Kamis, 24 Januari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Real Madrid vs Girona: Sumbang 2 Gol, Ramos Tak Mau Berpuas Diri

Posted: 24 Jan 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Sergio Ramos mengaku puas bisa membantu Real Madrid menang 4-2 atas Girona pada leg pertama perempat final Copa del Rey di Santiago Bernabeu, Jumat (25/1/2019) dini hari WIB. Ia mencetak dua gol yang membantu Madrid terlepas dari tekanan.

Laga tersebut berlangsung sulit bagi Real Madrid. Girona terbukti sebagai lawan yang merepotkan. Sempat unggul 2-1 pada akhir babak pertama, skor kembali imbang 2-2 di pertengahan babak kedua.

Adalah Ramos yang jadi penentu kemenangan dengan mencetak gol ketiga Los Blancos pada menit ke-77. Gol itu mendongkrak semangat skuat asuhan Santiago Solari yang mencuri satu gol lagi lewat Karim Benzema di menit ke-80.

Meski berposisi sebagai bek tengah, Ramos memang terbukti sebagai pencetak gol andal Real Madrid.

Sangat Puas

Real Madrid. (AP Photo/Alberto Saiz)

Ramos mengaku puas dengan gol ketiga Madrid tersebut, tapi tak mau bebesar kepala. Baginya, yang terpenting adalah Madrid mampu melepaskan diri dari tekanan dan meraih kemenangan.

"[Tambahan gol] Itu adalah torehan hebat bagi saya pribadi, juga berdampak pada moral saya, tapi kami tak boleh berpuas diri," kata Ramos di laman resmi realmadrid.com. "Saya sangat senang bisa mendapatkan gol tersebut karena kami sempat berada dalam tekanan dan mengembalikan keunggulan kami adalah torehan positif."

"Mereka merepotkan kami dengan dua penyerang depan mereka yang begitu cepat, tapi kami berhasil mengontrolnya lebih baik di babak kedua, dan kami cukup tak beruntung di depan gawang," ucapnya menambahkan.

"Saya berharap kami bisa mempertahankan laju positif ini."

Belum Selesai

Meski menang dengan skor 4-2, Ramos menegaskan pekerjaan Real Madrid belum selesai. Masih ada leg kedua, Madrid harus kembali memberikan yang terbaik untuk memastikan langkah ke putaran berikutnya.

"Persaingan ini sedikit banyak masih terbuka. Kami meraih hasil bagus dan sebenarnya kami akan lebih senang jika berhasil mencatatkan clean sheet, tapi itu membuktikan tak ada tim mudah di kompetisi ini."

"Kami sudah mengamatinya dari laga Girona melawan Atletico, tapi kami sudah mengambil langkah besar ke arah yang tepat, dan sekarang kami harus pergi ke sana untuk menuntaskan tugas kami," tandas Ramos.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Sosok Pevita Pearce yang Kabarnya Dekat dengan Ariel NOAH

Posted: 24 Jan 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aktris cantik Pevita Pearce kembali terpergok jalan berdua bersama vokalis band NOAH, Nazril Irham atau yang karib disapa Ariel NOAH. Kabar ini pertama kali mencuat dari salah satu akun gosip Instagram pada Kamis (24/01/19) lalu.

Pada postingan akun gosip tersebut terlihat sosok Pevita Pearce dan Ariel NOAH sedang membeli makanan di sebuah bioskop. Keduanya diduga hendak nonton di bioskop tersebut.

 

Rumor kedekatan Pevita Pearce dan Ariel NOAH ini bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya, pada Juli 2018 lalu, keduanya juga tampak jalan berdua di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Selain itu pada Desember 2018 lalu Pevita dan Ariel kedapatan saling follow di Instagram.

Viralnya video dan potret kebersamaan Pevita Pearce dengan Ariel ini membuat publik beranggapan ada hubungan khusus antar keduanya.

Ariel NOAH sebelumnya diketahui menjalin hubungan asmara dengan aktris Sophia Latjuba, namun hubungan mereka dikabarkan telah berakhir.

Seperti apakah sosok di balik wanita yang dikabarkan dekan dengan pentolan Band Noah ini? Simak beberapa fakta tentang Pevita Pearce yang berhasil Liputan6 rangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/01/19).

Kehidupan Pribadi Pevita Pearce

Pevita Cleo Eileen Pearce atau yang akrab disapa Pevita Pearce lahir di Jakarta pada 6 Oktober 1992. Pevita Pearce lahir dari pasangan Bramwell Pearce yang berasal dari Wales, Inggris dan ibunya Ernie Auliasari yang berasal dari Banjarmasin.

Pevita Pearce merupakan adik dari Keenan Pearce yang juga merupakan publik figure.Kedua orang tua Pevita Pearce berpisah saat Pevita masih kecil. Ayah Pevita kemudian menikah dengan wanita bernama Ellie Awaliawati. Meski berstatus ibu tiri, namun hubungan Pevita dan Ellie terlihat hangat dan akrab.

Dari Ellie Awaliawati, Pevita Pearce memiliki seorang adik perempuan bernama Chelsea Qeana Ibelia Pearce.

Terjun ke dunia hiburan Tanah Air sebagai aktris, pada 2012, Pevita melanjutkan studinya ke New York untuk belajar teater.

Membintangi Sejumlah Film

(Instagram/pevpearce)

Pevita Pearce mengawali kariernya di dunia hiburan Tanah Air pada tahun 2006 silam dengan membintangi sebuah film berjudul Denias, Senandung di Atas Awan. Saat itu Pevita Pearce masih berusia 14 tahun. Dalam film tersebut Pevita Pearce berperan sebagai Angel dan beradu akting dengan Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen.

Kariernya semakim menanjak kala ia didapuk sebagai pemeran utama dalam film Lost in Love yang tayang bulan Mei 2008. Dalam film ini, Pevita berperan sebagai tokoh utama yaitu Tita. Pevita bermain bersama Richard Kevin yang berperan sebagai Adit.

Menariknya, Pevita berhasil menyingkirkan 1.100 kandidat untuk memerankan peran Tita di Film Lost in Love tersebut.

Melalui film ini Pevita Pearce kemudian dinominasikan sebagai Pemain Utama Wanita Terbaik FFI 2008. Ia memecahkan rekor sebagai nomine termuda, mengalahkan Laudya Cynthia Bella yang pada usia 17 tahun dinominasikan melalui aktingnya di film Virgin pada FFI 2005.

Karir Pevita Pearce kemudian semakin melejit tatkala membintangi film 5 Cm pada tahun 2012 dan Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck pada tahun 2013.

Di tahun 2018 lalu, ia kembali beraksi melalui film layar lebar, yakni 'Buffalo Boys' dan Sebelum Iblis Menjemput.

Dari bebeberapa film yang sudah ia bintangi, membuktikan ia bisa berakting dalam berbagai genre. Mulai dari drama, komedi, romance, action hingga horor.

Model video klip dan iklan

Selain membintangi film layar lebar, wajah cantik Pevita Pearce juga sering wara-wiri di layar kaca. Ia sempat membintangi sejumlah iklan, sinetron, dan menjadi presenter di beberapa kesempatan.

Tak hanya itu, Pevita Pearce juga berulang kali menjadi model video klip musisi-musisi ternama Indonesia, sebut saja Vidi Aldiano dalam lagu "Cemburu Menguras Hati", Afgan - "Bunga Terakhir" dan NOAH - "Hidup Untukmu Mati Tanpamu".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Akhir Pekan, Rupiah Betah di Posisi 14.150 per Dolar AS

Posted: 24 Jan 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah tapi pergerakannya stabil menjelang akhir pekan ini. Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) didominasi sentimen global.

Mengutip laman Bank Indonesia (BI), Jumat (25/1/2019), kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) melemah 0,15 persen dari posisi 14.141 per dolar AS pada 24 Januari 2019 menjadi 14.163 per dolar AS pada 25 Januari 2019.

Sedangkan berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka menguat 0,10 persen ke posisi 14.155 per dolar AS pada Jumat pekan ini dari penutupan kemarin 14.170 per dolar AS. Pada Jumat siang, rupiah bergerak menguat ke posisi 14.152 per dolar AS.  Jelang akhir pekan ini, rupiah bergerak di kisaran 14.149-14.167 per dolar AS.

Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede menuturkan, sejumlah sentimen global mendominasi sehingga berdampak terhadap pergerakan rupiah. Dari Amerika Serikat (AS), ada rilis data ekonomi yang membuat dolar Amerika Serikat kembali menguat.

"Jobless claim lebih rendah dari perkiraan. Selain itu juga industri manufaktur dan markit service yang lebih tinggi dari perkiraan sehingga dukung penguatan dolar AS," ujar Josua saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (25/1/2019).

Dari Eropa, Josua menuturkan pernyataan Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi yang kurang agresif atau dovish mengenai ada risiko penurunan di zona Eropa membuat euro melemah.

"Sentimen itu berlanjut hingga hari ini membuat mata uang Asia kembali melemah termasuk rupiah. Meski melemah tapi pergerakan stabil di 14.150," ujar Josua.

Sedangkan dari internal, pernyataan Gubernur BI Perry Warjiyo yang menyatakan kecil untuk memangkas suku bunga acuan juga pengaruhi pergerakan nilai tukar rupiah. BI masih menyoroti perkembangan ekonomi global termasuk negosiasi perdagangan AS-China.

"Ditambah defisit transaksi berjalan yang harus dikontrol," tutur dia.

 

Pergerakan Rupiah

Petugas mengecek lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Guna memenuhi kebutuhan uang tunai selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang kartal sebanyak Rp 193,9 triliun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Rabu ini. 

Mengutip Bloomberg, Rabu 23 Januari 2019, rupiah dibuka di angka 14.195 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.220 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.173 per dolar AS hingga 14.200 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah menguat 1,51 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.188 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.221 per dolar AS.

Kepala Riset Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, pergerakan nilai tukar rupiah pada Rabu ini akan terpengaruh oleh pelemahan mata uang regional.

"Kemungkinan nilai tukar rupiah akan melemah terbawa sentimen pelemahan yen dan dolar Hong Kong pagi ini," ujar Lana seperti dikutip dari Antara.

Dari sisi domestik, pemerintah masih optimistis target pertumbuhan ekonomi 5,3 persen masih bisa tercapai di tengah potensi perlambatan ekonomi global dengan fokus pada 25 program prioritas, diantaranya program Kredit Usaha Rakyat (KUR), pengendalian inflasi, keuangan inklusi, dan insentif fiskal.

Untuk KUR tahun 2019 ini pemerintah menganggarkan sebesar Rp 140 triliun naik dari Rp 123,8 triliun pada 2018.

Terkait pertumbuhan ekonomi, Bank Dunia dan IMF memproyeksikan ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,2 persen pada akhir 2019. "Sementara kami memproyeksikan 5,17-5,24 persen," kata Lana.

Ia memprediksi rupiah hari ini akan bergerak menuju kisaran 14.235 per dolar AS hingga14.235 per dolar AS.

Sementara itu, Analis dari Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) Reza Priyambada memperkirakan, hari ini rupiah akan bergerak di kisaran 14.190-14.205 per dolar AS.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Kece John Mayer Memakai Outer yang Pas Ditiru Saat Musim Hujan

Posted: 24 Jan 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi sekaligus penulis lagu John Mayer akan menyapa penggemar di Indonesia. Pelantun Slow Dancing in a Burning Room ini dijadwalkan menggelar konser bertajuk Australia & Asia Tours di ICE, BSD City, Tangerang Selatan, Banten, pada Jumat, 5 April 2019.

Penjualan tiket konser John Mayer pun mulai dibuka hari ini, Jumat (25/1/2019). Ada enam kategori tiket yang meliputi Rp 4,5 juta (VIP A&B), Rp 4 juta (Platinum), Rp 2,7 juta (Gold), Rp 2 juta (Blue), Rp 1,650 juta (Premium Festival), dan Rp 1,3 juta (Green).

Selain euforia menyambut konser, John Mayer dikenal sebagai salah satu musisi yang kerap tampil stylist. Meski bergaya kasual, ia tak segan memadupadankan outfit dengan beragam outerwear kece.

Seperti saat pria berusia 41 tahun ini tampil dalam balutan kaus abu-abu gelap yang dipadu dengan outerwear berwarna dasar hitam dan dipenuhi motif floral. Penampilan John didukung cargo pants coklat dan sneakers putih.

Bukan tidak mungkin, saat konser di Jakarta John Mayer akan menampilkan outfit serupa. Masih ada deretan gaya kecenya dalam balutan outerwear lain. Seperti apa? Simak rangkuman selengkapnya berikut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Long Outer Penuh Warna

John Mayer (dok. Instagram @johnmayer/https://www.instagram.com/p/BrZi5bzF3uG/Putu Elmira)

John Mayer menjadi salah satu penyanyi yang aktif di media sosial. Ia kerap membagikan deretan potret dalam berbagai kesempatan, tidak terkecuali dengan outfit kasualnya yang super stylist.

John kerap memadukan kaus dan outer seperti ketika ia memakai kaus warna hijau lumut dipadu long outer penuh warna yakni oranye, biru dengan polkadot putih hingga stripes coklat gelap. Gaya ini dibarengi dengan pemakaian jeans dan sneakers putih. Keren bukan?

Parachute Jacket Saat Manggung

John Mayer (dok. Instagram @johnmayer/https://www.instagram.com/p/BkRjA8xHCtN/Putu Elmira)

Ketika di panggung, John Mayer juga selalu tampil kece. Seperti saat ia mengenakan kaus abu-abu dengan parasut  jacket berwarna ungu dan detail ritsleting yang dibuka.

Sambil memegang gitar, John tampak santai memakai celana pendek abu-abu. Penampilan ini memang terkesan santai, tetapi dapat jadi referensi Anda memadukan outerwear dan kaus.

Outer Hijau Pastel

John Mayer (dok. Instagram @johnmayer/https://www.instagram.com/p/BpBRKo1HaoQ/Putu Elmira)

Tampilan kece John Mayer lainnya ketika ia mengenakan kaus putih bersama outer berwarna hijau pastel. Kemeja oversized itu memiliki dua kantong di bagian dada kanan dan kiri. Ia juga memakau jeans, kalung oranye, dan boots suede coklat muda.

Jaket Navy Blue

John Mayer (dok. Instagram @johnmayer/https://www.instagram.com/p/Bo6LkF-nPHd/Putu Elmira)

Masih mengenakan celana jeans, kali ini John Mayer memadukan tampilannya dengan kaus abu-abu dan jaket navy blue. Sambil berpose di sebelah pohon besar, ia terlihat kasual dengan boots suede coklat muda kesayangan.

Outer Hijau Tua

John Mayer (dok. Instagram @johnmayer/https://www.instagram.com/p/Bkyf3Opny6u/Putu Elmira)

Tidak ketinggalan, penampilan pelantun Gravity ini saat mengenakan kaus hitam dan outer yang memiliki dua kantong berwarna hijau tua. Tampilannya makin kece dengan cargo pants berwarna senada.

Gaya John Mayer ini juga didukung dengan pemakaian kalung dan jam tangan sebagai aksesori. Sambil mirror selfie, John juga terlihat mengenakan waist bag berwarna padua abu-abu dan biru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suap Meikarta, KPK Periksa Wakil Ketua dan Anggota DPRD Bekasi

Posted: 24 Jan 2019 10:05 PM PST

Wakil Ketua DPRD Bekasi, Jejen Sayuti seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/1). Jejen diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap izin Meikarta dengan tersangka Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Neneng Rahmi (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakil Ketua DPRD Bekasi, Jejen Sayuti seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/1). Jejen diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap izin Meikarta dengan tersangka Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Neneng Rahmi (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakil Ketua DPRD Bekasi, Jejen Sayuti seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/1). Jejen diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap izin Meikarta dengan tersangka Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Neneng Rahmi (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakil Ketua DPRD Bekasi, Jejen Sayuti seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/1). Jejen diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap izin Meikarta dengan tersangka Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Neneng Rahmi (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Anggota DPRD Bekasi, Cecep Noor sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/1). Cecep diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap perizinan Meikarta dengan tersangka Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Neneng Rahmi (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Anggota DPRD Bekasi, Cecep Noor sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/1). Cecep diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap perizinan Meikarta dengan tersangka Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Neneng Rahmi (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Anggota DPRD Bekasi, Cecep Noor sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/1). Cecep diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap perizinan Meikarta dengan tersangka Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Neneng Rahmi (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Anggota DPRD Bekasi, Cecep Noor sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/1). Cecep diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap perizinan Meikarta dengan tersangka Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Neneng Rahmi (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Anggota DPRD Bekasi, Cecep Noor memenuhi panggilan penyidik KPK di Jakarta, Jumat (25/1). Cecep Noor diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap perizinan Meikarta dengan tersangka Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Neneng Rahmi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Anggota DPRD Bekasi, Cecep Noor memenuhi panggilan penyidik KPK di Jakarta, Jumat (25/1). Cecep Noor diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap perizinan Meikarta dengan tersangka Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Neneng Rahmi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral di Media Sosial, Ini Manfaat Ikut 10 Years Challenge Buat Dirimu

Posted: 24 Jan 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial tengah diramaikan dengan tagar 10 years challenge. Apa kamu ikutan juga? Ya tantangan yang menunjukkan perubahan diri selama 10 tahun ini sempat menjadi topik utama di media sosial. Di instagram saja, tagar 10 years challenge mencapai 4 juta lebih unggahan tentang perubahan diri ini.

Tantangan ini juga menjadi ajang nostalgia atau membuka lembaran masa lalu. Betapa tidak, selama 10 tahun semua orang pasti mengalami perubahan dalam hidup yang sangat berarti. Mulai diri perubahan fisik, perubahan nasib bahkan perubahan lainnya dalam kehidupan.

Terkadang melihat perubahan diri tersebut kamu merasa senang dan bahagia atau melihatnya karena lucu. Terlintas dipikiran betapa lucunya diri kamu di masa lalu. Ya inilah nostalgia, rasa rindu terhadap momen atau kenangan indah di masa lalu yang diabadikan melalui bidikan kamera dan menghasilkan foto.

Apakah kamu tahu jika nostalgia memiliki manfaat juga loh. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Constantine Sedikides dan Tim Wildschut dari Universitas Southampton di Inggris, nostalgia ternyata dapat membawa banyak manfaat yang dapat menjadi kekuatan seseorang dalam menghadapi masa kini dan masa depan.

Berikut manfaat 10 years challenge dilansir dari berbagai sumber.

1. Menghadirkan suasana hati yang baik

Saat mengingat masa lalu, tentunya kamu hanya akan ingat dengan kenangan indah atau kenangan yang manis di masa lalu. Tidak ingin mengingat hal-hal yang pahit atau buruk di masa lalu.

Ketika seseorang mengingat hal yang indah, ini adalah obat yang manjur untuk meringankan kesedihan. Nostalgia dapat memperbaiki suasana hati terlebih lagi jika kamu mampu mengambil pelajaran dari masa lalu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2. Membuat masa depan terlihat cerah

Kendall Jenner 10 Years Challenge. (Instagram @kendalljenner)

Siapa bilang nostalgia dapat menjebak kamu pada masa lalu. Nostalgia ternyata membuat seseorang merasa lebih optimis untuk meraih apa yang diinginkan di masa depan.

Dalam waktu sulit, mengingat kembali saat yang indah menyenangkan bisa menjadi motivasi diri kedepannya agar lebih baik. Seperti pepatah berkacalah dari masa lalu.

3. Hidup terasa lebih berarti

Ketika melihat foto di masa lalu, kamu pasti akan mengucap syukur karena 10 tahun dari foto tersebut kamu masih diberikan nikmat luar biasa yakni nikmat hidup dan sehat. Nostalgia juga berguna untuk mengubah cara pandang mengenai masa sulit sudah berlalu.

 

Penulis:

  

Nihlah Fauziyatul Wafa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beralih ke Euro 4, Ini yang Berubah dari Mesin Mitsubishi Fuso

Posted: 24 Jan 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Terkait rencana pemerintah menetapkan standar emisi Euro4 melalui Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan No 20/Setjen/Kum.1/3/2017 yang sudah diterbitkan pada 10 Maret 2017, PT Krama Yudha tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation mengaku siap.

Yuswadi selaku Head of Technical Service KTB mengatakan, ada beberapa perubahan yang harus dilakukan untuk mengubah mesin dari standar Euro3 ke Euro4.

"Euro 4 lebih ke emisi, jadi memang sedang kita siapkan untuk Ligtht Duty Truck dan Medium Duty Truck. Perubahannya itu enggak terlalu banyak," katanya di Senayan, Jakarta, Kamis (25/1) malam.

Saat disinggung perubahan apa saja yang akan dilakukan untuk mengubah mesin Euro 3 menjadi Euro 4, Yuswadi menjelaskan sistem pada emisi merupakan bagian terpenting.

"Biasanya sistem di emisinya saja, jadi emisi ditambahkan alat lagi, jadi emisinya bisa untuk Euro 4 tapi secara basic engine enggak ada perubahan. Untuk hal itu, memang investasi enggak terlalu banyak dan penerapan lebih mudah," ujarnya.

Selanjutnya

Untuk diketahui, pemberlakuan peraturan Euro4 akan dilakukan secara bertahap. Untuk standar emisi Euro 4 kendaraan bermotor tipe baru berbahan bakar bensin, telah berlaku mulai 10 Oktober 2018 lalu.

Sedangkan untuk kendaraan bermotor tipe baru dan yang sedang diproduksi berbahan bakar Diesel mulai diberlakukan 10 Maret 2021.

Aturan tersebut mengharuskan kendaraan yang dijual di Indonesia menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dengan spesifikasi standar Euro 4. Sebelumnya Indonesia masih menerapkan standar Euro 2 sejak 2005.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Bupati Mesuji yang Kena OTT KPK, Kekayaannya Capai Rp 22 M

Posted: 24 Jan 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kamis (24/1/2019) dini hari, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terkait dengan dugaan suap proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji, Lampung. Dalam operasinya, KPK berhasil mengamankan Taufik Hidayat selaku adik dari Khamami bersama dengan teman dan sopir Khamami.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menetapkan Bupati Mesuji Khamami sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek-proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji, Lampung.

Selain Khamami, KPK juga menjerat empat orang lainnya sebagai tersangka, yakni Taufik Hidayat yang merupakan adik dari Khamami, Sekretaris Dinas PUPR Mesuji Wawan Suhendra, pemilik PT Jasa Promix Nusantara (JPN) dan PT Secilia Putri (SP) Sibron Azis, serta pihak swasta bernama Kardinal.

"KPK menetapkan lima orang tersangka sejalan dengan peningkatan status penanganan perkara ke penyidikan," ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (24/1/2019).

Basaria mengatakan, Bupati Mesuji Khamami diduga menerima suap sebesar Rp 1,28 miliar dari Sibron Azis melalui beberapa perantara terkait dengan fee pembangunan proyek-proyek infrastruktur di lingkungan Kabupaten Mesuji.

"Diduga uang tersebut merupakan bagian dari permintaan fee proyek sebesar 12% dari total nilai proyek yang diminta Bupati Mesuji melalui WS (Wawan Suhendra)," kata Basaria.

Adapun fee tersebut merupakan pembayaran fee atas empat proyek infrastruktur yang dikerjakan dua perusahan milik Sibron Azis.

"Diduga fee proyek diserahkan kepada TH (Taufik Hidayat) dan digunakan untuk kepentingan Bupati," kata Basaria.

Profil Khamami Bupati Mesuji

Bupati Mesuji, Khamami kenakan rompi tahanan dikawal petugas usai menjalani pemeriksaan 1x24 jam di gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/1). Khamami terjaring OTT dengan barang bukti uang Rp 1,2 M terkait fee suap proyek infrastruktur. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Siapa sebenarnya sosok Khamami selaku Bupati Mesuji yang ikut terjaring dalam operasi tangkap tangan KPK pada Kamis (24/1/2019) dini hari ini? Dan berikut ini profil mengenai Khamami Bupati Mesuji yang terjaring OTT di awal tahun 2019 seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/1/2019).

Khamami lahir pada 8 Februari 1968 dan telah menjabat sebagai bupati selama dua periode. Ia yang saat ini akan berumur 51 tahun memiliki seorang istri bernama Elviana.

Sang istri sendiri merupakan ketua dari tim penggerak PKK di Kabupaten Mesuji dan juga sebagai Ketua Muslimat NU untuk Kabupaten Mesuji, Lampung. Sedangkan kedua anaknya yang bernama Hasan dan Husen meninggal dunia di tahun 1991.

Pria yang tinggal di Tunggal Warga, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung ini merupakan lulusan Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, Bandar Lampung. Khamami pun pernah mengikuti Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) XI, di Lembaga Ketahanan Nasional Jakarta.

Selain itu ia juga aktif dalam berbagai organisasi sebagai pengurus dan juga ketua. Khamami beberapa kali penjabat sebagai ketua di berbagai organisasi. Dan berikut ini organisasi yang pernah dipimpin oleh Khamami antara lain:

• Ketua Perguruan Paku Banten Lampung Tengah ditahun 2002-2004

• Ketua DPC ORGANDA Lampung Tengah pada periode 2002-2005

• Ketua Komite Wartawan Republik Indonesia (KWRI) Lampung Tengah 2000-2001

• Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) Tulang Bawang periode 2002-2008

• Ketua DPP Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) Provinsi Lampung 2011-2016

• Ketua Himpunan Masyarakat Peduli Transmigrasi Indonesia (HMPTI) Tulang Bawang periode 2004-2009

Sebelum menjabat sebagai Bupati Mesuji, Khamami juga tercatat pernah menjabat sebagai anggota dewan Provinsi Lampung untuk dua periode. Ia menjabat pada periode 2004-2009 dan juga periode 2009-2014.

Khamami pertama menjabat sebagai Bupati Mesuji setelah menang dalam pemilu untuk periode 2012-2017 bersama dengan Ismail Ishak sebagai wakil bupati. Setelah berhasil menjabat di periode pertama, Khamami mengikuti kembali pesta demokrasi bersama Saply sebagai wakil bupati untuk periode 2017-2022. Ia pun berhasil memenangkan pesta demokrasi sebagai calon petahana.

Terjaring OTT KPK, Kekayaan Bupati Mesuji Rp 22 Miliar

Bupati Mesuji, Khamami kenakan rompi tahanan dikawal petugas usai menjalani pemeriksaan 1x24 jam di gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/1). Khamami terjaring OTT terkait fee suap proyek infrastruktur Kabupaten Mesuji. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Mesuji Khamami terjaring operasi tangkap tangak (OTT) tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rabu 23 Januari 2019. Khamami ditangkap bersama 10 orang lainnya di Lampung.

Berdasarkan laman Laporan Harta Kekayaan Penyenggara Negara (LHKPN) yang diakses melalui laman acch.kpk.go.id, Khamami tercatat memiliki harta sebanyak Rp 22,4 miliar.

Harta tersebut dia laporkan pada 19 September 2016 saat mencalonkan diri sebagai Bupati Mesuji periode 2017 -2022.

Dalam laman tersebut, Khamami tercacat memiliki harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan. Tercatat Khamami memiliki 41 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Lampung dengan total nilai keseluruhan mencapai Rp 10.359.301.000.

Sedangkan untuk harta bergerak, Khamami tercatat memiliki 13 kendaraan roda empat dan 6 kendaraan roda dua dengan nilainya totalnya mencapai Rp 2.574.000.000.

Adapun usaha lain milik Khamami, dilaporkan mencakup sejumlah bidang seperti sarang burung walet, penyewaan ruko, dan perkebunan karet dengan total nilai aset mencapai Rp 10.375.000.000.

Untuk giro dan setara khas lainnya, Khamami memiliki sekitar Rp 73.578.296. Sedangkan utang, Khamami tercatat memiliki utang sebesar Rp 1,5 miliar. Piutang dalam bentuk uang sebesar Rp 200 juta, sementara piutang dalam bentuk barang sebanyak Rp 350 juta.

Jadi total keseluruhan harta kekayaan Bupati Mesuji sebesar Rp 22.431.879.296.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspadai, 9 Masalah Kesehatan yang Muncul Saat Benci Pekerjaanmu (2)

Posted: 24 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menjalani pekerjaan yang tidak disukai bisa membuat masalah kesehatan. Namun, banyak orang tidak menyadari hal ini.

Berikut masalah kesehatan yang rentan terjadi bila Anda tidak menyukai pekerjaan seperti dilansir Huffington Post, Jumat (25/1/2019).

5. Lebih sering sakit

Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa stres kronis dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh, membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit.

 

 

6. Kehilangan minat berhubungan seks

American Psychological Association mencatat bahwa ketika wanita stres, itu dapat mengurangi hasrat seksual. Bagi pria, stres kronis ini dapat menurunkan produksi testosteron, yang pada gilirannya menyebabkan libido lebih rendah.

"Harus ada sejumlah relaksasi untuk membangkitkan gairah seks. Selain itu, perlu ada faktor waktu. Orang-orang melaporkan tidak punya cukup waktu untuk berhubungan seks," kata psikolog klinis yang berbasis di Maryland, Monique Reynolds

7. Lelah sepanjang waktu

Ini adalah kelelahan yang tidak bisa disembuhkan dengan tidur siang atau istirahat di akhir pekan.

Saat seseorang merasa pekerjaannya lebih berat, hal ini akan membuat Anda merasa kewalahan seperti disampaikan E. Kevin Kelloway seorang psikolog yang mendalami kesehatan kerja 

 

8. Sakit perut

Ilustrasi sakit perut (iStockphoto)

 

Gangguan pencernaan, sembelit, kembung semua dapat dikaitkan dengan stres. Sebab stres dapat mempengaruhi apa yang dicerna usus dan juga dapat mengubah bakteri usus kita, yang pada gilirannya berdampak pada suasana hati kita.

Itulah sebabnya Anda mungkin menderita sakit perut ketika kesal, kata Kelloway.

"Sekitar enam bulan saya mulai memperhatikan bahwa setiap Minggu sore saya merasakan sakit di perut saya. Kondisi ini muncul tepat ketika saya mulai berpikir tentang apa yang harus saya lakukan pada Senin pagi. Dan semua gejala hilang ketika saya berhenti memikirkan pekerjaan dan pindah ke hal lain," katanya.

 

9. Nafsu makan berubah

Junk food (TOSHIFUMI KITAMURA/AFP/Getty Images)

Nafsu makan Anda terkait erat dengan otak Anda. Saat berada di bawah tekanan, tubuh akan merespons dengan melepaskan adrenalin. Hal ini akan berdampak pada pencernaan, menurut Harvard Health Letter.

Di bawah tekanan kerja jangka panjang, kelenjar adrenalin tubuh akan melepaskan kortisol, hormon yang dapat meningkatkan rasa lapar. Tapi ketika pekerjaan Anda menyebabkan tekanan emosional jangka panjang, Anda akan merasa sulit makan.

Harvard juga melaporkan, makanan manis dapat menumpulkan respons dan emosi yang berkaitan dengan stres, itulah sebabnya mereka sering dianggap sebagai makanan yang menenangkan, padahal itu kebiasaan tidak sehat yang harus Anda hindari.

 

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ini?

 

Istirahat. Setelah tubuh mengalami banyak hal dan tekanan pekerjaan, Anda perlu memberikan waktu pada tubuh untuk bersantai.

Reynolds menjelaskan, Anda bisa menjalin persahabatan di luar tempat kerja, meditasi, dan olahraga dapat membantu mengimbangi gejala stres.

Selain itu, ubah kerangka berpikir negatif. Salah satu prinsip terapi perilaku kognitif adalah bagaimana Anda berpikir positif dapat mengubah perasaan Anda. "Tidak mungkin bagi semua orang untuk keluar dari pekerjaan, tetapi mengelola pikiran positif pada rekan kerja atau bahkan pekerjaan bisa mengubah kenyamanan Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pemain Top Ini Cedera pada Januari 2019, Neymar Salah Satunya

Posted: 24 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola adalah olahraga di mana kebugaran memainkan peran penting. Terlibat dalam aksi intensitas tinggi selama 90 menit bukanlah tugas yang mudah.

Apalagi sepak bola adalah permainan fisik yang bisa mengakibatkan banyak cedera. Meskipun mengadopsi cedera kebugaran yang ketat, tidak ada pemain yang bebas dari cedera dalam permainan sepakbola, termasuk bintang sekelas Neymar Jr.

Meskipun cedera semakin sedikit dalam beberapa waktu terakhir, sangat disayangkan bahwa beberapa pemain vital harus absen bulan ini. Para pemain top ini cedera usai lakoni jadwal padat. Kehilangan Neymar jadi kerugian bagi tim.

Setelah periode sibuk dengan banyak permainan sepak bola yang dimainkan selama Natal dan setelah Tahun Baru, dampaknya ternyata terlihat dengan banyaknya pemain yang cedera.

Perlu dicatat bahwa sebagian besar cedera ini akan membutuhkan waktu untuk pulih dan ini dapat memengaruhi peluang masing-masing tim musim ini. Termasuk Neymar, berikut adalah 5 pemain yang telah terluka bulan ini, seperti dilansir Sportskeeda.

5. Hector Bellerin

Bek kanan Arsenal, Hector Bellerin. (AFP/Justin Tallis)

Hector Bellerin pemain penting untuk Arsenal musim kini dan bermain sangat baik dalam kemenangan 2-0 atas rival sekota, Chelsea di Stadion Emirates. Namun, Bellerin mengalami cedera dalam laga itu.

Pemain asal Spanyol itu menderita cedera ACL di lutut kirinya, yang membuatnya diprediksi absen hingga akhir musim ini. Cederanya parah sehingga meninggalkan kekosongan di posisi bek kanan Arsenal.

Tentu saja menjadi kerugian bagi The Gunners kehilangan kualitas Bellerin. Arsenal sejauh ini belum terlihat mencari pengganti jangka pendek untuk Bellerin.

4. Dele Alli

Gelandang Tottenham Hotspur, Dele Alli. (AP Photo/Frank Augstein)

Tottenham Hotspur menjadi tim yang paling banyak terkena dampak cedera di paruh musim ini. Dengan cedera hamstring Dele Alli dalam pertandingan mereka melawan Fulham, Spurs sekarang tanpa pasukan penuh mereka hingga Maret nanti.

Dele Alli absen hingga Maret dan akan melewatkan sejumlah pertandingan penting. Sementara pertandingan leg pertama Spurs di Liga Champions akan dilewatkan oleh Alli.

Derbi London melawan Arsenal dan Chelsea, aksi Dele Alli juga tidak akan terlihat. Tottenham juga belum berencana merekrut pemain baru dan fokus dengan pemain yang ada.

3. Ousmane Dembele

Winger Barcelona, Ousmane Dembele mengalami cedera bulan ini. (AFP/Lluis Gene)

Ousmane Dembele akan absen dalam 15 hari ke depan setelah ia mengalami cedera engkel dalam kemenangan Barcelona atas Leganes pada Minggu (20/1/2019). Dia berjalan tertatih-tatih di babak kedua laga itu, di mana Barcelona menang 3-1.

Dembele sekarang akan kehilangan total 4 pertandingan yang juga termasuk perempat final Copa Del Rey melawan Sevilla. Pemain asal Prancis itu kerap didera cedera dan kondisi ini sangat disayangkan mengingat dia mulai tampil baik musim ini.

Barcelona pasti akan kehilangan dia, walaupun sudah merekrut Kevin Prince Boateng baru-baru ini. Meskipun bukan pengganti ideal, Boateng akan mengisi absennya Dembele selama beberapa hari ke depan.

2. Harry Kane

Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane, harus absen selama dua bulan akibat mengalami cedera ligamen di pergelangan kaki kirinya. (AP Photo/Matt Dunham)

Harry Kane mengalami cedera pergelangan kaki awal bulan ini saat kekalahan 1-0 Spurs dari Manchester United. Karenanya, kapten Timnas Inggris dan Spurs tidak akan tersedia hingga Maret 2019. Mengingat minimnya bomber haus gol Spurs, cedera Harry Kane akan menjadi penyebab kekhawatiran bagi Pochettino.

Fernando Llorente belum dalam bentuk permainan yang diharapkan dan Vincent Janssen malah berniat pindah dari Spurs. Karenanya, cedera Kane dapat memengaruhi kampanye Spurs.

Dele Alli juga cedera dan Tottenham akan berada dalam posisi sulit bulan depan. Karenanya, Mauricio Pochettino harus memprioritaskan merekrut penyerang tengah bulan ini.

1. Neymar Jr

Striker PSG, Neymar Jr akan absen dalam beberapa laga ke depan. (AFP/ Anne-Christine Poujoulat)

Dalam pertandingan Coupe de France antara Paris Saint- Germain melawan Strasbourg, Neymar mengalami cedera yang membuatnya diganti pada babak kedua. Neymar meninggalkan lapangan dengan dugaan patah metatarsal.

Penyerang asal Brasil itu dilaporkan menangis ketika ia dibawa pergi dari lapangan untuk ke rumah sakit. Adalah pemain Strasbourg, Anthony Goncalves, yang mencederai Neymar.

Neymar dalam kondisi bagus bersama PSG di Ligue 1 musim ini. Absennya Neymar akan mengurangi kekuatan PSG, terutama kala berkiprah di Liga Champions, di mana Les Parisiens harus bertemu Manchester United.

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengharukan, Benda Milik Gading Marten Ini Masih Ada di Kamar Gisel

Posted: 24 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gisella Anastasia telah bercerai dari Gading Marten. Pengadilan Negeri Jakarta Selatan resmi memutus pernikahan keduanya setelah menjalani proses persidangan hampir dua bulan.

Saat ini, Gisella Anastasia dan Gading Marten pun sudah tak lagi tinggal serumah. Gisella Anastasia tinggal di Rempoa, sementara Gading Marten tinggal di rumah lamanya, di Andara.

Lewat akun Instagramnya, Gisella Anastasia kembali memperlihatkan tingkah lucu anak semata wayangnya, Gempita Nora Marten. Dalam video singkat itu, terlihat Gempita sedang tertidur lelap, namun masih bisa tertawa.

Alih-alih fokus pada Gempita, warganet justru fokus pada hal lain. Yakni sebuah bantal bertuliskan Gading dengan ukuran huruf yang besar. Nampaknya, bantal itu memang milik Gading Marten saat ia masih tinggal bersama dengan keluarga kecilnya.

Bantal Gading Marten

[Foto: Instagram Gisella]

"So sweet peluk bantal papa @gadiiing ," kata penguna akun Instagram @ny_dirjen.

"Salfok sama bantalnya yg bacaan gading benerkan hehe." imbuh @manjhagusahara20

"Duh bantalnya masih namanya papa gading," tambha pemilik akun @destiaanggiani.

Hak Asuh

Gading Marten dan Gisel

Dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan itu juga diputuskan bahwa hak asuh anak mereka Gempita Nora Marten, jatuh ke tangan Gisella Anastasia.

Meski begitu, Gisella Anastasia membebaskan Gading Marten untuk bertemu dan ikut mengurus Gempita. Ia tak mau memisahkan hubungan ayah dengan anaknya sendiri.

Jadi, nantinya Gempita Nora Marten akan tinggal secara bergantian dengan ibunya yang tinggal di Rempoa, dan ayahnya yang tinggal di Andara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Seorang Nenek Dibawa Kabur Perampok, Kok Bisa?

Posted: 24 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang nenek dibawa kabur oleh perampok dan mempreteli perhiasannya. Perampok juga berpura-pura sebagai ulama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiongkok Blokir Mesin Pencari Bing

Posted: 24 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mesin pencari Microsoft, Bing, tidak lagi bisa diakses di Tiongkok. Hal ini diyakini terjadi atas permintaan pemblokiran oleh pemerintah Tiongkok.

Dilansir Softpedia, Jumat (25/1/2019), sejumlah pengguna di Tiongkok dilaporkan tidak bisa mengakses laman cn.bing.com. Sebelum pemblokiran ini, Bing merupakan layanan internet asal Amerika Serikat (AS) terakhir yang masih bertahan di Tiongkok.

Kehadiran Bing di Tiongkok sendiri merupakan hasil dari sebagian besar upaya Microsoft mematuhi persyaratan pemerintah setempat. Microsoft menetapkan pembatasan di Bing dibandingkan ketersediaannya di negara-negara lain.

Sayangnya, upaya Microsoft itu dinilai tidak begitu memuaskan pemerintah setempat. Perusahaan telekomunikasi Tiongkok, China Unicom, dilaporkan telah mengonfirmasi adanya permintaan pemblokiran secara khusus dari pemerintahnya.

Tiongkok dikenal sebagai negara yang menerapkan persyaratan ketat bagi layanan internet. Sebelum Microsoft, raksasa mesin pencari Google telah diblokir sejak beberapa tahun lalu di negara tersebut.

Microsoft Lakukan Investigasi

CEO Microsoft, Satya Nadella, saat berkunjung ke SMP Muhammadiyah 9 Jakarta. (Doc: Microsoft Indonesia)

Microsoft mengatakan, telah mengetahui adanya laporan tentang masalah yang dialami oleh para penggunanya. Perusahaan pun tengah menyelidiki masalah tersebut.

Pada saat ini, pasar mesin pencari di Tiongkok dipimpin oleh Baidu. Layanan ini menguasai 70 persen pasar pencarian lokal. Bing tertinggal sangat jauh dengan hanya sekira dua persen pangsa pasar.

Pemblokiran Bing, sekaligus dinilai membuat perusahaan-perusahaan AS masih harus berusaha keras untuk bisa menembus pasar Tiongkok.

Sejauh ini belum ada informasi tentang kemungkinan kembalinya layanan Bing di Tiongkok. Mesin pencari Microsoft ini akan bergabung dengan deretan panjang layanan internet lain yang diblokir di negara tersebut, termasuk Twitter, Facebook, Instagram, dan Google.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Mistis Pertemuan Pangeran Diponegoro dengan Ratu Pantai Selatan dan Sunan Kalijaga

Posted: 24 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ada sebuah ramalan ketika Pangeran Diponegoro lahir, bahwa melalui dirinyalah perlawanan terhadap Belanda akan berlangsung, meskipun tak akan bertahan terus. "…sira srananipun/ mapan iku tan dawa…" (engkaulah sarananya, meskipun hal itu tak akan lama).

Memang Perang Jawa hanya berlangsung lima tahun, tapi karena perlawanan Diponegoro itulah Jawa dan kolonialisme Belanda di Indonesia berubah sampai bertahun-tahun kemudian. Sebelum perang berlangsung, Peter Carey dalam bukunya Takdir: Riwayat Pangeran Diponegoro (1785-1855) memulai pemaparan tentang Yogyakarta yang makmur, rapi, bahkan dijuluki Versailles Pulau Jawa.

Namun, perang yang sengit itu menyebabkan 200.000 orang Jawa tewas, sepertiga dari seluruh Jawa terpapar oleh kerusakan perang dan seperempat dari seluruh lahan pertanian yang ada rusak.

Melalui disertasi yang komplet dan lantas diterbitkan oleh KPG dalam tiga jilid dan hampir berjumlah seribu halaman itu, Peter Carey—sejarawan Universitas Oxford—mengungkap adanya kuasa ramalan yang menentukan tujuan manusia serta apa yang akan terjadi. Ketika takdir dipahami sebagai ketentuan yang sudah diletakkan, masa depan sebenarnya milik masa lalu.

Ramalan telah menggerakkan Pangeran Diponegoro sebagai bagian identitas dirinya sebagai Ratu Adil dan pada akhirnya mengubah tatanan lama Jawa untuk selama-lamanya.

Takdir itu salah satunya tampak ketika dalam masa dewasanya, Pangeran Diponegoro melakukan laku lelana atau mengembara dari Tegalrejo ke Pantai Selatan Jawa sesuai kebiasaan kaum ningrat saat itu. Saat berusia 20 tahun jawa, sekitar April 1805, dalam persiapan berziarah ke Pantai Selatan, Diponegoro melakukan serangkaian kunjungan ke masjid-masjid dan pesantren-pesantren di daerah Jogja. Diponegoro bahkan mengubah namanya menjadi Syekh Ngabdurahim selama perjalanan dengan tujuan agar tak dikenali orang.

Setelah berkunjung ke berbagai pesantren, Pangeran Diponegoro juga melakukan tirakat serta menenggelamkan diri dalam kehidupan menyepi dan tapa meditasi. Peter Carey mengatakan Babad Diponegoro memberi informasi jelas bahwa sang pangeran berziarah ke beberapa tempat suci yang dianggap sangat keramat serta sering dikaitkan dengan Dinasti Mataram.

 

Suara Misterius

Pengunjung memperhatikan lukisan karya Raden Saleh berjudul Penangkapan Pangeran Diponegoro tahun 1857 yang dipamerkan di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (1/8). (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Ketika datang ke Pantai Selatan, Diponegoro mengikuti rute yang sudah ada. Dia berhenti sejenak di Gua Siluman, kemudian menghabiskan dua malam di Gua Sigologolo, di tepi kiri Kali Opak di Kecamatan Gamelan, Gunung Kidul. Kedua gua ini sering dikaitkan dengan dua tradisi spiritual Jawa dan sering dikunjungi elite Istana untuk bersemedi dan menyepi. Bahkan, Gua Siluman disebut-sebut sebagai bagian dari Istana Para Lelembut yang diperintah oleh Dewi Pantai Selatan, Ratu Kidul.

Pangeran Diponegoro kemudian memasuki Gua Langse, kemudian memurnikan semua keinginannya hingga mencapai tahap trance. Pangeran Diponegoro pun akhirnya bertemu Ratu Kidul, yang kehadirannya didahului oleh aura sinar. Namun, Pangeran Diponegoro sudah sangat terhanyut dalam semedinya, hingga Ratu Kidul sadar bahwa sang pangeran tidak bisa "diganggu". Ratu pun kemudian mundur sambil berjanji suatu saat akan datang lagi.   

Setelah perjumpaan dengan Ratu Kidul yang pertama di Gua Langse, Pangeran Diponegoro kemudian turun ke Parangtritis dan kemudian tidur di Parangkusumo. Dalam perjalanan ziarah ini Diponegoro sering mendapat kontak gaib atau penerawangan dengan ruh leluhur dan penjaga spiritual tanah Jawa. Salah satunya terjadi di Gua Song Kamal, di sekitar selatan Yogyakarta.

Dalam babad yang ditulisnya sendiri dikisahkan, Diponegoro yang saat itu tengah melakukan laku tirakat dikunjungi oleh wali legendaris Tanah Jawa, Sunan Kalijaga. Melalui suara gaib, Sunan Kalijaga mengatakan akan datang masa kehancuran Jogja dan awal runtuhnya Jawa alias wiwit bubrah tanah Jawi, dalam tiga tahun ke depan.

Diponegoro kemudian diperintahkan mengubah nama religiusnya dari Ngabdulrahim menjadi Ngabdulkamit dan dikatakan juga, suatu tanda akan diberikan kepadanya dalam bentuk sebuah anak panah bernama Sarutomo. Panah itu segera tampak olehnya seperti suatu kilatan cahaya yang menembus batu tempatnya tidur. Kemudian suara itu pun lenyap.

Simak video menarik berikut:

Pertemuan

Ratu Pantai Selatan yakni Nyi Roro Kidul merupakan sosok dewi legendaris Indonesia yang begitu terkenal dengan berbagai mitos-mitosnya yang

Waktu yang dijanjikan Ratu Kidul baru terwujud lebih dari 20 tahun kemudian. Saat itu Perang Jawa sedang sengit-sengitnya berlangsung. Pangeran Diponegoro dan pengikutnya tengah berkemah di Kamal, di tepi suatu cabang Kali Progo, kira-kira pada pertengahan Juli 1826. Saat itu Ratu Kidul berjanji akan membantu Pangeran Diponegoro melenyapkan orang-orang Belanda asalkan sang pangeran meminta kepada Allah agar Ratu Kidul bisa menjadi manusia lagi. Permohonan itu lalu ditolak Pangeran Diponegoro yang menyebutkan bahwa pertolongan hanya datang dari Sang Maha Kuasa.

Dengan segala kecantikan dan kekuatan magisnya, Ratu Pantai Selatan adalah sosok yang sangat tragis. Ia sangat membutuhkan bantuan doa, meski pada saat yang sama ia juga mampu menolong orang lain.

Peter Carey menyebut, sebagai ratu dari dunia spiritual Jawa, Ratu Kidul menjadi penegas bahwa Pangeran Diponegoro ingin menempatkan dirinya sejajar dengan Sultan Agung dalam rangka olah batin maupun kekuatan nyata selama Perang Jawa. Namun di lain pihak, Pangeran Diponegoro juga mengedepankan tujuannya untuk mengangkat keluhuran agama Islam di seluruh tanah Jawa.

Sebagai seorang Jawa tulen, Pangeran selalu merasa terpesona oleh kecantikan yang tidak pernah pudar dari Sang Dewi. Pangeran Diponegoro mendapat banyak inspirasi dari alam gaib, roh-roh leluhur, dan  bersamaan dengan itu dia mengambil inspirasi pula dari ketaatannya sebagai seorang muslim tarikat Shattariyah.

Di kemudian hari, sikapnya yang dianggap terlalu Kejawen ini dipermasalahkan, hingga menyebabkan hengkangnya Kiai Mojo dari barisan panglima-ulama pendukung utama Laskar Diponegoro.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ruang Kerja AP II Bandara Soetta Terbakar, Diduga karena Korsleting

Posted: 24 Jan 2019 09:57 PM PST

Liputan6.com, Tangerang Salah satu ruang kerja di Gedung 601, Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, terbakar, Jumat (25/1/2019). Peristiwa tersebut terjadi pada 05.10 WIB atau sebelum jam kerja berlangsung.

Gedung 601 merupakan kantor untuk pengurusan administrasi terkait operasional Bandara Soekarno-Hatta.

Namun, kejadian itu tidak mempengaruhi aktivitas operasional Bandara Soekarno Hatta. Saat ini, kondisi Bandara dinyatakan normal. Terlebih, hanya satu ruangan yang terbakar di lantai dua.

Kebakaran tersebut dapat dipadamkan pukul 05.40 WIB. Setidaknya terdapat dua unit armada pemadam kebakaran yang diterjunkan.

"Jadi benar ada peristiwa kebakaran. Peristiwa terjadi disaat kantor dalam kondisi sepi, karena belum terdapat karyawan saat peristiwa tersebut," ujar Senior Manager Of Branch Communication And Legal, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II (Persero), Febri Toga Simatupang.

 

Masih Diinvestigasi

Penyebab kebakaran tersebut masih dalam investigasi. Namun dugaan sementara, kebakaran itu disebabkan oleh korsleting listrik. 

"Tetapi kami masih menunggu hasil investigasi pihak terkait," kata Febri. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Luhut Berbagi Peta Jalan Program Sektor Kelautan RI di WEF 2019

Posted: 24 Jan 2019 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengangkat berbagai isu di sektor lautan dalam rangkaian acara Annual Meeting WEF 2019 di Davos, Swiss.

Menteri Luhut kebagian mengisi sesi di acara Workshop on Initiating a Global Insititute and Tri Hita Karana Roadmap for Blended Finance yang berlangsung di Indonesia Pavilion Promenade, Kamis (24/1/2019) waktu setempat.

"Saya sangat menunggu kesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut tentang apa yang bisa kita lakukan, guna melindungi sumber daya alam khususnya di sektor kelautan," ujar dia, Jumat (25/1/2019).

Ditambahkan Menteri Luhut, sebagai negara kepulauan yang terdiri lebih dari 17,000 pulau, laut merupakan salah satu pusat perekonomian bagi Indonesia. Sehingga isu tentang kelautan adalah isu yang menarik dan penting.

"Sebagai negara kedua terbesar penghasil produk laut di dunia, tidak heran jika sektor industri laut memegang peranan yang signifikan terhadap angka Produk Domestik Bruto Nasional," jelas dia.

Sektor laut menyerap lebih dari 4 persen jumlah total tenaga kerja di Indonesia. Laut juga merupakan kunci utama akses pemenuhan kebutuhan protein bagi jutaan orang, sektor wisata yang kuat, sumber utama industri budi daya air, dan juga menjadi rumah untuk jutaan orang.

 

Isu Plastik

Seperti negara-negara lainnya, Indonesia melihat berbagai tantangan terhadap laut. Salah satunya adalah isu plastik di lautan.

Belum lagi bencana alam yang belakangan kerap terjadi juga memberikan efek terhadap komunitas lautan di Indonesia, salah satunya adalah bencana tsunami yang belum lama terjadi di Selat Sunda, Indonesia.

"Saat ini Indonesia melakukan banyak hal untuk melindungi laut dari sampah plastik, salah satunya dengan gerakan Tri Hita Karana for Clean Bali, dimana penggunaan plastik sekali pakai dilarang sejak bulan Juni," lanjut Luhut.

Upaya ini dilakukan untuk keberlanjutan dari sumber laut. Sudah lama plastik menjadi ancaman bagi lingkungan dan juga kehidupan manusia. Sehingga dampak buruknya untuk generasi Indonesia selanjutnya harus ditangani dengan baik.

"Kami tidak mau melihat generasi Indonesia yang stunting di masa depan," terang Menko Luhut.

Komitmen Indonesia untuk melindungi laut juga ditunjukkan dengan keaktifan Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) sebagai anggota dari High Level Panel dalam Sustainable Ocean Economy.

Indonesia juga telah memperkenalkan sistem perekonomian untuk kelautan guna mendukung nelayan lokal dan menjadi solusi untuk melindungi keanekaragaman hayati laut Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mendagri Penuhi Panggilan KPK Terkait Suap Meikarta

Posted: 24 Jan 2019 09:48 PM PST

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/1). Tjahjo Kumolo dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan Bupati nonaktif Bekasi Neneng Hasanah Yasin (NHY). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/1). Tjahjo Kumolo dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan Bupati nonaktif Bekasi Neneng Hasanah Yasin (NHY). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberikan keterangan seusai memenuhi panggilan penyidik KPK di Jakarta, Jumat (25/1). Tjahjo Kumolo menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap izin Meikarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberikan keterangan seusai memenuhi panggilan penyidik KPK di Jakarta, Jumat (25/1). Tjahjo Kumolo menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap izin Meikarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/1). Tjahjo Kumolo dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan Bupati nonaktif Bekasi Neneng Hasanah Yasin (NHY). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/1). Tjahjo Kumolo dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan Bupati nonaktif Bekasi Neneng Hasanah Yasin (NHY). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat akan meninggalkan Gedung KPK seusai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Jumat (25/1). Tjahjo Kumolo menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap izin Meikarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat akan meninggalkan Gedung KPK seusai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Jumat (25/1). Tjahjo Kumolo menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap izin Meikarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat akan meninggalkan Gedung KPK seusai pemeriksaan di Jakarta, Jumat (25/1). Tjahjo dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan Bupati nonaktif Bekasi Neneng Hasanah Yasin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat akan meninggalkan Gedung KPK seusai pemeriksaan di Jakarta, Jumat (25/1). Tjahjo dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan Bupati nonaktif Bekasi Neneng Hasanah Yasin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin Ziarah ke Makam Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari di Kalsel

Posted: 24 Jan 2019 09:46 PM PST

Liputan6.com, Banjar - Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin berziarah ke makam Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari di Astambul, Banjar, Kalimantan Selatan.

Ma'ruf juga menyempatkan diri berziarah ke makam Tuan Guru Zainal Ilmi al-Banjari yang merupakan zuriat (keturunan) dari Tuan Guru Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari. Ayah Zainal Ilmi yang bernama H Abdus Shamad bin H Muhammad Said Wali, merupakan keturunan keempat Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari.

Ma'ruf berujar, semasa hidupnya, Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari Arsyad dikenal sebagai ulama Islam bermazhab Syafi'i yang mengarang kitab-kitab Fikih seperti Sabilal Muhtadin yang kemudian dijadikan Kitab Fikih rujukan umat Islam di Asia Tenggara.

"Orang yang memberi nasihat kepada kerajaan waktu itu dan seorang ahli Fikih yang terkemuka. Tamatan dari Mekkah memang disekolahkan di sana, disuruh mengaji ke Mekkah pulangnya jadi penasihat di kerajaan," ujar Ma'ruf Amin di Astambul, Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (25/1/2019).

Sementara, Zainal Ilmi merupakan murid dari Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari.

 

Mencari Berkah

Ma'ruf mengatakan, berziarah merupakan bagian mencari berkah dari para ulama-ulama yang berpengaruh dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

"Kita ingin mencari berkah pada ulama-ulama, supaya kita dapat berkah saja. Mereka adalah perintis-perintis, ulama-ulama nusantara yang sangat berjasa bagi republik ini," tukas Ma'ruf.

Usai berziarah, Ma'ruf langsung melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Al-Karomah di Jalan Ahmad Yani, Pesayangan, Martapura, Cindai Alus, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makin Tua Makin Menawan, Penampilan Celine Dion di Paris Fashion Week 2019

Posted: 24 Jan 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perhelatan Paris Fashion Week kembali digelar. Mengangkat tema Haute Couture, ajang fashion ini digelar pada 21-24 Januari 2019.

Paris Haute Couture Fashion Week tahun ini tidak hanya dihadiri oleh mereka yang berasal dari industri fashion. Penyanyi asal Kanada, Celine Dion pun menghadiri acara ini.

Dilansir dari laman berita Australia Nine, Celine terlihat memakai ragam busana untuk menghadiri acara tersebut. Mulai dari gaun hingga celana, semua ia pakai di acara bergengsi tersebut. Berikut ini beberapa gaya Celine Dion  saat menghadiri Paris Haute Couture Fashion Week 2019.

Perempuan berusia 50 tahun itu memakai setelan dengan celana karya Ronald van der Kemp pada 23 Januari 2019. Kala itu, desainer Ronald van der Kemp mempresentasikan beberapa pakaian rancangannya di Paris Fashion Week.

Setelan berwarna silver tersebut ia padukan dengan aksesori lainnya yang berwarna emas, terutama sepatu hak tinggi rancangan Balenciaga. Aura androgini menguat dalam balutan busana itu.

 

Celine Dion terlihat mengenakan jaket kulit kala menghadiri Paris Fashion Week 2019. (dok. Instagram @celinedion_indonesia/https://www.instagram.com/p/BtCWM_WnSVh//Esther Novita Inochi)

Kala menghadiri runway Givenchy, terlihat pelantun lagu legendaris 'My Heart Will Go On' memakai jaket kulit berwarna marun dengan tali pinggang berwarna hitam. Musim dingin di Paris menuntutnya untuk memakai sarung tangan hitam.

Bukan hanya jaketnya, celana panjangnya pun terbuat dari bahan kulit. Dengan mengenakan kacamata hitam berbentuk mata kucing, Celine melengkapi busananya dengan sepatu bot dan tas tangan berwarna senada.

 

Lebih Lembut

Penampilan serba nude Celine Dion kala menghadiri peragaan busana karya Valentino. (dok. Instagram @celine_dion_life/https://www.instagram.com/p/Bs_fOjUgbJF/Esther Novita Inochi)

Di ajang runway busana rancangan Valentino, wanita kelahiran 30 Maret 1968 ini tampil dengan warna lebih cerah. Memakai syal berwarna abu-abu, ia juga mengenakan atasan panjang berwarna nude dan celana panjang berwarna putih. Untuk sepatunya, ia memilih warna marun senada dengan tas yang dijinjingnya.

 

Celine Dion pun hadir serba monokrom di acara ini. (dok. Instagram @celine_dion_vintage/https://www.instagram.com/p/BtCg9mbngTn/Esther Novita Inochi)

Tampaknya, Celine selalu menyediakan setelan celana. Di acara runway busana rancangan Giorgio Armani, ia tampil serba monokrom. Atasannya yang berwarna putih tersebut dilengkapi dengan pita berwarna hitam yang berfungsi sebagai dasi.

 

Celine Dion dengan gaun hitamnya. (dok. Instagram @celine_dion_vintage/https://www.instagram.com/p/BtCg9mbngTn/Esther Novita Inochi)

Di acara peragaan busana Alexandre Vauthier, barulah Celine terlihat memakai dress. Dress berwarna hitam tersebut menampilkan slit di bagian dada dan kakinya. Tidak hanya sepatu hitam, Celine juga memakai perhiasan serba perak.(Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indro Warkop Makin Serius Nyanyi bareng OM PMR

Posted: 24 Jan 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan grup Warkop DKI. Grup yang diisi oleh Dono, Kasino, dan Indro Warkop ini begitu melegenda di Indonesia.

Selain karya-karya komedi, grup Indro Warkop itu juga banyak menciptakan lagu-lagu komedi yang hingga saat ini masih sering diputar.

Berkaitan dengan hal tersebut, Indro Warkop berinisiatif untuk melestarikan hal tersebut dengan menggandeng grup musik Orkes Pengantar Minum Racun (OM PMR).

"Sebetulnya, hubungan Warkop dengan PMR gak banyak yang tahu. Nama PMR sendiri karena Warkop. Dari jaman siaran tahun 1977an di panggung dan pas siaran. Silaturahim terjalin terus sampai sekarang, buat kami ini sebuah anugerah buat kami. Kita punya konsep mensyukuri keadaan, baik saya di Warkop, baik mereka di PMR," ucap Indro Warkop dalam jumpa pers Silaturasa di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (24/1/2019).

 

Lebih Serius

Silaturasa Indro Warkop dan OM PMR.

Semula, Indro Warkop dengan OM PMR hanya iseng bernyanyi bersama sekaligus mengenang lagu-lagu Warkop DKI di masa lalu. Namun rupanya banyak yang antusias dengan hal tersebut.

Dari situ, Indro Warkop memutuskan untuk lebih serius bekerjasama dengan OM PMR dalam melestarikan lagu-lagu Warkop DKI.

"Sampai sekarang terjalin terus, penonton antusias saat menonton PMR. Ide awalannya iseng aja. Nyanyi di rumah, kemudian ada market atau permintaan untuk kita nyanyi. Kita bentuknya featuring aja, kita bawakan lagu yang kita bawakan dulu saat dulu dinyanyikan Kasino," jelas Indro.

 

Rekam Ulang Lagu Warkop DKI

Warkop DKI di film Sama Juga Bohong (YouTube/ FLIK TV)

Maka tercipta lah kolaborasi bernama Silaturasa. Keseriusan Indro Warkop pun terbukti, saat ini ia mulai merekam ulang lagu-lagu Warkop DKI bersama dengan OM PMR. Tak hanya itu saja, Indro Warkop juga mulai mengurus proses hak cipta atas karya-karyanya.

"Silaturasa, sejujurnya kita berpikir ke arah sana (market). Banyak aspirasi yang muncul juga, kita pilah pilih mengeluarkan single, kita pikirkan proses hak cipta juga, hukumnya. Jadi yang dulu dibawakan Warkop, akan dibawakan lagi oleh OM PMR," kata Indro Warkop.

Ia melanjutkan, "sudah ada beberapa yang kita lakukan recording dan kita masih pilih-pilih yang mana nih. Terkait hak cipta, Warkop itu dizolimi Hak Ciptanya sejak dulu. Kita akan urus hak ciptanya, kebetulan pengarang lagunya ada pada managemen kita, jadi diwakili kita sendiri. Kalau ada hubungan hak cipta dengan orang lain kita akan urus, ini urusannya moral," tegas Indro.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hindari Hujan, Sepasang Sejoli Tewas Disambar Kereta Api

Posted: 24 Jan 2019 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan sejoli YH (26) dan LI (22) tewas usai tersambar kereta api listrik jurusan Bogor-Jakarta Kota. Kejadian terjadi pagi hari sekira pukul 07.25 WIB, saat keduanya melintas di Jalan Pengadekan Timur 1, Pancoran, Jakarta Selatan.

"Korban meninggal dunia di lokasi," kata Kasat Lantas Polres Jakarta Selatan Kompol Lilik Sumardi, saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (25/1/2019).

Dia menjelaskan, kejadian ini bermula ketika sepeda motor dengan nomor polisi B 4374 TJW yang dikendarai YH dan LI melintas dari arah timur menuju barat di Jalan Pengadegan Timur 1, Pancoran, Jakarta Selatan. Tepat di perlintasan, Yugo nekat menerobos palang pintu kereta api yang sudah tertutup.

"Diduga hal itu dilakukan karena ingin menghindari hujan. Pada saat kejadian memang sedang turun hujan," ujar Lilik.

Atas hal tersebut, keduanya tewas di lokasi dengan luka yang cukup parah di bagian kepala, dan jasad keduanya kini telah dibawa ke Rumah Sakit Fatmawati.

"Sehingga tertabrak KRL nomor 1073 yang melaju dari arah Bogor menuju Jakarta. Sementara sepeda motor yang terlibat kecelakaan disita sementara sebagai barang bukti," pungkasnya soal kecelakaan kereta api tersebut.

Hujan Deras Sejak Pagi

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Hujan deras mengguyur Jakarta sejak Jumat (25/1/2019) pagi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga mewaspadai potensi bencana longsor dan banjir akibat hujan lebat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

"Untuk para camat dan lurah daerah rawan banjir atau longsor agar mengantisipasi dengan siagakan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan segera tindak lanjuti genangan," prakirawan BMKG mengimbau seperti dilansir Antara.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bintang Bali United, Stefano Lilipaly Harapan Timnas Indonesia Masa Depan

Posted: 24 Jan 2019 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Serdadu Tridatu Bali United berhasil mengalahkan tuan rumah Blitar United 3-0 pada babak 32 Besar Piala Indonesia di Stadion Gelora Suprijadi, Kamis (24/1/2019). Unggul kualitas pemain, pada menit ke-9 Bali United berhasil menjebol gawang Blitar United lewat Ilja Spasojevic. Dua gol lainnya disumbangkan Melvin Platje masing-masing menit 31 dan 63.

Namun, pada laga tersebut Bali United hadir tanpa Bintang utamanya yaitu Stefano Lilipaly. Pemain naturalisasi Stefano Lilipaly belum bisa bergabung dengan Serdadu Tridatu karena ada keperluan pribadi di Belanda.

"Semua tahu Lilipaly salah satu bintang Timnas Indonesia. Dia punya daya pikat untuk menarik penonton. Tanpa Lilipaly saya kira pasti berpengaruh pada minat penonton," ucap Bonggo pelatih Blitar United sebelum laga antara Bali United dengan Blitar United seperti dilansir Liputan6.com dari Bola.com.

Berbicara mengenai Stefano Lilipaly Bintang Bali United digadang-gadang sebagai salah satu harapan Tim Nasional Indonesia masa depan. Selain mempunyai skill yang mempuni, Stefano Lilipaly sudah banyak membuktikan kualitasnya sebagai salah satu pemain terbaik di Indonesia. Berikut telah liputan6.com rangkum sepak terjang Stefano Lilipaly bersama Bali United yang akan menjadi salah satu harapan Timnas masa depan.

Salah satu pemain naturalisasi yang bersinar di Liga 1 2018

Banyak pemain naturalisasi berkiprah di pentas Liga 1 2018. Sebagian dari mereka tampil cemerlang bersama klubnya masing-masing. Namun, tidak jarang pula yang melempem dan sulit mengeluarkan performa terbaik.

Para pemain naturalisasi yang tampil apik memiliki peran penting di klub masing-masing. Meski berstatus warga negara Indonesia, mereka dianggap memiliki kualitas layaknya pemain kelas dunia. Salah satunya adalah Stefano Lilipaly, bintang Bali United.

Para pemain naturalisasi yang tampil apik tidak jarang mengangkat performa tim yang dibela. Bahkan, beberapa dari mereka dipercaya berseragam tim Merah Putih. Bali United hanya menghuni peringkat ke-11 di klasemen akhir Liga 1 2018. Namun, Serdadu Tridatu tetap menuai sorotan positif karena memiliki gelandang serang naturalisasi yang gemilang.

Sosok yang dimaksud adalah Stefano Lilipaly. Meski hanya tampil 22 pertandingan bersama Bali United, sosok 28 tahun itu mampu menorehkan 12 gol. Jumlah itu lebih banyak tiga gol dari yang ditorehkan Ilija Spasojevic di sektor penyerang.

Permainan apik Stefano Lilipaly pun membuatnya sering menuai panggilan memperkuat Timnas Indonesia. Teranyar, sang pemain menorehkan satu gol di Piala AFF 2018 untuk skuat Garuda.

Kurang bernasib baik selama gelaran Liga 1 2018

Stefano Lilipaly (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Persija Jakarta merupakan satu di antara elemen yang merasakan hal positif. Tim Macan Kemayoran sukses menyabet gelar juara setelah mengalahkan Mitra Kukar 2-1 pada laga pamungkas. Perseru Serui dan PS Tira pun merasakan kebahagiaan serupa meski tak sama. Kedua tim dianggap dalam kondisi positif setelah terhindar dari zona degradasi.

Namun, hal ini mungkin tidak dirasakan oleh Bali United. Sebelum gelaran Liga 1 2018, Bali United sempat diunggulkan sebagai salah satu kandidat juara. Hal ini dikarenakan Bali United hadir dengan skuad yang cukup mumpuni yang diisi oleh pemain terbaik di lininya, seperti Stefano Lilipaly. Namun Stefano Lilipaly kurang dinaungi nasib baik selama mengikuti Liga 1 2018.

Stefano Lilipaly merupakan salah satu penggawa Timnas Indonesia yang bernasib kurang mujur di Liga 1 2018. Setelah gagal mengantarkan Bali United juara pada musim 2017, sang pemain juga mengalami hal serupa saat ini.

Padahal, Stefano Lilipaly begitu produktif dengan torehan 12 gol dari 21 pertandingan. Sosok keturunan Belanda itu begitu piawai bermain di sektor gelandang serang Bali United, yang tidak jarang merepotkan lawan-lawannya. Akan tetapi, lagi-lagi performa apik seorang pemain masih belum bisa mengangkat prestasi tim. Bali United hanya bisa menempati peringkat ke-11 di klasemen akhir karena hanya mendulang 45 poin.

Bersiap mengejar gelar 2019 bersama Bali United

Bicara soal produktivitas gol di Liga 1 2018, tak ada yang bisa mengalahkan Stefano Lilipaly di Bali United. Meski berulang kali mendapatkan panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia pada 2018, Stefano Lilipaly yang hanya tampil dalam 22 laga bersama Serdadu Tridatu mampu mencetak 12 gol. Sementara rekan setimnya, Ilija Spasojevic, yang berposisi sebagai striker hanya mengemas sembilan gol dalam 28 laga yang dimainkannya.

Namun hal lain mungkin akan berbeda di Liga 1 tahun 2019 nanti, apalagi Bali United akan di latih oleh pelatih baru yaitu Stefano Cugurra Teco. Pelatih yang sukses membawa Persija Jakarta menjadi juara Liga 1 2018, Stefano Cugurra Teco, diperkenalkan secara resmi menjadi pelatih Bali United melalui media sosial klub yang bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (14/1/2019).

Tidak hanya itu, para pemain bintang pun sudah lengkap d idatangkan ke Bali United, saat ini slot pemain asing untuk Bali United yang akan berlaga di Liga 1 tahun 2019 nanti sudah lengakap. Diantaranya : William Pacheco (Brasil), Melvin Platje (Belanda), Paulo Sergio (Portugal), Brwa Nouri (Irak).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 RUU Menyetop Penutupan Pemerintahan AS Ditolak, Ratusan Ribu PNS Nelangsa

Posted: 24 Jan 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Senat Amerika Serikat (AS) menolak dua rancangan undang-undang (RUU) untuk mengakhiri penutupan pemerintah, menyebabkan krisis federal itu sebagai yang terpanjang dalam sejarah Negeri Paman Sam.

RUU yang dusulkan oleh kubu Republik hanya meraih suara unggul 50-47, dan rancangan saingan dari Demokrat hanya mampu mendapat 52-44, demikian sebagaimana dikutip dari BBC pada Jumat (25/1/2019).

Aturan Senat AS mengharuskan sebuah RUU lolos dengan minimal 60 suara mendukung, dengan selisih ketimpangan antara Republik dan Demokrat tidak begitu lebar.

Sementara itu, 800.000 pekerja federal yang tidak mendapat gaji selaam sebulan terakhir, terpaksa mengulang pengalaman pahit serupa pada Jumat pekan ini.

Penutupan pemerintahan Amerika Serikat tercatat telah mencapai hari ke-34 menjelang akhir pekan kali ini.

Enam pembelot dari kubu Republik --termasuk mantan kandidat Gedung Putih dan Senator negara bagian Utah Mitt Romney-- memberikan suara untuk RUU Demokrat, yang menghendaki pembukaan temporer hingga 8 Februari.

Di lain pihak, hanya satu orang politikus Demokrat yang mendukung langkah Partai Republik, untuk mendesak pemberian dana US$ 5,7 miliar (setara Rp 80,6 triliun) untuk mendukung usulan Donald Trump dalam memperluas tembok perbatasan di selatan.

Kubu Republik juga menyebut RUU itu turut memuat rencana penghentian sementara deportasi imigran anak yang masuk ke wilayah Amerika Serikat tanpa dokumen.

Di lain pihak, Donald Trump mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih bahwa ia hanya akan menandatangani RUU jika itu termasuk "uang muka" tembok perbatasan.

Namun, ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS dari kubu Demokrat, Ketua Nancy Pelosi, mengatakan permintaan Trump tidak masuk akal.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Meluasnya Keluhan Terhadap Penutupan Pemerintah AS

Presiden Amerika Serikat ke-45 Donald Trump (AP/Nicholas Kamm)

Menjelang pemungutan suara, jajak pendapat oleh kantor berita Associated Press melaporkan bahwa penutupan sementara pemerint \ah AS, berdampak negatif terhadap popularitas Donald Trump.

Hanya 34 persen responden mendukung Trump secara keseluruhan, turun dari 42 persen pada bulan sebelumnya. Tetapi, dukungan di antara pemilih dari Partai Republik justru terlihat positif pada angak 80 persen.

Juga pada hari Kamis, mantan kepala staf Gedung Putih John Kelly dan empat mantan menteri keamanan dalam negeri lainnya menulis surat kepada anggota parlemen dan presiden, menyerukan agar badan tersebut didanai lagi.

Mereka mengatakan "tidak masuk akal" bahwa pegawai Kementerian Keamanan Dalam Negeri (DHS) bekerja tanpa bayaran untuk masalah keamanan nasional.

Surat itu mengatakan para pegawai negeri itu "tidak harus bergantung pada kemurahan hati orang lain untuk membantu memberi makan keluarg mereka, dan membayar tagihan mereka".

Beberapa lembaga pemerintah AS mengeluarkan daftar keluhan terkait penutupan pemerintahan, seperti berikut:

  • FBI: Sebuah laporan dari agen nasional sebut sumber daya biro investigasi tersebut berada pada titik performa terendah, sehingga menunda penyelidikan sensitif dan operasi yang dikompromikan
  • Keselamatan penerbangan: Pekan ini, lalu lintas udara, pilot dan ketua serikat pramugari merilis pernyataan yang mengatakan mereka "bahkan tidak bisa menghitung tingkat risiko bagi keamanan operasional aviasi".
  • Penundaan imigrasi: Lebih dari 42.000 pemeriksaan imigrasi telah ditangguhkan, menambah tumpukan pengadilan lebih dari 800.000 kasus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Banjir Ikan Lele di Jalan Raya Wadaslintang

Posted: 24 Jan 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Kebumen - Belakangan, warga Kebumen dan sekitarnya dibikin heboh oleh beredarnya video banjir ikan di jalan raya yang disebut Waduk Wadaslintang.

Video berdurasi sekitar 67 detik itu beredar di berbagai lini massa, terutama melalui aplikasi WhatsApp. Video ini beredar dari pengguna ke pengguna lain, atau menyeruak di grup-grup.

Tampak dalam video banjir ikan itu, puluhan warga, baik lelaki maupun perempuan, dewasa dan anak-anak memunguti ratusan ikan diduga ikan lele yang menggelepar di aspal maupun rerumputan pinggir jalan raya.

Mereka menggunakan wadah seadanya. Ada yang memanfaatkan kresek, plastik, dan ada pula yang menenteng ikan satu per satu.

Tampak ada bus satu pintu warna merah yang berhenti di jalanan ini. Beberapa mobil lainnya, minibus, dan pikap juga turut berhenti.

Barangkali, mereka penasaran dengan banjir ikan ini. Bisa pula, mereka justru ikut memungut ikan-ikan yang banyak bertebaran.

Di bagian bawah video, tertulis 'Waduk Wadaslintang Kebumen'. Ini lah yang membuat kontroversi.

Sebagian percaya bahwa peristiwa itu terjadi di Jalan Raya Wadaslintang, Kebumen. Namun, lainnya menganggap bahwa video banjir ikan lele itu bukan terjadi di Kebumen.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Penjelasan Kapolres Kebumen soal Video Banjir Ikan

Kepolisian Kebumen memastikan video banjir ikan lele yang beredar di berbagai linimassa adalah hoax. (Foto: Liputan6.com/Polres Kebumen/Muhamad Ridlo)

Informasi beredarnya video ini pun akhirnya sampai juga di Kepolisian Resor Kebumen. Petugas pun langsung menyelidiki keautentikan video ini.

Itu termasuk berkoordinasi dengan kepolisian sektor Wadaslintang. Hasilnya, polisi memastikan bahwa peristiwa banjir ikan lele di video itu bukan terjadi di sekitar Waduk Wadaslintang.

Diduga, video banjir ikan ini terjadi di luar negeri. Pasalnya, bahasa yang digunakan para pemungut ikan tumpah itu bukan lah salah satu bahasa lokal Indonesia.

Dia menjelaskan, hasil pengamatan video ini, pada detik ketujuh, terekam tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) yang bukan TNKB Indonesia. Bahasa yang digunakan oleh warga yang terekam video pun terdengar asing.

"Itu di luar negeri sana. Dari hasil pengecekan dan konfirmasi di lapangan kejadian seperti itu tidak ada di sekitar Waduk Wadaslintang," ucap Kapolres Kebumen, AKBP Roberho Pardede, melalui keterangam tertulisnya, Kamis, 24 Januari 2019.

Kapolres berharap usai ada penjelasan dari kepolisian, masyarakat tak lagi membagikan video hoaks ini. Pasalnya, video hoaks kadang menimbulkan keresahan di masyarakat.

Ia juga meminta agar masyarakat Kebumen bijak menyikapi peredaran informasi yang belum dipastikan kebenarannya. Lebih baik, pengguna media sosial menelusuri kebenaran video ini.

"Intinya jangan mudah men-share sebuah informasi. Karena semua informasi tidak selalu benar. Kita harus mencari informasi dari sumber yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucap Kapolres.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gandeng DJP, BEI Garap Pilot Project Laporan Keuangan Berbasis XBRL

Posted: 24 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama terkait Pilot Project Penyampaian Laporan Keuangan Berbasis Extensible Business Reporting Language (XBRL).

Direktur Jenderal Pajak Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Robert Pakpahan mengatakan, nota kesepahaman dilakukan guna meningkatkan daya saing melalui efisiensi dan peningkatan kualitas layanan perpajakan dalam hal pengawasan serta penyampaian laporan keuangan.

"Perjanjian kerja sama tersebut juga bertujuan sebagai bentuk legalitas dari pertukaran data online sekaligus mendukung inisiatif pembangunan basis data dengan teknologi Big Data," ungkapnya di Gedung BEI, Jumat (25/1/2019).

Penandatanganan nota kesepahaman itu mencakup beberapa hal, yaitu pelaksanaan kerja sama untuk peningkatan kualitas layanan perpajakan serta pengembangan penyampaian laporan keuangan wajib pajak badan yang terstandarisasi.

Selain itu juga mencakup pelaksanaan kerja sama dalam penyelenggaraan sosialisasi Initial Public Offering (IPO) kepada calon perusahaan tercatat dan keterbukaan informasi atau data terkait hasil pelaporan laporan keuangan dari calon perusahaan tercatat.

Sementara itu, Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna menjelaskan, dengan kerja sama ini diharapkan dapat memangkas proses pertukaran informasi bisnis yang selama ini cukup memakan waktu antara BEI dan DJP.

"Dengan adanya aplikasi XBRL, perusahaan disamping menyampaikan dalam bentuk PDF, sudah ada datanya dalam bentuk instan. Kalau bursa ingin mengolah, berapa aset sektor, gampang bisa diolah. Tujuannya kita ingin industri pasar modal bisa dimanfaatkan. Kalau pajak memerlukan, dia bisa seperti ini, ini menarik nih. Harapan kita secara nasional bisa dipakai oleh siapa pun," ujarnya.

 

Suasana di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Seperti diketahui, BEI telah mengembangkan proyek laporan keuangan berbasis Extensible Business Reporting Language (XBRL) sejak tahun 2013 dan telah melakukan implementasi pelaporan keuangan berbasis XBRL sejak tahun 2015.

Adapun sebagai informasi saja, XBRL merupakan sebuah standar komunikasi elektronik yang telah diakui secara global untuk transmisi dan pertukaran informasi bisnis.

Melalui kerja sama ini, BEI dan DJP mengharapkan terobosan baru bagi simplifikasi dan efisiensi dari sistem pelaporan satu pintu atau single business reporting di Indonesia dan peningkatan kemudahan dalam hal pengawasan penyampaian laporan keuangan dalam pelaporan SPT Tahunan oleh wajib pajak badan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Morata Bakal Sukses di Atletico Madrid

Posted: 24 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyerang Chelsea Alvaro Morata selangkah lagi akan bergabung dengan Atletico Madrid. Morata bakal dipinjam Atletico selama enam bulan dengan opsi kepemilikan permanen.

Kepindahan Morata ke Atletico sudah hampir rampung. Pasalnya Chelsea sudah mendapatkan penggantinya yakni striker Argentina Gonzalo Higuain yang dipinjam dari Juventus. 

Morata sudah tidak asing dengan Atletico. Dia pernah dua tahun menghabiskan waktu di tim junior Atletico sebelum pindah ke Getafe dan akhirnya bersinar di Real Madrid.

Chelsea melepas Morata karena tak tajam di Inggris. Morata cuma membuat 16 gol dari 47 penampilan di Liga Inggris.

Walau mandul di Chelsea, legenda Atletico Milinko Pantic yakin Morata akan sukses besar di Wanda Metropolitano.

"Morata akan menjadi rekrutan hebat bagi Atletico. Hidup terus berputar-putar dan dia kembali ke klubnya," ujar Pantic seperti diberitakan Sportsmole.

 

Bakal Sukses

Bukti dua gelar juara Serie A diraih Morata secara berturut turut. Kini Morata membela panji panji Chelsea dan sudah mengemas 16 gol sejak kedatangannya. (AFP/Glyn Kirk)

Sebagain fans Atletico tak menyukai perekrutan Morata. Pasalnya Morata dituding berkhianat dengan sempat pindah ke Real Madrid.

"Dia akan datang untuk menunjukkan bila dia tidak pernah ingin meninggalkan klub dan fans harus melihat performanya dan bukan masa lalunya di Real Madrid, karena dia pasti akan sukses," tutur Pantic kepada Marca.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Sule Masih Pajang Foto Mantan Istri di Rumah

Posted: 24 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komedian Sule angkat bicara mengenai perpisahannya dengan sang mantan istri, Lina. Pemilik nama Entis Sutisna ini mengaku masih menyimpan foto Lina di rumahnya. Hal itu terungkap ketika Raffi Ahmad berkunjung ke rumah Sule untuk membuat vlog.

Pada video tersebut Raffi Ahmad sempat penasaran dengan foto mantan istri Sule yang masih terpajang di rumahnya. Sule menyatakan Lina tetap memiliki sifat baik, meski telah menggugat cerai.

"Gue menilainya gini, manusia itu dari ketidakbaikan pasti ada sesuatu yang baik," ujar Sule dikutip dari vlog Raffi Ahmad, Jumat, 25 Januari 2018.

Menurut Sule, salah satu kebaikan yang telah diberikan Lina adalah memberikan keturunan selama menjadi pendamping hidupnya. "Jadi saya tidak melupakan walaupun dia sudah melupakan saya," kata Sule.

 

Penasaran

Sule (Foto: YouTube/@RAN'S Entertainment)

Mendengar jawaban Sule, Raffi Ahmad mengaku takjub sekaligus penasaran. "Waduh. Dia sudah melupakan kang Sule?" tanya Raffi Ahmad tersenyum.

"Ya mungkin seperti itu, dengan menggugat cerai juga dia sudah melupakan saya," imbuh Sule.

Gugat Cerai

Sule (instagram.com/ferdinan_sule)

Mendengar jawaban Sule, Raffi langsung bertanya kepada Sule soal siapa yang menggugat cerai. "Oh dia yang menggugat cerai dia?," tanya Raffi.

"Dia dong yang gugat cerai, aku mah apa, enggak pernah menggugat-gugat hal itu," kata Sule. (Amrikh Palupi/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Crane Ambruk di Bangkok, 5 Pekerja Tewas

Posted: 24 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan crane terjadi di distrik Yannawa, Thailand. Akibatnya empat pekerja tewas dan lima lainnya terluka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WhatsApp Ternyata Gampang Dibobol, Ini Buktinya

Posted: 24 Jan 2019 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meski hadir dengan klaim keamanan tinggi dan fitur end-to-end encription agar pesan tak bisa dibaca pihak lain, nomor WhatsApp seorang pengguna ternyata bisa dengan mudah diambil alih pihak ketiga.

Kasus ini dialami oleh sejumlah pengguna WhatsApp di Tanah Air. Mudahnya proses pengambilalihan akun WhatsApp ini terjadi karena adanya fitur ganti nomor atau change number.

Sekadar informasi, fitur ganti nomor ini memang ada di aplikasi WhatsApp. Tujuannya untuk memudahkan pengguna yang ingin berganti nomor telepon ke nomor baru. 

Dengan fitur ganti nomor ini, akun pengguna yang bersangkutan dipindahkan ke nomor baru WhatsApp. Pergantian nomor ini juga diikuti dengan perpindahan akses atas profil, nama, kontak, hingga ke grup yang diikuti oleh nomor lama ke nomor baru.

Tidak hanya itu, jika si pemilik nomor lama menjadi admin sebuah grup obrolan, nomor baru memiliki akses admin ke grup yang diikuti nomor lama. 

Sayangnya kemudahan yang ada di WhatsApp malah dimanfaatkan pihak tak bertanggung untuk mengambil alih nomor milik orang lain.

Seorang pengguna mengaku akunnya diambil alih oleh peretas dan tidak bisa lagi digunakan setelah dirinya mendapatkan pesan dari WhatsApp yang berisi link. Rupanya link itu adalah verifikasi yang menyatakan kalau pengguna setuju berganti nomor.

Celakanya, si pengguna ini mengeklik link tersebut. Otomatis, nomor langsung berpindah ke nomor baru. Pengguna pun kehilangan akses pada nomor lamanya.

Modus si Peretas

Ilustrasi Whatsapp (Foto: Unsplash.com/Christian Wiediger)

Pakar Keamanan Siber Alfons Tanujaya mencontohkan modus yang digunakan oleh si peretas.

"Misalnya saya mau ambil akun kamu, caranya saya beli SIM card baru, masukin ke smartphone, terus instal WhatsApp. Kemudian, saya masuk ke fitur pindah nomor. Nomor lama adalah nomor kamu, nomor baru adalah SIM card yang saya beli ini," kata Alfons menjelaskan, saat dihubungi Tekno Liputan6.com, Jumat (25/1/2019).

Agar proses perpindahan nomor lama ke nomor baru berhasil, WhatsApp perlu menyetujui perpindahan nomor. "WhatsApp harus mendapatkan verifikasi pindah nomor. Caranya, mereka akan mengirimkan SMS verifikasi ke nomor lama," ujar Alfons.

Dia menambahkan, soal verifikasi ini, WhatsApp telah melakukan prosedur keamanan yang benat.

"Ini prosedur yang normal, kalau kamu sudah setuju untuk pindah nomor, WhatsApp akan memindahkan nomor lama ke nomor baru dan proses pindah nomor pun sukses," kata dia.

Yang jadi masalah, kata Alfons, WhatsApp seharusnya menyempurnakan keamanannya. Alih-alih verifikasi dengan mengeklik link, WhatsApp harusnya memperkuat keamanannya dengan tidak mengotomatisasi verifikasi.

"Otomatisasi memang tujuannya untuk memudahkan pengguna, tapi otomatisasi justru membuat verifikasi lebih mudah saat akun diambil pihak lain, hanya dengan mengklik link," katanya.

Harusnya Proses Verifikasi Dilakukan Manual

Momo Challenge. (Ilustrasi: Pexels.com)

Alfons mengatakan, seharusnya menerapkan verifikasi manual. Seperti Go-Jek misalnya, pengguna akan mendapatkan SMS yang berisi kode One Time Password (OTP) dan meminta pengguna memasukkan ke aplikasi.

"Harusnya WhatsApp terapkan sistem lebih aman, ini harus manual, caranya masukkan nomor kode ke aplikasi WhatsApp Anda, baru di situ verifikasi diberikan," kata pendiri PT Vaksincom ini.

Alfons menduga, sistem WhatsApp yang ingin memberikan kemudahan, ditambah pengguna yang tidak mengerti, membuat pencurian nomor WhatsApp marak terjadi.

"Keamanan dan kemudahan itu berbanding terbalik. WhatsApp mau bikin pengguna mudah atau aman? Kalau mudah, semuanya jadi gampang, tetapi kalau aman seharusnya jadi manual dan butuh proses lebih," tuturnya.

Kondisi ini diperparah dengan nomor lama yang sulit dikembalikan sekali pengguna sudah mengganti nomornya ke nomor baru.

"Sayangnya, nggak bisa pindah lagi dari aplikasi, korban harus menghubungi WhatsApp secara manual lewat email. Itu prosesnya berhari-hari karena harus pihak WhatsApp yang mengubahnya," kata Alfons.

Di saat pengguna berusaha memulihkan nomor lamanya, si peretas pun telah menguasai profil pengguna dan mungkin telah melakukan penipuan ke teman-teman korban. 

(Tin/)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Animo atas Pembelian Tiket Konser John Mayer Melebihi Ekspektasi

Posted: 24 Jan 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - John Mayer akan menggelar konser di Indonesia pada tahun ini. Para penggemar pun sempat menantikan pembukaan perdana penjualan tiketnya. Kini, penantian itu telah tiba.

Mulai pukul 11 siang ini, tiket John Mayer World Tour 2019 yang sudah ditunggu-tunggu telah dijual. Konser ini rencananya diadakan pada 5 April 2019 di ICE, BSD City, Tangerang, Banten.

Terdapat enam pilihan kategori tiket, mulai dari Green yang seharga Rp 1,3 juta hingga VIP Red seharga Rp 4,5 juta. Bakal tersedia juga kategori premium festival standing seharga Rp 1,65 juta.

Semua harga tiket belum termasuk pajak sebesar 10 persen dan biaya jasa pelayanan. Tiket dapat dibeli secara daring melalui mitra penjualan tiket resmi Bukalapak.com atau secara "offline" di 1700 lokasi kios MCASH.

Untuk informasi terbaru dan detail tentang tiket konser John Mayer di Jabodetabek, para penggemar dapat mengunjungi situs johnmayerjakarta.com.

Tingginya Animo Penggemar

John Mayer baru saja mengalami kejadian tak menyenangkan dalam hidupnya (Scott Roth/Invision/AP)

"John Mayer sebelumnya belum pernah tampil di Asia. Pendaftaran yang dibuka untuk para fans mendapat informasi awal tentang tiket melebihi ekspektasi, sementara, tiket yang tersedia hanya 10 ribu tiket. Dengan keadaan ini, kami sudah mengantisipasi bahwa tiket akan habis terjual dalam waktu singkat," kata Samantha Tzovolos, CEO Third Eye Management.

Konser kali ini adalah bagian dari tur John Mayer yang pertama di Asia. Promotor yang mempromosikan untuk Jabodetabek adalah TEM dan DMEASIA. John Mayer World Tour 2019 akan diawali dengan konser di New Zealand pada Maret 2019.

Tur

Menjalani gaya hidup sehat memang bukan hal mudah, terlebih bagi mereka yang sudah terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol. Tak heran jika John Mayer meras bangga lantaran bisa mengatasi itu. (AFP/Suzane Cordeiro)

Tur juga berlanjut ke Australia, Singapura, Thailand, dan akhirnya sampai pada penggemar Mayer di Indonesia pada bulan April di Jakarta. Tur akan terus berlanjut hingga Tiongkok (China) dan Jepang.

Untuk informasi terbaru tentang konser dan tiket John Mayer World Tour 2019, kunjungi www.johnmayerjakarta.com dan ikuti akun Instagram @temgmt @dmeasia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Masalah Banjir, Warga di Sini Malah Asyik Berjoget Dangdut

Posted: 24 Jan 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Indonesia hingga Januari ini memasuki musim hujan. Di beberapa wilayah, curah hujan bahkan terpantau sangat tinggi hingga menyebabkan banjir. Saat air mulai menggenang di pemukiman warga, biasanya warga akan menyelamatkan diri. Namun tidak bagi sejumlah warga di Kabupaten Gunungmas, Kalimantan Tengah. 

Sebuah video yang viral di jejaring sosial menunjukkan aksi konyol sejumlah warga di Kabupaten Gunungmas sedang dangdutan dalam kondisi banjir. Warga tampak ramai-ramai joget di depan panggung, padahal keadaan sekitar sedang banjir. Banjirnya pun tidak hanya genangan kecil. Tinggi airnya sampai paha atas orang dewasa.

Video yang diunggah akun Facebook Yuni Rusmini memperlihatkan panggung hajatan berdiri di tengah-tengah banjir. Pada salah satu panggung yang berdiri, ada sekelompok pemusik dangdut yang sedang memainkan lagunya.

Warga pun kemudian berjoget dengan asik mengikuti alunan musik. Seakan cuek dengan keadaan sekitar yang sedang banjir. Meski bagian tubuh bawah basah, yang penting tetap asyik berjoget.

"Acara pengantinan banjir. Tetap jalan gaeees seruuu..Joget dlm air #lokasi gunung mas, kalimantan tengah," tulis akun Yuni Rusmini.

Respons Warganet

(Foto: Yuni Rusmini/facebook.com)

Video yang beredar di jejaring sosial tersebut sontak menjadi perbincangan viral hingga menimbulkan beragam respons warganet. Banyak dari mereka bahkan merasa takjub dan khawatir dengan keselamatan warga karena aliran listrik tetap mengalir saat air menggenang.

"Klo dikalimantan biasa sdh. kami menyebutnya bukan banjir tpi air pasang," tulis akun Madhan Dani.

"Selain itu... pas lg joget" segerombolan buaya datang ikut kondangan," sahut akun Seblak Mpok Desy.

Sementara itu, akun akun Sartika Olivia mengatakan, "Kesentrum baru nyahok."

Nah, apakah kamu pernah melihat peristiwa serupa? 

Reporter:

Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai 1 Februari Harga Bahan Bakar Nabati Naik Rp 756 per Kg

Posted: 24 Jan 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan Harga Indeks Pasar Bahan Bakar Nabati (HIP BBN), untuk jenis biodiesel dan bioethanol yang berlaku sejak 1 Februari 2019.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik Dan Kerjasama Kementerian ESDM, Agung Pribadi mengatakan, ‎pemerintah telah menetapkan besaran HIP BBN untuk Februari 2019, untuk Biodiesel sebesar Rp 7.015 per liter dan Bioetanol Rp 10.235 per liter.

"Ketetapan ini mulai efektif berlaku sejak 1 Februari 2019," kata Agung, dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (25/1/2019).

Penetapan harga tersebut didasari Diktum kelima Keputusan Menteri ESDM No. 6034 K/12/MEM/2016 tentang Harga Indeks Pasar Bahan Bakar Nabati (Biofuel) yang Dicampurkan ke Dalam Jenis Bahan Bakar Minyak dan Diktum ketiga Keputusan Menteri ESDM No. 350 K/12/DJE/2018, tentang Harga Indeks Pasar Bahan Bakar Nabati Jenis Biodiesel yang Dicampurkan ke Dalam Bahan Bakar Minyak yang efektif berlaku sejak 1 Februari 201.

Penetapkan HIP BBN dipergunakan dalam pelaksanaan pencampuran 20 persen biodiesel dengan solar (mandatory B20), berlaku untuk pencampuran Minyak Solar baik Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu (subsidi) maupun Jenis Bahan Bakar Minyak Umum (non subsidi).

Agung mengungkapkan, HIP BBN Biodiesel untuk bulan Februari 2019 ini, meningkat dari bulan sebelumnya dengan selisih sebesar Rp 756 per kilo gram (kg).

 

Pemerintah mengembangkan bahan bakar nabati dengan membudidayakan kemiri sunan di Boyolali, Jawa Tengah.

Kenaikan ini dipicu peningkatan harga rata-rata crude palm oil (CPO) Kharisma Pemasaran Bersama (KPB), periode 15 Desember 2018 hingga 14 Januari 2019 yang mencapai Rp6.628 per kg.

Besaran harga HIP BBN untuk jenis Biodiesel tersebut dihitung menggunakan formula HIP = (Rata-rata CPO KPB + 100 USD/ton) x 870 Kg/m3 + Ongkos Angkut, sedangkan untuk jenis Bioethanol menggunakan formula HIP = (Rata-rata tetes tebu KPB periode 3 bulan x 4,125 Kg/L) + 0,25 USD/Liter sehingga didapatkan Rp 10.235 per liter untuk HIP BBN bulan Februari 2019.

"Besaran ongkos angkut pada formula perhitungan harga Biodiesel mengikuti ketentuan dalam Keputusan Menteri ESDM No. 350 K/12/DJE/2018 dan konversi nilai kurs menggunakan referensi rata-rata kurs tengah Bank Indonesia periode 15 Desember 2018 s.d.14 Januari 2019," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jokowi Bagikan 40 Ribu Sertifikat Tanah di Tangsel

Posted: 24 Jan 2019 09:11 PM PST

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat pembagian sertifikat tanah kepada warga di Pusat Penerbangan Angkatan Darat, Pondok Cabe,  Tangsel, Jumat (25/1). Pada kesempatan ini, 40.172 sertifikat tanah dibagikan oleh Jokowi (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat pembagian sertifikat tanah kepada warga di Pusat Penerbangan Angkatan Darat, Pondok Cabe, Tangsel, Jumat (25/1). Pada kesempatan ini, 40.172 sertifikat tanah dibagikan oleh Jokowi (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat pembagian sertifikat tanah kepada warga di Pusat Penerbangan Angkatan Darat, Pondok Cabe,  Tangsel, Jumat (25/1). Pada kesempatan ini, 40.172 sertifikat tanah dibagikan oleh Jokowi (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat pembagian sertifikat tanah kepada warga di Pusat Penerbangan Angkatan Darat, Pondok Cabe, Tangsel, Jumat (25/1). Pada kesempatan ini, 40.172 sertifikat tanah dibagikan oleh Jokowi (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo menyerahkan sertifikat tanah kepada warga di Pusat Penerbangan Angkatan Darat, Pondok Cabe,  Tangerang Selatan, Jumat (25/1). Pada kesempatan ini, 40.172 sertifikat tanah dibagikan oleh Jokowi (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo menyerahkan sertifikat tanah kepada warga di Pusat Penerbangan Angkatan Darat, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Jumat (25/1). Pada kesempatan ini, 40.172 sertifikat tanah dibagikan oleh Jokowi (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil memberikan sambutan saat pembagian sertifikat tanah oleh Presiden Jokowi di Pusat Penerbangan Angkatan Darat, Pondok Cabe,  Tangsel, Jumat (25/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil memberikan sambutan saat pembagian sertifikat tanah oleh Presiden Jokowi di Pusat Penerbangan Angkatan Darat, Pondok Cabe, Tangsel, Jumat (25/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menunjukkan sertifikat tanah yang baru diserahkan oleh Presiden Joko Widodo di Pusat Penerbangan Angkatan Darat, Pondok Cabe,  Tangsel, Jumat (25/1). Pada kesempatan ini, 40.172 sertifikat tanah dibagikan oleh Jokowi (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menunjukkan sertifikat tanah yang baru diserahkan oleh Presiden Joko Widodo di Pusat Penerbangan Angkatan Darat, Pondok Cabe, Tangsel, Jumat (25/1). Pada kesempatan ini, 40.172 sertifikat tanah dibagikan oleh Jokowi (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menunjukkan sertifikat tanah yang baru diserahkan oleh Presiden Joko Widodo di Pusat Penerbangan Angkatan Darat, Pondok Cabe,  Tangsel, Jumat (25/1). Pada kesempatan ini, 40.172 sertifikat tanah dibagikan oleh Jokowi (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menunjukkan sertifikat tanah yang baru diserahkan oleh Presiden Joko Widodo di Pusat Penerbangan Angkatan Darat, Pondok Cabe, Tangsel, Jumat (25/1). Pada kesempatan ini, 40.172 sertifikat tanah dibagikan oleh Jokowi (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persaingan SUV Cina, Pilih Wuling Almaz atau DFSK Glory 580?

Posted: 24 Jan 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan di segmen sport utility vehicle (SUV) Tanah Air, tidak hanya didominasi merek-merek Jepang. Pasalnya, sejak peluncuran DFSK Glory 580, dan ditambah kehadiran Wuling Almaz, kompetisi SUV antar pabrikan asal Cina bakal cukup sengit.

Wuling Almaz dan DFSK Glory sama-sama turun di kelas medium SUV, dengan pilihan mesin 1,5 liter turbo dan CVT.

Dilihat dari dimensinya, kedua mobil Cina tersebut tak jauh berbeda. Wuling Almaz memiliki dimensi panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.760 mm. Ukuran tersebut membuat SUV ini menawarkan kabin yang luas.

Sementara itu, DFSK Glory 580 memiliki panjang 4.680 mm, lebar 1.845 mm dan tinggi 1.715 mm. Dengan dimensi tersebut, keduanya mampu mengangkut 7-penumpang sekaligus dengan 5-pintu.

Persaingan sengit juga terjadi di sisi interior. Baik Wuling Almaz maupun Glory 580 sama-sama dibekali sistem infotainment layar sentuh yang bisa terhubung dengan smartphone. Namun, untuk Wuling Almaz mendapatkan sedikit keunggulan, dengan head unit pintar, yang mampu melakukan pengaturan baik sistem hiburan, kendaraan, dan lainnya.

Selanjutnya

Wuling Almaz memiliki tubuh kekar dengan garis bodi yang tegas. (Arief/Liputan6.com)

Beralih ke sektor dapur pacu, Wuling Almaz tersedia dengan mesin 1,5 liter turbo dengan dikawinkan transmisi CVT. Dengan spesifikasi tersebut, mobil ini mampu menghembuskan daya hingga 140 Tk pada 5.300 rpm dengan torsi maksimal 250 Nm pada 1.600 sampai 3.600 rpm.

DFSK Glory 580 juga memiliki varian mesin 1.500cc yang dilengkapi turbocharger dan dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis atau pun manual 6-percepatan. Berkat komponen tersebut, mobil ini mendapat suplai tenaga sebesar 148 Tk.

Untuk varian 1.800 cc tidak dilengkapi dengan turbocharger dan hanya dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan. Jantung pacu ini mampu menghasilkan tenaga 137 Tk. Angka tersebut sama persis dengan spesifikasi Baojun 530 1.8L.

Berbicara fitur keselamatan, lagi-lagi DFSK Glory 580 harus berada di bawah Wuling Almaz. Secara detail, Glory 580 memang sudah disematkan fitur Electronic Stability Programme (ESP), empat titik airbags, EPB (Electronic Parking Brake).

Selanjutnya

DFSK Glory 580 saat diuji coba di Bandung

Sedangkan Wuling Almaz, traction control system (TCS), auto vehicle holding (AVH), electronic stability control (ESC), hill hold control (HHC), ABS, EBD, dan BA.

Berbicara harga, DFSK Glory 580 dibanderol Rp 245,9 juta sampai Rp 308 juta. Untuk harga Wuling Almaz belum diumumkan, hingga peluncurannya secara resmi dalam waktu dekat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Metro Minta Masyarakat Tak Hadapi Tahun Politik dengan Berlebihan

Posted: 24 Jan 2019 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengungkapkan, tahun ini pihaknya memiliki tugas yang lebih berat. Sebab, 2019 adalah tahun politik yang harus menjaga keamanan dan kenyamanan ekstra di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Orang bilang tahun politik di mana terjadi kontestasi politik. Kalau kontestasi politik itu ada pihak-pihak yang ingin menang," kata Gatot di Mapolda Metro Jaya usai lakukan pisah sambut, Jumat (25/1/2019).

Gatot berharap seluruh masyarakat yang merayakan tahun politik tidak berlebihan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Suhu panas terpolarisasi tapi tidak boleh kebablasan. Harus didinginkan. Kalau kebablasan bisa terjadi konflik sosial. Ini yang kita jaga. Mudah-mudahan suasana ini terjadi dingin sejuk sampai selesai pemilu 2019 nantinya," harapannya.

Lebih lanjut ia juga membanggakan mantan Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis. Menurutnya, Idham yang kini menjabat sebagai Kabareskrim telah membuat Jakarta aman.

"Kalau tugas beliau (Idham Azis) kalau saya tidak salah dengar 546 hari. Itu bukan waktu yang singkat. Beliau mampu mengamankan Ibu Kota. Ibu Kota sebagai pusat segala-segalanya. Pusat kehidupan sosial politik, sosial ekonomi dan sebagainya. Di situ bertumpu semua, di situ beliau berhasil, beliau mendapatkan promosi sebagai Kabareksrim. kita berikan applause," pungkas Gatot.

 

Pindah Lokasi

Hal ini dikatakan Gatot saat acara pisah sambut pergantian Kapolda Metro Jaya dari Irjen Idham Azis kepada Irjen Gatot Eddy Pramono. Pisah sambut awalnya dilakukan di lapangan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro namun karena hujan, harus pindah ke Gedung Parkir Promoter.

Acara tersebut digelar pukul 09.00 WIB. Di mana acara dipimpin langsung oleh Idham yang kini menjabat sebagai Kabareskrim Mabes Polri.

Dalam sambutannya, Idham mengucapkan terimakasih sekaligus meminta maaf jika dalam memimpin Polda Metro Jaya terdapat beberapa kekurangan.

"Alhamdulillah kita sudah selesai melaksanakan semua rangkaian sertijab Kapolda dari kami ke Pak Gatot semua berjalan baik, aman, ijinkan saya atas nama pribadi dan keluarga memohon maaf apabila selama kepemimpinan saya di Polda Metro Jaya ini kurang lebih 546 hari tepatnya 18 bulan ada hal berkenan itu semua saya lakukan semata-mata Polda Metro Jaya bisa baik," ujar Idham.

Sementara, Gatot turut memberikan apresiasi kepada Idham selama menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Gatot menilai Idham telah berhasil menjaga keamanan Jakarta.

"Tadi kita sudah dengar sambutan Pak Kabreskrim dimana beliau sudah dapat support yang besar dari kalian. 546 hari itu bukan waktu singkat beliau bisa mengamankan kota. Beliau berhasil dan beliau mendapat posisi Kabareskrim kita beri aplplaus ke beliau," kata Gatot.

Pantauan merdeka.com, usai lakukan serangkaian acara Idham bersama istri melewati barisan petugas pedang pora. Idham bergegas menaiki kendaraannya dan meninggalkan Gedung Polda Metro Jaya.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miliarder George Soros Tuduh China Pakai Teknologi untuk Menekan Rakyatnya

Posted: 24 Jan 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Davos - Miliarder filantropis George Soros menuding Presiden China Xi Jinping menggunakan teknologi mesin dan kecerdasan buatan untuk menekan rakyatnya.

Dalam jamuan makan malam dalam agenda tahuna World Economic Forum di Davos, Swiss, pada Kamis 24 Januari, Soros mengatakan bahwa Xi adalah lawan paling berbahaya bagi masyarakat modern yang terbuka.

Dikutip dari The Guardian pada Jumat (25/1/2019), Soros menyerukan dunia Barat untuk menindak perusahaan teknologi China, yang menurutnya, patuh sebagai alat kontrol otoriter pemerintahan Xi Jinping.

"Saya ingin Anda semua paham tentang bahaya yang dihadapi masyarakat terbuka, ketika instrumen kontrol dengan dukungan teknologi dan kecerdasan buatan berada di tangan rezim yang represif. Saya akan fokus memantau China, di mana Xi Jinping menginginkan negara satu partai berkuasa," kata Soros.

Di masa lalu, Soros telah menggunakan pidato utama di Davos untuk menyerang Donald Trump, dan kini dia kembali mengkritik presiden AS karena penanganannya terhadap China.

Ada risiko, kata Soros, tentang perang dingin antara dua ekonomi terbesar di dunia yang berubah menjadi panas.

Dia mengatakan bahwa di China semua informasi yang berkembang pesat akan dikonsolidasikan ke dalam basis data terpusat untuk menciptakan "sistem kredit sosial".

"Berdasarkan data itu, orang akan dievaluasi dengan algoritma yang akan menentukan apakah mereka menimbulkan ancaman bagi negara. Orang-orang akan diperlakukan sesuai poin yang dimiliknya," ujar Soros.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

China Mendikte Ekonomi Global

Presiden Cina Xi Jinping seusai berbicara kepada awak media di Bandara Internasional Hong Kong, Kamis (29/6). Selama sepekan terakhir, Kepolisian Hong Kong sudah melakukan berbagai antisipasi terkait kunjungan Presiden Xi Jinping. (AP Photo/Kin Cheung)

Menurut Soros, China bukan satu-satunya rezim otoriter di dunia, tetapi menjadi negara terkaya, terkuat dan paling maju dalam pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan.

Dia berpendapat bahwa China ingin mendikte aturan dan prosedur tentang ekonomi digital, dengan mendominasi platform dan teknologi baru di negara-negara berkembang.

"Pandangan saya sekarang adalah bahwa alih-alih mengobarkan perang dagang dengan seluruh dunia, AS harus fokus pada China. Jangan membiarkan (perusahaan teknologi Cina) ZTE dan Huawei bertindak ganda sebagai agen pemerintah China, mereka perlu ditindak," ujar Soros.

"Jika perusahaan-perusahaan ini mendominasi pasar teknologi 5G, mereka akan menghadirkan risiko keamanan yang berbahaya bagi seluruh dunia," lanjutnya.

Soros mengatakan Trump mengambil pendekatan yang salah ke China, membuat konsesi ke Beijing dan menyatakan kemenangan sambil memperbarui serangannya terhadap sekutu AS.

"Kabijakan Trump bertanggung jawab atas pelemahan tujuan AS dalam mengekang penyalahgunaan dan ekses China. Kenyataannya adalah bahwa kita berada dalam perang dingin yang lambat laun memanas," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Cerita Humor Lucu Ini Dijamin Bikin Ngakak Sakit Perut

Posted: 24 Jan 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan masyarakat Indonesia adalah orang-orang yang menyukai humor. Banyak pengalaman kehidupan sehari-hari yang bisa dikreasikan menjadi bahan candaan. Ada candaan yang konyol, garing hingga candaan yang cerdas. Buktinya banyak komika lahir lewat ajang stand up comedy sejak beberapa tahun terakhir.

Berbicara mengenai humor, humor bisa membuat siapa saja terhibur. Cerita humor lucu salah satu obat rehat setelah melakukan banyak aktivitas di pekerjaan maupun sekolah yang memberatkan pikiran.

Cerita humor lucu bisa disajikan lewat apa saja. Banyak kejadian dan peristiwa yang menarik perhatian warganet di dunia maya. Beragam kreasi warganet pun bermunculan, salah satunya lewat cerita meme kocak yang bikin orang nggak kuat menahan tawa. Berikut cerita humor lucu yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/1/2019).

Kabar baik dan kabar buruk

1. Seekor Katak yang Mendatangi Peramal

"Seekor katak pergi menemui seorang peramal untuk mengetahui apakah dia beruntung dalam urusan asmara atau tidak."

Peramal itu kemudian membaca telapak tangan si katak dan berkata, "Aku mempunyai kabar baik dan kabar buruk. Mau dengar yang mana dulu?"

Si katak ingin mendengat kabar baiknya terlebih dulu.

Peramal pun berkata, "Kamu akan bertemu seorang gadis cantik. Dia akan tertarik padamu dan ingin mengetahui segala sesuatu tentang dirimu. Dia ingin kamu terbuka padanya dan memberikan hatimu padanya."

"Wah, itu hebat!" kata si katak. "Tapi, apa kabar buruknya?"

"Kamu akan bertemu dengannya di kelas biologi."

2. Contoh Nama Hewan

Guru: "Murid-murid, coba berikan contoh nama hewan!"

Murid: "Gajah"

Guru: "Sekarang coba berikan contoh nama hewan lainnya."

Murid: "Gajah lainnya."

3. Kisah Dua Bocah di Rumah Sakit

Bocah 1: "Kenapa kamu di sini?"

Bocah 2: "Aku ke sini untuk operasi amandel."

Bocah 1: "Jangan takut, waktu aku umur empat tahun juga pernah dioperasi. Kamu hanya perlu tidur dan bangun-bangun dokter akan memberimu es krim. Itu sebenarnya cukup menyenangkan."

Bocah 2: "Hah… syukurlah. Kalau kamu ngapain ke sini?"

Bocah 1: "Aku mau sunat."

Bocah 2: "Wah, semoga beruntung, kawan! Aku dulu langsung disunat saat baru lahir dan setelah itu aku tak bisa berjalan selama satu tahun."

Dari mana asalnya?

Cerita Humor Lucu (Sumber: pixabay)

4. Asal Muasal Kelinci

Anak kelinci: "Ibu, aku ini asalnya darimana?"

Ibu kelinci: "Sekarang belum saatnya kamu tahu, ibu akan memberitahumu ketika kamu sudah dewasa nanti."

Anak kelinci: "Ah… bu! Tolong katakan sekarang!"

Ibu kelinci: "Kalau kamu memaksa ingin tahu, baiklah, akan ibu beritahu."

Anak kelinci: "Ya, bu! Cepat katakan!"

Ibu kelinci: "Kamu berasal dari topi pesulap."

Cerita humor lucu bikin ngakak satu ini bisa menjadi bahan bercandaan kalau suatu waktu ada anak kecil yang tanya kelinci itu lahirnya darimana. Jawab aja kelinci asalnya dari topi pesulap.

5. Di Balik Nikmatnya Berlibur

Sebuah keluarga sedang pergi ke Disney Land. Setelah melewati liburan yang menyenangkan dan melelahkan, mereka kembali ke rumah.

Saat mereka meninggalkan Disney Land, anak laki-laki melambaikan tangan dan berkata, "Goodbye, Mickey."

Lalu si anak perempuan juga melambaikan tangan dan berkata, "Goodbye, Minnie."

Kemudian si ayah juga melambaikan tangan dan dengan lemahnya berkata, "Goodbye, Money."

6. Inem bingung

Suatu ketika Inem menemukan kondom bekas ketika sedang menyapu lantai kamar majikannya.

Inem: Bu, ini apa ya?

Majikan: Ooo, ini kondom Nem. Masa kamu nggak tau?

Inem: Saya nggak tahu Bu.

Majikan: Ini bekas bersetubuh. Memangnya di kampungmu nggak ada beginian Nem?

Inem: Wah, di kampung saya kalau orang bersetubuh nggak sampai terkelupas gini kulitnya Bu.

Majikan: ???

Sebuah skandal

7. Asal cocok

Suatu hari rombongan Satpol PP melakukan penertiban para wanita penjaja seks.

Petugas: Kamu ikut saya ke kantor Dinas Sosial

WTS: Saya mah dibawa ke mana aja oke Pak, asal tarifnya cocok.

8. Skandal dokter

Seorang dokter muda laki-laki memikirkan apa yang telah diperbuatnya dengan para pasien wanitanya. Pikirannya masih kerap bertentangan.

"Sudahlah, tak usah terlalu dipikirkan. Skandal seks dokter dengan pasien itu lumrah terjadi," kata salah satu pikirannya.

"Orang-orang pun sudah mulai terbiasa dengan skandal seperti itu. Pasti banyak orang yang juga pernah melakukannya. Jangan kuatir,"

Namun otaknya menjadi kacau ketika ada suara pikirannya yang mengatakan, "Masalahnya aku kan dokter hewan!"

9. Sebuah Pengakuan

Ini adalah kisah dua orang sahabat yang sudah 20 tahun menjadi rekan kerja. Tiba-tiba, salah satu dari mereka tampak sekarat.

Sebelum pergi meninggalkan dunia, ia membuat sebuah pengakuan kepada sahabatnya. "Aku mau membuat pengakuan sebelum aku mati. Aku telah selingkuh dengan istrimu selama 10 tahun, dan anak perempuanmu itu adalah anakku."

"Tenang, aku sudah tahu. Kamu tak perlu mengkhawatirkan itu. Pergilah dengan tenang," kata sahabat yang satunya. Ia juga membuat sebuah pengakuan, "Aku ke sini juga mau mengaku, akulah yang menaruh racun di makananmu siang tadi."

Cerita humor lucu bikin ngakak abis ini mungkin menggambarkan keadaan di mana seseorang tidak banyak bicara tapi langsung bertindak.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Senyum Manis Istri Bupati Gowa Saat Kunjungi Bayi Kembar yang Lahir Saat Banjir

Posted: 24 Jan 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras yang mengguyur wilayah Gowa, Sulawesi Selatan, sejak Senin, 21 Januari 2019, membuat beberapa wilayah di Kabupaten Gowa terendam banjir. Sebagai bupati, Adnan Adnan Purichta Ichsan pun sibuk memantau banjir bersama jajaran pejabat pemda.

Ia ikut turun tangan, terutama untuk mengawasi pelaksanaan evakuasi warga di beberapa lokasi banjir terparah di Gowa. Selain Adnan dan wakilnya, istri Adnan yaitu Priska Paramita, juga ikut mendampingi sang suami mengunjungi para korban banjir yang sebagian besar sudah mengungsi ke berbagai tempat.

Perempuan jebolan Indonesian Idol 2010 itu terlihat sibuk mendatangi para pengungsi di beberapa titik. Kegiatan tersebut juga diunggah di akun Instagram pribadinya. Yang terbaru, Priska terlihat menjenguk seorang ibu yang melahirkan bayi kembar di pengungsian

"Tepat saat banjir tgl 22 Januari lalu, saat sedang mengungsi karena rumahnya terendam banjir, seorang ibu melahirkan bayi kembar emas bernama Reski dan Riska. Menjenguk kedua bayi ini seakan mengembalikan senyum kami," tulis Priska dalam unggahannya pada Kamis, 24 Januari 2019.

Istri bupati Gowa ini juga menuliskan kalau saat ini Reski dan Riska masih mengungsi di lingkungan Borongraukang, Kelurahan Samata, Kecamatan Somba Opu.

Priska terlihat tersenyum memandang dua bayi kembar tersebut. Yang satu terlihat sedang tertidur, sementara kembarannya terlihat tersenyum sambil memandang ke arah kamera.  Unggahan Priska mengundang banyak pujian dan komentar positif dari warganet.

Banyak juga yang gemas melihat bayi kembar yang lucu itu. "Masyaallah...semoga sehat terus dd bayi...pround of you bu bupati cantikk," tulis pemilik akun @nuge_anugerah mengomentari unggahan istri Bupati Gowa, Priska Paramita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluarga Korban Pembunuhan Sadis di Ogan Ilir Tahu Kabar IN dari Facebook

Posted: 24 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Kasus pembunuhan sadis yang terjadi di Jalan Kebun Sawit Dusun IV SP. 2 Desa Sungai Rambutan Kec. Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan (Sumsel) membuat keluarga korban begitu terpukul.

IN (20) menjadi korban pelecehan seksual dan pembunuhan sadis dengan cara dibakar di tengah rawa, merupakan sosok ibu muda yang mempunyai satu anak perempuan berusia 2 tahun.

Korban yang dibakar usai meninggal dunia karena benturan benda keras, sehari-hari merupakan buruh potong karet di Kabupaten Ogan Ilir Sumsel. Keluarga korban pun mengetahui informasi meninggalnya IN dari media sosial Facebook.

Zulkifli Lubis (50), kakak ipar korban mengatakan, pada hari Minggu (20/1/2019), mereka kehilangan kontak IN, setelah terakhir berkomunikasi dengan kakak perempuannya.

"Dia berkomunikasi sama istri saya pada Minggu siang, setelah itu tidak ada kabar lagi. Kami mencari-cari, sampai menghubungi mantan mertuanya. Tapi ternyata mantan mertuanya juga menunggu IN yang tak kunjung datang ke rumahnya," ujarnya kepada Liputan6.com, Kamis (24/1/2019).

IN biasanya mengunjungi rumah mantan mertuanya, untuk mengambil uang bulanan yang diberikan mantan suaminya untuk biaya hidup anak perempuannya.

Keesokan harinya, mereka baru mengetahui informasi tentang IN dari status Facebook salah satu rekannya, tentang penemuan mayat yang dibakar di Kabupaten Muara Enim Sumsel.

Mereka pun langsung melaporkan ke polisi tentang kehilangan salah satu anggota keluarganya. Ternyata, ungguhan wanita yang dibakar di tengah rawa tersebut adalah IN. Para anggota keluarga langsung menangis histeris melihat akhir hidup anak bungsu dari lima bersaudara ini.

"Keluarga pertama kali tahu dari Facebook. Waktu jenazahnya di bawa ke Polres Ogan Ilir, ciri-ciri yang disebutkan memang cocok. Dari anting, jam tangan, gesper dan kerangka ponselnya," ujarnya.

Setelah mengecek kepastiannya, mereka meyakini warga Kabupaten Ogan Ilir yang tewas dibakar tersebut adalah IN. Pada hari Selasa (22/1/2019), pihak keluarga langsung menyusul ke Rumah Sakit Bhayangkara Palembang, untuk melihat langsung jenasah korban.

 

Minta Hukuman Mati

Empat dari lima pelaku pembunuhan wanita di Kabupaten Ogan Ilir yang diamankan anggota kepolisian (Liputan6.com / Nefri Inge)

Menurut Sasi Karani (27), kakak perempuan korban, dia yang paling dekat dengan korban namun tidak mengetahui apa masalah yang membuat adiknya tersebut bisa menjadi korban pembunuhan sadis.

"Kita sekeluarga tidak tahu apa masalahnya, karena korban memang agak tertutup. Para tersangka juga tidak ada yang kita kenal," katanya.

Sebelum kejadian, para keluarga tidak mendapatkan firasat apapun, sampai jenasah IN ditemukan. Namun, dalam satu bulan terakhir, korban terlihat lebih pendiam dari biasanya.

Burhan, ayah korban mengharapkan, para tersangka bisa mendapatkan hukuman yang setimpal, bahkan nasibnya bisa sama dengan anaknya yang dibunuh dengan cara dibakar.

"Kita juga ingin dia (para pelaku) dibakar, mau mereka dihukum mati. Kita ingin proses hukum seberat-beratnya. Kami mohon bagi tersangka yang belum tertangkap, serahkan diri saja ke pihak kepolisian," ujarnya.

Lima orang tersangka yang membunuh IN yaitu MA, FE, FR, YA dan AS. Empat dari lima tersangka sudah ditangkap pihak kepolisian di Kabupaten Muara Enim. Sedangkan satu orang yang diduga menjadi otak pembunuhan, AS, masih jadi Daftar Pencarian Orang (DPO) Polda Sumsel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspadai, 9 Masalah Kesehatan yang Muncul Saat Benci Pekerjaanmu (1)

Posted: 24 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ada kalanya pekerjaan yang tengah dijalani membuat senang tapi bisa juga menyebalkan. Mulai dari bos yang otoriter, gaji yang tidak sesuai dengan beban pekerjaan, pekerjaan tidak sesuai kompetensi hingga seabrek pekerjaan yang tak ada habisnya. 

Prof Jeffrey Pfeffer, seorang ahli perilaku organisasi di Stanford yang menulis buku Dying for a Paycheck, menemukan melalui penelitiannya bahwa manajemen yang buruk di perusahaan Amerika bisa menyumbang hingga 8 persen dari biaya kesehatan tahunan. Hal ini dikaitkan dengan 120.000 kematian setiap tahun.

Saat stres, tubuh mengirim sinyal yang bisa menjadi tanda Anda perlu istirahat. Hanya saja, kerap kali hal ini diabaikan. Berikut masalah kesehatan yang muncul saat Anda merasa benci pekerjaan, seperti dimuat Huffington Post, Jumat (25/1/2019).

1. Sulit tidur

Psikolog klinis yang berbasis di Maryland, Monique Reynolds dari Center for Anxiety and Behavior Change mengatakan, sulit tidur merupakan masalah hal ini biasanya paling sering terjadi.

"Orang-orang yang biasanya tertekan karena pekerjaan cenderung sulit tidur. Mungkin sehari atau dua hari tidak masalah tapi jika hal ini terjadi terus menerus dan secara konsisten terkait dengan pekerjaan, itu adalah tanda bahwa ada sesuatu yang tidak seimbang," kata Reynolds.

 

2. Sakit kepala

Ilustrasi sakit kepala (iStockphoto)

American Psychological Association melaporkan, saat otot leher, bahu dan kepala sering tegang di tempat kerja, kondisi ini akan memicu migrain dan sakit kepala yang hebat.

"Stres menciptakan gejala fisiologis, dan itu bermanifestasi sebagai rasa sakit," kata Reynolds.

3. Otot-otot sakit

Saat pekerjaan Anda terasa berat, Anda mungkin merasa seperti diancam. Hal ini akan memicu adrenalin dan hormon stres lainnya.

"Sistem saraf akan terus-menerus gelisah sehingga otot terasa kaku. Hal ini bisa dipicu oleh bos atau rekan kerja yang tidak menyenangkan," ujar Reynolds.

 

4. Kesehatan mental semakin buruk

Ilustrasi kesehatan mental memburuk. (iStockphoto)

Reynolds mencatat bahwa peningkatan stres dapat memperburuk masalah kesehatan mental. Satu analisis pada 2012 terhadap 279 studi mengaitkan persepsi ketidakadilan perusahaan dengan keluhan kesehatan karyawan seperti makan berlebihan dan depresi.

E. Kevin Kelloway, Ketua Penelitian dalam Psikologi Kesehatan Kerja di Universitas St. Mary, mengatakan bahwa kondisi yang tidak adil di tempat kerja dapat menyebabkan kita terlalu stres.

"Ketidakadilan adalah penyebab stres yang sering menyerang mental diri kita. Hal ini sama seperti saya tidak pantas diperlakukan secara adil atau diperlakukan sama seperti orang lain," katanya.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewat PPPK, Non PNS Bisa Duduki Jabatan Pimpinan Tinggi Utama dan Madya

Posted: 24 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Utama, JPT Madya, dan Jabatan Fungsional (JF) bisa diduduki oleh bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, posisi yang bisa diisi PPPK pada JPT Utama atau Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian, JPT Madya atau setara dengan jabatan eselon I, dan JF,  adalah jabatan yang kompetensinya tidak tersedia atau terbatas di kalangan PNS.

"Untuk jabatan yang diperlukan untuk percepatan peningkatan kapasitas organisasi, bisa diisi oleh semua jabatan ASN, termasuk jabatan yang memiliki fungsi manajerial di BLU (Badan Layanan Umum)," kata dia seperti mengutip laman Sekretariat Kabinet, Jumat (25/1/2019).

Sementara, untuk jabatan yang diperlukan untuk percepatan capaian tujuan strategis nasional, PPPK bisa mengisi JPT Utama, JPT Madya dan jabatan yang memiliki fungsi manajerial di BLU, namun JF tidak bisa diisi oleh PPPK.

"Sedangkan jabatan yang mensyaratkan sertifikasi teknis dari organisasi profesi, PPPK hanya bisa mengisi jabatan fungsional," jelas Setiawan.

Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB ini menegaskan jika PPPK tidak dapat menduduki jabatan administrator dan JPT Pratama. Selain itu, JPT di bidang rahasia negara, pertahanan, keamanan, pengelolaan keuangan negara dan hubungan luar negeri, juga tidak bisa diisi oleh PPPK.

JF di bidang rahasia negara, pertahanan, keamanan, pengelolaan aparatur negara, kesekretariatan negara, pengelolaan SDA, pengelolaan keuangan negara, dan hubungan luar negeri.

"PPPK juga tidak dapat menduduki JPT yang berkedudukan sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat yang Berwenang (PyB)," sambung Setiawan.

 

JPT dari Non-PNS

Suasana ruang kerja lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di kantor Balai Kota. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Diakui Setiawan saat ini di beberapa instansi pemerintah, terdapat JPT utama dan madya yang berasal dari kalangan profesional atau non-PNS. Untuk itu, menurut dia, diperlukan penyesuaian.

"Apabila belum mencapai batas usia pensiun jabatan, harus melaksanakan tugas sampai Desember tahun berjalan dan dapat diperpanjang sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Taun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja," terang Setiawan.

Namun bila sudah mencapai batas usia jabatan, lanjut Setiawan, akan dilakukan pemutusan hubungan kerja sesuai aturan yang berlaku. Dan jika bekerja pada jabatan atau instansi yang tidak dapat diisi PPPK, akan dilakukan pemutusan hubungan perjanjian kerja pada akhir Desember tahun berjalan.

Sementara penanganan pegawai non-PNS di kementerian, lembaga, pemda, dan instansi pemerintah lainnya, menurut Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja,  masih tetap melaksanakan tugas paling lama lima tahun apabila tidak diangkat menjadi PNS atau PPPK.

"Dalam masa lima tahun, pegawai non-PNS berhak atas jaminan kesehatan, kecelakan kerja, dan kematian yang diatur Peraturan Menteri PANRB setelah mendapat pertimbangan teknis dari Kementerian Keuangan," tandas Setiawan.

Pemerintah sendiri melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), telah mengumumkan akan merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap pertama. Kini, tengah disiapkan regulasi yang mengatur tentang jabatan yang boleh diisi oleh PPPK

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Piala FA Arsenal Vs MU: Bidik Kemenangan Kedelapan

Posted: 24 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, London - Upaya Manchester United (MU) untuk memperpanjang rekor kemenangan tidak akan berjalan mudah pada pekan ini. Pasalnya, lawan yang akan dihadapi skuat Ole Gunnar Solskjaer ini adalah Arsenal.

MU akan menghadapi Arsenal pada babak empat Piala FA. Pertandingan penuh gengsi ini akan berlangsung di markas Arsenal, Emirates Stadium, Sabtu (26/1/2018) dini hari WIB.

Setan Merah tengah dalam kondisi bagus sejak ditangani Solskjaer pada pertengahan Desember 2018. Suksesor Jose Mourinho itu telah memberi kemenangan tujuh beruntun di semua kompetisi.

Sementara itu, Arsenal tengah dalam kepercayaan diri tinggi. Skuat asuhan Unai Emery ittu mampu bangkit usai kalah 0-1 dari West Ham United di Liga Inggris. The Gunners menang 2-0 atas Chelsea pada akhir pekan lalu.

Selain MU kontra Arsenal, babak empat Piala FA juga menyajikan banyak laga lainnya. Simak jadwal babak empat Piala FA pada halaman berikutnya.

Jadwal Piala FA

Sabtu (26/1/2019)

02:45 WIB, Bristol City vs Bolton Wanderer

02:55 WIB, Arsenal vs Manchester United

19:30, WIB Acrington vs Derby County

22:00 WIB, Shrewsbury Town vs Wolverhampton

22:00 WIB, Brighton vs West Bromwich Albion

22:00 WIB, Doncaster vs Oldham Athletic

22:00 WIB, Middlesbrough vs Newport County

22:00 WIB, Manchester City vs Burnley FC

22:00 WIB, Portsmouth vs Queens Park Rangers

22:00 WIB, Newcastle United vs Watford

Jadwal Lainnya

Minggu (27/1/2019)

00:30 WIB, Millwall vs Everton

02:45 WIB, Newcastle vs Watford FC

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenali 5 Jenis Penipuan SMS dan Cara Mencegahnya

Posted: 24 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ada seribu macam cara yang dilakukan penipu demi menjerat calon korbannya lewat jalur SMS. Mereka seakan semakin pintar memainkan emosi target sehingga dengan mudah menyerahkan harta berharganya.

Namun, pola yang dilakukan masih tergolong sama. Hanya kata-katanya saja yang mungkin diperbarui.

Berikut ini lima pola yang biasanya dilancarkan penipu untuk menjerat targetnya via SMS.

1. Kamu Dapat Hadiah Ya, Selamat!

Tidak ada angin atau pun hujan, dan tidak pernah ikut kuis apapun, eh dapat hadiah. Kalau kamu dapat SMS semacam ini, mau berapa pun nominal hadiahnya, abaikan.

Pola seperti ini sudah jelas penipuan. Jika korban sudah terkena dan menghubungi penipu maka modus selanjutnya adalah mengirim sejumlah uang ke rekening penipu.

2. Keluargamu Kecelakaan Nih, Tolong Dong!

Pola selanjutnya, SMS yang berisi kabar bahwa keluarga calon korban mengalami kecelakaan. Penipu akan meminta sejumlah uang untuk biaya pengobatannya.

Jangan langsung percaya. Coba hubungi yang bersangkutan apakah benar ia mengalami kecelakaan atau tidak.

Setidaknya coba tanyakan nama dari keluarga ke nomor tersebut, jika tidak bisa menyebutkan nama dengan benar atau justru mengalihkan pertanyaan, sudah pasti itu penipu.

 

3. Mama Kehabisan Pulsa, Kirim Yah.

Ilustrasi SMS (prosms.eu)

Sempat ramai diperbincangkan, mama minta pulsa menjadi modus populer kala itu. Karena menyangkut orangtua, biasanya calon korban tidak berpikir panjang untuk membantunya.

Tetapi, coba cermati lebih dulu. Benar atau tidak SMS itu berasal dari ibu kamu. Sebaiknya, coba telepon dulu nomor ibu kamu untuk mengonfirmasi kebenaran SMS tersebut.

4. Aku Temanmu Loh, Masa Gak Kenal.

Selain mengaku sebagai keluarga, penipu pun sering berpura-pura sebagai teman kamu dan berbicara seolah akrab. Namun, biasanya penipu tidak menyebutkan nama, malah menyuruh calon korban menebaknya.

Jika sudah begini, biasanya penipu akan memainkan emosi targetnya dan berupaya agar meminjam sejumlah uang.

Ada baiknya kamu mengonfirmasi apakah itu benar temanmu atau bukan dengan menanyakan informasi yang hanya diketahui oleh kalian berdua.

 

5. Operator Bank Minta Kode OTP

Ilustrasi menggunakan smartphone (pixabay.com)

Modus selanjutnya penipu mengaku sebagai operator call center sebuah bank. Seringkali penipuan jenis ini sudah canggih, karena menggunakan alpha numeric bertuliskan "Bank yang bersangkutan".

Pelaku kemudian bertanya kepada korban dengan dalih ingin mengecek data pribadi sebagai nasabah. Selanjutnya, pelaku meminta One Time Password (OTP) yang diterima oleh korban.

Jika diberikan maka habis sudah uang yang ada di rekening korban. Sebaiknya, jangan pernah memberikan kode OTP kepada siapa pun. Baik mengaku sebagai operator bank atau pun situs belanja online.

 

Begini Cara Mencegahnya

Ilustrasi pengguna smartphone. Dok: hippocketwifi.com

Jika sudah mengetahui pola-pola di atas kamu bisa melaporkan atau memblokir pelaku dengan cara berikut ini.

1. Aplikasi Truecaller

Aplikasi Truecaller memungkinkan kamu bisa mengetahui siapa yang menghubungi dan memblokir nomor telepon seseorang. Kamu pun tidak akan mendapat SMS lagi dari nomor yang sudah kamu blokir, termasuk menerima panggilan.

Kamu juga bisa melaporkan nomor telepon yang kamu anggap sebagai spam, misalnya nomor stalker atau pun dari telemarketing. Tidak hanya itu, dengan aplikasi Truecaller, kamu juga bisa mengetahui kapan teman kamu bisa dihubungi.

2. Aplikasi Clean Messaging: Block SMS Spam

Aplikasi besutan anak negeri ini akan memblokir semua jenis SMS spam secara otomatis. Selain itu, kotak masuk SMS akan bersih dan rapi karena SMS spam akan masuk folder khusus spam.

Dengan menggunakan teknologi Crowd Source Anti Spam yang memastikan smartphone bebas dari spam. Sehingga kamu tidak perlu menandai nomor mana saja yang perlu diblokir dan tidak perlu mengatur SMS jenis apa yang ingin diblokir.

Bukan itu saja, aplikasi tersebut juga bisa memblokir pengirim SMS spam, baik dari nomor ponsel tidak dikenal, alpha numeric sender, dan bahkan provider.

 

3. Menggunakan Format SMS Provider

- Bagi pelanggan Telkomsel, kamu dapat melaporkan modus penipuan dengan menggunakan format SMS:

PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN

Kirim ke 1166.

-Lalu, bagi pelanggan Indosat, kamu dapat melaporkan modus penipuan dengan menggunakan format panggilan:

*123*262#

Kemudian ikuti petunjuk yang tersedia.

- Sedangkan bagi pelanggan XL, kamu dapat melaporkan modus penipuan dengan menggunakan format SMS:

Lapor#Nomor Pelaku#Isi Laporan

Kirim ke 588.

Tetap waspada dan berhati-hati dengan segala jenis SMS yang mengimingi promo atau hadiah menggiurkan. Jangan gegabah dan selalu ingat cara-cara di atas agar terhindar dari penipuan.

(Surya Handika R/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Judi Online, Dinar Candy Terpaksa Utang untuk Makan

Posted: 24 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Masalah tengah menghampiri artis Dinar Candy. Dirinya dikabarkan terlibat endorsement judi online.

Karena hal tersebut, rekening tabungan Dinar Candy harus dibekukan oleh pihak kepolisian. Imbasnya, Dinar Candy pun tidak memiliki uang.

Bahkan saking tak punya uang karena rekening tabungannya dibekukan, Dinar Candy sampai-sampai harus utang untuk biaya makan sehari-harinya.

"Masih diproses, belum dikabarin lagi dan aku enggak punya uang, serius. Sampai makan saja kasbon dulu di warung makan apartemen di bawah," kata Dinar Candy saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (24/1/2019).

 

Buat Rekening Baru

Disk Jocky (DJ) Dinar Candy (instagram/dinar_candy)

Masalah tersebut tentu saja sangat mempersulit Dinar Candy. Untuk itu, ia berencana mengurus rekening baru dalam waktu dekat.

"Paling besok aku bikin rekening baru, ya enggak tahu deh seperti apa ke depannya. Soalnya kata kepolisian bilangnya jangan terlalu diekspos gitu," lanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Selundupkan 15 Kg Sabu dari Malaysia

Posted: 24 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang polisi nyambi jadi kurir narkoba. Ia bersama seorang rekannya menyelundupkan sabu seberat 15 kg dari Malaysia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal La Liga Pekan ke-21: Konsistensi Real Madrid dan Misi Menjauh Barcelona

Posted: 24 Jan 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - La Liga pekan ke-21 bakal kembali menampilkan duel-duel sengit. Barcelona, Atletico Madrid dan Real Madrid bakal jadi sorotan di pekan ini.

Real Madrid dituntut konsistensinya berkat dua kemenangan beruntun di dua pekan terakhir. Sedangkan Barcelona akan mengusung misi terus menjauh sembari tentunya menanti hasil akhir dari duel Atletico dan Real Madrid di La Liga.

Barcelona akan bertandang ke markas Girona akhir pekan ini. Girona baru saja menjalani partai sulit yaitu dua kali melawan Real Madrid di La Liga dan Copa del Rey.

Kedua-duanya harus berakhir dengan skor mengecewakan. Maka itu, Girona yang bakal mengandalkan striker tajam mereka Christian Stuani bakal mencoba untuk membungkam Barcelona pada La Liga pekan ke-21 nanti.

Real Madrid juga bakal menghadapi lawan yang tidak mudah. Akhir pekan ini, mereka bakal tandang ke markas Espanyol, Ciutat Sportiva.

 

Jadwal La Liga

Wissam Ben Yedder merayak golnya ke gawang Barcelona. (AFP/Cristina Quicler)

Sabtu (26/1/2019)

19:00 WIB, Sevilla vs Levante

22:15 WIB, Atletico Madrid vs Getafe

Minggu (27/1/2019)

00:30 WIB, Leganes vs Eibar

02:45 WIB, Valencia vs Villarreal

18:00 WIB, Real Valladolid vs Celta de Vigo

22:15 WIB, Girona vs Barcelona

Jadwal Lainnya

Senin (28/1/2019)

00:30 WIB, Real Sociedad vs Huesca

02:45 WIB, Espanyol vs Real Madrid

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Daging Ayam Naik di Pasar Pondok Gede Jelang Imlek

Posted: 24 Jan 2019 08:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jelangn perayaan Imlek, harga daging ayam naik di Pasar Tradisional Pondok Gede, Bekasi. Kenaikan harga ini sudah berlangsung selama 4 hari terakhir.

Sebelumnya, harga daging ayam yang berukuran besar dijual Rp 45 ribu sampai Rp 48 ribu per ekor. Kini harganya naik mencapai Rp 50 ribu per ekor.

Sedangkan untuk harga daging ayam yang berukuran sedang naik Rp 3.000, menjadi Rp 32 ribu sampai Rp 35 ribu per ekor.

Kenaikan juga terjadi pada harga ayam hidup yaitu Rp 23 ribu per kilogram (kg), menjadi Rp 25 ribu per kg.

Kenaikan harga daging ayam ini menyebabkan penjualan menurun. Kondisi musim hujan ikut menjadi salah satu faktor penjualan turun pada minggu ini.

Hal ini dibenarkan Yaman dan Tardi, pedagang ayam di Pasar Pondok Gede saat ditemui Liputan6.com, pada Jumat (25/1/2019).

"Ya harganya sudah naik belakangan ini," ujar Yaman.

Namun kenaikan harga daging ayam tidak berpengaruh terhadap harga telur ayam.

"Masih stabil harganya mba, masih Rp 24 ribu per kg. Tapi nanti pas Imlek akan naik," ujar pedagang lain bernama Ipin.

Harga Daging Ayam Naik pada Awal Pekan

Harga sayuran, daging ayam hingga daging sapi mengalami kenaikan menjelang lebaran. (Liputan6.com/Bawono Yadika)

Jelang perayaan Imlek pada 5 Februari 2019, harga ayam potong dan telur ayam kampung di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, terpantau melonjak.

Seperti disebutkan Lina (37), seorang pedagang ayam potong yang sehari-hari berjualan di pasar tersebut.

Dia mengatakan, pihak penyalur acapkali meninggikan harga jual kala waktu mendekati perayaan hari besar seperti Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 kemarin.

"Mau Imlek, itu juga pengaruh. Tiap mau Imlek naik. Baru habis Imlek stabil lagi. Pemasok ninggiin harga. Kemarin pas Natal dan tahun baru juga lonjak banget, malah lebih tinggi," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (21/1/2019).

Sebagai perbandingan, ia menuturkan, ayam potong bagian paha sebelumnya dijual pada rentang harga antara Rp 35-38 ribu per kg. Saat ini, lanjutnya, meningkat jadi Rp 40 ribu per kg.

Begitu juga dengan bagian sayap, yang naik jadi Rp 35 ribu per kg dari sebelumnya Rp 30 ribu per kg. Serta ayam potong bagian dada yang dijual Rp 50 ribu per kg, melonjak dari harga awal Rp 45-48 ribu per kg.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IICO Kuwait Siap Bekerjasama dengan ACT, Rumah Zakat dan PKPU

Posted: 24 Jan 2019 08:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menerima Badr Suud Fahd Al Sumaith, perwakilan dari IICO (International Islamic Charity Organization) yang berkedudukan di Kuwait, di Ruang Rapat Pimpinan MPR RI, Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (24/1/2019). Dalam kesempatan itu Hidayat juga mempertemukan Badr Al Sumaith dengan perwakilan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT), Rumah Zakat, dan PKPU Human Initiative.

Hidayat mengungkapkan bahwa perwakilan IICO saat ini sedang berada di Indonesia untuk melihat kegiatan kerjasama dengan dengan IICO. Lembaga IICO sudah lama bekerjasama dan membantu kegiatan sosial di Indonesia.

"Lembaga IICO ini merupakan lembaga amal yang besar di Kuwait dan terdaftar di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam urusan kemanusiaan," katanya.

Dengan menghadirkan lembaga ACT, Rumah Zakat, dan PKPU Human Initiative, Hidayat berharap ketiga lembaga itu bisa menjalin kerjasama dengan IICO. "Dengan pertemuan lembaga-lembaga sejenis di Indonesia seperti ACT, Rumah Zakat, dan PKPU, maka kerjasama dengan IICO bisa dikomunikasikan," ujarnya.

Di hadapan perwakilan IICO, perwakilan dari ACT, Rumah Zakat, dan PKPU mempresentasikan lembaganya masing-masing dan kegiatan yang telah dilakukan.

Badr Al Sumaith mengungkapkan IICO didirikan ulama-ulama besar dari seluruh dunia untuk membantu Islam di bidang sosial. Banyak kerjasama IICO di Indonesia. "Saya sangat puas setelah melihat kegiatan sosial di Indonesia terutama kegiatan yang bekerjasama dengan Kuwait. Kegiatan dilakukan secara professional, efektif, bagus," ujarnya.

Menurut Badr Al Sumaith, kegiatan sosial bukan hanya tanggungjawab lembaga sosial, tapi juga menjadi tanggungjawab pribadi. Karena itu Emir-Emir di Kuwait mendonasikan untuk masyarakat dunia. "Meskipun negara kami bukanlah negara besar, tetapi peran kami mempunyai pengaruh yang besar," katanya.

Dia mengajak ACT, Rumah Zakat, dan PKPU untuk bersinergi dengan IICO. Namun, Badr Al Sumaith mengingatkan untuk bisa bekerjasama dengan IICO maka lembaga-lembaga harus mendapat rekomendasi dari Kementerian Luar Negeri Kuwait. "Di Kuwait ada aturan, lembaga-lembaga dari luar harus diakui oleh Kuwait. Kami siap bekerjasama dengan ACT, Rumah Zakat dan PKPU," ucapnya.

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cedera Saat Perbaiki Tank, Aktor Singapura Aloysius Pang Meninggal Dunia

Posted: 24 Jan 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Singapura - Aktor Singapura Aloysius Pang, mengalami kejadian tragis saat ia tengah menjalani wajib militer. Dilansir dari Strait Times, pria berusia 28 tahun tersebut meninggal dunia saat tengah memperbaiki sebuah tank. Ini, adalah salah satu tugasnya saat wajib militer. 

Aloysius Pang meninggal dunia pada Rabu (23/1/2019), pukul 20.45 WIB. Kementerian Pertahanan Singapura menjelaskan, saat itu Aloysius Pang tengah bersama dua personel SAF lainnya di Area Pelatihan Waiouru di Selandia Baru, Sabtu (19/1/2019).

Saat tengah memperbaiki tank, Aloysius mendapat cedera saat laras senapan diturunkan. Aktor tampan itu sempat dievakuasi ke Rumah Sakit Waikato, Selatan Auckland dan menjalani serangkaian operasi selama lima hari.

Sayang, nyawa Aloysius Pang tak dapat diselamatkan. Ia meninggal setelah mendapatkan upaya perbaikan organ tubuh yang rusak.

Aktor Muda Populer

Aloysius Pang (Instagram/ aloypang)

Meski namanya belum begitu dikenal di industri hiburan Tanah Air, Aloysius Pang adalah salah satu aktor muda berbakat di Singapura. Didukung wajah tampannya, maka tak heran ia memiliki banyak penggemar.

Aloysius memulai kariernya di industri film sejak usia sembilan tahun. Kala itu ia membintangi sebuah drama anak-anak Xiao Fei Ren. Sejak saat itu, Aloysius mulai membintangi serangkaian drama lain seperti Bukit Ho Swee, A Child's Hope dan I Love My Home.

Jejak Karier

Aloysius Pang (Instagram/ aloypang)

Saat menginjak usia 14 tahun, Aloysius Pang sempat memutuskan untuk berhenti dari dunia akting dan fokus kepada pendidikannya.

Namun saat berumur 22 tahun, ia kembali lewat film bertajuk Timeless Love. Tiga tahun setelahnya, Aloysius berhasil mendapat penghargaan sebagai Best Newcomer di upacara Mediacorp's Star Awards.

 Sejauh ini Aloysius Pang sudah membintangi tiga film, 28 serial televisi, dan satufilm televisi.  (Tyssa Madelina/ Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Oppo R5 dan Spesifikasinya, Smartphone Paling Tipis Spesialis Selfie

Posted: 24 Jan 2019 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda suka berselfie menggunakan smartphone, mungkin Oppo bukanlah sebuah brand yang asing lagi bagi Anda. Oppo Smartphone memang menjadi andalan para penggemar selfie. Kualitas kamera yang ditawarkan memang disetting bagi penyuka selfie. 

Oppo merupakan salah satu vendor smartphone asal China. Saat ini Oppo tengah menjadi smartphone favorit di Indonesia. Oppo menjadikan fitur kamera sebagai andalan utama produknya. Brand Oppo tercatat telah terdaftar di China sejak 2001 silam dan dirilis secara resmi pada 2004 kemudian.Produk-produknya kini mengekspansi pasar seluruh dunia terutama wilayah Asia.

Oppo R Series

Salah satu seri smartphone Oppo yang laris di pasaran Indonesia adalah Oppo R Series. Oppo R series ini juga berfokus pada kamera untuk kegiatan fotografi penggunanya.

Oppo R series ini rupanya sudah hadir sejak 2013 silam. Seri pertamanya adalah Oppo R1 yang dibanderol sekitar 4 jutaan. Oppo R series ini terus melakukan inovasi hingga saat ini telah hadir Oppo R17. Oppo R series ini disetting sebagai smartphone untuk kalangan kelas atas.

Oppo mengklaim Oppo R5 sebagai smartphone paling tipis di dunia. Hal ini menyita banyak perhatian publik untuk mengetahui spesifikasi dari smartphone ini.

Oppo R5, diklaim sebagai smartphone tertipis di dunia saat Oppo merilisnya ke muka publik, dengan ketebalan hanya 4,85 mm. Oppo R5 pertama dirilis pada Oktober 2014. Harga oppo R5 saat itu sekitar 6 jutaan di Indonesia.

Selain memiliki bodi yang tipis dan ramping, Oppo R5 memiliki sejumlah keunggulan yang ditawarkan. Oppo R5 ini diklaskan sebagai smartphone kelas atas.

Tampilan Elegan dan Premium

Diklaim sebagai smartphone palin tipis di dunia, smartphone ini memiliki dimensi 148.9 x 74.5 x 4.9 mm dengan berat 155 g.Smartphone ini dilengkapi layar AMOLED 5, 2 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Warna-warna yang ditampilkan terlihat cerah dan kontras, walau ada garis hitam lebar yang membingkai layar. Layar Oppo R5 ini juga telah didukung dengan Corning Gorilla Glass 3.

Sedangkan untuk pilihan warna, Oppo R5 tersedia dalam warna silver dan gold yang menciptakan kesan elegan.Software dan Prosesor

Untuk mendukung kinerja, Oppo R5 ditopang prosesor octa-core 1,5 GHz dan dilengkapi RAM 2GB dan memori internal sebesar 6 GB. Anda bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dan prosesnya terasa mulus. Dengan smartphone ini multitasking bukan hal yang tak mungkin lagi.

Untuk sistem operasi, Oppo R5 berjalan di atas Android 4.4.4 KitKat. Untuk jaringan Oppo R5 ini didukung dengan koneksi 4G LTE, 3G, dan 2G.

Untuk baterai, Oppo R5 ini dibekalinon removable battery Li-Po 2000 MAh.

Kamera

Tak lengkap jika saat mengulas Oppo, tidak membahas kamera. Bagaimana tidak? Oppo merupakan smartphone yang paling banyak dicari karena kualitas kameranya.

Oppo R5 dilengkapi kamera 13 megapiksel (MP) dengan autofokus dan LED flash. Selain itu untuk Anda yang senang ber-selfie ria, smartphone ini juga menyediakan kamera depan beresolusi 5 megapiksel. Oppo R5 menyediakan memori internal 16GB, dan tidak ada pilihan untuk menambahkan kapasitas penyimpanan melalui kartu microSD.

Selain terkenal karena ukurannya yang super ramping, Oppo R5 juga memiliki performa yang menakjubkan. Sayang, baterainya kurang bisa bertahan lama dan memorinya cenderung terbatas.

Bagi Anda penggemar musik, mungkin akan merasa sedikit kecewa dengan tidak adanya port untuk audio dan fitur radio. Pun demikian, Anda bisa menggunakan wireless earphone berkoneksi Bluetooth.

Harga Oppo R5

Meski sudah hampir 5 tahun dirilis, tak ada salahnya jika anda tertarik untuk membeli smartphone ini. Jika anda tertarik dengan Oppo R5 ini mungkin ulasan mengenai harga Oppo R5 perlu anda ketahui.

Harga Oppo R5 dibanderol cukup tinggi saat perilisan pertamanya akhir 2014 silam. Pada saat itu Harga Oppo R5 dibanderol senilai 6 Jutaan.

Namun seiring berjalannya waktu dan terus dikeluarkannya HP Oppo dengan berbagai seri dan jenis yang baru, harga Oppo R5 mengalami penurunan. Dilansir dari tabloidpulsa.co.id harga Oppo R5 baru saat ini berkisar Rp 3.499.000,00. Sedangkan untuk harga Oppo R5 bekas dibanderol sekitar Rp 2.750.000,00.

Harga Oppo R5 ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan pasaran yang terus berkembang dengan smartphone-smartphone baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: