Sabtu, 05 Januari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ronaldo Korea Pergi, Tottenham Yakin Tak Menderita

Posted: 05 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, London - Mauricio Pochettino percaya Tottenham Hotspur takkan menderita ditinggal Heung Min Son bulan ini. Manajer asal Argentina itu yakin Spurs masih punya banyak pemain lain yang bisa diandalkan.

Son tampil tajam bersama Tottenham musim ini. Dia mampu mencetak sembilan gol dari 10 laga terakhir.

Namun Son harus membela Korea Selatan di Piala Asia, 13 Januari mendatang. Jika Korsel menembus final, maka pemain berusia 26 tahun itu akan absen dalam tiga laga Liga Inggris dan semifinal Piala Liga Inggris melawan Chelsea.

"Kami sudah siap kehilangan Son. Jadi kami akan menyiapkan pemain lain untuk menggantikannya," kata Pochettino seperti dilansir Mirror.

"Tentu saja kami tidak akan menderita karena kepergian Son sudah diketahui sejak awal musim. Tottenham akan tampil seperti biasanya," ujarnya menambahkan.

 

Dukungan Alli

Striker Tottenham Hotspur Son Heung-min merayakan gol ke gawang Cardiff City dalam lanjutan Premier League di Cardiff City Stadium, Selasa (1/1/2019). (AFP/Ben Stansall)

Hal senada juga disampaikan oleh gelandang Tottenham, Dele Alli. Meski merasa kehilangan namun Alli percaya Tottenham tetap tampil tajam.

"Siapapun timnya pasti bakal kehilangan Son karena kualitasnya luar biasa. Tetapi kami harus tetap melangkah tanpanya," kata Alli.

"Lagipula kami punya Lucas yang tak kalah hebat. Semua pemain bekerja keras dan siap diturunkan saat manajer membutuhkan."

Posisi Tottenham

Gelandang Tottenham Hotspur, Dele Alli berselebrasi dengan rekannya, Son Heung-min setelah mencetak gol ke gawang Arsenal pada perempat final Piala Liga Inggris di Stadion Emirates, Kamis (20/12). Tottenham menang 2-0 atas Arsenal. (AP/Frank Augstein)

Tottenham saat ini berada di posisi ketiga klasemen Liga Inggris. Mereka mengoleksi 48 poin dari 21 laga.

Selain itu Tottenham juga melaju ke babak keempat Piala FA dan semifinal Piala Liga. Spurs juga masuk ke babak 16 besar Liga Champions.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terjerat Kasus Prostitusi Online Jane Shalimar Siapkan Pengacara Buat Artis VA

Posted: 05 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Artis VA yang diduga bintang FTV, diciduk pihak kepolisian terkait  kasus protitusi online. Menurut keterangan polisi, saat ditangkap VA sedang melayani pelangganya di sebuah hotel di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (5/1/2019).

Tak sendiri, VA ditangkap bersama seorang model berinisial AF terkait kasus prostitusi online.

Sebagai sahabat, Jane Shalimar sempat terkejut dan prihatin atas penangkapan VA atas kasus prostitusi online. Ia mendoakan yang terbaik terkait masalah yang tengah dihadapi oleh VA saat ini.

"Semoga @vanessaangelofficial hanya berada diwaktu dan tempat yang salah Teman-teman semua, biarkan proses pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak kepolisian berjalan sebagaimana mestinya. Tetap doakan yang terbaik supaya Eca bisa menyelesaikan masalah ini dengan baik," tulis Jane Shalimar dalam Instagram Story-nya.

Siapkan Pengacara

Setelah meninggalnya Deudeuh Alfisahrin sepertinya prostitusi online mulai terkuak di dunia maya.

Tak hanya mendoakan, Jane Shalimar juga menyiapkan pengacara buat VA. Agar masalah hukum yang tengah dihadapinya kini bisa cepat diselesaikan.

"Stay focused ca, besok lawyer kakak standby disana untuk mendampingi kamu," tulis Jane Shalimar.

Kuatkan VA

Jane Shalimar juga menyemangati VA agar tetap tenang dan tidak gegabah dalam menghadapi masalah ini. Sebab kasus prostitusi online sudah lama menjadi buruan polisi.

"Apapun yg terjadi hadapi dengan tenang," tulis Jane Shalimar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dugaan Prostitusi Online, Artis VA Digerebek Saat Layani Pelanggan di Kamar Hotel

Posted: 05 Jan 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim telah melakukan penangkapan dua artis inisial VA dan AF terkait kasus dugaan prostitusi online pada pukul 12.30 WIB, di salah satu hotel di Surabaya Jawa Timur, Sabtu (5/1/2019).

Ketika digelandang ke Mapolda Jatim, VA memakai baju bewarna ungu dengan rambut yang diwarna sedikit pirang dan wajahnya ditutup dengan bantal kecil.

Wadirreskrimsus Polda Jatim AKBP Arman Asmara Syarifuddin mengungkapkan, dalam kasus dugaan prostitusi online ini, dua artis VA dan AF diciduk di dua kamar hotel di Surabaya. Mereka terlihat sedang melayani pelanggannya.

"Berbeda kamarnya, di salah satu hotel di Surabaya, sedang berhubungan badan. Ini masih proses penyidikan," tutur Arman.

 

Beda Tarif

Polisi menyebut dua artis yang tersandung kasus dugaan prostitusi online ini bertarif puluhan juta rupiah.   (Dok: Istimewa)

Arman mengatakan bahwa dalam penyelidikan oleh anggota Subdit Cyber Ditreskrimsus, tarif yang diterima kedua artis berbeda. Satu artis tarifnya Rp 80 juta, sedangkan satunya Rp 25 juta.

"Ini sudah kami penyelidikan satu bulan, artis bolak-balik Jakarta-Surabaya," kata Arman.

Aduan Masyarakat

Arman juga menyebut bahwa yang digelandang ke Polda Jatim ada enam orang. "Ya tadi kami on the spot (TKP) mengamankan empat orang saksi, dua artis, dua manajemen, satu tersangka yang diduga melaksanakan transaksi elektronik prostitusi," ucap Arman.

Arman menegaskan, kasus ini bisa dibongkar bermula dari informasi masyarakat bahwa ada kegiatan transaksi prostitusi di wilayah hukum Polda Jatim. Transaksi prostitusi itu dilakukan oleh dua orang sementara sebagai korban dan ada empat saksi sementara satu muncikari.

"Setelah itu, melakukan penyelidikan melalui media sosial," ujar Arman. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stop Berburu Toyota Veloz 2018, Sudah Habis Diborong

Posted: 05 Jan 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran sosok Toyota Avanza versi 2019 sudah banyak beredar di dunia maya. Berbagai sisi sudah dibahas habis di media sosial, mulai dari eksterior dan interior. Meskipun begitu, untuk mesin dan fitur apa saja yang bakal tersaji di pesaing berat Mitsubishi Xpander ini memang belum diketahui secara pasti.

Dengan berbagai bocoran yang hadir, ternyata tidak membuat model lamanya, seperti Veloz menjadi barang yang tidak laku. Bahkan, versi lawas dari mobil sejuta umat ini menjadi barang buruan, dan dikabarkan sudah habis alias tidak ada stok lagi.

Pasalnya, dengan model baru yang bakal diluncurkan dalam waktu dekat, konsumen tahu bahwa model lama pastinya bakal diskon besar-besaran.

"Stok sudah habis, Pak. Barang sudah sold out. Cabang kami sudah tidak ada Avanza 2018," kata salah seorang sales person Auto2000 Juanda, Jakarta Pusat, seperti dikutip Otosia.com, Sabtu (5/1/2019).

Dia pun akan menyarankan konsumen yang ingin berburu Avanza lama untuk mencarinya di dealer lain, sekalipun dia tidak bisa memastikan ketersediaannya.

"(Yang tipe standar) di dealer lain mungkin masih ada," kata dia lagi.

Selanjutnya

Menariknya, ternyata salah satu model Avanza tepatnya untuk model teratas, Veloz, kata dia sudah tidak ada lagi di pasaran. Informasi ini bahkan disebutnya berlaku secara nasional.

"Kalau yang Veloz setahu saya secara nasional sudah sold out," kata dia seraya menyebutkan kalau dealernya sempat memberlakukan diskon Avanza lama Rp 30 juta sebelumnya akhirnya laris manis.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biarkan Anak Anda Menangis, Ini Alasannya

Posted: 05 Jan 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang Anda lakukan saat seorang anak menangis? Apakah menghibur, membuatnya tertawa atau melakukan dan memberikan apapun agar mereka berhenti menangis?

Menangis adalah sebuah perilaku yang dimiliki oleh seorang anak yang dianggap mengganggu. Ada juga yang beranggapan sedih rasanya bila melihat anak menangis. Saat mereka tertawa bahagia, mungkin ini menjadi momen favorit Anda.

Dilansir dari Elitereaders.com, orang tua justru sebenarnya harus membiarkan anak mereka menangis. Asumsi atau pernyataan ini tidak hanya disampaikan berdasarkan sebuah pendapat dari orang biasa, melainkan seorang spesialis anak yang mengatakannya.

Menangis dapat dikategorikan berdasarkan alasanya, yaitu sedih, kecewa, atau frustasi. Banyak orang tua yang sulit membiarkan anaknya menangis. Membiarkan anak menangis adalah salah satu cara untuk membuat mereka berdamai akan sesuatu atau memang sesuatu yang dibutuhkan oleh mereka.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Sebuah Luapan Emosi

ilustrasi/copyright shutterstock.com

Setiap emosi dibutuhkan oleh manusia, di mana setiap emosi yang dikeluarkan memiliki tingkat kepentingan dan tujuan adanya emosi tertentu, baik itu emosi yang baik atau buruk.

Seorang anak memiliki banyak alasan kenapa mereka merasa sedih atau menangis. Hal ini dikarenakan mereka belum dapat mengendalikan emosi, terutama mereka belum bisa mengekspresikan diri mereka dengan maksimal.

Dikutip dari Elitereaders.com, Dr Sazini mengatakan "you are doing your job as good parents, you are letting the experience he full spectrum of what it means to be human. You are helping them grow emotionally. So, let them cry!".

 

Reporter :

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setop Kekerasan oleh Geng Kriminal, Brasil Kirim Ratusan Tentara

Posted: 05 Jan 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Fortaleza - Sekitar 300 tentara telah dikirim ke Kota Fortaleza di Brasil utara, guna mengatasi gelombang kekerasan kriminal yang telah berlangsung dalam beberapa hari terakhir.

Tentara Brasil akan berpatroli di sana dan di seluruh negara bagian CearĂ¡, dalam upaya untuk menghentikan aksi penjarahan dan perusakan terhadap toko, bank, dan sarana transportasi publik.

Pengiriman ratusan tentara itu, sebagaimana dikutip dari BBC pada Minggu (6/1/2019), merupakan perintah dari Kementerian Kehakiman Brasil sebagai tindakan tegas terhadap puluhan serangan yang terjadi selama hampir sepekan.

Sebuah rilis video keamanan yang ditayangkan di televisi Brasil menunjukkan para geng kriminal membakar beberapa bangunan, termasuk kantor pemerintahan dan fasilitas publik.

Sekitar 50 tersangka yang diduga terkait dengan aksi kekerasan tersebut kini telah ditangkap.

Serangan itu adalah protes terhadap berbagai kebijakan baru yang lebih keras di penjara lokal, di mana sebagian besar diisi oleh anggota geng kriminal.

Otoritas di negara bagian CearĂ¡ memblokir sinyal ponsel di dalam penjara, dan juga mengakhiri kebijakan pemisahan narapidana berdasarkan afiliasi geng.

Pengerahan pasukan itu dilakukan hanya beberapa hari setelah pelantikan Presiden Jair Bolsonaro, yang terpilih dengan membawa janji untuk memerangi kejahatan di Brasil.

Bolsonaro dilaporkan memuji keputusan Menteri Kehakiman Sergio Moro untuk mengirim pasukan tentara sebagai "tepat, cepat dan efektif".

Sebelumnya, Moro diketahui berhasil memimpin penyelidikan besar-besaran terhadap korupsi Brasil yang dikenal sebagai Operasi Cuci Mobil.

 

Simak video pilihan berikut:

Populasi Penjara Tertinggi Ketiga di Dunia

Ilustrasi penjara (iStock)

Menurut catatan World Prison Brief, Brasil memiliki lebih dari 700.000 orang yang dihukum di balik jeruji besi. Ini adalah populasi penjara tertinggi ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan China.

Bolsonaro (63) memenangkan pemilu presiden dengan selisih yang lebar atas rival terdekatnya, Fernando Haddad dari Partai Buruh sayap kiri, pada 28 Oktober lalu.

Oleh kubu oposisi, Bolsonaro dinilai sebagao sosok pemecah belah karena ucapan rasis, homofobik, dan misoginistiknya telah membuat marah banyak orang.

Dalam pidato pelantikannya, Bolsonaro menjanjikan dukungan bagi militer dan polisi, dengan mengatakan: "Moto nasional adalah ketertiban dan kemajuan. Tidak ada masyarakat yang dapat berkembang tanpa menghargai ini".

Dalam referensi yang jelas untuk kontrol senjata, dia berkata: "Warga negara yang baik perlu memiliki sarana pertahanan diri".

Pernyataan di atas diperkuat dengan kicauan Bolsonaro di Twitter baru-baru ini, di mana dia akan mengeluarkan dekrit untuk mengizinkan warga tanpa catatan kriminal untuk memiliki senjata.

Sebelum menjadi politikus, Bolsonaro bertugas di militer Brasil, di mana ia sempat menjadi bagian dari pasukan penerjun payung, sebelum kemudian naik pangkat menjadi kapten.

Dia diketahui tetap menjalin hubungan dekat dengan angkatan bersenjata Brasil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikers Garut 'Ngebut' Salat Subuh Berjamaah

Posted: 05 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Garut Apa jadinya jika sekelompok bikers, yang biasa merajai jalanan menjadi pioner gerakan keagamaan di masyarakat? Adalah bikers Subuh Akbar Garut, Jawa Barat jawabannya.

Sudah tiga bulan terakhir, komunitas perkumpulan para riders jalanan di Garut ini, tengah mengkampanyekan hijrah bersama, melalui program Salat Subuh berjamaah di masjid.

Eko Putu Syahyana, pencetugs Bikers Subuh Akbar Garut mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian, sekaligus keprihatinan mereka, atas kondisi masjid khususnya pada saat Salat Subuhh, yang selalu ditinggalkan masyarakat.

"Padahal pintu utama dibukanya rezeki itu dimulai dari Salat Subuh," ujar dia kepada Liputan6.com, Sabtu (5/1/2019).

Dalam prakteknya, kegiatan ini mengajak masyarakat untuk beribadah, bertaubat, dan semakin mendekatkan diri kepada sang khalik maha pencipta, melalui siraman rohani yang diberikan langsung ustad.

"Intinya kita hijrah melalui salat, tetapi kita pun mengkombinasikan dengan kegiatan sosial juga seperti santunan yatim piatu, anak yatim dan lainnya," kata dia.

Awalnya ujar dia, kegiatan ini hanya dilaksanakan seputar kawasan Garut kota, mereka para anggota komunitas yang seluruhnya bikers Garut, mencari masjid seputar wilayah Garut kota, yang minim digunakan untuk shalat subuh berjamaah masyarakat.

"Bayangkan berangkat dari kesadaran, kami kumpul tiap minggu pukul 02.00 dini hari, kemudian musyawarah hingga pukul 03.30, lalu disebar ke beberapa masjid untuk salat berjamaah," kata dia.

Bang Eko panggilan akrab Eko di komunitas Biker Subuh Akbar Garut menyatakan, pola ini tersinpirasi kesuksesan program mengaji Subuh akbar yang dilaksanakan di masjid Agung Garut yang telah berkembang sejak tiga tahun terakhir.

"Salah satu yang ditakutkan Yahudi itu adalah ketika orang Islam itu Salat Subuhnya lebih banyak dari Salat Jumatnya," kata dia.

Tak ayal, meskipun baru seumur jagung, namun jumlah masjid yang berhasil dikunjung sudah mencapai puluhan. "Rencanya pekan ini kita menuju Cisompet wilayah Garut Selatan," kata dia.

Sedangkan beberapa grup biker Garut yang telah ikut bergabung yakni Garut Onliene Squad (GOS), Driver Aktivity Garut (DAG), Gacor, SRS,Gebot, Jago, Dogar, HTR. "Kampi pun tengah mengajak XTC hijrah, Brigerz berdikir, monraker, GBR yang mantan genk motor ikut gabung," kata dia.

Yulius Saputra Pongon, salah satu pengurus Bikers Subuh Kabar menambahkan, kegiatan utama program itu adalah melaksanakan Salat Subuh berjamaah, kemudian setelah itu dilaksanakan taklim atau kuliah subuh dan diakhiri dengan sarapan bersama. "Banyak hal positif yang bisa diambil oleh masyarakat," ujarnya singkat.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Redmi Note 7 Punya Layar 6,3 Inci dan Baterai 3.900mAh

Posted: 05 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sepekan terakhir, cukup banyak bocoran tentang sejumlah smartphone baru yang sedang disiapkan Xiaomi. Setelah Mi A3 dan Mi 9, kini juga ada informasi baru tentang Redmi Note 7 dan Redmi 7.

Dilansir GSM Arena, Minggu (6/1/2019), Xiaomi Redmi Note 7 sudah mendarat di regulator sertifikasi Tiongkok, TENAA. Seperti sejumlah kabar serupa lainnya, kehadiran Redmi Note 7 di TENAA juga dilengkapi dengan informasi soal spesifikasinya.

Menurut laporan, Redmi Note 7 memiliki layar berukuran 6,3 inci dan baterai 3.900mAh. Smartphone ini disebut memiliki tiga varian, tapi dengan tampilan desain serupa. Redmi Note 7 hanya memiliki satu pilihan warna.

Sementara itu, Redmi 7 memiliki nomor kode M1901F9 dan dilengkapi kamera dengan resolusi 12MP. Pilihan warnanya sejauh ini yang diketahui adalah hitam dan dengan konsep gradasi.

Pihak Xiaomi belum memberikan konfirmasi resmi tentang jadwal pengumuman kedua smartphone ini. Kehadiran kedua produk ini akan semakin meramaikan pasar smartphone.

Xiaomi Sedang Siapkan Mi A3

Kamera depan Xiaomi Mi A2 (Liputan6.com/ Yuslianson)

Xiaomi diyakini sedang menyiapkan Mi A3 dan smartphone ini disebut memiliki nama kode orchid_sprout. Menurut sejumlah sumber, nama kode orchid_sprout tampak di antarmuka pengguna Mi 8 dan Mi Mix 3 yang berbasis Android Pie.

Penamaan "sprout" digunakan untuk menggambarkan hampir semua perangkat Android One, termasuk dari ponsel Xiaomi sebelumnya yang merupakan bagian dari program tersebut.

Sebelumnya, Mi A1 diketahui memiliki nama kode tissot_sprout, dan Mi A2 dengan jasmine_sprout. Selain itu, Mi A2 Lite memiliki nama samaran daisy_sprout.

Berdasarkan informasi baru ini, Mi A3 akan memiliki teknologi NFC dari NXP. Jika benar demikian, maka Mi A3 akan menjadi ponsel Android One pertama dari Xiaomi dengan NFC dan kemungkinan bodi belakang akan dibalut material kaca.

Sayangnya, sejauh ini masih belum banyak informasi tentang Mi A3. Seperti smartphone lain sebelumnya, informasi mengenai Xiaomi Mi A3 kemungkinan akan semakin sering muncul mendekati hari pengumumannya.

Inikah Spesifikasi Xiaomi Mi 9?

Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Terlepas dari Mi A3, Xiaomi juga sedang menyiapkan Mi 9. Sejumlah spesifikasi smartphone tersebut juga sudah beredar di ranah maya. Berdasarkan bocoran yang ada, smartphone ini akan memiliki tiga kamera belakang dengan sensor utama 48MP, kemudian juga ada 12MP dan kamera 3D TOF.

Selain itu, juga terdapat layar AMOLED berukuran 6,4 inci, dan kamera depan 24MP dengan sensor Sony IMX576. Dari segi desain, bagian depan Mi 9 tampak mirip dengan OnePlus 6T, sedangkan bagian belakang seperti Huawei P20 Pro.

Spesifikasi lain smartphone tersebut adalah prosesor Snapdragon 855, RAM/memori internal 6GB/128GB, menjalankan OS Android 9 Pie dengan MIUI 10, dan baterai 3.599mAh. Kapasitas RAM dan memori internal 6GB/128GB akan menjadi versi entry level dari smartphone ini.

Xiaomi Mi 9 diprediksi akan meluncur pada Maret 2019, setelah diumumkan di Mobile World Congress (MWC) pada akhir Februari. Pihak Xiaomi belum memberikan konfirmasi tentang jadwal pengumuman dan peluncuran smartphone ini.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikira Mengalami Kecemasan, Wanita Ini Ternyata Terkena Rabies

Posted: 05 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita Amerika Serikat tiba-tiba mengalami gejala kecemasan seperti sesak napas, gelisah, dan masalah tidur. Namun, dokter menemukan bahwa dia telah terkena infeksi rabies akibat gigitan anjing di India.

Dilansir dari Live Science pada Minggu (6/1/2019), perempuan asal Virginia ini menjadi "korban" kesembilan yang meninggal di AS, yang terkena rabies di luar negeri. Hal tersebut menjadi perhatian bagi para wisatawan untuk lebih berhati-hati, terutama di negara-negara tertentu.

Wanita 65 6ahun itu melakukan retret yoga selama tujuh minggu di India dari Januari hingga April 2017. Namun, dia sempat mendapatkan gigitan dari seekor anak anjing di luar hotelnya di Rishikesh, India. Sayangnya, dia tidak mendapatkan perawatan lebih lanjut selain mencuci tangannya dengan air.

Pada Mei 2017, dia kembali ke AS dan merasakan rasa sakit dan kesemutan di lengan kanannya saat berkebun. Dokter mendiagnosis dia terkena carpal tunnel syndrome. Namun, esoknya dia harus dibawa ke gawat darurat ketika mengalami gejala serangan panik.

Setelah mendapat obat anti-kecemasan, dia kembali ke rumah dan mengalami nyeri dada, sesak napas, kesemutan, dan mati rasa di lengannya. Pemeriksaan jantung menunjukkan adanya masalah aliran darah dan harus menjalani prosedur pemasangan kateter melalui pembuluh darah ke jantung. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Terlambat ditolong

Warga Malang, Jawa Timur dihebohkan atas kematian seorang bocah delapan tahun yang ditemukan tewas karena gigitan anjing pitbull peliharaan keluarganya saat mengambil mainan. (istockphoto.com)

Wanita tersebut terlihat semakin gelisah dan agresif. Dia juga terengah-engah saat mencoba minum air. Saat dokter bertanya pada keluarga tentang paparan hewan, baru diketahui bahwa semua itu adalah gejala rabies.

Pengobatan yang dilakukan sangat terlambat. Hal ini karena vaksin rabies seharusnya diberikan sebelum gejala muncul. Dia tidak lama meninggal setelah keluarga memutuskan untuk menarik dukungan medis.

"Peristiwa ini menggarisbawahi pentingnya mendapat konsultasi kesehatan sebelum perjalanan secara menyeluruh, terutama ketika mengunjungi negara-negara dengan insiden tinggi dari patogen zoonosis atau yang muncul, seperti rabies," tulis laporan tersebut dalam jurnal Morbidity and Mortality Weekly Report pada 4 Januari 2019.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan, AS merupakan negara yang jarang mengalami rabies. Hanya sekitar satu hingga tiga kasus pada manusia setiap tahunnya. Namun, India merupakan negara dengan jumlah tertinggi kematian akibat rabies pada manusia terkait paparan anjing.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deeney: Arsenal Selalu Lemah di Bursa Transfer

Posted: 05 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, London - Striker Watford, Troy Deeney, mengakui ada peningkatan bagus dari Arsenal musim ini. Namun, menurut dia, The Gunners belum kuat bersaing dengan tim-tim raksasa macam Manchester City atau Liverpool.

Arsenal kini berada di peringkat lima klasemen Liga Inggris. The Gunners meraih 41 poin, hasil dari 12 kemenangan, 5 seri dan 4 kekalahan. Jumlah ini terpaut 13 poin dari Liverpool di singgasana.

Menurut Deeney, masalah Arsenal selalu ada di bursa transfer. The Gunners, kata dia, tak mampu mengimbangi kekuatan finansial klub lain, sehingga ini membuat kualitas mereka tertinggal jauh.

"Arsenal memiliki gaya permainan yang berbeda sekarang dan dapat bermain dengan dua penyerang di depan yang selalu akan mencetak gol dan memberi Anda sesuatu untuk dikembangkan," kata Deeney di Soccerway.

"Tetapi sepak bola bekerja dalam periode enam bulan di antara bursa transfer dan mereka bisa tertinggal lagi. Lihat berapa banyak mereka tertinggal dari klub-klub lain di bursa transfer sebelumnya."

 

 

Jauh di Belakang City

(AFP/Roslan RAHMAN)

"Mereka mungkin enam, tujuh atau delapan langkah di belakang tim-tim besar. Ini hanya bersikap realistis. Saya tahu orang-orang mengatakan musim ini adalah peningkatan besar, tapi itu hanya dibandingkan dengan tahun lalu."

"Mereka masih jauh di belakang tim seperti City dan Liverpool, tidak hanya dalam pengeluaran, tetapi dalam kualitas," Deeney menambahkan.

Lawan West Ham

Pada laga berikutnya, Arsenal akan tandang ke markas West Ham United. Kemenangan jadi harga mati bagi pasukan Unai Emery.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Pria yang Ikut Diperiksa Bersama Artis VA, Pacarnya?

Posted: 05 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sabtu (5/1/2019) publik dikejutkan berita dari dunia artis. artis VA yang dikenal sebagai bintang FTV diamankan aparat dari Polda Jawa Timur terkait kasus dugaan prostitusi online di Surabaya.

Selain artis VA ada juga seorang model dengan inisial AF atau AS, yang ikut diamankan dalam kejadian ini. Mereka digiring dari dua kamar terpisah di sebuah hotel di Surabaya. 

Seperti dilansir dari Merdeka.com, bukan cuma dua wanita cantik itu saja yang berada di kantor polisi, tapi juga  seorang pria yang ikut digiring ke ruangan penyidik. Pria tersebut diduga sempat menemani artis VA makan di sebuah tempat sebelum kejadian penggerebekan.

Saat digiring memasuki ruangan Subdit V Siber Ditreskrimsus pada Sabtu malam atau sekitar pukul 21.45 WIB, pria tersebut memakai T-Shirt berwarna biru donker dengan kerah putih. Ia dikawal ketat oleh sejumlah penyidik.

Kekasih VA

Sayangnya pihak kepolisian enggan memberikan keterangan siapa dia. Tapi salah satu penyidik yang sempat mengawal, menganggukkan kepala saat ditanya wartawan apakah pria tersebut adalah pacar VA

Wajah sang pria boleh jadi tak asing bagi followers-nya. Karena memang belakangan sempat adai di update Instagram Story VA sedang makan bareng. Bedanya saat itu ia tak pakai kaos biu doknker, melainkan mengenakan batik.

Ada Perempuan Lain

Pihak kepolisian juga tampak menggiring seorang wanita ke ruangan penyidik pada Sabtu malam atau sekitar pukul 22.15 WIB. Perempuan berambut sebahu dan mengenakan sweater berwarna merah muda agak gelap itu dikawal oleh beberapa penyidik setelah turun dari mobil.

Informasinya, perempuan yang terlihat berumur sekitar 40 tahun itu diciduk polisi dari Jakarta.

Kasubdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim, AKBP Harissandi yang datang belakangan, enggan menerangkan siapa perempuan yang baru datang tersebut. Ia juga enggan menjelaskan, apa hubungannya dengan kasus prostitusi artis ini.

"Saya tidak tahu ya. Nanti saja dijelaskan, nanti ya. Saya juga belum tahu," pungkas AKBP Harissandi.

(Rahmi S/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejar Target, BTN Bidik Pembiayaan Rumah Buat Anggota Korpri

Posted: 05 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk  atau BTN tancap gas mengejar target pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah  di awal tahun ini. Salah satu langkah untuk mencapai target tersebut adalah dengan menggandeng Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).

Di tahap awal, BTN menjalin kemitraan strategis dengan Korpri dengan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman Penyediaan Jasa dan Layanan Perbankan.

dengan MoU ini, BTN akan menyediakan layanan jasa perbankan seperti pengelolaan keuangan institusi, baik bentuk giro, deposito, dan pengelolaan dana lembaga lainnya, pengelolaan rekening gaji dan tunjangan kinerja anggota Korpri dan penyediaan layanan transaksional bagi anggota Korpri dan yang utama adalah penyediaan fasilitas pembiayaan perumahan baik KPR Subsidi maupun Nonsubsidi bagi anggota Korpri.

"Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut merupakan salah satu strategi kami dalam mengejar target pembiayaan perumahan karena kami untuk mengeksekusi program KPR bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) , TNI dan Polri yang akan kami optimalkan tahun ini," kata Direktur BTN, Budi Satria dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (6/1/2019).

Budi menjelaskan, BTN menilai potensi anggota Korpri untuk mengambil KPR di BTN sangat besar, sebab berdasarkan data Bapenas terdapat kurang lebih 945.000 pegawai negeri yang tersebar di seluruh Indonesia belum memiliki rumah tinggal.

Hal ini merupakan potensi yang sangat besar bagi Bank BTN untuk memperkuat pangsa pasarnya di segmen KPR sekaligus berkontribusi dalam menyukseskan Program Satu Juta Rumah yang dicanangkan Pemerintah.

Khusus KPR Subsidi, Budi memperkirakan sekitar 10 persen dari sekitar 945 ribu pegawai negeri akan dijajaki BTN untuk mengambil KPR Subsidi.

 

Targetkan ASN, TNI dan Polri

Maket rumah yang dipamerkan dalam pameran Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/8). Pameran proyek perumahan ini menjadi ajang transaksi bagi pengembang properti di seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara sisanya, Budi melanjutkan, BTN mulai tancap gas merealisasikan KPR Program ASN, TNI, Polri. Khusus program tersebut, BTN memberikan skema khusus bagi para ASN untuk meraih rumah impiannya, diantaranya kemudahan uang muka, pembebasan biaya administrasi, diskon biaya provisi dan lain sebagainya.

"Untuk KPR nonsubsidi kami memberikan kemudahan uang muka mulai dari 0 persen, dengan ketentuan pembayaran angsuran wajib payroll, sementara jika DP sebesar 2 persen, maka pembayaran angsuran wajib kolektif potong gaji, dan bagi yang sanggup membayar DP di atas 5 persen maka angsuran tidak wajib payroll dan kolektif potong gaji," kata Budi.

Selain kemudahan uang muka, jangka waktu atau tenor yang diberikan BTN juga fleksibel hingga 30 tahun sementara batasan usia bagi debitur sampai dengan 75 tahun. Adapun plafon pembiayaan KPR non Subsidi yang diberikan adalah maksimal sebesar Rp 1,5 miliar.

Dengan kerjasama tersebut, Budi berharap BTN dapat mengawali tahun 2019 dengan optimistis mengingat Perseroan memasang target pertumbuhan kredit dan pembiayaan di kisaran 15 persen, di atas rata-rata pertumbuhan kredit yang diproyeksikan Bank Indonesia hanya berada di kisaran 10-12 persen year on year.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anak Tak Pulang-Pulang, Ibu Bawakan Kasur ke Warnet

Posted: 05 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang ibu kesal lantaran anaknya tak pulang-pulang akibat main di warnet. Saking kesalnya, ia membawakan kasur dan bantal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BW Dicoret Jadi Panelis Debat Pilpres, Sandiaga: Kami Hargai KPU

Posted: 05 Jan 2019 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) Sandiaga Uno tak mempermasalahkan dicoretnya nama Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto atau BW dari tim panelis debat pemilihan presiden 2019.

Menurut Sandiaga, semua keputusan KPU sudah mutlak dan harus bisa disetujui semua pihak.

"Bagi kami keputusan apapun dari KPU kami hargai, tapi masyarakat bisa nilai sendiri," kata Sandiaga di Senopati, Jakarta, Minggu (6/1/2018).

Dicoretnya nama BW, akhirnya digantikan oleh Ketua KPK Agus Rahardjo. Kembali, Sandiaga tidak mempermasalahkan siapa pun akhirnya sosok dipilih menjadi tim Panelis Debat Pilpres 2019.

"Pak Agus ya bagus karena beliau ketua KPK, kita hargai beliau masuk menjadi panelis," jelas Sandiaga.

Sehari sebelumnya, Komisioner KPU Wahyu Setiawan membenarkan dicoretnya nama BW dari daftar nama panelis. Selain BW, Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan juga ikut dicoret KPU.

Dia membeberkan, alasan dicoretnya mereka berdasar timbangan kesepakatan dari tim sukes kedua Jokowi-Maruf, dan Prabowo-Sandiaga.

"Ada dua nama, yakni pak Adnan Topan dan pak Bambang Widjojanto. Masing-masing itu, diusulkan oleh Paslon 01 dan 02. Paslon 01 dan 02 memutuskan untuk mengurangi satu panelis usulan mereka sendiri.

Nah yang dikurangi adalah pak Bambang Widjojanto dan Pak Adnan Topan, begitu," kata Wahyu saat dihubungi, Sabtu 5 Januari 2019.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dipanggil Timnas U-22, Gian Zola Tak Mau Numpang Lewat

Posted: 05 Jan 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Bandung Gelandang Persib Bandung Gian Zola masuk dalam seleksi pemain timnas U-22. Pelatih Indra Sjafri memanggilnya dan 37 pemain lain untuk pemusatan latihan di Jakarta.

Namun Gian Zola belum dapat dipastikan menjadi bagian dalam skuat timnas U-22 Indonesia dalam ajang Piala AFF U-22 2019. Sebab, ia harus terlebih dahulu melewati proses seleksi dalam pemusatan latihan tahap pertama.

"Alhamdulillah dapat panggilan ke Timnas U-22, ini sebuah kesempatan bagus," kata Zola di Bandung, Sabtu (5/1/2019).

Zola mengaku siap membuktikan kepercayaan Indra Sjafri. Untuk itu ia tak gentar menghadapi seleksi kali ini.

"Semua pemain yang dipanggil adalah pemain bagus. Zola juga harus konsentrasi dan berusaha lebih keras lagi," ujar prmain yang musim lalu dipinjamkan ke Persela Lamongan itu.

"Target pribadi lolos seleksi masuk timnas U-22 untuk main di Piala AFF," tambah Zola.

 

Tak Ada Persiapan Khusus

Pemain Muda Persib Bandung, Gian Zola saat melawan Mitra Kukar pada laga Piaala Presiden 2017 di Stadion Manahan, Solo, (22/4/2017). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Pemain berusia 20 tahun ini akan bertolak ke Jakarta besok untuk mengikuti pemusatan latihan. Menurutnya tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi sesi latihan nanti.

"Persiapan khusus tidak ada, mungkin kita harus bisa cepat beradaptasi dengan coach Indra Sjafri," kata dia.

Zola menyatakan selama libur dirinya tetap menjaga kondisi dan terus berlatih. Hal itu dilakukan guna menyiapkan kondisinya.

"Mulai minggu ini sudah latihan lagi. Jadi ketika gabung ke timnas tidak kaget," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aku Badut Indonesia Galang Dana untuk Korban Tsunami Selat Sunda di CFD

Posted: 05 Jan 2019 08:41 PM PST

Komunitas Aku Badut Indonesia melakukan atraksi akrobatik saat Car Free Day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (6/1). Atraksi akrobatik tersebut dilakukan untuk menggalang dana bagi korban bencana tsunami Selat Sunda. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Komunitas Aku Badut Indonesia melakukan atraksi akrobatik saat Car Free Day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (6/1). Atraksi akrobatik tersebut dilakukan untuk menggalang dana bagi korban bencana tsunami Selat Sunda. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Komunitas Aku Badut Indonesia menggelar aksi penggalangan dana saat Car Free Day (CFD) di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (6/1). Mereka melakukan atraksi akrobatik untuk menggalang dana bagi korban bencana tsunami Selat Sunda. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Komunitas Aku Badut Indonesia menggelar aksi penggalangan dana saat Car Free Day (CFD) di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (6/1). Mereka melakukan atraksi akrobatik untuk menggalang dana bagi korban bencana tsunami Selat Sunda. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Komunitas dari Aku Badut Indonesia meramaikan kegiatan Car Free Day (CFD) di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (6/1). Mereka melakukan atraksi akrobatik untuk menggalang dana bagi korban bencana tsunami Selat Sunda. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Komunitas dari Aku Badut Indonesia meramaikan kegiatan Car Free Day (CFD) di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (6/1). Mereka melakukan atraksi akrobatik untuk menggalang dana bagi korban bencana tsunami Selat Sunda. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Komunitas Aku Badut Indonesia menggelar aksi penggalangan dana saat Car Free Day (CFD) di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (6/1). Mereka melakukan atraksi akrobatik untuk menggalang dana bagi korban bencana tsunami Selat Sunda. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Komunitas Aku Badut Indonesia menggelar aksi penggalangan dana saat Car Free Day (CFD) di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (6/1). Mereka melakukan atraksi akrobatik untuk menggalang dana bagi korban bencana tsunami Selat Sunda. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Komunitas Aku Badut Indonesia berpose seusai aksi penggalangan dana saat Car Free Day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (6/1). Mereka melakukan atraksi akrobatik untuk menggalang dana bagi korban bencana tsunami Selat Sunda. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Komunitas Aku Badut Indonesia berpose seusai aksi penggalangan dana saat Car Free Day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (6/1). Mereka melakukan atraksi akrobatik untuk menggalang dana bagi korban bencana tsunami Selat Sunda. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solari Wajib Bawa Real Madrid Juara Jika Tak Ingin Ditendang

Posted: 05 Jan 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Santiago Solari tak bisa bersantai-santai selama duduk di kursi panas pelatih Real Madrid. Ia harus bisa membawa Los Blancos meraih trofi jika ingin mempertahankan pekerjaannya.

Sebagai salah satu klub terbesar di dunia, Real Madrid terkenal kejam dalam urusan pelatih. Klub tidak segan memecat pelatih yang gagal membawa trofi, bahkan jika pelatih itu adalah pelatih besar.

Solari mendapatkan pekerjaannya saat ini setelah Madrid memecat Julen Lopetegui yang gagal total. Karena itu, hal yang sama juga bisa saja terjadi pada Solari jika tak mampu memberikan yang terbaik.

Kabarnya ada dua syarat yang harus dipenuhi Solari jika ingin terus bekerja di Real Madrid.

La Liga atau Liga Champons

Presiden Real Madrid Florentino Perez mulai mempertimbangkan Jose Mourinho sebagai pelatih. (AFP Photo/Oli Scarff)

Mengutip Ok Diario, pemilihan Solari sebenarnya membuat dewan pengurus Real Madrid terpecah menjadi dua kubu. Kubu pendukung dan kubu yang meragukan kemampuan pelatih itu.

Alhasil, Solari diminta menjuarai La Liga atau Liga Champions jika ingin mempertahankan pekerjaannya. Sebab, kabarnya Florentino Perez juga mulai mempertimbangkan Jose Mourinho.

Mourinho sudah pernah menangani MU dan berhasil menjuarai La Liga dan Copa Del Rey selama tiga tahun menangani Madrid.

Masalah Lain

Tak hanya itu, masalah lain yang dihadapi Solari adalah pemain-pemain muda. Catatan mengatakan bahwa Solari tak begitu senang menurunkan pemain muda.

Contohnya, Vinicius Jr. yang didatangkan dengan mahar sekitar 36 juta pounds ternyata jarang dimainkan. Padahal Vinicius beberapa kali jadi penyelamat tim.

Juga, Isco dan Marco Asensio tak mampu memberikan kemampuan terbaik mereka. Tampaknya ada beberapa pemain yang tak begitu cocok dengan cara kerja Solari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DIY: Keset Rumah dengan Pesan yang Unik

Posted: 05 Jan 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saat berkunjung ke rumah orang, pastinya kita akan disambut dengan keset. Umumnya keset tersebut bertuliskan "Welcome", yang artinya penghuni rumah menyambut siapapun yang datang ke rumahnya.

Kadang, variasi dalam rumah sangat dibutuhkan termasuk soal keset. Pastinya bosan bukan bila kita menemukan keset dengan tulisan yang selalu sama. Namun, Lauren Conrad, seorang desainer dan penulis tips lifestyle asal Amerika Serikat punya tipsnya.

Ia membagikan cara membuat keset pintu dengan pesan yang customable. Dikutip dari lamannya laurenconrad.com pada Sabtu, 5 Januari 2019, berikut adalah tips membuat keset dengan pesan sendiri ala Lauren Conrad.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

1. Keset Polos

2. Pola huruf atau stensil berbentuk huruf yang sudah dirangkai menjadi kata atau kalimat untuk di keset

3. Cat semprot hitam

4. Selotip

5. Pita pengukur

Langkah Pengerjaannya

Ilustrasi keset (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

1. Gunakan pita pengukur untuk memosisikan stensilan huruf tersebut ke tengah-tengah keset.

2. Setelah diposisikan, tempel semua sisi stensilan tersebut dengan selotip agar tidak lepas.

3. Semprot pola tersebut dengan cat semprot. Cukup berikan semprotan ringan, jangan menyemprot terlalu keras atau catnya akan melumer.

4. Keringkan selama beberapa menit dan lepaskan selotip beserta stensilannya.

5. Keset dengan pesan pribadimu siap untuk menyambut tamu yang akan datang ke rumahmu.

Nah, itu dia cara pembuatannya. Simpel sekali, bukan? Apalagi Anda bisa menambahkan kata-kata lainnya yang sesuai dengan kepribadian kamu, seperti 'Apa Kabar', 'Ayo, masuk", dan lain-lain.

(Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Pemilu, Permintaan Produk Makanan dan Minuman Bakal Melonjak

Posted: 05 Jan 2019 08:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memasang target pertumbuhan sektor industri agro sebesar 7,10 persen pada 2019. Angka ini lebih tinggi dibandingkan capaian tahun lalu sekitar 6,93 persen.

Plt. Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan,‎ kinerja sektor industri agro diproyeksi terdongkrak karena akan adanya lonjakan dari permintaan domestik pada momentum pemilihan umum (pemilu), seperti produk makanan dan minuman.

"Di tahun politik ini, ada beberapa sektor yang bakal meraih peluang besar, di antaranya adalah industri makanan dan minuman," ujar dia di Jakarta, Minggu (6/1/2019).

Dia menjelaskan, pada kuartal III 2018, industri agro mencatatkan pertumbuhan di angka 7,23 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Kami optimistis, realisasi pertumbuhan industri agro di tahun 2019 akan lebih besar dari target 7,10 persen," kata dia.

Selama ini, lanjut Sigit, industri agro menjadi sektor andalan dalam memacu kinerja industri pengolahan nonmigas, yang juga turut menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

"Pertumbuhan tersebut didukung oleh tumbuhnya masing-masing subsektor, seperti industri makanan dan minuman, industri hasil tembakau, industri pengolahan kayu, bambu dan rotan, industri kertas dan berbahan kertas, serta industri furnitur," ungkap dia.

Pada semester I 2018, industri agro menyumbang hingga 49,11 persen dari total produk domestik bruto (PDB) sektor nonmigas. Di periode yang sama, ekspor dari industri agro berkontribusi mencapai USD23,26 miliar atau 26,43 persen terhadap total ekspor nasional. "Artinya, produk-produk agro kita telah mampu berdaya saing global," lanjut dia.

Bahkan, investasi di industri agro juga menjadi motor penggerak pertumbuhan sektor manufaktur di Indonesia. Pada semester I 2018, penanaman modal dalam negeri (PMDN) di industri agro mencapai Rp 24,32 triliun, sedangkan penanaman modal asing (PMA) menembus angka USD 1,1 miliar.

 

CPO

Ilustrasi CPO 1 (Liputan6.com/M.Iqbal)

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memaparkan kinerja positif dari beberapa subsektor industri agro, antara lain industri pengolahan crude palm oil (CPO), kakao, dan gula. Di industri pengolahan sawit, program implementasi B-20 mendorong pertumbuhan pasar domestik produk hilir sebesar 6,5 persen serta ekspor produk pangan dan biofuel kelapa sawit tumbuh hingga 7,4 persen.

"Saat ini, rasio ekspor produk hilir di industri CPO sebesar 80 persen dibandingkan produk hulu. Investasi mencapai USD 1,2 miliar dengan penyerapan tenaga kerja langsung sebanyak 2.000 orang dan 32 ribu tenaga kerja tidak langsung," papar dia.

Pada 2019, pasokan biodiesel ditargetkan sebesar 6,1 juta ton yang didukung dengan pabrik biodiesel nasional berkapasitas terpasang mencapai 12,75 juta kilo Liter.

Sementara itu, industri pengolahan kakao, terjadi peningkatan utilitas menjadi 61 persen pada 2018 dibanding 2017 sekitar 59 persen. Selanjutnya, industri pengolahan kakao menikmati surplus hingga USD 770 juta dengan peningkatan ekspor cocoa butter sebesar 19 persen dan cocoa powder 18 persen pada Januari-September 2018.

Sedangkan, pertumbuhan di industri gula didukung oleh pembangunan tiga pabrik gula baru dengan total investasi mencapai Rp 16,16 triliun dan kapasitas hingga 35 ribu TCD. Ketiga pabrik gula baru itu adalah Rejoso Manis Indo di Blitar, Muria Sumba Manis di NTT, dan Pratama Nusantara Sakti di Ogan Komering Ilir.

"Kami bertekad untuk terus memacu industri agro di Indonesia agar lebih produktif dan kompetitif, dengan pemanfaatan teknologi terbaru sesuai implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0. Apalagi, industri makanan dan minuman akan menjadi pionir dalam penerapan revolusi industri 4.0," tandas Sigit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bruno Matos Sudah Mengenal Persija dan Kehebatan The Jakmania

Posted: 05 Jan 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta resmi merekrut Bruno Oliveira de Matos, Sabtu (5/1/2019). Playmaker asal Brasil itu akan menjadi tenaga baru untuk memperkuat Macan Kemayoran pada musim 2019.

Bruno Matos resmi menjadi pemain Persija dengan kontrak berdurasi satu tahun dengan adanya opsi perpanjangan seperti yang diungkap oleh Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade.

Dengan kehadirannya di skuat Macan Kemayoran, Bruno yang musim lalu bermain di Liga Malaysia bersama PKNS, diharapkan bisa menjadi pengatur alur permainan Persija di lini tengah.

Bruno Matos tertantang untuk memberikan yang terbaik. Ternyata, Bruno sudah cukup mengetahui mengenal Persija dan bagaimana luar biasanya The Jakmania ketika memberikan dukungan untuk tim kesayangan.

"Saya senang bisa bergabung karena Persija adalah klub besar. Saya ingin bermain bagus dan memberikan assist yang bagus untuk pemain lain. Saya bermain di sini untuk memberikan dukungan terhadap pemain lain," ujar Bruno Matos.

"Saya mengetahui fans di sini luar biasa gila. Stadion selalu penuh, dan itu sangat bagus bagi kami, pemain," lanjutnya.

 

Aksi Perdana

Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan stadion latihan Persija di Wisma Aldiron, Jakarta, Sabtu (10/11). Lapangan berumput sintetis tersebut akan menjadi tempat latihan sekaligus markas Persija. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sebagai referensi terkait performanya di musim terakhir, bersama PKNS ia membukukan 13 gol dalam 19 penampilan selama 2018. Ia pernah berkiprah di Serbia bersama Red Star Belgrade pada musim 2015-2016. Sebelum bermain di Malaysia, ia bermain di Iran dan Bahrain.

Dengan kepastian sudah bergabungnya Bruno Matos, The Jakmania bisa melihat aksi perdananya ketika Persija menggelar latihan perdana 2019 pada Senin (7/1/2019).

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makna Jokowi-Ma'ruf Berbaju Putih-Putih di Surat Suara Pilpres

Posted: 05 Jan 2019 08:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto menjelaskan makna foto yang digunakan Jokowi-Ma'ruf dalam surat suara.

Menurut Hasto perpaduan antara putih dan hitam adalah bagian warna yang senada. Diketahui mereka berdua akan mengenakan baju putih-putih. Keduanya juga mengenakan peci hitam.

"Ya sebenarnya dulu Pak Jokowi kan pakai putih, Kiai Ma'ruf juga dan kontrastingnya kan hitam antara putih dan hitam, bagus," kata Hasto ketika ditemui di patung Ondel-ondel, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/1/2018).

Hasto menjelaskan ada makna dalam warna putih dan hitam. Menurutnya warna putih adalah makna suci dan baik.

"Pemimpin yang berasal dari rakyat melayani dan persoalan di sana memakai antara putih dan hitam itu bukan dari kami," kata Hasto.

"Tapi intinya adalah Jokowi menampilkan hal-hal yang baik tentang pemerintahan ini. Hal-hal yang menyentuh kerakyatan," tambah Hasto.

Putusan Timses

Diketahui Tim Kampanye Nasional Jokowi dan Ma'ruf Amin telah mengambil keputusan terkait foto capres dan cawapres yang akan dipasang di surat suara pada pencoblosan 17 April 2019 nanti.

Dari hasil rapat tim Jokowi-Ma'ruf, dalam surat suara nanti, Jokowi dan Ma'ruf akan mengenakan baju putih-putih. Keduanya juga mengenakan peci berwarna hitam.

Latar belakang foto yang diterima memakai warna putih. Seperti khasnya, Ma'ruf Amin juga mengenakan kacamata dan sorban berwarna putih.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap 4 Begal Motor di Kendal

Posted: 05 Jan 2019 08:11 PM PST

Patroli, Kendal - Empat pelaku perampasan atau begal sepeda motor ditangkap Reskrim Polres Kendal, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (6/1/2019), keempat tersangka Edi Riyadi, David Rudianto, Rama Andika alias Dika, dan Deri Felani merupakan warga Desa Ngrejo, Kecamatan Ringinarum, Kendal. Polisi menangkap keempat tersangka di daerah Subah, Kabupaten Batang.

Sebelumnya, keempat tersangka terlibat perampasan motor di Jalan Raya Ngasinan Weleri, Kendal, akhir Desember lalu. Saat melakukan aksi, keempat pemuda ini dalam kondisi mabuk dan mengacungkan celurit untuk menakuti korban. Setelah berhasil mengambil motor korban, keempat pelaku kemudian kabur ke daerah Subah.

Keempat tersangka diancam dengan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serang Warga Tanpa Sebab, 4 Pemuda di Sleman Diringkus Polisi

Posted: 05 Jan 2019 08:11 PM PST

Patroli, Sleman - Empat pemuda di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dibekuk jajaran Polsek Ngaglik karena telah membacok lima warga di jalanan tanpa sebab.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (6/1/2019), pembacokan dilakukan dengan menggunakan senjata tajam jenis celurit. Aksi sadis ini dilakukan hanya dalam waktu semalam.

Diduga sebelumnya para pelaku menenggak minuman keras dan pil koplo. Akibat pembacokan tersebut, para korban menderita luka parah pada bagian punggung.

Diduga, aksi pembacokan tanpa sebab dengan sasaran secara acak ini dilakukan sebagai bentuk pelampiasan rasa frustrasinya di rumah.

Selain menangkap para pelaku, polisi mengamankan sejumlah barang bukti celurit, telepon genggam, dan motor. Kini para pemuda harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dengan mendekam di tahanan. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Spurs Perpanjang Kekalahan Memphis

Posted: 05 Jan 2019 08:04 PM PST

Liputan6.com, San Antonio - San Antonio Spurs mencatatkan kemenangan telak 108-88 atas Memphis Grizzlies di AT&T Center, Minggu (6/1/2019) dalam lanjutan NBA 2018-2019. Spus menambah daftar kekalahan Memphis di NBA.

Tim asuhan Gregg Popovich itu menggila sejak kuarter pertama. Puncaknya terjadi di kuarter kedua, Spurs mampu mencetak 37 poin, sedangkan Memphis hanya mencetak 19 poin.

Derrick White menjadi pemain Spurs yang paling banyak menumbang angka, 19 poin. Forward Spurs itu juga mencetak empat rebound.

Rekan Derrick White, LaMarcus Aldridge, mampu mencatatkan 18 poin, tujuh assist, dan dua reboun.

Ini menjadi kemenangan keempat beruntun Spurs di NBA. Bahkan, dua di antaranya diraih di tahun 2019.

Performa Memphis

Guard Memphis, Mike Conley tampil luar biasa. Dia mencatatkan 21 poin dan mencetak satu rebound.

Catatan ciamik dibuat Dillon Brooks. Tampil dari bangku cadangan dengan total bermain selama 17 menit, Brooks mampu menyumbang 15 poin.

Sayang performa ciamik mereka gagal membuahkan kemenangan atas Spurs. Ini memjadi kekalahan kelima Memphis secara beruntun di NBA.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Perilaku Buruk Pengendara Motor Melawan Arus di Jagakarsa

Posted: 05 Jan 2019 08:02 PM PST

Pengendara sepeda motor hendak putar balik dan melawan arus di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Minggu (6/1). Jauhnya akses putar balik menyebabkan para pemotor nekat melawan arah, meskipun membahayakan keselamatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengendara sepeda motor hendak putar balik dan melawan arus di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Minggu (6/1). Jauhnya akses putar balik menyebabkan para pemotor nekat melawan arah, meskipun membahayakan keselamatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah pengendara sepeda motor hendak putar balik dan melawan arus di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Minggu (6/1). Jauhnya akses putar balik menyebabkan para pemotor nekat melawan arah, meskipun berbahaya bagi keselamatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah pengendara sepeda motor hendak putar balik dan melawan arus di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Minggu (6/1). Jauhnya akses putar balik menyebabkan para pemotor nekat melawan arah, meskipun berbahaya bagi keselamatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengendara sepeda motor hendak putar balik dan melawan arus di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Minggu (6/1). Jauhnya akses putar balik menyebabkan para pemotor nekat melawan arah, meskipun membahayakan keselamatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengendara sepeda motor hendak putar balik dan melawan arus di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Minggu (6/1). Jauhnya akses putar balik menyebabkan para pemotor nekat melawan arah, meskipun membahayakan keselamatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah pengendara sepeda motor hendak putar balik dan melawan arus di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Minggu (6/1). Jauhnya akses putar balik menyebabkan para pemotor nekat melawan arah, meskipun berbahaya bagi keselamatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah pengendara sepeda motor hendak putar balik dan melawan arus di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Minggu (6/1). Jauhnya akses putar balik menyebabkan para pemotor nekat melawan arah, meskipun berbahaya bagi keselamatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengendara sepeda motor hendak putar balik dan melawan arus di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Minggu (6/1). Jauhnya akses putar balik menyebabkan para pemotor nekat melawan arah, meskipun membahayakan keselamatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengendara sepeda motor hendak putar balik dan melawan arus di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Minggu (6/1). Jauhnya akses putar balik menyebabkan para pemotor nekat melawan arah, meskipun membahayakan keselamatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengendara sepeda motor memutar balik dan melawan arus di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Minggu (6/1). Jauhnya akses putar balik menyebabkan para pemotor nekat melawan arah, meskipun membahayakan keselamatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengendara sepeda motor memutar balik dan melawan arus di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Minggu (6/1). Jauhnya akses putar balik menyebabkan para pemotor nekat melawan arah, meskipun membahayakan keselamatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Disarankan Rekrut Diego Costa Lagi

Posted: 05 Jan 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, London - Striker Stoke City, Peter Crouch, angkat bicara soal keterpurukan Chelsea musim ini. Menurut dia, The Blues akan bangkit jika mereka mendatangkan Diego Costa lagi.

Chelsea kurang tajam musim ini. Dua penyerang tengah yang mereka miliki, yakni Alvaro Morata dan Oliver Giroud mandul di kotak penalti.

Kedua pemain ini juga kalah tajam dari Eden Hazard yang notabene bukan striker. Tanpa striker haus gol, Chelsea pun kesulitan bersaing dengan Liverpool dan Manchester City.

Kini, mereka hanya berada di posisi empat klasemen dan cuma unggul tiga angka atas Arsenal yang terus membuntuti di posisi lima.

"Saya memiliki kekhawatiran apakah Chelsea bisa bersaing musim depan. Chelsea mencetak gol paling sedikit dari enam tim teratas. Torehan 38 gol dalam 21 pertandingan tidak cukup untuk memenangkan gelar, tidak peduli seberapa bagus pertahanan Anda," kata Crouch kepada Daily Mail.

 

 

Butuh Mesin Gol

(AFP/Adrian Dennis)

"Satu hal yang Anda butuhkan adalah seseorang untuk mencetak 30 gol dan Chelsea tidak memiliki pemain seperti Harry Kane, Mo Salah atau Sergio Aguero. Belum lama ini, mereka melakukannya dengan Diego Costa. Jika itu tergantung pada saya, saya akan mengontraknya kembali."

"Anda bisa bicara tentang Gonzalo Higuain atau Karim Benzema, tapi saya pikir Costa yang akan membawa Chelsea ke tempat yang mereka inginkan," Crouch menambahkan.

Statistik Costa

Costa sendiri sempat memperkuat Chelsea pada 2014-2017 lalu. Ia tampil 120 kali dan mencetak 58 gol dan menyumbang 24 assist.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhir Januari, Film Orang Kaya Baru Siap Tayang Usai Keluarga Cemara

Posted: 05 Jan 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bersiaplah pencinta film nasional, terutama gendre drama keluarga. Karena film Orang Kaya Baru atau Orang Kaya Baru the movie, siap ditayangkan. Dari siaran pers yang diterima redaksi, Orang Kaya Baru dipastikan hadir di layar bioskop Tanah Air mulai tanggal 24 Januari 2019.

Film Orang Kaya Baru mengisahkan tentang keluarga sederhana yang terdiri dari Bapak (Lukman Sardi), Ibu (Cut Mini) serta tiga anaknya Duta (Derby Romero), Tika (Raline Shah) dan Dodi (Fatih Unru). Mereka hidup pas-pasan dan apa adanya, tetapi di tengah keterbatasan mereka tetap kompak, selalu makan bersama.

Dari trailer yang sudah diluncurkan beberapa waktu lalu tergambar, tiap karakter memiliki keunikan, seperti Bapak yang selalu fun walau tidak ada uang. Sementara ibu yang selalu masak dan antar jemput Dody menggunakan sepeda motor lama. Kemudian Tika yang pulang pergi kuliah naik metromini.

Dipastikan drama keluarga Orang Kaya Baru bisa menghadirkan keceriaan bagi penonton film nasional. "Ini tontonan keluarga, dan ada pesan menarik juga di dalamnya," kata Sukhdev Singh, produser film Screenplay Films yang memproduksi film karya Ody C.Harahap ini.

 

 

Filosofi Hidup

Rutinitas mereka menjadi penuh warna warni walau bukan orang kaya. Suatu saat bapak meninggal dunia dan ternyata menyimpan rahasia bahwa ia memiliki harta yang sangat banyak. Warisan tersebut diberikan kepada istri dan anak-anaknya.

Mereka menjadi 'Orang Kaya Baru' yang bisa membeli apa saja yang mereka inginkan, mulai dari rumah baru, baju baru, sepatu baru, hingga mobil baru meskipun sebenarnya tidak ada yang bisa menyetir mobil. Tapi justru masalah datang saat mereka tajir. 

 

Joko Anwar

Film tentang keluarga memang selalu menarik disaksikan, sebab penuh akan makna dan pesan mengenai arti keluarga. Skenario film komedi Orang Kaya Baru, ditulis oleh Joko Anwar.

Joko mengaku mengangkat cerita ke layar lebar ini berdasarkan cerita masa kecilnya yang berandai-andai apabila ia memiliki ayah yang super kaya. 

Keluarga Cemara

Memasuki awal tahun 2019, beragam genre dan judul film yang bakal menghiasi layar bioskop. Di bulan Januari saja tercatat 14 film Indonesia siap tayang.

Minggu pertama Januari antusias penonton dengan kehadiran film drama keluarga, yaitu Keluarga Cemara terbilang baik lantaran memperoleh lebih dari 90ribu penonton di hari pertama.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Waktu Terbaik untuk Bakar Kalori Secara Alami

Posted: 05 Jan 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mungkin waktu-waktu berikut bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin memangkas kalori. Sebuah penelitian menemukan bahwa secara alami, orang akan membakar sekitar 10 persen kalori lebih banyak saat menjelang sore dan malam hari.

Studi tersebut diterbitkan di Current Biology. Selain itu, jumlah kalori yang terbakar pada tubuh Anda sesungguhnya bervariasi selama sepanjang hari.

Dikutip dari Evening Standard pada Minggu (5/1/2019), para ilmuwan di Brigham and Women's Hospital dan Harvard Medical School menemukan tentang hal tersebut ketimbang di pagi hari. Ini memperkuat adanya hubungan antara metabolisme dan ritme sirkadian atau jam tubuh.

"Faktanya melakukan hal yang sama pada satu waktu dalam sehari membakar lebih banyak kalori daripada melakukan hal yang sama di waktu yang berbeda," kata penulis utama Kirzi-Marja Zitting.

Para peneliti menyatakan, ini membantu menjelaskan mengapa gangguan pola tidur dan makan yang sering dialami orang yang bekerja di sesi malam, membuatnya cenderung menambah berat badan.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Pembakaran kalori saat istirahat

Ilustrasi tidur (iStockphoto/g-stockstudio)

Percobaan ini memakan waktu selama 37 hari. Tujuh peserta berada di laboratorium khusus tanpa jam, jendela, telepon, dan internet sehingga mereka tidak memiliki konsep waktu.

Mereka hanya diberitahu kapan harus pergi tidur dan bangun. Setiap malam, waktu disesuaikan empat jam lebih agar setara dengan melintasi zona waktu setiap hari selama beberapa minggu.

"Karena mereka melakukan hal yang sama dengan mengelilingi duni setiap minggu, jam internal tubuh mereka tidak dapat mengikuti dan karenanya akan berosilasi dengan kecepatannya sendiri," ujar rekan penulis Jeanne Duffy.

"Ini memungkinkan kami untuk mengukur tingkat metabolisme pada semua waktu biologis yang berbeda dalam sehari."

Duffy menambahkan, pembakaran kalori juga bukan hanya soal makan saja. Menurutnya, keteraturan dan kebiasaan makan dan tidur juga penting untuk kesehatan secara menyeluruh.

Namun, dia mengatakan bahwa penelitian ini tidak melihat ketika orang sedang berolahraga dan hanya saat orang-orang beristirahat. Dia juga menyarankan agar Anda menghindari makan di saat pembakaran kalori paling rendah yaitu di malam hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Ragam Meme Kocak Libur Telah Usai yang Bikin Baper

Posted: 05 Jan 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Libur sekolah dan libur akhir tahun tentu menjadi momen yang sangat dinantikan setiap individu. Tak mengherankan, bila sejak jauh-jauh hari banyak publik telah menyusun rencana atau destinasi wisata yang akan dikunjungi.

Pascaliburan akhir tahun ini, pastinya hampir semua orang masih bermalas-malasan untuk kembali ke aktivitas rutin mereka. Maka tak aneh jika banyak orang yang membuat sejumlah meme lucu untuk mewakili perasaan mereka.

Artikel tentang deretan meme kocak libur telah usai yang bikin baper terpopuler di kanal Citizen6 Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni seperti jet pribadi, seorang gadis menjadi penumpang satu-satunya di pesawat.

Adapun artikel ketiga terpopuler adalah zodiak-zodiak yang dikenal suka mencari perhatian.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Deretan Meme Kocak Libur Telah Usai, Lucu tapi Bikin Baper

Deretan Meme Kocak Libur Telah Usai, Lucu tapi Bikin Baper

Banyak meme-meme bertema liburan telah usai dengan kekonyolan khas warganet beredar di jejaring sosial. Nah, penasaran dengan meme-meme yang akan membuatmu ketawa ngakak? Berikut ulasannya seperti melansir dari berbagai sumber.

Selengkapnya...

 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

 

2. Seperti Jet Pribadi, Gadis Ini Jadi Penumpang Satu-Satunya di Pesawat

(Foto: nextshark.com)

Betapa beruntungnya wanita bernama Louisa Erispe. Dia berhasil menaiki pesawat komersial Filipina seorang diri laiknya menaiki jet pribadi.

Selengkapnya... 

3. 5 Zodiak yang Dikenal Suka Cari Perhatian, Kamu Termasuk?

Zodiak Aries 2019/copyright redaksi fimela

Setiap zodiak memiliki ciri atau sifat tertentu, di mana sifat itu dibawa dalam sebuah kehidupan maupun dalam suatu hubungan. Hubungan yang dimiliki seseorang tentu akan menjadi pemanis dalam menjalani kehidupan. Berikut lima zodiak pencari perhatian dalam sebuah hubungan:

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Pandak Banyumas Mendadak Demam Massal, Ada Apa?

Posted: 05 Jan 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Banyumas - Pada musim penghujan perkembangbiakan nyamuk luar biasa cepat. Itu termasuk nyamuk Aedes Aegypti, vektor penyakit demam berdarah.

Jenis nyamuk ini biasanya keluar sarang pada pagi hari atau sore. Jarang sekali jenis nyamuk ini beraktivitas malam (nokturnal).

Nyamuk ini biasa bersarang di semak belukar dekat genangan air. Yang berbahaya adalah ketika semak atau rerimbunan itu dekat dengan permukiman. Bisa saja, si nyamuk bintik sudah membawa virus demam berdarah.

Ini seperti terjadi di Desa Pandak Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Sepekan terakhir, sebanyak 27 warga mengalami demam tinggi.

Demam tinggi adalah salah satu tanda (suspect) demam berdarah, meski tak semua demam tinggi selalu positif demam berdarah.

Yang mengkhawatirkan, sebagian besar dari 27 warga yang demam itu berada di RT 01/2 Pandak. Lainnya tersebar di RT 2 dan RT 3. Seluruhnya merupakan wilayah RW 2.

Kepala Desa Pandak, Rasito mengatakan, secara berurutan demam tinggi menyerang warga. Bahkan, ada satu keluarga yang terdiri dari bapak dan dua anak demam bersamaan.

Lantaran khawatir terjangkit demam berdarah, bapak dan dua anak ini pun lantas dirawat di Rumah Sakit Wijayakusuma, Purwokerto. Pun sejumlah tetangga lain yang mengalami gejala serupa.

"Kemudian ada tetangganya lagi yang diduga terkena demam berdarah, total ada sekitar sembilan orang, sampai kemarin ada enam belas yang dirawat dirumah sakit," katanya, Jumat, 4 Januari 2018.

PSN Serentak di Desa Pandak

Pramuka SMK Taruna Bakti Baturraden melakukan PSN atau pemberantasan sarang nyamuk secara mandiri. (Foto: Liputan6.com/Humas Pemkab Banyumas/Muhamad Ridlo)

Pemerintah desa dan warga pun cepat tanggap dengan kondisi ini. Mereka melaporkan demam massal diduga terjangkit demam berdarah kepada Dinas Kesehatan Banyumas.

Penyisiran pun dilakukan secara mandiri. Dalam penyisiran itu, pemerintah desa dibantu oleh petugas Puskesmas, anggota babinsa dan Bhahinkamtibmas.

"Dari penyisiran 27 orang yang sakit demam, 16 orang dirujuk ke rumah sakit, lainnya diobati langsung di rumah," dia menjelaskan.

Usai temuan pasien suspect DB, pemberantasan saran nyamuk (PSN) dilakukan secara serentak. PSN ini dilakukan oleh lintas dinas dan diikuti oleh berbagai lembaga. Yakni, Dinas Kesehatan Banyumas, Puskesmas Baturraden, perangkat dan lembaga desa, TNI, Polri, PKK, dan pramuka.

Bupati Banyumas Achmad Husein pun terjun langsung memimpin PSN dan melakukan uji petik. Di beberapa tempat masih ditemukan jentik-jentik nyamuk.

"Tolong saat melakukan PSN, agar teliti semua media yang diperkirakan bisa menampung air diperiksa, termasuk rumah dan kebun kosong, itu juga harus diberantas," ucap Husein.

Bupati juga berpesan, masyarakat terus melaksanakan PSN secara mandiri usai PSN serentak ini. Sebab,serangan DB rawan terjadi pada musim penghujan. Dan PSN itu, harus dilakukan secara tuntas.

"Upaya pencegahan tidak dapat hanya dilakukan dinas, namun memerlukan peran serta dari seluruh elemen masyarakat," dia menerangkan..

Kepala Dinas Kesehatan Banyumas, Sadiyanto mengatakan setelah melakukan penyelidikan epidomologi untuk memastikan dugaan kasus DB warga Desa Pandak, yang positif DB ada 4 orang. Lainnya, demam biasa.

Dinas Kesehatan Banyumas berencana mengasap atau foging wilayah endemis demam berdarah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diduga Bunuh Perempuan di Malaysia, TKI Terancam Hukuman Mati

Posted: 05 Jan 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Penang - Seorang pria WNI didakwa di pengadilan Malaysia pada 31 Desember 2018 atas tuduhan membunuh seorang perempuan di sebuah pabrik di Butterworth, Penang pada pertengahan Desember 2018.

Namun, tidak ada pengakuan yang dicatat setelah dakwaan dibacakan kepada Jonathan Sihotang (31) oleh seorang juru bahasa pengadilan di hadapan Hakim M. Kalaiarasi.

Jonathan Sihotang, yang diwakili oleh pengacara Ooi Pen Lin, didakwa membunuh Sia Seok Nee (44) di sebuah pabrik di Kampung Selamat, Tasek Gelugor, Butterworth, pada 19 Desember 2018 sekitar pukul 16.00 sore waktu setempat. Korban meninggal saat menerima perawatan di Rumah Sakit Kepala Batas.

Terdakwa dijerat pasal 302 KUHP Malaysia dengan ancaman hukuman mati, demikian seperti dikutip dari Bernama, Minggu (6/1/2019).

Sementara itu, di pengadilan yang sama, Jonathan, yang bekerja di pabrik itu, mengaku tidak bersalah atas dua tuduhan lain, yakni: menyebabkan luka serius kepada dua remaja di tempat, waktu dan tanggal yang sama.

Jonathan diduga menyebabkan cedera parah pada kedua anak laki-laki, berusia 14 dan 17 tahun, menggunakan parang, di tempat, waktu dan tanggal yang sama. Kedua korban dikabarkan dalam kondisi kritis.

Untuk kedua dakwaan, Jonathan dijerat pasal 326 KUHP Malaysia dengan ancaman hukuman hingga 20 tahun penjara beserta denda atau cambuk.

Pengadilan Malaysia kemudian menetapkan 1 Februari 2019 sebagai tanggal persidangan untuk mengadili semua tuduhan.

 

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liburan Akhir Tahun, Pengguna Tri Asyik Main Gim Online

Posted: 05 Jan 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler, 3 Indonesia (Tri Indonesia) mengklaim sukses melayani pelanggan sepanjang musim liburan akhir tahun 2018.

Terjadi lonjakan trafik yang signifikan di jaringannya berkat tingginya penggunaan layanan data pada gim online, video streaming, aplikasi navigasi, serta transportasi dan belanja online.

Operator yang beroperasi sejak 2007 itu mengungkapkan, lebih dari satu juta pelanggan memainkan gim online selama musim liburan akhir tahun. Tingginya aktivitas gim online di jaringannya, memicu kenaikan trafik terkait aktivitas ini hingga 90 persen.

Selain itu, anak muda Indonesia juga menikmati liburan dengan melakukan perjalanan darat dan memanfaatkan aplikasi navigasi sebagai pemandu perjalanan mereka. Trafik penggunaan aplikasi navigasi ini melonjak hingga 85 persen.

Selama melakukan perjalanan darat, pelanggan Tri juga menikmati video streaming menggunakan ponsel. Trafik video streaming mengalami peningkatan hingga 40 persen dibandingkan hari biasa.

Secara umum, di jaringan Tri terjadi lonjakan trafik data sebesar 65 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Peningkatan trafik tertinggi terjadi di Cianjur, Sukabumi, Kediri, Gorontalo, dan Makassar, serta kota kunjungan wisata seperti Yogyakarta, Solo, dan Bali.

Perluas Jaringan

Karakter-karakter Bonstri menyemarakkan program

Chief Technology Officer Tri Indonesia, Desmond Cheung, mengungkapkan pihaknya telah memperluas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama musim liburan. Hal ini mencakup pada jaringan 4,5G, 4G LTE, dan fiber optik.

"Kami berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman berinternet yang terbaik bagi pelanggan Tri. Untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang terjadi selama musim liburan ini, kami telah memperluas jaringan dengan lebih dari 7.000 BTS berteknologi 4.5G, 4G LTE dan fiber optic berjaringan nasional," jelas Desmond di dalam keterangan resminya, Minggu (6/1/2019).

Adapun jaringan Tri diperkuat oleh teknologi 4.5G di 171 kota dan 4G di 281 kota yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok.

Sejumlah mobile BTS telah dikerahkan di titik-titik tujuan wisata, pusat keramaian, terutama rute perjalanan darat antar kota di Pulau Jawa untuk menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan telekomunikasi.

Anak usaha CK Hutchison Holding Limited ini juga melakukan transformasi core network system, yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan trafik komunikasi data tidak terpusat.

Pemberlakuan sistem ini dinilai akan memudahkan perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet, meningkatkan kapasitas, serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kocak, Pencuri Berdandan Sebelum Melarikan Diri

Posted: 05 Jan 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita mencuri di sebuah toko. Sebelum kabur, ia meluangkan waktu untuk berdandan terlebih dahulu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewat Twitter, Andi Arief Akan Laporkan Nama-Nama Ini ke Bareskrim Besok

Posted: 05 Jan 2019 07:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat Andi Arief kembali mengunggah cuitan kontroversial. Mantan Staf Khusus era presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, akan melaporkan sejumlah nama ke Bareskrim Polri karena diduga telah memfitnah dirinya. 

"BESOK, saya akan laporkan ke bareskrim para pemfitnah: Arya Sinulinga anah buah Hari Tanoe, Hasto Sekjen PDIP, Ali Ngabalin, Guntur Romli, PSI dan tim TKN.

SAYA akan geruduk juga dg baik2 rumah merreka untuk saya jemput memudahkan tugas polisi. Saya sudah buat tim," tulis Andi Arief di akun Twitternya yang diunggah Minggu (6/1/2019) pagi.

Dalam cuitan berikutnya, Andi Arief juga melontarkan kekesalannya karena telah digeruduk karena dugaan kasus hoaks tujuh kontainer surat suara yang sudah dicoblos.  

"KALAU saya bisa digerudug, perlakuan sama harus diterima para pemfitnah saya. ITU namanya keadilan. Saya sudah mencatat alamat seluruh rumah pemfitnah saya. SAYA mohon izin pak Polisi, Saya akan geruduk baik2 dan menyerahkan ke Polisi," tulisnya.

Menurutnya, kasus yang diarahkan kepadanya sudah melewati batas.

"Dalam kasus fitnah pada saya, Draw saja saya tidak mau. Semua harus tahu batas, batas marah dan batas kebaikan. Anda bisa marah, orang lain juga demikian," ujar Andi Arief.

Disanggah Polisi

Kepolisian membantah telah menggeruduk rumah Andi Arief di Lampung. Hal itu menanggapi cuitan politikus Partai Demokrat tersebut yang mengaku rumahnya digeruduk polisi dan diperlakukan seperti teroris.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, pihaknya langsung melakukan pengecekan terkait kabar penggerudukan tersebut. Hasilnya, rumah yang dimaksud bukan lagi atas nama Andi Arief.

"Ada viral juga rumah saudara AA (Andi Arief) digerebek, setelah dicek rumah itu sudah dijual tahun 2014. Jadi rumah itu sudah bukan atas nama saudara AA," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (4/1/2019).

Dedi memastikan, hingga saat ini polisi belum mengirimkan penyidik ke rumah Andi Arief untuk memeriksanya terkait kasus hoaks tujuh kontainer surat suara dicoblos di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sebagaimana diketahui, Andi Arief merupakan salah satu orang yang memposting kabar tersebut melalui akun Twitternya. "Jadi bukan penggerebekan. Setelah ramai, viral, dicek sama petugas di sana, benar nggak rumah Pak andi Arief, bukan, ternyata rumahnya sudah dijual 2014. Itu mengecek memastikan karena ramai di media sosial," ucapnya.

Hari ini, Andi Arief berkicau di akun Twitternya terkait penggerudukan rumahnya di Lampung. Setidaknya ada tiga cuitan terkait peristiwa tersebut yang diposting sejak pukul 11.20 WIB.

"Rumah saya di lampung digerudug dua mobil Polda mengaku cyber. Pak Kapolri, apa salah saya. Saya akan hadir secara baik2 kalau saya diperlukan," tulis akun Twitter @AndiArief__.

"Pak Kapolri, jangan kejam terhadap rakyat. Salah saya apa. Kenapa saya hendak diperlakukan sebagai teroris. Saya akan hadir jika dipanggil dan duperlukan," cuitan yang diposting tiga menit kemudian.

"Ini bukan negara komunis. Penggeudukan rumah saya di lanpung seperti negara komunis. Mohon hentikan Bapak Presiden," tulisnya lagi pada pukul 11.32 WIB.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain Tua yang Jadi Incaran Klub Besar di Liga 1 2019

Posted: 05 Jan 2019 07:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi Liga 1 musim 2019 akan segera dimulai. Salah satu yang menarik adalah menanti bursa transfer pemain dan pelatih.

Liga 1 sebagai kompetisi tertinggi di Indonesia menjadi panggung para pemain terbaik untuk unjuk kebolehan. Tak hanya pemain muda dan yang berada di usia produktif, kompetisi itu pun nyatanya masih menyisakan tempat untuk para pemain tua.

Berkaca pada data tahun lalu, sebanyak 31 pemain tua tersebar di 18 klub Liga 1 2018. Indikator dari pemain tua adalah sosok pemain yang usianya sudah berada di atas 35 tahun.

Menariknya, meski sudah tak lagi muda ternyata para pemain-pemain tersebut memiliki peran penting di klubnya. Contonya adalah catatan menit bermain yang paling sedikit dimiliki kiper asal Korea Selatan, Yoo Jae-hoon, mencapai 1.405 menit.

Perputaran pemain tua dari satu klub ke klub lainnya diprediksi masih akan terjadi pada bursa transfer musim ini. Artinya, para pemain yang sudah gaek itu masih menjadi 'dagangan' laku yang siap diperebutkan.

Lantas, siapa saja pemain tua yang bakal jadi rebutan klub-klub Indonesia? Berikut ini 3 sosok pemain gaek yang bakal memanaskan bursa transfer Liga 1 2019 versi Bola.com:

Alberto Goncalves

Bomber Sriwijaya FC, Alberto 'Beto' Goncalves, akhirnya resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sudah berusia 38 tahun nyatanya tak membuat Alberto Goncalves kehilangan ketajamannya. Justru, pemain asal Brasil itu semakin mampu menunjukkan penampilan apiknya di depan gawang lawan.

Pada Liga 1 2018, pemain yang akrab disapa Beto itu sukses mencetak 11 gol dalam 25 penampilan bersama Sriwijaya FC. Sayang, penampilan apik Beto tetap tak mampu menghindari Laskar Wong Kito dari degradasi.

Beto sejatinya masih terikat kontrak sampai Maret 2019. Namun, pemain berpostur 175 itu diyakini tak akan menolak tawaran klub baru demi terus merumput di Liga 1. Kabar yang beredar beberapa hari terakhir, juara bertahan Persija Jakarta tertarik meminang Beto demi menambah ketajaman di Liga 1 2019.

Cristian Gonzales

Striker PSS Sleman, Cristian Gonzales, saat melawan Persita Tangerang pada laga Liga 2 di Stadion Benteng Taruna, Tangerang, Jumat (26/10/2018). Kedua tim bermain imbang 1-1. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tua-tua keladi, semakin tua semakin menjadi. Ungkapan itulah yang layak dinobatkan kepada Cristian Gonzales. Meski berusia 42 tahun, pada kenyataannya pemain yang akrab disapa El Loco itu masih mampu tampil tajam.

Gonzales mampu mencetak 15 gol untuk PSS Sleman di Liga 2 2018. Penampilan apiknya di lini depan Super Elang Jawa berhasil membantu timnya promosi ke Liga 1 2019 dengan status juara.

Penampilan Gonzales yang konsisten diyakini menjadi magnet tersendiri untuk klub-klub yang berminat meminangnya. Apalagi sang pemain sudah khatam betul dengan sepak bola nasional karena sudah bermain sejak 2003 di Indonesia.

 

Esteban Vizcarra

Esteban Vizcarra (kanan) pada laga Sriwijaya FC vs Bhayangkara FC di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang (12/5/2018). (Bola.com/Riskha Prasetya)

Esteban Vizcarra merupakan salah satu pemain gaek yang menghangatkan bursa transfer Liga 1 2019. Meski sudah berusia 32 tahun, pada kenyataannya pemilik nama lengkap Esteban Gabriel Vizcarra berhasil tampil apik musim lalu.

Bersama Sriwijaya FC, Esteban Vizcarra sukses mencetak 11 gol dalam 32 penampilannya. Namun, seiring Laskar Wong Kito yang turun kasta, Esteban Vizcarra memilih untuk tidak memperpanjang kontraknya.

Beberapa hari terakhir, Esteban Vizcarra dikaitkan dengan rencana kepindahannya ke klub-klub elite Indonesia. Persib Bandung menjadi salah satu yang paling berpeluang memboyong pemain berpaspor Argentina tersebut.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solskjaer Puji Debut Wonderkid MU

Posted: 05 Jan 2019 07:45 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer memberikan pujian untuk Tahith Chong. Solskjaer puas dengan penampilan wonderkid Setan Merah saat debut melawan Reading, Sabtu (5/1/2018).

Dalam debutnya bersama MU di Old Trafford, Tahith Chong masuk ke lapangan pada menit ke-62. Wonderkid Setan Merah berusia 19 tahun itu menggantikan Juan Mata.

Kendati tidak mencetak gol, penampilan Tahith Chong memuaskan Solskjaer. Tahith Chong melepaskan 16 umpan, hanya satu yang meleset dengan tingkat keberhasilan sebesar 94 persen. Dia juga melakukan 19 sentuhan dengan bola.

"Dia melakukan dua atau tiga aksi yang baik, aksi yang membuat para penonton berteriak, dia adalah anak yang menyenangkan," kata Solskjaer, dikutip dari situs resmi klub.

"Tahith Chong sempat mengalami cedera parah beberapa musim lalu, tapi dia telah datang ke tim dan dia datang dengan baik," ujar manajer MU berusia 45 tahun itu melanjutkan.

Sesuai Arahan

Manchester United menang 2-0 atas Reading pada laga putaran ketiga Piala FA, di Old Trafford, Sabtu (5/1/2018) malam WIB. (AFP/Oli Scarff)

Solskjaer menambahkan, Tahith Chong bisa menerima dengan baik arahan tim pelatih MU. Secara keseluruhan, performa winger kelahiran Willemstad, Belanda itu membuat Solskjaer puas.

"Dia memainkan 30 menit pertandingan dengan sangat baik dan menunjukkan apa yang ia tampilkan dalam sesi latihan. Permainan itu tidak dimenangkan dengan baik, skor hanya 2-0," ucap Solskjaer.

"Namun, dia melakukan tugasnya dengan sangat baik. Saya pikir dia akan mengingat laga ini untuk waktu yang sangat lama," kata pria asal Norwegia itu menegaskan.

 

Statistik Tahith Chong

Berikut statistik Tahith Chong melawan MU:

Menit bermain: 28 menit

Sentuhan: 19

Total umpan: 16

Umpan sukses: 15

Akurasi umpan: 94 persen

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diguncang Gempa, Bandara di Talaud dan Halmahera Selatan Beroperasi Normal

Posted: 05 Jan 2019 07:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Operasional Bandara Oesman Sadik dan Bandara Melonguane berjalan normal meski sempat terjadi gempa di wilayah Kepulauan Talaud dan Halmahera Selatan pada Sabtu 5 Januari 2019, kemarin.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Polana B Pramesti mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara terhadap fasilitas dua Bandara yang dekat dengan kedua pusat gempa, yaitu Bandara Oesman Sadik dan Melonguane, tidak ditemukan kerusakan sebagai dampak dari gempa bumi yang terjadi.

"Kami telah mendapatkan laporan dari Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Oesman Sadik dan UPBU Melonguane bahwa tidak terdampak dan saat ini kegiatan operasional penerbangan berjalan normal," ujar dia di Jakarta, Minggu (6/1/2019).

Meskipun gempa tidak berdampak terhadap operasional bandara, Polana tetap meminta para stakeholder penerbangan baik itu AirNav, pengelola bandara maupun maskapai untuk tetap waspada baik terhadap gempa susulan maupun efek dari gempa, terutama terhadap bangunan serta sarana dan prasarana penerbangan.

"Karena saat ini sering terjadi gempa, mohon antisipasi dan siagakan personel untuk monitor dan membantu apabila ada kejadian yg signifikan. Airport Emergency Plan agar dipahami dan lakukan mitigasi bila ada bencana serta koordinasi dengan pihak terkait," ungkap dia.

Selain bandara, operasional pelayanan transportasi laut di Pelabuhan Babang dan Laiwui tetap berjalan normal meski gempa bumi berkekuatan 5.2 SR baru saja terjadi di Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kemenhub, Junaidi mengatakan, dirinya telah menerima laporan masuk dari Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) kelas II Babang dan UPP kelas II Laiwui bahwa operasional di kedua pelabuhan tersebut berjalan normal.

Namun demikian, Junaidi mengingatkan agar para petugas dikedua lokasi pelabuhan tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan pasca gempa tersebut dan meminta untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut terhadap sarana dan prasarana yang ada.

Pelabuhan Babang di Pulau Bacan Kabupaten Halmahera Selatan merupakan pelabuhan paling strategis dalam mendukung kelancaran lalu lintas orang dan barang dari dan ke Halmahera Selatan.

Sedangkan Pelabuhan laiwui terletak di desa Jikotamo kecamatan Obi kabupaten Halmahera Selatan propinsi Maluku Utara. pelabuhan Laiwui termasuk salah satu pelabuhan regional yang melayani kapal mulai dari 35 GT-5.000 GT,‎ baik kapal pengumpan, cargo, kapal tradisional dan dimanfaatkan juga sebagai sarana transportasi menuju kepulauan Obi dari Ternate atau Labuha.

 

 

6 Kali Gempa

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Sebagai informasi, Maluku Utara diguncang enam kali gempa pada Sabtu 5 Januari 2019. Gempa yang keenam dengan magnitudo 5,2 terjadi pada pukul 17.54 WIB pada koordinat 0,84 LS-127,51 BT. Pusat gempa berada di 78 km barat laut Halmahera Selatan, Maluku Utara, dengan kedalaman 10 km.

Adapun Gempa pertama terjadi pada pukul 08.55 WIB dengan magnitudo 5,1, kemudian terjadi lagi pada pukul 10.11 WIB dengan magnitudo 4,7, disusul pada pukul 10.50 WIB dengan kekuatan magnitudo 3,9.

Kemudian, gempa keempat pada pukul 12.02 WIB d‎engan magnitudo 4,4 SR dan gempa kelima magnitudo 4,5 SR terjadi pada pukul 15.34 WIB.

Gempa bumi berskala 5,7 SR juga terjadi terjadi pukul 08.04 WIB dengan lokasi 4.37 lintang utara, 126.24 bujur timur (64 km barat laut Kepulauan Talaud) dengan kedalaman 114 km.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Getafe vs Barcelona: Akhiri Tren Positif Tuan Rumah

Posted: 05 Jan 2019 07:35 PM PST

Liputan6.com, Getafe - Barcelona akan menghadapi tuan rumah Getafe pada jornada 18 Liga Spanyol 2018-2019 di Coliseum Alfonso Perez, Senin (7/1/2019) dini hari WIB. Barcelona yang sempurna dalam empat laga terakhir di Liga Spanyol berkesempatan mengakhiri tren positif Getafe di kandang pada Desember 2018.

Barcelona datang dengan tren positif dan cleansheet dalam empat laga terakhir mereka di La Liga. Bahkan kemenangan telak 5-0 di kandang Levante pada 17 Desember 2018 menjadi gambaran betapa sang pemuncak klasemen ini punya kans besar meraih tiga poin di kandang lawan.

Absennya Rafinha, Samuel Umtiti, dan Thomas Vermaelen di kubu Barcelona karena cedera tak membuat tim tamu pun akan kehilangan kans untuk mendominasi.

Barcelona memang terpaut cukup jauh dengan sang tuan rumah di papan klasemen sementara La Liga. Barcelona yang berada di pucuk unggul 12 poin atas Getafe yang berada di peringkat ketujuh.

Sementara itu, tim tuan rumah memang memiliki tren positif ketika menggelar laga kandang selama Desember 2018. Kemenangan 3-0 atas Espanyol dan 1-0 atas Real Sociedad menjadi motivasi bagi Getafe jelang menghadapi Barcelona untuk meneruskan tren positif tersebut di laga pertama mereka pada Januari 2019.

Data dan Statistik

Prakiraan susunan pemain:

Getafe (4-4-2): David Soria (kiper); Damian Suarez, Leandro Cabrera, Djene Dakonam, Vitorino Antunes (belakang); Dimitri Foulquier, Nemanja Maksimovic, Mauro Arambarri, Samu Saiz (tengah); Jaime Mata, Jorge Molina (depan)

Pelatih: Jose Bordalas

Barcelona (4-3-3): Marc Andre ter Stegen (kiper); Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba (belakang); Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arturo Vidal (tengah); Lionel Messi, Ousmane Dembele, Luis Suarez (depan)

Pelatih: Ernesto Valverde

Head to head

11/02/18 Barcelona 0 - 0 Getafe (La Liga)

16/09/17 Getafe 1 - 2 Barcelona (La Liga)

12/03/16 Barcelona 6 - 0 Getafe (La Liga)

01/11/15 Getafe 0 - 2 Barcelona (La Liga)

29/04/15 Barcelona 6 - 0 Getafe (La Liga)

13/12/14 Getafe 0 - 0 Barcelona (La Liga)

Lima laga terakhir Getafe

02/12/18 Getafe 3 - 0 Espanyol (La Liga)

05/12/18 Getafe 5 - 1 CĂ³rdoba (Copa del Rey)

08/12/18 Leganés 1 - 1 Getafe (La Liga)

15/12/18 Getafe 1 - 0 Real Sociedad (La Liga)

22/12/18 Girona 1 - 1 Getafe (La Liga)

Lima laga terakhir Barcelona

06/12/18 Barcelona 4 - 1 Cultural Leonesa (Copa del Rey)

09/12/18 Espanyol 0 - 4 Barcelona (La Liga)

12/12/18 Barcelona 1 - 1 Tottenham Hotspur (Liga Champions)

17/12/18 Levante 0 - 5 Barcelona (La Liga)

23/12/18 Barcelona 2 - 0 Celta de Vigo (La Liga)

Prediksi Bola.com

Getafe 30 - 70 Barcelona

Sumber: Berbagai sumber

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maia Estianty Sempat Terpisah dari Anak-Anaknya di Tanah Suci

Posted: 05 Jan 2019 07:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berlibur ke Bali di akhir tahun, kini Maia Estianty sedang menunaikan ibadah umrah. Ia pergi ke Tanah Suci bersama dua anaknya, Al Ghazali dan Dul Jaelani.

Melalui akun Instagramnya, Maia Estianty mengungkap bahwa ia terpisah dengan anak-anaknya. Ya, hal ini pasti terjadi mengingat tempat salat untuk jamaah perempuan dipisah dengan laki-laki.

"Jadi perempuan satu-satunya di keluarga mah gitu. Salat sendirian, kepisah dari anak-anak laki," tulisnya pada Sabtu (5/1/2018).

Fotonya sendiri memperlihatkan Maia Estianty yang sedang duduk di barisan jamaah perempuan di Masjid Nabawi, Madinah.

Syukur

[Foto: Instagram Maia Estianty]

Beberapa jam setelahnya, Maia Estianty juga mengekspresikan kegembiraan. Ia mengucap rasa syukur bisa kembali ke Tanah Suci.

"Bahagia bisa berada di kota Rasulullah, Madinah (Medina)" tulis Maia Estianty sebagai keterangan foto di akun Intsagramnya, Sabtu (5/1/2018).

"Di sini makam Nabi Mulia kecintaanku dimakamkan beserta para sahabat dan keluarga Nabi. Ya Nabi Salam 'Alaika," sambungnya.

Penampilan

[Foto: Instagram Maia Estianty]

Dalam foto tersebut Maia Estianty mengenakan gamis serta hijab berwarna hitam. Ia tampak tersenyum sambil memandangi lantai Masjid Nabawi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Palacios Semakin Dekat dengan Real Madrid

Posted: 05 Jan 2019 07:30 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Gelandang River Plate, Exequiel Palacios, selangkah lagi akan merapat ke Real Madrid. Hal itu diungkapkan oleh agen Palacios, Renato Corsi.

Sejak musim panas kemarin, Real Madrid tengah mencari gelandang baru. Mereka mempersiapkan pengganti Luka Modric yang dirumorkan ingin hengkang ke Italia tahun depan.

Salah satu nama yang dikabarkan diamati oleh Real Madrid adalah Palacios. Jebolan akademi River ini dinilai memiliki kemampuan di atas rata-rata, sehingga ia diperkirakan bisa menjadi salah satu gelandang terbaik di masa depan.

Dilansir Marca, Madrid benar-benar serius kepada Palacios. Sang pemain disebut akan merapat ke Santiago Bernabeu pada akhir musim nanti. Hal itu pun dibenarkan oleh agen sang pemain.

"Para pemimpin River bertemu pemimpin Real Madrid di Abu Dhabi. Dalam beberapa hari ke depan, tawaran resmi akan diberikan. Kesepakatan ini pada tahap yang cukup maju," kata Corsi di Soccerway.

 

 

Bertahan di River Hingga Juni

(AFP/Juan Mabromata)

"Palacios, keluarganya dan saya ingin dia pergi pada bulan Juni. Madrid tidak punya masalah dengan dia tinggal di River untuk saat ini. Semuanya sedikit tertunda dengan Final Copa Libertadores."

"Tentu saja jika final dimainkan seperti seharusnya, maka kesepakatan akan lebih cepat selesai. Madrid menginginkannya dan River akan menjual. Mereka setuju, jadi antara Senin dan Selasa proposal resmi akan diajukan," Corsi menambahkan.

Statistik Palacios

Palacios sendiri sudah membela River Plate dalam delapan pertandingan Primera DivisiĂ³n musim ini. Ia menyumbangkan satu gol dan dua assist.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hampir Rampung, Proyek Tol Cijago Dijadikan Tempat Olahraga

Posted: 05 Jan 2019 07:20 PM PST

Warga bersepeda di proyek Jalan Tol Cijago Seksi II, kawasan Kukusan, Depok, Minggu (6/1). Proyek yang hampir rampung itu dimanfaatkan untuk berolahraga dengan menyusuri jalur yang belum dilalui kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Warga bersepeda di proyek Jalan Tol Cijago Seksi II, kawasan Kukusan, Depok, Minggu (6/1). Proyek yang hampir rampung itu dimanfaatkan untuk berolahraga dengan menyusuri jalur yang belum dilalui kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Warga beraktivitas di proyek Jalan Tol Cijago Seksi II, kawasan Kukusan, Depok, Minggu (6/1). Proyek yang hampir rampung itu dimanfaatkan untuk berolahraga dengan menyusuri jalur yang belum dilalui kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Warga beraktivitas di proyek Jalan Tol Cijago Seksi II, kawasan Kukusan, Depok, Minggu (6/1). Proyek yang hampir rampung itu dimanfaatkan untuk berolahraga dengan menyusuri jalur yang belum dilalui kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Warga berolahraga di proyek Jalan Tol Cijago Seksi II, kawasan Kukusan, Depok, Minggu (6/1). Proyek yang hampir rampung itu dimanfaatkan untuk berolahraga dengan menyusuri jalur yang belum dilalui kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Warga berolahraga di proyek Jalan Tol Cijago Seksi II, kawasan Kukusan, Depok, Minggu (6/1). Proyek yang hampir rampung itu dimanfaatkan untuk berolahraga dengan menyusuri jalur yang belum dilalui kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Warga berolahraga di proyek Jalan Tol Cijago Seksi II, kawasan Kukusan, Depok, Minggu (6/1). Proyek yang hampir rampung itu dimanfaatkan untuk berolahraga dengan menyusuri jalur yang belum dilalui kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Warga berolahraga di proyek Jalan Tol Cijago Seksi II, kawasan Kukusan, Depok, Minggu (6/1). Proyek yang hampir rampung itu dimanfaatkan untuk berolahraga dengan menyusuri jalur yang belum dilalui kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Warga bersepeda di proyek Jalan Tol Cijago Seksi II, kawasan Kukusan, Depok, Minggu (6/1). Proyek yang hampir rampung itu dimanfaatkan untuk berolahraga dengan menyusuri jalur yang belum dilalui kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Warga bersepeda di proyek Jalan Tol Cijago Seksi II, kawasan Kukusan, Depok, Minggu (6/1). Proyek yang hampir rampung itu dimanfaatkan untuk berolahraga dengan menyusuri jalur yang belum dilalui kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Warga berolahraga di proyek Jalan Tol Cijago Seksi II, kawasan Kukusan, Depok, Minggu (6/1). Proyek yang hampir rampung itu dimanfaatkan untuk berolahraga dengan menyusuri jalur yang belum dilalui kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Warga berolahraga di proyek Jalan Tol Cijago Seksi II, kawasan Kukusan, Depok, Minggu (6/1). Proyek yang hampir rampung itu dimanfaatkan untuk berolahraga dengan menyusuri jalur yang belum dilalui kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilihan Pemain Solskjaer Bikin MU Kesulitan

Posted: 05 Jan 2019 07:15 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) menang 2-0 atas Reading di Old Trafford, Sabtu (5/1/2018) pada babak ketiga Piala FA. Itu menjadi kemenangan kelima beruntun MU di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer.

Kendati demikian, Solskjaer mengaku, keputusan yang dibuatnya saat melawan Reading malah mempersulit MU. Dalam pertandingan itu, Solskjaer menurunkan sembilan pemain inti yang berbeda dari empat laga sebelumnya.

Solskjaer hanya memainkan Phil Jones dan Ashley Young sebagai starter saat melawan Reading. Bahkan, Solskjaer menempatkan Matteo Darmian sebagai bek tengah.

"Saya mempersulit tim ini karena adanya sembilan perubahan susunan pemain yang membuat kami tidak bermain dengan baik. Mereka tidak pernah bermain bersama," katanya, dikutip dari situs resmi klub.

"Namun, saya senang karena kami berhasil lolos ke babak berikutnya. Kami bekerja bersama setiap hari dan tentu saja kami tahu kami membutuhkan beberapa latihan kebugaran dan membentul chemistry," ujar manajer MU berusia 45 tahun itu, menambahkan.

Puji Performa Reading

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, berhasil membawa timnya meraih kemenangan 2-0 atas Reading pada laga putaran ketiga Piala FA di Old Trafford, Sabtu (5/1/2019) malam WIB. (AFP/Oli Scarff)

Solskjaer juga memuji pernampilan Reading. Klub Divisi Champhionsip ini mendominasi permainan dengan menguasai ball possession hingga 53 persen. Bahkan, Reading mempunyai 11 sepakan, enam di antaranya on target.

"Kami menganalisis Reading, kami tahu mereka akan datang dan saya harus mengatakan kalau mereka bermain dengan baik," ucap manajer asal Norwegia tersebut.

"Reading memiliki beberapa pemain berkualitas dan mereka membuat kami bekerja keras untuk menguasai bola dan ketika kami menguasai bola, kami justru membuang-buang waktu dan kesempatan. Kami harus memperbaiki hal itu," katanya melanjutkan.

 

Puji Lukaku

Solskjaer juga memuji penampilan Romelu Lukaku. Tampil selama 90 menit, striker asal Belgia itu mampu mencetak satu gol ke gawang Reading.

"Lukaku semakin membaik. Dia memiliki waktu libur selama Natal dan sekarang dia sudah mendapatkan kebugarannya kembali. Dia butuh bermain 90 menit. Golnya saya pikir sangat baik," ujar Solskjaer mengakhiri

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Manchester City Vs Rotherham United: Kesempatan Pemain Pelapis

Posted: 05 Jan 2019 07:10 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester City akan ditantang Rotherham United pada babak ketiga Piala FA 2018-2019 di Stadion Etihad, Minggu (6/1/2019) malam WIB. Laga ini menjadi panggung pembuktian para pemain pelapis The Citizens.

Berkaca pada kekuatan kedua tim, Manchester City tentu tak perlu mengkhawatirkan Rotherham United. Apalagi pasukan Pep Guardiola sedang dalam kepercayaan diri tinggi setelah meraih kemenangan 2-1 atas Liverpool di Premier League.

Laga nanti akan dimanfaatkan Pep sebagai panggung pengujian pemain pelapis. Sebagian besar pemain yang diturunkan adalah nama-nama yang kerap jadi pilihan kedua di skuat City.

Meski begitu, City tetaplah menjadi tim yang harus diwaspadai. Dalam daftar pemain pelapis tersebut dihuni nama-nama pemain jempolan.

Phil Foden, satu di antara pemain pelapis yang kemungkinan akan diturunkan bertekad memberikan penampilan terbaik. Menurut dia, City akan tampil habis-habisan meskipun unggul kualitas tim dari Rotherham United.

"Kami akan berjuang untuk semua kompetisi. Akan menjadi sesuatu yang spesial untuk menang, jadi kami akan mencoba memberikan yang terbaik dan lihatlag nanti apa yang kami lakukan," kata Foden.

Sementara itu, Rotherham United datang dengan motivasi yang tinggi. Pelatih Paul Warne sadar timnya tidak diunggulkan dalam laga nanti. Namun, pria asal Inggris bertekad memberikan kejutan untuk tim tuan rumah.

"Perbedaannya (kualitas kedua tim) memang begitu jauh. Namun, untungnya sepak bola tidak pernah adil. Tim terbaik tidak selalu mampu meraih kemenangan," ujar Paul Warne.

Pertandingan ini menjadi pertemuan kedua sepanjang sejarah. Manchester City sejauh ini belum terkalahkan dari Rotherham United dengan meraih sekali kemenangan dan sekali imbang.

Data - Fakta

Prakiraan susunan pemain

Manchester City (4-3-3): Arijanet Muric (kiper), Kyle Walker, John Stones, Nicolas Otamendi, Oleksandr Zinchenko (belakang), Kevin de Bruyne, Ilkay Gundogan, Phil Foden (tengah), Riyad Mahrez, Leroy Sane, Gabriel Jesus (depan)

Manajer: Pep Guardiola (Spanyol)

Rotherham United (4-5-1): Lewis Price (kiper), Zak Vyner, Sean Raggett, Semi Ajayi, Joe Mattock (belakang), Anthony Forde, Will Vaulks, Ryan Manning, Ben Wiles, Ryan Williams (tengah), Jame Proctor (depan)

Manajer: Paul Warne (Inggris)

Head to head

  • 23/3/2002 - Rotherham United 1-1 Manchester City (Divisi Championship)
  • 24/11/2001 - Manchester City 2-1 Rotherham United (Divisi Championship)

Lima pertandingan terakhir Manchester City

  • 3/1/2019 - Manchester City 2-1 Liverpool (Premier League)
  • 30/12/2018 - Southampton 1-3 Manchester City (Premier League)
  • 26/12/2018 - Leicester City 2-1 Manchester City (Premier League)
  • 22/12/2018 - Manchester City 2-3 Crystal Palace (Premier League)
  • 19/12/2018 - Leicester City 1-1 Manchester City (Piala Liga Inggris)

Lima pertandingan terakhir Rotherham United

  • 1/1/2019 - Rotherham United 2-1 Preston North End (Divisi Championship)
  • 29/12/2018 - Bristol City 1-0 Rotherham United (Divisi Championship)
  • 26/12/2018 - Bolton Wanderers 2-1 Rotherham United (Divisi Championship)
  • 22/12/2018 - Rotherham United 0-4 West Bromwich Albion (Divisi Championship)
  • 15/12/2018 - Rotherham United 1-1 Reading (Divisi Championship)

Prediksi Bola.com

Manchester City 60-40 Rotherham United

Sumber: Berbagai sumber

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toyota Avanza 2019 Tebar Pesona, Bagaimana Nasib Model Lamanya?

Posted: 05 Jan 2019 07:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Avanza 2019 yang diperkirakan akan meluncur dalam waktu dekat ini ternyata memengaruhi penjualan model lama di dealer resmi. Bahkan ada yang berani memberikan diskon hingga Rp 30 juta.

Sejumlah dealer mengaku menggenjot penjualan Avanza lama sehingga tidak menumpuk setelah model baru keluar. Bahkan, Avanza Veloz dikabarkan sudah ludes di dealer-dealer Auto2000.

Namun PT Toyota Astra Motor (TAM) mengakui Avanza lama masih tetap dibeli kendati sudah ada bocoran model yang baru. "So far dealer masih melakukan penjualan Avanza current model," kata Rouli H. Sijabat, Manager Public Relations TAM.

Soal mekanisme pemberian diskon besar-besaran setiap dealer menjelang kelahiran Avanza baru, dikatakan TAM itu merupakan kebijakan dari masing-masing showroom, bukan atas kemauan agen pemegang merek (APM).

"Diskon itu mekanisme dealer dalam melakukan penjualan dan tergantung dari kondisi supply and demand," ujar Rouli.

 

Veloz Ludes

Sementara soal kabar Veloz telah ludes di dealer, TAM menyatakan tidak mengetahui stok di masing-masing dealer. Jika pun habis, belum ada permintaan lanjutan dari dealer ke pihak APM.

"Nah kalau stok Veloz masih ada atau tidak, mending ditanya ke Auto2000," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, nominal diskon mobil sejuta umat tersebut terbilang lumayan gede. Diskonnya di Auto2000 mencapai Rp 30 juta. Diskon ini sendiri bukan baru saja diberikan setelah gembar-gembor Avanza dan juga Xenia terbaru.

Namun di sisi lain, kendaraan versi lamanya tidak tinggal di tempat alias justru menjadi barang buruan. Salah satu sebabnya adalah adanya diskon besar-besaran.

Menariknya, ternyata salah satu model Avanza tepatnya untuk model teratas, menurut para sales Auto2000 sudah tidak ada lagi di pasaran. Informasi ini bahkan disebutnya berlaku secara nasional.

"Kalau yang Veloz setahu saya secara nasional sudah sold out," kata sales Auto2000 di bilangan Jakarta Pusat.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasad Wanita dengan Luka Tusuk Ditemukan di Apartemen Green Pramuka

Posted: 05 Jan 2019 07:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penghuni Apartemen Green Pramuka City, Cempaka Putih, Jakarta Pusat geger atas penemuan jasad di lorong tower Chrysant, lantai 16, pada Sabtu (5/1/2019) sekitar pukul 17.30 WIB. Jasad tersebut diketahui bernama Nurhayati (36).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu mengatakan, korban diduga korban pembunuhan. Pasalnya, ditemukan bekas luka tusukan ditubuh korban.

"Korban ditemukan tergeletak di lorong tower Chrysant lantai 16. Ada 10 luka tusukan," kata Roma dalam keterangannya, Minggu (6/1/2019).

Ia melanjutkan, korban sendiri diketahui belum berkeluarga.

"Ia, dia ini belum menikah ya. Pekerjaanya sebagai karyawan," kata Roma.

Peristiwa ini masih didalami oleh pihak kepolisian. Kepolisian juga telah memeriksa CCTV dan juga keterangan saksi-saksi.

"Kami sudah periksa saksi ada 6 orang. Pihak security 4, pengelola dua," sebut Roma.

Meskipun demikian, lanjut Roma, pihaknya sedang dalami luka tusukan di tubuh korban.

"Sekarang jasadnya masih di RSUD Cempaka Putih untuk diautopsi," pungkas Roma.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Tepuk Jidat, 7 Cara Lucu Jemur Baju Cuma Ada di Indonesia

Posted: 05 Jan 2019 07:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjemur pakaian ataupun baju terasa sulit saat musim hujan melanda. Saat sinar matahari tidak mampu mengeringkan pakaian seperti biasa, maka Anda pasti akan mencari cara agar pakaian bisa tetap kering.

Menariknya, orang Indonesia selalu memiliki cara unik dalam menjemur pakaian. Foto-foto berikut ini membuktikan bahwa tempat jemuran tak selalu menjadi pilihan bagi orang Indonesia dalam menjemur pakaian. Dikutip dari berbagai sumber, ini dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1. Di motor yang nganggur juga jadi

Doc: Instagram/@akmal.hadi_

2. Mungkin karena mesinnya masih panas jadi pakaian bakal cepat kering

Doc: Instagram/@dwidoff

3. Tentu saja pagar juga jadi sasaran tempat menjemur pakaian

Doc:  Instagram/@_99_ahmad

4. Sambil dijemur, sambil diangin-anginkan

Doc: Instagram/@lucu.abis

5. Teknik tumpuk yang membuatnya cepat kering

Doc: 1cak.com

6. Permukaan lebar mobil bakal bikin pakaian lebih cepat kering

Doc: 1cak.com

7. Genteng selalu jadi sasaran tempat menjemur

Doc: hasannote.wordpress.com

Reporter: Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sentuhan Wali Kota Risma untuk Anak-Anak Jalanan di Surabaya

Posted: 05 Jan 2019 07:03 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma memberi penanganan khusus kepada 53 anak yang mengalami masalah pendidikan dan kesejahteraan sosial. Salah satunya mengajak bertemu langsung untuk diberikan pembinaan secara psikologis agar mau melanjutkan pendidikannya.

Wali Kota Risma mengatakan, setelah ke rumah masing-masing, diketahui anak-anak itu mempunyai berbagai permasalahan sosial. Sehingga, beberapa anak-anak itu mengalami masalah putus sekolah.

"Anak-anak ini tertangkap Satpol-PP, dan setelah kita outreach, dia memang tidak sekolah," kata Risma di rumah dinasnya Jalan Sedap Malam Surabaya, Jumat 4 Januari 2019.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Risma juga menghadirkan beberapa anak yang sempat putus sekolah, namun telah sukses bekerja di tempat yang lebih baik. Dengan harapan, agar anak-anak putus sekolah ini termotivasi.

Kebanyakan anak-anak putus sekolah menjalani kehidupannya dengan cara mengamen dan bekerja serabutan. Kendati demikian, Risma ingin anak-anak itu bisa kembali sekolah dan merubah kehidupannya menjadi lebih baik.

"Ini ndak bagus kalau kemudian menular ke anak-anak yang lain. Saya harus memotong mata rantai ini," tegasnya.

Anak-anak pun diberikan kesempatan menulis masalah dan keinginannya pada secarik kertas. Dengan tujuan, agar Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bisa mengambil langkah untuk anak-anak itu.

"Setelah itu kan kita dalami mereka permasalahannya apa, misalkan putus sekolah SMP, kemudian kita harus apakan," terangnya.

Risma mengungkapkan ada anak usianya 7 tahun selama ini tidak sekolah karena diajak pamannya mengamen. Dia pun mengambil langkah tegas dan menjadikannya anak asuh. Anak itu dirawat dan disekolahkan Pemkot Surabaya.

"Jadi sekarang tinggal di tempat kita. Dia sepertinya dimanfaatkan keluarganya untuk jadi pengemis. Saya tidak mau, saya harus melindungi itu," tutur Risma.

Mengamen Sampai Jakarta

Keji, kedua orangtua ini menyuruh ke empat anaknya mengamen, mengemis dan merantainya di rumah

Sementara itu, anak 7 tahun tersebut mengaku bahwa selama ini diajak pamannya mencari uang dengan cara mengamen di atas bus. Selama ini, ia diajak pamannya mengamen keliling kota, dan uang yang dihasilkan pun kemudian diminta oleh pamannya.

"Saya diajak paman ngamen keliling-keliling kota naik bus. Dari Tuban, Rembang, Pati, Semarang, Cirebon, Tegal. Karawang terus ke Jakarta," ungkapnya.

Ia juga mengaku sangat senang apabila nantinya Pemkot Surabaya akan menyekolahkannya. Sebab, dia memang ingin sekolah seperti kawan-kawan seusianya. "Iya senang sekali, terimakasih Bu Risma," ujarnya sambil tersenyum.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A) Surabaya Chandra Oratmangun menambahkan 53 anak yang dilakukan pembinaan itu, diketahui mempunyai berbagai permasalahan sosial.

Beberapa anak-anak itu, tertangkap saat ngamen, bolos sekolah, hingga tertangkap menjadi pekerja di warung sekitara jembatan kaki Suramadu, padahal masih berusia di bawah umur.

"Mereka rata-rata usia 14-15 tahun dan mereka putus sekolah. Sehingga tadi dikumpulkan, dimotivasi sehingga mereka mau sekolah lagi," katanya.

Ia menyampaikan setelah dilakukan pembinaan, nantinya anak-anak ini akan kembali di sekolahkan oleh Pemkot Surabaya. Sementara bagi yang ingin bekerja, akan difasilitasi untuk mengikuti training atau pelatihan di Surabaya Hotel School (SHS).

"Kalau dia ndak mau sekolah lagi, kita arahkan kejar paket. Tapi kalau dia mau sekolah, kita kembalikan ke sekolah asalnya," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Menang Terus, MU Hantui 4 Besar

Posted: 05 Jan 2019 07:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Meraih empat kemenangan beruntun, Manchester United (MU) mengancam posisi papan atas. Saat ini, Setan Merah, sebutan MU, berada di urutan keenam dengan 38 poin.

Setan Merah tertinggal tiga poin dari Arsenal yang berada di urutan kelima dengan 41 poin. Kemudian, MU hanya terpaut enam poin dari Chelsea. Padahal, Setan Merah sempat tertinggal 11 poin dari para penghuni empat besar.

Tentunya, kondisi ini membuat para pemain Setan Merah optimistis menembus empat besar. Bahkan, kapten MU, Antonio Valencia tak mau menyerah hingga akhir.

"Tentu saja kami tidak menyerah. Anda tahu, masih ada setengah musim lagi yang harus dimainkan. Ini semua tentang kerja keras, berjuang, hingga bermain dengan baik," ucap Valencia, dikutip dari situs resmi klub.

Menurut Valencia, MU sedang mencoba bangkit dari keterpurukan. Di laga terakhir, dalam lanjutan Liga Inggris, Setan Merah mencatatkan kemenangan 5-1 atas Cardiff City, akhir pekan lalu.

"Kami punya kualitas dalam skuat untuk melakukan itu (tembus empat besar). Kami akan fokus dan tujuannya masih sama, masuk keempat besar," kata pemain MU berusia 33 tahun itu.

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Artis VA Tersandung Kasus Dugaan Prostitusi Online, Mantan Tunangan Unggah Ini

Posted: 05 Jan 2019 07:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polda Jatim, Sabtu (5/1/2019) siang mengamankan empat orang terlibat kasus prostitusi. Dua di antaranya adalah artis Ibukota berinisial VA dan AF.

Banyak yang mengatakan bahwa inisial VA mengacu kepada artis VA yang bintang FTV. Pihak kepolisian sendiri telah membenarkan hal tersebut.

"Itu kan sudah diinformasikan tadi sama Wadirkrimsus, artis VA  katanya, dia yang mengeluarkan," kata Kabid Humas Polda Jatim, Frans Barung saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (5/1/2018) sore.

Dalam waktu yang berdekatan, orang-orang yang sempat dekat Vanessa Angel muncul di media sosial. Salah satunya adalah Faye Nicole, wanita yang dulu berteman dekat dengan artis VA.

 

Karma

Desember 2018 lalu, FN juga terlibat dalam kasus prostitusi. Sejak saat itu, VA tak lagi menganggap FN sebagai teman.

Kini, di saat VA yang disebut-sebut terlibat kasus prostitusi, FN mengunggah foto kebersamaan dengannya. Namun dalam keterangan yang menyertai foto tersebut, FN seolah menyindir Vanessa Angel.

"Karma is real,Tuhan selalu punya cara tersendiri untuk membalas perbuatan umatnya," tulisnya pada Sabtu (5/1/2018).

 

Mantan

Unggahan Didi Mahardhika. (instagram.com/mahardhika_soekarno)

Tak hanya itu, Didi Mahardhika yang merupakan mantan tunangan VA juga bereaksi di tengah maraknya pemberitaan. Didi Mahardhika mengunggah sebuah kalimat melalui Instagram Stroynya.

"TIME WILL TELL," tulis Didi Mahardhika.

Mungkinkah menyindir VA?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Susul Vendor Lain, Xiaomi Turut Kembangkan Smartphone Layar Lipat

Posted: 05 Jan 2019 07:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tren smartphone layar lipat diprediksi kian besar di masa depan. Alasannya, sejumlah perusahaan saat ini disebut-sebut sedang mengembangkan perangkat tersebut.

Terbaru, giliran Xiaomi yang disebut-sebut sedang mengembangkan perangkat layar lipat. Informasi ini diketahui dari video yang beredar di media sosial dan diunggah oleh Evan Blass melalui akun Twitter-nya.

Dikutip dari Phone Arena, Minggu (6/1/2019), dalam bagian awal video tersebut diperlihatkan sebuah perangkat tablet dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Pengguna dalam video itu pun mengoperasikannya seperti biasa.

Namun tidak lama, pengguna dalam video itu lantas melipat sisi kanan dan kiri perangkat tersebut. Hasilnya, bagian tengah perangkat tampil layaknya smartphone seperti biasa.

"Saya tidak dapat berbicara mengenai keaslian video atau perangkat ini, tapi saya diberi tahu perangkat ini dibuat Xioami. Smartphone baru atau hanya perangkat palsu," tulis akun @evleaks.

Hingga saat ini, kepastian video tersebut memang masih dipertanyakan. Kendati demikian, sejumlah pembocor smartphone kenamaan disebut-sebut juga menerima video serupa.

Terlepas dari hal tersebut, smartphone layar lipat memang sedang dikembangkan sejumlah perusahaan. Beberapa perusahaan bahkan sudah mengakuinya seperti yang dilakukan Samsung dan Huawei.

Oppo Bakal Pamer Smartphone Layar Lipat di MWC 2019

Tampak belakang Oppo R17 Pro. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Setelah Samsung memperkenalkan smartphone layar lipat perdananya beberapa waktu lalu, kini Oppo dikabarkan akan melakukan langkah serupa.

Seperti dilansir Ubergizmo, Oppo dikabarkan akan memamerkan smartphone layar lipat perdana di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2019 pada Februari 2018 di Barcelona, Spanyol.

"Kita tahu Samsung dan Sony juga tengah bekerja menggarap smartphone lipat, tetapi Anda bisa berharap lebih dari kami dalam hal tersebut, mungkin di MWC," ujar Chuck Wang, Product Manager Oppo Global.

Apa yang dikatakan Wang, sebetulnya tidak mengindikasikan secara pasti kalau Oppo benar-benar akan menunjukkan prototype smartphone layar lipatnya atau sekadar mematangkan wacana saja.

Yang pasti, sebuah sumber menyebut kalau Oppo sudah merampungkan paten smartphone lipat dan akan diperlihatkan dalam waktu dekat. 

LG Ajukan Merek Dagang untuk Smartphone Lipat

Tampilan LG V40 ThinQ yang baru meluncur (sumber: LG)

Para vendor mulai mengajukan mereka dagang untuk smartphone lipat mereka. Setelah Huawei, kini beredar laporan yang sama tentang nama smartphone lipat LG.

Dilansir Engadget, LG mengajukan beberapa merek dagang kepada European Union Intellectual Property Office terkait smartphone pada 21 November 2018.

Tiga nama yang saat ini dilindungi LG melalui pengajuan tersebut adalah Flex, Foldi, dan Duplex.

Kendati demikian, belum bisa dipastikan LG akan menggunakan semua nama tersebut. Pengajuan merek dagang ini bisa saja sebagai bentuk pengamanan LG agar ketiganya tidak digunakan vendor lain.

Nama "Flex" sendiri sebenarnya bukan baru bagi LG. Pasalnya, perusahaan telah cukup lama memiliki smartphone dengan nama semacam itu, yakni G Flex. Di sisi lain, "Duplex" diperkirakan untuk ponsel lipat LG dengan dua layar.

Terlepas dari nama apa yang akan digunakan LG, pengajuan mereka dagang kian mengindikasikan perusahaan semakin dekat dengan peluncuran smartphone lipat.

Namun, sejauh ini belum ada konfirmasi dari vendor mana pun terkait yang akan lebih dahulu merilisnya di pasar.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: