Sabtu, 19 Januari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Razia di Tanah Abang Kembali Diwarnai Perlawanan PKL

Posted: 19 Jan 2019 10:13 PM PST

Fokus, Jakarta - Razia pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, kembali diwarnai aksi saling tarik barang dagangan. Sejumlah pedagang yang tidak terima dagangannya disita oleh aparat Satpol PP melakukan perlawanan.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (20/1/2019), aksi saling tarik barang dagangan kembali terjadi antara aparat Satpol PP dengan sejumlah pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Perlawanan PKL tersebut terjadi saat Satpol PP menggelar razia, Minggu 20 Januari pagi tadi.

Sikap tegas menyita barang dagangan dilakukan karena Satpol PP melihat barang dagangan dipajang melebihi batas yang telah ditentukan.

Sikap tegas petugas membuat pedagang emosi. Oleh petugas, barang dagangan PKL yang dista, dibawa ke kantor Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temuan Baru Penyelewengan Carlos Ghosn

Posted: 19 Jan 2019 10:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bukti-bukti baru kembali bermuculan menyangkut kasus Carlos Ghosn. Tim investigasi Nissan dan Mitsubishi merilis hasil kerja mereka.

Dilansir dari Paultan.org, mantan bos aliansi Renault-Mitsubishi-Nissan itu terbukti menerima pembayaran kompensasi kontrak yang tidak sewajarnya dari Nissan-Mitsubishi B.V. (NMBV), mencapai EUR7.822.206,12 atau sekitar Rp126 miliaran (Kurs EUR1 = Rp16.184).

NMBV merupakan perusahaan patungan yang dibentuk oleh Nissan dan Mitsubishi Motors pada Juni 2017. Di perusahaan yang berbasis di Belanda tersebut, Ghosn menempati jabatan direktur.

Dari investigasi tersebut juga terbukti Ghosn tidak berdiskusi terlebih dahulu dengan anggota dewan lainnya, yaitu CEO Nissan Hiroto Saikawa dan CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko dalam pembuatan kontrak dirinya.

Tidak hanya itu, menurut tim investigasi gabungan tersebut, seharusnya Carlos Ghosn terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari anggota dewan lainnya dalam setiap keputusan yang berkaitan dengan kontrak kerja dan kompensasi direktur. Sementara untuk anggota dewan lainnya yaitu Saikawa dan Masuko dilaporkan tidak menerima kompensasi atau pembayaran lain dari NMBV.

 

Selanjutnya

Dalam penyelidikan tersebut, tim investigasi juga memastikan bahwa setelah pengumuman pembentukan aliansi strategis antara Nissan dan Mitubishi Motors pada 2016, Ghosn, mantan wakil direktur Greg Kelly dan lainnya terbukti mulai menjajaki kemungkinan membayar kompensasi kepada Carlos Ghosn secara rahasia melalui perusahaan patungan tersebut.

Nissan mengungkapkan pandangannya terkait pembayaran yang diterima Ghosn dari NMBV adalah sebab akibat dari kesalahan, dan mereka saat ini sedang mencari cara untuk kembali bersaing di pasar mobil dunia.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Investasi Bodong Merajalela, DPR dan OJK Gencar Edukasi Masyarakat

Posted: 19 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun berharap masyarakat makin melek terhadap produk dan layanan keuangan sehingga terhindar dari penipuan berkedok investasi.

Salah satu langkah dengan menggencarkan sosialisasi yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan pihak lain seperti DPR. Caranya antara lain dengan menggelar seminar nasional demi mengedukasi masyarakat. 

"Tugas anggota DPR itu ya membantu lembaga seperti OJK untuk datang di tengah-tengah masyarakat. Saya yakin dengan begini masyarakat bisa lebih memahami apa yang menjadi tugas OJK dan terhindar dari segala macam penipuan," ujar dia, seperti dikutip Minggu (20/1/2019).

Legislator Golkar asal Pasuruan itu menuturkan, OJK merupakan lembaga yang relatif baru. Lembaga yang mulai beroperasi pada 1 Januari 2012 itu dibentuk dengan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK.

Karena itu Misbakhun mengharapkan masyarakat makin mengenal OJK beserta tugas dan perannya. "Pemerintah memiliki lembaga seperti OJK yang bertanggung jawab dalam melakukan pengawasan perbankan, pasar modal, lembaga keuangan dan termasuk perlindungan konsumen," tutur dia.

Wakil rakyat ini mengaku khawatir dengan maraknya penipuan berkedok investasi. Institusi yang menjual produk ataupun layanan keuangan harus mengantongi izin dari OJK.

 

Ilustrasi investasi Bodong (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Dia mencontohkan investasi bodong yang menjanjikan imbal balik menggiurkan. Antara lain investasi pohon emas atau arisan dengan menyetor Rp 10 juta yang menjanjikan imbalan Rp 12 juta pada bulan berikutnya.

"Semua memilik hak mendapat perlindungan termasuk informasi. Karena kalau izinnya investasi, maka perusahaan juga harus mendapat izin OJK," terangnya.

Contoh lainnya adalah biaya umrah Rp 12 juta. Padahal, pemerintah menetapkan biaya umrah minimal Rp 20 juta.Misbakhun meminta masyarakat tak tergiur umrah murah. 

Di mengingatkan masyarakat lebih tanggap dalam menggali informasi sebuah perusahaan atau lembaga yang menawarkan layanan keuangan. Sebab, banyak institusi fiktif bahkan berkedok koperasi yang menawarkan produk investasi.

"Kalau ditawari investasi tanya terlebih dahulu, lembaga itu punya izin OJK atau tidak. Tidak cukup jika hanya memiliki izin koperasi namun izin investasi OJK tidak ada," terangnya lagi.

Kepala OJK Wilayah Malang Widodo mengatakan, saat ini OJK telah mengidentifikasi banyak perusahaan ilegal berbasis investasi dan pinjaman yang beroperasi di tengah masyarakat. Bahkan, OJK sudah membekukan lebih dari 200 perusahaan dan memblokir 404 aplikasi ilegal.

"Mungkin tertarik karena ditawari jasa pinjaman tanpa bunga. Namun, bisa jadi memiliki dampak yang panjang. Awalnya akan ditagih dengan cara baik-baik dan saat bapak ibu menunggak, cara-cara menagihnya kasar dan bisa jadi melanggar HAM," ujar Widodo mengingatkan

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Taman Bahagawan, Tempat Randy Pangalila Menikah yang Sarat Cerita

Posted: 19 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pada hari ini, Sabtu, 19 Januari 2019, Randy Pangalila melepas masa lajangnya dengan mempersunting Chelsey Frank. Randy dan Chelsey melangsungkan pernikahannya di Bali. Randy mantap menikah dengan wanita asal Kanada.

Momen spesial itu hanya dihadiri oleh keluarga dan orang-orang terdekat saja. Meski begitu, hal ini agar tidak mengurangi kekhidmatan momen keduanya mengucap janji suci. Momen pernikahan mereka beredar di media sosial, seperti di akun Instagram @elfiraloy.

Lewat unggahan video pada 19 Januari 2019, kita bisa melihat dan mendengarkan prosesi pemberkatan pernikahan Randy dengan Chelsey yang berlangsung khidmat di area luar ruangan. Randy juga menyanyikan sebuah lagu untuk Chelsey di dengan menggunakan gitar akustik.

Randy Pangalila terlihat memakai setelan jas serba putih, sementara Chelsey Frank terlihat makin cantik dengan gaun putih dan veil.  Mereka mengikat janji suci dengan suasana syahdu dan semilir angin di Taman Bahagawan yang menjadi tempat pernikahan mereka.

Keindahan tempat tersebut banyak menarik perhatian warganet. Tempat pernikahan Randy dan Chelsey diketahui dari akun Instagram @moirephoto yang bertugas mengabadikan momen pernikahan Randy dan Chelsey melalui foto dan video.

Taman Bhagawan berlokasi di Nusa Dua, Bali dan termasuk tempat favorit untuk menggelar pesta atau resepsi pernikahan. Dilansir dari laman resminya,  Tempat ini termasuk venue event terunik di Bali dengan pemandangan langsung ke laut.

Tempat yang ideal bukan hanya untuk acara perusahaan, pernikahan tetapi juga untuk acara spesial lainnya termasuk konser, festival dan pameran. Lokasi pernikahan Randy Pangalila ini memudahkan para event organizer untuk membuat konsep dan melaksanakan event apapun dengan privasi dan eksklusivitas. 

Mencerminkan Indonesia Zaman Dahulu

Randy Pangalila menikah dengan Chelsey Frank di Taman Bhagawan, Bali. (dok.Instagram @tamanbhagawanhttps://www.instagram.com/p/Bk2hnyJgNN0/Henry

Tanah tempat Taman Bhagawan saat ini berada divisualisasikan dengan cemerlang pada 2008 oleh Frans B. Siswanto. Dengan sangat detail, setiap aspek dari properti ini benar-benar dipertimbangkan dan dipikirkan.

Taman Bhagawan dibuka pada Juni 2010. Tempat ini mencerminkan Indonesia zaman dahulu dan tempat perlindungan untuk berbagi pengalaman Indonesia sejati. Legenda setempat mengatakan bahwa Tanjung Benoa awalnya terdiri dari pulau terpisah yang disebut Nusa Dua dan Terora.

Selama waktu itu Bali diperintah oleh seorang jenderal yang kuat dengan nama Kebo Iwa yang dihormati oleh rakyatnya. Kekuatannya yang luar biasa memungkinkan dia untuk melindungi penduduk Bali dan dari pasukan penakluk dari kekaisaran Majapahit.

Selain itu masih banyak cerita menarik dari Taman Bhagawan, tempat pernikahan Randy Pangalila dan Chelsey Frank yang indah dan bernuansa romantis, yang berada di Nusa Dua, Bali.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kongres PSSI Diwarnai Aksi Demo Gabungan Suporter

Posted: 19 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Bali - Kongres Tahunan Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi dibuka. Kongres yang diselenggarakan di Hotel Sofitel Nusa Dua itu membahas program kerja federasi sepak bola tertinggi di Indonesia itu.

Kongres PSSI rupanya mendapat perhatian penuh dari kalangan suporter. Mereka menggelar aksi demonstrasi di depan hotel arena kongres.

Koordinator aksi, Ian menjelaskan, aksi suporter ini merupakan gabungan dari 14 elemen suporter di Indonesia. Aksi yang digelar, menurut Ian, merupakan bentuk dukungan kepada Satgas Mafia Bola yang melakukan bersih-bersih di tubuh PSSI.

"Kita mendukung sepenuhnya agar oknum-oknum mafia ditangkap. Kita ucapkan terima kasih kepada Polri," kata Ian yang merupakan salah satu pentolan suporter Bali United, Brigaz Bali.

Selain itu, mereka juga berharap agar Timnas Indonesia bida berprestasi di kancah internasional. Di antara ratusan suporter itu, nampak pentolan Bonek, Andi Peci. Ia menilai aksi yang diselenggarakan bentuk kepedulian terhadap sepakbola Indonesia.

"Suporter adalah elemen yang paling dikorbankan oleh mstia sepak bola," kata Andi Peci.

 

Pengorbanan Suporter

Demo di Kongres PSSI (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Suporter, kata dia, selama ini selalu dibenturkan oleh sesama suporter lainnya. Bahkan mereka mengorbankan nyawa demi sepak bola Indonesia. "Tapi mereka malah asyik oncang-oncang kaki di dalam sana," kata Andi Peci.

"Ini sejarah pertama kali kita punya lembaga Ad Hoc. Tapi dengan penangkapan 11 orang itu bentuk bersih-bersih sepak bola Indonesia," tambah Andi Peci.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayi RAN Kenang Cari Biaya Tambahan Nikah dengan Jual Koleksi Sepatunya

Posted: 19 Jan 2019 10:00 PM PST

JawaPos, Jakarta - Rayi Putra alias Rayi RAN telah menikahi kekasihnya, Ria Zhafarina Hadju pada 18 Desember 2011. Setelah tujuh tahun berlalu, Rayi masih mengenang dirinya mendapat uang tambahan untuk menikah.

Uniknya, uang tersebut didapati Rayi RAN dari menjual sebagian sepatu sneaker yang dimilikinya.

Diakui Rayi RAN, dirinya sebelum menikah memiliki lebih dari 100 pasang sepatu sneaker. Tapi karena harus pindah maka sepatu tersebut tak bisa dibawa semua.

"Dulu sebelum menikah punya sepatu paling banyak 150. Tapi karena mau menikah, dan memutuskan pindah ke apartemen sebagian besar dijual atau dikasih. Sebagian besar digunakan untuk biaya menikah," kenang Rayi RAN, di acara jumpa wartawan Jakarta Sneaker Day, Kemang, baru-baru ini.

 

Baca berita menarik lainnya di JawaPos.com

 

Bukan Sekedar Hobi

Rayi RAN (capture vidio.com)

Rayi RAN menjelaskan dirinya memiliki sepatu sneaker dengan jumlah banyak bukan sekedar hobi saja, tapi memang bisa dijadikan investasi.

Apalagi, jika bisa merawatnya dengan baik. Nilai harga sepatu sneaker akan tinggi bila memiliki sejarah, berkolaborasi dengan tokoh terkenal, atau langka (edisi khusus).

 

Cara Membersihkan

Rayi RAN (Adrian Putra/Bintang.com)

Salah satu cara merawat koleksi sneakers agar tetap bersih adalah dengan memberikan semprotan anti air atau anti kotor. Dengan menyemprot cairan tersebut selama 10 menit, sepatu bisa terhindar dari kotoran yang menempel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sikka Juga Indonesia, Heroisme Tagana Menyiasati Jembatan Putus

Posted: 19 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Kupang - Dua jembatan di Maumere, Kabupaten Sikka, NTT putus akibat diterpa banjir bandang. Dua jembatan putus itu adalah jembatan Dagamage dan Jembatan Magerepu di Desa Kolisia, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka..

Salah satu warga desa Kolisia, Benediktus Bronfil mengatakan, jembatan itu berstatus jalan propinsi yang menghubungkan tiga kabupaten yakni Sikka, Ende dan Nagekeo. Dia mengaku wilayah itu sudah menjadi langganan banjir sejak 2018 lalu.

Dia berharap pemerintah segera memperbaiki.

"Ini menghubungkan tiga kabupaten," kata Benediktus kepada Liputan6.com, Sabtu (19/1/2019).

Jembatan Sikka selalu rusak tiap musim hujan. Tiap ada pemilihan umum, keluhan itu disampaikan dan dicatat.

"Mereka datang memotret. Selebihnya ya gitu aja," katanya.

Warga merasa dianaktirikan dan hanya dimanfaatkan suaranya tiap pemilu. Bahkan menurut Khasmi, warga Magepanda, Kabupaten Sikka, kondisi jembatan tahun ini lebih parah dibanding sebelumnya. Untuk menyeberang jembatan itu, warga harus mengeluarkan biaya tambahan.

"Sangat sulit kalau mau menyeberang banjir sambil membawa barang dan menggendong anak. Terpaksa harus sewa orang untuk angkat barang," katanya.

Heroisme Tagana

Salah satu personil Tagana Sikka sedang menggendong seorang lansia yang terkepung banir bandang (Liputan6.com/Ola Keda)

Ada kisah dari Tagana Kabupaten Sikka. Beni Pius Daga, salah satu anggota Tagana Kabupaten Sikka menuturkan, sejak banjir bandang melanda wilayah itu, dia bersama rekannya selalu berada di lokasi itu. Mereka menolong siapapun yang hendak menyeberang.

"Warga lansia, sakit, balita dan perempuan, kita gendong menyebrang," kata Beni kepada Liputan6.com, Sabtu (19/1/2019).

Meski mereka menantang badai, kata Beni, ia bersama tim tetap berada di lokasi mengevakuasi warga tiga kabupaten yang hendak melintas. Untuk mengatasi hal itu, Tagana membuka akses alternatif untuk memperlancar akses transportasi.

Namun bagaimanapun, Pemda harus segera memperbaiki jembatan karena jalur alternatif hanya sementara. Ia menambahkan, sejak warga diterjang banjir, Bupati Sikka, Robbi Idong bersama dinas terkait sudah memantau langsung kondisi itu.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (19/1/2019) pagi hingga sore, selain jembatan, badan jalan pun putus disapu banjir. Warg yang hendak ke kota Maumere dan beberapa daerah lainnya di wilayah pantura terpaksa menyeberang melewati sungai Dagemage. Beberapa warga yang sedang sakit, bayi dan beberapa lansia harus digendong saat melintas di lokasi itu.

Tim Tagana dibantu warga terpaksa membuka jalur alternatif yang hanya bisa dilewati pejalan kaki dan kendaraan roda dua. Sementara kendaraan roda empat dan roda enam sama sekali tidak bisa menyeberangi karena tidak ada jalur alternatif.

Sejumlah aparat kepolisian dari Polres Sikka, Polsek Nita, dan Pospol Ndete dikerahkan ke jalur alternatif. Personil Tagana Sikka yang bersiaga di tempat ini ikut membantu warga yang hendak melintas.

Belum bisa dipastikan kondisi ini diatasi. Hingga kini, belum tampak pejabat dari Pemprov NTT atau pun instansi terkait dari propinsi mendatangi lokasi itu.

Simak video pilihan berikut :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Gejala Penyakit TBC dan Cara Pengobatannya, Kenali Sejak Dini Sebelum Terlambat

Posted: 19 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menurut WHO, setiap detik setidaknya ada satu orang yang terinfeksi tuberkulosis (TBC) atau Tubercle bacillus (TB) di dunia. Indonesia sendiri menempati peringkat kedua sebagai negara dengan kasus penyakit TBC terbanyak di dunia setelah India. TBC bahkan menjadi infeksi penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Sayangnya, masih banyak yang tidak menyadari atau bahkan tidak tahu tentang penyakit ini, termasuk gejalanya.

Jika kamu sering batuk tapi tak kunjung sembuh, kamu perlu waspada. Mungkin saja itu adalah salah satu gejala penyakit TBC. Penyakit menular ini merupakan infeksi serius yang menyerang paru-paru seseorang. Bakteri yang menyebabkan TB bisa menyebar dari satu orang ke orang lain melalui tetesan kecil yang dilepaskan ke udara melalui batuk dan bersin. Jika TB tak diobati hingga tuntas bisa berakibat fatal.

TB disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis, kuman yang ditularkan melalui udara dan dari satu orang ke orang lain. Kadang-kadang, bakteri menyebar ke organ lain dan bisa menyebabkan meningitis. Sebagian muncul karena HIV, virus yang menyebabkan AIDS. HIV melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh seseorang tak bisa melawan kuman TB. Seseorang yang menderita TBC biasanya memiliki gejala batuk dan bersin. Oleh karena itu penyakit ini mampu menular melalui butiran ludah yang menyembur ke udara. Berikut gejala penyakit TBC yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/1/2019).

Gejala Penyakit TBC

Ilustrasi TB - TBC (iStockphoto)

Kebanyakan, orang tak menyadari mengalami gejala penyakit TBC dan bingung membedakannya dengan penyakit lain karena tak mudah untuk mengenalinya. Padahal, gejala penyakit TBC dimulai secara bertahap dan berkembang dalam jangka waktu beberapa minggu hingga berbulan-bulan.

Orang sering mengalami satu atau dua gejala ringan dan tak mengenalinya sedini mungkin. Mengidentifikasi gejala penyakit TBC bisa membantu seseorang mencegah komplikasi seperti infeksi PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik) pada organ tubuh lain. Berikut gejala penyakit TBC secara umum:

1. Batuk terus-menerus

Gejala yang umum dari TBC adalah batuk terus-menerus dan menyakitkan selama lebih dari 2 minggu. Jika kamu mengalaminya, lebih baik segera periksakan ke dokter.

2. Batuk darah

Selain batuk yang tidak kunjung sembuh, penderita TBC biasanya juga mengalami batuk darah. Oleh karena itu waspadalah ketika ada noda darah ketika kamu batuk.

3. Penurunan berat badan

Penderita TBC juga biasanya mengalami penurunan berat badan. Hal ini menunjukkan sebab adanya bakteri TB yang berkembang di dalam tubuh kamu.

4. Demam

Setiap infeksi TBC biasanya disertai dengan demam. Apabila kamu merasa demam secara tiba-tiba, sebaiknya juga waspadalah.

5. Lemah

Penyakit TBC bisa membuat tubuhmu cepat merasa lemah.

6. Rasa sakit di paru-paru

TBC merupakan penyakit yang menginfeksi paru-paru. Jika kamu merasakan nyeri tajam di paru-paru dan merasa kesakitan ketika menghembuskan udara maka kamu memiliki infeksi paru-paru yang parah.

7. Infeksi yang tidak kunjung sembuh

Selain membuat infeksi paru-paru, TBC juga dapat menginfeksi setiap bagian tubuh seperti perut, hati, bahkan otak. Jika kamu memiliki infeksi di daerah tersebut lebih dari 3 minggu, sebaiknya periksakanlah ke dokter.

8. Menggigil di malam hari

Jika kamu menggigil di malam hari padahal udara sedang tidak dingin, hal ini bisa jadi tanda TBC. Sebab infeksi dari bakteri TBC ini akan menyebabkan menggigil di malam hari.

9. Kelelahan

Gejala yang lain adalah kamu akan mudah sekali lelah karena daya tahan tubuh mulai melemah.

10. Urine kemerahan

Amati urine yang berubah warna (kemerahan) atau urine keruh. Ini merupakan gejala yang muncul pada tahap selanjutnya.

Macam-macam TBC dan Pengobatannya

Ilustrasi TB - TBC (iStockphoto)

Berikut macam-macam TBC antara lain:

1. TB Laten

Pada kondisi ini, kamu memiliki infeksi TB, tapi bakteri dalam tubuh dalam keadaan tidak aktif serta tak menimbulkan gejala. TB laten juga disebut TB tidak aktif atau TB infeksi yang tak menular. Namun, bisa berubah menjadi aktif sehingga pengobatan penting bagi TB laten untuk membantu mengendalikan penyebaran.

2. TB aktif

Kondisi membuat kamu sakit dan bisa menularkan ke orang lain. Ini bisa terjadi beberapa minggu pertama setelah terinfeksi bakteri TB atau beberapa tahun kemudian.

 

Pengobatan Penyakit TBC

Obat-obatan merupakan dasar pengobatan tuberkulosis. Tapi mengobati TB memakan waktu lebih lama dibanding mengobati infeksi bakteri jenis lain. Kamu harus minum antibiotik setidaknya selama enam sampai sembilan bulan. Jika kamu mengalami TB laten, kamu mungkin perlu minum satu jenis obat TB. Untuk TB aktif, terutama jika itu adalah virus yang tahan obat, memerlukan beberapa obat sekaligus. Obat-obatan yang paling umum digunakan untuk mengobati tuberkulosis meliputi:

• Isoniazid

• Rifampisin (Rifadin, Rimactane)

• Etambutol (Myambutol)

• Pirazinamid

Menyelesaikan proses pengobatan sangat penting. Kamu mungkin tergoda untuk berhenti minum obat TBC. Tetapi sangat penting jika kamu menyelesaikan terapi obat dan minum obat persis seperti yang ditentukan oleh dokter. Menghentikan pengobatan terlalu cepat atau melewatkan dosis bisa memungkinkan bakteri yang masih hidup menjadi resisten terhadap obat-obatan, yang mengarah ke TB yang jauh lebih berbahaya dan sulit untuk mengobati.

 

 

Reporter: Afifah Cinthia Pasha

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Soulvibe 'Adu Gombal' di KLY Lounge

Posted: 19 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lama gak terdengar, Soulvibe mampir ke KLY Lounge buat Adu Gombal dengan penggemar. Seperti apa? Saksikan KLY Lounge ini ya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demam Smartphone Gaming, Acer Anggap Beda Segmen dengan Predator

Posted: 19 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Acer menyebut perangkat gaming-nya, yakni Predator, menjadi yang nomor dua di Indonesia.

Bahkan, Acer berencana untuk memasukkan lebih banyak produk gaming untuk membantu gamer premium memiliki pengalaman menyenangkan saat bermain gim.

Kendati demikian, saat ini mulai banyak vendor perangkat yang merilis smartphone gaming.

Salah satu smartphone gaming sudah dijual di Indonesia, sudah dibekali dengan perlengkapan pendukungnya. Bagaimana tanggapan Acer?

President Director Acer Indonesia Herbet Ang membenarkan, memang sudah banyak vendor yang membuat smartphone gaming. Namun demikian menurutnya, masih cukup banyak gamer yang menggunakan desktop untuk bermain gim.

"Ada, benar tetapi ada yang memakai desktop. Saya katakan, dua ini memiliki segmen pasar sendiri. Sehingga, seri gaming Acer masih eksis dengan baik," kata Herbet, di Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Herbet pun mengibaratkan perangkat gaming dengan mobil yang berbagai macam jenisnya.

"Sama kayak mobil, ada city car, ada yang mobil cc-nya tinggi. Itu ada kebutuhan masing-masing, tetapi tetap ada penggunanya," tambah dia.

Lebih lanjut, Herbet menjelaskan, hal yang sama berlaku juga untuk mobile gaming dan desktop atau notebook gaming. Keduanya memiliki pertumbuhan yang sama-sama baik.

Fokus Acer ke Gamer Premium

Acer Predator Helios 500. (Foto: Trusted Reviews)

"Acer fokus di desktop dan notebook gaming untuk pasar premium, untuk pengguna yang hardcore. Nah, desktop dan notebook gaming ini punya pangsa pasar masing-masing, tergantung penggunanya," ujarnya.

Untuk pengguna desktop dan notebook gaming Acer, Acer memang menghadirkan solusi bagi orang yang butuh pengalaman gaming terbaik.

Jadi, kata Herbet, Acer tidak hanya menyediakan notebook, desktop, monitor, headphone, mouse, tetapi Acer juga memikirkan sebuah tempat yang nyaman untuk gamers saat bermain.

"Acer juga memikirkan adanya sebuah tempat untuk main, yakni Thronos Gaming Chair yang membuat gamer bisa merasakan dunianya sendiri saat bermain gim, dan itu hanya Acer yang menyediakan," kata Herbet.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Petugas Telkom Tertangkap Tangan Curi 200 Meter Kabel Telepon

Posted: 19 Jan 2019 09:53 PM PST

Patroli, Jombang - Dua oknum petugas BUMN bidang telekomunikasi asal Diwek, Kabupaten Jombang, diamankan petugas.

Keduanya tertangkap basah mencuri kabel telepon sepanjang 200 meter di permukiman warga Desa Kedawung, Kecamatan Diwek.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (20/1/2019), penangkapan bermula dari laporan warga karena melihat dua orang berseragam BUMN berpura-pura membenahi jaringan, dengan menggergaji kabel telepon.

Kedua pelaku kini ditahan dan terancam hukuman maksimal 5 tahun penjara. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perludem Harap KPU Batasi Pendukung Paslon ke Arena Debat Pilpres

Posted: 19 Jan 2019 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Debat pertama pasangan capres-cawapres telah berlangsung pada 17 Januari. Namun banyak pihak menyayangkan format debat pilpres tersebut karena membuat kedua pasangan calon tak memberikan jawaban konkret dalam setiap permasalahan yang dibahas dalam debat.

Perludem menyayangkan KPU memberi paket pertanyaan kepada paslon sebelum debat diselenggarakan. "Ternyata jawaban paslon pun tetap tidak mendalam," kata peneliti Perludem, Fadli Ramadhanil, dalam acara diskusi di D'Hotel, Jakarta Selatan, Minggu (20/1/2019).

Fadli menilai jawaban paslon sangat normatif. Akibatnya tak menghasilkan perbedaan argumen soal visi, misi, dan program terkait tema debat capres dan cawapres.

Agar debat selanjutnya berjalan sesuai harapan, Perludem juga berharap kepada KPU agar membatasi jumlah pendukung paslon yang masuk ke arena debat. Karena, banyaknya pendukung yang masuk ke arena debat pilpres dapat menimbulkan kebisingan.

"KPU diharapkan membatasi secara signifikan pengunjung debat dari unsur pendukung mestinya dibatasi. Pendukung yang banyak cenderung bising dan bisa ciptakan kondisi tak nyaman dan mengganggu konsentrasi serta fokus paslon dalam berdebat," kata Fadli.

 

Bertentangan dengan UU

Perludem juga mendesak KPU menjelaskan bentuk penyelenggaraan debat sesuai dengan peraturan UU. Berdasarkan Pasal 277 UU Nomor 7 Tahun 2017, dalam beberapa ayat menjelaskan tentang debat paslon. Ayat 1 menyatakan debat dilaksanakan lima kali, yang dijelaskan pada bagian penjelasan UU dengan rincian; tiga kali debat capres, dua kali debat cawapres.

Ayat 3 dan 4 menekankan moderator debat dipilih KPU dari kalangan profesional dan akademisi yang berintegritas tinggi, jujur, simpatik, dan tidak memihak paslon tertentu serta dilarang memberikan komentar, penilaian, dan kesimpulan apapun terhadap penyampaian materi tiap paslon.

"Namun KPU dalam publikasi resminya menyebut lima kali debat meliputi dua kali debat paslon, dua kali debat capres, dan satu kali debat cawapres. Skema ini bertentangan dengan UU Nomor 7 Tahun 2017," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin Siap Debat Pilpres Tanpa Kisi-Kisi

Posted: 19 Jan 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden Ma'ruf Amin menyatakan, dirinya tak masalah jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak memberikan kisi-kisi saat debat Pilpres 2019 berikutnya nanti.

"Kita siap saja apa yang jadi keputusan KPU. Kita akan menerima ikuti bentuknya seperti apa," ucap Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Riyadlul Huda Ngamprah, Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (20/1/2019).

Sehingga, lanjut dia, itu bukan masalah untuk dirinya dan juga Jokowi.

"Ya kalau sudah menjadi keputusan, harus siap," ungkap Ma'ruf.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily menegaskan, dari awal bukan pihaknya yang meminta adanya kisi-kisi tersebut.

"Pada prinsipnya kami sangat siap dengan format apapun. Kita tahu juga bahwa dalam format debat yang pertama, siapa yang mengusulkan soal kisi-kisi. Yang jelas bukan kami," ungkap Ace.

Siap Format Apa pun

Menurut dia, pasangan nomor urut 01, sangat siap dengan format apapun. Pihaknya akan selalu ingin mengeksplorasi lebih jauh tentang kedalaman visi misi dan program-program.

"Kita bisa lihat kemarin debat yang pertama, justru paslon 01 yang paling orisinil, paling siap, dan paling konkret di dalam perdebatan debat Pertama itu. Jadi tidak benar kalau di sosmed dikatakan kita yang mencontek," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin Akui Pernah Usulkan Pembebasan Baasyir Lewat Grasi

Posted: 19 Jan 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin membenarkan pernah mengusulkan agar pemerintah membebaskan Abu Bakar Baasyir yang dipenjara karena kasus terorisme.

"Betul, memang saya pernah mengusulkan. Cuma pada waktu itu, secara teknis masih akan ditempuh grasi. Tapi keluarganya tidak mau meminta grasi, sehingga sulit untuk dibebaskan. Tapi kemudian sekarang sudah ditemukan lagi alasannya, yaitu demi kemanusiaan," ucap Ma'ruf usai melakukan silaturahmi dengan ulama se-Bandung Raya, di Pondok Pesantren Riyadlul Huda Ngamprah, Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (20/1/2019).

Dia bersyukur dengan langkah Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang membebaskan Baasyir. Apalagi, narapidana kasus teroris itu sudah lanjut usia.

"Ya saya bersyukur sekali itu. Karena memang saya bilang beliau sudah tua, sudah uzur kan seharusnya memang bisa dibebaskan," ungkap Ma'ruf.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut pembebasan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir dilakukan demi alasan dan atas dasar pertimbangan kemanusiaan.

"Yang pertama memang alasan kemanusiaan. Artinya Beliau kan sudah sepuh, ya pertimbangannya kemanusiaan," kata Jokowi usai meninjau Rusun Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah di Desa Nglampangsari, Cilawu, Garut, Jumat 18 Januari 2019.

Presiden yang menugaskan kuasa hukumnya Yusril Ihza Mahendra untuk mengupayakan pembebasan Baasyir juga membenarkan bahwa kondisi kesehatan Baasyir yang menurun menjadi pertimbangan utama. Meski begitu, ia menegaskan ada banyak pertimbangan lain yang diperhatikan.

"Iya, termasuk kondisi kesehatan, masuk dalam pertimbangan itu. Ini pertimbangan yang panjang. Pertimbangan dari sisi keamanan dengan Kapolri, dengan pakar, terakhir dengan Pak Yusril. Tapi prosesnya nanti dengan Kapolri," ujar Jokowi seperti dikutip Antara.

Kepala Negara mengatakan, keputusan untuk membebaskan Baasyir tidak muncul tiba-tiba atau melalui pertimbangan yang singkat.

"Sudah pertimbangan lama. Sudah sejak awal tahun yang lalu. Pertimbangan lama Kapolri, kita, Menko Polhukam, dan dengan pakar-pakar. Terakhir dengan Pak Prof Yusril Ihza Mahendra," jelas Jokowi.

Bebas Pekan Depan?

Anggota Tim Pengacara Muslim, Mahendra Datta mengatakan, Abu Bakar Baasyir akan bebas pada pekan depan. Perkiraan waktu itu disampaikan oleh Yusril Ihza Mahendra, sebagai utusan Presiden Jokowi, kepada TPM.

"Insyaallah menurut janji Yusril atau Presiden, dalam waktu minggu depan. Caranya belum disampaikan, berbagai cara wewenang pemerintah," kata Mahendra dalam jumpa pers di kantornya, Fatmawati, Jakarta Selatan, Sabtu (19/1/2019).

Menurut dia, Abu Bakar Baasyir bisa kembali menghirup udara bebas berkat perjuangan panjang. Sejak tiga tahun lalu, Mahendra dan tim kerap bersurat kepada Menhan Ryamizard.

"Kami tiga tahun lalu sudah berkirim surat, ditanggapi Menhan Ryamizard bahwa dia mendukung pembebasan Baasyir," ujar Mahendra.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Ini Kreasikan Rambutnya Jadi Bentuk Unik, Ini 7 Potretnya

Posted: 19 Jan 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Semua wanita tentu mendambakan rambut panjang, tebal dan indah. Untuk mewujudkannya banyak wanita yang melakukan perawatan khusus di salon dan mengeluarkan uang yang tak sedikit. Tapi tak sedikit pula yang memang terlahir dengan rambut indah tersebut.

Wanita bernama Laetitia Ky contohnya. Meski tak lurus, Laetitia memiliki rambut gimbal yang sangat tebal, panjang dan indah. Wanita asal Pantai Gading, Afrika, ini bahkan kerap tampil percaya diri dengan rambutnya tersebut.

Berkat rambutnya ini dirinya bahkan berhasil memiliki banyak pengikut di Instagram. Hal ini lantaran dirinya kerap membuat kreasi-kreasi unik dari rambut tebalnya itu. Kalian dijamin akan takjub melihat kreativitas Laetitia berkreasi dengan rambutnya.

Dikutip dari akun instagramnya @laetitiaky berikut bentuk-bentuk unik rambut Laetitia yang bisa bikin kita terperangah melihatnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Wow, ini kreasi snowman dari rambut asli loh

kreasi dari rambut asli (foto: instagram/@laetitiaky)

Telinga raksasa

kreasi dari rambut asli (foto: instagram/@laetitiaky)

Kalau hujan tak usah beli payung lagi ya

kreasi dari rambut asli (foto: instagram/@laetitiaky)

Mirip burung sungguhan ya

kreasi dari rambut asli (foto: instagram/@laetitiaky)

Hairdryer terbuat dari rambut

kreasi dari rambut asli (foto: instagram/@laetitiaky)

Wajah pria

kreasi dari rambut asli (foto: instagram/@laetitiaky)

Kalau ini bagaimana cara membuatnya ya?

kreasi dari rambut asli (foto: instagram/@laetitiaky)

Reporter: Nisa Akmala

Sumber: Brilio.net 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluarga Cemara Raih Banyak Penghargaan Piala Maya

Posted: 19 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penghargaan Piala Maya 2018, menorehkan banyak kemenangan pada film Keluarga Cemara yang disusul oleh Wiro Sableng. Kabar ini diketahui dari pengumuman penghargaan yang dibacakan di Jakarta, Sabtu (19/1/2019).

Keluarga Cemara, yang dibintangi Nirina Zubir dan Ringgo Agus Rahman dengan sutradara Yandy Laurens, memborong enam piala dari 11 nominasi yang didapat.

Wiro Sableng pun tak kalah dengan Keluarga Cemara. Film yang menampilkan Vino Bastian, Yayan Ruhian serta Sherina Munaf itu, mendapat lima piala dari 14 nominasi yang dijagokan.

Piala Maya merupakan ajang apresiasi dari dunia maya untuk film Indonesia.

Tumbuh Kembang

Pada tahun ketujuh penyelenggaraan, Piala Maya mengusung tema "7umbuh Kembang" dengan harapan dapat terus bertumbuh sebagai wadah apresiasi film Indonesia.

Berikut daftar pemenang Piala Maya 2019:

1. Film Cerita Panjang/ Film Bioskop Terpilih"Keluarga Cemara"

2. Film Cerita Pendek Terpilih"Tilik" - Agung Prasetyo

3. Penyutradaraan TerpilihTimo Tjahjanto - "Sebelum Iblis Menjemput"

4. Penyutradaraan Film Panjang Karya Perdana Terpilih Yandy Laurens - "Keluarga Cemara"

5. Aktor Utama TerpilihGading Marten - "Love for Sale"

6. Aktris Utama TerpilihLuna Maya - "Suzzana: Bernapas Dalam Kubur"

7. Aktor Pendukung Terpilih Marthino Lio - "Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta"

8. Aktris Pendukung TerpilihKarina Suwandi - "Sebelum Iblis Menjemput"

9. Aktor Pendatang Baru TerpilihDewa Dayana - "Asal Kau Bahagia"

10. Aktris Pendatang Baru TerpilihVanessa Prescilla - "Dilan 1990"

11. Aktor/ Aktris Cilik/ RemajaAdhisty Zara - "Keluarga Cemara"

12.  Penampilan Singkat Nan BerkesanAminah Cendrakasih - "Si Doel The Movie" 

13. Skenario Asli TerpilihAndibachtiar Yusuf, M. Irfan Ramly - "Love for Sale"

14. Skenario Adaptasi TerpilihGina S. Noer, Yandy Laurens - "Keluarga Cemara"

15. Tata Kamera TerpilihIpung Rachmat - "Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212"

16. Tata Artistik TerpilihAdrianto Sinaga - "Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212"

17. Tata Musik TerpilihIfa Fachir - "Keluarga Cemara"

18. Tata Penyuntingan Gambar Aline Jusria - "Teman Tapi Menikah"

19. Tata Suara TerpilihAria Prayogi, M. Ichsan Rachmaditta - "Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212"

20. Efek Khusus Terpilih Keliek Wicaksono - "Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212"

21. Tata Kostum TerpilihAdrianto Sinaga, Nadia Adharina - "Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212"

22. Tata Rias Wajah dan RambutPeter Gorshenin, Tatiana Melkomova - "Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur" 

23. Desain Poster TerpilihAlvin Haris - "Love For Sale"

24. Lagu Tema Terpilih"Harta Berharga" - Bunga Citra Lestari ("Keluarga Cemara")

(Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Ball Cedera, Lakers Kalah Tragis dari Rockets

Posted: 19 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Los Angeles Lakers mengalami kekalahan tragis pada lanjutan NBA, Minggu (20/1/2019) pagi WIB. Sempat unggul telak 21 poin, Lakers takluk dari Houston Rockets 134-138 lewat overtime.

Bintang Rockets James Harden membuat 58 poin. Harden membuat setidaknya 30 poin dalam 19 laga NBA beruntun. Dalam 13 pertandingan terakhir, Harden 10 kali membuat poin di atas 40. 

Pada laga NBA di Toyota Center itu, Lakers juga mendapat kabar buruk dengan cedera parah yang dialami point guard Lonzo Ball. Tak lama setelah turun minum, Ball harus meninggalkan lapangan akibat cedera pergelangan kaki.

Lakers mengawali laga NBA ini dengan sangat baik. Pada kuarter pertama mereka unggul 39-26. Margin keunggulan Lakers terus membesar hingga mencapai 21 poin. Saat jeda babak pertama pun Lakers masih unggul 18 poin.

Petaka terjadi di kuarter tiga. Rockets bangkit dan berhasil melesakkan 36 poin. Defense ketat Rockets meredam Lakers hanya membuat 22 poin di kuarter tiga.

Rockets mati-matian mengejar di kuarter empat. Kemenangan Lakers yang sudah di depan mata sirna. Tembakan tiga angka Eric Gordon ketika laga tersisa dua detik membuat skor imbang. Babak overtime pun digelar.

 

Eric Gordon

Pada babak tambahan, Rockets makin percaya diri. Gordon kembali memainkan peran penting. Dia dengan dingin menyelesaikan empat free throw di akhir overtime.

Gordon pada laga ini finis dengan sumbangsih 30 poin. Di kubu Lakers, yang masih tanpa LeBron James, Kyle Kuzma kembali menjadi mesin angka dengan 32 poin dan delapan rebound. 24 diantaranya dibuat Kuzma di babak pertama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasad Wanita Dalam Tong di Surabaya Dikenal Baik

Posted: 19 Jan 2019 09:24 PM PST

Patroli, Surabaya - Suasana haru menyelimuti persemayaman jasad Ester Lilik Wahyuni, korban pembunuhan sadis yang jasadnya dimasukkan ke dalam tong. Sejumlah kerabat di Rumah Persemayaman Adi Yasa, Jalan Demak, Surabaya mendoakan korban.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (20/1/2019), di mata keluarga, korban merupakan ibu yang baik dan perhatian.

Sebelumnya, jenazah dengan tangan dan kaki terikat ditemukan dalam tong plastik hijau terbungkus sprei di semak-semak pinggir Jalan Raya Romokalisari.

Dua pelaku yang ditangkap mengaku sakit hati karena dituduh mencuri telepon genggam dan tak diberi uang makan di luar gaji bulanan sebesar Rp 50 ribu. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gitaris 5 Second of Summer Lamar Kekasih di Bali

Posted: 19 Jan 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bali menjadi pilihan beberapa selebritas untuk menggelar pernikahan, lantaran pemandangan lautnya yang bagus. Rupanya bukan hanya selebritas Indonesia saja yang tertarik, tapi juga luar negeri, seperti gitaris 5 Second of Summer ini.

Michael Clifford, personel 5 Second of Summer, mengunjungi Bali bersama sang kekasih Crystal. Kedatangannya di sana bukan sekedar untuk berlibur.

Ternyata, personel 5 Second of Summer ini melamar sang kekasih. Clifford memilih waktu sore kala matahari terbenam saat mengungkapkan perasaannya.

Personel 5 Second of Summer ini membagi kebahagiaannya melalui akun Instagramnya. Tampak dalam foto yang diunggah Clifford melamar dan memeluk kekasih yang sudah dipacari sejak 2015 silam.

 

Beruntung

Michael Clifford, 5 Second of Summer (Foto: Instagram)

"I was lucky to ask the love of my life to marry me in the place it all began for us (Saya beruntung meminta kekasih untuk menikahi saya di tempat semuanya dimulai)," tulis Michael Clifford.

Diakui pria kelahiran 20 November 1995, Crystal telah membantunya berkembang dan membentuk dirinya dengan cara yang tak pernah dibayangkan.

Di akhir kalimat, Clifford mengungkapkan kebahagiaannya bisa mendapatkan Crystal. "I couldn't ask for anyone for anyone better to spend the rest of my life with. I love loving you, Crystal," tambahnya.

 

Tempat Bersejarah

Michael Clifford, 5 Second of Summer (Foto: Instagram)

Bukan tanpa alasan, personel 5 Second of Summer memilih Bali sebagai tempat melamar kekasihnya. Dilansir US Weekly, rupanya tempat itu menjadi kenangan indah kala Clifford mencium Crystal pertama kali.

Kala itu, lagu milik The 1975 yang berjudul "Medicine" menjadi latar momen bersejarah keduanya. (Lanny Kusumastuti/Fimela.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Edy Rahmayadi Mundur dari Jabatan Ketum PSSI

Posted: 19 Jan 2019 09:18 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara untuk Dapatkan Kredit Mobil Murah

Posted: 19 Jan 2019 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bagi masyarakat Indonesia, kendaraan motor memang lebih terkenal dibanding mobil. Tapi bukan berarti mobil ini tidak banyak peminatnya. Baik itu masyarakat perkotaan hingga daerah, keberadaan mobil pribadi memang sangat membantu karena mobil bisa mengangkut penumpang yang lebih banyak dibanding motor.

Jika ingin bepergian bersama keluarga, mobil sudah pasti dijadikan opsi utama. Tak hanya itu saja, mobil juga bisa melindungi dari panas dan hujan. Ditambah lagi, mobil juga minim resiko kecelakaan. Dengan berbagai alasan tersebut, pastinya keberadaan mobil jadi sangat digemari.

Sayangnya, dengan berbagai macam keuntungan yang didapat dari memiliki mobil, biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli kendaraan ini juga terbilang cukup mahal. Beberapa merek dan tipe mobil terbaru bahkan harganya ada yang menyamai harga hunian rumah.

Jika sudah seperti ini, apakah kita tidak bisa memiliki kendaraan roda empat tersebut? Tentu saja bisa jika menggunakan kredit kendaraan bermotor.

Dengan mencicil kredit mobil murah, maka kita bisa membeli mobil meski mendapatkannya harus dengan cara mencicil terlebih dahulu.

Agar bisa mendapatkan cicilan kredit mobil murah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut uraiannya, seperti dikutip dari TunaiKita:

 

1. Pilih mobil sesuai kebutuhan dan kemampuan

Ilustrasi Gaji

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Lirik terlebih dahulu dana tabungan yang dimiliki dan juga penghasilan bulanan yang didapat.

Dana tabungan harus dilirik karena ketika mengajukan kredit mobil murah akan ada uang muka alias down payment (DP) yang harus dibayar. Kisarannya bisa antara 20-30 persen. Jadi kalau harga jual mobil yang diinginkan Rp 200 juta, maka dana yang harus dipersiapkan untuk uang muka adalah Rp 40 juta hingga Rp 60 juta.

Sementara untuk penghasilan bulanan yang didapat ini harus diperhatikan agar nantinya gaji bulanan bisa mencukupi cicilan bulanan kredit mobil murah.

Untuk jumlah nominal cicilan yang harus dibayarkan tergantung pada harga mobil yang kamu ambil, masa tenor yang dipilih, dan juga bunga yang dikenakan oleh penyedia pinjaman kredit mobil murah.

2. Tak perlu ambil mobil keluaran terbaru

Ketika akan membeli mobil, sales pasti akan menawarkan mobil keluaran terbaru. Jangan mudah tergiur, ya! Jika ingin mendapatkan kredit mobil murah, maka hindari memilih mobil keluaran terbaru.

Ambil mobil keluaran 1-5 tahun ke belakang karena harganya pasti lebih murah dibanding mobil keluaran terbaru. Dengan begitu, bisa mengirit bujet.

Mobil keluaran terbaru memang sangat menggoda, tapi ingat lagi kalau membeli mobil bukan karena ingin pamer, tapi karena ingin merasakan manfaatnya.

3. Mobil second yang masih bagus juga bisa dilirik

Aktivitas tempat penjualan mobil bekas di kawasan WTC Mangga Dua, Jakarta, Jumat (10/6). Sedangkan harga mobil bekas mengalami penurunan di bulan Ramadan tahun ini. (Liputan6.com/Angga yuniar)

Ingin mendapatkan kredit mobil murah yang lebih murah lagi? Ambil saja mobil second alias mobil bekas yang masih terlihat bagus.

Harga mobil bekas bisa lebih murah hingga 50 persen dari harga jual mobil baru. Tapi disarankan untuk tidak membeli mobil bekas yang keluarannya melebihi 10 tahun karena ketika nanti ada resiko kerusakan.

Ketika akan membeli mobil bekas, periksa terlebih dahulu kemulusan badan mobil, mesin, hingga riwayat bengkel. Cek juga tanggal kadaluarsa BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor).

4. Ajukan kredit mobil murah saat sudah ada barangnya

Cara lain untuk mendapatkan kredit mobil murah adalah dengan mengajukannya ketika mobil sudah ditentukan. Hal ini untuk menghindari pihak penyedia yang akan menawarkan jasa untuk mencarikan mobil. Sudah pasti ada biaya yang nantinya akan dikenakan.

Ketika mobil sudah dipilih di dealer, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan tinggal datang ke penyedia kredit mobil murah dan mengajukan pinjaman. Dengan begitu, pihak penyedia kredit mobil tidak akan menawarkan jasa untuk mencarikan mobil baru.

5. Sediakan uang muka yang cukup besar

Ilustrasi uang. (via: istimewa)

Cicilan kredit mobil murah bisa didapat jika menyediakan uang muka yang cukup besar. Dengan begitu, plafon pinjaman yang diajukan akan lebih rendah.

Jika uang muka yang dimiliki belum cukup, maka disarankan untuk menabung terlebih dahulu. Ingat, jangan ambil pinjaman kredit tanpa jaminan untuk uang muka kredit mobil murah karena utang piutang yang dimiliki akan bertambah dan bisa berakibat risiko utang yang menumpuk dan tidak terbayar.

Tapi kalau menunggu tabungan cukup pasti akan lama waktunya, lantas harus bagaimana? Ada banyak cara supaya kamu bisa mengumpulkan uang muka yang cukup seperti melakukan investasi jangka pendek hingga melakukan pekerjaan atau bisnis sampingan. Dengan begitu, dana yang tadinya ada pada tabungan bisa berkembang dan memberikan hasil.

6. Ambil masa tenor yang tepat

Kredit mobil murah biasanya memberikan jangka waktu cicilan atau masa tenor yang beragam, mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun, tergantung dari ketentuan masing-masing penyedia pinjaman.

Jika ingin cicilan kredit mobil murah per bulannya jadi ringan, maka bisa mengambil masa tenor maksimum. Tapi dampaknya total keseluruhan kredit mobil murah jadi lebih banyak karena bunganya pasti juga bertambah sesuai dengan banyak bulan yang diambil.

Sedangkan jika ingin total keseluruhan kredit mobil murah jadi lebih sedikit, maka ambillah masa tenor singkat antara 1-3 tahun. Tentu saja nominal cicilan per bulannya jadi lebih banyak. Oleh karena itu, harus melakukan perhitungan simulasi kredit dulu supaya bisa melihat perbedaan angka yang dihasilkan.

Untuk melakukan perhitungan ini, bisa menggunakan kalkulator kredit kendaraan bermotor yang bisa dicari di Google. Jika malas melakukan perhitungan sendiri, bisa meminta pihak penyedia pinjaman kredit mobil murah melakukan perhitungan.

7. Cari penyedia kredit mobil yang tawarkan bunga rendah

Ilustrasi Bunga (iStockphoto)

Cara yang terakhir sudah pasti mencari penyedia kredit mobil yang menawarkan bunga cicilan rendah. Rata-rata bunga yang diberikan kredit mobil murah adalah 5-8 persen per tahun.

Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan penyedia kredit mobil dengan bunga rendah, harus membandingkan lebih dari satu penyedia pinjaman. Dengan begitu, bisa membandingkan mana yang bisa memberikan penawaran paling menguntungkan.

Semoga membantu!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tukar Tambah Jadi Cara Dapatkan Toyota Avanza Terbaru

Posted: 19 Jan 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Toyota Avanza baru saja menampilkan desain barunya. Tujuannya tak lain untuk kembali mendongkrak penjualan mobil terlaris selama 15 tahun terakhir itu.

Beragam cara dilakukan. Salah satunya menawarkan program tukar tambah. Namun cara ini hanya berlaku untuk pemilik Toyota Avanza kelahiran 2014 dan 2015. Anda bisa tukar tambah dengan unit baru. Prosesnya dijanjikan mudah dan cepat.

Toyota Avanza lama milik calon konsumen akan diperhitungkan nilai jual kembalinya. Jika sepakat, konsumen dapat membayar kekurangan pembelian New Avanza atau New Veloz dari hasil penjualan mobil lamanya, via SERA. Program ini berlangsung mulai dari Januari hingga Maret 2019. Berlaku di seluruh Indonesia.

Program trade in New Toyota Avanza dan New Veloz, terselenggara lewat dukungan jaringan diler mobil baru Toyota. Saat ini mencapai 311 outlet di seluruh Indonesia. Makanya, untuk area yang belum terjangkau oleh SERA, calon konsumen dapat mengunjungi diler Toyota. Anda bisa meminta layanan tukar tambah yang dimiliki oleh SERA.

Sebelumnya, ada syarat ketentuan yang mesti dipenuhi calon konsumen. Selain buatan 2014 dan 2015, mobil yang hendak diajukan harus milik pribadi. Bukan atas nama perusahaan atau instansi pemerintah. Warna mobil bekas Toyota Avanza yang bisa mengikuti program ini hanya putih, hitam dan silver.

 

Selanjutnya

Dokumen pembelian dan pemilikan juga harus lengkap dan asli. Misalnya STNK, BPKB, faktur, buku manual dan buku servis berkala. Termasuk pula kunci, dongkrak ban serep, serta perlengkapan darurat. Mobil konsumen juga belum pernah terlibat kecelakaan atau terkena banjir. Itu pun, batas maksimal jarak tempuhnya 60.000 km untuk keluaran 2014. Dan jarak tempuh 50.000 km buat tahun pembuatan 2015.

Jika syarat dan ketentuan di atas sudah lengkap, tim dari SERA siap melakukan pengecekan fisik. Nantinya mereka menentukan harga jual yang sesuai dengan kondisi kendaraan. Meski begitu, ada perbedaan taksiran harga jual antara kota besar (tier 1), daerah penyangga kota besar (tier 2) dan di luar kota besar (tier 3).

Contoh Kota Medan. Toyota Avanza G M/T 2015 Anda dihargai Rp 123 juta. Sedangkan di Kota Pematang Siantar menjadi Rp 120 juta dan di Kota Rantauprapat Rp 113 juta. Bila calon konsumen sepakat, dapat melanjutkan transaksi pembelian New Avanza dan New Veloz dengan cara tukar tambah ini.

Sumber: Oto.com

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Umuh Muchtar Tanggapi Sindiran Edy Rahmayadi soal Jadi Ketum PSSI

Posted: 19 Jan 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Nusa Dua - Edy Rahmayadi sempat menyindir Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar saat mengumumkan pengunduran dirinya dari Ketua Umum PSSI. Edy menilai mungkin saja Umuh yang lebih tepat memimpin federasi sepakbola tertinggi di Tanah Air itu.

Pria berusia 57 tahun tersebut pun meminta agar Umuh tak cuap-cuap di luar saja, tapi membuktikan diri dengan memimpin PSSI. Lantas, bagaimana tanggapan Umuh terkait sindiran pria yang menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara tersebut?

Umuh menilai apa yang menimpa Edy Rahmayadi bukan sepenuhnya kesalahan Gubernur Sumatera Utara itu. Umuh malah menuding Edy Rahmayadi dikhianati oleh jajarannya sendiri.

"Bukan kesalahan Pak Edy. Pak Edy itu dikhianati," kata Umuh di arena Kongres Tahunan PSSI di Hotel Sofitel Nusa Dua, Bali, Minggu (20/1/2019).

Soal pengunduran diri Edy Rahmayadi, Umuh menyiratkan persetujuannya. Sebab, selain sebagai Ketua Umum PSSI, Edy juga rangkap jabatan sebagai Gubernur Sumatera Utara dan Ketua Dewan Pembina PSMS Medan.

"Kalau untuk mengundurkan diri karena apa, Pak Edy kan menjabat gubernur lah. Biar lebih fokus lagi. Kan kata Pak Edy juga demi Indonesia, demi PSSI. Saya hanya mewakili kawan-kawan, ya," ujarnya.

 

Berkelit

Edy Rahmayadi memutuskan mundur dari Ketua Umum PSSI. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Sementara saat disinggung ketidakhadiran Umuh dan beberapa pengurus PSSI pada acara makan malam tadi malam, ia berkelit jika tak ada yang memberitahu pertemuan tersebut.

"Demi Allah tidak ada yang memberitahukan saya. Kita kumpul saja tadi malam," ucap Umuh.

Menjawab tantangan Edy Rahmayadi agar Umuh memimpin PSSI, dia menolaknya. "Janganlah, jangan saya. Saya membimbing saja. Saya tidak cari aman. Ada yang lebih baik, ada yang lebih bagus," paparnya.

Tak Merasa Dikorbankan

Umuh pun tak merasa dikorbankan dari pengunduran diri Edy Rahmayadi. Umuh tidak merasa punya hubungan yang buruk dengan Edy sehingga apapun yang orang katakan tidak dia pedulikan.

"Pengorbanan biar saja. Dari dulu saya selalu jadi korban. Saya sama Pak Edy saya baik. Saya pasrah saja untuk kebaikan sepakbola. Tidak ada sakit hati. Biar saja, semua orang tahu," tutur Umuh.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepotong Kisah Abu Bakar Baasyir dari Nusakambangan ke Gunung Sindur

Posted: 19 Jan 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Cilacap - Menjelang sidang PK terpidana terorisme, Abu Bakar Baasyir, suasana di sekitar Gedung Pengadilan Negeri Cilacap hari itu benar-benar mencekam. Pengamanan ketat dilakukan oleh seribuan lebih personel polisi dan TNI.

Selasa, 12 Januari 2016, adalah hari pertama sidang PK Abu Bakar Baasyir, terpidana kasus terorisme yang divonis 15 tahun penjara lantaran diduga merencanakan dan menjadi penyandang dana latihan bersenjata di Jane Ponto, Aceh.

Sekolah di sekitar PN Cilacap pun diliburkan. Jalan ini, ditutup. Petugas keamanan hendak memastikan PN Cilacap benar-benar steril dari ancaman keamanan.

Semua orang yang hendak masuk ke PN Cilacap mesti melewati pemeriksaan, mulai dari gerbang halaman PN yang dipasang pendeteksi metal. Tas dan baju digeledah, termasuk wartawan.

Maklum saja, kala itu, Abu Bakar Baasyir dituding sebagai tokoh sentral dengan pengikut dan simpatisan dari kelompok radikal. Hari itu, sekitar 1.000-an pengikutnya hadir di PN Cilacap. mereka datang dari Semarang, Solo, Jakarta, dan sejumlah daerah lain.

Namun, hanya sebagian kecil yang bisa masuk ke gedung PN. Lainnya, menonton sidang dari layar kaca dalam siaran langsung yang direlai dengan kabel video audio.

Kapolres Cilacap saat itu, AKBP Ulung Sampurna Jaya mengatakan, kepolisian menyiagakan sebanyak 1.064 personel untuk pengamanan sidang Peninjauan Kembali (PK) Abu Bakar Baasyir. 200 aparat TNI juga disiapkan sebagai pasukan cadangan.

"Kita melakukan pengamanan, yaitu pengamanan terbuka dan tertutup. Di sini ada sekitar 338 personil Brimob yang terdiri dari ring satu dan dua. Di halaman, ada juga personil polres. Kemudian dibackup yang di depan. Tidak hanya di sini, tapi seluruh objek vital juga sudah ploting," dia menjelaskan saat itu.

Ratusan pendukung menyemut begitu mengetahui Abu Bakar Baasyir datang sekitar pukul 08.45 WIB. Abu Bakar diangkut dengan Baracuda yang diapit panser militer.

Sempat terjadi sedikit insiden saat pendukung hendak masuk ke ruangan sidang. Sebab, polisi masih menutup area sidang tersebut. Abu Bakar Baasyir langsung masuk dari pintu samping yang tadinya terkunci. Sepanjang waktu, pendukung berorasi menuntut pembebasan Abu Bakar Baasyir.

Pembesuk Baasyir

Seribuan lebih pengikut dan simpatisan Abu Bakar Baasyir menghadiri sidang PK di PN Cilacap, Januari 2016. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Rupanya, pengikut dan simpatisan Abu Bakar Baasyir tak hanya datang hari itu. Sejak pendiri Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) itu dibui di Nusakambangan, pengikutnya rutin menjenguknya tiap pekan.

Bahkan, massifnya kunjungan pendukung dan pengikut Baasyir sempat membuat gerah sejumlah Ormas. Mereka meminta, agar Baasyir dipindah dari Nusakambangan. Mereka khawatir, para pengikut Baasyir menebar benih radikalisme di Cilacap.

Diduga, para pengikut menyewa rumah singgah khusus yang tersebar di beberapa titik. Di titik ini lah, sejumlah ormas di Cilacap khawatir.

"Kok diberi kesempatan yang sangat luas, untuk ditemui orang-orang luar, orang dari luar Cilacap. Kepada yang hadir pasti memberikan semacam pesan seperti yang dinginkan oleh Abu Bakar," ucap pucuk pimpinan sebuah ormas di Cilacap.

Tokoh ormas lainnya meminta agar polisi mengawasi secara ketat rumah yang diduga digunakan sebagai rumah singgah bagi pengikut dan pendukung Abu Bakar Baasyir. Bahkan, ada pula isu, Baasyir bisa menggelar pengajian diduga bermuatan radikal kepada pengikutnya di penjara Nusakambangan.

Tetapi, Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkum HAM) membantah Abu Bakar Baasyir secara berkala menggelar pengajian khusus terpidana terorisme dan pembesuk yang diduga berasal dari kelompok tertentu di LP Nusakambangan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jawa Tengah saat itu, Yuspahruddin mengatakan Abu Bakar secara berkala memang dikunjungi oleh pembesuk yang berasal dari berbagai daerah.

Namun, ia membantah Abu Bakar menggelar pengajian berisi paham radikal kepada terpidana teroris dan pembesuk.

"Kalau yang membesuk sampai 20 orang kan ada ruangan khusus di pantau dengan CCTV. Namanya Abu Bakar Baasyir itu kan paling tua di situ. Mungkin ada yang disampaikannya memang tidak bisa kita buka. Mungkin di situ memberikan kajian, bukan membuat majelis," kata Yuspahrudin, membantah.

Baasyir Dipindah dari Nusakambangan ke Gunung Sindur

Abu Bakar Baasyir mengajukan PK atas vonis 15 tahun tindak pidana terorisme di PN Cilacap, Jawa Tengah, 2016. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Soal ini rumah singgah, Yuspahruddin menolak berkomentar. Menurut dia, soal rumah singgah itu di luar LP Nusakambangan yang bukan wewenangnya.

Tekanan untuk membatasi kunjungan kepada Abu Bakar Baasyir nampaknya begitu kuat. Baasyir lantas ditempatkan di Sel Isolasi Lapas Pasir Putih Nusakambangan.

Soal ini, tak ada satu pun pejabat Kemenkumham yang berkomentar. Namun, penempatan di sel isolasi dibenarkan oleh pengacara Baasyir dari Tim Pengacara Muslim (TPM), Achmad Mihdan. Nota protes dikirimkan kepada Kementerian Hukum dan HAM, Direktorat Jenderal PAS, dan pihak Lapas Nusakambangan

Bahkan, TPM telah berkirim surat ke Presiden Joko Widodo meminta perlindungan dan memprotes kebijakan Lapas Pasir Putih, yang menempatkan Abu Bakar Baasyir di sel isolasi khusus ini. Michdan tak ada alasan kuat Baasyir ditempatkan di sel isolasi khusus.

Sebab, selama dihukum, Baasyir berkelakuan baik dengan bukti mendapat pengurangan hukuman atau remisi. Selain itu, kata Michdan, mempertimbangkan usia Basyir yang sudah tua dan dalam keadaan sakit, Baasyir memerlukan perhatian ekstra untuk menjaga kesehatannya.

"Artinya kami meminta perlindungan dan memberitahukan kepada presiden, bahwa ini tindakan yang dzolim," ucap Michdan, April 2016.

Michdan menuturkan, di sel isolasi khusus, Baasyir dilarang menerima tamu selain keluarga, pengacara dan tim kesehatan. Pembatasan aktivitas luar sel juga menyebabkan kesehatan Baasyir menurun.

Beda Nasib Baasyir dan Freddy Budiman

Freddy Budiman, mengajukan PK di PN Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Belakangan, Baasyir dipindah ke Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Pemindahan ini pun tak kalah mencekam. Pasalnya, Baasyir dipindah bersamaan dengan kembalinya terpidana mati narkoba, Freddy Budiman.

Abu Bakar Baasyir dipindah dari Lapas Pasir Putih ke Lapas Gunung Sindur, Sabtu (16/4/2016). Pemindahan ini bersamaan dengan kembalinya Fredy Budiman ke Nusakambangan. Sebelumnya Fredy dibon pinjam ke Jakarta dalam kasus pengendalian narkoba dari dalam Lapas.

Juru Bicara Kepolisian Cilacap, AKP Bintoro Wasono mengatakan pengamanan pemindahan Abu Bakar Baasyir dilakukan bersamaan dengan masuknya Fredy Budiman. Ini akan dilakukan di Bandara Tunggul Wulung, Cilacap.

"Ya untuk pengawalan dan pengamanan jalur dan sebagainya. Freddy Budiman akan dipindah juga ke Nusakambangan, Pak?), Ya betul masuk. Masuk ke dalam mas. Jadi langsung, tukeran," kata Bintoro.

Untuk mengamankan pemindahan ini, kepolisian mengerahkan 150 personel gabungan. Satuan Brimob dari Polres Banyumas juga diperbantukan.

Meski pernah menghirup udara yang sama, pesawat yang sama, dan dipindah di hari yang sama, nasib keduanya berbeda 180 derajat. Dua tahun berselang, Abu Bakar Baasyir sebentar lagi bakal menghirup udara bebas.

Adapun Fredy Budiman, seperti diketahui, telah meninggal dunia diterjang timahregu tembak eksekusi mati. Jumat dinihari, 29 Juli 2016, Freddy mengembuskan napas terakhirnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Edy Rahmayadi Mundur, Voters Desak PSSI Gelar KLB

Posted: 19 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bali - Setelah Edy Rahmayadi mundur sebagai Ketua Umum PSSI, para pemilik suara (voters) PSSI mendorong organisasi tersebut untuk segera menggelar kongres luar biasa (KLB).

Edy Rahmayadi menyatakan mundur saat Kongres PSSI di Hotel Sofitel Bali, Minggu (20/1/2019). Edy mundur setelah membuka Kongres PSSI.

"Saya kira itu harus diajukan demi pembaruan PSSI. Tak ada jalan keluar lain," ujar Ketua Asosiasi Provinsi PSSI DKI Jakarta, Uden Kusuma Wijaya di sela kongres tahunan PSSI tahun 2019, dikutip dari Antara.

Menurut Uden, PSSI saat ini dalam kondisi sangat buruk karena beberapa para petingginya di jajaran komite eksekutif terjerat kasus hukum pengaturan skor dan bahkan ada yang ditetapkan menjadi tersangka.

Oleh sebab itu, dirinya berharap PSSI dapat menemukan orang-orang baru yang kompeten untuk mengisi posisi-posisi pengambil keputusan.

"Saya rasa pilihan paling rasional adalah mengganti para anggota komite eksekutif PSSI. Jangan memercayakan organisasi pada orang-orang lama yang kita tahu terlibat dalam masalah hukum. Biarkanlah mereka menyelesaikan persoalannya," tutur Uden.

Persib Juga Desak KLB

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Sementara perwakilan klub Liga 1 Indonesia, Persib Bandung, Umuh Muchtar menyebut, KLB memang harus segera dilaksanakan. Terkait waktunya, Umuh meminta agat KLB digelar usai pemilu 17 April 2019.

"Agar KLB tidak terganggu. Ini harus diselesaikan dahulu sebelum Liga 1 dimulai," tutur dia.

Ketua Umum PSSI periode 2016-2020 Edy Rahmayadi menyatakan mundur dari jabatannya di tengah kongres tahunan yang berlangsung di Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu.

Untuk sementara, posisinya digantikan oleh Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono. Pergantian ketua harus dilakukan melalui skema kongres luar biasa (KLB).

 

Aturan KLB

KLB dapat segera digelar, tanpa menunggu tahun 2020 atau ketika periode kepengurusan mulai tahun 2016 berakhir, jika ada permintaan dari pemilik suara (voters) PSSI.

Berdasarkan pasal 30 Statuta PSSI, KLB bisa digelar jika 50 persen atau 2/3 delegasi membuat permohonan tertulis untuk itu.

KLB akan diadakan oleh komite eksekutif PSSI tiga bulan setelah permintaan resmi itu diterima. Seandainya tidak juga digelar, anggota dapat melangsungkan kongres sendiri atau bisa pula meminta bantuan FIFA. (Ant)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baim Wong Ingin Paula Verhoeven Berhijab

Posted: 19 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Usai menikah, Baim Wong dan Paula Verhoeven tak henti-hentinya menghabiskan waktu ke luar negeri. Sudah banyak destinasi yang dikunjungi keduanya.

Dan terbaru, Baim Wong dan Paula Verhoeven berlibur ke Jepang. Seperti biasa, mereka pun memperlihatkan perjalanan di Negeri Sakura di laman vlog YouTube nya.

Diakui Paula Verhoeven, selama liburan ke luar negeri, dua negara yang membuatnya senang yaitu Amerika Serikat dan Jepang.

"Paling enak ya di Amerika lah, karena enggak ada kerjaan sama sekali, cuma liburan. Jepang juga enak cuma menurut aku terlalu dingin," ungkap istri Baim Wong ini.

 

Ingin Liburan Lagi

(Instagram/baimwong)

Seolah tak puas dengan semua perjalanannya di luar negeri, Baim Wong kembali mengajak istrinya melancong.

Tak tanggung-tanggung, Baim Wong ingin membawa Paula Verhoeven ke tempat suci yaitu Mekkah.

 

Berhijab

(Instagram/baimwong)

Namun, sebelumnya Baim Wong melontarkan pertanyaan yang membuat Paula Verhoeven kaget.

"Sembilan puluh persen harus putuskan kita ke mana, Mekkah? Hijab?" ujar Baim Wong.

Mendengar ucapan pemilik restoran mie ini, sang istri pun terkejut. Paula Verhoeven menjawab dengan tertawa. (Annisa Mutiara Asharini/Dream.co.id)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teleskop Pemburu Planet NASA Bisa Bertahan hingga 2025?

Posted: 19 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meski dikabarkan akan pensiun, ternyata teleskop Hubble milik NASA, memiliki kemungkinan berusaha untuk 'bertahan hidup'.

Menurut informasi yang dilansir laman Geek pada Minggu (20/1/2019), laporan terbaru mengungkap kalau teleskop Hubble sebetulnya bisa saja bertahan selama beberapa tahun ke depan, tepatnya lima tahun lagi hingga 2025.

"Sekarang, semua subsistem dan instrumen Hubble memiliki kesempatan dapat berfungsi normal sebanyak 80 persen hingga 2025," ujar kepala Space Telescope Science Institute Thomas Brown kepada Space.

Brown bahkan mempresentasikan kemungkinan Hubble masih dapat beroperasi di sebuah pertemuan ilmiah tertutup di American Astronomical Society.

Diagnosis tersebut diungkap Brown satu pekan setelah teknisi mengecek kerusakan pada Wide Field Camera 3. Diketahui, kamera teleskop tersebut rusak akibat masalah hardware.

Kamera ini sebetulnya sudah dipasang di Hubble sejak 2009, saat astronot kala itu memperkenalkan teknologi Cosmic Origins Spectograph.

Setelah satu dekade di luar angkasa, instrumen ini ternyata masih memiliki sistem backup mereka yang online, yang ternyata dapat membantu memperpanjang usia Hubble.

"Jika pengulangan sistem backup ini bisa diandalkan, Hubble masih bisa bertahan beberapa tahun," jelas Brown.

Kamera Teleskop Hubble Rusak, Eksplorasi Disetop Sementara

Setelah 25 tahun lamanya, teleksop Hubble masih memberikan kejutan-kejutan kepada manusia.

Dikutip dari laman Space, Sabtu (12/1/2019), NASA tak menyebut secara rinci, kerusakan apa yang dialami oleh Wide Field Camera 3 Hubble.

Namun, kamera milik teleskop Hubble mengandung banyak material elektronik, sehingga diharapkan oleh Space Telescope Science Institute, kamera ini tak mengalami kerusakan parah.

Kerusakan kamera ini merupakan kerusakan komponen kedua yang dihadapi oleh Hubble dalam beberapa bulan terakhir. Tidak dijelaskan pula, berapa lama waktu yang dibutuhkan tim teknis untuk memperbaiki kamera teleskop ini.

Apalagi, pemerintah Amerika Serikat menghentikan separuh operasi NASA sejak 22 Desember, pasalnya Congress dan President AS Donald Trump tak sepakat tentang anggaran untuk operasional NASA.

Head of NASA Science Mission Diretorate Thomas Zurbuchen dalam Twitter menuliskan tentang malfungsi kamera teleskop Hubble ini.

"Hal ini memperingatkan setiap orang bahwa ada aspek krusial dalam eksplorasi luar angkasa," kata Zurbuchen dalam akun Twitter-nya.

Aspek pertama menurutnya adalah, sistem yang kompleks, dalam hal ini teleskop Hubble hanya bekerja karena adanya tim ahli khusus yang berdedikasi.

Aspek penting kedua adalah semua sistem ruang memiliki masa hidup yang terbatas dan masalah seperti itu pasti akan terjadi dari waktu ke waktu.

 

Usia Telah Tua

Teleskop raksasa NASA, Super Hubble. (Foto: NASA)

Sementara itu, Gizmodo menyebut kerusakan berturut-turut yang terjadi pada teleskop Hubble memperlihatkan bahwa teleskop ini memang sudah berumur.

Sebenarnya, perbaikan terakhir teleskop ini pada 2009 lalu bisa menjaga fungsi Hubble hingga 2013. Namun setelah lima tahun berlalu, teleskop Hubble masih menghasilkan gambar-gambar menakjubkan dari langit.

Para ilmuwan NASA disebut-sebut bekerja untuk menjaga teleskop ini tetap beroperasi hingga 2025.

Sebenarnya, NASA telah mempersiapkan teleskop pengganti Hubble, yakni teleskop James Webb yang dijadwalkan meluncur pada 2021.

Juru bicara Space Telescope Science Institute Christine Pulliam menyebut, meski pemerintah menerapkan shut down terhadap NASA, hal itu tak akan memengaruhi upaya lembaga antariksa ini untuk memperbaiki kerusakan Hubble.

"Government shut down seharusnya tidak mempengaruhi respon NASA terhadap anomali kamera Hubble," katanya.

Dia melanjutkan, "orang-orang yang kami butuhkan dalam operasi penerbangan dan sains akan tetap ada untuk memecahkan masalah ini. Tim Tiger telah diaktifkan."

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecelakaan Mobil, Pangeran Philip Tak Pakai Sabuk Keselamatan

Posted: 19 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Norfolk - Pangeran Philip mengalami kecelakaan mobil saat berkendara seorang diri pada Kamis kemarin. Insiden nahas ini terjadi pada sekitar pukul 03.00 sore waktu setempat, tak jauh dari perkebunan Ratu Elizabeth II di Sandringham, Norfolk, Inggris.

Polisi Norfolk mengatakan kepada awak media pada Minggu (20/1/2019), Duke of Edinburgh diketahui tidak mengenakan sabuk pengaman selama menyetir Land Rover barunya. Hal ini diungkapkan tim investigasi yang memberikan laporan setelah 48 jam memeriksa kecelakaan tersebut.

Dua hari usai Pangeran Philip kecelakaan, Daily Mail dan The Sun mengabarkan dengan menyertakan foto-foto yang menunjukkan kakek Pangeran William dan Pangeran Harry ini mengemudi mobil buatan Inggris itu tanpa sabuk pengaman.

Seorang juru bicara Norfolk Constabulary (satuan polisi teritorial yang bertanggung jawab atas wilayah Norfolk, Inggris) mengatakan, petugas kepolisian telah berbicara dengan Philip.

"Ini sejalan dengan respons kami, ketika kami menyadari dan melihat bukti-bukti yang menguak bahwa ia (Philip) juga melakukan pelanggaran," kata jubur tersebut, seperti dikutip dari BBC, Minggu (20/1/2019).

Sementara itu, Emma Fairweather, yang ditabrak oleh Pangeran Philip dan pergelangan tangannya patah, mengatakan kepada Mirror bahwa Sang Duke belum meminta maaf padanya.

"Aku beruntung masih hidup dan dia (Philip) bahkan belum meminta maaf sedikitpun padaku. Insiden itu membuatku trauma dan menyakitkan. Aku mengharapkan iktikad baik dari Keluarga Kerajaan," ucap Emma.

Di satu sisi, seorang juru bicara Kerajaan Inggris mengatakan, pihaknya telah mengontak Emma dan menawarkan "keinginan baik". Namun, klaim jubir ini, Emma belum memberikan jawaban.

Emma sendiri mengaku belum mendengar langsung "pesan" dari Keluarga Kerajaan, meski petugas kepolisian yang menangani kasus ini menyebut bahwa Keluarga Kerajaan sudah menelepon kantor polisi dan menyampaikan titah Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.

"Pesan yang diteruskan oleh polisi bahkan tidak masuk akal. Kata polisi, 'Ratu dan Duke Edinburgh ingin mengingatmu'," Emma menjelaskan. "Itu bukan permintaan maaf atau bahkan iktikad baik."

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Tak Luka

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Sementara itu, dari foto yang beredar, mobil Land Rover yang dikendarai Pangeran Philip terlihat terbalik dengan puing berserakan. Beruntung Duke of Edinburgh ini tak mengalami luka parah.

Tak lama setelah peristiwa nahas ini terjadi, tim dokter pun tiba di lokasi kejadian. Sementara Pangeran Philip selamat, dua orang lainnya yang juga terlibat dalam kecelakaan mengalami cedera.

"Pengemudi lainnya menderita luka-luka sementara penumpang wanita mengalami cedera lengan, keduanya membutuhkan perawatan di rumah sakit," kata polisi seperti dilansir dari situs CNN, Jumat, 18 Januari 2019.

Tak butuh waktu lama, berita tentang kecelakaan ini seketika menyedot perhatian berbagai media masa. Kecelakaan ini juga mendominasi pemberitaan di Daily Mail dan The Sun.

Setelah kecelakaan terjadi, banyak pihak bertanya-tanya, mengapa Pangeran Philip masih diperbolehkan mengendarai mobilnya sendiri di usianya yang telah menginjak 98 tahun.

Terkait surat izin mengemudi, Kerajaan Inggris memiliki persyaratan sendiri. Bagi yang berumur lebih dari 70 tahun, diharuskan memperbarui SIM-nya setiap tiga tahun sekali untuk mengukur standard kelayakan dalam mengemudi.

Dan seorang perwakilan kerajaan mengatakan bahwa pangeran masih memiliki lisensi. Ia juga mengikuti semua prosedur kerajaan dengan memperbarui SIM-nya setiap tiga tahun sekali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium Awal yang Wajib Diketahui, Yuk Lebih Peduli

Posted: 19 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Saat ini penyakit kanker masih menjadi permasalahan yang serius di seluruh dunia, baik di negara-negara yang sudah maju, terlebih lagi pada negara-negara yang masih berkembang. Dari riset juga diketahui bahwa kanker menduduki urutan ketujuh sebagai penyebab kematian akibat penyakit di Indonesia setelah stroke, tuberculosis, hipertensi, cidera, perinatal, dan diabetes melitus.

Salah satu jenis kanker yang berbahaya bagi wanita setelah kanker serviks ialah kanker payudara. Organisasi kesehatan dunia, WHO bahkan meramalkan di tahun 2030, Indonesia akan mengalami peningkatan jumlah pasien kanker payudara sampai 7 kali lipat. Mengerikan, bukan?

Kanker payudara terbentuk saat sel-sel di dalam payudara tumbuh tidak normal dan tidak terkendali. Sel tersebut umumnya membentuk tumor yang terasa seperti benjolan. Sel kanker akan tumbuh dan menyerang jaringan payudara, misalnya saluran keluar air susu, lobulus (pabrik penghasil air susu), bersama jaringan penunjang lainnya seperti jaringan lemak.

Faktor yang Diduga Bisa Menyebabkan Kanker Payudara

Ini Gejala Kanker Payudara yang Sering Disepelekan. (Foto: empowher.com)

Sejauh ini belum diketahui penyebab pasti kanker payudara. Satu hal yang diketahui adalah penyakit ini muncul karena adanya kerusakan sel dan perubahan sifat genetik pada jaringan payudara. Meski biasanya terjadi pada wanita, kanker payudara ternyata juga bisa menyerang pria, lho.

Beberapa hal kerap dikaitkan dengan meningkatnya risiko terjadi kanker payudara pada wanita. Faktor risiko ini meliputi gaya hidup tidak sehat seperti kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, usia di atas 50 tahun, obesitas, paparan radiasi, gangguan hormon, usia menstruasi pertama kali di bawah 12 tahun, menopause pada usia lebih tua, dan faktor keturunan. Seorang wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara jika terdapat riwayat kanker payudara pada keluarganya.

Adanya bahaya yang mengancam, penting buat kamu untuk mengetahui ciri-ciri kanker payudara stadium awal. Daripada kamu menyesal di kemudian hari, tidak ada salahnya untuk mengetahui ciri-ciri kanker payudara stadium awal.

 

Ciri-ciri Kanker Payudara

5 Mitos Menyesatkan Seputar Kanker Payudara

Jangan lupa untuk berbagi artikel ciri-ciri kanker payudara stadium awal kepada keluarga, teman dan orang tersayang, agar mereka juga bisa mengetahui penyakit ini sejak awal. Berikut ciri-ciri kanker payudara stadium awal yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/1/2019).

1. Munculnya benjolan di payudara

Ciri-ciri yang pertama, munculnya benjolan pada payudara. Benjolan ini tidak selalu terasa sakit. Meski demikian, tidak semua benjolan yang muncul pada payudara bersifat kanker. Benjolan ini dapat terasa saat kamu melakukan pemeriksaan pribadi di rumah.

2. Warna kulit payudara berubah

Jika kamu melihat warna kulit payudaramu berubah, maka kamu perlu waspada. Perubahan warna ini terkadang disalahartikan dengan infeksi. Padahal, jika kamu tidak yakin dengan benjolan yang muncul di dalam payudara, perubahan warna kulit sudah cukup untuk membuatmu lebih waspada.

Pada tahap ini, kulit payudara akan menjadi kemerahan seperti terjadi iritasi, tekstur dan warna kulit seperti kulit jeruk, dan permukaan kulit area payudara yang terkena kanker tampak berlekuk-lekuk, serta terjadi penebalan kulit.

3. Puting terasa sakit

Apakah kamu pernah merasakan putingmu terasa sakit? Salah satu dari ciri-ciri dari kanker payudara stadium awal lainnya adalah dengan munculnya perubahan pada bagian puting disertai rasa nyeri. Mungkin juga keluar cairan tidak normal dari puting atau puting melesak ke dalam.

4. Muncul benjolan pada ketiak

Jika mulai merasakan ada benjolan dalam ketiak, kamu juga perlu waspada. Meski disebut kanker payudara, bukan berarti benjolan di bawah ketiak yang kamu temui tidak ada hubungannya dengan kanker ini. Jaringan payudara meluas hingga di bawah ketiak. Inilah mengapa kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Cara Mengenali Kanker Payudara

Ilustrasi kanker payudara | unsplash.com

Guna mengenali ciri-ciri kanker payudara, cobalah untuk rajin melakukan SADARI atau Pemeriksaan Payudara Sendiri setiap bulan. Rajin melakukan SADARI juga dapat membantu kamu mengenali tekstur jaringan payudara sendiri, sehingga kamu mampu merasakan kejanggalan pada payudara dan dapat diperiksakan sedini mungkin.

Pemeriksaan dini kanker payudara meliputi pemeriksaan fisik payudara ke dokter, serta mammografi atau USG payudara. Waktu terbaik melakukan SADARI adalah seminggu setelah menstruasi berakhir.

Kanker payudara tidak kalah mematikannya dengan kanker serviks. Semakin cepat penyakit ini terdeteksi, maka semakin tinggi angka keberhasilan pengobatannya.

Untuk mengurangi risiko kanker, disarankan agar kamu menjaga pola makan dan menjalani hidup sehat, serta rutin melakukan SADARI. Jika kamu merasa berpotensi terkena kanker payudara karena memiliki ibu atau saudara sedarah yang menderita kanker, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter. Serta jangan lupa untuk melakukan SADARI, sebagai salah satu langkah awal untuk mengetahui ciri-cirinya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk berbagi artikel ini kepada keluarga, teman dan orang tersayang, agar mereka juga bisa melakukan SADARI secepat mungkin. Lebih cepat, lebih baik bukan?

 

Reporter: Tyas Titi Kinapti

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Salut, Bocah Cilik Bantu Ibu Kerja Kupas Bawang

Posted: 19 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aksi seorang bocah cilik ini sukses membuat warganet terharu. Di usianya yang masih belia, bocah tersebut membantu sang ibu bekerja mengupas bawang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Orang 'Hitamkan' Masjid Istiqlal di Munajat Nusantara

Posted: 19 Jan 2019 08:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan orang dari jemaah Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (Padasuka) 'menghitamkan' ruangan utama Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (20/1/2019). Para jemaah dengan pakaian serba hitam ini mengikuti acara Nusantara Bermunajat untuk mendoakan bangsa dan negara agar senantiasa aman dan damai.

Sejumlah tokoh dijadwalkan hadir dalam acara tersebut, antara lain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Sekjen Kementerian Agama Nur Kholis Setiawan, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, dan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Ketua Steering Committee Yusuf Mars mengatakan, acara tersebut digelar sebagai pelepas dahaga masyarakat di tengah maraknya polarisasi umat dan paham radikalisme yang mengagungkan kebenaran tunggal.

"Kami hadir sebagai bagian anak bangsa yang rindu akan Islam yang damai, rindu akan Islam yang rahmatan lil'alamin," ucap Yusuf dalam sambutannya.

Sementara Ketua Umum Padasuka, KH Raden Syarif Rahmat berharap, acara Nusantara Bermunajat ini bisa menjadi obat bagi umat yang sedang sakit. Selain itu, acara di Masjid Istiqlal ini juga diharapkan mampu meredakan iklim politik yang memanas.

"Ini sebagai ikhtiar kami. Kebetulan kami memiliki kumpulan doa yang bersumber dari Al-Qur'an. Doa-doa tersebut pernah dipanjatkan oleh para nabi dan orang-orang saleh. Ini diharapkan bisa mendinginkan suasana tahun politik yang kian memanas," ujar Syarif.

Kehadiran Menag Diwakili

Menteri Agama Lukman Hakim dalam sambutannya yang dibacakan Sekjen Kemenag Nur Kholis mengatakan, acara Nusantara Munajat sangat penting terlebih dalam rangka menghadapi tahun politik.

Di mana, gesekan kepentingan pasti terjadi hingga memicu permusuhan dan perpecahan antarbangsa.

"Maka pada konteks inilah, acara doa dan munajat ini menemukan momentumnya. Dengan bermunajat dan berdoa, mari kita kembali mengingat bahwa kita semua adalah saudara. Kita semua anak cucu Adam dan Hawa. Kita semua adalah warga Negara Kesatuan Republik Indonesia," demikian pesan Menag.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menikah di Tengah Banjir, Pasangan Asal Kebumen Ini Tetap Bahagia

Posted: 19 Jan 2019 08:53 PM PST

Fokus, Kebumen - Pernikahan adalah momen yang tidak terlupakan sepanjang hidup. Namun bagi pasangan pengantin Robi dan Dewi di Kebumen, Jawa Tengah, pernikahan mereka menjadi kenangan tersendiri. Si pengantin pria terpaksa menggendong mempelai wanitanya ke pelaminan, karena desa mereka tergenang banjir.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (20/1/2019), pasangan pengantin Robi dan Dewi, di Desa Krandengan, Kebumen, Jawa Tengah, tetap harus melangsungkan pernikahannya kendati  banjir semata kaki.

Undangan sudah tersebar dan tenda sudah berdiri, bagi pasangan tersebut pantang kandas. Pernikahan  harus tetap dilangsungkan apapun yang terjadi. Tamu dan kerabat tetap hadir, namun terpaksa harus melupakan dahulu penampilan meski air merendam alas kaki, celana, dan kebaya mereka.

Begitu juga dengan pengantin pria, Robi. Setelah ijab qabul, ia harus menggotong mempelai wanitanya  ke pelaminan, karena khawatir baju pengantin menjadi basah. Kendati hujan dan banjir, Robi dan Dewi mengaku senang dan bahagia.

Tentu hal tersebut menjadi momen yang tidak terlupakan bagi Robi dan Dewi. Kenangan sebuah pernikahan rupanya tidak selalu harus megah dan meriah. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Edy Rahmayadi Tinggalkan PSSI demi Kebaikan Bangsa

Posted: 19 Jan 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Bali - Edy Rahmayadi memutuskan mundur sebagai Ketua Umum PSSI. Menurutnya, langkah itu merupakan keputusan terbaik untuk sepak bola dan bangsa Indonesia.

"Tidak ada yang menekan saya untuk mundur. Ini adalah keputusan yang terbaik untuk bangsa," ujar Edy usai menyampaikan pidato pengunduran dirinya dalam kongres tahunan PSSI di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (20/1/2019), dikutip dari Antara.

Menurut mantan Pangkostrad itu, memimpin PSSI menjadi tantangan paling sulit yang dihadapi dalam hidupnya.

Dia mengakui dalam beberapa hal dirinya gagal membawa PSSI menjadi lebih baik sejak memimpin tahun 2016.

"Sudah dilarang mengatur skor, terjadi pengaturan skor. Ada perkelahian juga. Itu kan berarti saya gagal. Jangan sampai karena satu atau dua orang PSSI terganggu. Mari kita doakan pemimpin berikutnya lebih jaya," tutur Edy yang juga Gubernur Sumatera Utara itu.

 

Minta Maaf

Edy Rahmayadi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Karena itu, dia pun meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia terutama pencinta sepak nasional atas semua kekurangannya selama memimpin PSSI.

"Saya mohon maaf sekali lagi apabila ada kata-kata saya yang tak tepat, apabila ada perbuatan-perbuatan kurang baik, saya manusia biasa. Saya berusaha berbuat yang terbaik. tapi inilah kemampuan saya. Bersatu kalian, besarkan PSSI kita," tutur Edy Rahmayadi.

Dengan mundurnya Edy, pucuk organisasi PSSI untuk sementara dijabat oleh Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono.

Joko bisa saja saja memimpin sampai tahun 2020, tahun berakhirnya era kepengurusan yang dilantik tahun 2016. 

Bila Ditolak Voters

Namun, jika para pemilik suara (voters) meminta untuk segera melakukan pergantian ketua umum, mekanisme yang dilakukan adalah melalui kongres luar biasa (KLB).

Regulasi tersebut diterangkan dalam pasal 30 Statuta PSSI. Di sana tertulis, KLB bisa digelar jika 50 persen atau 2/3 delegasi membuat permohonan tertulis untuk itu.

KLB akan diadakan oleh komite eksekutif PSSI tiga bulan setelah permintaan resmi itu diterima. Seandainya tidak juga digelar, anggota dapat melangsungkan kongres sendiri atau bisa pula meminta bantuan FIFA. (ant)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin Optimistis Raih Kemenangan di Bandung Raya

Posted: 19 Jan 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin optimistis, bersama Joko Widodo atau Jokowi mampu meraih kemenangan di Bandung Raya pada Pilpres 2019. Meskipun, tak memungkiri wilayah Bandung Raya masih berat untuk dimenangkan.

Hal itu dikatakan Ma'ruf Amin saat silaturahmi di Pondok Pesantren Riyadlul Huda Ngamprah, Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (20/1/2019).

Mereka yang hadir dalam silaturahmi di antaranya Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bandung Barat Muhammad Ridwan dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily yang juga menjabat sebagai Juru bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo- KH Ma'ruf Amin.

"Di Bandung Raya ini daerah yang agak berat, masih (zona) merah, masih rawan," ucap Ma'ruf Amin di lokasi.

Dia berharap, kunjungannya tersebut dapat mempermudah perolehan suara Jokowi-Ma'ruf di wilayah kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang.

"Tapi saya agak yakin karena di sini banyak tokoh, banyak ulama yang tentu punya komitmen yang lebih. Saya berharap kunjungan ini, silaturahmi saya akan membawa semangat bagaimana memenangkan Pilpres," ucap Ma'ruf.

Dia menyadari, Bandung Raya merupakan jantung Jawa Barat. Ia menilai pentingnya menang di Bandung Raya.

"Bandung Raya penting, jantungnya Jawa Barat. Kalau Bandung Raya kalah, inna lillahi wa inna ilaihi roji'un," kata Ma'ruf Amin.

Suara Berimbang

Sementara itu, di tempat yang sama, juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan menuturkan sejauh ini memang suara dukungan antara Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi di wilayah tersebut berimbang.

"Tapi kita menargetkan untuk Bandung Raya, kita bisa meraih kemenangan 50 sampai 60 persen," kata Ace.

Dia pun menyatakan, Partai Golkar akan memaksimalkan kerja agar bisa meraih kemenangan di kawasan Bandung Raya.

"Kita harapkan dengan Golkar, PPP, dan Abah Ma'ruf yang secara intensif melakukan penggalangan kekuatan di Bandung Barat dan Kabupaten Bandung, ini bisa mendorong kemenangan di 2019," jelas Ace.

Dia menuturkan, salah satu kekuatan yang diandalkan untuk meraih suara Jokowi-Ma'ruf adalah menggalakkan kekuatan dari ulama dan santri.

"Salah satunya cara adalah menggalakkan kekuatan dari kiai, ulama, dan santri," pungkas Ace.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Edy Rahmayadi Pernah Semprot 3 Pemain Ini

Posted: 19 Jan 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Edy Rahmayadi menanggalkan jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI pada Minggu (201/1/2019). Dia mundur saat Kongres PSSI di Hotel Sofitel Bali.

"Pada kesempatan ini saya menyatakan mundur dari ketua PSSI, dengan syarat besarkan PSSI. Saya serahkan bendera ini. Saya berhenti dengan sah detik ini," ujar mantan Pangkostrad tersebut.

"Saya serahkan kepemimpinan ini, akan dilanjutkan. Saya tidak mau ada yang mengkhianati keputusan saya ini," ujar Edy dalam pidatonya di Kongres PSSI.

Sebagai seorang Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi terkenal dengan beberapa aksi kontroversinya. Bahkan, dia pernah menyemprot tiga pemain yang menolak panggilan Timnas Indonesia.

Siapa saja yang pemai yang pernah kena semprot Edy Rahmayadi selama menjadi Ketua Umum PSSI? Simak di halaman berikutnya.

 

 

Rezaldi Hehanusa

Pemain Persija Jakarta, Rezaldi Hehanusa. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Edy Rahmayadi sempat geram dengan tingkah bek sayap Persija Jakarta, Rezaldi Hehanusa yang menolak membela Timnas Indonesia U-22, kala masih dilatih Luis Milla.

Bule, sapaan Rezaldi, menolak panggilan dari Luis Milla pada Mei 2017, kala Timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan untuk SEA Games 2017 di Malaysia. Rezaldi tak hadir karena sedang cedera, tapi sang pemain malah kedapatan bermain untuk Persija saat kalah dari Persela Lamongan.

"Jika ada pemain yang tidak bersedia membela Timnas Indonesia lebih baik keluar dari Indonesia," ucap Edy Rahmayadi saat ditemui di acara Invitasi antar wartawan yang dilaksanakan PSSI Pers di GOR Soematri, Kuningan, Jakarta.

 

Andri Syahputra

Wonderkid Indonesia Andri Syahputra. (Facebook)

Pemain muda yang merumput di Watar, Andri Syahputra, sempat kena semprot Gubernur Sumatera Utara tersebut. Andri disebut Edy Rahmayadi tidak memiliki jiwa nasionalisme.

Andri memilih untuk membela Timnas Qatar U-19 ketimbang mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19, yang dilatih Indra Safri. Bahkan, Edy ingin mengusir Andri dari Indonesia.

"Andri kita doakan mau dipanggil masuk Timnas Indonesia. Kalau dia tidak mau, berarti dia bukan orang Indonesia. Silahkan keluar dari Indonesia," ujar Edy.

 

Emil Audero

Kiper Juventus keturunan Indonesia, Emil Audero. (AFP/Paul Crock)

Februari 2017, PSSI melakukan pendataan pemain berdarah Indonesia yang berkarier di luar negeri. Salah satu pemain yang menarik perhatian adalah, Emil Audero Mulyadi, kiper muda Juventus.

Emil Audero dilahirkan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, dia memiliki ayah asli Indonesia, Edi Mulyadi. Namun, sang kiper ternyata lebih memilih bergabung dengan Timnas Italia karena ingin menjadi suksesor Gianluigi Buffon.

Tentunya, pilihan Emil Audero itu membuat berang Edy Rahmayadi. Emil pun dicap sombong oleh mantan Pangkostrad itu. "Ada orang kita bernama Emil Audero Mulyadi yang dari Juventus, tapi sombongnya minta ampun," kata Edy Maret 2017.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Definisi Nyeleneh "Mantan" Bikin Ingat Masa Lalu

Posted: 19 Jan 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kandasnya hubungan percintaan tentu menyisakan luka di hati setiap orang. Meski sulit, kenyataannya putus cinta tetap harus dihadapi dengan ikhlas.

Usai putus cinta, tentu banyak dari kalian yang memutuskan untuk tidak berhubungan lagi dengan mantan. Artikel tentang definisi nyeleneh "mantan" ala warganet terpopuler di kanal Citizen6 Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni gagal mencapai target, karyawan dipaksa merangkak di jalan. Adapun artikel ketiga terpopuler adalah orang kelahiran bulan ini yang berpotensi menjadi kaya dan terkenal.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Definisi Nyeleneh "Mantan" ala Warganet, Bikin Ingat Masa Lalu

cuitan tentang mantan (foto: twitter/@mcgonggo)Berbicara mengenai mantan nyatanya banyak warganet yang memiliki definisi unik tentang orang yang pernah mengisi hati mereka tersebut. Tak jarang yang memberikan jawaban nyeleneh tentang definisi mantan dengan menggunakan hashtag #MantanItu.

Selengkapnya...

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

2. Gagal Capai Target, Karyawan Dipaksa Merangkak di Jalan

(Foto: Hukuman/Worldofbuzz.com)

Apa sebenarnya hukuman yang pantas untuk seorang karyawan yang gagal mencapai target? Sebuah perusahaan Tiongkok menerapkan aturan yang tidak manusiawi bagi seluruh karyawannya. Bagi karyawan yang gagal mencapai target penjualan, mereka dipaksa merangkak di jalanan.

Selengkapnya...

 

3. Orang yang Lahir pada Bulan Ini Berpotensi Menjadi Kaya dan Terkenal

Ilustrasi (iStock)

Setelah menikah, pasangan suami istri tentunya akan menantikan kehadiran bayi kecil yang akan menghidupkan suasana rumah dengan tangis dan tawa. Mereka tentu juga mengharapkan anak-anak tersebut kelak dapat menjadi seseorang yang memiliki masa depan baik.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salah Tulis Nama Jurnalis Muslim Amerika, Vogue Minta Maaf

Posted: 19 Jan 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Salah seorang jurnalis muslim Noor Tagouri mendapatkan perlakukan kurang menyenangkan dari Vogue Magazine, baru-baru ini. Diketahui, Vogue salah menuliskan namanya dalam keterangan foto. Bukan Tagouri, majalah asal Amerika Serikat itu menuliskan nama belakang sang jurnalis menjadi Bukhari, merujuk pada Noor Bukhari, seorang aktris, sutradara, dan model asal Pakistan.

Pengalaman ini sangat membuat patah hati Noor Tagouri. Ia membagikan pengalaman tersebut lewat akun Instagram-nya @noor. Pada unggahan tersebut, Noor mengungkap, dirinya sangat patah hati dan hancur karena telah menunggu kemunculan parasnya di Vogue selama satu bulan.

Pada video yang dimaksud, terlihat wajah Noor sangat senang dan bersemangat ketika membuka majalah Vogue. Ia bahkan memamerkan pada teman yang mengabadikan momen tersebut dalam video, di mana dirinya tampil stylish mengenakan busana dari Givenchy. Namun, ketika memerhatikan keterangan foto, raut kekecewaan tidak bisa ditutupi.

Menanggapi hal ini, Vogue mengungkapkan penyesalan dan permintaan maaf mereka lewat akun Instagram @voguemagazine. Vogue merasa sangat senang bekerja sama dalam pemotretan bersama Noor Tagouri.

"Kami sangat senang telah diberi kesempatan untuk memotret Tagouri dan menyoroti pekerjaan penting yang dia lakukan. Kami akan mencoba untuk lebih bijaksana dan berhati-hati dalam pekerjaan kami ke depan, dan kami meminta maaf atas segala rasa malu yang disebabkan Tagouri dan Bukhari," tulis Vogue.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panggung Musik Ini jadi Ajang Pamit Yovie Widianto

Posted: 19 Jan 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Yovie Widianto bakal menggelar pengumuman penting, 8 Februari 2019. Musisi asal Bandung ini akan menyampaikan mundur dari Yovie & Nuno, band yang didirikannya.

Adalah panggung musik Love Festival Vol.3 Love is Live, 9 Concerts in 1 Nights yang jadi ajang pamit Yovie Widianto. Panggung itu digagas oleh Dino Hamid dari Berlian Entertainment bersama Hype Festival dan Panorama Live.

Yovie & Nuno bakal manggung bersama 8 band lainnya, yaitu Padi Reborn, Kerispatih, GIGI, Project Pop, Element, Nidji, Project Pop, Pure Saturday dan Maliq & D'Essentials. Panggung dgelar di Jakarta Convention Center.

"Panggung Love Festival jadi panggung terakhir saya di Yovie & Nuno," ungkap Yovie Widianto di sela-sela press conference acara di CGV Blitz Grand Indonesia, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jadi Produser

Sukses diraih Yovie and Nuno.

Yovie & Nuno adalah band pop yang didirikan Yovie Widianto tahun 2004. Saat itu, Yovie sudah berkibar dengan band Kahitna yang didirikan sejak akhir tahun 1980-an. 

Mundurnya Yovie di Yovie & Nuno rupanya bukan tanpa sebab. "Saya mundur sebagai pemain. Support sebagai produser saja di belakang panggung," kata musisi berusia 51 tahun itu.

Kegiatan Yovie & Nuno yang padat membuat Yovie Widianto memutuskan tak lagi bersama di panggung.

"Tawaran manggung banyak. Semua semangat. Ke kota ini ke kota itu. Saya belum tentu bisa ikuti semua. Faktor U hahahaha. Daripada membebani mereka, kan mereka harus berkembang. Ya saya lebih baik tak ikut. Kalau di Kahitna saya masih manggung," tambahnya.

Anak-anak Muda

Yovie & Nuno (Foto: Deki Prayoga/Bintang.com)

Berbeda dengan personel Kahitna, yang rata-rata seumuran, usia personel Yovie & Nuno jauh di bawah Yovie Widianto. Di panggung 8 Februari mendatang, all formations Yovie & Nuno bakal dihadirkan. Termasuk vokalis lama seperti Dudi Oris dan Gail dan drummer Rere.

Itu berarti bakal ada 4 vokalis yang tampil di panggung Love Festival Vol.3 di Jakarta Convention Center tersebut. Dan, di ajang itulah Yovie Widianto akan memperkenalkan keyboardist baru Yovie & Nuno, sebagai pengganti dirinya. Siapa dia?

"Rahasia. Tunggu saja nanti hehehe," jawab Yovie Widianto.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Bakal Ekspor Tanduk ke Jerman

Posted: 19 Jan 2019 08:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Indonesia akan mengekspor tanduk sapi dan kerbau ke Jerman. Hal ini merupakan yang pertama di mana tanduk-tanduk tersebut diekspor dalam kondisi utuh.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Kementerian Pertanian (Kementan) Fini Murfiani mengatakan, memang sudah ada permintaan dari pengusaha asal Jerman untuk komoditas tanduk tersebut. Oleh sebab itu, saat ini eksportir di Indonesia tengah mempersiapkan tanduk-tanduk untuk bisa segera diekspor.

‎"Ada permintaan dari Jerman untuk produk tanduk, jadi yang nonpangan. Ini kita lagi siapkan. Ini berasal dari RPH yang sudah ber-NKV (nomor kontrol veteriner). Jadi lebih mutu dan keamanannya sudah lebih bagus. Dan persyaratannya tentang tenaga kerjanya," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu (20/1/2019).

Menurut Fini, memang sebelumnya Indonesia sudah mengekspor tanduk ke negara lain, namun dalam bentuk produk jadi seperti kerajinan. Namun untuk produk tanduk utuh, ekspor ke Jerman ini akan menjadi yang pertama.

"Ini baru pertama kali. Yang sudah-sudah dalam bentuk kerajinan, seperti hiasan dari tanduk, itu sudah banyak. Itu sudah barang jadi. Mereka minta kita supaya dipercepat, apa yang harus dipersyaratkan, siapa yang mengeluarkan, persyaratan G to G (government to government)," kata dia.

 

Kirim 1 Kontainer

Untuk tahap awal, rencananya Indonesia akan mengirim sebanyak 1 kontainer. Nantinya tanduk-tanduk tersebut akan diolah agar menjadi bahan baku bagi produk lain seperti seperti untuk obat-obatan.

‎"Yang siap 1 kontainer. Tanduk itu diolah macam-macam. Bisa dalam bentuk gelatin, untuk kapsul, untuk kosmetik. Diolah lagi memang di sana. Itu diurai, ada bermacam-macam yang terkandung di dalam tanduk, dipisah-pisah komponen-komponennya. Jadi untuk obat-obatan," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Mampu Beri Nafkah, Pria di Jombang Aniaya Istri

Posted: 19 Jan 2019 08:23 PM PST

Patroli, Jombang - Dengan tangan diborgol, seorang pria pelaku penganiayaan terhadap istrinya digiring petugas Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Jombang, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (20/1/2019), kejadian bermula saat korban meminta nafkah kepada pelaku, namun tidak dipenuhi. Keduanya terlibat pertengkaran, hingga terjadi perisitiwa penganiayaan.

Pelaku yang kesal menghajar korban hingga mengalami luka di bagian wajah.

Akibat perbuatanya, pelaku terancam Undang-Undang Kekerasan Dalam Rumah Tangga dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Unik Iringi Mundurnya Edy Rahmayadi dari Ketum PSSI

Posted: 19 Jan 2019 08:21 PM PST

Liputan6.com, Nusa Dua - Edy Rahmayadi memutuskan mundur dari jabatan Ketua Umum PSSI ketika membuka Kongres Tahunan PSSI, Minggu (20/1/2019) di Nusa Dua, Bali. Ini keputusan mengejutkan dari pria berusia 57 tahun tersebut.

Sesungguhnya, desakan Edy Rahmayadi mundur sudah nyaring terdengar sejak lama. Terutama karena kegagalan Timnas Indonesia di sejumlah level usia.

Selain itu, Edy Rahmayadi juga dinilai sudah tidak fokus memimpin PSSI, terutama setelah dia terpilih sebagai Gubernur Sumatera Utara. Edy Rahmayadi merangkap tiga jabatan sekaligus, Ketum PSSI, Gubernur Sumut, dan Ketua Dewan Pembina PSMS Medan.

Puluhan ribu suporter Timnas Indonesia menandatangani petisi online meminta Edy Rahmayadi mundur. Namun, petisi tersebut sempat diabaikan oleh mantan Pangkostrad ini.

Beberapa kali Edy Rahmayadi menegaskan menolak mundur dari kursi Ketum PSSI. Sederet kontroversi juga dia lakukan semasa menjalani jabatan Ketum PSSI.

Namun, ada sejumlah catatan terkait mundurnya Edy Rahmayadi dari jabatan Ketum PSSI. Berikut daftar fakta uniknya.

 

 

 

 

5 Fakta Unik

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi saat jumpa pers terkait meninggalnya suporter Persija, Haringga Sirila, di Jakarta, Selasa (25/9). PSSI menghentikan sementara waktu Liga 1 2018 dalam pertandingan putaran ke dalam 18 klub. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

1. Kesedihan Anak Edy Rahmayadi Ayahnya Dicerca

Kritikan dan desakan mundur dari Ketua Umum PSSI sempat tidak memengaruhi Edy Rahmayadi. Namun, Edy mengaku sedih ketika mengetahui anaknya tidak ingin dicerca ketika memimpin PSSI.

"Tapi yang buat saya sedih, karena anak saya sedih, karena tak ingin ayahnya dicerca. Kata anak saya, Ayah sudahlah (berhenti jadi Ketua PSSI)," tuturnya.

2. Pensiun Dini dari Kesatuan TNI

Letnan Jenderal Edy Rahmayadi resmi diberhentikan dari jabatan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Pemberhentian itu dalam rangka pensiun dini dari kesatuan TNI.

Hal itu tercantum dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/12/I/2018 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Kala itu, Edy pensiun dini dari TNI karena mencalonkan diri menjadi Gubernur Sumatera Utara.

Tolak Suap Rp 1,5 Triliun

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua Joko Driyono usai jumpa pers terkait meninggalnya suporter Persija, Haringga Sirila, di Jakarta, Selasa (25/9). PSSI secara resmi menghentikan sementara waktu Liga 1 2018. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

3. Mengaku Tolak Suap Rp 1,5 Triliun

Salah satu anggota Exco PSSI, Refrizal membeberkan fakta mengejutkan tentang Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi dalam acara Mata Najwa. Edy Rahmayadi ternyata sempat ditawari suap Rp 1,5 Triliun.

Refrizal bahkan menyatakan jika Edy sempat menolak suap bernilai triliunan rupiah dari mafia luar negeri. Namun, tidak disebutkan rinci dalam klaim tersebut, suap untuk apa yang ditolak Edy Rahmayadi.

4. Pernyataan-Pernyataan Kontroversial

Edy Rahmayadi dikenal dengan pernyataan-pernyataannya yang kontroversial. Pernyataannya bahkan kerap menjadi meme di media sosial karena dinilai unik.

 

 

Tentara Cinta Sepak Bola

5. Tentara Cinta Sepak Bola

Edy Rahmayadi diketahui memang tentara yang mencintai sepak bola. Sebelum menjadi pembina PSMS Medan, Edy Rahmayadi pernah menjadi Ketua Persatuan Sepak Bola Angkatan Darat (PSAD) pada tahun 2000-2005. Saat itu Edy masih menjabat sebagai Danyon Linud 100 Medan dan PSAD bermain di Divisi 2 PSSI.

Saksikan video pilihan di bawah ini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaksi Warganet Usai Edy Rahmayadi Mundur dari Ketum PSSI

Posted: 19 Jan 2019 08:20 PM PST

Jakarta Edy Rahmayadi mundur dari jabatan Ketua Umum PSSI, Minggu (20/1/2019). Keputusan itu mendapatkan pujian dari warganet yang menilai Edy bersikap jantan.

Keputusan mundur itu diungkapkan Edy Rahmayadi dalam pidatonya ketika membuka Kongres Tahunan PSSI di Bali. Edy juga memohon maaf kepada semua pihak jika dalam kepemimpinannya di PSSI melakukan perbuatan atau perkataan yang tidak baik.

"Saya serahkan bendera ini (PSSI). Saya berhenti dengan sah detik ini, saya tinggalkan dan kepemimpinan ini akan dilanjutkan. Saya tidak mau ada yang mengkhianati keputusan saya ini," kata Edy Rahmayadi.

"Saya mohon maaf sekali lagi apabila ada kata-kata saya yang tidak tepat dan apabila ada perbuatan-perbuatan yang tidak baik. Saya hanya manusia biasa yang berusaha berbuat yang terbaik," lanjut Edy, yang juga Gubernur Sumatra Utara itu.

Seorang warganet menilai keputusan mundur Edy Rahmayadi bagus untuk sepak bola Indonesia. Akun bernama @Ridhobono berharap agar pengurus PSSI yang lainnya meniru sikap jantan Edy.

"Allahuakbar...Anda benar-benar berjiwa besar Pak Edy Rahmayadi. Ini menjadi contoh yang baik buat sepak bola Indonesia. Ini terbaik untuk sepak bola Indonesia. Semoga diikuti seluruh pengurus di bawahnya," kicau akun @Ridhobono.

"Sikap Edy Rahmayadi patut ditiru. Berani mundur dari jabatannya. Mantap," ucap akun @gitaprayudi.

Sementara itu, ada pula yang menyesalkan keputusan mundur Edy Rahmayadi yang membuat tongkat estafet pimpinan PSSI beralih ke Joko Driyono. Menurut Nanda Mahardiya, hal itu sama sama tak akan membawa perubahan ke tubuh PSSI.

"Edy Rahmayadi mundur dari Ketum PSSI, gantinya sementara Joko Driyono.. Yo podo wae! Sami mawon! Sama Aja! Ra Mutu!!," ujarnya dalam akun @nandamaharditya.

Dengan mundurnya Edy Rahmayadi, tongkat kepemimpinan PSSI saat ini dipegang Joko Driyono. Seusai berpidato, Edy pun langsung meninggalkan lokasi kongres PSSI yang berada di Sofitel, Nusa Dua, Bali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Edy Rahmayadi: Ketum PSSI Jabatan Suci

Posted: 19 Jan 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Bali - Edy Rahmayadi mundur dari kursi Ketua Umum PSSI. Pengunduran diri itu disampaikan pada pidato pembukaan Kongres Tahunan PSSI di Hotel Sofitek Nusa Dua, Minggu 20 Januari 2019.

Usai menyatakan mundur, Edy Rahmayadi kemudian menyerahkan estafet kepemimpinannya kepada Joko Driyono selaku Wakil Ketua Umum PSSI.

"Sesuai dengan aturan organisasi, ketika Ketua Umum mundur, maka Wakil Ketua Umum yang menggantikan. Silakan maju ke depan Pak Joko. Wakil Ketua Umum PSSI mengemban tugas sampai batas waktu yang diagendakan setelah ini," kata Edy Rahmayadi.

Edy kemudian menyerahkan bendera PSSI kepada Joko Driyono sebagai simbol estafet kepemimpinan di tubuh federasi tertinggi sepakbola dalam negeri itu.

Selanjutnya, Edy berpesan kepada peserta kongres yang memiliki niat menjadi Ketua Umum menggantikan dirinya untuk mendaftarkan diri sesuai prosedur yang ditentukan.

"Kalau mau jadi ketua, daftar yang baik. Ini jabatan suci. Kalau ada yang berpikir ingin kaya dengan menjadi ketua PSSI, hentikan. Karena PSSI bukan untuk itu," tegas Gubernur Sumatera Utara itu.

"Saya serahkan bendera ini. Detik ini saya sah (bukan lagi Ketum PSSI). Saya serahkan kepemimpinan ini untuk dilanjutkan. Saya tidak mau ada yang mengkhianati keputudan saya ini. Saya mohon maaf apabila ada kata yang tak tepat, perbuatan tak baik. Saya manusia biasa. Saya berbuat terbaik, tapi inilah kemampuan saya. Bersatu kalian besarkan PSSI kita," tuturnya.

Jabat Sejak 2016

Edy Rahmayadi sendiri terpilih sebagai ketua umum PSSI pada tahun 2016. Dia mengganti La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Tekanan untuk Edy Rahmayadi mundur terus berhembus sejak dirinya terpilih menjadi Gubernur Sumut.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Satpol PP Tertibkan PKL Car Free Day di Kawasan Bundaran HI

Posted: 19 Jan 2019 08:15 PM PST

Satpol PP DKI Jakarta menertibkan PKL yang berdagang di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/1). Penertiban dilakukan karena telah membuat ketidaknyamanan bagi para pengunjung CFD yang ingin berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Satpol PP DKI Jakarta menertibkan PKL yang berdagang di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/1). Penertiban dilakukan karena telah membuat ketidaknyamanan bagi para pengunjung CFD yang ingin berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Satpol PP DKI Jakarta menertibkan PKL yang berdagang di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/1). Penertiban dilakukan karena telah membuat ketidaknyamanan bagi para pengunjung CFD yang ingin berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Satpol PP DKI Jakarta menertibkan PKL yang berdagang di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/1). Penertiban dilakukan karena telah membuat ketidaknyamanan bagi para pengunjung CFD yang ingin berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Satpol PP DKI Jakarta menertibkan PKL yang berdagang di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/1). Penertiban dilakukan karena telah membuat ketidaknyamanan bagi para pengunjung CFD yang ingin berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Satpol PP DKI Jakarta menertibkan PKL yang berdagang di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/1). Penertiban dilakukan karena telah membuat ketidaknyamanan bagi para pengunjung CFD yang ingin berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Satpol PP DKI Jakarta menertibkan PKL yang berdagang di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/1). Penertiban dilakukan karena telah membuat ketidaknyamanan bagi para pengunjung CFD yang ingin berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Satpol PP DKI Jakarta menertibkan PKL yang berdagang di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/1). Penertiban dilakukan karena telah membuat ketidaknyamanan bagi para pengunjung CFD yang ingin berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Satpol PP DKI Jakarta menertibkan PKL yang berdagang di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/1). Penertiban dilakukan karena telah membuat ketidaknyamanan bagi para pengunjung CFD yang ingin berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Satpol PP DKI Jakarta menertibkan PKL yang berdagang di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/1). Penertiban dilakukan karena telah membuat ketidaknyamanan bagi para pengunjung CFD yang ingin berolahraga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

YPP Gelar Operasi Katarak Gratis di RSCM Kirana

Posted: 19 Jan 2019 08:03 PM PST

Fokus, Jakarta - Yayasan Pundi Amal dan Peduli Kasih SCTV-Indosiar, kembali menggelar operasi katarak gratis pada warga kurang mampu di RSCM Kirana, Jakarta Pusat, Sabtu pagi, 19 Januari kemarin.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (20/1/2019), operasi diikuti puluhan warga se-Jabodetabek yang mayoritas dari mereka telah lanjut usia. Sebelum menjalani operasi, para pasiean terlebih dulu diperiksa mata kataraknya, sebelum diopersi tim dokter mata RSCM Kirana.

Bagi para pasien, operasi katarak yang digelar dirasakan sangat membantu. Mereka mengaku gembira karena pengelihatannya sudah normal, setelah sebelumnya terganggu. Mereka berharap, kegiatan bakti sosial operasi katarak terus ditingkatkan, sehingga dapat membantu warga kurang mampu menyembuhkan mata katarak.

Setelah menjalani operasi, pasien diberikan obat-obatan untuk penanganan mata pascaoperasi. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Sikap Walikota Cirebon Soal Dukungan di Pilpres 2019

Posted: 19 Jan 2019 08:01 PM PST

Liputan6.com, Cirebon - Suasana Politik Pilpres 2019 semakin terlihat dan memanas. Pernyataan sikap dukungan terhadap capres terus mengalir dari berbagai lapisan masyarakat termasuk Walikota Cirebon Nashrudin Azis.

Kader Partai Demokrat (PD) ini membuat heboh suasana politik di Kota Cirebon. Azis menyatakan, sikap mendukung pasangan Capres nomor urut 01, Joko Widodo - Ma'ruf Amin.

"Setiap manusia memiliki hak utamanya adalah hak pribadi saya berbicara saat ini berbicara sedang menggunakan hak pribadi sebagai Nashrudin Azis yang juga salah satu warga Indonesia bukan sebagai kepala daerah," kata Azis saat Deklarasi Nashrudin Azis dukung Jokowi - Ma'ruf Amin di Cirebon, Sabtu (19/1/2019).

Dia menjelaskan, sikapnya memilih Jokowi - Ma'ruf Amin ingin memisahkan tugas sebagai kepala daerah dan hak politik secara pribadi.

Dia mengaku dalam setiap sikap yang dikeluarkan pasti menimbulkan konsekuensi. Namun, dia yakin perbedaan pilihan tersebut tidak berpengaruh kepada tugasnya membesarkan partai besutan SBY.

"Insya Allah sebagai sesama warga negara Indonesia teman-teman satu partai dengan saya maupun yang lain bisa memahami sikap pribadi saya," kata dia.

Azis menegaskan sikapnya memilih Jokowi - Ma'ruf Amin bukan pembelotan. Dia mengatakan, hingga saat ini masih dipercaya sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Cabang (MPC) Partai Demokrat Kota Cirebon.

Azis mengaku, pilihan tersebut tanpa dibicarakan terlebih dahulu di internal partai. Dia menyatakan akan tetap berupaya membesarkan Partai Demokrat ditengah perbedaan sikap dan dukungannya dalam Pilpres 2019.

"Sampai saat ini tidak ada permasalahan dan menurut kacamata saya sikap saya ini pertimbangannya melihat Indonesia kedepan jadi saya mendukung untuk pak Jokowi melanjutkan kepemimpinannya," kata dia.

Tanggapan Demokrat Cirebon

Walikota Cirebon Nashrudin Azis menyatakan dukungannya secara pribadi kepada pasangan Jokowi Maruf Amin. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Azis mengatakan akan berupaya agar Jokowi - Ma'ruf Amin memenangkan suara di Kota Cirebon. Namun, dia menegaskan tidak menjadi bagian dari tim pemenangan capres.

Dia mengatakan, tareget perolehan suara pada Capres nomor urut 1 di Kota Cirebon adalah 70 persen.

"Saya tidak masuk dalam tim pemenangan tapi akan berupaya berjuang sesuai keyakinan saya agar pak Jokowi dapat kesempatan memimpin lagi," kata dia.

Terpisah Ketua DPC Partai Demokrat Muhammad Handarujati Kalamullah mengatakan, sikap Azis dari sisi etika politik tidak baik. Dia menegaskan, pernyataan sikap yang dikeluarkan Azis bukan momentum spesial.

Dia menganggap pilihan Azis mendukung capres nomor urut 1 adalah lumrah sebagai warga negara.

"Ini adalah sikap pribadi selaku walikota cirebon walaupun dalam kapasitas sebagai ketua Majelis Pertimbangan Cabang (MPC) Partai Demokrat Kota Cirebon dan sebagai sekretaris MPC di tingkat Jawa Barat," kata dia.

Dia mengakui, sejauh ini internal Partai Demokrat tidak pernah diajak berbicara. Oleh karena itu, dia menyerahkan kepada pengurus DPD dan DPP terkait konsekuensi yang akan diberikan kepada Azis.

"Saya sudah sampaikan kejadian demi kejadian kepada ketua DPP Herman Khaeoran dan Irfan Suryanegara Ketua DPD Jabar. Termasuk juga ke ke Ketua Timgab Prabowo Sandi tingkat Kota bahwasannya sikap PD tetap bersama Prabowo Sandi," ujar pria yang akrab disapa Andru.

Dia memastikan perbedaan sikap tersebut tidak berpengaruh terhadap elektabilitas partai. Mulai dari suara hingga potensi perpecahan di internal Partai Demokrat Kota Cirebon.

"Kami sudah intruksikan kepada seluruh kader agar tidak terjadi perpecahan dan benar-benar menjaga fatsun tingkat pusat untuk tetap berada di barisan Prabowo - Sandi," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mundur dari Ketum PSSI, Edy Rahmayadi Sindir Manajer Persib

Posted: 19 Jan 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Bali - Edy Rahmayadi mengambil keputusan mengejutkan. Bukannya membuka Kongres Tahunan PSSI, Minggu (20/1/2019), ia justru mengumumkan pengunduran dirinya. Keputusannya itu sudah dipertimbangkan matang-matang dan demi kepentingan PSSI ke depan.

Usai menyatakan mundur, Gubernur Dumatera Utara itu menyindir Manajer Persib Bandung, Umuh Muhtar. "Mungkin lebih pantas Umuh pimpin di sini. Silakan. Jangan ada teriak di luar. Tunjukkan kedewasaan," kata Edy Rahmayadi.

Menurutnya, persoalan internal PSSI yang diumbar ke luar oleh Umuh menjadi preseden buruk citra Indonesia di mata dunia internasional. "Karena bangsa lain melihat, apa kata orang luar? Indonesia primitif," ujarnya.

Meski bulat mengundurkan diri, Edy Rahmayadi menyebut bukan tak sedikit pihak yang tetap memintanya memimpin federasi tertinggi sepak bola Indonesia itu. Namun, demi kebaikan dan kebesaran PSSI Edy menolak hal tersebut.

"Tadi disampaikan keep strong. Kalau saya ikuti emosi ini nanti tak baik untuk PSSI. Karena kita saling mencintai (kalau saya bertahan) nanti akhirnya kalian berkelahi. Biar saya keluar dari rumah ini biar kaliaan akur, saling menyayangi demi PSSI," ucapnya.

 

Jabat Sejak 2016

Edy Rahmayadi sendiri terpilih sebagai ketua umum PSSI pada tahun 2016. Dia mengganti La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Tekanan untuk Edy Rahmayadi mundur terus berhembus sejak dirinya terpilih menjadi Gubernur Sumut.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syuting Game of Thrones, Sophie Turner Dilarang Keramas

Posted: 19 Jan 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Tak bisa dipungkiri, serial sukses Game of Thrones telah melejitkan karier Sophie Turner. Namun baru-baru ini, calon ipar Priyanka Chopra ini membuka satu rahasia tentang serial Game of Thrones yang terbilang sedikit jorok.

Dilansir dari Ace Showbiz, Sabtu (19/1/2019), Sophie Turner mengaku ia tak boleh keramas saat menjalani syuting beberapa musim serial ini. Terutama, di musim-musim terbaru Game of Thrones.

Ternyata, aturan ini diberlakukan demi kepentingan plot cerita yang diangkat dari novel karya George R R Martin tersebut.

"Untuk beberapa musim awal, aku diizinkan keramas karena aku adalah gadis muda yang berasal dari keluarga bangsawan," tuturnya dalam sebuah wawancara kepada In Style.

Ubah Warna Rambut

Sophie Turner. (AFP/Frederick M. Brown)

Hal ini, akhirnya berubah setelah memasuki tahun kelima. "Memasuki musim kelima mereka memintaku untuk tidak keramas dan itu terasa begitu menjijikkan," kata Sophie Turner.

Ini, ditambah ia mengalami masalah kerusakan rambut karena terlalu sering mengubah warna. Perempuan yang aslinya berambut pirang ini, memang harus mewarnai rambutnya menjadi kemerahan, seperti yang tertulis dalam novel aslinya.

 

Pakai Wig

Namun masalah rambut tersebut ternyata menjadi keuntungan tersendiri baginya. Pasalnya, ia jadi diharuskan menggunakan wig.

"Sekarang aku mengenakan wig, jadi aku bisa keramas kapan pun aku mau, terasa menyenangkan. Tapi, ya, untuk beberapa tahun aku hidup dengan rambut berminyak," kata Sophie Turner.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Keseruan Kegiatan Millennial Road Safety Festival 2019 di Bundaran HI

Posted: 19 Jan 2019 08:00 PM PST

Aksi flashmob saat kegiatan Millenial Road Safety Festival' di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (20/1). Kegiatan Millennial Road Safety Festival tersebut merupakan kampanye keselamatan berlalu lintas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi flashmob saat kegiatan Millenial Road Safety Festival' di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (20/1). Kegiatan Millennial Road Safety Festival tersebut merupakan kampanye keselamatan berlalu lintas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan grup band RAN saat kegiatan Millenial Road Safety Festival' di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/1). Kegiatan Millennial Road Safety Festival tersebut merupakan kampanye keselamatan berlalu lintas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan grup band RAN saat kegiatan Millenial Road Safety Festival' di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/1). Kegiatan Millennial Road Safety Festival tersebut merupakan kampanye keselamatan berlalu lintas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah Polwan berpose saat mengikuti kegiatan Millenial Road Safety Festival' di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/1). Kegiatan ini yang secara spesifik ditujukan pada kelompok millennial berusia 17-35 tahun. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah Polwan berpose saat mengikuti kegiatan Millenial Road Safety Festival' di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/1). Kegiatan ini yang secara spesifik ditujukan pada kelompok millennial berusia 17-35 tahun. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi flashmob saat kegiatan Millenial Road Safety Festival' di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (20/1). Kegiatan Millennial Road Safety Festival tersebut merupakan kampanye keselamatan berlalu lintas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi flashmob saat kegiatan Millenial Road Safety Festival' di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (20/1). Kegiatan Millennial Road Safety Festival tersebut merupakan kampanye keselamatan berlalu lintas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi flashmob saat kegiatan Millenial Road Safety Festival' di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (20/1). Kegiatan Millennial Road Safety Festival tersebut merupakan kampanye keselamatan berlalu lintas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi flashmob saat kegiatan Millenial Road Safety Festival' di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (20/1). Kegiatan Millennial Road Safety Festival tersebut merupakan kampanye keselamatan berlalu lintas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi flashmob saat kegiatan Millenial Road Safety Festival' di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (20/1). Kegiatan ini yang secara spesifik ditujukan pada kelompok millennial berusia 17-35 tahun. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi flashmob saat kegiatan Millenial Road Safety Festival' di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (20/1). Kegiatan ini yang secara spesifik ditujukan pada kelompok millennial berusia 17-35 tahun. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan grup band RAN saat kegiatan Millenial Road Safety Festival' di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/1). Kegiatan Millennial Road Safety Festival tersebut merupakan kampanye keselamatan berlalu lintas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan grup band RAN saat kegiatan Millenial Road Safety Festival' di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/1). Kegiatan Millennial Road Safety Festival tersebut merupakan kampanye keselamatan berlalu lintas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Negosiasi Shutdown, Donald Trump Usulkan Kebijakan Baru Imigrasi kepada Demokrat

Posted: 19 Jan 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Sebagian pemerintahan Amerika Serikat masih 'ditutup'. Demokrat masih enggan memberikan 'suara' untuk meloloskan anggaran yang hendak digunakan oleh Donald Trump untuk membangun tembok perbatasan Meksiko-AS.

Namun, Trump tak tinggal diam. Berbagai upaya terus dilakukan oleh Presiden ke-45 Negeri Paman Sam ini untuk mendirikan dinding "impiannya". Salah satunya adalah menawarkan beberapa kebijakan baru terkait imigrasi kepada Demokrat pada Sabtu, 19 Januari 2019.

Hal ini juga disebut Trump sebagai usaha untuk mengakhiri shutdown. Namun, usulan itu ditolak oleh partai oposisi tersebut, bahkan sebelum ia berpidato.

"Kami harap mereka (Demokrat) akan memberikan dukungan yang antusias, dan saya pikir banyak yang akan melakukannya," kata Donald Trump mengenai Demokrat, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (20/1/2019). "Sayap kiri yang radikal tidak akan pernah boleh mengontrol perbatasan. Saya tidak akan pernah membiarkannya terjadi."

​Dalam pidatonya, yang disiarkan langsung dari Ruang Resepsi Diplomatik Gedung Putih pada Sabtu siang, Trump menyerukan agar petugas federal yang mengurusi kontrol imigrasi, ditambah sebanyak 2.750 orang lagi.

Ia pun menuntut US $5,7 miliar untuk membangun pembatas baja sepanjang 370 kilometer di perbatasan Meksiko-Amerika Serikat.

"Waktunya merebut kembali masa depan kita dari suara-suara ekstrem yang takut berkompromi dan menuntut perbatasan terbuka. Karena itu, saya di sini, pada hari ini, untuk memecah kebuntuan tersebut," seru Donald Trump mengakhiri pidatonya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Efek Penutupan Pemerintahan, Donald Trump Beri Tamu Makanan Cepat Saji

Presiden AS Donald Trump menghidangkan makanan cepat saji di Gedung Putih , sebagai dampak dari penutupan sementara pemerintahan negeri itu (AP/Susan Walsh)

Sementara itu sebelumnya, Donald Trump dikabarkan secara pribadi membayar makanan yang disajikan kepada tim sepak bola Clemson University, selama perayaan kejuaraan nasional mereka di Gedung Putih pada Senin, 14 Januari 2019 malam.

Dikutip dari CNN pada Selasa, 15 Januari 2019, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa dia menyuguhkan berbagai menu dari McDonald's, Wendy's, dan Burger King, serta beberapa kotak piza lokal.

Wakil juru bicara Gedung Putih, Hogan Gidley, mengatakan bahwa sang presiden selalu ingin mengadakan acara yang menyenangkan untuk semua rakyat Amerika, termasuk merayakan raihan juara nasional oleh tim Clemson Tigers.

"Karena Demokrat menolak untuk berunding tentang keamanan perbatasan, banyak staf di Gedung Putih ikut terdampak. Jadi Presiden Trump secara pribadi membayar perayaan hari ini dengan beberapa makanan cepat saji favorit semua orang," katanya.

Jamuan hidangan cepat saji itu dilakukan oleh Donald Trump setelah dirinya kembali dari perjalanan singkat ke Kota New Orleans, negara bagian Louisiana, untuk berpidato di hadapan para pendukung tembok perbatasan.

"Anda tahu kami memiliki tim Clemson yang hebat di sini, juara nasional. Namun, karena penutupan pemerintahan, jadi kami keluar untuk memesan makanan cepat saji khas Amerika, dibayar oleh saya. Banyak hamburger, banyak pizza, jangan ragu (kemari)", ujar Trump.

Donald Trump beralasan bahwa tim olahraga Clemson akan menikmati makanan cepat saji: "Kami memiliki beberapa orang dengan tubuh besar yang suka makan. Jadi saya pikir kita akan bersenang-senang sedikit."

Berdiri di belakang meja yang penuh dengan makanan cepat saji, Trump mempromosikan makan malam untuk tim olahraga Clemson itu sebagai "makanan Amerika yang lezat."

Ditanya oleh wartawan apakah dia lebih suka McDonald's atau Wendy's--dua jaringan restoran cepat saji terbesar di AS--Trump berkata: "Jika itu Amerika, saya menyukainya. Itu semua makanan Amerika."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: