Minggu, 08 September 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Cocok untuk Segala Usia, Begini Mewahnya Piano Upright Irmler Terbaru

Posted: 08 Sep 2019 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tidak mudah menemukan piano dengan desain dan kualitas yang tinggi tapi harganya terjangkau. The Grand Signature Piano menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan jajaran produk piano Irmler tipe upright berdesain mewah dan artistik. Koleksi piano Irmler tersebut akan dipamerkan di Lobby Lumina, Central Park Mall Jakarta selama tanggal 9-15 September 2019.

Piano baru yang diluncurkan terdiri dari dua kategori yakni Irmler Art Design dan Irmler Europe. Di kategori Irmler Art Design yang menjadi produk unggulan dari perusahaan, ada sembilan seri piano upright yang dirilis yakni Monet, Alexa, Davinci, Carlo, Monique, Van Gogh, Gina, Louis dan Titus.

Sedangkan seri profesional Irmler Europe menyajikan dua seri piano baby grand yakni  F 160 E dan F 175 E. Jajaran produk di kategori ini semakin menarik dengan hadirnya F 160 E Translucid yang merupakan seri luxury dari piano Irmler.

"Piano upright dari Irmler tetap mengusung kemewahan yang selalu menjadi ciri khas The Grand Signature Piano, tapi harga piano ini kompetitif jika dibandingkan dengan brand piano Jepang yang sudah ada di Indonesia," kata Executive Director The Grand Signature Piano, Helen Gumanti, Senin (9/9/2019).  

 

 

Selanjutnya

Doc: Istimewa

Desain mewah piano Irmler direpresentasikan dengan kehadiran veneer kayu eksotis pada beberapa seri Irmler Art Design. Veneer kayu eksotis biasanya hanya ditemui pada produk-produk barang mewah seperti mobil, yacth, atau jet pribadi. Pesona kemewahan Irmler juga terlihat dari desain clean lines yang indah sehingga terlihat lebih modern.

Bentuk piano Irmler sangat menonjolkan nilai-nilai estetika. Salah satunya terlihat pada seri Irmler Alexa yang memiliki body shape melengkung. "Tampilan Irmler menunjukkan bahwa piano tak selalu hanya berbentuk kotak, tapi bisa kita nikmati dengan bentuk yang lebih indah," tutur Helen.  

Khusus untuk Irmler Translucid, baby grand tersebut dibalut dengan warna transparan yang mewah dan futuristik. Namun jika pembeli menginginkan, Translucid dapat dipesan dengan warna lain sesuai permintaan alias customized.

 

 

Selanjutnya

Doc: Istimewa

Helen berharap, kehadiran Irmler di Indonesia dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang menginginkan piano dengan harga relatif terjangkau tapi memiliki kualitas dan desain yang melebihi ekspektasi. Menurutnya, piano Irmler cocok digunakan oleh murid dari usia dini hingga dewasa. Tapi dengan kualitas yang tinggi, piano Eropa ini juga sangat sesuai untuk digunakan oleh pianis profesional.

Kualitas Irmler bisa dirasakan dari karakter suaranya yang deep dan round. Karakter suara piano ini lebih enak didengar ketimbang piano Asia yang cenderung bright. Dengan karakter tersebut, Irmler sangat cocok digunakan untuk memainkan musik klasik.

Piano Irmler juga memiliki ukuran panjang, lebar dan kedalaman yang melebihi spesifikasi beberapa merek piano Asia di kelas yang sama. Dengan ruang yang lebih besar, resonansi suara akan terproyeksi dengan lebih baik. "Irmler punya konfigurasi desain piano yang membuat suaranya menjadi lebih bagus," imbuh Helen.

 

 

Selanjutnya

Doc: Istimewa

Sekedar informasi, piano Irmler yang diciptakan oleh Johann Christian Gottlieb Irmler sudah dikenal sejak abad ke-18. Pada masa itu, grand piano Irmler sangat populer di Jerman dengan pasar ekspor terbesar ke Rusia dan Skandinavia.

Sayangnya serangan bom pada perang dunia II telah menghancurkan pabrik Irmler hingga rata dengan tanah di tahun 1943. Usai perang, keluarga Irmler berupaya untuk membangkitkan bisnisnya kembali namun menghadapi banyak kesulitan. Ketika Irmler meninggal dunia, keluarganya berpindah dari Jerman. Pada akhirnya, otoritas Jerman Timur menutup bisnis piano Irmler secara total di tahun 1953.  

Sejarah piano ini kembali bergulir 46 tahun kemudian. Produsen piano Bluthner mengambil alih brand dan teknologi piano Irmler pada tahun 1999. Kini, perusahaan bernama Irmler Piano Gmbh kembali memproduksi piano berkualitas dengan tetap mengusung filosofi dari Gottlieb Irmler.

 

 

Selanjutnya

Doc: Istimewa

Selama pameran di Central Park Mall, pembelian piano Irmler akan mendapatkan diskon harga sebesar 15% dan cashback hingga Rp 10 juta. Selain itu, sejumlah bonus akan diberikan di antaranya adalah maintenance and cleaning kit, free delivery se-Jabodetabek dan free tunning

The Grand Signature Piano merupakan dealer resmi piano Irmler dan satu-satunya di Indonesia. Perusahaan ini juga memasarkan produk piano premium lainnya secara eksklusif dengan merek Fazioli, Bluthner dan Estonia. Dalam hal ini, Irmler merupakan second brand piano yang dimiliki oleh Bluthner.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tol Layang Jakarta-Cikampek Beroperasi Jelang Libur Natal

Posted: 08 Sep 2019 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero)  Tbk,  melaporkan pekerjaan konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) hingga akhir 2019 telah mencapai 95,11 persen.

Melalui siaran resminya, perusahaan mengaku angka tersebut sesuai dengan target pekerjaan konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) yang akan selesai pada akhir September 2019. Hal terungkap saat kunjungan kerja Dewan Komisaris dan Direksi Jasa Marga yang berlangsung, Minggu (8/9/2019).

Direktur Pengembangan Usaha Adrian Priohutomo mengaku pekerjaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) hanya menyisakan 5 persen dari seluruh total konstruksi.

Adapun sisa pekerjaan yang cukup kritikal dalam proyek ini adalah ketergantungan masalah penyelesaian relokasi Menara Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di KM 17 yang harus diselesaikan dalam periode waktu yang sangat ketat.

"Untuk mengatasi sisa pekerjaan tersebut, Jasa Marga akan lebih ketat dalam memonitor dan mengendalikan proses penanganan SUTET di km 17, serta lebih luas lagi melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar didapat metode pelaksanan pekerjaan yang lebih cepat dan aman. Selain itu, juga menyelesaikan sisa pekerjaan lainnya seperti Erection SIG, pengaspalan, dan expansion joint secara masif semuanya ditargetkan selesai pada bulan September ini", jelas Adrian.

Siap Mendukung Arus Libur Natal dan Tahun Baru

Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono menargetkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) ini dapat digunakan secara fungsional pada akhir 2019.

"Kami akan optimalkan sisa waktu untuk menyelesaikan sisa pekerjaan yang ada. Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) kami targetkan dapat digunakan secara fungsional pada akhir tahun untuk mendukung pelaksanaan arus mudik libur Natal dan Tahun Baru, serta beroperasi penuh pada awal tahun 2020," ujar Djoko.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) merupakan ruas jalan tol yang membentang dari Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 s.d. Sta 47+500) dengan total panjang jalan 36,4 Km. Jalan tol ini berfungsi untuk menambah kapasitas Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting yang saat ini kerap mengalami kepadatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenakan Perhiasan Saat Hadiri Final US Open, Meghan Markle Bikin Telepon Terus Berdering

Posted: 08 Sep 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Meghan Markle pada final US Open saat 7 September lalu menarik banyak perhatian publik. Kehadiran Duchess of Sussex ini hadir guna memberikan dukungan kepada sahabatnya, Serena Williams. Penampilan Meghan yang saat itu bergaya kasual ikut menyedot, perhatian termasuk perhiasan yang dikenakannya.

Istri Pangeran Harry ini terlihat mengenakan gaun denim biru J. Crew dengan kardigan putih. Perhiasan kalung, cincin dan gelang berwarna emas juga melengkapi kecantikan Meghan Markle.

Melansir dari People, 9 September 2019, diketahui perhiasan yang digunakan oleh ibu Archie Harrison Mountbatten-Windsor ini mengenakan perhiasan dari brand Mini Mini Jewels. Brand ini merupakan brand perhiasan yang berasal dari Los Angeles, Amerika.

"Kami sangat senang, ini adalah hal yang sangat mengasyikkan untuk kami dan kami cinta Meghan. Kami berharap dia dapat mengenakan produk kami di publik, dan kemudian ini menjadi kenyataan," ujar Tracey Kahn, pendiri dari Mini Mini Jewels.

Jessica Mulroney, stylist dan teman dari Meghan yang merekomendasikan perhiasan ini. Kemudian, Meghan tertarik dengan brand ini karena pesanannya dapat disesuaikan dengan keinginan pribadi.

"Jessica adalah penggemar berat kami dan melalui dia, Meghan mendengar tentang brand ini. Kami mengirimkannya beberapa mata kalung dengan inisial karena kami berpikir dia akan menyukainya. Tiba-tiba, dia mengenakannya dan kami masih tak dapat mempercayai ini," kata Tracey lagi.

Pesan Cinta untuk Suami

Meghan Markle saat menghadiri US Open di New York, Amerika Serikat pada Sabtu, 7 September 2019. (dok. instagram.com/meghanmarkle_official/https://www.instagram.com/p/B2J7ZYqoZrL/Novi Thedora)

Mata kalung yang dikenakan Meghan memiliki kandungan 14 karat emas. Berdasarkan laman resmi Mini Mini Jewels, harga dari satu buah mata kalung ini adalah 124,99 dolar atau setara dengan Rp1,76 juta.

Meskipun tak hadir bersama Pangeran Harry, Meghan tetap menyelipkan pesan tersirat untuk sang suami dari kalung yang dikenakan Meghan. Pada mata kalung yang dikenakan, tertulis inisial 'M' yang mengacu pada nama Meghan dan 'H' yang dikhususkan untuk nama sang suami, Harry.

Tak hanya kalung, Meghan juga terlihat mengenakan cincin emas yang memiliki kandungan 14 karat. Cincin yang dikenakan di jari tengahnya ini juga bermotifkan inisial 'H' dan 'M'.

Koleksi yang dinamakan 'Initially Yours Collection' ini memang menyediakan cincin dengan berbagai huruf. Taburan berlian di atasnya juga menambah kesan elegan pada cincin ini. Harga yang ditawarkan untuk cincin ini berkisar dari 189,99 dolar hingga 249,99 dolar atau setara dengan Rp2,67 juta-Rp3,5 juta, tergantung dengan kerumitan setiap huruf.

Pemilik dari Mini Mini Jewels mengatakan bahwa penjualan perhiasannya meningkat pesat akibat kejadian ini. Tracey menambahkan bahwa telepon mereka terus berdering dan mereka mendapatkan pesanan dari seluruh dunia. (Novi Thedora)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Thailand, McMenemy Berharap Banyak pada 2 Bek Timnas Indonesia

Posted: 08 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjalani laga kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (10/9/2019). Skuat Garuda akan menjamu Thailand.

Jelang laga ini, Simon McMenemy, pelatih Timnas Indonesia mengandalkan dua pemain bertahannya. Victor Igbonefo dan Yanto Basna. Keduanya bermain di Thailand, Igbonefo bersama PTT Rayong, sedangkan Basna memperkuat Sukhothai FC.

Selain Igbonefo dan Basna ada Irfan Bachdim yang sempat berseragam kesebelasan Thailand Chonburi FC serta Sriracha F.C. Namun, ia sudah hengkang sejak enam tahun lalu.

"Mereka membantu (Igbonefo dan Basna), Irfan Bachdim juga. Soal mentalitas gaya permainannya juga. Mainnya mungkin tak beda tapi pelatihnya baru," kata McMenemy, seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

Kendati demikian, McMenemy menyebut Timnas Indonesia hanya mempunyai sedikit waktu untuk mempersiapkan diri melawan Thailand. Pekan lalu, Timnas Indonesia sudah terkuras habis melawan Malaysia di SUGBK.

"Kami hanya punya waktu singkat untuk persiapan, recovery sangat pendek. Hari ini, kami hanya menggelar latihan sebentar," ucap pelatih Timnas Indonesia asal Skotlandia tersebut.

 

Thailand Sedang Transisi

Suporter tim Garuda membentangkan bendera Merah Putih jelang menyaksikan laga Timnas Indonesia melawan Timor Leste pada penyisihan grup B Piala AFF 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Selasa (13/11). Indonesia unggul 3-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Lebih lanjut, McMenemy mengatakan, laga melawan Thailand bukan perkara mudah, meski sang lawan sedang menjalani transisi kepelatihan. Saat ini, Thailand dilatih oleh Akira Nishino.

"Thailand masih transisi di bawah pelatih baru seperti saat mereka melawan Vietnam, namun tetap berbahaya pemainnya sama masih ada Chanatip (Songkrasin). Ada pula Supachok (Sarachat), kita tonton pertandingan dia bersama Buriram (United)," ucapnya.

 

Jadwal Timnas Indonesia

Selasa, 10 September 2019

Timnas Indonesia vs Thailand

Venue: Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta

Pukul: 19.30 WIB

Live: TVRI dan Mola TV

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Tumor di Kepala, Ria Irawan Kesulitan Bicara

Posted: 08 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ria Irawan, tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Lantaran, kanker yang bersarang di tubuhnya kembali aktif.

Bahkan, sel kanker Ria Irawan mengalami metastasis alias menyebar. Selain kanker, ia juga menderita penyakit tumor di kepala.

Akibatnya, Ria Irawan kesulitan untuk bicara. Melalui akun Instagram, Minggu (8/9/2019), Ria Irawan menjelaskan saraf bicaranya tertekan.

Meski begitu, pemeran Bude di film Wedding Agreement  ini tak patah semangat. Ia memperlihatkannya melalui sebuah video singkat.

 

Belajar Bicara

Ria Irawan (Foto: Instagram/@riairawan)

Saat belajar bicara, tiba-tiba wajah Ria Irawan memperlihatkan mimik berbeda lantaran mendengar pasien lain menangis.

"Happy sunday .. ❤🙏, karena ada tumor didalam kepala,yg mengakibatkan saraf bicara saya tertekan,akhirnya saya harus belajar pelan-pelan belajar berbicara dengan baik, tapi setiap saya mau belajar, pasien disebelah saya juga belajar,belajar menahan sakit...," tulisnya sebagai keterangan video.

 

Dukungan

Ria Irawan (Foto: Instagram/@riairawan)

Tak sedikit selebritas yang memberi dukungan kepada Ria Irawan, baik yang datang langsung maupun melalaui kolom komentar.

"Kamu luar biasa hebat mbakku sekalu happy semoga sakitpun hilang aamiin," tulis Inul Daratista.

"I ❤️ u.. Semangat terus y," tambah Aming.

"BISMILLAHIROHMANIROHIM SEMANGAT SEHAT KAKAKKU SAYANG @riairawan," timpal Aldi Taher.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

167 Ribu Jemaah Haji Dipulangkan ke Tanah Air

Posted: 08 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 163.851 jemaah haji Indonesia sudah kembali ke Tanah Air. Mereka berasal dari 407 kelompok terbang (kloter) dari 13 embarkasi.

Adapun total jemaah haji yang dipulangkan sudah mencapai 167.891 orang dari 417 kloter. Sementara jumlah petugas yang sudah kembali 2.085 orang.

Demikian mengutip Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, Senin (9/9/2019).

Sementara jemaah haji yang wafat sudah mencapai 436 orang. Mereka wafat antara lain di Makkah, Madinah, Jeddah dan bandara.

Saat ini seluruh jemaah haji gelombang kedua sudah berada di Madinah. Sebelum secara bertahap dipulangkan ke Tanah Air.

Pemulangan jemaah haji gelombang kedua berlangsung di Bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz, Madinah.

Sebelumnya, Sebanyak 460 petugas haji Daerah Kerja (Daker) Makkah merampungkan tugasnya di Arab Saudi. Mereka kini sudah kembali ke Tanah Air.

Kepulangan petugas Daker Makkah terbagi dalam dua gelombang melalui Bandara King Abdulaziz, Jeddah.

Kepala Daerah Kerja Mekkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 Subhan Cholid melepas langsung kepulangan sebagian petugas haji yang telah selesai bertugas.

"Hari ini pemulangan petugas haji Daker Mekkah selanjutnya kami langsung mempersiapkan penyelenggaraan haji tahun 2020. Jadi memang tidak ada jeda," jelas dia, kemarin.

Kepulangan 460 petugas haji tersebut dibagi dalam dua tahap, yang pertama 318 orang berangkat pada 8 September 2019 dengan tujuh bus ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Sedangkan sisanya yang 142 petugas dipulangkan dengan empat bus ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah untuk diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia ke Tanah Air.

Suasana haru menyelimuti kepulangan para petugas haji yang berangkat pada pagi hari ke Jeddah dari Kantor Urusan Haji Indonesia di Syisyah, Makkah.

 

Tonton Video Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cadangan Devisa Naik, Rupiah Menguat ke 14.072 per Dolar AS

Posted: 08 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan di awal pekan ini. Rupiah bisa menguat ke bawah 14.000 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Senin (9/9/2019), rupiah di buka di angka 14.087 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.101 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.072 per dolar AS hingga 14.092 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah mampu menguat 2,21 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.091 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.140 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah pada pekan ini, berpeluang menguat di bawah Rp14.000 per dolar AS.

"Penguatan rupiah bisa berlanjut bahkan berpotensi menguat di bawah 14.000 per dolar AS pada minggu ini jika tidak ada sentimen negatif dari eksternal," kata ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih dikutip dari Antara.

Cadangan devisa (cadev) Agustus mencapai USD 126,4 miliar, naik dari posisi Juli lalu yang sebesar USD 125,9 miliar.

Kenaikan cadangan devisa tersebut karena penerimaan devisa migas akibat naiknya harga minyak mentah dan penerimaan devisa lainnya.

Posisi ini sangat aman dengan ukuran bulan impor yang mencapai 7,4 bulan dan 7,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, jauh di atas standar kecukupan internasional tiga bulan impor.

Kenaikan cadev ini direspons dengan menguatnya rupiah yang cukup lumayan 0,38 persen pada perdagangan akhir pekan lalu.

Lana memprediksi rupiah pada hari ini akan bergerak di kisaran 14.110 per dolar AS hingga 14.140 per dolar AS.

BI: Aliran Modal Asing Topang Penguatan Rupiah

Teller menunjukkan mata uang dolar AS di penukaran uang di Jakarta, Rabu (10/7/2019). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup stagnan di perdagangan pasar spot hari ini di angka Rp 14.125. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) memproyeksikan, nilai tukar rupiah ke depan akan menguat seiring dengan tetap terjaganya aliran modal asing yang masuk ke dalam negeri.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, rupiah pada Agustus ini telah mengalami penguatan hampir 1 persen dibanding akhir tahun lalu.

"Rupiah sampai dengan 21 Agustus 2019 secara point to point menguat sebesar 0,98 persen dibandingkan level akhir tahun 2018," jelas dia di Gedung Bank Indonesia, pada Kamis 22 Agustus 2019. 

Ke depan, ia memandang, nilai tukar Rupiah tetap stabil sesuai dengan mekanisme pasar yang terjaga. Prakiraan ini ditopang prospek aliran masuk modal asing ke Indonesia yang tetap terjaga seiring ekonomi domestik yang tetap baik dan imbal hasil yang menarik, serta dampak positif kebijakan moneter longgar di negara maju.

"Untuk mendukung efektivitas kebijakan nilai tukar dan memperkuat pembiayaan domestik, Bank Indonesia terus mengakselerasi pendalaman pasar keuangan, baik di pasar uang maupun valas," ujar dia.

Sebagai catatan, rupiah pada Juli 2019 mengalami apresiasi 0,8 persen secara point to point dibandingkan dengan level akhir Juni 2019, dan 1,3 persen secara year on year (YoY) dibandingkan dengan level Juni 2019.

"Perkembangan ini ditopang berlanjutnya aliran masuk modal asing sejalan persepsi positif investor asing terhadap prospek ekonomi nasional dan daya tarik aset keuangan domestik yang tetap tinggi," sambung Perry.

Namun begitu, rupiah pada Agustus ini sempat mengalami depresiasi 1,6 persen secara point to point dan 1,4 persen secara rata-rata dibandingkan dengan Juli 2019. Perry menyebutkan, itu merupakan dampak dari kembali memanasnya atmosfir perang dagang (trade war) antara Amerika Serikat (AS) dan China.

"Sejalan pergerakan mata uang global, rupiah pada Agustus 2019 melemah dipengaruhi ketidakpastian pasar keuangan dunia akibat kembali meningkatnya ketegangan hubungan dagang antara AS dan Tiongkok," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebiasaan Baik Mbah Masirin Jadi Penyelamat Saat Terpeleset di Gunung Lawu

Posted: 08 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Blora - Mbah Masirin (81), warga Desa Wonosemi, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah terbilang beruntung. Dirinya ditemukan tergeletak oleh pencari rumput di tengah hutan Sabrangan Taman Hutan Raya Ngargoyoso (Tahura) Gunung Lawu pada hari Sabtu, 7 September 2019 kemarin.

Usut punya usut, Mbah Masirin bisa sampai di lokasi itu hendak mendaki Gunung Lawu. Kemudian di tengah perjalanan, dirinya terpeleset dari ketinggian sekitar 20 meter dan tergeletak dalam keadaan masih sadar.

"Mbah Masirin terpeleset dan terjungkur (glundung) dari ketinggian 20 meteran waktu akan mendaki di Gunung Lawu," ujar Surat (45), putra mbah Masirin, Minggu, 8 September 2019.

Dia mengatakan, Sabtu lalu, usai mendapatkan kabar tentang Mbah Masirin, dirinya bersama istri dan kepala desa Wonosemi bergegas menjemput orangtuanya.

"Kita jemput ke Karanganyar, karena Mbah Masirin setelah kabar itu tersiar, kemudian diajak orang sini yang menetap di sana," kata Surat.

Dia menambahkan, untuk mendaki, Mbah Masirin hanya membawa perbekalan beberapa pakaian dan sebungkus mi instan. Menurutnya, saat ini orangtuanya dalam kondisi baik.

"Alhamdulillah, tidak apa-apa. Itu mi instannya yang dibawa sejak kemarin masih utuh tidak dimakan. Memang kebiasaan Mbah Masirin jika tiap bulan Sura (Muharrom) mendaki untuk nyepi di sana," tambahnya.

Kebiasaan Mbah Masirin tiap bulan Sura ini merupakan aktivitas yang dilakoninya sejak masih muda. Hebatnya, kakek ini jalan kaki selama tiga hari tidak makan dan tidak minum.

 

Selalu Mendoakan Orang

Jalur Singolangu, Gerbang Pendakian Gunung Lawu (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Mbah Masirin merupakan kakek tua yang saat ini diketahui kondisinya masih sehat. Hal itu terungkap dari cerita Mbah Masirin kepada Ustaz Mustain (37), salah seorang warga setempat usai menjenguknya.

"Sabtu malam sekitar jam 22.00 WIB, Mbah Masirin baru sampai rumah. Ceritanya sih pas usai terpeleset (glundung) itu dirinya minta minum di pos sampai habis 3 botol besar," ujarnya menceritakan kepada Liputan6.com, Minggu 8 September 2019.

Dia mengatakan, Mbah Masirin mempunyai kebiasaan baik dan unik, yakni setiap kali sengaja menemui orang dan selalu mendoakannya.

"Mbah Masirin itu sejak saya masih kecil sampai sekarang, tiap kali ketemu orang-orang baru, selalu mendoakan. Biasanya Mbah Masirin mendoakan surah Al Fatihah," ungkap ustaz penghafal (tahfiz) Alquran itu.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Berikan Penghargaan kepada 20 Insan Olahraga Indonesia saat Puncak Haornas ke36

Posted: 08 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kemenpora memberikan penghargaan kepada atlet, mantan atlet, pelatih, wasit, penggerak olahraga masyarakat dan pembina yang berdedikasi dan berprestasi pada puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS), Minggu (8/9) malam di Menara Pandang Siring, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Penghargaan ini diberikan secara simbolik oleh Menpora Imam Nahrawi kepada 20 insan olahraga.

"Selamat kepada pahlawan olahraga, wasit, pelatih, penggerak olahraga masyarakat yang telah menerima penghargaan ini," ucap Menpora.

Masih katanya, pemerintah akan terus memberikan apresiasi kepada para atlet dan pahlawan-pahlawan olahraga tanah air.

"Kita semua tahu bahwa bendara merah putih berkibar dan lagu Indonesia Raya berkumandang di luar negeri  karena dua hal yaitu saat Presiden berkunjung dan saat ini atlet-atlet berhasil meraih medali emas di ajang internasional. Di situlah sesungguhnya pemerintah ingin memberikan terus memberikan penghargaan," ujarnya. 

Tentu, lanjutnya, penghargaan yang kita berikan ini tidak cukup dengan apa yang sudah mereka lakukan.

"Karena itu, masyarakat Indonesia, siapapun dia, perlu memberikan apresiasi kepada para atlet. Karena para atlet  tidak hanya berjuang untuk dirinya dan  keluarga tapi lebih dari pada itu para atlet berjuang untuk martabat bangsa Indonesia. Berjuang untuk merah putih," ujarnya. 

Masih katanya, tidak cukup hanya pemerintah pusat dan daerah yang menyiapkan  penghargaan tapi semua masyarakat Indonsia harus betul-betul menyiapkan penghargaan kepada atlet pelatih, tenaga keolahragaan dan tentu orang-orang yang berjasa untuk mengibarkan merah putih.

"Lebih dari pada itu, saya mengajak masyarakat untuk menyambut dengan gegap gempita  pahlawan-pahlawan kita saat tiba di tanah air setelah mereka berjuang untuk Indonesia," tutupnya. 

Turut hadir Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, para pejabat eselon I dan II, Kemenpora, Bupati Walikota seluruh Kalimantan, perwakilan kementerian/lembaga.  

Berikut Penerima Penghargaan Pada Haornas  2019

Kategori Atlet 

1. Atlet cabang olahraga angkat besi Muhammad Faathir. Ia mendapatkan medali perak pada kejuaraan dunia 2019 di Fiji. Selain itu, ia  juga memecahkan rekor dunia remaja kelas 61 kg. Ia juga meraih medali Emas pada Arapura Games 2019. 

2. Atlet cabang olahraga catur Medinah Warda Aulia. Ia meraih Juara Pertama pada Kejuaraan Catur Asia Timur Fide Zone 3.3.  di Mongolia Tahun 2019. 

3. Atlet cabang olahraga berkuda Muhammad Akbar Kurniawan. Atlet muda disapa A'an ini meraih Juara Dunia Berkuda di Longines Master-HKJC Asian Junior Challenge Hongkong 2019. 

4. Atlet cabang olahraga paracycling Muhammad Fadli Immamuddin.Ia meraih medali emas dan perak pada Kejuaraan Balap Sepeda Asian Tack Championship (ATC) 2019.

5. Atlet cabang olahraga taekwondo Abdul Rahman Darwin K. Latjanda.Mahasiswa kelahiran Palu ini meraih Medali Perunggu pada Kejuaraan Summer Universiade Napoly 2019. 

6. Atlet cabang olahraga E-sports Rizky Faidan. Pemenang kejuaraan PES League Final Regional Asia 2019 di Tokyo dan Runner Up di World Finals 2019  di London. Di usianya yang masih belia ia juga menjadi pemenang di Sea Final  2019 di Bangkok.

Kategori Purna Atlet 

7. Atlet cabang olahraga atletik jalan cepat era 80-an Hasiati Lawole. Ia Peraih medali Jalan Cepat Kejuaraan Asia tahun 2012 dan 2014. 

8. Mantan atlet difabel cabang olahraga angkat berat Hero Parlyono. Ia merajai sejumlah  kejuaraan angkat  berat, yakni  rangking 4  Asian Paragames, Inchoen, Korea, tahun 2014 dan rangking 6 power lifting Kazakstan open  2015.

9. Atlet cabang olahraga lempar lembing dan tolak  peluru era 80-an hingga 90-an Gerardus Mayella Balagaize. Ia menjuarai lempar cakram dan lempar lembing di ASEAN School Tahun 1983 di Malaysia.  Pria asal Merauke-Papua ini juga menjuarai Lempar Cakram pada Kejuaraan Sea Games tahun 1987.

 Katagori Pelatih 

10. Pelatih cabang olahraga rafting Aceng Supendi. Ia telah membawa Tim Indonesia memboyong medali pada Kejuaraan Dunia Rafting Champ di Australia tahun 2019. Indonesia memperoleh 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu.  Dengan didikannya, Tim Indonesia juga berhasil meraih banyak medali pada Kejuaraan Dunia Rafting Champ tahun 2015 dan 2017. 

11. Pelatih Bulutangkis Ghessa Salo. Ia berhasil membawa atlet Indonesia, meraih 3 medali emas pada kejuaraan Kejuaraan Word Deaf Badminton Championship  2019 di Taipei. Ia juga berjaya mengantarkan atlet Indonesia  menyabet 5 medali emas dan  2 Perunggu pada Kejuaraan Asia Pasific Deaf Badminton  Championship 2018 di Malaysia.

 12. Pelatih cabang olahraga para atletik Waluyo. Berkat tangan dinginnya, atlet Indonesia dapat meraih kemenangan di event Tunish World Para Atletik Grand Prix di Tunisia. Tim Indonesia juga dilatih olehnya di Asian Para Games Guangzhou 2011, ASEAN Para Games Surakarta 2011, dan Asian Youth Para Games 2017.

Kategori Wasit   

13.  Wasit bola basket Yuli WulandariIa merupakan satu-satunya wasit wanita Indonesia yang memiliki lisensi FIBA. Ia pernah menjadi Wasit pada Final Jr. NBA Global Championship Tahun 2019 di Orlando. Ia juga menjadi Wasit pada Bola Basket FIBA ​​U-18 Champions For Men di Bangkok, dan menjadi Wasit pada FIBA ​​Asia.

Katagori Penggerak Olahraga Masyarakat  

14. Ketua FORMI Kabupaten Bandung Kurnia Agustina.  Ia melakukan sejumlah gebrakan dan inovasi dengan menciptakan  gerakan senam dengan "ciri khas Kab. Bandung" yaitu Senam Sehat Sabilulungan. 

15. Ketua Umum Persani Kabupaten Wonosobo Anny Supriyadi.Ia berdedikasi dalam pemecahan rekor  MURI Senam SKJ di Alun-Alun Wonosobo tahun 2019, pelopor terbentuknya kepengurusan FORMI 2019-2024. 

16. Sekretaris Jenderal FORMI Nasional Adi Suyatno. Ia pernah menggerakkan olahraga rekreasi dan menggerakkan senam tera indonesia untuk seluruh peserta Lemhannas RI dan untuk para anak didik, narapidana, dan tahanan di rutan  di seluruh Indonesia.   

17. Muhammad AiniPutra daerah Banjarmasin yang lebih dikenal dengan panggilan Aini Gulat ini adalah pelatih berprestasi cabang olahraga gulat.  Berkatnya, Indonesla berhasil meraih 1 Emas, 1 Perak, 3 Perunggu pada SEA Games Palembang Tahun 2011 dan  memperoleh 1 emas, 1 Perak, dan 2 Perunggu pada SEA Games Laos Tahun 2009. 

18. Papat Yunisal mantan pesepakbola wanita era 80-an. Ketua Asosiasi Sepakbola Wanita Indonesia Període 2018 sampai dengan 2020. Hingga saat ini ia masih aktif di organisasi sepakbola Indonesia. 

Kategori Pembina 

19.  Wali Kota Jambi Syarif Fasha Melahirkan Perda tentang meningkatan pengalokasian dana olahraga APBD dari tahun 2017. Di samping itu, juga berhasil membawa kota Jambi sebagai tuan rumah penyelenggraraan acara Paralympic Pelajar tahun 2018.  

20. Nurdin Purnomo Pembina Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) dan pendiri Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) dan  Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI).

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Olahraga Bisa Kurangi Bau Mulut, Mitos atau Fakta?

Posted: 08 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada anggapan yang beredar di masyarakat bawah olahraga bisa mengurangi atau menghilangkan bau mulut (halitosis). Bahkan ada juga warganet yang menuliskan tips cara menghilangkan  bau mulut dengan olahraga.

Ini dikarenakan olahraga ringan secara teratur, terutama menjelang atau sesudah berbuka puasa dinilai bermanfaat. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh, termasuk bau pada mulut.

Lantas apakah anggapan tersebut benar? Dokter gigi Dina Adrianti pernah menjelaskan, cara mengurangi bau mulut dengan berolahraga itu tidak tepat. Keduanya tidak saling berkaitan.

"Enggak ada hubungannya, antara olahraga dengan mengurangi bau mulut. Justru saat kita berolahraga, cairan tubuh akan berkurang, termasuk air liur. Jumlah air liur akan sedikit," jelas Dina melalui siaran Live Streaming Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan beberapa waktu silam, ditulis Senin (9/9/2019).

Jumlah air liur yang sedikit tidak akan mampu membersihkan plak-plak di dalam mulut. Plak yang tidak sepenuhnya dibersihkan air liur inilah yang akan menimbulkan bau mulut tak sedap.

Bersihkan Gigi dan Lidah

Jaga kebersihan gigi dan lidah untuk atasi bau mulut. (iStockphoto)

Untuk mengatasi bau mulut, cara terbaik adalah menjaga kebersihan mulut, baik gigi maupun lidah.  Rajin menggosok gigi dan membersihkan sisa makanan yang menyelip pada gigi dapat membantu atasi bau mulut.

"Menggosok gigi bisa membantu (atasi bau mulut), tapi kita juga harus membersihkan sisa makanan yang menyelip. Itu bisa menggunakan benang gigi," lanjut Dina yang berpraktik di RS Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta.

Tak lupa menjaga kebersihan lidah. Lidah yang kering ditandai lapisan putih. Hal itu harus dibersihkan karena bisa menyebabkan bau mulut.

"Lidah bisa dibersihkan dengan cara digosok menggunakan sikat gigi. Bisa juga menggunakan alat pembersih lida," Dina menerangkan.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nokia 7.2 dan Nokia 6.2 Rilis, Hadir dengan 3 Kamera Belakang

Posted: 08 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - HMD Global kembali memperbarui lini kelas menengah dari smartphone Nokia. Hal itu ditunjukkan dengan merilis Nokia 7.2 dan Nokia 6.2.

Kedua smartphone hadir dengan desain yang serupa dan terbilang baru untuk Nokia. Dikutip dari The Verge, Senin (9/9/2019), baik Nokia 7.2 dan Nokia 6.2 memiliki layar berukuran 6,3 inci dengan teardrop notch.

Sama seperti model sebelumnya, kedua perangkat itu sudah dibekali teknologi PureDisplay untuk meningkatkan akurasi dan cakupan warna. Smartphone ini juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan konten yang diputar menjadi HDR.

Nokia 7.2 memiliki tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 48MP (lensa utama), 8MP (wide-angle), dan 5MP (depth sensor). Nokia juga bekerja sama dengan Zeiss untuk proses pengolahan gambar.

Sementara keperluan selfie diserahkan pada kamera depan 20MP. Smartphone ini dipersenjatai chipset Snapdragon 660 dengan dua opsi RAM dan ROM, 4GB/64GB dan 6GB/128GB.

Sebagai penunjang performanya, smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 3.500mAh. Nokia 7.2 menjalankan Android 9 Pie dan dipastikan siap menerima Android 10.

Nokia 6.2

Tampilan Nokia 6.2 yang rilis bersamaan Nokia 7.2 (sumber: Nokia)

Untuk Nokia 6,2, perbedaan spesifikasi terletak pada chipset dan kamera yang digunakan. Tidak seperti Nokia 7.2 dengan Snapdragon 660, smartphone ini menggunakan Snapdragon 636.

Nokia 6.2 tersedia dalam tiga opsi RAM, yakni 3GB dan 4GB. Sementara varian memori internal yang tersedia adalah 32GB, 64GB, dan 128GB.

Kamera belakang Nokia 6.2 tetap hadir dengan konfigurasi lensa, tapi memiliki resolusi lebih kecil, yakni 16MP (lensa utama), 8MP (wide-angle), dan 5MP (depth sensor). Adapun kamera depannya beresolusi 8MP.

Baterai yang disematkan di Nokia 6.2 sama dengan saudaranya, yakni 3.500mAh. Tidak lupa, baik Nokia 6.2 dan Nokia 7.2 sudah dibekali tombol khusus Google Assistant.

Adapun harga Nokia 6.2 dimulai dari 209 euro (Rp 3,2 juta) dengan jadwal rilis yang belum ditentukan. Sementara Nokia 7.2 dibanderol mulai 249 euro (Rp 3,8 juta) dan siap meluncur September 2019.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ribuan Ikan Mati Mengambang di Oklahoma

Posted: 08 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jumlah ikan yang mati mengambang di sebuah waduk di Oklahoma, AS, terus bertambah. Hingga kini ikan mati mencapai ribuan. Namun, belum diketahui penyebab kematian ikan-ikan tersebut.

VIDEO: Ikan dari Amazon Terdampar Mati di Sungai Malaysia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penghentian Audisi PB Djarum Jadi Pembicaraan Hangat di Haornas 2019

Posted: 08 Sep 2019 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Banjarmasin - Penghentian audisi umum beasiswa bulu tangkis PB Djarum masih jadi pembicaraan hangat insan bulu tangkis Indonesia. Termasuk di perayaan puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang digelar di Banjarmasin Kalimantan Selatan, Minggu (8/9).

Seperti diberitakan, Djarum Foundation selaku induk PB Djarum memutuskan untuk menghentikan ajang ini mulai 2020 mendatang. Hal ini dilakukan untuk meredakan polemik dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPA), akhir-akhir ini.

KPAI tidak ingin anak-anak digunakan untuk mempromosikan produk rokok dalam Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis. Karena itu, KPAI mendesak Djarum Foundation menghentikan penggunaan anak sebagai promosi brand image dalam kegiatan audisi tersebut. Dengan demikian, 2019 akan menjadi audisi terakhir.

"Berita yang berkembang audisi PB Djarum akan berhenti. Jangan pernah memimpikan audisi ini berhenti. Lakukan terus. Ini demi anak-anak kita," kata Menpora Imam Nahrawi, seperti dikutip Antara.

Menpora menilai tidak ada tindakan eksploitasi anak di ajang audisi PB Djarum. Justru ajang inilah yang bisa melahirkan juara-juara dunia yang membanggakan Indonesia.

Tak Ada Tekanan

Yoppy Rosimin, Program Director Bakti Olahraga Djarum Fondation. (Bola.com/Dok. PB Djarum)

Sementara itu, Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin mengatakan pihaknya tidak mendapat tekanan sehingga harus menghentikan audisi.

"Tekanan sih tidak ada, cuma kita di posisi terombang-ambing. Ini nggak boleh, itu nggak boleh. Tak ada kepastian. Akhirnya kita memastikan sendiri," katanya kepada media lewat sambungan telepon, Minggu (8/9/2019).

Tak Ada Atribut

Yoppy juga menyebut, pihaknya sudah berusaha mengikuti permintaan yang diminta KPAI. Agar tidak terkesan anak-anak dieskploitasi untuk mempromosikan produk rokok.

"Kedua, kaus yang dibagikan kepada anak-anak tidak akan kami bagikan lagi seperti sebelumnya. Mereka akan memakai kaus asal klubnya masing-masing, dan itu sudah lebih dari cukup. Kami sudah memutuskannya, tidak ada deal-dealan lagi, diterima atau tidak, kami sudah memutuskan seperti itu," tegas Yoppy.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Cek Fakta] Polisi Tak Berhak Menilang Kendaraan yang Belum Dibayar Pajaknya?

Posted: 08 Sep 2019 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada 1 Februari 2014 akun Facebook Media Rakyat mengunggah tulisan berjudul, Polisi Tidak Berhak Menilang.

Berikut isi artikel itu:

POLISI TIDAK BERHAK MENILANG.

*Pajak Motor/Mobil anda Mati? Polisi gak Berhak nilang.

HAL_Ini dibenarkan oleh Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya,"Masalah pajak bukan urusan polisi, tapi Dispenda. Kalau masalah pajak polisi enggak berhak menilang,"

Bahkan, seandainya pembayar pajak yang telat ini pas kena razia di jalanan umum, polisi tetap tidak bisa berbuat apa-apa. "Kalau semua surat lengkap dan gak ada masalah, ya, enggak bisa ditilang," ucapnya.

Jika si polisi tetap mengambil tindakan menilang, Djoko menyarankan agar si pengendara mengajukan komplain secara resmi. Pengendara bisa mencatat nama polisi yang tertera di seragam dan melaporkan kepada yang berwenang.

kalo tetep ngotot minta pd polisi tsb peraturannya? pasal berapa? suruh menunjukkan… kal­au nggak bisa jangan mau..!!Soalnya telat bayar pajak itu sudah ada sanksi tersendiri yaitu denda…dan itu urusan dinas pendapatan daerah (dispenda)

Mohon Bantuan Sharenya,,Semoga info ini bermanfaat...

Sejak kali pertama diunggah, artikel tersebut telah mendapatkan 11.000 komentar dan dibagikan sebanyak 111.000 kali.

Meski berita lama, postingan tersebut kembali ramai dishare seiring dengan pelaksanaan Operasi Patuh Jaya.

 

Benarkah polisi tak berhak menilang mobil atau motor yang pajaknya mati?

 

Penelusuran Fakta

Pertanyaan terkait pernah disampaikan pembaca Liputan6.com dalam laman konsultasi pajak pada 4 Juni 2015.

Berikut isi lengkap artikel berjudul, Konsultasi Pajak: Belum Bayar Pajak, Motor Bisa Kena Tilang?:

Selamat malam Liputan 6.com,

Saya mau bertanya , pajak kendaraan bermotor apabila belum dibayar terus ada operasi yang digelar oleh satlantas. Apakah polisi itu berhak menilang dengan alasan belum bayar pajak? Padahal pajak kan ada dendanya tersendiri. Terima kasih atas perhatiannya. Sukses buat liputan 6

Email: ilovemaXXXX@gmail.com

Jawaban: Perlu kami sampaikan bahwa Pajak Kendaraan Bermotor merupakan Pajak Daerah bukan Pajak Pusat yang dikelola oleh Kementerian Keuangan.

Kami menjawab pertanyaan saudara berdasarkan pemahaman kami terhadap Undang-undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU 22/2009) dan berbagai sumber lainnya.

Pasal 70 ayat (1) UU 22/2009 menyebutkan bahwa Surat Tanda Nomor Kendaraan-Bermotor (STNK-B) dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) berlaku selama lima tahun, yang harus dimintakan pengesahan setiap tahun.

Dalam praktiknya, pengesahan STNK ini dilakukan setiap tahun bersamaan dengan pembayaran pajak kendaraan bermotor di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) pada masing-masing provinsi.

Selanjutnya pasal 106 ayat (5) UU 22/2009 menyebutkan bahwa pada saat diadakan pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor wajib menunjukkan:

a. Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCK);

b. Surat Izin Mengemudi (SIM);

c. Bukti lulus uji berkala; dan / atau

d. Tanda bukti lain yang sah.

Kemudian pasal 288 ayat (1) UU 22/2009 menyebutkan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak dilengkapi dengan STNK atau STCK yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (5) huruf a dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Berdasarkan referensi ketentuan di atas, yang menjadi alasan tilang dari pihak kepolisian sebenarnya bukan karena pengendara belum membayar Pajak Kendaraan Bermotor, melainkan karena pengendara mengendarai kendaraan bermotor tanpa dilengkapi STNK yang sudah disahkan.

Oleh karena lembar STNK disimpan menjadi satu dengan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), maka seringkali terkesan di benak pengendara bahwa alasan penilangan adalah karena pengendara belum melunasi Pajak Kendaraan Bermotor.

Demikian penjelasan kami. Semoga membantu.

Salam,

Aldonius, S.E.

Konsultan Pajak - Citas Konsultan Global

www.citasco.com

 

Sementara, terkait Operasi Patuh Jaya yang digelar Polda Metro Jaya, situs otosia.com mengunggah artikel berjudul, Operasi Patuh Jaya, Bagaimana dengan Pajak Kendaraan Telat Bayar? pada 30 Agustus 2018.

OTOSIA.COM - Operasi Patuh Jaya yang digelar Polda Metro Jaya telah memasuki hari kedua Jumat ini (30/8). Hari ini petugas melakukan operasi di 37 titik yang rawan tindak pelanggaran lalu lintas.

Sedikit berbeda dengan Operasi Simpatik atau Zebra, Operasi Patuh Jaya bersifat penindakan terhadap mereka yang melanggar.

Namun ada sebagian masyarakat yang masih keberatan dan mempertanyakan bahwa surat-surat lengkap namun tetap ditilang, terutama yang pajak kendaraannya telah mati. Ada di antaranya yang menilai urusan pajak bukanlah wewenang Kepolisian.

Tetap Kena Tilang

Benarkah STNK mati atau atau habis tetap dikenai tilang? Polisi tetap berhak menilang berdasarkan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Pasal 288 ayat (1) jo Pasal 106 ayat (5) huruf a: Setiap kendaraan bermotor yang tidak dilengkapi dengan STNK atau STCK yang ditetapkan Polri (tidak sah) didenda dengan denda maksimal Rp 500.000.

Selain itu pada lembar pajak di STNK yang aktif tersebut terdapat cap atau stempel pengesahan dari pihak Kepolisian di Samsat.

Jadi kendati STNK hidup tetapi pajak belum dibayar, polisi berhak mengambil tindakan tilang. Inilah yang menjadi menjadi dasar Kepolisian Lalu Lintas untuk melakukan penilangan.

Sementara itu Kompol Yuliati, Kasubag Pers Polres Jakarta Barat dalam kesempatan lalu menjelaskan bahwa Operasi Patuh bersifat tanpa ampun. Menurut dia operasi-operasi yang ada di Kepolisian sebenarnya diadakan secara bertahap, dan Operasi Patuh adalah operasi yang disertai penindakan. Operasi lainnya adalah Simpatik

Kegiatan Operasi Patuh diadakan di lokasi-lokasi tertentu. Sasarannya adalah wilayah yang kerap terjadi pelanggaran lalu lintas.

Motor bodong, angkut. Jadi sifatnya tidak langsung tindak. Awalnya kami tegur, baru setelah itu (operasi Patuh) tindak, ujarnya.

Kesimpulan

Berdasarkan pasal 70 ayat 2, UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, STNK bermotor dan TNKB berlaku selama lima tahun dan harus dilakukan pengesahan tiap tahunnya.

Bila pemilik kendaraan tidak melakukan kewajibannya, membayar pajak kendaraan setiap tahun dan per lima tahun, artinya surat-surat kendaraan tidak sah atau mati.

Yang menjadi alasan tilang dari pihak kepolisian sebenarnya bukan karena pengendara belum membayar pajak kendaraan kermotor, melainkan karena pengendara mengendarai kendaraan bermotor tanpa dilengkapi STNK yang sudah disahkan.

Apa yang diunggah dalam akun Facebook Media Rakyat tidak berdasar.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istana: Kondisi Kesehatan BJ Habibie Mulai Membaik

Posted: 08 Sep 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-3 RI BJ Habibie tengah menjalani perawatan intensif Tim Dokter Kepresidenan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta. Kondisi kesehatan Habibie disebut sudah mulai membaik.

"Alhamdulillah tadi pagi saya mendapat berita dari Kabag Bagian Kesehatan menyampaikan update dari Ketua Tim Dokter Kepresidenan bahwa kondisi beliau membaik," kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (9/6/2019).

Setya mengatakan, ada 44 dokter kepresidenan yang disiagakan untuk menangani kesehatan BJ Habibie. Adapun dokter kepresidenan yang disiagakan ini terdiri dari 34 dokter ahli di berbagai bidang.

"(Dokter ahli) macam-macam, jantung, otak, dan sebagainya lengkap. Semua spesialis kedokteran lengkap di sana ada 34 orang," ujar Setya.

Selain dokter ahli, ada juga 10 dokter pribadi yang disiapkan untuk presiden dan wakil presiden. Setya menuturkan, tim panel tersebut akan selalu disiagakan kapanpun dibutuhkan.

"Tim panel ini kapanpun dibutuhkan dikontak oleh katakan ajudan mantan presiden atau mantan wapres, siap sedia. Kemudian akan dikirim tim ahli ke sana," sambungnya.

Menurut Setya, penanganan kesehatan bagi BJ Habibie diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan atau Administrasi Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden RI.

"Dalam hal ini juga di-cover pemerintah seluruhnya. Pembiayaan di manapun beliau dirawat," kata Setya.

Jokowi Akan Jenguk

Presiden Jokowi saat menjenguk BJ Habibie yang tengah terbaring sakit di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, (28/10/2014). (rumgapres/Agus Suparto)

Setya menyebut, Pesiden Joko Widodo atau Jokowi berencana menjenguk Habibie yang dirawat di RSPAD. Namun, dia mengaku belum mengetahui kapan Jokowi akan menjenguk Habibie.

"Insyaallah. Tapi saya tidak tahu pasti kapan waktunya. Tapi tentu saja setiap kali ada mantan presiden maupun mantan wapres yang sakit biasanya beliau (menjenguk)," tutur Setya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 3.758 Tas Sekolah Jadi Batu Nisan di Markas Besar PBB

Posted: 08 Sep 2019 09:45 PM PDT

Ribuan tas sekolah tertata di halaman utara Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), New York, Amerika Serikat, Minggu (8/9/2019). UNICEF menyerukan perlindungan lebih besar terhadap anak-anak yang hidup di zona konflik. (AP Photo/Craig Ruttle)

Ribuan tas sekolah tertata di halaman utara Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), New York, Amerika Serikat, Minggu (8/9/2019). UNICEF menyerukan perlindungan lebih besar terhadap anak-anak yang hidup di zona konflik. (AP Photo/Craig Ruttle)

Ribuan tas sekolah tertata di halaman utara Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), New York, Amerika Serikat, Minggu (8/9/2019). Instalasi ini sekaligus memberi pesan kepada para pemimpin dunia yang akan memperingati 30 tahun Konvensi Hak-Hak Anak di Sidang Umum PBB. (AP Photo/Craig Ruttle)

Ribuan tas sekolah tertata di halaman utara Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), New York, Amerika Serikat, Minggu (8/9/2019). Instalasi ini sekaligus memberi pesan kepada para pemimpin dunia yang akan memperingati 30 tahun Konvensi Hak-Hak Anak di Sidang Umum PBB. (AP Photo/Craig Ruttle)

Ribuan tas sekolah tertata di halaman utara Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), New York, Amerika Serikat, Minggu (8/9/2019). Nantinya, tas-tas sekolah tersebut akan melakukan perjalanan untuk mendukung pendidikan anak. (AP Photo/Craig Ruttle)

Ribuan tas sekolah tertata di halaman utara Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), New York, Amerika Serikat, Minggu (8/9/2019). Nantinya, tas-tas sekolah tersebut akan melakukan perjalanan untuk mendukung pendidikan anak. (AP Photo/Craig Ruttle)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

YLKI Tanggapi Kisruh Audisi Umum Bulu Tangkis PB Djarum

Posted: 08 Sep 2019 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengungkapkan tidak ingin audisi bulu tangkis yang diadakan Djarum Foundation dihentikan. Namun mereka ingin agar logo yang berkaitan dengan rokok diganti.

PB Djarum akhirnya menghentikan audisi umum beasiswa bulu tangkir mulai tahun depan. Hal ini menyusul polemik dengan Komisi Perlindungan Anak (KPAI) yang menuding PD Djarum mengeksploitasi anak.

KPAI mendesak Djarum Foundation menghentikan penggunaan anak sebagai promosi brand image dalam kegiatan audisi. Hal inilah yang akhirnya ditanggapi oleh YLKI.

"YLKI memberikan endorsemen terhadap langkah KPAI dan Yayasan Lentera Anak Indonesia. Yang diminta KPAI dan LAI adalah bukan menghentikan audisinya, tetapi audisi yang tidak melibatkan logo merek rokok, dalam hal ini Djarum," bunyi pernyataan resmi YLKI.

"Penggunaan logo tersebut selain tidak pantas juga melanggar regulasi yang ada, yakni PP No. 109/2012. Apa pun alasannya, logo tersebut adalah brand image bahwa produk tersebut adalah rokok, walau berkedok yayasan," bunyi pernyataan YLKI itu menambahkan.

 

Pertanyakan Sikap Menpora

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Selain itu YLKI juga mempertanyakan sikap Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi yang mendukung audisi dengan sponsor rokok.

"YLKI mengritik keras sikap Menpora yang justru mendukung audisi tersebut dengan sponsor PB Djarum. Sekali lagi, audisi untuk mencari bibit unggul di bidang bulu tangkis adalah hal yang sangat positif dan patut diendorse."

"Namun melibatkan industri rokok dan apalagi anak anak sebagai obyeknya adalah tidak pantas dan melanggar regulasi."

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kabut Asap Ganggu Aktivitas Warga Pekanbaru

Posted: 08 Sep 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kota Pekanbaru diselimuti kabut asap pekat. Kabut asap menggangu aktivitas warga di dalam dan di luar rumah, anak-anak yang tengah belajar harus menggunakan masker. Warga mulai mengurangi aktivitas di luar rumah.

VIDEO: Kabut Asap Ganggu Transportasi Air di Sungai Kapuas

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Eza Gionino Asuh Putrinya yang Baru Berusia Dua Bulan, Menggemaskan

Posted: 08 Sep 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktor tampan, Eza Gionino kini tengah menikmati perannya sebagai ayah. Pria kelahiran Samarinda, 10 Mei 1990 ini menikah dengan istrinya yaitu Meiza Aulia Coritha pada tahun 22 Juli 2018 silam. 

Pemilik nama asli Muhammad Eza Pahlevi sempat membuat heboh publik lantaran keinginannya menikah dengan Meiza Aulia Coritha yang sempat tak direstui oleh sang ibunda. Meski begitu, Eza tetap menikah. Selang setahun pernikahan, tepatnya pada bulan Juni 2019 lalu pasangan ini dikaruniai putri cantik yang diberi nama Nichole Zalya Gionino. 

Eza Gionino yang dikenal sebagai aktor, model, Disk Jockey atau DJ yang kini berstatus sebagai ayah, tetap menjalani pekerjaannya secara profesional. Meski sibuk, sebagai ayah baru Eza masih sangat lengket dengan putri cantiknya. Beberapa kali Eza menunggah foto dirinya bersama Nichole yang masih berusia 2 bulan lebih tersebut.

Berikut ini 6 potret menggemaskannya Nichole Zalya Gionino dengan Eza Gionino dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (9/9/2019). 

1. Nichole Zalya Gionino, anak pertama Eza dan Meiza lahir pada 25 Juni 2019 lalu.

Potret Eza Gionino dan Nichole Zalya Gionino, putrinya yang lahir bulan Juni 2019 lalu. (Sumber: Instagram/@nichole_zalya)

2. Baru menikah satu tahun, Nichole menjadi pelengkap keluarga kecil aktor tampan ini.

Potret Eza Gionino dan Nichole Zalya Gionino, putrinya yang lahir bulan Juni 2019 lalu. (Sumber: Instagram/@nichole_zalya)

3. Eza sering mengunggah foto maupun video dirinya dengan putri cantiknya di media sosial.

Potret Eza Gionino dan Nichole Zalya Gionino, putrinya yang lahir bulan Juni 2019 lalu. (Sumber: Instagram/@ezagio)

5. Nichole bahkan punya akun Instagram sendiri dan sudah punya 13 ribu lebih followers lho!

Potret Eza Gionino dan Nichole Zalya Gionino, putrinya yang lahir bulan Juni 2019 lalu. (Sumber: Instagram/@ma_coritha)

6. Eza dan Meiza membagikan keseharian Nichole yang menggemaskan lewat akun Instagram tersebut.

Potret Eza Gionino dan Nichole Zalya Gionino, putrinya yang lahir bulan Juni 2019 lalu. (Sumber: Instagram/@ma_coritha)

7. Bahkan banyak netizen yang memuji cantik dan lucunya baby Nichole.

Potret Eza Gionino dan Nichole Zalya Gionino, putrinya yang lahir bulan Juni 2019 lalu. (Sumber: Instagram/@nichole_zalya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KA Bandara Kini Tak Lagi Beroperasi dari Stasiun Bekasi

Posted: 08 Sep 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Railink mulai 8 September 2019 resmi tak lagi mengoperasikan KA Bandara Soekarno-Hatta dari dan ke Stasiun Bekasi. Alasannya, sebagai persiapan pengoperasian dari Stasiun Manggarai.

"Mulai kemarin memang sudah tidak melayani dari Stasiun Bekasi. Hal ini untuk memaksimalkan Stasiun Manggarai," tegas Humas Railink Diah Suryandari saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (9/9/2019).

Hanya saja, Diah belum mampu menjelaskan kapan pengoperasian KA Bandara Soetta dari Stasiun Manggarai. Hal ini dikarenakan menjadi kewenangan Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Keputusan ini langsung dikeluhkan para pelanggan penumpang KA Bandara dari Stasiun Bekasi. Dikutip dari Antaranews.com, Aline, salah satu warga Bekasi salah satunya.

"Sangat disayangkan yah apalagi kita yang tujuannya ke bandara membutuhkan ketepatan waktu dan kereta bandara ini cukup membantu," kata dia.

Aline meminta pihak berwenang terkait segera merevisi kembali perubahan regulasi tersebut mengingat urgensi kebutuhan penumpang.

Menurut dia, penggunaan KA Bandara Soekarno Hatta sangat membantu masyarakat Bekasi dan sekitarnya yang akan menuju pusat kota.

"Bekasi ini kan di ujung. Kalau naik kereta bandara misalnya dia mau ke Jakarta sangat kebantu. Mereka tidak banyak transit apalagi menunggu jadwal keberangkatan kereta jarak jauh dulu," ungkapnya.

Penumpang KA Bandara Soetta Ditargetkan 20 Ribu Orang Per Hari di 2020

Kereta bandara dari Railink.

PT Railink telah dikenal sebagai operator KA Bandara pertama di Indonesia yang beroperasi sejak 2017 lalu. Namun saat ini, jumlah penumpang KA Bandara belum sebanyak yang diharapkan.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PT Railink, Mukti Jauhari mengungkapkan saat ini pergerakan penumpang KA Bandara di Stasiun BNI City Sudirman baru sebatas 6.300 orang per harinya.

"Saat ini kita ada di 6.300 (penumpang) per hari," kata dia, di Stasiun BNI City, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Dia menegaskan, tahun depan pihaknya akan memasang target optimis kenaikan jumlah pergerakan penumpang lebih dari 100 persen. Yakni mencapai angka 15.000 pergerakan penumpang per hari.

"Kami inginnya target smp 15.000 per hari paling tidak. Kita kan beroperasi di akhir Desember 2017 hampir ulang tahun yang kedua. Kami ingin target di 2020 bisa di average (rata-rata) 15.000 penumpang per hari," tegasnya.

Dia mengungkapkan, saat ini KA Bandara selain digunakan oleh penumpang yang hendak menuju Bandara Soekarna-Hatta, juga banyak dimanfaatkan oleh para pekerja di kawasan Sudirman.

"Kami berhenti antara Soetta itu di Stasiun Duri. Yang gak akan ke Bandara boleh merasakan sensasi naik KA Bandara sampai Duri. Ini para pekerja di Sudirman sudah cukup banyak yang gunakan ini, jadi mereka bisa nyaman sambil ngecas, perjalanan kira-kira 25 menit sambil tidur juga udah bisa fresh lagi," ujarnya.

Anti Macet

Terdapat tempat duduk berhadap-hadapan di dalam Kereta Bandara Soekarno Hatta. (Sumber Foto: Istimewa)

Selain itu, dia mengungkapkan banyaknya para pekerja yang memilik naik KA Bandara sebab tidak perlu khawatir terjebak macet serta tidak perlu membayar uang tol jika membawa kenadaraan sendiri.

"Itu yang harus kami sosialisasikan kepada masyarakat, bagaimana kenyamanan naik angkutan publik," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Miniseri SCTV Gadis Pemimpi Episode Senin, 9 September 2019

Posted: 08 Sep 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gadis Pemimpi Senin sore ini memasuki episode ke-6. Dengan emosi Ale pergi meninggalkan kantor, memacu motornya dengan kencang. Pak Surya mengejar Ale dengan menyetir mobil sendiri. Karena terlalu ngebut mengejar motor Ale, Pak Surya tak bisa mengendalikan mobilnya saat ada orang yang menyebrang jalan. Pak Surya ngerem mendadak, sehingga mobilnya terguling. Ale menghentikan motornya, syok melihat mobil papanya celaka.

Nyawa Pak Surya tak tertolong, hal itu membuat Ale makin syok, merasa bersalah, apalagi Bu Dewi dan Dimas mengecam Ale. Bukan hanya Ale, Cahaya juga merasa sangat bersalah. Cahaya sangat menyesal, dia juga merasa ikut andil atas kematian Pak Surya, dan buruknya hubungan Ale dengan keluarganya. Untuk menghormati almarhum papanya, Ale akhirnya bersedia menerima jabatan direktur utama, dan wakilnya adalah Dimas. Dan, Gadis Pemimpi terus berlanjut. 

Sesuai aturan yang sudah dibuat Pak Surya sebelumnya, Cahaya naik menjadi sekertaris Ale, dan Dinda yang menggantikan Cahaya jadi sekertaris Dimas. Meski setiap hari ketemu dan dekat dengan Cahaya, tapi Ale bersikap dingin, bahkan sering sinis. Ale masih sangat kecewa sama Cahaya. Cahaya jadi merasa tertekan dan nggak nyaman kerja disitu. Cahaya mengajukan resign, tapi Dimas menahannya, dengan alasan tak mungkin Ale dapat sekertaris baru lagi, bisa kacau urusan secara Ale belum paham apa-apa soal kerjaan.

Atas saran Dinda, Cahaya disuruh pantang menyerah untuk mendapatkan maaf dari Ale. Ale sebenarnya kasihan juga sama Cahaya, Ale pun masih sayang sama Cahaya, makanya Ale sengaja bersikap tegas untuk menguji sampai mana ketulusan Cahaya. Sebenarnya Cahaya pelan-pelan juga mulai jatuh cinta beneran sama Ale. Cahaya kangen sama masa-masa Ale mengejar cintanya. Tapi Cahaya ragu mengatakan hal itu ke Ale, apalagi Dimas makin menunjukan rasa sukanya pada Cahaya, meski di belakang Ale dan Cintia. Tapi Cintia tidak bodoh, dia tahu kalau Dimas sangat berambisi mendapatkan cinta Cahaya.

Bagaimana miniseri Gadis Pemimpi ini selanjutnya...?

 

Toko Cahaya Sepi

Miniseri SCTV Gadis Pemimpi, episode perdana tayang Senin (2/9/2019) pukul 15.25 WIB (Dok Starvision)

Cintia lalu menemui Bu Dewi, minta Bu Dewi supaya memaksa Dimas untuk melamar dirinya. Jika Bu Dewi nolak, Cintia akan buka kartu soal Dimas yang bukan anak kandung almarhum Pak Surya. Tapi Bu Dewi malah skak balik Cintia. Bu Dewi bilang Cintia tak punya bukti atas omongannya itu, jadi jangan berani-berani mengancam dirinya ataupun Dimas, atau akibatnya Cintia tak akan pernah jadi menantunya.

Cintia langsung kicep karna dia memang tak punya bukti apa-apa, waktu itu dia hanya mendengar, tidak merekamnya. Cintia lalu minta maaf sama Bu Dewi. Tak berhasil dengan Bu Dewi, Cintia mau menemui Pak Abadi. Di sana Cintia melihat Pak Abadi sedang bersitegang dengan Pak Jamal dan Dito, Ternyata jalanan menuju toko Cahaya merupakan milik Pak Jamal. Dan, Pak Jamal yang masih dendam sama keluarga Cahaya, melarang orang-orang lewat tanahnya. Otomatis toko Cahaya sepi.

Hasilnya Nihil

Miniseri SCTV Gadis Pemimpi, episode perdana tayang Senin (2/9/2019) pukul 15.25 WIB (Dok Starvision)

Satu waktu, Ale dihadapkan pada sebuah tender yang cukup besar. Tapi Ale nggak paham, bagaimana step by step untuk mendapatkan tender itu. Ale minta tolong Dimas, tapi Dimas berkelit dia ada pekerjaan penting lain, Dimas minta Ale berusaha sendiri. Ale lalu coba mengerjakannya, tapi yang ada dia malah pusing dan stress sendiri, bahkan Cahaya kena semprot kekesalannya. Ale lalu ngabur dari kantor, nongkrong sama genk motornya lagi.

Cahaya jadi cemas, takut Ale disalahkan lagi sama Dimas dan Bu Dewi jika tender ini gagal didapatkan. Cahaya lalu coba mengerjakan tugas-tugas Ale, bahkan sampai larut malam dan kantor tutup. Pak Abadi cemas karna sampai larut Cahaya nggak kunjung pulang, ditelepon juga nggak aktif. Jalu lalu menelepon Ale, mengabarkan kalau Cahaya belum pulang kantor. Ale jadi sangat cemas, takut Cahaya kenapa-napa. Ale berusaha mencari Cahaya, tapi hasilnya nihil. Ale  sangat-sangat cemas dan menyesal sudah cuekin Cahaya. Ale curhat sama Dimas soal Cahaya yang tiba-tiba hilang, belum pulang ke rumah padahal sudah lewat tengah malam. Diam-diam Dimas menyuruh orangnya buat cari Cahaya, tapi hasilnya nihil juga.

Keduluan Ale

Miniseri SCTV Gadis Pemimpi, episode perdana tayang Senin (2/9/2019) pukul 15.25 WIB (Dok Starvision)

Keesokan paginya, Ale terkejut menemukan Cahaya ketiduran di kantor, di meja kerjanya. Ternyata Cahaya sampai begadang demi mempersiapkan bahan presentasi untuk tender yang harusnya dikerjakan Ale. Hati Ale langsung meleleh. Ale bahkan nggak malu cerita kalau dia hampir nangis gara-gara mencemaskan Cahaya semalaman.

Cahaya lega sikap Ale kemvali baik. Cahaya lalu minta maaf lagi. Ale mau memaafkan, asalkan Cahaya terima cintanya. Tak disangka Cahaya terima cinta Ale, Ale sangat senang. Tanpa mereka tahu, Dimas dari tadi menguping di balik pintu. Dimas sangat kecewa keduluan Ale.

Terisolasi

Miniseri SCTV Gadis Pemimpi, episode perdana tayang Senin (2/9/2019) pukul 15.25 WIB (Dok Starvision)

Dimas kabur dari jam kantor untuk menghilangkan kegalauannya. Tapi Dimas malah bertemu dengan Cintia. Cintia tanya kenapa Dimas murung begitu. Dimas hanya menggeleng. Cintia lalu mendesak Dimas segera melamarnya, mumpung kedua orang tua Cintia mau balik ke Indonesia. Dimas jadi kesal didesak terus. Dimas berkata tegas ke Cintia, jangan ganggu dia dulu. Setelah itu Dimas pergi. Cintia tahu, pasti ini gara-gara Cahaya.

Cintia lalu menemui Dito. Cintia akan beli tanah Pak Jamal yang menuju ke toko Cahaya. Cintia kasih  DP hari ini juga, tapi tanah itu harus segera di-blok. Keesokan harinya, Cahaya dan Pak Abadi sangat terkejut karna jalanan yang menuju toko mereka, sudah ditembok tinggi, sehingga toko mereka terisolasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dahsyatnya Topan Faxai Hantam Tokyo, Listrik Putus Hingga Penerbangan Batal

Posted: 08 Sep 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Topan Faxai menghantam ibu kota Jepang, tepat di sebelah timur Tokyo pada Senin (9/9/2019). Topan dahsyat itu menimbulkan angin kencang, hujan, dan menyebabkan sejumlah sungai hampir meluap.

Lebih dari 100 penerbangan pun dibatalkan dan beberapa jalur kereta juga ditutup sehingga mengancam perjalanan pagi jutaan orang di kawasan Tokyo, yang memiliki populasi sekitar 36 juta. Pihak berwenang memperingatkan adanya bahaya bila melakukan perjalanan.

Topan Faxai, yang diambil dari nama seorang wanita Laos, menghantam pantai di Kota Chiba di sebelah timur Tokyo Senin dini hari. Angin ribut itu membawa embusan berkecepatan 207 km per jam di Chiba, yang tercatat sebagai rekor baru di lokasi itu, demikian dilansir NHK.

Tidak ada kabar mengenai korban tewas, namun beberapa korban luka ringan telah dilaporkan. Tidak hanya itu, aliran listrik di sekitar 864.000 rumah putus, termasuk seluruh Kota Kamogawa, timur Tokyo.

"Saya tidak pernah menyaksikan keadaan seperti ini, di mana aliran listrik seluruh kota terputus," kata seorang pejabat.

Sekitar empat hingga lima badai mendarat di Jepang setiap tahunnya, namun badai tersebut biasanya tidak mendarat di dekat Tokyo. Menurut NHK, Topan Faxai merupakan yang terdahsyat menghantam kawasan Tokyo dalam beberapa tahun terakhir.

Dampak Topan Faxai

Pasangan berjalan melawan angin kencang saat hujan di dekat stasiun Osaka, (4/9). Pelayanan kereta lokal  berencana menghentikan semua layanan kereta cepat 'shinkansen' di tiga kota Osaka, Tokyo, dan Hiroshima. (AFP Photo/Jiji Press)

Topan Faxai telah juga dilaporkan telah meruntuhkan perancah konstruksi di Prefektur Kanagawa Jepang dan di tempat lain di daerah Tokyo.

Di kota Ebina, perancah di sekitar bangunan enam lantai yang sedang dihancurkan, runtuh karena angin kencang pada Senin pagi.

Beberapa puing memblokir jalan rel JR Sagami Line. Angin kencang juga menjatuhkan perancah di tempat parkir bertingkat di terminal domestik di Bandara Haneda, Tokyo.

Polisi mengatakan, mereka menerima laporan pada Senin pagi bahwa puing-puing itu mengancam akan memblokir jalan terdekat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Belum Menyerah Incar Dybala

Posted: 08 Sep 2019 09:35 PM PDT

Manchester- Manchester United (MU) dikabarkan masih menginginkan striker Juventus, Paulo Dybala. Setan Merah akan kembali mencoba merekrut Dybala pada bursa transfer Januari 2020. 

Paulo Dybala tak diturunkan pada dua laga pertama Juventus di Serie musim ini. Dia duduk di bangku cadangan karena posisi striker dipercayakan pada Gonzalo Higuain. 

Seperti dilansir Calciomercato, Minggu (8/9/2019), MU  kemungkinan akan memanfaatkan situasi tak mengenakkan yang dialami Dybala itu. Kans memboyong pemain Argentina itu diprediksi bertambah besar jika Dybala tak kunjung menembus skuat utama.'

Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer, dikabarkan ingin menambah amunisi lini serang. Dybala disebut sebagai salah satu target utama pelatih asal Norwegia tersebut. 

Lini serang Manchester United kehilangan dua pemain pada musim ini. Romelu Lukaku dan Alexis Sanchez dilepas ke Inter Milan, masing-masing dengan status permanen dan pinjaman. Solskjaer pun tak punya stok penyerang yang melimpah. 

Kondisi itu mau tak mau membuat Solskjaer butuh berburu pemain baru. Tetapi, MU harus bersabar hingga bursa transfer musim dingin dibuka. 

 

 

 

Kegagalan pada Musim Panas

Striker Juventus, Paulo Dybala.  (AP/Alessandro di Marco)

Manchester United sempat memburu Dybala pada bursa transfer musim panas lalu. Salah satu opsi yang dirancang adalah pertukaran pemain dengan Romelu Lukaku. 

Kedua klub dikabarkan sudah menyetujui opsi tersebut. Namun, MU akhirnya mundur setelah mengetahui Dybala menolak pindah ke Old Trafford. 

Solskjaer dikabarkan tak mau merekrut pemain yang tak punya komitmen penuh untuk memperkuat Setan Merah. Alhasil, Dybala langsung dicoret dari daftar belanja. Lukaku juga akhirnya berlabuh ke Inter Milan. 

Disadur dari Bola.com (Penulis Yus Mei Sawitri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hampir Punah, Ini 5 Fakta Menarik Tari Jaran Bodhag Khas Probolinggo

Posted: 08 Sep 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jawa Timur kaya akan seni budaya yang unik dan menarik. Salah satunya seni budaya Jaran Bodhag khas Probolinggo. Tarian Jaran Bodhag ditarikan dengan menggunakan kuda tiruan berbahan dasar rotan dan kayu.

Kesenian Jaran Bodhag ini sudah ada sejak Kerajaan Majapahit. Konon katanya Jaran Bodhag diciptakan oleh Mbah Namengjoyo. Kala itu, Mbah Namengjoyo sebagai sosok yang membabat hutan Lumbang di tahun 1700. Kesenian ini mulai dikenal luas masyarakat Probolinggo sejak zaman kemerdekaan.

Jaran Bodhag dipentaskan dalam bentuk arak-arakan dan diiringi musik kenong telo dengan tambahan sronen (musik tradisional madura). Kostum pemain Jaran Bodhag memiliki corak gemerlap yang bertujuan untuk menarik perhatian penonton.

Tarian ini biasanya dipentaskan saat acara khitanan dan pernikahan sebagai bentuk budaya turun-temurun. Namun kini kesenian Jaran Bodhag semakin jarang ditampilkan dan hampir punah. Berikut 5 fakta menarik Jaran Bodhag yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (9/9/2019).

1. Jaran Bodhag Pengembangan dari Jaran Kecak

Jaran Bodhag (Sumber: disbudpar.probolinggokota.go.id)

Jaran Bodhag merupakan variasi atau turunan dari Jaran Kecak. Namun, keduanya memiliki perbedaan yakni Jaran Kecak menggunakan kuda asli sedangkan kesenian Jaran Bodhag menggunakan kuda tiruan yang berbahan dasar dari kayu dan rotan.

Jaran Bodhag dihias dengan aksesoris seperti kain berwarna mencolok dan aksesoris tambahan lainnya. Uniknya bagi siapapun yang menunggangi Bodhag sambil memegang kepalanya akan merasakan sensasi menunggang kuda asli.

2. Sesajen dalam Kesenian Jaran Bodhag

Seperti kesenian Jawa Timur lainnya, penampilan Jaran Bodhag tidak terlepas dari sesajen. Sesajen yang dihadirkan terbagi dalam dua jenis sesajen yaitu sesajen untuk tuan rumah dan sesajen untuk pemain, gamelan dan pengantin.

Sesajen untuk pemain, gamelan dan pengantin biasanya berupa kelapa, beras putih, ayam mentah dan hidup, dua tandan pisang, jajan tujuh rupa, sirih, pinang, gula, kopi, cengkeh, tembakau, santan, kemenyan dan lain sebagainya.

Sedangkan sesajen untuk tuan rumah berupa berbagai barang-barang yang diikat pada tali dan masing-masing ujung tali diikat pada tiang. Barang tersebut digantung di depan pentas yang nantinya digunakan untuk pertunjukan.

3. Pernah Ditarikan Secara Massal

Jaran Bodhag (Sumber: disbudpar.probolinggokota.go.id)

Pada rangkaian hari Pendidikan Nasional tahun 2017 sebanyak 1.500 siswa taman kanak-kanak menarikan Jaran Bodhag di alun-alun kota Probolinggo.

Tujuan pementasan tarian secara massal ini adalah untuk mengenalkan jaran bodhag kepada anak-anak sejak dini dan melestarikannya.

4. Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Kesenian Jaran Bodhag sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia oleh menteri pendidikan dan kebudayaan tahun 2014 silam.

Hingga saat ini masyarakat Probolinggo masih melestarikan kesenian Jaran Bodhag. Istilah Jaran Bodhag dalam Bahasa Jawa atau Bahasa Madura yaitu Jaran berarti kuda dan Bodhag berarti wadah.

5. Berkolaborasi dengan Dua Jenis Kesenian Lainnya

Jaran Bodhag (Sumber: humasprotokol.probolinggokota.go.id)

Jaran Bodak dan Kiprah Lengger dipilih sebagai kesenian pembuka dalam Event Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro) 2019 yang melibatkan 254 orang penari.

Kolaborasi kesenian ini diyakini sebagai perekat persaudaraan, pemersatu bangsa dalam lingkar kebhinekaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bupati Bogor Ade Yasin Sesalkan Upaya Rusak Citra Pariwisata Bogor

Posted: 08 Sep 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bupati Bogor Ade Yasin 'geleng-geleng' kepala dengan ulah orang yang sengaja ingin merusak citra Pariwisata Bogor yang sedang berbenah. Seolah memutar balik waktu, dengan 6 tahun silam, dengan mengunggah video youtube produksi 23 Maret 2013. Nadanya minor, seolah wisatawan Timur Tengah yang ke Bogor itu bukan orang baik-baik.

"Padahal, Pariwisata Bogor sudah banyak berbenah. Terus memperbaiki diri," kata Bupati Bogor Ade Yasin di Cibinong, Minggu (8/9/2019). Mengapa video soal kawin kontrak itu diviralkan kembali melalui group-group WhatsApp? Lalu dihubungkan kembali dengan Wisata Halal, yang lebih nyaman disebut Muslim Friendly Tourism itu? Sepertinya berniat banget, mengait-ngaitkan semua lini dengan label "Halal" atau sekarang lebih dipopulerkan sebagai Muslim Friendly itu. Terakhir, di Danau Toba Sumatera Utara, sebelumnya di Labuan Bajo NTT, Toraja Sulsel, Banyuwangi Jatim, Bali, dengan tone yang mirip. "Kali ini menimpa kami, Pariwisata di Kabupaten Bogor," ungkap Bupati Ade Yasin.

Dia yakin, masyarakat makin cerdas, makin pintar memilah info mana yang benar dan mana yang hoaks.

Indonesia jadi salah satu destinasi favorit wisatawan asal Timur Tengah karena topografi alam yang tidak dimiliki di negara asalnya. Namun belakangan beredar kembali video lama yang seolah-olah merusak citra pariwisata Indonesia yang dikunjungi wisatawan Timur Tengah yang saat ini jumlah kunjungannya semakin meninggkat ke Tanah Air.

"Video itu betul-betul menjatuhkan citra pariwisata di Kabupaten Bogor. Itu video produksi 2013, padahal pariwisata bogor sudah banyak berbenah," kata Ade Yasin. Dia juga menjelaskan, dalam rangka meningkatkan kesalehan sosial dan mengurangi tindakan asusila, Pemerintah Daerah telah melakukan langkah langkah untuk menangulangi perbuatan tidak baik yang melanggar norma dan kaidah kesopanan serta mengganggu ketertiban umum, seperti prostitusi, pornoaksi, perjudian, minuman keras, penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan narkotik.

"Visi pemerintah daerah kabupaten Bogor tahun 2018-2023 adalah terwujudnya Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman dan Berkeadaban dan ditopang oleh Pancakarsa yakni Bogor Cerdas, Bogor Sehat, Bogor Maju, Bogor Membangun dan Bogor Berkeadaban," kata Bupati Ade Yasin.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Mulyadi menambahkan, berbenahnya Bogor terlihat nyata dalam Aksi Nongol Babat (Nobat), dengan melakukan operasi prostitusi di 40 Kecamatan se Kabupaten Bogor. Termasuk di kawasan Puncak, Cisarua, dan operasi penertiban bangunan yang disalahgunakan untuk kegiatan prostitusi.

Misalnya hotel, villa, penginapan, kontrakan, dan tempat-tempat hiburan lainnya, serta penertiban minuman keras dengan jumlah hampir enam ribu botol miras dimusnahkan sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) nomor 4 Tahun 2015 Tentang Ketertiban Umum.

"Pemkab Bogor juga telah melakukan pembinaan terhadap wanita penjaja seks komersial (PSK) melalui Dinas Sosial dan panti panti. Sebagai bentuk upaya preventif, setelah libur Hari Raya Idul Fitri Pemkab Bogor menggelar operasi yustisi di tempat kost, rumah sewa hingga terminal," kata Mulyadi.

Untuk menyelesaikan masalah hal ikhwal warga negara asing yang berada di Indonesia menjadi kewenangan pemerintah pusat sesuai dengan Undang Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat wisatawan mancanegara (wisman) asal Timur Tengah yang berkunjung ke Indonesia melonjak pesat. Pada Juni 2019, kunjungan wisman dari Timur Tengah sebesar 36,5 ribu, meningkat 529 persen atau lima kali lipat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya sebesar 5,8 ribu. Karena promosi pariwisata dari berbagai event, termasu ATM Dubai setiap tahun rajin digelar Kemenpar RI.

Pertumbuhan terbesar terdapat di wisman yang berasal dari Saudi Arabia, yaitu naik 1.002,55 persen dari 2,4 ribu menjadi 26,4 ribu kunjungan. Pertumbuhan terbesar selanjutnya terjadi pada wisman yang berasal dari Uni Emirat Arab dan Kuwait. Wisman yang berasal dari Uni Emirat Arab naik 315,96% dari 200 kunjungan menjadi 800 kunjungan, sedangkan yang berasal dari Kuwait naik 536,45 persen dari 100 kunjungan menjadi 700 kunjungan.

Seirama dengan Mulyadi, Ketua DPW ASITA DKI Jakarta Hasiyana menambahkan, tekait Wisman Timur Tengah, ia menjelaskan bahwa wisman Timur Tengah yang mencari keinginan untuk kawin kontrak, rata-rata illegal, tidak melalui Asosiasi atau agen resmi.

"Saya menggarap pasar Saudi. Perusahaan saya dan beberapa temen lainnya tidak pernah menjual paket wisata include kawin kontrak, kami tidak pernah mau melayani kalaupun ada yang minta. Law Enforcement harus jalan," kata Hasiyana, mengkonfirmasi operasi-operasi yang sudah dilakukan Pemkab Bogor.

Ketua ASITA Jabar Budijanto Ardiansyah pernah punya pengalaman unik juga. Ada yang bertanya-tanya soal kawin kontrak dari wisatawan asal Timteng. Namun pihaknya juga menjelaskan dengan santun dan tegas, bahwa itu tidak ada, tidak boleh dan pihaknya tidak menjual paket itu. Biro Perjalanan Wisata kita konsisten, menolak, kalau pun ada yang coba-coba," kata dia.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Cianjur, juga menambahkan bahwa pihaknya saat ini sedang menerima banyak wisatawan dari Timur Tengah dibeberapa bulan kebelakang. mereka datang bersama keluarga dan pengeluaran (spending) juga sangat besar.

Alhamdulillah kita DPC HPI Cianjur sendiri dalam dua bulan ke belakang telah menghandle 25 grup bus dari Arab Saudi dan Bahrain. Wisatawan dari Timteng kebanyakan mereka datang bersama keluarganya, dan selama ini dikenal dengan big spender," katanya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kekeringan Landa Magetan dan Pacitan

Posted: 08 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kemarau panjang, menyebabkan waduk Gonggang di Magetan, Jawa Timur, kering. Selain ratusan hektar lahan pertanian tidak mendapat pasokan air, perusahaan air minum daerah, atau PDAM Lawu Tirta, juga kesulitan mendapat pasokan air.

Sementara di Pacitan, puluhan warga yang tinggal di wilayah perbukitan harus berjalan kaki 1 kilometer untuk mendapat air bersih. Beginilah kondisi bendungan Gonggang di Desa Janggan, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan sejak kemarau 4 bulan lalu.

Bendungan yang dibangun 2006, hanya menyisakan sedikit air, bahkan saat ini hampir semua dasar waduk yang terletak di aliran sungai Gonggang, retak-retak.

Waduk yang memiliki tinggi 60 meter, panjang sekitar 234 meter, mampu menampung air hingga 22 juta meter kubik, kini kondisinya kering sehingga membuat ribuan hektar lahan pertanian di sekitar waduk tak teraliri air.

Bahkan keringnya bendungan, juga berdampak kepada suplai air bersih untuk 5.000 warga di tiga kecamatan. Mulai Kecamatan Parang, Lembeyan dan Ngariboyo.

Sementara itu, kesulitan air bersih di Pacitan juga meluas, akibatnya puluhan warga yang tinggal di dua dusun di wilayah perbukitan Dusun Kegitan, Desa Kalibelut, Kecamatan Kebonagung, Pacitan kesulitan air.

Semua sumber mata air di wilayah ini mengering, hampir empat bulan ini warga harus berjalan kaki sejauh kurang lebih satu kilometer, untuk mendapatkan seember air, itupun mereka kadang harus menunggu berjam-jam agar air di sumber terisi.

Saat ini, sumber air kali Gugit menjadi satu-satunya harapan warga di Dusun Bibit dan Batu Lapak, Desa Kalipelus untuk kebutuhan sehari-hari. Warga berharap pemerintah setempat segera turun tangan menyediakan air bersih, demikian seperti yang diberitakan oleh Liputan6, Rabu, 4 September 2019.

Yuk saksikan videonya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Aktris, Marcella Simon Juga Penulis Buku Anak

Posted: 08 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Marcella Simon, baru saja menghebohkan publik dengan keyakinan barunya. Ya, ia berpindah keyakinan menjadi seorang muslim.

Ditemani sahabatnya, Cut Meyriska, Marcella Simon mengucapkan dua kalimat syahadat pada Sabtu (7/9/2019), dituntun oleh Ustaz Adi Hidayat.

Serunya, usai memeluk agama Islam, Marcella Simon langsung mendapat hadiah umrah dari sang pembimbing.

Marcella Simon dikenal sebagai seorang pemain FTV dan sinetron. Sudah banyak judul dimainkannya, yang terbaru ia beradu akting dengan Marshanda dan Naysila Mirdad dalam Orang Ketiga

Penulis Buku

Marcella Simon (Foto: Instagram/@marcella_simon)

Tapi siapa sangka, Marcella Simon ternyata juga seorang penulis buku anak. Tulisannya mendapat perhatian dari Children Publication Pakistan.

Marcella Simon memperlihatkan kebersamaannya dengan perwakilan dari Children Publication Pakistan di akun Instagram, Minggu (8/9/2019).

"Bersama Mr. Tahir Aktar dari Children Publication Pakistan.. semoga dilain kesempatan bisa nulis buku yang sesuai dengan pasar Pakistan thanks for small talks about publication in Pakistan, sir...," tulisnya sebagai keterangan foto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Berharap Djarum Foundation Tetap Gelar Audisi dan Lahirkan Pemain Bulutangkis Indonesia

Posted: 08 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menpora Imam Nahrawi tetap berharap Djarum Foundation tetap menggelar audisi dan perekrutan calon bibit pemain bulutangkis menyusul isu yang menyatakan sponsor cabang olahraga bulutangkis itu akan mengakhiri audisi atlet bulutangkis di tahun 2020 mendatang.

"Jangan pernah bermimpi untuk berhenti lakukan terus audisi atlet bulutangkis itu rekrut sebanyak-banyaknya anak-anak usia dini untuk bisa dilatih hingga masuk uadisi dan bahkan masuk pelatda dan camp-camp mereka," kata Menpora saat membuka acara Puncak Peringatan Haornas ke-36 di Menara Pandang Siring, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (8/9) malam.

Menpora juga sangat yakin tidak ada niat dari Djarum Foundation untuk mengexploitasi anak-anak calon atlet.

"Saya sampaikan dalam forum yang mulia ini agar bibit-bibit calon-calon juara dunia bulutangkis tidak kecil hati dan tidak patah arah untuk mengikuti segenap pelatihan-pelatihan yang ada," tuturnya.

Hal itu menyusul kisruh soal pelarangan pemakaian logo Djarum dalam Audisi Umum Bulu Tangkis yang direspon oleh Djarum Foundation dengan tidak lagi menyelenggarakan audisi bulutangkis pada tahun 2020. Manajer tim PB Djarum Fung Permadi mengatakan penghentian Audisi Bulu Tangkis pada 2020 tidak akan menghentikan komitmen dari sekolah bulutangkis asal Kudus itu untuk mencetak atlet yang berkualitas.

Ia mengatakan bakal terus bergerilya mencari bibit pebulutangkis muda untuk menjadi pelapis pemain senior yang berada di Pelatnas Cipayung.

"Apapun caranya entah melalui audisi atau tidak melalui audisi, tidak akan menghentikan mandat yang saya terima dari PB Djarum untuk selalu mencetak atlet-atlet bulu tangkis dengan prestasi dunia," ujar Fung dalam konfrensi pers di Hotel Aston, Purwokerto, Sabtu (7/9).

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Indosat Ooredoo Lelang 3.100 Menara hingga Pemblokiran IMEI

Posted: 08 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang Indosat Ooredoo akan menggelar lelang 3.100 menara miliknya untuk mendapatkan dana segar, mencuri perhatian pembaca Tekno Liputan6.com, Minggu (9/9/2019).

Dua artikel populer lain yang juga banyak dibaca, termasuk peluncuran iPhone teranyar bakal ditayangkan live di YouTube untuk pertama kali, dan kata pengamat tentang pemblokiran IMEI.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Indosat Ooredoo Akan Lelang 3.100 Menara, Ini Taksiran Valuasinya

Ilustrasi Tower BTS (iStockPhoto)

Indosat Ooredoo akan menggelar lelang 3.100 menara miliknya untuk mendapatkan dana segar. Saat ini proses lelang masih dalam tahap due dilligence atau uji tuntas.

Lima perusahaan menara dikabarkan berminat ikut dalam tender. Antara lain PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) melalui anak usaha Protelindo, PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel), PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), PT Centratama Telekomunikasi (CENT), dan PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR).

Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan nilai sebuah aset akan wajar jika tak jauh berbeda dengan harga di pasar, sehingga industri bisa menerimanya.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Perdana, Apple Bakal Gelar Siaran Langsung Peluncuran iPhone Terbaru di YouTube

Ilustrasi: Selain menjadi toko ritel pertama di Asia Tenggara, Apple Store ini juga menjadi toko pertama yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan (sumber : bgr.com)

Apple hampir dapat dipastikan akan memperkenalkan iPhone terbaru dalam acara yang digelar pada 10 September mendatang. Seperti biasa, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu akan menyiarkan secara langsung acara tersebut.

Namun yang berbeda di tahun ini, Apple ternyata ingin membuat siaran langsung tersebut menjangkau lebih banyak orang. Karenanya, untuk kali pertama, seperti dikutip dari GSM Arena, Minggu (8/9/2019), acara itu disiarkan melalui YouTube.

Perlu diketahui, ini adalah pertama kalinya, Apple menyiarkan acara perkenalan iPhone dalam platform yang lebih umum, seperti YouTube.

Baca selengkapnya di sini

3. Aturan Blokir Ponsel BM via IMEI Molor, Ini Kata Pengamat

IMEI. Liputan6.com/Isk

Peraturan pemblokiran ponsel BM via International Mobile Equipment Identity (IMEI) masih belum diterbitkan hingga saat ini. Padahal, sebelumnya pemerintah berencana meneken aturan tersebut pada 17 Agustus 2019.

Aturan IMEI merupakan perumusan dari tiga kementerian: Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Komunkasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Pakar teknologi Lucky Sebastian menanggapi kemunduran ini. Menurutnya, meski sudah mundur, perumusan masih tetap berjalan sesuai rencana.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Potret 'Pantai Sampah' di Bandar Lampung

Posted: 08 Sep 2019 09:29 PM PDT

Sampah plastik terlihat menumpuk di pantai Sukaraja, Bandar Lampung pada 8 September 2019. Selain berserakan dan aroma tak sedap, sampah-sampah di pesisir tersebut juga menyebabkan banyaknya ikan yang mati. (Photo by PERDIANSYAH / AFP)

Sampah plastik terlihat menumpuk di pantai Sukaraja, Bandar Lampung pada 8 September 2019. Selain berserakan dan aroma tak sedap, sampah-sampah di pesisir tersebut juga menyebabkan banyaknya ikan yang mati. (Photo by PERDIANSYAH / AFP)

Nelayan beraktivitas di pantai Sukaraja yang tercemar sampah plastik di Bandar Lampung pada 8 September 2019. Selain berserakan dan aroma tak sedap, sampah-sampah di pesisir tersebut juga menyebabkan banyaknya ikan yang mati. (Photo by PERDIANSYAH / AFP)

Nelayan beraktivitas di pantai Sukaraja yang tercemar sampah plastik di Bandar Lampung pada 8 September 2019. Selain berserakan dan aroma tak sedap, sampah-sampah di pesisir tersebut juga menyebabkan banyaknya ikan yang mati. (Photo by PERDIANSYAH / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Terekspose, Ini 6 Potret Lucu Putri Bungsu Andhika Pratama

Posted: 08 Sep 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Andhika Pratama menikah dengan Ussy Sulistiawaty pada 21 Januari 2012 lalu. Dari pernikahan tersebut, Andhika dan Ussy dikaruniai 2 orang anak perempuan bernama Shakeela Eleanor Ameera dan Sheva Elmira Lorrenia.

Sebelum menikah dengan Andhika, Ussy sudah dikaruniai dua orang anak dari pernikahannya dengan Yusuf Sugianto pada tahun 2005. Dua anak dari pernikahan Ussy dengan Yusuf bernama Nur Amalia Putri dan Syafa Al Zahra. Sebagai ibu dari empat anak, Ussy selalu membagikan momen-momen kebersamaan di media sosial Instagram, termasuk dengan putri bungsunya bernama Sheva.

Sheva menjadi anak Ussy dan Andhika Pratama yang paling menarik perhatian. Selain masih berusia dua tahun, Sheva yang berambut keriting juga terlihat begitu lucu dan menggemaskan. Potret lucunya Sheva kerap sekali mendapatkan perhatian dari netizen di Instagram.

"Qhriting Gemes Gemes sayang" tulis akun @amora6663 di kolom komentar Instagram Ussy (17/7/2019).

Penasaran kan bagaimana potret lucunya anak bungsu Andhika Pratama dan Ussy? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @ussypratama, potret Sheva Elmira, Senin (9/9/2019).

1. Ini dia putri bungsu Andhika Pratama, Sheva Elmira Lorrenia.

Jarang Terekspose, Ini 6 Potret Lucu Putri Bungsu Andhika Pratama (sumber: Instagram.com/ussypratama)

2. Sheva lahir pada tanggal 4 Maret 2017.

Jarang Terekspose, Ini 6 Potret Lucu Putri Bungsu Andhika Pratama (sumber: Instagram.com/ussypratama)

3. Sheva memiliki 3 orang kakak. Kakak yang selalu terlihat dekat dengan Sheva adalah Elea.

Jarang Terekspose, Ini 6 Potret Lucu Putri Bungsu Andhika Pratama (sumber: Instagram.com/ussypratama)

4. Ussy Sulistiawaty selalu mengumbar kemesraan dengan putri bungsu, Sheva.

Jarang Terekspose, Ini 6 Potret Lucu Putri Bungsu Andhika Pratama (sumber: Instagram.com/ussypratama)

5. Rambutnya yang keriting, membuat Sheva terlihat sangat menggemaskan.

Jarang Terekspose, Ini 6 Potret Lucu Putri Bungsu Andhika Pratama (sumber: Instagram.com/ussypratama)

6. Sheva saat sedang bersama kedua orang tuanya. Menurut kamu, Sheva lebih mirip Ussy atau Andhika?

Jarang Terekspose, Ini 6 Potret Lucu Putri Bungsu Andhika Pratama (sumber: Instagram.com/ussypratama)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Gelar Rekonstruksi Kasus Istri Bakar Suami-Anak Tiri Siang Ini

Posted: 08 Sep 2019 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Polda Metro Jaya akan kembali melakukan rekonstruksi kasus pembunuhan serta pembakaran ayah dan anak yang jasadnya ditemukan di Sukabumi, Jawa Barat.

Polisi sebelumnya sudah melakukan rekonstruksi pada Kamis 5 September di Apartemen Kalibata City dan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, rekonstruksi lanjutan ini terkait pembakaran terhadap Edi Candra Purnama alias Pupung dan anaknya, Mohammad Adi Pradana alias Dana.

"Siang nanti ada lanjutan rekonstruksi bakar mayat dalam mobil," kata Argo saat dikonfirmasi, Senin (9/9/2019).

Rekonstruksi yang rencananya dilaksanakan di Polda Metro Jaya ini belum diketahui apakah akan dilakukan langsung oleh para tersangka atau tidak.

"Nanti rekonstruksinya bisa saja diperankan oleh tersangka Aulia Kesuma atau Kelvin dan bisa saja tidak. Tergantung," ujarnya.

Argo menyebut, dalam rekonstruksi lanjutan kasus pembunuhan dan pembakaran nanti, para tersangka akan melaksanakan tiga adegan lagi. Namun, bukan berarti tak ada adegan tambahan.

"Rencana penyidik 3 adegan lagi tapi masih bisa bertambah, tergantung penyidik," sebutnya.

 

Otak Pembunuhan

Tersangka Aulia Kesuma saat rekonstruksi pembunuhan suami dan anak tirinya di Jalan Lebak Bulus 1, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2019). Setelah minuman bercampur obat tidur diberikan kepada korban, Aulia lalu menghubungi dua eksekutor untuk membantu pembunuhan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Dalam kasus pembunuhan dan pembakaran tersebut, polisi menetapkan sejumlah tersangka. Di antaranya adalah sang istri yaitu Aulia Kesuma yang dibantu anaknya Kelvin.

Polisi menyebut, Aulia merupakan otak pembunuhan suaminya Edi Chandra Purnama alias Pupung Sadili (54) dan anak trinya M Adi Pradana alias Dana (23).

Jasad Pupung dan Dana ditemukan terbakar dalam sebuah mobil di Kampung Cidahu, Kabupaten Sukabumi.

Aulia adalah istri kedua dari Edi. Dia diduga melakukan pembunuhan dengan menyewa pembunuh bayaran karena didasari masalah utang piutang.

"AK dan korban sudah menikah sekira 9 tahun, dan dikaruniai seorang anak yang berusia empat tahun," kata Nasriadi.

Atas perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 340 KUHP Jo Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan Berencana dan atau pembunuhan, dengan ancaman hukuman mati, atau penjara seumur hidup, atau penjara minimal 20 tahun.

 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Ayam di Pasar Tradisional Grogol Terpantau Rp 35 Ribu per Kg

Posted: 08 Sep 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar anjloknya harga ayam di peternak ternyata tak berpengaruh di pasar tradisional. Berdasarkan pantauan Liputan6.com, harga daging ayam masih stabil di kisaran Rp 35 ribu per kilogram (kg) atau tak jauh berbeda dari bulan lalu.

Pedagang pun mengeluhkan pemberitaan media yang membuat pembeli berpikir harga daging ayam turun.

"Sekarang Rp 35 ribu per kg. Justru di TV turun, yang asli naik," jelas Rino (42) kepada Liputan6.com pada Senin (9/9/2019), di Pasar Grogol, Jakarta Barat.

Ia pun mengaku kerap ditanyai pelanggan yang mengira harga daging ayam turun.

Untuk bagian lain seperti filet dada dijual Rino seharga Rp 45 ribu per kg dan filet paha Rp 40 ribu per kg. Kulit dan ceker ia jual Rp 20 ribu ribu per kg, dan sayap seharga Rp 30 ribu per kg.

Kobir (42) turut berkata harga masih normal di kisaran Rp 35 ribu. Pedagang ayam ekoran ini juga diserbu pertanyaan pelanggan yang mengira harga daging ayam turun di pasar.

"Ayam tetap segitu jualnya, tidak ada perubahan. Itu di Jawa (yang turun), karena berita di TV ayam anjlok ditanyain pelanggan, orang-orang taunya ayam murah," tegas Kobir. Rino dan Kobir pun yang mengambil daging dari agen, bukan langsung peternak.

Bustomi (45) juga membantah ada penurunan harga dan jatuhnya harga ayam di peternak tak memengaruhi harga di pasar tradisional. "Di TV ngomong doang, harganya tetep," ujarnya.

Pedagang lain, Acong (38), menjual daging ayam di kisaran Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu per kg. Ia pun memastikan harga ayam masih stabil.

Harga Anjlok, Ratusan Peternak Ayam Gulung Tikar

Peternakan ayam.

Sebelumnya, satusan peternak ayam terpaksa gulung tikar akibat mengalami kerugian. Kerugian tersebut merupakan imbas dari anjloknya harga ayam di tingkat peternak.

Ketua Umum Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) Indonesia, Singgih Januratmoko mengatakan, selama lebih dari setahun terakhir para peternak mengalami kerugian akibat anjloknya harga ayam

"(Jumlahnya ratusan peternak) Iya. Kita sudah mengalami kerugian 13 bulan. Dampaknya banyak peternak yang sudah tutup usaha karena mengalami kerugian yang banyak," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Menurut dia, peternak yang gulung tikar tersebut terbesar di sejumlah daerah, diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kalimantan Selatan.

"Banyak peternak ayam yang menumpuk utang dan kesulitan permodalan," ungkap dia.

Dampak dari penutupan tersebut, lanjut Singgih, banyak pekerja di sektor peternakan yang kehilangan pekerjaan. Namun dia belum mengetahui secara pasti jumlah pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) ini.

"PHK tenaga kerja. (Data pekerja PHK) Tidak ada, (tapi) laporan dari teman-teman di daerah," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tekuk Serena Williams, Andreescu Masuk 10 Besar Juara Grand Slam Termuda

Posted: 08 Sep 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, New York Bianca Andreescu secara mengejutkan keluar sebagai juara Grand Slam AS Terbuka 2019 usai mengalahkan petenis Serena Williams, Minggu dini hari WIB (8/9/2019). Pada babak final yang berlangsung di Stadion Arthur Ashe, New York, Andreescu menang 6-3, 7-5.

Andreescu merebut gelar Gran Slam pertamanya di usia 19 tahun 83 hari. Ini menjadikan petenis Kanada itu masuk daftar 10 petenis putri termuda yang merebut gelar Grand Slam. 

Serena Williams juga masuk dalam daftar ini. Namun petenis asal Amerika Serikat itu meraih gelar Grand Slam pertamanya di usia yang lebih muda dari Andreescu, yakni 17 tahun 350 hari. Sementara yang termuda masih dipegang Martina Hingis di usia 16 tahun 117 hari. 

Andreescu, tahun ini terasa penuh berkah bagi karir tenisnya. Sebelum merebut gelar AS Terbuka, Andreescu sudah menyabet 2 gelar sebelumnya, yakni Indian Wells Terbuka (Maret) dan Piala Roger (Agustus). Di event terakhir, Andreescu juga mengalahkan Serena. 

Andreescu sama sekali tidak menduga bisa merebut gelar US Open 2019. Petenis belia tersebut bahkan masih tampak canggung saat mengangkat trofi bergengsi itu. 

"Saya benar-benar tidak mengerti," ujarnya saat hendak memegang trofi seperti dilansir wtatennis. "Ada dua sisi: di mana saat berisi nama-nama dan yang lain hal lainnya. Aku hanya ingin memastikan agar tidak terlihat seperti orang idiot," katanya sembari tertawa. 

 

 

Lompatan Monumental

Petenis Kanada, Bianca Andreescu (19) berselebrasi usai mengalahkan Serena Williams dari AS pada pertandingan final tunggal putri AS Terbuka 2019 di New York (7/9/2019). Andreescu menjadi petenis pertama asal Kanada yang berhasil meraih gelar grand slam. (AP Photo/Eduardo Munoz Alvarez)

Merebut gelar Grand Slam telah menjadi impian Andreescu sejak kecil. Karena itu, dia tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya usai mengalahkan Serana di final. Bahkan beberapa jam setelah mengangkat trofi, Andreescu masih sulit menggambarkan suasana hatinya. 

"Ini merupakan lompatan yang monumental. Setelah Indian Wells, butuh beberapa pekan untuk meresapinya. Setelah Toronto itu butuh beberapa hari. Semoga besok, saya bisa mengerti apa yang terjadi saat ini. Sekarang rasanya seperti, 'ada apa semua ini?'"

Selain masuk dalam daftar 10 besar juara Grand Slam termuda, Andreescu juga menjadi petenis Kanda pertama yang berhasil merebut gelar bergengsi di dunia tenis tersebut. 

10 Besar Petenis Termuda Juara Grand Slam

Petenis Kanada, Bianca Andreescu (19) tersenyum saat berpose dengan Piala AS Terbuka 2019 usai mengalahkan Serena Williams dari AS di final tunggal putri di New York (7/9/2019). Andreescu menang atas Serena 6-3, 7-5. (AP Photo/Charles Krupa)

1. Martina Hingis: 16 tahun 117 hari (Australia Terbuka 1977)

2. Monica Sales: 16 tahun 189 hari (Prancis Terbuka, Juni 1990)

3. Tracy Austin: 16 tahun 279 hari (Amerika Serikat Terbuka, September 1979)

4. Maria Sharapova: 17 tahun 75 hari (Wimbledon, Juli 2004)

5. Aranxta Sanchez Vicario : 17 tahun 174 hari (Prancis Terbuka, Juni 1989)

6. Serena Williams : 17 tahun 350 hari (AS Terbuka, September 1999)

7. Steffi Graf : 17 tahun 357 hari (Prancis Terbuka, Juni 1987)

8. Hana Mandilkova : 18 tahun 329 hari (Australia Terbuka, Januari 1980)

9. Svetlana Kuznetsova: 19 tahun 76 hari (Amerika Serikat Terbuka, September 2004)

10. Bianca Andreescu : 19 tahun 83 hari (Amerika Serikat Terbuka, September 2019). 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transformasi Eun Seom di Arthdal Chronicles Bagian Ketiga

Posted: 08 Sep 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Serial drama kolosal yang dibintangi Song Joong Ki, Arthdal Chronicles, kini telah memasuki bagian ketiganya. Episode pertama dan kedua drama ini, telah ditayangkan pada 7 dan 8 September 2019 kemarin.

Arthdal Chronicles ternyata masih mendapat sambutan hangat dari khalayak. Buktinya, rating episode kedua serial drama ini mengalami kenaikan.

Dilansir dari Soompi, Senin (9/9/2019), episode kedua Arthdal Chronicles yang ditayangkan tvN membukukan rating 7,2 persen, naik dari 6,1 persen dari episode sebelumnya.

Seperti apa kelanjutan kisah Tagon, Eun Seom, dan Tanya di bagian ketiga serial ini? 

Perubahan Tanya

Arthdal Chronicles (Soompi)

Setelah mengetahui rahasia besar tentang asal-usulnya, Tanya kini meraih posisi yang tak main-main. Ia bukan lagi bukan dari suku Wahan. Tanya diakui sebagai keturunan dari dewa-dewa Arth. Kini ia memiliki peran penting dalam perpolitikan di Arthdal.

Sementara Eun Seom meneruskan perjalanan yang terus mengubah dirinya. Setelah diperbudak di pertambangan, ia mulai menyusun rencana untuk melarikan diri.

 

Perubahan Eun Seom

Arthdal Chronicles (Soompi)

Dilansir dari Soompi, staf produksi drama menyatakan akan ada perubahan dari karakter Eun Seom. "Song Joong Ki akan bertransformasi menjadi Eun Seom yang tidak menahan diri untuk bangkit dan melawan orang-orang yang lebih kuat," kata dia.

Tak hanya itu, staf produksi menjanjikan perubahan peta politik di Arthdal dan dinamika antara karakter akan membuat bagian ketiga dari Arthdal Chronicles ini kian menarik untuk disaksikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Hutan Mangrove Bagi Kehidupan Manusia, Seimbangkan Ekosistem Pesisir

Posted: 08 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat hutan mangrove kerap dikaitkan dengan mencegah abrasi dan pengikisan tanah di pesisir pantau. Hutan mangrove atau bakau merupakan hutan yang tumbuh di air payau yang dipengarugu oleh pasang-surut air laut. Manfaat hutan mangrove memengaruhi ekosistem pesisir pantai, laut, hingga daratan.

Tak cuma berpedan pada ekosistem pesisir, manfaat hutan mangrove juga dapat dinikmati dalam bidang ekonomi dan wisata. Seperti terumbu karang, hutan bakau adalah ekosistem yang sangat produktif yang menyediakan banyak barang dan jasa baik untuk lingkungan laut dan manusia.

Manfaat hutan mangrove secara umum adalah sebagai paru-paru dunia, sumber ekonomi, habitat flora dan fauna, hingga pengendali bencana. Biasanya hutan mangrove didominasi oleh tumbuhan berkayu dan tumbuh di sepanjang garis pantai dan subtropis.

Manfaat hutan mangrove tak kalah penting dari hutan hujan tropis untuk ekosistem berkelanjutan. Pentingnya manfaat hutan mangrove membuat pelestarian ekosistem ini perlu diperhatikan dan dikembangkan. Berikut manfaat hutan mangrove bagi kehidupan manusia, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (9/9/2019).

Pertahanan Pesisir Alami

Bibit pohon mangrove yang ditanam di atas tumpukan sampah kawasan hutan mangrove Ecomarine, Jakarta Utara, Minggu (18/3). Bibit mengrove itu ditanam petugas Sudin Lingkungan Hidup dibantu Petugas Prasarana dan Sarana Umum. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Sistem akar pohon bakau yang kokoh membantu membentuk penghalang alami terhadap gelombang badai dan banjir. Sedimen sungai dan darat terperangkap oleh akar, yang melindungi daerah garis pantai dan memperlambat erosi. Proses penyaringan ini juga mencegah sedimen berbahaya mencapai terumbu karang dan padang lamun.

Pada 2017, Konferensi Kelautan PBB memperkirakan bahwa hampir 2,4 miliar orang tinggal dalam jarak 100 km dari pantai. Hutan bakau memberikan perlindungan yang berharga bagi masyarakat yang berisiko dari kenaikan permukaan laut dan peristiwa cuaca buruk yang disebabkan oleh perubahan iklim.

Pertumbuhan mangrove memperluas batas pantai dan memberikan kesempatan bagi tumbuhan terstrial hidup dan berkembang di wilayah daratan. Misalnya saja pada buah vivipara yang terbawa air. Bauh tersebut akan menetap di dasar yang dangkal, dapat berkembang dan menjadi kumpulan mangrove di habitat yang baru.

Penyaring Alami

Mangrove  (sumber: Pixabay)

Hutan mangrove dipenuhi dengan akar pohon bakau dan berlumpur. Akar mangrove apat mempercepat penguraian limbah organik yang terbawa ke wilayah pantai. Akar mangrove juga berperan perembesan air laut ke tanah daratan atau yang biasa disebut intrusi air laut ke daratan.

Selain membantu menguraikan limbah organik, fungsi hutan mangrove juga dapat membantu mempercepat proses penguraian bahan kimia yang mencemari laut seperti minyak dan deterjen. Selain itu juga menjadi penghalang alami terhadap angina laut yang kencang pada saat musim tertentu.

Penyerap Karbondioksida

Mangrove  (sumber: Pixabay)

Hutan pantai membantu memerangi pemanasan global dengan menghilangkan karbon dioksida dari atmosfer, yang sebagian besar disimpan di dalam pabrik. Ketika akar pohon bakau, cabang dan daun mati mereka biasanya ditutupi oleh tanah, yang kemudian terendam air pasang surut, memperlambat kerusakan bahan dan meningkatkan penyimpanan karbon.

Penelitian menunjukkan bahwa hutan bakau pesisir mengungguli sebagian besar hutan lain dalam kapasitasnya untuk menyimpan karbon. Penelitian terhadap 25 hutan bakau di seluruh wilayah Indo-Pasifik menemukan bahwa per hektar, mereka menyimpan karbon hingga empat kali lebih banyak daripada hutan hujan tropis lainnya.

Mata Pencaharian Warga

Sebuah perahu jukung melintas di kawasan mangrove, Laguna Segara Anakan, Cilacap, Jawa Tengah. Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Banyak orang yang tinggal di dalam dan di sekitar hutan bakau bergantung pada mereka untuk penghidupan mereka. Pohon-pohon adalah sumber kayu yang dapat diandalkan untuk konstruksi dan bahan bakar, yang dihargai karena ketahanannya yang kuat terhadap busuk dan serangga.

Ekstrak tanaman dikumpulkan oleh penduduk setempat untuk kualitas obat mereka dan daun pohon bakau sering digunakan untuk pakan ternak. Perairan hutan memberi para nelayan lokal banyak persediaan ikan, kepiting, dan kerang untuk dijual sebagai pendapatan.

Ciptakan Ekowisata

Perahu wisatawan melewati hutan mangrove di Sungai Rindu, Desa Hurip Jaya, Babelan, Bekasi, Jumat (7/6/2019). Berkeliling naik perahu melewati kawasan hutan mangrove di Sungai Rindu ini menjadi daya tarik para wisatawan lokal. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pariwisata berkelanjutan menawarkan stimulus untuk melestarikan kawasan bakau yang ada, dengan potensi untuk menghasilkan pendapatan bagi penduduk lokal. Sering terletak di dekat terumbu karang dan pantai berpasir, hutan menyediakan lingkungan yang kaya untuk kegiatan seperti olahraga memancing, bersampan, dan wisata mengamati burung.

Jika diselenggarakan pada tingkat yang berkelanjutan, ekowisata dapat memberikan motivasi yang sempurna untuk melindungi hutan bakau, daripada membersihkannya untuk pengembangan pariwisata massal.

Kaya Keanekaragaman Hayati

Mangrove  (sumber: Pixabay)

Aktivitas manusia telah menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati yang sangat besar di ekosistem darat dan laut di seluruh dunia, membahayakan banyak spesies tanaman dan hewan. Dengan menyaring air pantai, bakau membentuk tanah perkembangbiakan yang kaya nutrisi untuk banyak spesies yang tumbuh subur di atas dan di bawah garis air.

Berbagai macam satwa liar hidup atau berkembang biak di ekosistem bakau, termasuk banyak spesies ikan, kepiting dan udang, moluska, dan mamalia seperti penyu. Pohon-pohon ini adalah rumah bagi beragam burung bersarang, berkembang biak, dan bermigrasi. Ketika hutan bakau ditebangi, habitat berharga hilang, mengancam kelangsungan hidup berbagai spesies.

Hutan juga merupakan sumber potensial bahan biologis yang belum ditemukan yang dapat bermanfaat bagi umat manusia, seperti senyawa antibakteri dan gen tahan hama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-23 Setelah Menang Trofeo Hamengkubuwono Cup 2019

Posted: 08 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 keluar sebagai pemenang Trofeo Hamengkubuwono Cup 2019 yang berlangsung di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Minggu (8/9/2019).

Pada laga yang disiarkan Indosiar, Timnas Indonesia U-23 sukses mengalahkan dua lawan yang dihadapi. Mereka menaklukkan Bali United 1-0 sebelum kemudian membungkam PSIM 4-1.

Ini menjadi bekal bagus untuk Garuda Muda sebelum tempur di SEA Games 2019 yang berlangsung di Filipina pada 30 November hingga 11 Desember 2019. Namun sebelum ke Filipina, Timnas Indonesia U-23 masih menjalani beberapa rangkaian uji coba.

Terdekat, Timnas Indonesia U-23 akan menjalani turnamen yang diikuti tuan rumah Tiongkok, Arab Saudi, dan Yordania pada 7 hingga 15 Oktober 2019. Ajang ini diberi nama CFA U-22 Mens International Football Tournament.

Setelah itu, Garuda Nusantara juga dijadwalkan bakal menghadapi tim kuat Asia, Iran. Duel Timnas Indonesia U-23 kontra Iran dijadwalkan bakal digelar sebanyak dua kali pada 13 dan 16 November 2019.

 

Jadwal Timnas Indonesia U-23

Berikut jadwal Timnas Indonesia U-23

7 - 15 Oktober 2019

Tampil di ajang CFA U-22 Mens International Football Tournament

Lawan: Tiongkok, Arab Saudi, dan Yordania

13 November 2019

Timnas Indonesia U-23 vs Iran

Venue: Papua

16 November 2019

Timnas Indonesia U-23 vs Iran

Venue: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menlu Serukan Urgensi Peningkatan Sistem Pelayanan dan Perlindungan WNI di Luar Negeri

Posted: 08 Sep 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai negara berpenduduk ke-empat terbesar di dunia, adalah hal lumrah jika banyak warga Indonesia yang tersebar di luar negeri.

Oleh karenanya, sudah menjadi tugas bagi pemerintah RI untuk hadir dan memberikan jaminan perlindungan serta pemenuhan hak bagi seluruh warga Indonesia di penjuru mancanegara.

Demi memastikan tugas tersebut, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mneyerukan urgensi untuk meningkatkan sistem pelayanan dan perlindungan WNI di luar negeri. Hal itu disampaikannya saat membuka Rapat Koordinasi Pelayanan Publik dan Perlindungan WNI di Jakarta, Senin (9/9/2019).

"Pelayanan publik dan perlindungan WNI harus terus kita perbaiki dan tingkatkan, itu merupakan sebuah keharusan," kata Retno pada pidato pembuka.

Apalagi, tambah Retno, tantangan pemerintah dalam memberikan pelayanan publik serta perlindungan WNI di luar negeri akan semakin besar.

Demi mencapai tujuan tersebut, Kementerian Luar Negeri RI, kementerian lain, lembaga pemerintah, dan lembaga swadaya terkait perlu bekerjasama dalam membangun "sistem yang kuat dan berprinsip keberlanjutan yang berpihak kepada publik serta memenuhi ekspektasi masyarakat," jelas Retno.

Upaya untuk Membangun Sistem yang Kuat dan Berkelanjutan

Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri RI (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Menlu Retno menegaskan, ada tujuh hal yang harus dipenuhi untuk membangun sistem pelayanan publik dan perlindungan WNI di luar negeri yang kuat.

"Pertama, perlu adanya standarisasi dan integrasi pelayanan perlindungan, agar kita memiliki acuan dan konsistensi dalam melayani dan melindungi."

Retno juga menekankan urgensi "transformasi digital dan penguatan kapasitas sumber daya pelayanan."

Soal transformasi digital, Retno mengimbau bahwa pemerintah RI perlu meningkatkan kapasitas digitalisasi pelayanan WNI untuk ke depannya. Sejauh ini, Kemlu RI telah memimliki sistem digital pelayanan dan perlindungan WNI seperti: aplikasi Safe Travel dan Peduli WNI (peduliwni.kemlu.go.id).

Sedangkan soal penguatan sumber daya pelayanan, Retno menegaskan agar para "pelayan dan pelindung WNI" harus turut dijamin perlindungannya, demi memastikan agar mereka dapat terus senantiasa memberikan pelayanan dan perlindungan yang optimal kepada para WNI.

Selanjutnya, Retno juga menekankan mengenai "Batasan dalam memberikan perlindungan yang perlu diperjelas dan dipertegas."

"Tugas kita adalah menjamin agar para WNI diberikan dan tidak dirugikan hak-haknya, bukan mengambil alih tanggung jawab pidana atau perdata apabila mereka terjerat hal itu.

Terkait hal tersebut, Retno turut menggarisbawahi perlu adanya edukasi intensif kepada masyarakat mengenai hak dan kewajiban mereka selama di luar negeri. Pemerintah juga perlu berinvestasi dalam upaya pencegahan demi menghindari melonjaknya angka WNI yang bermasalah secara hukum.

"Migrasi adalah hak, namun kita perlu menjamin bahwa itu dilaksanakan secara aman, teratur dan reguler," jelas Retno.

"Jika tidak, maka risiko (melonjaknya WNI bermasalah di luar negeri) bisa semakin tinggi," lanjutnya.

Dua poin terakhir, Retno menekankan perlu adanya pemantauan dan evaluasi keseluruhan sistem; serta kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dalam memberikan pelayanan serta perlindungan kepada WNI di luar negeri.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sesmenpora Buka Festival Kempo Internasional di Jakarta

Posted: 08 Sep 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto menghadiri acara Internasional Shorinji Kempo Festival di Gedung Olahraga Bulungan, Jakarta, Minggu (8/9). Mengenakan pakaian koromo, Sesmenpora secara resmi membuka kegiatan tersebut dengan menjatuhkan tongkat.

Informasi yang dihimpun, festival ini diramaikan dari berbagai negara, yakni dari Indonesia, Malaysia, Laos, Brunei Darusalam, Vietnam, Singapura, dan Jepang. Berbagai atraksi bela diri seperti kempo hingga pencak silat ikut berpartisipasi dalam festival kempo kali ini.

"Melalui acara ini, acara Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia bertepatan menjelang acara Hari Olahraga Nasional. Acara festival ini sangat baik karena mempertemukan anggota Perkemi. Selamat, semoga sukses festival ini, sukses juga untuk shorinji kempo Indonesia," kata Sesmenpora.

Dalam kesempatan ini juga, Sesmenpora menjelaskan, olahraga kempo akan dipertandingkan dalam PON 2020 di Papua. Mendengar hal tersebut, para atlet kempo dan tamu yang datang merasa antusias dan bertepuk tangan.

"Perlu saya sampaikan, shorinji kempo saya harap tidak ada perpecahan. Makanya pada kesempatan ini, menyambut PON di Papua, salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan adalah kempo," ujar Sesmenpora lalu disambut tepuk tangan yang meriah oleh tamu dan atlet.

Sementara itu, pendiri Persaudaraan Beladiri Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi), Ginanjar Kartasasmita mengatakan, pihaknya telah melewati masa yang penuh tantangan. Ia meminta kepada jajaran pengurus Perkemi tetap berpegang pada asas yang mulia.

"Kita telah melewati masa yang penuh tantangan dan Perkemi tetap tegar. Kita berpegang dengan asas yang mulia, yaitu siap berkorban untuk tanah air. Keterikatan persaudaran dan rasa cinta sesama manusia. Hal itu adalah nilai yang akan kita pegang dan perjuangkan. Marilah kita bersama membukatkan tekad membangun shorinji kempo," tutur Ginanjar.

Hadir dalam kesempatan ini, Ketua Umum Perkemi Aswari Rivai, perwakilan dari Kementerian Kominfo, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi, perwakilan Duta Besar Laos untuk Indonesia, hingga perwakilan Duta Besar Brunei Darusalam untuk Indonesia, dan perwakilan dari Komisi X DPR RI. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Seleb Ini Pernah Menikah Dua Kali dengan Orang yang Sama

Posted: 08 Sep 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentunya menginginkan hubungan yang awet dan jauh dari konflik. Bahkan sebelum berlanjut ke jenjang yang lebih serius yaitu menikah, sebagian pasangan memiliki komitmen untuk bersama.

Namun tak semua pasangan yang mengidamkan hubungan yang awet dan tak penah diterpa masalah sangat jarang ditemui. Bahkan bagi pasangan yang sudah menikah sekalipun. Menghadapi masalah ataupun konfilk ketika telah menikah seolah lebih rawan untuk berakhir bercerai. Banyak orang yang bercerai dengan pasangan mereka dan kemudian menikah lagi dengan orang lain.

Menikah untuk kedua kalinya tak hanya dirasakan masyarakat biasa tetapi beberapa selebriti juga pernah mengalaminya. Tetapi, beberapa selebriti ini pernah menikah dua kali dengan orang yang sama pasca bercerai. Tak diketahui alasannya secara rinci mereka bercerai, namun jarang diketahui jika mereka bahkan pernah menikah dua kali dengan orang yang sama.

Bagi yang penasaran, berikut ini 6 potret selebriti yang pernah menikah dua kali dengan orang yang sama dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (9/9/2019). 

1. Eminem pernah bercerai dengan istrinya Kimberly Anne Scott tahun 2001 dan kemudian menikah kembali tahun 2006 dengan alasan anak mereka.

Siapa sangka jika ada selebriti ini pernah menikah dua kali dengan orang yang sama. (Sumber: Mirror)

2. Jean Claude Van Damme bercerai dengan istrinya, Gladys, tahun 1992. Keduanya kembali menikah pada tahun 1996 dan langgeng hingga kini.

Siapa sangka jika ada selebriti ini pernah menikah dua kali dengan orang yang sama. (Sumber: Daily Mail)

3. Pasangan seleb, Melanie Griffith dan Don Johnson pernah bercerai lalu menikah kembali tahun 1989, namun pasangan ini bercerai lagi tahun 1996.

Siapa sangka jika ada selebriti ini pernah menikah dua kali dengan orang yang sama. (Sumber: closerweekly)

4. Pamela Anderson menikah lagi dengan mantan suaminya, Rick Salomon, di tahun 2014. Masih ditahun yang sama, Pamela menggugat cerai lagi suaminya namun ditolak oleh hakim.

Pamela Anderson dan Rick Salomon (Huffington Post)

5. Larry King menikah selama 2 tahun dengan Alene Akins. Mereka bercerai lalu menikah kembali tahun 1967 hingga 1972.

Larry King. (DON EMMERT / AFP)

6. Richard Pryor menikah pertama kali pada 1986-1987 dengan Jeniffer Lee. Bercerai, ia menikah dengan Flynn Belaine tahun 1986-1987. Ia menikah lagi dengan Jeniffer selama satu tahun, lalu kembali dengan Flynn hingga akhir hayat.

Siapa sangka jika ada selebriti ini pernah menikah dua kali dengan orang yang sama. (Sumber: Hollywood Reporter)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Tips-Tips Ngaco yang Bikin Kesal Bacanya

Posted: 08 Sep 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap hari tentu ada begitu banyak tips yang dibagikan orang di media sosial. Seperti yang kita semua tahu tips merupakan sebuah informasi yang berisi saran atau petunjuk dalam suatu hal.

Biasanya dengan tips tersebut orang juga akan lebih mudah mengerjakan suatu hal dan lebih terarah. Namun nampaknya kalian harus berhati-hati ketika membaca sebuah tips yang beredar di media sosial.

Artikel tentang tips-tips ngaco di media sosial menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan kisah wanita pesan ojek online untuk bangunkan pacarnya

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang lifehack alat masak yang kocak.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Bukannya Membantu, 7 Tips Ngaco Ini Malah Bikin Orang Kesal Bacanya

foto: Instagram/@receh.id

Banyak juga loh tips yang bukannya membantu tapi malah bikin kita kesal bacanya. Contohnya saja seperti deretan tips nyeleneh dan absurd berikut ini.

Alih-alih membantu orang lain, tips-tips ini nampaknya malah bikin siapa saja yang membacanya jadi emosi.

Selengkapnya...

2. Ada-Ada Saja, Wanita Ini Gunakan Jasa Ojek Online untuk Bangunkan Pacar

Foto: Twitter/@ucancallmeapril.

Rupanya semakin maraknya penggunaan layanan ojek online, semakin beragam pula permintaan "aneh" customer kepada driver ojek online. Seperti halnya yang dilakukan oleh pelanggan wanita satu ini yang kemudian menjadi viral.

Bagaimana tidak, wanita yang tak diketahui identitasnya itu malah menggunakan layanan ojek online untuk membangunkan sang kekasih. 

Selengkapnya...

3. 7 Potret Alih Fungsi Benda untuk Memasak, Bikin Enggak Habis Pikir

foto: 1cak.com

Ketika memasak kalian tentu memerlukan beberapa peralatan dapur seperti wajan, spatula, panci, dll. Tentunya kalian tak akan bisa memasak tanpa ada peralatan dapur tersebut.

Namun tak sedikit orang yang tak memiliki beberapa peralatan dapur yang dibutuhkan. Beruntungnya banyak orang yang memiliki kreativitas tinggi.

Dengan kreativitas tersebut banyak yang lantas mengalihfungsikan benda di sekitar sebagai peralatan dapur dadakan. Meski bukan peralatan dapur sungguhan tapi benda tersebut memiliki fungsi yang sama.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diam-Diam, United Bike Ekspansi ke Dunia Sepeda Motor Listrik

Posted: 08 Sep 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada saat Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, ada satu pabrikan yang rupanya tak disangka-sangka terjun ke dunia sepeda motor listrik. Pabrikan tersebut adalah United Bike yang dikenal akan produk sepeda konvensional. Tak tanggung-tanggung, terhitung ada 6 model baru yang siap dilirik.  

"Kami memang sudah lebih dari 50 tahun berkecimpung di dunia sepeda konvensional. Pada 90-an para pendiri United pernah membangun sepeda listrik. Tapi saat itu teknologi belum berkembang seperti sekarang. Sekarang, kemajuan sudah meningkat pesat, dan salah satu tujuannya menuju era ramah lingkungan. Maka itu kami menghadirkan motor listrik United Bike sekarang," kata Manager Electric Bike Division PT Terang Dunia Internusa, Andry Dwinanda di Jakarta (5/9).

Menurut Andry, United sudah mengembangkan motor listrik sejak 4 tahun lalu. Ia mengaku sudah memprediksi kendaraan di Indonesia mengalami perubahan. "Saat itu masih menunggu dan belum mau langsung bertindak mengeluarkan produk motor listrik. Waktu menunggu itu, kami upayakan sekaligus membangun produk yang bisa diterima masyarakat Indonesia," katanya.

Hal lain yang membuat United Bike mengeluarkan produk motor listriknya, terkait dirilisnya Peraturan Presiden (Perpres) Kendaraan Bermotor Listrik (KBL). "Karena saat itu peraturan pemerintah masih belum jelas mengenai kendaraan listrik, kami belum bisa berbuat banyak. Sampai akhirnya tahun lalu, begitu electric vehicle booming, ini jadi waktu yang tepat," ujar Andry

Total ada 6 varian yang disiapkan untuk Indonesia. Tipe M,  X,  T, G, MG1 dan B. Harga yang ditawarkan pun bervariatif. Mulai dari Rp 7 jutaan hingga Rp 29 jutaan. Namun untuk saat ini, baru empat model yang sudah dijual. Tipe X dan  G masih diolah untuk pengembangan.

"Sama dengan produk sepeda, kami menawarkan motor listrik ini dengan tiga aspek penting. Kualitas, desain dan teknologi. Kami selalu menjaga kualitas setiap produk agar bisa diterima masyarakat. Desain juga kami selalu memberikan yang up to date, mengikuti tren yang sedang bekembang. Teknologi harus bisa menghasilkan sesuatu yang baru. Biar bisa diterima langsung masyarakat Indonesia," jelas Andry.

 

Perakitan Lokal

United bike mengandalkan dua jenis baterai untuk produk motor listrik. Lead Acid 60V20Ah untuk kelas entry-level serta lithium 60V28Ah dan 72V45Ah untuk kelas tertingginya. Motor listriknya memiliki daya mulai dari 800-3.000 watt. Pengisian baterai memakan waktu 4 sampai 5 jam dari nol persen hingga penuh. Jarak tempuhnya dalam kondisi baterai full mencapai 60km. Kecepatan rata-ratanya 50kpj. "Kecuali tipe yang besar dengan baterai lithium 72V45Ah bisa mencapai 100 kilometer. Tipe tertinggi ada di Tipe MG1," tambah Pria berkacamata itu.

Dari 6 produk yang diniagakan, ada satu unit yang menarik, Tipe MG1. Jika dilihat dari depan, mirip Honda PCX electric. Bagian tameng depan serta bentuk lampunya serupa dengan motor listrik lansiran Honda itu. Tapi sayang, lampu masih menggunakan bohlam konvensional, belum mengadopsi teknologi LED. Kendaraan listrik tipe inilah yang menjadi varian tertinggi United Bike. Harganya dibanderol Rp 26,9 juta khusus di IEMS 2019, dari harga normal Rp 29 juta.

Produk motor listrik United Bike sudah dirakit secara lokal. Lokasi pabriknya berada di Citeureup, Bogor, dengan luas 50.000 meter persegi. Namun beberapa komponen sebagian masih impor dari Cina.

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6000 Peserta Dari Komunitas Ramaikan Gowes Sepeda Nusantara di Banjarmasin

Posted: 08 Sep 2019 09:01 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta bersama Staf Ahli Hukum Olahraga Samsudin, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah melepas para peserta Gowes Sepeda Nusantara Etape Banjarmasin, di depan Gedung Balai Kota Banjarmasin, Minggu (8/9). 

Sebelumnya, dilaksanakan dan diingatkan kembali Senam Kesegaran Jasmani Jaman Dulu (SKJ Jadoel) bersama ribuan peserta dan masyarakat Banjarmasin dan sekitarnya, penampilan Marching Band dan beberapa atraksi lainnya.

"Dengan Gowes kita harus mempererat persaudaraan dan persatuan serta rasa kebersamaan membangun daerah dan membangun bangsa," kata Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta.

"Informasinya Gowes Nusantara ini diikuti hampir 8 ribu peserta dari awal yang mendaftarkan lima ribu orang dari masyarakat Banjarmasin dan sekitarnya, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat disini telah peduli dengan olahraga," tuturnya menambahkan.

Ketua Panitia pelaksana Gowes melaporkan kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-493 tahun.

"Gowes Nusantara ini diikuti lebih dari enam ribu peserta yang terdiri dari komunitas sepeda, kawan-kawan sepeda dari seluruh Indonesia dari kabupaten di Kalimantan Selatan dan diperkiran nanti bisa mencapai tujuh hingga delapan ribu partisipan sekaligus meramaikan hari jadi Kota Banjarmasin ke-493," ujarnya.

Gowes Sepeda Nusantara menempuh jarak 25 KM. Dengan mengambil start dari depan Gedung Balai Kota Jl. Martadinata, Jl. Haryono, Jl. Pandansari, Jl. Pangeran Noor, Jl. S Parman, Jl. Adhyaksa, Jl. Ahmad Yani, Jl. Lambung Mangkurat dan finis di Jl. R.E Martadinata. Turut Hadir Kadispora Banjarmasin dan para pejabat eselon I,II,III Kemenpora dan para pejabat pemerindah daerah Kalimantan Selatan.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terbuat dari Kulit Asli, Berapa Harga Sepatu Sekolah Putri Charlotte?

Posted: 08 Sep 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah begitu dinanti, akhirnya Putri Charlotte masuk sekolah hari pertama di Thomas' Battersea pada Kamis, 5 September 2019. Ia dan sang kakak, Pangeran George diantar ke sekolah oleh kedua orangtua mereka, Kate Middleton dan Pangeran William.

Dilansir Hello Magazine, Senin (9/9/2019), Putri Charlotte mengenakan seragam sekolah bernuansa angkatan laut. Oleh sekolah, seragam ini disebut sebagai seragam transisi yakni pinafore biru dengan blus musim panas warna putih.

Kala itu, buah hati kedua Kate Middleton dan Pangeran William juga tampil dengan rambut yang dikuncir kuda. Selain seragam, sepatu Putri Charlotte tentunya tidak luput dari perhatian khalayak luas.

Sepatu lucu bergaya Mary-Jane itu adalah persembahan brand asal Spanyol bernama Amaia. Sepatu sekolah kakak Pangeran Louis itu dijual dengan harga 48 dolar AS atau sekitar Rp830 ribu.

Bukan tanpa alasan sepatu sekolah Putri Charlotte dijual cukup mahal. Berdasarkan deskripsi di laman resmi Amaia, sepatu tersebut terbuat dari 100 persen kulit calf atau anak sapi asli, hadir dengan tumit yang lembut dan bantalan pergelangan kaki yang terbaik.

Selain soal gaya busana ke sekolah, Putri Charlotte akan menjalankan beragam mata pelajaran sesuai kurikulum sekolah. Ia akan mendapat pelajaran seni, drama, hingga bahasa Prancis serta mengikuti kelas balet, musik, komputer, hingga matematika.

Pakai Aksesori

Putri Charlotte dan Pangeran George saat hari pertama masuk sekolah di Thomas's Battersea. (Aaron Chown / POOL / AFP)

Putri Charlotte selalu berhasil membuat mata publik tertuju padanya dengan gaya yang super menggemaskan. Satu di antaranya ia sukses membuat heboh karena memakai aksesori saat hari pertama sekolah.

Aksesori itu melekat pada tas punggungnya yang tidak lain, sebuah gantungan kunci unicorn yang berkilau dan penuh payet. Satu pak enam charm tas itu dijual di situs Amazon seharga 3,49 Pound sterling atau sekitar Rp60 ribu.

Gantungan kunci tersebut hadir dengan warna yang berbeda-beda. Putri Charlotte saat itu memasang gantungan kunci yang berwarna merah muda.

Anak berusia empat tahun ini akan berada di kelas 21, salah satu dari tiga kelas penerimaan di usianya, sedangkan Pangeran George bergabung di Year 2. Sekolah pendidikan bersama untuk anak-anak berusia empat hingga 13 tahun ini terletak di Battersea High Street, atau 15 menit berkendara dari Istana Kensington dan peraturan sekolah mereka yang paling penting adalah 'Be Kind.'

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sosok “Mas Febri” Jubir KPK yang Dikenal Cerdas

Posted: 08 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai juru bicara KPK, Febri Diansyah kerap muncul di muka umum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Olahraga Nasional, Bolehkah Langsung Minum Air Setelah Lari?

Posted: 08 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memperingati Hari Olahraga Nasional 2019, yang jatuh pada hari ini, lari bisa menjadi aktivitas fisik yang menyehatkan. Lelah dan haus dari aktivitas lari akan mendorong kita mencari minum air putih.

Bayangan air putih yang masuk ke kerongkongan seolah menjadi pelepas dahaga usai lari. Namun, marak juga beredar informasi yang menyebut, minum air putih langsung setelah lari harus dihindari.

Ini karena pandangan bahwa meminum air putih langsung usai olahraga berat dapat memperlambat kerja hati dan dikhawatirkan meningkatkan risiko aritmia (gangguan irama jantung), yang mematikan. Menanggapi hal tersebut, Health Liputan6.com berbincang dengan dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia Asian Games 2018, Grace Joselini.

"Setelah lari langsung minum air ya enggak masalah kok. Itu malah bagus. Apalagi kalau kita lari jarak jauh di tengah cuaca panas. Tapi pelan-pelan minumnya. Jangan langsung full juga (menghabiskan satu botol dalam sekali teguk)," ujar Grace saat ditemui di bilangan Jakarta Pusat, ditulis Senin (9/9/2019).

 

Waktu Minum Air

Minum air putih sangat dianjurkan setelah lari. (iStockPhoto)

Kebutuhan minum air saat lari, baik lari jarak pendek maupun jarak jauh harus menjadi perhatian setiap individu yang berlari. Minum air putih pun justru disarankan sebelum, selama, dan setelah berlari.

"Malah disarankan minum air sekitar 250-600 ml (setelah lari) untuk yang lari di bawah sejam. Kalau cuaca panas sekali, harus minum lebih dari 600 ml," Grace menambahkan.

"Biasanya untuk lari jarak jauh, kita perlu minum setengah gelas air mineral setiap 15-20 menit. Bahkan setiap satu jam sekali, botol minum yang kita bawa buat lari jarak jauh, misalnya, harus diisi penuh, terlebih lagi ketika suhu panas dan lembap."

Air putih pun bisa diisi di water station yang tersedia saat kita mengikuti lari jarak jauh dan maraton.

Tingkatkan Kadar Oksigen

Manfaat minum air putih saat lari. (iStockphoto)

Dokter Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter menulis, minum air putih setelah lari punya manfaat besar bagi tubuh. Air putih merupakan pilihan terbaik.

"Minum air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi, yang bisa membuat pelari pusing dan lemas, tetapi juga dapat menyebabkan nyeri otot setelah berolahraga," tulis Alberta, dikutip dari KlikDokter.

Mencukupi kebutuhan air saat lari maraton juga demi meningkatkan kadar oksigen dalam otot. Ini akan membuat pelari lebih berstamina serta membantu pemulihan tubuh setelah menyelesaikan maraton.

Manfaat minum air putih selama dan selesai lari akan menjaga stamina dan tenaga.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora: Haornas Momentum Menyatukan Semua Elemen Bangsa

Posted: 08 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Puncak Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 tahun 2019 resmi dibuka Menpora Imam Nahrawi bersama Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, didampingi Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta Minggu (8/9) malam di Menara Pandang Siring, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Perayaan Haornas ke-36 tahun 2019 ini terasa berbeda selain baru pertama kali diselenggarakan di Pulau Kalimantan tepatnya di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan juga karena digelar bukan di lapangan atau di GOR Olahraga melainkan di pusatkan di pinggir Sungai Martapura, bahkan panggung VIP dan panggung utamanya pun dibuat dari kapal-kapal tongkang yang dimodifikasi sedemikian rupa.

Menurut Menpora Imam Nahrawi Haornas menjadi momentum untuk menyatukan semua elemen bangsa dalam semangat fairplay, sportif yang terkandung dalam nilai-nilai olahraga.

"Berkaca pada suksesnya Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018 dan Asean School Games artinya bangsa Indonesia telah membuktikan menjadi yang terbaik untuk mengibarkan Merah Putih di dunia dan mengumandangkan Lagu Indonesia Raya," tuturnya.

Menteri asal Bangkalan, Madura ini juga memberi apresiasi kepada Kalimantan Selatan yang telah berhasil menjadi tuan rumah Haornas yang baik dengan serangkaian acara salah satunya pemecahan Rekor MURI Karateka terbanyak.

"Luar biasa semoga tahun depan bisa lebih banyak lagi pesertanya hingga 15 ribu bahkan 50 ribu peserta sehingga memecahkan rekor dunia," tuturnya.

"Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam rangka memasalkan memberikan semangat olahraga kepada seluruh warga nusantara tapi semua harus bahu membahu saling support dan mendukung agar Indonesia maju dan bangkit olahraganya dan tingkat kebugaran masyarakat semakin baik dengan olahraga kita ditanamkan semangat kepemimpinan, kepeloporan, saling menghormati dan menghargai," tambahnya.

"Mari ajak anak-anak kita berolahraga dimana saja kapan saja olahraga apa saja karena dengan olahraga maka akan menjauhkan anak-anak kita dari perbuatan destruktif dan menjauhkan dari narkoba, pemerintah akan terus memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para atlet dan pahlawan olahraga kita," tutur Menpora disusul peniupan sumpit sebagai tanda pembukaan Puncak Haornas.

Ketua Pelaksana Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta melaporkan perayaan Puncak Haornas merupayakan kerjasama antara Kemenpora dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang dilaksanakan di Kota Banjarmasin.

"Tema Haornas 'Ayo Olahraga di Mana Saja Kapan Saja' mengandung makna yakni kita harus melakukan penguatan gerakan olahraga secara masif ke seluruh penjuru tanah air," ujar Isnant.

"Semakin masifnya olahraga akan memperoleh nilai positif bagi masyarakat, masyarakat menjadi sehat dan bugar sehingga mendukung produktifitas masyarakat itu sendiri, kami berharap momentum Haornas dapat memunculkan bibit-bibit unggul untuk dipoles menuju prestasi yang lebih tinggi," tuturnya.

Sebelum puncak acara dilaksanakan menurut Isnanta, telah dilakukan serangkaian kegiatan pre-event Haornas seperti Gebyar Haornas yang terdiri lomba, pameran dan workshop, simposium e-sport, dan Gowes Sepeda Nusantara, Senam SKJ Jadul dengan kombinasi Drum Band serta Pemecahan Rekor MURI Karateka terbanyak.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menyampaikan selamat datang di Kalimantan Selatan kepada Menpora beserta jajaran dan tamu undangan terima kasih telah berkunjung ke Banjarmasin.

"Suatu kehormatan bagi kami telah dipercaya menjadi tuan rumah Haornas ke-36 tahun 2019," kata Paman Birin panggilan Gubernur Kalsel ini.

Menurutnya, perhatian pemerintah terhadap pembangunan olahraga di daerah juga semakin tinggi dan merata.

"Sejak tahun lalu puncak peringatan Haornas dilaksanakan di luar pulau Jawa tepatnya di Ternate, Maluku Utara sedangkan tahun ini diselenggarakan di Kota Seribu Sungai Banjarmasin, Kalimantan Selatan," ujarnya.

Turut hadir pejabat I,II Kemenpora, perwakilan Komisi X DPR RI, Bupati Walikota seluruh Kalimantan, perwakilan kementerian/lembaga, Ketua Umum KONI, Ketua Umum KOI, Ketua Umum NPC, Ketua Formi dan para atlet utusan induk organisasi olahraga serta Forkopinda setempat.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Demo, Harga Ayam di Tingkat Peternak Berangsur Naik

Posted: 08 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anjloknya harga ayam hidup di tingkat peternak membuat asosiasi peternak ramai berunjuk rasa meminta kenaikan harga ke Pemerintah.

Sekretaris Jenderal Gabungan Organisasi Pengusaha Peternak Ayam Nasional (Gopan) Sugeng Wahyudi mengatakan, pada hari ini unjuk rasa mereka telah membuahkan hasil.

Demo yang pada Kamis lalu (5/9) menuntut kenaikan harga ayam hidup dari semula anjlok ke level terendah di Jawa Tengah sebesar Rp8.000 per kilogram, (Kg) kini berhasil naik berkisar Rp2.000-Rp3.000 per kg.

"Harga ayam per hari ini, ada kenaikan jika dibandingkan dengan sebelum demo. Ada kenaikan sekitar Rp2.000-Rp3.000 untuk daerah Bogor dan sekitarnya. Bogor terendah Rp10.500 per kg kemarin," tuturnya kepada Liputan6.com, Senin (9/9/2019).

"Untuk Jateng, Jatim harga ayam sudah Rp13 ribu-Rp14 ribu. Untuk Bandung, Subang Kerawang, Tasik sudah di harga Rp15 ribu-Rp16 ribu. Sedangkan untuk Bogor harga sudah di kisaran Rp17 ribu itu harga ayam hidup di kandang," lanjut dia.

 

Selanjutnya

Ayam-ayam diperlihatkan saat sejumlah peternak ayam menggelar aksi di depan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Ratusan peternak ayam menuntut pemerintah turun tangan menyelesaikan permasalahan harga ayam hidup yang kembali anjlok. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sugeng menjelaskan, harga ayam hidup di tingkat peternak pada dasarnya akan berubah menyesuaikan dengan harga komponen sarana produksi ternak yang meliputi pakan dan Day Old Chick (DOC) atau anak ayam umur sehari.

"Harga akan berubah jika pakan dan DOC harganya juga berubah," terangnya.

Dengan kenaikan ini, Gopan atau Asosiasi Pengusaha Peternak Ayam mengaku akan terus memantau pergerakan harga ayam kedepannya.

"Harga kami akan pantau terus, sampai dengan sesuai Peraturan Kementerian Perdagangan (Permendag) dengan harga Rp18 ribu batas bawah," ujarnya.

Sebagai informasi, harga ayam ras/broiler di tingkat konsumen di pasar sampai dengan hari ini masih tercatat normal yaitu Rp35.078 per ekor. Harga ini naik Rp33 per kg dari akhir Agustus yang tercatat sebesar Rp35.048 per ekor.

Harga Ayam di Pasar Slipi Rp 35 Ribu per Kg

Peternak ayam membentangkan spanduk saat menggelar aksi di depan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Ratusan peternak ayam menuntut pemerintah turun tangan menyelesaikan permasalahan harga ayam hidup di tingkat peternak yang kembali anjlok. (Liputan6.com/Angga Yun

Protes peternak ayam karena merosotnya harga sepertinya tak memberi pengaruh pada harga daging ayam di Jakarta. Para peternak ayam di daerah protes karena harga ayam hidup ukuran sedang anjlok menjadi Rp 8.000 per kilogram (kg).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, harga ayam di pasar tradisional terpantau masih di kisaran Rp 35 ribu hingga Rp 38 ribu per kilogram (kg).

"Ayam biasa, Rp 38 ribu, sayap per kg sama harganya. Filet dada Rp 45 ribu per kg," ujar Merie (65) kepada Liputan6.com, Jumat (6/9/2019) di Pasar Slipi, Jakarta Barat.

Ketika ditanya lebih lanjut mengenai masalah harga ayam dari peternak, Merie tidak menyebut pengaruh apapun ke harga ayam di pasar tradisional. Pedagang lain, Ani Hastuti (59), justru menyebut penjualan sedang lesu.

Daging ayam yang dijual Ani terpantau masih cukup banyak meski sudah menjelang siang. Harga yang ia jual pun masih sama seperti bulan lalu, yakni Rp 35 ribu per kg.

"Ayam Rp 35 ribu, ceker ada yang jual Rp 25 ribu per kg, tapi saya jualnya Rp 20 ribu per kg. Ati antara Rp 2.000 sampai Rp 2.500. Usus Rp 20 ribu sekilo," ujar Ani.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shearer Ragukan Kemampuan Rashford Gantikan Lukaku

Posted: 08 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Alan Shearer menyebut MU membuat blunder dengan menjual Romelu Lukaku. Ia tak yakin penyerang yang ada sekarang bisa diandalkan untuk mencetak banyak gol untuk Setan Merah.

Rashford jadi striker utama MU musim ini, menyusul kepindahan Alexis Sanchez dan Romelu Lukaku ke Inter Milan. Namun, performa Rashford cukup mengkhawatirkan.

Ia sempat membuat dua gol di pekan perdana melawan Chelsea. Namun, setelah itu, ia tak pernah lagi mencatatkan namanya di papan skor.

"Rashford punya talenta luar biasa. Namun dia bukan pencetak gol alami," kata Shearer seperti dilansir Metro.

"Bahkan Anda lihat sendiri manajer MU selalu menurunkan Anthony Martial sebagai penyerang tengah. Rashford lebih nyaman sebagai penyerang sayap saya pikir," ujarnya menambahkan.

 

 

Masih Bisa Berkembang

Striker MU, Marcus Rashford (kiri) berjabat tangan dengan manajer sementara MU Ole Gunnar Solskjaer (kanan) saat digantikan pada laga melawan Leicester City pada Premier League di King Power Stadium, Leicester, Minggu (3/2). (Ben STANSALL/AFP)

Meski demikian Shearer tak mau mengecilkan peran Rashford. Ia percaya striker timnas Inggris itu masih bisa berkembang.

"Saya belum dengar sendiri pendapat Rashford soal hal ini. Apakah dia nyaman bermain sebagai penyerang tengah atau penyerang sayap," ujar Shearer.

"Yang jelas MU berjudi besar dengan menjual Lukaku. Dan ini akan menjadi masalah sepanjang musim," kata Shearer.

Jadwal Liga Inggris

Jadwal Liga Inggris

Sabtu, 14 September 2019

18.30 WIB, Liverpool vs Newcastle United

21.00 WIB, Brighton Albion vs Burnley FC

21.00 WIB, Manchester United vs Leicester City

21.00 WIB, Sheffield United vs Southampton

21.00 WIB, Tottenham Hotspur vs Crystal Palace

21.00 WIB, Wolverhampton vs Chelsea

23.30 WIB, Norwich City vs Manchester City

Minggu, 15 September 2019

20.00 WIB, Bournemouth vs Everton

22.30 WIB, Watford vs Arsenal

Selasa, 17 September 2019

02.00 WIB, Aston Villa Vs West Ham

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beasiswa Bulu Tangkis PB Djarum Disetop, Warganet Gaungkan Bubarkan KPAI

Posted: 08 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beasiswa bulu tangkis dari Djarum menjadi polemik sepanjang akhir pekan. Pasalnya, Yayasan PB Djarum resmi mengumumkan pihaknya menghentikan perekrutan beasiswa bulu tangkis pada 2020.

Keputusan tersebut dilakukan setelah sebelumnya perekrutan beasiswa bulu tangkis dari perusahaan rokok di Tanah Air dianggap sebagai bentuk eksploitasi anak oleh lembaga pemerhati anak Yayasan Lentera Anak dan dan KPAI.

Hal inipun disoroti oleh warganet di media sosial. Selama akhir pekan hingga Senin (9/9/2019) pagi, masalah ini jadi perhatian warganet.

Kini, warganet menggaungkan tagar Bubarkan KPAI di Twitter, dan ini menjadi trending topic di linimasa.

Dengan tagar Bubarkan KPAI, warganet meluapkan kekecewaannya atas langkah KPAI yang memprotes beasiswa bulu tangkis tersebut.

Warganet Dukung KPAI

Komisioner KPAI Sitty Hikmawatty menyoroti eksploitasi anak oleh perusahaan rokok lewat audisi beasiswa bulu tangkis. (Yopi Makdori/Liputan6.com)

Meski begitu, selain warganet yang berteriak agar KPAI dibubarkan, ada juga warganet lainnya yang mendukung KPAI.

Pengguna dengan akun @pengawas87 mengetwit, dirinya mendukung langkah KPAI dan tidak setuju bila KPAI dibubarkan.

Kronologi Masalah

Salah seorang peserta Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2019, pada Tahap Screening yang digelar pada Minggu (28/7/2019), di GOR KONI, Bandung. (Humas Audisi Umum)

Belakangan ini beasiswa bulu tangkis dari Djarum menjadi polemik. KPAI menduga ada unsur eksploitasi anak-anak di balik beasiswa tersebut. Dalam hal ini, KPAI tidak sendirian, melainkan bersama Yayasan Lentera Anak.

Di akun Twitter resminya, Yayasan Lentera Anak menuliskan utas tentang dugaan eksploitasi anak itu pada 8 Agustus 2019 silam.

"Sejak 2006, Djarum menggelar audisi beasiswa bagi anak-anak untuk mendapatkan pelatihan bulu tangkis. Semula audisi beasiswa ini diperuntukkan bagi remaja usia 15 tahun dan pada tahun 2017 peserta audisi yang dijaring lebih muda lagi mulai di bawah usia 6 tahun," tulis Yayasan Lentera Anak.

Selama audisi berlangsung, kata Yayasan Lentera Anak, "Peserta diharuskan mengenakan kaos dengan tulisan besar "DJARUM" di bagian depan kaos dengan jenis huruf (font) & warna tulisan Djarum. Selain itu selama kegiatan berlangsung anak juga terpapar brand image Djarum."

Yayasan Lentera Anak juga menyoroti bahwa "Audisi ini membuat rokok terlihat normal, bukan sebagai produk yang berbahaya bagi kesehatan [...], sehingga jika rokok dipersepsikan sebagai bulu tangkis, mereka akan menerima (persepsi) seperti itu. Sama halnya mereka menyerap Djarum sebagai pemberi beasiswa."

Menyikapi polemik ini, PB Djarum pun menyatakan akan menghentikan Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis mulai 2020. Djarum Foundation selaku induk mengambil langkah tersebut dengan harapan polemik ini mereda.

(Tin/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: