Rabu, 09 Januari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Polisi Persempit Gerak Pelaku Penusukan Siswi SMK di Bogor

Posted: 09 Jan 2019 10:39 PM PST

Liputan6.com, Bogor - Karangan bunga turut berduka cita berjejer di depan rumah duka Rumah Sakit Santo Boromeus, Bandung, Jawa Barat. Satu per satu kerabat dan keluarga terus berdatangan untuk memberikan doa dan salam perpisahahn terakhir untuk mendiang Adriana Yubela Noven.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (10/1/2019), rencananya jenazah Adriana akan dimakamkan di Pemakaman Cimuncang, Bandung, Jawa Barat. Kepergian Adriana menyisakan kesedihan mendalam bagi keluarga.

Sang ayah berarap agar peristiwa tragis yang menimpa anaknya dapat segera diungkap oleh polisi.

"Semaksimal mungkin dan secepatnya membuka permasalahan ini dan dapat ditangkap pelakunya," kata Yohanes Bosco, ayah korban. 

Sementara itu, aparat Polresta Bogor terus memburu pelaku penusukan dengan mempersempit ruang gerak pelaku yang sudah teridentifikasi. Petugas tengah mendalami barang bukti untuk dilakukan scientist inevstigation.

"Tim gabungdan dari Mabes Polri, Polda Jabar, dan Satraskrim Polres Bogor Kota sudah mengidentifikasi pelaku. Berdasarkan data medis sosial yang kita dapat, ada hubungan pertemanan," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Hendri Fiuser.

Andriana seorang Siswi SMK kelas 12, Selasa sore, 8 Januari dibunuh seseorang di sebuah gang di kawasan Jalan Riau, Kota Bogor. Dalam rekaman kamera pengawas, korban dihampiri seorang lelaki yang diduga sudah menunggu dan bersenjata tajam.

Setelah dihampiri lelaki ini, korban jatuh tersungkur. Saat ditemukan warga, korban telah tewas dengan luka akibat senjata tajam di dada bagian kiri. Senjata pelaku ditemukan ditubuh korban. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Instruksikan Kapolri Usut Tuntas Aksi Teror di Rumah 2 Pimpinan KPK

Posted: 09 Jan 2019 10:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tidak tampak pengamanan ketat pascateror bom di Rumah Ketua KPK Agus Rahardjo di Bekasi, Jawa Barat. Sementara itu, akses rumah yang sempat di tutup dengan portal, kini di buka kembali.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (10/1/2019), menurut warga, akses ke arah rumah Ketua KPK Agus Rahardjo selalu di buka dan menjadi jalan alternatif. Kondisi yang sama juga tampak di permukiman tempat tinggal Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarief pascateror bom molotov.

Hanya sesekali mobil patroli kepolisian yang terlihat melintas. Laode pun berangkat bekerja seperti biasa dan menyempatkan diri menyapa tetangganya.

"Tidak usah terlalu dipikirkanah, biasa saja. Namanya juga kerja di KPK banyak bunga-bunganya," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarief.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi perintahkan Kapolri usut tuntas aksi teror terhadap para penegak hukum.

"Saya sudah perintahkan Kapolri untuk menindak dan menyelesaikan ini dengan tuntas. Karena ini menyangkut intimidasi kepada penegak hukum, saya kira tidak ada toleransi untuk itu," kata Jokowi. 

Sebelumnya, benda yang diduga bom pipa ditemukan di pagar rumah Ketua KPK Agus Rahardjo.

Teror serupa juga juga dilakukan terhadap Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Laode Muhamad Syarief. Rumah Laode di Jalan Kalibata Selatan dilempar bom molotov. Di tembok rumah masih terlihat bekas akibat ledakan bom molotov.

Polisi hingga kini terus memburu pelaku yang melakukan aksi teror tersebut terhadap para pimpinan KPK. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester City Vs Burton, Guardiola Ingin Pesta Gol Lagi

Posted: 09 Jan 2019 10:35 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester City Vs Burton Albion pada leg pertama semifinal Piala Liga, Kamis (10/1/2019) dinihari WIB di Etihad Stadium berakhir dengan kedudukan 9-0 untuk tim tuan rumah. Meskipun demikian, Manajer Manchester City, Pep Guardiola bertekad untuk tetap serius melakoni leg kedua di markas lawan.

"Kami harus memainkan leg kedua. Kami akan menghadapinya dengan serius," ujar Guardiola seperti dilansir BBC.

Partai Manchester City Vs Burton Albion boleh diibaratkan seperti David Vs Goliath. Manchester City dengan segudang pemain bintang tampil leluasa mengobrak-abrik lini pertahanan Burton.

Gabriel Jesus menjadi bintang pada laga Manchester City Vs Burton Albion. Striker asal Brasil ini mencetak empat dari sembilan gol Manchester City.

Sementara itu, sisa lima gol lagi datang dari Kevin de Bruyne, Oleksandr Zinchenko, Phil Foden, Kyle Walker dan Riyad Mahrez.

"Kami membuat pergerakan bagus di depan dan kami menghadapi laga ini dengan serius. Setelah gol kedua dan ketiga, pertandingan berjalan lebih mudah. Kami lebih cepat dan gesit," kata Guardiola.

 

Tidak Mudah

Penyerang Manchester City, Gabriel Jesus mencetak gol kke gawang Burton Albion pada laga leg pertama semifinal Piala Liga Inggris di Stadion Etihad, Kamis (10/1). Manchester City menang telak atas Burton Albion dengan skor 9-0. (Paul ELLIS/AFP)

Kendati menang besar, Guardiola mengaku pertandingan ini tidak mudah. Menurutnya, hasil 9-0 juga menjadi bukti kalau Manchester City serius menghadapi Burton Albion.

"Ini (bermain bagus, red) adalah cara terbaik untuk menghormati kompetisi dan lawan, karena jika Anda lupa untuk melanjutkan itu, Anda tidak punya respek terhadap keduanya," kata Guardiola mengakhiri.

Pertama Sejak 32 Tahun

Sementara itu, kemenangan 9-0 ini menjadi yang pertama sejak 32 tahun lalu di Piala Liga. Ketika itu, Liverpool menang 10-0 atas Fulham di babak pertama pada musim 1986.

Di sisi lain, Manchester City akan menghadapi Totttenham atau Chelsea andai lolos ke Final Piala Liga. Pada leg pertama, Tottenham menang 1-0 atas Chelsea.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: PDIP Bersyukur Miliki Megawati yang Punya Keyakinan Kuat

Posted: 09 Jan 2019 10:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memuji Ketua Umum PDIP yang juga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Dia menyebut, Megawati adalah figur yang memiliki ideologi politik sangat kuat.

"PDI Perjuangan bersyukur memiliki ibu Megawati figur yang berkeyakinan politik sangat kuat, berkeyakinan Pancasila sangat sangat sangat kuat," kata Jokowi saat memberikan pidato di peringatan HUT ke-46 PDI Perjuangan di Hall C3 Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (10/1/2019).

Menurut Jokowi, Megawati telah dan terus menginspirasi kader PDIP. Putri Presiden pertama RI Soekarno itu juga disebut menginspirasi generasi bangsa Indonesia.

"Pikiran, ucapan, dan tindakan beliau selalu begitu membekas dalam diri kita semuanya," ucap dia.

Megawati, lanjut Jokowi, memiliki keberanian dan ketulusan. Megawati juga selalu konsisten dalam bertindak.

"Konsistensinya selalu menjadi teladan bagi kita semuanya kader PDI Perjuangan," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri HUT ke-46 PDIP. Dia juga memboyong sejumlah menteri Kabinet Kerja di antaranya, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Kemudian Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah AANG Puspayoga, Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Jaksa Agung HM Prasetyo, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

 

Sejarah PDIP

Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristanto saat berdialog dengan elemen muda di DPP PDIP, Jakarta, Senin (7/1). Acara tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-46 PDI Perjuangan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ketua Umum PDIP MegawatiSoekarnoputri, sempat terisak dan menitikkan air mata, saat menceritakan sejarah perubahan nama partainya. Hal ini disampaikan saat menyampaikan pidato dalam rangka HUT PDIP ke-56.

Presiden kelima RI ini, memutar memorinya saat PDIP masih bernama PDI terkait kejadian di Pemilu 1997. Di mana jelang hari pencoblosan, dia didatangi oleh perwakilan pemerintahan.

"Kembali ke dalam ingatan yang lama, kenapa dari PDI menjadi PDI Perjuangan. Kami waktu itu tahun 97, waktu itu ada Pemilu, saya tidak lupa, beberapa hari pencoblosan saya didatangi beberapa orang dari Pemerintah, yang mengatakan kepada saya hak saya untuk dipilih itu ditiadakan. Tapi saya diizinkan untuk memilih," ucap Megawati di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (11/1/2019).

Hal ini membuat dia merasa binggung. Meski demikian, Megawati tetap meminta para kader banteng untuk tetap mencoblos.

"Saya pikir waktu itu pada nurut. Saya sampai ditunggu untuk ke tempat coblos. Tapi mungkin sudah jalannya, persis saat (hari) mencoblos, keluarga saya di Blitar ada yang meninggal, dan saya pergi ke sana. Sampai saat penguburan saya tetap ditunggu, waktu itu bukan KPU tapi LPU, dan meminta menggunakan hak saya untuk mencoblos di Blitar. Tapi waktu itu saya mengatakan tidak mungkin, karena harus mengantarkan jenazah sampai pemakaman," cerita Megawati.

Dia mengaku sedih, pasalnya, kader-kader PDI tidak mau memilih. Sehingga suaranya turun drastis. Saat menceritakan ini, dia pun sempat terisak dan menitikkan air mata.

"Tapi bukan sedih, warga PDI bersorak-sorai. Setelah itu tentu saja, PDI suaranya dikatakan tidak bagus," cerita Megawati.

Saat Pemilu 1999, dia disebut boleh ikut. Dengan catatan harus mengubah nama.

"Waktu itu ada yang mengatakan perjuangan, perjuangan. Waktu mendaftarkan nama itulah kenapa menjadi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan disahkan 1 Februari 1999, waktu saat kongres kelima. Itulah salah satu perjalanan luar biasa dari PDI ke PDI Perjuangan," kata Megawati.

Menurut dia, sejarah ini terus disampaikannya. Untuk mengingat para kader banteng bermoncong putih itu.

"Sejarah tersebut selalu saya sampaikan. Agar partai ini memiliki ingatan kolektif, dan komitmen tuntaskan tugas sejarah," pungkasnya.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doa Warganet untuk Kesembuhan Ustaz Arifin Ilham

Posted: 09 Jan 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari terakhir, kondisi kesehatan ustaz Arifin Ilham mengalami penurunan. Seperti yang diketahui pimpinan Majelis Az-Zikra ini dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta lantaran penyakit kanker getah bening yang dideritanya.

Kabar menurunnya kondisi fisik ustaz Arifin Ilham pertama kali diketahui dari unggahan sang Anak, Alvin melalui instagramnya. Pada foto tersebut terlihat ustaz kondang tersebut diapit oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Alvin dengan infuse ditangannya.

"Mohon doanya semoga abi @kh_m_arifin_ilham disembuhkan dan kembali sehat walafiat," ucap Alfin Faiz, Senin (7/1/2019) sore. 

[Foto: Instagram Alvin Faiz]

Sejak saat itu tak sedikit tokoh ulama, selebritis serta sahabat yang datang menjenguk dan memberikan semangat kepadanya. Tak hanya itu, tokoh-tokoh penting dari berbagai kalangan seperti Presiden Jokowi, Prabowo, Kapolri Tito Karnavian, Sandiaga Uno hingga KH Ma'ruf Amin juga ikut menjenguk dan mendoakan kesembuhan ustaz Arifin Ilham.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Doa Warganet untuk Kesembuhan Sang Ustaz

Menengok kebelakang, Arifin Ilham menikah pertama kali dengan Wahyuniati Al Wali. Pernikahan yang dibangun sejak 28 April 1998 itu, dikaruniai tiga orang anak Muhammad Alvin Faiz, Ammar Muhammad Dzikra dan Muhammad Abbas. (Instagram/kh_m_arifin_ilham)

Kabar menurunnya kondisi sang ustaz juga nampaknya mencuri simpati para warganet. Tak sedikit dari mereka yang turut mendoakan kesembuhan ustaz Arifin Ilham dan berharap dirinya bisa kembali sehat seperti sedia kala. Doa-doa warganet untuk ustaz Arifin Ilham pun membanjiri linimasa, baik melalui twitter maupun instagram.

@fajarrikin1: Semoga ustadz arifin ilham diangkat segala penyakitnya,diberi kesehatan seperti sedia kala...aamiin.

@4Y4NK: semoga ustad cepat sembuh diangkat penyakit dr tubuh beliau.

@siki_ap33: Semoga Abi lekas diangkat penyakitnya... Aamiin.

@vikavilanti: Syafakallah Ustadz.. semoga Allah segera mengangkat penyakit Ustadz, dan sakit ini sbg penggugur dosa-dosa. Aamiin, insyaaAllah. 

@uswatun_khasanah89: Ya Allah..semoga Engkau sembuhkan dan angkat penyakit Guru kami K.H M. Arifin Ilham..aamiinn.. 

@keenahijab.turki: Ustadz... Semoga Allah semua penyakit ustadz segera Allah angkat. Sembuh paripurna seperti sediakala. Umat ini masih membutuhkan Ustadz. 

@anitamubarak: Syafakallah ustad @kh_m_arifin_ilham . Doa kami selalu untuk ustad.semoga Allah berikan kesembuhan yg sempurna.. kangen mendengar tausiyah dan zikir beliau. Kami masih perlu tausiyah dan nasehat beliau..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikut Pengajian Sunah, Uki NOAH Didoakan Berhenti Main Musik

Posted: 09 Jan 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena hijrah kini tengah marak di kalangan selebritas Tanah Air. Salah satunya yang dialami gitaris grup band NOAH, Uki NOAH, belakangan ini.

Uki NOAH terlihat sedang mendatangi kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Jember, Jawa Timur. Hal itu diketahui dalam akun dakwah yang beredar di media sosial.

Di akun resmi Instagram Ustaz Syafiq Riza Basalamah pun, terlihat sang ustaz sedang bercengkrama dengan Uki NOAH. Kedatangan Uki NOAH ke Jember, disambut Ustaz Syafiq Riza Basalamah dengan pelukan hangat.

"menyambut kedatangan saudara kita @uki_kautsar" tulis keterangan foto tersebut.

Berjanggut

Jika diperhatikan, penampilan Uki NOAH pun sejak beberapa waktu lalu mulai berubah. Ia telah memanjangkan janggutnya yang menjadi ciri khas seorang muslim. Dalam akun Instagram, Uki pun mengajak muslim lainnya untuk menjalani sunah berjanggut.

"Mengikuti sunnah "jenggot" nya mudah... mengikuti karakter dan sifat sifat beliau (صلي الله عليه و سلم) tidak semudah itu. Dont just wear the beard.. act like it. #sunnah #muslim #emkaclothing" tulis Uki NOAH.

Berhenti Main Musik

Uki NOAH (Deki Prayoga/Bintang.com)

Unggahan tersebut mendapat respons positif dari para warganet. Banyak yang memuji langkah hijrah Uki, tak sedikit juga yang mendoakan agar gitaris NOAH itu berhenti dari karier musiknya. Apalagi istri Uki, Metha Yunatria, juga baru memutuskan untuk berhijab.

"Masyaallah ... Semoga Istiqomah dan cepat meninggalkan musik. Barakallahufikum ya akhi .." tulis akun @ikbaralmas

"Semangaaaaattt kakk . Pasti bisaaa !!! Saya juga dulu pecinta musik, pekerjaan saya penyanyi meskipun tidak populer sperti kaka.. dan berkat hidayah Nya saya sudah bisa meninggalkan musik meskipun memang sangat berat, dan susah. Tapi kaka pasti bisa. Semangat !!!!" ungkap akun @nuralisa_97

"MasyaAllah tabarakallah, semoga istiqomah dijalan Manhaj Salaf dan meninggalkan musik @uki_kautsar , aamiin," tulis akun @mulyana.tahitoe46

"Hayuk bang perlahan lahan tinggalkan musik😁" ungkap akun @haikalhafizzz.

"Dan semoga bisa meninggalkan musik," tulis aku @wahyurmdn23 menambahkan. (Siti Fuadah/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Mobil Naik Trotoar, Pria Tua Nyaris Ditabrak

Posted: 09 Jan 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mobil melaju kencang hingga naik trotoar di China. Seorang pria tua nyaris menjadi korban.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditujukan Buat Milenial, Ini Cara Beli SBR005

Posted: 09 Jan 2019 10:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan menawarkan savings bond ritel seri SBR005. Penawaran tersebut dalam rangka mengakselerasi perluasan basis investor dalam negeri, mendukung terwujudnya keuangan inklusif serta memenuhi sebagian pembiayaan APBN 2019.

Direktur Surat Utang Negara, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Kementerian Keuangan, Loto Ginting mengatakan, SBR005 merupakan instrumen SBN ritel pertama yang diterbitkan tahun ini. Penerbitan SBN ritel akan dilaksanakan sebanyak sepuluh kali sepanjang 2019.

"SBR005 tersebut menyasar kaum milenial dengan minimum pembelian sebesar Rp 1 juta dan maksimal sebesar Rp 3 miliar dengan sistem pemesanan secara online. Investor milenial tidak gaptek sehingga pasti tertarik berinvestasi secara online," ujarnya di Giyanti Coffee, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Adapun cara pemesanan SBR005 adalah pertama, calon investor melakukan registrasi melalui sistem elektronik mitra distribusi dengan mengimput dara diri, Nomor SID rekening dana nasabah dan rekening surat berharga. Kedua, melakukan pemesanan SBR005 setelah membaca ketentuan dalam memorandum informasi SBR005.

Ketiga, melakukan pembayaran melalui Bank persepsi. Dapat melalui ATM, mobile banking dan internet banking, dalam batas waktu yang telah ditetapkan dengan menggunakan kode pembayaran yang muncul setelah pemesanan selesai dan atau yang dikirimkan melalui email.

Keempat, pemesanan telah sukses ditandai dengan diterimanya NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) serta notifikasi dari mitra distribusi setelah proses setelmen dilakukan.

"Mitra distribusi SBR005 antara lain Bareksa, BCA, Investree, Bank BTN, BNI, Tanamduit, Bank BRI, PermataBank, Mandiri, Modalku, Trimegah," tandasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Biayai APBN 2019, Kemenkeu Terbitkan Surat Utang USD 3 Miliar

Peserta memantau monitor bursa saham pasar modal di Bursa Efek Jakarta, Selasa (17/11). Hal ini sejalan dengan salah satu inisiatif pemerintah melalui Bursa Efek Indonesia (BEI), yakni menambah jumlah investor pasar modal. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menerbitkan Surat Utang Negara(SUN) berdenominasi Dolar Amerika Serikat (AS) senilai total USD 3 miliar. Penerbitan ini dilakukan untuk pembiayaan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2019 atau yang dikenal dengan pre-funding.

Adapun SUN dalam denominasi USD dengan format SEC-registered secara rinci sebesar USD 750 juta untuk tenor 5 tahun. Kemudian USD 1,25 miliar untuk tenor 10 tahun dan USD 1 miliar untuk tenor 30 tahun. 

"Transaksi penjualan SUN dalam valuta asing ini memperoleh peringkat Baa2 dari Moodys, BBB- dari Standard & Poors, dan BBB dari Fitch," demikian dikutip dari laman djppr.kemenkeu.go.id,Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Dengan mengambil keuntungan dari kondisi pasar yang kondusif pasca KTT G-20, Pemerintah mengakses pasar USD dengan cepat dan oportunistik untuk melakukan pre-funding kebutuhan pembiayaan di tahun 2019.

Transaksi ini adalah penerbitan kedua Pemerintah untuk SUN valuta asing dalam denominasi USD menggunakan format SEC-Registered Shelf. Penerbitan ini menunjukkan komitmen kuat Pemerintah untuk meningkatkan likuiditas SUN dalam denominasi USD.

Penerbitan SUN ini akan dicatatkan pada Singapore Stock Exchange dan Frankfurt Stock Exchange. Adapun Joint Bookrunners dalam penerbitan ini yaitu ANZ, Citigroup, DBS Bank, Deutsche Bank dan Goldman Sachs (Singapore) Pte.

"Sementara PT Bahana Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. bertindak sebagai Co-Managers," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalur Selatan Talegong Bandung Tertutup Longsor

Posted: 09 Jan 2019 10:29 PM PST

Liputan6.com, Garut - Ruas jalan jalur selatan Talegong-Bandung, Kabupaten Garut, Jawa Barat, tertutup tanah longsor. Akibatnya arus kendaraan roda dua maupun empat dari arah Garut menuju Bandung maupun sebaliknya tidak bisa melewati jalur itu.

"Akses jalan tertutup total, roda dua dan roda empat tidak bisa lewat," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dadi Djakaria kepada wartawan di Garut, Kamis (10/1/2019), dilansir Antara.

Ia mengatakan bencana tanah longsor itu terjadi di jalan provinsi menghubungkan Garut-Bandung di Kampung Ciwaru, Kecamatan Talegong, Garut, Rabu (9/1/2019) sekitar pukul 20.30 WIB.

Bencana longsor itu terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah selatan Garut, kemudian menggerus tanah hingga akhirnya menimbun jalan dengan lebar sekitar 5 meter dan tinggi sekitar 1,5 meter.

"Panjang longsorannya kurang lebih 50 meter, lebar 5 meter, tinggi 1,5 meter, diakibatkan hujan deras," katanya.

Dadi menyampaikan, bencana tanah longsor itu tidak menimbulkan korban jiwa, hanya menyebabkan terganggunya aktivitas masyarakat, juga arus lalu lintas kendaraan.

BPBD Garut, kata dia, telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Garut untuk mendatangkan kendaraan alat berat agar proses menyingkirkan material tanah bisa dilakukan dengan cepat.

"Untuk alat berat dari pihak PUPR Kabupaten Garut yang berada di wilayah Cisewu sudah diberangkatkan menuju lokasi longsor," katanya.

Ia menambahkan, selama proses pemindahan material longsoran tanah, jalan dari kedua arah terpaksa ditutup sampai kondisi jalan aman untuk dilintasi.

"Menutup sementara arus lalu lintas demi keselamatan masyarakat," katanya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok Naomi Zaskia, yang Dikabarkan Dekat dengan Sule

Posted: 09 Jan 2019 10:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketika kabar perceraian Sule dengan Lina sudah beredar luas, banyak yang mulai penasaran ke mana hati Sule akan berlabuh. Siapa wanita yang sudah berhasil mencuri hati pelawak ayah dari Rizky Febian tersebut?

Setelah resmi bercerai pada 20 September 2018, pemilik nama lengkap Entis Sutisna saat ini tengah santer dikabarkan dengan gadis cantik berusia 22 tahun, Naomi Zaskia. Mulai muncul nama Naomi Zaskia ketika pelawak kondang tersebut tengah mengunggah foto bergenggam tangan di akun Instagramnya. Keterangan foto yang dituliskan Sule juga mengungkapkan ekspresi bahagia. "Im so happy," tulis Sule singkat, Senin (31/12/2018).

Netizen mengira sosok wanita tersebut ialah Naomi Zaskia. Melihat gelang dan jam tangan yang digunakan oleh perempuan yang ada di foto tersebut terlihat sangat mirip dengan milik dara cantik ini.

 

Foto Sule menggenggam tangan seseorang (Instagram/ @ferdinand_sule)

"Ini mah sama naonomnom," tulis akun @dwiayayuliiani.

"Kayanya @naonomnom gelang dan jam nya sama," tulis @intananeed.

Seolah membenarkan kabar bahagia tersebut, Sule pun kemudian justru mengamini doa para warganet. Selain itu, Sule juga membenarkan bahwa kekasih barunya itu merupakan perempuan asal Bali. Namun sayangnya, beberapa saat kemudian Sule justru menghapus foto yang baru diunggahnya tersebut.

Hingga kini baik Sule maupun Naomi belum memberikan klarifikasi apapun terkait pemberitaan tersebut.

Siapakah sosok Naomi Zaskia? Yuk Simak!

bintang.com/Daniel Kampua

Naomi Zaskia mulai memasuki mulai dikenal ketika berperan dalam banyak FTV dan sinetron yang berperan sebagai Neta dalam sinetron Diam-Diam Suka bersama Febby Rastanti, Deby Romero, Dimas Anggara dan Audi Marissa dan lain-lain.

Dia pernah membintangi 2 film layar lebar yaitu Guardian dan Miss Call pada tahun 2014 dan 2015. Hingga saat ini, sudah ada 8 judul sinetron dibintangi olehnya, salah satunya dalam sinetron Jodoh Wasiat Bapak yang berperan sebagai Wilona.

Pencinta kucing

Ia berdarah Jerman-Bali, Anak dari Norbert Appel dan Listya Appel. Dalam profil Instagramnya, pemilik akun @naonomnom ini menyebut dirinya adalah penyayang kucing. Terlihat dari sorotan di Instagram akun Naomi, Naomi beberapa kali terlihat sedang bermain dengan kucing kesayanganya.

Fashion yang oke

Wajah cantik blasteran yang dimiliki gadis bernama lengkap Saskia Naomi Appel ini memang enggak perlu diragukan lagi. Dalam akun instagramnya, Naomi terlihat memiliki selera fashion yang oke. Ia bisa memadu madakan baju agar terlihat menarik untuk dipandang. Dari T-Shirt, mini shirt, jeans dan sneakers membuat Naomi terlihat simple dan easy going.

Hobi travelling

Saat ini Naomi juga mulai aktif dalam menggunakan akun Youtube dengan nama akun Naomi Zaskia dan telah memiliki 504 subscriber. Akun Youtube Naomi berisi vlog perjalanan liburan ke Labuan Bajo dan Belitung. Dalam akun Instagramnya Naomi juga terlihat sedang berjalan-jalan ke wisata air di antaranya Curug Pangeran, Pantai Badung di Bali dan lain-lain.

Seorang model

Selain menjadi seorang aktris, Naomi juga diketahui berprofesi sebagai model. Dalam akun Instagramnya Naomi kerap membagikan foto diri dengan gayanya yang fotogenik. Salah satu foto Naomi terlihat menawan saat menggunakan pakaian adat Bali.

 

Reporter: Tyas Titi Kinapti

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

13 Jenis Kopi di Indonesia, Jadi Primadona Pecinta Kopi Dunia

Posted: 09 Jan 2019 10:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jenis kopi di Indonesia memiliki ragam yang bervariasi, bahkan kopi di Indonesia sangat terkenal dengan kualitasnya. Indonesia adalah negara memiliki letak geografis dan struktur tanah yang baik bagi pertumbuhan kopi. Bentang alam yang begitu luas dengan suburnya ini menghasilkan beragam jenis kopi.

Banyak wilayah di Indonesia yang mengembangkan perkebunan kopi yang masing-masing hasil kopinya memiliki karakteristik unik dan berbeda-beda. Berapa jenis kopi di Indonesia? Dan bagaimana karakteristik setiap biji kopi yang tumbuh di Indonesia? Berikut ini jenis kopi di Indonesia yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/1/2019).

Daerah Sumatera dan Sulawesi terkenal sebagai penghasil kopi

(Kikovic/shutterstock)

1. Kopi Sumatera

Jenis kopi di Indonesia yang paling juara adalah Kopi Sidikalang, Kopi Lintong dan Kopi Mandheling, jenis kopi ini yang paling dikenal dari Pulau Sumatera. Beberapa ahli kopi mengatakan kopi Sumatera memiliki cita rasa unik karena dengan karakteristik aroma rempah dan juga earthy. Dengan tekstur halus dan berbau tajam yang khas, kopi-kopi Sumatera menjadi salah satu kopi terlaris di dunia.

2. Kopi Sulawesi

Jenis kopi di Indonesia yang paling dikenal dari Sulawesi adalah Kopi Toraja. Rasa yang kuat dan kadar asam yang tinggi menjadi salah satu ciri khas dari Kopi Toraja. Meskipun sedikit mirip dengan kopi-kopi dari Sumatera, aroma yang dihasilkan kopi Toraja memiliki kekhasan sendiri. Keunikan itulah yang diminati oleh para pecinta kopi seluruh dunia.

3. Kopi Aceh Gayo

Kopi Aceh Gayo merupakan salah satu kopi Arabica terbaik di seluruh dunia. Cita rasa kopi Gayo sendiri terasa lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah. Jenis kopi ini memiliki aroma yang sangat tajam. Meskipun memiliki citarasa pahit, namun ada rasa gurih yang diberikan setelah usai meneguk kopi ini.

Daerah Timur Indonesia juga memiliki kopi khas tersendiri

Kopi Flores. (Sumber Foto: Adrian Putra/Bintang.com)

4. Kopi Bali Kintamani

Kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar. Jenis kopi di Indonesia ini sangat unik dikarenakan tanaman kopi di Bali Kintamani ditanam bersamaan dengan tanaman lain seperti aneka sayuran dan buah jeruk. Dengan proses penanaman tumpang sari seperti ini, kopi Bali Kintamani memiliki aroma segar dengan citarasa lebih lembut dibanding kopi nusantara lainnya.

5. Kopi Papua Wamena

Jenis kopi dari timur Indonesia ini ditanam pada ketinggian 1.200 m menghasilkan citarasa ringan dengan aroma yang tajam. Hal yang paling istimewa dari kopi ini karena ditanam secara organik, tanpa campur tangan bahan kimia apapun. Jika kamu menyukai kopi yang ringan, bertekstur lembut dan nyaris tanpa ampas maka kopi Papua Wamena menjadi pilihan yang tepat.

6. Kopi Flores Bajawa

Jenis kopi di Indonesia ini dihasilkan dari Kabupaten Ngada. Kopi ini memiliki sedikit aroma fruity dan sedikit bau tembakau merupakan citarasa yang diberikan pada after taste-nya. Sebuah keunikan yang mungkin tak didapatkan dari biji kopi yang berasal dari daerah lain.

Pulau Jawa memiliki memiliki jenis kopi berbeda menurut daerahnya

Ilustrasi kopi luwak (iStock)

7. Kopi Jawa

Jawa termasuk satu dari lima pulau terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu penghasil kopi terbesar nusantara. Jawa terkenal dengan kopi Arabika. Jenis kopi di Indonesia ini tumbuh dengan baik pada suhu 16 hingga 20 derajat Celcius atau berada pada ketinggian di atas 1.500 meter. Kopi Jawa juga dikenal sebagai salah satu kopi dengan umur terbaik di dunia karena bisa disimpan selama dua sampai tiga tahun. Hal itu jugalah yang membuat kopi ini memiliki rasa yang kuat.

8. Kopi Luwak

Jenis kopi di Indonesia ini amat erat kaitannya dengan sejarah produksi kopi di Indonesia. Pada awal abad ke-18, Belanda mendirikan perkebunan kopi di pulau-pulau Hindia Belanda baik di Jawa maupun Sumatra, salah satunya jenis Arabika yang diperkenalkan dari Yaman. Selama era Tanam Paksa (1830-1870), Belanda melarang petani pribumi untuk menanam kopi untuk keuntungan sendiri. Meski begitu, petani pribumi ingin mencicipi minuman kopi yang terkenal. Mereka akhirnya mengetahui bahwa beberapa jenis musang atau disebut luwak mengkonsumsi buah kopi, namun luwak meninggalkan biji kopi yang belum tercerna dalam kotorannya.

Petani pribumi mengumpulkan kotoran biji kopi luwak, membersihkannya, memanggang, serta menggilingnya untuk menjadikannya minuman kopi buatan mereka sendiri. Ketenaran kopi luwak beraroma ini menyebar dari petani dan penduduk pribumi ke pemilik perkebunan Belanda dan segera menjadi favorit. Hingga kini, kopi jenis ini menjadi salah satu kopi termahal di dunia. Kopi Luwak bahkan sudah mahal sejak masa penjajahan tersebut.

9. Kopi Arang

Jenis kopi yang satu ini merupakan jenis kopi asli Indonesia yang berasal dari Jember dan merupakan yang terbesar setelah kota Malang. Cara atau proses pembuatan Kopi Arang juga cukup unik yaitu dengan cara digosongkan, tapi rasanya tidak terlalu pahit. Kopi yang menjadi salah satu kopi terbaik di Jawa yang juga disebut 'Java Jampit' ini memiliki keunikan tersendiri setelah diseduh yaitu memiliki aroma mirip cabai.

Hampir semua kopi di Indonesia sudah terkenal di dunia

Wedang Uwuh dan Kopi Flores| (Adrian Putra/Bintang.com)

10. Kopi Lanang

Salah satu kopi yang populer asal Indonesia lainnya adalah Kopi Lanang. Dalam bahasa Jawa, 'lanang' itu artinya laki-laki. Kenapa dinamakan seperti itu? Karena dipercaya kopi ini bisa menambah vitalitas para pria. Kopi yang banyak diproduksi di daerah Jawa Timur ini punya kadar kafein yang cukup tinggi sehingga membuat penikmatnya tak akan merasa ngantuk. Kopi ini bahkan dikenal sampai ke daratan Amerika karena bentuk biji yang bulat dan juga kadar kafeinnya yang tinggi itu.

11. Kopi Preanger

Kopi Preanger ini merupakan salah satu jenis kopi di Indonesia dari Jawa yang sangat terkenal di dunia. Eksistensi kopi Preanger ini sudah ada sejak zaman pendudukan Belanda di Indonesia. Rasanya yang sangat khas dan nikmat, membuat kopi Java Preanger terkenal di Eropa dan bahkan saking terkenalnya mereka sering menyebutnya 'secangkir Jawa' (a cup of Java) cuma sekedar untuk mengartikan secangkir kopi.

12. Kopi Flores

Salah satu kopi asli Indonesia yang memiliki kualitas tinggi adalah Kopi Flores. Kopi Flores ini bisa keluar sebagai jenis kopi di Indonesia yang terbaik, baik jenis Arabika maupun Robusta, karena saat ini Kopi Flores sudah mampu menempatkan diri sebagai salah satu jenis kopi premium yang banyak dicari oleh para penikmat kopi di dunia. Kopi ini memiliki rasa yang begitu spesifik. Citarasa khas yang keluar dari Kopi Flores ini dipengaruhi dari tempat dimana kopi ini tumbuh. Selain itu, yang membuat kopi ini beda adalah citarasa asam yang murni dan bernuansa lemon serta harum saat dihirup.

13. Kopi Lampung

Kopi Lampung cukup pantas dikategorikan sebagai salah satu jenis kopi di Indonesia terbaik Indonesia karena keistimewaan aroma dan rasanya yang khas. Jenis kopi yang dibudidayakan oleh kebanyakan petani kopi di daerah lampung adalah jenis Kopi Robusta. Sebagian besar perkebunan kopi Lampung di dataran tinggi Lampung merupakan perkebunan rakyat yang terpusat di daerah Lampung Tengah, Lampung Barat, dan daerah Tanggamus.

 

Reporter: Afifah Cinthia Pasha

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main Film ‎Terima Kasih Cinta, Gary Iskak Sedih Kepikiran Anak

Posted: 09 Jan 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gary Iskak dipercaya ikut bermain dalam film drama keluarga berjudul Terima Kasih Cinta. Film yang diadaptasi dari novel berjudul 728 Hari karya penulis Djono W Oesman ini, merupakan kisah nyata perjuangan seorang wanita bernama Eva dalam melawan penyakit lupus.

Berperan sebagai Babarudin, ayah Eva, Gary Iskak mengaku kerap terbawa suasana dan ikut merasakan sedih selama proses syuting berlangsung. Sebab, Gary Iskak membayangkan rasanya menjadi seorang ayah yang hampir setiap hari melihat anaknya kesakitan karena penyakit yang belum ditemui obatnya ini.

"Cukup sedih juga, pas waktu syuting saya sedih. Apalagi, ini film kisah nyata tentang seorang anak remaja bernama Eva yang menderita penyakit lupus," ujar Gary Iskak di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu (9/1/2018).

Perjuangan Eva yang diperankan oleh Putri Marino dalam bertahan hidup, membuat Gary Iskak kagum. Semangatnya untuk sembuh sangat luar biasa meskipun akhirnya takdir berkata lain.

Perjuangan

Preskon film Total Chaos (Nurwahyunan/bintang.com)

"Saya terharu dan sedih, karena perjuangan Eva sedemikian rupa, tapi takdir berkata lain," ujar Gary Iskak.

‎Kesedihan kian menyelimuti Gary Iskak karena dalam dunia nyata, ia punya seorang anak wanita. Meski begitu, ia tak menemui kesulitan berarti selama proses syuting.

Kepikiran Anak

Screening film Get Lost (Nurwahyunan/bintang.com)

"Kebetulan saya punya anak, jadi kepikiran anak," ujarnya.

Tak hanya Gary Iskak dan Putri Marino, Film Terima kasih Cinta juga dibintangi oleh Cut Mini, Achmad Meghantara, dan masih banyak lagi. Rencananya, film garapan rumah produksi Bintang Pictures ini akan tayang di bioskop Indonesia mulai 17 Januari 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester City Menang 9-0, Ini Pesan Guardiola kepada Burton

Posted: 09 Jan 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester City, Pep Guardiola, memuji Burton Alibion usai menghancurkan tim League One itu 9-0 pada leg pertama semifinal Piala Liga Inggris, Kamis dinihari WIB (10/1/2019). Menurutnya, Burton pantas berbangga melihat perjalanannya di turnamen ini. 

Bertanding di Etihad Stadium, City tidak memberikan celah bagi Burton berkembang. Gabriel Jesus memanfaatkan situasi ini dengan mencetak 4 gol. Sementara lima gol lainnya dibagi rata oleh Kevin De Bruyne, Oleksandr Zinchenko, Philip Foden, Kyle Walker, Riyad Mahrez.

Kemenangan ini membuat langkah Manchester City menuju final terbuka lebar. "Baik, hasilnya bagus dan tentu kami sudah berada di final," kata Guardiola kepada Sky Sports. 

"Tentu kami masih harus bermain di leg kedua, kami tetap memandang itu serius, tapi kami senang bisa berada di sana lagi--seperti musim lalu," beber pelatih asal Spanyol itu. 

Menurut Guardiola, Burton tidak perlu malu dengan kekalahan ini. Sebab perjalanan Burton di Piala Liga Inggris musim ini boleh dikatakan sangat megesankan. Sebelum sampai ke final, Burton berhasil mengalahkan tim-tim yang bermain di kompetisi lebih tinggi. 

"Dan terima kasih kepada lawan, Burton karena mereka luar biasa pada turnamen Carabo Cup (Piala Liga Inggris)," katanya.

"Mereka mengalahkan Burnley dan Middlesbrough dan Aston Villa, tim-tim dari Championship, dalam posisinya, mereka pantas bangga. Mereka bermain baik."

 

Sempat Terlena

Gelandang Manchester City, Benardo Silva, berebut bola dengan gelandang Liverpool, Jordan Henderson, pada laga Premier League di Stadion Etihad, Manchester, Kamis (4/1). City menang 2-1 atas Liverpool. (AFP/Oli Scarff)

Guardiola menambahkan, pertandingan melawan Burton tidak mudah. Karena itu, sejak awal mereka berusaha serius menghadapi tim yang berada dua level di bawah The Citizens. 

"Tidak pernah mudah menghadapi pertandingan melawan tim dari liga yang lebih rendah, kami menjalaninya dengan serius, kami mengawali dengan baik, melakukan banyak pergerakan di belakang," kata Guardiola mengenai permainan Manchester City. 

"Periode antara gol pertama dengan kedua kami ada masalah, kami tidak memenangkan bola kedua, kami sedikit pasif dalam situasi seperti ini. Tapi setelah gol kedua dan ketiga, semuanya semakin mudah. Di babak kedua kami terus meningkat," bebernya. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Mahfud MD Soal Warga yang Percaya Hoaks Surat Suara Dicoblos di Tanjung Priok

Posted: 09 Jan 2019 10:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan, Mahfud MD mengajak masyarakat tidak terpengaruh berita bohong atau hoaks. Sebab hal tersebut membahayakan bangsa. Terutama karena hoaks biasanya mudah dipercaya oleh masyarakat.

Mahfud mencontohkan, hoaks surat suara dicoblos di Tanjung Priok yang bertujuan memancing agar suasana menjadi keruh. Ia mengaku tidak percaya ketika hoaks tersebut pertama kali muncul.

"Karena berita itu muncul tanggal 2 Januari, sementara tanggal 4 Januari saja surat suaranya belum dicetak, bagaimana sudah ada yang palsu kalau yang asli saja belum disepakati," ujar Mahfud MD di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Ia menjelaskan, dirinya sedang berada di sebuah desa di Yogjakarta ketika mendengar berita hoaks surat suara dicoblos tersebut.

Tiba-tiba, ada seorang warga yang menghampirinya dan melaporkan hal itu kepadanya.

"Sedang salat gitu, menungu waktu Salat Ashar, ada orang masuk 'Pak kapan dari Jakarta, Pak ini Pemilu udah enggak bener surat suaranya sudah dicetak pemenangnya sudah ditentukan' ditunjukkan ke saya ini sudah ada 7 kontainer di Tanjung Priok. Itukan hoaks, terus dari mana berita itu," tuturnya.

Adu Domba dengan Hoaks

Mahfud mengimbau agar masyarakat Indonesia menjaga hubungan kemanusiaannya. Melalui Gerakan Suluh Kebangsaan yang diketuainya, ia mengedepankan dialog kebersamaan dan menghargai perbedaan di Indonesia.

Radikalisme, kata Mahfud menumpang dan mengadu domba melalui produksi hoaks. Menurutnya, siapapun tidak perlu merasa dirinya paling benar.

"Yakin paling benar iya, tetapi mengklaim paling benar itu menyebabkan orang lain kita musuhi, itu tidak boleh," tukasnya.

"Jangan sampai bangsa ini rusak karena hoaks, itu sangat sangat berbahaya bagi kita. Oleh sebab itu mari kita suluh kebangsaan ini," tandas Mahfud MD.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Bentuk Tim Khusus Usut Pelaku Teror 2 Pimpinan KPK

Posted: 09 Jan 2019 10:17 PM PST

Patroli Indosiar, Jakarta - Polri membentuk tim khusus guna mengusut pelaku aksi teror ke di rumah dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Benda diduga mirip bom pipa digantungkan pelaku di pagar rumah  Ketua KPK Agus Rahardjo. Sementara, di rumah Wakil Ketua KPK Laode Mumammad Syarif dilempar benda diduga bom molotov.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (10/1/2019), petugas laboratorium forensik melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Petugas juga memintai keterangan orang yang pertama kali menemukan tas hitam.

"Ada gantungan kayak plastik hitam di pagar lalu diangkat ke garasi mobil. Saat itu saya lihat pukul 06.00 WIB," ujar Fery. 

Dari dalam tas ditemukan pipa paralon, paku, serbuk yang belum diketahui jenisnya, serta kabel. Barang bukti yang di duga bom pipa sudah diamankan tim Gegana Polda Metro Jaya.  

Sementara, kediaman Wakil Ketua KPK Laode Mumammad Syarif di Kalibata Selatan, Pancoran, Jakarta Selatan, dilempari bom molotov oleh orang tidak dikenal. Meski tak ada korban, tembok rumah terlihat bekas jelaga.  

"Ketika saya bangun, kebetulan bomnya jatuh tetapi dalam posisi duduk jadi tidak terlalu besar ledakannya," ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif.  

Saat ini, Polri sudah membentuk tim khusus guna mengungkap pelaku dan motifnya. "Polri berkerja keras mengungkap kasus ini. Kami sedang lakukan identifikasi ya," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal.  

Selain telah meminta keterangan sejumlah saksi, kepolisian juga sudah mengumpulkan berbagai bukti di lokasi kejadian. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanda Tangan Jokowi di Prasasti Cinta Pasangan Anak Ma'ruf Amin dan Suami

Posted: 09 Jan 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang menarik dalam acara pernikahan anak keempat Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah, dengan Rapsel Ali. Pasal, selain jadi saksi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menandatangani prasasti cinta yang dibuat pasangan tersebut.

Prasasti cinta itu berbentuk seperti piagam penghargaan. Isinya pernyataan doa yang diberikan Jokowi kepada putri Ma'ruf Amin dan suaminya yang melangsungkan akad nikah pada Rabu, 9 Januari 2019.

"Senantiasa dianugerahi kebahagiaan dalam menempuh bahtera mahligai rumah tangga serta mendapatkan keturunan yang kelak menjadi kebanggaan bangsa dan negara, agama, beserta orangtuanya," demikian tulisan dalam prasasti cinta itu.

Prasasti cinta yang disiapkan sebanyak dua buah tersebut hanya ditandatangi salah satunya oleh Jokowi. Atas itulah, sang mempelai pria menyampaikan rasa terima kasih secara khusus.

"Terima Kasih kepada Presiden Republik Indonesia Bapak @jokowi @jokowi.amin berkenan jadi saksi pernikahan kami sekaligus menandatangani Prasasti Cinta," tulis Rapsel Ali dalam akun Instagram-nya @rapselali.

Siti Nur Azizah telah melangsungkan akad nikah dengan M. Rapsel Ali baru-baru ini. Prosesi akad nikah mereka diunggah M. Romahurmuziy, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) lewat akun Instagram-nya.

 

Mahar Pengantin

Setelah pembacaan janji suci, kedua mempelai tampak memperlihatkan cincin mereka. Ma'ruf Amin (kiri) menikahkan kedua mempelai disaksikan oleh Jokowi (kanan). (dok. Instagram @romahurmuziy/https://www.instagram.com/p/BsaL98YgO0e/Esther Novita Inochi)

Dalam video unggahannya, Ma'ruf Amin langsung menjadi wali nikah putri keempatnya itu. Mahar yang diberikan pria asal Sulsel kepada sang mempelai wanita adalah seperangkat alat salat, satu set perhiasan, dan uang 9.119 real.

Acara tersebut diadakan di Hotel Royal Tulip Gunung Geulis yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat, pada Rabu sore, 9 Januari 2019. Ruangan ballroom didekorasi serba putih lengkap dengan bunga-bunga mawar warna senada.

Suasana akad nikah berlangsung khidmat. Rapsel terlihat gagah mengenakan pakaian berwarna putih dilengkapi peci, sarung dan sepatu bermotif kotak berwarna biru dan merah. Begitu pun Siti Azizah, ia juga memakai rok berwarna merah biru bermotif kotak-kotak dengan atasan kebaya putih panjang.

Setelah pengesahan janji suci, kedua pengantin pun bertukar cincin. Mereka berpose bahagia sembari menunjukkan cincin yang sudah berada di jari mereka masing-masing. Tak lupa, keduanya juga memperlihatkan mahar pernikahan mereka ke depan kamera.

Siti Azizah merupakan putri keempat dari Ma'ruf Amin dan mendiang istrinya Siti Churiyah. Sementara, Rapsel Ali yang diketahui juga mengajukan diri sebagai calon legislatif ini merupakan putra pertama dari M. Ali Gandong dan Basdyati Ali.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DJP: Selebgram Sudah Kena Pajak

Posted: 09 Jan 2019 10:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktor Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan para selebgram yang memperoleh pendapatan dari unggahan sebuah produk telah dikenakan pajak. Namun pajak yang ditarik dari para selebgram ini bersifat umum.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) DJP Hestu Yoga Saksama mengatakan, memang selama ini belum ada aturan khusus terkait pajak para selebgram. Namun demikian, bukan berarti para selebriti di media sosial (medsos) tersebut tidak dikenakan pajak.

"Terkait pajak untuk selebgram, memang tidak terdapat peraturan yang secara khusus mengatur hal tersebut, namun bukan berarti para selebgram tidak memiliki kewajiban membayar pajak. Dalam hal ini berlaku ketentuan pajak secara umum," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Pajak yang dikenakan pada para selebgram ini seperti Pajak Penghasilan (PPh). Sama seperti wajib pajak lain, selebgram juga harus melaporkan SPT tiap tahun.

"Atas penghasilan selebgram tentu saja merupakan obyek PPh, dan wajib dilaporkan dalam SPT Tahunan serta dibayar PPhnya," kata dia.

Selain itu, perusahaan atau pihak yang menggunakan jasa selebgram ini juga harus membayar PPh Pasal 21 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Di samping itu, perusahaan atau pihak lain yang memanfaatkan jasa selebgram wajib memotong PPh Pasal 21 atas pembayaran kepada selebgram, membuat dan memberikan bukti potong PPh Pasal 21 tersebut kepada selebgram untuk diperhitungkan dalam SPT Tahunan selebgram tersebut," tandas dia.

Rudiantara: Selebgram Harus Kena Pajak

Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)

Sebelumnya, fenomena selebgram atau selebritas instagram saat ini menjadi ladang bisnis yang menjanjikan dengan penghasilan fantastis. Hal ini pun menjadi perbincangan hangat karena belum ada peraturan pemerintah yang menyasar penarikan pajak selebgram.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, seharusnya selebgram juga dikenakan pajak yang sama seperti yang dikenakan kepada selebritas yang mencari penghasilan di dunia nyata. Hal ini untuk menciptakan fairness atau keadilan.

"Sebetulnya kalau misalkan sekarang selebriti dikenakan aturan pajak itu kan di dunia nyata. Kalau perform di TV misalkan kena pajak di dunia maya harus dikenakan dong. Harus fair dong," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (9/1).

Menteri Rudiantara mengatakan, saat ini belum ada pembahasan mengenai pengenaan pajak terhadap selebgram. Dia menyerahkan sepenuhnya hal tersebut kepada Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Pajak.

"Saya misalkan penyanyi. Saya dapat honor saat tampil, kan ada pajaknya. Saat tampil di dunia maya kan dia dapat tuh. Ya submit kepada pajak dong. Bagaimana caranya ya teman-teman pajak lah. (Akan dikaji?) Belum tahu saya," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiara Dewi yang Kini Bercadar dan Posenya Bareng Lucky Hakim

Posted: 09 Jan 2019 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Tiara Dewi mulai kerap muncul di pemberitaan saat hubungan asmaranya dengan Lucky Hakim terekspos publik. Tiara Dewi dan Lucky Hakim kerap wara-wiri bersama di layar kaca dan dunia hiburan. Kisah cinta Tiara Dewi dan Lucky Hakim kemudian berlanjut ke jenjang pernikahan pada Januari 2017 silam. Namun lima bulan kemudian pernikahan mereka kandas. Pada Juli 2017 Tiara Dewi dan Lucky Hakim resmi bercerai.

Meskipun telah berpisah, Tiara Dewi dan Lucky Hakim rupanya masih menjalin hubungan baik sebagai teman. Hal ini diperkuat saat Tiara Dewi dan Lucky Hakim datang ke Polda Metro Jaya pada 9 Januari lalu guna mengurus kasus penipuan bisnis yang mereka alami. Keduanya menjadi korban kasus penggelapan uang yang dilakukan oleh rekan bisnisnya dengan total kerugian mencapai angka 8,8 miliar rupiah.

Penampilan Baru Tiara Dewi

Usai mengurus kasus penipuannya, Tiara Dewi keluar dari Polda Metro Jaya bersama Lucky Hakim dan kuasa hukumnya. Ada yang menarik dari penampilan Tiara Dewi di Polda Metro Jaya lalu, ia tampak mengenakan hijab beserta cadar berwarna pink dengan gamis merah yang senada. Tampilannya saat itu terlihat sederhana dan jauh dari kata glamor seperti sebelum-sebelumnya.

Rupanya Tiara Dewi sudah lama berkeinginan untuk memakai niqab alias cadar. Wanita yang sering disebut Syahrini KW lantaran parasnya yang mirip dengan penyanyi kondang Syahrini ini menceritakan tentang perubahan yang dialaminya pasca bercerai dengan Lucky.

"Alhamdulillah. Sebetulnya ini yang saya takutin, datang kemari ketemu wartawan ditanyakan niqab. Saya selama dua tahun ini setelah pisah dari mas Lucky tuh belajar memperbaiki diri, mengkaji ke lebih positif. Dulu berhijab, sekarang bercadar, itulah ekspresi diri saya ingin dekat dengan yang maha kuasa," ujar Tiara dikutip dari kapanlagi.com (10/1)

Tiara mengungkapkan ia telah bolak balik melakukan umroh. Setelah melalui berbagai perjalanan religi Tiara kemudian merasa tertuntun untuk berhijab dan kemudian bercadar. Tak hanya penampilan rupanya ia juga mulai merubah pola pikir dan gaya hidupnya. Wanita berusia 30 tahun ini sudah tidak lagi menerima tawaran bekerja di dunia hiburan seperti menyani dan mulai fokus menjadi pengusaha dengan mengembangkan bisnisnya.

Selain itu Tiara Dewi juga sering mengikuti berbagai kajian muslim untuk memperkaya ilmu agamanya. Menurutnya berhijab dan bercadar merupakan bentuk ekspresi dirinya dalam mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Tiara Dewi berkeinginan untuk memperbaiki diri dengan hal-hal positif yang ia lakukan.

Sebelumnya Tiara telah memutuskan untuk berhijab pada 2017 silam pasca bercerai dengan Lucky Hakim. Namun pada saat itu penampilannya dalam berhijab sempat menuai pro dan kontra lantaran busana yang dikenakan dianggap terlalu ketat dan kurang pantas serta tak lepas dari kesan glamor.

Tanggapan Lucky Hakim

Lucky Hakim sempat memberi tanggapan positif atas keputusan Tiara Dewi untuk bercadar. Ia mendukung perubahan Tiara ke arah yang lebih baik. Lucky mengatakan bahwa Tiara Dewi berkeinginan untuk belajar memakai cadar alias niqab. Lucky mengaku sempat agak kesulitan saat berkomunikasi dengan Tiara karena tidak dapat membaca gerak bibir Tiara karena tertutup cadar.

"Melihat Tiara bercadar jadi susah komunikasinya, dia ngomong nggak bisa lihat bibirnya. Terus terang dia tuh ngomong ke saya lagi belajar pakai niqab, jadi kadang dipasang dan dilepas. Menurut saya, nggak dosa juga kalau nggak pakai niqab," sambung Lucky saat di Polda Metro Jaya dikutip dari kapanlagi.com

Sempat Dikira Rujuk

View this post on Instagram

Bismillah semoga di lancarkan semua urusan kita. Amin

A post shared by Tiaradewi (@tiaradewireal) on

Pose-pose Tiara Dewi dan Lucky Hakim baru-baru ini sempat ditafsirkan warganet sebagai sinyal rujuk antara keduanya. Hal ini diperkuat dengan unggahan Tiara Dewi di akun Instagramnya @tiaradewireal. Unggahan tersebut berupa posenya bersama Lucky Hakim dengan caption "Bismillah semoga dilancarkan semua urusan kita. Amin". Hal ini memancing komentar warganet yang menduga-duga bahwa mereka akan rujuk kembali. Banyak warganet yang juga setuju dan mendukung jika pasangan ini rujuk kembali.

Namun ternyata foto yang diunggah Tiara ini adalah fotonya bersama Lucky Hakim saat mengurus kasus penipuan yang mereka hadapi. Caption yang ditampilkan juga sebenarnya dibuat sebagai harapan agar masalah penipuan yang mereka hadapi cepat terselesaikan. Saat ditanya mengenai kabar rujuk dengan Tiara Dewi yang beredar, Lucky Hakim pun memberikan keterangan bahwa mereka tidak berencana untuk rujuk, keduanya saat ini hanya berteman dan saling menjaga hubungan silahturahmi satu sama lain.

"Ohh nggak lah (balikan). Saya sama Tiara masih berhubungan baik. Biar udah nggak ada apa-apa lagi, kita kadang suka ketemu, menjaga silaturahmi," pungkasnya.Rupanya pria berusia 40 tahun ini telah menutup pintu hatinya untuk Tiara Dewi. Namun hubungan baik tetap mereka banging sebagai teman sekaligus rekan bisnis.

 

Reporter: Anugerah Ayu Sendari

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Ustaz Arifin Ilham Dirawat di Rumah Sakit di Malaysia

Posted: 09 Jan 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ustaz Arifin Ilham tidak lagi menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat. Dia kini melanjutkan perawatannya di salah satu rumah sakit di Penang, Malaysia.

Penasihat dan Dewan Syariah Az-Zikra, KH Abah Raodl Bahar Bakry mengatakan, pemindahan ustaz Arifin Ilham ke Malaysia bukan berdasarkan rujukan dari dokter RSCM. Melainkan sejak awal divonis kanker, ia sudah berobat di rumah sakit tersebut.

Kini pendiri majelis Az Zikra itu harus kembali dibawa ke rumah sakit di Penang itu untuk menjalani program pengeluaran racun pascakemoterapi.

"Sekarang pengobatan setelah kemoterapi," ucap dia saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (10/1/2019).

Abah menambahkan, Ustaz Arifin Ilham dirawat ke RSCM sejak 5 Januari itu hanya untuk memulihkan kondisi tubuhnya. Begitu keadannya stabil, Ustaz Arifin Ilham kembali dibawa ke Penang, Malaysia.

"Kemarin kondisi ustaz drop dan harus dibawa ke rumah sakit. Rumah sakit yang dipilih RSCM. RSCM kan hanya kasih infus, makanan. Dokternya hanya merawat kesehatan bukan mengobati," terang Abah.

 

Gunakan Jet Pribadi

Ustaz Arifin Ilham dan keluarganya. (Foto: Instagram @ameer_azzikra)

Penasihat dan Dewan Syariah Az-Zikra, Abah Raodl Bahar Bakry menjelaskan, Ustaz Arifin Ilham berangkat menuju Penang, Malaysia menggunakan jet pribadi.

"Keluar dari RSCM tadi pukul 5 pagi langsung ke Bandara Udara Internasional Halim Perdana Kusumah dengan men-carter jet pribadi," ucap Abah ketika dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Dia menjelaskan, alasan pemindahan menggunakan jet pribadi bukan pesawat komersil semata-mata demi menjaga kesehatan Ustaz Arifin Ilham.

"Ustaz Arifin Ilham tidak boleh tersentuh badannya. Jadi harus steril. Sama seperti di RSCM. Maka di berangkatkan dengan pesawat carter-an," terang dia.

Sementara itu, Abah mengaku tidak mengetahui darimana jet pribadi tersebut disewa Ustaz Arifin Ilham. "Abah tidak tahu ke siapa (pinjamnya). Intinya beliau orang baik pasti banyak lah yang bantu," tandas dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tandingi Mazda6, All New Toyota Camry Punya Pilihan Jubah Merah

Posted: 09 Jan 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - All new Camry hadir di Indonesia dengan banderol antara Rp 600 jutaan sampai Rp 800 jutaan. Model baru ini datang dengan tampilan lebih agresif dan punya tiga pilihan varian.

Kelas sedan mahal biasanya akrab sama pengguna eksekutif yang sudah berumur dan seringnya tampil dengan warna-warna elegan cenderung gelap.

Uniknya, all new Camry selain punya warna hitam juga punya satu warna baru, yakni merah. Apakah ini untuk menandingi Mazda6 yang juga memiliki warna merah?

"Camry boleh dibilang di Indonesia merupakan premium sedan dan digunakan eksekutif. Kalau di Amerika, dia mid size sedan. Memang kami memilihkan warna dengan pilihan yang elegan, sporty. Kalau yang merah itu lebih ke sporty. Kalau hitam biasanya ada hitam standar," terang Anton Jimmy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor.

Warna merah yang disuguhkan bagi konsumen penyuka mobil bercitra sporty tidak lain ditujukan untuk membidik pasar baru lagi.

"Memang konsumen Camry saat ini kebanyakan berusia 40 tahun ke atas dan bermain di kelas eksekutif. Kami berharap di umur 30-an tahun, yang eksekutif muda, sekarang juga bisa melirik mobil ini," ujarnya.

 

Selanjutnya

Pasar eksekutif usia 30-an menurut dia juga disuguhkan sejumlah pembaruan pada All-New Camry.

"Soalnya selain desain lebih bagus, mesin baru, dan handling juga lebih baik. Jadi yang senang mengendarai sendiri mobil ini pun akan cocok sekali," ujarnya.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Antam Melonjak Rp 5.000 per Gram

Posted: 09 Jan 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau harga emas Antam naik Rp 5.000 ke posisi Rp 662 ribu per gram pada perdagangan Kamis (10/1/2019).

Harga pembelian kembali atau buyback emas Antam naik Rp 6.000 ke posisi Rp 584.000 per gram. Harga buyback ini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 584 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 08.08 WIB, sebagian emas Antam tidak tersedia.

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Untuk harga emas antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Sementara itu, untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 6.860.000. Untuk ukuran 20 gram di posisi Rp 13.170.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

 

Daftar Harga Emas Antam

Petugas menunjukkan emas batangan di gerai Butik Emas Antam di Jakarta, Jumat (5/10). Pada perdagangan Kamis 4 Oktober 2018, harga emas Antam berada di posisi Rp 665 ribu per gram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

* Pecahan 0,5 gram Rp 355.500

* Pecahan 1 gram Rp 662.000

*Pecahan 2 gram Rp 1.273.000

* Pecahan 3 gram Rp 1.888.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.130.000

* Pecahan 10 gram Rp 6.195.000

* Pecahan 25 gram Rp 15.380.000

* Pecahan 50 gram Rp 30.685.000

* Pecahan 100 gram Rp 61.300.000

* Pecahan 250 gram Rp 153.000.000

* Pecahan 500 gram Rp 305.800.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 611.600.000.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ritual Tahun Baru Para Juara Sumo di Jepang

Posted: 09 Jan 2019 10:00 PM PST

Juara Grand Sumo, Kisenosato (kedua depan) memasuki lapangan untuk melakukan upacara mengentakkan kaki menyambut tahun baru di Kuil Meiji, Tokyo, 8 Januari 2019. Ritual penyambutan tahun baru itu melibatkan tiga juara pegulat sumo (Toshifumi KITAMURA/AFP)

Juara Grand Sumo, Kisenosato (kedua depan) memasuki lapangan untuk melakukan upacara mengentakkan kaki menyambut tahun baru di Kuil Meiji, Tokyo, 8 Januari 2019. Ritual penyambutan tahun baru itu melibatkan tiga juara pegulat sumo (Toshifumi KITAMURA/AFP)

Juara Grand Sumo, Kakuryu (keempat kanan) tiba untuk melakukan upacara mengentakkan kaki menyambut tahun baru di Kuil Meiji, Tokyo, 8 Januari 2019. Ritual penyambutan tahun baru itu melibatkan tiga juara pegulat sumo. (Toshifumi KITAMURA/AFP)

Juara Grand Sumo, Kakuryu (keempat kanan) tiba untuk melakukan upacara mengentakkan kaki menyambut tahun baru di Kuil Meiji, Tokyo, 8 Januari 2019. Ritual penyambutan tahun baru itu melibatkan tiga juara pegulat sumo. (Toshifumi KITAMURA/AFP)

Juara Grand Sumo, Hakuho dari Mongolia melakukan upacara mengentakkan kaki di Kuil Meiji, Tokyo, 8 Januari 2019. Acara tradisional yang merupakan ritual Shinto ini menjadi bagian dari perayaan Tahun Baru tahunan di kuil tersebut. (Toshifumi KITAMURA/AFP)

Juara Grand Sumo, Hakuho dari Mongolia melakukan upacara mengentakkan kaki di Kuil Meiji, Tokyo, 8 Januari 2019. Acara tradisional yang merupakan ritual Shinto ini menjadi bagian dari perayaan Tahun Baru tahunan di kuil tersebut. (Toshifumi KITAMURA/AFP)

Juara Grand Sumo, Kakuryu (tengah) melakukan upacara mengentakkan kaki di Kuil Meiji, Tokyo, 8 Januari 2019. Acara tradisional yang merupakan ritual Shinto ini menjadi bagian dari perayaan Tahun Baru tahunan di kuil tersebut. (Toshifumi KITAMURA/AFP)

Juara Grand Sumo, Kakuryu (tengah) melakukan upacara mengentakkan kaki di Kuil Meiji, Tokyo, 8 Januari 2019. Acara tradisional yang merupakan ritual Shinto ini menjadi bagian dari perayaan Tahun Baru tahunan di kuil tersebut. (Toshifumi KITAMURA/AFP)

Juara Grand Sumo, Hakuho (kedua kiri) melakukan upacara mengentakkan kaki di Kuil Meiji, Tokyo, 8 Januari 2019. Acara tradisional yang merupakan ritual Shinto ini menjadi bagian dari perayaan Tahun Baru tahunan di kuil tersebut. (Toshifumi KITAMURA/AFP)

Juara Grand Sumo, Hakuho (kedua kiri) melakukan upacara mengentakkan kaki di Kuil Meiji, Tokyo, 8 Januari 2019. Acara tradisional yang merupakan ritual Shinto ini menjadi bagian dari perayaan Tahun Baru tahunan di kuil tersebut. (Toshifumi KITAMURA/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Target Serap 2.542 Ton Aspal Karet di 2019

Posted: 09 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan penggunaan karet sebagai campuran beraspal atau aspal karet dalam penanganan jalan nasional. Hal ini lantaran penggunaan aspal karet yang kualitasnya lebih bagus dibanding aspal biasa, juga akan menyerap hasil karet ditengah penurunan harga karet dunia.

Sebagai informasi, Indonesia merupakan salah satu produsen karet alam terbesar di dunia. Setiap tahun produksi karet alam Indonesia mencapai 3,2 juta ton, dan 0,6 juta ton diantaranya dimanfaatkan industri dalam negeri, sementara 2,4 juta ton lainnya diekspor ke mancanegara.

Pada 2018, Kementerian PUPR telah membeli aspal karet di Sumatera Selatan dan Jawa Barat total Rp 7 milyar. Pembelian dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V Sumsel dan BBPJN VI Jakarta, Jawa Barat dan Banten selaku pengguna aspal karet.

Menurut Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja, pada 2019 ini rencana pengadaan aspal karet yang sudah ditetapkan dengan Surat Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR yakni sebanyak 2.542 ton aspal karet (177 ton lateks pekat atau 354 ton lateks kebun) dengan nilai sekitar Rp 3,15 miliar.

"Pengadaan dilakukan secara bertahap untuk menghindari penyimpanan dalam waktu lama yang dapat menyebabkan karet alam rusak," jelas Endra, Kamis (10/1/2019).

Adapun mekanisme pembelian karet dari petani dilakukan oleh pabrik atau koperasi yang memproduksi brown crepe. Kementerian PUPR nantinya akan mendapat suplai brown crepe dari pabrik. Syaratnya, pabrik wajib mencantumkan Surat Keterangan dan kuitansi pembelian dari petani atau KUD.

Keunggulan

Proyek aspal karet Kementerian PUPR. Dok: Kementerian PUPR

Keunggulan penggunaan karet alam pada campuran beraspal panas untuk perkerasan jalan diantaranya memiliki tingkat perkerasan lebih baik, tidak mudah meninggalkan jejak roda pada saat aspal basah, dan daya tahan lebih tinggi dibanding aspal biasa.

Untuk penggunaan aspal karet, pada 2017-2018 diterapkan pada preservasi Jalan Muara Beliti–Tebing Tinggi–Lahat sepanjang 125 Km dengan anggaran sebesar Rp 30,55 miliar.

Dari total panjang tersebut, terdapat 4,37 Km yang menggunakan aspal karet dengan ketebalan 4 cm. Porsi bahan karet atau brown crepe yang digunakan adalah sekitar 7 persen atau 81 ton karet alam per km.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Klub Tujuan Robben Setelah Tinggalkan Bayern

Posted: 09 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Munchen - Arjen Robben merupakan salah satu legenda Bayern Munchen. Sejauh ini ia sudah memenangkan satu gelar Liga Champions dan tujuh gelar Bundesliga.

Selain itu Robben juga sudah mencetak 143 gol dari 305 laga di semua kompetisi.

Meski sudah berusia 35 tahun, Robben masih bisa menjadi aset berharga bagi tim manapun di dunia. Namun, Robben sudah diganggu oleh masalah cedera dan baru bermain dalam 15 pertandingan sejauh ini.

Kontrak pemain asal Belanda itu akan habis pada akhir musim 2018/19 ini. Dan sang pemain akan meninggalkan klub untuk mencari tantangan baru.

Berikut ini tiga klub yang bisa menjadi tujuan Arjen Robben selanjutnya seperti dilansir Sportskeeda.

 

1. Inter Milan

Duo Bayern Munchen, Sebastian Rudy (kiri) dan Arjen Robben mengepung penggawa VfL Wolfsburg (Yunus Malli) pada laga di Allianz Arena, Sabtu (23/9/2017) dini hari WIB. (AP/Matthias Balk)

Robben sudah dikaitkan dengan Inter Milan dan mungkin akan segera bermain untuk Nerazzurri. Inter sudah punya pemain muda yang menjanjikan seperti Matteo Politano di sayap kanan, tetapi akan punya banyak opsi dengan masuknya Robben.

Inter juga punya Ivan Perisic yang sangat berpengalaman bermain di sayap kiri dan dia bisa membuat kombinasi yang bagus dengan Robben untuk menyulitkan pemain belakang lawan. Baik Perisic dan Robben cepat, kuat dan gesit. Selain itu, Inter juga memiliki striker tajam dalam bentuk Mauro Icardi, yang bisa mendapat banyak manfaat dari kedatangan Robben.

Inter saat ini berada di posisi ke-3 di klasemen Serie A. Mereka juga gagal lolos ke babak 16 besar di Liga Champions dan pelatih mereka Luciano Spaletti berada di bawah tekanan. Karena itu, kedatangan Robben bisa menjadi berkah bagi mereka.

2. MU

Winger Bayern Muenchen Arjen Robben (AP Photo/Matthias Schrader)

MU tidak punya pemain sayap kanan yang tepat belakangan ini dan bisa mendapat manfaat dari pengalaman Robben. Jesse Lingard sudah bermain di sayap kanan untuk MU dalam beberapa pertandingan musim ini, tetapi ia bukan pemain sayap dan lebih suka bermain di lini tengah.

Selain itu, lini serang United yang relatif tidak berpengalaman seperti Anthony Martial, Marcus Rashford, dan Romelu Lukaku juga bisa belajar banyak dengan bermain bersama Robben.

MU sudah membuat start yang bagus di bawah pelatih sementara Ole Gunnar Solskjaer dengan memenangkan lima pertandingan berturut-turut. Mereka juga memainkan gaya sepak bola yang sangat menarik di bawah manajer baru mereka.

Robben mungkin senang bermain di klub besar seperti MU sebelum gantung sepatu. Karena itu, Old Trafford bisa menjadi salah satu tujuan berikutnya.

3. Arsenal

Gelandang VfL Wolfsburg, Yunus Mall, berusaha melewati striker Bayern Munchen, Arjen Robben, pada laga Bundesliga, di Stadion Allianz, Kamis (22/9/2017). Bayern Munchen ditahan imbang 2-2 oleh VfL Wolfsburg. (AP/Matthias Balk)

Arsenal adalah klub lainnya yang membutuhkan pemain sayap berkualitas di skuat mereka. Mereka kesulitan dengan mengumpulkan 41 poin dari 21 pertandingan di Premier League dan saat ini berada di posisi kelima klasemen liga.

Henrikh Mkhitaryan kesulitan di sayap kanan karena dia bukan pemain sayap yang tepat. Pemain seperti Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubemyang juga sering bermain di sayap kanan, tetapi gagal membuat dampak yang besar. Karena itu, Arsenal mempertimbangkan untuk mengejar Robben.

Selain itu, Arsenal juga tidak yakin dengan masa depan Mesut Ozil di Emirates dan akan mencari pengganti potensial untuk gelandang asal Jerman itu. Robben bisa pergi ke Arsenal karena dia pernah bermain untuk Chelsea. Selain itu, dia juga pasti bisa menyesuaikan diri dengan permainan The Gunners.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Drama Baku Tembak Polisi Vs Geng Narkoba di Aceh

Posted: 09 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Aceh - Kontak tembak terjadi antara polisi dengan kelompok pengedar sabu di Aceh Utara. Petugas berhasil mengamankan empat pria beserta sepucuk senjata api rakitan jenis FN dan 26 paket sabu.

Sebelumnya, petugas Satuan Resnarkoba mendapat informasi dari masyarakat tentang keberadaan seorang pria yang dikenal dengan panggilan Ki Robot. Pria ini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) polres setempat sejak tiga bulan terakhir, terkait tindak pidana narkoba jenis sabu.

Tim gabungan Sat Resnarkoba, Sat Reskrim, Sat Intelkam dan Sat Sabhara yang dipimpin Kabag Ops AKP. Iswahyudi bergerak menuju kebun kosong yang diduga menjadi tempat persembunyian Ki Robot Cs. Di lokasi, petugas disambut tembakan, namun tidak berlangsung lama, karena mereka melarikan diri.

Kontak tembak itu terjadi di lokasi penggerebakan, Desa Alue Drien dan Lhok Meurbo, Kecamatan Cot Girek, Aceh Utara. Kontak tembak diperkirakan sekitar pukul 15.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB, Selasa (8/1/2019).

Di lokasi, petugas gabungan menemukan sepucuk senjata api rakitan jenis FN bersama 1 magasin dan 7 butir peluru. Selain itu, juga 26 paket sabu, 1 kotak rokok dan 1 kotak putih.

"Tim melakukan pengembangan dan penyisiran ke lokasi sekitar. Petugas menemukan empat pria di Gampong Lhok Meurbo dan menangkapnya sekitar pukul 15.30 WIB, kemarin," sebut Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kasat Resnarkoba AKP Ildani Ilyas, kepada Liputan6.com, Rabu malam (9/1/2019).

Keempat pria yang diamankan, masing-masing, Ns (22), Ef (44), MH (25), dan AG (40). Dari mereka, petugas menemukan barang bukti berupa 1 paket narkoba jenis sabu beserta 1 set bong atau alat pengisap sabu-sabu.

Keempat pria ini dicurigai ada kaitannya dengan Ki Robot Cs. Mereka telah dibawa  ke ruang Sat Resnarkoba untuk menjalani proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

Kasat Resnarkoba AKP Ildani Ilyas menjelaskan, barang bukti yang ditemukan dari kelompok Mr alias Ki Robot berupa satu pucuk senpi rakitan beserta 1 magasin dan 7 butir peluru, kemudian 26 paket narkoba jenis sabu yang dikemas dengan plastik bening seberat 16,51 gram.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Istri Konglomerat Norwegia Hilang Diculik 10 Minggu

Posted: 09 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anne-Elisabeth Falkevik Hagen istri seorang konglomerat asal Norwegia, Tom Hagen menghilang selama 10 minggu. Polisi mengkonfirmasi Anne diculik oleh pelaku yang belum diketahui.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Capres Oposisi Diperkirakan Menang Pilpres Republik Demokratik Kongo

Posted: 09 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Kinshasa - Felix Tshisekedi, capres dari kubu oposisi, diperkirakan akan memenangi Pilpres Republik Demokratik Kongo (RD Kongo), mengungguli dua kandidat lain yang ikut berkompetisi sejak pemungutan suara dimulai pada 30 Desember 2018, kata komisi pemilihan negara itu.

Hasil sementara menempatkan total suara yang diperoleh Tshisekedi berada di depan dua kandidat lainnya; poros oposisi kedua, Martin Fayulu; dan Emmanuel Shadary, kandidat yang diusung partai pemerintah yang saat ini berkuasa, demikian seperti dikutip dari BBC, Kamis (10/1/2019).

Jika terkonfirmasi, Tshisekedi akan menjadi kandidat pertama dari kubu oposisi yang memenangi pilpres sejak Republik Demokratik Kongo berdiri --ketika negara itu merdeka dari kolonialisme Belgia pada 1960.

Presiden saat ini, Joseph Kabila akan mengundurkan diri setelah 18 tahun menjabat. Dia telah berjanji untuk mentransfer kekuasaan secara teratur ke pemenang pilpres.

Menurut perolehan suara sementara per Kamis 10 Januari pagi waktu lokal --dengan total suara masuk hampir mencapai 50 persen-- Felix Tshisekedi mendulang sekitar 7 juta suara. Membuntuti di belakangnya ada Martin Fayulu dengan total 6,4 juta suara dan Emmanuel Shadary dengan 4,4 juta suara.

Total suara masuk diperkirakan akan mencapai 100 persen pada Minggu 13 Januari 2019.

Tshisekedi, yang merupakan putra dari mantan pemimpin oposisi veteran Etienne Tshisekedi, telah berjanji untuk menjadikan perang melawan kemiskinan sebagai prioritas kepemimpinannya.

Presiden Joseph Kabila mengambil alih kekuasaan dari dari ayahnya yang terbunuh, Laurent Kabila pada 2001. Joseph Kabila terpilih pada tahun 2006, dan menjabat untuk periode kedua usai pemilihan kontroversial pada tahun 2011.

Joseph Kabila telah dilarang kembali mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga menurut konstitusi, dan seharusnya mundur dua tahun lalu, tetapi, pemilihan ditunda setelah Komisi Pemilihan Republik Demokratik Kongo mengatakan perlu waktu lebih banyak untuk mendaftarkan pemilih.

 

Simak video pilihan berikut:

Kekhawatiran Situasi Pascapengumuman Hasil Akhir

Presiden Republik Demokratik Kongo, Joseph Kabila (AP)

Ini adalah momen bersejarah bagi partai pengusung Felix Tshisekedi, UDPS, yang telah gagal dalam upaya meraih kekuasaan selama beberapa dekade.

Namun dalam beberapa hari terakhir, desas-desus tentang kesepakatan antara Tshisekedi dan Kabila telah menimbulkan kekhawatiran di antara anggota oposisi lainnya, menurut laporan BBC di RD Kongo. Tshisekedi sendiri telah mengakui pembicaraan dengan partai yang berkuasa untuk mempersiapkan transisi kekuasaan.

Calon dapat mengajukan banding terhadap hasil pilpres dan keputusan akhir akan diumumkan oleh pengadilan konstitusi.

Pertanyaan besar sekarang adalah bagaimana negara akan bereaksi. Ada kekhawatiran serius tentang krisis domestik pascapemilu jika orang menyimpulkan bahwa hasilnya kurang memiliki kredibilitas.

Gereja Katolik, yang memiliki jumlah pemantau pemilu terbesar, telah memperingatkan mereka akan menolak hasil apa pun yang mereka yakini sebagai penipuan.

Pada Rabu 9 Januari 2019, polisi antihuru-hara dikerahkan di ibu kota, Kinshasa, di tengah kekhawatiran bahwa hasil yang disengketakan dapat memicu kekerasan.

Pemungutan suara yang dimulai akhir bulan lalu dirusak oleh tuduhan kecurangan suara. Gereja Katolik yang berpengaruh, yang mengerahkan 40.000 pengamat selama pemungutan suara dan telah memantau pemilihan, memperingatkan bahwa telah terjadi penyimpangan.

Para pemimpin Zambia dan Afrika Selatan mendesak para pejabat untuk merilis penghitungan cepat untuk menghindari kecurigaan tumbuh di sekitar pemilihan, yang telah dinodai oleh tuduhan penipuan.

Pada Selasa 8 Januari, Capres Martin Fayulu memperingatkan para pejabat pemilu untuk tidak "menyembunyikan kebenaran" karena ketegangan terus meningkat atas hasil yang tertunda.

Setelah pemungutan suara 30 Desember 2018, layanan internet dan pesan teks ditutup secara nasional dalam suatu langkah yang menurut pemerintah diperlukan untuk menjaga terhadap penyebaran hasil tidak resmi dan berita hoaks.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beredar Foto Saipul Jamil Video Call dengan Pria Tanpa Baju

Posted: 09 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berada di balik penjara, sosok Saipul Jamil sempat jauh dari sorotan. Namun baru-baru ini, ia membuat publik gempar. Ketika saat ini tengah marak kasus prostitusi online artis, Saipul Jamil berhasil hebohkan masyarakat dari balik bui.

Diunggah salah satu akun anonymous (gosip) pada Rabu (9/1/2019), disebutkan bahwa mantan suami Dewi Perssik ini kedapatan melakukan panggilan video dengan seorang pria.

Warganet pun berkomentar heboh soal penggunaan telepon genggam di dalam penjara. Masyarakat dan warganet bertanya-tanya soal perizinan penggunaan handphone-nya.

Tidak cukup sampai di situ, pria 38 tahun tersebut juga melakukan panggilan video dengan seorang pria. Warganet semakin penasaran dengan pria yang berhubungan dengan Saipul Jamil lewat sambungan video call ini. Pasalnya, pria tersebut tidak mengenakan baju alias bertelanjang dada.

Merebahkan Tubuh

Foto Saipul Jamil video call dengan seorang pria. (Instagram @gosipnyinyir2)

Dalam foto-foto yang disebarkan akun itu, Saipul Jamil seperti sedang merebahkan dirinya. Wajahnya memenuhi layar telepon genggam. Saipul Jamil juga terlihat begitu bahagia karena ada foto tangkapan layar saat video call ketika dia tersenyum.

Sementara di seberang panggilan video, ada seorang pria yang tidak cukup jelas wajahnya. Seperti disampaikan sebelumnya, pria tersebut tidak mengenakan baju alias bertelanjang dada.

Panggilan Papi

Tampak keduanya cukup akrab, ketika melihat foto-foto yang beredar serta panggilan sayang "papi" yang ditujukan kepada Saipul Jamil.

"Pagi-pagi VC ma papy akuh," tulis seseorang yang namanya disamarkan oleh si akun gosip.

Diketahui, ketika sedang video call dengan seorang pria, Saipul Jamil melakukannya pada 16 Desember 2018, atau hampir satu bulan yang lalu.

Penulis : Imron

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Menkeu Agus Martowardojo Ditunjuk Jadi Komisaris Utama Tokopedia

Posted: 09 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia baru saja mengumumkan Agus Martowardojo bergabung sebagai komisaris utamanya.

Dengan bergabungnya Agus, Tokopedia berharap bisa melangkah ke fase pertumbuhan baru dan bisa menciptakan ekosistemnya menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) untuk memberdayakan dan memperkuat perekonomian Indonesia secara inklusif, baik online maupun offline.

"Pengalaman dan kearifan Pak Agus Martowardojo akan sangat berharga dalam membina para pemimpin dan institusi Tokopedia untuk menjadi perusahaan teknologi kelas dunia. Kehadiran Pak Agus akan memperkuat momentum kinerja perusahaan yang tengah memasuki tahun ke-10 mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital," ujar pendiri dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya dalam keterangan resmi yang dikutip Tekno Liputan6.com pada Kamis (10/1/2019),

"Saya melihat Tokopedia sangat konsisten memberdayakan masyarakat melalui teknologi, sehingga ekonomi Indonesia dapat terus tumbuh secara kuat, seimbang dan berkesinambungan," kata Agus.

"Saya senang dapat bergabung dengan Tokopedia dan mengkontribusikan pengalaman saya untuk mendukung  cita-cita perusahaan dalam mendorong pengembangan ekonomi yang inklusif," lanjutnya.

Sekadar informasi, Agus Martowardojo berpengalaman lebih dari 30 tahun sebagai bankir, Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral.

Sebagai Gubernur Bank Indonesia, Agus secara aktif memelihara stabilitas dan ketahanan perekonomian Indonesia, melalui pengelolaan bauran kebijakan moneter, makroprudensial, sistem pembayaran dan peredaran uang Rupiah yang kredibel.

Ia mengeluarkan kebijakan-kebijakan inovatif, termasuk kebijakan Bank Indonesia 7-days Reverse Repo Rate yang memperkuat transmisi kebijakan moneter dan upaya pengendalian inflasi yang terpadu di seluruh daerah di Indonesia. 

 

 

 

Mengemban Tugas Sebagai Menkeu

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo mengenakan kain ulos dalam pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia. (Foto courtesy: IMF-World Bank).

Selama mengemban tugas sebagai Menteri Keuangan periode 2010-2013, Agus melakukan pengelolaan kebijakan fiskal yang disiplin dan efektif untuk mendorong pertumbuhan dan ketahanan perekonomian nasional yang lebih baik.

Agus juga berperan dalam meningkatkan penerimaan negara, memperbaiki efektivitas pengeluaran negara dan memperkuat tata kelola. Di periode tersebut, Indonesia mencapai perbaikan peringkat utang dari Fitch dan Moody's menjadi status investment grade.

 

Dirut Bank Mandiri

Tawa Gubernur BI Agus Martowardojo (kiri) saat berbincang dengan Gubernur BI terpilih Perry Warjiyo  di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (3/4). Perry Warjito terpilih menjadi Gubernur BI untuk periode 2018-2023. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Demikian pula ketika menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri periode 2005-2010, Agus melakukan transformasi untuk memperkuat kinerja Bank Mandiri, mengembangkan unit-unit bisnis strategis, menekan kredit bermasalah secara signifikan dan membangun budaya kerja berbasis kinerja dan berintegritas.

Di periode tersebut, Agus juga mengembangkan bisnis Bank Mandiri melalui aksi korporasi berupa akuisisi, joint venture dan aliansi yang bersifat strategis.

Sederet penghargaan pernah diterima oleh Agus Martowardojo, antara lain sebagai: Gubernur Bank Sentral Terbaik se-Asia Pasifik dari majalah Global Markets (EuroMoney) pada tahun 2017, Finance Minister of the Year untuk Asia Pasifik dari The Banker (Financial Times) pada tahun 2012, dan Asia's Best Executive dari AsiaMoney pada 2006.  

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resolusi 2019 Pemilik Hewan Peliharaan, Ingin Anjingnya Lebih Rajin Olahraga

Posted: 09 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lebih banyak berolahraga sepertinya bukan hanya resolusi tahun baru untuk manusia saja. Hewan peliharaan pun dianggap membutuhkan resolusi semacam itu.

Dilansir dari New York Post pada Kamis, 10 Januari 2018, sebuah studi menunjukkan bahwa 61 persen pemilik hewan peliharaan membuatkan resolusi tahun baru untuk anjing atau kucing mereka. Studi ini dilihat dari seribu pemilik peliharaan di Amerika Serikat.

Sekitar setengah dari semua pemilik anjing membuat resolusi untuk peliharaan mereka. Sementara, hanya 27 persen yang memiliki resolusi untuk kucingnya.

Survei yang dilakukan OnePoll dan perusahaan kesehatan hewan peliharaan NomNomNow menemukan, berolahraga menjadi resolusi yang paling banyak diharapkan. 56 persen pemilik hewan menginginkan agar hewannya rajin olahraga atau berlatih. 49 persen juga ingin melakukan aktivitas yang baru.

Sementara 49 persen pemilik hewan peliharaan menginginkan agar mahluk berkaki empat yang mereka punya menurunkan berat badan. 47 persen ingin kebersihan yang lebih baik dan 44 persen memiliki resolusi agar hewan mereka mempunyai lebih banyak waktu bermain.

Simak juga video menarik berikut ini:

Hewan peliharaan juga rentan obesitas

Ilustrasi Kucing (iStockphoto)

Survei juga menemukan bahwa 71 persen pemilik hewan memandang tahun baru adalah kesempatan yang tepat agar teman binatang mereka menjadi lebih sehat.

43 persen pemilik yang memiliki rencana penurunan berat badan atau olahraga pada hewan peliharaan, 81 persen telah melakukan diet dan olahraga bersama mereka.

"Obesitas adalah epidemi sesungguhnya pada anjing dan kucing yang menyebabkan sejumlah masalah kesehatan jangka panjang yang berpotensi berbahaya," kata ahli gizi veteriner Dr. Justin Shmalberg.

"Keputusan terbaik yang bisa diambil orangtua dari hewan peliharaan dengan kelebihanberat badan adalah dengan benar-benar terlibat cara-cara untuk mengurangi asupan kalori dan menghindari makana berlebih," tambah Shmalberg.

Shmalberg mengatakan, makanan segar bisa menjadi konsumsi yang bagus untuk diet anjing atau kucing.

"Tetapi penting untuk mengenalkannya secara perlahan dan bukan hanya karena ada sisa makanan berlebih di sekitar akhir tahun ini," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Pinjamkan Uang, Nenek di Padang Dibunuh Tetangga Sendiri

Posted: 09 Jan 2019 09:57 PM PST

Patroli Indosiar, Padang - Tak mau meminjamkan uang, seorang wanita paruh baya, nekat membunuh tetangganya yang telah berusia 60 tahun. Pelaku ditangkap oleh anak korban yang curiga mendengar suara rintihan dari kamar ibunya.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (10/1/2019), Ujang berjalan lemah saat mengiringi jenazah ibunya yang dibunuh tetangganya sendiri. 

Peristiwa terjadi saat korban sedang berbaring di kamarnya di kawasan Kapalo Koto, Pauh, Pinggiran Kota Padang, pada Rabu malam kemarin. Tiba-tiba pelaku datang dan meminjam uang.

Diduga mengantuk karena kondisi sudah larut malam, korban tak memenuhi permintaan tersebut. Pelaku pun langsung membekap nenek tiga cucu hingga tewas.  

Pelaku mengambil gelang emas seberat 50 gram. Namun, pelaku yang berusaha kabur seketika ditangkap Ujang yang bersembunyi di balik lemari.  

"Pelaku berniat pinjam uang tetapi tidak dapat. Lalu pelaku jadi emosi," ujar Kapolsek Pauh Kompol Hamidi. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Habisi Nyawa Istri karena Cemburu, Pria Ini Coba Bunuh Diri

Posted: 09 Jan 2019 09:56 PM PST

Patroli Indosiar, Cirebon - Seorang suami di Cirebon, Jawa Barat, tega menghabisi nyawa istrinya dengan hantaman benda tumpul di bagian kepala. Pelaku yang mencoba bunuh diri kini dalam kondisi kritis.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (10/1/2019), Sania ditemukan bersimbah darah di dapur rumahnya di Desa Pekantingan, Kecamatan Klangenan, Cirebon, Jawa Barat. Sementara, Arkati menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Mitra Plumbon.

Pertama kali peristiwa diketahui oleh anak korban yang curiga dengan suara gaduh di dalam rumah. Saat mencoba masuk, pintu rumah dalam keadaan terkunci hingga akhirnya sang anak memanjat atap rumah.  

Aparat Satreskrim Polres Cirebon yang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) mendapati barang bukti berupa senjata tajam dan sebuah batu. Dari hasil pemeriksaan saksi, keduanya terlibat cekcok karena terbakar api cemburu.  

"Istri diberi nasihat oleh pelaku malah melawan. Sudah lama pelaku menyimpan cemburu, lalu pelaku melakukan KDRT," ujar Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto.  

Saat ini jenazah korban dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Losarang untuk diautopsi. Sementara itu, polisi terus memantau kondisi pelaku yang masih kritis untuk dimintai keterangan jika kondisinya sudah membaik.  (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Ingin Gerak Rupiah Stabil

Posted: 09 Jan 2019 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergejolak lantaran penguatan dan pelemahan terjadi dalam waktu singkat pada awal 2019.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berharap fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tidak akan terlalu tajam pada 2019. Ini sebab naik turunnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tersebut dinilai akan merepotkan para pengusaha yang juga merupakan nasabah BCA.

Direktur BCA, Henry Koenaifi mengatakan, selama nilai tukar rupiah tidak mengalami penguatan dan pelemahan yang 'gila-gilaan', pengusaha masih akan aman dan nyaman dalam menjalankan usahanya.

"Pengusaha itu yang paling penting naik dan turunnya rupiah tidak gila-gilaan. Yang paling penting itu, misalnya dari Rp14.100 lalu turun ke Rp 12.100, terus nanti ada goncangan naik lagi ke Rp 14.000 lagi. Ini melambung banget," kata Henry saat ditemui di Menara BCA Jakarta, seperti ditulis Kamis (10/1/2019).

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) bergerak fluktuatif pada perdagangan Kamis 10 Januari 2019. Pagi ini, rupiah dibuka di level 14.048 per USD atau melemah dibanding penutupan perdagangan kemarin di 14.125 per USD.

Mengutip data Bloomberg, rupiah kemudian bergerak melemah usai pembukaan. Tercatat, rupiah sempat menyentuh level 14.099, tapi kembali menguat dan saat ini nilai tukar berada di 14.077 per USD.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

 

 

Kata Ekonom

Petugas mengecek lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Guna memenuhi kebutuhan uang tunai selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang kartal sebanyak Rp 193,9 triliun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Ekonom Centre of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan, tren pelambatan di negara-negara maju seperti Amerika Serikat (AS) membawa angin positif bagi pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

"Membaiknya indikator ekonomi kita di tengah melesunya ekonomi negara-negara besar memunculkan sentimen positif investor asing dan mendorong mengalirnya modal ke pasar-pasar keuangan indonesia," ucapnya kepada Liputan6.com, Selasa 8 Januari 2019.

Dia menambahkan, surat utang negara (SUN) bahkan ikut merasakan dampak positif dari membaiknya sejumlah indikator ekonomi di dalam negeri.

"Terlihat di besarnya minat pembeli SUN global yang ditawarkan oleh pemerintah untuk pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 serta di lonjakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada minggu pertama tahun 2018," ujar dia.

"Jadi selama sentimen positif ini bisa terus dijaga, bukan tidak mungkin rupiah terus melanjutkan penguatan kembali ke bawah Rp 14.000," ia menambahkan.

Sementara itu, Ekonom Insitute For Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengungkapkan, salah satu penyebab fluktuasi nilai tukar rupiah disebabkan efek Pemilu pada April 2019.

"Rupiah memang cukup volatile karena efek Pemilu April ini. Beberapa investor mengincar aset portfolio saham dengan valuasi bagus. Tapi perburuan ini bisa tertahan karena pemilu," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Pasal 547 UU Pemilu yang Mengancam Anies Baswedan 3 Tahun Penjara

Posted: 09 Jan 2019 09:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terancam kena pidana pemilu dengan hukuman 3 tahun penjara. Ancaman hukum itu merupakan buntut dari kehadiran Anies di acara Konferensi Nasional Partai Gerindra di Bogor, Senin 17 Desember.

Bawaslu Kabupaten Bogor, Irvan Firmansyah mengatakan, tindakan Anies yang mengacungkan kedua jari di acara Gerindra berpotensi melanggar Pasal 547 UU Pemilu. Dua jari identik dengan kampanye Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019.

"Dugaannya ada (pidana), tapi belum (diputuskan)," kata Irvan usai memberikan klarifikasi di Bawaslu RI, Senin 7 Januari lalu.

Pasal ini menuai perdebatan. Salah satunya dari Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun. Menurut dia, Pasal 547 UU Pemilu Tahun 2017 merupakan tentang larangan menyalahgunakan kekuasaan bagi pejabat negara, termasuk gubernur. Bukan melarang seorang punya preferensi politik.

Refly menilai, Anies Baswedan maupun Gubernur Jabar Ridwan Kamil sah saja memiliki preferensi dalam politik di Pilpres 2019.

"Kalau cuma mengacungkan jari pun, tidak perlu cuti. Yang cuti itu kalau ikut kampanye yang mungkin akan meninggalkan tugasnya sebagai kepala daerah," tulis Refly dalam akun Twitternya, Kamis (10/1/2019).

Pasal 547 itu berbunyi: Setiap pejabat negara yang dengan sengaja membuat keputusan dan/atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu Peserta Pemilu dalam masa Kampanye, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 tahun dan denda paling banyak Rp 36 juta.

"Menafsirkan dan menerapkan pasal itu harus rasional dan proporsional. Yang jelas-jelas dilarang menunjukkan preferensi politik dengan simbol jari karena harus netral itu antara lain ASN, baik PNS maupun PPPK (Pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja)," tegas Refly.

 

Diperiksa Bawaslu

Anies telah memenuhi panggilan Bawaslu RI dan telah menjawab 27 pertanyaan yang diajukan. Kini Bawaslu tengah menimbang, apakah kehadiran dan dua jari Anies di acara Gerindra itu melanggar UU Pemilu atau tidak.

Usai diperiksa, Anies mengapresiasi kinerja Bawaslu. Menurut dia, setiap orang punya perspektif berbeda atas simbol.

"Setiap orang bisa memiliki interpretasi atas simbol. Normalnya kalau orang mengatakan dua jari ya pakai jari telunjuk dan jari tengah dan selama ini juga pasangan (calon) selalu menggunakan dua itu," ujar Anies usai diperiksa.

 

Reporter: Randy Ferdi Firdaus

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polres Metro Jaktim Tangkap Sejumlah Preman Jalanan

Posted: 09 Jan 2019 09:48 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Menarik Jeff Bezos, Mengantar Anak Sekolah dan Main Film

Posted: 09 Jan 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama Jeffrey Preston Bezos atau lebih dikenal dengan Jeff Bezos sedang jadi bahan pembicaraan. Bukan karena kekayaannya yang memang terus meningkat, tapi karena perceraian dengan sang istri, MacKenzie.

Pasangan yang sudah menikah selama 25 tahun ini mendadak mengumumkan perceraian melalui akun Twitter Bezos pada Rabu, 9 Januari 2019, waktu Amerika Serikat. Keduanya berpisah setelah memiliki empat orang anak.

Jeff sendiri pada 2018, ditetapkan Forbes sebagai orang terkaya di dunia, menggeser Founder Microsoft Bill Gates dengan kekayaan sebesar 112 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1.512 triliun.

Angka itu terus bergerak seiring kemajuan Amazon yang didirikan Jeff pada 1994. Tak hanya Amazon, kekayaan Bezos juga diraih dari Blue Origin LLC dan The Washington Post. Blue Origin adalah perusahaan yang bergerak di bidang penerbangan sipil angkasa luar. Cita-cita Bezos, ingin menerbangkan sebanyak mungkin orang ke luar angkasa.

Sedangkan sebagai pengusaha media sekaligus pakar komputer, hal pertama yang dilakukannya saat membeli The Washington Post adalah mempercepat loading situs online media populer di Negeri Paman Sam itu.

Ingin lebih mengenal pria kelahiran Albuquerque, New Mexico ini? Dilansir Forbes dan Study Breaks, Kamis (10/1/2019), berikut enam fakta menarik tentang sosok Jeff Bezos, salah satu orang terkaya di dunia.

Kekayaan terus meningkat

Pada pertengahan 2018, saham Amazon terus menanjak dengan valuasi sampai 127 miliar dolar AS. Kini, tidak bisa sepenuhnya tepat menghitung angka pasti kekayaan Bezos. Namun, sebagai gambaran, seperti dirilis Bloomberg Billionaire Index, harta Bezos sepanjang 2018 berada pada angka 129 miliar dolar AS.

Setiap satu menit, harta mantan suami MacKenzie Bezos ini naik sebesar 230 ribu dolar AS atau sekitar Rp 3,2 miliar. Angka kekayaan per menit Bezos tersebut setara dengan empat kali lipat rata-rata pendapatan penduduk Amerika Serikat per tahun.

Sedangkan kekayaan Bezos versi Forbes sebesar 112 miliar dolar AS sama nilainya dengan setengah dari APBN negara kita, Indonesia, dan diperkirakan akan semakin meningkat di awal 2019.

Dewa E-Commerce

Memulai kiprahnya di Wall Street, Jeff Bezos pernah membangun jaringan komputer di sebuah gedung yang menjadi pusat perdagangan internasional oleh perusahaan bernama Fitel. Lalu, Bezos bekerja untuk perusahaan manajemen investasi global D.E. Shaw & Co.

Ia mundur di puncak karier sebagai Vice President pada 1994 dan selanjutnya mendirikan Amazon.com, sebuah media e-commerce yang waktu itu fokus pada penjualan buku secara online.

Kini, setelah 24 tahun berlalu, Amazon sudah merambah ke berbagai produk. Bahkan, dengan pengiriman barang via drone. Amazon tampil sebagai dewa e-commerce yang melambungkan nama Jeff Bezos ke puncak tertinggi dunia.

Fakta-Fakta Jeff Bezos

Jeff Bezos, pendiri dan CEO Amazon. (Foto: Forbes.com)

Terus Inovasi

Kunci utama Jeff Bezoz meraih sukses adalah visi dan semangat yang besar, serta fokus dan haus inovasi. Sejak kecil, Bezos terlatih untuk memiliki visi dan semangat besar. Dalam hal apa pun, dia selalu ingin menjadi yang terdepan. Teman-teman sekolahnya dulu hanya berani mengincar posisi nomor dua karena Bezos selalu bersemangat merebut tempat terbaik.

Jadi, jangan heran jika Bezos kini jadi yang terdepan di antara pebisnis teknologi seperti Bill Gates (Microsoft), Mark Zuckerberg (Facebook), Larry Ellison (Oracle), Larry Page (Google), dan Sergey Brin (Google), 

Tak Suka Multitasking

Jeff Bezos dikenal sebagai pribadi yang fokus saat sedang melakukan sesuatu. Ia tidak suka multitasking. Jika sedang membaca e-mail, Jeff akan memusatkan perhatian dan energi membaca e-mail saja.

Begitu juga saat sedang mengerjakan sebuah proyek, ia hanya akan fokus pada satu proyek itu dulu sampai selesai. Dia tak pernah berusaha, apalagi bermimpi menjadi multitasking. Ketika memutuskan pada satu bidang, dia akan fokus di situ.

Fakta-Fakta Jeff Bezos

Keluarga Jeff Bezos (Time.com)

Dekat dengan Keluarga

Meski termasuk orang terkaya sejagat, Jeff Bezos yang tak pernah mengagendakan pekerjaan di pagi hari demi menjaga kualitas hubungan keluarga. Misal, dengan mengantar anak-anaknya ke sekolah. Dia juga selalu ingin menikmati kehangatan sarapan bersama MacKenzie dan menyisihkan waktu untuk berlibur bersama keluarga.

Pernah Main Film

Tak hanya mengurus perusahaan, Jeff Bezos tenyata pernah main film layar lebar. Pada 2016, ia pernah tampil sekilas dalam film Star Trek Beyond sebagai anggota kru Starfleet. Film garapan sutradara AS kelahiran Taiwan, Justin Lin, ini juga dibintangi aktor Indonesia, Joe Taslim.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Srdan Lopicic Rekrutan Baru Persib Bandung yang Pernah Membobol Gawang Juventus

Posted: 09 Jan 2019 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) telah meresmikan Miljan radovic sebagai pelatih baru yang akan menjadi komando Persib Bandung di tahun 2019. Persib Bandung juga mengumumkan pemain anyar yang akan bergabung dengan klub sepak bola Indonesia untuk mengarungi musim 2019 ini.

Komisaris PT PBB, Kuswara S Taryono menyebutkan pemain anyar yang akan didatangkan merupakan asing dan naturalisasi yakni Srdan Lopicic asal Montenegro serta Esteban Vizcarra. Perkenalan Miljan Radovic pemain anyarnya di lakukan digelar di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Bandung. Selain Lopicic dan Vizcarra, Persib memastikan dua pemain asing, Ezechiel N'douassel dan Bojan Malisic sebagai skuat Maung Bandung di musim 2019.

"Kami sepakat untuk menyiapkan empat pemain 'asing', yaitu Bojan Malisic, Ezechiel [N'Douassel], Esteban Vizcarra, dan terakhir Lopicic," kata komisaris Persib, Kuswara Taryono. Namun, nama terakhir yang disbutkan oleh Kuswara S Taryono menjadi perbicangan hangat oleh Bobotoh (Suporter Persib Bandung). Srdan Lopicic sempat mendapat penolakan dari sebagian bobotoh dan menilai bahwa usia Lopicic sudah terlalu tua untuk bersaing di kancah Liga 1.

Berikut kami lampirkan profil dari Srdan Lopicic, Kamis (10/1/2019).

Profil Srdan Lopicic

(Bola.com/Iwan Setiawan)

Srdan Lopicic lahir pada 20 November 1983 di Cetinje, Montenegro. Usianya yang kini telah menginjak 35 tahun membuatnya sempat diragukan oleh Bobotoh karena dianggap terlalu tua. Pemain gelandang dengan nomor punggung 10 ini sudah cukup lama berkarier di Indonesia. Dirinya pernah bermain untuk Putra Samarinda (2011), Persebaya Surabaya (2012), Persela Lamongan (2013), Arema Cronus (2016), Persiba Balikpapan (2017), Borneo FC (2018), kemudian bergabung dengan Persib Bandung (2019). Dirinya juga bermain untuk Timnas Montenegro U21 (2005).

Lopicic sempat mendapat penolakan dari sebagian fans Persib

Persib Bandung Srdan Lopicic dan Esteban Vizcarra (Bola.com/Adreanus Titus)

Setelah pengumuman Lopicic sebagai rekrutan baru Persib Bandung di tahun 2019 ini, membuat bermacam reaksi tersendiri dari sebagian fans Persib Bandung yaitu Bobotoh atau Viking, ada yang geram dan ada menolak. Dengan usia 35 tahun Lopicic yang dimilikinya, Lopicic dianggap sangat tua dan sering mengalami cidera sebagai pemain. Fans Persib membuat penolakan dengan menuliskan tagar #TolakLopicic di media sosial Twitter.

Selain mendapat penolakan dari para fans atau supporter Persib Bandung yaitu Bobotoh dan Viking. Ada beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahu tentang Lopicic. Berikut telah Liputan6.com rangkum fakta menarik tentang Sosok Srdan Lopicic.

Fakta menarik Srdan Lopicic

1. Pelatih kepala Persib, Miljan Radovic menjelaskan alasan dirinya meminang Lopicic. Radovic menentang anggapan yang menyebut Lopicic sudah tua dan tidak layak bermain di Persib.Radovic berpendapat bahwa dalam sepak bola usia bukan faktor utama dalam menentukan kualitas pemain. Pelatih yang satu negara dengan Lopicic menjelaskan bahwa kualitas dan tipikal permainan Lopicic masuk dalam skema yang bakal dirinya terapkan di Persib.

2. Pemain yang sejak tahun 2011 merumput di Indonesia dianggap sebagai pemain profesional yang layak bagi Persib. Lopicic masih punya fisik yang bagus dilihat dari hasil tes medis yang dilakukan mantan pemain Borneo FC di Montenegro. Fisik body Lopicic saat melakukan medical tes fisik memperoleh hasil 25.

3. Lopicic bukan merupakan sosok baru di sepak bola Indonesia dan paham akan kulutr serta gaya permainan dari tim-tim di Indonesia. Sehingga dianggap bisa beradaptasi dengan baik dan memberikan arahan kepada pemain muda Persib. Lopicic sempat memperkuat Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, Borneo FC, Arema FC, dan Persita Tangerang.

4. Pada gelaran Liga 1 2018, Lopicic tampil sebanyak 18 kali untuk Pesut Etam dan menyumbang tiga gol sekaligus tiga assist. Lopicic sudah pernah melalang buana di berbagai kompetisi antaranya Without Club, FK Lovcen Cetinje di Montenegro dan South China AA di Hongkong.

5. Srdan Lopicic pernah membobol gawang Buffon dalam ajang persahabatan ISL All Star vs Juventus di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Agustus 2014. Gol yang dicetak berawal dari sepak pojok pada menit ke dua dibabak pertama dengan cerdiknya Srdan Lopicic memanfaatkan bola yang datang ke mulut gawang yang dijaga oleh legenda Juventus tersebut.

6. Presiden Borneo FC, Nabil Husein, mengucapkan terima kasih untuk penampilan terbaik yang diberikan oleh Srdan Lopicic selama menggunakan jersey berwarna jingga kebanggaan Borneo FC. "Saya mengucapkan banyak terima kasih atas semua keringat yang diberikannya untuk klub ini. Tanpa melihat nominal, ia memberikan kemampuan terbaiknya untuk tim ini. Saya tidak akan pernah melupakan kebaikan yang telah diberikannya untuk tim ini," ujar Nabil Husein.

7. Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar menambahkan bahwa pemilihan pemain untuk musim 2019 menjadi keputusan bersama. "Semua pengurus memutuskan, siapa pemain yang masuk, siapa yang dicoret, dan siapa yang lanjut tapi saya belum bisa sebutkan semuanya karena masih ada yang dipertimbangkan. Yang jelas bulan ini sudah lengkap," tegas Umuh.

 

Reporter: Heri Setiawan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadin: Jumlah Investor Masih Sedikit di Pasar Modal

Posted: 09 Jan 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani mengatakan jumlah investor yang berinvestasi di pasar modal masih terbilang kecil. Ia mengimbau Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk terus meningkatkan jumlah investor kedepannya.

"Saya ucapkan selamat kepada BEI yang pada tahun lalu mencatatkan rekor dalam segi pencatatan saham yaitu ada 57 emiten dimana itu rekor tertinggi sejak pendirian BEI. Kita harapkan ini terus bisa ditingkatkan kedepanya," ucapnya di Gedung BEI, Kamis (10/1/2019).

Dia menambahkan, jumlah investor yang berinvestasi di BEI masih perlu didorong kembali. Ia meminta agar pihak BEI semakin giat menggenjot jumlah investor di tahun ini.

"Namun jika dilihat dari jumlah investor yang berinvestasi di BEI itu masih sangat kecil yakni 1,6 juta orang. Itu pun lompatan hampir 40 persen dari 2017 tetapi itu pun tidak semua investor yang berinvestasi di BEI," ujarnya.

Dari lonjakan 40 persen jumlah investor tersebut, kata dia, bukan investor murni yang berinvestasi di pasar modal melainkan sudah gabungan dari reksadana dan obligasi.

"Jadi 1,6 juta orang masih kecil. Itu pun sudah lompatan hampir 40 persen dari 2017 tetapi itu pun tidak semua investor yang berinvestasi di BEI. Tapi merupakan gabungan dari investasi di reksadana, obligasi, pasar uang dan sebagainya," tandasnya.

Rupiah Menguat ke 14.088 per Dolar AS, IHSG Menanjak 21,72 Poin

Teller menunjukkan uang dolar dan rupiah di penukaran uang di Jakarta, Junat (23/11). Nilai tukar dolar AS terpantau terus melemah terhadap rupiah hingga ke level Rp 14.504. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

 Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu lanjutkan penguatan pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Penguatan IHSG mengikuti bursa saham global yang positif.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Kamis (10/1/2019), IHSG naik 21,72 poin atau 0,35 persen ke posisi 6.293,95. Pada pukul 09.00 waktu JATS, IHSG naik 24,75 poin atau 0,39 persen ke posisi 6.296,99. Indeks saham LQ45 menguat 0,50 persen ke posisi 1.002,07. Seluruh indeks saham acuan kompak menghijau.

Sebanyak 159 saham menguat sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. 44 saham melemah dan 124 saham diam di tempat. Pada Kamis pekan ini, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.302,61 dan terendah 6.287,68. 

Total frekuensi perdagangan saham 31.682 kali dengan volume perdagangan 654,4 juta saham. Nilai transaksi harian saham Rp 334,7 miliar.

Investor asing beli saham Rp 32,59 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.085. Sebagian besar sektor saham kompak menghijau kecuali sektor saham aneka industri turun 0,62 persen.

Sektor saham barang konsumsi naik 0,82 persen, dan bukukan penguatan terbesar. Disusul sektor saham pertanian mendaki 0persen dan sektor saham konstruksi menguat 0,55 persen.

Saham-saham yang mencatatkan penguatan antara lain saham POLI melonjak 49,85 persen ke posisi 2.450 per saham, saham BEEF mendaki 34,71 persen ke posisi 454 per saham, dan saham FOOD naik 24,65 persen ke posisi 354 per saham.

Sementara itu, saham PT Indosat Tbk turun 13,33 persen ke posisi Rp 1.950 per saham, saham DART tergelincir 6,21 persen ke posisi Rp 272 per saham dan saham PTSN susut 4,35 persen ke posisi Rp 1.320 per saham.

Bursa saham Asia sebagian besar bervariasi. Indeks saham Hong Kong Hang Seng turun 0,24 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi susut 0,13 persen, indeks saham Jepang Nikkei merosot 1,31 persen, indeks saham Shanghai melemah 0,01 persen dan indeks saham Taiwan turun 0,25 persen. Sedangkan indeks saham Singapura naik 0,04 persen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

How to Train Your Dragon 3 Tayang di Indonesia 1,5 Bulan Lebih Cepat dari AS

Posted: 09 Jan 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Petualangan Toothless dan Hiccup kini berlanjut dalam How to Train Your Dragon 3, yang punya judul resmi How to Train Your Dragon: The Hidden World. Di bioskop Tanah Air, film animasi garapan DreamWorks Animation ini sudah mulai ditayangkan.

Ternyata, penayangan How to Train Your Dragon 3 di Indonesia jauh lebih cepat ketimbang di Amerika.

Dalam laporan Screenrant pada beberapa waktu lalu, film yang diadaptasi dari buku anak-anak ini baru akan dirilis di Amerika Serikat pada 22 Februari mendatang. Artinya, film ini tayang sekitar 1,5 bulan lebih cepat di Indonesia. 

Meski begitu, sejumlah kritikus media internasional telah menyaksikan How to Train Your Dragon 3. Bahkan, tak sedikit yang memberikan pujian untuk film garapan Dean DeBlois ini.

Dipuji Kritikus

How to Train Your Dragon  (DreamWorks Animation/Universal Pictures)

Michael Rechtshaffen dari Hollywood Reporter misalnya, memuji film terakhir dari trilogi How to Train Your Dragon ini. Ia menyebutnya sebagai perpisahan yang manis, meski penggemar tentu saja bakal tetap merasa sedih.

Sementara, kritikus The Wrap dan Variety memuji muatan emosional dalam film ini.

"Sutradara dan penulis Dean DeBlois memasukkan adaptasi dari buku serial Viking-dan-naga ini dengan cerita yang indah dan mengasyikkan tentang takdir dan kebebasan," tutur Robert Abele dari TheWrap.

Sinopsis How to Train Your Dragon 3

How to Train Your Dragon: The Hidden World. (DreamWorks Animation/Universal Pictures)

How to Train Your Dragon 3 berkisah tentang Toothless yang kini menemukan teman satu spesiesnya, Night Fury. Sementara itu Hiccup kini telah menjadi kepala desa Berk, menggantikan sang ayah yang telah tiada.

Namun kehidupan damai mereka terusik pemburu naga bernama Grimmel yang ingin memiliki Toothless.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siapa Bagus Bawana Putra, yang Namanya Beken Usai Kasus Hoax Kertas Suara

Posted: 09 Jan 2019 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menjelang Pemilihan Presiden (pilpres) 2019, banyak isu-isu politik yang berseliweran. Kabar terbaru adalah informasi hoax tentang 7 kontainer yang berisi kotak suara sudah tercoblos. Polisi bergerak cepat mengungkap kasus yang menghebohkan itu. Ada banyak nama yang muncul dan diduga ada hubungannya dengan penyebaran informasi hoax tersebut. Salah satunya adalah sosok Bagus Bawana Putra. 

sosok Bagus Bawana Putra akhir-akhir ini memang menggegerkan publik dan media. Pasalnya ia diduga menjadi pelaku kasus hoax kertas suara  tujuh container yang telah dicoblos. Katanya 7 kontainer itu berada di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sebenarnya siapakah sosok Bagus Bawana Putra? Ini profil sosok Bagus Bawana Putra yang dirangkum Liputan6.com yang dirangkum dari berbagai sumber Kamis (10/1/2019)

Profil Bagus Bawana Putra

Bagus Bawana Putra memiliki bisnis yang cukup maju. Menurut orang-orang di sekitarnya ia adalah sosok yang dipercaya oleh atasannya dalam mengelola bisnis restoran dan usaha lainnya. Tetangga sekitar kediamannya yakni Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang pusat, kabupaten Bekasi, mengenal Bagus Bawana Putra sebagai sosok yang baik dan mudah bergaul bahkan aktif dalam kegiatan desa.

Namanya mendadak menjadi trekenal pasca hoaks tujuh container surat suara yang telah dicoblos di Tanjung Priok yang ia sebarkan pada awalnya melalui media twitter. Bagus Bawana Putra diduga adalah pendukung salah satu calon presiden 2019 yakni Prabowo-Sandi dan Menjadi Ketua Dewan Kornas Prabowo Presiden.

Namun hal tersebut dibantah oleh Ferry Juliantono Selaku Wakil Direktur Relawan Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi. Menurut Ferry, bagus bukanlah bagian dari relawan resmi dari calon presiden Prabowo-Sandi dan sudah dilakukan pengecekan daftar di Direktorat Relawan.

"Enggak ada, enggak ada di daftarnya, saya sudah cek sebagai yang bertanggung jawab di direktorat relawan," kata Ferry saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (9/1/2019).

Kronologi Awal Cuitan Twitter yang Menjadi Viral

Sebelum viral di media, Bagus Bawana Putra cukup aktif di media social twitter dengan nama akunnya @bagnatara1. Terlihat dari foto profilnya di Twitter yakni foto dirinya yang dipigura dengan tulisan mendukung pasangan calon presiden Prabowo-Sandi.

Cuitannya yang kemudian menjadi viral adalah saat ia menuliskan,

"Ada info, katanya ditanjung priuk ditemukan 7 kontainer, berisi kertas suara, yg sdhtercoblos gbr salah satu paslon.. Sy tdk tahu, ini hoax atau tdk, mari kita cek sama2 ke Tanjung Priok sekarang.. Cc @fadlizon , @AkunTofa , @AndiArief_ @Fahrihamzah  "

Tak hanya cuitan yang ia tulis pada tanggal 1 januari 2019 pukul 23.35 WIB, ia juga memposting rekaman suara pada tanggal 2 januari 2019 malam yang ia sebarkan ke Whatsapp Group dan sejumlah platform media social yang kemudian menjadi viral. Setelah aksinya tersebut menjadi viral dan diusut oleh polisi, Bagus Bawana Putra menghapus akun twitternya dan membuang hp beserta nomor selulernya untuk menghindari barang bukti.

Proses Hukum Bagus Bawana Putra Terkait Kasus Hoax Kertas Suara

Sebelum diringkus dan diamankan oleh polisi, Bagus Bawana Putra  kabur ke Sragen setelah membuang semua barang bukti bahkan hingga menghapus akun twitternya. Ia kabur dan bersembunyi hingga akhirnya polisi berhasil menangkapnya dalam pelarian ke wilayah sragen, Jawa Tengah pada Senin 7 Januari 2019.

Setelah diamankan, polisi langsung memeriksa bukti suara rekaman hoaks tersebut. Ahli Di Pusat Laboratorium Forensic TNI turut membantu dalam menguji rekaman menggunakan dua metodologi automatis dan manual. Hasilnya, 99,2 persen rekaman hoaks tersebut identic dengan suara Bagus Bawana Putra.

Dari hasl tersbeut Bagus Bawana Putra resmi menjadi tersangka dan dijerat dengan pasal 14 ayat 1 dan 2 juncto pasal 15 undang-undang nomor 1 tahun 1946 Peraturan Hukum Pidana dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara. 

Hingga kini polisi masih mencari motif dari aksi Bagus Bawana Putra dalam menyebarkan berita hoax kertas suara tercoblos di tanjung Priok, Jakarta Utara.

Terancam pidana 10 tahun penjara

Bagus Bawana Putra alias BBP kini resmi berstatus tersangka penyebaran hoax 7 kontainer surat suara yang katanya sudah dicoblos. BBP terancam pidana penjara 10 tahun.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, BPP diduga melanggar pasal 14 ayat 1 dan 2 juncto Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

"Ancaman hukumannya 10 tahun penjara," ujar Dedi di Mabes Polri, Rabu (9/1) dikutip dari Merdeka.com.

Di pasal itu dijelaskan, terutama pada pasal 14 ayat 1 adalah, "Barang siapa, dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggitingginya sepuluh tahun."

Pasal 14 ayat 2 berbunyi, "Barang siapa menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan, yang dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, sedangkan ia patut dapat menyangka bahwa berita atau pemberitahuan itu adalah bohong, dihukum dengan penjara setinggi-tingginya tiga tahun."

Pasal 15 berbunyi, "Barang siapa menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berkelebihan atau yang tidak lengkap, sedangkan ia mengerti setidak-tidaknya patut dapat menduga, bahwa kabar demikian akan atau mudah dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggitingginya dua tahun."

Selain BBP polisi juga menangkap tiga orang tersangka yang berperan sebagai penyebar kontan hoaks tersebut. Namun ketiga tersangka yakni HY, LS, dan J tidak ditahan karena ancaman hukumannya di bawah lima tahun penjara. 

Sementara itu polisi menahan BBP karena ancaman hukumannya di atas lima tahun penjara. Selain itu, BBP juga dinilai tidak kooperatif karena berusaha menghilangkan barang bukti dan sempat melarikan diri

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri: Teror Bom Palsu di Rumah Ketua KPK untuk Menakut-nakuti

Posted: 09 Jan 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polri menyimpulkan, benda mencurigakan yang ditemukan di pagar rumah Ketua KPK Agus Rahardjo di Bekasi, Jawa Barat sebagai fake bomb alias bom palsu. Meski begitu, polisi berjanji memburu pelaku teror hingga kasus tersebut tuntas.

"Kita terus bekerja mengusut siapa pelakunya, diduga hanya untuk menakut-nakuti," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal di kantornya, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Dugaan sementara, teror benda mirip bom rakitan itu hanya bertujuan untuk membuat takut masyarakat. Polri belum bisa memastikan apakah aksi teror bom palsu itu berkaitan dengan tugas Agus sebagai pimpinan KPK atau lainnya.

"Kita akan ungkap nanti apa motifnya, kita tunggu saja (setelah pelaku tertangkap)," ucapnya.

Iqbal enggan mengaitkan kasus teror kepada pimpinan KPK tersebut dengan peristiwa lain tanpa adanya bukti dan fakta hukum yang mendukung. Kendati, pihaknya tetap menerima informasi dari berbagai pihak sebagai bahan untuk mengungkap kasus tersebut.

"Saya imbau masyarakat harus juga diberikan edukasi bahwa ini sebuah kriminalitas yang domainnya adalah polisi. Tidak usah mem-framing macam-macam dulu. Kebetulan saja mungkin ada momentum saat ini, kita fokus kepada fakta hukum, fakta di TKP," kata Iqbal.

 

Penemuan Bom

Rumah Ketua KPK Agus Rahardjo di Bekasi, Jawa Barat. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Sebelumnya polisi menerima laporan penemuan benda mirip bom rakitan yang tercantel di pagar rumah Ketua KPK Agus Rahardjo di Perumahan Graha Indah, Jatimekar, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat pada Rabu 9 Januari 2019 sekitar pukul 5.30 WIB tadi.

Benda mencurigakan itu terbungkus tas berwarna hitam. Ditemukan beberapa kabel, pipa paralon, baterai, paku, dan serbuk menyerupai rangkaian bom rakitan. Namun polisi memastikan benda itu bukan firing divices alias fake bomb atau bom palsu.

Penemuan benda mencurigakan mirip bom itu hampir bersamaan dengan teror molotov yang terjadi di kediaman Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di Kalibata, Jakarta Selatan. Saat ini, polisi masih mengusut kedua teror tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Periksa Tukang Bubur Terkait Bom Palsu di Rumah Ketua KPK

Posted: 09 Jan 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Enam orang diperiksa sebagai saksi oleh tim gabungan Mabes Polri dan Polda Metro Jaya terkait bom palsu di rumah Ketua KPK Agus Rahardjo, di Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat. Salah satu saksi itu adalah seorang tukang bubur.

"Untuk kasus Bekasi di rumah Ketua KPK kita sudah memeriksa 6 saksi induktif, saksi itu yang melihat ada barang berupa tas yang dicantolkan di pagar. Kemudian juga ada saksi penjual bubur di sana," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Kamis (10/1/2019).

Menurut dia, tukang bubur tersebut sempat dihampiri oleh seseorang. Orang itu menanyakan rumah Ketua RT dan Agus.

"Kita tanya memang dia melihat ada orang datang ke tempat penjual bubur itu, dia menanyakan rumah pak RT, rumah Ketua KPK. Dan juga yang lain-lain kita sedang lakukan penyelidikan dan penyidikan," ujar Argo.

 

Bom Palsu

Di kediaman Ketua KPK Agus Rahardjo di Bekasi, Jawa Barat, polisi menemukan tas hitam berisi benda diduga bom rakitan dari tabung pipa. (Dok. Polisi)

Polisi menyatakan, benda mencurigakan yang diletakkan di pagar Ketua KPK adalah bom palsu. Argo menyebut bom tersebut berisi semen.

"Intinya itu adalah sedang kita kirimkan ke labfor. Nanti hasilnya ya seperti apa, tapi dari keterangan sementara bahwa ada beberapa semen putih, serbuknya semen putih ada semen di sana. Apakah itu seperti apa nanti dari labfor yang akan tau benda apa menyerupai apa. Itu benda menyerupai bom tapi itu bukan, nanti labfor yang sampaikan," pungkasnya.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pernyataan Wadah Pegawai Usai Teror Bom di Rumah Pimpinan KPK

Posted: 09 Jan 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rumah dua petinggi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapat teror bom pada Rabu, 9 Januari 2019 kemarin. Mereka adalah Wakil Ketua KPK Laode Muhamad Syarif dan Ketua KPK Agus Rahardjo.

Teror lebih dulu dialami oleh Laode. Sekiranya pukul 05.30 WIB, ditemukan botol berisi spirtus dengan sumbu, mirip bom molotov, ditemukan di depan garasi Laode di Jalan Kalibata Selatan No 42C, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan.

Kemudian pada hari yang sama, sebuah benda seperti bom rakitan jenis high explosive ditemukan di rumah pimpinan KPK Agus Rahardjo di Graha Indah, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat.

Hingga kini, aparat kepolisian pun masih terus mencari tahu siapa pelakunya. Wadah Pegawai (WP) KPK pun angkat bicara.

Menurut Ketua WP KPK Yudi Purnomo, meski teror bom menghantui pimpinan KPK, pemberantasan korupsi tak akan pernah goyah.

Berikut 3 pernyataan WP KPK usai teror bom di rumah pimpinan KPK yang dihimpun dari Liputan6.com:

 

1. Ujian Bagi KPK

Rumah Ketua KPK Agus Rahardjo di Bekasi, Jawa Barat. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Ketua Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo menyebut teror yang terjadi di kediaman dua pimpinan lembaga antirasuah itu merupakan ujian bagi pemberantasan korupsi.

"Kami meyakini tindakan teror ini merupakan upaya untuk menimbulkan rasa takut dan gentar di hati pimpinan dan pegawai KPK agar berhenti menangkapi koruptor dan menciptakan Indonesia bersih," ujar Yudi saat dikonfirmasi, Rabu, 9 Januari 2019.

Namun, tindakan teror tersebut menurutnya tak akan menyurutkan lembaga antirasuah dalam mengungkap tindak pidana korupsi. Justru, hal tersebut semakin memperteguh semangat pemberantasan tindak pidana korupsi, apa pun risikonya.

"Bahwa teror-teror kepada pimpinan KPK dan pegawai KPK tidak akan pernah menciutkan nyali kami dalam memberantas korupsi di negeri ini," kata dia.

 

2. Minta Jokowi Ungkap Pelaku Teror

Kondisi rumah Wakil Ketua KPK, La Ode Muhammad Syarif di kawasan Kalibata, Jakarta, Rabu (9/1). Sebelumnya, terjadi lemparan molotov di rumah Wakil Ketua KPK, La Ode Muhammad Syarif. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Selain itu, Yudi dan pegawai KPK lainnya pun mengecam tindakan teror terhadap dua komisioner KPK. Yudi berharap, pelaku teror segera dijerat termasuk pelaku penyerangan terhadap Novel Baswedan.

"Presiden Joko Widodo harus dapat membongkar berbagai upaya pelemahan KPK melalui teror kepada pimpinan KPK Agus Rahardjo dan Laode M Syarif saat ini, maupun pegawai termasuk kasus penyerangan terhadap penyidik senior Novel Baswedan," kata Yudi.

 

3. Pelaku Sama

Rumah Ketua KPK Agus Rahardjo mendapat teror benda mirip bom (Liputan6.com/ Muhammad Radityo Priyasmoro)

WP KPK menduga teror yang dialami dua pimpinan KPK, Agus Rahardjo dan Laode Muhammad Syarif serupa dengan yang dialami penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Menurut Ketua WP KPK Yudi Purnomo, ada korelasi yang dia tangkap dalam teror terhadap dua pimpinan KPK, Novel Baswedan, serta penyidik KPK lainnya bernama Apip Julian Miftah.

"Ada beberapa korelasi yang kami tangkap. Pertama pelakunya sama, dua orang yang menaiki motor, tapi wajahnya ditutupi. Punya korelasi yang sama dengan pelakunya bang Novel. Kemudian mobil Bang Apip pakai air keras, Bang Novel juga," ujar dia di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 9 Januari 2019.

Dari kesamaan itu, Yudi dan pegawai KPK lainnya menilai pelaku berasal dari jaringan yang sama. Oleh sebab itu, Yudi meminta agar kepolisian segera mengungkap pelaku agar kejadian tersebut tak terulang.

"Kami juga yakin ini bukanlah yang terakhir bisa jadi besok ada penyelidik jaksa atau petugas KPK lainnya yang diteror," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kadisdik Cianjur Cecep Sobandi Jalani Pemeriksaan Lanjutan di KPK

Posted: 09 Jan 2019 09:35 PM PST

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur Cecep Sobandi tiba di gedung KPK, Jakarta, Kamis (10/1). Cecep diperiksa sebagai tersangka terkait gratifikasi atau suap DAK Pendidikan Kabupaten Cianjur TA 2018. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur Cecep Sobandi tiba di gedung KPK, Jakarta, Kamis (10/1). Cecep diperiksa sebagai tersangka terkait gratifikasi atau suap DAK Pendidikan Kabupaten Cianjur TA 2018. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur Cecep Sobandi dikawal petugas tiba untuk menjalani pemeriksaan lanjutan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (10/1). Cecep diperiksa sebagai tersangka. sebagai tersangka

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur Cecep Sobandi dikawal petugas tiba untuk menjalani pemeriksaan lanjutan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (10/1). Cecep diperiksa sebagai tersangka. sebagai tersangka

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur Cecep Sobandi tiba di gedung KPK, Jakarta, Kamis (10/1). Cecep diperiksa sebagai tersangka terkait gratifikasi atau suap DAK Pendidikan Kabupaten Cianjur TA 2018. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur Cecep Sobandi tiba di gedung KPK, Jakarta, Kamis (10/1). Cecep diperiksa sebagai tersangka terkait gratifikasi atau suap DAK Pendidikan Kabupaten Cianjur TA 2018. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur Cecep Sobandi bersiap menjalani pemeriksaan lanjutan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (10/1). Cecep diperiksa terkait gratifikasi atau suap DAK Pendidikan Kabupaten Cianjur TA 2018. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur Cecep Sobandi bersiap menjalani pemeriksaan lanjutan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (10/1). Cecep diperiksa terkait gratifikasi atau suap DAK Pendidikan Kabupaten Cianjur TA 2018. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Italia Ramalkan Kemunculan Eropa Baru

Posted: 09 Jan 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Roma - Menteri Dalam Negeri Italia --yang berasal dari kubu sayap kanan-- Matteo Salvini, meramalkan bahwa negaranya dan Polandia dapat memicu terciptanya "Eropa Baru", yang mematahkan "poros Jerman - Prancis" dalam dominasi pengaruh di Benua Biru.

Pernyataan Salvini itu muncul untuk memberikan dukungan dalam pembentukan aliansi sayap kanan sebelum pemilihan Parlemen Eropa pada Mei mendatang, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Kamsi (10/1/2019).

Salvini, yang juga menjabat sebagai wakil perdana menteri dan pemimpin Liga Sayap Kanan Italia, melakukan perjalanan ke Polandia pada Rabu 9 Januari, untuk melakukan pertemuan strategis dengan anggota partai Hukum dan Keadilan yang berkuasa.

Kedua pihak memiliki pandangan anti-imigrasi, anti-muslim, dan skpetisme pada Uni Eropa yang serupa.

Salvini, bersama mitranya dari Polandia, Joachim Brudziński, mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa Eropa Baru dapat membawa "kebangkitan nilai-nilai baru".

Brudziński memuji strategi imigrasi garis keras yang dijalankan Salvini, termasuk di antaranya kebijakan menutup pelabuhan Italia untuk kapal migran.

Ditambahkan olehnya, bahwa kedua negara berbagi tujuan serupa dalam "memperkuat perbatasan" dan membantu meningkatkan kesejahteraan di negara asal imigran.

Salvini pertama kali mengemukan ide jaringan pan-Eropa atas nama partai-partai nasionalis, beberapa pekan setelah membentuk pemerintah koalisi dengan bekas saingan beratnya, Gerakan Lima Bintang (M5S), Juni lalu.

Dia juga diketahui menjalin kemitraan dengan pemimpin sayap kanan Prancis, Marine Le Pen. Keduanya sempat menggelar konferensi pers di Roma pada Oktober lalu, dan mengatakan bahwa pemilu Uni Eropa akan mengantar era baru dengan "akal sehat".

Mereka juga menyebut bahwa partai-partai nasionalis di Eropa sepakat bersatu untuk mengembalikan nilai, kebanggaan, dan martabat masyarakat Benua Biru.

 

Simak video pilihan berikut:

Manifesto Politik Antar Kelompok Populis Eropa

Mural pria tengah menghancurkan salah satu dari 12 bintang kuning bendera Uni Eropa di dinding kawasan Dover, Inggris, Senin (8/5). Bintang-bintang kuning itu merupakan simbol kesatuan, solidaritas, dan harmoni di antara warga Eropa (Gareth Fuller/via AP)

Pada saat yang sama, mitra koalisi Salvini, Luigi Di Maio, mengumumkan bahwa ia sedang mempersiapkan manifesto pemilu dengan kelompok-kelompok populis Eropa yang sejalan dengan M5S-nya.

Pada hari Selasa, dia mengadakan pertemuan dengan beberapa pegiat sayap kanan Eropa di Brussels. Beberapa di antaranya adalah Paweł Kukiz yang merupakan mantan bintang pencetus kelompok nasionalis Kukiz'15 asal Polandia, Ivan Sincic dari Partai Living Wall Kroasia, dan Karolina Kähönen yang menggambarkan dirinya sebagai gerakan politik liberal di Finlandia.

"Mereka adalah energi paling indah dan mengagumkan di Eropa. Impian kami adalah Eropa dengan lebih banyak hak sosial, lebih banyak inovasi dan lebih sedikit keistimewaan. Eropa yang mengutamakan kebutuhan warganya," tulis Di Maio di Facebook.

Namun, di Prancis, Di Maio justru terlibat pertikaian dengan pemerintah setempat karena diketahui mendorong gerakan Rompi Kuning --yang telah melakukan banyak aksi protes sejak Desember 2018-- untuk "tidak menyerah".

Dia mengatakan protes itu mengingatkannya pada semangat yang melahirkan M5S, dan dia berencana untuk bertemu aktivis Rompi Kuning dalam beberapa hari ke depan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyanyian 'Tsunami' Milik Emak dari Pulau Berhati Emas di Aceh

Posted: 09 Jan 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Aceh - Tiga buah piring keramik bermotif abad pertengahan pecah, vas kecil berbentuk stroberi terbelah dua, lempengan CD berisi lagu dangdut, India, dan beberapa film berserakan ke bawah meja. Isi bufet tampak berantakan bak kapal pecah.

"Saat itu, ibu sempat bersih-bersih pascagempa yang berlangsung menitan. Saya dan keluarga sebelumnya keluar ke halaman semua," ujar Bonol (30) mengawali kisahnya, kepada Liputan6.com, Rabu, 9 Januari 2019, malam, di sebuah warung kopi, sudut kota Meulaboh, Aceh Barat.

Dia mengaku sempoyongan hingga terasa isi perut mau keluar sesaat setelah gempa berkekuatan 9,1 Skala Richter itu mengguncang Aceh. Ketika itu, dia berusaha menenangkan diri dengan bersandar ke beton teras rumah sambil menutupi mulutnya, menampakkan gelagat seseorang yang ingin muntah.

"Tidak, kami tidak langsung masuk ke rumah. Ada empat rumah di situ, di samping rumah juga ada lorong, ada rumah lagi. Di halaman yang menjadi halaman empat buah rumah berderetan, kami berkumpul. Kami bercerita dan bertanya-tanya soal kabar gedung roboh dan menimpa orang, tubuhnya terbelah dua di dekat gardu polantas," tutur Bonol.

Saat sedang bercakap-cakap di halaman rumah, ayah Bonol menceletuk soal cerita yang pernah disampaikan oleh neneknya, dulu sekali. "Kalau ada gempa seperti ini, kata orangtua, air laut naik ke daratan atau kami sebut smong," dia mengulang ucapannya yang saat itu tidak mengenal kosakata tsunami.

"Tentu saja kami tidak menganggap serius apa yang dikatakan ayah. Setelah gempa, masuk lagi ke dalam rumah, ayah memperbaiki becak, ibu merapikan dan membersihkan rumah, abang kembali ke dapur, masak mi, saya sendiri sedang bersiap mau ke luar. Namun, saat itu, saya tunggu orang yang pinjam sepeda saya pulang," sambungnya.

Pria lulusan ilmu politik itu menjelaskan serinci mungkin, soal tempat tinggalnya, yang tidak jauh dari pinggir pantai. Dengan memanjat beton lapangan sepak bola bisa langsung ke bibir pantai. Namun, sebelumnya, harus menyeberangi dua buah jalan besar.

Dulu, Bonol sering berlarian di jalan tersebut, sambil menghindari kendaraan untuk memungut bola yang terlempar ke luar lapangan, dengan masih mengenakan sepatu bola, yang mengeluarkan bunyi khas saat pool sepatu menyentuh lantai. Masa-masa itu, sangatlah menyenangkan, setidaknya bagi Bonol.

"Saat itu, ada desas-desus orang-orang berkumpul di pinggir pantai, karena ikan-ikan, katanya, berlompatan ke daratan. Bisa jadi, orang-orang menganggap fenomena yang tidak lazim itu sebagai berkah. Banyak yang kegirangan, memungut ikan untuk dibawa pulang," kata Bonol.

Sayangnya, kata dia, ikan-ikan itu tidak pernah berlompatan ke daratan, tetapi air laut surut sehingga membuat karang-karang di laut bermunculan. Orang-orang tidak tahu, di belakangnya, ada lumpur hitam bercampur belerang yang sedang menuju ke daratan dengan kecepatan penuh menerjang pesisir Aceh.

 

Sabung Nyawa Sang Tetangga

Ilustrasi tsunami (Unsplash.com)

"Aiiiiiiiiiiiiirr," ayahnya berteriak, tepat setelah Bonol mendengar bunyi persis saat sebuah tendem roller melindas aspal, dan mengeluarkan suara seperti guntur. Belakangan dia tahu, itu adalah bunyi air bah yang sedang menghantam apa pun yang ada di depannya.

Lumpur kecokelatan yang tingginya melewati pucuk pohon mangga di belakang rumah Bonol terlihat begitu jelas. Orang-orang berteriak histeris, ketakutan, sambil berlarian, sebagian menangis.

"Aku dan ibu, berlarian ke arah sebuah sekolah, lalu terus berlari dan berjalan, istirahat, diulang lagi. Ayah dan abang tidak tahu. Kami menyesak bertelanjang kaki di kerumunan. Aku dan ibu, mukjizat tidak kena air. Padahal awalnya, kami seperti kejar-kejaran dengan air. Aku melihat sendiri air laut cokelat di belakang rumah," tutur lelaki yang doyan bergelayutan dari warung kopi ke satu warung kopi ini.

Bonol dan ibunya sempat bertahan satu malam di rumah seorang pimpinan pesantren di Desa Leuhan. Sambil menyesakkan nasi putih tanpa lauk yang dia dan ibunya makan pada pagi itu, Bonol meneteskan air mata, mengingat pagi sebelum tragedi itu terjadi, semuanya baik-baik saja.

"Saat itu, sedihnya menyesakkan dada. Kau mau tahu. Kayak lagu Seventeen, yang judul 'Kemarin' itu, persis kali perasaan aku. Sakit kali, sumpah. Mau teriak rasanya. Kok kayak mimpi ya. Segitulah dunia. Tuhan bisa dengan sekali empas saja, langsung merengek kita," ucapnya.

Pada hari lain, belasan tahun kemudian, setelah tragedi gempa dan tsunami 26 Desember 2004 di Aceh terjadi, ayah Bonol menceritakan detik-detik seorang tetangga menyelamatkan nyawanya. Kala itu, ayahnya terjepit oleh sebuah pagar beton setelah digulung ombak.

Saat itu, ayahnya dapat merasakan ujung besi tajam dari kawat yang ada di pagar menusuk pahanya. Dia tidak bergerak sedikit pun, matanya mulai berkunang-kunang, dan mulutnya megap-megap.

Seorang lelaki yang dikenalinya sebagai tetangga melintas. Melihat ayah Bonol, lelaki yang sedang berusaha menyelamatkan diri di antara derasnya air itu kembali, lalu mengangkat pagar beton yang mengimpit ayah Bonol.

"Mukjizatnya, saat itu, ketika ayah saya tenggelam dan diimpit pagar, itu airnya tinggi seleher. Tapi, kok ya si tetangga itu, ukuran airnya seperti sepinggang saja. Seolah memang takdir. Padahal, air sangat deras, tapi dia mau selamatkan orang lain," Bonol mengulang kisah ayahnya yang selamat dari amuk tsunami.

 

Karena Nyanyian 'Emak'

Ilustrasi (iStock)

Hal yang paling disesalkan ayah Bonol karena tidak siap siaga setelah gempa. Jika saja dia menuruti nanga-nanga yang pernah dituturkan oleh nenek Bonol, bisa jadi, barang-barang berharga masih bisa diselamatkan.

"Tapi, saat itu ayah juga sudah curiga, ketika ada yang bilang, orang-orang memungut ikan di laut. Tapi, terlambat sadar. Sadar waktu air laut sudah menyapu daratan," kata Bonol.

Ketika itu, bala mengambil korban hingga ratusan ribu jiwa. Gelombang raksasa terjadi setelah gempa bumi di bawah laut, sekitar 100 kilometer sebelah barat pantai Sumatera, pukul 07.59 waktu setempat.

Gempa bumi berlangsung selama 10 menit. Menurut berbagai perhitungan, kekuatan gempa saat itu mencapai 9,1 sampai 9,3 pada skala Richter, dan merupakan gempa terbesar kedua dalam 100 tahun terakhir setelah gempa bumi di Chili berkekuatan 9,5 skala Richter yang terjadi pada 1960.

Aceh adalah salah satu wilayah terdampak paling parah. Korban jiwa saat itu mencapai 130.000 jiwa. Angka ini tidak termasuk jumlah korban di negara lain yang juga terdampak, seperti Sri Lanka, India, dan Thailand.

Namun, di balik itu semua, Pulau Simeulue adalah anomali. Pulau yang berada kurang lebih 150 kilometer dari lepas pantai barat Aceh ini, memiliki angka korban meninggal yang sangat sedikit dibanding wilayah lainnya.

Dari sekitar 78.000 penduduk di kepulauan itu, korban meninggal tidak sampai sepuluh orang. Para korban pun, disebut-sebut meninggal bukan karena tidak bisa menyelamatkan diri dari gulungan tsunami, akan tetapi faktor sakit dan tertimpa runtuhan gempa.

Minimnya jumlah korban jiwa dinilai tidak logis. Ini mengingat, Pulau Simeulue terletak hanya sekitar 60 kilometer dari episentrum gempa berkekuatan 9,1 Skala Richter tersebut.

Usut punya usut, masyarakat Simeulue terselamatkan oleh nyanyian yang sering disenandungkan oleh orangtua terdahulu. Masyarakat di Pulau Simeulue tidak mengenal istilah 'tsunami' tapi smong, yang sering disebut di dalam nanga-nanga.

Salah satu bunyi nanga-nanga tersebut, yakni:

Kilek, suluh-suluhmo, Lai' (bubuk) kedang-kedangmo, Linon uak-uakmu, Smong dumek-dumekmo.

Artinya, 'kilat sebagai suluh (penerang) mu. Petir jadi gendang-gendangmu. Gempa jadi ayunanmu. Tsunami jadi permandianmu'.

Cerita tutur smong ini menjadi kearifan lokal. Diteruskan dari generasi ke generasi, jauh, sebelum tragedi gempa dan tsunami di Aceh terjadi.

'Smong' terjadi pada 1907. Bencana tersebut terjadi pada Januari pukul 14.00 waktu setempat, berpusat di Salur, Mukim Bakudo Batu, Kecamatan Teupah Barat, Simeulue.

Karena itu, tak lama setelah gempa terjadi masyarakat di kepulauan Simeulue bergegas ke dataran tinggi. Mereka sudah memprediksikan akan terjadi gelombang raksasa yang dikenal sebagai smong.

Atas hal ini, United Nations International Strategy for Disaster Reduction (UNISDR) memberi penghargaan UN Sasakawa Award kepada orang-orang Simeulue pada 12 Oktober 2005. Penghargaan itu diberikan di Bangkok, Thailand.

Selain itu, kosakata smong ikut memperkaya Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi terakhir atau Edisi V. Dari 127.036 lema, terdapat 250 lema yang diserap dari bahasa Aceh, termasuk di dalamnya, kosakata smong.

"Tapi, yang paling disayangkan, itu hanya menjadi keping budaya, hanya budayawan yang tahu, mayoritas orangtua saat ini mana tahu smong, maksudku dengan aspek adatnya, tahunya ya, habis gempa hati-hati tsunami. Atau lihat apa info BMKG. Sonar alami tidak lagi," ujar pria yang lahir di pulau yang punya julukan 'Simeulue Ate Fulawan' atau Simeulue Berhati Emas.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ustaz Arifin Ilham Jalani Perawatan di Malaysia

Posted: 09 Jan 2019 09:31 PM PST

Fokus, Jakarta - Setelah dirawat selama beberapa hari, ustaz Arifin Ilham meninggalkan Rumah Sakit Ciptomangunkusumo (RSCM) Kencana untuk bertolak ke Penang, Malaysia, Kamis pagi tadi. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (10/1/2019), pimpinan yayasan Az Zikra meninggalkan RSCM dengan menggunakan kursi roda ke sebuah ambulans yang akan membawanya ke Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta.

Ustaz Arifin Ilham telah terbaring sakit di RSCM Kencana sejak 5 Januari lalu. Saat dirawat sejumlah tokoh datang membesuk. Bahkan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi datang membesuk Rabu pagi kemarin.

Jokowi sempat berbincang dan mendoakan ustaz Arifin yang tengah berjuang melawan penyakit kanker nasofaring dan getah bening stadium 4A.

Tokoh lainnya yang datang adalah Prabowo Subianto. Calon Presiden nomor 2 tersebut tiba di RSCM pada Rabu sore. Saat bertemu, Prabowo menyatakan kondisi ustaz Arifin Ilham telah membaik dan bisa diajak berkomunikasi. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Tiket Pesawat Domestik Naik Gila-gilaan, Warganet Petisi Menhub

Posted: 09 Jan 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penerapan tarif batas atas dan batas bawah terhadap harga tiket pesawat, makin lama makin dirasakan oleh masyarakat. Meski sebelumnya dikatakan oleh Kemenhub bahwa penetapan tarif oleh maskapai disesuaikan dengan kemampuan daya beli masyarakat dan tetap memperhatikan kelangsungan usaha, kenyataan di lapangan jauh berbeda.

Warga mengeluhkan kenaikan harga tiket domestik yang tinggi bahkan di low season sekalipun. Ambil contoh harga tiket ke Padang, Sumatera Barat. Salah satu warga, Pringadi Abdi menuturkan bahwa biasanya harga tiket ke Padang berkisar antara 700-800-an. Namun kini untuk Lion air saja, harga tiket ke Padang pada low season (bulan April) sekitar Rp 1 juta lebih.

"Ini tidak wajar. Ke Padang itu paling murah biasanya 680-an. Normal 700-an lah. Ini jadi 1,15 juta," ungkap Pringadi.

Warga lain bernama Harry Irfan mengeluhkan hal yang sama. Menurut dia, harga tiket yang harus ia bayar ke Makassar juga naik 50%, bahkan di low season.

"Amat susah sekarang mencari harga tiket ke Makassar yang di kisaran harga normal sesuai keputusan pemerintah. Intinya, rata-rata naiknya 50%, bukan 5%," ujar Harry.

Ini berbanding terbalik dengan harga tiket internasional yang lebih murah hingga setengahnya di low season sekali pun. Dengan banyaknya keluhan tersebut, warga memutuskan membuat petisi kepada Menteri Perhubungan untuk menurunkan harga tiket domestik.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Petisi di Change.org

Citilink tercatat sebagai maskapai Indonesia pertama yang menerapkan Electronic Flight Bag di Kokpit Pesawat.

Petisi di Change.org tersebut dibuat oleh seorang warga bernama Iskandar Zulkarnain, dan ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Direktur Utama Garuda Indonesia, CEO Garuda Indonesia, dan CEO Lion Air. Berikut deskripsi petisi tersebut:

"Semenjak kejadian jatuhnya Lion Air JT 610 yang membuat seluruh warga negara Indonesia berduka, harga tiket penerbangan domestik mengalami kenaikan sampai batas atas..

Penerbangan domestik yang biasanya pulang pergi bisa dibawah 1juta rupiah, kini rata2 diatas 1 juta bahkan bisa 2-4 juta pp perorang.. Harga tersebut terpantau stabil tinggi dari Januari hingga beberapa bulan kedepan...

Di negara kepulauan seperti Indonesia, tentu maskapai penerbangan berperan penting dalam perkembangan dan kemajuan negara.. Tetapi dengan kenaikan harga tiket pesawat tentunya hal ini sangat mencekik masyarakat Indonesia yang akan bepergian menggunakan pesawat..

Apalagi kebanyakan masyarakat Indonesia adalah perantau yang mencari kerja diluar kampung halaman, dengan harga tiket yang melambung tinggi akan sangat memberatkan..

Ditambah dengan gerakan promosi "Wonderful Indonesia" yang saat ini digalakkan Pemerintah Indonesia dalam menarik wisatawan baik domestik maupun manca negara. Naiknya tiket domestik sampai hampir ke batas atas tentu menjadi hambatan tersendiri bagi wisatawan untuk menjelajah Indonesia.. sebuah Ironi tersendiri..

Kenaikan tiket domestik yang tidak wajar ini bertolak belakang dengan maraknya promo tiket ke luar negri dari maskapai-maskapai luar, sehinggga masyarakat Indonesia lebih memilih berlibur ke Luar Negeri daripada ke dalam negeri..

Maka daripada itu mari kita ajukan petisi agar maskapai lebih memikirkan kemajuan pariwisata Indonesia dan kemampuan masyarakat Indonesia dalam membeli tiket pesawat. Turunkan harga tiket pesawat domestik agar bisa bersaing dengan tiket pesawat ke luar negeri..."

Hingga tulisan ini dibuat, petisi tersebut telah ditandatangani lebih dari 6.500 orang dengan target 7.500 tanda tangan. Berikut komentar warga yang menandatangani petisi tersebut.

Doc: IstimewaDoc: IstimewaDoc: Istimewa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ingin Petani Rugi, Jokowi Minta Harga Beras Jangan Terlalu Murah

Posted: 09 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memastikan stok beras di gudang Perum Bulog melimpah. Bahkan jumlahnya kini mencapai 2,1 juta ton atau lebih tinggi jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya kisaran 800 ribu ton.

Jokowi memperkirakan jumlah ini akan terus bertambah mengingat memasuki Ferbruari dan Maret akan terjadi panen raya. Hanya saja dia berpesan kepada Perum Bulog untuk tetap menjaga keseimbangan harga ini dari dua sisi, yaitu dari sisi konsumen dan sisi petani.

"Kalau kita mau harga turun secara drastis ya gampang sebenarnya, supply saja semuanya ke pasar, tapi kan ada harga petani, petani jadi rugi. Jadi keseimbangan harga produksi dan harga pasar harus dijaga oleh Bulog, tidak bisa terlalu murah karena petani akan menjerit," papar Jokowi di gudang Bulog, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Dari informasi yang dilaporkan kepadanya, harga beras dalam beberap minggu terakhir sudah menunjukkan tren penurunan. Ini dikarenakan upaya Bulog untuk melakukan operasi pasar demi menjaga garga beras tetap terjangkau seluruh masyarakat.

Apa yang disampaikannya, Jokowi berharap kepada seluruh pihak untuk tidak terlalu khawatir. Juga para spekulan, Jokowi berpesan untuk tidak memainkan harga. Karena dengan stok yag dimiliki ini, Bulog siap untuk operasi pasar.

"Karena biasanya kalau stok beras sedikit itu akan banyak spekulasi di pasar yg bermain-main dengan harga. Ini kita tunjukkan stok memang ada dan banyak," ujar dia.

Mendag Pastikan Harga Beras Stabil di 2019

Pekerja memanggul karung Beras milik Badan Urusan Logistik (Bulog) di Gudang Bulog kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (7/6). Bulog memiliki stok beras sebanyak 2,1 juta ton. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, yakin bahwa harga bahan pokok khususnya beras akan lebih stabil di 2019.

Menurut dia, saat ini ketersediaan beras cukup baik dalam bentuk stok yang disimpan Bulog, maupun pasokan beras tambahan dari panen yang akan terjadi. 

"Harga itu tergantung suplai dan demand. Sekarang stok di Bulog masih cukup dan sesuai apa yang disampaikan Kementerian Pertanian persediaan yang ada akan mulai panen, maka dari sisi suplai itu tersedia," kata dia, saat ditemui, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Selain itu, kata Enggartiasto sisi distribusi pun saat ini berjalan dengan lancar. Keberadaan fasilitas pendukung, seperti jalan tol terbukti mampu melancarkan arus distribusi bahan pokok termasuk beras.

"Dari kita Kementerian Perdagangan sisi distribusi saya ingin meyakinkan dengan akses tol darat di Jawa dan tol laut itu lebih mempermudah. Itu terbukti di akhir tahun ketersediaan dan pasokan barang di daerah itu sangat mudah dan itu menekan cost juga," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia Pekan ke-19: Juventus Masih Sempurna

Posted: 09 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Turin - Juventus masih belum tersentuh kekalahan hingga pekan ke-19 Liga Italia. Bianconeri memimpin klasemen dengan 35 poin.

Jumlah itu dihasilkan dari 17 kemenangan dan dua hasil imbang. Juventus juga tercatat sebagai tim terproduktif di Liga Italia dengan total 38 poin.

Bukan cuma itu, Juventus juga mengantarkan Cristiano Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak sementara dengan total 14 gol.

Ronaldo unggul satu gol dari striker Genoa, Krzystof Piatek dengan 13 gol. Di urutan ketiga ada nama Fabio Quaqliarella dengan 12 gol.

Juventus dan Ronaldo berpeluang besar menambah pundi-pundi poin dan gol mereka pada pekan ke-20. Pasalnya, mereka hanya akan menjamu Chievo yang untuk sementara ada di posisi juru kunci.

 

 

Kans Inter

Inter Milan. (AFP/Miguel Medina)

Sementara itu, Inter Milan saat ini berada di posisi ketiga dengan 39 poin. Namun pasukan Luciano Spalletti berpeluang merapatkan jarak dengan peringkat kedua, Napoli di pekan ke-20.

Syaratnya, Inter harus menang dari Sassuolo. Di saat bersamaan, Napoli kalah atau imbang melawan Lazio.

Di atas kertas, Lazio adalah lawan yang punya potensi merepotkan Napoli. Tim polesan Simone Inzaghi itu duduk di peringkat keempat dengan 32 poin.

Berikut Klasemen Sementara Liga Italia

Klasemen Liga Italia

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: