Jumat, 18 Januari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Siap Melawan Tesla, Nissan Perkenalkan Mobil Listrik Sedan IMs

Posted: 18 Jan 2019 10:10 PM PST

Liputan6.com, Detroit - Nissan terlihat semakin serius menggarap pasar mobil listrik. Baru-baru ini, pabrikan asal Jepang tersebut memperkenalkan mobil konsel listrik bernama Nissan IMs di North American International Auto Show 2019, Detroit.

Nissan IMs Concept hadir dengan desain baru yang revolusioner. Bagian interior mobil ini terbilang unik dengan konsep tempat duduk 2+1+2 untuk menciptakan segmen kendaraan yang benar-benar baru. Sedan sport bertenaga listrik ini berpenggerak all-wheel drive serta mampu berkendara otonom secara penuh.

 "Konsep Nissan IMs yang berbeda ini mewakili kelahiran segmen kendaraan yang sama sekali baru," ujar Denis Le Vot, Wakil Presiden Senior sekaligus Ketua Komite Manajemen, Nissan North America.

Le Vot juga mengumumkan setelah peluncuran Nissan LEAF e+ di Consumer Electronics Show 2019, Nissan akan kembali merilis 7 kendaraan listrik baru di 2022.

IMs Concept memiliki desain eksterior dan interior unik dengan teknologi Nissan Intelligent Mobility. Nissan memiliki visi perusahaan yaitu untuk mengubah sumber tenaga mobil menjadi full elektrik yang dapat berjalan sendiri dan terintegrasi ke dalam masyarakat.

 

 

Selanjutnya

Mobil ini sepenuhnya mengadopsi tiga pilar Nissan Intelligent Mobility yaitu Intelligent Driving, Intelligent Power, dan Intelligent Integration. IMs Concept ini memiliki tujuan untuk menciptakan masrayakat aktif yang diimplementasikan dalam bentuk kendaraan listrik yang dapat berkendara secara nirsopir dan memiliki teknologi konektivitas, jelas Le Vot.

Mobil konsep Nissan ini ditenagai sepasang motor listrik yang diletakkan di bagian depan dan belakang kendaraan. Dengan meletakan motor listrik di 2 posisi berbeda, distribusi bobot menjadi lebih ideal serta mampu meningkatkan traksi dan kemampuannya melibas tikungan.

Keandalannya dalam menikung tak terlepas dari penggunaan air-suspension canggih. Peredam kejut tersebut dapat beradaptasi otomatis dengan kondisi jalanan yang berbeda.

Dua motor listrik pada mobil ini menghasilkan tenaga 483 Tk dan torsi 800 Nm serta baterai 115 kwh yang dapat berjalan hingga 611 km untuk sekali pengisian daya.

Sumber: Otosia.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Kalau Dapat KUR Jangan Buat Beli Baju

Posted: 18 Jan 2019 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di Desa Cisaat, Leuwigoong, Garut, pada Sabtu (19/1/2019) pagi. Kehadirannya untuk meninjau Gerakan Mengawal Musim Tanam Oktober-Maret 2017/2019 dan Kewirausahaan Pertanian.

Di lokasi acara yang terletak di sebuah sekolah SD dan di tepi persawahan yang luas, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo kemudian meninjau produk-produk petani yang telah dipasarkan melalui Bumdes Shop, BUMN Shop, dan Perta Shop.

Di lokasi yang sama sudah hadir masyarakat setempat yang berkerumun untuk menyaksikan kunjungan Presiden Jokowi. Banyak dari mereka yang tetap bekerja menanam padi di lahan yang terletak di sisi lokasi acara.

Setelah meninjau pameran produk, Jokowi kemudian menuju tepian sawah, berjongkok di pematang, lalu mengobrol dengan petani yang sedang bertanam padi. Selama sekitar 10 menit, Presiden berinteraksi dengan para petani, ia kemudian menyampaikan pidato dan pesan-pesan agar petani bisa mengembangkan diri melalui kewirausahaan pertanian.

Jokowi saat berpidato juga memanggil dua petani yakni satu orang petani yang telah mendapatkan KUR dan seorang lainnya adalah petani yang baru akan dan ingin mengakses KUR.

Asep, warga Kampung Muara Hilir berkesempatan untuk maju dan mengaku sudah mendapatkan KUR sebesar Rp 3 juta. Presiden menanyakan peruntukan dana tersebut, dan Asep menjawab seluruhnya digunakan untuk kepentingan produksi pertanian.

"Kalau dapat KUR, saya titip ya, jangan dipakai pinjaman KUR untuk beli baju, beli jaket, atau motor. Hati-hati, enggak bisa mengembalikan. Pinjam KUR itu gunakan seluruhnya untuk menutup biaya-biaya ongkos produksi. Seperti tadi yang disampaikan Pak Asep, bisa untuk ongkos tanam pekerja, bisa untuk beli pupuk, bisa untuk beli bibit," kata Jokowi dikutip dari Antara.

Asep mengaku saat musim panen yakin bisa mengembalikan pinjaman itu karena biasanya mendapat Rp 10 juta dari hasil tanam padinya.

 

Hitung dengan Tepat

Presiden Joko Widodo saat meninjau rumah yang telah dipasang listrik gratis di Kampung Pasar Kolot, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1). Pemasangan listrik gratis diberikan kepada keluarga prasejahtera. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara warga lain Eli Yulianti juga berkesempatan berdialog dengan Presiden. Meski belum mendapatkan pinjaman, ia ingin mengakses KUR sebesar Rp 5 juta untuk kepentingan mengolah sawah.

Presiden berpesan kepada para petani agar mengkalkulasi dengan matang saat akan meminjam uang ke bank.

"Saya titip seluruh petani, kalau mau pinjam ke bank tolong kita sudah punya itung-itungan. Saya titip, satu saja, kalau mau pinjam ke bank tolong dihitung dan penggunaannya jangan keluar dari ongkos-ongkos yang berkaitan dengan sawah dan padi yang mau kita tanam," katanya.

Presiden Jokowi mengatakan di Kabupaten Garut masih banyak potensi dan kesempatan yang bisa digali.

"Bisa tanam padi, bisa tanam jagung, tadi saya lihat juga ada yang menanam jeruk dan berhasil. Saya kira bagus sekali. Tanaman itu tidak harus hanya padi saja," katanya.

Pada kesempatan itu Presiden didampingi Menteri BUMN Rini Soewandi, Mensos Agus Gumiwang, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump dan Kim Jong-un Sepakat Bertemu Kembali pada Akhir Februari 2019

Posted: 18 Jan 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengabarkan bahwa Donald Trump dan Kim Jong-un sepakat mengadakan pertemuan puncak kedua menjelang akhir Februari 2019.

Pengumuman itu disampaikan oleh Kantor Oval di Gedung Putih pada Jumat 18 Januari, setelah menerima kunjungan resmi dari tangan kanan pemimpin Korea Utara, Kim Yong-chol.

Dikutip dari The Guardian pada Sabtu (19/1/2019), Kim Yong-chol --yang merupakan veteran intelijen-- bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo selama satu jam di sebuah hotel di Washington DC, dan kemudian menghabiskan lebih dari satu setengah jam dengan Donald Trump di Gedung Putih.

Setelah utusan Korea Utara itu meninggalkan Gedung Putih, juru bicara Trump, Sarah Sanders, mengeluarkan pernyataan yang mengkonfirmasi bahwa pertemuan puncak lainnya dengan Kim Jong-un akan segera berlangsung, tetapi lokasi dan waktu resminya belum diputuskan.

Sanders mengatakan Trump dan Kim Yong-chol telah membahas "denuklirisasi dan pertemuan puncak kedua, yang akan berlangsung menjelang akhir Februari".

"Presiden Trump berharap untuk bertemu dengan Ketua Kim di tempat yang akan diumumkan kemudian," tambahnya.

Para diplomat AS telah memeriksa lokasi di Pasifik untuk pertemuan puncak kedua, termasuk Hanoi, Bangkok dan Hawaii, di mana Ibu Kota Vietnam dipandang potensial saat ini.

Sebagai salah satu hasil pertemuan di Kantor Oval pada hari Jumat, utusan khusus AS, Stephen Biegun, akan bertemu dengan mitranya dari Korea Utara, Choe Son-hui, di Stockholm selama akhir pekan ini, guna mencoba mengembangkan agenda lebih pada pada gelaran KTT mendatang.

Sebelumnya, Korea Utara terus menolak untuk bertemu dengan Biegun, dan lebih memilih berdiskusi dengan Pompeo langsung, atau Trump, atas alasan efisiensi.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Tidak Memicu Perubahan Substansial

Presiden AS Donald Trump  berjabat tangan dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dalam pertemuan bersejarah di resor Capella, Pulau Sentosa, Selasa (12/6). Kim dan Trump hadir di depan jurnalis dengan latar belakang bendera Korut dan AS. (AP/Evan Vucci)

Sejak KTT pertama di Singapura pada 12 Juni 2018, Korea Utara telah menunda uji coba senjata nuklirnya, dan Trump membatalkan latihan militer gabungan dengan Korea Selatan,

Akan tetapi, hal itu tidak memicu perubahan substansial dalam program nuklir Korea Utara, yang menurut klain Trump, akan mengikuti komitmen di Singapura.

Pemerintahan Trump --dan juga beberapa pemerhati internasional-- menuding Pyongyang melanjutkan pengayaan uranium dan meningkatkan produksi rudal. Hal ini lah yang kemudian memicu AS mempertimbangkan untuk meningkatkan beban sanksinya kepada Korea Utara.

Pekan ini, wakil presin AS, Mike Pence, mengakui bahwa Washington masih "menunggu langkah konkret" dari rezim Kim Jong-un. Selain itu, Negeri Paman Sam juga meluncurkan rencana memperluas sistem pertahanan rudal secara signifikan, sebagian besar dirancang untuk melawan apa yang disebut Pentagon sebagai "ancaman luar biasa" dari Korea Utara.

Di lain pihak, Pyongyang menegaskan bahwa pihaknya tidak akan melucuti secara sepihak, dan menuntut pelonggaran sanksi internasional, sebelum kembali menawarkan konsesi pada program nuklirnya.

Kim Jong-un juga menuntut jaminan keamanan dari AS, dan mengakhiri status konflik Perang Korea 1950-53 secara formal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akses Jalan Magelang - Purworejo Sudah Bisa Dilewati Usai Diterjang Longsor

Posted: 18 Jan 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Magelang - Jalan Purworejo - Magelang yang sempat ditutup material longsor sekitar 25 meter, kini sudah bisa dilalui di dua arah.

Kepala Badan SAR Kabupaten Magelang Heri Prawoto menjelaskan tidak ditemukan korban jiwa dalam peristiwa itu. Pembersihan material longsor masih dilakukan untuk memberi kenyamanan pengguna jalan.

"Sudah bisa tembus sekarang jalan Magelang Purworejo, tinggal pembersihan pakai semprot air," katanya Sabtu, (18/1/2019).

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang Edy Susanto di Magelang, Jumat (18/1/2019), longsor terjadi pada Jumat dinihari. Penyebabnya hujan dengan intensitas yang sangat tinggi.

"Kejadian longsor dipicu oleh hujan yang terjadi sejak Kamis (17/1/2019) sore dan saat ini di lokasi juga masih gerimis," katanya.

Ia menuturkan dengan adanya longsor tersebut akses Magelang-Purworejo tertutup total dan tidak ada jalan alternatif.

"Kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian agar arus kendaraan yang akan melewati jalur tersebut dialihkan agar tidak terjadi penumpukan arus kendaraan di lokasi longsor," katanya.

Hujan yang turun sejak Kamis, 17 Januari 2019 juga mengakibatkan tanah longsor di Dusun Gejiwan, Desa Krasak, Kecamatan Salaman di dua titik. Material longsor menutup akses jalan ke Dusun Gejiwan

Ia menyampaikan tanah longsor juga terjadi di Dusun Krambetan, Desa Jogomulyo, Kecamatan Tempuran mengakibatkan satu rumah terdampak longsor. Selain itu, terjadi longsor di Dusun Kebonagung Wetan, Desa Jogomulyo, Kecamatan Tempuran mengakibatkan akses jalan di dusun tersebut tertutup longsoran.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Menarik Bek Barcelona Gerard Pique

Posted: 18 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Gerard Pique adalah produk binaan Barcelona. Dia sempat bergabung dengan Manchester United selama empat musim sebelum kembali ke Barcelona pada 2008.

Bersama Barcelona, Pique telah memenangkan semua gelar juara. Mulai dari Liga Spanyol, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub.

Tak hanya itu, kariernya bersama timnas Spanyol pun cukup mengesankan. Pique ikut mengangkat trofi Piala Dunia dan Piala Eropa.

Namun, bek Barcelona berusia 31 tahun itu tidak hanya andal di lapangan hijau. Pique ternyata juga memiliki bakat di bidang lainnya.

Berikut 4 fakta menarik Gerard Pique seperti dikutip dari Sokka:

4. Kuliah di Universitas Harvard

Bek Barcelona Gerard Pique. (AFP/Lluis Gene)

Selain sebagai pesepak bola, Gerard Pique ternyata seorang pebisnis andal. Semua yang disentuhnya berubah menjadi emas!

Sadar kariernya tidak akan bertahan selamanya, Pique memulai studi bisnisnya pada 2017. Dia bahkan diterima Universitas Harvard, di mana dia berusaha meraih gelar Master of Business Administration.

3. IQ Tinggi

Pemain Barcelona Gerard Pique merayakan golnya saat melawan AS Roma pada pertandingan Liga Champions di stadion Camp Nou di Barcelona (4/3). Barcelona menang 4-1 ketika menjamu AS Roma. (AP Photo / Manu Fernandez)

Anda tidak dapat menyangkal bahwa Pique sangat cerdas. Ayahnya mengungkapkan pada 2012 silam Pique memiliki IQ 140.

Ini luar biasa karena 90% populasi dunia memiliki IQ berkisar antara 85 dan 115. Kecerdasan, pendidikan, dan koneksinya telah memungkinkan Pique menciptakan kerajaan bisnis.

2. Jago Investasi

Bek Barcelona Gerard Pique (kanan). (LLUIS GENE/AFP)

Pique adalah kepala perusahaan bisnis investasi terbuka dengan modal variabel. Menurut beberapa sumber, bisnis ini mungkin bernilai lebih dari US$ 16 miliar, tetapi Pique tidak puas.

Dia berinvestasi dalam segala bidang, seperti video game, kacamata, daging ... tidak ada yang terlarang! Dia juga berinvestasi di televisi dengan menciptakan Kosmos Media Group.

Kosmos sudah menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan sehingga Federasi Tenis Internasional telah mempercayainya dengan reformasi Piala Davis. Mulai 2019, Piala Davis akan menjadi Piala Dunia yang mempertemukan 18 negara terbaik untuk berhadapan lebih dari seminggu. Kosmos akan berinvestasi 3,4 miliar dalam proyek ini.

"Tidak ada yang melihatnya datang. Itu luar biasa! Kami berbicara tentang perubahan besar yang membuktikan seberapa baik Piqué mengetahui bisnis," kata Jordi Arese, mantan kapten tim tenis nasional Spanyol.

1. Keluarga dan Karier

Bek Barcelona Gerard Pique. (AFP/Pau Barrena)

Gerard Pique menikah dengan salah satu penyanyi paling populer di dunia, Shakira. Dia memiliki dua anak dari wanita cantik asal Kolombia itu. Mereka telah hidup bersama sejak 2010 lalu.

Kisah asmaranya dengan Shakira menambah karier suksesnya di sepak bola. Pique telah menenangkan 1 Piala Dunia, 1 Piala Eropa, 3 Liga Champions, 3 Piala dunia Antarklub, dan 7 gelar La Liga Spanyol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebijakan Bagasi Pesawat Berbayar Bikin Pengusaha Oleh-Oleh Batam Ketar-ketir

Posted: 18 Jan 2019 10:00 PM PST

Batam - Kebijakan bagasi berbayar yang diterapkan beberapa maskapai nasional tak hanya berdampak kepada penumpang. Pengusaha oleh-oleh di Batam kini ketar-ketir karena penjualan buah tangan produksi UMKM turun hingga 40 persen.

"Yang paling terkena dampaknya itu UMKM, karena Batam terkenal dengan oleh-olehnya. Dampaknya 30 hingga 40 persen," kata Wakil Ketua Kadin Provinsi Kepulauan Riau bidang UMKM, Andi Bola di Batam, Jumat, 18 Januari 2019, dilansir Antara.

Selama ini, kata dia, Batam dikenal sebagai daerah tujuan wisata dengan banyak oleh-oleh, mulai dari penganan khas, hingga barang-barang bermerek yang dibawa dari negara jiran, Singapura dan Malaysia. Biasanya pelancong atau warga kota membawa banyak barang bawaan sebagai buah tangan untuk kerabat.

Dengan kebijakan pesawat yang menerapkan bagasi berbayar, pelancong maupun warga kota yang bepergian menggunakan pesawat jadi berpikir ulang untuk membawa oleh-oleh.

"Orang yang tadinya mau belanja, beli oleh-oleh jadi mikir. Baru pengumuman saja mereka sudah berpikir," kata dia.

Ia mengatakan pengusaha yang bergerak di bidang buah tangan di Batam sudah banyak yang mengadu ke Kadin Kepri terkait kendala yang mereka hadapi. "UKM yang sudah besar saja mikirnya sudah siap-siap, apa bisa diteruskan atau tidak," kata Andi Bola.

Daya Tarik Batam Berkurang

Pesawat Lion Air yang jatuh regitrasi PK-LQP jenis Boieng 737 MAX 8 jatuh di Kawarang. (Humas Lion Air)

Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Ardiwinata sepakat dengan Andi Bola. "Ini tentu berpengaruh, karena Batam itu wisata belanja," kata dia.

Daya tarik Batam sebagai kota wisata belanja menjadi berkurang, karena pelancong tidak lagi leluasa membawa barang bawaan. Ia berharap pemerintah pusat membuat regulasi agar ada kebijakan yang dapat menekan harga tiket pesawat domestik.

"Kami berharap harga normal tidak mengurangi perlindungan keselamatan bagi penumpang," kata Ardi.

Terpisah, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kota Batam, Mansur mengatakan berdasarkan hunian di hotel saja, jumlah wisatawan nusantara yang datang ke Batam menurun hingga 50 persen saat ini.

"Batam ini kota transit. Mereka (wisatawan nusantara) kini memilih langsung ke Singapura. Ini jelas berpengaruh ke hotel di Batam," kata dia.

Ia berharap pemerintah mengintervensi harga tiket pesawat domestik, agar pariwisata nusantara bisa hidup dan berkembang seperti dulu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandra Dewi Puas Menikah dengan Harvey Moeis

Posted: 18 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin Sandra Dewi bisa dikategorikan sebagai salah satu artis Tanah Air yang telat untuk menikah. Pecinta karakter Disney ini baru dinikahi oleh kekasihnya, Harvey Moeis di usia yang sudah menginjak 33 tahun.

Di saat banyak orang yang berlomba-lomba menikah di usia muda, Sandra Dewi justru tidak menyesal menikah di usia yang sangat matang. Ia justru sangat bahagia karena bertemu dengan pria yang tepat, di waktu yang tepat.

"Saya sangat puas menikah telat," kata Sandra Dewi dalam unggahan terbaru di Instagram Stories-nya, pada Sabtu (19/1/2019).

Artis berusia 35 tahun itu pun memberi pandangan bahwa tak masalah menikah telat, demi mencari pasangan hidup yang baik.

"Buat yang jomblo dan belum menikah, jangan buru-buru, enjoy. Pilih pasangan yang terbaik, jangan menikah karena umur," imbuh ibunda Raphael Moeis tersebut.

Tertutup Soal Cinta

(Sweet Escape)

Sebelum menikah Dengan Harvey Moeis, Sandra Dewi adalah artis yang sangat tertutup mengenai kehidupan pribadinya, termasuk percintaan. Bintang sinetron ini tak pernah mengumbar kisah cintanya kepada publik.

Karena hubungan asmaranya tersimpan rapat, alhasil Sandra Dewi sempat mendapat tudingan miring. Apalagi, kala itu ia tak kunjung menikah meski usianya sudah sangat matang.

Perawan Tua

Sandra Dewi

"Jadi selama bertahan-tahun netizen bilang, kok jomblo, enggak laku. Perawan tua enggak masalah. Karena sebenarnya saya selalu punya pacar. Makanya enggak boleh ngejudge. We never know," kata Sandra Dewi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Adem, Grup Kasidah Nyanyi Bareng Suster Gereja

Posted: 18 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Warganet dihebohkan dengan beredarnya video grup kasidah yang bernyanyi bareng suster gereja. Video ini pun menuai banyak komentar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemenang Tender Satelit Multifungsi Diumumkan Akhir Kuartal I 2019

Posted: 18 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Tahuna - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengatakan bahwa pemenang tender proyek satelit multifungsi akan diumumkan pada akhir kuartal I 2019.

Setelahnya akan dilakukan tandatangan kontrak sebelum pembangunan satelit dimulai. Pemenang tender akan membangun, meluncurkan, dan mengoperasikan satelit.

"High throughput satellite akan diumumkan pemenang tendernya pada akhir kuartal pertama ini, setelah itu langsung tanda tangan kontrak. Financial closing-nya kita harapkan paling lama dalam waktu enam bulan," ungkap Rudiantara saat ditemui di Terminal Station Palapa Ring Tengah di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jumat (18/1/2019).

Pembangunan satelit multifungsi ini diperkirakan akan memakan waktu paling lama tiga tahun. Oleh sebab itu, ia memperkirakan satelit tersebut akan sudah ada di orbit pada akhir 2022.

"Membangun satelit itu kurang 26 bulan, termasuk dengan desain mungkin paling lama 3 tahun. Jadi akhir 2022 harus sudah ada di slot orbit," tuturnya.

Tujuan utama proyek ini yaitu menghubungkan sekolah, Puskesmas dan kantor desa atau kelurahan di seluruh Indonesia dengan jaringan internet.

Kemkominfo menilai saat ini terdapat 150 ribu fasilitas umum, termasuk sekolah, kantor pemerintah, kantor administrasi polisi dan militer, serta rumah sakit dan puskesmas, yang memerlukan konektivitas internet.

Perkuat Infrastruktur Telekomunikasi

Menkominfo, Rudiantara, di depan Terminal Station Palapa Ring Tengah di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Liputan6.com/Andina Librianty

Kehadiran satelit ini akan kian menguatkan infrastruktur telekomunikasi. Terlebih lagi, pembangunan serta optik proyek Palapa Ring untuk memberikan akses internet di seluruh wilayah Indonesia, akan rampung pada pertengahan tahun ini.

Sebelum satelit multifungsi mengorbit, pemerintah untuk sementara akan menyewa satelit lain.

"Kita harus sewa dulu punya yang lain agar cepat karena Puskemas, sekolah, dan lainnya tidak bisa menunggu. Setelah sewa, nanti tinggal dialihkan saja antenanya, di-repointing," tutur Rudiantara.

Pembangunan satelit multifungsi ini akan memakan biaya yang jauh lebih besar daripada Palapa Ring. Sama dengan Palapa Ring, proyek ini juga menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dengan masa konsesi 15 tahun.

Skema pengembalian investasi berasal dari pembayaran ketersediaan layanan (availability payment), dan diberikan penjaminan pemerintah (government guarantee).

"Kurang lebih harga satelitnya sekarang US$ 600-US$700 juta. Namun karena kita beroperasi 15 tahun ada avaibility payment yang harus disediakan, jadi tentunya nilainya akan lebih besar daripada Palapa Ring," jelas Rudiantara.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenag Punya Pusat Layanan Keluarga Sakinah, Ini 4 Programnya

Posted: 18 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agam Republik Indonesia baru saja membentuk pusat layanan keluarga sakinah. Pusat layanan ini bertujuan menjadikan kehidupan berkeluarga menjadi lebih baik.

Kepala Sub Unit Keluarga Sakinah Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam, Adib Mahrus, mengatakan, pembentukan pusat layanan keluarga sakinah ini juga merupakan bentuk transformasi Kantor Urusan Agama (KUA).

"Kami mencoba menggulirkan program pusaka sakinah agar mentransformasi kegiatan formalistik KUA kepada orientasi kebutuhan masyarakat, mendampingi, memberi bimbingan, advokasi, mediasi, dan konsultasi," ujar Adib dikutip dari laman kemenag.go.id, Jumat 18 Januari 2019.

Adib, melanjutkan, dalam memberikan advokasi, bimbingan, dan beberapa penjelasan kepada masyarakat terkait keluarga sakinah, penyuluh agama dan penghulu harus saling bersinergi sesuai dengan amanat Undang-undang (UU) Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

 

4 Program Layanan Keluarga Sakinan

Lebih lanjut, pusat layanan keluarga sakinah ini memiliki empat program utama. Yakni administrasi manajemen KUA (Aman), belajar rahasia nikah (Berkah), konseling mediasi, pendampingan dan advokasi (Kompak) dan layanan bersama ketahanan keluarga Republik Indonesia (Lestari).

"Keempat program tersebut merupakan unggulan dan setiap kabupaten/kota menunjuk satu piloting," ungkap Adib.

Ia berharap, fungsi KUA itu tidak hanya sebagai tempat untuk pencatat nikah saja. Menurutnya, penyuluhan pra dan pasca nikah menjadi tanggung jawab KUA untuk mewujudkan keluarga sakinah.

"Kita ingin layanan KUA harus bertransformasi ke arah perbaikan," kata dia.

Penulis : Muhammad Ilman Nafi'an/ Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orang yang Lahir pada Bulan Ini Berpotensi Menjadi Kaya dan Terkenal

Posted: 18 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah menikah, pasangan suami istri tentunya akan menantikan kehadiran bayi kecil yang akan menghidupkan suasana rumah dengan tangis dan tawa. Mereka tentu juga mengharapkan anak-anak tersebut kelak dapat menjadi seseorang yang memiliki masa depan baik.

Kalian memang tak bisa merencakanan kapan atau bulan apa anak kalian akan dilahirkan, namun nampaknya mereka yang melahirkan di bulan Januari dan Februari pantas berbahagia. 

Dilansir dari Mirror.co.uk, berdasarkan hasil studi dikatakan bahwa banyak anak yang dilahirkan atau berulang tahun di bulan Januari dan Februari akan menjadi seseorang yang kaya dan terkenal. Ini adalah sebuah kesimpulan yang diambil berdasarkan jumlah selebritas tertinggi adalah mereka yang berzodiak Aquarius.

Penelitian ini dilakukan dengan memilih secara random orang-orang yang berbeda dari berbagai lapisan masyarakat, yang mana penelitian ini dilakukan secara acak. The Journal of Social Sciences lantas menemukan bahwa sebagian besar bintang Hollywood lahir antara 20 Januari dan 18 Februari.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Seperti Jennifer Aniston

Jennifer Aniston (Rich Fury / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Seperti selebriti ternama Jennifer Aniston yang memiliki zodiak aquarius, bayi-bayi yang dilahirkan pada bulan Januari dan Februari dikatakan akan menjadi seorang yang kaya dan terkenal. Tak hanya Jennifer, artis lainnya yang memiliki bintang Aquarius diantaranya adalah Oprah Winfrey, dan Christian Ronaldo.

Orang-orang yang dipilih pada penelitian ini seperti kalangan politikus, ilmuwan, penulis, atlet, penyanyi, aktor, dan selebritis. Dari 100 sampel meningkat ke 200 dan 300 sampel, dinyatakan bahwa sebagian besar dari mereka berzodiak Aquarius.

Kenapa aquarius? Aquarius digambarkan sebagai seorang yang energik, imajinatif, dan mandiri sehingga dirinya dianggap sebagai orang yang memiliki karirr tinggi dengan kreatifitas dan kepercayaan diri yang dimilikinya. Sifat-sifat yang dimiliki oleh zodiak aquarius dianggap sebagai sifat yang mendukung untuk memiliki karier atau menjadi seseorang yang terkenal layaknya para artis Hollywood. Hal ini juga diselaraskan dengan hasil penelitian yang menyebutkan mayoritas artis Hollywood memiliki zodiak ini.

Reporter:

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Saat Jokowi Ikut Cukur Rambut Massal di Bawah Pohon

Posted: 18 Jan 2019 09:48 PM PST

Presiden Joko Widodo disaksikan Ibu Negara Iriana saat mengikuti acara cukur rambut massal di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Dalam acara cukur rambut massal ini, rambut Jokowi dicukur oleh tukang cukur langganannya, Herman. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo disaksikan Ibu Negara Iriana saat mengikuti acara cukur rambut massal di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Dalam acara cukur rambut massal ini, rambut Jokowi dicukur oleh tukang cukur langganannya, Herman. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo saat mengikuti acara cukur rambut massal di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Tak hanya Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono  ikut memangkas rambutnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo saat mengikuti acara cukur rambut massal di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Tak hanya Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono ikut memangkas rambutnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo melihat warga mengikuti acara cukur rambut massal di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Dalam acara cukur rambut massal ini, rambut Jokowi dicukur oleh tukang cukur langganannya, Herman. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo melihat warga mengikuti acara cukur rambut massal di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Dalam acara cukur rambut massal ini, rambut Jokowi dicukur oleh tukang cukur langganannya, Herman. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo disaksikan Ibu Negara Iriana bersiap mengikuti cukur rambut massal di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Dalam acara cukur rambut massal ini, rambut Jokowi dicukur oleh tukang cukur langganannya, Herman. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo disaksikan Ibu Negara Iriana bersiap mengikuti cukur rambut massal di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Dalam acara cukur rambut massal ini, rambut Jokowi dicukur oleh tukang cukur langganannya, Herman. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo saat mengikuti acara cukur rambut massal di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Tak hanya Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono  ikut memangkas rambutnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo saat mengikuti acara cukur rambut massal di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Tak hanya Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono ikut memangkas rambutnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo saat mengikuti acara cukur rambut massal di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Tak hanya Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono  ikut memangkas rambutnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo saat mengikuti acara cukur rambut massal di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Tak hanya Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono ikut memangkas rambutnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melihat warga mengikuti acara cukur rambut massal di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melihat warga mengikuti acara cukur rambut massal di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timses: Masyarakat Apresiasi Saat Prabowo Joged di Debat Capres

Posted: 18 Jan 2019 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno, Sudirman Said mengklaim sikap Prabowo-Sandi di debat perdana capres-cawapres 17 Januari 2019 lalu mendapat apresiasi masyarakat.

Sebab, kata dia, Prabowo-Sandi berhasil membawa warna dalam debat dengan gerakan berjoget dan memijat ketika ingin meminta izin pada moderator debat untuk merespon pertanyaan dari capres petahana Joko Widodo.

"Prabowo-Sandi diapresiasi masyarakat karena berhasil memberikan warna," kata Sudirman di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1/2019).

Menurut Sudirman, pemilu ini adalah ajang adu kebaikan. Sehingga tidak perlu telalu tegang namun tetap mengedepankan subtansi debat.

"Pemilu ini adu kebaikan bukan ketegangan bukan permusuhan. Jadi adegan joget dan pijat itu hal sederhana," ungkapnya.

Kritisi KPU

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) era Presiden Joko Widodo ini juga mengkritisi penyelenggaraan debat kemarin. Sudirman menilai sebelum dimulainya debat Komisi Pemilihan Umum (KPU) terlalu over protektif pada peserta debat.

"Yang menojol sejak awal memproteksi yang berlebihan. Semangat memproteksi itu berlebih," ungkapnya.

Dia melanjutkan, seharusnya ajang debat kemarin bisa menjadi alat untuk membuat masyarakat mengerti kualitas dari pasangan calon. Keberadaan kisi-kisi dan keterbatasan waktu, tambah Sudirman justru sangat membatasi pasangan calon untuk memberikan gagasan tentang masalah bangsa dengan lebih lugas.

"Respon spontan yang ditunggu publik masyarakat ingin melihat seberapa bagus," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siluman Laut Tiba di Tanah Air dalam Film Horor 11:11 Apa yang Kau Lihat?

Posted: 18 Jan 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Film 11:11 Apa yang Kau Lihat? produksi Layar Production dan Cinema Delapan, bakal meramaikan layar bioskop Indonesia. Film berjenis horror-adventure inisiap tayang di bioskop Tanah Air pada bulan depan, tepatnya 21 Febuari 2019.

Executive Produser Layar Production, Fitrin Hapsarin Sukainah, belum lama ini, menyampaikan kabar tersebut. di sela-sela peluncuran poster dan trailer film 11:11 Apa yang Kau Lihat? Film ini merupakan film horor pertama Indonesia yang mengangkat mahluk halus laut atau lebih tepatnya siluman dalam laut.

"Alhamdulillah film 11:11 Apa yang Kau Lihat? yang kami produksi, akan tayang di bioskop seluruh Indonesia, 21 Febuari 2019 ini. Dengan trailer film yang kami garap ini, diharapkan memancing minat masyarakat pecinta film nasional datang ke bioskop untuk berbondong-bondong menyaksikan film horor yang disajikan secara berbeda dari film-film horor nasional yang pernah ada," ujar Fitrin kepada wartawan dalam sebuah keterangan tertulis.

Fitrin menjelaskan lebih jauh, "Dengan genre adventure horor sebagai pembeda, emosi penonton juga digoreng dengan sosok Siluman Laut yang menyeramkan dan menakutkan, penuh amarah, dendam ketika dirinya diusik manusia yang usil dan serakah. Inilah gambaran salah satu kekuatan film ini."

Kesurupan

11:11 Apa yang Kau Lihat?. (Layar Production dan Cinema Delapan)

Pemeran Siluman Laut dilakoni oleh bidan cantik Iin Hermayani. Dalam sebuah keterangan tertulis, disampaikan bahwa ia sampai kesurupan ketika adegan itu dilakoni. Awalnya, Iin sedang dirias sebagai Siluman Laut. Ia mengaku ketika itu di dalam tubuhnya seperti ada yang berbeda. Tanpa sadar, tiba-tiba Iin mengalami kesurupan usai syuting selama kurang lebih dua jam.

"Alhamdulillah akhirnya ada orang pintar yang berhasil mengusir Siluman Laut dari tubuhku," aku Iin yang pada saat itu tengah syuting di sebuah pulau di Lampung yang konon kabarnya memang dihuni Siluman Laut.

Meskipun begitu, sebulan kemudian saat Iin bertemu paranormal Panglima Langit, Siluman Laut tersebut ternyata masih mengikuti Putri Pariwisata asal Lampung ini. Sang Siluman Laut pun akhirnya benar-benar pergi dari Iin setelah diberi pertolongan oleh Panglima Langit.

Pesona Alam yang Indah

11:11 Apa yang Kau Lihat?. (Layar Production dan Cinema Delapan)

"Pengalaman Iin yang berperan jadi Siluman Laut hingga kesurupan dan terus diikuti ke mana ia pergi, merupakan kisah yang menarik bagian dari film ini dan akan lebih seru lagi, jika menyaksikan aksi Iin di layar lebar, di film 11:11 Apa Yang Kau Lihat di bioskop Febuari ini," timpal Fitrin.

"Kekuatan lain yang menonjol dalam film ini, selain menampilkan hantu yang beda dari film horor yang pernah digarap untuk film nasional. Penonton dimanjakan dengan pesona alam yang indah karena mengambil lokasi suting di objek wisata di Lampung dan Bali, Juga alur ceritanya yang kuat dan menegangkan," timpal Kei Ratnasari Co Produser, dimana film ini juga mengambil lokasi suting di Jakarta.

Dengan berbagai kelebihan yang disampaikan kakak beradik Kei dan Hapsarin begitu sapaan akrab filmmaker muda nan kreatif ini, mereka berdua optimis bahwa film 11:11 Apa Yang Kau Lihat?, akan disukai banyak penonton film nasional.

Ditambah dengan para pemain yang dihadirkan, yang tidak asing lagi aksinya di layar lebar, seperti Rendy Kejaenet, Twindy Rarasati, Bayu Anggara, Fauzan Smith, Toriq, Lady Nayoan, Iin Hermayani dan lain-lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap-Siap, 7 Ruas Tol Trans Jawa Ini Tak Lagi Gratis Mulai Senin 21 Januari

Posted: 18 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) resmi akan memberlakukan tarif di beberapa ruas tol Trans Jawa yang pada akhir 2018 telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

VP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan di ruas yang dikelolanya akan resmi diberlakukan tarif pada Senin 21 Januari 2019.

"Jadi pada 21 Januari 2019 pukul 00.00 WIB akan resmi kita berlakukan tarif di beberapa ruas tol Trans Jawa," kata Heru ketika dikonfirmasi Liputan6.com, Sabtu (19/1/2019).

Dari daftar yang diresmikan Presiden Jokowi pada akhir tahun 2018 setidaknya ada tujuh ruas yang dioperasikan oleh Jasa Marga.

Tujuh ruas yang akan diberlakukan tarifnya adalah:

- Jalan Tol Pemalang-Batang

- Jalan Tol Batang-Semarang

- Jalan Tol Semarang-Solo segmen Salatiga-Kartasura

- Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri segmen Wilangan-Kertosono

- Jalan Tol Jombang-Mojokerto Segmen Bandar-Kertosono

- Jalan Tol Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati

- Jalan Tol Surabaya-Gempol Seksi Relokasi Porong-Gempol

Heru menambahkan, dengan telah diberlakukannya tarif di tol Trans Jawa tersebut, para pengendara diimbau untuk selalu mengecek kecukupan saldo sebelum melakukan perjalanan.

"Dan yang pasti elalu waspada saat perjalanan dan semangat berkendara di Jalan Tol Trans Jawa," tutup Heru.

Kemenhub Kaji Rencana Pembukaan Trayek Bus Trans Jawa

Bus yang digunakan Presiden Joko Widodo saat menjajal jalan Tol Trans Jawa, Kamis (20/12). Jokowi menggunakan bus ketika uji coba trans Jawa sepanjang 341 km dari Surabaya menuju Jembatan Kali Kuto, di Kendal, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menggodok rencana trayek baru Jakarta-Surabaya via Tol Trans Jawa.

"Bus Trans Jawa ini kan sebetulnya satu kemajuan. Bahwa kalau ada bus yang menggunakan tol, pasti jarak tempuh itu menjadi lebih pendek. Dan okupansinya akan bertambah dibandingkan dengan yang lain," kata Menteri Perhubungan Budi Karya di Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (8/1).

Dia pun telah menggelar rapat dengan berbagai pihak terkait seperti BUMN operator bus Perum Damri dan operator bus swasta. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan trayek baru nantinya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

"Kita bilang oke kita bikin pioneer bagaimana bus Trans Jawa itu dilakukan. Intinya memang harus ada perintisan yah pertama kali mungkin okupansinya enggak bagus, tapi yang akan datang akan bagus," imbuh Budi.

Dia pun memastikan bahwa kehadiran trayek baru ini tidak akan mengancam kelangsungan bisnis PO swasta yang sudah berjalan selama ini.

"Enggak apa-apa, complimentary saja. Jadi pilihan saja. PO ini nanti bisa lewat tol juga. Kita serahkan Pak Dirjen nanti untuk ngomongin ini bagaimana," ungkapnya.

Rencananya, lanjut Budi akan ada subsidi dari pemerintah untuk menunjang operasional trayek ini di tahap awal. Meskipun demikian, belum ada keputusan detail mengenai besaran dan mekanisme subsidi yang bakal dikucurkan.

"Saya pikir kita tahap awal musti ada subsidi supaya ada daya tarik di sana," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajer MU Masih Percaya Lukaku

Posted: 18 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manajer interim Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer menegaskan Romelu Lukaku tetap bagian dari skuatnya. Striker asal Belgia itu kini lebih sering memulai laga dari bangku cadangan.

Lukaku baru menjadi sekali starter MU sejak Solskjaer menggantikan Jose Mourinho pada Desember 2018. Saat itu, ia bermain saat MU mengalahkan Reading 2-0 di babak ketiga Piala FA.

Lukaku baru tampil dalam tiga laga sebagai pemain pengganti di Liga Inggris dengan mencetak dua gol sejak Solskjaer berkuasa. Juru racik asal Norwegia itu lebih memilih Marcus Rashford, Anthony Martial, dan Jesse Lingard sebagai trio penyerang.

Meski begitu, Solskjaer menegaskan dirinya tetap percaya kepada Lukaku. "Dia bagian besar dari tim, tentunya. Tidak ada yang mencetak gol sebanyak dia dalam latihan," kata Solskjaer seperti dikutip dari Sportskeeda.

"Ada tiga yang paling banyak bermain, tapi kemudian kamu punya Romelu Lukaku, Juan Mata, Alexis Sanchez. Jadi aku punya enam pemain depan depan bisa aku rotasi dan Rom pasti akan bermain," ucap mantan striker MU itu.

Kebijakan Rotasi

Caretaker Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer memberi instruksi pada laga Liga Inggris melawan Huddersfield Town Old Trafford, Rabu (26/12/2018). (Martin Rickett/PA via AP)

Solskjaer mengatakan kebijakan rotasi di lini depan tidak akan mengganggu skuatnya. Sebab, hal itu pernah dia rasakan saat bermain untuk MU.

"Saya dulunya adalah salah satu dari empat striker ketika kami bermain dengan dua. Sekarang kami memiliki enam pemain depan dan kami bermain dengan tiga pemain, terbanyak sepanjang waktu," paparnya.

"Kami akan baik-baik saja untuk dapat merotasi dan ada cukup pertandingan dan waktu bermain."

"Ini tentang mengambil peluang ketika Anda mendapatkannya, dan untuk bersikap adil, Rom sudah mencetak tiga dan Marcus telah mencetak tiga. Paul [Pogba] mencetak empat sejak saya datang ke sini. Terserah striker untuk mengambilnya," pungkas Solsksjaer.

Salip Arsenal

MU berpeluang menyalip Arsenal di peringkat lima klasemen sementara Liga Inggris. Kedua tim saat ini sama-sama memiliki 41 poin, tapi Arsenal unggul selisih gol dari MU.

MU akan menjamu Brighton & Hove Albion di Old Trafford, Sabtu (19/1/2019) malam WIB. Bermain di kandang, Setan Merah diprediksi menang. Apalagi, Paul Pogba dan kolega tengah dalam tren bagus dengan memenangkan enam laga beruntun.

Sementara itu, Arsenal akan melawan Chelsea dalam derby London di Emirates Stadium, Minggu (20/1/2019). Arsenal tengah dalam performa buruk setelah menelan dua kekalahan di laga sebelumnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Presiden Jokowi Tinjau Gerakan Musim Tanam di Garut

Posted: 18 Jan 2019 09:30 PM PST

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno saat blusukan ke area persawahan untuk meninjau Gerakan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018/2019 di Desa Leuwigoong, Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno saat blusukan ke area persawahan untuk meninjau Gerakan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018/2019 di Desa Leuwigoong, Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno saat blusukan ke area persawahan untuk meninjau Gerakan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018/2019 di Desa Leuwigoong, Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno saat blusukan ke area persawahan untuk meninjau Gerakan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018/2019 di Desa Leuwigoong, Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana saat blusukan ke area persawahan untuk meninjau Gerakan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018/2019 di Desa Leuwigoong, Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana saat blusukan ke area persawahan untuk meninjau Gerakan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018/2019 di Desa Leuwigoong, Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana dan Menteri BUMN Rini Soemarno saat blusukan ke area persawahan untuk meninjau Gerakan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018/2019 di Desa Leuwigoong, Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana dan Menteri BUMN Rini Soemarno saat blusukan ke area persawahan untuk meninjau Gerakan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018/2019 di Desa Leuwigoong, Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo berbincang dengan petani di pinggir sawah, di Desa Cisaat, Leuwigoong, Garut, Sabtu (19/1). Kunjungan tersebut untuk meninjau Gerakan Mengawal Musim Tanam Oktober-Maret 2017/2019dan Kewirausahaan Pertanian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo berbincang dengan petani di pinggir sawah, di Desa Cisaat, Leuwigoong, Garut, Sabtu (19/1). Kunjungan tersebut untuk meninjau Gerakan Mengawal Musim Tanam Oktober-Maret 2017/2019dan Kewirausahaan Pertanian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah petani saat mengikuti Gerakan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018/2019 di Desa Leuwigoong, Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah petani saat mengikuti Gerakan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018/2019 di Desa Leuwigoong, Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno saat blusukan ke area persawahan untuk meninjau Gerakan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018/2019 di Desa Leuwigoong, Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno saat blusukan ke area persawahan untuk meninjau Gerakan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018/2019 di Desa Leuwigoong, Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Menikah, Sandra Dewi Curhat Sering Disebut Perawan Tua

Posted: 18 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum menikah Dengan Harvey Moeis, Sandra Dewi adalah artis yang sangat tertutup mengenai kehidupan pribadinya, termasuk percintaan. Bintang sinetron ini tak pernah menunjukkan kekasihnya kepada publik.

Karena hubungan asmaranya tersimpan rapat, alhasil Sandra Dewi sempat mendapat tudingan miring. Apalagi, kala itu ia tak kunjung menikah meski usianya sudah sangat matang.

"Jadi selama bertahan-tahun netizen bilang, kok jomblo, enggak laku, perawan tua enggak masalah. Karena sebenarnya saya selalu punya pacar. Makanya enggak boleh ngejudge. We never know," kata Sandra Dewi di akun Instagramnya, Sabtu (19/1/2019).

Sandra Dewi juga memiliki alasan sendiri mengapa tak pernah mengumbar kisah asmaranya dengan Harvey Moeis kepada publik. Itu karena ia memiliki prinsip yang sangat dipegang teguh.

 

 

Prinsip

(dok. Instagram @sandradewi88/https://www.instagram.com/p/BsCyQychoqb/Putu Elmira)

"Enam tahun sama-sama pacaran lama, enggak pernah ketahuan di media sosial. Baru ketahuan pas prewed dan nikah aja. Prinsip saya selagi pacar belum melamar, tidak ada publikasi," jelasnya.

"Kalau sudah pasti baru deh. Karena buat saya, pacaran, hubungan pribadi, cukup saya, keluarga dan teman-teman dekat yang tahu," sambung Sandra Dewi.

Respons

Sandra Dewi (Dok.Instagram @sandradewi88/https://https://www.instagram.com/p/BpEIYq1gCGE/?hl=en&taken-by=sandradewi88/Dadan Eka Permana)

Unggahan ini pun direspons oleh banyak warganet.

"Ini baru keren....baru punya pacar..yg g tau bakal d halalin apa gak udah d aplutlah poto lagi pelukan..ciuman," kata @reezkyannisasubagyo.

"Hanya orang nyinyir aja bilang perawan tua ga laku..mana ada wanita secantik sandra dewi kagak laku," tambah @etika_damayanti 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK: Pembebasan Abu Bakar Baasyir Bisa Lewat Grasi atau Remisi

Posted: 18 Jan 2019 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla belum mengetahui mekanisme pembebasan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir apakah melalui grasi atau remisi.

"Ya saya bukan ahli hukum, tapi ada bisa lewat grasi, ada lewat penurunan hukuman, remisi. Itu semua diputuskan oleh Menteri Kehakiman (Hukum dan HAM)," kata Wapres JK usai membuka Indonesia Millenial Summit 2019 di Hotel Kempinski Jakarta, Sabtu (19/1/2019).

JK mengatakan pertimbangan Presiden Joko Widodo untuk membebaskan pimpinan jamaah Ansharut Tauhid tersebut dilakukan atas dasar kemanusiaan karena Abu Bakar Baasyir sudah tua dan sakit.

"Ya pertimbangannya kemanusiaan, iya, tanya saja nanti ke Kapolri (Tito Karnavian)," kata JK.

Sebelumnya, penasihat hukum pasangan calon Jokowi-Ma'ruf, Yusril Ihza Mahendra, mengatakan pihaknya berhasil meyakinkan capres petahana tersebut untuk membebaskan Abu Bakar Baasyir dari LP Teroris Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Dalam unggahan di akun Instagram @yusrilihzamhd, Yusril mengatakan Presiden berpendapat bahwa Baasyir harus dibebaskan karena pertimbangan kemanusiaan.

"Baasyir kini telah berusia 81 tahun dan dalam kondisi kesehatan yang makin menurun," kata Yusril dalam unggahan di akun media sosialnya, Jumat 18 Januari 2019.

Pembebasan dalang sejumlah kasus terorisme di Tanah Air itu akan dilakukan pekan depan setelah proses administrasi di LP Gunung Sindur selesai.

"Ba'asyir sendiri minta waktu setidaknya tiga hari untuk membereskan barang-barangnya yang ada di sel penjara. Setelah bebas, Baasyir akan pulang ke Solo dan akan tinggal di rumah anaknya, Abdul Rahim," ujarnya.

Pertimbangan Panjang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut pembebasan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir dilakukan demi alasan dan atas dasar pertimbangan kemanusiaan.

"Yang pertama memang alasan kemanusiaan. Artinya Beliau kan sudah sepuh, ya pertimbangannya kemanusiaan," kata Jokowi usai meninjau Rusun Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah di Desa Nglampangsari, Cilawu, Garut, Jumat (18/1/2019).

Presiden yang menugaskan kuasa hukumnya Yusril Ihza Mahendra untuk mengupayakan pembebasan Baasyir juga membenarkan bahwa kondisi kesehatan Baasyir yang menurun menjadi pertimbangan utama. Meski begitu, ia menegaskan ada banyak pertimbangan lain yang diperhatikan.

"Iya, termasuk kondisi kesehatan, masuk dalam pertimbangan itu. Ini pertimbangan yang panjang. Pertimbangan dari sisi keamanan dengan Kapolri, dengan pakar, terakhir dengan Pak Yusril. Tapi prosesnya nanti dengan Kapolri," ujar Jokowi seperti dikutip Antara.

Kepala Negara mengatakan, keputusan untuk membebaskan Baasyir tidak muncul tiba-tiba atau melalui pertimbangan yang singkat.

"Sudah pertimbangan lama. Sudah sejak awal tahun yang lalu. Pertimbangan lama Kapolri, kita, Menkopolhukam, dan dengan pakar-pakar. Terakhir dengan Pak Prof Yusril Ihza Mahendra," jelas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips dari Yosi Project Pop Bila Edric Tjandra Bertengkar dengan Istri

Posted: 18 Jan 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Edric Tjandra resmi menyandang status baru, yaitu sebagai suami. Saat menggelar pemberkatan di Eternity Chapel, Nusa Dua, Bali, tak sedikit sahabat Edric Tjandra yang hadir.

Selain Geng Tempe dan Menteri Ceria, hadir pula Yosi Project Pop. Dia hadir mengenakan atasan batik.

Yosi Project Pop mengaku senang akhirnya Edric Tjandra melepas status lajang yang cukup lama disandangnya.

"Hari ini akhirnya dia (Edric Tjandra) berani ambil keputusan besar untuk seorang laki-laki berstatus menjadi seorang suami," ungkap Yosi Project Pop, jelang resepsi pernikahan Edric Tjandra, Jumat (18/1/2019).

 

Pertengkaran Biasa

Yosi Project Pop (Zulfa Ayu Sundari/Liputan6.com)

Sebagai seorang teman yang telah 12 tahun menikah, Yosi Project Pop punya cara jitu yang ia bagi untuk Edric Tjandra agar pernikahannya langgeng.

"Kalau pernikahan pasti tidak pernah lepas dari pertengkaran itu wajar, itu proses pendewasaan. Kalau itu terjadi ingat satu hal jangan lah menjadi orang yang mencari siapa yang salah atau benar. Sebagai pemimpin fokuslah pada keputusan yang benar," tutur Yosi.

Biar Langgeng

Edric Tjandra saat melakukan Pre Wedding (Kapanlagi.com)

Yosi Project Pop juga memberi saran kepada Edric Tjandra, untuk bisa saling menerima.

"Jadi diri sendiri, saling menerima satu sama lain, dalam pernikahan yang sulit proses penerimaan. Kita menemukan yang tak kita temuin saat pacaran. Sifat-sifat tersembunyi terlihat saat menikah. Perbedaan-perbedaan saat pernikahan. Jalani dengan santai, penuh cinta dan ketawa," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Konsultasi Soal Potongan Rambut Saat Ikut Cukur Massal di Garut

Posted: 18 Jan 2019 09:13 PM PST

Liputan6.com, Garut - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pejabatnya untuk beramai-ramai mengikuti kegiatan cukur masal sambil menikmati pemandangan Situ Bagendit dan alunan musik khas Sunda di Garut.

Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana tiba di acara cukur masal yang digelar di Situ Bagendit, Garut, Sabtu, sekitar pukul 09.00 WIB.

Di lokasi tersebut sudah berkumpul puluhan pencukur rambut yang sebagian besar telah beraksi memotong rambut para pelanggannya.

Jokowi dan Iriana kemudian berbincang dengan seorang pemotong rambut dan sedikit berkonsultasi mengenai jenis potongan yang sesuai untuk dirinya.

Setelah itu, Jokowi kemudian duduk di kursi menghadap ke arah Situ Bagendit, namun sayang ia tidak bisa leluasa untuk menatap keindahan situ lantaran terhalang dengan kerumunan wartawan yang berebut mengabadikan momen langka tersebut.

"Enggak bisa lihat (Situ Bagendit) saya, terhalang kalian," katanya sambil tertawa seperti dikutip dari Antara.

Bagi yang Tak Punya Rambut

Ia pun mengajak Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Kasetpres, Heru Budi Hartono, dan bergabung belakangan Koordinator Staf Kepresidenan, Teten Masduki yang hanya menikmati layanan pijat karena tidak memiliki rambut.

"Nanti kalau yang lain belum selesai, saya sudah selesai, saya tinggal dulu," kata Jokowi sambil bercanda.

Saat telah selesai bercukur, ia kemudian melihat para pejabatnya yang masih sedang dicukur.

"Lihat Pak Bas jadi lebih rapi ya, kalau yang itu potongnya kependekan," katanya sambil menunjuk ke arah Teten.

Presiden kemudian berkeliling Situ Bagendit untuk melihat-lihat dan menyapa warga setempat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tas Berisi Narkoba Tertinggal di KRL Jurusan Jakarta Kota-Bogor

Posted: 18 Jan 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Pengawalan Kereta (Walka) menemukan satu buah tas di dalam KRL KA 1151 relasi Bogor-Jakarta Kota yang berisi narkoba.

VP Komunikasi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Eva Chairunisa menjelaskan, tas milik salah seorang penumpang yang tertinggal pada Kamis (17/1/2019) sekitar pukul 15.00 WIB.

"Petugas Walka PT KCI mendapatkan laporan ada penumpang yang dari pengguna jasa di kereta tersebut yang menyadari bahwa ada pengguna lain yang baru saja turun di Stasiun Depok namun tas miliknya yang berada di rak bagasi tidak terbawa," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/1/2019).

Kemudian, petugas Walka menyerahkan ke petugas pengamanan dan pelayanan di Stasiun Pasar Minggu untuk dilakukan proses pengecekan bersama guna kebutuhan pendataan pada sistem lost and found PT KCI. Hal ini agar memudahkan jika ada laporan dari pengguna jasa yang merasa barangnya tertinggal di KRL.

"Setelah proses pengecekan isi tas dilakukan, petugas melihat salah satu barang yang mencurigakan berupa tiga klip plastik bening yang diduga narkoba," ucap dia.

Lapor Polisi

Tim pengamanan dan pelayanan PT KCI melaporkan ke aparat kepolisian Polsek Pasar Minggu dan berhasil meringkus pemilik narkoba yang sempat menghubungi petugas call center PT KCI tersebut.

"Melalui kordinasi bersama tim pelayanan PT KCI, pihak kepolisian berhasil menemukan data pengaduan dari seorang perempuan yang merasa ketinggalan barang dengan ciri-ciri yang sama pada tas tersebut yang telah terdata pada sistem lost and found PT KCI," terang dia.

Saat ini kasus tersebut sepenuhnya telah ditangani oleh pihak kepolisian sektor Pasar Minggu.

Eva mengatakan, PT KCI menghimbau kepada seluruh pengguna jasa agar segera melaporkan ke petugas jika melihat hal-hal yang mencurigakan di area Stasiun dan KRL.

"Sebagai moda transportasi publik, PT KCI mengecam keras peredaran narkoba dan juga mendukung pemerintah dalam memberantas narkoba," tutup dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Toyota Avanza 2019 Tak Naik, Mobil Bekasnya Anjlok?

Posted: 18 Jan 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Toyota dan Daihatsu sepakat untuk tidak menaikkan harga produk terbaru mereka, yaitu Avanza 2019 dan Xenia 2019. Keputusan tersebut bisa saja sebagai strategi untuk menghadapi dominasi Mitsubishi Xpander di kelas LMPV 1.500 cc.

Dengan tidak naiknya harga jual dari new Avanza dan new Xenia, dinilai akan mempengaruhi persaingan di kelas LMPV 1.500 cc. Selain itu, pertanyaan lain pun muncul atas kebijakan tersebut yaitu apakah kebijakan APM Toyota dan Daihatsu tersebut akan berdampak terhadap Avanza dan Xenia lama?

Penelusuran pun dilakukan di bursa mobil bekas di kawasan Bintaro. Berdasarkan penuturan salah satu pedagang mobil bekas di kawasan tersebut pengaruh tersebut sudah pasti ada.

"Pasti sih ada pengaruhnya, entah dari harga bekasnya atau permintaannya. Tapi untuk kepastiannya belum dapat dipastikan karena Avanza dan Xenia baru kan belum banyak yang mengaspal ya, jadi masih sulit prediksinya," ujar pedagang tersebut.

Hal berbeda justru diungkapkan oleh Sadikin, dari Showroom Ototrac. Menurutnya masih terlalu dini untuk melihat hal tersebut, karena new Avanza dan Grand Xenia sendiri masih sangat baru peluncurannya.

"Belum bisa dilihat yaa, soalnya masih terlalu dini. Kan baru juga kemarin meluncurnya. Kita juga belum tau kan respons pembeli ke Avanza dan Xenia baru ini tinggi atau tidak," jelas Sadikin.

 

Selanjutnya

Sadikin juga turut menanggapi terkait tidak naiknya harga dari new Avanza dan new Xenia.

"Kayaknya tidak terlalu pengaruh yaa, karena walau bagaimanapun kan pasti masih tetep lebih murah bekasnya. Kalo orang yang budget-nya sedikit pasti kan lebih milih yang bekas, tampilan yang baru juga kan ga berubah-berubah banget, hanya muka aja," tambah Sadikin.

Menurut Sadikin, justru saat ini yang menjadi penantang serius bagi penjualan Avanza dan Xenia bekas adalah Mitsubishi Xpander. Permintaan akan Xpander bekas dikatakan juga cukup tinggi.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal Capai Target, Karyawan Dipaksa Merangkak di Jalan

Posted: 18 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apa sebenarnya hukuman yang pantas untuk seorang karyawan yang gagal mencapai target? Sebuah perusahaan Tiongkok menerapkan aturan yang tidak manusiawi bagi seluruh karyawannya. Bagi karyawan yang gagal mencapai target penjualan, mereka dipaksa merangkak di jalanan.

Biasanya perusahaan akan memberi hukuman bagi karyawannya yang bersifat teguran atau ancaman, seperti turun jabatan atau pemindahan tempat kerja. Namun berbeda dengan perusahaan satu ini. 

Dilansir dari World of Buzz, Sabtu (19/1/2019), para karyawan di perusahaan tersebut yang tidak mencapai target penjualan tampak dihukum merangkak di jalanan. Potret mereka pun beredar di jejaring sosial. Terlihat, sejumlah karyawan menundukkan kepala mereka karena menahan malu saat orang-orang di sekitar menyaksikan mereka dihukum dengan cara tak biasa.

Perusahaan menganggap bahwa hukuman tersebut dianggap sebagai bentuk motivasi bagi karyawan untuk lebih semangat bekerja.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Bukan yang Pertama

(Foto: Worldofbuzz.com)

Hukuman aneh tersebut ternyata bukan hanya sekali terjadi. Sejumlah perusahaan bahkan menerapkan hukuman serupa, bahkan lebih sadis bagi para karyawannya yang tak mencapai target. Hukuman tersebut di antaranya meminum air toilet.

Para karyawan yang mendapat hukuman meminum air toilet dilaporkan bekerja di sebuah studio fotografi di kota Guang'an, Sichuan. Mereka dihukum karena tidak semangat bekerja sehingga tak mencapai target.

Seorang pekerja perempuan mengatakan bahwa hukuman tersebut membuatnya mengalami diare dan muntah-muntah. Polisi bahkan sempat menyelidiki peristiwa tersebut.

Reporter:

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jack Ma Beli Saham Inter Milan Milik Erick Thohir Senilai Rp 2,4 Triliun?

Posted: 18 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jack Ma, salah satu orang terkaya di China, dikabarkan akan menjadi pembeli saham Inter Milan milik Erick Thohir. Erick Thohir berniat melepas 31,05 persen saham senilai 150 juta Euro atau sekitar Rp 2,4 triliun.

Dikutip dari SempreInter.com, Sabtu (19/1/2019), berdasarkan otoritas bursa saham Shenzhen, anak usaha Suning yakni Suning International Group Co akan memberi dana patungan sebesar USD 50 juta. Dana ini akan diberikan oleh perusahaan investasi milik Jack Ma di Hong Kong yaitu Yunfeng Capital.

Untuk diketahui, saat ini Suning merupakan pemilik saham mayoritas di Inter Milan. 

Suning dan Jack Ma memang memiliki kedekatan bisnis. Di mana, Jack Ma memiliki 20 persen saham di Suning. Sementara, pemilik Suning yakni Zhang Jindong memiliki saham minoritas di perusahaan Jack Ma, Alibaba.

Laporan lain dari Gazzetta dello Sport mengatakan pembeli saham Erick Thohir ialah LionRock Capital yang juga merupakan perusahaan investasi asal Hong Kong.

Pemimpin LionRock ialah Daniel Kar Keung Tseung yang juga merupakan jebolan Universitas Princeton dan Harvard.

LionRock didirikan pada 2011 dan tahun lalu mencatatkan laba usaha sebesar USD 5,4 juta. Portofolionya sejauh ini ialah memiliki saham di Hailo, perusahaan transportasi online di Italia. Selain itu, LionRock juga merupakan investor di Suning Sport, pengelola Inter Milan.

Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Sumber: Merdeka.com

Erick Thohir Jual Saham Inter Milan, Berapa Uang yang Diraup?

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir berpose usai mengunjungi Kantor Liputan 6 di SCTV TOWER, Jakarta, Senin (10/12). Kunjungan Erick Thohir dalam rangka roadshow ke beberapa media. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Erick Thohir dilaporkan bersiap menjual 31 persen saham yang ia miliki. Calon pembeli disebut berasal dari Hong Kong.

Dilaporkan dari situs komunitas Inter Milan, Serpents of Madonnina, Erick Thohir akan menjual sahamnya seharga 150 juta euro atau setara Rp 2,4 triliun (1 euro = Rp Rp 16.111).

Kesepatan penjualan saham Erick Thohir belum saham ke tahap final, walau sudah sampai ke tahap lanjut. Penandatanganan pun diperkirakan terjadi dalam beberapa minggu ke depan.

Kabar tersebut bersumber dari Sky Italia yang tidak menyebutkan siapa pihak kembali. Tetapi, kemungkinan calon pembeli masih dekat dengan Suning Commerce Group, pemegang saham mayoritas Inter Milan sebesar 68 persen.

Bos dari Suning adalah Zhang Jindong, dan putranya Steven Zhang adalah pria kelahiran 1991 yang menjadi bos Inter Milan setelah Erick Thohir turun pada akhir tahun lalu.

Setelah melepas jabatannya di Inter Milan, Erick Thohir bergabung sebagai angota dewan Oxford United. Erick juga pernah menjabat sebagai Ketua Panitia Asian Games 2018 dan ia juga bos perusahaan media Mahaka Group.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Agung Erupsi, Lava Pijar Terlontar 1 Km

Posted: 18 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Denpasar Gunung Agung kembali erupsi. Gunung setinggi 3.142 mdpl itu teramati meletus pada pukul 02.45 Wita. Dari laporan pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang disusun I Nengah Wardana dan Wahyu Ardi Setiawan, terjadi letusan dengan tinggi 700 meter di atas puncak kawah.

Gunung Agung terlihat jelas hingga kabut 0-II. Asap kawah bertekanan sedang teramayi berwarna kelabu dengan intensitas sedang dan tinggi 700 meter di atas puncak kawah.

"Teramati lontaran lava pijar dengan jangkauan terjauh ke arah timur sejauh kurang lebih 1 kilometer dari bibir kawah. Saat terjadi letusan, cuaca di sekitar Gunung Agung berawan. Angin bertiup lemah ke arah timur. Suhu udara 21-22 °C, kelembaban udara 92-93 %, dan tekanan udara 0-0 mmHg.

Dari sisi kegempaan, terjadi gempa letusan sebanyak satu kali dan hembusan sebanyak dua kali. Saat ini, gunung yang terletak di Kabupaten Karangasem itu masih berada di level III atau siaga.

PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh areal di dalam radius empat kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.

Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di areal puncak. Areal landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ONE Championship: Priscilla Siap Kalahkan Puja Tomar dengan Submission

Posted: 18 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Petarung ONE Championship Indonesia, Priscilla Hertati Lumban Gaol, ingin menang cepat dari lawannya Puja Tomar. Duel ini akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (19/1/2019).

Puja Tomar merupakan petarung ONE Championship asal India. Dari data sherdog, Puja Tomas sudah enam kali bertarung di ajang tarung bebas ini.

Namun untuk ONE Championship, Puja Tomar sudah dua kali tampil. Dlam dua pertarungan tersebut, dia kalah dengan cara submission.

Tentunya, hal ini, akan dimanfaatkan Priscilla. Petarung berusia 30 tahun itu mencoba memenangkan pertandingan dengan submission.

"Saya tidak tahu dia pernah bertarung enam kali. Namun yang saya tahu, dia dua kali main di ONE Championship dan itu kalah dengan cara yang sama."

"Jadi, saya akan mencoba bertarung melawan dia dan mengalahkannya dengan cara submission," kata Priscilla di Gedung KLY, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Priscilla terakhir kali menang dengan cara submission pada 12 Mei 2018. Ketika itu dia mengalahkan Rome Trinidad di ajang ONE Championship: Grit & Glory.

Siapkan Game Plan

Petarung putri Indonesia Priscilla Hertati Lumban Gaol. (Liputan6.com / Faizal Fanani)

Fokus menjadi kunci utama untuk Priscilla dalam mengadapi pertarungan nanti. "Untuk game plan, kita coba dulu opsi A dengan bermain atas, apabila Tomar mulai kehilangan fokus, kita coba opsi B dengan bermain bawah, meski begitu kita tetap harus mendengarkan instruksi pelatih." ujar Priscilia.

Atelit berusia 30 tahun tersebut belum pernah terkalahkan saat tampil di Jakarta. Maka itu, di laga nanti, selain dukungan dari keluarga, Priscilla juga berharap dukungan dari masyarakat Indonesia untuk menambah motivasi dirinya dalam bertarung.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jepang Kirim Meteor Buatan ke Angkasa Luar, untuk Apa?

Posted: 18 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Tokyo - Sebuah roket Jepang yang membawa meteor buatan untuk menciptakan "hujan meteor" atau meteor shower yang pertama di dunia, diluncurkan ke antariksa pada Jumat 18 Januari 2019.

Kantor berita AFP melaporkan, sebuah perusahaan rintisan di Tokyo merancang satelit kecil yang akan menciptakan hujan meteor di atas Kota Hiroshima permulaan tahun depan, sebagai percobaan untuk mengadakan apa yang disebut pembuatnya sebagai hujan meteor yang bisa dipesan.

Satelit itu akan melepaskan bola-bola kecil yang akan bersinar terang ketika memasuki atmosfer Bumi, seperti yang terjadi apabila meteor sungguhan menembus lapisan atmosfer, demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (19/1/2019).

Satelit itu diluncurkan oleh roket Epsilon-4 dari pusat antariksa Uchinoura oleh Japan Aerospace Exploration Agency atau JAXA pada Jumat pagi.

Roket itu membawa tujuh satelit kecil yang akan menunjukkan berbagai "teknologi inovatif," kata juru bicara JAXA Jepang, Nobuyoshi Fujimoto.

Menjelang tengah hari Jumat, satelit yang pertama berhasil diluncurkan ke orbit, dan para pejabat JAXA Jepang sedang menunggu laporan konfirmasi bahwa keenam satelit lainnya juga berhasil diluncurkan. Hujan meteor buatan itu akan terjadi diatas Hiroshima pada musim semi tahun depan.

Satelit-satelit itu pada awalnya akan mengorbit Bumi pada ketinggian 500 km dan kemudian akan diturunkan orbitnya sampai memasuki atmosfer bumi dan melepaskan muatannya yang akan tampak seperti hujan meteor.

 

Simak video pilihan berikut:

[vidio:Top Spot: 6 Penampakan Misterius Di Google Earth]()

China Rilis Foto dan Video Baru di Sisi Jauh Bulan

Pesawat pendarat Bulan milik China, Chang'e 4, dipotret menggunakan kamera wahana penjelajah Bulan milik China, Yutu 2 (kredit Badan Antariksa China)

Di lain kabar, otoritas antariksa China, pada Jumat 11 Januari 2019, telah merilis lebih banyak potret dan rekaman video yang diambil oleh misi Chang'e 4, wahana yang sukses mendarat di sisi jauh Bulan (the far side of the Moon) pada 3 Januari 2019 lalu.

Gambar yang dirilis pada hari Jumat termasuk potret baru dari penjelajah Yutu 2 milik China yang ditangkap oleh kamera di wahana pendarat Chang'e 4.

Sebuah potret berhasil menangkap pemandangan panorama lanskap Bulan yang keras, sementara sebuah video berhasil merekam proses penurunan terakhir pesawat ruang angkasa ke Bulan dari sudut pandang kamera Chang'e 4

Data dan gambar ilmiah dari Chang'e 4 diteruskan kembali ke Bumi melalui satelit komunikasi khusus yang diluncurkan China tahun lalu, Queqiao. Satelit itu berperan sebagai sistem penghubung komunikasi ruang angkasa yang diposisikan di luar Bulan, dengan antena yang menghadap ke Chang'e 4 dan Bumi, memungkinkannya untuk menyampaikan perintah dan sinyal antara pusat kendali misi di Bumi dengan wahana di Bulan. Baca selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sedih, Empat Anak Singa Tewas di Palestina

Posted: 18 Jan 2019 09:00 PM PST

Pemilik kebun binatang Fathi Jumaa menaburkan bunga di kuburan empat anak singa di kebun binatangnya di kamp pengungsi Rafah, Gaza (18/1). Empat anak singa tersebut tewas pada pagi hari jelang berlangsungnya badai musim dingin.  (AP Photo/Adel Hana)

Pemilik kebun binatang Fathi Jumaa menaburkan bunga di kuburan empat anak singa di kebun binatangnya di kamp pengungsi Rafah, Gaza (18/1). Empat anak singa tersebut tewas pada pagi hari jelang berlangsungnya badai musim dingin. (AP Photo/Adel Hana)

Pemilik kebun binatang Fathi Jumaa saat menguburkan mayat empat anak singa di kebun binatangnya di kamp pengungsi Rafah, Gaza (18/1). Fathi mengatakan ia menutupi sangkar singa-singa dengan selimut jelang badai musim dingin. (AP Photo/Adel Hana)

Pemilik kebun binatang Fathi Jumaa saat menguburkan mayat empat anak singa di kebun binatangnya di kamp pengungsi Rafah, Gaza (18/1). Fathi mengatakan ia menutupi sangkar singa-singa dengan selimut jelang badai musim dingin. (AP Photo/Adel Hana)

Pemilik kebun binatang Fathi Jumaa meletakan mayat empat anak singa untuk dikubur di kebun binatangnya di kamp pengungsi Rafah, Gaza (18/1). Empat anak singa tersebut tewas pada pagi hari jelang berlangsungnya badai musim dingin.  (AP Photo/Adel Hana)

Pemilik kebun binatang Fathi Jumaa meletakan mayat empat anak singa untuk dikubur di kebun binatangnya di kamp pengungsi Rafah, Gaza (18/1). Empat anak singa tersebut tewas pada pagi hari jelang berlangsungnya badai musim dingin. (AP Photo/Adel Hana)

Sejumlah anak melihat mayat empat anak singa yang siap dikuburkan di kebun binatang di kamp pengungsi Rafah, Gaza (18/1). Fathi mengatakan ia menutupi sangkar singa-singa dengan selimut jelang badai musim dingin. (AP Photo/Adel Hana)

Sejumlah anak melihat mayat empat anak singa yang siap dikuburkan di kebun binatang di kamp pengungsi Rafah, Gaza (18/1). Fathi mengatakan ia menutupi sangkar singa-singa dengan selimut jelang badai musim dingin. (AP Photo/Adel Hana)

Dua anak membawa mayat empat anak singa yang siap dikuburkan di kebun binatang di kamp pengungsi Rafah, Gaza (18/1). Empat anak singa tersebut tewas pada pagi hari jelang berlangsungnya badai musim dingin.  (AP Photo/Adel Hana)

Dua anak membawa mayat empat anak singa yang siap dikuburkan di kebun binatang di kamp pengungsi Rafah, Gaza (18/1). Empat anak singa tersebut tewas pada pagi hari jelang berlangsungnya badai musim dingin. (AP Photo/Adel Hana)

Pemilik kebun binatang Fathi Jumaa membawa mayat empat anak singa sebelum dikubur di kebun binatangnya di kamp pengungsi Rafah, Gaza (18/1). Fathi mengatakan ia menutupi sangkar singa-singa dengan selimut jelang badai musim dingin. (AP Photo/Adel Hana)

Pemilik kebun binatang Fathi Jumaa membawa mayat empat anak singa sebelum dikubur di kebun binatangnya di kamp pengungsi Rafah, Gaza (18/1). Fathi mengatakan ia menutupi sangkar singa-singa dengan selimut jelang badai musim dingin. (AP Photo/Adel Hana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Datang ke Pernikahan Edric Tjandra, Luna Maya Menangis

Posted: 18 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah artis menghadiri pernikahan Edric Tjandra di Bali, Jumat (18/1/2019), termasuk Luna Maya. Bahkan sebelum digelar pemberkatan, Luna Maya tampak sudah hadir. 

Ia datang mengenakan gaun dengan punggung terbuka.

Luna Maya, bersama Geng Menteri Ceria, memang sudah menyediakan waktu dari jauh-jauh hari untuk bisa hadir di pernikahan Edric Tjandra. Hal itu diamini Iwet Ramadhan, yang juga personel Geng Menteri Ceria.

"Kita memang sudah tahu Edric Tjandra mau nikah. Makanya kita udah kosongin waktu untuk bisa dateng bareng-bareng," ujar Luna Maya di sela acara resepsi pernikahan Edric Tjandra.

 

Menangis

Edric Tjandra resmi menikah

Saat ditemui, wajah Luna Maya tak ceria seperti tamu lainnya. Bahkan, ia keluar dari ruangan dengan ditemani Iwet Ramadhan.

"Iya pernikahan ini bikin gue mellow. Gue aja enggak kuat tadi pas diputer video nyokapnya Edric ngomong, bikin sedih. Makanya gue keluar aja," kata Luna Maya.

Tak Tahan

Luna Maya (Daniel Kampua/Fimela.com)

Luna Maya mengaku dirinya tak kuasa menahan air mata sejak mengikuti pemberkatan. Air matanya mengalir deras.

"Apalagi tadi waktu pendeta ngomong, itu enggak cuma untuk satu agama tapi untuk semua," tutur pemain film The Dolls ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Solusi Menghadapi Mahalnya Biaya karena Sakit

Posted: 18 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan semakin berharga karena biaya pengobatan yang nilainya terus naik. Oleh karena itu perlu diantisipasi dengan cara berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelompok Anti-Vaksin jadi Ancaman Terbesar Kesehatan Dunia di 2019

Posted: 18 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kelompok anti-vaksin dianggap sebagai ancaman terhadap kesehatan global pada 2019. Pernyataan ini disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) beberapa waktu lalu.

Dilansir dari New York Post pada Jumat (18/1/2019), WHO menulis bahwa keraguan akan vaksin mengancam untuk membalikkan kemajuan yang dibuat dalam menanggulangi penyakit yang bisa dicegah oleh vaksin.

"Vaksinasi adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menghindari penyakit," tulis WHO seperti dikutip dalam rilis di laman resminya WHO.int. Mereka menambahkan, saat ini, untuk mecegah dua sampai tiga juta kematian setiap tahunnya, serta 1,5 lebih lanjut, bisa dihindari dengan meningkatkan cakupan vaksinasi global.

Simak juga video menarik berikut ini:

Alasan tidak divaksinasi

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

WHO mencontohkan, campak telah mengalami peningkatan 30 persen kasus global. Alasan kenaikannya sangat kompleks. Salah satunya tentang keragu-raguan akan vaksin.

"Alasan mengapa orang memilih untuk tidak divaksinasi adalah rumor. Kelompok penasehat WHO mengidentifikasi rasa kepuasan diri, ketidaknyamanan dalam mengakses vaksin, dan kurangnya kepercayaan diri adalah alasan utama yang mendasari keraguan," tulis mereka.

Karena itu, petugas kesehatan khususnya yang ada di masyarakat menjadi penasehat dan memberikan pengaruh yang paling dipercaya soal vaksinasi. Mereka juga harus didukung untuk memberikan informasi yang terpercaya dan kredibel.

Pada 2019 sendiri, WHO akan meningkatkan upaya untuk menghilangkan kanker serviks di seluruh dunia dengan meningkatkan cakupan HIV. Selain itu, penularan virus polio di Afganistan dan Pakistan juga bisa dihentikan di tahun ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Galaxy S8 Siap Cicipi Android Pie

Posted: 18 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Para vendor smartphone tengah menyiapkan update OS ke Android Pie untuk sejumlah produknya, termasuk Samsung.

Menurut laporan, Samsung tengah menyiapkan peluncuran OS tersebut untuk Galaxy S8, S8+, dan Note 8.

Dikutip dari Phone Arena, Sabtu (19/1/2019), tiga smartphone tersebut dilaporkan sudah menjalani sejumlah pengujian serupa dengan Galaxy S9, S9+, dan Note 9, untuk bisa mendapatkan pembaruan ke Android Pie.

Selain itu, pendaftaran untuk bisa mencicipi OS tersebut (program beta) juga sudah dibuka.

Di India, program Android Pie beta itu telah dibuka untuk Galaxy Note 8 pada Selasa (15/1/2019). Setelahnya, S8 dan S8+ telah menyusul.

Selain itu, para pengguna Galaxy Note 8 di sejumlah pasar seperti Inggris dan Korea Selatan, juga bisa mengikuti program beta tersebut. Galaxy S8 dan S8+ pun akan segera menyusul.

Sebelum menjajal versi beta tersebut, para pengguna sebaiknya mengamankan atau membuat cadangan data yang ada di dalam smartphone terlebih dahulu. Hal ini disebabkan software tersebut belum sepenuhnya sempurna, mengingat ini bukan versi stabil.

Untuk bisa mengikuti program pengujian ini, para pengguna ketiga smartphone Samsung tersebut harus melakukan pendaftaran melalui aplikasi Samsung Members.

Ini Jadwal Peluncuran Android Pie untuk Smartphone Samsung

Penjualan perdana Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus di mal Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (5/5/2017). (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Samsung sebelumnya mengungkapkan jadwal peluncuran Android Pie untuk produknya di Samsung Members.

Namun, tidak ada keterangan tentang negara yang akan mendapatkan pembaruan tersebut.

Berdasarkan laporan yang beredar pada akhir tahun lalu, Galaxy S8 dan S8+ disebut akan mendapatkan pembaruan ke Android Pie pada Maret 2019, bersamaan dengan Note 8.

Sementara Galaxy A8, A8+, A7 2018, A9 2018, dan Galaxy Tab S4 10,5 akan mendapatkan pembaruan ke OS tersebut pada April 2019. Kemudian, Samsung pada Mei 2019 berencana merilis Android Pie untuk Galaxy J4,J4+, J6, J6+ dan A8 Star.

Galaxy J7 2017 dan J7 Duo bakal mencicipi OS terbaru itu pada Juli dan Agustus 2019. Ada tiga varian perangkat Samsung yang akan mendapatkan Androi Pie pada September 2019, yaitu Galaxy Xcover4, J3 2017, dan Tab S3 9,1 inci.

Galaxy Tab A 2017, Tab Active2, dan Tab A 10,5 inci menjadi yang terakhir mendapatkan pembaruan pada Oktober 2019.

Kendati ini adalah jadwal resmi, masih ada kemungkinan perubahan jika Samsung merasa pembaruan OS tersebut belum siap dirilis untuk produknya.

Samsung Punya Harapan Besar pada Galaxy S10 dan Ponsel Lipat

Ilustrasi Samsung Galaxy S8 (sumber: Unshplash)

Terlepas dari Android Pie, CEO bisnis smartphone Samsung Electronics, Koh Dong-jin, tengah berupaya keras melakukan terobosan untuk memperkuat bisnisnya.

Ia menyoroti dua produk baru yang akan membantu perusahaan mewujudkannya, yakni Galaxy S10 dan ponsel lipat komersial pertama pada tahun depan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Koh dalam sebuah pesan kepada para eksekutif, serta karyawan divisi komunikasi mobile dan teknologi informasi perusahaan, beberapa waktu lalu.

"Saya minta maaf atas status bisnis smartphone Samsung yang sedang berjuang, dan akan melakukan yang terbaik untuk mengatasi krisis dengan Galaxy 10 dan ponsel lipat," ungkap Koh.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DP Nol Persen untuk Kredit Kendaraan, Apa Saja Risikonya?

Posted: 18 Jan 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kebijakan DP nol persen yang diterbitkan Otoritas Jasa Keuangan tentu memberikan angin segar di dunia otomotif. Dengan peraturan OJK Nomor 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan Pasal 20, konsumen dapat membeli mobil atau motor baru tanpa DP.

Pihak yang diuntungkan berikutnya adalah produsen otomotif. Peluang untuk menjual lebih banyak produknya bisa terbantu dengan aturan baru tersebut.

Aturannya menyebutkan, perusahaan pembiayaan yang memiliki tingkat kesehatan keuangan dengan kondisi minimum, dan memiliki nilai rasio non performing financing (NPF) netto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih rendah, atau sama dengan satu persen dapat menerapkan DP (down payment) nol persen untuk semua kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Selintas, aturan ini memang dapat meningkatkan penjualan kendaraan di Indonesia. Namun apakah semudah itu aplikasinya?

Menurut Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, penerapan DP nol persen tidak terlalu besar pengaruhnya dalam peningkatan penjualan kendaraan di Indonesia. Pasalnya, perusahaan pembiayaan pastinya tetap akan mengedepankan kewaspadaan dalam menerapkan aturan DP nol persen tersebut.

"DP nol persen yang dicanangkan pemerintah atau OJK rasanya masih oke, selama dijalankan dengan betul. Jadi, yang disebut dijalankan dengan betul, bahwa tidak bisa diberlakukan secara umum," jelas Nangoi saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (18/1/2019).

 

Selanjutnya

Setali tiga uang, Presiden Direktur FIF Group, Margono Tanuwijaya menyatakan hal yang sama. Aturan ini dianggap memudahkan perusahaan pembiayaan meraih konsumen baru. "Kita menyingkapi positif DP nol persen karena menambah fleksibilitas kita, menambah option buat konsumen," ujarnya kepada kepada Liputan6.com.

FIF menganggap aturan yang dikeluarkan OKJ sudah tepat mendorong peningkatan penjualan. "DP nol persen itu tidak untuk semua finance company, tapi yang NPL-nya di bawah 1 persen. Jadi, hanya beberapa finance company saja company yang sehat. Jadi OJK pun itu membuat aturan positif," tambah

Di luar nada positif yang dilontarkan pelaku bisnis otomotif, tercetus kehati-hatian yang wajib diwaspadai semua kalangan. Aturan DP nol persen tetap tidak bisa dilakukan sembarangan. Menurut Nangoi, aturan ini hanya bisa diberlakukan salah satunya kepada pelanggan-pelangan lama, fleet user yang memang perusahaannya sudah dikenal secara baik oleh perusahaan pembiayaan, atau pelanggan yang memang saat dilakukan survei kepemilikan kendaraan memenuhi kriteria baik dari segi pendapatan, dan juga yang memiliki track record pembayaran yang bagus.

Semuanya tidak ingin hal buruk terjadi di tengah jalan. Efeknya bisa panjang. "Jika konsumen membeli kendaraan dengan DP mudah, dan di tengah jalan berhenti, maka akan banyak mobil yang ditarik. Ujungnya, mobil dilelang di pasar mobil bekas dan mengakibatkan mobil bekas jatuh harganya. Ini memukul juga (harga) mobil baru," terangnya. Efek terburuk pada lembaga pembiayaan, NPF atau kredit macet naik.

Mengatasi persoalan yang mungkin terjadi, FIF yang dominan mengurusi pembiayaan sepeda motor Honda ini tetap melakukan seleksi ketat untuk calon konsumennya. "Kami akan menjual sepeda motor dengan DP nol persen sesuai kebutuhan," ujar Margono. FIF Group akan menjalankan program ini dengan kehati-hatian dan terdata. "Tetap akan dievaluasi, jangan sampai NPF dari FIF Group yang sudah bagus, performanya menjadi jelek."

Proses administrasi standar tetap dilakukan. Calon konsumen harus melengkapi data diri termasuk menyerahkan slip gaji atau surat keterangan penghasilan (SKP) sebelum pihak lembaga pembiayaan melakukan survei terkait tempat tinggal dan tempat kerja. Hal tersebut berguna untuk mempertahankan NPF FIF Group sendiri untuk tetap dalam kategori sehat. Sesuai kriteria OJK dengan konsumen yang menunggak pembayaran selama 90 hari, NPF FIF saat ini sebesar 0,67 persen.

Sebenarnya ada hal yang lebih menarik bagi konsumen dibanding pemberian DP nol persen. "Kalau konsumen (sebenarnya) tidak mengharapkan DP nol persen, tapi lebih kepada angsuran murah," ungkap Margono. Apalagi kalau produk yang diincar punya klasifikasi high end. "Untuk produk-produk tertentu, misalkan produk yang high-end, yang segmennya menegah ke atas, kan bukan masalah DP tapi masalahnya interest rate," kata Margono mengakhiri pembicaraan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Duel, Giroud Umbar Janji Spesial untuk Fans Arsenal

Posted: 18 Jan 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, London - Olivier Giroud ternyata belum bisa melupakan Arsenal. Itu sebabnya striker Chelsea itu punya janji menarik saat kembali ke Emirates Stadium dinihari WIB nanti.

Giroud baru meninggalkan Arsenal Januari 2018 kemarin. Ia pindah ke Chelsea dengan dana 18 juta pound sterling.

Saat pindah Giroud beralasan ingin mendapatkan kesempatan bermain yang lebih banyak. Maklum, Arsenal saat itu baru mendatangkan Alexandre Lacazette dan Pierre Emerick Aubameyang.

"Apakah saya akan berselebrasi jika mencetak gol lawan Arsenal? Rasanya tidak," kata Giroud seperti dilansir Evening Standard.

"Saya bukan tipe pemain seperti itu. Tentu sangat spesial jika saya bermain dan mencetak gol, tetapi saya akan menghormati semuanya," ujarnya menambahkan.

 

 

Tak Bisa Lupa

Striker Chelsea, Olivier Giroud berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge di London (6/5). Chelsea menang tipis atas Liverpool 1-0 berkat gol Giroud. (AFP Photo/Glyn Kirk)

Giroud bergabung ke Arsenal sejak 2012. Ia mampu menyumbangkan 105 gol dari 253 laga.

Selain itu pemain asal Prancis itu membawa Arsenal meraih enam gelar.

"Saya tak pernah bisa melupakan Arsenal dan berutang banyak pada mereka. Jadi saya senang bisa kembali ke sana," ujarnya

Jadwal

Oliver Giroud melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Bate Borisov di laga lanjutan Grup L Liga Europa 2018/19 yang berlangsung di Stadion Borisov Arena (9/11). Chelsea menang 1-0 (AFP/Kirill Kudrayavsev

Sabtu (19/1/2019)

19:30 WIB, Wolverhampton vs Leicester City

22:00 WIB, Bournemouth vs West Ham United

22:00 WIB, Liverpool vs Crystal Palace

22:00 WIB, Newcastle United vs Cardiff City

22:00 WIB, Mancester United vs Brighton (MNC TV)

22:00 WIB, Southampton vs Everton

22:00 WIB, Watford vs Burnley

Minggu (20/1/2019)

00:30 WIB, Arsenal vs Chelsea (RCTI)

20:30 WIB, Huddersfield vs Manchester City

23:00 WIB, Fulham vs Tottenham Hotspur (MNC TV)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain Asing Liga 1 yang Dibajak Klub Luar Negeri

Posted: 18 Jan 2019 08:35 PM PST

Jakarta Perkembangan sepak bola Indonesia seperti menjadi magnet tersendiri buat para pemain asing. Akan tetapi, pemain-pemain yang punya kualitas dunia itu hanya menjadikan Liga 1 sebagai tempat transit.

Dalam dua tahun terakhir, sepak bola Indonesia mendapatkan eksodus besar-besaran dari para pemain kelas dunia. Mulai dengan datangkan Michael Essien, legenda Chelsea yang bergabung dengan Persib Bandung, hingga kehadiran pemain semisal Danny Guthrie mantan pemain Liverpool hingga eks Real Madrid, Julien Faubert.

Kehadiran nama-nama tenar tersebut sudah menjadi bukti kalau sepak bola Indonesia mulai diperhitungkan. Akan tetapi, para pemain tersebut biasanya tak lama bertahan di Indonesia.

Ada yang memilih hengkang karena bermasalah dengan manajemen. Ada juga kontraknya diputus karena tak sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan.

Meski demikian, ada pula beberapa nama yang mampu mencuri perhatian pada debut perdananya di Indonesia. Bahkan, mereka mampu bersaing di papan atas pencetak gol terbanyak.

Akan tetapi, sukses di musim perdana tak serta merta membuat mereka ingin terus berkarier di Indonesia. Belajar dari pengalaman semusim bermain di Tanah Air, biasanya mereka langsung hengkang ke luar negeri dengan berbagai alasan.

Lalu, siapa saja pemain bintang di Liga 1 yang memilih melanjutkan karier ke luar negeri? Berikut ini tiga pemain yang mencapai kesuksesan pada musim perdana di Indonesia kemudian dibajak klub asing yang dirangkum Bola.com:

David da Silva (Pohang Steelers FC)

Striker Persebaya Surabaya, David da Silva, mencetak hattrick ke gawang Mitra Kukar pada laga Liga 1 2018, Sabtu (22/9/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

Karier David da Silva bersama Persebaya Surabaya tak berlangsung lama. Pemain asal Brasil itu memutuskan angkat kaki dari Indonesia dan bergabung dengan klub Korea Selatan, Pohang Steelers FC.

Bermain di Negeri Gingseng yang memiliki sepak bola maju tentu saja menjadi impian untuk pemain sekelas David da Silva. Apalagi pemain berusia 29 tahun itu mampu menunjukkan kualitasnya memang jauh untuk sepak bola Indonesia.

Pada musim perdana di Tanah Air, David da Silva mampu mencetak 20 gol dalam 23 pertandingan yang dimainkannya. Pencapaian yang membuatnya diyakini tak akan kesulitan beradaptasi di klub barunya itu.

Bruno Silva (Al-Ain)

Bruno Silva, belum memastikan masa depan di PSIS Semarang. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Serupa dengan David da Silva, Bruno Silva juga hanya menjadikan Indonesia sebagai transit dalam kariernya. Cukup semusim buat Bruno Silva bermain di PSIS Semarang dan kini memilih untuk melanjutkan karier di Arab Saudi bersama Al-Ain.

Walaupun hanya kasta kedua di Arab Saudi, namun kompetisi di sana tentu lebih unggung dari Indonesia. Pencapaian 16 gol yang dicetak Bruno Silva bersama PSIS diyakini jadi modal berharga untuknya.

Fernando Rodriguez (Kedah FA)

Pemain Mitra Kukar, Fernando Rodriguez Ortega saat melawan Persib Bandung pada laga Liga 1 Indonesia di GBLA, (8/4/2018).  (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Berbeda dengan David da Silva dan Bruno Silva, Fernando Rodriguez terpaksa harus meninggalkan Indonesia. Seperti diketahui, klub yang dibelanya yakni Mitra Kukar harus turun kasta karena tak mampu bersaing di Liga 1 2018.

Pemain asal Spanyol itu ternyata lebih tertantang untuk melanjutkan karier di Malaysia. Fernando Rodriguez memilih melanjutkan karier bersama Kedah FA.

Bermodalkan 15 gol dalam 30 pertandingan di Liga 1 2018 sudah menjelaskan kualitas Fernando Rodriguez. Dengan perbedaan tipis yang terjadi antara kultur sepak bola Indonesia dan Malaysia, pemain 31 tahun itu diyakini tak akan kesulitan merumput bersama Kedah FA.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampilan Santai BLACKPINK Saat Tiba di Jakarta

Posted: 18 Jan 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Siap menggelar konser bertajuk "BLACKPINK in Your Area" dua hari berturut-turut, yakni Sabtu, 19 Januari 2019 dan Minggu, 20 Januari 2019, personel BLACKPINK telah tiba di Jakarta Jumat malam, 18 Januari 2019.

Lewat sederet unggahan di media sosial, momen kedatangan Lisa, Jennie, Rose, dan Jisoo ini diabadikan. Yang menarik, airport outfit mereka tampak sangat santai berikut polesan makeup keempatnya.

Dalam salah satu rekaman video singkat yang diunggah akun Instagram @eskimo7474, tampak Jennie memakai beanie hat hitam selaras dengan skinny pants yang dikenakan, plus oversized white tshirt dan tas punggung hitam.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Andrew Oh (@eskimo7474) on

Berdiri tak jauh di belakangnya, terlihat Lisa BLACKPINK yang berpakaian serba gelap, di mana ia kedapatan memakai turtleneck sweater hitam berpadu aksesori berupa jam tangan dan sling bag dengan detail tali berwarna emas. Rambut panjang Lisa yang diwarnai menjadi blonde dibiarkan tergerai.

Di sampingnya berdiri Rose yang dengan santai memakai kaus putih berlogo NASA di bagian dada kiri dan ripped jeans, di mana ia juga tampak membiarkan rambut panjang bergelombangnya tergerai bebas.

Di depan Rose dan di samping Jennie, tampak Jisoo yang seperti Lisa, memakai setelan berwarna gelap. Membiarkan rambut hitam panjangnya tergerai, Jisoo terlihat menyempurnakan penampilan dengan memakai kacamata bening dengan frame bulat.

Rencananya, dua hari konser BLACKPINK bakal berlangsung di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, mulai pukul 18.30 WIB. Antusias penggemar mulai terlihat di media sosial, baik lewat komentar maupun unggahan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejar Target, Polda Jatim Periksa Artis dan Model Tiap Minggu soal Prostitusi Online

Posted: 18 Jan 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan menyatakan, dengan ditangkapnya empat muncikari prostitusi online artis dan model, maka pihaknya saat ini akan fokus memburu dua muncikari lagi yang saat ini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Mucikari W sudah tertangkap kemarin. Dari empat mucikari, semua sudah ditetapkan tersangka. Saat ini penyidik tengah fokus mencari keberadaan dua DPO mucikari lagi," tutur Luki di Mapolda Jatim, Jumat (18/1/2019).

Selain memburu dua mucikari DPO, Luki menegaskan akan memeriksa sejumlah artis maupun model yang diduga terlibat dalam jaringan mucikari prostitusi online artis dan model.

"Saya langsung instruksikan kepada penyidik kalau bisa lima artis maupun model tiap minggu diperiksa, supaya kasus ini cepat selesai," ujar Luki.

Peran Penting

Seperti telah diberitakan, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) kembali menangkap satu lagi wanita berinisial W yang diduga sebagai muncikari artis Film Televisi (FTV) VA terkait prostitusi online yang menghebohkan beberapa waktu lalu.

Luki menegaskan, muncikari S dan W ini mempunyai perang penting. Masing-masing muncikari punya data artis dan model masing - masing.

"Dua mucikari ini mempunyai peran yang sangat penting untuk mendistribusikan oknum artis dan model," ujar Luki.

Panggil Model FG

Dok: Istimewa

Sedangkan terkait artis dan model yang diduga terlibat jaringan prostitusi online, model FG telah datang memenuhi panggilan penyidik Subdit V Cyber Crime Polda Jatim, Kamis (17/1/2019) lalu.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, kedatangan FG untuk memenuhi panggilan penyidik sebagai saksi kasus prostitusi online yang menjerat tiga muncikari dan artis VA serta model majalah dewasa AS.

"Yang bersangkutan datang untuk memenuhi panggilan penyidik dalam kasus prostitusi online. Keterangannya sangat kami butuhkan untuk mengungkap fakta bisnis prostitusi yang melibatkan puluhan artis dan ratusan model ini," ujar Barung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Plaju Palembang Kelola CPO Jadi BBM Ramah Lingkungan

Posted: 18 Jan 2019 08:21 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengapresiasi Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju Palembang yag akan mengembangkan Green Refinery pertama di Indonesia. Program pengolahan Bahan Bakar Minyak (BBM) ramah lingkungan ini menjadi era baru bagi industri Bahan Bakar Nabati (BBN) di Indonesia.

Menurut Menteri ESDM, pemerintah mendorong penggunaan BBM bersih dan Pertamina berinisiatif mengolah energi lebih bersih yang berasal renewable resources di RU III Plaju dan Sungai Gerong.

"Dengan mencampur kelapa sawit atau Crued Palm Oil (CPO) , residu atau yang lainnya ke minyak diesel sehingga lebih ramah lingkungan," ujarnya, seperti ditulis Sabtu (19/1/2019).

Rencana ini kemungkinan akan dibangun juga unit lain, untuk mengubah 100 persen minyak kelapa sawit menjadi minyak diesel. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi polusi dan emisi buang dari kendaraan.

Produksi BBM ramah lingkungan juga, lanjut Menteri Jonan, bisa mengurangi impor bahan bakar yang bisa mencapai 400 Ribu barel per harinya.

"Kita bisa menggunakan kelapa sawit dalam negeri. Pertamina berubah dari pengolah energi fosil menjadi setengahnya pengolah energi terbarukan," katanya.

Pertamina dinilainya harus terus membangun dan menyiapkan green energy untuk generasi masa depan. Karena ini menjadi tantangan dan peluang bagi Pertamina, untuk terus menyediakan bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan dengan memanfaatkan sumber daya dalam negeri.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, Kilang Plaju menjadi pilot project dalam pengolahan minyak sawit menjadi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan. Ini menjadi menjawab untuk tantangan dunia, agar bisnis migas mulai berpindah dari sumber energi fosil menuju green energy.

Green energy dipandangnya sebagai bisnis masa depan yang banyak dinantikan pasar dunia. Indonesia memiliki sumber green energy yang besar utamanya minyak sawit. Pertamina akan terus mengembangkan green energy dengan pilot project di Kilang Plaju Palembang," katanya.

"Yang kita lakukan hari ini dimulai, ada dua jenis Bio Refenery atau Bio Fuel, yaitu Bio diesel B20 E-Famme yang dicampur minyak diesel oil kita. Sekarang dihasilkan RU III adalah kernel oil, produk turunan CPO dicampur dengan residu," ujarnya.

 

Tekan Impor Minyak

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (Liputan6.com / Nefri Inge)

Residu ini diproses kilang RCC Unit jadi produk green fuel lebih baik, secara karbon emisi lebih baik. Pertamna akan melakukan proses 100 persen CPU di Pertamina Palembang.

Co-processing kernel oli dicampur residu tidak hanya dilakukan di Pertamina RU III Plaju Palembang saja. Pertamina juga akan mengolahkan di Pertamina Balikpapan, Balongan dan Cilacap.

"Kita akan tambah kapasitas. Perlahan B20 akan kita campur, nanti ada beberapa opsi. Karena secara lingkungan lebih baik. Dimungkinkan terserap sampai 100 persen," ujarnya.

Pengembangan green energy yang akan memperluas penggunaan B20, juga bisa menghemat kas perseroan hingga US$ 160 juta atau Rp 2,3 triliun per tahun. Ini sekaligus mengurangi impor minyak hingga 7,36 ribu barel per hari (bph), sehingga cadangan devisa akan terjaga.

Dalam jangka panjang, Pertamina telah melakukan kerjasama dengan ENI, perusahaan minyak asal Italia yang menjadi pelopor konversi kilang pertama di dunia, untuk mengembangkan kilang-kilang Pertamina menjadi green refinery.

"Kerjasama ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina dalam menyediakan bahan bakar ramah lingkungan sekaligus mengoptimalkan sumber daya alam dalam negeri, untuk menciptakan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional," katanya.

 

Persiapan Green Fuel

Kilang Pertamina RU III Plaju Palembang (Liputan6.com / Nefri Inge)

Pertamina juga menjajaki kerjasama dengan PTPN untuk suplai kelapa sawit sebagai bahan baku green fuel, agar bahan bakar yang dijual tetap terjangkau bagi masyarakat Indonesia

Konversi Kilang Plaju menjadi green refinery pertama di Indonesia telah dilakukan melalui serangkaian kajian dan ujicoba. Pada Agustus – September 2018, telah dilakukan ujicoba dengan metode Advanced Cracking Evaluation (ACE) Test yang menunjukkan RBDPO (Refined Bleached Deodorized Palm Oil).

Pada bulan Oktober – November 2018, Pertamina melanjutkan penyiapan berbagai sarana dan prasarana seperti line, tangki dan jetty serta sekaligus menyiapan dry stock RBDPO.

Pada bulan Desember 2018, telah dilakukan ujicoba skema co-processing dengan injeksi RBDPO secara bertahap 2,5 hingga 7,5%. Hasilnya bisa memproduksi bahan bakar ramah lingkungan dengan octane number hingga 91,3.

"Saat ini, unit RFCC Kilang Plaju yang berkapasitas 20,5 Million Barel Steam Per Day (MBSD) mampu menghasilkan green fuel yang lebih ramah lingkungan sebanyak 405 ribu barel per bulan setara 64.500 kilo Liter per bulan. Selain itu, kilang ini juga menghasilkan produksi elpiji ramah lingkungan sebanyak 11.000 ton per bulan," ujarnya.

Dengan adanya produksi BBM ramah lingkungan ini, Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang berhasil mengimplementasikan co-processing CPO menjadi Green Gasoline dan Green LPG untuk skala komersial.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Real Madrid Vs Sevilla: Berebut Posisi 3

Posted: 18 Jan 2019 08:20 PM PST

Jakarta Real Madrid akan menjamu Sevilla pada lanjutan pertandingan La Liga di Santiago Bernabeu, Sabtu (19/1/2019). Bermain di kandang sendiri, Los Blancos bertekad untuk menang sekaligus menghuni posisi tiga besar.

Los Blancos saat ini berada di peringkat keempat klasemen sementara La Liga dengan nilai 33. Mereka hanya kalah head to head dari Sevilla yang menempati urutan ketiga.

Jika berhasil membungkam Sevilla, Real Madrid akan bercokol di peringkat ketiga. Karim Benzema dkk. terakhir kali menempati posisi tiga besar di klasemen La Liga musim ini adalah pada pekan ketujuh.

Kans Real Madrid mendulang tiga poin pada pertandingan ini terbilang besar. Sebab, mereka mampu memetik 12 kemenangan dari 13 laga kandang terakhir kontra Sevillistas.

Pada pertemuan sebelumnya di Santiago Bernabeu, 9 Desember 2017, Real Madrid menang lima gol tanpa balas atas Sevilla. Saat itu, gol-gol El Real disarangkan Nacho (3'), Cristiano Ronaldo (23', 31'), Toni Kroos (38'), dan Achraf Hakimi (42').

"Semangat dan motivasi adalah dua hal yang harus dimiliki dan tidak dapat dinegosiasi bagi seorang pesepak bola," ujar pelatih Real Madrid, Santiago Solari.

"Menghadapi Sevilla, kami harus bermain dengan semangat dan motivasi yang selalu kami miliki untuk dapat mencapai target kami, yaitu terus memperkecil perbedaan poin dengan tim-tim di atas kami," lanjutnya.

Meski begitu, Sevilla bukan lawan yang sembarangan. Mereka berhasil meraih dua kemenangan beruntun atas Real Madrid. Sevilla membungkam Madrid dengan skor 3-2 pada 10 Mei 2018, dan menang 3-0 pada 27 September 2018.

Selain itu, Sevilla juga bertekad menyudahi catatan minor dalam enam laga terakhir di La Liga Spanyol musim ini. Andre Silva dkk. hanya memetik satu kemenangan, empat hasil imbang, dan sekali kalah dari enam pertandingan tersebut.

Andai mampu mengalahkan Real Madrid, Sevilla akan tetap berada di urutan ketiga dan memangkas jarak dari Atletico Madrid dan Barcelona. Mereka saat ini terpaut lima poin dari Atletico di peringkat kedua, dan 10 poin dari Barca di posisi teratas.

 

Prakiraan susunan pemain:

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Sergio Reguilon; Luka Modric, Casemiro, Dani Ceballos; Lucas Vazquez, Karim Benzema, Vinicius Junior.

Pelatih: Santiago Solari (Spanyol)

Sevilla (3-4-1-2): Tomas Vaclik; Daniel Carrico, Simon Kjaer, Sergi Gomez; Jesus Navas, Ever Banega, Franco Vazquez, Sergio Escudero; Pablo Sarabia; Wissam Ben Yedder, Andre Silva.

Pelatih: Pablo Machin (Spanyol)

Statistik dan catatan pertemuan kedua tim

Head to head kedua tim:

  • 27/09/18 Sevilla 3 - 0 Real Madrid (La Liga Spanyol)
  • 10/05/18 Sevilla 3 - 2 Real Madrid (La Liga Spanyol)
  • 09/12/17 Real Madrid 5 - 0 Sevilla (La Liga Spanyol)
  • 15/05/17 Real Madrid 4 - 1 Sevilla (La Liga Spanyol)
  • 16/01/17 Sevilla 2 - 1 Real Madrid (La Liga Spanyol)

Lima pertandingan terakhir Real Madrid:

  • 04/01/19 Villarreal 2 - 2 Real Madrid (La Liga Spanyol)
  • 07/01/19 Real Madrid 0 - 2 Real Sociedad (La Liga Spanyol)
  • 10/01/19 Real Madrid 3 - 0 Leganes (Copa del Rey)
  • 14/01/19 Real Betis 1 - 2 Real Madrid (La Liga Spanyol)
  • 17/01/19 Leganes 1 - 0 Real Madrid (Copa del Rey)

Lima pertandingan terakhir Sevilla:

  • 23/12/18 Leganes 1 - 1 Sevilla (La Liga Spanyol)
  • 06/01/19 Sevilla 1 - 1 Atletico Madrid (La Liga Spanyol)
  • 11/01/19 Athletic Bilbao 1 - 3 Sevilla (Copa del Rey)
  • 13/01/19 Athletic Bilabo 2 - 0 Sevilla (La Liga Spanyol)
  • 17/01/19 Sevilla 0 - 1 Athletic Bilbao (Copa del Rey)

Persentase menang: Real Madrid 55 - 45 Sevilla

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Irving Pimpin Celtics Bekuk Grizzlies

Posted: 18 Jan 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kyrie Irving kembali tampil cemerlang di laga NBA. Irving membantu Boston Celtics menang 122- 116 atas Memphis Grizzlies pada lanjutan NBA, Sabtu (19/1/2019) pagi WIB.

Irving membuat double-double spektakuler di laga NBA ini. Eks pemain Cleveland Cavaliers itu melesakkan 38 poin dan 11 assists ditambah tujuh rebound. 

Celtics unggul telak 35-24 di kuarter pertama. Namun Grizzlies membalas di kuarter dua dengan melesakkan 38 angka berbanding 23. Alhasil Grizzlies unggul empat poin saat jeda babak pertama.

Di kuarter tiga, Irving mengamuk dan membantu Celtics bangkit. Irving melesakkan 20 poin dari 38 poin yang dibuat Celtics di kuarter ini.

Grizzlies pantang menyerah dan bisa memangkas jarak menjadi tiga poin saja saat laga tersisa tiga menit dan 13 detik. Momentum kebangkitan ini buru-buru diredam Celtics dengan 10-2 run. Celtics pun akhirnya bisa mengalahkan Grizzlies tujuh kali beruntun.

 

Marcus Smart

Selain Irving, Marcus Smart juga tampil apik dengan sumbangsih 20 poin, center Al Horford menyusul dengan 18 poin.

Di kubu Grizzlies, Mike Conley finis dengan 26 poin. Sedangkan rookie Jaren Jackson Jr menghasilkan 23 angka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Safari Kebangsaan, PDIP Ziarah ke Makam Pangeran Jayakarta

Posted: 18 Jan 2019 08:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PDIP terus melakukan konsolidasi untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019. Kali ini, PDIP melakukan konsolidasi di Jakarta.

"Ada lagu Koes Plus yang terkenal, Ke Jakarta Aku Kan Kembali. Spirit inilah yang kami bawa. Kami tidak hanya kembali, kembali menang, namun selalu menyatu berada di tengah masyarakat DKI," tulis Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/1/2019). Hasto mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada warga DKI karena pada tahun 2014 lalu PDIP dan Jokowi menang.

"Atas kemenangan di Jakarta tersebut, maka Jakarta berubah menjadi Ibu Kota yang semakin bersolek membanggakan sebagai Ibu Kota Negara," kata dia.

Oleh karena itu, kata dia, dengan perpaduan kepeminpinan Jokowi-Ma'ruf Amin maka kedepan Jakarta semakin hadir sebagai representasi Indonesia baik dalam kebudayaan, penataan kawasan, dan masyarakatnya yang semakin beriman, produktif, dan memiliki kesadaran lingkungan bersih dan hijau. "Apapun Pak Jokowi pernah menjadi Gubernur DKI. Karena itulah Jakarta terus dikembangkan menjadi salah satu pusat peradaban penting di Asia-Afrika," kata dia.

Sementara, rombongan safari politik tersebut diikuti oleh Habib Sholeh mewakili tim kampanye Ma'ruf Amin, Yanti Sukamdani, Putra Nababan, dan dari Baitul Muslimin Zuhairi Misrawi dan Nova Andika.

Hasto mengatakan, safari politik kebangsaan ini memerkuat gerakan door to door yang dilakukan seluruh pendukung Jokowi-Maruf Amin.

Ziarah Makam Pangeran Jayakarta

PDIP bersama rombongan memulai safari kebangsaan jilid lima dari Rawamangun, Jakarta Timur. Hasto berziarah ke makam Pangeran Jayakarta dan pusat mebel di kawasan Jatinegara Kaum.

"Jadi ziarah ke makam pangeran ini kita melihat rekam jejak upaya perjuangan yang tidak pernah mengenal lelah dengan perjuangan melawan imperialisme dan kolonialisme itu," kata Hasto.

Berkaca pada sejarah itu, Hasto meminta jajaran DPP partai dan caleg untuk mengilhami perjuangan sejarah.

Pada kesempatan ini, Hasto juga membanggakan rekam jejak cawapres Ma'ruf Amin. Bahwa pembangunan masjid dilakukan ketika kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin. Di mana Ma'ruf merupakan anggota DPRD saat itu. Hasto juga menyebut makam Pangeran Jayakarta dipugar saat Jokowi memimpin DKI Jakarta.

"Tapi di sini kita juga melihat ada pohon yang menjadi saksi perjuangan itu, usianya sudah lebih dari 300 tahun dan mesjid ini dibangun jaman Ali Sadikin dimana salah satu anggota DPRD saat itu dimana diusia muda 28 tahun sudah menjadi ketua fraksi adalah Ma'ruf Amin," ujarnya.

Hasto sempat menyindir sikap cawapres 02 Sandiaga Uno yang pernah melangkahi makam pendir Nahdlatul Ulama. Hal itu saat melihat pohon berusia 300 tahun yang berdiri tegak.

"Ini soal mencintai lingkungan. Menebang pohon itu tidak boleh. Sama seperti meloncati makam, tidak pantas," ujar Hasto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menanti Restorasi Ekosistem Gambut di Indonesia

Posted: 18 Jan 2019 08:01 PM PST

Liputan6.com, Pekanbaru - Masifnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia hingga akhir 2015 membuat hampir 2,5 juta hektare ekosistem gambut porak-poranda. Tak hanya bencana asap di sejumlah provinsi, berdasarkan perhitungan Bank Dunia telah Karhutla mengakibatkan kerugian ekonomi Rp 221 triliun.

Di Riau, Badan Restorasi Gambut (BRG) bentukan Presiden Joko Widodo pada tahun 2016 mencatat 814.714 ribu hektare gambut rusak. Belum semuanya terestorasi karena kebakaran terus terjadi hingga tahun 2019, meski tak sebesar tahun 2015.

Menurut Kepala Deputi Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG, Myrna A Safitri, pihaknya mendapat mandat dari Joko Widodo memperbaiki ekosistem gambut. Tak hanya di Riau tapi juga Papua, Sumatera Selatan, Jambi, dan beberapa provinsi di Pulau Kalimantan.

"Indonesia ini termasuk negara yang wilayah gambutnya terbesar di dunia, selain Peru dan Kongo. Di Indonesia luasnya 12,9 juta hektare, yang rusak 2,5 juta hektare," sebut Myrna di Pekanbaru, Jumat (18/1/2019).

Dia menjelaskan, perambahan pelaku kejahatan lingkungan membuat kanal untuk mengalirkan kayu juga turut menyumbang. Gambut menjadi kering hingga mudah dan mengeluarkan karbondioksida jika terbakar.

Myrna menyebut 332.766 hektare berada di kawasan konservasi, lalu 1.410.926 hektare di lahan konsesi, dan 748.818 hektare terjadi di kawasan hutan dan penggunaan lainnya.

Sementara untuk di Riau, Myrna menyebut kerusakan 814.714 hektare sudah masuk menjadi target restorasi. Seluas 37.567 hektar berada di kawasan konservasi, 69.779 hektare kawasan hutan, dan 707.368 hektar berada di konsesi.

Menurut Myrna, restorasi hingga sekarang masih berlangsung. Sejak 2016, kegiatan restorasi di Riau telah menjangkau 78.649 hektare areal terdampak. Adapun yang menggunakan APBN pada 2017-2018, areal terdampak adalah 77.484 hektare.

"Sementara yang dilakukan oleh lembaga mitra sejak 2016 adalah 1.165 hektare," kata Myrna.

Berapa yang Sudah Direstorasi?

Pemaparan BRG tentang upaya restorasi lahan gambut di Riau. (Liputan6.com/M Syukur)

Adapun yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau dan pemangku kawasan konservasi pada tahun 2018 berdampak ada 50.889 hektare. Pada tahun 2017 BRG melakukan bersama kelompok masyarakat pada 26.595 hektare.

"Ditilik dari capaian ini maka kegiatan restorasi telah dilakukan pada 73 persen dari areal target restorasi di luar wilayah konsesi di Riau adalah 107.346 hektare," sebut Myrna.

Myrna menjelaskan, aktivitas Pembangunan lnfrastruktur Pembasahan Gambut (PIPG) di Provinsi Riau pada 2018 berlangsung di 7 kabupaten/kota. Selama setahun terakhir ini dibangun 325 sumur bor dan 815 sekat kanal.

Selain itu, ada revegetasi di 120 hektare dan revitalisasi sosial ekonomi untuk 37 paket. BRG juga mengalokasikan Rp 46 miliar sebagai anggaran tugas pembantuan untuk Riau dengan serapan anggaran pada akhir 2018 adalah Rp 40 miliar.

Ketua Tim Restorasi Gambut Riau, Ahmad Hijazi menambahkan, keberhasilan pPIPG menunjukkan kerjasama yang baik antara BRG dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Riau dan tim Resortasi Gambut Riau.

"Di Riau ini ada enam kawasan hidrologis gambut, restorasi dilakukan dengan membuat sekat kanal dan sumur bor agar gambut tetap basah," sebut pria yang juga menjabat Sekretaris Daerah Riau ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jepang Larang Wanita Terlibat dalam Upacara Penyerahan Takhta Kekaisaran, Kenapa?

Posted: 18 Jan 2019 08:01 PM PST

Liputan6.com, Tokyo - Otoritas Jepang disebut akan mengecualikan semua anggota keluarga perempuan di kekaisaran, untuk berpartisipasi dalam salah satu ritual utama, selama penyerahan takhta dari Kaisar Akihito kepada putra sulungnya, Putra Mahkota Naruhito, lapor kantor berita Kyodo.

Jepang diketahui telah lama melarang wanita mewarisi takhta, di mana hal itu sempat mengancam garis kekaisaran, hingga kelahiran satu-satunya cucu laki-laki Kaisar Akihito, Pangeran Hisahito, pada 2006.

Dikutip dari The Straits Times pada Jumat (18/1/2019), Akihito menjadi kaisar pertama yang memutuskan mundur dalam sejarah monarki itu dalam 200 tahun terakhir. Keputusan itu disebut akan melibatkan serangkaian ritual yang kompleks, di mana detailnya ditentukan oleh para pejabat istana.

Dalam upacara Kenji to Shokei no Gi di Istana Kekaisaran pada 1 Mei mendatang, kaisar baru Jepang akan mewarisi pakaian sakral seperti pedang dan permata, lapor kantor berita Kyodo.

Ditanya mengapa wanita dan anggota keluarga kekaisaran yang lebih muda tidak diikutsertakan di ritual terkait, Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga mengatakan upacara akan didasarkan pada Konstitusi Jepang, dan menghormati tradisi keluarga kekaisaran.

Kyodo menulis bahwa tidak ada wanita yang diundang ke upacara terkait ketika Akihito naik takhta pada 1989 silam.

Sementara itu, seluruh anggota Kabinet Jepang akan diundang, termasuk kemungkinan satu-satunya menteri wanita Jepang, Satsuki Katayama, yang menjabat sebagai menteri revitalisasi regional.

Katayama bisa menjadi pengecualian karena berada dalam kelas menteri, yang didefinisikan sebagai pengamat, bukan mereka yang benar-benar mengambil bagian dalam upacara.

Sementara itu, anggota wanita dari keluarga kekaisaran akan hadir di ritual lain yang berkaitan dengan penyerahan tersebut.

 

Simak video pilihan berikut: 

Kondisi Sosial Wanita Jepang

Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko menyambut para tamu saat pesta taman musim gugur di taman kekaisaran Akasaka Palace, Tokyo, Jumat (9/11). Mulai 1 Mei 2019 kaisar akan digantikan oleh Putra Mahkota Naruhito. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Wanita di rumah tangga kekaisaran kehilangan status bangsawan mereka dan menjadi warga negara biasa ketika menikah dengan orang biasa.

Ini berbeda dengan Inggris, yang memungkinkan pemimpin wanita dan memperbarui hukumnya untuk memungkinkan kaum Hawa memiliki status yang sama dalam urutan suksesi pada 2015.

Di lain pihak, perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah meminta wanita untuk memainkan peran yang lebih aktif dalam ekonomi, dan mengambil porsi kepemimpinan, untuk membantu melawan populasi pekerja Jepang yang menyusut.

Namun skandal pelecehan seksual dan pengucilan wanita dari sekolah kedokteran belum lama ini, telah membayangi kebijakan negara tersebut, dan memicu kontroversi di banyak sektor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mourinho Bantah Telantarkan Salah di Chelsea

Posted: 18 Jan 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, London - Jose Mourinho membantah telah membuang Mohamed Salah saat menangani Chelsea. Ia justru mengklaim sebagai orang yang mengorbitkan bintang Liverpool tersebut.

Chelsea membeli Salah dari Basel tahun 2013. Saat itu ia ditebus dengan harga 11 juta pound sterling.

Sayangnya karier Salah bersama Chelsea justru meredup. Dia hanya bermain dalam 10 laga Liga Inggris di bawah asuhan Mourinho.

Akhirnya Salah sempat dipinjamkan Chelsea ke Fiorentina tahun 2015. Setelah itu pemain asal Mesir ini juga kembali dipinjamkan ke AS Roma semusim berikutnya.

Tak mau kembali ke Chelsea, Salah akhirnya meminta dijual ke AS Roma. Sebelum akhirnya dibeli Liverpool tahun 2017 dan berkembang menjadi pemain bintang.

 

 

Komentar Mou

1. Mohamed Salah – Pemain yang selalu tampil konsisten sejak kedatangannya. Di awal tahun kedatangan sudah mampu membawa Liverpool melangkah ke final Liga Champions. (AFP/Paul Ellis)

"Banyak pembicaraan yang tak benar soal saya dengan Salah. Orang bilang saya yang menjualnya, padahal faktanya tidak demikian," kata Mourinho seperti dilansir Evening Standard.

"Justru saya yang membelinya karena melihat penampilannya di Basel. Saya menganalisa dan langsung jatuh cinta padanya," ujarnya menambahkan.

"Bahkan saya memaksa klub untuk membelinya meski punya Eden Hazard dan Willian. Jadi rumor yang berkembang bahwa saya menjualnya tidak benar."

Tak Sabar

Salah satu ekspresi pelatih Chelsea Jose Mourinho, pada konferensi pers, di Stoke D'Abernon, 31 Juli 2015. (AFP PHOTO / GLYN KIRK)

Mourinho juga menilai kepergian Salah bukan karena keputusannya.

"Dia tidak sabar untuk segera bermain. Padahal saya ingin menjadikannya pemain yang lebih baik dengan meminjamkannya."

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Chat Nyeleneh Ayah dan Anak Bikin Tak Berhenti Tertawa

Posted: 18 Jan 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berkomunikasi melalui pesan singkat tentu menjadi hal yang lumrah kita lakukan sehari-hari. Tak hanya dengan teman, kita juga kerap kali berkomunikasi melalui pesan singkat dengan orang tua.

Nyatanya tak sedikit obrolan tersebut justru berisi hal-hal yang kocak dan nyeleneh. Artikel tentang deretan chat nyeleneh ayah dan anak menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler, tentang 7 curhatan kocak warganet usai debat capres dan cawapres perdana . Adapun artikel ketiga terpopuler tentang hal-hal yang dilakukan pasangan Jokowi dan Prabowo saat jeda iklan debat pilpres 2019.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Deretan Chat Nyeleneh Ayah dan Anak, Bikin Terus Tertawa

obrolan kocak ayah dan anak (sumber: brilio)

Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu tak hanya berkomunikasi dengan orang tua secara langsung, tapi juga melalui pesan singkat. Melalui pesan singkat tersebut ada banyak hal yang kita perbincangkan dengan ayah ataupun ibu.

Tak sedikit obrolan tersebut justru berisi hal-hal kocak dan nyeleneh. Terlebih lagi ketika berbincang dengan sang ayah. Ya, nyatanya tak melulu ayah merupakan sosok yang tegas dan galak lo.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2. 7 Curhatan Kocak Warganet Usai Debat Capres dan Cawapres 2019

curhat pilpres (foto: @dewahoya)

Debat capres dan cawapres 2019 perdana telah berlangsung Kamis (17/1) kemarin. Debat yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, tersebut terdiri dari empat tema, yaitu Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme. Debat berlangsung dengan kondusif dan sangat menarik.

Dalam debat tersebut tentunya pernyataan dari kedua kandidat capres-cawapres sangat ditunggu dan menjadi sorotan publik Tanah Air. Tak sedikit yang puas dengan pernyataan dan gagasan masing-masing kandidat.

Selengkapnya...

3. Beda yang Dilakukan Jokowi dan Prabowo Saat Jeda Iklan Debat Pilpres 2019

Capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin bersalaman dengan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno usai debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selesai sudah debat capres dan cawapres 2019 perdana yang berlangsung, Kamis (17/1/2019) malam. Debat tersebut tentu menjadi sorotan publik di Tanah Air. Selain berjalan kondusif, debat perdana itu juga sangat menarik.

Ada empat tema yang dibahas dalam debat pertama ini, di antaranya hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Debat yang di moderatori Ira Koesno dan Imam Priyono ini berlangsung pukul 20.00 WIB, selama 90 menit.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Bocoran Fitur Baru Android Q Bikin Penasaran

Posted: 18 Jan 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun nama resmi untuk Android Q masih belum terungkap, namun bocoran mengenai fitur-fiturnya sudah beredar dan diulas sejumlah media global. 

Bocoran fitur dari sistem operasi (OS) Android versi ke-9 ini bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga bikin penasaran datang dari tanaman pertama yang tumbuh di Bulan. Namun sayangnya, upaya Badan Antariksa Tiongkok untuk menanam benih di permukaan Bulan dilaporkan gagal total.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini. 

1. Belum Dirilis, Ini 3 Bocoran Fitur Baru Android Q?

Sistem operasi (OS) Android versi ke-9, baru dirilis secara resmi belum lama ini. OS besutan google itu hadir dengan nama Android Pie.

Namun, bocoran mengenai apa yang ditawarkan pada sistem operasi Android versi selanjutnya sudah mulai bermunculan.

Walaupun nama resmi untuk Android Q masih belum terungkap, kehadirannya patut ditunggu.

Baca selengkapnya di sini 

2. Tanaman Pertama yang Tumbuh di Bulan Malah Mati

Misi Chang'e-4 menjelajah sisi tergelap Bulan tak dapat berjalan dengan yang seperti diperkirakan.

Terbaru, upaya Badan Antariksa Tiongkok untuk menanam benih di permukaan Bulan dilaporkan gagal total.

Dilansir Live Science pada Jumat (18/1/2019), benih kentang, kapas, dan tanaman berjenis Arabidopsis thaliana yang dibawa dari Bumi, tidak dapat tumbuh di Bulan.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Tantangan Berat Tiongkok Tumbuhkan Tanaman di Bulan

Lunar Roving Vehicle (LRV) digunakan NASA untuk mengekplorasi bulan.

Chang'e-4, probe (pesawat luar angkasa) milik Badan Antariksa Tiongkok yang berhasil mendarat pada 3 Januari lalu, membawa benih kentang, kapas, dan tanaman berjenis Arabidopsis thaliana.

Benih-benih tersebut terlampir di dalam wadah kaleng tertutup dan membentuk biosfer yang mandiri di Bulan.

Namun sayang, impian Tiongkok untuk menumbuhkan mereka di permukaan Bulan, kandas di tengah jalan.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ikut Pertukaran Pelajar, Siswa Israel Dibunuh di Australia

Posted: 18 Jan 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang siswa asal Israel yang ikut pertukaran pelajar di Australia tewas dibunuh. Polisi menduga motif pembunuhan adalah kekerasan seksual.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ranty Maria Sindir Pertunangan Ammar Zoni dan Irish Bella?

Posted: 18 Jan 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pertunangan Irish Bella dan Ammar Zoni ikut menyeret nama Ranty Maria. Seperti diketahui, Ranty Maria pernah berpacaran dengan Ammar selama empat tahun, sebelum akhirnya putus pada 2018.

Di tengah gencarnya berita tentang lamaran Ammar Zoni dan Irish Bella, Ranty Maria membuat satu unggahan yang diasumsikan warganet sebagai reaksi atas pertunangan mantan pacarnya itu.

"Love yourself. See the good. Be calm. Find joy. Give thanks, [Cintai dirimu sendiri. Lihat yang baik. Tenang. Temukan suka cita. Terima kasih]," tulis Ranty Maria di Instagram.

Saat diundang menjadi bintang tamu dalam acara yang dipandu Oky Lukman, OK Show, Ranty Maria mengatakan bahwa unggahan tersebut tak ada kaitannya dengan lamaran Ammar Zoni dan Irish Bella.

Mengingatkan Diri Sendiri

(Instagram/ammarzoni)

"Enggak ditujukan untuk siapa-siapa. Maksud postingan aku ya untuk ingetin diri aku sama fans-fans aku yang follow Instagram aku untuk cinta diri sendiri, tenang aja," kata dia.

"Cari kebahagiaan, jangan lupa bersyukur, karena menurut aku itu kunci untuk hidup yang damai. Jadi mengingatkan, enggak ada sangkut pautnya sama yang sudah terjadi," sambung artis 19 tahun tersebut.

Doa

[Foto: Potongan tayangan OK Show]

Sebagai sahabat, Ranty Maria juga mendoakan yang terbaik untuk kelangsungan hubungan Ammar Zoni dengan Irish Bella. Ia harap, jalinan cinta keduanya langgeng selamanya.

"Selamat semoga ke depannya menjadi keluarga yang samawa," tandas artis berkulit putih tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Penyakit Kulit Ini Sering Dialami Bayi dan Cara Mengatasinya

Posted: 18 Jan 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Indonesia sebagai negara tropis membuat masyarakatnya tak luput dari serangan penyakit khususnya penyakit kulit. Beberapa penyakit kulit masih sangat umum ditemukan karena beberapa faktor seperti suhu udara, lingkungan, dan juga kebersihan diri yang kurang terjaga.

Penyakit yang menyerang kulit manusia ini tidak memandang usia bahkan bayi sekalipun dapat terjangkit penyakit ini.Kulit adalah organ manusia yang paling besar. Kulit juga menyumbang sekitar 15% dari berat badan seseorang.

Pembalut tubuh ini memainkan peran penting dalam menyesuaikan suhu badan, mendeteksi panas dan dingin, dan melindungi individu dari infeksi dan penyakit luar.

Ketika tubuh sedang terserang virus, kulit adalah organ yang pertama kali merespon dan akan dilanjutkan ke sel-sel saraf di bawahnya.

Meskipun bayi memiliki kulit yang lembut yang kerap menjadi idaman para remaja, namun kulit bayi juga amat sensitif, lho. Itulah sebabnya kulit bayi sangat rentan sekali terhadap berbagai macam ruam.

Walau penyakit kulit pada bayi umumnya tidak membahayakan dan mudah ditangani di rumah, namun jika dibiarkan, ruam yang terlihat sepele bisa menjadi masalah kulit yang mengkhawatirkan para orangtua dan tak jarang membutuhkan pengobatan medis.

Dilansir Liputan6.com Jumat (18/1/2019) dari berbagai sumber, inilah beberapa penyakit kulit yang rentan terjadi pada bayi.

Jenis Penyakit Kulit yang Biasanya Menyerang Bayi

1. Ruam Popok

Ruam popok merupakan infeksi kulit yang umum dialami oleh bayi. Ruam ini terjadi karena kulit yang lembab bergesekan dengan popok atau diapers. Padahal, popok adalah benda yang selalu digunakan bayi.

Jika si buah hati mengalaminya, segera oleskan krim khusus ruam popok dan mengganti popok yang basah tersebut untuk mengurangi gangguan ini. Namun jika sudah parah, maka sebaiknya bawalah si buah hati ke ahli dermatologi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

2. Jerawat Bayi

Penyakit kulit yang menyerang wajah ini rupanya tidak hanya terjadi pada remaja. Bayi pun juga bisa terkena jerawat. Hal ini terjadi karena pengaruh hormon yang masuk ke dalam aliran darah bayi melalui plasenta.

Jerawat yang timbul biasanya berbintik-bintik kemerahan. Namun jerawat yang menyerang kulit bayi tidaklah separah jerawat yang menyerang remaja yang sedang puber. Jerawat tersebut bisa hilang dengan sendiri secara alami.

3. Eksim

Eksim biasanya terjadi pada kulit orang dewasa dengan tanda rasa gatal berlebih pada kulit dibarengi dengan kulit memerah, bersisik serta pecah-pecah, hingga timbul gelembung-gelembung kecil yang mengandungan air atau nanah. Namun, eksim juga bisa menyerang kulit bayi.

Penyakit kulit eksim yang menyerang kulit bayi biasanya muncul berwarna kemerahan dan disertai dengan isi berwarna putih.

Eksim atau ruam merah ini biasanya terjadi pada bayi yang memiliki riwayat alergi. Eksim biasanya muncul di wajah, dada, lengan, atau siku dan secara bertahap menjadi kulit kering dan bersisik.

Jika bayi anda demam karena penyakit ini, maka sebaiknya Anda tetap waspada meskipun eksim akan menghilang seiring dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh bayi.

4. Mongolia Spot

Apakah anda pernah menemukan bintik-bintik hitam di tubuh bayi anda? Umumnya bintik tersebut muncul di pantat atau punggung bawah.

Hal itulah yang disebut dengan mongolia spot. Penyakit kulit ini tidak perlu membuat anda khawatir, sebab hal tersebut adalah wajar.

5. Kulit Kering

Kebanyakan bayi yang baru lahir akan mengalami kulit kering dan mengelupas selama beberapa hari. Proses ini adalah normal namun jika terus berlanjut segera datangi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

6. Biang Keringat

Biang keringat ini biasanya muncul di lipatan kulit dan terjadi karena keadaan kulit yang lembab. Jika bayi anda mengalaminya, hindari penggunaan pakaian yang ketat untuk menghindari munculnya keringat yang berlebih.

7. Bintik putih (Milia)

Bintik putih atau yang dikenal juga dengan sebutan milia ini terkadang muncul di hidung yang disebabkan karena serpihan kulit menghambat kelenjar minyak.

Milia muncul karena kelenjar minyak dan sel kulit putih yang tidak bisa keluar secara alami. Jika bayi anda mengalaminya, anda tidak perlu khawatir sebab kebanyakan milia akan sembuh sendiri.

8. Cradle Cap

Cradle cap merupakan pengerasan seperti ketombe yang ada di kulit kepala bayi. Umumnya cradle cap terjadi karena jamur. Untuk menghilangkannya, anda bisa mengaplikasikan sampo anti jamur yang cocok untuk bayi.

9. Biduran

Biduran pada bayi biasanya terjadi sebagai reaksi alergi makanan, umumnya karena mengonsumsi telur dan susu. Namun, bisa juga karena keringat yang bergesekan dengan kulit. Biduran tidak membahayakan, namun membuat bayi akan merasa tidak nyaman saat tidur atau sepanjang hari.

Jika bayi anda mengalami biduran kronis, maka segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Dokter mungkin akan menyarankan resep antihistamin untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan.

Itulah 9 penyakit kulit yang umumnya diderita oleh bayi. Jika buah hati anda mengalaminya, anda tidak perlu panik. Lakukan perawatan ringan untuk menyembuhkannya.

 

Reporter: Yunisda Dwi Saputri

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: