Rabu, 30 Januari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Panglima TNI: Pengamanan Gangguan di Papua Jadi Prioritas

Posted: 30 Jan 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menggelar rapat pimpinan (rapim) tertutup di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur. Rapat membahas pengamanan pemilu 17 April 2019.

"Tiga hari TNI rapim, pertama rapim TNI Polri dan pembekalan bapak presiden, kedua TNI rapim di Cilangkap markas besar TNI selama dua hari 30 dan 31," kata Hadi di lokasi, Kamis (31/1).

Dalam rapim ini, kata Hadi, ada beberapa hal menjadi poin prioritas pengamanan. Di antaranya wilayah Papua.

"Kami sampaikan tantangan 2019 di antaranya adalah terkait gangguan keamanan di Papua menjadi prioritas, kita operasi gakkum di Papua, dan yang kedua adalah rawan bencana, dan yang ketiga adalah mensukseskan pemilu," katanya.

Hadi memerintahkan  seluruh anggota untuk bersiaga dalam segala macam gangguan keamanan. Ia juga meminta kepada TNI bersikap netral di pemilu 2019.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dipuji Warganet, Bocah 16 Bulan Hapal Huruf Hijaiyah

Posted: 30 Jan 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Langkah dasar umat muslim mampu membaca kitab suci Alquran adalah dengan menghafal huruf hijayah. Biasanya hal ini dilakukan sedini mungkin. Hal tersebut membuat banyak orangtua muslim mengajarkan dan mendorong anak-anak mereka untuk menghafalnya.

Umumnya huruf-huruf hijaiyah ini diajarkan ketika anak telah memasuki masa sekolah Taman Kanak-kanak atau di atas usia 5 tahun. Namun tak sedikit orangtua yang telah mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak mereka yang masih sangat kecil. Seperti bocah bernama Musa yang baru-baru ini menjadi viral.

Musa yang masih berusia 16 bulan ini nyatanya sudah hafal dan lancar menyebutkan huruf-huruf hijaiyah. Video Musa menyebutkan huruf-huruf hijaiyah beredar di sosial media dan menjadi viral.

Pada video tersebut terlihat Musa dipandu dengan sang ayah mengucapkan huruf hijaiyah dari awal hingga akhir. Meski pengucapannya belum terlalu fasih, namun Musa mampu menghafalnya dengan baik.

"Alhamdulillah. Diusia 16 bulan, Sambara Alfaruq Musa sudah hafal huruf hijaiyyah. Semoga diusia 5 tahun kelak, sudah jadi Hafiz Quran," tulis sang ayah dalam keterangan video yang diunggah di Facebook tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Dipuji Warganet

bocah 16 bulan hafal huruf hijaiyah (foto: facebook Fes Dia Mon)

Aksi menggemaskan Musa menjadi sorotan warganet dan hingga saat ini telah mendapat 7 ribu komentar. Tak sedikit yang takjub dengan kecerdasan Musa dan mendoakannya agar menjadi anak yang sholeh. Tak hanya itu, banyak pula warganet yang mengaku gemas dengan bocah laki-laki tersebut.

"Subhaanallah.. Pintar ny.." ujar akun Malasari Mala.

"Masyaallah, Mga jd pmbuka pntu syurga tuk abi n ummi Amiiin" komentar warganet bernama Masri.

 "Lucu bgt gemes" tambah akun Neni Nurbiyanti.

"Subhanallah....benr2 mrinding aq melihtnya, Allah Maha Pemurah" kata Mia Pandu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Krisis Venezuela, Oposisi Serukan Protes Ketika Nicolas Maduro Mengajukan Dialog

Posted: 30 Jan 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Caracas - Rakyat Venezuela turun ke jalan melakukan aksi protes saat jam makan siang pada Rabu 30 Januari 2019, membentuk kantong-kantong perlawanan di luar pangkalan militer dan di jalan-jalan utama di seluruh negeri.

Hal itu terjadi ketika gerakan oposisi berusaha memaksa Presiden Nicolás Maduro untuk menyerahkan kekuasaan kepada pemerintah sementara, demikian sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Kamis (31/1/2019).

Juan Guaido, yang pada pekan lalu, menyatakan dirinya sebagai presiden sementara Venezuela, serta memenangkan dukungan dari sebagian besar pemerintah Barat, mengadakan protes dan muncul ketika demonstrasi itu berakhir di Central University, Caracas.

"Ayo terus protes," katanya kepada kerumunan siswa, dokter, dan perawat. "Ayo jalan terus."

Seruan Guaido itu merupakan tindak lanjut dari penolakannya terhadap ajakan dialog oleh Maduro, yang disampaikan sehari sebelumnya.

Pada Selasa 29 Januari, Maduro berbicara kepada kantor berita RIA Novosti, bahwa ia telah mengirim surat kepada pemerintah Bolivia, Meksiko, Rusia dan Uruguay, untuk melibatkan mereka dalam proses dialog baru dengan oposisi.

Rusia, yang telah menjadi pendukung internasional Maduro yang paling vokal dan merupakan investor utama di Venezuela, memuji kesediaannya untuk bernegosiasi.

"Fakta bahwa Maduro terbuka untuk berdialog dengan oposisi pantas mendapat pujian tinggi," juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan.

Di lain pihak, AS mencela tawaran dialog Maduro sebagai tindakan "pecundang yang sedang terjepit" oleh tekanan Barat, terutama pada bidang ekonominya.

Oleh para pengamat, sindiran AS dan dukungan Rusia menunjukkan bahwa pertarungan kekuasaan di Venezuela mulai mengambil alih suasana adu pengaruh para negara adidaya.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Maduro Kalang Kabut

Presiden Nicola Maduro di hadapan rakyat Venezuela - AFP

Pada Rabu sore, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengetwit bahwa dia telah berbicara dengan Guaido hari itu, untuk "memberi selamat" dan memperkuat dukungan Gedung Putih terhadap perjuangan Venezuela dalam mendapatkan kembali demokrasinya.

Trump menyimpulkan bahwa "Perjuangan untuk kebebasan telah dimulai", menyusul tindakan Maduro yang berusaha menetralkan Guaido dengan memerintahkannya untuk tidak meninggalkan Venezuela, serta membekukan asetnya.

Para pengamat menambahkan bahwa pemerintah negeri kaya minyak itu juga menindak lingkungan yang memberontak, mencoba untuk melanggengkan sistem otokratis, gaya sosialis yang semakin terancam oleh ketidakpopuleran mendalam dan tekanan asing.

Pada hari Rabu, Maduro juga mengeluarkan pesan video yang ditujukan kepada rakyat AS, yang menyatakan bahwa pemerintahan Trump sedang berusaha melakukan kudeta di Venezuela, dan menurutnya, akan menjadi bencana.

"Amerika Serikat ingin mengambil minyak kita seperti yang mereka lakukan di Irak dan Libya," tambah Maduro.

"Saya meminta dukungan rakyat Amerika Serikat agar tidak ada Vietnam baru," katanya dalam video yang diunggah di Facebook.

Sementara itu, protes anti-Maduro pada hari Rabu jauh lebih kecil daripada unjuk rasa sebelumnya, akhir pekan lalu.

Kekerasan oleh pemerintah dalam beberapa hari terakhir disinyalir menjadi penghambat kehadiran protes yang lebih luas.

Selama sepekan terakhir, 35 orang tewas dalam unjuk rasa, di mana sebagian besar ditembak oleh pasukan keamanan saat bentrok pada malam hari di daerah kumuh, lapor Observatorium Konflik Sosial Venezuela.

Lebih dari 800 orang telah ditahan, tambah laporan dari kelompok bantuan hukum Foro Penal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spesifikasi Lengkap Skutik Listrik Lincah

Posted: 30 Jan 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Skutik listik 'Lincah' mengawali debutnya di gelaran Masyarakat Konservasi & Efisiensi Energi Indonesia (MASKEEI) di BSD, Tangerang, Rabu (30/1). Skutik listrik garapan Lincah Group tersebut diklaim memiliki kandungan lokal hingga 60 persen.

Lincah memiliki desain yang layaknya motor skutik pada umumnya. Pada bagian depan, Lincah menggunakan lampu depan projector, dan desain lampu sein yang terpisah dengan lampu utama.

Lampu seinnya terletak di bodi depan dan berbentuk cukup mungil. Lincah memiliki spakbor depan yang menyatu dengan bodi utamanya.

Bergeser ke sisi samping, Lincah memiliki desain footstep penumpang yang cukup unik yaitu berada masuk ke dalam sideskirt motor, sehingga akan sedikit menyulitkan ketika hendak mengeluarkan footstep penumpang. Jika diperhatikan sekilas posisi footstep ini terlihat seperti terlalu ke depan.

Untuk footstep depan sendiri menggunakan warna yang cukup menyala yakni warna merah. Untuk lampu belakang, Lincah menggunakan bohlam LED pada lampu remnya serta memiliki desain lampu sein yang terpisah dari lampu rem.

Untuk speedometer, Lincah menggunakan model cluster digital yang dilengkapi pula dengan indicator kapasitas baterai yang dapat menginformasikan sisa dari baterai tersebut.

 

 

Selanjutnya

Motor ini menggunakan sistem pengereman cakram pada bagian roda depan dan belakangnya serta menggunakan suspensi model pegas di kedua rodanya.

Lincah tidak menggunakan rantai sebagai pengegrak rodanya, melainkan menggunakan belt.

Lincah memiliki bagasi yang cukup luas di bawah joknya dan di dalam jok tersebut juga terdapat sakelar untuk arus listriknya. Colokan untuk melakukan charging terletak di bagian depan jok yang terletak diantara footstep depan.

Motor listrik ini menggunakan dua buah baterai LifePo4 berkapasaitas 2 kwh. Penggunaan dua buah baterai tersebut memungkinkannya untuk bekerja bergantian sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah panas.

Penggunaan dua baterai tersebut, dikatakan akan mampu membuat motor Lincah ini melaju sejauh 120 km tanpa mengisi ulang. Baterai tersebut terlihat diletakkan dibawah bodi motor.

 

Selanjutnya

Dari dua baterai tersebut diklaim dapat menghasilkan tenaga setara dengan 100 cc mesin konvensional. Motor listrik ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum yaitu 70 km/jam.

Keunggulan dari motor listrik Lincah menurut Kristian Sutikno selaku kepala engineering Lincah Group mengatakan bahwa "motor ini dapat melakukan re-gen tenaga baterainya, sehingga pada saat motor melakukan pengereman atau deselarasi, tenaga yang harusnya terbuang tersebut dapat mengisi kembali".

Kristian juga menambahkan bahwa Lincah ini sudah dilengkapi dengan sistem ECU computerized dan dikatakan akan mampu bekerja dalam cuaca seperti di Indonesia.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ratna Sarumpaet Diserahkan ke Kejaksaan

Posted: 30 Jan 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berkas kasus berita bohong atau hoaks tersangka Ratna Sarumpaet lengkap alias P21. Ratna Sarumpaet pun dikawal sejumlah penyidik dibawa ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan sambil tersenyum datar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Artis VA Pingsan Sebelum Ditahan Polda Jawa Timur

Posted: 30 Jan 2019 10:00 PM PST

Patroli Indosiar, Surabaya - Artis VA mengalami pingsan setelah menjalani pemeriksaan dan resmi ditetapkan penahanan oleh Polda Jawa Timur. Kini kondisi tersangka dugaan kasus prostitusi online itu masih menjalani tahap pemulihan.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (31/1/2019), VA langsung dibawa ke dalam mobil dan dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara. Artis VA diduga mengalami kelelahan.

"Kondisi pasien sudah membaik. Ada dokter penyakit dalam, syarat dan dalam masa pemulihan," ungkap Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim Kombes Pol Prima Heru.

Penahanan VA berdasarkan hasil fakta otentik digital forensik. Artis kelahiran Jakarta tahun 1991 diduga telah melanggar Undang-undang ITE Pasal 27 ayat 1, tentang penyebaran konten bermuatan pornografi dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.  

Artis VA akan mendekam di sel tahanan Mapolda Jatim hingga 20 hari ke depan bersama empat muncikari lain yang sebelumnya sudah ditahan.  (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ilmuwan Ini Klaim Bisa Temukan Obat Kanker di 2020

Posted: 30 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tim ilmuwan Israel mengklaim bahwa kemungkinan mereka bisa mengembangkan sebuah pengobatan kanker di 2020. Dilaporkan Jerusalem Post, perawatan ini dikembangkan oleh Accelerated Evolution Biotechnologies di bawah CEO Dr Ilan Morad.

"Kami percaya akan mengembangkan pengobatan lengkap untuk kanker dalam setahun ke depan," ujar Kepala Dewan Perusahaan Dan Aridor seperti dilansir dari New York Post pada Rabu (30/1/2019).

Aridor mengklaim, penyembuhan yang mereka tawarkan efektif sejak hari pertama. Pengobatan ini akan berlangsung selama beberapa minggu dan tidak memiliki efek samping yang besar. Selain itu, biayanya juga jauh lebih rendah daripada perawatan lainnya.

Para ilmuwan menamakan pengobatan ini dengan MuTaTo atau Multi Target Toksin. Mereka mengklaim, konsep yang digunakan sama dengan obat yang membantu mengubah AIDS menjadi penyakit yang bisa ditangani.

Perawatan ini menggunakan kombinasi peptida (senyawa dua atau lebih asam amino yang dihubungkan dalam sebuah rantai) yang menargetkan kanker dan racun yang membunuh sel kanker. Dengan cara itu, Morad memastikan pengobatan tidak akan terpengaruh oleh mutasi.

"Sel kanker dapat bermutasi sedemikian rupa sehingga reseptor yang ditargetkan dijatuhkan oleh kanker," ungkapnya.

Selain itu, mereka mengatakan bahwa pasien kemungkinan bisa menghentikan pengobatan setelah beberapa minggu dan tidak perlu melanjutkannya sepanjang hidup mereka.

 

Kritikan pihak lain

Pasien kanker (Ilustrasi/iStockphoto)

Namun, penelitian ini mendapatkan kritik dari ilmuwan lain. Kepala Perlmutter Cander Center di NYU Langone Health, Amerika Serikat, Dr. Ben Neel mengatakan, kanker merupakan penyakit yang kompleks.

Sehingga, sangat kecil bahwa perusahaan ini telah menemukan obat kanker yang bisa menyembuhkan lebih dari satu infeksi.

"Lebih mungkin, klaim ini adalah satu lagi dari garis panjang janji palsu, tidak bertanggung jawab, dan kejam untuk pasien kanker," ujar Neel kepada The Post.

Kepala petugas medis American Cancer Society, Len Lichtenfeld mengatakan, harapan memang harus dibagikan, namun pengobatan efektif bagi kanker masih jauh. Apalagi untuk benar-benar menyembuhkan.

Selain itu, Lichtenfeld mengatakan bahwa para ilmuwan tersebut belum mempublikasikannya dalam literatur ilmiah.

"Jika kelompok ini baru memulai uji klinis, mereka mungkin memiliki beberapa eksperimen sulit ke depannya," tambah Lichtenfeld dalam sebuah blog.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Anak Krakatau Terus Bergetar

Posted: 30 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Bandarlampung - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyampaikan aktivitas Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung mengalami kegempaan tremor menerus sepanjang pengamatan hingga Kamis (31/01/2019) dini hari.

Berdasarkan laporan Windi Cahya Untung, Staf Kementerian ESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau periode pengamatan 30 Januari 2019, pukul 18.00 sampai dengan 24.00 WIB, Gunung Anak Krakatau mengalami kegempaan tremor menerus (microtremor) terekam dengan amplitudo 1-3 mm (dominan 1 mm).

Laporan lainnya, visual gunung kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Gunung api di dalam laut dengan kedalaman 110 meter dari permukaan laut (mdpl) dalam kondisi cuaca cerah dan berawan.

Angin bertiup lemah hingga kencang ke arah utara dan timur laut. Suhu udara 27-28 derajat Celsius, kelembapan udara 65-76 persen, dan tekanan udara 0-0 mmHg.

Kesimpulan tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau Level III (Siaga), sehingga direkomendasikan masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 5 kilometer dari kawah.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Presiden Bangun Infrastruktur Bukan Karena Hobi

Posted: 30 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjadi salah satu pembicara dalam DBS Asian Insights Conference yang digelar Bank DBS. Acara ini merupakan pertemuan tahunan yang mengumpulkan para pembuat kebijakan dan pakar ekonomi untuk berbagi ilmu.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani memaparkan pembangunan yang telah dilakukan pemerintah selama ini termasuk pembangunan infrastruktur. Pembangunan infrastruktur dilakukan secara masif bukan karena hobi.

"Presiden Jokowi melakukan investasi di infrastruktur bukan karena hobi tapi karena kebutuhan," ujar Sri Mulyani saat memberi paparan di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Dia melanjutkan, pembangunan infrastruktur ini juga dilakukan untuk menciptakan keadilan di seluruh nusantara. Sehingga, masyarakat di Jawa dan di luar Jawa memperoleh hak yang sama dalam menikmati pembangunan.

"Apakah orang yang tinggal di Sumatera seperti Pak Luhut masih kecil, di Toba tidak punya hak buat maju? Kualitas air yang baik juga harus dinikmati mereka yang tinggal di luar jawa. Itu program Presiden Jokowi yang terus kami lakukan," katanya.

Sri Mulyani melanjutkan, dalam beberapa belakangan ekonomi Indonesia terus dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal. Meski demikian, pemerintah terus fokus untuk melakukan pembangunan termasuk menurunkan tingkat kemiskinan.

"Tidak berarti ekonomi menghadapi tekanan kemudian give up. Justru saat seperti itu, akselerasi dan investment human capital terus dilakukan agar masyarakat miskin bisa diturunkan. Kami lakukan ini dengan menjaga kehati-hatian fiskal," tandasnya.

 Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdela.com

Menteri PUPR Akui 3 Program Infrastruktur Ini Sulit Tercapai di 2019

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M Basuki Hadimuljono. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memperkirakan ada tiga program pembangunan infrastruktur yang akan sulit tercapai pada 2019, yakni air minum, sanitasi dan perumahan.

"Dari 20 program di RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019) yang menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR, sebanyak 9 program akan tercapai, 8 dapat tercapai dengan kerja keras, sedangkan 3 program yang mungkin tidak akan tercapai," ungkap dia dalam keterangan tertulis, Kamis (31/1/2019).

Ketiga program yang akan sulit terpenuhi pada 2019 yakni program akses air minum layak dengan target 100 persen dengan capaian 2018 baru sekitar 72 persen. Sedangkan program akses sanitasi layak 100 persen saat ini capaiannya baru sekitar 62 persen.

Sementara program untuk mengatasi backlog perumahan di Indonesia berdasarkan konsep penghunian, pada 2015 mencapai 7,6 juta unit dan ditargetkan menjadi 5,4 juta unit pada 2019. Melalui Program Satu Juta Rumah, dalam 4 tahun (2015-2018) telah terbangun 3.542.318 unit rumah.

Lebih lanjut, Menteri Basuki turut menyampaikan capaian 4 tahun (2015-2018) pembangunan infrastruktur oleh Kementerian PUPR. Dalam meningkatkan konektivitas, target RPJMN yakni pembangunan jalan baru 2.650 km, realisasinya mampu melebihi target yakni 3.387 km.

Demikian halnya dalam pembangunan jembatan baru, dari target 29.859 m tercapai 41.107 m. Pembangunan jalan tol dari target 1.852 km tercapai 782 km.

"Konektivitas melalui pembangunan jalan tol insya Allah tercapai tahun 2019 ini, dengan akan selesainya Jalan Tol Bakauheuni-Terbanggi Besar-Kayu Agung-Palembang dengan panjang sekitar 350 km termasuk lanjutan Jalan Tol Trans Jawa hingga ke Banyuwangi. Kemudian Jalan Tol Manado- Bitung (39 km) serta Samarinda-Balikpapan (99 km). Mudah-mudahan bisa tercapai," ujar dia.

Untuk pemenuhan kebutuhan air baku dari target RPJMN sebesar 67,52 m3 per detik, hingga 2018 telah tercapai 22,24 m3 per detik dari target jaringan irigasi baru 1 juta ha tercapai 865.389 ha. Target sarana prasarana pengendali banjir, lahar dan pengaman pantai sepanjang 3.620 km telah tercapai 1.041 km. Selain itu juga telah dibangun 942 buah embung alami, dari target sebanyak 1.088 buah.

Dalam penyediaan infrastruktur dasar permukiman, pada tahun 2015–2018 Pemerintah telah berhasil meningkatkan akses air minum layak melalui pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan kapasitas total 21.449 liter per detik dari target RPJMN 34.319 liter per detik.

Penanganan kawasan kumuh perkotaan telah dilakukan pada 13.556 Ha hingga 2018 dari target sebesar 38.431 Ha. Untuk sanitasi dan persampahan, tahun 2015–2018, dilakukan pembangunan infrastruktur sanitasi dan persampahan yang memberi manfaat kepada 9,7 juta Kepala Keluarga (KK).

Di sektor perumahan, Kementerian PUPR dalam 4 tahun telah membangun rumah susun sebanyak 43.158 unit, rumah khusus 22.333 unit, rumah swadaya 494.169 unit, dan dukungan pembangunan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) bagi sebanyak 104.512 unit rumah MBR. "Untuk program satu juta rumah, pada tahun 2018 lalu capaiannya berhasil menembus angka lebih dari satu juta," tandas Basuki.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Kandidat Kapten Manchester United Pengganti Antonio Valencia

Posted: 30 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Ketika Michael Carrick pensiun pada akhir musim lalu, Manchester United harus menunjuk kapten baru. Ada beberapa kandidat yang mampu, tapi ban kapten jatuh ke tangan Antonio Valencia.

Valencia telah bergabung dengan Manchester United sejak musim panas 2009. Dia jadi pemain terlama di skuat Setan Merah sekarang.

Pilihan kepada pemain internasional Ekuador itu pun diterima secara luas, baik klub tim maupun suporter. Valencia dinilai menjadi bagian penting Manchester United hingga saat ini.

Namun, musim ini Valencia mulai kehilangan bentuk permainan terbaiknya. Manchester United berencana melepas pemain berusia 33 tahun itu akhir musim ini.

Manchester United pun mulai mempertimbangkan sederet pemain yang dinilai layak menjadi pengganti Valencia. Berikut 5 calon kapten masa depan MU versi Sportskeeda.

5. Chris Smalling

Bek Manchester United, Chris Smalling (kanan) kerap dipercaya menjadi kapten.  (AFP/Paul Ellis)

Chris Smalling salah satu pemain yang sudah lama berada di klub ini. Pemain asal Inggris juga bek paling berpengalaman di skuat Manchester United sekarang.

Smalling pernah menjadi kapten Manchester United sebanyak 14 kali pada musim 2016-2017. Dia bahkan menjadi kapten di final Piala Liga 2017 saat mengalahkan Sunderland.

Fakta itu sudah cukup sebagai pertimbangan menjadi calon kapten Manchester United. Hanya saja, penampilan Smalling tidak menjamin tempat permanen di tim utama Setan Merah.

4. Ashley Young

Bek sayap Manchester United, Ashley Young,  melakukan selebrasi setelah mencetak gol. (AP/Andrew Matthews).

Ashley Young bergabung dengan Manchester United dari Aston Villa pada Juni 2011. Dia sebelumnya bermain sebagai sayap kanan, tapi sekarang banyak diturunkan sebagai fullback.

Young telah memenangi trofi Premier League, Piala FA, Piala Liga, Community Shields, hingga Liga Europa. Itu bukti Young punya mental pemenang dan pantas jadi kapten baru Manchester United.

Musim ini sejak Ole Gunnar Solskjaer menangani Setan Merah, Young sudah enam kali menjadi kapten. Pengalaman Young bisa membuat dia jadi kapten permanen Manchester United selanjutnya.

3. Paul Pogba

Gelandang Manchester United, Paul Pogba. (AP/Martin Rickett)

Banyak yang bisa dilakukan Paul Pogba di lapangan. Pemain Timnas Prancis itu bisa bertahan, mampu menyerang, ahli menggiring bola, dan sanggup mencetak gol juga.

Pogba terus bersinar sejak Solskjaer ditunjuk sebagai pelatih sementara Manchester United menggantikan Jose Mourinho. Pogba menunjukkan kepemimpinan dari lini tengah.

Dia satu-satunya pemain yang membawa X- Factor ke tim Manchester United saat ini. Wajar jika Pogba jadi calon kuat kapten Manchester United berikutnya.

2. David De Gea

David De Gea selalu jadi andalan Manchester United di bawah mistar gawang. (AFP/Glyn Kirk)

David De Gea mungkin satu-satunya pemain di tim MU yang pantas memimpin di setiap pertandingan. Kiper asal Spanyol itu tampil fantastis musim ini.

Berbagai gelar juga telah diraih De Gea dengan seragam Manchester United. Dia pun menjadi incaran banyak klub besar, karena performa apiknya di bawah mistar gawang.

Dengan memberi De Gea ban kapten bisa jadi mengurangi hasratnya untuk meninggalkan Old Trafford. Penggemar Manchester United juga akan bangga jika De Gea menjadi kapten.

1. Ander Herrera

Gelandang Manchester United, Ander Herrera dicintai fans. (AFP/Cristof Stache)

Ander Herrera mendarat di Old Trafford pada musim panas 2014. Di lapangan, gelandang asal Spanyol ini bak binatang buas, tanpa kompromi menjegal lawan-lawannya.

Dia mencintai klub dan dicintai oleh pendukung Setan Merah. Sikap Ander Herrera mampu meningkatkan suasana hati rekan-rekan setim.

Kecerdasan di lapangan mendapat respek dari kawan maupun lawan. Ander Herrera juga bisa menularkan energinya ke tim dan sanggup pengatur ritme permainan. Itu sudah cukup menjadi syarat untuk menjadi kapten.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lihat Aksi BNN Sergap Truk Pembawa Ganja

Posted: 30 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta BNN dan Bea Cukai menyita ganja siap edar yang disembunyikan di mobil truk. Berat ganja diperkirakan capai 1.500 kilogram.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Risiko Banding, Ahmad Dhani Siap Jika Dihukum Lebih Berat

Posted: 30 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis Ahmad Dhani bersalah dengan menjatuhkan hukuman 18 bulan penjara atas kasus ujaran kebencian. Saat ini ia sedang menjalani masa tahanan di LP Cipinang.

Terkait hukuman ini, Ahmad Dhani melalui kuasa hukumnya, Hendarsam Marantoko, akan mengajukan banding ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Mereka berupaya mendapatkan keringanan hukuman.

"Iya kita banding besok (hari ini). Kita harus konsisten dengan pembelaan kita, karena banyak sekali pertimbangan hukum yang merugikan Ahmad Dhani dan dunia hukum kita," kata sang pengacara di DPP Partai Gerindra di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (30/1/2019).

"Kita punya kepentingan hukum yang lebih besar supaya kasus ini jangan jadi barometer untuk menghantam orang-orang yang enggak suka terhadap penista agama, terhadap koruptor," jelasnya.

Berisiko

Ahmad Dhani (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dengan memilih jalan banding, pihak Ahmad Dhani pun sudah siap menerima risiko terburuk. Termasuk, apabila hukuman yang dijatuhkan justru lebih berat dari vonis sebelumnya.

"Itu sudah jadi risiko di mana-mana suatu perlawanan terhadap rezim yang otoriter bahkan bisa lebih parah. Dari zaman kemerdekaan sudah biasa kok, pahlawan kita dilakukan penahanan," papar sang kuasa hukum.

Sudah Beradaptasi

Ahmad Dhani  (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lebih lanjut, setelah tiga hari hidup di balik jeruji besi, Ahmad Dhani rupanya sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya. Ahmad Dhani mampu menjalani hari-harinya dengan santai.

"Berjalan baik. Malah sama sekali saya tidak melihat ada perbedaan frekuensi dari sikap, dari kesehatan, dari raut muka, semuanya biasa-biasa banget," imbuh Hendarsam Marantoko.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melongok Persiapan Pembayaran Tol Berbasis SLFF

Posted: 30 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO) saat ini tengah melakukan uji coba penerapan sistem single-lane free flow (SLFF) di beberapa jalan tol di Indonesia.

Dengan sistem SLFF, pengguna jalan tol tidak perlu memperlambat laju kendaraan atau berhenti sejenak untuk bayar tol. Nantinya, akan ada alat yang menjadi media pembayaran elektronik yang dipasang pada tiap kendaraan.

Alat tersebut akan memancarkan sinyal yang dibaca alat penangkap signal di gardu tol, sehingga saat pengendara melewatinya, saldo akan otomatis terpotong.

Dalam hal ini JMTO mengembangkan uang elektronik (e-money) berbasis server yang terhubung dengan stiker RFID (Radio Frequency Identification) yang diberi nama FLO.

Untuk menggunakan FLO, pengguna jalan tol perlu membeli stiker RFID, di mana saldo transaksi pembayaran jalan tol dapat dimonitor melalui aplikasi FLO.

Sementara untuk melakukan pengisian saldo, pengguna dapat melakukan top up saldo FLO melalui ATM, e-banking serta mitra yang ditunjuk sebagai jalur distribusi dan top up.

"FLO merupakan salah satu bukti kesuksesan kami dalam membuat terobosan elektronifikasi jalan tol yang tingkat kesiapannya mendekati 100 persen. Sejak Desember 2018 lalu, kami telah melakukan uji coba terbatas di Jalan Tol Bali Mandara dengan menggandeng beberapa mitra," kata Septerianto Sanaf, Pimpinan Konsorsium Elektronifikasi Pembayaran SLFF (FLO) dalam keterangannya, Kamis (31/1/2019).

Septerianto berharap semakin banyak ruas-ruas jalan Tol di Indonesia yang menggunakan FLO, tidak terbatas hanya ruas-ruas yang dimiliki oleh Jasa Marga. 

Apa Itu Stiker RFID?

Uji coba pembayaran tol berbasis SLFF. Dok: JMTO

Stiker RFID sendiri merupakan alat sensor yang dipasang pada bagian depan kendaraan yang teregistrasi dengan aplikasi FLO. Adapun fitur yang terdapat di aplikasi FLO ini di antaranya seperti cek saldo, e-receipt (struk) serta riwayat transaksi pembayaran Tol.

Harga stiker RFID pun terbilang terjangkau sehingga ke depannya teknologi ini tidak akan memberatkan kantong para pengguna jalan tol.

Perbedaan mendasar antara FLO yang mengusung skema uang elektronik berbasis server dengan teknologi terdahulu yang menggunakan e-money berbasis chip, adalah payment processing berlangsung secara online dan real-time.

Dengan demikian langsung dapat memotong durasi transaksi yang terjadi di gerbang dan diharapkan dapat mengurangi jumlah antrean panjang.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Kembali Selidiki Kasus E-KTP

Posted: 30 Jan 2019 09:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan penyidikan kasus korupsi megaproyek e-KTP. KPK menjadwalkan pemeriksaan pensiunan Ditjen Dukcapil Kemendagri Teguh Widiyanto.

Teguh akan dimintai keterangan seputar kasus korupsi e-KTP yang menjerat politikus Partai Golkar Markus Nari.

"Saksi Teguh Widiyanto akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka MN (Markus Nari)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (31/1/2019).

Dalam perkara e-KTP ini KPK sudah mengantarkan tujuh orang ke dalam penjara.

Ketujuh orang tersebut dinilai hakim terbukti melakukan kerugian negara Rp 2,3 triliun dari proyek sebesar Rp 5,9 triliun.

Yakni mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto yang masing-masing 15 tahun penjara, mantan Ketua DPR Setya Novanto yang juga 15 tahun penjara, pengusaha Andi Narogong selama 13 tahun penjara, dan Anang Sugiana Sudihardjo seberat 6 tahun penjara.

Sedangkan Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Massagung masing-masing 10 tahun penjara. Sementara itu, politikus Partai Golkar Markus Nari masih menjalani proses penyidikan.

Penetapan Tersangka

KPK menetapkan Markus Nari sebagai tersangka dalam kasus e-KTP. Markus merupakan tersangka kelima dalam skandal megakorupsi ini.

"KPK menetapkan MN sebagai tersangka dalam kasus korupsi e-KTP," ujar Jubir KPK, Febri Diansyah, di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 19 Juli 2017.

Menurut dia, penyidik menduga Markus memperkaya diri sendiri atau orang lain. Oleh karena itu, penyidik mengenakan Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. 

Ini merupakan status tersangka kedua bagi Markus. Markus Nari diduga menekan mantan anggota Komisi II DPR Miryam‎ S Haryani agar memberikan keterangan tidak benar pada persidangan. Markus Nari juga diduga memengaruhi terdakwa Irman dan Sugiharto pada persidangan kasus e-KTP.

"Tersangka MN juga sebelumnya telah dikenakan Pasal 21 terkait kasus ini," kata Febri.

Atas perbuatannya, KPK menyangkakan Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana ‎Korupsi (Tipikor) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 kepada Markus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Jurus BNN Gagalkan Penyelundupan Ganja 1,5 Ton

Posted: 30 Jan 2019 09:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil mencegah peredaran ganja di dua tempat. Operasi penangkapan berlangsung di dua lokasi, yakni Bogor dan Bandara Soekarno Hatta.

Menurut Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari, operasi tersebut berjalan pada Rabu 30 Januari 2019 sekitar pukul 22.00 WIB. Tiga pelaku ditangkap dalam peristiwa ini.

Dari tangan ketiganya, BNN menyita barang bukti berupa narkoba jenis ganja yang diperkirakan seberat 1,5 ton. Jumlah ini didapat dari dalam truk yang dibawa pelaku.

Truk tersebut dihentikan oleh tim BNN yang sedang melakukan control delivery. Truk yang berangkat dari Aceh hingga Bogor ini didapati sedang membawa ganja.

Berikut fakta BNN gagalkan penyelundupan ganja yang dihimpun Liputan6.com:

 

1. Pengendali dari Napi

Barang bukti berupa 1,5 ton ganja dengan nilai total Rp.17 M diperlihatkan Bareskrim saat rilis pengungkapan jaringan Narkotika sindikat Aceh-Jakarta-Bali di Jakarta, Senin (28/12/2015). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Ganja itu diantar kurir yang dikendalikan seorang narapidana narkotika di Lembaga Permasyarakatan Kebon Waru, Bandung. Hal tersebut diutarakan Arman.

"Total yang diamankan saat ini ada 3 orang, nanti akan menyusul karena ada keterkaitan dari tersangka lain di LP Bandung," ujar Arman.

Berdasarkan pengakuan salah satu kurir, Arman mengatakan bahwa kurir tersebut mendapat upah Rp 50 per kilogramnya. Karena tergiur, pengendali truk akhirnya menerima pekerjaan tersebut.

"Karena tergiur upahnya," ujar kurir yang pernah dibui karena kasus norkotika.

 

2. Truk Hasil Modifikasi

Barang bukti berupa 1,5 ton ganja dengan nilai total Rp.17 M diperlihatkan Bareskrim saat rilis pengungkapan jaringan Narkotika sindikat Aceh-Jakarta-Bali di Jakarta, Senin (28/12/2015). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Truk yang membawa ganja seberat 1,5 ton ditengarai merupakan hasil modifikasi. Hal itu diutarakan Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari.

Kendaraan tersebut dirancang seolah menjadi angkutan berpendingin. Ganja kemudian disembunyikan di dasar truk yang dibuatkan kompartemen khusus dengan ditutup plat besi.

Dengan alat itu, kata Arman, truk terlihat seperti tidak berisi. "Tetapi di bawahnya dibuat kompartemen khusus dengan plat baja. Sehingga kalau dibuka atau diperiksa seolah-olah kendaraan ini kosong," ujarnya.

Kendati, BNN sempat memeriksa truk tersebut sebanyak tiga kali, namun tak mendapat hasil apapun.

 

 

3. Mengerahkan Anjing Pelacak

Bareskrim menggelar rilis pengungkapan jaringan Narkotika sindikat Aceh-Jakarta-Bali di Jakarta, Senin (28/12/2015). Bareskrim berhasil amankan 3 kg sabu, 14.000 butir ekstasi, dan 1,5 ton ganja dengan nilai total Rp.17 M(Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Setelah empat kali truk tersebut diperiksa, akhirnya tim BNN mengerahkan anjing pelacak untuk mengidentifikasi di bagian dasar truk. Hasilnya, juga terdapat narkotika di sana.

"Tadi petugas juga sempat kesulitan menemukannya, setelah kami datangkan anjing pelacak BNN baru bisa identifikasi dibagian dasar truk ini ada narkotika," beber Arman.

Reporter: Rifqi Aufal Sutisna

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mantan Dirut Pertamina Karen Agustiawan Jalani Sidang Dakwaan

Posted: 30 Jan 2019 09:47 PM PST

Mantan Dirut PT Pertamina (Persero), Karen G Agustiawan saat menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor, Jakarta, (31/1). Karen disangka terlibat dugaan korupsi investasi perusahaan di Blok BMG Australia tahun 2009. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan Dirut PT Pertamina (Persero), Karen G Agustiawan saat menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor, Jakarta, (31/1). Karen disangka terlibat dugaan korupsi investasi perusahaan di Blok BMG Australia tahun 2009. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan Dirut PT Pertamina (Persero), Karen G Agustiawan usai menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor, Jakarta, (31/1). Karen disangka terlibat dugaan korupsi investasi perusahaan di Blok BMG Australia tahun 2009. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan Dirut PT Pertamina (Persero), Karen G Agustiawan usai menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor, Jakarta, (31/1). Karen disangka terlibat dugaan korupsi investasi perusahaan di Blok BMG Australia tahun 2009. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan Dirut PT Pertamina (Persero), Karen G Agustiawan usai menjalani sidang perdana sebagai terdakwa di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (31/1). Sidang beragendakan pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan Dirut PT Pertamina (Persero), Karen G Agustiawan usai menjalani sidang perdana sebagai terdakwa di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (31/1). Sidang beragendakan pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan Dirut PT Pertamina (Persero), Karen G Agustiawan usai menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor, Jakarta, (31/1). Karen disangka terlibat dugaan korupsi investasi perusahaan di Blok BMG Australia tahun 2009. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan Dirut PT Pertamina (Persero), Karen G Agustiawan usai menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor, Jakarta, (31/1). Karen disangka terlibat dugaan korupsi investasi perusahaan di Blok BMG Australia tahun 2009. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan Dirut PT Pertamina (Persero), Karen G Agustiawan usai menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor, Jakarta, (31/1). Karen disangka terlibat dugaan korupsi investasi perusahaan di Blok BMG Australia tahun 2009. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan Dirut PT Pertamina (Persero), Karen G Agustiawan usai menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor, Jakarta, (31/1). Karen disangka terlibat dugaan korupsi investasi perusahaan di Blok BMG Australia tahun 2009. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Mulai Olah Minyak Sawit Jadi Avtur Ramah Lingkungan

Posted: 30 Jan 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) dan perusahaan minyak dan gas (migas) asal Italia Eni,  memperkuat kerja sama dalam pengembangan green refinery di Indonesia, serta term sheet CPO processing di Italia.

Atas proses ini, perusahaan memulai pengolahan minyak sawit menjadi green diesel dan green avtur.

Direktur Pengolahan PT Pertamina, Budi Santoso Syarif mengatakan, Pertamina perlu bekerjasama dengan perusahaan migas dunia, yang sudah berpengalaman dalam pengembangan energi ramah lingkungan (green energy) untuk memproses minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/ CPO )100 persen menjadi green diesel maupun green avtur. 

"Hal inilah yang melandasi kerja sama antara Pertamina dengan Eni. Eni memiliki keahlian di bidang teknologi Biorefineries di Italia dan bersama UOP memili linsensi teknologi Ecofining™," kata Budi, di Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Term Sheet CPO Processing dan Head of Joint Venture antara Pertamina dan Enu.

Dia menuturkan, hal tersebut adalah tonggak penting bagi pengembangan energi masa depan Indonesia yang akan mengurangi penggunaan energi fosil.

Kerja sama untuk memaksimalkan potensi sumber daya alam terbarukan dalam negeri ini, juga  merupakan upaya Pertamina untuk mengurangi impor minyak mentah demi kemandirian energi nasional. 

"Indonesia memiliki sumber green energy yakni minyak kelapa sawit yang melimpah. Ini bisa menjadi potensi besar bagi Indonesia ke depannya," ujar Budi.

Kesepakatan ini merupakan lanjutan dari nota kesepahaman kerja sama yang telah ditandatangani Pertamina dengan Eni pada September 2018 serta penandatangan kesepakatan lanjutan pada Desember 2018. 

CPO Processing Agreement ini mengawali upaya Pertamina untuk melakukan Processing CPO di kilang Eni di Itali, yang sudah berpengalaman sejak tahun 2014 untuk menghasilkan Hydrotreated Vegetable Oil (HVO)  sebagai campuran Diesel Fuel.

Pertamina dan ENI juga akan melanjutkan diskusi tentang potensi pembangunan green refinery di Indonesia untuk memproduksi HVO di Indonesia. 

"Pertamina saat ini juga telah berhasil mengolah CPO dengan co-processing di refinery dengan pilot project di Kilang Plaju, Sumatera Selatan yang beroperasi pada Desember 2018. Kilang ini menghasilkan green fuel, green LPG dan green avtur dengan pemanfaatan CPO hingga 7,5 persen," papar Budi.

Kesepakatan lainnya, yaitu  terkait circular economy, low carbon products dan renewable energy ditandatangani oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan CEO Eni Claudio Descalzi dengan disaksikan oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan.

"Pertamina juga akan terus memaksimalkan sumber daya terbarukan lainnya seperti pemanfaatan Algae untuk memenuhi permintaan energi yang terus meningkat, baik secara domestik maupun global serta pengendalian emisi CO2," kata dia.

 

Pertamina Incar Beli 30 Ribu Barel Minyak Mentah Blok Cepu

Ilustrasi tambang migas  (iStockPhoto)

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) terus melakukan negosiasi untuk meningkatkan penyerapan minyak bagian Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS). Negosiasi antara lain dilakukan kepada Exxon Mobile Limited selaku operator Blok Cepu.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengatakan, dari‎ seluruh produksi minyak Blok Cepu di atas 200 ribu barel per hari (bph), 180 ribu antaranya sudah dipasok ke dalam negeri.

Namun masih ada 30 ribu bph yang belum dijual ke dalam negeri."180 ribuan sekian sudah ke domestik kan," kata Djoko, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 16 Januari 2019.

Menurut Djoko, saat ini sedang dilakukan negosiasi, agar 30 ribu bph minyak dari Blok Cepu yang sebelumnya diekspor, dapat dibeli Pertamina untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. "Tinggal 30 ribu kan lagi negosiasi. Siapa bilang batal," tutur Djoko.

Penjualan minyak bagian KKKS ke [Pertamina]( 3867699 "") diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 42 Tahun 2018 Tentang Prioritas Pemanfaatan Minyak Bumi Untuk Pemenuhan Kebutuhan Dalam Negeri yang mulai berlaku pada 5 September 2018.

Pertamina telah sepakat melakukan pembelian minyak bagian PT Chevron Pacific Indonesia dari Blok Rokan sebanyak 2,5 juta barel per bulan.

Pertamina juga telah melakukan kesepakatan dengan KKKS lainnya seperti ; RH Petrogas Limited, PT SPR Langgak, PetroChina International Jabung Ltd, PT Bumi Siak Pusako, SAKA Pangkah Indonesia Ltd, PT Energi Mega Persada Tonga, Petronas Carigali Ketapang I Ltd, Husky CNOOC Madura Ltd dan PT Energi Mega Persada Tbk.

Seluruh upaya ini dapat mengurangi import minyak mentah dan kondensat sekitar 115.000 barrels per hari dan diharapkan dapat mengurangi pembelian impor menjadi 250 ribu barel per hari.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sederet Kemesraan Saphira Indah dan Suami Sebelum Meninggal Saat Hamil 6 Bulan

Posted: 30 Jan 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Saphira Indah meninggal dunia pada Rabu malam, 30 Januari 2019. Kabar duka cita itu bertambah karena saat meninggal, ia sedang mengandung 6 bulan.

Kepergian pemeran Uni dalam film Eiffel I'm In Love itu mengejutkan banyak pihak, termasuk sang suami Rico Hidros yang akrab disapa Ai. Pasalnya, Saphira awalnya hanya mengeluhkan sesak napas yang belakangan diketahui merupakan sakit paru-paru.

Janin yang dikandung Saphira diketahui merupakan anak pertama pasangan itu setelah menikah pada 17 Mei 2015 lalu. Saat merayakan hari jadi pernikahan ke-3, perempuan kelahiran 26 Juli 1986 itu sempat mengungkapkan harapannya untuk memiliki momongan.

"Semoga kita selalu di Berkahi di Rahmati dan di Lindungan Allah SWT. Di berikan momongan, langgeng sampai maut memisahkan. Barakallah.. Amin YRA," tulisnya dalam akun Instagram @saphira_indah, pada 17 Mei 2018.

 

 

 

Saphira Indah merayakan ulang tahun bersama sang suami. (dok. Instagram @saphira_indah/https://www.instagram.com/p/BlrzS2VnXPR/Dinny Mutiah)

Saphira cukup sering mengunggah momen kebersamaan dengan suami di media sosial. Selain potret mereka mengenakan baju pengantin ungu, ada pula unggahan Saphira saat berulang tahun ke-32.

Saat itu, ia dan Ai kompak mengenakan celana jins. Terlihat balon warna-warna dan angka 32 menghiasi latar belakang foto ulang tahun Saphira.

"Alhamdulillah Ya Allah...Makasih suamiku sayang, makasih mamaku, bapakku, adikku, kakakku dan keluarga daeng kancing family buat suprisee dan doanya. I love u all.. Barakallah.." tulisnya saat dikecup manis sang suami.

Lengket Saat Hamil

Saphira Indah dan suami baru saja menyelenggarakan syukuran hamil ke-4 bulan. (dok. Instagram @saphira_indah/https://www.instagram.com/p/BrcEPBABJWN/Dinny Mutiah)

Momen kemesraan Saphira dan suami terus berlanjut saat ia menggelar pengajian untuk mendoakan kehamilan Saphira yang menginjak bulan ke-4. Sama-sama berbaju putih, pasangan itu mengumbar senyum bahagia.

"Alhamdulillah Ya Allah acara tasyakuran 4 bulanan berjalan lancar, semoga Allah kabul Aminn ya Allah. Makasih buat suamiku,orang tua, sahabat, dan sodara2ku atas support dan kehadirannya," tulisnya.

 

Saphira Indah berwisata bersama suami pada awal tahun 2019. (dok. Instagram @saphira_indah/https://www.instagram.com/p/BsKlac0hlAo/Dinny Mutiah)

Unggahan kebersamaan terakhir keduanya adalah saat mereka berlibur bersama keluarga. Saphira yang mengenakan gaun panjang berbalut jaket hitam bersender pada sang suami yang mengenakan bomber jaket.

Tak dijelaskan di mana lokasi mereka berlibur, tetapi dari roda kayu besar yang menjadi latar foto, tempat itu diperkirakan adalah Maribaya Resort yang berlokasi di Bandung selatan.

"Yaa Allah...Semoga di tahun ini Engkau jadikan hamba-MU ini pribadi yang semakin baik dari sebelumnnya dalam segala hal yang sifatnya baik. Engkau senantiasa memberikan kesehatan, keselamatan, kemudahan dan keberuntungan kepada hamba dan juga keluarga hamba. Amin," tulisnya pada 3 Januari 2019.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Ragu Sebar Sketsa Wajah Terduga Pembunuh Siswi SMK di Bogor

Posted: 30 Jan 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Bogor - Masih ingat kasus pembunuhan Andriana Yubelia Noven Cahya, siswi SMK Baranangsiang Bogor. Hingga saat ini polisi belum menemukan siapa sosok pria yang membunuh siswi kelas XII ini.

Sketsa wajah pelaku sudah dibuat berdasarkan hasil keterangan saksi dan rekaman CCTV yang didapat dari tempat kejadian perkara. Namun, polisi belum berani menyebarkannya ke publik.

"Foto profil wajah pelaku sudah jadi sebenarnya, tapi kita harus membandingkan lagi dengan saksi dan CCTV supaya jangan sampai salah. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa dirilis," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Henri Fiuser, Kamis (31/1/2019).

Namun begitu, polisi sudah memiliki sedikit gambaran terhadap ciri-ciri wajah pelaku pembunuhan Noven. Adapun ciri-ciri pelakunya, yakni berbadan kurus, tinggi badan sekitar 168 cm, kulit sawo matang, rambut sedikit bergelombang. Saat membunuh pelaku mengenakan kaus jersey Inter Milan dan celana panjang warna hitam.

"Ciri-ciri pelaku itu berdasarkan hasil keterangan saksi dan memadukannya dengan gambar yang ada di rekaman CCTV," ujar Hendri.

Hendri mengakui ada kendala dalam pengungkapan kasus pembunuhan gadis berusia 18 tahun yang terjadi pada Selasa (8/1/2019) sore itu. Tidak ada satu pun saksi yang melihat, mendengar, dan menyaksikan pembunuhan sadis tersebut.

"Saksi yang dikategorikan dalam KUHP seperti melihat, mendengar, dan menyaksikan itu tidak ada. Ada 29 saksi yang sudah diperiksa itu di luar TKP. Teman dan tempat tinggal korban," terang Hendri.

 

Terjadi di Samping Kosan

Sebelumnya, Andriana Yubelia Noven Cahya (18), siswi SMK Baranangsiang Bogor dibunuh seorang pria tak dikenal di gang samping kosannya Jalan Riau, Kelurahan Baranangsiang, Kota Bogor pada Selasa (8/1/2019) sore.

Siswi kelas XII jurusan tata busana ini meregang nyawa akibat luka tusukan senjata tajam di bagian dada sebelah kiri.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manis Banget, Cara Suami Istri Rayakan Ulang Tahun Ini Bikin Baper

Posted: 30 Jan 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Merayakan ulang tahun bersama pasangan merupakan hal yang sudah biasa. Namun, gimana jadinya jika dirayakan dengan tak biasa? Seperti pasangan suami istri dari Malaysia yang merayakan ulang tahun dengan cara bermain game ala anak muda.

Momen perayaan ulang tahun itu diabadikan dalam video pendek oleh akun Twitter bernama @mememuhammad dan dibagikan pada 27 Januari 2019 lalu.

Postingan warganet asal Malaysia ini sontak menjadi viral karena mengunggah video perayaan ulang tahun ibunya dengan cara yang tak biasa.

Rayakan ulang tahun dengan game seru

Pada perayaan tersebut suami istri bermain game "Pie Face Showdown". Di mana mereka beradu kecepatan agar tidak terkena lemparan kue. Sayangnya pada akhir permainan istri kalah dari sang suami dan disambut dengan gelak tawa dari suami.

Viral dan menyedot perhatian warganet

Video momen manis ini telah mendapatkan 50.900 retweet dan 47.907 like dan menjadi perbincangan hangat di lini masa twitter.

Sejumlah warganet pun turut mengungkapkan betapa manisnya momen itu, dan turut mendoakan kebahagiaan sepasang suami istri tersebut.

Bahkan, dalam akun Twitter @Niscr7 berharap agar memiliki hubungan seperti suami sitri tersebut. Dalam twitnya ia berkata, "Aku berdoa untuk memiliki hubungan seperti ini. Sampai tua & bahagia bersama sehingga aku bisa melupakan semua patah hati yang aku alami."

Mendapat respons yang positif dari warganet, akun @mememuhammad pun mengucapkan terima kasih dan juga mendoakan warganet. "Terima kasih atas kasih dan harapan hangat untuk orang tua saya dan keluarga kami. Tuhan memberkati kalian semua "

Permainan ini juga bisa kamu coba bersama pasangan nih, pasti akan menjadi momen perayaan ulang tahun yang tak terlupakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prarekonstruksi Ungkap Latar Belakang Pembunuhan Bayi di Tangan Pengasuh Tua

Posted: 30 Jan 2019 09:43 PM PST

Patroli Indosiar, Depok - Seorang wanita paruh baya menganiaya bayi 3 bulan yang diasuhnya hingga meninggal dunia. Latar belakang pembunuhan terungkap saat petugas Polresta Depok menggelar pra-rekonstruksi di lolasi kejadian di Pancoran Mas, Depok.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (31/1/2019), Romlah (66) melakukan penganiayaan saat orangtua korban berangkat kerja. 

Diduga kesal lantaran korban terus menerus menangis, tersangka memasukan botol susu ke dalam mulut hingga sang bayi tewas karena kehabisan oksigen.  

"Korban meninggal akibat adanya benda tumpul yang masuk ke mulut dan mengakibatkan terhambatnya aliran nafas," ujar Kapolresta Depok Kombes Pol Didik Sugiarto.  

Dokter Adi, yang dihadirkan polisi mengungkapkan, saat sejumlah warga membawa tubuh korban ke rumahnya, terdapat luka lebam dan memar di bagian wajah dan lehernya.  

Sementara itu, kuasa hukum tersangka mengatakan penganiayaan yang dilakukan pelaku tidak direncanakan dan bersifat spontan lantaran korban terus menangis. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

The Fed Tahan Bunga Acuan, RupiahTembus 13.985 per Dolar AS

Posted: 30 Jan 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Kamis ini. Rupiah mampu menguat hingga di bawah 14.000 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Kamis (31/1/2019), rupiah dibuka di angka 14.040 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.131 per dolar AS. Pada perdagangan siang, rupiah mampu menguat ke 13.985 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 13.985 per dolar AS hingga 14.079 per dolar AS. Jika dihitung sejak wal tahun, rupiah mampu menguat 2,5 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.072 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.112 per dolar AS.

Analis Samuel Sekuritas Ahmad Mikail mengatakan, nilai tukar rupiah bergerak menguat pasca kebijakan moneter bank sentral AS atau the Federal Reserve (the Fed) yang mempertahankan suku bunga acuan.

"Rupiah menguat hari ini pasca ditahannya tingkat suku bunga AS tersebut," ujar Ahmad dikutip dari Antara.

Menurut Ahmad, dolar AS kemungkinan bergerak melemah terhadap hampir seluruh mata uang utama dunia lainya pasca ditahannya tingkat suku bunga acuan Fed atau Fed Fund Rate (FFR) di level 2,25-2,5 persen tadi malam.

Pidato Gubernur Fed Jerome Powell yang menyatakan bahwa the Fed akan lebih bersabar dalam menaikan tingkat suku bunga tahun ini akibat proyeksi pertumbuhan ekonomi AS yang kurang bagus disebabkan berbagai ketidakpastian yang terjadi di dalam negeri maupun luar negeri AS.

Kebijakan tersebut, selain mendorong pelemahan dolar AS juga menekan imbal hasil (yield) surat utang pemerintah AS atau US Treasury Bills yang turun 4 basis poin kemarin.

"Selain itu, yield SUN yang cukup atraktif diperkirakan masih akan mendorong investasi portofolio asing masuk ke pasar obligasi dan memperkuat rupiah," kata Ahmad.

BI Yakin Rupiah Bakal Menguat Sepanjang 2019

Teller tengah menghitung mata uang rupiah dan dolar di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (10/1). Hingga hari ini, US$ 1 dibanderol Rp 14.020. Rupiah menguat 0,71% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo optimistis, nilai tukar rupiah akan terus perkasa sepanjang 2019.

"Kami melihat bahwa nilai tukar rupiah ke depannya akan stabil dan cenderung menguat," kata Perry dalam paparan KSSK, di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa 29 Januari 2019.

Perry menuturkan, ada empat faktor yang akan mendorong tren penguatan nilai tukar tersebut. Salah satu adalah ketidakpastian ekonomi global yang kian menurun pada 2019. 

Selain itu, The Federal Reserve (the Fed) atau bank sentral AS dipastikan tidak akan seagresif tahun lalu untuk mengerek suku bunga acuannya. 

"Karena kenaikan suku bunga The Fed hanya dua kali (tahun ini), sehingga laju kenaikannya lebih rendah dari tahun sebelumnya," ujar dia. 

Faktor kedua adalah tingkat kepercayaan investor terhadap kondisi ekonomi domestik di tanah air akan terus seiring derasnya aliran masuk modal asing yang sudah dimulai sejak kuartal akhir 2018.

Faktor selanjutnya adalah fundamental ekonomi Indonesia yang diklaim semakin kuat ditandai angka pertumbuhan ekonomi yang baik, tingkat inflasi rendah, dan defisit anggaran yang lebih rendah dari target.

"Terakhir, mekanisme pasar yang lebih baik akan mendukung stabilitas nilai tukar pada 2019," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tato Baru Ariana Salah Ejaan, Artinya Bikin Ngakak

Posted: 30 Jan 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Niat hati Ariana Grande adalah mengabadikan lagu terbarunya, "7 Rings", dengan cara yang unik dan keren. Ia membuat tato bertuliskan judul lagu ini dengan huruf Kanji di telapak tangan kanannya.

Tapi yang terjadi, Ariana Grande justru salah mengeja aksara Jepang ini, sehingga membuat arti tatonya ini melenceng jauh.

Dilansir dari Cosmopolitan, Kamis (31/1/2019), tato berbunyi shichirin ini bukan bermakna '7 Rings', melainkan panggangan daging. Tak heran, banyak warganet yang lantas menertawakan kekeliruan ini. 

"Coba bayangkan kamu punya tato yang tulisannya panggangan daging," tutur seorang pengguna Twitter. 

Yang makin membuat malu, Ariana Grande sempat mengunggah foto tato ini di Instagram. Namun setelah banyak followers-nya yang memperingatkan, Ariana langsung menghapus unggahan ini. 

 

Salah Eja

Foto tato Ariana Grande yang diunggah kembali oleh penggemar. (Twitter/ ArianaToday)

Namun tak lama kemudian, Ariana Grande mengakui bahwa ada kesalahan ejaan dalam tatonya. "Benar, aku kurang (karakter) yang seharusnya ada di sini. Ini sakit banget dan masih terlihat kencang. Aku tak bakal kuat (ditato) satu simbol lagi," tuturnya. 

Namun setidaknya, kulit di telapak tangan mudah mengelupas. Alhasil, Ariana Grande berencana memperbaiki kesalahan ini. "Titik ini mengelupas banyak banget dan tak akan bertahan lama, sehingga kalau aku kangen banget, aku akan menahan seluruh (rasa sakit ditato) ini nanti," kata Ariana Grande.

Minta Maaf

Ariana Grande. (AFP/Bintang.com)

Pelantun "Thank U, Next" ini juga mengungkap permohonan maaf. "Aku minta maaf dan mengoreksinya malam ini. Terima kasih atas bantuan kalian. Aku tak tahu apa lagi yang harus kukatakan. Maaf bila aku menyinggung seseorang," tuturnya.

(Tantri Dwi Rahmawati/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Pemain Bola Bahrain Layangkan Surat kepada PM Thailand

Posted: 30 Jan 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Bangkok - Istri Hakeem Al-Arabi, pemain bola asal Bahrain yang ditahan di Bangkok, mengirimkan surat kepada Perdana Menteri Thailand. Ia memohon bantuan Prayut Chan-o-Cha yang telah berkuasa sejak 2014 tersebut untuk membebaskan suaminya.

Hakeem Al-Araibi tengah berbulan madu, dan baru saja mendarat di Bangkok ketika otoritas Thailand menahannya pada bulan Desember lalu. Demikian sebagaimana dikutip dari ABC Indonesia pada Rabu (30/1/2019).

"Kami bepergian bersama dan sangat bersemangat untuk segera tiba di Thailand, namun ternyata hanya untuk bertemu dengan penjara serta ancaman bahwa suami saya akan dikirim kembali ke Bahrain di mana hidupnya akan dalam bahaya," tulis istri Al-Arabi kepada Jenderal Prayut Chan-o-Cha, yang telah memerintah Thailand sejak kudeta militer pada tahun 2014.

Setelah menemani Al-Arabi selama tiga hari di bandara dan beberapa hari selanjutnya di kantor imigrasi, sang istri pergi ke Australia demi keselamatannya sendiri. Sementara suaminya dikirim ke penjara yang penuh sesak di Remand, Bangkok.

Pada Selasa (29/1/2019), Bahrain mengajukan permintaan ekstradisi resmi dengan Thailand, meskipun Al-Araibi berstatus pengungsi di Australia. Ia juga sangat takut akan disiksa jika kembali ke negaranya.

"Masa depannya ada di tangan Anda... tolong bantu suami saya pulang," pinta sang istri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

PM Thailand Ajak Australia dan Bahrain Berdialog

Bendera negara Australia - AFP

Pada Selasa (19/1/2019), Perdana Menteri Prayut memberikan komentar pertamanya tentang kasus ini. Dirinya mengatakan bahwa penyelesaian akan dinegosiasikan.

"Saya memahami keprihatinan semua pihak, kami sedang dalam proses mencari solusi," kata Prayut.

PM Thailand memiliki kekuatan yang signifikan, khususnya dengan adanya Pasal 44, yang juga dikenal sebagai hukum diktator.

Menteri Luar Negeri Thailand menekankan perlunya dialog antara negara-negara yang berkepentingan terhadap kasus yang menjerat pemain berusia 25 tahun itu.

"Apa yang saya lihat sebagai cara yang paling tepat [solusi dari masalah ini] adalah Australia dan Bahrain memulai dialog [tentang kasus ini]," kata Menteri Luar Negeri Don Pramudwinai.

"Thailand telah memberi tahu dua negara bahwa mereka masih memiliki hubungan baik, mari berdialog untuk mencari solusi terbaik."

Al-Araibi sendiri ditahan atas dasar pemberitahuan interpol yang dikeluarkan atas permintaan Bahrain.

Dikatakan dia diadili dalam persidangan in absentia pada 2014 dan divonis 10 tahun penjara karena diduga merusak kantor polisi, meskipun hal itu dibantah Al-Arabi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Thailand Kerahkan Drone untuk Perangi Polusi Udara

Posted: 30 Jan 2019 09:32 PM PST

Seorang relawan untuk Bangkok Metropolitan Administration (BMA) mengisi ulang drone penghasil hujan yang menaburkan awan guna menurunkan hujan buatan selama demontrasi di ibu kota Thailand, Kamis (31/1). (Jewel SAMAD/AFP)

Seorang relawan untuk Bangkok Metropolitan Administration (BMA) mengisi ulang drone penghasil hujan yang menaburkan awan guna menurunkan hujan buatan selama demontrasi di ibu kota Thailand, Kamis (31/1). (Jewel SAMAD/AFP)

Relawan Administrasi Metropolitan Bangkok (BMA) menerbangkan drone untuk menurunkan hujan buatan pada demontrasi, Kamis (31/1). Thailand mengerahkan drone untuk menyemprotkan air dalam memerangi polusi udara di Ibu Kota yang makin parah. (Jewel SAMAD/AFP)

Relawan Administrasi Metropolitan Bangkok (BMA) menerbangkan drone untuk menurunkan hujan buatan pada demontrasi, Kamis (31/1). Thailand mengerahkan drone untuk menyemprotkan air dalam memerangi polusi udara di Ibu Kota yang makin parah. (Jewel SAMAD/AFP)

Relawan Administrasi Metropolitan Bangkok (BMA) menerbangkan drone untuk menurunkan hujan buatan pada demontrasi, Kamis (31/1). Thailand mengerahkan drone untuk menyemprotkan air dalam memerangi polusi udara di Ibu Kota yang makin parah. (Jewel SAMAD/AFP)

Relawan Administrasi Metropolitan Bangkok (BMA) menerbangkan drone untuk menurunkan hujan buatan pada demontrasi, Kamis (31/1). Thailand mengerahkan drone untuk menyemprotkan air dalam memerangi polusi udara di Ibu Kota yang makin parah. (Jewel SAMAD/AFP)

Dua relawan membawa drone untuk menurunkan hujan buatan selama demontrasi di Bangkok, Kamis (31/1). Operasi pengurangan polusi udara dilakukan dengan menggunakan drone untuk menurunkan hujan buatan dengan cara menyemprotkan bahan kimia. (Jewel SAMAD/AFP)

Dua relawan membawa drone untuk menurunkan hujan buatan selama demontrasi di Bangkok, Kamis (31/1). Operasi pengurangan polusi udara dilakukan dengan menggunakan drone untuk menurunkan hujan buatan dengan cara menyemprotkan bahan kimia. (Jewel SAMAD/AFP)

Petugas Administrasi Metropolitan Bangkok (BMA) melihat demonstrasi drone untuk menurunkan hujan buatan, Kamis (31/1). Thailand mengerahkan drone untuk menyemprotkan air dalam membantu memerangi polusi udara di Ibu Kota yang makin parah. (Jewel SAMAD/AFP)

Petugas Administrasi Metropolitan Bangkok (BMA) melihat demonstrasi drone untuk menurunkan hujan buatan, Kamis (31/1). Thailand mengerahkan drone untuk menyemprotkan air dalam membantu memerangi polusi udara di Ibu Kota yang makin parah. (Jewel SAMAD/AFP)

Sebuah drone untuk menurunkan hujan buatan terbang saat demontrasi di Bangkok, Kamis (31/1). Thailand melakukan operasi pengurangan polusi udara dengan menggunakan drone untuk menurunkan hujan buatan dengan cara menyemprotkan bahan kimia (Jewel SAMAD/AFP)

Sebuah drone untuk menurunkan hujan buatan terbang saat demontrasi di Bangkok, Kamis (31/1). Thailand melakukan operasi pengurangan polusi udara dengan menggunakan drone untuk menurunkan hujan buatan dengan cara menyemprotkan bahan kimia (Jewel SAMAD/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Menu Diet Titi Wati, dari Bubur Cair hingga Telur Rebus

Posted: 30 Jan 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Palangka Raya - Seperti hari-hari sebelumnya, Kamis (31/1/2019) pagi, Titi Wati tampak sudah rapi dan berdandan. Perempuan penderita obesitas yang memiliki berat 350 kilogram itu terlihat segar dengan riasan eye shadow dan bedak tipis yang menyapu seluruh wajahnya. Rupanya pagi itu, ia baru saja mandi dan bersiap untuk sarapan pagi.

Ditemani sang suami dan Herlina (16) anak semata wayangnya, Titi Wati tampak asyik melakukan panggilan video dengan sejumlah wartawan.

Pagi itu, Herlina tengah menyiapkan menu sarapan untuk sang ibunda. Namun, jangan bayangkan makanan yang hendak disantapnya ini adalah makanan lezat dan dalam porsi besar.

"Selama dua bulan menu makan sudah diatur oleh dokter dan mama harus mematuhinya," ujar Herlina.

Menurut gadis yang putus sekolah saat berada di Sekolah Menegah Pertama (SMP) karena harus menjaga sang ibunda itu, pihak RSUD Dorrys Sylvanus sudah memberikan jadwal menu yang harus dimakan Titi Wati selama kurun waktu dua bulan (Januari-Febuari 1019).

"Katanya nanti setelah bulan Febuari menunya akan berganti lagi," ujarnya.

 

Patuh terhadap Pola Diet

Titi Wati di rumah setelah operasi pengecilan lambung. (Liputan6.com/Rajana K)

Menurut gadis yang bercita-cita jadi pengusaha itu, untuk menu diet yang sudah ditentukan bagi ibunya yakni makan pagi yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, hanya berupa dua biji telur orak arik ditambah air putih 100 miligram dan minum yogurt setengah botol isi 500 gram.

Kemudian untuk makan siangnya berupa 2 sendok bubur cair dan 80 gram ikan gabus yang direbus. "Untuk makan malam menunya sama dengan makan siang," terangnya.

Herlina menambahkan, semua bahan makanan yang dikonsumsi ibunya seperti telur, yogurt, ataupun obat-obatan dan lainnya disediakan pihak rumah sakit secara gratis.

Titi Wati, dia melanjutkan, saat ini dia memang tidak pernah melanggar pola diet yang diterapkan oleh dokter karena memang keinginannya untuk sembuh sangat kuat. Ia mengaku usai operasi, dia tak bisa makan banyak seperti yang dilakukannya sebelum operasi.

"Sekarang ini saya minum dua teguk air putih saja rasanya perut saya seperti begah," ujar Titi Wati.

Ia mengaku saat ini sejumlah bagian tubuhnya seperti tangan atau pangkal paha sudah mulai menyusut. "Tangan saya saat ini juga kelihatan menggelembir kulitnya," ujar Titi Wati sambil menunjukkan kulit pada tangannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Aplikasi di Ponsel Ini Bisa Bantu Hidupmu Lebih Sehat, Gratis dan Praktis

Posted: 30 Jan 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Teknologi yang semakin canggih membuat gaya hidup sehat dapat anda jalani dengan mudah. Banyak alternatif cara untuk bisa hidup sehat dapat dilakukan. Kamu dapat  berolah raga teratur, mengonsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup dan masih banyak lagi. 

Namun tahukah kamu, semua pola hidup sehat tersebut dapat ditunjang melalui aplikasi pada smartphone kamu? Jadi hidupmu makin sehat dengan bantuan aplikasi ini.

Sekarang ada banyak bermunculan aplikasi-aplikasi smartphone yang menawarkan fitur untuk menunjang pola hidup sehat. Misalnya aplikasi untuk memantau hasil olah raga, menentukan menu makanan sehat, panduan obat-obatan bahkan aplikasi untuk mengidentifikasikan suatu penyakit dan masih banyak lagi.

Aplikasi hidup sehat ini dapat membantu kamu agar lebih mudah menerapkan pola hidup sehat. Aplikasi-aplikasi hidup sehat ini gratis, dapat dinikmati oleh siapapun. Dengan aplikasi hidup sehat ini smartphone kamu jadi lebih berguna. Tak hanya untuk berkomunikasi atau bermain-main, smartphone kamu juga dapat menuntun kamu memiliki hidup sehat. 

Berikut 6 aplikasi hidup sehat di smartphone yang bisa bantu menunjang pola hidup sehatmu yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber Kamis (31/1/2019).

1. Calorie Counter - MyFitness Pal

Calorie Counter memiliki daftar menu makanan beserta keterangan kalori yang cukup lengkap, sehingga pengguna bisa mengetahui total kalori dalam asupan makanan sehari-hari. Aplikasi ini sangat sederhana dan mudah digunakan.

Selain bisa mengalkulasi kalori dalam makanan, aplikasi hidup sehat ini juga memiliki sekitar 350 gerakan fitnes untuk mempercepat proses penurunan berat badan yang patut dicoba. Pengguna juga bisa menyusun target berat badan ideal yang diinginkan melalui aplikasi ini.

Fitur lain yang ada di antaranya adalah menampilkan teman yang sedang dalam program diet. Dengan begitu, pengguna akan termotivasi menurunkan berat badan bersama. Aplikasi Calorie Counter bisa diunduh gratis di App Store maupun Google Play Store.

2. Aplikasi Google Fit

Google memang telah berinovasi sedemikian rupa. Salah satu aplikasi besutan Google adalah Google Fit untuk membantu kamu hidup lebih sehat.

Aplikasi hidup sehat yang satu ini berlaku seperti instruktur kesehatan pribadi yang akan memantau hasil olahraga dan memacu kamu untuk menyelesaikan latihan fisik.

Tidak hanya itu, kamu dapat mencari tahu berapa banyak kalori yang terbakar dengan Google Fit yang bisa diunduh dari Play Store. Kamu dapat menghubungkan aplikasi ini dengan perangkat Android Wear yang kamu punya, sehingga memudahkan untuk mengetahui pencapaian yang kamu dapati hari ini dengan lebih mudah dan cermat.

Aplikasi ini dapat mengestimasi sudah berapa langkah kamu berjalan hari ini atau sudah berapa lama waktu yang kamuhabiskan untuk bersepeda. Semuanya bisa terpantau secara rinci melalui aplikasi Google Fit ini.

Panduan Pengobatan Drugs.com3.

Panduan Pengobatan Drugs.com adalah Aplikasi hidup sehat tentang panduan pengobatan yang bisa membantumu mengidentifikasi kandungan dan manfaat suatu jenis obat. Kamu dapat belajar tentang efek samping dan interaksi yang berpotensi membahayakan, sekaligus  melacak dosis yang tepat untuk kamu.

Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan spesifik tentang obat yang kamu ingin minum. Interaksi antar-obat dan overdosis  bisa berakibat fatal. Itulah mengapa penting untuk memastikan kamu mengonsumsi obat dengan  aman dan dengan cara yang paling mungkin memberi manfaat  kesehatan.

4. Lumosity

The Lumosity juga termasuk dalam aplikasi hidup sehat gratis yang dapat diunduh melalui smartphone android atau iOS kamu. Namun jika kamu memilih berlangganan bulanan pada aplikasi ini, kamu dapat mengakses lebih banyak fitur.

Sama seperti situs onlinenya, aplikasi ini dirancang untuk membantu orang meningkatkan memori, perhatian, dan keterampilan kognitif. Ada permainan dan latihan otak setiap hari untuk menantang dan meningkatkan kemampuan kognitif kamu. Otakmu akan lebih terasah dengan aplikasi ini.

 

5. Symple

Apakah saat ini kamu sedang berjuang melawan penyakit atau sedang memantau virus yang baru saja masuk ke tubuh kamu, Symple adalah cara yang bagus untuk melacak gejala dan mengidentifikasi masalah kesehatan sejak dini.

Aplikasi hidup sehat ini memungkinkan kamu untuk melacak 10 gejala pada suatu waktu, mencatat obat yang kamu konsumsi, dan menyimpan pola  latihan kamu.

Kamu dapat mengambil dan menyimpan foto, yang mungkin akan berguna untuk kamu tunjukkan ke dokter, misalnya foto ruam merah yang muncul di tanganmu.

6. Sleep Cycle Alarm Clock

Hidup sehat dimulai dari tidur yang cukup. Tidur malam yang baik dan cukup akan memengaruhi semangat dan mood kamu keesokan harinya. Kebiasaan tidur yang buruk dapat memengaruhi kesehatanmu juga.

Aplikasi hidup sehat ini berguna untuk menganalisa pola tidur  untuk memastikanmu bangun di waktu di mana kamu sudah tidur dengan optimal.  Kamu dapat mengatur alarm dan aplikasi akan membangunkanmu dalam waktu 30 menit sebelum waktu itu. Tidurmu akan lebih berkualitas dibantu dengan aplikasi ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Pertandingan Jepang Vs Qatar, Rekor Baru Bakal Tercipta Di Piala Asia 2019?

Posted: 30 Jan 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Piala Asia 2019 telah memasuki babak final. Dua tim yang berlaga di final Piala Asia 2019 adalah Qatar dan Jepang.

Jepang lolos ke final setelah mengalahkan Iran dengan skor 3-0. Sementara lawannya, Qatar membungkam tim tuan rumah Uni Emirat Arab dengan skor telak 4-0.

Jepang akan berhadapan melawan Qatar dalam pertandingan final Piala Asia 2019, Jumat (1/2/2019). Pertandingan ini akan dihelat di Stadion Zayed Sports City.

Pertandingan fina ini rencananya akan dilaksanakan pada pukul 21.00 WIB dan pertandingan ini disiarkan secara langsung oleh Fox Sports Asia.

Rekor Baru, Qatar mencoba mencetak sejarah di Piala Asia

Timnas Qatar berhasil mengalahkan Korea Selatan 1-0 pada perempat final Piala Asia 2019, di Zayed Sport City Stadium, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jumat (25/1/2019).  (AP Photo/Kamran Jebreili)

Qatar mencetak sejarah lolos ke partai puncak untuk pertama kali pada Piala Asia 2019. Mereka mencapai final pertama sepanjang sejarah usai membungkam tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA).

Pada partisipasi ke-10 di Piala Asia, Qatar mencoba merebut gelar saat menghadapi juara empat kali Jepang. Jika Qatar bisa mengalahkan Jepang di Final nanti maka ini akan menjadi rekor pertama Qatar dalam perhelatan Piala Asia.

Jepang akan bermain ngotot demi meraih gelar ke-lima Piala Asia

Sementara Jepang sebelumnya mengalahkan Iran juga dengan skor telak 3-0. Tiga gol dilesakkan Yuya Osako (dua gol), dan Genki Haraguchi. Bagi Jepang, lolos ke partai puncak bukan hal yang luar biasa. Jepang merupakan tim dengan gelar terbanyak dalam turnamen ini, yakni empat gelar.

Fakta menarik lain, Jepang selalu juara apabila lolos ke final dan jika berhasil mengalahkan Qatar ini merupakan baru gelar ke-lima yang berhasil diperoleh Jepang.

Kapten Timnas Jepang, Maya Yoshida, meminta timnya tak berpuas diri meskipun telah melangkah ke final Piala Asia 2019. Dia mengatakan semua kerja keras tak akan ada artinya jika Jepang tak bisa merampungkan misi dengan merebut gelar Piala Asia.

Yoshida mengatakan Jepang harus bermain ngotot dan kompak jika ingin membawa pulang trofi Piala Asia 2019.

"Kami harus bekerja sama sebagai tim yang kuat. Kami juga perlu bertarung sebagai tim," imbuh bek Southampton dilansir Liputan6.com dari Bola.com.

Perkiraan Susunan Pemain

Jepang: Shuichi Gonda, Yuto Nagatomo, Tsukasa Shiotani, Maya Yoshida, Hiroki Sakai, Gaku Shibasaki, Genki Haraguchi, Wataru Endo, Ritsu Doan, Takumi Minamino, Yuya Osako.

Qatar : Saad Al-Sheeb; Ró-Ró, Bassam Hisham, Boualem Khoukhi, Tarek Salman, Abdulkarim Salem; Hasan Khalid Al Haydos, Salem Al Hajri, Hatem Abdulaziz; Akram Afif, Almoez Ali.

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Haru di Balik Pekerjaan Badut Maskot, Menyentuh Hati dan Bikin Nangis

Posted: 30 Jan 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sejarah mencatat, profesi badut itu sudah ada semenjak era Yunani kuno dan juga era Romawi kuno. Pada masa itu para badut kebanyakan bertugas untuk menghibur para kaum bangsawan di sebuah pertunjukan khusus. 

Namun, para badut itu juga kadang mencari nafkah dengan cara menghibur orang-orang yang ada di jalan-jalan. Tentunya dengan kemampuannya dalam berpantomim serta memperagakan gerakan-gerakan konyol, dapat menghibur orang-orang yang sedang lewat.

Namun, tahukah kamu bagaimana susahnya berada di dalam kostum badut yang besar dan berat tersebut? Apalagi jika badut harus bekerja di tengah cuaca yang panas, pasti akan terasa sangat gerah berlama lama di dalam kostum itu.

Oleh karena itu janganlah sesekali menghina pekerjaan seseorang, seperti kisah di balik pekerjaan badut mascot ini yang menyentuh hati dan bikin kamu berlinang air mata dilansir dari laman Worldofbuzz.

Badut Doraemon terlihat lelah.

Posted by I ♥ PAHANG on Tuesday, 29 January 2019

 

Baru-baru ini, foto badut maskot dengan karakter kartun Doraemon viral di media sosial ketika ia beristirahat di tepi pantai Teluk Cempedak, Kuantan, Pahang, Malaysia. Badut maskot Doraemon ini terlihat sedang duduk menunduk dan terlihat sangat lelah di atas batu pasir pantai yang sepi oleh orang orang.

Di balik badut Doraemon ada cita cita yang mulia.

Posted by I ♥ PAHANG on Tuesday, 29 January 2019

 

Seorang pengguna Facebook bernama Teru Teru Bozu, membagikan kisah di balik badut Doraemon yang lucu tersebut. Ternyata orang di balik kostum badut Doraemon itu adalah seorang wanita tua yang ingin menghabiskan sisa hidupnya dengan memberikan tawa dan suka cita kepada pengunjung serta anak anak di pantai tersebut.

Mencari rejeki demi sesuap nasi.

Posted by I ♥ PAHANG on Tuesday, 29 January 2019

 

Firdaus Exyai juga membenarkan akan sosok di balik badut Doraemon ini. Ia mengatakan bahwa pernah bertemu badut yang merupakan wanita tua itu sebelumnya. Dalam komentarnya, dia berkata,

"Aku meletakkan kepalaku di bahunya dan tiba-tiba aku mendengarnya mengeong. Saat itulah aku perhatikan bahwa Doraemon ini memiliki suara seorang wanita tua."

Ini merupkan sumber pencarian wanita tua itu demi mendapat uang untuk membeli sesuap nasi.

Malamnya ada maskot Hello Kitty

Posted by Nurul Syafiqah Zulkifli on Tuesday, 29 January 2019

 

Netizen lain juga membagikan maskot Hello Kitty di Teluk Cempedak sekitar pukul 22.00. Tempat itu sepi dan maskot Hello Kitty terlihat hanya duduk tanpa melakukan apa-apa, dengan sebuah toples diletakkan di lantai di depannya.

Menjadi pelajaran bagi kita untuk selalu saling tolong menolong dan jangan pernah menghina apapun profesi yang dilakukan oleh seseorang. Karena dibalik itu semua, bisa saja ada kisah dan perjuangan keras untuk seseorang bertahan hidup di dalamnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Susi: Sri Mulyani Marah ke Saya soal Pajak Perikanan

Posted: 30 Jan 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku geram melihat banyak pengusaha perikanan tangkap yang tak jujur melaporkan hasil lautnya. Hal ini menghambat Indonesia menjadi negara dengan tata kelolaan ikan yang baik.

"Ibu Menteri Keuangan (Sri Mulyani) marah kepada saya, kok pajak perikanan masih kecil? Ya ibu kejarlah mereka (pengusaha). Tapi datanya tenyata nggak ada. Ya kan Ibu Menkeu ngambek sama saya," ujarnya di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Dia menjelaskan, pengusaha banyak yang mengecilkan laporan angka hasil penangkapan lautnya. Padahal menurutnya pemerintah sudah optimal menjaga kedaulatan perairan RI dengan melarang kapal asing untuk melaut didalam negeri.

"KKP butuh laporan yang benar sehingga ini bisa mencerminkan hasil kerjanya Indonesia terkait pengelolaan tangkap yang benar. Saya besar dan kecil itu di laut, saya tak punya kapal tangkap ikan namun saya mengerti permasalahan ini. Jadi tolonglah buaya jangan dikadalin," jelasnya.

Dia menambahkan, faktanya masih banyak pengusaha perikanan yang berusaha menutupi perolehan hasil tangkapan lautnya. Ini menyebabkan kesehjateraan nelayan belum tersebar semerata.

"Stok ikan pertahun 2016 sudah 12,5 juta ton. Ekspor Indonesia juga naik karena tangkapan juga naik. Kedaulatan juga di-support penuh dengan turunnya Perpres 44 tahun 2016 dimana Presiden berdaulat menjaga laut Indonesia untuk modal dalam negeri, pengusaha dalam negeri, kapal dalam negeri, dan ABK dalam negeri. Kurang apa pemerintah?" tandasnya.

Menteri Susi Marah Pengusaha Tak Jujur Lapor Hasil Penangkapan Ikan

Nelayan memindahkan ikan laut hasil tangkapan di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Kamis (26/10). Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), ekspor produk perikanan tercatat sebanyak 510.050 ton pada semester I-2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti geram kepada para pengusaha perikanan tangkap yang tak jujur melaporkan data perolehan penangkapan ikan.

Susi menuturkan, hal ini menghambat Indonesia menuju negara dengan tata pengelolaan ikan yang baik.

"Stok ikan per tahun 2016 sudah 12, 5 juta ton. Ekspor Indonesia juga naik karena tangkapan juga naik. Kedaulatan juga disupport penuh dengan turunnya Perpres 44 tahun 2016 di mana Presiden berdaulat menjaga laut Indonesia untuk modal dalam negeri, pengusaha dalam negeri, kapal dalam negeri, dan ABK dalam negeri. Kurang apa pemerintah?," ujar dia di Kementerian Keluatan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Dia menjelaskan, di lapangan, banyak pengusaha perikanan tangkap yang menutupi perolehan hasil tangkapan mereka masing-masing. Oleh sebab itu, pemerataan kesejahteraan nelayan masih sulit untuk dipenuhi.

"Nilai tukar usaha, nelayan, budidaya kita itu sekarang naik namun pemerataanya masih jauh dari harapan. Untuk itu, pemerintah memastikan policy untuk lakukan affirmative policy dimana pemerintah perlu bekerja sama dengan seluruh stakeholder. Tanpa itu, ekonomi kita hanya dinikmati segelintir orang. Maka gagal-lah pembangunan karena yang sejahtera hanya yang kaya saja," kata dia.

Oleh karena itu, Susi Pudjiastuti mengimbau agar para pengusaha jujur melaporkan data perolehan penangkapan ikan. 

"Setiap kali lihat angka saya itu ditanya apa itu kerja hasil ekspor kamu Menteri KKP? Padahal ini karena kalian semua yang lakukan under report. Anda mau kapal asing kembali lagi? Perpres 44 itu banyak yang mau ganti, banyak yang mau bayar supaya asing bisa masuk lagi," kata dia. 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal La Liga Pekan ke-22: Duel Barcelona Lawan Valencia

Posted: 30 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - La Liga akan memasuki pekan ke-22. Persaingan untuk merebut gelar semakin sengit jelang akhir musim.

Pekan ini La Liga akan menyajikan beberapa laga seru papan atas. Salah satunya adalah Barcelona yang akan menantang Valencia.

Barcelona saat ini masih memuncaki klasemen La Liga. Blaugrana mengoleksi 49 poin dari 21 laga.

Sementara Valencia masih tertahan di posisi ketujuh klasemen. Mereka mengoleksi 29 poin dari jumlah laga yang sama.

Kemenangan akan membuat Barcelona menjauhi kejaran Atletico Madrid. Sementara tiga poin bagi Valencia akan mendongkrak mereka ke papan atas klasemen La Liga.

 

 

Laga Lain

Persaingan La Liga semakin sengit. (AFP/Luis Gene)

Di laga lain, Real Madrid akan menantang Deportivo Alaves. Madrid saat ini berada di posisi ketiga klasemen dengan koleksi 39 poin.

Sedangkan Alaves saat ini berada di posisi kelima. Mereka terpaut tujuh poin dengan Madrid.

Berikut jadwal La Liga pekan ke-22:

Jadwal

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Kashima Antlers pada laga Piala Dunia Antarklub di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, Rabu (19/12). Madrid menang 3-1 atas Kashima. (AFP/Giuseppe Cacace)

Sabtu (2/2/2019)

03. 00 WIB Huesca Vs Real Valladolid

19.00 WIB Levante Vs Getafe

22.15 WIB Real Sociedad Vs Athletic Club

Minggu (3/2/2019)

00.30 WIB Barcelona Vs Valencia

02.45 WIB Celta de Vigo Vs Sevilla

18.00 WIB Villarreal Vs Espanyol

22.15 WIB Real Betis Vs Atlético Madrid

Senin (4/2/2019)

00.30 WIB Eibar Vs Girona

02.45 WIB Real Madrid Vs Deportivo Alavés

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fadli Zon Ingin Dhani Dipindah ke Mako Brimob

Posted: 30 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Fadli Zon mengunjungi Ahmad Dhani di LP Cipinang. Ia mengatakan setuju Ahmad Dhani dipindah ke Mako Brimob untuk ditahan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Artis VA Pingsan Saat Akan Ditahan Polisi

Posted: 30 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Polisi seharusnya melakukan penahanan terhadap artis VA setelah diperiksa penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, Rabu (30/1/2019). Polisi memeriksa artis VA selama 12 jam terkait kasus prostitusi online.

Namun, usai diperiksa polisi, artis VA merasa merasa lemas dan tak enak badan. Puncaknya, artis VA jatuh pingsan.

Polisi Wanita (Polwan) anggota Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, yang mendampingi artis VA, langsung membopongnya untuk dimasukan ke dalam mobil Innova warna putih.

"Awas-awas kasih jalan, VA sakit. Ini mau dibawa ke rumah sakit Bhayangkara," ucap Aga Khan, salah satu tim penasihat hukum artis VA.

 

Jalani Perawatan

Dok: Istimewa

Hingga saat ini, artis VA sedang menjalani perawatan di rumah sakit Bhayangkara yang lokasinya bersebelahan dengan Mapolda Jatim di Jalan Ahmad Yani Surabaya Jawa Timur.

Sebelumnya, Polda Jatim secara resmi menetapkan artis VA sebagai tersangka dan ditahan di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jawa Timur (Jatim) terkait kasus dugaan prostitusi online di Surabaya.

 

Ditahan 20 Hari

Artis VA (Foto: Dian Kurniawan)

Penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim untuk sementara ini menahan artis VA selama 20 hari sambil menunggu P21 atau berkas sempurna sehingga segera bisa dilimpahkan ke Kejaksaan.

"Secara resmi surat penahanan terhadap Vanessa sudah turun terhitung mulai hari ini (Rabu). Jadi, VA resmi dilakukan penahanan untuk 20 hari ke depan," tutur Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, di Mapolda Jatim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Bayar Remaja untuk Instal Aplikasi Mata-Mata di Smartphone Mereka

Posted: 30 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Masalah yang dialami Facebook seolah tak pernah berakhir.

Baru-baru ini, raksasa media sosial besutan Mark Zuckerberg itu, dituding membayar remaja untuk memasang aplikasi yang memata-matai smartphone mereka.

Mengutip informasi laman Mirror, Kamis (31/2019), para remaja ini secara tak langsung diminta untuk menyerahkan segala aktivitas mereka di smartphone dengan iming-iming berupa kartu hadiah senilai US$ 20.

Setelah kabar ini terkuak, aplikasi yang mulanya berkedok sebagai aplikasi Facebook Research ini langsung ditarik dari App Store.

Meski begitu, sampai saat ini pengguna Android masih bisa memasangnya di perangkat mereka.

TechCrunch melaporkan, Facebook telah membayar anak muda berusia 13-35 tahun untuk memasang aplikasi ini di perangkat mereka.

Tanpa sadar, setelah terinstal di perangkat, aplikasi memonitor seluruh aktivitas telepon dan internetan penggunanya.

Parahnya, aplikasi ini mengirimkan data tersebut ke Facebook dengan dalih untuk riset.

Ini bukan pertama kalinya perusahaan medsos ini mengumpulkan data penggunanya.

Sebelumnya Facebook mengumpulkan data menggunakan aplikasi VPN bernama Onavo Protect.

Sudah Dihapus dari App Store

Ilustrasi Facebook (Foto: New Mobility)

Namun, Apple segera menghapus aplikasi ini karena dianggap telah melanggar pedoman tentang pengumpulan data penggunanya.

Nah, aplikasi Facebook Research ini rupanya bisa melihat pesan pribadi pengguna, email, riwayat pencarian internet, hingga aktivitas pencarian di internet.

Dalam pernyataannya, Facebook menyebut, "Pada laporan awal, tidak ada hal yang bersifat rahasia tentang aplikasi ini, namun secara harfiah memang menyebut diri sebagai aplikasi Facebook Research."

Bantah Mata-Matai Smartphone Pengguna

(ilustrasi/guim.co.uk)

Facebook berkilah bahwa aplikasi ini tidaklah memata-matai pengguna.

"Ini bukan memata-matai pengguna, karena semua orang yang mendaftar untuk ikut serta telah memberi izin dan dibayar untuk berpartisipasi (dalam penelitian)," kata Facebook dalam pernyataannya.

"Hasilnya, kurang dari lima persen orang yang memilih untuk berpartisipasi dalam riset pasar ini merupakan remaja. Semuanya telah menyertakan form persetujuan dari orang tua," tutur Facebook.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Februari - Maret, Panen Raya Sentra Jagung Nasional Diprediksi Lebih Tinggi

Posted: 30 Jan 2019 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menanggapi pernyataan Menteri Koordinator Darmin Nasution tentang fakta panen raya jagung, Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional Winarno Tohir turut angkat bicara. Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Winarno Tohir mengatakan pada Februari-Maret ini di beberapa sentra produksi Jagung yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung tercatat sedang melakukan panen raya.

"Gelaran panen raya di Jawa Timur berada di 7 kabupaten, yaitu Tuban, Lamongan, Lumajang, Jember, Kediri, Mojokerto, dan Pasuruan," ujarnya saat dimintai keterangan, Rabu (30/1).

Tidak hanya di Jawa Timur, panen raya jagung juga terjadi di sejumlah wilayah Sulawesi Selatan, seperti Kabupaten Takalar, Jeneponto, Pinrang dan Wajo. Winarno juga menyebutkan petani jagung di daerah Sumatera Utara sudah mulai melakukan panen raya.

Panen raya di berbagai wilayah di Indonesia berakibat langsung terhadap harga jagung di tingkat petani. Winarno menerangkan bahwa harga jagung mulai turun dan tergolong bagus. Di Jawa Tengah harga jagung saat ini Rp 3.600-3.800 per kilogram untuk bentukan pipilan basah dan Rp 4.500-4.800 per kilogram pipilan kering. Sementara harga jagung yang sampai ke peternak berada di kisaran Rp 5.000-5.200 per kilogram.

"Kalau kondisi ini terus berlanjut, potensi pertanaman jagung akan meluas karena menjanjikan untuk para petani," terang Winarno.

Oleh karena itu, Winarno menekankan dalam melihat persoalan jagung, agar tidak berkalkukasi jangka pendek yakni secara harian tidak ada jagung. Sebab, harus dipahami bahwa program jagung selama empat tahun terakhir.

Dikonfirmasi secara terpisah, informasi tentang panen jagung bulan Februari-Maret ini, juga sempat diutarakan oleh Ketua Asosiasi Petani Jagung Indonesia (APJI) Sholahuddin. Ia yakin bahwa produksi jagung bulan Februari-Maret bisa mencapai target yang ditetapkan pemerintah. Terlebih panen di tahun ini mencakup lahan yang luas.

Menjawab Menteri Koordinator Darmin Nasution yang mempertanyakan fakta panen jagung, Sholahuddin pun angkat bicara soal fakta di lapangan.

"Ini saya sedang di Lamongan, dan usia pertanaman jagung sudah mencapai umur 85 hari, sebentar lagi panen raya. Ini fakta di lapangan dan bukan pepesan kosong," ujarnya.

Sholahuddin menyampaikan tercatat areal panen kurang lebih seluas 472 ribu hektare dengan perkiraan produksi 1,9 juta ton. Luas panen terbesar berada di Kabupaten Sumenep, Tuban, Sampang, Jember, Pasuruan dan Lamongan.

Ketua KTNA Provinsi Lampung Kaslan saat dikonfirmasi juga membenarkan potensi panen raya di tahun 2019 jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Insya Allah di tahun 2019 ini meningkat, karena di 2018 kemarin jagung itu bagus (harga dan produksinya), biasanya kalau harganya bagus, petani itu mau tanam terus", ungkap Kaslan dengan nada optimis.

Terkait dengan isu impor jagung di tahun 2019, Kaslan menyayangkan hal tersebut jika benar-benar direalisasikan. Hal tersebut sesungguhnya menjadi berita buruk bagi para petani menurut Kaslan.

"itu akan menjadi kendala petani, petani pasti akan terpuruk. Jika itu benar dilakukan, pusat-pusat produksi jagung seperti Lampung ini, (produksinya) pasti akan menurun, ya kita kalau sudah begitu tidak bisa berbuat apa-apa lagi", terang Kaslan.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Koalisi Alumni Diponegoro Ungkap Alasan Dukung Jokowi-Ma'ruf

Posted: 30 Jan 2019 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon presiden nomor urut 1 Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin bakal menerima dukungan dari Koalisi Alumni Diponegoro. Jokowi direncanakan akan hadir di Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah, Minggu, 3 Februari 2019. 

"Menurut rencana, Bapak Jokowi sendiri akan menghadiri acara yang akan dihadiri oleh sekitar 10.000-15.000 orang alumni dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Tengah," ujar Sekretaris Koalisi Alumni Diponegoro dalam keterangan pers, Kamis (31/1/2019). 

Beberapa alumni universitas yang akan menyampaikan dukungan berasal dari Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, UIN Walisongo, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Tujuh Belas Agustus, Universitas Stikubank, alumni SMA/SMK, dan kalangan pendidikan lain di Jawa Tengah.

Koalisi Alumni Diponegoro mengungkapkan alasan mereka kenapa mendukung Jokowi-Ma'ruf. Mereka prihatin dengan kondisi pemilu saat ini dan menilai Jokowi selalu disudutkan dengan hal-hal negatif. 

Tak Ingin Jadi Silent Majority

Presiden Jokowi berdialog dengan perwakilan nelayan, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (30/1/2019) sore. (Foto: Rahmat/Humas Setkab)

Karena itu elemen masyarakat terdidik tak ingin lagi menjadi silent majority

"Termasuk dari elemen masyarakat intelektual alumni berbagai perguruan tinggi yang selama ini menjadi silent majority akibat adanya tekanan bahwa membicarakan politik itu tabu atau bisa memecah belah silaturahmi," kata Catur.

Selain itu, Koalisi Alumni Diponegoro juga ingin menyampaikan apresiasi atas kinerja Jokowi selama menjabat kurang lebih lima tahun. Terutama pembangunan infrastruktur dan kebijakan pembangunan ekonomi. Mereka berharap Jokowi melanjutkan dalam periode kedua

"Selanjutnya, bapak Jokowi akan diberi kesempatan untuk menyampaikan orasi politiknya, dan diakhiri dengan penyampaian Pakta Integritas oleh Koalisi Alumni Diponegoro dalam mengawal pemenangan Pemilu 2019. Hingga pengawalan jalannya pemerintahan untuk 5 tahun ke depan agar menjadi bangsa yang lebih sejahtera," ujar Catur.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Sentuh 13.980 per Dolar AS, IHSG Menguat 57,90 Poin

Posted: 30 Jan 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu bergerak perkasa pada sesi pertama perdagangan saham Kamis pekan ini.

Berdasarkan data RTI, Kamis (31/1/2019), IHSG menguat 57,90 poin atau 0,90 persen ke posisi 6.522,09 pada sesi pertama perdagangan saham. Indeks saham LQ45 menguat 1,08 persen ke posisi 1.034,61. Seluruh indeks saham acuan kompak menguat.

Sebanyak 243 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Sementara itu, 135 saham melemah dan 122 saham diam di tempat. Pada sesi pertama, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.529,05 dan terendah 6.491,38.

Transaksi perdagangan saham cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham 273.384 kali dengan volume perdagangan 15,4 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 19,1 triliun. Investor asing beli saham Rp 480,58 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran 13.980.

Sebagian besar sektor saham menghijau kecuali sektor saham industri dasar turun 0,01 persen dan sektor saham aneka industri melemah 0,13 persen.

Sektor saham konstruksi menguat 1,87 persen, sektor saham infrastruktur menanjak 1,55 persen dan sektor saham tambang menguat 1,57 persen.

Saham-saham yang menguat antara lain saham CSIS naik 24,73 persen ke posisi 454 per saham, saham RIGS melonjak 24,41 persen ke posisi 316 per saham, dan saham MBTO melonjak 22,95 persen ke posisi 150 per saham.

Sedangkan saham-saham yang tertekan antara lain saham MTSM turun 12,74 persen ke posisi 137 per saham, saham YULE merosot 7,14 persen ke posisi 182 per saham, dan saham FAST terpangkas 6,54 persen ke posisi 1.500 per saham.

Bursa saham Asia kompak menguat. Indeks saham Hong Kong Hang Seng menguat 1,1 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi menanjak 0,38 persen, indeks saham Jepang Nikkei naik 1,02 persen.

Selain itu, indeks saham Shanghai menguat 0,83 persen, indeks saham Singapura mendaki 0,68 persen dan indeks saham Taiwan menguat 0,42 persen.

Kepala Riset PT Samuel International, Harry Su menuturkan, penguatan IHSG didorong sentimen eksternal. Namun, penguatan IHSG tersebut hanya sementara. IHSG menguat tersebut didorong dari bursa saham regional yang positif dan indeks Dow Jones naik 400 basis poin. Penguatan bursa global juga didorong dari langkah bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve tahan suku bunga.

"Fed meeting, kelihatan mereka akan lebih sabar menaikkan suku bunga. Kalau tidak dinaikkan dolar AS melemah, rupiah menguat, jadi bagus buat market," ujar Harry saat dihubungi Liputan6.com, lewat pesan singkat.

Awal Sesi, IHSG Sentuh 6.500

Layar indeks harga saham gabungan menunjukkan data di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/1). Perdagangan bursa saham 2018 dibuka pada level 6.366 poin, angka tersebut naik 11 poin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona hijau pada perdagangan saham hari ini. 

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Kamis 31 Januari 2019, IHSG menguat 27,2 poin atau 0,42 persen ke posisi 6.491,38. Pada pukul 09.00 WIB, IHSG masih menguat 47,2 poin atau 0,73 persen ke posisi 6.511,40.

Seluruh indeks saham acuan menguat. Indeks saham LQ45 juga menguat 0,93 persen ke posisi 1.033,03.

Sebanyak 156 saham menghijau sehingga mengangkat IHSG. Selain itu 21 saham melemah dan 96 saham diam di tempat. Pada awal perdagangan, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.515,7 dan terendah 6.491,38.

Total frekuensi perdagangan saham 16.821 kali dengan volume perdagangan 2,5 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 381,9 miliar.

Investor asing beli saham Rp 20,3 miliar di total pasar. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.065.

Secara sektoral, seluruhnya menghijau. Sektor saham infrastruktur naik 1,25 persen, dan bukukan penguatan terbesar. Disusul sektor saham barang keuangan naik 1,02 persen dan sektor saham konstruksi menguat 1,01 persen.

Saham-saham yang jadi top gainers antara lain saham CLAY naik 22,2 persen ke posisi Rp 1.760 per saham, saham CSIS menguat 18,3 persen ke posisi Rp 430 per saham, dan saham ICON menanjak 6,93persen ke posisi Rp 183 per saham.

Sedangkan saham FOOD turun 2,61 persen ke posisi Rp 272 per saham, saham GOOD merosot 2,20 persen ke posisi Rp 1.775 per saham, dan saham BBRM terpangkas 1,96 persen ke posisi Rp 50 per saham.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir Air Mata Iringi Pemakaman Saphira Indah

Posted: 30 Jan 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dimandikan dan disalatkan di rumah duka, jenazah Saphira Indah langsung dibawa ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Budi Dharma, Semper, Jakarta Utara, Kamis (31/1/2019). Keluarga, sahabat dan tetangga ikut mengantarkan jenazah Saphira Indah ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Sesampainya di TPU Budi Dharma, jenazah Saphira Indah langsung dimasukkan ke liang lahad. Suami Saphira Indah, Rico Hidros Daeng (Ai), turun langsung ke lahad untuk menguburkan istrinya.

Saat mengumandangkan azan, kesedihan tampak terlihat dari raut wajah Ai. Ia pun tak bisa membendung air matanya, untuk mengantarkan jenazah Saphira Indah ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Tak hanya Ai,‎ ‎para pelayat yang hadir dalam pemakaman pun ikut menangis karena merasa kehilangan sosok Saphira Indah. Terlebih bintang film Eiffel... I'm in Love ini meninggal dunia saat sedang hamil enam bulan.

Sakit Paru-Paru

Saphira Indah (Instagram: saphira_indah)

Seperti diketahui Saphira Indah meninggal dunia di usia 32 tahun. Sebelum mengembuskan napas terakhir, Saphira Indah sempat mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Pelabuhan, Jakarta Utara selama lima hari karena mengalami sesak napas.

Pada Rabu (30/1/2019) sekitar pukul 21.10 WIB, Saphira Indah ‎menutup matanya akibat sakit paru-paru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gadis Kecil Ini Cosplay Annabelle Selama 7 Hari demi Kumpulkan Uang

Posted: 30 Jan 2019 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Semua orang tentu memiliki impian yang ingin diwujudkan, baik itu berupa benda maupun hal-hal yang ingin dilakukan. Tak terkecuali, seorang anak kecil dari Malaysia yang usaha kerasnya patut dijadikan teladan.

Dikutip Liputan6.com dari World of Buzz, Kamis (31/1/2019) kisah menarik dan inspiratif datang dari seorang gadis cilik bernama Rosabelle. Dia menarik perhatian banyak orang karena meng-cosplay tokoh Annabelle yang terkenal menyeramkan itu.

Namun, alasannya di balik mengikuti acara cosplay itu cukup menyayat hati. Pasalnya, Rosabelle yang biasa disapa Bell itu tidak mampu membeli tas yang sangat diimpikan.

Bell membutuhkan tas baru, karena tas lamanya sudah rusak dan sering diejek oleh temannya

(sumber: world of buzz)

Ibu Bell, Stacy, menceritakan kisah menarik putrinya itu di akun Facebook pribadinya. Awalnya, dia menjelaskan bahwa tas sekolah Bell sudah rusak meskipun baru dipakai dua bulan untuk bersekolah.

Hal ini karena buku pelajaran yang ditanggung tasnya terlalu berat. Ditambah, tasnya yang jelek itu menjadi bahan tertawaan teman sekelasnya. Alhasil, Bell dan ibunya memutuskan untuk membeli tas yang baru.

Ketika sedang memilih tas, mata Bell tertuju pada tas warna pink berroda tiga. Tas itu menjadi impian Bell karena bentuknya yang manis dengan kantung botol minuman, dan satu set alat tulis serta sebuah jam tangan.

(sumber: world of buzz)

Akan tetapi, seolah tersambar petir, Bell terkejut dengan harga tasnya yang sangat fantastis, yaitu RM 159.90 atau sekitar Rp 550 ribu.

Karena harganya yang cukup mahal untuk seukuran tas anak sekolah, Stacy membujuk putrinya itu untuk membeli tas tersebut di lain waktu. Bell yang sebenarnya sangat menginginkan tas itu akhirnya menuruti perkataan ibunya.

Karena harga tas tersebut cukup mahal, maka Bell ingin mengumpulkan uang sendiri

(sumber: world of buzz)

 

Sepulang dari toko tas tersebut, Bell tidak berhenti memikirkan tas impiannya itu. Bell sangat bersemangat dan berniat untuk membelinya suatu hari.

Akhirnya Ibunya merayu Bell untuk sedikit bersabar menunggu ayahnya menerima gajinya. Tak disangka, tanggapan Bell mengejutkan ibunya.

"Ibu, kapan aku bisa berdandan sebagai Annabelle lagi? Siapa tahu aku bisa mendapat uang dari cosplay untuk membeli tas itu?" ujarnya.

Saat itu, Ibu Bell sangat terkejut mendengar permintaan putrinya. Sebelumnya, Bell pernah berdandan sebagai Annabelle dengan bantuan ibunya yang merupakan seorang make-up artist. Merasa sedih, Stacy akhirnya mengizinkan putrinya untuk kembali melakukan cosplay.

Acara cosplay yang diikuti Bell diadakan selama 7 hari di Kota Kinabalu, Malaysia. Setiap foto yang diambil dipatok harga RM 2 atau Rp 7 ribu.

Dengan bantuan postingan ibunya di Facebook, banyak orang yang mendukung usaha Bell dan menyemangatinya.

Berkat ibunya, banyak yang mengajak foto bersama Bell hingga akhirnya dia berhasil mengumpulkan uang untuk membeli tas impiannya.

Akhirnya Bell berhasil membeli tas impiannya

(sumber: world of buzz)

Hanya dalam sehari, Bell berhasil meraup setengah dari harga tas yang diimpikan itu. Stacy menceritakan bahwa sepulang dari cosplay hari pertama, Bell segera mandi dan langsung menghitung uang yang dia dapatkan dari hasil foto mengenakan kostum dan make-up Annabelle.

Akhirnya, impian gadis cilik ini terwujud berkat kerja kerasnya yang patut diacungi jempol. Bell bahkan mendapat diskon dari pemilik toko yang mengetahui cerita jerih payah gadis berusia 7 tahun itu.

Merasa berhutang budi, Stacy tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang yang telah membantu mewujudkan keinginan putrinya itu.

Kabarnya, banyak orang yang menawarkan membantu Bell mendapatkan tasnya itu. Bahkan, ada yang meminta nomor rekening Stacy untuk mentransfer uang donasi.

Kendati banyaknya kebaikan yang diterimanya, Stacy menolaknya dengan sopan dan menuliskan rasa syukurnya di laman Facebooknya.

"Doa kalian sangat berarti untuk putriku." Ungkap Stacy.

Di samping itu, ayah Bell juga sangat bangga dengan usaha putrinya dalam mendapatkan tas sekolah impiannya dengan kerja keras.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transaksi saham Holcim Indonesia Capai Rp 13 Triliun di Pasar Negosiasi

Posted: 30 Jan 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Total transaksi harian saham mencapai Rp 18,3 triliun pada perdagangan saham sesi pertama Kamis (31/1/2019). Transaksi saham melonjak tersebut didorong saham PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) di pasar negoisasi.

Berdasarkan data RTI, saham PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) menguat 7,54 persen ke posisi 2.097 per saham. Total frekuensi perdagangan saham satu kali dengan nilai transaksi Rp 13 triliun.

Volume perdagangan saham 6,1 miliar saham. Di pasar negoisasi, saham SMCB sempat berada di level tertinggi 2.097 dan terendah 2.097.

Transaksi saham SMCB tersebut kemungkinan difasilitasi oleh PT BNI Sekuritas dan PT HSBC Sekuritas Indonesia. Transaksi saham BNI Sekuritas dan HSBC Sekuritas Indonesia masing-masing Rp 13,1 triliun dan Rp 13 triliun.

Di pasar regular, saham SMCB naik tipis 1,02 persen ke posisi Rp 1.975 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 1.336 kali dengan volume perdagangan 6,19 miliar saham. Nilai transaksi Rp 13 triliun.

Sebelumnya beredar surat Holcim Indonesia kepada seluruh karyawan Holcim Indonesia yang menyebutkan rencana perubahan pengendalian pada Holcim Indonesia dari sebelumnya dikenalikan oleh Holderfin B.V kepada PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) sebesar 80,64 persen dari total modal disetor dan ditempatkan pada Holcim Indonesia. Adapun pengambilalihan diperkirakan selesai pada 31 Januari 2019.

Sementara itu, saham PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) menguat 3,19 persen ke posisi 12.950 per saham. Saham SMGR sempat berada di level tertinggi 13.000 dan terendah 12.750 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 1.740 kali dengan nilai transaksi Rp 123,4 miliar.

 

Semen Indonesia Caplok 80,6 Persen Saham Holcim

Ilustrasi semen indonesia (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sebelumnya, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) telah menandatangani Perjanjian Pengikatan Jual Beli Bersyarat (Conditional Sales & Purchase Agreement) untuk mengambil alih sejumlah 6,17 miliar saham atau setara 80,6 persen kepemilikan saham PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB).

Nilai transaksi pengambilalihan ini senilai USD 917 juta. Angka ini akan disesuaikan berdasarkan kondisi pada saat penyelesaian transaksi pada 12 November pukul 19.00 WIB. Transaksi akuisisi ini akan dilakukan melalui PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) yang merupakan anak perusahaan Semen Indonesia.

Holcim Indonesia merupakan perusahaan semen terbesar ketiga di Indonesia, memiliki 4 pabrik semen dengan kapasitas 14,8 juta ton per tahun dan 30 fasilitas ready-mix.

"Pengambilalihan saham Holcim Indonesia ini akan semakin memperkuat posisi Semen Indonesia di pasar domestik," ujar Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Prio Santoso dalam keterangan tertulis, Selasa 13 November 2018.

Semen Indonesia akan dapat memperluas jaringan pabrik semennya di dalam negeri, memperluas diversifikasi jenis produk yang ditawarkan, meningkatkan efisiensi khususnya biaya distribusi dan bahan baku, sekaligus memperkuat posisi bisnis ready mix dengan berbagai variasi produk dan solusi yang dapat meningkatkan nilai tambah kepada para stakeholders.

Holcim Indonesia juga telah menerapkan teknologi bahan bakar dari limbah yang nantinya dapat disinergikan secara luas di seluruh fasilitas Semen Indonesia Group, sehingga dapat semakin meningkatkan efisiensi biaya.

Industri semen di Indonesia masih memiliki tingkat pertumbuhan yang prospektif dan menjanjikan, yang didukung oleh kelanjutan program investasi pemerintah dan swasta, seperti Program Satu Juta Rumah, berbagai proyek infrastruktur pemerintah, berbagai proyek properti yang dikembangkan oleh sektor swasta, serta konsumsi retail.

Hendi melanjutkan, pengambilalihan saham ini akan memberikan tambahan kapasitas dan jangkauan geografis yang semakin luas bagi Semen Indonesia Group untuk mampu menangkap peluang pertumbuhan industri semen domestik, serta mampu memperkuat ketahanan industri semen BUMN di Indonesia.

Saat ini di Indonesia terdapat 15 perusahaan semen dengan kapasitas terpasang sekitar 107 juta ton per tahun, dimana 63 persen dari kapasitas (capacity share) tersebut dikuasai oleh pihak swasta dan pemain asing (global).

"Kami bersyukur dapat mengumumkan transaksi pengambilalihan saham yang transformasional bagi Semen Indonesia Group untuk dapat mempertahankan posisi sebagai market leader di Indonesia," kata Hendi.

Hendi menambahkan, akuisisi ini akan memperkuat jaringan penjualan dan produksi yang lebih luas, meningkatkan kemampuan untuk menawarkan produk yang semakin beragam bagi para pelanggan, serta menawarkan berbagai peluang yang lebih baik bagi para karyawan, pemasok, para rekanan dan pemangku kepentingan perusahaan.

Selain akan menjadikan Semen Indonesia Group sebagai perusahaan semen terbesar di kawasan Asia Tenggara dengan kapasitas 53 juta ton semen per tahun, transaksi ini juga merupakan wujud nyata sumbangsih BUMN dalam meningkatkan ketahanan industri semen nasional yang akan mendukung pembangunan berkesinambungan di Tanah Air. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Curhatan Netizen soal Tren 90-an Ini Bikin Kangen

Posted: 30 Jan 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta "Nostalgia adalah perasaan hangat yang dirasakan sewaktu memikirkan tentang kenangan-kenangan terindah dari masa lalu," kata Erica Hepper, seorang dosen di School of Psychology, Universitas Surrey.

Nostalgia memang terkadang membawa perasaan bahagia walau terkadang memunculkan perasaan sedih karena hal-hal yang dikenang tak akan terulang kembali atau bahkan sudah hilang. Tak terkecuali bagi generasi 90-an.

Bagi anak 90-an, masa-masa kecil sangatlah menyenangkan, yang belum tergerus oleh perkembangan zaman seperti saat ini. Mengenang serunya masa lalu, beberapa netizen pun ramai bercerita tentang kehidupan di tahun 90-an.

Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari Twitter cerita dan curhatan netizen soal tren 90-an, Kenangan ini dijamin akan membuatmu rindu masa-masa tahun 90-an.

Teknologi Tercanggih 90-an

1. Brick game bagi anak-anak hits 90-an.

Curhatan Netizen Soal Tren 90an (Sumber: Twitter)

2. Permainan Ular.

Curhatan Netizen Soal Tren 90-an (Sumber: Twitter)

3. Spotify zaman dulu.

Curhatan Netizen Soal Tren 90an (Sumber: Twitter)

4. Perjuangan membuka jendela mobil.

Curhatan Netizen Soal Tren 90-an (Sumber: Twitter)

Belum Keren Kalau Belum Punya Ini

5. Kalung dari daun.

Curhatan Netizen soal Tren 90-an (Sumber: Twitter)

6. Tempat pensil yang punya cuma anak tajir.

Curhatan Netizen Soal Tren 90-an (Sumber: Twitter)

7. Buku-buku yang dijual bazaar di sekolah.

Curhatan Netizen Soal Tren 90-an (Sumber: Twitter)

Jajanan zaman 90-an

8. Minuman para legend.

Curhatan Netizen Soal Tren 90an (Sumber: Twitter)

9. Permen karet berhadiah.

Curhatan Netizen Soal Tren 90an (Sumber: Twitter)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa 2 Anggota DPR Terkait Kasus Taufik Kurniawan

Posted: 30 Jan 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil dua anggota DPR, yakni Ahmad Rizki Sadig dan Eka Sastra dalam kasus dugaan suap Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen yang menjerat Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan.

Ahmad Rizki Sadig diperiksa dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua Banggar DPR RI 2016, sedangkan Eka Sastra sebagai anggota Banggar DPR RI 2016.

"Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka TK (Taufik Kurniawan)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (31/1/2019).

Selain Ahmad dan Eka, penyidik juga akan memeriksa PNS Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan tahun 2016 Dudi Hermawan. Dudi juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Taufik Kurniawan.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Taufik Kurniawan sebagai tersangka. Taufik diduga menerima Rp 3,65 miliar yang merupakan bagian dari komitmen fee 5 persen atas Dana Alokasi Khusus (DAK) Kebumen yang disahkan sebesar Rp 93,37 miliar.

Taufik menerima suap tersebut dari Bupati nonaktif Kebumen Muhammad Yahya Fuad. Yahya sebelumnya sudah dijerat KPK dalam kasus suap DAK bersama delapan orang lainnya.

Perpanjang Penahanan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan Wakil Ketua nonaktif DPR Taufik Kurniawan (TK) dalam kasus dugaan suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen.

"Hari ini dilakukan perpanjangan penahanan selama 40 hari dimulai tanggal 22 November 2018 sampai 31 Desember 2018 untuk tersangka TK," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (21/11/2018).

Sementara itu, terkait jabatan Taufik Kurniawan di DPR hingga kini belum diganti. KPK menyebut pergantian posisi Taufik di DPR bukan kewenangan pihak lembaga antirasuah.

Taufik sendiri mengaku siap jika jabatannya harus diganti. Dia menyatakan tengah fokus pada proses hukum yang dijalaninya sekarang.

"Barangkali begini, semua sudah diatur oleh mekanisme dan tatib. Saya ikuti tatib saja. Saya masih konsentrasi ke masalah ini," kata Taufik usai diperiksa.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilimpahkan ke Kejari Jaksel, Ratna Sarumpaet Lempar Senyum

Posted: 30 Jan 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya telah merampungkan berkas perkara kasus dugaan penyebaran hoaks yang dilakukan Ratna Sarumpaet (RS). Tersangka dan barang bukti pun dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Ratna Sarumpet tiba di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan sekira pukul 11.35 WIB. Ia didampingi pengacara dan anaknya, Atiqah Hasiholan.

Ratna memakai kerudung pink, kemeja putih dilapisi rompi tahanan orange bertuliskan tahanan. Ia tampak tenang. Beberapa kali Ratna bahkan melemparkan senyum ke awak media saat namanya dipanggil-panggil.

Pihak kepolisian yang mengawal Ratna Sarumpaet langsung mengiring ke ruangan Seksi Tindak Pidana Umum.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, Ratna Sarumpaet akan diserahkan dengan sejumlah barang bukti.

"Secara formil dan materil sudah dinyatakan lengkap P21," tutur Argo.

Ratna Sarumpaet dalam kondisi prima dan sehat saat dibawa ke Kejari Jakarta Selatan hari ini. Dia rutin mengkonsumsi vitamin dan suplemen.

Tim dari Biddokkes Polda Metro Jaya memastikan pemeriksaan kesehatan akan tetap dilakukan meski Ratna Sarumpaet telah dilimpahkan ke kejaksaan.

"Ada Kabiddokkes yang selama ini memantau kesehatan Ibu Ratna," pungkas Argo.

Tahap Pelimpahan

Sebelumnya, Polda Metro Jaya melimpahkan tahap pertama berkas BAP Ratna Sarumpaet yang tersandung kasus ujaran kebohongan kepada Kejati DKI Jakarta pada 8 November 2018.

Berkas Ratna Sarumpaet mencapai 32 BAP terdiri atas tersangka, saksi, saksi ahli, serta 65 lampiran barang bukti.

Kemudian jaksa peneliti memberikan petunjuk agar polisi melengkapi BAP kasus Ratna Sarumpaet. Salah satunya memeriksa Rocky Gerung dan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Nanik S Deyang.

Anggota Polda Metro Jaya menangkap Ratna Sarumpaet di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang Banten pada Kamis (4/10) malam.

Polisi menjerat tersangka Ratna dengan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 46 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Indivasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Penyidik memeriksa sejumlah saksi seperti mantan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak dan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Nanik S Deyang.

Kemudian mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, dan dokter bedah plastik Siddik serta anak Ratna, yakni Atiqah Hasiholan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangladesh Tuntut Bank Filipina atas Perampokan Siber Senilai Rp 1,1 Triliun

Posted: 30 Jan 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Dhaka - Pemerintah Bangladesh mengajukan gugatan di Pengadilan Tinggi New York terhadap bank Filipina, yang dituduh melakukan perampokan dunia maya terbesar yang pernah ada, kata gubernur bank sentral negara itu.

Peretas yang tidak dikenal mencuri dana senilai US$ 81 juta (setara Rp 1,1 triliun) dari rekening bank sentral Bangladesh yang terafiliasi dengan Bank Sentral AS, atau Federal Reserve, di New York pada Februari 2016.

Uang itu kemudian ditransfer ke Rizal Commercial Banking Corp (RCBC) cabang Manila, kemudian dengan cepat ditarik dan dicuci via kasino lokal, demikian sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Kamis (31/1/2019).

Sebuah kasus tengah digugat kepada RCBC dan "semua pihak lain" yang terlibat dalam pencurian, termasuk tuduhan mencoba dan mengambil kembali dana yang dicuri, kata gubernur bank sentral Bangladesh Fazle Kabir kepada kantor berita AFP.

Sebuah perjanjian antara bank sentral Bangladesh dan Federal Reserve AS di New York telah ditandatangani untuk membantu negara itu dalam kasus tersebut, tambahnya.

Bangladesh telah mengirim tim hukum ke New York dan siap berjuang untuk mengembalikan uang itu, kata Kabir kepada wartawan di ibu kota Dhaka.

Di lain pihak, pemerintah Filipina pada 2016 menjatuhkan denda rekor senilai US$ 21 juta (setara Rp 295 miliar) pada RCBC, setelah menyelidiki perannya dalam pencurian dunia maya.

Namun, RCBC telah menolak seluruh tudingan tersebut, dan pada 2017 menuduh balik bank sentral Bangladesh melakukan "penutupan besar-besaran" terhadap praktik pencucian uang.

 

Simak video pilihan beirkut: 

 

Filipina Dituding Sebagai Surga Uang Kotor

Ilustrasi Bendera Filipina (Wikipedia.org)

Bulan ini, mantan manajer RCBC Maia Deguito dijatuhi hukuman penjara yang panjang dan denda senilai US$ 109 juta (setara Rp 1,5 triliun), dalam dakwaan pertama atas pencurian besar-besaran terhadap berbagai insititusi perbankan di dalam dan luar negeri,

Deguito, yang diketahui pernah menjabat sebagai manajer cabang RCBC di Bangladesh, dituduh mengoordinasi pemindahan ilegal.

Dia berencana untuk mengajukan banding dan dapat tetap bebas dengan jaminan sampai vonis dijatuhkan.

Deguito adalah satu-satunya orang yang dihukum dalam kasus yang menarik perhatian internasional ini.

Pencurian itu mengungkap Filipina sebagai surga bagi uang kotor, di mana beberapa undang-undang kerahasiaan bank yang paling ketat di dunia melindungi pemegang rekening dari pengawasan.

Kilas balik terkait kasus di atas, para peretas membombardir Federal Reserve AS dengan lusinan permintaan transfer, berusaha mencuri US$ 850 juta (setara Rp 11,9 triliun) lebih lanjut.

Tetapi sistem keamanan bank dan kesalahan pengetikan dalam beberapa permintaan mencegah pencurian penuh.

Peretasan terjadi pada hari Jumat, ketika bank sentral Bangladesh ditutup. Federal Reserve ditutup pada hari Sabtu dan Minggu, sehingga memperlambat respons terkait.

Federal Reserve AS, yang mengelola rekening bank sentral Bangladesh, telah membantah sistemnya sendiri berhasil diretas, dan mengklaim pihaknya selalu melakukan pemutakhiran keamanan secara berkala.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Listrik Nasional Ditargetkan Mulai Produksi Massal Tahun Depan

Posted: 30 Jan 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menyusun rancangan Peraturan Presiden (Perpres) Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle atau BEV) untuk Transportasi Jalan. Regulasi ini, diharapkan bisa disahkan dan mulai dijalankan bulan depan.

Dalam perpres tersebut, bakal diatur mobil berbasis baterai atau mobil listrik, mulai dari percepatan penyediaan infrastruktur pengisian listrik (instalasi catu daya listrik, fasilitas penukaran baterai), insentif fiskal dan non-fiskal, dan industri Kendaraan Bermotor Listrik Bermerek Nasional.

Dijelaskan Satriyo S Brodjonegoro, Penasihat Khusus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim), persiapan untuk menuju industri mobil listrik nasional ini, sudah ada lima kampus yang tugasnya mengembangkan mobil listrik. Namun, untuk masuk industri, dibutuhkan perusahaan yang memang siap untuk melakukan produksi massal.

"Mahasiswa bukan pebisnis, jadi tugas selanjutnya industri (produksi). Ditargetkan produksi massal 2020, mudah-mudahan," jelas Satriyo, dalam seminar Masyarakat Konservasi & Efisiensi Energi Indonesia, di The Breeze, BSD, Tangerang Selatan, Rabu (30/1/2019).

Sementara itu, dalam pemaparan yang dilakukan Satriyo, sejak 2012, sudah lima perguruan tinggi melakukan penelitian kendaraan listrik ( UI, ITB, UGM, UNS, dan ITS). Selain itu, BPPT dan LIPI juga melakukan penelitian

 

Selanjutnya

Untuk dana dari pemerintah melalui Kemenristekdikti dan LPDP, sekitar US$ 10 Juta, dan dalam industri bekerja sama dengan Pertamina, Pindad, PLN, dan sejumlah industri swasta. Saat ini, status kendaraan listrik tersebut masih prototipe.

Sementara itu, untuk percepatan produksi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai ini, diawali dengan pembangunan pabrik material baterai di Morowali, Sulawesi Tengah pada 11 Januari 2019. Lalu, pemerintah mengundang investor pabrik baterai untuk membangun pabrik di Indonesia.

Kemudian, kembali mengundang investor pabrik sepeda motor listrik untuk membangun pabrik di Indonesia dengan nilai investasi untuk kapasitas produksi 120 ribu unit per tahun sebesar Rp 750 miliar sampai Rp 1 triliun, dan mengundang investor pabrik mobil listrik untuk membangun pabrik di Indonesia dengan nilai investasi untuk kapasitas produksi 60 ribu unit per tahun atau senilai Rp 5 triliun.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Maurizio Sarri Saat Chelsea Dibantai 4-0

Posted: 30 Jan 2019 09:01 PM PST

Manajer Chelsea, Maurizio Sarri (kanan) menyaksikan pemain Bournemouth menggiring bola saat bertemu pada lanjutan pekan ke-24 Premier League 2018-2019 di Bournemouth, Inggris, Rabu (30/1). Chelsea kalah 4-0. (Glyn KIRK/AFP)

Manajer Chelsea, Maurizio Sarri (kanan) menyaksikan pemain Bournemouth menggiring bola saat bertemu pada lanjutan pekan ke-24 Premier League 2018-2019 di Bournemouth, Inggris, Rabu (30/1). Chelsea kalah 4-0. (Glyn KIRK/AFP)

Ekspresi Manajer Chelsea, Maurizio Sarri (tengah) saat striker Gonzalo Higuain digantikan pada lanjutan pekan ke-24 Premier League 2018-2019 di Bournemouth, Inggris, Rabu (30/1). Chelsea kalah 4-0. (Glyn KIRK/AFP)

Ekspresi Manajer Chelsea, Maurizio Sarri (tengah) saat striker Gonzalo Higuain digantikan pada lanjutan pekan ke-24 Premier League 2018-2019 di Bournemouth, Inggris, Rabu (30/1). Chelsea kalah 4-0. (Glyn KIRK/AFP)

Ekspresi Manajer Chelsea, Maurizio Sarri (kanan) selama laga melawan Bournemouth pada lanjutan pekan ke-24 Premier League 2018-2019 di Bournemouth, Inggris, Rabu (30/1). Chelsea kalah 4-0. (Glyn KIRK/AFP)

Ekspresi Manajer Chelsea, Maurizio Sarri (kanan) selama laga melawan Bournemouth pada lanjutan pekan ke-24 Premier League 2018-2019 di Bournemouth, Inggris, Rabu (30/1). Chelsea kalah 4-0. (Glyn KIRK/AFP)

Manajer Chelsea, Maurizio Sarri (kanan) tertuduk saat laga melawan Bournemouth pada lanjutan pekan ke-24 Premier League 2018-2019 di Bournemouth, Inggris, Rabu (30/1). Chelsea kalah 4-0. (Glyn KIRK/AFP)

Manajer Chelsea, Maurizio Sarri (kanan) tertuduk saat laga melawan Bournemouth pada lanjutan pekan ke-24 Premier League 2018-2019 di Bournemouth, Inggris, Rabu (30/1). Chelsea kalah 4-0. (Glyn KIRK/AFP)

Manajer Chelsea, Maurizio Sarri (kanan) selama laga melawan Bournemouth pada lanjutan pekan ke-24 Premier League 2018-2019 di Bournemouth, Inggris, Rabu (30/1). Chelsea kalah 4-0. (Glyn KIRK/AFP)

Manajer Chelsea, Maurizio Sarri (kanan) selama laga melawan Bournemouth pada lanjutan pekan ke-24 Premier League 2018-2019 di Bournemouth, Inggris, Rabu (30/1). Chelsea kalah 4-0. (Glyn KIRK/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Spanduk Nyeleneh yang Sukses Bikin Orang Kesal

Posted: 30 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Spanduk ataupun poster biasanya sengaja ditempatkan pada lokasi yang penuh dengan keramaian orang. Pinggir jalan kerap menjadi tempat untuk menyimpan poster dan spanduk supaya mudah dilihat dan menarik perhatian orang.

Selain bertujuan sebagai iklan atau kampanye, spanduk juga menjadi sarana untuk memberikan informasi. Tapi tak selalu fungsi dari spanduk dan poster bisa sesuai dengan faedahnya. Seperti sejumlah potret spanduk ini misalnya yang bisa dibilang malah bikin geregetan orang yang baca.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut potret-poster dan spanduk yang malah bikin kesal orang yang lihat sekaligus nyengir geli.

1.  Tujuannya mau bagi nomor ponsel ke orang-orang

(Foto: Awreceh.id/Instagram)

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. Jadi ingin nampung duitnya

(Foto: Lo Wati/ Facebook)

3. Betul banget pak

(Foto: Charlie Swandi/Facebook)

4. Jadi selama ini artinya itu ya

(Foto: Kementrian Humor Indonesia/Facebook)

5. Siapa yang mau nemenin?

(Foto: Pantura Meme Rage Comic/ Facebook)

6. Numpang tenar sebentar

(Foto: askMF/Twitter)

7. Gimana lepasnya ya?

(Foto: Awreceh.id/Instagram)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chacha Frederica Ungkap Percakapan Terakhir dengan Saphira Indah

Posted: 30 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artis cantik Saphira Indah meninggal dunia dalam keadaan hamil enam bulan pada Rabu (30/1/2019). Deretan selebriti Tanah Air pun turut berduka, salah satunya Chacha Frederica.

Chacha Frederica mengetahui kabar meninggalnya Saphira Indah saat dihubungi oleh Shandy Aulia melalui sambungan telepon. "Barusan di telepon @shandyaulia. Sahabat kami Saphira Indah sudah menghadap yang maha kuasa," tulis Chacha Frederica di Instagram Stories-nya.

Chacha Frederica mengunggah capture berisi obrolan mereka empat bulan lalu di WhatsApp. Tampak Saphira Indah ingin meneleponnya. "Nanti ya sayang kalau kamu sudah enggak sibuk kabarin ya. Sayang nanti aku mau telepon ya," tulis Saphira Indah.

Wanita 29 tahun itu bercerita bahwa mendiang sangat ingin bertemu dengannya. Saphira ingin menceritakan kebahagiaannya setelah mengandung sang buah hati tercinta.

"Tapi aku ingat kita sudah telepon-teleponan. Kamu pengin ketemu sama aku. pengin cerita gimana senangnya kamu dititipkan malaikat kecil dalam kandunganmu yang bulan ini berumur enam bulan," tulis Chacha Frederica.

Akhir Pertemanan di Dunia

(Instagram/chafrederica)

Selain itu, Chacha Frederica juga mengunggah capture direct message dengan almarhum di Instagram. Saphira merasa rindu dengannya dan mengajak bertemu untuk saling bercerita.

"Sayang masih kangen aku tadi.. pengin cerita-cerita ih.. kapan yuk meet up bareng," tulis Saphira Indah.

Namun, takdir berkata lain. Mendiang telah berpulang mendahuluinya. Chacha menuliskan bahwa pertemanan mereka di dunia telah berakhir.

"Waktu kita berteman di dunia sudah habis Sha. Kamu punya Allah, aku punya Allah. Kita semua tinggal tunggu giliran. Ya Rabb ampun ya Rabb," tulis Chacha Frederica.

Mengobrol di Surga

Saphira Indah (Instagram / saphira_indah https://www.instagram.com/p/BXrRfNyAJlT/

Chaca Frederica menuliskan harapannya untuk mendiang. Jika keduanya bertemu kembali di surga, ia ingin mengobrol bersama Saphira Indah.

"Saphira sayang.. kalau kita pantas masuk surga, kalau Allah ampuni dosa-dosa kita dan mengizinkan kita untuk memasuki janahnya. Kita mengobrol di janahnya Allah ya sayang," tulisnya.

(Lavenia/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makan Siang, Jonatan Christie dan Anthony Ginting Konsumsi Nasi Lebih Banyak

Posted: 30 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menjaga pola hidup sehat bagi dua atlet bulu tangkis Jonatan Christie dan Anthony Ginting bukan perkara mudah. Pasalnya, mereka juga tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan agar tetap prima.

"Kami di pelatnas (pelatihan nasional) PBSI ada dokter gizi. Jadi, kami sudah ditakar semua (makannya). Seperti nasi harus berapa gram untuk asupan gizi yang baik. Ada daging, lauk, sayur, dan segala macam sudah disediakan di situ," ujar Anthony Ginting di acara Good to Go di Jakarta. Ditulis Kamis (31/1/2019).

Ginting mengungkapkan, soal sarapan, biasanya dia mengonsumsi sereal atau buah. Ini dia lakukan agar tidak terlalu kenyang, terutama menjelang melakukan latihan. Sementara, untuk makan siang, tidak ada yang berbeda dengan orang-orang yang bukan atlet.

"Cuma porsinya pasti beda. Kalau mungkin orang lain bilang lebih banyak," kata Ginting. Tentunya, menu makanan ini juga dengan perhitungan dari dokter gizi.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Nasi merah dan nasi putih

Ilustrasi nasi merah (iStockphoto)

Sementara itu, Jojo mengungkapkan tentang menu makanan sehari-harinya. Untuk sarapan sebelum latihan, dia biasanya mengonsumsi sereal atau roti.

Namun, sehabis latihan, pria 22 tahun ini berkata bahwa mereka mendapatkan makan siang dengan nasi lebih banyak bukan tanpa alasan.

"Nasinya harus lebih banyak karena harus dipakai lagi di latihan sore hari," ujar peraih emas di Asian Games 2018 lalu.

"Kalau saya biasa ada dua (ukuran), yang pertama 150 gram, yang kedua 200 gram. Kalau dokter gizi menganjurkan yang 200 gram nasi merah dan putih," ucap Jojo. Selain itu, di malam hari, dia mengatakan makan nasinya dikurangi dan diganti dengan salah atau smoothies.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Girona vs Real Madrid di Copa del Rey

Posted: 30 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Real Madrid berambisi memastikan langkah mereka ke semifinal Copa del Rey 2018/19. Namun, sebelum itu, mereka harus bisa mengasi Girona, dini hari WIB.

Pada leg pertama babak perempat final di Santiago Bernabeu, Real Madrid memukul Girona 4-2. Pada leg kedua di kandang Girona, Jumat (01/2), Madrid tak boleh mengendurkan serangan.

Pasalnya, itu sangat berisiko buat mereka. Salah langkah, keunggulan yang sudah didapatkan di leg pertama bisa musnah.

Di babak sebelumnya, Madrid mengalahkan Leganes 0-3 di Bernabeu pada leg pertama. Mereka tampil mengecewakan pada leg kedua di kandang lawan dan kalah.

Namun Madrid beruntung, mereka hanya kalah 0-1, dan tetap berhak lolos ke perempat final. Itu tak boleh terulang.

Berikut jadwal Girona vs Real Madrid di Copa del Rey:

Jadwal Girona vs Real Madrid

Jumat, 1 Februari 2019

03.30 WIB, Girona vs Real Madrid

Estadi Municipal de Montilivi (Girona)

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: