Sabtu, 07 September 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Wanita Ini Minta Edit Foto Agar Bolanya Hilang, 6 Hasilnya Bikin Cengengesan

Posted: 07 Sep 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika dulu mengedit foto harus menggunakan perangkat komputer, sekarang ini hanya lewat ponsel pun kamu sudah bisa melakukannya. Bukan tidak mungkin kamu merekayasa fotomu saat sedang bersantai misalnya, lalu kamu unggah ke media sosial.

Di zaman teknologi yang sudah jadi makanan sehari-hari seperti sekarang ini, mengubah atau memanipulasi sebuah foto bukanlah hal yang sulit. Berbekal keahlian dan ditunjang dengan aplikasi yang canggih, kamu bisa dengan mudah edit foto agar wajah terlihat lebih putih, tubuh terlihat langsing dan lain-lain.

Tapi banyak juga orang yang kesulitan untuk memanipulasi foto seperti itu. Jalan keluarnya adalah meminta bantuan orang lain. Kalau tidak punya teman yang pintar mengedit foto, solusi lain ialah dengan meminta netizen di media sosial untuk mengeditkan fotomu. Apalagi sekarang ini banyak akun hiburan yang sering edit-edit foto milik netizen.

Seperti permintaan wanita yang diedit agar bola yang ada didepannya hilang. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber wanita ini minta diedit foto agar hilangkan bola, 6 hasilnya bikin cengengesan, Minggu (8/9/2019).

1. Hallo gaes, asiappp dong!

Wanita Ini Minta Diedit Foto Agar Hilangkan Bola, 6 Hasilnya Bikin Cengengesan (sumber:Twitter/ @gimmedamisha)

2. Silau banget nih mataharinya.

Wanita Ini Minta Diedit Foto Agar Hilangkan Bola, 6 Hasilnya Bikin Cengengesan (sumber:Twitter/@iniapasihh)

3. Kan minta tolong bolanya yang dihilangkan, bukan orangnya.

Wanita Ini Minta Diedit Foto Agar Hilangkan Bola, 6 Hasilnya Bikin Cengengesan (sumber:Twitter/@iwannapineapple)

4. Selamat ulang tahun ya.

Wanita Ini Minta Diedit Foto Agar Hilangkan Bola, 6 Hasilnya Bikin Cengengesan (sumber:Twitter/@wesbux)  ·

5. Kenapa harus Harimau?

Wanita Ini Minta Diedit Foto Agar Hilangkan Bola, 6 Hasilnya Bikin Cengengesan (sumber:Twitter/@r4bi4h)

6. Nih beneran hilang bolanya.

Wanita Ini Minta Diedit Foto Agar Hilangkan Bola, 6 Hasilnya Bikin Cengengesan (sumber:Twitter/@Panggilakupucoo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Fakta Terbaru Veronica Koman, Tersangka Kerusuhan Papua

Posted: 07 Sep 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) menetapkan Veronica Koman tersangka kasus kerusuhan Papua. Veronica dijerat tersangka karena diduga menjadi pemicu kerusuhan warga Papua di Surabaya, Jawa Timur dan Jayapura, Papua.

Veronica Koman adalah Penasihat hukum Aliansi Mahasiswa Papua (AMP). Dia dituding menjadi provokator atas cuitannya di Twitter mengenai kasus yang terjadi di Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya.

Penyidik Polda Jatim juga menganggap Veronica ikut bertanggung jawab atas insiden kericuhan di Papua pada 18 Agustus 2019 lalu.

"Saat gelar perkara, ada keyakinan penyidik, beberapa cuitannya mengandung unsur provokasi," kata Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan di Mapolda Jatim, 4 September 2019.

Menurut dia, Veronica punya andil besar dalam penyebaran isu hoaks. Luki juga menyatakan, tersangka terbilang cukup aktif menyebarkan berita tentang hal-hal yang tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

"Kami memiliki bukti percakapan dari cuitan di media sosialnya soal hoaks kejadian di asrama Papua pada 17 Agustus lalu," kata Luki.

Berikut fakta-fakta terkini tentang Veronica Koman tersangka kerusuhan Papua

Kunci Kasus Hoaks

Veronica Koman (Merdeka.com/Erwin Yohanes)

Kepolisian Daerah Jawa Timur menahan tiga tersangka terkait kasus kerusuhan di Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya serta insiden di Jayapura dan Papua Barat. Polisi juga menetapkan Veronica Koman sebagai tersangka penyebar berita bohong (hoaks) serta memprovokasi warga Papua lewat unggahannya di Twitter.

Veronica dianggap sebagai kunci dari pengungkapan kasus tersebut.

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan mengatakan, polisi bakal mengungkap benang merah Veronica dan kerusuhan di Papua jika WNI yang tengah berada di luar negeri itu telah ditahan.

"Kalau tersangka Veronica Koman ini juga bisa ditahan maka kami akan mengungkap benang merah terkait dengan kerusuhan Papua," tutur Luki di Mapolda Jatim, Sabtu (7/9/2019).

Termasuk, lanjut dia, soal kemungkinan tersangka baru. Dia menuturkan, polisi bakal mendalami kasus terkait kerusuhan Papua itu melalui Veronica Koman

"Kalau tersangka Veronika Koman ini sudah kami tahan maka akan ada banyak pertanyaan untuk menelusuri arah dari kasus ini," kata Luki.

 

Berada di Negeri Tetangga

Polda Jatim sampaikan penjelasan mengenai tersangka baru Veronica Koman pada Rabu, 4 September 2019 (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan menegaskan Veronica Koman yang diduga merupakan aktor intektual pemicu kerusahan Papua masih berada di luar negeri. Dia tinggal bersama suaminya yang merupakan warga negara asing. 

"Tersangka Veronica Koman mempunyai suami Warga Negara Asing (WNA) yang juga pengiat LSM yang sangat aktif. Mereka berdua saat ini tinggal di luar negeri," tutur Luki, Surabaya, Sabtu (7/9/2019).

Lalu, di manakah mereka tinggal? 

Saat ditanya mengenai negara tempat tinggal Veronica Koman dan suaminya, Luki mengatakan keduanya berada di negara tetangga. Artinya, dekat dengan Indonesia.

Veronica Koman dan suami sempat disebut-sebut berada di Australia. Apakah benar?

"Nanti kita lihat ke depan karena saat ini masih proses penyidik jadi jangan sampai kita kesulitan," ujar Luki.

Dia mengatakan, jajarannya sudah melayangkan surat pemanggilan tersangka Veronica Koman di dua alamat di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan. Namun, jika Veronica tidak hadir, maka pekan depan akan diterbitkan selebaran buron. 

"Untuk DPO (buron) minggu depan akan dilakukan karena saat ini masih menjalani tahapan-tahapan dalam berproses," tutur Luki.

Lacak Rekening

Massa turun ke jalan dalam unjuk rasa yang berujung kerusuhan di Manokwari, Papua, Senin (19/8/2019). Mereka membakar gedung DPR juga memblokade jalan dengan membakar ban sebagai buntut dari peristiwa yang dialami mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, serta Semarang beberapa hari lalu. (STR / AFP)

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) melakukan berbagai cara untuk menangkap Veronica Koman (VK) tersangka penyebar berita bohong dan provokasi warga Papua di Surabaya dan Jayapura.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyampaikan bahwa pihaknya sudah melayangkan surat pemanggilan tersangka Veronica Koman serta menjalin koordinasi dengan sejumlah instansi pemerintah yang lain.

Luki berharap kerjasama dengan kementerian luar negeri dan interpol dapat membantu proses hukum Veronica Koman.

"Mudah-mudahan kita ada hubungan kerjasama dengan luar negeri sehingga kita mudah melakukan tindakan hukum," tutur Luki di Mapolda Jatim, Sabtu (7/9/2019).

Luki mengatakan, polisi berhasil melacak dua nomor rekening atas nama Veronica Koman di Indonesia dan di luar negeri.

"Kami sudah bekerja  sama dengan kementerian luar negeri dan imigrasi terkait dengan rekening tersebut," tutur Luki.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Protes Revisi Undang-Undang, Pegawai 'Tutup' Gedung KPK

Posted: 07 Sep 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DPR telah mengesahkan rencana revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau UU KPK. Revisi ini dinilai sebagai upaya sistematis melemahkan lembaga anti rasuah itu.

Wadah Pegawai (WP) KPK melakukan protes dengan 'menutup' Gedung KPK Merah Putih di Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Minggu (8/9/2019).

Sejumlah pegawai KPK menggunakan pakaian hitam melakukan aksinya dengan menutup logo KPK yang ada di depan kantor. Ada tiga logo yang ditutup yaitu di bagian depan gedung KPK, di tembok sebelah kanan di depan gedung dan di bagian paling atas gedung. Logo KPK ini ditutupi kain hitam sebagai tanda matinya KPK di zaman Presiden Joko Widodo.

Komisioner KPK, Saut Situmorang menyampaikan penutupan ini merupakan simbolik. Pihaknya ingin mengingatkan bahwa bangsa ini melalui jalan panjang dalam upaya pemberantasan korupsi.

"Ini hanyalah sebuah simbol. Kita menutup dan mengingatkan ada jalan panjang yang harus dilalui oleh negeri ini. Dari pada sekadar membahas UU KPK yang kita harap kalaupun tadinya ada perubahan harusnya memperkuat bukan memperlemah," jelasnya.

Saut mengutip kalimat pelukis Frida Kahlo yang menyatakan bahwa dia tak pernah melukis ketakutan dan mimpi-mimpinya, namun melukis realita di sekitarnya."Quotes itu saya sampaikan bahwa KPK tidak pernah takut tapi KPK bicara kenyataan," ujarnya.

 

Indeks Persepsi Korupsi Indonesia

Pegawai menutup logo KPK sebagai simbol perlawanan terhadap revisi UU lembaga antirasuah tersebut. (Merdeka.com)

Saut menjelaskan, saat ini Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia 38. Antara kenyataan dan tindakan pemimpin di negeri ini tidak sama. Seperti Piagam PBB ditandatangani tapi tak ditindaklanjuti.

"Sampai hari ini kita tidak laksanakan. Itu kenyataan. Kemudian diperparah lagi dengan Piagam PBB itu yang harus dijatuhi bahwa di suatu badan, di suatu negara yang permanen dan independen, terbebas dari pengaruh-pengaruh yang tidak penting. Bahkan ia harus menggunakan yang sifatnya spesial teknik dari Piagam PBB itu yakni penyadapan. Oleh sebab itu tidak sesuainya tindakan pikiran dan ucapan ini adalah fakta," protes Saut.

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Haornas 2019: Rekor MURI Karate Massal Pecah di Banjarmasin

Posted: 07 Sep 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 5.500 karateka mengikuti pemecahan rekor karate massal jelang digelarnya puncak perayaan Hari olahraga Nasional (Haornas) 2019 di Banjarmasin, Minggu (8/9/2019). Warga Kalimantan Selatan yang berpartisipasi di karate massal sudah memadati jalan-jalan protokol yang terletak di sekitar alun-alun kota dan tepian sungai Martapura sejak pagi.

Masyarakat yang mengikuti karate massal ini berasal dari berbagai kalangan, mulai dari umum hingga PNS yang ada di beberapa wilayah Kalimantan Selatan. Ari,30 tahun, salah satu peserta dari kalangan PNS mengaku sudah berlatih dua bulan untuk mengikuti latihan massal karate ini.

"Saya berlatih tiga kali dalam seminggu. Kami benar-benar bersiap untuk kegiatan perayaan Haornas ini," katanya kepada wartawan.

Kegiatan karate massal yang digagas Shabirin Noor, Gubernur Kalimantan Selatan ini pun dinyatakan sudah memecahkan rekor kegiatan karate massal. Dalam aktivitas pemecahan rekor yang berlangsung pada 9.00 pagi WIT tadi, para peserta memperagakan gerakan kata 1, 2 dan 3.

"Terimakasih masyarakat Kalimantan Selatan yang sudah berpartisipasi di kegiatan ini," kata Shabirin.

Pemberian plakat penghargaan pemecahan rekor MURI diberikan langsung usai kegiatan Karate Massal. Rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari perayaan Haornas yang akan berlangsung di Siring Menara Pandang pada malam harinya.

 

Target Tercapai

Cita-cita Haornas 2019 pecah dengan adanya kegiatan karate massal di Banjarmasin (istimewa)

Sementara itu, Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengaku salut dengan antusiasme masyarakat dalam kegiatan aksi karate massal ini. Dia mengatakan cita-cita dari Haornas tercapai lewat kegiatan ini.

"Pemecahan rekor MURI karate sesuatu yang luar biasa, minimal bisa menginspirasi masyarakat yang banyak itu untuk ikut Karate. Ini bagian dari pembudayaan olahraga, itulah cita-cita dari Haornas ini yaitu berolahraga itu kapan saja dimana saja," kata Isnanta.

"Disini kebetulan gubernurnya seorang karateka. Ternyata animonya besar lebih dari 5 ribu."

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karya 28 Seniman Kontemporer Indonesia Lewat Inside Studios

Posted: 07 Sep 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Butuh waktu lima tahun untuk membuat sebuah buku. Bukan hanya buku tapi juga menampilkan pameran. Berkat kerjasama tim yang hebat, terwujudlah buku dan pameran Inside Studios.

Inside Studios adalah sebuah buku yang diprakarsai oleh Alexandra Corradini, Indra Leonardi, Hermawan Tanzil dan Amalia Wirjono.

Mereka bersama dengan 28 seniman kontemporer terkemuka Indonesia yang dengan sangat murah hati telah meluangkan waktu dan tempat untuk turut berpartisipasi dalam pembuatan buku ini.

Dilansir dari Fimela, 7 September 2019, Inside Studios adalah sebuah buku visual dan fotografi yang luar biasa. Studio para seniman bisa tertangkap oleh fotografer Indra Leonardi, dan diperkaya oleh karya Q&A setiap seniman yang unik dan pribadi.

Tiap pertanyaan dijawab melalui gambar, lukisan, kolase atau kata-kata – setiap seniman diberi kebebasan total untuk mengekspresikan dirinya. Karya-karya ini akan dipamerkan di Art Jakarta.

Secara keseluruhan, buku ini menyoroti berbagai ciri khas komunikasi melalui gambar, dan menegaskan kepribadian setiap seniman. Studio seorang seniman adalah ruang yang unik dan ekspresif, dan menyelidikinya adalah pengalaman yang menarik.

Tanya Jawab Unik

Karya seniman Indonesia. (Foto: Dok. Inside Studios)

Melalui buku ini, kita mendapat kesempatan untuk berbagi 28 pertemuan yang unik dan luar biasa.  Seniman yang ditampilkan adalah: A.D.Pirous; Ade Darmawan; Aditya Novali; Agung Kurniawan; Agus Suwage; Angki Purbandono; Arin Sunaryo; Christine Ay Tjoe; Dolorosa Sinaga; Eddi Prabandono; Eko Nugroho; Entang Wiharso; F.X. Harsono.

Lalu ada Hanafi; Handiwirman Saputra; Heri Dono; I Nyoman Masriadi; Indieguerillias; J. Ariadhitya Pramuhendra; Jumaldi Alfi; Sunaryo; Mangu Putra; Melati Suryodarmo; Mella Jaarsma; Kertas Bulan; Tromarama; Ugo Untoro; Uji Handoko dan Eko Saputro.

Pembuatan buku ini juga dimungkinkan berkat semangat dan kedermawanan beberapa pihak serta dukungan dari beberapa kolektor seni.  Selain itu, para penulis juga akan turut serta di Ubud Writers Festival 2019 untuk berbicara mengenai buku ini.

Menurut Alexandra Corradini, buku ini dilengkapi dengan tanya jawab (Q & A) yang unik. Pertanyaan dijawab melalui gambar, lukisan, kolase, atau kata-kata, sesuai dengan gaya dan karakter masing-masing seniman dalan mengekspresikan diri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Abraham Diminta Tutup Telinga dan Fokus Bersama Chelsea

Posted: 07 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Mantan striker Chelsea, Pierluigi Casiraghi, menyarankan Tammy Abraham untuk tak mendengar segala kritikan dan pujian. Ia ingin pemain 21 tahun itu fokus untuk mengembangkan potensinya di Stamford Bridge.

Abraham sudah mencetak empat gol dalam dua penampilan liga terakhirnya untuk Chelsea. Hal ini membuat sang pemain banjir pujian.

Sebelumnya, ia kena kritik karena mandul di dua laga awal. Padahal, Manajer Frank Lampard telah memberinya nomor punggung 9 dan kesempatran jadi starter.

"Abraham memulai musim dengan sangat baik, dia memiliki talenta dan kualitas, jadi saya berharap dia dapat melakukan seluruh kompetisi di level ini," kata Casiraghi di Soccerway.

"Dia seorang anak muda yang harus menutup telinganya dan tidak mendengarkan kritik. Untuk berkembang di Chelsea, Anda harus membuat kesalahan dan dia punya hak untuk melakukannya."

 

 

Yakin dengan Lampard

(AFP)

Dalam kesempatan itu, Casiraghi juga bicara langkah Lampard yang berani memberi kesempatan kepada pemain muda seperti Abraham dan Mason Mount.

"Lampard memiliki peluang besar. Dia akan memainkan kartunya tanpa kehilangan apa pun dan saya yakin dia akan berhasil memaksakan dirinya, dia mencintai pemain-pemain muda dan ini membuatnya dihormati," Casiraghi menambahkan.

Posisi 11

Chelsea sendiri kini berada di posisi 11 klasemen Liga Inggris. The Blues mengoleksi lima poin dari empat pertandingan yang dilalui.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saking Semangat Jadi MC Lagi, Sophie Navita Lupa Hari dan Tanggal

Posted: 07 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Apa kabar Sophie Navita? Februari 2016, Sophie Navita bersama suami, Pongki Barata, dan kedua putranya pindah ke Bali. Di Pulau Dewata, artis kelahiran 10 November 1975 ini mengaku lebih tenang.

Konsekuensinya, frekuensi pemunculan Sophie Navita di layar kaca maupun layar lebar jadi jarang. Sesekali saja ia memandu acara off-air di Bali dan Jakarta. Beberapa kali diwawancara media, Sophie Navita mengaku kangen menjadi presenter atau pembawa acara.

Baru-baru ini, kerinduan Sophie Navita terobati. Ia didapuk menjadi MC salah satu acara off-air di Bali. Saking senangnya, Sophie Navita membuat kesalahan konyol.

Ia pun meluapkannya di akun Instagram. "One fine day, backstage before all the fun stuff happens! Ya, saya senang berada di atas panggung menyapa kalian bahkan menyanyi jika harus," tulis Sophie Navita pada Jumat (6/9/2019) malam.

Saking semangatnya, Sophie Navita sampai lupa hari dan tanggal. "Ini saking excited-nya besok mau nge-MC lagi di Seminyak Wine Carnival sampai aku salah booking jadwal ke salon, LOL," selorohnya.

  

Debat Sama Suami

Pongki Barata dengan Sophie Navita. (Foto: instagram.com/pongki_barata)

Kembali ke panggung membuat Sophie Navita ingin tampil sempurna termasuk penampilan dari rambut sampai kuku.

"Pernah gitu, enggak? Saking excited-nya mau menghadapi sesuatu (in my case kerinduanku kembali ke panggung lagi) sampai salah booking jadwal salon untuk bebersih segala rambut kuku dan lain-lain. Ya itu adalah saya hari ini," ungkap Sophie Navita seraya menyertakan emoji wajah tertawa lepas.

Tak percaya salah jadwal, Sophie Navita sampai berdebat dengan suami. "Sampai debat sama suami soal tanggal," sambung dia.

Seksinya Inang

Sophie Navita berubah  (Instagram/sophienavita)

Sophie Navita mengaku, saat ini sedang jadi Inang Dapur. "Karena itu adalah musim hidupnya saat ini, namun sampai kapan pun dia (Sophie Navita) adalah seorang MC dan TV presenter (yang kebetulan sedang harus mengurus keluarganya sejenak) yang rindu diajak manggung," kata Sophie Navita.

Bukannya merespons cerita lucu ini, sejumlah artis malah salah fokus dengan kecantikan Sophie Navita. Ersa Mayori menceletuk, "Cakep amat!" Yuni Shara berkomentar, "Ah, seksinya Inang!"

(Wayan Diananto)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-23 vs Bali United vs PSIM, Siaran Langsung Televisi

Posted: 07 Sep 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Timnas Indonesia U-23 akan mengikuti turnamen segitiga, Trofeo Hamengkubuwono X Cup 2019 pada Minggu (8/9/2019). Turnamen ini bakal disiarkan langsung di Indosiar.

Selain Timnas Indonesia U-23, ajang ini juga diikuti oleh Bali United dan PSIM Yogyakarta, selaku tuan rumah. Ajang Trofeo Hamengkubuwono X Cup 2019 bakal berlangsung di Stadion Mandala Krida, Yograkarta.

Turnamen segitiga dengan format 45 menit setiap pertandingannya itu, tak ingin disia-siakan oleh Indra Sjafri. Terutama dalam melihat progres positif pemainnya selama digembleng di Lapangan Yogyakarta International School (YIS), Mlati, Sleman, sejak 26 Agustus lalu.

Trofeo Hamengkubuwono X diakui Indra Sjafri sangat penting sebagai penutup TC Timnas Indonesia U-22 selama hampir dua pekan. Pelatih asal Sumatera Barat itu mengatakan pentingnya uji coba di akhir program pemusatan latihan karena seluruh pemain akan kembali ke klub pada Senin (9/9/2019).

"Setelah pemusatan latihan pada September, masih ada waktu melihat lebih detail para pemain. Untuk itu kami memanfaatkan melihat potensi pemain yang ada di tim. Agar semakin banyak jam terbangnya," terang Indra Sjafri dalam konferensi pers di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Sabtu (7/9/2019).

Lihat jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 di halaman selanjutnya.

 

Jadwal Timnas Indonesia U-23

Berikut jadwal Timnas Indonesia U-23 di Trofeo Hamengkubuwono X Cup 2019:

13.30 WIB, PSIM Yogyakarta vs Bali United

14.30 WIB, Bali United vs Timnas Indonesia U-23

16.00 WIB, Timnas Indonesia U-23 vs PSIM

Live di Indosiar

Skuat Timnas Indonesia U-23

1. Satria Tama

2. Rachmat Irianto

3. Rendy Oscario

4. Ulul Azmi

5. Muhammad Riyandi

6. Dandi Maulana

7. Nurhidayat Haji

8. Witan Sulaeman

9. Septian Satria

10. Andi Setyo

11. Dodi Alekvan

12. Rifad Marasabessy

13. Bagas Adi

14. Rizky Dwi

15. Muhammad Luthfi

16. Syahrian Abimanyu

17. I Kadek Agung

18. Gian Zola

19. Roni Sugeng

20. Natanael Siringoringo

21. Mohammad Sidik

22. Irkham Zahrul

23. Feby Eka

24. Nadeo Arga

25. Sani Rizki

26. Osvaldo Ardiles

27. Tegar Infantrie

28. Muhammad Rafli

29. Asnawi Mangkualam

30. Firza Andika

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legenda MU Dituntut Mundur dari Kursi Pelatih Timnas Wales

Posted: 07 Sep 2019 09:20 PM PDT

Manchester - Suporter Timnas Wales mulai mendesak Ryan Giggs mundur dari jabatan pelatih. Seruan itu mencuat setelah Timnas Wales susah payah mengalahkan Azerbaijan dengan skor 2-1 pada Kualifikasi Piala Eropa 2020, Sabtu (7/9/2019) dini hari WIB. 

Fans tidak puas karena menilai Timnas Wales tampil tak menjanjikan pada laga tersebut. Gol penentu kemenangan Wales baru tercipta di menit ke-84 melalui Gareth Bale. 

Timnas Wales masih tercecer di posisi keempat klasemen sementara Grup E, dengan nilai 6. Namun, mereka hanya tertinggal tiga poin dari Kroasia dan Hungaria yang menempati posisi pertama dan kedua. Peringkat ketiga dihuni Slovakia yang juga mengoleksi enam poin. 

Timnas Wales sebenarnya kembali ke trek yang benar. Tetapi, suporter tak terkesan dengan hasil pertandingan maupun performa para pemain. 

Seperti dilansir The Sun, sejumlah fans mulai menyerukan Ryan Giggs untuk mundur karena dianggap tak bertaji membesut Timnas Wales.  

"Ketika pertandingan berakhir, Ryan Giggs seharusnya langsung keluar lapangan dan menuju mobilnya, menyetir keluar dari Cardiff, menyeberangi jembatan, dan tak pernah kembali. Pria yang tawar dan manajer yang tawar, tolong berikutnya," tulis seorang fan, Nathen Amin, melalui akun Twitter-nya. 

Sulit Menankan Hati Fans

Pelatih Timnas Wales, Ryan Giggs, memberikan instruksi kepada anak asuhnya saat melawan Azerbaijan pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Cardiff City Stadium, Cardiff, Jumat (6/9). Wales menang 2-1 atas Azerbaijan. (AFP/Geoff Caddick)

Sindiran senada diungkapkan fan lainnya, Robert James. "Saat berjalan keluar stadion, semua orang sepakat Gigss bukan pria yang akan membawa kita maju." 

"Saya tak bisa menolong, tapi merasa generasi bertalenta Wales telah disia-siakan, dan sangat berat melihatnya," tulis fan lainnya, Elis James. 

"Berharap Giggs membuktikan bahwa setiap orang salah, tapi itu tak terjadi. Hasil di kertas tak terlalu buruk, tapi penampilan pemain sungguh buruk," cuit pengguna Twitter dengan akun Chasing the Dragon. 

Ryan Giggs sulit memenangkan hati fans sejak ditunjuk menggantikan Chris Coleman pada 2019. Legenda Manchester United tersebut juga kesulitan pada Kualifikasi Piala Eropa 2020. Wales hanya mendulang dua kemenangan dan dua kali kalah. 

Sumber: The Sun

Disadur dari Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Kebersamaan Franda dan Zylvechia, Ibu dan Anak yang Bikin Gemas

Posted: 07 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presenter sekaligus aktris Efranda Stefanus Heckenbücker atau yang lebih akrab disapa Franda, baru-baru ini menjadi sorotan publik. Hal ini dikarenakan Franda memprotes jika nama sang anak, Zylvechia ditiru orang lain. Zylvechia sendiri merupakan anak pertama dari Franda dan Samuel Zylgwyn yang lahir pada 29 April 2018 lalu.

Franda mengungkapkan kekecewaannya atas nama sang anak yang ditiru orang lain lewat kolom komentar di akun Instagram @zylvechia_kimberly. Franda juga menyinggung orang tua dari Zylvechia Kimberly yang memberi nama sama seperti nama depan putrinya. Orang tua dari Zylvechia Kimberly pun memberikan tanggapan mengenai komentar dari Franda melalui unggahan Instagran Stories. Tentu saja komentar Franda serta unggahan dari orang tua Zylvechia Kimberly menjadi perbincangan publik.

Franda sendiri diketahui cukup sering mengunggah kebersamaannya dengan sang buah hati yang bernama Zylvechia Ecclesie Heckenbücker itu di akun Instagram pribadinya. Tak sedikit pula netizen yang mengaku gemas dengan kekompakan Franda dan anaknya Zylvechia.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @frandaaa87, Minggu (8/9/2019) berikut ini beberapa momen kebersamaan Franda dan Zylvechia yang tampak kompak satu sama lain.

1. Buah hati pertama Franda ini memiliki nama panggilan Vechia.

Franda dan Vechia (Sumber: Instagram/frandaaa87)

2. Franda cukup sering mengunggah momen kebersamaan bersama sang buah hati di akun Instagram pribadinya.

Franda dan Vechia (Sumber: Instagram/frandaaa87)

3. Tak sedikit pula yang netizen yang merasa gemas dengan tingkah dari Vechia.

Franda dan Vechia (Sumber: Instagram/frandaaa87)

4. Vechia merupakan anak pertama dari Franda dan Samuel Zylgwyn yang lahir pada 29 April 2018 lalu.

Franda dan Vechia (Sumber: Instagram/frandaaa87)

5. Franda sering membawa sang buah hati untuk pergi berlibur bersama.

Franda dan Vechia (Sumber: Instagram/frandaaa87)

6. Dalam beberapa kesempatan, keduanya juga kerap tampil dengan busana yang mirip.

Franda dan Vechia (Sumber: Instagram/frandaaa87)

7. Meski baru berusia 1 tahun, akan tetapi Vechia sudah memiliki penggemar tersendiri lho.

Franda dan Vechia (Sumber: Instagram/frandaaa87)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Luncurkan Ruang Baca Buku di Setiap Stasiun MRT Jakarta

Posted: 07 Sep 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meluncurkan ruang baca buku di setiap stasiun MRT Jakarta. Dia berharap, peresmian ini dapat menumbuhkan minat baca masyarakat.

Buku-buku yang tersedia di setiap stasiun MRT Jakarta ini berkat kerja sama dengan Yayasan Baca Buku Jakarta.

"Kita menyadari pentingnya literasi bagi sebuah masyarakat. Apalagi di kota seperti Jakarta, dimana kita jadi bagian dari kota global," ujar Anies di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (8/9/2019).

"Untuk bisa jadi bisa maju berkembang, maka warganya harus bisa menjadi warga yang memiliki tingkat literasi tinggi. Salah satunya dengan kegemaran membaca," imbuh dia.

Nantinya, buku akan dipinjamkan dari stasiun pertama yang penumpang naiki, dan akan dikembalikan di stasiun tujuan. Buku juga disediakan di dalam tap area, sehingga hanya penumpang yang sudah melakukan tap saja yang bisa mengakses buku tersebut.

Kemudian, karena durasi naik kereta yang sebentar, buku yang disediakan pun tidak berukuran tebal. Direktur Utama PT MRT, William Sabandar menjelaskan, durasi waktu 30 menit dinilainya cukup untuk membaca buku ringan yang sudah disediakan.

"Yang kedua yang MRT akan lakukan adaah menyiapkan yang namanya micro library yang sedang kita siapkan akan ditempatkan di Stasiun Dukuh Atas nanti di bawah Jalan Kendal," tutur William.

 

Donasi Buku

Ruang baca buku tersedia di setiap stasiun MRT Jakarta. (Liputan6.com/Ratu Annisaa Suryasumirat)

William menambahkan, nantinya masyarakat juga bisa menyumbangkan buku untuk ditambahkan ke dalam koleksi ruang baca stasiun MRT.

"Di setiap stasiun ada drop box yang tadi sudah dicontohkan Pak Gubernur. Dan memang drop box-nya kelihatannya tidak besar karena yang kita sarankan itu buku-buku tipis ya, buku-buku kecil, supaya mudah dibaca dalam satu kali perjalanan," ucapnya.

Selain itu, pihak MRT juga akan bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional untuk meluncurkan digital book di awal tahun 2020.

"Selain gerakan baca buku yang sifatnya tadi buku fisik, juga akan ada yang namanya digital book. Jadi itu yang akan kita kerjasamakan dengan Perpustakaan Nasional, semuanya sedang jalan," dia mengakhiri.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

43 Orang Tewas oleh Badai Dorian di Bahama, Jumlah Diperkirakan Meningkat

Posted: 07 Sep 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Nassau - Upaya penyelamatan dan evakuasi telah ditingkatkan di beberapa bagian Bahama yang paling parah dilanda Badai Dorian, ketika ratusan orang berebut melarikan diri dari kehancuran.

Kapal pesiar, pesawat pribadi dan helikopter semuanya digunakan untuk membantu mereka yang masih terjebak di Kepulauan Abaco dan Grand Bahama pada Minggu 8 September 2019 waktu lokal. Dua wilayah itu disebut sebagai wilayah yang terdampak paling parah akibat Badai Dorian.

Korban tewas sejauh ini berada di angka 43 orang, tetapi diperkirakan akan meningkat dengan temuan jasad baru atau korban luka yang tak selamat, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (8/9/2019).

Para pejabat yakin ratusan jenazah belum ditemukan di daerah yang rata dengan tanah akibat dihantam oleh badai.

Dr Caroline Burnett-Garraway, kepala staf medis di Rumah Sakit Princess Margaret di ibu kota Bahama, Nassau, mengatakan dua truk berpendingin sedang dikirim ke daerah itu, serta menambahkan: "Kami telah memesan banyak kantong mayat," jelasnya mengantisipasi temuan korban tewas akibat Badai Dorian.

Situasi Terbaru di Bahama

'Mata' badai Dorian (NOAA)

Ribuan orang yang selamat berbaris di Freeport, Grand Bahama, berharap untuk naik kapal pesiar yang menawarkan perjalanan gratis ke Florida.

Ada pemandangan serupa di Pelabuhan Marsh, Great Abaco, di mana orang-orang mengantre ke kapal pribadi untuk membawa mereka ke tempat yang aman.

Pengungsi dari Great Abaco telah tiba di Nassau, membawa cerita tentang kondisi yang memburuk di pulau-pulau yang dilanda badai.

Para pejabat PBB mengatakan sekitar 70.000 orang di Grand Bahama dan Kepulauan Abaco membutuhkan bantuan mendesak.

Program Pangan Dunia (WFP) mengatakan sekitar 90% rumah, bangunan, dan infrastruktur di Marsh Harbour rusak dan ribuan penduduk berlindung di gedung pemerintah, pusat kesehatan, dan gereja Anglikan dengan pasokan yang sangat sedikit.

"Kebutuhannya tetap besar," kata juru bicara WFP, Herve Verhoosel. "Evakuasi perlahan-lahan terjadi dengan feri, karena ratusan penduduk dilaporkan melarikan diri setiap hari."

Angkatan Laut Inggris mengatakan pihaknya mengerahkan 18 staf medis tambahan untuk bergabung dengan kapal RFA Mounts Bay yang telah memberikan bantuan sejak badai berlalu. Kapal Inggris lainnya, HMS Protector, mengambil persediaan di Bermuda dan akan berlayar ke Bahama pada hari Senin.

Penjaga Pantai AS mengatakan telah mengirim sembilan kapal ke pulau-pulau itu dan bahwa enam helikopternya telah menyelamatkan 290 orang sejauh ini.

Dorian ke Kanada

Pergerakan Badai Dorian. (NOAA)

Sementara itu, Dorian telah memperoleh kekuatan di lepas pantai timur AS dan sedang menuju ke provinsi Kanada Nova Scotia.

Dorian berputar ke utara di sepanjang pantai Atlantik di Amerika Utara, dan telah menghantam negara bagian AS timur saat menuju Kanada.

Pada pukul 14:00 waktu setempat, Sabtu (18:00 GMT) badai itu sekitar 180 mil (290 km) tenggara Eastport, Maine , dan menuju provinsi Nova Scotia di Kanada.

Canadian Hurricane Center memperkirakan pendaratan di dekat Halifax, Nova Scotia, kemudian pada hari Sabtu dan mengeluarkan peringatan badai untuk bagian Nova Scotia dan Newfoundland.

Lembaga penyiaran Kanada CBC mengatakan ribuan penduduk di Nova Scotia telah kehilangan daya pada Sabtu pagi ketika angin kencang dan hujan lebat menyapu.

Pusat Topan Nasional AS (NHC) memperingatkan gelombang badai di Teluk St Lawrence, pantai barat daya Newfoundland dan Nova Scotia bagian timur.

Peramal cuaca AS mengatakan pada hari Sabtu bahwa badai telah membawa angin konsisten 155 km/jam dan telah meningkat dari badai kategori satu ke badai kategori dua --dalam skala Saffir-Simpson.

Dorian sempat mencapai kategori lima (yang terparah) ketika mendarat di Bahama hari Minggu lalu dengan angin mencapai lebih dari 200 km/jam.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Film Teror It Chapter 2, Ini Alasan Orang Takut Badut

Posted: 07 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sosok badut pada film It Chapter 2 kembali 'meneror' para penikmat film dunia. Film berdurasi nyaris tiga jam ini menawarkan kengerian badut. Perasaan penonton akan campur aduk antara takut, gelisah, dan cemas menyaksikan para karakter. 

Di balik aksi badut mengerikan dalam film It Chapter 2, rupanya ada orang yang enggan menonton, bahkan bertemu badut pun tidak mau. Ada ketakutan berlebih terhadap badut, istilahnya fobia badut atau coulrophobia.

Satu studi di Amerika Serikat menemukan, 1,2 persen prevalensi ketakutan terhadap badut dialami pasien anak. Lebih lebih dari 85 persen anak-anak yang takut terhadap badut berjenis kelamin perempuan. 

Menurut para peneliti, empat dari 14 dokter anak dan pasien anak menganggap mereka takut terhadap badut. Ada juga survei yang dilakukan di rumah sakit di Inggris oleh University of Sheffield. Peneliti menemukan, semua 250 anak (usia 4 hingga 16 tahun) yang disurvei mengungkapkan rasa takut atau tidak suka badut, dilansir dari Very Well Mind, Minggu (8/9/2019).

Ketakutan Badut Meluas

Film It: Chapter Two. (Foto: imdb.com)

Joseph Durwin dari Universitas Trinity memaparkan bahwa ketakutan terhadap badut ada dua teori. Pertama, didasarkan pada pengalaman pribadi yang negatif dengan badut di usia muda. Kedua, media menciptakan hype di sekitar bahwa badut itu jahat sehingga anak-anak pun tidak menyukai atau takut kepada badut 

Sebenarnya, sejarah badut, lanjut Durwin cukup menarik. Badut yang berasal dari zaman kuno, pada masa itu, badut diberi izin untuk mewakili sisi menyimpang dari sifat manusia. Dari secara terbuka menentang norma-norma seksual hingga badut berubah menjadi si penipu, sosok yang lebih jahat.

Pada 1980-an, fobia badut mencapai puncaknya. Desas-desus tentang pelecehan ritual terhadap anak-anak merajalela. Banyak badut yang menjadi bagian dari cerita tersebut. Bahkan legenda urban mulai fokus pada badut pembunuh yang sedang menunggu pengasuh.

Badut Pembunuh dan Sirkus

Badut pembunuh dan sirkus. (pixabay.com)

Dalam dekade-dekade selanjutnya, badut pembunuh telah menjadi bagian dari mitos manusia. Pada acara Halloween, badut pembunuh sering menjadi bagian dari perayaan. Berbeda dengan badut pembunuh, badut sirkus yang muncul dinilai lebih menyenangkan dan memukau kaum muda.

"Sepanjang sejarah, badut telah mewakili sisi manusia yang tidak dapat diterima masyarakat. Sisi itu terbentuk dari dorongan manusia, yang tidak selalu tampil rapi atau cantik. Mungkin badut itu menarik sekaligus membuat kita takut. Ya, karena dia mengangkat cermin kepribadian yang ada dalam diri kita," Lisa menambahkan.

Hingga kini, penyebab fobia badut masih spekulasi dan belum jelas.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar Trofeo Hamengkubuwono X: Timnas Indonesia U-23 vs Bali United

Posted: 07 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 siap beraksi di turnammen Trofeo Hamengkubuwono X Cup 2019 pada Minggu (8/9/2019). Turnamen ini juga diikuti oleh Bali United dan PSIM Yogyakarta, selaku tuan rumah.

Ajang Trofeo Hamengkubuwono X Cup 2019 akan digelar di Stadion Mandala Krida, Yograkarta. Ajang ini juga bisa dijadikan ajang uji coba untuk Timnas Indonesia U-23 yang dipersiapkan untuk tampil di SEA Games 2019.

Timnas Indonesia U-23 akan terlebih dahulu menghadapi Bali United. Setelah itu dilanjutkan dengan pertandingan menghadapi PSIM Yogyakarta.

Turnamen ini sendiri menggunakan format segitiga. Setiap pertandingan berlangsung satu babak, 45 menit.

Live Streaming Indosiar Trofeo Hamengkubuwono X: Timnas Indonesia U-23 vs Bali United dapat Anda saksikan mulai pukul 14.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Indosiar Trofeo Hamengkubuwono X: Timnas Indonesia U-23 vs Bali United di halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Indosiar Trofeo Hamengkubuwono X: Timnas Indonesia U-23 vs Bali United silakan klik di sini....

Skuat Timnas Indonesia U-23

1. Satria Tama

2. Rachmat Irianto

3. Rendy Oscario

4. Ulul Azmi

5. Muhammad Riyandi

6. Dandi Maulana

7. Nurhidayat Haji

8. Witan Sulaeman

9. Septian Satria

10. Andi Setyo

11. Dodi Alekvan

12. Rifad Marasabessy

13. Bagas Adi

14. Rizky Dwi

15. Muhammad Luthfi

16. Syahrian Abimanyu

17. I Kadek Agung

18. Gian Zola

19. Roni Sugeng

20. Natanael Siringoringo

21. Mohammad Sidik

22. Irkham Zahrul

23. Feby Eka

24. Nadeo Arga

25. Sani Rizki

26. Osvaldo Ardiles

27. Tegar Infantrie

28. Muhammad Rafli

29. Asnawi Mangkualam

30. Firza Andika

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rocker Malaysia Amy Search Punya Bisnis Minuman dengan Nama Unik

Posted: 07 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kerinduan publik Indonesia pada sosok Amy Search terbayarkan. Rocker asal Malaysia itu tampil sebagai komentator Golden Memories Asia 2019. Acara kompetisi menyanyi lagu-lagu jadul itu digelar Indosiar setiap malam mulai, Senin (2/9/2019).

Amy Search terlihat enjoy tampil memberikan komentar di kursi kebesaran bersama artis Indonesia lain seperti Iis Sugianto, Ruth Sahanaya, Soimah. "Suasananya memang membuat saya larut dan ikut gembira. Acaranya bagus," kata pria berambut gondrong ini saat ditemui di Pullman Hotel Central Park, Jakarta, pekan lalu. 

Dalam kesempatan FB Live Intimate Interview itu, Amy Search bercerita tentang rasa bahagianya karena masyarakat Indonesia masih senang menerima dirnya. "Jadi memang lagu Isabella dan juga Cinta Kita itu ajaib. Sudah lewat puluhan tahun masih saja orang ingat saya," paparnya tentang 2 hit miliknya yang melegenda itu. 

Minuman Instan

Amy Search. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Amy bercerita tentang kesibukannya belakangan. Bukan hanya manggung di private event, tapi pria bersuai 61 tahun ini juga sibuk sebagai businessman. "Saya punya usaha minuman kopi dan teh tarik," katanya. 

Uniknya Amy membubuhkan minuman jualannya itu dengan sebutan unik: Phewiiit!. "Itu kata yang sering kita ucapkan di Malaysia untuk memuji perempuan cantik. Ada yang lewat di depan kita cantik, kita biasanya suit suit. Tapi karena saya tak bisa bersiul, jadi ya keluar kata 'Phewiiit!"," paparnya sambil tergelak. 

Bisnis Busana dan Punya Pesantren

Amy Search. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Selain minuman instan yang terdiri dari black coffee, pineapple coffee dan teh tarik, Amy juga memilik brand busana yang dilepas ke pasaran. "Ya, saya bikin busana panjang (muslim). Saya juga dirikan pesantren, sekolah," katanya.

Di mata Amy Search kegiatan dirinya sebagai musisi rock harus berjalan beriringan dengan aktivitas bermuatan religi. "Saya ingin hidup ini imbang. Ada bisnis untuk keluarga. Ada juga kegiatan untuk tabungan akhirat," ujarnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Panggilan Sayang dari Berbagai Negara di Dunia

Posted: 07 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang tentu memiliki panggilang sayang kepada pasangannya. Panggilan sayang ini dikatakan sebagai bentuk ekspresi rasa sayang dalam bentuk bahasa cinta.

Setiap orang pun tentu memiliki panggilan sayang yang berbeda-beda kepada pasangannya. Nyatanya setiap negara juga memiliki panggilan sayang berbeda.

Artikel tentang deretan panggilan sayang dari berbagai negara di dunia menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang potret usilnya anak sekolah saat bercanda.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang 4 zodiak yang dikatakan paling lama membalas chat.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 10 Panggilan Sayang dari Berbagai Negara, Mana yang Kamu Suka?

ilustrasi pasangan jatuh cinta/Photo by Analise Benevides on Unsplash

Orang bilang, cinta tak memiliki bahasa. Tapi selalu ada cara unik di mana cinta dapat diekspresikan dalam berbagai bahasa. Hal ini tanpa disadari menambah gelora api asmara dalam hubungan.

Dari menyebut belahan jiwa Anda yang cantik sebagai "si jelek" sampai mengatakan matanya yang memesona seperti ikan, kata-kata cinta hanya dapat dipahami oleh orang yang sedang jatuh cinta. Berikut ini istilah-istilah unik panggilan sayang yang digunakan di berbagai negara.

Selengkapnya...

2. 7 Potret Usilnya Anak Sekolah Kalau Lagi Bercanda

Doc: Instagram.com

Masa sekolah bisa menjadi masa-masa yang paling dirindukan. Meski disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan menuntut ilmu, pertemenan yang terjalin di masa sekolah bisa dikenang hingga dewasa.

Belum lagi saat teman-teman usil dan bercanda. Ada kalanya kita yang menjadi sasaran keusilan mereka. Aksi bercanda tersebut ada kalanya bikin kita geleng-geleng kepala sendiri.

Selengkapnya...

3. Telepon Aja, 4 Zodiak Ini Paling Lama Kalau Balas Pesan Teks

Aquarius. (Sumber foto: unsplash.com)

Ada dua jenis orang di dunia ini: orang yang membalas pesan teks Anda dan yang tidak. Ada orang-orang yang mungkin sangat lambat dalam membalas pesan teks, bahkan terkadang lupa. Namun apa tindakan tersebut egois?

Tentu tidak. Setiap orang memiliki alasan untuk hal tersebut. Namun demikian, ada beberapa zodiak yang tergolong paling lama membalas pesan teks. Zodiak apa saja? Melansir dari Elitedaily, ini dia.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Indonesia Terima Penghargaan Mitra Peduli PAUD

Posted: 07 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) meraih penghargaan Mitra Peduli PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ini sebagai salah satu lembaga publik yang telah berkontribusi secara signifikan dalam mendukung program pendidikan nonformal melalui Program Pojok Baca dan Dongeng (PBD) untuk anak usia dini.

Penghargaan tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, dalam puncak peringatan Hari Aksara Internasional ke-54 Tingkat Nasional di Makasar, Sabtu (7/9/2019) kemarin.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko menyampaikan penghargaan ini tentunya menjadi pendorong motivasi dan semangat BI untuk selalu berinovasi guna meningkatkan perannya dalam mengembangkan pendidikan formal dan nonformal di tanah air.

PBD adalah salah satu program sosial BI di bidang pendidikan yang ditujukan kepada anak usia dini untuk meningkatkan literasi keuangan seperti mengenal ciri keaslian uang Rupiah, merawat uang Rupiah, serta mendorong gerakan menabung dan bijak mengeluarkan uang.

"PBD didirikan di lembaga pendidikan anak usia dini baik formal dan nonformal seperti Kelompok Bermain, Taman Kanak-Kanak, Raudhotul Anfal, dan sebagainya," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (8/9/2019).

Sejak tahun 2015, BI telah membangun 183 unit PBD di seluruh Indonesia baik di wilayah Kantor Pusat maupun 46 Kantor Perwakilan BI di seluruh Indonesia.

Guna mendukung implementasi PBD tersebut, juga dilaksanakan rangkaian workshop edukasi keuangan anak usia dini bagi guru-guru PAUD di beberapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Palembang, Gorontalo, dan Samarinda.

Ke depan BI berkomitmen untuk senantiasa mendukung pengembangan dunia pendidikan nasional sebagai salah satu wujud visinya menjadi bank sentral yang berkontribusi secara nyata terhadap perekonomian Indonesia.

Selain PBD, BI juga memiliki program serupa untuk pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mahasiswa seperti Program BI Corner yaitu pendirian perpustakaan pojok, pemberian beasiswa baik di Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta, Program BI Mengajar, Program Kunjungan Pelajar ke BI, dan fasilitasi penelitian.

 

Gubernur BI: Petani dan Nelayan Harus Bisa Jualan di Internet

Seorang istri nelayan menata ikan tangkapan suaminya, di Desa Tlonto Raja, Pamekasan, Madura. Para nelayan membatasi melaut menyusul sedikitnya ikan yang bisa ditangkap.(Antara)

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, menginginkan petani dan nelayan mulai memanfaatkan sistem perdagangan secara online atau e-commerce untuk menjual produknya. Dengan demikian, nelayan dan petani semakin mudah menjangkau pasar.

"Belum lagi bagaimana dari petani, dari nelayan, dari perdagangan kecil bisa disambungkan. Kalau kecil kan mereka disambungkan, kalau sekarang masih jualan ke pasar tradisional," ujar Perry di Gedung Dhanapala, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Perry mengatakan, sejauh ini ada sekitar 60 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Jumlah tersebut secara keseluruhan belum masuk ke dalam e-commerce.  

"UMKM kita ada 60 juta, yang tentu saja ini menjadi pasar untuk pasarnya e-commerce dan pasarnya fintech. Yang ini, yang terus dikembangkan," jelasnya.

Sementara itu, tingkat penggunaan internet dan smartphone yang semakin meningkat menjadi daya pikat untuk masuk ke dalam e-commerce. E-commerce juga menjadi salah satu cara untuk mendorong tingkat inklusi keuangan yang kini masih sekitar 51 persen.

"Indonesia penduduknya 268 juta, pengguna internat dan mobile itu 150 juta, penetrasi di berbagai daerah ada, itu dari sisi teknologi. Dari sisi peluang ekonominya, indeks inklusi keuangan kita itu baru 51 persen, jadi masih hampir 49 persen belum tersentuh dunia keuangan dan ini adalah peluang untuk kita kembangkan baik fintech maupun e-commerce," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com  

Jangkau Konsumen, UMKM Harus Go Digital

Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto: Merdeka.com/Dwi Aditya Putra)

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) saat ini memiliki 898 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan yang dioerientasikan untuk ekspor. Selain itu, UMKM tersebut juga diarahkan untuk menuju digitalisasi dari segi pemasaran.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan, penting sekali untuk UMKM melakukan digitalisasi di era sekarang ini. Sebab hal tersebut dapat membantu memperluas pemasaran produk atau karya yang dihasilkan oleh UMKM.

"Kenapa masuk digital? karena bisa mendekatkan konsumen," kata dia saat ditemui dalam acara Pameran Kain dan Kerajinan Karya UMKM Bank Indonesia (BI) yakni Karya Kreatif Indonesia (KKI) di Jakarta Convention Centre. Jakarta, Jumat (12/7/2019). 

Adapun saat ini, total UMKM binaan BI yang sudah go digital baru berjumlah 355 unit. Diharapkan semua UMKM nantinya sudah bisa melakukan digitalisasi. Dengan demikian penjualan produk akan menjadi lebih mudah karena dapat dilakukan hanya dengan ketikan jari tangan.

"355 UMKM yang sudah go digital, apa yang dimaksud go digital? banyak tahapannya cara untuk go digital, ada yang sudah memasarkan produknya melakui twiter, facebook, youtube. Jualan di dunia maya," ujarnya.

Selain di sosial media, penjualan juga dapat dilakukan di berbagai platform e-commerce. Semakin banyak cara dilakukan, maka akan semakin mudah konsumen menemukan barang atau produk yang dijual UMKM dan tidak lagi mengandalkan penjualan secara konvensional.

Tak hanya itu, go digital juga mencakup cara atau metode pembayaran. Perry menyebutkan saat ini metode pembayaran belanja online sudah kian beragam dan memudahkan konsumen dan pedagang dalam melakukan transaksi jual beli.

"Go digital juga bagiamana metode pembayarannya , bukan hanya kartu debit tapi juga sudah sekarang kita tambah kartu debet edc QRIS(QR Code Indonesia Standard) yang kita launchingMei," ujarnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upaya Menekan Risiko Tsunami dengan Infrastruktur Hijau

Posted: 07 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Palu - Sejumlah ahli nasional merekomendasikan pengurangan risiko bencana tsunami di pesisir Kota Palu, Sulteng, dengan menanam tumbuh-tumbuhan pantai.

Rekomendasi ahli tertuang dalam surat Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Nomor 10716/Dt.6.1/08/2019 perihal Penyampaian Rekomendasi Ahli Nasional tentang Perlindungan Pesisir Palu terhadap Ancaman Tsunami, Gempa Bumi, dan Likuefaksi.

Rekomendasi itu ditandatangani Direktur Pengairan dan Irigasi selaku Ketua Kelompok Kerja II Bidang Pemulihan Infrastruktur Wilayah Bappenas Abdul Malik Sadat Idris pada 29 Agustus 2019.

"Pengurangan risiko bahaya tsunami di wilayah pesisir Kota Palu perlu dikombinasikan dengan infrastruktur hijau atau vegetasi pantai," kata Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengutip Abdul Malik Sadat Idris dalam surat yang diperoleh di Palu, Sulteng, Sabtu 8 September 2019, dilansir Antara.

Berdasarkan data yang tersedia dan telah ditelaah, dipelajari dan diteliti para ahli itu, tanaman pantai tersebut dapat ditanam di wilayah bagian barat kawasan Teluk Palu, yang memiliki kondisi permukaan wilayah atau topografi cenderung agak miring atau landai.

Jika dilihat pada peta, wilayah barat Teluk Palu berada di Kecamatan Palu Barat dan Ulujadi tepatnya di Kelurahan Lere, Kampung Baru, Kabonena, Silae, Tipo hingga Buluri.

Rekomendasi para ahli nasional yang telah melalui diskusi ilmiah dan meninjau langsung lokasi bencana yang difasilitasi Kementerian PPN/Bappenas di Palu pada awal Agustus lalu itu merupakan pendukung dari jalan layang atau elevated road yang menjadi rekomendasi utama para ahli untuk melindungi dan mengurangi ancaman tsunami di pesisir ibu kota Provinsi Sulteng itu di masa depan.

"Dengan adanya kombinasi infrastruktur hijau dan jalan layang diharapkan risiko tsunami dapat berkurang," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perdana, Apple Bakal Gelar Siaran Langsung Peluncuran iPhone Terbaru di YouTube

Posted: 07 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple hampir dapat dipastikan akan memperkenalkan iPhone terbaru dalam acara yang digelar pada 10 September mendatang. Seperti biasa, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu akan menyiarkan secara langsung acara tersebut.

Namun yang berbeda di tahun ini, Apple ternyata ingin membuat siaran langsung tersebut menjangkau lebih banyak orang. Karenanya, untuk kali pertama, seperti dikutip dari GSM Arena, Minggu (8/9/2019), acara itu disiarkan melalui YouTube.

Perlu diketahui, ini adalah pertama kalinya, Apple menyiarkan acara perkenalan iPhone dalam platform yang lebih umum, seperti YouTube.

Sebelumnya, siaran itu hanya dapat disaksikan secara terbatas untuk pengguna iOS dan macOS lewat peramban Safari.

Lalu, beberapa tahun belakangan, siaran itu mencakup lebih banyak peramban, seperti Microsoft Edge, Google Chrome, dan Mozilla Firefox. Bahkan tahun lalu, siaran ini dapat disaksikan melalui platform Twitter.

Adapun dalam gelaran nanti, Apple dikabarkan akan memperkenalkan setidaknya tiga model iPhone anyar. Salah satu model iPhone anyar itu disebut-sebut memiliki nama iPhone 11 Pro.

Undangan mengenai acara ini juga sudah disebar ke awak media. Dalam undangan tersebut, Apple menampilkan logo lawasnya yang tampil dengan beragam warna, tapi dibuat lebih futuristik.

Nantinya, acara tersebut akan digelar di Steve Jobs Theater, Cupertino, California, Amerika Serikat.

Nah, untuk kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi soal gelaran event Apple tersebut, dapat menunggu kabarnya lewat Tekno Liputan6.com.

Komponen Kunci iPhone 11 Sudah Mulai Diproduksi

Tampilan render iPhone 11. (Doc: Hasan Kaymak)

Berbagai komponen untuk iPhone 11 dilaporkan telah mulai diproduksi. Kali ini muncul informasi baru, LG Display sudah mulai memproduksi komponen kunci yakni panel OLED untuk iPhone terbaru itu.

Dilansir Phone Arena, Senin (26/8/2019), ini akan menjadi kali pertama LG mengirimkan layar tersebut untuk iPhone. LG akan memproduksi 10 persen atau sekira sekira 6-7 juta unit panel dari total yang dibutuhkan Apple untuk iPhone 2019.

iPhone 11 Pro dengan layar 5,8 dan 6,5 inci akan hadir dengan layar OLED, sedangkan varian 6,1 inci dengan LCD. LG Display yang menjadi salah satu penyuplai layar OLED, berhasil memenuhi standar kualitas Apple pada semester II tahun lalu.

Samsung masing menjadi penyuplai utama panel OLED untuk iPhone pada tahun ini.

Pihak Apple sampai saat ini masih bungkam soal rencana peluncuran iPhone 11, tapi berbagai bocorannya telah beredar di ranah internet. Salah satunya tentang tanggal pengumuman.

Apple beberapa waktu lalu merilis iOS 13 beta terbaru kepada para pengembang yang sudah mendaftar. Versi iOS itu dilaporkan berisi kode tentang kehadiran iPhone 11 pada 10 September 2019.

Kode iOS 13 itu disebut memuat sebuah gambar yang memperlihatkan screenshot dengan keterangan Selasa, 10 September. Kemudian juga ada keterangan tertulis, "HoldForRelease."

Ini Bocoran Spesifikasi iPhone 11

iPhone (AP Photo/Kiichiro Sato, File)

Seri iPhone 11 sama seperti para pendahulunya, akan debut dengan prosesor generasi baru Apple. Chipset tersebut diprediksi memiliki nama A13 Bionic, yang akan dipasangkan dengan RAM 4GB untuk model premium.

Untuk memori internal, seri iPhone 11 dilaporkan akan memiliki opsi yakni 128, 256, dan 512GB. Tiga varian iPhone 11 diprediksi tetap memiliki notch, yang telah dihadirkan Apple sejak 2017.

Dari sisi desain, Apple disebut tidak melakukan banyak perubahan. Perusahaan lebih fokus pada peningkatan di sisi internal.

Salah satunya untuk teknologi Face ID, yang disebut akan secepat Touch ID generasi kedua. Menurut laporan, sistem pengenalan wajah tersebut dapat bekerja pada jarak lebih dekat dan sudut lebih luas.

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelar Lomba Senam Kreasi, Perwosi Pasarkan Olahraga untuk Perempuan dan Anak

Posted: 07 Sep 2019 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) menyelenggarakan lomba senam kreasi tingkat nasional 2019 untuk memperebutkan Piala Ibu Negara di auditorium Mutiara PTIK, Jakarta Selatan.

Ketua Perwosi, Tri Suswati Tito Karnavian menyatakan lomba senam kreasi ini merupakan salah satu program dalam memasarkan olahraga di kalangan anak dan perempuan. Penyelenggaraan ni juga sekaligus memperingati hari olahraga nasional yang ke-52.

"Semua perempuan dan anak merupakan motivator di keluarga untuk berolahraga. Sehingga kita harapkan olahraga akan menjadi gaya hidup dari tiap orang bahkan tidak hanya perempuan dan anak-anak, tapi juga semua rakyat Indonesia," kata Tri, Minggu (8/9/2019).

Peserta dalam kegiatan ini sekitar 200 orang yang berasal dari 24 provinsi di Indonesia. Menurut dia, setiap provinsi dapat mengirimkan lebih dari satu regu dalam perlombaan senam kreasi tersebut.

Selain itu, Tri menyebut dalam jangka pendek pihaknya akan terus ikut serta dalam kegiatan olahraga dan membina serta mendorong komunitas pecinta olahraga.

"Kalau untuk jangka panjang tentunya kita ingin ikut serta dikegiatan-kegiatan KONI dan juga pemerintah yang melibatkan masyarakat banyak," papar dia.

Pantauan Liputan6.com para peserta yang ikut serta dalam kegiatan lomba menggunakan kostum atau pakaian yang unik-unik. Ada yang menggunakan pakaian yang menunjukkan ciri khas daerah di Indonesia, seperti halnya Papua, Bali dan sebagainya.

 

Dihadiri Istri Menhan dan Panglima

Gelar lomba senam kreasi, Perwosi pasarkan olahraga untuk perempuan dan anak. (Liputan6.com/Ika Defianti)

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri istri Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu yakni Nora Tristyana dan Istri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Nanny Hadi Tjahjanto.

Sebelumnya, Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2019 dengan tujuan untuk memaparkan laporan kegiatan pengurus provinsi se-Indonesia.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mencapai suatu kesepakatan bersama dalam menghasilkan keputusan-keputusan yang tepat dan baik demi kemajuan organisasi serta sebagai ajang silahturahmi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Atlet Jebolan PB Djarum yang Prestasinya Mendunia, Harumkan Indonesia

Posted: 07 Sep 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PB Djarum merupakan salah satu klub bulu tangkis terbaik di Indonesia. Banyak pahlawan olahraga tepok bulu yang diproduksi klub berbasis Kudus, Jawa Tengah itu. Kesuksesan ini tak lepas dari sistem pembinaan di PB Djarum. Mereka melahirkan pemain karena setiap tahun menggelar audisi dan menyediakan beasiswa demi menyaring pemain berbakat dari berbagai daerah di Indonesia.

Mereka pun memiliki fasilitas bintang lima di Kudus untuk para atlet. Selain GOR mewah, PB Djarum juga punya asrama untuk para atlet binaannya mulai level U-12 sampai U-24. Namun, pada tahun 2020 nanti pencarian bakat atlet muda di bidang bulu tangkis ini resmi ditiadakan. Tahun 2019 ini menjadi terakhir kalinya ajang pencarian Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis dari PB Djarum jadi terakhir kalinya.

Keputusan itu diambil oleh pihak PB Djarum karena munculnya polemik terkait tuduhan mengeksploitasi anak-anak. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menuding PB Djarum mengeksploitasi anak lewat audisi bulu tangkis demi promosi merek dagangnya. Karena polemic tersebut, PB Djarum memutuskan untuk menghentikan Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis.

Namun, dibalik itu tidak bisa dipungkiri bahwa PB Djarum sudah banyak menghasilkan atlet yang berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 5 atlet jebolan PB Djarum yang prestasinya mendunia, Minggu (8/9/2019).

1. Kevin Sanjaya Sukamuljo

Kevin Sanjaya (Sumber: Instagram/kevin_sanjaya)

Kevin merupakan atlet kelahiran asal Banyuwangi, 02 Agustus 1995. Setelah ditempa oleh tangan dingin para pelatih di PB Djarum sejak tahun 2007 lalu, hingga menjadikan agan kevin ini bisa ngerasain naik podium dengan jadi juara. Ia saat ini dipasangkan dengan Marcus Fernaldi Gideon di nomor ganda putra.

Kevin Sanjaya Sukamuljo merupakan pebulu tangkis peringkat 1 dunia bersama Marcus Fernaldi Gideon di sektor ganda Putra. Pada tahun 2017, bersama Marcus Fernaldi Gideon ia mendapatkan penghargaan dari BWF sebagai pemain badminton terbaik ganda putra masa kini.

2. Mohammad Ahsan

Atlet bulutangkis Indonesia, Mohammad Ahsan, saat menjawab pertanyaan wartawan saat konferensi pers pemberian apresiasi dari Drarum Foundation di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Rabu (4/9). Djarum Foundation beri bonus Rp 550 juta untuk Ahsan. (Bola.com/Yoppy Renato)

Mohammad Ahsan baru-baru ini bersama pasangannya di ganda putra, Hendra Setiawan, meraih gelar juara di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019. Pada tahun 2007 ia bergabung dengan PB Djarum dan mengasahnya menjadi salah satu juara dunia.

Atas prestasinya PB Djarum melalui Djarum Foundation memberikan apresiasi terhadap Mohammad Ahsan yang berprestasi Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019. Ahsan mendapatkan hadiah uang dengan jumlah Rp 550 juta.

3. Tontowi Ahmad

Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, merebut medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 setelah mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, pada partai final di Riocentrio, Rabu (17/8/2016) WIB. (AFP/Goh Chai Hin)

Tontowi Ahmad yang ahir di Selandaka, Sumpiuh, Banyumas, 18 Juli 1987 lalu ini merupakan pemain bulu tangkis ganda campuran Indonesia. Dia bergabung ke klub PB Djarum di Kudus pada tahun 2005. Tontowi mulai terkenal di dunia bulu tangkis pada tahun 2010 ketika ia dipasangkan dengan bintang ganda campuran Liliyana Natsir.

Tontowi menikah dengan Michelle Harminc pada 2 Agustus 2014 dan telah memiliki anak bernama Danish Arsenio Ahmad. Tontowi Ahmad menjadi salah satu pemain Indonesia yang berhasil merasakan bagaimana rasanya jadi juara di All England dan Juara BWF World Championships.

4. Alan Budi Kusuma

Alan Budi Kusuma saat saat tampil di Olimpiade Barcelona 1992. (AFP/Alberto Martin)

Alan Budi Kusuma merupakan salah satu mantan atlet bulutangkis yang juga mengharumkan nama baik Indonesia di dunia bulutangkis. Alumni asal PB Djarum ini sukses meraih Medali Emas Olimpiade 1992 dan pernah menjadi Juara Thomas Cup 1996. Alan Budi Kusuma menjadi sederet pemain jebolan PB Djarum yang berprestasi.

5. Liem Swie King

Liem Swie King. (Bola.com/Arief Bagus)

Salah satu legenda bulutangkis Tanah Air ialah Liem Swie King. Mulai bermain bulu tangkis sejak kecil atas dorongan orangtuanya di kota kelahiran Kudus, Swie King yang lahir 28 Februari 1956 akhirnya masuk ke dalam klub PB Djarum yang banyak melahirkan para pemain nasional. Kalau berbicara tentang prestasi, Liem Swie King punya sederet prestasi yang luar biasa.

Sederet piala yang telah diboyongnya yaitu All England tahun 1978, 1979 dan 1981. Eggak hanya itu, Liem Swie King juga menjuarai gelaran JuaraThomas Cup 1976, Juara Thomas Cup 1979, Juara Thomas Cup 1984.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemain Malaysia Ini Punya Cerita Pahit dan Manis Kala Jumpa Timnas Indonesia

Posted: 07 Sep 2019 08:55 PM PDT

Jakarta - Pertandingan Timnas Indonesia versus Timnas Malaysia dalam laga perdana Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia masih menyisakan cerita, di luar insiden kericuhan yang dilakukan oknum suporter Tim Garuda.

Pada laga yang dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis malam (5/9/2019), itu pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, menurunkan Brendan Gan dalam starting eleven.

Ia turun selama 90 menit, berada di posisi gelandang bertahan, duet bersama Nor Azam Azlin.

Bagi Brendan Gan, pertemuan kontra Timnas Indonesia selalu punya cerita tersendiri. 

Laga kontra Tim Merah-Putih pada Kamis lalu itu jadi yang pertama setelah tiga tahun ia absen memperkuat Tim Harimau Malaya. Penyebabnya, ia mengalami cedera dan harus berjuang melewati periode sulit setelah itu.

Pemain berusia 31 tahun itu harus membuktikan diri di level klub terlebih dulu sebelum akhirnya kembali mendapat panggilan ke timnas, di era pelatih Tan Cheng Hoe, dalam pemusatan latihan jelang kualifikasi Piala Dunia 2022, yang digelar mulai 25 Agustus lalu.

Kembali ke tiga tahun lalu, pemain kelahiran Australia yang kerap disebut sebagai pemain naturalisasi Malaysia ini, mendapat cedera saat memperkuat Tim Harimau Malaya dalam partai uji coba. Lawannya? Timnas Indonesia.

Brendan Gan pada saat itu mendapat panggilan gabung Timnas Malaysia, yang mendapat undangan untuk jadi lawan dalam laga ekshibisi untuk "merayakan" kembalinya Indonesia ke pentas sepak bola Indonesia setelah dibekukan FIFA.

Cedera ACL di Solo

Dua pemain naturalisasi Malaysia, Matthew Thomas Davies (kiri) dan Brendan Gan Seng Ling, santai jelang uji coba melawan Indonesia di Solo. (Bola.com/Romi Syahputra)

Pertandingan ekshbisi itu dimainkan di Stadion Manahan, Solo, 6 September 2016, atau tiga tahun lewat satu hari dari duel kontra Timnas Indonesia di SUGBK lalu.

Saat melawan Indonesia di Manahan, Brendan Gan sempat bermain selama 15 menit, namun bergegas ditarik keluar setelah itu karena ia mengalami cedera. Ia divonis cedera ACL. 

"Waktu tiga tahun yang saya lewati merupakan periode sulit, tapi kemenangan ini bukan karena semata-mata saya saja. Pemain lain juga bermain luar biasa dan pujian juga harus diberikan kepada pemain lain," kata Brendan setiba di Malaysia setelah memenangi duel kontra Indonesia dengan skor 3-2.

Gelandang milik Perak FA itu kini mengajak rekan di Timnas Malaysia untuk menggunakan kemenangan melawan Indonesia sebagai modal menjamu tim kuat, Uni Emirat Arab (UEA), pada matchday kedua Grup G di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Selasa (10/9/2019).

"Saya pikir yang terbaik adalah merayakan kemenangan ini dengan sikap positif karena ketika datang ke Indonesia dan membawa pulang kemenangan, kita harus mengambil beberapa aspek positif dari pertandingan itu," tuturnya

"Bertanding melawan UEA bisa sangat sulit, tapi kami tidak akan rugi apa pun dan akan melakukan yang terbaik," ucapnya.

Sumber: Utusan

Disadur dari Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hendropriyono Ingatkan Pemilihan Menteri Hak Prerogatif Presiden Jokowi

Posted: 07 Sep 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono mengingatkan pemilihan calon menteri adalah hak prerogratif Joko Widodo atau Jokowi sebagai presiden terpilih 2019-2024. Terutama dalam pemilihan posisi menteri yang strategis seperti calon Menteri Pertahanan.

"Saya kira itu kan hak prerogatif Presiden soal penyusunan menteri," kata Hendropriyono pada wartawan, Minggu (8/9/2019).

Mantan Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini tidak merinci siapa sosok yang paling tepat untuk mengisi posisi Menteri Pertahanan. Namun, dia menegaskan, akan memberi saran-saran terkait calon menteri pada Jokowi.

"Yang penting kalau saya sebagai salah seorang yang mewakili kalian, mewakili rakyat, selalu memberi masukan kepada pemerintah," ucapnya.

Diketahui, Presiden Jokowi sudah mengantongi nama-nama calon menteri yang akan membantu pemerintahannya di periode kedua. Jokowi mengatakan, kabinet Jokowi jilid II akan didominasi kalangan profesional ketimbang partai politik. Dengan komposisi 45 partai politik, 55 profesional.

Terkait nama calon menteri, itu masih menjadi rahasia. Kata Jokowi, semua ketua umum partai pengusungnya sudah diberitahu nama-nama yang akan masuk dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Partai sudah diberitahu nama-nama anggota kabinet," kata Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyali Bek Timnas Indonesia U-19 Perlu Diasah untuk Duel Udara

Posted: 07 Sep 2019 08:35 PM PDT

Bekasi - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini, menyayangkan timnya kebobolan dengan mudah karena berawal dari situasi bola mati (set piece) dalam laga uji coba dengan Iran, Sabtu (7/9/2019). Menurut Fakhri, pemain belakang Garuda Muda belum punya nyali melakukan duel udara layaknya yang harus dilakukan seorang bek dalam tim sepak bola.

Timnas Indonesia U-19 menelan kekalahan 2-4 dari Iran pada laga uji coba yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Sabtu (7/9/2019). Pada laga tersebut, gol yang dicetak Iran berasal dari tendangan bebas, dua gol berawal dari situasi set piece, dan satu gol melalui skema permainan terbuka.

"Saya sampaikan kepada pemain, (kebobolan berawal dari situasi) set piece bukan hanya masalah teknik. Bagaimana mereka menjaga bola dan bukan hanya masalah taktik bagaimana mereka menjaga lawan," kata Fakhri Husaini usai pertandingan.

"Ada aspek mental di situ ketika mereka tidak berani melakukan duel. Saya sampaikan kepada pemain belakang, ketika duel udara risiko pecah kepala itu lebih bagus ketimbang kebobolan. Saya melihat masih ini masalah mental dan keberanian. Nyali mereka ketika duel bola udara belum seperti pemain belakang yang seharusnya," ujar Fakhri.

Hal itulah yang diakui Fakhri Husaini kerap menjadi sumber masalah di Timnas Indonesia U-19. Fakhri berharap dirinya segera bisa menemukan solusi atas hal tersebut. "Menurut saya menjadi catatan tersendiri karena sudah beberapa gol kami kebobolan dengan cara mudah seperti ini. Tanpa ada gangguan," tegas Fakhri Husaini.

Kritik Rizky Ridho

Para pemain Timnas Iran U-19 merayakan gol yang mereka cetak dalam laga uji coba internasional menghadapi Timnas Indonesia U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (7/9/2019). Timnas Iran U-19 menang 4-2 dalam laga ini. (Bola.com/Yoppy Renato)

Pelatih Fakhri Husaini mengaku kecewa dengan penampilan kapten Timnas Indonesia U-19, Rizky Ridho. Menurut Fakhri, sebagai pemain belakang yang memiliki postur tubuh jangkung, seharusnya Rizky Ridho berani melakukan duel bola udara.

"Ridho merupakan pemain paling tinggi di tim ini. Seharusnya di lini belakang dia memberikan tekanan ketika lawan yang berada dalam kawalannnya minimal terganggu. Tadi terlalu gampang (kebobolan)," kata Fakhri Husaini.

"Mereka masih mudah dan saya yakin mereka akan belajar banyak dari pertandingan ini. Iran juga secara umum memberikan tekanan bola-bola lewat umpan panjang. Beberapa kali kami kesulitan karena mereka melakukan tekanan yang langsung menuju kedua pemain stoper. Ini yang jadi bahaya," tegas Fakhri Husaini.

Disadur dari Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Para Pengisi Hari Kedua ON OFF Festival 2019

Posted: 07 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keseruan ON OFF Festival 2019 (#OOF19) yang dihelat Indonesia's Largest Content Creator Network Famous All Stars (FAS) pada hari pertama, Sabtu (7/9/2019) kemarin, berlanjut pada hari kedua, Minggu (8/9/2019) di Istora Senayan Jakarta.

Masih mengusung tema "Born Online", hari kedua sekaligus hari terakhir ON OFF Festival 2019 ini kembali menampilkan konten kreator terbaik internasional dan nasional. Tentunya, nama-nama yang akan tampil tak kalah menarik dengan hari pertama.

Di atas panggung ON OFF Festival 2019, akan ada penampilan beberapa artis dan influencer yang dikenal masyarakat luas. Mereka adalah Reality Club, The Overtunes, Gamaliel, Krunk, dan boy band Winner yang dikenal di Korea Selatan.

Sementara itu, kegiatan meet and greet akan diisioleh Kwon Twins, Q2Han, Agung Hapsah, Fathia Izzati, Reza Oktovian, dan Samsolese. Sesi talkshow akan melibatkan Lizzie Parra, Bayu Skak, Fiani Adilla, Agung Hapsah, dan Chandra Liow.

Lalu, ada juga panggung komunitas yang nama-namanya juga cukup dikenal publik. Sebut saja Aaliyah Massaid, Nubica, Qory Gore, Adikara Fardy, Alya Zurayya, Tiffani Afifa, serta Nadiya Rawil.

Menciptakan Sinergi Positif

Grup K-Pop asal Korea Selatan, KARD saat tampil menutup gelaran ON/OFF Festival hari pertama di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (7/9/2019). Gelaran ON/OFF Festival akan berlangsung hingga Minggu (8/9). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

ON OFF Festival 2019 melanjutkan sukses acara ini yang sempat digelar pada tahun lalu. Para kreator, utamanya digital, selalu mendapat tempat di gelaran ini. Tak hanya lokal dan komunitas, namun juga internasional

"Gelaran ON OFF merupakan sebuah wadah yang berupaya menciptakan sinergi positif antara para talenta lokal dan internasional, serta dengan para komunitasnya. Hal ini tentunya sejalan dengan misi dan komitmen FAS untuk terus mendukung perkembangan para kreator di Indonesia," ujar ON OFF Festival Director Dien Tirto Buwono dalam keterangannya kepada wartawan.

Saksikan Streaming-nya

ON OFF Festival 2019 digelar Sabtu-Minggu, 7-8 Sepetember 2019 di Istora Senayan Jakarta

Kehadiran talenta yang dikenal dengan istilah konten kreator didorong oleh disrupsi teknologi yang mengubah perspektif menciptakan dan mengonsumsi konten, Seperti yang telah dilakukan oleh layanan video online streaming di Indonesia, Vidio.

Buat Anda yang penasaran dengan kemeriahan Behind the Stage ON OFF Festival 2019 hari kedua, langsung saja saksikan live streamingnya pada 8 September 2019, pukul 15.00 WIB hanya di Vidio dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar Trofeo Hamengkubuwono X: PSIM vs Bali United

Posted: 07 Sep 2019 08:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Turnamen Trofeo Hamengkubuwono X Cup 2019 digelar Minggu (8/9/2019). Ajang ini diikuti oleh Timnas Indonesia U-23, Bali United dan PSIM Yogyakarta, selaku tuan rumah.

Ajang Trofeo Hamengkubuwono X Cup 2019 bakal berlangsung di Stadion Mandala Krida, Yograkarta. Ajang ini menggunakan format segitiga dengan durasi 45 menit setiap pertandingannya.

PSIM Yogyakarta akan membuka ajang ini menghadapi Bali United. PSIM saat ini berada di posisi ketiga klasemen Liga 2 Grup Timur.

Sementara Bali United masih betengger di puncak klasemen Shopee Liga 1 2019 sekaligus bergelar juara paruh musim. Dari 16 pertandingan, mereka mengoleksi 40 poin.

Live Streaming Indosiar Trofeo Hamengkubuwono X: PSIM vs Bali United dapat Anda saksikan mulai pukul 13.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Indosiar Trofeo Hamengkubuwono X Cup 2019: PSIM vs Bali United di halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Indosiar Trofeo Hamengkubuwono X: PSIM vs Bali United silakan klik di sini...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Bima Aryo Ziarah ke Makam ART yang Tewas Diserang Anjingnya

Posted: 07 Sep 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu presenter Bima Aryo sempat menjadi sorotan publik. Pasalnya selang beberapa hari sejak pernikahannya dengan wanita bernama Rasyena, beredar sebuah berita yang menyangkut anjing peliharaannya. Anjing peliharaan Bima Aryo menyerang seorang asisten rumah tangganya (ART) yang bernama Yayan hingga tewas.

Berita mengenai anjing yang menyerang ART dari presenter Bima Aryo tersebut pun ramai diperbincangkan. Meski sempat bungkam, pada Kamis (5/9/2019) lalu, Bima Arto akhirnya buka suara. Ia pun menyampaikan kabar duka yang turut membuat dirinya terpukul lewat unggahan di akun Instagram pribadinya @bimaaryo.

"Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. Salam sejahtera bagi kita semua.Kami keluarga besar Bima Aryo dan The Golden Family dengan ini menyampaikan duka cita yang sangat mendalam atas musibah meninggalnya pekerja rumah tangga kami. Saat ini seluruh keluarga sungguh sangat terpukul atas kejadian tersebut," tulis Bima dalam keterangannya.

Bima juga meminta maaf kepada keluarga yang menjadi korban atas penyerangan dari anjing peliharaannya.

"Dalam kesempatan ini kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada keluarga ibu Yayan dan bapak Ejang. Kami bersama keluarga almarhumah sepakat untuk bersama-sama menghadapi musibah ini dan menyikapi kejadian musibah ini secara kekeluargaan" lanjutnya.

Pada Sabtu (7/9/2019) kemarin, Bima Aryo pun menyempatkan diri untuk ziarah ke makam sang ART yang tewas akibat diserang oleh anjing peliharaannya itu. Bima juga mengunggah momen saat dirinya tengah berkunjung ke makam dan bertemu dengan keluarga korban.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @bimaaryo, Minggu (8/9/2019) berikut ini beberapa momen saat Bima Aryo berziarah ke makam sang ART.

1. Bima Aryo pun menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Ibu Yayan.

Bima Aryo (Sumber: Instagram/bimaaryo)

2. Presenter Bima Aryo juga sempat berbincang dengan keluarga korban sekaligus berbelasungkawa.

Bima Aryo (Sumber: Instagram/bimaaryo)

3. Momen haru juga terlihat ketika Bima Aryo tengah memeluk suami dari ART yang menjadi korban.

Bima Aryo (Sumber: Instagram/bimaaryo)

4. Berziarah ke makam sang ART, Bima pun turut membawa sebuah rangkaian bunga.

Bima Aryo (Sumber: Instagram/bimaaryo)

5. Bima Aryo juga turut menyampaikan maaf kepada pihak keluarga dari Ibu Yayan selaku korban penyerangan dari anjing peliharaannya.

Bima Aryo (Sumber: Instagram/bimaaryo)

6. Kata sepakat dengan pihak keluarga juga telah di capai atas kasus penyerangan tersebut.

Bima Aryo (Sumber: Instagram/bimaaryo)

7. Bima Aryo juga tampak akrab dengan keluarga dari ART yang menjadi korban anjing peliharaannya.

Bima Aryo (Sumber: Instagram/bimaaryo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerennya 'Pergerakan' Milenial di Festival Payung Indonesia 2019

Posted: 07 Sep 2019 08:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kaum muda mendominasi acara Festival Payung Indonesia 2019. Semua yang hadir di festival ini, melihat beragam fasilitas instagramable. Bahkan setiap sisi di festival tersebut layak atau ideal untuk memproduksi konten sosial media.

Acara yang digelar di Lapangan Garuda Mandala, Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah pada 6-8 September 2019 ini, menghadirkan sejumlah properti unik. Mulai dari beragam payung tradisi nusantara, adanya ornamen elemen bambu, hingga background eksotis Candi Prambanan. Story yang dibangunnya pun sangat menginspirasi.

"Area event didesain sangat instagramable. Kami ini harus mengakomodir seluruh kepentingan generasi milenial. Pangsa pasar Festival Payung Indonesia 2019 memang didominasi oleh milenial. Apalagi, para kreator eventnya juga anak muda," ungkap Direktur Program Festival Payung Indonesia 2019 Heru Mataya, Sabtu (7/9).

Respon market milenial dari berbagai daerah di Tanah Air sampai ke mancanegara sangat besar terhadap Festival Payung Indonesia. Heru menambahkan, Festival Payung Indonesia 2019 akan menarik lebih banyak kids jaman now. "Candi Prambanan venue ke-3 setelah Solo dan Candi Borobudur. Pergerakan milenial rata-rata bagus. Kami optimistis arus milenial di event ke-6 ini akan bertambah besar. Bagaimanapun, Festival Payung Indonesia sudah menjadi pasar milenial. 80 persen pengunjung itu para remaja. Makanya, nuansa tradisional melalui elemen bambu ditonjolkan. Semua di set up dengan bambu," ujar Heru lagi.

Didukung elemen bambu, venue event sangat artistik. Hampir pada tiap sudutnya sangat layak sebagai konten media sosial. Dijamin konten akan menghasilkan banyak like dan comment positif. Beberapa spot itu diantaranya, gapura utama venue dengan rangka dan atap bambu. Ada juga ornamen payung pada 2 sisinya. Pilihan spot akan semakin beragam saat berada di zona inti venue.

Wisatawan bisa memproduksi konten dengan background artistik stand pameran. Ornamennya tentu beragam jenis payung tradisi. Ada juga payung rajut, perca, kreasi daun, hingga wastrapayung khas dari Thailand. Beberapa stand desa payung juga menawarkan konten unik. Lebih luas mengeksplorasi venue, ada beragam instalasi ornamen payung. Selain keunikan bentuk, ukurannya juga ada yang jumbo.

Wisatawan yang ingin mendapat gambaran lengkap, silahkan datang ke stage utama. Selain konsep artistik instalasi payung tradisi, spot ini memiliki background langsung Candi Prambanan. Konten pun semakin sempurna dengan beragam tarian dan aktivitas budayanya. Deretan stand kuliner juga artistik dengan nuansa tradisionalnya. Ornemen tersebut tentu semakin menguatkan citra kulinernya sebagai konten.

"Daya tarik Festival Payung Indonesia sangat kuat. Venue dan story-nya luar biasa. Hal ini jadi moment terbaik milenial memproduksi konten kreatif. Kapan lagi bisa menggabungkan Candi Prambanan, payung tradisi, dan elemen bambu ke dalam 1 konten. Untuk itu, silahkan datang ke sana. Dan, pasar milenial itu menarik," terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Kaum milenial menjadi pasar yang seksi. Tren traveller millenial punya kontribusi hingga 51% terhadap pasar pariwisata dunia. Merujuk data UNDESA 2014, Asia menjadi rumah bagi populasi milenial hingga 2030. Sebanyak 57% milenial ada di Asia. Sebaran kaum milenial terbesar berada di Tiongkok dengan jumlah 333 Juta orang. Indonesia memiliki potensi pertumbuhan 82 Juta milenial, lalu ada 42 Juta milenial di Filipina.

"Sangat menarik karena Festival Payung Indonesia selalu optimal mengeksplorasi pasar milenial. Slot pasar ini sangat menjanjikan dengan potensi value ekonomi besar. Selain ekonomi, festival tersebut pasti mendapat porsi branding besar karena ramah kepada milenial," tegas Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kemenpar Esthy Reko Astuty.

Pada 2019 ini, potensi pasar milenial mancanegara yang dioptimalkan diproyeksikan 6 Juta hingga 7 Juta orang. Jumlah ini sepertiga dari target wisman 2019. Adapun pergerakan milenial lokal diperkirakan mencapai 28 Juta orang.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya langsung merekomendasikan Festival Payung Indonesia 2019 sebagai spot terbaik.

"Selagi ada waktu, langsung saja menuju Candi Prambanan. Langsung produksi saja konten kreatif yang dimau. Pasti responnya bagus di media sosial. Selain itu, siapapun juga bisa bersantai di sana. Sebab, ada banyak atraksi seni dan budaya yang ditampilkan. Slot para penampil dari mancanegara juga ada. Yang jelas, Festival Payung Indonesia 2019 spot terbaik dan wajib dikunjungi," tutup Menpar Terbaik ASEAN tersebut.

 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Ampuh untuk Mendapatkan Moge Bekas yang Mulus

Posted: 07 Sep 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Harga moge (motor gede) biasanya jauh di atas harga motor dengan mesin berkapasitas kecil. Bahkan tak jarang harganya menembus ratusan juta. Salah satu cara untuk mendapatkan moge impian adalah berburu moge bekas.

Namun, berburu moge bekas pun memili tantangannya tersendiri. Jika tak paham dengan kondisi moge, bisa-bisa motor yang diincar ternyata menyimpan sejumlah masalah.

Yoppy Saputra selaku pemilik Seimos Moto yang sudah terbiasa berburu moge bekas pun berbagi tips untuk mendapatkan moge impian.

" Yang pertama diperiksa adalah motor dalam kondisi repaint atau tidak. Kenapa? Repaint serapi apapun pasti beda dengan aslinya, kulit jeruknya beda, warna terangnya beda, Eropa karakternya memiliki kulit jeruk lebih banyak dibanding Jepang. Kalau Jepang lebih shiny," ungkap Yoppy.

Menurutnya, dari kondisi cat moge ini bisa terlihat calon penjual jujur atau tidak. "Misalkan kita tahu itu motor repaint, lalu kita tanyakan ke pemilik motor pernah jatuh atau tidak. Lalu mengaku tidak pernah jatuh dan cat asli , itu perlu diwaspadai. Apalagi kita tidak tahu dalaman motornya," sambung Yoppy.

 

 

Cek Sasis

Setelah cat, hal selanjutnya adalah melihat bagian sasis. Motor sport yang pertama adalah cek sasis bagian depan. Untuk sasis bagian belakang bisa buka bagian single seat.

Bagian baut pun tak boleh luput dari pemeriksaan. " Baut engine mounting diperiksa, mau seapik apapun buka baut pasti ada tapaknya. Kita perhatikan ada bekas buka baut atau tidak. Misalkan di cover kopling, sudah dibuka atau belum. Cek kmnya berapa, misalkan baru jalan 2.000 km, tidak mungkin cover kopling sudah dibuka. Perlu dicurigai jika cover kopling sudah dibuka. Bisa saja km dimundurkan," tambah Yoppy.

"Jika memiliki diagnostic tool, jangan lupa untuk meminta izin pemilik motor sebelum mengecek. Tapi perlu diingat, diagnostic tool tidak menjamin 100 persen barang bagus. Karena mekanikal tidak terdeteksi. Harus terlatih juga mendeteksi mesin bagaimana dari suaranya. Tanda-tanda pemakaian juga bisa dilihat dari kondisi rantai, gear, bagian ban, dan tahun produksi ban," pungkas Yoppy.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Josep Bartomeu: Ruang Ganti Barcelona Tak Pernah Menolak Griezmann

Posted: 07 Sep 2019 08:10 PM PDT

Barcelona - Presiden Barcelona, Josep Bartomeu, menegaskan para pemain El Barca tak pernah menentang pembelian Antoine Griezmann dari Atletico Madrid. Pernyataan Bartomeu itu membantah rumor yang pernah beredar bahwa kedatangan Griezman tak disetujui Lionel Messi dan kawan-kawan. 

El Barca sudah mengincar Griezmann sejak musim lalu, tepatnya selama 18 bulan. Pada musim lalu transfer Antoine Griezmann gagal di hari-hari terakhir karena sang pemain memilih bertahan di Atletico. 

Usaha Barcelona baru membuahkan hasil pada musim panas ini. Dengan merogoh kocek senilai 108 juta pounds (Rp1,85 triliun), Griezmann berhasil diboyong ke Camp Nou. 

Namun, sempat muncul isu para pemain Barcelona tak senang dengan manuver klub tersebut. Mereka dikabarkan masih kesal dengan sikap Griezmann pada musim lalu yang membatalkan transfer begitu saja. 

Semua rumor tentang Griezmann tersebut kini dibantah Bartomeu. 

"Ruang ganti pemain tidak menolak keputusan kami merekrut Antoine Griezmann. Para pemain tak memberikan opini tentang perekrutan pemain. Tim teknis yang memutuskan," kata Bartomeu di Barca TV, seperti dilansir Bachelor Report, Sabtu (7/9/2019). 

Tampil Impresif

Barcelona meraih kemenangan 5-2 atas Real Betis pada laga pekan kedua La Liga Spanyol di Camp Nou, Minggu (26/8/2019) malam WIB. (AP Photo/Joan Monfort)

Barcelona mengawali kiprah di La Liga musim 2019-2020 dengan kurang meyakinkan. Mereka hanya memenangi satu dari tiga gim pembuka. 

Start Barcelona yang belum stabil itu diyakini karena pengaruh absennya Lionel Messi. Sang pemain masih menepi karena cedera. 

Tetapi, Antoine Griezmann sudah memperlihatkan kontribusi penting. Pemain asal Prancis itu tampil impresif saat Barcelona memang 5-2 atas Real Betis, dengan menyumbangkan dua gol dan satu assist.  

Disadur dari Bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Pimpinan Sebut KPK Butuh Dewan Pengawas

Posted: 07 Sep 2019 08:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan pelaksana tugas (Plt) Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Indriyanto Seno Adji menyebut lembaga antirasuah membutuhkan dewan pengawas.

Menurut Indriyanto, dalam negara demokratis kehadiran lembaga superbody, termasuk KPK harus memiliki dewan pengawas layaknya Mahkamah Agung, Polri, dan Kejaksaan.

"Tentang dewan pengawas adalah sesuatu yang wajar. Karena pada negara demokratis, bentuk auxiliary state body seperti KPK, disyaratkan adanya badan pengawas yang independen, MA dengan KY, Polri dengan Kompolnas, Kejaksaan dengan Komjak," ujar Indriyanto saat dikonfirmasi, Minggu (8/9/2019).

Pembentukan dewan pengawas sendiri muncul dalam revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU KPK).

Selain soal dewan pengawas, dalam revisi UU juga muncul soal surat perintah penghentian penyidikan (SP3). KPK nantinya berwenang menghentikan penyidikan suatu kasus yang mandek selama satu tahun.

Kewenangan mengeluarkan SP3 ini bertujuan untuk memenuhi kepastian hukum terhadap pelaku dugaan tindak pidana korupsi. Menurut Indriyanto, SP3 ini bisa diterapkan dalam kondisi yang limitatif dan eksepsional sifatnya.

"Misalnya saja seorang ditetapkan tersangka saat proses penyidikan, dan kemudian menderita sakit yang secara medis dinyatakan unfit to stand trial secara permanen (tidak layak diajukan ke pengadilan), maka orang tersebut harus dihentikan penyidikannya," kata Indriyanto.

Terlepas dari setuju atau tidak, kata Indriyanto, enam pokok dalam draf perubahan UU KPK itu merupakan gabungan atas evaluasi pola pencegahan dan penindakan sebagai sesuatu yang wajar serta baik bagi lembaga antirasuah itu ke depannya.

 

Enam Pokok Perubahan

Pimpinan baru KPK Taufiequrachman Ruki (tengah),  Johan Budi SP (kanan), Indriyanto Seno Adji (kedua kiri), Wakil Ketua KPK Zulkarnen dan Adnan Pandu Pradja (kiri) saat konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (20/2). (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Keenam pokok perubahan itu antara lain, keberadaan dewan pengawas, aturan penyadapan, kewenangan surat penghentian penyidikan perkara (SP3), dan status pegawai KPK.

Kemudian kedudukan KPK sebagai penegak hukum cabang kekuasaan eksekutif, serta posisi KPK selaku lembaga penegak hukum dari sistem peradilan pidana terpadu di Indonesia.

Lebih lanjut, Indriyanto menyatakan munculnya keberatan dari masyarakat sipil antikorupsi serta pengamat hukum atas revisi UU KPK ini karena persepsi dan pola pendekatan yang berbeda. Mereka masih dengan pendektan efek jera.

Menurutnya, draf revisi UU KPK yang disusun oleh DPR tanpa menghilangkan pola penindakan KPK sudah sesuai untuk prospek ke depan. Ia menyatakan tidak perlu dicurigai dan khawatir dengan rencana revisi UU KPK tersebut.

"Ada mekanisme hukum untuk mencurahkan ketidaksetujuan itu melalui otoritas yudikatif dan tidak perlu mengambil jalan prosesual eksekutif yang tidak menjadi otoritas atas inisiatif revisi UU ini," kata dia.

DPR telah sepakat mengambil inisiatif revisi UU KPK. Para wakil rakyat itu telah menyusun draf rancangan revisi UU KPK dan disetujui dalam rapat Baleg. Setidaknya terdapat enam poin pokok perubahan dalam revisi UU KPK.

Rencana revisi UU KPK ini langsung dikritik oleh sejumlah pihak, mulai dari Indonesia Corupption Watch (ICW) sampai KPK sendiri. Bahkan Ketua KPK Agus Rahardjo menyatakan bahwa KPK sedang berada di unjuk tanduk.

Sebelumnya, mantan Ketua KPK Antasari Azhar juga pernah mengusulkan pembentukan dewan pengawas untuk KPK. Antasari menyebut dewan pengawas nantinya bertugas mengontrol kinerja lembaga antikorupsi.

"Usulan saya pribadi tadi, perlu dewan pengawas. Gimana pun harus dikontrol. Apa? Kontrol kinerja, berapa laporan yang masuk, berapa dari tingkat penyelidikan, penyelidikan ke penyidikan, dan seterusnya," kata Antasari di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reza Artamevia dan 10 Seleb Ini Hebohkan Pameran Smartfren eSIMkan Aku

Posted: 07 Sep 2019 08:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Suasana meriah hadir di Mal Kota Kasablankan pada Jumat (6/9). Reza Artamevia dan 10 selebriti Tanah Air turut meramaikan pameran Smartfren eSIMkan Aku. Tak tanggung-tanggung, Reza membawakan sekitar 9 lagu populernya untuk menghibur para pengunjung pameran.

Mengawali penampilannya, Reza membawakan lagu berjudul Pertama. Selanjutnya lagu Cinta Kita, Keabadian, dan Aku Wanita, dimana semua pengunjung larut dalam alunan musiknya.

Antusias pengunjung di acara peluncuran eSIM pertama di Indonesia dari Smartfren/Gilar Ramdhani.

Hingga puncaknya, Reza melantunkan lagu Berharap Tak Berpisah. Lirik pada lagu tersebut yakni 'Ijinkan aku' berulang kali di sebut oleh Reza dan pengunjung menjadi 'eSIMkan Aku'.

Pada pameran ini, perusahaan telekomunikasi pelopor teknologi eSIM (embedded sim card) di Indonesia, PT. Smartfren Telecom, menghadirkan program Trade in dan Upgrade eSIM Smartfren di Atrium Fashion Mal Kota Kasablanka hingga 8 September 2019. 

Seleb Tanah Air datang ke pameran Smartfren untuk upgrade eSIM secara gratis/Gilar Ramdhani.

Sebanyak 10 seleb Tanah Air pada Jumat (6/9) malam ramai-ramai datang ke pameran Smartfren untuk upgrade eSIM secara gratis. Mereka adalah Verrell Bramasta, Jessica Mila, Anastasia Siantar, Yoga Arizona, Ayla Dimitri, Jessica Veranda, Vincent Rompies, Deddy Mahendra Desta, dan Baim Wong.

Pengguna iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max dapat upgrade eSIM secara gratis dan mendapatkan total kuota 90GB selama setahun, gratis telepon 30 menit ke operator lain dan sepuasnya ke sesama Smartfren.  Bagi Anda yang ingin mengganti iPhone lamanya juga bisa mengikuti trade in dengan cash-back hingga Rp. 3.450.000.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Bagi Bunga untuk Selamatkan KPK

Posted: 07 Sep 2019 08:05 PM PDT

Pegawai KPK saat Aksi Selamatkan KPK di hari bebas kendaraan bermotor kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (8/9/2019). mereka mendesak Presiden Jokowi untuk tidak mengesahkan revisi UU KPK dan mengajak masyarakat mengawasi jalannya seleksi capim KPK. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pegawai KPK saat Aksi Selamatkan KPK di hari bebas kendaraan bermotor kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (8/9/2019). mereka mendesak Presiden Jokowi untuk tidak mengesahkan revisi UU KPK dan mengajak masyarakat mengawasi jalannya seleksi capim KPK. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Warga berpose dengan bunga yang diberikan dalam Aksi Selamatkan KPK di hari bebas kendaraan bermotor kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (8/9/2019). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Warga berpose dengan bunga yang diberikan dalam Aksi Selamatkan KPK di hari bebas kendaraan bermotor kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (8/9/2019). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Warga berpose dengan bunga yang diberikan dalam Aksi Selamatkan KPK di hari bebas kendaraan bermotor kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (8/9/2019). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Warga berpose dengan bunga yang diberikan dalam Aksi Selamatkan KPK di hari bebas kendaraan bermotor kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (8/9/2019). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pegawai KPK saat Aksi Selamatkan KPK di hari bebas kendaraan bermotor kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (8/9/2019). mereka mendesak Presiden Jokowi untuk tidak mengesahkan revisi UU KPK dan mengajak masyarakat mengawasi jalannya seleksi capim KPK. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pegawai KPK saat Aksi Selamatkan KPK di hari bebas kendaraan bermotor kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (8/9/2019). mereka mendesak Presiden Jokowi untuk tidak mengesahkan revisi UU KPK dan mengajak masyarakat mengawasi jalannya seleksi capim KPK. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pegawai KPK saat Aksi Selamatkan KPK di hari bebas kendaraan bermotor kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (8/9/2019). mereka mendesak Presiden Jokowi untuk tidak mengesahkan revisi UU KPK dan mengajak masyarakat mengawasi jalannya seleksi capim KPK. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pegawai KPK saat Aksi Selamatkan KPK di hari bebas kendaraan bermotor kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (8/9/2019). mereka mendesak Presiden Jokowi untuk tidak mengesahkan revisi UU KPK dan mengajak masyarakat mengawasi jalannya seleksi capim KPK. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Batalkan Negosiasi Lanjutan Perdamaian AS - Taliban

Posted: 07 Sep 2019 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan telah membatalkan negosiasi lanjutan perihal perdamaian AS dan Taliban.

Trump sempat mentweet dia akan bertemu dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan para pemimpin senior Taliban pada hari Minggu 9 September 2019.

Namun, sang presiden AS membatalkan pertemuan yang dijadwalkan berlangsung di pangkalan militer AS di Camp David, Maryland hari ini waktu lokal.

Pembatalan berkenaan dengan pengakuan Taliban yang melakukan serangan baru-baru ini di Kabul dan menewaskan seorang tentara AS --BBC melaporkan pada Minggu (9/7/2019).

"Tanpa sepengetahuan hampir semua orang, para pemimpin utama Taliban dan, secara terpisah, Presiden Afghanistan, akan secara diam-diam bertemu dengan saya di Camp David pada hari Minggu," tweet Trump pada Sabtu malam.

"Sayangnya, untuk membangun daya tarik palsu, mereka mengakui ... serangan di Kabul yang menewaskan salah satu tentara hebat kita, dan 11 orang lainnya," klaim Trump.

"Saya segera membatalkan pertemuan dan membatalkan negosiasi damai," tambah sang presiden seperti dikutip dari CNN.

Pengumuman pembatalan itu hanya berselang beberapa hari, setelah utusan khusus AS untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad, menyatakan telah mencapai "prinsip-prinsip" kesepakatan damai dengan Taliban pada Senin 2 September.

Khalilzad sebelumnya memimpin negosiasi perdamaian sebanyak sembilan putaran pembicaraan antara AS dan perwakilan Taliban, yang diadakan di Doha, ibu kota negara Teluk Qatar.

Sebagai bagian dari kesepakatan yang diusulkan, AS akan menarik 5.400 tentara dari Afghanistan dalam waktu 20 minggu. Namun Khalilzad mengatakan persetujuan akhir masih ada pada Trump.

AS saat ini memiliki sekitar 14.000 tentara di negara itu dan berencana mempertahankan pasukan yang tersisa (usai pemulangan 5.400 tentara) selama beberapa waktu.

Belum jelas apakah pembatalan negosiasi di Camp David pada hari ini akan berdampak pada keseluruhan proses perundingan.

Serangan Taliban yang Bikin Trump Urung Berdamai

Pasukan keamanan Afghanistan berada di lokasi sehari setelah serangan di Kabul, Afghanistan (15/1). Menurut pejabat setempat, seorang pembom bunuh diri Taliban meledakkan kendaraan bermuatan bahan peledak pada Senin malam. (AP Photo/Rahmat Gul)

Pada Kamis 5 September, sebuah bom mobil meledak di Kabul, menewaskan 12 orang termasuk seorang prajurit AS. Taliban mengakui serangan itu.

Seorang prajurit Rumania yang melayani misi yang dipimpin NATO di negara itu juga tewas.

Serangan itu menyoroti kekhawatiran bahwa perundingan AS dengan Taliban tidak akan mengakhiri kekerasan sehari-hari di Afghanistan dan korbannya pada warga sipil.

Situasi Terkini di Afghanistan

Militan Taliban sekarang menguasai lebih banyak wilayah daripada kapan pun sejak invasi AS 2001 dan sejauh ini menolak untuk berbicara dengan pemerintah Afghanistan, yang mereka cemooh sebagai boneka Amerika.

Sebagai imbalan atas penarikan pasukan AS, Taliban akan memastikan bahwa Afghanistan tidak akan pernah lagi digunakan sebagai pangkalan untuk kelompok-kelompok militan yang berusaha menyerang AS dan sekutunya.

Beberapa orang di Afghanistan khawatir bahwa kesepakatan dapat melihat hak yang diperoleh dengan susah payah dan kebebasan terkikis. Para militan menegakkan hukum agama yang ketat dan memperlakukan wanita secara brutal selama pemerintahan mereka dari tahun 1996 hingga 2001.

Hampir 3.500 anggota pasukan koalisi internasional telah tewas di Afghanistan sejak invasi tahun 2001, lebih dari 2.300 di antaranya adalah orang Amerika.

Angka-angka untuk warga sipil, militan dan pasukan pemerintah Afghanistan lebih sulit untuk diukur. Dalam laporan Februari 2019, PBB mengatakan bahwa lebih dari 32.000 warga sipil telah tewas. Institut Watson di Universitas Brown mengatakan 58.000 personel keamanan dan 42.000 pejuang oposisi tewas.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PODCAST: Tebak-tebakan Receh Zaman Sekolah

Posted: 07 Sep 2019 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap minggunya, podcast Citizen6 selalu membahas topik-topik menarik dari Liputan6.com. Kali ini, tentang tebak-tebakan receh zaman sekolah.

Tebak-tebakan nampaknya selalu bisa mencuri perhatian banyak orang. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun kerap kali melontarkan tebak-tebakan.

Tak sedikit pula tebak-tebakan yang bisa membuat kita kangen dengan zaman sekolah. Pasalnya semasa sekolah tentu banyak dari kalian yang kerap melempar tebak-tebakan lucu ke sesama teman bukan?

Nah, dalam podcast kali ini ada banyak tebak-tebakan receh yang dijamin bikin kalian kangen masa sekolah.

Selanjutnya

foto: twitter/@datteamejanai

Dengarkan podcast-nya di sini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Akting Terbaik Reza Rahadian Sebelum Twivortiare, Yang Mana Favoritmu?

Posted: 07 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sudah menonton Twivortiare? Meski jumlah penontonnya tak sedahsyat Gundala, Twivortiare panen pujian berkat performa Reza Rahadian dan Raihaanun yang penuh letupan emosi. 

Twivortiare menempatkan Reza Rahadian sebagai Beno dan Raihaanun sebagai Alexandra. Reza Rahadian tampil memikat di layar lebar bukan hal langka. Ia berkali-kali dinominasikan Piala Citra, Festival Film Bandung, hingga Piala Maya. 

Showbiz Liputan6.com memilih 5 akting terbaik Reza Rahadian sebelum Twivortiare. Yang mana favorit Anda?

 

Film

Reza Rahadian saat menghadiri gala premier Film Guru Bangsa TJOKROAMINOTO di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan (31/3/2015). Dalam film tersebut, Reza Rahadian berperan sebagai HOS Tjokroamonito.(Liputan6.com/FAisal R Syam)

Critical Eleven (2017)

Drama yang intens dan menguras energi dua pemain utamanya, Reza Rahadian dan Adinia Wirasti. Ale adalah momen Reza kembali ke akting di level basic. Tanpa prostetis atau mengubah fisik, ia tampil sebagaimana Reza Rahadian adanya namun dengan emosi serta sifat Ale. Hasilnya, muncul sejumlah momen sarat ledakan amarah, cinta, hingga air mata. Adegan Ale menatap boks bayi yang kosong, lalu matanya berkaca, dan tangis pecah merupakan hal langka. Reza mengirim emosi tepat sasaran. Tidak dinominasikan FFI (padahal nomine Pemeran Utama Pria Terbaik tahun itu hanya ada empat!) jelas kesalahan besar. Akting Reza melampaui semua itu!

(Wayan Diananto)

1. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

Reza Rahadian saat di film Perempuan Berkalung Sorban.

Dikenal lewat genre horor seperti Pulau Hantu dan Film Horor, Reza Rahadian membuka tahun 2009 dengan Perempuan Berkalung Sorban. Perannya sebagai Samsudin, anak kiai yang menikahi Anissa (Revalina S. Temat).

Sebagai suami yang semena-mena, Reza tampil meyakinkan. Sikap arogan dan sok berkuasa ditampilkan dengan detail dari momen marah hingga meludah seenak jidat. Samsudin mengantarnya meraih Piala Citra Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Peran ini mengubah wajah karier Reza untuk sampai saat ini.

3 Hati 2 Dunia 1 Cinta (2010)

Reza berperan sebagai Rosid di 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta.

Industri film dunia mengenal istilah Oscar Grand Slam, julukan untuk film yang menang 5 Piala Oscar utama kategori Film, Sutradara, Skenario, Pemeran Utama Pria, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik. Sejarah mencatat hanya 3 film yang bisa meraihnya: The Silence of the Lambs (1991), It Happened One Night (1934), dan One Flew Over the Cuckoo's Nest (1975).

Di Indonesia gelar Citra Grand Slam salah satunya diraih film 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta. Berbeda dengan Perempuan Berkalung Sorban, Reza di sini tampil natural dengan rambut kribo. Ia tahu betul, film ini drama rumahan. Konfliknya di level keluarga dan tetangga. Memahami kebutuhan peran, di tangan Reza karakter Rosid tampak kuat, manusiawi, dan dekat dengan realita. Wajar ia diganjar Piala Citra. 

Habibie & Ainun (2012)

Film drama Indonesia yang mengangkat kisah hidup mantan presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie.

Apalah arti meraih banyak piala namun tak mampu mencetak box office. Reza Rahadian membungkam tudingan ini lewat Habibie & Ainun yang menyerap 4,6 juta penonton. Tak hanya sukses secara komersial, peran Reza sebagai Presiden Indonesia ketiga membuat mata publik terbelalak. Gestur, gaya bicara, hingga cara menatap Ainun sangat Habibie! Tak mirip secara fisik namun Reza sukses meyakinkan publik, Habibie adalah takdirnya. Saya tak kan lupa adegan Reza bicara dengan Ainun yang tak berdaya di ranjang rumah sakit. "Ainun, kamu ingat ini hari apa? Ini hari pernikahan kita," ucap Habibie dengan mata berkaca. Air mata penonton pun berlinang. Reza membawa pulang Piala Citra ketiga

My Stupid Boss (2016)

Dalam poster film My Stupid Boss garapan sutradara Upi, Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari tampil berbeda dengan biasanya.

Sukses memerankan Presiden Indonesia ketiga, publik menduga Reza Rahadian akan kesulitan melepaskan diri dari citra Habibie. Asumsi ini ditepisnya lewat peran Bossman. Reza mengubah fisik dengan prostetis, menciptakan dagu ganda, perut buncit, dan kepala botak. Menjijikkan, menyebalkan, tapi kocak. Chemistrinya dengan Bunga Citra Lestari sebagai Diana alias Kerani berbeda 180 derajat dengan citra mereka di Habibie & Ainun. Lewat Bossman, "Ujaran tempe bener sih, kamu?" sempat tren. Reza meraih Piala Citra keempat. 

Critical Eleven

Reza Rahadian dan Adinia Wirasti kembali tampil mesra lewat film Critical Eleven. (Instagram @ikanatassa)

Critical Eleven (2017)

Drama yang intens dan menguras energi dua pemain utamanya, Reza Rahadian dan Adinia Wirasti. Ale adalah momen Reza kembali ke akting di level basic. Tanpa prostetis atau mengubah fisik, ia tampil sebagaimana Reza Rahadian adanya namun dengan emosi serta sifat Ale. Hasilnya, muncul sejumlah momen sarat ledakan amarah, cinta, hingga air mata. Adegan Ale menatap boks bayi yang kosong, lalu matanya berkaca, dan tangis pecah merupakan hal langka. Reza mengirim emosi tepat sasaran. Tidak dinominasikan FFI (padahal nomine Pemeran Utama Pria Terbaik tahun itu hanya ada empat!) jelas kesalahan besar. Akting Reza melampaui semua itu!

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Surabaya: Polisi Layangkan Surat Pemanggilan Tersangka Veronica Koman

Posted: 07 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Kepolisian (Kapolda) Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol, Luki Hermawan menyampaikan perkembangan penyidikan kasus Veronica Koman, Sabtu, 7 September 2019 di Mapolda Jatim.

Luki mengatakan, pihaknya mengirimkan surat pemanggilan kepada tersangka Veronica Koman usai hasil tim penyidik dalam beberapa hari ini dan pemeriksaan kepada masyarakat sipil dan saksi ahli.

"Kita juga sudah melayangkan surat pemanggilan sebagai tersangka ke dua alamat yang ada di Indonesia yaitu di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan. Dan tim kita juga sudah ada di sana," tutur Luki.

Artikel Polda Jatim layangkan surat pemanggilan tersangka Veronica Koman di Jakarta menyita perhatian di Surabaya. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di Surabaya? Berikut tiga artikel terpopuler yang dirangkum pada Minggu, (8/9/2019):

1.Polda Jatim Layangkan Surat Pemanggilan Tersangka Veronica Koman di Jakarta

Kepala Kepolisian (Kapolda) Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol, Luki Hermawan menyampaikan perkembangan penyidikan kasus Veronica Koman, Sabtu, 7 September 2019 di Mapolda Jatim.

Luki mengatakan, pihaknya mengirimkan surat pemanggilan kepada tersangka Veronica Koman usai hasil tim penyidik dalam beberapa hari ini dan pemeriksaan kepada masyarakat sipil dan saksi ahli.

"Kita juga sudah melayangkan surat pemanggilan sebagai tersangka ke dua alamat yang ada di Indonesia yaitu di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan. Dan tim kita juga sudah ada di sana," tutur Luki.

Berita selengkapnya baca di sini

2. Jangan Lewatkan Dua Agenda Ini Saat Akhir Pekan di Surabaya

Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya, Jawa Timur kembali menyelenggarakan agenda festival istimewanya yang tentunya dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar. Akan tetapi, bagi warga pendatang juga boleh menyambangi acara rutin tersebut jika sedang berada di Surabaya.

Program tahunan pada September 2019 itu bernama Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan, dengan mengambil tema 'Culinary and Craft Festival'. Jika diperhatikan dari nama programnya 'Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan', mesti berlangsung di kawasan area Jalan Tunjungan, Surabaya.

Mengutip dari instagram @surabayasparkling, Sabtu 7 September 2019,  festival tersebut berlangsung pada Sabtu, 7 September 2019 mulai pukul 16.00-21.30 WIB.

Berita selengkapnya baca di sini

3. 8 Wisata Kuliner Jember yang Menggugah Selera, Sajian Khas yang Wajib Dicoba

Wisata kuliner Jember merupakan salah satu kuliner Jawa Timur yang wajib dicoba. Apalagi banyak tempat makan legendaris yang terkenal di Jember yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berbagai makanan khas Jember ini bahkan sudah terkenal di Jawa Timur. 

Kota Jember yang juga terkenal dengan acara Jember Fashion Carnival, memiliki berbagai kuliner yang dapat menggugah selera kamu. Saat kamu sedang liburan ke Jawa Timur khususnya ke Jember, jangan sampai ketinggalan untuk mencoba berbagai kuliner yang lezat.

Wisata kuliner Jember menawarkan berbagai sajian yang khas dan menggugah selera. Para wisatawan yang ingin menikmati sajian makanan khas Jember tidak perlu khawatir lagi, karena wisata kuliner Jember memberikan makanan-makanan yang disukai banyak orang.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Kualifikasi Piala Eropa 2020: Ambisi Italia dan Spanyol Jaga Rekor 100 Persen

Posted: 07 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kualifikasi Piala Eropa 2020 kembali berlangsung Minggu (8/9/2019) dan Sabtu dini hari WIB. Kompetisi menghadirkan persaingan Grup D, Grup F, dan Grup J.

Kiprah Timnas Italia patut jadi perhatian pada kesempatan kali ini. Gli Azzurri merupakan salah satu tim dengan rekor sempurna pada kualifikasi Piala Eropa 2020.

Anak asuh Roberto Mancini meraih rekor 100 persen kemenangan dari lima pertandingan yang dijalani. Timnas Italia kini bakal coba mempertahankan rekor saat menghadapi tuan rumah Finlandia di Tampere Stadium.

Negara besar lain yang tampil adalah Timnas Spanyol. Meladeni Kepulauan Faroe di El Molinon, La Furia Roja semestinya tidak kesulitan meraih kemenangan keenam di Grup F.

Berikut jadwal kualifikasi Piala Eropa 2020 nanti malam:

Minggu, 8 September 2019

Piala Eropa 2020. (UEFA)

20.00 WIB: Armenia vs Bosnia-Herzegovina

23.00 WIB: Swiss vs Gibraltar

23.00 WIB: Georgia vs Denmark

23.00 WIB: Rumania vs Malta

Senin, 9 September 2019

01.45 WIB: Spanyol vs Kepulauan Faroe

01.45 WIB: Swedia vs Norwegia

01.45 WIB: Yunani vs Liechtenstein

01.45 WIB: Finlandia vs Italia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuma 13 Persen Wanita dengan Siklus Menstruasi 28 Hari

Posted: 07 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siklus menstruasi wanita sering disebut-sebut sekitar 28 hari sekali. Nyatanya, hanya 13 persen wanita dengan siklus itu.

Dilansir dari Her, sebuah penelitian yang dilakukan Natural Cycle dan UCL menemukan bahwa siklus menstruasi 28 hari ini hanya dimiliki oleh 13 persen orang. Sebagian besar wanita memiliki siklus antara 22 hingga 30 hari, dengan jumlah rata-rata 29,4 hari.

Penelitian ini dilakukan terhadap 60.000 wanita di Inggris, Amerika Serikat, dan Swedia. Para partisipan diteliti dan dipelajari lamanya siklus menstruasi yang mereka miliki.

Hasil dari penelitian tersebut cukup mengejutkan, pasalnya diketahui bahwa sebagian besar wanita tak memiliki siklus menstruasi 28 hari. Hal lain yang juga mengejutkan adalah anggapan bahwa ovulasi terjadi pada hari ke-14 siklus juga tak tepat.

 

menstruasi/copyright: shutterstock

Temuan ini tentu menghilangkan anggapan banyak orang mengenai masa subur dan masa aman untuk bercinta. Hal ini bisa semakin menyulitkan para wanita yang berusaha untuk memiliki momongan.

"Banyak dipercaya bahwa ovulasi terjadi pada hari ke-14 siklus. Namun analisis kami menunjukkan bahwa sebagian besar wanita tidak mengalami hal seperti itu," terang hasil penelitian tersebut.

"Hasil temuan ini menunjukkan bahwa kepercayaan bahwa ovulasi terjadi secara konsisten pada hari ke-14 siklus menstruasi tidaklah tepat," sambung temuan tersebut.

 

Penulis: Rizky Wahyu/Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Antam Bertahan di Rp 759 Ribu per Gram

Posted: 07 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau emas Antam stabil di Rp 759 ribu per gram, pada perdagangan Minggu (8/9/2019).

Sementara untuk harga buyback emas Antam juga pada hari ini stabil di Rp 684 ribu per gram. Harga buyback ini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 684 ribu per gram.

 

Saat ini, Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 08.50 WIB, mayoritas ukuran emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Sementara, di gerai penjualan emas Antam lain bisa berbeda.

Sementara untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 7.830.000. Sedangkan untuk ukuran 20 gram dijual Rp 15.110.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

 

Rincian Harga Emas

Petugas menunjukan dummy emas batangan saat pameran di Jakarta, Jumat (23/8/2019). Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau emas Antam turun Rp 4.000 menjadi Rp 751 ribu per gram, pada perdagangan Jumat (23/8/2019).  (Liputan6.com/Angga Yuniar)

* Pecahan 0,5 gram Rp 404.000

* Pecahan 1 gram Rp 759.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.467.000

* Pecahan 3 gram Rp 2.197.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.615.000

* Pecahan 10 gram Rp 7.165.000

* Pecahan 25 gram Rp 17.805.000

* Pecahan 50 gram Rp 35.535.000

* Pecahan 100 gram Rp 71.000.000

* Pecahan 250 gram Rp 177.250.000

* Pecahan 500 gram Rp 354.300.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 724.600.000.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dendam Asmara di Balik Pembunuhan Pengantin Baru di Pemalang

Posted: 07 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Pemalang - Warga Desa Mendelem, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dibikin heboh oleh kasus pembunuhan pengantin baru, Jumat, 6 September 2019. Korban adalah Aldi (25) yang dibunuh oleh AS (25).

Diduga, ada dendam asmara di balik kasus pembunuhan ini. Tersangka, tak rela sang pujaan hati dinikahi oleh pria lain.

Kisah tragis ini bermula ketika Aldi dan istrinya, L (20), mencuci pakaian di pinggir Sungai Celiling. Layaknya pengantin baru, dua sejoli ini tak terpisahkan.

Mendadak, datang lah A, pria desa yang sama. Kedua pria ini lantas terlibat cekcok hebat.

Di depan istri korban, tanpa dinyana A membacok Aldi tepat di bagian leher. Korban pun langsung tersungkur bersimbah darah.

"Kemudian datang tersangka dan terjadi keributan dengan korban, tersangka lalu membacok korban dengan menggunakan sebilah parang hingga mengenai leher korban," kata Kepala Subbagian Humas Polres Pemalang, Iptu Nurkhasan.

Melihat pembunuhan itu, istri korban panik dan berteriak meminta tolong. Teriakan panik itu didengar oleh seorang saksi, S (42) warga setempat. Warga lainnya, lantas mendatangi lokasi dan mendapati korban sudah meninggal dunia.

Pengakuan Tersangka Pembunuhan Pengantin Baru

Diduga ada dendam asmara di balik pembunuhan pengantin baru di Pemalang. (Foto: Liputan6.com/Polres Cilacap/Muhamad Ridlo)

"Korban meninggal dunia di tempat kejadian perkara karena mengalami luka sobek sepanjang 20 sentimeter di leher bagian depan," dia mengungkapkan.

S, sebagai saksi yang kali pertama mendapati peristiwa itu lantas melaporkan kejadian ini ke Pemerintah Desa Mendelem yang kemudian mendampinginya melapor ke Polsek Belik.

Tak butuh waktu lama, polisi menangkap terduga pelaku pembunuhan ini. Lantas, AS pun diserahkan ke Satuan Reskrim Polres Pemalang.

Kepolisian masih mendalami motif di balik pembunuhan sadis ini. Terlebih, tersangka membunuh korban di depan istri korban.

Tetapi, diduga kuat dendam asmara menjadi latar pembunuhan ini. Tersangka AS mencintai perempuan yang sama dengan korban. Ia tak rela korban mempersunting gadis yang dicintainya.

Tersangka diduga memendam bara asmara semenjak korban menikah dengan L. Tersangka mengaku cemburu buta.

Namun begitu, kepolisian masih perlu meminta keterangan saksi lain, termasuk istri korban. Sementara ini, istri korban masih syok dan belum bisa memberikan keterangan.

"Tersangka masih menjalani pemeriksaan intensif," ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebanyak 159 Ribu Jemaah Haji Tinggalkan Arab Saudi

Posted: 07 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Madinah - Sebanyak 159.767 jemaah haji sudah dipulangkan ke Indonesia. Mereka berasal dari 397 kelompok terbang (kloter).

Adapun jemaah haji yang sudah tiba di Tanah Air mencapai 157.019 orang. Mereka berasal dari 390 kloter dari 13 embarkasi di Indonesia.

Demikian mengutip Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, Minggu (8/9/2019).

Tercatat hingga kini sebanyak 435 orang sudah meninggal dunia di Arab Saudi. Sebagian besar akibat sakit.

Adapun masa operasional jemaah haji di Makkah sudah berakhir pada 6 September 2019.

Kini sisa jemaah haji gelombang kedua sudah berada di Madinah. Mereka melaksanakan Arbain, sebelum secara bertahap dipulangkan ke Indonesia.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali pada pekan ini, melepas keberangkatan kelompok terbang (kloter) terakhir dari Kota Makkah menuju Kota Madinah, Jumat (6/9/2019).

Jemaah kloter BPN 15 sekaligus menjadi penanda berakhirnya operasional haji Daerah Kerja (Daker) Makkah.

Dirjen Nizar Ali menyampaikan tiga pesan bagi jemaah haji. Pertama, Nizar meminta jemaah senantiasa menjaga kesehatan. Karena menurutnya aktivitas jemaah di Kota Madinah juga membutuhkan stamina yang baik.

"Karena masih delapan sampai sembilan hari lagi di Kota Madinah. Mereka akan melaksanakan salat Arbain serta mengikuti sejumlah paket wisata ziarah," kata Nizar.

Kedua, Nizar berpesan agar para jemaah terus berusaha menjaga kemabruran haji dengan mengaplikasikan dua hal. Yaitu dengan memiiki jiwa kepekaan sosial kepada sesama dan menebar kedamaian di mana pun berada.

"Dua hal itulah yang tadi kami tekankan kepada jemaah haji," ujar Nizar.

 

Pesan Lainnya

Dirjen PHU Nizar Ali melepas keberangkatan jemaah haji kloter BPN 15, di Makkah, Jumat (06/09). (foto: Bahauddin/MCH2019)

Ketiga, Nizar berharap agar para jemaah haji Indonesia selalu menimba ilmu agama. "Dalam konteks ini juga memperluas pengetahuan mereka tentang agama Islam. Dengan begitu, nilai ajaran agama dapat terpatri dalam hati jemaah haji," harapnya.

Lebih lanjut, Nizar berharap agar jemaah haji dapat menyemarakkan bahkan membentuk majelis-majelis taklim sebagai sarana untuk menyebarkan ilmu-ilmu agama setibanya di tanah air.

"Kalau perlu misalnya bentuk majelis taklim alumni BPN 15. Jadikan ini majelis ilmu untuk berbagi ilmu agama," pesannya.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Terpadu (Siskohat) Kemenag, paska masa puncak haji, sebanyak 229 kloter gelombang pertama telah diberangkatkan menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Di akhir operasional, total sebanyak 300 kloter gelombang kedua telah diberangkatkan dari Makkah menuju Kota Madinah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Cara Alami Menghilangkan Double Chin yang Ganggu Penampilan

Posted: 07 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Double chin kerap dimiliki oleh banyak orang dan keberadaannya ini terkadang dapat mengganggu penampilan. Salah satu faktor munculnya dagu berlipat ini adalah kenaikan berat badan karena lemak menumpuk di bawah dagu.

Selain kenaikan berat badan, faktor lain seperti genetik dan usia yang membuat elastisitas kulit menurun juga menjadi penyebab munculnya double chin. Meskipun tidak merugikan secara kesehatan, tapi hal ini bisa memengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Saat ini, banyak produk dan prosedur kecantikan seperti alat pijat dagu dan perawatan yang mengklaim bahwa mereka bisa menghilangkan double chin. Tapi, Anda juga bisa memulai dari diri sendiri melalui beberapa cara yang alami.

Liputan6.com merangkum empat cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menghilangkan lemak-lemak di bawah dagu tersebut, dilansir dari Health Line, 6 September 2019.

1. Mengadahkan Kepala

Hal ini bertujuan untuk mengencangkan bagian dagu sehingga double chin dapat berkurang. Caranya, tadahkan kepala ke atas kemudian regangkan dagu Anda hingga bagian bawah dagu terasa ditarik.

Anda juga bisa mengerucutkan bibir Anda seperti ingin mencium untuk memudahkan peregangan. Lakukan hal tersebut sampai 10 detik, lalu lemaskan dan kembalikan kepala Anda ke posisi semula. Ulangi gerakan ini selama 10 hingga 15 kali.

2. Julurkan Lidah

Ilustrasi menjulurkan lidah. (dok. unsplash/Novi Thedora)

Tujuan dari cara ini adalah untuk mengencangkan bagian lemak di dagu sehingga bisa menjadi otot. Anda perlu untuk menjulurkan lidah Anda sejauh yang Anda bisa. Setelah itu, arahkan lidah Anda ke atas mengarah ke hidung. Tahan selama 10 detik kemudian kembalikan ke posisi semula. Ulangi gerakan ini selama 10 hingga 15 kali.

3. Pijat Bola

Cara ini prinsipnya sama dengan alat pijat yang banyak dijual di pasaran. Bedanya, Anda tidak perlu membeli produk tersebut dan hanya menggunakan bola berdiameter kurang lebih 20 cm. Letakkan bola tersebut di bawah dagu, kemudian tekan dagu Anda ke bola tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghancurkan gumpalan lemak di bawah dagu. Ulangi langkah ini sebanyak 25 kali dan dianjurkan untuk melakukannya setiap hari.

4. Memperhatikan Kandungan Makanan

Hal ini bisa dilakukan jika penyebab utama munculnya double chin Anda karena kenaikan berat badan. Menjaga pola serta memperhatikan kandungan makanan bisa mengecilkan bahkan menghilangkan lipatan dagu ini. Jika ingin menurunkan berat badan sekaligus double chin, disarankan untuk banyak makan sayuran dan buah, hindari makan gorengan dan makanan cepat saji lainnya, kurangi makanan yang mengandung gula serta makan makanan berprotein seperti bebek atau ikan.

(Novi Thedora)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terekam CCTV, Pengunjung Pasar Curi Sepotong Daging

Posted: 07 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria mencuri sepotong daging babi di sebuah pasar kota Ziyang, Provinsi Sichuan, China. Tindakan pelaku ini tidak diketahui oleh penjual dan terekam CCTV.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Bahaya Membiarkan Karang Gigi Menumpuk, Jangan Disepelekan

Posted: 07 Sep 2019 07:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Karang gigi merupakan penumpukan plak mengandung bakteri yang berasal dari sisa-sisa makanan dan menempel di permukaan gigi. Penyebab karang gigi paling umum adalah makanan tersisa dan tidak segera dibersihkan. Jika sisa makanan dibiarkan saja dan tidak dibersihkan, maka lama kelamaan akan terbentuk karang gigi.

Tak hanya karena sisa makanan, penyebab karang gigi juga karena menyikat gigi dengan cara tidak benar, meninggalkan sisa makanan dalam mulut. Kondisi ini lama-kelamaan akan mengeras karena mengalami mineralisasi. Nah, apabila kamu semakin lama membiarkannya, karang gigi bisa menumpuk hingga menutupi seluruh permukaan gigi.

Karang gigi yang dibiarkan menumpuk bisa memicu timbulnya penyakit-penyakit. Dimana penyakit tersebut tidak hanya timbul di rongga mulut, melainkan juga di bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, kamu tidak boleh membiarkan karang gigi menumpuk dengan lama.

Berikut ini Liputan6.com, Minggu (8/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa bahaya kesehatan jika membiarkan karang gigi menumpuk.

Penyebab Munculnya Karang Gigi

Karang Gigi / Sumber: iStockphoto

Ada berbagai macam faktor penyebab karang gigi bisa muncul, antara lain kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut, menyikat gigi yang kurang tepat, serta kondisi air liur. Ya, PH air liur yang tinggi bisa mempercepat terbentuknya karang gigi. Inilah yang menyebabkan kecepatan timbulnya karang gigi setiap orang bisa berbeda-beda.

Gigi yang tidak rapi, atau berjejal, juga bisa menjadi faktor pemicu timbulnya karang gigi karena terdapat daerah yang sulit untuk dijangkau oleh sikat gigi. Mengunyah makanan hanya pada salah satu sisi karena kebiasaan atau terdapat gigi yang berlubang dapat juga menimbulkan timbunan karang gigi. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya stimulus air liur pada daerah yang tidak digunakan untuk mengunyah.

Karang gigi yang melekat hanya bisa dibersihkan dengan bantuan seorang dokter gigi. Tindakan ini biasa disebut scaling, dan melibatkan alat khusus untuk memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi. Dengan penggunaan yang benar, alat ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akarnya.

Bahaya Membiarkan Karang Gigi Menumpuk

Bau Mulut / Sumber: iStockphoto

Karang gigi yang dibiarkan menumpuk akan menimbulkan masalah kesehatan pada rongga mulut. Tidak hanya itu, kesehatan organ tubuh lainnya juga dapat berpengaruh dengan adanya karang gigi. Berikut ini adalah masalah kesehatan yang bisa muncul apabila membiarkan karang gigi menumpuk:

Tempat Bersarangnya Bakteri

Karang gigi memiliki efek serius pada kesehatan mulut, terutama jika tumbuh di atas garis gusi. Pasalnya, ini merupakan tempat yang tepat bagi bakteri untuk bersarang, kemudian menyelinap ke dalam gusi sehingga membuatnya rusak, serta mengalami iritasi dan peradangan.

Aroma Mulut Menjadi Tidak Sedap

Salah satu penyebab terjadinya bau mulut adalah menumpuknya karang gigi. Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya endapan dari sisa-sisa makanan yang tidak tersikat ketika menggosok gigi sehingga terjadilah pembusukan di dalam mulut.

Bahaya Membiarkan Karang Gigi Menumpuk Lainnya

Penyakit Jantung (Foto: www.drjeremybutts.com)

Gigi Lebih Mudah Goyang

Bahaya membiarkan karang gigi menumpuk lainnya adalah bisa memicu peradangan pada gusi yang disebut dengan gingivitis. Pada peradangan yang semakin parah, bisa menyebabkan gusi menjadi mudah berdarah.

Peradangan pada gusi yang tidak segera ditangani ini akan menjadi periodontitis. Pada kondisi ini peradangan sudah menjalar hingga ke tulang penyangga gigi dan dapat menyebabkan gigi goyang.

Memicu Penyakit Jantung

Membersihkan karang gigi bukan hanya untuk menjaga kesehatan gigi saja, melainkan juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Ya, dengan menjaga kesehatan mulut ternyata juga bisa mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan peradangan.

Adanya bakteri dan mikroorganisme yang terdapat dalam plak gigi bisa masuk ke dalam aliran darah dan menimbulkan reaksi peradangan. Kondisi inilah yang menyebabkan kerusakan dan penyumbatan pada pembuluh darah. Nah, apabila aliran darah tersumbat, maka risiko terkena penyakit jantung akan meningkat.

Diabetes

Peradangan pada gusi juga lebih rentan terjadi pada penderita diabetes. Oleh karena itu, penderita diabetes harus rajin merawat kebersihan gigi dan mulut agar tidak memperburuk keadaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Kirim Pesan WhatsApp Lewat Google Assistant Paling Hits

Posted: 07 Sep 2019 07:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dengan perintah suara lewat Google Assistant, kamu bisa mengirim pesan WhatsApp dengan mudah.

Berita ini pun paling hits di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (7/9/2019) kemarin. Informasi lain yang kalah hits datang dari bagaimana cara mengetahui perbedaan ponsel KW dengan yang asli.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Kirim Pesan WhatsApp Makin Mudah dengan Google Assistant

Kemampuan Google Assistant sebagai asisten virtual cukup membantu pengguna Android. Dengan perintah suara, pengguna dapat mengakses layanan yang ada di perangkat miliknya.

Untuk itu, Google kerap meningkatkan kemampuan asisten virtual tersebut guna mendukung lebih banyak layanan di Android. Salah satunya yang dilakukan baru-baru ini dengan mendukung aplikasi WhatsApp.

Dikutip dari Phone Arena, Sabtu (7/9/2019), kini pengguna perangkat Android dapat berkirim pesan melalui WhatsApp yang dilakukan dengan perintah suara lewat Google Assistant.

Baca selengkapnya di sini

2. Ini Ciri-Ciri Ponsel KW Langsung dari Pedagang

Selain ponsel ilegal alias ponsel BM, ponsel KW atau juga disebut dengan istilah supercopy masih banyak beredar di sejumlah pusat perbelanjaan di Indonesia.

Agar kamu tak terjebak, tim Merdeka.com bertanya langsung kepada pedagang ponsel di pusat perbelanjaan Jakarta Pusat.

Salah satu penjual bernama Dodit menjelaskan bahwa ponsel KW biasanya tidak ada kartu garansi dan bentuk charger-nya gepeng.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Kendaraan Antariksa India Vikram Chandrayaan-2 Hilang Kontak

Warga India melihat peluncuran 104 satelit dalam satu misi di pusat antariksa Sriharikota di India timur, Rabu (15/2). Keberhasilan ini membuat India menciptakan rekor dunia dalam peluncuran satelit. (AFP PHOTO/ ARUN SANKAR)

India tengah bersiap untuk mengukuhkan diri sebagai negara keempat yang mampu mendarat di permukaan Bulan. Negara itu telah meluncurkan misi eksplorasi bulan yang diberi nama Chandrayaan-2.

Namun dari laporan terbaru, impian India tersebut dapat saja kandas. Alasannya, lander Chandrayaan-2, yakni Vikram, dilaporkan telah kehilangan kontak dengan kru darat saat berada di permukaan Bulan.

Dikutip dari Engadget, Sabtu (7/9/2019), badan antariksa India saat ini sedang mengolah data yang sudah tersedia terlebih dulu.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Semarak Festival Payung Indonesia 2019 di Candi Prambanan

Posted: 07 Sep 2019 07:50 PM PDT

Pengunjung berpose di deretan payung selama Festival Payung Indonesia 2019 di Taman Garuda Mandala, Komplek Candi Prambanan, Kabupaten Klaten, Sabtu ( 7/9/2019). Festival Payung Indonesia 2019 telah berlangsung ke enam kalinya. (Liputan6.com/Gholib)

Pengunjung berpose di deretan payung selama Festival Payung Indonesia 2019 di Taman Garuda Mandala, Komplek Candi Prambanan, Kabupaten Klaten, Sabtu ( 7/9/2019). Festival Payung Indonesia 2019 telah berlangsung ke enam kalinya. (Liputan6.com/Gholib)

Suasana Festival Payung Indonesia 2019 di Taman Garuda Mandala, Komplek Candi Prambanan, Kabupaten Klaten, Sabtu ( 7/9/2019). Acara ini diadakan secara tahunan dengan peserta dari beberapa provinsi di Indonesia serta dari Spanyol dan Thailand. (Liputan6.com/Gholib)

Suasana Festival Payung Indonesia 2019 di Taman Garuda Mandala, Komplek Candi Prambanan, Kabupaten Klaten, Sabtu ( 7/9/2019). Acara ini diadakan secara tahunan dengan peserta dari beberapa provinsi di Indonesia serta dari Spanyol dan Thailand. (Liputan6.com/Gholib)

Ratusan payung terpasang selama Festival Payung Indonesia 2019 di Taman Garuda Mandala, Komplek Candi Prambanan, Kabupaten Klaten, Sabtu ( 7/9/2019). Acara ini diadakan secara tahunan dengan peserta dari beberapa provinsi di Indonesia serta dari Spanyol dan Thailand. (Liputan6.com/Gholib)

Ratusan payung terpasang selama Festival Payung Indonesia 2019 di Taman Garuda Mandala, Komplek Candi Prambanan, Kabupaten Klaten, Sabtu ( 7/9/2019). Acara ini diadakan secara tahunan dengan peserta dari beberapa provinsi di Indonesia serta dari Spanyol dan Thailand. (Liputan6.com/Gholib)

Pengunjung berpose di deretan payung selama Festival Payung Indonesia 2019 di Taman Garuda Mandala, Komplek Candi Prambanan, Kabupaten Klaten, Sabtu ( 7/9/2019). Festival Payung Indonesia 2019 telah berlangsung ke enam kalinya. (Liputan6.com/Gholib)

Pengunjung berpose di deretan payung selama Festival Payung Indonesia 2019 di Taman Garuda Mandala, Komplek Candi Prambanan, Kabupaten Klaten, Sabtu ( 7/9/2019). Festival Payung Indonesia 2019 telah berlangsung ke enam kalinya. (Liputan6.com/Gholib)

Suasana Festival Payung Indonesia 2019 di Taman Garuda Mandala, Komplek Candi Prambanan, Kabupaten Klaten, Sabtu ( 7/9/2019). Acara ini diadakan secara tahunan dengan peserta dari beberapa provinsi di Indonesia serta dari Spanyol dan Thailand. (Liputan6.com/Gholib)

Suasana Festival Payung Indonesia 2019 di Taman Garuda Mandala, Komplek Candi Prambanan, Kabupaten Klaten, Sabtu ( 7/9/2019). Acara ini diadakan secara tahunan dengan peserta dari beberapa provinsi di Indonesia serta dari Spanyol dan Thailand. (Liputan6.com/Gholib)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta Peringkat Ketiga Kota Terpolusi di Dunia Pagi Ini

Posted: 07 Sep 2019 07:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DKI Jakarta bertengger di peringkat ketiga dari total 89 kota besar di dunia berdasarkan parameter kualitas udara yang dirilis AirVisual, Minggu (8/9/2019) pagi.

Tepat pukul 06.00 WIB, kualitas udara DKI berada pada level tidak sehat dengan parameter US Air Quality Index (AQI US) 130 atau berkategori tidak sehat bagi masyarakat sensitif.

Angka itu terpaut 23 poin lebih rendah dari Dubai, Uni Emirat Arab yang menduduki peringkat pertama kota dengan kualitas udara terburuk (153) dan Beijing, China, yang menduduki peringkat kedua kota terpolutan di dunia dengan angka indeks 137.

Seperti dilansir Antara, Indikator AirVisual memperlihatkan kualitas udara DKI tidak sehat untuk kelompok sensitif dengan parameter polutan PM2.5 konsentrasi 47,5 ug/m3.

Pemerintah DKI Jakarta telah merespons permasalahan polusi udara dengan mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara di Ibu Kota.

Instruksi tersebut selanjutnya diimplementasikan melalui kebijakan perluasan wilayah rekayasa lalu lintas dengan pelat nomor ganjil-genap, guna menekan populasi kendaraan sebagai salah satu pemicu polusi.

Uji Emisi Rutin

Jakarta juga melakukan uji emisi secara rutin hingga membatasi usia pakai kendaraan yang akan melintas di wilayah setempat.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga mengintensifkan pengawasan terhadap pabrik yang berpotensi melanggar aturan lingkungan hingga mengintensifkan penghijauan di sejumlah titik kawasan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Smartfren Luncurkan eSIM Pertama di Indonesia

Posted: 07 Sep 2019 07:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap provider mengeluarkan Subscriber Identity Module (SIM), agar komunikasi jarak dekat atau jauh bisa dilakukan. Jika biasanya Anda menggunakan kartu SIM fisik, sekarang telah hadir eSIM (embedded SIM).

eSIM adalah standar baru yang dikembangkan oleh GSMA dan digunakan di seluruh dunia. eSIM memungkinkan pengguna untuk memasukkan profil SIM ke perangkat tanpa menggunakan kartu SIM fisik yang harus dimasukkan kedalam perangkat.

Saat ini, perangkat yang bisa menggunakan eSIM adalah iPhone XR, XS dan XS Max yang dilengkapi dengan fitur dual SIM dengan SIM Card fisik dan eSIM. Lalu sebenarnya apa sih kelebihan eSIM?

Pertama dapat  mengoptimalkan fitur iPhone dimana pelanggan bisa menggunakan dual-sim pada iPhone,  (eSIM dan Kartu SIM). Kedua, koneksi yang dihadirkan lebih stabil. Pelanggan juga lebih fleksibel untuk mengatur preferensi layanan data, telepon dan SMS.  Ketiga lebih mudah dan simpel.

Nah sudah saatnya nih beralih mengoptimalkan iPhone milikmu dengan eSIM. Jika ingin tahu lebih jelas mengenai informasi seputar eSIM, Anda bisa datang ke Fashion Atrium (Ground Floor), Kota Kasablanka.

Smartfren menjadi provider pertama yang mengeluarkan eSIM (embedded SIM).

Saat ini ada program #eSIMkanAku "Trade in dan Upgrade eSIM Smartfren" di Kota Kasablanka pada 4-8 September 2019. Bagi pelanggan Smartfren yang ingin upgrade ke eSIM, dapat langsung datang ke lokasi acara. Proses upgrade eSIM gratis. Selain pelanggan Smartfren, cukup membawa iPhone yang sudah memiliki fitur eSIM. Antara lain: iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max, ke lokasi acara, tunjukkan kepada petugas dan akan langsung mendapatkan eSIM Smartfren secara gratis.

"Dengan eSIM pelanggan dapat menggunakan layanan 4G LTE Smartfren tanpa menggunakan SIM Card berbentuk fisik. Hal ini tentu menambah flexibilitas bagi pelanggan untuk mengatur sendiri preferensi data, voice dan SMS serta menikmati paket data yang menarik dari Smartfren," ujar Merza Fachys, Presiden Direktur Smartfren.

Bagi kalian yang belum memiliki perangkat berfitur eSIM, namun ingin merasakan teknologi terbaru dan juga layanan 4G LTE Smartfren. Kamu bisa ikuti trade in iPhone. Caranya, bawa perangkat lamamu dan tukarkan dengan iPhone XR, iPhone XS, dan juga iPhone XS Max, dan dapatkan eSIM Smartfren secara gratis.

Kamu juga akan mendapatkan kuota internet hingga 90GB, gratis telepon 30 menit ke nomor lain, dan menelepon sepuasnya ke sesama nomor Smartfren selama satu tahun penuh, selain itu ada juga cashback hingga Rp. 3.450.000,- Tapi jangan lupa untuk membawa KTP serta Kartu Keluarga ya, jadi tunggu apalagi? Datang dan eSIMkan iPhone-mu bersama Smartfren. 

Segera hadiri pameran Smartfren eSIMkan dan Program Trade in dan upgrade ke eSIM hadir di Kota Kasablanka sampai 8 September 2019. Smartfren juga menghadirkan berbagai activity menarik berhadiah langsung, sharing session dan pertunjukkan musik. Setelah Reza Artamevia yang tampil Jumat malam (6/9), pada Sabtu malam ini panggung Smartfren diisi oleh Adera.

Ikuti akun instagram @smarfrenworld dan tagar #eSIMkanAku. Kunjungi juga website https://www.smartfren.com/id/

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Khabib Nurmagomedov Bungkam Dustin Poirier di UFC 242

Posted: 07 Sep 2019 07:32 PM PDT

Khabib Nurmagomedov memberikan keterangan setelah menang melawan Dustin Poirier dalam pertarungan UFC 242 di Mal Yas di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (7/9/2019).Ini merupakan kemenangan Khabib Nurmagomedov setelah mengalahkan Conor McGregor, 6 Oktober 2018. (AP Photo/ Mahmoud Khaled)

Khabib Nurmagomedov memberikan keterangan setelah menang melawan Dustin Poirier dalam pertarungan UFC 242 di Mal Yas di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (7/9/2019).Ini merupakan kemenangan Khabib Nurmagomedov setelah mengalahkan Conor McGregor, 6 Oktober 2018. (AP Photo/ Mahmoud Khaled)

Khabib Nurmagomedov saat mengunci Dustin Poirier dalam pertarungan UFC 242 di Mal Yas di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (7/9/2019). Kemenangan atas Dustin sudah diprediksi oleh kebangakan orang. (AP Photo/ Mahmoud Khaled)

Khabib Nurmagomedov saat mengunci Dustin Poirier dalam pertarungan UFC 242 di Mal Yas di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (7/9/2019). Kemenangan atas Dustin sudah diprediksi oleh kebangakan orang. (AP Photo/ Mahmoud Khaled)

Khabib Nurmagomedov berusaha mengunci Dustin Poirier dalam pertarungan UFC 242 di Mal Yas di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (7/9/2019). habib sukses menang setelah kuncian lehernya memaksa Dustin melakukan tap out. (AP Photo/ Mahmoud Khaled)

Khabib Nurmagomedov berusaha mengunci Dustin Poirier dalam pertarungan UFC 242 di Mal Yas di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (7/9/2019). habib sukses menang setelah kuncian lehernya memaksa Dustin melakukan tap out. (AP Photo/ Mahmoud Khaled)

Khabib Nurmagomedov berusaha menghadang tendangan Dustin Poirier dalam pertarungan UFC 242 di Mal Yas di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (7/9/2019). emenangan dari Dustin membuat rekornya masih sempurna. Dari 28 kali turun laga di UFC, Khabib belum tersentuh kekalahan. (AP Photo/ Mahmoud Khaled)

Khabib Nurmagomedov berusaha menghadang tendangan Dustin Poirier dalam pertarungan UFC 242 di Mal Yas di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (7/9/2019). emenangan dari Dustin membuat rekornya masih sempurna. Dari 28 kali turun laga di UFC, Khabib belum tersentuh kekalahan. (AP Photo/ Mahmoud Khaled)

Khabib Nurmagomedov memberikan keterangan setelah menang melawan Dustin Poirier dalam pertarungan UFC 242 di Mal Yas di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (7/9/2019).Ini merupakan kemenangan Khabib Nurmagomedov setelah mengalahkan Conor McGregor, 6 Oktober 2018. (AP Photo/ Mahmoud Khaled)

Khabib Nurmagomedov memberikan keterangan setelah menang melawan Dustin Poirier dalam pertarungan UFC 242 di Mal Yas di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (7/9/2019).Ini merupakan kemenangan Khabib Nurmagomedov setelah mengalahkan Conor McGregor, 6 Oktober 2018. (AP Photo/ Mahmoud Khaled)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: