Kamis, 10 Januari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Diduga Gangguan Jiwa, Anggota TNI Tusuk Tetangga Hingga Tewas

Posted: 10 Jan 2019 10:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang oknum TNI diduga melakukan penusukan terhadap seorang warga di Jalan Bateng, Rawa Badak, Jakarta Utara. Peristiwa itu terjadi Jumat (11/1/2019) dini hari.

Hal ini dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Jakut Kompol Imam Rifai. "Bener semalam. Jam 1-an malam dini hari. Ke TKP nya sekitar jam 3," katanya saat dikonfirmasi.

Kata Rifai, korban merupakan tetangga terduga pelaku. Ditemukan luka tusukan di bagian tubuh korban.

"Korbannya meninggal. Tetangganya tinggal mereka itu sebelah-sebelahan. Masalahnya nggak (tahu), kita dalami kan buka kita yang nangani," jelasnya.

"(Tewas) Satu tusukan di punggung," sambungnya.

 

Diserahkan ke TNI

Lebih lanjut ia mengatakan, pelaku diduga TNI aktif. Oleh karena itu, ia menyerahkan kasus ini kepada pihak TNI.

"Yang nangani Pomal. Ada indikasi (pelaku) yang bersangkutan kurang sehat jiwanya. Masih aktif. Karena masih aktif ya Pom AL yang nangani. Dia kabur," pungkasnya.

Reporter: Ronald

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Icardi Tegaskan Hubungan dengan Inter Milan Baik-baik Saja

Posted: 10 Jan 2019 10:50 PM PST

Liputan6.com, Milan - Mauro Icardi membantah hubungan dengan Inter Milan memburuk. Striker asal Argentina itu mengaku puas dengan apa yang sekarang terjadi dan negosiasi kontrak baru dengan klub Italia itu masih terus berjalan.

Sebelumnya, hubungan Icardi dengan Inter Milan disebut memburuk oleh media asal Italia, Gazzetta dello Sport. Inter diklaim meminta Icardi untuk mengganti agennya, Wanda Nara, yang disebut membuat negosiasi kontrak mandek.

Gazzeta menurunkan laporan bahwa Wanda tidak mampu menempatkan diri dengan baik dalam posisi sebagai agen serta istri Icardi. Tapi, Icardi dengan tegas membantah semua laporan tersebut dan memastikan situasi di Inter Milan baik-baik saja.

Tetap Wanda Nara

Striker Inter Milan Mauro Icardi (kiri) dan istri, Wanda Nara. (AFP/Marco Bertorello)

Negosiasi kontrak antara Mauro Icardi dan Inter Milan sudah berlangsung cukup lama. Namun, hingga kini masih belum juga mencapai titik temu.

Tapi, Icardi merasa jika situasi tersebut tidak terkait dengan kinerja Wanda. Icardi memastikan bahwa Wanda akan jadi agen dan mengurus segala keperluan dalam karir profesionalnya.

"Dari mana kata-kata itu berasal [merujuk pemberitaan Gazzetta]? Bagaimana mungkin Gazzetta delo Sport menulis sampah itu," tulis Icardi di akun media sosial resmi miliknya.

"Lebih lanjut, saya ingin menunjukkan bahwa saya sangat bahagia dan puas dengan pekerjaan yang sudah kami lakukan sejauh ini. Untuk alasan ini, Wanda Icardi akan selalu mengurus keperluan profesional sampai akhir karir saya," tegasnya.

Tunggu Tawaran Inter

Pada kesempatan yang lain, Mauro Icardi, juga membuat klarifikasi soal negosiasi kontrak baru yang belum juga mencapai kata sepakat. Pemain asal Argentina tersebut mengaku masih menunggu tawaran yang tepat dan konkret dari pihak Inter Milan.

"Soal pembaharuan kontrak, saya hanya akan meneken kontrak ketika Inter Milan mengajukan tawaran dengan konkret dan tepat. Setelah itu kami bisa bicara soal kontrak baru dengan jujur dan mengesampingkan berita bohong yang terjadi," ucap Icardi.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahas Penguatan Visi Misi Jelang Debat Capres Cawapres, Prabowo-Sandi Bertemu SBY

Posted: 10 Jan 2019 10:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono(SBY).  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (11/1/2019), setibanya di kediaman SBY di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Prabowo dan Sandiaga langsung masuk ke dalam rumah. Pertemuan berlangsung tertutup kurang lebih satu jam.

Usai pertemuan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Ahmad Muzani menyatakan, pertemuan membahas visi misi jelang debat capres-cawapres. Prabowo dan Sandi juga menerima sejumlah masukan dari SBY. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waskita Karya Teken Addendum Perjanjian Pembangunan Tol Trans Sumatera

Posted: 10 Jan 2019 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Waskita Karya (Persero) Tbk menandatangani addendum II atau tambahan perjanjian pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung pada 31 Desember 2018.

Ruas tol sepanjang 185 KM itu bagian dari proyek Tol Trans Sumatera yang juga merupakan proyek strategis nasional.

Sebelumnya, perjanjian pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang –Kayu Agung ditandatangani pada 16 Juni 2017 oleh PT Hutama Karya (Persero) selaku Badan Usaha Jalan Tol melalui Perpres Nomor 100 Tahun 2014 dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor pelaksana pembangunan Jalan Tol Ruas Terbanggi Besar -Pematang Panggang – Kayu Agung.

"Setelah melalui pembahasan dan dengan mempertimbangkan aspek keuangan, aspek teknis dan aspek hukum, kedua belah pihak baik PT Hutama Karya (Persero) Tbk maupun PT Waskita Karya (Persero) Tbk sepakat melakukan perubahan skema pembayaran dari semula modified turnkey menjadi turnkey murni," tulis keterangan tertulis PT Waskita Karya, seperti dikutip Jumat (11/1/2019).

Adapun nilai kontrak pekerjaan proyek tol ruas Terbanggi Besar –Pematang Panggang – Kayu Agung adalah Rp 13,1 triliun.

Dengan addendum ini, PT Waskita Karya (Persero) Tbk akan menerima pembayaran setelah selesainya pekerjaan konstruksi tol tersebut pada 2019.

Menurut keterangan tertulis, hal ini tentu memberikan dampak positif terhadap kinerja keuangan terutama pada arus kas operasi Waskita serta menambah kapasitas likuiditas perusahaan.

 

Waskita Karya Bakal Terbitkan Obligasi Rp 5 Triliun pada 2019

Lima ruas bagian dari Tol Trans Jawa yang dikerjakan oleh Jasa Marga dan Waskita Karya siap diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (Dok Kementerian BUMN)

Sebelumnya, PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) berencana menerbitkan surat utang atau obligasi sebesar Rp 5 triliun pada 2019. Dana tersebut sebagian akan digunakan perseroan untuk pembayaran utang.

"Kita di tahun 2019 kita merencanakan akan issue bond senilai total Rp 5 triliun," kata Haris saat ditemui di Jakarta, Jumat 4 Januari 2019.

Haris menuturkan, penerbitan obligasi perseroan ini pun berbeda dari sebelumnya. Penerbitkan akan melalui perusahaan penjamin PT Danareksa Sekuritas dan PT Mandiri Sekuritas.

"Nanti Rp 2 triliun untuk refinancing. Mekanisme penerbitan bond pada tahun ini kami inginkan berupa penjaminan. Bisa juga konsep bunga nol persen atau bunga di awal saja. Atau kami mengikuti pemerintah dengan floating rate plus spread dan tetap tergantung situasi capital market," tutur dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk, I Gusti Ngurah Putra menambahkan, mengenai obligasi tersebut perseroan akan mencari risiko yang paling rendah dalam mencari dana pinjaman tersebut.  Perseroan juga mempertimbangkan beberapa skema pendanaan lain.

"Apakah global bonds, komodo bonds atau lokal dan skema pendanaan lain kita cari yang costpaling rendah, kedua risikonya paling rendah. Jadi kita lihat tenor, underlying dan lain-lain itu," tambah dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma’ruf Amin Resmikan Posko TKN di Jakabaring Palembang

Posted: 10 Jan 2019 10:44 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Calon wakil presiden Ma'ruf Amin meresmikan posko tim Kampanye Daerah Koalisi Jokowi-Ma'ruf Palembang, Sumatera Selatan. Rencananya Ma'ruf Amin akan berkampanye selama dua hari.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (5/1/2019), Ma'ruf Amin berkunjung ke Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, menggunakan mobil golf.

Menurut Ma'ruf Amin dengan adanya posko pemenangan membuat tim kampanye dapat bekerja lebih baik. Bahkan dirinya yakin bersama Jokowi akan memperoleh suara terbanyak di Sumatera Selatan pada Pilpres mendatang.  

Hari ini rencananya Ma'ruf Amin akan mengunjungi Pondok Pesantren Syafa Atut Thulab di Desa Bakung, Ogan Ilir.  (Karlina Sintia Dewi) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PAN: Siapa Saja Boleh Sumbang Pikiran di Visi-Misi Prabowo-Sandi

Posted: 10 Jan 2019 10:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wasekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Faldo Maldini menilai, revisi visi dan misi pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno hal yang wajar. Sebab, revisi visi dan misi itu bagian dari proses demokrasi.

"Ini proses yang biasa saja untuk bangun demokrasi yang partisipatif. Koalisi adil dan makmur ini open platform, siapa saja boleh sumbang ide. Kalau ada pihak petahana yang mau nyumbang pikiran, kami pun terbuka," kata Faldo, Jumat (11/1/2019).

Juru Bicara BPN ini menjelaskan, sebenarnya tidak ada perubahan signifikan dari visi dan misi tersebut. Revisi visi-misi itu dilakukan melalui penyerapan aspirasi masyarakat saat Prabowo-Sandi berkeliling Indonesia.

"Dokumen itu kembali kami bahas lagi. Core-nya tetap sama, namun ada pengembangan-pengembangan poinnya, sesuai dengan masalah warga," ungkapnya.

Sebelumnya, Koalisi Partai Pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga mengubah visi misi yang disetorkan ke Komisi Pemilihan Umum. Dokumen visi misi Prabowo-Sandi diubah pada 9 Januari 2019. Berkas visi misi yang mulanya diubah 14 halaman, kini bertambah menjadi 45 halaman.

Selain visi misi, kubu Prabowo-Sandi juga mengubah tagline. Prabowo-Sandiaga yang semula ber-tagline 'Adil Makmur Bersama Prabowo-Sandi' direvisi menjadi 'Indonesia Menang'.

Perubahan Visi Misi

Ada beberapa kata yang dikurangi dari visi misi Prabowo-Sandi. Dalam dokumen visi misi baru, visi Prabowo-Sandi sebagai berikut:

"Terwujudnya Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang adil, makmur, religius, dan bermartabat dalam bingkai persatuan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945."

Sementara, dalam dokumen lama, visi Prabowo-Sandi berbunyi:

"Terwujudnya Bangsa dan Negara Indonesia yang adil, Republik makmur, bermartabat, relijius, berdaulat, berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian nasional yang kuat di bidang budaya serta menjamin kehidupan yang rukun antarwarga negara tanpa memandang suku, agama, ras, latar belakang etnis dan sosial berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945."

Perubahan juga dilakukan dalam bagian misi. Lima poin misi tetap ada, hanya saja kalimatnya dipangkas. Ini misi baru Prabowo-Sandi yang baru:

1. Membangun perekonimian nasional yang adil, makmur, berwawasan lingkungan melalui jalan politik-ekonomi sesuai amanat konstitusi.

2. Membangun masyarakat Indonesia yang sehat, cerdas, produktif dan unggul dalam kehidupan yang aman dan terlindungi jaminan sosial.

3. Membangun keadilan dan HAM, memberantas korupsi, serta memperkuat persatuan bangsa melalui penegakkan hukum dan jalan demokrasi yang berkualitas.

4. Membangun sistem keselamatan, keamanan, dan pertahanan nasional, untuk menjaga keutuhan NKRI dan melindungi segenap warga Indonesia, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

5. Membangun kembali dan memperkuat nilai-nilai luhur kepribadian bangsa yang beradab, religius dan dirahmati Tuhan Yang Maha Esa.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Ditolak KPU

PLH Ketua KPU Wahyu Setiawan mensosialisasikan fasilitas alat peraga dan jadwal kampanye 2019 bagi peserta pemilu tingkat pusat di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (30/8). Sosialisasi ini dihadiri oleh LO partai politik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sayangnya, perubahan visi-misi itu ditolak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan alasan sudah menjadi satu dokumen dengan pencalonan capres-cawapres.

"Ya tentu saja menjadi tidak diperbolehkan. Karena itu tadi, dasarnya mengapa tidak boleh adalah dokumen program visi-misi itu kan bagian tidak terpisahkan dari dokumen pencalonan capres-cawapres. Lah pada waktu itu juga ada tenggat waktu untuk memperbaiki," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan saat dihubungi Merdeka, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Wahyu menjelaskan, visi misi itu sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan dokumen capres cawapres dan tahapan tersebut sudah berlalu.

"Dokumen terdahulu itu sudah kita publikasikan melalui website KPU juga alat peraga sosialisasi yang lain kepada masyarakat luas untuk diketahui, begitu. Tetapi pada prinsipnya tahapan itu sudah selesai," sambung dia.

Wahyu mengatakan, meskipun sudah tidak bisa mengubah visi misi, tetapi Prabowo-Sandi masih bisa mengkomunikasikan visi misi itu kepada masyarakat.

"Memakai dalam konteks apa? Kalau konteks dokumen resmi sudah tidak bisa. Tetapi dalam konteks gagasan-gagasan, ide-ide baru itu disampaikan kepada masyarakat tentu saja itu hak pasangan calon," terang Wahyu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hotman Paris Hutapea dan Kehebohan yang Dibuat Pekan Ini

Posted: 10 Jan 2019 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bisnis prostitusi akhir-akhir ini sedang ramai dibicarakan. Bisnis protitusi di kalangan artis dan model tenyata juga bukan sekedar isapan jempol belaka. Hal itu diungkapkan Robby Abbas di acara Hotman Paris Show yang dipandu Hotman, Kamis (10/1/2019) dan juga diunggah di akun Instagramnya. 

Mantan muncikari artis, Robby Abbas mengungkapkan harga booking fantasis untuk prostitusi online. Robby   awalnya bercerita bahwa dirinya sempat menjadi mucikari dari 100 lebih artis.

 

 

Blak-blakan Soal Prostitusi Online

Wawancara dengan Robby Abbas menjadi ruang Hotman untuk membuka dunia prostitusi online kalangan artis yang selama ini tertutup rapat. Dalam kesempatan itu, Robby menjelaskan, dari 100 an orang itu, ada 40 persen yang merupakan artis profesional. Sementara itu, untuk model, dia "memegang" 50 an model, pramugari sebanyak 30 an orang dan masih ada perempuan-perempuan "orang biasa" lainnya.

Tarif untuk seorang model, kata Robby Abbas antara Rp  10 hingga Rp 20 Juta. Sementara artis yang paling mahal, Robby menjelaskan, ia pernah menghargai seorang artis sebesar Rp 150 juta. Ia menyebutkan, rata-rata artis dan modelnya dibayar sebanyak itu untuk melayani laki-laki selama 2-3 jam saja.

"Ada juga yang waktu itu cuma 20 menit," ujar Robby seperti dikutip Liputan6.com dari akun instagramnya, .

Wawancara Hotman dengan Bobby Abbas ini mengundang banyak komentar netizen.  Karena isinya membuka dunia prostitusi online di kalangan artis, pramugari, dan lainnya. Sehingga apa yang dilakukan Hotman Paris mengundang kehebohan.

Hotman: Mau Dekati Anya Harus Punya Lamborghini

Hotman Paris Hutapea memang kerap bikin heboh. Baru-baru ini, Hotman Paris  mengundang Anya Geraldine. Di usia belia, kesuksesan Anya sudah luar biasa sehingga bisa memiliki apapun. Namun ada satu hal yang belum dimiliki dari sosok Anya, yaitu pasangan. Status single tentu membuat Hotman jadi penasaran. Pengacara kondang itu langsung mendekati Anya untuk mengorek informasi lebih dalam.

"Halo, lu tahu nggak ini Youtuber yang top sekarang ini? Lu perhatiin dari atas ke bawah, impian semua buaya darat," ujar Hotman.

Hotman kemudian menggodanya dengan mengatakan bahwa di vlog Anya ada mandi-mandi berdua. Anya pun membenarkan bahwa saat itu ia sedang berenang dengan seorang pria, namun ia membantah ketika Hotman menuduh pria tersebut sebagai pacarnya. "Mantan!" jawab Anya.

"Jangan coba-coba kalau kau tidak punya Lamborghini dan berliannya kayak begini-gini, oke?" kata Hotman sambil memamerkan deretan cincin yang dipakainya.

Pengacara kondang itu juga mengomentari kekayaan Anya yang sudah bisa menyaingi miliknya. Hotman juga terpukau dengan arloji mewah yang dipakai Anya. "Dia selebgram tapi bisa kaya. Ini bisa siangin saya nih, jamnya aja Rolex. Katanya dia beli sendiri," celetuk Hotman.

"Dia bisa membeli apa saja yang dia mau hanya sebagai selebgram. Dia tidak harus pergi ke Surabaya menjemput rezeki Rp80 juta," ujarnya.

Gaya Hidupnya yang Super Mewah

Bukan Hotman Paris Hutapea kalau nggak bikin heboh. Selain komentar-komentarnya yang bikin heboh, kehidupan pribadinya juga sering jadi pergunjingan. Lihat saja cara hidupnya yang super mewah. Salah satunya adalah koleksi mobil-mobil mewahnya.

Ia dikenal paling gemar berkendara dan mengoleksi mobil-mobil kelas atas. Dalam beberapa kesempatan Hotman Paris tak sungkan memperlihatkan mobil miliknya yang berjumlah belasan.

Koleksi mobil Hotman terbilang cukup banyak. Mulai dari Lamborghini Huracan, Bentley Mulsanne, Audi R8 hingga Ferrari California. Belum lagi mobil-mobil yang terparkir di lapangan samping garasinya yang khusus mobil-mobil operasional.

Dari sekian mobil super yang dia miliki, Ferrari California menjadi anak emas yang selalu ia banggakan. Meski ada satu yang menjadi favorit Hotman Paris, mobil-mobil lainnya pun tidak kalah keren. Masih ada Hummer H2.

Tak ketinggalan Lamborghini pun masuk dalam koleksi mobil mewahnya. Lamborghini yang dikendarai Hotman Paris merupakan jenis Gallardo LP 570-4 Spyder.

Ketika New Lamborghini Gallardo LP 570-4 Spyder Performante ini mengaspal di Indonesia, kabarnya Hotman Paris adalah pelanggan pertama yang membeli varian tersebut. Ada juga Lamborghini Huracan keluaran 2015 yang punya harga sekitar Rp 7,2 Miliar.

Koleksi Hotman Paris lainnya ada Cadillac Escalade. Seperti halnya Ferrari California, SUV kekar ini juga menggunakan plat nomor khusus '666'.

Profil Hotman Paris Hutapea

Siapa sebenarnya Hotman Paris Hutapea? Pengacara kondang ini lahir di sebuah desa kecil di Tapanuli Utara. Meski berasal dari keluarga yang cukup, namun kehidupannya semasa kecil terbilang sederhana. Karena sejak kecil, kedua orangtuanya telah membiasakan kehidupan yang disiplin dan serba teratur. Sang ayah selalu mengajari anak-anaknya, termasuk Hotman kecil, bagaimana hidup dengan menghargai uang dan tak pernah memanjakan.

Dulu ia tak pernah berpikir menjadi seorang pengacara sukses seperti sekarang.  Benar-benar tidak ada bayangan. Apalagi bisa dibilang menjadi selebritis yang dikenal seantero negeri ini, bahkan sampai ke luar negeri. Tetapi inilah Hotman Paris Hutapea, seorang pengacara nyentrik yang saat ini punya nama di Indonesia. Gayanya yang ceplas ceplos dan suaranya yang lantang membuat dirinya banyak dikenal orang. Tetapi banyak yang memuji, ada pula yang membencinya.

 

Reporter: Afifah Cinthia Pasha

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Timnas Indonesia U-22 Asah Taktik Menyerang dan Bertahan

Posted: 10 Jan 2019 10:40 PM PST

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, berbincang dengan para staf saat latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/1). Latihan sekaligus seleksi pemain ini untuk persiapan turnamen Piala AFF U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, berbincang dengan para staf saat latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/1). Latihan sekaligus seleksi pemain ini untuk persiapan turnamen Piala AFF U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pemain Timnas Indonesia U-22 saat latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/1). Latihan sekaligus seleksi pemain ini untuk persiapan turnamen Piala AFF U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pemain Timnas Indonesia U-22 saat latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/1). Latihan sekaligus seleksi pemain ini untuk persiapan turnamen Piala AFF U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pemain Timnas Indonesia U-22, Witan Sulaeman, saat latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/1). Latihan sekaligus seleksi pemain ini untuk persiapan turnamen Piala AFF U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pemain Timnas Indonesia U-22, Witan Sulaeman, saat latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/1). Latihan sekaligus seleksi pemain ini untuk persiapan turnamen Piala AFF U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pemain Timnas Indonesia U-22, Marinus Wanewar, menggiring bola saat latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/1). Latihan sekaligus seleksi pemain ini untuk persiapan turnamen Piala AFF U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pemain Timnas Indonesia U-22, Marinus Wanewar, menggiring bola saat latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/1). Latihan sekaligus seleksi pemain ini untuk persiapan turnamen Piala AFF U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, saat latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/1). Latihan sekaligus seleksi pemain ini untuk persiapan turnamen Piala AFF U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, saat latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/1). Latihan sekaligus seleksi pemain ini untuk persiapan turnamen Piala AFF U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pemain Timnas Indonesia U-22, Sani Rizki Fauzi, saat latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/1). Latihan sekaligus seleksi pemain ini untuk persiapan turnamen Piala AFF U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pemain Timnas Indonesia U-22, Sani Rizki Fauzi, saat latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/1). Latihan sekaligus seleksi pemain ini untuk persiapan turnamen Piala AFF U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pemain Timnas Indonesia U-22, Sani Rizki Fauzi, berpose usai latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/1). Latihan sekaligus seleksi pemain ini untuk persiapan turnamen Piala AFF U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pemain Timnas Indonesia U-22, Sani Rizki Fauzi, berpose usai latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/1). Latihan sekaligus seleksi pemain ini untuk persiapan turnamen Piala AFF U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Promosi Lingerie, Rihanna Kenakan Aksesori Buatan Desainer Indonesia

Posted: 10 Jan 2019 10:40 PM PST

Jakarta- Rihanna kini tak hanya disibukkan dengan kegiatannya di dunia tarik suara. Ia juga tengah aktif mempromosikan lingerie Savage x Fenty. 

Yang terbaru, ia tengah mempromosikan koleksi untuk edisi Valentine yang super seksi. Ada satu hal menarik dalam foto-foto promosi ini, yakni Rihanna ternyata mengenakan aksesori karya desainer aksesori tanah air, Rinaldy Yunardi.

"Itu headpiece yang berbentuk hati karya saya," kata Rinaldy Yunardi kepada JawaPos.com, Kamis (10/1/2019).

Rinaldy membuat headpiece warna merah untuk Rihanna ini dengan sentuhan bulu-bulu unggas dipadukan dengan material kawat khusus.

Simak juga berita menarik lain dari JawaPos.com

Bangga

Rihanna mengenakan headband rancangan Rinaldy Yunardi (Instagram @badgalriri)

Rinaldy mengaku bangga karyanya sudah dipakai oleh pelantun lagu "Take A Bow" itu. "Rihanna makin terlihat keren, sexy, romance," ujarnya.

Bukan yang Pertama

Rinaldy Yunardi. (Foto: instagram/ rinaldyyunardy)

Rihanna bukan artis mancanegara pertama yang menggunakan karya Rinaldy Yunardi. Sebelumnya, juga ada sejumlah artis dunia lain yang mengenakan rancangannya, mulai dari Katy Perry, Shakira, Beyonce, hingga Madonna.

(JawaPos.com/ Nurul Adriyana Salbiah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Levante vs Barcelona: Busquets Sebut Pemain El Barca Sempat Tertidur

Posted: 10 Jan 2019 10:40 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona di luar dugaan takluk 1-2 dari Levante pada leg pertama perdelapan Copa Del Rey, Jumat (11/1/2019). Sergio Busquets menyebut, kekalahan itu terjadi karena timnya tertidur di babak pertama.

"Di babak pertama, kami seperti tertidur dan mereka mengambil keuntungan dari hal itu," ujar Busquets seperti dilansir Marca.

Pada pertandingan ini, Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde menyimpan sejumlah bintang seperti Lionel Messi dan Luis Suarez. Sebagai pengganti, Valverde menurunkan para pemain muda semisal Carles Alena dan Malcom.

Siapa sangka, keputusan ini ternyata menjadi blunder. Gawang El Barca sudah bobol dua kali saat pertandingan belum memasuki menit ke-20.

Erick Cabaco membobol gawang Barcelona yang dikawal Jasper Cillessen pada menit keempat. Borja Mayoral menambah penderitaan Barcelona lewat golnya di menit ke-18.

Barcelona baru bisa membalas di menit 85 berkat penalti Philippe Coutinho. Hasil ini membuat Barcelona minimal harus menang 1-0 pada leg kedua di Nou Camp.

 

Masih Punya Peluang

Para pemain Barcelona merayakan gol Philippe Coutinho ke gawang Levante pada leg pertama babak 16 besar Copa del Rey. Barcelona kalah 1-2, Jumat (11/1/2018) dini hari WIB. (AP Photo/Alberto Saiz)

Kendati kalah, Busquets yakin timnya masih punya peluang lolos dan menang pada leg kedua. Apalagi, pertandingan leg kedua bakal berlangsung di Nou Camp.

"Kami masih punya peluang karena gol Coutinho dan tim layak mendapatkannya karena penampilan di leg kedua," kata Busquets.

Hasil Lengkap Perdelapan Final Copa del Rey, Jumat (11/1/2019) dinihari WIB

Athletic Bilbao 1-3 Sevilla

Real Betis 0-0 Real Sociedad

Levante 2-1 Barcelona

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Blusukan ke Pasar Rembang, Sandiaga Jajan Kue Tradisional

Posted: 10 Jan 2019 10:37 PM PST

Liputan6.com, Rembang - Calon Wakil Presiden nomor 02 Sandiaga Uno kembali blusukan ke pasar tradisional Kota Rembang, Jawa Tengah, Jumat pagi.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (11/1/2019), Sandiaga sempat menyempatkan diri menyapa pengunjung pasar yang sebagian besar merupakan kaum wanita atau emak-emak.

Sandi berkeliling pasar sebelum sempat jajan kue-kue tradisional.

Sandiaga mengaku mendapat banyak masukan dari para pedagang setempat baik soal fasilitas atau pun soal perekonomian rakyat. Terutama dari para ibu-ibu, yang selain memberi masukan juga selalu berebut foto dan bersalaman dengan Sandi. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapten Persib Antusias Menyambut Liga 1 Musim Baru

Posted: 10 Jan 2019 10:35 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung bakal memulai latihan perdana mereka untuk Liga 1 2019, Senin, (13/1). Kapten Persib, Supardi, mengaku tak sabar untuk kembali berlatih bersama rekan-rekannya.

Supardi memang menyebut dirinya lebih termotivasi menjelang musim baru. Libur panjang usai kompetisi sepertinya membuat mantan pemain Sriwijaya FC ini lebih bergairah.

"InsyaAllah Ahad ini sudah di Bandung. InsyaAllah lebih semangat menatap musim baru," kata bek bernomor punggung 22 tersebut, seperti dikutip di situs resmi Persib.

Manajemen Persib memang memberikan libur panjang usai Liga 1 2018 berakhir. Masa ini pun dimanfaatkan Supardi untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya.

Setelah menikmati libur panjang, kapten PERSIB Supardi Nasir mengaku lebih termotivasi menghadapi musim kompetisi 2019. Dia siap kembali ke Bandung pada akhir pekan ini untuk berlatih bersama PERSIB pada awal pekan depan.

Setelah menyelesaikan kompetisi Go-Jek Liga 1 2018, skuat Maung Bandung diliburkan kurang lebih selama sebulan. Momentum tersebut dimanfaatkan Supardi untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya. Menurut rencana, ia akan pada Minggu 13 Januari 2019 ini untuk mengikuti latihan perdana keesokan harinya.

Hingga saat ini, Supardi memang masih jadi pemain senior yang diandalkan. Musim lalu, dia tampil di 27 laga bersama Persib. Supardi mencetak tiga gol.

Tantangan Pertama

Pemain Persib Bandung merayakan gol yang dicetak oleh Bojan Malisic ke gawang Arema FC pada laga Liga 1 di Stadion GBLA, Jawa Barat, Kamis (13/9/2018). Persib menang 2-0 atas Arema FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Persib sendiri memang tak punya pilihan untuk segera menggelar latihan. Pasalnya, dalam waktu dekat mereka harus tampil di ajang Piala Indonesia.

Di babak 32 besar, Persib akan berhadapan dengan Persiwa Wamena. Di pertemuan pertama Tim Maung Bandung akan terlebih dahulu menjamu tamu Persiwa, sebelum menjadi tuan rumah di laga kedua.

Pelatih Baru

Dalam latihan pertama nanti, rencananya Persib sudah akan didamping pelatih baru mereka, Miljan Radovic. Pria asal Montenegro itu datang menggantikan Mario Gomez, pelatih Persib musim lalu.

Selain Radovic, musim ini Persib juga sudah dipastikan kedatangan dua pemain asing baru: Ezteban Vizcarra (Argentina) dan Srdan Lopicic (Montenegro). Keduanya melengkapi empat pemain asing Persib karena sebelumnya sudah ada Ezechiel N'Douassel (Chad) dan Bojan Malisic (Serbia).

 Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Kondisi Nyata Skybridge Tanah Abang yang Tak Sesuai Harapan

Posted: 10 Jan 2019 10:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa dipungkiri, Tanah Abang selalu menjadi magnet bagi warga Ibu Kota. Kenapa? Pusat perdagangan terbesar di Asia Tenggara ini selalu menyediakan produk berkualitas dengan harga relatif bersahabat dengan kantong.

Tak ayal, pedagang kaki lima (PKL) menjamur hingga ke tempat tidak semestinya. Pada zaman kepemimpinan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama, PKL dipindahkan ke Blok G Pasar Tanah Abang.

Tongkat kepemimpinan berganti, penegakan aturan sempat kendor. PKL kembali menguasai jalanan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kemudian melegalkan PKL berdagang di Jalan Jati Baru, sebelum tempat berjualan permanen yang terintegrasi dengan Stasiun Tanah Abang selesai.

Pada akhirnya, 7 Desember 2018, jembatan penyeberangan multiguna ini diuji coba. PKL mulai membuka kiosnya dengan antusias. Begitupun dengan penyeberang jalan.

Namun, antusiasme itu tak berlangsung lama. Padahal, pemprov berharap para PKL ini tak lagi berjualan di jalan meski tak ada Satpol PP, sehingga lalu lintas lancar. Pemprov juga berharap pejalan kaki lewat jembatan penyeberangan itu sehingga kios pedagang ramai pembeli.

Lantas, seperti apa kondisi nyata skybridge Tanah Abang yang masih diuji coba hingga 15 Januari 2019 nanti? Berikut catatan Liputan6.com:

1. Terus Dijaga Satpol PP

Personel Satpol PP berjaga di bawah skybridge Tanah Abang, Jakarta, Selasa (8/1). Penjagaan tersebut dilakukan untuk mencegah PKL yang berjualan di sekitar Stasiun Tanah Abang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi mengatakan, ada sebanyak 446 PKL yang sudah terdata dan akan pindah ke skybridge. Sementara, sebanyak 200 PKL akan dipindah ke Blok F. Sisa, PKL yang tidak terdaftar, akan digusur.

"Nah, itu tugas saya nanti nyapu sisanya PKL di bawah," kata Irwandi di Tanah Abang, Jumat 7 Desember 2018.

Menurut dia, Pemkot Jakpus akan mengerahkan 500 personel Satpol PP untuk "membersihkan" bawah skybridge Tanah Abang dari PKL.

"Senin kita akan turunin 500 satpol PP, jadi 300 dari provinsi, 200 wilayah," ucap Irwandi kala itu.

Pengamatan Liputan6.com pada Selasa 8 Januari 2019, bawah jembatan ini sudah bersih dari PKL tapi Satpol PP masih berjaga-jaga. 

2. Warga Lebih Pilih Loncati Pagar

Pengunjung melintasi sejumlah kios pedagang di Skybridge atau jembatan multiguna Tanah Abang, Jakarta, Selasa (11/12). Ada 446 kios di Skybridge Tanah Abang. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Meski skybridge Tanah Abang telah dibangun, ada sejumlah warga Ibu Kota yang masih enggan memanfaatkan fasilitas dari Pemprov DKI ini. Mereka lebih memilih berjalan di kolong jembatan dan melompati beton pembatas.

Seperti yang terlihat pada Kamis sore kemarin, mereka memilih berjalan dari arah Blok A, B, F, dan G yang hendak menuju pintu masuk Stasiun Tanah Abang dengan melompati separator dari pada melintas di skybridge.

Adel, salah satu warga mengaku melompati pagar demi efisiensi waktu. 

"Saya buru-buru. Kalau naik itu (jembatan penyeberangan multiguna) kelamaan," ucap dia sembari berjalan.

Lain halnya dengan ibu-ibu yang enggan disebutkan namanya. Dia mengaku hanya ikut-ikutan melompati jalanan dibanding melintas di skybridge. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Hidup Tenang, Jangan Abaikan 3 Tugas Keuangan Anda Ini

Posted: 10 Jan 2019 10:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan memiliki banyak aspek yang perlu diperhatikan baik penampilan, fisik, pekerjaan, keluarga hingga hal-hal mengenai keuangan. Keuangan adalah salah satu hal yang penting untuk dikelola dengan baik.

Keuangan adalah suatu hal yang sensitif, di mana banyak orang yang kurang baik dalam mengatur keuangan. Biasanya seseorang lebih terfokus untuk pada daftar apa saja yang telah dilakukannya menyangkut keuangan.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan atau dilakukan mengenai hal-hal keuangan dalam kehidupan kita. Berdasarkan Strartribune.com, berikut tiga tugas keuangan yang perlu kamu sadari:

1. Pajak

Perhatikan setiap pajak yang perlu kamu bayar, mungkin akan ada perubahan aturan perpajakan. Meskipun jarang diperhatikan, pajak adalah suatu hal yang penting. Akan merepotkan atau menambah pengeluaran jika kamu telat atau tidak membayar pajak dengan benar.

2. Sadari beban medis Anda ke depannya

Menjadwalkan pengecekan kesehatan pada awal tahun atau lebih dini, dapat membantu kamu dalam memastikan dan mengatur keuangan Anda. Selain itu penggunaan biaya medis ada di tempat kerja lebih awal, dapat menguntungkan Anda yang mungkin akan berhenti bekerja nantinya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

3. Atur atau sesuaikan tabungan Anda

Menabung jadi salah satu cara menyelamatkan keuanganmu di hari tua | via: mainstreet.com

Buatlah tabungan untuk tujuan tertentu seperti liburan, pajak properti, asuransi, biaya perbaikan kendaraan dan sebagainya. Dengan pengaturan tabungan ini, Anda dapat menyisihkan tabungan Anda untuk beberapa keperluan, sehingga jika ada sesuatu yang terjadi mendadak Anda tidak terlalu khawatir karena kalian memiliki tabungan untuk itu.

Hal yang perlu diperhatikan dalam keuangan adalah bukan hanya apa yang Anda habiskan saat ini atau pengeluaran yang telah berlalu, melainkan apa yang belum Anda keluarkan atau hal-hal terduga ke depannya menjadi penting untuk diperhatikan.

 

Reporter :

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukalapak Siap Kolaborasi dengan Pemerintah Terapkan e-Government

Posted: 10 Jan 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak dikenal sebagai salah satu platform marketplace kenamaan di Indonesia. Namun tidak hanya marketplace, startup ini juga memiliki rencana mengajak pemerintah melakukan revolusi e-Government.

"Kami ingin melakukan revolusi e-Government. Kaim ingin mengajak pemerintah daerah untuk membuka layanan di Bukalapak," tutur co-founder dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky, saat ulang tahun ke-9 Bukalapak di Jakarta, Kamis (10/1/2019), kemarin.

Menurut Zaky, Bukalapak ingin menjadikan aplikasinya sebagai kanal bagi sejumlah layanan pemerintah. Layanan yang dimaksud Zaky mulai dari pembayaran pajak, pengurusan KTP hingga paspor.

"Untuk waktunya, tentu tergantung keinginan pemerintah daerah, yang pasti kita membuka dan mengajak pemerintah daerah," tutur pria lulusan Institut Teknologi Bandung tersebut.

Sekadar informasi, Bukalapak sendiri sudah mulai bekerja sama dengan pemerintah untuk menghadirkan layanan di aplikasinya. Salah satunya adalah kerja sama dengan pemerintah Jawa Barat untuk membayar pajak kendaraan.

"(Karenanya) kerja sama dengan instansi atau pemerintah pasti banyak tahun ini. Kami memang memiliki tim khusus untuk itu," ujarnya Zaky menjelaskan.

Selain Pemerintah Jawa Barat, Bukalapak juga bekerja sama dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan dan Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Melalui kerja sama tersebut, Bukalapak menghadirkan program pembiayaan ultra mikro (UMi). Dengan program ini, pemilik warung mendapatkan pembiayaan pinjaman usaha maksimal 10 juta.

Ulang Tahun ke-9, Bukalapak Investasi Rp 1 Triliun ke Pemberdayaan Warung

Founder dan CEO  Bukalapak Achmad Zaky memberikan keterangan kepada awak media saat merayakan HUT ke-9 Bukalapak (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Menyambut ulang tahun kesembilan, Bukalapak terus mengembangkan misinya untuk memberdayakan pelaku usaha kecil. Salah satunya dilakukan dengan program Mitra Bukalapak yang membantu pengusaha warung meningkatkan penjualannya.

Kini, Bukalapak kian serius menggarap program Mitra Bukalapak tersebut. Hal itu ditunjukkan dengan investasi Rp 1 triliun yang siap digelontorkan startup unicorn tersebut.

"Bersamaan dengan ulang tahun, kami memiliki rencana untuk berinvestasi Rp 1 triliun untuk program Mitra Bukalapak ini," tutur Co-founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Investasi ini, menurut Zaky, tidak lepas dari pertumbuhan program Mitra Bukalapak yang cukup pesat sejak diluncurkan dua tahun lalu. Saat ini, sudah ada 500 ribu warung yang bergabung dalam program ini.

Nantinya, investasi ini akan ditujukan pengembangan gudang, mengingat distribusi merupakan backbone dari program ini. Selain itu , Bukalapak juga akan menambah inventaris produk yang ditawarkan. 

"Sejak awal, kami memang fokus memberdayakan pelaku usaha kecil dan menengah. Akhirnya setelah berjibaku, kami berhasil mengembangkan program Mitra Bukalapak ini," tuturnya menjelaskan.

Meski kini memiliki program untuk mendukung pertumbuhan warung offline, Zaky menuturkan bukan berarti Bukalapak akan meninggalkan bisnis utamanya sebagai e-Commerce alias penjualan online.

Menurut Zaky, fokus Bukalapak masih ke layanan penjualan online dan hingga kini terus bertumbuh. Namun, dia tidak menampik program offline atau Mitra Bukalapak harus diakui tumbuh lebih besar.

"Sekarang kami ingin dilihat bahwa Bukalapak merupakan ekosistem pelaku usaha kecil. Itu yang kami ingin tunjukkan saat ini," tutur lulusan Institut Teknologi Bandung tersebut.

Alasan Kian Fokus Garap Lini Offline

Presiden Joko Widodo menerima tumpeng dari Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky selama acara hari ulang tahun (HUT) ke-9 BukaLapak di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (10/1). (Liputan6.com/HO/Biropers)

Keputusan Bukalapak untuk menggarap Mitra Bukalapak kian serius bukannya tanpa alasan. Zaky menuturkan, transaksi offline di Indonesia sebenarnya masih sangat tinggi.

Terlebih, data dari pemerintah menunjukkan ada 50 juta pelaku usaha kecil di Indonesia. "Dengan 500 ribu warung yang bergabung di Mitra Bukalapak, berarti masih berpotensi sekali," tutur Zaky.

Di sisi lain, sejumlah riset menunjukkan bahwa dari 300 juta orang Indonesia, baru sekitar 12 juta yang pernah melakukan belanja online. Jadi, peluang tersebut yang ingin dijangkau oleh Bukalapak.

"Transaksi dari Mitra Bukalapak juga sudah lumayan. Saya bisa katakan 20 persen transaksi di Bukalapak dari offline," tuturnya menjelaskan.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Minta Konsultan RI Punya Kredibilitas dan Independen

Posted: 10 Jan 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka Pembukaan Rapat Koordinasi Pimpinan Nasional Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) di Istana Wakil Presiden, Jalan Merdeka Selatan, Jumat (11/1/2019).

JK meminta para konsultan semua bidang di Indonesia tidak hanya memiliki kemampuan tetapi dapat dipercaya. 

"Sehingga jangan sampai konsultan nurut kepada pemilik proyek tetapi juga berdiri untuk kebaikan efisiensi semua pihak. Karena itu maka skill dibutuhkan keahlian, suatu independensi dan ketegasan," kata JK saat sambutannya di hadapan para peserta INKINDO di Istana Wapres, Merdeka Selatan.

Dia menceritakan beberapa waktu lalu saat melewati Sulawesi Selatan hingga utara. Ada hal berbeda, di Selatan kata dia jalanan cukup baik tetapi ketika sampai di Sulawesi Utara berbeda. Hal tersebut kata JK karena konsultan yang berbeda walaupun pemilik proyek sama. 

"Saya tanya PUnya, ya karena konsultannya. Satu orang Australia sebelum dibayar , dan tanda-tangan dia periksa satu persatu. Begitu ada yang jelek dia pilok putih, harus dibongkar dan akhirnya jalan," kata JK. 

Berbeda dengan konsultan Indonesia, Jusuf Kalla menjelaskan banyak memiliki perhitungan dan kebijakan. Serta tidak ada ketegasan. 

"Satu konsultannya banyak kebijakannya. Tolonglah ini biaya susah, ini iyalah-iyalah," ini ketegasan ini perlu dipahami adalah esensi suatu itu. Konsultan kalau tawar menawar maka sama sekarang nanti masalah lagi di belakang hari. bisa menjadi masalah di belakang hari," kata JK.

 

Reporter: Intan Umbari

Sumber: Merdeka.com

 

Banyak Kontraktor Gulung Tikar di 2018, Bagaimana Tahun Ini?

Suasana proyek pembangunan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, Kamis (25/10). Proyek yang masih terus berlangsung ini dikerjakan sebagai upaya untuk menambah infrastruktur di ibu kota (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, gencar pembangunan infrastruktur yang digalakan pemerintah rupanya tak selaras dengan bisnis kontraktor karena banyak yang mengalami gulung tikar.

Namun begitu, Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) menganggap, 2019 bisa menjadi tahun yang lebih baik bagi para kontraktor kecil dan menengah yang tersebar di pelosok Indonesia.

Sekretaris Jenderal Badan Pimpinan Pusat Gapensi Andi Rukman Nurdin mengatakan, sudah terlalu banyak kontraktor swasta yang gulung tikar lantaran kalah saing dengan keberadaan asosiasi yang menaungi kontraktor dengan raport baik.

"Sebelum terbit Undang-Undang Nomor 18 (Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi), kontraktor yang tergabung bersama Gapensi ada sekitar 68 ribu. Saat UU itu terbit, muncul beberapa asosiasi. Pengguna jasa konstruksi kemudian banyak yang lebih memilih asosiasi yang berkinerja baik," papar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin 7 Januari 2019.

"Sekarang ada 35 ribu kontraktor yang tergabung dalam Gapensi," dia menambahkan.

Oleh karenanya, Calon Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Wilayah Timur ini menyebutkan, banyak kontraktor swasta kecil dan menengah yang lantas tutup usaha akibat kekurangan modal sehingga kalah saing dalam proses pelelangan.

"Pada 2017-2018 banyak proyek besar untuk memacu pertumbuhan infrastruktur. Tapi kontraktor-kontraktor daerah itu secara modal tidak mencukupi," tutur dia.

Akan tetapi, dia menuturkan, Gapensi melihat adanya secercah harapan terkait peluang kontraktor kecil untuk mendapatkan lahan proyek. Hal ini lantaran adanya perubahan segmentasi pasar jasa konstruksi, sehingga kontraktor swasta bisa mengambil proyek dengan nilai kontrak antara 0 hingga Rp 10 miliar.

Adapun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam penerbitan Surat Edaran Nomor 10 memaparkan, telah memberikan klasifikasi pemaketan pemaketan terhadap suatu proyek. Perusahaan kecil bisa menggarap proyek Rp 0-10 miliar, sedangkan perusahaan menengah Rp 10-100 miliar dan perusahaan besar Rp 100 miliar ke atas.

"Mereka sekarang bisa kerjakan proyek 0 sampai Rp 10 miliar. Apalagi 2019 ini presiden banyak instruksikan Kementerian PUPR bangun proyek semisal sekolah atau madrasah. Itu jadi peluang 120 kontraktor daerah untuk ikut berpartisipasi proses pelelangan," tutur dia.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prostitusi Artis Muncul Lagi, Robby Abbas Bongkar Tarif Paling Mahal

Posted: 10 Jan 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polda Jawa Timur terus mengembangkan penyelidikan terkait kasus prostitusi artis yang melibatkan selebritas Tanah Air. Dalam waktu dekat, lima artis dan model akan dipanggil ke Mapolda Jatim.

"Sementara ada lima oknum yang ada kaitannya dengan prostitusi online, dalam waktu dekat akan kita panggil. Status mereka sebagai saksi. Mereka masing-masing berinisial AC, TP, dan BS yang merupakan dari oknum model. Disusul berinisial ML dan RF dari oknum artis," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dalam keterangannya perihal prostitusi artis, Kamis (10/1/2019).

Berdasarkan bukti yang sudah ada, kelima artis dan model itu diduga kuat masuk dalam jaringan prostitusi online. Secara bertahap, mereka akan dimintai keterangan oleh penyidik sebagai saksi.

Dari hasil penelusuran transaksi perbankan milik muncikari TN dan ES, nama lima selebriti dan model itu teridentifikasi terlibat prostitusi artis.

"Ada data lima artis dari perbankan yang kita dapatkan. Dan ini kita kembangkan terus," sambung Luki.

Mantan Muncikari

Ilustrasi prostitusi

Kasus prostitusi artis VA, mengingatkan publik dengan kejadian serupa pada tahun 2015. Saat itu, muncikari Robby Abbas divonis oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hukuman penjara 1 tahun 4 bulan.

Dalam acara Hotman Paris Show yang dipandu Hotman Paris Hutapea, Kamis (10/01/2019), Robby Abbas menceritakan pengalamannya dalam mendalangi prostitusi online yang melibatkan deretan selebritas.

Robby Abbas mengaku telah menjembatani transaksi prostitusi yang melibatkan 100 seleb dan hampir setengahnya adalah artis papan atas. Tarif prostitusi paling mahal untuk artis papan atas sebesar Rp 150 juta.

Diminta

Ilustrasi prostitusi

Kala itu, Robby Abbas mengaku sejak awal tidak pernah menawarkan seseorang artis untuk terjerumus dalam lembah prostitusi yang dikelolanya. Tetapi, para artis tersebut yang memintanya.

"Waktu di fakta persidangan semua bukti keluar ya, Bang. Bahwa aku enggak pernah menawarkan, mereka yang meminta. Dari beberapa artis yang dipanggil untuk klarifikasi di Polres Jakarta Selatan, mereka terbukti mereka yang meminta ke saya. Bukan aku yang menawarkan," papar Robby Abbas.

Transaksi

Ilustrasi prostitusi

Saat menjadi muncikari, Robby Abbas mengatur kegiatan transaksi keuangan secara tunai dari penyewa prostitusi. Dari tarif yang dibayarkan, ia mengambil komisi sebanyak 20 persen.

Sebagai perantara, Robby Abbas yang menyiapkan tempat untuk artis pelaku dan penyewa prostitusi bertemu. Kemudian di tempat berbeda, ia akan bertemu dengan artis itu untuk memberikan uangnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Drone Serang Parade Militer Yaman

Posted: 10 Jan 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Drone menyerang parade militer pemerintah Yaman di Provinsi Lahiz. Akibatnya enam orang tewas dan puluhan personel militer terluka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini saat Artis Stand Up Comedy Persiapkan Lagu untuk HUT ke-24 Indosiar

Posted: 10 Jan 2019 10:23 PM PST

Fokus, Jakarta - Konser Raya 24 Tahun Indosiar Luar Biasa tidak hanya menampilkan penyanyi papan atas. Ada juga komika Stand Up yang akan menghibur.    

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (11/1/2019), salah satu komika yang akan memeriahkan acara puncak adalah Jarwo Kwat.

Komika Jarwo Kwat sedang berlatih saat ditemui tim redaksi di Studio Indosiar, Daan Mogot, Jakarta Barat. Jarwo tidak akan hanya membawakan cerita lucu, tetapi akan bernyanyi di Konser Raya.

"Seminggu saya latihan vokal," ujar komika Jarwo Kwat.

Selain Jarwo, ada juga Cing Abdel dn Mo Sidik yang akan bernyanyi. Mereka akan membawakan lagu 'Melawan Itu Susah'.  

"Kalau denger lagunya perih ya. Kalau liat Suca ada satu segmen yang komika harus improve dan bernyanyi Melawak Itu Susah. Kalau yang ini versinya lebih slow ya," kata komika Mo Sidik.  

Penasaran melihat Jarwo Kwat, Cing Abdel dan Mo Sidik bernyanyi? Saksikan aksi mereka di Konser Raya 24 Tahun Indosiar Luar Biasa yang akan disiarkan langsung pada 11 Januari pukul 19.00 WIB. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Kembali Rekrut Pemain Muda Spanyol

Posted: 10 Jan 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid makin mengukuhkan tren untuk merekrut pemain-pemain muda yang kurang dikenal publik. Seperti dilansir Marca, Madrid merampungkan transfer bek asal Malaga Jose Lopez Martinez atau Chechu.

Pemain Timnas Spanyol U-17 ini disinyalir bisa main di posisi bek tengah maupun bek kiri. Posisi ini memang yang dibutuhkan Real Madrid saat ini.

Madrid membutuhkan pemain yang bisa main di banyak posisi. Apalagi pemain seperti Marcelo yang punya spesialisasi sebagai bek kiri sudah menua.

Sejak Rabu (9/1/2019) lalu, Real Madrid sudah mengurusi transfer Chechu. Sedangkan sang pemain sudah menikmati permainan Madrid saat melawan Leganes di tribun Bernabeu pada laga Copa del Rey.

Chechu lahir dan berkembang sebagai pemain sepak bola di Murcia. Namun peruntungan membawanya ke Valencia sebelum gabung dengan Malaga.

 

 

Transfer Kedua

Pemain baru Real Madrid, Brahim Diaz mengontrol bola saat diperkenalkan di Santiago Bernabeu  (7/1). Diaz direkrut Madrid dari Manchester City dengan dana 17,3 juta euro (Rp 281 miliar) plus 7,3 juta euro (Rp 118 miliar). (AP Photo/Manu Fernandez)

Chechu menjadi pemain muda kedua yang direkrut Real Madrid pada bursa transfer Januari. Sebelumnya, Madrid juga resmi merekrut Brahim Diaz dari Manchester City.

Uniknya Diaz dan Chechu punya agen yang saa yaitu Pere Guardiola yang tak lain saudara kandung dari Pep Guardiola.

Dalam persetujuan transfer Chechu juga melibatkan soal Dani Sanchez. Pemain ini kembali ke Malaga.

Sejak Zinedine Zidane resmi melatih Madrid, pemain muda mulai mendapatkan tempat dalam skuat inti. Nama-nama seperti Marcos Asensio, Lucas Vazquez dan yang lainnya kini menjadi andalan di Real Madrid.

Klasemen Liga Spanyol

Berikut klasemen La Liga hingga pekan ke-18:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kangen Mendiang Ibunda, Ungkapan Melly Goeslaw Undang Rasa Haru

Posted: 10 Jan 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kerinduan terhadap sosok sang ibu sepertinya tengah dirasakan oleh penyanyi dan pencipta lagu Melly Goeslaw. Melalui akun Instagram pribadinya Melly Goeslaw, mengungkapkan kerinduan yang terdalam terhadap sosok sang ibu, Ersi Sukaesih, yang telah lama meninggal dunia.

Di media sosialnya pada Jumat (11/1/2019), Melly Goeslaw mengunggah gambar seperti tangannya sedang menggenggam tangan sang ibunda.

"Kangen sekali saya mamah. Di tanah suci ini saya berdoa semoga kita bisa berkumpul kembali kelak di surga Allah SWT #11januari2015," tulis pencipta lagu "Bunda" tersebut pada keterangan fotonya.

Melihat unggahan foto tersebut, banyak warganet yang memanjatkan doa serta turut merasakan kerinduan terhadap sosok ibu yang telah tiada, seperti yang dialami Melly Goeslaw.

Ikut Sedih

Melly Goeslaw. (Instagram @melly_goeslaw)

"Masyaa Allah tabarakalloh...teh mely jdi ikut sedih inget mamah ku jga...Aamiin smoga kta smua bisa berkumpul bersama kel...kta di surganya Allah kelak...🙏," tulis akun @amiemariam.

"iya teh tau rasanya kangen sm mama... saat kehilangan rasanya susah diungkapkan dgn apapun... smga kelak sama2 bertemu di surganya 4jji... amiiin ya 4jji amiiin ya rabbal alamiiin alfatihah..," ungkap akun @anns_komunika.

"😢 al fatihah teh..sy jg ngalamin kangen sm orang yg sudah tenang d sana..rasa'y pngn ketemu tp g bsa," tulis akun @wiedhanienx.

Teringat

Melly Goeslaw

"Sedih bacanya teh, jadi keingat ibu saya.. mari bacakan alfatihah buat ibu2 kt, semoga kelak disatukan di syurganya Allah.. aaamiiin ya Rabb," ungkap akun @dygonugroho menambahkan.

Tepat pada 11 Januari 2015 lalu, Ersi Sukaesih, ibunda dari Melly Goeslaw, meninggal dunia di usianya yang ke-63 tahun. Sang ibunda dikabarkan meninggal karena penyakit diabetes.

(Siti Fuadah/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Maskapai Pesawat yang Sudah Mengenakan Tarif Bagasi

Posted: 10 Jan 2019 10:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan Lion Air dan Wings Air yang tergabung dalam grup Lion Air ini mengumumkan tarif untuk bagasi penumpang. Hal ini terhitung untuk pembelian tiket penerbangan domestik mulai Selasa, 8 Januari 2019 sampai batas waktu yang belum ditentukan. Mulai tanggal tersebut, penumpang Lion Air tidak lagi mendapat bagasi 20 kilogram secara gratis. Begitu juga dengan penumpang Wings Air, mereka sudah tidak lagi mendapatkan bagasi 10 kilogram secara gratis lagi.

Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan (Menhub) mengatakan, berdasarkan aturan terdapat maskapai yang diizinkan untuk memberlakukan tarif, termasuk bagasi. Namun dirinya meminta agar pemberlakuan keputusan baru itu tidak mengganggu layanan penumpang. Baginya, hal ini dapat meningkatkan On Time Performance (OTP) maskapai.

Ketentuan pemberlakuan aturan baru bagasi

Lion Air dan Wings Air menerapkan prepaid baggage untuk seluruh penerbangan domestiknya. Kini penumpang maskapai low cost carrier harus mengeluarkan biaya tambahan jika membawa barang di bagasi. Setiap calon penumpang, diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kilogram dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, binocular, tas jinjing wanita (hand luggage). Ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin adalam 40 cm x 30 cm x 20 cm. Hal ini diungkapkan oleh Lion Air melalui akun Instagram-nya.

Adapun tarif yang perlu dikeluarkan oleh penumpang penerbangan domestik yang membutuhkan kuota bagasi, dapat membeli voucher bagasi (Pre-paid Baggage) melalui agen perjalanan (agen portal), www.lionair.id dan kantor penjualan tiket resmi Lion Air Group.

Untuk setiap rute penerbangan memiliki harga yang berbeda-beda. Untuk harga tarif bagasi ini bisa dicek melalui www.lionair.co.id. Pada akun Instagram Lion Air, memberikan contoh tarif untuk penerbangan Jakarta ke Surabaya.

Biaya Bagasi Maskapai Lion Air, Jakarta ke Surabaya

Untuk bagasi dengan berat 5 kilogram dikenakan Rp 80.000

10 kilogram sebesar Rp 160.000

15 kilogram sebesar Rp 240.000

20 kilogram sebesar Rp 320.000

25 kilogram sebesar Rp 400.000

30 kilogram sebesar Rp 480.000

 

Dari foto daftar bagasi Lion Air yang beredar di media sosial, terpampang harga untuk bagasi

5 Kg sebesar Rp 155.000

10 Kg bagasi harganya Rp 310.000

15 Kg harganya Rp 465.000

20 Kg harganya Rp 620.000

25 Kg harganya Rp 755.000

30 Kg bagasi harganya mencapai Rp 930.000.

"Pada gambar informasi yang beredar, kami masih melacak sumbernya. Namun, untuk struktur harga tersebut adalah kisaran pada penerbangan dengan flight hours lebih dari 3 jam," kata Corporate Communication Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro ketika dikonfirmasi Liputan6.com, Rabu (9/1/2019). Untuk rute penerbangan yang memakan waktu hingga 3 jam seperti Jakarta - Gorontalo, Jakarta - Manado, dan Jakarta – Kupang, maka akan dikenakan biaya yang berbeda pula. Hal ini diungkapkan oleh Danang Mandala. Tidak hanya Lion Air dan Wings air yang mengenakan biaya tambahan untuk bagasinya.

Citilink juga memberlakukan bagasi berbayar

Citilink tercatat sebagai maskapai Indonesia pertama yang menerapkan Electronic Flight Bag di Kokpit Pesawat.

Maskapai Berbiaya Hemat, Citilink Indonesia, akan memberlakukan ketentuan barunya juga yaitu mengenakan bagasi berbayar pada rute penerbangan domestik. Ketentuan ini sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 185 Tahun 2015 mengenai Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi. Sama seperti Lion Air dan Wings Air, Citilink Indonesia juga termasuk dalam kategori maskapai dengan pelayanan no frills (pelayanan dengan standar minimum).

Untuk Informasi lebih lanjut bisa melalui website Citilink. "Maka sesuai dengan kelompok pelayanan yang tertera pada Pasal 22 khususnya butir c PM 185 tahun 2015 yang menyatakan bahwa maskapai no frills dapat mengenakan biaya untuk pengangkutan bagasi tercatat," kata Pjs. VP Sales & Distribution PT Citilink Indonesia, Amalia Yaksa melalui keterangan resminya, Kamis (10/1/2019)

Semua kebijakan baru yang dilakukan oleh para maskapai tersebut disetujui oleh Menteri Perhubungan, namun mereka harus melakukan sosialisasi terlebih dahulu selama 2 minggu kepada seluruh pihak yang bersangkutan. Tidak hanya maskapai penerbangan Lion Air, Wings Air, dan Cirilink. Maskapai penerbangan asal Malaysia, Air Asia juga menerapkan bagasi berbayar untuk penerbangan internasional. Sementara untuk penerbangan domestik, Air Asia masih menggratiskan bagasinya.

 

Reporter: Nisa Mutia Sari 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Targetkan Harga Karet Naik Jadi Rp 9.000 per Kg

Posted: 10 Jan 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian PUPR dan Kementerian Pertanian tengah mengkaji rencana pemanfaatan karet untuk pembangunan jalan. Hal tersebut perlu dilakukan mengingat harga jual karet alam yang tengah mengalami penurunan.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Bambang mengatakan, pemerintah sedang mengkaji spesifikasi karet yang memenuhi kualitas sebagai pencampuran aspal. Ke depan, produksi karet diharapkan dapat mencapai kualitas optimal.

"Ini yang sedang menindaklanjuti itu tapikan harus ada spesifikasi teknis untuk bisa memenuhi permintaan supaya dijadikan bahan dasar pengolahan karet untuk aspal itu ya. Jadi kita juga mendorong apa treatment yang kita berika kepada petani untuk bisa," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Bambang mengatakan, peningkatan kualitas karet ini akan membuat harga karet naik. Dia menargetkan, karet produksi dalam negeri mampu mencapai harga Rp 9.000 per Kilogram (Kg), naik signifikan dibanding harga saat ini sebesar Rp 6.000 per Kg.

"Kita harapkan harga Rp 9.000-Rp 10.000 an lah tapi dengan harga Rp 9.000 sudah bagus lah.

Artinya kita dorong petani untuk menghasilkan spesfikasi yang dibutuhkan itu supaya harganya bisa masuk. Jadi petani bisa mendapatkan pendapatan yang wajar. Sekarang yang mutunya rendah kan sekitar Rp 6.000 per Kg," jelasnya.

Bambang menambahkan, kriteria karet berkualitas baik yang akan didorong ke depan harus memiliki tingkat kadar kekeringan maksimum dan kebersihan terjaga. "Masing-masing pasar, masing-masing industri untuk kepentingan apa juga mutunya berbeda. Tapi tergantung kadar kering nya kebersihannya dan seterusnya," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Pemerintah Bakal Olah Karet Jadi Aspal

Proyek aspal karet Kementerian PUPR. Dok: Kementerian PUPR

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggelar rapat kerja dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengenai pemanfaatan karet untuk pembangunan jalan. Mengingat saat ini, harga jual karet alam tengah menurun.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menyebutkan, hasil rapat tersebut menghasilkan keputusan pemerintah siap menyerap 2.000 ton karet untuk dijadikan bahan campuran pembuatan aspal.  

Dia menjelaskan, penggunaan aspal karet tersebut akan dilakukan di beberapa daerah yang merupakan penghasil karet terbesar antara lain Sumatera Selatan, Jambi, Medan dan Kalimantan. Dengan harapan dapat mendongkrak harga karet yang kian terpuruk.

"Kita akan angkat (harga karet), jadi akan naik terutama di beberapa sentra karet di Indonesia Sumatera Selatan, Jambi, Medan dan Kalimantan. Karena sekarang harga karet agak turun. Nah, kita harapkan ada terbentuk satu harga untuk masyakarat," kata Dirjen Budi saat ditemui usai rapat  di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Minta Polisi Usut Tuntas Kasus Teror Bom Meski Palsu

Posted: 10 Jan 2019 10:15 PM PST

Fokus, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tetap berharap pelaku teror bom di rumah pimpinan KPK Agus Rahardjo diungkap meski hasil investigasi terungkap bom yang digunakan palsu.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (11/1/2019), Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, bagi KPK yang terpenting adalah pelaku teror bom siapa dan apa motivasinya.

"Ini bisa saja merupakan upaya untuk menganggu atau meneror pimpinan KPK, itu tentu perlu diungkap pelakunya siapa dan tujuannya apa," jelas Febri. 

Indonesian Corruption Watch (ICW) juga mendesak pihak kepolisian mengusut tuntas kasus teror bom di rumah pimpinan KPK.

"Kita juga meminta agar bisa mengusut tuntas teror pimpinan KPK dan kita anggap ini sebagai cobaan pascakasus Novel Baswedan," ujar Peneliti ICW Kurnia Ramadhana.

Sebelumnya, kediaman Ketua KPK Agus Rahardjo di perumahan Graha Indah Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, di teror bom, Rabu 9 Januari lalu. Petugas menemukan benda mirip dengan paralon di depan rumah korban. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpar Sebut Indonesia Negara Paling Aman Nomor 9 di Dunia

Posted: 10 Jan 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengungkapkan Indonesia sebagai negara paling aman ke-9 di dunia. Menpar Arief Yahya mengapresiasi kinerja Polri dalam meningkatkan safety and security di Indonesia. Hal itu disampaikan saat Menpar Arief Yahya dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Tito Karnavian menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 10 Januari 2019.

"Dalam hal security terbukti (menurut laporan Gallup's Law and Order Report tahun 2018) Indonesia mengantongi skor 89 dan berada di posisi ke-9 sebagai negara dengan tingkat ketertiban dan hukum tertinggi atau setingkat di atas Denmark dan setingkat di bawah Kanada. Adapun posisi puncak dipegang Singapura dengan skor 97, diikuti oleh Norwegia, Islandia dan Finlandia yang masing-masing berbagi skor sama 93," kata Menpar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Kamis, 10 Januari 2019.

Menpar Arief Yahya menegaskan, dalam laporan Ampersand Travel (situs perjalanan di Inggris) merilis data Solo Women Traveler Index (Index tingkat keamanan traveling bagi perempuan) menempatkan Indonesia sebagai negara teraman ke-5 (Jepang, Perancis, Spanyol, USA, Indonesia) dari 70 negara.

Dalam sambutannya, Arief Yahya juga mengapresiasi cepatnya penanganan krisis oleh Polri serta penyajian informasi kepada masyarakat terkait keamanan di bidang pariwisata di Indonesia yang tergolong cepat. Arief Yahya memberi contoh dalam kejadian aksi teror Bom Thamrin, dalam waktu 5 jam pemerintah sudah bisa memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat internasional.

"Penanganan kejadian Bom Thamrin tanggal 14 Januari 2016 yang berlangsung cepat dan tepat memberikan impresi positif di dunia internasional, di antaranya Menpar yang mendapat pujian ketika cepat mengembalikan kepercayaan internasional untuk keamanan Indonesia saat ATF Manila tanggal 18-25 Januari 2016," kata Menpar Arief Yahya.

Sementara itu, Kapolri Tito Karnavian dalam sambutannya mengatakan, empat sektor yang menandatangani Nota Kesepahaman hari ini adalah sektor ESDM, finansial, pernukliran, dan pariwisata sebagai primadona di masa depan.

"Indonesia adalah negara yang sangat potensial pariwisatanya, terutama adalah eco-destination dan top world destination untuk diving. Hawaii boleh hebat tapi tidak akan sehebat Bali. Wisata kuliner kita juga handal mulai dari rendang, gado-gado, rawon, kita semua punya. Sektor pariwisata ini investasinya termasuk yang paling murah dibanding sektor yang lain tapi berdampak besar. Revolusi digital 4.0 itu akan merubah semua, dengan digitalisasi ada kemungkinan memangkas jumlah tenaga kerja, tapi sektor pariwisata justru sebaliknya menyerap tenaga kerja yang banyak," kata Kapolri Tito Karnavian.

Kapolri Tito Karnavian menjelaskan, di sisi lain pariwisata juga membutuhkan jaminan keamanan, dan di situlah Polri berperan.

"Saya juga bersyukur, Indonesia termasuk negara paling aman nomor 9 di dunia. Polri juga memiliki elemen khusus yang disebut Polisi Pariwisata, saya tekankan ke Kapolda boleh berkreasi dan saya bebaskan untuk berkreasi sesuai local wisdom masing-masing daerah sesuai dengan batas kewajaran," kata Kapolri Tito Karnavian. 

Nota Kesepahaman yang ditandatangani Menpar Arief Yahya dan Kapolri Tito Karnavian tersebut berisi beberapa poin antara lain, kerja sama pertukaran data dan informasi di bidang pariwisata, pengamanan dan penegakan hukum dari Polri di sektor pariwisata, serta kerja sama pengembangan sumber daya manusia (SDM) lintas lembaga.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mampukah Mitsubishi Xpander Mengulangi Torehan Positif Tahun Lalu?

Posted: 10 Jan 2019 10:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mitsubishi Xpander meraih torehan positif di awal-awal tahun kemunculannya. Dan tahun lalu (2018), menjadi titik puncak kesuksesan Xpander dengan pencapaian lebih dari 115 ribu unit dari Januari hingga Desember 2018.

Irwan Kuncoro selaku Director of Sales & Marketing Division MMKSI mengatakan, Xpander sebagai small-MPV unggulan Mitsubishi Motors telah mendapatkan penerimaan yang sangat baik. Hal tersebut tidak terlepas dari kesesuaian desain, fitur, performa dan kenyamanan yang ditawarkan dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia.

"2018 merupakan tahun penting bagi sosialisasi Xpander kepada masyarakat, dan di tahun ini kami terus berusaha untuk melanjutkan kesuksesan aktivitas, capaian dan kontribusi Xpander serta meningkatkan layanan terbaik untuk konsumen dan masyarakat Indonesia," terang Irwan dalam keterangan resminya.

Performa Xpander di tahun lalu terbilang impresif. Mobil yang diproduksi lokal di kawasan industri GIIC Deltamas, Bekasi, Jawa Barat, tersebut sempat beberapa kali melampaui penjualan penguasa di segmen low multi purpose vehicle (LMPV), Toyota Avanza.

Di tahun Babi Tanah ini, perjalanan Xpander diperkirakan tak semulus tahun lalu. Pasalnya, pekan depan model terbaru Toyota Avanza bakal dirilis. Belum lagi, Nissan juga berencana menghadirkan Livina terbaru yang kabarnya menggunakan platform yang sama dengan Xpander.

Beruntung Xpander memiliki bekal cukup baik untuk mempertahankan tren positifnya, yaitu dengan mengandalkan fitur-fitur yang dimiliki. Salah satunya fitur keamanan dan keselamatan yang membawa Xpander merain rating bintang 4 dari ASEAN NCAP dengan skor 71,66 poin.

 

Selanjutnya

Secara umum fitur keselamatan pada mobil terbagi menjadi dua, yaitu aktif dan pasif. Keduanya berfungsi mengantisipasi potensi kecelakaan. Atau, jika sudah terjadi kecelakaan, fitur keselamatan itu mampu meminimalisasi dampak fatal.

Fitur keselamatan aktif bekerja sebelum atau mencegah terjadinya kecelakaan. Fitur keselamatan ini bekerja secara kompurterisasi, sebelum mobil hilang kendali atau akan menabrak.

Adapun fitur-fitur keselamatan aktif, adalah Antilock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake force Distribution (EBD), Active Stability Control (ASC), dan Hill Start Assist (HSA).

Sedangkan banyak fitur pasif, beberapa di antaranya adalah Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, sabuk keselamatan dengan Pretension dan Force Limiter, serta Isofix atau pengait pada kursi baris kedua untuk mengunci bangku anak-anak.

Active Stability Control mencegah terjadinya over steer ataupun under steer saat manuver, termasuk struktur rangka bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) pada mobil Mitsubishi seperti di Xpander.

Ini adalah teknologi rangka bodi yang dibuat dari High Tensile Metal, sehingga bagian dalam kabin terlindungi dari benturan karena rangkanya lebih kuat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

GP Ansor Lapor Jokowi Ada Kelompok Radikal Terafiliasi dengan Kontestan Pemilu

Posted: 10 Jan 2019 10:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta. GP Ansor dan Jokowi membahas sejumlah persoalan bangsa, mulai dari situasi politik nasional hingga merebaknya kelompok radikal.

Ketua GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pihaknya menemukan ada kelompok radikal yang terkonsolidasi akibat kontestasi Pilpres 2019. Kelompok tersebut tersebar di Jawa Barat dan di luar pulau Jawa.

"Riau misalnya, terkonsolidir. Jawa Barat apalagi," ucap Yaqut usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Menurut Yaqut, kelompok radikal ini tidak merusak Pemilu 2019. Mereka hanya berafiliasi dengan salah satu kontestan pemilu yang bisa mengakomodir agenda pendirian negara khilafah atau NKRI bersyariat.

Putra dari Muhammad Cholil Bisri ini enggan menyebut siapa kontestan yang dekat dengan kelompok radikal tersebut. "Saya tidak mau sebut, namun faktanya ada. Bisa dirasakan lah, saya kira kawan-kawan wartawan juga tahu," ujar dia.

GP Ansor, kata Yaqut, menolak keras agenda pendirian negara khilafah atau NKRI bersyariat. GP Ansor ingin NKRI tetap berdiri kokoh di atas keragamam agama, suku, budaya, dan bahasa.

Karena itu, Yaqut meminta Jokowi segera menindak tegas kelompok radikal. Yaqut memastikan, pihaknya siap bekerja sama dengan pemerintah dalam memberangus kelompok radikal.

"Kita semua harus menjaga bahwa keberagaman adalah sunnatullah, hal yang tak bisa ditolak, keniscayaan. Tak boleh ada orang yang perjuangkan kemauan mereka sendiri. Tak boleh ada orang yang perjuangkan negara lain di luar NKRI," tegasnya.

Sementara itu, menanggapi laporan GP Ansor, Jokowi merasa senang. Kepala Negara akan menampung semua masukan yang disampaikan GP Ansor untuk segera ditindaklanjuti.

Kunjungan GP Ansor

Pimpinan GP Ansor menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (11/1/2019). Pertemuan ini untuk membahas situasi politik di masyarakat dari sudut pandang GP Ansor.

"Kita ingin menyampaikan situasi Tanah Air dalam perspektif GP Ansor. Banyak hal lah, soal hasil pembangunan politik, tantangan bangsa ke depan," ujar Ketua GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Yaqut menyatakan, secara institusi, GP Ansor tak akan memberikan dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma'aruf Amin maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dia membebaskan anggotanya untuk memilih dari dua kandidat tersebut.

"Ya soal mendukung, Ansor tidak boleh mendukung secara institusi. Tapi sebagai kader kita bebas memilih siapapun yang ingin dipilih," kata pria yang akrab disapa Gus Yaqut itu.

Pada pertemuan itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Ridwan Kamil, Jangan Tergiur Iming-Iming Gaji Besar Saat Ditawari Kerja

Posted: 10 Jan 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berpesan agar masyarakat lebih bijaksana tatkala menerima tawaran pekerjaan. Hal itu dilakukan untuk mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) atau human trafficking.

Emil, sapaan akrabnya, meminta masyarakat waspada bila ada pihak yang menawarkan sejumlah gaji besar dan bekerja di luar wilayah Jawa Barat.

"Kalau ada orang-orang yang mengiming-imingi pekerjaan dengan gaji fantastis dan di luar wilayahnya, harus curiga, harus cek," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis, 10 Januari 2019.

Menurut Ridwan Kamil, pihak tak bertanggung jawab kerap mengiming-imingi tawaran gaji besar kepada para korban TPPO. Namun, kemudian para korban malah dipekerjakan di tempat hiburan malam.

"Misalnya menjadi pemandu lagu di tempat karaoke, secara tidak sadar mereka juga dipergunakan menjajakan seks," ujarnya.

Ridwan Kamil menambahkan Pemprov Jabar terus fokus mengupayakan Jabar juara di setiap dimensi. Dari mulai urusan keluarga, peribadatan, pendidikan, dan ekonomi yang menjadi penyebab munculnya kasus perdagangan orang.

"Kita kan sudah lihat masalah Jabar adalah ketimpangan ekonomi, infrastruktur dan lain-lain," ucapnya.

Sejumlah program pun telah disiapkan untuk memperkuat ekonomi di Jabar. Misalnya Satu Perusahaan Satu Desa, Kredit Mesra hingga Desa Digital agar generasi milenial dapat dengan mudah melakukan aktivitas ekonomi.

"Diharapkan, tidak ada lagi ibu-ibu jadi TKW, tidak ada lagi anak-anak yang diimingi-imingi," katanya.

Untuk mencegah kasus TPPO ini, kata Ridwan Kamil, peran keluarga pun harus benar-benar kuat dan harmonis. Karena itu, pihaknya telah menggagas program Sekoper Cinta.

"Kita mulai yang di dalamnya kekuatan ketahanan keluarga. Jadi batin ada program. Harusnya anak-anak Jabar tidak lagi kebingungan," jelas Emil.

Selain itu, bila menemukan kejanggalan atau adanya potensi perdagangan orang, warga juga bisa melaporkannya lewat Jabar Quick Response. Hal tersebut sebagai upaya Ridwan Kamil memberikan perlindungan dan memajukan masyarakat di Jabar.

"Soal keluhan-keluhan ada program Jabar Quick Respons. Jadi hulunya lakukan pencegahan, ujungnya juga responsif," ujarnya.

Penurunan Angka Kasus

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat, Poppy Sophia Bakur mencatat ada penurunan angka kasus TPPO di Jawa Barat pada tahun 2018 lalu.

Berdasarkan data perkembangan yang terlayani di Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TPA) Jabar, tercatat berkurang lebih dari 50 persen dibandingkan tahun 2017.

Ia mengatakan sebanyak 57 kasus perdagangan orang terjadi di Jawa Barat pada 2017 lalu. "Pada 2018 yang terlayani ada 23 kasus. Hampir setengahnya ada penurunan," katanya.

Menurut Poppy, ada beberapa tantangan tatkala melakukan evakuasi atau penjemputan para korban perdagangan orang tersebut. Ia menjelaskan, pihaknya kerap kali dibantu kepolisian harus mengendap-endap ke lokasi para korban berada yang memang terisolasi.

"Pada saat pengalaman bawa korban di ujung pulau Bali di Buleleng, kendaraan kita dicegat dan sempat sport jantung meski sudah dikawal tim dari Polda, khawatir karena ada mafia yang tidak rela korban dibawa," paparnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Diumumkan, Ini Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 7

Posted: 10 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi Redmi Note 7, smartphone pertama buatan sub-brand 'Redmi by Xiaomi' baru saja meluncur di Tiongkok.

Dari segi desain, Redmi Note 7 hadir dengan notch berbentuk setengah lingkaran (water drop) di tengah atas layarnya, kamera utama 48MP, sensor sidik jari di bodi belakang, dan baterai 4,000mAh.

Redmi Note 7 ditenagai oleh prosesor Snapdragon 660 berkecepatan 2.2GHz dengan GPU Adreno 512, dan pilihan RAM 3GB,4GB, dan 6GB.

Adapun penyimpanan internal smartphone tersedia mulai dari 32GB dan 64GB, dengan opsi diperluas dengan menggunakan slot kartu microSD (hingga 256GB).

Hadir dengan layar berukuran 6,3 inci, Redmi Note 7 juga dilengkapi teknologi kaca pelindung 2.5D di bagian depan dan belakang.

 

Kamera Redmi Note 7

Redmi Note 7, smartphone Rp 2,1 jutaan yang memiliki kamera belakang 48MP (Foto: The Verge)

Salah satu dari kedua kamera Redmi Note 7 mengusung lensa dengan resolusi 48MP dan bukaan f/1.8.

Sementara, kamera lainnya memiliki resolusi 5MP yang dipakai untuk mengambil foto depth of field atau latar bokeh.

Khusus kemampuan selfie-nya, Xiaomi membekali kamera depannya dengan lensa beresolusi 13MP.

 

Harga dan Varian Memori

Redmi Note 7, smartphone Rp 2,1 jutaan yang memiliki kamera belakang 48MP (Foto: The Verge)

Sekadar informasi, Redmi Note 7 dibanderol mulai US$ 150 atau sekitar Rp 2,1 jutaan untuk model RAM 3GB dan memori internal 32GB.

Sementara, model yang lebih premium, yakni RAM 6GB dan memori internal 64GB dibanderol US$ 2,8 jutaan.

Sejauh ini, Redmi Note 7 baru akan tersedia di Tiongkok, dan kemungkinan bakal hadir di pasar Xiaomi yang lain seperti India dan sejumlah negara lainnya.

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Jam Drama Kepanikan Keluarga Temukan Ular Piton di Toilet

Posted: 10 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Singapura - Jeritan seorang wanita membangunkan seluruh penghuni rumah di Rumah Dewan Perumahan di Eunos, Singapura pada pukul 6.45 pagi waktu setempat. Ternyata, suara itu adalah respons dari temuan ular piton sepanjang tiga meter yang berada di dekat si perempuan.

Apa yang terjadi kemudian adalah drama kepanikan selama dua jam, di mana keluarga harus berurusan dengan ular piton sanca batik di rumah mereka sambil menunggu bantuan datang.

Mengingat kejadian itu, yang terjadi pada 30 Desember, warga yang hanya ingin dikenal sebagai Goh, mengatakan istrinya berlari ke kamar mereka untuk membangunkannya.

"Dia mengatakan ada ular besar di toilet. Saya pikir dia melebih-lebihkan atau telah salah mengira ular lain," katanya kepada The New Paper yang dikutip Jumat (11/1/2018).

Tetapi ketika dia memeriksa, ternyata benar ada ular piton melingkar di sekitar balok di toilet.

Goh yang berusia 60 tahun berucap, "Saya tidak bisa berkata-kata. Saya berpikir, 'Bagaimana hewan menakutkan ini masuk ke rumah saya?'"

Pada saat itu, putri dan menantunya juga bangun dan memanggil Agri-Food and Veterinary Authority of Singapore (AVA) untuk meminta bantuan.

Pada saat yang sama, Goh memanggil Marine Parade Town Council (MPTC).

Dia tertegun ketika diberitahu bahwa dia harus memanggil perusahaan pengendalian hama untuk menangani masalah ini.

"Seluruh keluarga saya panik dan bingung harus berbuat apa. Istri saya berlarian di sekitar rumah kami, dan kami takut ular itu akan memasuki tempat kami berkumpul."

Sementara itu, AVA memberi tahu putrinya bahwa mereka segera mengirim bantuan.

Keluarga itu mencoba menemukan perusahaan pengendalian hama ketika ular piton itu bergerak dan melilitkan dirinya di sekitar pipa pembuangan kotoran.

"Sangat kacau. Banyak perusahaan pengendalian hama tidak bisa menolong, dan beberapa mengatakan mereka tidak bisa menangani piton. Kami benar-benar sudah kehabisan akal," tutur Goh.

Akhirnya, putrinya berhasil mendapat persetujuan bantuan dari sebuah perusahaan. Tetapi ketika karyawannya muncul, dia mengatakan ular itu terlalu besar dan dia harus meminta bala bantuan.

Tim tiba pukul 08.00 pagi dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menangkap ular piton, yang kemudian dilepaskan di daerah berhutan.

Ketika dihubungi, perusahaan pengendalian hama memberi tahu TNP bahwa ular itu panjangnya tiga meter dengan diameter 10 cm.

Juru bicaranya mengatakan keluarga itu diminta keluari rumah karena evakuasi ular adalah operasi yang berbahaya.

Goh, yang membayar 400 dolar Singapura untuk menyingkirkan piton, mengatakan, "Kami merasa benar-benar tak berdaya. Ular itu bisa menggigit kami. Hidup kami bisa dipertaruhkan saat kami berada di dekatnya.

"Jika ini terjadi lagi, kami berharap kami dapat diarahkan, atau mungkin seseorang bisa datang sampai bantuan yang relevan tiba."

Seorang juru bicara MPTC mengatakan kepada TNP bahwa Goh telah menelepon hotline Essential Maintenance Services Unit (EMSU), yang menangani permintaan seperti penyelamatan lift, tenaga listrik dan gangguan pasokan air.

Dia mengatakan AVA adalah otoritas yang tepat untuk menangani hal-hal yang berkaitan dengan gangguan hewan.

Juru bicara itu mengakui bahwa agen layanan pelanggan EMSU "bisa melakukan lebih baik dengan memberikan lebih banyak informasi untuk lebih membantu penduduk dalam situasi itu".

"Kami bekerja sama dengan penyedia layanan untuk meningkatkan proses ini," tambah juru bicara MPTC.

Seorang juru bicara AVA mengatakan, pihaknya segera menanggapi penampakan ular piton itu, dan sedang dalam perjalanan ke rumah Goh ketika putrinya menelepon untuk mengatakan bahwa ular itu telah ditangkap.

Wakil Kepala Eksekutif Animal Concerns Research & Education Society (Acres), Kalai Vanan mengatakan kepada TNP bahwa pemilik rumah harus menghindari menelepon perusahaan pengontrol hama karena ada kasus-kasus hewan liar, seperti ular, dibunuh atau dilukai karena penanganan yang tidak tepat.

"Menghubungi perusahaan pengontrol hama untuk menangani mereka mengirimkan sinyal yang salah bahwa hewan-hewan ini hama ... Ular adalah hewan liar yang dilindungi oleh hukum," tambah Vanan.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

Insiden Serupa

Ilustrasi Foto Ular Piton (iStockphoto)

Kasus serupa pernah terjadi di Australia. Kala itu seorang ahli penangkap ular asal Townsville, sebelah timur laut Queensland, Elliot Budd, mendapat panggilan ke sebuah rumah di daerah pegunungan Stewart.

Gara-garanya sekelompok pedagang menemukan ular piton besar di dalam toilet rumah mereka.

"Kira-kira ular itu sepanjang 3 meter, ini ular terbesar yang pernah saya tangkap. Mereka (penghuni rumah) tidak memberikan detail kepada saya sebelumnya, jadi saya tidak mengira kalau ular tersebut berada di toilet," kata Budd seperti dilansir dari Daily Mail, Senin 7 September 2015.

Si reptil jumbo raksasa dilaporkan sempat melarikan diri ke dalam pipa toilet.

"Dia sangat besar dan kuat. Saat dia masuk ke dalam pipa, saya tidak dapat menariknya keluar," ujar Budd.

Budd kemudian meminta kepada salah satu pedagang tersebut untuk membongkar toilet, agar dia dapat dengan mudah menangkap reptil ganas itu.

"Kami membongkar toilet dan bisa lebih menjangkaunya, tetapi ular itu sangat kuat. Sampai akhirnya bagian kepalanya mencuat keluar dan saya terus berusaha menariknya keluar," papar Budd.

Lokasi rumah si pedagang yang memiliki banyak semak-semak di bagian belakang memudahkan Budd untuk melepaskan hewan reptil itu. Ia berasumsi bahwa ular tersebut sengaja masuk ke dalam toilet karena cuaca di luar yang sangat panas.

"Pada bulan-bulan ini cuaca sangat kering dan tidak ada banyak air di daerah sini, ular itu membutuhkan minum," katanya.

Dua hari yang lalu, seorang rekan Budd juga sempat menarik ular sepanjang 2,3 meter keluar dari toilet. Chris Devin, ahli penangkap ular lainnya, mendapat telepon dari seorang pria di Kelso yang menemukan seekor ular di dalam toiletnya.

Atas peristiwa ini, Budd pun memperingati warga Queensland bahwa mereka memang akan sering menemukan ular di musim seperti ini. Terlebih saat ini juga merupakan musim kawin reptil jenis itu.

"Saya tidak bilang jika beberapa ular bersifat agresif, yang lainnya bersifat defensif. Pada umumnya ular-ular juga ingin pergi dari lingkungan kalian berada. Mereka hanya akan aktif jika Anda menyakiti mereka, sama seperti hewan-hewan lainnya," katanya.

Berkaca pada peristiwa itu, ada baiknya periksa terlebih dahulu sebelum menggunakan toilet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Strategi Pemerintah Dorong Ekspor Nasional

Posted: 10 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, menegaskan komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk terus mendorong naiknya kualitas ekspor produk Indonesia, yakni dari ekspor bahan mentah ke ekspor produk yang memiliki nilai tambah.

Dia mengatakan, strategi utama yang dilakukan oleh pemerintah Jokowi untuk mendorong ekspor adalah dengan berupaya menarik investasi industri yang meningkatkan nilai tambah produk Indonesia.

"Apa yang diminta oleh Presiden Jokowi, mantra untuk (meningkatkan) ekspor itu hanya satu investasi dan ekspor," kata dia, dalam acara peletakan batu pertama pembangunan pabrik lithium battery, di Morowali, Sulawesi Tengah, Jumat (11/1/2019).

Salah satu contoh adalah dengan mendorong investasi dalam pengembangan baterai lithium. Pabrik yang ditargetkan selesai dalam 16 bulan ini, lanjut dia, akan memproduksi baterai lithium generasi dua yakni nickel manganese oxide (LMO).

"Dari new material ini bisa menimbulkan industri 16 bulan setelah pabrik ini berdiri. Tentu harapan kita dengan ini, Indonesia menjadi rumah bagi pengembangan teknologi baterai lithium ini," ujarnya.

Selain itu, kehadiran pabrik tidak hanya akan mendukung pengembangan kendaraan listrik, tapi juga akan memperkuat kinerja ekspor Indonesia. Diketahui investasi awal pendirian pabrik tersebut sebesar USD 700 juta dari total USD 4,3 miliar.

"Penting karena awalnya akan menunjang ekspor. Dan Hari ini kita buktikan bahwa dengan investasi 700 juta maka akan ekspor USD 800 juta dari pabrik ini dan penambahan lapangan pekerjaan," kata dia. 

 

Kisah Sebelumnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meninjau mobil konsep Daihatsu pada pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangsel, Kamis (2/8). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Dia menjelaskan sebelumnya pemerintah juga sudah berhasil menggaet Perusahaan Stainless Steel asal Tiongkok, Tsingshan Holding Group untuk berinvestasi di kawasan industri Morowali, Sulawesi Tengah, dengan investasi USD 5 miliar.

Kehadiran industri ini telah memperbaiki kualitas ekspor Indonesia dari sebelumnya hanya menjadi pengekspor bahan mentah menjadi pengekspor produk bernilai tambah berupa stainless steel.

"Hari ini ekspor sebesar 3,5 juta (ton) stainless steel per tahun, atau USD 3,5 miliar per tahun jadi bayangkan kalau kita ekspor 4 juta iron orc, hanya USD 240 juta tapi begitu sudah berubah menjadi stainless steel, menjadi USD 3,5 juta," jelas dia.

"Jadi kebijakan pemerintah adalah mendukung yang USD 3,5 juta bukan yang USD 240 juta," tegas Airlangga.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Obesitas, Haruskah Minuman Manis Dikenai Cukai seperti Rokok?

Posted: 10 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Masalah kelebihan berat badan termasuk obesitas kini menjadi momok. Dari hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018 saja, tingkat obesitas pada orang dewasa di Indonesia meningkat menjadi 21,8 persen.

Bila rokok sudah dikenai cukai dengan tujuan agar orang yang merokok berkurang, mungkinkah diberlakukan kebijakan serupa untuk makanan dan minuman tinggi gula? Bagaimana pula Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menanggapi hal ini? 

Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Anung Sugihantono, Kemenkes sendiri sudah pernah mengeluarkan Peraturan Kementerian Kesehatan Nomor 30 Tahun 2013 tentang pencantuman kadar gula, garam, dan lemak dalam minuman manis atau makanan olahan maupun makanan cepat saji. 

"Itu yang sesungguhnya sudah pernah dilakukan Kementerian Kesehatan," kata Anung dalam diskusi 4 Tahun Penguatan Kesehatan Masyarakat di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta pada Kamis, 10 Januari 2018.

Akan tetapi, intervensi terhadap industri memang bukan sepenuhnya menjadi tanggung jawab atau kewenangan dari Kementerian Kesehatan secara keseluruhan.

"Ini hal-hal yang terus harus kita komunikasikan dengan Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan tentunya Keminfo yang juga bertanggung jawab tentang edukasi kepada masyarakat," katanya.

Menurut Anung, sejauh ini kepatuhan terhadap hal-hal semacam ini memang belum tinggi, sebagaimana yang diharapkan dalam Permenkes tersebut. 

"Ini kan harus melibatkan industri itu sendiri, tenaga kerja, dan pangsa pasar. Apakah ini berlakunya umum atau bagaimana? Dan yang sudah patuh, serta yang tidak patuh akan diapakan," katanya menekankan.

Senada dengan Anung, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Farid Moeloek, mengatakan, Kemenkes tidak bisa berdiri sendiri dalam menyelesaikan permasalahan intervensi industri terkait obesitas.

"Saya mendorong sekali untuk Germas (Gerakan Masyarakat Sehat) ini. Saya melihat, kenapa tidak memulai dari diri sendiri," katanya.

 

 

Saran ada pelabelan

Nila pun akan mendorong Menteri Perindustrian untuk melabeli minuman bergula tinggi, sehingga orang dengan penyakit tertentu berpikir untuk menenggaknya. "Misalnya, minuman berlabel merah bukan untuk orang diabetes. Label ini bukan untuk orang ini, dan seterusnya," ujarnya.

Terkait mendorong diri sendiri, Nila menjelaskan, jika sudah membeli minuman manis yang diketahui memiliki kandungan gula sebesar 27 gram, jangan lagi memakan atau meminum yang manis lain-lainnya.

"Kandungan gula buat kita kan seharusnya 30 gram. Kalau sudah 27 gram, dietlah. Kalau sudah minum yang tinggi gula, jangan pula minum teh ditambah gula. Ingat saja gizi seimbang," pesannya.

 

Saksikan juga video menarik berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Narkoba dan Digugat Cerai, Reza Bukan Malah Ditinggal Keluarga

Posted: 10 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Reza Bukan hingga kini masih berurusan dengan kasus narkoba yang menimpanya. Tak sampai di situ, sang istri, Verena Visca, juga menggugat cerai. Padahal, mereka telah menjalin hubungan rumah tangga selama hampir 10 tahun.

Istri Reza Bukan diketahui memang belum pernah menjenguk suaminya setelah tertangkap. Bahkan, saat sang aktor sekaligus komedian itu berulang tahun pada 26 November, Verena juga tidak datang menjenguk, apalagi merayakannya.

Komunikasi yang tidak terjalin dengan baik sepertinya menjadi penyebab alasan Verena menggugat cerai. Reza juga baru tahu dirinya digugat cerai sang istri dari hakim yang memimpin sidang, tepatnya pada 19 Desember lalu.

"Ya belum ada omongan dan belum ada komunikasi. Enggak ada informasi (soal cerai)," kata Reza Bukan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat sesaat sebelum sidang, Rabu (9/1/2019).

Menjalani Dua Sidang

Polisi menambahkan jika Reza ditangkap setelah mengisi acara di sebuah stasiun televisi swasta. Polisi melakukan penggeledahan di kediamannya yang berada di Cengkareng. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Reza harus siap untuk menjalani dua sidang sekaligus dalam waktu dekat. Pada 23 Januari 2019 nanti, dirinya akan menjalani sidang narkoba dengan agenda keterangan saksi ahli terdakwa dan sidang cerai perdana.

Kondisi ini tentu membawa pengaruh pada mental Reza Bukan. Sang kuasa hukum pun membenarkan keadaan Reza yang semakin tertekan. 

"Yang jelas Reza tertekan ya. Kondisinya di saat butuh dukungan keluarga tapi ditinggalkan, akhir bulan ini juga ada sidang cerai perdana. Kasihan buat beliau," kata Sahrudin, kuasa hukumnya.

Reza Bukan masih harus melanjutkan proses sidang kasus narkotika yang menimpanya. Pada Rabu (9/1/2019), sidangnya beragendakan kesaksian pihak terdakwa.

Harus Kembali Tertunda

Reza Bukan

Namun sayangnya, sidang tersebut harus kembali tertunda. Saksi ahli seorang dokter dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta yang tidak dapat hadir, menjadi penyebabnya.

Ini juga merupakan kedua kalinya sidang tertunda. Majelis ketua pun memberikan peringatan terakhir apabila terdakwa gagal mendatangkan saksi ahli. Sidang akan langsung dilanjutkan dengan agenda tuntutan.

Penulis: Rahmi Safitri

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wanita Peras Mantan Adik Ipar Pakai Video Bugil

Posted: 10 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita tega memeras mantan adik iparnya sendiri dan mengancam akan menyebarkan video bugil korban.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3,9 Juta Pelaku UMKM Nikmati Rp.80,2 Triliun KUR BRI

Posted: 10 Jan 2019 09:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus membuktikan komitmen dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan di Indonesia. Perseroan konsisten mendorong program-program yang menggerakkan denyut perekonomian masyarakat, salah satunya melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Sepanjang 2018, Bank BRI berhasil menyalurkan KUR dengan total Rp.80,2 Triliun kepada 3,9 juta pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Direktur Mikro dan Kecil Bank BRI, Priyastomo, mengatakan bahwa pencapaian menjadikan Bank BRI sebagai penyalur KUR terbesar di Indonesia dengan portofolio 64,9 persen dari total target penyaluran KUR nasional 2018 sebesar Rp 123,56 Triliun.

"Apabila ditotal, sejak 2015 hingga 2018 BRI telah berhasil menyalurkan KUR senilai Rp 235,4 Triliun kepada 12,6 juta pelaku UMKM. Ini merupakan langkah konkret Bank BRI mendorong ekonomi kerakyatan di Indonesia dengan langsung menyentuh grassroot," ujarnya.

Keberhasilan Bank BRI menjadi penyalur KUR terbesar di Indonesia tak lepas dari peranan para tenaga pemasar KUR BRI. Saat ini, tercatat BRI memiliki 13.121 tenaga pemasar yang fokus untuk menyalurkan KUR.

"Selain itu, digitalisasi proses bisnis terbukti mampu mengakselerasi SLA pengajuan kredit KUR di BRI. Melalui aplikasi BRISPOT, mampu mempercepat proses pengajuan KUR sehingga meningkatkan produktivitas tenaga pemasar," ucap Priyastomo.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Tak Terima Revisi Visi-Misi, Kubu Prabowo Ungkit Perubahan Foto Jokowi

Posted: 10 Jan 2019 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menolak dokumen perubahan visi-misi Prabowo-Sandi. Alasannya, karena visi-misi adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan pada saat proses pendaftaran capres-cawapres di KPU beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Hidayat Nur Wahid justru menyinggung KPU yang membiarkan tim capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin mengubah foto.

"Kalau memang itu bagian dari yang sudah ditentukan dari awal bahwa itu bagian dari tak terpisahkan ketika mendaftarkan ya itu kewenangan KPU," kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

"Tapi kalau melihat perkembangan bahwa dulu ketika maju, disampaikan juga foto dan soal nomor. Lalu nomor berubah jadi 01 dan 02. Foto juga berubah, terutama Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf itu juga berubah ternyata," sambungnya.

Foto Jokowi-Ma'ruf di visi misi dan surat suara memang berbeda. Dalam dukumen Jokowi-Ma'ruf, memakai baju berwarna putih, namun di foto surat suara, Jokowi memakai baju koko ditambah dengan peci hitam. Sementara foto yang digunakan Prabowo-Sandiaga di visi misi dan surat suara tidak mengalami perubahan.

Sementara perubahan angka dengan menambah angka 0, merupakan kesepakatan antara dua calon.

Hidayat menjelaskan, visi-misi Prabowo-Sandi masih tetap sama. Hanya saja menjadi lebih fokus dan mendalam.

"Tak berubah sama sekali. Itu kan kemarin diajukan karena berdasarkan aspirasi dari masyarakat, sehingga dimasukkan dan dipadatkan lagi tapi tak berubah secara prinsip," tegasnya.

Dari 14 Jadi 45 Halaman

Koalisi Partai Pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga mengubah visi misi yang disetorkan ke Komisi Pemilihan Umum. Dokumen visi misi Prabowo-Sandi diubah pada 9 Januari 2019. Berkas visi misi yang mulanya diubah 14 halaman, kini bertambah menjadi 45 halaman.

Selain visi misi, kubu Prabowo-Sandi juga mengubah tagline. Prabowo-Sandiaga yang semula ber-tagline 'Adil Makmur Bersama Prabowo-Sandi' direvisi menjadi 'Indonesia Menang'.

Ada beberapa kata yang dikurangi dari visi misi Prabowo-Sandi. Dalam dokumen visi misi baru, visi Prabowo-Sandi sebagai berikut:

"Terwujudnya Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang adil, makmur, religius, dan bermartabat dalam bingkai persatuan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945."

Sementara, dalam dokumen lama, visi Prabowo-Sandi berbunyi:

"Terwujudnya Bangsa dan Negara Indonesia yang adil, Republik makmur, bermartabat, relijius, berdaulat, berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian nasional yang kuat di bidang budaya serta menjamin kehidupan yang rukun antarwarga negara tanpa memandang suku, agama, ras, latar belakang etnis dan sosial berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945."

Perubahan juga dilakukan dalam bagian misi. Lima poin misi tetap ada, hanya saja kalimatnya dipangkas. Ini misi baru Prabowo-Sandi yang baru:

1. Membangun perekonimian nasional yang adil, makmur, berwawasan lingkungan melalui jalan politik-ekonomi sesuai amanat konstitusi.

2. Membangun masyarakat Indonesia yang sehat, cerdas, produktif dan unggul dalam kehidupan yang aman dan terlindungi jaminan sosial.

3. Membangun keadilan dan HAM, memberantas korupsi, serta memperkuat persatuan bangsa melalui penegakkan hukum dan jalan demokrasi yang berkualitas.

4. Membangun sistem keselamatan, keamanan, dan pertahanan nasional, untuk menjaga keutuhan NKRI dan melindungi segenap warga Indonesia, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

5. Membangun kembali dan memperkuat nilai-nilai luhur kepribadian bangsa yang beradab, religius dan dirahmati Tuhan Yang Maha Esa.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Drama di Penangkapan Eks Ketua DPRD Jatim Wisnu Wardhana

Posted: 10 Jan 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Langkah mantan Ketua DPRD Jawa Timur, Wisnu Wardhana, terhenti setelah berlari selama tiga bulan dari kasus yang menjeratnya. Penangkapan terpidana kasus korupsi itu berlangsung dramatis sebelum akhirnya digelandang menuju Kejaksaan Negeri Surabaya, Jawa Timur.

Mahkamah Agung lewat keputusan Nomor 1085 K/Pid.sus/2018 pada 24 September 2018 memvonis Wisnu 6 tahun penjara dan denda sebesar Rp 200 juta subsider 6 bulan penjara. Pengadilan tertinggi juga mewajibkan Wisnu Wardhana membayar uang pengganti sebesar Rp 1.566.150.733, subsider 3 tahun penjara.

Pidana itu terkait kasus korupsi penjualan aset Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jatim PT PWU. Saat itu, pada 2013, Wisnu Wardhana masih menjabat sebagi Ketua Tim Penjualan Aset PT PWU dan Kepala Biro Aset di Tulungagung, Kediri.

Dia sendiri sempat mengajukan banding putusan pengadilan negeri dan mendapat keringanan 1 tahun. Namun, jaksa mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) atas putusan tersebut.

Setelah mendengar putusan MA, Wisnu langsung melarikan diri. Namun, upaya itu digagalkan tim kejaksaan pada 9 Januari 2019 dan sempat menghebohkan warga.

Berikut ini 3 drama penangkapan Wisnu Wardhana yang dihimpun Liputan6.com:

 

 

1. Kejar-kejaran Bak Film Action

Penangkapan Wisnu Wardhana, terpidana kasus korupsi aset BUMD PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim, mirip adegan film action karena diwarnai aksi perlawanan dengan menabrak motor petugas. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Tidak seperti koruptor lain ketika terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT), Wisnu diciduk di jalanan. Dia ditangkap dalam mobil yang dikendarai anaknya.

Menurut Kasi Penkum Kejati Jatim, Richard Marpung, mobil yang membawa Wisnu tak mau berhenti ketika dikejar. Bahkan, sampai masuk ke gang-gang.

Tak kehabisan akal, tim kejaksaan mengejar menggunakan sepeda motor.

"Saat penggerebekan Wisnu mengenakan jaket, topi dan masker. Mobil tersebut sengaja tidak bersedia menghentikan laju kendaraannya ketika petugas menghentikannya," tutur Richard, Rabu, 9 Januari 2019.

Richard mengungkap, Wisnu Wardana telah menjadi kejaran tim kejaksaan selama sebulan terakhir.

 

 

2. Tabrak Sepeda Motor Petugas

Proses eksekusi dilakukan secara paksa oleh Tim Intelijen dan Pidana Khusus Kejari Surabaya saat melintas mengendarai mobil di Jalan Raya Kenjeran Surabaya.

Pada akhirnya, tim Kejari Surabaya berhasil mengadang mobil yang membawa Wisnu. Tim menahan laju mobil tersebut di tengah jalan.

Namun bukannya berhenti, mobil tersebut justru tetap melaju dengan sengaja. Akibatnya, salah satu sepeda motor yang dikendarai tim kejaksaan ditrabak dengan cukup kencang.

"Setelah Wisnu berhasil didahului, sepeda motor petugas itu langsung berhenti di tengah jalan untuk menghalangi laju mobilnya. Namun, mobil tersebut justru menabrakkan mobilnya ke sepeda motor petugas," kata Richard.

Akibatnya, ban depan mobil itu tersangkut sepeda motor yang ditabrak. Mobil tersebut tidak dapat melaju lagi.

 

 

3. Anak Coba Halang-halangi

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

Setelah keluar mobil, rupanya, Wisnu Wardhana tak sendiri. Anaknya juga ada di kursi sopir dalam mobil itu. 

Ketika Wisnu digelandang petugas Kejari Surabaya, anaknya berusaha menghalang-halangi dan berteriak, "Bapak, bapak...."

Namun, petugas tak mempedulikannya dan tetap menggelandang Wisnu ke Kejari Surabaya untuk menjalani proses pemeriksaan.

Sementara, petugas lainnya mengeluarkan motor yang terlindas mobil Wisnu dan membawanya ke Polsek Tambaksari. 

(Rifqi Aufal Sutisna)

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Debat Pilpres, SBY Gelar Pertemuan Tertutup dengan Prabowo-Sandi

Posted: 10 Jan 2019 09:47 PM PST

Fokus, Jakarta - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor 2, Prabowo-Sandiaga kembali bertemu Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kediamannya di kawasan Mega Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis kemarin.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (11/1/2019), pertemuan itu sendiri digelar secara tertutup dan belangsung selama kurang lebih satu jam.

Pertemuan tersebut membahas sejumlah persiapan serta penguatan visi misi jelang debat pilpres pada 17 Januari nanti. Termasuk di antaranya menarik simpati rakyat untuk meraup suara. Namun, usai menggelar pertemuan, Prabowo dan Sandiaga langsung bergegas meninggalkan kediaman SBY.

"Pertemuan ini perlu untuk mendapatkan wejangan secara langsung dan Pak SBY memberikan langsung ke Pak Prabowo dan Pak Sandi," ujar Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandi Ahmad Muzani.

Sementara itu, cawapres Sandiaga Uno juga menyempatkan diri berkunjung ke kawasan Tambora, Jakarta Barat. Sandi berkesempatan berfoto bersama warga.

Dalam kesempatan ini, Sandi menyambangi sejumlah rumah yang tersisa dari musibah kebakaran awal Januari lalu yang telah menghanguskan 30 rumah. Dia berjanji, jika terpilih pihaknya akan memaksimalkan kementerian bencana untuk mengatasi permasalahan seperti kebakaran di permukiman. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikini Merah Naomi Zaskia yang Menggoda

Posted: 10 Jan 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lewat akting di sejumlah judul FTV, nama Naomi Zaskia mulai dikenal publik. Bukan hanya soal kemahiran akting, tak bisa ditampik kalau penampilan perempuan blasteran Jerman-Indonesia ini juga memikat hati.

Penampakannya bisa dilihat di sejumlah unggahan di akun Instagram Naomi @naonomnom. Ia kerap membagikan berbagai ragam aktivitas yang memperlihatkan inspirasi busana sehari-hari. Tidak hanya yang terkesan kasual, beachwear ala dara 22 tahun ini juga menarik disontek.

Dalam sebuah foto yang diunggah beberapa waktu lalu, Naomi Zaskia tampak menikmati suasana pantai dalam balutan bikini one-piece berwarna merah yang begitu menggoda. Selaras dengan outfit tersebut, ia pun memoleskan lipstik merah senada serta kacamata hitam.

Naomi Zaskia. (dok. Instagram @naonomnom/https://www.instagram.com/p/BqwirNQhzmM/Asnida Riani)

Di kesempatan lain, masih dalam suasana swimsuit, Naomi juga tampak memakai two-pieces bikini yang bagian atasnya ditutupi oversized kaus berwarna putih. Kembali membiarkan rambutnya tergerai, ia juga melengkapi penampilan dengan kacamata gelap.

Naomi Zaskia. (dok. Instagram @naonomnom/https://www.instagram.com/p/BqHkBavh56h/Asnida Riani)

Outfit berbeda kembali diperlihatkan Naomi Zaskia ketika tengah bermain di pantai. Kali ini, ia tampak memakai off-shoulder top warna hitam dengan hot pants berwarna senada. Rambut panjang yang dibiarkan tergerai menambah kesan seksi pemain film Guardian tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

vidio:Serunya Naomi Zaskia Main Film Miss Call

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5.043 Rumah Tangga di Serang Dapat Aliran Gas dari PGN

Posted: 10 Jan 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyambungkan jaringan gas rumah tangga ke 5.043 rumah di Kabupaten Serang, Banten. Sambungan jaringan gas tersebut melalui pipa yang dimiliki oleh PT PGN (Persero). 

"Nilai keekonomian jaringan gas ini antara 30 sampai 40 persen. Lebih bersih dan lebih aman," kata", Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial, saat ditemui di kantor Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (11/1/2019).

Gas bumi yang dialirkan ke 5.043 rumah tangga di Kabupaten Serang, berasal dari ConnocoPhilips Grissik Ltd, dengan volume mencapai 0,2 MMSCFD.

Ego menjelaskan, jaringan gas rumah tangga ini lebih efisien jika dibandingan dengan gas tabung. 

"Kalau LPG kita harus ke toko dulu, khawatir jatuh, kita sering dengar tabung gas meledak, ini lebih aman karena tekanan sangat rendah. Umpamakan lupa, karena dia berat jenisnya lebih ringan, ketika bocor dia akan naik ke atas (menguap)," jelasnya.

Pemerintah pun mendorong Kementrian ESDM melalui PGN, untuk terus menambah jaringan gas rumah tangga.

Selain mengurangi pengeluaran biaya rumah tangga, juga membantu meringankan beban subsidi pemerintah. Sehingga dapat yang ada, bisa dipakai untuk membangun infrastruktur lainnya di Indonesia.

"Membantu juga meringankan subsidi pemerintah yamg di alokasikan untuk BBM maupun LPG bisa kita alihkan ke yang lebih konstruktif ke jalan raya dan sebagainya," jelasnya.

6.314 Rumah Tangga di Kota Pasuruan Gunakan Gas Bumi‎

Petugas PT Perusahaan Gas Negara (PGN) memberi pemahaman pada warga saat memeriksa jaringan gas bumi di kawasan Cibinong, Bogor, Jabar, Jumat (14/12). Selama 2018, sebanyak 5.120 jargas baru tersebar di Kabupaten Bogor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebanyak 6.314 rumah tangga di Kota Pasuruan, Jawa Timur telah menggunakan gas bumi untuk bahan bakar memasak. Hal ini usai jaringan gas yang dibangun PT Perusahaan Gas Negara (PGN) telah resmi beroperasi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mengatakan pada 2018 pemerintah dengan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk membangun 89.906 sambungan rumah (SR). Sekitar 6.314 SR di antaranya dibangun di Kota Pasuruan.

Program pembangunan jaringan gas rumah tangga ini merupakan wujud keberpihakan pemerintah kepada masyarakat, dengan mengalokasikan APBN untuk kegiatan dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama lapisan menengah ke bawah.

"Pembangunan jaringan gas kota (jargas) merupakan salah satu wujud pemanfaatan dana APBN untuk kegiatan yang dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat," kata Menteri Jonan, saat meresmikan pengoperasian jargas di Pasuruan, Selasa (8/1/2019).

Menurut Menteri Jonan, jaringan gas bumi untuk rumah tangga memiliki banyak keunggulan. Gas yang dialirkan melalui pipa ke pelanggan merupakan gas alam (Natural Gas) yang bersih.

Selain itu, gas bumi jauh lebih aman karena tekanan jargas lebih rendah dari tekanan Liqufied Petroleum Gas (LPG). Sehingga jika terjadi kebocoran gas langsung naik ke atas ke udara bebas, tidak mengendap seperti LPG.

Keunggulan lain adalah penghematan baik dari sisi konsumen maupun pemerintah. Penggunaan jargas dapat mengurangi biaya rumah tangga sekitar Rp 90.000 per bulan per keluarga.Jargas juga lebih praktis, bersih, murah, mengalir 24 jam, dan aman dibandingkan tabung LPG 3 kg.

Selain itu, program jargas juga akan menghemat subsidi LPG 3 kg dalam APBN dan dapat memangkas impor LPG yang mayoritas bahan bakunya diimpor.

"Kebutuhan LPG 6,5 juta ton dalam setahun, yang diproduksi dalam negeri 2-2,5 juta ton, kira-kira 4-4,5 juta ton di impor itu nilainya Rp 35-40 triliun, dengan ada sambungan gas ini negara secara keselurhan dengan mengurangi impor bisa menghemat devisa," jelasnya.

Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso, mengungkapkan penambahan infrastruktur distribusi gas ini merupakan upaya bersama menciptakan ketahanan energi nasional. Tak hanya itu, lanjutnya, lewat pembangunan Jargas ini menunjukan keseriusan pemerintah dalam hal pembangunan ekonomi nasional.

"Penggunaan gas bumi untuk rumah tangga akan lebih efisien, sehingga secara jangka panjang akan menguatkan daya beli masyarakat," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cinta Memilih Pergi, Buah Karya Danang D'Academy Jelang Lulus S2

Posted: 10 Jan 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama Danang Pradana Dieva atau lebih dikenal dengan Danang D'Academy, tentu sudah tak asing lagi di mata para pecinta musik Dangdut. Pria asli Banyuwangi ini kembali dengan single terbarunya, "Cinta Memilih Pergi".

Lagu yang diciptakan Nurbayan ini, sebetulnya sudah dirilis pada Agustus 2018 lalu. Video musiknya pun sudah dirilis oleh Wow Musikindo. Lagu ini juga menemani karier Danang D'Academy di usianya yang sudah 27 tahun.

Danang yang kini bergabung dengan label Wow Musikindo pimpinan Hendy Ahmad, tak hanya sukses di dunia tarik suara. Ia juga berhasil dengan pendidikannya. Terbukti Danang berhasil menamatkan pendidikan S2 di London School of Public Relation Jakarta (LSPR) jurusan Corporate Communication pada November lalu.

Momen kebahagiaan wisuda Danang pun bisa kita lihat dari unggahan Danang D'Academy di akun Instagramnya. Baik keluarga maupun sahabat, datang untuk memberikan ucapan selamat untuknya.

Host Televisi

Danang D'Academy (Andy Masela/Bintang.com)

Danang juga sibuk menjadi host di acara Televisi yang bertema Game Show bersama Raffi Ahmad, Melky Bajaj, dan Anwar.

Acara tersebut menggabungkan kemampuan bernyanyi dan tantangan para kontestan dalam menampilkan kemampuan yang mereka miliki.

Resolusi 2019

Danang D'Academy (Foto: Nurwahyunan/Bintang.com)

Tentunya setelah memasuki tahun 2019, ada pencapaian yang ditargetkan. Lantas, apa resolusi Danang untuk tahun 2019?

"Rencana aku akan bikin Album (Amiinnn),Single baru dulu sih kayaknya. Aku juga akan bikin Channel YouTobe sendiri, tungguin saja ya, dijamin isi kontennya seru–seru dan asyi," terang Danang saat ditemui wartawan di kantor Wow Musikindo, belum lama ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Kekasih Siswi SMK Bogor Bantah Tudingan sebagai Pelaku Pembunuhan

Posted: 10 Jan 2019 09:39 PM PST

Liputan6.com, Bogor - Penyidik Polresta Bogor membantah telah menangkap pelaku pembunuhan Adriana Yubelia Noven, siswi SMK Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat.

Mantan teman dekat korban juga membantah tudingan sebagai pelaku pembunuhan melalui media sosial. Polisi juga menegaskan, pria berinisial S bukanlah pelakunya.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (5/1/2019), teman dekat korban berinisial S menyampaikan bantahan melalui media sosialnya. Dalam unggahannya S menegaskan telah mengakhiri hubungan dengan korban cukup lama. Ia pun mengaku kecewa namanya dikaitkan dengan kasus pembunuhan Adriana.

Meski membantah sudah menangkap pelaku, polisi tengah mendalami keterangan S, termasuk mencocokkan bukti rekaman kamera CCTV yang dikantongi penyidik. Polisi juga menelusuri media sosial korban untuk mengungkap kasus.

Andriana seorang siswi SMK kelas 12, Selasa sore, 8 Januari 2019 dibunuh seseorang di sebuah gang di kawasan Jalan Riau, Kota Bogor. Dalam rekaman kamera pengawas, korban dihampiri seorang lelaki yang diduga sudah menunggu dan bersenjata tajam.

Setelah dihampiri pelaku, korban jatuh tersungkur. Saat ditemukan warga, korban telah tewas dengan luka akibat senjata tajam di dada bagian kiri.  (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terimbas Getaran Gunung Agung, Padmasana Pura Pasar Agung Roboh

Posted: 10 Jan 2019 09:38 PM PST

Amlapura - Diduga akibat dampak guncangan gempa yang terus terjadi sejak aktivitas Gunung Agung meningkat, satu dari padma tiga pelinggih atau tempat bersembahyang Padmasana Pura Pasar Agung, Sebudi, Selat Karangasem patah pada bagian atasnya.

Penglingsir Pura Pasar Agung, Sebudi, Jro Mangku Gede Umbara membenarkan terkait robohnya salah satu pelinggih pada Kamis, 10 Januari 2019.

"Padma Tiga yang paling selatan yang mengalami kerusakan (patah) pada bagian atas. Kerusakan ini diketahui saat purnama kelima," Jelas Jro Mangku Gede Umbara.

Menurutnya, kerusakan padma tiga terjadi diduga karena getaran dan gempa kecil yang terus terjadi sejak Gunung Agung mengalami peningkatan aktivitas.

Selain ujung padma tiga patah, Pura Pasar Agung juga pernah terpapar hujan abu. Padma tiga ini, kata Jro Mangku, terbuat dari batu hitam dan dibagun tahun 1992 silam. Saat itu, pembagunan diperkirakan menghabiskan dana Rp 1 miliar.

Sementara kerusakan akibat getaran Gunung Agung kali ini hanya bagian atas sehingga bisa dilakukan perbaikan ringan. Hanya saja, meski kerusakan ringan, tetapi untuk biaya upacara sangat besar.

 

Baca berita menarik lainnya dari Jawapos.com

Kondisi Terkini Gunung Agung

Embusan asap keluar dari kawah Gunung Agung ketika matahari terbit (sunrise) yang terlihat dari Kintamani, Bali, Rabu (13/12). BNPB menegaskan bahwa kondisi Pulau Bali aman bagi wisatawan meski Gunung Agung berstatus siaga. (AP Photo/Firdia Lisnawati)

Gunung Agung yang berada di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali kembali meletus pukul 19.55 Wita, Kamis, 10 Januari 2019. Namun, abu vulkanik masih tidak teramati dengan baik.

Hingga saat ini usai meletus, tingkat aktivitas Gunung Agung masih berada di level III atau siaga. Dari kemarin hingga pagi ini, Kamis (11/1/2019), visual cuaca Gunung Agung cerah hingga mendung, angin lemah ke arah barat, dan barat laut.

"Gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut. Teramati asap kawah utama dengan tinggi 20 meter di atas puncak, berwarna putih dengan intensitas tipis," tulis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) ESDM www.vsi.esdm.go.id.

Sementara, dari Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA), terkirim kode warna orange, terbit 10 Januari 2019 pukul 20.23 Wita.

"Terkait erupsi dengan ketinggian kolom abu tidak dapat teramati karena gunung tertutup kabut. Amplitudo gempa letusan 22 mm dan lama gempa 266 detik," kata PVMBG ESDM.

Gunung Agung memiliki ketinggian 3142 MDPL mengalami erupsi sejak 21 November 2017. Letusan terakhir terjadi pada 30 Desember 2018 dan 10 Januari 2019.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Calon Kandidat Kuat Juara Copa Del Rey 2019, Sevilla Siap Mematahkan Dominasi Barcelona

Posted: 10 Jan 2019 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Copa del Rey dikenal sebagai kompetisi kasta kedua di tanah Spanyol. Piala Raja Spanyol atau Copa del Rey dalam bahasa Spanyol adalah sebuah kompetisi sepak bola tahunan yang diperuntukkan klub-klub sepak bola Spanyol. Nama lengkapnya adalah Copa de Su Majestad El Rey Don Juan Carlos I, namanya diambil berdasarkan nama Raja Spanyol yang memerintah saat ini, Juan Carlos I.

Adapun tim penguasa yang selalu menjadi langganan dari turnamen Copa del Rey adalah Barcelona yang telah mampu menjadi kampiun dalam empat tahun terakhir secara beruntun sejak tahun 2015, 2016, 2017, 2018. Catatan tersebut menyamai rekor juara beruntun yang dimiliki Real Madrid tahun 1905, 1906, 1907, 1908 dan Athletic Bilbao tahun 1930, 1931, 1932, 1933.

Namun, akankah kembali mencatatkan rekor baru dalam turnamen ini. Rasanya hal in perlu kita bahas lebih lanjut. Secara mengejutkan Barcelona harus takluk 1-2 saat menghadapi tuan rumah Levante pada laga leg pertama babak 16 besar Copa del Rey di Stadion Ciudad de Valencia, Kamis (10/1/2019) Jumat dini hari WIB.

Berikut telah Liputan6.com rangkum calon kuat kandidat juara Copa Del Rey 2019 Jumat, (11/1/2019).

1. Real Madrid

Striker Real Madrid, Vinicius Junior (kiri) berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Leganes pada laga leg pertama babak 16 besar Copa del Rey di Santiago Bernabeu, Rabu (9/1). Real Madrid sukses mengandaskan Leganes dengan skor 3-0 (AP/Manu Fernandez)

Calon kandidat juara Copa Del Rey 2019 Real Madrid. Real Madrid meraih kemenangan dengan skor 3-0 atas Leganes pada laga leg pertama babak 16 besar Copa del Rey. Kemenangan tersebut menjadi modal berharga bagi skuat Los Blancos untuk mengangkat mental. Copa Del Rey menjadi pilihan turnamen yang harus dimenangkan setelah hasil buruk yang dialami oleh Real Madrid di Turnamen Liga Spanyol. Copa del Rey jadi ajang balas dendam Real Madrid untuk merusak dominasi Barcelona diajang ini. Namun berita buruknya adalah Real Madrid dihantam badai cedera. Kali ini, Los Blancos kehilangan kiper Thibaut Courtois akibat cedera paha. Kini, penjaga gawang berusia 26 tahun itu, diperkirakan untuk sementara belum bisa beraksi lagi di lapangan. Keylor Navas sekarang bersiap lagi untuk menggantinya posisinya mengawal gawang Real Madrid.

Sebelumnya, Gareth Bale, Marco Asensio, Marcos Llorente, Mariano Diaz dan Toni Kroos harus absen. Mereka mengalami cedera menjelang perjalanan akhir pekan ke Real Betis. Bale cedera saat Real Madrid bertandang ke markas Villarreal dalam lanjutan La Liga. Sementara itu, Real Madrid juga terancam tak bisa memainkan Toni Kroos hingga dua pekan ke depan. Mantan pemain Bayern Munchen itu mengalami cedera otot di kaki kirinya.

Partai leg pertama Babak 16 Besar Copa del Rey antara Real Madrid Vs Leganes jadi pertandingan spesial bagi pemain baru Los Galacticos, Brahim Diaz. Pasalnya, ia resmi melakoni debut sebagai pemain Real Madrid di laga yang berlangsung Kamis (10/1/2019). Brahim Diaz masuk di menit ke-78 menggantikan Vinicius Junior. Real Madrid sendiri mengakhiri laga ini dengan kemenangan 3-0.

2. Barcelona

(AFP/Lluis Gene)

Calon kandidat selanjutnya adalah Barcelona. Meskipun pada laga leg pertama babak 16 besar Copa del Rey Barcelona harus takluk dengan skor 1-2 saat menghadapi Levante tapi Barcelona tetap difavoritkan. Barcelona kesulitan untuk mencetak gol dan hanya dapat meraih gol lewat titik putih melakui eksekusi Phil Coutinho. Barcelona memainkan sebagian besar pemain lapis kedua pada laga melawan Levante. Hal tersebut membuat Levante dapat mengimbangi permainan Blaugrana.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengakui timnya membutuhkan striker baru. Valverde mengakui, Blaugrana berpotensi mendapatkan striker anyar dalam waktu dekat. Valverde menilai lini serangan Barcelona butuh tambahan tenaga. Hal itu tidak terlepas dari kepergian Munir El Haddadi dari Camp Nou yang tinggal menunggu waktu. Valverde menyatakan, Barcelona dapat membeli pemain sebagai pengganti Munir.

Terlepas dari itu, Valverde mengaku punya opsi lain dari skuat Barcelona yang ada sekarang untuk bantuan di lini depan. Arturo Vidal bisa bermain sebagai sttriker jika terjadi keadaan darurat. Pertandingan melawan tuan rumah Levante merupakan laga leg pertama babak 16 besar Copa del Rey 2018-2019. Leg kedua akan dimainkan di markas Barcelona pada 18 Januari 2019. Barcelona saat ini masih memuncaki klasemen sementara La Liga Spanyol 2018-2019. Gerard Pique dan kawan-kawan mengoleksi 40 poin dari 18 laga yang telah dimainkan.

3. Sevilla

(AFP/Cristina Quicler)

Calon kandidat selanjutnya adalah Sevilla. Pada pertandingan leg pertama Copa Del Rey di kandang Athletic Bilbao, Sevilla sukses mengunci kemenangan dengan skor meyakinkan 3-1. Sevilla bakal cukup aktif di bursa transfer paruh kedua Januari 2019 ini. Meski prestasi tim cukup menjanjikan, mereka berencana membeli beberapa pemain, salah satunya bek Manchester United, Marcos Rojo. Estadio Deportivo melaporkan Sevilla akan berusaha mendapatkan Rojo pada Januari 2019 ini. Juaquin Caparros sangat menyukai Rojo dan ingin membawanya ke Ramon Sanchez Pizjuan.

Tidak hanya Marcos Rojo, striker Chelsea Alvaro Morata santer dikabarkan segera merapat ke Sevilla. Penyerang Timnas Spanyol itu bisa dikatakan mengalami kesulitan sejak pindah ke Chelsea di tahun 2017 silam. Ia sulit menemukan performa terbaiknya sehingga ia minim mencetak gol untuk tim London Barat tersebut. Agen Morata, Juanma Lopez, diketahui sedang berada di Spanyol untuk mengurus kepindahan Morata.

 

Reporter: Heri Setiawan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Aksi Kocak Bocah yang Jatuh Saat Bersepeda di Markas TNI

Posted: 10 Jan 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anak-anak kerap melakukan hal-hal polos yang membuat kita gemas hingga kesal. Tapi tak jarang pula kita justru merasa terhibur dengan keluguan yang mereka lakukan. Hal ini juga seperti yang dilakukan oleh bocah bernama Rico yang baru-baru ini  viral.

Dirinya mencuri perhatian warganet usai video yang beredar di media sosial. Pada video tersebut terlihat Rico sedang bersepeda di markas TNI. Tanpa rasa takut, bocah laki-laki yang mengenakan seragam TK itu mengayuh sepedanya dengan cukup kencang di hadapan beberapa tentara.

Alih-alih mengerem, Rico justru terjatuh usai menabrak tas dan senapan salah satu anggota TNI. Beruntung Rico tak mengalami luka yang cukup serius. Aksinya juga mengundang tawa para anggota TNI yang melihatnya.

Baru-baru ini diketahui bahwa Rico merupakan anak dari Kopda J Priyono yang bertugas di Satuan Yonif 410/Alugoro. Videonya ini sontak viral dan menuai banyak reaksi dari warganet.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Anak kolong bilang " Enggak apa - apa om...enggak apa - apa....!!!. . Lebih sakit di tinggalin pas lagi sayang - sayangnya...😂😂😂 . . Follow me @para_petarung ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ 🔰. Mau foto/video nya dibagikan, silahkan : 1. Follow akun @para_petarung @zona_militer_ 2. Upload foto / video yg kalian mau di IG lalu tag akun @para_petarung 3. AKUN JANGAN PRIVATE/KUNCI. 4. Foto/Video kita share kalau menarik menurut admin . REPOST : @yonif410_alugoro #TNI #TNIAD #TNIAU #TNIAL #Military #para_petarung #Militer #kostrad #cakra #kopassus #komando #pararaider #raider #marinir #taifib #kopaska #paskhas #infanteri #armed #kavaleri #arhanud #specialforces #pasukan #pasukanelite #abdinegara #indonesiamilitary #soldier #viral #info #regrann

Sebuah kiriman dibagikan oleh zonamiliter89 (@zona_militer_) pada

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Aksi usil

bocah di markas TNI (foto: instagram/@zona_militer_)

Nyatanya Rico kerap menghabiskan waktu di markas TNI tersebut dengan bersepeda. Melalui akun Instagram @zona_militer_ terdapat beberapa video Rico bersepeda menggunakan seragam bak anggota TNI dewasa. Pada video lainnya terlihat Rico kerap usil kepada anggota TNI di markas tersebut sambil bersepeda.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Hanya anak kolong yang bisa seperti ini 😂😂😂😂. Follow @zona_militer_

Sebuah kiriman dibagikan oleh zonamiliter89 (@zona_militer_) pada

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Liverpool Masih Berkuasa

Posted: 10 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Liga Inggris tak bergulir pekan lalu. Klub-klubnya harus terjun di ajang Piala FA. Liverpool pun masih kokoh di klasemen Liga Inggris 2018-2019.

Liverpool sudah mendapat 54 poin di klasemen Liga Inggris hasil 21 pertandingan. The Reds baru kalah sekali pada pekan terakhir usai ditekuk Manchester City. 

City membuntuti Liverpool di urutan dua. The Citizens masih tertinggal empat poin dari Liverpool. Menyusul kemudian Tottenham Hotspur yang mengoleksi 48 angka.

Manchester United yang menang empat kali beruntun masih berada di luar empat besar klasemen Liga Inggris. The Red Devils menempati urutan enam dengan 38 poin.

 

Klasemen Liga Inggris

Logo Liga Premier Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Gandeng Mahasiswa UI Kembangkan Charging Outlet Tenaga Surya

Posted: 10 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina MOR III bersama mahasiswa Departemen Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) meluncurkan Photovoltaic Charging Outlet untuk menunjang kegiatan akademis mahasiswa. Teknologi charging outlet dari tenaga surya yang diluncurkan di spot belajar mahasiswa ini menjadi pelopor penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) di lingkungan kampus.

Potensi pengembangan EBT dari energi cahaya matahari sangat potensial diterapkan di Indonesia. Data dari IRENA & World Bank menyebutkan, tingkat iradiasi atau potensi penyinaran radiasi matahari suatu wilayah, khususnya di wilayah Jabodetabek, tergolong cukup tinggi. Sehingga wilayah Kampus UI Depok cocok sebagai lokasi pemasangan panel surya photovoltaic cell.

Melihat potensi tersebut, Unit Manager Communication & CSR MOR III Dewi Sri Utami menyebutkan pihaknya mendukung penuh inisiatif anak muda dalam mengembangkan teknologi berbasis EBT di lingkungan kampus.

"Para generasi muda punya potensi yang luar biasa dalam mengembangkan EBT. Maka dari itu mereka harus dilibatkan. Semakin banyak yang berpartisipasi dalam aksi green initiatives ini, tentu akan berdampak positif untuk perkembangan EBT masa depan. Terlebih lagi dalam proyek ini, para mahasiswa sendiri dapat langsung merasakan manfaatnya untuk menunjang kegiatan akademis," ujar Dewi.

 

Selanjutnya

Pertamina MOR III bersama mahasiswa Departemen Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) meluncurkan Photovoltaic Charging Outlet untuk menunjang kegiatan akademis mahasiswa.

M. Novaldy Sangadji, mahasiswa FT UI yang juga merupakan Project Officer Photovoltaic Charging Outlet menyebutkan bahwa timnya sengaja memilih lokasi Gazebo FT UI sebagai fokus proyek ini. Sebab, lokasi ini memang merupakan spot favorit tempat para mahasiswa belajar dan berkumpul.

"Kini, di Gazebo FT UI sudah terdapat 4 unit stop kontak yang terhubung melalui kabel ke 4 buah panel photovoltaic cell dengan daya masing-masing 200 Wp yang kami letakkan di atap gedung. Saya dan teman-teman kini dapat memanfaatkannya untuk nge-charge laptop dan HP saat sedang mengerjakan tugas dan berdiskusi," jelasnya.

Dukungan Pertamina MOR III dalam green initiative ini mendapatkan apresiasi dari Prof. Dr. Ir. Widodo W. Purwanto, DEA selaku Dosen Energi Berkelanjutan di Departemen Teknik Kimia FT UI. Selain berkontribusi dalam pengembangan EBT di kalangan akademisi muda, proyek ini berhasil memadukan ilmu operasi listrik dengan renewable energy.

"Kami ucapkan terima kasih atas dukungan penuh dari Pertamina MOR III. Semoga ke depan kerja sama yang baik ini dapat terus terjalin," ungkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nicolas Maduro Resmi Dilantik Jadi Presiden Venezuela untuk Periode Kedua

Posted: 10 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Caracas - Nicolas Maduro telah dilantik sebagai presiden Venezuela untuk masa jabatan kedua pada Kamis 10 Januari 2019 waktu lokal. Pelantikannya terjadi di tengah kecaman internasional terhadap dugaan pilpres yang tidak sah dan krisis ekonomi menahun di Venezuela.

Pemimpin berusia 56 tahun dan berhaluan sosialis itu mengatakan, masa jabatan enam tahunnya yang baru adalah "langkah damai bagi negara kita," demikian seperti dilansir BBC, Jumat (11/1/2019).

Ribuan penonton berkumpul untuk upacara pelantikan di Caracas, yang turut dihadiri oleh Presiden Nikaragua Daniel Ortega dan Presiden Bolivia Evo Morales.

Maduro dilantik oleh Mahkamah Agung Venezuela, alih-alih Parlemen Nasional. Itu dilakukan karena dewan legislatif negara itu dikuasai oleh kelompok oposisi, sejak mereka melucuti kekuasaan Partai Sosialis yang dipimpin Maduro pada 2016.

Pasukan keamanan ditempatkan di ibu kota dan kota-kota lain, ketika kelompok-kelompok oposisi menyerukan pukulan keras dan membunyikan klakson sebagai protes selama upacara pelantikan.

Pemilu Mei 2018 yang dimenangi Maduro tercoreng oleh boikot oposisi dan klaim kecurangan suara.

Amerika Serikat dan 13 negara lain di Benua Amerika mengatakan pekan lalu bahwa mereka tidak akan mengakui kepresidenan Maduro.

Tapi Maduro tak bergeming dan justru melontarkan retorika keras terhadap pengkritik internasionalnya.

"Venezuela adalah pusat perang dunia yang dipimpin oleh imperialisme Amerika Serikat dan negara-negara satelitnya," kata Maduro dalam pidatonya.

"Ada masalah di Venezuela, seperti di negara lain. Tapi kami, Venezuela, harus menyelesaikannya, tanpa intervensi asing," tambahnya.

Pemimpin Venezuela itu juga mengatakan hak politik di Amerika Latin telah "terkontaminasi," mengutip kenaikan kekuasaan Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang ia sebut sebagai "fasis".

Beberapa menit setelah Maduro dilantik, Presiden Paraguay Mario Abdo mencuit lewat Twitter bahwa ia memutuskan hubungan diplomatik dengan Venezuela dan segera menarik diplomat negaranya dari Caracas. Peru juga mengikuti jejak Asuncion.

Organisasi Negara-negara Amerika juga menyetujui resolusi yang menyatakan masa jabatan Maduro yang kedua di Venezuela sebagai "tidak sah."

Kritik Atas Presiden Maduro

Sejak menjabat, Maduro dikecam di dalam dan di luar negeri atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia dan atas penanganan buruknya terhadap krisis ekonomi domestik, yang hampir membuat negara itu hancur.

Venezuela adalah salah satu produsen minyak terbesar di dunia dan memegang kepresidenan kartel minyak OPEC hingga tahun 2025.

Tetapi ketergantungan yang berlebihan pada minyak --di mana itu menyumbang sekitar 95 persen dari pendapatan ekspornya-- membuat negara itu rentan ketika harga turun pada 2014.

Akibatnya, biaya barang-barang impor seperti makanan dan obat-obatan telah meningkat, dan inflasi mata uang telah meroket.

Pemerintah juga semakin berjuang untuk mendapatkan kredit setelah gagal dalam beberapa obligasi pemerintahnya. Sebagai tanggapan, pemerintah telah mencetak lebih banyak uang, dan mengakibatkan mata uang mengalami devaluasi lebih lanjut.

Menurut sebuah studi oleh Majelis Nasional yang dikendalikan oposisi, tingkat inflasi tahunan Venezuela mencapai 1.300.000 persen dalam 12 bulan hingga November 2018.

AS juga telah menjatuhkan sanksi yang diklaim Maduro merugikan Venezuela senilai US$ 20 miliar tahun lalu.

PBB mengatakan 2,3 juta rakyat Venezuela telah melarikan diri dari negara itu sejak 2015 karena kesulitan ekonomi.

Kerusuhan anti-pemerintah pada tahun 2014 menewaskan 43 orang, dan setidaknya 125 orang tewas dalam berbulan-bulan protes pada tahun 2017.

Presiden Maduro mengatakan kepada wartawan tahun lalu bahwa AS berencana untuk membunuhnya dan menggulingkan pemerintahannya, tetapi tidak menghasilkan bukti.

 

Simak video pilihan berikut:

Presiden Venezuela Nicolas Maduro hadir secara mendadak di Sidang Umum PBB di New York, Rabu, 25 September 2018 (AP/Frank Franklin II)

Kontroversi Terpilihnya Maduro

vidio:Wanita Ini Mendapat Rumah Karena Melempar Mangga pada Presiden

Nicolas Maduro pertama kali terpilih sebagai presiden Venezuela pada 2013, menggantikan Hugo Chavez yang meninggal karena kanker setelah memerintah selama 14 tahun.

Maduro terpilih kembali pada Mei tahun lalu, dalam sebuah pemilu yang awalnya direncanakan pada bulan Desember 2018. Tapi pemungutan suara itu dirusak oleh boikot oposisi dan tuduhan kecurangan suara.

Dewan Pemilihan Nasional Venezuela (CNE) menempatkan jumlah pemilih di kisaran presentase 46 persen dari total, tetapi kelompok oposisi politik menuduh nominal itu jauh lebih rendah.

Koalisi oposisi utama Venezuela mengatakan tanggal pemilihan telah diubah untuk mengambil keuntungan dari kekacauan di dalam kelompok-kelompok oposisi.

Oposisi juga berargumen bahwa beberapa kandidat yang paling menjanjikan telah dilarang mencalonkan diri dan beberapa dipenjara, sementara banyak yang lain telah meninggalkan negara itu.

Kandidat oposisi utama, Henri Falcón, menolak hasilnya segera setelah pemilihan ditutup dan menyerukan pemilihan baru.

Awal pekan ini, hakim Mahkamah Agung Christian Zerpa melarikan diri ke AS sebagai protes terhadap masa jabatan kedua Presiden Maduro, dengan alasan pemilihan "tidak bebas dan adil".

Misi Diplomatik AS untuk PBB menyebut proses itu "penghinaan terhadap demokrasi."

Tapi, beberapa negara tetangga Bolivia, Nikaragua, El Salvador dan Kuba menyatakan dukungan mereka untuk hasil pemilu Venezuela.

Presiden Maduro telah menolak klaim bermain curang, mengatakan "oposisi harus meninggalkan kita sendiri untuk memerintah."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Bos Amazon Jeff Bezos Umumkan Bercerai Paling Hits

Posted: 10 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar perceraian pasangan orang terkaya di dunia, yakni Jeff Bezos dan MacKenzie yang telah menikah selama 25 tahun mencuri perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Kamis (10/1/2019).

Artikel lain yang juga mencuri perhatian datang dari, cara Polri mengungkap identitas penyebar hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos di Tanjung Priok, dan peluncuran smartphone terbaru Redmi Note 7.

Untuk lebih lengkap, mari simak ketiga berita terpopuler tersebut berikut ini.

1. 25 Tahun Menikah, Bos Amazon Jeff Bezos Umumkan Bercerai

Pendiri Amazon, Jeff Bezos dan istrinya Mackenzie. Dok: Business Insider

Kabar mengejutkan datang dari pasangan orang terkaya di dunia, yakni Jeff Bezos dan MacKenzie.

Pasangan yang sudah menikah selama 25 tahun ini mendadak mengumumkan perceraian melalui akun Twitter Bezos. Demikian sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari CNN, Kamis (10/1/2019).

"Setelah periode yang eksplorasi cukup panjang dan mencoba berpisah, kami memutuskan untuk bercerai dan melanjutkan hidup sebagai teman," kata Jeff Bezos dan MacKenzie dalam pernyataan bersama.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Canggih, Begini Cara Polri Ungkap Identitas Penyebar Hoaks Bagus Bawana Putra

Polisi menggiring BBP (kanan), tersangka kasus berita hoaks saat Rilis berita hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (9/1). BBP diketahui sebagai pemilik suara rekaman hoaks yang viral tersebut. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Kepolisian berhasil menangkap Bagus Bawana Putra alias BBP, tersangka pembuat sekaligus penyebar hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pengungkapan kasus ini melalui audio forensik menggunakan dua metode yaitu otomatis dan manual.

Berdasarkan hasil penyelidikan rekaman hoaks tersebut, 99 persen hasilnya identik dengan suara Bagus.

"Kesamaan suara yang beredar adalah 99 persen. Jadi sangat kuat bahwa voice (rekaman suara yang viral) berasal dari tersangka BBP," ungkap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo.

Selengkapnya baca di sini

3. Usung Kamera 48MP, Xiaomi Redmi Note 7 Dibanderol Rp 2,1 Jutaan

Redmi Note 7, smartphone Rp 2,1 jutaan yang memiliki kamera belakang 48MP (Foto: The Verge)

Tahun lalu, Presiden Xiaomi Lin Bin Menggoda Mi Fans dengan kejutan tentang smartphone Xiaomi yang memiliki kamera dengan resolusi 48MP.

Nah, kini di awal 2019, Xiaomi meluncurkan smartphone tersebut, lengkap dengan spesifikasi dan penampakannya.

The Verge dalam laporan yang Tekno Liputan6.com kutip, Kamis (10/1/2019), menyebut, smartphone yang dimaksud adalah lini entry level Xiaomi, yakni Redmi Note 7.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lady Gaga Mau Hapus Lagu Duetnya Bareng R. Kelly

Posted: 10 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Penyanyi Lady Gaga tiba-tiba saja menyatakan bakal menghapus lagu duetnya dengan R. Kelly dari layanan streaming. Bahkan, Lady Gaga pun bersumpah tidak akan bekerjasama lagi dengan penyanyi R&B itu.

Janji tersebut ditulis Lady Gaga di media sosialnya, Rabu (9/1/2019) waktu setempat, menyusul dokumenter televisi di mana sejumlah perempuan menuduh R. Kelly melakukan pelecehan seksual. Bahkan, terdapat narasi yang menyebut Kelly pernah melakukannya kepada anak di bawah umur.

Sebelum dijauhi Lady Gaga, R. Kelly (52), penyanyi dan produser yang dikenal lewat lagu "I Believe I Can Fly" itu, berkali-kali membantah tuduhan tersebut selama beberapa tahun terakhir. Termasuk tuduhan yang terekam dalam dokumenter itu.

Dikutip Reuters, R. Kelly pernah diadili dan dibebaskan pada 2008 atas tuduhan pornografi anak.

Belum Buka Suara

Penyanyi pop R. Kelly (www.r-kelly.com)

Pengacara R. Kelly belum buka suara tentang dokumenter "Surviving R. Kelly" berdurasi enam jam yang tayang pekan lalu di saluran Lifetime.

Dokumenter itu berisi wawancara dengan beberapa perempuan yang mengaku jadi korban kekerasan seksual, fisik dan mental oleh Kelly. Terdapat juga wawancara dengan mantan-mantan produser dan manajer Kelly.

Reuters tidak bisa secara independen memastikan kebenaran tuduhan itu.

Percaya

Lady Gaga (Neilson Barnard / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Lady Gaga mengatakan dia percaya pada perempuan-perempuan tersebut dan menilai dokumenter itu "betul-betul mengerikan".

"Saya mendukung mereka 1000 persen, percaya pada mereka, dan tahu mereka menderita, dan sangat yakin suara mereka harus didengar dan dianggap serius," tulis Lady Gaga.

Pada 2013, Lady Gaga merilis duet bersama Kelly berjudul "Do What U Want (With My Body)".

"Saya berniat menghapus lagu itu dari iTunes dan layanan streaming lainnya dan takkan bekerjasama dengannya lagi," kata Gaga.

"Maafkan penilaian saya yang buruk saat masih muda dan tidak angkat bicara sejak awal."

(Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: