Selasa, 15 Januari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Peluru Jokowi dan Prabowo yang Disiapkan untuk Debat Capres 2019

Posted: 15 Jan 2019 10:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran debat capres dan cawapres edisi perdana akan dilaksanakan pada Kamis, 17 Januari 2019 besok. Kedua kubu, baik Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno melakukan beragam persiapan.

Debat capres dan cawapres perdana ini akan mengangkat tema Hukum, HAM, Terorisme, dan Korupsi. Tema ini diputuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) berdasarkan hasil finalisasi rapat internal.

Tim Kampanye Nasional (TKN) milik Jokowi-Ma'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) milik Prabowo-Sandiaga terus mematangkan soal materi tema debat tersebut.

Kedua kubu siap bertanya dan menjawab pertanyaan debat yang sudah diberikan kisi-kisinya terlebih dahulu oleh KPU.

Jumlah soal debat capres cawapres mencapai 20 pertanyaan yang terkait tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menyebut soal tidak berbentuk pilihan ganda ataupun pertanyaan yang menuntut jawaban berupa hafalan.

"Yang kami ingin memang menggali visi misi para pemimpin calon presiden dan wakil presiden ke depan," ucap Pramono.

Berikut sejumlah peluru yang disiapkan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga untuk hadapi debat capres cawapres perdana dihimpun Liputan6.com:

 

1. Masalah HAM dan Korupsi

Pasangan capres-cawapres Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin (dua kiri) memberikan pidato usai mengambil nomor urut peserta Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (21/9). Pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapatkan nomor urut 01. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Koordinator tim debat pasangan calon presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding mengatakan, pihaknya telah menyiapkan senjata yang akan dipakai dalam debat Pilpres perdana bertema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Dua kasus itu berkaitan dengan HAM dan korupsi.

Karding menyebut, kasus pelanggaran HAM yang diduga dilakukan terhadap pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bakal dibawa Jokowi-Ma'ruf Amin dalam debat.

Selama ini, nama Prabowo kerap diseret dalam dugaan penculikan aktivis saat menjadi Danjen Kopassus.

"Yang pertama soal kasus pelanggaran HAM dan penghilangan orang yang diduga dilakukan Pak Prabowo," ujar Karding melalui pesan singkat, Jakarta, Selasa, 15 Januari 2019.

Kasus kedua, diduga mengkaitkan nama sang cawapres Sandiaga Uno. Nama bekas Wagub DKI Jakarta itu pernah disebutkan sebagai pemilik PT Duta Graha Indah (DGI) oleh mantan Bendum Partai Demokrat Nazaruddin.

"Kedua tentu, kita melihat bahwa KPK telah bekerja menggunakan kewenangannya untuk mengusut kejahatan atau korupsi korporasi. Saya kira salah satu yang mesti menjadi pertanyaan publik selama ini adalah kasus yang menimpa PT DGI di mana semua orang tahu komisarisnya adalah pasangan paslon 02," kata Karding, tim debat pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

KPK masih mengusut kasus kejahatan korupsi korporasi PT DGI. KPK menetapkan PT DGI sebagai tersangka dalam kasus proyek pembangunan Rumah Sakit Khusus Infeksi dan Pariwisata RS Universitas Udayana sejak 5 Juli 2017. Proyek tersebut diduga memakan kerugian negara hingga Rp 25 miliar. Diduga ada enam proyek yang terlibat.

Perusahaan yang kini berganti nama menjadi PT Nusa Konstruksi Enjiniring ini diketahui bermitra dengan Permai Grup milik terdakwa korupsi Wisma Atlet Muhammad Nazaruddin.

Karding menilai momentum debat itu menjadi tempat Prabowo dan Sandiaga untuk menjelaskan dua hal tersebut ke publik.

"Jadi ini tentu ruang dan hal strategis untuk kita minta penjelasannya kepada Pak Sandiaga Uno dan Pak Prabowo," tandasnya.

 

2. Beberkan Program Penegakkan Hukum

Pasangan capres-cawapres Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin (kanan) menunjukkan nomor urut peserta Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (21/9). Pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapatkan nomor urut 01. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menawarkan lima program penegakan hukum kepada masyarakat apabila kembali dipercaya memimpin Indonesia pada periode 2019-2024.

"Dalam misi kami tawarkan adalah penegakan sistem hukum bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya," kata Direktur Hukum TKN Jokowi-Ma'ruf, Ade Irvan Pulungan seperti dilansir Antara, Minggu, 13 Januari 2019.

Program pertama, kata dia, adalah melanjutkan penataan regulasi. Menurut Irvan regulasi soal penegakan hukum masih tumpang tindih antara pemerintah pusat dan daerah.

Irvan kemudian melanjutkan program yang kedua adalah melanjutkan reformasi sistem penegakan hukum.

"Itu perlu proses waktu dan kebersamaan serta itikad baik agar penegakan hukum efektif," ujarnya.

Program ketiga, sambung dia, adalah meningkatkan pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi.

Ade mengatakan, Jokowi selama memimpin pemerintahan tidak pernah melindungi apabila ada menterinya yang terjerat kasus korupsi. Sehingga mempersilahkan diproses secara hukum.

"Program keempat penghormatan dan pemenuhan HAM karena ini menjadi sorotan nasional dan internasional. Namun ini tidak bisa dilihat kasus per kasus atau di saat pemerintahan saat ini saja karena ada kaitannya dengan yang lalu," katanya.

Program kelima menurut Ade, akan digalakkan budaya sadar hukum. Salah satu contohnya adalah telah melakukan tata kelola Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan perbaikan regulasi.

"Kami tawarkan lima program itu kepada pemilih agar fokus menciptakan penegakan sistem hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya," ujarnya.

Dia mengakui selama empat tahun pemerintahan Jokowi, masih banyak masalah hukum yang belum terselesaikan. Sehingga menjadi salah satu prioritas untuk diselesaikan ketika Jokowi terpilih kembali.

"Komitmen itu dituangkan dalam Nawacita Jilid II sehingga diharapkan penegakan hukum bisa berjalan lebih efektif," ucap Irvan.

 

3. Penuntasan HAM Masa Lalu dan Kasus Novel Baswedan

Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) memberikan pidato usai mengambil nomor urut peserta Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (21/9). Pasangan Prabowo-Sandi mendapatkan nomor urut 02. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kasus penyelesaian HAM masa lalu, ternyata dipandang bisa menjadi senjata oleh Prabowo-Sandiaga. Menurut juru bicara Advokasi dan Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN), Nasir Djamil, ini merupakan bahan materi debat yang akan disampaikan.

"Bagaimana menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu. Kemudian kasus-kasus terkait orang hilang," kata Nasir saat dihubungi Merdeka.com.

Menurut dia, sampai sekarang sudah ada tujuh kasus pelanggaran HAM yang diberikan kepada Kejaksaan Agung dari Komnas HAM, dimana belum ditindaklanjuti. Ini yang menjadi konsen pihak Prabowo-Sandiaga.

"Sekarang kan sudah ada tujuh kasus pelanggaran HAM yang diberikan kepada Kejaksaan Agung diberikan kepada komnas HAM. Tapi kan belum ditindak lanjuti," kata Nasir.

Kemudian, senjata yang juga telah disiapkan Prabowo-Sandiaga, adalah mengangkat kasus dugaan penyerangan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

Sandiaga pun mengungkapkan peluang mengangkat kasus tersebut, terbuka lebar. Karena menurutnya, ini berkaitan dengan masalah korupsi yang sudah akut.

"Ada kemungkinan (bahas kasus Novel Baswedan) karena masalah korupsi itu kan sudah sangat akut ada di stadium 4 kalau kanker, kalau penyakit sudah sangat kronis," kata Sandiaga di Jakarta.

Dia menuturkan, dengan mengangkat kasus-kasus yang sedang berjalan, justru akan lebih mudah. Karena akan langsung bersinggungan dengan rakyat.

"Secara kontekstual pasti akan lebih mudah untuk mengangkat topik-topik atau kasus-kasus yang sedang berjalan dan dirasakan oleh masyarakat. Mana yang sudah adil, mana yang belum dirasakan keadilannya nah ini yang menjadi tugas kita bersama-sama tim menyiapkan," ucap Sandiaga.

 

4. Isu Radikalisme dan Akuntabilitas Aparat

Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) memberikan pidato usai mengambil nomor urut peserta Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (21/9). Pasangan Prabowo-Sandi mendapatkan nomor urut 02. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain itu, untuk teroris, Prabowo-Sandiaga akan melihat paham radikalisme dalam membangun teroris. Hal ini diungkapkan oleh Mantan Ketua KPK Busyro Muqqodas, yang diminta masukannya.

Dia mengungkapkan, Prabowo meminta masukannya dalam bidang korupsi, terorisme dan good governance (tata kelola pemerintahan yang baik).

"Itu bidang bidang yang selama ini ada kaitannya juga, terorisme itu kan tidak lepas dari radikalisme, radikalisme bisa muncul dari ketidakadilan sosial maupun kesenjangan ekonomi akibat dari tata kelola pemerintahan," paparnya.

Busyro menekankan, dirinya sekadar akademisi dan bukan timses Prabowo-Sandi bidang materi debat.

"Yang penting saya beri masukan dipakai atau enggak saya kan gak ikut berperan lagi (sebagai pejabat). Tidak termasuk dalam timses atau struktural, jadi lebih saya sebagai akademisi dan praktisi," ucapnya.

Untuk masalah hukum, Politisi PKS Nasir Djamil menyebut pihaknya, akan lebih menekankan dalam soal transparansi dan akuntabilitas para penegak hukum. Ini menjadi fokus pihaknya.

Menurut dia, penegakan hukum yang adil juga ditentukan dari sikap pemimpin negara. Pasanya, jika penguasanya tegas, maka hukum akan adil.

"Kalau penguasa punya sikap yang tegas, ya InsyaAllah (hukum akan adil)," tegasnya.

Menurut pihaknya, baik soal HAM dan lainnya, terus persiapannya dibahas oleh tim. Bahkan sampai dua malam.

"Sudah dua malam direktorat tim advokasi hukum ini memberikan masukan masukkan terkait soal HAM dan sebagainya," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

16 Fakta Mencengangkan dari Mata Manusia, Tahukah Kamu?

Posted: 15 Jan 2019 10:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mata adalah salah satu organ tubuh penting dalam hidup manusia, tanpa mata kita tidak bisa melihat warna-warni kehidupan manusia. Mata yang kita punya akan merefleksikan apa yang terlihat didepan mata, sehingga kita dapat melihat dan mendapat penggambaran dari dunia ini.

Pernahkah kita membayangkan bagaimana mata memproses atau pernahkah kita berpikir bahwa dalam memproses pengelihatan kita adalah sebuah yang sederhana. Ternyata mata memiliki tugas yang tidak sederhana atau jauh lebih kompleks dari pada apa yang mungkin pernah Anda bayangkan.

Dilansir dari Giveitlove.com, berikut 16 fakta mencengangkan dari mata manusia :

1. Melihat dunia dengan terbalik

Anda dapat melihat bagaimana mata Anda benar-benar memandang dunia dengan melihat melalui kaca prisma.

2. Gambaran dunia yang terbelah dan terdistorsi

Otak kiri dan kanan Anda masing-masing menerima setengah dari gambar dan kemuadia mengacak gambar bersama sehingga Anda bisa melihat seluruh gambar.

3. Tidak mendeteksi warna merah

Otak anda akan menggabungkan sinyal untuk mengubah dan menjadikannya warna merah.

4. Penglihatan pada tepi mata beresolusi rendah, hampir hitam putih.

 

 Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

5. Bermata Biru

Dark circle, eye bags dan puffy eyes merupakan kondisi mata yang berbeda dan butuh penanganan yang berbeda pula. (Foto: unsplash.com)

Orang bermata biru memiliki nenek moyang yang sama dengan semua orang bermata biru.

6. Orang bermata coklat memiliki nenek moyang yang sama – diyakini sebagai manusia pertama dari jenis kita.

7. Banyak orang buta yang masih medapatkan mimpi di mana mereka melihat gambar dan warna.

8.  Rata-rata orang melindungi mata dengan berkedip selama 17 kali per menit. Angka 17 kali per menit mungkin terdengar sedikit, namun mata kita berkedip 14.280 kali dalam 14 jam dan 5,2 juta kali per tahun.

9. "20/20 penglihatan" tidak berarti kamu memiliki penglihatan yang sempurna. Itu hanya berarti kamu melihat di 20 kali, aapa yang orang lain lihat di 20 kaki.

10. Orang yang rabun dekat memiliki bola mata yang lebih rendah.

11. Orang rabun memiliki bola mata yang lebih panjang dari biasanya.

12. Bola mata Anda hampir sama ukurannya dengan saat Anda dilahirkan.

Wajah dan kepala seorang bayi dikatakan tidak proposional dengan tubuh mereka, dikatakan bayi memiliki kepala yang cukup besar yang cukup untuk menampung bola mata yang hampir tumbuh sepenuhnya.

13. Bayi dapat melihat dengan jelas dari jarak 15 inci, itu adalah jarak yang tepat untuk melihat wajah ibunya saat menyusui.

14. Air mata Anda memiliki komposisi yang berbeda saat menangis, menguap, atau sesuatu yang mengganggu mata kita.

15. Mata Anda membuat pergerakan menyentak konstan yang disebut "microsaccades" yang memudarkan objek dari pandangan Anda. Jika Anda melihat sebuah objek yang bergerak di objek yang tetap dengan gerakan konstan, maka lama kelamaan objek itu ajan memudar dari penglihatan Anda.

16. Mata manusia dapat membedakan antar 50.000 warna abu-abu.

 

Reporter :

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saham Bank Agris Meroket 24,67 Persen

Posted: 15 Jan 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saham PT Bank Agris Tbk (AGRS) melonjak signifikan pada sesi pertama perdagangan saham Rabu pekan ini.

Berdasarkan data RTI, Rabu (16/1/2019), saham PT Bank Agris Tbk melonjak 24,67 persen atau 74 poin ke posisi 374. Saham AGRS sempat berada di level tertinggi Rp 374 dan terendah Rp 308 per saham. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 232 kali. Nilai transaksi harian saham Rp 383,1 juta.

Pada perdagangan kemarin, saham AGRS melemah 3,23 persen ke posisi Rp 300 per saham. Saham AGRS berada di level tertinggi Rp 314 per saham dan terendah Rp 288 per saham. Volume perdagangan saham 5.035.079.280 saham. Nilai transaksi harian saham Rp 1,1 triliun. Total frekuensi perdagangan saham 34 kali.

Sedangkan di pasar negosiasi, transaksi saham AGRS sekitar lima kali dengan nilai transaksi Rp 1,1 triliun. Rata-rata harga pembelian saham oleh investor asing di posisi Rp 228 per saham.

Nilai transaksi saham AGRS tersebut menyumbang transaksi perdagangan saham mencapai Rp 10,7 triliun pada perdagangan saham kemarin. Transaksi saham tersebut difasilitasi oleh PT Indo Premier Sekuritas. Tercatat transaksi saham mencapai Rp 1,4 triliun.

Berdasarkan data RTI, investor asing beli saham AGRS mencapai Rp 1,2 triliun pada periode pekan ini di seluruh pasar.

 

 

Selanjutnya

Pekerja bercengkerama di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Rabu (16/5). IHSG ditutup naik 3,34 poin atau 0,05 persen ke 5.841,46. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kemungkinan transaksi saham AGRS besar tersebut didorong terkait pembelian saham Bank Agris oleh investor asal Korea Selatan yaitu Industrial Bank of Korea (IBK).

Mengutip laman Korea Times pada 7 Januari 2019, IBK menyatakan kalau Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyetujui pengambilalihan saham dua bank di Indonesia. Bank tersebut yaitu Bank Agris dan Bank Mitraniaga.

Pada November 2017,  IBK menandatangani perjanjian bersyarat dengan Bank Agris. Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), perjanjian itu terkait akuisisi saham Bank Agris sekitar 4.590.996.480 lembar saham atau 87,34 persen dari total saham perseroan.

Dengan akuisisi tersebut, IBK menjadi pemegang saham mayoritas dan pengendali dengan memiliki 87,34 persen saham, kemudian PT Dian Intan Perkasa sebesar 1 persen atau 52.772.089 saham, dan masyarakat sebesar 11,66 persen atau 612.408.075 saham.

Sebelum akuisisi, kepemilikan saham PT Bank Agris Tbk antara lain PT Dian Intan Perkasa sebesar 82,59 persen dan publik kurang dari lima persen sebesar 17,41 persen.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Pengacara Soal artis VA Lakukan 15 Transaksi dengan Muncikari

Posted: 15 Jan 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jawa Timur - Kasus dugaan prostitusi yang melibatkan artis VA menemukan fakta baru. Dari hasil penyelidikan, sepanjang 1 Januari hingga 5 Desember 2018, artis VA sempat menerima 15 kali transferan dari muncikari berinisial ES.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur, Kombes Akhamad Yusep Gunawan.

"Kita dapati 15 transfer difasilitasi oleh ES ke VA. Data ini tentu masih terus kita kembangkan," ungkap Yusep Gunawan kepada awak media di Polda Jawa Timur, Senin (14/1/2018).

Berkaitan dengan hal ini, pengacara artis VA, Aga Khan menjelaskan bahwa transfer uang yang terdapat pada rekening kliennya tidak berkenaan dengan transaksi prostitusi online.

 

Pengakuan Artis VA

Dok: Istimewa

"Enggak. Dia bilang kalau itu transaksi hanya pekerjaan saja yang jadi pembawa acara (MC)" jelas Aga Khan.

Sementara itu, usai menjalani pemeriksaan, Senin (14/1/2019) penyidik Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim mengantongi hasil digital forensik yang mengarah keterlibatan artis VA dalam kasus dugaan prostitusi online.

 

Status Tersangka

Subdit Crime Ditreskrimsus Polda Jatim terus mengembangkan kasus prostitusi online yang menjerat artis VA dan model AS.  (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Jika terbukti, hal ini bisa berdampak buruk pada nasib artis VA. Statusnya yang semula adalah saksi korban, bisa saja dinaikkan menjadi tersangka.

"Dari semalam dia diperiksa lebih dari delapan jam itu sudah sinyal. Ya tinggal diumumkan saja (status tersangka)," tutur Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Temukan Gudang Narkoba di Apartemen Kembangan

Posted: 15 Jan 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polsek Kembangan menemukan gudang narkoba di apartemen. Polisi menyebut gudang ini milik sindikat narkoba.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta ASN Cermat Kelola Tunjangan Hari Tua

Posted: 15 Jan 2019 10:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi memastikan negara menjamin hari tua Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan tunjangan dalam jumlah yang cukup besar.

Berdasarkan PP Nomor 33 Tahun 2015, besaran pensiunan pokok tertinggi untuk PNS golongan I/a adalah sebesar Rp1.668.500; I/b sebesar Rp1.766.400; I/c sebesar Rp1.841.100; I/d sebesar Rp1.919.100.

Sedangkan besaran pensiunan pokok tertinggi untuk PNS golongan II/a adalah Rp 2.409.800; II/b sebesar Rp2.511.700; II/c sebesar Rp2.618.000; II/d sebesar Rp2.728.700.

"Saya melihat bahwa sekarang ini yang namanya tunjangan-tunjangan yang diberikan kepada ASN kita menurut saya, lebih dari cukup. Asal penggunannya tidak konsumtif, bisa menabung-nabung, asal bisa mengelola keuangan dengan baik," ujar Jokowi di Sentul International Convention Center Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/1/2019).

Jokowi berpesan para ASN harus cermat mengelola tunjangan hari tua. Uang yang diberikan pemerintah betul-betul digunakan dengan baik demi kesejahteraan di masa tua. Misalnya dimanfaatkan untuk membangun usaha.

"Saya titip hati-hati dan cermat dalam mengelola uang tunjangan-tunjangan hari tua. Hati-hati," tutur dia.

Usaha yang dirintis ASN, kata Jokowi, sebaiknya sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keahlian. Contohnya ASN Kementerian Kelautan dan Perikanan idealnya membangun usaha yang berkaitan dengan ikan.

"Oleh sebab itu bisnisnya jangan jauh-jauh dari situ karena ilmunya kita ketahui, keseharian di situ sehingga untuk memulai lebih mudah," kata Jokowi.

 

Reporter: Titin Supriatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liputan6.com Siarkan Debat Capres Cawapres 2019 Secara Live Streaming

Posted: 15 Jan 2019 10:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Debat capres dan cawapres 2019 edisi perdana akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (17/1/2019). Debat kandidat ini akan disiarkan Liputan6.com secara live streaming di tautan ini.

Pada debat perdana capres dan cawapres ini, KPU menunjuk Ira Koesno dan Imam Priyono sebagai moderator. KPU juga telah menetapkan enam nama untuk menjadi panelis.

Keenam panelis itu adalah Guru Besar Hukum Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan, dan Ketua Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Ahmad Taufan Damanik. Selanjutnya, ada nama Bivitri Susanti dan Margarito Kamis yang merupakan ahli tata negara. Terakhir adalah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo.

Ada enam segmen yang akan berlangsung pada debat capres cawapres edisi perdana ini. Pertama, segmen penyampaian visi dan misi dari masing-masing pasangan calon. Kemudian kedua dan ketiga adalah menjawab pertanyaan terbuka. Lalu, nantinya para capres dan cawapres menjawab pertanyaan yang sudah disusun oleh panelis.

Selanjutnya untuk segmen keempat dan kelima adalah, masing-masing pasangan calon melemparkan pertanyaan kepada calon lainnya. Terakhir adalah KPU memberikan waktu kepada pasangan capres dan cawapres untuk menyampaikan penutup alias closing dalam debat perdana tersebut.

Saksikan jalannya debat capres dan cawapres edisi perdana ini dalam live streaming yang disiarkan Liputan6.com di tautan ini atau di bawah ini:

Live Streaming Debat Capres Cawapres

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miljan Radovic Ikut Kursus, Latihan Persib Dipimpin Budiman Cs

Posted: 15 Jan 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Bandung Skuat Persib Bandung kembali berlatih, Selasa (15/1/2019) di SOSI Sport Club, Kota Bandung. Namun di hari kedua latihan, pelatih kepala Miljan Radovic tidak ikut memimpin skuatnya.

Pelatih berpaspor Montenegro dikabarkan tak hadir di sesi latihan hari kedua. Ia harus kembali ke negaranya karena harus mengurus Lisensi A UEFA Pro.

"Miljan sudah bilang dia mau menyelesaikan lisensi A Pro-nya tapi program satu minggu ini sudah kita kasihkan. Jadi kita sudah tahu hari ini sampai seminggu ke depan itu apa yang harus kita kerjakan sebagai asisten," kata asisten pelatih Persib, Budiman.

Dalam sesi latihan kali ini, staf pelatih melaksanakan menu gym pun untuk menggenjot fisik pemain Persib. Aspek kekuatan yang coba diasah Budiman bersama asisten lainnya seperti Dejan Miljanic, Yaya Sunarya dan Gatot Prasetyo masuk ke program lain dalam sesi pramusim.

Menurut Budiman, porsi latihan juga belum diberikan dengan bobot yang berat tapi masih di level yang rendah.

"Hari ini kita ada strength, tapi strength-nya baru pengenalan bebannya juga masih 10. Terus kita lebih banyak hari ini fisik bukannya ke alat, tapi lebih menekankan ke beban berat badan," jelas Budiman.

 

Kondisi Pemain Prima

Secara keseluruhan, kata dia, tim pelatih pun senang dengan kondisi para pemain yang cukup prima. Alhasil bobot latihan dikurangi Miljanic selaku tangan kanan Radovic. Mulai dari durasi latihan hingga tingkat kesulitan latihan pun dia kurangi.

"Tadi coach Dejan senang, sama tadi juga asalnya kita ada tiga repetisi tetapi karena pemain kerja bagus, ada diskon jadi dua kali (repetisi). Pengulangan waktu yang asalnya 30 detik kerja istirahatnya 10 detik dikurangi jadi yang kedua kerja hanya 20 detik istirahatnya 10 detik," paparnya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mona Ratuliu Sempat Gengsi Minta Maaf kepada Suami

Posted: 15 Jan 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan rumah tangga Mona Ratuliu dengan suaminya, Indra Brasco, tak selalu berjalan mulus. Keduanya kerap menemui rintangan karena selalu tidak sepaham dalam berumah tangga.

Imbasnya, Mona Ratuliu dan suaminya cekcok karena masalah-masalah tersebut. Ditambah lagi, baik Mona Ratuliu maupun suaminya, sama-sama gengsi untuk terlebih dahulu memperbaiki hubungan.

Namun, hal itu terjadi saat usia pernikahan keduanya di bawah sepuluh tahun. Hal itu disampaikan Mona Ratuliu di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019).

"Sepuluh tahun ke bawah pernikahan itu (cekcok) terjadi sehari-hari sih. Gengsi mulai duluan, biasanya suamiku. Akunya lebih gengsi sih untuk memecahkan suasana. Tapi lama kelamaan aku juga belajar bahwa apa salahnya minta maaf duluan, enggak perlu kita salah dulu baru minta maaf," kata Mona Ratuliu.

Masalah Sepele

Momen pernikahan Mona Ratuliu dan Indra Brasco ketika memakai rancangan busana mendiang Robby Tumewu. (dok. Instagram @monaratuliu/https://www.instagram.com/p/BsmgCfklemv/Asnida Riani)

Apalagi, tak jarang hal-hal yang memicu konflik dan cekcok itu disebabkan oleh masalah-masalah yang sangat sepele. Seperti intonasi bicara yang kurang enak didengar dan sebagainya.

"Masalah yang diributin kalau dulu sering banget. Masalah kecil diributin kayak enggak nutup pintulah. Enggak penting-penting deh diributin. Kadang bukan masalahnya tapi cara kita ngomong," ungkap Mona Ratuliu.

"Aku sebal dia masuk kamar enggak nutup pintu, terus ngomongnya bikin sakit hati. Topiknya harusnya enggak bikin sakit hati, tapi cara kita bicara yang bikin dia sakit hati," lanjut Mona Ratuliu.

Memetik Pelajaran

Mona Ratuliu (Foto: Instagram)

Dari situ, Mona Ratuliu dan suaminya memetik pelajaran untuk bisa saling berkomunikasi dengan cara yang baik. Harapannya, agar keharmonisan rumah tangganya tetap terjaga.

"Lama-lama aku belajar bahwa teknik komunikasi yang baik itu penting dalam kehangatan hubungan sama anak, suami, teman," papar Mona Ratuliu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Mulai Cetak Surat Suara Pemilu 2019 Hari Ini

Posted: 15 Jan 2019 10:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mulai mencetak surat suara Pemilu 2019 hari ini. Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menjelaskan, pencetakan dimulai pada 6 perusahaan yang sudah memenangkan lelang.

"Rencananya pada 16 Januari. Hari ini, di 6 perusahaan yang memenangkan lelang. Ada di Jakarta, Bekasi, Jawa Timur, dan juga Makassar," kata Pramono di kantornya di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

Dia menjelaskan, batas waktu dan target percetakan surat suara diperkirakan selesai selama 60 hari. Nantinya, diharapkan, pada 15 Maret 2019, proses produksi dan distribusi telah selesai.

"Kita perkirakan untuk produksi dan distribusi logistik dari pabrik sampai ke tingkat kabupaten kota itu 60 hari paling lama 70 hari selesai semua. Jadi kita perkirakan Maret itu seluruh surat suara yang kita produksi itu sudah di tingkat kabupaten/kota," kata Pramono.

Prioritas Jalur Sulit

Terkait distribusi, Pramono mengatakan akan terlebih dulu mengirimkan surat suara ke daerah yang memiliki kondisi jalur sulit, di antaranya Papua, Sulawesi, Maluku, dan NTT.

"Daerah-daerah seperti Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, NTT, kemudian Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, yaitu daerah-daerah yang kita prioritaskan untuk pengiriman logistik," ungkap Pramono.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikut 10 Year Challenge, Dian Sastro Muda Disangka Prisia Nasution

Posted: 15 Jan 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sederet pesohor ramai-ramai ikut 10 Year Challenge, tak terkecuali aktris Dian Sastro. Ia membandingkan dua potret dirinya saat berperan dalam proyek film pada masa 2008 dan 2018.

"Rambut panjang vs rambut pendek. Udah ya... last one☝️ #10yearsago #Drupadi #Alma," tulis Dian dalam unggahan di Instagram @therealdisastr, Selasa, 15 Januari 2019.

Dalam foto lama, perempuan pemilik nama lengkap Diandra Paramita Sastrowardoyo itu terlihat masih mempertahankan rambut panjang yang menjadi ciri khasnya saat itu. Ia menuliskan foto tersebut diambil saat berperan dalam film Drupadi.

Dalam film besutan Riri Riza, Dian menjadi pemeran utama, yakni Drupadi. Sosok tokoh itu digambarkan sebagai perempuan kuat yang terlahir dari api tetapi menghadapi masalah karena sosok suami yang mempertaruhkannya kepada Kurawa.

Film Drupadi berbujet Rp 1 miliar, ongkos produksi yang tinggi untuk film pendek berdurasi 30 menit kala itu. Sayang, film tersebut tak ditayangkan secara luas.

Untuk menggambarkan Drupadi, Dian menggunakan kemben lengkap dengan kain yang dililit sebagai bawahan. Penampilan itu kontras dengan gayanya saat membintangi serial The Night Comes From Us, seperti ditampilkan pada foto sebelah kanan.

Rambut panjang Dian Sastro sudah dipangkas hingga di bawah telinga. Potongannya pun berganti menjadi bob lengkap dengan poni.

Berperan sebagai Alma, alumnus Universitas Indonesia (UI) itu terkesan lebih sangar dan keras. Apalagi, ia dituntut untuk melakoni adegan bertarung nyaris di sepanjang serial.

Terkait 10 Year Challenge, Dian tak hanya menampilkan satu foto, tapi tiga yang diunggah bertahap. Unggahan itu sontak mendapat komentar. Salah satunya menilai penampilan mantan Gadis Sampul itu mirip dengan Prisia Nasution.

"Kirain yg rmbut pnjg prisia," komentar pemilik akun @hanifahalwa.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Insentif Pengurangan Pajak 200 Persen Ditargetkan Terbit April 2019

Posted: 15 Jan 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan aturan insentif pengurangan pajak hingga 200 persen (super deductable tax) terhadap industri yang menyelenggarakan program vokasi dapat terbit April 2019.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengungkapkan, pemerintah nantinya akan mensubsidi bagi industri yang bisa menghasilkan inovasi dan melakukan vokasi atau kegiatan pendidikan dalam Revolusi Industri 4.0.

"Jadi memang salah satu yang akan didorong adalah super deductable tax. Jadi kalau industri melakukan investasi maka dia akan mendapatkan allowance dari pemerintah dalam bentuk pemotongan pajak dalam waktu 5 tahun. Nilainya dua kali lipat dari yang dia inves. Jadi kalo investasinya Rp 1 miliar maka akan dapat Rp 2 miliar untuk pemotongan pajak," tuturnya di Makassar, Rabu (16/1/2019).

Dia menjelaskan, skema pengurangan pajak hingga 200 persen tersebut ditargetkan dapat terbit pada April tahun ini.

"Keluarnya kapan? Ini kami tinggal tunggu taking-taking (saja). Insha Allah sebelum April keluar," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi meminta kegiatan vokasi lebih ditingkatkan pada tahun ini guna mendorong keterampilan kerja sumber daya manusia (SDM) untuk lebih berkualitas.

"Jadi memang upaya ini sejalan dengan fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo dimana tahun ini pemerintah akan fokus pada peningkatan kompetensi SDM melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan vokasi," pungkasnya.

Bangun Vokasi di 2019, Menko Darmin Bakal Reformasi Kurikulum

Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution (Dok Foto: Kemenko Bidang Perekonomian)

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menghadiri seminar outlook perekonomian Indonesia 2019. Seminar ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menyampaikan rencana pembangunan ekonomi yang akan dilakukan tahun ini.

Darmin mengatakan, pemerintah tahun ini akan fokus melakukan pembangunan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan vokasi. Sebab, selama empat tahun terakhir pemerintah telah fokus mendorong pembangunan infrastruktur.

"2019 kita akan lengkapi supply side kalau tadinya kita fokus betul ke infrastruktur. Tahun 2019 kita akan fokus kepada peningkatan kualitas manusianya. Terutama yang namanya pendidikan dan pelatihan vokasi," ujar dia pada Selasa 8 Januari 2019. 

Pendidikan vokasi akan dimulai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan cara mereformasi secara besar-besaran kurikulum dan keterlibatan industri. Selain SMK, politeknik dan balai latihan kerja juga akan dilibatkan.

"Semua rancangan-rancangan pendidikan vokasi ini sudah tuntas dan roadmap sudah ada. Maka itu nantinya akan di jelaskan ke publik. Intinya kalau mau bersaing infrastruktur harus baik logsitik harus baik, SDM baik baru kita punya basis cukup untuk daya saing," tuturnya.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut melanjutkan, peningkatan daya saing melalui vokasi ini merupakan program jangka menengah ke depan. Jangka pendek fokus pemerintah adalah mendorong ekspornya.

"Ada infrastruktur, pendidikan vokasi dan OSS untuk perwujudan yang paling akhir dari prosedur berusaha di Indonesia kemudian ada fasilitas perpajakan semua nya dikombinasikan itu adalah daya saing," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Tetap Tidak Masukkan Nama OSO dalam DCT

Posted: 15 Jan 2019 10:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap pada pilihannya untuk tidak memasukkan nama Oesman Sapta Odang (OSO) dalam Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPD RI. Hal itu merujuk pada putusan MK No 30/PUU-XVI/2018 yang melarang ketua umum partai politik rangkap jabatan sebagai anggota DPD.

"Ya prinsipnya tetap sama keputusan kita kemarin. Bahwa kalau ingin kemudian OSO masuk ke dalam DCT maka harus mengundurkan diri terlebih dahulu," kata Komisioner KPU Ilham Saputra di Kantornya, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Pihaknya juga akan memberikan surat pemberitahuan tersebut kepada OSO serta surat tanggapan kepada Bawaslu.

"Surat ke Bawaslu. Ya kita menjawab surat tanggapan ke Bawaslu," kata Ilham.

Ditemui terpisah, Komisioner KPU Wahyu Setiawan pun mengatakan pihaknya akan mengirimkan surat putusan tersebut kepada OSO. KPU juga akan menunggu langkah OSO jika ingin masuk DCT dengan menyerahkan surat pengunduran diri hingga 22 Januari.

"Hari ini dikirimkan, semangat kita berpedoman kepada putusan MK kita memberikan kesempatan kepada Pak OSO untuk menyerahkan surat pengunduran diri sampai dengan 22 Januari," kata Wahyu.

Putusan Bawaslu

Sebelumnya, Bawaslu memutuskan menerima gugatan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) terkait pencalonan anggota DPD periode 2019. Putusan tersebut memerintahkan agar KPU mencantumkan nama Oesman Sapta Odang sebagai daftar calon tetap (DCT) perseorangan anggota DPD.

Ketua majelis pemeriksa Abhan juga memerintahkan KPU wajib menjalankan putusan Bawaslu paling lambat tiga hari sejak putusan dibacakan.

"Memerintahkan terlapor untuk melakukan perbaikan administrasi dengan mencabut keputusan KPU tentang penerapan daftar calon tetap perseorangan peserta anggota DPD 2019 serta mencantumkan nama DR H Oesman Sapta Odang sebagai calon tetap perseorangan paling lama tiga hari kerja sejak putusan dibacakan," ucap Abhan saat membacakan putusan di kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Rabu (9/1/2019).

Dalam pertimbangannya, majelis menilai putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) nomor 242/G/SPPU/2018/PTUN yang dibacakan 14 November bersifat mengikat dan wajib ditindaklanjuti.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fitur Keselamatan Toyota Avanza Veloz Kalah Canggih Dibanding Kompetitor

Posted: 15 Jan 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berbagai bocoran muncul di dunia maya, akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi menghadirkan model baru dari Avanza dan Veloz. Berstatus sebagai model facelift, mobil keluarga bawah jenama asal Jepang ini mendapatkan sedikit penyegaran, mulai dari desain eksterior, interior, dan fitur.

Soal fitur, Toyota Veloz sebagai kasta tertinggi dari mobil sejuta umat ini memang mendapatkan sejumlah fitur menarik, seperti start/stop engine, pengaturan AC secara digital, retractable auto folding spion luar, serta steering switch atau tombol pengaturan pada kemudi, head unit dengan layar sentuh dengan enam speaker, dan juga lampu follow me home.

Selain itu, Toyota juga melakukan penyegaran pada bagian kaki-kaki dengan melakukan penyempurnaan desain suspensi serta ubahan pada electric power steering.

Sementara untuk fitur keselamatannya, baik Toyota Avanza dan Veloz baru masih mempertahankan dual SRS airbags, seatbelt dengan pretensioner dan force limiter, ABS (anti-lock braking system), EBD (electronic braking distribution), isofix, seatbelt tiga titik, side impact beam, dan front passenger seat belt warning.

Namun, dengan segala fitur yang yang tersedia tersebut, jika dibandingkan dengan kompetitor, seperti Mitsubishi Xpander varian tertinggi, ada beberapa fitur keselamatan yang luput sehingga tidak terdapat pada Toyota Avanza dan Veloz 2019 ini.

Sebut saja hill start assist (HSA) yang terdapat di Mitsubishi Xpander tipe ultimate. Dengan adanya fitur ini, mampu membantu pengendara menghadapi tanjakan. Kemudian, terdapat juga fitur active stability control (ASC), dan tentu saja cruise control.

Tanggapan Toyota

Dijelaskan Kazutoshi Sakamoto, Executive Chief Engineer new Toyota Avanza dan Veloz, fitur safety memang dibagi menjadi dua, yaitu pasif dan aktif.

"Dari sisi safety aktif, kami sudah menambahkan banyak perubahan pada 2015 dalam hal safety. Bahkan, kami sudah meraih bintang 4 ASEAN NCAP," jelas Sakamoto di sela-sela peluncuran Toyota Avanza dan Veloz baru di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat.

Sementara itu, menurut Anton Jimmi, Direktur Pemasaran PT TAM, fitur safety saat ini memang menjadi hal yang dibutuhkan bagi konsumen, Namun, penggunaan fitur safety ini memang perlu dilihat juga soal posisi harga jual dari model-model tersebut.

"Karena kami harus seimbang, antara safety dan value for money. Kami rasa di segmen LMPV bintang 4 NCAP, rasanya masih acceptable hingga saat ini. Dan kami masih cukup yakin dengan spesifikasi safety seperti ini masih bisa diterima," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Kiper yang Bisa Gantikan Petr Cech di Arsenal

Posted: 15 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, London - Kiper Arsenal, Petr Cech lewat twitternya memutuskan bakal pensiun di akhir musim ini. Kiper berusia 36 tahun ini mengatakan, akhir musim adalah waktu yang tepat untuk pensiun.

"Saya kira waktu yang tepat untuk mengumumkan bahwa saya akan pensiun di akhir musim," ia menulis.

Petr Cech menghabiskan sebagian besar kariernya di Liga Inggris bersama dua klub, Chelsea dan Arsenal. Di dua klub itu, Cech membuat 440 penampilan di Liga Inggris (333 di Chelsea, 110 di Arsenal).

Di Chelsea, Cech memenangkan 15 titel juara, sedangkan di Arsenal ia memenangkan tiga trofi.

Dengan pensiunnya Petr Cech, Arsenal otomatis harus mencari pengganti. Seperti dilansir Sportskeeda, beriktu tiga kiper yang bisa menggantikan Cech.

 

1. Jack Butland

Jack Butland. (AFP/Paul Ellis)

Arsenal dikenal sebagai klub yang jarang menggelontorkan dana besar di bursa transfer. Untuk urusan pengganti Cech, mereka pun tampaknya tak akan mengubah kebijakan itu.

Lagipula, Arsenal sebetulnya telah memiliki Bernd Leno sebagai kiper utama. Kini, Arsenal hanya perlu mencari kiper pelapis Leno.

Nama Jack Butland bisa menjadi opsi Meriam London. Butland saat ini bermain di divisi Championship bersama Stoke City.

Pindah ke Arsenal mungkin jadi opsi bagus bagi Butland untuk kembali ke Liga Inggris. Lagipula, ia juga bisa mengintip kesempatan menggeser Leno dari tim utama.

2. Jan Oblak

Jan Oblak. (AFP/Oscar Del Pozo)

Kiper Atletico Madrid ini berjejer sebagai salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. Arsenal pastinya tidak akan mudah merekrut Oblak di bursa transfer.

Pasalnya, Atletico bakal sekuat tenaga mempertahankan Oblak. Belum lagi, Arsenal juga harus menghadapi klub lain yang juga mengincar jasa Oblak.

Namun Oblak adalah salah satu opsi jika Arsenal ingin memperkuat sektor kiper. Maklum, Leno selama ini belum konsisten menjadi kiper di bawah mistar gawang.

Menurut situs tranfsermarkt, Oblak masih terikat kontrak dengan Atletico hinga Juni 2021. Ia pun punya nilai transfer 72 juta pound sterling atau Rp 1,3 triliun.

3. Keylor Navas

Kiper Real Madrid, Keylor Navas  (AP/Paul White)

Peluang Arsenal merekrut Navas dari Real Madrid cukup terbuka. Pasalnya, sang kiper sudah tidak kerasan berada di Santiago Bernabeu sejak tersingkir dari tim utama di musim ini.

Navas berkali-kali diberitakan akan hengkang dari Real Madrid. Kiper asal Kosta Rika itu pun langsung dikaitkan dengan Arsenal. Bahkan, Arsenal disebut telah mengajukan penawaran.

Kabar ini kemudian dibantah Emery. "Kami tidak pernah berencana mendatangkan Keylor Navas," kata Emery seperti dilansir Give Me Sport.

Namun Emery bisa jadi berubah pikiran mengingat Cech telah memutuskan pensiun di akhir musim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Central Retail Tutup, Neo Soho Siapkan Konsep Baru

Posted: 15 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manajemen Neo Soho Mall menyiapkan konsep baru seiring adanya kesepakatan penutupan Central Department Store yang berlokasi di Neo Soho Mall, terhitung mulai tanggal 18 Februari 2019. Central Department Store merupakan salah satu anchor tenant di Neo Soho Mall dan menajemen Neo Soho Mall. 

Marcomm Senior Manager Central Park dan Neo Soho Mall, Silviyanti menuturkan kesepakatan penutupan dilakukan dengan pertimbangan bahwa konsep yang sudah berjalan sejak dibukanya Neo Soho Mall pada September 2016 belum sesuai ekspektasi manajemen bagi pengembangan Neo Soho Mall.

"Sehingga diputuskan untuk peningkatan kedepannya, manajemen Neo Soho Mall akan melakukan strategi lain yang lebih cocok dengan lifestyle market yang ada saat ini," ujar dia dalam keterangannya, Rabu (16/1/2019).

Silviyanti melanjutkan, hal ini juga dengan memperhatikan dampak positif dari strategi yang dilakukan di Senayan City Mall pada waktu penutupan Debenhams Department Store.

"Strategi yang sama akan kami lakukan pula di Neo SohoMall, di mana kami akan mengganti area yang semula diperuntukan untuk Department Store menjadi SpecialtyStore," ungkap dia.

Dia pun mengaku pihaknya sedang melakukan pembicaraan serius dengan beberapa calon tenant yang potensial.

"Manajemen Neo Soho Mall menegaskan bahwa Neo Soho Mall masih beroperasi secara normal seperti biasa di setiap harinya. Pihak manajemen Neo Soho Mall juga berterima kasih atas dukungan penuh dan kerjasama yang tulus dari para pengunjung setia dan seluruh tenant Neo Soho Mall sampai saat ini.

Dikatakan jika Manajemen Neo Soho Mall tidak berhenti berupaya melahirkan konsep-konsep baru agar Neo SohoMall semakin lengkap dan diminati kedepannya.

"Kami harapkan strategi dan proses perubahan disertai inovasi yang akan kami terapkan dapat berjalan dengan baik dan berdampak positif baik bagi seluruh tenantyang sudah ada sekarang ini, yang akan segera hadir di Neo Soho Mall, maupun bagi para pengunjung," dia menandaskan.

Tutup Gerai, Bagaimana Nasib Karyawan Central Neo Soho?

Perusahaan ritel asal Thailand, Central Department Store ‎memutuskan untuk menutup gerainya di Neo Soho, Jakarta. Lantas bagaimana nasib para pekerja di gerai tersebut?

Public Relations Department Manager PT Central Retail Indonesia, Dimas Wisnu Wardana mengatakan, pihaknya akan memindahkan para pekerja di Central Neo Soho ke gerai Central yang lain yaitu yang berlokasi di Grand Indonesia.

"Untuk karyawan Central Neo Soho yang direkrut oleh PT Central Retail Indonesia akan kami transfer ke flagship kami di Central Grand Indonesia," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Sementara untuk kelanjutan bisnis perusahaan asal Negeri Gajah Putih tersebut di Indonesia, Dimas menyatakan dengan tutupnya gerai di Neo Soho, Central akan fokus pada gerainya yang berada di Grand Indonesia. 

"Untuk memenuhi kebutuhan customer kami tersebut kami memusatkan segala sumber daya kami ke flagship store kami, Central Grand Indonesia‎. Semenjak Central Neo Soho beroperasi kami selalu berupaya agar toko kedua kami tersebut dapat berkembang dengan hasil maksimal baik dari segi bisnis dan komersial," ungkap dia.

Lebih jauh dalam langkah bisnis yang dilakukan Central yaitu dengan memperkuat omni channel berbelanja central department store, dengan nama Central on Demand melalui aplikasi messenger seperti Whatsapp dan Line

"Kami mengajak seluruh pelanggan kami untuk dapat merasakan pengalaman berbelanja di central melalui Central On Demand di nomor 081198986868 atau melalui Line official account kami di @CENTRALSTOREID. Tapi tidak sepenuhnya omni channel, kami masih memiliki offline store juga di gerai Central Grand Indonesia," tutur dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Waspada, Gunung Merapi Berselimut Kabut

Posted: 15 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Yogyakarta - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) berdasarkan pemantauan pada Rabu (16/1/2019) pagi menyebutkan kabut menyelimuti Gunung Merapi yang hingga saat ini masih berstatus waspada.

"Visual Gunung Merapi berkabut, cuaca mendung dan gerimis," demikian keterangan seperti dilansir Antara.

Berdasarkan pengamatan BPPTKG dari Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Sleman, selain berkabut, suhu udara di gunung teraktif di Indonesia itu tercatat 20,8 derajat Celcius, kelembaban udara 87 persen RH, tekanan udara 916 HpA, dengan kecepatan angin mencapai 5 KM per jam.

Curah hujan di Gunung Merapi mulai pukul 00.00-00.15 WIB tercatat mencapai 1,5 milimeter (MM) kemudian pada pukul 04.00-04.17 mencapai 4,5 MM, dan 05.30-5.50 mencapai 2 MM.

Berdasarkan pengamatan BPPTKG Pada Selasa (15/1/2019) malam mulai pukul 18.00 hingga 24.00 WIB, Gunung Merapi terpantau kembali meluncurkan guguran lava dua kali ke arah Tenggara Kali Gendol. Gempa guguran tercatat sebanyak 15 kali dengan amplitudo 2-63 MM yang berlangsung 13,6 hingga 85,4 detik.

Berdasarkan analisis morfologi kubah lava Gunung Merapi yang terakhir dirilis BPPTKG, volume kubah lava mencapai 439.000 meter kubik dengan laju pertumbuhan mencapai 3.400 meter kubik per hari atau lebih kecil dari pekan sebelumnya.

Saat ini kubah lava masih stabil dengan laju pertumbuhan yang masih rendah, rata-rata kurang dari 20.000 meter kubik per hari.

Mengacu pada data aktivitas vulkanik Merapi, hingga saat ini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada level II atau Waspada dan untuk sementara tidak merekomendasikan kegiatan pendakian, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

BPPTKG mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 KM dari puncak Gunung Merapi.

"Radius 3 KM dari puncak Gunung Merapi agar dikosongkan dari aktivitas penduduk. Masyarakat yang tinggal di KRB lll mohon meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi," demikian imbauan BPPTKG.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, Ini Daerah-daerah yang Alami Peningkatan Kasus DBD

Posted: 15 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tren peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terjadi  di beberapa wilayah di Indonesia. Direktur Jenderal  Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono menyampaikan, adanya peningkatan tersebut dapat dikatakan cenderung mengarah pada potensi Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD.

Laporan data Subdit Surveilans Kementerian Kesehatan per 14 Januari 2019 mencatat, daerah yang mengalami tren peningkatan DBD meliputi Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat; Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Kabupaten Aru; Toli-Toli, Sulawesi Tengah; Kabupaten Bone Bolanggo, Gorontalo; Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah; Bogor dan Depok, Jawa Barat.

Selanjutnya, kasus DBD meningkat di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Kabupaten Pasang Kayu, Sulawesi Barat; Kabupaten Asmat, Papua; Berau, Paser, dan Kukar di Kalimantan Timur; serta Kaur, Bengkulu.

Kasus KLB DBD menjadi perbincangan panas pada akhir Desember 2018. Kementerian Kesehatan mendapatkan laporan kasus DBD yang terjadi di 22 provinsi. Adanya peningkatan kasus suspek DBD  menyatakan, DBD yang dialami kali ini termasuk dalam Kejadian Luar Biasa.

Menurut data Subdit Surveilans Kementerian Kesehatan, pada bulan November sampai Desember 2018, laporan KLB DBD terjadi di Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Manggarai. Di Kabupaten Kapuas terdapat sebanyak 199 kasus  DBD. Pada Oktober 2018, ada 46 kasus DBD dengan 45 pasien menjalani rawat inap di RSUD Kabupaten Kapuas.

Di Kabupaten Manggarai Barat pada tahun 2018 tercatat, 672 kasus DBD. Kasus kematian DBD di wilayah tersebut dilaporkan ada 8 orang sampai Januari 2019. Antisipasi menangani DBD sudah dilakukan dengan fogging dan penyebaran larvasida—insektisida kimiawi untuk mencegah penyebaran nyamuk pembawa virus DBD.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Upaya tangani DBD

Petugas melakukan penyemprotan asap di salah satu gang di kawasan Menteng Atas dan Menteng Tenggulun, Jakarta, Senin (8/5). Penyemprotan asap dilakukan untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk demam berdarah. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Untuk menangani peningkatan DBD, ada berbagai upaya yang dilakukan Kementerian Kesehatan dan dinas-dinas kesehatan di tiap provinsi. Saat memasuki musim hujan, yang juga diiringi intensitas curah hujan yang tinggi, Menteri Kesehatan mengirimi surat edaran kepada semua gubernur tentang kesiapsiagaan peningkatan kasus demam berdarah Dengue.

Surat tersebut bertujuan menggerakkan masyarakat untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk Plus serta mengaktifkan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik pada 22 November 2018.

"Kami juga melakukan komunikasi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kabid P2P dan Penanggungjawab program Pencegahan dan Pemberantasan penyakit dinas kesehatan provinsi, kabupaten/kota," kata Anung, ditulis Rabu, 16 Januari 2019.

Fogging dan pendataan temuan kasus DBD secara dini juga dilakukan.  Adapun peralatan dan perlengkapan untuk tangani DBD, yakni insektisida, larvasida, Rapid Diagnostic Test (RDT), media KIE, dan jumantik kit. RDT adalah tes untuk menemukan dan menentukan secara cepat, apakah penyakit memang DBD atau bukan.  Tes ini bisa dilakukan di fasilitas kesehatan primer. Ketika terjadi DBD, maka penanganan bisa langsung dilakukan.

Penanganan yang cepat dan segera dilakukan akan mencegah terjadinya kematian karena DBD. Untuk tindak lanjut penanganan DBD juga dilakukan di Kabupaten Manggarai Barat dan Provinsi Sulawesi Utara. Tindak lanjut dengan melibatkan Direktorat Surveilans, Karantina Kesehatan, Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Insektisida dan larvasida serta RDT juga sudah dilakukan di Kabupaten Manggarai Barat. Pun begitu dengan Provinsi Sulawesi Utara, pengendalian vector nyamuk dan RDT sudah terpenuhi melalui anggaran APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Dinas kesehatan provinsi perlu memperkuat penanganan DBD di fasilitas-fasilitas kesehatan primer dan rujukan.

Kewaspadaan terhadap nyamuk aedes aegypti

Masyarakat harus waspada terhadap nyamuk aedes aegypti.  (iStockphoto)

Terkait wabah DBD yang tengah menyerang beberapa wilayah di Indonesia, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap nyamuk aedes aegypti--pembawa virus dengue yang menyebabkan penyakit DBD. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, Kementerian Kesehatan  Siti Nadia Tarmizi, M.Epid menyampaikan, masyarakat bisa menerapkan gerakan 3M+ untuk mencegah kembang biak nyamuk aedes aegypti.

"Gerakan 3M+ yakni menutup semua tampungan air atau sumber air, menguras bak mandi, dan mendaur ulang barang bekas," jelas Nadia.

Tak hanya itu saja, barang bekas seperti ban bekas bila terdapat genangan air bisa menjadi tempat berkembangbiaknya jentik nyamuk. Barang bekas sebenarnya bisa didaur ulang menjadi barang bernilai. Hal ini mencegah perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti. Cara lain menggunakan ikan pemakan jentik.

"Apabila di dalam rumah ada tanaman berisikan air. Air juga bisa menjadi tempat berkembangbiak jentik nyamuk penyebab DBD. Sebaiknya, perlu ada ikan pemakan jentik nyamuk yang dimasukkan ke sana," Nadia melanjutkan.

Anung menambahkan, dinkes provinsi dan kabupaten/kota perlu melakukan promosi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang kewaspadaab dan upaya pencegahannya. Pencegahan DBD juga bukan hanya peran dari Kementerian Kesehatan  saja. Tindak lanjut DBD, Kementerian Kesehatan meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat surat edaran ke sekolah. Hal ini meningkatkan kesiapsiagaan DBD dengan pemberantasan sarang nyamuk di sekolah.

Serangan DBD pada musim kemarau

DBD juga menyerang manusia pada musim kemarau. (sumber: Pixabay)

Masyarakat juga perlu memahami, serangan DBD tidak hanya terjadi di musim hujan. Pada musim kemarau, nyamuk aedes aegypti juga bisa berkembangbiak bila ada genangan air.

"DBD pun rentan menyerang manusia di musim kemarau, kalau ada tempat genangan air pada barang bekas di gudang rumah atau bak mandi yang jarang dikuras," kata Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek di Jakarta pada Senin, 14 Januari 2019.

Kementerian Kesehatan juga melakukan tindakan pencegahan dengan Pemberantas Sarang Nyamuk (PSN).  Penanganan nyamuk aedes aegypti juga dengan menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk.

Agar lebih aman dari gigitan nyamuk, masyarakat bisa menggunakan kelambu saat tidur. Menanam tanaman pengusir nyamuk serta mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah serta menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah dapat diterapkan. Pakaian yang menggantung menjadi tempat favorit nyamuk beristirahat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikut 10 Years Challenge, Ruben Onsu Ngaku Pakai Foto Orang Lain

Posted: 15 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Awal tahun 2019, jagat dunia maya kembali heboh dengan tantangan yang diikuti oleh jutaan orang di dunia. Deretan selebriti Tanah Air pun tak ingin melewati momen langka 10 tahun sekali ini, termasuk Ruben Onsu.

Berbagai media sosial, khususnya di Instagram, saat ini tengah ramai dengan tagar #10yearschallenge. Tantangan itu mengharuskan setiap orang untuk menyandingkan potret dirinya saat ini dan 10 tahun lalu. Ruben Onsu pun tak ingin ketinggalan dengan tantangan yang sedang viral itu.

Dalam Instagramnya, Ruben Onsu memamerkan potret dirinya saat ini dan 10 tahun lalu lengkap dengan tagar #10yearschallenge. Terlihat perubahan bentuk tubuh yang fantastis, terutama pada bagian wajahnya.

Potret saat 2009, tampak pipi ayah satu anak itu sangat tembam dengan leher yang gemuk dan berlipat. Sangat berbeda dengan sosok Ruben Onsu saat ini. Mengenakan setelan jas biru sembari menyilangkan tangan, tubuh suami Sarwendah itu terlihat ideal.

Pakai Foto Orang Lain

Ruben Onsu (Instagram @ruben_onsu )

Ruben Onsu yang kini terlihat kurusan, antusias menunjukkan kedua potret dirinya sambil berseloroh. Presenter lucu itu mengaku tak memiliki foto 10 tahun lalu sehingga akhirnya menggunakan foto orang lain.

"Gak punya foto 10 tahun lalu, jadi yg 2009 pake foto org lain aja ya hahahaha pasti pd gak percaya kan ?" tulis Ruben Onsu.

Namun begitu, beberapa rekan selebriti dan warganet yang mengomentarinya, menganggap bahwa foto 2009 tersebut adalah Ruben Onsu sewaktu masih gemuk. Namun, Ruben tak menjelaskan secara gamblang mengapa ia menyebut foto 2009 tersebut adalah foto orang lain.

Salah Fokus

Preskon Sahabat Julia Perez (Deki Prayoga/bintang.com)

Hanya dalam dua jam sejak diunggah, foto Ruben Onsu langsung disukai 92 ribu lebih pengguna Instagram. Transformasi fantastis itu turut menuai pujian dan banyak warganet yang salah fokus dengan pipi chubby di foto 2009 tersebut.

"Chubby yes kak Ruben. pengen cubit   eehh aku pernah ketemu tahun 2009 kalo ga salah sm Kak ruben di The Jungle Bogor, tp emang gembul gitu pipinya," tulis akun @dian.lestari84.

"Yg 2009 kliatan masih brondong hhe  yg 2019 keliatan banget dah jdi artis terkenal,pengusaha hebat dann ayah dari 2 anak.. Semoga ko @ruben_onsu Selalu sehatt aminn," akun @alfarizie_03, menambahkan.

(Lavenia/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Memantau Progres Terminal MRT Lebak Bulus yang Beroperasi Pertengahan Maret

Posted: 15 Jan 2019 10:00 PM PST

Rangkaian kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia melintasi Terminal MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (16/1).MRT memasuki tahap ujicoba dari  awal Januari hingga Maret 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Rangkaian kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia melintasi Terminal MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (16/1).MRT memasuki tahap ujicoba dari awal Januari hingga Maret 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Kereta MRT Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia terlihat setelah melintasi Terminal MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (16/1). Moda Raya Terpadu itu rencananya beroperasi pada pertengahan Maret 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Kereta MRT Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia terlihat setelah melintasi Terminal MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (16/1). Moda Raya Terpadu itu rencananya beroperasi pada pertengahan Maret 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Rangkaian kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia melintasi Terminal MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (16/1). Gambar diambil dari lt. 25 Hotel Grand Whiz Lebak Bulus. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Rangkaian kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia melintasi Terminal MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (16/1). Gambar diambil dari lt. 25 Hotel Grand Whiz Lebak Bulus. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Rangkaian kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia melintasi Terminal MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (16/1).MRT memasuki tahap ujicoba dari  awal Januari hingga Maret 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Rangkaian kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia melintasi Terminal MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (16/1).MRT memasuki tahap ujicoba dari awal Januari hingga Maret 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Rangkaian kereta MRT Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia melintasi Terminal MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (16/1). Moda Raya Terpadu itu rencananya beroperasi pada pertengahan Maret 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Rangkaian kereta MRT Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia melintasi Terminal MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (16/1). Moda Raya Terpadu itu rencananya beroperasi pada pertengahan Maret 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Theresa May Kalah, Parlemen Inggris Tolak Kesepakatan Brexit

Posted: 15 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Parlemen Inggris menolak kesepakatan Brexit yang diajukan Perdana Menteri Theresa May. Kesepakatan Brexit May ditolak oleh 432 anggota parlemen berbanding 202.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Bocoran Kamera, Desain, dan Aksesoris Galaxy S10?

Posted: 15 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran informasi tentang Galaxy S10 terus bermunculan di ranah internet. Smartphone ini diprediksi akan diumumkan pada Februari 2019.

Dilansir Phone Arena, Rabu (16/1/2019), berdasarkan sejumlah laporan yang beredar sebelumnya, Galaxy S10 akan memiliki kualitas kamera yang lebih baik dibandingkan Galaxy S9.

Smartphone ini akan memiliki autofocus dan optical image stabilization (OIS), dua fitur yang dinilai akan meningkatkan kualitas pengambilan video 4K.

Selain itu, kamera utamanya akan bisa merekam video Super Slow-Mo. Kamera Galaxy S10 pun akan dilengkapi fitur Bright Night, yang disebut akan menigkatkan kemampuan fotografi di kondisi minim cahaya, dan Stage Lighting untuk mode portrait.

Kamera utama Galaxy S10 akan didampangi oleh kamera wide-angle 16MP. Namun untuk kamera ini, dilaporkan tidak ada dukungan autofocus atau OIS.

Varian Galaxy S10+ akan memiliki tiga kamera belakang. Spesifikasi kamera ketiganya adalah sensor 13MP dengan lensa telephoto. Nah, kamera inilah yang akan memiliki fitur autofocus dan OIS.

Beralih dari fotografi, desain seri Galaxy S10 memiliki bezel tipis di semua sisinya. Samsung dilaporkan membuat beberapa perubahan untuk bingkai smartphone.

Menurut laporan, seri Galaxy S10 dibalut dengan desain glossy.

Lebih lanjut, Samsung disebut sedang menyiapkan versi terbaru earbud AKG untuk Galaxy S10. Sejauh ini belum ada informasi tentang spesifikasinya, tapi pilihan warna dan logonya telah berubah.

Aksesoris lain yang akan ada di dalam kotak Galayx S10 adalah fast charger.

Galaxy S10 Tak Akan Diumumkan di MWC 2019

Pengunjung booth Samsung di MWC 2018 melihat-lihat ekosistem Smart Home. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Samsung tidak akan mengumumkan seri flagship terbarunya, Galaxy S10, di Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol.

Pengumuman seri smartphone terbaru itu justru akan digelar satu pekan sebelum MWC di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Dilansir Phone Arena, media Korea Selatan, Korean Herald, mengutip informasi dari sejumlah sumber yang mengatakan bahwa Samsung akan menggelar acara "Unpacked" untuk Galaxy S10 di Negeri Paman Sam. Padahal, pendahulunya yakni Galaxy S9 diumumkan di MWC 2018.

Jika merujuk pada MWC 2019 yang akan mulai digelar pada 25 Februari 2019, maka Galaxy S10 kemungkinan akan diumumkan lebih awal.

Menurut sumber, Samsung pada awalnya berencana mengumumkan Galaxy S10 di MWC. Namun perusahaan mengubah rencananya agar tidak bentrok dengan acara pengumuman smartphone lipat Huawei yang akan diumumkan di MWC 2019.

Kehadiran smartphone lipat Huawei ini kemungkinan akan mendapatkan perhatian besar dalam acara tersebut.

Mengenai smartphone lipat, Samsung juga sedang menyiapkan produk serupa. Smartphone lipat Samsung ini dilaporkan akan dirilis pada semester I 2019, tapi belum ada konfirmasi tentang tanggal kehadirannya.

Samsung Sebar Undangan Galaxy S10

Samsung Galaxy Note 9 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Samsung akhirnya mengungkap tanggal pengumuman smartphone flagship terbaru mereka, yakni Galaxy S10. Berdasarkan undangan yang beredar di internet, peluncuran Galaxy S10 itu dijadwalkan berlangsung pada 20 Februari 2019 (waktu setempat) di Auditorium Bill Graham Civic di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Dilansir The Wall Street Journal, Samsung akan memamerkan smartphone layar lipat versi "konsumen" dan tiga varian Galaxy S10.

Adapun sejauh ini pihak Samsung tidak memberikan banyak informasi tentang smartphone tersebut. Galaxy S10 akan menjadi flagship terbaru Samsung pada awal tahun ini.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNN Tandatangani MoU dengan Pemkab Magelang

Posted: 15 Jan 2019 09:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Magelang dengan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja sama.

Dalam kerja sama itu, telah disepakati penyediaan lahan dan gedung melalui mekanisme hibah, pemberian dana pendampingan, serta penyediaan sarana dan prasarana lainnya guna mendukung operasional pelaksanaan tugas pokok dan fungsi BNN Kabupaten Magelang.

"Supaya pelaksanan P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) di Kabupaten Magelang bisa dilaksanakan secara optimal," jelas Kepala BNN Heru Winarko di Gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (16/1/2019).

Kerja sama ini merupakan langkah awal untuk mempercepat pengembangan dan pembangunan kapasitas BNN di Kabupaten Magelang.

Heru menilai, Magelang sebagai wilayah yang memiliki situs pariwisata. Belakangan ini dikembangkan menjadi wilayah penginapan turis yang akibatnya menyebabkan perubahan budaya.

"Kita perlu masuk di sana untuk persiapan, menyiapkan masyarakat sekitar itu supaya bisa ada resilient, ada ketahanan terhadap kemungkinan pengaruh-pengaruh negatif misalnya seperti kayak pengaruh narkoba. Ini yang kita lakukan sama-sama dengan Pemda Kabupaten Magelang," jelasnya.

Ia berharap, kerja sama ini dapat terlaksana optimal demi mewujudkan masyarakat Magelang yang sehat dan bersih dari narkoba.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap Debat Pilpres, Jokowi: Kita Akan Bicara Sesuai Data

Posted: 15 Jan 2019 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengaku siap menghdapi debat perdana Kamis 17 Januari besok. Dia mengatakan telah mempersiapkan materi-materi yang akan dipaparkannya sesuai tema debat perdana yaitu HAM, hukum, korupsi dan terorisme.

"Ya kita datang saja, datang sesuai dengan materi. Marerinya hukum, materinya HAM materinya terorisme, dan korupsi. Ya sudah," ujar Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor Jawa Barat, Rabu (16/1/2019).

Jokowi enggan mengungkapkan materi apa yang difokuskannya untuk menghadapi debat Pilpres. Namun, dia memastikan akan menyampaikan berdasarkan fakta dan data di lapangan.

"Kalau ngomong mestinya dengan data, ngomong itu dengan fakta-fakta dan yang paling penting rencana ke depan seperti apa," ucap Jokowi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan persiapan debat perdana. Dari mulai menetapkan moderator, panelis, dan tema debat capres cawapres. Ira Koesno dan Imam Priyono terpilih sebagai moderator debat pertama Pilpres 2019.

KPU juga telah merampungkan enam nama untuk menjadi panelis pada debat perdana Pilpres 2019.

6 Panelis

Keenam panelis itu adalah Guru Besar Hukum Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan, dan Ketua Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Ahmad Taufan Damanik.

Selanjutnya, ada nama Bivitri Susanti dan Margarito Kamis yang merupakan ahli tata negara. Terakhir adalah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo.

Sementara untuk tema, debat pertama tentang Hukum, HAM, Korupsi, Terorisme. Debat kedua tentang Energi dan Pangan, SDA dan lingkungan hidup, infrastruktur, debat ketiga tentang Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial dan Kebudayaan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembangunan Jalan dan Jembatan Tumbuhkan Sentra Ekonomi Baru di Pulau Terluar

Posted: 15 Jan 2019 09:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim, pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan bukan hanya bermaksud untuk mengejar ketertinggalan dan meningkatkan daya saing nasional, namun juga menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru yang memberikan nilai tambah bagi daerah.

Salah satunya seperti pembangunan serta pemeliharaan jalan dan jembatan di pulau terdepan Indonesia, yakni Pulau Yamdena, Pulau Selaru, dan Pulau Larat di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Maluku.

"Pembangunan jalan dan jembatan di Pulau Larat, Yamdema dan Selaru akan terus kami kerjakan secara bertahap. Tahun 2018 dari 226 Km jalan, sepanjang 179 Km atau 79 persen kondisinya mantap," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resminya, Rabu (16/1/2019).

Pembangunan infrastruktur di pulau-pulau terdepan Indonesia dilakukan Kementerian PUPR melalui pendekatan kewilayahan melalui Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) 35. Pembangunan diarahkan untuk menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, keamanan nasional, pertahanan negara dan bangsa serta menciptakan stabilitas kawasan.

Disamping itu, juga mengamankan potensi sumber daya alam untuk dimanfaatkan dalam rangka pembangunan yang berkelanjutan dan tentunya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain pembangunan jalan, selesainya pembangunan Jembatan Leta Oar Ralan sebagai penghubung Pulau Yamdena dan Pulau Larat menjadi bagian penting bagi kelancaran konektivitas karena akan memangkas waktu tempuh dan biaya logistik kedua Pulau.

Jembatan yang melintasi Laut Arafura Sepanjang 323 meter, lebar 10 meter dengan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebesar Rp 123 miliar ini telah diresmikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani didampingi Menteri Basuki beberapa waktu lalu.

 

Respons Warga

Pembangunan jalan di pulau terdepan. Dok PUPR

Welem Duarko, salah seorang petani yang tinggal di Pulau Larat, menyampaikan terimakasih kepada pemerintah yang telah meningkatkan akses jalan di daerahnya. "Kebanyakan warga sekitar 80 persen merupakan petani, sebagian kecil lainnya menjadi nelayan, bertani kopra, sayuran, tanaman umbi umbian. Hasil panen kami jual ke Saumlaki, Ibukota kabupaten di Pulau Yamdena," ucap dia.

Adapun total anggaran yang dibelanjakan Kementerian PUPR untuk konektivitas jalan nasional di ketiga pulau tersebut dalam periode 2016-2018 yakni sebesar Rp 417,35 miliar. Yakni berupa penanganan jalan nasional mulai dari penanganan jalan long segmen, pembangunan jalan, preservasi rekonstruksi, dan preservasi rehabilitasi jalan.

Pada 2019 ini juga akan dilaksanakan penanganan jalan nasional dengan anggaran sebesar Rp 110,65 miliar yang terbagi menjadi pelaksanaan preservasi rekonstruksi jalan nasional Pulau Larat dan Pulau Selaru sepanjang 10 km, preservasi rekonstruksi jalan nasional Pulau Yamdena sepanjang 8,80 km, hingga pelaksanaan rekonstruksi jalan nasional di Pulau Larat–Lamdesar Timur sepanjang 10 Km.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasad Pria Paruh Baya Ditemukan Mengambang di Kali Ciliwung

Posted: 15 Jan 2019 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jasad pria tanpa identitas ditemukan mengambang di Kali Ciliwung, Rabu (16/1/2019). Korban diperkirakan berusia 40 tahun

Kapolsek Pancoran Komisaris Endang Wahyu Kinasih mengatakan, korban ditemukan sekira pukul 07.45 WIB. Saat ditemukan, korban menggunakan celana jeans hitam kaos biru dalam keadaan mengambang tengkurap di Kali Ciliwung Kelurahan Cikoko Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan.

"Kali Ciliwung dekat Jalan Inspeksi RW 01, Kelurahan Cikoko Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan. Untuk indentitas belum diketahui," ucap dia dalam keterangan tertulis, Rabu.

Endang menjelaskan, korban ditemukan oleh Pengawai UPK Badan air bernama Busman (65) saat usai apel.

"Saksi melihat seorang mayat yang sedang mengambang di tengah Kali Ciliwung yang tidak saksi kenal, kemudian mayat tersebut oleh saksi ditarik ke pinggir lalu saksi tancapkan dengan bambu supaya tidak lepas," ujar dia.

Guna mengetahui penyebab kematian, jasad korban dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo untuk visum. Kasus ini ditangani Reskrim Polsek Pancoran.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Lengkapi Berkas, Empat Tersangka Kasus Korupsi Diperiksa KPK

Posted: 15 Jan 2019 09:45 PM PST

Walikota Pasuruan Setiyono, Plt PUPR Pakpak Bharat David Anderson Karosekali, PPK SPAM Toba 1 Donny Sofyan Arifin dan PPK SPAM Lampung, Anggiat Partunggul Nahot Simaremare tiba di gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/1). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Walikota Pasuruan Setiyono, Plt PUPR Pakpak Bharat David Anderson Karosekali, PPK SPAM Toba 1 Donny Sofyan Arifin dan PPK SPAM Lampung, Anggiat Partunggul Nahot Simaremare tiba di gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/1). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Empat tersangka Walikota Pasuruan Setiyono, Plt PUPR Pakpak Bharat David Anderson Karosekali, PPK SPAM Toba 1 Donny Sofyan Arifin dan PPK SPAM Lampung, Anggiat Partunggul Nahot Simaremare bersiap diperiksa KPK, Jakarta (16/1). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Empat tersangka Walikota Pasuruan Setiyono, Plt PUPR Pakpak Bharat David Anderson Karosekali, PPK SPAM Toba 1 Donny Sofyan Arifin dan PPK SPAM Lampung, Anggiat Partunggul Nahot Simaremare bersiap diperiksa KPK, Jakarta (16/1). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Walikota Pasuruan Setiyono, Plt PUPR Pakpak Bharat David Anderson Karosekali, PPK SPAM Toba 1 Donny Sofyan Arifin dan PPK SPAM Lampung, Anggiat Partunggul Nahot Simaremare tiba di gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/1). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Walikota Pasuruan Setiyono, Plt PUPR Pakpak Bharat David Anderson Karosekali, PPK SPAM Toba 1 Donny Sofyan Arifin dan PPK SPAM Lampung, Anggiat Partunggul Nahot Simaremare tiba di gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/1). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Walikota Pasuruan Setiyono, Plt PUPR Pakpak Bharat David Anderson Karosekali, PPK SPAM Toba 1 Donny Sofyan Arifin dan PPK SPAM Lampung, Anggiat Partunggul Nahot Simaremare tiba di gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/1). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Walikota Pasuruan Setiyono, Plt PUPR Pakpak Bharat David Anderson Karosekali, PPK SPAM Toba 1 Donny Sofyan Arifin dan PPK SPAM Lampung, Anggiat Partunggul Nahot Simaremare tiba di gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/1). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Menggemaskan Cucu SBY yang Tertidur Saat Potong Rambut

Posted: 15 Jan 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Cucu Presiden ke-6 RI SBY, Gayatri Idalia Yudhoyono atau yang akrab disapa Gaia mencuri perhatian. Potret lucunya sedang tertidur saat potong rambut diunggah sang ibunda, Aliya Rajasa melalui akun Instagram pada 14 Januari 2019.

Putra SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono dan Siti Rubi Aliya Rajasa mengikat janji suci pernikahan pada 24 November 2011. Pasangan ini dikaruniai tiga buah hati yakni Airlangga Satriadhi Yudhoyono, Pancasakti Maharajasa Yudhoyono, dan Gayatri Idalia Yudhoyono.

Buah hati ketiga Edhie Baskoro dan Aliya Rajasa itu tampak terlelap dalam pelukan ibunya saat dipotong rambutnya. Dibalut handuk coklat muda, rambut Gaia yang terlihat cukup panjang, dipotong perlahan-lahan.

Dalam unggahan lainnnya, terlihat pula potret yang tidak kalah menggemaskan. Aliya Rajasa mengabadikan foto sang buah hati dengan potongan rambut baru yang juga masih tertidur lelap.

Gaia tidak hanya datang bersama Aliya. Sang ayah dan kedua kakaknya turut menemani yang ketiganya datang mengenakan baju senada.

Sementara, Aliya Rajasa dan Gaia sama-sama dalam balutan busana hitam. Bedanya, Aliya mengenakan dress hitam dengan motif bulan sabit dan bintang, serta memakai selop bernuansa coklat muda.

"Ada yg baru potong rambut, yang anter bodyguardsnya full team. oh our lovely Baby G aren't you a doll," ungkapnya gemas pada cucu SBY ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Persiapan Prabowo-Sandiaga dan Jokowi-Ma'ruf Jelang Debat Capres Perdana

Posted: 15 Jan 2019 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jelang debat perdana, calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) melakukan berbagai persiapan.

Persiapan yang dilakukan oleh Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin pun berbeda-beda.

Jika Prabowo-Sandiaga memilih untuk rajin menemui Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, Jokowi-Ma'ruf terlihat lebih santai mempersiapkan debat.

Jokowi mengumpulkan semua ketua umum partai koalisi pendukungnya untuk makan malam jelang debat capres cawapres perdana yang akan digelar pada Kamis, 17 Januari 2019 besok.

Berbeda pula dengan Sandiaga. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini justru memilih rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan fisiknya jelang gelaran debat.

Ma'ruf Amin, yang notabenenya baru pertama kali ikut debat, juga dipersiapkan matang oleh tim pemenangan.

Berikut perbedaan gaya persiapan Prabowo-Sandiaga dan Jokowi-Ma'ruf Amin jelang debat capres cawapres perdana dihimpun Liputan6.com:

 

1. Rutin Sambangi SBY

Bakal capres Prabowo Subianto (kiri) bersama bakal cawapres Sandiaga Uno (kanan) disambut Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono di kediamannya di Jakarta, Rabu (12/9). (Merdeka.com/Imam Buhori)

Baik Prabowo dan Sandiaga, nampak hilir mudik menemui SBY. Tercatat jelang akhir Desember 2018 dan awal Januari 2019, mereka bertemu di kediaman SBY di Kuningan, Jakarta Selatan.

Menurut Badan Pemenangan Nasional (BPN), pembahasan pertemuan seputar pemenangan Pemilu, dan wejangan debat.

"Wejangannya ya debat itu harus menguasai materi. Berdebat itu harus betul-betul dalam kondisi fit, baik kesehatan dan seterusnya dan seterusnya dan seterusnya," kata Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Ahmad Muzani, usai pertemuan tersebut, Kamis 10 Januari 2019.

Menurut SBY, Prabowo dan Sandiaga wajib menarik simpati dan hati rakyat saat debat. Hal ini dikarenakan, pemilih bukanlah bukan orang yang ada dalam debat, tapi adalah mereka para rakyat Indonesia yang justru tidak ada di dalam ruangan debat.

"Karena calon presiden adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pemerintahan yang akan dipimpinnya bila nanti menang, dan visi misi bagian akan dipertanggungjawabkan kepada rakyat," terang Sekjen Partai Gerindra ini yang ikut dalam pertemuan tertutup tersebut.

 

2. Olahraga Rutin Tetap Dilakukan dan Buat Kelompok Khusus

Badan Pemenangan Nasional meluncurkan website Prabowo-Sandi di media center Jalan Sriwijaya I No 35, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Jelang debat perdana Pilpres 2019, cawapres nomor 02 Sandiaga Uno tetap rutin berolahraga bersama rekan dan pengawalnya di Gelanggang Olahraga Bulungan, Jakarta Selatan, Selasa, 15 Januari 2019 pagi.

Setelah olahraga, Sandi berencana mengunjungi beberapa daerah lagi termasuk memperdalam materi debat bersama Capres Prabowo Subianto. Hukum yang berkeadilan bagi semua golongan masyarakat akan dikupas pada sesi debat dengan tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

"Kita ingin fokus utamanya di bidang ekonomi dan penekanan kepada pembukaan lapangan pekerjaan, stabilnya harga bahan pokok akan jadi isu utama yang kami usung di setiap debat," ucap Sandiaga.

Tak hanya itu, Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso mengatakan, kubunya telah membuat kelompok khusus dinamakan Tim Delapan. Nantinya tim ini bertugas mempersiapkan materi, mengelola isu, hingga gestur.

"Terdiri dari enam orang, mereka adalah SBY, Amien Rais, Priyo Budi Santoso, Leida Hanifa, Ferry Baldan, dan Sudirman Said," jelas Priyo.

 

3. Makan Malam Bersama

Calon presiden petahana, Joko Widodo atau Jokowi, hari ini berkumpul dengan para ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Kerja. (Liputan6.com/Putu Merta)

Jamuan makan malam Capres nomor urut 01 Jokowi bersama sembilan ketua umum partai Koalisi Indonesia Kerja, ternyata merupakan asupan menjelang debat besok.

"Pertemuan hangat sambil makan malam Pimpinan Parpol Koalisi Indonesia Kerja bersama Pak Jokowi di resto Seribu Rasa Menteng. NGOPI, Ngobrol Pintar menuju debat Capres pertama 17 Januari 2019," kata Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurnuziy atau Romi melalui akun Instagram pribadinya, Selasa 15 Januari 2019, malam.

Begitu pula menurut Sekretaris Jenderal Perindo Ahmad Rofiq. Ia menyebut pertemuan itu penuh canda tawa.

"Dalam santap malam juga penuh tawa canda. Pak Jokowi juga sangat menikmati santap malam bersama para ketum parpol," kata Rofiq.

Rofiq mengungkap menu jamuan yang disajikan. Jokowi bersama para ketua umum santap sajian khas Nusantara.

"Menu Nusantara menjadi sajian. Tempe mendoan, ayam goreng, cumi bakar dan kopi khas Indonesia," imbuhnya.

Diketahui, Sekretaris Kabinet dan Anggota Dewan Pengarah TKN Jokowi-Ma'ruf, Pramono Anung mengkordinasikan pertemuan ini. Sembilan ketua umum lengkap hadir.

 

4. Memilih Mentor dan Memoles Ma'ruf Amin

Cawapres Ma'ruf Amin saat melantik pengurus dan meresmikan KMA Sumsel (Liputan6.com / Nefri Inge)

Jokowi dan Ma'ruf mendapuk mentor senior, yakni Jusuf Kalla (JK). Sang wapres juga bukan pemain baru dalam ajang debat Pilpres.

Mulai zamannya berpasangan dengan SBY, sebagai kandidat calon wakil presiden (2004), bersama Wiranto sebagai calon presiden (2009), hingga kembali menempatkan diri sebagai calon wakil presiden di bersama Jokowi (2014).

"Pak JK salah satu yang berpengalaman, tentu masukan-masukan Beliau banyak ya saya rasa hal positif figur sebagai Pak JK menjadi bagian tim kami yang memberikan masukan. Kan kita ada timnya," kata Ketua TKN (Tim Kampanye Nasional) Erick Tohir usai bertemu JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Merdeka Utara, Jumat 11 Januari 2019.

Kemudian, berbeda dari wejangan dengan hidangan ala Jokowi, wakilnya yakni Ma'ruf Amin yang terbilang pemain baru dalam debat Pilpres, lebih sering memoles diri dengan bantuan tim yang dipersiapkan TKN. Ada sembilan orang diberdayakan guna membuat sang kiai agar lugas dalam berdebat.

Mereka adalah para mantan presenter TV, Tina Talisa, Meutya Hafid, dan Putra Nababan. Kemudian sisanya, politikus yakni Abdul Kadir Karding dan Lukman Edy dari PKB, Politikus PDIP Aria Bima, dan Politikus Golkar Rizal Mallarangeng.

"Pemolesan bukan hanya dilakukan dari sisi konten tapi tampilan karena kita tahu persis waktu yang tersedia dalam debat itu pendek, gimmick kemudian marketing gimmick," kata Anggota Dewan Penasehat Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, M Romahurmuziy di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis 10 Januari 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Nazar Michelle Ziudith Jika Calon Bini Tembus 1 Juta Penonton

Posted: 15 Jan 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Michelle Ziudith dan Rizky Nazar akan menyapa para penggemarnya pada 14 Februari 2019 mendatang melalui film terbarunya, Calon Bini yang mengusung genre komedi.

Film yang disutradarai oleh Asep Kusdinar ini, berkisah tentang seorang gadis desa bernama Ningsih yang diperankan oleh Michelle Ziudith. Karakter Ningsih digambarkan sebagai wanita desa yang memiliki impian setinggi langit, lalu ia pergi dari kampung halamannya ke Jakarta. Ia pun bertemu dengan seorang pria mapan bernama Satria yang dibintangi oleh Rizky Nazar.

Dengan proses produksi film berlokasi di Sleman, Yogyakarta, para penonton film Calon Bini akan disuguhkan oleh pemandangan khas pedesaan dan unsur kebudayaan Jawa.

Sambil menyambut pemutaran film Calon Bini pada bulan depan, Michelle Ziudith dan Rizky Nazar menyampaikan nazar mereka seandainya film tersebut menembus satu juta penonton. Hal tersebut diungkapkan oleh Michelle Ziudith saat dirinya bertandang ke kantor Liputan6.com pada Senin (14/1/2019).

Memutari Bundaran HI

Media visit pemain film Calon Bini (Bambang E. Ros/Fimela.com)

"Kita muterin Bundaran HI deh, 15 kali," ungkap Michelle Ziudith sembari tersenyum.

Rizky Nazar pun mengungkapkan harapannya agar film Calon Bini dapat menginspirasi para penontonya.

Terinspirasi

Film drama komedi Calon Bini. (Screenplay Sinema Films)

"Dengan kisah kasih yang haru biru, semoga kalian terinspirasi dari film tersebut," ungkap Rizky Nazar menambahkan.

Film Calon Bini turut dibintangi oleh sejumlah aktor senior seperti, Cut Mini, Dian Sidik, Marwoto, Slamet Rahardjo, Minati Atmanegara, Ninik L Karim, dan Ramzi.

(Siti Fuadah/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjalanan Hero Supermarket Hingga Tutup Banyak Gerai

Posted: 15 Jan 2019 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hero Supermarket pernah merajai pasar supermarket di Indonesia, tepatnya era tahun 1990 an. Namun saat ini Hero Supermarket menghadapi tantangan besar. Sebanyak 26 gerai ditutup dan berimbas pada pemutusan hubungan kerja atau PHK terhadap 532 karyawannya pada tahun 2018.  

Penutupan itu dikarenakan penurunanan total penjualan dan upaya PT Hero Supermarket untuk mennyelamatkan bisnisnya. Gejolak pun bermunculan. Sejumlah karyawannya sempat melakukan unjuk rasa.

Pihak Hero memastikan 532 karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) mendapatkan hak sesuai Undang-Undang Kementerian Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

"Sudah dipenuhi sesuai peraturan," ujar Corporate Affairs GM PT Hero Supermarket Tbk, Tony Mampu saat dihubungi Liputan6.com, lewat pesan singkat Senin (14/1/2019).

Langkah perseroan untuk memberhentikan 532 karyawan sebagai bagian dari proses efisiensi. Perseroan klaim sebanyak 92 persen karyawan telah mengerti dan memahami kebijakan efisiensi ini dan menyepakati untuk mengakhiri hubungan kerja.

Hero Supermarket Mengalami Bisnis Lesu

PT Hero Supermarket Tbk, menutup sejumlah gerainya lantaran bisnis yang lesu. Penutupan gerai dilakukan karena sektor ritel utama supermarket menghadapi persaingan ketat. Kondisi keuangan dan kinerja keuangan yang melemah sejak kuartal III 2018, membuat perusahaan terpaksa memutus hubungan kerja dengan karyawannya.

Analis PT Artha Sekuritas, Frederik Rasali menuturkan penutupan gerai sebagai langkah strategis dalam rangka efisiensi. Ia menilai, kinerja perseroan tidak alami banyak pertumbuhan dalam beberapa tahun.

"Karena kinerjanya selama beberapa tahun tidak mengalami banyak pertumbuhan sehingga fix cost harus dipangkas," ujar Frederik saat dihubungi Liputan6.com, lewat pesan singkat yang diterima Liputan6.com, Senin (14/1/2019).

Sementara itu Corporate Affairs GM PT Hero Supermarket Tbk, Tony Mampuk mengatakan PT Hero Supermarket mengalami penurunan kinerja dari sektor makanan yang lebih rendah dibanding tahun sebelumnya.

"Sampai dengan kuartal III tahun 2018, PT Hero Supermarket mengalami penurunan total penjualan sebanyak 1 persen atau senilai Rp 9,849 triliun di mana perolehan tahun 2017 adalah Rp 9,961 miliar," terangnya di kantor Pusat PT Hero Supermarket Tbk, di Bintaro, Tangerang Selatan, Jumat (11/1).

Menurutnya, PT Hero Supermarket telah melakukan langkah stategis untuk mendukung keberlanjutan bisnis dengan memaksimalkan produktivitas kerja.

 "Sejauh ini dari 532 karyawan yang terdampak dari kebijakan efisiensi tersebut, sebanyak 92 persen karyawan telah mengerti dan memahami kebijakan efisiensi ini dan menyepakati untuk mengakhiri hubungan kerja," kata dia.

Penutupan Gerai PT Hero Supermarket Sempat Didemo Karyawan

Demo karyawan Hero Supermarket (Foto: Liputan6.com/Pramita T)

Hampir 26 gerai ritel milik PT Hero Supermarket yang ditutup sepanjang tahun 2018 di seluruh Indonesia adalah ritel Giant Supermarket. Perusahaan tersebut tengah menghadapi tantangan bisnis khusunya dalam bisnis makanan. Akibatnya sebanyak 532 karyawan di-PHK.

Pemutusan hubungan kerja itu mendapat perlawanan dari sebagian karyawan. Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Serikat Pekerja Hero Supermarket (SPHS), Jakwan, mengatakan karyawan melakukan aksi unjuk rasa damai di Kantor Pusat PT Hero Supermarket, Jumat, 11 Januari 2019. 

"Para buruh menuntut tolak PHK sepihak dan pelanggaran PKB (perjanjian kerja bersama), stop union busting atau menghalangi hak berserikat dan berorganisasi, serta perbaiki hubungan industrial di PT Hero Supermarket," ujar dia di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Sementara itu, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal meminta manajemen Hero Supermarket menjalankan isi Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Hal ini sebagai mana diatur dalam PKB antara PT Hero Supermarket Tbk dan SPHS.

"Pasal 22 ayat 4, dalam hal terjadi penutupan toko, maka perusahaan akan berupaya menempatkan pekerja pada toko lainnya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan. Pasal 93 ayat 2, perusahaan dan Serikat Pekerja dengan segala daya upaya mengusahakan agar jangan terjadi PHK," tutur dia.

Ia menyayangkan cara PHK yang dilakukan HERO, yakni dengan mengirim surat PHK melalui kurir pengiriman barang dikirim ke alamat rumah masing-masing pekerja dan upahnya belum dibayarkan sampai saat ini.

"Kondisi saat ini terjadi penutupan toko dan pekerja di PHK dengan alasan perusahaan sudah kelebihan manpower. Padahal, faktanya beberapa toko ada yang kekurangan manpower, bahkan saat ini membuka toko baru dan perusahaan melakukan perekrutan pekerja," ujar dia.

Sejarah Kesuksesan Hero Supermarket Hingga Mengahadapi Masa Krisis Bisnis

Hero di kawasan Gondangdia. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Hero Supermarket mulai berdiri sejak tahun 1971 oleh pemilik awalnya alm. M.S Kurnia. Sekitar tahun 70-an di mana kondisi ekonomi mulai membaik, ia membuka supermarket modern untuk pertama kalinya pda 23 Agustus 1971 dengan nama Hero Mini Supermarket. Lokasinya di Jalan Falatehan no.23, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan hanya memiliki 16 orang karyawan.

Hero dikenal sebagai pelopor supermarket di Indonesia. Kesuksesan Hero pertama dikarenakan waktu yang tepat, ekonomi yang kondusif, dan juga dukungan dari partner perusahaan. Lebih dari itu, Hero bertahan dan melanjutkan berkembang dengan hampir tidak ada pesaing. Kebanyakan, hanya ada para pengikut. Selama Hero berkembang, supermarket lainnya muncul dan mengikuti gaya Hero.

Tidak mengejutkan, Hero Supermarket berkembang pesat. Hero berkembang menjadi perusahaan ritel yang dihormati di Indonesia. Satu per satu, Hero Supermarket dibuka di tahun 70-an. Sampai 1980 sudah ada 9 cabang Hero Supermarket di Jakarta. Ini adalah pencapaian yang luar biasa pada saat itu.

Sekitar tahun 1990-an Hero Group berada di puncak kesuksesan dan keberhasilan dengan menghasilkan modal perusahaan yang lebih besar. Hero dicatat sebagai perusahaan ritel di Indonesia yang berada sama level dengan skala multinasional walalupun sempat krisi sekitar tahun 1998.

Hero Group bahkan lebih baik saat memasuki tahun 2000-an. Di bawah Hero Group, Starmart telah membuka 131 cabang di seluruh Indonesia. Sementara itu untuk Guardian, apotek, toko kesehatan dan kecantikan ini yang dibuka setahun sebelum kelahiran Starmart, juga menunjukkan kemajuan yang memuaskan. Didirikan pada tahun 1990, Hero Supermarket melebarkan sayapnya dan berubah menjadi Giant untuk segmen Hypermarket.

PT Hero Supermarket Tbk mempekerjakan lebih dari 13,700 orang dan melayani pelanggan di 558 gerai. Terhitung dari 30 Juni 2012 , perusahaan ini telah mengoperasikan 43 gerai Giant Hypermarket, 130 gerai Hero & Giant supermarket, 241 gerai kesehatan dan kecantikan Guardian dan 144 gerai Starmart.

Di tahun 2014 Hero Group merealisasikan kehadiran gerai furniture berkelas global, IKEA. Kehadiran IKEA dengan jenis produk yang berbeda dengan gerai HERO Group selama ini menegaskan semangat kepeloporan dan menjadi pelengkap atas keberadaan dari gerai yang ada sebelumnya.

Dengan kesuksesan perjalanan HERO Group sejak 1970-an, kini masalah krisis tengah dihadapinya. Dengan semakin banyaknya persaingan ketat olehperusahaan lain yang membuat HERO Group harus memangkas kinerja di beberapa ritelnya.

 

Reporter: Loudia Mahartika

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lagi, Seorang WNI yang Disandera Abu Sayyaf di Filipina Akhirnya Dibebaskan

Posted: 15 Jan 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Manila - Seorang nelayan warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi sandera Abu Sayyaf, Samsul Saguni, dilaporkan telah dibebaskan dari sekapan kelompok separatis yang berbasis di sekitar kepulauan selatan Filipina itu.

Menurut keterangan dari Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal, Samsul dilepaskan pada Selasa, 15 Januari 2019, sekitar pukul 15.35 waktu setempat.

"Samsul Saguni saat ini masih berada di Pangkalan Militer Westmincom di Jolo, Filipina Selatan, guna pemeriksaan kesehatan dan menunggu diterbangkan ke Zamboanga City," tutur Iqbal saaat dihubungi Liputan6.com pada Rabu (16/1/2019).

Setelah diserahterimakan secara resmi kepada KBRI Manila, Samsul akan diproses pemulangannya ke Indonesia. Meski demikian, waktu pengembalian korban ke Tanah Air belum bisa dipastikan.

"Tergantung kondisi di Filipina," ujar Iqbal.

Samsul Saguni diculik pada 11 September 2018 di perairan pulau Gaya, Semporna, Sabah. 

Seorang WNI lainnya atas nama Usman Yunus, yang diculik oleh Abu Sayyaf bersamaan dengan Samsul, telah lebih dahulu bebas pada tanggal 7 Desember 2018.

Sebelumnya, keduanya disekap bersama dengan tiga korban penculikan lainnya --seorang warga negara Malaysia dan dua orang WNI-- di perairan Kinabatangan, dekat dengan Pulau Tawi Tawi di Filipina, ketika menangkap ikan di wilayah ini.

Menurut media Filipina, sebagian besar negosiasi untuk para sandera dilakukan secara langsung dengan keluarga atau pemilik kapal.

Selain itu, kelompok Abu Sayyaf juga dikabarkan telah menuntut 500,000 peso (sekitar Rp 371,8 juta) kepada pemerintah Indonesia untuk pembebasan Usman dan Samsul. Namun, tidak ada konfirmasi dari pihak Kemlu terkait proses negosiasi dengan grup kriminal itu.

"Penyandera di Filipina selatan selalu motifnya ekonomi. Jadi pasti ada tuntutan tebusan. Tapi pemerintah tidak mungkin memenuhi itu, karena proses pembebasan selalu memakan waktu. Ada yang sampai 2 tahun, baru bisa," ucap Iqbal.

Sejak tahun 2016, sebanyak 36 WNI disandera di Filipina selatan, 34 di antaranya sudah bebas dan 2 WNI lainnya masih dalam upaya pembebasan.

Seluruh korban penculikan diyakini ditahan di dalam genggaman Hatib Sawadjan dan komandannya Indang Susukan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Satu WNI Korban Sandera Abu Sayyaf Sudah Bebas

Gedung Pancasila dan Ilustrasi Bendera Indonesia (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Sebelumnya, Wakil Menteri Luar Negeri, atas nama Pemerintah Indonesia, telah menyerahterimakan WNI anak buah kapal (WNI/ABK) ikan korban penyanderaan kelompok bersenjata di Filipina Selatan atas nama Usman Yunus kepada istri dan perwakilan keluarga pada 13 Desember 2018.

"Wakil Menteri Luar Negeri dalam sambutannya mengucap syukur atas bebasnya Usman Yunus yang telah disandera di Filipina Selatan selama 2 bulan 26 hari sejak 11 September 2018," demikian seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Minggu 16 Desember 2018.

Lebih lanjut, Wakil Menteri Luar Negeri menegaskan bahwa keberhasilan pembebasan sandera Usman merupakan buah kerja keras Pemerintah dan dukungan seluruh masyarakat Indonesia. Serta, dilakukan atas kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Filipina.

Pihak keluarga yang diwakili oleh Julianti, istri korban menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kerja keras Pemerintah Indonesia dalam membebaskan suaminya.

Serah terima Usman Yunus dari Pemerintah Filipina kepada Pemerintah Indonesia telah diwakili oleh Duta Besar RI untuk Filipina pada tanggal 10 Desember 2018 di Manila, Filipina.

Usman Yunus bersama dengan 1 (satu) orang WNI/ABK lainnya telah diculik dan disandera oleh kelompok bersenjata di perairan dekat Pulau Gaya, Samporna, Sabah, Malaysia pada 11 September 2018. 

Namun, mengomentari dugaan tersebut, Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal, dalam konferensi pers di Kemlu RI, Jakarta, Rabu 19 September 2018 mengatakan:

"Apakah pelaku kelompok Abu Sayyaf? Kita masih terus melakukan pendalaman."

"Sejak Isnilon Hapilon (bos Abu Sayyaf) tewas, Abu Sayyaf telah terpecah menjadi puluhan hingga ratusan sub-kelompok dan sempalan yang tersebar di Filipina selatan. Bahkan ada juga beberapa kelompok kecil yang baru muncul yang kemudian mengatasnamakan diri mereka sebagai afiliasi Abu Sayyaf."

"Jadi, ketika media menyebut bahwa pelaku kasus penculikan adalah Abu Sayyaf, ya, karena memang kelompok itulah yang dikenal merambah di Filipina selatan."

"Di sisi lain, para kelompok kriminal di Filipina selatan telah memandang nama Abu Sayyaf sebagai sebuah brand, sebuah trademark. Semua penculik kemudian mengambil nama Abu Sayyaf dalam melakukan aksinya."

Upaya pembebasan WNI/ABK yang menjadi sandera Abu Sayyaf msih terus dilakukan oleh pemerintah Indonesia dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengharapkan dukungan dari semua pihak agar upaya ini dapat segera membuahkan hasil.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Salurkan 20 Juta Ayam untuk Rumah Tangga Miskin di 2019

Posted: 15 Jan 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) akan menyalurkan 20 juta ayam dan itik kepada 400 ribu rumah tangga miskin pertanian (RTMP) di 2019. Hal ini guna meningkatkan populasi ayam dalam negeri dan membantu mengentaskan kemiskinan di daerah pedesaan.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan I Ketut Diarmita mengatakan, pada 2019, pembangunan peternakan dan kesehatan hewan kembali difokuskan pada kegiatan percepatan peningkatan populasi dan produksi sapi dan kerbau melalui Kegiatan Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab)‎.

Namun, pihaknya juga tetap memberikan perhatian pada peningkatan populasi ayam sebagai salah satu komoditas pangan masyarakat.

"Tahun 2019 Kementan akan mendistribusikan 20 juta ayam dan itik ke 400 ribu RTMP," ujar dia di Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Pendistribusian 20 juta ayam ini merupakan bagian dari program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja). Adapun angka 20 juta ekor ayam dan itik pada tahun ini mengalami kenaikan 100 persen dari target 2018 yang hanya 10 juta ekor.

"Target ini naik 100 persen, dari 200 ribu RTMP‎ tahun 2018 naik menjadi, 400 ribu RTMP t‎ahun 2019," lanjut dia.

 

Inseminasi Buatan

Ilustrasi Sapi Biru Belgia (iStockPhoto)

Sementara untuk program Upsus Siwab tetap dilanjutkan dengan target 3 juta akseptor. Ketut berharap Unit Pelaksana Teknis (UPT) perbibitan dapat menjadi pelopor untuk pelaksanaan Inseminasi Buatan (IB).

"Jika Meksiko memiliki UPT perbibitan 9 unit, sedangkan kegiatan Upsus Siwab Ditjen PKH memiliki 7 UPT perbibitan. Dalam 10 tahun Meksiko mampu mengembangkan sapi potong di UPT perbibitannya, sehingga saat ini Meksiko menjadi negara pengekspor. Demikian juga halnya dalam pengembangan pakan juga harus diperkuat data potensi lokasi dan lahan yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pakan," jelas dia.

Dia menjelaskan, tidak hanya memberikan bantuan hewan ternak, skema bantuan dalam program Bekerja‎ ini juga memberikan bantuan kandang dan pakan, serta obat-obatan dan bimbingan teknis yang ditujukan kepada RTMP.

"Saya berharap untuk provinsi yang mendapat bantuan Bekerja dalam rapat teknis ini untuk aktif melakukan diskusi, sehingga kegiatan tersebut dapat segera dieksekusi," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikut SNMPTN 2019, Ini Hal-Hal Penting yang Wajib Kamu Ketahui

Posted: 15 Jan 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) merupakan lembaga penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi (PT) bagi calon mahasiswa baru.

Dalam skema baru seleksi masuk PTN 2019 yang ditentukan oleh Ristekdikti, disebutkan bahwa LTMPT berfungsi untuk mengelola dan mengolah data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh Rektor PTN serta melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

"Perbedaannya adalah tahun lalu untuk SMPTN peserta daftar dulu baru tes, sementara di tahun 2019 peserta harus ikut tes dulu baru kemudian mendapat nilai. Nantinya nilai tersebut dipakai untuk mendaftar masuk ke perguruan tinggi negeri," ungkap Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasar dalam konferensi pers SMPTN 2019 di Gedung D Kemenristekdikti.

Selain itu, pada pelaksanaan SBMPTN 2019 hanya ada satu metode tes yaitu UTBK dengan dua materi tes, yakni Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik. Lebih lanjut, pola seleksi masuk PTN tahun 2019 tetap akan dilaksanakan melalui tiga jalur dengan rincian sebagai berikut.

 

1. SNMPTN MINIMAL 20% 

Penerimaannya ditentukan berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan kriteria lainnya (yang ditetapkan PTN). Biaya sepenuhnya ditanggung pemerintah.

2. SBMPTN MINIMAL 40%

Penerimaannya berdasarkan hasil UTBK dan kriteria lainnya (ditetapkan bersamaan oleh PTN). Biaya UTBK ditanggung peserta dan disubsidi pemerintah.

3. MANDIRI MAKSIMAL 30%

Jalurnya dapat menggunakan hasil UTBK. Biaya sepenuhnya ditanggung peserta.

 

 

Deskripsi SNMPTN

Doc: Istimewa

Untuk SNMPTN, berikut persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi. 

A. Persyaratan Sekolah

1.      SMA/MA. SMK yang mempunyai NPSN

2.      Ketentuan Akreditasi:

Akreditasi A.... 40% terbaik di sekolahnya

Akreditasi B..... 20% terbaik, di sekolahnya

Akreditasi C dan lainnya .... 5% terbaik di sekolahnya

3.      Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)

 

B. Persyaratan Peserta

1.      SMA/MA/SMK kelas terakhir pada tahun 2019 yang memiliki prestasi unggul

2.      Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan masing-masing PTN

3.      Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS

4.      Memiliki nilai raport smt 1 s.d 5 yang telah diisikan di PDSS

5.      Bagi peserta yang memilih prodi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO

 

C. Pilihan Program Studi

1.      Setiap perserta diperbolehkan memilih 2 (dua) program studi dari 1 (satu) PTN atau 2 (dua) PTN

2.      Disarankan tidak boleh lintas minat (tergantung ketentian PTN yang dituju)

 

Reporter :

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Fakta Piala Super Italia 2019 Antara Juventus Vs AC Milan yang Layak Dinantikan

Posted: 15 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Juventus berpeluang meraih trofi pertamanya musim ini saat menantang AC Milan di partai Piala Super Italia, Kamis (17/1/2019) dini hari. Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri membawa para pemain utama untuk bermain di laga ini.

Merujuk kepada performa di Liga Italia, Juventus lebih diunggulkan menang atas AC Milan. Pasalnya, Juventus belum pernah kalah hingga pekan ke-19.

Juventus memimpin klasemen dengan 53 poin, unggul 11 poin dari pesaing terdekatnya, Napoli di peringkat kedua. Sementara, AC Milan ada di peringkat kelima dengan 31 poin.

Namun demikian, itu berarti tak lantas membuat AC Milan tanpa peluang. Kemenangan di dua laga terakhir kiranya bisa mendongkrak moral pasukan Gennaro Gattuso.

Berikut telah Liputan6.com, Rabu (16/1/2019) hadirkan 7 fakta Piala Super Italia 2019 yang wajib kamu ketahui sebelum pagi ini berlangsung.

1. Final dilaksankan di Arab Saudi

Sebelumnya Final Piala Super Italia sudah beberapa kali digelar di luar negeri Pizza, Italia. Final Piala Super Italia pernah dilaksanakan di Amerika Serikat, China, Qatar dan saat ini giliran Arab Saudi yang menjadi venue final Super Coppa Italia.

Pertandingan antara Juventus vs AC Milan akan tersaji di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, Arab Saudi.

2. Sempat akan dipindahkan

Dilaksanakannya Piala Super Italia antara Juventus melawan AC Milan di Arab Saudi sebenarnya sudah diketahui sejak lama. Namun sempat muncul rumor akan adanya pemindahan lokasi menyusul kejadian belum lama ini.

Arab Saudi tengah dalam sorotan dunia akibat meninggalnya wartawan senior Jamal Khashoggi. Jurnalis Washington Post itu dibunuh di Konjen Arab Saudi di Istanbul Turki dengan keji.

3. Akan tercipta rekor baru

I Bianconeri dan I Rossoneri merupakan dua klub dengan koleksi trofi terbanyak di ajang yang telah berlangsung sejak 1988 ini. Pemenang laga nanti akan mencatat rekor di Piala Super Italia.

Saat ini, Juventus dan AC Milan sama-sama menjadi peraih trofi terbanyak ajang tersebut dengan raihan tujuh trofi.

Kini, fokus kedua tim langsung tertuju ke partai penentu catatan rekor itu. Klub yang memenangi laga akan menjadi kolektor terbanyak Piala Super Italia.

4. Final beruntun ketujuh Juventus

Juventus mengejar perolehan trofi AC Milan setelah memenanginya sebanyak tiga kali dari enam kesempatan terakhir. Bagi Juventus, laga nanti akan menjadi yang ketujuh secara beruntun.

Adapun AC Milan terakhir kali meraih juara Piala Super Italia terjadi pada 2011. Saat itu, I Rossoneri mengalahkan rival sekotanya, Inter Milan.

Kedua klub berpeluang menambah koleksi trofi juara pada tahun ini. Juve berhak berlaga di Supercoppa Italia dengan status kampiun Serie A musim lalu.

Sementara itu, AC Milan merupakan runner-up Coppa Italia, karena titel juara diraih oleh Juventus.

5. Kerap Berakhir dengan adu penalti

Sejauh ini, La Vecchia Signora dan Il Diavolo Rosso telah dua kali bertemu di Piala Super Italia, yakni pada 2003 dan 2016. Dari dua pertemuan tersebut, Juventus dan AC Milan sama-sama saling mengalahkan.

Uniknya, kemenangan tersebut diraih lewat drama adu penalti. Kedua klub terpaksa melakoni babak tos-tosan, karena bermain sama kuat 1-1 selama 120 menit.

Pada pertandingan Piala Super Italia 2003 yang berlangsung di Giants Stadium, New Jersey, Amerika Serikat, Juventus keluar sebagai juara setelah menang 5-3 atas AC Milan.

Sementara itu, dalam laga Piala Super Italia 2016 di Jassim bin Hamad Stadium, Doha, Qatar, giliran Milan yang mengalahkan Juve lewat drama adu penalti dengan skor 4-3.

Lantas, apakah pertemuan ketiga Juventus versus AC Milan di Supercoppa Italia 2018 akan kembali berakhir dengan adu penalti?

6. Final pertama Ronaldo bersama Juventus

Ekspresi pemain Juventus, Cristiano Ronaldo usai mencetak gol ke gawang Sassuolo di Stadion Juventus Allianz, Turin, Italia, Minggu (16/9). Ronaldo membutuhkan waktu 320 menit untuk mencetak gol perdananya bagi Juventus. (Alessandro Di Marco/ANSA via AP)

Piala Super Italia 2019 antara Juventus dengan AC Milan nanti merupakan final pertama Ronaldo bersama dengan Juventus yang telah didatangkan oleh Juventus pada awal musim 2018/19 ini dari Real Madrid dengan mahar 112 juta euro.

Allegri yakin bahwa Ronaldo tidak akan mengalami masalah berarti pada laga ini. Sebab, dia memang sudah terbiasa bermain di laga penting dan punya mental juara.

"Ronaldo sudah terbiasa menang, dia telah memenangkan empat dari lima gelar Liga Champions terakhir dan banyak trofi lainnya. Ronaldo adalah pemain terbaik dunia dan dia adalah bonus tambahan bagi kami," ucap Allegri dikutip dari Football Italia dan dilansir dari Bola.net.

7. AC Milan optimis menang

Krisis cedera yang parah tengah dialami skuat Rossoneri. Akibatnya penampilan mereka di Serie A inkonsisten. Kini AC Milan membutuhkan tambahan pemain tengah untuk membuat mereka bisa bersaing lagi. (AFP/Cristina Quicler)

Jelang laga ini Piala Super Italia 2019, Milan dihadapkan pada sejumlah catatan buruk dalam beberapa laga terakhir lawan Si Nyonya Tua. Milan dihadapkan pada catatan yang tidak cukup bagus jelang duel.

Dalam lima laga terakhir, Milan selalu kalah dari Juve. Pada perjumpaan di Serie A musim 2018/19, Milan kalah dengan skor 2-0 pada laga di San Siro.

Gattuso ingin menularkan semangat besar yang dia miliki kepada para pemain Milan. Meskipun punya catatan buruk, pelatih berusia 41 tahun tersebut berharap agar Alessio Romagnoli dan kawan-kawan tidak kalah sebelum bertanding.

"Saya ingin membantu pemain menyadari bahwa mereka mampu melakukannya. Kami bisa meningkatkan standar dan mencapai batas. Saya tidak ingin kami panik atau kacau setelah kesalahan pertama. Saya tidak ingin laga melawan Olympiakos terulang," tegas Gattuso dilansir dari Bola.net

 

Reporter: Heri Setiawan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Kembali Periksa Bupati Pakpak Bharat Terkait Suap Infrastruktur

Posted: 15 Jan 2019 09:30 PM PST

Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolanda Berutu (kiri) dan penyuapnya Hendriko Sembiring tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/1). Keduanya diperiksa terkait dugaan suap sejumlah proyek infrastruktur di Dinas PUPR Pakpak Bharat. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolanda Berutu (kiri) dan penyuapnya Hendriko Sembiring tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/1). Keduanya diperiksa terkait dugaan suap sejumlah proyek infrastruktur di Dinas PUPR Pakpak Bharat. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolanda Berutu (kiri) dan penyuapnya Hendriko Sembiring tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/1). Keduanya diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolanda Berutu (kiri) dan penyuapnya Hendriko Sembiring tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/1). Keduanya diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolanda Berutu tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/1). remigo diperiksa terkait dugaan suap sejumlah proyek infrastruktur di Dinas PUPR Pakpak Bharat. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolanda Berutu tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/1). remigo diperiksa terkait dugaan suap sejumlah proyek infrastruktur di Dinas PUPR Pakpak Bharat. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolanda Berutu tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/1). Remigo diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolanda Berutu tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/1). Remigo diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolanda Berutu dan penyuapnya Hendriko Sembiring tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/1). Keduanya diperiksa terkait dugaan suap sejumlah proyek infrastruktur di Dinas PUPR Pakpak Bharat. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolanda Berutu dan penyuapnya Hendriko Sembiring tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/1). Keduanya diperiksa terkait dugaan suap sejumlah proyek infrastruktur di Dinas PUPR Pakpak Bharat. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Piala Super Italia Malam Ini: Juventus vs Milan

Posted: 15 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jeddah - Juventus berpeluang meraih trofi pertamanya di musim ini saat menantang AC Milan di partai Piala Super Italia, Kamis (17/1/2019) dini hari WIB di King Abdullah Sports, Jeddah, Arab Saudi. Pelatih Bianconeri, Massimiliano Allegri bakal memainkan tim terbaiknya di laga ini. 

Skuat Juventus sudah tiba di Jeddah pada Senin (14/1/2019) waktu setempat. Giorgio Chiellini dan kawan-kawan harus menempuh lima jam penerbangan dari Italia.

Merujuk kepada performa di Liga Italia, Juventus lebih diunggulkan menang atas AC Milan. Pasalnya, Juventus belum pernah kalah hingga pekan ke-19.

Mereka pun memimpin klasemen dengan 53 poin, unggul 11 poin dari pesaing terdekatnya, Napoli di peringkat kedua. Sementara, AC Milan ada di peringkat kelima dengan 31 poin.

 

AC Milan Intip Peluang

(AFP/Cristina Quicler)

Namun demikian, itu berarti tak lantas membuat AC Milan tanpa peluang. Kemenangan di dua laga terakhir kiranya bisa mendongkrak moral pasukan Gennaro Gattuso.

Gonzalo Higuain juga pastinya bersemangat membalas kekalahan tipis 0-2 di pertemuan pertama musim ini. Selain itu, AC Milan berambisi pula memutus catatan lima pertemuan tanpa kemenangan melawan Juventus.

Jadwal Piala Super Italia

Kamis, 17 Januari 2019

00.30 WIB Juventus vs AC Milan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Status Terkini Artis VA dalam Kasus Prostitusi Online

Posted: 15 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Proses hukum kasus prostitusi online di Surabaya terus bergulir. Usai diperiksa selama sembilan jam, penyidik Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim mengantongi hasil digital forensik yang mengarah keterlibatan artis VA dalam kasus prostitusi online. Sejauh ini statusnya masih sebatas saksi korban.

"Pemeriksaan akan berlangsung, ini berkembang," tutur Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera di Mapolda Jatim, Selasa (15/1/2019).

VA juga terbukti mengirim foto dirinya ke muncikari. Penyidik juga memiliki bukti percakapan lewat chatting di media sosial (medsos) dengan kata-kata berbau asusila. Hampir 20 persen ada bukti bahwa VA terlibat prostitusi online.

Sementara itu, dari penangkapan terhadap salah satu muncikari bernama Fitri, Barung mengatakan, pihaknya akan membuka keterlibatan VA dalam bisnis pemuasan syahwat ini. Pasal yang bakal dijeratkan pada VA adalah pasal 27 UU ITE Nomor 11 Tahun 2008.

Sebelumnya, Tim Subdit V Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Timur berhasil menangkap Fitria, salah satu mucikari artis Film Televisi (FTV) VA dan model majalah dewasa AS.

"Penyidik menangkap DPO di Jakarta tadi malam," tutur Kabid Humad Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, Selasa (15/2/2019).

Muncikari Fitria ini diduga berhubungan aktif dengan dua muncikari ES dan mucikari T. Peran dari Fitria ini adalah saling mengisi satu sama lain. Biasanya antara muncikari ES, T dan Fitria saling bertukar endors atau artis yang mereka mikiki.

"Hubungan para muncikari ini saling mengisi. Jika ada yang memesan prostitusi online, mereka saling bertukar," ujar Barung.

Artis VA difasilitasi enam muncikari dalam kasus prostitusi online. Untuk lokasi transaksi tidak hanya di kota Surabaya, melainkan ada beberapa kota lain di Indonesia. Bahkan ada transaksi sampai ke luar negeri. Ini diketahui dari data digital chating, transaksi keuangan dan BAP.

"Dari data digital baik chatting, transaksi keuangan dan BAP, VA difasilitasi oleh 6 muncikari," terang Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan pada wartawan, Senin (14/1/2019).

Menurut Yusep, seperti yang disampaikan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan bahwa ada sembilan kali di tiga kota, Singapura dua kali. Kemudian sekali di Surabaya.

Seperti diketahui, VA digerebek anggota Subdit Siber Crime Ditrekrimsus Polda Jatim bersama pria hidung belang saat berada dalam kamar hotel Vasa, Surabaya pada 5 Januari 2019. Polisi juga menangkap ES di hotel tersebut.

Dalam penggerebekan itu, polisi juga mengamankan celana dalam warna ungu milik VA dan kondom. Serta beberapa HP. VA diduga terlibat kasus prostitusi online. Dimana tarifnya Rp 80 juta sekali kencan.

Tidak hanya artis VA yang ditangkap, tapi polisi juga menangkap AS dan muncikari TN di tempat yang berbeda. Tarif AS dipatok Rp 25 juta sekali kencan. Dalam perkembangannya, polisi menetapkan TN dan ES sebagai tersangka dalam kasus ini. Sementara VA dan AS berstatus saksi.

Dua Model Respon Surat Pemanggilan Polda Jatim

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) sudah melayangkan surat pemanggilan terhadap enam artis, model dan finalis puteri Indonesia (2016 dan 2017). Mereka akan dimintai keterangan seputar kasus prostitusi online yang melibatkan VA dan AS.

Namun dari keenam artis dan model yang dipanggil tersebut, baru dua orang yang merespon. Sedangkan empat orang lainnya belum merespon surat panggilan dari polda Jatim.

"Kita akan komunikasi mungkin manajernya," tutur Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Senin (14/1/2019).

Direktur Kriminal Khusus Polda Jatim, Ahmad Yusep Gunawan menambahkan, dua mantan finalis Putri Indonesia bersedia diperiksa pekan ini terkait kasus prostitusi online jaringan mucikari T dan ES. "Enam saksi yang kita panggil, dua sudah menyatakan kesediaannya. Dua ini inisial RF dan FG," kata Yusep.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Tes Urine Aris Eks Idol Positif Narkoba

Posted: 15 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi langsung melakukan pemeriksaan terhadap Januarisma Runtuwene alias Aris eks Idol setelah tertangkap tangan atas dugaan penyalahgunaan narkoba.

Pria yang pernah tenar dengan sapaan Aris Eks Idol ini ditangkap bersama empat orang temannya di sebuah apartemen di Jalan HR Rasuna Said Setiabudi, Jakarta Selatan pada Selasa, 15 Januari 2019 sekitar pukul 01.00 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan empat teman Aris Eks Idol yang juga tertangkap yaitu YSP, AS, AY, dan AM.

"Hasil tes urin kelima tersangka positif (menggunakan narkoba)," ujar Kombes Pol Argo saat dihubungi, Rabu (16/1/2018).

 

Barang Bukti Sabu

Aris idol (Bambang E. Ros/bintang.com)

Polisi juga mengamankan satu bungkus plastik diduga sabu untuk barang bukti. Beratnya sekitar 0,23 gram.

Saat ini, para tersangka masih menjalani pemeriksaan di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Dream.co.id/ Muhammad Ilman Nafi'an)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Teaser Pertama Film 'Spider Man: Far From Home' Dirilis

Posted: 15 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sony dan Marvel merilis teaser pertama film Spider Man: Far From Home. Teaser ini menampilkan kostum baru Spider-Man dan sosok Mysterio.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap-Siap, Harga Motor Honda di Jakarta dan Tangerang Bakal Naik

Posted: 15 Jan 2019 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Wahana Makmur Sejati selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta dan Tangerang merek Honda di Tanah Air, memastikan harga jual line-up produknya mengalami kenaikan di Januari 2019.

Hal ini diungkapkan langsung Chief Marketing Officer Wahana, Edi Setiawan saat ditemui di kawasan Gunung Sahari, Jakarta, Rabu 16 Januari 2019.

Kata Edi, kenaikan harga motor Honda hanya berlaku untuk pembelian kendaraan secara on the road karena faktor utama ada pada BBN (Biaya Balik Nama).

"Memang kita sudah naikkan harga dulu di awal tahun. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kenaikan harga terkait BBN," kata Edi.

Lebih lanjut Edi menyatakan, harga Honda di wilayah Jakarta dan Tangerang yang mengalami kenaikan di awal tahun pada umumnya berkisar Rp50-100 ribu.

"Enggak banyak kenaikannya karena memang bukan motornya yang naik harga, tapi memang dikarenakan dari samsatnya," ujarnya.

Meski saat ini Edi mengaku belum mengetahui secara pasti akan bertahan berapa lama kenaikan harga tersebut bertahan, Ia menegaskan selalu memberikan harga terbaik bagi konsumen Tanah Air.

"Pasti kita susah hitung-hitung dengan rinci kalau masalah harga, enggak mungkin sembarang," kata Edi.

 

Honda Ajak Konsumen CBR Geber Motor Marc Márquez

PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak 10 konsumen mengendarai motor Marc Márquez versi jalan raya  (Amal/Liputan6.com)

 PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak 10 konsumen mengendarai motor Marc Márquez versi jalan raya yakni Honda RC213V-S di sirkuit Sentul, Jawa Barat (10/12). Gelaran ini menjadi puncak kegiatan kompetisi digital RC213V-S MotoGP Street Experience yang dilaksanakan sejak awal November 2018.

Untuk dapat merasakan motor MotoGP Marc Marquez versi jalanan ini, AHM mengajak peserta untuk mengunggah foto serta cerita momen terbaik mereka bersama Honda CBR series kesayangan lengkap dengan safety gear di website www.motogp-streetexperience.com dan media sosial peserta. Kompetisi digital RC213V-S MotoGP Street Experience yang diselenggarakan pada periode 9 – 27 November 2018 ini disambut antusias 1.089 peserta yang mendaftar untuk mengikuti kompetisi ini dari seluruh Indonesia.

 

 
 

 

Tahapan seleksi pertama berhasil memilih 20 kandidat terbaik yang berkesempatan masuk ke tahap selanjutnya. Mereka menjalani pelatihan dan seleksi safety riding dengan menggunakan Honda CBR250RR dan Honda CB500F di Safety Riding Center Wahana Jatake (8/12).

Dari hasil seleksi tersebut, terpilih 10 peserta terbaik yang berkesempatan menunggangi Honda RC213V-S di sirkuit Sentul. Sebelum menjajal Honda RC213V-S, 10 peserta dibekali pengetahuan mengenai informasi keselamatan berkendara dan pengenalan produk yang dilakukan oleh para pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT). Setelah sesi bersama pebalap usai, para peserta melaksanakan seleksi tahap akhir.

Pada tahap seleksi akhir, seluruh peserta dinilai berdasarkan kemampuan berkendara di sirkuit dengan menggunakan Honda CBR650F dan CBR1000RR yang langsung dievaluasi oleh para pebalap AHRT. Peserta yang berhasil lolos dari tahap seleksi terakhir berhak untuk menunggangi RC213V-S selama 4 putaran penuh melintasi sirkuit Sentul, Bogor.

 

GM Planning and Analysis Division AHM A. Indraputra mengatakan aktivitas melalui media digital yang dimulai sejak tahun lalu mendapat perhatian besar dari para pecinta balap. Oleh karena itu, kini perusahaan berupaya terus memberikan kesempatan berharga bagi pecinta motor sport untuk merasakan sensasi performa tinggi motor sport Honda .

"Kami berharap konsumen dapat merasakan pengalaman tak terlupakan dengan mengendarai langsung motor MotoGP Honda RC213V-S versi jalan raya. Performa Total Control yang disematkan pada motor supersport ini sejalan dengan performa Honda CBR series yang dipasarkan di Tanah Air," ujar Indraputra.

Motor supersport Honda RC213V-S merupakan motor versi jalan raya dari Honda RC213V yang ditunggangi pembalap Repsol Honda di ajang MotoGP. Produk ini memiliki konfigurasi mesin serupa, yakni mengusung mesin DNA balap V-4, 4-stroke, DOHC, 4-Valve, 6-speed dengan kapasitas mesin 999cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 157 Tk/11.000 rpm serta torsi sebesar 102 Nm/10.500 rpm untuk versi standar. System pembakaran menggunakan PGM-Fi (Programmed Fuel Injection) dengan daya tampung bahan bakar 16,3L.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta-fakta Soal BLACKPINK, Tak Cuma Cantik Tapi Juga Raih Segudang Prestasi

Posted: 15 Jan 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bicara soal BLACKPINK sebenarnya tidak akan ada habisnya. Baik dari prestasi, kelebihan masing-masing anggota sampai fakta-fakta Soal BLACKPINK yang unik. BLACKPINK merupakan girl grup asuhan YG Entertainment yang beranggotakan 4 orang yaitu Jennie sebagai main rapper dan vokalis, Rose sebagai main vokalis, Jisoo di posisi vocalist sekaligus sebagai visual dan Lisa, anggota termuda sebagai rapper dan main dance.

Grup yang digawangi Jennie, Lisa, Rose, dan Jisoo ini memulai debut resminya pada tangal 8 Agustus 2016 yang berhasil mendapatkan penghargaan pertamanya di berbagai program acara musik Korea. Salah satunya adalah penghargaan pertamanya yang diraih dari acara SBS Inkigayo pada 21 Agustus 2016 untuk kategori grup pendatang baru.

Sekarang ini BLACKPINK juga telah resmi menandatangi kontrak dengan label rekaman Interscope Records, Amerika Selatan pada 23 Oktober 2018. BLACKPINK adalah grup wanita pertama yang dinaungi YG Entertainment setelah 2NE1 di tahun 2009.

 

Lagunya meledak di pasaran

Dua tahun setelah merilis dua lagu pertama mereka "Bombayah" dan "Whistle", empat personel BLACKPINK membuat ombak besar di kancah K-pop. Mereka menjadi salah satu girlband yang menjadi tren dan diikuti oleh banyak orang. Ditambah lagi setelah merilis lagu baru yang berjudul "Ddu-Du Ddu-Du" Juni lalu, BLACKPINK berhasil membuat sejarah baru di tangga lagu Billboard. Lagu Ddu-Du Ddu-Du berhasil masuk ke no 55 dari 100 musik tertanggal 30 Juni 2018. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah sejak 2009 girlband asal Korea Selatan mampu masuk dalam jajaran peringkat Billboard dengan lagu yang bukan menggunakan bahasa Inggris.

Tak hanya cerdas dalam musik, keempat member BLACKPINK ini memiliki gaya yang menawan dan telah menjadi model untuk berbagai merek fashion kelas dunia.

Nah, kabar gembira bagi para para BLINK di Indonesia. Pasalnya, BLACKPINK akan menyambangi Jakarta dalam waktu dekat. Girlband asuhan YG Entertainment ini akan menggelar konser tur mereka bertajuk In Your Area. Konser 2019 World Tour Blackpink in Your Area akan dilangsungkan pada 20 Januari 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan.

Sebelum ketemu langsung sama BLACKPINK, yuk kenalan lebih lanjut sama membernya lewat fakta-fakta soal BLACKPINK yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (16/1/2019) berikut ini.

Jisoo

Jisoo BLACKPINK (Instagram/sooyaaa__)

Fakta-fakta soal BLACKPINK yang pertama diulas adalah mengenai sosok Jisoo. Anggota tertua di BLACKPINK ini memiliki nama asli Kim Ji Soo dan biasa dipanggil dengan nama Chi Choo atau Jichu. Di dalam BLACKPINK, posisi Jisoo adalah sebagai vokalis sekaligus visual. Jisoo lahir di Korea Selatan, 3 Januari 1995. Memiliki tinggi kurang lebih 162 cm. Jisoo memiliki kakak laki-laki dan perempuan. Dia menjadi trainee di YG selama 5 tahun sejak Juli 2011.

Jisoo menjadi anggota ketiga yang diumumkan masuk di dalam anggota BLACKPINK. Tak hanya mahir bernyanyi, Jisoo juga bisa bermain alat musik seperti drum dan piano. Bahkan pada pandai memainkan alat musik tradisional. Jisoo merupakan member BLACKPINK yang paling pasif berbahasa Inggris.

Jisoo mempunyai anjing hewan peliharaan yang bernama Dalgom. Nomor favoritnya adalah 4. Jisoo sangat senang segala makanan kecuali bagian organ dalam dan dia tidak suka buah mangga. Berteman dekat dengan Seulgi Red Velvet dan Nayeon Twice.

Jisoo juga pernah mencoba tampil di dunia akting, menjadi figuran di Drama Korea 'The Producers', pernah tampil di salah satu MV Epik High dan iKON, dan pernah menjadi model di berbagai iklan ternama. Untuk tipe cowok ideal dari Jisoo, ia lebih suka cowok yang imut daripada yang seksi. Hal itu pernah diungkapkan Jisoo di acara siaran langsung interview bersama BLACKPINK di salah satu radio.

Jennie

Gadis cantik ini mempunyai penampilan yang stylish. Tentu saja penampilan Jennie ini mendapatkan berbabagai pujian dari para penggemar. (Foto: instagram.com/jenniekim.indo)

Memiliki nama asli Jennie Kim. Jennie merupakan main rapper BLACKPINK dan vokalis. Jennie lahir di Korea Selatan, 16 Januari 1996. Memiliki tinggi 163cm. Jennie pernah belajar di Selandia Baru dan Belanda selama beberapa tahun, jadi ia sangat fasih berbicara bahasa Inggris. Selain itu ia juga bisa bahasa Jepang.

Jennie merupakan anak tunggal. Dia menjalani trainee di YG selama 6 tahun sejak Agustus 2010. Jennie adalah member pertama yang bergabung dalam grup BLACKPINK. Jennie juga memiliki dua anjing peliharaan yang diberi nama Kai dan Kuma. Menu makanan favoritnya adalah makanan Korea. Nomor favoritnya adalah 1.

Jennie berteman dekat dengan Nayeon Twice dan Irene 'Red Velvet', Yerin 'GFriend', Chahee 'Melody Day' dan Lime 'Hello Venus'. Jennie pernah menjadi model di MV G-Dragon 'That XX'. Dia juga pernah tampil bernyanyi bersama G-Dragon Big Bang membawakan lagu berjudul 'Black', bersama Lee Hi's lagu berjudul 'Special' dan Seungri Big Bang yang berjudul 'GG Be'.

Jennie pernah menduduki peringkat ke-18 di The 100 Most Beautiful Faces Of 2017. Jennie lebih suka cowok seksi dan pekerja. Hal itu pernah ia ungkapkan di acara interview langsung bersama BLACKPINK di salah satu stasiun radio. Pada 12 November 2018, Jennie debut sebagai penyanyi solo dengan lagu "SOLO".

Rose

Rose `BLACKPINK` (Soompi)

Memiliki nama asli Park Chae Young, Rose lahir di New Zealand 11 Februari 1997. Rose juga memiliki nama inggris yaitu Roseanne Park dan besar di Australia. Rose adalah main vokal di BLACKPINK. Memiliki tingg 168 cm. Rose memiliki seorang kakak perempuan, bernama Alice Park. Dia pindah ke Korea pada tahun 2012.

Banyak orang yang mengira Rose adalah Orang Asing karena pencucapan dan kemampuan bahasa Korea Rose tidak sebaik member BLACKPINK lain bahkan Lisa lebih terlihat fasih. Rose mengikuti audisi YG di Australia, dan bergabung menjadi anggota terakhir yang diumumkan masuk di BLACKPINK setelah trainee selama 4 tahun 2 bulan. Rose mahir berbicara Inggris dan Jepang. Dia menjadi member yang memiliki masa pelatihan paling singkat.

Rose dikenal memilki suaranya yang unik. Dia bisa memainkan piano dan gitar. Hobinya bermain gitar, menggambar, dan mengendarai sepeda. Rosé lebih suka dipanggil dengan nama aslinya. Rose dekat dengan Chaeyoung dan Tyuzu Twice, Joy dan Yeri Red Velvet, dan dengan Ashley Choi dari Ladies Code. Rose pernah berkolaborasi dengan G-Dragon untuk lagu 'Without You'. Rose lebih suka cowok imut daripada seksi. Seseorang cowok yang baik, tulus, dan memiliki suara yang bagus atau unik.

Lisa

Lisa Blackpink (Instagram/ lalalalisa_m)

Fakta-fakta soal BLACKPINK yang terakhir adalah mengulas anggota termudanya, Lisa. Memiliki nama asli Lalisa Manoban. Lisa merupakan satu-satunya member BLACKPINK yang berasal dari Thailand. Di BLACKPINK ia bertugas sebagai main dance dan rapper di BLACKPINK.

Lahir pada pada 27 Maret 1997, Lisa merupakan anggota termuda di BLACKPINK. Dia memiliki tinggi sekitar 166,5cm. Lisa adalah anak tunggal. Lisa mengikuti audisi YG di Thailand tahun 2011 dan masuk sebagai member BLACKPINK setelah trainee selama 5 tahun 3 bulan. Lisa merupakan anggota kedua yang bergabung di BLACKPINK. Lisa berteman dengan BamBam dari GOT7. Dia pintar berbahasa Korea, Jepang, Inggris, dan China dasar.

Makanan favoritnya adalah kentang goreng dan rosti makanan asal Swiss. Nomor favoritnya adalah 27. Lisa suka menggunakan make-up. Selain pintar bernyanyi, Lisa juga mahir bermain ukulele. Dia juga sangat menyukai fotografi, tak heran dia selalu membawa kamera kemanapun dia pergi dan sangat suka memotret member BLACKPINK. Member yang paling Lisa suka untuk difoto adalah Jennie.

Lisa pernah menempati peringkat ke-15 di The 100 Most Beautiful Faces Of 2017. Dia juga pernah muncul di MV 'Ringa Linga' milik Taeyang Big Bang. Menyukai cowok manis daripada yang seksi. Lisa juga menyukai cowok yang lebih tua, berhati baik, bisa memasak, dan bisa menjaganya dengan baik.

Penghargaan BLACKPINK

Member BLACKPINK hadiri Melon Music Award (MMA) 2018. (dok. Instagram @jennierubyjane/https://www.instagram.com/p/Bq2ZGT0nMzF/Asnida Riani)

Fakta-fakta soal BLACKPINK ini pasti akan membuatmu semakin takjub dengan girlgroup asuhan YG Entertainment ini. Pasalnya, baru sekitar satu tahun semenjak debut, Blackpink sudah mendapat banyak penghargaan musik dan menjadi girlgroup papan atas di Korea Selatan.

Bahkan, mereka sudah memenangkan piala acara musik Inkigayo hanya berjarak 13 hari setelah debut. Beberapa penghargaan musik besar Korea Selatan seperti Gaon Chart Music Awards, Melon Music Awards dan masih banyak lagi sudah didapatkan oleh BLACKPINK.

Fakta-fakta soal BLACKPINK lainnya adalah video klip lagu DDU-DU DDU-DU mereka dari album mini Square Up yang dirilis pada tanggal 15 Juni 2018 telah ditonton lebih dari 600 juta kali. Hal ini membuat MV tersebut menjadi MV grup K-Pop tercepat yang raih 600 juta views. Raihan ini mengalahkan BTS. Apabila video klip lagu DNA milik BTS meraih jumlah penonton 600 juta dalam waktu kurang dari 1 tahun 4 bulan, DDU-DU DDU-DU hanya perlu kurang dari 7 bulan saja.

 

Reporter: Afifah Cinthia Pasha

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak Daftar Lengkap Pemenang Seoul Music Awards 2019

Posted: 15 Jan 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Seoul Music Awards 2019 telah selesai digelar pada Selasa (15/1/2019) kemarin. Dalam acara yang dipandu oleh MC Shin Dong Yup, Kim So Hyun, dan Kim Heechul ini, para musikus ternama Korea Selatan memberikan penampilan prima di panggung ini.

Mulai dari pendatang baru seperti Iz*One dan Stray Kids, penyanyi senior Im Chan Jung, hingga idola populer seperti BTS, Wanna One, Twice, dan Red Velvet, menggebrak panggung Seoul Music Awards 2019.

Menyebut nama ajang tahunan yang digelar ke-28 kalinya ini, tentu tak lengkap tanpa menyimak daftar pemenangnya.

Dalam perhelatan tahun ini, BTS menang besar dengan membawa pulang tiga trofi, termasuk penghargaan paling prestisius, Daesang.

Simak daftar lengkap pemenang Seoul Music Awards 2019 berikut ini:

 

Daftar Lengkap Pemenang Seoul Music Awards (1)

Para pemenang Seoul Music Awards 2019 (Soompi)

Judges' Special Award: ADOY

Band Award: Crying Nut

Hip Hop R&B Award: Drunken Tiger

Ballad Award: Im Chang Jung

Dance Performance Award: Gfriend

Discovery of the Year: Yang Da Il

Fandom School Award: Wanna One

Popularity Award: SHINee

Hallyu Star Award: EXO

Rookie Award: Stray Kids, Iz*One

Daftar Lengkap Pemenang Seoul Music Awards (2)

Wanna One dalam Seoul Music Awards 2019 (Twitter/ WannaOne_twt)

Bonsang: Monsta X, Momoland, NCT 127, iKON, Wanna One, Nu'Est W, BTS, Red Velvet, Mamamoo, Seventeen, Twice, EXO

Best Song: iKON ("Love Scenario")

Best Album: BTS (Love Yourself: Tear)

Daesang: BTS

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenali, Penyebab Seseorang Terkena Kanker Hati

Posted: 15 Jan 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Komika Gebi Ramadan meninggal dunia di tengah perjuangannya melawan kanker hati. Pria yang juga bermain sebagai tukang nasi goreng di film Milly & Mamet ini meninggal di usia 24.

Menurut data Globocan, kanker hati di peringkat keempat kanker yang menyebabkan kematian di 2018. Paling tidak ada 782 ribu kematian akibat kanker hati di 2018 seperti dikutip laman Yayasan Kanker Indonesia, Rabu (16/1/2019).

Kanker hati terbagi menjadi dua jenis. Pertama adalah hepatoma, kanker yang berasal dari sel hati dan berubah menjadi ganas. Kedua metastase atau kanker yang berasal dari organ lain yang menjalar ke hati seperti mengutip Klikdokter.

Penyebab

Walaupun belum diketahui dengan pasti apa yang menjadi faktor-faktor munculnya kanker hati ini, ada beberapa penyakit yang memiliki risiko tinggi seseorang jadi terkena kanker hati yaitu:

- Hepatitis B

- Hepatitis C

- HIV/AIDS

- obesitas

- genetik

 

Gejala

Gebi Ramadhan meninggal karena kanker hati (Instagram: @gebi_ramadhan)

Gejala yang dialami hampir serupa dengan penyakit hati kronis, diantaranya:

- mata dan kulit terlihat kuning

- mual dan muntah

- gatal di seluruh tubuh

- demam berkepanjangan dan tidak jelas akan penyebabnya

- dihampiri rasa tidak nyaman atau nyeri pada perut kanan atas

- ukuran hati membesar

- penurunan berat badan tanpa penyebab yang jelas

- gangguan kesadaran

Apabila Anda mendapati diri Anda dengan gejala-gejala tersebut, secepatnya untuk bertemu dengan dokter dan menanganinya. (Penulis: Annisa Rizky)

 

Saksikan juga video menarik berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan CEO PepsiCo Masuk Bursa Kandidat Presiden Bank Dunia

Posted: 15 Jan 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gedung Putih atau Pemerintahan Amerika Serikat (AS) mengajukan nama Indra K. Nooyi untuk menjadi calon Presiden Bank Dunia. Sebelumnya, nama Ivanka Trump juga sempat mencuat akan menduduki posisi tersebut.

Indra K. Nooyi merupakan mantan CEO PepsiCo yang mengundurkan diri pada Agustus lalu setelah memimpin perusahaan minuman tersebut selama 12 tahun.

Nooyi menjadi salah satu kandidat Presiden Bank Dunia yang diajukan oleh Ivanka Trump, yang saat ini memiliki tugas untuk membantu memilih pemimpin Bank Dunia setelah pengunduran diri Jim Yong Kim.

Dikutip pada laman The New York Times, Rabu (16/1/2019), namun belum jelas apakah Nooyi akan menerima jika nantinya ia terpilih. Berdasarkan tweet Ivanka Trump, Nooyi merupakan mentor dan inspirasi baginya. Hal ini yang membuat namanya menjadi kandidat terkuat untuk memenangkan jabatan Presiden Bank Dunia ini.

Sebelumnya, Nooyi dikabarkan telah makan malam bersama dengan Trump dan beberapa pemimpin bisnis lainnya di Bedminster, N.J. golf club.

Meskipun digadang-gadang menjadi kandidat terkuat, Nooyi memiliki hambatan yang cukup besar akibat dari komentar negatifnya pada saat pemilu 2016, dimana ia tidak secara terbuka mendukung Trump.

Ia berpendapat bahwa kemenangan Trump akan menimbulkan banyak kecemasan bagi karyawan-karyawannya yang merasakan ketidak nyamanan dan takut akan diskriminasi terhadap kulit hitam serta LGBT.

Namun ternyata, hal ini langsung di konfirmasi oleh jubir PepesiCo, menyatakan Nooyi tidak bermaksud untuk menentang kemenangan Trump. Ia hanya menanggapi beberapa pertanyaan karyawannya dan tidak semua karyawannya merasakan kekhawatiran yang sama.

Kandidat Kuat Lain

Indra Nooyi. (AP Photo/Peter Dejong)

Selain Nooyi, ada dua nama lagi yang digadang-gadang akan menjadi kandidat terkuat. Mereka adalah David Malpass, secretary of the Treasury for International Affairs, dan Ray Washburne, presiden Overseas Private Investment Corporation.

David Malpass dipertimbangkan untuk menjadi kandidat karena kesetiaanya terhadap Trump selama ini. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai penasihat ekonomi Trump pada kampanye 2016. Sementara Ray Washburne yang dikabarkan akan menjadi kandidat terkuat pertama pernah bertugas di tim keuangan Trump pada 2016.

Jim Yong Kim mengatakan, awal bulan ini ia akan mundur dan akan bergabung dengan private equity fund Global Infrastructure Partners pada 1 Febuari. Kim awalnya dipilih oleh Obama pada 2012 atas rekomendasi dari Hillary Clinton saat ia menjadi Menteri Luar Negeri, dan diangkat kembali oleh Presiden Barack Obama pada 2016 untuk menjalani periode keduanya.

Ivanka Trump Dikecam Tim Pengawas Kode Etik

Ivanka mendapatkan kecaman karena turut serta membantu pemilihan Presiden Bank Dunia

Proses pemilihan Presiden Bank Dunia akan diawasi oleh Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin, kepala staf Gedung Putih Mick Mulvaney, dan Trump yang diumumkan pada Senin (14/1/2019).

Ivanka Trump yang dikabarkan akan membantu untuk memilih kandidat pimpinan Bank Dunia mendapatkan kecaman dari Dewan Pengawas etik pada Senin. Mengatakan bahwa keturut sertaan Ivanka akan menimbulkan konflik karena tidak seharusnya ia tidak turut campur dalam masalah ekonomi internasional ketika ia belum sepenuhnya melepaskan asetnya. Namun peran Ivanka sangatlah menonjol, karena ia dapat mempengaruhi Trump secara personal.

Diharapkan jika tim penyeleksi ini dapat memulai tahap interview dan memberikan daftar kandidat kepada Trump pada Selasa (15/1/2019)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Ringkus Komplotan Perampas Motor di Surabaya

Posted: 15 Jan 2019 09:10 PM PST

Patroli, Surabaya - Tim Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya meringkus delapan pelaku perampasan motor milik Hoky Yuro Herlambang di Jalan Dokter Moestopo Surabaya, Jawa Timur, Selasa siang kemarin. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (16/1/2019), sebelum beraksi para pelaku menenggak minuman keras, mencegat, lalu memukuli korban yang sedang melintas sendirian.

Selain delapan pelaku yang sudah ditangkap, polisi juga tengah memburu dua pelaku lain. Salah satu pelaku adalah seorang remaja.

Aksi perampasan yang dilakukan komplotan ini terjadi Senin malam, 15 Januari lalu. Warga yang melihat terjadinya perampasan motor sempat merekam aksi komplotan ini. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NASA Umumkan 3 Asteroid Bakal Melintas di Dekat Bumi

Posted: 15 Jan 2019 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tiga asteroid yang melintas mendekati Bumi membuat NASA mengeluarkan peringatan ada "ojek di dekat Bumi".

Asteroid pertama yang mendekati Bumi memiliki panjang 17 meter. Asteroid ini diperkirakan akan melintasi Bumi pada pukul 16.20 waktu Selandia Baru atau sekitar pukul 10.20 WIB.

Mengutip laman Newshub, Rabu (16/1/2019), kemungkinan asteroid ini akan melintasi dengan kecepatan 7380 kilometer per jam.

Asteroid yang diberi nama 2019 AT6 ini berjarak 3,2 juta kilometer dari Bumi.

Memang kelihatannya tidak terlampau dekat, namun NASA menyebutnya sebagai salah satu "objek di dekat Bumi".

Asteroid lainnya yang juga melintas bernama 2019 AM8. Asteroid ini memiliki ukuran sebesar Paus Biru. Kecepatan 2019 AM8 ini dua lipat (40.555 kilometer per jam) dibandingkan dengan kecepan asteriod pertama.

Kemungkinan, asteroid ini bakal melintas Bumi pada Rabu pagi, pukul 05.03 waktu Selandia Baru (pukul 11 malam WIB).

Jarak terdekat antara asteroid 2019 AM8 dengan Bumi, kira-kira adalah delapan setengah kali jarak Bumi dengan Bulan.

Asteroid Ketiga

Kesan seorang seniman yang dirilis oleh European Space Agency menunjukkan objek antar bintang pertama yang ditemukan di Tata Surya, 'Oumuamua. (Sumber: AFP)

Asteroid ketiga yang bakal melintas di dekat Bumi adalah 2019 AG7. Benda ini merupakan yang paling besar di antara ketiga benda yang melintas di Bumi.

2019 AG7 memiliki diameter 51 meter dan tingginya seperti menara miring Pisa.

Asteroid ini memiliki kecepatan lintas 24.333 kilometer per jam. Letaknya sekitar 1,53 juta kilometer dari Bumi.

NASA memprediksi, asteroid ini akan melintas di dekat Bumi pada Rabu 11.43 waktu Selandia Baru.

Timbulkan Malapetaka Jika Tabrak Bumi

Ilustrasi Oumuamua, asteroid yang berasal dari 'dunia lain'. (Foto: ESO/M. KORNMESSER)

Sekadar informasi, asteroid kecil pun bisa menyebabkan kerusakan bila mereka menabrak Bumi.

Pada Februari 2013 misalnya, sebuah meteor berukuran 20 meter mendatangkan malapetaka di kota Chelyabinski Rusia, 1.500 orang luka-luka karena Bumi dihantam benda langit ini.

Pada bulan Januari sendiri, akan cukup banyak asteroid yang melintasi Bumi. Total ada 12 asteroid yang terbang melintasi Bumi hingga akhir bulan.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketum PAN Minta Prabowo Nyanyi-Nyanyi Sebelum Debat

Posted: 15 Jan 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat (PAN) Zulkifli Hasan punya masukan untuk pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno jelang debat perdana capres-cawapres pada besok Kamis 17 Januari 2019. Ia ingin keduanya santai.

"Perlu nyanyi-nyanyi, istirahat, makan enak, ngobrol kumpul keluarga," kata Zulhas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Zulhas menyebut, tak ada persiapan khusus bagi Prabowo-Sandi. Keduanya siap menghadapi debat 100 persen. Apalagi keduanya terbiasa berdebat. Dia berharap Prabowo-Sandi sehat.

"Kalau debat hari hari, politisi kan hari-hari mainannya debat, gak perlu dilatih lagi," ucapnya.

Ketua MPR RI itu menegaskan, Prabowo-Sandi tak perlu dipoles dan latihan. Ia menyarankan hari ini keduanya istirahat supaya fisik sehat.

"Jadi persiapannya biasa biasa saja. Yang penting sehat gitu," tandasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepincut Grand New Daihatsu Xenia 2019, Simak Perbedaan Tiap Variannya

Posted: 15 Jan 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Daihatsu Xenia 2019 mendapatkan pilihan mesin baru yang berkapasitas 1,5 liter. Dengan kehadiran opsi baru, kini Xenia memiliki 5 varian, yaitu 1.3 X, 1.3 X Deluxe, 1.3 R, 1.3 R Deluxe, dan 1.5 R Deluxe.

Kelima varian tersebut memiliki dimensi ukuran yang sama, 4.190 mm x 1.660 mm x 1.695 mm dan dengan jarak sumbu roda 2.655 mm. Perbedaan dari kelima varian itu terletak pada fitur dan aksesori yang menempel di mobil tersebut. Lalu apa saja perbedaan dari kelima varian itu?

1. Grand New Xenia 1.3 X

Varian ini adalah varian terendah dari Grand New Xenia. Grand New Xenia 1.3 X memiliki desain grille berwarna hitam. Varian ini belum dilengkapi lampu sein LED di bagian spion serta spoiler belakang.

2. Grand New Xenia 1.3 X Deluxe

Sama seperti 1.3 X, Daihatsu Xenia 2019 1.3 X Deluxe juga memiliki desain grille berwarna hitam. Hanya saja, 1.3 X Deluxe sudah dilengkapi bumper aerokit di bagian depan dan belakang serta sideskirt di bagian samping. Tidak hanya itu, pada varian ini juga sudah dilengkapi oleh lampu sein LED di bagian spion serta spoiler belakang. Mulai varian 1.3 X Deluxe juga sudah dilengkapi oleh rear spoiler dengan high mounted stop lamp.

3. Grand New Xenia 1.3 R

Varian Daihatsu Xenia 2019 1.3 R memiliki desain grille depan berwarna krom, namun belum memiliki bumper aerokit di bagian depan dan belakang serta sideskirt di bagian samping. Sayangnya, hampir sama dengan 1.3 X, varian ini tidak dilengkapi oleh lampu sein LED di bagian spionnya. Mulai varian 1.3 R sudah dilengkapi oleh Immobilizer, audio steering switch serta retractable mirror.

 

Selanjutnya

4. Grand New Xenia 1.3 R Deluxe

Varian 1.3 R Deluxe memiliki grille depan berwarna krom dan sudah dilengkapi oleh bumper aerokit di bagian depan dan belakang serta sideskirt di bagian samping. Varian 1.3 R Deluxe memiliki lampu sein LED di bagian spion serta sudah dilengkapi oleh front corner sensor.

5. Grand New Xenia 1.5 R Deluxe

Varian terakhir yaitu 1.5 R Deluxe, pada varian ini desain dan sama persis dengan 1.3 R Deluxe. Hanya saja pada varian ini sudah dilengkapi oleh fitur keselamatan seperti ABS dan EBD.

Soal pelek, semua mobil ini menggunakan pelek alloy yang berbeda-beda namun dengan ukuran yang sama yaitu R14 185/70. Masing-masing varian pun dibekali mesin yang berbeda, ada 2 macam.

Grand New Xenia tipe 1.3 X, 1,3 X Deluxe, 1.3 R, dan 1.3 R Deluxe menggunakan mesin 1NR-VE DOHC Dual VVT-i yang berkapasitas 1.329 cc dengan tenaga sebesar 95 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.200 rpm. Sedangkan, khusus varian 1.5 R Deluxe menggendong mesin 2NR-VE DOHC Dual VVT-i yang berkapasitas mesin 1.496 cc yang memuntahkan tenaga sebesar 102 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm.

Kedua pilihan mesin tersebut sama-sama akan di-support oleh dua pilihan transmisi yaitu manual 5 percepatan serta otomatis 4 percepatan. Semua pilihan transmisi ini tersedia untuk semua varian.

Namun begitu, kelima varian juga memiliki persamaan. Seperti lampu depan yang sudah mengadopsi LED, shark fin antena, desain center cluster, pengaturan AC secara digital, double din touchscreen audio, speaker audio 6 titik, dan power outlet.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tertangkap Polisi, Pelaku Hoaks Mengaku Iseng dan Cuma Cari Sensasi

Posted: 15 Jan 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Gorontalo - Penyebar hoaks di media sosial makin tak terkontrol. Di Gorontalo, seorang pemuda berhasil ditangkap polisi lantaran menyebar kabar bohong alias hoaks yang meresahkan warga. Bahkan akibat kabar bohon itu, warga sempat was-was dan tak mau ke luar rumah.

Saat ditangkap pemuda berinisial JRD (23) warga Desa Ikhwan, Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow mengaku iseng dan hanya mencari sensasi. Namun demikian Polres Gorontalo Kota tetap memprosesnya secara hukum.

Pelaku JRD menyebarkan hoaks melalui akun media sosialnya bahwa ada peristiwa pembunuhan sadis di Gorontalo. Dalam kabar bohong tersebut pelaku JRD mengunggah sebuah video kecelakaan lalu lintas, namun dirinya menyebut adanya peristiwa pembunuhan sadis di kompleks Terminal 1942, Kota Gorontalo. 

Tak hanya itu, pelaku JRD juga sempat mengaku dirinya menjadi korban penganiayaan benda tajam akibat bentrok antar kelompok yang terjadi di Terminal 1942 tersebut.

"Setelah kami pengecekan di TKP (Tempat Kejadian Perkara), ternyata kejadian itu tidak benar," kata AKP Handy Senonugroho Kasat Resrim Polres Gorontalo Kota, Selasa (15/1/2019).

"Yang bersangkutan sudah kita amankan di Sat Reskrim Polres Gorontalo Kota untuk proses lebih lanjut," lanjut Handy.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo, AKBP Wahyu Tri Cahyono SIK mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar bijaksana dalam menggunakan media sosial.

"Jangan mudah menyebarkan hoaks. Ada hukum pidananya," tegas Wahyu.

Dalam pasal 14 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana, telah diatur barang siapa menjadi penyebar hoaks atau berita bohong yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat dapat dikenakan sanksi pidana maksimal 10 tahun.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: