Kamis, 03 Januari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Oppo R17 Pro, Smartphone 3 Kamera dengan RAM 8GB

Posted: 03 Jan 2019 09:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Oppo akhirnya resmi memperkenalkan smartphone perdananya yang rilis tahun ini untuk pasar Indonesia, yakni R17 Pro. Sesuai namanya, smartphone ini masuk lini premium R dari Oppo.

Mengingat hadir sebagai perangkat premium, Oppo R17 Pro memiliki spefikasi dan fitur mumpuni. Salah satunya adalah penggunaan tiga kamera utama.

Sekadar informasi, R17 Pro merupakan smartphone pertama Oppo yang memiliki tiga kamera utama. Dengan tiga kamera utama, Oppo akhirnya bergabung dengan vendor lain yang sudah menerapkan sistem serupa.

Oppo R17 Pro menggunakan kombinasi sensor kamera 12MP (f/1.5-f/2.4 and OIS (Optical Stabilizer Technology), 20MP (f/2.6 aperture, AF), dan TOF 3D stereo camera.

Kebutuhan selfie pengguna diserahkan pada kamera depan beresolusi 25MP (f/2.0) yang dibekali dengan teknologi AI Beauty. Perangkat ini memiliki layar FHD+ Amoled berukuran 6,4 inci dengan balutan Corning Gorilla Glass 6.

Sebagai jeroan utama, Oppo menyertakan chipset Qualcomm Snapdragon 710 dengan RAM 8GB. Hadir dengan warna Radian Mist, Oppo R17 Pro memiliki memori internal berkapasitas 128GB.

Oppo R17 Pro menjalankan sistem operasi Android 8.1 Oreo, dibalut user interface (UI) terbaru ColorOS 5.1.

Seperti seri Oppo sebelumnya, R17 Pro sudah mendukung kemampuan teknologi pengisian baterai super cepat, yaitu Super VOOC.

Harga dan Ketersediaan

Tampak depan Oppo R17 Pro. Liputan6.com/ Andina Librianty

Rencananya, Oppo R17 Pro mulai dijual di Indonesia seharga Rp 9.999.000 mulai 17 Januari 2019.

Marketing Director Oppo Indonesia, Alinna Wenxin, menuturkan kehadiran seri R ini semakin menguatkan komitmen Oppo di pasar smartphone Indonesia, terutama di segmen premium.

"Ini adalah smartphone pertama Oppo pada tahun ini. Seri R ini sangat populer dan kehadiran R17 Pro merupakan bentuk komitmen kami di pasar premium," ujarnya.

Buka Keran Pre-Order

Tampak belakang smartphone Oppo R17 Pro. Liputan6.com/ Andina Librianty

Oppo sendiri akan membuka keran pre-order R17 Pro mulai 4 hingga 16 Januari 2019 di seluruh gerai resmi Oppo dan berbagai situs e-Commerce.

Khusus bagi pemesan awal tersebut, akan mendapatkan cashback Rp 1 juta dan speaker JBL Clip 3.

Setelahnya, penjualan perdana baru akan digelar pada 17 Januari 2019. Pihak Oppo optimistis R17 Pro akan memikat hati konsumen Tanah Air.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Resmikan Pembangunan 4 Infrastruktur di Tulungagung

Posted: 03 Jan 2019 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan empat proyek pembangunan di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Jumat yaitu tiga proyek pembangunan rumah susun sewa (rusunawa) dan satu proyek jembatan penghubung.

"Pagi hari ini saya resmikan Rusunawa Mahasiswa IAIN Tulungagung, Rusunawa Mahasiswa STKIP PGRI Tulungagung, Rusunawa Jepun Pemda Tulungagung dan Jembatan Ngujang II," kata Jokowi seperti dikutip dari Antara, Jumat (4/1/2019).

Presiden meresmikan penggunaan empat proyek pembangunan fisik itu dengan menekan tombol sirine dan penandatanganan prasasti.

Hadir dalam acara itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Seskab Pramono Anung, Gubernur Jatim Soekarwo dan Plt Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo, serta pimpinan perguruan tinggi.

Usai peresmian, Presiden Jokowi mengatakan fasilitas-fasilitas itu diperlukan oleh mahasiswa. "Tadi saya masuk ke ruangan-ruangan, saya kira kualitas pengerjaannya juga sangat bagus," katanya.

Ia menyebutkan untuk tahun 2019 saja, pemerintah akan membangun 300 rusunawa dan 45 di antaranya ada di Jatim.

"Paling banyak memang di Jatim karena di sini rusun itu betul-betul dipakai dan sangat dibutuhkan," katanya.

Untuk daerah lain, Presiden Jokowi mengatakan ada masalah budaya tinggal di rusun, ada yang sudah siap, ada yang belum. Ia menilai masyarakat Jatim sudah lebih siap.

 

Aksi Jokowi Kala Bertemu Generasi Milenial Tulungagung

Presiden Joko Widodo saat berkunjung di salah satu pesantren di Sukoharjo

Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan generasi milenial di salah satu warung kopi angkringan Tulungagung, Jawa Timur, Kamis malam 3 Januari 2019.

Kedatangan Jokowi ke Warung Kopi Angkringanku disambut pemilik kedai kopi itu Aji Catur Pamungkas. Sebelum sampai ke kedai kopi itu, warga masyarakat sudah menyambut kehadiran Jokowi.

Jokowi didampingi oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Demikian dilansir Antara, Jumat (4/1/2019).

Sebelum masuk ke ruang dalam kedai kopi itu, Jokowi sempat melihat pameran produk kreatif lokal generasi muda Tulungagung yang dipamerkan di ruang depan kedai kopi. Setelah masuk ke dalam, Jokowi dihibur dengan nyanyian dua lagu rap yang dibawakan anak anak muda.

Lagu rap tersebut merupakan hasil karya kreatif generasi milenial Tulungagung. Lagu rap tersebut antara lain berjudul Tulungagung Ayem Tentrem Mulyo lan Tinoto.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam serta jaket hitam, disuguhi dan menikmati kopi Tulungagung. Sambil menikmati kopi Tulungagung, tampak Presiden Jokowi membuat video blog atau vlog.

Setelah berada di kedai kopi selama sekitar satu jam, sekitar pukul 22.15 WIB, Presiden Jokowi dan rombongan kembali ke hotel tempat menginap untuk beristirahat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Pengaturan Skor, Direktur PT LIB Diperiksa Satgas Antimafia Bola

Posted: 03 Jan 2019 09:53 PM PST

Fokus, Jakarta - Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Risha Adi Wijaya diperiksa Tim Satuan Tugas Antimafia Bola, Kamis kemarin. Pemeriksaan dilakukan terkait kasus dugaan pengaturan skor yang saat ini ditangani.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (4/1/2019), pemeriksaan Risha dilakukan di ruang Tipikor Bareskrim Mabes Polri yang berlokasi di Gedung Ombudsman Jakarta.

Usai diperiksa selama 11 jam, Risha Adi Wijaya mengaku mendapat pertanyaan seputar pengelolaan kompetisi Liga Indonesia, dimana PT LIB ditunjuk oleh PSSI sebagai operator.

"Pemeriksaan berjalan lancar dan baik, ada sekitar 15 pertanyaan yang diberikan kepada saya, garis besarnya lebih ingin melihat kewenangan dan tanggung jawab LIB sebagai operator," kata Direktur PT LIB Risha Adi Wijaya.

Sebelummya, Tim Satgas Antimafia Bola telah memeriksa Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria terkait kasus yang sama.

Dalam kasus pengaturan skor atau match fixing, Tim Satgas Antimafia Bola telah menetapkan empat orang tersangka, yaitu anggota Exco PSSI Johar Lin Eng, anggota Komisi Disiplin PSSI Dwi Irianto, mantan anggota Komisi Wasit PSSI Priyanto dan anaknya Anik Yuni Artikasari yang berprofesi sebagai wasit. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengulik Gaun Pengantin Beyonce Kala Pembacaan Ulang Janji Suci Pernikahan

Posted: 03 Jan 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak ingin melakukan kilas balik tahun sebelumnya kala membuka tahun yang baru? Beyonce pun melakukannya.

Tahun baru kemarin, ia mengunggah video kilas balik momen istimewanya selama 2018. Salah satu momen yang ditampilkan adalah momen pembaruan janji sucinya dengan sang suami, Jay-Z. Dalam momen itu, tampak sebagian gaun yang dikenakan Beyonce pada Juni 2018 tersebut.

Potongan momen tersebut diunggah kembali oleh sang perancang gaun yang dikenakan kala momen spesial tersebut, Galia Lahav, desainer beraliran couture. Terinspirasi dari gaya era Victoria, gaun yang dipakai superstar tersebut dinamakan Thelma dan memiliki harga jual sebesar US$ 15.000 atau sekitar Rp 214 juta, dikutip dari laman harpersbazaar.com, Jumat (4/1/2019).

Gaun tersebut dirancang dengan mewah, banyak brokat dan payet yang menghiasi bagian dadanya. Hiasan tersebut membuat gaun berwarna putih ini terlihat memiliki desain yang rumit.

Walaupun bagian bahunya bergaya off-shoulder, gaun tersebut memiliki bagian lengan yang mengembang seperti balon. Ada juga renda tipis di beberapa bagian dari dada hingga roknya. Tak lupa, gaun tersebut bergaya bodycon, memperlihatkan lekuk tubuh Beyonce yang ramping.

Seperti pengantin pada umumnya, Beyonce juga memakai tudung putih di kepalanya. Tak hanya itu, dia juga menambahkan kacamata hitam untuk gaya modernnya.

Beyonce dan Jay-Z menikah pada April 2008. Pada 2018 kemarin, usia pernikahan mereka menginjak ke-10 tahun, di mana mereka kembali memperbarui janji suci mereka pada Juni 2018. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Blackpink Bakal Tampil di Coachella, Begini Reaksi Kocak Penggemar

Posted: 03 Jan 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Deretan artis pengisi Coachella 2019, baru saja diumumkan pada Kamis (3/12/2019) kemarin. Dari Korea Selatan, ada dua artis yang akan tampil, yakni band Hyukoh dan Blackpink.  Grup asuhan YG Entertainment ini akan mengisi festival musik Coachella pada 12 dan 19 April mendatang, sementara Hyukoh pada 14 dan 21 bulan yang sama. 

Ini tentu saja merupakan pencapaian yang membanggakan bagi Rose, Jisoo, Jennie, dan Lisa.

Pasalnya, Coachella adalah salah satu festival musik terbesar dan terpopuler di dunia, dan Blackpink adalah girlgroup K-Pop pertama yang manggung di sana.

Tak ayal, para penggemar langsung bereaksi dengan penuh sukacita. Tak sedikit pula yang mengeluarkan komentar kocak begitu kabar keikutsertaan Blackpink di Coachella terkuak.

Reaksi Kocak

Blackpink. (Foto: soompi.com)

Pemilik akun @hilIsideboy yang menggunakan username Rose Knowles, misalnya, memprediksi respons penonton yang bukan penggemar K-Pop di acara ini nantinya. Ia menyertakan video seorang pria yang berujar," Aku enggak tahu dia ngomong apa, tapi aku suka."

Hal serupa juga ditulis oleh @payolapink. "Orang yang enggak pernah tahu K-pop saat melihat Blackpink tampil di depan mereka," tulisnya sambil menyertakan video ibu-ibu yang tengah kebingungan.

Ada pula yang langsung menunggu-nunggu hasil jepretan fansites, atau fotografer independen yang memotret seorang idola K-Pop.

"Yo, Fansite masternim bakal berpesta dengan lensa bazooka mereka," kata @caleedc.

Musikus Ternama

Festival musik Coachella 2019 (Twitter/ @Coachella - https://twitter.com/coachella/status/1080682180764811264)

Seperti diberitakan sebelumnya, Blackpink akan manggung pada tanggal yang sama dengan musikus dunia seperti Janelle Monae, The 1975, Diplo, dan lainnya.

Yang akan menjadi bintang utama pada slot ini, adalah rapper kenamaan Childish Gambino. Selain pelantun "This Is America" tersebut, yang akan menjadi headliners dalam acara ini adalah band rock Tame Impala dan penyanyi pop Ariana Grande.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Sentuh 14.278 per dolar AS, IHSG Menguat 35,48 Poin

Posted: 03 Jan 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu berbalik arah ke zona hijau pada sesi pertama perdagangan saham Jumat (4/1/2019) usai sempat melemah pada awal sesi perdagangan.

Pada sesi pertama perdagangan saham, menjelang akhir pekan ini, IHSG menguat 35,48 poin atau 0,57 persen ke posisi 6.256,49. Indeks saham LQ45 menanjak 0,74 persen ke posisi 998,19. Sebagian besar sektor saham menghijau kecuali indeks saham DBX melemah 0,09 persen.

Sebanyak 193 saham menghijau sehingga mengangkat IHSG. 147 saham melemah dan 164 saham diam di tempat. Pada sesi I, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.262,71 dan terendah 6.200,85.

Total frekuensi perdagangan saham 221.267 kali dengan volume perdagangan saham 6,5 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 3,6 triliun. Investor asing beli saham Rp 7,94 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.278.

Sebagian besar sektor saham menghijau kecuali sektor saham pertanian melemah 0,80 persen dan sektor saham industri dasar tergelincir 0,15 persen. Sektor saham tambang menguat 2,03 persen, dan bukukan penguatan terbesar. Disusul sektor saham barang konsumsi menanjak 0,93 persen dan sektor saham keuangan merosot 0,77 persen.

Saham-saham yang membukukan penguatan antara lain saham GLOB menguat 24,75 persen ke posisi Rp 630 per saham, saham TPMA menanjak 24,11 persen ke posisi Rp 278 per saham, dan saham JAWA naik 16,18 persen ke posisi Rp 158 per saham.

Saham-saham yang merosot antara lain saham CANI turun 22,98 persen ke posisi Rp 191 per saham, saham INTD susut 22,57 persen ke posisi Rp 175 per saham, dan saham MGRO merosot 9,55 persen ke posisi Rp 900 per saham.

Bursa saham Asia bervariasi. Indeks saham Hong Kong Hang Seng naik 1,43 persen, indeks saham Shanghai menguat 1,73 persen, dan bukukan penguatan terbesar, indeks saham Korea Selatan Kospi mendaki 0,61 persen dan indeks saham Singapura naik 1,05 persen.

Sementara itu, indeks saham Jepang Nikkei melemah 2,74 persen, dan bukukan penurunan terbesar dan indeks saham Taiwan tergelincir 1,34 persen.

 

IHSG Melemah pada Awal Sesi Perdagangan

Sepanjang perdagangan hari ini (30/5), IHSG bergerak pada kisaran 5.693,39 - 5.730,06, Jakarta, Selasa (30/5). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada awal sesi perdagangan hari ini. Pada pra pembukaan perdagangan saham, Jumat 4 Januari 2019, IHSGmelemah 9,9 poin atau 0,16 persen ke posisi 6.211,09.

Pada pukul 09.00 WIB, IHSG kembali melemah 12,3 poin atau 0,20 persen ke posisi 6.208,65. Indeks saham LQ45 juga memerah 0,27 persen ke posisi 988,17. Seluruh indeks saham acuan kompak memerah.

Sebanyak 58 saham menguat namun tak mampu mengangkat IHSG ke zona hijau. Kemudian 60 saham melemah dan 135 saham diam di tempat. Pada awal sesi perdagangan, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.215,04 dan terendah 6.205,65.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 7.121kali dengan volume perdagangan 99,2 juta saham. Nilai transaksi harian saham Rp 83,7 miliar. Investor asing beli saham Rp 1.072 miliar di total pasar. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di posisi Rp 14.343.

Hampir semua sektor melemah, kecuali aneka industri yang naik 0,18 persen. Sementara sektor yang mencatatkan pelemahan tertinggi adalah perkebunan yang turun 0,65 persen. Disusul sektor saham industri dasar menurun 0,39 persen dan sektor saham keuangan turun 0,29 persen.

Saham-saham yang catatkan top gainer antara lain saham CMPP melonjak 12,12 persen ke posisi Rp 296 per saham, saham MYTX menanjak 9,17 persen ke posisi Rp 119 per saham, dan saham LPLI menanjak 9,09 persen ke posisi Rp 120 per saham.

Sedangkan saham-saham yang tertekan antara lain saham PTSN susut 11,95 persen ke posisi Rp 1.315 per saham, saham BIKA merosot 8,33 persen ke posisi Rp 220 per saham, dan saham MGRO tergelincir 6,03 persen ke posisi Rp 935 per saham.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skandal Kirim Foto Seksi ke Napi, Brigpol Dewi Dipecat

Posted: 03 Jan 2019 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang Polwan dipecat setelah foto selfie seksi. Anggota Pol Sabhara Polrestabes Makassar, atas nama Brigpol Dewi terkena Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH), pada Rabu 2 Januari 2019.

Pihak Propam Polrestabes Makassar enggan menyebut secara rinci di mana gerangan Polwan itu kini pascapemecatan dalam sidang beberapa waktu lalu.

Bahkan dalam upacara korps rapor kenaikan pangkat Polrestabes Makassar di lapangan Karebosi kemarin, Brigpol Dewi tidak hadir. Hanya fotonya yang dihadirkan dan dipegang oleh seorang Polwan aktif di depan Kapolrestabes Makassar, Kombes Polisi Wahyu Dwi Ariwibowo.

Selain itu juga ada foto AKP Janwar dipegang oleh seorang polisi aktif. AKP Janwar juga dipecat karena disersi selama enam tahun.

Dari sumber kepolisian yang dihimpun Merdeka.com, Brigpol Dewi ini berfoto selfie kurang etis dan beredar di media sosial facebook. Fotonya seksi hampir setengah telanjang.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Polisi Wahyu Dwi Ariwibowo saat ditemui Kamis 3 Januari 2019 di masjid Polrestabes membenarkan soal foto selfie seksi itu. Foto selfie polwan ini sudah melanggar kode etik yang tidak layak bagi anggota Polri.

"Iya pelanggaran etik karena selfi mengarah ke kegiatan asusila oleh yang bersangkutan (Brigpol Dewi)," kata Wahyu Dwi Ariwibowo.

Kapolrestabes Makassar ini enggan menyebut secara rinci kasus anggotanya ini. Kata dia, pihaknya hanya melakukan upacara kemarin dan peresmian pemecatan. Putusannya dalam sidang etik kasus foto selfie seksi Polwan ini terjadi tahun 2018.

Cerita Dibalik Foto Seksi

Seorang sumber di kepolisan menjelaskan awal mula kasus yang menjerat Brigadir Dewi. Dewi yang telah memiliki suami dan anak berkenalan dengan seorang pria melalui media sosial. Di foto profilnya, pria ini memasang foto seorang pria gagah dengan pangkat Komisaris Polisi.

Keduanya sering berkomunikasi. Namun saat video call, pria tersebut selalu menyembunyikan wajahnya di tempat gelap agar tak jelas terlihat.

"Ternyata dia bukan polisi, tapi narapidana kasus pembunuhan yang sedang menjalani hukuman 10 tahun penjara di Sumatera Utara," kata sumber di kepolisan itu.

Entah mengapa Dewi tak curiga. Hubungan jarak jauh antara keduanya malah menjadi makin akrab. Pria itu meminta foto Dewi berpose sensual.

"Nah saat itu mungkin habis mandi, direkamlah oleh pria itu," kata dia.

Setelah merekam, pria tersebut memeras Dewi. Dia mengancam akan menyebarkan foto vulgar tersebut jika tak diberi uang. Brigpol Dewi menolak. Kemudian pria itu memposting foto itu di facebook miliknya.

"Jadi awal mula kasus ini terbongkar di facebook. Bisa dibilang dia korban juga sebenarnya" ujar polisi tersebut.

Anggota Polres Makassar langsung terjun mengusut kasus ini. Mereka mendatangi si pria yang ternyata polisi gadungan dan divonis 10 tahun penjara.

Dewi pun disidang karena melanggar kode etik. Yang memberatkan, dia sudah punya suami dan anak. Maka jatuhlah pemecatan dengan tidak hormat. Pernikahannya pun kandas.

 

Reporter : Salviah Ika Padmasari

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dorong Industri Pertambangan, Kementerian ESDM Dirikan Politeknik

Posted: 03 Jan 2019 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meningkatkan nilai tambah mineral dan batu bara‎ dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) yang‎ akan didirikan di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, hasil eksplorasi mineral dan batubara, selain dimanfaatkan sebagai basis pengembangan, juga harus mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan.

"Hasil eksplorasi mineral dan batubara selama ini dimanfaatkan sebagai basis pengembangan dalam industri pertambangan, namun yang lebih penting harus mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusianya melalui pendidikan untuk kemajuan bangsa," kata Jonan, dikutip dari situs resmi ‎Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Politeknik Energi dan Pertambangan didirikan untuk menjawab tantangan kebutuhan sumber daya manusia vokasi di sektor ESDM yang link and match dengan kebutuhan industri. Pergurun tinggi tersebut, telah mendapat izin dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Politeknik Energi dan Pertambangan akan membuka penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini, dengan jumlah mahasiswa baru antara 30-40 orang per program studi. Bagi calon mahasiswa berprestasi, PEP akan memberikan beasiswa khusus serta mencari peluang bekerja sama dengan industri pertambangan dan Pemerintah Daerah untuk meringankan pembiayaan pendidikan.

Pendidikan yang berlangsung di Politeknik Energi dan Pertambangan akan berfokus kepada pendidikan vokasi di bidang Geologi, Mineral, dan Batubara (Geominerba), yakni program pendidikan vokasi Diploma-III yang terdiri dari 3 program studi terapan yaitu Teknologi Pertambangan, Teknologi Geologi, dan Teknologi Metalurgi.

Terkait link and match antara lulusan Politeknik Energi dan Pertambangan dengan kebutuhan industri, sistem Pendidikan di PEP Bandung menerapkan pola Cooperative 4-2 based education, yaitu Pendidikan D-III vokasi dengan 4 semester Pendidikan di kampus, serta 2 semester magang di industri, dengan tenaga pengajar yang terdiri dari dosen dan praktisi profesional di bidang Geominerba.

 

Sertifikasi Profesi

Menteri ESDM Ignasius Jonan memantau aktivitas Gunung Anak Krakatau dari Pos Pantau di Serang, Banten, Jumat (28/12). Jonan menegaskan bahwa peningkatan status ini berdasar pengamatan dan analisis data visual maupun instrumental. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Selain itu, untuk menjamin kompetensi lulusan Politeknik Energi dan Pertambangan, para mahasiswa akan mendapatkan sertifikasi profesi di bidang pertambangan yang sudah diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Dengan pendidikan vokasi dan lulusan yang bersertifikat BNSP, PEP diharapkan dapat mencetak calon tenaga kerja terampil yang siap bekerja di industri pertambangan baik lingkup Nasional maupun Internasional.

PEP Bandung juga berkomitmen tidak hanya mengantarkan para siswa sampai dengan lulus, namun akan selalu membantu para lulusan mendapatkan pekerjaan pada industri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ilmuwan: Ada Galaksi Terdekat yang Akan Bertabrakan dengan Bima Sakti

Posted: 03 Jan 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, New York - Para astronom menyatakan bahwa akan ada galaksi terdekat yang bertabrakan dengan Bima Sakti. Peristiwa ini kemungkinan akan menggeser tata surya kita jauh ke dalam kekosongan kosmik.

Penemuan itu diungkapkan setelah para ilmuwan menjalankan simulasi komputer pada pergerakan Large Magellanic Cloud (LMC) atau Awan Magellan Besar, salah satu dari banyak galaksi satelit yang mengorbit di galaksi Bima Sakti.

Alih-alih berputar-putar pada jarak yang aman atau melepaskan diri dari tarikan gravitasi Bima Sakti, para peneliti menemukan bahwa LMC kemungkinan akan masuk ke galaksi yang kita huni ini.

Untuk sekarang, LMC diperkirakan berjarak sekitar 163.000 tahun cahaya dari Bima Sakti dan melaju dengan kecepatan 250 mil per detik.

Tetapi, simulasi yang diterapkan oleh ahli astrofisika dari Durham University menunjukkan bahwa LMC pada akhirnya akan melambat dan kembali mengarah ke galaksi Bima Sakti, yang kemudian menabrak dalam waktu sekitar 2,5 miliar tahun.

Sementara itu, meski diperkirakan bahwa bintang-bintang dan planet-planet individu tidak mungkin bertabrakan, kedatangan galaksi dengan berat 250 miliar matahari tersebut masih akan mendatangkan malapetaka.

"Seluruh Bima Sakti akan terguncang dan seluruh tata surya bisa terlontar ke luar angkasa," kata Carlos Frenk, direktur Institute for Computational Cosmology di Durham University, dikutip dari The Guardian, Jumat (4/1/2019).

Meski demikian, tidak semua malapetaka dan kesuraman bakal terjadi. Peluang tubrukan yang bisa melemparkan tata surya ke wilayah ruang angkasa yang lebih langka adalah tipis.

Hal tersebut dilaporkan oleh para peneliti dalam jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society. Marius Cautun, penulis utama di makalah ini, menuturkan bahwa kemungkinan terjadinya pengasingan kosmik yaitu sekitar 1-3%.

Di satu sisi, tabrakan galaksi Bima Sakti dengan LMC sudah lama dapat dihindari. Bima Sakti adalah bola aneh di antara galaksi spiral. Lingkaran bintang yang mengelilingi piringan galaksi kita mengandung lebih sedikit bintang, bila dibandingkan dengan galaksi yang serupa.

"Tapi, itu belum semuanya. Lubang hitam supermasif di pusat Bimasakti adalah sesuatu yang tak ada artinya, hanya sepersepuluh masif yang ditemukan di jantung galaksi yang sama," ucap Cautun.

Akan tetapi, penyatuan dua galaksi yang berbenturan itu akan mengubah semuanya.

"Setelah LMC melahap Bima Sakti, galaksi kita akan menjadi spiral yang indah dan normal," Frenk menjelaskan. "Sebagian besar halo (lingkaran atau berkas sinar di sekeliling suatu benda angkasa yang berkilauan) akan menjadi bintang dari LMC dan lubang hitam (black hole) akan mendapatkan 'bahan bakar' berlimpah yang tak terduga ini."

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Akhir dari Bima Sakti

Ilustrasi Andromeda dan Galaksi Bima Sakti di langit malam (NASA)

Large Magellanic Cloud atau disingkat LMC memiliki sejumlah besar gas yang akan dimangsa oleh lubang hitam supermasif hingga mencapai 10 kali massa saat ini.

Saat dicaplok, lubang hitam akan menjadi "aktif" dan mengirimkan pancaran radiasi energi tinggi yang kuat.

Ketika pancaran sinar gamma yang intens berpotensi memicu kepunahan massal, namun radiasi yang didorong oleh lubang hitam tidak mungkin menimbulkan ancaman bagi kehidupan yang ada di Bumi.

Di masa lalu, para astronom yang menaruh perhatian pada kehancuran Bima Sakti memfokuskan perhatian mereka pada tabrakan dengan galaksi Andromeda. Pada lima kali massa LMC, Andromeda diduga benar-benar dapat menghancurkan Bima Sakti ketika keduanya bersinggungan. Bencana kosmik itu diprediksi terjadi dalam waktu sekitar empat miliar tahun.

"Tetapi, peleburan Bima Sakti dengan LMC dapat menunda bencana kosmik tersebut. Salah satu hasil fusi dengan LMC adalah tertundanya tabrakan Bima Sakti dengan Armageddon," Frank menjelaskan.

Namun karena LMC, Bima Sakti akan sedikit berpindah tempat atau bergeser dan mungkin bakal terjadi dalam kurun beberapa miliar tahun.

"LMC memang besar, tetapi tidak akan sepenuhnya menghancurkan galaksi kita," tegas Frank. "Tabrakan ini akan menghasilkan kembang api yang luar biasa, tetapi benturannya tidak memiliki massa untuk membuat semacam gangguan besar."

Sedangkan tabrakan dengan Andromeda, menurut Frank, benar-benar akan mengubah Bima Sakti menjadi Armageddon. Kejadian ini benar-benar akan menjadi akhir dari Bimasakti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Piala FA Sabtu (5/1/2019), MU Hadapi Reading FC

Posted: 03 Jan 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Piala FA kembali bergulir pada akhir pekan ini. Tim-tim Liga Inggris dari kasta berbeda kembali berjibaku pada babak ketiga turnamen ini. Manchester United (MU) yang tengah on fire sejak ditangani Ole Gunnar Solskjaer juga bakal kembali tampil unjuk aksi.

Setan Merah bakal berhadapan dengan tim divisi Championship, Reading FC. Pertarungan akan berlangsung di markas MU, Stadion Old Trafford, Sabtu (5/1/2019) waktu setempat. 

Ini merupakan laga kelima bagi MU sejak ditangani Solskjaer. Sebelumnya, tim berjuluk Setan Merah itu telah merebut empat kemenangan beruntun di ajang Liga Inggris.  

Selain Setan Merah, Chelsea juga akan menjamu Nottingham Forest di hari yang sama. Sementara Tottenham Hotspur bakal bertandang ke markas Tranmere Rovers FC. 

Simak jadwal lengkap Piala FA di bawah ini:  

Jadwal Piala FA, Sabtu (5/1/2019)

Trofi Piala FA

02.45: Tranmere Rovers FC vs Tottenham Hotspur

19.30: Sheffield Wednesday vs Luton Town FC1

19.30: Manchester United vs Reading FC

19.30: West Bromwich vs Wigan Athletic FC

19.30: Shrewsbury Town FC vs Stoke City FC

19.30: AFC Bournemouth vs Brighton

19.30: West Ham United FC vs Birmingham City FC

19.30: Burnley FC vs Barnsley FC

19.30: Bolton Wanderers vs Walsall FC

22.00: Brentford FC vs Oxford United FC

22.00: Chelsea FC vs Nottingham Forest

22.00: Fleetwood Town vs AFC Wimbledon

22.00: Middlesbrough FC vs Peterborough

22.00: Aston Villa FC vs Swansea City AFC

22.00: Gillingham FC vs Cardiff City FC

22.00: Everton FC vs Lincoln City FC

22.00: Derby County FC vs Southampton FC

22.00: Accrington vs Ipswich Town FC

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Meninggal, Torro Margens Sempat Rampungkan Film Terakhir

Posted: 03 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Sukabumi - Sebelum meninggal dunia, Torro Margens sempat menyelesaikan satu judul film. Proses pengambilan gambarnya sendiri telah dilakukan di Yogyakarta.

Sayangnya setelah proses syuting selesai, kesehatan Torro Margens memburuk. Ia bahkan sampai muntah darah hingga harus dilarikan ke salah satu rumah sakit di Yogyakarta.

"Iya masih (syuting), sakitnya sampai muntah darah. Dia sempat dirawat di Yogya lima hari, terus pulang ke Sukabumi," kata anak Torro Margens, Toma Margens, saat dihubungi melalui telepon, Jumat (4/12/2018) pagi.

 

Tak Ingat

Artis senior Torro Margens (Nurwahyunan/Bintang.com)

Namun sayangnya, anak Torro Margens tak mengingat proyek film terakhir dari aktor yang meninggal di usia 68 tahun tersebut.

"Untungnya film udah kelar. Judulnya apa saya lupa sama film apa sih saya lupa. saya juga enggak tahu untuk kapan filmnya. Sama pemerintah-pemerintah sana (Yogyakarta). Judulnya saya lupa," jelasnya.

 

Sempat Kritis

(Nurwahyunan/Bintang.com)

Aktor yang sering memainkan peran antagonis ini mengembuskan napas terakhir di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (4/12/2018) karena sakit. Sebelum meninggal Torro Margens sempat mengalami masa kritis.

Toma Margens berharap agar seluruh amal ibadah ayahnya diterima Tuhan."Semoga jadi mempermudah jalannya. Dijauhkan siksa kuburnya, amin. Kayaknya dimakamkan habis Jumat," ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 19 Jenazah Korban Longsor Sukabumi Masih Tertimbun

Posted: 03 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tim DVI Polri berhasil mengidentifikasi 16 jenazah korban longsor Sukabumi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proses Visa Biometrik Lebih Cepat dan Pasti, Benarkah?

Posted: 03 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Arab Saudi mewajibkan para calon jemaah dari seluruh dunia, termasuk untuk pengajuan visa umroh dengan menyertakan rekam biometrik--salah satu teknologi untuk mempercepat proses pengajuan visa.

Negara-negara seperti Turki dan Pakistan, termasuk Indonesia sudah melakukan proses ini sejak September 2018, melalui operator perekaman biometrik VFS TasHeel.

Di Indonesia, VFS TasHeel memiliki sentra perekaman biometrik di 30 lokasi dan jumlahnya diklaim akan terus ditingkatkan hingga ke daerah-daerah.

Perekaman data secara biometrik akan merekam data unik jamaah, seperti retina atau sidik jari. Data ini selanjutkan disinkronkan dengan pihak imigrasi Arab Saudi sehingga saat calon jemaah tiba di bandara Arab Saudi, mereka tidak perlu antre terlalu lama dan panjang untuk proses verifikasi data.

Menurut VFS TasHeel, Jumat (4/1/2018), jika dibandingkan dengan cara konvensional, proses visa biometrik bisa mengefisienkan waktu jauh lebih banyak karena hanya memakan waktu tidak lebih dari 5 menit.

Dengan demikian, kasus kelelahan yang sering terjadi di calon jemaah pada saat mengantre di imigrasi tidak akan terjadi lagi.

 

Tak Harus Datang ke Kedutaan

Ilustrasi visa paspor. (auroratravel.asia)

Melalui sebuah aplikasi, pengajuan visa bisa dilakukan tidak harus datang ke kedutaan setempat, di mana seringkali para calon jemaah harus melakukan perjalanan yang cukup jauh. Dengan sebuah aplikasi khusus, calon jemaah pun bisa melakukan pendaftaran secara online.

Jadwal pengajuan visa bahkan bisa didapat dengan pasti oleh setiap calon jemaah, termasuk detail jamnya. Dengan demikian, tidak akan banyak waktu terbuang bagi setiap jemaah dengan proses seperti ini.

Lokasi pengajuan tidak harus melalui kedutaan lagi, tetapi bisa di berbagai center yang sudah ditunjuk untuk melakukan proses pengajuan visa. Sentra tersebut terdapat di banyak lokasi, termasuk mal-mal di kota besar.

 

Metode Konvensional

Paspor Indonesia. (Instagram/panduwil)

Bandingkan dengan metode konvensional yang mana para calon jemaah harus datang sendiri ke kedutaan, tanpa tahu jam berapa mereka akan dipanggil untuk mulai melakukan pencatatan dokumen visa.

Seringkali dengan cara ini, mereka sudah datang sejak pagi hari, namun baru dipanggil saat siang atau menjelang sore hari.

Biasanya, visa dibuat dengan menyerahkan beberapa dokumen kependudukan calon jemaah ke kedutaan di negara asalnya. Tidak heran, antrean sering terlihat di kantor kedutaan untuk proses pengajuan visa.

Hal inilah yang sering menjadi kendala bagi biro perjalanan umrah dalam mengurus visa para calon jemaah. Calon jemaah sendiri pun tidak mendapat jadwal yang pasti kapan mereka harus datang ke kedutaan untuk mengurus visa keberangkatan.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Terpilih Jadi Anggota Dewan Keamanan PBB Periode 2019-2020

Posted: 03 Jan 2019 09:25 PM PST

Fokus, Amerika Serikat - Indonesia resmi menjadi anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk periode 2019-2020. Terpilihnya Indonesia ditandai dengan pemasangan bendera Indonesia di markas PBB di New York, Amerika Serikat, 2 Januari lalu.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (4/1/2019), keanggotaan Indonesia di dewan keamanan PBB sudah yang keempat kalinya. Sebelumnya Indonesia pernah terpilih pada tahun 1973, 1995, dan 2007.

Indonesia terpilih dengan dukungan 144 suara dari 193 negara anggota PBB. Dukungan tersebut menurut Duta Besar Indonesia untuk PBB Dian Triansyah Djani merupakan bukti kepercayaan masyarakat internasional terhadap Indonesia.

Indonesia bersama 14 anggota dewan keamanan lainnya akan merusmuskan kebijakan untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional sesuai piagam PBB. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepak Terjang Andi Arief, dari Aktivis Korban Penculikan Hingga Jadi Politisi Demokrat

Posted: 03 Jan 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief kembali menjadi sorotan lantaran cuitannya di akun Twitternya yang menyebut adanya surat suara yang sudah dicoblos dalam 7 kontainer di Tanjung Priok, Jakarta, Rabu 2 Januari 2019. Dia kemudian menghapus cuitannya itu.

"Mohon dicek kabarnya ada 7 kontainer surat suara yang sudah dicoblos di Tanjung Priok. Supaya tidak fitnah harap dicek kebenarannya, karena ini kabar sudah beredar," demikian cuitan Andi Arief melalui akun Twitternya @AndiArief_ sebelum dihapus.

Andi mengaku tak bermaksud menghapus cuitannya. "Terhapus," ucap Andi kepada Liputan6.com, Kamis (3/1/2019).

Andi Arief membantah menyebar hoaks. Dia mengklaim menyelamatkan Pemilu. "Saya menyelamatkan justru," pungkas dia.

Sebelumnya, KPU, Bawaslu, dan pihak lainnya melakukan pengecekan ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara karena disebutkan ada 7 kontainer surat suara yang sudah dicoblos. Setelah pengecekan, Ketua KPU Arief Budiman menyatakan kabar tersebut tidak benar.

"Kami memastikan berdasarkan keterangan dari Bea Cukai tidak ada berita itu. Tidak ada juga kabar bahwa ada TNI AL yang menemukan itu. Tidak benar KPU telah menyita satu kontainer tersebut. Semua berita bohong," ucap Arief.

Dia menegaskan, pihak yang menyampaikan tersebut atau menyebarluaskan harus segera ditangkap oleh pihak keamanan.

"Orang-orang jahat yang menganggu, mendelegitimasi penyelenggaraan Pemilu harus ditangkap," kata Arief.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengatakan hal yang sama. Dia menuturkan, pihak yang memiliki otoritas terhadap kontainer yang ada sudah memastikan kabar tersebut tidak benar adanya.

"Memastikan itu berita bohong. Harus kita lawan dan klarifikasi kebenarannya," jelas Afifuddin.

Dia mengatakan, pihaknya juga langsung melaporkan kabar ini ke Cyber Crime Mabes Polri. "Kita sudah laporkan ke Cyber Crime Mabes Polri," pungkas dia.

Kabareskrim Komjen Arief Sulistyanto menegaskan, pihaknya akan memanggil seluruh pihak terkait beredarnya kabar hoaks surat suara yang dicoblos. Termasuk pemanggilan politikus Demokrat, Andi Arief.

Menurut Arief Sulistyanto, pihaknya sudah merespons peredaran kabar bohong tersebut dengan penyelidikan yang dilakukan tim Direktorat Siber Bareskrim dan Polda Metro Jaya.

"Bapak Kapolri sudah memberikan instruksi kepada Kabareskrim, kepada saya untuk betul-betul melakukan penyelidikan terhadap masalah ini," ucap Kabareskrim di Gedung Bareskrim, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (3/1/2019).

Saat disinggung akan memanggil Wakil Sekjen Demokrat Andi Arief yang diduga menyebar hoaks surat suara dicoblos melalui media sosial, Kabareskrim mengatakan semua pihak terkait akan dimintai keterangan.

"Semua pihak yang berkaitan dengan beredarnya isu itu, nanti, pasti akan diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, siapapun dia," beber Arief.

Dia menegaskan, Polri siap melakukan hal ini semua. Termasuk dengan upaya penegakan hukum kasus hoaks surat suara dicoblos.

"Polri sudah siap untuk melakukan itu, termasuk upaya penegakan hukum yang sedang dilakukan saat ini dan kami bekerjasama dengan KPU dengan Bawaslu untuk mengatasi semua masalah, yang mungkin mengganggu kelancaran pemilu itu nanti," dia memungkasi.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto bereaksi keras terhadap Wakil Sekjen Demokrat Andi Arief. Dia menyebut pernyataan Andi Arief lewat Twitter mengenai 7 kontainer di Tanjung Priok berisi surat suara tercoblos, berbahaya. Cuitan Andi pada Rabu 2 Januari 2019 telah dihapus.

"Pernyataan saudara Andi sangat provokatif, cermin kekerdilan jiwa, mental prejudice, dan sangat berbahaya. Pernyataan jalanan tanpa dasar tersebut, sudah memenuhi delik hukum untuk dipersoalkan," ucap Hasto saat dikonfirmasi, Kamis (3/1/2019).

Andi Arief pun bersuara keras-keras merespons pernyataan Hasto. Dia tidak gentar bila Hasto melaporkan cuitannya yang kini sudah dihapus ke kepolisian.

"Hasto Sekjen PDIP buta huruf. Suruh baca twit saya dengan jelas. Saya mengimbau supaya dicek karena isu itu sudah dari sore muncul. Bahkan, Ketua KPU sendiri mengakui dia mendapat kabar dari sore. KPU bergerak setelah imbauan saya," ucap Andi kepada Liputan6.com, Kamis (3/1/2019).

Jejak Andi Arief dari Ativis Korban Penculikan Hingga Politisi Demokrat

Andi Arief merupakan bekas aktivis mahasiswa yang dikenal SBY sejak menjabat Komandan Resor Militer 072/Pamungkas di Yogyakarta pada tahun 1995.

Saat itu, Andi Arief sedang berkuliah di Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada. Dan Andi Arief dikenal SBY saat itu sebagai salah satu aktivis mahasiswa yang getol berdemonstrasi.

Andi Arief lahir di Bandar Lampung 20 November 1970 silam, dari pasangan Kiai Haji Arief Mahya dan Hajjah Mas Amah. Putra bungsu ini menghabiskan sekolah dasar sampai menengah atas di Bandar Lampung. Tahun 1989, ia memutuskan untuk berkuliah ke Yogyakarta.

Saat kuliah, Andi Arief aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan, mulai dari kelompok studi, pers mahasiswa sampai senat mahasiswa. Andi Arief adalah Ketua Senat Mahasiswa Fisip UGM 1993-1994 dan Pemimpin Umum Majalah Mahasiswa Fisipol 1994-1995.

Saat menjadi Ketua Senat itu, Andi Arief bersama sejumlah aktivis mahasiswa termasuk dua orang rekannya yang sempat menjadi staf khusus Presiden, Velix Wanggai dan Denny Indrayana, membentuk Komite Penegak Hak Politik Mahasiswa (Tegaklima). Velix yang kuliah di jurusan Hubungan Internasional itu kemudian menjadi Ketua Senat Fisipol UGM menggantikan Andi. Sementara Denny Indrayana saat itu adalah aktivis pers Mahasiswa Fakultas Hukum UGM, Mahkamah.

Tegaklima ini pernah menginterupsi pelantikan lima pembantu rektor UGM pada 26 Oktober 1994 dengan demonstrasi. Dalam demonstrasi yang dipimpin Andi Arief itu, para mahasiswa meminta hak politik untuk ikut memilih dekan dan rektor.

Namun bukan kegiatan itu yang membuat Andi Arief dipelototi penguasa Orde Baru yang berkuasa saat itu. Tahun 1994 itu, Andi Arief memimpin Solidaritas Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi (SMID) Cabang Yogyakarta sambil menjadi Dewan Pengurus Persatuan Rakyat Demokratik sebelum menjadi Partai Rakyat Demokratik (PRD). Saat menggalang aksi atas nama SMID Yogyakarta itulah Andi Arief kenal dengan SBY yang saat itu Danrem Pamungkas.

Aktivitas Andi Arief terus meningkat sampai menjadi Ketua Umum SMID pada tahun 1996. Ketika pecah peristiwa 27 Juli 1996, Andi Arief pun dikejar-kejar aparat. Beberapa hari setelah peristiwa ini, di tengah pengejaran itu, Andi Arief menggelar jumpa pers di Yogyakarta. Dia membantah tudingan kerusuhan didalangi SMID, dan semua itu adalah rekayasa Orde Baru.

Setelah jumpa pers menghebohkan itu, Andi Arief pun menghilang. Dia dan kawan-kawannya diburu aparat keamanan Orde Baru. PRD dan SMID lalu bergerak di bawah tanah. Pada 28 Maret 1998, segerombolan orang berambut cepak berhasil mencokoknya di sebuah rumah toko di Bandar Lampung dan Andi Arief diculik.

Penculikan baru berakhir setelah Andi Arief meneken surat penahanan dari kepolisian. 14 Juli 1998, barulah Andi Arief dibebaskan dan diserahkan ke Kontras.

Sejak 1998 itu, nama Andi Arief seakan menghilang. Di masa awal Reformasi, Andi Arief bersama temannya sesama aktivis SMID, Nezar Patria turut meluncurkan sebuah buku berjudul "Antonio Gramsci: Negara dan Hegemoni."

Namun rupanya dunia politik tak bisa lepas dari hidupnya. Menjelang Pemilu 2004, Andi Arief ikut berperan memenangkan pasangan SBY-Jusuf Kalla. Dia menjadi Sekretaris Jenderal Jaringan Nusantara, sebuah organisasi sukarelawan pemenangan SBY.

Kiprahnya ini membuahkan perhatian SBY. Awal 2006, dia ditunjuk SBY sebagai salah satu Komisaris PT Pos Indonesia. Tahun 2008, Andi Arief sempat mencoba peruntungan sebagai calon Wakil Gubernur Lampung berpasangan dengan calon Gubernur Muhajir Utomo dari jalur independen. Namun Jiran, begitu kode duet ini, gagal bersaing dengan enam pasangan lainnya.

Menjelang Pemilihan Presiden tahun 2009 lalu, Andi Arief menyatakan mundur dari PT Pos agar konsentrasi memenangkan SBY-Boediono. Meski tak duduk di Tim Kampanye Nasional SBY-Boediono, kabar beredar Andi Arief adalah IT Campaigner SBY-Boediono, yakni semacam penanggung jawab kampanye di internet.

Dan kiprah Andi pun dilihat oleh SBY. Kamis 19 November 2009, selaku Presiden, SBY mengeluarkan Keputusan Presiden menunjuknya menjadi Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana. Dan kini Andi dipercaya sebagai Wakil Sekjen Partai Demokrat oleh SBY.

Andi Arief, Aktivis 98 yang Beri Julukan Prabowo Jenderal Kardus

Andi Arief merupakan politisi yang lahir dari rahim era reformasi. Pengalaman Andi Arief sebagai aktivis pro demokrasi sedikit banyak membentuk gaya politiknya saat ini.

Ya, ia memang bukan politisi karbitan. Pada 1998 silam, Andi termasuk salah satu dari belasan aktivis mahasiswa yang diculik karena dianggap membahayakan rezim Orde Baru. Tim Mawar yang beranggotakan sejumlah personel Kopassus diduga menjadi dalang penculikan aktivis dan mahasiswa. Kebetulan, saat itu Prabowo adalah Komandan Jenderal Kopassus.

Solidaritas Mahasiswa untuk Demokrasi (SMID) adalah salah satu organisasi yang menaungi aktivitas politik Andi Arief pada tahun-tahun menjelang keruntuhan rezim Orde Baru. Ia tercatat pernah menjadi Ketua SMID pada 1996.

SMID sendiri bukan organisasi ecek-ecek. Di eranya, organisasi ini dikenal sangat aktif menggalang aksi demonstrasi menolak pemerintahan Soeharto. SMID juga salah satu organisasi yang menggagas terbentuknya Partai Rakyat Demokratik (PRD).

Sejumlah pengamat menyebut PRD sebagai salah satu lokomotif utama yang menggerakkan perlawanan mahasiswa dan rakyat terhadap rezim Orde Baru. Tak heran, menjelang dan selama reformasi, ada banyak aktivis SMID dan PRD yang menjadi korban penculikan Tim Mawar.

Andi diculik di Lampung, 28 Maret 1998 atau hanya dua bulan menjelang jatuhnya Soeharto dari kursi presiden. Aktivis SMID dan PRD yang juga diculik saat itu antara lain Suyat, Nezar Patria, dan Mugiyanto.

Bersama sejumlah rekannya, Andi termasuk salah satu yang dilepaskan. Sementara beberapa rekan Andi yang lain belum diketahui nasibnya sampai saat ini. Jatuhnya Soeharto dan kekalahan PRD pada Pemilu 1999 menjadi fase baru dalam karier politik Andi.

Andi pun sempat menjadi sorotan utama saat Agus Harimurti Yudhoyono putra sulung SBY gagal menjadi cawapresnya Prabowo. Dia menyebut Prabowo sebagai Jenderal Kardus. Sebutan itu lantaran batalnya pertemuan Prabowo dan SBY yang sedianya digelar pada Rabu (7/8) malam.

Andi menyebut batalnya pertemuan lantaran Prabowo telah memilih Sandiaga Uno sebagai cawapresnya di Pilpres 2019. Andi menuding keputusan Prabowo itu karena mendapat uang dari Sandiaga Uno.

"Jenderal Kardus punya kualitas buruk, kemarin sore bertemu Ketum Demokrat dengan janji manis perjuangan. Belum dua puluh empat jam mentalnya jatuh ditubruk uang sandi uno untuk mengentertain PAN dan PKS," kata Andi lewat akun @AndiArief.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liburan ke Jepang Bareng, Syahrini Dilamar Reino Barack?

Posted: 03 Jan 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kedekatan Syahrini dan Reino Barack sepertinya makin lengket saja. Bahkan, diduga keduanya menjalani liburan bersama di Jepang.

Syahrini membagikan momen-momen bahagianya di sana. Sayangnya, berbeda dengan Reino Barack, yang tak mengunggah keberadaannya di Negeri Sakura.

Tentu saja, itu membuat warganet penasaran. Mereka meminta agar Syahrini dan Reino Barack mengunggah foto kebersamaannya saat liburan bareng di akun Instagram masing-masing.

Bertunangan

(Adrian Putra/bintang.com)

Kabarnya, keberadaan Syahrini dan Reino Barack di Jepang bukan sekedar liburan saja. Diduga, keduanya sekalian menggelar acara lamaran.

Hal ini dikaitkan dengan unggahan Syahrini, saat menuliskan 'One Step Closer' dalam keterangan fotonya.

Lamaran ini juga dikaitkan dengan doa sang adik, Aisyahrani, yang saat ini berada di Tanah Suci. Melalui Instagram Story, adik sekaligus manajer Syahrini tampak menahan sedih. 

"Ini doa khusus untuk incess. Aku dan mama salat subuh. Semoga inces mendapatkan jodoh yang tepat, cepat-cepat jodohnya. Diberikan kebahagiaan lahir batin," kata Aisyahrani.

 

Didoakan

(Instagram/princessyahrini)

Kabar lamaran Syahrini dan Reino Barack di Jepang menjadi pembicaraan publik. Warganet sontak mendoakan pelantun 'Sesuatu' itu agar segera berlanjut ke jenjang pernikahan.

"Setelah bertunangan aura bahagia nya sangat terpancar teteh @princessyahrini semoga cepet menikah dg babang @reinobarack," tulis akun @olshoplina_.

"Aku jadi selalu kepo ttg syahreino setelah kalian berdua ga tahu Knp aku kok berharap kalian berdua cpt2 dihalalkan kalian berdua spt tutup dng botolnya jodoh InsyaAllah," sambung akun @novendrauli.

"Gak ada yg di terlewatin oleh om reino.. Gk like foto Inces.... Semoga kalian bejdoh ya Amin.. @princessyahrini. @reinobarack," akun @arsyaars7 menambahkan. (Lavenia/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Operasi Pasar Efektif Stabilkan Harga Beras

Posted: 03 Jan 2019 09:18 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perhatian khusus kepada harga kebutuhan pokok beras dan mengupayakan harganya terus stabil.

"Yang pertama yang saya lihat beras, karena ini pengaruhnya terhadap inflasi. Harga beras sangat berpengaruh sehingga beras yang terlebih dahulu yang saya lihat," katanya dikutip dari Antara, Jumat (4/1/2019).

Presiden Jokowi menyampaikan hal itu menanggapi pertanyaan wartawan mengenai hasil kunjungannya ke Pasar Ngemplak Tulungagung Jumat pagi.

Presiden mengatakan stabilisasi harga beras melalui Operasi Pasar (OP) Bulog mulai efektif menstabilkan harga beras.

"Kita lihat biasanya setiap Desember dan Januari naiknya pasti tinggi. Tadi saya lihat stabil, beras medium juga tercukupi," katanya.

Ia menyebutkan harga beras medium rata-rata Rp 8.500 per kilogram. 

"Memang di pasaran yang kurang itu beras medium. Tapi kalau melihat stoknya tadi Insya Allah enggak ada masalah untuk beras," katanya.

 

 

Masalah Pasokan Pakan Ternak

Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam Bali Fintech Agenda IMF-WB 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10). Jokowi mengaku mengacu pada kebijakan Amerika Serikat (AS) yang merupakan negara kelahiran internet. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi menyebutkan dirinya mengecek semua harga kebutuhan pokok baik yang harganya turun, stabil, maupun naik.

"Yang naik itu tadi daging ayam, naik Rp1.000 dari Rp31.000 menjadi Rp32.000 per kilogram. Saya kira ini perlu perhatian. Meskipun naiknya Rp1.000 ini akan kita perhatikan," katanya.

Ia menyebutkan ada masalah di suplai pakan ternak yaitu jagung ke peternak yang kurang, sehingga itu memengaruhi harga daging ayam.

"Naik sekecil apapun harus diperhatikan, karena kita ingin mengendalikan harga-harga dan menurunkan inflasi," katanya.

Ia menyebutkan inflasi sudah cenderung turun. Pada tahun 2017 mencapai 3,61 persen dan tahun 2018 hanya 2,13 persen.

"Ini patut kita syukuri. Orang harus ngerti bahwa yang namanya inflasi rendah atau turun itu artinya harga juga turun, jangan diartikan yang lain, itu sudah rumus," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fadli Zon: Cuitan Andi Arief soal 7 Kontainer Surat Suara Dicoblos Tak Salah

Posted: 03 Jan 2019 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon membela Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief. Dia menilai, cuitan Andi Arief soal tujuh kontainer surat suara tercoblos di Tanjung Priok, Jakarta Utara tidak patut dipermasalahkan.

"Cuitan saudara Andi Arief setahu saya hanya minta itu untuk dicek. Jadi justru melakukan konfirmasi dan saya kira tidak ada yang salah dengan hal itu," ujar Fadli di Kompleks Parlemen, Jakarta Selatan, Jumat (4/1/2019).

Andi Arief, menurutnya tidak ikut menyebarkan hoaks. Dalam cuitannya itu, Fadli menilai Andi Arief tidak menyatakan ada kontainer berisi surat suara tercoblos.

"Dia tidak mengatakan bahwa hal itu terjadi. Justru meminta kepada otoritas terkait untuk melakukan pengecekan," kata dia.

Dibandingkan masalah surat suara, Fadli justru meminta masyarakat menyoroti masalah daftar pemilih tetap (DPT). Dia khawatir soal nama-nama ganda dan diduga terjadi manipulasi dalam DPT hasil perbaikan kedua.

"Itu kan masih dibuka peluang untuk membersihkan itu. Saya kira ini yang sangat rawan adalah persoalan DPT," ucap Fadli.

Dilaporkan ke Bareskrim

KPU telah membantah isu tujuh kontainer surat suara tercoblos di Tanjung Priok Jakarta Utara.

Isu tersebut muncul dari rekaman suara yang beredar berbunyi ada surat suara tercoblos pasangan calon nomor urut 01. Kata suara itu, kontainer diduga dari Tiongkok.

Menyusul informasi tersebut, Wasekjen Demokrat Andi Arief mencuitkan soal informasi tersebut. Twitter yang belakangan dihapus kemudian dimasalahkan karena diduga menyebar hoaks. Akibatnya, Andi dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh timses Jokowi-Ma'ruf.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bea Cukai Periksa 7 Kontainer Surat Suara Dicoblos, Ini Hasilnya

Posted: 03 Jan 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bea Cukai memastikan kabar soal tujuh kontainer berisi suara yang sudah dicoblos adalah berita bohong atau hoaks. Bea Cukai sudah memeriksa langsung kontainer yang dimaksud dan tidak satu pun ditemukan surat suara di dalam kontainer.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (4/1/2019), kabar tentang adanya tujuh kontainer dari China berisi kertas suara yang sudah dicoblos membuat KPU dan Bawaslu bergerak cepat. Mereka langsung mendatangi kantor Bea Cukai duntuk mengklarifikasi isu tersebut.

Dalam isu yang beredar disebutkan satu kontainer berisi 10 juta surat suara yang semuanya sudah dicoblos untuk pasangan capres cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Namun, setelah diperiksa, Bea Cukai sama sekali tidak menemukan kertas suara di dalam kontainer.  

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta Bareskrim Polri mengusut tuntas dan menangkap penyebar berita bohong tersebut. Selain meresahkan, penyeberan berita bohong juga meragukan kredibilitas KPU sebagai penyelenggara Pemilu.  

Menanggapi hal ini, Kabareskrim Komjen Arief Sulistyanto akan memanggil semua pihak yang berkaitan dengan isu tersebut. Polri juga akan menanggulangi persoalan yang mengacaukan penyelenggaraan Pemilu.  (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Peringatkan Warganya untuk Berhati-Hati Pergi ke China, Kenapa?

Posted: 03 Jan 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat telah memperbarui peringatan bagi warga AS yang bepergian ke China, agar lebih meningkatkan kewaspadaan karena "penegakan hukum lokal yang sewenang-wenang".

Kebijakan itu disampaikan di tengah meningkatnya ketegangan diplomatik di antara kedua negara, terkait penangkapan seorang eksekutif perusahaan teknologi China di Kanada.

Dikutip dari The Guardian pada Jumat (4/1/2019), nasehat perjalanan terbaru itu tidak hanya mempertahankan status waspada "Level 2", tetapi juga memperingatkan tentang pemeriksaan keamanan tambahan dan peningkatan kehadiran polisi di dua wilayah otonomi khusus China barat, yakni provinsi Xinjiang dan Tibet.

Imbauan serupa juga pernah dikeluarkan oleh Kemlu AS pada 22 Januari tahun lalu, di mana mendesak warga Negeri Paman Sam meningkatkan kewaspadaan terhadap penerapan hukum lokal oleh otoritas China.

Kebijakan tersebut juga menyoroti soal kepemilikan warga negara ganda AS-China, yang sejak itu, dibabat lebih dari setengah kuota tahunannya.

Namun, dalam imbauan terbaru, Kemlu AS menambahkan: "Langkah-langkah keamanan ekstra, seperti pemeriksaan keamanan dan peningkatan tingkat kehadiran polisi, adalah hal biasa di Wilayah Xinjiang dan Otonomi Tibet. Pihak berwenang dapat memberlakukan jam malam dan pembatasan perjalanan dalam waktu singkat."

Nasehat perjalanan itu juga memperingatkan tentang penggunaan "larangan keluar" dari China ketika warga AS mengalami kasus di sana. Disebutkan pula bahwa pemerintah Negeri Tirai Bambu tidak segan menahan warga asing jika terlibat pelanggaran yang dinilai serius.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Dugaan Terkait Penahanan Putri Bos Huawei

Putri pendiri Huawei, Meng Wanzhou, ditahan di Vancouver, Kanada, atas permintaan ekstradisi AS (AP Photo)

Sementara itu, Michael Kovrig, seorang mantan diplomat yang kini berprofesi sebagai penasihat untuk lembaga pemikir (thinktank) International Crisis Group (ICG), dan pengusaha Michael Spavor ditahan oleh otoritas China, menyusul penangkapan eksekutif Huawei Meng Wanzhou oleh polisi Kanada atas permintaan AS.

Jaksa penuntut di China mengatakan pada Kamis 3 Januari, bahwa kedua pria warga asing itu "tanpa ragu" melanggar hukum.

"Tanpa ragu, dua warga Kanada melanggar hukum dan peraturan di Tiongkok, dan saat ini sedang menjalani penyelidikan sesuai prosedur," kata Zhang Jun, jaksa penuntut umum China.

Di lain pihak, jaksa penuntut AS menuduh Direktur Keuangan Huawei, Meng Wanzhou, menyesatkan pihak perbankan tentang transaksi bisnsi yang terkait dengan Iran, sehingga membuatnya berisiko melanggar sanksi internasional.

Kanada telah mengatakan beberapa kali pihaknya tidak melihat kaitan eksplisit antara penangkapan Meng, putri pendiri Huawei, dengan penahanan Kovrig dan Spavor.

Namun para diplomat Barat yang bermarkas di Beijing dan mantan diplomat Kanada mengatakan mereka tidak ragu bahwa dua kasus itu saling berkaitan.

Kanada mengatakan penahanan tersebut tidak dapat diterima dan menteri luar negeri AS, Mike Pompeo, mengatakan China harus membebaskan kedua pria itu.

Di bawah hukum acara pidana China, bentuk penahanan dan interogasi khusus dapat digunakan untuk tersangka yang mengancam keamanan negara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Perangkat Ini Bikin Maling Kewalahan Membobol Sepeda Motor

Posted: 03 Jan 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan maling motor memang menghantui pemilik motor saat memarkirkan tunggangan kesayangan. Maling motor pun memiliki beragam cara untuk mengambil motor incarannya.

Meski begitu, kita tidak boleh kalah. Sebab, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan beberapa alat sederhana yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Nah, alat-alat berikut ini mampu mempersulit kerja si maling. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Baut

Kecil-kecil cabe rawit. Kira-kira, itu pepatah yang tepat untuk menggambarkan alat yang satu ini, yakni baut. Yap, alat sederhana yang bisa kamu dapatkan hanya dengan harga sekitar Rp3.000 ini rupanya bisa jadi alat yang cukup ampuh untuk menghambat kerja maling motor.

Cara pengaplikasiannya juga terbilang mudah. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memasangkan baut pada lubang piringan rem cakram motor kamu. Selain letaknya yang cukup tersembunyi, umumnya para kawanan maling motor tidak membawa kunci pas, melainkan hanya kunci T untuk membobol rumah kunci saja.

Nah, jika mereka berhasil membobol rumah kunci dan mesin motor sudah dalam keadaan menyala, baut yang kamu pasang akan menghentikan laju sepeda motor kamu seketika.

2. Kunci Motor Variasi

Motor-motor keluaran terbaru memang sudah dilengkapi dengan key shutter yang diharapkan mampu mempersulit kerja maling motor yang berkeliaran di jalan. Meski begitu, hal tersebut tidak membuat tunggangan kesayangan kita aman dari maling. Sebab, maling selalu memiliki beragam cara untuk mengambil motor incarannya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kunci T dan kunci-kunci sejenisnya.

Untuk sedikit mempersulit kerjanya, kamu bisa mengganti kunci motor bawaan dengan menggunakan kunci motor variasi yang banyak dijual di toko-toko variasi atau modifikasi. Kamu bisa mendapatkan kunci motor variasi dengan harga sekitar Rp50 ribu saja.

"Kunci motor variasi kayak kunci (dengan logo menyerupai) nazi bisa dipakai. Rumah kunci dengan desain yang beda bisa mempersulit maling. Biasanya, mereka hanya membawa kunci T," ujar Ronald dari JMV Speed Shop.

3. Gembok Motor

Seperti yang sudah dijelaskan, maling selalu memiliki beragam cara untuk mendapatkan motor incarannya. Nah, jika kunci motor variasi dirasa kurang, kamu bisa menggunakan gembok motor tipe hardened dan bisa memasangnya pada rantai atau cakram motor.

Sebenarnya, cara ini merupakan cara yang cukup sering digunakan dan banyak orang sudah mengetahui hal ini. Namun setidaknya, dengan menggunakan gembok pada rantai atau cakram motor, hal tersebut bisa memperlambat kerja maling. Sebab, untuk membobol gembok motor, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3 hingga 5 menit. Bikin motor kamu lebih aman, gembok motor bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp50-100 ribu.

4. Gunakan Alarm

Secara garis besar, penggunaan alarm pada motor memiliki fungsi yang sama seperti alarm mobil. Saat motor kita mengalami suatu tekanan atau bahkan dicuri, nantinya alarm ini akan menyala dengan sendirinya dan akan mengeluarkan bunyi yang cukup keras untuk memberitahukan pada orang-orang di sekitar.

Nah, beberapa pabrikan motor di Indonesia sudah menyertakan penggunaan alarm untuk motor-motor keluaran terbarunya. Namun, buat kamu yang menggunakan motor produksi tahun lama, kamu juga bisa kok menggunakan alarm motor.

Kamu hanya perlu mendatangi toko-toko variasi atau modifikasi sepeda motor. Biasanya, harga jualnya berada pada kisaran Rp150 ribu.

Nantinya, alarm motor ini akan dihubungkan dengan kelistrikan motor kamu. Nah, buat yang tertarik ingin memasang alarm motor, usahakan taruh alarm ini di tempat-tempat yang sulit dijangkau, salah satunya adalah bagasi motor.

5. Kunci Rahasia

Jika kamu masih belum yakin dengan beberapa alat pengaman tadi, kamu bisa menggunakan kunci rahasia yang banyak dijual di toko-toko variasi sepeda motor. Seperti namanya, tak ada orang yang tahu di mana letak alat ini selain kita si empunya motor. Otomatis, tidak ada orang lain yang bisa menyalakannya kecuali dia sudah mengetahui di mana letak kunci rahasia ini ditaruh.

Menariknya, meski maling sudah berhasil membobol rumah kunci dan posisi kunci sudah ada dalam kondisi ON, maling tetap tidak akan bisa menyalakan motor kamu kecuali ia bisa mengaktifkan kunci rahasia ini. Tempatnya bermacam-macam, mulai dari lampu sein atau bahkan tempat tersembunyi lainnya. Soal harga, alat ini bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp180 ribu.

Itu dia lima alat sederhana yang bisa kamu gunakan untuk membuat motor kamu aman saat sedang diparkir. Kamu masih was-was saat harus meninggalkan motor kesayangan? Kamu bisa menggunakan lima alat tersebut sekaligus.

Sumber: review.bukalapak.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesta Buah di Palembang, Bayar Rp 50 Ribu Makan Durian Sepuasnya

Posted: 03 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Ketua DPD Masyarakat Agribisnis dan Agroindustri Indonesia (MAI) Sumsel Abdul Najib mengatakan pihaknya akan mengadakan Festival Buah dan Pertanian Unggulan guna melestarikan produk unggulan daerah.

Selain itu, kegiatan itu juga ditujukan untuk mengembangkan pemasaran hasil pertanian agar semakin dikenal masyarakat luas.

"Ini merupakan yang kedua. Tahun lalu diselenggarakan di Taman Kambang Iwak (KI) Palembang," katanya di Palembang, Kamis (3/1/2019), dilansir Antara.

Gubernur Sumsel Herman Deru sangat mendukung kegiatan tersebut, sehingga tahun ini diadakan di Griya Agung, agar semakin banyak masyarakat yang berkunjung ke festival tersebut.

"Dalam festival itu nantinya masyarakat yang datang dapat menikmati buah durian sepuasnya dengan membeli kupon seharga Rp 50 ribu," ujar dia.

Bagi yang ingin menikmati durian sepuasnya, dapat membeli kupon seharga Rp 50 ribu di stan penjualan kupon di lokasi festival. Pada hari pertama, makan durian dimulai pukul 15.00 WIB hingga 17.00 WIB, sementara hari kedua dan ketiga dimulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Melalui festival tersebut diharapkan hasil pertanian Sumsel menjadi industri yang turut meningkatkan perekonomian provinsi yang juga dikenal dengan hasil pertaniannya. Selama ini, hasil pertanian Sumsel dijual dalam bentuk mentah. Oleh karena itu, hilirisasi hasil pertanian ini yang penting.

"Durian, duku, dan rambutan asal Sumsel harus diolah sendiri," tambah dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Panggil Pegawai Kementerian PUPR terkait Kasus Suap Proyek Air Minum

Posted: 03 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap PNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Indra Kartasasmita. Dia akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap proyek pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) di Kementerian PUPR.

"Saksi Indra Kartasasmita diperiksa untuk tersangka ARE (Anggiat Partunggal Nahot Simaremare)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (4/1/2019).

Selain Indra, penyidik KPK juga menanggil pihak swasta bernama Jemy sebagai saksi dalam kasus ini. Jemy diperiksa untuk Anggiat Partunggal selaku Kepala Satuan Kerja SPAM Strategis/Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) SPAM Lampung.

Sebelumnya, KPK menggeledah Kantor Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kamis 3 Januari 2019. Penggeledahan dilakukan terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kementerian PUPR.

Selain kantor Ditjen Cipta Karya, penyidik KPK juga menggeledah rumah Direktur PT Tashida Sejahtera Perkasa (PT TSP) Irene Irma dan rumah PPK SPAM Toba 1 Donny Sofyan Arifin. Keduanya adalah tersangka dalam kasus ini.

"Dari 3 lokasi tersebut disita sejumlah dokumen-dokumen proyek dan keuangan serta barang bukti elektronik," kata Febri.

Tim KPK juga menggeledah sejumlah lokasi terkait kasus ini, salah satunya di rumah tersangka Dirut PT. TSP, Yuliana Enganita Dibyo. Dari penggeledahan itu, tim KPK menyita uang deposito sebesar Rp 1 miliar dan uang Rp 200 juta.

8 Tersangka

Dalam kasus ini, KPK menetapkan delapan orang sebagai tersangka kasus dugaan suap ‎terhadap pejabat Kementeriaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) tahun anggaran 2017-2018.

Empat orang diduga sebagai pihak penerima yakni, Direktur Utama PT Wijaya Kusuma Emindo (PT WKE) Budi Suharto, Direktur PT WKE Lily Sundarsih Wahyudi, Direktur Utama PT Tashida Sejahtera Perkasa (PT TSP) Irene Irma, dan Direktur PT TSP, Yuliana Enganita Dibyo.

Sedangkan sebagai penerima suap, KPK menjerat empat pejabat Kementerian PUPR, yakni Kepala Satuan Kerja (Satker) SPAM Anggiat Partunggul Nahot Simaremare, PPK SPAM Katulampa Meina Woro Kustinah, Kepala Satker SPAM Darurat Teuku Moch Nazar, serta PPK SPAM Toba 1 Donny Sofyan Arifin.

Diduga, empat pejabat Kementerian PUPR menerima suap untuk mengatur lelang terkait proyek pembangunan sistem SPAM tahun anggaran 2017-2018 di Umbulan 3-Pasuruan, Lampung, Toba 1 dan Katulampa. Dua proyek lainnya adalah pengadaan pipa HDPE di Bekasi dan daerah bencana Donggala, Palu, Sulawesi Tengah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Reading Anggap MU Tidak Bertambah Kuat Tanpa Mourinho

Posted: 03 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Empat kemenangan beruntun diraih Manchester United (MU) bersama pelatih anyar Ole Gunnar Solskjaer. Namun bagi Pelatih Reading, Jose Gomes, pencapaian tersebut tidak menjadi indikator Setan Merah mengalami peningkatan sejak ditinggal Jose Mourinho.

Reading bakal menghadapi MU di Old Trafford pada lanjutan FA Cup, Sabtu (5/1/2019). Duel ini merupakan laga kelima MU tanpa kehadiran Mourinho. Pelatih asal Portugal itu dipecat Desember lalu. Posisinya lalu digantikan Solskjaer sebagai caretaker.

Empat kemenangan telah diraih MU bersama pelatih asal Norwegia tersebut. Masing-masing saat melawan Cardiff City (5-1), Huddersfield (3-1), Borunemounth (4-1) dan terakhir saat melawan Newcastle United (0-2). Ini membuat Solskjaer menyamai rekor Matt Busby.

Bagi Gomes, pergantian manajer sebenarnya tidak serta-merta membuat MU bertambah kuat. "Para pemain (MU) menurut saya, bahkan jika tidak ada manajer di bench, mereka masih bisa menang tanpa (seorang manajer)," kata Gomes seperti dilansir AS.

"Anda tidak bisa berkata saat ini mereka lebih kuat dibanding dulu, tidak perduli siapa manajer setiap minggu, mereka mampu memenangkan pertandingan," katanya.

 

 

Enggan Minta Saran Mourinho

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, memberikan instruksi saat melawan Newcastle pada laga Premier League di Stadion St James Park, Newcastle, Rabu (2/1). Newcastle kalah 0-2 dari MU. (AP/Owen Humphreys)

Gomes menambahkan, pemecatan Mourinho ikut berdampak kepada para pelatih-pelatih asal Portugal lainnya, termasuk dia. Meski demikian, Gomes menolak meminta saran kepada The Special One cara mengalahkan Setan Merah pada pertandingan besok. 

"Dia pelatih hebat, sangat sulit menyamai apa yang sudah dicapainya. Saya tidak tahu apa yang terjadi. Saya menghormatinya dan apa yang dicapainya sangat berarti bagi pelatih-pelatih Portugal tapi MU mengambil keputusan yang berbeda," kata Gomes. 

"Mereka bermain baik, para pemain sepertinya senang bermain seperti yang mereka mau. Manajer baru datang dengan ide berbeda, pemain lebih bebas. Para pemain juga menunjukkan mereka nyaman dengan kebebasan itu," beber Gomes. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Museum Louvre Prancis Cetak Rekor Pengunjung Terbanyak Berkat Beyonce

Posted: 03 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Video klip Beyonce dan Jay-Z yang berlatar belakang Museum Louvre mendorong peningkatan jumlah pengunjung hingga 10,2 juta pada 2018. Bahkan, jumlah itu memecahkan rekor tingkat kunjungan terbanyak dalam sejarah museum mana pun.

Dikutip dari Reuteurs, pihak Louvre menyatakan jumlah wisatawan sempat menurun setelah serangan Paris pada 2015. Berkat Beyonce, jumlah wisatawan meningkat hingga 25 persen pada tahun lalu.

Louvre mengatakan mereka senang atas respons orang-orang terhadap video klip "APES**T". Dalam video itu, Beyonce dan suaminya Jay-Z tampil di depan Mona Lisa, Venus de Milo, dan karya seni ternama lain. Video itu sudah ditonton hampir 150 juta kali di YouTube.

"Senang sekali melihat musikus Amerika, kreator masa kini, tertarik dengan museum arkeologi dan seni," kata Direktur Louvre Jean-Luc Martinez pada Reuters, seperti dilansir Antara, Jumat (4/1/2018).

Rekor pengunjung Louvre sebelumnya adalah 9,7 juta orang pada 2012, ketika museum memperkenalkan bagian Seni Islam dan menggelar pameran Leonardo da Vinci dan Raphael. Tiga perempat pengunjung adalah orang asing, dengan jumlah 1,5 juta warga Amerika dan sejuta turis Tiongkok.

French Center for National Monuments juga melaporkan rekor 2018, dengan jumlah 10,2 juta pengunjung ke Museum Louvre, naik delapan persen, di 100 lokasi yang mereka tangani.

Sementara, The Arc de Triomphe adalah monumen terpopuler di Prancis pada 2018 dengan jumlah pengunjung 1,7 juta orang, diikuti Mont-Saint-Michel di Normandy yang didatangi 1,4 juta orang.

Jumlah total turis yang mendatangi Paris selama setahun belum tersedia, tapi pada paruh awal 2018, tempat itu dikunjungi 17,1 juta kali dan diharapkan rekor setahun mencapai 50 juta kunjungan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apa yang Dilihat Pertama Kali Ungkap Peruntungan Kamu dalam Cinta

Posted: 03 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki peruntungan yang berbeda dalam cinta. Nah, apakah kamu ingin tahu apakah kamu tipe individu yang ditakdirkan untuk jatuh cinta atau menghabiskan hari-harimu sendirian? Tes sederhana ini akan membantumu untuk mengungkapnya.

Kamu hanya perlu melihat gambar ilusi optik di atas. Objek pertama yang kamu lihat bisa mengungkap banyak hal tentangmu, termasuk soal cinta. Ketahui jawabannya berikut ini, seperti melansir dari Bright Side, Jumat (4/1/2019).

1. Rubah

(Foto: brightside.me)

Jika kamu melihat rubah terlebih dahulu, kamu individu yang sangat positif dan romantis. Tapi rubah menggabarkan karakter licik dan spiritual lo. Selain itu, kamu memiliki hubungan yang sangat kuat dengan alam. Sementara itu, dalam soal asmara kamu mencari seseorang dengan karakter serupa denganmu.

  • Kepribadian

Kamu adalah individu yang sangat terhormat, kebijaksanaan adalah kekuatan alami yang kamu miliki.

  • Hubungan

Kebebasan sangat penting bagimu. Kamu tidak keberatan dengan hubungan jangka panjang, tapi selama kamu tidak merasa terjebak ya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2. Lumba-lumba

(Foto: brightside.me)

Jika kamu melihat lumba-lumba terlebih dahulu, kamu sangat cerdas dan terkadang dianggap beruntung. Dalam soal asmara, kamu mencari orang yang cerdas dan tenang.

Selain itu, kamu sangat menawan. Tak heran jika orang-orang di sekitarmu sangat menyukaimu dan senang berada di dekatmu.

  • Kepribadian

Kebaikan, kedamaian dan harmoni menggambarkan kepribadianmu.

  • Hubungan

Kamu ingin memiliki keluarga besar. Tak heran jika kamu sangat peduli pada semua orang, termasuk pada sepupu, paman dan tante. Kamu bahkan selalu ingat apa yang mereka sukai dan kapan ulang tahun mereka.

(Ul)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Ayam dan Telur Naik di Awal Pekan 2019

Posted: 03 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Harga sejumlah komoditas melonjak pada awal pekan di 2019. Mulai dari harga komoditas cabai, bawang, hingga daging ayam.

Pedagang ayam di Pasar Palmerah, Jakarta Selatanm Wiji (47) mengaku kenaikan harga-harga kebutuhan pokok terhitung sejak Tahun Baru.  Ia pun tak mengetahui penyebab kenaikan harga ini.

"Kacau, semua juga ganti harga (naik) sekarang. Cabai ganti harga, bawang ganti harga, ayam juga ikut ganti harga," tutur dia kepada Liputan6.com, Jumat (4/1/2019).

Untuk ayam potong (fillet) saja, kini Wiji membanderolnya seharga Rp 55 ribu per kg. Normalnya, ayam potong dipatok di kisaran harga Rp 30 ribu - Rp 35 ribu per kg.

"Ayam potong Rp 55 ribu per kg. Tapi yang biasa, juga naik. Untuk berat yang 1,5 kg sekarang sudah Rp 43 ribu per ekor jualnya," keluh dia.

Sementara itu, Ibu Siti (50) mematok harga ayam per ekor di kisaran Rp 35 ribu - Rp 40 ribu per kg. Harga tersebut masih naik sekitar Rp 5.000 per ekor.

Di sisi lain, harga telur di Pasar Palmerah juga meningkat. Rata-rata penjual membanderol telur ayam di posisi Rp 27 ribu - Rp 28 ribu per kg.

"Semua naik, dari Natal dan Tahun Baru sudah pada naik harga-harga. Telur sekarang saja mahal, Rp 28 ribu per kg," imbuh Yuni (47) penjual sayuran dan telur.

Adapun untuk harga daging sapi di Pasar Palmerah masih dibanderol di rentang harga yang normal yakni Rp 110 ribu - Rp 120 ribu per kg. Harga tak naik sejak Tahun Baru lalu.

Tahun Baru, Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp 60 Ribu per Kg

Pedagang cabai. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Harga cabai naik tinggi pada pekan ini di Pasar Palmerah, Kota Jakarta Pusat. Kenaikan harga cabai bahkan mencapai Rp 20 ribu per kilogram (kg) untuk jenis cabai rawit merah.

Pedagang sayuran Ibu Sri'ah (43) menuturkan, kenaikan harga untuk cabai mulai terjadi menjelang perayaan Tahun Baru. Ia menyayangkan harga cabai yang kini melonjak tinggi.

"Cabai rawit merah sekarang Rp 60 ribu per kg, dari semula Rp 40 ribu per kg. Cabai keriting merah juga naik Rp 10 ribu per kg jadi Rp 40 ribu pekan ini," ucapnya kepada Liputan6.com, Jumat (04/01/2018).

Tak hanya itu, untuk komoditas bawang pun kata Sri'ah diikuti kenaikan harga. Ibu Sri'ah menjelaskan harga bawang merah naik sebesar Rp 10 ribu pekan ini.

Untuk harga bawang merah ia banderol Rp 35 ribu per kg, dari semula Rp 25 ribu per kg. Adapun harga bawang putih masih stabil di posisi Rp 25 ribu per kg.

Seirama, pedagang sayuran Ibu Yuni (47) mengatakan, harga komoditas cabai dan bawang memang mengalami lonjakan harga di pekan awal 2019. Itu diperparah dengan kenaikan harga komoditas lain, yakni daung bawang yang mencapai Rp 25 ribu per kg.

"Daun bawang juga semua naik. Sekarang Rp 25 ribu per kg, normalnya Rp 15 ribu sudah bisa dijual," ia menjelaskan.

Untuk harga cabai rawit merah, Yuni menjualnya Rp 55 ribu per kg, kemudian cabai keriting merah seharga Rp 35 ribu per kg. Serta bawang merah dan bawang putih dengan masing-masing harga Rp 35 ribu dan Rp 25 ribu per kg.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Semburan Abu Vulkanik Anak Krakatau Capai 800 Meter

Posted: 03 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gunung Anak Krakatau kembali erupsi, semburan abu vulkaniknya mencapai ketinggian 800 meter.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Torro Margens Meninggal karena Kelelahan?

Posted: 03 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Torro Margens meninggal dunia di usia 68 tahun. Aktor kelahiran Pemalang, 5 Juli 1950 itu mengembuskan napas terakhirnya pada Jumat (4/1/2019) dini hari.

Putra Torro Margens, Toma Margens, menuturkan bahwa kondisi sang ayah mendadak menurun drastis. Padahal selama ini Torro Margens belum pernah memiliki riwayat penyakit apapun.

"Jadi memang enggak ada riwayat sakit apa. Tiba-tiba drop, jam 8 malam dibawa ke rumah sakit, sempat muntah darah dua kali. Lewat tengah malamnya meninggal," ungkap Toma Margens kepada Showbiz Liputan6.com, Jumat (4/1/2019).

"Waktu di rumah sakit saja, dia (Torro Margens) bilang 'Selama 68 tahun hidup, baru kali ini dirawat di rumah sakit'," imbuhnya.

Aktif Bekerja

Torro Margens. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Kabarnya, Torro Margens diduga meniggal karena kelelahan. Pasalnya, hingga di usia nyaris kepala tujuh, aktos spesialis peran antagonis itu masih aktif bekerja. Bahkan, beberapa dua bulan lalu, Torro Margens baru saja menjalani syuting di Yogyakarta.

"November kemarin masih syuting di Yogyakarta. Nah di sana muntah darah, terus diurus kru ke rumah sakit, masuk empat harian-lah," tuturnya.

"Pulang lagi ke Jakarta, paling cuma agak lemas saja ya kelihatannya. Ya seperti orang yang habis pulang dari rumah sakit-lah," Toma Margens menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Berkerudung, Kekasih Ronaldo Tampil Cantik di Dubai

Posted: 03 Jan 2019 09:00 PM PST

Georgina Rodriguez usai menemani kekasihnya Cristiano Ronaldo meraih trofi Penghargaan Pemain Terbaik Tahun 2018 diatas panggung selama Dubai Globe Soccer Awards ke-10 di Dubai (3/1). (AFP Photo/Fabio Ferrari)

Georgina Rodriguez usai menemani kekasihnya Cristiano Ronaldo meraih trofi Penghargaan Pemain Terbaik Tahun 2018 diatas panggung selama Dubai Globe Soccer Awards ke-10 di Dubai (3/1). (AFP Photo/Fabio Ferrari)

Georgina Rodriguez foto bersama dengan kekasihnya Cristiano Ronaldo dan putranya Cristiano Jr diatas panggung selama Dubai Globe Soccer Awards ke-10 di Dubai (3/1). (AFP Photo/Fabio Ferrari)

Georgina Rodriguez foto bersama dengan kekasihnya Cristiano Ronaldo dan putranya Cristiano Jr diatas panggung selama Dubai Globe Soccer Awards ke-10 di Dubai (3/1). (AFP Photo/Fabio Ferrari)

Georgina Rodriguez foto bersama kekasihnya Cristiano Ronaldo, putranya Cristiano Jr dan agen, Jorge Mendes diatas panggung selama Dubai Globe Soccer Awards ke-10 di Dubai (3/1). (AFP Photo/Fabio Ferrari)

Georgina Rodriguez foto bersama kekasihnya Cristiano Ronaldo, putranya Cristiano Jr dan agen, Jorge Mendes diatas panggung selama Dubai Globe Soccer Awards ke-10 di Dubai (3/1). (AFP Photo/Fabio Ferrari)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Otak Berubah Seiring Lancarnya Anak Bicara

Posted: 03 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jangan menganggap sepele saat buah hati yang masih balita mengajak berbicara. Pertanyaannya mungkin aneh dan diulang-ulang, usahakan untuk menjawabnya sebisa mungkin.

Berbicaralah secara fokus dan serius pada si kecil layaknya saat berbicara dengan orang dewasa. Sejajarkan mata dengannya, respons setiap yang diucapkannya sehingga tercipta percakapan yang terus menerus.

Hal ini ternyata berefek dahsyat pada perkembangan otaknya. Menurut penelitian yang dilakukan tim dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), percakapan yang terus-menerus dengan balita bisa meningkatkan perkembangan otaknya.

"Penelitian ini dilakukan pada anak-anak usia 4 hingga 6 tahun. Para ilmuwan menemukan bahwa percakapan yang intensif akan membuat keterampilan bahasa anak meningkat secara signifikan. Hal ini pada gilirannya juga berdampak pada kemampuan kognitif mereka," ujar Rachel Romeo, salah saru peneliti, seperti dikutip dari WeForum.

 

Supaya si Kecil Lancar Bicara

Ilustrasi Bayi (iStockphoto)

Saat ini, ada banyak sekali aplikasi dan mainan edukasi yang ditujukan untuk meningkatkan perbendaharaan kata anak. Seperti aplikasi berbicara dengan kucing di ponsel atau flash card berbagai bahasa.

Rupanya, mainan tersebut tak terlalu efektif dibandingkan anak diajak berbicara langsung melalui interaksi aktif.

" Jumlah kata-kata dari orang dewasa sama sekali tidak penting untuk fungsi otak, yang terpenting adalah banyaknya percakapan yang dilakukan," kata Romeo.

Jadi, mulai sekarang jangan hanya membanjiri si kecil dengan flash card atau permainan kata digital. Lebih baik, banyak-banyak libatkan si kecil dalam sebuah percakapan intensif. Sangat seru bercakap-cakap dengan balita, pemikiran mereka sungguh kritis dengan cara yang unik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Aneh Wanita yang Alergi dengan Sinyal WiFi dan Telepon

Posted: 03 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orang cenderung tak bisa hidup tanpa smartphone dan sambungan internet, anehnya hal itu tak dirasakan oleh Kim De'Atta. Perempuan ini justru mengaku alergi WiFi dan sinyal telepon.

Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Metro, Jumat (4/1/2019), rupanya Kim memiliki alergi terhadap gelombang elektromagnetik.

Gara-gara alerginya itu, Kim menderita migrain, kelelahan, bahkan infeksi jika terpapar sinyal telepon maupun WiFi. Akibatnya, ia pun jarang bertemu dengan keluarga dan teman-temannya.

Perempuan yang dulunya bekerja sebagai perawat ini juga harus memakai kelambu untuk melindunginya dari gelombang elektromagnetik saat sesekali meninggalkan rumah. Ia juga hanya bisa mengunjungi tempat yang susah sinyal telepon agar tak terpapar.

Alergi WiFi itu juga memaksanya pindah rumah hingga dua kali, sebab tiang-tiang telepon dibangun di sekitar rumahnya. Saat tidur, Kim juga harus memakai sebuah kelambu khusus.

"Sebagian orang beranggapan bahwa saya gila. Padahal apa yang saya alami sangat sulit, ini karena mereka tak pernah mengalaminya," tutur Kim.

Ingin Orang Sekitar Mengerti

Ilustrasi WiFi. (Doc: Getty Images)

Ia pun berharap agar orang-orang bisa mengerti keadaan dirinya. Kim mengaku, dia tak pernah bertemu dengan sanak keluarga dan teman-temannya. Karena penyakit itu pula, Kim tak bisa bertemu dengan bibinya yang paling dekat selama 10 tahun.

"Saya tak tahu kenapa, padahal kami dulu sangat dekat. Untuk menemuinya saya harus menggunakan kelambu, saya terlihat sangat konyol di bus. Tapi saya senang, ia masih hidup saat bertemu dengan saya," ujar Kim.

Kim bercerita, alergi tersebut bermula saat usianya 16 tahun dan hidup di selatan London. Ia mulai terkena alergi saat berada di samping televisi.

"Alergi saya makin parah beberapa tahun setelahnya, saat saya bekerja sebagai perawat di unit intensif dan membeli sebuah ponsel. Ponsel itu sangat diperlukan untuk berkomunikasi saat kondisi darurat," katanya melanjutkan.

Sempat Pindah

Ilustrasi WiFi. (Foto: Istimewa)

Ia juga menceritakan gejalanya, "Pertama kali menelepon, rasanya seperti laser masuk ke kepala dan otak saya, rasanya sangat sakit."

Kim akhirnya menyadari, tiap kali berada di dekat smartphone, televisi, WiFi, dan perangkat elektronik dirinya mengalami rasa sakit itu.

Kim pun mengaku selalu melarikan diri dari sinyal telepon agar tak mengalami alergi tersebut. Ia pernah pindah ke Glastonbury untuk menghindari sinyal telepon, namun beberapa tahun setelahnya kota tersebut mulai terhubung dengan sinyal telepon dan WiFi.

Hingga kini, Kim masih melarikan diri dari sinyal telepon, berharap agar bisa terlindungi dari gelombang elektromagnetik dan sinyal telepon.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Suap Meikarta, Bupati Nonaktif Bekasi Kembalikan Rp 8 Miliar ke KPK

Posted: 03 Jan 2019 08:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menerima pengembalian uang Rp 2 miliar dari Bupati nonaktif Bekasi Neneng Hasanah Yasin terkait kasus dugaan suap perizinan proyek pembangunan Meikarta. Total uang suap proyek Meikarta, yang dikembalikan Neneng mencapai Rp 8 miliar.

"Bupati Bekasi mengembalikan uang Rp 2 miliar pada KPK terkait kasus dugaan suap dalam proses perizinan proyek Meikarta di Bekasi pada 3 Januari. Total pengembalian sampai saat ini adalah Rp 8 miliar," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (4/1/2019).

Febri mengatakan Neneng berencana mengembalikan sejumlah uang yang dirinya terima dalam pengurusan izin proyek milik Lippo Group itu. Dalam dakwaan pegawai PT Lippo Karawaci Tbk Billy Sindoro, Neneng disebut menerima total Rp 10,8 miliar dan SGD 90 ribu.

"Masih ada rencana pengembalian lain secara bertahap," ujarnya.

KPK, kata dia, menghargai pengembalian uang yang dilakukan Bupati nonaktif Bekasi. Kendati begitu, Febri memastikan pengembalian uang ini tak menghilangkan tindak pidana yang dilakukannya dalam kasus ini.

"Meskipun tidak menghilangkan pidana, sikap kooperatif pasti akan dipertimbangkan sebagai faktor meringankan dalam proses hukum," ucap Febri.

Tersangka Lain

Pada kasus ini, KPK menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait izin proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi. Selain Bupati Neneng, KPK juga menjerat delapan orang lainnya dalam kasus ini.

Mereka adalah Kepala Dinas PUPR Pemkab Bekasi, Jamaludi; Kepala Dinas Damkar Pemkab Bekasi, Sahat MBJ Nahar; Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Bekasi, Dewi Tisnawati; dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Neneng Rahmi.

Kemudian, pihak swasta bernama Billy Sindoro yang merupakan Direktur Operasional Lippo Group, Taryudi dan Fitra Djajaja Purnama selaku konsultan Lippo Group, serta Henry Jasmen pegawai Lippo Group.

Bupati Neneng dan kawan-kawan diduga menerima hadiah atau janji Rp 13 miliar terkait proyek tersebut. Diduga, realiasasi pemberian sampai saat ini adalah sekitar Rp 7 miliar melalui beberapa Kepala Dinas.

Keterkaitan sejumlah dinas lantaran proyek tersebut cukup kompleks, yakni memiliki rencana membangun apartemen, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hingga tempat pendidikan. Sehingga dibutuhkan banyak perizinan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Man Utd Takkan Lepas Bailly

Posted: 03 Jan 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (Man Utd) masih membutuhkan tenaga bek Eric Bailly. Pria Pantai Gading itu kemungkinan besar akan dipertahankan oleh caretaker Ole Gunnar Solskjaer.

Bailly sebelumnya santer dikabarkan akan pindah dari Old Trafford. Bailly kecewa jarang dimainkan Man Utd sewaktu era kepemimpinan Jose Mourinho. 

Kepergian Jose Mourinho dan masuknya Solskjaer sedikit banyak membawa angin segar bagi Bailly. Eks pemain Villarreal itu mulai dimainkan oleh Solskjaer walau berujung dengan mendapat kartu merah.

The Telegraph melaporkan petinggi MU telah memutuskan akan mempertahankan Bailly hingga akhir musim. Man Utd akan menolak semua tawaran di bursa transfer Januari ini.

Petinggi Man Utd masih yakin Bailly akan bisa memberikan kontribusi maksimal. Mereka memilih menunggu enam bulan lagi melihat kiprah Bailly dibawah asuhan Solskjaer.

 

Sevilla dan AC Milan

Bek Manchester United, Eric Bailly (Istimewa)

Sebelumnya Bailly dibidik beberapa klub. Salah satu yang paling bverminat terhadap pemain 24 tahun itu adalah klub La Liga Sevilla.

AC Milan sempat pula dikaitkan dengan Bailly. Namun I Rossoneri masih belum terlalu serius dan cuma ingin meminjamnya saja selama enam bulan dengan opsi kepemilikan permanen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Wadirut BRI, Ini Pesan Sunarso ke Pegadaian

Posted: 03 Jan 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sunarso akhirnya kembali ke PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) dan menduduki Wakil Direktur Utama. Sebelumnya Sunarso dipercaya menjadi Direktur Utama PT Pegadaian (Persero).

Sunarso pun meninggalkan pesan kepada Manajemen Pegadaian, agar tidak perlu khawatir dengan pergantian direksi perusahaan akan mengubah pola kerja yang selama ini sudah dia terapkan.

Dia memastikan sudah meletakkan fondasi untuk meningkatkan social value dan transformasi untuk menjadi the most valuable financial company di Pegadaian.

"Kami BOD dan BOC Pegadaian juga sudah menyelesaikan Blue Print 2019-2023 sehingga siapapun yang menggantikan saya dapat meneruskan dan mewujudkan visi Pegadaian menjadi the most valuable financial company dan menjadi agen inklusi keuangan pilihan utama masyarakat Indonesia," ujar dia dalam pernyataannya, Jumat (4/1/2019).

Sunarso percaya dengan solidnya BOD dan BOC Pegadaian akan selalu siap menghadapi era ekonomi digital dan industri finansial 4.0, sehingga Pegadaian akan terus berinovasi untuk mempertahankan eksistensi bisnis, sekaligus sebagai market leader di bisnis gadai.

"Saya mengapresiasi kepercayaan dari Menteri BUMN untuk kembali bertugas di BRI," tutupnya. (Yas)

BRI Rombak Manajemen, Dirut Pegadaian Masuk Jajaran Direksi

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memutuskan melakukan perubahan susunan Direksi dan Komisaris BRI. Keputusan tersebut dibacakan oleh Direktur Konsumer Handayani.

"Pada mata acara kedua ada perubahan pengurus. Pertama mengukuhkan pemberhentian Jeffry J. Wurangian sebagai Komisaris Perseroan dan memberhentikan Kuswiyoto sebagai Direksi Perseroan. Kedua Mengangkat Sunarso sebagai Wakil Direktur Utama Perseroan," kata Handayani dalam Konferensi Persnya di Gedung BRI I, Jakarta, Kamis (3/1).

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Torro Margens Sempat Kritis

Posted: 03 Jan 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Sukabumi - Torro Margens meninggal dunia. Aktor yang sering memainkan peran antagonis ini mengembuskan napas terakhir di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (4/12/2018) karena sakit.

Diungkapkan anak Torro Margens, Toma Margens, kesehatan ayahnya menurun setelah menjalani syuting di Yogyakarta. Hingga akhir hidupnya, Torro memang masih produktif di dunia perfilman.

"Iya masih (syuting), sampai sakitnya sampai muntah darah itu. Dia sempat dirawat di Yogya lima hari, terus pulang lima hari yang lalu, terus pulang ke Sukabumi," kata Toma Margens, saat dihubungi melalui telepon, Jumat (4/12/2018) pagi.

Karena kondisinya terus menurun, Torro Margens dilarikan ke rumah sakit di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (3/4/2018) malam. Aktor legendaris itu pun mengalami masa kritis.

 

Masuk Rumah Sakit

Torro Margens. foto: indonesianfilmcenter.com

"Dia masuk ke rumah sakit sekitar jam 9-10 malam. Terus jam 11 malam dikabarin kritis jam 1 dini hari sudah meninggal," ucap Toma Margens.

 

Dimakamkan Usai Salat Jumat

Torro Margens

Sementara itu, jasad Torro Margens disemayamkan dan akan dikebumikan di Sukabumi, Jawa Barat. Toma Margens berharap agar seluruh amal ibadah ayahnya diterima Tuhan.

"Semoga jadi mempermudah jalannya. Dijauhkan siksa kuburnya, aamiin. Kayaknya dimakamkan habis salat Jumat," ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Tes Baca Alquran, Jokowi Akan Ikuti Aturan KPU

Posted: 03 Jan 2019 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanggapi soal tes membaca Alquran bagi capres-cawapres yang disampaikan Ikatan Dai Aceh. 

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (4/1/2019), disela kunjungannya di Blitar, Jawa Timur, Jokowi mengungkapkan dirinya akan mengikuti aturan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sebelumnya Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan dirinya siap bila diundang untuk mengikuti tes membaca Alquran. Menurut Ma'ruf, membaca Alquran merupakan bagian dari keseharian dirinya.

Rencananya tes membaca Alquran akan dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, pada 15 Januari 2019.  (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kante Peringatkan Chelsea Jangan Tergantung Hazard

Posted: 03 Jan 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, London - N'Golo Kante memperingatkan rekan-rekannya di Chelsea agar terus memberi kontribusi kepada tim. The Blues kata dia tak bisa bergatung kepada satu pemain saja seperti Eden Hazard.

Peran Eden Hazard begitu sentral untuk Chelsea. Namun Kante meminta rekan-rekan setimnya untuk tidak terus bergantung pada bintang asal Belgia tersebut.

19 gol yang lahir dari kakinya, terbagi atas 10 gol dan sembilan assist, menjadi gambaran betapa pentingnya Hazard untuk Chelsea. Ia hanya butuh 20 pertandingan di ajang Premier League untuk mengantongi torehan tersebut.

Begitu ia berhasil dimatikan, Chelsea harus berusaha keras untuk bisa mendapatkan poin dari lawannya. Hal itu terlihat dalam laga kontra Southampton hari Kamis (3/1) kemarin, di mana mereka hanya mampu bermain imbang 0-0.

 

Tak Bisa Bergantung Pada Hazard

Gelandang Chelsea, N'Golo Kante, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Manchester City pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, London, Minggu (9/12). Chelsea menang 2-0 atas City. (AFP/Ian Kington)

Kante sadar bahwa timnya tidak bisa selamanya bergantung sepenuhnya pada pemain yang kerap dikaitkan dengan Real Madrid tersebut. Maka dari itu, ia meminta rekan-rekan setimnya untuk meningkatkan performanya.

"Kami semua tahu Eden adalah pemain yang fantastis, dia sering membantu kami pada musim ini serta di musim sebelumnya," ujar Kante dalam situs resmi klub, seperti yang dikutip dari Goal.

"dia bisa membuat perbedaan kapanpun, tapi kami harus bergantung pada semuanya. Kami membuat peluang yang kemudian dilewatkan. Ini adalah momen yang sulit, tapi kami harus segera bangkit," lanjutnya.

Chelsea Kurang Beruntung

Dalam laga kontra Southampton, Chelsea membuang banyak peluang sehingga gagal mencetak gol. Dalam pandangan Kante, kegagalan tersebut disebabkan oleh ketidakberuntungan yang sedang menyelimuti timnya.

"Kami sedikit kurang beruntung karena itu adalah beberapa peluang yang sebenanrnya bisa kami jadikan gol," tambahnya.

"Mungkin kami harus mencari waktu yang tepat, tetapi laga itu berakhir imbang dan kami harus bangkit untuk laga selanjutnya, di FA Cup, dan semi-final Carabao Cup. Kami akan lihat nanti apa yang bisa diperbuat pekan ini," tandasnya.

Pada hari Sabtu (5/1) besok, Chelsea akan berhadapan dengan Nottingham Forest dalam laga babak ketiga FA Cup. Empat hari berselang, mereka bakalan melawat ke markas Tottenham guna menjalani laga leg pertama semi-final Carabao Cup.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hacker Bajak Akun Twitter Tebar Propaganda Terorisme

Posted: 03 Jan 2019 08:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Akhir-akhir ini, banyak twit propaganda terorisme disebarkan melalui akun Twitter yang sudah tidak aktif selama bertahun-tahun. Ulah tersebut dilakukan oleh para hacker yang mengeksploitasi akun tersebut.

Mereka kerap kali posting atau pun retweet propaganda terorisme dari akun lain. Peretasan itu diketahui dari gaya bahasa yang digunakan berbeda dengan twitnya yang dulu.

Hacker mengeksploitasi kurangnya konfirmasi email pada akun lama, karena akun-akun tersebut tidak membutuhkan konfirmasi email saat pembuatannya. Akun-akun yang dibajak pun kerap menggunakan alamat email yang sama dengan username mereka.

Twitter mengambil langkah-langkah untuk mencegah pembuatan akun baru secara otomatis dengan meminta pembuat akun untuk mengkonfirmasi menggunakan alamat email atau nomor telepon. Tetapi, banyak dari akun-akun lama yang belum melakukan konfirmasi.

Dilansir TechCrunch, Jumat (4/1/2019), pihak Twitter mengatakan sedang berusaha mencari solusi untuk memperbaiki masalah yang menurutnya bukan untuk diperbaiki. Peretasan seperti ini bukanlah hal baru bagi Twitter maupun layanan daring lainnya.

"Kami sadar dan berupaya mengidentifikasi solusi yang dapat membantu menjaga akun Twitter tetap aman dan terlindungi," kata juru bicara Twitter.

 

 

Langkah Strategis Twitter

Kawasan Asia Tenggara mulai menjadi pemain ekonomi skala besar sehingga memicu para hacker untuk melakukan penyerangan siber. (Doc: iStockphoto)

Twitter pun mengklaim telah menjaring lebih dari satu juta akun yang mempromosikan berbagi konten negatif sejak pertengahan 2015.

Twitter juga mengkliam telah menjaring lebih dari 205 ribu akun selama paruh pertama tahun 2018.

Hacker dan peneliti keamanan, Wauchula Ghost mengatakan bahwa penyebar teror tersebut memanfaatkan celah yang ada selama bertahun-tahun.

Ghost menemukan satu akun yang mengikuti banyak akun tidak aktif, yang semuanya telah dibajak. Banyak akun tidak aktif yang diujinya tidak membuat email tempat akun itu terdaftar.

"Meskipun sebagian alamat email tertutup, tetapi mudah untuk mengetahui berapa banyak karakter di alamat email akun Twitter. Seringkali akun email hanya ditandai dengan username mereka dan diikuti @hotmail.com atau @yahoo.com," katanya kepada TechCrunch.

 

Akun Penyebar Propaganda Punya Ribuan Follower

Hacker. Dok: youtube.com

Dengan uji cobanya, Ghost pun dapat dengan mudah mendaftarkan semua alamat email itu, dan memungkinkannya mengakses akun tersebut.

Akun yang dibajak menyebarkan propaganda terorisme melalui teks, foto, video, dan kerap mentwit ulang dari akun propagandis lainnya. Lebih mengejutkan lagi, akun tersebut telah memiliki ribuan pengikut di Twitter.

(Surya Handika R/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Khawatir Jadi yang Terburuk Sejak 1989, Badai Tropis Pabuk Picu Siaga di Thailand

Posted: 03 Jan 2019 08:33 PM PST

Liputan6.com, Bangkok - Pihak berwenang Thailand telah menangguhkan layanan feri dan memulai evakuasi menjelang hantaman Badai Tropis Pabuk, yang dikhawatirkan menjadi bencana terburuk di negara itu sejak 1989.

Badai tersebut diperkirakan akan menghantam kawasan resor di pesisir selatan Thailand, seperti Koh Samui dan sebagian kecil Phuket, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Jumat (4/1/2019).

Hujan dilaporkan suduh turun di sekitar Teluk Thailand, dan para pejabat memperingatkan bahwa intensitasnya akan semakin lebat, disertai angin kencang dan gelombang tinggi, yang diperkirakan menghantam 16 provinsi di Thailand, saat Badai Pabuk melakukan pendaratan pada Jumat malam.

Sebelumnya pada 1989, Topan Gay menewaskan lebih dari 900 orang di Teluk Thailand, dan sebuah badai tropis lainnya pada 1962 memicu korban jiwa hingga hampir 1.000 orang di selatan negara itu.

Sementara itu, pada Rabu 2 Januari, seorang turis Rusia meninggal di Koh Samui ketika ia mencoba menyelamatkan putrinya, yang tengah berjuang melawan gulungan ombak.

Stasiun televisi Thailand PBS melaporkan bahwa putrinya selamat, tetapi sang ayah terlempar ke arah batu karang, membuatnya kehilangan kesadaran dan akhirnya meregang nyawa.

Badan Meteorologi Thailand mengatakan Badai Pabuk akan menghantam pantai barat daya Thailand dari Kamis hingga Sabtu esok, dengan dua provinsi, yakni Surat Thani dan Nakhon Si Thammarat, diperkirakan akan terkena dampak paling parah.

Surat Thani adalah provinsi yang menaungi pulau-pulau wisata populer seperti Koh Samui, Koh Tao dan Koh Phangan.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Turut Melintasi Vietnam

Ilustrasi tsunami  (Pixabay)

Truk-truk tentara mulai berdatangan di sekitar daerah pantai terpencil di Provinsi Nakhon Si Thammarat pada Kamis malam, mencari orang-orang tersesat yang belum dievakuasi.

"Kami telah menyiapkan tiga tempat perlindungan, yang saat ini mampu menampung sekitar 1.000 orang," kata Kriangsak Raksrithong, seorang pejabat setempat.

Selain itu, industri perikanan juga disebut akan terdampak oleh hantaman Badai Pabuk, di mana para nelayan dan pemilik kapal kecil diimbau merapatkan armada operasionalnya ke darat sejak hari Kamis.

Badai Pabuk dikabarkan telah melaju sejauh 300 kilometer dari arah timur laut, setelah sebelumnya melintasi sebagian Kota Ho Chi Minh, Vietnam, pada Kamis tengah hari.

Kondisi cuaca ekstrem itu membawa hujan deras dan angin kencang ke Delta Sungai Mekong, yang merupakan daerah utama produksi beras dan perikanan di Vietnam. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Janji Sandiaga pada Nelayan Cilamaya Karawang soal JBPJS Kesehatan

Posted: 03 Jan 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Karawang - Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Sandiaga Salahudin Uno, menemui ratusan nelayan di Pasir Putih Cilamaya, Karawang, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (4/1/2019), Sandiaga berjanji akan serius mengelolah jaminan kesehatan masyarakat agar tidak mengalami defisit seperti BPJS Kesehatan.  

Sandi tidak ingin BPJS Kesehatan salah kelola sehingga mengalami defisit. Sebab, jika defisit, pelayanan kesehatan untuk masyarakat menjadi tidak optimal. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laporkan Haters, Anjasmara Dapat Dukungan Teman Artis

Posted: 03 Jan 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anjasmara begitu kesal pada haters yang telah merisak sang istri, Dian Nitami. Ia memutuskan membawa kasus ini ke ranah hukum.

Ini bukan kali pertama Anjasmara dan Dian Nitami mendapat kritikan pedas yang mengarah ke body shaming. Rupanya, Anjasmara habis kesabaran.

"Ada sebenarnya yang bilang istri saya, 'Mbak Dian kok gemuk sih, Anjas kok sekarang gini sih, ini-itu. Ah, ini artis udah enggak laku, artis lawas'. Kalian mau menjudge saya seperti apa pun it's okay. Tapi berhubung Anda sudah mengambil sesuatu hal yang menurut saya sudah tidak pada tempatnya, sudah mengganggu kenyamanan istri saya, kenyamanan keluarga saya, maka saya harus mengambil suatu tindakan yang tegas," ujar Anjasmara, di kawasan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (3/1/2019).

 

Dapat Dukungan

Anjasmara (Deki Prayoga/Fimela.com)

Tindakan Anjasmara mendapat dukungan dari teman-teman artis lain yang juga kesal dengan kasus cyber bullying bersifat body shaming.

"Kalau secara langsung sih enggak, tapi pada saat saya melakukan pelaporan tersebut banyak yang komen. Ya bagus, mudah-mudahan bisa ditindaklanjuti dan enggak ada lagi orang yang semena-mena terhadap orang lain," sambung Anjasmara.

 

Efek Negatif

Anjasmara (Deki Prayoga/Fimela.com)

Lebih jauh, Anjasmara menekankan bahaya dari body shaming atau celaan fisik bisa menimbulkan efek negatif bagi para korban. Bahkan, tak menutup kemungkinan pula body shaming bisa membuat sang korban dipenuhi rasa dendam dan menyalurkannya dengan cara yang tidak baik kelak.

"Mudah-mudahan enggak ada lagi body shaming yang terjadi di masyarakat, karena body shaming ini sangat berbahaya. Kalau terus-terusan terjadi maka yang akan dirugikan adalah orang yang menerima body shaming tersebut. Satu dia bisa frustrasi, lalu bunuh diri atau yang satu lagi dia akan melakukan hal-hal yang justru akan membahayakan dirinya dan juga orang lain," jelas pria berusia 43 tahun ini. (Nuzulur Rakhmah/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ilhan Omar, Senator Pertama Berhijab di AS

Posted: 03 Jan 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ilhan Omar berhasil terpilih menjadi senator AS setelah memenangkan pemilihan di Minnesota. Omar adalah perempuan berhijab pertama yang masuk ke Senat AS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Napoli Butuh Messi untuk Rebut Scudetto dari Juventus

Posted: 03 Jan 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Naples - Napoli menjadi pesaing terdekat bagi Juventus dalam perebutan gelar juara serie A atau scudetto. Saat ini, mereka berada di posisi dua dengan nilai terpaut 9 poin.

Misi mengejar Juventus hanya bisa dilakukan kalau Napoli merekrut Lionel Messi. Pendapat ini diungkapkan mantan bek Napoli, Fabio Cannavaro.

Dia berpendapat bahwa bekas klubnya itu hanya bisa juara jika memiliki bintang Barcelona, Lionel Messi.

Dalam kurun waktu tujuh musim terakhir, Juventus selalu keluar sebagai juara Serie A. Sedangkan saingannya Napoli harus puas hanya menempati peringkat kedua saja. Bahkan, perebutan peringkat dua acapkali terlihat lebih seru.

Di musim ini, gelar Scudetto sepertinya masih akan mampir ke tangan skuat asuhan Massimiliano Allegri tersebut. Lihat saja, mereka sedang bertengger di puncak klasemen Serie A dan masih belum menuai kekalahan dalam 19 laga terakhir.

 

 

Juventus Tak Terhentikan

Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo berselebrasi usai menciptakan gol kedua bagi Juventus ke gawang AC Milan pada lanjutan laga serie a yang berlangsung di stadion San Siro, Milan (12/11). Juventus menang 2-0. (AFP/Marco Bertorello)

Cannavaro pun merasa bahwa Juventus sulit untuk dihentikan, meskipun para pesaingnya terus berusaha menghentikannya. Kehadiran Cristiano Ronaldo pun dianggapnya telah membuat Bianconeri jauh lebih kuat ketimbang sebelumnya.

"Sepertinya Napoli atau Inter bisa menahan dominasi Juventus, tetapi Bianconeri terlihat berniat untuk terus melaju apapun yang terjadi. Juve pantas mendapat pujian karena paham apa yang harus dilakukan pada momen tertentu," ujar Cannavaro kepada Il Mattino.

"Mereka membeli Cristiano Ronaldo saat membutuhkan tambahan kepercayaan diri serta rasa antusias di dalam skuat, naik level di Eropa dan mempertahankan aura tak terkalahkan di Italia," lanjut pelatih Guangzhou Evergrande itu.

Beli Lionel Messi

Cannavaro percaya bahwa Napoli tidak memiliki banyak opsi untuk menyingkirkan Juventus dari singgasananya. Dan salah satu cara yang diyakininya akan berhasil adalah dengan mendatangkan bintang Barcelona, Lionel Messi.

"Satu-satunya cara bagi Napoli untuk merebut Scudetto dari Juventus adalah dengan membeli Lionel Messi. Atau saat Juve memberikan itu kepadanya," tambahnya.

"Saya ingin melihat Juventus menjuarai Liga Champions musim ini dan Napoli memenangkan Liga Europa. Sebab itu akan menjadi hal yang baik untuk sepak bola Italia," tandasnya.

Sebagai informasi, saat ini Juventus sedang berada di babak 16 besar Liga Champions dengan status pimpinan klasemen Grup H. Sedangkan Napoli berada di babak 32 besar Liga Europa lantaran finis di peringkat tiga Grup C Liga Champions.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Meninggal, Torro Margens Sempat Jalani Perawatan Intensif

Posted: 03 Jan 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Sukabumi - Satu lagi aktor legendaris Tanah Air meninggal dunia. Torro Margens mengembuskan napas terakhirnya pada Jumat (4/12/2018) dini hari di usia 68 tahun.

Dalam beberapa hari terakhir, kesehatan Torro Margens memang terus menurun. Aktor yang kerap memainkan peran antagonis ini bahkan sempat muntah darah.

"Iya, masih (syuting), sampai sakitnya sampai muntah darah itu. Dia sempat dirawat di Yogya lima hari, terus pulang ke Sukabumi," ujar anak Torro Margens, Toma Margens, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (4/12/2018) pagi.

Kesehatan yang terus memburuk membuat Torro Margens sempat mendapat perawatan intensif di rumah sakit. Namun sayang, Tuhan berkehendak lain.

 

Jalani Perawatan di Yogyakarta

Torro Margens. foto: indonesianfilmcenter.com

"Terus diurusin sama kru sana, empat hari atau lima hari tuh di rumah sakit. Sementara udah selesai syutingnya," ucap anak Torro Margens.

 

Dimakamkan Usai Salat Jumat

(Nurwahyunan/Bintang.com)

Sementara itu, jenazah Torro Margens telah disemayamkan dan akan dikebumikan di Sukabumi, Jawa Barat. Toma Margens berharap agar seluruh amal ibadah ayahnya diterima Tuhan.

"Semoga jadi mempermudah jalannya. Dijauhkan siksa kuburnya, aamiin. kayaknya dimakamkan habis Jumat," ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tahun Baru, Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp 60 Ribu per Kg

Posted: 03 Jan 2019 08:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai naik tinggi pada pekan ini di Pasar Palmerah, Kota Jakarta Pusat. Kenaikan harga cabai bahkan mencapai Rp 20 ribu per kilogram (kg) untuk jenis cabai rawit merah.

Pedagang sayuran Ibu Sri'ah (43) menuturkan, kenaikan harga untuk cabai mulai terjadi menjelang perayaan Tahun Baru. Ia menyayangkan harga cabai yang kini melonjak tinggi.

"Cabai rawit merah sekarang Rp 60 ribu per kg, dari semula Rp 40 ribu per kg. Cabai keriting merah juga naik Rp 10 ribu per kg jadi Rp 40 ribu pekan ini," ucapnya kepada Liputan6.com, Jumat (04/01/2018).

Tak hanya itu, untuk komoditas bawang pun kata Sri'ah diikuti kenaikan harga. Ibu Sri'ah menjelaskan harga bawang merah naik sebesar Rp 10 ribu pekan ini.

Untuk harga bawang merah ia banderol Rp 35 ribu per kg, dari semula Rp 25 ribu per kg. Adapun harga bawang putih masih stabil di posisi Rp 25 ribu per kg.

Seirama, pedagang sayuran Ibu Yuni (47) mengatakan, harga komoditas cabai dan bawang memang mengalami lonjakan harga di pekan awal 2019. Itu diperparah dengan kenaikan harga komoditas lain, yakni daung bawang yang mencapai Rp 25 ribu per kg.

"Daun bawang juga semua naik. Sekarang Rp 25 ribu per kg, normalnya Rp 15 ribu sudah bisa dijual," ia menjelaskan.

Untuk harga cabai rawit merah, Yuni menjualnya Rp 55 ribu per kg, kemudian cabai keriting merah seharga Rp 35 ribu per kg. Serta bawang merah dan bawang putih dengan masing-masing harga Rp 35 ribu dan Rp 25 ribu per kg.

 

Kurangi Pembelian

Harga cabai rawit merah mengalami kenaikan harga sebesar Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram. Jika sebelumnya dijual Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu, kini harga cabai berkisar Rp 55 ribu hingga Rp 60 ribu per kilogram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dampak kenaikan harga ini, Yuni mengungkapkan, langgannya atau pembeli sedikit mengurangi porsi untuk belanja cabai di tempat miliknya.

"Ya jadinya agak ngurangin porsi yang beli. Yang biasanya mereka beli cabai satu kilogram, sekarang jadi seperempat. Lumayan kerasa," imbuhnya.

"Sebagian saya ambil dari Cibitung dan juga dari pasar Induk Kramat Jati, dari sana saja juga sudah naik harga-harganya," ia menambahkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenangan Real Madrid atas Villarreal Jadi Tumbal Cedera Bale

Posted: 03 Jan 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Real Madrid gagal memetik kemenangan saat bertandang ke markas Villarreal dalam lanjutan La Liga, Jumat dini hari WIB (4/1/2019). Sempat memimpin 2-1, pasukan Santiago Solari harus rela berbagi angka setelah menutup laga dengan skor imbang 2-2.

Bertanding di Estadio de la Cerámica, Real Madrid sempat dikejutkan oleh gol cepat Santi Cazorla pada menit ke-4. Namun Los Blancos segera membalasnya tiga menit kemudian lewat Karim Benzema. Bahkan, tim tamu sempat berbalik unggul setelah R Varane kembali menjebol gawang tuan rumah menit ke-20.

Di babak kedua, Real Madrid berusaha mempertahankan keunggulannya. Namun Villarrel berhasil menyamakan kedudukan lewat gol kedua Santi Cazorla menit 82. Dan skor imbang 2-2 ini bertahan hingga pertandingan usai.

Pelatih Real Madrid, Santiago Solari, sangat kecewa dengan hasil ini. Sebab kemenangan yang sudah di depan mata sirna saat laga mendekati peluit panjang.

"Kemenangan sudah di tangan kami dan berniat menuntaskan laga. Namun mereka balik lagi dan menyamakan kedudukan," kata Solari kepada Movistar. "Sebagai tuan rumah mereka banyak menekan dan membutuhkan poin," beber Solari.

Menurut Santiago Solari, kegagalan pasukannya mempertahankan keunggulan tidak lepas dari cedera yang dialami Gareth Bale. Pemain asal Wales itu terpaksa ditarik pada menit ke-46 usai mengalami cedera di bagian betisnya setelah pada menit ke-38 sempat mengalami benturan dengan pemain lawan Javi Fuego.

Solari memasukkan Isco untuk menggantikan peran Bale. Namun tandukan Cazorla pada menit ke-83 akhirnya membuyarkan kemenangan Real Madrid.

"Kepergian Bale merugikan kami, dia bermasalah sehingga serangan balik kami menurun. Padahal Bale adalah spesialis dalam hal itu. Anda melihat apa yang terjadi--dia mengalami benturan dan merasakan sesuatu hingga tidak bisa melanjutkan pertandingan," kata Solari.

 

Sesuai Rencana

Gelandang Real Madrid, Luka Modric, tampak kecewa usai dikalahkan Levante pada laga La Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Sabtu (20/10). Madrid kalah 1-2 dari Levante. (AFP/Gabriel Bouys)

Selain Bale, gelandang pengatur serangan Luka Modric juga harus meninggalkan lapangan lebih awal. Dia ditarik menit ke-64 dan digantikan Federico Valverde.

Setelah pertandingan, Solari menjelaskan kalau Modric sebenarnya tidak terlalu fit. Dia sejak awal juga sudah berniat menarik pemenang Ballon d'Or tersebut.

"Luka baru saja sembuh dari flu dan sudah berusaha maksimal," kata Solari.

"Saya senang dia masih bisa tampil 60 menit dan itu sudah direncanakan sebelumnya. Dan Valverde memberikan kami energi dan kontrol permainan saat dia datang. Kami senang melihat apa yang diberikan pemain muda pada kami."

Hasil imbang melawan Villarreal membua langkah Real Madrid mengejar Barcelona dalam perebutan gelar juara La Liga tersendat . Los Blancos masih berada di urutan keempat papan klasemen sementara, tertinggal 7 poin dari pimpinan klasemen, Barcelona.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakaian Seperti Apa yang Dibutuhkan oleh Korban Bencana Alam?

Posted: 03 Jan 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bencana alam kembali menerjang Indonesia menjelang akhir 2018. Setelah tsunami memporakporandakan kawasan pesisir Banten dan Lampung selatan, bencana longsor menerjang warga di Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat sehari sebelum tahun baru.

Berbagai lembaga di Indonesia membuka penyaluran donasi untuk korban bencana alam di beberapa daerah di Indonesia. Salah satu barang yang sering didonasikan ialah pakaian layak pakai. Namun, tak semua pakaian ternyata cocok diberikan kepada korban bencana. Maka itu, beberapa lembaga sengaja menentukan jenis pakaian yang bisa diterima. 

"Saat ini, ACT hanya menerima donasi berupa pakaian baru," ujar tim ACT saat dihubungi oleh Liputan6.comRabu, 2 Januari 2018.

Tak hanya pakaian, tim ACT juga menerima donasi berupa kebutuhan sandang lainnya. Kebutuhan itu berupa selimut, handuk, pembalut, popok dan lain-lain.

Selain ACT, ada juga lembaga seperti Clothes for Charity (CFC), bagian dari lembaga kemanusiaan Gemilang Indonesia. "Kita menerima segala jenis pakaian, kecuali seragam sekolah dan jas kantor," kata tim CFC. Selain itu, mereka juga menerima donasi berupa sepatu dan tas yang masih memiliki nilai jual untuk segala usia.

Laman howstuffworks.com juga mencatat bahwa pakaian yang hendak disumbangkan haruslah disusun dahulu berdasarkan jenis dan ukurannya. Pakaian tersebut harus dalam keadaan bersih.

Apabila masih ada pakaian yang kotor tapi masih bisa dipakai, pakaian tersebut haruslah dicuci terlebih dahulu. Setelahnya, pakaian-pakaian tersebut harus dikemas berdasarkan pengelompokannya. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Buru Dalang Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Dicoblos

Posted: 03 Jan 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal memastikan, pihaknya akan mengusut tuntas kasus hoaks 7 kontainer surat suara dicoblos di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pihaknya berjanji akan menindak tegas semua yang terlibat dalam penyebaran hoaks tersebut hingga ke akar-akarnya.

"Siapapun (dalang atau aktor intelektual) di balik ini, kita akan proses hukum tegas," ujar Iqbal di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (4/1/2019).

Penyidik Bareskrim Polri, kata Iqbal, sudah mengantongi sejumlah barang bukti terkait kasus hoaks surat suara tersebut. Polisi juga telah menerima beberapa laporan masyarakat sebagai dasar penyelidikan, salah satunya dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Prinsipnya kita akan proses hukum ini, harus tegas. Sekali lagi saya katakan kita akan proses hukum," tegas Iqbal.

Fitnah

Lebih lanjut, kepolisian bersama stakeholder terkait langsung melakukan pengecekan di lokasi seiring dengan beredarnya informasi penyelundupan 7 kontainer surat suara dalam kondisi tercoblos. Polisi juga melakukan patroli siber.

"Ternyata itu bukan saja sekedar haoks, tapi itu fitnah, tidak benar sama sekali," kata Iqbal.

Karena itu, pihaknya bertekad mengusut tuntas kasus tersebut supaya tidak menggangu pelaksanaan Pemilu 2019.

"Tunggu saja, pada saatnya Polri akan menyampaikan hasil penyelidikan ini kepada publik," Iqbal menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Direktur PT LIB Diperiksa Satgas Antimafia Bola

Posted: 03 Jan 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Risha Adi Wijaya, Direktur PT LIB diperiksa satgas antimafia bola terkait dugaan pengaturan skor di Liga 1 dan 2 Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: