Rabu, 18 September 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Baliho Salah Penulisan Wonderful of Sidoarjo Bukan Milik Pemkab

Posted: 18 Sep 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Baliho bertuliskan Wonderful Of Sidoarjo yang sempat viral di media sosial karena dianggap salah dalam gramatika penulisan Bahasa Inggris dipastikan bukan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Ari Suryono, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sidoarjo sebagai dinas yang menangani perizinan reklame.

Ada beberapa titik baliho bertuliskan Wonderful Of Sidoarjo, antara lain di Jalan Tol Junda, Jalan Raya Aloha dan Jalan raya A. Yani Sidoarjo yang menempel di Jembatan Penyeberangan Pucang Anom.

Ari Suryono menuturkan, baliho tersebut bukan milik pemkab Sidoarjo, melainkan milik salah perusahaan advertising. Baliho tersebut dipasang atas inisiatif sendiri untuk mengisi kekosongan  karena papan reklame tersebut belum ada yang menyewa.

"Karena reklamenya belum ada yang menyewa, oleh pemiliknya kemudian dipasang tulisan Wonderful Of Sidoarjo, tujuannya sebenarnya baik  ingin promosikan Sidoarjo, namun  pihak pemilik reklame tidak koordinasi terlebih dahulu dengan pihak pemkab Sidoarjo," ujar dia, Kamis (19/9/2019).

Ari memastikan, seluruh baliho yang bertuliskan Wonderful Of Sidoarjo hari ini dilepas dan diganti dengan tulisan lain. "Nanti kami akan koordinasi dengan pemilik reklame untuk penggantinya," imbuhnya.

Ia mengapresiasi kepada masyarakat atas kritiknya. Selanjutnya DPMPTSP akan menyampaikan kepada para pemilik reklame agar ke depan bisa memasang baliho  yang berkaitan dengan Pemkab Sidoarjo sehingga dikoordinasikan terlebih dahulu.

Sebelumnya Baliho bertuliskan Wonderful of Sidoarjo yang dipasang di tol Sidoarjo menjadi viral. Postingan tersebut diunggah salah satu warganet di facebook pada Rabu 18 September 2019.

Balai Bahasa Jatim Ingatkan Pemerintah Pakai Bahasa Indonesia

Acara penyuluhan Bahasa Indonesia bagi pelaku media massa di Surabaya, Jawa Timur (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur (Jatim), Mustakim mengingatkan pemerintah pusat maupun daerah untuk mengutamakan penggunaan Bahasa Indonesia ketimbang bahasa asing, di dalam ruang publik.

Mustakim menuturkan, penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik itu misalnya pada gapura selamat datang saat akan memasuki wilayah kabupaten atau kota.

"Utamakan penggunaan bahasa Indonesia terlebih dahulu, selanjutnya bahasa daerah, Kemudian bahasa asing," tutur dia di acara penyuluhan bahasa Indonesia bagi pelaku media massa di Surabaya, Jawa Timur Rabu, 18 September 2019.

Mustakim juga mencontohkan penulisan di gapura selamat datang di Surabaya, sugeh rawuh dan welcome. "Penulisannya juga harus di bawahnya, bukan disampingnya," kata dia.

Mustakim menyampaikan, pemerintah harus memberikan contoh penggunaan Bahasa Indonesia. Akan tetapi, pemerintah kadang-kadang lupa dengan Undang-Undang Bahasa Indonesia. "Sebelum menginternasionalkan bahasa Indonesia harus dilakukan di dalam negeri terlebih dahulu," ucapnya.

Mustakim juga menyinggung mengenai komplek perumahan elit yang biasanya menggunakan bahasa asing, tapi pada perumahan kecil menggunakan bahasa Indonesia. "Ini ironi, seolah - olah mengecilkan bahasa Indonesia," ujarnya.

Mustakim juga mengimbau kapada pelaku UMKM untuk senantiasa menggunakan  bahasa Indonesia, terutama dalam pembuatan keset. "Pada keset jangan gunakan bahasa asing seperti welcome, gunakan bahasa Indonesia, selamat datang," tuturnya.

Mustakim juga menyentil penggunaan bahasa pada suatu acara, misalnya lauching, itu sudah ada bahasa Indonesia yaitu peluncuran  Millennial Road Safety Festival. "Kita wajib memelihara, menggunakan dan mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PUPR: Trotoar Tengah Jalan Kalimalang Kewenagan Pemrpov

Posted: 18 Sep 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan trotoar yang membentang di tengah jalan kawasan Kalimalang, Jakarta Timur, kini tengah menjadi sorotan.

Permerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebelumnya menyatakan bahwa adanya trotoar ini termasuk dalam proyek pembangunan Tol Becakayu, yang kemudian jadi kewenangan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menanggapi pernyataan tersebut, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto menjelaskan, pemerintah pusat telah menetapkan aturan untuk menyerahkan wewenang kepada pemerintah daerah untuk membangun jalan di kawasannya.

"Wewenang pembinaan Permen 04 Tahun 2013, itu kan punya fungsi pembinaan. Kemudian pelaksanaannya itu ada di seluruh (pemerintah) kabupaten/kota dan gubernur," terang dia kepada Liputan6.com dalam sebuah kunjungan kerja ke proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Bekasi, Kamis (19/9/2019).

Dia kemudian mengatakan, kehadiran trotoar di tengah jalan Kalimalang itu harus segera dibongkar. Adapun perombakan tersebut menjadi tanggung jawab Pemprov setempat.

"Ya sesuai fungsi jalannya. Kalau di (jalan) arteri dan kolektor kan nasional (pemerintah pusat). Kalau di lokal, kabupaten dan daerah, itu di Pemprov," tegas Sugiyartanto.

 

Digunakan PKL

Kendaraan melintas dekat trotoar yang berada di tengah jalan di kawasan Kalimalang, Senin (16/9/2019). Selain dikeluhkan pengendara karena membahayakan, keberadaan trotoar tak lazim itu dinilai mempersempit jalan dan kerap menimbulkan macet saat jam sibuk. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lebih lanjut, ia lalu menjelaskan terkait pemakaian trotoar di tepi jalan oleh para Pedagang Kali Lima (PKL). Menurut paparannya, Kegiatan Usaha Kecil Formal (KUKF) bisa memakai 3 meter trotoar yang memiliki lebar minimal 5 meter untuk berjualan.

Sugiyartanto menyampaikan, para PKL yang bisa membuka usahanya pun harus yang bersifat bergerak alias tidak menetap di satu tempat.

"PKL yang dimaksudkan adalah PKL yang moveable, bergerak dan diatur jamnya. Tidak statis atau menetap. Kalau menetap nanti tumbuh 1-2-3 dan seterusnya. Pemahaman itu harus kita samain persepsinya," tutur dia.

"Makanya nanti kita memberi contoh, Thamrin misalnya. Dia trotoarnya lebih dari 5 meter. Sebaiknya mungkin moveable kalau misalnya seperti pedagang jualan tapi hanya jam-jam tertentu. Bukan menambah kemacetan, karena hak trotoar itu untuk pejalan kaki, bukan untuk UMKM," tandasnya.

Pemprov DKI: Trotoar di Jalan Raya Kalimalang Masuk Proyek Tol Becakayu

Kendaraan melintas dekat trotoar yang berada di tengah jalan di kawasan Kalimalang, Senin (16/9/2019). Selain dikeluhkan pengendara karena membahayakan, keberadaan trotoar tak lazim itu dinilai mempersempit jalan dan kerap menimbulkan macet saat jam sibuk. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kepala Dinas Bina Marga Pemprov DKI Jakarta, Hari Nugroho menyebut bahwa perbaikan trotoar di sepanjang Jalan Raya Kalimalang merupakan kewenangan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menurut Hari, trotoar yang berada di tengah jalan itu masuk dalam proyek pembangunan Tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu atau Becakayu. Proyek tersebut milik Kementerian PUPR.

"Kemarin saya telusuri, itu masuk proyek Becakayu, kan itu dari Kementerian PUPR, operatornya Wijaya Karya," kata Hari di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (16/9/2019).

Meski posisi trotoar berada di tengah jalan dan mengganggu pengendara, namun Pemprov DKI tidak bisa serta merta membongkar. Sebab, trotoar itu masuk dalam proyek Becakayu.

"Kalau sudah diserahkan kepada saya, saya bongkar supaya sebelah sini yang belum diaspal saya akan aspal," jelasnya.

inas Bina Marga akan menggelar rapat bersama Kementerian PUPR dan Wijaya Karya untuk membahas persoalan ini. Pihaknya menargetkan, pada pekan ini sudah ada solusi.

"Clear minggu ini akan kita bongkar kalau hasil rapat itu selesai akan kita rapikan. Saya pastikan hari Rabu (akan datang), kalau dia (Kementerian PUPR) yang bangun saya suruh bongkar. Rencana saya bikin jalan yang bagus di situ. Saya enggak mau bongkar aset orang," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang MotoGP Aragon 2019, Valentino Rossi Pilih Realistis

Posted: 18 Sep 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Aragon - Di atas kertas, Aragon bukanlah peluang terbaik Valentino Rossi untuk mematahkan catatan buruk tanpa podium dalam 10 balapan terakhir.

Pembalap berjulukam The Doctor ini belum pernah menang di salah satu sirkuit di Spanyol itu. Podium MotoGP terakhir yang pernah dia raih di Aragon terjadi pada 2016.

Valentino Rossi mencoba realistis menatap MotoGP Aragon 2019 yang berlangsung akhir pekan ini. Pembalap berusia 40 tahun ini memilih fokus menemukan setingan grip yang baik dalam akselerasinya.

"Kami telah melihat di MotoGP San Marino apa yang perlu kami kerjakan, jadi itulah yang akan kami fokuskan selama akhir pekan ini, meskipun Aragon adalah jalur yang sulit bagi kami, secara historis," kata Rossi, seperti dilansir Crash.

"Kami selalu kesulitan di sini, tapi kali ini kami datang setelah beberapa balapan yang bagus. Yang pasti kami harus bekerja keras untuk balapan ini, tetapi kami berharap untuk lebih kompetitif daripada yang kami lakukan di masa lalu," jelasnya.

Valentino Rossi sekarang berada di urutan keenam dalam klasemen sementara MotoGP 2019. Dia terpaut lima poin di belakang rekan setimnya di Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales.

Cuaca Hujan

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, realistis menatap MotoGP Aragon 2019. (AFP/Tobias Schwarz)

Cuaca juga terlihat tidak pasti di Aragon balapan tahun ini. Prediksinya, kemungkinan cuaca akan hujan selama akhir pekan ini.

Manajer tim Yamaha, Massimo Meregalli, mengakui Rossi memang bukan penggemar Sirkuit Aragon. Tapi, dia menilai peluang selalu ada mengingat Rossi pernah tiga kali podium di MotoGP Aragon.

"Dia sangat termotivasi untuk kembali ke podium," terang Massimo Meregalli.

Langkah Maju

"Kami berharap akhir pekan ini akan membutuhkan kerja keras dan kami sangat tertarik untuk melihat apakah langkah maju yang kami ambil di Misano juga akan bekerja dengan sangat baik di sini," paparnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Vidio: Badak Lampung Vs Kalteng Putra di Shopee Liga 1 2019

Posted: 18 Sep 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Bandar Lampung - Dua tim yang sedang berjuang menjauh dari papan bawah akan saling mengalahkan di pekan ke-19 Shopee Liga 1 2019. Badak Lampung dijadwalkan menjamu Kalteng Putra di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung, Kamis (19/9/2019) sore ini.

Badak Lampung dan Kalteng Putra untuk sementara berada di posisi ke-13 dan ke-14 klasemen Shopee Liga 1 2019. Keduanya pun sama-sama mengemas 18 poin.

Situasi itu membuat tim yang menang di laga sore nanti bakal naik ke papan tengah. Badak Lampung dan Kalteng Putra tentu tak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Dalam lima laga terakhir, penampilan Badak Lampung dan Kalteng Putra sama-sama kurang bagus. Kedua tim baru menang satu kali dari lawannya masing-masing.

Bagi Badak Lampung, mereka punya misi khusus pada laga melawan Kalteng Putra. Ya, T.A. Musafri dkk. belum pernah menang saat berlaga di markas sendiri.

"Ini kesempatan untuk meraih kemenangan karena kami menjadi tuan rumah. Tanpa meremehkan tim lawan, kami yakin bisa meraih tiga poin," kata Pelatih Badak Lampung, Milan Petrovic kepada Bola.com

Live streaming Shopee Liga 1 2019 Badak Lampung vs Kalteng Putra akan dimulai pukul 18.30 WIB di Vidio.com. Dapatkan link live streaming di halaman berikutnya.

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Badak Lampung vs Kalteng Putra, silakan klik di sini...

Prediksi Susunan Pemain

Badak Lampung FC (5-3-2): Yoewanto Beny (kiper); Antony Golec, Bojan Malisic, Kurniawan Karman, Reva Adi Utama, Saepulloh Maulana (belakang); Akbar Tanjung, Fernandinho, Marquinhos Carioca (tengah); Johan Yoga Utama, T.A. Musafri (depan).

Pelatih: Milan Petrovic

Kalteng Putra (4-3-3): Reky Rahayu (kiper); Kevin Gomes, Bonfim, OK John, Wasyiat Hasbulla (belakang); Takuya Matsunaga, Gede Sukadana, Fajar Handika (tengah); Diogo Campos, Ferinando Pahabol, Patrich Wanggai (depan)

Pelatih: Gomes de Oliveira

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Jet Pribadi, 6 Artis Ini Pilih Jalan-Jalan Naik Helikopter

Posted: 18 Sep 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan para artis pasti selalu dekat dengan kemewahan dan bergelimang harta. Gaya hidup yang serba mewah dan glamor yang selalu menjadi sorotan publik. Mulai dari pakaian yang dikenakan hingga gaya berliburan pun turut menjadi perhatian masyarakat Indonesia.

Salah satu yang sedang tren di kalangan para artis adalah liburan dengan jet pribadi. Jet pribadi dan kehidupan mewah para selebriti seakan sudah menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Pasalnya, kini beberapa artis Tanah Air memilih menggunakan jet pribadi untuk bepergian karena dinilai lebih efisien. Padahal, untuk menyewa pesawat satu ini kamu perlu merogoh kocek hingga ratusan juta rupiah dalam sekali perjalanan.

Meski mahal, pastinya jumlah uang dengan nilai tersebut bukan masalah bagi beberapa artis Tanah Air. Berbeda dengan artis kebanyakan yang asyik menggunakan jet pribadi, para artis ini justru lebih memilih menggunakan helikopter.

Helikopter sekarang ini menjadi salah satu alat transportasi yang diminati sebagian kalangan. Berikut 6 artis yang pilih jalan-jalan dengan helikopter seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/9/2019).

1. Dengan kekayaan yang dimiliki, bukan hal mustahil bagi Raffi Ahmad untuk jalan-jalan menggunakan helikopter. Raffi juga salah satu artis yang kerap menggunakan helikopter.

Artis Ini Pilih Jalan-Jalan Naik Helikopter (sumber: instagram/raffinagita1717)

2. Beda dengan artis lain yang memilih jet pribadi. Pasangan Baim Wong dan Paula Verhoeven justru terlihat asyik naik helikopter.

Artis Ini Pilih Jalan-Jalan Naik Helikopter (sumber: instagram/@  paula_verhoeven)

3. Verrell Bramasta memang terkenal sebagai salah satu artis yang bisa mengemudikan pesawat. Sukses di usia muda, Verrell sering sekali kedapatan naik helikopter untuk berkunjung ke suatu tempat.

Artis Ini Pilih Jalan-Jalan Naik Helikopter (sumber: instagram/@  bramastavrl)

4. Luna Maya juga kerap menjadi artis yang langganan naik helikopter. Tak hanya saat di luar negeri, Luna pernah juga ke lokasi syuting menggunakan burung besi tersebut.

Artis Ini Pilih Jalan-Jalan Naik Helikopter (sumber: instagram/@  lunamaya)

5. Presenter tampan Daniel Mananta juga ternyata masuk dalam deretan artis yang kerap menggunakan helikopter. Seperti saat ada acara di Bandung, Daniel memilih helikopter karena dirasa lebih menghemat waktu.

Artis Ini Pilih Jalan-Jalan Naik Helikopter (sumber: instagram/@  vjdaniel)

6. Prilly Latuconsina ternyata juga sering menggunakan helikopter untuk menghemat waktu. Aktris muda ini sering kedapatan mendarat dengan helikopter di daerah Jakarta bahkan hingga ke Surabaya.

Artis Ini Pilih Jalan-Jalan Naik Helikopter (sumber: instagram/@  prillylatuconsina96)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Bisa Ambil Peran Jadi Pendamai Dua Korea

Posted: 18 Sep 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Isu Semenanjung Korea adalah sebuah berita kompleks karena diperankan oleh dua negara besar yang sama-sama kuat, yaitu Korea Selatan dan Korea Utara. Indonesia sendiri adalah teman diplomatik dengan Korea Selatan dan dahulunya Korea Utara juga sempat memiliki sejarah bersama dengan Presiden Pertama RI yaitu IR. Soekarno.

Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri RI Santo Darmosumarto mengatakan bahwa Indonesia bisa mengambil peran untuk membantu perdamaian dalam isu Semenanjung Korea ini.

"Indonesia bisa mengambil kesempatan untuk berperan dalam perdamaian Semenanjung Korea, karena yang jelas Indonesia punya hubungan diplomatik yang baik dengan Korea selatan. Dan bahkan Indonesia pernah punya sejarah diplomatik bersama dengan Korea Utara," ujar Santo dalam Indonesia – Korea Conference 2019 yang digelar di Soehanna Hall, The Energy Building, SCBD, Jakarta, Rabu 18 September 2019.

Sekilas Perseteruan Korea Utara-Korea Selatan

Secara teknis, Seoul dan Pyongyang berperang pada 1950-1953. Perseteruan antara keduanya berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian perdamaian.

Hubungan antar-Korea beku sejak 2010. Saat itu, sebuah kapal perang Korea Selatan tenggelam dan menewaskan 46 pelaut. Seoul melimpahkan kesalahan pada Korea Utara. Namun, Pyongyang menyangkal bertanggung jawab atas kejadian itu.

Eskalasi terbaru ketegangan keduanya terjadi lagi awal bulan Agustus 2015, ketika ledakan ranjau darat di DMZ melukai 2 tentara Korea Selatan. Lalu, peledakkan propaganda anti-Pyongyang dari pengeras suara di sepanjang perbatasan.

Kebuntuan mencapai titik krisis ketika Korea Utara menembakkan 4 peluru ke Korea Selatan. Hal itu diungkapkan pihak pemerintah Korea Selatan. Soeul pun menanggapinya dengan rentetan tembakan artileri.

Pyongyang kemudian membuat ultimatum Seoul untuk menghentikan siaran pada Sabtu sore atau mereka akan membuat aksi militer. Tetapi pada hari itu kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan pembicaraan.

Pada 27 April 2018, ditandatangani dokumen perjanjian damai bertajuk "Panmunjom Declaration for Peace, Prosperity and Unification on the Korean Peninsula". Korea Utara dan Korea Selatan kemudian bersiap melanjutkan pembahasan mengenai eksekusinya.

Salah satu topik yang kembali disinggung terkait cita-cita persatuan Semenanjung Korea adalah reconnection banyak keluarga, yang terpisah oleh garis perbatasan sejak diberlakukannya gencatan senjata pada 1953 silam.

"Perjanjian damai di Panmunjon adalah awal, bukan hasil akhir. Hal ini berarti dibutuhkan koordinasi yang lebih serius, dan juga terintegrasi antarkedua belah pihak, dalam menstabilkan situasi di perbatasan. Setelahnya, baru agenda reconnection dapat dilaksanakan, dengan harapan mampu mengakomodasi banyak keluarga yang terpisah," kata Dubes Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom,

Optimistis Indonesia Bisa Berperan dalam Perdamaian Semenanjung Korea

Indonesia – Korea Conference 2019: Charting A Blueprint for Robust Partnership. Rabu 18/9/2019 (Liputan6.com/Windy Febriana)

Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri RI Santo Darmosumarto juga menekankan bahwa Indonesia bisa mengambil kesempatan besar ini untuk menciptakan perdamaian bagi dua Korea, ia mengedepankan untuk bisa berdialog dan memberi saran kepada kedua negara.

Santo juga menyebutkan bahwa ASEAN bisa lebih mendukung atau memfasilitasi perdamaian tersebut, karena Indonesia punya peran yang cukup besar untuk ASEAN. Karena sebelumnya, Presiden AS Donald Trump dan pimpinan Korea Utara Kim Jong-un menggelar pertemuan singkat di daerah Asia Tenggara (Vietnam dan Singapura), bagian dari ASEAN.

Santo sangat optimis jika Indonesia yakin bisa membantu (dalam berdialog) dengan kedua negara yang berkaitan, maka perdamaian akan sedikit demi sedikit tercapai.

Indonesia – Korea Conference 2019: Charting A Blueprint for Robust Partnership

Indonesia – Korea Conference 2019: Charting A Blueprint for Robust Partnership. Rabu 18/9/2019 (Liputan6.com/Windy Febriana)

Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia menyelenggarakan "Indonesia – Korea Conference 2019: Charting A Blueprint for Robust Partnership" pada Rabu, 18 September 2019 di Soehanna Hall, The Energy Building, SCBD, Jakarta. Konferensi ini diadakan dalam rangka memperingati perayaan 46 tahun hubungan diplomatik antara Republik Korea dan Indonesia.

Indonesia – Korea Conference 2019 diadakan untuk pertama kalinya mempertemukan berbagai kalangan baik dari akademisi, pemangku kebijakan, institusi pemerintah, serta pengusaha untuk saling bertukar ide dalam menentukan kelanjutan hubungan Indonesia dan Republik Korea dalam berbagai aspek bilateral. Konferensi ini dimaksudkan untuk menciptakan dialog yang konstruktif antara para ahli dan praktisi dari Indonesia dan Republik Korea terkait isu, tantangan, dan peluang kerja sama kedua negara dalam merealisasikan hubungan bilateral yang semakin erat dalam kerangka Special Strategic Partnership.

Selain itu, Konferensi ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman publik mengenai Republik Korea dalam aspek ekonomi, politik, dan sosial-budaya demi terwujudnya hubungan people-to-people antara masyarakat Indonesia dan Republik Korea yang semakin komperehensif.

 

Reporter: Windy Febriana

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Tersangka KPK, Jokowi Ingatkan Menteri Hati-hati Gunakan Anggaran

Posted: 18 Sep 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan jajaran menterinya lebih berhati-hati dalam menggunakan anggaran. Jokowi mengatakan bahwa setiap anggaran negara yang digunakan akan diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Pesan ini dikatakan Jokowi menyusul Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sebagai tersangka kasus dugaan suap dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

"Semuanya hati-hati menggunakan anggaran, menggunakan APBN. Karena, semuanya akan diperiksa kepatuhannya kepada perundang-undangan oleh BPK. Kalau ada penyelewengan misalnya itu ya bisa urusannya dengan aparat penegak hukum," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Imam telah menyerahkan surat pengunduran diri dari posisi Menpora kepada Jokowi. Oleh karena itu, secepatnya Jokowi akan mencari pengganti Imam Nahrawi.

"Tentu saja akan kita segera pertimbangkan apakah segera diganti yang baru atau memakai Plt. Tadi sudah disampaikan kepada saya surat pengunduran diri dari Pak Imam," tutur Jokowi.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (IMR) sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait penyaluran bantuan kepada KONI dari pemerintah melalui Kemenpora. Selain Menpora Imam, KPK juga menjerat Asisten Pribadi Menteri Pemuda dan Olahraga, Miftahul Ulum (MIU).

Diduga Terima Suap

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, dalam kasus ini Imam Nahrawi melalui Ulum diduga telah menerima uang sejumlah Rp 14,7 miliar. Selain itu, dalam rentang waktu 2016-2018, Imam juga meminta uang sejumlah total Rp 11,8 miliar.

"Sehingga total dugaan penerimaan Rp 26,5 miliar tersebut diduga merupakan commitment fee atas pengurusan proposal hibah yang diajukan oleh pihak KONI kepada Kemenpora," kata Alex.

Alex mengatakan, penerimaan total Rp 26,5 miliar ini terkait Ketua Dewan Pengarah Satlak Prima dan penerimaan lain yang berhubungan dengan jabatan Imam selaku Menpora.

"Uang tersebut diduga digunakan untuk kepentingan pribadi Menpora dan pihak lain yang terkait," kata Alex.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karhutla di Riau Tak Ganggu Penyaluran BBM

Posted: 18 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menyatakan, Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau tidak mengganggu penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) ke masyarakat, perusahaan tersebut juga mengalokasikan avtur khusus untuk helikoper pemadaman api.

Unit Manager Comm, Rel & CSR Marketing Operation Region (MOR) I Roby Hervindo mengatakan, operasional distribusi BBM masih berjalan normal, kabut asap tidak menghambat penyaluran ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Hingga September 2019, lebih dari 563 juta liter Premium telah disalurkan. Sementara konsumsi Pertamax Series mencapai 15,3 juta liter.Untuk Solar bersubsidi, tercatat sebanyak 568 juta liter telah tersalurkan. Untuk Dex Series, total konsumsi sebanyak 4,8 juta liter.

"Kami terus mendorong agar konsumen menggunakan BBM berkualitas seperti Pertamax dan Dex. Karena bahan bakar ini lebih ramah lingkungan, mengurangi polusi asap," kata Roby, di Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Untuk mendukung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam menanggulangi karhutla, Pertamina mengoperasikan satu unit refueller produk Avtur dengan kapasitas 16 Kilo Liter (KL).

Refueller dikirimkan ke Bandara Japura Rengat dari Bandara Sultan Syarif Khasim (SSK) II dan sudah beroperasi sejak pekan lalu. Sedangkan rata-rata konsumsi avtur untuk helikoper water bombing BNPB sebesar 4 ribu liter per hari.

"Kami juga mengirimkan tim refueling dan awak bridger, khusus untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar helikopter. Avtur dikirimkan dari bandara SSK II," ujar Roby.

 

 

Pencemaran Udara

Personel TNI berupaya melakukan pemadaman di tengah pekatnya asap kebakaran lahan gambut di Kampar, provinsi Riau pada 17 September 2019. Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang masih terjadi membuat sejumlah wilayah di Provinsi Riau terpapar kabut asap. (AP/Rafka Majjid)

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Sabtu (14/9/2019), indeks standar pencemar udara (ISPU) tertinggi di wilayah Pekanbaru mencapai 269, Dumai 170, Rohan Hilir 141, Siak 125, Bengkalis 121, dan Kampar 113.

Kualitas udara yang diukur dengan ISPU memiliki kategori baik (0 - 50), sedang (51 - 100), tidak sehat (101 - 199), sangat tidak sehat (200 - 299), dan berbahaya (lebih dari 300). BNPB juga mencatat bahwa luas lahan yang terbakar mencapai 49.266 hektare. Terdiri dari 40.553 hektare lahan gambut dan 8.713 hektare lahan mineral.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar PSM Makassar vs Tira Persikabo di Shopee Liga 1

Posted: 18 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PSM Makassar akan menjamu Tira Persikabo di lanjutan Shopee Liga 1 2019 malam ini. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar.

Sebagai tuan rumah, tiga poin tentu jadi harga mati bagi PSM Makassar. Itu jika mereka masih ingin bersaing di trek juara, yang kian sulit.

Kemenangan juga akan mengembalikan kepercayaan suporter kepada Pasukan Ramang. Suporter kecewa ketika PSM Makassar untuk kali pertama takluk 0-1 di markas sendiri musim ini saat menjamu PSIS Semarang, pekan lalu.

Sementara itu, Tira Persikabo datang ke Makassar dengan mengusung target mengamankan posisi di jalur juara. Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, mengakuinya ia tak menyiapkan strategi khusus untuk mewujudkannya.

Mantan pelatih Mitra Kukar ini mengungkap resep sederhananya. "Kami bermain normal saja. Saya hanya meminta pemain agar tetap fokus sepanjang pertandingan," ungkap Rahmad.

Live Streaming Indosiar PSM Makassar vs Tira Persikabo di Shopee Liga 1 dimulai pukul 18.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Indosiar PSM vs Tira Persikabo di Shopee Liga 1 pada halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Indosiar PSM vs Tira Persikabo di Shopee Liga 1 silakan klik di sini...

Perkiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivky Mokodompit (kiper) Hasim Kipuw, Aaron Evans, Abdul Rahman, Firza Andika (belakang), Wiljan Pluim, Marc Klok, Rizky Pellu (tengah)  Resky Eka, Ferdinand Sinaga, M.Rahmat (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputra (kiper) Rifad Marasabessy, Andy Setyo, Khurshed Beknazarov, Abduh Lestaluhu (belakang), Manahati Lestusen, Louis Parfait,  Guntur Triaji (tengah) Wawan Febrianto,Loris Arnaud, Ciro Alves (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sedang Live IG di Balikpapan, Ifan Seventeen Alami Pengalaman Mistis

Posted: 18 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Vokalis band Seventeen, Riefian Fajarsyah atau yang akrab disapa Ifan Seventeen baru-baru ini mengalami kejadian mistis saat berkunjung di Balikpapan. Saat Live Instagram, ada suara-suara menyeramkan yang muncul saat pria 36 tahun ini sedang menyapa para followersnya. Ifan pun lantas menyampaikan kejadian mistis ini lewat unggahan di akun Instagramnya pada Rabu (18/9/2019) seperti Liputan6.com kutip pada Kamis (19/9/2019).

Kala itu, ayah satu anak ini sedang berkunjung di Balikpapan. Dikarenakan kabut asap yang melanda kota tersebut, maka pesawat pun delay dan membuat Ifan Seventeen harus menginap satu malam lagi. Ia pun lantas menginap di sebuah hotel dekat bandara, yang tidak disebutkan lokasi persisnya dan nama hotelnya. 

Merasa bosan, vokalis Seventeen ini pun menuju ke kolam renang di lantai 5 di hotel tersebut. Dengan pemandangan bukit dan hutan di belakang Ifan, pria kelahiran Yogyakarta ini pun menyapa para pengikutnya dengan Live IG sekitar pukul 00.30 malam. 

Kejadian horor ini pun dimulai saat pria berketurunan Melayu-Tionghoa ini membahas soal cara menjaga suara yang para penggemar tanyakan saat sesi Live Instagram tersebut. Saat itu, Ifan Seventeen tampak menoleh ke arah belakangnya yang merupakan bukit dan hutan. Tak lama, setelah menoleh dirinya langsung masuk ke dalam ruangan dengan tergesa-gesa.

Ada Suara Mengerikan

View this post on Instagram

Okay ini penjelasan soal live ig horor tadi malem. Jadi karna pesawat delay gara2 asap, kita akhirnya harus stay 1 malem lg di Balikpapan, di hotel deket bandara. Karna gabut akhirnya iseng pergi ke pool di lantai 5 dan live ig disana. Susananya sepi ga ada orang satupun, sekitar jam 00.30 malem, dengan angin yang sepoi2 banget, dan dibelakangku ada bukit dan hutan yang cukup gelap. • Dan ternyata Horor pun dimulai saat aku ngebahas soal cara ngejaga suara, kalo di akhir video (disarankan pake headset) itu kedengeran suara kaya burung kalkun kecil saut2an. Tapi at the moment aslinya dari bukit dibelakangku muncul suara2 kaya menggeram tapi melengking dan berkali-kali. • Dan saat aku liat lagi videonya ternyata diawal video ada suara "Hehh" sekitar 2 apa 3 kali, awalnya aku pikir suara nafasku sendiri yang ketangkep speaker hp. Tapi ternyata sebelum dan sesudah itu ga ada suara yang serupa saat aku ngomong. Wallahualam si itu apa, tapi at the moment emang itu scary banget.

A post shared by Riefian Fajarsyah (@ifanseventeen) on

 

Dalam sesi Live Instagram tersebut, seorang penggemar menanyakan bagaimana cara menjaga suara. Saat ia menjelaskan di akhir videonya terdengar suara seperti mengeram dan melengking yang terdengar berkali-kali. 

Tak hanya itu, saat di awal video terdengar ada suara menyapa seperti "Hehh" sekitar 2 atau 3 kali. Padahal Ifan tengah sendiri di dekat kolam renang. Awalnya, pria kelahiran 1983 ini mengira suara tersebut adalah napasnya yang tertangkap melalui speaker ponsel.

Ifan sendiri masih belum mengerti itu apa, namun Ifan juga mengaku bahwa itu menakutkan. 

"Wallahualam si itu apa, tapi at the moment emang itu scary banget," tulis Ifan di laman Instagramnya pada Rabu (18/9/2019).

Pernah Mengalami Hal Mistis Lainnya

Ifan Seventeen ceritakan kisahnya berjuang hidup saat diterjang tsunami  Anyer. (instagram/ifanseventeen)

Tak sekali ini saja ia mengalami kejadian mistis. Ifan juga pernah mengalami hal mistis lainnya sewaktu masih sering tampil bersama ketiga rekannya di Seventeen. Ifan menyampaikannya saat menjadi tamu di channel YouTube Ria Ricis.

Saat itu, Ifan dan para personel Seventeen manggung di sebuah pulau, yang tidak disebutkan lokasi persisnya. Mereka mendapat jadwal pada malam hari. Ifan pun mengaku bahwa setelah naik ke atas panggung, ia melihat para penonton yang jumlahnya terlampau banyak. 

Tak lama setelah manggung, Ifan bertanya kepada salah satu panitia acara perihal jumlah penduduk di pulau tersebut. Alangkah terkejutnya Ifan setelah mengetahui bahwa jumlah penduduk di pulau tersebut lebih sedikit dari yang ia lihat sewaktu manggung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lahirkan Anak Kedua, Kim Tae Hee Ungkap Janji kepada Fans

Posted: 18 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Kim Tae Hee dan Rain kini telah menjadi orangtua dari dua anak perempuan. Dilansir dari Soompi, aktris cantik ini baru saja melahirkan putri kedua mereka pada hari ini, Kamis (19/9/2019).

Kabar bahagia ini diumumkan langsung oleh agensi yang menaungi Kim Tae Hee. "Tanggal 19 September pada pagi hari, Kim Tae Hee melahirkan anak keduanya, seorang anak perempuan yang sehat, di sebuah rumah sakit di Seoul," begitu pernyataan dari juru bicara aktris 39 tahun ini.

Juru bicara agensi ini juga menyebutkan bahwa Kim Tae Hee dan bayinya dalam keadaan sehat. Tak hanya itu, aktris Yong-Pal ini juga telah membuat satu janji kepada para fansnya.

"Kami mengucapkan terima kasih atas ucapan selamat dan kehangatan yang ditujukan untuk Kim Tae Hee, dan dia akan berupaya keras untuk kembali sebagai aktris yang baik. Mohon dukungannya."

Tertutup

Pernikahan Rain dan Kim Tae Hee pada 19 Januari 2017. (foto: Soompi)

Kim Tae Hee dan Rain sendiri menikah pada Januari 2017 dalam sebuah upacara sederhana. Mereka dikaruniai anak pertama pada Oktober tahun yang sama.

Pasangan ini dikenal tertutup mengenai keluarga kecil mereka. Saat tampil dalam sebuah acara TV pada awal tahun ini, Rain memang mengaku hati-hati saat berbicara soal keluarganya.

"Aku ingin memisahkan pekerjaan dari kehidupan keluargaku, jadi aku lebih berhati-hati. Aku bukannya tak mau membicarakannya (Kim Tae Hee). Hanya saja aku begitu mencintainya," tutur Rain kala itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inilah Fitur-Fitur Andalan Oppo A9 2020

Posted: 18 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai ponsel terbaru dari A Series 2020, Oppo A9 2020 diklaim menjadi ponsel yang cocok digunakan anak muda.

"Dengan mengapikasikan teknologi terbaru, desain yang tampil menawan, kualitas fotografi terbaik, dan performa tinggi, ini merupakan kombinasi sempurna untuk kebutuhan anak muda, terutama Generasi Z" ujar Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia dalam peluncuran Oppo A9 2020 di The Ritz-Caltron Hotel Pacific Place, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Untuk menunjang kenyamanan pengguna yang mayoritasnya adalah Generasi Z, Oppo A9 2020 menawarkan beberapa fitur andalan, di antaranya sebagai berikut:

Game Boost 2.0

Oppo A9 2020 memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 665 delapan inti (64bit) dan dilengkapi dengan fitur Game Boost 2.0.

Teknologi ini menawarkan dua fitur yakni, yaitu Frame Boost dan Touch Boost. Keduanya memberikan respons permainan cepat, dengan mengurangi latensi dan kelambatan respons sentuhan layar.

Fitur Frame Boost sendiri menyediakan pemantauan perangkat secara langsung untuk mengurangi kelambatan dan mengurangi potensi lag ketika bermain gim.

Selain itu, fitur ini akan mengatur alokasi sumber daya pada baterai untuk menghindari ponsel menjadi panas atau penggunaan daya  berlebih.

Di sisi lain, fitur Touch Boost dapat melakukan penyesuaian khusus untuk meningkatkan sensitivitas respons sentuhan layar saat bermain gim, sehingga Oppo A9 2020 akan terasa lebih cepat dan responsif.

 

Fitur Lain

Oppo A9 2020. Liputan6.com/Keenan Pasha

Ultra Night Mode 2.0 

Kamera 48 megapixel pada Oppo A9 2020 juga dilengkapi dengan fitur Ultra Night Mode 2.0, yang diklaim hadir dengan teknologi reduksi noise untuk foto di malam hari.

Modus ini juga memiliki fitur HDR dan teknologi multi frame yang dapat mengambil gambar di malam hari secara lebih cerah dan cermat.

Ditambah lagi, fitur ini dapat digunakan untuk kamera lensa sudut lebar.

Perlindungan Corning Glass 3+

Memiliki layar seluas 6,5 inci yang hadir dengan rasio bodi ke layar sebesar 89 persen, ponsel Oppo A9 2020 dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3, yang diisebut hadir dua kali lebih kuat dan perlindungan antigores lebih baik ketimbang generasi sebelumnya.

 

Fitur Lainnya

Sunlight Screen

Fitur Sunlight screen ini hadir untuk meningkatkan keterbacaan layar saat kondisi cahaya luar ruang memiliki intensitas sangat kuat, juga untuk menghadirkan warna riil pada layar ketika digunakan pada lingkungan kurang cahaya.

Pada kondisi gelap, ponsel ini secara otomatis akan mengaktifkan filter cahaya biru untuk melindungi mata pengguna dari kelelahan dan kerusakan mata.

Audio Ganda

Demi lebih menikmati pengalaman bermain gim, menonton film, dan mendengarkan musik, ponsel ini dilengkapi dengan audio dari Dolby Atmos. Speaker stereo ganda, menghadirkan efek suara surround yang memiliki volume lebih tinggi dan peningkatan kualitas suara signifikan.

Reverse Charging

Selain Oppo A9 2020 menyediakan baterai berkapasitas 5000 mAh, ponsel ini menawarkan fitur pengisian daya perangkat lain (reverse charging) yang dapat dilakukan dengan kabel On-The-Go

(Keenan Pasha/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jimin BTS Dinobatkan jadi Pangeran Geumjeong Busan

Posted: 18 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jimin anggota BTS dinobatkan sebagai Pangeran Geumjeong, Busan. Karena ketenarannya, kota Busan terpilih dan menang di acara 22nd Busan International Travel Fair. Kini, di sepanjang jalan Busan, terpampang foto-foto Jimin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hilang Kontak, Pesawat Twin Otter di Papua Masih Terus Dicari

Posted: 18 Sep 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Papua - Tidak lama setelah ada laporan, pesawat Twin Otter yang terbang dari Bandara Mozes Kilangin, Timika tujuan Ilaga, Puncak Jaya hilang kontak.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (19/9/2019), Tim SAR gabungan yang terdiri dari anggota SAR, TNI, Polri dan Airnav melakukan pencarian lewat udara dengan terbang melintasi rute-rute yang dilalui pesawat nahas itu.

Pencarian selama dua jam lebih terkendala cuaca. Proses pencarian lewat jalur udara dengan pengintaian dari ketinggian 7.000 kaki.

Sebelum hilang kontak, pesawat Carpendiem PK-CDC jenis Twin Otter tipe DHC6 itu sempat melayani dua kali penerbangan.

Rute Timika menuju Ilaga, Kabupaten Puncak merupakan penerbangan ketiga.

"Kami upayakan pencarian walaupun tadi disampaikan kondisi cuaca tidak memungkinkan," ucap Kepala Kantor SAR Mimika Monce Brury.

"Pesawat itu sudah tidak injak runway sejak berangkat. Untuk sementara, lagi mau pencarian Tim SAR dan TNI AU," ujar Kepala Cabang Airnav Indonesia Andi Nurwansyah.

Data Airnav pesawat mengangkut 1.700 kilogram beras bulog diawaki tiga orang kru dan satu penumpang. Pesawat dicarter oleh bulog Mimika untuk mengantar beras milik Kabupaten Puncak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Open 2019: Kento Momota Terlalu Tangguh bagi Tommy Sugiarto

Posted: 18 Sep 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Changzhou - Tommy Sugiarto tidak berdaya melawan Kento Momota pada perdelapan final China Open 2019. Tunggal putra Indonesia itu menyerah 10-21, 11-21 di Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium, Kamis (19/9/2019).

Menghadapi unggulan pertama China Open 2019, Tommy langsung tercecer 0-3 Meski sempat mengejar 2-3, dia gagal menghentikan langkah Momota merebut enam angka beruntun. Momota perlahan meningkatkan keunggulan sebelum akhirnya merebut gim pertama.

Jalan gim kedua tidak berbeda jauh. Momota mengontrol jalan laga dan tidak membiarkan Tommy berkembang. 

Setelah unggul 4-3, dia memperlebar jarak menjadi 8-3, 14-5, 19-9, sampai akhirnya mengamankan kemenangan. 

Hasil ini menjaga kans Momota meraih gelar pertama di China Open. Tahun lalu dia dikalahkan Anthony Sinisuka Ginting di final. 

Selanjutnya Momota menghadapi Kanta Tsuneyama (Jepang) yang mengalahkan Daren Liew (Malaysia) 21-12, 21-19.

Menyisakan 2 Wakil

Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Dengan hasil ini, Indonesia menyisakan dua wakil di nomor tunggal putra pada China Open 2019. Anthony Sinisuka Ginting bakal menghadapi Kashyap Parupalli (India).

Sementara Shesar Hiren Rhustavito meladeni Angus Ng Ka Long (Hong Kong). Sebelumnya Jonatan Christie tersingkir di babak pertama setelah dikalahkan Shesar.

Jadwal Lain

Sebanyak sembilan wakil Indonesia lain memperebutkan tiket perempat final China Open 2019. Berikut jadwalnya:

 

Takuto Inoue/Yuki Kaneko (Jepang) vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Lu Ching Yao/Yang Po Han (Chinese Taipei)

Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow vs Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia)

Kashyap Parupalli (India) vs Anthony Sinisuka Ginting

Wahyu Nayaka Arya/Ade Yusuf Santoso vs Li Jun Hui/Liu Yu Chen (Tiongkok)

Seo Seung Jae/Chae Yujung (Korsel) vs Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Shesar Hiren Rhustavito vs Angus Ng Ka Long (Hong Kong)

Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi vs Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae (Korea Selatan)

Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Maiken Fruergaard/Sara Thygesen (Denmark)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Desain Baju Bertema Indonesia di New York Fashion Week Ini Keren Banget

Posted: 18 Sep 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu ajang fashion show dunia yang paling banyak ditunggu-tunggu oleh pecinta mode dunia ialah New York Fashion Week. Acara New York Fashion Week merupakan acara fashion bergengsi dunia yang paling ditunggu-tunggu bagi para pecinta fashion.

Perhelatan acara fashion dunia baru saja diselenggarakan pada tanggal 6 September hingga 14 September 2019. Tidak hanya perancang busana kelas dunia saja yang hadir, dalam acara bergengsi ini juga ada perancang busana dari Indonesia yang tampil di New York Fashion Week ini.

Salah satunya ialah Maggie Hutauruk-Eddy seorang desainer asal Indonesia yang tampil dalam ajang bergengsi tersebut. Uniknya, desainer dari Indonesia yang bekerja sama dengan label 2madison Avenue ini menampilkan karya yang unik dan menarik.

Salah satunya ialah busana dengan logo karung tepung terigu Cap Segitiga Biru serta dimodifikasi dengan menambahkan beberapa bahan lain seperti kain tenun Makassar. Berikut liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 4 desain baju bertema Indonesia di New York Fashion Week yang keren banget, Kamis (19/9/2019).

1. Pakaian yang ditampilkan ini menunjukkan desain karung tepung terigu cap Segitiga Biru.

Desain Baju Bertema Indonesia di Fashion Show Dunia Ini Keren Banget (sumber:Instagram/ 2maggieson)

2. Desain baju dengan pakaian karung beras Kereta Kencana.

Desain Baju Bertema Indonesia di Fashion Show Dunia Ini Keren Banget (sumber:Instagram/ 2maggieson)

3. Baju dengan logo karung Bogasari Payung yang keren abis.

Desain Baju Bertema Indonesia di Fashion Show Dunia Ini Keren Banget (sumber:Instagram/ 2maggieson)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Badak Lampung FC Vs Kalteng Putra: Mencari Kemenangan Kandang Perdana

Posted: 18 Sep 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Badak Lampung FC bertekad memperoleh kemenangan perdana di kandang saat kedatangan Kalteng Putra pada laga pekan ke-19 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung, Kamis (19/9/2019).

Badak Lampung punya catatan unik. Ketika bermain di kandang, mereka belum meraih kemenangan saat berlaga di kandang sendiri. Empat kemenangan yang diraih T.A. Musafri dkk. terjadi dalam partai tandang.

Untuk itu, pelatih Milan Petrovic mengusung ambisi menang dalam laga kandang kali ini. 

"Ini kesempatan untuk meraih kemenangan karena kami menjadi tuan rumah. Tanpa meremehkan tim lawan, kami yakin bisa meraih tiga poin," kata Milan.

Badak Lampung dan Kalteng Putra tak terpaut jauh dalam tabel klasemen sementara. Badak Lampung dan Kalteng Putra sama-sama meraih 18 poin. Badak Lampung berada satu level (posisi ke-13) di atas Kalteng Putra karena unggul head to head.

Pada putaran pertama, Badak Lampung FC sukses mempermalukan Kalteng Putra. Namun, hal itu menurut Milan Petrovic, tak bisa menjadi patokan. Kedua tim sudah sama-sama mengevaluasi tim pada jeda putaran kedua.

Kedua tim juga punya catatan yang sama di lini belakang. Badak Lampung kebobolan 34 gol dan Kalteng Putra 31.

Sementara itu, pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira menegaskan, skuatnya ingin memanfaatkan laga ini untuk meraih poin, minimal satu. 

Gomes menilai kedua tim bakal memberikan perlawanan sengit dan pertandingan akan berjalan menarik. Satu hal yang diwaspadai dari tim tuan rumah ialah eksekusi bola mati. 

"Kami punya kesempatan untuk meraih poin. Semua lini Badak Lampung patut diwaspadai," katanya.

Namun, Gomes menegaskan Kalteng Putra bakal tampil habis-habisan untuk membalas kekalahan pada putaran pertama.

Laga Badak Lampung FC versus Kalteng Putra akan ditayangkan melalui live streaming di Vidio.

Prediksi Susunan Pemain

Perseru Badak Lampung FC bermain imbang 1-1 menghadapi 10 pemain PSM Makassar pada pekan ke-18 Shopee Liga 1 di Stadion Sumpah Pemuda, Minggu (15/9/2019). (Bola.com/Abdi Satria)

Badak Lampung FC (5-3-2): Yoewanto Beny (kiper); Antony Golec, Bojan Malisic, Kurniawan Karman, Reva Adi Utama, Saepulloh Maulana (belakang); Akbar Tanjung, Fernandinho, Marquinhos Carioca (tengah); Johan Yoga Utama, T.A. Musafri (depan).

Pelatih: Milan Petrovic

Kalteng Putra (4-3-3): Reky Rahayu (kiper); Kevin Gomes, Bonfim, OK John, Wasyiat Hasbulla (belakang); Takuya Matsunaga, Gede Sukadana, Fajar Handika (tengah); Diogo Campos, Ferinando Pahabol, Patrich Wanggai (depan)

Pelatih: Gomes de Oliveira

Disadur dari Bola.com (Penulis Wiwig Prayugi / Editor Aning Jati)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Jadi Anak Emo, Syifa Hadju Rela Mengecat Rambut saat Subuh

Posted: 18 Sep 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang bikin pangling saat menonton film Bebas, karya sutradara Riri Riza. Syifa Hadju yang memerankan anak Emo tampil dengan riasan mata smokey dan rambut lurus hitam. Penampilan Syifa Hadju yang biasanya feminin dan lembut makin garang berkat jaket kulit hitam yang dikenakannya.

Rambut hitam pekat membuat Syifa Hadju awalnya agak sulit dikenali. Soal rambut, Syifa Hadju punya cerita menarik. Riri Riza meminta Syifa Hadju menghitamkan rambut. Proses mengecat rambut sebenarnya tidak terlalu lama.

"Ini bukan hitam sepenuhnya melainkan black-blue. Proses menghitamkan rambut enggak lama tapi karena masa praproduksi film ini panjang banget, rambut yang sudah gelap kembali ke warna asli, yakni kecokelatan," ujar Syifa Hadju kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Rabu (17/9/2019).

 

Kali pertama Syifa Hadju datang ke lokasi syuting dengan warna rambut hitam pudar, tim penata rias syok. Solusinya, rambut bintang sinetron Mermaid In Love ini harus dicat ulang. Syuting berikutnya, Syifa Hadju diminta datang lebih awal.

"Saya ingat banget, dapat panggilan syuting jam setengah 7 pagi. Namun saya diminta datang jam setengah 5 pagi, untuk mengecat rambut jadi hitam. Sambil dicat saya terkantuk-kantuk," seloroh aktris kelahiran 13 Juli 2000.

Momen ini tak membuat Syifa Hadju kesal. Sebaliknya, ia bahagia karena pada akhirnya orang pangling. "Justru saya bersyukur banget kalau orang tidak melihat saya sebagai Syifa di film ini," sambung Syifa Hadju.

Tak Aman

(Liputan6.com/Herman Zakha

Bebas menandai kerja sama kali pertama Syifa Hadju dan Riri Riza. Seperti diketahui, Riri Riza dikenal lewat sejumlah karya monumental seperti Petualangan Sherina, Laskar Pelangi, Ada Apa Dengan Cinta 2, dan Athirah yang memborong 6 Piala Citra. Rekam jejak Riri Riza membuat Syifa Hadju merasa insecure atau tidak aman.

 "Jujur saya insecure terhadap diri sendiri dan berpikir bisa enggak ya memerankan tokoh yang beda sekali dengan keseharian. Apalagi diarahkan oleh Mas Riri," imbuh Syifa Hadju seraya mengakhiri perbincangan. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Jadi Tersangka, Jokowi Hormati Keputusan KPK

Posted: 18 Sep 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku menghormati proses hukum yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan menetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sebagai tersangka. Jokowi mengaku telah bertemu langsung dengan Imam Nahrawi.

"Tadi pagi Pak Imam Nahrawi bertemu dengan saya. Saya menghormati apa yang sudah diputuskan oleh KPK bahwa Pak Imam Nahrawi sudah menjadi tersangka karena urusan dana hibah dgn KONI," ujar Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (19/8/2019).

Dia menyebut Imam Nahrawi telah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menpora. Jokowi tengah mempertimbangkan pengganti Imam Nahrawi.

"Belum baru sejam lalu kasih surat pengunduran dirinya. Kita pertimbangkan dalam sehari," jelasnya.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (IMR) sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait penyaluran bantuan kepada KONI dari pemerintah melalui Kemenpora. Selain Menpora Imam, KPK juga menjerat Asisten Pribadi Menteri Pemuda dan Olahraga, Miftahul Ulum (MIU).

Diduga Terima Suap

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, dalam kasus ini Imam Nahrawi melalui Ulum diduga telah menerima uang sejumlah Rp 14,7 miliar. Selain itu, dalam rentang waktu 2016-2018, Imam juga meminta uang sejumlah total Rp 11,8 miliar.

"Sehingga total dugaan penerimaan Rp 26,5 miliar tersebut diduga merupakan commitment fee atas pengurusan proposal hibah yang diajukan oleh pihak KONI kepada Kemenpora," kata Alex.

Alex mengatakan, penerimaan total Rp 26,5 miliar ini terkait Ketua Dewan Pengarah Satlak Prima dan penerimaan lain yang berhubungan dengan jabatan Imam selaku Menpora.

"Uang tersebut diduga digunakan untuk kepentingan pribadi Menpora dan pihak lain yang terkait," kata Alex.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuplikan Video PSG vs Real Madrid: Angel Di Maria Jadi Bintang

Posted: 18 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Real Madrid terpuruk pada matchday 1 Grup A Liga Champions 2019/2020. Anak asuh Zinedine Zidane menyerah 0-3 dari tuan rumah Paris Saint-Germain (PSG) di Parc des Princes, Rabu (18/9/2019) atau Kamis dini hari WIB.

Eks pemain Real Madrid Angel Di Maria jadi bintang pertandingan yang disiarkan SCTV ini.

Tanpa diperkuat Neymar, Kylian Mbappe, dan Edinson Cavani, pemain berkebangsaan Argentina itu memimpin PSG dengan mencetak dua gol. Sementara satu angka lain disumbang Thomas Meunier.

Momen penting lain terjadi pada menit ke-35. Dalam keadaan tertinggal 0-2, Real Madrid mampu memperkecil kedudukan melalui Gareth Bale.

Namun, wasit membatalkan gol tersebut setelah intervensi video assistant referee, yang menemukan tangan Bale menyentuh bola sebelum menaklukkan kiper Keylor Navas.

Susunan Pemain

Winger Real Madrid, Gareth Bale bereaksi setelah golnya ke gawang Paris Saint-Germain (PSG) dianulir wasit pada laga Grup A Liga Champions di Parc des Princes, Rabu (18/9/2019). Real Madrid kalah telak dengan skor 0-3. (GEOFFROY VAN DER HASSELT / AFP)

PSG: K. Navas, Juan Bernat, P. Kimpembe, Thiago Silva, T. Meunier, M. Verratti, Marquinhos, I. Gueye, A. Di María, M. Icardi, Pablo Sarabia

Real Madrid: T. Courtois, F. Mendy, Eder Militão, R. Varane, Carvajal, J. Rodriguez, Casemiro, T. Kroos, Eden Hazard, Karim Benzema, Gareth Bale

Cuplikan Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baku Tembak TNI-Polri dengan Kelompok Separatis di Ilaga Papua, 3 Warga Tewas

Posted: 18 Sep 2019 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi baku tembak TNI-Polri dengan Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) di Papua kembali terjadi.

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto menyatakan baku tembak terjadi di Kampung Olenki, Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua pada 17 September 2019.

"7 warga luka tembak. Tim gabungan evakuasi korban ke Puskesmas Ilaga untuk perawatan medis," kata Eko dalam keterangan yang ditulis, Kamis (19/9/2019).

Dia menjelaskan, baku tembak bermula ketika KSB mulai menembak secara sporadis ke arah tim gabungan yang sedang mendekat posisi kelompok tersebut di sebuah honai di dekat sungai.

"Akibat tembakan balasan dari tim gabungan, kelompok KSB melarikan diri berpencar ke arah hutan sambil terus menembak secara sporadis. Setelah kontak tembak selesai, ditemukan adanya 7 orang masyarakat luka tembak," ungkap Eko.

Total 3 orang masyarakat dinyatakan meninggal dunia. Sedangkan 4 lainnya kena luka tembak.

"Kodam XVII/Cenderawasih menyampaikan turut berduka cita yang mendalam kepada keluarga korban dan masyarakat Kampung Olenki, Ilaga atas jatuhnya korban masyarakat sebagai dampak dari kontak tembak tersebut," jelas Eko.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, akan berkoordinasi dengan Kapolda Papua untuk membentuk tim guna investigasi insiden tersebut.

"Pangdam akan evaluasi menyeluruh terhadap jalannya operasi pengejaran terhadap Kelompok Separatis Bersenjata OPM untuk menghindari jatuhnya korban di pihak masyarakat," tutur Eko.

Sambil menunggu hasil investigasi, Pangdam menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak berspekulasi dan terpengaruh informasi sepihak dari kelompok OPM.

"Kodam XVII/Cenderawasih tidak henti-hentinya mengajak seluruh elemen masyarakat Papua untuk menjaga kondusifitas demi tercapainya kedamaian di tanah Papua," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Asal Mula Kata Kumpul Kebo yang Ada di RKUHP

Posted: 18 Sep 2019 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu pasal yang menjadi sorotan di RKUHP adalah tentang perzinahan. Pasal 419 RKUHP tertulis kumpul kebo atau tinggal satu atap seperti suami istri. Tanpa ikatan pernikahan akan terkena ancaman pidana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepala TETO: Kami Ingin Hong Kong Rasakan Demokrasi Seperti Taiwan

Posted: 18 Sep 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hong Kong kini tengah dilanda protes besar-besaran terkait RUU ekstradisi. Kondisi tersebut juga menjadi perhatian negara tetangga, Taiwan

Seperti kita ketahui bahwa orang Taiwan menunjukkan dukungan kepada Hong Kong, kedua negara telah lama memiliki hubungan dekat, mengingat kedekatan geografis mereka dan kesamaan dalam hubungan mereka dengan Beijing.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia, sipil dan LSM Taiwan juga akhirnya turun tangan menunjukkan dukungan kepada para pemrotes Hong Kong.

"Sejauh ini kami belum melihat ada titik terang pertanda akhir protes Hong Kong. Ketika lima poin dari RUU ekstradisi diajukan oleh pengunjuk rasa dan hanya satu yang disetujui, sepertinya masih akan ada protes lanjutan," ujar Kepala Taipei Economic and Trade Office in Indonesia (TETO) John C. Chen kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu, ditulis Kamis (19/9/2019).

Sebagai rasa simpati, maka Taiwan pun memberikan izin orang-orang Hong Kong mengungsi ke Taiwan.

"Jadi kami mengizinkan orang Hong Kong ke Taiwan gratis. Itu adalah hal alamiah atas kebijakan pemerintah...," imbuhnya.

"Kami hanya ingin orang-orang di hong kong dapat menikmati demokrasi yang sama, supremasi hukum, yang kami nikmati di Taiwan," jelas John Chen.

Menurut John Chen, itulah ikatan alami antara orang-orang di Taiwan di Hong Kong.

Taiwan Sangat Peduli dengan Hong Kong

Tsai Ing-wen, presiden wanita pertama Taiwan yang disumpah pada Mei 2016 (AP Photo/Chiang Ying-ying)

Pemerintah Taiwan sangat peduli dan memperhatikan situasi di Hong Kong, tetapi tidak melakukan intervensi. Meski tegas mendukung kebebasan dan demokrasi Hong Kong dan berharap masyarakatnya dapat memulihkan stabilitas sesegera mungkin.

Presiden Tsai Ing-wen pada 12 Agustus lalu pernah menyatakan bahwa orang Taiwan harus memiliki kepercayaan pada demokrasi mereka sendiri dan bersama-sama menjaga kedaulatan. Sebab dengan kedaulatan, kita dapat memastikan gaya hidup yang demokratis dan kebebasan yang kita pilih.

"Saya sangat berharap bahwa otoritas Hong Kong mau menanggapi harapan rakyat atas demokrasi, serta membiarkan kebebasan dan demokrasi dapat diimplementasikan di Hong Kong, sehingga masyarakat Hong Kong dapat kembali ke stabilitas," ucap  Tsai Ing-wen saat itu.

Oleh sebab itu, Taiwan juga berharap bahwa pihak otoritas Hong Kong, terutama polisi, harus dapat mengendalikan diri. Lagi pula, rakyat hanya menuntut masyarakat yang lebih demokratis.

Imbauan dari Presiden Taiwan

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (AFP)

Presiden Taiwan pada 19 Agustus juga pernah menyatakan bahwa sebagai anggota kubu demokratis, mendukung rakyat Hong Kong dalam mengejar kebebasan dan demokrasi, tetapi merasa khawatir bahwa situasi di Hong Kong akan memburuk.  Ia menekankan bahwa "kami peduli, tetapi tidak akan campur tangan."

Presiden Tsai Ing-wen juga ingin pemerintah Beijing dan Hong Kong bisa menyelesaikan konflik dengan bijaksana dan tulus, dan tidak melempar tanggung jawab situasi yang buruk ini pada kekuatan eksternal yang tidak beralasan sama sekali; jangan menolak dialog dengan masyarakat, apalagi membuat penilaian yang salah yang akan menyebabkan penyesalan sepanjang sejarah.

Ia kemudian mengeluarkan empat imbauan tentang situasi di Hong Kong pada 2 September:

 

(1) Republic of China (Taiwan) dengan tegas mendukung demokrasi dan kebebasan Hong Kong, dan berharap masyarakat Hong Kong dapat kembali normal secepat mungkin. Namun perkembangan yang sangat mengkhawatirkan pada belakangan ini telah menarik perhatian masyarakat internasional.  Dengan tegas berseru kepada pemerintah Beijing untuk mematuhi komitmen terhadap otonomi tingkat tinggi Hong Kong, serta tidak menggunakan rasa keprihatinan Taiwan dan negara-negara lain terhadap rakyat Hong Kong sebagai alasan untuk menuduh bahwa itu adalah campur tangan pihak asing. Pada saat yang sama, juga berseru kepada pemerintah Hong Kong untuk menghindari penegakan hukum dan kekerasan yang berlebihan.  Dialog menyelesaikan konflik dengan rakyat, memungkinkan untuk bisa menyelesaikan konflik secara damai dan rasional.

(2) Presiden Tsai menyatakan bahwa pemerintah mendukung rakyat Hong Kong dalam perjuangan mereka untuk demokrasi dan kebebasan. Warga Hongkong yang berurusan dengan Taiwan, maupun yang datang ke Taiwan akan  diperlakukan sesuai hukum yang berlaku.  Sama seperti komunitas internasional, jika perlu, berdasarkan pertimbangan kemanusiaan, juga akan memberikan bantuan yang diperlukan untuk warga Hongkong di Taiwan, dan tidak akan berdiam diri.

 (3) Presiden Tsai mengatakan, bagi siswa Hong Kong yang datang ke Taiwan untuk belajar, mohon agar MAC dan Kementerian Pendidikan harus sepenuhnya membantu sehingga siswa dapat belajar dengan tenang. "Kami juga menghimbau Pemerintah Hong Kong untuk memahami bahwa anak muda Hong Kong peduli tentang masa depan Hong Kong dan mengejar demokrasi dan kebebasan.  Pada awalnya, kami akan menangani kasus-kasus yang relevan sesuai dengan prinsip HAM dan supremasi hukum, sehingga siswa dapat melanjutkan studi mereka di Taiwan. "

(4) Presiden Tsai menekankan bahwa situasi di Hong Kong saat ini telah memasuki tahap kritis. Kementerian Keamanan nasional dan administrasi harus memperhatikan dengan cermat perubahan dinamis di Hong Kong, menilai dampak yang mungkin terjadi, dan mempersiapkan diri untuk berbagai keadaan, terutama perubahan dalam industri keuangan dan ekonomi, untuk membantu pengusaha Taiwan dan warga kami di Hong Kong dalam menanggapi kemungkinan perubahan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Tersangka KPK, Imam Nahrawi Mengundurkan Diri sebagai Menpora

Posted: 18 Sep 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi telah menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi, pasca ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Imam juga telah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menpora kepada Jokowi.

Hal ini disampaikan langsung oleh Jokowi kepada wartawan di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (19/9/2019).

"Tadi pagi Pak Imam Nahrawi bertemu dengan saya. Tadi disampaikan saya surat pengunduran diri dari Pak Menpora Imam Nahrawi," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku menghormati penetapan tersangka yang dilakukan KPK. Jokowi tengah mempertimbangkan pengganti Imam Nahrawi sebagai Menpora.

"Tentu saja akan kita segera pertimbangkan apakah segera diganti dengan yang baru atau memakai Plt," ucap Jokowi.

Siapa Penggantinya?

Imam Nahrawi telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, Imam akan otomatis mundur dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

"Iya secara otomatis, diminta tidak diminta secara otomatis itu. Iya ada yurisprudensi ya, paling tidak itu secara otomatis," kata Ngabalin saat dihubungi di Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Namun, Ngabalin pun belum mau menyebut siapa yang bakal menggantikan Imam sebagai Menpora. Sebab menurut dia, hal tersebut merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

"Kalau itu tentu menjadi hak prerogatif presiden seperti apa, nanti tentu Bapak Presiden yang memiliki kewenangan terkait dengan penetapan tersangka Pak Imam Nahrawi," kata ngabalin.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) menetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi (IMR) sebagai tersangka kasus suap dana hibah KONI.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Model Pamer Bulu Ketiak di Iklan Terbaru Calvin Klein

Posted: 18 Sep 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Brand fashion mewah Calvin Klein selalu menghadirkan kejutan dan sesuatu yang berbeda dalam setiap koleksi. Tidak terkecuali dengan koleksi underwear yang potret iklannya sukses menjadi sorotan khalayak luas.

Baru-baru ini, Calvin Klein membagikan potret koleksi underwear 1981 Bold melalui akun Instagram resmi. Satu di antaranya menampilkan model bernama Elyanna Banes Sanchez yang berpose memamerkan bulu ketiak.

Pose Elyanna terlihat berbaring nyaman sembari mengangkat kedua lengan. Dalam potret yang dibalut nuansa hitam putih itu, tangan kanan sang model memainkan rambut dengan wajah fierce.

"Saya merasa sangat nyaman memakai #MYCALVINS, hanya karena saya sangat nyaman dengan kulit saya sendiri," kata Elyanna dalam keterangan potret.

Ada dua item yang digunakan Elyanna dalam potret pamer bulu ketiak yang diabadikan oleh fotografer MaryV Benoit tersebut. Adalah 1981 Bold Unlined Bralette dan 1981 Bold Bikini.

Harga Koleksi

Model Elyanna Banes Sanchez pamer bulu ketiak saat tampil di iklan Calvin Klein. (Screenshot Instagram @calvinklein/https://www.instagram.com/p/B2aGIdZjkaN/Putu Elmira)

Berdasarkan situs resmi calvinklein.us, 1981 Bold Unlined Bralette dijual dengan harga 32 dolar AS atau setara Rp451 ribu yang terdiri atas tiga pilihan warna yakni black, trippy, dan purple night. Lalu 1981 Bold Bikini seharga 20 dolar AS atau sekitar Rp281 ribu yang hadir dengan dua warna hitam dan purple night.

Model berdarah Filipina, Puerto Rico, dan Jepang tersebut juga tampil dalam balutan underwear lain. Kali ini, Elyanna mengenakan Neon High-Cut Bralette dan Neon High-Cut Bikini.

Potret saat mengenakan koleksi tersebut juga dibagikan Elyanna melalui akun Instagram pribadinya. Pose dalam foto itu juga menampilkan sang model memamerkan bulu ketiaknya.

"Cintailah diri Anda terlebih dahulu, tidak peduli berapa lama, tidak peduli seberapa sulit perjalanannya, sebanyak apa Anda jatuh, telusuri kembali langkah Anda. Terus maju," tulisnya dalam kolom keterangan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Kode Angka pada Mobil Keluaran Audi

Posted: 18 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap pabrikan mobil memiliki caranya sendiri untuk memberikan identitas pada produknya. Misalkan saja Audi, di bagian belakang ada deretan angka. 

Sudah tahu apa artinya? Dilansir Zing, keberadaan angka tersebut menjadi standar untuk mobil Audi. Artinya, semakin tinggi angka maka semakin tinggi kapasitas tenaga mesin model Audi tersebut.

Tapi, angka tersebut bukanlah angka pasti tenaga. Hanya semacam mengategorikan seberapa besar angka tenaga mobil Audi.

Contohnya, angka 30 untuk mobil Audi, maka mewakili tenaga 110 Tk sampai 130 Tk. Angka 45 mewakili tenaga 230 Tk dampai 250 Tk. Sementara angka 75 mewakili tenaga di atas 545 Tk.

Masing-masing angka biasanya memiliki selisih 5 angka. Misalnya, setelah 30 ada 35, 35 lalu 40, dan seterusnya. Seperti Audi Q2 30 TFSI, Q7 50 TDI, dan A8 55 TFSI.

Mengapa Audi melabeli daya tersebut? Dengan cara ini, pengguna Audi bisa membedakan kendaraan secara lebih mudah. Pabrikan mobil Jerman itu juga mengatakan bahwa kapasitas mesin tak lagi penting untuk menilai posisi kendaraan dalam jajaran produk, terutama mobil listrik.

 

 

Klasifikas Angka

Nah, berikut daftar klasifikasi angka mobil Audi:

30: 110-130 Tk

35: 150-163 Tk

40: 170-205 Tk

45: 230-250 Tk

50: 285-313 Tk

55: 333-375 Tk

60: 435-463 Tk

70: Lebih dari 545 Tk

Sumber: Otosia.com

  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Status Galau Bocah Bucin Curi Perhatian Warganet

Posted: 18 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial nampaknya telah menjadi hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari saat ini. Di media sosial banyak hal yang bisa dilakukan seperti mencari dan memberi informasi, membagikan momen-momen yang dilakukan setiap hari seperti foto dan video. Namun tidak hanya itu, kita juga bisa mengunggah status untuk menggambarkan apa yang kita rasakan.

Tidak hanya orang dewasa, kini banyak pula anak remaja yang telah memiliki platform media sosial sendiri seperti Facebook. Mereka bahkan tak kalah piawai menggunakan media sosial tersebut dibandingkan dengan orang dewasa.

Artikel tentang status galau bocah bucin menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan zodiak yang tak akan berbohong pada pasangan.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang kombinasi absurd makanan ala warganet.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 10 Status Galau Bocah Ini Curi Perhatian Warganet, Bucin Banget

foto: Facebook Fahri Skroepp

Seorang bocah pengguna Facebook bahkan saat ini telah mencuri perhatian warganet. akun bernama Fahri Skroepp itu kerap mengunggah status galau.

Dikutip dari akun Facebook-nya, berikut deretan status galau bocah yang dijuluki sebagai bocah 'sadboy' tersebut.

Selengkapnya...

2. 4 Zodiak yang Jujur dalam Hubungan dan Tak Akan Berbohong pada Pasangan

Ilustrasi pasangan zodiak (Sumber: iStockphoto)

Kejujuran adalah landasan dari hubungan yang sehat, meski tak selalu mudah untuk mendengar kebenaran dari seseorang. Saat pasangan berbagi perasaan nyata satu sama lain, ini mungkin mudah diucapkan daripada dilakukan.

Namun, zodiak-zodiak berikut ini adalah mereka yang jujur dalam hubungan. Mereka akan selalu memberi tahu pasangannya apa yang ada di pikiran mereka.

Selengkapnya...

3. 7 Kombinasi Makanan Absurd ala Orang Indonesia, Bikin Enggak Nafsu Makan

foto: Instagram/@topscreenshot_ai

Orang Indonesia nyatanya gemar mengombinasikan makanan hingga terciptalah menu baru yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Ini semua tentu berkat kreativitas orang Indonesia yang belum tentu bisa dilakukan warga di negara lain. Namun sayangnya, seringkali menu-menu tersebut justru terbilang absurd dan nyeleneh.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hero Supermarket Buka Gerai di Casa Domaine, Pertama di Tahun Ini

Posted: 18 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hero Supermarket membuka toko baru pertama tahun ini, yakni Hero Supermarket Casa Domaine, Jakarta, Kamis (19/9). Ratusan produk impor berkualitas dengan varian beragam, mulai dari produk kesehatan, kecantikan, makanan dan minuman ringan, hingga produk kebutuhan rumah tangga lengkap disediakan.

Hero Supermarket memilih area yang strategis dan dapat diakses, baik oleh penghuni Apartemen Casa Domaine maupun para pekerja perkantoran sekitar, sehingga memudahkan pengunjung yang ingin berbelanja dan mendapatkan produk pilihan yang segar di sela makan siang maupun saat jam pulang kantor.

"Menghadirkan Hero Supermarket Casa Domaine di daerah ini merupakan jawaban untuk kebutuhan masyarakat, terutama pekerja, yang tidak hanya menyajikan berbagai varian produk import yang lengkap, namun juga memberikan produk yang berkualitas dan segar. Pelanggan bisa tetap memilih dan mendapatkan daging dan sayuran segar disela aktivitas dan pekerjaan yang padat," ujar Direktur PT Hero Supermarket Tbk Hadrianus Wahyu Trikusumo.

Hero Supermarket merupakan salah satu gerai yang menjajakan produk impor dengan kualitas segar seperti daging, seafood, hingga sayuran organik dan buah-buahan pilihan terbaik. Hero Supermarket yang mengusung tagline Fresh Food People menyediakan aneka buah dan Sayur yang selaras dengan trend healthy lifestyle saat ini.

 

Promo Menarik

Direktur Pemberdayaan Konsumen Kemendag, Nina Mora (kanan), Direktur PT Hero Supermarket Tbk. Roy Soeradji, Presiden Komisaris Ipung Kurnia dan Ketua BPKN Ardiansyah Parman menjelaskan produk kepada anak-anak pada perayaan HUT ke-48 Hero Group di Jakarta, Jumat (23/8/2019). (Liputan6.com/HO/Eko)

Pada pembukaan kali ini, Hero Supermarket Casa Domaine memberikan berbagai promosi menarik yang telah dimulai dari tanggal 17 September lalu seperti Cooking Parade, Fresh Auction, dan tidak ketinggalan terdapat special flyers di mana produk-produk tertentu yang ada dalam flyers dijual dengan harga terbaik.

Masih dalam suasana Grand Opening, Hero Supermarket Casa Domaine akan mengajak siswa dari sekolah sekitar serta anak yatim piatu untuk berbelanja cerdas dalam acara Hero Shopping Happiness.

"Program ini sebagai bentuk sosial dari Hero Supermarket yang mendukung pemerintah dalam memberikan edukasi berbelanja cerdas. Untuk itu kami mengajak anak-anak ini' berbelanja dengan mengajarkan mereka bagaimana cara melihat kualitas produk, expiry date, dan sebagainya," jelas Hadrianus.

 

Transformasi

Presiden Komisaris PT Hero Supermarket Tbk Ipung Kurnia memotong tumpeng pada perayaan HUT ke-48 Hero Group di Jakarta, Jumat (23/8/2019). Tahun 2019, perusahaan ritel ini menargetkan investasi lebih dari Rp500 miliar untuk menciptakan toko yang lebih baik. (Liputan6.com/HO/Eko)

Pembukaan toko Hero Supermarket Casa Domaine ini menjadi salah satu strategi bisnis untuk mentransformasi dan memperkuat jaringan Hero Supermarket yang ada di Indonesia. HERO Group sendiri sebagai induk dari Hero Supermarket telah menargetkan untuk berinvestasi Iebih dari Rp 500 M pada unit bisnisnya untuk menciptakan toko yang lebih baik, dengan ruang usaha ritel Iebih relevan, meningkatkan berbagai penawaran yang diberikan kepada masyarakat Indonesia.

"Kami bangga dapat terus melayani masyarakat dengan pilihan produk yang beragam. Hero Supermarket akan terus melakukan berbagai peningkatan. Kami telah bersama dan dipercaya masyarakat Indonesia puluhan tahun dan dengan dukungan masyarakat dan anggota tim kami, kami berkomitmen untuk tetap memberikan produk dan pelayanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia," tandasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pernyataan Imam Nahrawi Usai Ditetapkan Tersangka oleh KPK

Posted: 18 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi ditetapkan tersangka kasus suap dana hibah KONI oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.

Dalam kasus ini, Imam Nahrawi melalui Ulum diduga telah menerima uang sejumlah Rp 14,7 miliar. Selain itu, dalam rentang waktu 2016-2018, Imam juga meminta uang sejumlah total Rp 11,8 miliar.

Ia pun angkat bicara. Imam mempertanyakan keputusan KPK yang menetapkan dirinya sebagai tersangka dugaan suap dana hibah KONI.

"Jangan pernah menuduh orang kalau belum ada bukti," kata Imam di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra, Jakarta.

Berikut pernyataan-pernyataan Menpora Imam Nahrawi usai ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dihimpun Liputan6.com:

 

Pertanyakan Status Tersangka

Menpora Imam Nahrawi memberi sambutan pembuka Rakernas PB PABBSI di Jakarta, Selasa (20/12). Rakernas ditandai dengan pemberian bonus bagi atlet berprestasi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Imam Nahrawi mempertanyakan keputusan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menetapkan dirinya sebagai tersangka dugaan suap dana hibah KONI.

"Jangan pernah menuduh orang kalau belum ada bukti," kata Imam di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra, Jakarta, Rabu, 18 September 2019 malam.

 

Tetap Patuhi Proses Hukum

Menpora Imam Nahrawi (kanan) menjawab pertanyaan saat menjadi saksi sidang lanjutan suap dana hibah untuk KONI dengan terdakwa Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora, Mulyana serta Adhi Purnomo dan Eko Triyanta di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/7). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Imam Nahrawi mengatakan, dirinya akan patuh kepada proses hukum yang menimpanya. Hal ini terkait penetapan tersangka oleh KPK.

"Saya mendengar apa yang disampaikan pimpinan KPK, tentu saya sebagai warga negara akan patuh mengikuti proses hukum yang ada," kata Imam.

Imam Nahrawi meminta kepada semua pihak menjunjung tinggi asas hukum praduga tak bersalah. Dia harap, proses penetapan tersangkanya ini bukan bersifat politik dan di luar hukum.

"Karena saya akan hadapi, kebenaran harus dibuka seluas luasnya. Saya akan hadapi proses hukum," kata Imam Nahrawi.

 

Keluarga Sangat Terpukul

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora), Imam Nahrawi tiba di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. Darmawan/MCH

Imam Nahrawi mengaku, keluarganya sangat terpukul ketika dirinya ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan suap dana hibah KONI oleh KPK.

"Keluarga sangat terpukul," ungkap Imam rumah dinasnya, kompleks Widya Chandra, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Imam mengaku, siap dengan segala risiko setelah dirinya ditetapkan sebagai tersangka.

"Saya yakin keluarga saya tahu ini risiko jabatan saya sebagai menteri. Harus siap dengan segala sesuatu," ucap Imam.

 

Berharap Ini Bukan Politik

Menpora Imam Nahrawi, diwawancara wartawan saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (24/1). Dirinya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Sekjen KONI, Ending Hamidy, terkait suap dana hibah dari Kemenpora ke KONI. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menpora Imam Nahrawi meminta penetapannya sebagai tersangka oleh lembaga antirasuah tidak bersifat politik.

"Saya harap ini bukan sesuatu yang bersifat politik dan bukan di luar hukum. Karenanya saya akan hadapi, kebenaran harus dibuka seluas-luasnya, selebar lebarnya. Saya akan hadapi proses hukum," kata Imam Nahrawi.

Dia mengaku belum mengetahui dan membaca apa saja yang disangkakan KPK kepadanya. Dia menegaskan, akan mengikuti proses hukum yang ada.

"Dan sekali lagi jangan ada unsur di luar hukum," kata Imam Nahrawi.

 

Mengaku Belum Terima Surat dari KPK

Menpora Imam Nahrawi (tengah) bersiap bersaksi pada sidang lanjutan suap dana hibah Kemenpora untuk KONI dengan terdakwa Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora, Mulyana serta Adhi Purnomo dan Eko Triyanta di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/7/2019). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Imam Nahrawi mengaku belum menerima surat panggilan dari penyidik KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap dana hibah KONI.

"Belum, belum," kata Imam.

Imam mengatakan dirinya akan mentaati proses hukum yang berlaku. Namun, ia meminta kepada siapa pun untuk mengedepankan asas praduga tak bersalah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Makanan Khas Madura Bangkalan, Punya Nama dan Cita Rasa yang Unik

Posted: 18 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bangkalan merupakan salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura, Jawa Timur. Bangkalan sendiri menjadi ibu kota dari kabupaten tersebut. Termasuk ke dalam bagian dari Pulau Madura, menjadikan wilayah ini juga memiliki destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Nah, salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika ke Madura Bangkalan adalah mencicipi kulinernya. Ada banyak makanan khas Madura Bangkalan yang bisa kamu cobain.

Berkunjung ke wilayah ini kamu akan menemukan banyak sekali makanan khas Madura Bangkalan selain sate dan soto yang sudah terkenal itu. Ya, ternyata Madura memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Berbagai macam kuliner dengan cita rasa yang mampu menggoyang lidah bisa kamu temui di sini.

Berikut ini Liputan6.com, Kamis (19/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa makanan khas Madura Bangkalan yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke kawasan ini.

Soto Mata Sapi

Ilustrasi Sup Kuah Merah / Sumber: Pixabay

Makanan khas Madura Bangkalan pertama yang bisa kamu cobain adalah Soto Mata Sapi. Sajian ini merupakan jenis makanan ekstrem yang wajib kamu cobain saat berkunjung ke Bangkalan. Walaupun memiliki nama yang aneh dan ekstrem, namun makanan ini memiliki cita rasa yang menggugah selera.

Soto ini berbahan dasar mata sapi asli utuh yang masih terbalut tulang. Soto mata sapi ini dibuat dengan bumbu rahasia dan disajikan dengan kuah soto yang agak berbeda dengan soto biasanya. Kuah soto Mata Sapi ini berwarna merah.

Di dalam penyajiannya juga ditambahkan irisan babat sapi atau daging sapi yang sudah diiris kecil-kecil. Soto Mata Sapi ini sangat nikmat jika dimakan saat masih hangat dan dapat disajikan dengan lontong atau ketupat. Jangan lupa menambahkan sambal yang pedas agar semakin nikmat.

Kamu bisa berkunjung ke kawasan Jalan Raya Burneh Bangkalan untuk menikmati nikmatnya soto Mata Sapi ini.

Nasi Serpang

Nasi Serpang (sumber: visitmadura)

Makanan khas Madura Bangkalan selanjutnya yang bisa kamu cicipi adalah Nasi Serpang. Seperti namanya, makanan ini berbahan dasar nasi. Makanan ini digadang-gadang menjadi sajian yang sangat lezat. Hal ini dikarenakan Nasi Serpang dibuat dengan campuran rempah-rempah sehingga membuat rasanya sangat khas.

Nasi Serpang biasanya disajikan dengan beragam lauk pauk, seperti ikan laut hingga daging. Uniknya lagi, Nasi Serpang ini juga ditambahkan dengan kerupuk rambak bamboo rujak yang semakin menggoyang lidah kamu. Semuanya akan disajikan di atas piring daun pisang.

Buat kamu yang penasaran dengan Nasi Serpang ini, bisa langsung berkunjung ke kawasan Jalan Panglima Sudirman Bangkalan. Jangan sampai tidak mencicipi nikmat dan uniknya sajian Nasi Serpang ini, ya.

Topak Ladeh

inilah kuliner khas lebaran ketupat di kabupaten bangkalan. (liputan6.com/musthofa aldo)

Berkunjung ke Bangkalan juga kurang lengkap apabila tidak mencoba makanan khas Madura Bangkalan yang satu ini, yaitu Topak Ladeh. Topak Ladeh merupakan makanan yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan kental yang nikmat dan gurih.

Topak Ladeh ini biasanya disajikan dengan lontong ataupun ketupat yang sudah dipotong-potong. Buat kamu yang ingin mencoba sajian makanan khas ini, langsung saja berkunjung ke Pasar Senen Bangkalan. Di pasar ini terdapat banyak penjual makanan yang menjual Topak Ladeh.

Tajin Sobih

Bubur khas Madura Tajin Sorah (foto:dianesuryaman.com)

Makanan khas Madura Bangkalan lainnya yang wajib untuk dicobain adalah Tajin Sobih. Makanan ini mirip dengan bubur pada umumnya. Namun, yang membedakan bubur ini dengan lainnya adalah memiliki cita rasa gurih manis. Hal ini dikarenakan adanya dominasi oleh bahan-bahan makanan yang manis di dalamnya.

Buat kamu yang penasaran dengan makanan ini, bisa langsung berkunjung ke Jalan RE. Martadinata 24 Bangkalan.

Kaldu Kokot

Ilustrasi Kaldu Kokot /copyright shutterstock.com/ogieurvil

Bagi sebagain orang pasti sangat aneh mendengar nama sajian makanan ini. Kokot dalam bahasa Madura merupakan kikil. Makanan ini tidak terlalu terkenal di tempat lain di Indonesia. Namun makanan khas Madura Bangkalan ini sudah cukup populer.

Bahan utam makanan ini adalah kiki pada sapi. Uniknya, Kaldu Kokot ini dimasak bersamaan dengan kacang hijau. Jadi, kalau biasanya kamu mengenal cita rasa manis pada sajian kacang hijau, berbeda dengan sajian yang satu ini.

Kacang hijau yang dicampurkan dalam sajian ini dimasak dengan Kokot beserta bumbu spesial yang menghasilkan rasa gurih. Uniknya lagi, makanan ini juga ditambahkan bumbu petis dan kacang ulek. Bagaimana? Sudah terbayang dengan rasa nikmatnya?

Nah, buat kamu yang penasaran dengan uniknya makanan ini, bisa langsung berkunjung ke kawasan Jalan Arif Rahman yang ada di Bangkalan Timur.

Lorjuk

Campor lorjuk, kuliner khas Madura. (dok. Instagram @nyuthequeen/https://www.instagram.com/p/5TZcs_ilM8/?utm_source=ig_web_copy_link/Asnida Riani)

Makanan khas Madura Bangkalan lainnya yang unik dengan cita rasa yang nikmat adalah Lorjuk. Lorjuk merupakan salah satu makanan langka. Hal ini dikarenakan bahan dasarnya menggunakan kerang Lorjuk, yang hanya bisa ditemukan di tepian pantai berlumpur.

Untuk menemukan atau menangkap Lorjuk ini tidaklah mudah. Karena biasanya lorjuk bersembunyi di bawah pasir. Cara menangkapnya yang adalah dengan menggunakan air sabun atau garam supaya Lorjuk menampakkan dirinya.

Nah, kerang Lorjuk ini bisa dibuat ke berbagai aneka masakan. Salah satunya adalah dengan ditumis. Sebelum menggunakan Lorjuk sebagai bahan masakan, biasanya Lorjuk dijemur terlebih dahulu.

Buat kamu yang sedang berkunjung ke Bangkalan, jangan sampai kelewatan untuk tidak mencoba sajian yang unik ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menguak Misteri Kematian Massal Ikan di Perairan Ambon

Posted: 18 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Ambon - Pusat Penelitian Laut Dalam (P2LD) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ambon, Maluku melakukan kajian terkait fenomena kematian massal ribuan ikan di pulau Ambon.

"Hasil kajian sementara yang dapat kami sampaikan tidak menemukan adanya jenis fitoplankton yang beracun di perairan Pulau Ambon, kami berharap dari hasil kajian sementara ini bisa mengurangi keresahan masyarakat terhadap kematian massal ikan," kata peneliti P2LD LIPI Ambon, Hanung Agus Mulyadi, Rabu, 18 September 2019, dilansir Antara.

Ia mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat pada Sabtu, 14 September 2019 terkait fenomena kematian ikan massal, masyarakat datang membawa sampel ikan mati di daerah Waai, Ambon.

Laporan masyarakat ditindaklanjuti dengan melakukan observasi atau pengamatan di lapangan terutama di desa Waai dan Hukurila, pengujian dilakukan dari aspek kualitas air yang meliputi biologi oseanografi, kimia oseanografi dan fisika oseanografi, dan sampel geologi atau sedimen.

"Pengamatan dilakukan Senin pagi hingga pukul 4 sore dan dilanjutkan dengan analisa di laboratorium terkait kualitas air, biologi, fisika, kimia serta sampel ikan yang mati,serta moluska diamati dari sisi biologi oseonografi," katanya.

Hanung menjelaskan, penelitian juga dilakukan terhadap sampel terutama ikan mati yang akan dianalisis lanjut apakah ada toksisitas atau keracunan dalam tubuh manusia yang diakibatkan oleh bahan berbahaya yang mengandung logam beracun.

"Hari ini kita telah mengirimkan sampel ikan yang mati ke pusat penelitian oseonografi LIPI di Jakarta, untuk diuji toksisitas, hasilnya baru bisa diperoleh paling lambat dua minggu," katanya.

Hasil analisis sementara untuk biologi oseonografi dapat disampaikan, tidak ada fitoplankton yang beracun, diharapkan dari hasil sementara bisa mengurang keresahan masyarakat terhadap kematian massal ikan.

"Sejauh ini ada kekhawatiran masyarakat untuk mengonsumsi ikan, saran saya ikan yang mati terdampar masyarakat diimbau untuk tidak dikonsumsi, "ujarnya.

Masyarakat di pulau Ambon tidak boleh khawatir untuk konsumsi ikan yang ditangkap dari daerah lain. Jangan sampai karena panik serta ketakutan untuk tidak konsumsi ikan.

"Fenomena kematian ikan massal alangkah baiknya tidak dikonsumsi, ikan yang terdampar lebih baik dikubur saja, tetapi ikan yang dikonsumsi ditangkap dari daerah lain," tandasnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Kepala BKKBN agar Bonus Demografi Jadi Menguntungkan

Posted: 18 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Pangkalpinang - Bonus demografi yang puncaknya terjadi pada 2045 bisa mendatangkan keuntungan jika pemerintah dapat mengelolah sumber daya manusia (SDM) yang ada.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo mengatakan bahwa langkah pertama yang harus dilakukan pemerintah, termasuk pemerintah daerah di seluruh penjuru Indonesia, adalah menekan jumlah balita yang lahir baru.

Selanjutnya, didik dengan baik anak-anak remaja usia SD, SMP, dan SMA dari sekarang. Seperti yang pernah Hasto lakukan saat menjabat sebagai Bupati Kulonprogo, Yogyakarta. Dia memasukkan anak-anak putus sekolah dan anak jalanan ke dalam asrama untuk diberikan pendidikan selama satu bulan.

"Tapi jangan lupa TFR (Total Fertility Rate diturunkan, dalam arti jumlah persalinannya dikurangi," kata Hasto Wardoyo yang juga seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung belum lama ini.

 

Produktifkan Orang Tua

Hasto Wardoyo berbagi cerita serta pengalamannya sebelum akhirnya menjabat sebagai Kepala BKKBN. Sebelumnya, Hasto adalah seorang Bupati Kulon Progo, dan juga seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan (Aditya Eka Prawira/Liputan6.com)

Tidak lupa juga orang-orang tua untuk diproduktifkan. Dengan cara memberikan mereka sejumlah pelatihan (training) sehingga mereka bisa melakukan sesuatu sambil menikmati masa tuanya.

"Tolong dong orang usia tua yang pensiunan itu disiapkan juga," kata Hasto Wardoyo.

"Purnatugas itu disiapkan biar dia tidak jadi beban anak cucunya," Hasto menekankan.

Syukur-syukur, lanjut Hasto, kalau individu-individu yang sudah purnatugas itu memiliki uang yang meskipun mungkin jumlahnya tidak banyak untuk berinvestasi.

"Mereka bisa beli bebek atau ayam, yang dipelihara sama orang miskin. Satu orang pensiunan bisa memperkaya lima orang tukang bebek, itu kan bagus," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minim Kontribusi, MU Malah Ingin Naikkan Gaji Jesse Lingard

Posted: 18 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - CEO Manchester United (MU), Ed Woodward ingin sekali memberi Jesse Lingard kontrak baru. Itu berarti gaji winger asal Inggris itu bakal naik.

Padahal, secara kontribusi, Lingard dianggap minim. Lingard tampil empat kali bersama MU dari lima matchday yang telah berlangsung di Liga Inggris.

Tiga kali Lingard ditarik keluar saat menjadi starter, lalu sekali dia main dari bangku cadangan. Tidak ada gol atau assist yang dia sumbangkan untuk Setan Merah sejauh ini.

Pelatih MU, Ole Gunnar Solskjaer, belum lama ini kabarnya sempat mengkritik Lingard, karena aktivitasnya di luar lapangan hijau, yang berpotensi mengganggu fokus untuk tim. Lingard memang dikenal sangat aktif di media sosial.

Kontrak Lingard bersama MU sendiri akan habis pada Juni 2021. Saat ini, pemain berusia 26 tahun diketahui menerima gaji 100 ribu pound sterling.

Tunggu Kontrak Baru

CEO Manchester United, Ed Woodward. (AFP/Oli Scarff)

London Evening Standard melaporkan, Lingard sedang antre untuk menandatangani kontrak baru bersama MU. Selain Lingard, ada pula Mason Greenwood yang bakal menambah masa kontraknya.

Woodward juga akan mencoba meyakinkan Paul Pogba untuk berkomitmen terkait masa depannya ke Old Trafford. Ini demi menghindari rayuan dari klub-klub besar Eropa yang tertarik meminang Pogba.

 

Pagari Bintang

Dalam sepekan terakhir, MU telah bergerak dan berhasil mengamankan tanda tangan David de Gea dan Victor Lindelof. Ini dalam rangka manajeman Setan Merah memagari para pemainnya dari klub lain.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Video Hands-on Samsung Galaxy A10s Paling Diburu

Posted: 18 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Video hands-on smartphone terjangkau Samsung Galaxy A10s paling diburu para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (18/9/2019) kemarin.

Berita lain yang tak kalah populer datang dari Samsung yang kabarnya menyontek teknologi kamera baru iPhone untuk Galaxy 11.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Hands-on Samsung Galaxy A10s

Samsung baru saja memperkenalkan deretan smartphone kelas premium mereka, Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus, di New York, Amerika Serikat.

Meski Galaxy Note 10 series baru meluncur di pasaran, Samsung ternyata menambah anggota baru untuk lini smartphone kelas entry mereka dengan memperkenalkan Galaxy A10s.

Hadir sebagai smartphone baru di kategori kelas bawah, berapa harga Galaxy A10s? Samsung menjual smartphone ini seharga Rp 1,9 jutaan.

Baca selengkapnya di sini

2. Samsung Sontek Teknologi Kamera Baru iPhone untuk Galaxy S11?

Samsung saat ini diyakini sedang menyiapkan Galaxy S11, yang akan dirilis pada kuartal I 2020. Menurut laporan, smartphone tersebut akan memiliki teknologi kamera seperti fitur Deep Fusion pada iPhone 2019.

Dilansir Phone Arena, Rabu (18/9/2019), informasi baru ini disampaikan oleh akun Ice Universe di Twitter. Akun tersebut kerap memberikan berbagai bocoran tentang smartphone baru.

"Samsung juga mengembangkan fungsi 'Deep Fusion' mirip seperti pada iPhone 11 Pro, dan sangat memainkan peran NPU dalam pengambilan gambar dan foto. Kita bisa melihatnya pada Galaxy S11," tulis Ice Universe.

Baca selengkapnya di sini    

3. Huawei Mate 30 Pro Diperkirakan Tak Akan Dijual di Eropa

Bocoran bodi Huawei Mate 30 Pro. (Doc: Gizchina)

Huawei dilaporkan tidak akan meluncurkan smartphone terbaru, Mate 30 Pro, di sebagian besar pasar Eropa. Mate 30 Pro akan diumumkan beberapa hari mendatang di Munich, Jerman.

Menurut seorang sumber, Mate 30, Mate 30 Pro, dan Mate 30 Lite, dan Mate 30 Porsche Design, tidak akan bisa dibeli di pasar grup Huawei di bawah "Eropa Tengah."

Wilayah tersebut biasanya merupakan tempat sebagian besar penjualan Huawei di Eropa, termasuk Prancis, Spanyol, Jerman, Italia, dan Inggris.

Baca selengkapnya di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 34 Orang Utan Terserang ISPA Akibat Kebakaran Hutan

Posted: 18 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 34 orang utan terserang ISPA akibat kebakaran hutan dan lahan. Diperkirakan masih banyak orang utan yang terjebak dalam kebakaran hutan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Rusia hingga China Gelar Latihan Militer Bersama di Tajikistan

Posted: 18 Sep 2019 08:59 PM PDT

Helikopter militer melintas selama komando strategis dan staf melakukan latihan Center-2019 di lapangan tembak Lyaur, Tajikistan, Rabu (18/9/2019). Prajurit Rusia, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, India, Pakistan, dan China ikut serta dalam latihan ini. (AP Photo/Grits Sergei)

Helikopter militer melintas selama komando strategis dan staf melakukan latihan Center-2019 di lapangan tembak Lyaur, Tajikistan, Rabu (18/9/2019). Prajurit Rusia, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, India, Pakistan, dan China ikut serta dalam latihan ini. (AP Photo/Grits Sergei)

Helikopter militer melintas selama komando strategis dan staf melakukan latihan Center-2019 di lapangan tembak Lyaur, Tajikistan, Rabu (18/9/2019). Prajurit Rusia, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, India, Pakistan, dan China ikut serta dalam latihan ini. (AP Photo/Grits Sergei)

Helikopter militer melintas selama komando strategis dan staf melakukan latihan Center-2019 di lapangan tembak Lyaur, Tajikistan, Rabu (18/9/2019). Prajurit Rusia, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, India, Pakistan, dan China ikut serta dalam latihan ini. (AP Photo/Grits Sergei)

Prajurit militer Rusia menunjukkan senjata selama latihan strategis dan latihan staf Center-2019 di lapangan tembak Lyaur, Tajikistan, Rabu (18/9/2019). Prajurit Rusia, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, India, Pakistan, dan China ikut serta dalam latihan ini. (AP Photo/Grits Sergei)

Prajurit militer Rusia menunjukkan senjata selama latihan strategis dan latihan staf Center-2019 di lapangan tembak Lyaur, Tajikistan, Rabu (18/9/2019). Prajurit Rusia, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, India, Pakistan, dan China ikut serta dalam latihan ini. (AP Photo/Grits Sergei)

Prajurit militer Rusia menunjukkan senjata selama latihan strategis dan latihan staf Center-2019 di lapangan tembak Lyaur, Tajikistan, Rabu (18/9/2019). Prajurit Rusia, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, India, Pakistan, dan China ikut serta dalam latihan ini. (AP Photo/Grits Sergei)

Prajurit militer Rusia menunjukkan senjata selama latihan strategis dan latihan staf Center-2019 di lapangan tembak Lyaur, Tajikistan, Rabu (18/9/2019). Prajurit Rusia, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, India, Pakistan, dan China ikut serta dalam latihan ini. (AP Photo/Grits Sergei)

Prajurit militer Rusia menunjukkan senjata selama latihan strategis dan latihan staf Center-2019 di lapangan tembak Lyaur, Tajikistan, Rabu (18/9/2019). Prajurit Rusia, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, India, Pakistan, dan China ikut serta dalam latihan ini. (AP Photo/Grits Sergei)

Prajurit militer Rusia menunjukkan senjata selama latihan strategis dan latihan staf Center-2019 di lapangan tembak Lyaur, Tajikistan, Rabu (18/9/2019). Prajurit Rusia, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, India, Pakistan, dan China ikut serta dalam latihan ini. (AP Photo/Grits Sergei)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSG vs Real Madrid: Modal Bagus Les Parisien

Posted: 18 Sep 2019 08:54 PM PDT

 

Paris- Paris Saint Germain (PSG) sukses menghajar Real Madrid 3-0 di laga pertama Grup A Liga Champions, Rabu (18/9). Hasil ini tentu saja membuat pelatih Thomas Tuchel semringah.

Real Madrid tak berdaya ketika menghadapi PSG. Les Parisiens bisa menghasilkan tekanan untuk tamunya sejak awal laga.

Pada akhirnya, PSG bisa meraih hasil positif dan mengamankan tiga poin.

"PSG tampil sangat hebat pada laga melawan Real Madrid. Ini adalah pencapaian yang sangat besar. Kami tampil lebih baik dan pantas untuk menang," ujar Tuchel.

"Kami bermain sebagai sebuah tim. Para pemain tampil disiplin dan menjaga skema permainan dengan sangat baik."

"Saya senang dengan performa tim. Saya harap performa tersebut dapat berlanjut pada laga-laga berikutnya," ungkap Tuchel.

Kemenangan PSG atas Real Madrid membuat mereka memiliki modal yang bagus pada Liga Champions 2019-20. Tuchel ditargetkan untuk meraih prestasi di Liga Champions oleh manajemen PSG.

 

Tampil Tanpa Bintang Utama

Penyerang Paris Saint-Germain, Angel Di Maria, melakukan selebrasi usai membobol gawang Real Madrid pada laga Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Rabu (18/9/2019). PSG menang 3-0 atas Real Madrid. (AP/Francois Mori)

Kemenangan PSG atas Real Madrid terasa semakin spesial karena mereka tidak diperkuat bintang utamanya, yaitu Kylian Mbappe, Neymar dan Edinson Cavani.

Tetapi situasi itu menghasilkan efek yang positif. PSG tidak tergantung kepada pemain tertentu pada laga tersebut.

Tuchel mengatakan kalau timnya bisa memberikan respons positif setelah menelan kekalahan dari Manchester United pada musim kemarin.

"Kekalahan dari Manchester United di Liga Champions memberikan efek positif bagi kami. Semuanya terasa berat, tetapi kami bisa merespons kekalahan dengan cara yang positif."

"Skuat kami lebih menyatu dan bisa menjawab tantangan yang hasil yang positif," ungkap Tuchel.

Sumber: FourFourTwo

Disadur dari: Bola.com (Aditya Wicaksono/Rizki Hidayat, Published 19-09-2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Ilustrasi Tokoh Disney yang Diubah Jadi Karakter Video Game, Tampak Nyata

Posted: 18 Sep 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2019 sepertinya menjadi tahun yang sangat baik bagi Disney. Pasalnya beberapa film garapan Disney diluncurkan di tahun ini. Beberapa bahkan telah meraih kesuksesan, seperti Aladdin dan The Lion King. Selain itu, beberapa film Disney lainnya juga segera dirilis seperti Maleficent serta Lady and the Tramp. 

Kesuksesan film Disney sendiri memberikan inspirasi bagi beberapa ilustrator. Tak sedikit pula para ilustrator yang akan membuat ulang karakter dari serial Disney, salah satunya ialah Chili Fernanda Suarez.

Fernanda memutuskan untuk membuat kembali ilustrasi para tokoh Disney dengan sesuatu yang baru dan lebih modern. Ia mengubah para tokoh Disney menjadi sebuah karakter yang ada dalam video game. Tentu saja ilustrasi yang dibuat oleh Fernanda ini terkesan unik. Pasalnya, meski membuat karakter yang terinspirasi dari para tokoh Disney, hasil ilustrasi dari Fernanda tampak berbeda.

Dilansir Liputan6.com dari Boredpanda, Kamis (19/9/2019) Fernanda membuat sebuah karya ilustrasi dari tokoh Disney yang terlihat unik, dewasa dan juga modern.

Meski terlihat berbeda, akan tetapi kamu tetap bisa mengenali siapa saja karakter Disney yang dibuat oleh Fernanda. Berikut ini beberapa hasil karya ilustrasi dari Fernanda.

1. Penampilan Ursula dalam film The Little Mermaid ini juga tampak berbeda.

Tokoh Disney (Sumber: Boredpanda)

2. Jika kamu penggemar Peter Pan tentu saja kamu tahu sosok Wendy Darling ini kan?

Tokoh Disney (Sumber: Boredpanda)

3. Ada pula karakter Anna dalam film Frozen yang digemari oleh banyak orang.

Tokoh Disney (Sumber: Boredpanda)

4. Fernanda juga membuat ilustrasi dalam serial Disney Anastasia loh.

Tokoh Disney (Sumber: Boredpanda)

5. Ada Jessie sang cowgirl dari film Toy Story, terlihat sangat berbeda ya.

Tokoh Disney (Sumber: Boredpanda)

6. Bagi penggemar film Tarzan karya Disney pasti tahu karakter Jane Porter.

Tokoh Disney (Sumber: Boredpanda)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Evakuasi Hiu Paus yang Terjebak di Kanal PLTU Paiton

Posted: 18 Sep 2019 08:50 PM PDT

Tim evakuasi Rescue Whale Shark menggiring hiu paus yang terjebak di salah satu kanal atau saluran air pendingin Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton, Probolinggo, 17 September 2019. Hiu paus tersebut diduga masuk melalui saluran air di bagian utara yang telah rusak. (Liputan6.com/Pool/Humas

Tim evakuasi Rescue Whale Shark menggiring hiu paus yang terjebak di salah satu kanal atau saluran air pendingin Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton, Probolinggo, 17 September 2019. Hiu paus tersebut diduga masuk melalui saluran air di bagian utara yang telah rusak. (Liputan6.com/Pool/Humas

Hiu paus yang terjebak di salah satu kanal atau saluran air pendingin Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton, Probolinggo, 17 September 2019. Hiu paus berukuran sekitar 4 meter itu berada di dalam kanal berkedalaman 8 meter. (Liputan6.com/Pool/Humas PLN)

Hiu paus yang terjebak di salah satu kanal atau saluran air pendingin Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton, Probolinggo, 17 September 2019. Hiu paus berukuran sekitar 4 meter itu berada di dalam kanal berkedalaman 8 meter. (Liputan6.com/Pool/Humas PLN)

Tim gabungan melakukan proses evakuasi hiu paus yang terjebak di salah satu kanal atau saluran air pendingin Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton, Probolinggo, 17 September 2019. Hiu paus berukuran sekitar 4 meter itu berada di dalam kanal berkedalaman 8 meter. (Liputan6.com/Pool/Humas PLN)

Tim gabungan melakukan proses evakuasi hiu paus yang terjebak di salah satu kanal atau saluran air pendingin Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton, Probolinggo, 17 September 2019. Hiu paus berukuran sekitar 4 meter itu berada di dalam kanal berkedalaman 8 meter. (Liputan6.com/Pool/Humas PLN)

Tim Rescue Whale Shark menyiapkan peralatan untuk mengevakuasi hiu paus yang terjebak di salah satu kanal atau saluran air pendingin PLTU Paiton, Probolinggo, 17 September 2019. Hiu paus itu diduga masuk melalui saluran air di bagian utara yang telah rusak. (Liputan6.com/Pool/Humas PLN)

Tim Rescue Whale Shark menyiapkan peralatan untuk mengevakuasi hiu paus yang terjebak di salah satu kanal atau saluran air pendingin PLTU Paiton, Probolinggo, 17 September 2019. Hiu paus itu diduga masuk melalui saluran air di bagian utara yang telah rusak. (Liputan6.com/Pool/Humas PLN)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Data Air Visual: Kualitas Udara di Malaysia, Singapura dan Indonesia Buruk

Posted: 18 Sep 2019 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kualitas udara di Kuching, Malaysia dinyatakan sangat tidak sehat hari ini, Kamis (19/9/2019). Dari data Air Visual menunjukkan Kuching adalah wilayah yang paling berpolusi di dunia.

Berdasarkan US Air Quality Indexa (AQI), pada pukul 10.00 WIB memperlihatkan kualitas udara Kuching tercatat pada angka 273 kategori sangat tidak sehat dengan parameter PM2,5 konsentrasi 223,2 µg/m³.

Tak hanya Kuching, kota Kuala Lumpur di Malaysia memiliki kualitas udara tidak sehat. Polusi berada di angka 141 kategori tidak sehat untuk kelompok sensitif dengan parameter PM 2,5 konsentrasi 51,8 µg/m³

Sementara Singapura menduduki peringkat keenam kota berpolusi. Polusi di sana tercatat pada angka 139 kategori tidak sehat untuk kelompok sensitif dengan Parameter PM2,5 konsentrasi 51,1 µg/m³

Sedangkan Jakarta, Indonesia yang tadinya sempat menduduki peringkat pertama telah turun peringkat menjadi nomor 4. Polusi tercatat pada angka 165 kategori tidak sehat dengan parameter PM2,5 konsentrasi 80 µg/m³.

Akibat Karhutla di Indonesia?

Sebelumnya diberitakan semua sekolah di Kuala Lumpur, dan lebih dari 850 sekolah di negara bagian Malaysia lainnya, ditutup pada Rabu (18/09/2019). Langkah penutupan tersebut dilakukan karena kualitas udara kian memburuk di beberapa wilayah Negeri Jiran akibat kabut asap.

Seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (18/9/2019), arahan penutupan sekolah di Kuala Lumpur berasal dari Kementerian Pendidikan karena kualitas udara mencapai tingkat "sangat tidak sehat".

Sementara Singapura balapan Formula 1 (F1) GP Singapura 2019 di Sirkuit Marina Bay hampir pasti tetap dilaksanakan sesuai jadwal di bawah ancaman kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Indonesia.

Seperti diketahui, pada Sabtu (14/9/2019), Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Singapura mencapai angka 112 akibat karhutla di Indonesia. Angka tersebut masuk dalam kategori tidak sehat.

Kabar teranyar, Badan Lingkungan Hidup (NEA) Singapura kembali mengonfirmasi perihal kondisi asap yang tengah menyerang Singapura itu. Menurut NEA, per Minggu (16/9/2019), situasinya telah jauh membaik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Champions: Bonucci Geregetan Setelah Juventus Kebobolan 2 Gol Lewat Bola Mati

Posted: 18 Sep 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Bek Juventus, Leonardo Bonucci terlihat geregetan setelah timnya gagal mengalahkan Atletico Madrid di Estadio Wanda Metropolitano, Rabu (18/9/2019) atau Kamis dini hari WIB pada laga pertama Grup D Liga Champions. Pertandingan itu berakhir imbang 2-2.

Dalam laga tersebut, Juventus sebenarnya unggul dua gol lebih dahulu melalui Juan Cuadrado dan Blaise Matuidi. Sedangkan Atletico Madrid berhasil menyamakan kedudukan melalui dua gol Stefan Savic dan Hector Herrera setelah memanfaatkan bola mati.

"Sangat disayangkan kami harus mengakui dua gol itu dalam sebuah drama bola mati. Padahal, kami memiliki kinerja yang bagus," kata Bonucci, seperti dikutip dari Football Italia.

"Tim seperti kami seharusnya tidak bisa terus kebobolan banyak gol dengan cara ini. Kami harus lebih fokus berkonsentrasi," ucap bek berusia 32 tahun tersebut melanjutkan.

Bonucci juga menyayangkan bintang Juventus, Cristiano Ronaldo gagal mencetak gol. Ronaldo punya peluang emas mencetak gol di menit akhir tapi tak masuk ke gawang Atletico Madrid.

"Sangat disayangkan tembakan Cristiano Ronaldo tidak masuk," ujar bek Juventus asal Italia tesebut.

 

Sempat Jengkel dengan Tim Sendiri

Gelandang Atletico Madrid, Saul, duel udara dengan bek Juventus, Leonardo Bonucci, pada laga Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano, Rabu (18/9/2019). Kedua tim bermain imbang 2-2. (AP/Manu Fernandez)

Bonucci juga membenarkan dirinya sangat jengkel dengan timnya sendiri. Bahkan, di menit akhir pertandingan, eks AC Milan itu sempat bersitegang dengan winger Juventus, Juan Cuadrado.

"Kami lapar kemenangan, jadi ada sedikit ketegangan usai peluit panjang. Semua orang harus bertanggung jawab atas kebobolan dengan cara itu," ucap bek Juventus tersebut.

 

Hasil Liga Champions

Club Brugge 0 - 0 Galatasaray

Olympiakos Piraeus 2 - 2 Tottenham Hotspur

PSG 3 - 0 Real Madrid

Bayern Munchen 3 - 0 Crvena Zvezda

Shakhtar Donetsk 0 - 3 Manchester City

Dinamo Zagreb 4 - 0 Atalanta

Atletico Madrid 2 - 2 Juventus

Bayer Leverkusen 1 - 2 Lokomotiv Moscow

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesawat TNI AU Siap Bantu Modifikasi Cuaca di Palangka Raya

Posted: 18 Sep 2019 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Palangka Raya - Pesawat jenis CN 295 dengan nomor registrasi A2901 milik TNI Angkatan Udara, Rabu, 18 September 2019 siang, sudah berada di Bandara Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (19/9/2019), untuk setiap penerbangan, pesawat CN 295 ini akan membawa 2.400 kilogram garam semai yang akan ditaburkan di atas awan yang berpotensi hujan. Sehingga keberhasilan modifikasi cuaca sangat tergantung keberadaan awan.

Tanpa adanya awan, maka penyemaian pun sulit dilakukan. Selain itu, tebalnya asap dari kebakaran hutan juga menjadi kendala.

"Saat ini kita masih terhalang dengan asap, kemarin kita terbang sekitar 8.500 feet layer tebal asapnya itu, setelah itu bisa kelihatan awan-awannya. Untuk hari ini potensi kita lihat prediksi, potensi yang bagus ada di bagian utara," kata Korlap TMC Kalteng Fikri Nur Muhammad.

Saat ini pesawat pembuat hujan buatan ini masih terparkir di Apron Bandara Lama. Modifikasi cuaca akan dilakukan saat kondisi cuaca memungkinkan untuk dilakukan penyemaian garam di awan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banding Ditolak, Ratna Sarumpaet Tetap Dibui 2 Tahun

Posted: 18 Sep 2019 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Upaya banding yang diajukan Ratna Sarumpaet mentok di Pengadilan Tinggi Jakarta. Alhasil ibunda Atiqah Hasiholan itu pun tetap menjalani vonis dua tahun penjara terkait kasus penyebaran berita hoaks.

Dalam kutipan resminya, Pengadilan Tinggi Jakarta menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memvonis Ratna Sarumpaet dua tahun penjara. Dengan begitu, harapan Ratna Sarumpaet untuk menghirup udara bebas pun belum dapat terwujud dalam waktu dekat ini.

 

"Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tanggal 11 Juli 2019 Nomor 203/Pid.Sus/2019/PN.Jkt.Sel. yang dimintakan banding tersebut," isi kutipan PT DKI Jakarta diakses Showbiz Liputan6.com, Kamis (19/9/2019).

Putusan ini dibuat atas kesepakatan hakim Gatot Supramono, I Nyoman Sutama dan Hidayat. Jika tak terima dengan putusan banding  tersebut, Ratna Sarumpaet masih dapat mengajukan langkah hukum selanjutnya berupa kasasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri PUPR Targetkan Tol Layang Cikampek Beroperasi November 2019

Posted: 18 Sep 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan, Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated atau Tol Layang Jakarta-Cikampek II bisa mulai beroperasi penuh pada November 2019. Hal itu diutarakannya saat melakukan kunjungan kerja ke proyek Tol Layang Jakarta-Cikampek II.

Turut hadir bersama Basuki, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto, dan Direktur Utama PT Jasamarga Jalan layang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono.

Dalam kunjungan tersebut, Basuki menuturkan, progres terakhir pengerjaan tol layang sepanjang 36,8 km ini telah mencapai 96,5 persen.

"Progresnya sudah 96,5 persen, tinggal hal yang kecil-kecil, semua sudah tersambung. Ini sudah diaspal, saya kira ini pekerjaan besar. Ini kira2 ada 9 ribu tiang pancang dibuat untuk jalan ini," jelasnya di atas proyek Tol Japek II Elevated, Cikunir, Bekasi, Kamis (19/9/2019).

Sebagai informasi, proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) yang berada tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting, membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500).

Jalur Alternatif

Kendaraan melintasi proyek Tol Jakarta-Cikampek II dan kereta api ringan (LRT) di Bekasi, Selasa (18/12). Sejumlah proyek di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dihentikan sementara untuk mengantisipasi adanya potensi kemacetan. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II merupakan jalur alternatif bagi pengguna jalan tol yang akan menuju ke Cikampek maupun Bandung. Ruas tol ini juga dapat menunjang distribusi arus barang dan jasa, baik yang menuju maupun keluar Jakarta dari Jawa Barat, dan berlanjut dari atau ke Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Lebih lanjut, Menteri Basuki mengabarkan, dirinya telah mendapat informasi dari Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani selaku pihak pengelola tol, bahwa Jalan Tol Japek II Elevated bisa dioperasikan penuh pada November mendatang.

"Kalau di berita-berita ada kabar tol ini fungsional saat Natal (2019). Saya tanya Bu Desi, Natal fungsional? (Dia menjawab) Enggak pak. Jadi sekitar Oktober (fungsional) dan November mudah-mudahan bisa kita operasikan penuh," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tips Mengatasi Kecanduan Kafein yang Ampuh, Jaga Pola Hidup Sehat

Posted: 18 Sep 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengatasi kecanduan kafein merupakan suatu hal tidak begitu sulit, namun tidak semua orang berhasil melakukannya. Apalagi dengan kebiasaan minum kopi yang sudah menjadi seperti kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Kecanduan kopi tentunya bukanlah suatu hal yang baik untuk kesehatan.

Sebenarnya tidak hanya kopi saja yang mengandung kafein. Teh, minuman bersoda, hingga minuman berenergi juga memiliki kafein. Namun, segala sesuatu yang telah membuat kamu candu biasanya hanya menimbulkan dampak buruk.

Mengonsumi kafein yang berlebihan akan berakibat mengurangi konsentrasi kamu dengan menyebabkan kegelisahan dan kecemasan, hingga menyebabkan kualitas tidur yang buruk. Konsumsi tinggi kafein dari kopi juga dapat memunculkan respons stres tubuh.

Tips mengatasi kecanduan kafein yang ampuh bisa dilakukan secara perlahan. Walaupun kopi dan teh memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh, tapi kamu tetap harus memperhatikan berapa banyak yang kamu minum setiap harinya.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tips mengatasi kecanduan kafein yang ampuh dari berbagai sumber, Kamis (19/9/2019).

Kurangi Secara Perlahan

Pencandu Kafein? (Matka Wariatka/Shutterstock)

Tips mengatasi kecanduan kafein yang pertama adalah menguranginya secara perlahan. Tidak ada cara mengurangi kebiasaan minum kopi dengan cara instan. Kamu bisa membuat target untuk mengurangi kopi pelan-pelan, seperti sehari hanya minum 1 gelas kopi.

Minggu berikutnya, seminggu hanya minum 4 cangkir kopi. Dengan dilakukan secara bertahap, kamu akan menemukan kebiasaan baru yang dapat mengganti kecanduan kafein.

Ganti dengan Minuman yang Lebih Sehat

Teh herbal (Foto: unsplash.com)

Teh hijau atau teh herbal lainnya yang bebas kafein bisa menjadi solusi untuk mengatasi kecanduan kafein kamu. Teh beraroma jeruk dan mint misalnya, dipercaya mampu mengatasi kecanduan kafein.

Dengan meminum minuman panas bisa juga menjadi terapi tubuh di pagi hari. Ubah kebiasaan minum kopi dengan minuman panas lainnya seperti cokelat hangat,  teh herbal hangat, atau bahkan susu almond.

Selain itu, meski rasa dari air klorofil tidak senikmat kopi atau teh kesukaan kamu, tapi sekali sehari minum air klorofil juga dapat menggantikan peran kafein dalam tubuh.

Ganti dengan Air Putih

air putih (sumber: istockphoto)

Selanjutnya, kamu juga bisa mengatasi kecanduan kafein dengan banyak minum air putih. Minum air putih jauh lebih bermanfaat berkali-kali lipat daripada minum kopi. Air putih juga bisa digunakan sebagai bentuk cara detoksifikasi tubuh.

Tidur Berkualitas

Ilustrasi Tidur (iStockphoto)

Tips mengatasi kecanduan kafein selanjutnya adalah membiasakan pola tidur yang sehat. Membiasakan diri untuk tidur cukup dan tepat waktu akan mengurangi pikiran dan kecanduan terhadap kafein. Saat tubuh mendapatkan tidur yang cukup, tubuh tak akan kelelahan, selalu fit, dan pada akhirnya tidak membutuhkan kafein yang terlalu banyak.

Konsumsi Kafein Secara Cerdas

Ilustrasi minum kopi/copyright shutterstock

Mengonsumsi kafein tentunya bukanlah sebuah larangan. Bahkan, minum minuman mengandung kafein dapat bermanfaat dalam takaran yang pas, tapi juga bisa merugikan bila dikonsumsi berlebihan. Setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda dalam merespons asupan kafein.

Atur asupan kafein lewat minuman favorit kamu sehari-hari, misalnya satu cangkir kopi pada pagi hari, kemudian cangkir kedua diminum pada sore hari. Dengan mengonsumsi secara berselang-seling, takaran kafein per hari dapat dibatasi.

Selain itu, kafein akan mengurangi kadar potasium dan magnesium dalam tubuh, yang akan mengakibatkan tubuh gemetar dan menimbulkan rasa gelisah. Jadi, mengonsumsi makanan yang mengandung potasium dan magnesium, seperti pisang dan sayuran hijau juga bisa membantu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PODCAST Zodiak Paling Hedon, Hobinya Senang-Senang

Posted: 18 Sep 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seseorang hedonis selalu mengejar kesenangan dan memanjakan diri secara berlebihan. Bisakah itu ditandai dengan melihat rasi bintangnya? Dan, Podcast Zodiak kali ini akan mengupas hal tersebut. 

Bersama Sis Telni dan Bro Sigit yang memandu Podcast Zodiak kali ini dengan kemas informasi ringan dan menarik, seperti biasa. 

Silahkan simak rasi bintang apa saja yang disebut-sebut memilik gaya paling hedon, ikuti Podcast Zodiak kali ini sampai tuntas. 

 

Dengan Podcast di Sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat Tumpukan Sampah di Kali Baru, Iriana Jokowi: Ngeri Juga Lihatnya

Posted: 18 Sep 2019 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau tumpukan sampah di Sungai Kali Baru, Cilebut Timur, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (19/9/219) pagi. Peninjauan ini dalam rangkaian kegiatan Gerakan Indonesia Bersih yang sudah dicanangkan Ibu Negara beberapa hari lalu.

Saat peninjauan, Iriana didampingi para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK), dan Bupati Bogor, Ade Yasin.

Usai memberikan arahan, Iriana yang mengenakan topi warna merah langsung beranjak ke tepi sungai melihat aksi bersih-bersih yang dilakukan oleh prajurit TNI bersama Dinas Kebersihan Kabupten Bogor, serta elemen masyarakat Bogor.

Iriana mengaku prihatin melihat kondisi Sungai Kali Baru yang dipenuhi sampah rumah tangga pedagang. Ia juga mengaku mendapat informasi jika anak Sungai Cisadane itu dipenuhi sampah melalui media sosial.

"Ada macam-macam juga ya sampahnya disini. Melihat kaya gini ngeri juga," ucap Iriana.

Setelah sekitar 15 meninjau tumpukan sampah, Iriana membagi-bagikan buku tulis dan alat musik rebana. Kemudian dia meninggalkan lokasi untuk mengunjungi SDIT Almadina di Kelurahan Karadenan, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Danrem 061/Suryaknacana Kolonel Novi Helmi Prasetya mengatakan, tumpukan sampah di sepanjang aliran Kali Cipakancilan Kota Bogor hingga Sungai Kali Baru, Cilebut Kabupaten Bogor sempat viral dan menjadi sorotan pemerintah khususnya Ibu Negara Iriana Jokowi.

"Setelah mendapat perintah langsung dari IbU Negara, kami langsung melaksanakan aksi bersih sampah," kata Helmi.

Tak Tahan Bau Sampah

Ibu Negara Iriana Jokowi menyaksikan proses pembersihan sampah di Kali baru Bogor, Jawa Barat. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Aksi bersih-bersih melibatkan prajurit TNI AD bersama Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor, relawan, serta elemen masyarakat lainnya.

Setelah selama satu pekan bergerilya, sampah rumah tangga mulaibdari kasur, stytofoam, batang pohon, sampah plastik dan lainnya, sepanjang 8 km aliran sungai itu kembali bersih.

"Sampah ini menumpuk sudah bertahun-tahun dan sempat viral. Lalu kita bersihkan, kemarin sempat bersih, tapi karena sore hujan jadi banyak sampah lagi," ujar Novi.

Rahmat (66) warga setempat menuturkan, sampah tersebut sebagian dibuang oleh masyarakat sambil melintas menggunakan kendaraan. Sebagian lainnya dari pedagang maupun warga yang bermukim bantaran sungai tersebut.

"Iya sambil lewat nenteng sampah satu atau dua kantong plastik lalu dilempar ke kali," ujar Rahmat.

Menurutnya, kebiasaan ini sudah berlangsung tahunan. Seperti di Jalan Cilebut tepatnya di Kampung Jambu Dipa, Desa Cilebut Timur, Sukaraja, Kabupaten Bogor, masyarakat sekitar harus menutup hidung karena bau yang tidak sedap akibat tumpukan di tepi sungai tersebut.

"Tapi Alhamdulillah, sejak viral TNI dan pemerintah daerah turun langsung ke Kali Baru. Dan di pinggir-pinggir jalan kali sudah bersih," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Shopee Liga 1 2019: Persib Melorot

Posted: 18 Sep 2019 08:35 PM PDT

Jakarta Tiga pertandingan tersaji di hari pertama pekan ke-19 Shopee Liga 1 2019 pada Rabu (18/9/2019). Ketiga laga tersebut yakni duel Borneo FC melawan Madura United, Barito Putera menjamu Bhayangkara FC, serta Persib Bandung bersua Semen Padang.

Tiga laga itu berjalan seru. Di Stadion Segiri, Samarinda, Borneo FC mendapat dua penalti yang dipersoalkan kubu Madura United, memaksa pertandingan terhenti selama beberapa menit, sebelumnya akhirnya tim Pesut Etam menang dengan skor 2-1.

Situasi hampir serupa terjadi di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, pada laga Persib Bandung menjamu Semen Padang.

Kubu Semen Padang sempat melakukan protes setelah terkena penalti. Tim Urang Awak menilai striker Persib, Ezechiel N'Douassel melakukan diving dan tak pantas diganjar penalti.

Eze, yang mengeksekusi sendiri penalti itu, gagal menjebol gawang kawalan Teja Paku Alam. Setelah itu justru striker Kabau Sirah, Karl Max, yang mampu membobol gawang tuan rumah untuk memaksa skor 1-1.

Di Stadion Demang Lehman, Martapura, Bhayangkara FC berhasil mengakhiri rentetan sembilan pertandingan terakhir tanpa kemenangan dengan membungkam tim tuan rumah, Barito Putera, dengan skor 4-1.

Laskar Antasari terpaksa hanya bermain dengan sembilan pemain setelah Bayu Pradana dan Nazar Nurzaidin mendapat kartu merah di babak kedua.

Hasil itu membawa Borneo FC kini menembus empat besar klasemen sementara dengan koleksi poin 29, naik dari posisi sebelumnya di peringkat ketujuh. 

Bhayangkara FC juga mengalami perbaikan peringkat, dari semula di posisi ke-11 naik satu setrip ke peringkat ke-10. Sementara Persib turun dari peringkat 10 ke 11.

Madura United dan Barito Putera, yang menelan kekalahan dari laga ini, stagnan di posisi ketiga dan ke-17, begitu pula dengan Semen Padang yang belum beranjak dari posisi juru kunci di klasemen sementara Liga 1 2019.

Berikut di bawah ini klasemen Liga 1 2019 selengkapnya, hingga Kamis pagi (19/9/2019).

Data - Fakta

Duel Dedi Gusmawan (Semen Padang/kiri) dengan striker Persib, Ezechiel N'Douassel, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Rabu (18/9/2019). (Bola.com/Erwin Snaz)

Hasil Pertandingan Rabu (18/9/2019)

Barito Putera vs Bhayangkara 1-4 (Fransisco Torres 77' (p)/Donny Monim 27' (og), Jajang Mulyana 29', Herman Dzumafo 73', 90')

Borneo FC vs Madura United 2-1 (M. Sihran 76', Lerby Eliandry 90'/Alberto Goncaleves 7')

Persib Bandung vs Semen Padang 1-1 (Ghozali Siregar 20'/Karl Max 49')

 

Jadwal Pertandingan Kamis (19/9/2019)

Persija Jakarta vs Bali United

PSS Sleman vs Persipura Jayapura

PSM Makassar vs Tira Persikabo

Badak Lampung FC vs Kalteng Putra

 

Klasemen Liga 1 2019 hingga Kamis pagi (19/9/2019)

 
 
 
View this post on Instagram

Klasemen sementara Shopee Liga 1 2019, Rabu (18/9). __ #ShopeeLiga1 #ShopeeForMen #ShopeeID

A post shared by Shopee Liga 1 (@liga1match) on

Untuk klasemen lengkap Shopee Liga 1 2019 pekan ke-17, silakan klik di sini

Disadur dari Bola.com (Penulis Aning Jati, Editor Wiwig Prayugi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gibran Tanya Mekanisme Pencalonan Wali Kota Solo 2020?

Posted: 18 Sep 2019 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mendatangi rumah dinas Wali Kota Solo. Gibran disebut-sebut bakal maju dalam pemilihan Wali Kota Solo 2020.

VIDEO: Gibran Terpopuler dalam Survei Calon Wali Kota Solo

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Shopee Liga 1 2019: Persija vs Bali United Exclusive di Vidio

Posted: 18 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Bekasi - Persija Jakarta akan menjamu Bali United di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (19/9/2019) dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019. Duel ini bakal disiarkan langsung oleh Indosiar.

Jelang laga ini, Persija berbekal kemenangan 2-1 atas PSIS Semarang. Tentunya, kemenangan menjadi harga mati bagi Macan Kemayoran, sebutan Persija. Pasalnya, jika kalah, Persija bisa saja masuk ke zona degradasi lagi.

Bomber Persija Jakarta, Marko Simic sudah tidak sabar menghadapi Bali United. Dirinya berambisi menambah pundi-pundi golnya yang kini berjumlah 13 lesakan.

"Setelah lawan PSIS kami sudah istirahat dan persiapan menghadapi Bali. Besok pertandingan besar, saya harap stadion penuh dan kita bisa memenangkan pertandingan," ujar Simic.

Sementara itu, pertandingan menghadapi Persija Jakarta menjadi partai bertajuk nostalgia bagi pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. Arsitek asal Brasil itu pernah dua tahun menanganti tim ibu kota, dengan trofi Liga 1 2018 menjadi persembahan tertingginya.

Selain di Indosiar, duel Persija vs Bali United juga bisa Anda saksikan melalui live streaming exclusive di Vidio Premier secara berlangganan melalui link ini....

 

Prediksi Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (k); Novri Setiawan, Xandao, Fachruddin Aryanto, Rezaldi Hehanussa (b); Sandi Sute, Rohit Chand, Joan Tomas (t); Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Marko Simic (d)

Pelatih: Julio Banuelos

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (k); I Made Andhika Wijaya, Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, Michael Orah (b); Brwa Nouri, Fadil Sausu, Paulo Sergio (t); Stefano Lilipaly, Melvin Platje, Ilija Spasojevic (d)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: