia sambil bersiul-siul dia masuk, bisa saja karena dia tidak masuk dalam red notice. Tapi ini hebatnya, dia situ juga nggak ada," ucapnya.

Ia juga enggan menanggapi kemungkinan Djoko Tjandra masuk Indonesia dengan mengganti nama atau lewat jalan tikus. Pihaknya akan meneliti lebih lanjut bersama tim gabungan dengan Kejaksaan Agung.

"Kita nggak tahu lah, nanti makanya saya bilang lagi diteliti sama Dirjen Imigrasi, nanti ceklah. Kan kita minta cek CCTV, apa semua. Kita tidak tahu, bisa saja orang ambil paspor di mana-mana di Bangkok sana kan," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Queensland Uji Coba Potensi Vaksin Corona COVID-19 ke Manusia, Hasilnya September

Posted: 14 Jul 2020 10:25 PM PDT

Queensland - Sejumlah vaksin Virus Corona COVID-19 di sejumlah negara telah memasuki masa uji coba untuk disuntikkan ke manusia.

Kali ini, uji coba untuk potensi vaksin COVID-19 pada manusia telah dimulai di Queensland, setelah uji coba ke manusia juga dilakukan di Melbourne pada Mei.

Sebanyak 120 relawan di Brisbane menerima dosis pertama dari imunisasi yang berpotensi mennghindari dari penyakit COVID-19, akibat Virus Corona COVID-19, Senin 13 Juli.

Seperti dikutip dari ABC Australia, Rabu (15/7/2020), potensi vaksin ini dikembangkan University of Queensland (UQ).

Ini adalah salah satu dari sekian banyak uji coba klinis yang dilakukan di Australia, termasuk uji coba lainnya yang melibatkan peneliti dan relawan di Queensland.

Dalam uji coba potensi vaksin ini, setiap orang akan disuntik dua dosis setiap empat minggu, kemudian diperiksa keamanan dan respon imun dari para relawan.

Relawan berusia dewasa yang sehat telah menerima dosis pertama vaksin mereka di klinik spesialis Brisbane, Nucleus Network, sebagai fase pertama dalam uji coba ini.

Helen Sullivan adalah salah satunya dan ia mengatakan mengajukan diri karena ingin membantu "mengembalikan dunia menjadi normal".

"Untuk membuat orang bisa kembali bekerja, kembali melihat keluarga mereka, vaksin ini cukup penting," kata Helen.

"Saya merasa cukup nyaman untuk melakukan ini, [saya] tidak gugup sama sekali ... Saya merasa cukup yakin kita telah mengerjakan tugas kita dan kita berada di tangan yang aman."

Relawan lain, Christian Fercher, mengatakan dia ingin membantu komunitas yang terkena dampak Virus Corona COVID-19.

"Melihat begitu banyak orang yang tidak punya pekerjaan dan pada dasarnya terpengaruh secara finansial dan juga secara pribadi ... Saya ingin membantu agar kita keluar dari situasi ini secepat mungkin," kata Christian. Dia mengatakan potensi vaksin ini, jika berhasil, juga akan membantunya untuk bisa mengunjungi kerabat yang tinggal di luar negeri sesegera mungkin.

"Saya tidak dapat mengunjungi keluarga saya di Austria … saya pikir penerbangan internasional tidak akan ada sampai kami memiliki vaksin, karenanya ini menjadi motivasi pribadi saya untuk terlibat dalam uji coba ini," katanya.

Hasilnya Akan Diumumkan September

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Para peneliti akan mengukur reaksi yang timbul dan relawan yang terlibat, selain juga dimonitor selama 12 bulan lamanya.

Hasil awal dari uji coba ini diperkirakan akan diumumkan pada akhir bulan September mendatang.

Premier negara bagian Queensland, Annastacia Palaszczuk mengatakan, hari Senin ini menjadi "hari yang penuh semangat" bagi Queensland.

"Ini adalah sebuah langkah yang sangat besar … bukan hanya untuk UQ, tapi untuk Queensland," katanya."Uji coba ini, yang dilakukan oleh UQ dan para ilmuwannya, tidak ada duanya."

Pemerintah Negara Bagian Queensland sebelumnya telah menginvestasikan AU$10 juta untuk penelitian ini agar bisa dikembangkan secara cepat.

Memajukan Proses Produksi Jutaan Dosis Lebih

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Profesor Paul Young, salah satu pemimpin penelitian di University of Queensland mengatakan sulit untuk menentukan kapan tepatnya vaksin tersebut bisa selesai, tapi mereka berencana menyelesaikannya dalam jangka waktu 12 bulan.

"Rencananya, kami akan menyelesaikannya pada pertengahan tahun depan."

Dr Paul Young mengatakan uji coba ke manusia telah sesuai dengan periode pengujian pra-klinis yang telah dilakukan para peneliti sejak Februari.

"Uji coba sebelumnya telah menunjukkan bahwa vaksin ini di laboratorium telah efektif menetralisasi virus dan aman untuk disuntikkan ke manusia."

Dr Paul juga mengatakan kemitraan dengan perusahaan manufaktur berarti akan membuat vaksin bisa tersedia lebih awal.

"Kalau segala sesuatunya berjalan sesuai dengan rencana, mereka akan secepatnya memajukan produksi jutaan dosis dan menggeser program ini ke tahap lebih lanjut uji coba teknis, persetujuan regulator, dan langkah manufaktur dan distribusi dalam skala besar," kata Dr Paul.

"Kita akan bersama-sama menahan nafas sambil menunggu proses uji coba ini berlangsung."Dalam sebuah pernyataan, Menteri Inovasi Kate Jones menggambarkan penelitian untuk menemukan vaksin ini sebagai "yang terdepan di dunia".

"Keberhasilan penelitian kami membuat orang mengarahkan mata mereka ke Queensland," katanya.

"Vaksin kami yang dibuat di Queensland oleh warga Queensland dapat menyelamatkan jutaan nyawa di seluruh dunia".

Saksikan juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenakan Kostum Jadon Sancho, Pemain Muda Schalke Kena Damprat

Posted: 14 Jul 2020 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berteman baik dengan striker Bourssia Dortmund, Jadon Sancho, malah membuat pemain muda Schalke 04 Rabbi Matondo mengalami nasib sial. Maksud hati ingin pamer kedekatan mereka, pemain berusia 19 tahun tersebut justru malah berbuntut panjang dan membuat wajahnya memerah. 

Insiden bermula saat Matondo yang berasal dari Wales tengah berlatih di salah satu tempat kebugaran di Cardiff. Saat itu, dia mengenakan kostum Bourssia Dortmund bertuliskan nama Jadon Sancho.

Seperti diketahui, Borussia Dortmund merupakan salah satu rival terberat Schalke 04 di Bundesliga. Pemandangan ini kemudian menyebar lewat media sosial dan memicu kemarahan fans Schalke 04.    

Tidak berhenti sampai di situ saja, kejadian itu juga sampai ke telinga manajemen. Direktur olahraga Schalke 04, Jochen Schneider juga berang dan langsung menegur Rabbi Matondo. 

"Saya jelaskan kepada Rabbi Matondo lewat telepon tentang pendapat kami mengenai tindakan gegabah," kata Schneider kepada majalah daring Kicker seperti dilansir dari CNA.     

"Dia baru 19 tahun tapi dia tidak seharusnya melakukan itu. Kami dengan jelas mengatakan kepadanya bahwa ia harus menunjukkan reaksi yang benar terhadap kesalahannya di dalam dan di luar lapangan."

 

Pemain Potensial

Winger Schalke 04, Rabbi Matondo. (AFP/Ronny Hartmann)
Winger Schalke 04, Rabbi Matondo. (AFP/Ronny Hartmann)

Matondo telah berada di Schalke sejak 2019 setelah menimba ilmu di tim usia muda Manchester City. Pada Bundesliga musim ini, Matondo telah mencetak 2 gol dari 20 penampilan bersama Schalke 04. 

Sementara itu, sudah jadi rahasia umum bila Jadon Sancho menjadi incaran utama Manchester Unied (MU) untuk bursa transfer musim panas 2020. MU mati-matian mengusahakan kepindahan Sancho.

 

Bidikan MU

Sancho dibidik karena Jesse Lingard tampil sangat buruk. MU akan segera menendang Lingard dari Old Trafford. Sayangnya hingga pertengahan Juli ini belum ada tanda-tanda MU akan bisa merayu Borussia Dortmund untuk melepas Sancho. MU ingin mendapatkan harga miring.

Setan Merah keberatan membayar di atas 100 juta pound sesuai permintaan Dortmund. MU konon hanya mau menebus Sancho sebesar 50 juta pound.

Kondisi keuangan MU terkena imbas dari krisis pandemi virus corona Covid-19. The Red Devils harus mengetatkan anggaran belanja. Apalagi mereka masih butuh beberapa pemain lain seperti bek tengah baru dan satu gelandang.

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permohonan Uji Materi Perppu Penundaan Pilkada Dicabut karena Sudah Jadi UU

Posted: 14 Jul 2020 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Permohonan uji materi atas Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 terkait penundaan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dicabut oleh Paguyuban Warga Solo Peduli Pemilu (PWSPP).

Dikutip dari laman resmi Mahkamah Konstitusi, kuasa hukum PWSPP Sigit Nugroho Sudibyanto mengajukan pencabutan perkara lantaran Perppu Penundaan Pilkada Serentak 2020 telah disahkan menjadi undang-undang pada Selasa (14/7/2020).

"Perppu Nomor 20 akan menjadi undang-undang. Kemudian kami berdiskusi dengan para prinsipal dan sepakat untuk mencabut permohonan," kata Sigit Nugroho Sudibyanto, seperti dikutip dari Antara, Rabu (15/7/2020).

Tim kuasa hukum pemohon juga secara resmi telah mengirim surat pencabutan perkara ke Mahkamah Konstitusi.

Dalam sidang sebelumnya, PWSPP mempersoalkan Pasal 201 A ayat (1) dan (2) perppu tersebut, yang mengatur pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 diundur hingga Desember 2020 karena bencana nonalam Covid-19.

Menurut pemohon, dengan dijalankannya tahapan pilkada serentak mulai Juni 2020 dan pemungutan suara pada Desember 2020, dikhawatirkan penyebaran Covid-19 semakin luas karena banyak pertemuan akan dilakukan para penyelenggara pilkada.

Pemohon ingin agar pilkada digelar setelah pemerintah mencabut penetapan bencana nonalam Covid-19.

Disetujui Jadi UU

Adapun rapat paripurna DPR RI pada Selasa (14/7/2020) kemarin menyetujui rancangan undang-undang (RUU) terhadap penetapan Perppu Nomor 2 Tahun 2020 menjadi undang-undang.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan, dengan disetujuinya perppu menjadi undang-undang, diharapkan semua pihak yang berkepentingan, khususnya penyelenggara pemilu dan jajaran pemerintah dapat memaksimalkan potensinya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siti Nur Azizah Mengaku Sudah Kantongi Nama Calon Wakil Wali Kota Tangsel

Posted: 14 Jul 2020 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon Wali Kota Tangerang Selatan Siti Nur Azizah mengatakan sudah mengantongi nama calon wakil wali kota yang akan mendampinginnya di Pilkada Tangsel 2020.

"Yang jelas saat ini saya sudah mengantongi nama calon wakil yang dalam waktu dekat akan segera diumumkan," kata Siti kepada Liputan6.com, Rabu (15/7/2020).

Meski demikian, dia belum mau membeberkan kapan waktu pengumuman pasangannya tersebut.

"Jadi ya tunggu tanggal mainnya saja," tukasnya.

Sebelumnya, putri Ma'ruf Amin tersebut menawarkan artis Raffi Ahmad untuk menjadi pendampingnya di Pilkada Tangsel.

Hal ini terungkap dalam video yang diunggah di akun Youtube Raffi, Rans Entertainment.

Lalu Apakah Siti Nur Azizah Serius Menggandeng Raffi Ahmad?

"Mengenai serius atau enggaknya tawaran itu lebih baik ditanyakan ke Raffi saja. Dalam politik kan semua serba mungkin," ungkap Azizah.

Alasan Azizah Datangi Raffi Ahmad

Menurut dia, pertemuannya dengan Raffi lebih kepada menyampaikan pesan ke generasi muda, bahwa akan ada hajatan besar politik.

"Sekali lagi pilkada kan sebuah pesta demokrasi, tentu harus ramai, meriah, dan menyenangkan. Jadi saya kunjungi Raffi supaya bisa mengirim sinyal ke pemilih pemula dan kaum milenial," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Naik 15 Persen, Ekspor Indonesia Capai USD 12,03 Miliar di Juni 2020

Posted: 14 Jul 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekspor Indonesia pada Juni 2020 mencapai USD 12 miliar. Angka ini meningkat 15,09 persen jika dibandingkan Mei 2020 yang sebesar USD 10,53 miliar.

Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto mengatakan capaian tersebut terjadi karena peningkatan migas sebesar 3,80 persen. Namun, lanjut Kecuk, untuk ekspor nonmigas jauh lebih tinggi yakni 15,73 persen.

Jika dibandingkan pada periode yang sama pada 2019, nilai ekspor Juni 2020 tumbuh 2,2 persen dengan ekspor yang tumbuh ada non migas naik sebesar 3,63 persen. Di sisi lain, ekpor migasnya mnegalami penurunan 18,52 persen karena ada penurunan ekspor minyak mentah, penurunan ekspor hasil minyak dan juga gas.

"Tetapi kalau dilihat disini, perkembangan ekspor bulan ini sangat menggembirakan karena mtm-nya naik 15,09 persen, yan yoy nya naik 2,28 persen," ujarnya alam video conference di Jakarta, Rabu (15/7/2020).

"Ini tentunya tren yang sangat menggembirakan. Dan kita berharap bahwa ekspor kita ke depan akan terus naik dan peningkatan in tidak hanya terjadi di bulan Juni tetapi juga di bulan -bulan berikutnya," sambung Kecuk.

Dampak Virus Corona, BPS Pastikan Ekspor dan Kunjungan Wisman Turun

Aktivitas pekerja bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan kinerja ekspor dan impor Indonesia pada Agustus 2019 menurun. Total ekspor Indonesia mencapai US$ 14,28 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas pekerja bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan kinerja ekspor dan impor Indonesia pada Agustus 2019 menurun. Total ekspor Indonesia mencapai US$ 14,28 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Wabah Virus Corona di Wuhan, China telah memicu kekhawatiran secara global, karena virus ini telah menyebar ke seluruh Asia dan dunia. Virus ini juga diprediksi akan mempengaruhi perdagangan dan jumlah wisatawan Indonesia.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, penutupan kunjungan dari dan menuju China oleh pemerintah setempat membuat jumlah kunjungan menurun meski belum terlihat secara signifikan.

"Kemudian ini pertanyaan apakah coronavirus berpengaruh kepada wisman enggak ya? Kalau kita lihat ada larangan dari China Goverment untuk berkunjung ke sini ke negara-negara lain keluar dan sebaliknya juga ada larangan, nanti akan berdampak," ujarnya di Kantor BPS, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Pada Desember 2019, jumlah kunjungan wisatawan dari China sebesar 11,2 persen atau sekitar 2 juta dari jumlah wisatawan keseluruhan sebesar 16 juta. Jumlah tersebut diprediksi akan menurun drastis karena adanya penutupan kunjungan oleh pemerintah China.

"Kalau dilihat Januari sampai dengan Desember ya persentase jumlah Wisman dari Tiongkok itu sekitar 12 persen berapa persen kalau nanti ada larangan pasti dia akan berpengaruh pada jumlah wisma ya pasti 12 persen," jelasnya.

"12 persen dari total 16 juta itu adalah seperdelapan ya sekitar 2 juta. Jadi kalau kita lihat selama bulan tahun 2019 jumlah Wisman dari Tiongkok itu sekitar 2 juta pasti nanti akan berpengaruh pada jumlah Wisman," sambungnya.

Sementara itu, ekspor Indonesia ke Negara Tirai Bambu tersebut juga akan mengalami perubahan jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Sebab, China merupakan salah satu mitra dagang Indonesia yang memiliki porsi besar dalam ekspor maupun impor.

"Ekspor-impor nanti akan kita tunjukkan tanggal 15 tapi pasti akan berpengaruh juga ya. Kita lihat seberapa besar pengaruh kita belum tahu karena kita tahu bahwa ekspor utama kita adalah ke Tiongkok. Semua impor utama kita ke Tiongkok. Jadi apa yang terjadi di Tiongkok pasti akan berpengaruh kepada permintaan dan juga pengiriman barang," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Kylie Jenner Pamer Mi Instan Pakai Telur, Warganet Indonesia: Bikin Sendiri?

Posted: 14 Jul 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Tak bisa dimungkiri, Kylie Jenner salah satu bintang muda tersukses saat ini, dari segi material. Lewat lini makeup dan aktivitasnya di dunia hiburan,  Kylie Jenner dinobatkan sebagai artis dengan bayaran tertinggi versi Forbes tahun ini. 

Dengan kekayaan sebanyak itu, tak sulit bagi Kylie untuk menikmati sajian mewah dari koki terkenal maupun restoran kelas premium.

Tapi jangan salah, Kylie Jenner rupanya juga menikmati makanan sederhana yang akrab dengan orang Indonesia kebanyakan. Sajian itu, tak lain adalah mi instan.

Mi Pakai Telur

Mi instan ala Kylie Jennner (Instagram/ kyliejenner)
Mi instan ala Kylie Jennner (Instagram/ kyliejenner)

Dalam unggahan Instagram Stories miliknya pada Rabu (15/7/2020) pagi waktu Indonesia, ibu satu anak ini memamerkan semangkuk mi instan lengkap dengan telur.

Tak ada tulisan yang disertakan dalam foto ini. Namun ada barisan emotikon wajah tersenyum yang mencecap dan menjulurkan lidah, sebagai simbol Kylie menikmati makanan ini.

Trending Topic

Masuk Trending Topic Twitter untuk wilayah Indonesia.
Masuk Trending Topic Twitter untuk wilayah Indonesia.

Unggahan Kylie Jenner ini langsung disambut meriah warganet. Foto mi instan tersebut diunggah kembali oleh banyak warganet di Tanah Air, bahkan mejeng di akun gosip Instagram terverifikasi Lambe Turah.

Saking banyaknya dicuitkan, saat berita ini ditulis nama Kylie Jenner masuk dalam jajaran trending topic di Twitter Indonesia.

 

Reaksi Warganet

Kylie Jenner. (dok.Instagram @kyliejenner/https://www.instagram.com/p/B7HwE2xnj2M/Henry)
Kylie Jenner. (dok.Instagram @kyliejenner/https://www.instagram.com/p/B7HwE2xnj2M/Henry)

"Teteh Kylie masak mie sendiri apa dimasakin yah?" tutur @debrisumule di Twitter. Tak sampai satu jam, cuitan ini difavoritkan lebih dari seribu kali.

"Kylie bikin mie rebus sama aja ternyata, dikira pake oreo supreme," tutur @Lookitasari.

"Penasaran kylie tuh masak mie rasa apa yah, soto atau ayam bawang?" pemilik akun @Antagonistgirlz ikut bersuara.

Dihubungkan dengan Dinda Hauw

Dinda Hauw. (Foto: Instagram @dindahw)
Dinda Hauw. (Foto: Instagram @dindahw)

Uniknya, momen mi instan ala Kylie Jenner muncul tak lama setelah heboh pengakuan Dinda Hauw tak bisa memasak makanan cepat saji ini. Meski tak lama kemudian pernyataan ini disebut hanya prank, rupanya pengakuan tersebut terlanjur menancap di benak sebagian warganet.

Tak ayal, sebagian warganet menghubungkan kembali momen ini dengan unggahan Kylie Jenner.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Jalur Sepeda di Jalan Sudirman Usai Jam Kerja Kantor

Posted: 14 Jul 2020 10:18 PM PDT

Warga bersepeda setelah jam kerja di jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Jalur sepeda bernama pop-up bike lane yang berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin berjarak sekitar 14 Km. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Warga bersepeda setelah jam kerja di jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Jalur sepeda bernama pop-up bike lane yang berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin berjarak sekitar 14 Km. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga bersepeda setelah jam kerja di jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Jalur sepeda bernama pop-up bike lane yang berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin berjarak sekitar 14 Km. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga bersepeda setelah jam kerja di jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Dishub DKI Jakarta juga akan meniadakan jalur sepeda setiap Minggu di kawasan menyusul ramainya para pesepeda di kawasan tersebut mulai Minggu (19/7). (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Warga bersepeda setelah jam kerja di jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Dishub DKI Jakarta juga akan meniadakan jalur sepeda setiap Minggu di kawasan menyusul ramainya para pesepeda di kawasan tersebut mulai Minggu (19/7). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga bersepeda setelah jam kerja di jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Dishub DKI Jakarta juga akan meniadakan jalur sepeda setiap Minggu di kawasan menyusul ramainya para pesepeda di kawasan tersebut mulai Minggu (19/7). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga bersepeda setelah jam kerja di jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Jam operasional dari Senin sampai Jumat pagi harinya jam 06.00 – 08.00 WIB, kemudian untuk sore dari jam 16.00 – 18.00 WIB. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Warga bersepeda setelah jam kerja di jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Jam operasional dari Senin sampai Jumat pagi harinya jam 06.00 – 08.00 WIB, kemudian untuk sore dari jam 16.00 – 18.00 WIB. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga bersepeda setelah jam kerja di jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Jam operasional dari Senin sampai Jumat pagi harinya jam 06.00 – 08.00 WIB, kemudian untuk sore dari jam 16.00 – 18.00 WIB. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga bersepeda setelah jam kerja di jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Dirlantas Polda Metro Jaya dan Dishub DKI Jakarta telah menyepakati jam operasional jalur sepeda pada pagi dan sore hari selama PSBB Transisi. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Warga bersepeda setelah jam kerja di jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Dirlantas Polda Metro Jaya dan Dishub DKI Jakarta telah menyepakati jam operasional jalur sepeda pada pagi dan sore hari selama PSBB Transisi. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga bersepeda setelah jam kerja di jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Dirlantas Polda Metro Jaya dan Dishub DKI Jakarta telah menyepakati jam operasional jalur sepeda pada pagi dan sore hari selama PSBB Transisi. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Kendaraan bermotor menyerobot jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Jam operasional dari Senin sampai Jumat pagi harinya jam 06.00 – 08.00 WIB, kemudian untuk sore dari jam 16.00 – 18.00 WIB. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Kendaraan bermotor menyerobot jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Jam operasional dari Senin sampai Jumat pagi harinya jam 06.00 – 08.00 WIB, kemudian untuk sore dari jam 16.00 – 18.00 WIB. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Kendaraan bermotor menyerobot jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Jam operasional dari Senin sampai Jumat pagi harinya jam 06.00 – 08.00 WIB, kemudian untuk sore dari jam 16.00 – 18.00 WIB. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga bersepeda setelah jam kerja di jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Jalur sepeda bernama pop-up bike lane yang berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin berjarak sekitar 14 Km. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Warga bersepeda setelah jam kerja di jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Jalur sepeda bernama pop-up bike lane yang berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin berjarak sekitar 14 Km. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga bersepeda setelah jam kerja di jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Jalur sepeda bernama pop-up bike lane yang berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin berjarak sekitar 14 Km. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seperti dalam Film, 7 Potret Lukisan Disney Ini Terlihat Sempurna

Posted: 14 Jul 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah karya seni tentunya selalu membuat seseorang berdecak kagum. Keindahan dan kesempurnaan karya yang dihasilkan oleh para pekerja seni tentunya patut di apresiasi. Pasalnya tak semua orang bisa menghasilan sebuah karya seni yang menakjubkan. 

Lukisan merupakan salah satu karya seni yang selalu berhasil memanjakan mata seseorang dengan keindahannya. Para pelukis tentunya sudah menghasilkan banyak karya yang berhasil menyita perhatian para pecinta seni. Tak sedikit para pekerja seni, salah satunya pelukis yang terinspirasi dari tokoh terkenal dunia, salah satunya adalah tokoh Disney.

Salah satu seniman yang kerap menghasilkan karya menakjubkan adalah Thomas Kinkade. Selain menjadi penggemar berat film Disney, Thomas Kinkade juga menghasilkan sebuah lukisan lukisan sempurna bak film Disney.

Lukisan bak film Disney yang terlihat sempurna ini dihasilkan Thomas Kinkade dengan teknik-teknik yang luar biasa. Thomas Kinkade merupakan salah satu pelukis yang sangat mahir dalam teknik melukis yang disebut chiaroscuro. Teknik ini memanfaatkan kontras besar untuk memberikan ilusi kedalaman dan volume. Hal tersebut membuat lukisan-lukisan ini terlihat jauh lebih menakjubkan dan megah dalam skala dari yang sebenarnya.

Walaupun hanya di lukis diatas kanvas, namun karakter yang terdapat dalam lukisan ini terlihat hidup di dunia 3D. Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 7 potret lukisan Disney yang terlihat sempurna bak ilustrasi digital, Rabu (15/7/2020).

1. Lukisan tokoh Mickey dan Minnie Mouse ini terlihat sempurna seperti dalam film Disney. Suasana yang digambarkan juga terlihat seperti dalam film sungguhan.

Potret Lukisan Disney. (Sumber: Instagram.com/thomaskinkade)
Potret Lukisan Disney. (Sumber: Instagram.com/thomaskinkade)

2. Lukisan yang dihasilkan oleh Thomas Kinkade ini sukses membuat seseorang dan para pecinta yang melihatnya berdecak kagum.

Potret Lukisan Disney. (Sumber: Instagram.com/thomaskinkade)
Potret Lukisan Disney. (Sumber: Instagram.com/thomaskinkade)

3. Menghasilkan sebuah karya seni luar biasa tentunya membutuhkan teknik-teknik yang tidak biasa.

Potret Lukisan Disney. (Sumber: Instagram.com/thomaskinkade)
Potret Lukisan Disney. (Sumber: Instagram.com/thomaskinkade)

4. Melihat lukisan tersebut seperti melihat film Disney di layar kaca ataupun layar lebay ya.

Potret Lukisan Disney. (Sumber: Instagram.com/thomaskinkade)
Potret Lukisan Disney. (Sumber: Instagram.com/thomaskinkade)

5. Winnie The Pooh dalam lukisan ini berhasil membuat para pecinta Disney kagum dan gemas.

Potret Lukisan Disney. (Sumber: Instagram.com/thomaskinkade)
Potret Lukisan Disney. (Sumber: Instagram.com/thomaskinkade)

6. Lukisan indah dan sempurna ini tentunya dapat memanjakan mata seseorang yang melihatnya.

Potret Lukisan Disney. (Sumber: Instagram.com/thomaskinkade)
Potret Lukisan Disney. (Sumber: Instagram.com/thomaskinkade)

7. Tentunya banyak para pecinta seni yang kagum dan mengapresiasi karya seni Thomas Kinkade ini.

Potret Lukisan Disney. (Sumber: Instagram.com/thomaskinkade)
Potret Lukisan Disney. (Sumber: Instagram.com/thomaskinkade)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibandrol Rp 600 Juta, Bisakah Warga Sipil Beli Kendaraan Taktis Maung?

Posted: 14 Jul 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pindad (Persero) baru saja meluncurkan Maung, kendaraan taktis 4x4 yang ditujukan untuk pasukan infantri. Produk ini sudah dijajal Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, pada Minggu 12 Juli 2020.

Kelebihan utama dari Maung adalah mampu menerjang medan-medan sulit dan beroperasi lepas ruas jalan aspal. Meskipun begitu, Maung tetap prima dioperasikan di ruas jalan aspal dan mampu bermanuver dengan baik.

Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose mengatakan, Maung merupakan kendaraan taktis yang telah dilengkapi dengan berbagai komponen pendukung. Secara kisaran harga, satu unit Maung bernilai sekitar Rp 600 juta.

Harga tersebut dibilang sangat terjangkau untuk jenis kendaraan taktis. Lalu, apakah masyarakat sipil bisa membeli kendaraan karya anak bangsa ini?

"Bisa. Setelah versi militer ini, kita sedang menyiapkan yang versi sipil," kata Abraham Mose kepada Liputan6.com, Rabu (15/7/2020).

Abraham Mose menegaskan, targetnya, protoype versi sipil ini akan diluncurkan awal tahun 2021. Dia juga menegaskan, nantinya untuk versi sipil akan menghilangkan beberapa komponen militer yang saat ini sudah terpasang di Maung.

 

Kelebihan Maung

Maung, Kendaraan taktis 4x4 terbaru yang diproduksi PT Pindad (Persero). (Dok Pindad)
Maung, Kendaraan taktis 4x4 terbaru yang diproduksi PT Pindad (Persero). (Dok Pindad)

Dikutip dari laman Pindad.com, Senin (13/7/2020), Maung memiliki kecepatan aman 120 km per jam, transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km. Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.

Pengujian Maung merupakan tindak lanjut diskusi antara Menteri Pertahanan RI dengan Direktur Utama PT Pindad (Persero) pada Jumat, 10 Juli 2020 di Sesko TNI, Bandung. Pada diskusi tersebut, Menhan tertarik untuk menguji Maung yang dipamerkan bersamaan dengan Ventilator yang akan diproduksi Pindad.

Sebelum memulai pengujian produk, Abraham mempresentasikan Maung secara detail dengan menghadirkan kendaraan taktis beserta tim teknis Pindad. Pengujian awal dilakukan di medan datar - on road yaitu jalan aspal dan paving.

Maung mampu bergerak taktis dengan memperhatikan aspek kenyamanan. Pengujian pada medan datar meliputi beberapa indikator, yaitu kecepatan, percepatan, manuver putar, manuver angka 8, pengereman dan tak lupa aspek keamanan.

 

Teruji di Berbagai Medan

Prabowo mencoba kendaraan Rantis 4X4 yang diberi nama Maung. (Merdeka.com)
Prabowo mencoba kendaraan Rantis 4X4 yang diberi nama Maung. (Merdeka.com)

Selanjutnya, Abraham mempersilakan tim teknis Pindad untuk melakukan demonstrasi melepas pintu Maung, yang dilakukan dengan mudah dan dalam waktu kurang dari lima menit.

Dalam peragaan ini, Maung dapat menjadi varian kendaraan tanpa pintu dalam waktu singkat, begitu pula pada saat pemasangan kembali yang dapat dilakukan secara cepat.

Setelah pengujian di medan datar - on road, Maung diuji di medan sulit - off road. Jalur yang dilewati oleh Maung merupakan medan sulit, yaitu jalur berbatu kecil, lalu jalur berbatu besar, tanjakan curam, jalan berlumpur dan dataran licin hingga sungai dangkal.

Meskipun medan yang dilalui sulit, Maung dapat melewati seluruh rintangan dan dikemudikan dengan handal. Bahkan, Maung sengaja ditempatkan di jalur berlumpur dengan dominasi air untuk menguji kelincahan dan kehandalan di medan sulit dan licin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Dokter Zainah Pergi ke Mal: Protokol Kesehatan Sudah Bagus

Posted: 14 Jul 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Junior Doctors Network Indonesia Zainah Fitriah menceritakan pengalaman saat berkunjung ke mal di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Dari pengalamannya, Zainah menilai penerapan protokol kesehatan di mal sudah cukup baik.

"Jujur aja nih, saya baru banget ke mal tuh sekitar tiga hari yang lalu. Karena memang ada keperluan  mendesak," ujar Zainah saat sesi talkshow Aktivitas Baru Gerai di Mal di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (12/7/2020).

"Saya datang ke salah satu mal di Jakarta. Protokolnya sudah lumayan bagus sekali. Jadi, saat hendak masuk, pengunjung wajib menggunakan masker. Kemudian harus dicek suhu terlebih dahulu serta menggunakan hand sanitizer."

Baik di pintu masuk maupun di dalam mal, pengunjung juga harus menerapkan jaga jarak. Ada semacam garis (line) untuk jaga jarak. Petugas keamanan

"Satpam di sana juga sangat aktif sekali. Ketika kita berkerumun atau ada pengunjung yang tidak menjaga jarak, bakal langsung ditegur sama satpamnya."

 

Teguran Sopan dari Satpam

Pengunjung dengan mengenakan masker berkeliling Mall Senayan City, Jakarta, Senin (15/6/2020). Pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta kembali dibuka pada Senin (15/6) di masa PSBB transisi dengan jumlah pengunjung masih dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas normal. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pengunjung dengan mengenakan masker berkeliling Mall Senayan City, Jakarta, Senin (15/6/2020). Pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta kembali dibuka pada Senin (15/6) di masa PSBB transisi dengan jumlah pengunjung masih dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas normal. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penggunaan masker juga harus dilakukan pengunjung. Ketika tidak berada di area makan atau restoran, pengunjung tidak diperbolehkan makan/minum, salah satunya di lift.

"Pas saya di lift, ada pengunjung yang minum. Kemudian satpamnya menegur, 'Mas/Mbak, maaf sekali minumnya di luar saja. Kita sedang di lift. Tolong digunakan dulu maskernya kembali," lanjut Zainah.

"Itu bagus lho. Kadang ada yang lupa pakai masker."

Masker Harus Rajin Diganti

Petugas melayani pemohon pengajuan administrasi di mal pelayanan publik, Jakarta,Rabu (17/6/2020). Mal Pelayanan Publik (MPP) Provinsi DKI Jakarta kembali melayani masyarakat dengan tatap muka dengan tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Virus Corona.  (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas melayani pemohon pengajuan administrasi di mal pelayanan publik, Jakarta,Rabu (17/6/2020). Mal Pelayanan Publik (MPP) Provinsi DKI Jakarta kembali melayani masyarakat dengan tatap muka dengan tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Virus Corona. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Masker sebagai salah satu cara untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Masker (adalah) pelindung diri kita, jadi wajib terus dipakai. Dengan memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan kita dapat membantu memutus mata rantai pandemi ini," tambah Zainah.

Ia mengingatkan agar rajin menganti masker dalam satu hari.

"Penting harus memerhatikan cara memakai juga melepas masker. Jangan lupa untuk cuci tangan dan jaga jarak. Ini sudah sangat membantu sekali dalam memutus mata rantai pandemi," pesan Zainah yang bertugas di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

"Kalau masker paling lama empat jam dipakai lalu harus sudah diganti. Masker dari kain akan menimbulkan basah dan lembab, yang akan berisiko menimbulkan jamur."

Zainah juga  mengajak kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap COVID-19.

"Kita harus tetap mawas diri dan sadar diri, musuh kita ini adalah sesuatu yang tidak bisa kita lihat jadi kita harus waspada. Jaga diri sendiri dan lingkungan serta sayangi keluarga kita setelah kita pulang langsung mandi dan pakaiannya langsung dicuci sebelum berkumpul dengan keluarga," pungkasnya.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sore Ini Matahari Tepat di Atas Kabah, Umat Muslim Dapat Luruskan Arah Kiblat

Posted: 14 Jul 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini (15/7/2020) posisi Matahari tepat berada di atas Kabah yang merupakan kiblat bagi umat muslim di dunia.

Fenomena ini terjadi pukul 09.27 waktu Saudi atau jam 16.27 WIB. Mengutip laman Edukasi Sains Lapan, Rabu (15/7/2020), fenomena ini memiliki banyak sebutan, antara lain Hari Kiblat, Kulminasi Agung Mekah, atau Hari Meluruskan Kiblat Global.

Fenomena ini terjadi kedua kalinya pada tahun ini, yang sebelumnya berlangsung pada 27 Mei lalu.

Lapan menyebut, hal ini terjadi karena sumbu rotasi Bumi yang miring 66,6 derajat terhadap orbit Bumi, sehingga Bumi mengalami pergerakan semu tahunan yang bervariasi antara 23,4 derajat Lintang Utara pada 21 Juni dan 23,4 derajat Lintang Selatan pada 21 Desember.

Kabah, secara geografis, terletak di 21,42 derajat Lintang Utara dan 39,83 derajat Bujur Timur. Dengan demikian, ada waktu ketika Matahari terletak di atas Kabah, saat tengah hari.

Lapan menyebutkan fenomena Hari Kiblat ini bisa dimanfaatkan untuk meluruskan arah kiblat (Rasdul Qiblah).

Nah, selain Rasdul Qiblah Global, ada juga Rasdul Qiblah Harian atau Lokal. Matahari terletak pada jalur yang menghubungkan Kabah dengan tempat tersebut, sehingga waktu terjadinya bisa berubah-ubah setiap hari.

Cara Luruskan Arah Kiblat Berdasarkan Kulminasi Agung

Anak-anak berlatar belakang matahari terbenam bermain di puncak bukit di pinggiran Islamabad, Pakistan pada 5 Juli 2020. (AP Photo / Anjum Naveed)
Anak-anak berlatar belakang matahari terbenam bermain di puncak bukit di pinggiran Islamabad, Pakistan pada 5 Juli 2020. (AP Photo / Anjum Naveed)

"Menentukan arah kiblat menggunakan Kulminasi Agung (fenomena saat Matahari di atas kiblat), dikatakan sangat mudah dan murah," kata peneliti Lapan Andi Pangerang, dalam artikel Edukasi Sains Antariksa.

Disebutkan, selain mudah dan murah, penentuan ini juga dianggap lebih akurat ketimbang menggunakan alat bantu seperti kompas. Pasalnya, kompas dipengaruhi medan magnet alami atau buatan, sehingga bisa memengaruhi akurasi pengukuran.

Berikut adalah langkah menentukan kiblat menggunakan Kulminasi Agung:

1. Tentukan tempat yang akan diketahui arah kiblatnya. Pastikan lokasi rata dan terkena Matahari

2. Sediakan tongkat lurus, jika tidak ada bisa menggunakan benang berbandul.

3. Siapkan ke jam yang sudah dikalibrasikan.

4. Tancapkan tongkat di permukaan tanah, dan pastikan tongkat benar-benar tegak lurus 90 derajat dari permukaan tanah.

5. Tunggu hingga waktu Kulminasi Agung tiba, lalu amati bayangan tongkat atau benang pada waktu tersebut.

Tandai ujung bayangan, kemudian tarik garis lurus dengan pusat bayangan (tongkat atau bandul). Garis lurus yang menghadap dari ujung ke pusat bayangan, merupakan arah kiblat untuk tempat tersebut.

9 Daerah Ini Tak Bisa Luruskan Kiblat dengan Kulminasi Agung

Ratusan Pegawai Pemkot Tangerang Laksanakan Solat Jumat di Plaza Puspemkot (Foto:Liputan6/Pramita Tristiawati)
Ratusan Pegawai Pemkot Tangerang Laksanakan Solat Jumat di Plaza Puspemkot (Foto:Liputan6/Pramita Tristiawati)

Namun perlu dicatat, ada beberapa wilayah di Indonesia yang tidak bisa memanfaatkan fenomena Kulminasi Agung untuk meluruskan arah kiblat.

Antara lain sebagian Provinsi Maluku, mulai dari Kab.Maluku Tengah, Seram bagian timur, Maluku Tenggara Barat atau Tanimbar, Maluku Tenggara atau Kepulauan Kei, Kota Tual, Maluku Barat Daya, Kepulauan Aru, dan Provinsi Papua Barat serta Provinsi Papua.

Sembilan wilayah ini bisa meluruskan arah kiblat ketika Matahari berada di titik balik atau Nadir Kabah pada 29 November 2020 pukul 06.09 WIT dan 14 Januari pukul 06.30 WIT.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kylie Jenner Unggah Foto Makan Mi Instan, Warganet: Kok Enggak Pakai Cabe Rawit?

Posted: 14 Jul 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kalian tentu tak asing dengan mi instan. Tak hanya nikmat, caranya pun sangat mudah dibuat. Inilah yang membuat mi instan banyak digemari orang dari berbagai kalangan.

Terlebih lagi harganya yang murah, membuat mi instan kerap dijadikan andalan bagi siapa saja di tanggal tua.

Baru-baru ini artis ternama Hollywood, Kylie Jenner, membuat warganet Indonesia heboh lantaran mengunggah foto mi instan.

Pada unggahan Instagram storynya, ibu satu anak ini mengunggah foto semangkuk mi instan rebus lengkap dengan telur.

foto: IG @kyliejenner
foto: IG @kyliejenner

Viral

Kylie Jenner dikabarkan dekat dengan Drake (Instagram.com/kyliejenner)
Kylie Jenner dikabarkan dekat dengan Drake (Instagram.com/kyliejenner)

Rupanya unggahan Kylie Jenner tersebut langsung mencuri perhatian warganet Tanah Air. Namanya pun langsung menjadi trending topic nomor satu. Tentunya tak sedikit warganet yang memberikan komentar kocaknya terkait hal tersebut.

 

Kira-kira Kylie tim mana ya?

Lebih enak teh manis sih

Siapa yang merasa sekasta dengan Kylie?

Emang paling enak makan mi instan pake cabe rawit

Kylie makan mi instannya di warmindo atau buat sendiri ya?

Sayangnya kurang sawi nih

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terlibat Kasus Prostitusi Online, Artis FTV dan Selebgram HH Minta Maaf

Posted: 14 Jul 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artis film televisi (FTV) HH buka suara terkait kasus dugaan prostitusi online yang menjeratnya. HH dengan suara terbata-bata wmenyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak.

Dihadirkan dalam konferensi pers di Mako Polrestabes Medan pada Selasa malam 14 Juli 2020, HH menggenakan pakaian hitam dan jilbab biru serta wajah yang ditutup masker.

"Saya memohon maaf kepada seluruh warga kota Medan," ucapnya lirih sembari membaca kertas yang bertuliskan permohonan maaf yang dipegangnya.

Dilansir dari Antara, HH yang didampingi kuasa hukumnya Machi Ahmad, juga berterima kasih kepada pihak kepolisian yang telah menjaganya selama ditahan di Polrestabes Medan karena kasus prostitusi.

"Saya berterima kasih Bapak Kapolda Sumatera Utara, Bapak Kapolrestabes dan Sat Reskrim yang menjaga saya saat di kota Medan dan tim penasehat hukum bang Machi dan kak Putri," ujarnya.

Pada kesempatan itu, HH juga menegaskan bahwa dirinya merupakan saksi dalam kasus dugaan prostitusi tersebut. "Status saya di sini hanya sebagai saksi," ujar dia.

Penangkapan HH

Ilustrasi prostitusi
Ilustrasi prostitusi

Sebelumnya, personel Satreskrim dan Satintelkam Polrestabes Medan menangkap artis HH bersama seorang pria berinisial A di sebuah hotel di Medan pada Minggu malam 12 Juli 2020. Ia ditangkap terkait dugaan kasus prostitusi.

Pada saat ditangkap, keduanya dalam kondisi tak berbusana lengkap. Selain kedua orang tersebut, petugas turut mengamankan seorang pria berinisial R yang berperan menjemput HH di bandara dan mengantarkannya ke hotel.

Pada saat dilakukan penggerebekan, petugas mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu kotak alat kontrasepsi, dua unit handphone, dan kartu ATM.

Dalam kasus ini, polisi menetapkan dua orang sebagai tersangka masing-masing berinisial R dan J. Di mana J merupakan muncikari dan R merupakan teman dari J yang berperan sebagai menjemput HH di bandara dan mengantar ke hotel untuk menemui A.

Sementara untuk HH dan A, polisi masih menetapkan sebagai saksi. Namun demikian, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hyundai Targetkan Jual Satu Juta Mobil Listrik

Posted: 14 Jul 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan ramah lingkungan diprediksi lebih diminati konsumen dalam beberapa tahun ke depan. Melihat hal tersebut, seluruh perusahaan otomotif dunia pun saling berlomba menciptakan teknologi terbaru.

Salah satu pemain di kelas mobil listrik adalah Hyundai. Pemimpin Hyundai Motor Group, Euisun Chung menegaskan, Hyundai dan Kia Motors akan menjual 1 juta kendaraan listrik (EV) di tahun 2025.

Target yang dicanangkan pabrikan otomotif asal Korea Selatan tersebut, lebih dari 10 persen pangsa pasar global kendaraan listrik, seperti dilansir Reuters, Rabu (15/7/2020).

Selain target penjualan, Hyundai Motor juga akan meluncurkan kendaraan listrik model terbaru untuk menarik minat konsumen.

Meski belum ada keterangan resmi terkait produk, Chung menegaskan kendaraan terbarunya ini mampu menempuh jarak 450 kilometer apabila baterai terisi penuh.

Tak hanya itu, mobil listrik terbaru Hyundai juga memiliki keunggulan dari sisi pengisian daya. Bagaimana tidak, kendaraan ramah lingkungan itu diklaim hanya membutuhkan waktu pengisian daya selama 20 menit.

Hyundai Ioniq Electric

Saat ini, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), telah memperkenalkan dan membuka keran pemesanan untuk mobil listrik, Hyundai Ioniq Electric.

Didatangkan langsung dar Korea Selatan, mobil CBU ini dibanderol Rp569 juta off the road. Dengan harga tersebut, Hyundai Ioniq Electric menjadi mobil listrik termurah di Indonesia.

Hyundai Ioniq Electric ini dibekali dengan baterai lithium-ion polymer dengan kapasitas 38,3 kW di mana baterai ini telah mengalami peningkatan dari generasi IONIQ Electric sebelumnya.

Dengan kapasitas baterai terisi penuh, Hyundai IONIQ Electric dapat berjalan sejauh 373 kilometer (berdasarkan NEDC).

 

Waktu Pengisian Baterai

Dengan motor elektronik new Hyundai Ioniq Electric memberikan tenaga maksimum 134 Tk (100 kW) dengan torsi 295 Nm dan dilengkapi standar dengan charger on-board 7,2 kW.

Stasiun pengisian cepat (fast charging station) 100 kW, baterai New Hyundai Ioniq Electric dapat mencapai 80 persen hanya dalam 54 menit. Sementara pada stasiun pengisian cepat 50 kW, baterai Hyundai Ioniq Electric mencapai 80 persen dalam waktu 57 menit.

Dibutuhkan waktu minimal 6 jam 5 menit untuk mengisi baterai Hyundai Ioniq Electric dari indikasi baterai 0 persen ke 80 persen dengan standar AC (240 V).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Brand Kosmetik Milik Luna Maya Luncurkan Eyeliner Bersertifikat Halal

Posted: 14 Jul 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Brand kosmetik yang didirikan Luna Maya, NAMA, meluncurkan produk terbaru untuk 2020, yakni eyeliner. Kosmetik mata tersebut diluncurkan pertama kali pada 20 Juni 2020 dan direspons positif oleh publik.

NAMA Eyeliner tersedia dalam dua warna, yakni hitam dan cokelat. Luna pun membeberkan alasan menyiapkan dua opsi untuk produk eyeliner miliknya tersebut.

"Hitam kami pilih untuk yang suka dengan tampilan yang lebih berani atau statement, sedangkan brown biasanya untuk para perempuan yang ingin tampil natural dan soft look walaupun sedang di rumah atau melakukan meeting virtual," kata Luna dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Selasa, 14 Juli 2020.

Salah satu keunggulan eyeliner tersebut adalah waterproof sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Produk juga sudah tersertifikasi halal sehingga terjamin bagi umat Muslim. Sementara, desain kemasan menggunakan sentuhan finishing aluminum-matte, sehingga memberikan kenyamanan saat digenggam dan kuat dari benturan.

"NAMA Eyeliner mempunyai aplikator tip yang lembut, sehingga mudah digunakan untuk sehari-hari. Bagian ujung yang lentur dapat memberikan efek garis mata sesuai dengan model yang diinginkan," sambungnya.

Komentar positif disampaikan para pengguna lewat kolom komentar di Instagram @namabeauty.co. Banyak yang menyukainya lantaran eyeliner tak luntur meski sudah berwudu beberapa kali.

"Ujung eyeliner pennya itu mudah untuk diaplikasikan untuk tipis atau tebal, waterproof tapi bisa dihapus menggunakan eye makeup remover. Quickdry dan gk beleber meski kena air berkali-kali (contoh : wudhu)," tulis salah seorang warganet.

Kampanye Terbaru

Luna Maya. (dok. Instagram @namabeauty.com/https://www.instagram.com/p/CBpB4xvJMU5/Dinny Mutiah)
Luna Maya. (dok. Instagram @namabeauty.com/https://www.instagram.com/p/CBpB4xvJMU5/Dinny Mutiah)

Tak hanya meluncurkan produk, NAMA juga mengemas kampanye digital bertagar Nama Ladies. Itu adalah program berkelanjutan yang bertujuan untuk menyalurkan inspirasi tidak hanya bagi perempuan tetapi untuk semua.

"Perempuan Indonesia keren! Saya ingin melihat para perempuan Indonesia menjadi the best version of themselves serta sosok pribadi kuat, cantik dan mempunyai karakter," ujar Luna.

Terpilih lima perempuan yang dianggap mewakili spirit NAMA, yakni Bold, Alive, and Responsible. Tahun ini, Nama Ladies diwakili oleh oleh Patricia Panigoro, Marianne Rumantir, Sigi Wimala, Indah Permatasari, dan Luna Maya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Genjot Ekspor, Kemendag Perkuat Merek Dagang Produk UKM

Posted: 14 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mendorong para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk tetap mengembangkan bisnisnya. Salah satunya, dengan menguatkan merek (brand).

"Merek merupakan identitas dan kredibilitas perusahaan. Dengan strategi penguatan merek yang tepat, pelaku UKM dapat mengomunikasikan mutu, kualitas sifat, dan atribut produk tersebut kepada konsumen," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekpor Nasional Kasan dalam siaran pers, Rabu (15/7).

Dengan penguatan merek, lanjut Kasan, pelaku UKM dapat meningkatkan ekspor produk-produknya. Pin, merek menciptakan keterikatan antara konsumen dengan produk UKM Indonesia, sehingga, konsumen akan kembali membeli produk tersebut.

"Dengan produk yang berdaya saing tinggi, merek juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen internasional terhadap produk UKM Indonesia. Hal ini nantinya akan meningkatkan nilai ekspor produk Indonesia," imbuhnya.

Strategi lain yang dilakukan kementeriannya untuk mendorong kemajuan pelaku UKM, yaitu memacu daya saing produk melalui program pengembangan desain produk kemasan dan penguatan hak kekayaan intelektual, antara lain dengan pengembangan merek, paten, serta indikasi geografis.

Perdagangan Elektronik

Ilustrasi e-Commerce, eCommerce, Online Marketplace, Bisnis Online
Ilustrasi e-Commerce, eCommerce, Online Marketplace, Bisnis Online

Kementerian Perdagangan juga melakukan optimalisasi perdagangan niaga elektronik, mendirikan pusat layanan konsumen terkait ekspor, dan kerja sama dengan sejumlah laman pemasaran.

Kasan menyampaikan, Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, pada 2019 jumlah UKMdi Indonesia diperkirakan mencapai 64,19 juta usaha, atau 99 persen dari unit usaha di Indonesia. Jumlah ini, bila disertai dengan fasilitasi yang tepat sasaran dari program-program pemerintah, akan mampu menaikkan kontribusi UKM terhadap ekspor Indonesia.

Untuk itu, Kasan mendorong pelaku UKM untuk menciptakan inovasi dan meningkatkan daya saing produknya. Mulai dari diversifikasi produk, peningkatan kualitas, kecepatan pengantaran, hingga penguatan merek, agar dapat memenangkan kompetisi di pasar global.

"Di tengah pandemi Covid-19 ini, banyak pelaku UKM yang kesulitan mendapatkan bahan baku akibat kebijakan karantina wilayah di negara penyuplai serta kesulitan melakukan ekspor karena negara tujuan sedang fokus pada pemulihan ekonomi. Untuk itu, para pelaku UKM harus terus berinovasi," jelasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semangat Perajin Tenun Ikat NTT Masuki Masa 'New Normal'

Posted: 14 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Sikka - Memasuki masa new normal sejumlah perajin di Kabupaten Sikka, NTT seperti, galery art shop Rumah Singgah Flores mulai melakukan penjualan suvenir barang tradisional.

Sejak merebaknya wabah covid-19, aktivitas para pelaku Usaha Kecil dan Manengah (UKM) di wilayah ini lumpuh total. Selama pandemi, mereka enggan menjual produknya secara online, sebab harus mengeluarkan biaya tambahan lainnya.

Rumah Singgah Flores memang tak menampakkan kemewahan, tetapi kebersihan di galeri ini membuat pengunjung betah.

Pendiri Art Shop dan Rumah Singgah Floress, Sonya da Gama, mengatakan, saat masuk new normal, ia sudah menghubungi pelaku UKM untuk mempersiapkan produknya.

Sejak merebaknya pandemi, kata dia, hampir semua pelaku UKM di Sikka mengalami penurunan pembeli. Dampaknya, banyak dari mereka beralih ke pekerjaan lain untuk sekadar bertahan hidup.

Namun, ia masih bersyukur, karena produk madu asli yang dijualnya masih dibeli banyak orang yang ingin menjaga daya tahan tubuh. Madu hutan asli tersebut, dibeli dari warga sekitar. Madu itu kemudian dikemas lagi lalu dijual.

"Kita mulai bangkit dan menghidupkan lagi produk tradisional dan UKM," ujarnya kepada wartawan, Minggu (12/7/2020).

Menurut dia, saat ini, galerinya bekerjasama dengan 25 UKM yang ada di wilayah Kabupaten Sikka.

Kini, galerinya menjual produk UKM dari pelaku usaha di berbagai kabupaten di Pulau Flores seperti tenun, kopi, dan suvenir dari bahan tradisional.

"Kami sudah siapkan protap terkait kunjungan wisatawan ke tempat usaha seperti mempersiapkan masker, tempat cuci tangan, dan sabun," katanya.

Di galeri yang ia bangun pada 2012 ini, ia juga menyediakan kopi asli Flores yang diambil dari pelaku UKM yang ada di Flores dan Lembata. Selain itu, hasil kerajinan tenun ikat, tas sarung, baju sarung, dan suvenir lainnya juga di dipamerkan.

"Kita juga menyedikan paket tour and travel. Ke depannya, kita akan membuat pagelaran budaya," jelasnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibarat Cinderella, Fans Ini Nikahi 5 Bintang Sepak Bola Terkenal

Posted: 14 Jul 2020 10:00 PM PDT

Jakarta - Kisah Cinderella sering hadir di dunia nyata, termasuk sepak bola. Di sini orang biasa menikah dengan pangeran impiannya.

Tentu saja ceritanya bukan tentang orang biasa dan pangeran. Namun, kisah tentang hubungan cinta antara penggemar dan pemain idolanya. 

Ketika fan memilih pemain idola sepak bola, motifnya bermacam-macam. Ada yang kagum karena mengagumi skill sang pemain, atau karakter kuatnya di lapangan. 

Tapi, ada juga fan yang suka terhadap pemain karena skill plus ketampanannya. Berbagai cara pun ditempuh si penggemar supaya bisa bertemu langsung dan berinteraksi dengan sang idola. 

Di antara banyaknya suporter yang tergila-gila dengan pesepak bola, ada beberapa yang beruntung bisa menjalin hubungan cinta. Bahkan, ada yang berlanjut hingga jenjang pernikahan. 

Inilah kisah lima bintang sepak bola top dunia yang menikahi suporter mereka, seperti dilansir dari Sokkkaa

Sergio Ramos dan Pilar Rubio

Bek Real Madrid, Sergio Ramos menggenggam tangan istrinya, Pilar Rubio setelah upacara pernikahan mereka di Sevilla, Spanyol (15/6/2019). Ramos resmi menikahi kekasihnya Pilar Rubio setelah berpacaran sejak 2012. (AP Photo/Antonio Pizarro)
Bek Real Madrid, Sergio Ramos menggenggam tangan istrinya, Pilar Rubio setelah upacara pernikahan mereka di Sevilla, Spanyol (15/6/2019). Ramos resmi menikahi kekasihnya Pilar Rubio setelah berpacaran sejak 2012. (AP Photo/Antonio Pizarro)

Pilar Rubio Fernandez adalah seorang reporter dan presenter TV asal Spanyol. Wanita yang juga berprofesi sebagai aktris tersebut diketahui sudah lama mengidolakan bintang Real Madrid, Sergio Ramos. Pilar Rubio dikabarkan sangat menyukai cara bermain Ramos di lapangan. 

Keduanya diketahui menjalin hubungan asmara sejak September 2012, dan baru menikah pada Juni 2019. Pasangan tersebut memiliki tiga putra: Sergio (lahir 6 Mei 2014), Marco (lahir 14 November 2015), dan Alejandro (lahir 25 Maret 2018).

David De Gea dan Edurne

Kiper Manchester United , David de Gea dan istrinya Edurne Garcia berpose di karpet merah makan malam acara amal UNICEF di Old Trafford, Rabu (15/11). Event ini sekaligus ajang pamer istri dan kekasih (WAGs) pasukan Red Devils. (Paul ELLIS/AFP)
Kiper Manchester United , David de Gea dan istrinya Edurne Garcia berpose di karpet merah makan malam acara amal UNICEF di Old Trafford, Rabu (15/11). Event ini sekaligus ajang pamer istri dan kekasih (WAGs) pasukan Red Devils. (Paul ELLIS/AFP)

Edurne García Almagro adakah seorang penyanyi, aktris, dan presenter TV asal Spanyol. Wanita yang lahir di Madrid itu diketahui sejak lama menggemari kiper Manchester United tersebut. 

Mereka berkencan sejak 2010 dan berlanjut ke jenjang pernikahan. Selama menjalin hubungan asmara, Edurne rajin mengunggah foto kebersamaan dengan De Gea ke media sosial. 

 

Lionel Messi dan Antonella Roccuzzo

Pemain Barcelona, Lionel Messi (tengah) berpose bersama istrinya Antonella Roccuzzo dan putra-putranya Thiago dan Mateo setelah menerima trofi Sepatu Emas keenamnya selama acara penyerahan di Antiga Fabrica Estrella Damm, Barcelona, Spanyol (16/10/2019). (AFP Photo/Josep Lago)
Pemain Barcelona, Lionel Messi (tengah) berpose bersama istrinya Antonella Roccuzzo dan putra-putranya Thiago dan Mateo setelah menerima trofi Sepatu Emas keenamnya selama acara penyerahan di Antiga Fabrica Estrella Damm, Barcelona, Spanyol (16/10/2019). (AFP Photo/Josep Lago)

Sejak 2008, atau ketika berusia 20 tahun, Messi telah menjalin asmara dengan teman masa kecilnya di Rosario, Argentina, yaitu Antonella Roccuzzo. Messi sudah mengenal Rocccuzzo sejak berusia 5 tahun. Wanita tersebut merupakan sahabat sepupu Messi yang juga seorang pesepak bola, Lucas Scaglia. 

Roccuzzo selalu setia menonton saat Messi bermain sepak bola. Dia juga sangat mengagumi keahlian Messi mengolah si kulit bundar. Messi sangat menyadari perhatian Roccuzzo.

Keduanya resmi berpacaran pada 2008, setahun berselang Messi baru membuka hubungan itu ke publik. Mereka sudah menikah dan memiliki tiga putra: Thiago (lahir 2012), Mateo (lahir 2015), dan Ciro (lahir 2018).

Kevin-Prince Boateng dan Melissa Satta

Kevin-Prince Boateng dan Melissa Satta. (AFP/Giuseppe Cacace)
Kevin-Prince Boateng dan Melissa Satta. (AFP/Giuseppe Cacace)

Melissa Satta adalah salah satu WAGs yang sangat tersohor. Satta pernah memacari beberapa pesepak bola, seperti Christian Vieri dan John Carew. 

Namun, dia akhirnya menikah dengan mantan pemain AC Milan, Kevin-Prince Boateng. Satta dikabarkan mengidolakan cara bermain Boateng di lapangan. 

Mereka terlibat huhungan asmara sejak 2012 dan akhirnya menikah. 

 

Cesc Fabregas dan Daniella Semaan

Cesc Fabregas dan Daniella Semaan. (AFP/Eitan Abramovich)
Cesc Fabregas dan Daniella Semaan. (AFP/Eitan Abramovich)

Fabregas berkencan dengan Daniella Semaan sejak 2011. Bukan hanya Daniella yang menggemari Fabregras, tapi putranya juga. 

Pasangan tersebut kali pertama bertemu ketika Daniella meminta tanda tangan Fabregas untuk putranya, Josepj, di sebuah restoran Jepang di Knightsbridge, London.

Saat itu, Cesc Fabregas berusia 31 tahun, sedangkan Daniella 11 tahun lebih tua daripada dirinya.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Ario Yosia/Editor: Ario Yosia, published 10/6/2020)

 

Saksikan Video Wags Berikut Ini

[vidio:Wags Diari Pengakuan Jurnalis Cantik gebetan CR7 & Keanehan Alexis Saat Bercinta]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Covid-19 Tak Ganggu Bisnis Laptop Gaming HP

Posted: 14 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sehubungan pandemi Covid-19 belum reda, pemerintah dan pihak terkait masih berlakukan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai kota di Indonesia.

Sudah berlangsung sekitar empat bulan lebih, masyarakat pun dipaksa untuk merubah gaya hidup mereka.

Salah satunya intensitas penggunaan platform berbasis online untuk keperluan bekerja, belajar yang semakin meningkat, dan khususnya bermain gim.

Di saat itulah perangkat laptop dengan kemampuan hardware mumpuni akan memainkan peran untuk meningkatkan produkivitas.

Menyikapi tren tersebut, HP mengungkap ada peningkatan dan tidak mengganggu penjualan produk mereka selama pandemi Covid-19.

"Kita lihat selama pandemi dan berada di rumah, kebanyakan konsumen (milenial) beralih ke PC atau smartphone untuk bermain gim," ucap Hansen Wijaya, selaku Indonesia Consumer PC Lead HP Inc dalam sesi peluncuran live streaming Omen 15, Selasa (14/7/2020).

"Sayangnya, data spesifik berapa jumlah laptop gaming atau konsumer HP yang terjual selama pandemi tidak bisa kami ungkap."

 

Mendorong Pertumbuhan Pasar Gaming Tanah Air

Lebih lanjut, HP juga melihat pasar laptop gaming di Tanah Air masih bertumuh dengan sangat pesat.

"Kita berkomitmen mendorong pertumbuhan gaming di Indonesia, karena pada dasarnya market gaming itu masih tumbuh dengan pesat."

Hansen mengatakan, HP akan tetap bermain di pasar tersebut sebagai pilihan para user atau gamer yang ingin mencari pilihan laptop gaming lain.

 

HP Umumkan Omen 15

HP baru saja mengumumkan keluarga terbaru laptop gaming mereka Omen 15 untuk gamer di Indonesia.

Jadi anggota terbaru di lini Omen, laptop gaming berukuran layar 15,6 inci ini tampil dengan desain lebih segar dan spesifikasi lebih mumpuni.

Berbeda dari seri Omen 15 sebelumnya, versi update laptop gaming milik HP ini hadir dengan dua pilihan CPU, yakni Intel dan AMD.

"Untuk varian Omen 15 kali ini, HP hadirkan model dengan prosesor Intel Core i7-10750H dan AMD Ryzen 7 4800H," papar Hansen Wijaya, selaku Indonesia Consumer PC Lead HP Inc dalam sesi peluncuran live streaming Omen 15, Selasa (14/7/2020).

Untuk spesifikasi lengkapnya bisa dibaca dalam artikel berikut.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Kompak, Ini 6 Potret Kedekatan Rangga Azof dan Cut Syifa

Posted: 14 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama aktor Rangga Azof sudah tak asing lagi bagi masyarakat Tanah Air. Dirinya kerap menghiasi layar kaca dengan membintangi sederet sinetron hits. Aktor kelahiran 1989 ini beberpa kali dipasangkan oleh aktris saat membintangi sinetron maupun web series. Salah satunya dengan aktris cantik, Cut Syifa. Bahkan keduanya beberapa kali santer dikabarkan memiliki hubungan spesial. 

Bukan tanpa alasan, aktor dan aktris sinetron ini sempat terlihat tertangkap kamera bersama. Selain itu keduanya dipertemukan dalam judul sinetron yang sama.

Tak heran jika banyak netizen yang ikut baper ketika Rangga Azof dan Cut Syifa memamerkan momen kebersamaan mereka. Bahkan banyak dari pernggemar yang mendukung mereka dan disebut cocok.

Berikut ini 6 potret kebersamaan aktor Rangga Azof dan Cut Syifa yang tampil kompak drangkum adri berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (15/7/2020).

1. Rangga Azof dan Cut Syifa merupakan aktor dan aktris langganan sinetron hits Tanah Air.

Momen kebersamaan Rangga Azof dan Cut Syifa. (Sumber: Instagram/@azofsyifa.official)
Momen kebersamaan Rangga Azof dan Cut Syifa. (Sumber: Instagram/@azofsyifa.official)

2. Keduanya beberapa kali dipertemukan di judul sinetron yang sama salah satunya Samudra Cinta.

Momen kebersamaan Rangga Azof dan Cut Syifa. (Sumber: Instagram/@azofsyifa.official)
Momen kebersamaan Rangga Azof dan Cut Syifa. (Sumber: Instagram/@azofsyifa.official)

3. Bahkan mereka juga terlibat dalam proyek web series bersama sehingga tak heran jika mereka dekat.

Momen kebersamaan Rangga Azof dan Cut Syifa. (Sumber: Instagram/@/azofsyifaa)
Momen kebersamaan Rangga Azof dan Cut Syifa. (Sumber: Instagram/@/azofsyifaa)

4. Kedekatan mereka bahkan membuat netizen berspekulasi jika keduanya terlibat asmara.

Momen kebersamaan Rangga Azof dan Cut Syifa. (Sumber: Instagram/@/azofsyifaa)
Momen kebersamaan Rangga Azof dan Cut Syifa. (Sumber: Instagram/@/azofsyifaa)

5. Kabar kedekatan mereka semakin kuat saat Rangga hadir di pernikahan kakak Cut Syifa beberapa waktu lalu.

Momen kebersamaan Rangga Azof dan Cut Syifa. (Sumber: Instagram/@/azofsyifaa)
Momen kebersamaan Rangga Azof dan Cut Syifa. (Sumber: Instagram/@/azofsyifaa)

6. Meski terpaut usia 10 tahun, Rangga dan Cut Syifa tampak kompak bersama saat break syuting.

Momen kebersamaan Rangga Azof dan Cut Syifa. (Sumber: Instagram/@/azofsyifaa)
Momen kebersamaan Rangga Azof dan Cut Syifa. (Sumber: Instagram/@/azofsyifaa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lagu Ardhito Pramono Masuk Playlist V BTS

Posted: 14 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Solois Ardhito Pramono mengunggah ucapan terima kasih kepada V BTS karena telah memasukkan lagunya 'Here We Go Again/Fanboi' ke dalam playlist musiknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tank Perang Dunia II Ramaikan Parade Militer Bastille Day

Posted: 14 Jul 2020 10:00 PM PDT

Tank Char B1 Prancis dari Perang Dunia II ditampilkan dalam upacara militer tahunan Bastille Day di Place de la Concorde, Paris (14/7/2020). Perayaan hari nasional negara tersebut juga digelar sebagai penghormatan kepada petugas kesehatan dan lainnya yang memerangi wabah pandemi. (AFP/Thomas Samson)
Tank Char B1 Prancis dari Perang Dunia II ditampilkan dalam upacara militer tahunan Bastille Day di Place de la Concorde, Paris (14/7/2020). Perayaan hari nasional negara tersebut juga digelar sebagai penghormatan kepada petugas kesehatan dan lainnya yang memerangi wabah pandemi. (AFP/Thomas Samson)

Tank Char B1 Prancis dari Perang Dunia II ditampilkan dalam upacara militer tahunan Bastille Day di Place de la Concorde, Paris (14/7/2020). Perayaan hari nasional negara tersebut juga digelar sebagai penghormatan kepada petugas kesehatan dan lainnya yang memerangi wabah pandemi. (AFP/Thomas Samson)

Tank Char B1 Prancis dari Perang Dunia II ditampilkan dalam upacara militer tahunan Bastille Day di Place de la Concorde, Paris (14/7/2020). Prancis dikenal memiliki tank terbaik di awal Perang Dunia II, salah satunya adalah tank kelas berat Char B1. (AFP/Thomas Samson)
Tank Char B1 Prancis dari Perang Dunia II ditampilkan dalam upacara militer tahunan Bastille Day di Place de la Concorde, Paris (14/7/2020). Prancis dikenal memiliki tank terbaik di awal Perang Dunia II, salah satunya adalah tank kelas berat Char B1. (AFP/Thomas Samson)

Tank Char B1 Prancis dari Perang Dunia II ditampilkan dalam upacara militer tahunan Bastille Day di Place de la Concorde, Paris (14/7/2020). Prancis dikenal memiliki tank terbaik di awal Perang Dunia II, salah satunya adalah tank kelas berat Char B1. (AFP/Thomas Samson)

Tank Char B1 Prancis dari Perang Dunia II ditampilkan dalam upacara militer tahunan Bastille Day di Place de la Concorde, Paris (14/7/2020). Di zamannya, Char B1 dikenal paling kuat dalam hal persenjataan dan lapisan baja tebal sebagai armor selama pertempuran Prancis tahun 1940. (AFP/Thomas Samson)
Tank Char B1 Prancis dari Perang Dunia II ditampilkan dalam upacara militer tahunan Bastille Day di Place de la Concorde, Paris (14/7/2020). Di zamannya, Char B1 dikenal paling kuat dalam hal persenjataan dan lapisan baja tebal sebagai armor selama pertempuran Prancis tahun 1940. (AFP/Thomas Samson)

Tank Char B1 Prancis dari Perang Dunia II ditampilkan dalam upacara militer tahunan Bastille Day di Place de la Concorde, Paris (14/7/2020). Di zamannya, Char B1 dikenal paling kuat dalam hal persenjataan dan lapisan baja tebal sebagai armor selama pertempuran Prancis tahun 1940. (AFP/Thomas Samson)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) tiba dengan Kepala Staf Pertahanan Jenderal Francois Lecointre dalam upacara militer Bastille Day di Place de la Concorde di Paris, Prancis (14/7/2020). (AFP/Thomas Samson)
Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) tiba dengan Kepala Staf Pertahanan Jenderal Francois Lecointre dalam upacara militer Bastille Day di Place de la Concorde di Paris, Prancis (14/7/2020). (AFP/Thomas Samson)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) tiba dengan Kepala Staf Pertahanan Jenderal Francois Lecointre dalam upacara militer Bastille Day di Place de la Concorde di Paris, Prancis (14/7/2020). (AFP/Thomas Samson)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nagita Slavina Bikin Raffi Ahmad Menangis karena Cemburu

Posted: 14 Jul 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nagita Slavina tak menyangka suaminya, Raffi Ahmad mencemburuinya. Lantaran, selama ini Raffi tak pernah menunjukkan cemburunya pada sang istri.

Semula, Nagita Slavina terlihat sering telepon-teleponan di belakangnya. Dan itu membuat Raffi Ahmad curiga.

Raffi Ahmad menduga itu adalah laki-laki yang sedang mendekati Nagita Slavina. Rupanya itu membuat Raffi cemburu, apalagi sang istri tak bercerita apapun.

Menangis

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Instagram/raffinagita1717)
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Instagram/raffinagita1717)

Dalam video di kanal YouTube Trans TV Official dengan tajuk 'Saking Sayangnya Sama Gigi, Raffi Sampe Nangis Gamau Kehilangan - Janji Suci (11/7/20) P4' yang tayang pada Minggu (12/7/ 2020), Raffi terlihat menangis.

Tak Terbukti

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Raffi Ahmad menangis karena cemburu dengan Nagita. Namun kecurigaannya kepada Nagita tak terbukti.

Jadi, Nagita yang ternyata sering teleponan sampai ketemuan dengan laki-laki itu karena ada alasan.

 

Diam-Diam

Nagita membelikan jam tangan untuk sang suami, dan itu dilakukan secara diam-diam karena Nagita ingin memberikan kejutan kepada Raffi.

Saat Raffi mengetahuinya, ia pun menangis dan memeluk Nagita. "Aku terharu," kata Raffi.

 

Tak Rela

Kemudian, ibu dari Rafathar Malik Ahmad itu bertanya tentang keseriusan Raffi yang benar-benar cemburu padanya. Raffi pun mengatakan bahwa ia memang cemburu dan tak rela bila Nagita teleponan dengan pria lain.

"Emang kamu beneran cemburu kalau aku jalan sama cowok lain?" tanya Nagita.

"Iya," jawab Raffi.

 

"Masa? Kamu cemburu?" tanya Nagita.

"Iya aku aja udah enggak pernah telepon cewek-cewek," jawabnya lagi.

 

Peluk dan Cium

Raffi pun langsung memeluk dan mencium Nagita dan mengucap terima kasih karena telah diberi hadiah jam tangan mewah. Ia benar-benar tak menyangka bahwa sang istri begitu baik dan perhatian padanya.

 

Beri Penjelasan

"Ternyata, Nagita nyariin jam yang pertama kali gua hilang gua punya gua beli. Gua jadi enggak enak. Udah marah-marah, udah suudzon," kata Raffi.

"Raffi tuh curiga, dikira aku teleponan sama cowok-cowok. Padahal aku kan mau surprise makanya aku enggak bilang," terang Nagita. (Merdeka.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Corona di Secapa AD, Mulai Uji Klinis Anti COVID-19 sampai Santap Kakap Putih dari Ambon

Posted: 14 Jul 2020 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jawa Barat - Penanganan COVID-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Bandung, Jawa Barat terus dilakukan. Upaya ini untuk pemulihan siswa Secapa.

Kabar terbaru pagi ini, Rabu (15/7/2020), sebanyak 116 siswa Secapa AD dinyatakan negatif dari COVID-19. Mereka dinyatakan negatif dari hasil pemeriksaan swab kedua. 

"Hasil lab PCR dari Swab kedua di Secapa AD sampai dengan pagi ini, ada 116 pasien lagi yang dinyatakan negatif," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus dalam siaran tertulis di Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Beragam upaya dilakukan guna menangani COVID-19 di Secapa AD, beberapa di antaranya:

Uji Klinis Obat

Uji klinis obat. Credit: pexels.com/pixabay
Uji klinis obat. Credit: pexels.com/pixabay

Uji klinis obat anti COVID-19 menyasar 600 siswa Secapa yang dinyatakan positif terinfeksi virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Kerjasama terkait uji klinis anti-COVID-19 dilakukan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) menggandeng Universitas Airlangga dan Badan Intelijen Nasional (BIN).

Tahap uji klinis melalui pemberian kombinasi obat, yang sudah mulai diterapkan pagi ini, Rabu (15/7/2020).

"Pagi ini, tim Uji Klinis Anti COVID-19 akan memulai pemberian beberapa kombinasi obat dan dosis kepada pasien positif COVID-19 di Secapa AD," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus, Rabu (15/7/2020).

Dalam pemberian kombinasi obat juga sesuai dengan protokol Pedoman Pelaksanaan Uji Klinis dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan.

"Sesuai dengan protokol Pedoman Pelaksanaan Uji Klinis dari BPOM," ujar Nefra.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad AD) Jenderal TNI Andika Perkasa berpesan kepada Komandan Secapa AD untuk terus mengawal uji klinis dan meminta segala sesuatu yang diperlukan UNAIR terkait proses uji klinis anti-COVID-19 segera disiapkan.

"Ini merupakan langkah lain dalam percepatan penanganan COVID-19. Kita harus upayakan dan koordinasikan dengan baik, dan terus melakukan pengawalan agar dapat terlaksana dengan maksimal," ujar Andika dalam konferensi virtual, Senin (13/7/2020).

Di sisi lain, perwakilan Universitas Airlangga Purwati menuturkan pihaknya sudah berada di Secapa AD untuk mempersiapkan tes usap (swab test). Pelaksanaan tes usap terhadap para siswa Secapa AD dilaksanakan, Selasa (14/7/2020). Selanjutnya, swab test COVID-19 dikirim ke Surabaya untuk diuji klinis.

Kiriman Kakap Putih

Ratusan ikan kakap putih (barramundi) diterbangkan dari Ambon, Maluku untuk pemulihan siswa Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa AD) yang terpapar COVID-19 yang dipanen kelompok budidaya Botol Bekas di Ambon, Maluku pada Sabtu (11/7/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)
Ratusan ikan kakap putih (barramundi) diterbangkan dari Ambon, Maluku untuk pemulihan siswa Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa AD) yang terpapar COVID-19 yang dipanen kelompok budidaya Botol Bekas di Ambon, Maluku pada Sabtu (11/7/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Dukungan pemenuhan gizi untuk siswa Secapa AD juga diupayakan. Ratusan ikan kakap putih (barramundi) telah diterbangkan dari Ambon, Maluku pada Sabtu (11/7/2020) untuk pemulihan siswa Secapa dari COVID-19.

Ikan-ikan tersebut dipanen dari Kerambah Waiheru dan Pantai Wainito. Pengiriman ikan dengan ukuran 3 ekor 1 kilogram dikirimkan ke Pusat Pendidikan Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI Angkatan Darat sebanyak 200 kilogram.

Dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, upaya pengiriman juga dukungan dari kargo pesawat Garuda Indonesia, yang didistribusikan melalui PT Sumber Laut Utama di Tantui. 

Kelompok budidaya Botol Bekas Ambon yang memanen ikan kakap putih merupakan bagian dari program emas biru yang dipelopori oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo sewaktu masih menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura dengan pangkat Mayor Jenderal. Program emas biru merupakan program meningkatkan hasil kelautan.

Ikan untuk pemenuhan gizi ini sebagaimana ucapan Doni Monardo. Bahwa salah satu cara untuk melawan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, yaitu meningkatkan daya tahan tubuh dan memperkuat imunitas.

Peningkatan imunitas tubuh dapat diperoleh dengan cara rajin berolahraga, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Beragam jenis ikan laut seperti kakap putih mengandung. Dalam 100 gram ikan kakap terdapat sebanyak 20,51 gram protein.

Pencegahan penularan COVID-19 juga wajib diimbangi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan antara lain memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan air yang mengalir dan menjaga jarak aman.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar 23 Lembaga Negara yang Pernah Dibubarkan Jokowi

Posted: 14 Jul 2020 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana membubarkan 18 lembaga negara yang dianggap tidak maksimal dalam bekerja. Selain itu, pembubaran lembaga negara tersebut juga untuk menghemat anggaran negara.

"Semakin ramping organisasi ya cost-nya kan semakin bisa kita kembalikan. Anggaran, biaya. Kalau pun bisa kembalikan ke menteri, kementerian, ke dirjen, direktorat, direktur, kenapa kita harus pakai badan-badan itu lagi, komisi-komisi itu lagi," kata Jokowi di halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin 13 Juli 2020.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, lembaga yang dibubarkan nantinya, yang dibentuk di bawah payung hukum Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Presiden (Perpres). Sementara, pembubaran lembaga yang berada di bawah Undang-undang harus mendapat persetujuan dari DPR.

Pembubaran lembaga negara sebenarnya bukanlah hal baru bagi Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pernah membubarkan 23 lembaga negara sejak dirinya terpilih menjadi Presiden pada 2014. 

Dua bulan setelah dilantik sebagai Presiden periode pertama atau tepatnya 20 Oktober 2014, Jokowi meneken Peraturan Presiden Nomor 176 tahun 2014. Lewat Perpres itu, ada 10 lembaga yang dibubarkan yaitu:

1. Dewan Penerbangan dan Antariksa Nasional

2. Lembaga Koordinasi dan Pengendalian Peningkatan Kesejahteraan Sosial Penyandang Cacat

3. Dewan Buku Nasional

4. Komisi Hukum Nasional

5. Badan Kebijaksanaan dan Pengendalian Pembangunan Perumahan dan Permukiman Nasional

6. Komite Antar Departemen Bidang Kehutanan

7. Badan Pengembangan Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu

8. Komite Aksi Nasional Penghapusan Bentuk-Bentuk Pekerjaan Terburuk Untuk Anak

9. Dewan Pengembangan Kawasan Timur Indonesia

10. Dewan Gula Indonesia

 

Selanjutnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato pada upacara peringatan HUT ke-45 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Silang Monas, Jakarta, Selasa (29/11). Acara dihadiri ribuan PNS lintas instansi berpakaian adat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato pada upacara peringatan HUT ke-45 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Silang Monas, Jakarta, Selasa (29/11). Acara dihadiri ribuan PNS lintas instansi berpakaian adat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kemudian pada 21 Januari 2015, Jokowi kembali membubarkan dua lembaga melalui Perpres Nomor 16 tahun 2015. Dua lembaga tersebut antara lain:

1. Badan Pengelola Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dari Deforestasi, Degradasi Hutan, dan Lahan Gambut

2. Dewan Nasional Perubahan Iklim

Setahun setelahnya, Jokowi mengeluarkan Pepres Nomor 116 tahun 2016. Intinya, melalui Perpres itu Jokowi membubarkan 9 lembaga non struktural, yakni:

1. Badan Benih Nasional

2. Badan Pengendalian Bimbingan Massal

3. Komite Pengarah Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus di pulau Batam, Bintan, dan pulau Karimum

4. Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi

5. Dewan Kelautan Indonesia

6. Dewan Nasional Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas

7. Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional

8. Komisi Nasional Pengendalian Zoonosis

9. Dewan Pemantapan Ketahanan Ekonomi dan Keuangan

Pada tahun yang sama, Jokowi menerbitkan Perpres Nomor 124 tahun 2016 yang membubarkan Komisi Penanggulangan AIDS Nasional. Terakhir, pada 2017 pemerintah membubarkan Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo melalui Perpres No 21 Tahun 2017.

 

Moeldoko sebut lembaga yang berpotensi dibubarkan

Kepala Staf Presiden RI, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Kepala Staf Presiden RI, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Adapun wacana pembubaran lembaga negara pernah disampaikan Jokowi dalam sidang kabinet paripurna yang digelar 18 Juni 2020. Saat itu, Jokowi menegur keras para jajarannya yang dinilai masih bekerja biasa-biasa saja di tengah krisis akibat pandemi Covid-19.

Belakangan, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkap sejumlah lembaga negara/komisi yang berpotensi dibubarkan oleh Presiden Jokowi dalam waktu dekat. Dia mengatakan lembaga-lembaga yang dipertimbangkan tersebut salah satunya yakni, Komisi Nasional Usia Lanjut.

Pasalnya, tupoksi lembaga tersebut dinilai tak berbeda jauh dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

"Kira-kira seperti ini ya, Komisi Usia Lanjut. Ini enggak pernah kedengaran kan. Apakah itu tidak dalam tupoksi KPPPA? Kalau masih dalam cakupan kementerian itu mungkin bisa dipikirkan," ujar Moeldoko di kantornya, Selasa 14 Juli 2020.

Kemudian, lembaga lain yang masuk dalam daftar kajian yaitu, Badan Standarisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan (BSANK) dan Badan Restorasi Gambut (BRG). Moeldoko menuturkan BRG dipertimbangkan apakah perannya dapat ditangani oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Pertanahan dan Kementerian Pertanian.

Saat ini, kata Moeldoko, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) masih mengkaji apakah lembaga negara tersebut akan digabungkan ke kementerian/lembaga lain atau langsung dibubarkan. Dia menjelaskan rencana pembubaran lembaga negara ini bertujuan untuk menyederhanakan birokrasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPRD Minta Anies Gratiskan Pendidikan Siswa Tak Mampu di Sekolah Swasta

Posted: 14 Jul 2020 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani meminta agar Pemprov DKI dapat menanggung seluruh biaya pendidikan peserta didik tidak mampu yang tidak lolos dalam PPDB 2020/2021. Dia menyebut peserta didik tersebut terancam putus sekolah atau memilih bersekolah ke swasta.

"Saya setuju sistem zonasi untuk pemerataan akses pendidikan. Namun, tidak boleh diskriminatif, banyak yang harus putus sekolah karena terpinggirkan oleh sistem," kata Zita dalam keterangannya, Rabu (15/7/2020).

Dia menjelaskan, pandemi virus Corona atau Covid-19 seperti saat ini juga berdampak kepada ekonomi masyarakat. Karena hal itu, pihaknya menyarankan adanya pembebasan biaya sekolah untuk anak tidak mampu.

"Kami ingin masyarakat tak mampu dapat dukungan. Yang tidak mampu tidak boleh putus sekolah, masuk swasta harus dibantu," ujarnya.

Hal itu senada dengan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi yang mengusulkan adanya sekolah gratis agar tidak ada lagi polemik PPDB di DKI.

Usulan itu disampaikan Prasetyo saat rapat Komisi E DPRD bersama Dinas Pendidikan DKI. Menurut politikus PDIP itu, masalah PPDB bisa diminimalisir jika Pemprov membangun sekolah khusus masyarakat kalangan ekonomi kelas bawah.

"Kita kenapa enggak bikin sekolah gratis bagi orang yang enggak mampu? Jadi enggak ada polemik lagi masalah rapor, usia, dan lain-lain," ujar Prasetyo, Selasa (14/7/2020).

Tidak perlu mencari tanah untuk lahan sekolah baru, Prasetyo menilai aset milik Pasar Jaya atau aset Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov DKI bisa dimanfaatkan untuk bangunan sekolah. Terlebih lagi menurutnya, lokasi pasar Pasar Jaya yang tidak terpakai cukup strategis dan dekat dari permukiman warga.

Prasetyo juga meminta kepala Dinas Pendidikan agar sekolah gratis juga dibangun di Kepulauan Seribu. Tujuannya, agar warga di sana tak perlu menyeberang perairan hanya untuk sekolah.

"Kasih tahu ke Pak Gubernur. coba sampaikan ke Pak Gub, Pulau Seribu kasih lah, supaya jangan nyebrang, enggak ke darat, sekolah ada di sana," tutur dia.

 

Terus Berkoordinasi

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana menyatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terhadap peserta didik baru pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang tidak diterima di sekolah negeri.

Dia mengaku telah melakukan koordinasi dengan Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) terkait skema pembiayaan siswa. Sebab, sekolah swasta tidak mungkin memberikan pendidikan dengan gratis.

"Kemarin kami simulasikan kalau anak KJP. Bayarannya itu bayaran sejumlah KJP yang ada dan cicilan untuk uang pangkalnya, bisa dimanfaatkan sebagian dari dana berkala yang setiap semester untuk beli seragam, sepatu," kata Nahdiana saat rapat di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Kemudian, dia juga menyatakan telah melakukan koordinasi pula dengan Kementerian Agama (Kemenag). Yakni untuk menerima peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (tingkat SD), Madrasah Tsanawiyah Negeri (tingkat SMP) dan Madrasah Aliyah Negeri (tingkat SMA/SMK).

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Tak Kembalikan Status Hagia Sophia Per Agustus, Uni Eropa Bakal Sanksi Turki

Posted: 14 Jul 2020 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hasil positif yang tak terduga datang setelah pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa di gedung Dewan Eropa di Brussels.

Awalnya, pihak Yunani hanya mengharapkan Siprus dan Prancis untuk berada di pihaknya, tetapi pada akhirnya sejumlah negara mendukung permintaan Yunani terkait daftar sanksi yang akan diberikan kepada Turki karena keputusannya untuk mengkonversi Hagia Sophia. Pada saat yang sama, para menteri menyetujui perpanjangan sanksi terhadap orang-orang yang terkait dengan perusahaan Turki yang melakukan eksplorasi ilegal di Zona Ekonomi Eksklusif Siprus (ZEE).

Melansir Greek City Times, Rabu (15/7/2020), langkah-langkah yang diminta oleh Yunani akan ditargetkan terhadap industri tertentu seperti pariwisata, ekonomi dan bank.

Daftar sanksi yang diperkirakan akan siap pada akhir Agustus di Dewan Menteri Luar Negeri berikutnya di Berlin, akan diaktifkan jika dan ketika Turki melanjutkan keputusannya dan sikap provokatifnya di wilayah Mediterania Tenggara.

Awalnya satu-satunya kekuatan yang bersikeras - terlepas dari Yunani dan Siprus - pada sikap keras terhadap Turki adalah Perancis. Banyak negara lain, dengan ukuran dan kekuatan yang lebih kecil, memihak Yunani.

Swedia, Slovakia, Luksemburg, Estonia dan Austria juga mendukung permintaan pihak Yunani.

Di sisi lain, Jerman, serta Italia dan Spanyol, lebih ragu-ragu. Mereka ingin hasil pertemuan menjadi lebih seimbang, ke arah dimulainya kembali dialog antara Uni Eropa dan Turki.

Akhiri Keputusan Sepihak Turki

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (AP/Yasin Bulbul)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (AP/Yasin Bulbul)

Secara khusus, Dewan tidak memberikan "cek kosong" kepada Menteri Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell untuk memulai negosiasi dengan Turki, tetapi menginstruksikan Perwakilan Tinggi untuk "mengeksplorasi cara-cara baru untuk mengurangi ketegangan dengan Turki."

Sedangkan untuk mempersiapkan tingkat teknis "kemungkinan tindakan yang dapat diambil sehubungan dengan tantangan yang kita hadapi" dan untuk menyelidiki penambahan lebih banyak entri pada daftar sanksi, atas permintaan Siprus.

Dan jika beberapa negara ragu-ragu tentang daftar tindakan yang terkait pada masalah Hagia Sophia, semua orang setuju bahwa keputusan pihak berwenang Turki dapat dikutuk.

Perwakilan Tinggi mengumumkan bahwa Dewan "sangat mengutuk" keputusan Turki pada Hagia Sophia, yang "memicu kecurigaan dan merusak upaya untuk dialog dan kerjasama", dan meminta pemerintah Turki untuk mempertimbangkan kembali keputusannya.

Borell menekankan, bagaimanapun, bahwa Turki adalah "negara penting" dengan mana UE dapat mengembangkan hubungan yang lebih baik tetapi "dengan menghormati nilai-nilai Eropa dan hukum internasional."

Dia mengklarifikasi bahwa tindakan sepihak Turki harus berakhir.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singapura Resesi, Bagaimana dengan Indonesia?

Posted: 14 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Singapura resmi masuk dalam jurang resesi. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan ekonomi Singapura yang menyentuh minus 41,2 persen di kuartal II 2020.

Lantas, apakah resesi yang dialami Singapura ini juga akan dialami Indonesia?

Survei yang dilakukan Reuters menyatakan ekonomi negara-negara di Asia Tenggara diperkirakan merosot 37,4 persen dari kuartal ke kuartal. Sehingga bukan tidak mungkin Indonesia juga akan masuk ke dalam jurang resesi yang sama.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga telah menyatakan bahwa Indonesia bersiap mengalami resesi jika pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III 2020 tetap tumbuh negatif, melanjutkan pertumbuhan negatif yang diperkirakan akan terjadi di kuartal II 2020.

Secara skenario, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah sebenarnya memproyeksikan ekonomi Indonesia dapat tumbuh positif pada kuartal III. Namun pada saat yang sama, ia juga memperkirakan kemungkinan terburuk perekonomian negara anjlok hingga -1,6 persen pada periode tersebut.

"Kami berharap kuartal III dan kuartal IV 2020 ekonomi tumbuh 1,4 persen. Atau kalau dalam negatif bisa minus 1,6 persen. Itu technically bisa resesi kalau kuartal III negatif," ungkap Sri Mulyani beberapa waktu lalu.

Senada, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Rahayu Puspasari memastikan, Indonesia akan masuk resesi jika laju perekonomian pada kuartal III 2020 negatif, menyusul pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2020 yang diperkirakan -3,8 persen.

"Resesi dipahami secara umum sebagai suatu perlambatan ekonomi dalam kurun waktu sementara seperti yang diproyeksikan terjadi di 2020 ini mulai dari kuartal I 2020," jelas dia kepada Liputan6.com.

Menurut dia, definisi technical recession atau resesi teknik terjadi ketika suatu negara mengalaminya selama dua kuartal atau lebih. Tolak ukur lainnya yakni indikator aktivitas industri (purchasing manager index/PMI) berada di bawah 50.

Wanita yang akrab disapa Puspa ini menyampaikan, Indonesia sempat mengalami hal tersebut pada April dan Mei lalu, dimana PMI negara berada di level 28,6.

"Ini terjadi juga sebelumnya pada kuartal IV 2019, dimana isunya perang dagang," ujar Puspa.

Resesi dan Krisis, Mana yang Lebih Berbahaya?

Ilustrasi krisis ekonomi (pbs.com)
Ilustrasi krisis ekonomi (pbs.com)

Ekonom sekaligus Direktur Riset Core Indonesia Piter Abdullah, mengatakan resesi itu definisinya secara umum adalah pertumbuhan ekonomi yang negatif selama 2 triwulan berturut-turut.

"Sebetulnya resesi ini adalah sesuatu yang tidak terlalu berbahaya, karena banyak negara yang mengalami resesi, apalagi di tengah wabah covid-19 ini sudah banyak negara menyatakan secara resmi mengalami resesi," kata Piter kepada Liputan6.com, Rabu (24/6/2020). 

Australia Merasakan Resesi Ekonomi Pertamanya dalam 29 TahunJepang Masuk Jurang Resesi Ekonomi  Menurutnya resesi itu merupakan siklus bisnis dan sesuatu yang wajar terjadi, yang berbahaya itu bukan resesi tapi krisis, depresi  ekonomi.

Apabila suatu negara mengalami krisis sampai terdepresi maka itu yang terjadi bukan sekedar siklus bisnis atau resesi, melainkan kondisinya sudah lebih buruk dari itu.

" Kalau resesi itukan perlambatan ekonominya menurun tapi masih sehat, krisis itu menurun sangat dalam dan sudah tidak sehat, sudah sakit. Nah, dunia usahanya sudah collapse sudah terjadi krisis," ujarnya.

Ia pun merujuk pada krisis yang terjadi tahun 1998, pada saat itu pertumbuhan ekonominya sudah sangat dalam, dan perusahaannya banyak yang bangkrut,  karena perusahaannya bangkrut maka merambat ke sektor keuangan, non-performing loan (NPL)-nya naik sehingga perbankannya ikut bangkrut.

"Nah itu yang kita alami di tahun 1997 dan 1998 itu yang lebih berbahaya," katanya. 

Perlambatan Ekonomi

Deretan gedung bertingkat terlihat dari jendela gedung pencakar langit di kawasan Jakarta, Kamis (26/12/2019). Pemerintah memproyeksi pertumbuhan ekonomi tahun depan di kisaran 5,2%, berada di bawah target APBN 2020 sebesar 5,3%.  (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Deretan gedung bertingkat terlihat dari jendela gedung pencakar langit di kawasan Jakarta, Kamis (26/12/2019). Pemerintah memproyeksi pertumbuhan ekonomi tahun depan di kisaran 5,2%, berada di bawah target APBN 2020 sebesar 5,3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Demikian, menurut Piter kalau sekedar perlambatan ekonomi turun menjadi negatif seperti sekarang, misalnya kita yakini perkirakan triwulan 2 ini akan minus cukup dalam, Pemerintah saja sudah memperkirakan minus 3,8  persen, bisa lebih besar dari itu.

"Kemudian triwulan 3 diperkirakan masih negatif tapi lebih kecil negatifnya sampai minus 1 persen. Ini kan udah resesi udah 2 triwulan berturut-turut namanya resesi," ujarnya.

Sehingga, ia mengatakan tidak apa-apa kita mengalami resesi, karena dunia usaha masih bisa bertahan, dan NPL dari dunia usaha terhadap sektor perbankan juga masih sehat, yakni dibawah 5 persen.

"Ya gak apa-apa karena kondisi ini memang kondisi yang umum dialami oleh semua negara di dunia yang paling penting adalah kita bisa dengan cepat recovery, sehingga tidak mengalami krisis dunia usaha kita tidak merambat ke sektor keuangan dan kita siap untuk recovery," pungkasnya.     

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Sassuolo vs Juventus: Bukan Lawan Enteng Buat Bianconeri

Posted: 14 Jul 2020 09:45 PM PDT

Sassuolo - Pertandingan antara Sassuolo vs Juventus dalam lanjutan Serie A 2019-2020, Kamis (16/7/2020) pukul 02:45 dini hari WIB diprediksi berjalan ketat. Buat Si Nyonya Tua, lawan kali ini tidak bisa dibilang enteng.

Sassuolo tak terkalahkan dalam enam laga terakhirnya. Itu termasuk menahan imbang Inter Milan 3-3 dan menang 3-1 atas tuan rumah Fiorentina.

Terkini, Sassuolo bahkan mengalahkan Lazio di Olimpico lewat gol-gol Giacomo Raspadori dan Francesco Caputo.

Sementara itu, Juventus cuma meraih satu poin dalam dua laga terakhirnya. Melawan tuan rumah AC Milan, meski unggul 2-0 lewat Adrien Rabiot dan Cristiano Ronaldo, Juventus akhirnya dipaksa menyerah 2-4.

Setelah itu, Juventus bermain imbang 2-2 menjamu Atalanta. Dua gol penalti Cristiano Ronaldo menghindarkan Juventus dari kekalahan.

Juventus kini memimpin klasemen dengan keunggulan masing-masing delapan poin atas Inter Milan dan Lazio. Juventus masih sangat diunggulkan meraih Scudetto. Namun, Juventus perlu tampil sebaik mungkin jika tak ingin kehilangan poin di kandang Sassuolo.

 

Statistik

(AFP/Marco Bertorello)
(AFP/Marco Bertorello)

Head-to-Head (Serie A)

Pertemuan: 13

Sassuolo menang: 1

Gol Sassuolo: 8

Imbang: 2

Juventus menang: 10

Gol Juventus: 32.

5 Pertemuan Terakhir

  • 01-12-2019 Juventus 2-2 Sassuolo (Serie A)
  • 11-02-2019 Sassuolo 0-3 Juventus (Serie A)
  • 16-09-2018 Juventus 2-1 Sassuolo (Serie A)
  • 04-02-2018 Juventus 7-0 Sassuolo (Serie A)
  • 17-09-2017 Sassuolo 1-3 Juventus (Serie A).

5 Laga Terakhir Sassuolo (S-M-M-M-M)

  • 29-06-2020 Sassuolo 3-3 Verona (Serie A)
  • 02-07-2020 Fiorentina 1-3 Sassuolo (Serie A)
  • 05-07-2020 Sassuolo 4-2 Lecce (Serie A)
  • 09-07-2020 Bologna 1-2 Sassuolo (Serie A)
  • 11-07-2020 Lazio 1-2 Sassuolo (Serie A).

5 Laga Terakhir Juventus (M-M-M-K-S)

  • 27-06-2020 Juventus 4-0 Lecce (Serie A)
  • 01-07-2020 Genoa 1-3 Juventus (Serie A)
  • 04-07-2020 Juventus 4-1 Torino (Serie A)
  • 08-07-2020 Milan 4-2 Juventus (Serie A)
  • 12-07-2020 Juventus 2-2 Atalanta (Serie A).

 

Prakiraan Susunan Pemain dan Prediksi Bola.com

(AFP/Marco Bertorello)
(AFP/Marco Bertorello)

Sassuolo (4-2-3-1): Consigli; Toljan, Marlon, Ferrari, Kyriakopulos; Bourabia, Locatelli; Berardi, Djuricic, Boga; Caputo.

Pelatih: Roberto De Zerbi.

Juventus (4-3-3): Szczesny; Danilo, de Ligt, Bonucci, Alex Sandro; Bentancur, Pjanic, Rabiot; Bernardeschi, Dybala, Ronaldo.

Pelatih: Maurizio Sarri.

Prediksi Bola.com

Sassuolo 50-50 Juventus

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 14/7/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Melipat Dasi SMP dan SMA, Sesuaikan dengan Kebutuhan Pemakainya

Posted: 14 Jul 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan dasi adalah kebutuhan lumrah bagi anak sekolah, terutama SMP dan SMA. Secara tidak sadar, sebenarnya dasi dapat memberikan kesan tertentu pada pemakainya. Kesan ini nampak dari bentuk atau lipatan yang dibuatnya. Coba simak cara melipat dasi SMP dan SMA ini. 

Kesan yang diberikan dari dasi ini bisa disesuaikan dengan cara melipat dasi SMP dan SMA yang dibutuhkan. Misalnya saja untuk pemilik tubuh gempal dan berbadan besar. Kemudian untuk kesan dasi lebih panjang, lebih pendek, atau lebih lebar.

Nah, sebenarnya cara melipat dasi SMP dan SMA ini bisa diterpakan untuk orang dewasa. Bagi pekerja kantoran, mahasiwa yang hendak wisuda, atau hendak datang ke pesta. Caranya sama-sama mudah dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.

Berikut Liputan6.com ulas cara melipat dasi SMP dan SMA dari berbagai sumber, Rabu (15/7/2020).

Cara Melipat Dasi SMP dan SMA yang Biasa

Ilustrasi dasi | pixabay.com
Ilustrasi dasi | pixabay.com

1. Letakkan dasi di leher dengan posisi terbalik (bagian luar dasi berada di dalam).

2. Letakkan bagian ujung dasi yang lebar berada di kanan dan ujung dasi yang sempit berada di kiri.

3. Posisikan ujung lebar berada sedikit di atas pusar, atau sesuaikan dengan panjang yang diinginkan.

4. Simpangkan ujung sempit dasi di atas ujung lebar dasi, sehingga dasi akan membentuk huruf X.

5. Bawa ujung lebar dasi ke kanan.

6. Bawa ujung lebar dasi yang telah berada di kanan naik ke atas lingkaran simpul dasi dari bawah.

7. Masukkan dasi melalui lingkaran simpul namun kamu sudah membuat bagian depan dasi.

8. Tarik ujung lebar dasi ke bawah untuk mengencangkan dasi, lalu geser simpul ke atas untuk menyesuaikan dengan kerapatan dasi yang diinginkan.

Cara Melipat Dasi SMP dan SMA yang Lebih Lebar

Ilustrasi dasi | pixabay.com
Ilustrasi dasi | pixabay.com

1. Letakkan dasi di leher dengan posisi terbalik (bagian luar dasi berada di dalam).

2. Letakkan bagian ujung dasi yang lebar berada di kanan dan ujung dasi yang sempit berada di kiri.

3. Posisikan ujung lebar berada sedikit di atas pusar, atau sesuaikan dengan panjang yang diinginkan.

4. Simpangkan ujung sempit dasi di atas ujung lebar dasi, sehingga dasi akan membentuk huruf X.

5. Bawa ujung lebar dasi ke depan lalu masuk lingkaran atas menuju sebelah kanan.

6. Bawa ujung lebar dasi yang telah berada di depan naik ke atas lingkaran sebelah kanan dari bawah lingkaran.

7. Bawa ujung lebar dasi yang telah berada di kanan melewati bagian depan dan naik ke atas.

8. Masukkan dasi melalui lingkaran simpul namun kamu sudah membuat bagian depan dasi.

9. Tarik ujung lebar dasi ke bawah untuk mengencangkan dasi, lalu geser simpul ke atas untuk menyesuaikan dengan kerapatan dasi yang diinginkan.

Cara Melipat Dasi SMP dan SMA yang Sederhana

Ilustrasi dasi | iStockphoto
Ilustrasi dasi | iStockphoto

1. Letakkan dasi di leher dengan posisi terbalik (bagian luar dasi berada di dalam).

2. Letakkan bagian ujung dasi yang lebar berada di kanan dan ujung dasi yang sempit berada di kiri.

3. Posisikan ujung lebar berada sedikit di atas pusar, atau sesuaikan dengan panjang yang diinginkan.

4. Simpangkan ujung sempit dasi di atas ujung lebar dasi, sehingga dasi akan membentuk huruf X.

5. Bawa ujung lebar dasi ke kiri.

6. Bawa ujung lebar dasi yang telah berada di kiri naik ke atas lingkaran simpul dasi dari bawah.

7. Masukkan dasi melalui lingkaran simpul namun kamu sudah membuat bagian depan dasi.

8. Tarik ujung lebar dasi ke bawah untuk mengencangkan dasi, lalu geser simpul ke atas untuk menyesuaikan dengan kerapatan dasi yang diinginkan.

Cara Melipat Dasi SMP dan SMA yang Panjang

Ilustrasi dasi | pixabay.com
Ilustrasi dasi | pixabay.com

1. Letakkan dasi di leher dengan posisi terbalik (bagian luar dasi berada di dalam).

2. Letakkan bagian ujung dasi yang lebar berada di kanan dan ujung dasi yang sempit berada di kiri.

3. Posisikan ujung lebar berada sedikit di atas pusar, atau sesuaikan dengan panjang yang diinginkan.

4. Simpangkan ujung sempit dasi di atas ujung lebar dasi, sehingga dasi akan membentuk huruf X.

5. Bawa ujung lebar dasi ke kiri.

6. Bawa ujung lebar dasi yang telah berada di kiri naik ke lagi ke atas lingkaran simpul dasi dari bawah menuju kanan.

7. Masukkan dasi ke dari kiri ke atas menuju bawah lingkaran sebelah kanan lagi.

8. Masukkan dasi melalui lingkaran simpul dengan melewati bagian depan. Kemudian masuk ke atas lingkaran sebelah kiri dari bawah. Lalu masukkan ke dalam simpul.

9. Tarik ujung lebar dasi ke bawah untuk mengencangkan dasi, lalu geser simpul ke atas untuk menyesuaikan dengan kerapatan dasi yang diinginkan.

 

Cara Melipat Dasi SMP dan SMA yang Pendek

Ilustrasi dasi | Merdeka.com
Ilustrasi dasi | Merdeka.com

1. Letakkan dasi di leher dengan posisi terbalik (bagian luar dasi berada di dalam).

2. Letakkan bagian ujung dasi yang lebar berada di kanan dan ujung dasi yang sempit berada di kiri.

3. Posisikan ujung lebar berada sedikit di atas pusar, atau sesuaikan dengan panjang yang diinginkan.

4. Simpangkan ujung sempit dasi di atas ujung lebar dasi, sehingga dasi akan membentuk huruf X.

5. Bawa ujung lebar dasi ke kanan dari belakang menuju lingkaran atas.

6. Bawa ujung lebar dasi yang telah berada di kiri menuju ke depan. Lalu masukkan ke dalam simpul dari bawah.

7. Masukkan dasi ke dari kiri ke atas menuju bawah lingkaran sebelah kanan lagi.

8. Tarik ujung lebar dasi ke bawah untuk mengencangkan dasi, lalu geser simpul ke atas untuk menyesuaikan dengan kerapatan dasi yang diinginkan.

Cara Melipat Dasi SMP dan SMA yang Memiliki Tubuh Besar

Levi Meaden mengenakan topi Santa yang bertuliskan 'Naughty' dengan setelan jas dan dasi yang dikenakannya. Sedangkan Ariel, tetap tidak menghilangkan keseksiannya mengenakan mantel mini berwarna merah. (AFP/Bintang.com)
Levi Meaden mengenakan topi Santa yang bertuliskan 'Naughty' dengan setelan jas dan dasi yang dikenakannya. Sedangkan Ariel, tetap tidak menghilangkan keseksiannya mengenakan mantel mini berwarna merah. (AFP/Bintang.com)

1. Letakkan dasi di leher dengan posisi terbalik (bagian luar dasi berada di dalam).

2. Letakkan bagian ujung dasi yang lebar berada di kanan dan ujung dasi yang sempit berada di kiri.

3. Posisikan ujung lebar berada sedikit di atas pusar, atau sesuaikan dengan panjang yang diinginkan.

4. Simpangkan ujung sempit dasi di atas ujung lebar dasi, sehingga dasi akan membentuk huruf X.

5. Bawa ujung lebar dasi ke kanan dari belakang menuju depan.

6. Bawa ujung lebar dasi yang telah berada di depan sebelah kiri naik ke atas dari bawah lingkaran menuju simpul.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suara Gemuruh Saat Jembatan dan 61 Rumah Hanyut Diterjang Banjir Bah di Sintang Kalbar

Posted: 14 Jul 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Sintang - Sebanyak 61 rumah warga Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat hanyut terseret banjir, sedangkan ribuan rumah lainnya masih terendam banjir dengan ketinggian mencapai dua meter.

"Air naik dengan cepat dan aliran sungai sangat deras, akibatnya ada 61 rumah hanyut dan 4.007 kepala keluarga, rumahnya masih terendam," kata Camat Kayan Hulu, Yelmanus, di Sintang, Selasa 14 Juli 2020.

Dia mengatakan banjir besar terjadi sejak Sabtu (11/7) selain mengakibatkan rumah warga hanyut, fasilitas umum lainnya rusak berat, bahkan ada jembatan putus.

"PLN sejak 10 Juli sudah tidak nyala, bahkan mesinnya terendam banjir. Mudah-mudahan PLN Ranting Sintang segera bisa memperbaiki mesin. Rumah mesin PLN terendam banjir sampai ke atap," kata dia dilansir Antara.

Tumenggung Adat Desa Lintang Tambuk, Zakaria, menjelaskan jembatan gantung di desanya putus dan hanyut setelah dihantam banjir besar pada Sabtu (11/7), sekitar pukul 09.00 WIB.

"Terdengar suara gemuruh, ternyata jembatan gantung kami sudah putus dan hanyut. Jembatan gantung ini dibangun tahun 2002 yang lalu. Artinya umurnya sudah 18 tahun. Keberadaan jembatan tersebut sangat penting karena menghubungkan transportasi warga kami ke pusat Kecamatan Kayan Hulu," katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sintang, Saragih, mengatakan ada enam kecamatan di daerah itu terkena banjir, yakni Ambalau, Serawai, Kayan Hulu, Kayan Hilir, Dedai, dan Sintang.

Data sementara 58 desa yang terendam, sedangkan di Kecamatan Kayan Hulu, satu jembatan gantung roboh dan satu stegher hanyut. Di Kecamatan Ambalau satu stegher hanyut. "Di Serawai banjir disertai longsor," kata dia.

Status Tanggap Darurat

Ilustrasi Foto Banjir (iStockphoto)​
Ilustrasi Foto Banjir (iStockphoto)​

Sejak Jumat (10/7), Pemkab Sintang menetapkan status tanggap darurat dengan dikeluarkan Surat Keputusan Bupati Sintang Nomor 360/543/KEP-BPBD/2020 tentang penetapan status tanggap darurat bencana alam banjir, angin puting beliung, dan longsor di Kabupaten Sintang.

Kondisi banjir mulai bergerak ke hilir, sedangkan Camat Dedai sudah melaporkan ada warga terdampak.

Wakil Bupati Sintang Askiman mengatakan pihaknya sudah meninjau rumah warga yang bergeser dan roboh di beberapa desa. Ada juga sekolah yang terendam banjir.

"Saya minta BPBD, Dinas Perkim, Dinas PU untuk menyiapkan langkah rekonstruksi terhadap kerusakan akibat banjir ini. Ada juga sekolah yang terendam banjir," kata dia.

Ia juga memberikan bantuan sembako untuk dapur umum bagi sembilan desa yang berada di jalur Sungai Kayan di Kecamatan Kayan Hulu. Saat berada di Nanga Tebidah, Wakil Bupati Sintang itu meminta Pemerintah Kecamatan Kayan Hulu dan warga Nanga Tebidah gotong royong membangun ulang rumah sederhana milik Anselmus Sulaiman.

"Kasihan kalau mereka harus nginap di lanting yang dikasih terpal," katanya saat meninjau lanting Keluarga Anselmus Sulaiman yang juga merupakan korban banjir.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjelasan Putri Ma'ruf Amin soal Ajakannya ke Raffi Ahmad Maju Pilkada Tangsel

Posted: 14 Jul 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon Wali kota Tangerang Selatan Siti Nur Azizah angkat bicara soal permintaannya ke aktris Raffi Ahmad, untuk mendampinginya maju di Pilkada 2020. Hal ini terungkap dalam video yang diunggah di akun Youtube Raffi, Rans Entertainment.

"Jadi lebih nuansanya itu kepada saling support. Kebetulan Mas Raffi ingin mengembangkan content Youtube bersama kami, ya kami goda untuk jadi Wakil Wali Kota Tangsel agar lebih memberi warna kegembiraan dalam berpolitik saja untuk generasi muda," kata Azizah kepada Liputan6.com, Rabu (15/7/2020).

Menurut putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin itu, soal keseriusan tawaran tersebut, dia meminta itu lebih baik ditanya ke Raffi Ahmad.

"Mengenai serius atau enggaknya tawaran itu lebih baik ditanyakan ke Raffi saja. Dalam politik kan semua serba mungkin," ungkap Siti Nur Azizah.

Alasan Azizah Datangi Raffi Ahmad

Menurut dia, pertemuannya dengan Raffi lebih kepada menyampaikan pesan ke generasi muda, bahwa akan ada hajatan besar politik.

"Sekali lagi pilkada kan sebuah pesta demokrasi, tentu harus ramai, meriah, dan menyenangkan. Jadi saya kunjungi Raffi supaya bisa mengirim sinyal ke pemilih pemula dan kaum milenial," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banggar DPR Ungkap Realisasi Ekonomi Semester I 2020, Ini Rinciannya

Posted: 14 Jul 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal menyampaikan realisasi perkembangan indikator ekonomi makro secara keseluruhan dalam Anggaran Pendapatan Belanja dan Negara (APBN) pada semester I-2020. Di mana, pertumbuhan ekonomi pada semester I diperkirakan minus 0,4 sampai dengan minus 1,1 persen.

Kondisi tersebut didasari dari pertumbuhan pada kuartal I-2020 yang hanya mencapai 2,97 persen. Dalam periode itu dipengaruhi penurunan konsumsi masyarakat terutama sektor transportasi, restoran, dan hotel.

Kemudian investasi turun terutama untuk jenis mesin, dan produk kekayaan intelektual. Selanjutnya, perdagangan internasional positif didorong oleh pertumbuhan ekspor nonmigas srta penurunan impor seiring permintaan ekonomi domestik.

"Tekanan terhadap pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan berlanjut dam semakin dalam pada triwulan II terutama dengan adanya PSBB ditingkat daerah untuk kendalikan Covid-19," katanya di ruang rapat Banggar DPR RI, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Kemudian, untuk tingkat inflasi semester I-2020 relatif rendah sebesar 1,96 persen. Perlambatan inflasi diengaruhi melemahnya permintaan masyarakat di tengah membaiknya wabah Covid-19.

Adapun inflasi sampai dengan bulan Juni mencapai 1,96 persen (yoy) secara kumulatif mencapai 1,09 persen (ytd) lebih rendah dari pola historis 3 tahun 2,11 persen (ytd)

"Inflasi Ramadhan dan Idul Fitri sangat rendah berbeda dengan pola historis tahun-tahun sebelumnya yang biasanya tinggi dampak dari PSBB," kata dia.

 

Rupiah

Teller menunjukkan mata uang rupiah dan dolar di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (10/1). Hingga hari ini, US$ 1 dibanderol Rp 14.020. Rupiah menguat 0,71% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menunjukkan mata uang rupiah dan dolar di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (10/1). Hingga hari ini, US$ 1 dibanderol Rp 14.020. Rupiah menguat 0,71% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, nilai tukar Rupiah sepanjang semester 1 tahun 2020 mencapai rata-rata Rp14.600 per USD. Di mana rupiah sempat tertekan pada bulan Maret dan April 2020 sejalan dengan meningkatnya risiko ketidakpastian Global dampak pandemi covid 19 yang menyebabkan gejolak di pasar keuangan dan capital outflow di negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

"Tekanan mulai mereda pada triwulan II sejalan dengan meningkatnya keyakinan investor terhadap stabilitas ekonomi makro dan kebijakan ekonomi nasional," imbuh dia.

Selanjutnya, untuk rata-rata suku bunga SBN 3 bulan dalam semester I tahun 2020 mencapai 3,25 persen, di mana tekanan terjadi pada bulan april sejalan dengan meningkatnya gejolak di pasar keuangan. Kemudian kembali menurun seiring dengan perbaikan likuiditas pasar keuangan dalam negeri dari minat investor pada obligasi jangka pendek.

Untuk harga minyak mentah Indonesia atau ICP dalam semester I tahun 2020 mencapai USD 39,8 per barel. Penurunan harga minyak

Harga Minyak

Ilustrasi Harga Minyak
Ilustrasi Harga Minyak

mentah di semester I 2020 diakibatkan oleh melemahnya demand akibat pada Covid-19 dan terjadinya persaingan antar produksi utama minyak dunia.

Namun harga mi kembali naik karena perbaikan permintaan seiring berakhirnya kebijakan lockdown di berbagai negara dan perbaikan kerjasama antar produsen minyak dunia.

Terakhir, harga minyak dan gas bumi sampai bulan Mei tahun 2020 masing-masing diperkirakan mencapai 702 ribu barel per hari dan 987 ribu barel setara minyak per hari. Turunnya lifting migas terutama akibat dampak pandemi Covid-19 yang menyebabkan tertundanya berbagai aktivitas produksi dan rencana pengembangan.

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shandy Aulia Tanggapi Kritik Soal Beri Anak MPASI di Usia 4 Bulan

Posted: 14 Jul 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shandy Aulia sedang bahagia dengan putri pertamanya yang lahir pada Februari 2020. Ia selalu memberikan yang terbaik untuk si buah hati.

Putri Shandy Aulia yang bernama Claire Wibowo, kini berusia menuju 5 bulan. Shandy Aulia sudah memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) kepadanya.

Merujuk pada informasi di situs resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bayi boleh mendapat MPASI saat usianya sekitar 6 bulan. Ada pula sejumlah catatan seputar pemberian MPASI untuk bayi. Alhasil, Shandy Aulia dihujani kritik oleh warganet.

Sudah Konsultasi

Shandy Aulia (Instagram/shandyaulia)
Shandy Aulia (Instagram/shandyaulia)

Shandy Aulia menanggapi kritikan tersebut melalui unggahan di Instagram, Sabtu (11/7/2020). Bintang film Eiffel I'm In Love dan Rasuk menjelaskan, keputusan itu sudah melalui konsultasi dokter spesialis anak dan gizi.

Bukan Keputusan Sok Tahu

(Instagram/shandyaulia)
(Instagram/shandyaulia)

"Saya sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Anak dr. Eric Gultom Sp A.(K) dan dengan Dokter Gizi dr.Samuel Oetoro perihal MPASI pada claire saat ini, jadi bukan hanya keputusan sok tau saya," tulis Shandy Aulia sebagai keterangan foto.

Benar-Benar Dipilah

Shandy Aulia. (Foto: Instagram @shandyaulia)
Shandy Aulia. (Foto: Instagram @shandyaulia)

Shandy Aulia menambahkan, keputusan memberikan MPASI ditempuh bila anak sudah memenuhi kriteria tertentu. MPASI yang diberikan harus benar-benar dipilah berdasarkan petunjuk dokter maupun ahlinya.

Cara Merawat Anak

Shandy Aulia. (Foto: Instagram @shandyaulia)
Shandy Aulia. (Foto: Instagram @shandyaulia)

"MPASI lebih dini adalah sebuah pilihan mutlak dari seorang ibu bila memang kondisi bayi siap untuk MPASI. Saya memilih untuk FULL ASI dan di sertai MPASI di usia Claire belum 6 bulan (TIDAK SUFOR) adalah keputusan dan bentuk cara saya merawat Claire. dan yang terbaik menurut versi saya untuk anak saya," tandas Shandy Aulia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran COVID-19 Surabaya 14 Juli 2020: Pasien Positif 7.331, Sembuh 3.705 Orang

Posted: 14 Jul 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasien Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur masih bertambah. Ada tambahan pasien positif Corona COVID-19 sebanyak 76 orang pada Selasa, 14 Juli 2020.

Tambahan pasien itu membuat total pasien positif COVID-19 di Surabaya menjadi 7.331 orang. Mengutip peta sebaran Corona COVID-19 di laman lawancovid-19, Rabu (15/7/2020), berdasarkan sumber dinas kesehatan Kota Surabaya, total pasien COVID-19 di Surabaya itu rinciannya antara lain 7.299 orang dari Surabaya dan 98 orang dari luar Surabaya hingga 14 Juli 2020.

Total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dalam perawatan sebanyak 2.988 orang. Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Surabaya bertambah menjadi 3.675 orang dan dari luar Surabaya sebanyak 30 orang.

Pasien meninggal karena Corona COVID-19 bertambah menjadi 632 orang dan dari luar Surabaya sebanyak enam orang.

Total pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Corona COVID-19 mencapai 5.966 orang. Dari jumlah tersebut, PDP dalam pengawasan sebanyak 2.209 orang dan PDP sembuh mencapai 3.263 orang. PDP meninggal ada 494 orang.

Selain itu, total kumulatif ODP mencapai 4.700 orang. Rinciannya ODP dipantau sebanyak 434 orang dan ODP selesai dipantau ada 4.226 orang. ODP meninggal sebanyak 40 orang.

Surabaya Barat

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Barat:

Pasien Positif: 939 orang

Konfirmasi sembuh: 431 orang

ODP: 825 orang

ODP selesai dipantau: 725 orang

ODP dipantau: 94 orang

PDP: 1.135 Orang

PDP sembuh: 583 orang

PDP meninggal: 102

Konfirmasi meninggal: 71 orang

Surabaya Pusat:

Pasien positif: 975 orang

Konfirmasi sembuh: 442 orang

ODP: 545 orang

ODP selesai dipantau: 472 orang

ODP dipantau: 40 orang

PDP: 733 orang

PDP sehat: 395 orang

PDP meninggal: 66 orang

Konfirmasi meninggal: 114 orang

Surabaya Selatan:

Pasien positif: 1.699 orang

Konfirmasi sembuh: 820 orang

ODP: 1.303 orang

ODP selesai dipantau: 1.158 orang

ODP dipantau: 131 orang

PDP: 1.472 orang

PDP sembuh: 762 orang

PDP meninggal: 115 orang

Konfirmasi meninggal: 143 orang

Surabaya Timur

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Timur

Pasien positif: 2.326 orang

Konfirmasi sembuh: 1.252 orang

ODP: 1.509 orang

ODP selesai dipantau: 1.371 orang

ODP dipantau: 131 orang

PDP: 1.637 orang

PDP sembuh: 911 orang

PDP meninggal: 133

Konfimasi meninggal: 181 orang

Surabaya Utara:

Pasien positif: 1.392 orang

Konfirmasi sembuh: 760 orang

Konfirmasi meninggal: 129 orang

ODP: 518 orang

ODP selesai dipantau: 472 orang

ODP dipantau: 38 orang

PDP: 989 orang

PDP sembuh: 612 orang

PDP meninggal: 78 orang

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi AC Milan vs Parma: Pertahankan Momentum

Posted: 14 Jul 2020 09:35 PM PDT

Milan - Pertandingan AC Milan vs Parma dalam lanjutan Serie A 2019-2020, Kamis (16/7/2020) pukul 00:30 dini hari WIB diprediksi berjalan sengit. Tuan rumah dituntut untuk menang demi mempertahankan konsistensi.

AC Milan telah memainkan enam pertandingan pasca-lockdown, dan tak sekali pun tersentuh kekalahan (M4 S2 K0). Milan bahkan sempat berturut-turut mengalahkan Lazio 3-0 dan Juventus 4-2.

Milan memukul Lazio lewat gol-gol Hakan Calhanoglu, Zlatan Ibrahimovic (penalti), dan Ante Rebic. Setelah itu, Milan meraih comeback win atas Juventus melalui gol-gol Zlatan Ibrahimovic (penalti), Franck Kessie, Rafael Leao, dan Ante Rebic. Namun, momentum positif itu tersendat setelah mereka hanya imbang 2-2 melawan tuan rumah Napoli di laga terakhir.

Milan mendapatkan satu poin di San Paolo berkat gol Theo Hernandez dan penalti Franck Kessie. Selain itu, Milan juga kehilangan Alexis Saelemaekers, yang mendapatkan dua kartu kuning, dan harus absen lawan Parma nanti.

Meski begitu, Milan tetap difavoritkan menang. Pasalnya, Parma sedang jeblok, dan gagal meraih kemenangan dalam lima laga terakhirnya.

Parma berturut-turut dipukul Inter Milan 1-2, Hellas Verona 2-3, Fiorentina 1-2, dan AS Roma 1-2. Terakhir, Parma hanya imbang 2-2 menjamu Bologna.

Melawan Bologna, Parma sempat tertinggal 0-2, sebelum akhirnya menyamakan skor lewat gol-gol Jasmin Kurtic dan Roberto Inglese.

Sebelum ini, Parma sempat konsisten berada di peringkat 7 dan 8. Namun, sekarang mereka terperosok ke tangga ke-12. Parma tentu ingin segera kembali ke jalur kemenangan. Hanya saja, kemenangan itu rasanya bakal sulit didapatkan saat main tandang melawan AC Milan.

 

Statistik

(Serena Campanini/ANSA via AP)
(Serena Campanini/ANSA via AP)

Head-to-Head (Serie A)

Pertemuan: 51

Milan menang: 27

Gol Milan: 81

Imbang: 13

Parma menang: 11

Gol Parma: 54.

5 Pertemuan Terakhir

  • 01-12-2019 Parma 0-1 Milan (Serie A)
  • 20-04-2019 Parma 1-1 Milan (Serie A)
  • 02-12-2018 Milan 2-1 Parma (Serie A)
  • 01-02-2015 Milan 3-1 Parma (Serie A)
  • 14-09-2014 Parma 4-5 Milan (Serie A).

5 Laga Terakhir Milan (M-S-M-M-S)

  • 28-06-2020 Milan 2-0 Roma (Serie A)
  • 02-07-2020 SPAL 2-2 Milan (Serie A)
  • 05-07-2020 Lazio 0-3 Milan (Serie A)
  • 08-07-2020 Milan 4-2 Juventus (Serie A)
  • 13-07-2020 Napoli 2-2 Milan (Serie A).

5 Laga Terakhir Parma (K-K-K-K-S)

  • 29-06-2020 Parma 1-2 Inter (Serie A)
  • 02-07-2020 Verona 3-2 Parma (Serie A)
  • 06-07-2020 Parma 1-2 Fiorentina (Serie A)
  • 09-07-2020 Roma 2-1 Parma (Serie A)
  • 13-07-2020 Parma 2-2 Bologna (Serie A).

Prakiraan Susunan Pemain

(AFP/Miguel Medina)
(AFP/Miguel Medina)

Milan (4-2-3-1): G Donnarumma; Conti, Kjaer, Romagnoli, Hernandez; Kessie, Bennacer; Paqueta, Rebic, Calhanoglu; Ibrahimovic.

Pelatih: Stefano Pioli.

Parma (4-3-3): Sepe; Laurini, Iacoponi, Alves, Gagliolo; Hernani, Scozzarella, Kurtic; Kulusevski, Kucka, Gervinho.

Pelatih: Roberto D'Aversa.

Prediksi Bola.com

AC Milan 60-40 Parma

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 14/7/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: