Senin, 07 Januari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Penyintas Tragedi Bom Boston Jadi Korban Tabrakan Mobil

Posted: 07 Jan 2019 10:04 PM PST

Liputan6.com, Boston - Seorang penari yang kehilangan sebagian kakinya dalam tragedi Bom Boston pada 2013 lalu, kini berada di rumah sakit setelah ditabrak mobil.

Adrianne Haslet-Davis, yang sekarang menjadi pembicara publik dan juru kampanye anti-terorisme, mengunggah tentang kabar kecelakaannya di Instagram.

Dari ranjang rumah sakitnya, sebagaimana dikutip dari BBC pada Selasa (8/1/2019), Haslet-Davis mengungkapkan bahwa dia tengah menyeberang sebidang jalann di pusat Kota Boston, ketika dia tiba ditabrak oleh sebuah mobil pada Sabtu 5 Januari.

"Saya terlempar ke udara dan mendarat di aspal dengan keras, sebagian sisi kiri tubuh saya hancur," tulis Haslet-Davis di unggahan Instagram.

Namun, rincian lebih lanjut tentang luka-lukanya tidak dikabarkan dengan jelas, namun pihak kepolisian Boston mengatakan bahwa kondisi Haslet-Davis saat ini  tidak berisiko mengancam jiwa.

Para pejabat mengatakan pengemudi, yang tetap berada di tempat kejadian, gagal menghentikan kendaraannya saat melaju di persimpangan dengan lampu lalu lintas.

Pria itu, yang belum disebutkan namanya, mengatakan kepada polisi Boston bahwa dia tidak melihat Haslet-Davis menyeberang, karena cuaca yang gelap dan hujan.

Haslet-Davis adalah seorang penonton lomba maraton ketika Bom Boston terjadi pada 2013 lalu. Dia berhasil selamat meski harus menerima kenyataan sebagian kakinya diamputasi.

Bom Boston menewasan tiga orang dan melukai puluhan lainnya. Tragedi itu disebut sebagai salah satu aksi teror terbesar di AS pasca-serangan 11 September.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Dapat Dukungan Luas Secara Online

Ilustrasi Media Sosial (iStockphoto)

Terlepas dari kenyataan sebagian kakinya diamputasi, Haslet-Davis bertekad untuk pulih dan kembali menari sesuai hasratnya.

Setahun setelah Bom Boston, dia tampil di salah satu segmen TED, menceritakan kisah inspiratf tentang bagaimana ia berjuang melawan kondisi yang cacat karena bom. Dia juga berhasil memukau publik dengan tampil menari di acara Dancing with the Stars.

Lalu, pada 2016, dia adalah salah satu dari dua korban amputasi yang kembali menjajal lari di ajang Boston Marathon.

Di situs webnya, Haslet-Davis mengatakan dia menolak disebut sebagai "korban selamat" da;a, serangan itu, dan kemudian dikenal karena menggunakan tanda pagar (tagar) #AdrianneStrong.

Dalam serangkaian unggahan stories di akun Instagram-nya pada hari Minggu, Haslet-Davis berterima kasih kepada orang-orang atas dukungan online mereka.

"Saya benar-benar takut menuju ke operasi berikutnya, saya tidak tahu ada berapa banyak lagi," katanya dalam sebuah story.

"Saya bisa merasakan cinta dan dukungan kalian, dan saya ingin mengucapkan banyak terima kasih. Saya benar-benar takut tetapi saya pikir saya berada di tangan yang baik."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMW iX3 Mulai Diuji, Kapan Meluncur?

Posted: 07 Jan 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - BMW secara intensif melakukan pengujian SUV X3 versi all-electric yaitu iX3. Belum lama ini mobil bertenaga listrik itu diuji di jalanan dengan terbungkus kamuflase.

Dilansir dari paultan.org, prototipe ini memiliki tampilan yang sama persis seperti sebelumnya yaitu dengan bumper depan dan belakang yang merupakan pengembangan dari konsep iX3 di Beijing tahun lalu.

Desain bumper depan terlihat sedikit direvisi, namun tetap mempertahankan lubang udara yang lebih ramping.

Pada bagian grille mobil ini terlihat masih tertutup oleh kamuflase yang kemungkinan akan tetap mempertahankan desain dari konsepnya yang kontroversial.

Beranjak ke bagian belakang, bentuk bumper terlihat masih mengadopsi desain konsep diffuser, namun dengan "lubang" yang kurang menonjol.

Lekukan bagian samping juga tampak diperpanjang lebih dalam, hal ini kemungkinan sebuah upaya dari BMW untuk menyembunyikan baterai besar yang terlihat pada prototipe pengembangan pertama.

 

Selanjutnya

Selama debut Konsep iX3, BMW mendaftarkan spesifikasi awal yang mencakup motor listrik 200 kW (268 hp) serta baterai 70 kWh yang mampu berjalan lebih dari 400 km pada the new Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP) di seluruh dunia.

Unit kontrol pengisian daya baterai baru dikabarkan dapat mendukung pengisian cepat hingga 150 kW, sehingga memungkinkan pengisian daya penuh hanya dalam waktu 30 menit di stasiun pengisian DC tertentu.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selundupkan 4 Kucing di Celana, Pria Ini Ditahan Petugas Imigrasi Singapura

Posted: 07 Jan 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria berusia 45 tahun ditahan pihak imigrasi Singapura lantaran berusaha menyelundupkan empat anak kucing. Pria yang tak diketahui identitasnya itu memasukkan empat anak kucing ke dalam celananya dan berusaha melewati perbatasan Tuas Checkpoint Singapura.

Berdasarkan keterangan dari akun resmi ICA (Immigration & Checkpoints Authority) Singapura, pria tersebut datang dari Malaysia dan mengendarai mobil berplat nomor Singapura pada Rabu (2/1/2019). Dirinya berhenti di Tuas Checkpoint Singapura untuk menjalani prosedur pemeriksaan.

Awalnya petugas tak curiga dengan kondisi dirinya yang diam-diam telah menyimpan empat anak kucing di dalam celananya. Namun, petugas mendengar suara kucing yang ternyata berasal dari celana pria tersebut.

Ketika diperiksa, potugas menemukan empat anak kucing di dalam celananya tersebut. Petugas lantas menahan pria tersebut beserta keempat anak kucingnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Hukuman Berat

pria selundupkan 4 anak kucing di dalam celana (foto: Facebook ICA Singapore)

Menurut keterangan pihak ICA yang ditulis pada Jumat lalu, membawa hewan ke Singapura tanpa lisensi merupakan tindakan ilegal dan bisa dikenai hukuman berat.

Jika dinyatakan bersalah, pelaku bisa dikenai denda maksimal $10,000 atau hukuman penjara 1 tahun. Hal ini tentunya dilakukan untuk menghindari maraknya aksi penyelundupan hewan ke negara tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diisukan Meninggal, Kondisi Ustaz Arifin Ilham Justru Membaik

Posted: 07 Jan 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tak sedap menyasar ustaz Arifin Ilham. Pria yang berusia 49 tahun itu diisukan meninggal setelah menderita sakit kanker kelenjar getah bening.

Informasi itu dibantah rekan ustaz Arifin Ilham, Habib Muhsin bin Zain Alattas. Dia menegaskan, kondisi pemimpin Majelis Az Zikra ini sudah membaik.

"Saya waktu mau berangkat ke sini dapat kabar Beliau meninggal. Saya telepon orang terdekat Arifin ternyata itu informasi hoaks," ucap dia di RSCM, Selasa (8/1/2019).

"Alhamdulillah Allah SWT masih memberikan kesempatan kepada saya untuk bisa menjenguk Beliau. Saya lihat kondisinya baik dan sehat," imbuh dia.

Dia pun meminta masyarakat lebih bijak dalam menyebarkan informasi. "Saya harap kepada siapa pun jangan suka menyebarkan berita hoaks tentang ustaz Arfiin meninggal," ujar dia.

Imam Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta ini menambahkan, Arifin Ilham dirawat di Ruang Kencana di lantai 7 RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Saat membesuk, Muhsin mengaku sempat berbicang-bincang. Arifin meminta untuk didoakan agar segera diberikan kesembuhan.

"Alhamdulillah saya sudah jenguk Beliau, berjabat tangan, ngobrol dengan Beliau. Beliau tetap mempunyai keinginan untuk kembali secepatnya pulih untuk bisa beraktivitas. Itu harapan kita yang kita doakan kepada Beliau," jelas dia.

 

Kabar Hoaks

Ustaz Arifin Ilham (Foto: Instagram)

Hal senada disampaikan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Dia juga membantah kabar yang menyebut Arifin Ilham telah tiada.

"Ustaz Arifin Ilham tidak wafat. Yang menyatakan wafat itu hoaks," ucap dia.

Dia mendoakan agar penyebar hoaks tersebut segera bertobat. "Mudah-mudahan cepat tobatlah yang menyebarkan itu," ucap dia.

Pantauan Liputan6.com, sejumlah tokoh juga menjenguk Arifin Ilham. Mereka di antaranya Kapolres Jaksel Kombes Indra Jafar dan mantan Menpora Adhyaksa Dault.

Sebelumnya juga ada Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Gubernur DKI Anies Baswedan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Pertandingan Sevilla vs Atletico Madrid, Gagal Dekati Barcelona

Posted: 07 Jan 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Duel Sevilla vs Atletico Madrid dalam laga ke-18 Liga Spanyol 2018/2019 di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Minggu (6/1/2019) berakhir imbang 1-1. Sejatinya, pemenang dalam duel ini akan menempel ketat Barcelona yang berada di puncak klasemen dengan raihan 37 poin.

Di tabel klasemen sebelumnya, Atletico Madrid berada di posisi kedua dengan koleksi 34 poin. Sedangkan Sevilla bercokol di tempat ketiga dengan raihan 32 poin. Artinya, dengan hasil Sevilla vs Atletico 1-1, keduanya harus puas berbagi satu poin.

Posisi Atletico dan Sevilla pun tak berubah dari daftar klasemen tersebut. Atletico tetap menempati posisi kedua klasemen dengan koleksi 35 poin. Sementara itu, Sevilla ada di posisi ketiga dengan raihan 33 angka.

Babak pertama Sevilla vs Atletico Madrid

Menurut data ESPN, tim tuan rumah unggul sedikit penguasaan bola dengan catatan 55 persen. Ada 14 tembakan yang dilepaskan pemain Sevilla, namun hanya lima yang mencapai sasaran. Sementara dari Atletico melakukan 12 tembakan, tujuh di antaranya menemui bidang.

Pada menit ke-15, percobaan Sevilla masih melebar. Roque Mesa gagal memanfaatkan umpan dari Jesus Navas. Sevilla sebenarnya nyaris membobol gawang Los Rojiblancos pada menit ke-36. Tendangan jarak jauh pemain asal Portugal itu sudah mengarah ke sasaran, sayangnya bola hasil tendangannya menerpa tiang dan gagal masuk ke gawang.

Baru di menit ke-37 Sevilla berhasil lebih dulu unggul 1-0 lewat sepakan dari jakar dekat Wissam Ben Yedder. Asis gol tersebut diberikan Daniel Carrico.

Gol Sevilla ini tercipta berkat kejelian Ben Yedder memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan gawang Jan Oblak.

Ben Yedder yang mendapatkan bola di muka gawang tak menyia-nyiakan kesempatan mencetak gol. Ben Yedder berhasil menaklukkan Oblak lewat tendangan dari jarak dekat.

Sayangnya, keunggulan Sevilla harus buyar menjelang babak pertama usai. Atletico berhasil menyamakan kedudukan menjelang turun minum. Bintang Atletico, Antoine Griezmann berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Sebelumnya, Antoine Griezmann sudah melakukan percobaan pada menit ke-27 dengan meneruskan bola sodoran Angel Correa namun belum membuahkan hasil untuk Atletico.

Pada menit ke-45 Griezmann sebagai eksekutor tendangan bebas mengirim bola ke pojok kiri gawang dan membuat kiper Sevilla, Tomas Vaclik hanya bisa terpana melihat bola bergulir masuk ke dalam gawang.

Babak kedua Sevilla vs Atletico Madrid

Di babak kedua, Sevilla dan Atletico terus bertukar serangan. Dua menit babak kedua, tim asuhan Diego Simeone sempat mengancam lebih dulu. Namun, tembakan Saul Niguez meneruskan umpan Thomas Lemar belum membuahkan gol untuk membawa Atletico unggul.

Sevilla lantas membalas di menit ke-53. Andre Silva menjadi pengumpannya, sayang bola tersebut gagal dikonversi menjadi gol oleh Pablo Sarabia.

12 Menit berselang Saul melepaskan percobaan lagi. Lagi-lagi, sundulannya meneruskan crossing Thomas Partey belum membuahkan gol.

Pada babak kedua ini, jalannya pertandingan Sevila vs Atletico Madrid berjalan lebih sengit. Kedua tim sama-sama sering memberikan ancaman ke lini pertahanan lawan.

Selain saling mengancam, permainan keras juga tergambar dari banyaknya kartu kuning yang dikeluarkan wasit.

Kedudukan pun masih seimbang hingga laga tinggal menyisakan lima menit waktu normal.

Memasuki masa injury time, sempat terjadi keributan di antara kedua klub setelah gelandang Atletico, Thomas Partey melakukan tekel pada Jesus Navas untuk menghentikan serangan balik cepat Sevilla.

Pelanggaran Thomas pada Jesus Navas direspons oleh para pemain Sevilla. Beberapa aksi dorong-mendorong pun terjadi, menghasilkan kartu kuning untuk Andre Silva dan Stevan Savic. Thomas juga mendapat kartu kuning.

Pada babak kedua, tak ada gol tercipta. Skor 1-1 bertahan hingga akhir pertandingan Sevila vs Atletico Madrid. Sevilla dan Atletico harus puas berbagi satu poin.

Fakta pertandingan Sevilla vs Atletico Madrid

Wissam Ben Yedder (Sevilla) - 9 gol dan 5 assist (AFP/Cristina Quicler)

Dengan hasil pertandingan ini, Atletico tetap menempati posisi kedua klasemen dengan koleksi 35 poin

Sevilla saat ini berada di posisi ketiga dengan raihan 33 angka.

Hasil imbang ini merupakan kali ke-8 sepanjang sejarah pertemuan kedua klub.

Susunan Pemain Sevilla vs Atletico Madrid

Sevilla (3-5-2): Vaclik; Gnagnon (Amadou 90), Carriço, Sergi Gómez; Navas, Roque Mesa, Banega, Escudero; Sarabia (Promes 79); André Silva, Ben Yedder (Bryan 90).

Pelatih: Pablo Machin

Atletico (4-4-2): Oblak; Juanfran, Savic, Godin, Saul; Koke, Rodrigo, Thomas Partey, Lemar (Vitolo 60); Griezmann, Correa (Montero 79).

Pelatih: Diego Simeone

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Oase di Balik Terminal Ledeng

Posted: 07 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Dari balik terminal Ledeng yang selalu sibuk, di antara gang-gang sempit perumahan warga, Iman Soleh membangun komunitas sastra yang mereka sebut Centre Culture of Ledeng (CCL). Atau jika tak mau dibilang terlalu keren, Iman Soleh malah sering menyebutnya dengan Celah-Celah Langit.

Saat budaya pop menggerus Bandung menjadi lebih 'alay', Iman Soleh bersama komunitasnya justru konsisten mempertahankan nilai-nilai budaya Sunda lewat jalan kesenian. Gaya berkesenian RT RW atau dalam lingkungan masjid di kampung sudah dilakoninya sejak SD.

"Dulu waktu saya kecil, Acep Sugandi itu dalang wayang. Kemudian Mang Apit adalah pemain longser, dan mang Didi pemain calung," ungkap Iman Soleh saat ditemui awak Liputan6.com.

Memasuki 1983, saat anak-anak muda seusianya bersaing di Sipenmaru memperebutkan bangku Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Iman Soleh lebih memilih masuk Study Club Teater (STB) Bandung.

Dari kampusnya Iman Soleh mengenal sosok Suyatna Anirun, pendiri STB, yang dianggapnya sebagai sosok guru dalam dunia teater.

Tak berhenti sampai di kampus, kecintaannya kepada dunia seni teater membawanya "sekolah" di berbagai komunitas besutan seniman-seniman teater yang sudah terlebih dahulu mapan, seperti Arifin C Noer, Teguh Karya, WS Rendra, dan Nano Riantiarno. Iman Soleh bersama Putu Wijaya bahkan pernah pentas keliling ke 20 tempat di Indonesia.

"Saya diuntungkan oleh keinginan Saya yang kuat sekali ingin belajar, apalagi di zaman saya ada tradisi "nyantri" namanya. Saya menikmati benar sejarah orang tua-orang tua pendiri teater di masa lalu," kata Iman Soleh menceritakan awal mula sejarah pertemuannya dengan dunia teater.

 

Jalan Pengabdian Iman Soleh

Bagi Iman Soleh, seni teater merupakan sebuah wadah berkesenian yang modalnya paling primitif, yakni tubuhnya sendiri, pikiran, ucapan-ucapannya, dan tindakannya. Teater juga mengajarkan pada keberagaman sifat dan bentuk.

"Di mata saya seni teater merupakan bentuk kesenian yang paling jujur dibandingkan seni yang lain. Bisa menjadi penyadaran, bahkan perlawanan bagi banyak hal," ungkap Iman Soleh.

Setelah merasakan nyantri di berbagai komunitas, Iman Soleh dalam kurun waktu 1998 hingga 2006 berkesempatan mempelajari seni teater di berbagai negara Asia dan Eropa, antara lain ia pernah belajar di Jepang, Philipina, dan Prancis.

Bahkan, komunitas CCL pada 2007 juga pernah pentas di Lahore, Pakistan, serta berkolaborasi dalam pentas keliling bersama Sidetrack Theater dalam produksi The Tangled Garden yang dipentaskan di Jakarta dan Australia. Bersama komunitasnya di CCL, Iman Soleh juga telah menghasilkan berbagai karya pertunjukan, antara lain Air, Passage, Water Carier, Air Burung, Nenek Moyang, Bedol Desa, Ozone, Indonesia Menggugat, dan Tanah Ode Kampung Kami.

Nama CCL sendiri muncul pada 1998 di tengah rezim represif Orde Baru, meski Iman Soleh telah menjadikan halaman rumahnya sebagai tempat berkesenian sejak 1985. "Dulu pada saat Orde Baru, kami disebutnya OTB (Organisasi Tanpa Bentuk), saya sendiri pernah dari dalam rumah ditangkap gara-gara pertunjukkan," kenang Iman Soleh sambil tertawa mengingat masa-masa itu.

Iman Soleh menyadari dan mengalami sendiri bagaimana rezim Orde Baru mencoba mengerdilkan segala bentuk kesenian rakyat. Saat itu berbagai kelompok teater yang ingin menggelar sebuah pertunjukkan harus melapor ke Polsek dan Koramil. Pihak keamanan harus tahu terlebih dahulu apa naskahnya, apa judulnya, apa isinya. Kebebasan berekspresi, berpendapat, dan berserikat diredam atas nama stabilitas.

Namun Iman Soleh tetap berjuang bersama rakyat yang terbungkam, untuk tetap 'bersuara' lewat jalan seni teater, mengingat seni teater mampu menyatakan segala bentuk protes secara langsung. Tak dapat dipungkiri, naskah-naskah karya Iman Soleh sendiri selalu membawa suara-suara kecil masyarakat, manyajikan potongan-potongan adegan yang lekat hubungannya dengan masyarakat, sekaligus memasukkan unsur-unsur tradisi lokal Sunda ke dalam pementasan.

Sehingga pertunjukkan teater tidak menjadi sesuatu yang asing, yang asik sendiri di dalam masyarakat sebagai konteks pementasan. Tanah Ode Kampung Kami misalnya, merupakan representasi protes Iman Soleh dan komunitasnya terhadap UU pertanian di Indonesia. Petani di negeri ini, menurut Iman Soleh, tidak terjamin kesejahteraannya, padahal Indonesia sejak dulu dikenal sebagai bangsa yang agraris.

Petani tidak memiliki tanah, kalau pun punya, mereka dihadapkan dengan persoalan lain, yaitu menjual tanah atau selamanya menjadi petani walaupun tidak sejahtera. Alhasil Indonesia akan selalu mengimpor beras, meskipun Indonesia sesungguhnya mampu menghadirkan ketahanan pangan yang kuat.

 

Mencintai (Kembali) Tradisi Indonesia

Dalam berbagai pementasan, Iman Soleh bersama CCL kerap memasukan warna-warna lokal Sunda sebagai sentuhan estetisnya. Hal tersebut dilakukan tentu untuk mempertahankan kekayaan tradisi yang dimilikinya.

Bagi dirinya, Molliere dan Shakespare sangat tradisional, naskah-naskah teater yang dilahirkannya membicarakan tentang tradisi. Romeo and Juliet misalnya, menceritakan tentang dua keluarga dalam tradisi Inggris yang sangat kuat. Iman Soleh menyayangkan sikap masyarakat Indonesia umumnya yang tidak pernah mempelajari apa yang dimilikinya, tidak pernah memuliakan apa yang menjadi akar tradisinya, dan cenderung hidup kepada apa yang disebut sebagai pola kehidupan barat.

Selama belajar di berbagai negara di Eropa, Iman Soleh menyadari betapa tradisionalnya pola hidup mereka (orang Eropa), dan sebaliknya betapa modernnya manusia Indonesia. Masyarakat Eropa besar dalam tradisi aksara, mereka mencatat, sedangkan masyarakat Indonesia tidak demikian. Masyarakat Indonesia cenderung kontemporer, yang besar dalam tradisi lisan. Didirikannya kampung budaya CCL merupakan usaha untuk mengembalikan lagi seni tradisi kepada masyarakat di tengah cepatnya gerak laju perubahan zaman.

Panggung CCL yang menyatu dengan halaman rumah juga merupakan representasi dari kuatnya seni tradisi di lingkungan masyarakat Ledeng. Sehingga, seniman dan penonton tidak berjarak, dan seni tidak asik sendiri, mengingat dalam berbagai bentuk seni tradisi, penonton juga merupakan bagian dari kesenian itu sendiri.

Betapa pentingnya bagi Iman Soleh mempertahankan akar tradisi keIndonesiaan, mengingat Indonesia sangat besar. Saking besarnya, bangsa ini punya beban yang teramat berat. Namun patut disyukuri, Indonesia mempunyai tradisi toleransi yang sangat kuat, tradisi yang sudah mengakar di jalan kebudayaan orang Indonesia.

Paling tidak Iman Soleh mengingatkan anak-anak muda saat ini untuk kembali mencintai Indonesia. Kalau tidak bisa percaya pada pemerintah, paling tidak mereka bisa percaya pada dirinya sendiri, pada tetangganya, sehingga menimbulkan sikap saling percaya di lingkungan masyarakat, dan percaya pada keIndonesiaan yang dimilikinya. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kanker Kelenjar Getah Bening atau Limfoma Bisa Sebabkan Meningitis?

Posted: 07 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kanker kelenjar getah bening atau kanker limfoma masuk salah satu kanker yang banyak diidap di Indonesia. Bahkan masuk 10 kanker yang jumlahnya terbanyak di Indonesia. Lalu, apakah benar kanker getah bening bisa memicu meningitis?

Konsutan hematologi onkologi medik, dokter Ronald A. Hukom menjelaskan bahwa sel kanker bisa saja menyebar ke berbagai organ tubuh. Ketika penyebaran sel tumor mencapai ke selaput otak, pasien tersebut memperlihatkan gejala seperti mengalami peradangan selaput otak atau meningitis.

"Sel tumor lainnya, bukan hanya kanker kelenjar getah bening, bila menyebar ke selaput otak, bisa saja gejalanya seperti meningitis," kata dokter Ronald Hukom dalam pesan teks dengan Health-Liputan6.com pada Selasa (8/1/2019).

Gejala awal meningitis mirip infeksi virus biasa, seperti demam tinggi. Selain itu, sering mengeluh adanya sakit kepala, adanya kekakuan pada leher, penurunan kesadaran, muntah, dan kejang.

Untuk menentukan pasien kanker tersebut mengalami meningitis atau gejala meningitis akibat penyebaran sel kanker ke selaput otak, dokter perlu melakukan pemeriksaan lanjutan.

"Periksa biopsi/situlogi semua daerah dicurigai, apa ada sel tumor di situ karena sel kanker bisa menyebar ke berbagai organ (termasuk selaput otak)," kata Ronald.

 

 

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jokowi-Ma'ruf Didukung Barisan Gus dan Santri DKI

Posted: 07 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Barisan Gus dan Santri DKI mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shock Berat, Artis VA Tak Berhenti Menangis di Pesawat

Posted: 07 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artis VA yang terjerat kasus dugaan prostitusi online telah dipulangkan Polda Jatim. Artis VA dibebaskan bersyarat setelah menjalani pemeriksaan selama 24 jam oleh penyidik. Ditemani oleh sahabatnya, Jane Shalimar, artis VA akhirnya pulang ke Jakarta menggunakan pesawat pada Senin (7/1/2019).

Selama berada di dalam pesawat, artis VA kerap menangis sepanjang perjalanan menuju Jakarta. Hal itu diceritakan oleh Jane Shalimar yang menemani artis VA.

"Dia masih shock dan terus menangis di pesa‎wat waktu perjalanan pulang (ke Jakarta)," kata Jane Shalimar ditemui di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (7/1/2018).

Makin Shock

Ilustrasi prostitusi

Tangisan VA semakin menjadi, lantaran beredar foto bugilnya di tengah pemberitaan tentang dirinya. Hal tersebut juga semakin menambah kesedihan artis VA.

"Pas tahu foto itu (bugil) dia (VA) makin shock," ujar Jane Shalimar.

Merasa Dijebak

Ilustrasi Prostitusi (ANOEK DE GROOT AFP)

Sebagai sahabat Jane Shalimar hanya bisa menenangkan artis VA‎ agar tetap kuat menjalani masalah ini. Dia merasa, VA memang dijebak oleh seseorang.

"Saya hanya bisa menenangkan ya. Dia enggak terlibat kasus prostitusi online," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Akhir CPNS 2018 di 55 Kementerian dan Lembaga, Ada Nama Kamu?

Posted: 07 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meski telah memasuki tahun 2019, proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 (CPNS 2018) masih terus berlangsung. Kini, seleksi CPNS 2018 telah memasuki tahap yang paling ditunggu-tunggu, yakni pengumuman hasil akhir CPNS 2018.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Selasa (8/1/2018), tercatat sudah banyak instansi pusat dan daerah yang telah mengumumkan hasil akhir CPNS 2018. Terdapat sebanyak 55 dari total 74 instansi pusat (Kementerian/Lembaga) yang telah mengumumkan hasil akhir CPNS 2018. Pengumuman hasil akhir diumumkan di laman resmi masing-masing instansi.

Pengumuman hasil akhir CPNS 2018 tersebut berdasarkan Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara selaku Ketua Tim Pelaksana Seleksi Nasional Pengadaan CPNS Tahun 2018 perihal Penyampaian Hasil Integrasi Nilai SKD dan SKB CPNS Tahun 2018.

Bagi para pelamar CPNS 2018 yang dinyatakan lolos, berarti hanya perlu menghadapi tahapan akhir, yakni tahap pemberkasan. Persyaratan pemberkasan dapat dilihat di laman resmi masing-masing instansi. Namun persyaratan pemberkasan tiap instansi biasanya tidak jauh berbeda.

Adapun instansi pusat yang telah mengumumkan hasil akhir seleksi CPNS 2018, antara lain Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB), serta Mahkamah Agung RI (MA).

Dalam waktu dekat, jumlah instansi yang mengumumkan hasil akhir seleksi CPNS 2018 ini diperkirakan akan terus bertambah. Hal ini berdasarkan data dari BKN yang menyebutkan bahwa per 7 Januari 2019 pukul 17.00, sudah ada 539 instansi yang DS, 11 instansi proses verval BKN, seperti Kemristekdikti, KPPPA, Kemenag RI, Kejaksaan RI, dan Divisi Humas Polri, sementara 3, yaitu Kementerian PUPR, BIN, dan BPKRI menunggu final instansi.

"Update #CPNS2018 per 7 Jan pkl 17.00:

Instansi DS: 539Verval di BKN: @Kemristekdikti @kpp_pa @Kemenag_RI @KejaksaanRI @DivHumas_Polri @DKIJakarta @KEMENPORA_RI (Atlet) Tanah Datar, Takalar, Konawe Utara, Lombok Utara

Menunggu final instansi: @KemenPU @BIN_Official @bpkri," kicau BKN di akun Twitter resminya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut 55 instansi pusat yang telah mengumumkan hasil akhir CPNS 2018:

1. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

2. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker)

3. Kementerian BUMN

4. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

5. Kementerian Luar Negeri (Kemlu)

6. Kementerian Perindustrian (Kemenperin)

7. Kementerian Keuangan (Kemenkeu)

8. Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

9. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)

10. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) edisi ralat di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ups, Aplikasi Kuis Ini Dituding Tak Bayar Uang ke Pemenang

Posted: 07 Jan 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - HQ Trivia adalah salah satu aplikasi terpopuler yang ada sekarang ini. Aplikasi tersebut menghadirkan kuis yang mengajak semua pengguna dari seluruh dunia mengikuti trivia yang dibacakan host untuk memenangkan uang tunai.

Biasanya, kuis yang diadakan menawarkan jumlah uang tunai yang berbeda-beda.

Namun belum lama ini, HQ Trivia diterpa kabar kurang mengenakkan. Investigasi terbaru mengungkap, ternyata tidak semua pemenang menerima uang tunai seperti yang sudah dijanjikan oleh penyelenggara kuis.

Dilansir Mirror, Selasa (8/1/2019), investigasi yang dilakukan media Kotaku tersebut membeberkan, kalau sejak Oktober 2018, sejumlah pemain mengaku tidak menerima uang tunai setelah memenangkan kuis.

Seperti diketahui, saat memenangkan kuis, pemain akan langsung ditransfer uang yang dijanjikan via PayPal.

"Aku tidak mau main HQ lagi karena mereka tidak menepati janji. Ini tentu membuat kami para pemain frustrasi," ujar salah satu pemain kepada Kotaku.

Hingga berita ini naik, Pihak HQ sendiri belum angkat bicara terkait kasus tersebut.

Sekadar kilas balik, co-founder HQ Trivia Colin Kroll sebelumnya dinyatakan tewas pada 16 Desember 2018 di apartemennya di New York, Amerika Serikat. Kroll berusia 34 tahun.

Dilansir New York Times, pihak kepolisan tiba di apartemen Kroll setelah menerima panggilan telepon dari seorang wanita.

Tak Sadarkan Diri

CEO HQ Trivia dan co-founder Vine, Colin Kroll tewas di apartemennya di New York. (Doc: Associated Press)

Ketika tiba di apartemen, polisi mendapati CEO HQ Trivia itu tidak sadarkan diri dan tidak responsif di atas tempat tidur.

Pada saat itu juga, polisi menyatakan Kroll meninggal di tempat kejadian. Mereka menemukan beberapa obat-obat--kemungkinan kokain dan heroin--di dekatnya.

Kabar duka ini seraya dikonfirmasi oleh rekan dekat Kroll di HQ Trivia dan Vine, yakni Rus Yusupov. Pada akun Twitter-nya, Yusupov menyatakan kesedihan yang mendalam akan kepergian Kroll.

"Sangat sedih mendengar kabar meninggalnya teman saya dan co-founder Colin Kroll. Pikiran dan doa saya untuk orang yang dicintainya. Saya akan mengingat Kroll selamanya karena jiwa dan hatinya yang baik. Dia membuat dunia dan internet menjadi tempat yang lebih baik. Istirahat dalam damai, saudara," kicau Yusupov di akun Twitter.

Rintis Aplikasi Vine

Vine

Sekadar informasi, Kroll bersama dengan rekannya, Yusupov, dan Dom Hofmann meluncurkan aplikasi video singkat, Vine, pada Januari 2013.

Kurang dari dua tahun, aplikasi tersebut langsung diakuisisi oleh Twitter seharga US$ 30 juta. Saat diluncurkan, layanan ini memiliki lebih dari 200 juta pengguna.

Kroll sendiri diketahui meninggalkan perusahaan pada 2014, menyusul dugaan perilaku tidak pantas terhadap wanita.

Usai keluar dari Vine, Kroll dan Yusupov memutuskan untuk mendirikan HQ Trivia pada 2017.

HQ Trivia tersebut adalah aplikasi kuis live yang memberikan kesempatan pada penggunanya untuk mendapatkan hadiah ribuan dolar.

Berjaya di awal 2018, gim harian ini ternyata mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir.

Tak hanya itu, Recode melaporkan, saat ini perusahaan sedang menghadapi masalah internal dikarenakan penunjukan Kroll sebagai CEO menggantikan Yusupov.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sentra Food Jajaki Ekspor Daging Olahan ke ASEAN hingga Eropa

Posted: 07 Jan 2019 09:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Sentra Food Indonesia Tbk (FOOD) menegaskan akan memperkuat pasar domestik. Lantaran potensi pengolahan daging di tanah air masih terbuka luas.

Direktur Utama PT Sentra Food Indonesia Tbk, Agustus Sani Nugroho mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan seluruh dana hasil penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) sebagai modal kerja untuk mendorong penjualan di pasar domestik. Perseroan memiliki 10 jaringan distribusi antara lain di Jabodetabek, Sumatera dan Sulawesi Selatan.

"Kita enggak muluk-muluk karena domestik masih luas jadi kita berharap paling tidak domestik bisa kita penuhi dan peluang ekspor kita jajaki," ucapnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (8/1/2019).

Perseroan menargetkan penjualan tumbuh dua kali lipat dari sekitar Rp 100 miliar pada akhir 2018 menjadi sekitar Rp 200 miliar pada 2019. Adapun laba Perseroan ditargetkan meningkat menjadi sekitar Rp 2 miliar sepanjang tahun ini dibandingkan proyeksi laba pada 2018 sebesar Rp 1 miliar.

Dia menambahkan, untuk mendorong penjualan, Perseroan tidak mengalokasikan dana belanja modal (capital expenditure/capex). Namun, dana yang ada dipakai sebagai modal kerja.

"Capex tahun ini kita tidak ada ya, karena fasilitas kita masih memadai untuk meningkatkan sales tanpa menambah mesin. Kita fokuskan dorong penjualan dengam working capital (modal kerja)," ujar dia. 

Selagi memperkuat pasar domestik, pihaknya juga mulai menjajaki potensi pasar ekspor terutama produk daging olahan. Adapun negara tujuan Perseroan untuk ekspor ialah negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Selain itu Perseroan juga membidik potensi pasar ekspor di negara-negara kawasan Timur Tengah dan Eropa.

"Penjajakan ekspor sudah mulai tapi masih pre-eliminary ya. Maret 2019 at least sudah bisa implementasi pasar luar seperti ASEAN. Kemarin juga ada peluang ditawarkan ke Timur Tengah, Eropa juga potensial. Karena penduduk muslimnya 70 juta," ujar dia.

Saham Sentra Food Naik 68,89 Persen

Pekerja bercengkerama di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Rabu (16/5). IHSG ditutup naik 3,34 poin atau 0,05 persen ke 5.841,46. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, PT Sentra Food Indonesia Tbk (SFI) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa 8 Januari 2019. Perusahaan dengan kode FOOD tersebut merupakan emiten pertama yang menawarkan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di bursa tahun 2019.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna berharap, perusahaan dapat membangun hubungan yang baik dengan seluruh stakeholder yang ada.

"Ini perusahaan pertama yang tercatat di BEI. Ini spesial momen bagi perusahaan dari private company menjadi public company. Semoga Perseroan dapat menawarkan komitmen dan visi yang jelas bagi perusahaan kedepannya. Semoga terus bisa berinovasi," ujar dia.

Pada pencatatan perdana ini, saham perseroan naik 93 poin atau 68,89 persen ke level Rp 228 dari harga IPO Rp 135. Saham SAP ditransaksikan sebanyak 1 kali dengan volume sebanyak 15 lot dan menghasilkan nilai transaksi Rp 342 ribu.

Dari aksi korporasi ini, Sentra Food Indonesia memperoleh tambahan modal sebanyak Rp 20,25 miliar. Manajemen perseroan akan menggunakan dana hasil IPO itu seluruhnya untuk meningkatkan setoran modal ke perusahaan anak, yaitu PT Kemang Food Industries (Kemfood) guna membeli bahan baku daging dan bahan lainnya.

Sebagai informasi, saat ini kapasitas produksi Kemfood baru mencapai 150 ton per bulan. Perseroan yakin pasca IPO kapasitas produksi bakal meningkat menjadi 200 ton per bulan.

Sementara itu, Sentra Food Indonesia menargetkan penjualan dan laba di tahun 2019 masing-masing sebesar Rp 137 miliar dan Rp 3,7 miliar. Perseroan dengan kode saham SFI ini dibantu oleh PT Jasa Utama Capital Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Ingin Indonesia Miliki Daya Saing Seperti China

Posted: 07 Jan 2019 09:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan pembukaan diskusi tentang Outlook Perekonomian Indonesia Tahun 2019, di Hotel Ritz Calton, Jakarta Pusat. Dalam sambutannya JK mengatakan Indonesia harus meningkatkan daya saing untuk sistem perekonomian yang lebih baik.

"Karena negara maju yang ingin maju dalam sistem ekonomi yang modern, tidak mungkin melaksanakan semua kebutuhannya. Itu mereka perlu memenuhi itu dengan harus membeli dan untuk membeli sesuatu harus mengekspor. Jadi ekspor ini suatu sistem yang tidak bisa dihindari tapi perlu kita lakukan," kata JK, Selasa (8/1/2019).

"Memang masalahnya semua negara berpikir yang sama, maka timbulah persaingan. Makanya PR kita meningkatkan daya saing. Dalam persaingan tentu ada komponen penting bisakah kita memproduksi dengan baik? yang lebih tepat dan lebih murah," kata JK.

Dengan memproduksi dengan baik, kata JK, Indonesia bisa menggunakan persaingan dan memenangkan persaingan. Seperti China yang dapat bisa melakukan persaingan. Terlihat di setiap toko tertulis 'Made in China', seperti saat kunjungannya ke New Zealand.

"Kalau kita masuk toko yang semuanya itu pegang pasti Made in China. Saya ke New Zealand beli sepatu Made in China, topi juga Made in China. Beli sesuatu apapun Made in China, tidak ada barang tanpa Made in China karena membuatnya lebih baik dan murah," ungkap JK.

Ekonomi Tak Pasti

Karena itu JK berharap Indonesia bisa seperti China. Walaupun perekonomian saat ini tidak memiliki kepastian.

"Dapatkah kita mempunya hal-hal tersebut. Walaupun kita menyadari bahwa perekonomian memiliki ketidakpastian yang luar biasa," ungkap JK.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Ancam Penyebar Foto Vulgar Artis VA dengan UU ITE

Posted: 07 Jan 2019 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penyebar foto vulgar artis VA terancam dikenakan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Usai VA ditangkap oleh Polda Jawa Timur karena terlibat prostitusi, tersebar foto-foto sang artis berusia 27 itu di media sosial tanpa mengenakan pakaian.

"Nanti bisa kita kenakan juga UU ITE," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rasen Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Selasa (8/1/2019).

Argo meminta masyarakat lebih bijak dalam menggunakan smartphone dan tidak menyebarkan gambar yang mengandung muatan vulgar.

"Pernah kita sampaikan bahwa untuk kita menggunakan gadget terutama ada video call, ada foto kita harus bijak. Kira kira norma seperti apa yang bisa kita sampaikan kita kirimkan. Kita ada norma norma ya. Kita dalam kehidupan ada norma norma ya," kata dia.

Dia juga mengingatkan masyarakat agar taat hukum. "Ya kita taati jangan sampai apa yang kita lakukan menimbulkan efek hukum," pungkasnya.

Sebelumnya, pengacara artis VA, Muhammad Zakir Rasyidin akan menempuh jalur hukum terkait tersebarnya foto vulgar kliennya.

Artis VA akan melaporkan orang yang pertama kali menyebarkan foto tersebut ke kepolisian. Tak hanya itu, akun-akun yang juga turut mengunggah dan menyebarkan foto itu di media sosial juga akan dipolisikan.

 

Foto Vulgar

Sebelumnya beredar sebuah foto vulgar perempuan yang diduga VA tengah berada di kamar mandi sebuah hotel.

Zakir membenarkan bahwa perempuan yang ada dalam foto tersebut adalah kliennya. "Klien kami bilang itu foto betul dia dan dalam waktu dekat akan dilaporkan," ucap Zakir dalam jumpa pers yang digelar di kawasan Kalibata, Jakarta, Senin 7 Januari 2019.

Menurut pengakuan VA, foto tersebut diambil di sebuah hotel di Kuala Lumpur, Malaysia, sekitar setahun lalu.

Zakir mengatakan VA telah mengantongi satu nama yang diduga kuat sebagai oknum yang mengambil foto dia secara diam-diam di hotel itu. Menurut dia, pelaku berasal dari kalangan artis.

"Penyebarnya adalah figur publik juga," kata Zakir, seraya menambahkan bahwa pelaku dapat dijerat dengan Pasal 27 ayat 1 Undang-Undang ITE.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampilan Menggoda Lisa BLACKPINK dengan Lipstik Merah

Posted: 07 Jan 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Walau makeup ala Korea Selatan dikenal menonjolkan penampakan kulit, namun bukan berarti hanya warna-warna natural saja yang bisa Anda poleskan. Menambahkan pilihan berani berupa aplikasi lipstik merah seperti yang dilakukan Lisa BLACKPINK juga bisa dipertimbangkan.

Kesan sedikit bold ini tentu sangat mungkin jadi alternatif look untuk bermain-main dengan warna lebih menyala. Dipadukan dengan sejumlah outfit, intip penampilan menggoda Lisa BLACKPINK dalam polesan lipstik merah.

Lisa Blackpink (Instagram/ lalalalisa_m)

Bersama riasan wajah semi bold, perempuan asal Negeri Gajah Putih ini sempat terlihat memeoleskan lipstik berwarna merah gelap. Pemilihan ini membuat bibir Lisa terlihat lebih penuh dan sorot matanya lebih tajam.

Kala itu, Lisa tampak memakai busana terkesan edgy dengan tambahan anting bulat yang menyempurnakan penampilannya. Rambut Lisa dibiarkan tergerai, namun tetap dalam tatanan rapi berponi depan.

Lisa BLACKPINK. (dok. Instagram @lalalalisa_m/https://www.instagram.com/p/Br_7VLqDhSN/Asnida Riani)

Meninggalkan kesan intens, lisptik merah ternyata juga cocok dipoleskan ketika tengah berbusana kasual. Di sebuah unggahan di akun Instagram-nya, Lisa tampak memakai minim makeup, namun tetap terlihat segar, lantaran polesan lipstik merah.

Memilih warna cukup cerah dan senada dengan kaus yang dikenakan, lipstik ini tidak 'mengintimitdasi' seperti look pertama. Jadi, ternyata lipstik merah tak melulu bisa dipoleskan di acara malam hari. Pemakaiannya juga bisa disesuaikan, tergantung shade yang Anda pilih.

Lisa BLACKPINK. (dok. Instagram @lalalalisa_m/https://www.instagram.com/p/BoSk6g9HUk7/Asnida Riani)

Bermain-main dengan komponen busana yang dikenakan, di mana Lisa tampak memakai kaus berpadu stocking jaring, kesan edgy dari penampilannya kian tampak. Ditambah polesan lipstik merah, Lisa makin menggoda.

Bersama dengan itu, Lisa BLACKPINK memadukan riasan wajahnya dengan winged eyeliner. Rambutnya pun tak lagi dibiarkan tergerai begitu saja. Setengahnya ditata Lisa dalam kuncir tinggi tepat di tengah. Jadi, gaya mana yang ingin Anda sontek?

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juru Bicara: Laporan Bank Dunia Bukan untuk Serang Pemerintah

Posted: 07 Jan 2019 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bank Dunia angkat suara atas isu mengkritik pedas program Presiden Joko Widodo. Anggapan itu didasarkan pada laporan berjudul Indonesia Infrastructure Financing Sector Assessment Program (InfraSAP).

Pihak Bank Dunia menjelaskan, laporan itu justru dibuat bersama pemerintah perihal isu infrastruktur. Isinya pun bukan kritik, melainkan assessment yang melibatkan pihak pemerintah. Laporannya juga belum bersifat final.

"Itu belum final. Itu dimulai disiapkan pertengahan 2017," ujar Lestari Boediono, Senior Communication Officer Bank Dunia Indonesia saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (8/1/2018). "Jadi dilihat kendalanya apa, kalau misalnya mereka perlu pendanaan dari komersial dan swasta," lanjutnya.

Lestari pun menegaskan bahwa laporan Bank Dunia tidak memiliki motif menyerang pemerintah. Ia mengungkapkan, Bank Dunia justru berkolaborasi bersama pihak-pihak terkait dari pemerintah dalam menyusun laporan tersebut.

Tercatat, setidaknya ada tujuh kementerian yang diajak berdiskusi Bank Dunia. Salah satunya adalah Kementerian Keuangan.

"Laporannya itu dibuatnya diskusi sama Kementerian Keuangan, Bappenas, Koordinator, BUMN, PUPR, Perdagangan OJK, nah kemarin itu baru ada diskusi high level pada Desember yang melibatkan kementerian-kementerian ini semua," papar Lestari.

Dalam klarifikasi resminya, Bank Dunia berharap laporan tersebut bisa berguna dalam mengembangkan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2020-2024. Bank Dunia pun aktif berkonsultasi dengan pihak pemerintah.

"Laporan kita selalu dibuat dengan diskusi bersama pemerintah," pungkas Lestari.

Sebelumnya

Presiden Jokowi Pidato di Pertemuan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali. Dok: Merdeka

Sebelumnya, ada pula laporan lain Bank Dunia yang ditenggarai menyerang presiden. Namun, laporan itu ternyata dibuat sebelum Jokowi menjabat.

"Kami ingin memberikan klarifikasi bahwa laporan ini selesai ditulis pada tahun 2014 sebelum Presiden Jokowi dilantik, (dan) bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai keadaan perencanaan dan pembiayaan infrastruktur pada saat itu," jelas pernyataan resmi Bank Dunia. 

Dalam laporan berjudul Proses Perencanaan Infrastruktur dan Penganggaran Indonesia, dijelaskan bahwa biaya untuk infrastruktur tidak memberikan hasil yang lebih baik. Turut dibahas kurangnya komunikasi dalam pembahasan anggaran, salah satunya antara Bappenas dan kementerian serta lembaga terkait infrastruktur.

Nama Presiden juga turut disebut dalam laporan itu, tetapi ia disebut sebagai president-elect(presiden yang baru terpilih). Bank Dunia ketika itu menjelaskan pentingnya peran konkret Jokowi dalam koordinasi perencanaan pemerintahan pusat.

Bank Dunia pun menyebut laporan itu sudah tidak relevan karena kondisi saat ini sudah berbeda karena adanya reformasi penting yang dilaksanakan pemerintah.

Lebih lanjut, laporan itu sempat tersebar karena ada kesalahan administrasi. Laporan itu sebetulnya untuk penggunaan internal, namun tak sengaja diunggah di situs Bank Dunia pada Juni 2018.

"Dengan demikian, laporan ini sudah tidak terpakai karena tidak mencakup reformasi yang substansial yang telah dikerjakan sejak laporan ini selesai ditulis hampir lima tahun yang lalu – termasuk beberapa regulasi baru yang penting," tulis Bank Dunia.

Beberapa capaian penting yang dilakukan pemerintahan Indonesia, menurut Bank Dunia, adalah dalam pembangunan infrastruktur dan memahami bermacam peluang yang bisa ditingkatkan secara berkelanjutan.

"Pembangunan infrastruktur merupakan unsur sangat penting untuk kemajuan Indonesia," jelas Bank Dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Song Hye Kyo - Park Bo Gum Ciuman di Encounter, Warganet Teringat Song Joong Ki

Posted: 07 Jan 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Para penonton setia serial drama Korea Encounter mungkin ramai-ramai bersorak saat episode terbaru serial ini ditayangkan beberapa waktu lalu.

Pasalnya, Jin Hyeok (Park Bo Gum) akhirnya mengutarakan rasa cintanya kepada Soo Hyun (Song Hye Kyo).

Tak hanya itu, dalam episode Encounter tersebut pasangan ini akhirnya berciuman, dengan saling memeluk mesra. Yang lebih romantis, adegan ini terjadi di balkon hotel, di bawah langit malam Kuba.

Para penonton yang menyaksikan adegan romantis ini pun langsung bereaksi. Tak sedikit yang ikut baper karena adegan di Encounter ini.

Adegan Ciuman Terbaik

Encounter (tvN/ Soompi)

Dilansir dari Pannchoa, Selasa (8/1/2019), lewat forum Pann, tak sedikit warganet Korea Selatan yang memuji adegan ini.

"Ini adegan ciuman terbaik yang pernah kulihat," kata seorang warganet.

"Park Bo Gum membuat hatiku bergetar... Emosi dan cerita yang digabung menjadi satu dalam adegan ciuman mesra ini membuatnya terlihat begitu seksi dan menggoda. Aku terpukau," tutur warganet lain.

Perasaan Song Joong Ki

Drama Encounter yang diperankan Song Hye Kyo dengan Park Bo Gum (tvN/Soompi)

Di Twitter, warganet mancanegara juga memuji adegan ini. Bahkan tak sedikit yang langsung membayangkan perasaan Song Joong Ki bila melihat adegan ini.

"Gila, adegan ciuman Hye Kyo dan Bogum bagus banget. Bagus banget sampai aku langsung memikirkan bagaimana reaksi Joongki," tutur @vividpaisley.

"Omg aku baru lihat adegan ciuman Bogum dan Hyekyo....Aku tahu ini hanya pekerjaan, tapi bagaimana ya perasaan Joongki?" kata @dannytwts.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah ke Posisi 14.120 per Dolar AS, IHSG Tergelincir 14,55 Poin

Posted: 07 Jan 2019 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak variasi pada sesi pertama perdagangan saham Selasa pekan ini. Sementara itu, nilai tukar rupiah bergerak di kisaran 14.002-14.101 per dolar AS.

Pada penutupan sesi pertama Selasa (8/1/2019), IHSG melemah 14,55 poin atau 0,23 persen ke posisi 6.272,66. Indeks saham LQ45 tergelincir 0,58 persen ke posisi 996,92. Seluruh indeks saham acuan kompak melemah.

Sebanyak 205 saham menguat sehingga menahan pelemahan IHSG. 162 saham melemah dan 132 saham diam di tempat.

Pada sesi pertama, IHSG berada di posisi tertinggi 6.316,24 dan terendah 6.270. Total frekuensi perdagangan saham 276.741 kali dengan volume perdagangan 7,3 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 4 triliun. Investor asing beli saham Rp 189,08 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.120. Sedangkan rupiah bergerak di posisi 14.002-14.101 per dolar AS, berdasarkan data Bloomberg.

Sebagian besar sektor saham sama-sama menguat dan melemah. Sektor saham barang konsumsi turun 1,19 persen, dan bukukan penurunan terbesar. Disusul sektor saham manufaktur tergelincir 0,73 persen dan sektor saham tambang susut 0,58 persen.

Sementara itu, sektor saham konstruksi naik 0,81 persen, sektor saham infrastruktur menanjak 0,69 persen dan sektor saham perdagangan mendaki 0,26 persen.

Saham-saham yang catatkan penguatan antara lain saham FOOD naik 68,89 persen ke posisi Rp 228 per saham, saham INCF mendaki 25 persen ke posisi Rp 310 per saham, dan saham FREN mengua 22,50 persen ke posisi Rp 98 per saham.

Sementara itu, saham SSTM turun 24,29 persen ke posisi Rp 318 per saham, saham OCAP tergelincir 14,73 persen ke posisi Rp 220 per saham, dan saham PSDN susut 13,08 persen ke posisi Rp 226 per saham.

Bursa saham Asia pun bervariasi. Indeks saham Hong Kong Hang Seng naik 0,20 persen, indeks saham Jepang Nikkei mendaki 0,91 persen, dan indeks saham Singapura menguat 0,24 persen.

Sedangkan indeks saham Korea Selatan Kospi merosot 0,17 persen, indeks saham Thailand tergelincir 0,04 persen, indeks saham Shanghai susut 0,20 persen dan indeks saham Taiwan turun 0,19 persen.

 

Rupiah Sempat Menguat ke 13.986 per Dolar AS

Petugas menata tumpukan uang kertas di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Kamis (6/7). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan hari ini masih tumbang di kisaran level Rp13.380/USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melanjutkan penguatan yang telah dibukukan sebelumnya. Optimisme kesepakatan AS dengan China mendorong penguatan rupiah.

Mengutip Bloomberg, Selasa 8 Januari 2019, rupiah dibuka di angka 14.059 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.082 per dolar AS. Menuju siang, rupiah terus menguat hingga menyentuh 14.002 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di rentang 14.002 per dolar AS hingga 14.059 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah menguat 2,43 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.031 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang di angka 14.105 per dolar AS.

Untuk data kurs Reuters, rupiah dibuka di 14.075 per dolar dan sempat menyentuh level 13.986 per dolar AS. Namun kemudian rupiah kembali ke kisaran 14.050 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, optimisme pelaku pasar terhadap negosiasi dagang antara AS dengan China akan tercapai kesepakatan menjadi faktor penopang bagi mata uang di kawasan Asia, termasuk rupiah.

"Di tengah minimnya data ekonomi, pelaku pasar terlihat optimis akan adanya progres pada pertemuan kali ini," katanya dikutip dari Antara.

Di tengah situasi itu, ia menambahkan, mata uang berisiko seperti rupiah kembali membuka peluang untuk melanjutkan penguatannya.

Selain itu, lanjut dia, sentimen dovish mengenai prospek kebijakan moneter Federal Reserve (Fed) tahun ini turut menjadi faktor yang menopang mata uang berisiko.

"Sikap dovish The Fed mengenai pengetatan kebijakan pada 2019 memicu peralihan dana ke aset berisiko," katanya.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih menambahkan mata uang kuat Asia, seperti yen Jepang, dan dolar Singapura menguat terhadap dolar AS, itu menjadi sentimen penguatan rupiah.

"Diproyeksikan rupiah menuju kisaran antara Rp13.950-Rp14.000 per dolar AS pada hari ini," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Varian Termahal Tembus Rp 800 Juta, Apa Keunggulan All New Toyota Camry?

Posted: 07 Jan 2019 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Membuka tahun baru, PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan sedan mewah terbaru all new Toyota Camry. Model ini mendapatkan berbagai ubahan, baik dari segi eksterior, interior, fitur, dan mesin baru untuk varian Hybrid.

Menjadi model kedua di Indonesia setelah C-HR yang menggunakan platform baru, Toyota New Global Architecture (TNGA), Toyota Camry datang dengan tampilan yang lebih atletis dengan dimensi yang lebih besar.

Dari segi eksterior, all new Toyota Camry memiliki desain yang lebih sport namun mewah. Hal tersebut, didukung dengan lampu depan dan lampu belakang LED. Secara keseluruhan, bagian depan memancarkan kesan yang lebih kuat dengan garis-garis tajam. Sementara bagian buritan terlihat lebih sporty dan aerodinamis layaknya sedan kelas atas.

Untuk interiornya, all new Toyota Camry dirancang lebih stylish, namun tetap mengedepankan sisi kepraktisan. Desain kombinasi T shape dashboard di varian sebelumnya, berubah menjadi tipe cockpit.

Mendukung kenyamanannya, Toyota Camry menyajikan berbagai fitur berteknologi terkini, seperti sunroof untuk varian V dan Hybrid. Audio varian V dan G menggunakan layar sentuh AVX 9 inci, dilengkapi DVD, radio, usb, aux, HDMI, Bluetooth, miracast, internet dan 6 speaker. Selain itu, terdapat juga MID dengan layar 4,2 inci yang menampilkan informasi driving information, eco indicator, vehicle features, security system, dan tekanan ban.

Sistem pendingin untuk varian G dan V menggunakan sistem dual zone dengan kontrol terpisah antara bagian depan pengemudi dan penumpang belakang. All new Toyota Camry juga dilengkapi wireless charger untuk varian V dan Hybrid.

Selain itu, semua varian menggunakan jok berkualitas baik dengan desain sporty, pedal akselerator untuk memudahkan kaki agar bisa bergerak secara natural.

Sedangkan untuk fitur keselamatan (safety) yang lengkap dengan mencantumkan blind spot monitor, rear cross traffic alert, brake hold function, di samping 7 airbags, ABS, EBD, BA, VSC, dan HSA.

 

Performa Toyota Camry

Jantung penggeraknya, varian G dan V menggunakan mesin berkode 2AR-FE berkapasitas 2.494 cc, empat silinder dengan tenaga maksimum 181 Tk pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 23,9 kgm pada 4.100 rpm. Sedangkan untuk varian Hybrid menggunakan mesin A25A-FXS berkapasitas 2.487 cc dengan tenaga 176 Tk pada 5.700 rpm dengan torsi maksimum 22,5 kgm pada 3.600 sampai 5.2000 rpm.

Varian Hybrid, dilengkapi dengan motor listrik dengan varian 20,6 kgm, dengan baterai yang diletakan di bawah kursi penumpang belakang.

"Dengan penampilan yang lebih mewah dan sporty, dan didukung sejumlah fitur terbaru all new Camry tidak hanya menawarkan kenyamanan lebih, namun juga kesan yang lebih prestis terhadap pelanggan," jelas Vice Presiden Director PT TAM, Henry Tanoto, di sela-sela peluncuran all new Toyota Camry, Selasa (8/1/2019).

Hadir dalam tiga varian, yaitu G, V, dan Hybrid, dengan banderol  Rp 613.350 juta untuk varian G, Rp 646.659 juta untuk varian V, dan Rp 806.600 juta untuk varian Hybrid.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Tekanan Terhadap Rupiah Semakin Berkurang

Posted: 07 Jan 2019 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, menjelaskan bahwa dana asing sudah mulai masuk kembali ke Indonesia (capital inflow) sehingga neraca pembayaran menjadi lebih positif. Selain itu, tekanan terhadap rupiah juga sudah terlihat semakin mengurang.

"Kami akan jaga terus bersama Bank Indonesia dari sisi persepsi karena kemarin dengan APBN yang kita sampaikan sangat positif, primary balance nya sudah mendekati nol, defisitnya jauh lebih kecil," kata Sri Mulyani dikutip dari laman Setkab, Selasa (8/1/2019).

Kondisi itu menyebabkan kepercayaan terhadap surat-surat berharga di Indonesia menjadi meningkat. Sehingga saat Federal Reserve (Bank Sentral AS) mengumumkan bahwa mereka akan bersabar itu memberikan tenaga terhadap posisi Indonesia.

"Jadi ini yang akan kami coba terus perbaiki di dalam rangka untuk bisa meningkatkan positive sentiment pada awal tahun," terang Sri Mulyani.

Untuk diketahui, mengutip Bloomberg, Selasa (8/1/2019), rupiah dibuka di angka 14.059 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.082 per dolar AS. Menuju siang, rupiah terus menguat hingga menyentuh 14.002 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di rentang 14.002 per dolar AS hingga 14.059 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah menguat 2,43 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.031 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang di angka 14.105 per dolar AS.

Untuk data kurs Reuters, rupiah dibuka di 14.075 per dolar dan sempat menyentuh level 13.986 per dolar AS. Namun kemudian rupiah kembali ke kisaran 14.050 per dolar AS.

Laksanakan APBN

Sri Mulyani pada rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali. Dok: am2018bali.go.id

Mengenai arahan Presiden Joko Widodo, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bahwa melaksanakan apa yang sudah di dalam APBN 2019 itu penting. Karena kemarin penyerapan sudah bagus 99 persen tapi itu ditolong dengan belanja-belanja tambahan seperti Asian Games yang ditambahkan, kemudian anggaran bencana yang juga kita pindahkan ke K/L, itu menyebabkan penyerapan lebih baik.

Tapi tentu, lanjut Menkeu, kita fokusnya jangan sampai menunggu terlalu lama karena kita juga lihat sampai 2019 itu penyerapannya juga menunggu pada bulan Desember.

"Jadi kalau bisa juga seawal mungkin karena banyak yang sudah disiapkan," ujarnya.

Pemerintah, menurut dia, juga fokus terhadap stabilitas harga pangan yang dijaga oleh seluruh Kementerian/Lembaga terkait. Kemudian juga untuk bagaimana meningkatkan positif terhadap kesempatan kerja.

"Itu yang menjadi salah satu yang akan kita fokuskan," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survivor Kanker Kelenjar Getah Bening Bisa Jatuh Sakit karena Penyakit Lain

Posted: 07 Jan 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pasien kanker kelenjar getah bening, penyakit yang pernah dialami Ustaz Arifin Ilham, bisa jatuh sakit karena masalah kesehatan lain, yang tak ada hubungannya dengan kanker. Sekali pun pasien itu harus dirawat inap di rumah sakit.

"Ada pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari kanker kelenjar getah bening (disebut survivor), tak lama kemudian dia dirawat, ya tidak juga karena kanker lagi (atau penyebaran dari sel kanker tersebut)," kata dokter spesialis radioterapi subspesialis onkologi radiasi, Fielda Djuita saat dihubungi Health Liputan6.com pada Selasa, 8 Januari 2018.

Staf medik fungsional instalasi radioterapi Rumah Sakit Dharmais Jakarta ini, mengatakan, bisa saja survivor kanker kelenjar getah bening maupun kanker jenis lain mengalami demam karena imunitas menurun.

"Bisa juga karena daya tahan tubuh ini, orang itu kena tipes. Gampang diobati. Batuk pilek juga mungkin, kok," kata Fielda menambahkan.

Terlebih jika mantan pasien kanker kelenjar getah bening tersebut sudah berusia tua, ditambah pula masih aktif, karena badan yang capai akhirnya jatuh sakit.

"Saya selalu menyarankan pasien saya untuk jaga makan, dan sudahlah, jangan capai-capai. Istirahat saja," kata Fielda menekankan.

 

Pasien Kanker Kelenjar Getah Bening Bisa Sembuh

Ilustrasi Kanker Kelenjar Getah Bening (iStockphoto)

Pasien kanker jenis apa pun, tak terkecuali kanker kelenjar getah bening, bisa dinyatakan sembuh selama dia mengikuti semua prosedur pengobatan yang disarankan dokter.

"Sembuh di sini bukan sembuh total, ya," kata Fielda.

"Para survivor yang kita tahu keberadaannya selama ini pun adalah bukti bahwa kanker itu bisa disembuhkan. Sembuh di sini istilahnya survivor," ujarnya.

Untuk mencapai kata 'sembuh' itu, pasien kanker kelenjar getah bening harus menjalani kemoterapi dan radiasi.

"Setelah semua prosedur dijalani, dan dicek (scan) ternyata sudah bebas dari kanker, berarti sembuh, berarti dia survivor," kata Fielda.

Meski sudah menyandang survivor, tak lantas pasien tersebut bisa bebas begitu saja. Mereka harus kontrol rutin ke dokter yang menangani mereka setiap satu tahun sekali, menjaga pola makan dan gaya hidup. Sebab, yang sudah survivor pun ada kemungkinan untuk kambuh.

"Cuma kita enggak pernah tahu kapan kambuhnya, karena tergantung daya tahan tubuh masing-masing," katanya.

Fielda mencontohkan salah satu pasien kanker yang pernah dia tangani. Pasien tersebut, kata Fielda, terakhir diradiasi atau disinar sekitar tujuh tahun lalu. Sampai sekarang, pasien tersebut masih hidup dan sehat.

"Ya karena dia rajin setahun sekali kontrol ke dokternya," ujarnya.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemimpin Kudeta Gabon Ditangkap, Pemerintah Klaim Telah Kendalikan Situasi

Posted: 07 Jan 2019 09:34 PM PST

Liputan6.com, Libreville - Kepala militer pemberontak yang memimpin kudeta gagal di Gabon pada Senin 7 Januari 2019, telah ditangkap oleh aparat pro-pemerintah.

Aparat juga berhasil menewaskan dua anggota tentara yang ambil bagian dalam upaya kudeta gagal tersebut.

Sebelumnya, personel tentara yang menamai diri mereka Gerakan Patriotik Pertahanan dan Pasukan Keamanan Gabon mengambil alih stasiun radio nasional pada 7 Januari 2019 dan mengumumkan pembentukan "dewan restorasi" --menandai upaya kudeta. Namun, aksi itu tampaknya telah berhasil dinetralisir oleh pemerintah.

"Situasi di bawah kendali", ujar juru bicara pemerintah Guy-Bertrand Mapangou seperti dikutip dari France24, Selasa (8/1/2019), menggambarkan kudeta yang gagal itu sebagai "sebuah peristiwa remeh".

"Pemerintah dan lembaga-lembaga berfungsi normal, dan orang-orang menjalani aktivitas sehari-hari seperti biasa," kata Mapangou, seraya menambahkan bahwa empat dari lima pemberontak telah ditangkap dan yang kelima sedang "dalam pelarian".

Sebelumnya pada Senin, seorang koresponden AFP melaporkan bahwa ada tembakan di dekat stasiun radio di pusat Libreville, ibu kota negara kaya minyak itu, dengan kendaraan militer menghalangi akses ke kantor stasiun radio nasional.

Dalam sebuah pesan radio yang disiarkan pada pukul 03.30 GMT, tentara pemberontak menyerukan rakyat Gabon untuk memberontak melawan Presiden Ali Bongo Ondimbo (59) yang sakit, namun telah pulih dari serangan stroke dan kini menjalani perawatan di Maroko.

Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan para prajurit - yang menggambarkan diri mereka sebagai Gerakan Patriotik Pasukan Pertahanan dan Keamanan Gabon - mengenakan seragam militer dan baret hijau ketika mereka membacakan pernyataan mereka.

"Jika Anda makan, berhentilah; jika Anda minum, berhentilah; jika Anda tidur, bangun. Bangunkan tetangga Anda ... bangkitlah, bersatu dan kendalikan jalan," kata Letnan Kelly Ondo Obiang lewat siara radio nasional.

Juru bicara pemerintah kemudian menyebut Letnan Ondo Obiang sebagai prajurit buron.

Ketua Uni Afrika Moussa Faki Mahamat "sangat mengutuk" percobaan kudeta, menulis di Twitter: "Saya menegaskan kembali penolakan total Uni Afrika terhadap semua perubahan kekuasaan yang tidak konstitusional."

Prancis --bekas kolonialis Gabon-- juga mengutuk kudeta militer yang gagal, mendesak hampir 9.000 warga negara Prancis yang terdaftar di konsulat Prancis di Libreville untuk menghindari bepergian keliling ibu kota.

Presiden Bongo dirawat di rumah sakit pada Oktober 2018 di Arab Saudi setelah menderita stroke. Dia telah berada di Maroko sejak November untuk melanjutkan perawatan.

Seorang juru bicara kepresidenan mengatakan bahwa Presiden Bongo akan membuat pernyataan segera.

Dalam pidatonya di Malam Tahun Baru, Presiden Bongo mengakui masalah kesehatan tetapi mengatakan dia sudah mulai pulih.

Dalam ketidakhadirannya, Mahkamah Konstitusi Gabon mengalihkan sebagian kekuasaan presiden kepada perdana menteri dan wakil presiden.

Keluarga Bongo telah memerintah negara penghasil minyak selama hampir setengah abad. Bongo telah menjadi presiden sejak menggantikan ayahnya, Omar, yang meninggal pada tahun 2009. Pemilihannya kembali pada tahun 2016 dinodai oleh klaim penipuan dan protes kekerasan.

Uni Eropa mengatakan mereka menemukan anomali selama pemilihan di provinsi kubu Bongo di Haut-Ogooue, di mana ia memenangkan 95 persen suara pada total 99,9 persen pemilih.

 

Simak video pilihan berikut:

Ketidakmerataan Ekonomi

Presiden Gabon, Ali Bongo Ondimba (AFP PHOTO)

Gabon, sebuah negara kecil dengan populasi sekitar dua juta orang, diperkirakan menjadi negara terkaya keempat di Afrika.

Aly-Khan Satchu, seorang ekonom dan analis Afrika, mengatakan Gabon adalah "masyarakat yang sangat tidak setara" dan kemungkinan populasi dan faksi militer lainnya akan mendukung langkah tersebut, dan mencatat pemerintah belum "menjaga warganya".

"Kapten telah keluar dari negara itu selama beberapa bulan, ini adalah serangan pemenggalan kepala yang saya pikir akan sulit bagi keluarga untuk diusir," kata Satchu kepada Al Jazeera. "Akan sangat sulit bagi presiden untuk mendapatkan kembali kendali sementara dia duduk di Maroko."

Dia mengatakan masih harus dilihat apa yang terjadi selanjutnya, tetapi mencatat sekitar 900 tentara Prancis berada di negara itu, warisan dari masa kolonial.

"Apakah Prancis akan menyelamatkan rezim? Saya kira tidak," katanya, sambil menambahkan, "Saya kira orang-orang ini tidak bekerja sendiri. Belum terlihat."

Satchu mengatakan upaya kudeta mencerminkan kecenderungan ketidakpuasan yang lebih luas di Afrika atas para pemimpin yang telah lama berkuasa namun telah gagal untuk memperhatikan kebutuhan rakyat mereka.

"Apa yang kami tonton di seluruh benua ini - apakah itu Gabon, Sudan, atau Republik Demokratik Kongo - adalah semacam titik kritis," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Kembali Guncang Indonesia di 5 Wilayah Ini

Posted: 07 Jan 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Usai tsunami Selat Sunda pada 22 Desember 2018 lalu, beberapa wilayah di Indonesia kerap digoyang gempa.

Bahkan, pada awal tahun 2019, gempa menggoyang Indonesia, seperti di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Lombok Utara, dan Pangandaran, Jawa Barat.

Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 3 hingga 5 dan pada waktu yang berbeda-beda. Meski begitu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa tidak berpotensi tsunami.

Pada Senin, 7 Januari 2019 dini hari, tiga gempa dengan kekuatan magnitudo berbeda menggoyang wilayah Tanah Air. Gempa pertama di Halmahera Barat diikuti gempa kedua dengan kekuatan magnitudo 5 sekitar pukul 01.18 WIB.

Selain Halmahera Barat, gempa juga menggoyang Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara. Gempa bermagnitudo 5,1 itu terjadi sekitar pukul 01.25 WIB.

Rupanya, gempa masih terus terjadi di beberapa wilayah Indonesia lainnya. Gempa bumi tektonik dengan Magnitudo 6,5 mengguncang Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

Selain itu, gempa juga terjadi di Bangkinang, Riau dan Tasikmalaya, Jawa Barat.

Berikut 5 gempa yang kembali goyang beberapa wilayah Indonesia dihimpun Liputan6.com:

 

1. Halmahera Utara

Hari ini, Jumat, 30 Desember 2016, gempa guncang Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat. (Ilustrasi Gempa: cdn.abclocal.go.com)

Gempa bumi tektonik dengan Magnitudo 6,5 mengguncang Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, Senin, 7 Januari 2019 pukul 01.27 Wita.

Tak hanya di Maluku Utara, guncangan gempa ini terasa hingga Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Kejadian ini bahkan membuat panik warga.

Warga Manado yang merasakan gempa tersebut menjadi panik dan berhamburan keluar rumah. Pantauan Liputan6.com, di kawasan Boulevard, warga yang menginap di hotel ikut panik dan berlari keluar ruangan untuk mencari tempat yang aman.

Bahkan, ada yang menggunakan pakaian seadanya ikut berlari keluar dari hotel demi menyelamatkan diri.

"Gempa tadi cukup kuat, kami sementara tidur karena merasakan gempa langsung lari keluar ruangan ikut tangga darurat," kata Jimmy.

Akibat gempa tektonik dengan Magnitudo 6,5 selain membuat panik tamu hotel, juga ada tamu yang langsung check out dan membawa serta barang mereka untuk menjauh dari Boulevard. Diketahui, kawasan Boulevard merupakan wilayah reklamasi pantai Manado.

"Kami trauma dengan gempa apalagi dekat pantai jadi cari tempat aman dulu," ujar Erni sambil terburu-buru.

Hingga saat ini gempa susulan masih terjadi, tetapi intensitasnya menurun.

 

2. Nusa Tenggara Timur

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Gempa bumi Magnitudo 5,0 mengguncang Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Senin, 7 Januari 2019 pukul 10.48.31 WIT.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 5, yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Magnitudo 4,9.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,13 LS dan 119,87 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 40 km arah utara Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 45 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," katanya.

Dia menjelaskan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Laut Flores ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar oblique.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Labuan Bajo dan Bima dalam skala intensitas II-III MMI, dan di daerah Ruteng pada skala I-II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 11.13 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," tandasnya.

Dia menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

3. Riau

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Bangkinang, ibu kota Kabupaten Kampar, Riau diguncang gempa tak biasa pada Sabtu, 5 Januari 2019 pagi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya dua guncangan magnitudo 3,9 dan 3,7.

Gempa ini dibilang tak biasa karena Bangkinang sangat jauh dari laut lepas dan tidak ada pegunungan di Riau. Laut yang dekat dengan Riau adalah Selat Malaka dan sudah masuk kabupaten lain, yaitu Bengkalis, Kota Dumai, Rokan Hilir, serta Kepulauan Meranti.

Analis BMKG Pekanbaru, Mia, kepada Liputan6.com menyebut, gempa itu sangat dalam berada di dasar tanah. Gempa pertama tercatat di kedalaman 247 kilometer dan gempa kedua pada kedalaman 241 kilometer.

"Waktunya berdekatan, pukul 07:59:04 WIB dan pukul 07:59:05 WIB," jelas Mia.

Berada di kedalaman tanah, Mia menyatakan gempa Bangkinang ini tidak termasuk yang dirasakan hingga ke permukaan. Makanya tak heran jika masyarakat di sana tak merasakan adanya sesuatu terjadi di dasar tanah.

"Biasanya yang berpengaruh ke kerusakan bangunan itu gempa dengan kedalaman yang dangkal, sehingga terasa hingga ke permukaan," terang Mia.

Mia menyebutkan, gempa ini terjadi 0.54 lintang utara, 100.86 bujur timur serta 28 kilometer barat laut. Gempa ini juga tidak tercatat di web BMKG Pekanbaru karena magnitudo di bawah 5.

"Biasanya yang tercatat di atas 5, kalau di bawahnya kami harus konfirmasi ke BMKG pusat dulu," sebut Mia.

Terhadap kejadian ini, BMKG Pekanbaru berharap masyarakat Riau dijauhkan dari bencana alam.

 

4. Halmahera Barat

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Gempa kembali menggoyang wilayah Halmahera Barat, Senin malam ini (7/1/2019).

Sumber BMKG menyebut, gempa berkekuatan 5,4 terjadi sekitar pukul 21.11 WIB dengan lokasi 2.52 lintang utara, 126.84 bujur timur, sekitar 153 kilometer Halmahera Barat Maluku Utara.

"Gempa berkedalaman 10 kilometer," tulis BMKG di akun resminya,

Sebelumnya, gempa juga menyoyang Halmahera Barat pada Senin dini hari tadi. Gempa pertama kekuatan magnitudo 6,5 terjadi sekitar pukul 00.27 WIB.

Gempa susulan berkekuatan magnitudo 5 terjadi sekitar pukul 01.18 WIB. Sumber BMKG menyebut gempa tidak berpotens tsunami.

 

5. Tasikmalaya

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Gempa dengan kekuatan magnitudo 4,8 menggoyang Tasikmalaya, Senin malam, 7 Januari 2019.

Sumber BMKG menyebut, gempa terjadi sekitar pukul 22.42 WIB dengan lokasi 8.15 LS, 107 BT sekitar 62 kilometer Tasikmalaya, Jawa Barat.

Gempa berkedalaman 21 kilometer dan tidak berpotensi tsunami. Belum ada laporan adanya kerusakan atau korban jiwa akibat gempa ini.

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Selatan Jokow Siswanto menyatakan, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa ini merupakan gempa dangkal akibat subduksi di wilayah Selatan Jawa.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa susulan.

"Kita imbau masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keteladanan Ustaz Arifin Ilham Sebagai Seorang Ayah

Posted: 07 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - K.H. Muhammad Arifin Ilham atau lebih dikenal dengan Ustaz Arifin Ilham adalah sosok ustaz kondang yang dikenal dengan pembahasan dakwahnya tentang berzikir. Ustaz Arifin Ilham lahir di Banjarmasin pada 8 Juni 1969. Beliau adalah anak kedua dari lima bersaudara.

Sosok Ustaz Arifin Ilham selain dikenal sebagai pendakwah, ia juga sempat menjadi perbincangan hangat karena pernikahan poligaminya dengan tiga wanita yang saat ini menjadi istrinya. Istri pertama Ustaz Arifin Ilham bernama Wahyunati Al-Waly, istri keduanya Rania Bawazier, dan yang ketiga diketahui bernama Femma.

Dari pernikahannya tersebut Ustaz Arifin Ilham dikabarkan telah memiliki lima orang anak, tiga orang putra bernama Muhammad Alvin Faiz, Muhammad Amer Azzikra, Muhammad Azka Najhan, serta dua orang putri bernama Alaa Hifzhiyah Arifin dan Amatazasyahlah Arifin.

Ustaz Arifin Ilham juga sempat menjadi sorotan publik karena menikahkan putranya yang bernama Muhammad Alvin Faiz saat usianya masih 17 tahun. Alasan Arifin Ilham mengizinkan putranya tersebut menikah muda, tak lain lantaran ia ingin anaknya terhindar dari perbuatan zina.

Cukup Matang

Muhammad Alvin Faiz bersama istri dan anaknya [foto: instagram/yusufalvinramadhan]

"Abi tidak rela api sekecil korek api sekalipun menyentuh tubuhmu na, apalagi api neraka jahanam. Inilah yang membuat abi buka jalan pernikahanmu, krn ingin Alvin, abi dan kita semua selamat, abi tidak ingin hati, pikiran, mata, telinga Alvin buat ma'syiat," tulis Ustaz Arifin Ilham di akun Facebook pribadinya beberapa tahun lalu.

Alasan yang lainnya, Ustaz Arifin Ilham mendukung sang putra menikah muda karena Muhammad Alvin Faiz memiliki kepribadian yang cukup matang. Bahkan, putranya tersebut membuat calon istri dan keluarganya memeluk agama Islam.

Bangga

Ustaz Arifin Ilham (Foto: Instagram)

"Krn engkau takut berzina, dan memilih jalan Allah, engkau akan melihat keagungan dan pertolongan Allah luar biasa. Engkau menikahi seorang putri muallafah. Engkau bimbing papa dan omanya pun masuk Islam. Tiga generasi sekaligus bersyahadat. Abi bangga saat membuka kamarmu ditengah malam, sedang engkau dalam sujud," tulis Ustaz Arifin Ilham melanjutkan.

Saat ini, dikabarkan Ustaz Arifin Ilham kembali masuk rumah sakit. Sebelumnya ustaz kondang tersebut sempat menjalani pengobatan karena mengidap penyakit kanker kelanjar getah bening stadium 4A yang dideritanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satgas Anti-Mafia Bola Tangkap Wasit yang Terlibat Pengaturan Skor

Posted: 07 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Satgas Anti-mafia Bola kembali menangkap satu orang tersangka kasus pengaturan skor. Kepolisian menangkap seorang wasit bernama Nurul Safarid.

Nurul Safarid ditangkap Satgas Anti-mafia Bola di Garut, Jawa Barat, Senin (7/1/2019). Ditangkapnya Nurul berkat pengembangan keterangan dua tersangka pengaturan skor yang sudah diamankan, Priyanto dan Dwi Irianto.

"Ya betul kita tangkap. Nurul Safarid adalah sebagai Wasit pada saat pertandingan antara Persibara melawan PS Pasuruan," kata Ketua Tim Media Satgas Anti-mafia Bola Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono dalam keterangan tertulis, Selasa (8/1/2019)

Dalam keterangannya, Priyanto dan Dwi Irianto mengamankan sebuah bukti chat ke Nurul. Dalam tangkapan gambar chat tersebut, Priyanto dan Nurul meminta nomor rekening.

"Alat bukti keterangan, foto bukti transfer, dan capture percakapan meminta nomor rekening," ujar Argo, terkait penangkapan Nurul soal pengaturan skor.

 

Nurul Kantongi Rp 45 Juta

Argo mengatakan, Nurul mengantongi uang sebesar Rp 45 juta untuk mengatur pertandingan PS Pasuruan melawan Persibara. Pertandingan itu dimenangkan Persibara dengan skor dua gol tanpa balas.

"Tsk P memberikan uang kepada wasit ini sebesar Rp 45 juta dengan rincian Rp 30 juta langsung di Hotel Central secara tunai, Rp 10 juta secara tunai setelah pertandingan diserahkan oleh tsk DI di Hotel Central." kata Argo.

"Kemudian yang Rp 5 juta ditransfer oleh tsk P dari rekening Mandiri atas nama Priyanto ke rek N di Bank Mandiri sehari setelah pertandingan," ucapnya menegaskan.

5 Tersangka Diamankan

Dengan ditangkapnya Nurul Safarid, Satgas Anti-mafia Bola sudah mengamankan lima tersangka terkit pengaturan skor. Sebelumnya, polisi mengamankan mantan komisi wasit Priyanto, anak Priyanto Anik Yuni Sari, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Johar Lin Eng, anggota Komisi Disiplin PSSI Dwi Irianto.

Mereka ditangkap Satgas Anti-Mafia Bola atas laporan mantan manajer Persibara Banjarnegara, Lasmi Indaryani.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tottenham vs Chelsea: Laga Terakhir Fabregas?

Posted: 07 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, London - Chelsea bersiap menghadapi Tottenham Hotspur di laga pertama semifinal Piala Carabao alias Piala Liga Inggris dinihari WIB nanti. Di laga ini, Tottenham akan terlebih dahulu berlaku sebagaai tuan rumah di Stadion Wembley, London.

Bagi gelandang Chelsea, Cesc Fabregas, laga ini bukan tak mungkin menjadi laga terakhirnya mengenakan seragam The Blues. Sebelumnya, Fabregas sendiri sempat jelas mengindikasikan bakal hengkang usai Chelsea mengalahkan Nottingham Forest 2-0 di Piala FA, Sabtu (5/1).

Kontrak Fabregas, 31 tahun, memang akan berakhir di pengujung musim ini. Dan, kabarnya, klub Prancis, AS Monaco, kesengsem memboyong gelandang asal Spanyol ini.

Manajer Chelsea, Maurizio Sarri, mengaku tak keberatan jika Fabregas akhirnya memutuskan pergi. Maka itu, dia juga belum memastikan akan masih bisa memainkan Fagregas di pertandingan Tottenham vs Chelsea.

"Saya hanya bisa mengatakan pendapat saya. Saya tidak tahu keputusan manajemen klub nantinya," ujar Sarri. "Menurut saya, Fagregas lebih baik pergi (dari Chelsea)."

 

Kontrak Satu Tahun

Cesc Fabregas (AFP/Geoff Caddick)

Sarri sendiri bukan tanpa alasan menyarankan agar Fabregas pergi. Pasalnya, di Chelsea, ada kebijakan bahwa pemain dengan usia di atas 30 tahun hanya akan mendapatkan perpanjangan kontrak satu tahun.

"Saya dengar dia mendapatt tawaran dua tahun kontrak (dari Monaco)," ujar Sarri. "Saya tak mau pemain sepenting Fabregas merasa tak bahagia."

Opsi Lini Tengah

Sebagai antisipasi, Sarri juga sudah mulai menyiapkan pemain yang pas untuk menggantikan posisi Fabregas, jika dia memutuskan pergi. Pasalnya, kondisi satu gelandang lainnya, Loftus-Cheek, juga masih cedera.

"Jika memang Cesc Fabregas pergi, kami hanya memiliki lima orang gelandang Jadi, kami butuh penggantinya," ujar Sarri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Perayaan Natal Vladimir Putin di Kota Kelahirannya

Posted: 07 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Vladimir Putin merayakan Natal umat Kristen Ortodoks di St Petersburg. Perayaan ditandai dengan menembakkan meriam raksasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Tiga Kamera Utama, Inikah Bocoran iPhone XI?

Posted: 07 Jan 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kurang sukses dengan seri iPhone di pasaran dan nilai saham yang turun, Apple dilaporkan sedang berusaha menarik minat pengguna setianya dengan memperkenalkan desain radikal untuk iPhone XI.

Meski masih terlalu dini, sebuah video render seri penerus iPhone XS dan iPhone XS Max tersebut muncul di internet.

Dikutip dari akun Twitter Steve H.McFly (@OnLeaks), Selasa (8/1/2019), tampak iPhone XI hadir dengan kombinasi tiga buah lensa utama, beda dari seri sebelumnya.

Tak hanya itu, Apple juga diperdiksi bakal menggunakan teknologi Time of Flight (ToF) di dalam kamera iPhone terbaru.

Dengan teknologi tersebut memiliki kemampuan untuk menentukan jarak berdasarkan kecepatan cahaya, dan mengukur sinyal cahaya antara kamera dan subjek dalam setiap gambar.

Tampilan render iPhone XI. (Doc: @onleaks / @digitindia)

Kemampuan ini juga memberikan kemampuan iPhone generasi berikutnya untuk membuat peta 3D dari apa pun dalam jarak lima meter, dan memungkinkan gim berbasis AR lebih optimal.

Meskipun desain ini belum final, bocoran dari orang dalam ini sedikit membocorkan bakal seperti apa iPhone XI nantinya

Desain Bisa Berubah

Seorang anak bermain fitur animoji iPhone X di toko Apple Union Square di San Francisco (3/11). iPhone X juga memiliki fitur terbaru Face ID yang berfungsi mendeteksi dan mengenali wajah pemilik sebagai kunci membuka perangkat. (AP Photo/Eric Risberg)

Mengingat seri iPhone berikutnya masih cukup lama diluncurkan (Apple biasanya mengumumkan iPhone baru pada bulan September), dapat dipastikan desain seri tersebut bakal berubah.

Terkait informasi bocoran yang mulai ramai di internet tersebut, Apple belum memberikan komentar.

14 Aplikasi iOS Terhubung Server Berbahaya

IPhone XS (kiri) dan XS Max diperlihatkan saat peluncuran produk baru Apple di California (12/9). iPhone XS dan XS Max tersedia tiga warna (gold, silver, abu-abu) dan tiga konfigurasi memori (64GB, 256GB, dan 512GB). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Peneliti keamanan kembali menemukan adanya aplikasi untuk iPhone yang terindikasi berbahaya. Adalah firma keamanan Wandera, yang mengungkapkannya dalam laporan terbaru.

Dilansir Tech Crunch, Selasa (8/1/2019), ada 14 aplikasi--semuanya adalah gim klasik--yang menyimpan bahaya malware. Seluruh aplikasi itu diketahui terhubung dengan server dari malware Golduck.

Sekadar informasi, Golduck merupakan malware yang menyasar Android dan menjangkiti gim lawas populer. Kehadiran malware ini sendiri sudah diketahui sejak beberapa tahun lalu oleh Appthority.

Metode malware tersebut adalah menyusupkan kode backdoor berbahaya secara diam-diam ke perangkat Android.

Lalu, perangkat korban dapat dikendalikan untuk menjalankan sejumlah perintah, seperti mengirimkan SMS premium.

Kini, malware dilaporkan telah menyasar ekosistem iPhone. Dari penelusuran Wandera, 14 aplikasi berbahaya itu ternyata terhubung dengan server yang sama dengan malware Golduck.

"Domain Golduck berada di daftar pantauan kami setelah digunakan mendustribusikan malware. Kini, kami melihat adanya komunikasi antara perangkat iOS dan domain malware itu," tutur VP Wandera Michael Covington.

Kendati demikian, Wandera menyebut komunikasi tersebut belum terlalu berbahaya.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Perlu Tingkatkan 3 Hal Ini untuk Dongkrak Daya Saing

Posted: 07 Jan 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, 58 persen sumber daya manusia (SDM) Indonesia berpendidikan sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal tersebut, dinilai tidak mampu untuk mendorong peningkatan daya saing.

"58 persen orang yang kerja di Indonesia pendidikannya itu paling tinggi SMP itu tidak memadai apalagi untuk daya saing. Oleh karena itu, harus ambil jalan agak jalan pintas dengan kembangkan pendidikan dan vokasi," ujar Darmin di Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Darmin mengatakan, pembangunan infrastruktur yang kian masif tidak akan terasa manfaatnya apabila kualitas SDM tidak mampu mengimbangi. Selain infrastruktur dan peningkatan kualitas SDM, logistik juga menjadi salah satu kunci peningkatan daya saing. 

"Intinya kalau mau bersaing infrastruktur harus baik, logistik harus baik, SDM baik. Baru kita punya basis cukup untuk berdaya saing," tutur Darmin. 

Darmin menambahkan, untuk mengatasi persoalan peningkatan daya saing, pemerintah terus menggenjot pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia. Tahun ini, pemerintah fokus meningkatkan pendidikan vokasi. 

"Ini semua rancangannya boleh dikatakan sudah tuntas, mudah-mudahan dalam beberapa satu dua minggu ini roadmap dari pelatihan dan pendidikan vokasi itu sudah dijelaskan dan diresmikan ke publik," ujar dia. 

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

Kemenperin Anggarkan Rp 1,78 Triliun untuk Pendidikan Vokasi Industri pada 2019

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meluncurkan Paket Kebijakan Ekomomi XVI di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/11). Peluncuran ini juga dihadiri Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menkeu Sri Mulyani. (Liputan6.com/AnggaYuniar)

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,78 triliun untuk pelaksanaan program pendidikan vokasi industri pada 2019. Langkah strategis ini dalam rangka membangun sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, terutama agar siap menghadapi perkembangan industri 4.0.

"Progam itu menjadi salah satu andalan pemerintah untuk menyiapkan angkatan kerja kita yang dapat menerapkan industri 4.0. Hal ini sejalan dengan implementasi roadmap Making Indonesia 4.0," ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Senin (7/1/2019).

Dia menyebutkan, program pendidikan vokasi industri yang bakal dijalankan, antara lain berbasis pada kompetensi melalui sistem ganda atau dual system (teori dan praktik). Kegiatan ini diselenggarakan di seluruh unit pendidikan milik Kemenperin, yakni 9 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), 10 Politeknik, dan 2 Akademi Komunitas dengan target peserta didik sebanyak 19.478 orang.

"Di tahun ini, kami juga menyelenggarakan program pendidikan Diploma I yang lulusannya nanti bisa bekerja langsung di industri dengan target 600 mahasiswa," ungkap dia.

Airlangga menegaskan, SDM menjadi ujung tombak dan kekuatan Indonesia dalam memasuki era industri 4.0 karena seiring dengan adanya bonus demografi hingga 15 tahun ke depan.

"Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, tahun ini difokuskan pada pengembangan SDM yang berkualitas sehingga perlu dilakukan berbagai program pendidikan dan pelatihan vokasi secara lebih masif. Peningkatan kompetensi SDM menjadi salah satu program prioritas karena dapat memacu produktivtas dan daya saing sektor industri nasional," jelas dia.

Selain itu, Kemenperin akan memfasilitasi pembangunan Politeknik Industri Petrokimia di Cilegon, Banten dan Politeknik Industri Agro di Lampung. Saat ini, Kemenperin sedang menyusun kurikulum politeknik dengan tim komite yang telah ditetapkan dan lokasi politeknik dari hibah PT. Chandra Asri.

Upaya itu memudahkan para perusahaan di kawasan industri tersebut dalam mendapatkan tenaga kerja yang terampil sesuai kebutuhan saat ini.

"Bahkan, kami telah bekerja sama dengan Swiss untuk menerapkan pendidikan vokasi industri yang dual system di sejumlah Politeknik kami, dengan nama program Skill For Competitiveness (S4C)," imbuh dia.

Pada tahun ini, Kemenperin pun melanjutkan peluncuran program pendidikan vokasi yang link and match antara SMK dengan industri. Ada empat wilayah yang akan disasar, yakni Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Program ini, ditargetkan mampu melibatkan sebanyak 2.600 SMK dan 750 industri.

"Jadi pada tahap ketujuh, rencananya launching program pendidikan vokasi yang link and match dengan industri di Makassar pada 17 Januari 2019 dengan target diikuti oleh 39 perusahaan industri dan 185 SMK," tutur dia.

Selanjutnya, Kemenperin akan memberikan program peningkatan kompetensi guru produktif untuk lingkungan SMK sebanyak 2.000 orang. "Kami juga memfasilitasi silver expert untuk SMK sebanyak 100 orang," ungkap Airlangga.

Dia menambahkan, tahun ini pihaknya juga menggelar program pelatihan industri berbasis kompetensi dengan sistem 3 in 1 (Pelatihan, Sertifikasi, dan Penempatan Kerja) yang ditargetkan dapat menjaring 72.000 peserta. Program ini juga dapat dimanfaatkan para penyandang disabilitas.

"Guna membangun infrastruktur kompetensi dan sertifikasi kompetensi, kami pun akan menyusun Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sebanyak 20 SKKNI, 20 Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), 290 orang asesor kompetensi dan memberikan sertifikasi kompetensi sebanyak 15.000 orang," paparnya.

 

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Pertandingan Wolverhampton Vs Liverpool, The Reds Harus Angkat Koper dari Piala FA

Posted: 07 Jan 2019 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pada saat tim-tim besar Inggris berpesta di turnaman Piala FA, secara mengejutkan Liverpool ditaklukkan oleh Wolverhampton dengan skor tipis 2-1 di Stadion Molineux, Wolverhampton, Inggris, Senin (7/1/2018). Liverpool terpaksa harus mengulang kejadian yang sama di turnamen yang sama dengan skor yang juga sama di awal 2017 lalu. Kini Liverpool harus takluk dengan Wolverhampton (1-2) di Piala FA. Hasil itu pun membuat The Reds tersingkir. 

Di laga itu, Wolverhampton memimpin lebih dulu berkat gol Raul Jimenez dan Ruben Neves memastikan kemenangan tuan rumah, sedangkan Liverpool hanya  mampu membalas melalui Divock Origi. Hasil ini membuat Wolverhampton berhak melaju ke putaran keempat Piala FA, sementara Liverpool harus angkat koper dari turnamen ini dan  menyisakan perburuan gelar di Premier League dan Liga Champions.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp memainkan skuat lapis keduanya saat melawan Wolverhampton dengan Simon Mignolet-yang  saat ini kalah bersaing dengan Alisson Becker untuk menghuni pos di bawah mistar gawang-dipercaya tampil sejak menit awal. Liverpool memainkan sembilan pemain berbeda dari susunan tim yang dikalahkan Manchester City beberapa hari lalu.

Susunan pemain yang diturunkan

Wolverhampton: Ruddy; Bennett, Coady, Boly; Jonny (Doherty 74'), Dendoncker, Neves, Vinagre; Moutinho; Jimenez (Costa 83'), Jota (Cavaleiro 52'). Pelatih : Jurgen Klopp

Liverpool: Mignolet; Camacho, Lovren (Hoever 6'), Fabinho, Moreno; Jones (Salah 70'), Milner, Keita; Shaqiri, Sturridge (Firmino 70'), Origi. Pelatih : Nuno

Babak Pertama

Turun dengan skuat utama, Wolverhampton pun mencoba langsung menggempur Liverpool yang menurunkan mayoritas pemain lapis kedua. Peluang demi peluang dirancang untuk membuka pertahanan lawan. Sayang beberapa peluang tuan rumah masih gagal membuahkan hasil berkat antisipasi dari pertahanan tim lawan.

Bagi Liverpool, petaka sudah mulai terjadi saat laga baru berjalan tiga menit. Bek andalan mereka Dejan Lovren mengeluhkan masalah pada pahanya yang terpaksa harus digantikan bek muda Ki-Jana Hoever. Pemain yang baru berusia 16 tahun 354 hari itu resmi menjadi pemain termuda yang bermain untuk The Reds pada ajang Piala FA. Hoever kemudian masuk pada menit ke-enam menggantikan Dejan Lovren yang cedera.

Melalui sebuah skema serangan yang cepat, Wolves akhirnya sukses membuka keunggulan lewat gol Jimenez di menit ke-38 serta blunder fatal yang dilakukan James Milner berhasil dimanfaatkan Jimenez untuk melakukan penetrasi dengan menaklukkan Simon Mignolet.

Tanpa Salah, Firmino, dan Mane, Liverpool kesulitan membongkar rapatnya barisan belakang Wolverhampton. Bahkan, hingga laga berjalan 30 menit, Liverpool tak sekalipun melepaskan tembakan tepat sasaran. Salah satu peluang terbaik Liverpool melalui Xherdan Shaqiri pada menit ke-30 melepaskan sepakan keras ke pojok kanan bawah. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga turun minum.

Babak ke dua

Tertinggal satu gol pada paruh pertama, Liverpool meningkatkan intensitas serangan pada babak kedua. The Reds berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-51 lewat aksi Divock Origi. Pemain asal Belgia itu mencatatkan namanya di papan skor setelah sepakan kaki kirinya dari luar kotak penalti yang kemudian bersarang di pojok kiri atas gawang John Ruddy.

Skor imbang (1-1) hanya bertahan sementara, selang empat menit kemudian Wolverhampton kembali unggul lewat gol cantik yang dicetak Neves. Pemain asal Portugal itu melepas tembakan keras dari jarak jauh yang gagal dihalau penjaga gawang Mignolet. Liverpool hampir saja menyamakan skor andai saja tendangan bebas yang dieksekusi Xherdan Shaqiri di menit ke-69 tak digagalkan tiang gawang.

Kemudian di menit ke-70 Jurgen Klopp memainkan dua andalannya di lini depan untuk membongkar pertahanan ketat Wolverhampton. Mohamed Salah dan Roberto Firmino sama-sama masuk menggantikan Daniel Sturridge dan Curtis Jones. Liverpool berusaha sekuat tenaga untuk mencari gol penyeimbang di sisa laga. Namun tak ada lagi gol tambahan yang tercipta. Skor 2-1 untuk kemenangan Wolverhampton pun menjadi hasil akhir pertandingan ini.

Jurgen Klopp: ini tanggung jawab saya

Melalui laman resmi klubnya Jurgen Klopp menyampaikan "Ini tanggung jawab saya. Ini tentang ritme, tentu saja. Anda tahu mereka para pemain tidak bisa memiliki ritme. Div Origi, bisakah dia memiliki ritme? Tidak juga. Daniel Sturridge? Mungkin sedikit lebih. Alberto Moreno? Tidak ada ritme,".

Jurgen Klopp pun mengomentari kondisi yang tidak ideal yang dialami timnya. Menurutnya, angin membuat pertandingan berjalan tak mudah bagi timnya dan juga bagi tuan rumah. Dan itulah yang ia keluhkan.

Salah dan Firmino dimasukkan dan ini tampak jelas membuat sedikit perbedaan. "Tapi intensitas di beberapa pertandingan terakhir memberi saya informasi bahwa ini tak mungkin untuk memulai dengan trio seperti biasanya di depan. Ini tak benar-benar memberi perubahan hari ini, ceritanya. Walaupun di pertandingan ini Liverpool harus tersingkir disisi lain kondisi ini juga menguntungkan Liverpool untuk fokus mengejar juara di dua liga lainnya," kata Klopp. 

 

Reporter: Heri Setiawan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Pengadilan, Kevin Spacey Bantah Lakukan Pelecehan Seksual

Posted: 07 Jan 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Aktor Hollywood yang sempat beken di serial House of Cards, Kevin Spacey, terlihat tanpa ekspresi saat berdiri di pengadilan Nantucket, Senin (7/1/2019). Ia lantas mengaku tidak bersalah atas tuduhan pelecehan seksual terhadap pemuda 18 tahun saat sedang berada di bar sekitar dua tahun lalu.

Dikutip dari Reuters, Selasa (8/1/2019), Kevin Spacey tidak bicara selama persidangan singkat di pengadilan distrik Nantucket atas tuduhan pelecehan seksual. Meskipun, ia mengajukan keterangan tidak bersalah.

Kasus itu menandai pertama kalinya Kevin Spacey menghadapi tuduhan pelecehan seksual, meski ada lebih banyak klaim yang ditujukan untuknya.

Pengacara pembela Alan Jackson meminta Hakim Thomas Barrett untuk memerintahkan terduga korban menyimpan semua data dari ponselnya selama enam bulan setelah insiden pada 7 Juli 2016.

 

Tuduhan Keliru

Kevin Spacey dalam serial House of Cards di Netflix. (Netflix)

Dia mengatakan dalam surat-surat pengadilan bahwa tuduhan itu didasarkan pada "tuduhan keliru".

Jackson mengatakan laporan polisi menunjukkan bahwa pria berusia 18 tahun itu saling berkirim pesan teks dan video Snapchat dengan pacarnya. Ia membahas tentang interaksinya dengan Spacey di bar Club Car, Massachusetts, tetapi tidak pernah menyebut dugaan pelecehan seksual itu.

Bila terbukti bersalah, Spacey bisa menghadapi hukuman lima tahun penjara.

Aktor 59 tahun itu hanya satu dari sekian banyak pria di dunia hiburan, bisnis dan politik yang dituduh melakukan pelecehan seksual sejak kasus Harvey Weinstein mengemuka pada 2017.

Meminta Maaf

Kevin Spacey saat menghadiri San Diego Comic Conference 2008. (Sumber Wikimedia Commons)

Lebih dari 30 pria mengatakan mereka adalah korban dari pelecahan seksual yang tidak diinginkan oleh Spacey, yang dipicu setelah aktor Anthony Rapp pada Oktober 2017 menuduhnya mencoba merayunya pada tahun 1986 ketika Rapp berusia 14.

Spacey meminta maaf atas tindakan tidak pantas dengan Rapp. Kontroversi tersebut menyebabkan Spacey, yang memenangkan Academy Award pada tahun 2000 untuk perannya dalam "American Beauty," dikeluarkan dari serial televisi Netflix "House of Cards" dan dihapus dari film "All the Money in the World."

Kasus Nantucket pertama kali diajukan pada November 2017 oleh mantan jurnalis televisi Boston Heather Unruh, yang mengatakan kepada wartawan bahwa Spacey meraba-raba putra remajanya pada 7 Juli 2016, di restoran dan bar Club Car.

Putra Unruh mengatakan kepada polisi bahwa Spacey telah membelikannya beberapa gelas bir dan wiski dan berkata pada satu titik, "Ayo mabuk," menurut dokumen pengisian daya. Spacey juga bertanya kepada remaja itu tentang penisnya dan menggambarkan penisnya sendiri.

Ketika mereka berdiri di sebelah piano, Spacey meraba-raba putra Unruh.

(Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PVMBG: Gunung Anak Krakatau Alami 13 Kali Kegempaan Letusan

Posted: 07 Jan 2019 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung mengalami 13 kali kegempaan letusan sepanjang enam jam pengamatan sejak Senin, 7 Januari 2019 petang hingga tengah malam, menjelang Selasa (8/1/2019) dini hari.

Hal ini berdasarkan laporan aktivitas gunung api yang disampaikan Staf Kementerian ESDM, Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau, Windi Cahya Untung.

"Untuk periode pengamatan 7 Januari 2019, pukul 18.00 sampai dengan 24.00 WIB, Gunung Anak Krakatau (GAK) mengalami kegempaan letusan 13 kali, amplitudo 16-30 mm dan durasi 52-121 detik," ujar Windi, seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan, Gunung Anak Krakatau juga mengalami kegempaan embusan 15 kali, amplitudo 4-9 mm, dan durasi 18-49 detik. Sepanjang pengamatan itu, kata Windi, kondisi cuaca cerah dan berawan.

"Angin bertiup lemah ke arah timur, suhu udara 26-29 derajat Celsius, kelembapan udara 64-79 persen, dan tekanan udara 0-0 mmHg. Secara visual gunung kabut 0-III, sedangkan asap kawah tidak teramati dan visual malam dari CCTV teramati sinar api," papar Windi.

Berdasarkan data Stasiun Sertung di Selat Sunda dekat dengan Gunung Anak Krakatau itu, lanjut Windi, tingkat aktivitas gunung Level III (Siaga), sehingga direkomendasikan masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius lima kilometer dari kawah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

15 Kali Kegempaan

Pengamatan Gunung Anak Krakatau dilihat dari Dusun Tiga Regahan Lada, Pulau Sebesi, Lampumg Selatan, Senin (31/12). Pengamatan PVMBG, tinggi gunung dari permukaan air laut hanya tersisa 110 meter. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Staf Kementerian ESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau, Deny Mardiono menyampaikan, periode pengamatan 7 Januari 2019 pukul 12.00 sampai dengan 18.00 WIB menunjukkan aktivitas kegempaan letusan 15 kali, amplitudo 16-24 mm, durasi 45-75 detik, sedangkan aktivitas kegempaan embusan empat kali, amplitudo 11-18 mm, durasi 40-66 detik.

"Kondisi cuaca cerah dan berawan, angin bertiup lemah ke arah timur, suhu udara 30-32 derajat Celsius, kelembapan udara 59-70 persen, dan tekanan udara 0-0 mmHg," ucapnya.

Menurut Deny, visual gunung jelas hingga kabut 0-III, asap kawah teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 100-1.200 meter di atas puncak kawah. Tidak terdengar suara dentuman sedangkan ombak laut tenang.

"Kesimpulan tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau Level III (Siaga), sehingga direkomendasikan masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius lima kilometer dari kawah," tutur dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diduga Terima Rp 45 Juta, Wasit Nurul Jadi Tersangka Kasus Pengaturan Skor

Posted: 07 Jan 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Satgas Antimafia Bola kembali menetapkan seorang tersangka kasus pengaturan skor bernama Nurul Safarid alias NS. Pria yang berprofesi sebagai wasit ini ditangkap karena diduga menerima uang suap saat memimpin pertandingan Persibara Banjarnegara kontra PS Pasuruan.

"NS langsung ditetapkan tersangka dan dilakukan penahanan oleh Satgas Antimafia Bola di Polda Metro Jaya," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Penangkapan Nurul dilakukan berdasarkan pengembangan dan hasil penyidikan terhadap tiga tersangka kasus pengaturan skor sebelumnya, yakni Dwi Irianto alias Mbah Putih, Johar Lin Eng, dan Priyanto. Penetapan tersangka Nurul juga didukung oleh keterangan sejumlah saksi lain.

"Didapat keterangan NS menerima uang sebesar Rp 45 juta dari pertandingan tersebut," tuturnya.

Uang suap tersebut diberikan secara berkala hingga tiga kali. Uang senilai Rp 30 juta diserahkan oleh Priyanto di sebuah hotel. Selanjutnya Mbah Putih memberikan uang tambahan Rp 10 juta usai pertandingan. Sementara sisanya Rp 5 juta ditransfer ke rekening Nurul.

Polisi yakin Nurul tidak sendiri dalam kasus dugaan pengaturan skor tersebut. Polisi akan terus melakukan pendalaman. Tidak menutup kemungkinan, jumlah tersangka dalam perkara ini akan bertambah.

"Ini akan didalami oleh Satgas secara matang, dikumpulkan alat bukti apabila cukup akan menetapkan kembali tersangka terkait pertandingan tersebut," ucap Dedi.

Sita Barang Bukti

Dalam operasi ini, polisi menyita sejumlah barang bukti antara lain, buku rekening, screenshot percakapan antara Nurul dengan Mbah Putih dan Priyanto terkait permintaan sejumlah uang. Pertandingan ini akhirnya dimenangkan oleh Persibara dengan skor 2-0 atas PS Pasuruan.

Sebelumnya polisi telah menetapkan empat orang sebagai tersangka dalam kasus pengaturan skor. Mereka adalah mantan Ketua Asprov PSSI DIY Dwi Irianto alias Mbah Putih, anggota Komite Eksekutif PSSI Johar Lin Eng, mantan anggota Komisi Wasit PSSI Priyanto dan anaknya, Anik Yuni Artika Sari yang merupakan wasit futsal.

Keempat tersangka dijerat dengan dugaan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan dan atau tindak pidana suap dan atau tindak pidana pencucian uang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau UU No 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap dan atau Pasal 3, 4, 5, UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Fakta Limfoma, Kanker Kelenjar Getah Bening yang Pernah Dialami Ustaz Arifin Ilham

Posted: 07 Jan 2019 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kanker kelenjar getah bening atau dalam bahasa medis disebut dengan limfoma adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Kanker inilah yang pernah dialami oleh Ustaz Arifin Ilham beberapa waktu lalu.

Kanker kelenjar getah bening sendiri sesungguhnya terdiri dari dua bentuk, yaitu limfoma Hodgkin dan non-Hodgkin yang keduanya terdiri dari banyak sub-tipe. Tidak hanya itu, masih banyak fakta terkait dengan limfoma yang menyerang Ustad Arifin Ilham tersebut.

Dikutip dari everydayhealth.com dan Klikdokter.com pada Selasa (8/1/2019), berikut ini 10 fakta mengenai kanker kelenjar getah bening.

1. Tidak tahu persis penyebabnya

Dokter Frederick Lansigan dari layanan kanker di Dartmouth-Hitchcock Meedical Center's Norris Cotton Cancer Center di Lebanon, New Hampshire, Amerika Serikat mengatakan tidak ada yang tahu persis apa penyebab limfoma. Namun, ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang. Misalnya riwayat keluarga atau penyakit autoimun.

Selain itu, paparan terhadap pestisida, pupuk, pelarut organik seperti benzena adalah faktor risiko dari lingkungan.

2. Limfoma dimulai di sel putih tubuh (limfosit)

Limfosit datang dalam dua jenis sel: limfosit B, yang membuat antibodi dan melawan infeksi, serta limfosit T yang membantu membunuh mikroba, sel tumor, dan mengendalikan sistem kekebalan tubuh.

Limfosit ditemukan di berbagai organ dan jaringan sistem kekebalan tubuh. Termasuk kelenjar getah bening, sumsum tulang, timus, limpa, amandel, dan jaringan limfoid di saluran pencernaan.

 

Deteksi dini

Ustaz Arifin Ilham. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

3. Belum ada tes skrining untuk limfoma

Asisten profesor hematologi di pusat kanker City of Hope, California, AS Robert W. Chen mengatakan, belum ada uji skrining untuk kanker jenis ini. Selain itu, gejalanya timbul bersamaan dengan kondisi lain seperti demam, menggigil, berkeringat di malam hari, batuk, sulit bernapas, nyeri dada, berat badan turun, rasa lelah, hingga pembesaran kelenjar getah bening.

"Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh untuk meraba adanya pembesaran kelenjar getah bening di seluruh tubuh, khususnya di daerah leher, ketiak, dan lipat paha," ujar dr. Resthie Rachmanta Putri di Klikdokter.com.

4. Hodgkin berbeda dengan non-Hodgkin

Ada perbedaan antara dua jenis limfoma ini. Pada kondisi Hodgkin, orang memiliki sel ganas yang dikenal dengan sel Reed-Sternberg. Inilah yang dicari dokter untuk mengkonfirmasi penyakit tersebut.

 

Potensi sembuh

Limfoma Hodgkin atau Hodgkin's disease (iStockphoto)

5. Limfoma Hodgkin adalah bentuk kanker yang bisa disembuhkan

Lansigan mengatakan, tingkat kelangsungan hidup penderita limfoma Hodgkin dari 2004 sampai 2010 mencapai hampir 88 persen. Ini dua kali lipat tingkat kelangsungan hidup yang hanya 40 persen selama 1960 sampai 1963, menurut laporan Leukemia & Lymphoma Society.

"Penelitian terbaru untuk menyesuaikan kombinasi perawatan yang tepat sesuai dengan pasien dan stadium kankernya," kata Lansigen.

6. Obat-obatan oral modern digunakan sebagai pengganti kemo dan radiasi

Lansigan mengatakan, ada beberapa obat telan modern sebagai pengganti kemoterapi dan radiasi. Hal ini mempermudah mereka untuk menjalani kehidupan.

Resthie menuliskan, secara umum memang pengobatan kelenjar getah bening melibatkan tindakan kemoterapi dan radiasi.

"Kemoterapi biasanya dijalani sebanyak 6–8 siklus. Sementara, radiasi dilakukan pada lokasi kelenjar getah bening yang berubah menjadi ganas. Pengobatan lain yang lebih spesifik tergantung jenis limfoma yang dialami. Jika pengobatan dilakukan pada stadium 1 dan 2 angka kesembuhannya sangat besar,"

 

Limfoma yang paling sering

Arie Untung dan Teuku Wisnu menjenguk Ustaz Arifin Ilham. (Instagram @ariekuntung)

7. Bentuk limfoma non-Hodgkin

Ada banyak bentuk limfoma non-Hodgkin. Limfoma sel-B merupakan bentuk yang paling umum dan menyumbang 85 persen dari seluruh kasus. Tidak semua limfoma non-Hodgkin tumbuh lambat. Selain itu, beberapa bentuk bisa diobati bahkan disembuhkan.

8. Perawatan terbaru dalam pengujian

Chen mengatakan, ada beberapa obat-obatan terbaru yang sedang dalam pengujian dan sangat menjanjikan. Salah satu yang telah mendapat persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA) bernama Imbruvica (ibrutinib).

 

Bisa sembuh jika cepat diketahui

Ilustrasi Kanker Paru Paru (iStockphoto)

9. Jangan panik

Jika Anda didiagnosis limfoma, jangan panik. Chen mengatakan, ada banyak subtipe berbeda dari penyakit ini. Perawatannya tergantung pada yang Anda miliki. Karena itu, ketahui juga jenis spesifik limfoma tersebut untuk memilih perawatan yang terbaik.

Resthie menyatakan, angka harapan sembuh dari kanker kelenjar getah bening cukup besar bila tidak terlambat diketahui.

10. Perawatan sangat efektif

"Karena saat ini kita bisa mengidentifikasi penanda spesifik yang terkait dengan subtipe limfoma tertentu dan menggunakannya sebagai target untuk membunuh sel kanker, kita bisa membuat obat baru yang benar-benar menargetkannya," kata Chen.

"Secara umum, pengobatan limfoma ditoleransi dengan sangat baik dan efektif," tambahnya.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangun Vokasi di 2019, Menko Darmin Bakal Reformasi Kurikulum

Posted: 07 Jan 2019 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menghadiri seminar outlook perekonomian Indonesia 2019. Seminar ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menyampaikan rencana pembangunan ekonomi yang akan dilakukan tahun ini.

Darmin mengatakan, pemerintah tahun ini akan fokus melakukan pembangunan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan vokasi. Sebab, selama empat tahun terakhir pemerintah telah fokus mendorong pembangunan infrastruktur.

"2019 kita akan lengkapi supply side kalau tadinya kita fokus betul ke infrastruktur. Tahun 2019 kita akan fokus kepada peningkatan kualitas manusianya. Terutama yang namanya pendidikan dan pelatihan vokasi," ujar dia di Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Pendidikan vokasi akan dimulai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan cara mereformasi secara besar-besaran kurikulum dan keterlibatan industri. Selain SMK, politeknik dan balai latihan kerja juga akan dilibatkan.

"Semua rancangan-rancangan pendidikan vokasi ini sudah tuntas dan roadmap sudah ada. Maka itu nantinya akan di jelaskan ke publik. Intinya kalau mau bersaing infrastruktur harus baik logsitik harus baik, SDM baik baru kita punya basis cukup untuk daya saing," tuturnya.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut melanjutkan, peningkatan daya saing melalui vokasi ini merupakan program jangka menengah ke depan. Jangka pendek fokus pemerintah adalah mendorong ekspornya.

"Ada infrastruktur, pendidikan vokasi dan OSS untuk perwujudan yang paling akhir dari prosedur berusaha di Indonesia kemudian ada fasilitas perpajakan semua nya dikombinasikan itu adalah daya saing," ungkapnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Kemenperin Anggarkan Rp 1,78 Triliun untuk Pendidikan Vokasi Industri di 2019

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto memberikan sambutan pada pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangsel, Kamis (2/8). GIIAS 2018 mengambil tema Expand Ideas Beyond Mobility. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,78 triliun untuk pelaksanaan program pendidikan vokasi industri pada 2019. Langkah strategis ini dalam rangka membangun sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, terutama agar siap menghadapi perkembangan industri 4.0.

"Progam itu menjadi salah satu andalan pemerintah untuk menyiapkan angkatan kerja kita yang dapat menerapkan industri 4.0. Hal ini sejalan dengan implementasi roadmap Making Indonesia 4.0," ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Senin (7/1/2019).

Dia menyebutkan, program pendidikan vokasi industri yang bakal dijalankan, antara lain berbasis pada kompetensi melalui sistem ganda atau dual system (teori dan praktik). Kegiatan ini diselenggarakan di seluruh unit pendidikan milik Kemenperin, yakni 9 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), 10 Politeknik, dan 2 Akademi Komunitas dengan target peserta didik sebanyak 19.478 orang.

"Di tahun ini, kami juga menyelenggarakan program pendidikan Diploma I yang lulusannya nanti bisa bekerja langsung di industri dengan target 600 mahasiswa," ungkap dia. 

Airlangga menegaskan, SDM menjadi ujung tombak dan kekuatan Indonesia dalam memasuki era industri 4.0 karena seiring dengan adanya bonus demografi hingga 15 tahun ke depan.

"Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, tahun ini difokuskan pada pengembangan SDM yang berkualitas sehingga perlu dilakukan berbagai program pendidikan dan pelatihan vokasi secara lebih masif. Peningkatan kompetensi SDM menjadi salah satu program prioritas karena dapat memacu produktivtas dan daya saing sektor industri nasional," jelas dia.

Selain itu, Kemenperin akan memfasilitasi pembangunan Politeknik Industri Petrokimia di Cilegon, Banten dan Politeknik Industri Agro di Lampung. Saat ini, Kemenperin sedang menyusun kurikulum politeknik dengan tim komite yang telah ditetapkan dan lokasi politeknik dari hibah PT. Chandra Asri.

Upaya itu memudahkan para perusahaan di kawasan industri tersebut dalam mendapatkan tenaga kerja yang terampil sesuai kebutuhan saat ini.

"Bahkan, kami telah bekerja sama dengan Swiss untuk menerapkan pendidikan vokasi industri yang dual system di sejumlah Politeknik kami, dengan nama program Skill For Competitiveness (S4C)," imbuh dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menengok Rumah Tangga Ustaz Arifin Ilham yang Rukun dan Harmonis

Posted: 07 Jan 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ustaz Arifin Ilham kembali dirawat di rumah sakit. Hal ini diketahui dari unggahan terbaru di akun Instagram putra Arifin Ilham, Alvin Faiz.

Ia meminta doa pada seluruh masyarakat Indonesia untuk kesembuhan ayah tercinta. Kondisi ini sempat membuat warga net cemas dan mendoaka kesembuhan, serta kesehatan Arifin Ilham.

"Mohon doanya semoga abi @kh_m_arifin_ilham disembuhkan dan kembali sehat walafiat," tulis Alfin Faiz di akun Instagramnya @alvin_411 pada Senin, 7 Januari 2019. Dalam unggahanya, terlihat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, datang menjenguk, mendoakan, dan memberi semangat.

Sebelumnya, Ustaz Arifin Ilham harus menjalani kemoterapi guna kesembuhan dari penyakit kanker kelenjar getah bening stadium 4A yang diderita. Kala itu, pengobatannya membuahkan hasil dan ia dinyatakan sembuh dari kanker pada pertengahan Desember 2018.

Selain anak, istri pertama Arifin Ilham, Yuni, baru saja mengunggah foto sang suami sedang dijenguk keluarganya di rumah sakit di akun Instagram-nya, Selasa (8/1/2019).

"Subhanallah Walhamdulillah kembali sehat yaa sayang @kh_m_arifin_ilham," tulis Yuni di keterangan foto. Ustaz kelahiran 49 tahun lalu itu memang dikenal sangat dekat dengan keluarga. Ia bahkan mengaku menjalani poligami, tapi rumah tangganya tetap rukun dan harmonis.

Poligami mungkin masih jadi hal yang belum banyak diterima dengan terbuka oleh masyarakat Indonesia. Tapi, tidak untuk Ustaz Arifin Ilham yang justru blak-blakan soal pernikahan dengan tiga orang istri. Mereka adalah Yuni Syahla, Nia Bawazier, dan Akhtar.

Hubungan ketiga istri Ustaz Arifin Ilham itu pun sangat harmonis satu sama lain. Dilansir dari brilio.net, mereka pun mendapat julukan kesayangan dari sang Ustaz sesuai dengan daerah asal mereka, yaitu Putri Aceh, Putri Yaman, dan Putri Sunda.

Sering Pergi Makan Bersama

Ustaz Arifin Ilham sedang dirawat di rumah sakit. (dok.Instagram @yuni_syahla_aceh/https://www.instagram.com/p/BsW5-zNFrRa/Henry

Ketiga istri Ustaz Arifin Ilham terlihat akrab dan sangat rukun. Mereka sering pergi untuk makan bersama dan beraktivitas di luar dengan rutin. Kegiatan itu pun terlihat dari beberapa foto yang dibagikan di media sosial Arifin Ilham maupun Yuni.

Di sela kesibukannya, lelaki kelahiran Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ini masih meluangkan waktu bagi istri, termasuk saat menemani Yuni melakukan hobi berkuda. Seperti yang diperlihatkan Yuni melalui Instagram pribadinya pada 11 Oktober 2017, Ustaz Arifin Ilham terlihat membantu Yuni memakai sepatu berkuda yang sulit dikenakan.

"Suamiku membantuku memasang sepatu boot untuk berkuda karena ini sangat susah," tulis Yuni. Warga net pun begitu kagum melihat keharmonisan Yuni dan Ustaz Arifin Ilham meski hidup berpoligami.

Yuni pun tak henti mengucap syukur memiliki Ustaz Arifin Ilham sebagai suaminya. "Subhanallah hidup di dunia sebentar ini, sungguh akan menjadi surga sebelum surga bila tujuan seluruh aktivitas kita semata benar-benar ingin ridha Allah dan ingin selamat di akhirat,""tulisnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah dan Militer Myanmar Bersumpah Tumpas Pemberontak Rakhine

Posted: 07 Jan 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Naypyidaw - Awal pekan ini, pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi mengadakan pertemuan langka dengan para pejabat militer, guna membahas meningkatnya serangan pemberontak terhadap polisi negara itu.

Suu Kyi menyerukan agar pasukan militer terlibat dalam upaya "menghancurkan" pemberontak, kata juru bicara pemerintah, Zaw Htay.

Dikutip dari The Straits Times pada Selasa (8/1/2019), Htay mengatakan bahwa Aung San Suu Kyi, bersama Presiden Win Myint dan anggota kabinet lainnya bertemu dengan para pemimpin militer, termasuk kepala militer Min Aung Hlaing, wakilnya dan kepala intelijen militer, untuk membahas "urusan luar negeri dan keamanan nasional".

"Kantor Presiden telah menginstruksikan militer untuk melancarkan operasi guna menumpas para teroris," kata Zaw Htay dalam konferensi pers di ibu kota Naypyidaw.

Sementara Suu Kyi dilarang menjabat sebagai presiden berdasarkan Konstitusi yang dirancang oleh militer, Win Myint adalah seorang loyalis dan dia dipandang sebagai pemimpin de facto pemerintah sipil Myanmar, sementara militer tetap bertanggung jawab atas keamanan.

Sementara itu, menurut PBB, pertempuran antara pasukan pemerintah Myanmar dan pemberontak Tentara Arakan di negara bagian Rakhine telah membuat ribuan orang mengungsi sejak awal Desember.

Tentara Arakan menginginkan otonomi yang lebih besar bagi Rakhine, di mana kelompok etnis setempat yang mayoritas beragama Budha memiliki pengaruh kuat bagi masyarakat di sana.

Dalam serangan baru-baru ini, kelompok pemberontak itu menyasar empat pos polisi pada Jumat 4 Januari, menewaskan 13 petugas dan melukai sembilan lainnya.

Serangan tersebut berlangsung tepat ketika Myanmar tengah merayakan hari kemerdekaannya, media nasional negara itu melaporkan.

Seorang juru bicara Tentara Arakan --yang berada di luar Myanmar-- mengatakan kepada kantor berita Reuters pada pekan lalu, bahwa serangan mereka adalah baalsa terhadap operasi militer besar-besaran yang dilakukan di negara bagian Rakhine, di mana turut menargetkan warga sipil.

 

Simak video pilihan beirkut:

Dianggap Sebagai Organisasi Teroris

Ilustrasi bendera Myanmar (AFP Photo)

Di lain pihak, Zaw Htay menggambarkan Tentara Arakan sebagai "organisasi teroris". Dia menegaskan bahwa militer Myanmar akan tetap berjaga di negara bagian Rakhine, dan memperingatkan orang-orang untuk tidak mendukung kelompok tersebut.

"Apakah mereka ingin terus melihat siklus kekerasan yang berlangsung selama beberapa dekade?" kata Htay.

"Saya peringatkan kepada orang-orang Rakhine yang mendukung (Tentara Arakan): Jangan berpikir tentang diri Anda, tetapi pikirkan tentang generasi selanjutnya, tentang perdamaian nasional," lanjutnya tegas.

Zaw Htay juga menuduh Tentara Arakan telah bertemu dengan Pasukan Keselamatan Arakan Rohingya, sebuah kelompok pemberontak setempat yang juga dianggap teroris oleh Myanmar.

Namun, dia kemudian menambahkan bahwa Myanmar tidak dapat membasmi kelompok-kelompok itu, karena mereka memiliki pangkalan di seberang perbatasan di Bangladesh.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Bangladesh dan dua petugas Penjaga Perbatasan Bangladesh (BGB) membantah tuduhan tersebut.

Sebagai tanggapan, seorang petugas BGB meminta Myanmar buktikan kamp-kamp militan yang dituduhkan ke Bangladesh.

"Semua terorisme terjadi di sisi lain perbatasan," ujar Letnan Kolonel Manzural Hasan Khan, seorang komandan BGB di Cox's Bazar, distrik tempat lebih dari 900.000 Muslim Rohingya mengungsi.

"Dunia tahu apa yang terjadi di sisi lain," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkenalan dengan Adik-Kakak Asal Cirebon Pemilik Nama Unik 8 Kata

Posted: 07 Jan 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Cirebon - Nama merupakan identitas untuk saling mengenal. Menjadi ciri khas ketika nama itu mudah dihafal dan disebutkan. Namun, tidak bagi kedua bocah asal Cirebon. Mereka menjadi pembicaraan karena memiliki nama unik.

Biasanya, pemberian nama dari orangtua hanya satu sampai tiga kata, tetapi anak dari pasangan Sutardi dan Rita Slamet memiliki nama unik dengan delapan kata. 

Anak pertama diberi nama Aurora Alpha Century Pelangi Hati Putri Ardhita Suarnawinata (12), dan anak kedua diberi nama Almyra Mahardika Veritas Permata Hati Putri Ardhita Suarnawinata (10).

"Awalnya memang sulit menghafal nama sendiri apalagi pas waktu TK, tapi lama-kelamaan hafal sendiri," kata Aurora saat ditemui di SD Karangmulya Kota Cirebon, Senin, 7 Januari 2019.

Aurora mengaku banya pengalaman yang didapat dari nama unik yang disandangnya. Terutama, ketika dia mulai duduk di bangku TK.

Saat itu, Aurora mengaku tidak hafal namanya sendiri saat memperkenalkan diri di kelas TK. Sehingga, dia dibantu orangtuanya menuliskan nama lengkap ketika memperkenalkan diri.

"Tapi setelah perkenalan diri teman-teman manggilnya kakak atau Aurora saja," tutur dia.

Beberapa teman sebaya Aurora juga sempat merasa aneh dengan nama unik yang diberikan orangtuanya itu. Namun, lambat laun mereka terbiasa dengan memanggilnya Aurora saja.

 

Siswi Berprestasi

Ilustrasi piala (iStock)

Dia mengaku, namanya belakangan menjadi obrolan karena keunikannya. Aurora pun sempat tidak tahu apa arti dari namanya sendiri.

"Nama itu anugerah buat saya karena diberi orangtua, jadi saya tidak perlu malu," kata dia.

Menurut dia, nama juga merupakan doa orang tua kepada anak. Terbukti sejak kelas I hingga VI SD, Aurora selalu mendapat peringkat satu di kelas.

Dalam menempuh pendidikan, Aurora menyukai pelajaran Agama, Bahasa Inggris, dan Matematika. Dia bercita-cita ingin menjadi guru.

"Kalau sedang ujian atau buat kartu perpustakaan nama saya disingkat jadi Aurora Alpha Century PHAS," kata dia.

Pengalaman serupa disampaikan sang adik Almyra Mahardika Veritas Permata Hati Putri Ardhita Suarnawinata (10). Gadis kecil manis yang tengah duduk di bangku kelas IV SD tersebut sempat kesulitan menghafal nama.

Dia pun mengaku hanya menyebutkan tiga kata saja jika berkenalan dengan teman sebayanya.

"Kalau kenalan ya saya sebut Almyra Mahardika saja. Saya kasih tahu nama lengkap, kalau orangnya mau tahu dan biasanya susah dihafal," sebut dia.

Namun demikian, baik Aurora maupun Almyra sama-sama memiliki prestasi di kelas. Almyra selalu mendapat peringkat 5 besar sejak sekolah.

"Kelas 1 dan 2 peringkat 1 terus, tapi pas naik kelas ada murid baru pindahan saya saingan terus rangkingnya 2 sekarang," ujar dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temui Jokowi, GKR Hemas Jelaskan Konflik di Internal DPD

Posted: 07 Jan 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPD RI sekaligus permaisuri Keraton Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Kepada Jokowi, Hemas menceritakan tentang konflik di Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

"Dalam hal ini beliau meminta kami menjelaskan persoalan di DPD. Sudah kami jelaskan dan beliau memahami dan yang harus kami lakukan berikutnya," kata Hemas usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Menurut dia, Jokowi ingin mengetahui secara rinci polemik kepemimpinan DPD RI. Hemas menyatakan dirinya tetap akan menyelesaikan konflik di internal DPD ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami tetap menginginkan ini harus terselesaikan. Mungkin sebetulnya saya diam saja. Tapi karena saya diberhentikan karena tidak wajar, dan keluarnya putusan MA yang tidak membenarkan pimpinan DPD yang sah," jelas dia.

Hemas melanjutkan bahwa Jokowi mendukung langakah dirinya yang ingin menggugat dualisme kepemimpinan di DPD ke Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut dia, langkah tersebut adalah bagian dari upaya hukum melawan kepemimpinan OSO di DPD.

"Bapak Presiden sangat sangat setuju dan ini untuk meluruskan sebuah lembaga negara yang masih mempunyai kepemimpinan dua," ucap Hemas.

 

Diberhentikan dari DPD

Sebelumnya, Anggota DPD RI sekaligus permaisuri Keraton Yogyakarta GKR Hemas menanggapi keputusan Badan Kehormatan (BK) DPD RI yang memberhentikan dirinya sementara.

Keputusan BK DPD RI itu muncul dengan alasan GKR Hemas dianggap malas, lantaran tidak pernah menghadiri rapat. Menurut GKR Hemas, ketidakhadirannya di dalam rapat DPD RI belakangan ini bukan tanpa alasan.

"Sejak Oesman Sapta Odang (OSO) dkk mengambil alih kepemimpinan DPD RI secara ilegal saya dan beberapa teman tidak mengakui kepemimpinannya. Maka kalau saya hadir dalam sidang yang dipimpin OSO dan kawan-kawan berarti secara langsung mengakui kepemimpinannya," ujar GKR Hemas dalam jumpa pers di Yogyakarta, Jumat (21/12/2018).

Ia mengatakan, dalam setiap rapat DPD RI selalu datang dan menandatangani daftar hadir, tetapi tidak masuk ke ruang sidang. Keinginan OSO dkk adalah GKR Hemas hadir di dalam sidang. Ia juga mengungkapkan berdasarkan putusan MA di tingkat kasasi, MA tidak pernah menyatakan benar dan sah pengambilalihan tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meme Artis VA Menjemput Rezeki 2019, Bikin Ketawa Sekaligus Nyindir

Posted: 07 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artis berinisial VA memang tengah menjadi sorotan dan perbincangan viral publik di Tanah Air. Dirinya disebut terlibat dalam prostitusi online setelah diamankan oleh Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim, di sebuah hotel di Surabaya, Jawa Tengah pada Sabtu (5/1/2019).

Selain VA, polisi juga menahan model berinisial AS. Mereka digadang-gadang menerima bayaran cukup besar untuk jasa yang diberikan. VA diklaim memasang tarif hingga Rp 80 juta untuk kliennya.

Sebelum ditangkap VA sempat mengunggah Instagram Story di akun pribadinya. Dalam Instagram Story yang dibuatnya, tampak VA mengunggah potret kedatangannya di Surabaya. Ia juga menuliskan kata-kata menjemput rejeki di awal tahun 2019.

Unggahan story VA sontak dijadikan banyolan oleh para anonim media sosial. Banyak dari warganet membuat twit hingga meme menggelitik hingga sindiran mengenai #MenjemputRezeki2019. Nah, penasaran seperti apa memenya? Berikut potretnya seperti dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Nah, panci juga sama mahalnya ya..

Meme VA Menjemput Rezeki 2019, Bikin Ketawa Sekaligus Nyindir

2. Demi menjemput rezeki 2019 ya bang

Meme VA Menjemput Rezeki 2019, Bikin Ketawa Sekaligus Nyindir

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

3. Apemnya mahal banget. Apa istimewanya ya?

Meme VA Menjemput Rezeki 2019, Bikin Ketawa Sekaligus Nyindir

4. Yah, menang banyak dong kalau jadi Rp 1

Meme VA Menjemput Rezeki 2019, Bikin Ketawa Sekaligus Nyindir

5. Harga masih bersahabat nih

Meme VA Menjemput Rezeki 2019, Bikin Ketawa Sekaligus Nyindir

Reporter:

Kurnia Putri Utomo

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Spanyol: Barcelona Bisa Dapat 3 Poin dengan Mudah

Posted: 07 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ke-19 di Jadwal Liga Spanyol akan berlangsung pada Sabtu, 12 Januari 2019. Barcelona diprediksi bisa mendulang poin penuh pada akhir pekan ini.

Dalam jadwal Liga Spanyol, Los Blaugrana, julukan Barcelona, akan menjamu Eibar di Camp Nou Stadium, Minggu (14/1/2019) dini hari WIB. Di atas kertas, tim asuhan Ernesto Valverde itu lebih diunggulkan.

Dari delapan pertemuan di La Liga, Lionel Messi dan kawan-kawan selalu meraih kemenangan atas Eibar. Barcelona mencetak 28 gol ke gawang Eibar, 16 di antaranya dicetak di Camp Nou Stadium.

Sementara Eibar selalu kesulitan setiap menghadapi Barcelona. Eibar hanya mampu mencetak empat gol.

Sedangkan Real Madrid akan menantang Real Betis di Estadio Benito Vilamarin, Sevilla, Minggu (14/1/2019) dini hari WIB. Kedua tim mengincar kemenangan di laga ini.

Sebab, di pertandingan selanjutkan, mereka menelan kekalahan. Real Betis kalah 1-2 dari Huesca, sedangkan Real Madrid ditekuk Real Sociedad.

Lihat jadawal lengkap Jadwal Liga Spanyol di halaman selanjutnya.

 

 

Jadwal Liga Spanyol

Sabtu, 12 Januari 2019

03.00 WIB Rayo Vallecano vs Celta de Vigo

19.00 WIB Leganes vs Huesca

22.15 WIB Valencia vs Real Valladolid

Minggu, 13 Januari 2019

00.30 WIB Girona vs Deportivo Alaves

02.45 WIB Villarreal vs Getafe

18.00 WIB Atletico Madrid vs Levante

22.15 WIB Athletic Bilbao vs Sevilla

 

Jadwal Liga Spanyol

Senin, 14 Januari 2019

00.30 WIB Barcelona vs Eibar

02.45 WIB Real Betis vs Real Madrid

Selasa, 15 Januari 2019

03.00 WIB Real Sociedad vs Espanyol

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jelang Debat, Sandiaga Minta Masukan SBY

Posted: 07 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sandiaga Uno mengaku akan meminta masukan dari SBY jelang debat perdana Pilpres 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Artis VA Bantah Pasang Tarif Rp 80 Juta

Posted: 07 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artis VA terjerat kasus dugaan prostitusi online. Untuk sekali kencan, kabarnya ia memasang tarif Rp 80 juta. Hal itu diucapkan penyidik Polda Jatim, usai melakukan penangkapan artis VA beserta model berinisial AS dan pengusaha R, di sebuah hotel di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (5/1/2019).

Tetapi, hal itu dibantah oleh kuasa hukum artis VA, Muhammad Zakir Rasyidin. Menurutnya, ‎kliennya tidak terlibat dengan kasus protitusi online, dan tidak ada tarif hingga puluhan juta seperti yang ramai diberitakan.

"Kami tegaskan di sini, mengenai tarif Rp 80 juta itu menurut pengakuan VA tidak ada sama sekali. Karena dia (VA) tidak terlibat dalam kasus ini," kata Muhammad Zakir Rasyidin saat menggelar jumpa pers bersama Jane Shalimar, di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (7/1/2019) malam.

Uang Muka

Ilustrasi Foto

Selain itu, kabarnya artis VA juga telah mendapatkan down payment (DP) sebesar Rp 30 juta dari pengusaha yang telah memesannya. Lagi-lagi hal itu juga dibantah oleh artis VA dan kuasa hukumnya.

"Jika memang benar, mana bukti transaksinya? Ada enggak?," ucapnya.

Minta Bukti

Ilustrasi Prostitusi (ANOEK DE GROOT AFP)

Zakir meminta kepada pihak kepolisian Polda Jawa Timur agar menunjukkan bukti transfer sebagai uang muka memesan artis VA seperti yang dituduhkan. ‎Sebab menurut pengakuan VA, ia tidak menerima uang muka sebesar itu.

"Kan VA ini saksi korban. Sampai sekarang juga kami tidak menemukan bukti transaksi kepada klien kami soal tarif itu. Kalau ada pun, coba kami minta kepada penyidik atau kalian semua," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fitur Keamanan USB Tipe C Bakal Antimalware

Posted: 07 Jan 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meski mampu memindahkan file relatif lebih cepat dibandingkan dengan port USB tipe sebelumnya, USB tipe C rupanya belum dianggap benar-benar aman.

Oleh karenanya, USB-IF, sebuah grup industri yang bertanggung jawab mengembangkan dan mempromosikan standar USB, baru-baru ini mengumumkan program otentikasi USB tipe C.

Dalam keterangan tertulisnya, USB-IF mengatakan, otentikasi yang dimaksud adalah "memberdayakan sistem host (milik USB tipe C) untuk memberi perlindungan terhadap pengisi daya yang tidak sesuai standar guna mengurangi risiko dari firmware jahat atau perangkat keras di USB."

Perlu diketahui, sebenarnya port USB di smartphone maupun perangkat memang tidaklah benar-benar aman.

Pasalnya, hacker bisa dengan mudah merusak pengisi daya yang ada di tempat umum dan memakainya untuk menginfeksi smartphone dan tablet dengan malware. Demikian sebagaimana dikutip dari Forbes, Selasa (8/1/2019).

Kemudian, bukan hal yang baru juga kalau USB drive bisa dijual dengan malware jahat yang diam-diam terkandung di dalamnya.

Bahkan, perusahaan sekelas IBM pun pernah dua kali mengirimkan USB yang diduga terjangkit malware kepada penggunanya.

IBM pun buru-buru menginformasikan hal tersebut ke pengguna, pasalnya mereka juga baru menemukan adanya malware dan menduga perangkat telah terjangkit sejak dalam proses pasokan.

Meminimalisasi Adanya Peretasan oleh Hacker

Bagian bawah bodi Samsung Galaxy S8 tertanam USB type-C, audio jack 3,5mm, dan speaker. Liputan6.com/ Iskandar

Kembali ke upaya penanganan masalah keamanan ini, otentikasi USB tipe C diprediksi mampu mempersulit upaya pihak ketiga untuk menyuntikkan malware di USB. Dengan demikian, proses peretasan USB pun bisa diminimalisasi.

Misalnya saja, smartphone kamu nantinya bisa mencari tanda tertentu yang tak dimodifikasi sebelum tersambung ke pengisi daya. Jika semuanya terlihat baik, akan terjadi koneksi dan arus listrik mulai mengalir.

Namun, jika ada hal yang dirasa tidak normal, smartphone akan menolak koneksi.

Tidak hanya smartphone, otentikasi ini juga mampu melindungi laptop atau PC dari drive USB yang mengandung malware jahat, dengan metode serupa.

Jika tanda pada USB telah dirusak atau disusupi malware, komputer tidak akan mengizinkan terjadinya koneksi.

Yang Mesti Dilakukan Manufaktur

Kabel charger USB Type C. Liputan6.com/ Andry Haryanto

Peningkatan keamanan ini sangat dinantikan, tetapi ada satu hal yang mesti dilakukan oleh manufaktur.

Manufaktur bisa mengunci perangkatnya ke kabel dan pengisi daya mereka sendiri dan tidak mengizinkan adanya koneksi perangkat dengan USB dari merek lainnya.

Hal itu bisa diterapkan seiring dengan perusahaan yang mulai selektif menerapkan autentikasi USB tipe C.

Langkah otentikasi ini dinilai memang perlu dilakukan pada USB tipe C, sebab fitur keamanan yang kuat diyakini mampu memperkecil upaya hacker untuk meretas perangkat dari sambungan USB tipe C.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawaslu Kota Cirebon Tertibkan 2.774 Alat Peraga Kampanye

Posted: 07 Jan 2019 08:59 PM PST

Liputan6.com, Cirebon - Selama masa kampanye Pemilu sampai bulan Desember 2018, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cirebon, Jawa Barat telah menertibkan sebanyak 2.774 alat peraga kampanye yang dipasang tidak sesuai aturan.

"Dari awal masa kampanye sampai dengan bulan Desember 2018, kami telah menertibkan 2.774 alat peraga kampanye yang dipasang menyalahi aturan," ujar Ketua Bawaslu Kota Cirebon M Joharudin di Cirebon, seperti dilansir Antara, Selasa (8/1/2019).

Joharudin mengatakan, alat peraga kampanye yang ditertibkan tersebut dari berbagai berbagai macam bentuk seperti baligho, spanduk, poster, umbul-umbul, dan beberapa jenis lainnya.

Akan tetapi, kata dia, untuk yang paling banyak ditertibkan oleh Bawaslu Kota Cirebon adalah poster dengan jumlah total mencapai 2.744 buah.

"Sedangkan sisanya yaitu berupa 15 baliho, 10 spanduk, dan lima umbul-umbul yang kami tertibkan," ucap Joharudin.

Menurutnya, Bawaslu Kota Cirebon akan terus menertibkan alat peraga kampanye yang dipasang tidak sesuai aturan hingga masa kampanye Pemilu 2019 berakhir pada 13 April 2019.

"Tentunya kami akan terus melakukan pengawasan selama masa Pemilu, tidak hanya sekedar menertibkan alat peraga kampanye saja," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

[vidio:Alat Peraga Kampanye video Lip6 Siang]()

Berjalan Kondusif

Petugas Satpol PP menertibkan alat peraga kampanye (APK) di jembatan penyeberangan orang (JPO) kawasan Gambir, Jakarta, Sabtu  (22/12). Penertiban itu dilakukan karena melanggar aturan pemasangan dari komisi pemilihan umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Joharudin berharap, selama masa kampanye sampai dengan hari pemungutan suara semua berjalan kondusif dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh semuanya.

"Kami berharap semua berjalan kondusif sampai hari pemungutan suara," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pantau Langsung Aktivitas Vulkanik, Menteri Jonan Sebut Gunung Bromo Aman

Posted: 07 Jan 2019 08:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melakukan pemantauan langsung aktivitas vulkanik di Gunung Bromo. Pemantauan dilakukan di pos pengamatan gunung api di Kabupten Probolinggo‎, Jawa Timur.

Dari hasil pengamatan langsung secara visual, sesmik dan deformasi, Jonan mengatakan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Bromo ‎tidak mengkhawatirkan. Tetapi memang saat ini status gunung api tersebut adalah level II atau waspada.

"Aktivitas vulkanis tidak ada yang mengkhawatirkan kalau lihat datanya, data analog dan digital, tidak ada yang perlu dikhawatirkan," kata Jonan, di Pos Pemantauan Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (8/1/2018).

Dengan status waspada, maka jarak aman untuk masyarakat ‎adalah radius 1 kilometer (km) dari kawah. Sedangkan pihak yang bisa memasuki melewati batas 1 km adalah petugas vulkanologi atau pengamat gunung api.

"Jarak aman dari kawah 1 km tidak boleh dimasuki, tapi untuk petugas vulkanologi bisa masuk di radius itu. Kalau di luar itu atau masyarakat umum safety-nya  kurang," tuturnya.

Gunung Bromo Secara administratif terletak di empat kabupaten di provinsi Jawa Timur yaitu Kabupaten Probolinggo di sebelah utara, Kabupaten Malang di sebelah Selatan, kabupaten Lumajang di sebelah timur dan Kabupaten Pasuruan di sebelah Barat.

Sedangkan secara geografis terletak di 07° 56' 30" LS dan 112° 57' BT.

 

Gunung Api Aktif

Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang banyak dikunjungi wisatawan. (Liputan6.com/ M Husni Mubarok)

Gunung Bromo merupakan gunung api aktif bertipe kerucut slinder dalam kaldera dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut. Kerucut ini tercatat sebagai salah satu gunung api yang sering mengalami erupsi dari 129 gunung api aktif di Indonesia.

Tenggang waktu antara satu erupsi dengan erupsi lainnya terjadi kurang dari satu tahun sampai dengan 16 tahun, sejak pertama kali tercatat tahun 1804.

Sebelum tahun tersebut gunung api ini bukan tidak pernah mengalami erupsi, tetapi pencatatan erupsinya baru dimulai pada tahun 1804 oleh Belanda. Setidaknya sampai tahun 2016 sudah mengalami erupsi sebanyak 56 kali.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pemkot Jakarta Timur Gelar Vaksin Rabies untuk Anjing dan Kucing

Posted: 07 Jan 2019 08:53 PM PST

Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur menggelar sosialisasi rabies dan vaksinasi bagi anjing dan kucing di Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Selasa (8/1). (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur menggelar sosialisasi rabies dan vaksinasi bagi anjing dan kucing di Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Selasa (8/1). (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas menyuntikkan vaksin anti rabies pada anjing milik warga di Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Selasa (8/1). Kegiatan ini memberikan edukasi tentang pentingnya peran serta masyarakat dalam mempertahankan Jakarta Timur bebas rabies (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas menyuntikkan vaksin anti rabies pada anjing milik warga di Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Selasa (8/1). Kegiatan ini memberikan edukasi tentang pentingnya peran serta masyarakat dalam mempertahankan Jakarta Timur bebas rabies (Merdeka.com/Imam Buhori)

Warga membawa anjing peliharaannya untuk disuntik vaksin anti rabies di Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Selasa (8/1). Suku Sudin KPKP Jakarta Timur menggelar sosialisasi rabies dan vaksinasi bagi anjing dan kucing. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Warga membawa anjing peliharaannya untuk disuntik vaksin anti rabies di Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Selasa (8/1). Suku Sudin KPKP Jakarta Timur menggelar sosialisasi rabies dan vaksinasi bagi anjing dan kucing. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas menyuntikkan vaksin anti rabies pada kucing milik warga di Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Selasa (8/1). Kegiatan ini memberikan edukasi tentang pentingnya peran serta masyarakat dalam mempertahankan Jakarta Timur bebas rabies (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas menyuntikkan vaksin anti rabies pada kucing milik warga di Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Selasa (8/1). Kegiatan ini memberikan edukasi tentang pentingnya peran serta masyarakat dalam mempertahankan Jakarta Timur bebas rabies (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas menyuntikkan vaksin anti rabies pada anjing milik warga di Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Selasa (8/1). Kegiatan ini memberikan edukasi tentang pentingnya peran serta masyarakat dalam mempertahankan Jakarta Timur bebas rabies (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas menyuntikkan vaksin anti rabies pada anjing milik warga di Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Selasa (8/1). Kegiatan ini memberikan edukasi tentang pentingnya peran serta masyarakat dalam mempertahankan Jakarta Timur bebas rabies (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas menyuntikkan vaksin anti rabies pada anjing milik warga di Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Selasa (8/1). Kegiatan ini memberikan edukasi tentang pentingnya peran serta masyarakat dalam mempertahankan Jakarta Timur bebas rabies (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas menyuntikkan vaksin anti rabies pada anjing milik warga di Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Selasa (8/1). Kegiatan ini memberikan edukasi tentang pentingnya peran serta masyarakat dalam mempertahankan Jakarta Timur bebas rabies (Merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Brahim Diaz, Pemain Baru Real Madrid dengan Skill Lionel Messi dan David Silva

Posted: 07 Jan 2019 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Brahim Diaz, gelandang muda asal Spanyol resmi direkrut Real Madrid. Madrid mengumumkan bahwa mereka resmi merekrut Brahim Diaz pada Minggu malam alias Senin (07/01) dini hari WIB. Manajemen Los Blancos harus mengeluarkan dana 17,3 juta euro (Rp 281 miliar) plus 7,3 juta euro (Rp 118 miliar) demi meminang Brahim Diaz.

Gelandang berusia 19 tahun itu sebelumnya menghabiskan waktunya selama lima tahun di Manchester City. Di Madrid, ia meneken kontrak berdurasi enam setengah tahun.

Brahim Diaz merupakan rekrutan pertama Real Madrid di bursa transfer Januari ini. Selain Diaz, Real Madrid juga dikaitkan dengan nama-nama seperti Mauro Icardi (Inter Milan), dan Harry Kane (Tottenham Hotspur).

Berposisi sebagai gelandang, Brahim Diaz harus bersaing dengan nama-nama yang lebih senior seperti Luka Modric, Toni Kroos, dan Isco Alarcon.

Bangga bisa gabung Real Madrid

Brahim Diaz, mengaku bangga bisa bergabung dengan Real Madrid. Baginya, Madrid adalah klub terbaik di dunia dan jauh lebih hebat ketimbang Manchester City.

Bersama Real Madrid, Brahim Diaz sepakat menandatangani kontrak hingga 30 Juni 2025. Diaz bakal memakai nomor punggung 21 yang sebelumnya pernah digunakan oleh pelatih Real Madrid, Santiago Solari, ketika masih aktif bermain.

Brahim Diaz berharap bisa lebih sering mendapat kesempatan tampil di Real Madrid. Pasalnya, dia kerap duduk di bangku cadangan ketika masih berseragam Manchester City.

"Saya sangat berterima kasih kepada Manchester City karena mereka menghargai saya, tetapi saya sangat bahagia berada di klub terbaik di dunia dan saya ingin memainkan peran penting di sini. Saya benar-benar ingin segera tampil," ujar Diaz sebagaimana dikutip Liputan6.com dari Bola.com

"Saya datang dengan tujuan untuk tersedia bagi pelatih Real Madrid, karena dia yang memutuskan. Saya harus siap, bekerja keras dan dengan kerendahan hati," papar Diaz.

Profil Brahim Diaz

Brahim Diaz memiliki nama lengkap Brahim Abdelkader Diaz dan lahir di Malaga, Spanyol 3 Agustus 1999. Brahim Diaz merupakan alumni akademi Malaga dari tahun 2010 hingga 2013. Setelahnya, Brahim Diaz merantau ke Inggris dengan masuk akademi Manchester City di usia 14 tahun.

Brahim Diaz pindah ke Manchester City pada tahun 2015 di usia 16 tahun dengan nilai kontrak £200ribu. Tak butuh waktu lama bagi Brahim Diaz untuk menembus skuat utama Manchester City. Brahim Diaz melakoni debut untuk City pada usia 17 tahun 49 hari, melawan Swansea di Piala Liga Inggris 2016-2017.

Pada 21 September 2016, Brahim Diaz melakoni debut bersama City. Brahim Diaz datang sebagai pemain pengganti di menit ke-80 menggantikan Kelechi Iheanacho saat melawan Swansea City. Lima hari kemudian ia menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan City untuk tiga tahun.

Tak lama setelah itu, Brahim Diaz mendapatkan kesempatan tampil di Liga Champions pada musim 2017-2018. Brahim Diaz adalah pemain kedua termuda (18 tahun) dalam sejarah Manchester City yang mampu bermain di Liga Champions.

Gol pertama Brahim Diaz datang saat Manchester City melawan Fulham di Piala Liga. Tak tanggung-tanggung, Brahim Diaz langsung mencetak dua gol.

Pada tanggal 27 juli 2017, Brahim Diaz tampil kembali sebagai pemain pengganti saat melawan Real Madrid dalam persahabatan International Champions Cup dan menyumbang gol terakhir untuk kemenangan City 4-1.

Perpaduan Lionel Messi dan David Silva

Aksi gelandang Manchester City, Brahim Diaz (kiri), saat membela klubnya pada Premier League U-21 musim 2016-2017, beberapa waktu lalu. Diaz setuju mengikat kontrak 3 tahun bersama The Citizens. (www.mcfcwatch.com)

Brahim Diaz disebut-sebut punya perpaduan gaya bermain Lionel Messi dan David Silva. Kemampuan menggiring bolanya disejajarkan dengan Lionel Messi, kecepatan membuatnya sulit diburu lawan.

Teknik jempolan Brahim Diaz sudah terdeteksi sejak dini. Kala itu, rekaman pertandingan dirinya bersama akademi Malaga menghebohkan publik. Brahim Diaz mampu memanipulasi bola dengan cara seperti Messi dan David Silva. Layaknya kedua bintang tersebut, Brahim Dia juga punya kemampuan berperan sebagai gelandang serang atau posisi menyerang lainnya.

Menariknya, Brahim Diaz bisa bermain dengan dua kaki sekaligus. Kedua kaki Diaz aktif, tapi sekarang dia lebih sering menggunakan kaki kiri sebagai senjata andalan. Pada 2017 Diaz mencetak gol brilian ke gawang Real Madrid di masa pramusim. Sebuah tembakan dari kaki kirinya berhasil menaklukkan Kiko Casilla.

Brahim Diaz melakukan debut di Liga Champions pada musim lalu ketika jadi pemain pengganti lawan Feyenoord pada November.

Tak cuma bersama Manchester Citu, kala membela timnas negaranya, Brahim Diaz juga selalu gemilang. Brahim Diaz menjadi pemain penting kesuksesan Spanyol U-17 melaju ke babak final Euro 2016, dan setahun kemudian membawa Manchester City ke final FA Youth Cup.

Musim lalu Spanyol menjadikannya pemain ketiga termuda tim U-21 pada usia 18 tahun dan 28 hari di laga melawan Italia.

Karier Brahim Diaz bersama Manchester City

Karier

- Tim Muda Manchester City (2013-2018)

- Manchester City Senior (2018/19)

- Real Madrid (2019-)

Gelar

1 Liga Inggris (2018)

1 Piala Liga (2018)

1 Community Shield (2018)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerja Sama BPJS dengan Sejumlah Rumah Sakit Kembali Terjalin

Posted: 07 Jan 2019 08:47 PM PST

Fokus, Ternate - Pemerintah memutuskan akan kembali meneruskan kerja sama BPJS dengan sejumlah rumah sakit setelah sempat terputusnya di berbagai daerah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (8/1/2019), sejumlah rumah sakit di daerah tidak lagi melayani pasien pengguna kartu BPJS dengan berbagai alasan.

Misalnya seperti di Rumah Sakit Islam, Kelurahan Koloncucu, Kota Ternate Utara, Maluku Utara.  Mereka tak lagi memperpanjang kontrak dengan BPJS di awal tahun 2019 ini dikarenakan BPJS menilai rumah sakit tersebut tidak memenuhi syarat akreditasi.

Di Bekasi, Jawa Barat, Rumah Sakit Karya Medika II Tambun menghentikan sementara pelayanan pasien BPJS sejak 1 Januari lalu dan baru akan melayani pada 1 Februari mendatang.

Atas kondisi ini, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) menilai penghentian berdampak negatif dan merugikan masyarakat. Sementara itu, BPJS menepis kabar adanya pemutusan kerja sama karena defisit keuangan.

Dengan adanya kesepakatan kerja sama masyarakat tidak perlu cemas untuk menggunakan kartu jaminan kesehatan di rumah sakit seperti biasanya. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Jokowi: Penolakan Kubu Prabowo soal Kisi-Kisi Saat Debat Capres Manuver Politik

Posted: 07 Jan 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily menilai, pernyataan kubu Prabowo-Sandiaga Uno mengenai penolakan pemberian kisi-kisi pertanyaan kepada pasangan calon saat debat capres bagian dari manuver politik.

"Menurut saya itu bagian dari manuver, padahal itu yang disebut dengan pedoman sebagai kisi-kisi di dalam debat nanti dan itu juga akan mereka dapatkan," kata Ace di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Menurut Ace, ada indikasi kubu Prabowo mendelegitimasi penyelenggara pemilu. Serta membuat kesan KPU berpihak pada kubu petahana.

"Saya menduga ini adalah bagian skenario dari upaya untuk mengatakan kalau mereka kalah maka mereka akan mengatakan bahwa KPU-nya berpihak kepada kami. Dan itu ingin mendegradasi dari hasil pemilu 2019. Ini berbahaya dalam demokrasi," ungkap dia.

Padahal, lanjut dia, kisi-kisi itu diberikan kepada dua kubu capres-cawapres. Pemberian kisi-kisi itu juga telah disepakati Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga dan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dalam rapat internal bersama KPU beberapa waktu lalu.

"TKN terlibat di situ, BPN juga terlibat di situ, dan diputusakan secara bersama-bersama. Nah tetapi kami melihat justru sebaliknya apa yang sudah disepakati oleh KPU itu kemudian di luar berkoar-koarnya yang lain," ujarnya.

"Itu akan didapatkan oleh mereka bukan hanya kepada kami, mereka juga akan mendapatkan yang sama sehingga independensi, netralitas, antara dua kubu akan tetap terjaga," tegas Ace.

Pernyataan Kubu Prabowo

Ketua Sekretaris Nasional Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, M Taufik menilai sikap KPU memberikan kisi-kisi materi debat pilpresmelecehkan pasangan calon.

"Justru dia menurut saya melecehkan paslon, dia anggap paslon itu gak ngerti. Ini saya kira KPU ini kemunduran," kata Taufik di Seknas Prabowo-Sandi, Jl HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 7 Januari 2019.

Menurutnya alasan KPU tidak rasional soal hal ini. Politikus Partai Gerindra menilai sikap KPU tidak wajar dan membuat kemunduran demokrasi.

"Itu namanya ini bukan debat, ini namanya kongkow. Jadi gak seru. Ini yang saya kira kemunduran, kok debat dikasih tau dulu," ujar dia.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Suhud Aliyuddin juga mengkritisi tujuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan kisi-kisi pertanyaan karena untuk menjaga martabat paslon capres-cawapres. Menurutnya, alasan tersebut aneh.

"Alasan yang aneh. KPU bukan pertama kali mengadakan debat capres. Pilpres sebelumnya tidak ada yang jatuh martabat Capres/Cawapres saat debat tanpa ada bocoran pertanyaan," kata Suhud kepada Merdeka.com, Senin (7/1/2019).

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: