Kamis, 17 Januari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ada 1.523 Pelanggaran Selama 3 Bulan Masa Kampanye

Posted: 17 Jan 2019 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada masa kampanye Pemilu 2019, Sentra Penegakan Hukum Terpadu atau Sentra (Gakkumdu) menerima 1.523 laporan pelanggaran sepanjang Oktober 2018 hingga Januari 2019.

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan, 176 laporan di antaranya merupakan pelanggaran kampanye ketika sudah diselidiki. Sedangkan, 1.347 laporan tidak terpenuhi unsur pelanggaran pidana pemilu.

"Dari 176 laporan, 42 diteruskan ke Polri karena termasuk kategori tindak pidana," kata Dedi dalam keterangan tertulis, Jumat (10/1/2018).

Dia pun merinci dari 42 laporan tersebut, sebanyak 29 pekara telah tahap 2, selanjutnya 3 perkara SP3 karena kurang cukup bukti. Sementara, 10 perkara masih tahap sidik.

"Seluruh laporan berasal dari masyarakat. Kemudian masyarakat melapor ke Sentra (Gakkumdu)," ujar dia.

Berikut data penyidikan tindak pidana pemilu sepanjang Oktober 2018 hingga Januari 2019:

1. Pemalsuan: 15 perkara berasal dari Kalimantan Selatan, Boalemo, Gorontalo, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, dan Sulawesi Utara.

2. Kampanye di luar jadwal: 3 perkara dari sentra gakkumdu pusat dan Maluku Utara.

3. Tidak menyerahkan salinan DPT ke parpol: 1 perkara di Kabupaten Bogor.

4. Politik uang: 11 perkara di Jakarta Timur, Kabupaten Semarang, Karimun, Jakarta Pusat, Gorontalo, Cianjur, Singkawang, Halmahera Utara, Boyolali, dan Bantul.

5. Tindakan/keputusan yang untung rugikan salah satu calon: 7 perkara berada di Mamuju Utara, Mojokerto, Banjarnegara, Buton, Indragiri Ilir, dan Tegal.

6. Menghina peserta pemilu: 1 perkara di Solok

7. Kampanye libatkan pihak yang dilarang: 1 perkara di Kabupaten Bima.

8. Kampanye di tempat ibadah/pendidikan: 1 Perkara di Kota Palu.

9. Kampanye gunakan fasilitas negara: 1 perkara di Sleman.

10. Pihak yang dilarang sebagai pelaksana/tim kampanye: 1 perkara di Dompu.

Tingkatkan Kualitas Pemilu

Sementara, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, penyelenggara Pemilu, yaitu Bawaslu dan KPU membutuhkan peran masyarakat untuk meningkatkan kualitas pesta demokrasi 2019.

"Bagaimana Bawaslu menjadi bahagian strategis dalam peningkatan pendidikan politik dengan menempatkan masyarakat sebagai garda terdepan dalam melakukan pengawasan tahapan Pemilu 2019," ujar Ratna dalam refleksi akhir tahun Bawaslu Sulawesi Tengah, di Palu, seperti dilansir Antara, Rabu (2/1/2019).

Menurutnya, tidak sedikit yang menjadi objek pengawasan Bawaslu dalam Pemilu 2019, meski dari jumlah partai politik tidak ada tambahan yang besar.

Tetapi, kata Ratna, dari sisi jumlah calon anggota legislatif, tercatat untuk DPR RI sebanyak 7.968 orang, DPD 907, dan DPRD provinsi se-Indonesia berjumlah 28.367 orang.

"Mengelola ini menjadi kekuatan besar untuk menghadirkan Pemilu yang berkualitas tentu tidak mudah," ucapnya.

Mantan Ketua Bawaslu Sulteng itu mengatakan, fungsi partai politik untuk menjalankan atau memainkan pendidikan politik di masyarakat belum terlaksanakan dengan maksimal.

"Di sisi lain partai politik juga minim respons, ketika penyelenggara Pemilu mengundang dalam kegiatan-kegiatan atau pertemuan-pertemuan. Karena itu kepedulian partai politik juga perlu kita dorong," kata Ratna.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampakan Noni Belanda di Bekas Rumah Sakit Pertama di Probolinggo

Posted: 17 Jan 2019 10:04 PM PST

Liputan6.com, Probolinggo - Museum Dr. Moh Saleh di Jl dr Moh Saleh, Kelurahan Tisno Negaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur ini merupakan peninggalan sejarah pada masa kolonial Belanda.

Museum ini dulunya bekas kediaman dr Moh Saleh yang juga sekaligus rumah sakit pertama kali di Kota Probolinggo. Kala itu sudah menjadi kebijakan pemerintahan belanda untuk membangun rumah sakit di setiap daerah kekuasaannya.

Tak heran jika museum ini seperti arsitektur bangunan Belanda. Namun museum tersebut justru terkenal dengan cerita keangkerannya. Warga sekitar pun mengaku sering melihat penampakan mahluk halus.

Happy, salah satu warga mengatakan, di kawasan museum peninggalan kolonial belanda itu sering terlihat sosok noni Belanda. Seringkali noni muncul di ruang depan museum tersebut. Malah beberapa pengunjung dikabarkan sering tak sadarkan diri karena melihat mahluk astral.

"Memang museum tua itu sangat angker. Warga Kota Probolinggo sudah banyak yang mengetahui, saya sendiri saat ngopi di warung sebelah museum itu sempat melihat sosok wanita namun kurang jelas, seperti noni belanda gitu," katanya, Kamis (17/1/2019).

Rudi (26) anak asuh Almarhum Dr. Abubakar Saleh, Putra dari Dr. Moh Saleh pendiri Museum Dr.Moh Saleh mangungkapkan, bahwa memang tempat tersebut angker, namun rata-rata yang diganggu pengunjung wanita.

"Ya memang tempat ini angker mas, bahkan dulu pernah ada orang hilang di dalam ruangan museum ini, namun kini sudah sering ditempati karyawan museum kalau siang mas, ya mungkin sudah berkurang keangkerannya," ungkapnya saat ditemui di area museum.

Yai Mas Gufron Al Amiri, ahli Supranatural asal Kota Probolinggo menjelaskan, intensitas gaib yang ada di museum tersebut sangat kuat, ditunjang dengan jarangnya tempat tersebut dimasuki manusia. Apalagi ruangan-ruangan yang ada di museum dinilai kurang bersih dan lembab.

"Ya memang museum peninggalan belanda itu ada penunggunya, sementara yang saya dapat lihat sesosok wanita belanda dan sesosok wanita jawa yang berpenampilan seperti perawat rumah sakit, namun hal itu akan netral bila museum tersebut sering ditempati dan dibersihkan," jelasnya.

Museum dari bekas rumah sakit pertama itu kini dikelola Pemerintah Kota Probolinggo sebagai salah satu tempat bersejarah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hidung BMW Ini Besar Banget

Posted: 17 Jan 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjawab tantangan Mercedes-Benz S-Class, BMW menghadirkan 7 Series LCI (Life Cycle Impulse). Model ini hadir dengan tampilan lebih segar dibanding pendahulunya yang terakhir mengalami ubahan pada 2015.

Apa yang baru dari sedan bongsor ini sudah terbongkar sebelumnya. Bagian paling menarik perhatian, jelas grille double-kidney khas Bimmer. Sekarang berubah amat besar sampai hampir memenuhi seluruh wajah. Jauh melampaui ukuran terdahulu. Ini bakal menjadi ciri desain baru, yang dimulai pertama kali oleh BMW X7.

Selain ukurannya besar, ditambah rangka satu bagian yang mengelilingi seluruh grille. Sehingga tampak menyatu di tengah, yang semestinya menjadi dua area, kini tampak bagai satu grille raksasa. Setelah dihitung, pertumbuhannya mencapai 40 persen. Bisa dipastikan volume udara yang masuk ke ruang mesin juga meningkat.

Grille membengkak mengakibatkan dua lampu utama di kedua sisi menyusut. Dalamnya memakai desain baru yang membuat tampilan 7 Series benar-benar berubah. LED sudah standar, tapi teknologi Laser baru sekarang tersedia. Bumper ikut diubah dengan sudut menyipit di ujung air dam. Setelah ditelusuri, desainnya terinspirasi langsung dari BMW Vision Luxury Future Concept.

Kap mesin sedikit diubah dengan cara menambah guratan garis agar lebih atletis. Ventilasi samping tetap berfungsi, hanya bagian stik hoki berubah bentuk tegak lurus. Lampu belakang turut diperbarui tanpa mengubah pola. Gayanya mengingatkan 8 Series. Secara keseluruhan, desain 7 Series semakin ganteng dan penuh wibawa.

Interior 7 Series tidak alami banyak ubahan seperti luar. Desain dasbor masih sama, hanya mendapat beberapa fitur baru. Seperti sistem iDrive terbaru dan Digital Cockpit.

Sebelumnya tidak ada, sehingga teknologi 7 Series sudah mengejar 5 Series G30. BMW Intelligent Personal Assistant tersedia dalam bagian Operating System (OS). Asisten berwujud digital dapat diaktifkan dengan hanya menyebut "Hey BMW".

 

Selanjutnya

Varian 7 Series LCI masih sama, hanya saja mengalami peningkatan output mesin. Paling dasar adalah BMW 740i, ditenagai mesin B58 inline-six 3,0 liter turbocharged bertenaga 335 hp dan torsi 448 Nm.

BMW 750i xDrive tetap dengan mesin V8 4,4 liter twin-turbo seperti milik M850i. Tenaganya sebesar 523 hp dengan torsi maksimum 750 Nm.

Paling besar tentu BMW M760i xDrive yang mengusung mesin V12 6,6 liter twin-turbo. Dayanya sedahsyat 600 hp dan torsi raksasa 850 Nm. Cukup melesatkan M760i dari diam menuju 100 km/jam dalam 3,6 detik.

Untuk pasar Eropa ada tiga varian diesel: 730d, 740d dan 750d. Namun yang menarik perubahan untuk varian hybrid. BMW 740e digantikan 745 xDrive, yang sekarang memakai mesin bensin inline-six 3,0 liter turbo.

Tersedia dua bodi untuk dipilih konsumen. Versi wheelbase panjang mendapat ekstra 14 cm untuk menciptakan ruang kaki superlapang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Pesepak Bola dengan Tarif Postingan di Instagram, Cristiano Ronaldo Termahal

Posted: 17 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo tidak hanya lihai di atas lapangan hijau. Bintang Juventus asal Portugal tersebut ternyata juga pintar dalam memenuhi pundi-pundinya dari luar sepak bola.

Cristiano Ronaldo memanfaatkan ketenarannya sebagai pesepak bola terbaik dunia lewat media sosial. Ia mematok tarif mahal untuk produk bermerek yang berseliweran di akun Instagram milinya.

Menurut HopperHQ, lembaga yang rutin mencermati tren Instagram, Cristiano Ronaldo menjadi pesepak bola yang memasang tarif termahal untuk unggahan produk dalam Instagram miliknya.

Berikut 4 pesepak bola dunia dengan tarif per unggahan di Instagram seperti dikutip dari Sokka:

4. David Beckham - US$ 300 Ribu

David Beckham. (AFP/Rhona Wise)

David Beckham memutuskan pensiun dari lapangan hijau pada 2013 lalu. Paris Saint-Germain merupakan klub terakhir yang dibela pesepak bola asal Inggris tersebut.

Beckham dikenang karena tendangan bebas dan sudutnya yang ikonik karena menciptakan, membantu, dan mencetak banyak gol dalam kariernya. Dia memenangkan segalnya di Manchester United sebelum pindah ke Real Madrid pada 2003.

Beckham sangat populer ketika masih bermain. Namun hampir lima tahun sejak memutuskan pensiun, uang masih mengikuti mantan kapten timnas Inggris tersebut. Dia mendapatkan US$ 300 ribu atau sekitar Rp 4,2 miliar untuk unggahan produk di Instagram miliknya dengan 53,4 juta pengikut.

Andai saja Instagram sudah ada saat Beckham masih berjaya, dia akan mendapatkan penghasilan lebih besar dari yang didapat Cristiano Ronaldo.

3. Lionel Messi - US$ 500 Ribu

Bintang Barcelona Lionel Messi (AFP/Lluis Gene)

Satu-satunya perbedaan antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo adalah pendekatan mereka terhadap Media. Ini berlaku untuk media umum dan media sosial atau baru.

Ronaldo suka diikuti oleh kamera, sementara Messi lebih menyukai ketenangan. CR7 juga ingin terlihat ketenarannya, tidak seperti Messi yang lebih suka merendah.

Jejak Ronaldo diikuti Neymar. Karena itu, Neymar menghasilkan lebih banyak pendapatan dari Messi lewat akun Instagram miliknya. Messi diperkirakan hanya mendapat US$ 500 ribu atau sekitar Rp 7 miliar untuk unggahan produk di Instagram.

Bintang Barcelona ini memiliki 106 juta pengikut. Besaran pengikut akan menentukan berapa banyak yang Anda hasilkan.

2. Neymar - US$ 600 Ribu

Bintang Paris Saint-Germain Neymar. (AFP/Frank Fife)

Neymar dapat menyalip Cristiano Ronaldo dalam beberapa tahun mendatang untuk besarnya penghasilan iklan di Instagram. Kini, vintang asal Brasil itu menetapkan harga US$ 600 ribu atau sekitar Rp 8,6 miliar untuk unggahan produk di Instagram miliknya. Neymar memiliki 109 juta pengikut.

Meski demikian, Neymar harus bekerja keras untuk membantu Paris Saint-Germain memenangkan lebih banyak gelar. Sebab, hal itu tentunya akan meningkatkan daya tawarnya di bidang pemasaran dan promosi.

Neymar saat ini berstatus sebagai pemain termahal di dunia. PSG harus membayar 198 juta pound untuk memboyongnya dari Barcelona.

1.Cristiano Ronaldo- US$ 750 Ribu

Bintang Juventus Cristiano Ronaldo. (AFP/Marco Bertorello)

Cristiano Ronaldo tidak hanya jenius di lapangan, tapi juga magnet uang. Bintang Juventus telah berinvestasi dengan namanya baik di dalam maupun luar lapangan.

CR7 memiliki sejumlah produk dengan namanya belakangan ini. Mulai dari pakaian, sepatu boa, sepatu kets, hotel, dan lainnya.

Tak hanya itu, Ronaldo juga meraup pendapat besar dari media sosial. Merek-mereka terkenal ingin dikaitkan dengannya karena pengaruhnya yang besar di internet.

Menurut HooperHQ.com, Ronaldo menghasilkan US$ 750 ribu atau sekitar Rp 10,6 miliar untuk per unggahan produk di akun Instagram miliknya. Saat ini, dia memiliki 151 juta pengikut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muncikari Sasar Pelajar dalam Bisnis Prostitusi di Lampung Timur

Posted: 17 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di penghujung 2018, jajaran Polres Lampung Timur menangkap para tersangka dalam kasus prostitusi anak di bawah umur berstatus pelajar.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengapresiasi upaya Polres Lampung Timur yang telah membongkar sindikat perdagangan orang (anak) korban prostitusi berbasis daring (online) tersebut.

Dari laporan yang diterima KPAI, tersangka PI (36) dan BA (21) mengaku telah menjalankan bisnis prostitusi tersebut selama kurang lebih tiga bulan pada sedikitnya tiga orang anak. Kasus prostitusi anak ini termasuk kejahatan yang sangat serius.

"Sangat memprihatinkan, sesuai laporan akhir tahun 2018 yang dikeluarkan KPAI secara resmi. Angka anak korban prostitusi menempati angka tertinggi dalam kasus trafficking dan eksploitasi. Selama tahun 2018 mencapai 92 kasus," kata Komisioner Bidang Trafficking dan Eksploitasi Anak Ai Maryati Solihah melalui rilis yang dikirimkan kepada Health Liputan6.com, Jumat, (18/1/2019).

KPAI juga memonitor agar kepolisian mengembangkan penyelidikan. Diduga berkorelasi dengan prostitusi di Kota Metro Lampung beberapa waktu yang lalu.

Dugaan sindikat TPPO yang menyasar pelajar tersebut dapat dijerat UU No 21 Tahun 2007 tentang PTPPO junto UU No 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dengan hukuman 15 tahun maksimum.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Dorong rehabilitasi

Dorong pemda lakukan rehabilitasi.

Ai menambahkan, KPAI mendorong pemerintah daerah Lampung Timur menjalankan proses rehabilitasi korban dengan tidak mengenyampingkan hak pendidikan korban. Hal ini bertujuan agar korban tidak putus sekolah.

Anak diberikan waktu untuk menjalankan proses hukum dengan tetap melindungi hak dasar/pendidikan anak-anak ini. Berdasarkan informasi yang KPAI peroleh dari P2TP2A Propinsi Lampung, saat ini anak-anak terindikasi dalam keadaan traumatis, terutama kasusnya diketahui banyak orang.

"Mereka takut tidak bisa sekolah lagi, malu dengan teman-temannya, dan takut dengan orang tuanya. Kami juga menghimbau agar kasus ini mendapat perhatian sesuai ketentuan korban TPPPO dengan melindungi hak restitusi anak atas kerugian yang dialami," tutup Ai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Jokowi akan Meresmikan Penyambungan Listrik Gratis di Garut

Posted: 17 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Garut - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan penyambungan listrik gratis bagi masyarakat tidak mampu, di Kampung Pasar Kolot, Kecamatan Cibatu, Kabupten Garut. Rencananya J‎okowi akan meresmikan penyambungan listrik gratis, Jumat (18/1/2019) ini.

Dari pantauan Liputan6.com, di lokasi tersebut ada empat rumah yang akan menikmati penyambungan listrik gratis. Lokasi tepatnya di Kampung Pasar Kolot RT 02 RW 01, Kecamatan Cibatu, Kabupten Garut.

‎Ketua RW 01 Kampung Pasar Kolot, Dadang Rusana‎ mengatakan, dirinyalah yang mendaftarkan warga tersebut sebagai penerima penyambungan listrik gratis ke kelurahan. Ternyata pengajuan tersebut langsung ditindaklanjuti PT PLN (Persero).

"Ada info dari desa melalui RW diajukan. Ada empat rumah tangga. Saya data persyaratannya fotocopy KTP dan KK. Nggak lama di survey, pemasangan instalasi kurang lebih satu bulan sudah menyala," tutur Dadang kepada wartawan.

Program penyambungan listrik gratis merupakan program sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), untuk memberikan rasa keadilan bagi masyarakat tidak mampu.

Selain meresmikan penyambungan listrik gratis, Jokowi dijadwalkan membagikan sertifikat sambungan listrik gratis kepada 30.937 rumah tangga miskin dan rentan miskin di Garut, Jawa Barat.

Konsumsi Listrik RI Masih Tertinggal dari Malaysia dan Singapura

Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (6/10). PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan kondisi listrik di Kota Palu semakin membaik pasca gempa dan tsunami. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Andy Noorsaman Sommeng mengakui, konsumsi listrik Indonesia masih tertinggal dengan negara-negara Asean antara lain Malaysia dan Singapura.

Saat ini rata-rata konsumsi listrik Indonesia baru mencapai 1.064 kWh/kapita. "Bukan paling kecil. Ya tapi kalah dengan Malaysia, kalah dengan Singapura. Malaysia itu sudah 4.000 kWh/kapita. Singapura 8.000 kWh/kapita. Kita baru 1.064 kWh/kapita. Tahun ini diharapkan 1.200 kWh/kapita," kata dia saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Andy mengatakan, konsumsi listrik di daerah DKI Jakarta sudah bisa menyamai dengan kondisi konsumsi listrik yang ada di Malaysia. Rata-rata konsumsi listrik di Jakarta telah mencapai 3.5000 hingga 4.000 kWh/kapita.

"Jadi kalian kalian ini sudah di negara cukup baik kalau tinggalnya di Jakarta. Tapi kalau saudara saudara kita di NTT tadi itu harus kita kejar supaya jika nantinya kWh/kapitanya tinggi," kata dia.

Andy menambahkan, kondisi saat ini berbeda dengan beberapa waktu lalu. Jumlah konsumsi listrik pada waktu itu masih dibatasi, sedangkan sekarang diperbolehkan untuk menambah peningkatan daya listrik.

"Sekarang mau nambah daya berapapun bisa apalagi kaya di Jakarta. Dengan meminta listrik sambungan premium. Bisa di Jakarta. Contohnya sekarang kenapa kita sudah menjadi indikator listriknya sudah cukup baik di Jakarta? (Bisa dilihat) saat Asian Games bagaimana kembang api, permainan lampunya, sedikitpun tidak menggangu. Cukup berbanggalah dengan kondisi listrik sekarang," ujar dia.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda yang Dilakukan Jokowi dan Prabowo Saat Jeda Iklan Debat Pilpres 2019

Posted: 17 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Selesai sudah debat capres dan cawapres 2019 perdana yang berlangsung, Kamis (17/1/2019) malam. Debat tersebut tentu menjadi sorotan publik di Tanah Air. Selain berjalan kondusif, debat perdana itu juga sangat menarik.

Ada empat tema yang dibahas dalam debat pertama ini, di antaranya hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Debat yang di moderatori Ira Koesno dan Imam Priyono ini berlangsung pukul 20.00 WIB, selama 90 menit.

Kedua pasangan capres-cawapres didukung para pendukungnya yang duduk berada di belakang kedua pasangan calon. KPU juga telah menyediakan 500 undangan untuk pengunjung di dalam ruangan ruang debat, 300 undangan merupakan undangan dari KPU RI, sedangkan 200 undangan diberikan kepada kedua pasangan calon.

Debat capres dan cawapres yang terdiri dari enam segmen ini setiap pergantian segmen akan diberikan sesi jeda iklan. Ada sejumlah kegiatan yang dilakukan kedua pasangan capres-cawapres saat menunggu jeda tayangan iklan televisi.

Kedua pasangan ini terlihat mengisi waktu dalam jeda untuk mendatangi tim suksesnya masing-masing. Jokowi terlihat asik berswafoto bersama tim suksesnya. Sementara itu, Prabowo juga mendatangi tim suksesnya untuk menyalami mereka. Prabowo terlihat asik berbincang dan tertawa bersama elit partai politi koalisi timnya. Hal itu beberapa kali terjadi saat jeda iklan segmen selanjutnya.

Penasaran apa saja yang dilakukan kedua pasangan capres dan cawapres saat jeda iklan debat perdana ini? Berikut potretnya seperti dirangkum dari akun Instagram @indonesia.pusaka dan @prabowosandidenpasar.

1. Raut bahagia Jokowi saat berswafoto bersama tim suksesnya

(indonesia.pusaka/instagram.com)

2. Selain itu, Jokowi terlihat berbincang dengan tim suksesnya

(indonesia.pusaka/instagram.com)

3. Sementara, paslon nomor urut 02 tampak mengobrol bersama tim suksesnya

(prabowosandidenpasar/instagram.com)

4. Pasangan Prabowo-Sandi juga menyapa tim sukses lainnya yang hadir

(prabowosandidenpasar/instagram.com)

Reporter:

Nur Luthfiana Hardian

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pangeran Philip Alami Kecelakaan Mobil, Begini Kondisinya

Posted: 17 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip, mengalami kecelakaan mobil pada Kamis (17/1/2019) pukul 03.00 sore waktu setempat. Kecelakaan ini terjadi tak jauh dari perkebunan Ratu Elizabeth II di Sandringham, Norfolk.

Dari foto yang beredar, mobil Land Rover yang dikendarai Pangeran Philip terlihat terbalik dengan puing berserakan. Beruntung Duke of Edinburgh ini tak mengalami luka parah.

Tak lama setelah peristiwa nahas ini terjadi, tim dokter pun tiba di lokasi kejadian. Sementara Pangeran Philip selamat, dua orang lainnya yang juga terlibat dalam kecelakaan mengalami cedera.

"Pengemudi lainnya menderita luka-luka sementara penumpang wanita mengalami cedera lengan, keduanya membutuhkan perawatan di rumah sakit," kata polisi seperti dilansir dari situs CNN, Jumat (18/1/2019).

Menyedot Perhatian

Pangeran Philip, suami Ratu Inggris, Elizabeth II (AP/Alastair Grant)

Tak butuh waktu lama, berita tentang kecelakaan ini seketika menyedot perhatian berbagai media masa. Kecelakaan ini juga mendominasi pemberitaan di Daily Mail dan The Sun.

Setelah kecelakaan terjadi, banyak pihak bertanya-tanya, mengapa Pangeran Philip masih diperbolehkan mengendarai mobilnya sendiri di usianya yang telah menginjak 98 tahun.

SIM

(AP/Matt Holyoak)

Terkait surat izin mengemudi, Kerajaan Inggris memiliki persyaratan sendiri. Bagi yang berumur lebih dari 70 tahun, diharuskan memperbarui SIM-nya setiap tiga tahun sekali untuk mengukur standard kelayakan dalam mengemudi.

Dan seorang perwakilan kerajaan mengatakan bahwa pangeran masih memiliki lisensi. Ia juga mengikuti semua prosedur kerajaan dengan memperbarui SIM-nya setiap tiga tahun sekali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Periksa Studio Rekaman R. Kelly

Posted: 17 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polisi memerika studio R. Kelly ketika warga berunjuk rasa di depan studio. Mereka meminta R.Kelly dieluarkan dari label rekamannya karena kasus tuduhan pelecehan seksual

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uni Afrika Desak Republik Demokratik Kongo Tunda Pengumuman Hasil Pemilu

Posted: 17 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Kinshasa - Uni Afrika (AU) meminta Republik Demokratik Kongo (RD Kongo) untuk menunda pengumuman hasil pemilu presidennya, guna menghindari kisruh lebih jauh di tengah masyarakatnya.

Organisasi pan-Afrika itu, yang bertujuan untuk mempromosikan persatuan dan demokrasi, mengatakan pihaknya memiliki "keraguan serius" tentang hasil sementara yang dirilis pekan lalu.

Dikutip dari BBC pada Jumat (18/1/2019), kandidat oposisi Felix Tshisekedi dinyatakan sebagai pemenang, tetapi, lawan lain dari pemerintahan saat ini, Martin Fayulu, mengklaim bahwa dirinya-lah yang meraih suara terbanyak.

Sementara itu, penghitungan suara pada pemilu RD Kongo dijadwalkan jatuh tempo pada hari Jumat ini.

Sejumlah kepala negara dan pemerintah AU bertemu di ibukota Ethiopia, Addis Ababa, pada hari Kamis, dan mengeluarkan pernyataan bersama dalam menyikapi sengketa pemilu di RD Kongo pada 30 Desember lalu.

"Ada keraguan serius pada kesesuaian hasil sementara, sebagaimana dinyatakan oleh Komisi Pemilihan Umum Independen," bunyi pernyataan terkait.

"Karena itu, (AU) menyerukan penangguhan pengumuman resmi hasil akhir pemilu Kongo," tambahnya.

 

Simak video pilihan berikut:

Beberapa Kecurigaan pada Hasil Penghitungan Suara

Presiden Republik Demokratik Kongo Joseph Kabila (AP)

Di lain pihak, Fayulu menuduh pemenang sementara, Tshisekedi, membuat kesepakatan dengan Presiden Joseph Kabila yang akan segera lengser.

Kabila sendiri telah berkuasa selama 18 tahun terakhir, dan mengatakan bahwa hasil pemilu terkini akan menciptakan --untuk pertama kalinya-- transfer kekuasaan yang tertib di Kongo, sejak negara itu menerima kemerdekaan dari Belgia pada 1960 silam.

Komisi pemilihan umum Kongo mengatakan Tshisekedi meraih 38,5 persen suara, beberapa tingkat lebih tinggi dibandingkan Fayulu, yang mendapat 34,7 persen.

Adapun kandidat koalisi yang berkuasa, Emmanuel Shadary, dikabarkan hanya mampu meraih suara sebesar 23,8 persen.

Fayulu dikabarkan akan mengajukan banding di Mahkamah Konstitusi Kongo pada Sabtu esok, menuntut penghitungan ulang suara secara manual.

Tetapi pengadilan tidak pernah membalikkan hasil sebelumnya, dan beberapa orang berpikir sebagian besar hakimnya dekat dengan partai yang berkuasa.

Deklarasi Tshisekedi sebagai pemenang juga telah diperdebatkan oleh Gereja Katolik yang berpengaruh, di mana mengatakan pihaknya telah mengerahkan 40.000 pemantau pemilu di seluruh negeri.

Pakar politik internasional yang berbasis di AS, dan pemerintah Prancis dan Jerman, juga menyatakan keraguan serupa terhadap hasil pemilu Kongo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanaman Pertama yang Tumbuh di Bulan Malah Mati

Posted: 17 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Misi Chang'e-4 menjelajah sisi tergelap Bulan tak dapat berjalan dengan yang seperti diperkirakan.

Terbaru, upaya Badan Antariksa Tiongkok untuk menanam benih di permukaan Bulan, dilaporkan gagal total.

Dilansir Live Science pada Jumat (18/1/2019), benih kentang, kapas, dan tanaman berjenis Arabidopsis thaliana yang dibawa dari Bumi, tidak dapat tumbuh di Bulan.

Menurut penjelasan pimpinan eksperimen Chongqing University Liu Hanlong, Bulan memiliki gravitasi rendah dan radiasi tinggi, sehingga membunuh benih tersebut untuk berkembang.

Untuk informasi, eksperimen tanaman ini dimulai beberapa jam sesaat setelah Chang'e-4 mendarat di Bulan, tepatnya di lokasi Von Karman.

Sebetulnya, kala itu, benih kapas mampu bertahan dalam kondisi ekstrem, tetapi kaleng kecil yang menyimpan benih-benih tidak memiliki pemanas otomatis, sehingga suhu dingin Bulan justru malah mematikan benih-benih ini.

"Suhu di dalam kaleng penyimpan benih 1 liter ini mencapai -52 derajat Celcius, dan eksperimen berakhir setelah 212 jam," ujar Hanlong.

"Mengapa kentang dan Arabidopsis? Karena, periode pertumbuhan Arabidopsis pendek dan nyaman untuk diamati. Dan, kentang bisa menjadi sumber makanan utama bagi para pelancong ruang angkasa di masa depan," tambahnya menerangkan.

"Eksperimen kami mungkin dapat membantu mengumpulkan pengetahuan untuk membangun basis Bulan dan tempat tinggal jangka panjang di Bulan," pungkasnya.

 

Kolaborasi 28 Universitas di Tiongkok

Bulan, satelit alami Bumi (NASA)

Eksperimen "biosfer" ini merupakan kolaborasi antara 28 universitas Tiongkok, yang dipimpin oleh Universitas Chongqing.

Percobaan ini dilakukan pada kaleng silinder berbahan aluminium dengan kapasitas 1,4 liter (0,8 liter), dan beratnya sekitar 3 kilogram.

Berat itu terdiri dari pupuk, nutrisi, dan air. Sinar matahari masuk ke dalam wadah melalui "tabung," dan kamera kecil digunakan untuk mengamati lingkungan itu.

Akan Dikirim ke Bumi

Pemandangan Bumi dari Bulan. (Doc: NASA)

Data itu akan kembali ke Bumi melalui sistem relai yang telah disiapkan Tiongkok.

Sebelumnya, Arabidopsis telah tumbuh di ruang angkasa termasuk dalam satu percobaan di Stasiun Luar Angkasa Internasional, yang menunjukkan daun tanaman tampak naik dan turun ketika mereka mendeteksi gravitasi Bulan.

Namun, banyak pertanyaan masih terus muncul menyangkut bunga dan kesuburan tanaman itu saat tinggal di Bulan.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Dominan di Debat Pertama, Ma’ruf Amin Siapkan Diri Hadapi Debat Ketiga

Posted: 17 Jan 2019 09:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada debat capres cawapres yang pertama, calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin dinilai sedikit bicara ketimbang pasangannya Joko Widodo. Ma'ruf sendiri mengamini tidak banyak bicara pada debat pilpres Kamis 17 Januari 2019 malam, mengingat posisinya yang sebagai calon wakil presiden.

Kendati demikian, dia mengaku akan menggenjot performa pada saat debat cawapres. Ketika itulah, dia memiliki keleluasaan penuh untuk berbicara.

Debat cawapres merupakan debat ketiga yang akan digelar pada 17 Maret 2019 dan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakejaan, sosial, dan budaya. 

Menurut Ma'ruf Amin, pada saat itu, timnya masih mengumpulkan sejumlah data untuk dielaborasi.

"Sekarang ini, tahapnya tentu mengumpulkan bahan," kata Ma'ruf Amin di kediamannya, Jakarta Pusat, Jumat (18/1/2019).

Pematangan isu pada debat ketiga wajib dilakukan karena Ma'ruf menganggap banyak hal terkait kebijakan pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla yang akan dikritik lawannya, Sandiaga Uno.

"Itu kan juga tentu yang akan diserang juga kebijakan yang sudah berjalan," ujar Ma'ruf Amin.

 

Soal Debat Pilpres

Capres dan Cawapres nomor urut 01 dan 02 Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bersalaman saat Debat Perdana Capres 2019 di Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Diketahui dua capres-cawapres akan menjalani lima kali debat. Debat pertama diselenggarakan semalam, 17 Januari 2019, dengan mengangkat tema korupsi, HAM, terorisme, dan penegakan hukum.

Debat kedua membahas isu energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur yang akan diselenggarakan pada 17 Februari. Pada debat kedua hanya menampilkan kandidat capres.

Debat ketiga pada 17 Maret akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. Di sini hanya menampilkan kandidat cawapres.

Debat keempat pada 30 Maret akan membahas tentang ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional. Pada debat ini, menampilkan capres-cawapres.

Terakhir, debat capres cawapres akan mengangkat tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, perdagangan, serta industri.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Minus LeBron James, Lakers Bungkam Thunder

Posted: 17 Jan 2019 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Los Angeles Lakers secara luar biasa berhasil mengalahkan Oklahoma City Thunder pada lanjutan NBA, Jumat (18/1/2019) siang WIB. Tanpa LeBron James, Lakers menang 138-128 lewat overtime.

LeBron James masih belum bisa main setelah mengalami cedera pangkal paha saat laga NBA di hari Natal. Tanpa LeBron, Lakers terus melorot dan terlempar dari zona play-off NBA

Berkunjung ke Chesapeake Energy Arena, Lakers mengawali laga dengan buruk dan tampaknya akan kalah telak. Di kuarter pertama, Lakers tertinggal jauh 27-39.

Untunynya Lakers cepat bangkit. Pasukan Luke Walton berhasil menguasai kuarter dua dengan membuat 40 poin berbanding 24 sehingga berbalik memimpin saat jeda babak pertama.

Thunder mati-matian bangkit dan mampu mengejar di kuarter tiga. Thunder unggul tipis setengah bola saat kuarter tiga berakhir.

Drama terjadi di kuarter empat. Kedua tim silih berganti memimpin. Lakers nyaris menang di waktu normal. Mereka unggul tiga poin. Namun pelanggaran Lonzo Ball kepada Russell Westbrook membuyarkan kemenangan Lakers.

Westbrook mendapat hadiah tiga free throw yang dengan baik diselesaikan semuanya. Laga pun berlanjut ke overtime setelah Kyle Kuzma gagal melesakkan tembakan tiga angka tepat sebelum buzzer berbunti.

Di perpanjangan waktu, Lakers tampil sangat baik. Kuzma dan kawan-kawan mencetak 16 poin. Sedangkan Thunder hanya membuat enam poin saja.

 

Kyle Kuzma

Kuzma menjadi bintang kemenangan Lakers dengan membuat 32 poin, delapan rebound dan empat assists. Kuzma melesakkan tujuh tembakan tiga angka.

Center cadangan Ivica Zubac juga tampil luar biasa dengan 26 poin dan 12 rebound. Hanya dua kali tembakan Zubac yang meleset dari sasaran.

Di kubu Thunder, Paul George memimpin perolehan poin dengan 27 angka, disusul Westbrook dengan 26 angka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meghan Markle Pakai Gaun Hamil Seharga Kurang dari Rp 300 Ribu

Posted: 17 Jan 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu anggota keluarga Kerajaan Inggris, penampilan tentu jadi perhatian penting bagi Meghan Markle. Walau tahu bakal banyak pasang mata yang menoleh, tak membuat Duchess of Sussex ragu memakai busana dengan banderol harga terjangkau.

Seperti penampilannya beberapa waktu lalu saat menyambangi salah satu lokasi proyek charity hewan yang tengah ditangani. Di kesempatan itu, istri Pangeran Harry ini terlihat memakai coat Emporio Armani berwarna cream bersama gaun hamil beige lembut keluaran H&M.

Dilansir dari People, Jumat (18/1/2019), gaun hamil berlengan panjang ini dibanderol hanya 20 dolar AS atau setara Rp 283 ribu. Masih bisa ditemukan di situs H&M, model gaun hamil Meghan Markle hadir dalam dua warna, yakni beige dan abu-abu gelap.

Sebelumnya, Meghan sempat membuat heboh warga dunia maya ketika kedapatan memakai gaun hamil keluaran ASOS seharga Rp 749 ribu. Busana tersebut dipakai Meghan saat outing di Selandia Baru, beberapa bulan lalu.

Soal busana, Meghan Markle sepertinya tak begitu menaruh standar tinggi terkait harga. Asal nyaman dan mudah dipadu-padan, sepertinya calon ibu yang disebut bakal melahirkan anak pertama di akhir April ini tak akan segan memakai.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Ketar-Ketir Jika Tak Ratio Naik Jadi 16 Persen

Posted: 17 Jan 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon Pesiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berencana menaikkan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai upaya pencegahan korupsi di kalangan birokrat. Untuk membiayai kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) tersebut, salah satu upayanya dengan menggenjot pemasukan negara dari sisi pajak, yakni meningkatkan rasio pajak (tax ratio) hingga mencapai 16 persen.

Direktur Eksekutif Center of Indonesia Taxtion Analysis (CITA), Yustinus Prastowo mengatakan, upaya menaikkan tax ratio memang sudah menjadi tanggung jawab pemerintah. Sebab untuk dapat mencapai tujuan pembangunan yang optimal, setidaknya dibutuhkan level tax ratio 16 persen.

"Jadi saat ini baik pasangan Jokowi-Makruf Amin maupun Prabowo-Sandiaga Uno sudah selayaknya memberi perhatian pada perbaikan sistem perpajakan agar kita mampu mencapai level optimal untuk pembangunan," kata Yustinus saat dihunbungi merdeka.com, Jumat (18/1/2019).

Namun dirinya menyayangkan apabila kenaikan tax ratio dijadikan sebagai solusi jangka pendek untuk digunakan mengatasi akar permasalahan korupsi, yakni gaji PNS dan aparat penegak hukum yang dianggap masih rendah.

"Logika sederhana pemerintah ingin menarik pajak lebih besar dari rakyat, untuk membiayai para aparatur negara yang tugasnya melayani kepentingan rakyat. Lalu kita bergumam 'mahal bener ya mengongkosi pelayan'," imbuh Yustinus.

Hasrat menggenjot tax ratio dalam jangka pendek jelas hanya bisa bertumpu pada kenaikan tarif pajak, bukan sebaliknya. Penurunan tarif pajak dalam jangka pendek bahkan akan menurunkan penerimaan, apalagi tingkat kepatuhan dinilainya masih cukup rendah dan basis pajak belum bertambah signifikan.

"Catatan ini hanya ingin menguji rasionalitas program jangka pendek. Jangan sampai para ASN keburu girang bukan kepalang, di saat bersamaan para pelaku usaha dan wajib pajak ketar-ketir karena siap-siap jadi sasaran perburuan target pajak," katanya.

Berdasarkan catatan, PDB 2018 kurang lebih mencapai sebesar Rp 14.745 triliun. Sehingga kata Yustinus, kenaikan ke 16 persen naik 4,5 persen dari tax ratio 2018 sebesar 11,5 persen adalah Rp 663 triliun, atau 48 persen dari pendapatan negara 2014.

"Mungkinkah dalam jangka pendek menarik pajak yang nilainya dua kali lipat kenaikan 2015-2018, tanpa menimbulkan kegaduhan dan menggencet pelaku usaha?" cetus Yustinus.

 

Bukan Satu-satunya Alat Ukur

Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)

Yustinus menambahkan, tax ratio merupakan perbandingan antara penerimaan pajak terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Namun tax ratio kata dia, bukanlah satu-satunya alat ukur bagi kinerja institusi pemungut pajak lantaran ada beberapa faktor dan kondisi yang perlu diperiksa dan dibandingkan.

Sebelumnya, Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto hendak menaikkan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai upaya pencegahan korupsi di kalangan birokrat. Mengingat belakangan ini banyak birokrat yang tergiur 'duit panas' masuk ke kantong pribadi.

"Berkali-kali saya utarakan di ruang publik akar masalah adalah penghasilan para birokrat kurang, tidak realistis. Kalau saya memimpin negara ini saya akan emmperbaiki kualitas hidup birokrat dengan realistis. uangnya dari mana, saya akan tingkatkan tax ratio (hingga 16 persen)," kata Prabowo dalam Debat Perdana Pilpres 2019 pada Kamis 17 Januari 2019. 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Govinda Band Kenang Masa sebagai Domino di Nobar Debat Capres

Posted: 17 Jan 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian acara Nonton Bareng debat capres dan cawapres di Rumah Aspirasi, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis malam, ditutup secara apik oleh Govinda Band.

Lagu yang pertama dibawakan oleh Govinda Band adalah "Indonesia Tanah Air Beta" dilanjutkan dengan lagu "Bujangan" dari Koes Ploes.

"Mau lanjut apa enggak ini," sapa Ifan, sang vokalis.

Ifan kemudian menyanyikan "Siapa yang Pantas". Lagu Govinda yang sempat hits pada tahun 2009 ini menjadi lagu terakhir dari penampilan band tersebut. Lagu tersebut juga dirilis pada saat mereka masih bernama Domino.

Sampai Berjumpa

Penampilan vokalis dan drummer Govinda band, Ifan dan Jeje pada acara Vidio Fair 2.0 di Gandaria City Mall, Jakarta Selatan, Sabtu (3/11). Acara Vidio Fair yang digelar gratis ini mengambil tema One Stop Event You Can Get. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Sampai berjumpa di debat selanjutnya," tutup Ifan Govinda.

Rumah Aspirasi yang merupakan salah satu markas pendukung capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin, dipadati ratusan massa pendukung.

Mereka ingin menonton bersama debat pertama capres dan cawapres yang disiarkan langsung dari Hotel Bidakara, Jakarta.

Candaan

Ifan Govinda (Adrian Putra/Fimela.com)

Pelawak Mongol dan Mo Sidik dipercaya untuk membuka acara nobar di Rumah Aspirasi.

Dalam penampilannya, Mongol dan Mo Sidik sukses memberi candaan politik yang membuat para pendukung tertawa ditengah debat yang cukup panas.

(Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Pacquiao dan Broner, Lempar Candaan Berbau Rasis Jelang Pertandingan

Posted: 17 Jan 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tindakan tidak terpuji dilakukan Adrien Broner sepanjang jumpa pers jelang duel melawan Manny Pacquiao yang akan berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, Sabtu (19/1/2019) waktu setempat. Selain berkata kasar kepada pengarah acara, petinju berusia 29 tahun tersebut juga menolak menjawab pertanyaan yang diajukan pengamat tinju Bernstein.

Jumpa pers berlangsung MGM Grand's David Copperfield Theater, Rabu (16/1/2019). Broner menganggap Bernstein memojokkannya, tapi tidak menjelaskan alasannya secara detail.

Dalam sesi foto, Broner kembali berulah. Petinju asal Amerika Serikat itu melempar guyonan provokatif terhadap pendukung Pacquiao yang berteriak-teriak ke arah mereka. Candaan yang dilemparkan Broner ke pendukung Pacquiao dinilai sangat rasis oleh banyak orang.

"Saya punya kucing untuk makan malam kalian," ujar Broner ke arah pendukung Pacquiao. "Di belakang, saya juga punya tumis anjing herder," katanya seperti dilansir Boxingscence. Seperti kita ketahui, orang Asia dikenal suka mengonsumsi daging anjing dan kucing.

Pacquiao berada di sebelahnya. Namun senator Filipina itu tidak merepons guyonan Broner. Saat itu, dia tengah fokus kepada fotografer yang tengah mengabadikan mereka berdua.

Ini bukan kali pertama Broner melontarkan pernyataan konyol di hadapan media. Dalam jumpa pers kedua yang berlangsung di California, 20 November lalu, Broner juga membuat lelucon mengenai Freddie Roach yang mengalami tremor akibat penyakit parkinsonnya.

Duel Pacquiao melawan Broner dijadwalkan berlangsung pada Sabtu 19 Januari 2019. Pertarungan perebutan gelar juara dunia Kelas Menengah WBA ini digelar di MGM Grand, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Profil Pacquiao

Promotor Bob Arum menepis kemungkinan pertarungan antara Manny Pacquiao melawan petinju Amerika Serikat, Adrien Broner, pada 9 April 2016.

Manny Pacquiao alias Emmanuel Dapidran Pacquiao, seorang juara dunia tinju asal Filipina ini lahir di Kibawei, Filipina, 17 Desember 1978.

Pacquiao adalah petinju dari benua Asia pertama yang berhasil meraih gelar juara tinju profesional di enam kelas berbeda, atau petinju kedua di dunia setelah Oscar de la Hoya.

Pacquiao juga merupakan petinju pertama dalam sejarah yang memenangkan gelar besar dunia dalam empat dari delapan kelas tinju, yang dikenal sebagai "kelas glamour", yakni kelas terbang, kelas bulu, kelas ringan, dan kelas welter.

Pada tahun 2016, Pacquiao berada di peringkat kedua dalam daftar petenis unggulan ESPN, pound for pound, dalam 25 tahun terakhir.

Hal yang menarik adalah walaupun ia bertinju dengan gaya kidal serta memiliki pukulan kiri mematikan, tetapi dalam kesehariannya Pacquiao sebenarnya bukan orang kidal. Manny Pacquiao adalah seorang right-handed dalam kesehariannya.

Beberapa gelar yang diraih oleh Pac-Man julukan dari Pacquiao adalah WBC The Ring kelas Welter junior, IBO kelas welter ringan yang melawan Ricky Hatton. Dan WBO kelas Welter pada 2009 lalu melawan Miguel Angel Cotto.

Profil Broner

Adrien Broner bakal menjajal kekuatan Manny Pacquiao di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat (AFP/Michael Reaves)

Adrien Jerome Broner atau yang biasa dikenal dengan Broner adalah petinju profesional Amerika Serikat. Petinju berusia 29 tahun ini telah memenangkan beberapa kejuaraan dunia dalam empat kelas berat, termasuk gelar ringan WBO junior 2011-2012, gelar ringan WBC 2012-2013, gelar kelas welter WBA pada 2013, dan gelar kelas welter ringan WBA dari 2015 hingga 2016.

Pada Juli 2018, Broner diperingkatkan sebagai kelas welter ringan terbaik keempat di dunia oleh Transnational Boxing Rankings Board, dan kelas welter aktif kedelapan terbaik oleh BoxRec. Pada bulan Desember 2012, majalah The Ring menempatkannya sebagai petinju aktif terbaik kelima di dunia, pound for pound.

Broner pada Oktober 2016 pernah memosting gambar dan keterangan yang mengejutkan di halaman Instagram-nya yang mengisyaratkan bunuh diri. Pada 17 Oktober 2016, ia didakwa dengan kasus pelanggaran ringan karena diduga mencekik seorang pelayan di Drai's, sebuah klub malam.

Broner Sesumbar

Petinju Amerika Serikat, Adrien Broner, memutuskan bertarung dengan Ashley Theophane setelah gagal bertemu Manny Pacquiao. (Sky Sports)

Broner mengaku sudah siap berhadapan dengan Pacquiao. Petinju asal Amerika Serikat itu juga tidak terlalu terbeban menghadapi mantan juara dunia 8 kelas berbeda.

"Saya sangat fokus sehingga tidak merasakan sensasi apapun yang mengelilingi pertandingan ini. Ini hanyalah awal dari babak baru bagi saya. Saya masih terus menulis kisahku dan itu bakal berakhir dengan akhir bahagia," kata Broner kepada wartawan.

Petinju berusia 29 tahun tersebut tampil 37 kali dengan 33 kemenangan (24KO), 3 kali kalah, dan sekali imbang. Beberapa kali Broner berhasil merebut sabuk juara dunia, namun prestasinya tentu masih jauh ketimbang Pacquiao yang pernah menjadi juara dunia di delapan kelas berbeda.

Meski demikian, Broner tetap percaya diri. Broner bahkan optimis mampu memukul jatuh Pacquiao pada pertandingan nanti. "Dalam pertarungan seperti ini, terbukti Anda tidak perlu melepaskan banyak pukulan untuk mengalahkan Manny Pacquiao," kata Broner.

"Saya mungkin hanya perlu melepaskan satu pukulan dan (kata makian) itu bakal tertidur. Dia sudah pernah tertidur sebelumnya," beber petinju bergaya Ortodoks tersebut.

Broner (29) memang bukan petinju yang mudah dijatuhkan. Dari tiga kekalahan yang dialami sepanjang karier profesionalnya, Broner (33-3-1), belum sekalipun kalah sebelum ronde 12 berakhir.

Broner sendiri punya rekor bertarung 33 kali menang, tiga kali kalah, dan sekali draw. "Dia (Pacquiao) kalah KO tiga kali, saya punya kekuatan melakukan itu," ucap Broner sesumbar.

Sayangnya, Broner kerap melakukan pernyataan konyol di hadapan media, tidak hanya pada Pacquiao. Dalam jumpa pers kedua yang berlangsung di California, 20 November lalu, Broner juga membuat lelucon mengenai Freddie Roach yang mengalami tremor akibat penyakit parkinsonnya.

Pacquiao Tidak Masalah dengan Broner

Petinju Manny Pacquiao (kanan) berlatih dengan pelatih Freddie Roach di sebuah klub tinju di Los Angeles, AS, Rabu (9/1). Pertarungan melawan Adrien Broner menjadi duel tinju profesional ke-70 bagi Manny Pacquiao. (AP Photo/Damian Dovarganes)

Pacquiao memiliki rekor bertarung 60 kali menang, tujuh kali kalah, dan dua kali draw. Terakhir, Manny Pacquiao menang KO atas Lucas Matthysse di ronde ketujuh, yang sekaligus membuat dia merebut sabuk juara kelas menengah.

Sejak 2008, Pacquiao (60-7-2 39KO) memang tidak pernah lagi merasakan kemenangan KO. Pukulan-pukulannya seakan tidak mematikan sampai dia bertemu Matthysse di Kuala Lumpur, Malaysia, Juli, tahun lalu. Dalam duel ini, Pacquiao berhasil menang TKO.

Petinju asal Filipina yang sudah berusia 40 tahun itu kini sudah siap meladeni Adrien Broner di Las Vegas, 19 Januari 2019. Dalam duel ini, Pacquiao tidak hanya bertekad mempertahankan gelar juara dunia kelas welter versi WBO. Pacman juga berniat menghentikan Broner sebelum ronde ke-12 berakhir.

"Saya tidak ingin membuat prediksi, tapi tujuanku adalah memukul jatuh Broner," kata Pacquiao seperti dilansir Sbnation. "Saya ingin memukul KO Broner. Saya harus memaksimalkan peluang itu. Saya sempat lupa rasanya menang KO sampai saya menghentikan Lucas Matthysse musim panas lalu," kata senator Filipina tersebut.

Namun bukan hal yang mudah bagi Pacquiao mewujudkan ambisi tersebut. Sebab meski berharap menang KO, Pacquiao bukan berarti punya masalah personal dengan Broner. Sebaliknya, Pacquiao mengaku petinju 29 tahun itu merupakan sosok yang menyenangkan.

"Ini benar-benar bisnis. Dia menyenangkan dan membuat saya tertawa. Dia tahu cara menjual dirinya dan pertarungan ini," kata Pacquiao.

 

 

Reporter: Tyas Titi Kinapti

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Naik Kereta ke Garut, Jokowi Tinjau Reaktivasi Jalur KA

Posted: 17 Jan 2019 09:32 PM PST

Presiden Joko Widodo turun dari kereta setibanya di Stasiun Cibatu, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1). Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak menuju Garut untuk meninjau reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo turun dari kereta setibanya di Stasiun Cibatu, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1). Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak menuju Garut untuk meninjau reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menyapa petugas setibanya di Stasiun Cibatu, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1). Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak menuju Garut untuk meninjau reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menyapa petugas setibanya di Stasiun Cibatu, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1). Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak menuju Garut untuk meninjau reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo mendengarkan penjelasan mengenai reaktivasi jalur kereta api dari pihak PT KAI di Stasiun Cibatu, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1). Dalam kunjungan kerja ini, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo mendengarkan penjelasan mengenai reaktivasi jalur kereta api dari pihak PT KAI di Stasiun Cibatu, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1). Dalam kunjungan kerja ini, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo melihat-lihat papan yang berisi penjelasan mengenai reaktivasi jalur kereta api di Stasiun Cibatu, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1). Dalam kunjungan kerja ini, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo melihat-lihat papan yang berisi penjelasan mengenai reaktivasi jalur kereta api di Stasiun Cibatu, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1). Dalam kunjungan kerja ini, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menyapa para calon penumpang saat kunjungan kerja di Stasiun Cibatu, Garut, Jumat (18/1). Kedatangan Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana  itu untuk meninjau reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menyapa para calon penumpang saat kunjungan kerja di Stasiun Cibatu, Garut, Jumat (18/1). Kedatangan Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana itu untuk meninjau reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo turun dari kereta setibanya di Stasiun Cibatu, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1). Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak menuju Garut untuk meninjau reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo turun dari kereta setibanya di Stasiun Cibatu, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1). Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak menuju Garut untuk meninjau reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo meninggalkan Stasiun Cibatu seusai meninjau proyek reaktivasi jalur Cibatu-Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1). Jokowi sempat melambaikan tangan kepada masyarakat sebelum memasuki mobil dinasnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo meninggalkan Stasiun Cibatu seusai meninjau proyek reaktivasi jalur Cibatu-Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1). Jokowi sempat melambaikan tangan kepada masyarakat sebelum memasuki mobil dinasnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pilu Siswi SMP Korban Pemerkosaan di Kupang

Posted: 17 Jan 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Kupang - "Saya ayahnya. Terlalu sakit melihat nasib anak saya. Ia masih terlalu kecil".

Kata-kata itu keluar dari mulut lelaki paruh baya saat menceritakan nasib anaknya. Ukribat Seo, buruh kasar itu sesekali mengangkat baju menyeka air matanya. Ia tertunduk sesaat. Sesekali ia melepas napas panjang. Ceritanya terhenti. Ayah enam anak itu terlalu pilu menceritakan derita yang menimpa anaknya berinisial, DS (14). Siswi kelas 2 di salah satu SMP negeri di Kabupaten Kupang ini terpaksa tak melanjutkan pendidikannya lantaran mengandung usai diperkosa.

Sebagai buruh kasar, pria asli Timor Tengah Selatan (TTS) ini harus bekerja keras menafkahi istri, Marci Sopaba dan enam orang anaknya. Ia tak memiliki lahan, namun karena melihat keuletannya, Ukribat diminta membangun sebuah rumah di atas tanah milik majikan tempat ia bekerja.

Di gubuk reyot persis di RT 028 RW 012, Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah inilah, ia menata rumah tangganya. Sebagai buruh, Ukribat tak memiliki penghasilan tetap. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, sang istri pun terpaksa bekerja sebagai tukang cuci pakaian di rumah-rumah warga.

"Jangankan membeli pakaian baru untuk anak-anak, makan saja susah," ungkap Ukribat kepada Liputan6.com.

Meski hidup dihimpit kemiskinan, Ukribat meminta anaknya tetap bersekolah. Kini, anak pertamanya sudah mengenyam pendidikan SMA. Sementara yang lainnya masih SMP dan SD.

Penderitaan keluarga itu bertambah ketika sekitar April 2018, anak keduanya yang masih duduk di bangku SMP dinyatakan positif hamil usai diperkosa. Awalnya, Ukribat bersama istrinya mengira anaknya, DS, hanya terkena sakit lambung.

Mereka pun membawa DS ke TTS untuk disembuhkan dengan obat kampung. Namun, keduanya kaget ketika dukun kampung itu mengatakan jika DS sedang hamil.

"Dia memang ada sakit lambung. Sering muntah-muntah dikira magnya kambuh. Apalagi perutnya mulai membesar, kami kira anak kami terkena penyakit berbahaya, ternyata memang benar setelah periksa di Puskesmas, DS positif hamil," ujar Ukribat sambil meneteskan air mata.

Istri Ukribat, Marci Sopaba juga mengaku meski dekat dengan anak perempuannya tetapi tidak mengetahui tanda-tanda jika anaknya itu sedang hamil. Menurut dia, DS adalah anak yang pendiam dan rajin. Bahkan tidak pernah jalan-jalan seperti teman seusia dia.

"Pulang sekolah hanya di rumah. Urus masak dan jaga adik-adiknya. Mereka tahu orangtuanya miskin sehingga mereka tidak seperti anak-anak lain," katanya.

Peristiwa di Bukit Cinta

DS pose bersama keluarga (Liputan6.com/Ola Keda)

Hati orangtua siapa yang tak sakit melihat masa depan anaknya dihancurkan lelaki tak bertanggung jawab? Sungguh sakit. Apalagi anak seusia DS yang masih sangat belia. Ia masih memilik masa depan yang panjang. Ia sudah merasakan penderitaan kemiskinan keluarga. Dan kini penderitaan itu seakan bertambah. Diusia yang masih belia, ia harus menanggung derita, diperkosa, hamil, dan melahirkan tanpa ayah.

Kepada Liputan6.com, DS menceritakan detik-detik ia diperkosa lelaki yang selama ini ia anggap kakaknya sendiri. Ia mengaku lelaki itu bernama, Aner Sabu, seorang mahasiswa universitas negeri di Kupang.

Sore itu, usai memasak untuk persiapan makan kedua orangtuanya, ia didatangi Aner di rumah. Aner mengajak DS menemaninya mengambil tugas kuliah di temannya di wilayah Oesapa, Kota Kupang. Ajakan itu ditolak DS dengan alasan kedua orangtuanya belum pulang. Namun, ia tetap dibujuk Aner.

"Saat itu bulan Februari 2018, dia (Aner) ajak ambil tugas dan langsung kembali ke rumah. Akhirnya saya ikuti saja. Saat itu sekitar jam 5 sore," tutur DS.

Rupanya ajakan Aner itu hanya sebagai modus untuk melancarkan aksi bejatnya. Dalam perjalanan, sepeda motor yang dikemudikan Aner membelok ke arah Penfui. Karena sedang hujan, DS tak berbicara apa-apa. Ia baru sadar ketika sepeda motor yang ditumpanginya berhenti di area Bukit Cinta.

Saat hendak bertanya, tiba-tiba tangannya sudah ditarik paksa oleh Aner menuju hutan gamal. DS berusaha teriak minta pertolongan, namun mulutnya langsung dibekap tangan kekar, Aner.

Meski dalam kondisi terancam, DS sempat melakukan perlawanan dengan berusaha melarikan diri. Ia dikejar oleh Aner, namun gadis malang itu terjatuh ketika sebuah kayu panjang mengenai kepalanya. Dia diancam dibunuh jika masih saja melawan. DS semakin ketakutan hingga akhirnya pasrah saat seluruh pakaiannya dibuka paksa.

Kesucian Siswi SMP itu akhirnya direnggut paksa mahasiswa asal TTS itu. Dalam kondisi lemas usai diperkosa, DS masih sempat memohon untuk segera diantar pulang, karena hari sudah malam. Namun, lagi-lagi tubuh kecil itu ditindih. Bejatnya Aner, di tengah hutan gamal itu, ia kembali memperkosa DS hingga tiga kali. Usai melampiaskan napsu bejatnya, Aner kembali mengancam DS agar tidak menceritakan pada orangtuanya.

"Tiga kali dia perkosa saya. Sekitar jam 8 malam dia antar pulang. Dia ajarkan, kalau orangtua tanya, bilang saja ban motornya pecah sehingga kemalaman," katanya.

Waktu terus berjalan, kejadian itu disimpannya dalam hati. DS pun bersekolah seperti biasa. Hingga sekitar April 2018, DS diketahui hamil ketika orangtuanya membawanya ke petugas kesehatan.

 

Lapor Polisi

Kondisi rumah DS di Desa Noelbaki, Kabupaten Kupang (Liputan6.com/Ola Keda)

Kedua orangtua DS yang hanya berijazah SD pasrah menerima kenyataan. Mau mengadu ke siapa? Sementara perut DS semakin membesar. Kehamilan DS akhirnya diketahui pihak sekolah. Ukribat dan Marci, orangtua DS dipanggil kepala sekolah. Lewat kepala sekolah, DS dan orangtuanya disuruh mengadu ke lembaga Rumah Perempuan Kupang.

Berkat bantuan lembaga ini, DS dibawa ke Polsek Tarus untuk membuat laporan polisi. Polisi pun melakukan penyidikan. Selain mengambil keterangan korban dan orangtuanya, polisi juga sudah mengamankan baju dan pakian dalam korban sebagai barang bukti.

"Saya hanya minta pelakunya dihukum biar bisa sadar," harap Marci, ibunda DS.

Kapolsek Kupang Tengah, AKP Bertha Hangge mengatakan, kasus ini dilaporkan November 2018 lalu dan sudah pada tahap penyelidikan. Namun, pihaknya masih terkendala anggaran uji DNA.

"Korban sudah mengaku, terduga pelaku juga sudah diperiksa, tinggal tunggu hasil tes DNA untuk mengetahui ayah biologis, karena ini bukan lagi kasus pencabulan, karena korban sudah melahirkan, sehingga harus tes DNA untuk memenuhi dua alat bukti," jelas Bertha.

Dia meminta keluarga korban untuk menghormati proses hukum. Karena kasus ini akan terus diproses hingga tuntas.

"Karena tidak ada yang tahu pelaku membawa korban, sehingga harus tes DNA untuk penuhi alat bukti. Sekarang tahun anggaran baru, kita tunggu DIPA untuk dianggarkan dan kita tes DNA di Labfor Polri," kata bertha menambahkan.

 

Perjuangan Terakhir

Ayah DS, Ukribat Seo (Liputan6.com/Ola Keda)

30 November 2018, DS harus bertaruh nyawa. Ia berjuang sendiri hingga melahirkan bayi perempuan di RS Leona Kupang. Bayi sehat dengan berat 3 kg itu dilahirkan normal tanpa operasi.

Sungguh luar biasa. Di saat Kota Kupang lagi diramaikan dengan kasus pembunuhan bayi oleh mahasiswa, siswi SMP ini malah memilih mempertahankan bayinya meski tanpa ayah yang bertanggung jawab.

Kini, bayi itu sudah berumur dua bulan. Hidup di gubuk dan makan seadanya, namun gadis kecil itu tetap tegar. Menyusui, merawat bayinya penuh kasih.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hans Tertangkap Narkoba, Artis Ini Asyik Liburan di Jepang

Posted: 17 Jan 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menangkap pria bernama Hans karena diduga melakukan penyalahgunaan narkoba. Polisi menyebut, Hans dibekuk di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, Hans mengaku sebagai mantan kekasih Syahrini.

"HS ini disinyalir mantan (kekasih) artis Syahrini, pengakuannya juga begitu (mantan kekasih Syahrini), tapi kami tak bisa sampaikan lebih jauh karena itu lebih ke pribadi yah," kata Argo di Jakarta, Rabu 16 Januari 2019. 

Syahrini sendiri belum menanggapi penangkapan Hans, pria yang mengaku sebagai kekasihnya. Hans dibekuk polisi karena memiliki sabu-sabu seberat 2.362,84 gram.

 

Masih Liburan

Syahrini (Foto: Adrian Putra/Bintang.com)

Sementara itu, Syahrini masih menikmati momen liburannya. Dari unggahan di akun Instagram, penyanyi asal Bogor itu terlihat menikmati liburan liburan di Jepang.

Pada salah satu foto yang diunggahnya, Syahrini mengisyaratkan sedang berlibur bersama orang terkasih yang sampai saat ini tidak pernah dikenalkan ke publik.

"Ketika Minnie harus menemani Mickey ke Disney Sea dalam keadaan flu," tulis Syahrini di Instagram.

Pada foto lain, penyanyi yang dikabarkan dekat dengan Reino Barack ini terlihat tersenyum bahagia. Dia berfoto dengan salah satu tokoh kartun pikachu. (Dream.co.id/ Nur Ulfa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Video Viral Pekan Ini yang Bikin Penasaran

Posted: 17 Jan 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dunia maya saat ini memang sudah sangat berkembang. Melalui media sosial, kita dapat mengetahui berbagai info dan juga peristiwa yang sedang terjadi di suatu wilayah ataupun belahan bumi lainnya. Melalui sosial media pula, dalam sekejap informasi dapat kamu peroleh dengan mudahnya.

Selain mengetahui peristiwa ataupun berita yang sedang terjadi saat ini, melalui media sosial pula, kamu dapat melihat sebuah foto ataupun video viral yang hangat diperbincangkan.

Dan berikut beberapa video viral pekan ini yang bikin penasaran dan ramai diperbincangkan oleh masyarakat yang sudah dikumpulkan Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (18/1/2019)

1. Kebakaran Tenggarong

Akhir-akhir ini Indonesia memang sedang diguncang oleh bencana. Mulai dari gempa bumi, gunung meletus hingga tsunami yang memporak porandakan wilayah Banten dan Lampung Selatan.

Pada Rabu (16/1/2019) lalu, bencana kebakaran pun melanda Tenggarong, kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Dalam kebakaran ini sedikitnya 58 bangunan habis di lalap si jago merah ini.

Kebakaran yang terjadi di Jl. Danau Semayang dan Jl. Maduningrat ini diduga akibat korsleting listrik. Kebakaran yang diperkirakan terjadi pada pukul 19.30 Wita ini, terjadi pada daerah pada penduduk. Angin kencang sedang terjadi pun ikut menambah kobaran api yang melalap rumah warga.

Pemadam kebarakan yang didatangkan dari Kabupaten Kutai Kartanegara pun masih kurang, sehingga mendatangkan pemadam dari Samarinda. Selain menambah jumlah pemadam dari Samarinda, mobil water canon milik Polres Kutai Kartanegara pun ikut diturunkan.

Karena kebakaran hebat yang melanda Tenggarong, berbagai video pun viral di media sosial. Video viral ini pun ramai diperbincangakan oleh publik dan mendoakan pemulihan pada wilayah tersebut.

2. Pacaran 5 tahun pria ini ditinggal nikah kekasih

Akhir-akhir ini ada saja video viral yang beredar di media sosial terkait dengan pernikahan. Sebelumnya beredar mengenai seorang pengantin wanita yang menangis di pelaimanan dikarenakan pernikahan tersebut adalah hasil perjodohan. Video tersebut pun membuat masyarakat bersimpati kepada sang mempelai wanita tersebut.

Beberapa waktu lalu, beredar pula seorang pria yang menghadiri pernikahan seorang wanita, yang tak lain adalah kekasihnya sendiri. Hal ini pun membuat miris masyarakat yang melihat video tersebut.

Ada masyarakat yang bersimpati kepada sang pria, akan tetapi ada juga warganet yang menyayangkan aksinya tersebut.

Banyak yang menyangkan aksi pria tersebut yang saat menemui sang mantan kekasih di atas pelaminan, ia pun berpelukan dan melakukan salam dengan sang mantan seperti yang biasa dilakukan saat masih berpacaran.

Lantaran kejadian tersebut banyak yang menganggap bahwa mereka tak menghargai sang mempelai laki-laki dari wanita tersebut.

Selain memeluk sang mantan kekasih, dalam video yang viral di media sosial juga terlihat bahwa yang pria turut dipeluk oleh ibu dari mempelai wanita.

Pasalnya diketahui bahwa hubungan yang telah terjalin diantara mereka ialah 5 tahun. Mungkin ini yang dinamakan sakit tapi tak berdah. Dan ini dia video viral yang beredar di media sosial tersebut.

3. Turis injak dan tunggangi penyu langka

Foto sekelompok turis yang sadang berlibur di Sabah, Malaysia yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Utara ini dikecam oleh warganet.

Pasalnya dalam tayangan tersebut memeprlihatkan sekelompok turis yang menginjak dan juga menungganggi seekor penyu langka.

Banyak warganet yang geram dengan aksi turis tersebut. Dan dapat terlihat pula bahwa anak-anak pun turut serta dalam menunggangi penyu langka tersebut.

Warganet beranggapan bahwa tidak seharusnya penyu-penyu tersebut diduduki. Dan sebagai orang tua seharusnya mampu untuk mengedukasi anak-anak untuk mencintai binatang.

Beredarnya aksi dari turis tersebut membuat pemerintah setempat mengambil tindakan. Dan pemerintah Sabah masih tengah menyelidiki kasus ini.

4. Monyet "Berselfie" usai curi kamera milik turis

Aksi para binatang biasanya selalu mengundang gelak tawa. Dan hal ini pula yang terjadi dengan aksi seekor monyet yang tampak asik berselfie dengan kamera miliki turis.

Saat kamu pergi berlibur ke Bali tentunya di beberapa tempat kamu dapat menjumpai beberapa ekor monyet yang dibebas liarkan. Baik itu di pinggir jalan yang dekat dengan hutan, atau bahkan saat kamu mengunjungi sebuah pura di Bali.

Salah satunya ketika kamu mengunjungi Pura di Uluwatu,Bali. Maka kamu dapat melihat sekelompok monyet yang dibebaskan berada di sekitar pura.

Hal ini tentu saja menarik perhatian para wisatawan, baik itu dalam negeri ataupun wisatawan mancanegara. Namun mungkin sial bagi turis pria satu ini. Saat sedang memberi makanan kepada monyet yang ada dipinggir jalan tersebut, tiba-tiba ada seekor monyet yang mengambil kamera go-pro milik turis tersebut.

Sang monyet pun membawa pergi kamera tersebut dengan konsisi kamera tersebut masih menyala. Yang membuat lucu ialah monyet tersebut asik berselfie ria menggunakan kamera turis, dengan lensa yang dihadapkan kepada wajah monyet tersebut.

Aksi lucu monyet satu ini pun mengundang tawa para warganet yang melihat. Video yang beredar ini pun tealh ditonton lebih dari 11 ribu kali di media sosial.

 

Reporter: Novita Ayuningtyas

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Ritel Bangkrut, Menko Darmin Sebut Pola Belanja Masyarakat Sudah Berubah

Posted: 17 Jan 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Hero Supermarket Tbk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 532 karyawan sepanjang 2018. Itu seiring langkah perseroan menutup 26 gerai jaringan ritel Giant Supermarket.

Fenomena gulung tikar ritel sebenarnya bukan kali ini saja terjadi. Sejak dua tahun lalu, tercatat 7-Eleven (Sevel), PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (Ramayana), PT Matahari Department Store Tbk dan Lotus juga mengalami nasib sama.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, bangkrutnya sejumlah toko ritel ini disebabkan oleh pola belanja yang semakin berubah. Masyarakat kini cenderung lebih banyak memanfatkan belanja online (e-commerce).

"Ya sudahlah kalau soal ritel karena dunia sedang berubah. Ada e-commerce," ujar Menko Darmin di Kantornya, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Dia melanjutkan, selain faktor perubahan pola belanja, persaingan antar ritel juga mempengaruhi. Akhir-akhir ini semakin banyak ritel yang membuka usaha dekat dengan masyarakat dengan penyediaan kebutuhan lengkap.

"Di kita khusus di Indonesia ada fenomena yang namanya Indomart, alfamart, itu memang merubah konstalasi. Mesti ada yang tersingkir ya. (Ada persaingan) Ya antar ritel," jelasnya.

Sebelumnya, Corporate Affairs GM PT Hero Supermarket Tbk, Tony Mampuk, mengatakan terus memburuknya kinerja perusahaan sejak kuartal III 2018 membuat perusahaan terpaksa melakukan PHK karyawan.

"Sampai dengan kuartal III tahun 2018, PT Hero Supermarket mengalami penurunan total penjualan sebanyak 1 persen atau senilai Rp 9,849 triliun di mana perolehan tahun 2017 adalah Rp 9,961 miliar," terangnya di kantor Pusat PT Hero Supermarket Tbk, beberapa waktu lalu.

Diterangkan Tony, penurunan kinerja ritel itu disumbang oleh sektor makanan yang lebih rendah dibanding tahun sebelumnya. "Meski demikian, bisnis non makanan tetap menunjukkan pertumbuhan yang cukup kuat. Atas hal tersebut, perusahaan meyakini bahwa keputusan akan langkah efisiensi tersebut adalah hal yang paling baik dalam menjaga laju bisnis yang berkelanjutan," terang Tony.

Menurut Tony, PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group), telah menerapkan strategi yang mendukung keberlanjutan bisnis dengan memaksimalkan produktivitas kerja melalui proses efisiensi.

"Sejauh ini dari 532 karyawan yang terdampak dari kebijakan efisiensi tersebut, sebanyak 92 persen karyawan telah mengerti dan memahami kebijakan efisiensi ini dan menyepakati untuk mengakhiri hubungan kerja," kata dia.

 Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Sektor Ritel Masih Tertekan pada 2019, Ini Pemicunya

Meriahkan HUT RI Ke-72, Mendag-Menpar Luncurkan Hari Belanja Diskon Indonesia (iStock Photo)

Industri ritel diprediksi masih tertekan ke depan. Hal itu didorong dari sejumlah faktor, salah satunya konsumsi rumah tangga.

Untuk mengatasi tekanan, sejumlah perusahaan ritel memiliki strategi dengan efisiensi, seperti menutup gerai dan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Salah satunya baru-baru ini dilakukan PT Hero Supermarket Tbk dengan menutup 26 gerai dan PHK 532 karyawan pada 2018.

Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) memperkirakan, hal tersebut masih akan berlanjut pada 2019 lantaran banyak faktor yang melatarbelakanginya.

Ekonom INDEF, Bhima Yudhistira Adinegara menilai, gejolak sektor bisnis ritel pada 2018 disebabkan karena pertumbuhan konsumsi rumah tangga terbilang stagnan.

"Retail masih tumbuh rendah tahun 2018 kemarin, karena pertumbuhan konsumsi rumah tangga enggak naik signifikan, rata-rata stagnan di 5 persen," ujar dia kepada Liputan6.com, Selasa (15/1/2019).

Merujuk catatan pada kasus Hero Supermarket, ia melihat ada penurunan penjualan di bidang makanan hingga 6 persen. Ia menuturkan, itu merupakan indikator adanya perlambatan konsumsi rumah tangga.

Akibatnya, dia menghitung hingga sejauh ini ada sekitar lima ritel yang menutup usahanya. Antara lain 7 Eleven (Sevel), gerai Matahari di Pasaraya Blok Mahakam dan Manggarai, Lotus, Debenhams, dan GAP.

"Sementara yang mengurangi gerai ada Hero Group dan MAP," ia menambahkan.

Bhima pun memperkirakan, gelombang penutupan ritel ini tetap akan berlanjut pada 2019 selama konsumsi rumah tangga dan daya beli melemah. "Kondisi makro memang mulai pulih, tapi sangat lambat," tegas dia. 

Faktor lainnya, ia menyebutkan, harga komoditas perkebunan yang rontok juga bakal mempengaruhi daya beli masyarakat, baik di Jawa maupun luar Jawa. 

Selain itu, dia memandang masyarakat masih banyak yang menahan diri untuk belanja meskipun inflasi hanya menyentuh 3,1 persen. "Ada pemilu juga yang bikin masyarakat khawatir gaduh. Ini terutama kondisi kelas menengah perkotaan," ia menambahkan.

Dia juga turut menyoroti faktor bunga kredit yang semakin mahal. Hal itu membuat masyarakat berpikir berulang kali untuk berbelanja dengan kartu kredit.

"Belum cicilan rumah dan kendaraan bermotor jadi naik. Alokasi untuk beli kebutuhan pokok di supermarket berkurang," ujar dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Copa del Rey: Barcelona dan Real Madrid Tembus Perempat Final

Posted: 17 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Real Madrid dan Barcelona memastikan tiket ke perempat final Copa del Rey. Namun, Atletico Madrid secara mengejutkan tersingkir.

Los Blancos, sebutan Real Madrid, lolos ke perempat final Copa del Rey setelah menang agregat 3-1 atas Leganes. Namun, pada leg kedua, Los Blancos sempat kalah 0-1 dari Leganes.

"Performa yang lemah, terutama di babak pertama," ujar pelatih Real Madrid, Santiago Solari usai pertandingan melawan Leganes, seperti dikutip dari situs resmi Real Madrid.

Sementara Barcelona menang agregat 4-2 dari Levante. Di leg kedua, Jumat (18/1/2019) dini hari WIB, Barcelona menang 3-0 atas Levante di Camp Nou Stadium, setelah kalah 1-2 di kandang Levante.

Atletico Madrid tersingkir dari Copa del Rey. Los Rojiblancos hanya bermain imbang 3-3 melawan Girona di Estadio Wanda Metropolitano, Madrid, Rabu (16/1/2019) atau Kamis dini hari WIB pada babak 16 besar Copa del Rey. Atetico pun tumbang dengan skor agregat 4-4.

Lihat hasil pertandingan Copa Del Rey di halaman selanjutnya.

 

Hasil Copa Del Rey

Sporting Gijon 2-4 Valencia

Girona* 4-4 Atletico Madrid

Getafe 2-1 Real Valladolid

Villarreal 3-5 Espanyol

Real Madrid 3-1 Leganes

Athletic Bilbao 2-3 Sevilla

Real Betis* 2-2 Real Sociedad

Levante 2-4 Barcelona

Keterangan:

Skor dihitung berdasarkan agregat

*Lolos berdasarkan gol tandang

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terkait Prostitusi Online, Artis AV Datangi Mapolda Jatim

Posted: 17 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Artis dan model Avriellya Shaqila atau AV mendatangi Mapolda Jatim. AV menjalani wajib lapor atas kasus prostitusi online yang masih dalam proses penyidikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fitur Andalan Galaxy S10 Bocor, Apa Itu?

Posted: 17 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran informasi tentang smartphone flagship milik Samsung, yakni Galaxy S10 semakin marak bermunculan di internet.

Terkini, Samsung disebutkan bakal menyertakan sebuah fitur baru yang disebut Life Pattern. Apa itu?

Dikutip dari laman Slash Gear, Jumat (17/1/2019), Life Pattern adalah fitur yang akan muncul di model Galaxy S10 paling mahal, yakni Galaxy S10 X.

Life Pattern di Galaxy S10 X disebut-sebut sebagai fitur Augmented Reality (AR) yang akan mengotomatiskan fungsionalitas smartphone berdasarkan pola penggunaan pemilik perangkat.

Disebutkan, perusahaan asal Korea Selatan tersebut akan memasarkan fitur sebagai cara baru memakai smartphone.

Alih-alih pengguna beradaptasi dengan cara smartphone berfungsi, Samsung mengklaim Galaxy S10 X akan beradaptasi dengan pengguna.

Beberapa bocoran lain menyebutkan, Life Pattern akan secara otomatis mengatur kinerja (performa prosesor) dan fungsionalitas unggulan di Galaxy S10 X.

 

Bocoran Galaxy S10 X

Samsung Galaxy S10 diumumkan pada Unpacked 2019. (Doc: Samsung)

Lebih lanjut, Galaxy S10 X memang akan di pasarkan sebagai seri Galaxy S paling mahal dari tiga seri yang lain, dan memiliki koneksi jaringan 5G.

Disebutkan, Galaxy S10 X memiliki bentang layar Super AMOLED 6,7 inci, kombinasi empat lensa kamera utama dan dual kamera selfie, dan setidaknya RAM 10GB.

 

Tanggal Peluncuran Samsung Galaxy S10

Gambar render Galaxy S10 (Foto: Twitter @VenyaGeskin1)

Samsung akhirnya mengungkap tanggal peluncuran smartphone flagship terbaru mereka, yakni Galaxy S10.

Berdasarkan undangan yang beredar di internet, peluncuran Galaxy S10 itu dijadwalkan berlangsung pada 20 Februari 2019 (waktu setempat) di Auditorium Bill Graham Civic di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Dilansir The Wall Street Journal, Jumat (11/1/2019), Samsung akan memamerkan smartphone layar lipat versi "konsumen" dan tiga varian Galaxy S10.

Disebutkan, salah satu varian smartphone terbaru Samsung tersebut bakal memiliki fitur konektivitas 5G.

Tidak seperti tahun sebelumnya, Samsung memutuskan untuk mengadakan acara Unpacked seminggu sebelum Mobile World Congress di Barcelona.

Biasanya, perusahaan asal Korea Selatan itu memilih MWC 2019 sebagai tempat untuk mengumumkan smartphone Galaxy S andalannya.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Debat Capres Cawapres Berlalu, Siapa Lebih Unggul?

Posted: 17 Jan 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Imparsial Al Araf, mengkritisi debat perdana capres cawapres pada 17 Januari 2019 malam kemarin. Dia menuturkan, kedua kandidat lebih fokus membahas isu ekonomi, jika dilihat dari visi-misi yang disampaikan.

Sehingga, lanjut dia, eksplorasi terhadap isu hukum, HAM, dan keamanan dalam debat capres tidak terlalu dalam. Konsekuensinya, kedua kandidat tidak membahas masalah aktual di bidang hukum dan HAM, dan tidak ada jalan keluarnya.

Misalnya, kata Al Araf, kedua kandidat tidak membahas penyelesaikan kasus HAM berat masa lalu saat debat capres. Apakah melalui jalan pengadilan atau rekonsiliasi.

"Padahal masalah kasus pelanggaran HAM berat di Indonesia adalah masalah yang tidak kunjung tuntas diselesaikan hingga kini. Dan terus menjadi perhatian publik," ucap Al Araf kepada Liputan6.com, Jumat (18/1/2019).

Meski demikian, dia menuturkan, jika melihat visi-misinya, pasangan Jokowi-Ma'ruf lebih dalam, sistematis dan terukur mengeksplorasi masalah bidang hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

"Ketimbang pasangan Prabowo yang terlihat normatif," jelas Al Araf.

Dia mengungkapkan, dalam debat kemarin, Ma'ruf Amin, lebih dalam menjawab soal permasalahan terorisme. Bahkan memprioritaskan pencegahan.

"Sehingga di dalam debat ketika ada pertanyaan soal terorisme, jawaban Pak Ma'ruf Amin jauh lebih dalam dan siap untuk menjelaskan masalah terorisme, dengan menjelaskan akar masalah terorisme, dan memprioritaskan masalah pencegahan kedepannya. Sementara pasangan Pak Prabowo lebih terlihat konspiratif dalam menjawab masalah akar masalah terorisme, meski memberi solusi pencegahan dalam pandangannya," jelasnya.

Meski demikian, dia menuturkan, kedua kandidat debat capres minim menyampaikan data sebagai basis dalam perdebatnya.

"Semisal ketika Pak Jokowi ditanya soal masalah disabilitas harusnya Pak Jokowi menjelaskan bahwa dia memiliki komitmen dalam melindungi kelompok disabilitas dengan membuat Undang-undang di tahun 2016 dan menyiapkan beberapa peraturan pemerintah. Tapi, itu tidak disampaikan padahal itu capaian positif," ungkap Al Araf.

Sedangkan Prabowo, kata dia, tidak berani mengangkat data yang valid misalnya seputar teror terhadap pimpinan KPK dan komitmen Jokowi dalam pemberantasan korupsi.

Jokowi-Ma'ruf Lebih Siap

Sementara, pada saat sesi saling lempar pertanyaan, kata Al Araf, pasangan Jokowi-Ma'ruf jauh lebih siap membuat pertanyaan untuk Prabowo. Misalnya, dengan membuat pertanyaan yang memberi kesenjangan antara komitmen dan kenyataan yang terjadi.

"Semisal dalam pemberantasan korupsi sebagai komitmen Prabowo tapi kenapa calegnya banyak mantan koruptor?," kata Al Araf.

Sebaliknya, masih kata dia, pasangan Prabowo-Sandiaga tidak melakukan hal serupa dalam merumuskan pertanyaan.

"Padahal dia bisa bertanya masalah konflik dan kekerasan di Papua yang tidak selesai. Bahkan ada teror, padahal pembangunan ekonomi sudah diberikan ke Papua," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemlu RI Pulangkan WNI yang Bebas dari Ancaman Hukuman Mati di Malaysia

Posted: 17 Jan 2019 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri RI telah memulangkan dan menyerahterimakan dua WNI yang terbebas dari ancaman hukuman mati di Malaysia kepada pihak keluarga. Prosesi itu dilaksanakan di Kemlu RI Jakarta pada 17 Januari 2019.

Kedua WNI tersebut adalah Siti Nurhidayah asal Brebes, Jawa Tengah, dan Mattari asal Bangkalan, Madura.

Siti Nurhidayah (SN) ditangkap pada 6 November 2013 dalam penerbangan transit di Penang dari Guang Zhou membawa narkotika jenis sabu. Hasil pendalaman Tim Perlindungan WNI menguatkan keyakinan bahwa SN adalah korban penipuan.

Dalam proses persidangan, pengacara berhasil menghadirkan sejumlah saksi kunci yang mengetahui dan bersaksi bahwa SN adalah korban. SN dibebaskan dari semua dakwaan pada 15 November 2018.

"Hasil pendalaman Tim Perlindungan WNI terhadap 2 kasus ini memperkuat keyakinan bahwa Siti Nurhidayah adalah korban penipuan. Demikian pula dengan Mattari adalah korban salah tangkap. Karena itu kita berikan pendampingan dan pembelaan semaksimal mungkin," ujar Lalu Muhamad Iqbal, Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (18/1/2019).

Sementara itu, Mattari ditangkap pada 14 Desember 2016 di sebuah proyek konstruksi tempatnya bekerja di negara bagian Selangor, Malaysia. Mattari dituduh melakukan pembunuhan terhadap seorang WN Bangladesh yang jenazahnya ditemukan dekat tempatnya bekerja.

Pengacara KBRI Kuala Lumpur, Gooi & Azzura, berhasil meyakinkan hakim bahwa bukti-bukti yang ada tidak memadai, khususnya karena tidak ada saksi yang melihat atau mengetahui langsung kejadian tersebut. Pada 2 November 2018, Hakim di Mahkamah Tinggi Syah Alam membebaskan Mattari dari semua tuduhan. Namun demikian, baru 8 Januari 2019, ijin pemulangan diterima dari Imigrasi Malaysia.

"Selama proses hukum, KBRI selalu memberikan pendampingan kepada keduanya. Termasuk dalam bentuk memfasilitasi komunikasi dengan keluarga masing-masing," ungkap Galuh Indriyati, staf KBRI Kuala Lumpur yang selama ini melakukan kunjungan ke penjara dalam rangka pendampingan bagi WNI yang menjalani proses hukum di wilayah kerja KBRI Kuala Lumpur.

Sementara itu, putra tunggal Siti Nurhidayah, Muhamad Ali Al Farisi atas nama keluarga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah atas pendampingan dan pembelaaan yang diberikan kepada ibunya.

"Saya tidak tahu harus mengucapkan apalagi selain terima kasih kami sekeluarga atas perjuangan Pemerintah membebaskan Ibu saya yang korban penipuan. Semoga menjadi pelajaran bagi yang lain," ujar mahasiswa semester 8 Teknik Elektronika yang ditinggal ibunya saat di kelas 2 SMA ini.

Sejak 2011, sebanyak 442 WNI terancam hukuman mati di Malaysia. Pemerintah berhasil membebaskan sebanyak 308 WNI dan saat ini masih ada 134 WNI terancam hukuman mati, menurut data Kementerian Luar Negeri RI.

 

Simak video pilihan berikut:

WNI Dibebaskan dari Sandera Abu Sayyaf di Filipina

Kelompok Abu Sayyaf (File / Liputan6.com)

Di lain kabar, seorang nelayan warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi sandera Abu Sayyaf, Samsul Saguni, dilaporkan telah dibebaskan dari sekapan kelompok separatis yang berbasis di sekitar kepulauan selatan Filipina itu.

Menurut keterangan dari Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal, Samsul dilepaskan pada Selasa, 15 Januari 2019, sekitar pukul 15.35 waktu setempat.

"Samsul Saguni saat ini masih berada di Pangkalan Militer Westmincom di Jolo, Filipina Selatan, guna pemeriksaan kesehatan dan menunggu diterbangkan ke Zamboanga City," tutur Iqbal saaat dihubungi Liputan6.com pada Rabu (16/1/2019).

Setelah diserahterimakan secara resmi kepada KBRI Manila, Samsul akan diproses pemulangannya ke Indonesia. Meski demikian, waktu pengembalian korban ke Tanah Air belum bisa dipastikan.

"Tergantung kondisi di Filipina," ujar Iqbal.

Samsul Saguni diculik pada 11 September 2018 di perairan pulau Gaya, Semporna, Sabah. 

Seorang WNI lainnya atas nama Usman Yunus, yang diculik oleh Abu Sayyaf bersamaan dengan Samsul, telah lebih dahulu bebas pada tanggal 7 Desember 2018.

Sebelumnya, keduanya disekap bersama dengan tiga korban penculikan lainnya --seorang warga negara Malaysia dan dua orang WNI-- di perairan Kinabatangan, dekat dengan Pulau Tawi Tawi di Filipina, ketika menangkap ikan di wilayah ini. Baca selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Julian Jacob soal Isu Pacaran dengan Marion Jola

Posted: 17 Jan 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar kedekatan Julian Jacob dengan Marion Jola mengemuka beberapa bulan terakhir. Penyebabnya, interaksi yang dilakukan Julian Jacob dan Marion Jola di media sosial yang kemudian membuat warganet curiga.

Disinggung soal kedekatannya dengan Marion Jola, Julian Jacob hanya tertawa. Dengan ekspresi malu-malu, ia pun mulai terbuka soal Marion Jola.

"Kenapa tuh? Ada apa? Coba tanya dia (Marion) deh. Kita pacaran apa nggak," kata Julian Jacob saat ditemui di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

"Ya untuk sekarang sih kita yang pasti saling support dalam pekerjaan, dalam hidup, jadi teman aja, jadi teman kayak buat kita semangat," Julian Jacob menambahkan.

 

 

 

Dipertemukan Instagram

Julian Jacob (Instagram @julianjacs)

Menurut Julian Jacob, dirinya dan wanita 18 tahun itu sudah dekat sejak setahun yang lalu. Namun hubungan istimewa tersebut baru saja terbangun beberapa bulan ini.

"Kita kenal sebenarnya sudah setahun sih dan kayak baru sering hampir setiap hari ketemu jalan gitu sih dua bulan, sebulan. Sebenarnya bukan (musik) sih, instagram yang mempertemukan kita, bukan musik," Julian Jacob menguraikan.

 

Pengagum Marion Jola

Marion Jola (Foto: Adrian Putra/Bintang.com)

Diakui Julian Jacob, dirinya sangat mengagumi dengan Marion Jola. Sehingga saat Marion Jola masih berjuang di ajang pencarian bakat, Julian Jacob selalu mendukungnya, bahkan hingga mengirimkan direct messenger (DM).

"Pertama kali memang ngefans, aku DM (Instagram). Aku bilang pas waktu dia di Indonesian Idol aku DM semangat ya. Terus dia balas dia bilang 'oh kak Julian aku dulu suka nonton sinetronnya gitu-gitu'. Oh akhirnya kita kenal, terus temenan terus nggak tahu juga sih sekarang kayak dekat aja gitu," tuturnya. (Fimela.com/ Lanny Kusumastuti)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Curhatan Kocak Warganet Usai Debat Capres dan Cawapres 2019

Posted: 17 Jan 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Debat capres dan cawapres 2019 perdana telah berlangsung Kamis (17/1) kemarin. Debat yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, tersebut terdiri dari empat tema yaitu Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme. Debat berlangsung dengan kondusif dan sangat menarik.

Dalam debat tersebut tentunya pernyataan dari kedua kandidat capres-cawapres sangat ditunggu dan menjadi sorotan publik Tanah Air. Tak sedikit yang puas dengan pernyataan dan gagasan masing-masing kandidat.

Baik pasangan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi telah berhasil mencuri perhatian seluruh orang yang menyaksikan debat tersebut. Tak hanya itu, warganet juga turut meramaikan perhelatan debat pilpres perdana dengan membuat curhatan-curhatan kocak usai jalannya debat capres perdana berlangsung. 

Dikutip dari berbagai akun Twitter, berikut deretan twit lucu warganet dengan hashtag #CurhatPilpres2019 terkait debat pilpres semalam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

Jalanin aja dulu ya

curhat pilpres (foto: @jayakabajay)

Loh, kok jadi ke mantan sih?

curhat pilpres (foto: @chorilatifah)

Usaha agar hubungan dengan si dia jadi lancar

curhat pilpres (foto: @devi_nt)

Kalo ketemu camer sih lebih grogi dari debat capres

curhat pilpres (foto: @jayakabajay)

Suara hati rakyat Twitter

curhat pilpres (foto: @dewahoya)

Lah, dikira main gim apa?

curhat pilpres (foto: @adeee_muhaimin)

Siapapun presidennya jauhkan kami dari lelaki yang suka DM minta kenalan

curhat pilpres (foto: @nitahappy11)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Internet Satelit Buka Peluang Memajukan UMKM di Daerah Pedalaman

Posted: 17 Jan 2019 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemanfaatan internet satelit pada era teknologi informasi saat ini dinilai sangat berguna dalam mencari peluang bisnis dan pembeli (buyer). Tidak ketinggalan pada daerah pedalaman yang dapat mendukung kemajuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Direktur Bisnis Telkomsat, Bogi Witjaksono mengatakan salah satu layanan internet satelit yang dapat dipilih agar pengusaha UMKM di daerah bisa lancar berselancar di dunia maya sekalipun di daerah pedalaman adalah MangoeSky for Café.

Untuk menikmati akses internet ini, pelanggan hanya butuh membeli voucher yang disediakan. Layanan ini juga memberikan pendapatan tambahan kepada pemilik usaha rumah makan sekaligus meningkatkan daya tarik.

"Layanan MangoeSky for Café memang diperuntukkan untuk koneksi internet di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar), sehingga masyarakat di daerah pedalaman tetap dapat merasakan manfaat internet. Dan masyarakat dapat menikmati internet untuk mendapatkan informasi maupun hiburan," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/1/2019).

Ia mencontohkan Rumah Makan Nadira yang terletak di kabupaten Melawi, Kalimantan Barat. Jika ini terlihat sama dengan rumah makan lain di wilayahnya.

Bangunan sederhana yang hanya menggunakan kursi dan meja tradisional sebagai tempat menyambut tamu untuk menyantap sajian di rumah makan tersebut. Tempat ini juga menjadi tempat singgah dan beriistirahat para supir bus antar kota.

Namun, tambah Bogi, ada perbedaan dari rumah makan ini. Sejak Agustus 2018 Rumah Makan Nadira menambahkan layanan internet untuk menarik minat pelanggan ke tempatnya.

Layanan ini menjadi keunggulan dibandingkan dengan rumah makan lain. Terletak di desa Naga Pintas, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat yang merupakan daerah sulit akses internet. 

"Maka tidak heran jika kemudahan berinternet yang ditawarkan menjadi nilai plus tersendiri," dia menandaskan.

Pajak E-Commerce Bakal Picu Pelaku UMKM Jualan di Media Sosial

Ilustrasi e-Commerce (iStockPhoto)

Pemerintah resmi mengeluarkan aturan pajak bisnis jual beli daring (online) atau e-commerce yang mulai berlaku pada 1 April 2019.

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 210/PMK.010/2018 tentang Perlakuan Perpajakan atas Transaksi Perdagangan melalui Sistem Elektronik.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia atau idEA, Ignasius Untung menilai, ada PMK ini justru akan mengancam platform e-commerce lokal.

Karena tidak bisa dipungkiri, masih banyak para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjual barang dagangannya melalui media sosial.

Menurut untung, kebanyakan dari pelaku UMKM menjual di media sosial lantaran aman, karena tidak dikenakan pajak daripada di e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya.

"Dari studi idEA menemukan bahwa 95 persen pelaku UMKM online masih berjualan di platform media sosial. Dan hanya 19 persen yang sudah menggunakan platform marketplace," kata Untung dalam konferensi pers, di Kantornya, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Untung mengatakan, secara otomatis pemberlakukan PMK 210 pada plaform marketplace akan mendorong pedagang untuk beralih berdagang melalui media sosial yang minim kontrol. Berbagai masalah termasuk penipuan dan perlindungan konsumen pun dikhawatirkan meningkat.

"Tanpa pemberlakuan PMK 210 pun platform marketplace sudah harus berjuang keras untuk bersaing di tengah perlakuan yang tidak sama dengan media sosial yang notabenenya minim kepatuhan," kata dia.

Jika kondisi ini berlanjut, kata Untung, dikhawatirkan plaform e-commerce lokal akan kalah bersaing.

"Kalah bersaing karena kalah strategi, itu sudah menjadi risiko bisnis. Tapi kalau bersaing karena tidak adanya level playing field atau kesetaraan itu amat disayangkan. Padahal justrun platform lokal mendorong peningkatan ekonomi ketimbang platform media sosial yang dimiliki asing," pungkasnya.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Menerobos Banjir, Sepeda Motor Wajib Masuk Bengkel

Posted: 17 Jan 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang terpaksa dilakukan saat musim hujan adalah menerobos banjir menggunakan sepeda motor. Hal tersebut sebenarnya berbahaya untuk Anda dan juga komponen sepeda motor.

Apalagi saat menerobos, Anda menggunakan sepeda motor matik. Banjir bisa memengaruhi performa mesin kendaraan yang berisiko mogok, mati, bahkan rusak.

Setelah menerobos banjir, segera bawa ke bengkel untuk dilakukan pengecekan. Mengutip laman resmi Suzuki Indonesia, risiko paling sering terjadi setelah motor matik dipakai menerobos banjir adalah water hammer.

Water hammer adalah kondisi adanya air berlebih yang masuk ke ruang pembakaran. Risiko ini sangat fatal untuk mesin, karena bisa menyebabkan bengkoknya piston dan pecahnya seher.

Jika terlambat mengetahui hal tersebut, selain sepeda motor rusak, otomatis biaya perbaikan juga akan berkali-kali lipat. Maka itu apapun jenis motor matikmu, jangan menunda untuk ke bengkel jika motor usai menerobos banjir.

Sumber: Otosia.com

 

Kantong Ajaib Ini Bisa Amankan Mobil dari Banjir

Kantong ajaib ini bisa amankan mobil dari banjir. (Motor1)

Bencana alam seperti banjir, gempa, longsor, ataupun puting beliung, merupakan hal-hal yang tak bisa diprediksi. Tapi seperti banjir yang selalu menjadi cerita tahunan di Indonesia, setidaknya bisa diantisipasi.

Banjir tak hanya merendam rumah, tapi tak jarang juga mobil. Baru-baru ini ada inovasi kantong plastik untuk mobil yang setidaknya membuat air susah masuk ke mobil, seperti melansir Motor1.

 

 
 

 

Sepintas, kantong berwarna merah itu seperti kantong plastik biasa. Tapi sebenarnya bisa membantu pemilik mobil untuk menyelamatkan mobilnya, karena benda itu kedap air.

Caranya, pemilk mobil hanya perlu meletakkan dasar kantong, lalu mengendarai mobil dan berhenti diatasnya, lalu tutup kantong tersebut dan mobil bisa dipakai untuk melintasi genangan air.

Kantong ini dilengkapi tali sehingga otolovers pun bisa mengaitkan kendaraan ke pos. Otolovers pun tak perlu cemas mobil akan terseret arus.

Inovasi Paul Dela Fuente dari Filipina ini ada dua ukutan, medium dan besar yang kompatibel dengan semua jenis kendaraan mulai sedan kompak hingga mid-SUV, dan pick-up truk. Menarik bukan otolovers?

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga: Pak Prabowo Larang Saya Angkat Kasus Novel Baswedan Saat Debat Capres

Posted: 17 Jan 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Debat pertama capres telah berlalu, masing-masing paslon saling melemparkan pertanyaan sesuai tema yakni HAM, penegakan hukum dan korupsi.

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengatakan, dirinya telah menyiapkan pernyataan terkait penegakan hukum kasus penyidik KPK Novel Baswedan.

Namun, rencana itu batal dilontarkan pada Joko Widodo-Maruf Amin. "Terus terang ada di dalam note saya untuk diangkat, tapi Pak Prabowo bilang (enggak)," kata Sandiaga di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan, Jumat (18/1/2019).

Sandiaga bahkan sudah diingatkan tim BPN yakni Sudirman Said, Bambang Wijayanto dan Dahnil Azhar untuk menyampaikan komitmen Prabowo-Sandi untuk memecahkan kasus Novel.

"Saya diingetin terus berkali-kali oleh Pak Dirman, Pak BW, Mas Dahnil tapi saya sampaikan Pak Prabowo yang akan menutup pembicaraan yang closing statement. Kalau saya dikasih kesempatan 30 detik saya akan tanya mengenai (kasus Novel Baswedan)," ujarnya.

Namun, lantaran yang memberikan pernyataan penutup adalah Prabowo, maka kasus Novel Baswedan tidak disampaikan. Semula, kata Sandiaga, ia akan menyampaikan rencana pembentukan tim internal penuntasan kasus Novel Baswedan apabila mereka terpilih.

"Tapi Pak Prabowo sampaikan jangan, kita ungkapkan yang lebih esensial yaitu bagaimana membantu penegakan hukum dan salah satu poin utama tentang kasus Pak Novel Baswedan itu kita sampaikan tentunya bukan pada kesempatan debat tapi pada nanti jika Allah SWT beri mandat akan kita jadikan program utama di program 100 hari," tandasnya.

Muncul di Konferensi Pers

Direktur Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Sudirman Said, menyinggung kinerja penegakan hukum dan HAM di era Jokowi-JK dalam konferensi pers usai debat.

Dalam paparannya, Sudirman menyebut bahwa periode pemerintahan saat ini, korupsi, penegakan hukum, terorisme dan HAM menunjukan tanda mencemaskan.

"Ada 4 kepala lembaga negara ditangkap, ratusan pejabat publik tertangkap tangan, 4 tahun memperkuat KPK kok tidak terjadi, bahkan diperlemah, terakhir serangan terhadap Novel Baswedan," kata Sudirman.

Sebelumnya, tim pakar debat bidang hukum Jokowi-Ma'ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan jawaban jika kubu Prabowo-Sandiaga menanyakan soal kasus Novel Baswedan, dalam debat perdana Pilpres 2019.

"Soal Novel itu jawaban Pak Jokowi singkat saja. Teruskan penyidikan kasus itu. Dan beliau ingin disegerakan penuntasan terhadap kasus yang menimpa Pak Novel Baswedan itu," ucap Yusril di Jakarta Theater, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Dia menegaskan, Jokowi juga sudah menyetujui rekomendasi Komnas HAM untuk dibentuknya tim kasus Novel Baswedan.

"Dan Pak Jokowi juga menegaskan, pemerintahan beliau setuju dan menerima rekomendasi dari Komnas HAM untuk membentuk tim pencari fakta untuk mengungkapkan kasus Novel Baswedan," ungkap Yusril.

"Tapi tidak semua pelanggaran HAM itu terkategorikan pelanggaran HAM yang berat. Jadi kasus Pak Novel Baswedan itu adalah kasus murni hukum, pelanggaran HAM dalam artian pelanggaran hukum, bukan pelanggaran HAM berat," jelas Yusril.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Berhenti dari ITB, Begini Kabar Izhak dan 9 Adiknya

Posted: 17 Jan 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Polewali Mandar Masih ingat dengan Muhammad Izhak? Ya, dia adalah mantan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang memutuskan berhenti kuliah demi merawat sembilan adiknya. Keputusan itu diambil mantan mahasiswa Fakultas Teknik Kimia angkatan 2013 itu setelah kedua orangtuanya meninggal karena sakit.

Izhak tersenyum semringah saat Liputan6.com menyambangi kediamannya di Dusun Tojangan, Desa Pasiang, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, pada Kamis sore, 17 Januari 2019. Kehidupan pemuda berusia 23 tahun itu kini jauh lebih baik.

Kisah Izhak yang harus berhenti kuliah demi merawat sembilan adiknya pada Desember 2017 berhasil menggugah hati banyak orang, baik itu secara personal maupun secara kelompok yang tergabung dalam suatu organisasi. Bantuan itu ada yang berupa uang, ada pula yang berupa benda.

"Jumlahnya ratusan juta, saya tidak bisa hitung totalnya secara detail," kata Izhak kepada Liputan6.com.

Yang jelas, bantuan itu seluruhnya dipergunakan mantan mahasiswa ITB itu dengan sangat hati-hati. Selain untuk biaya adik-adiknya sekolah, bantuan yang masuk ke rekening pribadi milik Izhak itu juga digunakan Izhak untuk melanjutkan kuliahnya di Universitas Terbuka Majene.

"Saya ambil jurusan manajemen, karena tidak ada jurusan Teknik Kimia. Saya mengulang dari awal, sekarang baru mau masuk semester dua. Setiap Sabtu Minggu saya bolak-balik ke Majene untuk ngampus," paparnya.

Mantan mahasiswa ITB itu sengaja memilih kuliah pada hari Sabtu dan Minggu agar tetap ada yang bisa mengurus si bungsu, Muhammad Chairul, yang baru berumur dua tahun. "Kalau Sabtu-Minggu kan adik saya yang cewek bisa merawat Chairul," imbuhnya.

Pengusaha yang Dermawan Bantu Izhak

Rumah baru Izhak (Fauzan/Liputan6.com)

Izhak dan sembilan adiknya tak lagi tinggal di rumahnya yang lama, ia kini memiliki rumah baru yang dibangun di atas tanah peninggalan ayahnya tak jauh dari tempat tingggal sebelumnya. Biaya pembangunan rumah baru sederhana itu diberikan oleh seorang dermawan asal kota Surabaya.

"Sekarang tinggal di sini, ini rumah dibangunkan oleh seorang pengusaha, dia minta namanya tidak disebutkan," kata Izhak saat ditemui di kediamannya.

Kala itu, pengusaha asal Kota Pahlawan itu datang menggunakan mobil menemui Izhak. Kepada pengusaha itu Izhak menyebutkan bahwa ia memiliki sebuah tanah yang telah dibanguni fondasi rumah, tetapi pembangunannya belum dilanjutkan karena terkendala biaya.

"Saya tidak tahu dari mana dia tahu rumah saya, kemungkinan dari supirnya yang antar itu. Setelah saya jelaskan tentang tanah ini dia langsung tawarkan untuk bangunkan rumah," ucap Izhak.

Tak hanya dari pengusaha asal Surabaya itu, seorang TKW di Arab Saudi juga memberikan bantuan kepada Izhak dan saudara-saudaranya. Bahkan, majikan TKW tersebut yang diceritakan kisah tentang Izhak juga ikut memberikan bantuan.

"Majikannya TKW itu bahkan menjadi semacam donatur tetap untuk keluarga saya," ungkap Izhak.

Bantuan Alumni ITB

Production Center yang tengah dibangun oleh Izhak (Fauzan/Liputan6.com)

Ikatan Alumni ITB sendiri tidak tinggal diam melihat apa yang dialami Izhak kala itu. Bantuan demi bantuan diberikan baik dari alumni fakultas maupun alumni kampus.

"Ada banyak sekali bantuan dari kakak-kakak alumni. Dari Ikatan Alumni Teknik Kimia, Ikatan Alumni ITB Sulawesi Selatan dan Barat, maupun Ikatan Alumni ITB yang organisasi besar," ucapnya.

Saat ini, Izhak sedang disibukkan dengan pembangunan Production Center yang digagas oleh Ikatan Alumni ITB. Production Center itu nantinya akan menjadi lahan usaha agar Izhak dapat melanjutkan hidup.

"Jadi ini yang sementara saya bangun, Production Center, nanti di sini jadi tempat pemeliharaan ternak modern dan pengembangan pembuatan gula aren," jelas Izhak sambil menunjukkan lokasi pembangunan Production Center-nya.

Izhak menyebutkan biaya pembangunan Production Center itu seluruhnya ditanggung oleh ikatan alumni ITB. Tak hanya itu, dalam prosesnya, IA ITB juga terus mengontrol pembangunan Production Center tersebut.

"Kemarin salah satu perwakilan ikatan alumni datang lihat sudah sejauh mana perkembangannya. Kalau di persentasekan ini kira-kira sudah rampung 70 persen," jelasnya.

Menurut Izhak, production center yang tengah ia bangun adalah model tempat perawatan hewan ternak yang sangat mutakhir, model seperti itu pertama kali digunakan oleh Darmono di Cikampek.

"Jadi ini yang kedua, semoga bisa sebesar punya Pak Darmono, kemarin sebelum saya bangun ini saya sempatkan untuk ke tempat pak Darmono melihat bagaimana punya dia," ucapnya.

"Yang jelas semoga apa yang tengah saya geluti ini dapat menjadi berkah buat saya dan keluarga saya," ia memungkasi.

 

Saksikan video pilihan menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kasus Suap, Supervisor Kantor Pajak Ambon Tertunduk Usai Diperiksa KPK

Posted: 17 Jan 2019 09:02 PM PST

Supervisor KPP Pratama Ambon, Sulimin Ratmin seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (18/1). Sulimin diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus suap terkait pengurangan kewajiban pajak pribadi. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Supervisor KPP Pratama Ambon, Sulimin Ratmin seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (18/1). Sulimin diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus suap terkait pengurangan kewajiban pajak pribadi. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Supervisor KPP Pratama Ambon, Sulimin Ratmin seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (18/1). Sulimin diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus suap terkait pengurangan kewajiban pajak pribadi. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Supervisor KPP Pratama Ambon, Sulimin Ratmin seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (18/1). Sulimin diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus suap terkait pengurangan kewajiban pajak pribadi. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Supervisor KPP Pratama Ambon, Sulimin Ratmin seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (18/1). Sulimin diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus suap terkait pengurangan kewajiban pajak pribadi. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Supervisor KPP Pratama Ambon, Sulimin Ratmin seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (18/1). Sulimin diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus suap terkait pengurangan kewajiban pajak pribadi. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Soal MRT Jakarta Yang Akan Uji Jalan 26 Februari 2019

Posted: 17 Jan 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pada tanggal 26 Februari 2019 mendatang, masyarakat sudah mulai bisa mencoba transportasi baru yang hadir di Jakarta. Transportasi Mass Rapid Transit atau kerap disebut MRT akan mulai melakukan masa uji publik.

Selama masa uji coba tersebut, masyarakat yang akan menggunakan MRT tidak akan dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Moda transportasi yang diperkenalkan dengan nama Ratangga ini ditargetkan akan diuji coba pada akhir Februari 2019. Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin mengatakan, pada 26 Februari, akan dilaksanakan rangkaian uji coba.

Setelah itu, masyarakat umum mulai diperbolehkan untuk mencoba transportasi massal ini.

"Setelah tanggal 26 Februari. (Di 26 Februari) Itu kita ada emergency drill dulu, latihan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (‎17/1/2019).

Meski telah dibuka secara publik dan gratis, jumlah MRT yang disediakan masih dibatasi. Muhammad Kamaluddin menambahkan bahwa, MRT masih dibatasi karena belum launching secara resmi sampai nanti tanggal resminya.

"Nanti prosedurnya masih kita susun, dan batas (jumlah masyarakat) masih kita tentuin, kemudian aksesnya dari stasiun mana dulu. Karena sequence kan kita buka. Ini belum langsung serempak 13 stasiun langsung full pelayanan, kan masih belum bayar, masih gratis, makanya kita atur dulu," tandas dia.

Dari Lebak Bulus- Bundaran HI hanya 30 Menit Hingga Memakai Persinyalan Canggih di Dunia

Rangkaian kereta MRT Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia melintasi Terminal MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (16/1). Moda Raya Terpadu itu rencananya beroperasi pada pertengahan Maret 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Untuk rute Lebak Bulus-Bundaran HI yang dikenal kawasan macet biasanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi saat jam sibuk membutuhkan waktu satu setengah jam. Dengan menggunakan MRT rute Lebak Bulus-Bundaran HI dapat ditempuh dalam waktu 30 menit.

MRT fase I rute Lebak Bulus-Bundaran HI juga akan menggunakan sistem persinyalan-telekomunikasi menggunakan CBTC atau Communications-based Train Control.

CBTC merupakan salah satu sistem tercanggih di dunia saat ini. Sistem CBTC pada MRT Jakarta adalah yang pertama di Indonesia.

Menggunakan standar STRASYA atau Standard Urban Railway System for Asia. Kereta tersebut juga menggunakan sistem Automatic Train Protection dan Automatic Train Operation. Artinya, kereta mampu beroperasi secara otomatis.

Pembangunan MRT Hampir Rampung

Rangkaian kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia melintasi Terminal MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (16/1).MRT memasuki tahap ujicoba dari  awal Januari hingga Maret 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Dengan rute operasi yang memiliki rute sepanjang 15.7 kilometer dengan 13 stasiun, MRT diharapkan menjadi jawaban masyarakat Jakarta terkait permasalahan kemacetan.

Dengan progress pembangunan ini, Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandara, meyakini MRT Jakarta ini sudah dalam mulai beroperasi secara komersial pada akhir Maret 2019.

"Jadi ini (progres proyek) on track, untuk memastikan pengerjaan-pengerjaan ke depan berjalan lancar. Kita punya 218 hari menuju 1 Maret (2019)," ucap dia.

Rencana Pembangunan MRT Jakarta Sempat Diubah Presiden

Rencana selesai pembangunan MRT pada awalnya telah disepakati akan rampung pada awal tahun 2019 ini, namun Presiden mengubahnya.

Pembangunan tahap I dimajukan agar selesai pada tahun 2018 untuk menyambut Penyelenggaraan Asian Games oleh Presiden. Rencana awal pembangunan MRT menginginkan tahap II akan dimulai tahun 2020 dan tahap III ditargetkan dimulai tahun 2024.

Presiden mengarahkan bahwa penyelesaisan MRT ini harus disegerakan sehingga Jokowi menghimbau agar tahap II sudah dimulai Oktober 2018 dan tahap III dimulai tahun 2019.

Perdebatan Bentuk dan Desain MRT Jakarta

Kereta mass rapid transit (MRT) terparkir di depo  MRT Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (28/8). Progres konstruksi moda transportasi MRT Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran HI kini mencapai hampir 96 persen. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kereta yang akan beroperasi uji coba publik pada akhir Februari 2019 mendatang diproduksi oleh perusahaan Nippon Sharyo, Ltd. Di Jepang. Kualitas kereta ini terbuat dari bahan stainless steel atau baja anti karat hingga usia 40 tahun mendatang.

Produksi dari Jepang yang akan digunakan di Jakarta ini mendapatkan komentar dari Sumarsono selaku Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta yang ia sebut mirip kepala jangkrik.

Ia menginginkan untuk desain MRT terlihat lebih sporty. Namun hal itu direspon oleh Ahok yang masa itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, akan menambah biaya produksi dan kemunduran waktu lagi.

Pun begitu, Sumarsono masih bersikeras untuk mengubah desain MRT kepala jangkrik tersebut untuk dikirim kembali Ke Jepang.

Mengurangi CO dan Meningkatkan Perekonomian

Adanya MRT diharapkan untuk mengurangi permasalahan yang selalu dihadapi oleh Ibukota yaitu kemacetan. Jika para pengguna kenderaan pribadi akan beralih menggunakan MRT maka diperkirakan akan mengurangi tingkat gas CO di udara Jakarta.

Selain itu akan berdampak ke hal lain seperti kesehatan penduduk Jakarta yang lebih baik karena tidak terkena polusi.

Dengan mulai beroperasinya MRT tentu saja stasiun-stasiun baru yang akan menjadi tempat pemberhentian membutuhkan tenaga baru. Ini adalah kesempatan untuk membuka lapangan kerja dari berbagai posisi. Jumlahnya bisa ratusan lapangan pekerjaan.

Biaya transportasi juga akan berkurang karena masyarakat akan menggunakan MRT yang akan gratis selama masa uji coba public.

Perkiraan Tarif MRT Jakarta

Tarif MRT saat telah dirilis secara resmi masih dalam diskusi oleh pemerintah. Dari pihak MRT sendiri mengusulkan tarif yang dipatok sekitar Rp 3000 sampai Rp12.000, dengan Rp 8500 untuk setiap 10 kilometer.

"Kami mencoba untuk berbicara dengan pemerintah supaya membiarkan kami mengenakan tarif yang memungkinkan kami untuk beroperasi dengan cara komersial, tetapi tidak terlalu memberatkan penumpang. Jika tarifnya terlalu rendah, akan sulit bagi kami untuk menaikannya di masa depan," kata William selaku Direktur Utama PT MRT Jakarta.

Reporter: Loudia Mahartika

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biar Rekan Kerja Terinspirasi, Lakukan 6 Cara Ini

Posted: 17 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja sama dan menjalin hubungan baik dengan rekan kerja merupakan kebutuhan wajib yang harus dipenuhi dalam sebuah tim. Anda dan rekan kerja akan memiliki sejumlah tanggung jawab, di mana kinerja terbaik Anda akan dibutuhkan.

Berbagai tugas ini bisa saja sulit dan penuh tantangan, sehingga dibutuhkan kemampuan terbaik dan sikap yang profesional dari Anda dan rekan kerja Anda. Tidak selalu berjalan dengan mulus, sesekali berbagai tantangan bisa saja membuat Anda dan rekan kerja Anda menjadi tidak bersemangat.

Semua ini tentu harus diatasi dengan cara-cara yang tepat, bukan? Setiap orang tentu memiliki cara tersendiri ketika menghadapi masa-masa yang sulit, dan tentunya Anda juga.

Saat Anda bisa mengatasi masa-masa yang sulit dan tetap menikmati pekerjaan Anda dengan baik, maka hal yang sama juga bisa berimbas pada rekan kerja serta lingkungan kerja itu sendiri.

Sikap positif Anda bisa saja menginspirasi rekan kerja atau bahkan orang lain yang mengenal dan berinteraksi dengan Anda. Jadi, lakukan enam cara ini agar rekan kerja Anda terinspirasi, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Membangun Hubungan yang Sehat

Untuk bisa bekerjasama dengan baik, jelas akan dibutuhkan hubungan yang baik antara Anda dan juga rekan kerja Anda. Hal ini berlaku untuk semua lini, baik itu untuk atasan atau bawahan Anda.

Jika Anda mampu membangun hubungan kerja yang sehat dengan rekan kerja, maka Anda secara tidak langsung mengajak mereka untuk menikmati hubungan kerja yang baik dan nyaman. Hal seperti ini bisa berdampak positif bagi kinerja Anda, termasuk rekan-rekan kerja Anda.

2. Membangun Lingkungan Kerja yang Nyaman

Ilustrasi Orang sukses (iStockphoto)​

Kinerja yang maksimal akan lebih mungkin tercipta di lingkungan kerja yang nyaman dan profesional. Lingkungan kerja seperti ini harus dibangun dengan berbagai upaya yang berkesinambungan, di mana semua orang terlibat di dalamnya.

Anda bisa berperan dalam membangun lingkungan kerja yang nyaman seperti ini dan menjadi penggagas bagi rekan-rekan kerja Anda yang lainnya.

Sikap dan juga budaya kerja Anda tentu akan sangat memengaruhi terciptanya lingkungan kerja yang nyaman ini, sehingga perlahan-lahan orang lain juga ikut dan mendapatkan pengaruh positif dari Anda.

3. Memotivasi dengan Cara yang Tepat

Bukan hanya masalah pekerjaan saja, orang lain juga membutuhkan banyak motivasi yang membangun di dalam kehidupan pribadinya. Namun bukan berarti Anda harus selalu menjadi motivator untuk semua orang.

Ini perlu diperhatikan, sebab tidak semua orang bisa menerima sikap Anda tersebut. Pastikan Anda memberikan motivasi dengan cara yang tepat, di mana rekan kerja Anda bisa menerimanya dengan positif dan dalam porsi tepat juga.

4. Menjadi Pemimpin yang Profesional

ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Jika Anda berada pada posisi atasan, jadilah sosok yang profesional dan mengayomi. Pastikan Anda memimpin dengan kemampuan yang baik, sebagaimana layaknya seorang pemimpin yang bisa mengatasi berbagai hal di dalam lini yang dipimpinnya.

Hal ini akan membuat bawahan dan rekan kerja menaruh kepercayaan kepada Anda. Selain itu mereka juga akan merasa mendapatkan arahan yang tepat dan sesuai dengan yang mereka butuhkan.

5. Punya Tanggung Jawab dan Kemampuan Kerja yang Mumpuni

Sebagai pekerja, Anda tentu akan memiliki kewajiban dan tanggung jawab kepada perusahaan, di mana semua ini akan membutuhkan kemampuan kerja yang mumpuni sejak awal.

Kemampuan kerja Anda akan menjadi salah satu modal penting ketika bekerja, dan hal ini akan menjadi salah satu nilai lebih Anda di mata perusahaan dan juga rekan-rekan kerja Anda.

 

6. Menempatkan Diri dengan Baik dan Sesuai Porsinya

Ilustrasi teman - sahabat - rekan kerja (iStockphoto)

Rekan kerja yang baik adalah yang mampu menempatkan diri dengan baik dan sesuai dengan porsinya. Jika Anda sudah memiliki ini, maka orang lain akan lebih nyaman bekerja dengan Anda. Anda akan menjadi rekan kerja yang menyenangkan dan bisa diandalkan ketika dibutuhkan.

Apakah Anda Punya Sikap dan Kemampuan yang Berimbang?

Bekerja dan sudah memiliki pengalaman yang cukup lama di perusahaan, Anda tentu kerap menjadi perhatian banyak orang, termasuk rekan kerja Anda. Bukan tidak mungkin Anda bahkan menjadi inspirasi bagi mereka.

Ada banyak cara yang dapat menginspirasi rekan kerja, tentunya dengan mengandalkan sikap profesional serta kemampuan kerja Anda yang berimbang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampilan Serba Gelap Ira Koesno Jadi Sorotan di Debat Pilpres 2019

Posted: 17 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di samping gagasan yang disajikan kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden, masih ada banyak sebab Debat Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis malam, 17 Januari 2019, menarik perhatian publik. Penampilan sang moderator, Ira Koesno, salah satunya.

Sejak memandu debat Pilgub DKI tahun lalu, penampilan perempuan yang sempat berkarier sebagai jurnalis itu memang acap kali menarik perhatian. Seperti semalam saat Ira Koesno berpenampilan serba gelap dan kemolekan parasnya jadi perbincangan hangat sampai jadi trending topic di Twitter.

 

Masih dengan gaya rambut layer andalannya, perempuan kelahiran Jakarta, 49 tahun lalu itu, tampak memakai busana dengan warna hitam dari atas sampai bawah. Bersama celana bahan berpotongan lurus, Ira tampak memakai atasan dengan detail lace berpadu blazer biru gelap yang memberi kesan formal.

Penampilannya ditunjang dengan pemakaian high heels berwarna serupa. Pakaian serba gelap ini membuat perhatian lebih banyak tertuju pada wajah rupawan Ira yang dipoles makeup dengan dominasi warna merah muda.

Ya, sementara kesan smokey tampak dengan aplikasi eyeliner si sepanjang garis mata, bagian pipi dan bibir Ira terlihat lebih berwarna dan terkesan feminin lewat sentuhan blush on dan lipstik merah muda.

Selain berparas menawan, Ira Koesno dikenal sebagai figur yang tegas ketika memandu jalannya debat, tak terkecuali Debat Pilpres 2019 Kamis malam, 17 Januari 2019. Figurnya yang dikenal sebagai perempuan independen pun menambah kekaguman tak sedikit orang yang tertuang dalam sederet tulisan di jagat maya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Minum Banyak tapi Masih Haus? Ini 5 Alasannya

Posted: 17 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Segelas air putih sudah ditenggak habis tak tersisa tapi rasa haus masih ada. Pernah merasakan seperti itu? Jika iya, bisa jadi memang tubuh masih kurang cairan.

"Alasan utama seseorang merasa haus adalah karena dehidrasi, mereka tidak minum cukup banyak air," jelas Natasha Bhuyan seorang dokter di One Medical, Phoenix, Arizona.

Natasha menjelaskan bahwa pada beberapa orang membutuhkan lebih banyak air dibanding orang lain. Hal ini biasanya dialami oleh orang yang rutin berolahraga atau tinggal di lingkungan kering. Selain itu, berikut empat alasan lain kamu masih merasa haus walau sudah cukup minum seperti dilansir Medical Daily, Jumat (18/1/2019).

1. Jenis Diet

Orang yang melakukan diet keto melaporkan beberapa efek samping yang salah satunya adalah rasa haus berlebih. Hal ini muncul karena jenis diet ini mengurangi asupan karbohidrat yang kaya kandungan air dibanding lemak dan protein.

 

2. Masalah Tiroid

Ilustrasi kelenjar tiroid (iStockphoto)

 

Efek dari tiroid yang aktif berlebihan dapat berbeda antara satu orang dengan orang lain. Salah satu gejala yang ditunjukkan oleh hal ini adalah gejala haus luar biasa yang dialami serta berbagai gejala lain seperti berat badan yang susut, tremor pada tangan, kelelahan, kecemasan, dan lain sebagainya.

3. Diabetes

Gejala haus ini terjadi baik pada penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2. Terjadinya rasa haus ini merupakan salah satu efek dari terjadinya diabetes namun tidak sepenuhnya identik.

"Saat dehidrasi, tubuh mencoba untuk mempertahankan cairan dalam tubuh. Namun ketika diabetes, kandungan gula keluar dan memaksa seseorang untuk buang air kecil lebih sering," ujar Peter Mayock, M.D., dari Eric Family Health Center di Chicago, Amerika Serikat.

4. Pengobatan yang Kamu Jalani

Banyak jenis pengobatan yang dapat baik secara langsung atau tidak berkontribusi pada rasa haus di tenggorokan. Obat darah tinggi, antidepresan, dan alergi dapat menimbulkan efek samping seperti sering buang air dan tenggorokan kering. (Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com)

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Peluang Juventus Jauhi Napoli

Posted: 17 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Juventus masih menguasai klasemen Liga Italia hingga pekan ke-29. Klub asuhan Massimiliano Allegri ini, kokoh di posisi puncak dengan 53 poin.

Posisi kedua klasemen Liga Italia masih ditempati Napoli. Dari 19 pertandingan, mereka sudah mengumpulkan 44 poin.

Napoli di pekan ini akan menghadapi laga penting. Mereka akan bertemu dengan Lazio, yang saat ini bertenger di urutan ke-4.

Inter Milan masih menempati urutan ke-3 dengan 39 angka di klasemen Liga Italia. Di pekan ini Inter berpeluang mendekati posisi Napoli jika menang lawan Sassuolo.

Pundi Gol

Para pemain AC Milan merayakan gol yang dicetak Gonzalo Higuain ke gawang SPAL pada laga Serie A di Stadion San Siro, Milan, Sabtu (29/12). Milan menang 2-1 atas SPAL. (AP/Antonio Calanni)

AC Milan, yang gagal meraih sukses di Piala Super Italia, akan bertandang ke markas Genoa. Milan ada di urutan lima dengan raihan 31 poin.

Milan tentu sangat ingin memenangkan laga ini untuk mengejar perolehan poin Lazio di klasemen sementara Liga Italia.

Juventus akan berhadapan dengan Chievo Verona. Juventus dan Ronaldo berpeluang besar menambah pundi-pundi poin dan gol mereka pada pekan ke-20. Pasalnya, mereka hanya akan menjamu tim juru kunci klasemen Liga Italia.

Klasemen Liga Italia

 

FcTables.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Perlihatkan Kondisi Terkini Ustaz Arifin Ilham

Posted: 17 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Untuk kedua kalinya Ustaz Arifin Ilham diterpa berita palsu soal kondisi kesehatannya. Pada Kamis (17/1/2019) sore, lagi-lagi ia dikabarkan telah meninggal dunia.

Terkait hal ini, putra Ustaz Arifin Ilham, Alvin Faiz, dengan cepat memberi bantahan melalui Instagram Stories-nya. Ia menyatakan bahwa kondisi sang ayah semakin membaik.

"Ini kondisi terakhir @kh_m_arifin_ilham ketika dijenguk salah satu sahabat @rifai_10. Alhamdulillah abi semakin membaik dan kembali sehat," tulis Alvin Faiz, Kamis (17/1/2019) sore.

Fotonya sendiri memperlihatkan Ustaz Arifin Ilham yang sedang duduk berdampingan dengan sahabatnya. Dai kondang ini memang tampak jauh lebih sehat dari sebelumnya.

Kebenaran Berita

[Foto: Instagram Alvin Faiz]

Sebagai anak, Alvin Faiz pun sangat menyayangkan berita hoax yang berkembang terkait kondisi ayahnya. Alvin menghimbau agar masyarakat tidak cepat percaya dengan pemberitaan sang ayah yang tak bersumber langsung dari keluarga.

"Jangan percaya berita apa pun yang beredar sebelum kami selaku keluarga mengonfirmasi kebenaran tersebut ya," kata Alvin Faiz masih dalam unggahan yang sama.

Kondisi Terkini

Menengok kebelakang, Arifin Ilham menikah pertama kali dengan Wahyuniati Al Wali. Pernikahan yang dibangun sejak 28 April 1998 itu, dikaruniai tiga orang anak Muhammad Alvin Faiz, Ammar Muhammad Dzikra dan Muhammad Abbas. (Instagram/kh_m_arifin_ilham)

Kondisi kesehatan Ustaz Arifin Ilham saat ini semakin membaik. Namun, ia masih harus makan secara perlahan. Ia mensyukuri berkah tersebut dan segala doa dari orang terkasih untuknya.

"SubhanAllah walhamdulillah waktu dhuha selesai sarapan walau masih pelan pelan makannya, semua semakin diberkahi Allah semua kasih sayang doa keluargaku sahabatku tersayang tercinta Fillah," tulis Ustaz Arifin Ilham, Rabu (16/1/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Debat Capres - Cawapres Edisi Pertama Pemilu 2019 Jadi Sorotan Dunia

Posted: 17 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Selesai sudah debat capres dan cawapres babak pertama untuk Pemilu 2019, yang berlangsung di Hotel Bidakara Jakarta malam kemarin, 17 Januari 2019.

Masyarakat Indonesia telah melihat bagaimana pasangan capres-cawapres nomor urut 1 petahana Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno beradu retorika soal isu HAM, hukum, terorisme dan korupsi.

Tak hanya menjadi perhatian bangsa, debat semalam juga menuai sorotan dari sejumlah media internasional, dengan masing-masing menulis ulasannya tentang bagaimana para pasangan capres-cawapres bersilat lidah.

"Itu disebut sebagai perdebatan besar tentang hukum, korupsi, terorisme dan hak asasi manusia," kata jurnalis the Sydney Morning Herald Australia, James Massola dalam ulasannya berjudul 'Jokowi vs Prabowo: Indonesian presidential debate robotic, risk-averse', rilis pada Jumat (18/1/2019).

"(Tapi) mereka (para pasangan calon) terlihat seperti robot dengan memberikan jawaban yang tidak mau mengambil risiko, yang tampaknya dirancang untuk membuat lawan mereka bosan dengan sendirinya," lanjut Massola.

Apa yang diulas oleh Massola menggemakan kembali sejumlah kritik dari publik dalam negeri, dengan beberapa di antaranya mengatakan bahwa silat lidah semalam cenderung 'kurang menarik', ulas Australia Broadcasting Corp. (ABC.net.au) yang menjaring sejumlah komentar warganet Indonesia.

"Indonesians disappointed by highly anticipated first presidential debate ahead of April election," jurnalis ABC.net.au, Erwin Renaldi memasang tajuk berita ulasannya.

Sementara itu, surat kabar Singapura The Strait Times juga menyorot debat semalam, lewat beritanya yang berjudul "First Indonesian presidential debate between Jokowi and Prabowo kicks off".

Capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi (kiri) dan Ma'ruf Amin saat memaparkan visi misi dalam debat Pilpres 2019, Jakarta, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sedangkan kantor berita Amerika Serikat, the Associated Press (AP) menyorot debat semalam dengan berita berjudul 'Indonesian presidential campaign heats up with first debate.'

"Presiden Jokowi menggemakan kerjanya dalam mengembangkan infrastruktur Indonesia selama periode lima tahunnya," tulis jurnalis AP, Stephen Wright.

"(Sementara) kubu Prabowo menghadapi tantangan tentang bagaimana mereka harus menyiapkan agenda ekonomi alternatif untuk bersaing dengan Jokowi," tulis Wright, mengutip analisis dari Alexander Arifanto, pakar Indonesia dari S. Rajaratnam School of International Studies Singapura.

Surat kabar ternama AS, The Washington Post, juga menyorot debat capres-cawapres perdana, dengan merilis ulang berita AP berjudul "Indonesian presidential candidates spar over corruption."

Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat Debat Capres Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). Debat perdana ini mengangkat tema hukum, hak asasi manusia, terorisme, dan korupsi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Publikasi jurnal milik surat kabar Jepang, Nikkei Asian Review, menyoroti dengan judul 'Indonesia's presidential race heats up ahead of first debate'.

"Perdebatan menandai dimulainya kampanye penuh, tetapi para kandidat telah beradu taji saat mereka menguraikan kembali platform kampanye mereka dalam beberapa pekan terakhir," tulis Nikkei.

Sementara media ekonomi AS, Bloomberg, memasang berita ulasan debat capres-cawapres dengan judul, 'Indonesian Presidential Candidates Debate Corruption, Terrorism'.

"Presiden Indonesia Joko Widodo berjanji untuk mengintensifkan perang melawan korupsi melalui penunjukan politis berdasarkan prestasi dalam debat presiden pertama. Sementara penantangnya, Prabowo Subianto memperdebatkan bayaran yang lebih tinggi bagi birokrat untuk mengatasi ancaman korupsi yang dianggap menghambat perkembangan negara," tulis Bloomberg.

Capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin bersalaman dengan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno usai debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Berusaha untuk memenangkan suara para swing-voters, Jokowi mempertahankan rekam jejaknya dalam korupsi, terorisme, reformasi hukum dan hak asasi manusia dalam debat presiden hari Kamis, sementara Prabowo, mengajukan pemerintahan yang tegas untuk mengatasi korupsi dan ancaman kelompok teror asing dan dalam negeri."

"Meskipun ekonomi telah menjadi pusat perhatian dalam kampanye pemilu, serangan teroris sporadis dan tuduhan pelanggaran hak asasi manusia dari Papua ke Aceh telah menjadi catatan tersendiri pada masa jabatan Jokowi, memungkinkan penantangnya, Prabowo, memproyeksikan dirinya sebagai orang kuat yang mampu menangani masalah-masalah ini dengan lebih efektif," ulas media ekonomi itu.

 

Simak video pilihan berikut:

Dubes Inggris untuk Indonesia Hadir di Debat Capres dan Cawapres Perdana

Capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin bersalaman dengan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno usai debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Representasi sorotan dunia atas debat semalam juga ditunjukkan dengan hadirnya duta besar negara sahabat di Hotel Bidakara.

Kepada media, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik menyatakan perhelatan debat capres adalah hal yang menarik dalam negara demokrasi.

"Saya harap tercipta debat menarik dengan pikiran maju, saya kira harapan rakyat besar, harapan negara sahabat juga besar," kata Moazzam di lokasi debat capres dan cawapres, Kamis (17/1/2019).

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik hadir dalam Debat Capres perdana di Hotel Bidakara, Jakarta (17/1/2019) (kredit: Liputan6.com)

Moazam berharap, melalui proses demokrasi, Indonesia dapat terus melaju ke kancah panggung dunia. Menjadi negara demokrasi yang semakin hebat.

"Kami ingin melihat Indonesia mandiri maju, memainkan peran di panggung dunia," jelas dia.

Lebih lanjut, Moazam mengaku senang dengan perhelatan debat capres dan cawapres ini. Moazzam juga ingin mendengar langsung pemaparan dan pendekatan para kandidat pada isu HAM, terorisme, hukum, dan korupsi.

"Jadi isu-isu itu sangat penting ya, berfokus pada hal itu," tandas Moazzam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tak Penuhi Target, Karyawan Dihukum Merangkak di Pinggir Jalan

Posted: 17 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sekelompok karyawan dihukum dengan cara merangkak di pinggir jalan kota Zaozhuang, China. Hukuman ini karena para karyawan gagal memenuhi target yang telah ditentukan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengguna Kini Bisa Sesuaikan Timeline Twitter Secara Kronologis

Posted: 17 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Twitter akhirnya mengumumkan perombakan timeline terbaru untuk pengguna Android. Fitur ini dapat memberi kendali penuh atas timeline pengguna.

Pihak Twitter menyebut fitur baru ini dibantu dengan algoritma yang dapat memperlihatkan cuitan secara kronologis.

Fitur ini sebetulnya tak sepenuhnya baru. Sebab, Twitter pernah meluncurkan fitur serupa untuk pengguna iOS pada Desember 2018.

Dilaporkan Digital Trends, Twitter mengklaim fitur ini mudah digunakan, dengan catatan pengguna harus memperbarui versi terbaru Twitter. Setelah itu, muncul tombol bintang di pojok kanan atas.

Tombol akan memunculkan kartu di bagian bawah layar yang memungkinkan pengguna beralih secara otomatis ke pengaturan Beranda atau Home standar.

 

 

Twitter Perbaiki Notifikasi Spam yang Jejali Smartphone Pengguna

Ilustrasi Twitter  (iStockPhoto)

Pengguna Twitter belum lama ini mengeluhkan soal notifikasi spam yang muncul secara beruntun di smartphone-nya.

Notifikasi tersebut berupa kombinasi acak huruf dan angka yang muncul berkali-kali di tab notifikasi smartphone. 

Sontak saja, pengguna mengira notifikasi tersebut bisa jadi sebagai tanda-tanda peretasan akun Twitter.

Menanggapi hal ini, Twitter memberikan konfirmasi soal notifikasi tersebut. Mereka memastikan, notifikasi spam ini terjadi karena bug dari aplikasi. Oleh karenanya, pengguna diimbau untuk tidak panik.

Seperti dikutip Ubergizmo, Kamis (18/10/2018), CEO Twitter Jack Dorsey, telah memastikan bug tersebut sudah diperbaiki.

Notifikasi Tersembunyi

Ilustrasi Twitter (Liputan6.com/Sangaji)

Menurutnya, bug terjadi akibat notifikasi 'tersembunyi' (ia menyebutnya invisible notifications) yang seharusnya tidak diperlihatkan di layar. Notifikasi tersebut, ternyata menumpuk di dalam aplikasi.

Notifikasi ini adalah notifikasi lama yang bisa saja tidak dilihat pengguna, atau justru mereka menge-swipe notifikasi.

"Isu ini disebabkan oleh sejumlah notifikasi yang seharusnya tersembunyi, seperti DM dan juga twit reply. Kami belum bisa mencari tahu penyebab awalnya, yang pasti kami sudah perbaiki," ujar Jack.

Reporter: Dream

Sumber: Dream.co.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesepakatan Dagang AS-China Dorong Penguatan Rupiah

Posted: 17 Jan 2019 08:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat terbatas pada perdagangan Jumat ini. Kesepakatan dagang AS dengan China mendorong penguatan aset berisiko.

Mengutip Bloomberg, Jumat (18/1/2019), rupiah dibuka di angka 14.165 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.192 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.155 per dolar AS hingga 14.195 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,44 persen.

Berbeda, berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.182 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.158 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, harapan membaiknya hubungan dagangan Amerika Serikat dengan China mendorong minat pelaku pasar pada aset beresiko.

"Situasi itu membuka peluang bagi mata uang berisiko seperti rupiah untuk terapresiasi," katanya dikutip dari Antara.

Ia mengemukakan Wakil Perdana Menteri China Liu He akan mengunjungi AS pada 30-31 Januari mendatang untuk pembicaraan perdagangan berikutnya.

Ekonom Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih mengatakan pasar menyambut positif pertemuan itu dengan harapan kesepakatan tarif antara AS-China.

"Data-data ekonomi China belakangan ini menunjukkan penurunan, bahkan PMI (purchasing managers index) sektor manufatur sudah di bawah level 50 yang artinya kontraksi," katanya.

Dengan adanya kesepakatan, lanjut dia, maka diharapkan dapat menahan perlambatan ekonomi, mengingat perlambatan China akan berdampak pada global dan ekonomi Asia.

"Ekonomi China merupakan salah satu motor ekonomi Asia," katanya.

BI: Rupiah Berada dalam Tren Penguatan

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat, Jakarta, Kamis (23/10/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, rupiah mengawali tahun 2019 ini dengan kondisi yang cukup baik. Bank Indonesia (BI) menyebutkan Rupiah saat ini tengah dalam tren menguat. Penguatan dimulai sejak akhir tahun lalu dan terus berlanjut pada Januari 2019.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan tren penguatan Rupiah tersebut dakan mendukung stabilitas harga di dalam negeri.

"Nilai tukar Rupiah dalam tren menguat sehingga mendukung stabilitas harga. Rupiah pada Desember 2018 secara rerata menguat sebesar 1,16 persen, meskipun secara point to pointsedikit melemah sebesar 0,54 persen," kata Perry pada Kamis 17 Januari 2019.

Dia mengungkapkan penguatan Rupiah antara lain dipengaruhi aliran masuk modal asing akibat perekonomian domestik yang kondusif dan imbal hasil domestik yang tetap menarik, serta ketidakpastian pasar keuangan global yang sedikit mereda.

"Dengan perkembangan yang cenderung menguat menjelang akhir tahun 2018, Rupiah secara rerata keseluruhan tahun 2018 tercatat mengalami depresiasi sebesar 6,05 persen, atau secara point to point sebesar 5,65 persen dibandingkan dengan level tahun sebelumnya," ujarnya.

Sementara itu, depresiasi atau pemelahan Rupiah secara point to point tersebut lebih rendah dibandingkan dengan depresiasi mata uang negara lain seperti Rupee India, Rand Afrika Selatan, Real Brasil, dan Lira Turki.

"Ke depan, Bank Indonesia terus mencermati risiko ketidakpastian pasar keuangan global dengan tetap melakukan langkah-langkah stabilisasi nilai tukar sesuai nilai fundamentalnya dengan tetap mendorong berjalannya mekanisme pasar, dan mendukung upaya-upaya pengembangan pasar keuangan," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebentar Lagi Disidang, Begini Perkembangan Kasus Ujaran Kebencian Ahmad Dhani

Posted: 17 Jan 2019 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Musisi sekaligus politikus Partai Gerindra Ahmad Dhani terjerat kasus ujaran kebencian. Dia ditengarai mengeluarkan pernyataan yang menimbulkan kegaduhan.

Pernyataan tersebut dilontarkan Ahmad Dhani melalui jejaring sosial twitter. Dalam cuitannya, dia menyebut kata idiot yang menyinggung salah satu unsur massa pengunjuk rasa menolak deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya, beberapa waktu lalu.

Akibat cuitannya itu, Ahmad Dhani harus menjalani proses hukum dan menghadiri persidangan. Dalam surat tuntutan yang dikeluarkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 26 November 2018 lalu, dia dijatuhkan hukuman pidana dua tahun penjara.

"Berdasarkan uraian di atas kami Jaksa Penuntut Umum menuntut Majelis Hakim yang memutuskan perkara ini menyatakan terdakwa terbukti secara sah menimbulkan kebencian terhadap suatu golongan. Dan menjatuhkan pidana dua tahun kepada terdakwa," tandas jaksa.

Jaksa mendakwa Ahmad Dhani lantaran melanggar Pasal 45 huruf A ayat 2 junto 28 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 Junto UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE junto Pasal 55 ayat 1 KUHP.

Sampai saat ini, proses hukum ujaran kebencian yang menjerat Ahmad Dhani masih terus bergulir. Berikut perkembangannya seperti yang dihimpun Liputan6.com:

 

1. Dhani Mengaku Siap

Ahmad Dhani dalam salah satu pernyataannya menyatakan bahwa dirinya telah siap menjalani persidangan. Politikus asal Partai Gerindra tersebut mengaku sudah terbiasa menghadapi persidangan dan proses hukum.

"Ya siap aja. Kan saya sudah biasa menghadapi persidangan," tandas Ahmad Dhani usai menjalani pemeriksaan kesehatan di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Kamis (17/1/2019).

Dia juga menuturkan, tidak ada persiapan khusus yang dia lakukan sebelum menjalani persidangan. Dhani hanya akan membawa bukti dan saksi ahli ke meja hijau.

"Tidak ada persiapan. Saat sidang hanya akan bawa bukti dan saksi ahli," Dhani menandaskan.

2. Kejari kerahkan 6 jaksa

Kejaksaan Negeri Surabaya akan mengerahkan enam orang jaksa untuk mengawal kasus ujaran kebencian dengan tersangka Ahmad Dhani. Hal itu disampaikan Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Surabaya, Didik Adyotmo.

"Ada satu tim yang mengawal. Satu tim itu terdiri dari enam orang jaksa, baik itu jaksa dari Kejaksaan Negeri Surabaya atau juga dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur," kata Didik usai menerima pelimpahan tahap dua kasus tersebut di Kantor Kejaksaan Negeri Surabaya, seperti dikutip dari Antara, Kamis (17/1/2019).

Kendati demikian, Didik belum bisa menyebutkan sejumlah nama jaksa yang ditugaskan untuk mengawal kasus tersebut.

"Paling lambat 15 hari sudah segera disidangkan kasus ini," katanya.

3. Tidak bisa ditahan

Didik menyampaikan, Ahmad Dhani dijerat UU ITE dengan ancaman hukuman hanya 3 tahun sehingga tidak bisa ditahan.

Dia akan mengikuti prosedur yang menyebut tersangka bisa ditahan jika hukumannya di atas lima tahun penjara.

"Kejari akan menahan tersangka jika ancaman hukumannya di atas lima tahun penjara. Untuk kasus ini hanya diancam tiga tahun penjara. Jadi tidak layak ditahan dan ini sudah sesuai SOP," tutur Didik.

Rifqi Aufal Sutisna

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta-fakta Mourinho, Pelatih yang Dipecat dari Manchester United

Posted: 17 Jan 2019 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Salah satu alasan yang diyakini membuat Jose Mourinho kehilangan pekerjaannya di Manchester United adalah keributan dengan beberapa pemain, seperti Paul Pogba dan Antonio Valencia.

Valencia pernah berkata bahwa dirinya sering duduk di bangku cadangan karena Mourinho yang menginginkan. Sedangkan Paul Pogba sempat terlihat kesal dengannya dalam sebuah video setelah jabatan wakil kaptennya dicabut.

Mourinho resmi tak lagi menjabat sebagai pelatih pada bulan Desember lalu, tepat setelah MU kalah atas Liverpool dengan skor 1-3.

Kekalahan atas Liverpool itu dianggap sebagai puncak kesabaran manajemen terhadap dirinya. Kekalahan itu yang membuat The Red Devils ketika itu tertinggal 19 poin dari puncak klasemen Liverpool. Posisinya lalu digantikan oleh sosok yang cukup dekat dengan The Red Devils, Ole Gunnar Solskjaer.

Mourinho memang kerap disebut sebagai biang utama performa buruk Manchester United pada musim ini. Namun Morinho tetap seseorang Mourinho. Pelatih yang berjuluk the special one itu tetap dipandang sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia.

Berikut telah Liputan6.com rangkum 6 fakta-fakta Mourinho, pelatih yang dipecat dari Manchester United (MU) Jumat (18/1/2019).

1. Profil singkat Mourinho

(Paul ELLIS / AFP)

José Mário dos Santos Mourinho Félix, lahir di Setubal, Portugal pada 26 Januari 1963, merupakan pelatih kawakan asal Portugal yang mendapat julukan The Special One.

Kini Mourinho belum lagi menjabat sebagai pelatih lagi, setelah beberapa bulan lalu menangani klub Manchester United dan dipecat karena performanya yang buruk.

2. Dipecat karena Mourinho sendiri yang mau

Legenda Manchester United, Paul Scholes, cukup yakin bahwa Jose Mourinho memang telah mengagendakan dirinya didepak dari kursi kepelatihan. Sebab, ia merasa pelatih asal Portugal tersebut memang sudah tak betah di Old Trafford.

Scholes mencoba melihat lebih dalam dari pemecatan tersebut. Ia beranggapan bahwa eks nahkoda Chelsea itu telah merencanakan pemecatan lantaran memang sudah tidak betah berada di Old Trafford.

"Saya melihat dia memang tidak ingin berada di sana. Dia mengatur kepindahannya dengan sempurna," ujar Scholes kepada TV2 dilansir dari Bola.net.

"Konferensi persnya memalukan, sangat negatif, jelas pada akhirnya para pemain tidak ingin tampil untuknya," lanjutnya.

3. Mourinho Dibanderol Rp 1 Miliar untuk jadi Pundit

=(AFP PHOTO / GLYN KIRK)

Jose Mourinho tidak lama menyandang status pengangguran. Tidak sampai sebulan sejak dipecat Manchester United, The Special One telah menemukan pekerjaan baru.

Seperti dilansir BBC, Mourinho telah menandatangani kesepakatan dengan Bein Sports. Jaringan media yang berbasis di Qatar itu merekrut Mourinho sebagai komentator sepak bola pada pekan ini.

Lantas, berapa biaya yang harus dikeluarkan pengundang demi mendatangkan Mourinho? BBC meyakini, Mourinho bakal dibayar sebesar 120.000 poundsterling untuk dua penampilan di televisi itu, atau setara dengan Rp1,1 miliar per tayang.

4. Dilarang berbicara tentang Manchester United

Seperti dilansir Marca oleh Bola.com, meski bakal mengomentari sejumlah pertandingan Premier League, Mourinho kabarnya dilarang berbicara soal pemecatannya dari Setan Merah.

Ini tercantum dalam surat perjanjian yang ditandatangani The Special One saat menerima tawaran menjadi komentator Bein Sports.

Uniknya, Mourinho bakal membicarakan Chelsea, mantan klubnya pada 2004-2007 dan 2013-2015. Namun disinyalir, ada kesepakatan lain yang tidak membolehkan Mourinho membicarakan mengenai pemecatannya di Manchester United.

5. Mourinho diincar banyak klub

Dengan pengalaman yang dimiliki, Mourinho sebenarnya tidak sulit mendapatkan pekerjaan baru. Apalagi sejumlah klub kabarnya sudah berniat merekrutnya. Salah satunya adalah klub asal Portugal, Benfica.

Benfica kabarnya mengincar nama besar untuk menggantikan Vitoria. Mourinho dianggap sosok paling tepat mengisi posisi tersebut. Namun, mantan manajer Manchester United menepis peluang kembali ke kampung halamannya. Menjadi pelatih Benfica tak masuk rencana jangka pendek Mourinho.

Real Madrid dan Inter Milan juga tertarik untuk kembali mendatangi sosok the special one ini. Namun setelah kesepakatan dirinya untuk menjadi pundit atau komentator sepak bola, Mourinho membantah untuk kembali menjadi pelatih Real Madrid.

6. Inter Milan tim terbaik Mourinho

Jose Mourinho membawa Inter Milan juara Liga Champions musim 2009-10 (dailymail.co.uk)

Pelatih asal Portugal, Jose Mourinho mengungkapkan bahwa Inter Milan periode 2008 hingga 2010 silam merupakan tim terbaik yang pernah dia latih dalam kariernya.

Meski hanya dua musim, akan tetapi Mourinho sukses mempersembahkan berbagai gelar bagi Inter, mulai dari dua gelar Serie A serta masing-masing satu trofi Coppa Italia, Supercoppa Italana, dan Liga Champions.

Salah satu pencapaian bersejarah Mourinho bersama Inter terjadi pada musim 2009-10. Kala itu Mou sukses mengantar La Beneamata meraih treble winners. Hal inilah yang membuat dia menganggap Inter menjadi tim terbaik yang pernah dia tangani.

"Tim terbaik? Kalian tahu saya harus mengatakan Inter karena mereka memenangi segalanya," ujar Mourinho ketika bertindak sebagai pundit di stasiun televisi beIN Sports dilansir dari Bola.net.

Inter pada musim tersebut memang tampil luar biasa. Salah satu momen paling diingat adalah ketika tim asuhan Mou sukses menyingkirkan tim unggulan Barcelona di semifinal Liga Champions.

Reporter: Heri Setiawan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musim Hujan, Harga Tomat Naik

Posted: 17 Jan 2019 08:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sudah sepekan ini harga tomat merah tidak kunjung turun. Hal ini dibenarkan oleh beberapa pedagang yang ada di Pasar Pondok Gede, Bekasi, pada Jumat (18/1/2019).

"Harga tomat merah yang belum juga turun," ujar Johan salah seorang pedagang di Pasar Pondok Gede kepada Liputan6.com.

Saat ini harga tomat rata-rata di setiap pedagang mencapai Rp 18 ribu hingga Rp 20 ribu per kilogram (kg). "Tomat naik karna sekarang musim hujan nanti kalau musim panas juga akan turun lagi harganya," ujar Sitorus.

Sebelumnya, harga tomat berada di kisaran Rp 10 ribu per kg hingga Rp 14 ribu per kg. Artinya, kenaikkannya di kisaran Rp 5 ribu per kg. 

Selain tomat, harga paprika juga mengalami kenaikan. "Paprika juga naik harganya," ujar Hendri salah seorang pedagang sayuran di Pasar Pondok Gede.

Sebelumnya, harga paprika merah yaitu Rp 60 ribu per kg, namun sekarang mencapai Rp 100 per kg-nya. Hal yang sama juga terjadi pada paprika merah yang naik dua kali lipatnya dari yang sebelumnya Rp 40 per kg, menjadi Rp 80 per kg.

Hal yang berbeda terjadi pada harga cabai dan bawang. Saat ini harga cabai cenderung turun. "Sudah seminggu ini cenderung turun," ungkap Randi salah satu pedagang bumbu yang ada di Pasar Pondok Gede.

Saat ini harga cabai merah keriting yaitu Rp 25 ribu per kg dari sebelumnya Rp 34 ribu per kg. Sedangkan harga cabai keriting hijau terbilang normal Rp 20 per kg.

Selain itu, harga bawang merah saat ini cenderung stabil sejak sebelumnya telah mengalami kenaikan harga. Saat ini harga bawang merah Rp 30 per kg dan sedangkan untuk bawang putih yaitu Rp 27 per kg.

Mentan Klaim Inflasi Pangan Turun Signifikan dalam 4 Tahun Terakhir

Petani memanen padi varietas Ciherang di areal persawahan Desa Ciwaru, Sukabumi, Sabtu (23/6). Petani mengeluhkan  harga gabah kering panen saat ini Rp 488 ribu/kwintal dibanding tahun lalu yang menembus Rp 600 ribu/kwintal. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar Rapat Koordinasi Kerja (Rakernas) Tahun 2019. Pada tahun ini, Rakornas mengangkat tema Mendorong Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian untuk Peningkatan Ekspor dan Pertanian.

Dalam sambutannya, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan, selama 4 tahun terakhir, telah banyak hasil yang dicapai sektor pertanian. Capaian ini diharapkan bisa ditingkatkan pada 2019 ini.

"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh Kepala Dinas Pertanian seluruh Indonesia, Danren, Dandim, selama 4 tahun terakhir ini," ujar dia di Hotel Bidakara, Jakart, Senin (14/1/2019).

Dia menjelaskan, dari sisi inflasi, pada periode 2014-2017, inflasi pangan yang dikontribusi dari sektor pertanian mengal‎ami penurunan yang signifikan. Pada periode tersebut, inflasi pangan turun 88,1 persen, dari 10,57 persen menjadi 1,57 persen.

"Inflasi pangan 2014 sebesar 10,5 persen, turun menjadi 1,26 persen di 2017. Untuk turunkan 0,5 persen saja sulit. Ini pertama dalam sejarah. Inflasi menurun, daya beli masyarakat meningkat," kata dia.

Nilai ekspor pertanian sepanjang 2016-2018 juga mengalami kenaikan. Nilai ekspor pertanian pada 2016 sebesar Rp 384,9 triliun, naik 29,7 persen menjadi Rp 499,3 triliun di 2018.

Rinciannya, ekspor kelapa sawit naik 22,5 persen, karet naik 21,3 persen, kelapa 14,8 persen, kopi 28,6 persen, manggis 252,61 persen, pisang 706,2 persen. Sementara impor sejumlah komoditas seperti beras umum, bawang merah dan cabai segar turun hingga 100 persen.

"Ekspor kita naik 29 persen, impor turun, ini data. Dulu ekspor perlu 13 bulan, kemudian turun jadi 13 harii, sekarang hanya butuh 3 jam dengan OSS. Kalau mau ekspor kita berikan karpet merah untuk mereka. Saya jamin tidak ada pungli, kami jamin," ungkap dia.

Untuk investasi di sektor pertanian pada periode 2013-2018 mengalami kenaikan 110,2 persen dengan nilai total Rp 270,1 triliun. Pada 2013, nilai investasi di sektor ini sebesar Rp 29,3 triliun, namun pada 2018 sebesar Rp 61,6 triliun.

"Pesan Pak Presiden untuk mendorong ekspor dan investasi. Untuk mendorong itu, sebanyak 291 Permentan yang menghambat investasi kita dicabut," jelas dia.

Sementara untuk PDB pertanian, pada periode 2013-2018 juga naik signifikan yaitu 47,2 persen dengan akumulasi kenaikan sebesar Rp 1.375,2 triliun. Pada 2013, PDB pertanian sebesar Rp 994,8 triliun, sedangkan di 2018 menjadi Rp 1.463,9 triliun.

"Nilai produk pertanian naik, mendongkrak kesejahteraan petani. Kenaikan Rp 1.375 triliun ini setara dengan separuh dari APBN. Ini hasil kerja kita," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal 16 Besar Piala Asia 2019: Juara Bertahan Tantang Uzbekistan

Posted: 17 Jan 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Abu Dhabi - Juara bertahan Australia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2019. Australia lolos sebagai runner up Grup B setelah mengalahkan Suriah 3-2 di pertandingan terakhir.

Pada babak 16 besar Piala Asia 2019, Australia akan menghadapi runner up Grup F, Uzbekistan. Pertandingan ini akan berlangsung di Khalifa bin Zayed Stadium, Al Ain, 21 Januari 2019.

Dua wakil Asia Tenggara, Thailand dan Vietnam juga lolos ke babak 16 besar Piala Asia. Thailand akan menghadapi tim kuat, Tiongkok.

Sementara Vietnam akan menghadapi Yordania di Al Maktoum Stadium, Dubai, 20 Januari 2019. Vietnam lolos dengan status sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik.

Lihat jadwal babak 16 besar Piala Asia 2019 di halaman selanjutnya.

Jadwal Piala Asia

20 Januari 2019

18.00 WIB Yordania vs Vietnam

21.00 WIB Thailand vs Tiongkok

21 Januari 2019

00.00 WIB Iran vs Oman

18.00 WIB Jepang vs Arab Saudi

21.00 WIB Australia vs Uzbekistan

 

Jadwal Piala Asia

22 Januari 2019

00.00 WIB UEA vs Kyrgyzstan

20.00 WIB Korea Selatan vs Bahrain

23.00 WIB Qatar vs Irak

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaksi Unik Gibran Rakabuming Soal Polemik Lagu Jogja Istimewa

Posted: 17 Jan 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Musikus Marzuki Mohammad atau yang akrab disapa Kill The DJ, belum lama ini dibuat geram atas penyalahgunaan lagu "Jogja Istimewa" ciptaannya. Lagu tersebut aslinya dinyanyikan oleh grup hip-hop Yogyakarta, Jogja Hiphop Foundation.

Lagu "Jogja Istimewa" sempat digunakan untuk kampanye politik pendukung salah satu calon presiden. Dalam video yang sudah dihapus oleh pengunggahnya itu, diunggah tanpa sepengetahuan Kill The DJ.

Dalam videonya, para wanita tampak sedang menyanyikan lagu "Jogja Istimewa" untuk kampanye pilpres. Uniknya hal tersebut justru menarik perhatian Gibran Rakabuming.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu melalui akun Twitter-nya berkomentar mengenai salah satu aksi perempuan dalam video itu. Uniknya, ia malah berfokus pada gelagat salah satu wanita yang ada di video itu.

Kamera Depan

Fun Opening Markobar dan Sang Pisang (Deki Prayoga/bintang.com)

"Itu kok ada yang ngerekam video pakai kamera depan ya. Apa mungkin kamera belakangnya rusak?" tanya Gibran dengan akun @chilli_pari.

Pertanyaan itu segera dijawab oleh para followers. "Itu lagi bikin vlog Mas. Niru-niru mbahnya Jan Ethes. Ditunggu saja apa berani upload di medsos," tulis pengguna akun @cgtrisanjaya.

"Mau bikin story mungkin mau balik kamera ribet jadi yaudah lanjut aja pake kamera depan," kata @ranivstyani.

Laporan ke Polda Yogyakarta

Kill The DJ (via killtheblog.com)

Sebelumnya, Kill The DJ telah melaporkan kasus penyalahgunaan karyanya tanpa izin ke Polda Yogyakarta. Di akun Twitter-nya @killthedj, dia menyebut pelaporan itu murni karena pelanggaran hak cipta.

"Tolong apapun pilihan Anda, kesampingkan urusan politik dalam kasus lagu, "Jogja Istimewa" yang dijiplak dan digunakan untuk kampanye Pilpres," tulis @Killthedj.

Reporter : Maulana Kautsar

Sumber: Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singapore Open: Pegolf Taiwan Pimpin Ronde Pertama

Posted: 17 Jan 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Singapura - Pegolf Taiwan, Hung Chien Yao memimpin klasemen turnamen SMBC Singapore Open 2019 pada ronde pertama di Serapong Course, Sentosa Golf Club. Hung memimpin setelah mengoleksi total 66 pukulan dari 18 holes.

Pegolf berusia 28 tahun ini mengawali ronde pertama SMBC Singapore Open 2019 dengan manis. Sayangnya, pada hole ketiga, Hung membuat bogey alias memukul satu bola lebih banyak di atas par.

Namun kesalahan itu berhasil diperbaikinya dengan mencetak eagle atau dua bola di bawah par pada hole keempat. Di hole itu, par yang diminta adalah lima pukulan sementara Hung berhasil memasukan bola hanya dengan tiga pukulan.

Selepas hole keempat, permainan Hung cukup rapi. Ia sukses memasukan bola dengan rentetan par dan tiga birdie.

"Saya tidak bisa mencetak skor bagus di sini sebelumnya. Saya kira, mental saya bagus hari ini," ujar Hung.

Pertandingan SMBC Singapore Open ronde pertama, Kamis (17/1/2019) terpaksa dihentikan karena hujan deras. Ronde pertama pun terpaksa dilanjutkan, Jumat (18/1/2019) hari ini.

 

Garcia Gagal Maksimal

Sementara itu, juara bertahan SMBC Singapore Open, Sergio Garcia tampil kurang maksimal pada ronde pertama. Pegolf asal Spanyol ini total membuat 69 pukulan di 18 holes.

Garcia membuat dua bogey masing-masing di hole ketiga dan 16. Sisanya, pegolf peringkat 27 dunia ini membuat tiga birdies dan 13 par.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: