Selasa, 03 September 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pengakuan 5 Artis tentang Masa Lalu, Ada yang Pernah Hampir Diperkosa

Posted: 03 Sep 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kesuksesan seseorang tidaklah instan. Namun perlu sebuah perjuangan yang panjang hingga meraih sukses. Tak pernah putus asa dan bangkit bila sedang terpuruk, menjadi pengalaman berharga. Tak terkecuali para artis yang jatuh bangun hingga akhirnya sukses di kemudian hari. 

Awalnya banyak artis baik penyanyi, aktor hingga presenter yang memiliki kisah masa lalu yang sulit. Namun dengan kerja kerasnya, kini para artis ini memetik buah manisnya sekarang ini.

Mungkin dahulu hanya dibayar dengan upah kecil dan dipandang sebelah mata. Namun sekarang perhatian semua orang tertuju kepadanya. Banyak dari mereka yang sebelumnya bukan siapa-siapa, kini menjadi bintang. Hal seperti inilah yang perlu menjadi sebuah pelajaran bagi kita semua untuk menjadi sukses dikemudian hari.

Berikut pengakuan 5 artis tentang masa lalunya yang pahit yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/9/2019)

1. Inul Daratista hampir diperkosa saat awal kariernya

Inul Daratista. (Kapanlagi.com/Agus Apriyanto)

Inul Daratista adalah penyanyi dangdut yang dahulu namanya melejit dengan goyang ngebornya. Namun ternyata sebelum seperti sekarang ini, Inul Daratista ternyata memiliki masa lalu yang bikin haru.

Saat ia mendapat sebuah job, ia pun sangat sangat senang. Mempersiapkan segalanya untuk jobnya, ia pun dijemput oleh seseorang dengan mobil. Sampainya di Surabaya ia pun diajak berputar-putar di jalanan dan merasa bingung.

Sesampainya di tempat mobil langsung masuk garasi dan ditutup. Saat di lokasi ia tiba, Inul baru sadar bahwa ada yang janggal. Ternyata ia diminta untuk melakukan hal yang tak senonoh. Seorang pria bahkan berusaha untuk memperkosanya di lokasi, namun ditolaknya. Inul bahkan sampai harus memohon-mohon agar dilepaskan.

2. Ari Lesmana pernah menjadi karyawan bank

Ari Lesmana, vokalis band indie Fourtwnty. (Sumber: Instagram/@ari_lesmana)

Nama Ari Lesmana beberapa waktu ini sedang menjadi perbincangan netizen. Sejak ia menjadi narasumber dalam acara Ngobrol Bareng Musisi (NGOBAM) milik Gofar Hilman baru diketahui bahwa salah satu personil Fourtwnty ini pernah jadi seoang karyawan sebelum jadi musisi.

Ari Lesmana mengaku pernah bekerja di Bursa Efek Jakarta (BEJ) selama beberapa bulan saja. Saat itu penampilan Ari Lesmana dan jauh berbeda dengan saat ini sebagai seorang musisi. Memakai pakaian rapu dan sepatu pantofel.

Setelah keluar dari BEJ, Ari Lesmana pernah bekerja di salah satu bank swasta. Sebaga karyawan bank, Ari bekerja sebagai marketing yang mempromosikan kartu kredit kepada calon nasabah. Kali ini Ari Lesmana bekerja jauh lebih lama dari pekerjaan sebelumnya

3. Ruben Onsu pernah jadi petugas kebersihan parkir Hotel

Ruben Onsu dan Sarwendah (Sumber: instagram/ruben_onsu)

Siapa sekarang yang tak mengenal Ruben Onsu. Sosok selebriti yang kini miliki banyak bisnis kuliner di berbagai kota. Sebelum sesukses seperti sekarang yang jadi presenter kondang dan pebisnis ini ternyata Ruben memiliki kisah masa lalu yang mengharukan.

Usaha yang dilakukan Ruben Onsu tidaklah instan, Ruben dahulu pernah menjadi seorang petugas kebersihan parkir di sebuah hotel di Jakarta. Setiap jam 3 pagi ia berangkat dari rumahnya dengan kereta menuju tempat kerjanya.

Pada waktu itu pun Ruben Onsu hanya mendapat upah Rp 350 ribu per bulannya. Baru pada tahun 1997, Ruben bergabung dalam sebuah acara Lenong Bocah yang ditayangkan di televisi. Meski masuk di televisi, upah yang diterimanya pun hanya sebesar Rp 5.000 setiap episodenya.

4. Soimah pernah manggung dibayar Rp 3.000 ribu

Soimah (Sumber: Instagram/showimah)

Sebagai seorang artis yang selalu tampil di layar kaca setiap hari, ternyata Soimah memiliki kisah masa lalu yang cukup berat. Butuh perjuangan untuk seperti sekarang ini.

Masa kecil Soimah yang hidup dalam lingkungan nelayan, ia pernah menjadi pembawa balok es saat masih SD dan SMP. Bahkan Soimah pun bekerja membersihkan ikan dan menjualnya ke pasar.

Walau sekarang jadi penyanyi terkenal dan sederhana, Soimah ternyata dahulu pernah dibayar Rp 3.000 setiap kali manggung. Upah tersebut ia dapatkan saat bersama dengan grup Ketoprak Tobong di sekolahnya waktu manggung.

Selepas itu, ia pun melanjutkan jenjang sekolah menengahnya di Sekolah Menengah Karawitan Indonesia, yang jadikan Soimah jago nyinden. Saat tampil nyinden, Soimah kala itu mendapat bayaran Rp 50 ribu dalam penampilannya semalam suntuk.

5. Iko Uwais pernah bekerja sebagai sopir truk

Iko Uwais dan Audy Item (Sumber: Instagram/audyitem)

Menjadi seorang aktor laga seperti sekarang ini ternyata Iko Uwai dalam meniti karirnya tidaklah instan dan langsung dalam dunia perfilman. Istri dari penyanyi Audi ini ternyata dahulunya pernah menjadi seorang sopir truk milik perusahan provider telekomunikasi.

Meski menjadi sopi truk, Iko tetap rajin berlatih silat yang kini melambungkan namanya hingga Hollywood. Awalnya dari kisah Iko dalam dunia perfilman pun dimulai dari Gareth Evans, sutradara asal Wales, ke tempat latihan Iko.

Karena terlihat memiliki potensi, Gareth Evans pun menjadi tertarik dengan profil Iko Uwais yang pada saat itu sedang membuat sebuah film dokumenter tentang pencak silat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serena Williams Petik Kemenangan ke-100 untuk Capai Semifinal AS Terbuka

Posted: 03 Sep 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, New York - Serena Williams menjadi petenis keempat yang mencapai tiga dijit kemenangan dalam satu Grand Slam  usai mencapai semifinal AS Terbuka 2019.

Williams hanya membutuhkan waktu 44 menit untuk mengalahkan Wang Qiang 6-1, 6-0 pada perempat final di Arthur Ashe Stadium, Selasa (3/9/2019) atau Rabu WIB.

Dia kini meraih 100 kemenangan di AS Terbuka, hanya tertinggal satu angka dari Chris Evert. Williams bisa menyamai capaian tersebut jika membungkam Elina Svitolina di partai selanjutnya. Svitolina menembus empat besar usai membekuk Johanna Konta 6-4, 6-4.

"Saya tidak bisa mengira bisa mencapai 100. Ini capaian spesial," kata Williams, dilansir Reuters.

Williams membungkam Nicole Pratt 6-3, 3-6, 6-4 untuk meraih kemenangan pertama di AS Terbuka pada 1998. "Saya lupa sama sekali laga tersebut. Saya ingat pernah bertemunya di Australia Terbuka," ujarnya.

Performa impresif di Flushing Meadows membawa Williams meraih gelar pada 1999, 2002, 2008, 2012, 2013, dan 2014. Total mengoleksi 23 Grand Slam, petenis berusia 37 tahun itu kini berpeluang menyamai pemilik gelar terbanyak Margaret Court.

Untuk itu, Williams harus memperbaiki mental setelah tumbang pada tiga penampilan terakhir di final Grand Slam.

Putra Hanya Federer

Roger Federer. (AP/Eduardo Munoz Alvarez)

 

Selain Williams dan Evert, petenis putri lain yang meraih tiga dijit kemenangan dalam satu Grand Slam adalah Martina Navratilova. Dia berjaya 120 kali di Wimbledon.

Pada kategori putra, hanya Roger Federer yang masuk kelompok elite. Federer memetik 101 hasil positif di Wimbledon.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berdoa di Media Sosial, Bebby Fey Malah Dihujat

Posted: 03 Sep 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bebby Fey masih menjadi perbincangan hangat warganet terkait pengakuannya yang pernah dibohongi oleh salah seorang YouTuber kenamaan Tanah Air.

Terlebih belum lama ini, Bebby Fey sempat menyambangi Komnas Perempuan untuk berkonsultasi terkait masalah yang tengah dihadapinya.

Melalui Instagramnya, Bebby Fey menanjatkan doa agar ia diberikan kesabaran dan keikhlasan untuk mengadapi permasalahan tersebut, sambil mengunggah foto dirinya mengenakan mukena usai menjalankan salat.

"Ya allah Gusti Pangeran Nyuwun Paringi Kulo Ati Sing Sabar , Jauhkan Dari Penyakit Hati . Lindungi Kulo Dimanapun Berada. Hanya Jenengan Sing Ngartos Isi Ati Kulo," tulis Bebby Fey.

Komentar Warganet

[Foto: Instagram ]

Bukannya mendapat dukungan, Bebby Fey malah dihujani hujatan dari warganet, karena unggahannya dianggap mencari sensasi. Bahkan ada yang mengingatkan Bebby Fey agar tidak berdoa di media sosial.

"Kalau mau terkenal itu berprestasi dong mbk jangan merusak nama orang lain mbk nya aja ga ada di follow sama youtubeers nya😂," tulis akun @juniariani_

"Opo seh sholat mbok pamerno. Manfaat e yo opo? Gusti pengeran ra maen ig mbak :)," tulis akun @sabrang_2132.

"Berdoa itu langsuang ke Tuham mbak. Bukannya diketik dan di share di instagram, emank Tuhan punya ig? Coba hastag," tulis akun @rendy.agustin.w

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu Pelaku Penyiraman Air Keras ke Guru Ngaji Masih di Bawah Umur

Posted: 03 Sep 2019 10:39 PM PDT

Patroli Indosiar, Tangerang - Dua tersangka penyiraman air keras terhadap seorang guru ngaji di Teluknaga, Tangerang, dibekuk polisi. Pelaku yang berjumlah dua orang, kala itu sengaja mencegat korban saat pulang dari acara.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (4/9/2019), Romli (33) adalah dalang di balik penyiraman air keras tersebut.

Sementara, eksekutornya dilakukan oleh AG, rekan pelaku yang masih di bawah umur. Kepada polisi, tersangka Romli mengaku sakit hati kepada korban.

Saat ini polisi tengah memeriksa keterangan istri korban, guna mengetahui apakah ada keterlibatannya dengan penyiraman air keras terhadap sang suami.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

GSMA: 5G Bisa Dukung Perkembangan Ekonomi Negara Asia Pasifik

Posted: 03 Sep 2019 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Chengdu - Saat ini, beberapa negara sudah mulai menggunakan jaringan 5G, di antaranya Jepang, Korea, dan Tiongkok. Hal tersebut disampaikan oleh The Head of Greater China and Head of Asia, GSMA, Sinan Chen Bo dalam acara Huawei Asia-Pacific Innovation Day ke-5 di Chengdu, Tiongkok, Selasa (3/9/2019).

Menurutnya, keunggulan 5G tidak hanya terletak pada kecepatannya, tetapi juga jaringannya yang fleksibel. Dia menilai, jaringan 5G berperan besar untuk mendukung perkembangan ekonomi negara, terutama negara-negara di Asia Pasifik.

"Hingga kuartal kedua 2019, 86 operator dari 56 negara mengumumkan tanggal peluncuran layanan mobile 5G. Tidak hanya untuk menghadirkan pengalaman lebih baik, jaringan 5G juga akan berperan dan berkontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara," ujar Sinan.

Dia juga menyebut, lebih dari separuh koneksi jaringan 5G dunia akan dapat ditemukan di negara di Asia Pasifik.

"GSMA memprediksi, ada sekitar 54 persen total koneksi selain Internet of Things (IoT) pada tahun 2025 mendatang dan akan berkontribusi senilai USD 890 miliar," ucapnya.

 

Revolusi Industri 4.0

Menurut Sinan, operator di Asia Pasifik akan menginvestasikan sebanyak lebih dari USD 500 miliar pada belanja modal keseluruhan di periode yang sama, lebih banyak dari operator di wilayah lainnya. Dia menekankan, 5G tidak hanya soal membangun saja, tetapi juga penggunaannya.

"Revolusi industri 4.0 menjadi salah satu momentum tepat untuk mendorong pemanfaatan 5G dalam membangun industri dan ekosistem," kata dia.

Berkat jaringan ini, lanjut Sinan, hal-hal mulai dari robotika, machine learning, dan lainnya, dapat dilakukan secara otomatis dan efisien. Dia juga mengatakan, jaringan 5G tidak hanya dapat dimanfaatkan pada sektor industri, tetapi juga sektor lainnya seperti listrik.

"Dengan jaringan ini, tugas inspeksi daya dapat dilakukan secara otomatis. Jaringan ini mampu menginspeksi sebanyak 50 jalur listrik secara otomatis," pungkas Sinan.

Dengan demikian, sambung dia, hasil inspeksi dapat dikirim secara lebih cepat, sehingga menghemat waktu.

(Devira/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian Agama Surabaya Minta Maaf soal Duplikat Buku Nikah Kena Biaya

Posted: 03 Sep 2019 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Kementerian Agama Surabaya meminta maaf atas ketidaknyamanan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini usai unggahan di  media sosial mengenai pengurusan duplikat buku nikah di KUA Karang Pilang, Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Informasi soal pengurusan duplikat buku nikah di KUA Karang Pilang Surabaya, Jawa Timur tersebut diunggah di twitter oleh akun @apriskaafiolita pada 2 September 2019.

Ia menulis kalau saat mengurus duplikat buku nikah dikenakan biaya Rp 250 ribu. Padahal tertulis di dinding KUA duplikat buku nikah = Rp 0.

"minggu lalu kami kena, musibah, SEMUA DOKUMEN habis. Hari ini akan mengurus ke KUA utk duplikat buku nikah. Ternyata dikenakan biaya untuk duplikat buku nikah Rp 250.000. Padahal tertulis di dinding KUA:Duplikat Buku Nikah=0," tulis dia.

Ia juga memberikan informasi kalau persyaratan juga sangat tidak dimudahkan. Harus bawa copy buku nikah, KTP, KK asli. Ia pun mencari informasi mengenai apakah memang biaya duplikat itu resmi atau tidak.

Unggahan Apriska pada 2 September 2019 tersebut pun menjadi viral. Unggahan Apriska telah diretweet 12 ribu kali hingga artikel ini dibuat.

Hal tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Kementerian Agama Kota Surabaya. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya, Husnul Maram langsung menindaklanjut sesuai regulasi. Ia menuturkan, kalau pihaknya mengambil pelajaran kasus ini dan menyampaikan tiga hal terkait kasus tersebut.

"Kami mohon maaf kepada masyarakat bila ada petugas yang menyimpulkan ketidaknyamanan dalam memberi pelayanan dan akan lebih mawas diri serta terbuka menerima masukan, kritikan dari masyarakat demi pelayanan lebih baik," ujar dia Selasa, 3 September 2019.

Ia juga menuturkan, kalau pengurusan duplikat buku nikah tidak ada biaya sama sekali alias gratis. "Kepada saudari Apriska Afiolita dipersilahkan untuk mengurus duplikat buku nikah ke KUA Karang Pilang. Kami akan melayani sesuai dengan regulasi," ujar dia.

"Masalah ini menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kami dan semoga pelayanan serta kinerja kami akan lebih baik lagi di masa yang akan datang," kata dia.

Urus Duplikat Buku Nikah Kena Biaya Rp 250 Ribu Jadi Sorotan

Petugas Kementerian Agama (Kemenag) menunjukan buku dan kartu nikah di kantor Kemenag, Jakarta, Rabu (14/11). Dalam kartu nikah itu sudah tercantum berbagai informasi pernikahan seseorang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kantor Urusan Agama (KUA) Karangpilang Surabaya, Jawa Timur mendapatkan sorotan pada awal pekan ini. Hal itu usai ada unggahan di media sosial twitter pada 2 September 2019 yang menunjukkan ada biaya untuk mengurus duplikat buku nikah.

Informasi tersebut diunggah lewat twitter oleh @apriskafiolita. Ia menulis kalau saat mengurus duplikat buku nikah dikenakan biaya Rp 250 ribu. Padahal tertulis di dinding KUA duplikat buku nikah = Rp 0.

"minggu lalu kami kena, musibah, SEMUA DOKUMEN habis. Hari ini akan mengurus ke KUA utk duplikat buku nikah. Ternyata dikenakan biaya untuk duplikat buku nikah Rp 250.000. Padahal tertulis di dinding KUA:Duplikat Buku Nikah=0," tulis dia.

Ia juga memberikan informasi kalau persyaratan juga sangat tidak dimudahkan. Harus bawa copy buku nikah, KTP, KK asli. Ia pun mencari informasi mengenai apakah memang biaya duplikat itu resmi atau tidak.

Unggahan apriska tersebut pun menjadi viral. Unggahan itu telah retweet sebanyak 10 ribu kali hingga artikel ini dibuat.Unggahan apriska pun ditanggai oleh Kementerian Agama. Lewat akun twitter Kementerian Agama disebutkan kalau pihaknya akan menindaklanjuti untuk memastikan tidak boleh ada pungli dalam layanan masyarakat.

"Terima kasih atas informasinya kami tindak lanjuti ke satker tersebut untuk memastikan tidak boleh ada pungli dalam layanan masyarakat" tulis admin Kementerian Agama.

Tak hanya itu, Menteri Agama Lukman Saifuddin dan Alissa Wahid juga merespons Apriska lewat twitter.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahan Utama Baterai Kendaraan Listrik Melimpah di Indonesia

Posted: 03 Sep 2019 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah semakin gencar mendorong hadirnya industri kendaraan listrik di Indonesia. Tidak hanya bicara soal mobil dan motor ramah lingkungan, namun peluang bisnis industri baterai.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menegaskan 80 persen bahan baku pembuatan baterai kendaraan listrik ada di Indonesia.

"Nickel ore dulu tidak bisa dibuat apa-apa. Sekarang dengan teknologi baru bisa menjadi absorb cobalt dan ini merupakan material utama lithium baterai. Sekarang lithium baterai itu sampai 80 persen ada di Indonesia," kata Luhut di Balai Kartini, Jakarta.

Melihat hal tersebut, pemerintah yakin pembuatan baterai kendaraan listrik bisa dilakukan di Indonesia, sehingga Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) semakin optimal.

"Sekarang kita lihat (bahan baku ada), kenapa tidak dibuat langsung (baterai) di Indonesia," ujar Luhut.

 

Bukan Wacana

Menggandeng sedikitnya empat perusahaan terkemuka, Luhut yakin pembangunan pabrik baterai untuk kendaraan listrik bukan sekedar wacana.

"Kami akan melibatkan Panasonic, LG, Mercedes-Benz, VW, karena semua mereka punya kepentingan di sini. Jadi bukan Cina lagi, tapi semua yang memiliki kepentingan sama untuk mencari efisiensi masalah lingkungan, masalah pengurangan energi fosil," tutur Luhut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terus Dicadangkan di MU, Matic Bermasalah dengan Solskjaer?

Posted: 03 Sep 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Gelandang Manchester United (MU), Nemanja Matic mengaku tak punya masalah pribadi dengan sang manajer, Ole Gunnar Solskjaer. Gelandang berusia 31 tahun ini mengatakan menghormati keputusan Solskjaer untuk tidak memainkannya.

Liga Inggris 2019/20 telah berlangsung empat pekan. Namun Matic baru tampil sekali bagi MU di pekan keempat, itu pun sebagai pemain cadangan.

Hal tersebut menimbulkan rumor kalau sang gelandang tak masuk rencana Solskjaer. Namun Matic memastikan kabar itu tak benar.

"Saya bekerja keras semampu saya, kami menghormati keputusannya. Merupakan kewajiban saya untuk menunjukkan dia salah dan membawa saya lagi ke skuat utama,"kata Matic seperti dilansir Sportskeeda.

"Tidak ada masalah dengan dia (Solskjaer, red). Saya bilang kepadanya, saya tidak setuju dengannya. Tetapi dia lah yang memutuskan susunan pemain," ujar Matic menambahkan.

Matic sebelumnya hampir tak tergantikan di lini tengah MU. Namun di era Solskjaer, gelandang asal Serbia itu tergantikan oleh pemain muda Scott McTominay.

 

 

Memaklumi

Gelandang Manchester United, Nemanja Matic (Glyn KIRK/AFP)

Matic menambahkan, dirinya memaklumi keputusan Solskjaer. Selama 10 tahun di sepak bola, kata Matic, pergantian pemain merupakan hal yang normal.

"Supaya saya bermain, pemain lain harus duduk di bangku cadangan dan itu Anda harus terima. Begitu lah yang terjadi dengan saya," kata Matic.

"Pelatih harus mengutamakan tim dan harus berjuang untuk trofi. Jika dia tidak menang, dia harus bertanggungjawab," ujarnya mengakhiri.

Statistik Nemanja Matic di MU

2017/18: 49 main, 2 gol

2018/19: 38 main, 1 gol

2019/20: 1 main, 0 gol

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi 'Selebgram', Ini 6 Potret Ludwik Si Babi Mungil Asal Afrika Barat

Posted: 03 Sep 2019 10:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Ketika mendengar nama babi, biasanya yang terlintas di pikiran adalah binatang yang punya moncong panjang, identik dengan warna merah muda, gemuk atau bahkan binatang yang kotor. Namun anggapan umum seperti itu tidak ada pada binatang babi asal Guinea, Afrika Barat. Dan bagaimana jika babi itu jadi selebgram? 

Babi asal pesisir pantai di Afrika Barat ini benar-benar unik. Salah satu babi asal Guinea ini bahkan menjadi selebgram di media sosial lantaran bentuknya yang unik dan menggemaskan.

Namanya Ludwik, dimana dulunya ia adalah binatang peliharaan yang ditinggalkan, tetapi kini berubah menjadi 'selebriti' di Instagram. Kini ia mempunyai follower sebanyak 275 ribu dengan 1.000 lebih foto unggahan.

Berikut ini 6 potret Ludwik, si babi selebgram asal Guinea, Afrika barat yang punya tubuh mungil yang jadi selebriti medsos kurang dari setahun, dilansir oleh Liputan6.com, Rabu (4/8/2019) dari Instagram @ludwik_guinea_pig. 

1. Ludwik adalah salah satu jenis babi asal Afrika barat yang jarang disorot masyarakat luas.

Punya bentuk tubuh mungil, Ludwik si babi unik asal Afrika Barat jadi selebgram. (Sumber: Instagram/@ludwik_guinea_pig)

2. Ludwik menjadi selebgram karena punya bentuk tubuh yang unik nih!

Punya bentuk tubuh mungil, Ludwik si babi unik asal Afrika Barat jadi selebgram. (Sumber: Instagram/@ludwik_guinea_pig)

3. Di Instagram, Ludwik sudah punya pengikut sebanyak 275 ribu lho!

Punya bentuk tubuh mungil, Ludwik si babi unik asal Afrika Barat jadi selebgram. (Sumber: Instagram/@ludwik_guinea_pig)

4. Pemilik Ludwik, sering mengunggah fotonya dengan berbagai gaya dan tema lucu.

Punya bentuk tubuh mungil, Ludwik si babi unik asal Afrika Barat jadi selebgram. (Sumber: Instagram/@ludwik_guinea_pig)

5. Lewat media sosial juga, pemiliknya ingin menyerukan untuk menjaga dan menyayangi binatang.

Punya bentuk tubuh mungil, Ludwik si babi unik asal Afrika Barat jadi selebgram. (Sumber: Instagram/@ludwik_guinea_pig)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Darmin Sebut Fintech Rentan Pencucian Uang

Posted: 03 Sep 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, financial technologi atau fintech rentan risiko pencucian uang. Hal tersebut pun menjadi salah satu tantangan pengembangan fintech di Indonesia.

"Indikasi penyalahgunaan data ini sudah banyak, kemudian juga fintech rentan risiko pencucian uang," ujar Menko Darmin di Gedung Dhanapala, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Dengan adanya potensi tersebut, pemerintah berupaya membuat manajemen risiko melalui regulasi pengaturan fintech tanpa menghambat perkembangannya di Indonesia. Dalam hal ini, pemerintah menggandeng Bank Indonesia dan OJK.

"Dukungan pemerintah dan otoritas pengembangan fintech ini menyeimbangkan mitigasi risiko dan membuka ruang inovasi serta memberi pemahaman mengenai landscape dan ekosistem industri ini," jelas Menko Darmin.

Menko Darmin melanjutkan, fintech merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendorong inklusi keuangan. Sebab, dengan adanya fintech masyarakat lebih mudah terhubung dengan perbankan dalam rangka membuka rekening dan pemanfaatannya.

"Fintech jauh lebih ampuh dalam mendorong keuangan inklusif, perbankan akan bisa membantu masyarakat membuka rekening," paparnya. 

Tak Ingin Pasar Direbut Fintech, Ini Pesan Gubernur BI ke Perbankan

Gubernur BI Perry Warjiyo (tengah) dan jajaran Dewan Gubernur memberi keterangan kepada media di Jakarta, Kamis (22/8/2019). Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI memutuskan untuk menurunkan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 5,50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Maraknya digitalisasi layanan keuangan membuat Bank Indonesia (BI) mempersiapkan langkah dalam melawan efek sampingnya, yakni shadow banking. Kehadiran shadow banking adalah akibat layanan keuangan yang tak diregulasi sehingga membahayakan konsumen. Kini, shadow banking menjamur akibat fintech ilegal.

Gubernur BI Perry Warjiyo berkata perlu ada aksi proaktif dari perbankan, yakni lewat digitalisasi. Nantinya perbankan digital harus terkoneksi fintech agar pengawasan bisa berjalan.

"Perlu tetap menempatkan digitalisasi perbankan sebagai core atau inti dalam integrasi tadi. Makanya kita dorong perbankan digitalisasinya agar terus berkembang pesat. Juga bagaimana fintech itu interlink dengan perbankan supaya tidak terjadi perbankan maya atau shadow banking," ujar Gubernur BI di Bali, Kamis (29/8/2019).

Indonesia sendiri tengah mengalami pertumbuhan fintech yang pesat. Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) menyebut mereka hanya punya enam anggota di tahun 2016, kini mereka sudah punya 250 anggota.

 

Seberapa Besar Ancamannya?

Ilustrasi fintech. Dok: sbs.ox.ac.uk

Lantas seberapa besar ancaman shadow banking di Indonesia? Kepala BI Insitute Solikin M. Juhro berkata ancaman di Indonesia masih minim ketimbang negara lain seperti China yang fintech-nya sudah amat besar, tetapi perbankan memang harus gencar melakukan digitalisasi untuk antisipasi.

"Perbankan harus digitalize. Integrasikan fintech dengan perbankan supaya enggak ada fintech liar tapi dia operated berdasarkan praktik perbankan yang terdigitalisasi. Integrate fintech and conventional banking," ujar Solikin.

Gubernur Perry menyebut mendukung penuh digitalisasi, baik itu untuk start up atau UMKM. Akan tetapi inovasi dalam hal perlindungan konsumen dan melawan risiko digital juga tidak boleh tertinggal, serta ekonomi digital harus fokus pada kepentingan nasional.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jadi Tersangka, KPK Imbau Dirut PTPN III Serahkan Diri

Posted: 03 Sep 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Direktur Utama PTPN III, DPU sebagai tersangka kasus dugaan suap. DPU diimbau segera menyerahkan diri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anjing Bima Aryo Tewaskan ART, Garda Satwa Foundation Angkat Bicara

Posted: 03 Sep 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bima Aryo, presenter salah satu acara petualangan, beberapa waktu lalu telah resmi menikah dengan kekasihnya, Rasyena Hikmayudi. Namun dibalik kabar bahagia itu rupanya juga ada kabar duka.

Beberapa hari jelang pernikahannya, anjing milik Bima Aryo diketahui menyerang asisten rumah tangganya hingga berujung tewas karena kehabisan darah. Berita tersebut kemudian ramai dibicarakan masyarakat.

Terkait hal tersebut, Garda Satwa Foundation angkat bicara. Sebelumnya diketahui memang pihak dari Garda Satwa Foundation memiliki kedekatan dengan Bima Aryo. Terbukti saat pernikahan Bima Arya pun perwakilan Garda Satwa Foundation hadir.

Terlepas dari kedekatan tersebut, Garda Satwa Foundation tetap menyayangkan musibah yang menimpa ART Bima Aryo tersebut, "selamat malam teman-teman. Terkait kasus anjing menyerang ART, kami sangat menyayangkan hal tersebut terjadi. Kami juga turut berbelasungkawa atas musibah ini. Tak ada satupun dari kita semua, baik dari pemilik, korban dan tentunya kita semua menginginkan hal ini terjadi," tulis akun Garda Satwa Foundation melalui unggahan Instagram pada Selasa (3/9/2019).

 

Pelajaran

Kedekatan Bima Aryo dengan Anjing Peliharaannya (sumber: Instagram.com/bimaaryo)

Pihak Garda Satwa Foundation sendiri menyatakan telah melakukan komunikasi langsung dengan Bima Aryo.

Lebih lanjut, pihak Garda Satwa Foundation mengimbau agar masalah ini bisa menjadi pelajaran kepada seluruh masyarakat untuk selalu mengedepankan keselamatan dalam memelihara anjing.

"Anjing Kak Bima hari ini dibawa oleh DKPKP karena sudah menjadi prosedur jika terjadi hal seperti ini. Semoga hal ini bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua, agar tetap mengedepankan keselamatan agar tidak menjadi bahaya bagi diri pribadi, keluarga, atau orang lain🙏🙏🙏," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampakan Ikan Mati di Waduk Gajah Mungkur

Posted: 03 Sep 2019 10:24 PM PDT

Bangkai ikan yang mengering berserakan di pinggiran Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Selasa (3/9/2019). Musim kemarau di Jawa Tengah menjadi terparah dalam lima tahun terakhir hingga menyebabkan menyusutnya volume air Waduk Gajah Mungkur dan banyak ditemukannya ikan mati. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Bangkai ikan yang mengering berserakan di pinggiran Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Selasa (3/9/2019). Musim kemarau di Jawa Tengah menjadi terparah dalam lima tahun terakhir hingga menyebabkan menyusutnya volume air Waduk Gajah Mungkur dan banyak ditemukannya ikan mati. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kondisi ikan mati terlihat di pinggiran Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Selasa (3/9/2019). Musim kemarau di Jawa Tengah menjadi terparah dalam lima tahun terakhir hingga menyebabkan krisisnya volume air Waduk Gajah Mungkur dan banyak ditemukannya ikan mati terdampar. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kondisi ikan mati terlihat di pinggiran Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Selasa (3/9/2019). Musim kemarau di Jawa Tengah menjadi terparah dalam lima tahun terakhir hingga menyebabkan krisisnya volume air Waduk Gajah Mungkur dan banyak ditemukannya ikan mati terdampar. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kondisi ikan mati terlihat di pinggiran Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Selasa (3/9/2019). Musim kemarau di Jawa Tengah menjadi terparah dalam lima tahun terakhir hingga menyebabkan krisisnya volume air Waduk Gajah Mungkur dan banyak ditemukannya ikan mati terdampar. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kondisi ikan mati terlihat di pinggiran Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Selasa (3/9/2019). Musim kemarau di Jawa Tengah menjadi terparah dalam lima tahun terakhir hingga menyebabkan krisisnya volume air Waduk Gajah Mungkur dan banyak ditemukannya ikan mati terdampar. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kondisi ikan mati terlihat di pinggiran Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Selasa (3/9/2019). Musim kemarau di Jawa Tengah menjadi terparah dalam lima tahun terakhir hingga menyebabkan krisisnya volume air Waduk Gajah Mungkur dan banyak ditemukannya ikan mati terdampar. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kondisi ikan mati terlihat di pinggiran Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Selasa (3/9/2019). Musim kemarau di Jawa Tengah menjadi terparah dalam lima tahun terakhir hingga menyebabkan krisisnya volume air Waduk Gajah Mungkur dan banyak ditemukannya ikan mati terdampar. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kondisi ikan mati terlihat di pinggiran Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Selasa (3/9/2019). Musim kemarau di Jawa Tengah menjadi terparah dalam lima tahun terakhir hingga menyebabkan krisisnya volume air Waduk Gajah Mungkur dan banyak ditemukannya ikan mati terdampar. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kondisi ikan mati terlihat di pinggiran Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Selasa (3/9/2019). Musim kemarau di Jawa Tengah menjadi terparah dalam lima tahun terakhir hingga menyebabkan krisisnya volume air Waduk Gajah Mungkur dan banyak ditemukannya ikan mati terdampar. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Bangkai ikan yang mengering berserakan di pinggiran Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Selasa (3/9/2019). Musim kemarau di Jawa Tengah menjadi terparah dalam lima tahun terakhir hingga menyebabkan menyusutnya volume air Waduk Gajah Mungkur dan banyak ditemukannya ikan mati. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Bangkai ikan yang mengering berserakan di pinggiran Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Selasa (3/9/2019). Musim kemarau di Jawa Tengah menjadi terparah dalam lima tahun terakhir hingga menyebabkan menyusutnya volume air Waduk Gajah Mungkur dan banyak ditemukannya ikan mati. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OTT Bupati Bengkayang, KPK Amankan 7 Orang

Posted: 03 Sep 2019 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tujuh orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Tujuh orang yang ditangkap yakni Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkayang, Obaja, Kepala Dinas (Kadis) PUPR Bengkayang Aleksius, dan pihak swasta.

Saat ini, Bupati Bengkayang dan empat orang lainnya sudah berada di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, untuk menjalani proses pemeriksaan intensif. Sementara dua orang lainnya, sedang dibawa dari Pontianak ke Jakarta.

"5 orang termasuk Bupati, pejabat Pemkab lain sudah di KPK. 2 lainnya dibawa pagi ini ke KPK dari Pontianak. Mereka sedang proses pemeriksaan secara intensif," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (4/9/2019).

Sita Uang Ratusan Juta

Selain mengamankan tujuh orang, tim juga menyita uang ratusan juta rupiah dari operasi senyap di Bengkayang. Uang tersebut diduga bukti suap terkait pengurusan proyek di Bengkayang.

"Ada uang ratusan juta yang kami amankan sebagai barang bukti. Diduga ada transaksi terkait proyek di Pemkab Bengkayang‎," ucapnya.

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum pihak-pihak yang diamankan tersebut.

"Rencananya, KPK akan mengumumkan status hukum pihak-pihak yang diamankan tersebut pada sore ini," kata Febri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Foto Absurd Profil Tinder Ini Kocaknya Bikin Jodoh Makin Jauh

Posted: 03 Sep 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka kemajuan teknologi ternyata juga bisa mendapatkan tambatan hati? Ya, munculnya beragam aplikasi kencan online jadi buktinya. Sekarang kamu hanya download, swipe-swipe dan mungkin kamu bisa menemukan tambatan hatimu. 

Berbicara tentang kencan online, sebagian orang mungkin langsung terbayang aplikasi Tinder. Aplikasi Tinder ini memang masih menjadi primadona aplikasi mencari teman kencan online, di mana sang penggunanya cukup menggungah foto terbaiknya dan tinggal geser sebagai tanda suka atau tidak suka.

Wajar bila penggunanya berlomba-lomba untuk memajang foto terbaik mereka sebagai foto profil mereka. Tapi gimana ya jadinya kalau foto profil yang dipasang justru nyelenh dan absurd abis? Waduh, kalau gitu bisa-bisa jodoh makin jauh nih! 

Seperti apa sih nyelenhnya? Dari pada penasaran, langsung aja lihat foto-fotonya yang Liputan6.com rangkum dari beberapa sumber, Rabu (4/9/2019) 

1. Marah, apakah kamu sedang marah? Kenapa mukanya dilakban semua?

Foto Absurd Profil Tinder  (Sumber: Twitter/@stormyseayy)

2. Ayo coba tebak dia yang mana?

Foto Absurd Profil Tinder  (Sumber: Twitter/  @wochenendeus

3. Bang Fajar, kasih tahu rahasia sampo kamu dong~

Foto Absurd Profil Tinder  (Sumber: Twitter/@abaxng)

4. Ini maksudnya gimana ya, kan sudah menikah.......

Foto Absurd Profil Tinder  (Sumber: Twitter/@rezkysss

5. Cara cepat mendapatkan badan six pack dalam hitungan detik!

Foto Absurd Profil Tinder  (Sumber: Twitter/@athiyadizzle

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Goo Hye Sun Tak Mau Cerai dari Ahn Jae Hyun karena Kucing Peliharaan

Posted: 03 Sep 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Meski kerap menyerang Ahn Jae Hyun di media sosial, Goo Hye Sun beberapa kali mengungkapkan bahwa ia tak ingin bercerai. Publik pun bertanya-tanya alasan Goo Hye Sun mati-matian mempertahankan rumah tangganya.

Pelan-pelan mulai terkuak penyebab sang aktris ogah bercerai. Salah satunya ternyata karena kucing peliharaannya yang bernama Anju.

Hal ini diungkapkan Goo Hye Sun lewat Instagram miliknya, Senin (3/9/2019).

"Anju. Kucing ini menghabiskan waktu lebih lama denganku dan merupakan peliharaan kesayanganku. Dia tak pernah sekali pun memberi makan atau membersihkan kotoran kucing tapi saat mengumumkan perceraian kami dia mengambil kucing ini, jadi kami tak bisa bercerai," tutur Goo Hye Sun, seperti dilansir dari Soompi.

 

Kucing Peliharaan Ahn Jae Hyun

Anju, kucing peliharaan Ahn Jae Hyun (Instagram/ aagbanjh)

Anju sendiri, dikenal sebagai kucing yang dipelihara Ahn Jae Hyun sejak 2014. Saat aktor Blood ini menikah dengan Goo Hye Sun pada 2016, Anju dibawa serta dan menjadi peliharaan bersama.

Namun Goo Hye Sun memberikan pernyataan tambahan dalam caption-nya. "Aku sudah membesarkan kucing ini sebelum pernikahan kami," tuturnya.

 

Menunggu Anju

Goo Hye Sun tengah menjalani perawatan di rumah sakit. (via. AllKpop)

Unggahan ini lantas dihapus oleh Goo Hye Sun. Sebagai gantinya, ia mengunggah informasi soal pre-order buku terbaru yang ia tulis, I Am Your Pet. Namun, pada akhir unggahan ini ia kembali menulis tentang Anju.

"Terima kasih sudah memberiku semangat. (Menunggu Anju pulang...)."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ART Tewas Digigit Anjing, Polisi Berencana Panggil Presenter Bima Aryo

Posted: 03 Sep 2019 10:19 PM PDT

Patroli Indosiar, Jakarta Polisi terus menyelidiki kasus tewasnya seorang asisten rumah tangga (ART) bernama Yayan akibat diterkam oleh anjing peliharaan majikannya. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (4/9/2019), Polsek Cipayung berencana melakukan pemanggilan anak pemilik rumah, Bima Aryo, yang sebelumnya tak bisa hadir karena berada di luar kota.

Pemeriksaan dilakukan untuk melengkapi berkas penyelidikan terkait penyerangan anjing pemburu jenis malinois.

Sejauh ini polisi telah memeriksa empat orang sebagai saksi. Nantinya tersangka akan dikenakan pasal tentang kelalaian yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa.  

"Kalau untuk kasusnya masih dalam tahap penyelidikan. Untuk undangan kedua akan kami layangkan," Kapolsek Cipayung Kompol Abdul Rosyid.  

Kini, beberapa anjing peliharaan Bima Aryo juga telah dibawa ke Taman Margsatwa Ragunan untuk menjalani observasi.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: RS Polri Identifikasi 4 Korban Kecelakaan Maut Cipularang

Posted: 03 Sep 2019 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim forensik rumah sakit Polri Kramatjati akan mengidentifikasi 4 jenazah korban kecelakaan maut di Tol Cipularang yang dikirim dari RS MH Thamrin Purwakarta. Tim forensik akan mengidentifikasi korban berdasarkan data antemortem yang dikumpulkan dari keluarga korban.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Haru Mewarnai Saat Tahanan Narkoba Menikah di Mapolres Perak Surabaya

Posted: 03 Sep 2019 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sempat batal nikah karena lebih dulu ditangkap atas kasus penggunaan narkoba jenis sabu, pemuda warga Sawahan Surabaya, akhirnya melangsungkan prosesi sakral pernikahan dengan sang kekasih di kantor polisi, Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Usai menggelar akad nikah, keluarga kedua mempelai tak bisa menahan haru.

Suasana bahagia bercampur haru menyelimuti prosesi akad nikah IK, tersangka kasus narkoba dengan wanita pujaannya PR. Yang dilaksanakan di Masjid Al Hidayah, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Usai menggelar proses akad nikah, tersangka kasus sabu ini, tak kuasa menahan tangis sambil merunduk meminta maaf, dan mencium kaki orangtuanya. Kedua keluarga mempelai yang turut hadir menyaksikan prosesi akad nikah anaknya, juga larut dalam haru sekaligus bahagia. Demikian seperti ditayangkan program Liputan6.

Pihak Satreskoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, sengaja memberikan fasilitas untuk acara pernikahan atas permintaan keluarga tersangka. Ini karena sebelumnya tersangka yang merencanakan pernikahan ini gagal, setelah lebih dulu tertangkap mengkonsumsi sabu bersama ayah tirinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenperin Keluhkan Kelakuan Investor Tekstil China di Indonesia

Posted: 03 Sep 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong kolaborasi antar sektor agar bisa mengembangkan industri otomotif, tekstil dan produk tekstil (TPT), dan alas kaki. Kolaborasi dipandang penting dalam menambah kontribusi industri ke perekonomian dengan target 19,3 persen di tahun 2024.

Pihak Kemenperin berkata industri tekstil di Indonesia masih lebih kuat ketimbang Vietnam dan Bangladesh karena hulu dan hilir masih dikuasai lokal. Namun, Kemenperin memantau investor tekstil China yang malah enggan bekerja sama dengan perusahaan dalam negeri.

Hal itu dinilai bertentangan dengan semangat investasi kolaboratif dan menyebabkan distorsi di dunia industri.

"Pengalaman di industri tekstil dan alas kaki, banyak investor China masuk akuisisi di Jateng dan Jabar, tapi mereka enggan kerja sama dengan perusahaan dalam negeri," ucap Muhdori, Direktur Industri Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki Kementerian Perindustrian pada Rabu (4/9/2019) di Jakarta.

Lebih lanjut, Kemenperin menyebut industri tekstil pada umumnya masih dikuasai lokal dari hulu sampai hilir. Ini menghilangkan kekhawatiran bahwa investasi akan lari ke luar negeri, sebab pelaku industru masih orang Indonesia.

"Menurut analisis kami, yang di Vietnam dan Bangladesh kekokohannya itu tak sebagus di Indonesia karena di Indonesia terintegrasi dari hulu dan hilir dan pelakunya saudara-saudara kita, dan tak mungkin rezekinya dialihkan ke luar," ujar Muhdori.

Pihak Kemenperin pun mendukung adanya kolaborasi dengan berbagai pihak dan percaya bisa memajukan industri dengan mengandalkan perusahaan yang sudah eksisting. Kemudian ditambah sentuhan teknologi revolusi industri 4.0 dan pengembangan pendidikan vokasi.

Peran Aktif Bank BRI Dukung Ekspor Tekstil dan Garmen ke Amerika Serikat

Kapas Amerika Serikat menyerbu Indonesia dan diserap oleh industri tekstil sebagai salah satu dampak dari perang dagang Amerika-Cina. (Liputam6.com/ Switzy Sabandar)

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui Unit Kerja Luar Negerinya, BRI New York Agency menyelenggarakan "2019 US Cotton Special Trade Mission from Indonesia Reception" pada Minggu (21/7) lalu. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Cotton Council International (CCI) Amerika Serikat, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) serta 20 pimpinan perusahaan tekstil dan garmen Indonesia, bertempat di Omni Berkshire Place Hotel, Manhattan, New York.

General Manager BRI New York Agency (BRINYA) Tri Hartono mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud peran aktif Bank BRI dalam mendukung program pemerintah RI untuk memacu pertumbuhan ekspor, khususnya di sektor non-migas.

Kegiatan ini menjadi salah satu agenda delegasi API dalam misi dagangnya ke Amerika Serikat yang diantaranya akan melaksanakan pertemuan bisnis dengan CCI Amerika Serikat, produsen kapas serta pembeli utama tekstil dan garmen Indonesia di beberapa negara bagian, untuk membahas impor kapas dan ekspor tekstil dan garmen Indonesia.

Pada kegiatan tersebut, Chairman Badan Pengurus Nasional Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat, menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung dan berkontribusi terhadap program Pemerintah RI dalam menyeimbangkan posisi neraca perdagangan antara Indonesia dan Amerika Serikat melalui peningkatan volume ekspor tekstil dan garmen disamping impor kapas dari Amerika Serikat yang telah berjalan hingga saat ini.

Amerika Serikat sendiri saat ini tercatat sebagai negara tujuan utama ekspor tekstil dan garmen Indonesia dengan nilai mencapai US$4.7 milyar ditahun 2018, disusul Jepang dan China.

 

Potensi Ekspor

Kementerian Perindustrian optimistis kinerja industri tekstil dan produk tekstil nasional akan gemilang seiring pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini yang berpotensi terus membaik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Disamping itu, API juga melihat masih besarnya potensi ekspor tekstil dan garmen Indonesia ke Amerika Serikat dikarenakan volume impor tekstil dan garmen Amerika Serikat dari Indonesia saat ini masih berada dikisaran 5% dari volume total impor tekstil dan garmen Amerika Serikat, padahal kualitas tekstil Indonesia sangatlah kompetitif disamping utilisasi dari kapasitas produksi yang memang belum optimal.

Menanggapi hal tersebut, Tri Hartono menyampaikan kesiapan dan dukungan BRI untuk menjembatani perdagangan antara pengusaha tekstil dan garmen di Indonesia dengan business partner-nya yang berada di Amerika Serikat, dalam hal ini terkait dengan penyediaan jasa perbankan baik dari sisi fasilitas pendanaan maupun layanan finansial lainnya seperti trade finance dan payment services yang dapat memperlancar aktifitas ekspor dan impor antar kedua negara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Tersangka, Dirut PTPN III Menyerahkan Diri ke KPK

Posted: 03 Sep 2019 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) (Persero) Dolly Pulungan menyerahkan diri ke Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia menyerahkan diri usai ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap distribusi gula.

"Menyerahkan diri ke KPK dini hari tadi," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Febri mengatakan Dolly masih menjalani pemeriksaan secara intensif.

Sementara itu tersangka lainnya, Direktur Pemasaran PTPN III I Kadek Kertha Laksana telah ditahan tim penyidik KPK. Kadek ikut terjaring OTT KPK yang dilakukan di Jakarta pada Selasa 3 September 2019.

"IKL (Kadek) ditahan 20 hari pertama di rutan cabang KPK di Pomdam Jaya Guntur," kata Febri.

Sementara itu, belum ada informasi soal tersangka lainnya, yakni Pieko Nyotosetiadi selaku pemilik PT Fajar Mulia Transindo. KPK mengimbau agar yang bersangkutan dapat menyerahkan diri.

 

3 Tersangka

Ilustrasi Foto Berkas atau Dokumen. (iStockphoto)

Pada kasus ini, KPK menetapkan tiga orang tersangka, yakni Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III (Persero) Dolly Pulungan (DPU), Direktur Pemasaran PTPN III I Kadek Kertha Laksana (IKL) dan pemilik PT Fajar Mulia Transindo Pieko Nyotosetiadi (PNO).

Dolly dan Kadek diduga menerima hadiah atau janji terkait distribusi gula di PTPN III Tahun 2019 dari Pieko yang memiliki bisnis di bidang distribusi gula.

Pada 31 Agustus 2019 terjadi pertemuan antara Pieko, Dolly, dan Ketua Umum Dewan Pembina APTRI di Hotel Shangrila. Syarif menyebutkan Dolly meminta uang ke Pieko lantaran membutuhkan uang terkait persoalan pribadinya.

Menindaklanjuti pertemuan tersebut, Dolly meminta Kadek untuk menemui Pieko. Kemudian, uang senilai SGD 345 ribu diduga merupakan fee terkait dengan distribusi gula yang termasuk ruang lingkup pekerjaan PTPN III (Persero).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bupati Muara Enim Diduga Terima Suap Paket Pekerjaan Pembangunan Jalan

Posted: 03 Sep 2019 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Muara Enim Ahmad Yani hanya terdiam saat keluar Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia keluar dengan rompi tahanan dan tangan terborgol.

Menurut Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, selain Ahmad yani, KPK juga menetapkan Kepala Bidang Pembangunan Jalan sekaligus pejabat pembuat komitmen di Dinas PUPR Elfin Muhtar dan pemilik PT Erna Sari Robi Okta Fahlefi sebagai tersangka.

Ahmad Yani dan Elfin diduga menerima suap terkait paket pekerjaan pembangunan jalan tahun anggaran 2019.

"Awal 2019 Dinas PUPR Kabupaten Muara Enim melaksanakan pengadaan pekerjaan fisik berupa pembangunan jalan untuk tahun anggaran 2019. Dalam pelaksanaan tersebut diduga terdapat syarat yaitu pemberian komitmen fee sebesar 10 persen sebagai syarat terpilihnya kontraktor pekerjaan," ucap Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (4/9/2019).

Lewat OTT, KPK menyita 35 ribu dolar Amerika Serikat yang diduga merupakan bagian dari 10 persen fee yang diterima Ahmad Yani dan Elfin Muhtar. Dengan fee tersebut PT Erna Sari mendapat 16 paket pekerjaan di Muara Enim senilai Rp 130 miliar.

Selain uang 35 ribu dolar Amerika Serikat, KPK juga menduga bupati sebelumnya telah menerima suap dengan total nilai Rp 13,4 miliar sebagai fee berbagai paket pekerjaan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putra Bupati Muara Enim Sebut Ayahnya Dijebak hingga Terjaring OTT KPK

Posted: 03 Sep 2019 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Bupati Muara Enim Ahmad Yani yang terjerat Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), membuat keluarga kepala daerah itu terkejut.

Meskipun dugaan suap menyeruak dari kasus ini, keluarga Bupati Muara Enim Ahmad Yani meyakini bahwa OTT KPK tersebut bukan penangkapan tersangka gratifikasi.

Naufal Abdurachman, putra Bupati Muara Enim Ahmad Yani menegaskan, bahwa ayahnya tidak ditangkap oleh KPK apalagi masuk dalam OTT KPK.

"Itu bukan OTT, kata (tim) KPK kalau ayah hanya jadi saksi dibawa ke Jakarta. Tidak seperti yang disebutkan media online," katanya, Selasa (3/9/2019).

Keberadaan Ahmad Yani di Jakarta, lanjut Naufal, karena sedang menggelar rapat rutin mingguan saja. Dia juga membantah jika ayahnya masuk dalam target OTT KPK yang digelar pada Senin (2/9/2019) malam.

Anak kedua Bupati Muara Enim ini mengungkapkan, pada Sabtu setiap pekannya, ayahnya selalu berada di Muara Enim. Bahkan, dia mengetahui jika ayahnya bertemu dengan tim KPK di Kabupaten Muara Enim.

"Kabar ayah di OTT di Palembang, saya tidak tahu. Setiap Sabtu, ayah pasti di Muara Enim dan banyak kegiatan di sana. Tapi baru saja saya dapat kabar kalau ayah sudah di Jakarta," ujarnya.

Sebelum bertemu dengan tim KPK, Naufal dan saudaranya masih berkomunikasi dengan Ahmad Yani melalui telepon selular pada Senin sore. Bahkan, mereka masih bercanda gurau seperti biasanya.

Dia pun meminta kepada para awak media, agar meluruskan informasi simpang siur yang sudah menyebar tentang penangkapan ayahnya oleh tim KPK.

"Dilurusi saja kebenaran, jangan dibesar-besarkan. Keluarga tidak enak dengarnya. Kalau menurut kami, ini dijebak," ungkapnya.

Saat ditanyai lebih lanjut tentang dugaan jebakan yang terjadi ke Bupati Muara Enim tersebut, Naufal enggan membeberkannya. Namun, mereka masih menunggu kabar terbaru dari ayahnya.

 

Larang Potret Rumah

Rumah pribadi Bupati Muara Enim Ahmad Yani (Liputan6.com / Nefri Inge)

"Yang jelas kami dari pihak keluarga, menghormati hukum berlaku dan mengikuti proses yang ada. Ini kan ranahnya KPK," ucapnya.

Dari pantauan di kediaman Ahmad Yani di Jalan Inspektur Marzuki di kawasan Pakjo Palembang terlihat sepi. Rumah megah bercat hitam ini, dikawal ketat oleh penjaga rumah dari balik gerbang rumahnya.

Saat para awak media beramai-ramai mendatangi rumah Bupati Muara Enim, penjaga rumah langsung melarang wartawan untuk mengambil foto rumah. Para anggota keluarga Ahmad Yani, menggunakan jalan pintas untuk keluar masuk rumah sejak Selasa pagi.

Salah satu tetangga Bupati Muara Enim yang enggan disebutkan namanya mengakui, kondisi rumah kepala daerah ini biasanya ramai. "Kalau sehari-hari ramai, ada banyak mobil yang terparkir di terasnya. Tapi sekarang sepi," ujarnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Atta Halilintar Bersama Mobil Mewahnya, Selalu Memukau

Posted: 03 Sep 2019 10:10 PM PDT

Atta dikenal sebagai Youtuber dan pengusaha yang selalu tampil nyentrik. Tak hanya dirinya, mobil mewah Porsche Panamera S Turbo milikinya juga diubah total jadi nyentik. Porsche Panamera S Turbo awalnya berwarna abu-abu ini dimodifikasi total jadi camo pink.(Liputan6.com/IG/@attahalilintar)

Atta dikenal sebagai Youtuber dan pengusaha yang selalu tampil nyentrik. Tak hanya dirinya, mobil mewah Porsche Panamera S Turbo milikinya juga diubah total jadi nyentik. Porsche Panamera S Turbo awalnya berwarna abu-abu ini dimodifikasi total jadi camo pink.(Liputan6.com/IG/@attahalilintar)

Tak hanya mendandani dirinya dengan outfit berharga fantastis, Atta juga memberikan perawatan penuh untuk mobil Range Rover Evoque miliknya. Tak tanggung-tanggung ia bisa menghabiskan ratusan hingga miliyaran rupiah demi membuat mobilnya terlihat keren.  (Liputan6.com/IG/@attahalilintar)

Tak hanya mendandani dirinya dengan outfit berharga fantastis, Atta juga memberikan perawatan penuh untuk mobil Range Rover Evoque miliknya. Tak tanggung-tanggung ia bisa menghabiskan ratusan hingga miliyaran rupiah demi membuat mobilnya terlihat keren. (Liputan6.com/IG/@attahalilintar)

Pria berusia 24 tahun ini memang sangat menyukai mobil sport. Begini gaya hits-nya bersama Mercedes Benz S-400 Hybrid miliknya. Mercedes Benz S-400 Hybrid berwarna putih ini merupakan koleksi mobil yang ia beli dari aktor sekaligus presenter, Raffi Ahmad.(Liputan6.com/IG/@attahalilintar)

Pria berusia 24 tahun ini memang sangat menyukai mobil sport. Begini gaya hits-nya bersama Mercedes Benz S-400 Hybrid miliknya. Mercedes Benz S-400 Hybrid berwarna putih ini merupakan koleksi mobil yang ia beli dari aktor sekaligus presenter, Raffi Ahmad.(Liputan6.com/IG/@attahalilintar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tas Mahal Olla Ramlan yang Dibawa Keliling Eropa

Posted: 03 Sep 2019 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artis cantik Olla Ramlan baru saja menghabiskan waktu liburan di Eropa, tepatnya di Paris, Prancis, dan Milan, Italia. Selain berwisata bareng teman-temannya, seperti Ashanty dan Ririn Ekawati, Olla ternyata sedang mempersiapkan bisnis barunya di bidang tas.

Ibu tiga anak itu mengaku perjalanan itu merupakan kali pertamanya berlibur ke luar negeri tanpa keluarga, manajer, dan asisten. Meski begitu, gayanya saat berlibur tak bisa diremehkan.

Padu padan apik membuat Olla terkesan elegan dengan model pakaian simpel. Di samping itu, sederetan tas mewah yang ditentengnya menambah modis penampilannya secara keseluruhan.

Selera fashion berkelas Olla Ramlan sudah menjadi rahasia umum sejak lama. Anda pasti penasaran dengan harga tas-tas bermerek istri Aufar yang dibawanya berkeliling Eropa? Berikut rangkumannya.

1. Zumi Grainy Leather Bag Gucci

Olla mengenakan tas keluaran Gucci itu saat mengunjungi salah satu destinasi wisata kota Paris, Jembatan Pont Alexandre III. Ia berpose dengan tubuh menyamping saat mengenakan setelan berwarna hijau mint.

Tas yang namanya diambil dari aktris dan musisi ekperimental Zumi Rosow ini terlihat modern. Dilansir dari laman guccihunter.net, tas ini didesain apik dan multifungsi.

Tali tas dapat dilepas, sehingga bisa berfungsi sebagai tas bahu juga. Keamanan tas juga terjamin, karena bagian bukaan rangka atasnya terdapat kunci berengsel di setiap sisinya. Dilansir dari laman resmi Gucci, harga tas tersebut mencapai 3.980 dolar AS atau setara dengan Rp57 juta.

2. Waist Bag Chanel

Olla Ramlan liburan ke Eropa. (dok. Instagram @ollaramlan/https://www.instagram.com/p/B1f2BSEARCk/Dinny Mutiah)

Wajah cantik milik wanita berusia 29 tahun ini ternyata bukan hanya cocok mengenakan pakaian feminin, tapi juga cocok berpenampilan tomboi. Dengan Hobo Chanel Handbag yang melekat di pinggangnya itu membuat penampilannya jauh lebih kasual.

Perpaduan tunik putih selutut, celana jins, jilbab putih yang diikat di leher, dan tas berbahan kulit domba itu benar-benar cocok untuk Olla. Ia mengabadikan momen bersama outfit berkelas ini di depan toko di kawasan kota Paris dengan disorot sedikit sinar matahari.

Berdasarkan keterangan yang tertera di website chanel.com, tas dengan detail charm berwarna keemasan itu berharga 5000 dolar AS atau sekitar Rp71 juta.

3. Constance Croco Hermes

Olla Ramlan ditemui Head of External Relation Hermes Paris Michael Coste. (dok. Instagram @ollaramlan/https://www.instagram.com/p/B1gm1h3gMZB/Dinny Mutiah)

Sling bag ukuran kecil ini kerap dipakai Olla saat berjalan-jalan di Paris. Ia juga mengenakannya saat bertemu dengan Michael Coste, Head of External Relation Hermes Paris, yang melayaninya saat itu.

Tas berbahan kulit buaya yang menurut laman codogirl.com diproduksi terbatas oleh Hermes. Tak heran kemudian harganya menjadi selangit. Dilansir dari laman us.vestiairecollective.com, untuk bisa mendapat tas model klasik tersebut, anda harus merogoh uang 11.921,94 dolar AS atau sekitar Rp166 juta.

4. Multicolor Swift One Two Three and Away We Go! Limited Edition Hermes

Olla Ramlan liburan ke Eropa. (dok. Instagram @ollaramlan/https://www.instagram.com/p/B1lOn2sgW01/Dinny Mutiah0

Dari nama tasnya saja sudah menggambarkan tas itu berwarna-warni. Saat menentengnya, Olla banyak memadukan dengan pakaian berwarna gelap dan polos. Kesan playful pada tas menambah warna pada penampilan Olla yang monokrom.

Tas tersebut dirancang seorang arsitek, Nigel Peake. Hermes sengaja berkolaborasi untuk menghasilkan desain potongan grafis warna warni. Menurut janefinds.com, tas ini sengaja dibuat dengan desain abstrak yang tidak beraturan tapi elegan, agar orang bisa membayangkan seni jalanan.

Untuk mendapatkan tas multicolor ini, anda harus merogoh kocek mengeluarkan uang sebanyak 74.995 dolar AS atau setara dengan Rp1,1 miliar.

5. Hermes Vermillion Swift Birkin Gold

Olla Ramlan liburan ke Eropa. (dok. Instagram @ollaramlan/https://www.instagram.com/p/B1qLYSKgASq/Dinny Mutiah)

Tas dengan warna cerah memang membuat penampilan Olla menjadi lebih bersemangat. Pilihannya membawa Hermes Vermilion berjalan-jalan keliling Eropa ini memang tidak salah.

Menurut laman tradesy.com, produk tas elegan ini ternyata memiliki harga mencapai 18.275 dolar AS atau setara dengan Rp255,85 juta. Tas ini banyak dipakai dan dipadukan dengan pakaian yang berwarna gelap. Tas ini juga dipilih Olla untuk pertemuan pertama menemui Michael Coste di Paris. (Ossid Duha Jussas Salma)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelar Penggalangan Dana, PSI Kumpulkan Donasi Rp 2,6 Miliar

Posted: 03 Sep 2019 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (DPW PSI) DKI Jakarta menggelar penggalangan dana publik dengan menghadirkan pertunjukan musik dengan pianis ternama Ananda Sukarlan dan soprano Pepita Salim.

Acara yang bertajuk "#MengawalJakarta: Bagimu Negeri" berlangsung Senin 2 September 2019.

Di acara yang digelar di Ballroom Grand Hyatt Jakarta tersebut PSI berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 2,6 miliar.

"Total sekitar 2,6 miliar kami peroleh dari penjualan tiket, lelang, hingga donasi tambahan sampai dengan malam kemarin. Ada sebagian masih dalam bentuk komitmen, kami masih hitung angka pastinya. Kami berterimakasih kepada para pendukung yang menaruh harapan pada PSI dengan turut berkontribusi," ujar Ketua DPW PSI Jakarta, Michael Victor Sianipar.

Selain menghibur peserta acara dengan lantunan lagu, Ananda Sukarlan juga menyumbangkan dua partitur dari karya terbarunya untuk dilelang oleh PSI, yaitu "Variations on Kusbini's Bagimu Negeri" dan "Urip Iku Urup". Ada juga lantunan musik yang dinyanyikan Pepita Salim, mengambil dari lirik puisi Sapardi Djoko Damono, Eka Budianta, dan Ilham Malayu.

PSI berhasil menjual 268 tiket donasi yang terbagi dari dua kategori, yakni reguler senilai 1,5 juta dan dan VIP seharga 5 juta. Berbagai barang pun dilelang dalam penggalangan dana ini. Mulai dari batik, lukisan, hingga seni ukiran. Dari lelang tersebut PSI berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 500 juta.

"Dana yang terkumpul ini akan digunakan untuk biaya operasional partai sehari-hari, khususnya merekrut tim ahli, sewa kantor, kebutuhan humas, dan aktivitas partai di lapangan. Kami adalah partai yang dibangun oleh kepercayaan publik, karena dana operasional kami berasal dari gotong-royong. Ini menjamin bahwa kami kerja untuk rakyat," jelas Michael.

 

Konsisten Galang Dana Sukarela

PSI gelar penggalangan dana dengan menghadirkan pertunjukan musik dengan pianis ternama Ananda Sukarlan dan soprano Pepita Salim. (Istimewa)

Sejak berdiri, PSI telah konsisten menggalang dana sukarela dari masyarakat. PSI berkomitmen untuk selalu melibatkan masyarakat dalam bekerja ke depan.

"Kita ingin membangun budaya politik baru melalui pendanaan partai yang terbuka dan bertanggung jawab," tegas Michael.

Ketua Umum PSI Grace Natalie hadir dalam acara itu. Dalam pidatonya, ia memastikan delapan anggota DPRD DKI Jakarta PSI akan mengawal Rp 600 triliun APBD Jakarta lima tahun ke depan dengan serius melalui kapasitas mereka sebagai legislatif.

"Penggunaan uang rakyat tak boleh luput dari pengawasan. Bahkan satu rupiah pun harus jelas peggunaannya," ujar Grace dalam sambutannya.

Adapun Ketua Fraksi PSI di DPRD DKI Jakarta, Idris Ahmad, menceritakan saat ini para anggota DPRD PSI sudah mulai bekerja. Setiap hari ada banyak warga yang datang mengadu ke ruang fraksi PSI. Ia juga berterima kasih kepada para penyumbang yang selalu mendukung partai tempatnya bernaung.

"Kami akan bekerja maksimal untuk menjaga kepercayaan rakyat tersebut. Agenda kami berikutnya adalah mendorong reformasi kinerja DPRD, mengejar pemilihan wagub secara bertanggung jawab, mengaudit APBD 2020 senilai Rp 96 triliun, dan mendorong percepatan revisi perda tata ruang. Tidak ada waktu beristirahat, kami akan kerja keras," kata Idris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menaker Apresiasi Aturan Baru Jepang Bidang Pemagangan dan Penempatan Kerja

Posted: 03 Sep 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia mengapresiasi Pemerintah Jepang yang menerapkan aturan residential status baru bagi Warga Negara Asing (WNA) di Jepang.

Regulasi tersebut dinilai dapat memberikan perlindungan yang baik bagi TKA yang bekerja di Jepang serta meningkatkan konsep transfer of knowledge yang baik bagi pemagang di Jepang.

Menaker Hanif menyebut bahwa seiring dengan diberlakukannya residential status baru di Jepang, Pemerintah Indonesia telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Jepang untuk menempatkan Tenaga Kerja Berketerampilan Spesifik atau Spesified Skilled Workers (SSW) di Jepang.

Kerja sama ini kata Hanif dapat memberi keuntungan bagi kedua negara. Bagi Indonesia yang sedang memasuki bonus demografi, dapat menempatkan tenaga kerja terampilnya ke Jepang. Bagi Jepang yang tengah mengalami shortage tenaga kerja dan ageing society, dapat mengisi kekurangan akan tenaga kerja usia produktif di dalam negeri.

"Di bawah kerangka kerja sama Specified Skilled Workers ini, Pemerintah Indonesia berharap dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja usia produktif di Jepang," kata Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri.

Kebutuhan SSW di Jepang mencapai 345.150 tenaga kerja. Menaker Hanif berharap, Indonesia dapat memenuhi 20% dari kebutuhan tersebut, atau sekitar 70 ribu tenaga kerja terampil.

"Selain itu, hubungan kerja sama bilateral ini diharapkan dapat mempererat hubungan kedua negara yang telah terjalin lama," ujar Hanif.

Selain SSW, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Jepang juga telah menjalin kerja sama pemagangan Technical Intern Training Program (TITP).

Menaker Hanif berharap pemagangan melalui TITP dapat memberikan kesempatan yang luas bagi kaum muda Indonesia untuk mendapatkan pengalaman bekerja (workplace-based training).

"Sehingga, mereka memperoleh kompetensi dan daya saing untuk bekerja di dalam maupun di luar negeri atau berusaha mandiri setelah menyelesaikan program pemagangan di Jepang," terang Menaker Hanif.

TITP sebut Menaker Hanif, juga memperkuat kerja sama bidang pemagangan antara Indonesia dan Jepang yang telah terjalin lama. Sejak tahun 1993, Kemnaker telah memberangkatkan lebih dari 80 ribu orang peserta pemagangan ke Jepang. Dimana 60 ribu orang diantaranya telah kembali ke Indonesia, dan 20 ribu orang lainnya masih berada di Jepang.

Pemagangan melalui TITP ini merupakan salah satu optimalisasi penguatan SDM, selain pelatihan vokasi di BLK dan pemagangan di dalam negeri berbasis jabatan.

"Kedua kerangka kerja sama baik SSW dan TITP ini harus cepat diimplementasikan guna memberikan manfaat kedua negara," kata Menaker Hanif.

Menaker Hanif juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kontribusi Jepang karena sudah berinvestasi dan membuka lapangan kerja di Indonesia sehingga anak-anak muda Indonesia bisa bekerja di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia maupun di Jepang itu sendiri.

Dalam Forum Bisnis Ketenagakerjaan ini, Menaker Hanif mengajak para investor untuk berberinvestasi di Indonesia khususnya pelatihan bahasa Jepang.

"Pemerintah Indonesia akan memberikan kemudahan bisnis dan berinvestasi bagi para investor yang akan berinvestasi di Indonesia khususnya pelatihan bahasa jepang. Saya percaya dengan komitmen untuk berinvestasi di bidang pelatihan bahasa Jepang itu maka kerja sama bidang penempatan dan pemagangan akan lebih berkelanjutan," tutup Hanif.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akan Dipindahkan, Penampungan Pencari Suaka di Eks Kodim Jakbar Dijaga Ketat

Posted: 03 Sep 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para pencari suaka mondar mandir keluar masuk bekas gedung kodim, Jalan Kalideres, Jakarta Barat. Para pencari suaka itu menuju posko UNHCR yang didirikan tepat di seberang gedung bekas kodim yang menjadi penampungan sementara.

Penjagaan cukup ketat. Empat sampai lima orang polisi berjaga di depan pintu gerbang. Dalam jumlah yang tidak jauh berbeda petugas Satpol PP turut berjaga. Yang mengepalai satu petugas keamanan berpakaian biru gelap dan satu sekuriti.

Saat mencoba masuk ke dalam gedung bekas kodim itu, kepala petugas keamanan yang tak mau menyebut namanya itu melarang. Dia melarang orang yang tidak berkepentingan untuk masuk.

Kata petugas keamanan itu, saat ini tengah ada sosialisasi dengan para pencari suaka. Sementara petugas polisi bernama Saifudin, mengatakan para pencari suaka ini akan dipindahkan ke beberapa tempat penampungan baru.

"Ada di Bogor, Asem Baris, Serpong," kata dia saat berbincang dengan merdeka.com di lokasi, Rabu (4/8/2019).

Sekitar delapan minibus berwarna putih siap mengantar para pencari suaka ke tempat baru. Petugas UNHCR yang menggunakan jaket biru mondar-mandir mendata. Sementara di posko, petugas meyakinkan pencari suaka untuk pindah ke tempat baru.

Petugas satpol PP yang tak ingin namanya disebut, mengatakan pemindahan pencari suaka tersebut sudah dilakukan sejak tanggal 31 Agustus lalu. Namun, banyak yang tidak mau pindah. Alasannya beragam. Kata petugas ini, beberapa yang tidak ingin pindah karena beramai-ramai bersama keluarga. Sedangkan, orang yang datang sendiri tanpa kerabat mudah untuk pindah.

 

Dipindahkan Bertahap

Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah meminta semua pihak memaklumi keadaan pencari suaka yang masih bertahan di gedung Eks Kodim Kalideres, Jakarta Barat, meski seharusnya mereka sudah dipindahkan sejak 1 Agustus 2019.

Saefullah menjelaskan, pemindahan tetap dilakukan, namun itu dilakukan secara bertahap dan tanpa paksaan.

"Perpres 165 dan surat edaran Mendagri bahwa penanganan pengungsi itu adalah penanganan kemanusiaan. Jadi tidak boleh ada tindak kekerasan pemaksaan," ungkap Saefullah di Balaikota, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Lagipula, dia menegaskan, hal ini adalah wewenang dari pemerintah pusat dan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

Karena tak bisa dipaksa, maka pihak UNHCR harus perlahan membujuk pencari suaka untuk mau dipindahkan.

"UNHCR perlu waktu meyakinkan mereka bahwa kemampuan pemerintah daerah untuk konsumsinya itu terbatas. Teknis berikutnya kita serahkan ke UNHCR," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rehabilitasi Papua, Kementerian PUPR Siapkan Dana Rp70 Miliar

Posted: 03 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Kerusuhan di Papua dan Papua Barat mulai mereda. Situasi kini telah kembali kondusif setelah beberapa hari lalu meletus kerusuhan yang membuat sejumlah bangunan pemerintah mengalami kerusakan parah.

Kini, pemerintah tengah berupaya untuk merehabilitasi situasi dan kondisi di Papua dan Papua Barat. Salah satunya dengan memperbaiki gedung-gedung yang rusak imbas kerusuhan yang pecah.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menuturkan, pihaknya akan segera melakukan perbaikan gedung-gedung yang rusak akibat kerusuhan di Bumi Cenderawasih.

"Tugas saya memperbaiki fasilitas-fasilitas umum yang rusak. Kapolri dan Panglima TNI juga sudah ke sana," kata Basuki di sela acara The 3rd World Irrigation Forum & The 70th International Executive Council Meeting di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Selasa (3/9/2019).

Dari prediksinya, pemulihan bangunan di Papua tak membutuhkan waktu yang lama. "Saya kira tidak seperti tsunami atau gempa bumi yang masif. Mudah-mudahan sebulan selesai," papar dia.

Dari inventarisasi yang telah dilakukan, ada tujuh bangunan yang mengalami kerusakan. Ketujuh bangunan itu di antaranya gedung MRP, gedung PKK, gedung Telkomsel, Kantor Bea Cukai, dan beberapa bangunan negara lainnya. 

"Yang terinventarisasi tujuh. Kerusakannya seperti kaca pecah dan dibakar. Mudah-mudahan tidak lama, kira-kira sebulan. Untuk anggaran baru dihitung kira-kira Rp70 miliar," paparnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Wisata Kuliner Jember Jawa Timur yang Wajib Dicoba, Sajian Khas Menggugah Selera

Posted: 03 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Jember Jawa Timur memiliki berbagai tempat makan legendaris yang terkenal. Kota Jember yang baru-baru ini mengadakan Jember Fashion Carnival yang begitu terkenal, memiliki berbagai kuliner yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Berbagai wisata kuliner Jember Jawa Timur ini sudah banyak dikenal di Jember bahkan di Jawa Timur. Saat kamu sedang liburan ke Jawa Timur khususnya ke Jember, jangan sampai ketinggalan untuk mencoba berbagai kuliner yang lezat.

Wisata kuliner Jember Jawa Timur menawarkan berbagai sajian yang khas dan menggugah selera. Para wisatawan yang ingin menikmati sajian makanan khas Jember tidak perlu khawatir lagi, karena wisata kuliner Jember memberikan makanan-makanan yang disukai banyak orang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/9/2019) kumpulan wisata kuliner Jember Jawa Timur yang sayang banget buat dilewatkan.

Wisata Kuliner Jember Jawa Timur

Gudeg dan Pecel Lumintu

Wisata kuliner Jember Jawa Timur yang pertama adalah Gudeg dan Pecel Lumintu. Sudah berdiri sejak tahun 80an, warung gudeg dan pecel satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Menu favorit di warung gudeg dan pecel lumintu ini adalah nasi campur yang menggabungkan nasi gudeg dan nasi pecel. Tentunya kamu juga dapat menikmati nasi gudeg dan nasi pecel secara terpisah. Gudeg dan Pecel Lumintu berlokasi di Jalan Kertanegara, dan buka jam 6 pagi sampai jam 2 siang. Pada hari sabtu warung ini tutup.

Mie Pangsit Rama

Wisata kuliner Jember Jawa Timur selanjutnya mungkin tampak standar dan sangat sederhana. Namanya adalah Mie Pangsit Rama. Namun, kamu tidak bisa melewatkannya begitu saja, Mie Rama merupakan salah satu tempat makan mie yang paling enak di Jember. Berbagai sajian mie, mulai dari mie pangsit kuah, bakwan, serta tahu, semuanya nikmat untuk disantap sebagai menu makan malam. Apalagi kamu bisa menikmati nuansa tempo dulu di tempat ini. Mie Rama biasanya buka dari sore hingga malam.

Wisata Kuliner Jember

Depot Jawa Timur

Wisata Kuliner Jember Jawa Timur satu ini menawarkan makanan khas nasi langgi lengkap. Dalam satu porsi nasi langgi lengkap, kamu bisa mendapatkan nasi, daging sampi bumbu Bali, sambal goreng tempe, telor asin, petis, sambal goreng kentang, mentimun, dan abon sapi. Menu nasi langgi lengkap inilah yang menjadi menu favorit di Depot Jawa Timur ini.

Roti Bakar Tjiliwoeng

Roti Bakar Tjiliwoeng ini sangat cocok dikunjungi sebagai tempat bersantai. Menu-menu ringan yang disajikan di salah satu wisata kuliner Jember Jawa Timur ini adalah aneka roti bakar berbagai rasa seperti roti bakar green tea, roti bakar keju, tuna mayo, Kit Kat, dan lain-lain. Lokasinya yang berada di pusat Kota Jember menjadikannya tidak sulit ditemukan. Tempat ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat nongkrong anak muda. Roti Bakar Tjiliwoeng buka senin sampai sabtu dari sore hingga malam.

Wisata Kuliner Jember Jawa Timur

Resto Legian

Salah satu restoran yang sangat populer di Jember adalah Resto Legian. Restoran yang awalnya khusus menghidangkan pilihan menu seafood ini sekarang juga menawarkan menu lain seperti cap cay, mie, dan yang paling spesial adalah iga bakarnya. Resto Legian ini adalah salah satu tempat makan yang populer di Jember dengan banyak varian menu yang ditawarkan plus harga yang sudah pasti terjangkau. Buka dari jam 11 siang hingga jam 10 malam, kamu harus mencoba makanan di restoran ini.

Depot Ice Cream Domino

Wisata kuliner Jember Jawa Timur selanjutnya ini telah berdiri sejak sekitar 50 tahun lalu, namanya Depot Ice Cream Domino. Tempat ini menawarkan berbagai macam rasa es krim, mulai dari vanila, coklat, mocca, blueberry, stroberi, dan lain-lain. Dengan total 40 varian rasa, akan sangat rugi bila kamu tidak singgah ke tempat ini saat ke Jember.

 

Wisata Kuliner Jember Jawa Timur Lainnya

Soto Ayam Dahlok

Soto Ayam Dahlok merupakan salah satu wisata kuliner Jember Jawa Timur yang sudah melegenda. Soto ini tetap ramai dicari walaupun sudah berdiri begitu lama. Berlokasi di Jalan Fatahilah, Soto Ayam Dahlok buka dari pagi hingga malam.

Martabak dan Terang Bulan King

Bila kamu sedang ingin ngemil yang manis-manis bersama teman atau keluarga, wisata kuliner Jember Jawa Timur satu ini bisa menjadi pilihan tepat, yaitu Martabak dan Terang Bulan King. Martabak dan terang bulan King ini adalah yang paling populer di Jember. Berlokasi di Jalan Karimata, Martabak dan Terang Bulan King ini buka dari pukul 3 sore hingga 10 malam. Jangan sampai kamu melewatkan untuk mencicipi martabak king ini bila sedang berada di Jember.

Angkringan Joglo 130

Wisata Kuliner Jember Jawa Timur selanjtnya adalah Angkringan Joglo 130. Konsep tempatnya sangat nyaman bila digunakan untuk makan sekaligus berkumpul dan ngobrol dengan keluarga atau kawan. Angkringan ini menawarkan menu berupa gorengan, ketan bubuk, nasi kucing dengan lauk tahu-tempe bacem, minuman ringan berupa kopi, bir Jawa, serta wedang khas Angkringan Joglo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jemaah Haji Sakit Selalu dalam Pantauan Tim Kesehatan PPIH

Posted: 03 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Madinah - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memastikan jika jemaah haji yang masih dalam perawatan di rumah sakit maupun Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) selalu dalam pemantauan tim kesehatan. Sebab itu, jemaah haji maupun keluarganya diharapkan tidak perlu khawatir.

"Jadi jangan takut dan jangan khawatir, kita monitor setiap hari jemaah haji yang sakit," ujar Kepala Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat di Madinah, seperti dikutip Rabu (4/9/2019).

Dia mengakui jika saat ini beberapa jemaah haji masih dalam perawatan di rumah sakit Arab Saudi maupun KKHI. Ini karena berbagai kondisi kesehatan yang mereka alami.

Berdasarkan data PPIH, saat ini sebanyak 9 jemaah haji masih dirawat di KKHI Makkah dan 30 orang di KKHI Madinah.

Adapula 79 orang dalam perawatan Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Makkah, 41 orang di RSAS Madinah dan 8 orang di RSAS Jeddah.

Arsyad menambakan, jika kondisi jemaah haji tersebut membaik dan tim kesehatan membolehkan maka akan diusulkan pulang ke Tanah Air. Ini bila jemaah memang sudah masuk antrean pemulangan ke Indonesia.

"Jika sampai akhir operasional haji ternyata masih ada jemaah yang harus dirawat di rumah sakit Arab Saudi maka keluarga jemaah juga tidak usah khawatir," lanjut dia.

Pemerintah memastikan telah menyiapkan tim khusus di Arab Saudi yang bernama Tim Teknis Urusan Haji. Tim khusus ini yang ditugaskan menangani masalah haji termasuk di dalamnya memantau jemaah yang sakit.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak Bisa Jalan Sendiri, Perkembangan Kendaraan Listrik di Indonesia Butuh Ekosistem

Posted: 03 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia dipercaya bakal berkembang lebih besar dalam beberapa waktu ke depan. Bahkan, hal tersebut didukung dengan telah ditandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan oleh Presiden Joko Widodo.

Namun, untuk melakukan pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air, dibutuhkan dukungan semua pihak, baik dari pelaku industri otomotif maupun peran pemerintah sehingga terbentuk sebuah ekosistem terkait hal tersebut.

Dijelaskan Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan, dengan pameran kendaraan listrik yang diadakan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan semua stakeholder berkumpul, harus membuat ekosistem untuk mendukung perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

"Kita yang berkumpul di sini, semuanya seperti Kementerian Koordinator Kemaritiman, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Perindustrian, BBPT, dan harusnya ada satu lagi Kementerian Keuangan, PLN, Kementerian ESDM untuk ekosistem yang nanti mesti kita bangun," jelas Moeldoko dalam sambutan saat pembukaan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, di Balai Kartini, Rabu (4/9/2019).

Lanjutnya, mobil listrik memang perlu dukungan ekosistem karena tidak bisa bergerak sendiri. Artinya, dibutuhkan dukungan semua pihak, agar industri kendaraan listrik di Indonesia bisa berjalan.

"Seperti itulah, Menko Kemaritiman (Luhut Binsar Panjaitan) datang di sini, karena ingin membentuk sebuah ekosistem semua yang akan berjalan. Setuju semua?," tegas Moeldoko disambut teriakan setuju dari para hadirin yang datang.

 

Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019

Sebagai informasi, pameran kendaraan listrik pertama di Indonesia, IEMS 2019 ini menyuguhkan seminar, sharing knowledge, dan pengenalan produk kendaraan listrik secara lebih mendalam yang menghadirkan para stakeholder, pakar, akademisi, dan pelaku industri kendaraan listrik.

Acara ini juga diikuti oleh 45 exhibitor mulai dari kementerian, BUMN, akademisi, stakeholder, industri komponen pendukung, dan para pelaku industri otomotif merek ternama dari Jepang, Cina, Eropa, dan produk dalam negeri Indonesia. Selain itu, bakal ada konvoi menggunakan berbagai jenis kendaraan listrik dari kantor BPPT, Thamrin, Jakarta menuju kantor BPPT, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beredar Video yang Menjelekkan Film-filmnya, Ini Kata Joko Anwar

Posted: 03 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Livi Zheng adalah sutradara yang sedang banyak diperbincangkan oleh media karena kontroversi klaim prestasi film garapannya. Beberapa hari yang lalu Livi Zheng dipertemukan dalam salah satu acara televisi bersama Joko Anwar, John De Rantau, Nadine Alexandra, dan pekerja film lainnya.

Pada Selasa (3/9/2019), Joko Anwar melalui akun twitter @jokoanwar mengatakan bahwa terdapat pihak yang menyebar video yang menjelekkan dirinya. Joko pun berkomentar mengenai hal tersebut.

Menjelekkan Joko Anwar

Twitter @jokoanwar

"Barusan, ada yang nyebarin video ke para jurnalis. Isinya ngejelekin saya karena film saya Pengabdi Setan masuk (dan menang) Overlook Film Festival, festival film yang ada biayanya." Tulis Joko.

Joko Anwar dan narasumber lainnya pada acara televisi tersebut kompak mengkritisi prestasi yang dibanggakan oleh Livi Zheng. Salah satu hal yang ia kritisi ialah perihal Livi yang mendaftarkan filmnya ke dalam ajang Oscar, tetapi menyebarkan informasi yang menyesatkan kepada media.

"Festival film memang biasanya ada biayanya. Namanya entry fee. Cannes, Venice juga ada." Lanjutnya.

Proses Seleksi Festival Film

Twitter @jokoanwar

Joko Anwar juga menjelaskan proses untuk mendaftarkan film ke dalam festival film. Pertama adalah mendaftarkan dan membayar biaya. Kemudian film akan diseleksi oleh tim penyeleksi film. Bila film tidak lolos seleksi, maka film tersebut tidak dapat ikut serta dalam festival. Sementara bila lolos, maka film tersebut akan diikutsertakan dalam festival.

Mendapatkan 'Waiver'

Twitter @jokoanwar

Joko mengaku bahwa ia selalu dapat kemudahan setiap kali ikut festival film. Ia tidak perlu membayar biaya untuk ikut dalam festival, tetapi langsung diundang setelah film ditonton oleh tim penyeleksi.

"Beberapa filmmaker yang udah punya nama, bisa tidak harus bayar entry fee. Langsung diundang setelah tim seleksi nonton filmnya. Kebetulan, film-film saya selalu dapat kemudahan ini. Namanya 'waiver'," ujar akun twitter @jokanwar.

Menentukan Kredibilitas Festival Film

Gundala berhasil menembus Toronto International Film Festival 2019.

Film Joko Anwar sudah beberapa kali ikut festival film dari seluruh dunia. Beberapa di antaranya adalah Overlook Film Festival, Rotterdam International Film Festival, dan yang terbaru adalah Toronto International Film Festival. Ia membagi tips untuk mengetahui seberapa kredibel suatu festival film. Caranya adalah dengan melihat apakah media yang meliput festival film tersebut kredibel.

"Untuk melihat apakah sebuah festival legit atau tidak, salah satunya bisa dilihat media yang meliput legit atau tidak. Contohnya Overlook Film Festival di mana Pengabdi Setan menang," kata Joko.

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia Vs Malaysia, Pertarungan antara Kecepatan Lawan Operan Pendek

Posted: 03 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia dikenal memiliki kecepatan di lapangan hijau. Kelebihan itu yang menurut striker Timnas Indonesia, Alberto 'Beto' Goncalvez, yang bisa dikedepankan saat lawan Malaysia, Kamis (5/9/2019).

Pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Beto menambahkan, selain kecepatan, kedewasaan dalam bermain juga dibutuhkan saat menghadapi Malaysia.

Menurut Beto, dua faktor itu bisa menjadi kunci Timnas Indonesia menundukkan Malaysia. Beto sendiri pernah merasakan kompetisi sepak bola Malaysia ketika membela Penang FA musim 2015- 2016.

"Kami memiliki peluang emas untuk menang," kata Beto soal laga melawan Malaysia, seperti dilansir Antara.

Pemain berusia 38 tahun ini berpendapat, Malaysia lebih suka menguasai bola dengan melakukan operan-operan pendek. Tempo permainan yang diperlihatkan tim berjulukan Harimau Malaya juga lebih pelan ketimbang Timnas Indonesia.

Oleh karena itu, Beto yakin rekan-rekan setimnya dapat memanfaatkan kecepatan, karena klub-klub di Indonesia sudah terbiasa memeragakannya. Elemen yang akhirnya menular ke Timnas Indonesia.

 

Lebih Dewasa

Striker Timnas Indonesia, Beto Goncalves, sebut perbedaan sepak bola Indonesia dan Malaysia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

"Secara keseluruhan, sepak bola Indonesia lebih maju dan lebih cepat. Permainan kami juga lebih dewasa," ungkap pemain naturalisasi asal Brasil yang sudah merumput di Indonesia sejak 2009 ini.

Ini pertama kalinya Beto melawan Timnas Malaysia dengan seragam Merah Putih. Dia juga sadar tentang rivalitas sengit antara Indonesia dengan Malaysia di lapangan hijau, sehingga menganggap partai ini penting.

Bisa Menang

"Saya optimistis kami bisa menang di laga yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia ini. Para pemain timnas Indonesia akan fokus dan bekerja keras untuk meraih tiga poin," jelas pemain Madura United ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Hari Pelanggan, Pertamina Gratiskan Isi Ulang LPG

Posted: 03 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III memberikan apresiasi kepada pelanggan setia produk Liquefied Petroleum Gas (LPG) Bright Gas ukuran 5,5 kilogram (KG) dan 12 KG. Apresiasi ini dengan memberikan fasilitas pengisian ulang gratis. Apa yang dilakukan Pertamina ini sekaligus dalam rangka menyambut hari pelanggan.

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami mengatakan, apresiasi kepada pengguna Bright Gas merupakan upaya Pertamina untuk mendekatkan dengan para konsumen setianya. Apresiasi berupa isi ulang (refill) gratis selama satu tahun, atau setara satu tabung Bright Gas 12 Kg per bulan.

"Melalui program ini, kami memberi apresiasi tertinggi bagi konsumen yang telah menerima produk berkualitas dari Pertamina. Hal ini mencerminkan bahwa produk Pertamina dinilai memiliki kualitas sehingga dipercaya oleh masyarakat. Ini merupakan salah satu peran perusahaan, yakni acceptability atau penerimaan produk," kata Dewi‎, di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Dua pelanggan terpilih produk Bright Gas di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) yakni Rumah Makan Sambal Rintis dan RM Palinggihan.

"Sejak tahun 2016, kami memakai Bright Gas 5,5KG karena tabungnya mudah dibawa dan harga isi ulangnya terjangkau," kata Iwan Gunawan, Pemilik Rumah Makan Sambal Rintis.

 

Di Kuningan

Dua SPG berpose di dekat tabung elpiji warna pink (Bright Gas) saat peluncuran Bright Gas di Jakarta, Jumat (23/10). Gas elpiji baru berwarna pink berkapasitas 5,5 kg ini dijual Rp 62.000/tabung. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

RM Sambal Rintis, yang berada di Kabupaten Kuningan, sebelumnya pengguna gas melon. Namun setelah mendapat edukasi dari Pertamina serta penyuluhan pengunaan LPG aman, usaha kuliner ini beralih menggunakan LPG non subsidi.

Selain Sambal Rintis, Pertamina juga memberikan apresiasi ke RM Palinggihan di Jalan Beber, Kuningan. Rumah makan ini merupakan pelanggan Bright Gas 12 KG terbesar di wilayah Ciayumajakuning.

Sama seperti RM Sambal Rintis, RM Palinggihan juga memilih Bright Gas 12 KG untuk menjaga kualitas makanan karena api biru yang dihasilkan oleh Bright Gas lebih stabil dan memiliki faktor kemanan yang terjaga karena sudah memiliki katup pengaman ganda (double valve).

Pengusaha Kuliner Sambut Ajakan Pemerintah Pakai LPG Nonsubsidi

Bright Gas (Foto: Dok PT Pertamina)

Pemerintah mengajak pengusaha kuliner skala besar untuk berpindah ke LPG nonsubsidi bright gas 5,5 kg. Ajakan tersebut turut disambut pihak pengusaha, yang menyatakan penggunaannya lebih praktis dibanding LPG subsidi 3 kg.

Seperti diutarakan Hajjah Dirja, pemilik rumah makan Pepes H Dirja di Walahar, Kabupaten Karawang. Se

"Repot juga, kadang nanggung kalau lagi goreng ikan dan banyak tamu, tiba-tiba gasnya habis. Jadi harus ganti dulu," ungkap Hajjah Dirja melalui sebuah pernyataan tertulis, Jumat (23/8/2019).

Dia berharap, dengan bright gas 5,5 kg kegiatan usahanya dapat tidak terganggu dengan urusan ganti tabung. "Selain praktis, warnanya juga cakep. Semoga mudah nyari isi ulangnya," katanya.

Adapun berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian LPG Subsidi, terlampir bahwa LPG 3 kg diperuntukkan bagi masyarakat kategori pra sejahtera atau usaha mikro.

Kampanye pemakaian LPG nonsubsidi juga turut disuarakan PT Pertamina (Persero). Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas'ud Khamid menjelaskan, program edukasi persuasif kepada pengusaha Hotel, Restaurant Dan Cafe (Horeca) terus digalakkan Pertamina melalui jalur asosiasi maupun langsung ke pengusaha.

"Kami biasa menghimbau mereka, untuk move on ke LPG nonsubsidi melalui program trade-in seperti saat ini. Tentunya, kami berharap langkah ini akan diikuti pengusaha restoran lainnya," ujar Mas'ud Khamid.

lama ini, ia mengaku masih menggunakan menggunakan LPG subsidi 3 kg, yang dalam sehari rata-rata bisa habis 3 tabung hijau.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Black Shark 2 Pro Siap Hadapi Tantangan 5G dan Cloud Gaming

Posted: 03 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Sejumlah negara saat ini sedang bersiap untuk mengadopsi teknologi jaringan 5G secara komersial.

Akan tetapi, masih sedikit smartphone yang diluncurkan vendor di pasaran saat ini yang siap menggunakan 5G.

Menyongsong kehadiran 5G, Black Shark, perusahaan gaming asal Tingkok ini bakal meluncurkan smartphone 5G di tahun depan.

"5G dan cloud gaming merupakan salah satu topik yang menarik dan penting bagi kami di perusahaan," ucap Yang Sun, Vice President Marketing of Black Shark Global di Quill Convention Centre, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (3/9/2019) waktu setempat.

Ia menjelaskan, "Kami melihat masa depan perkembangan smartphone gaming tidak akan lepas dari teknologi 5G dan cloud gaming."

Seperti yang sudah kamu ketahui, lewat platform cloud gaminggamer dapat bermain gim di mana pun dan dengan perangkat apa pun.

Tampak belakang Balck Shark 2 Pro. (Liputan6.com/ Yuslianson)

"Banyak yang beranggapan kita tidak perlu perangkat khusus untuk bermain gim via cloud gaming. Kami (Black Shark) justru beranggapan sebaliknya," ucapnya.

"Jelang kehadiran 5G dan cloud gaming, kita butuh sebuah perangkat atau software kelas atas untuk menunjang hal tersebut. Kedua hal inilah yang ditawarkan di Black Shark 2 Pro"," sambungnya. 

Bakal Luncurkan Versi Smartphone 5G

Black Shark 2 Pro lengkap dengan gamepad-nya. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Lebih lanjut, lewat Black Shark 2 Pro perusahaan bersiap menyongsong era 5G dan cloud gaming dengan perangkat yang mumpuni.

"Ambil contoh gamepad yang kami sertakan dalam setiap paket penjualan Black Shark 2 Pro," ucap Yang.

Dengan gamepad ini gamer yang memiliki Black Shark 2 Pro dapat bermain gim layaknya Nintendo Switch.

"Tak hanya itu, gamer pun dapat menghubungkan smartphone ke layar atau TV apapun sehingga dapat bermain gim layaknya bermain di konsol rumahan--PS4 dan Xbox One," pungkasnya.

Kapan Rilis di Indonesia

Tampak belakang Balck Shark 2 Pro. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Sebagai informasi, Black Shark 2 Pro saat ini sudah diumumkan untuk pasar Asia Tenggara. Dalam satu bulan ke depan, smartphone gaming ini dijadwalkan bakal meluncur di Indonesia.

Untuk harga, perusahaan membanderol Black Shark 2 Pro Rp 8,5 juta untuk varian 8GB+128GB dan Rp 10 juta untuk varian 128+256GB.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Astra Half Marathon 2019 Tawarkan Lari dengan Kurangi Sampah Plastik

Posted: 03 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Astra Half Marathon 2019 yang akan digelar pada 3 November mendatang menawarkan konsep lari dengan mengurangi sampah plastik. Konsep mengangkat isu lingkungan ini terinspirasi mengkampanyekan pengurangan sampah plastik.

Project Director Astra Half Marathon 2019 Muchammad Fahmi menyampaikan, salah satu cara mengurangi sampah plastik lewat maraton ini melalui pembayaran keikutsertaan maraton yang didonasikan untuk pengelolaan sampah plastik.

"Jadi, setiap orang yang daftar, Rp50.000 dari pembayaran ikut maraton akan didonasikan untuk pengelolaan sampah plastik. Idenya baru tahun ini saja," jelas Fahmi dalam konferensi pers di Menara Astra, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Adanya donasi tersebut mengajak masyarakat bukan hanya ikut lari maraton tapi juga peduli lingkungan. Hal ini juga sesuai tagline Astra Runner, komunitas lari Astra

"Tagline 'We Care' mengajak seluruh peserta lomba lari untuk mengurangi pemakaian sampah plastik sekali pakai," lanjut Fahmi.

 

Donasi Kampung Berseri Astra

Konferensi pers jelang Astra Half Marathon 2019 (Foto: Fitri Haryanti/Liputan6.com)

 

Donasi pengelolaan sampah plastik dari Astra Half Marathon 2019 ditujukan ke Kampung Berseri Astra yang ada di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

"Kami akan donasikan pengelolaan sampah plastik ke Kampung Berseri Astra di Pulau Pramuka. Di sana, ada khusus project mengelola sampah plastik," Fahmi menambahkan.

Sampah-sampah plastik dikumpulkan dari pantai dan didaur ulang. Berbagai macam produk, seperti tas, tempat sampah, hiasan sampai perlengkapan rumah tangga dibuat masyarakat setempat.

Kampung Berseri Astra merupakan program PT Astra International Tbk. Program ini sudah ada sejak 2013. Saat ini sudah ada 81 Kampung Berseri Astra yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siapa yang Menangkan Hak Asuh Anak, Atalarik Syach atau Tsania Marwa?

Posted: 03 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sidang gugatan hak asuh anak Tsania Marwa dan Atalarik Syach akhirnya sampai pada babak akhir. Sidang putusan telah dilangsungkan di Pengadilan Agama Cibinong, Bogor, Rabu (4/9/2019).

Dalam persidangan, hakim memutuskan bahwa hak asuh kedua anak mereka, Aisyah Shabira dan Syarif Muhammad Fajri, jatuh di tangan ayah ibunya, Tsania Marwa dan Atalarik Syach.

"Intinya bahwa anak diasuh berdua, untuk anak perempuan jatuh ke Marwa, kalau yang laki ke Atalarik dengan akses pertemuan Marwa," kata pengacara Tsania Marwa, Rizam Tadjoedin, di PA Cibinong, Bogor, Rabu (4/9/2019).

Meski begitu, tak menutup kemungkinan Tsania Marwa akan mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi.

 

Hak Asuh Dua Anak

Atalarik Syach dan Tsania Marwa [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]

Sebab dalam gugatan, artis berdarah Arab ini menginginkan hak asuh kedua anaknya jatuh ke tangannya.

"Cuma saya belum konsultasi ke Marwa karena kan maunya klien saya dua-duanya (hak asuh) ke dia," papar sang kuasa hukum.

Sementara itu, dalam sidang putusan ini, Atalarik Syach bersama kuasa hukum mengikuti jalannya persidangan, sementara Tsania Marwa memilih absen karena alasan kesehatan.

"Enggak enak badan. Karena mungkin takut keputusannya enggak sesuai keinginan, jadi saya mewakili Marwa berterima kasih untuk teman-teman yang sudah dua tahun ikutin perkembangan Marwa," ucap asisten Tsania, Erna di tempat yang sama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UNHCR Minta India Jamin Hak Kewarganegaraan 1,9 Juta Orang di Assam

Posted: 03 Sep 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jenewa - Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), Filippo Grandi, mendesak pihak berwenang India agar mengambil langkah-langkah untuk memastikan tidak ada seorang pun di negara bagian Assam yang tidak berkewarganegaraan.

Komentar itu datang ketika hampir 2 juta orang baru-baru ini dikeluarkan dari daftar kewarganegaraan Assam.

UNHCR tidak mempertanyakan hak dan otorita kedaulatan India untuk menetapkan siapa yang berhak menjadi warga negaranya. Tetapi badan itu mengingatkan, risiko yang dihadapi orang yang dikeluarkan dari kewarganegaraan dan tidak memiliki kewarganegaraan adalah keprihatinan besar.

Juru Bicara UNHCR Babar Baloch menambahkan bahwa segala cara harus ditempuh guna memastikan hal itu tidak terjadi.

"Yang kami minta kepada India adalah memastikan bahwa akses yang memadai ke informasi, bantuan hukum dan jalan lain yang sesuai hukum, sesuai mandat UNHCR dan standar internasional, dipatuhi sehingga orang tidak dibiarkan tanpa kebangsaan," jelasnya.

Orang-orang itu diberi waktu 120 hari untuk membuktikan kewarganegaraan mereka di hadapan badan-badan peradilan semi regional. Mereka yang dianggap imigran ilegal di India bisa naik banding ke pengadilan yang lebih tinggi.

Menurut Baloch, terlalu dini untuk mengetahui apakah cara itu akan berhasil; tetapi, ia khawatir banyak orang yang tidak memiliki akses ke informasi dan dokumentasi yang tepat dan tidak memiliki sarana keuangan untuk proses banding, akan berakhir tanpa kewarganegaraan.

"Kami mendesak pemerintah untuk mengambil langkah-langkah yang mengurangi risiko kemungkinan ada orang yang kehilangan kewarganegaraan sebagai akibat praktik ini. Kami mendengar beberapa pernyataan yang menggembirakan dari Kementerian Luar Negeri bahwa mereka akan memastikan semua orang yang telah dikeluarkan memiliki akses ke hak-hak mereka," tambah Baloch.

Bisa Menjadi Pukulan Besar

Penduduk Assam di India yang mengantre untuk memeriksakan namanya di National Register of Citizens (NRC), Desa Gumi, Distrik Kamrup. Mereka yang namanya tak tercantum dalam daftar terancam dideportasi (Kulendu Kalita/AP PHOTO via The Guardian)

UNHCR memperingatkan, setiap proses yang bisa menyebabkan hampir 2 juta orang di negara bagian Assam tanpa kebangsaan akan menjadi pukulan besar bagi upaya global untuk memberantas ketiadaan kewarganegaraan.

Badan itu memperkirakan, sampai 10 juta orang di seluruh dunia tidak memiliki kewarganegaraan. Tanpa kewarganegaraan, orang tidak memiliki semua hak dasar warga negara. Mereka tidak berhak atas pendidikan, pekerjaan, perawatan kesehatan, dan tidak bisa mendaftarkan kelahiran atau pernikahan.

UNHCR mengimbau otorita India agar tidak menahan atau mendeportasi siapa pun yang kewarganegaraannya belum diverifikasi. India membela keputusannya, dengan mengatakan pemerintah melakukan latihan untuk mendeteksi dan mendeportasi imigran gelap dari Bangladesh. Menurut beberapa kritikus, langkah itu merupakan upaya untuk mendeportasi jutaan Muslim yang minoritas di India, banyak dari mereka berasal dari Bangladesh.

Pemerintah Bangladesh mengatakan tidak akan menerima siapa pun yang dideportasi dari Assam.

Bangladesh saat ini menampung lebih dari satu juta pengungsi Muslim Rohingya, yang tidak berkewarganegaraan setelah pemerintah Myanmar mencabut hak kewarganegaraan mereka.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singkirkan Federer, Dimitrov Rusak Skenario Final Idaman AS Terbuka 2019

Posted: 03 Sep 2019 09:51 PM PDT

Liputan6.com, New York - Peringkat 78 dunia Grigor Dimitrov merusak skenario final idaman AS Terbuka 2019 dengan mengalahkan Roger Federer pada perempat final di Arthur Ashe Stadium, Selasa (3/9/2019) atau Rabu WIB.

Federer, yang diproyeksikan bertemu Rafael Nadal pada laga final, menyerah 6-3, 4-6, 6-3, 4-6, 2-6. Ini adalah kekalahan pertamanya dari Dimitrov dalam delapan pertemuan.

Petenis berusia 38 tahun tersebut mengalami masalah fisik setelah set empat dan menjalani pemeriksaan medis. "Permainannya menurun usai jeda. Pada akhir laga saya merasakan dia tidak dalam kondisi 100 persen," kata Dimitrov, dilansir Guardian.

Dengan hasil ini, Federer gagal menambah koleksi gelar AS Terbuka setelah memenangkannya pada 2004, 2005, 2006, 2007, dan 2008.

Sementara Dimitrov mengulang capaian Wimbledon 2014 dan Australia Terbuka 2017 ketika mencapai semifinal Grand Slam. Dia kini berusaha memperbaiki rapor dengan mengalahkan Daniil Medvedev di semifinal. Medvedev mencapai empat besar AS Terbuka 2019 usai menaklukkan Stan Wawrinka 7-6(6), 6-3, 3-6, 6-1.

Peluang Nadal

Petenis Spanyol, Rafael Nadal. (AP/Seth Wenig)

Tersingkirnya Federer, dan sebelumnya juara bertahan Novak Djokovic, membuat status favorit kini menjadi milik Nadal. Dia akan bertemu Diego Schwartzman pada perempat final, Kamis (5/9/2019) WIB. Jika berjaya, Nadal bakal bertemu pemenang Matteo Berrettini vs France Gael Monfils di semifinal.

Nadal sebelumnya sudah tiga kali memenangkan AS Terbuka. Dia berkuasa pada 2010, 2013, dan 2017.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Fenomena Makam Mendadak Muncul di Tengah Waduk Gajah Mungkur

Posted: 03 Sep 2019 09:51 PM PDT

Wisatawan melintasi kompleks makam lama yang muncul ke permukaan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Selasa (2/9/2019). Setiap musim kemarau, makam lama milik warga yang rumahnya tergusur proyek pembangunan waduk pada tahun 1978-1980 itu muncul saat volume air waduk menyusut (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Wisatawan melintasi kompleks makam lama yang muncul ke permukaan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Selasa (2/9/2019). Setiap musim kemarau, makam lama milik warga yang rumahnya tergusur proyek pembangunan waduk pada tahun 1978-1980 itu muncul saat volume air waduk menyusut (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Suasana kompleks makam lama yang muncul ke permukaan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Selasa (2/9/2019). Sejumlah makam milik warga yang rumahnya tergusur proyek pembangunan waduk pada tahun 1978-1980 itu hanya muncul setiap musim kemarau saat volume air waduk menyusut. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Suasana kompleks makam lama yang muncul ke permukaan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Selasa (2/9/2019). Sejumlah makam milik warga yang rumahnya tergusur proyek pembangunan waduk pada tahun 1978-1980 itu hanya muncul setiap musim kemarau saat volume air waduk menyusut. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Wisatawan melintasi kompleks makam lama yang muncul ke permukaan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Selasa (2/9/2019). Setiap musim kemarau, makam lama milik warga yang rumahnya tergusur proyek pembangunan waduk pada tahun 1978-1980 itu muncul saat volume air waduk menyusut (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Wisatawan melintasi kompleks makam lama yang muncul ke permukaan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Selasa (2/9/2019). Setiap musim kemarau, makam lama milik warga yang rumahnya tergusur proyek pembangunan waduk pada tahun 1978-1980 itu muncul saat volume air waduk menyusut (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kondisi kompleks makam lama yang muncul ke permukaan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Selasa (2/9/2019). Sejumlah makam milik warga yang rumahnya tergusur proyek pembangunan waduk pada tahun 1978-1980 itu hanya muncul setiap musim kemarau saat volume air waduk menyusut. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kondisi kompleks makam lama yang muncul ke permukaan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Selasa (2/9/2019). Sejumlah makam milik warga yang rumahnya tergusur proyek pembangunan waduk pada tahun 1978-1980 itu hanya muncul setiap musim kemarau saat volume air waduk menyusut. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kondisi kompleks makam lama yang muncul ke permukaan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Selasa (2/9/2019). Sejumlah makam milik warga yang rumahnya tergusur proyek pembangunan waduk pada tahun 1978-1980 itu hanya muncul setiap musim kemarau saat volume air waduk menyusut. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kondisi kompleks makam lama yang muncul ke permukaan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Selasa (2/9/2019). Sejumlah makam milik warga yang rumahnya tergusur proyek pembangunan waduk pada tahun 1978-1980 itu hanya muncul setiap musim kemarau saat volume air waduk menyusut. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Suasana kompleks makam lama yang muncul ke permukaan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Selasa (2/9/2019). Sejumlah makam milik warga yang rumahnya tergusur proyek pembangunan waduk pada tahun 1978-1980 itu hanya muncul setiap musim kemarau saat volume air waduk menyusut. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Suasana kompleks makam lama yang muncul ke permukaan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Selasa (2/9/2019). Sejumlah makam milik warga yang rumahnya tergusur proyek pembangunan waduk pada tahun 1978-1980 itu hanya muncul setiap musim kemarau saat volume air waduk menyusut. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kekompakan Keluarga Harmonis Ryan Delon, Sering Pakai Baju yang Sama

Posted: 03 Sep 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ryan Delon, seleb tampan Tanah Air ini kini berusia 34 tahun. Nama Ryan Delon mulai dikenal publik setelah banyak membintangi judul FTV, sinetron bahkan film. Ryan Delon sudah menikah dengan seleb cantik bernama Sharena Gunawan. 

Ryan menikah dengan Sharena pada tanggal 13 Desember 2013. Hampir 6 tahun menikah, kini keduanya dikaruniai dua anak bernama Ryshaka Dharma Situmeang dan Sea Dedari Situmeang. Ryshaka baru berusia 5 tahun, sementara Sea berusia 1 tahun pada tanggal 22 September 2019 nanti.

Dikaruniai dua orang anak, membuat kehidupan Ryan dan Sharena sangat berwarna. Bahkan Sharena memutuskan untuk mengurangi kegiatan di dunia hiburan agar fokus merawat Sea Dedari. 

Baik Ryan maupun Sharena aktif di media sosial Instagram. Keduanya sering sekali mengunggah potret kebersamaan mereka bersama kedua anaknya. Tidak jarang keluarga seleb Ryan Delon ini memakai baju yang sama, mulai dari menghadiri suatu acara hingga berlibur pun kompak dengan memakai baju yang sama.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @mrssharena, potret keakraban keluarga Ryan Delon, Rabu (4/9/2019).

1. Keluarga Ryan Delon Situmeang terlihat kompak dengan memakai baju batik perpaduan warna coklat dan hitam.

6 Potret Kekompakan Keluarga Ryan Delon, Sering Pakai Baju yang Sama (sumber: Instagram.com/mrssharena)

2. Gaya OOTD keluarga Ryan Delon sangat simple. Warna putih membuat keluarga ini terlihat sangat elegan.

6 Potret Kekompakan Keluarga Ryan Delon, Sering Pakai Baju yang Sama (sumber: Instagram.com/mrssharena)

3. Sering sekali keluarga Ryan Delon memakai pakaian tropical yang ceria.

6 Potret Kekompakan Keluarga Ryan Delon, Sering Pakai Baju yang Sama (sumber: Instagram.com/mrssharena)

4. Pasangan yang beda usia satu tahun ini selalu kompak membawa kedua anaknya berlibur ke Singapura dengan baju yang sama.

6 Potret Kekompakan Keluarga Ryan Delon, Sering Pakai Baju yang Sama (sumber: Instagram.com/mrssharena)

5. Menonton Inter Milan di Singapura, keluarga Ryan Delon kompak memakai jersey Inter Milan. Sayang sekali, di kesempatan kali ini Sea Dedari tidak ikut.

6 Potret Kekompakan Keluarga Ryan Delon, Sering Pakai Baju yang Sama (sumber: Instagram.com/mrssharena)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bea Cukai Jawa Timur Musnahkan Narkoba 24,55 Kg Asal Malaysia

Posted: 03 Sep 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) Jawa Timur (Jatim) I memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu asal Malaysia seberat total 24,45 kilogram (kg).

Barang bukti tersebut merupakan hasil tangkapan dari Badan Narkotika Nasional atau BNN Jawa Timur selama dua bulan terakhir. "Barang bukti yang kami musnahkan ini merupakan hasil tangkapan dari Badan Narkotika Nasional atau BNN Provinsi Jawa Timur selama dua bulan terakhir," kata Kepala Kanwil DJBC Jawa Timur I Mohammad Purwantoro kepada wartawan di sela kegiatan pemusnahan di Surabaya, Selasa 3 September 2019, melansir Antara, Rabu (4/9/2019).

Ia menuturkan, selama ini Kanwil DJBC Jawa Timur I selalu bersinergi dengan aparat terkait dari kepolisian, TNI maupun BNN untuk memberantas peredaran narkoba. aling sering penyelundupan narkoba yang ditemui berasal dari Malaysia.

Kepala BNN Provinsi Jawa Timur Bambang Priambada menuturkan, 24,55 kilogram narkoba jenis sabu-sabu yang dimusnahkan berasal dari dua tangkapan di tempat berbeda. Pertama yang dikirim dari Banjarmasin seberat 1,2 kilogram.  Tiga pelakunya ditangkap di Bandar Udara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur.

Kedua adalah tangkapan narkoba jenis sabu-sabu dari jaringan pengedar Malaysia yang dikirim melalui jasa ekspedisi angkutan laut tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dengan barang bukti 23,23 kilogram.

Untuk pengiriman sabu-sabu asal Malaysia melalui jasa ekspedisi angkutan laut ini BNN Provinsi Jawa Timur, BNN menangkap seorang tersangka yang disebut sebagai pemesannya, asal Desa Sokobanah, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Polisi Ringkus 93 Pengedar Narkoba di Sidoarjo

Sabu-sabu. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Sebelumnya, Petugas Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur meringkus 93 orang tersangka pengedar narkoba berbagai jenis selama periode 15 Juli-26 Agustus 2019.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur, Kombespol Zain Dwi Nugroho mengatakan, puluhan orang tersangka itu terlibat dalam 70 kasus.

"Di antaranya narkoba jenis ganja, sabu-sabu, pil dobel L, dan juga ineks," katanya saat dikonfirmasi di Sidoarjo, seperti melansir Antara, Senin, 2 September 2019.

Ia menuturkan, selain barang bukti berupa narkoba pada ungkap kasus kali ini, petugas berhasil menyita barang bukti lainnya seperti sepucuk senjata api rakitan.

"Senjata tersebut disita dari seorang bandar narkoba yang juga turut ditangkap dalam kasus ini. Tersangka itu mengaku kalau senjata api yang dimilikinya itu digunakan untuk melindungi diri, mengingat tersangka ini merupakan salah satu bandar besar," tutur dia.

Ia menuturkan, ada dua jaringan besar yang diungkap yakni Johan Arifin alias Paimin. Jaringan ini diduga dari lapas wilayah Madura dan juga jaringan Ikron atau Roni. "Kami akan terus mengembangkan apakah jaringan itu masuk dalam jaringan Sokobanah Madura atau tidak," ujar dia.

Dari jaringan Paimin, kata dia, petugas berhasil menyita daun ganja kering seberat 12,7 kilogram dan juga senjata api beserta proyektilnya.

"Sementara itu jaringan yang kedua Ikron alias Roni, jaringan ini selalu mengedarkan sabu-sabu. Dari tersangka berhasil disita seberat 220,46 gram," tutur dia.

Ia mengatakan, para pelaku ini akan dijerat dengan pasal 112 ayat (1) dan ayat (2) serta pasal 114 ayat (1) dan (2) dengan ancaman paling sedikit enam tahun dan paling lama 20 tahun penjara.

"Kami berharap kepada warga masyarakat di Sidoarjo supaya segera melaporkan kepada petugas kalau melihat hal-hal yang mencurigakan di lingkungan masing-masing," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Pleno Tandingan Bamsoet, DPP Golkar Dijaga Ketat Polisi

Posted: 03 Sep 2019 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kantor DPP Partai Golkar di Jalan Anggrek Neli, Slipi, Jakarta Barat, dijaga ketat, pada Rabu (4/9/2019). Penjagaan dilakukan lantaran kubu Bambang Soesatyo akan membuat pleno tandingan siang ini.

Pantauan di lokasi, puluhan polisi dan sejumlah personel TNI disiagakan di markas partai berlambang pohon beringin itu. Ada yang berjaga di depan kantor dan dalam DPP Golkar.

Gerbang pintu masuk utama partai Golkar pun ditutup rapat. Di pos satpam juga dijaga orang berseragam Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG).

Tak sembarangan orang bisa masuk ke markas beringin. Awak media pun menunggu di luar gerbang. Belum ada pengurus pusat atau kader Golkar yang lalu lalang di DPP.

Salah seorang personel TNI yang berjaga pun membenarkan akan ada rapat pleno yang digelar siang ini.

"Iya (siang ini) jam 12.00 an," kata personel TNI yang enggan disebutkan namanya di kantor DPP Golkar.

 

Membenarkan

Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo mendeklarasikan diri sebagai calon ketua umum Partai Golkar saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (18/7/2019). Bamsoet mendeklarasikan diri sebagai pesaing Airlangga Hartarto bersama tiga orang lainnya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Rapat pleno kubu Bamsoet akan digelar pukul 13.30 WIB di DPP Golkar. Politikus Golkar kubu Bamsoet, Nofel Saleh Hilabi, belum mau menjawab, siapa yang akan pimpin pleno.

"Iya betul," kata Nofel kepada Merdeka.

Sementara itu, Kubu Airlangga akan menggelar Rapat Koordinator Bidang dimulai pada Jumat hingga Selasa, 6-10 September 2019 di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta.

Rapat Koordinator Bidang (Korbid) ini akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Lodewijk F Paulus.

"Semua pengurus DPP Partai Golkar, baik pengurus harian maupun pengurus pleno, akan diundang dalam rapat Korbid ini," kata Ketua DPP Partai Golkar bidang Media & Penggalangan Opini, Ace Hasan Syadzily di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pameran Industri Pencarian Migas Batal Dibuka Jokowi

Posted: 03 Sep 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesian Petroleum Association (IPA) sedang menyelenggarakan konvensi dan pameran IPA ke-43 Tahun 2019 (IPA Convex 2019) pada 4-6 September 2019,di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. 

Berdasarkan rencana awal, pameran ini mengambil tema Driving Exploration and Optimizing Existing Production for Long Term Energy Security‎ ini akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), namun saat pembukaan hanya dihadiri Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Pantauan Liputan6.com, di tempat penyelenggaraan IPA Convex 2019, sejumlah perusahaan pencari minyak dan gas (migas)‎ atau Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) yang mencari migas di dalam negeri menunjukan program melalui pameran. Di antaranya PT Pertamina (Persero), Exxon, Chevron, Inpex, Medco, British Petroleum (BP)dan Saka Energi. 

Selain pameran, dalam pagelaran tersebut juga dilaksanakan diskusi yang membahas perkembangan industri hulu migas nasional.

Sebelumnya, Penjabat Presiden IPA Bij Agarwal menyatakan, tema IPA Convex tahun ini dipilih dengan mempertimbangkan kondisi sektor hulu minyak dan gas (migas) Indonesia.

Diperlukannya upaya keras untuk mengurangi defisit neraca perdagangan karena impor migas yang disebabkan tingginya tingkat konsumsi energi dibandingkan dengan produksi migas saat ini.

 

Eksplorasi

Ilustrasi tambang migas  (iStockPhoto)

Upaya tersebut harus dibarengi dengan peningkatan kegiatan eksplorasi guna menemukan cadangan migas baru dan optimasi produksi yang sudah ada.

Bij pun mengungkapkan optimismenya terhadap perbaikan industri hulu migas Indonesia. "Kami optimistis kondisi industri hulu migas Indonesia di masa mendatang akan lebih baik karena adanya kerja sama antara semua pemangku kepentingan, termasuk pemerintah," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menolak Digusur, Warga Naringgul Puncak Bogor Bakar Ban Bekas

Posted: 03 Sep 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Warga Kampung Naringgul, Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat menolak digusur. Mereka melawan dengan cara membakar kayu dan ban bekas di akses masuk kampung tersebut, tepat di pinggir Jalan Raya Puncak.

Mereka berusaha mencegah petugas dan alat berat yang hendak membongkar sisa bangunan sebanyak 30 unit rumah dengan cara membuat barikade.

Satu unit mobil pemadam kebakaran akhirnya dikerahkan untuk memadamkan material yang dibakar massa di beberapa titik lokasi.

Akibat pengadangan ini, akses jalur Puncak macet. Kemacetan juga terjadi akibat separuh ruas jalan penghubung Bogor-Cianjur terhalang alat berat yang hendak digunakan untuk meratakan bangunan liar tersebut.

Saat ini, ratusan massa masih berkonsentrasi di depan kampung tersebut sambil membentangkan spanduk penolakan. Beberapa di antaranya berupaya memberikan pengarahan warga Kampung Naringgul, Puncak agar tetap tenang.

 

Negosiasi

Warga Kampung Naringgul, Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat menolak digusur. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Kepolisian dan perwakilan warga sedang melakukan mediasi. Belum ada kata sepakat di antara keduanya. Warga menuntut ganti rugi sebelum dilakukan pembongkaran.

Sementara di pinggir jalan, puluhan polisi dilengkapi tameng berjaga-jaga untuk mencegah terjadinya aksi anarkistis.

Pada Rabu 31 Agustus 2019, petugas Satpol PP membongkar 23 unit dari 53 bangunan berupa vila, tempat penginapan, warung, dan rumah. Karena medan yang cukup berat, pembongkaran ditunda dan dilanjutkan hari ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ultah Ke-55, Ini 7 Potret Transformasi Keanu Reeves di Film Sejak 1986 Hingga Kini

Posted: 03 Sep 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktor bernama lengkap Keanu Charles Reeves ini lebih dikenal dengan nama Keanu Reeves. Kini aktor senior ini menginjak usia ke-55 pada tanggal 2 September. Aktor yang terkenal melalui perannya sebagai Neo dalam The Matrix ini kini sudah jadi idola banyak orang. 

Sosoknya yang sederhana, baik hati dan dikenal setia ini jadi seorang artis idola. Selain itu Keanu Reeves juga orang yang sangat dermawan. Mempunyai adik yang mengalami penyakit Leukimia membuat Keanu terinspirasi untuk mendirikan sebuah yayasan. Yayasan tersebut bertujuan untuk membantu beberapa rumah sakit dan penelitian kanker.

Keanu Reeves makin dikenal dengan perannya di film John Wick. Tidak tampil layaknya milyuner, namun ia tampil sederhana dan banyak menyumbangkan uangnya untuk amal.

Mengutip dari Brightside, Keanu Reeves diketahui telah perankan hampir 100 judul film dan serial televisi. Sejak 1986, ia sudah muncul di layar lebar dengan film berjudul River's Edge pada usianya 22 tahun. Terlihat dari tahun tersebut, tidak terlalu banyak perubahan dari Keanu Reeves dan malah terlihat awet muda.

Berikut transformasi Keanu Reeves dalam dalam perannya di film sebelum tahun 2000 yang Liputan6.com lansir dari Brightside, Rabu (4/9/2019)

1. Keanu Reeves dalam sebuah film drama berjudul River Edge 1986 yang terinspirasi kisah nyata, saat usianya masih 22 tahun

Keanu Reeves dalam perannya di film (sumber: Brightside)

2. Penampilannya pada film The Night Before 1988

Keanu Reeves dalam perannya di film (sumber: Brightside)

3. Film Bill & Ted's Excellent Adventure 1989, Keanu Reeves saat mengawali karir hampir setiap tahun bermain film.

Keanu Reeves dalam perannya di film (sumber: Brightside)

4. Tune in Tomorrow 1990. Di usia yang mudah Keanu Reeves bisa sampai 3 judul film/serial yang ia perankan dalam satu tahun

Keanu Reeves dalam perannya di film (sumber: Brightside)

5. Cukup banyak karakter berbeda yang ia lakoni dalam setiap film, contohnya ia mencoba mainkan karakter kolosal dalam film Little Buddha 1993.

Keanu Reeves dalam perannya di film (sumber: Brightside)

6. Keanu Reeves pun adalam awal karirnya cukup banyak bermain dalam drama, seperti A Walk in the Clouds 1995.

Keanu Reeves dalam perannya di film (sumber: Brightside)

7. Feeling Minnesota 1996. Dari peran-peran inilah yang buat Keanu Reeves kini jadi seorang artis yang terkenal sampai sekarang

Keanu Reeves dalam perannya di film (sumber: Brightside)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Memerah, Kulit Jessica Iskandar Sempat Perih Saat Dianastesi

Posted: 03 Sep 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, Jessica Iskandar sempat mengunggah Instagram Stories yang memperlihatkan kondisi wajahnya. Wajah Jessica Iskandar terlihat mengalami bercak merah pada beberapa bagian.

Sempat menahan diri dari aktivitasnya sebagai artis, Jessica Iskandar akhirnya menjelaskan awal mula wajahnya menjadi kemerahan. Ia mengatakan awalnya ingin melakukan perawatan di sebuah klinik kecantikan. 

"Terus sama dokternya dianestesi dulu. Biar enggak sakit katanya," ujar Jessica Iskandar ketika dijumpai di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (3/9/2019).

Saat dianastesi, Jessica Iskandar sempat khawatir karena merasakan hal yang tak wajar. "Pas anestesi itu aku udah bilang, 'Dok, ini perih lho. Ini enggak apa-apa perih begini?' Terus kata dokternya enggak apa-apa itu normal," kata Jessica Iskandar menambahkan. 

Stres

Perbandingan wajah Jessica Iskandar. (instagram.com/inijedar)

Hampir satu jam kemudian, Jessica Iskandar menuturkan wajahnya mulai kemerahan.

"Tapi pas 50 menit pakai krim anestesi pas dihapus semuanya merah. Merahnya bukan kepanasan, ini merahnya ngeblok-blok gitu. Bikin spot spot gitu di wajah," tuturnya. 

Jessica Iskandar mengira efek kemerahan ini hanya sementara. "Kirain besoknya hilang, taunya enggak hilang-hilang. Ya udah, mulai stres deh," cerita Jessica Iskandar.

 

Alasan Perawatan

(Daniel Kampua/Fimela.com)

Jessica Iskandar mengungkapkan bahwa niat utamanya melakukan perawatan ini adalah untuk menghilangkan kerutan pada wajahnya. Dirinya mengaku ingin mencegah tanda-tanda penuaan sedini mungkin.

(Affiyah Tri Yuni Sari/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenang Duel Timnas Indonesia vs Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 1978

Posted: 03 Sep 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia memiliki sejarah panjang persaingan dengan Malaysia. Kedua tim kini memperbarui rivalitas pada kualifikasi Piala Dunia 2022.

Indonesia dan Malaysia masuk Grup G berdasar undian yang berlangsung 17 Juli lalu. Mereka harus bersaing melawan Uni Emirat Arab, Thailand, dan Vietnam memperebutkan kemungkinan dua tempat di putaran berikutnya.

Timnas Indonesia terlebih dahulu menjadi tuan rumah. Pertandingan itu berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/9/2019). Malaysia balik menjamu anak asuh Simon McMenemy pada 19 November mendatang.

Meski berkali-kali bertemu di ajang regional, Timnas Indonesia dan Malaysia ternyata baru sekali berduel di kualifikasi Piala Dunia. Momen tersebut terjadi pada 3 Maret 1977 pada perjalanan menuju Piala Dunia 1978 di Argentina.

Masuk Grup A, Indonesia dan Malaysia bersaing di Singapura yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Timnas Indonesia membutuhkan kemenangan setelah dikalahkan Hong Kong 1-4 pada laga pertama. Sementara Malaysia menghajar Thailand 6-4 pada penampilan pembuka.

Pemain Legendaris

Kiper legendaris Timnas Indonesia, Ronny Pasla.

Kedua tim akhirnya harus puas bermain 0-0. Hasil itu tidak cukup untuk membawa kedua negara ke babak selanjutnya. Indonesia mengakhiri persaingan di peringkat empat dengan raihan tiga angka dari empat laga. Sementara Malaysia satu posisi dan satu poin lebih baik. Ketika itu kemenangan masih dihargai dua nilai.

Indonesia dan Malaysia bertarung mengandalkan pemain legendaris. Tim Garuda memiliki Ronny Pasla di bawah mistar. Turut bertanding Ronny Pattinasarany, Iswadi Idris, Suhatman Iman, Nobon Kayamudin, Yohanes Auri, hingga Ojong Liza.

Begitu pula Malaysia yang memiliki Ali Isa Bakar, Wong Choon Wah, Shukor Salleh, Santokh Singh, dan Arumugam Rengasamy.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia: Ronny Pasla, Yohanes Auri, Suhatman Iman, Junaedi Abdillah, Wahyu Hidayat, Hadi Ismanto (Waskito Haihun), Ronny Pattinasarany, Iswadi Idris, Nobon Kayamudin, Ojong Liza, Riswanto

Timnas Malaysia: Arumugam Rengasamy, Ali Isa Bakar, Soh Chin Aun, Wong Choon Wah, Wong Chye Fook, Abdallah D Davandran, Jamal Nasir, Shukor Salleh, Santokh Singh, Wan Mohammed Wan Rashid (Reduan Abdullah Ali), Keong Yip Chee

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia dan Arab Saudi Terus Matangkan Implementasi Sistem Satu Kanal Bagi Pekerja Migran

Posted: 03 Sep 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri telah melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial Arab Saudi H.E. Dr. Abdullah Abuthnain di Matsuyama, Jepang pada Minggu (1/9) waktu setempat.

Dalam pertemuan bilateral ini dibicarakan upaya implementasi kerja sama bidang penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) melalui Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK) atau One Channel System.

Kedua belah pihak telah dan terus memantapkan persiapan-persiapan teknis untuk melaksanakan implementasi pilot project SPSK ini.

"Persiapan teknis terus dimatangkan seperti penyiapan regulasi/dasar hukum pelaksanaan project, integrasi sistem, sosialiasi project SPSK kepada pemerintah daerah, serta seleksi Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang akan berpartisipasi dalam project ini," kata Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri.

Lebih lanjut Menaker menjelaskan bahwa proses integrasi sistem Indonesia dan Arab Saudi yang akan digunakan dalam implementasi SPSK telah dilakukan. Kementerian Ketenagakerjaan telah melakukan training pengoperasian sistem kepada Atase Tenaga Kerja pada KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah.

Hanif menjelaskan kerja sama SPSK yang pengaturannya dituangkan ke dalam Technical Arrangement (TA) merupakan tindaklanjut dari hasil kesepakatan Menaker Hanif dengan Menaker Arab Saudi pada 16 Oktober 2017 lalu.

Sesuai kesepakatan dalam TA, guna memastikan pelaksanaan pilot project SPSK berjalan baik, kedua pihak akan membentuk Joint Task Force yang bertugas untuk mengevaluasi dan memonitoring implementasi pilot project SPSK.

 

Pertemuan bilateral Indonesia dan Arab di Matsuyama, Jepang.

"Dalam pertemuan bilateral tadi, kami juga sudah meminta Pemerintah Arab Saudi agar segera menyampaikan daftar anggota yang akan tergabung dalam Joint Task Force," katanya.

Menaker Hanif juga menegaskan komitmen Pemerintah Arab Saudi untuk dapat mengimplementasikan Technical Arrangements.

Dalam pertemuan bilateral itu, hadir Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker Haiyani Rumondang, Konsul Jenderal RI di Osaka Mirza Nurhidayat, Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri Indah Anggoro Putri Kemnaker, Direktur Pengembangan Pasar Kerja Kemnaker Roostiawati, dan Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri Kemnaker Eva Trisiana.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: