Jumat, 13 September 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Raline Shah Cari Jodoh di Kedai Kopi

Posted: 13 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengikuti jejak rekan artis lainnya, Raline Shah juga tertarik membuka kedai kopi. Bintang film ini telah membuka coffee shop dengan harga terjangkau bernama Kisaku.

Selain untuk berbisnis, rupanya Raline Shah juga memiliki tujuan lain membuka kedai kopi tersebut. Di tempat yang nyaman itu, ia berharap bertemu dengan jodohnya.

"Sebenarnya aku ini nongkrong di Kisaku 24 jam. Dari toko buka sampai tutup, social efeectt banget. Nah, bagi calon suami saya, silahkan datang ke Kisaku," kata Raline Shah, di Kisaku Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Di kedai kopi itu, Raline Shah ingin melakukan pendekatan kepada lelaki yang memang tertarik kepadanya. 

 

Kenalan di Kedai Kopi

Raline Shah

"Seenggaknya, kita kenalan dulu di sini. Silaturahim mengenal satu sama lain kan ya. Saya juga harus cari jodoh. Silahkan ke kedai kopi. Alasan membuka kedai kopi ini adalah untuk ketemu dengan jodoh aku," jelasnya.

 

Terlalu Sibuk

Tampil sederhana, tetap terlihat berkelas walaupun tanpa makeup. Raline menggunakan Helter dress yang memang cocok menjadi pilihan fashion pantai, ditambah dengan aksesoris. (Liputan6.com/IG/ralineshah)

Keluarga juga berharap agar aktris 33 tahun ini segera mendapatkan calon suami yang dapat memahami dirinya. Terutama kesibukannya di dunia perfilman dan bisnis.

"Keluarga lagian sudah capek kali. Mereka juga kasihan kali ya sama cowoknya. Raline-nya sibuk banget. Kurang kasih sayang, perhatian," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duel Antarlini Tira Persikabo Vs Persib: Pertahanan Keropos

Posted: 13 Sep 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Tira Persikabo kedatangan Persib Bandung dalam laga pekan ke-18 Shopee Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (14/9/2019) malam WIB. Kedua tim sama-sama menargetkan poin penuh di laga kali ini.

Tira Persikabo saat ini masih berada di papan atas klasemen Liga 1 2019 dengan menempati peringkat kedua. Hasil imbang yang diraih Bali United saat menghadapi Bhayangkara FC, Jumat (13/9/2019), menjadi motivasi bagi tim asuhan Rahmad Darmawan untuk memperkecil jarak poin.

Selain itu Tira Persikabo juga baru satu kali mengalami kekalahan di Stadion Pakansari sepanjang menjalani Liga 1 2019. Ciro Alves dkk. tentu tak ingin menambah daftar kekalahan mereka saat harus menjamu Persib Bandung.

Sementara itu, Maung Bandung datang ke Bogor dengan tekad kuat. Kemenangan atas PSS Sleman dalam pertandingan terakhir menjadi pelecut bagi Persib Bandung untuk kembali meraih kemenangan. Apalagi ribuan bobotoh akan hadir di Bogor untuk memberikan dukungan.

Persib butuh kemenangan atas Tira Persikabo. Dalam dua pertemuan antara kedua tim pada tahun ini, satu di fase grup Piala Presiden 2019, dan satu lagi di putaran pertama Liga 1 2019, berakhir lebih positif bagi Tira Persikabo. Persib belum menang atas tim asuhan Rahmad Darmawan itu.

Baik Rahmad Darmawan maupun Robert Alberts tentu sudah meracik strategi masing-masing tim untuk meraih hasil positif. Pemain-pemain terbaik Tira Persikabo dan Persib Bandung akan bertarung maksimal dalam laga ini.

Catatan Kurang Apik di Lini Pertahanan Kedua Tim

Gelandang Kalteng Putra, Hedipo Gustavo, berebut bola dengan pemain Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (26/7). Tira Persikabo menang 5-2 atas Kalteng. (Bola.com/Yoppy Renato)

Tira Persikabo boleh menjadi tim papan atas Liga 1 2019 dengan catatan impresif sembilan kali menang, enam kali bermain imbang, dan hanya dua kali kalah. Namun, catatan itu tak bisa membohongi kenyataan bahwa gawang mereka sudah 26 kali bobol dalam 17 laga.

Jelas catatan itu tak berbeda jauh dengan Persib Bandung yang sudah kebobolan 25 kali dalam 17 laga. Satu yang membedakan, Persib masih berada di peringkat ke-11 karena hanya meraih empat kemenangan, tujuh hasil imbang, dan enam kali kalah.

Bicara soal pertahanan untuk menghadapi Persib Bandung, Tira Persikabo tampaknya akan kembali memberikan kepercayaan kepada Angga Saputro di bawah mistar gawang, di mana sang penjaga gawang baru kembali setelah memenuhi panggilan Timnas Indonesia.

Sementara untuk membantunya, Andy Setyo Nugroho dan Khurshed Beknazarov layak untuk kembali mengawal pusat pertahanan, dibantu Abduh Lestaluhu dan Rifad Marasabessy di sisi sayap pertahanan.

Beralih ke Persib Bandung, Made Wirawan tampaknya masih akan jadi pilihan utama Robert Alberts untuk posisi di bawah mistar gawang. Achmad Jufriyanto dan pemain asing baru Persib, Nick Kuipers, akan ada di pusat pertahanan, didukung Supardi Nasir dan Henhen Herdiana di sisi sayap.

 

Motor Serangan di Lini Tengah

Gelandang Persib Bandung, Esteban Vizcarra, beradu cepat dengan bek Arema Malang, Arthur Cunha, pada laga Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (18/2). Persib bermain imbang 1-1 melawan Arema. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

 

Harus diakui baik Tira Persikabo dan Persib Bandung memang sama-sama mengandalkan lini tengah untuk bisa mengatur ritme jalannya pertandingan. Perbedaannya, Rahmad Darmawan kerap mempercayakan tiga pemain untuk mengawal lini tengah, sementara Persib baru-baru ini mencoba untuk memainkan empat pemain di lini tengah.

Tira Persikabo memiliki Manahati Lestusen untuk menjadi jangkar permainan. Louis Parfait dan Ciro Alves yang memiliki permainan kreatif dan kecepatan menjadi andalan untuk membantu lini serang tim asuhan Rahmad Darmawan itu. Bahkan Ciro Alves menjadi pemain paling tajam di skuat Tira Persikabo dengan koleksi 11 gol hingga sejauh ini.

Sementara Persib Bandung kemungkinan besar akan memaksimalkan Abdul Aziz Lutfi Akbar dan pemain asing baru, Omid Nazari di pusat permainan. Esteban Vizcarra dan Ghozali Siregar yang terkenal memiliki kecepatan dan kreativitias akan menjadi motor serangan Maung Bandung di lini tengah.

 

Tira Persikabo Tajam di Depan, Persib Butuh Adaptasi

Pemain Tira Persikabo merayakan gol ke gawang Persija Jakarta di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (16/7/2019). (Bola.com/Yoppy Renato)

Tira Persikabo hingga awal putaran kedua Liga 1 2019 ini masih menjadi tim paling produktif. 38 gol sudah dicetak tim asuhan Rahmad Darmawan itu dan menjadi yang terbanyak dari 18 tim yang ada di Liga 1 2019.

Ciro Alves, Loris Arnaud, dan Wawan Febrianto memang tercatat ada di daftar pencetak gol papan atas. Ciro sejauh ini sudah mengemas 11 gol, sementara Loris Arnaud mencetak tujuh gol, dan Wawan mencetak enam gol.

Tapi jangan lupakan Osas Saha, pemain yang menjadi andalan di sektor sayap serangan Tira Persikabo, menjadi penyeimbang sisi sayap lain yang diisi Wawan Febrianto. Pemain naturalisasi yang baru saja kembali dari panggilan Timnas Indonesia ini juga punya ketajaman yang tidak boleh diremehkan ketika berada di bawah asuhan Rahmad Darmawan.

Sementara itu, Persib Bandung baru mengemas 18 gol, seperti halnya PSM Makassar, dan berada di posisi enam terbawah dalam produktivitas gol. Ezechiel N'douassel yang musim lalu bersaing di papan atas daftar pencetak gol terbanyak hingga kini belum terlihat tajam.

Bahkan dalam laga kontra Tira Persikabo ini, Persib terancam tidak bisa menggunakan pemain asal Chad itu karena baru kembali dari tugas internasional membela tim nasionalnya. Praktis Persib mengandalkan pemain asing baru, Kevin van Kippersluis.

Disadur dari Bola.com (Penulis Benediktur Gerendo/ Editor Aning Jati)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Syarat RI Jadi Negara Ekonomi Terbesar Kelima Dunia

Posted: 13 Sep 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menkeu Sri Mulyani ungkap syarat agar Indonesia jadi negara terbesar kelima ekonomi dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi MU Vs Leicester City: Ujian Berat Setan Merah

Posted: 13 Sep 2019 09:17 PM PDT

Jakarta Manchester United (MU) kedatangan Leicester City di Old Trafford pada pekan ke-5 Premier League 2019/20, Sabtu (14/9/2019) malam WIB. Pertandingan ini rencananya ditayangkan di TVRI, mulai pukul 21:00 WIB.

Leicester City saat ini bukan lawan yang mudah bagi Manchester United yang performanya tengah merosot belakangan ini. Situasi makin kompleks, Red Devils justru terancam tanpa beberapa pemain pilarnya menyongsong laga ini.

Anak-anak asuh Ole Gunnar Solskjaer baru mengumpulkan lima poin dari empat laga di Premier League musim ini. Sementara itu, Leicester sudah mengumpulkan delapan poin.

Sebelum jeda internasional kemarin, United cuma bisa imbang 1-1 di kandang Southampton. Satu gol Setan Merah dicetak oleh Daniel James. Itu adalah gol ke-3 James untuk MU di liga musim ini.

Hasil berbeda diraih Leicester. Pasukan Brendan Rodgers menang 3-1 menjamu Bournemouth melalui dua gol Jamie Vardy dan satu Youri Tielemans. Vardy sudah mengemas tiga gol serta satu assist di Premier League musim ini, dan dialah ancaman terbesar buat MU dalam laga nanti.

MU menginginkan hasil terbaik demi segera kembali ke trek yang benar, terutama sebelum turun di Liga Europa.

Namun, Jesse Lingard (sakit), Paul Pogba (cedera engkel), dan Aaron Wan-Bissaka (cedera punggung) kondisinya diragukan.

Tanpa kekuatan penuh mereka, rasanya MU akan sulit meraih kemenangan saat berjumpa Leicester City.

Statistik dan Susunan Pemain

Gelandang Bournemouth, David Brooks, berusaha melewati bek Manchester United, Chris Smailing, pada laga Premier League di Stadion Vitality, Bournemouth, Sabtu (3/11). Bournemouth kalah 1-2 dari MU. (AFP/Ben Stansall)

Prakiraan Susunan Pemain 

  • Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Young, Maguire, Lindelof, Wan-Bissaka; McTominay, Pogba; Rashford, Mata, James; Greenwood

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer

  • Leicester (4-5-1): Schmeichel; Chilwell, Soyuncu, Evans, Pereira; Maddison, Choudhury, Ndidi, Tielemans, Albrighton; Vardy

Manajer: Brendan Rodgers

 

Head-to-Head (Premier League)

  • Pertemuan: 26
  • Manchester United menang: 17
  • Gol Manchester United: 57
  • Imbang: 7
  • Leicester menang: 2
  • Gol Leicester: 22

 

Rekor 5 Pertemuan Terakhir

  • 03-02-2019 Leicester 0-1 MU (EPL)
  • 11-08-2018 MU 2-1 Leicester (EPL)
  • 24-12-2017 Leicester 2-2 MU (EPL)
  • 26-08-2017 MU 2-0 Leicester (EPL)
  • 05-02-2017 Leicester 0-3 MU (EPL)

 

Sumber Asli: EPL

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, Published 13/09/2019)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gudang Amunisi yang Meledak di Mako Brimob Semarang Dekat dengan Rumah Warga

Posted: 13 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gudang amunisi di Mako Brimob Srondol, Semarang meledak, sekitar pukul 07.00 WIB, Sabtu (14/9/2019). Polisi menegaskan gudang tersebut letaknya di area pergudangan di Mako Brimob Jateng.

Letaknya berbeda dengan asrama anggota Brimob.

"Letaknya itu terpisah di Mako Brimob juga terpisah dengan asrama. Lokasi itu merupakan pergudangan, tempat parkir truk," ujar Kapolda Jateng Irjen Rycko A Dahniel, Semarang, Sabtu.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, letak gudang di Mako Brimob itu memang berdekatan dengan rumah warga. 

"Di Mako Brimob Polda Jateng memang berdekatan. Itu kan ada pagar, ya sebelahnya rumah warga. Di situ (Mako) ada juga asrama Brimob," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu.

Oleh karena itu, ada 11 rumah warga yang rusak akibat ledakan gudang amunisi di Mako Brimob Semarang.

"Dua kendaraan roda empat yang rusak dan 11 rumah rusak. Kerusakan ada kaca pecah, genteng dan plafon," lanjut Dedi.

 

Satu Orang Terluka

Ilustrasi ledakan bom (iStockPhoto)

Gudang senjata Mako Brimob, Srondol, Semarang meledak pada pukul 07.00 WIB, Sabtu (14/9/2019). Satu anggota Brimob terluka dalam kejadian ini.

"Terluka terkena serpihan ledakan. Korban telah dibawa ke RS Bhayangkara Semarang untuk menjalani perawatan," kata Kapolda Jateng Irjen Rycko A Dahniel, Semarang, Sabtu.

Namun, tak ada masyarakat yang terluka dalam kejadian ini.

"Sampai saat ini tidak ada laporan masyarakat yang terluka akibat kejadian ini," ujar Rycko.

Gudang senjata yang meledak ini adalah tempat penyimpanan bahan peledak yang ditemukan warga. Berisi bom sisa perang yang ditemukan oleh masyarakat.

Dia menegaskan, gudang ini berbeda dengan tempat penyimpanan amunisi milik Brimob.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uang 69 Nasabah BNI Kupang Raib, Total Ratusan Juta

Posted: 13 Sep 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Uang dalam rekening 69 nasabah Bank Negara Indonesia (BNI) 46 Cabang Kupang dikuras oknum tak bertanggung jawab. Uang yang berada di dalam rekening nasabah itu diketahui ditarik tanpa sepengetahuan nasabah melalui penarikan tunai.

Puluhan nasabah baru menyadari kondisi tersebut setelah mendapat notifikasi melalui SMS Banking BNI pada kurun waktu Rabu (12/9/2019) malam hingga Kamis (13/9/2019) pagi.

Pemimpin Cabang BNI 46 Kupang I Gede Wirata mengakui bahwa para nasabah yang mengalami kondisi tersebut telah mengadukannya ke manajemen BNI 46 Cabang Kupang sejak Kamis pagi.

Gede mengatakan, setelah pengaduan nasabah, pihaknya bekerja cepat dalam koordinasi dengan kantor pusat BNI 46 di Jakarta untuk melakukan investigasi internal terhadap kondisi tersebut.

Dari investigasi tim kantor pusat, menyatakan bahwa terkurasnya uang nasabah diduga terjadi akibat kejahatan skimming yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Gede mengakui, kejahatan seperti ini baru pertama kali terjadi di lingkungan BNI Cabang Kupang.

Gede menjelaskan, kepada nasabah yang mengalami kehilangan uang dari rekening yang terindikasi akibat skimming, pihaknya langsung menangani dan mengembalikan ke rekening sesuai jumlah yang hilang itu.

"Sampai malam kita kembalikan uang nasabah yang terkena dampak itu, sebanyak 69 nasabah sudah kita kembalikan uangnya," ujar Gede, Sabtu (14/9/2019).

Nasabah tersebut, katanya merupakan nasabah dari BNI Cabang Kupang yang melakukan komplain.

 

Upaya BNI

Bank BNI cabang Entrop, Distrik Jayapura Selatan yang dirusak pendemo anarkis. (Liputan6.com/KabarPapua.co/Katharina Janur)

Sementara itu, Kepala Operasional BNI 46 Cabang Kupang Rumiris Evy Silvia menambahkan, pengembalian uang tersebut telah dilakukan pada Kamis.

"Uang milik nasabah yang hilang dari rekening itu jumlahnya bervariasi, dari paling rendah Rp 400 ribu hingga yang paling tinggi Rp 21 juta," kata Riris.

Ia mengatakan pihaknya berupaya untuk menyelesaikan persoalan ini secepat mungkin agar nasabah tidak dirugikan dalam kasus ini. Pada Jumat, diakuinya, masih ada beberapa nasabah yang melakukan komplain ke kantor.

"Setelah kita tahu, kita langsung menonaktifkan pin dari nasabah. Nasabah dapat melakukan penggantian pin melalui sms Banking atau bisa langsung datang ke kantor," katanya.

Pemblokiran Massal

Pemimpin Cabang BNI 46 Kupang I Gede Wirata mengaku telah mengembalikan uang nasabah yang hilang. Total ada 69 uang nasabah lebih yang dikembalikan. Total dana yang kembalikan senilai 470 juta lebih.

 

Pelaku dari Eropa

Teller memberikan bunga mawar dan souvenir kepada nasabah di Kantor Cabang BNI Tebet, Jakarta (5/7). Kegiatan dalam rangka HUT ke 72 BNI mengusung tema BNITu Digital. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Dia mengatakan, pihaknya sudah mendeteksi para pelakunya, mereka berasal dari Eropa Timur, tersebar di Polandia, Bulgaria dan Rusia. Mereka ini diduga mempunyai jaringan sampai ke Kupang.

Dia menjelaskan, pelaku ini bergerak dengan memasang sebuah alat kecil bernama spycam. Alat ini sejenis karet kecil yang ditempel di dinding ATM. Alat ini berfungsi merekam data nasabah.

Alat ini, kata dia, sudah terkoneksi dengan jaringan yang mereka pasang tersebut. Setelah merekam data nasabah, mereka kemudian memasukan data itu ke kartu yang kosong telah disiapkan. Mereka selanjutnya melakukan penarikan.

"Jadi data ini bisa merekam data mereka, merekam data pin nasabah yang dimasukan dalam ATM tadi, alat yang mereka pasang ini terkoneksi dengan laptop. Jadi kemungkinan mereka memantaunya dari jarak dekat," ujarnya.

Untuk mencegah kasus ini terulang, pihak BNI sendiri telah memblokir 2.500 an kartu ATM milik nasabah. Setelah aman, barulah nasabah ini melakukan pengurusan ulang di kantor masing-masing.

"Para pelaku saat ini masih dilakukan investigasi. Untuk kasus ini, kami masih berkoordinasi dengan pimpinan pusat," tandasnya. (Ola Keda)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkuat Mutu Pelatihan Kemnaker Resmikan Empat Balai Latihan Kerja

Posted: 13 Sep 2019 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memperkuat akses dan mutu pelatihan vokasi, Kementerian Ketenagakerjaan meresmikan 4 Balai Latihan Kerja (BLK) baru. Keempat BLK tersebut adalah BLK Sidoarjo, BLK Banyuwangi, BLK Belitung, serta BLK Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep).

Peresmian operasional keempat BLK ini dilangsungkan secara serentak di BLK Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada hari Jumat (13/9).

"Dengan adanya penambahan keempat BLK tersebut, masyarakat memiliki akses yang lebih luas untuk mengikuti pelatihan vokasi," kata Dirjen Binalattas Kemnaker, Bambang Satrio Lelono saat memberikan sambutan dalam peresmian 4 BLK.

Peresmian keempat BLK tersebut, sebut Bambang, sejalan dengan komitmen pemerintah untuk fokus membangun SDM.

"Diharapkan, BLK-BLK ini memberi manfaat bagi peningkatan kompetensi dan daya saing SDM. Khususnya keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan daerah-daerah," jelasnya.

Perkuat mutu pelatihan vokasi, Kementerian Ketenagakerjaan meresmikan 4 Balai Latihan Kerja (BLK) baru. Keempat BLK tersebut adalah BLK Sidoarjo, BLK Banyuwangi, BLK Belitung, serta BLK Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep).

Ia pun menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pemintah daerah yang telah turut membantu pembangunan keempat BLK tersebut. Secara khusus, ia menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sidoarjo yang telah membantu hibah lahan mencapai 10 hektar, perizinan yang dipermudah, dan lain sebagainya.

"Ini tak lepas dari bantuan Bapak-bapak sekalian, sehingga keempat BLK ini dapat berdiri untuk kemudian membantu meningkatkan kompetensi SDM," ujar Bambang.

Kepala BLK Sidoarjo, Imam Agung, menambahkan, secara fisik, pembangunan keempat BLK bestatus Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) tersebut telah dimulai sejak beberapa tahun terakhir. Namun secara kelembagaan, BLK Sidoarjo dan BLK Banyuwangi ditetapkan sebagai BLK UPTP mulai tahun 2018.

"BLK Sidoarjo dipersiapkan untuk mencetak SDM terampil di sektor industri manufaktur, dan BLK Banyuwangi memfokuskan untuk mendukung SDM di sektor pariwisata, processing, dan beberapa kejuruan lainnya," terang Imam.

Sementara itu, secara kelembagaan, BLK Belitung dan BLK Pangkep ditetapkan sebagai BLK UPTP mulai tahun 2019.

"Kedua BLK tersebut akan memberikan pelatihan di bidang pariwisata, processing, dan beberapa kejuruan untuk mendukung industri manufaktur," kata Imam.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Selidiki Dugaan Kelalaian terkait Ledakan di Mako Brimob Semarang

Posted: 13 Sep 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gudang senjata yang menyimpan amunisi peninggalan zaman perang milik Mako Brimob, Srondol, Semarang, Jawa Tengah, meledak, Sabtu (14/9/2019) pagi. Warga yang panik langsung lari berhamburan keluar rumah.

Penyidik dari Polda Semarang tengah diturunkan ke TKP untuk mengetahui penyebab ledakan di Mako Brimob Semarang. 

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko A Dahniel mengungkap tidak ada warga yang menjadi korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, satu anggota Brimob dikabarkan terluka.

"Mobil ringsek dan satu anggota Brimbob terluka karena terkena serpihan ledakan," tutur Rycko.

Dugaan adanya unsur kelalaian atau kecelakaan kini tengah diselidiki. Hal ini diungkap Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Mochammad Iqbal kepada Merdeka, Sabtu (14/9/2019).

"Sementara menurut kapolda, gudang itu penyimpanan barangbukti bahan peledak (handak) dan temuan masyarakat seperti amunisi lama," ujarnya.

Sebelumnya, ledakan terjadi di gudang penyimpanan barang-barang temuan masyarakat Mako Brimob daerah Jeblug, Srondol, Semarang. Ledakan terjadi sekitar pukul 07.00 WIB.

 

Ledakan Diduga dari Bahan Peledak Sisa Perang

Ilustrasi ledakan bom (iStockPhoto)

Ledakan diduga berasal dari bahan peledak sisa perang yang ditemukan oleh masyarakat.

"Betul tadi pagi jam 7 terjadi kejadian di gudang penyimpanan barang-barang temuan masyarakat. Diduga bahan peledak sisa perang dunia," kata Irjen pol Rycko A Dahniel saat dikonfirmasi.

Rycko mengatakan kondisi gedung rusak parah akibat ledakan tersebut. Truk dan mobil di sekitar gedung pun rusak.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayo Galang Dana Bantu Korban Kebakaran Suku Badui!

Posted: 13 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Serang - Perwakilan jurnalis yang bertugas di Banten, menggalang bantuan dana untuk meringankan masyarakat Suku Badui Luar yang jadi korban kebakaran pada Kamis, (12/9/2019).

Bagi yang ingin berdonasi untuk masyarakat Suku Badui di Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, bisa mengirimkan bantuannya ke Bank Mandiri atas nama Yandhi Deslatama, di nomor rekening 163-000-122-0329. Tentunya setelah mentransfer harus mengkonfirmasi ke nomor yang bersangkutan di 082122370115. Konfirmasi itu sebagai bentuk tanggung jawab penggalang dana ke publik.

"Insha Allah akan kita salurkan ke masyarakat Badui yang terkena korban kebakaran kemarin. Berapapun nilainya, tentunya meringankan bebas sesama," kata Yandhi, salah satu perwakilan jurnalis di Banten, Jumat (13/09/2019).

Bantuan itu tentu sangat bermanfaat bagi warga Badui. Lantaran mereka selama ini menjaga keseimbangan alam, mereka hidup dari alam tanpa merusak ekosistemnya. Tentu menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga kelestarian alam dan membantu sesama.

"Merek warga Badui selalu menjaga kelestarian alam, merusak alam pun tak berani mereka. Sudah sepantasnya kita membantu," ujarnya.

Sebelumnya sempat diberitakan bahwa sekitar 40 rumah dan puluhan lumbung padi warga Suku Badui terbakar pada Kamis, 12 September 2019. Akibatnya mereka kehilangan tempat tinggal dan harus menumpang ke rumah tetangga maupun saudaranya.

Kebakaran di pemukiman Suku Badui Luar, Kampung Kadu Gede, Desa Kaneke, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, memakan dua korban luka. Korban pertama menderita luka bakar ringan bernama Sana (60) dan korban pingsan bernama Jakam (65).

Sana terkena sambaran api saat memadamkan kebakaran dirumahnya. Begitupun Jakam, terlalu banyak menghirup asap api kebakaran hingga sesak nafas dan pingsan.

"Yang di tandu tadinya mau madamin api, dia enggak kuat, kepanasan, pingsan, kekurangan napas dia. Dibawa ke Puskesmas Ciboleger," kata Camat Leuwidamar, Rosid, melalui sambungan selulernya, Kamis (12/09/2019).

Kebakaran siang hari itu terjadi saat perkampungan sepi dari kaum pria yang sedang pergi ke ladang untuk bercocok tanam. Hanya tersisa kaum wanita yang menjaga rumah dan memasak.

Saat kebakaran, kaum wanita berteriak meminta pertolongan, hingga terdengar kaum pria yang ladangnya tak jauh dari lokasi kebakaran. Alhasil, hanya ada sekitar lima pria yang memadamkan api dengan alat seadanya, seperti menyiram air hingga memukul api dengan daun pisang ataupun daun kelapa.

"Ahirnya enggak bisa dipadamin, cuma ada lima orang yang madamin, enggak kekejar kan, kejadian di gunung, anginnya kencang," terangnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: BBKP Surabaya Gagalkan Penyelundupan 74 Ekor Satwa Langka

Posted: 13 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian, BBKP Surabaya, menggagalkan penyelundupan 74 ekor burung langka atau dilindungi asal Kalimantan.

Modusnya burung ilegal ini disembunyikan pada kabin truk dan kolong sasis bawah truk, yang saat itu menumpang KM. Dharma Rucitra VII, tujuan Makassar-Surabaya.

Beginilah video amatir saat petugas Badan Karantina, Kementrian Pertanian, BBKP Surabaya,  menggagalkan upaya penyelundupan 74 ekor burung ilegal atau dilindungi berbagai  jenis asal Kalimantan. Satwa tersebut disembunyikan di kabin truk belakang sopir dan di bawah sasis truk. Saat KM. Dharma Rucitra VII bersandar di Dermaga Gapura Surya Nusantara, Tanjung Perak Surabaya.

Burung yang diselundupkan di antaranya jenis nuri maluku, betet paruh bengkok, kakatua jambul, nuri bayan, perling, bilbong, tuwo dan jenis lainnya. Namun, dari 74 burung, 5 ekor di antaranya dalam keadaan mati. Burung langka ini harganya bervariatif, dari Rp 20 juta-Rp 50 juta. Total semua yang disita mencapai Rp 1 miliar lebih.

"Ancamannya kalau Karantina, melanggar Pasal 6, hukuman 3 tahun, denda Rp 150 juta, Undang Undang Nomor 16 Tahun 1992, tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan," ungkap Musyaffak Fauzi, Kepala BBKP Surabaya, demikian seperti yang dilansir Liputan6, (12/9/2019).

Dua sopir truk pembawa burung langka asal Kalimatan masih dalam pemeriksaan aparat Kepolisian. Jika terbukti bersalah, akan dikenakan hukuman sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Exclusive Live Streaming Indosiar Tira Persikabo vs Persib Bandung di Vidio

Posted: 13 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persib Bandung siap menghadapi Tira Persikabo di laga pekan ke-18 Shopee Liga 1 2019, malam ini. Laga ini akan berlangsung di kandang Tira Persikabo, Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Laga ini jadi momentum kebangkitan buat Persib. Pasalnya, penampilan mereka sama sekali tak meyakinkan di putaran pertama.

Bahkan, Persib belum pernah menang lagi dalam lima pertandingan tandang di Shopee Liga 1 2019. Rinciannya adalah dua kali imbang dan tiga kali kalah.

Persib pun terlihat masih kesulitan bersaing di Shopee Liga 1 2019. Armada Robert Alberts tercecer di peringkat ke-11 dengan raihan 19 poin. Jumlah tersebut dikumpulkan Persib berkat empat kali menang, tujuh kali imbang, dan enam kali kalah.

Di sisi lain, Tira Persikabo masih berada dalam performa terbaiknya. Saat ini mereka berada di posisi kedua klasemen Shopee Liga 1 2019.

Selain di Indosiar, Anda bisa menyaksikan pertandingan Tira Persikabo vs Persib Bandung mulai pukul 18.15 WIB, melalui live streaming exclusive di Vidio Premier dengan berlangganan di link berikut ini.....

Prediksi Susunan Pemain

Aksi Ezechiel N'Douassel pada laga lanjutan Piala Presiden 2019 yang berlangsung di Stadion Jalak Harupat, Kab Bandung, Kamis (7/3). Persib Bandung kalah 2-3 kontra Persebaya Surabaya. (Bola.com/M.Iqbal Ichsan)

Prakiraan susunan pemain

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputra (kiper), Vava Mario, Khurshed Beknazarov, Zoubairou Garba, Abduh Lestaluhu (belakang), Manahati Lestusen, Louise Parfait, Wawan Febrianto, Ciro Alves, Osas Saha, Loris Arnaud (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan (Indonesia)

Persib Bandung (4-2-3-1): I Made Wirawan (kiper), Henhen Herdiana Achmad Jupriyanto, Nick Kuipers, Ardi Idrus (belakang), Abdul Aziz, Omid Nazari, Supardi Nasir, Esteban Vizcarra, Ghozali Siregar (tengah), Kevin van Kippersluis (depan)

Pelatih: Robert Alberts (Belanda)

 

Jadwal Shopee Liga 1 Hari Ini

Sabtu, 14 September 2019

15.30 WIB: Madura United vs Barito Putera (Indosiar)

18.15 WIB: Tira Persikabo vs Persib Bandung (Indosiar)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Kemunculan Bulan Purnama Langka Harvest Moon Semalam Jadi Sorotan

Posted: 13 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada Jumat 13 September 2019 malam terjadi bulan purnama langka di langit yang dijuluki 'Harvest Moon'.

Artikel fenomena yang langka dan baru akan dilihat lagi pada 2049 ini, menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, (13/9/2019).

Dua artikel lain yang menyedot perhatian pembaca adalah bocoran spesifikasi Huawei Mate 30 Pro, dan beredarnya foto boks Huawei Mate 30 di internet.

Untuk lebih lengkapnya, simak Top 3 Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Malam Ini Bakal Ada Bulan Purnama Langka Harvest Moon

Penampakan bulan purnama di tengah air mancur yang menghiasi lanagit kawasan Jakarta, Jumat (13/9/2019). Bulan purnama Harvest Moon yang terjadi malam ini merupakan hal yang langka karena merupakan yang pertama sejak 13 Januari 2006. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Malam ini, tepatnya tanggal Jumat 13 September 2019, bakal ada bulan purnama langka di langit.

Seiring dengan tenggelamnya Matahari pada Jumat ini, kita bakal bisa melihat bulan purnama langka yang dijuluki 'Harvest Moon' di langit.

Bulan purnama Harvest Moon jadi fenomena yang langka, karena tak akan bisa dilihat lagi hingga 2049.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Spesifikasi Huawei Mate 30 Pro Bocor di Internet, Pakai Kirin 990 dan RAM 8GB

Foto render Huawei Mate 30 Pro muncul di internet. (Doc: SlashLinks)

Huawei dijadwalkan bakal mengungkap smartphone terbaru mereka, yakni Mate 30 series di Munich, Jerman, pada 19 September 2019.

Usai beredar bocoran foto boks penjualan yang diyakini adalah untuk Mate 30, kini tersebar informasi tentang spesifikasi salah satu seri Mate 30 yang bakal diumumkan, yaitu Mate 30 Pro.

Hadir dengan label "Pro", dapat dipastikan seri ini bakal menjadi varian paling premium dari Mate 30 series yang diumumkan minggu depan.

Baca selengkapnya di sini

3. Boks Huawei Mate 30 Muncul di Internet, Bagaimana Spesifikasinya?

Bocoran bodi Huawei Mate 30 Pro. (Doc: Gizchina)

Sepekan jelang peluncuran Huawei Mate 30 di Munich, Jerman, bocoran informasi tentang smartphone terbaru milik perusahaan asal Tiongkok tersebut kembali beredar di internet.

Kali ini, informasi yang marak bermunculan di dunia maya adalah foto boks Huawei Mate 30 series. Dikutip dari Gizchina, Jumat (13/9/2019), boks penjualan Huawei Mate 30 versi standar bakal hadir dengan warna hitam dan emas (untuk tulisannya).

Selain menampilkan bentuk dan warna boks penjualan, diketahui juga informasi spesifikasi Mate 30.

Baca selengkapnya di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Pakai Bawang Putih ke Telinga Sebelum Tidur, Pria Alami Nasib Tidak Terduga

Posted: 13 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bawang putih menjadi salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam berbagai masakan agar terasa nikmat dan sedap. 

Santapan yang disaji dengan bawang putih terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kesehatan dan membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Namun ternyata, bawang putih juga menawarkan berbagai manfaat lain yang tidak berhubungan dengan masakan. 

Karena mengandung karbohidrat, protein komplek, serta vitamin dan mineral, bawang putih sering digunakan untuk berbagai masalah kesehatan. Namun sayangnya, seorang pria dari provinsi Shandong, Tiongkok mengalami nasib nahas setelah menggunakan bawang putih untuk masalah di telinganya.

Artikel tentang pakai bawang putih ke telinga saat tidur, pria ini alami nasib nahas menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel mengenai kisah mahasiswa yang disapa BJ Habibie di Jerman.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang puisi manis Habibie melepas kepergian Ainun.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Pakai Bawang Putih ke Telinga Saat Susah Tidur, Pria Ini Alami Nasib Nahas

(worldofbuzz.com)

Seorang pria dari provinsi Shandong, Tiongkok mengalami nasib nahas setelah menggunakan bawang putih untuk masalah di telinganya.

Kisahnya bermula ketika pria bernama Wang sering tidak bisa tidur di malam hari karena sakit telinga yang parah. Suatu hari, ia melihat video di internet yang mengklaim bahwa bawang putih dapat mengobati peradangan.

Selengkapnya...

2. Viral, Kisah Mahasiswa yang Disapa BJ Habibie di Jerman

BJ. Habibie (Instagram/b.jhabibie)

Wafatnya BJ Habibie meninggalkan kesan tersendiri bagi banyak orang. Presiden Indonesia ke-3 ini dikenal sebagai orang yang ramah, murah senyum, dan senang bercengkrama.

BJ Habibie memiliki kedekatan tersendiri dengan negeri Jerman, sebab setelah ia berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) is melanjutkan kuliahnya ke Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule, Jerman hingga jenjang S-3.

Selengkapnya...

3. Nelangsa Setengah Mati, Puisi Manis Habibie Melepas Kepergian Ainun

Presiden BJ Habibie didampingi istrinya Ainun Habibie melambaikan tangan kepada wartawan saat tiba di Gedung Parlemen, Jakarta, 21 Sptember 1999. Habibie bakal dikebumikan di Taman Makan Pahlawan Kalibata Jakarta Selatan pada Kamis, 12 September 2019. (AFP Photo/Oka Budhi)

Sosok BJ Habibie akan selalu dikenang. Dirinya dikenal dengan segudang karya yang membuat Indonesia mendunia. Tidak hanya prestasinya, kisah cinta sejatinya bersama istri, Hasri Ainun Habibie juga selalu menjadi sorotan.

Habibie diketahui sangat mencintai Ainun sepanjang hidupnya. Pasangan yang telah hidup bersama selama 38 tahun ini telah mengajarkan kisah cinta sejati sesungguhnya.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suami Ceritakan Proses Penyebaran Kanker Ria Irawan

Posted: 13 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ria Irawan kembali menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat. Ia harus berjuang kembali melawan penyakit kanker.

Kepada awak media, suami Ria Irawan, Mayky Wongkar, menceritakan awal istrinya mengidap kanker. Pada 2014 Ria divonis menderita kanker endometrium.

Setelah dilakukan kemoterapi, radiasi dan tindakan medis lainnya, Ria Irawan pun dinyatakan sembuh dari penyakit mematikan itu. Namun pada 2017, sel kankernya kembali aktif dan menjalar ke diafraghma.

"Lalu istri saya kembali menjalankan kemotrapi tetapi kali itu tidak disertakan radiasi. Tidak seperti yang awal. Kemo dan radiasi," kata Mayky Wongkar di RSCM, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2019).

Menjalar ke Kepala

Mayky Wongkar dan Ria Irawan. (Instagram/@maykywongkar)

Dan kini penyakit itu menyebar ke dua organ tubuh lainnya. Terhitung 1 September 2019 ia kembali menjalani perawatan intensif.

"Terus hingga saat ini di 2019, sel kanker itu terlihat kembali dari hasil MRI di bagian kepala. Itu ada terdapat tumor di bagian kepala," ungkap dia.

"Dan massa tumor di bagian kepala itu menekan saraf otak istri saya yang mengakibatkan agak sedikit sulit berbicara, dan kehilangan keseimbangan," ia menyambung pernyataan.

Keputusan Dokter

Ria Irawan (Instagram/riairawan)

Selain tumor di kepala, sel kanker juga telah bermetastasis ke organ paru-paru. Terkait keadaan ini, tim dokter akan melakukan penanganan satu per satu, dimulai dari tumor otaknya.

"Langkah awal yaitu radiasi di bagian kepala yang terdapat tumor itu sendiri. Jadi sebenarnya tumor itu dikecilkan aja untuk tidak menekan urat saraf di bagian kepala," kata Mayky Wongkar.

Setelahnya akan dilakukan pengobatan pada paru-paru. "Akan dilakukan namanya relatif kemo untuk bagian tubuh seperti paru dan sebagainya. Jadi ini bukan hal baru, sudah dari 2014," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diabetes dan 4 Faktor Lain yang Tingkatkan Risiko Kena Glaukoma

Posted: 13 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kakak Thareq Kemal Habibie, Ilham Habibie mengungkapkan alasan sang adik menggunakan penutup mata sebelah karena glaukoma. Penyakit ini menyerang mata tepatnya bagian retina karena riwayat penyakit gula yang diderita Thareq sebelumnya.

Diabetes atau lazim disebut masyarakat dengan penyakit gula memang bisa berdampak ke mata. Salah satunya menyebabkan orang itu terkena glaukoma, juga katarak dan retinopati seperti mengutip WebMD.

Namun, diabetes bukan faktor risiko melainkan faktor pemberat seseorang terkena glaukoma seperti disampaikan dokter spesialis mata konsultan Astrianda Suryono.

"Kalau dia punya diabetes, bersama dengan faktor risiko lain, risikonya (terkena glaukoma) lebih tinggi," kata dokter yang karib disapa Tria kepada Liputan6.com beberapa waktu silam.

Selain diabetes, berikut beberapa faktor yang bisa meningkatkan seseorang terkena glaukoma:

1. Genetik

Faktor genetik memiliki peran dalam glaukoma primer. Tria mengatakan jika ada keluarga yang pernah buta karena glaukoma, ada kemungkinan mereka mewariskan gen tersebut pada keturunannya.

"Keturunannya mesti hati-hati," kata Tria.

2. Usia

Pada glaukoma primer, faktor usia juga menyebabkan hal tersebut. Maka dari itu, Tria menyarankan masyarakat untuk melakukan skrining atau pemeriksaan glaukoma secara teratur. Khususnya, jika sudah memasuki usia 60-an.

"Literatur terbaru mengatakan bahwa sebaiknya dari usia 40 sudah diskrining apabila keluarganya ada yang terkena glaukoma."

Memakai Kacamata

Glaukoma adalah salah satu penyebab utama kebutaan di dunia. (Foto: Pixabay)

3. Pemakaian kacamata

Dokter yang sehari-hari praktik di RS Cipto Mangunkusumo Kirana ini mengatakan, mereka yang memiliki kondisi mata miopi atau hipermetropi tinggi diminta untuk berhati-hati. Apalagi jika dia sudah menggunakan kacamata yang ukurannya sangat tinggi.

4. Obat-obatan tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu juga dianggap bisa menambah faktor risiko terkena glaukoma. Khususnya glaukoma sekunder. Selain itu, trauma tertentu juga bisa meningkatkan risiko terkena kondisi mata tersebut.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Onic Ladies Pimpin Klasemen PUBG Mobile Bubu Esports Tournament Womens

Posted: 13 Sep 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Onic Ladies bertengger di puncak klasemen sementara Turnamen PUBG Mobile Bubu Esports Tournament Women's di Nusantara Hall, ICE BSD City, Tangerang, Jumat (13/9/2019). Meski tak meraih Chicken Dinner, Onic Ladies tampil cukup konsisten sejak match pertama hingga ketiga.

Hal tersebut membuat Meutia Maharani dkk. menjadi pemimpin klasemen sementara. Onic Ladies berhasil menutup hari pertama dengan mengumpulkan 28 kill dengan 78 poin, dan hanya terpaut 3 poin dari peringkat kedua, Nara Pixies. 

Mengenai jalannya permainan, pada match pertama Nara Pixies berhasil tampil memukau. Pada circle terakhir di peta Erangel, roster Nara Pixies, Mery, sukses mengatasi empat pemain Onic Ladies.

Walhasil, Nara Esports menjadi yang terbaik dengan meraih 'Chicken Dinner'. Dalam match perdana itu, Nara Esports mengumpulkan 43 poin diikuti Onic Ladies dengan 24 poin.

Sementara pada pada match kedua menjadi miliki Belletron Elite yang berhasil meraih 'Chicken Dinner'. Setelah pada fase terakhir Celo dkk. dengan mudah mengatasi perlawanan Louvre Angels yang hanya menyisakan dua pemain.

Bermain di peta Miramar, Belletron Elite berhasil mengumpulkan 48 poin dan mengakhiri match kedua dengan total 70 point.

Kemudian pada match ketiga yang mendapatkan 'Chicken Dinner' adalah Supplybang Proclaz. Hasil tersebut membuat Supplybang Proclaz menutup hari pertama di posisi kelima klasemen sementara PUBG Mobile Bubu Esports Tournament Day 1.

Akan Makin Menarik pada Hari Kedua

Pertandingan pada hari kedua PUBG Mobile Bubu Esports Tournament, Sabtu (14/9/2019), tentunya akan semakin menarik. Pasalnya, poin antara peringkat pertama dengan peringkat kelima hanya terpaut delapan poin.

Pada hari kedua, pertandingan akan berlangsung di peta Vikendi dan Erangel. Kemenangan menjadi sangat penting bagi tiap-tiap tim terutama penghuni lima tim teratas.

Disadur dari Bola.com (Penulis Faozan Tri Nugroho/Editor Benediktus Gerendo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Kebersamaan Ega Noviantika dan Rafly D'Academy, Kini Resmi Bertunangan

Posted: 13 Sep 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari pasangan penyanyi dangdut muda Ega Noviantika dan Rafly D'Academy. Hal ini lantaran keduanya kini telah resmi bertunangan yang digelar pada Rabu, 11 September 2019. Namun hal ini diketahui publik sehari setelah acara tersebut.

Kabar bahagia ini diketahui dari foto unggahandua penyanyi dangdut jebolan D'Academy tersebut pada Kamis (14/9/2019). Siapa sangka Ega dan Rafly yang dipertemukan lewat kompetisi ajang pencarian bakat ini akhirnya memutuskan untuk melanjutkan hubungan kejenjang yang lebih serius.

Bahkan hal ini juga dinantikan oleh para penggemar mereka yang sudah menunggu hari spesial ini. Acara keduanya diketahui berlangsung di rumah dan digelar secara sederhana dengan adat Sunda. Meski belum menentukan tanggal pernikahan mereka, pedangdut cantik berusia 20 tahun ini menyebut jika kemungkinan hari spesial tersebut akan dilangsungkan tahun ini.

Usai bertunangan, keduanya juga menceritakan awal mula pertemuan mereka hingga akhirnya menjalin hubungan. Berikut 6 kebersamaan Ega Noviantika dan Rafly D'Academy yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (14/9/2019).

1. Siapa sangka, kisah cinta dua pedangdut muda ini berawal dari ngefans.

Kebersamaan Ega Noviantika dan Rafly D'Academy (sumber: instagram/@da3_muh.rafly)

2. Ega Noviantika adalah salah satu peserta ajang pencarian bakat D'Academy 2, saat itu Rafly mengaku dia adalah penggemar cewek kelahiran 2 November 1998 tersebut.

Kebersamaan Ega Noviantika dan Rafly D'Academy (sumber: instagram/@da3_muh.rafly)

3. Setalah itu Rafly mengikuti ajang yang sama di season berikutnya. Dan setelah kompetisi selesai mereka terlibat dalam proyek yang sama.

Kebersamaan Ega Noviantika dan Rafly D'Academy (sumber: instagram/@da3_muh.rafly)

4. Selain proyek duet bareng, keduanya juga terlibat dalam sebuah FTV.

Kebersamaan Ega Noviantika dan Rafly D'Academy (sumber: instagram/@anisaragalv18)

5. Ega dan Rafly juga sering digoda teman-temannya dan kebetulan keduanya kerap manggung bersama. Akhirnya kedekatan antara Ega dan Rafly mulai terjalin.

Kebersamaan Ega Noviantika dan Rafly D'Academy (sumber: instagram/@anggiragalovers95)

6. Sekali lagi selamat buat Ega dan Rafly, semoga lancar sampai hari H.

Kebersamaan Ega Noviantika dan Rafly D'Academy (sumber: instagram/@da3_muh.rafly)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesaksian Warga Saat Detik-Detik Gudang Amunisi di Mako Brimob Srondol Meledak

Posted: 13 Sep 2019 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ledakan keras di gudang amunisi Markas Brimob, Srondol, Semarang, Jawa Tengah mengagetkan warga. Mereka yang berada terdekat dari lokasi kejadian langsung berlari ke tempat yang lebih aman.

Menurut kesaksian warga, Sapta M, ledakan di gudang amunisi itu sebenarnya sudah terdengar sejak sebelum pukul 07.00 WIB. Namun masyarakat menganggapnya itu bukan suara ledakan.

"Jam 7 kurang udah ada ledakan. Sudah ada suara kecil. Pas terdengar suara besar, tetangga keluar. Ada apa ini kok besar," ujar Sapta saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (14/9/2019).

Dia menuturkan, suara ledakan dari gudang amunisi itu terdengar beragam. Kadang kecil dan juga ada ledakan besar yang terdengar. Suasana itu berlangsung belasan menit.

"Sekitar sampai 15 menit sampai yang terakhir besar, nyusul suara ledakan yang kecil-kecil juga. Jadi ada kecil dan besar," ucap dia.

 

Pecahkan Kaca Rumah Warga

Ilustrasi ledakan bom (iStockPhoto)

Ia yang tinggal sekitar 400 meter dari lokasi kejadian merasakan getaran akibat ledakan gudang amunisi tersebut. Namun, getaran itu tidak merusak rumahnya.

"Kalau yang lebih dekat, suara ledakannya keras. Tetangga yang belakang Brimob, kaca rumahnya pecah," kata Sapta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenaikan Cukai 23 Persen Beratkan Industri Rokok

Posted: 13 Sep 2019 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perkumpulan Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (GAPPRI) menilai, keputusan Pemerintah menaikan cukai rokok rata-rata 23 persen dan harga jual eceran (HJE) 35 persen memberatkan Industri Hasil Tembakau (IHT).

Ketua Umum Perkumpulan GAPPRI, Henry Najoan menyatakan keputusan yang dilakukan Pemerintah ini juga tidak pernah dikomunikasikan dengan kalangan industri terkaitan cukai rokok.

 

"Selama ini, informasi yang kami terima rencana kenaikan cukai dikisaran 10 persen, angka yang moderat bagi kami meski berat," kata Henry di Jakarta, Sabtu (14/9/2019).

Perlu diketahui, bila cukai naik rokok 23 persen dan HJE naik 35 persen di 2020 maka industri harus setor cukai dikisaran Rp 185 triliun, mengingat target cukai tahun ini Rp 157 triliun, belum termasuk Pajak Rokok 10 persen dan Ppn 9,1 persen dari HJE.

"Dengan demikian setoran kami ke pemerintah bisa mencapai Rp 200 triliun. Belum pernah terjadi kenaikan cukai dan HJE yang sebesar ini. Benar-benar di luar nalar kami!," tegasnya.

Henry menyatakan, masalah lain yang dihadapi industri adalah peredaran rokok ilegal. Saat cukai naik 10 persen saja peredaran rokok ilegal demikian marak, dengan kenaikan cukai 23 persen dan kenaikan HJE 35 persen dapat dipastikan peredaran rokok ilegal akan semakin marak.

 

Pasar sedang Lesu

Sejumlah batang rokok ilegal diperlihatkan petugas saat rilis rokok ilegal di Kantor Direktorat Jenderal Bea Cukai, Jakarta, Jumat (30/9). Rokok ilegal ini diproduksi oleh mesin dengan total produksi 1500 batang per menit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pelaku IHT juga menghadapi situasi pasar yang masih lesu. Kenaikan cukai mencapai 23 persen dan kenaikan HJE 35 persen tentu akan berakibat makin turunnya produksi IHT.

"Dan akan berakibat kepada menurunnya penyerapan tembakau dan cengkeh, serta dampak kepada tenaga kerja," ujarnya.

Belum lagi rencana simplifikasi atau penggabungan layer yang akan dilakukan pemerintah. Simplifikasi cukai merupakan ancaman bagi industri

Maraknya rokok elektrik juga ancaman bagi IHT. Rokok elektrik saat ini mulai tumbuh dengan perlakuan peraturan yang berbeda dengan rokok konvensional.

"Kelihatannya memang Pemerintah tidak peduli pada industri hasil tembakau ,tidak memperhatikan nasib tenaga kerja dan petani tembakau dan cengkeh. Kami tidak bisa membayangkan kesulitan yang akan kami hadapi ke depan," tukasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ledakan di Mako Brimob Semarang, Polri Data Jumlah Rumah Warga yang Rusak

Posted: 13 Sep 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko A Dahniel memastikan belum ada korban jiwa usai ledakan di gudang amunisi Mako Brimob Srondol Semarang Jawa Tengah. Diketahui, ledakan tersebut terjadi pada pukul 07.00 WIB.

"Penyisiran kami rumah warga, (dan) tidak ada warga yang menjadi korban, kita evakuasi ke tempat aman," kata Irjen Rycko saat dikonfirmasi, Sabtu (14/9/2019).

Sementara ini, sejumlah rumah warga rusak akibat ledakan di Mako Brimob Semarang. Kaca-kaca di beberapa rumah pecah. Irjen Rycko mengatakan Polda Jawa Tengah akan mendata kerusakan tersebut.

"Insyaallah kita data (dahulu)," jelas jenderal bintang dua ini soal ledakan di Mako Brimob Semarang.

Senada, Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetya mengatakan hal terdampak kepada warga sekitar pasca ledakan hanyalah rumah-rumah mereka. Bangunan tersebut mengalami kerusakan, kendati dia belum menjelaskan detil separah apa kerusakannya.

 

1 Orang Terluka

Ilustrasi ledakan bom (iStockPhoto)

Sebelumnya, gudang senjata milik Polri meledak dan terbakar. Posisi gudang tersebut diketahui berjarak 100 meter dan dibatasi oleh sebuah dinding pembatas dengan pemukiman warga.

Situasi di tempat kejadian, menurut penuturan Irjen Rycko terdapat atap bangunan gedung hancur dan mobil-mobil angkutan dengan seorang anggota Brimob terluka terkena serpihan ledakan.

"Mobil ringsek dan satu anggota Brimbob terluka karena terkena serpihan ledakan," tutur Rycko.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan, Manis dan Mengenyangkan

Posted: 13 Sep 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat ubi jalar ungu tak kalah bernutrisi dari ubi jalar lainnya. Ubi jalar ungu memiliki rasa manis dan gurih kerap digunakan dalam berbagai hidangan. Warna ungunya yang menarik juga menjadi pikihan olahan makanan lezat seperti kue dan camilan.

Manfaat ubi jalar ungu didapat dari nutrisinya yang melimpah. Umbi ini mereka sarat dengan vitamin, mineral, dan antioksidan, yang semuanya dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat ubi jalar ungu juga bisa digunakan sebagai pengganti sumber karbohidrat sehat Ubi jalar ungu menawarkan serat makanan yang sehat untuk jantung dan tidak mengandung lemak atau kolesterol. Anda bisa mendapatkan manfaat ubi jalar ungu dengan merebus atau menambahkannya pada olahan makanan lain.

Manfaat ubi jalar ungu juga dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh. Manfaat ubi jalar ungu bisa meningkatkan kualitas kesehatan secara keseluruhan. Berikut manfaat ubi jalar ungu yang berhasil Liputan6.com dari Healthline, Sabtu (14/9/2019).

Kaya Antioksidan Pencegah Kanker

Ubi Jalar (Sumber: Pixabay)

Ubi ungu kaya akan antioksidan, termasuk anthocyanin dan vitamin C. Antioksidan membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Kerusakan radikal bebas terkait dengan banyak kondisi kronis, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dan gangguan neurodegeneratif.

Ubi ungu adalah sumber vitamin C, yang bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan hingga 35%, melindungi tubuh dari kerusakan sel oksidatif.

Antosianin dalam ubi ungu juga merupakan jenis antioksidan polifenol. Makan buah-buahan dan sayuran yang kaya polifenol secara teratur telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa jenis kanker. Penelitian yang menjanjikan menunjukkan bahwa dua anthocyanin dalam ubi ungu - cyanidin dan peonidin - dapat mengurangi pertumbuhan beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar, paru-paru, dan prostat.

Stabilkan Gula Darah

Ilustrasi Gula Darah (sumber: iStockphoto)

Flavonoid dalam ubi ungu telah terbukti membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Obesitas dan peradangan yang disebabkan oleh stres oksidatif meningkatkan risiko resistensi insulin, kontrol gula darah yang buruk, dan diabetes tipe 2.

Satu studi tabung mengamati bahwa ekstrak ubi ungu yang kaya flavonoid mengurangi stres oksidatif dan resistensi insulin dengan melindungi sel-sel penghasil insulin di hati. Penelitian lain melaporkan bahwa suplemen ubi ungu mengurangi tingkat penyerapan gula darah pada tikus dengan kadar tinggi, menghasilkan peningkatan kontrol gula darah.

Ini mungkin sebagian disebabkan oleh indeks glikemik rendah ubi jalar ungu. Ubi ungu memiliki indeks glikemik 24, artinya karbohidrat dipecah menjadi gula secara perlahan, menghasilkan pelepasan energi yang stabil alih-alih lonjakan gula darah.

Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Turunkan tekanan darah tinggi (Ilustrasi/iStockphoto)

Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama untuk serangan jantung dan stroke. Ubi ungu memiliki efek menurunkan tekanan darah. Para peneliti percaya ini kemungkinan karena kandungan antioksidannya yang melimpah.

Sebuah penelitian tabung reaksi menemukan bahwa ubi ungu mengandung antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara yang mirip dengan obat penurun tekanan darah umum yang disebut inhibitor enzim pengonversi angiotensin.

Penelitian tabung reaksi lain menunjukkan bahwa antioksidan dalam ubi ungu dapat mencegah konversi angiotensin 1 menjadi angiotensin 2, suatu senyawa yang bertanggung jawab atas peningkatan tekanan darah.

Meningkatkan Gejala Asma

Foto Ilustrasi Penyakit Asma atau Sesak Nafas (iStokphoto)

Penelitian menunjukkan bahwa asupan antioksidan yang tinggi seperti vitamin A dan C dikaitkan dengan penurunan risiko asma. Satu ulasan dari 40 studi menemukan bahwa kejadian asma pada orang dewasa dikaitkan dengan asupan vitamin A yang rendah.

Faktanya, mereka yang menderita asma hanya memenuhi sekitar 50% dari asupan vitamin A yang direkomendasikan setiap hari, rata-rata.

Selain itu, kejadian asma meningkat 12% pada mereka yang memiliki asupan vitamin C diet rendah. Ubi ungu adalah sumber antioksidan dan vitamin A dan C yang baik, membantu tubuh mencapai tingkat asupan harian untuk vitamin ini.

Tingkatkan Kesehatan Usus

Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Ubi ungu penuh karbohidrat kompleks dan sumber pati resisten yang baik, sejenis karbohidrat yang tahan terhadap pencernaan. Satu penelitian tabung menunjukkan bahwa pati resisten dari ubi ungu meningkatkan jumlah Bifidobacteria, sejenis bakteri usus yang menguntungkan, dalam simulasi lingkungan usus besar.

Bakteri ini memainkan peran penting dalam kesehatan usus, membantu pemecahan karbohidrat kompleks dan serat. Mereka bahkan dapat membantu mengurangi risiko kondisi tertentu, seperti kanker kolorektal, penyakit radang usus, dan sindrom iritasi usus besar. Bifidobacteria juga menghasilkan asam lemak sehat dan vitamin B.

Tingkatkan Fungsi Penglihatan

Tingkatkan fungsi pengelihatan(sumber: iStockphoto)

Ubi jalar ungu adalah sumber vitamin A yang sangat baik. Ubi berukuran sedang menghasilkan 1.643 ekuivalen aktivitas retinol - retinol menjadi bentuk vitamin A yang digunakan dalam mengukur jumlah vitamin. Rekomendasi harian untuk vitamin A adalah 600 hingga 900 mikrogram setara aktivitas retinol.

Vitamin A sudah tak diragukan lagi perannya untuk kesehatan mata. Studi-studi tabung juga menemukan bahwa anthocyanin pada ubi ungu dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan, yang mungkin signifikan bagi kesehatan mata secara keseluruhan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Shopee Liga 1 2019: Gusur Arema, PSS Merangsek ke Empat Besar

Posted: 13 Sep 2019 08:35 PM PDT

Jakarta- Empat pertandingan digelar sepanjang Jumat sore dan malam (13/9/2019), yang merupakan hari pertama pekan ke-18 Shopee Liga 1 2019 sekaligus juga menandai dimulainya putaran kedua kompetisi kasta tertinggi di Indonesia ini.

Empat pertandingan itu, adalah Bhayangkara FC menjamu Bali United, Semen Padang menghadapi PSS Sleman, Kalteng Putra kontra Persebaya Surabaya, serta Arema melawan Borneo FC.

Jika mengacu pada hasil, laga-laga kali ini tak berpihak kepada tim tuan rumah. Tiga dari empat tim yang berstatus tuan rumah, yakni Bhayangkara, Kalteng Putra, Arema gagal menang setelah masing-masing ditahan tim tamu.

Hasil lebih mengecewakan lagi diperoleh Semen Padang yang harus takluk 0-1 dari PSS di depan publik sendiri, Stadion H. Agus Salim.

Kekalahan itu membuat Semen Padang tak beranjak dari dasar klasemen sementara Liga 1 2019, dan bahkan, ambisi menyamai poin Persija Jakarta yang ada di peringkat ke-17 (14), gagal terwujud.

Sementara Arema, juga terpaksa menunda keinginan memantapkan posisi di papan atas. Alih-alih tim Singo Edan justru turun peringkat, ke posisi kelima. 

Sedangkan PSS, berkat tambahan tiga poin dari Padang, melonjak tiga setrip dan makin kukuh di zona atas, tepatnya di peringkat keempat, menggeser Arema. Kendati, baik Arema dan PSS sama-sama mengumpulkan poin 27.

Untuk posisi puncak klasemen sementara, Bali United masih bercokol di sana. Meski gagal menundukkan Bhayangkara FC, tambahan satu poin dari partai di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, cukup berguna untuk menjaga diri dari kejaran pesaing terdekat.

Silakan simak di bawah ini untuk mengetahui klasemen Liga 1 2019 hingga Sabtu pagi (14/9/2019) selengkapnya.

Striker Bali United, Stefano Lilipaly, berusaha melewati pemain Bhayangkara FC pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jumat (13/9). Bhayangkara bermain imbang 0-0 atas Bali United. (Bola.com/Yoppy Renato)

Data - Fakta

  • Hasil Pertandingan Jumat (13/9/2019)

Semen Padang vs PSS Sleman 0-1 (Sidik Saimima 83')

Bhayangkara FC vs Bali United 0-0

Kalteng Putra vs Persebaya Surabaya 1-1 (Diogo Campos 29'/Osvaldo Haay 14')

Arema vs Kalteng Putra 2-2 (Ricky Kayame 40', 42'/M. Sihran 34', Abrizal Umanailo 46')

 

  • Klasemen Shopee Liga 1 2019 hingga Sabtu pagi (14/9/2019)
 
 
 
View this post on Instagram

Klasemen sementara Shopee Liga 1 2019, Jumat (13/9). __ #ShopeeLiga1 #ShopeeForMen #ShopeeID

A post shared by Shopee Liga 1 (@liga1match) on

Untuk klasemen lengkap Shopee Liga 1 2019 pekan ke-17, silakan klik di sini

Disadur dari Bola.com (Penulis Aning Jati/Editor Rizki Hidayat)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pemadam Kebakaran Berjibaku Padamkan Karhutla Pekanbaru

Posted: 13 Sep 2019 08:32 PM PDT

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api saat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019). Karhutla yang mengakibatkan kabut asap menyebabkan jarak pandang sampai titik terendahnya pada tahun ini, yakni hanya 300 meter saja. (ADEK BERRY/AFP)

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api saat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019). Karhutla yang mengakibatkan kabut asap menyebabkan jarak pandang sampai titik terendahnya pada tahun ini, yakni hanya 300 meter saja. (ADEK BERRY/AFP)

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api saat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019). Karhutla menyebabkan kualitas udara pada level berbahaya. (ADEK BERRY/AFP)

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api saat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019). Karhutla menyebabkan kualitas udara pada level berbahaya. (ADEK BERRY/AFP)

Api membakar hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru pada Jum'at pagi menyatakan jarak pandang di Pekanbaru hanya 300 meter. (ADEK BERRY/AFP)

Api membakar hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru pada Jum'at pagi menyatakan jarak pandang di Pekanbaru hanya 300 meter. (ADEK BERRY/AFP)

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api saat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019). Kabut asap hasil karhutla menyebabkan kegiatan belajar mengajar di Kota Pekanbaru lumpuh. (ADEK BERRY/AFP)

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api saat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019). Kabut asap hasil karhutla menyebabkan kegiatan belajar mengajar di Kota Pekanbaru lumpuh. (ADEK BERRY/AFP)

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api saat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019). BMKG Pekanbaru memperingatkan masyarakat waspada terhadap penurunan kualitas udara dan jarak pandang karena peningkatan polusi. (ADEK BERRY/AFP)

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api saat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019). BMKG Pekanbaru memperingatkan masyarakat waspada terhadap penurunan kualitas udara dan jarak pandang karena peningkatan polusi. (ADEK BERRY/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kriminal Surabaya Sepekan: Polisi Ringkus Komplotan Pencopet dan Pencuri Motor

Posted: 13 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada pekan ini diawali dengan keberhasilan Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) meringkus penyelundupan 74 ekor burung langka dari Palu, Sulawesi di Pelabuhan Tanjung Perak. Penangkapan ini terjadi berkat aduan masyarakat.

"Kami kemudian mengajak petugas dari kepolisian untuk melakukan penyelidikan. Saat kami sergap memang sopir dua unit truk tidak dapat menunjukkan surat-surat atau dokumen resmi," ujar Kepala BBKP Surabaya, Musyaffak Fauzi, dilansir Antara pada Selasa, 10 September 2019.

Selain kasus tersebut, Polresta Sidoarjo meringkus dua orang terduga pembuat minuman keras jenis arak secara ilegal. Dua pelaku tersebut berinisial NS dan PM.

Polisi juga berhasil meringkus pencuri mobil majikan oleh sopir pribadi di Surabaya. Tersangka RA mengaku mencuri mobil untuk uang perawatan.

Tak hanya itu, Polda Jatim menelusuri transaksi keuangan mencurigakan dari enam rekening milik tersangka kasus dugaan hoaks Asrama Mahasiswa Papua Surabaya, Veronica Koman.

Berikut sejumlah kasus yang terungkap pada pekan ini, dan sita perhatian di Surabaya dan sekitarnya yang dirangkum pada Sabtu, (14/9/2019):

1. Penyelundupan Puluhan Burung Langka Berhasil Digagalkan BBKP Surabaya

Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) berhasil meringkus 74 ekor burung langka dari Palu. Peringkusan terjadi di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Sayangnya, 5 ekor di antaranya ditemukan sudah mati karena mati kelelahan di dalam kapal.

Burung-burung yang diamankan diantara berjenis nuri maluku, betet paruh bengkok, kakatua jambul jingga, kakatua jambul kuning, nuri bayan, perling, bilbon, dan tuwo.

Burung-burung tersebut, kata dia, ditemukan di dalam dua unit truk yang berlayar menggunakan Kapal Motor Dharma Rucitra VII dari Makassar, Sulawesi Selatan dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Empat orang pengurus truk sedang menjalani pemeriksaan. Kasus ini akan terus dikembangkan untuk mengungkap siapa saja yang terlibat dalam penyelundupan ini.

Berita selengkapnya baca di sini

2. Polres Kota Sidoarjo Bekuk Pelaku Pembuat Arak Ilegal

Petugas Satuan Reserse Kriminal Polresta Sidoarjo, Jawa Timur, membekuk dua orang yang diduga membuat minuman keras jenis arak secara ilegal. Kegiatan tersebut  cukup meresahkan masyarakat.

Menurut Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Komisaris Besar Polisi Zain Dwi Nugroho, dua orang tersebut berinisial NS dan PM.

"Keduanya tinggal di Desa Sumorame, Candi Sidoarjo, saat memproduksi minuman arak tersebut," ujar dia dilansir Antara, Rabu, 11 September 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

3. Polisi Tembak Kaki Pelaku Spesialis Pembobol Rumah

Kaki pelaku spesialis pembobolan rumah kosong di Mojokerto terpaksa ditembak polisi karena melakukan perlawanan saat hendak ditangkap.

Dari pengakuan pelaku, dirinya nekat membobol rumah yang ditinggal penghuninya, dan menguras habis harta benda korban, karena hasil berjualan nasi goreng tak cukup untuk biaya pengobatan penyakit liver anaknya.

Menurut keterangan Kapolres Kota Mojokerto, AKBP Sigit Dany Setiyono, selama tiga tahun pelaku telah beraksi di 19 TKP.

Berita selengkapnya baca di sini

Remaja Tusuk Pelaku Begal

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

4. Remaja Tusuk Pelaku Begal demi Lindungi Pacarnya

Seorang pemuda berhasil diamankan Satuan Reskim Polres Malang setelah sebelumnya melakukan pembelaan diri dengan menusuk Misnan, pelaku pembegalan. Polisi juga menangkan dua tersangka lain, yaitu AM dan RZ.

Awal peristiwa tersebut terjadi karena Misnan dan temannya melakukan pemerasan terhadap ZE dan pacarnya. Kelompok begal ini meminta handphone serta motor ZE serta hendak memperkosa pacar ZE. Merasa terancam, ZE melakukan perlawanan dengan menggunakan pisau hingga akhirnya Misnan tewas terkena tusukan di dada.

Dari penangkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan dua unit handphone, senapan angin, serta baju dan celana Misnan. Polisi belum menetapkan status tersangka ZE, terjerat pasal pembunuhan atau pasal membela diri, karena masih didalami sambil memburu satu teman korban yang masih buron.

Berita selengkapnya baca di sini

5. VIDEO: Sopir Pribadi Ketahuan Curi Mobil Majikannya di Surabaya

Seorang pemuda di Surabaya, dibekuk Unit Reskrim Polsek Sukomanunggal, setelah terekam kamera CCTV mencuri mobil majikannya. Di hadapan polisi, tersangka mengaku nekat mencuri mobil karena butuh uang perawatan.

Pelaku berinisial RA (30), diringkus petugas Unit Reskrim Polsek Sukomanunggal di tempat kerjanya, di Jalan Kupang Baru Surabaya. Saat ditangkap, bapak satu anak itu hanya bisa menangis.

Pelaku tak bisa mengelak saat dilihatkan rekaman CCTV ketika melakukan pencurian mobil milik Vino, yang tak lain adalah majikannya sendiri.

Berita selengkapnya baca di sini

6. VIDEO: Polisi Bekuk Komplotan Pencopet Asal Surabaya yang Beraksi di Ngawi

Salah satu dari enam copet asal Surabaya, Jawa Timur, yang berhasil ditangkap tim Resmob Polisi Resor Ngawi, ditembak. Pelaku, disergap setelah mobil yang mereka tumpangi, terjebak di jalan buntu, usai melakukan aksinya di alun-alun kota setempat.

Inilah 6 pelaku copet asal Surabaya, yang berhasil dibekuk tim Resmob Polres Ngawi. Satu di antara enam tersangka, ditembak kakinya, karena melawan saat ditangkap. Mereka adalah ES (34), DD (30), JS (42), RB (28), DH (24), serta AR (21), yang kakinya ditembak karena berusaha melawan.

Enam pelaku yang asli Surabaya, ditangkap di sebuah jalan buntu ketika berusaha kabur dari kejaran polisi, usai melakukan aksinya di arena konser musik di alun-alun kota Ngawi. Modusnya, salah satu pelaku, mengalihkan perhatian warga dengan cara menyalakan petasan.

Berita selengkapnya baca di sini

Berkedok Pengamen Curi Motor Warga

Ilustrasi Penangkapan (Liputan6.com/M.Iqbal)

7.VIDEO: Dua Orang Berkedok Pengamen di Sidoarjo Curi Motor Warga

Komplotan curanmor berkedok pengamen, membawa kabur satu sepeda motor milik warga yang sedang terparkir di dalam rumah di kawasan perumahan Pondok Jati, Sidoarjo, Jawa Timur. Satu pelaku curanmor dapat diamankan warga, dan diserahkan ke polisi. Aksi pelaku sempat terekam kamera CCTV.

Aksi pencurian kendaraan bermotor ini tertangkap kamera CCTV, salah satu tetangga korban yang memasang CCTV di halaman rumahnya di  perumahan Pondok Jati Sidoarjo.

Terlihat komplotan pelaku yang berkedok pengamen mondar mandir, untuk memastikan lingkungan sepi. Pelaku selanjutnya beraksi membawa kabur sepeda motor.Beruntung warga berhasil mengamankan pelaku dan langsung diserahkan ke polisi.

Berita selengkapnya baca di sini

8.VIDEO: Polrestabes Surabaya Gerebek Pabrik Makanan Tak Punya Izin Edar

Unit Pidana Ekonomi Satreskrim Polrestabes Surabaya, melakukan penggerebekan di sebuah gudang pabrik yang memproduksi pangan ilegal, di Jalan Zamhuri Rungkut Tengah Surabaya. Produk ilegal tersebut berupa makanan ringan tanpa dilengkapi izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dari sembilan jajanan yang diproduksi oleh PT USJ ini, ada empat merek di antaranya, Rajakong, Idola, Belang, Goceng, dan Gopek, yang belum dilengkapi izin edar dari BPOM.

Makanan ringan yang biasa dikonsumsi anak-anak itu, sudah satu tahun berproduksi, dan diedarkan di luar kota Surabaya. Omzet penjualan mencapai miliaran rupiah, dalam satu bulan. Terkait apakah ada kandungan berbahaya dalam makanan tersebut ? Petugas telah mengirim sampel ke BPOM dan tengah menunggu hasil uji lab.

Berita selengkapnya baca di sini

9. Polisi Selidiki Transaksi Di Rekening Veronica

Terdapat transaksi keuangan yang cukup signifikan di enam rekening tambahan milik Veronica Koman, tersangka kasus hoaks Asrama Mahasiswa Papua Surabaya.

"Masih kami telusuri terus. Ada beberapa yang cukup signifikan dari transaksi dana yang masuk," ujarnya kepada wartawan di Mapolda Jatim di Surabaya pada Jumat, 13 September 2019 dilansir Antara.

Transaksi mencurigakan di beberapa rekening Veronica, yakni ada penarikan uang di beberapa wilayah.

Berita selengkapnya baca di sini

 

(Tito Gildas, Mahasiswa Kriminologi Universitas Indonesia)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Desta Akui Tompi Sempat Mengeluh Saat Jadi Sutradara Pretty Boys

Posted: 13 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai produser dalam film terbarunya bersama Vincent Rompies, Pretty Boys, Desta dengan cermat memilih sutradara yang akan mengarahkan filmnya tersebut. Namun siapa sangka Desta ternyata memilih Tompi.

Tompi selama ini dikenal sebagai penyanyi sekaligus dokter bedah plastik. Dengan dipilihnya Tompi sebagai sutradara, tentu saja menjadi pertanyaan bagi orang banyak. Menanggapi hal tersebut, Desta dan Vincent Rompies mengungkapkan keinginan mereka untuk membawakan sesuatu yang fresh.

Pada awalnya, Desta dan Vincent Rompies memiliki keinginan untuk bermain bersama dalam sebuah film. Desta kemudian menceritakan bagaimana Tompi dipilih sebagai sutradara film Pretty Boys.

"Jadi kita berdua nih nyari cerita sebetulnya. Ada beberapa cerita yang masuk tapi kita kurang sreg. Terus gue inget Tompi, karena Tompi ini kan doyan bikin film pendek. Jadi gue WhatsApp, 'Tom, lo punya cerita enggak buat gue sama Vincent?' Dia jawab, 'Gue lagi di Rusia nih.' Akhirnya, 5 menit kemudian dia telepon balik, 'Oke, gue ada nih' gitu," ujar Desta dalam wawancara Facebook Live bersama Liputan6.com di Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019). 

Semangat untuk Ide Film

Cast Film Pretty Boys, Vincent dan Desta (Liputan6.com/ Andika Zulfikar)

Desta mengungkapkan semangat yang dimiliki Tompi ketika membuat ide cerita untuk filmnya. Tompi berangkat pada ide awal sederhana namun berhasil menarik perhatian Desta.

"Dia punya semangat ngasih tau idenya, jadi kita berdua nih dari kampung pengin terkenal, pengin masuk TV. Sampai akhirnya mereka masuk dunia yang bukan jati diri mereka sebenarnya. Ide awalnya seperti itu," papar Desta.

Keluhan Tompi

Penyanyi sekaligus dokter bedah, Tompi memberi keterangan terkait wajah bengkak Ratna Sarumpaet di Jakarta, Rabu (3/10). Tompi beranggapan dia tak punya kapasitas berpendapat memastikan foto Ratna Sarumpaet yang tersebar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Proses syuting film Pretty Boys memakan waktu selama enam minggu. Dalam jangka waktu tersebut, sesekali Tompi mengeluh pada Desta dan Vincent Rompies. Kendati demikian, Tompi mengatakannya dengan nada bercanda.

"Makanya dia ngoceh melulu, ya walaupun kita tahu dia bercanda. Kalau sudah jam-jam malam dia bilang, 'Haduh, kalau gua operasi gue udah dapet banyak'. Kayak gitu-gitu lah. Kita tahu Tompi," ujar Vincent Rompies.

(Affiyah Tri Yuni Sari/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Premier League Hari Ini: MU vs Leicester

Posted: 13 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Pekan kelima Premier League bakal berlangsung Sabtu (14/9/2019). TVRI sebagai pemegang hak siar Premier League di Indonesia bakal menyiarkan salah satu pertarungan sengit.

Duel Premier League yang bakal mereka siarkan adalah laga Manchester United (MU) vs Leicester City di Old Trafford. Kemenangan pun jelas jadi target utama. Pasalnya, sebelum jeda, mereka hanya mampu bermain imbang 1-1 lawan Southampton.

Namun, masalahnya, kekuatan MU terancam tergerus. Pasalnya, mereka kemungkinan tidak bisa memainkan lima pilar penting: Aaron Wan-Bissaka, Jesse Lingard, Luke Shaw, Anthony Martial, dan Paul Pogba, lantaran cedera.

Di sisi lain, Leicester City dipastikan datang ke Old Trafford dengan kepercayaan diri tinggi. Di laga terakhir, Jamie Vardy dan kawan-kawan sukses mengalahkan Bournemouth 3-1.

Berikut jadwal Premier League antara MU vs Leicester City di Liga Inggris yang akan disiarkan TVRI dan Mola TV.

 

Jadwal Hari Ini

Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak Marcus Rashford ke gawang Chelsea. (AFP/Oli Scarff)

Sabtu, 14 September 2019

18.30 WIB, Liverpool Vs Newcastle United (Mola TV)

21.00 WIB, Manchester United Vs Leicester City TVRI/Mola TV)

21.00 WIB, Brighton Vs Burnley (Mola TV)

21.00 WIB, Sheffield United Vs Southampton (Mola TV)

21.00 WIB, Tottenham Hotspur Vs Crystal Palace (Mola TV)

21.00 WIB, Wolverhampton Wanderers Vs Chelsea (Mola TV)

23.30 WIB, Norwich Vs Manchester City (Mola TV)

 

Jadwal Besok

Minggu, 15 September 2019

20.00 WIB, Bournemouth vs Everton

22.30 WIB, Watford vs Arsenal

Selasa, 17 September 2019

02.00 WIB, Aston Villa Vs West Ham

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Disposal Bom dan Peledak yang Ada di Gudang Amunisi di Mako Brimob Semarang

Posted: 13 Sep 2019 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masih ada bom dan bahan peledak yang tersisa di gudang amunisi Mako Brimob Srondol, Semarang. Tim Gegana Polda Jawa Tengah memutuskan untuk mendisposal seluruh amunisi yang tersisa.

"Sekarang ini kami tengah mendisposal peledak yang tersisa," ujar Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel ketika dihubungi, Jakarta, Sabtu (14/9/2019).

Menurut dia, ada bom besar sisa perang dunia yang disimpan di gudang amunisi tersebut. Untuk mendisposal bom ini, Polda Jateng berkoordinasi dengan Mabes Polri. Sebab, Polda Jateng tidak memiliki alat yang memadahi.

"Bom-bom besar, sisa-sisa perang dunia, proses disposalnya pakai alat khusus," kata Rycko.

Dia mengatakan ledakan di gudang amunisi Mako Brimob Srondol terjadi setidaknya tiga kali, pukul 07.00 WIB tadi. Polisi kemudian bergerak cepat untuk mengevakuasi warga. 

"Ada ledakan besar sekali, lalu ledakan-ledakan kecil. Sekitar pukul 08.00 WIB, sudah tidak ada lagi ledakan yang terdengar," tutur Rycko.

 

Seorang Anggota Brimob Luka

Ilustrasi Ledakan

Gudang senjata Mako Brimob, Srondol, Semarang meledak pada pukul 07.00 WIB, Sabtu (14/9/2019). Satu anggota Brimob terluka dalam kejadian ini.

"Terluka terkena serpihan ledakan. Korban telah dibawa ke RS Bhayangkara Semarang untuk menjalani perawatan," kata Kapolda Jateng Irjen Rycko A Dahniel, Semarang, Sabtu.

Namun, tak ada masyarakat yang terluka dalam kejadian ini.

"Sampai saat ini tidak ada laporan masyarakat yang terluka akibat kejadian ini," ujar Rycko.

Gudang senjata yang meledak ini adalah tempat penyimpanan bahan peledak yang ditemukan warga. Berisi bom sisa perang yang ditemukan oleh masyarakat.

Dia menegaskan, gudang ini berbeda dengan tempat penyimpanan amunisi milik Brimob.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Seleb Ini Pamer Baby Bump Saat Pakai Baju Renang

Posted: 13 Sep 2019 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu terakhir ini, cukup banyak seleb yang sedang hamil. Beberapa di antaranya banyak yang memang berniat liburan saat kehamilan atau babymoon bersama pasangan.

Di saat liburan inilah terkadang para seleb ini memamerkan baby bumpnya ketika menggunakan pakaian renang. Ya, tak sedikit seleb-seleb yang melakukan pemotretan maternity demi menunjukkan momen bahagia saat hamil.

Nah, biasanya para seleb ini pun tak segan untuk menggunggah potret mereka ke media sosial. Bahkan tak sedikit yang menggunggah potret mereka yang sedang menggunakan baju renang memamerkan baby bump.

Namun sebagai seorang seleb, tentu ada yang memuji ada pula yang menasehati. Meskipun demikian, tak sedikit seleb yang tetap menunjukkan momen bahagia mereka memamerkan baby bump.

Berikut 5 potret seleb pamer baby bump saat pakai baju renang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (14/9/2019).

1. Kimberly Rider kini baru saja mengandung anak pertama, ia memamerkan baby bump saat menggunakan bikini

Kimberly E Ryder (Sumber: Instagram/kimbrlyryder)

2. Shandy Aulia juga tak kalah ingin memamerkan baby bump saat sedang menggunakan baju renang

Shandy Aulia (Sumber: Instagram/shandyaulia)

3. Marrisa Nasution saat hamil di tahun 2018 lalu, memilih menggunakan baju renang untuk memamerkan baby bump

Marissa L Nasution (Sumber: Instagram/marissaln)

4. Sharena Delon yang hamil pada tahun 2018 lalu juga memamerkan baby bump saat bermain air di pantai

Sharena Delon (Sumber: Instagram/mrssharena)

5. Chelsea Olivia saat hamil di tahun 2016 lalu, berenang di kolam memamerkan baby bump-nya

Chelsea Olivia Wijaya (Sumber: Instagram/chelseaoliviaa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Wolverhampton Vs Chelsea: Dilema Lampard

Posted: 13 Sep 2019 08:23 PM PDT

Jakarta Chelsea berkunjung ke Molineux Stadium untuk menghadapi Wolverhampton pada pekan ke-5 Premier League 2019/20, Sabtu (14/9/2019) malam. The Blues tengah menghadapi dilema.

Di Liga Champions tengah pekan nanti, Chelsea akan memainkan laga pertamanya dengan menjamu Valencia. Sebelum itu, The Blues harus terlebih dahulu melalui sebuah laga 'tricky' kontra Wolverhampton di liga. Frank Lampard harus pintar-pintar memilih pemain agar bisa mengeruk kemenangan di dua laga ini.

Wolverhampton belum meraih satu kemenangan pun di Premier League musim ini. Setelah berturut-turut imbang melawan Leicester, Manchester United, dan Burnley di tiga pekan pertama, Wolverhampton menelan kekalahan perdananya dengan skor 2-3 di kandang Everton sebelum jeda internasional kemarin.

The Blues sudah meraih kemenangan pertamanya di era kepelatihan Frank Lampard, ketika bertandang ke markas tim promosi Norwich City pada pekan ke-3. Namun, Chelsea kemudian mengalami antiklimaks dan ditahan imbang tim promosi Sheffield United di Stamford Bridge dengan skor 2-2.

Chelsea jelas tak boleh meremehkan Wolverhampton. Pasalnya, musim lalu, mereka tak sanggup mengalahkan Wolverhampton.

Dalam laga tandangnya melawan Wolverhampton di Premier League musim lalu, Chelsea menyerah 1-2. Chelsea unggul melalui gol Ruben Loftus-Cheek menit 18, tapi Wolverhampton mampu membalikkan skor lewat gol-gol Raul Jimenez menit 59 dan Diogo Jota menit 63.

Chelsea juga cuma bisa imbang 1-1 saat ganti menjamu Wolverhampton di Stamford Bridge. Dengan kata lain, meski performanya saat ini belum optimal, Wolverhampton tetap punya kapasitas untuk membuat Chelsea sakit hati.

Chelsea sendiri bakal kembali berharap banyak pada Tammy Abraham. Penyerang 21 tahun Inggris itu selalu mencetak brace dalam dua laga terakhir.

Statistik dan Susunan Pemain

Pelatih Chelsea, Frank Lampard menginstruksikan pemainnya saat bertanding melawan Manchester United pada pertandingan perdana Liga Inggris di Old Trafford  (11/8/2019). MU menang telak 4-0 sekaligus menjadi mimpi buruk bagi debut Frank Lampard bersama Chelsea. (AFP Photo/Oli Scarff)

Prakiraan Susunan Pemain 

  • Wolverhampton (3-5-2): Patricio; Vallejo, Coady, Bennett; Vinagre, Moutinho, Neves, Dendoncker, Traore; Jota, Jimenez

Manajer: Nuno Espirito Santo

  • Chelsea (4-3-3): Kepa; Alonso, Christensen, Zouma, Azpilicueta; Barkley, Jorginho, Kovacic; Mount, Abraham, Pulisic

Manajer: Frank Lampard

 

Head-to-Head (Premier League)

  • Pertemuan: 10
  • Wolverhampton menang: 2
  • Gol Wolverhampton: 7
  • Imbang: 1
  • Chelsea menang: 7
  • Gol Chelsea: 25

 

  • Rekor 5 Pertemuan Terakhir
  • 10-03-2019 Chelsea 1-1 Wolverhampton (EPL)
  • 06-12-2018 Wolverhampton 2-1 Chelsea (EPL)
  • 19-02-2017 Wolverhampton 0-2 Chelsea (FA Cup)
  • 26-09-2012 Chelsea 6-0 Wolverhampton (Piala Liga)
  • 02-01-2012 Wolverhampton 1-2 Chelsea (EPL)

 

Sumber: EPL

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, Published 13/09/2019)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesaksian Warga Saat Terjadi Ledakan di Mako Brimob Srondol Semarang

Posted: 13 Sep 2019 08:23 PM PDT

Liputan6.com, Semarang - Kapolda Jawa Tengah, Irje Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan, ledakan yang mengagetkan warga Banyumanik Semarang berasal dari Gudang bahan peledak di Mako Brimob Srondol. Warga yang berada di dekat lokasi langsung dievakuasi.

"Gudang tempat penyimpanan bahan peledak dan bom temuan dari masyarakat yang meledak tadi pagi sekitar jam 7. Bukan Markas atau asrama yang terbakar. Jam 8 ledakan berhenti dan saat ini dalam tahap pengamanan lokasi ledakan. Warga sudah dievakuasi sejak ledakan pertama terjadi," kata Kapolfa Jateng kepada Liputan6.com, Sabtu (14/9/2019).

Untuk diketahui ledakan itu mengagetkan warga di sekitar Mako Brimob Srondol dan menyebabkan mereka berhamburan menyelamatkan diri.

"Ledakan berkali-kali, api muncrat-muncrat panik semua lari," kata warga, Kunsari yang beralamat di Jalan Mangga.

Menurut warga ledakan sampai menggetarkan tembok dan beberapa genteng rontok. Dari perkampungan di dekat lokasi terlihat asap sudah tidak terlihat dari gudang tersebut.

Ledakan di Mako Brimob Srondol Semarang membuat warga sekitar panik. Mereka berhamburan menyelamatkan diri.

Salah satu warga Kunsari (60) mengatakan, ledakan terdengar sekitar pukul 07.30 WIB. Saat itu ia mengira sedang ada latihan namun ketika ke belakang rumah ia melihat asap membumbung tinggi dan disertai ledakan dan api.

"Ledakan berkali-kali, api muncrat-muncrat panik semua lari," kata Kunsari yang beralamat di Jalan Mangga, Sabtu (14/9/2019).

Rumah Kunsari bersebalahan persis dan terasa getaraan dahsyat sehingga kandang burung berjatuhan termasuk genteng.

"Wah rumah itu bergetar," ujarnya.

Saat ini warga masih banyak tang berada di luar rumah. Belum diketahui pasti penyebab peristiwa itu namun warga meyakini berasal dari gudang senjata.

"Itu kan gudang senjata, dekat sama yang satwa, rumah saya kan dekat," ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Vincent-Desta Diciduk Satpol PP, Promo Lucu Prettyboys

Posted: 13 Sep 2019 08:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua presenter televisi Vincent Rompies dan Desta berhasil mencuri perhatian dengan video terciduk Satpol PP.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Tira Persikabo Vs Persib: Momen Kebangkitan Maung Bandung?

Posted: 13 Sep 2019 08:10 PM PDT

Jakarta Persib Bandung akan berhadapan dengan Tira Persikabo di laga pekan ke-18 Shopee Liga 1 2019 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (14/9/2019). Laga ini jadi bakal menjadi momentum kebangkitan Maung Bandung.

Sejauh ini, Persib Bandung terlihat masih kesulitan bersaing di Liga 1 2019. Armada Robert Alberts tercecer di peringkat ke-11 dengan raihan 19 poin. Jumlah tersebut dikumpulkan Persib berkat empat kali menang, tujuh kali imbang, dan enam kali kalah.

Parahnya, Persib belum pernah menang lagi dalam lima pertandingan tandang di Liga 1 2019. Rinciannya adalah dua kali imbang dan tiga kali kalah.

Secara keseluruhan, dalam sembilan laga tandang, Persib hanya mampu sekali menang. Pelatih Persib, Robert Alberts, tentu bertekad memutus catatan negatif dalam laga tandang.

Namun, pelatih asal Belanda itu meminta pasukannya untuk mewaspadai semua pemain Tira Persikabo. Tiga poin pada awal putaran dua ini menjadi harapan besar bagi Robert Alberts sebagai tambahan motivasi laga-laga selanjutnya.

"Kami tahu Tira Persikabo merupakan tim yang tangguh di putaran pertama dan punya pemain asing yang bagus. Mereka begitu komprehensif di barisan belakang dan punya transisi yang bagus dengan serangan balik cepat. Kami mengubah komposisi tim dengan mengganti tiga pemain asing," kata Robert di Bogor, Jumat (13/9/2019).

"Kami berharap menghadapi Tira Persikabo nanti bisa menampilkan sepak bola yang menarik dan berusaha mencari tiga poin. Kami pun akan bermain dengan materi pemain yang lebih baik," tegas eks pelatih PSM Makassar itu.

Persib Bandung diyakini akan mengandalkan jasa tiga pemain asing anyar yakni Kevin van Kippersluis, Nick Kuipers, dan Omid Nazari. Namun, kemungkinan besar klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat itu tak akan diperkuat Ezechiel N'Douassel.

Tangguh di Kandang

Striker Tira Persikabo, Loris Arnaud, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Borneo FC pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (1/9). Borneo tahan imbang 2-2 Tira Persikabo. (Bola.com/Yoppy Renato)

Sementara itu, Tira Persikabo bertekad untuk kembali ke jalur kemenangan untuk bisa tetap bersaing di papan atas klasemen sementara Liga 1 2019. Klub berjuluk Laskar Padjadjaran saat ini tertinggal delapan poin dari Bali United yang kukuh di puncak.

Kemenangan atas Persib Bandung tentu bisa memangkas margin poin dengan Bali United. Apalagi Tira Persikabo dikenal sebagai tim yang tangguh di kandang.

Tira Persikabo baru kalah sekali di Stadion Pakansari dan meraih lima kemenangan serta tiga kali bermain imbang. Apalagi sejak diasuh Rahmad Darmawan, Tira Persikabo belum pernah kalah dari Persib Bandung.

Laga nanti akan menjadi pertemuan ketiga di antara kedua tim sepanjang 2019. Sebelumnya, Tira Persikabo menang 2-1 dari Persib di Piala Presiden 2019 dan bermain imbang 1-1 pada putaran pertama Liga 1 2019.

Tira Persikabo kembali akan diperkuat pemain inti. Angga Saputra akan kembali mengawal jala Tira Persikabo, kemudian Manahati Lestusen kembali mengisi lini tengah, dan Osas Saha akan menjadi andalan untuk membongkar lini pertahanan Persib Bandung.

Data dan Fakta

Prakiraan susunan pemain

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputra (kiper), Vava Mario, Khurshed Beknazarov, Zoubairou Garba, Abduh Lestaluhu (belakang), Manahati Lestusen, Louise Parfait, Wawan Febrianto, Ciro Alves, Osas Saha, Loris Arnaud (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan (Indonesia)

Persib Bandung (4-2-3-1): I Made Wirawan (kiper), Henhen Herdiana Achmad Jupriyanto, Nick Kuipers, Ardi Idrus (belakang), Abdul Aziz, Omid Nazari, Supardi Nasir, Esteban Vizcarra, Ghozali Siregar (tengah), Kevin van Kippersluis (depan)

Pelatih: Robert Alberts (Belanda)

Head to head

  • 18/6/2019 - Persib Bandung 1-1 Tira Persikabo (Liga 1 2019)
  • 2/3/2019 - Persib Bandung 1-2 Tira Persikabo (Piala Presiden 2019)
  • 30/7/2018 - Tira Persikabo (masih bernama PS Tira) 2-3 Persib Bandung (Liga 1 2018)
  • 26/3/2018 - Persib Bandung 1-1 Tira Persikabo (masih bernama PS Tira) (Liga 1 2018)
  • 5/8/2017 - Persib Bandung 3-1 Tira Persikabo (masih bernama PS TNI) (Liga 1 2017)

Lima pertandingan terakhir Tira Persikabo

  • 1/9/2019 - Tira Persikabo 2-2 Borneo FC (Liga 1 2019)
  • 25/8/2019 - Persela Lamongan 6-1 Tira Persikabo (Liga 1 2019)
  • 19/8/2019 - Tira Persikabo 3-1 PSS Sleman (Liga 1 2019)
  • 15/8/2019 - Tira Persikabo 1-2 Bali United (Liga 1 2019)
  • 9/8/2019 - Barito Putera 2-4 Tira Persikabo (Liga 1 2019)

Lima pertandingan terakhir Persib Bandung

  • 30/8/2019 - Persib Bandung 1-0 PSS Sleman (Liga 1 2019)
  • 25/8/2019 - Perseru Badak Lampung 1-1 Persib Bandung (Liga 1 2019)
  • 18/8/2019 - PSM Makassar 3-1 Persib Bandung (Liga 1 2019)
  • 14/8/2019 - Persib Bandung 2-2 Borneo FC (Liga 1 2019)
  • 8/8/2019 - Persela Lamongan 2-2 Persib Bandung (Liga 1 2019)

Prediksi Bola.com

Tira Persikabo 50-50 Persib Bandung

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap/Editor Benediktus Gerendo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuma Bengkel Ini yang Menangani Moge Honda Tunggangan Paspamres

Posted: 13 Sep 2019 08:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Honda Goldwing GL1800 yang menjadi salah satu armada Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) harus selalu dalam kondisi prima. Hal itu untuk menunjang tugasnya mengawal perjalanan Presiden Republik Indonesia.

Terkait servis rutin yang harus dilakukan, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno menegaskan motor pabrikan otomotif Jepang itu hanya bisa dilakukan di salah satu dari 11 bengkel Honda Big Wing yang ada.

"Untuk servisnya itu di Honda Big Wing Dewi Sartika, Cawang, Jakarta cuma satu itu saja yang menangani," kata Endro.

Saat disinggung adakah perlakuan khusus yang diberikan Honda terkait perawatan dan servis rutin, Endro mengaku semua berjalan seperti konsumen pada umumnya.

"Memang ada jadwal perawatannya. Jadi apabila sepeda motor sudah kurang enak maka Paspampres akan datang ke Big Wing, di sana akan dicek keluhannya apa sampai nyaman digunakan kembali," ujar Endro.

 

Servis Moge Honda

Endro juga menegaskan, servis untuk Moge Honda memang mendapat perlakukan khusus terlepas dari siapa pemilik kendaraan tersebut.

"Pokoknya yang pasti, Big Wing tidak ada antrean sama sekali, mekanik khusus, pit khusus karena kita juga mempunyai beberapa mekanik yang dikhususkan menangani motor (pengawal) Presiden. Jadi memang standarnya seperti itu," tutur Endro.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Arti Jajanan Pasar dan Perkembangannya Saat Ini

Posted: 13 Sep 2019 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia punya ragam kekayaan kuliner yang seperti tak ada habisnya untuk digali dan ditelusuri. Misalnya saja beragam kue tradisional yang lebih sering disebut jajanan pasar.

Berbicara tentang jajanan pasar tradisional khas Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Kudapan khas yang kerap kali dijual di pasar akan selalu punya banyak peminat. Bahkan, di era media sosial dan teknologi, jajanan pasar justru makin lestari keberadaanya. Lalu apa sebenarnya pengertian atau arti jajanan pasar? Apa saja jenis dan ragamnya?

Menurut Hesti Rahmawati, salah seorang pengajar di Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid, jajanan pasar adalah makanan tradisional Indonesia yang diperjualbelikan di pasar, terutama di pasar-pasar tradisional.

Bisa juga diartikan sebagau nama lain dari berbagai macam kue yang pada awalnya di perjual-belikan di pasar-pasar tradisional dan kemudian dikemas dan dijual di tempat penjualan makanan lainnya, seperti di toko kue atau pusat jajanan.

Sampai saat ini jajanan pasar masih diminati oleh masyarakat meskipun sudah banyak makanan luar negeri maupun beragam kreasi terbaru yang sudah masuk di pasaran.

"Jadi jajanan pasar masih banyak diminati karena bukan hanya harganya yang terjangkau saja, tapi rasanya juga enak dan jenisnya yang beragam. Rasanya lebh otentik dan sulit ditemui di jajanan atau kue-kue inovasi terbaru misalnya," terang Hesti melalui sambungan telepon pada Liputan6.com.

Sedangkan jenis jajanan pasar yang masih sering ditemui antara lain klepon. Bahan dasar dari kue ini adalah tepung ketan, bentuknya bulat, dan isinya gula merah, lalu diatasnya suka ditaburi kelapa yang di parut. Lalu ada kue putu yang agak mirip klepon.

Bedanya, kue ini sangat lembut karena berbahan dasar tepung beras saja dan terdapat gula di dalamnya. Kue putu biasanya disajikan dengan ditaburi parut kelapa di atasnya, dan aromanya harum daun pandan.

Masih Banyak Diminati

Jajanan Pasar di Pasar Kue Subuh Senen yang Legendaris (Foto: Jajanbeken.com)

Selain itu ada getuk yang berbahan dasar dari singkong yang dihaluskan. Jajajnan pasar lainnya yang masih banyak digemari sampai saat ini adalah lemper.

Makanan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan dan biasanya di dalamnya di isi dengan abon sapi, ataupun dengan daging baik itu daging ayam, daging sapi maupun daging ikan. Rasanya gurih dan enak, karena beras ketannya yang dimasak mencampur dengan santan kelapa.

Lalu masih banyak lagi jajanan pasar lainnya yang enak dan banyak diminati, seperti: surabi, risoles, onde-onde, putu ayu, dadar gulung, cucur, kue cincin, kue lapis, cenil dan masih banyak lagi.

Dalam perkembangannya, beragam jenis jajanan pasar ada yang masih banyak dijumpai, namun ada juga yang sudah sulit mencari penjualnya.  Namun secara keseluruhan, kuliner tradsional ini masih banyak diminati, bahkan juga disukai masyarakat di luar Indonesia.

Hal itu dituturkan oleh pakar kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo. Menurut wanita yang dijuluki Ratu Boga ini, jajanan pasar masih banyak diminati dan dijumpai. Bahkan ada yang dimodifikasi sedemikian rupa jadi lebih kekinian dan lebih menarik lagi.

"Di tempat penjualan kue, di acara-acara yang diadakan di rumah sampai di hotel, masih banyak yang menyajikan kue-kue jajanan pasar. Selain harganya lebih murah, jajanan pasar punya rasa yang khas dan tentunya sesuai lidah orang Indonesia," tuturnya saat ditemui di acara jumpa pers Endeus Festival di hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Jumat, 13 September 2019.

Bahan Pembuatan

Rumah Sisca Soewitomo (Deki Prayoga/bintang.com)

Menurut Sisca, agar jajanan pasar makin dikenal terutama oleh generasi milenial, ada baiknya ditampilkan di berbagai acara festival kuliner yang belakangan ini semakin menjamur.

Atau bisa juga diadakan sebuah festival khusus yang menyajikan ragam jajanan pasar dan kue-kue tradisional Indonesia. Namun ada satu kekurangan jajanan pasar yaitu sering kurang tahan lama, terutama karena bahan-bahan pembuatannya yang memang tak bisa bertahan lama.

Meski begitu, hal tersebut bisa disiasati. Bagi Sisca, yang terpenting adalah bahan-bahan pembuatannya yang harus tetap ada.

"Kita bisa menyiapkan bahan-bahan pembuatannya dalam jumlah banyak tapi tak harus dihabiskan semua. Caranya, kita simpan di dalam kulkas atau freezer, jadi bisa tahan beberapa hari. Kita baru keluarkan dari kulkas pas mau dimasak saja," jelas wanita yang sering tampil membawakan acara kuliner di televisi ini.

Sisca, dan mungkin kita semua berharap, jajanan pasar harus terus dilestarikan karena menjadi bukti kekayaan kuliner Indonesia yang akan terus disukai tiap generasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gudang Amunisi di Mako Brimob Srondol Semarang Meledak, Warga Panik

Posted: 13 Sep 2019 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Semarang - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol.Rycko Amelza Dahniel mengatakan bangunan gudang tempat penyimpanan bahan peledak dan bom temuan dari masyarakat di kompleks Markas Brimob Srondol Polda Jateng meledak pada Sabtu pagi.

"Gudang tempat penyimpanan bahan peledak dan bom temuan dari masyarakat yang meledak, bukan kebakaran markas atau asrama," kata Kapolda ketika dihubungi di Semarang.

Ia menyebut ledakan gudang tersebut terjadi sekitar pukul 07.00 WIB.

Ledakan tersebut, lanjut dia, baru berhenti sekitar pukul.08.00 WIB dan dilanjutkan dengan tahap pengamanan lokasi kejadian.

"Warga sudah langsung dievakuasi sejak ledakan pertama terjadi," katanya.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran diduga melanda sebuah tempat di kompleks [Markas Brimob Polda Jawa Tengah](4062504/ "") di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Semarang.

Beberapa mobil pemadam kebakaran terlihat masuk ke dalam Mako Brimob Srondol.

Sementara itu, warga yang berada di dekat lokasi ledakan sempat panik. Salah satu warga Kunsari (60) mengatakan ledakan terdengar sekitar pukul 07.30 WIB. Saat itu ia mengira sedang ada latihan namun ketika ke belakang rumah ia melihat asap membumbung tinggi dan disertai ledakan dan api.

"Ledakan berkali-kali, api muncrat-muncrat panik semua lari," kata Kunsari yang beralamat di Jalan Mangga, Sabtu (14/9/2019).

Rumah Kunsari bersebalahan persis dan terasa getaraan dahsyat sehingga kandang burung berjatuhan termasuk genteng.

"Wah rumah itu bergetar," ujarnya.

Saat ini warga masih banyak tang berada di luar rumah. Belim diketahui pasti penyebab peristiwa itu namun warga meyakini berasal dari gudang senjata.

"Itu kan gudang senjata, dekat sama yang satwa, rumah saya kan dekat," ujarnya.[14/9 09.58] Angling: Kapolda Jateng Benarkan Ledakan Berasal dari Gudang Bahan Peledak

Sampai berita ini diturunkan proses pendinginan masih terus dilakukan. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Macam Penyakit Retina Seperti yang Dialami Thareq Habibie

Posted: 13 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tampil dengan mengenakan penutup mata atau eyepatch sebelah kanan, Thareq Habibie mencuri perhatian kala mengumumkan ayahnya, BJ Habibie, berpulang, pada Rabu, 11 September 2019. Selama beberapa hari warganet bertanya-tanya apa yang menyebabkan Thareq memakai eyepatch seperti tokoh Nick Fury di film Avengers.

Rasa penasaran warganet terjawab ketika kakak Thareq, Ilham Habibie, menjelaskan bahwa adiknya itu menderita penyakit retina mata yang disebut dengan glaukoma.

Melansir laman Mayoclinic, penyakit retina mata atau retinal disease sangatlah bervariasi. Namun, sebagian besar menyebabkan simtom visual.

Penyakit retina bisa memengaruhi bagian mana pun dari retina, jaringan selaput tipis di dalam dinding belakang mata. Retina mengandung jutaan sel yang sensitif terhadap cahaya serta sel saraf lain yang menerima dan mengatur informasi visual. Retina mengirim informasi ini ke otak melalui saraf optik yang membuat seseorang mampu melihat.

Sebagian besar dari penyakit retina mata memiliki tanda atau gejala yang sama, seperti:

  • Melihat bintik atau gambaran serupa sarang laba-laba yang mengambang
  • Penglihatan kabur atau distorsi (garis lurus tampak bergelombang)
  • Kelemahan pada daya lihat samping
  • Kehilangan penglihatan

 

5 Penyakit Retina

Ilustrasi mata. Sumber foto: pixabay.com/CC0 Creative Commons.

Mengutip laman icarespecialists, ada lima penyakit retina yang cukup serius yang bisa dialami seseorang, yakni:

Floaters

Bila Anda merasakan ada titik-titik mengambang di penglihatan maka artinya mengalami floaters. Kondisi ini bisa disebabkan oeh usia lanjut. Tapi hal itu juga bisa dialami oleh mereka yang menderita rabun dekat yang cukup parah.

Floaters juga bisa disebabkan oleh retina yang sobek. Bila sobekannya tak diperbaiki, hal itu bisa menyebabkan lepasnya retina. Ini karena cairan yang berkumpul di belakang retina, menyebabkannya terlepas dari mata.

Degenerasi makular

Degenerasi makular merupakan kondisi terkait usia lanjut yang menyebabkan hilangnya penglihatan. Kondisi ini umum dialami mereka yang berusia 55 tahun ke atas.

Penyakit mata akibat diabetes

Mereka yang memiliki diabetes lebih rentan mengalami kerusakan retina. Tandanya berupa penglihatan kabur, penglihatan ganda, floaters atau titik hitam, sensasi tekanan atau nyeri pada salah satu atau kedua mata. Selain itu, diabetesi juga mengembangkan risiko terkena glaukoma dan katarak.

Terlepasnya retina

Seperti telah disebut sebelumnya, terlepasnya retina bisa terjadi ketika terlalu banyak cairan berkumpul di belakang retina. Risiko ini semakin meningkat pada individu yang mengalami hal berikut:

- Rabun dekat ekstrem

- Pernah mengalami retina lepas di salah satu mata

- Faktor keturunan

- Pernah menjalani operasi katarak

- Adanya gangguan mata lain

- Cedera mata

Retinitis pigmentosa

Ini adalah kondisi genetika yang menyebabkan penurunan kemampuan retina. Kehilangan penglihatan secaraa bertahap terjadi karena matinya saraf mata. Sindrom Usher, sindrom Bardet-Biedel, penyakit Refsum, dan penyakit rod-cone adalah beberapa contoh yang bisa diklasifikasikan daam retinitis pigmentosa.

Jadi, sebaiknya segera periksakan ke dokter ketika Anda merasakan perubahan pada indera penglihatan. Pemeriksaan sedini mungkin bisa mencegah masalah mata berkembang menjadi penyakit serius.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PODCAST: Sering Unggah Foto Bersama Pasangan Pertanda Insecure

Posted: 13 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Podcast Citizen6 selalu membahas topik-topik menarik dari Liputan6.com. Kali ini, mengangkat topik "Sering unggah foto bersama pasangan pertanda insecure."

Mendeklarasikan perasaan secara online tentu menjadi hal yang biasa kini. Saat membuka media sosial, kamu bisa dengan mudah melihat pasangan yang mengumbar kemesraan mereka, bukan?

Meski demikian, para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa banyak pasangan mungkin sebenarnya menyembunyikan sisi gelap dari hubungan tersebut. Membagikan kemesraan secara online berlebihan sama dengan menyembunyikan rasa tidak aman di balik foto-foto tersebut.

Dua awak redaksi dari tim Citizen6-Liputan6.com, Yule dan Camel pun membahas apakah benar jika sering mengunggah foto bersama pasangan di media sosial pertanda insecure. Pastikan kamu mendengarkan podcast ini sampai tuntas ya. 

 

Selanjutnya

Ilustrasi pasangan zodiak (Sumber: iStockphoto)

Dengarkan podcast-nya di sini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Dorong Pengguna Aktifkan Two-Factor Authentication

Posted: 13 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Facebook sebagai salah satu raksasa media sosial terus menggalakkan banyak cara agar pengguna layanannya lebih memahami privasi dan keamanan di ekosistemnya. Salah satunya dengan cara membuka kafe pop up bernama Facebook Cafe di Jakarta.

Sesuai namanya, di tempat ini pengunjung dapat minum, makan, dan berkumpul bersama teman dan kerabat. Namun lebih dari itu, pengunjung juga dapat berkonsultasi soal privasi dan keamanan di ekosistem Facebook yang juga meliputi Instagram dan WhatsApp.

Menurut Manajer Kampanye Kebijakan Facebook Indonesia, Noudhy Valdryno, kafe ini hadir untuk meningkatkan kesadaran pengguna mengenai pengaturan keamanan dan privasi di layanan milik Facebook.

"Lewat Facebook Cafe ini, kami juga ingin mengajak pengguna memiliki kontrol penuh terhadap akunnya lewat fitur two-factor authentication. Jadi, mereka bisa terhindar dari upaya hacking dan phishing," ujar Noudhy saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Noudhy menuturkan two-factor authentication merupakan hal dasar yang perlu diaktifkan pengguna untuk melindungi akunnya. Fitur ini juga sudah tersedia di seluruh layanan milik Facebook, termasuk Instagram dan WhatsApp.

"Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan kami merekomendasikan seluruh masyarakat untuk mengaktifkannya, sehingga bisa mengamankan akun miliknya," tuturnya lebih lanjut.

Terlebih, cara mengaktifkan fitur ini sebenarnya mudah dan dapat dilakukan langsung dari aplikasi Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Setelah fitur ini aktif, nantinya pengguna akan mendapatkan notifikasi saat ada upaya masuk yang dilakukan ke akun miliknya.

Cara Mengaktifkan Fitur Two Factor Authentication

Aplikasi Facebook / Sumber: iStock

1. Facebook

Untuk di Facebook, pengguna tinggal memilih menu Settings & Privacy. Setelah itu, pilih Privacy Shortcuts. Terakhir, buka use two-factor authentication dan aktifkan.

2. Instagram

Cara untuk mengaktifkannya di Instagram tidak jauh berbeda dari Facebook. Kamu tinggal membuka menu Settings dari tab akun. Setelahnya, buka Privacy dan pilih two-factor authentication.

3. WhatsApp

Di aplikasi chatting ini, kamu dapat membuka menu settings dan pilih account. Berikutnya, kamu tinggal memilih two-step verification dan mengaktifkannya.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar Madura United vs Barito Putera di Shopee Liga 1

Posted: 13 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Madura United akan menjamu Barito Putera dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 pekan ke-18. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasaan, sore ini.

Bagi Madura United, jelas, misi mereka di pertandingan ini adalah tiga poin. Pasalnya, mereka masih sangat berambisi merangsek terus ke papan atas, menyalip Tira Persikabo yang ada satu strip di atas mereka.

Madura United berada di posisi ketiga klasemen Shopee Liga 1 dengan 30 poin dari 17 pertandingan. Nilai mereka itu hanya tiga poin lebih sedikit dari Tira Persikabo.

Namun, tentu tak mudah bagi Madura United mengalahkan Barito Putera. Sebab, mereka sedang dalam motivasi tinggi usai di laga terakhir mengalahkan Semen Padang 3-2.

Live Streaming Indosiar Madura United vs Barito Putera di Shopee Liga 1 dimulai pukul 15.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Indosiar Madura United vs Barito Putera di Shopee Liga 1 di halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Indosiar Madura United vs Barito Putera di Shopee Liga 1 silakan klik di sini.......

 

Prediksi Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): Ridho Djazulie (kiper); Marckho Meraudje, Jaimerson Xavier, Ante Bakmaz, Andik Rendika (belakang); Asep Berlian, Zulfiandi, Diego Assis (tengah); Greg Nwokolo, Aleksandar Rakic, Beto Goncalves (depan)

Pelatih: Rasiman

Barito Putera (4-3-3): Adhitya Harlan (kiper); Gavin Kwan, Dandi Maulana, Cassio de Jesus, Rony Beroperay (belakang); Evan Dimas, Rizky Pora, Kosuke Uchida (tengah); Samsul Arif, Rafael Silva, Fransisco Torres (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ternyata Sudah 5 Tahun Anak Sulung Elvy Sukaesih Alami Gangguan Jiwa

Posted: 13 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Elvy Sukaesih kembali menjadi sorotan. Putra sulungnya, Haidar, diketahui mengamuk di sebuah warung dekat kediamannya.

Atas kejadian tersebut, putra sulung Elvy Sukaesih itu dilaporkan ke polisi. Namun, Haidar tidak diamankan lantaran diketahui memiliki riwayat gangguan kejiwaan.

Sebelumnya, diketahui bahwa putra sulung Elvy Sukaesih itu sudah dirawat sejak 2017 lalu. Namun dari hasil pendalaman kepolisian melalui Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, mengatakan bahwa Haidar sudah mengalami gangguan jiwa sejak lima tahun yang lalu.

"Setelah dilakukan pendalaman, ternyata saudara Haidar mengalami sakit gangguan kejiwaan kurang lebih sudah lima tahun lamanya," kata Argo Yuwono kepada wartawan pada Jumat (13/9/2019). 

Dirawat

Elvy Sukaesih. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Lebih lanjut, Argo Yuwono juga mengatakan berkas-berkas dan surat keterangan dari rumah sakit yang menangani Haidar itu juga lengkap. Saat ini, Haidar sudah ditangani oleh rumah sakit di bilangan Duren Sawit.

"Dan riwayat berobat sakit gangguan kejiwaan saudara Haidar dari Rumah Sakit lengkap. Pelaku dibawa ke rumah sakit Duren Sawit untuk dirawat," lanjut Argo Yuwono.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gigi Hadid Mulai Perlihatkan Kekasih Barunya?

Posted: 13 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gigi Hadid tertangkap kamera jalan bersama seorang pria. Pria tersebut adalah Tyler Cameron, seorang model dan berasal dari New York.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hidup Tertekan karena Masalah Keuangan? Coba Lakukan ini

Posted: 13 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gaya hidup memang seringkali menjadi topik utama yang diperbincangkan. Lingkungan masyarakat sangat memengaruhi Anda dalam menentukan gaya hidup

Bagaimana tidak? Jika salah satu orang membeli suatu barang, lalu barang tersebut Anda rasa bagus dan juga memuaskan, pasti akan terpengaruh untuk ingin memilikinnya. 

Banyak orang yang selalu ingin tampil kekinian dan dianggap modis di lingkungan masyarakat sekitarnya. Padahal, pemasukan dirinya dari bekerja hanya cukup untuk membeli barang seperlunya saja.

Tekanan sosial membuat Anda tidak dapat melihat mana barang yang dibutuhkan dan mana yang diinginkan. Olek karena itu, jika Anda merasa hidup seolah tertekan karena kondisi keuangan, coba lakukan ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Jujur akan Kemampuan Keuangan Diri

Hal yang paling baik adalah jujur terhadap diri sendiri. Anda adalah pemilik masa depan di mana sebagai penentu dan juga penggerak dalam hidup diri sendiri. 

Dalam menjalankan hidup Anda hendaknya tidak terlalu mementingkan pemikiran orang lain. Maksudnya, jangan terlalu menelan mentah-mentah akan apa saja yang telah orang lain katakan. 

Namun, jangan juga menjadi orang yang egois dan tidak mendengarkan nasihat orang lan. Masukan-masukan atau motivasi serta kritikan yang berasal dari orang lain sebenarnya adalah apa yang ada dalam diri namun Anda tidak dapat merasakan sendiri. 

Sebab apa yang Anda lakukan justru orang lain yang melihat dan merasakan. Dalam hal ini, yang terbaik adalah menerima kritik dan juga motivasi dari orang lain. Namun untuk menjalankannya Anda dapat mengolah dan memilah mana saja kiritik yang sesuai dan tidak, guna memperbaiki diri Anda.

2. Jangan Sepelekan, Atur Keuangan Sebaik Mungkin

Ilustrasi mengatur keuangan.

Kebutuhan memang tidak selalu sama setiap harinya. Sifat manusia selalu ingin banyak hal, sehingga membuatnya menjadi ketergantungan dan butuh akan hal yang awalnya diinginkan tersebut. 

Jadi, sebaiknya dalam berbelanja atau memenuhi kebutuhan hidup, hendaklah Anda membuat skala prioritas. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apa saja yang diperlukan dalam segi poin yang paling utama hingga benda yang tidak terlalu dibutuhkan. 

Mengatur keuangan sebaik mungkin dan belilah benda yang sesuai dengan bujet pribadi Anda. Dengan demikian, hidup Anda pasti akan tenang dan enjoy dalam menjalani hari-hari.

3. Ketahui Apa yang Dibutuhkan, Bukan yang Diinginkan

Terdapat pepatah yang menyebutkan jika Anda harus membeli apa-apa yang menjadi kebutuhan Anda, bukan keinginan. Seringkali orang-orang tidak mampu membedakan mana kebutuhan dan mana yang disebut keinginan. 

Untuk itu, sebelum membeli barang Anda harus memikirkan apakah ini sangat berguna buat hidup Anda atau hanya sebagai media untuk menambah kemewahan pada diri Anda. 

Jika Anda membeli apakah tidak akan berpengaruh dengan keuangan yang akan dipakai untuk hari-hari berikutnya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut hendaklah harus dipikirkan sebelum membeli sesuatu.

4. Selalulah Berpikir Positif

Mulai hari dengan pikiran dan kehidupan positif. (Ilustrasi: Success Consciousness)

Hal keempat yang harus Anda tanamkan adalah selalu berpikir positif. Terkadang, perasaan yang muncul adalah buah dari pemikiran Anda sendiri. 

Jauhi sikap mudah tersinggung yang menyebabkan Anda mudah marah dan kurang percaya diri. Selalu berpikir positif pada semua hal akan membuat Anda menjadi seseorang yang kaya di dunia ini. 

Sebenarnya, orang yang kaya adalah bukan orang yang kesana kemari mengendarai mobil, berpakaian dengan pakaian yang mewah, serta dengan berhias emas di kedua tangannya. 

Namun, orang yang dikatakan kaya adalah orang yang merasa cukup dan selalu tenang hidupnya tanpa berpikir hal negatif. Orang kaya adalah yang dapat menghargai diri sendiri dan bangga dengan apa saja hal baik yang telah dilakukannya.

5. Berteman dengan Orang yang Mendukung

Poin terakhir yaitu berteman dengan orang yang mendukung. Anda harus mampu membedakan mana teman yang benar-benar tulus bersahabat dengan Anda, baik dalam keadaan suka maupun duka. 

Banyak sekali teman yang hanya hadir saat Anda susah kemudian lupa ketika Anda dalam posisi titik terendah. Untuk itu, kenali diri sendiri dan bertemanlah dengan orang yang dapat membawa energi positif terhadap Anda. 

Tidak perlu menyukai teman dan juga membenci seseorang terlalu lebih. Untuk itu, bertemanlah dengan sewajarnya dan bercanda secukupnya. Saling mengingatkan adalah sikap yang paling baik.

Dengan mendapatkan teman yang baik pasti hidup Anda tidak akan menjadi hidup orang lain yang ditutup tutupi. Melainkan menjadi hidup Anda sendiri yang membuat Anda senang, tenang, dan menikmatinya.

Hidup Harus Bisa Anda Nikmati

Penjelasan di atas adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam mengatasi tekanan saat kondisi keuangan atau financial terpuruk. Maka dari itu, gunakan dan atur uang Anda sebaik mungkin dan beli barang- barang yang Anda butuhkan. 

Jangan mudah tergiur dengan barang mewah. Serta berteman dengan orang yang positif dan sederhana membuat Anda nyaman dalam menjalankan hidup Anda. Nikmati setiap detik kehidupan Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paus Fransiskus Siap Melawat ke Jepang-Thailand November

Posted: 13 Sep 2019 07:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus dijadwalkan mengunjungi Thailand dan Jepang bulan depan. Dalam lawatan pada November nanti, diperkirakan ia akan menonjolkan seruannya bagi perlucutan senjata nuklir sepenuhnya dan untuk menghormati komunitas-komunitas kecil Katolik di kedua negara itu.

Menurut laporan VOA Indonesia, Sabtu (14/9/2019), Vatikan mengukuhkan kunjungan akan dilakukan pada 19-26 November itu. Utusan diplomatik Vatikan di Thailand, Uskup Agung Paul Tschang In-Nam, mengumumkan lawatan ke Thailand itu pada hari Jumat.

Paus Fransiskus akan berada di Thailand pada 20-23 November sebelum menuju Jepang. Juru bicara pemerintah Jepang Yoshihide Suga mengatakan Paus Fransiskus akan bertemu dengan kaisar dan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Ini akan merupakan kunjungan keempat Fransiskus ke Asia, di mana ia telah mengunjungi Korea Selatan, Sri Lanka, Filipina, Myanmar dan Bangladesh.

 

Kisah Kunjungan Para Paus

Paus Fransiskus menyampaikan berkatnya selama doa Angelus Hari Minggu setelah misa di alun-alun Santo Petrus, Vatikan Minggu (12/8). Jubah Paus berkali-kali diterbangkan angin saat berbicara di hadapan publik. (AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE)

Paus terakhir yang berkunjung ke Jepang adalah mendiang Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1981. Ia juga paus terakhir yang mengunjungi Thailand, pada tahun 1984.

Dalam kunjungan resminya ke Thailand, Fransiskus akan memimpin acara-acara keagamaan dan melakukan kunjungan pastoral ke komunitas-komunitas Katolik.

Kota-kota yang akan dikunjungi Fransiskus di Jepang selain Tokyo adalah Hiroshima dan Nagasaki, yang dihantam oleh bom atom Amerika pada akhir Perang Dunia II.

Seruan bagi dunia yang bebas nuklir telah menjadi pesan lama Paus Fransiskus. 

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Dugaan Penyebab Ledakan di Gudang Amunisi Brimob Srondol Semarang

Posted: 13 Sep 2019 07:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Suara ledakan terdengar keras dari gudang amunisi tempat penyimpanan barang temuan masyarakat di komplek Brimob, Srondol, Semarang, Jawa Tengah. Perisitiwa tersebut berlangsung pada pukul 07.00 WIB.

Menurut Kapolda Jawa Tengah Irjen Ricyko A Dahniel, pihaknya masih menyelidiki penyebab ledakan gudang amunisi tersebut. Saat ini, rekaman CCTV yang berada di lokasi juga diamankan.

"Belum mengetahui penyebabnya. Tidak didahului dengan kebakarn. Langsung Meledak. Mungkin karena suhu," ujar Ricyko di Semarang, Sabtu (14/9/2019).

Ricko menambahkan, gudang amunisi yang meledak tersebut merupakan tempat penyimpanan barang ledakan hasil temuan dari masyarakat. Di antara barang tersebut adalah bahan ledakan sisa-sisa perang dunia.

"Gudang penyimpanan temuan masyarakat berupa bahan peledak. Ada juga sisa sisa perang dunia," kata Ricyko.

Akibat ledakan tersebut, satu anggota Brimob terluka terkena serpihan ledakan. Korban tersebut sudah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Sementara itu, untuk sementara tidak ada warga yang dilaporkan terluka. Warga yang berada di lokasi terdekat ledakan, sudah dievakuasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badan Restorasi Gambut: Pelaku Kebakaran Hutan Bakal Terungkap saat Musim Hujan

Posted: 13 Sep 2019 07:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku yang menyebabkan kebakaran hutan dan lahan bisa dilihat dari siapa saja yang menanami lahan pada musim hujan. 

"Lokasi yang terbakar secara sistematis dan luas itu nanti di bulan 11 atau 12, lihat siapa yang menanam di situ dan apa yang ditanam, nanti pasti ketahuan," ujar Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead di Jakarta Pusat pada Jumat 13 September 2019 seperti dilansir Antara.

Menurut dia, faktor manusia masih menjadi penyebab banyaknya lahan gambut terbakar di beberapa daerah di Indonesia. Padahal, untuk memulihkannya, butuh waktu bertahun-tahun.

"Area yang sudah atau sedang dipulihkan butuh waktu bertahun-tahun sampai antiterbakar. Sementara kalau ada yang membakar tetap bisa terjadi," kata Nazir soal akibat kebakaran hutan dan lahan.

Menurut dia, titik api di dekat infrastruktur pembasahan gambut (IPG) mengalami penurunan pada tahun ini. Di area radius 0-1 kilometer dari IPG hanya terdapat sekitar 2,4 persen sedangkan pada radius 1-2 kilometer titik api berada di angka sekitar 5,6 persen.

Oleh karena itu, lanjut dia, IPG harus ditambah di lahan-lahan gambut sebagai bentuk antisipasi teknis akan kebakaran hutan dan lahan.

 

Kata Wiranto

Kebakaran hutan di sebuah titik di Kalimantan Tengah. (dok BNPB)

Faktor manusia sebagai penyebab karhutla juga digaungkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto.

Dalam Rapat Koordinasi Khusus Tingkat Menteri yang membahas pengendalian kebakaran hutan dan lahan pada Jumat, dia menyebutkan kebakaran hutan bersifat alami hanya satu persen, sedangkan sisanya perbuatan manusia.

"Memang bisa datang dari para peladang yang secara tradisional turun menurun melakukan pembakaran hutan jelang musim hujan," kata Wiranto.

Namun, Wiranto juga tidak mengesampingkan ulah korporasi yang sebenarnya bisa dikurangi, terutama dengan penerapan hukum yang tegas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Gegana Langsung Olah TKP Ledakan Gudang Amunisi di Brimob Semarang

Posted: 13 Sep 2019 07:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim Gegana Polda Jawa Tengah akan melakukan olah tempat kejadian perkara ledakan terjadi di gudang amunisi di Srondol, Semarang. Olah TKP dilakukan pukul 11.00 WIB, Sabtu (14/9/2019) ini.

"Untuk hari ini, tim fokusnya adalah melakukan strerilisasi memadamkan api. Jam 11 tim Gegana langsung olah TKP dan strerilisasi untuk mencari apa penyebab ledakan itu," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo kepada Liputan6.com, Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, saat ini, kondisi di Mako Brimob Srondol relatif lebih aman usai ledakan gudang amunisi pukul 07.00 WIB. Petugas Brimob tengah melakukan sterilisasi. Petugas pemadam kebakaran pun masih melakukan pendinginan. 

"Memang saat ini relatif lebih aman. Brimob telah melakukan sterilisasi dan memadamkan sisa api," kata Dedi soal ledakan gudang amunisi di Semarang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Ledakan Gudang Amunisi Mako Brimob Srondol

Posted: 13 Sep 2019 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah gudang amunisi Brimob di Semarang Jawa Tengah meledak Sabtu (14/9/2019) pagi. Ledakan merusak sejumlah rumah dan kendaraan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Masih Selidiki Penyebab Ledakan Gudang Amunisi Mako Brimob Semarang

Posted: 13 Sep 2019 07:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ledakan terjadi di gudang amunisi Mako Brimob, Srondol, Semarang. Namun belum diketahui penyebab meledaknya gudang senjata yang menyimpan amunisi peninggalan zaman perang tersebut.

"Kapolda sudah di TKP dan sedang dilidik apakah kecelakaan, kelalaian atau ada unsur lain. Nanti kita tunggu hasilnya," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen M Iqbal, kepada Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (14/9/2019).

Dia menegaskan, ledakan itu terjadi di gudang penyimpanan amunisi yang ditemukan masyarakat. Amunisi ini merupakan amunisi lama dan peninggalan zaman perang.

"Menurut kapolda itu gudang penyimpanan barang bukti handak dan temuan masyarakat seperti amunisi lama," kata M Iqbal soal ledakan di gudang amunisi di Semarang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pekan Kedua September, IHSG Menguat Tipis

Posted: 13 Sep 2019 07:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Data perdagangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pekan kedua bulan September ini ditutup positif.

Hal tersebut ditunjukkan pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang mengalami peningkatan sebesar 0,41 persen pada posisi 6.334,843 dari 6.308,950 pada penutupan perdagangan pekan sebelumnya.

Senada dengan IHSG, nilai kapitalisasi pasar selama sepekan juga mengalami peningkatan sebesar 0,42 persen menjadi Rp7.269,245 triliun dari Rp7.238,803 pada penutupan perdagangan minggu lalu.

Untuk data rata-rata perdagangan harian BEI, ketiganya juga ditutup meningkat pada pekan ini. Peningkatan paling tinggi terjadi pada rata-rata frekuensi transaksi harian sebesar 12,97 persen menjadi 602,460 ribu kali transaksi dari 533,291 ribu kali transaksi pada pekan sebelumnya.

Kemudian diikuti oleh rata-rata volume transaksi harian yang mencatatkan peningkatan sebesar 1,39 persen menjadi 14,554 miliar unit saham dari 14,354 miliar unit saham pada pekan sebelumnya.

"Dan untuk rata-rata nilai transaksi juga mengalami peningkatan sebesar 0,84 persen menjadi Rp8.088 triliun dari Rp8,020 triliun pada penutupan pekan lalu," tutur Sekretaris Perusahaan PT BEI Yulianto Aji Sadono, Sabtu (14/9/2019).

Adapun sepanjang tahun 2019, investor asing masih mencatatkan beli bersih sebesar Rp56,806 triliun dan investor asing pada hari ini mencatatkan jual bersih sebesar Rp135,13 miliar.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Ditutup Melemah ke 6.334,84

Layar monitor pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (2/1). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan saham 2019 menguat 10,4 poin atau 0,16% ke 6.204. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tak mampu bertahan di zona hijau pada perdagangan jelang akhir pekan ini.

Pada penutupan perdagangan saham Jumat(13/9/2019), IHSG melemah 7,33 poin atau 0,12 persen ke level 6.334,84.

Sementara itu, indeks saham LQ45 juga melemah 0,37 persen ke posisi 992,24.

Sebanyak 229 saham melemah sehingga mendorong IHSG ke zona merah. Sementara 164 saham menguat dan 154 saham diam di tempat.

Transaksi perdagangan saham cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham 578.891 kali dengan volume perdagangan 13,4 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 6,6 triliun.

Investor asing jual saham Rp 114,923 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 13.969.

Dari 10 sektor pembentuk IHSG, hanya empat sektor yang menguat. Penguatan dipimpin oleh sektor perkebunan yang naik 0,96 persen, diikuti sektor keuangan naik 0,32 persen, sektor infrastruktur naik 0,2 persen dan sektor aneka industri naik 0,04 persen.

Sedangkan sektor yang melemah antara lain sektor pertambangan yang anjlok 2,10 persen, sektor industri dasar yang melemah 0,37 persen dan sektor perdagangan yang turun 0,31 persen.

 

Saham-saham Pendorongnya

Suasana di salah satu ruangan di kantor Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/1). Sebelumnya, Perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 2017 ditutup pada level 6.355,65 poin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Saham-saham yang melemah sehingga mendorong IHSG ke zona merah antara lain ETWA melemah 26,96 persen ke Rp 84 per saham, KARW turun 23,81 persen ke Rp 96 per saham dan BMSR turun 17,24 persen ke Rp 120 per saham.

Saham-saham yang menguat antara lain SKYB yang naik 34 persen ke Rp 199 per saham, BCAP naik 22,09 persen ke Rp 199 per saham dan AKSI melemah 21,85 persen ke Rp 580 per saham.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gudang Amunisi yang Meledak di Mako Brimob Srondol Simpan Peledak Sisa Perang Dunia

Posted: 13 Sep 2019 07:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gudang amunisi Mako Brimob Srondol Semarang Jawa Tengah meledak hebat pada pukul 07.00 WIB. Tempat tersebut merupakan gudang yang menyimpan barang temuan masyarakat, yang diantaranya peledak dari sisa perang dunia.

"Ya betul (ada ledakan) di gudang penyimpanan temuan masyarakat berupa bahan peledak. Ada juga sisa sisa perang dunia," kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Ricyko A Dahniel di Semarang, Sabtu (14/9/2019).

Dia menuturkan, gudang senjata tersebut terpisah dari pemukiman masyarakat. Sekitar 100 meter ada dinding pembatas antara Brimob dengan warga.

"Atapnya ancur, mobil-mobil angkutan di sebelahnya rusak. Ringsek. Dan satu anggota Brimbob terluka karena terkena serpihan ledakan," ujar dia.

Dia menuturkan, untuk sementara tak ada warga yang dilaporkan terluka. Warga yang terdekat di lokasi ledakan dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: