Minggu, 06 Januari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


7 Twit Kocak Tarif Rp 80 Juta Buatan Warganet, Bikin Ngelus Dada

Posted: 06 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kasus prostitusi online di kalangan artis baru-baru ini sedang mencuri perhatian publik. Pasalnya polisi kembali menangkap dua artis cantik yang diduga terlibat dalam kasus tersebut.

Artis berinisial VA dan AS ditahan pihak Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur pada Sabtu (5/1/2019) siang. Mereka digadang-gadang menerima bayaran cukup besar untuk jasa yang diberikan. VA bahkan dikatakan mendapat bayaran hingga Rp 80 Juta. Hal ini sontak saja menuai berbagai reaksi dari banyak pihak.

Belum lama ini pembahasan tentang uang senilai Rp 80 juta tersebut menjadi trending topic Twitter kawasan Indonesia. Tak sedikit warganet yang mengungkapkan ada begitu banyak hal yang bisa dilakukan dengan uang senilai Rp 80 juta tersebut.

Tak jarang twit mereka tersebut justru kembali mengarah ke hal nyeleneh dan bikin kita geleng-geleng dibuatnya. Dikutip dari @twiter.id, berikut twit kocak #80juta buatan warganet. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Satu bangsa ikutan harum

cuitan kocak Rp 80 juta (foto: @slerekanslambu)

Otw beli setrikaan

cuitan kocak Rp 80 juta (foto: @fitriaugustin)

Benar juga sih

cuitan kocak Rp 80 juta (foto: @yusufk1994)

Hmm, masa iya sih?

cuitan kocak Rp 80 juta (foto: @einable_id)

Bisa enggak habis-habis 32 tahun

cuitan kocak Rp 80 juta (foto: @rdnfirmansyah)

Bisa dicoba nih

cuitan kocak Rp 80 juta (foto: @ricky_fauzii)

Lumayan banget kan buat perawatan

cuitan kocak Rp 80 juta (foto: @juliadjumadie)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pulisic Datang, Inilah 3 Pemain Termahal Chelsea

Posted: 06 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, London - Kehadiran Roman Abramovich di Chelsea tahun 2003 tak pelak mengubah peruntungan klub tersebut. The Blues menjelma menjadi salah satu klub raksasa dunia dengan berbagai gelar.

Sebagian besar kesuksesan Chelsea karena belanja boros mereka di bursa transfer dan kemampuan mereka untuk merekrut pemain bintang. The Blues sudah menghabiskan 560,08 juta pounds selama sepuluh musim terakhir.

Jumlah itu menjadikan Chelsea sebagai tim Premier League paling boros selama periode itu.

Legenda klub seperti Didier Drogba, Michael Essien, Ricardo Carvalho semuanya direkrut dengan kekuatan uang yang dimiliki oleh klub.

Berikut ini tiga transfer termahal Chelsea seperti dilansir Sportskeeda.

 

1. Christian Pulisic

Striker Borussia Dortmund Christian Pulisic dalam laga melawan Bayern Munchen, Sabtu (4/11/2017) atau Minggu dinihari WIB. (AFP / PATRIK STOLLARZ)

Chelsea mengeluarkan 64 juta euro untuk merekrut Christian Pulisic dari Borussia Dortmund pada bursa transfer Januari 2019. Hal itu menjadikan Pulisic sebagai pemain termahal ketiga dalam sejarah klub.

Namun, Pulisic langsung dipinjamkan kembali ke Dortmund selama sisa musim ini. Pendukung Chelsea harus menunggu hingga awal musim depan untuk melihat rekrutan terbaru mereka bermain dengan kostum biru.

Pemain internasional Amerika Serikat itu dianggap sebagai salah satu pemain muda yang paling menarik di dunia saat ini. Bintang berusia 20 tahun itu masuk dalam radar sejumlah klub besar Eropa sebelum pindah ke London.

2. Alvaro Morata

3. Alvaro Morata - Tampil buruk di tahun pertama membuat harga mantan pemain Real Madrid tersebut dipertanyakan. Musim lalu Morata hanya mampu mencetak 11 gol di Premier League. (AFP/Ben Stansall)

Chelsea mengeluarkan 66 juta euro untuk membeli Alvaro Morata dari Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2017. Striker berusia 26 tahun itu menikmati kesuksesan besar bersama Real Madrid dan Juventus sebelum bergabung dengan Chelsea.

Namun, Morata gagal menunjukkan ketajamannya setelah datang ke Premier League dan hanya berhasil mencetak 15 gol dalam 48 pertandingan di semua kompetisi selama musim pertamanya di klub. Pemain Spanyol itu juga tampil buruk pada musim ini dan mendapat banyak kritik dari berbagai macam pihak karena penampilannya.

Morata hanya berhasil mencetak lima gol di liga musim ini dan sering tidak masuk dalam starting XI asuhan Maurizio Sarri. Mantan pemain Real Madrid itu sedang dikaitkan dengan kepindahan dari Chelsea selama beberapa pekan terakhir dan sepertinya akan diingat sebagai pemain gagal oleh fans Chelsea.

3. Kepa Arrizabalaga

Kiper Chelsea asal Spanyol, Kepa Arrizabalaga. (AFP/Glyn Kirk)

Chelsea merekrut Kepa Arrizabalaga dengan biaya sebesar 80 juta euro di bursa transfer musim panas 2018. Hal itu menjadikannya kiper termahal sepanjang masa

Pemain asal Spanyol itu bermain bagus dengan klub barunya dan sudah kebobolan 16 gol dalam 21 pertandingan di Premier League musim ini. Dia juga merupakan salah satu kandidat untuk memenangkan Golden Glove Premier League musim ini setelah mengemas 10 clean sheet sejauh ini.

Pada usia 24 tahun, Arrizabalaga belum mencapai masa puncaknya dan bisa menjadi kiper terbaik di dunia pada masa mendatang. Mantan pemain Athletic Bilbao itu terikat kontrak dengan The Blues sampai tahun 2025.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peran dan Keuntungan Muncikari Prostitusi Online di Surabaya

Posted: 06 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Kepolisian Daerah Jawa Timur mengungkapkan tersangka mucikari berinisial ES dan TN memiliki peran berbeda dalam kasus prostitusi daring yang melibatkan artis. Tersangka TN yang mengurus soal transaksi uang, sementara ES bertugas mengantar artis ke lokasi tempat bertemunya pemberi jasa dan pelanggan.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, mengatakan tersangka TN sudah cukup lama menjalankan bisnis prostitusi online. Wanita binaannya kebanyakan kalangan artis, model, dan selebgram yang tinggal di Jakarta.

Dalam aksinya, tersangka TN menawarkan jasa layanan seksual binaannya melalui media sosial (medsos) dan WhatsApp (WA). Tarif jasa seksual antara Rp25 sampai Rp80 juta sekali kencan.

"Keuntungan tersangka 30 puluh persen dari tarif jasa seksual pemberi jasa," katanya di Mapolda Jatim, Surabaya, Senin (7/1/2019), dilansir Antara.

Barung mengungkapkan, selama sebulan memantau kegiatan tersangka TN dan ES dan mengendus adanya transaksi prostitusi dengan dua artis tersebut dengan lokasi di salah satu hotel di Surabaya. Pada transaksi itu disepakati tarif VA Rp 80 juta dan AS Rp25 juta sekali kencan.

Kemudian TN menerima transfer uang 30 persen dari nilai total kesepakatan dari seorang pelanggan sebagai tanda jadi. Uang itu masuk ke rekening tersangka TN. Adapun sisanya disepakati ketika dua artis berada di hotel tujuan.

Selanjutnya muncikari lainnya, yakni ES mengantar VA dan saksi AH menuju ke sebuah hotel di kawasan Jalan HR Muhammad. Saat itu, VA digerebek bersama pasangan prianya di sebuah kamar hotel sekitar pukul 13.00 WIB, Sabtu, 5 Januari 2019.

Setelah mengamankan VA, kemudian polisi bergerak dan mengamankan AS di Pintu Tol Waru, Kabupaten Sidoarjo, sekira pukul 14.30 WIB.

Mereka semua kemudian dibawa ke Mapolda Jatim dan tiba sekira pukul 15.15 WIB. Tersangka TN diamankan di Jakarta sekira pukul 18.00 WIB. Dia tiba di Polda empat jam kemudian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mudah Ketahui Pasangan Selingkuh via Online

Posted: 06 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi tak dimungkiri kian memudahkan komunikasi terutama bagi sepasang kekasih. Komunikasi pun dilakukan dengan beragam cara mulai dari chatting hingga video call.

Bahkan, internet di era saat ini dapat dikatakan sudah menjadi bagian tidak terpisahkan. Dengan kemudahan itu pula tidak jarang seseorang dapat dengan mudah menyembunyikan aktivitasnya.

Padahal sebagai seorang kekasih, kamu juga ingin mengetahui aktivitasnya di dunia maya. Salah satunya adalah termasuk mengetahui apakah pasanganmu sedang selingkuh dengan orang lain.

Meski sulit, sebenarnya ada cara elegan untuk memantau kegiatan kekasihmu. Penasaran seperti apa caranya, simak tipsnya berikut ini seperti dikutip dari Wikihow, Senin (7/1/2019).

Kendati demikian, cara ini dapat saja melanggar privasi seseorang, sehingga komunikasi langsung dapat menjadi cara paling ampuh untuk mengetahui kegiatan pasangan. Alih-alih, kamu memantau kegiatannya diam-diam.

1. Pantau Gerak-Geriknya

Pasangan yang selingkuh biasanya melakukan gerak-gerik yang berbeda dari biasa. Salah satunya adalah tidak ingin bermesraan atau lebih pasif.

Selain gerak-gerik fisik, kamu dapat melihat aktivitas online mereka. Ada kemungkinan mereka menyembunyikan sesuatu di internet.

Gerak-gerik lain yang juga menjadi indikasi adalah mereka langsung menutup jendela browser secepat mungkin. Tak jarang, mereka juga menuntut privasi lebih saat memakai komputer.

2. Cek Internet History

Ilustrasi wanita selingkuh (iStockphoto)

Langkah ini dilakukan untuk mengetahui situs apa saja yang sering dikunjungi pasangan. Hampir setiap peramban akan menyimpan riwayat situs yang diakses penggunanya.

Kamu dapat mengecek riwayat di peramban untuk memastikan situs yang kerap dibuka. Meski demikian, perambang juga menyertakan fitur untuk menghapus riwayat pencarian, sehingga kamu tidak akan menemukannya.

3. Cek Email

Apabila memiliki alamat email beserta password kekasih, kamu dapat memeriksa setiap pesan yang diterima. Sebagai alternatif, kamu dapat masuk dengan password yang disimpan di peramban.

4. Install Program Keylogger

Krisis percaya diri karena perselingkuhan./Copyright shutterstock.com

Program Keylogger dipakai untuk melacak semua aktivitas keystroke (pola ritme individu dalam mengetik atau memperlakukan keyboard) di komputer.

Dengan cara ini, kamu dapat mengetahui nama ID dan password yang digunakan pasangan untuk melakukan aktivitas online. Lalu, kamu dapat memantau seluruh isi pesannya.

Meski cara di atas dapat dilakukan, bukan berarti kamu dapat menggunakan begitu saja.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kegaiatan itu dapat dianggap melanggar privasi seseorang dan bukan tidak mungkin malah membuat hubunganmu bermasalah.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Didi Mahardhika untuk Artis VA

Posted: 06 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artis VA terjerat kasus prostitusi online. Ia sempat dimintai keterangan di Polda Jawa Timur pada Sabtu (5/1/2018), sebelum akhirnya dibebaskan dan dikenakan sanksi wajib lapor.

Kasus prostitusi yang sedang menjerat artis VA turut menyeret nama mantan tunangannya, Didi Mahardhika. Sebagai orang yang pernah dekat dengan artis VA, cucu Soekarno itu ikut mendoakan.

"Saya harap proses hukum dapat berjalan dengan baik dan persoalan itu dapat terselesaikan," tulis Didi Mahardhika di Instagram Stories-nya, Minggu (6/1/2019).

Maaf

Dok: Istimewa

Selebihnya, ia tak ingin berkomentar banyak tentang kasus tersebut. Didi Mahardhika pun meminta maaf kepada awak media karena tak bersedia diwawancarai tentang kasus yang dihadapi artis VA.

"Dikarenakan hal tersebut tidak ada hubungannya sama sekali dengan saya," ungkap Didi Mahardhika masih dalam unggahan yang sama.

Nyindir?

Unggahan Didi Mahardhika. (instagram.com/mahardhika_soekarno)

Sebelumnya, Didi Mahardhika juga sempat bereaksi di tengah maraknya pemberitaan tersebut. Didi Mahardhika mengunggah sebuah kalimat melalui Instagram Stroy-nya yang diduga menyindir artis VA.

"TIME WILL TELL," tulis Didi Mahardhika.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Golden Globe Awards Kembali 'Berwarna' Tahun Ini

Posted: 06 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Golden Globe Awards digelar di California, Amerika Serikat. Golden Globe tahun ini dirasa lebih berwarna dibandingkan tahun lalu. Apa maksudnya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terjerat Kasus Prostusi Online, Pantaskah Artis VA Dapat Sanksi Sosial?

Posted: 06 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Usai menjalani pemeriksaan terkait kasus prostitusi online, artis VA meminta maaf karena kegaduhan yang ditimbulkannya kepada masyarakat. Artis VA dan EF digerebek polisi saat keduanya tengah melayani pelanggan di sebuah hotel bintang lima di wilayah Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu, 5 Januari 2019.

Setelah meminta maaf, artis VA sudah diperbolehkan pulang pada Minggu, 6 Januari 2019 siang. Selama menjalani pemeriksaan 1x24 jam di Mapolda Jatim, artis VA dan EF dianggap sebagai saksi, bukan tersangka atau pelaku.

Walaupun sebagai saksi dan boleh pulang, ada sanksi sosial yang bisa ditetapkan untuk artis VA dan EF. Hal ini juga berlaku pada orang-orang yang terlibat prostitusi online lainnya.

"Pada sisi lain, sanksi sosial bisa saja ditegakkan. Jangan kasih mereka order sinetron (panggung), sebut sebagai PSK," kata Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Reza Indragiri Amriel kepada Health Liputan6.com, Senin, 7 Januari 2019.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Tidak muncul di layar kaca

Sanksi sosial berupa tidak muncul di layar kaca bisa saja ditegakkan untuk orang-orang yang terlibat prostitusi online.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) juga perlu membuat ketentuan untuk memastikan para pelacur daring tidak muncul di layar kaca. Apalagi mereka termasuk artis dan figur masyarakat.

"Ini juga untuk memastikan, mereka tidak menjadi agen HIV/AIDS maupun penyakit menular seksual lainnya. Mereka (harus) dikenakan wajib lapor secara rutin," Reza melanjutkan.

Reza juga mengungkapkan, tertangkapnya artis VA dan EF termasuk contoh voluntary prostitution. Voluntary prostitution adalah orang-orang yang dengan sengaja menggeluti dunia prostitusi untuk mencari penghasilan.

Menurut Menurut Kasubdit V Cyber Crime Kriminal Khusus Polda Jatim AKBP Harissandi, seorang pengusaha di Surabaya bisa merogoh sampai Rp 80 juta mendapatkan 'layanan' VA. Cukup dengan uang Rp 80 juta, sang pengusaha bisa menggunakan jasa VA selama 2 jam.

Lanjutkan proses pemeriksaan

Proses hukum bisa dilanjutkan oleh prostitusi online.

Psikolog sosial Nirmala Ika ikut memberikan penjelasan soal sanksi sosial. Perlukan sanksi sosial diberikan kepada orang-orang yang terlibat prostitusi online.

"Kalau saya berpikir dilihat dari hak kita sebagai manusia. Sama saja kan, mereka sebenarnya 'bekerja' juga. Ini juga dilihat dari perspektif (nilai) keadilan. Tapi 'bekerja' yang mereka pilih itu memang tidak sesuai moral dan etika di masyarakat," jelas Ika saat dihubungi Health Liputan6.com melalui sambungan telepon.

Yang paling utama adalah kasus prostitusi online yang melibatkan artis VA dan EF tetap diproses sesuai hukum yang berjalan. Tindakan apa yang akan mereka dapat setelah hasil pemeriksaan.

"Lebih baik jalanin dulu proses pemeriksaan dan penyelidikan," ucap Ika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Psikolog: Artis Terlibat Pelacuran Jangan Diberi Order Sinetron

Posted: 06 Jan 2019 09:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kasus prostitusi online yang menjerat kalangan selebritas kembali mencuat. Kali ini artis VA dan seorang foto model majalah dewasa VS, ditangkap penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Timur. Satu diusut, tenggelam, terungkap kasus lainnya.

Prostitusi di kalangan artis ini bukan satu-dua kali terungkap. Sebelumnya, artis AA ditangkap penyidik Polres Metro Jakarta Selatan di Mei 2015.

Bareskrim Polri menangkap selebritas NM di hotel berbintang lima di kawasan Bunderah HI, Jakarta Pusat, Desember 2015. Di hotel yang sama dan berbeda ruangan, penyidik juga menangkap artis PV. Sementara itu, penyidik Polda Lampung menangkap pedangdut Hes karena praktik prostitusi online.

VA yang kini menjadi saksi dalam kasus prostitusi online, menyatakan permintaan maaf kepada masyarakat akibat perbuatan yang dilakukannya.

"Saya meminta maaf atas kegaduhan yang terjadi dan atas opini dan asumsi masyarakat yang sudah terbentuk di media sosial. Saya menyadari perbuatan saya merugikan banyak orang," ujar VA usai diperiksa selama 8 jam di Mapolda Jawa Timur, Minggu (6/7/2018).

Psikolog Forensik Reza Indragiri Amriel mengatakan, dalam hukum Indonesia, seorang pekerja seks komersial diposisikan sebagai korban. "Hukum tidak memposisikan pelacur sebagai pelaku," kata Reza dalam pesan yang diterima Liputan6.com, Senin (7/1/2019).

Hal ini mengacu pada pandangan bahwa pelacur adalah seorang yang dieksploitasi dan tidak berdaya. Meski demikian, kata Reza, saat ini orang yang menjadi PSK adalah karena perhitungan untung dan rugi, bukan lagi dieksploitasi pihak lain.

"Si pelacur berkehendak dan memutuskan sendiri untuk menjadi pelacur. Dia adalah pelaku aktif dalam pelacuran," beber Reza.

Bukan isapan jempol terkait pernyataan tersebut. Senin 11 Mei 2015 lalu, Liputan6.com mewawancarai seorang muncikari prostitusi artis, RA. Dia mengakui bahwa dari 200 artis dan foto model yang ada di dalam daftar yang dijajakan, rata-rata mereka mencari 'job' ke RA untuk jasa seks yang ditawarkan.

"Macam-macam, Mas. Ada yang menawarkan langsung ke saya, ada juga yang saya tawarkan ke mereka," kata RA kala itu.

 

Sanksi Sosial

Ilustrasi prostitusi

Adapun Reza melanjutkan, berkaca dari kasus-kasus sebelumnya dan pandangan pelaku prostitusi adalah korban, maka dia ragu aparat akan mempidanakan artis yang juga pekerja seks komersil tersebut.

"Alhasil, penangkapan dan pemberitaan seolah menjadi promosi gratis saja," kata Reza.

Lebih jauh Reza mendorong revisi KUHP di DPR patut memuat poin tentang pemidanaan pekerja seks tipe voluntary prostitute.

Adapun, kata Reza, sanksi sosial harus diterapkan kepada para artis yang terjerat prostitusi online.

"Jangan kasih mereka order sinetron (panggung), sebut pelacur, jangan pakai sebutan eufemistik (penghalusan)," tegas Reza.

"Komisi Penyiaran Indonesia perlu buat ketentuan untuk memastikan para pelacur daring tidak muncul di layar kaca. Juga, untuk memastikan bahwa mereka tidak menjadi agen HIV-AIDS maupun penyakit menular seksual lainnya," Reza melanjutkan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Jatim: Ada 45 Artis dan 100 Model dalam Jaringan Muncikari ES dan T

Posted: 06 Jan 2019 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) mengungkap jaringan muncikari prostitusi artis VA dan AS di Surabaya, Jawa Timur. Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan menuturkan, muncikari ES atau Endang (37) mempunyai jaringan 45 artis yang dipasarkan melalui media sosial (medsos).

"Jaringannya ada 45 oknum artis, dua sudah diperiksa, kini tinggal 43 artis," ujar Luki di Mapolda Jatim, Senin (7/1/2019).

Luki mengatakan, sedangkan untuk muncikari T atau Tentri (28) adalah spesialis memasarkan model majalah dewasa. "Dari mucikari T ada 100 model yang siap dipasarkan," katanya.

Luki menjelaskan, dua muncikari tersebut beroperasi sejak 2017. Dia memasang tarif artis dengan harga yang bervariatif tergantung tingkat kepopuleran sang artis maupun model tersebut.

"Tarifnya mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 100 juta lebih," ucap Luki.

 

Hingga ke Luar Negeri

Luki mengatakan, untuk pembayaran  semuanya menggunakan transaksi digital atau transfer. "Muncikari ini mentransaksikan, mengomunikasikan (kepada konsumen) dengan aturan main 30 persen dibayar di muka melalui rekening," ujar Luki.

Luki menegaskan, dari hasil pengembangan bahwa hampir setiap hari ada saja pelanggan yang memesan jasa artis maupun model. "Pemesanannya bahkan ada yang dari luar negeri," katanya.

Luki menyampaikan, akan memeriksa secara maraton sejumlah artis yang disediakan oleh muncikari tersebut. "Kedua muncikari sudah kami tahan dan akan dikenakan Pasal 27 ayat 1 Jo Pasal 45 ayat 1 undang-undang No 19 tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik, dan Pasal 296 jo Pasal 506 KUHP," ujar Luki. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perusahaan Kertas Terbesar Asal RI Bakal Investasi Rp 49 Triliun di India

Posted: 06 Jan 2019 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan kertas terbesar asal Indonesia, Asia Pulp and Paper (APP) akan investasi di India senilai USD 3,5 miliar atau sekitar Rp 49,14 triliun (asumsi kurs Rp 14.041 per dolar Amerika Serikat).

Investasi tersebut masuk foreign direct investment (FDI) yang cukup besar masuk ke India dalam beberapa tahun terakhir. Perseroan akan membangun pabrik kertas berkapasitas 5 juta ton per tahun di Ramayapatnam, distrik Andhra Prakasam.

Perseroan sudah memiliki sekitar 2.500 hektar lahan untuk proyek pembangunan pabrik tersebut. Dengan ada pembangunan pabrik itu dapat menciptakan 15 ribu pekerjaan baik langsung dan tidak langsung. Unit pabrik tersebut akan produksi kertas terutama kertas untuk menulis, kertas print. Hal itu berdasarkan sumber times of India.

CEO Andhra Pradesh Economic Development, J Krishna Kishore menuturkan, investasi USD 3,5 miliar termasuk investasi asing terbesar di India.

"Proyek itu akan ciptakan 4.000 pekerjaan langsung dan sekitar 10.000 pekerjaan tidak langsung dan menciptakan manfaat untuk lebih dari 50 ribu petani kayu," kata dia, kepada times of india (TOI), seperti ditulis Senin (7/1/2019).

Kishore menuturkan, pihaknya akan bekerja untuk memastikan mega proyek itu berjalan baik termasuk soal lingkungan. Kishore menambahkan, lahan untuk proyek tersebut sudah difinalisasi dan sisanya masih berjalan.

Adapun manajemen grup APP belum menjawab pertanyaan TOI terkait investasi tersebut. Investasi asing terbesar di India antara lain investasi Posco senilai USD 12 miliar di Odisha yang diumumkan pada 2005.

Grup APP memiliki sejumlah perusahaan antara lain PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP) dan PT Pabrik Kertas Tijiwi Kimia Tbk (TKIM).

 

India Mulai Produksi iPhone Flagship pada 2019

Ilustrasi iPhone (Sumber: Apple)

Sebelumnya, manufaktur terbesar Apple untuk iPhone, Foxconn, dilaporkan akan memulai produksi iPhone  flagship di India pada tahun depan. Seri flagship yang dimaksud, akan dimulai dari lini iPhone X.

Seperti diketahui, Apple sebetulnya memang sudah memiliki pabrik produksi iPhone di Negeri Bombay. Namun, manufaktur ini hanya dikhususkan pada iPhone SE dan 6s.

Kedua seri tersebut pun kini sudah dianggap obsolete karena iPhone terbaru dirilis setiap tahunnya.

Dilansir Ubergizmo pada Minggu 30 Desember 2018, seperti kebanyakan manufaktur lainnya, Apple memindahkan produksi perangkatnya ke India dalam rangka untuk bisa menekan tarif produksi dari pemerintah India dalam perangkat impor.

Sekadar diketahui, India merupakan pasar yang menguntungkan bagi Apple, terlebih harga perangkat yang dijual bisa dikondisikan terjangkau.

Karenanya, keputusan untuk memiliki pabrik produksi iPhone di India memudahkan Apple untuk bisa berkompetisi lebih sengit dengan Samsung dan vendor smartphone lain dari Tiongkok.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Masakan Jawa Timur ini Punya Cita Rasa yang Khas, Dijamin Bikin Ngiler Seketika

Posted: 06 Jan 2019 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang disukai oleh para wisatawan mancanegara. Tak cuma soal wisata alam, kuliner pun juga menjadi salah satu tujuan mereka datang ke Indonesia. Tentu hal ini akan menambah pesona dari Indonesia, selain dari destinasi tempat wisatanya, ternyata juga terdapat berbagai makanan khas yang luar biasa.

Soal masakan khas Indonesia, tak perlu lagi dipertanyakan jumlahnya. Mengingat Indonesia sendiri begitu kaya dengan suku di berbagai wilayah yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Nah, di antara masakan Jawa, ternyata dari Jawa Timur lah yang tak kalah menggiurkan. Masakan Jawa Timur ini memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan di Jawa Tengah atau pun Yogyakarta yang cenderung manis. Masakan Jawa Timur cenderung memiliki rasa asin dan gurih.

Jadi, kalau kebetulan kamu sedang berada di Provinsi Jawa Timur, tidak ada salahnya untuk mencoba cicipi masakan Jawa Timur yang khas. Berikut masakan Jawa Timur yang punya cita rasa khas seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/1/2019).

Tiga makanan khas yang jangan sampai kamu lewatkan.

Rawon cocok disantap dengan telur asin

1. Rawon

Masakan Jawa Timur yang pertama adalah Rawon. Masakan Jawa Timur ini ciri khasnya memiliki kuah warna hitam, rawon adalah sup daging dengan kuah yang berwana hitam sebagai bumbu khas yang menggunakan kluwek. Beberapa bahan bumbu yang dipakai adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, dan lain-lain.

Rawon Pasuruan merupakan salah satu rawon yang sangat terkenal berkat rasa rawon yang sangat khas. Masakan bernama Rawon ini biasanya disajikan bersama dengan nasi putih, kerupuk dan bawang goreng. Akan tetapi jangan lupa untuk menambahkan sayuran, tauge, daging sapi dan juga potongan telur. Rasa penasaran kamu tentang masakan Jawa Timur yang satu ini akan terjawab dengan puas setelah mencobanya sendiri.

2. Rujak Cingur

Masakan Jawa Timur selanjutnya adalah rujak cingur. Asal dari rujak cingur adalah kota Surabaya. Nama rujak cingur ini menggunakan salah satu bahan utama pada rujaknya yakni irisan daging mulut (cingur) sapi. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan tempe, tahu, timun, nanas, londong, cingur serta sayuran kecambang, kangkong dan bumbu olahan kacang, petis, cabai, bawang merah serta irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda. Memang tampak aneh karena makanan ini bahan utama dari mulut sapi, akan tetapi saat kamu mencoba Rujak Cingur ini pasti akan ketagihan.

3. Soto Lamongan

Masakan Jawa Timur lainnya adalah soto Lamongan. Soto Lamongan biasanya pada saat penyajiannya dicampurkan dengan koya. Koya sendiri merupakan bubuk gurih pelengkap dari Soto Lamongan ini yang dibuat dari bawang putih dan kerupuk udang. Tentu sudah terbayang bukan rasa dari koya tersebut? Masakan Jawa Timur ini bisa kamu nikmati di mana pun tanpa harus ke Lamongan. Ya, kini sudah banyak penjual soto Lamongan di mana-mana.

Tiga jenis nasi dengan lauk khas yang menggugah selera

Memakan makanan yang satu ini, dijamin Anda seperti merasa ditempong (ditampang).

4. Nasi Tempong

Masakan Jawa Timur selanjutnya adalah nasi tempong. Nasi Tempong merupakan masakan Jawa Timur khususnya daerah Banyuwangi. Nasi tepong terdiri dari, sayuran rebus, tahu goreng, nasi panas, tempe goreng, ikan asin, dadar jagung, dan dilengkapi bersama sambal mentah yang super pedas. Sambal inilah yang menjadi ciri khas dari sego tepong ini. Karena sambalnya yang super pedas, orang yang makan nasi tempong terasa di 'tempong' atau di tampar.

5. Nasi Krawu

Masakan Jawa Timur lainnya adalah nasi Krawu. Nasi Krawu adalah makanan yang berasal dari Gresik. Masakan Jawa Timur ini disajikan dengan daun pisang. Lauknya identik dengan daging sapi, yaitu berupa sayatan daging sapi, semur daging,jeraoan sapi , sambal terasi dan Serundeng.

6. Nasi Pecel Madiun

Masakan Jawa Timur selanjutnya adalah nasi pecel Madiun, sesuai namanya yang berasal dari Madiun. Pecel merupakan makanan tradisional yang terbuat dari berbagai macam sayuran yang direbus kemudian dilumuri bumbu sambel kacang. Sayuran yang biasa dihidangkan antara lain kacang panjang, toge , mentimun dan daun singkong. Pecel biasanya juga disajikan dalam pincuk atau piring lidi yang disebut ingke.

Makanan ini tidak akan ditemukan di daerah lainnya

Lontong Balap Garuda Pak Gendut (sumber: Youtube/jalan & jalan)

7. Lontong Balap

Masakan Jawa Timur lainnya yang tak kalah menggoda adalah lontong balap. Lontong Balap merupakan makanan tradisional khas Surabaya. Lontong balap berisikan lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong tersebut di tumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho, kemudian di atasnya dituangin kecambah setengah matang. Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu sate kerang.

Dibilang 'Balap' karena cerita yang pernah ada bahwa pada zaman dahulu para penjual lontong berebut pembeli yang berada di jalan maupun yang berada di pasar.Sehingga para penjual lontong ini terkesan balapan untuk mencapai tujuannya yaitu pos terakhir (pasar Wonokromo), maka dengan kejadian inilah terkenal dengan istilah lontong balap.

8. Pecel Semanggi

Masakan Jawa Timur lainnya yang wajib kamu cicipi adalah pecel semanggi. Pecel semanggi makanan yang berasal dari Surabaya. Semanggi adalah tumbuhan sekelompok paku air yang mudah ditemukan di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Tumbuhan ini juga berpotensi sebagai tumbuhan bioremediasi, karena mampu untuk menyerap logam berat cd dan pb. Tumbuhan ini banyak dimanfaatkan oleh penduduk asli Australia sebagai bahan makanan.

Pecel semanggi ini dibuat dari daun semanggi yang dikukus lalu dinikmati bersama sambal pedas yang nikmat dan menggugah selera. Pecel semanggi juga dapat dihidangkan dengan kecambah, kangkung, kerupuk uli yang terbuat dari beras, dan serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Bumbu yang dipakai dalam makanan khas Surabaya ini memiliki bahan baku serta rasa yang menarik dan berbeda.

9. Rujak Soto

Masakan Jawa Timur yang berasal dari Kota Banyuwangi ini memang sangat populer. Sebenarnya Rujak Soto ini adalah perpaduan antara rujak dan soto kuning, sehingga tercipta sebuah makanan khas jawa timur yang sangat enak. Ternyata saat ini di kawasan Banyuwangi banyak tempat makan yang menyajikan makanan khas Jawa Timur ini.

Rujak Soto ini menjadi salah satu makanan khas jawa timur yang disukai banyak orang. Pasalnya sebelum dicampur saja soto dan rujaknya saja sudah enak, apalagi jika kedua makanan ini dicampur? Pasti akan menghasilkan sebuah makanan khas Jawa Timur yang enak.

Cita rasa yang ditawarkan adalah gurih dan pedas

Sego Tumpang, Lezat dan Bergizi

10. Nasi Tumpang

Masakan Jawa Timur selanjutnya adalah nasi tumpang. Sego tumpang atau nasi tumpang adalah masakan dari Kediri. Diberi nama nasi tumpang karena menggunakan kuah dari sambal tumpang.

Sambal tumpang dibuat dari tempe yang sudah basi atau kalau orang Jawa menyebutnya tempe bosok. Tempe tersebut dimasak bersama dengan ayam, kadang ada juga yang memakai rambak atau krupuk kulit sapi.

11. Lodho Ayam

Masakan Jawa Timur selanjutnya yang tak boleh terlewatkan adalah lodho ayam. Kalau kamu mengunjungi Tulungagung, sempatkanlah mencicipi salah satu makanan khas yang ada di sana, lodho ayam. Makanan khas dengan bahan dasar ayam yang dimasak menggunakan bumbu dan resep turun temurun memiliki rasa lezat tentunya.

Lodho ayam ini memiliki dua jenis masakan, yang pertama adalah lodho dengan kuah encer, yang kedua yaitu lodho kuah kental. Semua sama enaknya, apalagi jika dimakan dengan menggunakan nasi panas atau tiwul.

12. Bebek Sinjay

Masakan Jawa Timur lainnya yang tak kalah populer adalah bebek sinjay. Kalau kamu pecinta kuliner bebek-bebekan, pasti sudah tidak asing lagi dengan olahan yang satu ini, bebek sinjay. Makanan khas yang wajib hukumnya kamu cicipi kalau mampir ke Bangkalan, Madura.

Salah satu yang bikin masakan berbahan bebek ini diminati adalah karena daging bebeknya yang empuk dan tidak ada bau amis. Kalau pengen coba, mungkin di kota kamu ada yang menjual masakan khas ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya Manis Lisa BLACKPINK Saat Tak Berada di Atas Panggung

Posted: 06 Jan 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak semata soal gerakan dance dan lagu-lagu dengan beat menghentak, girlband asal Korea Selatan, BLACKPINK, juga sering kali menarik perhatian publik lewat gaya berbusana, termasuk salah satu member-nya, Lisa.

Di atas panggung, perempuan asal Thailand itu memiliki vibe yang begitu intens dan energik. Namun, saat kamera dimatikan, Lisa juga bisa memperlihatkan sisi manis nan feminin lewat busana yang dikenakan.

Dilansir dari soompi.com, Senin (7/1/2019), gaya busana Lisa BLACKPINK sehari-hari lebih santai, namun tidak melepaskan kesan edgy dengan kombinasi busana yang sepertinya hanya cocok dikenakan dara 21 tahun tersebut.

Lisa BLACKPINK. (dok. Instagram @lalalalisa_m/https://www.instagram.com/p/BotNENEniAb/Asnida Riani)

Gaun vintage motif polkadot berwarna merah yang dikombinasikan dengan boots hitam jadi salah satu contohnya. Ia pun sempat terlihat mengenakan turtleneck shirt berwarna pink pastel yang membuat tampilannya begitu manis.

Lisa pun sempat menyebut, pilihan busana sehari-harinya sangat tergantung pada mood. Ia ingin menunjukkan kepribadian lewat apa yang dikenakan dan Lisa memang benar-benar nyaman memakai busana tersebut.

Selaras dengan kepribadiannya yang sangat energik di atas panggung, dalam outfit sehari-hari, Lisa BLACKPINK juga merefleksikan kesan muda dengan banyak bereksperimen dengan gaya berpakaian, namun tak meninggalkan kesan feminin nan edgy.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fraksi Hanura Tolak 3 Calon Wagub DKI dari PKS

Posted: 06 Jan 2019 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi Hanura DPRD DKI Mohamad Ongen Sangaji mengatakan DPRD DKI akan menolak tiga orang calon Wagub DKI yang diajukan PKS. Menurut dia, ketiga kandidat pengganti Sandiaga Uno itu tidak memiliki kemampuan memimpin Ibu Kota.

Ongen menyebut Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Agung Yulianto, dan Ketua Dewan Syariah (DSW) DPW PKS DKI Ahmad Suhaimi tak paham persoalan Jakarta.

"Saya bukan menolak atau tak suka dengan kader PKS. Tetapi, saya kasihan dengan Jakarta kalau dipegang dengan orang yang salah," kata Ongen di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).

Ketua DPD Partai Hanura DKI itu lantas menyarankan PKS dan Gerindra DKI kembali duduk bersama untuk memilih calon Wagub DKI yang lain.

"Masa kami disuruh memilih orang yang memiliki track record tak jelas. Ingat, DKI memiliki APBD besar. Kalau salah bisa bahaya. Jangan samakan DKI dengan provinsi lain atau kelas wali kota. Permasalahannya beda," jelas Ongen.

Menurutnya, masih banyak tokoh DKI yang berkiprah di tingkat nasional bisa diajukan sebagai Wagub DKI.

"Wagub DKI harus betul-betul yang mampu menjalankan tugas maupun fungsinya. Saya yakin, jika tiga orang yang diajukan PKS terpilih, hanya duduk manja saja. Ini bisa saya pastikan. Makanya, Hanura menolak," tegas Ongen.

Suhaimi Siap Mengalah

Sebelumnya, nama Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi masuk menjadi nama ketiga yang diajukan PKS untuk mengisi posisi wagub DKI. Namun ketika dikonfirmasi, Suhaimi terkesan canggung masuk bursa cawagub DKI Jakarta. Ia malah agak menghindari pertanyaan.

"Dari tiga, mesti satu digugurkan kan ya. Nanti saja kalau sudah tahu siapa yang dua diajukan baru bicara soal itu. Saya sih mengalir saja," ungkapnya saat dihubungi, Kamis 3 Januari 2019.

Menurutnya, dua calon lain lebih pantas menggantikan Sandiaga Uno untuk menduduki posisi DKI 2. Suhaimi merasa babak pertandingan ini haruslah dimenangi oleh figur yang kompeten.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap Lagi Penyebar Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos

Posted: 06 Jan 2019 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi meringkus satu lagi penyebar berita bohong alias hoaks tujuh kontainer berisikan surat suara yang sudah dicoblos di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyampaikan, pelaku tersebut berinsial J. Dia diamankan di kawasan Brebes, Jawa Tengah.

"Saat ini ditangani oleh tim gabungan Polres Brebes dan Polda Jateng," tutur Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (7/1/2019).

Menurut Dedi, J memiliki peran yang sama dengan dua pelaku lainnya yakni HY dan LS. Dia menerima informasi 7 kontainer surat suara tanpa mengklarifikasi dan langsung memviralkan informasi hoaks tersebut melalui akun Facebook dan grup WhatsApp.

"Sampai saat ini, tim masih terus bekerja untuk mengumpulkan alat bukti. Fokus dari Tim Siber ini adalah kreator sama busernya. Kreator ini yang paling bertanggung jawab untuk membuat berita hoaks tersebut," jelas dia.

J masih tetap menjalani pemeriksaan termasuk menunggu penetapan status hukum. Dia bisa dijerat dengan tiga kategori pasal yakni Pasal 14 ayat 1, Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1946, dan Pasal di Undang-Undang ITE terkait kreator.

"Sifatnya hanya meneruskan (informasi 7 kontainer surat suara) saja, hanya bisa kita kenakan dia pasal 15 UU 1 tahun 1946 ancaman hukuman di bawah 5 tahun dan 3 tahun, tidak dilakukan penahanan," Dedi menandaskan.

Andi Arief Diminta Tanggung Jawab

Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat Andi Arief Andi Arief

Sebelumnya, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menilai Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief sengaja mendesain pilihan kata dalam cuitan 7 kontainer surat suara dicoblos agar tidak dituduh penyebar hoaks.

Andi diketahui ikut memviralkan hoaks 7 kontainer melalui akun twitter miliknya. 

"Menurut saya, itu bagian dari strategi dia untuk menghindar dari tanggung jawab," ujar Pramono di kantor KPU, Jumat (4/1/2019). 

"Memang pilihan katanya sudah didesain, sudah dipikirkan secara matang agar dia tidak dituduh menyebarkan hoax," tambah Pramono.

Pilihan kata Andi dalam cuitannya, menurut Pramono adalah strategi untuk mangkir dalam tanggung jawab penyebar hoaks.

"Jadi itu memang sudah dia pikirkan secara matang pilihan kata-katanya. Ada katanya, ada 'minta tolong', itu bagian dari strategi saja," kata dia. 

Pramono meminta tokoh publik mana saja yang ikut memviralkan hoaks tersebut untuk bertanggungjawab. 

"Tokoh-tokoh publik yang memviralkan itu juga harus dimintai pertanggungjawaban," tegas dia.

Dia pun berharap kasus hoaks ini dapat diusut tuntas bahkan hingga ke dalangnya."Kita berharap yang dijadikan pelaku bukan hanya yang kelas kecil tapi juga para dalangnya, para master midnya jadi siapa yang dibelakang itu," tandasnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanna One Absen di Gaon Chart Music Awards, Ini Alasannya

Posted: 06 Jan 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Grup Wanna One rencananya tak akan menghadiri ajang Gaon Chart Music Awards  2019. Hal ini cukup mengejutkan, pasalnya penghargaan tersebut merupakan salah satu yang cukup bergengsi di Korea Selatan.

Menanggapi hal tersebut, seorang sumber dari Swing Entertainment, agensi grup ini, menyebutkan penyebabnya. Bukan tanpa alasan yang jelas, Wanna One ternyata lebih memprioritaskan rangkaian konser perpisahan mereka dengan fans.

"Wanna One tidak akan menghadiri Gaon Chart Music Awards dikarenakan untuk mempersiapkan konser terakhir mereka," kata sumber dari Swing Entertainment, seperti disampaikan Soompi.com, Senin (7/1/2018).

Ajang Gaon Chart Music Awards akan digelar pada 23 Januari 2019 di Jamsil Arena (atau yang dikenal dengan Jamsil Indoor Stadium). Sementara rangkaian konser terakhir Wanna One akan diselenggarakan mulai 24 Januari 2019, sehari setelah ajang tersebut. Rangkaian konser Wanna One akan ditutup pada 27 Januari.

Berakhir pada 31 Desember 2018

Wanna One. (Foto: Soompi.com)

Kontrak Wanna One sendiri secara resmi telah berakhir pada 31 Desember 2018. Konser yang akan diadakan pada 24-27 Januari tersebut merupakan aktivitas terakhir mereka sebagai grup.

Usia Wanna One memang singkat, hanya sekitar 1,5 tahun. Namun kesebelas anggota grup telah berhasil menorehkan pencapaian yang tak mudah diraih oleh grup lain.

Produce 101 Season 2

Wanna One dibentuk oleh CJ E&M lewat Produce 101 pada 2017. Meski grup ini belum berusia 1 tahun, kontrak mereka akan berakhir 31 Desember 2018 (Soompi).

Wanna One lahir dari ajang Produce 101 Season 2, yang kesebelas pemenangnya ditentukan lewat pemungutan suara dari pemirsa. Menjelang akhir kompetisi, ranking kerap berubah dengan drastis.

Hingga akhirnya, ditentukan para anggota Wanna One, yakni Kang Daniel, Park Ji Hoon, Lee Dae Hwi, Kim Jaehwan, Ong Seong Wu, Park Woo Jin, Lai Guan Lin, Yoon Ji Sung, Hwang Min Hyun, Bae Jin Young, dan Ha Sung Woon.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aturan Ojek Online Perlu Payungi Aspek Kesejahteraan Pengemudi

Posted: 06 Jan 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan untuk mengatur angkutan transportasi online atau ojek online di dalam negeri. Aturan tersebut rencananya akan terbit pada Maret 2019.

Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengatakan, pemerintah perlu fokus pada perlindungan pengemudi ojek online. Ini karena keselamatan pengemudi menjadi rawan akibat beban kerja yang berlebih (over work).

"Dalam perkembangannya sejak beroperasi ojek daring beberapa tahun lalu, harus diakui populasinya kian bertambah. Pendapatan per bulan bisa minimal sesuai janji promosi, yakni Rp 8 juta per bulan. Bahkan, kala itu rata rata bisa di atas Rp 10 juta per bulan," ujar dia kepada Liputan6.com, Senin (7/1/2019).

"Tetapi sekarang ini, rata-rata pendapatan per bulan kurang dari Rp 5 juta. Sementara beban jam kerja meningkat, sudah tidak bisa lagi 8 jam sehari, harus di atas 10 jam, bahkan ada yang beroperasi hingga 12 jam," ia menambahkan.

Kendati demikian, dia tak menampik bahwa keberadaan ojek online sangat membantu mobilitas masyarakat Indonesia, khususnya di kota-kota besar.

"Tetapi aspek keselamatan tetap harus diperhatikan. Belum lagi kekhawatiran terhadap upaya suspend dari aplikator yang bisa terjadi setiap saat, tanpa ada proses klarifikasi dari pengemudi. Sungguh membuat suasana kerja sebagai pengenudi ojol jauh dari rasa aman dan nyaman," imbuhnya.

 

Ilustrasi Ojek Online (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Sementara itu, Country Director Institute for Trasnportation and Development Policy (ITDP) Indonesia Yoga Adiwinarto mengaku mendukung rencana pemerintah membuat regulasi ojol dimana didalamnya mengatur aspek keselamatan bagi pengemudi.

Menurut dia, aspek keselamatan juga dapat diwujudkan melalui pemanfaatan teknologi. Ia mengimbau agar aplikator dapat mengintervensi fitur aplikasi dimana keselamatan menjadi perhatian utama bagi pengemudi ojek online.

"Aplikator juga harus dorong bagaimana pengemudi tidak hanya bergantung pada layar ponselnya saja. Boleh pakai fitur Gmaps, Waze dan sebagainya tapi kan mereka nggak harus constantly lihat layar ponsel terus yang akhirnya jadi membahayakan keselamatan penumpang," ujarnya.

Dia pun menyarankan, agar aplikator dapat lebih inovatif lagi kedepannya untuk kepentingan pengemudi ojek online.

"Jadi dengan arahan suara atau bluetooth. Misal defaultnya mati layarnya, tapi ketika dekat perempatan jalan mereka dapat instruksi mau belok kemana setelahnya. Jadi ada intervensi teknologi yang dibuat aplikator agar pengemudi tidak mengandalkan layar ponselnya terus sehingga membahayakan penumpang. Safety riding bisa ke arah sini juga," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guncangan Gempa Manggarai Barat Dirasakan di Bima dan Ruteng

Posted: 06 Jan 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Kupang- Gempa bumi Magnitudo 5,0 mengguncang Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Senin (7/1/2019), pukul 10.48.31 WIT.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 5, yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Magnitudo 4,9.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,13 LS dan 119,87 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 40 km arah utara Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 45 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," katanya.

Dia menjelaskan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Laut Flores ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar oblique.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Labuan Bajo dan Bima dalam skala intensitas II-III MMI, dan di daerah Ruteng pada skala I-II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 11.13 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," tandasnya.

Dia menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siapa Saja Kandidat Pengganti Sultan Muhammad V Sebagai Raja Malaysia?

Posted: 06 Jan 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Kabar tentang mundurnya Sultan Muhammad V sebagai raja Malaysia menimbulkan tanda tanya, tidak hanya di Negeri Jiran, namun juga bagi masyarakat Asia Tenggara.

Belum ada penjelasan resmi dari Istana Nasional mengapa penguasa asal negara bagian Kelantan itu mengundurkan diri.

Dikutip dari The Straits Times pada Senin (7/1/2019), pengunduran diri raja belum pernah terjadi sebelumnya di Malaysia, di mana berarti bahwa Dewan Penguasa harus mengadakan pemilihan darurat, yang kemungkinan besar berlangsung selama empat pekan mendatang.

Monarki konstitusional Malaysia adalah satu-satunya yang memberlakukan rotasi kepemimpinan nasional, yang dipilih dari para penguasa sembilan negara bagian.

Yang di-Pertuan Agong --atau Penguasa Tertinggi-- dipilih untuk masa jabatan lima tahun oleh Dewan Penguasa, sesuai dengan pedoman yang ditetapkan dalam Konstitusi Federal.

Namun, dalam praktiknya, pemimpin yang maju ke singgasana Istana Nasional tidak selalu mengacu pada pemimpin yang sedang berkuasa di negara bagian terpilih, tetapi berdasarkan senioritas.

Hal tersebut berarti lamanya masa pemerintahan di negara bagian bisa jauh lebih berpengaruh dibandingkan posisi menjabat, ketika berbicara tentang siapa yang berhak duduk di singgasana nasional.

Saat ini, kemungkinan besar yang akan bertindak sebagai raja sementara adalah Wakil Agong Sultan Nazrin Shah dari negara bagian Perak.

Namun, meski kini dia menjabat sebagai wakil raja, namun Sultan Nazrin Shah tidak bisa masuk bursa pemilihan karena bukan berada di garis depan sesuai urutan suksesi.

Prediksi Kandidat Terkuat

Pemegang suksesi terdepan saat ini adalah Sultan Ahmad Shah dari negara bagian Pahang. Namun, dia dikabarkan tengah menderita sakit saat ini, dan putranya pun tidak cocok mewariskan suksesinya karena baru menjabat sebagai walikota setempat selama dua tahun terakhir.

Kemungkinan saat ini tertuju pada Sultan Ibrahim Ismail dari negara bagian Johor, yang berada dalam garis suksesi ketiga.

Namun, apa pun keputusan yang mungkin atau tidak mungkin diambil oleh Dewan Penguasa, Penjaga Segel Penguasa --semacam komisi pemilu, namun khusus untuk monarki Malaysia-- pertama-tama tetap akan meminta persetujuan dari kesembilan negara bagian tentang nominator yang diajukan sebagai Yang di-Pertuan Agong.

Kandidat sultan Malaysia harus tunduk pada kriteria tertentu, atau jika diperlukan, bisa melalui pemungutan suara tertutup di Dewan Penguasa yang dilakukan oleh minimal lima perwakilan kesultanan daerah.

 

Simak video pilihan berikut:

Tata Cara Pemilihan Raja Malaysia

Bendera Malaysia (iStockphoto via Google Images)

Pemilihan sultan Malaysia dilakukan oleh Dewan Penguasa, yang beranggotakan pemimpin utama dari seluruh negara bagian di sana.

Namun, hak memilih hanya berlaku bagi para pemimpin kesultanan daerah, Penjaga Segel Penguasa, dan Asisten Sekretaris Dewan Penguasa. Adapun empat gubernur non-kerajaan Malaysia lainnya hanya berperan sebagai pengawas dan penasehat.

Daftar nominasi mengikuti urutan suksesi yang dimulai dengan baris berikutnya, kecuali raja yang dipilih menolak untuk menduduki singgasana nasional.

Sembilan pemimpin kesultanan daerah diberi kertas suara dengan nama calon suksesor pertama, untuk kemudian ditulis dengan penilaian apakah yang bersangkutan cocok menjadi Yang di-Pertuan Agong.

Jika kandidat tersebut memiliki persetujuan setidaknya lima suara, maka dia berhak mengisi posisi Sultan Malaysia. Namun, jika tidak memenuhi syarat suara atau menolak, maka Dewan Penguasa mengulangi proses serupa dengan mengajukan nama di urutan suksesi berikutnya.

Surat suara tersebut sangat rahasia, dan semuanya dicetak dengan kertas tanpa tanda dan pena serta tinta yang sama. Surat suara dihancurkan begitu hasilnya diketahui.

Setelah proses selesai, Penjaga Segal Penguasa akan memberi tahu Perdana Menteri dan Parlemen tentang siapa yang terpilih menjadi ketua federasi.

Perdana menteri kemudian akan mengumumkan kepada masyarakat Malaysia, biasanya melalui siaran pers yang berisi pengenalan singkat tentang sosok raja baru.

Yang di-Pertuan Agong akan mulai menjalankan fungsi-fungsi kerajaannya setelah menandatangani sumpah jabatan dalam sebuah upacara sebelum Konferensi Dewan Penguasa, dan di hadapan Ketua Mahkamah Agung Malaysia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Cantiknya Rachel Brosnahan Saat Raih Aktris Terbaik Golden Globes 2019

Posted: 06 Jan 2019 09:30 PM PST

Rachel Brosnahan tersenyum saat berpose dengan penghargaan Aktris Terbaik dalam Serial televisi, Komedi atau Musikal untuk serial

Rachel Brosnahan tersenyum saat berpose dengan penghargaan Aktris Terbaik dalam Serial televisi, Komedi atau Musikal untuk serial

Rachel Brosnahan tersenyum saat berpose dengan penghargaan Aktris Terbaik dalam Serial televisi, Komedi atau Musikal untuk serial

Rachel Brosnahan tersenyum saat berpose dengan penghargaan Aktris Terbaik dalam Serial televisi, Komedi atau Musikal untuk serial

Rachel Brosnahan tersenyum saat tiba menghadiri 76th Golden Globe Awards di Beverly Hills, California (7/1). Aktris 28 tahun ini tampil cantik menggenakan gaun panjang berwarna kuning. (AP Photo/Jordan Strauss)

Rachel Brosnahan tersenyum saat tiba menghadiri 76th Golden Globe Awards di Beverly Hills, California (7/1). Aktris 28 tahun ini tampil cantik menggenakan gaun panjang berwarna kuning. (AP Photo/Jordan Strauss)

Rachel Brosnahan berpose di karpet merah saat tiba menghadiri 76th Golden Globe Awards di Beverly Hills, California (7/1). ). Aktris 28 tahun ini tampil cantik menggenakan gaun panjang berwarna kuning. (AP Photo/Jordan Strauss)

Rachel Brosnahan berpose di karpet merah saat tiba menghadiri 76th Golden Globe Awards di Beverly Hills, California (7/1). ). Aktris 28 tahun ini tampil cantik menggenakan gaun panjang berwarna kuning. (AP Photo/Jordan Strauss)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: [CEK FAKTA] Para Pilot di Indonesia Dukung Prabowo-Sandi?

Posted: 06 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beredar video dukungan pilot di Indonesia untuk pasangan Prabowo-Sandi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Bulan Menikah, Maia Estianty Ungkap Sifat Konyol Irwan Mussry

Posted: 06 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sudah dua bulan Maia Estianty menikah dengan Irwan Mussry. Selama itu juga, keduanya menjalani kehidupan baru sebagai suami istri.

Melalui unggahan di Instagram, Maia Estianty menyebut bahwa Irwan merupakan sosok yang tidak jaim alias jaga image. Pengakuan Maia itu disampaikan melalui unggahan foto di Instagram pada Kamis 3 Januari 2019.

Dalam foto itu terlihat Maia Estianty tengah berada di dalam mobil. Ia duduk di balik kemudi. Sementara, di depan mobil itu terlihat Irwan dengan pose yang aneh. Pria berkepala pelontos itu terlihat berjalan dengan pose kocak. Mirip adegan film-film komedi.

Sementara, mimik Irwan juga lucu, dengan menjulurkan lidah. Rupanya, Irwan tengah menggoda Maia Estianty yang sedang berada di dalam mobil.

Tidak Lazim

Maia Estianty makin cinta dengan Irwan Mussry (Instagram/maiaestiantyreal)

Foto itu rupanya spesial bagi Maia. Ibu tiga anak ini bahkan menyebut bahwa foto itu merupakan bukti bahwa sang suami bukan sosok yang jaim.

"Ini ketidak jaiman suamiku berikutnya...aku lagi mau foto2 di dalem mobil vintage/classic, eh dia lewat2 gangguin terus... Muka boleh jaim, aslinya tukang humor, makanya aku jatuh cinta," tulisnya.

Banjir Doa

Maia Estianty foto bersama dengan Irwan Mussry dan ketiga anaknya dengan mengenakan gaun pengantin (Dok.Instagram/@maiaestiantyreal/https://www.instagram.com/p/BpjtTrmFRrM/?taken-by=maiaestiantyreal/Komarudin)

Melihat kemesraan dan kebahagiaan keduanya, warganet pun turut memuji dan mendoakan agar Maia dan Irwan terus berbahagia.

"Ih lucu keluarga ini.... Seneng liatnya... Semoga makin bahagia ya bun.. Didunia hingga akhiratNya aamiin..," tulis @nafiah1717.

"Smoga Rukun selalu hingga tua nanti," tulis @yovanna.eragraha.

"Langgeng sampai selamanya amin ya allah," tulis @ahksan_0602.

"Ikut bahagia lihatnya bund .. Sakinah mawadah warahmah smp surga yak .aamiin," tulis @ririen.bundanaura. (Cynthia Amanda Male/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Red Dead Redemption 2 Borong Tujuh Nominasi Game Developers Choice

Posted: 06 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penghargaan bergengsi Game Developers Choice (GDC) akan digelar Maret 2019 nanti.

Menjelang acara, panitia telah mengungkap daftar nominasi untuk setiap kategorinya.

Dilansir dari Gamespot, Senin (7/1/2019), gim besutan studio Rockstar, Red Dead Redemption 2 memimpin perolehan jumlah nominasi terbanyak. 

Gim ini memperoleh tujuh nominasi, termasuk Best Audio, Best Design, dan Game of the Year.

Selain itu, dua gim besar lainnya, God of War dan Marvel's Spider-Man, masing-masing mendapat enam nominasi.

Gim Indie yang sedang hangat dibicarakan, Celeste dan Return of the Obra Dinn juga mendapatkan beberapa nominasi, salah satunya Game of the Year.

Untuk lebih lengkap, kamu dapat melihat setiap nominasinya berikut ini.

Best Audio

Celeste (Matt Makes Games)

Red Dead Redemption 2 (Rockstar Games)

God of War (Sony Santa Monica/Sony Interactive Entertainment)

Marvel's Spider-Man (Insomniac Games/Sony Interactive Entertainment)

Tetris Effect (Monstars and Resonair/Enhance)

Honorable Mentions

Beat Saber (Beat Games)

Wandersong (Greg Lobanov/Humble Bundle)

Return of the Obra Dinn (Lucas Pope/3909)

Battlefield V (EA DICE/Electronic Arts)

Forza Horizon 4

(Playground Games and Turn 10 Studios/Microsoft Studios)

Best Debut

Polyarc (Moss)

Mountains (Florence)

Nomada Studio (Gris)

Villa Gorilla (Yoku's Island Express)

Sabotage (The Messenger)

Honorable Mentions

Beat Games (Beat Saber)

Digital Sun (Moonlighter)

Two Point Studios (Two Point Hospital)

Okomotive (Far: Lone Sails)

Best Design

Marvel's Spider-Man (Insomniac Games/Sony Interactive Entertainment)

Celeste (Matt Makes Games)

Into the Breach (Subset Games)

Red Dead Redemption 2 (Rockstar Games)

God of War (Sony Santa Monica/Sony Interactive Entertainment)

Honorable Mentions

Frostpunk (11 bit studios)

Minit (Kitty Calis, Jan Willem Nijman, Jukio Kallio & Dominik Johann/Devolver Digital)

Return of the Obra Dinn (Lucas Pope/3909)

Astro Bot Rescue Mission (SIE Japan Studio/Sony Interactive Entertainment)

Monster Hunter: World (Capcom)

Best Mobile Game

Alto's Odyssey (Snowman)

Florence (Mountains/Annapurna Interactive)

Reigns: Game of Thrones (Nerial/Devolver Digital)

Holedown (Grapefrukt Games)

Donut County (Ben Esposito/Annapurna Interactive)

Honorable Mentions

Furistas Cat Cafe (Runaway)

The Room: Old Sins (Fireproof Studios)

Pocket Run Pool (Zach Gage)

Alphabear 2 (Spry Fox)

Twinfold (Kenny Sun)

Nominasi Berikutnya

Tampilan Nintendo Labo (sumber: nintendo)

Innovation Award

Red Dead Redemption 2 (Rockstar Games)

Florence (Mountains / Annapurna Interactive)

Nintendo Labo (Nintendo EPD / Nintendo)

Tetris Effect (Monstars and Resonair / Enhance)

Return of the Obra Dinn (Lucas Pope / 3909)

Honorable Mentions

Minit (Kitty Calis, Jan Willem Nijman, Jukio Kallio & Dominik Johann / Devolver Digital)

Celeste (Matt Makes Games)

God of War (Sony Santa Monica / Sony Interactive Entertainment)

Astro Bot Rescue Mission (SIE Japan Studio / Sony Interactive Entertainment)

Moss (Polyarc)

A Way Out (Hazelight Studios / Electronic Arts)

Best Narrative

Florence (Mountains/Annapurna Interactive)

God of War (Sony Santa Monica / Sony Interactive Entertainment)

Marvel's Spider-Man (Insomniac Games / Sony Interactive Entertainment)

Return of the Obra Dinn (Lucas Pope / 3909)

Red Dead Redemption 2 (Rockstar Games)

Honorable Mentions

Assassin's Creed Odyssey (Ubisoft Quebec / Ubisoft)

Detroit: Become Human (Quantic Dream / Sony Interactive Entertainment)

Celeste (Matt Makes Games)

Life is Strange 2 (Dontnod Entertainment / Square Enix)

Where the Water Tastes Like Wine (Dim Bulb Games and Serenity Forge / Good Shepherd Entertainment)

Best Technology

Marvel's Spider-Man (Insomniac Games / Sony Interactive Entertainment)

Assassin's Creed Odyssey (Ubisoft Quebec / Ubisoft)

Forza Horizon 4 (Playground Games and Turn 10 Studios / Microsoft Studios)

God of War (Sony Santa Monica / Sony Interactive Entertainment)

Red Dead Redemption 2 (Rockstar Games)

Honorable Mentions

Sea of Thieves (Rare / Microsoft Studios)

Far Cry 5 (Ubisoft Montreal and Ubisoft Toronto / Ubisoft)

Battlefield V (EA DICE / Electronic Arts)

Detroit: Become Human (Quantic Dream / Sony Interactive Entertainment)

Return of the Obra Dinn (Lucas Pope / 3909)

Nominasi Berikutnya

DLC bagian kedua di gim Spider-Man bakal meluncur di PS4. (Doc: Sony PlayStation)

Best Visual Art

Gris (Nomada Studio / Devolver Digital)

Marvel's Spider-Man (Insomniac Games / Sony Interactive Entertainment)

God of War (Sony Santa Monica / Sony Interactive Entertainment)

Return of the Obra Dinn (Lucas Pope / 3909)

Red Dead Redemption 2 (Rockstar Games)

Honorable Mentions

Battlefield V (EA DICE / Electronic Arts)

Tetris Effect (Monstars and Resonair / Enhance)

Dragon Ball FighterZ (Arc System Works / Bandai Namco Entertainment)

Assassin's Creed Odyssey (Ubisoft Quebec / Ubisoft)

Below (Capybara Games)

Best VR/AR Game

Budget Cuts (Neat Corporation)

Beat Saber (Beat Games)

Tetris Effect (Monstars and Resonair / Enhance)

Moss (Polyarc)

Astro Bot Rescue Mission (SIE Japan Studio / Sony Interactive Entertainment)

Honorable Mentions

Jurassic World Alive (Ludia)

In Death (Sólfar Studios)

Tendar (Tender Claws)

Firewall Zero Hour (First Contact Entertainment / Sony Interactive Entertainment)

Deracine (FromSoftware / Sony Interactive Entertainment)

Game of the Year

Red Dead Redemption 2 (Rockstar Games)

Return of the Obra Dinn (Lucas Pope / 3909)

Marvel's Spider-Man (Insomniac Games / Sony Interactive Entertainment)

Celeste (Matt Makes Games)

God of War (Sony Santa Monica / Sony Interactive Entertainment)

Honorable Mentions

Tetris Effect (Monstars and Resonair / Enhance)

Super Smash Bros. Ultimate (Bandai Namco Studios & Sora / Nintendo)

Into the Breach (Subset Games)

Assassin's Creed Odyssey (Ubisoft Quebec / Ubisoft)

Florence (Mountains / Annapurna Interactive)

Monster Hunter: World (Capcom)

Penghargaan GDC ini dijadwalkan berlangsung pada 20 Maret 2019 di San Fransisco, Amerika Serikat.

Selain penghargaan GDC, pemenang Independent Games Festival 2019 pun akan diumumkan 20 Maret nanti.

(Surya Handika R/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Hadapan Jokowi, 7 Komisioner LPSK Ucapkan Sumpah Jabatan

Posted: 06 Jan 2019 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tujuh anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) periode 2018-2023 mengucapkan sumpah jabatan untuk menjalankan tugasnya melindungi saksi dan korban.

Pengucapan sumpah jabatan ini disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin (7/1/2019). Ketujuh orang tersebut berasal dari berbagai latar belakang yaitu akademisi, psikolog, polisi, dan lain-lain.

Adapun tujuh komisoner LPSK itu antara lain, Hasto Atmojo Suroyo, Brigjen Pol (Purn) Achmadi, Antonius Prijadi Soesilo Wibowo, dan Edwin Partogi Pasaribu. Selain itu, Livia Istania DF Iskandar, Maneger Nasution, serta Susilaningtias.

Pelantikan tujuh komisioner tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 232/P tahun 2018 tentang pengangkatan keanggotan LPSK. Di depan Presiden Jokowi, mereka pun mengucapkan sumpah dan janji jabatan.

"Demi Allah saya bersumpah. Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya untuk diangkat menjadi anggota LPSK akan setia kepada UUD RI 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap mererka bersama-sama.

Usai pengambilan sumpah, tujuh komisioner tersebut menandatangani berita acara dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dari Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla.

Sebelum mengucapkan sumpah, tujuh komisioner LPSK ini telah disahkan oleh Komisi III DPR RI dalam sidang paripurna. Hal itu ditentukan setelah uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

"Berdasarkan keputusan, lobi-lobi, telah disepakati tujuh orang yang terpilih, terlepas dari kekurangan dan kelebihan," kata Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa saat rapat di Ruang Komisi III DPR, Jakarta Rabu 5 Desember 2018.

 

Tak Penuhi Kriteria

Di tempat yang sama, anggota Komisi III DPR Arsul Sani mengatakan, sebenarnya tujuh orang anggota baru ini tidak memenuhi dua dari tujuh unsur kriteria anggota atau komisioner LPSK yang tercantum Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban. Dua unsur itu adalah kejaksaan dan Kemeterian Hukum dan HAM.

"Kepolisian Kemenkum HAM kejaksaan akademisi advokat dan LSM. Tapi termyata unsur eks Kejaksaan dan Kumham yang dikirim pansel ke sini enggak ada," ungkapnya.

Meski begitu, akhirnya Komisi III tetap mengesahkan tujuh anggota itu sebagai komisioner LPSK. Arsul juga berharap, meski kurang memenuhi unsur yang tertera dalam Undang-Undang tidak akan menganggu kinerja LPSK kedepannya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Akhir CPNS 2018 di 52 Kementerian dan Lembaga, Cek di Sini!

Posted: 06 Jan 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 (CPNS 2018) masih terus berlangsung. Kini, seleksi CPNS 2018 telah memasuki tahap pengumuman hasil akhir CPNS 2018.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Senin (7/1/2018), tercatat sudah banyak instansi pusat dan daerah yang telah mengumumkan hasil akhir CPNS 2018. Terdapat sebanyak 52 dari total 74 instansi pusat (Kementerian/Lembaga) yang telah mengumumkan hasil akhir CPNS 2018. Pengumuman hasil akhir diumumkan di laman resmi masing-masing instansi.

Pengumuman hasil akhir CPNS 2018 tersebut berdasarkan Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara selaku Ketua Tim Pelaksana Seleksi Nasional Pengadaan CPNS Tahun 2018 perihal Penyampaian Hasil Integrasi Nilai SKD dan SKB CPNS Tahun 2018.

Bagi para pelamar CPNS 2018 yang dinyatakan lolos, berarti hanya perlu menghadapi tahapan akhir, yakni tahap pemberkasan. Persyaratan pemberkasan dapat dilihat di laman resmi masing-masing instansi. Namun persyaratan pemberkasan tiap instansi biasanya tidak jauh berbeda.

Adapun instansi pusat yang telah mengumumkan hasil akhir seleksi CPNS 2018, antara lain Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB), serta Mahkamah Agung RI (MA).

Dalam waktu dekat, jumlah instansi yang mengumumkan hasil akhir seleksi CPNS 2018 ini diperkirakan akan terus bertambah. Hal ini berdasarkan data dari BKN yang menyebutkan bahwa per 6 Januari 2019 pukul 18.00, sudah ada 535 instansi yang DS, 13 instansi proses verval BKN, sementara 5, yaitu Kemenag, KemenPUPR, BIN, BPK, dan BPOM menunggu final instansi.

"Update #CPNS2018 per 6 Jan 2019 pkl 18.00:

Instansi DS: 535Proses verval BKN: 13Menunggu final instansi: 5

#2019JadiASN #BKNSemangatUntukNegeri ," kicau BKN di akun Twitter resminya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut 52 instansi pusat yang telah mengumumkan hasil akhir CPNS 2018:

1. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

2. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker)

3. Kementerian BUMN

4. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

5. Kementerian Luar Negeri (Kemlu)

6. Kementerian Perindustrian (Kemenperin)

7. Kementerian Keuangan (Kemenkeu)

8. Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

9. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)

10. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) edisi ralat di sini

11. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK)

12. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Bidang Kemaritiman)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Merapi Erupsi Lagi, Lava Pijar Mengarah ke Kali Gendol Sleman

Posted: 06 Jan 2019 09:22 PM PST

Fokus, Jakarta - Gunung Merapi kembali meluncurkan lava pijar,  Senin pagi, sekitar pukul 04.50 WIB. Luncuran lava pijar mengarah ke hulu Kali Gendol, Sleman, Yogyakarta dan terlihat jelas dari Pos Pantauan Merapi Induk Balerante, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (7/1/2019), status Gunung Merapi masih berada dalam level dua atau waspada.

Meski demikian warga diminta untuk tidak perlu panik. Untuk mengantisipasi adanya hujan abu, petugas sudah menyiapkan cadangan masker.

Warga pun tak tinggal diam, mereka melakukan jaga malam untuk mengantisiapsi terjadinya peningkatan aktivitas di Merapi. Mereka juga diminta tidak mempercayai informasi yang belum pasti atau hoaks.

Selain itu, warga juga diminta untuk menaati rekomendasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK), yaitu tidak melakukan aktivitas dalam radius kurang dari 3 kilometer dari Puncak Merapi. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bohemian Rhapsody Berjaya, Ini Daftar Lengkap Pemenang Golden Globe Awards 2019

Posted: 06 Jan 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, California - Malam puncak Golden Globes 2019, telah selesai digelar. Dalam penghargaan prestisius di bidang sinema yang digelar di Beverly Hills, California, pada Senin (7/1/2019) atau Minggu malam waktu setempat ini, banyak kejutan yang terjadi.

A Star Is Born dan Lady Gaga yang digadang-gadang bakal membawa pulang penghargaan Golden Globes 2019, ternyata hanya mendapat satu trofi. 

Sementara itu Bohemian Rhapsody, film biopik Freddie Mercury dan Queen, berjaya dalam Golden Globes 2019. Film ini sekaligus sang bintang utama, Rami Malek, membawa pulang dua piala utama dari dua nominasi yang mereka dapatkan.

Siapa saja pemenang Golden Globes 2019? Berikut daftar lengkapnya:

 

Film

Rami Malek sebagai Freddie Mercury di film Bohemian Rhapsody. (20th Century Fox)

Film Terbaik - Drama: Bohemian Rhapsody

Film Terbaik - Musikal atau Komedi: Green Book

Film Animasi Terbaik: Spider-Man: Into the Spiderverse

Film Berbahasa Asing Terbaik: ROMA (Meksiko)

Aktris dengan Penampilan Terbaik di Film Drama: Glenn Close, The Wife

Aktor dengan Penampilan Terbaik di Film Drama:Rami Malek, Bohemian Rhapsody

Aktris dengan Penampilan Terbaik di Film Musikal/ Komedi: Olivia Colman, The Favourite

Aktor dengan Penampilan Terbaik di Film Musikal/ Komedi: Christian Bale, Vice

Aktris Pendukung Terbaik: Regina King, If Beale Street Could Talk

Aktor Pendukung Terbaik: Mahershala Ali, Green Book

Sutradara Terbaik: Alfonso Cuarón, ROMA

Naskah Film Terbaik: Brian Currie, Peter Farrelly and Nick Vallelonga, Green Book

Soundtrack Film Terbaik: "Shallow," A Star Is Born

Scoring Film Terbaik: Justin Hurwitz, First Man

Televisi

Serial TV Terbaik - Drama: The Americans

Serial TV Terbaik - Musikal atau Komedi: The Kominsky Method (Netflix)

FTV atau Miniseri Terbaik: The Assassination of Gianni Versace: American Crime Story (FX)

Aktris dengan Penampilan Terbaik di Serial TV Drama: Sandra Oh, Killing Eve

Aktor dengan Penampilan Terbaik di Serial TV Drama: Richard Madden, Bodyguard

Aktris dengan Penampilan Terbaik di Serial TV Musikal/ Komedi: Rachel Brosnahan, The Marvelous Mrs. Maisel

Aktor dengan Penampilan Terbaik di Serial TV Musikal/ Komedi: Michael Douglas, The Kominsky Method

Aktris dengan Penampilan Terbaik di FTV atau Miniseri Terbaik: Patricia Arquette, Escape at Dannemora

Aktor dengan Penampilan Terbaik di FTV atau Miniseri Terbaik: Darren Criss, The Assassination of Gianni Versace: American Crime Story

Aktris Pendukung dengan Penampilan Terbaik di FTV atau Miniseri Terbaik: Patricia Clarkson, Sharp Objects

Aktor Pendukung dengan Penampilan Terbaik di FTV atau Miniseri Terbaik: Ben Whishaw, A Very English Scandal

The Cecil B. DeMille Award: Jeff Bridges

The Carol Burnett Award: Carol Burnett

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikahi Oksana Voevodina, Raja Malaysia Putuskan Turun Tahta

Posted: 06 Jan 2019 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Oksana Voevodina mendadak ramai diperbincangkan oleh media. Pasalnya, Miss Moscow 2015 ini resmi dipersunting oleh Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V dari Kelantan pada 23 November 2018 lalu di Barvikha Concert Hall, Moskow, Rusia.

Oksana Voevodina yang saat ini berusia 25 tahun menikah dengan Sultan Muhammad V yang usianya 24 tahun lebih tua. Pernikahan mereka pun berlangsung meriah dengan menggabungkan tradisi kedua negara, dengan makanan halal tanpa menyajikan alkohol.

Seperti yang dikutip dari Hype.my, Senin (7/1/19), Sultan tampak berpakaian khas Melayu dengan nuansa biru tua lengkap dengan sarung songket, juga peci hitam. Sementara, Oksana Voevodina terlihat cantik dan menawan berbalut dress internasional berwarna biru muda lengan panjang ditambah aksen motif berkilau.

Otoritas terkait di Malaysia belum mengomentari spekulasi soal pernikahan tersebut, atau memberikan rincian tentang kondisi kesehatan raja. Raja Muhammad V sendiri mengambil cuti medis sejak November hingga akhir Desember 2018. Namun setelah pernikahannya diketahui publik Malaysia, terjadi pro dan kontra.

Masa depan raja kembali menjadi sorotan setelah cuti medisnya secara resmi selesai pada akhir Desember 2018. Para penguasa kerajaan kemudian dilaporkan menggelar pertemuan khusus pekan lalu.

Dan akhirnya, Sultan Muhammad V dari Kelantan memilih untuk mengundurkan diri sebagai Yang Dipertuankan Agong ke-15 pada Minggu (6/1/2019), sebelum masa kekuasaannya berakhir.

Istana Negara Malaysia mengumumkan Sultan Muhammad V dari Kelantan telah mengundurkan diri sebagai Yang Dipertuan Agong ke-15 atau Penguasa Tertinggi federasi.

"Yang Mulia telah bersiap untuk kembali ke Kelantan Darul Naim untuk berada bersama pemerintah negara bagian," dalam pernyataan Istana Negara.

"...menjaga dan mengembangkan Kelantan untuk kemajuan masyarakat," imbuh pernyataan itu, seperti dikutip dari Straits Times.

Sultan Muhammad menjabat sebagai Raja Malaysia pada 13 Desember 2016. Pengunduran dirinya disebut telah sesuai dengan Pasal 32 (3) Konstitusi Federal Malaysia. "Sepanjang masa jabatannya sebagai Yang Dipertuan Agong, Yang Mulia memenuhi tugasnya sebagai Kepala Negara, pilar stabilitas nasional, sumber keadilan, dan perlindungan persatuan bagi rakyat," kata Istana Negara.

"Yang Mulia ingin menyampaikan terima kasih kepada semua Penguasa negara bagian karena memilihnya sebagai Yang Dipertuan Agong ke-15 pada 13 Desember 2016," lanjutnya.

Pernyataan dari Istana Negara turut menambahkan, Sultan Muhammad V juga menyatakan terima kasih kepada perdana menteri dan pemerintah atas kerja sama dalam memerintah bangsa.

Melansir New Straits Times, suami Oksana Voevodina ini juga mengaku bangga dengan pengorbanan dan kesetiaan Angkatan Bersenjata selama masa pemerintahannya.

"Kepada rakyat Malaysia, Yang Mulia menyerukan persatuan, toleransi, dan memastikan Malaysia akan terus berada dalam perdamaian dan harmoni," imbuh pernyataan Istana Negara.

Raja Malaysia mengeluarkan keputusan yang disebut kali pertama dalam sejarah negara itu, yaitu turun takhta. Keputusannya itu sekaligus mengakhiri berbagai spekulasi yang mencuat selama beberapa pekan terakhir.

AFP mewartakan, keputusan pria berusia 49 tahun itu merupakan kali pertama bagi seorang raja Malaysia untuk mundur dari jabatan lima tahunnya. Penguasa kerajaaan di Malaysia kini akan menggelar pertemuan untuk memutuskan raja berikutnya.

Seperti yang kita ketahui, Malaysia menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional memiliki raja. Namun uniknya, raja di Negeri Jiran ini digilir jabatannya setiap lima tahun sekali, di antara sembilan sultan negara bagian.

Di bawah monarki rotasi unik Malaysia di antara sembilan penguasa negara turun-temurun, raja baru, yang secara resmi dikenal sebagai Yang di-Pertuan Agong, akan menjabat selama lima tahun. Meski jabatan tersebut sebagian besar bersifat seremonial, tetapi Raja dan keluarganya disebut cukup dihormati oleh rakyatnya.

Fakta tentang Oksana Voevodina Miss Moscow 2015

Oksana Vaevodina memakai hijab saat berfoto dengan sang suami. (dok. Instagram @hypemy/https://www.instagram.com/p/Bqjw-xDHFgM/Henry

Kepala Monarki sekaligus Kepala Negara Malaysia, Agung Sultan Muhammad V Faris, kian jadi perbincangan hangat di media sosial Malaysia beberapa waktu lalu. Lantaran berita pernikahannya yang berlangsung pada Jumat, 23 November 2018 di Barvikha Concert Hall Moskow dengan ratu kecantikan asal Russia, Oksana Voevodina.

Seperti yang dikutip dari Hype.my, Senin (7/1/19), Sultan tampak berpakaian khas Melayu dengan nuansa biru tua lengkap dengan sarung songket, juga peci hitam. Sementara, Oksana terlihat cantik dan menawan berbalut dress internasional berwarna biru muda lengan panjang ditambah aksen motif berkilau.

Kedua mempelai ini melakukan prosesi adat Rusia, juga tak melupakan tradisi budaya Malaysia. Namun, pernikahan lintas budaya dan tradisi tersebut menoreh beberapa pertanyaan warganet yang belum mengenal siapa Oksana Voevodina.

Berikut fakta Oksana Voevodina yang Liputan6.com lansir dari Says.com, Senin (7/1/2019).

1. Putri seorang dokter ahli bedah ortopedi

Ayah Oksana Voevodina, Andrey Gorbatenko yang diyakini berusia 50 tahun merupakan seorang dokter ahli bedah ortopedi. Sedangkan ibunya adalah kontestan ajang kecantikan di tahun 1990-an.

2. Miss Moscow 2015

Perempuan yang menikah pada usia 25 tahun ini ternyata sempat menjadi Miss Moscow 2015 pada usia 22 tahun, dan berhasil mengalahkan 32 orang kontestan dalam ajangnya. Oksana kemudian memenangkan mahkota pada 9 Juni 2015.

3. Jadi Mualaf

Memiliki nama Rusia, Okcaha Boeboanha. Oksana dikabarkan telah memutuskan untuk menjadi mualaf pada 16 April 2018 lalu. Ia mengubah namanya menjadi Rihana Oxana Gorbatenko.

4. Lulusan Bisnis

Oksana Voevodina telah menyelesaikan pendidikannya, ia merupakan lulusan Fakultas Bisnis dari Plekhavon Russian University of Economics.

5. Bertemu Raja Muhammad V di Eropa

Menurut laporan media, keduanya bertemu saat Oksana Voevodina sedang mempromosikan jam tangan mewah di Eropa 18 bulan lalu. Ya, Oksana memang berprofesi sebagai model.

6. Perbedaan Usia 24 Tahun

Rupanya, kedua mempelai berbeda negara ini memiliki rentang usia yang cukup jauh, sampai 24 tahun. Terpaut usia Sultan Muhammad V Faris yang sudah 49 tahun dan Oksana baru 25 tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya 21 Anak, Persalinan Pertama Wanita Ini Usia 13 Tahun

Posted: 06 Jan 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Noel dan Sue Radford terkenal sebagai keluarga dengan jumlah anak terbanyak di Inggris. Pada satu wawancara dengan stasiun TV di Inggris, Sue Radford (43) beserta suami dan ke-21 anaknya menuturkan bagaimana pengalaman mereka menjadi keluarga dengan jumlah anak terbanyak tersebut.

Melansir dari Mirror, dalam tayangan tersebut Sue mengaku hamil anak pertama saat ia berusia 13 tahun, sementara kekasihnya saat itu baru berusia 18 tahun. Hal tersebut cukup menyedot perhatian masyarakat Inggris.

Sue mengaku telah terbiasa melahirkan. Saat proses persalinan, wanita itu tak merasa kesulitan. Bahkan persalinan anak ke-21-nya yang masih bayi, dilakukan dalam 12 menit saja.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Selanjutnya

Doc: Mirror.com

Meski demikian, Sue mengaku itu akan menjadi anak terakhirnya dan tak berniat memiliki anak lagi.

"Aku berkata, ini sudah cukup. Aku pikir kami hanya suka memiliki keluarga besar," tuturnya.

Dengan banyaknya anak yang mereka miliki, ini berarti Sue dan suaminya juga akan memiliki lebih banyak keturunan.

"Jika itu sebuah kecanduan, kami menyerah. Toh pada akhirnya kami akan memiliki banyak cucu," pungkasnya.

Reporter: Eki Arum Khasanah

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Lantik 16 Dubes, Ada Jubir Kemenlu hingga Mantan Wakil Ketua MPR

Posted: 06 Jan 2019 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik 16 duta Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin pagi. Pelantikan dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 1/P/2019 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat menjadi dubes dan berkuasa penuh akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan seluruh peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bhakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi membacakan sumpah untuk para duta besar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).

"Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh tasa tanggung jawab," ucap para Dubes mengikuti lafaz sumpah yang dibacakan Presiden.

"Bahwa saya akan melakukan dengan setia, segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat dan saya akan memnuji dengan setia dalam menjalankan tugas yang diberikan kepada saya oleh jabatan dubes luar biasa dan berkuasa penuh," sambung dia.

Dari 16 nama dubes itu, di antaranya terdapat nama Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Christiawan Nasir hingga mantan Wakil Ketua MPR Hajriyanto Thohari. Usai pengucapan sumpah, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan ucapan selamat kepada para dubes tersebut.

Nama Dubes Terpilih

Berikut nama-nama Dubes RI yang dilantik Jokowi:

1. Abdul Kadir Jaelani untuk Kanada merangkap ICAO, berkedudukan di Ottawa.

2. Abdurachman Hudiono Dimas Wahab untuk Republik Hungaria, berkedudukan di Budapest.

3. Al Busyra Basnur untuk Republik Demokratik Federal Etiopia merangkap Republick Djibouti dan African Union, berkedudukan di Addis Ababa.

4. Arrmanatha Christiawan Nasir untuk Republik Perancis merangkap Kepangeranan Andorra Keharyapatihan Monaco dan UNESCO, berkedudukan di Paris.

5. Cheppy T Wartono untuk Republik Meksiko Serikat merangkap Belize, Republik El Savador, dan Republik Guatemala, berkedudukan di Mexico City.

6. Dewa Made Juniarta Satrawan untuk Republik Zimbabwe merangkap Republik Zambia, berkedudukan di Harare.

7. Edy Yusup untuk Republik Federasi Brasil, berkedudukan di Brasilia.

8. Hajriyanto Thohari untuk Republik Lebanon, berkedudukan di Beirut.

9. Julang Pujianto untuk Republik Suriname merangkap Republik Guyana, berkedudukan di Paramaribo.

10. Lalu Muhammad Iqbal untuk Republik Turki, berkedudukan di Ankara.

11. Mahendra Siregar untuk Amerika Serikat, berkedudukan di Washington DC.

12. Muhammad Anshor untuk Republik Chile, berkedudukan di Santiago.

13. Siti Nugraha Mauludiah untuk Republik Polandia, berkedudukan di Warsawa.

14. Sunaryo Kartadinata untuk Republik Uzbekistan merangkap Republik Kirgizstan, berkedudukan di Tashkent.

15. Tri Tharyat untuk Kuwait, berkedudukan di Kuwait City.

16. Wajid Fauzi untuk Republik Arab Suriah, berkedudukan di Damaskus.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Kegiatan yang Bakal Dilakukan Ahok Usai Bebas dari Penjara

Posted: 06 Jan 2019 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan menghirup udara bebas dari hotel prodeo pada 24 Januari 2019. Jelang kebebasannya, berbagai macam isu muncul tentang apa yang akan dilakukannya usai bebas nanti.

Seperti salah satunya terkait sikap politik pria asli Belitung tersebut. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dikabarkan siap menerima Ahok jika memang ingin kembali terjun ke kancah dunia politik.

"Saya rasa karena PDIP keberagaman, jadi tidak ada permasalahan," tutur politikus PDIP Prasetyo Edi Marsudi di Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu, 6 Januari 2019.

Tak hanya itu, beredar kabar juga Ahok akan menjadi Ketua PSSI. Namun, Prasetyo Edi Marsudi yang juga merupakan Ketua DPRD DKI Jakarta menilai Ahok lebih pantas menduduki posisi lain.

"Kalau saya, daripada jadi Ketua PSSI, saya cenderung meihat Pak Ahok lebih cocok jadi Ketua Kejaksaan, Kejagung," kata Prasetyo.

Ahok akan bebas dari tahanan pada Kamis, 24 Januari 2019. Ahok telah menjalani hukuman sejak 9 Mei 2017 setelah divonis 2 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Jakarta Utara.

Majelis hakim menyatakan Ahok terbukti melakukan penodaan agama dalam pidatonya di Kepulauan Seribu pada 2016 dan menjatuhkan vonis 2 tahun penjara.

Ahok mendapat total remisi 3 bulan 15 hari. "Jadi, (Ahok) jangan bandel kalau mau bebas murni pada 24 Januari," kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami.

Berikut 4 fakta kegiatan yang kemungkinan akan dilakukan Ahok usai bebas dari penjara dihimpun Liputan6.com:

 

1. Ke Luar Negeri

Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama ketika menunggu pemeriksaan di ruang tunggu KPK, Jakarta, Selasa (12/4). Ahok memenuhi panggilan KPK terkait pemberian keterangan soal perkara pembelian lahan RS Sumber Waras (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok banjir panggilan menjadi narasumber usai dirinya bebas dari penjara nanti. Tak tanggung-tanggung, ada undangan dua negara maju agar Ahok menjadi pembicara.

"Kemarin kami menjenguk Pak Ahok di sel Mako Brimob. Alhamdulillah keadannya badannya sehat sekali. Kemudian aja juga rencana untuk dia diundang di beberapa negara tetangga seperti Selandia Baru, Jepang, dan beberapa negara lainnya," tutur Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi.

Hanya saja, Prasetyo tidak begitu paham acara seperti apa yang akan dihadiri Ahok. Yang jelas, bebas dari penjara membuat mantan Bupati Belitung itu sibuk.

"Dia akan hadir di sana sebagai narasumber," jelas Prasetyo.

 

2. Jadi Politikus

Basuki  Tjahaja Purnama (Ahok) didampingi Djarot Saiful Hidayat dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memberi keterangan usai resmi mendaftar maju pada Pilkada DKI Jakarta 2017, di KPUD DKI Jakarta, Rabu (21/9). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bebas dari penjara Mako Brimob pada 24 Januari 2019. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) siap menerima jika memang mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin menjadi bagian dari partai tersebut.

"Saya rasa karena PDIP keberagaman, jadi tidak ada permasalahan," tutur politikus PDIP Prasetyo Edi Marsudi di Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu, 6 Januari 2019.

Menurut dia, pihaknya tak bisa menduga-duga keinginan Ahok usai bebas. Oleh karena itu, PDIP akan menunggu sikap Ahok, apakah akan kembali terjun kembali ke dunia politik atau memilih jalan yang lain.

"Masalah Pak Ahok setelah bebas akan lari ke mana, nanti kita lihat saja karena bukan kapasitas saya. Biar Pak Ahok sendiri yang jawab," kata Prasetyo.

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menuturkan, ada partai yang mau mengajak Ahok untuk bergabung. Dia mengatakan, Ahok sendiri yang menceritakan hal tersebut.

"Kemarin saya ketemu Pak Ahok, cerita di situ. Dia dirayu oleh partai tertentu untuk masuk," ucap Djarot di depan kader PDIP dari DPC Deli Serdang, Tebing Tinggi, dan Serdang Bedagai dalam safari politik kebangsaan III di Hotel Wings, Deli Serdang, Sumut, Jumat, 14 Desember 2018.

Kepadanya, Ahok mengatakan, menolak tawaran tersebut. Ahok mengaku hanya akan masuk PDIP kalau memang ingin kembali ke dunia politik.

"Dia bilang tidak. Kalau dia mau masuk partai, saya (Ahok) hanya ingin masuk PDI Perjuangan," cerita Djarot.

 

3. Pimpin PSSI?

Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama usai jalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (25/7). Sidang kasus suap proyek reklamasi untuk berkas terdakwa mantan Dirut PT Agung Podomoro Land, Ariesman Widjaja. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menanggapi rumor dijagokannya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjadi Ketua PSSI. Menurutnya, sosok mantan gubernur DKI Jakarta itu lebih pantas menduduki posisi lain.

"Kalau saya daripada jadi Ketua PSSI, saya cenderung meihat Pak Ahok lebih cocok jadi Ketua Kejaksaan, Kejagung," tutur Prasetyo.

Selama menjabat menjadi DKI 1, lanjut Prasetyo, Ahok menunjukkan sikapnya yang berani sekaligus transparan. Mantan Bupati Belitung itu juga tentu akan menerapkan ciri khasnya tersebut.

"Karena dia tegas, konstitusi, kita sudah melihat kinerja dia di DKI," jelas Prasetyo.

Nama Ahok muncul sebagai calon petinggi PSSI setelah Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi menjadi sorotan tajam dalam beberapa hari terakhir. Suporter Timnas Indonesia menyuarakan #EdyOut.

Tagar itu merupakan bentuk kekecewaan suporter atas kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Tak hanya itu, suporter kesal dengan kegagalan PSSI memperpanjang Luis Milla.

Suporter pun menganggap kinerja Edy Rahmayadi sebagai Ketum PSSI telah gagal.

 

4. Bertemu Sandiaga Uno

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berbincang dengan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat menghadiri deklarasi damai Pilgub DKI Jakarta putaran kedua di Jakarta, Senin (17/4). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengaku ingin bertemu dengan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Mantan Gubernur DKI itu segera bebas dari penjara pada 24 Januari 2019.

"Kalau pas jadwalnya ada di Jakarta, Beliau (Ahok) mau ketemu, saya sudah lama enggak ketemu Beliau," kata Sandiaga di Senopati, Jakarta Selatan, Minggu, 6 Januari 2019.

Meski demikian, Sandiaga mengaku belum menyiapkan jadwal khusus soal niatan pertemuannya tersebut. "Belum ada, belum," singkat dia.

Sandiaga berharap, keluarnya Ahok dari tahanan bisa kembali beraktivitas dan terus diberi kesehatan. "Insyaallah sehat Pak Ahok, nanti kita berdoalah yang terbaik buat dia," kata Sandi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi: Persija Tunjuk Ivan Kolev sebagai Pelatih Baru

Posted: 06 Jan 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade mengonfirmasi pengganti Stefano Cugurra Teco yang memastikan mundur. Persija menunjuk Ivan Kolev sebagai pelatih baru.

Pelatih asal Bulgaria itu bukan nama baru di sepak bola Indonesia. Dia pernah melatih Persija pada tahun 1999.

"Alhamdulillah sudah. Iya benar (Ivan Kolev)," ujar Gede Widiade saat dihubungi Liputan6.com, Senin (7/1/2019).

Kendati demikian, Gede belum membicarakan soal kontrak Ivan Kolev bersama Macan Kemayoran, julukan Persija. Manajemen bakal membicarakan kontrak dengan pelatih berusia 61 tahun itu pekan depan.

"Kontraknya? Masih belum dibicarakan, karena baru konfirmasi saja. Dia mau datang sebelum tanggal 13 Januari, nanti kita bicarakan kontraknya di sana, mau dua atau tiga tahun (bersama Persija)," kata Gede.

 

Yakin dengan Ivan Kolev

Ivan Kolev. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Gede menegaskan, pihaknya yakin dengan Ivan Kolev. Sebab, dia pernah melatih Timnas Indonesia (2002-2004), Mitra Kukar (2006), Persipura Jayapura (2007), Sriwijaya FC (2010-2011) dan PS Tira (2018).

"Pertimbangan? Latar belakang Ivan Kolev sudah cukup baik untuk Persija dengan segala track record yang dia miliki," ucap Gede menegaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkeu Gandeng BI buat Integrasikan Data Informasi Devisa

Posted: 06 Jan 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyepakati kerja sama pemanfaatan dan pemantauan terintegrasi atas data dan informasi devisa. Hal ini terkait kegiatan ekspor dan impor melalui Sistem Informasi Monitoring Devisa terIntegrasi Seketika (SiMoDIS).

Kesepakatan ditandatangani oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Muyani Indrawati. Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso mengatakan, kesepakatan ini secara umum merupakan pemanfaatkan data informasi devisa terkait kegiatan ekspor dan impor. Jadi pemerintah nantinya dapat memperoleh data secara akurat dan terkini.

"MoU nya adalah sharing sistem informasi tentang hasil ekspor maupun data data impor ini supaya real time. Jadi semua umum, data ekspor impor antara BI dan detailnya tanya Bu Menteri dan Pak Gubernur," ujar Wimboh usai menghadiri penandatanganan MoU di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Sejak awal diimplementasikan pada 2012, kepatuhan eksportir dalam memenuhi ketentuan penerimaan Devisa Hasil Ekspor (DHE) terus membaik dan mencapai 98 persen pada November 2018.

Kinerja positif kepatuhan eksportir dimaksud tidak terlepas dari sinergi kebijakan yang kuat antara BI dan Kemenkeu, serta dukungan perbankan dan eksportir. 

SiMoDIS menjadi salah satu langkah penguatan kebijakan DHE yang mengintegrasikan informasi ekspor dan impor, dan menyinergikan kebijakan Pemerintah dan Bank Indonesia terkait ekspor dan impor secara seketika. 

Secara teknis, SiMoDIS akan mengintegrasikan aliran dokumen, aliran barang dan aliran uang melalui dokumen ekspor dan impor dari Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) dan data NPWP dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu, dengan data incoming ekspor dan outgoing impor dari financial transaction messaging system dan bank devisa. 

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

Manfaat yang Diperoleh dari Kesepakatan BI dan Kementerian Keuangan

Aktivitas bongkar muat barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kinerja ekspor dan impor Indonesia mengalami susut signifikan di Juni 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Melalui integrasi ini, SiMoDIS akan mampu menyediakan informasi ekspor dan impor Indonesia yang komprehensif baik bagi Kemenkeu dan BI.

Terdapat beberapa manfaat yang diperoleh dari kesepakatan BI dan Kemenkeu. Pertama, meningkatkan perolehan dan kualitas informasi devisa kegiatan ekspor. Kedua, mendapatkan informasi devisa kegiatan impor. Ketiga, meningkatkan perolehan DHE. Keempat, mengoptimalkan penerimaan negara di bidang kepabeanan dan perpajakan.

Kelima, memperoleh informasi profil kepatuhan eksportir dan importir di bidang devisa dan kepabeanan. Keenam memperkuat pelaksanaan analisis bersama (joint analysis) terkait devisa. 

Melalui kesepakatan yang dituangkan dalam nota kesepahaman ini, BI dan Kemenkeu berkomitmen terus meningkatkan kolaborasi dalam mendukung serta mengoptimalkan pengambilan kebijakan dan pelaksanaan tugas sesuai dengan kewenangan masing-masing sehingga dapat memberikan kontribusi yang optimal dalam mendukung perekonomian Indonesia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minim Dana, Garut Tak Punya Alat Pendeteksi Dini Tsunami

Posted: 06 Jan 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Garut - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, belum mampu menyiapkan anggaran untuk perbaikan maupun pengadaan alat pendeteksi dini bencana tsunami atau Early Warning System (EWS) tsunami di pantai. Saat ini, alat pendeteksi itu kondisinya sudah tidak berfungsi.

"Anggaran daerah belum memadai untuk perbaikan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut, Dadi Djakaria, kepada wartawan di Garut, Minggu, 6 Januari 2019, dilansir Antara.

Ia menuturkan, alat peringatan dini bencana tsunami di pantai selatan Garut itu sudah lama dipasang sejak 2012 oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Namun, saat ini alatnya sudah rusak sehingga disimpan di kantor BPBD Garut.

Menurut dia, alat peringatan tsunami itu dibutuhkan masyarakat pesisir pantai selatan Garut yang daerahnya berpotensi rawan terdampak bencana tsunami, seperti kejadian tsunami di Selat Sunda.

"Alat tersebut sangat dibutuhkan karena kerentanan terhadap potensi tsunami di Garut," katanya.

Ia menyampaikan, BPBD Garut sudah mengajukan perbaikan atau pemasangan alat baru EWS di pesisir pantai Garut kepada BNPB, tetapi belum ada jawaban terkait usulan itu.

Ia mengungkapkan, Pemkab Garut sementara tidak mampu mengalokasikan anggaran untuk perbaikan maupun pemeliharaan alat tersebut, sehingga dia berharap ada perhatian dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun pusat.

"Alat tersebut sangat dibutuhkan, tapi sudah lama tidak berfungsi. Semoga saja bisa segera diperbaiki secepatnya," kata Dadi.

Ia menambahkan, sementara ini pihaknya mengantisipasi dampak ancaman bencana tsunami dengan memberikan imbauan kewaspadaan terhadap masyarakat pesisir pantai dan menyiapkan lokasi evakuasi serta titik kumpul masyarakat.

Selain itu, lanjut dia, BPBD Garut memanfaatkan alat handy talky untuk memantau perkembangan dan potensi ancaman bencana di masing-masing desa wilayah selatan Garut. "Cara yang cukup efektif saat ini adalah melalui handy talky untuk bisa segera menyampaikan informasi," katanya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak kenangan, Ariel Noah Restorasi Suzuki Shogun Lawasnya

Posted: 06 Jan 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, banyak selebritis Indonesia yang hobi dengan sepeda motor, dan salah satunya vokalis grup band Noah, Nazril Irham atau yang lebih dikenal dengan nama panggung, Ariel. Pria asal Bandung ini, memang memiliki satu moge asal Eropa, yaitu BMW R NineT.

Namun, bukan motor berharga mahal tersebut yang memiliki sejuta cerita bagi penyanyi 37 tahun tersebut, melainkan sebuah Suzuki Shogun 2001.

Dengan banyaknya kenangan yang dialami Ariel dengan Suzuki Shogun lawasnya tersebut, vokalis kelahiran 16 September 1981 ini melakukan restorasi untuk mengembalikan tampilan motor bebek kesayangannya tersebut.

Bahkan, video proses restorasi motor pemberian sang ayahnya tersebut diunggah di akun media sosialnya.

"Dari SMA sudah pakai motor Shogun ini, meskipun bukan motor pertama. Motor itu sangat berarti, berangkat kuliah, latihan band dengan Peterpan awal-awal pakai motor itu, dan terakhir almarhum bokap (ayah) bilang ini jangan dijual, ini kenang-kenangan biar kamu inget papah pernah beliin motor buat kamu sekolah," cerita Ariel menceritakan kenangan Suzuki Shogun miliknya tersebut.

Namun, sejak lama ia tidak melihat motornya tersebut, ternyata kondisinya sudah rusak parah. Akhirnya, pria pelantun lagu 'Ada Denganmu' ini memutuskan untuk merestorasi Suzuki Shogun kesayanganya tersebut ketika pulang ke Bandung.

Selanjutnya

Gaya keren Ariel Noah menggendarai Suzuki Shogun miliknya yang sudah direstorasi (Foto: Youtube Ariel Noah)

Tidak mau sembarangan dalam merestorasi motornya, Ariel mencari sendiri sparepart yang hendak dipasang.

Restorasi ini sendiri, dibantu oleh teman SMA-nya, untuk mencari sparepart dan juga dilakukan di salah satu bengkel yang memang sudah menjadi langganan Ariel sejak sekolah.

Setelah bebebrapa pengerjaan, akhirnya Suzuki Shogun milik Ariel ini sudah terlihat bagus dan seperti baru.

Meskipun memang masih kurang dengan belum dipasangnya stiker, karena cukup susah untuk mendapatkan yang sesuai seperti saat pertama kali motor tersebut dibeli. Mungkin pihak Suzuki Indonesia bisa membantu?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Busana-Busana yang Jadi Sorotan di Golden Globe 2019, dari Pemain Film Crazy Rich Asians sampai Lady Gaga

Posted: 06 Jan 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki kali ke-76, ajang penghargaan bergengsi Golden Globe 2019 kembali digelar di The Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California, Amerika Serikat, Minggu malam, 6 Januari 2019, waktu setempat.

Acara ini dihadiri sekian banyak selebriti yang berjalan di karpet merah memakai ragam busana nan menawan. Dari sekian banyak, ada beberapa look yang lebih menarik atensi.

Di penyelenggaraan Golden Globe tahun ini, berikut nama-nama yang busananya jadi sorotan seperti dilansir dari elle.com, Senin (7/1/2019).

Gemma Chan di red carpet Golden Globes 2019 di The Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California, Amerika Serikat. (FRAZER HARRISON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP/Asnida Riani)

Gemma Chan

Sebagai pembuka ada pemain film Crazy Rich Asians, Gemma Chan. Telah jadi angin segar di tiap kerpet merah, kesan tersebut tak ditinggalkan Chan di Golden Globe. Memakai gaun berwarna navy keluaran Maison Valentino dengan belahan paha super tinggi, penampilannya dipercantik lewat Louboutin heels.

Regina King di red carpet Golden Globes 2019 di The Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California, Amerika Serikat. (FRAZER HARRISON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP/Asnida Riani)

Regina King

Mengenakan gaun berwarna merah muda dengan kesan gemerlap di sepanjangnya, Regina King sukses jadi buah bibir publik. Dress keluaran Alberta Ferretti itu disebut berpadu menawan dengan warna kulit King dan membuat penampilannya makin memesona.

Timothee Chalamet di red carpet Golden Globes 2019 di The Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California, Amerika Serikat. (FRAZER HARRISON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP/Asnida Riani)

Timothee Chalamet

Memakai black sequin dari merek Louis Vuitton, penampilan Timothee Chalamet dinilai begitu menawan. Kesan elegan, namun tetap santai yang diperlihatkan membuat pemain film Call Me by Your Name ini akhirnya membuat tak sedikit pasang mata melirik.

Pemain film Black Panther di red carpet Golden Globes 2019 di The Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California, Amerika Serikat. (KEVIN WINTER / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP/Asnida Riani)

Pemain Film Black Panther

Yang juga menarik perhatian di karpet merah Golden Globe 2019 adalah para pemain film Black Panther. Lupita Nyong'o tampak cantik memakai gaun biru elektrik Calvin Klein, Michael B. Jordan dalam setelan jas Burberry, dan penampilan menawan Danai Gurira dalam balutan gaun Rodarte.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Busana-Busana yang Paling Menarik Perhatian di Golden Globe 2019

Constance Wu di red carpet Golden Globes 2019 di The Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California, Amerika Serikat. (FRAZER HARRISON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP/Asnida Riani)

Constance Wu

Memakai gaun custom rancangan Vera Wang, kembali, pesona salah satu pemain film Crazy Rich Asians, Caonstance Wu, menarik perhatian. Gaun nude spaghetti strap dengan sheer corset dan detail puta berwarna oranye membuat penampilannya terkesan edgy, namun tetap manis.

Saoirse Ronan di red carpet Golden Globes 2019 di The Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California, Amerika Serikat. (FRAZER HARRISON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP/Asnida Riani)

Saoirse Ronan

Gaun dengan potongan dada super rendah ini sangat mungkin terlihat salah di karpet merah, namun Saoirse Ronan malah memakainya dengan elegan. Kesan ini pun dipertegas dengan tata rambut klimis dan lipstik merah yang dipoleskan.

Caitriona Balfe di red carpet Golden Globes 2019 di The Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California, Amerika Serikat. (FRAZER HARRISON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP/Asnida Riani)

Caitriona Balfe

Memakai busana merek Moschino Couture rancangan Jeremy Scott, penampilan Caitriona Balfe dikatakan tak terprediksi. Ya, perpaduan black bodice hingga bawahan berupa burgundy velvet yang tampak melebar di bagian pnggul membuat penampilannya begitu berbeda.

(Instagram/maisonvalentino)

Lady Gaga

Yang sedari tadi sudah jadi perbincangan pulik adalah penyanyi Lady Gaga. Tampil dalam balutan gaun Maison Valentino berwarna biru lembut, penyanyi 32 taun tersebut tampak anggun. Penampilannya kian sempurna dengan pewarnaan rambut senada gaun yang dikenakan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Revitalisasi 5 Taman, Pemprov DKI Anggarkan Rp 180 Miliar

Posted: 06 Jan 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI akan merevitalisasi Taman Honda atau Taman Tebet. Kepala Dinas Kehutanan Susi Marsitawati mengatakan, nama taman juga akan diubah.

Alasannya, perusahaan Honda tidak lagi bertanggung jawab atas taman itu. "Kalau misalnya Taman Honda itukan dulu pernah bangun sedikit ya kan dinamakan Taman Honda tapi dia tidak pelihara lagi," kata Susi saat dihubungi, Senin (7/1/2019).

Dengan pergantian nama, Pemprov akan merevitalisasi Taman Tebet menjadi taman pintar dengan anggaran sebesar Rp 40 miliar.

"Sekitar Rp 40-an M," kata Susi.

Selain Taman Tebet, terdapat empat taman lain ,yang akan direvitalisasi DKI yakni Taman Puring, Taman Tugu Tani, Taman Mataram, Taman Langsat.

"Anggarannya kurang lebih Rp 140-anlah," ucap Susi.

Dengan demikian, total ada lima taman yang akan direvitalisasi dengan anggaran Rp 180 miliar. 

 

Dilengkapi Panggung

Sebelumnya, Gubernur Anies mengatakan nantinya Taman Tebet akan dilengkapi panggung untuk bermusik ataupun berkreasi masyarakat. Selain itu, sarana olahraga juga akan diperbaiki dan dilengkapi.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Artis VA dan EF Diperiksa Sebagai Saksi dalam Kasus Prostitusi Online, Apa Dasarnya?

Posted: 06 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Artis VA dan EF sudah menjalani pemeriksaan oleh Mapolda Jawa Timur. Usai menjalani pemeriksaan, keduanya sudah boleh pulang pada Minggu siang, 6 Januari 2019. 

Artis VA dan EF diperiksa sebagai saksi, bukan sebagai tersangka atau pelaku. Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Reza Indragiri Amriel menjelaskan, alasan artis VA dan EF tidak dalam status sebagai pelaku.

"Hukum kita tidak memosisikan pekerja seks komersial (PSK) sebagai pelaku, melainkan sebagai korban. Ini dilatarbelakangi pandangan bahwa PSK adalah manusia tak berdaya yang dieksploitasi pihak lain," kata Reza kepada Health Liputan6.com, Senin, 7 Januari 2019.

Walaupun begitu, faktanya, orang yang menjadi pelacur adalah orang yang memilih tindakan tersebut berdasarkan perhitungan bisnis untung-rugi.

"Si PSK berkehendak dan memutuskan sendiri untuk menjadi pelacur. Dia adalah pelaku aktif dalam pelacuran," tambah pria yang juga psikolog forensik ini dalam pesan singkat.

Berdasarkan laporan Kasubdit V Cyber Crime Kriminal Khusus Polda Jatim AKBP Harissandi, pengusaha asal Surabaya itu harus merogoh kocek Rp80 juta untuk mendapatkan 'layanan' artis VA.

Konsep tentang PSK itulah yang dirumuskan dalam sebuah Konferensi Perempuan di Beijing, Tiongkok beberapa tahun lalu.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Kategori voluntary prostitution

Artis VA dan EF termasuk contoh kasus voluntary prostitution.

Dalam Konferensi Perempuan di Beijing, Tiongkok dibahas juga dua kategori prostitusi, yaitu voluntary prostitution dan involuntary prostitution (forced prostitution). Voluntary prostitution adalah orang-orang yang dengan sengaja menggeluti dunia prostitusi untuk mencari penghasilan.

Involuntary prostitution atau dikenal dengan prostitusi paksa adalah orang-orang yang terjerumus ke dalam dunia prostitusi secara paksa. Mereka tereksploitasi dan tidak bisa menghindar atau keluar dari jeratan prostitusi.

"Mereka (VA dan EF) yang ditangkap dalam pemberitaan di atas, boleh jadi contoh voluntary prostitution," Reza menambahkan.

Polisi menggerebek VA dan EF di sebuah hotel bintang lima di wilayah Surabaya pada Sabtu, 5 Januari 2019. Saat itu, keduanya tengah melayani pelanggan. Polisi juga mengamankan satu asisten dan dua orang lainnya. Satu diantaranya diduga sebagai muncikari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Man City vs Rotherham: De Bruyne Bikin Guardiola Semringah

Posted: 06 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester City tampil gemilang di laga putaran ketiga Piala FA. Minggu (6/1/2019), di Stadion Etihad, The Citizens sukses menggulung klub Championship, Rotherham United, 7-0. Gol-gol Man City dicetak Raheem Sterling, Phil Foden, dan gol bunuh diri pemain lawan di babak pertama. Sementara tambahan empat gol di babak kedua dilesakkan Gariel Jesus, Riyad Mahrez, Nicolas Otamendi, dan Leroy Sane.

Laga ini juga istimewa bagi Man City karena playmaker andalan, Kevin De Bruyne kembali tampil. Sebelumnya, pemain asal Belgia sempat absen di dua laga The Citizens di Liga Inggris lantaran cedera lutut.

Bruyne pun assist untuk gol pembuka Man City yang dicetak Sterling sebelum ditarik keluar pada menit ke-67. Dia digantikan pemain muda Phillippe Sandler.

Kembalinya De Bruyne tetap membuat Josep Guardiola semringah. Sang manajer pun menyebut, De Bruyne bakal punya peran penting, terutama dalam persaingan gelar juara Liga Inggris menghadapi Liverpool.

"Saya telah mengatakannya berkali-kali, betapa pentingnya dia bagi kami," ujar Guardiola, dikutip Sky Sports. "Tanpa dia, musim lalu mungkin Man Citytak akan jadi juara."

Modal Bersaing dengan Liverpool

Gelandang Manchester City, Kevin de Bruyne (kiri), berbicara dengan Pep Guardiola (tengah) saat mengalami cedera pada laga melawan Fulham, di Etihad, Kamis (1/11/2018). (AFP/Lindsey Parnaby)

Guardiola pun tak sungkan menyebut timnya amat membutuhkan De Bruyne untuk bersaing dengan Liverpool. Seperti diketahui, saat ini, dengan 50 poin, Man City berada di posisi kedua klasemen Liga Inggris, di bawah Liverpool yang megoleksi 54 poin.

"Sejauh ini, jika patokannya hasil, saya kira kami sudah meraih yang terbaik. Tapi, rival kami (Liverpool) juga bermain sangat bagus. Mereka bermain lebih baik daripada kami, tanpa De Bruyne," ujarnya.

Percaya Diri

Tapi, dengan kembalinya De Bruyne, kata Guardiola, Man City siap bersaing dengan Liverpool hingga akhir musim. Manajer asal Spanyol itu pun percaya mereka bakal mampu mempertahankan gelar Liga Inggris yang mereka raih musim lalu.

"De Bruyne sekarang dalam kondisi fresh, secara fisik dan psikis. Hari ini, dia menjadi kapten kami, dan dia menunjukkan layak menyandang jabatan itu," Guardiola melanjutkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Populasi Monyet Surili di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Posted: 06 Jan 2019 09:00 PM PST

Induk monyet Surili menggendong anaknya saat mencari makan di pepohonan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Jawa Barat, Sabtu (5/1). Pada 2004, IUCN menetapkan primata pemakan segala itu terancam punah (endangered). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Induk monyet Surili menggendong anaknya saat mencari makan di pepohonan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Jawa Barat, Sabtu (5/1). Pada 2004, IUCN menetapkan primata pemakan segala itu terancam punah (endangered). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Monyet Surili Jawa (Presbytis Comata) bertengger di pepohonan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Jawa Barat, Sabtu (5/1). Surili dewasa memiliki warna punggung (dorsal) berwarna hitam atau cokelat tua keabuan. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Monyet Surili Jawa (Presbytis Comata) bertengger di pepohonan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Jawa Barat, Sabtu (5/1). Surili dewasa memiliki warna punggung (dorsal) berwarna hitam atau cokelat tua keabuan. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Monyet Surili Jawa (Presbytis Comata) bertengger di pepohonan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Jawa Barat, Sabtu (5/1). Surili dewasa memiliki warna kepala sampai jambul hitam. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Monyet Surili Jawa (Presbytis Comata) bertengger di pepohonan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Jawa Barat, Sabtu (5/1). Surili dewasa memiliki warna kepala sampai jambul hitam. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kawanan monyet Surili Jawa (Presbytis Comata) saat mencari makan di pepohonan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Jawa Barat, Sabtu (5/1). Panjang tubuh individu jantan dan betina hampir sama. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kawanan monyet Surili Jawa (Presbytis Comata) saat mencari makan di pepohonan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Jawa Barat, Sabtu (5/1). Panjang tubuh individu jantan dan betina hampir sama. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Induk monyet Surili menggendong anaknya saat mencari makan di pepohonan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Jawa Barat, Sabtu (5/1). Panjang Surili berkisar antara 430-600 mm. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Induk monyet Surili menggendong anaknya saat mencari makan di pepohonan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Jawa Barat, Sabtu (5/1). Panjang Surili berkisar antara 430-600 mm. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Monyet Surili Jawa (Presbytis Comata) mencari makan di pepohonan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Jawa Barat, Sabtu (5/1). Surili memiliki panjang ekor berkisar antara 560-720 mm dan berat tubuh rata-rata 6,5 Kg. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Monyet Surili Jawa (Presbytis Comata) mencari makan di pepohonan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Jawa Barat, Sabtu (5/1). Surili memiliki panjang ekor berkisar antara 560-720 mm dan berat tubuh rata-rata 6,5 Kg. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Ipar Manohara hingga Beristri Miss Moskow, 6 Fakta Raja Malaysia yang Turun Takhta

Posted: 06 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Yang di-Pertuan Agong Malaysia, Sultan Muhammad V, turun takhta pada 6 Januari 2019. Ia turun takhta lebih cepat dari yang seharusnya.

Muhammad V duduk di singgasana sekitar 2 tahun 30 hari, sejak ia dilantik menjadi Yang di-Pertuan Agong pada 13 Desember 2016.

Menurut tradisi Monarki Negeri Jiran, seharusnya Sultan Muhammad V baru akan turn takhta jika ia telah memegang jabatan selama lima tahun --atau tepatnya pada Januari 2021-- untuk kemudian dirotasi dengan sultan dari negara bagian lain.

Sebelumnya, tidak ada raja Malaysia yang memutuskan mundur dini sejak negara itu memperolah kemerdekaan dari Inggris, lebih dari 60 tahun lalu.

Istana Nasional tidak memberikan alasan terkait pengunduran diri sang raja, namun mengatakan bahwa hal itu segera diumumkan ke publik.

Turunnya Sultan Muhammad V dari singgasana Kesultanan Malaysia disinyalir berkaitan dengan kabar kehidupan pribadinya yang sempat mencuat beberapa waktu lalu. Yakni, ketika muncul pemberitaan singkat bahwa dia menikahi seorang ratu kecantikan asal Rusia pada 2018.

Berikut fakta seputar Sultan Muhammad V, Raja Malaysia yang baru-baru ini turun takhta, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (7/1/2019).

 

Simak video pilihan berikut:

1. Mantan Sultan Kelantan

Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V dari Malaysia (Vincent Thian / AP PHOTO)

Lahir di Kota Baru sebagai Tengku Muhammad Faris Petra ibni Sultan Ismail Petra, Muhammad V adalah Putra Mahkota Kelantan sebelum ia menjadi Sultan negara bagian itu pada tahun 2010, demikian seperti dikutip dari Asia One.

 

2. Salah Satu Raja Malaysia yang Termuda

Muhammad V adalah salah satu raja termuda di negara itu untuk naik takhta. Pada usia 47, ia berusia setengah dari pendahulunya, Sultan Abdul Halim Mu'adzam Shah, yang pada usia 89, adalah raja tertua di negara itu, lapor BBC.

Beberapa sultan lainnya dilaporkan berusia 40-an ketika mereka dilantik sebagai raja.

 

3. Saat Dilantik, Muhammad V Belum Punya Ratu

Pernikahan Sultan Muhammad V dari Malaysia dan Miss Moscow 2015 Oksana Voevodina (23/11) (Islamnews.ru / Russian Islamic Media Agency)

Muhammad V adalah Yang-Pertuan Agong pertama dalam sejarah yang memerintah tanpa permaisuri ratu atau Raja Permaisuri Agong dalam bahasa Melayu.

Tetapi dia bukannya tanpa teman di rumah - dia memelihara kuda, kucing, ayam dan burung sebagai hewan peliharaan, lapor The New Straits Times, yang menunjukkan sifatnya yang lembut.

 

4. Kemudian Dikabarkan Menikah denga Miss Moskow pada 2018

Muhammad V dikabarkan telah menikah dengan pemenang kontes kecantikan Miss Moscow 2015, Oksana Voevodina, pada 23 November 2018.

Pernikahan kerajaan, yang menggabungkan tradisi Melayu dan Rusia, diadakan di Barvikha Concert Hall di Moskow, Rusia, demikian seperti dikutip dari outlet media gaya hidup Malaysia, Hype.my.

5. Mantan Kakak Ipar Manohara

Raja Malaysia, Sultan Muhammad V dengan pakaian kerajaan. (Instgaram / @motahashi_hanzz)

Muhammad V merupakan anak pertama dari empat bersaudara yang lahir dari pasangan Sultan Ismail Petra ibni al-Marhum Sultan Yahya Petra dan Tengku Anis binti Tengku Abdul Hamid.

Ia mempunyai dua adik laki-laki, Tengku Muhammad Fakhry Petra dan Tengku Muhammad Faiz Petra, serta seorang adik perempuan bernama Tengku Amalin A'ishah Putri.

Sebagaimana diketahui, Tengku Muhammad Fakhry Petra merupakan mantan suami model Indonesia, Manohara Odelia Pinot. Keduanya menikah pada 26 Agustus 2008 dan bercerai pada 2009.

 

6. Cerai dari Istri Pertama

Sebelum menjadi Yang di-Pertuan Agong, Muhammad V pernah menikah dengan Kangsadal Pipitpakdee of Yamu (bangsawan Pattani, Thailand) yang kemudian berganti nama menjadi Tengku Zubaidah Tengku Norudin setelah resmi dipersunting, pada 2004. Muhammad V bercerai dengan Tengku Zubaidah pada 2008.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Bugilnya Juga Beredar, Artis VA Curiga Dijebak Teman Sendiri

Posted: 06 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artis VA merasa keterlibatannya dalam kasus dugaan prostitusi adalah ulah seseorang yang menjebaknya. Pasalnya kasus ini mencuat bersamaan dengan beredarnya foto-foto artis VA tanpa busana.

Artis VA mengatakan bahwa dirinya dijebak oleh teman perempuannya yang juga dari kalangan artis. Hal tersebut disampaikan oleh pengacara artis VA yaitu Muhammad Zakir Rasyidi saat dihubungi pada Senin (7/1/2019).

"Ya dia feeling, ada satu nama yang dia sebutkan tadi malam, tapi kan saya enggak bisa sebutkan di sini. Intinya ada satu nama, dan orang ini adalah artis," ungkap Muhammad Zakir Rasyidi.

Soal foto yang beredar di media sosial tersebut, saat itu artis VA sedang berada di Kuala Lumpur. Artis VA sedang berada di Kuala Lumpur bersama dengan rekannya tersebut.

Artis VA sendiri mengakui bahwa foto tersebut adalah dirinya. Namun artis VA tidak menyadari ketika dirinya difoto saat sedang mandi.

Foto Bugil Tersebar

Ilustrasi prostitusi

"Jadi saya tanya tadi malam 'Ini foto kamu benar?' dia jawab 'Benar bang foto saya'. Saya tanya lagi 'Seingat kamu, sama siapa kamu di situ?', katanya Vanessa 'Waktu itu saya di Kuala Lumpur posisi saya sedang mandi berdua dengan si teman itu nah saya tidak sadar posisinya dia mengambil foto saya dari samping' candid gitu katanya," jelasnya.

Bawa ke Jalur Hukum

Dok: Istimewa

Sementara itu pihak artis VA saat ini sudah mendata beberapa akun yang menyebarkan foto tersebut. Pihaknya berencana untuk membawa hal ini ke jalur hukum.

"Nah kemudian ada beberapa akun-akun yang sudah menyebarkan foto itu, kita sudah mendata akun-akunnya bersama artis yang diduga menyebarkan foto itu," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Prostitusi Online Artis, Polisi Blokir 5 Rekening

Posted: 06 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polda Jatim terus mendalami kasus prostitusi online artis yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pisah dari Xiaomi, Redmi Bakal Jadi Merek Premium?

Posted: 06 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Xiaomi baru saja membuat pengumuman yang mengejutkan.

Perusahaan asal Tiongkok itu mengumumkan kalau seri Redmi tidak lagi menjadi produk langsung dari Xiaomi.

Dalam pengemuman tersebut, Xiaomi menyebut Redmi kini diposisikan sebagai sebuah sub-brand. Dengan kata lain, Redmi saat ini memiliki status layaknya Pocophone.

Terbaru, giliran CEO Xiaomi Lei Jun yang mengungkapkan rencana perusahaan terhadap Redmi.

Melalui kicauan di media sosial, Lei Jun menuturkan adanya rencana untuk menjadikan Redmi sebagai brand premium.

Dikutip dari Gizmochina, Senin (7/1/2019), Lei Jun mengungkap kemungkinan apabila perangkat flagship Redmi dijual dengan harga 2.999 yuan (Rp 6,2 juta).

Harga yang terbilang tinggi mengingat predikat Redmi sebelumnya merupakan lini terjangkau Xiaomi.

"Jika flagship Redmi dapat dijual dengan harga 2.999 yuan (Rp 6,2 juta), bisakah semua orang menerimanya?" tulis Lei Jun.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan apakah perusahaan akan benar-benar membanderol Redmi dengan harga tersebut.

Apabila perusahaan berencana menghadirkan perangkat dengan harga premium untuk brand Redmi, hal itu tentu akan mengubah pandangan umum selama ini. Alasannya, Redmi biasa dijual dengan harga di kisaran Rp 2 juta.  

Terlepas dari hal tersebut, model terbaru dari smartphone Redmi sendirinya akan diungkap tidak lama lagi.

Belum ada informasi pasti mengenai smartphone ini, tapi ada yang menyebutnya sebagai Redmi 7 atau Redmi Pro 2.

Berdasarkan informasi sebelumnya, Redmi terbaru ini akan mengusung kamera beresolusi 48MP.

Kabar itu sekaligus mengonfirmasi pernyataan President Xiaomi Lin Bin yang menyebut perusahaan akan merilis smartphone anyar dengan kamera 48MP awal 2019.

Pohon Natal dari Ribuan Smartphone Xiaomi Pecahkan Rekor Dunia

CEO Xiaomi Lei Jun memegang sertifikat rekor dunia di hadapan pohon Natal dari ribuan Xiaomi Mi Play (Foto: techgenyz)

Xiaomi belum lama ini merilis perangkat untuk anak-anak muda yang diberi nama Xiaomi Mi Play.

Siapa sangka, perusahaan Tiongkok yang sudah melakukan penawaran saham publik Juli lalu ini, memberikan kejutan di hari Natal.

Ya, Xiaomi membuat sebuah pohon Natal raksasa besar dari kumpulan smartphone Xiaomi Mi Play.

Upaya membuat pohon Natal dari perangkat yang mengunggulkan performa kamera ini dilakukan untuk sebagai bagian dari promosi.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Tech Gen YZ, Rabu (26/12/2018), pohon Natal dari kumpulan smartphone ini memiliki tinggi 8 meter dan total ada 1.008 smartphone.

Bahkan, pohon Natal dari puzzle smartphone tersebut mendapatkan rekor dunia dari Guiness World Record.

Spesifikasi Mi Play, Smartphone dengan Notch Kecil Rp 2,3 Jutaan

Mi Play (Foto: GSM Arena)

Bicara soal spesifikasi, Mi Play hadir dengan layar 5,84 inci dan resolusi 1.080 x 2.280 piksel.

Sementara, soal chipset, Mi Play hadir dengan prosesor MediaTek P35, RAM 4GB dengan opsi memori internal 64GB.

Kemudian, menyoal baterai, perangkat ini dibekali baterai berkapasitas 3.000mAh dengan port Micro USB.

Mi Play juga hadir dengan pemindai sidik jari di bodi belakangnya.

Bicara kamera, Mi Play hadir dengan kamera ganda dengan resolusi masing-masing 12MP dan kamera selfie 8MP yang dibekali teknologi kecerdasan buatan (AI).

Jika dibandingkan smartphone lain Xiaomi yang memiliki notch di layar, notch pada Mi Play ini memiliki perbedaan.

Notch yang dimaksud berbentuk mirip dengan tetesan air, seperti milik Oppo F9, Vivo V11, atau Realme 2 Pro. Hanya, notch milik Mi Play ini bentuknya agak melingkar.

Tidak hanya itu, smartphone yang baru dirilis Xiaomi ini juga mengaplikasikan gradasi warna di bodinya. Ada tiga opsi warna yang bisa dipilih yakni biru, merah, dan hitam.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangkap Hartono Karjadi, 2 Anggota Polri Dituding Langgar Otoritas Hukum Singapura

Posted: 06 Jan 2019 08:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dua anggota Polri dari Polda Bali diduga melakukan upaya penangkapan secara ilegal di Singapura. Mereka disebut tidak memiliki surat izin penangkapan dalam operasi tersebut.

Kuasa Hukum pengusaha Indonesia Hartono Karjadi di Singapura, Andy Yeo mengatakan, kliennya yang sedang sakit dan menjalani perawatan di RS Mount Elizabeth mendadak didatangi dua anggota Polri yang mengklaim berasal dari Polda Bali.

Keduanya juga berbohong kepada petugas rumah sakit dengan mengaku sebagai saudara dekat Hartono Karjadi.

"Rumah Sakit ini kan area terbatas, tetapi rupanya kedua orang ini berbohong kepada perawat yang bertugas untuk mendapatkan akses masuk ke dalam ruangan klien saya," tutur Andy melalui keterangannya, Senin (7/1/2019).

Setelah diizinkan perawat jaga untuk bertemu pasien, kedua polisi itu kemudian memaksa Hartono Karjadi keluar dari rumah sakit untuk dipulangkan ke Bali.

"Kemudian Hartono Karjadi menolak, karena dua anggota Polri itu tidak memiliki izin resmi dari Polda Bali. Lalu Hartono Karjadi pulang ke apartemennya, namun masih diikuti oleh dua orang itu hingga kedua orang itu masuk ke dalam apartemen," jelas dia.

Saat di apartemen, keduanya meminta Hartono Karjadi untuk menandatangani pernyataan polisi. Namun ditolak karena tidak ada kejelasan siapa yang mengirim polisi tersebut. Terlebih, tidak ada surat izin penangkapan untuk membawa Hartono Karjadi ke Bali.

"Ini kan menimbulkan pertanyaan mengapa dua orang ini ada di Singapura dan atas instruksi siapa mereka bertindak. Saya kira mereka ini dibayar oleh orang lain karena mereka tidak dikirim oleh Polda Bali," kata Andy.

Dia memastikan akan mengambil langkah hukum atas peristiwa tersebut. Surat keluhan resmi kepada Kedubes Indonesia untuk Singapura sudah dilayangkan pada 2 Desember 2018 dan mendesak dilakukan penyelidikan menyeluruh.

"Kami juga telah melakukan penyelidikan informal dan hasilnya baik dari Kepolisian Singapura maupun Polri, menyebutkan bahwa tidak ada anggota Polri yang melakukan operasi di Singapura," ujar Andy.

Penjelasan Mabes Polri

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo membantah adanya anggota Polri yang berangkat ke Singapura.

"Tidak benar. Saya sudah konfirmasi ke Polda Bali terkait informasi tersebut. Tidak ada anggota penyidik Polda Bali yang ke Singapura," terang Dedi saat dikonfirmasi.

Dedi menegaskan, Polri sangat mengerti dan mematuhi aturan keamanan negara lain. Tidak mungkin penyidik melakukan upaya paksa penangkapan di wilayah yang bukan bagian otoritas hukum Indonesia.

Meski begitu, Hartono Karjadi memang benar merupakan buron atas kasus penggelapan yang perkaranya ditangani Polda Bali.

"Singapura memiliki hukum yang berbeda dengan Indonesia. Bahwa benar tersangka atas nama Hartono kasus 372 KUHP ditangani oleh Ditkrimsus Polda Bali dan sudah dibuatkan DPO-nya," Dedi menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semester I 2019, Investor Korea Selatan Tuntaskan Merger Dua Bank asal RI

Posted: 06 Jan 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Industrial Bank of Korea (IBK), bank yang dikelola pemerintah Korea Selatan memperoleh persetujuan akuisisi dua bank di Indonesia. Langkah akuisisi itu merupakan upaya memperluas bisnis di Asia Tenggara.

Mengutip laman Korea Times, seperti ditulis Senin (7/1/2019), IBK menyatakan kalau Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyetujui pengambilalihan bank Agris dan Mitraniaga oleh IBK.

Sebelumnya pada November 2017, IBK menandatangani perjanjian bersyarat dengan Bank Agris. Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), perjanjian itu terkait akuisisi saham Bank Agris sekitar 4.590.996.480 lembar saham atau 87,34 persen dari total saham perseroan.

Dengan akuisisi tersebut, IBK menjadi pemegang saham mayoritas dan pengendali dengan memiliki 87,34 persen saham, kemudian PT Dian Intan Perkasa sebesar 1 persen atau 52.772.089 saham, dan masyarakat sebesar 11,66 persen atau 612.408.075 saham.

Sebelum akuisisi tersebut, kepemilikan saham Bank Agris antara lain PT Dian Intan Perkasa sebesar 82,59 persen, Benjamin Jiaravanon sebesar 0,26 persen dan masyarakat sebesar 17,13 persen.

IBK pun hanya membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk menyelesaikan pengambilalihan saham dan juga akuisisi bank lain pada saat yang sama.

"IBK adalah bank asing pertama yang menerima persetujuan dari otoritas keuangan Indonesia untuk akuisisi dua bank lokal pada saat yang sama," tulis IBK dalam siaran pers, seperti dikutip dari Korea Times.

"Kami percaya bank akan ciptakan sinergi dalam menarik lebih banyak pelanggan dan memperluas jaringan bisnis di kawasan ini. IBK akan terus memperluas jaringan globalnya untuk membantu masuknya perusahaan domestik ke pasar negara berkembang," tulis IBK.

IBK menambahkan akan segera memproses merger antara dua bank di Indonesia. Hal ini untuk mendirikan IBK Indonesia pada akhir semester I 2019.

Bank Agris dan Bank Mitraniaga memiliki kantor pusat di Jakarta. Dua bank tersebut juga tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Bank Agris memiliki 23 jaringan bisnis di Indonesia, dan Mitraniaga memiliki 13.

Meski ukurannya kecil, Agris mengoperasikan bisnis valuta asing. Berkat bisnis itu, IBK akan segera membantu bisnis ekspor dan impor perusahaan Korea Selatan dengan mitra Indonesia.

CEO IBK, Kim Do-jin menekankan pentingnya bisnis global sebagai mesin pertumbuhan masa depan. Sebagai bagian dari upaya bank untuk mengatasi pasar keuangan Korea Selatan yang jenuh, sejak itu IBK berusaha keras untuk menciptakan "the IBK Asia Financial Belt" di bawah kepemimpinan Kim.

 

Akuisisi Bank di Indonesia Pertama Kali dalam Sejarah IBK

Ilustrasi Bank

Langkah IBK untuk akuisisi dua bank di Indonesia merupakan hal pertama dalam sejarah IBK.

Selain gencar memperluas bisnis di luar negeri, IBK juga aktif mendukung perusahaan rintisan di Korea Selatan dan perusahaan-perusahaan kecil dengan melakukan investasi yang berani.

Pada 2017, IBK mengumumkan rencana ambisiusnya untuk memberikan pinjaman senilai 100 triliun won atau sekitar USD 89 miliar untuk lima tahun ke depan bagi perusahaan rintisan negara tersebut. Ini sebagai bagian dari rencana bisnis masa depan bank untuk mendukung perusahaan rintisan dan menciptakan lebih banyak pekerjaan.

"Bank-bank komersial dahulu memerankan peran untuk mendukung keuangan perusahaan. IBK bertujuan memperluas peran menjadi mitra keuangan yang terlibat lebih aktif untuk mempromosikan keberhasilan dalam bisnis," kata Kim.

Pada perdagangan saham Senin 7 Januari 2019, saham Bank Mitraniaga turun 3,36 persen ke posisi Rp 230 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 13 kali dengan nilai transaksi Rp 48,9 juta.

Sementara itu, saham Bank Agris melonjak 12,78 persen ke posisi 300 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 13 kali dengan nilai transaksi Rp 9,5 juta.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mignolet Pasrah Cuma Jadi Kiper Cadangan Liverpool

Posted: 06 Jan 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Simon Mignolet mengaku pasrah hanya menjadi kiper cadangan di Liverpool musim ini. Kiper asal Belgia itu merasa Alisson Becker memang lebih layak menjadi pilihan utama.

Mignolet baru sekali tampil musim ini. Tepatnya saat Liverpool kalah di kandang Chelsea dalam Piala Liga Inggris.

Padahal beberapa musim sebelumnya, Mignolet merupakan andalan di bawah mistar gawang Liverpool. Sayangnya kehadiran Alisson musim panas kemarin mengubah status Mignolet.

"Jujur saya memang di belakang Alisson. Dia merupakan satu dari lima kiper terbaik dunia," kata Mignolet seperti dilansir Liverpool Echo.

"Tentu saya harus menerima dan memahaminya. Walaupun ini tidak mudah dan tidak Anda inginkan sebagai pemain," ucapnya menambahkan.

 

 

Tetap Fokus

Kiper Liverpool, Simon Mignolet dan rekannya merayakan kemenangan atas Burnley pada lanjutan Premier League di Turf Moor, Burnley, (1/1/2018). Liverpool menang 2-1 atas Burnley.  (AFP/Oli Scarff)

Mignolet kemungkinan besar akan tampil sebagai starter dalam ajang Piala FA nanti malam. Dan kiper berusia 30 tahun itu berjanji bakal memberikan penampilan terbaiknya.

"Saya harus siap kapanpun tim membutuhkan. Tidak hanya soal kiper, tetapi juga jika pemain lain ingin saya bantu," kata Mignolet.

"Yang jelas saya harus fokus sebaik mungkin. Lagipula saya dan Alisson saling belajar selama ini," ucapnya.

Jadwal Liga Inggris

Video highlights 5 blunder fatal yang dilakukan kiper di Premier League yang menguntungkan lawan. Simon Mignolet masuk dalam daftar ini.

Sabtu, 12 Januari 2019

19:30 WIB West Ham United vs Arsenal

22:00 WIB Brighton & Hove Albion vs Liverpool

22:00 WIB Burnley vs Fulham

22:00 WIB Cardiff City vs Huddersfield Town

22:00 WIB Crystal Palace vs Watford

22.00 WIB Leicester City vs Southampton

Minggu, 13 Januari 2019

00:30 WIB Chelsea vs Newcastle United

21:15 WIB Everton vs Bournemouth

23:30 WIB Tottenham Hotspur vs Manchester United

Selasa, 15 Januari 2019

03:00 WIB Manchester City vs Wolverhampton Wanderers

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melly Goeslaw Ulang Tahun di Tanah Suci, Suami Ungkap Rasa Syukur

Posted: 06 Jan 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi dan pencipta lagu Melly Goeslaw kini usianya genap mencapai 44 tahun, pada Senin (7/1/2019). Di hari ulang tahunnya, Melly Goeslaw memilih untuk melaksanakan ibadah umrah ke Tanah Suci Mekkah bersama sang suami, Anto Hoed.

Melalui akun Instagramnya pada, Senin (7/1/2019), Anto Hoed mengunggah foto sang istri yang sedang berpose di Tanah Suci Mekkah. Ia menuliskan keterangan foto dengan ucapan serta doa untuk Melly Goeslaw.

"Alhamdullillah .. hari ini tepat Senin .. kamu diundang ke Baitullah .. Insha Allah kamu selalu bahagia, sehat dan selalu dalam Lindungan Allah Ta'ala .. Selamat Berulang Tahun .. dan ini adalah hadiah terindah yang pernah kamu dapat .. Alhamdullillah ❤️❤️❤️ @melly_goeslaw," tulis Anto Hoed di akun Instagramnya.

Melly Goeslaw pun terlihat memberikan komentar pada akun Instagram suaminya tersebut dengan turut menuliskan rasa syukurnya.

Doa dan Ucapan dari Warganet

Melly Goeslaw saat sedang umrah di Tanah Suci Mekkah pada hari ulang tahunnya. (Instagram @melly_goeslaw)

"Alhamdulillaaah Ya Allah," tulis Melly Goeslaw pada kolom komentar.

Doa serta ucapan dari warganet pun mengalir di kolom komentar untuk pelantun lagu "Jika" tersebut.

"Selamat ulang tahun teh melly.. sehat selalu, murah rezekinya dan selalu happy amiinnnn 💚💚💚💚," tulis akun @giavierima.

"Selamat ulang tahun @melly_goeslaw selalu dalam lindunganNya dan semakin berkati berkelimpahan kebaikanNya. Amin❤️," tulis akun @johandiyahya_.

Karier Melly Goeslaw

Launching Sound track, Trailer dan Web Film KARTINI (Nurwahyunan/bintang.com)

"Sehat terus teh panjang umur dan selalu dberikan berkah dan ke istiqomahan oleh Allah SWT... buat kang Anto @antohhoedsemoga bs terus mendampingi dan d dampingi oleh teh @melly_goeslaw," tulis @therealdeniatmaja.

"Mabruk alfa mabruk Ibuuu @melly_goeslaw Barakallah fi umriik.. Semoga ibu sehat selalu, jd pasangan dunia-akhirat sm Papa Anto 💕💕," tulis akun @chikamoetz menambahkan.

Melly Goeslaw memulai karier bernyanyinya bersama sang Suami, dengan menjadi vokalis di grup musik bernama "Potret".

Setelah itu, Melly Goeslaw mempunyai album pertama yang di beri judul Melly, lalu mengajak Ari Lasso berduet dengan lagu yang berjudul "Jika". Lagu tersebut pun terkenal dan sukses di pasaran.

(Siti Fuadah/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Perlu Atur Tarif Batas Atas dan Bawah Ojek Online

Posted: 06 Jan 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengeluarkan kebijakan yang mengatur angkutan roda dua online atau ojek online dalam waktu dekat. Aturan tersebut rencananya terbit pada Maret 2019.

Country Director Institute for Trasnportation and Development Policy (ITDP) Indonesia Yoga Adiwinarto menilai, pemerintah memang sebaiknya perlu mengatur persoalan tarif batas bawah dan atas bagi pengemudi (driver).

Menurut dia, ketetapan tarif batas bawah dan atas tersebut akan bermanfaat bagi kedua belah pihak, yakni pengemudidan juga konsumen atau pelanggan.

"Tarif rendah memang kesannya jadi menguntungkan penumpang tapi mereka kan juga ada mekanisme tarif tinggi yakni seperti dalam keadaan peak season seperti sedang macet total dan juga hujan, tarif naiknya langsung gila-gilaan," jelas dia kepada Liputan6.com, Senin (7/1/2019).

Dia pun menyarankan, pemerintah perlu mengatur tarif batas tinggi untuk aplikator. Hal ini guna menciptakan keadilan bagi pengguna ojek online.

"Jadi bukan hanya persoalan tarif terlalu rendah, tapi juga ada proteksi buat penumpang. Jadi bolehlah ada kepastian tarif bawah tapi tarif atas juga boleh dong?. Jadi pemerintah memang harus masuk kesana demi kepentingan penumpang dan juga driver," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Advokasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Darmaningtyas mengaku mendukung rencana pemerintah untuk membuat regulasi bagi ojol kedepannya.

Kata dia, peraturan ojol nanti harus fokus pada aspek keselamatan pengemudi. Itu bertujuan menghindari eksploitasi pengemudi ojol untuk mengejar pesanan penumpang.

"Jadi baik konsumen dan pelaku dalam hal ini driver sama-sama perlu dilindungi dari segi tarif. Jangan sampai tarif yang ditetapkan aplikator terlalu rendah, akhirnya driver jadi tereksploitasi dan aspek keselamatanya menjadi berkurang," tandasnya.

Bikin Aturan Baru, Menhub Kumpulkan 97 Aliansi Ojek Online

Kementerian Perhubungan akan segera menyiapkan regulasi khusus untuk ojek online. Aturan tersebut akan tertuang dalam bentuk Peraturan Menteri (PM) Perhubungan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, dalam waktu dekat akan segera mengumpulkan seluruh pihak terkait duduk bersama dan membahas regulasi tersebut. Adapun pihak yang dilibatkan adalag asosiasi ojol dan pihak aplikator.

"Hari Selasa saya akan mengundang 97 aliansi ojek online, menunjuk perwakilan. Regulasi maunya seperti apa, merespons maunya seperti apa. Saya intinya meminta masukan maunya seperti apa," kata Budi di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Minggu (6/1/2019).

Budi menambahkan, aturan mengenai ojek online tersebut juga merupakan desakan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya diminta oleh Presiden. Ini kan ojol ini dijadikan profesi. Ada lebih dari satu juta mereka yang mempunyai profesi ojol. Presiden menyampaikan ini profesi yang unik, saya setuju," ujarnya.

Regulasi mengenai ojek online tersebut dipandang perlu untuk segera direalisasikan sebab selama ini profesi ojol selalu diartikan seolah-olah tidak mendapat perlindungan apapun.

"Dengan diskresi saya sudah memutuskan saya sudah laporin ke Presiden kita akan memberikan satu peraturan menteri berkaitan dengan ojol ini," tegasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Latihan Perdana Timnas Indonesia U-22, Egy Maulana dan 4 Pemain Ini Masih Absen

Posted: 06 Jan 2019 08:35 PM PST

Jakarta Egy Maulana Vikri absen pada latihan perdana Timnas Indonesia U-22, di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Tidak hanya Egy yang absen pada latihan kali ini. Firza Andika, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay, dan Ezra Walian juga tidak nampak kehadirannya. 

Pada latihan perdana Timnas Indonesia U-22 yang dimulai pukul 06.30 WIB tersebut, pelatih Indra Sjafri didampingi dua asistennya, yakni Nova Arianto dan Yunan Helmi.

Sementara itu, Indra menunjuk Hendro Kartiko sebagai pelatih kiper Timnas Indonesia U-22. Pria berusia 45 tahun itu bertugas menangani keempat penjaga gawang yang satu di antaranya adalah Awan Setho Raharjo.

Pemusatan latihan (TC) ini digelar Indra untuk menyiapkan Timnas Indonesia U-22 menyongsong tiga agenda pada 2019. Pertama adalah Piala AFF U-22 di Kamboja, 17 Februari sampai 2 Maret mendatang.

Timnas Indonesia U-22 kemudian akan melakoni Kualifikasi Piala Asia U-23 (22-26 Maret), serta SEA Games 2019 di Filipina (30 November-10 Desember).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Pertandingan Wolverhampton Vs Liverpool, Menanti Kejutan di Molineux

Posted: 06 Jan 2019 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Liverpool akan bertandang ke markas Wolverhampton Wanderers dalam laga babak ketiga Piala FA musim ini. Pertandingan ini akan berlangsung di Molineux Stadium, Selasa (8/1/2019) Pukul 02.45 WIB.

Liverpool baru saja menelan kekalahan saat menjalani laga tandang di markas Manchester City, Jumat (4/1/2019) dini hari WIB. Di laga itu The Reds kalah dengan skor 1-2 yang merupakan kekalahan perdana mereka di ajang Premier League musim ini.

Menghadapi The Wolves di ajang Piala FA, Jurgen Klopp diprediksi akan banyak menurunkan pemain pelapis. Bahkan ada juga kemungkinan beberapa pemain muda yang akan masuk ke skuat Liverpool pada laga ini. Selain untuk memberikan menit bermain pada pemain muda dan pemain pelapis, Klopp tentu ingin memberikan waktu istirahat untuk para pemain andalannya.

Di sisi lain, penampilan Wolves bak roller coster di musim ini. Terkadang tim promosi ini bisa tampil luar biasa dan menyulitkan klub-klub elite. Namun, tak jarang Wolves tampil buruk seperti saat mereka kalah di kandang sendiri dari Crystal Palace tengah pekan lalu.

Kilas balik pertemuan Liverpool dan Wolverhampton

Pemain Wolverhampton Wanderer, Romain Saiss, melakukan selebrasi usai membobol gawang Fulham pada laga Premier League di Stadion Craven Cottage, Rabu (26/12). (AP/Steven Paston)

Dalam enam pertemuan terakhir di kandang Wolverhampton, Liverpool tidak terkalahkan. Tiga pertandingan terkini di antaranya berbuah kemenangan untuk Jordan Henderson dan kawan-kawan.

Meski berlatar statistik apik, Liverpool pantang jemawa karena lawan pun bermodal catatan mentereng. Wolverhampton memenangi empat dari enam bentrokan kontra The Reds di Piala FA.

Teranyar, Wolverhampton mendepak Liverpool dari Piala FA di Stadion Anfield, Januari 2017. Catatan itu membuat Klopp berpesan kepada anak-anak asuhnya untuk fokus 100 persen dalam pertandingan nanti.

"Ini adalah kompetisi yang sangat penting. Namun, kami juga harus memastikan kami bermain dengan intensitas yang tepat. Saat ini, kami harus membuat perubahan," kata Klopp.

"Kami ingin menang dalam segala hal. Namun, Anda harus memastikan tampil sebaik mungkin dalam pertandingan. Anda harus membuat segala hal berjalan dengan benar," ujar Klopp.

Klopp diprediksi akan memainkan skuat lapis keduanya saat melawan Wolverhampton. Namun, Liverpool dipastikan tanpa diperkuat Joe Gomez, Joel Matip, dan Alex Oxlade-Chamberlain karena masih berkutat dengan cedera.

Pemain kunci prediksi pertandingan Wolverhampton vs Liverpool

Gelandang Liverpool asal Inggris, Adam Lallana. (AFP/Anthony Devlin)

Leander Dendoncker (Wolverhampton Wanderers)

Gelandang muda asal Belgia ini baru dipinjam Wolves dari Anferlecht dengan opsi pembelian permanen pada bursa transfer musim panas yang lalu. Sejauh ini Leander Dendoncker belum mendapatkan tempat utama di lini tengah Wolves. Keberadaan Joao Moutinho dan Ruben Neves membuat kesempatan pemain berusia 23 tahun ini tak banyak.

Ia baru mendapat jatah bermain dalah dua laga Premier League dengan total 77 menit di lapangan. Namun ia selalu tampil penuh dalah dua pertandingan Wolves di Piala EFL alias Piala Carabao. Dan, di ajang Piala FA, Nuno Espirito Santo diperkirakan akan memberikan kesempatan untuk Leander Dendoncker unjuk aksi.

Adam Lallana (Liverpool)

Lallana sempat menjadi pemain penting saat masa-masa awal Klopp menukangi Liverpool. Namun, perubahan strategi yang dilakukan Klopp pada dua musim terakhir membuat Lallana yang merupakan gelandang serang kreatif harus rela menajdi pelapis.

Namun, bukan berarti tenaga eks pemain Southampton ini tak dibutahkan lagi. Justru saat memasuki ajang Piala FA seperti ini peran Lallana sebagai pemain pelapis sangat dibutuhkan Liverpool.

Statistik kedua tim

Head to Head

(22/12/2018) Wolverhampton 0-2 Liverpool (Premier League)

(28/01/2017) Liverpool 1-2 Wolverhampton (Piala FA)

(01/02/2012) Wolverhampton 0-3 Liverpool (Premier League)

(24/09/2011) Liverpool 2-1 Wolverhampton (Premier League)

(22/01/2011) Wolverhampton 0-3 Liverpool (Premier League)

 

Lima Pertandingan Terakhir Wolverhampton

(15/12/2018) Wolverhampton 2-0 Bournemouth (Premier League)

(22/12/2018) Wolverhampton 0-2 Liverpool (Premier League)

(26/12/2018) Fulham 1-1 Wolverhampton (Premier League)

(29/12/2018) Tottenham 1-3 Wolverhampton (Premier League)

(03/01/2019) Wolverhampton 0-2 Palace (Premier League)

 

Lima Pertandingan Terakhir Liverpool

(16/12/2018) Liverpool 3-1 United (Premier League)

(22/12/2018) Wolverhampton 0-2 Liverpool (Premier League)

(26/12/2018) Liverpool 4-0 Newcastle (Premier League)

(30/12/2018) Liverpool 5-1 Arsenal (Premier League)

(04/01/2019) City 2-1 Liverpool (Premier League)

Prediksi skor Wolverhampton vs Liverpool

Wolverhampton tampil cukup impresif di Premier League musim ini. Hanya saja, meski main kandang, Wolverhampton harus menyandang status underdog untuk laga nanti.

Liverpool tidak bakal turun dengan komposisi pemain terkuatnya. Itu memberi Wolverhampton sedikit peluang.

Liverpool selalu menang dengan margin minimal dua gol dan tanpa kebobolan dalam tiga laga tandang terakhirnya melawan Wolverhampton di Premier League. Namun dalam pertemuan kali ini di ajang FA Cup, Liverpool bakal menghadapi perlawanan yang cukup sengit.

Meski demikian, Liverpool tetap difavoritkan menang dan lolos ke putaran berikutnya.

Prediksi skor akhir: Wolverhampton 1-2 Liverpool.

 

Perkiraan susunan pemain

Wolverhampton (3-4-3): Ruddy; Dendoncker, Coady, Hause; Jonny, Saiss, Gibbs-White, Vinagre; Traore, Bonatini, Cavaleiro.

Manajer: Nuno Espirito Santo.

Liverpool (4-3-3): Mignolet; Moreno, Lovren, Matip, Clyne; Keita, Fabinho, Milner; Mane, Sturridge, Shaqiri.

Manajer: Jurgen Klopp.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: