Senin, 21 Januari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


4 Cara Ganti Password Gmail yang Lupa, Mudah dan Bisa Kamu Coba Segera

Posted: 21 Jan 2019 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rasa-rasanya semua orang pasti memiliki alamat email di zaman sekarang, termasuk kamu tentunya. Hal ini tentu saja karena setiap kali ingin membuat akun pada sebuah aplikasi, kamu diharuskan untuk memasukkan alamat email sebagai konfirmasi akun tersebut. Namun apa jadinya jika alamat Gmail yang kamu miliki tersebut malah lupa passwordnya?

Bila kamu sampai lupa password Gmail, tentunya akan bikin kamu langsung uring-uringan. Tak mungkin juga kamu untuk membuat alamat Gmail baru karena banyak data-data tersimpan di email lama dan juga orang sudah tahu alamat emailmu itu. Tenang saja, karena saat ini telah banyak panduan mengenai cara ganti password Gmail yang lupa. Panduan tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah. Jadi kamu tak perlu untuk membuat alamat Gmail baru, karena email sebelumnya bisa kamu dapatkan kembali.

Ada beberapa cara ganti password Gmail apabila kamu lupa. Dan untuk mengganti password Gmail tersebut, pihak Google pun telah mengantisipasinya untuk memulihkan akun milikmu. Yaitu dengan cara menjawab pertanyaan keamanan, menggunakan alamat email untuk pemulihan dan juga dengan nomor handphone untuk pemulihan.

Di bawah ini merupakan langkah-langkah cara ganti password Gmail yang lupa pada akunmu, dan telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (22/1/2019).

Akses laman Google

Sering mendapat respon yang lama saat mengirim email? Simak di sini satu cara agar email Anda direspon dengan cepat.

Cara ganti password Gmail yang pertama ialah dengan masuk pada laman browser accounts.google.com. Kemudian apabila kamu lupa dengan password, maka bisa memilih tulisan lupa password yang berada di bawah kolom password.

Setelah itu kamu harus memasukan alamat Gmail yang biasa kamu gunakan ke akun Google kamu. Kemudian klik tombol berikutnya dan masukkan kembali password lama yang pernah digunakan. Password lama yang digunakan ialah apabila kamu pernah mengganti password Gmail sebelum lupa password terbaru.

Untuk selanjutnya kamu ikuti proses yang diberikan oleh Google sampai selesai. Mengikuti semua prosedur dilakukan untuk memverifikasi juga, bahwa kamu memang benar pemilik akun tersebut. Oleh karena itu kamu tetap harus mengisi yang benar dan jangan asal mengisi saja. Langkah ini pun dilakukan untuk mempermudahmu pada proses selanjutnya.

Setelah selesai namun tetap tidak berhasil, masuk pada akun Gmail yang kamu miliki. Kamu akan diberikan beberapa pertanyaan serta pemulihan alamat email, dan juga nomor handphone pemulihan.

Alamat email pemulihan

Ilustrasi Email (tsl.texas.gov)

Pada saat akan melakukan pemulihan akun Gmail, kamu memiliki pilihan dengan pemulihan akun menggunakan alamat email lainnya. Tentu pilihan ini bisa dipilih dengan syarat kamu memiliki alamat Gmail lain sebagai pemulih akun. Setelah memilih untuk pemulihan akun email, kamu diminta untuk mengetik ulang alamat email pada akun pemulihanmu.

Tentu saja pihak Google akan membantu dalam mengetik kembali alamat akun dengan memberikan clue alamat email. Setelah kamu menuliskan alamat email untuk pemulihan akun, maka pihak Google akan mengirim kode recovery ke alamat email kamu.

Selanjutnya, kamu haruslah membuka inbox atau kotak masuk email di akun pemulihanmu. Kemudian bukalah pesan dari pihak Google mengenai kode verifikasi dan catat kode tersebut. Setelah itu kamu kembali lagi pada halaman pemulihan akun sebelumnya dan masukan kode verifikasi pada halaman recovery akun. Selanjutnya kamu akan diminta untuk menuliskan password Gmail yang baru dan mengonfirmasi password tersebut. Jangan lupa untuk membuat password Gmail yang mudah untuk diingat agar tidak lupa dengan password kembali.

Nomor handphone pemulihan

Aplikasi Gmail. (Doc: BGR)

Selain menggunakan pemulihan akun email, cara ganti password Gmail karena lupa bisa kamu lakukan dengan menggunakan nomor handphone. Sama seperti langkah sebelumnya yaitu kamu harus masuk terlebih dahulu pada halaman recovery akun terlebih dahulu dan memilih pilihan untuk menggunakan nomor handphonemu. Setelah itu masukan nomor handphone yang pernah kamu cantumkan pada akun Gmail milikmu, dan pastikan nomor tersebut masih aktif. Setelah menuliskan nomor handphone lalu klik pilihan 'kirim' atau 'send'.

Kemudian kamu bisa mengecek handphonemu, karena Google akan mengirimkan kode verifikasi menggunakan layanan SMS. Jika kode tersebut belum sampai pada handphonemu, kamu bisa meminta untuk mengirimkan kode kembali dengan cara klik kirim kode.

Masukan kode verifikasi yang kamu peroleh. Dan pastikan kode yang kamu masukan ialah kode terakhir yang masuk lewat SMS Google. Kode yang dikirimkan biasanya menggunakan 6 digit nomor dengan huruf G- di depan. Akan tetapi kamu tak perlu menulis huruf G- tersebut, karena huruf G- sudah secara otomatis ada.

Setelah kamu memasukan kode yang diminta kemudian klik 'next' atau 'berikutnya'. Di halaman selanjutnya kamu akan menjumpai laman yang meminta kamu untuk menuliskan password baru dan konfirmasi password. Kemudian kamu bisa menggunakan alamat Gmail kamu kembali.

Menjawab pertanyaan keamanan

Ilustrasi Gmail. Foto: mashable.com

Selain kedua cara di atas, kamu juga bisa menjawab pernyataan keamanan yang terkait saat pembuatan alamat Gmail dahulu. Tentu saja cara ini sebagai alternatif kamu saat lupa dengan password Gmail. Seperti sebelumnya kamu juga harus masuk terlebih dahulu pada halaman Google recovery.

Kemudian masukan alamat Gmail yang biasa kamu gunakan. Setelah itu akan muncul halaman untuk menuliskan password lama. Akan tetapi kamu hanya perlu skip pada bagian tersebut dan klik pilihan 'coba pertanyaan lain'. Kemuadian kamu bisa skip langkah-langkah yang ada hingga kamu sampai pada halaman yang menyuruhmu untuk menjawab pertanyaan keamanan. Pertanyaan keamanan ini pun masih terkait dengan pertanyaan yang pernah kamu jawab saat membuat sebuah akun Gmail.

Selanjutnya kamu diharuskan untuk memasukkan bulan dan juga tahun saat kamu membuat Gmail tersebut dan klik 'berikutnya' atau 'next'. Setelah memasukkan bulan dan tahun, pada halaman selanjutnya kamu diminta untuk menuliskan password baru. Dan setelah itu kamu bisa menggunakan akun Gmail kembali denggan password baru yang telah kamu buat.

 

 

Reporter: Novita Ayuningtyas

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Pensiun dari Menkeu, Sri Mulyani Ingin Jadi Selebgram

Posted: 21 Jan 2019 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, jika nanti sudah tidak lagi menjadi menteri maka dirinya ingin menjadi selebgram. Selebgram sendiri merupakan orang yang terkenal di dunia maya dan sering diminta untuk mempromosikan produk tertentu.

Sri Mulyani mengungkapkan, saat berbelanja di mal, dirinya kerap disapa dan diajak berswafoto dengan masyarakat. Tak jarang, apa yang dibelinya pun diikuti oleh masyarakat tersebut.‎

"Kalau lagi ke mal, terus saya beli baju, suka ada yang minta foto. Terus mereka bilang ibu saya beli itu juga ya, kita samaan," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Selain itu, saat berkunjung ke daerah, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga sering memajang foto di Instagram. Foto tersebut tidak jarang juga mendapatkan banyak respons positif dari masyarakat.‎‎

"Waktu saya ke Labuan Bajo atau Raja Ampat, saya upload ke instagram itu 1 juta yang nge-like. Terus ada yang bilang Ibu Menteri ke sini dong. Jadi saya senang pergi buat promosikan," kata dia.

Oleh sebab itu, sambil bergurau, jika nantinya sudah tidak lagi menjadi menteri, Sri Mulyani ingin menjadi selegram. Sebab bisa mempromosikan produk-produk Indonesia.

"(Kalau tidak jadi menteri) Mau jadi selebgram. Nanti di-endorse," tandas Sri Mulyani.

Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan Terbaik di Dunia

Sri Mulyani di acara IMF-WBG Annual Meetings 2018. (dok. Instagram @smindrawati/https://www.instagram.com/p/BovCtHLHBrm/?utm_source=ig_web_copy_link/Asnida Riani)

Majalah keuangan The Banker memberikan penghargaan untuk kategori menteri keuangan terbaik atau finance minister of the year pada 2019. Para menteri keuangan tersebut dinilai mampu mendorong dan menstabilkan perekonomian.

Indonesia pun seharusnya patut berbangga. Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani masuk dalam daftar menteri keuangan terbaik yang mampu merangsang pertumbuhan dan menstabilkan ekonomi. Bahkan, Sri Mulyani masuk dalam kategori menteri keuangan terbaik di Asia Pasifik dan global.

Seperti mengutip laman the Banker, ditulis Kamis (3/1/2019), Indonesia mengalami sejumlah bencana alam pada 2018. Di tengah kejadian tersebut, ekonomi Indonesia mampu bertahan di bawah arahan Menteri Keuangan Sri Mulyani. 

Sebelumnya gempa bumi melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Agustus 2018. Gempa tersebut berdampak besar. Ini dengan jumlah korban jiwa yang meninggal sekitar 563 jiwa, 1.300 orang terluka, dan 350 ribu orang kehilangan tempat tinggal karena kerusakan rumah. Gempa itu juga sebabkan kerusakan infrastruktur besar-besaran yang mencapai Rp 5 triliun.

Merespons hal tersebut, Sri Mulyani mulai melakukan sejumlah langkah dengan pembiayaan risiko bencana baru dan asuransi. Diumumkan pada Oktober 2018, langkah tersebut akan diberlakukan untuk gedung-gedung publik mulai 2019. Selain itu, pemerintah juga berupaya untuk melindungi masyarakat dan membantu mempercepat proses pemulihan.

Majalah keuangan di bawah Financiel Times itu, menilai di bawah sistem sebelumnya, Indonesia mengandalkan dana darurat sekitar Rp 3,1 triliun setiap tahun yang disisihkan dari anggaran untuk menutupi perbaikan setelah bencana alam.

Kementerian Keuangan sendiri mengalami tragedi ketika pegawai Kementerian Keuangan terbunuh dalam penerbangan dari Jakarta menuju Pangkal Pinang pada Oktober 2018. Sri Mulyani bertemu dengan anggota keluarga penumpang dan berjanji kementerian akan memantau misi pencarian dan identifikasi para korban untuk membantu yang berduka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dijual Rp 65 Jutaan, Mobil Pedesaan Mulai Diproduksi Tahun Ini

Posted: 21 Jan 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mobil pedesaan atau yang disebut alat mekanisme multiguna pedesaan (AMMDes) hasil gagasan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI dipastikan bakal diproduksi tahun ini. Bahkan, hal tersebut dipastikan langsung oleh Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto.

"Saat ini, AMMDes siap diproduksi sebanyak 3 ribu unit, dan kami akan tingkatkan menjadi 9 ribu sampai 15 ribu unit per tahun. Produksi secara massal akan dimulai pada 2019," ujar Airlangga dalam siaran persnya, Selasa (22/1/2019).

Sementara untuk harganya, Airlangga memproyeksi, AMMDes akan dibanderol sekitar Rp65-70 juta di luar aksesorisnya.

"Jadi, aksesorisnya tergantung kebutuhan mereka. Misalnya, mau pakai pompa, berarti tambah Rp3 juta atau menggunakan rice milling tambah Rp7 juta," tambahnya.

Untuk mobil pedesaan multiguna ini, akan didorong menggunakan bahan bakar jenis EURO2 atau Biodiesel 20. Mobil desa ini memiliki sistem penggerak tunggal, dengan kecepatan maksimal 40 km per jam, kapasitas silinder tidak melebihi dari 700cc atau setara dengan 14-15 PK, dengan daya angkut beban mencapai 700 kg.

Sementara itu, Menperin menambahkan, PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (PT KMWI) selaku produsen AMMDes, telah membangun komitmen kerja sama dengan lebih dari 70 industri komponen dalam negeri untuk menjadi pemasok komponen mobil 'Pak Tani' tersebut.

"Para pemasok komponen itu sebagian besar adalah industri kecil dan menengah (IKM). Saat ini, IKM yang terlibat telah mampu memproduksi 184 jenis komponen atau setara 70 persen dari nilai harga AMMDes," tegasnya.

Selanjutnya

Sedangkan menurut Presiden Direktur Astra Otoparts, Hamdhani Dzulkarnaen, permintaan AMMDes sejauh ini cukup antusias.

Dirinya optimistis, pihaknya dapat memenuhi kebutuhan dan spesifikasi yang diinginkan oleh para pembeli tersebut.

"AMMDes ini akan diproduksi dari pabrik di Citeureup dan Klaten," pungkasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ancaman Sanksi Tegas untuk Wabup Trenggalek yang Mangkir dari Tugas Negara

Posted: 21 Jan 2019 10:02 PM PST

Surabaya - Wakil Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin membuat heboh lantaran tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas. Hal ini tentu menjadi polemik bagi publik, terutama mengenai sanksi yang akan didapat pejabat publik yang mangkir dari tugas negara ini.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Provinsi Jatim, Anom Surahno mengatakan, baru pertama kali ini ada laporan seorang Wakil Kepala Daerah meninggalkan tugas tanpa izin. Pemerintah Provinsi diperintahkan undang-undang untuk melayangkan teguran tertulis bagi Wakil Bupati Trenggalek itu.

Anom mengatakan, sesuai Undang-Undang Republik Indonesia No 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah Pasal 77 ayat 3, Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah yang meninggalkan tugas selama 7 hari berturut-turut atau tidak berturut-turut dalam satu bulan tanpa izin, seperti dalam kasus Wakil Bupati Trenggalek ini, maka bisa mendapatkan teguran tertulis dari Mendagri melalui Gubernur Jatim.

Lalu, pada pasal yang sama di ayat 4, apabila teguran tertulis itu disampaikan dua kali berturut-turut dan tetap tidak dilaksanakan, oleh Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah tersebut, maka diwajibkan mengikuti program pembinaan khusus pendalaman bidang pemerintahan di Kemendagri.

"Kalau teguran dua kali berturut-turut tidak diindahkan maka disekolahkan lagi ke Kementerian Dalam Negeri," ujar Anom, seperti dikutip laman suarasurabaya.net, Senin (21/1/2019).

 

Baca berita menarik lainnya dari Suarasurabaya.net.

 

Ancaman Pemecatan

Wabup Trenggalek Terpilih Muhamad Nur Arifin ternyata sempat di DO dari kampusnya.

Kemudian, kata Anom, dalam Pasal 78 di Undang-Undang 23 tahun 2014, pada ayat 2 huruf b, Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah bisa diberhentikan apabila tidak melaksanakan tugas secara berkelanjutan atau berhalangan tetap secara berturut-turut selama 6 bulan.

"Setelah nanti dibina harapannya bisa kembali bisa melaksanakan tugas dengan baik, tapi kalau masih melanggar dikenai sanksi yang lebih berat hingga pemberhentian," katanya.

Sekadar diketahui, Soekarwo Gubernur Jawa Timur telah mengirimkan surat teguran kepada Muhammad Nur Arifin Wakil Bupati (Wabup) Trenggalek yang dilaporkan telah meninggalkan pekerjaannya selama 10 hari tanpa ada penjelasan.

Gubernur Jatim yang akrab disapa Pakde Karwo mengatakan, dia segera membalas surat laporan yang datangnya dari Emil Elestianto Dardak Bupati Trenggalek tentang absennya Wabup Nur Arifin sejak 9 Januari lalu.

Pakde Karwo membalas surat itu untuk meminta agar Bupati Emil melaporkan secara rinci tentang absennya Wabup Nur Arifin. Hal ini, kata Pakde, akan menjadi bahan laporan ke Menteri Dalam Negeri.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Venezuela Klaim Gagalkan Pemberontakan Militer terhadap Nicolas Maduro

Posted: 21 Jan 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Caracas - Venezuela menghadapi lebih banyak kekacauan pada Senin 21 Januari 2019 waktu setempat, ketika sekelompok kecil tentara, yang mengaku sebagai anggota angkatan bersenjata negara itu, berusaha melakukan pemberontakan terhadap pemerintahan Nicolas Maduro.

Upaya pemberontakan itu memicu protes keras di jalanan ibu kota Caracas, demikian sebagaimana dikutip dari CNN pada Selasa (22/1/2019).

Seorang pria yang mengidentifikasi dirinya sebagai Sersan Wandres Figueroa, memimpin sekelompok kecil pria berseragam ke markas satuan keamanan khusus Venezuela sekitar pukul 02.50 waktu setempat.

Rencana serangan itu direkam via kamera ponsel, dan disebarluaskan melalui media sosial. Dalam video tersebut, Figueroa menyerukan warga Venezuela untuk ikut turun ke jalan.

Kelompok kecil demonstran muncul di jalan-jalan sempit di Distrik Cotiza, yang telah dipukul mundur oleh tembakan gas air mata dari pasukan keamanan.

Menteri Pertahanan Venezuela, Vladimir Padrino, mengatakan bahwa kelompok kecil tersebut telah ditahan.

"Angkatan Bersenjata Nasional Bolivarian --nama resmi militer Venezuela-- dengan tegas mengecam serangan tersebut, yang bertentangan dengan hukum unsur disiplin, kehormatan dan tradisi lembaga kami," kata pernyataan Padrino.

Padrino mengatakan kelompok itu mencuri dua kendaraan militer dan menculik empat orang, di mana dia berjanji akan menindak dengan tegas setiap individu yang terlibat.

Insiden itu terjadi hanya beberapa hari sebelum seruan aksi protes oleh Majelis Nasional yang dikontrol oposisi. Mereka mengatakan tidak mengakui masa jabatan kedua Maduro sebagai presiden, dan menyerukan agar pemimpin itu mundur untuk memberikan jalan bagi pemilu baru.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Gonjang-Ganjing Dalam Negeri

Ribuan orang berkumupul saat menggelar aksi menentang Presiden Nicolas Maduro di Caracas, Venezuela (24/4). Pihak oposisi menyalahkan Nicolas Maduro atas krisis ekonomi di negara tersebut.(AFP/Federico Parra)

Mahkamah Agung Venezuela, yang sebagian besar diisi oleh loyalis Maduro, mengeluarkan putusan di Caracas pada hari Senin, yang menyatakan bahwa Majelis Nasional tidak sah, dan setiap perjanjian oleh pimpinan badan legislatif setelah 5 Januari akan dibatalkan.

Hakim Juan Jose Mendoza, salah satu pemimpin Kamar Konstitusi Mahkamah Agung, mengatakan, "Dalam keadaan apa pun (Badan Legislatif) tidak dapat mengambil tindakan dari kantor eksekutif."

Pada 15 Januari, Majelis Nasional menuduh pemerintah Maduro "merebut kekuasaan" dan mulai menyusun undang-undang amnesti, di mana akan melindungi anggota angkatan bersenjata yang membelot dari pemberontakan melawan pemerintah.

Presiden Majelis Nasional Juan Guaido mengetwit bahwa peristiwa hari Senin adalah refleksi "dari perasaan umum Angkatan Bersenjata."

"Majelis Nasional berkomitmen untuk mengedepankan semua jaminan bagi para anggota Angkatan Bersenjata, yang secara aktif membantu memulihkan Konstitusi," twit Guaido.

Sedikit kilas balik, Nicolas Maduro telah melanjutkan program-program kesejahteraan sosial yang besar dan kebijakan pengendalian harga wairsan Hugo Chavez, yang mengarahkan negara itu menuju sosialisme.

Melalui hampir satu dekade salah urus, Venezuela menyia-nyiakan kekayaan minyaknya yang besar. Hal itu menyebabkan ekonominya terseok-seok, sehingga terkucilkan di wilayah Amerika Latin.

Bahkan, kini, banyak warganya melakuka eksous massal ke negara-negara tetangga, untuk mencari sumber penghidupan yang lebih layak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Boyong Kevin-Prince Boateng, Ini 4 Keuntungan Barcelona

Posted: 21 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona resmi meminjam Kevin-Prince Boateng dari klub Italia, Sassuolo. Pemain asal Ghana berusia 31 tahun itu didatangkan dengan status pinjaman hingga akhir musim.

Meski hanya meminjam Barcelona tetap membayar Sassuolo senilai 2 juta euro atau sekitar Rp 32 miliar. Jika ingin mempermanenkan kontrak Kevin-Prince Boateng di akhir musim nanti, Barcelona harus membayar biaya tambahan 8 juta euro.

[bacajuga:Baca Juga](3876585 3874337 3421610)

Keputusan ini memang mengejutkan. Karena sebelumnya tidak ada gembar-gembor El Barca mengincar saudara diri pemain Bayern Munchen, Jerome Boateng itu.

Namun, Barcelona membutuhkan Kevin-Prince Boateng sebagai pelapis Lionel Messi dan Luis Suarez di lini depan mereka. Sebab, Moussa Dembele tengah cedera, sedangkan Munir dipinjamkan. Sementara Malcolm tak bisa diharapkan kinerjanya.

Berikut keuntungan dan kerugian Barcelona mendatangkan Kevin-Prince Boateng.

1. Murah

Penyerang Sassuolo, Kevin-Prince Boateng (kanan) (AFP/Marco Bertorello)

Kevin-Prince Boateng didatangkan untuk melapis lini depan Barcelona. Pasalnya, mereka hanya memiliki Lionel Messi dan Luis Suarez yang fit.

Sebab, Moussa Dembele tengah cedera, sedangkan Munir dipinjamkan. Sementara Malcolm tak bisa diharapkan kinerjanya.

Ketajaman Kevin-Prince Boateng memang tak terlalu mengesankan. Sepanjang karier, dia hanya mencetak 61 gol dari 398 penampilan.Namun, Barcelona mendapatkan Kevin-Prince Boateng dengan harga murah, sangat murah bahkan, hanya 2 juta euro.

2. Serbabisa dan Gigih

Kevin Prince Boateng  (AFP/Patrik Stollarz)

Kevin-Prince Boateng adalah sosok pemain yang serbabisa. Dia bisa bermain sebagai penyerang atau gelandang.Dia juga sosok yang gigih dan tak kenal menyerah di lapangan.

Sangat keras kepala saat berhadapan dengan lawan, satu lawan satu.Tampaknya, dia akan jadi pelapis yang sepadan untuk Luis Suarez, karena memiliki karakter nyaris sama.

 

3. Punya Pengalaman Di La Liga

Duel pemain FC Barcelona, Javier Mascherano (kiri) dan pemain Las Palmas,  Kevin- Prince Boateng pada laga La Liga di Camp Nou, Barcelona (14/1/2017). Barcelona menang 5-0. (AP/Manu Fernandez)

Jam terbang Kevin-Prince Boateng di lapangan hijau termasuk tinggi. Selain di Serie A Italia, dia juga pernah merumput di Bundesliga Jerman dan Liga Inggris.

Dan, yang paling penting, dia juga pernah mencicipi La Liga Spanyol. Pada musim 2016/17, dia pernah membela Las Palmas di kasta tertinggi sepak bola Spanyol itu.

Jadi, Barcelona tak perlu khawatir Kevin-Prince Boateng akan sulit beradaptasi dengan Liga Spanyol.

4. Barcelona Tak Butuh untuk Waktu yang Lama

Kevin-Prince Boateng (fcbarcelona.com)

Kabar baik lainnya bagi Barcelona, mereka tak butuh jasa Kevin-Prince Boateng untuk waktu yang lama. Artinya, jika dianggap performanya tak meyakinkan, Barcelona tak perlu memperpanjang kontraknya.

Namun, dengan opsi pembelian yang diberikan Sassuolo, Barcelona bisa saja membelinya jika dianggap memuaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Zodiak yang Diklaim Bermuka Dua, Kamu Termasuk?

Posted: 21 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada orang yang menyukai sifat munafik atau bermuka dua. Tentunya kalian akan menghindari seseorang dengan sifat seperti itu, bukan? Kalian tentunya akan merasa kecewa ketika mengetahui orang terdekat atau bahkan teman kalian sendiri membicarakan keburukan kalian di belakang.

Maka dari itu, ada baiknya kalian waspada dengan orang yang memiliki sifat seperti itu ya. Dikutip dari Yourtango, setidaknya ada empat zodiak yang dikatakan bermuka dua.

Leo

Leo dikatakan sebagai salah satu zodiak yang bermuka dua. Di hadapan seorang teman, Leo bisa sangat ramah dan menyenangkan. Namun di belakangnya, mereka bisa membicarakan banyak hal tentang seorang teman tersebut. Tak hanya itu, beberapa orang dengan zodiak Leo juga kerap membuat drama di kehidupan mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Gemini

Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Mungkin banyak dari kalian yang tahu bahwa orang dengan zodiak Gemini gemar berbicara. Mereka gemar berbicara tentang banyak hal termasuk tentang sahabat mereka sendiri. Bagi mereka membicarakan kehidupan orang lain merupakan hal yang menarik. Memang terkadang mereka tak berniat jahat, namun kerap kali membuat orang sakit hati karena sifat nyinyirnya.

Libra

Di satu sisi Libra merupakan pendengar dan teman curhat yang sangat menyenangkan. Namun di sisi lain Libra sering kali kesulitan menjaga rahasia. Sama seperti Gemini, Libra juga termasuk orang yang gemar berbicara sehingga tak jarang membuka rahasia orang lain bahkan temannya sendiri.

Aquarius

Meski dari luar terlihat cuek, nyatanya Aquarius adalah pribadi yang gemar bergosip. Mereka tak jarang membicarakan kejelekan dan rahasia orang lain. Orang dengan zodiak ini juga bisa dengan mudah mendapat gosip tentang orang yang tidak ia sukai.

Reporter:

Mimi Rohmitriasih

Sumber: Fimela.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap-Siap, Piala Presiden Esports 2019 Bakal Digelar

Posted: 21 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tren esports tak dimungkiri terus berkembang pesat di Indonesia. Melihat hal tersebut, tidak aneh jika banyak kompetisi resmi esports yang digelar di Tanah Air.

Terbaru, kompetisi esports yang menyedot perhatian publik adalah Piala Presiden Esports 2019. Informasi ini diketahui dari akun resmi Instagram dengan nama @pialapresiden.esport.

Merunut informasi yang ditampilkan tersebut, ajang ini digelar oleh Indonesia Esports Premiere League (IESPL). Sayang, tidak banyak informasi yang diungkap dari akun Instagram tersebut.

Keterangan dari akun itu hanya menyebut, gelaran ini berlangsung dalam waktu dekat di 2019. Saat dihubungi Tekno Liputan6.com, Selasa (22/1/2019), terkait gelaran ini, Presiden IESPL Giring Ganesha sendiri tidak banyak berkomentar.

"Saya masih belum bisa bilang apa-apa mengenai Piala Presiden Esport 2019. (Tunggu) Tanggal 28," tuturnya saat dihubungi melalui pesan singkat. Adapun 28 Januari 2019 merupakan waktu konferensi pers mengenai kompetisi ini.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang menantikan informasi lebih lanjut mengenai gelaran Piala Presiden Esports 2019 dapat menunggu pengumuman lebih lanjut dari IESPL yang akan diungkap minggu depan. 

SEA Games 2019 Resmi Pertandingkan Cabang Olahraga Esports

Suasana pertandingan eSports. (Doc: ESL)

Sebelumnya, esports dipastikan bakal menjadi salah satu cabor (cabang olahraga) yang dipertandingkan pada SEA Games 2019 di Filipina.

Dalam laporan terkini, esports masuk ke dalam Kategori 3 dari daftar acara olahraga untuk SEA Games yang diusulkan oleh Komite Penyelenggara SEA Games Filipina atau PHISGOC.

Esport bergabung dengan cabang olahraga lainnya, seperti arnis, floorball, jiu-jitsu, kickboxing, kurash, lawn bowling/petanque, netball, obstacle course, sambo/vovinam, underwater hockey, wakeboarding.

Seperti kabar sebelumnya, SEA Games tahun depan bakal mempertandingkan enam judul gim.

"Info terakhir akan ada 6 judul gim, yang terdiri dari PC, mobile, dan konsol," ungkap Ketua IeSPA, Eddy Lim, kepada Tekno Liputan6.com saat dihubungi, Selasa (27/11/2018).

Resmi, Esports SEA Games 2019 Pertandingkan 6 Judul Gim Ini

Babak final JD.ID HSL 2018 dimulai. (Doc: HSL)

Adapun judul gim yang bakal dipertandingkan di SEA Games 2019 tersebut, antara lain NBA2K19 dan Tekken (konsol), Dota 2 dan StarCraft II (PC), dan terakhir Mobile Legends dan Arena of Valor (mobile).

Walau belum dirilis resmi oleh pihak panitia SEA Games 2019 Filipina, Eddy Lim, selaku ketua IeSPA mengonfirmasi kabar keenam judul gim tersebut benar.

"Iya, keenam judul gim tersebut 1000 persen confirm. Jadi kalau ada info berbeda di media luar, itu salah," tulis Eddy Lim di aplikasi olah pesan kepada Tekno Liputan6.com, Kamis (201/12/2018).

Jika diperhatikan, gim League of Legends (LoL), FIFA, Heartstone, dan Clash Royal yang sebelumnya dikabarkan bakal muncul di SEA Games 2019 tidak masuk ke dalam daftar.

Saat ditanyakan, Eddy Lim masih sungkan berkomentar.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raffi Ahmad: Saya Mau Insaf...

Posted: 21 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Raffi Ahmad mulai mendalami ilmu agama. Suami Nagita Slavina ini telah mengikuti kajian bersama beberapa sahabatnya seperti Teuku Wisnu, Irwansyah, dan Dude Harlino.

Pada Minggu (20/1/2019) Raffi Ahmad pun mengundang teman-teman artisnya untuk kajian di kediamannya. Kepada seorang ustaz dan para sahabatnya itu, Raffi Ahmad mengungkap bahwa ia tengah merasakan kekosongan hati.

"Ada saksi tadi ya, Mas Irwansyah, Mas Wisnu juga tadi bilang katanya hatinya lagi hampa," kata Ustaz Abu Fida dalam video saat mengisi kajian di kediaman Raffi Ahmad, Minggu (20/1/2019).

Di hadapan teman-teman kajiannya, Raffi Ahmad mengungkap bahwa ia memang ingin mengubah jalan hidupnya ke arah yang lebih baik. Niat baik ini tentunya disambut gembira oleh para sahabat.

"Insyaallah saya mau insaf," ujar Raffi Ahmad. "Allahuakbar," teriak teman-temannya.

Gelisah

Raffi Ahmad (Adrian Putra/Fimela.com)

Langkah Raffi Ahmad juga membuat sahabat lamanya, Adrian Maulana gembira. Ia berharap agar ayah satu anak ini bisa istikamah melangkah di jalan yang baik dan berhijrah.

"Selamat ya sahabatku @raffinagita1717. Ngga semua lho bs dpt hidayah Allah spt ini. Digetarkan hatinya perlahan-lahan, terkadang dibuat gelisah, resah...yang sebenarnya memendam rindu yang mendalam akan Sang Khalik," tulis Adrian Maulana di unggahan terbaru Instagramnya, Senin (21/1/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Menjajal Skatepark di Kolong Jembatan Slipi

Posted: 21 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang suka bermain skateboard? Sekarang ada sebuah skatepark di kolong jembatan Slipi, Jakarta. Kita coba yuk!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Langkah agar Kepala Bayi Tak Peyang

Posted: 21 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal yang terkadang menjadi kekhawatiran para ibu adalah mendapati kepala bayinya tak simetris atau peyang. Karena bentuk kepala bayi memang bisa dipengaruhi oleh kebiasaannya sejak dini, seperti posisi tidur. Bagaimana cara mencegah atau mengatasinya? Simak pengalaman Mommy Arlina Yunita dari Babyologist.

Halo Moms, apakah Anda pernah mendengar istilah kepala peyang pada bayi? Saat bayi masih berada di usia dini, pastilah Moms sering khawatir jika kepalanya tidak simetris atau peyang.

Istilah kepala peyang sendiri dibagi menjadi 2 yaitu:

Plagiocephaly (satu sisi datar, terkesan asimetris)

Brachycephaly (kepala bagian belakang rata terkesan melebar, dahi terlihat menonjol)

Cara untuk mencegah dan mengatasinya:

1. Ubah posisi tidur bayi, usahakan agar bayi tidur telentang dengan posisi kepala miring ke kiri atau kanan secara bergantian.

2. Ubah posisi tempat tidur, bayi cenderung lebih tertarik ke cahaya seperti jendela, jadi jangan sampai karena ia terus melihat ke bagian terang pada ruangan, malah ia terus menghadap hanya ke satu sisi.

3. Variasikan cara menggendong dan menyusui, bisa dengan posisi tegak, didekap, atau miring secara bergantian.

4. Menggunakan cranial orthosis atau helm/ikat kepala khusus yang digunakan pada saat bayi masih berusia antara 5/6 bulan di mana tulang tengkorak bayi masih lunak dan mudah dibentuk.

5. Lakukan lebih banyak tummy time saat bayi bermain tengkurap, dan ajaklah ia bermain. Lakukan hal ini selama 15 menit sehari. Kegiatan ini juga dapat membantu melatih otot leher

6. Menggunakan bantal khusus anti peyang. Posisikan Bayi dengan menggunakan bantal anti peyang supaya aman. Bantal ini punya tujuan untuk memperkecil kemungkinan kepala berbentuk peyang. Hal ini dapat dicegah dengan penggunaan yang tepat.

Jika belum ada perubahan, maka segeralah konsultasikan pada dokter Anda.

Semoga bermanfaat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 5,0 Kembali Goyang NTT

Posted: 21 Jan 2019 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gempa kembali mengguncang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) hari ini, Selasa (22/1/2019). Gempa magnitudo 5,0 terjadi di Sumba Barat Barat Daya, pada pukul 12.35 WIB.

"Lokasi gempa berada pada 9,89 LS, 119,10 BT dan berada pada kedalaman 10 kilometer," info BMKG lewat laman resminya.

Semantara itu, pusat gempa berada di 39 kilometer Barat Daya Sumba Barat, NTT.

Sama seperti gempa sebelumnya, gempa juga tidak berpotensi tsunami. BMKG juga belum menenginformasikan apakah ada korban atau kerugian akibat gempa tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelas Disegel, Ratusan Siswadi Padang Pariaman Belajar di Teras Sekolah

Posted: 21 Jan 2019 09:55 PM PST

Fokus, Padang - Aktivitas belajar mengajar sebuah SD di Padang Polongan, Kecamatan Ampek, Padang Pariaman, Sumatera Barat, harus dijalani di teras sekolah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (22/1/2019), ada sekitar seratus siswa Sekolah Dasar Negeri 24 yang belajar di lantai beralaskan karung bekas setidaknya dalam 20 hari belakangan.

Hal ini terpaksa dilakukan karena ruang sekolah mereka disegel pemilik tanah. Menurut si pemilik, penyegelan terpaksa dilakukan karena Pemerintah Daerah Padang Pariaman ingkar janji terhadap keluarganya.

Pada tahun 1997 ada perjanjian antar pemerintah dengan pemilik tanah untuk menjadikan pemilik tanah sebagai Pegawa Negeri Sipil (PNS).

Kini para siswa dan guru mengaku hanya bisa pasrah menerima keadaan ini. Mereka berharap Pemerintah Padang Pariaman segera menyelesaikan masalah ini agar kegiatan belajar mengajar bisa berjalan layak. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Defisit Transaksi Berjalan Bakal Capai 2,5 Persen pada 2018

Posted: 21 Jan 2019 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Bambang Brodjonegoro prediksi, defisit transaksi berjalan atau Current Account Defisit (CAD) Indonesia sepanjang 2018 akan berada di kisaran 2,5 persen.

Angka ini lebih kecil dibandingkan kumulatif CAD sejak awal tahun hingga kuartal III-2018 sebesar 2,86 persen.

"Harusnya bisa 2 sampai 2,5 persen tingkat CAD barangkali masih manageable ya buat Indonesia," kata dia saat ditemui di Hotel Senayan, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Bambang mengatakan, angka tersebut dipatok mengingat berbagai kebijakan pemerintah dalam upaya pengurangan impor sudah dilakukan.

Salah satunya yakni melalui implementasi biodisel atau B20. Di samping itu, pemerintah telah menangkap berbagai peluang dari adanya perang dagang. Yakni dengan melakukan ekspor ke sejumlah negara-negara yang berdampak perang dagang. 

"Intinya harus mulai ini mulai meninggalkan ketergantungan pada komoditas (impor) ya, harus lebih promot produk-produkk manufaktur," tutur dia.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan pihaknya prediksi current account defisit (CAD) atau defisit transaksi berjalan Indonesia pada 2018 akan berada di bawah 3 persen. Ini disebabkan oleh berbagai kebijakan, seperti penerapan B20 dan kebijakan PPh komoditas impor.

"Kami masih melihat untuk keseluruhan tahun 2018 kami masih memperkirakan defisit current account masih di bawah 3 persen dari PDB," kata dia, dalam konferensi pers, di Bank Indonesia, Jakarta, Jumat, 26 Oktober 2018.

 

Investasi Melambat, Defisit Transaksi Berjalan Masih di Level 3 Persen

Penampakan kapal besar (Direct Call) pembawa kontainer yang membawa ekspor Indonesia ke AS di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (15/5). Produk yang diekspor berupa alas kaki, garmen, dan barang elektronik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Muhammad Faisal memprediksi defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) masih akan berada di level 3 persen pada tahun 2019.

"Current account deficit (CAD) saya pikir itu masih di level 2,5 persen sampai 3 persen belum akan membaik." ungkapnya seperti dikutip dari merdeka.com, Selasa 1 Januari 2019.

Hal tersebut dikarenakan kinerja neraca perdagangan yang masih mengalami defisit di tahun 2019. "Karena itu tadi permasalahan di neraca perdagangan kita yang tahun depan diperkirakan masih defisit," ujar dia.

Meski demikian, Faisal melihat bahwa akan terjadi penurunan defisit neraca perdagangan di 2019. Sayangnya, hal tersebut belum mampu menekan defisit transaksi berjalan.

"Walaupun di tahun depan nilai defisit (neraca perdagangan) akan sedikit menurun. Yang jelas tekanan terhadap current account karena defisit perdagangan tadi masih tetap besar di tahun depan," kata dia.

Sementara untuk kinerja investasi, CORE memprediksi akan terjadi perlambatan laju investasi di tahun 2019. Salah satu penyebab yakni perhelatan Pemilu 2019.

"Ada beberapa faktor domestik seperti penyelenggaraan Pilpres, tahun politik itu biasanya berdampak pertumbuhan investasi yang ada, sedikit melambat," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Caitlyn Jenner di Indonesia, Dikawal Voorijder hingga Didandani Ryan Ogilvy

Posted: 21 Jan 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kedatangan Caitlyn Jenner ke Indonesia sontak membuat dunia maya riuh. Ia diketahui tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu, 20 Januari 2019 bersama tunangannya, Sophia Hutchins usai mengunggah Instagram Story di akun pribadi.

Tak berselang lama, Caitlyn Jenner dan Sophia menuju Magelang, Jawa Tengah. Keduanya kompak membagikan potret yang menampilkan panorama keindahan alam dengan hamparan pepohonan dan gunung yang berselimut kabut.

"Good morning! Can any of you guess where I am? (Selamat pagi! Ada yang bisa menebak di mana saya?)" tulis Caitlyn di kolom keterangan potret pada 21 Januari 2019.

Unggahan itu sontak dibanjiri oleh sambutan hangat yang mengucapkan selamat datang di Indonesia hingga rasa penasaran warganet tentang destinasi wisata yang dimaksud ayah dari Kylie dan Kendall Jenner tersebut.

Ada yang menerka bahwa Caitlyn dan Sophia berada di MesaStila, resort yang berada di Desa Losari Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Resort ini diketahui miliki Sandiaga Uno yang kini sebagai calon wakil presiden 2019.

 

Ryan Ogilvy saat mendandani Caitlyn Jenner (dok. Instagram @ryanogilvyhttps://www.instagram.com/p/Bs6urOXAoIa/?utm_source=ig_embed/Putu Elmira)

Selain itu, Caitlyn kembali mengunggah video di akun Instagram hari ini, Selasa (22/1/2019). Yang mengabadikan ia berada dalam mobil dan mendapatkan pengawalan voorijder menerobos kemacetan jalan.

"The only way to get through Jakarta. Truly loved spending time in Indonesia (Satu-satunya cara untuk melalui Jakarta. Sungguh senang menghabiskan waktu di Indonesia)" tulisnya.

Tak sampai di sana, kejutan juga hadir dari profesional makeup artist ternama Indonesia, Ryan Ogilvy. Ia diketahui ditunjuk sebagai MUA untuk mendandani Caitlyn Jenner dengan lokasi MesaStila Resort & Spa.

"Dengan satu-satunya @caitlynjenner Dia orang yang rendah hati dan hangat. Terima kasih telah menerima saya. Sampai bertemu di Amerika," jelas Ryan Ogilvy dalam unggahannya bersama Caitlyn Jenner.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eni Saragih Duga PLTU Riau-1 Juga Proyek Setya Novanto

Posted: 21 Jan 2019 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR, Eni Maulani Saragih menjalani pemeriksaan sebagai terdakwa terkait kasus suap proyek PLTU Riau-1. Dalam keterangannya, Eni meyakini proyek senilai USD 900 juta itu merupakan proyek Setya Novanto, mantan Ketua DPR.

Jaksa penuntut umum pada KPK, Ronald Worotikan mengonfirmasi terlebih dahulu keterangan yang tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Eni Saragih pun membenarkan segala keterangannya dalam BAP benar.

Dalam BAP nomor 17, Eni meyakini proyek PLTU Riau-1 adalah proyek Setya Novanto berdasarkan beberapa hal. Pertama, saat Eni dipanggil oleh Setya Novanto ke ruang kerjanya, ia diperintahkan mengawal Johannes Budisutrisno Kotjo yang akan menggarap proyek di PLN. Terpidana korupsi proyek e-KTP itu tidak spesifik menyebutkan wilayah proyek yang diminta kawalan.

"Saya meyakini proyek yang disampaikan adalah (proyek) Pak Kotjo itu proyek Pak Setya Novanto juga," ucap jaksa Ronald saat membacakan BAP milik Eni, Selasa (22/1).

"Benar," kata Eni.

Dugaan Eni bahwa proyek itu juga milik Setya Novanto lantaran turut hadir Reza Herwindo, anak Setya Novanto, dalam pertemuan di ruang kerja Setya Novanto. Bahkan, Novanto meminta Reza agar mempertemukan Eni dengan Kotjo.

Setelah bertemu dengan Kotjo, Setya Novanto sempat menjanjikan kepada Eni saham dan uang USD 1,5 juta dari pengerjaan proyek PLTU Riau-1. Ucapan janji Novanto disebut Eni bersesuaian dengan ucapan Kotjo.

"Janji pemberian saham dan USD 1,5 juta Pak Kotjo dan Pak Setya Novanto memiliki pernyataan yang sama dimana saham tidak bisa," konfirmasi jaksa yang dibenarkan Eni.

Terakhir, Eni Saragih menduga proyek PLTU Riau-1 juga milik Setya Novanto mengingat Johannes Kotjo merupakan teman lama mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

 

Didakwa Terima Suap

Terdakwa dugaan suap kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1, Eni Maulani Saragih menyimak keterangan saksi pada sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (2/1). Tujuh saksi dihadirkan JPU KPK. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Seperti diketahui, Eni Maulani Saragih didakwa menerima suap Rp 4,750 miliar dari Johannes Budisutrisno Kotjo terkait proyek pembangunan PLTU Riau-1.

Peruntukan uang yang diterima Eni adalah munaslub Golkar Rp 2 miliar, biaya pilkada suami Eni di Kabupaten Temanggung Rp 2 miliar, Rp 200 juta dan Rp 500 juta kepentingan pribadi.

Atas perbuatannya, ia didakwa melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 undang-undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 Jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Eni juga didakwa menerima gratifikasi Rp 5,6 miliar dan SGD 40 ribu sejak menjabat sebagai anggota DPR periode 2014-2019. Penerimaan graritifikasi tersebut diperuntukan biaya pencalonan M Al Khadziq, suami Eni, sebagai calon Bupati Temanggung.

Gratifikasi pertama bulan Mei 2018 dari Prihadi Santoso sebagai Direktur PT Smelting sebesar Rp 500 juta. Pemberian gratifikasi secara bertahap.

Gratifikasi kedua berasal dari Herwin Tanuwidjaja selaku Direktur PT One Connect Indonesia sebesar SGD 40 ribu dan Rp 100 juta.

Gratifikasi kembali diperoleh Eni dari Samin Tan selaku pemilik PT Borneo Lumbung Energi & Metal sebesar Rp 5 miliar. Terakhir, gratifikasi Rp 500 juta berasal dari Iswan Ibrahim yakni Presdir PT Isargas.

Atas perbuatannya Eni didakwa melanggar Pasal 12 B ayat 1 undang-undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 65 ayat 1 KUHP.

Eni juga didakwa menerima suap Rp 4,750 miliar dari Johannes Budisutrisno Kotjo, pemilik Blackgold Natural Resources (BNR). Suap diperuntukan agar Eni membantu Johannes mendapatkan proyek pengerjaan PLTU Riau-1 senilai USD 900 juta.

Sementara penerimaan gratifikasi, ia didakwa telah melanggar Pasal 12 B ayat 1 undang-undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 65 ayat 1 KUHP.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenalan dengan ITZY, Grup Terbaru JYP Entertainment

Posted: 21 Jan 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Seoul - JYP Entertainment kini punya grup idola baru yang diberi nama ITZY. Sebelum diperkenalkan secara resmi, grup ini sudah lama menyita perhatian penggemar.

Selain karena ITZY merupakan junior dari Twice, salah satu grup tersukses saat ini, para penggemar K-Pop tengah menerka-nerka konsep seperti apa yang akan dibawakan kelompok ini.

Penantian ini akhirnya berakhir pada Senin, (21/1/2019) kemarin. JYP mengumumkan kelima anggota ITZY lewat sebuah video perkenalan. Mereka adalah Yuna, Ryujin, Chaeryeong, Lia, dan Yeji.

Dilansir dari Soompi, JYP juga telah mengonfirmasi bahwa grup ini telah merampungkan syuting videoklip mereka.

Beda dari Twice

Lia dan Yeji ITZY (KStarlive)

Dari video singkat ini, jelas terlihat perbedaan identitas antara Twice dan ITZY. Selain dari anggota grup yang jauh lebih sedikit, ITZY juga tidak menampilkan konsep imut dan riang seperti seniornya ini.

Mereka dikonsep untuk tampil dengan image para perempuan kuat yang percaya diri.

Sudah Dikenal

Yuna, Ryujin, dan Chaeryeong ITZY (KStarlive)

Dari semua anggota ITZY, beberapa di antaranya telah dikenal publik. Salah satunya adalah Ryujin, yang merupakan finalis survival show Mix Nine.

Sementara Chaeryeong, adalah salah satu kontestan K Pop Star 3 dan Sixteen. Ia juga merupakan kakak perempuan dari anggota Iz*One, Chaeyeon. Yeji, juga pernah tampil dalam acara The Fan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pernyataan Abu Bakar Baasyir Jelang Dibebaskan

Posted: 21 Jan 2019 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir akan segera dibebaskan dalam waktu dekat. Bebasnya Baasyir merupakan keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan alasan kemanusiaan.

Abu Bakar Baasyir divonis 15 tahun penjara dalam kasus bom Bali dan hingga saat ini sudah menjalani 9 tahun masa hukumannya. Baasyir kini mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus Terorisme Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Untuk bisa mendapat pembebasan bersyarat, ada beberapa dokumen yang harus ditandatangani oleh Baasyir. Hal ini sesuai arahan Presiden Jokowi yang disampaikan melalui kuasa hukumnya Yusril Ihza Mahendra.

Meski begitu, ada beberapa hal yang ditolak Baasyir terkait pernyataan-pernyataan di dalam berkas pembebasan bersyaratnya. Salah satunya adalah menyatakan kesetiaannya pada Pancasila dan NKRI.

Namun rupanya, walaupun menolak menyatakan kesetiannya kepada Pancasila dan NKRI, Baasyir menegaskan bagi dirinya NKRI adalah harga mati.

Berikut 3 pernyataan Abu Bakar Baasyir jelang pembebasan bersyaratnya yang dihimpun Liputan6.com:

1. Ingin Indonesia Diatur Secara Islam

Sidang perkara terorisme dengan terdakwa Abu Bakar Ba'asyir kembali digelar di PN Jakarta Selatan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi yang di hadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum. (Antara).

Pengacara terpidana terorisme Abu Bakar Baasyir, Achmad Michdan membenarkan bahwa hingga saat ini ideologi kliennya soal kenegaraan tidaklah berubah. Dia menginginkan agar Indonesia dapat menerapkan aturan Islam.

"Saya pikir ustaz ini lebih pada kecintaannya lebih ke Islam. Dia memang agak prinsip soal keislaman itu. Beliau memang menginginkan bagaimana negara ini diatur secara Islam, itu benar. Tapi kalau sepanjang dilakukan secara konstusional, saya pikir nggak ada masalah," tutur Michdan di kawasan Cipete Selatan, Jakarta Selatan, Senin, 21 Januari 2019.

Menurut Michdan, dakwah Abu Bakar Baasyir selama ini menyuarakan hukum yang baik adalah aturan Islam. Untuk itu, demi kemaslahatan Indonesia maka aturan tersebut harus diterapkan.

"Jadi kalau mau bagaimana mengatur negara ini dengan baik, berguna bangsa dan negara, maka aturlah secara Islam," jelas dia.

Abu Bakar Baasyir pun mengutuk setiap aksi terorisme yang terjadi di Indonesia. Dalam menjalankan ideologinya, dia menyatakan tidak akan menggunakan aksi semacam teror, apalagi serangan bom.

"Beliau nggak suka kekerasan," Michdan menandaskan.

 

2. Mengeluh Kurang Fit

Abu Bakar Baasyir berobat ke RSCM. (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)

Menjelang bebas kondisi kesehatan terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Baasyir semakin membaik. Hanya saja, pendiri Jemaah Ansharut Tauhid (JAT) itu masih mengeluhkan rasa sakit di beberapa bagian tubuh.

"Alhamdulillah sehat, tapi kondisi sehatnya orangtua yang sudah berusia uzur," kata salah satu putra Abu Bakar Baasyir, Abdul Rochim Baasyir.

Menurut dia, Baasyir masih sering mengeluhkan rasa sakit pada bagian kakinya karena masih bengkak. Hanya saja bengkaknya kini sudah berkurang dibandingkan dulu.

"Kaki beliau yang bengkak itu sudah mulai berkurang tapi masih ada bengkak. Itu yang dikeluhkan," ujar putra Baasyir yang akrab disapa Iim itu.

Selain kaki, dia menyebutkan, ayahnya juga mengeluh sakit pada bagian pinggang. "Kalau kaki keluhannya keram, sedang pinggang sering sakit," jelasnya.

Meski masih mengeluhkan sakit, tetapi Iim memastikan jika kondisi kesehatan pengasuh Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki itu semakin baik. Pasalnya, Baasyir, sejak penahanaanya pindah ke LP Gunung Sindur, Bogor diperbolehkan untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin.

"Secara kesehatan membaik dibandingkan kondisi dulu saat sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin," jelas dia.

 

3. NKRI Harga Mati

Salah satu pemimpin kelompok militan Indonesia, Abu Bakar Baasyir masuk ke Majelis Nasional dalam pengawalan saat sebuah demonstrasi antipemerintah di Jakarta, 5 Agustus 2002. (AFP PHOTO/CHOO Youn-Kong)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memutuskan untuk membebaskan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir. Namun, keputusan yang didasari pertimbangan kemanusiaan itu tidak serta merta berjalan mulus.

Abu Bakar Baasyir menolak menandatangani sebuah dokumen yang disodorkan sesuai prosedur Peraturan Menteri (Permen) Hukum dan HAM. Isinya ada sejumlah poin pernyataan yang harus diamini lewat tanda tangan.

Pertama, Abu Bakar Baasyir diminta mengakui kesalahannya. Kedua, menyesali perbuatan pidana itu dan tidak mengulangi lagi. Kemudian ketiga, pernyataan setia kepada NKRI dan Pancasila.

Kuasa Hukum Baasyir, Mahendra Datta menyampaikan, poin-poin tersebut memicu keberatan Abu Bakar Baasyir. Terlebih soal pengakuan tindak pidana yang dilakukan.

"Yang jelas, yang tidak mau ditandatangani adalah janji tidak akan melakukan tindak pidananya lagi. Ustaz seumur-umur sampai meninggal katakanlah, sampai di penjara, enggak mau dikatakan telah melakukan tindak pidana. Apalagi, artinya kan telah melakukan," tutur Mahendra Datta.

Hingga saat ini, Abu Bakar Baasyir menampik terlibat dalam aksi terorisme yang terjadi di Indonesia. Dia menegaskan bukanlah aktor perencana latihan militer di Aceh dan Cijantung, tidak terkait dengan bom Bali, hingga bom Mariot.

"Beliau tidak tahu kalau latihan militer kesiapan untuk para muhajid yang ingin berangkat ke Palestina. Yang dia tahu itu latihan yang bersifat sosial," jelas dia.

Termasuk surat tertulis setia kepada NKRI dan Pancasila. Menurut Baasyir, Islam tidak bertentangan dengan Pancasila. Untuk itu, kenapa tidak disebutkan Islam saja dalam dokumen tersebut.

"Pembicaraannya gini (dengan Yusril). Ustaz kalau gini kok enggak mau tanda tangan, kalau Pancasila itu sama dengan bela Islam. Loh kalau gitu sama dengan Pancasila, kenapa saya enggak bela Islam, kan sama saja. Jadi belum sampai ke argumen yang menyakinan ustaz," kata Mahendra.

Menurut dia, kesetiaan Abu Bakar Baasyir terhadap NKRI tidak perlu diragukan, apalagi sampai harus diikat lewat secarik kertas. Bagi Mahendra, jelas perjuangan dakwah yang dilakukan Baasyir selama ini adalah demi kemaslahatan bangsa.

Senada dengan itu, kuasa hukum lainnya, Achmad Michdan mengatakan, Abu Bakar Baasyir sangat mencintai negaranya.

Tapi memang kalau soal ideologi, sudah sangat mengakar dalam dirinya bahwa tidak ada aturan yang paling tepat ditegakkan di muka bumi selain hukum Islam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Mobil Terlaris di Situs Jual Beli Online

Posted: 21 Jan 2019 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mobil keluarga masih jadi primadona masyarakat di Tanah Air. Sebab, MPV dianggap memiliki kapasitas besar dan sanggup membawa banyak penumpang, cocok dengan budaya Indonesia yang suka berkumpul.

Salah satu mobil keluarga yang tak lekang oleh waktu adalah Toyota Avanza, yang sampai saat ini masih digandrungi berbagai kalangan.

Meski terdapat banyak model baru di kelas MPV, Avanza masih menjadi yang terlaris tahun 2018. Tak hanya baru, mobil berstatus bekas pakai pun masih jadi buruan masyarakat. Hal itu terbukti dengan status 'mobil sejuta umat' itu sebagai mobil paling laris di situs jual beli online OLX.

"MPV itu masih nomor satu, kedua hatchback, SUV, sedan, dan komersial itu mobil yang paling banyak terjual di OLX. Untuk MPV masih Avanza yang paling pertama, karena memang dia sudah merajai lama," kata Agung Iskandar, Marketing & CTx Director OLX Indonesia di Blok M, Jakarta Selatan.

Saat disinggung hatchback terlaris, Agung menegaskan Honda Jazz merupakan model terlaris di situs jual beli online OLX.

"Kalau sedan di kita Honda Accord yang paling tinggi. Lalu untuk SUV itu Honda CR-V," ujar Agung

Berdasarkan data OLX, calon pembeli yang mencari barang berdasarkan kriteria otomotif merupakan yang tertinggi.

"Sampai saat ini di data kita orang yang mencari otomotif masih yang paling banyak, itu mencakup penjualan mobil, motor dan aksesoris," kata Agung.

Bukan Toyota Avanza, Ini Mobil Terlaris di Asia Tenggara

Menurunnya ekonomi di kawasan ASEAN tak membuat masyarakatnya ogah membeli mobil. Yang paling menderita selama semester pertama tahun 2018 adalah Malaysia dan Filipina.

Di Malaysia perlemahan ekonomi disebabkan oleh perdagangan, ekspor yang menurun, namun masih diimbangi permintaan dalam negeri yang tinggi.

 

Hal serupa juga terjadi di Filipina. Namun demikian permintaan barang impor di Filipina sendiri meningkat dibandingkan ekspor, lantaran adanya pembangunan infrasturuktur yang dilakukan pemerintah.

Sebagai tambahan konsumsi barang pribadi seperti mobil juga sedikit mengalami penurunan. Urusan mobil 10 negara anggota ASEAN seperti Malaysia, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Indonesia, Laos, Myanmar, Kamboja, Vietnam, hingga Singapura memiliki selera yang berbeda.

Nah seperti dilansir Focus2move.com, ada data mobil terlaris selama Januari-Juni 2018, di antara kesepuluh negara itu mobil paling larisnya pun berbeda-beda.

Menurut Anda, mobil apa yang paling laris, Toyota Avanza? Calya? atau Innova? Ternyata jika melihat data penjualan mobil se-Asia Tenggara bukan mobil itu paling laris. 

Ya, dari sekian banyak mobil di ASEAN, mobil dengan posisi pertama paling laku yaitu Toyota Hilux dengan jumlah penjualan 88.842 unit di seluruh negara ASEAN.

Kedua ada Isuzu D-Max sebesar 81.301 unit, lalu di posisi ketiga ditempati mobil yang diporduksi di Malaysia Perodua Axia sebanyak 66.000 unit.

Sementara Toyota Avanza yang jadi model terlaris di Tanah Air hanya menempati urutan ke lima. Adapun Pendatang baru seperti Xpander langsung melejit berada di posisi kedelapan.

Berikut 10 mobil terlaris di ASEAN sepanjang semester pertama tahun 2018:

1. Toyota Hilux: 88.842 unit

2. Isuzu D-Max: 81.031 unit

3. Perodua Axia: 66.000 unit

4. Toyota Vios: 53.051 unit

5. Toyota Avanza: 46.461 unit

6. Honda City: 43.442 unit

7. Toyota Innova: 41.967 unit

8. Mitsubishi Xpander: 41.618 unit

9. Honda HR-V: 41.606 unit

10. Ford Ranger: 39.773 unit.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Darmin Pastikan Kenaikan Harga Tiket Pesawat Bakal Dongkrak Inflasi

Posted: 21 Jan 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, kenaikan harga tiket pesawat dalam beberapa waktu belakangan akan menyumbang kenaikan inflasi Januari 2019. Meski demikian, kenaikan belum akan berdampak besar kepada inflasi tahunan.

"Tentu akan ada pengaruhnya. Tetapi, inflasi itu bukan suatu yang statis. Pada saat kita sudah melihat ada kenaikan, buru-buru dikoreksi itu enggak akan kelihatan dampaknya secara ini," ujar Darmin di kantornya, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Darmin melanjutkan, selama empat tahun terakhir ada tiga hal yang memberi dampak terhadap inflasi. Pertama harga pangan, kedua fluktuasi harga tiket transportasi, dan ketiga pendidikan.

"Selama empat lima tahun terakhir, inflasi kita itu bukan lagi memang pangan masih tinggi berpengaruh, tetapi selain itu dia perhubungan (tiket pesawat) baru setelah itu pendidikan. Tiga itu saja," jelasnya.

"Tapi dia (tiket pesawat) bukan nomor satu. Kadang-kadang pada bulan tertentu dia bisa nomor satu, misalnya Lebaran dan habis Lebaran, Natal dan Tahun Baru itu bisa," sambungnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan harga tiket, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan sudah melakukan kebijakan pembatasan tarif atas dan tarif bawah. Namun, pada masa-masa tertentu, ada kenaikan drastis yang menggunakan tarif batas atas.

"Memang suka dimainkannya begini, di hari biasa dia main di sekitar tarif bawah, setelah itu peak season dia naik ke tarif atas. Di lapangan, akan terasa naiknya banyak. Tapi dia (maskapai) akan bilang aku kan enggak melanggar tetap di dalam range tarif, tapi memang agak besar nih range-nya," jelasnya.

Lebih lanjut, Darmin belum dapat memprediksi berapa sumbangsih kenaikan harga tiket pesawat terhadap inflasi Januari. Pihaknya akan menunggu rilis resmi yang akan dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

"Wah, saya enggak tahu berapa harganya, tarifnya berapa masing-masing. Itu nanti akan ada di datanya BPS setiap bulan itu ada. Jadi, jangan tanya sekarang. Awal bulan depan," ucapnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Menko Luhut: Kita Tidak Boleh Intervensi Pasar soal Tiket Pesawat Tidak Boleh Intervensi Pasar soal Tiket Pesawat

Ilustrasi pesawat (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Untuk diketahui, awal tahun ini masyarakat sempat dihebohkan dengan lonjakan tarif tiket pesawat. Tidak sedikit pengguna pesawat yang mengeluhkan kondisi tersebut hingga dituangkan ke media sosial.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan tidak ada masalah mengenai kenaikan tarif pesawat tersebut.

"Enggak ada masalah, kan bisa saja adjusment itu kan bisa. Cari equilibrium (penyesuaian) itu kan butuh waktu," kata Menko Luhut di kantornya, Senin (21/1/2019).

Selain itu, dia juga menegaskan pemerintah tidak berhak melakukan intervensi pasar. Sebagai regulator, pemerintah hanya dapat menentukan tarif batas atas dan tarif batas bawah tiket pesawat.

"Kan enggak boleh kita juga intervensi market ya. Jadi biarlah market mechanism. Tapi pemerintah kan punya harga atas juga, jadi ya saya pikir Menteri Perhubungan sudah atur dengan bagus kok," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sumba Diguncang Gempa Magnitudo 6,7

Posted: 21 Jan 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sumba kembali diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 6,7. Gempa tidak menimbulkan potensi tsunami.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakde Karwo 'Sentil' Wabup Trenggalek Nur Arifin karena Bolos Kerja

Posted: 21 Jan 2019 09:31 PM PST

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengirimkan surat teguran kepada Muhammad Nur Arifin Wakil Bupati (Wabup) Trenggalek yang dilaporkan telah meninggalkan pekerjaannya selama 10 hari tanpa ada alasan yang jelas.

Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu mengatakan, dia segera membalas surat dari Emil Elestianto Dardak Bupati Trenggalek tentang absennya Wabup Trenggalek Nur Arifin sejak 9 Januari lalu.

"Informasi dari Pak Bupati Trenggalek di suratnya nomor 94/2019 tanggal 19 Januari, Sabtu kemarin, Pak Wakil Bupati tidak ada di tempat dan tidak menjalankan tugas pejabat negara sejak 9 Januari. Kami segera membalas surat itu," ujarnya.

Pakde Karwo membalas surat itu meminta agar Bupati melaporkan secara rinci berapa lama lagi Wabup akan absen dari tugasnya dan untuk keperluan apa. Hal ini, kata Pakde, akan menjadi bahan laporan ke Menteri Dalam Negeri.

Surat balasan itu, kata Pakde Karwo, juga bersifat teguran kepada Nur Arifin sebagai Wabup Trenggalek.

Berdasarkan Pasal 76 ayat (1) huruf c, Undang-Undang Nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, pejabat negara yang meninggalkan tugas lebih dari 7 hari harus diberikan teguran atau peringatan.

"Ini surat teguran pertama. Kami akan laporkan ke Mendagri. Nanti kami lihat, kapan bisa masuk. Kalau ternyata masih belum ada perubahan, atau belum kembali menjalankan tugasnya setelah surat teguran pertama, kami keluarkan surat teguran kedua," ujarnya.

Berdasarkan undang-undang yang sama, surat teguran kedua itu akan disertai dengan kewajiban bagi pejabat negara yang ditegur untuk kembali menjalani sekolah pemerintahan lagi selama tiga bulan.

"Nah, nanti kalau setelah tiga bulan tidak ada perubahan maka akan dilakukan penghentian sementara, atas keputusan Mahkamah Agung," ujarnya ketika ditemui di Gedung Negara Grahadi, Senin (21/1/2019).

 

Baca berita menarik lainnya di Suarasurabaya.net

Koordinasi dengan Pihak Imigrasi

Wabup Trenggalek Terpilih Muhamad Nur Arifin ternyata sempat di DO dari kampusnya.

Pemprov Jatim akan berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi terkait kasus bolosnya Muhammad Nur Arifin Wakil Bupati Trenggalek. Dia diketahui tidak menjalankan tugasnya sebagai pejabat negara selama 10 hari.

Pakde Karwo mengatakan, koordinasi ini akan dilakukan oleh Biro Pemerintahan Pemprov Jatim bila memang terbukti tidak ada izin yang disampaikan oleh yang bersangkutan.

"Kalau memang tidak ada izin, Imigrasi kan pasti tahu ke mana. Nanti akan dikoordinasikan oleh Biro Pemerintahan," ujarnya ketika ditemui Senin (21/1/2019).

Biro Pemerintahan, kata Pakde Karwo, akan meminta secara resmi catatan Muhammad Nur Arifin yang diketahui beberapa waktu terakhir telah melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Kalau berhubungan dengan imigrasi kan pasti ke luar negeri," ujar gubernur.

Menurutnya, ini menjadi peringatan bagi semua ASN, bahwa sejak dilantik mereka terikat sumpah menaati peraturan perundang-undangan.

"Harus ada izin," kata Pakde Karwo. Dia menegaskan, pejabat negara harus mengutamakan atau memprioritaskan pekerjaannya di dalam negeri, di wilayah dia ditugaskan.

Sebagai contoh, Pakde Karwo menyebutkan bagaimana dia membatalkan kunjungannya ke Eropa karena ada kunjungan Presiden ke Jawa Timur.

"Beberapa hari lalu. Saya langsung balik saat itu juga, karena kunjungan presiden lebih penting," katanya.

Kasus absennya seorang pejabat negara selama lebih dari 7 hari berturut-turut tanpa izin yang dilakukan Wakil Bupati Trenggalek, kata dia, adalah yang pertama kali di Jawa Timur.

Pakde Karwo menyebutkan, kasus yang hampir mirip di Kabupaten Sangihe, di mana pejabat negara diberhentikan sementara karena selama 20 hari menggunakan APBD tanpa izin.

Selain itu, pada Januari 2018 silam, Mendagri mencopot Sri Wahyuni Manalip Bupati Kepulauan Talaud yang melakukan perjalanan dinas ke Amerika Serikat tanpa izin kepada Gubernur Sulawesi Utara maupun kepada Mendagri.

 

Simak video plihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Menambah Followers Instagram yang Mudah, Aman dan Cepat Tanpa Beli

Posted: 21 Jan 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, zaman sudah semakin modern dan teknologi semakin canggih. Semua hal bisa kamu lakukan dengan teknologi. Salah satunya adalah bisa berteman tanpa harus bertemu langsung atau bisa tetap keep in touch dengan teman-teman yang jaraknya jauh denganmu.

Ya, dengan media sosial atau jejaring sosial, kamu bisa tetap berhubungan atau saling sapa dengan orang yang jaraknya jauh. Facebook, Twitter dan Instagram merupakan media sosial yang kini tengah digemari banyak orang.

Salah satu media sosial terpopuler saat ini adalah Instagram. Instagram merupakan sebuah platform untuk berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan media sosial, termasuk pemilik Instagram sendiri.

Instagram Jadi Media Sosial Paling Populer

Ilustrasi  Instagram (iStockPhoto)

Kata 'insta' berasal dari kata 'instan', seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan 'foto instan'. Sedangkan untuk kata 'gram' berasal dari kata 'telegram' yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat.

Saat ini, Instagram sudah makin berkembang penggunaannya. Mulai dari sekadar upload foto, sekarang sudah berubah menjadi lahan bisnis bagi penggunanya. Banyak orang yang bukan siapa-siapa, lalu menjadi orang yang dilimpahi banyak rezeki berkat Instagram.

Orang-orang yang terkenal lewat Instagram ini biasa disebut Selebgram. Rezeki ini datang dari banyak hal, mulai dari endorse, kontrak iklan yang nilainya fantastis, bahkan kontrak menyanyi maupun main film bisa datang karena basis follower media sosialnya yang tinggi. Hal ini bukan isapan jempol semata. Nama-nama seperti Awkarin dan Rachel Vennya serta banyak selebgram lainnya yang telah membuktikan hal tersebut.

Hal ini terjadi semata-mata karena banyaknya follower yang mengikuti mereka dalam media sosial Instagram. Oleh karena itu, jika kamu ingin terkenal dan mempunyai banyak job atau bisnis dalam dunia Instagram, mau tidak mau kamu harus mempunyai banyak follower terlebih dahulu. Berikut cara menambah followers Instagram yang aman dan cepat seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/1/2019).

Kreatif Dalam Membuat Konten yang Menarik

Ilustrasi travel. (Instagram/kadekarini)

Cara menambah followers Instagram paling tepat dan aman adalah memperbanyak dan konten kreatif sehingga menarik untuk ditonton. Konten Instagram ini tak boleh asal banyak saja, namun harus dibarengi oleh keunikan serta apa yang akan dilihat orang sebagai hal yang 'beda' dari akun lain.

Tentu ini adalah cara menambah follower dengan proses yang panjang dan melelahkan untuk dijalani. Jadilah diri sendiri dengan menjalani apa yang paling kamu sukai, lalu perbanyak konten Instagram dengan apa yang disukai tersebut. Percayalah hasil tidak pernah mengkhianati usaha yang telah kamu lakukan.

Sertakan Hashtag atau Tagar Pada Tiap Postingan

Awkarin sedang liburan ke Dubai. Di sana ia terlihat asyik menunggan onta (Dok. Instagram/@awkarin/https://www.instagram.com/p/BpPUGKcDYPe/?hl=en&taken-by=awkarin/Komarudin)

Cara menambah followers Instagram yang kedua selain kreatif dalam pembuatan konten adalah usahakan kamu mengupload foto atau video pendek setiap hari. Sehingga orang-orang yang follow kamu bisa menikmati konten setiap saat. Tidak lupa pula kamu usahakan menghadirkan kualitas gambar terbaik yang bisa digunakan sehingga dapat memanjakan mata followermu.

Setelah itu, jangan lupa untuk menambahkan hashtag atau tanda pagar pada tiap posting Instagram kamu. Tagar ini semacam membuat kategori yang sesuai dengan foto Instagram kamu. Hal ini akan membuat foto kamu akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain sehingga kamu akan mendapat follower baru. Contoh : #jalanjalan #Indonesia #Yogyakarta #Malioboro #Gudeg serta lainnya.

Integrasikan Instagram Dengan Media Sosial Lainnya

Ilustrasi Media Sosial. Dok: WinNetNews.com

Saat ini mungkin kamu tidak hanya punya satu media sosial saja. Cara menambah followers Instagram selanjutnya yaitu bagikan juga konten Instagram kamu ke dalam media sosial lainnya. Tujuannya sebagai pengingat kepada teman-temanmu yang belum tahu tentang konten yang ada dalam Instagram milikmu, sehingga kemudian mereka pun akan segera follow kamu.

Pemaksimalan ini secara mudah bisa dilakukan dengan sinkronisasi, yakni menghubungkan Instagram kamu dengan Twitter, Line, WhatsApp, Blog, dan Facebook. Dengan ini, ketika kamu posting sesuatu di Instagram, Twitter, Line, Whatsup, Blog dan Facebook, maka media sosial milikmu juga akan memposting hal yang sama.

Gunakan Aplikasi Penambah Follower

Ilustrasi instagram. (Foto: pexels.com)

Jika cara di atas sudah kamu coba namun hasilnya belum cukup memuaskan. Cara menambah followers Instagram lainnya yaitu cobalah gunakan aplikasi yang bisa menambah follower Instagram kamu. Meski tak dianggap sebagai langkah yang lumrah dan seharusnya dilakukan sebagai cara menambah follower Instagram, aplikasi pihak ketiga tetap sering dimanfaatkan untuk meningkatkan angka follower Instagram. Aplikasi semacam ini salah satunya adalah Fast Follower Boost.

Fast Follower Boost merupakan aplikasi yang bisa menambah follower kamu dengan cara yang cukup adil. Pasalnya, dengan Fast Follower Boost mengharuskan kamu mengumpulkan poin terlebih dahulu untuk nantinya ditukar dengan follower aktif. Untuk meraih koin, caranya dengan menonton video iklan, memberi rating baik ke beberapa aplikasi di Google Play, hingga mengunduh beberapa aplikasi tertentu.

Gunakan Teknik 'Follow Unfollow' di Akun Artis

Awkarin. (Foto: instagram.com/awkarin)

Salah satu cara menambah followers Instagram paling mudah adalah dengan follow selebritis-selebritis yang terkenal di Instagram. Benar, hanya dengan follow orang-orang berpengaruh di jagat Instagram, follower kamu akan bertambah dengan sendirinya. Hal ini dilakukan dengan juga dengan catatan, jika kamu ingin follower orang Indonesia, followlah artis Indonesia.

Jadi, follow seleb tersebut, biarkan selama beberapa menit hingga kamu mendapatkan beberapa follower, lalu unfollow seleb tersebut. Follow lagi dalam beberapa menit, dapat follower, unfollow lagi. Lakukan terus berulang-ulang dan di banyak seleb hingga kamu dapat banyak follower. Jadi nggak harus beli kan?

 

 

Reporter: Heri Setiawan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Italia Bikin Marah Prancis atas Tuduhan Mengeksploitasi Afrika

Posted: 21 Jan 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Paris - Otoritas Prancis memanggil duta besar Italia, Teresa Castaldo, untuk meminta penjelasan terkait tudingan perdana menteri Negeri Pizza itu, bahwa Paris mengeksploitasi Afrika, sehingga memicu gelombang imigrasi via Laut Mediterania.

Pada Minggu 20 Januari, Wakil PM Luigi di Maio meminta Uni Eropa untuk menjatuhkan sanksi pada Prancis atas kebijakannya di Afrika.

Dia mengatakan Prancis "tidak pernah berhenti menjajah puluhan negara Afrika", demikian sebagaimana dikutip dari BBC pada Selasa (22/2/2019).

Italia dan Prancis sebelumnya berselisih tentang masalah yang terkait dengan imigrasi.

Sebagaimana diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, wilayah selatan Italia telah menjadi tujuan bagi ribuan orang yang mencari kehidupan baru di Eropa.

Tahun lalu, Prancis mengkritik Italia karena tidak mengizinkan kapal penyelamat yang membawa imigran di Mediterania berlabuh. Pejabat Roma merespons dengan menuduh Paris telah lebih dulu menolak menangani isu terkait.

Di Maio, pemimpin Gerakan Bintang Lima (M5S) yang memerintah dalam koalisi dengan partai Liga sayap kanan, membuat komentar terakhirnya saat berkunjung ke Italia tengah pada akhir pekan lalu.

"UE harus memberi sanksi kepada Prancis dan semua negara seperti mereka yang memiskinkan Afrika dan membuat orang-orang ini pergi, karena orang Afrika harus berada di Afrika, bukan menyeberang Mediterania," katanya.

"Jika banyak imigran datang, itu karena negara-negara Eropa, Prancis terutama, tidak pernah berhenti menjajah puluhan negara Afrika," lanjut Di Maio.

Dia menambahkan jika bukan karena mengkesploitasi Afrika, Prancis akan menempati urutan ke 15 di antara negara-negara ekonomi dunia, bukan di enam besar.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Dituduh Memanipulasi Ekonomi Afrika

Imigran gelap asal Afrika yang diselamatkan oleh otoritas Italia usai terombang-ambing di dalam perahu di Laut Mediterania. Libya kerap digunakan sebagai titik tolak pertama para imigran untuk menyeberang ke Eropa (AP Photo)

Sumber-sumber diplomatik Prancis, yang dikutip oleh kantor berita Italia Ansa, menyebut pernyataan Di Maio "bermusuhan dan tanpa alasan, mengingat kemitraan antara Prancis dan Italia di Uni Eropa".

Namun Di Maio, yang juga menjabat sebagai menteri tenaga kerja dan ekonomi Italia, bersikukuh pada pendapatnya.

Dia menuduh Prancis memanipulasi ekonomi negara-negara Afrika yang menggunakan franc CFA, mata uang era kolonial yang didukung oleh pusat perbankan di Paris.

"Prancis adalah salah satu negara yang mencetak uang untuk 14 negara Afrika, mencegah perkembangan ekonomi mereka dan berkontribusi pada fakta bahwa para pengungsi pergi dan kemudian meninggal di laut atau tiba di pantai kami," katanya.

"Jika Eropa ingin mewujudkan perubahan yang manusiawi, itu harus memiliki keberanian untuk menghadapi masalah dekolonisasi di Afrika," lanjut Di Maio.

Di lain pihak, Prancis mengatakan bahwa franc CFA adalah jaminan stabilitas keuangan bagi banyak negara Afrika, tetapi yang lain mengkritiknya sebagai peninggalan kolonial.

Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengatakan sebanyak 4.216 imigran telah menyeberang ke Eropa dalam 16 hari pertama 2019, lebih dari dua kali lipat jumlah yang tiba pada periode serupa tahun lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Mochammad Nur Arifin, Wakil Bupati Trenggalek yang Sempat Menghilang Misterius

Posted: 21 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Trenggalek sempat dihebohkan berita hilangnya Wakil Bupati mereka beberapa hari yang lalu. Pasalnya Wakil Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin mangkir dari tugas dinasnya tanpa izin sejak tanggal 9 Januari 2019 lalu.

Banyak yang berspekulasi bahwa Mochamad Nur Arifin menghilang secara misterius. Tak hanya "bolos" dari tugas-tugasnya sebagai wakil bupati, Mochammad Nur Arifin juga tak tampak di kediaman dinasnya.

Hilangnya keberadaan Mochamad Nur Arfin atau yang biasa disapa Gus Ipin ini membuat resah Bupati Trenggalek, Emil Elistianto Dardak.

Emil Dardak bahkan terpaksa mengirim surat ke Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. "Kami membalas surat (dari Emil) itu," ucap Soekarwo kepada wartawan di Gedung Grahadi Surabaya, Senin (21/1/2019).

Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo ini mengatakan, berdasarkan informasi dari Emil melalui surat Bernomor: 94/2019, tanggal 19 Januari, disebutkan bahwa Gus Ipin absen dari tugasnya sebagai pejabat negara sejak 9 Januari 2019 lalu. Sebenarnaya siapa Mochamad Nur Arifin?

Sosok Muda yang Masuk Rekor Muri

Mochammad Nur Arifin atau kerap disapa Gus Ipin adalah salah satu pemuda Indonesia yang sukses dengan prestasinya. Dirinya lahir di Surabaya, 7 April 1990 sebagai anak pertama dari tiga bersaudara.

Berhasil menjadi Wakil Bupati di usianya yang ke 25 tahun, membuat Mochammad Nur Arifin masuk dalam Rekor Muri sebagai Wakil Bupati termuda se-Indonesia.

Gus Ipin yang mendampingi Bupati Trenggalek yaitu Emil Elistianto Dardak menjabat sebagai pasangan Bupati dan Wakil BUpati untuk periode jabatan 2016 hinga 2021 mendatang.

Perjalanan Karier Gus Ipin

Perjalanan awal karier Gus Ipin ternyata diawali ia menjadi seorang vokalis salah satu band bernama Marsmellow. Terjun ke dunia hiburan tahun 2009 hingga 2012, ia sukses mmembawa bandnya menembus pasar musik nasional. Ia dan bandnya bahkan kerap diundang di acara-acara music di Jakarta.

Awal ia terjun ke dunia hiburan akibat ia ditinggal ayahnya meninggal dunia. Tak ingin larut dalam kesedihan, ia sadar bahwa ia menjadi tulang punggung keluarga.

Terjun ke Dunia Politik

Gus Ipin yang merupakan fans berat dari Sang Proklamator, Presiden Soekarno ini memang sudah yakin akan menjadi orang besar di masa depan. Semakin menguat karakternya, di usia 23 tahun ia menikahi Novita Hardiny dan kembali ke kampung halamannya di Trenggalek.

Sekembalinya ia ke Trenggalek, membuatnya mantap untuk membangun kabupaten Trenggalek sesuai pesan terakhir ayahnya yang menginginkan Trenggalek menjadi lebih baik.

Hadir dalam Festival 2015 di Trenggalek bersama pemuda lainnya, ia bertemu dengan Emil Dardak. Dengan karakter dan semangat yang dimiliki Gus Ipin, membuat Emil memilihnya menjadi pasangan untuk maju ke Pilkada Trenggalek 2015.

Beberapa program prioritas untuk membangun Trenggalek dicanangkan secara mantap oleh pasangan ini.

Sempat Drop Out dari Kampusnya

Karena kesibukannya yang tersita mengurus pilkada, ia sempat di DO (drop out) dari Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya. Pasalnya ia tidak menyelesaikan dua mata kuliah wajib yaotu Metopel dan Statistika Bisnis.

Walaupun ia di DO, namun ia tetap aktif dalam forum-forum terkait gerakan perekonomian pemuda. Dengan terus aktifnya ia di kehidupan masyarakat membuatnya menjadi pengusaha muda di bidang perabotan rumah tangga yang berhasil mengembangkan sejumlah pedagang-pedagang kecil menengah dengan menyediakan lapangan pekerjaan.

Punya Komitemen dan Narasi Kuat

Sebagai sosok muda yang berkarakter, ia menyampikan bahwa untuk menjadi kepala daerah atau wakil masyarakat di usia muda harus memiliki komitmen yang kuat dan kedekatan dengan rakyat.

"Yang harus ada dalam diri calon pemimpin adalah komitmen yang kuat. Harus banyak memikirkan kenapa terjun ke dunia politik saat usia muda dan kenapa harus melibatkan diri di masyarakat mulai dari sekarang," ujar Cak Ipin di Hotel Yello Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa 2 September 2018 saat menghadiri workshop pemenangan caleg DPR RI tingkat provinsi sampai DPRD kabupaten dan kota.

Politik, dalam benak Gus Ipin, adalah cara yang bisa mengubah kondisi keluarga-keluarga yang senasib dengannya. Atas dorongan itu, dia aktif di dunia pergerakan mahasiswa sampai akhirnya menjadi kader PDI Perjuangan.

Menghilangnya Gus Ipin Masih Misteri

Mulai mangkirnya Gus Ipin dari tugas pemerintahannya sempat membuat jajaran pemerintahan Trenggalek resah, khususnya Bupati Trenggalek sendiri, Emil Dardak.

Tak diketahui keberadaannya, rupanya keluarga Gus Ipin pun mengatakan hal yang sama. Kabag Humas Pemkab Trenggalek, Triadi Admojo mengatakan bahwa tim dari Trenggalek masih mencari informasi tersebut.

"Adapun terkait dugaan perjalanan ke luar negeri, Pemkab tidak dapat memastikannya. Karena sejauh ini tidak ada permohonan dan pengurusan izin perjalanan dinas ke luar negeri dari wakil bupati." Ujarnya. Kemudian PJ Sekda Trenggalek, Pariyo bersama pejabat lainnya melakukan penelaahan dan penggalian informasi, khususnya dari tim protokol. Termasuk dari ajudan Ipin.

Bupati Trenggalek, Emil Dardak sempat memberikan kabar ini ke Gubernur Soekarwo. "Ini (laporan) akan menjadi bahan laporan ke Mendagri (Menteri Dalam Negeri)," ucap Soekarwo di Gedung Grahadi Surabaya.

Ia menambahkan bahwa surat teguran pertama akan dilaporkan ke Mendagri. Jika dari surat teguran pertama tidak digubris oleh Gus Ipin, maka akan ditindak lanjuti dengan dikeluarkannya surat teguran kedua.

Klarifikasi dari Gus Ipin

Setelah lama tak ada kabar, Nur Arifin, akhirnya memberi klarifikasi. Dia mengaku sejak dikabarkan hilang, dirinya berada di sebuah negara di Benua Eropa.

Lewat akun Instagramnya, Arifin mengaku melakukan perjalanan di Eropa dari 11-19 Januari.

"Terimakasih untuk para cendekiawan Indonesia yang beruntung menjadi sebagian kecil masyarakat Indonesia yang bisa "study overseas", salah satunya @ratihtwi wanita asal Trenggalek yang membukakan mata saya akan optimisme Trenggalek kedepan," ucap dia seperti dikutip dari akun Instagramnya yang diposting, Selasa pagi.

Nur Arifin menjelaskan perjalanannya itu bukan dalam rangka dinas melainkan inisiatif pribadi dan atas biaya sendiri.

View this post on Instagram

Terimakasih untuk para cendekiawan Indonesia yang beruntung menjadi sebagian kecil masyarakat Indonesia yang bisa "study overseas", salah satunya @ratihtwi wanita asal Trenggalek yang membukakan mata saya akan optimisme Trenggalek kedepan. - Ini sebagian perjalanan saya dari tanggal 11-19 di Eropa. Bukan perjalanan dinas tapi inisiatif pribadi dengan biaya pribadi. Saya sadar bukan siapa-siapa dan tidak punya kemampuan apa-apa untuk membawa perubahan. Tetapi bertemu mereka dan melihat dunia luar memberi tambahan energi untuk saya. Dan saya percaya silaturahmi dengan mereka bisa memberikan manfaat untuk Indonesia kedepan. - Mohon maaf juga atas semua berita yang meresahkan masyarakat, bahkan ada yang khawatir dikira saya diculik, haha. Iya, diculik istri saya @novitamochamad - Adapun mekanisme birokrasi sudah dijalankan dengan tepat oleh Pemkab beserta seluruh jajaran merespon kepergian saya. - Yang kangen-kangen pagi ini silahkan merapat kita Istigosah bersama di Std. Menak Sopaal ya! Merdeka! (Ps: Please gak usah komen bahasa inggrisnya belepotan, hehe. cc moderator @moch_achir)

A post shared by Mochamad Nur Arifin (@avinml) on

"Saya sadar bukan siapa-siapa dan tidak punya kemampuan apa-apa untuk membawa perubahan. Tetapi bertemu mereka dan melihat dunia luar memberi tambahan energi untuk saya. Dan saya percaya silaturahmi dengan mereka bisa memberikan manfaat untuk Indonesia kedepan."

Arifin juga meminta maaf atas semua berita yang meresahkan masyarakat, bahkan ada yang khawatir dia diculik.

"Mohon maaf juga atas semua berita yang meresahkan masyarakat, bahkan ada yang khawatir dikira saya diculik. Iya, diculik istri saya @novitamochamad," kata dia.

Sementara soal mekanisme birokrasi, Arifin mengaku sudah menjalankannya dengan memberitahu tentang kepergiannya itu.

"Dijalankan dengan tepat oleh Pemkab beserta seluruh jajaran merespon kepergian saya. Adapun mekanisme birokrasi sudah dijalankan dengan tepat oleh Pemkab beserta seluruh jajaran merespon kepergian saya," kata Nur Arifin.

Sebelumnya pada 19 Januari 2019, Nur Arifin resmi disebut meninggalkan tugas sebagai Wakil Bupati Trenggalek tanpa keterangan, sebagaimana tercantum dalam surat Gubernur Jawa Timur yang diumumkan pada Senin, 21 Januari 2019.

 

Reporter: Loudia Mahartika

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Negara yang Lolos ke Perempat Final Piala Asia 2019

Posted: 21 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Babak 16 besar Piala Asia 2019 hanya menyisakan dua pertandingan lagi. Artinya hanya tersisa dua tempat pada babak perempat final. Slot tersebut akan diperebutkan oleh empat negara, yakni Korea Selatan, Bahrain, Qatar, dan Irak.

Vietnam jadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang tersisa. Timnas Vietnam lolos ke babak 8 besar setelah mengalahkan Jordania 4-2 (1-1) lewat adu penalti. Selanjutnya, Vietnam akan bersua Jepang di Al Maktoum Stadium pada 24 Januari 2019.

Sayang langkah Thailand tidak diikuti oleh tim Asia Tenggara lainnya, Thailand. Langkah Gajah Perang terhenti di tangan Tiongkok usai kalah dengan skor 1-2.

Sementara itu, tuan rumah Uni Emirat Arab masih belum terbendung. UEA lolos ke babak 8 besar usai mengalahkan Kyrgystan dengan skor 3-2. Selanjutnya, UEA bakal berhadapan dengan Australia yang sebelumnya menyingkirkan Uzbekistan.

Negara mana saja yang sudah lolos ke perempat final Piala Asia 2019? Simak di halaman berikutnya.

 

6 Negara yang Lolos Perempat Final

Timnas Vietnam merayakan kelolosan ke perempat final setelah di babak 16 besar mengalahkan Yordania lewat adu penalti di Al Maktoum Stadium, Dubai, Minggu (20/1/2019).  (AFP/Karib Sahib)

24 Januari 2019

Tiongkok vs Iran

Vietnam vs Jepang

25 Januari 2019

Uni Emirat Arab vs Australia

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mulai Sekarang, Forward Pesan Whatsapp Cuma Bisa 5 Kali

Posted: 21 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mulai hari ini, Selasa (22/1/2019), forward pesan di WhatsApp akan dibatasi hingga lima (5) kali saja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suami Lyra Virna Kembali Dipolisikan Terkait Penipuan Rp 7 Miliar

Posted: 21 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Masalah kembali dihadapi suami Lyra Virna, Fadlan Muhammad. Ia dipolisikan para korban yang mengaku sebagai korban penipuan Fadlan.

Sebanyak 30 orang menyambangi SPKT Polda Jawa Timur, Senin (22/1/2019). Mereka menuntut suami 3876158 dan Rachmawati Soekarnoputri untuk bertanggung jawab.

Selain tersandung masalah dengan ADA Tour, suami 3876158, Fadlan Muhammad, diduga melakukan penipuan investasi bodong condotel di batu, Malang.

Seorang kuasa hukum korban, Barlian Ganesi menuturkan bahwa pada intinya ini adalah kelanjutan dari perkara PT Penta Berkat. "Pada intinya kami laporkan PT Penta Berkat, di situ ada Rachmawati Soekarnoputri sebagai Komisaris, dan Fadlan sebagai Direktur Utama, itu yang kami laporkan," tutur Barlian di Mapolda Jatim, Senin (21/1/2019).

Dia mengatakan, PT Penta awalnya berjanji bahwa proyek condotel tersebut dibangun 2013 dan akan selesai pada tahun 2016. Namun kenyataannya hingga 2019 lokasi tersebut masih berupa tanah lapang.

"Penipuannya jelas itu mengenai jual beli condotel yang dijanjikan PT Penta dan kerugian kuasa kami adalah Rp 7 miliar rupiah," katanya.

Investasi Rp 7 Miliar

Lyra Virna dan Fadlan Muhammad (Nurwahyunan/Bintang.com)

Dalam laporannya, para korban membawa berbagai macam bukti berupa surat perikatan jual beli, APPJB, penerimaan uang, bukti transfer dan janji-janji di poster PT Penta.

"Jadi kami selama tiga tahun terakhir ini mulai tahun 2016, kami mencoba untuk kekeluargaan dan meminta pertanggungjawaban kepada PT Penta tapi tidak ada, jadi kami terpaksa melaporkannya," ujarnya.

Sebelumnya, Muhammad Fadlan dituding melakukan tindakan penipuan senilai Rp 7 miliar. Sebanyak 27 orang mengaku sebagai korban investasi bodong condotel di Malang.

Mereka meminta pertanggungjawaban Fadlan Muhammad selaku Direktur Utama PT Penta Berkat. Hal itu sudah diketahui oleh pengacara Fadlan Muhammad, Razman Arief Nasution.

Kasus Lama

Lyra Virna ditemani suaminya, Fadlan Muhamad, dan pengacaranya, Razman Arief. (Helmi Affandi/Liputan6.com)

Menurut Razman, Fadlan Muhammad tidak memiliki keterlibatan dengan kasus investasi bodong condotel tersebut. "Oh tidak, Fadlan tidak terlibat," kata Razman Arief Nasution kepada Showbiz Liputan6.com, Sabtu (28/4/2018).

Razman menyebutkan bahwa ketika kasus itu mencuat, Fadlan Muhammad masih belum menjabat posisi apapun di PT Penta Berkat. Oleh karena itu, kasus tersebut sama sekali tidak berhubungan dengan Fadlan Muhammad.

"Fadlan itu masuk jadi Dirut PT Penta Berkat jauh setelah para investor itu mendirikan perusahaan. Fadlan bergabung bersama Ibu Rachmawati, Fadlan tidak mengenal siapa-siapa investor 27 orang yang katanya kasus penipuan condotel," ucapnya.

Apalagi, kasus itu sudah diproses hukum di Surabaya. Dan seorang Dirut sebelumnya sudah mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Ini sudah pernah dilaporkan dan sudah ada yang bertanggung jawab. Pimpinannya yang dulu, dia sudah masuk penjara," jelas Razman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenang Paman Dolit, Sosok Jenaka di Era Generasi 90-an

Posted: 21 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sambil mengenakan topi berwarna-warni, kacamata, syal, dan hidung besar, Paman Dolit asyik bernyanyi dan berjoged. Didampingi anak bernama A'an, Paman Dolit ikut bernyanyi lagu, 'Burung Hantu.'

Matahari terbenam. Hari mulai malam. Terdengar burung hantu, suaranya merdu. Kukuk... kukuk... kukuk... kukuk...

Mochamad Syafi Saleh, sosok di balik karakter Paman Dolit tampil lucu dalam video lagu 'Burung Hantu.' Pada lagu tersebut, Paman Dolit memperkenalkan burung hantu, yang kerap muncul setelah matahari terbenam.

Paman Dolit termasuk tokoh pencerita karakter yang populer di era 90-an. Lewat lirik-lirik lagu, Paman Dolit menyebarkan pesan-pesan manis. Sebut saja lagu berjudul, 'Jangan Bolos Sekolah.' 

Pada awal video, Paman Dolit rupanya berjumpa dengan beberapa anak sekolah yang bolos sekolah. Paman Dolit pun memberitahu untuk jangan bolos sekolah. Ada juga lagu lain Paman Dolit berjudul, 'Gelang Sipatu Gelang.'

Karakter Paman Dolit yang melekat di hati generasi 90-an akan menjadi tetap dikenang. Syafi Saleh, si Paman Dolit, mengembuskan napas terakhir  pada Minggu, 20 Januari 2019 siang di Jakarta.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Belajar bersama Paman Dolit

Belajar bersama Paman Dolit. (Paman Dolit Official)

Seiring berjalannya waktu, karakter Paman Dolit tergerus zaman. Sosok jenaka itu pun tidak lagi tampil di layar kaca. 

Meski tidak lagi tampil di layar kaca, rupanya Paman Dolit muncul di channel akun Youtube. Dari pantauan Health Liputan6.com, akun channel Youtube bernama 'Paman Dolit Official' menampilkan sosok dirinya.

Namun, penampilan pun bukan lagi menyanyikan lagu, melainkan video program 'Belajar bersama Paman Dolit.' Melalui program tersebut, Paman Dolit mengajak anak-anak belajar mengenal huruf dan angka.

Meninggal di rumah kos

Paman Dolit meninggal di rumah kosnya. (Twitter @pamandolitreal)

Kabar duka meninggal Paman Dolit juga dikonfirmasi Dhani Widjanarko atau yang akrab disapa Dhani Pete. Dhani adalah mantan manajer Gigi yang kini tengah berfokus pada promotor Pos Entertainment. 

Ia menyampaikan, Syafi meninggal dunia di rumah kosnya. Kenangan Paman Dolit juga melekat di benak Dhani Pete. Dhani mengenang masa-masa dirinya bersama mendiang Syafi Saleh. 

Selain tampil sebagai Paman Dolit, Syafi Saleh juga cukup aktif di Pos Entertainment.

"Saya bersama dia di Doctor Dolittle Lab. Dari tahun 1982 dan mendirikan Paman Dolit... Dia freelancer, tapi ya statusnya lebih seperti sahabat yang selalu banyak memberikan masukan kreatif yang aneh-aneh," kenang Dhani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta-Fakta Taman Nasional Komodo, Akan Ditutup Sementara Bagi Wisatawan

Posted: 21 Jan 2019 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah berencana untuk menaikkan tarif masuk Taman Nasional Komodo bagi wisatawan, kini Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat  membuat kejutan. Ia akan menutup Taman Nasional Komodo yang berada di kabupaten Manggarai Barat itu, selama satu tahun untuk wisatawan

Penutupan Taman Nasional dilakukan Pemprov NTT sebagai upaya meningkatkan jumlah populasi komodo dan juga rusa yang menjadi makanan utama hewan langka tersebut. Populasi hewan di taman nasional tersebut perlu dipulihkan.

"Pemerintah NTT akan melakukan penataan terhadap kawasan Taman Nasional Komodo agar menjadi lebih baik, sehingga habitat komodo menjadi lebih berkembang. Kami akan menutup Taman Nasional Komodo selama satu tahun," kata Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat di Kupang, seperti dikutip dari Antara, Minggu (20/1/2019).

Namun, ia tidak menjelaskan kapan waktu penutupan kawasan Taman Nasional Komodo mulai diberlakukan. Viktor menegaskan, penutupan Taman Nasional Komodo guna mempermudah pemerintah daerah menata kawasan wisata itu.

Kondisi habitat komodo di Kabupaten Manggarai Barat, ujung barat Pulau Flores itu, sudah semakin berkurang. Kondisi tubuh komodo yang kecil juga merupakan dampak dari berkurangnya rusa yang menjadi makanan utama komodo.

"Kondisi tubuh komodo tidak sebesar dulu lagi, karena populasi rusa sebagai makanan utama komodo terus berkurang karena maraknya pencurian rusa di kawasan itu," tegas Viktor.

Orang nomor satu di provinsi berbasis kepulauan ini merasa khawatir apabila rusa semakin berkurang, maka tidak menutup kemungkinan komodo akan saling memangsa untuk mempertahankan hidup.

"Insting sebagai binatang akan muncul apabila rantai makanan komodo berkurang. Apabila makanan utamanya melimpah, maka instingnya akan berbeda. Hal itulah yang mendorong pemerintah melakukan penataan kawasan komodo dengan menutup sementara kawasan itu dari kunjungan wisatawan selama satu tahun," katanya. 

Penataan kawasan komodo, kata Victor, dilakukan sebagai bentuk perlindungan yang dilakukan negara terhadap komodo yang menjadi habitat langka dan dilindungi dari kepunahan.

Berikut beberapa ulasan  fakta-fakta Taman Nasional komodo yang perlu kamu tahu, dirangkum Liputan6.com pada Selasa (21/1/2019) dari berbagai sumber

1. Taman Komodo Nasional Adalah Warisan Dunia Unesco

Taman Nasional Komodo ialah salah satu situs warisan dunia Unesco yang menjadi kebanggaan Indonesia. Taman Nasional Komodo semakin populer sebagai objek wisata bertaraf internasional.

Menurut Data Balai Taman Nasional Komodo, taman nasional ini kedatangan wisatawan hingga 80.598 selama paruh pertama tahun 2018. Seiring meningkatnya kunjungan wisata ke Taman Nasional Komodo, tentu semakin meningkat pula pendapatan daerah setempat.

2. Pink Beach yang Cantik

Jika Yunani mempunyai Balos Lagoon, yaitu pantai menawan berpasir pink, maka Indonesia mempunyai Pink Beach yang ada di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Berlokasi di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Pink Beach menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang diidam-idamkan banyak orang.

Perjalanan menuju Pink Beach dapat ditempuh dari dermaga Labuhan Bajo. Di dermaga ini terdapat banyak speed boat yang bisa disewa dengan harga bervariatif, tergantung jenis perahu yang digunakan.

Mengingat lokasinya yang berada di Pulau Komodo dan berdekatan dengan Pulau Rinca, perjalanan menuju Pink Beach biasanya digabung dalam satu wisata ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

3. Hamparan Hijau Sabana Gili Lawa

Pulau Gili Lawa terletak di utara Pulau Komodo. Pulau kecil tak berpenghuni ini menawarkan panorama cantik yang memesona. Selama ini, tempat itu merupakan salah satu destinasi wisata bagi para wisatawan untuk berswafoto. Dengan keindahan sabananya, pengunjung sering menjadikan lokasi itu tempat favorit untuk menikmati matahari terbit sekaligus terbenam.

Untuk menikmati pemandangan tersebut, pastinya kamu harus melakukan trekking sekitar setengah sampai satu jam terlebih dahulu. Jalur pendakiannya cukup terjal, licin, dan menguras tenaga, sehingga kamu harus menggunakan sandal gunung atau sepatu trekking demi kenyamanan.

4. Kebakaran Lahan di Gili Lawa

Sayangnya, pada Agustus 2018 lalu, 10 Hektare padang rumput di Gili Lawa Darat, Kawasan Taman Nasional Komodo, hangus terbakar. Otoritas Balai Taman Nasional Komodo (TNK) menyatakan kebakaran di kawasan wisata TNK tak mengganggu habitat hidup 'the komodo dragon' atau bernama latin varanus komodoensis.

Hal ini disebabkan karena para pengunjung kurang memahami peraturan yang berlaku. Kepala Taman Nasional Komodo Budi Kurniawan, mengungkapkan penyebab dari kebakaran kawasan Hutan Gililawa itu, diduga akibat puntung rokok yang dibuang oleh pengunjung yang berwisata di daerah itu pada merdeka.com Jumat (3/8/18)

Ada beberapa larangan yang harus dipatuhi wisatawan lokal maupun asing saat berkunjung ke Taman Nasional Komodo. Beberapa di antaranya dilarang menyalakan api,dilarang menyentuh satwa, dilarang membawa botol air minum sekali pakai dan styrofoam, dan dilarang mengambil apa pun dari kawasan taman nasional.

Nah uraian diatas adalah fakta-fakta Taman Nasional komodo yang bisa kamu tahu, tertarik untuk mengunjunginya? Harap bersabar ya!

5. Populasi Komodo di Taman Nasional Komodo

Kepala Balai Taman Nasional Komodo (TNK) Sudiyono mengatakan, populasi satwa langka komodo (Varanus komodoensis) hingga tahun 2017 mencapai 3.012 ekor dan masih stabil dari ancaman kepunahan. 

Menurut dia, populasi binatang purba yang hanya ada di Pulau Komodo serta pulau-pulau kecil lainnya yang masuk dalam Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat itu masih stabil atau belum terancam punah.

"Namun, kemungkinan populasi mengalami kenaikan karena adanya peningkatan jumlah terutama di Pulau Gili Motang dan Pulau Nusa Kode yang dahulunya kurang," katanya (12/1/2019)

Sudiyono menjelaskan, populasi komodo yang masih stabil itu artinya bisa mengalami penurunan akibat usia dewasa yang berada di ambang kematian maupun bertambah akibat perkembangbiakan komodo berusia produktif.

 

Reporter: Tyas Titi Kinapti

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 6,7 Guncang Sumba Barat NTT

Posted: 21 Jan 2019 09:26 PM PST

Liputan6.com, Sumba Barat - Gempa dengan kekuatan magnitudo 6,7 mengguncang Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pukul 12.10 WIBM, Selasa (22/1/2019).

Dikutip dari laman resmi BMKG, pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer yang berlokasi di 10,65 Lintang Selatan (LS), 118,97 Bujur Timur.

Atau lebih tepatnya berada di 120 kilometer Barat Daya Sumba Barat, NTT.

Meski kekuatannya cukup kuat, gempa tidak berpotensi tsunami.

Sebelumnya, tadi pagi, gempa telah menggoyang Sumba Barat sebanyak tiga kali. Terakhir, pada pukul 08.56 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,2.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Daftar Lengkap Rotasi Petinggi Polri

Posted: 21 Jan 2019 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian merombak sejumlah jajaran petinggi Polri. Dalam Surat Telegram Kapolri nomor ST/188/I/KEP./2019 tanggal 22 Januari 2019, Tito menunjuk Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz sebagai Kabareskrim Polri.

Sementara Komjen Arief Sulistyanto yang sebelumnya menjadi Kabareskrim, dimutasi menjadi Kalemdiklat Polri. Bukan hanya Idham Aziz dan Arief Sulistyanto, Kapolri juga merombak beberapa pejabat Polri.

Berikut beberapa pejabat Polri yang dirombak Kapolri:

1. Komjen Lutfi Lubihanto yang menjabat sebagai Kabaintelkam Polri dimutasi sebagai Pati Baintelkan dalam rangka pensiun.

2. Komjen Unggung Cahyono yang menjabat sebagai Kalemdiklat Polri diangkat sebagai Kabaintelkam Polri.

3. Komjen Arief Sulistyanto yang menjabat sebagai kabareskrim diangkat sebagai Kalemdiklat Polri.

4. Irjen Idham Azis yang menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya diangkat sebagai Kabareskrim.

5. Irjen Gatot Eddy Pramono yang menjabat sebagai Asrena Kapolri diangkat sebagai Kapolda Metro Jaya.

6. Irjen Agung Sabar Santoso yang menjabat sebagai Wairwasum Polri diangkat sebagai Asrena Kapolri.

7. Irjen Pol Umar Septono yang menjabat sebagai Kapolda Sulsel diangkat menjadi Wairwasum Polri.

8. Irjen Hamidin yang menjabat sebagai Pati Densus 88 Antiteror diangkat menjadi Kapolda Sulsel.

9. Irjen Deden Juhara yang menjabat sebagai Asops Kapolri dimutasi sebagai Pati Sops Polri dalam rangka pensiun.

10. Irjen Pol Rudy Sufahriadi yang menjabat sebagai Dankorbrimob diangkat menjadi Asops Kapolri.

 

Selanjutnya...

11. Irjen Ilham Salahudin yang menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat diangkat menjadi Dankorbrimob Polri.

12. Brigjen Coki Manurung yang menjabat sebagai Kapolda Bengkulu diangkat menjadi widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

13. Brigjen Supratman yang menjabat sebagai Wakapolda Jabar diangkat menjadi kapolda Bengkulu.

14. Brigjen Akhmad Wiyagus yang menjabat sebagai Wakapolda Maluku diangkat menjadi Wakapolda Jabar.

15. Kombes Teguh Sarwono yang menjabat sebagai Kabagrendafung Rorenmin Itwasum diangkat menjadi Wakapolda Maluku.

16. Kombes Lukas Arry Dwiko Utomo yang menjabat sebagai Wakapolda Maluku Utara diangkat sebagai Kabagrendafung Rorenmin itwasum Polri.

17. Kombes Lukas Akbar Abriari yang menjabat sebagai Wadirtipidter Bareskrim diangkat menjadi Wakapolda Maluku Utara.

18. Brigjen Suroto yang menjabat sebagai Karopsi SSDM diangkat menjadi kapolda Malut.

19. Brigjen Yudawan Roswinarso yang menjabat sebagai Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat diangkat menjadi Karopsi SSDM Polri.

20. Brigjen Baufal Yahya yang menjabat sebagai kapolda Malut diangkat menjadi Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat.

Selanjutnya...

21. Kombes Winarto yang menjabat sebagai Wakapolda Sultra diangkat menjadi Kabagjarlat Sespimti Sespim Lemdiklat Polri.

22. Kombes Rosyanto Yudha Hermawan yang menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pidter Bareskrim diangkat menjadi Wakapolda Sultra.

23. Kombes Tulus Ikhlas Pamoji yang menjabat sebagai Kabag TIK Korlantas Polri dimutasi sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Kamsel Korlantas Polri.

24. Kombes Zulpan yang menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Dikmas Korlantas Polri diangkat sebagai Kabag TIK Korlantas Polri.

25. Kombes Wahyu Bintoro Hari Bawono yang menjabat sebagai Kapolresta Palembang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Pidnarkoba Bareskrim Polri.

26. Kombes Didi Hayamansyah yang menjabat sebagai Kabidpropam Polda Sumsel diangkat menjadi Kapolresta Palembang.

27. Kombes Dedi Sofiadi yang menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Sulut diangkat menjadi Kabidpropam Polda Sumsel.

28. Kombes Yandri Irsan yang menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Sultra diangkat menjadi Dirreskrimsus Polda Sulut.

29. Kombes Abdul Rizal A Engahu yang menjabat sebagai Dosen utama STIK Lemdiklat Polri diangkat menjadi Dirreskrimsus Polda Sultra.

30. Kombes Muhammad Taslim Chairuddin yang menjabat sebagai Dirlantas Polda Sumsel dimutasi menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Regiden Korlantas Polri.

Selanjutnya...

31. Kombes Dwi Asmoro yang menjabat sebagai Dirlantas Polda Kep Babel Diangkat menjadi Dirlantas Polda Sumsel.

32. Kombes Agun Fatchulloh yang menjabat sebagai Kasubdit BPKB Ditregident Korlantas diangkat menjadi Dirlantas Polda Kep babel.

33. ALBP Taryadi yang menjabat sebagai Waka SPN Polda Metro Jaya diangkat menjadi Kasubdit BPKB Ditregident Korlantas Polri.

34. Kombes Andreas Kusmedi yang menjabat sebagai Dirpolairud Polda Jateng dimutasi sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang polairud Baharkam polri.

35. Konbes Pol Risnanto yang menjabat sebagai Dosen Utama STIK Lemdiklat Polri diangkat menjadi Dirpolairud Polda Jateng.

36. AKBP Suwoyo yang menjabat sebagai Kasubbagminwa Korpsmahasiswa Waketbidminwa STKI Lemdiklat polri diangkat menjadi Dosen Utama STIK Lemdiklat Polri.

37. AKBP Dominggus Rumaropen yang menjabat sebagai Kapolres Mamberamo Raya Polda Papua dimutasi sebagai Pamen Polda Papua.

38. AKBP Alexander louw yang menjabat sebagai Pamen Polda Papua diangkat Kapolres Mamberamo Raya Polda Papua.

39. Kombes Chaerul Yani yang menjabat sebagai Dirintelkam Polda Sumsel dimutasi menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Kambeg Baintelkam Polri.

40. Kombes Fatori yang menjabat sebagai Tutor Utama Lemdiklat Polri diangkat menjadi Dirintelkam Polda Sumsel.

Selanjutnya...

41. AKBP Sondang Richman Daniel Siagian yang menjabat sebagai Wadirsamapta Polda Papua diangkat sebagai tutor utama lemdiklat Polri.

42. Kombes Zuhdi Bahruddin Arrasuli yang saat ini menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Binmas Baharkam Polri.

43. AKBP Mokhamad Ngajib yang saat ini menjadi Kasubbaganevopswil Baganev Robinops Sops Polri diangkat menjadi Dirbimnas Polda Sulteng.

44. Dirgen Eddy Sumitro Tambunan yang saat ini menjabat Karobinopsnal Baharkam Polri diangkat menjadi Wakapolda Kaltim.

45. Brigjen Ermi Widyatno yang menjabat sebagai Kapolda Sulteng diangkat sebagai Karobinopsnal Baharkam polri.

46. Brigjen Lukman Wahyu Hariyanto yang menjabat sebagai Wakapolda Kaltim diangkat menjadi Kapolda Sulteng.

47. Kombes Erwin Zadma menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Aceh dimutasi sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus bareskrim Polri.

48. Kombes Saladin saat ini menjabat sebagai Kabid TIK Polda Aceh diangkat menjadi Dirreskrimsus Polda Aceh.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apa Saja Upaya Facebook Amankan Platform Jelang Pilpres 2019?

Posted: 21 Jan 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Facebook melakukan berbagai upaya untuk mengamankan platform-nya dari konten-konten hoaks dan ujaran kebencian yang memecah belah, terutama menjelang pemilu legislatif dan presiden 2019.

Director Global, Politic and Government Outreach Facebook Katie Harbath menyadari, sejumlah orang menggunakan platform Facebook secara tidak bertanggung jawab dan mengganggu jalannya demokrasi.

Fokus utama Facebook adalah memberantas kabar hoaks dan ujaran kebencian yang begitu meresahkan belakangan ini.

"Langkah pertama yang kami adalah dengan menghapus akun palsu," kata Harbath dalam acara Pemuda Memilih di Jakarta, Senin (21/1/2019).

Dia lebih lanjut mengatakan, orang-orang tidak bertanggung jawab biasanya menggunakan nama palsu.

Dalam mengenali hal ini, Facebook memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI).

"Kalau ada perilaku menyimpang, misalnya saat ada akun yang baru daftar melakukan perilaku menyimpang seperti meng-add semua orang ke daftar pertemanan atau membuat dan mengunggah banyak posting-an di banyak grup, itu perilaku abnormal dari akun tersebut," kata Harbath.

Oleh karenanya AI berupaya mengidentifikasi perilaku abnormal tersebut sebagai sinyal, untuk menentukan keaslian sebuah akun.

Total, hingga kuartal 1 2019, Facebook telah menghapus 753,7 juta akun palsu di dunia, di mana 98 persennya dihapus setelah melalui identifikasi tim Facebook yang kini berjumlah 30 ribu orang, bukan dari hasil pelaporan pengguna lainnya.

Kurangi Penyebaran Konten Hoaks dan Misinformasi

Banner Infografis Hoaks di Tahun Politik Kian Marak. (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk mengamankan suasana pilpres 2019, Facebook juga menangani peredaran hoaks.

Raksasa media sosial besutan Mark Zuckerberg ini menggunakan machine learning untuk mendeteksi keaslian informasi yang dibagikan.

Selain itu, Facebook juga bekerja sama dengan pemeriksa fakta pihak ketiga.

Di Indonesia Facebook bekerja sama dengan Tirto, AFP, Liputan6.com, Kompas, Tempo, dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo).

Ketika ada konten yang dikategorikan sebagai hoaks atau misinformasi, Facebook akan mengurangi distribusi atau penyebaran berita tersebut di feed sehingga menurunkan potensinya untuk terbaca pengguna lain.

"Motivasi orang untuk menyebarkan hoaks adalah untuk mendapatkan keuntungan materi. Dengan mengurangi distribusi, kami juga menghapus kemungkinan orang untuk mendapatkan keuntungan materi dari penyebaran hoaks," tutur Harbath.

Selanjutnya, pihak Facebook akan mengirimkan notifikasi jika ada pengguna yang mencoba membagikan atau telah membagikan konten yang dikategorikan sebagai hoaks atau misinformasi. 

Tekan Peredaran Ujaran Kebencian

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Facebook melakukan upaya lainnya, yakni menekan peredaran hate speech atau ujaran kebencian di platform-nya.

Salah satunya, jejaring sosial yang punya 115 juta akun di Indonesia ini bekerja sama dengan sejumlah stakeholder, salah satunya Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Harbath mencontohkan, dalam kasus di Brasil, yakni saat dua putaran pilpres, pihaknya mengidentifikasi ada kenaikan jumlah konten ujaran kebencian.

"Langsung Facebook bekerja sama sistem otomasi dan Bawaslu setempat untuk mengidentifikasi ujaran-ujaran kebencian. Pendekatan ke negara, ini juga yang akan dilakukan di Indonesia untuk menekan hate speech," tuturnya.

Facebook juga mulai transparansi terhadap iklan dan halaman di Facebook, memperkuat penegakan hukum terhadap iklan yang tidak pantas, hingga mendukung keterlibatan sipil di Facebook.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tepergok Belanja Bareng, Hyun Bin - Son Ye Jin Kembali Digosipkan Pacaran

Posted: 21 Jan 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Aktor dan aktris Hyun Bin dan Son Ye Jin, baru-baru ini tengah diterpa isu bahwa mereka tengah berkencan. Rumor ini, tidak muncul tanpa alasan.

Dilansir dari Soompi, Selasa (22/1/2019), mereka sempat tepergok sedang berbelanja bersama di sebuah supermarket yang tampak bukan berlokasi di Korea Selatan. Foto keduanya, beredar luas di media sosial. Keduanya mengenakan topi, dan Son Ye Jin juga menutupi wajahnya dengan kacamata.

Ini, bukan kali pertama Son Ye Jin dan Hyun Bin diterpa isu pacaran.

Pada awal Januari lalu, isu serupa muncul, dan mereka dikabarkan bepergian bersama ke Amerika Serikat.

Kata Agensi

Son Ye Jin. (Foto: Soompi.com)

Saat rumor ini pertama kali beredar, agensi keduanya membantah bahwa Son Ye Jin dan Hyun Bin berpacaran. "Unggahan online itu tidak benar," tutur perwakilan Son Ye Jin kala itu.

Wakil agensi Son Ye Jin mengatakan bahwa aktris serial Pretty Noona Who Buys Me Food ini justru lebih senang bepergian sendiri.

Kembali Membantah

Son Ye Jin dan Hyun Bin (Soompi)

Kini, setelah rumor tersebut kembali beredar, agensi Hyun Bin angkat bicara. Masih senada, agensi ini membantah ada hubungan spesial antara dua bintang film The Negotiation ini.

Agensi Hyun Bin, Vast Entertainment, mengaku mengecek langsung rumor ini kepada sang aktor.

"Dia (Hyun Bin) mendengar bahwa Son Ye Jin ada di AS, jadi mereka bertemu bersama teman dan pergi belanja bersama, tapi hal ini tampaknya disalahartikan. Ada teman-teman lain bersama mereka di supermarket tersebut," kata perwakilan agensi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Ekonomi RI Jauh Lebih Baik Dibanding Haiti

Posted: 21 Jan 2019 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, ekonomi Indonesia jauh lebih baik dibandingkan dengan Haiti. Hal tersebut menanggapi pernyataan dari Calon Presiden (Capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto pernah menyamakan ekonomi Indonesia dengan negara yang disebutnya berada kawasan Afrika tersebut.

Sri Mulyani me‎ngatakan, dirinya pernah meninjau langsung Haiti saat menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Karena pernah datang ke negara tersebut, dirinya bisa memberikan kesimpulan jika ekonomi Indonesia masih jauh lebih baik.

"Saya sudah pernah ke sana dua kali waktu masih di Bank Dunia‎‎. Negara di Kepulauan Karibia, cuma 1 pulau, berbatasan dengan Republik Dominika. Dia disebut fragile state. Itu adoh (jauh) banget, baik jarak maupun perbandingannya," ujar dia di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Sementara jika dibandingkan dengan Singapura, Sri Mulyani mengakui memang pendapatan per kapita Indonesia jauh tertinggal. Namun demikian, dari sisi tantangan terhadap ekonomi, apa yang dihadapi Indonesia jauh lebih sulit.

"Singapura itu pendapatan per kapitanya USD 70 ribu, salah satu tertinggi di dunia. Kalau kita ngomong pendapatan per kapita, kita kalah jauh. Tapi tantangan kita jauh lebih besar," kata dia.

Sri Mulyani juga mencontohkan dalam hal tantangan di sektor infrastruktur. Dengan luas wilayah yang kecil, membangun infrastruktur di Negeri Singa juga jauh lebih mudah ketimbang di Indonesia.

"Kalau bangunan jalan tol, kita sudah bangun ribuan jalan tol. Kalau Singapura ke atas bawah sudah semua. Kalau kita baru di Jawa saja," tandas dia.

5 Fakta Soal Haiti yang Tengah Ramai Diperbincangkan

Ilustrasi Haiti (Pixabay)

Sebelumnya, Kata 'Haiti' tengah jadi trending topik dan ramai diperbincangkan oleh pengguna media sosial di Twitter.

Haiti, menjadi perbincangan setelah Calon Presiden RI dengan nomor urut dua, Prabowo Subianto menyampaikan sebuah pidato yang menyamakan Indonesia sama miskinnya dengan sejumlah negara di Afrika.

BACA JUGA

Yang menjadi sorotan adalah ketika Prabowo Subianto menyebut jika Haiti termasuk dalam negara di kawasan Benua Afrika. Banyak netizen yang mencemooh dan menyebut bahwa Prabowo harus banyak belajar.

Lalu, di manakah sebenarnya letak Haiti itu? Dan seperti apakah sebenarnya negara tersebut.

Seperti dikutip dari laman borgenproject.org, rabu (26/12/2018), berikut 5 fakta soal Haiti:

Letak 

Tanah Air tengah ramai soal pembicaraan Haiti. Sebenarnya, di manakah letak Haiti yang sebenarnya.

Republik Haiti adalah sebuah negara di Karibia yang meliputi bagian barat pulau Hispaniola dan beberapa pulau kecil lainnya di Laut Karibia.

Letaknya ada di Benua Amerika dan berbatasan langsung dengan Republik Dominika.

Masyarakat Hidup di Garis Kemiskinan

Haiti memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi. Menurut United Nations Development Program, 24,7 persen warga Haiti hidup dalam kemiskinan ekstrem, yaitu pendapatan rata-rata kurang dari US$ 1,25 per hari atau setara dengan Rp 18.250.

Tingkat kemiskinan ekstrem sudah mulai menurun sejak tahun 2000.

Rawan Bencana Alam

Penduduk Haiti terlalu akrab dengan bencana alam, seperti angin topan dan gempa bumi.

Badai Matthew, badai kategori empat yang melanda Haiti pada Oktober 2017, menewaskan 546 orang dan menyebabkan dua juta warga lainnya hidup dalam kesengsaraan.

Kerusakan bangunan dan tanaman dan sumber pendapatan utama bagi warga Haiti juga rusak akibat bencana tersebut.

Selain badai dan topan, gempa bumi juga meluluhlantahkan Haiti. Pada tahun 2010, gempa di negara ini membuat ibu kota lumpuh total. Ratusan ribu jiwa melayang.

Anak-Anak Kekurangan Gizi

Banyak warga Haiti mengalami kekurangan gizi.Sekitar 100.000 anak di bawah usia lima tahun kekurangan gizi.

Sementara 30 persen dari keseluruhan populasi dianggap tidak aman pangan. Ini berarti bahwa warga negara tidak memiliki akses yang cukup untuk memperoleh makanan bergizi.

Air Bersih

Banyak warga Haiti tidak memiliki akses untuk mendapatkan air bersih.

Sekitar satu dari dua warga Haiti menggunakan air yang tidak bersih, yang telah terbukti menyebabkan penyakit. Faktanya, sekitar 80 persen penyakit di negara berkembang sebagian disebabkan oleh air yang tidak bersih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Menko Perekonomian Darmin Nasution memberi sambutan dalam Indonesia Investmen Forum (IIF) 2018 di ajang Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 di Bali, Selasa (9/10). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Minta Kebijakan Swastanisasi Air Tak Timbulkan Konsekuensi Negatif

Posted: 21 Jan 2019 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pihaknya ingin menghindari adanya potensi hukum dikemudian hari bila swastanisasi air dihentikan.

Anies menginginkan, saat pelaksanannya, kebijakan tersebut telah melalui kesepakatan dan beberapa aturan. 

"Jangan sampai langkah hukum yang kita lakukan nanti ujungnya malah merugikan rakyat. Misalnya ternyata kemudian nanti ada tuntutan-tuntutan hukum yang justru kita bisa dikalahkan," ujar Anies Baswedan di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (22/1/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan pihaknya tengah melakukan kajian secara keseluruhan dengan mempertimbangkan segala aspek.

"Sekarang sedang di-review lengkap sehingga kita bisa nanti melaksanakan keputusan ini tanpa ada konsekuensi negatif," ucap dia.

 

Jalankan Putusan MA

Sebelumnya, Koalisi Masyarakat Menolak Swastanisasi Air Jakarta (KMMSAJ) mendesak Anies untuk melaksanakan putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 31K/Pdt/2017.

Putusan MA tersebut adalah memerintah pengembalian pengelolaan air dari pihak swasta kepada pemerintah.

Pengacara LBH Jakarta Nelson Nikodemus Simamora mengatakan sudah hampir dua tahun dari dikeluarkannya putusan tersebut, pengelolaan air di Jakarta sampai saat ini masih dipegang oleh Palyja dan PT Aetra.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tumpukan Sampah Membentang Lebih dari 1 Kilometer di Kali Cibalok Bekasi

Posted: 21 Jan 2019 09:09 PM PST

Fokus, Bekasi - Lagi-lagi sampah terlihat menutupi permukaan sungai di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Setelah Kali Pisang Batu, kini Kali Cibalok yang terletak di Desa Karangraharja, Cikarang Utara, juga dipenuhi sampah. Tumpukan sampah membentang lebih dari 1 kilometer.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (22/1/2019), selain sampah rumah tangga, sepanjang aliran sungai juga dipenuhi tumpukan eceng gondok hingga menyebabkan air sungai tidak mengalir.

Menurut warga, sampah yang memenuhi Kali Cibalok merupakan buangan warga sekitar. Dan selama 6 tahun terakhir, kali tersebut belum pernah dikeruk atau dibersihkan sama sekali. Padahal, selain menebar bau busuk, kali yang penuh sampah juga mengancam kesehatan warga dan berpotensi banjir saat musim hujan.

Warga berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi bisa segera membersihkan sampah di sepanjang aliran Kali Cibalok.

Namun di sisi lain, warga juga harusnya lebih peduli dengan tidak membuang sampah ke sungai. Sudah saatnya diberlakukan sanksi tegas untuk yang membuang sampah sembarangan. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok Kevin-Prince Boateng, Rekrutan Anyar Barcelona yang Siap Bobol Gawang Real Madrid

Posted: 21 Jan 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kabar mengejutkan datang dari klub raksasa La Liga, Barcelona. Barcelona membuat pergerakan di jendela transfer Januari ini dengan resmi mendatangkan gelandang Kevin-Prince Boateng dari Sassuolo.

Kevin-Prince Boateng didatangkan ke Camp Nou dengan status pinjaman hingga akhir musim ini. Barca juga memiliki opsi untuk membeli Boateng secara permanen dengan biaya senilai 8 juta euro.

Sekilas tentang sosok Kevin-Prince Boateng, pemain yang berdarah Jerman dan Ghana itu merupakan salah satu dalang dari kesuksesan AC Milan menjuarai Serie A di tahun 2011 silam.

Setelah dari Rossoneri, ia melanglang buana ke beberapa klub seperti Schalke 04, Las Palmas, hingga Eintracht Frankfurt guna mengembalikan performanya. Pada Juli 2018 kemarin, ia diresmikan sebagai punggawa anyar Sassuolo namun sekarang Kevin-Prince Boateng di pinang oleh Barcelona.

Keputusan tersebut nyaris tak terpantau oleh media di tengah gencarnya gosip opsi Barcelona terhadap pemain lain.

Sejauh ini di Serie A, bersama Sassuolo Kevin-Prince Boateng baru ditampilkan sebanyak 13 kali dari 19 pertandingan yang telah terlewati. Selain itu, Kevin-Prince Boateng juga baru mengoleksi empat gol dan satu assist.

Kevin-Prince Boateng alternatif bagi Barcelona

Kevin-Prince Boateng (fcbarcelona.com)

Skuat Catalan memang membutuhkan pemain untuk menjadi pelapis Luis Suarez di lini depan. Saat ini, Suarez hanya satu-satunya penyerang yang dimiliki oleh Blaugrana, setelah melepas Paco Alcacer ke Borussia Dortmund dan Munir El Haddadi ke Sevilla.

Kehadiran Kevin-Prince Boateng diharapkan bakal menambah solid lini depan Barcelona. Keberadaan Kevin-Prince Boateng membuat Barcelona memiliki alternatif lain sebagai pemegang role nomor 9.

Apalagi, sang pemain juga bisa bermain sebagai false nine yang kerap menjadi andalan pelatih El Barca, Ernesto Valverde, ketika Luis Suarez absen.

Tidak hanya itu, Kevin-Prince Boateng diproyeksikan sebagai tambahan tenaga untuk sektor lini depan Barcelona yang cukup pincang. Seperti yang diketahui, Ousmane Dembele lagi lagi harus berurusan dengan ruang perawatan cukup lama lantaran mengalami cedera.

Sebelumnya, Barcelona telah dikaitkan dengan sejumlah striker termasuk Alvaro Morata, Fernando Llorente dan Carlos Vela. Tapi, akhirnya Barcelona menjadikan pemain internasional Ghana itu, sebagai pilihannya.

Alasan Barcelona memilih Kevin-Prince Boateng

Performa Kevin-Prince Boateng bersama Sassuolo tak jarang membuat publik dan pendukung Barcelona semakin ragu dengan aktivitas transfer Barcelona itu.

Ada beberapa alasan kenapa Barcelona memilih Kevin-Prince Boateng dibandingkan dengan pemain lainya. Pertama adalah pengalaman. Kevin-Prince Boateng disebut memiliki pengalaman bermain di La Liga bersama Las Palmas, sehingga tak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi.

Kedua, Barcelona melihat Kevin-Prince Boateng bisa memberikan persaingan ketat pada Suarez agar penyerang asal Uruguay itu bisa memberikan performa terbaiknya secara konsisten. Dan terkahir Barcelona butuh pemain dengan koleksi pengalaman bermain di banyak kompetisi besar.

Kevin-Prince Boateng pun memiliki latar belakang yang cukup untuk memenuhi faktor tersebut.Kevin-Prince Boateng diketahui sebagai salah satu dalang kesuksesan AC Milan merebut gelar juara Serie A pada musim 2010-2011 lalu.

Selain itu, ia juga pernah membela klub kenamaan lainnya seperti Borussia Dortmund, Tottenham Hotspur, dan juga Schalke 04.

Sosok di balik kepindahan Kevin-Prince Boateng

Kevin-Prince Boateng (fcbarcelona.com)

Sosok penting yang membuat Barcelona memutuskan Kevin-Prince Boateng sebagai anggota baru mereka adalah Ariedo Braida. Nama ini tak asing, karena dia adalah jajaran manajemen El Barca. Braida adalah sosok berpengalaman yang memiliki wawasan serta insting kuat.

Terkait Kevin-Prince Boateng, Braida memberi referensi kepada Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. Ia memberi 'peringatan' kepada Barcelona agar segera mendatangkan Kevin-Prince Boateng, terutama karena momen yang tepat.

Saat manajemen dan pelatih sepakat, Braida menjadi utusan resmi Barcelona. Proses negosiasi berjalan mulus, karena Direktur Umum Sassuolo, Giovanni Carnevali, adalah karib Ariedo Braida.

 

Resmi pindah ke Barcelona dan Siap membobol gawang Real Madrid

Kevin-Prince Boateng (fcbarcelona.com)

Rencananya, Kevin-Prince Boateng akan tiba di Barcelona pada Senin (21/1/2019) waktu setempat. Kevin-Prince Boateng secara resmi akan menandatangani kontraknya pada hari ini, Selasa (22/1/2019).

Sekaligus Kevin-Prince Boateng akan secara resmi diperkenalkan Barca ke publik pada hari itu juga waktu setempat. Acara ini diawali penandatanganan kontrak dan berlanjut ke sesi foto dan konferensi pers di Camp Nou.

Kevin-Prince Boateng kemungkinan tidak akan kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain di Spanyol. Pasalna, ia pernah menghabiskan musim 2016/17 di La Liga.

Dia pernah merasakan kompetisi ini bersama Las Palmas. Bersama Las Palmas Kevin-Prince Boateng mencetak 10 gol dari 29 pertandingan di seluruh ajang.

Barcelona harus membayar 2 juta euro atau sekitar Rp30 miliar guna mendatangkan Kevin-Prince Boateng dari Sassuolo. El Barca punya opsi membeli jika mampu menyetorkan 8 juta euro ke kas Sassuolo.

Kevin-Prince Boateng berjanji bakal memberikan yang terbaik sejak kali pertama merumput bareng Lionel Messi dkk. Ia ingin memberikan kemampuan dan pengalaman, apalagi bermain bareng seabreg pemain papan atas dunia.

"Sebuah kehormatan berada di klub sebesar Barcelona. Setiap anak-anak yang baru belajar sepak bola selalu bermimpi bisa berkostum Barcelona. Jadi, ini adalah realitas yang luar biasa," kata Kevin-Prince Boateng, di situs resmi Barcelona dilansir dari Bola.com

"Barca, saya datang! Saya sedih meninggalkan Sassuolo tetapi ini adalah peluang besar (dalam karier saya), "Jangan tanya saya tentang Real Madrid, itu hanya masa lalu (sebagai pendukung Madrid).

Saya hanya ingin fokus pada Barcelona, ​​dan saya berharap bisa mencetak gol di Santiago Bernabeu pada laga El Clasico berikutnya," lanjut pemain 31 tahun tersebut.

 

Reporter: Heri Setiawan

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Asus Zenfone 2 ZE551ML, Harga Rp 1 Jutaan dengan Memori Besar

Posted: 21 Jan 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Asus Zenfone 2 ZE551ML, smartphone besutan asus ini masih ramai dicari para pencinta gadget. Walaupun sudah rilis dari tahun 2015 lalu, spesifikasi yang ditawarkan oleh Asus Zenfone 2 ZE551ML ini masih bisa mengcover kebutuhan hingga sekarang. 

Smartphone ini merupakan yang pertama besutan asus yang menggunakan RAM 4 GB. Varian ini juga menghadirkan dua pilihan storage, 32 dan 64 GB. Namun ada pula varian ASUS ZenFone 2 ZE551ML dengan RAM 2 GB yang hadir dengan storage 16 GB.

Berikut harga asus zenfone 2 ZE551ML dan harga yang telah liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Selasa (22/1/2019).

Spesifikasi asus zenfone 2 ZE551ML

1. Jaringan Asus Zenfone 2 ZE551ML

Asus zenfone 2 ZE551ML memiliki beberapa jaringan yang tersedia pada ponsel ini, terdapat  3 jaringan yang tersedia pada ponsel ini diantaranya adalah Jaringan 2G dengan frekuensi GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2, Jaringan 3G dengan frekuensi yang di gunakan adalah HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 dan jaringan 4G dengan frekuensi yang di gunakan adalah LTE.

Koneksi yang di gunakan hampir sama dengan ponsel lainnya yang mana diantaranya koneksi tersebut adalah EDGE/GPRS, dan koneksi yang memiliki kecepatan akses data cukup cepat adalah HSDPA/3G.

Kecepatan yang tersedia di ponsel ini adalah HSPA 42.2/5.76 Mbps, dan juga ponsel ini bisa menikmati kecepatan koneksi tercepat adalah jaringan 4G dengan kecepatan LTE Cat4 150/50 Mbps. 

2. Desain Asus Zenfone 2 ZE551ML

Model dengan tipe CandyBar berdimensi 152.5 x 77.2 x 10.9 mm, berat 170 g serta di lengkapi dengan layar yang lebih besar di bandingkan Zenfone 5 yakni berukuran 1080p x 1920 pixels, 5.5 inches (~401 ppi pixel density) yang di sematkan layar dengan jenis IPS capacitive touchscreen.

Dengan 16M colors akan menghasilkan hasil warna dan gambar yang lebih cerah dan di tambah lagi dengan ZenUI yang akan memberikan kesan mewah pada tampilan menu dan navigasi sortcut aplikasi di Zenfone 2 ini.

Untuk pelindung layar menggunakan Corning Gorilla Glass 3. Warna yang tersedia adalah Osmium Black, Sheer Gold, Glacier Gray, Glamor Red and Ceramic White. 

3. Sofware Asus Zenfone 2 ZE551ML

Asus Zenfone 2 ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi di bandingkan dengan seri zenfone sebelumnya seperti yang sudah di jelaskan di awal tadi. Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android OS, v5.0 (Lollipop) yang bisa diupgrade hingga marshmallow yang di optimalkan dengan menggunakan prosesor yang berjalan pada sistem 64 bit SUPER QUAD CORE INTEL ATOM PROCESSOR (Intel Atom Z3580, Quad-core 2.3 GHz).

Sedangkan untuk kualitas dan kinerja layar atau grafisnya di optimalkan dengan PowerVR G6430. 

4. Memori Asus Zenfone 2 ZE551ML

Ketika pertama kali produk Asus Zenfone 2 ini di luncurkan pada ajang CES 2015, smartphone ini di nobatkan sebagai smartphone pertama di dunia yang menggunakan RAM sebesar 4GB, yang mana tidak ada ponsel lainnya yang memberikan memori RAM sebesar itu.

Selain itu memori internal yang terdapat pada ponsel ini memiliki ukuran besar juga yakni 64GB dan memori eksternalnya juga tersedia dengan ukuran up to 64GB microSd card. Sehingga smartphone ini masih lancar digunakan untuk berbagai aplikasi. 

5. Fitur Asus Zenfone 2 ZE551ML

Smartphone asus ini dibekali dengan GPS, MP3 Player, MP4 Player, Video Player, FM Radio dan masih banyak yang lainnya. Selain itu yang menonjol pada ponsel ini adalah pada fitur kamera yang di miliki. Asus Zenfone 2 ini memiliki kamera utama yang berukuran besar yakni 13 MP, 4128 x 3096 pixels.

Kamera didukung pengambilan gambar menggunkan autofocus, dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, serta bisa di gunakan untuk membuat Video 1080p@30fps. Kamera sekunder memiliki ukuran cukup besar juga, pasalnya untuk kamera ke dua ini memiliki ukuran 5MP yang bisa di gunakan untuk photo selfie dan video call dengan hasil gambar yang bagus.

Harga asus zenfone 2 ZE551ML

Harga Bekas

• Harga Asus Zenfone 2 ZE551ML Gold 4/32 : Rp 1,200,000

• Harga Asus Zenfone 2 ZE551ML ram 4/32 fulset : Rp 1,200,000

• Harga asus zenfone 2 ZE551ML ram 4/64 ex grs distributor istimewa segel : Rp 1,100,000

• Harga Asus zenfone 2 ZE551ML 4/32 Free Cover & Anti Gores : Rp 1,050,000

• Harga asus zenfone 2 ZE551ML: Rp 900.000

 

Harga Baru

Hampir semua seri asus zenfone 2 ini sudah keluar dari toko resmi alias tidak ada di toko resmi asus. Kamu bisa cari di counter counter hp atau melalui e-commerce.

• Harga asus zenfone 2 laser ZE551ML 500kg 16kg : Rp 900.000

• Harga asus zenfone 2 ZE551ML 4/64 : Rp 1.500.000

• Harga asus zenfone 2 laser ZE500KL : Rp 1.900.000

 

Reporter: Afifah Cinthia Pasha

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Renault Bocorkan Model yang Bakal Diboyong ke Indonesia

Posted: 21 Jan 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nusantara Maxindo Group kini menjadi mitra baru Renault di Indonesia. Dengan begitu, seluruh aktivitas Renault di pasar nasional kini di bawah kendali Nusantara Maxindo Group, mulai dari hak penuh untuk mengimpor, memasarkan, mendistribusikan, dan mengelola semua produk asal Prancis tersebut.

Dahulu peran tersebut dilakukan oleh Indomobil sebagai mitra pengelolanya. Berada di bawah naungan Indomobil, Renault dapat dikatakan belum bisa berbicara banyak di pasar otomotif tanah air.

Diharapkan dengan berpindahnya kemitraan Renault dari Indomobil ke Nusantara Maxindo Group akan dapat meningkatkan eksistensi dan penjualan mobil Renault di Indonesia.

PT Maxindo Renault Indonesia mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan serta menghadirkan varian-varian terbaru dari Renault ke Indonesia.

"Untuk dapat bersaing di pasar otomotif tanah air, kami akan memboyong mobil 7 penumpang dengan harga terjangkau," ungkap COO PT Maxindo Renault Indonesia, Davy J Tuilan.

 

Selanjutnya

Senada dengan pernyataan Davy, Vice President Sales & Marketing Asia Pacific Renault, Guilaume Sicard mengatakan bahwa tahun ini Renault Indonesia akan mendatangkan beberap produk baru dari Renault.

"Tahun ini kami akan membawa beberapa produk unggulan kami di Eropa ke pasar Indonesia. Mungkin saja itu Duster, Clio apapun itu small hatchback, MPV, atau SUV yang memang cocok dengan masyarakat Indonesia," sambung Sicard.

Namun Sicard juga memastikan bahwa semua produk tersebut akan diimpor, dan pihaknya belum berencana untuk memproduksi di Indonesia, meskipun anggota aliansi mereka yaitu Mitsubishi memiliki pabrik assembling yang luas di Indonesia.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Darmin Tetapkan 23 Program Prioritas pada 2019

Posted: 21 Jan 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution menandatangani perjanjian kinerja, program manajemen risiko, dan sasaran kerja pegawai 2019.

Penandatangan perjanjian kinerja ini dihadiri oleh pegawai Kemenko Perekonomian.

"Pagi kita menandatangani 3 dokumen masing-masing. Ini, bentuk dari wujud dari komitmen, dari janji. Ada orang yang tidak begitu senang dengan formalitas. Padahal ya formalitas itu perlu," ujar Darmin di Kantornya, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Penandatanganan dokumen tersebut merupakan suatu agenda yang bukan hanya penting tapi berguna. Sebab setelah penandatanganan, kinerja Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Aparatur-nya akan diukur dengan kinerja dan capaian sepanjang 2019.

"Salah satu bentuk kinerja yang baik adalah mitigasi risiko yang berpengaruh pada pencapaian target. Oleh karena itu ditandatangani Piagam Manajemen Risiko. Untuk mengidentifikasi risiko yang muncul dalam rangka mencapai target kerja sehingga dapat dilakukan mitigasi sejak dini," ujar dia.

Di tempat yang sama, Sekretaris Menko Perekonomian, Susiwiyono mengatakan, setidaknya ada 23 program prioritas yang ditetapkan pada 2019 di Kemenko Perekonomian. Sementara program reguler ditargetkan mampu dicapai sebanyak 42 program.

"Itu merangkum ada 23 program prioritas dan 42 program reguler untuk masing masing kedeputian. Misalnya, deputi 1 ada 4 KUR, DNKI, inflasi dan fiskal," tutur dia.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

RI Perlu Tingkatkan 3 Hal Ini untuk Dongkrak Daya Saing

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution saat menjadi pembicara dalam acara Bincang Ekonomi di Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, Kamis (2/3). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Sebelumnya, Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, 58 persen sumber daya manusia (SDM) Indonesia berpendidikan sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal tersebut, dinilai tidak mampu untuk mendorong peningkatan daya saing.

"58 persen orang yang kerja di Indonesia pendidikannya itu paling tinggi SMP itu tidak memadai apalagi untuk daya saing. Oleh karena itu, harus ambil jalan agak jalan pintas dengan kembangkan pendidikan dan vokasi," ujar Darmin di Ritz Carlton, Jakarta, Selasa 8 Januari 2019.

Darmin mengatakan, pembangunan infrastruktur yang kian masif tidak akan terasa manfaatnya apabila kualitas SDM tidak mampu mengimbangi. Selain infrastruktur dan peningkatan kualitas SDM, logistik juga menjadi salah satu kunci peningkatan daya saing. 

"Intinya kalau mau bersaing infrastruktur harus baik, logistik harus baik, SDM baik. Baru kita punya basis cukup untuk berdaya saing," tutur Darmin. 

Darmin menambahkan, untuk mengatasi persoalan peningkatan daya saing, pemerintah terus menggenjot pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia. Tahun ini, pemerintah fokus meningkatkan pendidikan vokasi. 

"Ini semua rancangannya boleh dikatakan sudah tuntas, mudah-mudahan dalam beberapa satu dua minggu ini roadmap dari pelatihan dan pendidikan vokasi itu sudah dijelaskan dan diresmikan ke publik," ujar dia. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pebisnis Singapura Kepincut Investasi di Sektor Pariwisata dan Perikanan Belitung

Posted: 21 Jan 2019 09:01 PM PST

 

Liputan6.com, Belitung - Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya, menggelar pertemuan dengan pihak Singapura. Misi bisnis yang dipimpinnya bertajuk Indonesia Incorporated Business Mission to Belitung, dilangsungkan pada 18 hingga 20 Januari 2019.

Misi bisnis diikuti 34 orang pemangku kepentingan ekonomi Indonesia di Singapura dan para pengusaha serta potential investors Singapura.

Peserta terdiri perwakilan dari Bank Indonesia, Bank BUMN Indonesia di Singapura, Visit Indonesia Tourism Officer (VITO), Ketua dan Anggota Asosiasi Seafood Singapura dan beberapa perusahaan dari industri halal Singapura, investor bidang pariwisata serta perwakilan media Singapura dan China.

Dalam pertemuan dengan Bupati Belitung dan jajarannya, Dubes Ngurah Swajaya menjelaskan tujuan dari Indonesia Incorporated Business Mission adalah untuk menindaklanjuti penjajakan kerja sama investasi pada sektor pariwisata, perikanan, dan pertanian yang pernah disosialisasikan sebelumnya di Singapura, demikian dikutip dari rilis resmi KBRI Singapura yang dimuat Liputan6.com, Selasa (22/1/2019).

Para peserta diajak melihat langsung perkebunan lada, durian, tambak ikan, Hutan Masyarakat (HKM) untuk eco-tourism dan kawasan yang dapat dijadikan marina dan potensi pariwisata lainnya.

Sebagai salah satu dari 10 Bali Baru (10 New Bali), KBRI Singapura tidak hanya mendorong Belitung sebagai destinasi pariwisata, tetapi juga destinasi untuk investasi infrastruktur dan potensi investasi lainnya, termasuk di sektor perikanan dan produk kelautan lainnya.

Pengembangan Belitung diharapkan dapat membantu peningkatan jumlah wisatawan manca negara dalam memenuhi target yang telah ditetapkan.

Bupati Belitung juga mengundang investasi swasta bidang infrastruktur, seperti Bandara, Pelabuhan Laut, Marina, Pelabuhan untuk wisata kapal pesiar, serta investasi dalam sektor budi daya perikanan, udang dan kepiting, serta investasi bidang pertanian.

Salah satu hasil konkret kunjungan misi bisnis adalah minat pembelian lada dari Singapura sebesar 1 ton perbulan, impor produk perikanan, udang dan kepiting serta investasi bidang budi daya serta industri pengolahan, termasuk penjajagan bidang peternakan ayam dan pengembangan resort untuk pariwisata.

Dalam pertemuan dengan seluruh peserta, Bupati Belitung, Sahani Saleh, dan Dubes Ngurah Swajaya sepakat membentuk tim untuk memfasilitasi dan mempercepat tindak lanjut bidang investasi serta perdagangan, termasuk pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan kejuruan pada sektor prioritas bekerjasama dengan Singapura.

Ketua Asosiasi Seafood Singapura, Belinda Lee, menyebutkan bahwa sejauh ini sudah ada impor produk seafood dari Belitung, namun jumlahnya belum banyak.

Setelah melihat langsung potensi perikanan Belitung, Belinda menjelaskan potensinya sangat baik, namun menilai masih banyak hal yang perlu dikembangkan agar sesuai dengan standar Singapura, antara lain processing industry dan cold storage yang memadai.

Apabila hal ini dapat dipenuhi, tentunya dapat mendongkrak nilai dari produk seafood tersebut yang nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Belitung.

Belinda Lee berjanji akan datang kembali ke Belitung bulan Maret tahun ini untuk merealisasikan rencana kerja sama, termasuk menjajaki investasi bidang budi daya udang, ikan dan kepiting dengan membawa anggota dari Asosiasi Seafood Singapura.

 

Simak video pilihan berikut:

Mendongkrak Investasi Singapura di Belitung

Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya (kedua dari kanan) bersama pebisnis Singapura saat visit ke Pulau Belitung 18-20 Januari 2019 (kredit: KBRI Singapura)

Tiga tahun terakhir ini nilai investasi Singapura di Belitung belum terlalu signifikan. Tahun 2016 terdapat 16 proyek dengan total investasi USD 1,8 juta; tahun 2017 terdapat 15 proyek dengan nilai investasi sekitar USD 16 juta; dan bulan Januari-September 2018 terdapat 20 proyek dengan investasi sebesar USD 3,2 juta.

Penerbangan langsung rute Singapura Tanjung Pandan, Belitung, telah diresmikan pada 29 Oktober 2018. Maskapai Garuda Indonesia yang melayani jasa tersebut.

Dengan adanya penerbangan langsung dan regular dengan Garuda Indonesia, aksesibilitas Belitung semakin terbuka bagi pelaku usaha dan wisatawan Singapura.

Oleh karena itu, KBRI Singapura akan terus bekerjasama dengan berbagai instansi dan perusahaan terkait di Singapura untuk membawa lebih banyak lagi produk perikanan dan pertanian dari Belitung ke pasar Singapura, serta mendorong arus masuk investasi dan wisman Singapura ke Belitung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raih 7 Kemenangan Beruntun, Playmaker MU Belum Puas

Posted: 21 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Playmaker Manchester United (MU), Juan Mata, mengaku belum puas dengan tujuh kemenangan beruntun yang diraih timnya. Ia percaya Setan Merah bisa lebih baik lagi.

Sejak dilatih Ole Gunnar Solskaer, MU berhasil bangkit. Mata dan kawan-kawan sukses meraih tujuh kemenangan beruntun (enam di Liga Inggris dan satu di Piala FA).

Hasil positif itu membuat MU yang saat ini berada di posisi enam klasemen, cuma terpaut tiga angka lagi dari Chelsea di posisi empat (batas akhir Liga Champions).

"Untuk memenangkan tujuh pertandingan beruntun bukanlah tugas yang mudah, jadi kami bangga dan senang dengan apa yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Tapi, kami ingin lebih," kata Mata di Soccerway.

 

 

Harus Konsisten

(AP/Rui Vieira)

"Kami tahu bahwa kami berada di jalur yang benar, tetapi bagian terpenting dari musim ini masih di depan kami. Kami harus melanjutkan dengan cara yang sama jika kami ingin mencapai target, dan kami semua termotivasi untuk membuat bulan-bulan mendatang menjadi sangat positif."

"Seperti yang aku katakan, kemenangan melawan Brighton pada hari Sabtu adalah yang ketujuh berturut-turut. Kami kesulitan hingga akhir, tapi aku percaya itu layak. Ketika Anda dalam keadaan baik, ada permainan yang Anda menangkan dan dalam keadaan lain, Anda mungkin mendapat hasil imbang. Kami bermain dengan energi dan keinginan untuk terus berkembang," Mata menambahkan.

Statistik Mata

Mata sendiri sudah membela United dalam 22 pertandingan musim ini. Pemain asal Spanyol itu juga menyumbangkan lima gol dan dua assist.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Polisi Bongkar Praktik LPG Oplosan di Cipayung

Posted: 21 Jan 2019 09:00 PM PST

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menunjukkan proses penyuntikan tabung gas di Cipayung, Jakarta, Selasa (22/1). Subdit III Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya membekuk empat tersangka dalam kasus ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menunjukkan proses penyuntikan tabung gas di Cipayung, Jakarta, Selasa (22/1). Subdit III Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya membekuk empat tersangka dalam kasus ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menunjukkan proses penyuntikan tabung gas di Cipayung, Jakarta, Selasa (22/1). Subdit III Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya membekuk empat tersangka dalam kasus ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menunjukkan proses penyuntikan tabung gas di Cipayung, Jakarta, Selasa (22/1). Subdit III Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya membekuk empat tersangka dalam kasus ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Barang bukti tabung gas oplosan di Cipayung, Jakarta, Selasa (22/1). Polda Metro Jaya menyita 1.200 tabung LPG ukuran 3 Kg, 242 ukuran 12 Kg, 14 selang pipa besi regulator pemindah isi gas dan 1 kantong segel tabung gas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Barang bukti tabung gas oplosan di Cipayung, Jakarta, Selasa (22/1). Polda Metro Jaya menyita 1.200 tabung LPG ukuran 3 Kg, 242 ukuran 12 Kg, 14 selang pipa besi regulator pemindah isi gas dan 1 kantong segel tabung gas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Barang bukti tabung gas oplosan di Cipayung, Jakarta, Selasa (22/1). Polda Metro Jaya menyita 1.200 tabung LPG ukuran 3 Kg, 242 ukuran 12 Kg, 14 selang pipa besi regulator pemindah isi gas dan 1 kantong segel tabung gas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Barang bukti tabung gas oplosan di Cipayung, Jakarta, Selasa (22/1). Polda Metro Jaya menyita 1.200 tabung LPG ukuran 3 Kg, 242 ukuran 12 Kg, 14 selang pipa besi regulator pemindah isi gas dan 1 kantong segel tabung gas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tersangka penyuntikan tabung gas di Cipayung, Jakarta, Selasa (22/1). Polda Metro Jaya menyita 1.200 tabung LPG ukuran 3 Kg, 242 ukuran 12 Kg, 14 selang pipa besi regulator pemindah isi gas dan 1 kantong segel tabung gas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tersangka penyuntikan tabung gas di Cipayung, Jakarta, Selasa (22/1). Polda Metro Jaya menyita 1.200 tabung LPG ukuran 3 Kg, 242 ukuran 12 Kg, 14 selang pipa besi regulator pemindah isi gas dan 1 kantong segel tabung gas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Barang bukti tabung gas oplosan di Cipayung, Jakarta, Selasa (22/1). Polda Metro Jaya menyita 1.200 tabung LPG ukuran 3 Kg, 242 ukuran 12 Kg, 14 selang pipa besi regulator pemindah isi gas dan 1 kantong segel tabung gas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Barang bukti tabung gas oplosan di Cipayung, Jakarta, Selasa (22/1). Polda Metro Jaya menyita 1.200 tabung LPG ukuran 3 Kg, 242 ukuran 12 Kg, 14 selang pipa besi regulator pemindah isi gas dan 1 kantong segel tabung gas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Barang bukti tabung gas oplosan di Cipayung, Jakarta, Selasa (22/1). Polda Metro Jaya menyita 1.200 tabung LPG ukuran 3 Kg, 242 ukuran 12 Kg, 14 selang pipa besi regulator pemindah isi gas dan 1 kantong segel tabung gas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Barang bukti tabung gas oplosan di Cipayung, Jakarta, Selasa (22/1). Polda Metro Jaya menyita 1.200 tabung LPG ukuran 3 Kg, 242 ukuran 12 Kg, 14 selang pipa besi regulator pemindah isi gas dan 1 kantong segel tabung gas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Barang bukti tabung gas oplosan di Cipayung, Jakarta, Selasa (22/1). Polda Metro Jaya menyita 1.200 tabung LPG ukuran 3 Kg, 242 ukuran 12 Kg, 14 selang pipa besi regulator pemindah isi gas dan 1 kantong segel tabung gas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Barang bukti tabung gas oplosan di Cipayung, Jakarta, Selasa (22/1). Polda Metro Jaya menyita 1.200 tabung LPG ukuran 3 Kg, 242 ukuran 12 Kg, 14 selang pipa besi regulator pemindah isi gas dan 1 kantong segel tabung gas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawa Jenazah Ibunya Pakai Sepeda, Alasan Pemuda Ini Menyayat Hati

Posted: 21 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kisah pilu baru saja dialami seorang remaja laki-laki asal India. Pria bernama Saroj itu terpaksa membawa jenazah ibunya ke pemakaman dengan menggunakan sepeda seorang diri. Hal ini dilakukannya lantaran tetangga menolak untuk membantunya mengantarkan jenazah ibunya ke tempat peristirahatan terakhir.

Saroj harus berjalan sejauh 5 km dengan bertelanjang kaki dan membawa jenazah ibunya di atas sepedanya. Pemuda itu kemudian pergi ke hutan untuk menggali kuburan ibunya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Remaja berusia 17 tahun itu kini menjadi yatim piatu usai ayahnya terlebih dahulu meninggal dunia ketika umurnya menginjak 7 tahun.

Saroj telah meminta bantuan tetangganya di Karlabahali, Odisha, India, sesaat setelah ibunya (45) pingsan dan meninggal dunia saat pergi mencari air. Nahasnya, tak ada seorang tetangga pun yang memberikan pertolongan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tetangga Tak Memberi Pertolongan

remaja india bawa jasad sang ibu menggunakan sepeda (Foto: New Lions)

Para tetangga menolak untuk menolong lantaran keluarga Saroj dikatakan sebagai keluarga dengan kasta rendah. Pembagian golongan masyarakat berdasarkan kasta memang masih dianut masyarakat India yang mayoritas menganut agama Hindu.

Sistem kasta di India merupakan suatu tradisi yang masih berjalan hingga kini. Setidaknya ada empat pembagian dalam kasta yaitu Brahmana, Kesatria, Waisya, dan Sudra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mangkir dari Tugas Negara, Ada Apa dengan Wabup Trenggalek?

Posted: 21 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Muhammad Nur Arifin (Ipin) dikabarkan mangkir dari tugasnya sebagai Wakil Bupati Trenggalek sejak 9 Januari 2019. Surat laporan tentang hal itu telah diterima Gubernur Jawa Timur Soekarwo dari Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak pada Sabtu, 12 Januari 2019, silam.

Surat laporan itu berisi hal tentang Wakil Bupati Trenggalek yang tidak ada di tempat dan tidak melaksanakan tugas negara, mulai tanggal 9 hingga 19 Januari 2019. Belum diketahui di mana Wabup Arifin berada.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Komunikasi Politik Lembaga Riset Politik Surabaya Consulting Group (SCG) Aprizaldi menilai, publik berhak tahu ada persoalan apa di balik mangkirnya Wakil Bupati Trenggalek itu dari tugas negara.

Kabar perseteruan Bupati Trenggalek Emil Dardak dan wakilnya Muhammad Nur Arifin dalam dua hari terakhir pun berembus.

"Dramaturgi politik selalu menghadirkan panggung depan dan panggung belakang. Narasi di panggung depan soal polemik Mas Emil dan Mas Ipin hanyalah soal menyudutkan Mas Ipin yang tidak muncul ke publik beberapa hari ini. Sepertinya itu plot yang ingin dibangun Mas Emil karena beliau sendiri yang memulai narasinya dengan berbicara di media," tutur Aprizaldi kepada Liputan6.com di Surabaya, Selasa (22/1/2019).

Adapun cerita di panggung belakang sampai saat ini masih samar-samar. "Padahal, justru yang di panggung belakang, backstage, itulah yang menarik diungkap, terutama untuk melacak ada manuver dan problem politik apa di antara dua pemimpin itu," jelas Aprizaldi.

Dia memaparkan, menarik kemudian untuk mencermati mengapa Arifin cenderung diam menyikapi polemik tersebut. Diamnya Arifin bisa dimaknai dalam dua tafsir politik. Pertama, sebagai bentuk kesantunan berpolitik karena Arifin memang bawahan Emil.

"Mas Ipin dikenal sebagai santri, aktif di Ansor Jatim. Tradisi santri selalu taat kepada seniornya. Sikap diamnya bisa dimaknai bahwa dia menghormati Mas Emil sebagai senior dan atasan, sehingga tak mau berpolemik terbuka," ujarnya.

Kedua, ada unsur politik di balik sikap diam dan menepinya Arifin dari hiruk-pikuk polemik tersebut.

"Kalau melihat rekam jejak Mas Ipin, dia bukan orang yang lari dari tugas. Hampir tiap hari dia bikin program Lapor Rakyat untuk mengabarkan kerjanya. Publik juga mengenal dia sebagai sosok muda tangguh yang memulai perjuangan politiknya dari bawah, dari nol, tanpa membawa orang tua atau patron tertentu. Jadi menarik untuk tahu ada apa di balik sikap Mas Ipin," jelas Aprizaldi.

Besar kemungkinan, papar Aprizaldi, ada tekanan-tekanan politik terkait penunjukkan wabup baru setelah Nur Arifin naik jabatan menjadi bupati seiring dilantiknya Emil Dardak sebagai Wagub Jatim.

"Ada rumor politik bahwa Ipin ditekan pihak tertentu untuk menerima sosok wabup baru. Kabarnya sosok itu adalah kepala dinas. Padahal, sebagai bupati nanti, Mas Ipin perlu orang sehati untuk membangun Trenggalek. Sehingga perlu berbicara dari hati ke hati. Bukan hasil tekanan dan titipan. Nah, ketika ada tekanan, Ipin rupanya memilih menepi karena dia tak mau berpolemik terbuka, apalagi dengan pihak yang dianggap senior," ujarnya.

 

Tanggapan Gubernur Jatim

Sementara itu, Gubernur Jatim Soekarwo menyebut kasus ini merupakan yang pertama di Jatim. "Kasus pertama di Jawa Timur. Tapi ada kasus di Kabupaten Sangir Talaud Utara itu sampai diberhentikan sementara dia 20 hari. Pakai APBD kemudian tidak izin," tutur Gubernur yang karib disapa Pakde Karwo ini.

Dalam kasus yang dilakukan Wabup Arifin, Karwo mengimbau kepada kepala daerah lain di Jawa Timur agar tidak mengikuti. Hal ini sekaligus sebagai peringatan. 

"Ini peringatan kepada yang lain, sesuai dengan sumpah jabatan pada saat pelantikan, itu dia harus tunduk peraturan perundangan yang berlaku. Maka tidak bisa undang-undang diselesaikan dengan non-administrasi, hukum admistrasi, atau tatanan administrasi," kata Karwo.

Karwo meminta kepada seluruh kepala daerah di Jawa Timur hendaknya harus ada izin jika hendak absen atau meninggalkan tugasnya sebagai kepala daerah atau pemangku kepentingan.

"Semuanya harus izin. Kami misalkan membatalkan bila ada kegiatan yang lebih penting. Saat kami ke Eropa ada kunjungan Presiden, saya kembali. Kunjungan Presiden lebih penting," ujarnya.

Sedangkan Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak mengatakan bahwa kepergian Wakil Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin tidak mengajukan izin cuti. 

"Kita terakhir komunikasi tatap muka pada saat rapat dan saat kunjungan Pak Presiden. Tentunya kita saling menghormati. Bahwa kita melaksanakan tugas. Secara prosedural memang tentunya kami harusnya dikabari. Tapi kami yakin gerak langkah beliau untuk Trenggalek," tutur Emil. 

 

Ada Masalah Apa?

Emil juga menepis kabar komunikasinya dengan Wabup tidak baik. Menurutnya, komunikasi yang dijamin dengan wabup lancar-lancar saja, misalnya waktu koordinasi penyambutan Presiden ke Trenggalek, kita baik-baik saja. 

"Tidak itu saja, waktu kami menyepakati APBD, bahkan dalam proses seleksi sekda, kami selalu berkomunikasi melalui telepon dan bertemu langsung juga," kata Emil. 

Saat disinggung mengenai apakah ada persoalan antara Bupati dan Wabup, Emil menjawab tidak ada masalah dan tidak boleh ada masalah. 

Emil menyampaikan, Wabup kami berikan tanggung jawab besar, misalnya untuk berangkat ke Amerika, dan menjadi leading untuk pendampingan. Beliau ke Singapura juga kami minta membangun komunikasi strategis dengan sebuah lembaga yang sangat strategis di Singapura.

"Beliau juga tentunya sangat kami libatkan dalam proses pengisian jabatan. Tidak ada yang tanpa sepengetahuan atau pertimbangan beliau. Jadi saya bisa jawab dengan pasti, bahwa dari pihak kami, tentunya sangat mengangap bahwa beliau merupakan elemen yang sangat penting untuk pembangunan di Trenggalek," ujar Emil. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melanie Putria dan Angga Maliq & D'Essentials Resmi Bercerai

Posted: 21 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menjalani dua kali persidangan, Melanie Putria dan Angga Maliq & D'Essentials dinyatakan resmi bercerai oleh Pengadilan Agama Jakarta Barat, Selasa (22/1/2019). Kuasa hukum Melanie Putria dan Angga Maliq & D'Essentials, Indah Dewi Yani, menuturkan bahwa berkas perceraian kliennya dinyatakan lengkap.

Hakim pun akhirnya mengabulkan gugatan cerai yang diajukan Melanie Putria. Apalagi, keduanya juga telah sepakat untuk berpisah.

"Hari ini dikarenakan bukti sudah cukup, keterangan saksi juga sudah menguatkan alhamdulillah hari ini juga sekalian putusan. Sudah resmi bercerai," ujar Indah Dewi Yani ditemui Pengadilan Agama Jakarta Barat, Selasa (22/1/2019).

"Sebenernya gugatan ini sudah lama masuk dari 23 November 2018 jadi bukan tiba-tiba gugatan baru masuk, kemudian ada hasil seperti ini (cerai), tidak," tuturnya.

 

Kesepakatan Bersama

Melanie Putria (Instagram/melanieputria)

Selain itu, menurut Indah keputusan cerai ini menjadi yang terbaik bagi Melanie Putria dan Angga. Sebelum mengajukan cerai, kedua pihak telah sepakat untuk berpisah baik-baiki.

"Jadi dengan berbagai pertimbangan, kemudian sudah ada yang Melanie bilang bahwa mereka sepakat berpisah secara baik-baik," jelasnya.

8 Tahun Menikah

Angga Maliq & D'Essentials (Adrian Putra/Bintang.com)

Seperti diketahui, Melanie Putria dan Angga Puradiredja menikah pada 7 Maret 2010 . Dari pernikahan mereka, keduanya dikaruniai seorang anak laki-laki, Sheemar R‎ahman Purariredja. Setelah 8 tahun menikah keduanya sepakat untuk bercerai, dan Melanie Putria mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Jakarta Barat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Prostitusi Online Artis, Polisi Periksa Model AC

Posted: 21 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polda Jawa Timur memeriksa seorang model berinisial AC dalam kasus prostitusi online yang melibatkan artis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sontek Penampilan Fresh dengan Rambut Pendek Seperti Maia Estianty

Posted: 21 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beragam hal mengenai Maia Estianty selalu berhasil mencuri perhatian publik. Tidak terkecuali dengan penampilan dan gayanya yang selalu apik dan keren dalam berbagai kesempatan. Ia pun tak jarang membagikan potretnya melalui akun Instagram pribadi.

Satu di antaranya adalah foto terbaru yang diunggah Maia Estianty pada Senin, 21 Januari 2019. Potret tersebut mengabadikan gaya istri Irwan Mussry ini dengan rambut baru yakni bob haircut.

Tak hanya itu, Maia juga mewarnai rambutnya dalam sentuhan chestnut. Ibunda Al, El, dan Dul ini terlihat fresh dan semakin cantik dengan tata rambut terbarunya. Penampilannya dibarengi polesan makeup natural.

Dalam potret, Maia tersenyum ke arah kamera dan tampak berada di dalam pesawat menuju Amerika dan Meksiko. Maia juga tampil sporty dengan mengenakan denim jacket REDValentino.

"Yuukk ah, terbang lagiiiiihhhh. Kali ini ke Los Angeles and Mexico. Bye Indonesia." tulis Maia Estianty di kolom keterangan potret.

Seperti yang diketahui, Maia Estianty selama ini kerap tampil dengan rambut panjangnya yang indah. Ragam warna rambut pun pernah ia coba. Penampilan terbarunya dengan rambut pendek sukses membuat warganet terkagum-kagum.

"Cakep rambut pendek berasa abg bun," tulis akun v3_ajah. "Cantik bunda kalo rambut pendek," tulis akun ristykaw_29. "Kece bun. Keliatan lebih muda," puji akun ellya_shadine untuk penampilan baru Maia Estianty.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Daftar Smartphone yang Rilis Januari 2019

Posted: 21 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki 2019, sejumlah vendor smartphone berlomba-lomba untuk merilis produk terbaru mereka.

Berbagai perkembangan dan inovasi baru dilakukan demi menggaet konsumen agar tidak berpindah ke pesaing.

Teknologi yang dihadirkan pun bermacam-macam, mulai dari multi kamera, prosesor bertenaga tangguh, harga yang kian terjangkau, hingga smartphone berteknologi artificial intelligence (AI).

Semua inovasi ini, hadir demi memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin haus akan teknologi yang tersemat pada genggaman mereka.

Nah, untuk mengawali tahun, berikut ini Tekno Liputan6.com rangkum daftar smartphone yang rilis pada Januari 2019. Siapa tahu, salah satunya termasuk ke salah satu daftar smartphone yang kamu inginkan.

 

 

Huawei Y7 Pro

Huawei Y7 Pro. (Foto: Huawei)

Pada awal 2019, Huawei menghadirkan smartphone kelas entry-level terbaru, Huawei Y7 Pro.

Huawei Y7 Pro dibekali dengan dual camera berteknologi AI dan resolusi 13MP+2MP di bagian belakang.

Pada bagian depan, terpasang kamera beresolusi 8MP dengan bukaan lensa yang lebar untuk menghasilkan efek bokeh.

Smartphone dilengkapi baterai berkapasitas 4000mAh yang menjanjikan penggunaan lebih dari sehari untuk sekali recharge, meski dengan penggunaan yang intensif.

Untuk urusan dapur pacu, ia ditopang oleh chipset Qualcomm Snadpragon 450 octa-core 14nm untuk menyajikan performa multi-core dengan penggunaan baterai yang efisien.

Dari segi desain, smartphone ini memiliki bentang layar seluar 6,26 inch dengan panel layar high definition.

Selain tampilannya jernih, layar Huawei Y7 Pro lebih luas dibandingkan dengan pesaing. Desain layar dipercantik dengan kamera Dewdrop di atasnya.

Huawei Y7 Pro mulai dipasarkan pada 25 Januari 2019. Untuk urusan harga, ia dibanderol sebesar Rp 1.999.000.

Oppo R17 Pro

Tampak belakang Oppo R17 Pro. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Selanjutnya, ada smartphone yang dirilis pada Januari 2019, ia memiliki tiga kamera utama, yakni Oppo R17 Pro.

Oppo R17 Pro mengusung kombinasi sensor kamera 12MP yang memiliki bukaan f/1.5-f/2.4 dan Optical Stabilizer Technology, lalu sensor berikutnya 20MP (f/2.6 aperture, AF), serta TOF 3D stereo camera.

Untuk kebutuhan selfie pengguna, smartphone dibekali kamera depan beresolusi 25MP (f/2.0) dengan AI Beauty.

Selanjutnya, ia memiliki layar FHD+ Amoled berukuran 6,4 inci, dengan balutan Corning Gorilla Glass 6.

Untuk urusan dapur pacu, Oppo menyertakan chipset Qualcomm Snapdragon 710 dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB.

Adapun bagian software, ia berjalan dalam sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan user interface (UI) terbaru ColorOS 5.1.

Sementara, urusan harga, Oppo R17 Pro dibanderol sebesar Rp 9.999.000 dan telah dijual mulai 17 Januari 2019.

Xiaomi Redmi Note 7

Redmi Note 7, smartphone Rp 2,1 jutaan yang memiliki kamera belakang 48MP (Foto: The Verge)

Xiaomi Redmi Note 7 hadir dengan prosesor Snapdragon 660, berkecepatan 2.2GHz dan GPU Adreno 512.

Ia hadir dalam tiga varian RAM: 3GB, 4GB, dan 6GB. Adapun memori internal tersedia mulai dari 32GB dan 64GB, dan dapat diperluas dengan menggunakan slot kartu microSD hingga 256GB.

Dari segi desain, Redmi seri terbaru ini dilengkapi dengan notch berbentuk setengah lingkaran (waterdrop) di tengah atas layarnya. Lalu, kamera utamanya dibekali dengan resolusi 48MP.

Salah satu dari kedua kamera Redmi Note 7 mengusung lensa dengan resolusi 48MP dan bukaan f/1.8. Sementara, kamera lainnya memiliki resolusi 5MP yang dipakai untuk mengambil foto bokeh.

Untuk menunjang kebutuhan selfie, Xiaomi menyematkan kamera depan dengan lensa beresolusi 13MP.

Smartphone juga dilengkapi sensor sidik jari di bodi belakang dan baterai 4.000mAh untuk menunjang aktifitasnya.

Xiaomi Redmi Note 7 memiliki ukuran layar 6,3 inci dan dilengkapi teknologi kaca pelindung 2,5D di bagian depan dan belakang.

Urusan harga, Redmi Note 7 dibanderol mulai US$ 150 atau sekitar Rp 2,1 jutaan untuk model RAM 3GB dan memori internal 32GB.

Sementara, untuk RAM 6GB dan memori internal 64GB konsumen harus merogoh kocek Rp 2,8 jutaan.

Sayangnya, smartphone tersebut baru dirilis di Tiongkok saja per 11 Januari 2019. Masih belum jelas soal kapan kehadiran Redmi Note 7 di Indonesia.

(Surya Handika R/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: