Minggu, 13 Januari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Salah Dituding Tukang Diving, Manajer Liverpool: Aksinya Brilian!

Posted: 13 Jan 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp lebih suka menyebut aksi Mohamed Salah brilian ketimbang menuding pemain asal Mesir itu tukang diving.

Salah dituding sengaja menjatuhkan diri di kotak penalti saat Liverpool menang tipis 1-0 atas Brighton & Hove Albion di The American Express Community Stadium, Sabtu (12/1/2019) dalan lanjutan Liga Inggris.

Ketika itu Salah terjatuh pada menit ke-50 setelah mendapat kawalan dari Shane Duffy, bek Brighton. Aksi Salah itu membuat Liverpool mencatatkan kemenangan atas Brighton.

"Itu adalah situasi yang brilian. Masuk akal bagi seorang striker untuk menggiring bola di dalam kotak penalti karena sulit bagi bek untuk mengamankannya," katanya, dikutip dari situs resmi Liverpool.

"Salah berada dalam posisi yang brilian pada momen itu. Jika Anda bisa melakukan tembakan, pasti itu peluang yang besar," ujar manajer Liverpool berusia 51 tahun tersebut menambahkan.

Lebih Matang

Liverpool. (AFP/Paul Ellis)

Meski hanya menang 1-0 pada pekan ke-22 Liga Inggris, Klopp melihat permainan Liverpool kian matang. Terlebih, The Reds mendominasi permainan dengan menguasai ball possession hingga 66 persen.

"Kita berbicara tentang kematangan setelah unggul 1-0, tapi bagaimana mereka bertahan kemudian, jika Anda lihat itu di wajah mereka. Bagaimana Roberto Firmino berbicara kepada setiap orang, membawa Sadio ke dalam posisi dan semua itu adalah perbedaan yang besar."

"Itu sangat keren. Anak-anak bekerja sangat keras dan saya pikir tentunya kami layak dengan tiga poin ini," ucap Klopp menegaskan.

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Gemas, Victoria Beckham Ajak Putri Bungsu Perawatan di Spa

Posted: 13 Jan 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, London - Pesona kecantikan Victoria Beckham masih belum pudar meskipun usianya sudah memasuki 44 tahun. Bahkan, bisa dibilang wajahnya tak kalah cantik dengan artis-artis yang lebih muda darinya. Tentunya, David Beckham bisa dianggap beruntung telah menjadi suaminya.

Bicara soal penampilan, perawatan kecantikan tentu sudah menjadi hal wajib bagi Victoria Beckham. Saat tak disibukkan dengan pekerjaan, desainer kondang asal Inggris ini selalu meluangkan waktu untuk pergi ke tempat spa untuk menjalani serangkaian perawatan.

Namun kali ini, Victoria Beckham tak ingin datang sendirian. Wanita yang pernah bergabung dalam grup Spice Girls ini akhirnya mengajak serta putri bungsunya, Harper Beckham.

Setidaknya, pemandangan itulah yang bisa ditemukan dalam unggahan Victoria Beckham di Instagram Stories-nya. Wanita asal Inggris ini mengabadikan video ketika Harper sedang memejamkan mata dan menikmati fasilitas spa pada hari itu.

 

Mencuri Perhatian

Putri Victoria Beckham, Harper Beckham. (instagram.com/harperbeckham)

"Kita harus memakai produk yang bersih untuk anak-anak kita," tulis Victoria dalam postingan tersebut. Tak pelak jika hal ini berhasil mencuri perhatian para penggemar dan followers-nya di Instagram.

Banyak yang mengaku gemas dengan wajah lucu Harper. Namun tak sedikit pula yang iri dengan perawatan yang dijalani oleh gadis 7 tahun itu.

Meski masih sangat kecil, Harper memang sudah sering berkunjung ke tempat spa. Tak cuma perawatan baby facial seperti ini, ia juga kerap menghias kukunya dengan berbagai warna kuteks cantik sesuai dengan keinginannya.

Penulis: Soraya

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rancangan Perpres Kendaraan Listrik Tinggal Tunggu Persetujuan Jokowi

Posted: 13 Jan 2019 10:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa draft rancangan Peraturan Presiden terkait kendaraan listrik sudah selesai dibuat. Saat ini draf tersebut tinggal disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Perpres (kendaraan listrik) itu kalau dari kami sudah final. Tapi final tentu tahap akhir dari Ratas nanti. Presiden mungkin mau ada opsi ini, opsi ini, ya kita lihat lagi," kata dia, dalam acara 'Coffee Morning bersama Menko Maritim', di Kantornya, Jakarta (14/1/2019).

Menurut dia, draft tersebut direncanakan akan dibahas dalam Rapat Kabinet Terbatas (Ratas) bersama Presiden Joko Widodo, hari ini pukul 15.00 WIB. "Jam 3 (sore). Ratas schedule-jam tiga siang," ujarnya.

Meskipun demikian, Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini masih enggan menyampaikan poin-poin apa saja yang ada di dalam draft aturan kendaraan listrik tersebut.

"Kan ndak elok bos saya (presiden) belum saya laporin, saya sudah cerita ke publik. Itu kan etika. Tapi saya jamin sama kamu sudah ada," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Dirut Len Industri Beberkan Tips Kembangkan Industri Mobil Listrik di RI

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memberi paparan terntang kendaraan listrik nasional di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/11). Pemanfaatan listrik diharapkan bisa digunakan untuk moda transportasi kendaraan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Indonesia tengah mengembangkan kembali mobil listrik. Namun, nampaknya untuk memulai bangun industri ini tidakl mudah.

Direktur Utama (Dirut) PT Len Industri, Zakky Gamal Yasin mengatakan, sebenarnya ada cara bagaimana Indonesia lebih cepat dalam pengembangan mobil listrik ini. Tidak hanya pengembangan mobilnya, melainkan juga pengembangan industrinya secara keseluruhan.

Menurut dia, cara bekerja sama atau meniru dari negara-negara yang lebih maju dalam mobil listrik menjadi satu cara yang cukup efektif. 

"Kita kerja sama saja dengan mereka yang sudah lebih maju saja kemudian kita kembangkan di Indonesia. Tidak usah menjadi yang pertama di dunia, tapi jadi yang pertama di Indonesia saja dulu," kata dia kepada Liputan6.com seperti ditulis Minggu (30/12/2018).

Saat ini, Zakky menilai, ada dua negara yang bisa dijadikan referensi dalam pengembangan mobil listrik, yaitu Norwegia dan China. Norwegia, karena negara tersebut memiliki pengalaman lebih awal dalam pengembangan Electric Vehicle (EV). Sedangkan China, RI bisa belajar bagaimana memasarkan mobil listrik ini.

"Belajar dari dua negara ini banyak yang kita dapatkan. Mngkin dua negara ini kita harus banyak kerja sama. Dari situ kita coba bangun eksositemnya seperti apa," tambah Zakky.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maskapai Bisa Bangkrut Jika Tiket Pesawat Tak Naik

Posted: 13 Jan 2019 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) angkat bicara terkait harga tiket pesawat yang akhir-akhir ini dikeluhkan terlalu mahal oleh masyarakat. JK menjelaskan, adalah wajar jika maskapai melakukan penyesuaian tarif. Sebab sebagian besar pengeluaran mereka dalam bentuk dolar AS.

"Tapi harus begini, tarif itu memang sudah dinikmati oleh konsumen tapi kita juga mengetahui (bayar tiket) dengan Rupiah. Karena mereka itu membayar Dolar. Beli pesawat dengan Dolar, beli avtur dengan Dolar, tapi tarifnya Rupiah, mau tidak mau harus ada penyesuaian-penyesuaian secara bertahap," kata Wapres JK saat ditemui di Grand Sahid Jaya, Jakarta (14/1/2019).

Jika tidak ada penyesuaian, Wapres JK menilai bukan tidak mungkin akan ada perusahaan maskapai yang bangkrut.

"Karena kalau tidak, bisa saja kita nikmati hari ini begitu banyak pesawat terbang. Tapi kita tahu juga berapa pengusaha yang bangkrut dan berhenti," ujarnya.

Jika banyak maskapai yang bangkrut, dia menegaskan otomatis tarif pesawat akan menjadi jauh lebih mahal lagi.

"Kalau nanti (banyak maskapai) yang berhenti gimana? tarif akan semakin tinggi lagi. Kalau monopoli, hati-hati juga. Kita harus mempertimbangkan itu, unsur kepentingan konsumen dan unsur kepentingan perusahaan," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Harga Tiket Pesawat Turun, Maskapai Dengar Keluhan Warga

Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sebelumnya, seluruh maskapai nasional yang tergabung dalam Indonesia National Air Carrier Association (INACA) telah menurunkan harga tiket pesawat untuk penerbangan domestik sejak Jumat, 11 Januari 2019.

Hal ini menyusul banyaknya keluhan masyarakat akan mahalnya harga tiket pesawat untuk rute domestik. Penurunan tiket pesawat berkisar 20-60 persen.

Ketua Umum INACA I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara) menyebutkan keputusan tersebut berdasar hasil kesepakatan bersama antar beberapa pihak terkait. 

"Kami mendengar keprihatinan masyarakat atas tingginya harga tiket nasional. Dan atas komitmen positif dari stakeholder, khususnya AP 1, AP II, Airnav dan Pertamina," kata dia di Kawasan SCBD, Jakarta, Minggu (13/1).

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia Airlines (GIA) ini menyebutkan, meski maskapai-maskapai di tanah air tengah dalam kondisi tak menguntungkan, namun keputusan untuk menurunkan tarif tetap harus diambil demi kepentingan masyarakat. Ia pun mengungkapkan mendengar suara masyarakat terkait tiket pesawat.

"Walaupun di tengah kesulitan maskapai nasional yang ada, tapi kami lebih mendnegar keluhan masyarakat atas tingginya harga tiket. Kami tidak begitu saja tidak mempedulikan," ujarnya.

Dia menyebutkan, beberapa tarif penerbangan domestik yang telah turun sejak Jumat lalu antara lain rute Jakarta-Denpasar, Jakarta-Yogyakarta, Bandung-Denpasar, dan Jakarta-Surabaya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: Urine Chacha Duo Molek Positif Methamphetamine

Posted: 13 Jan 2019 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Personel Duo Molek, Chacha alias CWS ditangkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya terkait kasus kepemilikan narkotika pada Jumat (11/1/2019). Ia diringkus di kamar Apartemen Batavia, Jalan KH Mas Mansur, Jakarta Selatan bersama tersangka lainnya bernama Chandra.

"Kami mendapatkan barbuk satu buah cangklong bekas pakai berisi sabu netto 0,0466 gram, 0,5 butir ekstasi dan satu tutup botol bong terpasang sedotan," kata Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Suwondo Nainggolan saat dikonfirmasi, Senin (14/1/2019).

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, tes laboratotium menunjukan urine Chacha positif methamphetamine. "Cek urine rambut dan darah sedang diproses," lanjut Argo.

Sebelumnya, polisi meringkus Chacha, polisi lebih dulu mengamankan pelaku lainnya bernana Yahya Ansori Nasution. Yahya diamankan di Hotel Maharaja, Jakarta pada Kamis, (10/1) pukul 12.30 WIB. Polisi kemudian mengeledah rumah Yahya di Jalan Pramuka, Jakarta Pusat.

 

Laporan Masyarakat

Di sana, polisi menemukan beberapa klip sabu dengan berbagai ukuran berat. Pengungkapan kasus itu berawal dari informasi masyarakat.

"Hasil interogasi Yahya, barang bukti didapat dari DPO (Bro) pada Rabu, 9 Januari 2019, didistribusi ke Chandra dan Chacha dan menggunakannya bersama," kata Argo.

Argo mengatakan, barang bukti berupa sabu didapat dari Yahya dengan membeli seharga Rp 900 ribu. Sementara ekstasi diperoleh dari salah satu tempat hiburan pada 7 Januari 2019.

Reporter: Ronald 

Saksikan video pilihan di bawah ini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harus Diperhatikan, Ini Penyebab Kebakaran Mobil yang Sering Terjadi

Posted: 13 Jan 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran mobil kembali terjadi akhir pekan lalu. Bahkan, langsung ada dua mobil terbakar, yaitu Toyota Avanza dengan nomor polisi B 1679 BMB di Tol Dalam Kota depan Balai Kartini, Kuningan, Jakarta Selatan. Kasus kedua, sebuah bus penumpang terbakar di tol ruas Cikampek yang mengarah ke Bandung, Jawa Barat pada Minggu (13/1/).

Jika melihat kasus kebakaran mobil, memang banyak faktor yang bisa mengakibatkan hal tersebut terjadi. Biasanya, paling banyak kasus kebakaran mobil memang karena adanya korsleting di bagian kelistrikan.

Menurut Service Manager Dealer Toyota Auto2000 Cabang Tebet, I Wayan Werta Yoga, mobil terbakar biasanya karena kendaraan tersebut berumur lama atau tua sekitar delapan tahun setelah produksi.

"Terutama mobil lama yang enggak pernah dirawat atau dicek pemiliknya. Biasanya mereka cuma mau ganti oli saja," ungkap Wayan kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Selain itu, mobil-mobil dengan usia tergolong lama, alias tua pada bagian jeroan seperti kabel mulai mengalami getas atau mengeras sehingga kelenturan dan kualitasnya berkurang.

Maka dari itu, Wayan menyarankan agar setiap 20 ribu km, mobil juga diperiksa menyeluruh bagian kabel-kabel.

Namun begitu, Wayan mengatakan, mobil lama atau tua pada dasarnya belum tentu bermasalah, selama sang pemilik rajin melakukan pengecekan secara menyeluruh dan mengetahui bagian-bagian apa saja yang berpotensi korsleting.

"Umumnya (korsleting) sering terjadi karena customer mengganti sendiri kabel dan lampu tidak sesuai standar. Seperti lampu besar tapi kabel kecil, Watt-ampere tidak sesuai dengan standarnya," tuturnya.

Masalah Sepele

Memang, dari dua kasus kebakaran mobil tersebut belum diketahui pasti penyebabnya. Namun, kebakaran mobil karena kabel dan lampu tidak standar paling besar kemungkinannya bisa terjadi.

"Terlebih jika kabel dan lampu tidak standar dan tidak sesuai dengan daya terpasang," tambah Wayan.

Kabel dan lampu pada mobil sama seperti yang ada di rumah. Harus rajin dicek secara berkala.

Sebab, kabel bisa membuat getas dan struktur kabel akan berubah ketahanannya. Belum lagi kabel mengalami gesekan-gesekan saat mobil melaju, sehingga bisa terkelupas lalu terjadi korslet.

"Korslet itu kabel dengan kabel bertemu. Tapi bisa jadi ada cairan yang menjadi korslet. Kalau korslet, ketahannya jadi lebih besar, lalu akan timbul panas, maka panas itu akan membuat meleleh di bagian rumah lampu," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesawat Asing Dipaksa Mendarat di Bandara Hang Nadim Batam

Posted: 13 Jan 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Batam - Pesawat asing dipaksa mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau karena telah memasuki wilayah Indonesia tanpa izin, Senin (14/1/2019).

"Kejadiannya barusan. Pesawat tidak memiliki izin untuk terbang di Batam," kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim Batam Suwarso, dilansir Antara.

Pesawat yang dipaksa turun itu adalah dari maskapai Ethiopia Airlines dengan rute dari Bandara Addis Ababa Bole Internasional tujuan bandara di Hong Kong. Pesawat itu merupakan pesawat kargo dengan tipe Boeing B.777F.

"Saat ini, pesawat dan krunya sedang diproses oleh TNI AU," kata dia lagi.

Upaya penggiringan pesawat menuju Bandara Hang Nadim sempat membuat sebagian warga yang tinggal di Kecamatan Batam Kota panik.

"Saya pikir suara apa tadi itu. Suara gemuruh yang amat kencang," kata dia pula.

Menurut dia, pesawat seakan tepat berada di atas rumah, karena suara gemuruh sangat keras dan terasa dekat. "Sempat bingung juga tadi. Durasinya agak lama soalnya, meski enggak sampai 1 detik," kata dia lagi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badai Salju Hantam Sebagian WIlayah Pantai Timur AS, 7 Orang Tewas

Posted: 13 Jan 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Badai musim dingin yang menghantam kawasan Midwest di Pantai Timur Amerika Serikat (AS), dikabarkan memasuki hari kedua pada Minggu 13 Januari 2019.

Dikutip dari The Guardian pada Senin (14/1/2019), badai tersebut membawa serta hujan es yang mematikan, di mana menewaskan setidaknya tujuh orang. Sebagian besar korban tewas disebabkan oleh kecelakaan, seperti tertimpa pohon tumbang dan terdampak oleh jalanan licin.

Lembaga Cuaca Nasional AS melaporkan bahwa hujan es dengan ketebalan setengah inci (sekitar 1,27 sentimeter), menyebabkan banyak pohon tumbang dan kabel listrik terputus karena tidak kuat menahan beban salju.

Badai itu juga menyebabkan ratusan kecelakaan lalu lintas dan pembatalan penerbangan, termasuk di ibu kota Washington DC.

Polisi negara bagian Virginia mengatakan mereka merespons lebih dari 230 kecelakaan dan membantu lebih dari 100 kendaraan yang terjebak, sejak Sabtu tengah malam hingga keesokan harinya.

Selain itu, badai musim dingin juga menyebabkan masalah di bandara-bandara di kedua negara bagian itu, termasuk dibatalkannya lebih dari 250 jadwal penerbangan di tiga bandara utama setempat.

Dilaporkan pula bahwa aliran listrik terhadap lebih dari 200.000 kepala keluarga di negara bagian Virginia dan North Carolina terputus saat badai melanda, menurut laporan situs web PowerOutage.

Selain itu, berbagai lokasi publik juga terpaksa ditutup selama akhir pekan lalu, termasuk di antaranya Kebun Binatang Maryland, serta berhenti beroperasinya beberapa stasiun kereta utama di Washington DC dan sekitarnya.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Peringatan Badai Musim Dingin

Justin Hartman mengendarai sepedanya saat badai musim dingin hebat di sepanjang New Bedford Road di Wall Township, NJ (4/1). Badai salju ini diperkirakan akan memecahkan rekor cuaca dingin yang pernah terjadi sebelumnya. (AP Photo / Julio Cortez)

Dilaporkan bahwa badai musim dingin terus berlanjut hingga Minggu malam --atau Senin siang dalam zona Waktu Indonesia Barat-- di wilayah Washington DC, serta sebagian besar North Virginia Maryland.

Di ketiga wilayah tersebut, rata-rata gundukan saljunya diketahui mencapai ketebalan 5-8 inci, atau sekitar 12 hingga 20 sentimeter.

"Kami tengah menghadapi badai salju kuat yang membentang sejauh 1.400 mil (setara dari 2.253 kilometer) dari negara bagian Kansas ke pesisir Pantai Timur," kata ahli meteorologi Haley Brink.

Curah salju setebal rata-rata satu inci (setara 2,5 sentimeter) dilaporkan turun di wilayah Missouri, Illinois, Iowa, Kansas, Nebraska, dan Colorado sejak Jumat 11 Januari.

Adapun curah salju tertinggi dilaporkan terjadi di Montgomery City, negara bagian Missouri, yakni setebal hampir 20 inci, atau sekitar 50,8 sentimeter.

Lembaga Cuaca Nasional mengeluarkan peringatan badai musim dingin sejak hari Minggu petang, untuk lebih dari 35 juta orang yang bermukim di Washington DC, negara bagian Maryland, dan North Virginia, seiring laju badai yang mengarah ke timur laut.

Selain itu, diperingkatkan pula bahwa hujan es, salju, dan angin kencang berisiko membahayakan berbagai perjalanan, termasuk penerbangan sipil, selama setidaknya hingga Selasa esok, lapor CNN.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Solskjaer, Ini Tiga Caretaker Tersukses di Liga Premier

Posted: 13 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ole Gunnar Solskjaer mengguncang Inggris Raya. Tangan dingin pria Norwegia itu sebagai caretaker manajer membuat Manchester United bangkit dari keterpurukan.

Solskjaer ditunjuk menjadi caretaker MU pada pertengahan Desember 2018. MU memakai jasa Solskjaer setelah memecat Jose Mourinho akibat rentetan hasil buruk. 

Sejak ditangani Solskjaer, MU selalu menang dalam enam laga beruntun dengan rincian lima di Liga Inggris dan satu di ajang Piala FA.

Solskjaer juga mengukir rekor sebagai manajer MU pertama yang mampu melakukan start cemerlang dengan enam kali menang beruntun.

Sebelum Solskjaer, sudah ada beberapa caretaker yang sukses bersama klub Liga Inggris. Siapa saja mereka? Simak di halaman berikutnya:

- Kenny Dalglish

Mantan pemain dan manajer Liverpool, Kenny Dalglish. (dok. Liverpool)

Dalglish ditunjuk menjadi caretaker Liverpool pada Januari 2011. Dia menggantikan Roy Hodgson yang dipecat. Keputusan ini mengejutkan. Dalglish sudah 13 tahun tak pernah melatih.

Dua laga awal Dalglish cukup memprihatinkan dengan dua kekalahan. Namun setelah itu Liverpool berjaya bersama Dalglish dengan delapan laga tak terkalahkan.

Liverpool juga mampu mengalahkan rival abadinya MU dan akhirnya finis di posisi enam klasemen Liga Inggris.

Dalglish kemudian di permanenkan Liverpool. Sayangnya setelah permanen, Dalglish malah terpuruk dan akhirnya dipecat setelah hanya semusim bertugas di Anfield.

- Guus Hiddink

Guus Hiddink (istimewa)

Hiddink bisa dibilang spesialis caretaker Chelsea. Dua kali Hiddink menjadi caretaker di Stamford Bridge. Keduanya berakhir dengan memuaskan.

Pria Belanda itu pertama kali menjadi caretaker Chelsea pada Februari 2009 menggantikan Luiz Felipe Scolari. Chelsea finis di urutan tiga, menjuarai Piala FA dan kalah kontroversial di semifinal Liga Champions melawan Barcelona.

Hiddink kembali menjadi caretaker Chelsea pada Desember 2015. Saat itu Chelsea cuma terpaut satu poin dari zona degradasi. Hiddink membangkitkan Chelsea hingga akhirnya finis di papan tengah.

- Roberto Di Matteo

Roberto Di Matteo (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Di Matteo merupakan cerita caretaker paling sukses. Dia menjadi caretaker Chelsea sejak Maret 2012 menggantikan Andre Villas-Boas yang dipecat.

Secara luar biasa, Di Matteo mampu mewujudkan impian bos besar Chelsea Roman Abramovich untuk menjuarai Liga Champions. Di Matteo juga turut memberikan gelar Piala FA saat menjadi caretaker.

Chelsea kemudian memberikan kontrak permanen di musim panas 2012. Sayangnya Di Matteo cuma bertahan selama tiga bulan saja dan akhirnya dipecat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Titi Wati, Obesitas, dan Pengaruh Obat Herbal untuk Pangkas Berat Badan

Posted: 13 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Titi Wati, si pemilik berat badan yang mencapai 350 kilogram, berbagi cerita perihal obesitas yang tengah mengimpitnya.

Kepada awak media belum lama ini, perempuan 37 tahun tersebut bercerita banyak mengenai segala kemungkinan yang menyebabkan bobot tubuhnya bisa sebesar itu.

Titi Wati mengatakan pertama kali menyadari dirinya obesitas pada 2013. Kala itu segala jenis diet dia lakukan guna mengembalikan angka timbangan ke besaran yang lebih normal.

Dia tak ingat berapa berat pastinya saat itu. Akan tetapi yang Titi ingat, berat badannya turun menjadi 167 kilogram setelah rutin mengonsumsi obat herbal.

Namun, saat harga obat herbal semakin mahal dan Titi tak mampu lagi membelinya, berat badan perempuan dari Palangka Raya itu melonjak lagi.

"Setelah tidak mampu membeli minuman herbal penurun berat badan itu, saya pun menjalani aktivitas saya seperti orang normal. Makan dan minum pun juga tidak terkontrol lagi, sehingga berat badan saya yang saat itu sempat 167 kilogram, kini menjadi 350 kilogram lebih," kata Titi Wati.

 

Berhenti Konsumsi Obat Herbal Bisa Gemuk lagi

Ilustrasi Badan Gemuk atau Obesitas (iStockphoto)

Bercermin dari kondisi Titi Wati, apa yang sebenarnya terjadi pada individu yang menurunkan berat badan menggunakan obat-obatan herbal? Mengapa saat mengonsumsi obat herbal berat bisa turun, tapi jadi melebar lagi setelah tak lagi mengonsumsinya?

Menurut seorang pakar di bidang gizi olahraga dan kebugaran, Mochammad Rizal, hal ini bisa terjadi karena mungkin obat herbal yang mereka minum bersifat diuretik, bersifat menurunkan nafsu makan, dan beberapa juga punya efek psikologis. Sayangnya banyak individu yang tak menyadari ini. 

Rizal, menjelaskan, jika ternyata obat herbal yang diminum itu bersifat diuretik, kemungkinan orang tersebut bisa tiba-tiba 'kurus' karena kehilangan banyak cairan dari dalam tubuh.

"Bersifat diuretik yaitu mengeluarkan cairan di dalam tubuh, sehingga turun berat badan mayoritas berasal dari kehilangan kadar air," kata Rizal saat berbincang dengan Health Liputan6.com pada Senin, 14 Januari 2018.

Begitu juga bila herbal yang diminum ternyata bersifat penurun nafsu makan, berat badan wajar turun karena yang mengonsumsi obat herbal itu jadi tak nafsu makan sama sekali. "Namun, setelah tidak lagi minum, nafsu makannya kembali naik," kata Rizal menambahkan.

Sementara yang punya efek psikologis, biasanya menyertakan sejumlah syarat tertentu seperti makanan apa saja yang harus disantap, dan kapan waktu terbaik untuk menyantapnya. 

"Ini membuat seseorang jadi 'patuh', dan berpikir 'oh, lagi on diet'," katanya.

"Tetapi setelah tidak mengonsumsi lagi, jadi enggak patuh lagi. Mindset-nya jadi 'off diet'," ujar Rizal menjelaskan.

 

Mindset

Banyak salah kaprah pada saat seseorang memutuskan untuk menurunkan berat badan. Menurut Rizal, yang sering terjadi, penurunan berat badan tidak diimbangi dengan perubahan kebiasaan (habit). 

"Perubahan habbit tu bahkan lebih penting dan harus ditekankan di awal daripada penurunan berat badan itu sendiri," kata Rizal. 

Hanya saja, tidak sedikit orang yang maunya serba instans. Mereka mengira ada obat ajaib penurun berat badan, tanpa diimbangi dengan perubahaan kebiasaan sehari. 

Rizal, mengatakan, banyak orang yang menganggap diet itu seperti tombol on-off. Mati-matian melakukannya karena tujuan tertentu, begitu tujuan sudah terpenuhi dan merasa puas, pola makannya balik ke semula. 

Ini yang menyebabkan banyak orang yang tidak lagi mengonsumsi obat herbal menjadi gemuk kembali. 

"Jangan terlalu bergantung pada obat-obatan, apalagi tanpa diiringi dengan perubahan habit," katanya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rekaman Detik-Detik Gunung Ibu Meletus

Posted: 13 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara meletus. Letusan Gunung Ibu membuat warga harus menjauhi radius 2 kilometer dari area gunung agar aman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putus dari Reino Barack, Luna Maya Ngaku Didekati Banyak Pria

Posted: 13 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan Luna Maya dan Reino Barack kandas setelah bertahan-tahun dibina. Alih-alih segera mencari pacar baru, Luna Maya rupanya masih betah hidup tanpa pasangan.

Saat ini, Luna Maya sangat bahagia menjalani hari-harinya. Tanpa seorang pacar, artis 35 tahun ini justru lebih leluasa menjalani hidup tanpa direpotkan dengan urusan pacar.

"Ini akhirnya pengalaman berharga karena aku jadi lebih mengenal diriku sendiri karena enggak ada distraction dari yang lain," imbuhnya dalam tayangan infotainment.

"Enggak ada obligasi untuk laporan. Minta izin atau apa yang selayaknya orang berpasangan. Sekarang happy banget," sambung Luna Maya.

Waktu untuk Keluarga

(Warung Luna Maya). (Daniel Kampua/Fimela.com)

Tak hanya itu, sejak putus, Luna Maya juga semakin memiliki waktu banyak untuk keluarga. Seperti diketahui, akhir tahun kemarin ia sempat berlibur dengan keluarga besarnya.

"Karena saya dari dulu selalu pacaran lumayan lama. Maksudnya enggak pernah yang sering ganti. Kalau sekarang tuh kayaknya yang enggak pernah saya lakuin, bisa saya lakuin sekarang. Kayak kemarin liburan sama keluarga," jelasnya.

Pria Antre

Luna Maya dan Reino Barack

Meski begitu, bukan berarti tak ada pria yang mendekati. Hanya saja, dari sekian banyak yang mendekati Luna Maya, belum ada satu pun yang mampu mencuri hatinya.

"Pokoknya saya engak mau pacaran dulu, saya mau menikmati hidup, mau menikmati rezeki yang Tuhan kasih ke saya. Lagi senang sendiri. Yang dekatin sih banyak. Tapi enggak ada yang nyangkut," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luar Biasa, Foto Telur Cetak Rekor Likes Terbanyak di Instagram!

Posted: 13 Jan 2019 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jagat media sosial, khususnya Instagram, kembali terguncang dengan aksi yang dilakukan sebuah akun bernama world_record_egg. Alasannya, unggahan pertama akun tersebut berhasil mencetak rekor likes terbanyak.

Dikutip dari Fox News, Senin (14/1/2019), unggahan akun ini terbilang unik, karena menampilkan sebuah telur biasa. Jadi, tidak ada tambahan yang membuat gambar telur tersebut tampil berbeda.

Adapun unggahan perdana dari akun tersebut dilakukan pada 5 Januari 2019. Sejak awal, akun tersebut memang mengajak warganet untuk membuat rekor dunia dengan memberi likes pada foto tersebut.

"Ayo buat rekor dunia bersama dan menjadi foto yang paling banyak di-likes di Instagram. Kalahkan rekor dunia saat ini yang dipegang oleh Kylie Jenner (18 juta)! Kita bisa," tulis akun tersebut.

Upaya tersebut ternyata membuahkan hasil. Kini, foto tersebut berhasil menjadi foto dengan likes paling banyak. Pantauan terakhir, foto ini mendapatkan sekitar 22,8 juta likes.

Kyle Jenner yang mengetahui hal tersebut, segera membuat respon dengan unggahan baru di akun Instagram-nya. Melalui video singkat, Kyle memperlihatkan dirinya yang memecahkan telur di jalan raya.

"Rasakan itu telur kecil," tulisnya dalam unggahan tersebut. Akun world_record_egg pun sempat membuat unggahan baru bahwa ini merupakan awal, dengan kata lain akan ada kelanjutan dari kehadirannya di Instagram.

"Ini belum berakhir. Kami baru saja memulainya," tulis sosok di balik akun ini.

Mengingat besar kemungkinan akan ada aksi lanjutan tidak ada salahnya menantikannya, terutama bagi kamu yang penasaran dengan maksud dari akun tersebut.

Fitur Filter Komentar dalam Bahasa Indonesia Hadir di Instagram

Ilustrasi instagram. (Foto: pexels.com)

Sebelumnya, Instagram memperluas fitur penyaring komentar dalam Bahasa Indonesia.

Perilisan fitur filter komentar berbahasa Indonesia ini merupakan upaya menjaga Instagram sebagai tempat yang aman dan positif untuk berekspresi dan berbagi unggahan.

Melalui keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, fitur ini dibuat dengan teknologi machine learning yang secara otomatis akan menyaring komentar-komen yang dianggap membuat pengguna tak nyaman.

Misalnya, komentar yang diunggah pengguna lain berupa perundungan (bullying), ujaran kebencian, pelecehan seksual, dan komentar spam seperti barang dagangan.

Melalui teknologi ini, komentar-komentar yang sifatnya mengganggu akan otomatis disaring dan disembunyikan.

Dengan demikian, orang tidak dapat melihat atau menyadari keberadaan komentar tersebut di unggahan Instagram.

Komentar-Komentar yang Disaring

Ilustrasi konten Instagram. (dok. pexels.com/Asnida Riani)

Kategori pertama yang disaring oleh fitur ini adalah komentar bersifat perundungan atau bullying.

Sekadar diketahui, pedoman Komunitas Instagram melarang keberadaan konten perundungan di Instagram.

Nah, filter ini akan menyaring tingkah laku yang membuat orang merasa tidak nyaman dan bersifat agresif terhadap pengguna lain.

Fitur ini juga dapat memberikan notifikasi kepada Instagram apabila sebuah akun mem-posting konten agresif berulang kali. Dengan begitu, Instagram dapat segera mengambil tindakan untuk menghapus keberadaan akun tersebut.

Hal lain yang disaring oleh fitur ini adalah komentar bernada ujaran kebencian atau hate speech, terutama komentar yang mengancam kelompok agama atau etnik tertentu.

Dua kategori komentar lainnya yang disaring adalah komentar yang menggunakan bahasa seksual yang ditujukan untuk melecehkan orang lain, serta komentar tidak otentik yang dikenal sebagai spam.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Remaja Berkebutuhan Khusus Wujudkan Mimpi Jadi Pramugari

Posted: 13 Jan 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Shantell Pooser merupakan pramugari dengan penampilan yang berbeda dari pramugari pada umumnya. Bagaimana tidak, remaja berusia 17 tahun tersebut memiliki penyakit yang menyerang saluran pernafasannya.

Sang ibu, Deanna Berry mengatakan bahwa Shannie saat ini masih berusaha melawan penyakitnya, dikutip dari foxcarolina.com. Berry sering membawa Shannie berobat untuk terapi dan dioperasi di Rumah Sakit Anak Cincinatti, Ohio dari tempat tinggalnya, South Carolina.

Berulangkali terapi dilakukan membuat Shannie harus menaiki pesawat terbang kala hendak berobat. Dari sinilah, gadis berkebutuhan khusus itu mulai bermimpi menjadi pramugari. Ia dan ibunya bahkan memasukkan mimpi itu dalam daftar keinginan.

Keinginannya terkabul di hari ulang tahunnya kemarin, yakni 13 Oktober 2018. Pilot dari maskapai pesawat terbang American Airlines mengabulkan impiannya.

Shannie memakai seragam pramugari American Airlines dan berkesempatan memberikan panduan keselamatan di pesawat tersebut. Penumpangnya sebagian besar merupakan keluarga dan teman dekatnya.

Hadir pula tamu spesial, yakni Wali Kota Columbia Stephen Benjamin yang juga memberikan medali kota emas untuk Shannie pada hari ulang tahunnya. Sejak saat itu, Shannie turut menjadi pramugari acap kali ia harus pergi berobat di Ohio.

Kondisi saluran pernafasan Shannie saat itu sudah terhambat sebanyak lebih dari 87 persen. Walaupun begitu, Shannie sudah melampaui harapan dokter. Ia terus berusaha untuk membuat perbedaan serta menginspirasi orang di sekitarnya untuk melawan penyakit serupa yang mengidap diri mereka. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Bilang Biaya Pembangunan LRT Kemahalan, Ini Jawaban Adhi Karya

Posted: 13 Jan 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengkritik pembangunan kereta ringan terpadu atau light rail transit (LRT) yang menelan biaya sampai Rp 500 miliar per kilometernya (km). Menurut dia, pembangunan LRT dengan skema elevated tersebut dinilai kurang efektif.

Sebagai kontraktor, PT Adhi Karya (Persero) Tbk merespons bahwa pembangunan LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) sudah melalui proses pertimbangan yang masak oleh perusahaan. Itu salah satunya seperti pertimbangan biaya operasional (operational cost).

"Jadi, bahwa pemilihan konstruksi elevated atau underground harus meninjau kondisi yang ada. Dalam desain pembangunan infrastruktur ada tiga pertimbangan, pertama at grade di atas tanah biasa, kedua elevated dan ketiga underground. Kami sudah lakukan kajian, ini yang paling optimal yang bisa kita berikan," ucap Direktur Operasi II PT Adhi Karya (Persero) Tbk Pundjung Setya Brata di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Dia menambahkan, nominal sejumlah Rp 500 miliar per km tersebut sudah mencakup seluruh nilai operasi dengan panjang rel LRT yang mencapai 44,43 kilometer. Termasuk didalamnya pembangunan depo hingga stasiun.

"Jadi LRT ini berbeda dengan jalan tol, kami bukan hanya membangun jalan, tapi juga membangun sistem, juga membangun workshop untuk menyimpan perbaikan maintenance depo. Depo ada cost-nya ini yang Rp 500 miliar, termasuk biaya depo yang sesuai dengan panjang tadi," ujarnya.

Dia pun menegaskan, pembangunan LRT ini telah sesuai dengan pertimbangan Perseroan. Perusahaan telah mensurvei secara detail terkait pembangunan LRT dengan skema elevated itu.

"Kami sudah berusaha memikirkan semuanya supaya lebih optimum. Jadi kalau mau kita compare, atau bolehlah dicek pembangunan di luar negeri ya. Supaya bisa clear perbandinganya," tandasnya.

JK Kritik Pembangunan LRT Habiskan Rp 500 Miliar per Km

Jajaran tiang  beton proyek LRT di Jakarta, Kamis (6/9). Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berdampak terhadap proyek infrastruktur. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Wakil Presiden Jusuf Kalla sempat bertemu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di rumah dinasnya, Jumat (11/1/2019) pagi.

Dalam pertemuan itu JK berbicara banyak hal, salah satunya terkait efisiensi transportasi di Jakarta.

"Saya baru tadi pagi berbicara dengan Gubernur DKI tentang efisiensi transportasi di Jakarta. Diuraikan bagaimana penggunaan teknologi di dalam sistem transportasi di Jakarta," kata JK saat memberikan sambutan di hadapan para peserta INKINDO di Istana Wapres, Merdeka Selatan, Jumat (11/1/2019).

Sebab itu, para konsultan harus terus memahami teknologi. JK mencontohkan pembangunan LRT Jabodetabek dengan elevated yang hanya berada di samping jalan tol. Menurut JK, model pembangunan seperti itu tidak efisien. 

"Saya kasih contoh, membangun LRT ke arah bogor dengan elevated (jalur layang). Buat apa elevated kalau hanya berada di samping jalan tol?," ucap JK.

Menurut dia, di sejumlah negara, pembangunan LRT tidak di bangun bersebelahan dengan jalan tol. Pembangunan jalur layang justru akan membuat biaya semakin membengkak.

"Biasanya light train itu tidak dibangun bersebelahan dengan jalan tol, harus terpisah. Tapi bangunnya gitu. Siapa konsultan yang memimpin ini, sehingga biayanya 500 miliar per kilometer," kata JK.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibilang Gemuk, Via Vallen Curhat Sulitnya Menurunkan Berat Badan

Posted: 13 Jan 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Via Vallen disinggung soal berat badan. Salah satu warganet menilai bentuk tubuhnya semakin gemuk. Padahal, sebelumnya Via Vallen memiliki postur tubuh yang langsing.

"Sebenarnya artis memang dilihat dari suaranya sih kalau penyanyi. Cuma harus jaga badan juga biar enak dilihat," kata warganet bernama @dindaanastasia dalam kolom komentar unggahan Via.

"Kan penghasilan sudah nanya. Bisa sewa personal trainer kalau malas ke tempat Gym. Sorry ya saran, mending diet mbak sekarang sudah lebar banget meskipun tetap cantik. Kurang enak dilihat," tambahnya.

Terkait komentar tersebut, Via Vallen menanggapinya dengan santai. Ia menjelaskan bahwa berbagai macam cara sudah ditempuh untuk menurunkan berat badan. Hanya saja usahanya belum membuahkan hasil.

Penjelasan

[Foto: Instagram Via]

"Makasih buat kritik dan sarannya tapi saya enggak diem aja kok mba. Sudah banyak yang saya lakukan agar bisa kurusan. Dari diet ini itu. Pakai jasa PT di rumah," jelas Via Vallen.

"Treatment ke dokter ini itu sampai ngabisin biaya yang menurut saya enggak karu-karuan. Tapi sayang banget kmaren belum ada hasil seperti yang diinginkan," sambung pelantun "Sayang" itu.

Dipuji

(Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Meski ada yang mengritik namun ada pula warganet yang memuji penampilannya. "Segitu sudah bagus kok mba yang penting sehat," ujar @denik3275.

"Ya wajarlah badan gemuk karena banyak duti. Senang karena enggak ada beban pikiran. Orang kalau bahagia itu pasti sedikit gemuk," tambah @asyamoet18.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Tewasnya Deasy Tuwo yang Diterkam Buaya Berukuran 5 Meter

Posted: 13 Jan 2019 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Warga Sulawesi Utara (Sulut) dihebohkan dengan beredarnya informasi dan foto-foto seorang perempuan yang diterkam buaya. Seorang pekerja di perusahaan pembibitan mutiara, CV Yosiki, di Desa Ranowangko, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, tewas diterkam seekor buaya.

Korban bernama Deasy Tuwo (44) ditemukan sudah tidak bernyawa setelah dirinya dimangsa oleh buaya berukuran lima meter pada Jumat (11/1/2019) sekitar pukul 08.45 WITA.

Jasad korban ditemukan dalam kondisi mengenaskan. Jasad Deasy Tuwo, warga Desa Suluun Tiga, Kecamatan Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan, langsung dievakuasi dari tempat penangkaran buaya oleh polisi.

Buaya tersebut merupakan hewan peliharaan di kompleks perusahaan tempatnya bekerja, yang terletak di Desa Ranowangko, Kecamatan Tombariri.

Awalnya, sejumlah rekan kerja di tempatnya bekerja mencari perempuan itu di sekeliling area perusahaan. Namun, rekannya dikejutkan dengan penemuan jasad yang mengapung di kolam penangkaran buaya. Ternyata jasad itu adalah Deasy Tuwo. Kejadian itu langsung dilaporkan ke Polsek Tombariri.

"Informasinya yang bersangkutan karyawan sini. Dia sering memberi makan buaya. Kita masih menyelidiki penyebabnya," ujar Wakapolres Tomohon Kompol Joice Wowor kepada tim Patroli Indosiar, Sabtu (12/1/2019).

Lebih lanjut mengenai peristiwa tersebut, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, fakta tewasnya Deasy Tuwo yang diterkam buaya, Senin (14/1/2019).

Deasy Tuwo merupakan Kepala Laboratorium CV Yosiki

Selain sebagai kepala laboratorium pembibitan mutiara, Deisy Tuwo juga bertugas menjaga buaya yang telah dipelihara oleh pemiliknya sejak 20 tahun lalu. Korban memberi makan buaya setiap pagi dan menjelang malam.

Kapolsek Tombariri, Iptu Jantje Untu saat dikonfirmasi oleh sejumlah wartawan, mengatakan bahwa korban merupakan warga Desa Suluun, Kecamatan Tareran, Kabupaten Minahasa selatan, Sulawesi Utara.

CV Yosiki sendiri merupakan perusahaan pembibitan mutiara. Pemiliknya merupakan warga Negara Jepang yang bernama Mr. Ochiai. Perusahaan ini terletak di Desa Ranowangko, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Jasad korban pertama kali ditemukan oleh rekan kerjanya

Rekan kerja Deasy Tuwo, Erling Rumengan, Vian Turangan, Audy Engkol yang memang sedang mencari dirinya. Pada Jumat pagi (11/1/2019), Erling memang sedang mencari Kepala Laboratorium CV Yosiki itu. Erling ditemani oleh dua rekan kerja lainnya pun mencari bersama keberadaan Deasy ke seluruh area perusahaan. Namun di dalam tidak ada orang yang ditemukan.

Saat ketiganya masuk ke areal pembibitan mutiara, mereka menemukan jasad perempuan mengapung di kolam tempat pemeliharaan seekor buaya. Mereka pun sangat kaget melihat kondisi jasad Deasy terebut.

Kondisi jasad Deasy setelah diterkam buaya sudah tidak lagi utuh

Jasad Deasy Tuwo, warga Desa Suluun Tiga, Kecamatan Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan itu ditemukan dalam kondisi mengenaskan.

Pemandi jenazah, Maikel Mokodompit RSUP Kandou mengaku kaget saat mengetahui jasad yang dimandikannya merupakan korban yang diterkam buaya. Ia mengatakan bahwa tubuh korban sudah tidak lagi utuh, hanya tersisa kepala dan dua kaki. Tangan juga sudah raib.

Korban diduga tewas terjatuh saat hendak memberi makan buaya.

Korban ditemukan sudah tidak bernyawa setelah dimangsa buaya berukuran 5 meter, di lokasi tempatnya bekerja pada hari Jum'at (11/1/2019) pukul 08.45 WITA dalam kondisi yang sangat memprihatinkan.

Korban diduga tewas terjatuh saat hendak memberi makan buaya yang sengaja dipelihara sejak kecil oleh pihak perusahaan.

Namun, hingga kini polisi masih menyelidiki sebab kematian wanita yang kerap memberi makan buaya itu, apakah tergelincir atau ada sebab lain.

Guna proses penyidikan, jasad korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Profesor Kandou Malalayang, Manado untuk diautopsi.

 

Saat kejadian tersebut, pemilik perusahaan tidak berada di lokasi.

Perusahaan diketahui sengaja memelihara hewan buas sedari kecil. Selain memelihara buaya tersebut, perusahaan itu memiliki hewan lain seperti ikan arwana. Di perusahaan tersebut juga terdapat alat-alat pembibitan mutiara.

Kapolres Tomohon, Raswin Sirait mengatakan, bahwa pihaknya hingga saat ini masih mencari pemilik buaya yang memiliki ukuran 5 meter tersebut.

Buaya peliharaan itu setiap harinya selalu diberi makanan segar.

Ayam, ikan tongkol dan ikan tuna merupakan makanan segar buaya peliharaan itu setiap harinya.

Buaya tersebut tidak mau makan kalau makanan tersebut sudah dibekukan atau sudah mati beberapa hari. Hal itu dikatakan oleh Merry Supit selaku mantan karyawan di perusahaan itu, yang bekerja selama 18 tahun dan mengundurkan diri pada tahun 2005.

 

Reporter: Nisa Mutia sari

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Cek Fakta] Usai Bertemu Jokowi, Agnez Mo Acungkan Dua Jari?

Posted: 13 Jan 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar marak di sosial media. Salah satunya adalah soal pertemuan Agnez Monica atau Agnez Mo dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan itu terjadi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat, 11 Januari 2019.

Foto dan kabar tersebut diunggah akun Facebook bernama Purnomo. Dalam unggahannya, ia menyertakan foto saat Agnez Mo bertemu dengan Jokowi dan sebuah video Agnez Mo di dalam mobil.

Dalam video tersebut, nampak Agnez Mo sedang berada di dalam mobil dan memperlihatkan dua jari saat sedang direkam oleh kamera. Agnez juga terlihat tertawa sembari bercanda dengan perekam video.

Unggahan tersebut sudah dibagikan sebanyak 85 kali dan mendapat tanda suka 66.

Selain itu, akun Facebook bernama S'herman S'herman mengunggah video Agnez Mo yang terlihat mengacungkan dua jarinya.

Video yang diunggah hanya dibagikan dua kali dan mendapat satu tanda suka. Tidak ada komentar dalam unggahan tersebut.

 

Fakta

Video yang diunggah akun Facebook Purnomo dan S'herman S'herman memang benar adanya. Tetapi tidak dapat dipastikan kapan video tersebut diambil, apakah benar video diambil usai Agnez Mo menemui Jokowi.

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba mencari tahu kebenaran dari kabar dan video tersebut. Namun rupanya, video tersebut merupakan video lama dan telah dipotong bagiannya.

Hal itu dibuktikan dalam artikel yang diunggah www.turnbackhoax.id pada 13 Januari 2019. Artikel tersebut berjudul [SALAH] "Agnez Mo JAHAP".

[Cek Fakta] Usai Bertemu Jokowi, Agnez Mo Malah Acungkan Dua Jari?

"Video yang digunakan oleh post SUMBER diunggah di bulan Maret tahun lalu, bukan dibuat setelah pertemuan dengan Jokowi di tanggal 11 kemarin. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

http://bit.ly/2FqaV3j, post oleh akun "Purnomo" (facebook.com/purnomo.sario), sudah dibagikan 80 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

"Agnez Mo JAHAPdi depan jae lu pura² excited ketemu diasaat perjalanan pulang banyak Fans Lu yg keberatan soal penampilan lo ketika ketemu si jae di Istanakhawatir si Agnez Mo nyebong yg berakibat DUNGUlalu dgn penuh canda Agnez Mo pun Salam✌️Jari

🤣🤣🤣"

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: "Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah".

Post SUMBER menggunakan video yang diunggah di bulan Maret tahun lalu, dihubung-hubungkan dengan peristiwa yang terjadi di tanggal 11 kemarin.Post SUMBER menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan konteks video yang sebenarnya, untuk memelintir dan membangun premis bahwa video dibuat setelah pertemuan selesai.——

(2) Salah satu sumber video, http://bit.ly/2Fpj7Rq YouTube: "AGNEZ MO Shopping Day in Jakarta Mall 😘

interNEZionalPublished on Mar 27, 2018

Vlog. Fun day with friends & team. Shopping day in Jakarta, Indonesia. AGNEZ MO hanging out with Carendelano, Adi Adrian, Marlene Hariman, Fanfani. 27 Maret 2018.

Credits:Instagram stories @agnezmo @carendelano @adiadrianbeauty @marlenehariman.

Subscribe now for more videos about AGNEZ MO/Agnes Monica."

——

(3) Salah satu sumber foto, KOMPAS(dot)com: "Saat Agnez Mo Nge-vlog Bareng Jokowi di Istana Merdeka". Selengkapnya di bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

http://bit.ly/2QIMkIa KOMPAS(dot)com: "Saat Agnez Mo Nge-vlog Bareng Jokowi di Istana Merdeka

ANDI MUTTYA KETENG PANGERANG Kompas.com – 11/01/2019, 17:46 WIB

(foto)Agnez Mo dan Presiden Joko Widodo merekam vlog bersama di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2019). (Instagram/Kantor Staf Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyanyi Agnez Mo pagi tadi menyambangi Istana Merdeka, Jakarta Pusat, untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Tak hanya berbincang, Agnez juga berkesempatan membuat vlog bersama orang nomor satu di Indonesia itu.

"Agnez juga sempat membuat vlog dengan Presiden Jokowi," tulis akun Instagram resmi Kantor Staf Presiden RI, @kantorstafpresidenri, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (11/1/2019).

Suasana "nge-vlog" itu terlihat dari beberapa foto yang diunggah akun tersebut. Agnez yang dibalut t-shirt putih dan rok hitam tampak memegang kamera.

Sementara Jokowi yang mengenakan kemeja batik di sampingnya tersenyum ke arah kamera. Foto yang lain menunjukkan Agnez dan Jokowi sibuk berbincang sambil berjalan di sebuah ruangan.

Ada pula foto yang memperlihatkan Agnez duduk berhadapan dengan Jokowi di depan meja kayu panjang seraya mengobrol.

(foto)Agnez Mo dan Presiden Joko Widodo membuat konten vlog di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2019). (Instagram/Kantor Staf Presiden)

Pertemuan Agnez yang saat ini sedang meniti karier di industri musik AS dengan Jokowi itu juga dihadiri oleh Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (purn) Moeldoko.

"Presiden berbincang mengenai motivasi @agnezmo yang sukses berkarir di dunia Internasional," tulis akun tersebut.

Sebelumnya, Agnez mengaku mendapat dukungan dari Jokowi untuk penghargaan Social Star Award di ajang iHeartRadio Music Awards 2019, di mana Agnez menjadi salah satu nomine.

https://www.instagram.com/p/BsfWbeeh6Tc: @kantorstafpresidenri: "Presiden @jokowi didampingi Kastaf Kepresidenan @dr_moeldoko bertemu dengan Agnez Monica di Istana Merdeka. Jumat, (11/01).Presiden berbincang mengenai motivasi @agnezmo yang sukses berkarir di dunia Internasional. Agnez juga sempat membuat vlog dengan Presiden Jokowi.📷: Biro Pers Setpres

jokowi #nawacita #menujuindonesiamaju #agnezmo #indonesia".Sebagai informasi, Agnez Mo merupakan satu-satunya musikus Indonesia yang berhasil masuk dalam penghargaan musik di Amerika itu.

"When I got support from my own President @ jokowi #IAMdocuseries #iheartsawards #SocialStarAwards #AGNEZMO," tulis Agnez dalam fitur Insta Story akun Instagram @agnezmo, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (11/1/2019).

Penulis: Andi Muttya Keteng PangerangEditor: Andi Muttya Keteng Pangerang".

======

Sumber: https://web.facebook.com/MafindoID/posts/1356221871184114, https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/816408022025068/"

Selain itu, akun Youtube Agnez Mo yang bernama interNEZional mengunggah video lengkap Agnez Mo tersebut pada 28 Maret 2018 lalu.

 

[Cek Fakta] Usai Bertemu Jokowi, Agnez Mo Malah Acungkan Dua Jari?

"Vlog. Fun day with friends & team. Shopping day in Jakarta, Indonesia. AGNEZ MO hanging out with Carendelano, Adi Adrian, Marlene Hariman, Fanfani. 27 Maret 2018.

Credits:Instagram stories @agnezmo @carendelano @adiadrianbeauty @marlenehariman.

Subscribe now for more videos about AGNEZ MO/Agnes Monica."

 

Kesimpulan

Video yang diunggah akun Facebook Purnomo dan S'herman S'herman memang benar adanya. Tetapi, narasi yang menyertainya tidak benar.

Karena, video tersebut merupakan video lama dan merupakan potongan-potongan video Agnez Mo pada 2018 lalu. Video tersebut diambil bukan saat Agnez Mo usai menemui Presiden Jokowi.

 

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peran Berbeda 2 Dodi dalam Tragedi Bom Sarinah 3 Tahun Lalu

Posted: 13 Jan 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tepat 3 tahun lalu, rentetan ledakan bom di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, menambah cerita kelam dalam daftar serangan teroris di Indonesia. Seperti dicatat dalam Sejarah Hari Ini (Sahrini) Liputan6.com, sedikitnya delapan orang tewas dan 24 lainnya luka-luka dalam peristiwa pada Kamis 14 Januari 2016 itu.

Teror itu bermula pukul 10.40 WIB. Saat itu, sebuah bom meledak di tempat parkir Menara Cakrawala, di samping gerai Starbucks Jalan Thamrin. Kemudian, tiga ledakan beruntun terjadi, masing-masing satu di pos polisi persimpangan Sarinah, dan dua lagi di dalam gerai Starbucks.

Ledakan beruntun itu bersambung dengan baku tembak polisi dan pelaku teror. Dilaporkan, polisi menembak mati tiga pelaku penyerangan, dua ditangkap, dan sejumlah pelaku lain tewas akibat bom bunuh diri. Sementara dari pihak polisi, sejumlah anggota ikut tertembak.

Dua pelaku yang ditangkap polisi adalah Dodi Suridi (23) alias Ibnu Arsad alias Yayan alias Dodi Dabiq dan Ali Hamka (48) alias Abu Ibrahim alias Abu Musa alias Abu Isa.

Dua anggota kepolisian yang berhadapan langsung dengan pelaku, yaitu Aiptu Dodi Maryadi (anggota Satlantas Polres Jakarta Pusat) dan Aiptu Budiono (anggota Propam Polres Jakarta Pusat), menceritakan kengerian yang terjadi.

Dia tak menyangka, teroris yang menurutnya memiliki paras mirip dengan salah satu anggota polisi itu menembaki kendaraannya. Dalam peristiwa ini, Aiptu Dodi mengalami luka tembak di bagian perut yang dilepaskan pelaku dari jarak sekitar 2,5 meter.

"Alhamdulilah ke tahan kaca dulu baru mengenai perut saya," ujar Dodi.

Polisi meyakini kelompok teror ISIS berada di balik peristiwa ini. Dugaan tersebut berdasarkan ancaman berkode 'konser yang akan menjadi berita internasional' dari ISIS yang diterima polisi pada Desember 2015.

Hal tersebut disampaikan Kepala Divisi Humas Polri yang saat itu dijabat Irjen Anton Charliyan. Mereka memang akan menyerang Indonesia.

"Sebelumnya, mereka sudah menyampaikan ancaman bahwa Indonesia akan menjadi pusat pemberitaan dunia soal teroris," kata Anton.

Vonis untuk Pembuat Bom

Seng-seng yang menutupi bagian depan gerai Starbucks, Jalan MH Thamrin, Jakarta, mulai dibongkar petugas, Jumat (15/1). Pasca-ledakan, pihak pengelola Menara Cakrawala memagari dengan seng, di sekeliling gedung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kamis, 20 Oktober 2016, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat menjatuhkan vonis terhadap dua simpatisan ISIS terkait keterlibatan mereka dalam serangan bom Thamrin. Keduanya menjadi orang pertama yang dijatuhi hukuman atas aksi teror tersebut.

Dodi Suridi (23) alias Ibnu Arsad alias Yayan alias Dodi Dabiq, divonis 10 tahun penjara karena membuat wadah bom yang digunakan dalam aksi teror yang menewaskan delapan orang, termasuk empat pelakunya.

Majelis hakim juga menjatuhkan hukuman empat tahun penjara terhadap terdakwa teroris lain, yaitu Ali Hamka (48) alias Abu Ibrahim alias Abu Musa alias Abu Isa, setelah terbukti berusaha mendapatkan senjata untuk digunakan pelaku teror dalam serangan tersebut.

Dodi ditangkap sehari setelah aksi teror di Desa Orimalang, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

"Sehingga unsur melakukan pemufakatan jahat, percobaan, dan pembantuan tindak pidana terorisme terpenuhi secara sah," ujar hakim ketua Ahmad Fauzi dalam amar putusannya.

Menurut Ahmad, wadah bom itu dibuat Dodi dari tabung gas 3 kilogram. Dodi membeli tabung gas itu seharga Rp 150 ribu, setelah mendapat instruksi dari Adi Wijaya alias Dian, pada 6 Januari 2016.

Keduanya berkenalan setelah tergabung dalam grup Telegram bernama Wa'aidu. Adi diketahui memiliki hubungan dengan Muhammad Ali (40), seorang pelaku teror bom Thamrin yang ditemukan tewas di depan kafe Starbucks.

"Saat itu, terdakwa sudah mengetahui bahwa tabung gas akan digunakan sebagai wadah bom tapi tetap membuatnya," kata hakim Ahmad.

Dalam berkas dakwaan, Dodi memang disebut beberapa kali berinteraksi dengan Muhammad Ali. Tak cuma saat diminta membuat wadah bom, ia juga pernah ditugasi Muhammad Ali untuk mengambil pipa wadah bom di Tegal, Jawa Tengah, Desember 2015.

Dodi pun menerima vonis 10 tahun penjara tersebut dan menolak untuk mengajukan banding.

"Risiko jadi teroris. Saya menerima keputusan ini," kata Dodi.

 

Hukuman Mati Aman

Terdakwa kasus terorisme, Aman Abdurrahman menjalani sidang pembacaan vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (22/6). Majelis Hakim melalui Hakim Ketua Akhmad Jaini menjatuhkan hukuman mati terhadap Aman Abdurrahman. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, dalang dari serangan ini ditengarai bernama Oman Rochman alias Aman Abdurrahman alias Abu Sulaiman (45). Dia diduga merencanakan aksi teror di balik bui.

Oman Rochman dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, tahun 2009. Oman terbukti melakukan tindak pidana terorisme dalam peristiwa pelatihan Aceh. Di dalam tahanan, dia juga memiliki pengikut setia.

"Dari sana jugalah, terdakwa Oman Rochman alias Aman Abdurrahman alias Abu Sulaiman merencanakan aksi teror," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Anita dalam sidang pembacaan dakwaan terhadap Oman di PN Jakarta Selatan, Kamis (15/2/2018).

Oleh jaksa, Oman dituntut hukuman mati karena dinilai terbukti bersalah melanggar Pasal 14 juncto Pasal 6 Perppu Nomor 1 Tahun 2002 yang telah ditetapkan menjadi UU Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Pada persidangan Jumat 22 Juni 2018, Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan hukuman mati terhadap Aman Abdurrahman. Majelis hakim menyatakan tak ada satupun alasan yang dapat meringankan hukuman terhadap Aman.

Aman dinyatakan terbukti terlibat dalam sejumlah kasus terorisme, antara lain Bom Thamrin, Bom Samarinda, serta dua penyerangan terhadap polisi di Bima dan Medan.

Begitu mendengar vonis hakim, Aman beranjak dari bangku terdakwa, kemudian bersujud. Ia tak menjawab saat hakim bertanya rencananya untuk mengajukan banding.

Puluhan polisi, baik yang bersenjata lengkap maupun berpakaian preman, mengawal Aman keluar dari gedung pengadilan. Kepada para pewarta yang menunggu di luar ruangan sidang, Aman tak mengeluarkan sepatah kata pun.

 

Reporter: Rifqi Aufal Sutisna

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Cavaliers Permalukan Lakers

Posted: 13 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles- Absennya LeBron James benar-benar berdampak buruk pada Los Angeles Lakers di kompetisi NBA. Lakers harus mengakui keunggulan dari tamunya Cleveland Cavaliers 95-101 pada laga NBA di Staples Center, Senin (14/1/2018) siang WIB.

Padahal Cavaliers merupakan salah satu tim terlemah di NBA 2018-2019. Mereka baru menang delapan kali musim ini sejak ditinggal LeBron James ke Lakers. Cavaliers mengakhiri 12 rentetan kekalahan beruntun di NBA

Lakers melakukan start buruk. Di kuarter pertama, pasukan Luke Walton tertinggal 24-32. Memasuki kuarter dua permainan Lakers membaik dan bisa memangkas jarak menjadi hanya lima poin.

Sialnya di kuarter tiga Lakers kembali kecolongan dan tertinggal 11 poin saat memulai kuarter empat.

Lakers sempat memangkas jarak menjadi tiga poin saja lewat tembakan tiga angka Kyle Kuzma dengan tersisa 22 detik lagi. Sayangnya momentum tersebut tak berlanjut.

 

Lonzo Ball

Ilustrasi Bola Basket (kentuckysportsradio.com)

Cavaliers dengan baik memasukkan hadiah free throw. Kegagalan Lonzo Ball memasukkan tembakan tiga angka membuat Lakers harus menelan pil pahit kalah dari Cavaliers.

Alec Burks menjadi pahlawan Cavaliers dengan membuat double-double 17 poin dan 13 assists. Cedi Osman menjadi pencetak angka terbanyak Cavaliers dengan 20 poin.

Di kubu Lakers, Kuzma yang menyumbangkan angka terbanyak dengan total 29 poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK dan Menhub Kompak Sebut DP Kendaraan 0 Persen Berisiko

Posted: 13 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kompak menyebut jika aturan uang muka atau DP 0 persen pada kredit kendaraan bermotor merupakan sebuah kebijakan yang berisiko tinggi.

Ketentuan DP 0 persen ini dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lewat Peraturan OJK Nomor 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan. Aturan ini menghilangkan kewajiban pemberian uang muka terkecil sebesar 5 persen dalam kredit pembiayaan kendaraan bermotor.

Dalam hal ini, JK coba memberi komentar, kebijakan tersebut memiliki risiko besar lantaran bisa turut melibatkan debt collector yang masuk untuk melakukan penagihan bila terjadi kemacetan proses pembayaran kredit.

"Kan ada aturan Bank Indonesia untuk mengatur tentang DP itu. Karena kalau DP 0, itu kreditnya bisa macet, dan itu high risk. Kalau terjadi high risk itu nanti yang bekerja debt collector," tutur dia di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Senada, Menhub Budi Karya Sumadi mengakui jika sebenarnya kurang sepakat dengan aturan tersebut. Sebab, DP 0 persen ini mengancam keberlangsungan industri pembiayaan barang modal atau leasing.

"Saya termasuk yang enggak setuju. Karena apa, karena ini menimbulkan risk. Risiko bagi industri leasing itu sendiri, termasuk mobilnya," cibir dia.

Oleh karenanya, dia berpendapat pengadaan uang muka seharusnya tetap diadakan dalam proses kredit pembelian kendaraan bermotor. "Jadi lebih baik mereka harus punya tanggung jawab ya. Di depan itu ada uang muka lah," ujar dia.

 

Tawarkan DP 0 Persen Kendaraan, Perusahaan Pembiayaan Harus Punya Syarat Ini

Ilustrasi kredit mobil. Foto: Septian Pamungkas/Lipuan6.com

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso menyatakan, kebijakan uang muka atau Down Payment (DP) atau DP nol persen pada kredit kendaraan bermotor dapat menyehatkan kinerja perusahaan pembiayaan.

Dia menegaskan, hanya perusahaan pembiayaan dengan catatan kredit bermasalah (Non Performing Financing/NPF) di bawah 1 persen saja yang boleh menawarkan motor dan mobil tanpa uang muka.

"Jadi yang betul-betul sehat dan NPF harus di bawah 1 persen. Artinya kita memancing, tolong NPF diturunkan sehingga perusahaan itu sehat dan nanti bisa memberikan DP 0 persen," imbuh dia di Jakarta, seperti dikutip Sabtu (12/1/2019).

Adapun ketentuan terkait DP 0 persen ini diatur dalam Peraturan OJK Nomor 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan. Aturan ini menghilangkan kewajiban pemberian uang muka terkecil sebesar 5 persen dalam kredit pembiayaan kendaraan bermotor.

Lebih lanjut, Wimboh membantah asumsi peraturan ini akan membuat jalanan semakin padat dengan tumpukan kendaraan roda dua atau empat. Sebab, ia menuturkan, pada saat bersamaan pemerintah juga telah memfasilitasi warga dengan moda transportasi publik yang lebih baik.

"Seperti di negara-negara maju pun semua orang punya motor, semua orang punya mobil. Tapi harus dipahami, adanya public transport yang bagus justru lebih menguntungkan untuk efisiensi dalam konteks yang lebih besar," paparnya.

"Orang akan lebih efisien menggunakan public transport dibanding menggunakan motor, sehingga otomatis nantinya menjadi alat transportasi harian yang digunakan orang-orang," ia menambahkan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ucie Sucita Digadang-gadang jadi Duta Pariwisata Jawa Barat

Posted: 13 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ridwan Kamil mencari seorang Duta Pariwisata untuk provinsi Jawa Barat. Nama pedangdut Ucie Sucita digadang-gadang oleh warganet untuk menjadi salah satu kandidatnya. Mengetahui namanya disebut sebagai salah satu kandidat Duta Pariwisata Jawa Barat, Ucie Sucita pun kaget sekaligus senang.

"Kaget lah, dengan share Instagram oleh Bapak Gubernur Ridwan Kamil jadi banyak yang mention ke aku juga. Alhmadulillah ternyata netizen pada tahu Ucie Sucita supaya dipilih jadi Duta Pariwisata Jawa Barat, padahal aku sudah jadi Duta Pariwisata Sumedang," kata Ucie Sucita saat dihubungi media, Sabtu (12/1/2019).

Pelantun lagu 'Dibuang Sayang' itu pun bersyukur saat ditanya perasaannya bila nanti terpilih jadi Duta Pariwisata Jawa Barat.

"Alhamdulillah kalau memang kepilih jadi Duta Pariwisata Jawa Barat. Jadi sekalian enggak cuma di Sumedang aja, wawasan aku semakin bertambah lagi di seluruh Jawa Barat," tutur Ucie Sucita.

 

Tertantang

Ucie Sucita

Ucie Sucita pun mengaku tertantang untuk lebih mempromosikan daerah Jawa Barat. Apalagi, sebelumnya,dia merupakan Duta Pariwisata kota Sumedang,Jawa Barat.

"Sebenarnya ini jadi tantangan buat aku juga. Sebelumnya aku kan Duta Pariwisata Sumedang, terus kalau aku jadi Duta Pariwisata Jawa Barat pasti tanggung jawabnya lebih besar. Dan pastinya bakal lebih seru," sambung Ucie.

 

Woro-Woro

Ucie Sucita

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sedang mencari Duta Pariwisata Jawa Barat yang akan tampil di setiap kegiatan dan materi promosi pariwisata Jawa Barat.

"DICARI DUTA PARIWISATA JABAR yang akan tampil di ragam materi promosi pariwisata Jabar. Yang dicari adalah Perempuan, memiliki kepribadian positif dan memiliki aura kharisma dan daya endorse besar yang membuat para wisatawan terpesona dan mau datang berwisata ke Jawa Barat yang wonderful. Ada usulan siapa?" tulis Ridwan Kamil di akun Instagram pribadinya, Jumat (11/1).

Unggahan pengumuman pencarian Duta Wisata Jawa Barat disambut riuh oleh warganet. Dari puluhan ribu komentar, mereka mengajukan nama-nama artis menjadi kandidatnya.Nama-nama itu diantaranya adalah Isyana Sarasvati, Ucie Sucita, Della Puspita, dan Lucinta Luna dari kalangan selebritas nasional, sementara puluhan nama lainnya juga diajukan mulai dari pemandu acara di TV Nasional, travel blogger, selebgram, sampai fotografer.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: [CEK FAKTA] Hoaks Transaksi Tol Non Tunai untuk Bayar Utang ke China

Posted: 13 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beredar kabar bahwa transaksi non tunai ini sengaja digunakan untuk membayar utang pembangunan infrastruktur ke China.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Presiden Jokowi Tinjau Pelayanan OSS di BKPM

Posted: 13 Jan 2019 09:30 PM PST

Presiden Joko Widodo meninjau layanan konsultasi OSS BKPM di PTSP BKPM, Jakarta, Senin (14/1). Jokowi mengatakan, peninjauan ini untuk mengecek langsung bagaimana praktik sistem OSS yang sudah diterapkan pemerintah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo meninjau layanan konsultasi OSS BKPM di PTSP BKPM, Jakarta, Senin (14/1). Jokowi mengatakan, peninjauan ini untuk mengecek langsung bagaimana praktik sistem OSS yang sudah diterapkan pemerintah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo meninjau layanan konsultasi Online Single Submission (OSS) BKPM di PTSP BKPM, Jakarta, Senin (14/1). Peninjauan ini untuk mengecek langsung bagaimana praktik sistem OSS yang sudah diterapkan pemerintah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo meninjau layanan konsultasi Online Single Submission (OSS) BKPM di PTSP BKPM, Jakarta, Senin (14/1). Peninjauan ini untuk mengecek langsung bagaimana praktik sistem OSS yang sudah diterapkan pemerintah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo bersalaman dengan salah satu pegawai selama meninjau layanan konsultasi Online Single Submission (OSS) BKPM di PTSP BKPM, Jakarta, Senin (14/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo bersalaman dengan salah satu pegawai selama meninjau layanan konsultasi Online Single Submission (OSS) BKPM di PTSP BKPM, Jakarta, Senin (14/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Kepala BKPM Thomas Lembong meninjau layanan konsultasi Online Single Submission (OSS) BKPM di PTSP BKPM, Jakarta, Senin (14/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Kepala BKPM Thomas Lembong meninjau layanan konsultasi Online Single Submission (OSS) BKPM di PTSP BKPM, Jakarta, Senin (14/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Qualcomm, Apple Lirik 3 Perusahaan Ini untuk Produksi iPhone 5G

Posted: 13 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya teknologi smartphone layar lipat atau fitur lubang di layar saja yang menjadi perhatian di 2019, sejumlah vendor dikabarkan sedang bersiap untuk memproduksi perangkat berkemampuan 5G pada tahun ini.

Tak ingin kalah dari Samsung, LG, HTC, dan Xiaomi yang sedang berencana memproduksi gadget 5G, Apple pun ingin meluncurkan iPhone berkoneksi 5G.

Masalahnya, Apple sedang tidak memiliki hubungan baik dengan Qualcomm. Perusahaan raksasa modem dunia tersebut memang kini sedang gencar implementasi modem 5G di banyak vendor.

Rencananya, ada lebih dari 30 perangkat 5G di tahun 2019 dan itu semua dari Qualcomm.

Mau tak mau, Apple kini dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk memakai modem besutan Samsung atau MediaTek.

Hal tersebut diketahui berdasarkan informasi dari petinggi Apple di bidang pasikan hardware, Tony Blevins, sebagaimana dikutip Reuters via Merdeka.com, Senin (14/1/2019).

Apple sendiri sekarang secara eksklusif menggunakan chip dari Intel, setelah dari 2011 hingga 2016, Apple bekerjasama dengan Qualcomm.

 

Awal Perseteruan Apple dan Qualcomm

Tim Cook, CEO Apple saat berkunjung ke Apple Store 3 November 2017 di Palo Alto, California. (Doc: Gettyimage)

Perseteruan Apple bermula, Qualcomm dituduh mengenakan biaya produksi modem baseband kepada perusahaan paling tidak 5 kali lebih mahal ketimbang perusahaan seluler lain.

Sebaliknya Qualcomm menuntut royalti atas berbagai teknologi Apple yang diklaim Qualcomm ambil bagian, seperti Touch ID, layar, dan kamera.

Sampai saat ini, kedua raksasa teknologi tersebut masih berurusan di meja hijau. Beberapa produk tertentu Apple pun ada yang terkena larangan atas dasar pelanggaran paten dari Qualcomm.

 

Amerika Serikat Siap Luncurkan 5G

Ilustrasi: Selain menjadi toko ritel pertama di Asia Tenggara, Apple Store ini juga menjadi toko pertama yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan (sumber : bgr.com)

Beberapa provider di Amerika Serikat (AS) sendiri sudah akan merilis layanan 5G dengan menggandeng vendor-vendor smartphone Android. Jadi Apple dalam hal ini masih selangkah di belakang.

Sebenarnya sudah tersebar rumor Apple ingin merancang sendiri chip modem 5G mereka untuk iPhone keluaran 2020. Namun faktanya justru perusahaan bentukan Steve Jobs itu lebih memilih meneken kontrak bersama Intel untuk tahun 2020 mendatang.

Kendala terbesar Apple menurut Blevins ada dua hal: Pertama, memasok suku cadang dari Samsung dengan jumlah yang terlalu banyak merupakan situasi yang kurang ideal, mengingat Samsung adalah rival utama mereka.

Kedua, MediaTek adalah pembuat prosesor yang lebih banyak mengakomodir gadget menengah ke bawah, sementara Apple ingin kualitasnya papan atas sehingga MediaTek dilihat kurang berpengalaman.

Reporter: Indra Cahya

Sumber: Merdeka.com

(Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei: Warga AS Salahkan Donald Trump atas Government Shutdown Terlama dalam Sejarah

Posted: 13 Jan 2019 09:27 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Dengan selisih persentase yang jauh, warga Amerika Serikat menyalahkan Presiden Donald Trump atas penutupan pemerintah atau government shutdown terlama dalam sejarah AS, menurut sebuah jajak pendapat terbaru Washington Post-ABC News yang diterbitkan Minggu 13 Januari 2019.

Penutupan pemerintahan mempengaruhi sekitar seperempat dari lembaga pemerintah AS dan sekitar 800.000 pekerja federal, di mana mereka belum menerima gaji atau terpaksa dirumahkan sebagai imbas atas shutdown yang bermula sejak 22 Desember 2018 hingga saat ini.

Shutdown yang sekarang memasuki pekan keempat, adalah hasil dari kebuntuan antara presiden dan fraksi Partai Demokrat di Kongres tentang pendanaan untuk dinding perbatasan, yang dijanjikan Trump selama kampanye Pilpres 2016.

Jajak pendapat Washington Post-ABC dilakukan terhadap 788 responden warga AS yang dilakukan pada 8 - 11 Januari 2019 dengan "margin of error 4,5 persen."

Survei itu mengawali jajak dengan mengajukan pertanyan inti: "Menurut Anda, siapa yang paling bertanggung jawab atas situasi ini?"

Hasilnya, 53 persen orang AS mengatakan kepada jajak pendapat bahwa mereka menyalahkan Presiden Trump dan fraksi Partai Republik di Kongres AS, demikian seperti dikutip dari USA Today, Senin (14/1/2019).

Sementara itu, 29 persen responden menyalahkan fraksi Partai Demokrat di Kongres dan 13 persen responden mengatakan masing-masing pihak sama-sama bertanggung jawab. Sedangkan empat persen sisanya memilih tidak menjawab.

Survei juga menggarisbawahi perbandingan persentase responden yang mengidentifikasikan diri sebagai simpatisan dari masing-masing partai.

Menurut survei, 85 persen simpatisan anggota Demokrat menyalahkan Presiden Trump dan Republik atas shutdown saat ini, dengan sisanya menyalahkan partai mereka sendiri.

Sedangkan, ada 68 persen responden simpatisan Republik yang menyalahkan Partai Demokrat.

Di antara responden yang mengidentifikasikan diri sebagai simpatisan Republik, 15 persen menyalahkan Trump dan partai mereka sendiri dan 15 persen lainnya menyalahkan kedua belah partai secara setara.

Sementara responden yang mengidentifikasikan diri sebagai "Independen" atau non-simpatisan Demokrat maupun Republik, menyalahkan Trump dan Republik ketimbang Partai Demokrat dengan selisih persentase 30 persen.

Responden pada dasarnya terpecah hampir 50:50 pada pertanyaan tentang "apakah Demokrat harus mencapai kompromi yang termasuk menyetujui pendanaan tembok perbatasan Trump untuk menyetop shutdown?"

Terkait hal itu, survei menunjukkan bahwa 48 persen mengatakan akan terus menolak permintaan presiden, bahkan jika itu memperpanjang shutdown. Sementara 45 persen lainnya mengatakan mereka harus berkompromi untuk mengakhirinya.

Selain itu, survei juga bertanya soal tingkat persetujuan responden soal rencana pembangunan tembok di perbatasan. Sekitar 54 persen responden mengatakan menentangnya, sementara 42 persen mendukung.

Di antara mereka yang mendukung tembok itu, 52 persen mengatakan presiden harus terus menuntut dana bahkan jika itu memperpanjang penutupan. Empat puluh satu persen menyukai kompromi.

Meskipun 82 persen responden mengatakan penutupan itu tidak mempengaruhi mereka secara pribadi, 38 persen lainnya mengatakan penutupan itu akan menjadi "krisis" jika terus berlanjut dan 41 persen lainnya mengatakan itu akan menjadi "masalah serius tetapi bukan krisis". Sedangkan 18 persen responden mengatakan penutupan yang sedang berlangsung "tidak akan menjadi masalah serius".

Di sisi lain, pada Sabtu 12 Januari 2019, Presiden Donald Trump tetap berprinsip teguh atas keputusannya menetapkan penutupan pemerintahan, dengan menjelaskan bahwa ia --ketimbang Partai Demokrat-- justru mengantongi hati publik atas government shutdown dan upayanya untuk mendapatkan pendanaan dari Kongres atas pembangunan tembok di perbatasan.

"Saya siap, mau, dan bisa menyelesaikan negosiasi (perihl shutdown dan tembok). Tapi mereka tidak," merujuk 'mereka' pada Partai Demokrat.

"Mereka pikir tengah berpolitik, tapi saya pikir itu adalah cara berpolitik yang buruk. Negara ini ingin memiliki perlindungan di perbatasan."

Sementara itu, menurut S&P Global Ratings, shutdown telah membebani ekonomi AS senilai US$ 3,6 miliar. Dan jika shutdown terus berlangsung untuk dua pekan lagi, nominal itu akan melampaui total anggaran yang diajukan Donald Trump untuk membangun temboknya di perbatasan yakni sebesar US$ 5 miliar.

 

Simak video pilihan berikut:

Shutdown Terlama dalam Sejarah AS

Donald Trump telah mengancam penutupan sangat lama terhadap pemerintah AS apabila pendanaan untuk pembangunan tembok perbatasan tidak direstui. (AP File)

Penutupan pemerintahan Amerika Serikat atau government shutdown baru-baru ini menjadi yang terlama dalam sejarah Negeri Paman Sam.

Pada Minggu 13 Januari 2019 waktu lokal, government shutdown telah memasuki hari ke-23, melampaui rekor sebelumnya pada era-Presiden Bill Clinton yang mencapai 21 hari.

Anggota Kongres AS telah mendesak Presiden Donald Trump untuk mencabut keputusan government shutdown, tapi, ia tak tergerak untuk melakukannya.

Keinginan Trump agar House of Representatives (lower-chamber Kongres) --yang dikuasai fraksi Partai Demokrat yang beroposisi-- menyetujui anggaran pembangunan tembok di perbatasan AS - Meksiko belum dikabulkan, maka, ia pun tak mau membalas para legislator dengan memenuhi tuntutan mereka.

Ego Trump mengalahkan keprihatinan yang dirasakan oleh sekitar 800.000 pekerja federal yang terpaksa dirumahkan atau bekerja tanpa upah sejak Desember 2018, dengan beberapa mengalami kesulitan finansial yang meningkat.

Trump menambahkan: "Kami akan tutup untuk waktu yang lama kecuali Partai Demokrat kembali dari 'liburan' mereka dan kembali bekerja. Saya di Gedung Putih siap menandatangani!" ujarnya mendesak Partai Demokrat di House of Representatives mengajukan tawaran negosiasi.

Namun Trump telah berulang kali berjanji untuk menolak negosiasi rancangan undang-undang yang awalnya didukung oleh kedua belah pihak untuk membuka kembali pemerintah, tanpa dana untuk temboknya.

Juru bicara pemimpin fraksi Republik di Senat AS, Mitch McConnell telah menjelaskan bahwa Senat tidak akan menyetujui RUU itu jika Presiden Donald Trump tidak mendukungnya. Namun, McConnell sendiri masih bungkam terhadap situasi shutdown --atau dinilai berlindung untuk menghindari sorotan yang selama ini menyasar kepada sang Presiden.

Tapi, beberapa anggota Partai Republik yang berhaluan moderat tampaknya mulai goyah dengan shutdown yang berlarut-larut --sesuatu hal yang kemudian ditanggapi sinis oleh politisi Partai Demokrat di Senat AS.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu, Senator AS fraksi Partai Demokrat dari Negara Bagian Connecticut, Chris Murphy mengatakan "ini sudah menjadi penutupan paling bodoh yang pernah ada".

"Satu-satunya alasan shutdown adalah karena Presiden Trump menginginkannya seperti itu," katanya. "Mari kita menjadi sangat jelas tentang bagaimana kita sampai di sini. Kembali pada bulan Desember 2018, Gedung Putih mendukung kesepakatan bipartisan (Demokrat-Republik) yang disetujui Senat dengan suara bulat --tapi kemudian Partai Republik berubah pikiran."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rugi Rp 163 Miliar, Hero PHK 532 Karyawan di Bisnis Makanan

Posted: 13 Jan 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Hero Supermarket Tbk (HERO) mengalami  penurunan penjualan bisnis makanan sehingga akibatkan kerugian operasional. Melihat kondisi tersebut, perseroan pun merumahkan atau melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK)  532 karyawan.

Perseroan pun menyatakan kalau karyawan yang terkena PHK merupakan karyawan food business. Selain itu, perseroan menutup 26 gerai lantaran memaksimalkan produktivitas kerja perseroan melalui proses efisiensi.

PT Hero Supermarket Tbk mencatatkan, penjualan bisnis makanan turun enam sehingga mengakibatkan kerugian operasi sebesar Rp 163 miliar hingga kuartal III 2018. Angka itu memburuk dibandingkan periode sama tahun sebelumnya Rp 79 miliar.

Hingga kuartal III 2018, PT Hero Supermarket Tbk alami penurunan total penjualan sebanyak satu persen senilai Rp 9,84 triliun. Sedangkan periode sama 2017, perseroan raup penjualan Rp 9,96 triliun.

Dalam laporan keuangan yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), perseroan membukukan laba tahun berjalan naik menjadi Rp 86,18 miliar hingga 30 September 2018 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 70,40 miliar.

Penurunan itu disebabkan oleh penjualan pada bisnis makanan yang lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya. Meski demikian, bisnis non makanan tetap menunjukkan pertumbuhan yang cukup kuat.

"26 toko telah ditutup dan dari 532 karyawan yang terdampak dari kebijakan efisiensi tersebut, 92 persen karyawan telah menerima dan menyepakati untuk mengakhiri hubungan kerja, serta telah mendapatkan hak sesuai dengan Undang-Undang Kementerian Tenaga Kerja RI Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan," ujar Tony Mampuk, Corporate Affairs GM PT Hero Supermarket Tbk, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (14/1/2019).

PT Hero Supermarket Tbk menyatakan keputusan akan langkah efisiensi itu merupakan hal paling baik dalam menjaga laju bisnis yang berkelanjutan.

"Perusahaan saat ini sedang menghadapi tantangan bisnis khususnya dalam bisnis makanan, oleh karena itu kami mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga keberlangsungan usaha di masa yang akan datang," kata Tony.

Tony menuturkan, pihaknya juga telah mengeluarkan surat pemutuhan hubungan kerja (PHK) kepada karyawan yang tokonya ditutup. Hal itu berarti toko tersebut rugi dan perusahaaan tidak mungkin menanggung beban jika tidak ada keuntungannya.

 

PHK 532 Pegawai

Sebelumnya, PT Hero Supermarket Tbk (HERO) memutuskan hubungan kerja (pemutusan hubungan kerja/PHK) terhadap 532  karyawannya hingga kuartal III 2018. Tak hanya itu, 26 gerai jaringan ritel Giant pun berhenti beroperasi. 

Corporate Affairs GM PT Hero Supermarket Tbk, Tony Mampuk, mengatakan, kinerja keuangan perusahaan melemah sejak kuartal III 2018.  Kondisi keuangan tersebut membuat perusahaan terpaksa mem-PHK karyawannya. 

"Sampai dengan kuartal ke-III 2018, PT Hero Supermarket mengalami penurunan total penjualan sebanyak 1 persen atau senilai Rp 9,849 triliun," ujar dia, di kantor Pusat PT Hero Supermarket Tbk, di Bintaro, Tangerang Selatan, Jumat 11 Januari 2019.

Penurunan kinerja ritel itu disebabkan oleh penjualan pada bisnis makanan yang lebih rendah dibanding tahun sebelumnya. Hingga kuartal III 2017, pendapatan mencapai Rp 9,961 triliun.

"Meski demikian, bisnis non makanan tetap menunjukkan pertumbuhan yang cukup kuat. Atas hal tersebut, perusahaan meyakini bahwa keputusan akan langkah efisiensi tersebut adalah hal yang paling baik dalam menjaga laju bisnis yang berkelanjutan," terang Tony. 

Menurut Tony, PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group), telah menerapkan strategi yang mendukung keberlanjutan bisnis dengan memaksimalkan produktivitas kerja melalui proses efisiensi. 

"Sejauh ini dari 532 karyawan yang terdampak dari kebijakan efisiensi tersebut, sebanyak 92 persen karyawan telah mengerti dan memahami kebijakan efisiensi ini dan menyepakati untuk mengakhiri hubungan kerja," ujar dia. 

Sementara 532 karyawan tersebut berasal dari 26 gerai ritel Giant Supermarket yang ditutup sepanjang 2018. Tony pun memastikan, semua hak karyawan yang diatur oleh pemerintah, sudah diberikan. 

"Semua telah mendapatkan hak sesuai dengan Undang-Undang Kementerian Tenaga Kerja RI Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan" ujarnya. 

Menurut dia, perusahaan saat ini menghadapi tantangan bisnis khususnya dalam bisnis makanan. 

Seperti diketahui, dalam laporan keuangan yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), perseroan membukukan laba tahun berjalan naik menjadi Rp 86,18 miliar hingga 30 September 2018 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 70,40 miliar.

Sedangkan pendapatan perseroan turun tipis dari Rp 9,96 triliun hingga 30 September 2017 menjadi Rp 9,84 triliun hingga 30 September 2018.

Atas kebijakan ini, ribuan pekerja dari serikat pekerja hero supermarket (SPHS) berunjuk rasa, lantaran menolak pemutusan kerja sepihak oleh perusahaan. 

"Ini tidak mendadak, kami sudah berikan pemberitahuan 3 bulan sebelum gerai di tutup. Dari jumlah itu, akhirnya 532 karyawan menerima dan menyepakati di PHK," ujar salah seorang pendemo. (Pramita Tristiawati) 

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Narkoba, Pedangdut Chacha Duo Molek Ditangkap Polisi

Posted: 13 Jan 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Narkoba Polda Metro Jaya kembali menangkap selebritis atas penyalahgunaan narkoba.

Kali ini penyanyi dangdut bernama Cahya Wulan Sari alias Chacha, yang tergabung dalalam Duo Molek, kedapatan memiliki narkoba jenis sabu dan ekstasi.

Tak sendiri, Caca Duo Molek ditangkap bersama dua orang lainnya yaitu Chandra dan Yahya Ansori Nasution saat sedang berada hotel di kawasan di kawasan Pramuka, Jakarta Timur, Jumat (11/1/2019).

 

Tertangkap Narkoba

Ilustrasi narkoba. (Sumber Pixabay)

Kabar penangkapan itu dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, saat dihubungi Showbiz Liputan6.com, ‎Senin (14/1/2019).

"Iya benar (tertangkap) narkoba," ujar Argo.

 

Segera Dirilis Polisi

Chacha Sinha Duomolek. (Instagram @chachasinha92)

Terkait masalah penangkapan Chacha Duo Molek, Polda Metro Jaya akan menggelar perilisan penangkapan tersebut. 

"Lebih lanjut nanti kita akan gelar rilis," kata Argo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Periksa Bendahara PSSI Terkait Kasus Pengaturan Skor 

Posted: 13 Jan 2019 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi memeriksa Bendahara PSSI Berlington Siahaan sebagai saksi soal dugaan pengaturan skor dalam ajang Liga 2 dan Liga 3 musim kompetisi 2018

Berlington tiba di Gedung Direktorat Reserse Kiriminal Umum Polda Metro Jaya sekitar pukul 11.30 WIB.

"Ya agenda hari ini (pemeriksaan)," Ketua Tim Media Satgas Anti Mafia Bola Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono kepada merdeka.com, Senin (14/1/2019).

Berlington seharusnya menjalani pemeriksaan pada Selasa 8 Januari lalu. Namun, melalui kuasa hukum Berlington minta diundur lantaran tengah ke luar negeri.

Sejauh ini polisi telah menetapkan empat tersangka dalam kasus ini, mereka adalah mantan Ketua Asprov PSSI DIY Dwi Irianto alias Mbah Putih, anggota Komite Eksekutif PSSI Johar Lin Eng, mantan anggota Komisi Wasit PSSI Priyanto dan anaknya, Anik Yuni Artika Sari yang merupakan wasit futsal.

Dari kasus ini pula, muncul satu nama yakni Vigit Waluyo yang diduga sebagai otak pengaturan skor.

Para pelaku dijerat dengan dugaan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan dan atau tindak pidana suap dan atau tindak pidana pencucian uang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau UU No 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap dan atau Pasal 3, 4, 5, UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU.

 

Belum Akan Dibekukan

 Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S Dewabroto menganggap belum perlu membekukan kembali Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Kendati skandal pengaturan skor di sepakbola Indonesia tengah menjadi sorotan publik.

"Kami pikir tidak perlu membekukan PSSI, karena sejauh ini tidak ada pelanggaran berat," ujar Gatot usai diskusi bertajuk 'Sepak Mafia Bola' di Jakarta Pusat, Sabtu (5/1/2019).

Saat itu Kemenpora membekukan PSSI karena dianggap melakukan pelanggaran berat. PSSI juga tidak mengindahkan tiga surat peringatan yang dilayangkan Kemenpora terkait legalitas Arema dan Persebaya.

Pembekuan PSSI kala itu juga didasari alasan jadi sarang praktik perjudian dan skandal pengaturan skor. "Kali ini meski ada masalah akut dalam pengaturan skor, kami melihat PSSI ada upaya kooperatif bersama Satgas menuntaskan pengaturan skor ini," tuturnya.

 

Reporter: Ronald 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Hasil Akhir CPNS 2018 di 65 Kementerian dan Lembaga

Posted: 13 Jan 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sudah banyak instansi pusat dan daerah yang telah mengumumkan hasil akhir Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 (CPNS 2018). Pengumuman hasil akhir CPNS 2018 diumumkan di laman resmi masing-masing instansi.

Terakhir, ada kabar bahwa Kementerian PPPA dan Kemristekdikti telah mengumumkan hasil akhir CPNS 2018. Dengan adanya dua kementerian tersebut di daftar, menambah jumlah instansi pusat (Kementerian/Lembaga) yang telah mengumumkan hasil akhir CPNS 2018.

Hingga saat ini, Senin (14/1/2019), berdasarkan pantauan Liputan6.com, tercatat sebanyak 65 dari total 74 instansi pusat telah mengumumkan hasil akhir CPNS 2018.

Pengumuman hasil akhir CPNS 2018 tersebut berdasarkan Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara selaku Ketua Tim Pelaksana Seleksi Nasional Pengadaan CPNS Tahun 2018 perihal Penyampaian Hasil Integrasi Nilai SKD dan SKB CPNS Tahun 2018.

Bagi para pelamar CPNS 2018 yang dinyatakan lolos, berarti hanya perlu menghadapi tahapan akhir, yakni tahap pemberkasan. Persyaratan pemberkasan dapat dilihat di laman resmi masing-masing instansi. Namun persyaratan pemberkasan tiap instansi biasanya tidak jauh berbeda.

Adapun instansi pusat yang pertama kali mengumumkan hasil akhir seleksi CPNS 2018 adalah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Kemudian baru disusul oleh instansi pusat lainnya, seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (Kementerian BUMN).

Dalam waktu dekat, jumlah instansi yang mengumumkan hasil akhir CPNS 2018 ini diperkirakan akan terus bertambah. Hal ini berdasarkan data dari BKN yang menyebutkan bahwa per 11 Januari 2019 pukul 20.00, sudah ada 545 instansi yang DS, 5 instansi proses verval BKN, seperti Kementerian LHK dan Kemenpora RI (Atlet), sementara 3, yaitu Kementerian PUPR, BIN, dan BPKRI menunggu final instansi.

"Update verval #CPNS2018 per 11 Jan pkl 20.00:

Instansi DS: 545Verval BKN: @KementerianLHK @KEMENPORA_RI Atlet, Lebak, Kulon Progo, GowaMenunggu final instansi: @KemenPU @BIN_Official @bpkri

@DKIJakarta go flight@Kemristekdikti go flight@Kemenag_RI go flight

#2019JadiASN," kicau BKN di akun Twitter resminya.

Daftar Lengkap 65 Kementerian dan Lembaga

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham mengecek no pendaftaran di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Untuk lebih lengkapnya, berikut 65 instansi pusat yang telah mengumumkan hasil akhir CPNS 2018:

1. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

https://cpns.kemenkumham.go.id/index.php/pengumuman/pengumuman-akhir

2. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker)

http://kemnaker.go.id/cpns

3. Kementerian BUMN

http://www.bumn.go.id/berita/1-PENGUMUMAN-KELULUSAN-AKHIR-SELEKSI-CPNS-2018

4. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

https://cpns.dephub.go.id/informasi/pengumuman-akhir

5. Kementerian Luar Negeri (Kemlu)

https://e-cpns.kemlu.go.id/

6. Kementerian Perindustrian (Kemenperin)

http://rekrutmen.kemenperin.go.id/

7. Kementerian Keuangan (Kemenkeu)

https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/pengumuman/pengumuman-hasil-akhir-rekrutmen-cpns-kemenkeu-tahun-anggaran-2018/

8. Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

https://cpns.kemkes.go.id/

9. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)

http://www.kemenpora.go.id/index/preview/pengumuman/564

10. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB)

https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/cpns-2018/pengumuman-hasil-akhir-seleksi-calon-pegawai-negeri-sipil-cpns-kementerian-panrb-2018

edisi ralat: https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/cpns-2018/ralat-pengumuman-hasil-akhir-seleksi-calon-pegawai-negeri-sipil-cpns-kementerian-panrb-2018

Selanjutnya

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham mengecek no pendaftaran di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

11. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK)

https://kemenkopmk.go.id/pengumuman/cpns2018

12. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Bidang Kemaritiman)

https://maritim.go.id/cpns/

13. Kementerian Pertanian (Kementan)

http://cpns.pertanian.go.id/pengumumanakhir.html

14. Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP)

https://kkp.go.id/artikel/8127-kelulusan-akhir-pengadaan-cpns-kementerian-kelautan-dan-perikanan-tahun-2018

15. Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam)

https://polkam.go.id/pengumuman-cpns/

16. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM)

http://cpns.esdm.go.id/main_frame.html

17. Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan Sekretariat Kabinet (Setkab)

https://rekrutmen.setneg.go.id/

18. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/12/hasil-akhir-seleksi-penerimaan-cpns-kemendikbud-2018

19. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK)

http://cpnsonline.menlhk.go.id/pengumuman

20. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI

https://rekrutmen.ekon.go.id/cpns

Selanjutnya

Peserta bersiap mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS diselenggarakan mulai 26 Oktober hingga 17 November 2018. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

21. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI

https://www.kemendesa.go.id/view/publikasi/249/pengumuman-hasil-akhir-seleksi-cpns-kdpdtt-tahun-anggaran-2018

22. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI

http://kemenkopukm.go.id/read/pengumuman-hasil-seleksi-akhir-calon-pegawai-negeri-sipil

23. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)

https://kominfo.go.id/content/detail/15827/pengumuman-hasil-akhir-seleksi-calon-pegawai-negeri-sipil-di-lingkungan-kominfo-ta-2018/0/pengumuman

24. Kementerian Sosial (Kemensos)

https://cpns.kemsos.go.id/index.php/home/index/default

25. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Kementerian ATR/BPN)

https://www.atrbpn.go.id/

26. Kementerian Perdagangan (Kemendag)

http://rekrutmen.kemendag.go.id/rekrutmen/

27. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA)

https://kemenpppa.go.id/index.php/page/read/84/2030/pengumuman-hasil-akhir-seleksi-cpns-2018-kementerian-pp-dan-pa

28. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti)

https://cpns.ristekdikti.go.id/pengumuman/hasil-akhir-seleksi-pengadaan-calon-pegawai-negeri-sipil-cpns-kemenristekdikti-tahun-2018/index.html

29. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)

http://cpns.lapan.go.id/

30. Lembaga Administrasi Negara (LAN)

http://cpns.lan.go.id/

Selanjutnya

Peserta CPNS di Jakarta Barat. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

31. Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK)

https://www.lpsk.go.id/publikasi/informasi_detail/2885

32. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP)

http://www.lkpp.go.id/v3/#/read/5524

33. Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas RI)

http://www.lemhannas.go.id/index.php/pengumuman-akhir-cpns-lemhannas-ri.html

34. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

https://cpns.lipi.go.id/v2/pengumuman-cpns-2018

35. Mahkamah Agung RI (MA)

https://www.mahkamahagung.go.id/id/pengumuman/3362/ma-umumkan-hasil-kelulusan-akhir-calon-pegawai-negeri-sipil-cpns-di-lingkungan-mahkamah-agung-ri-ta-2018

36. Ombudsman RI

http://www.ombudsman.go.id/pengumuman/r/anno--pengumuman-kelulusan-hasil-akhir-seleksi-cpns-ombudsman-ri-tahun-2018

37. Kejaksaan RI

https://rekrutmen.kejaksaan.go.id/

38. Badan Kepegawaian Negara (BKN)

http://www.bkn.go.id/pengumuman/pengumuman-akhir-hasil-seleksi-cpns-bkn-2018

39. Badan SAR Nasional (Basarnas)

http://www.basarnas.go.id/artikel/pengumuman-cpns-badan-nasional-pencarian-dan-pertolongan-2018

40. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

https://cpns.bssn.go.id/pengumuman/15

Selanjutnya

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham menanti waktu pengecekan keabsahan administrasi di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

41. Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten)

http://www.bapeten.go.id/berita/peserta-yang-lulus-seleksi-akhir-cpns-bapeten-tahun-anggaran-2018-113307

42. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)

http://www.bawaslu.go.id/id/pengumuman/pengumuman-hasil-akhir-seleksi-calon-pegawai-negeri-sipil-badan-pengawas-pemilihan-umum

43. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)

http://www.bpkp.go.id//konten/3187/CPNS-2018

44. Badan Pusat Statistik (BPS)

http://cpns.bps.go.id/

45. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)

https://www.bkpm.go.id/id/tentang-bkpm/karir

46. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)

https://drive.google.com/drive/folders/1rPVqDpIs_BjcTuhRIpS-il0AEbSC9wNS

47. Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)

http://www.batan.go.id/index.php/id/cpns2018/homecpns2018

48. Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP)

http://www.bpip.go.id/images/hasil-akhir-seleksi-cpns-bpip-2018.pdf

49. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

http://www.bmkg.go.id/pengumuman/?p=pengumuman-hasil-seleksi-akhir-cpns-bmkg-tahun-anggaran-2018&tag=pengumuman&lang=ID

50. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

https://www.bnpb.go.id/hasil-akhir-seleksi-penerimaan-cpns-bnpb-ta-2018

Selanjutnya

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham melihat panduan pengisian jawaban sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

51. Badan Informasi Geospasial (BIG)

http://cpns.big.go.id/cpns/download

52. Badan Nasional Perlindungan TKI (BNP2TKI)

http://www.bnp2tki.go.id/read/13944/1.-Pengumuman-Kelulusan-Akhir-CPNS-BNP2TKI.html

53. Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla)

https://bakamla.go.id/

54. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

https://cpns.bppt.go.id/pengumuman

55. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)

https://www.bnpt.go.id/pengumuman-hasil-akhir-seleksi-cpns-bnpt-tahun-anggaran-2018.html

56. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/15273/Pengumuman-Hasil-Akhir-Seleksi-CPNS-Badan-POM-Tahun-Anggaran-2018.html

57. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

https://t.co/L9mFo6ei4C

58. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK)

http://www.ppatk.go.id/pengumuman/read/915/pengumuman-kelulusan-seleksi-cpns-ppatk-tahun-2018.html

59. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

http://cpns.perpusnas.go.id/

60. Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas)

https://www.wantannas.go.id/cpns/

Selanjutnya

3 Tes Kesehatan Wajib untuk CPNS (Liputan 6)

61. Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI (Setjen dan BK DPR RI)

http://dpr.go.id/cpns

62. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)

https://www.anri.go.id/detail/1654-Pengumuman-Kelululusan-Akhir-Seleksi-CPNS-ANRI-Tahun-2018

63. Komisi Pemilihan Umum RI (KPU RI)

https://kpu.go.id/index.php/pages/detail/2018/952

64. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnasham)

https://www.komnasham.go.id/cpns2018/peng010.php

65. Komisi Yudisial (KY)

http://www.cpns.komisiyudisial.go.id/

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anne Avantie Kenang Persembahan Karyanya untuk Robby Tumewu

Posted: 13 Jan 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dunia hiburan dan fashion Indonesia kehilangan Robby Tumewu yang meninggal dunia pada Senin (14/1/2018) pukul 00.15 WIB. Kepergian Robby menyisakan duka dan kenangan bagi orang-orang terdekatnya, termasuk perancang busana kenamaan Anne Avantie.

Di akun Instagramnya, Senin (14/1/2019), Anne kedapatan mengunggah sejumlah foto kenangan bersama lelaki 65 tahun tersebut, sekaligus mengucapkan selamat jalan pada Robby Tumewu.

"Teringat beberapa tahun yang lalu, 2011 saya mempersembahkan sebuah bakti kasih dan ungkapan kepeduliaan untukmu "PUTRI TIONG HOA tribute to ROBBY TUNEWU " semua ini tinggal menjadi sebuah kenangan indah tak terlupakan," tulis Anne di keterangan foto.

Sesuai judulnya, pertunjukan itu merupakan persembahan cinta dari Anne bagi dedikasi Robby Tumewu. Meski mengaku tidak sering bertemu karena kesibukan masing-masing, Anne merasakan derita yang dialami Robby, di mana saat itu beliau masih menjalani pengobatan dan berangsur-angsur pulih dari penyakit stroke.

Dilansir dari Vemale, pertunjukkan itu digelar di Jakarta pada 15 Mei 2011 dengan tajuk 'Putri Tionghoa Tribute to Robby Tumewu'. Bangga menjadi seorang yang lahir di Semarang, dengan berbagai etnis hidup rukun bergandengan, 'Putri Tionghoa' mewakili gabungan kultur, sekaligus persembahan sebagai wakil dari dua etnis tersebut.

Penghargaan untuk Robby Tumewu

Titiek Puspa, Anne Avantie dan Robby Tumewu pada 2011. (dok.Instagram @anneavantieheart/https://www.instagram.com/p/BsmWveagS_F/Henry)

Beberapa teman Robby Tumewu yang pernah bermain dalam serial Lenong Rumpi maupun film Ca Bau Kan juga ikut meramaikan acara tersebut. Sebelum show dimulai, Robby diberi penghargaan MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai perancang yang juga aktor TV dan film Indonesia.

Sedangkan Anne Avantie meraih penghargaan MURI dunia sebagai Pelopor Kebaya Kontemporer Dunia. Sumbangan guna biaya pengobatan Robby dari Anne juga diberikan pada waktu yang sama.

Para selebriti yang ikut tampil dan hadir di acara tersebut antara lain grup vokal Warna, Ferry Salim, Lola Amaria, Lulu Dewayanti, Ira Wibowo, Debby Sahertian, Harry De Fretes, Indra Bekti, dan Titiek Puspa.

Anne Avantie mengaku butuh waktu selama dua bulan untuk mempersiapkan show yang menampilkan 12 koleksi tersebut, di mana acara itu juga didukung 50 orang tokoh, selebriti, perancang, juga artis yang dekat dan telah menjadi bagian dari sejarah perjalanan Robby.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet Optimistis Satgas Bisa Ungkap Kasus Penyerangan Novel Baswedan

Posted: 13 Jan 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) optimistis pembentukan tim satuan tugas (satgas) mengusut pelaku penyerangan air keras Novel Baswedan akan membuahkan hasil positif. Dia yakin polisi tidak akan main-main dalam mengungkap dalang di balik penyerangan tersebut.

"Bagaimanapun ini PR kepolisian dan saya yakin, saya percaya kepolisian tidak main main mengungkap ini," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Politikus Partai Golkar ini mengaku pihaknya terus mendukung upaya pengungkapkan penyerang Novel Baswedan. Walaupun pengungkapan pelaku akan sangat bergantung pada alat bukti di lapangan.

"Tapi kalau bukti-bukti lapangannya minim, Kemudian saksi juga tidak memberikan keterangan yang sangat minim juga ya pasti akan sulit terungkap," ungkapnya.

Bamsoet juga mengajak semua pihak untuk berbaik sangka dan tidak mengaitkan kasus Novel Baswedan dengan politik jelang Pilpres 17 April mendatang. Bagi dia yang terpenting adalah niat pemerintah dalam mengungkap kasus tersebut.

"Yang penting niatnya bhawa ini akan dilakukan secermat mungkin dan semaksimal mungkin untuk menjawab pertanyaan oleh publik dan memenuhi harapan publik bahwa tidak boleh ada kasus apapun yang tidak terungkap karena pihak," ucapnya.

Lansung di Bawah Kapolri

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian merespons rekomendasi Komnas HAM membentuk tim gabungan untuk menuntaskan kasus Novel Baswedan. Penyidik KPK itu disiram air keras oleh orang tak dikenal pada 11 April 2017 lalu.

Sudah berjalan hampir dua tahun kasus belum menemui titik terang. Kapolri sempat memperlihatkan sketsa wajah diduga sebagai pelaku. Beberapa orang yang diamankan akhirnya dilepas karena tak ada bukti keterlibatan.

Tim ini berada langsung di bawah Tito sebagai penanggung jawab. Komjen Ari Dono wakilnya. Irwasum Komjen Putut Eko Bayuseno, Kabareskrim Komjen Arief Sulistyanto dan Kadiv Propam Irjen Listyo Sigit Prabowo penugasan asistensi.

Selain para perwira tinggi Polri, dilibatkan juga sejumlah tokoh, seperti Mantan komisioner KPK Indriyanto Seno Adji, Peneliti LIPI Hermawan Sulistyo, dan mantan Komisioner Komnas HAM Nur Kholis serta Ifdhal Kasim. Mereka menjadi tim pakar.

"Benar, Kapolri sudah mengeluarkan surat perintah tersebut atas tindak lanjut rekomendasi Komnas HAM terhadap ranah Kepolisian Republik Indonesia dalam mengusut kasus penyiraman air keras," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen M. Iqbal, Jumat (11/1/2019).

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ngeri, Mobil Wanita Ini Tertimpa Papan Petunjuk Jalan Tol

Posted: 13 Jan 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita di Melbourne, Australia, beruntung dapat menyelamatkan diri setelah mobil yang dikendarai di jalan bebas hambatan tertimpa papan petunjuk jalan.

Seperti dilansir Carcoops, Senin (14/1/2019), detik-detik kecelakaan terekam kameran dashboard mobil pengendara lain.

Terlihat mobil yang dipacu dengan kecepatan sedang berada di jalur yang benar melewati sebuah papan petunjuk jalan yang terpasang dibagian tengah jalan.

Ketika mobil bermerek Hyundai Santa Fe mencoba melewati papan petunjuk, secara tiba-tiba tanda tersebut terjatuh dan menimpa bagian depan SUV.

Pengemudi yang tak sempat menghindar kemudian kehilangan keseimbangan dengan mobil tetap melaju. Papan berukuran besar tersebutpun terguling dan menimpa atap mobil.

 

Selanjutnya

Memiliki ukuran 4 x 5 meter dan terbuat dari baja, kerusakan yang ditimbulkan pada mobil cukup parah. 

Menurut Direktur dari Otoritas Proyek Jalan Utama, badan pemerintah yang bertanggung jawab atas proyek jalan di Melbourne, Graeme Chambers, penyelidikan terhadap keruntuhan tanda masih terus dilakukan.

"Ini adalah situasi yang sangat langka. Entah bagaimana papan tersebut jatuh. Kami tadi malam memobilisasi teknisi segera setelah kami mengetahui insiden itu," kata Chambers.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

CVR Lion Air Ditemukan KRI Spica-934 Pakai Alat Canggih

Posted: 13 Jan 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kapal Bantu Hidro Oseanografi (KRI) Spica-934 berhasil menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, 29 Oktober 2018 lalu. 18 penyelam dari Dislambair Koarmada dan tiga orang dari Kopaska dikerahkan dalam pencaraian CVR di bawah laut.

"KRI Spica-934 menemukan CVR pada posisi koordinat 05 48 46,503 S - 107 07 36,728 T. di perairan Tanjung Kerawang Jabar dalam rangka kegiatan pencarian CVR dan Human Remains pesawat Lion Air JT 610, Senin, 14 Januari 2018," ujar Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) Laksda TNI Harjo Susmoro, Senin (14/1/2019).

Pencarian CVR Lion Air ini dilakukan KRI Spica-34 sejak Selasa 8 Januari 2019. KRI ini diberangkatkan dari Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok.

Penyelam atas nama Serda TTG Satria Margono berhasil menemukan CVR Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610 itu pada pukul 08.40 WIB.

Mengguanakan Alat Canggih

Black Box dari pesawat Lion Air JT 610 diperlihatkan saat rilis posko evakuasi JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (1/11). Black Box  tersebut ditemukan 500 meter dari lokasi jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pencarian CVR Lion Air ini menggunakan peralatan bawah air canggih seperti Multibeam Echosounder (MBES), Sub Bottom Profiling (SBP), Magnetometer, Side Scan Sonar, ADCP serta peralatan HIPAP untuk mendeteksi sinyal dari black box Lyon JT 610.

"Selain peralatan tersebut KRI Spica-934 juga membawa ABK sebanyak 55 orang, personel KNKT 9 orang, penyelam TNI AL 18 orang, serta scientist 6 orang," kata Harjo.

 

Reporter: Rifqi Aufal Sutisna

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siti Badriah Dilamar di Korea Selatan, Ini Pekerjaan Calon Suaminya

Posted: 13 Jan 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar gembira datang dari penyanyi dangdut Tanah Air yang tengah naik daun, Siti Badriah. Perempuan yang kerap disapa Sibad ini ternyata telah dilamar oleh sang kekasih, Krisjiana Baharudin,  di Korea Selatan, pada Sabtu (12/1/2019).

Meski belum genap setahun berpacaran, Krisjiana sudah mantap memilih Siti Badriah sebagai pendampingnya seumur hidup. Siti badriah pun berharap Krisjiana Baharudin adalah cinta terakhirnya.

Tak ingin terus menerus pacaran, Krisjiana pun memberanikan diri untuk melamar Siti Badriah.

Buat beberapa orang, nama calon suami Siti Badriah ini mungkin terdengar asing. Namun, usut punya usut, calon suami Siti Badriah ini juga tak jauh-jauh dari kalangan dunia hiburan Tanah Air, lho.

Sosok Krisjiana Baharudin

Calon suami Siti Badriah bernama Krisjiana Baharudin. Pria kelahiran 9 Juni 1994 ini adalah sosok yang kerap menghiasi layar televisi. Walaupun belum dikenal banyak orang, Krisjiana Baharudin atau kerap dipanggil Kris, telah membintangi beberapa FTV.

Menariknya, Kris dan Siti Badriyah pernah bekerja dalam satu project FTV yang berjudul "Rengginang Bulat Digoreng Dadakan Dijual Manja Sama Biduan Syantik".

Sebelum terjun dalam dunia akting, Krisjiana Baharudin lebih dulu menjadi bintang beberapa iklan. Salah satu iklan yang pernah dibintangi oleh Kris adalah snack cokelat. Berkat iklan itu pula namanya semakin melejit dan dikenal banyak orang.

Tak hanya menjadi bintang iklan, dengan parasnya yang tampan dan memiliki tinggi 175 cm, Krisjiana Baharudin juga berprofesi sebagai model. Pria kelahiran 1994 ini selalu laris manis di dunia entertainment dengan perawakannya yang sempurna membuatnya juga sempat menjadi host salah satu acara travelling.

Melamar dengan Cincin Mendiang Ibu

Krisjiana melamar Siti Badriah di sela-sela liburan mereka ke Korea Selatan. Ketika keduanya mengunjungi Bukchon Hanok Village di Seoul, Krisjiana tiba-tiba berlutut sembari memperlihatkan sebuah cincin.

Momen bahagia tersebut dibagikan keduanya melalui akun Instagram masing-masing.

Rupanya, ada cerita menarik dibalik lamaran yang dilakukan Kris terhadap Siti Badriah. Ia diketahui melamar Siti Badriah dengan cincin peninggalan almarhumah ibunya.

"Now I shall pass my mother's wedding ring to you. From the bottom of my heart, thank you for being my better half, thank you for making me the happiest man alive. Thank you, for choosing me. Sincerely, yours forever," Tulis Kris dalam keterangan foto yang diunggahnya.

Tak hanya Kris, Siti Badriyah juga membagikan kebahagiaannya melalui akun Instagram pribadinya. Siti Badriyah mengunggah foto saat Krisjiana Baharudin mengecup keningnya.

Pelantun lagu Berondong Tua itu juga menunjukkan cincin yang tersemat di jari manis tangan kirinya.

"Bismillah. Thank you sayang. Semoga aku bisa menjaga amanah cincin dari alm mamah Dan doa yang baik segera di kabulkan Allah SWT," tulis Siti Badriah sebagai keterangan foto. 

Dari postingan intagram pribadinya tersebut banyak warganet yang memberikan komentarnya agar langgeng dan sampai dipelaminan. Walaupun berbeda tiga tahun lebih muda dari sang kekasih, Krisjiana Baharuddin dan Siti Badriyah sama-sama mengaku serius dalam menjalin hubungan.

"Slamat kak sitii ..smoga lancar sampai hari H nanti," ucap salah satu netizen. 

"Congratss ya tehh sibaddd smga langgeng terus sampai hari H pernikahan smpai pernikahan berlangsung dan selesai dan smga cepet di karuniai momongan dan smga bertahan smpai kakek' nenek' ya kakak aminnn," imbuh netizen lainnya. 

Ingin Pernikahan Sederhana

Siti Badriah mengaku sudah siap untuk sesegera mungkin naik pelaminan. Terlebih sudah sejak 2017 pelantun "Berondong Tua" ingin melepas masa lajangnya, dan berjanji memberikan menantu buat kedua orangtuanya.

Sejak awal, Siti Badriah dan sang kekasih sudah serius dalam menjalin hubungan cinta.

Bahkan keduanya kompak menginginkan pernikahan yang sederhana dan simple, bila keduanya melangkah ke jenjang yang lebih serius lagi.

"Dari dulu penginnya yang simpel aja. Enggak mau yang gimana-gimana," ujar Siti Badriah, pada Sabtu (8/12/2018) .

"Mau sesimpel mungkin yang tadi kita bilang. Simpel banget. Enggak mau yang repot-repot," timpal Krisjiana Baharudin.

 

Reporter: Loudia Mahartika

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ular Piton yang Dikerubuti Lebih dari 500 Kutu Merana Kurang Darah

Posted: 13 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seekor ular piton yang dihinggapi lebih dari 500 kutu di tubuhnya tengah dalam perawatan lebih lanjut. Dokter hewan di Australia mengatakan kondisinya saat ini lemah dan menderita anemia --kondisi kekurangan kadar hemoglobin di dalam darah.

Penangkap ular menyelamatkan ular piton karpet itu dari kolam renang halaman belakang di Gold Coast di Queensland pekan lalu.

Ular itu, yang dijuluki Nike, dirawat oleh dokter hewan karena "infeksi parah".

"(Ini) mungkin yang menyebabkan imobilitasnya, memungkinkan kutu mengambil keuntungan darinya," kata Rumah Sakit Margasatwa Currumbin dalam sebuah pernyataan yang diposting online seperti dikutip dari BBC, Senin (14/1/2018).

Layanan margasatwa mengatakan mereka berharap bisa melepaskan ular piton itu kembali ke alam liar dalam beberapa bulan mendatang.

"Ular itu sekarang bersama penjaga yang berpengalaman," kata pihak rumah sakit itu.

"Nike belum keluar dari hutan, tetapi kami berharap dia akan pulih sepenuhnya," kata layanan nirlaba itu.

Kutu dapat menyebabkan anemia - kekurangan sel darah merah - karena mereka memakan darah hewan inang.

Koala Berkutu

Koala dihinggapi kutu yang dirawat Rumah Sakit Rumah Sakit Margasatwa Currumbin. (Currumbin Wildlife Hospital)

Pihak rumah sakit juga mengatakan baru-baru ini juga merawat joey si koala yang ditemukan dihinggapi lebih dari 100 kutu.

"Hewan berkantung telah dipisahkan dari induknya ketika diselamatkan," kata kelompok satwa liar Friends of the Koala.

Kelompok itu mengatakan bahwa hewan marsupial itu telah menarik begitu banyak kutu karena duduk di tanah, sebuah tanda yang menunjukkan bahwa mungkin ia dalam kondisi sakit atau terluka.

Para ahli mengatakan sejatinya adalah hal lumrah bagi hewan dengan sejumlah kecil kutu dan parasit lainnya. Namun, jika seekor hewan lemah, parasit dapat dengan cepat menggandakan diri dan menyerang sistem kekebalan hewan.

 

Saksikan juga video ular piton berikut ini:

Hewan yang Tidak Sehat

Ilustrasi Foto Ular Piton (iStockphoto)

Penangkap ular di Australia telah menyelamatkan seekor piton karpet yang dihinggapi ratusan kutu.

Reptil yang diyakini tengah sakit dan dilapisi parasit itu berbaring di kolam renang halaman belakang di Gold Coast, Queensland. Seorang pawang profesional kemudian mengeluarkan ular itu dan membawanya untuk dirawat di klinik satwa liar.

"Dokter hewan menghilangkan lebih dari 500 kutu," kata penangkap ular Tony Harrison kepada BBC yang dikutip Jumat 11 Januari 2018. "Reptil itu diharapkan pulih".

Pekerja Gold Coast and Brisbane Snake Catchers, Harrison mengatakan dia percaya ular piton yang diberi nama Nike berupaya menenggelamkan kutu-kutu itu di kolam. Tapi usahanya sia-sia.

"Jelas, (ular) itu terlihat sangat tidak nyaman. Seluruh wajahnya bengkak dan menggembung, reptil itu benar-benar kewalahan oleh kutu yang berkembang biak padanya," papar Harrison.

Harrison mengatakan melepaskan kutu-kutu dari ular itu rasanya seperti "memegang sekantong kelereng yang bergerak di bawah tanganku". Bikin merinding!

Ular memang kerap dihinggapi sejumlah kecil kutu atau parasit lain di alam liar, kata Associate Prof Bryan Fry dari University of Queensland. Namun kehadiran dalam jumlah besar mengindikasikan bahwa ular itu kemungkinan memiliki penyakit lainnya, katanya, mungkin karena stres panas atau kondisi kekeringan.

"Jelas itu adalah hewan yang sangat tidak sehat untuk memiliki pertahanan alami yang begitu bermasalah," kata Associate Prof Fry.

"Aku ragu reptil itu mampu bertahan jika tidak dievakuasi dan mendapatkan perawatan."

Harrison kemudian mengatakan bahwa ular piton bernama Nike menderita infeksi, meskipun dia sekarang "baik-baik saja".

"Nike hari ini sedikit lebih lincah," kata Harrison dalam sebuah video yang dibagikan di laman Facebook Gold Coast dan Brisbane Snake Catcher.

"(Tapi) dia akan menjadi pasien jangka panjang (di Currumbin Wildlife Sanctuary) sampai dia cukup sehat untuk dilepaskan."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Jebak Pelaku Prostitusi Online di Pontianak

Posted: 13 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Pontianak - Jajaran Direskrimum Polda Kalbar meringkus seorang tersangka SA (25), salah seorang mahasiswa yang berprofesi sebagai muncikari prostitusi online bersama dua korbannya di sebuah hotel di kawasan Jalan Gajahmada, Pontianak. Operasi penangkapan digelar pada Jumat 11 Januari 2019.

"Terungkapnya prostitusi online berdasarkan laporan masyarakat, yang mencurigai aktivitas tersangka melalui media sosial, dan langsung ditindaklanjuti dengan penyamaran," kata Direktur Reskrimum Polda Kalbar Kombes Pol Arif Rachman melalui Kasubdit IV Ditreskrimum AKBP Ongky Isgunawan di Pontianak, Minggu 13 Januari 2019, dilansir Antara.

Ia menjelaskan, dari pengungkapan tersebut, juga diamankan kedua korban, yakni berinisial LK, dan SCA, serta barang bukti uang tunai Rp3 juta, satu bungkus kondom, tiga unit handphone, dan dua unit kunci hotel di Jalan Gajahmada Pontianak.

Operasi pengungkapan prostitusi online tersebut mulai Kamis (10/1/2019). Sekitar pukul 10.00 WIB Anggota Subdit 4 Ditreskrimum Polda Kalbar menerima laporan dari masyarakat bahwa ada dugaan tindak pidana pelacuran yang dilakukan oleh tersangka SA melalui media sosial.

"Kemudian anggota Subdit 4 Ditreskrimum Polda Kalbar langsung melakukan penyelidikan, pada hari Jumat (11/1) sekitar pukul 18.00 WIB tersangka SA menawarkan dua orang, yaitu korban LK dan SCA kepada anggota kami yang melakukan penyamaran," ungkapnya.

Kemudian, sekitar pukul 19.40 WIB dilakukan transaksi dengan tersangka di kamar 308 lantai tiga sebuah hotel di Jalan Gajahmada dan uang diambil oleh tersangka sebesar Rp 3 juta, tuturnya.

"Tersangka SA diamankan di ruang santai lantai empat sekitar pukul 20.00 WIB, sementara korban LK di kamar 308, dan SCA di kamar 306 beserta barang bukti sejumlah uang tunai Rp 3 juta bersama barang bukti kondom dan tiga unit handphone pada korban tersebut," paparnya.

Ia menambahkan, tersangka dan korban langsung dibawa ke Mapolda Kalbar untuk dilakukan pemeriksaan.

"Tersangka SA diancam pasal 296 KUHP tentang germo dengan ancaman pidana penjara satu tahun empat bulan," ucapnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Garuda Indonesia Klaim Harga Tiket Sudah Sesuai Aturan

Posted: 13 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Niaga PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Pikri Ilham Kurniansyah mengakui bahwa memang ada perang tarif harga tiket pesawat antar maskapai di Tanah Air. Namun dirinya mengklaim bahwa tiket pesawat yang diterapkan oleh Garuda Indonesia masih sesuai dengan koridor aturan tarif batas atas dan tarif batas bawah yang ditentukan oleh regulator.

Dia menjelaskan, untuk Garuda sendiri berdasarkan PM No 14 Tahun 2016 diperbolehkan mematok tarif maksimal batas atas sebab merupakan maskapai full service yang menyediakan fasilitas lebih. Fasilitas tersebut misalnya makanan di dalam pesawat dan lounge untuk menunggu keberangkatan pesawat.

"Masing-masing airline ini menurut PM 14 Tahun 2016 diamanatkan agar industrinya hidup dengan sehat, tidak terjadi persaingan harga walaupun service yang berbeda. Yang terjadi selama ini, antara airline banting-bantingan harga," kata dia saat ditemui di Kawasan SCBD, Jakarta, ditulis Senin (14/1/2019).

Dia mengungkapkan, untuk Garuda Indonesia sendiri tarif batas bawahnya adalah 30 persen dari tarif batas atas. Dengan begitu, Garuda bisa menggunakan harga yang sangat lebar itu untuk bersaing di pasar.

"Tapi kalau Garuda Indonesia lakukan terus-menerus, maka LCC bisa enggak hidup juga. Karena perbedaan harga terendahnya bisa sama dengan Low Cost Carrier (LCC)," ujarnya.

Dia menjelaskan di dalam PM tersebut disebutkan bahwa maskapai full service diperbolehkan menetapkan harga 100 persen dari tarif batas atas. Sementara untuk yang medium 90 persen dari tarif batas atas dan Low Cost Carrier (LCC) maksimum 85 persen dari tarif batas atas.

Karena itulah harga tiket maksapai full service jauh lebih mahal. Sebab jika perbedaannya tidak terlalu lebar maka penumpang otomatis akan memilih mengeluarkan uang lebih demi memilih maskapai full service dibanding LCC.

Dia pun menjelaskan tingginya harga pesawat saat high season tidak menyalahi aturan. Sebab tidak melebihin tarif batas atas yang telah ditentukan. Hal inilah yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat pengguna pesawat terbang akhir-akhir ini. Mereka menilai harga tiket pesawat terutama untuk rute domestik tidaklah wajar.

"Garuda enggak boleh lampaui harga yang sudah ditetapkan, kalau Garuda melampaui itu akan terkena sanksi dari regulator. Terkait peak season kemarin kami coba menerapkan PM 14 kemarin, Garuda buka wild class tarif batas atas," ujarnya.

Namun dia menyatakan peak season sudah mulai berakhir dan harga tiket pesawat pun akan berangsur normal kembali. Bahkan Garuda Indonesia akan kembali menerapkan tarif rendah atau sub class.

"Sejalan menurunnya periode low season ini, kami relaksasi kembali (harga tiket). Menurunkan sesuai dengan demand. Kami prediksi peak season akan selesai sampai 14 Januari, tapi ternyata airline evalausi tanggal 10 kami sudah bisa menurunkan kembali, yaitu membuka sub class yang lebih rendah dari wild class," kata dia. 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Harga Tiket Pesawat Turun, Maskapai Dengar Keluhan Warga

Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Seluruh maskapai nasional yang tergabung dalam Indonesia National Air Carrier Association (INACA) telah menurunkan harga tiket pesawat untuk penerbangan domestik sejak Jumat, 11 Januari 2019.

Hal ini menyusul banyaknya keluhan masyarakat akan mahalnya harga tiket pesawat untuk rute domestik. Penurunan tiket pesawat berkisar 20-60 persen.

Ketua Umum INACA I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara) menyebutkan keputusan tersebut berdasar hasil kesepakatan bersama antar beberapa pihak terkait. 

"Kami mendengar keprihatinan masyarakat atas tingginya harga tiket nasional. Dan atas komitmen positif dari stakeholder, khususnya AP 1, AP II, Airnav dan Pertamina," kata dia di Kawasan SCBD, Jakarta, Minggu (13/1/2019).

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia Airlines (GIA) ini menyebutkan, meski maskapai-maskapai di tanah air tengah dalam kondisi tak menguntungkan, namun keputusan untuk menurunkan tarif tetap harus diambil demi kepentingan masyarakat. Ia pun mengungkapkan mendengar suara masyarakat terkait tiket pesawat.

"Walaupun di tengah kesulitan maskapai nasional yang ada, tapi kami lebih mendnegar keluhan masyarakat atas tingginya harga tiket. Kami tidak begitu saja tidak mempedulikan," ujarnya.

Dia menyebutkan, beberapa tarif penerbangan domestik yang telah turun sejak Jumat lalu antara lain rute Jakarta-Denpasar, Jakarta-Yogyakarta, Bandung-Denpasar, dan Jakarta-Surabaya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Robby Tumewu Meninggal Dunia, Duka Warganet di Media Sosial

Posted: 13 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali kehilangan salah satu seniman kebanggaannya. Aktor dan komedian Robby Tumewu meninggal dunia pada Senin (14/1/2019), pukul 00.15 WIB dini hari.

Pria kelahiran Bandung, 4 Desember 1953 itu dikabarkan meninggal karena sakit infeksi paru-paru. Sebelumnya, dia berjuang melawan sakit stroke selama hampir delapan tahun. Di usianya ke-65, ia pun berpulang.

Kabar kepergian Robby Tumewu sontak mengundang perhatian publik, khususnya para pengguna jejaring sosial. Pantauan Citizen Liputan6.com, sejak kabar duka itu beredar di media sosial, warganet membanjiri lini masa Twitter dengan ucapan belasungkawa.

Banyaknya publik yang merasa kehilangan sosoknya, perbincangan mengenai kepergian Robby Tumewu pun menjadi topik yang banyak dibahas warganet. 

Rencananya Akan Dikremasi

Robby Tumewu Meninggal Dunia, Duka Warganet di Media Sosial

Robby Tumewu kini masih disemayamkan di Oasis Lestari, Tanggerang, hingga tiga hari ke depan. Rencananya almarhum akan dikremasi sesuai dengan kesepakatan keluarga pada 17 Januari 2019.

"Rencananya disemayamkan sampai 17 Januari, nanti baru dikremasi. Karena keluarganya kan di luar negeri semua dan diputuskan oleh mereka untuk dikremasi," kata sahabat Robby Tumewu, Debby Sahertian, kepada Showbiz Liputan6.com, Senin (14/1/2019).

Selamat jalan Robby Tumewu. Karya-karyamu akan selalu dikenang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Betis vs Real Madrid: Alasan Solari Mainkan 3 Bek

Posted: 13 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Sevilla - Real Madrid meraih tiga poin di kandang Real Betis. Los Blancos, julukan Real Madrid, menang 2-1 di Estadio Benito Villamarin, Minggu (13/1/2019) atau Senin dini hari WIB dalam lanjutan Liga Spanyol.

Dua gol Real Madrid dicetak oleh Luka Modric dan Dani Cebalos. Sedangkan gol balasan Real Betis dicetak oleh Canales.

Dalam laga tersebut, pelatih Real Madrid, Santiago Solari bermain dengan formasi baru. Dia menurunkan tiga pemain bertahan, Raphael Varane, Sergio Ramos, dan Nacho.

Bermain dengan formasi 3-4-3, Solari mengaku tak punya banyak pilihan. Terlebih, mereka sedang dilanda badai cedera dengan enam pemain yang mengalami cedera, yakni Javier Sanchez, Marcos Llorente, Marco Asensio, Thibaut Courtois, Toni Kroos, dan Gareth Bale.

"Itu adalah keputusan-keputusan yang diambil dalam situasi tertentu. Kami banyak mengalami kesulitan, ada banyak pemain di lini serang yang cedera dan itu adalah salah satu alternatif untuk mencoba unggul dalam partai ini," kata Solari, seperti dikutip dari situs resmi Real Madrid.

"Duel melawan Real Betis merupakan satu partai yang sangat serius. Saya memusatkan perhatian dalam hal ini," ucap nakhoda Real Madrid berkebangsaan Argentina itu.

 

Jaga Jarak

Perayaan gol pemain Real Madrid usai Cebalos mencetak gol pada laga lanjutan La Liga Spanyol yang berlangsung di stadion Benito Villamarin, Senin (14/1). Real Madrid menang 2-1 atas Real Betis. (AFP/Cristina Quicler)

Kemenangan di Estadio Benito Villamarin membuat Real Madrid naik ke posisi empat dengan raihan 33 poin. Los Blancos masih tertinggal 10 angka dari Barcelona yang berada di puncak klasemen.

"Yang paling penting adalah tiga poin untuk terus memperpendek jarak. Semua adalah bagian dari tim dan tim itu terbentuk dari para pemain yang turun bermain dan juga yang tidak bermain."

"Tidak ada hal pribadi dengan satu pemainpun. Real Madrid memang seperti ini dan semua bisa bermain," ujar pria berusia 42 tahun tersebut.

 

Benzema Cedera

Kendati menang, Real Madrid harus menelan pil pahit. Mereka kehilangan Karim Benzema yang mengalami cedera usai salah mendarat.

"Ini satu cedera tapi baik karena hanya di satu tangan. Benzema juga sangat lihai dengan kakinya," ucap Solari mengakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Warga Dunia Peringati Hari Tanpa Celana

Posted: 13 Jan 2019 09:00 PM PST

Seorang pria tanpa mengenakan celana membaca buku selama No Pants Subway Ride di sebuah kereta bawah tanah di Berlin, Jerman (13/1). Acara ini dimulai pada tahun 2002 dengan peserta hanya tujuh orang. (AFP Photo/Christoph Soeder)

Seorang pria tanpa mengenakan celana membaca buku selama No Pants Subway Ride di sebuah kereta bawah tanah di Berlin, Jerman (13/1). Acara ini dimulai pada tahun 2002 dengan peserta hanya tujuh orang. (AFP Photo/Christoph Soeder)

Sejumlah penumpang tanpa mengenakan celana bersiap menaiki kereta selama No Pants Subway Ride ke-18 di London Underground di London, Inggris (13/1). Peringatan ini dilaksanakan setiap tahunnya bermula dari Kota New York, AS. (AFP Photo/Daniel Leal-olivas)

Sejumlah penumpang tanpa mengenakan celana bersiap menaiki kereta selama No Pants Subway Ride ke-18 di London Underground di London, Inggris (13/1). Peringatan ini dilaksanakan setiap tahunnya bermula dari Kota New York, AS. (AFP Photo/Daniel Leal-olivas)

Sejumlah penumpang tanpa mengenakan celana duduk di kereta selama No Pants Subway Ride ke-18 di Amsterdam, Belanda (13/1). No Pants Subway Ride ajang tahunan yang sudah menyebar ke berbagai kota besar di dunia. (AFP Photo/Olaf Kraak)

Sejumlah penumpang tanpa mengenakan celana duduk di kereta selama No Pants Subway Ride ke-18 di Amsterdam, Belanda (13/1). No Pants Subway Ride ajang tahunan yang sudah menyebar ke berbagai kota besar di dunia. (AFP Photo/Olaf Kraak)

Dua wanita tanpa mengenakan celana berada di dalam kereta selama No Pants Subway Ride ke-18 di Amsterdam, Belanda (13/1). Acara ini dimulai pada tahun 2002 dengan peserta hanya tujuh orang. (AFP Photo/Olaf Kraak)

Dua wanita tanpa mengenakan celana berada di dalam kereta selama No Pants Subway Ride ke-18 di Amsterdam, Belanda (13/1). Acara ini dimulai pada tahun 2002 dengan peserta hanya tujuh orang. (AFP Photo/Olaf Kraak)

Penumpang berada di dalam kereta Jubilee Line saat mereka mengambil bagian dalam 'No Trousers On The Tube Day' tahunan (No Pants Subway Ride) di London Underground di London (13/1). (AFP Photo/Daniel Leal-olivas)

Penumpang berada di dalam kereta Jubilee Line saat mereka mengambil bagian dalam 'No Trousers On The Tube Day' tahunan (No Pants Subway Ride) di London Underground di London (13/1). (AFP Photo/Daniel Leal-olivas)

Penumpang berada di dalam kereta F selama No Pants Subway Ride ke-18 di New York City (13/1). No Pants Subway Ride ajang tahunan yang sudah menyebar ke berbagai kota besar di dunia. (AFP Photo/David 'Dee' Delgado)

Penumpang berada di dalam kereta F selama No Pants Subway Ride ke-18 di New York City (13/1). No Pants Subway Ride ajang tahunan yang sudah menyebar ke berbagai kota besar di dunia. (AFP Photo/David 'Dee' Delgado)

Penumpang berada di dalam kereta F selama No Pants Subway Ride di sebuah kereta bawah tanah di Berlin, Jerman (13/1). Acara ini dimulai pada tahun 2002 dengan peserta hanya tujuh orang. (AFP Photo/Christoph Soeder)

Penumpang berada di dalam kereta F selama No Pants Subway Ride di sebuah kereta bawah tanah di Berlin, Jerman (13/1). Acara ini dimulai pada tahun 2002 dengan peserta hanya tujuh orang. (AFP Photo/Christoph Soeder)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Citarum Meluap, Kawasan Baleendah Banjir Lagi

Posted: 13 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Luapan sungai Citarum menyebabkan banjir di kawasan Baleendah, Kabupaten Bandung. Akses jalan terputus, dan warga harus berjalan kaki untuk melewati banjir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Robby Tumewu Meninggal, Debby Sahertian: Ini yang Terbaik...

Posted: 13 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Robby Tumewu mengembuskan napas terakhirnya pada Senin (14/1/2019) dini hari. Aktor sekaligus desainer 65 tahun ini meninggal setelah berjuang selama hampir delapan tahun melawan stroke.

Sahabat Robby Tumewu, Debby Sahertian, menuturkan jenazah Robby masih disemayamkan di Oasis Lestari, Tangerang. Rencananya jasad Robby Tumewu baru akan dikremasi pada 17 Januari 2019.

"Rencananya disemayamkan sampai 17 Januari, nanti baru dikremasi. Karena kan keluarganya di luar negeri semua, dan diputuskan oleh mereka untuk dikremasi," ungkap Debby Sahertian saat dihubungi Showbiz Liputan6.com, Senin (14/1/2019).

"Cuma memang belum tahu apakah nanti abunya akan ditebar di sini atau mau di bawa," imbuhnya.

Tak Lagi Sakit

Robby Tumewu

Sebagai sahabat yang puluhan tahun bersama, Debby Sahertian pun memanjatkan doa terbaiknya untuk Robby Tumewu. Ia berharap Robby bisa mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan.

"Robby, ini yang terbaik untuk Robby. Kamu sudah enggak merasakan sakit lagi. Semoga kamu bahagia di Surga ya," harapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekomendasi 8 Pola Makan untuk Para Penyintas Stroke

Posted: 13 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang sehat juga bisa membantu mengurangi risiko seseorang terkena stroke. Tidak hanya mereka yang sehat tetapi juga para penyintas stroke untuk mencegah penyakitnya menyerang kembali serta membantu proses perawatan.

Mengutip laman American Heart Association/American Stroke Association strokeassociation.org pada Senin (14/1/2019), salah satu yang disarankan bagi para penyintas stroke adalah pola makan dengan lima porsi atau lebih buah dan sayuran per hari untuk mengurangi risiko stroke. Selain itu, berikut ini beberapa rekomendasi pola makan dan diet untuk para penyintas stroke.

  1. Konsumsi makanan yang kaya akan sayur dan buah-buahan,
  2. Pilih makanan yang berserat tinggi,
  3. Konsumsi ikan setidaknya dua kali dalam seminggu,
  4. Batasi lemak jenuh dan lemak trans,
  5. Menghindari minyak yang terhidrogenasi sebagian saja akan mengurangi lemak trans
  6. Pilih daging tanpa lemak dan unggas, serta masak mereka tanpa menggunakan lemak jenuh atau lemak trans,
  7. Pilih produk susu rendah lemak.
  8. Kurangi minuman dan makanan dengan tambahan gula.
  9. Batasi diri untuk mengonsumsi alkohol.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Tips jaga nutrisi penyintas stroke

Ilustrasi stroke (iStockphoto)

Beberapa penderita stroke mengalami kehilangan nafsu makan. Beberapa dari mereka mungkin memiliki kesulitan menelan atau gerakan tangan yang terbatas. Maka itu, bagi para perawat atau caregiver juga bisa membantu memberikan mereka mendapatkan nutrisi yang tepat dengan beberapa tips ini:

  1. Pilih makanan yang sehat dengan rasa yang kuat seperti ikan panggang dan buah jeruk. Selain itu, rempah-rempah alami menambah rasa pada makanan dan mampu menggantikan garam.
  2. Pilih makanan yang berwarna dan menarik secara visual. Misalnya ikan salmon, wortel, dan sayuran hijau gelap.
  3. Potonglah makanan menjadi kecil-kecil untuk membuatnya lebih mudah dikunyah
  4. Pilih juga makanan yang lebih lembut dan mudah dikunyah seperti yogurt pisang, sereal, dan sup rendah sodium.
  5. Jika penderita atau Anda kesulitan menelan, jangan segan membicarakannya dengan terapis atau dokter.
  6. Sementara, apabila mengalami masalah pada tangan, ada beberapa peralatan makan yang lebih adaptif. Beberapa jenis sendok dan garpu memiliki pegangan yang lebih tebal dan lebih mudah dipegang.
  7. Bagi para pengasuh, Anda bisa mencoba untuk berbagi makanan dengan korban di waktu-waktu siang hari. Selain itu, Anda bisa mengatur kecepatan agar lebih santai saat makan, menyajikan makanan yang diinginkan korban, serta memintanya mengonsumsi camilan sehat.
  8. Pengasuh juga harus memperhatikan kemungkinan masalah yang dialami korban saat mengunyah atau menelan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Penampakan UFO di Langit AS, Ternyata Ini Wujud Aslinya

Posted: 13 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria Amerika Serikat (AS) berhasil merekam sebuah pesawat hitam aneh yang diduga sebagai sebuah UFO. Tanpa diketahui asal-usulnya, banyak yang menduga kalau 'UFO' tersebut adalah pesawat rahasia dari pemerintah.

Menurut laporan yang dilansir Brilio, objek berbentuk segitiga aneh ini telah terlihat di dekat pangkalan militer di negara bagian Ohio, AS.

Seorang pengamat UFO amatir mengunggah video dengan UFO berbentuk segitiga tersebut di akun YouTube-nya. Dia mendeskripsikan, "objek itu terbang di sekitar lingkungannya sebanyak tiga kali."

Sontak, banyak yang beranggapan kalau UFO di video itu merupakan benda-benda yang diamati di daerah itu tidak lebih dari pesawat eksperimental dari pangkalan militer AS.

Menurut beberapa pengguna, jika dilihat dari bentuk dan cahaya objeknya, apa yang ditunjukkan oleh video tersebut adalah apa yang disebut sebagai pesawat eksperimental TR-3B, yaitu pesawat yang keberadaannya belum pernah dikonfirmasi.

Laporan media tentang objek segitiga hitam ini awalnya berasal dari Amerika Serikat dan Inggris. 

 

Penampakan UFO Lain

Ilustrasi UFO (AFP)

Namun, UFO berbentuk serupa juga telah dilaporkan tampak di beberapa bagian lain di dunia.

Salah satu penampakan UFO Segitiga Hitam yang paling mencuri perhatian adalah saat di Belgia.

Selama insiden, telah dilaporkan bahwa dua F-16 Angkatan Udara Belgia berusaha untuk mencegat objek berbentuk segitiga tersebut.

Anehnya, menurut dokumen yang dideklasifikasi dari laporan Kementerian Pertahanan Inggris dengan nama sandi Project Condign dan dirilis ke publik pada tahun 2006, laporan itu memberi beberapa kesimpulan yang menjelaskan asal-usul penampakan UFO "segitiga hitam".

 

Wujud Aslinya?

Ilustrasi humanoid dan UFO (iStock)

Terlepas dari semua kejadian itu, para ahli menyimpulkan kalau penampakan UFO di Ohio idak lebih sebagai pembentukan plasma listrik, yakni interaksi yang menghasilkan medan energi misterius yang membiasakan cahaya dan menghasilkan halusinasi yang jelas pada saksi mata yang berada dalam jarak dekat.

Reporter: Brilio

Sumber: Brilio.net

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Gatot Nurmantyo Kini, Fotonya Terpampang di Posko BPN Prabowo-Sandi

Posted: 13 Jan 2019 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah fotonya terpampang pada baliho di Posko Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi di Solo, hari Minggu lalu (13/1/2019), mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo lewat akun Instagram pribadinya melayangkan protes terhadap baliho tersebut. Ia mengaku tidak pernah menerima permintaan apalagi untuk memberi persetujuan terkait fotonya tersebut.

Adapun dalam baliho yang menampilkan foto Gatot itu terdapat tulisan selamat dan sukses atas peresmian kantor pusat BPN Prabowo-Sandiaga. Menanggapi baliho tersebut, Gatot memang tidak pernah secara terbuka menyatakan dukungannya terhadap salah satu pasangan calon. Hal itu berdasarkan pernyataannya pertengahan tahun lalu bahwa ia akan menentukan sikap politiknya di dalam bilik suara.

 

Sementara itu, melalui Kepala Divisi Advokasi Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean menyampaikan permintaan maaf kepada Gatot Nurmantyo atas insiden tersebut. Ferdinand membenarkan bahwa foto Gatot Nurmantyo yang terpampang adalah ulah salah seorang relawan kubu Prabowo-Sandi, tanpa mendapatkan izin dari Gatot Nurmantyo sendiri.

Meskipun demikian, hal itu dilakukan atas rasa kagum relawan terhadap sosok Gatot Nurmantyo yang lekat dengan jiwa besarnya dalam melawan ketidakadilan dan membela negara.

Lalu, seperti apa sosok Gatot Nurmantyo setelah purna dari jabatannya sebagai Panglima TNI? Selengkapnya akan diulas Liputan6.com, Senin (14/1/2019).

Aktif menyuarakan pendapat melalui akun Instagram pribadinya

View this post on Instagram

Untuk seluruh pahlawan yang telah gugur demi bangsa ini, yang pernah tegak berdiri, sepenuh hati merebut dan menjaga kemerdekaan negeri. Terima kasih banyak atas perjuanganmu untuk kami, untuk bangsa ini. Kami tak akan pernah lupa kepadamu wahai pahlawan, kusuma negara yang berjuang dan gugur demi bangsa. Engkau bukanlah cuma tulang-tulang yang berserakan. Kami akan selalu mengenangmu, memberi arti atas pengorbananmu. Kami masih mendengar deru-mu, terbayang derap tegap langkahmu. Kini kami yang akan meneruskan perjuangan itu. Mewujudkan harapan dan cita-citamu. Menjaga kekayaan bangsa ini, melindungi keutuhan persatuan dan kesatuan negeri. Membentengi ibu pertiwi dengan merengkuh pluralisme, mengikis radikalisme, melawan korupsi, memberantas narkoba, memerangi kemiskinan, menghapus kebodohan, mewujudkan masyarakat berderajat kesehatan yg tinggi, mempertajam ilmu pengetahuan, dan mempertebal kearifan. Menyebarkan informasi yang benar, bukan hoax. Menyebarkan kebaikan, bukan kebencian. Saling mengingatkan, bukan saling menjatuhkan. Serta mengukuhkan jati diri menuju kejayaan negeri yang telah engkau tinggalkan pada kami. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa mengokohkan hati ini, hati kita semua. Satukan hati untuk Indonesia. Selamat Hari Pahlawan, 10 November 2018. Gatot Nurmantyo #haripahlawan #gatotnurmantyo #satukanhatiuntukindonesia #jagaindonesia #selamatharipahlawan

A post shared by Gatot Nurmantyo (@nurmantyo_gatot) on

Pria kelahiran 13 Maret 1960 ini menjabat sebagai Jenderal TNI sejak 8 Juli 2015 hingga resmi melepas jabatannya pada akhir bulan Maret tahun 2018 silam. Setelah purna, Gatot Nurmantyo aktif dalam kegiatan kesehariannya yang terlihat dalam akun Instagram pribadinya yang terverifikasi, yaitu @nurmantyo_gatot.

Gatot Nurmantyo kerap menyuarakan pendapatnya terkait kejadian-kejadian yang terjadi di tanah air. Dalam unggahannya November 2018 lalu, Ia ikut serta dalam perayaan hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November itu. Dalam unggahannya, Gatot menulis "Menyebarkan informasi yang benar, bukan hoax. Menyebarkan kebaikan, bukan kebencian. Saling mengingatkan, bukan saling menjatuhkan. Serta mengukuhkan jati diri menuju kejayaan negeri yang telah engkau tinggalkan pada kami."

Meskipun sudah purna dari pengabdiannya sebagai Jenderal TNI, namun Gatot tetap memperlihatkan kepeduliannya terhadap negaranya dengan selalu up to date mengenai isu-isu sosial tanah air.

Selain itu, Gatot Nurmantyo juga mengikuti informasi terbaru seputar TNI AD, dimana dalam unggahannya Ia memberikan ucapan selamat serta harapan terhadap Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa yang baru saja dilantik November lalu.Tak hanya itu, Gatot juga mengucapkan selamat atas pelantikan Komandan Korps Marinir (Dankormar), Mayjen Suhartono yang resmi menjabat pada 27 Desember 2018.

Pada unggahannya tanggal 22 Desember, Gatot Nurmantyo berziarah ke makam orangtua serta mertuanya dalam rangka agenda mendatangnya yaitu ibadah umroh yang dilakukannya pada 24 Desember lalu.

Sosoknya sempat dikabarkan akan maju ke Pilpres 2019

(Nurwahyunan/bintang.com)

Dilansir Liputan6.com dari merdeka.com, tahun lalu beredar kabar bahwa Gatot Nurmantyo siap mengajukan diri untuk maju dalam Pilpres 2019. Namun, kabar tersebut terjawab pada momen pendaftaran capres-cawapres oleh KPU yang menunjukan absennya nama mantan Panglima TNI Jenderal tersebut.Banyak sekali relawan dan simpatisan yang muncul untuk mendeklarasikan dukungannya terhadap Gatot. Mulai dari Generasi Muda Milenial Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GMM GNR), Pro Gatot Nurmantyo atau Progo hingga relawan Selendang Putih.

Ditambah, PAN dan PKS sempat berminat memberikan tiket maju Pilpres kepada Gatot. Bahkan PAN sempat membuka opsi kombinasi Zulkifli Hasan dan Gatot sebagai pasangan capres-cawapres. Selain itu, Gatot secara terbuka menyatakan kesiapannya menjadi calon presiden serta akan selalu bersiap untuk mengabdikan kembali jiwa raganya untuk bangsa.

Setelah resmi melepas jabatannya pada akhir bulan Maret tahun lalu, Gatot yang mengabdi selama 36 tahun sebagai prajurit TNI mengatakan bahwa Ia siap menjadi presiden jika rakyat memang menghendaki. Gatot menambahkan bahwa Ia memiliki hak yang sama, yaitu hak dipilih dan hak memilih.

Hadir di acara tablig akbar Majelis Rasulullah

Pada penghujung tahun 2018 lalu, Gatot Nurmantyo terlihat hadir dalam acara tablig akbar Majelis Rasulullah yang juga dihadiri Sandiaga Uno, salah satu wakil pasangan calon Presiden RI 2019. Terkait kehadirannya tersebut, Fadli Zon selaku Wakil Ketua Umum Partai Gerindra berujar bahwa ia optimis Gatot mendukung pasangan calon nomor 2 tersebut di Pilpres tahun 2019.

Namun, Fadli menambahkan jika dia masih belum bisa memastikan ke mana pilihan politik Gatot Nurmantyo akan berlabuh. "Tapi nanti kan tergantung kepada beliau untuk menentukan sikapnya. Ya pokoknya pada waktunya nanti," ungkapnya saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (28/12/2018).

Kehadirannya pada acara tablig akbar yang digelar Oktober 2018 silam diakui Gatot tidak ada hubungannya dengan agenda pilpres 2019. Ia juga mengaku tak membicarakan soal Pilpres 2019 dengan pasangan calon nomor 2 tersebut. Namun demikian, ia mengatakan tetap menjalin komunikasi baik dengan kubu Jokowi-Ma'ruf maupun Prabowo-Sandi.

Reporter: Yunisda Dwi Saputri

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Radovic Buka-bukaan Soal Komposisi Pemain Persib

Posted: 13 Jan 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Bandung Setelah mengumumkan jajaran staf pelatih, Minggu (13/1/2019), Persib Bandung mengumumkan sejumlah nama pemain baru. Tak hanya itu, Maung Bandung juga mengumumkan skuat yang dipertahankan dan tidak untuk mengarungi musim depan.

Di jajaran pemain, trio PSMS Medan yaitu Frets Butuan, Erwin Ramdani dan Abdul Aziz menjadi penggawa anyar yang akan memperkuat Persib. Ketiga pemain menyusul dua rekrutan anyar yang terlebih dulu diumumkan Persib, Esteban Vizcarra dan Srdan Lopicic. 

Sedangkan lima pemain yaitu Atep, Tony Sucipto, Airlangga Sucipto, Eka Ramdani dan Imam Arief Abdillah dilepas.

Pelatih kepala Persib, Miljan Radovic menyatakan perubahan komposisi tim setiap menghadapi musim baru sangat lumrah terjadi.

"Setiap tahun pemain ganti, baru dan datang itu dalam sepak bola adalah hal biasa. Kadang susah kasih keputusan siapa yang diganti," kata Radovic dalam jumpa pers di Graha Persib, Minggu (13/1/2019).

Pria berpaspor Montenegro ini mengaku sudah berembug dengan para asistennya untuk menentukan komposisi pemain.

"Kita punya banyak pemain muda di Diklat Persib dan mereka punya waktu untuk berproses. Saya pikir kalau pemain berpengalaman bisa membantu perkembangan pemain muda," ujarnya.

"Selama di Eropa, saya tiga tahun melatih, ada satu pemain yang sekarang main di Barcelona dan satu di Benfica. Saya mengerti pemain muda membutuhkan proses," sambung pria berusia 43 tahun itu.

 

Latihan Perdana

Radovic akan memperkenalkan para pemainnya dalam sesi latihan perdana yang digelar Senin (14/1/2019). Sesi latihan akan dilaksakan di Stadion Arcamanik.

"Nanti di sesi latihan kita cek semua pemain. Saya sama asisten sudah berkomunikasi siapa saja yang siap," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK: Bakal Ada Lapangan Kerja Tercipta dalam Revolusi Industri 4.0

Posted: 13 Jan 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menegaskan bahwa revolusi industri 4.0 tidak bisa dihindari. Namun dengan banyaknya jumlah tenaga kerja di Indonesia maka penerapannya harus hati-hati.

Seperti diketahui, industri 4.0 mendorong industri menerapkan robotisasi dan automatisasi dalam proses produksi.

"Jadi kita dalam menerapkan juga automation robotic juga harus hati-hati. Automation susah dihindari karena itu merupakan bagian dari perindustrian. Ya kita jalanin aja," kata JK dalam acara bertajuk Kesiapan Tenaga Kerja Indonesia di Grand Sahid Jaya, Jakarta (14/1/2019).

Jusuf Jalla juga menjelaskan meski ada beberapa lapangan pekerjaan yang hilang karena diambil alih oleh robot, namun akan ada juga lapangan kerja baru yang tercipta.

Dia mencontohkan, dulu sebelum ada telepon genggam atau Handphone (HP) wartel banyak menjamur dimana-mana. Namun begitu semua orang sudah memilik HP perlahan wartel mulai menghilang.

Menghilangnya wartel ternyata memunculkan jenis usaha baru yaitu para penjual pulsa. "Ya otomatis akan terjadi begitu semua orang beli handphone tidak ada wartel lagi, yang ada hanya penjual pulsa," ujarnya.

Dengan adanya revolusi industri, JK berharap akan ada pengembangan usaha di sektor lain yang mampu mewadahi banyak tenaga kerja.

"Ya kalau semua robotic siapa yang bekerja. Kalau tidak ada yang bekerja siapa yang mau jadi konsumen? Pendapatan tidak ada. Maka harus di-create (diciptakan) produktivitas yang lain. Di bidang pertanian di bidang apa dan sebagainya. Jadi kita membuat automation yang dapat menimbulkan job baru," tutupnya.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Revolusi Industri 4.0 Bakal Tambah Lapangan Kerja Baru

Revolusi Industri 4.0. Dok: engineersjournal.ie

Sebelumnya, sektor industri Indonesia telah memasuki era baru yang disebut revolusi industri 4.0. Hal ini dimulai sejak Presiden Joko Widodo meresmikan peta jalan atau roadmap yang disebut Making Indonesia 4.0.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, menyatakan, lewat peta jalan tersebut, penciptaan lapangan kerja dapat disumbang hingga mencapai 17 juta orang. Ini menjadi kesempatan emas bagi sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk bekerja dibeberbagai sektor industri.

"Menghadapi revolusi ini, peluang terciptanya lapangan kerja baru sampai 2030 itu bisa 17 juta. Dari situ, 4,5 juta dari sektor manufaktur, 12 juta service related turunan manufaktur. Jadi otomotif ada perbengkelan. Komputer ada operator," kata Airlangga saat ditemui di The Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/12/2018). 

Airlangga mengatakan, meski telah memasuki babak baru industri 4.0, tapi beberapa industri pada sebelum-sebelumnya tidak juga dilupakan begitu saja.

"Jadi Indonesia mungkin salah satu negara yang bergerak paralel dari revolusi industri 1,2,3, 4. Kita pilah industrinya. Misalnya industri kecil menengah seperti kerajinan dan tenun itu bukan pakai mesin. Jadi pemerintah punya keberpihakan di sana," kata dia.

Airlangga juga menekankan agar masyarakat bisa memanfaatkan bonus demografi yang diperkirakan hingga mencapai 2030 mendatang. Sebab, selain revolusi industri 4.0, bonus demografi juga akan menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

"Berdasarkan pengalaman negara lain, pada saat mencapai bonus demografi, pertumbuhan ekonomi bisa paling tinggi karena usia produktif lebih banyak dari usia pensiun. Sedangkan mereka yang bonus demografinya lewat di Jepang, Singapura, dan China, pertumbuhannya melambat. Ini kesempatan kita Indonesia buat kita pacu," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Tak Perlu Pedulikan Man City

Posted: 13 Jan 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool mengukuhkan posisi mereka di klasemen Liga Inggris. Kemenangan 1-0 atas Brighton and Hove Albion, Sabtu (12/1) lewat gol Mohamed Salah, memantapkan The Reds di puncak dengan 57 poin.

Mereka kini unggul tujuh poin dari Manchester City yang berada di posisi kedua. Sedangkan Tottenham Hotspur di posisi ketiga dengan 48 poin.

Jurgen Klopp, manajer Liverpool, pun semringah. Namun, dia meminta pasukannya tetap berkonsentrasi penuh."Ya, kami harus benar-benar fokus kepada diri kami sendiri," ujar Klopp, seperti dikutip Mirror. "Apa yang terjadi di sekitar kami, itulah yang penting bagi kami.

"Klopp juga meminta pasukannya tak memedulikan Man City yang baru akan memainkan laga ke-22 mereka, dinihari WIB. Jika menang, The Citizens akan memangkas selisih poin mereka menjadi empat.

"Kami tak terpengaruh dengan apa yang dilakukan tim lain. Jika kami menghadapi mereka, kami bersiap. Jika tidak, kami tak pedulikan mereka," Klop, yang sudah memasuki musim ketiga bersama Liverpool. menegaskan.

 

 

Tinggal Meneruskan

Gelandang Liverpool, Mohamed Salah, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Brighton pada laga Premier League di Stadion Vitality, Brighton, Sabtu (12/1). Brighton kalah 0-1 dari Liverpool. (AFP/Glyn Kirk)

Klopp menyebut, apa yang dilakukan Virgil Van Dijk dan kawan-kawan sepanjang musim ini sudah cukup bagus. Dan, itu tinggal mereka pertahankan.

"Para pemain sudah banyak membuktikan kemampuan mereka musim ini. Dan, hanya itu yang memang harus kami lakukan hingga akhir musim. Itu saja," ujar Klopp lagi.

 

Ditantang Crystal Palace

Liverpool sendiri baru akan kembali turun gelanggang di Liga Inggris, Sabtu (19/1). Mereka akan menjamu Crystal Palace di Stadion Anfield.

Liverpool tentu harus waspada di laga ini. Sebab, Palace berambisi bangkit usai di dua laga sebelumnya selalu kalah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tuntutan Dipenuhi, Jokowi Minta Perangkat Desa Tak Lagi Demonstrasi di Istana

Posted: 13 Jan 2019 08:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi beraudiensi dengan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Dalam sambutan, Jokowi meminta anggota PPDI tidak berunjuk rasa di depan Istana Merdeka Jakarta.

Pada Minggu (13/1), ratusan anggota PPDI Ponorogo berangkat ke Jakarta untuk berunjuk rasa di depan Istana Merdeka. Mereka ingin menagih janji Jokowi meningkatkan penghasilan perangkat desa setara PNS golongan IIA.

"Nggak usah demo depan istana, ini musim hujan," kata Jokowi, Senin (14/1/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini memastikan tuntutan PPDI agar pemerintah meningkatkan penghasilan perangkat desa setara PNS golongan IIA sudah dikabulkan. Keputusan diambil setelah Jokowi berdiskusi dengan Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, dan Menpan RB.

"Sudah kita putuskan bahwa penghasilan tetap perangkat desa segera disetarakan dengan golongan IIA," tegasnya.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah juga mendengar keluhan PPDI soal Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 47 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Jokowi mengatakan, PP tersebut akan segera direvisi.

"Saya sudah perintah paling lama dua pekan setelah ini. Jadi bapak ibu sekalian, ditunggu dua minggu akan segera dikeluarkan revisi PP sehingga bisa dilaksanakan," ucap Jokowi.

 

Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Jokowi kemudian menyampaikan bahwa dalam waktu dekat perangkat desa akan mendapat jaminan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.

"Jadi, setelah kita bertemu di sini bapak ibu tak usah demo depan istana," pungkasnya.

 

Reporter: Titin Supriatin 

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: