Sabtu, 28 September 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Dipanggil Timnas Indonesia, Wawan Hendrawan Siap Bersinar

Posted: 28 Sep 2019 09:35 PM PDT

Jakarta - Wawan Hendrawan menjadi satu dari tiga kiper, selain Andritany Ardhiyasa dari Persija Jakarta dan Muhammad Ridho dari Madura United, yang mendapatkan kepercayaan dari Simon McMenemy untuk masuk dalam skuat timnas Indonesia di laga ketiga dan keempat Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Panggilan memperkuat timnas Indonesia ini menjadi yang pertama kalinya bagi Wawan Hendrawan yang sudah menjadi kiper andalan Bali United sejak musim lalu. Penampilan mengesankan yang dilakukannya bersama Bali United pada musim ini membuka peluangnya untuk bisa naik level ke Timnas Indonesia.

Bersyukur mendapatkan peluang tersebut, kiper yang kerap dijuluki Spiderwan itu pun mengaku siap memberikan yang terbaik bagi Timnas Indonesia jika benar-benar mendapatkan kesempatan untuk turun ke lapangan dan mengawal gawang Tim Garuda dalam satu atau kedua pertandingan kualifikasi yang akan dijalani.

"Pastinya saya bersyukur. Sebagai seorang pemain sepak bola, ketika mendapatkan panggilan memperkuat tim nasional tentu menjadi sebuah kebanggaan. Semoga kepercayaan ini bisa saya balas dengan hal positif untuk negara ini," ujar Wawan Hendrawan seperti dikutip dari situs resmi Bali United.

Wawan Hendrawan memang menjadi kiper yang namanya didengungkan oleh masyarakat lewat media sosial, selain Muhammad Ridho, usai timnas Indonesia mengalami dua kekalahan dalam dua laga kualifikasi pertama.

Saat itu, kiper utama sekaligus kapten Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa, harus kebobolan enam gol dalam dua pertandingan pertama Tim Garuda, yaitu ketika menghadapi Malaysia dan Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, pada 5 dan 10 September lalu. 

Siap Maksimal jika Mendapatkan Kepercayaan

Wawan Hendrawan mendapatkan kepercayaan masuk dalam timnas Indonesia ketika tim asuhan Simon McMenemy itu akan menjalani laga tandang ke Uni Emirat Arab dan menjamu Vietnam di SUGBK. Dua lawan yang harus dihadapi Tim Garuda pada Oktober ini memang memiliki kualitas yang harus diwaspadai.

Namun, Wawan menolak untuk memikirkan kekuatan lawan. Kiper Bali United itu memilih fokus berlatih keras bersama Timnas Indonesia dan mempercayakan Simon McMenemy untuk memilih siapa di antara tiga kiper Timnas Indonesia yang akan turun dalam pertandingan tersebut.

"Mengenai tim lawan nanti, saya lebih fokus kerja keras saat latihan dulu. Mengenai peluang dimainkan atau tidak, itu murni keputusan pelatih. Intinya saya selalu siap memberikan yang terbaik untuk Indonesia," kata Wawan.

"Saya rasa semua pemain punya keinginan untuk diturunkan. Tapi, mengenai hal tersebut pelatih yang punya wewenang. Intinya siapapun yang diturunkan nanti, saya akan selalu mendukung demi hasil terbaik untuk Indonesia," imbuhnya.

 

Tidak Khawatir Meninggalkan Bali United

Kehormatan mendapatkan panggilan memperkuat timnas tentu menjadi kebanggaan bagi setiap pemain sepak bola di negeri ini, termasuk Wawan Hendrawan. Namun, risiko yang harus dihadapi adalah Wawan harus meninggalkan Bali United untuk sesaat, di mana tim berjulukan Serdadu Tridatu itu kini tengah menjadi pemuncak klasemen sementara Shopee Liga 1 2019.

Wawan tidak merasa khawatir. Menurutnya, Serdadu Tridatu memiliki kualitas yang mumpuni dan tidak akan terlalu terpengaruh ketika dirinya pergi untuk memperkuat Timnas Indonesia 

"Tim ini bukan tim yang akan berpengaruh ketika ada satu atau dua pemain yang absen. Kami semua percaya satu sama lain. Siapa pun yang diturunkan pasti akan tampil maksimal," tegas Wawan.

Sumber: Bali United

Disadur dari Bola.com (penulis Benediktus, editor Aning Jati, published 28/9/20190

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kompetisi Video Berhadiah Wisata Musim Dingin ke Korea Selatan, Ini Syaratnya

Posted: 28 Sep 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi yang bertemakan "Temukan Mimpi & Inspirasimu, Terbang Bersama Asiana Airlines ke #GyeonggiDo #Korea" akan diadakan pada 20 September hingga 12 Oktober 2019.

Korean Cultural Center Indonesia bekerjasama dengan Provinsi Gyeonggi, Gyeonggi Tourism Organization dan Asiana Airlines mengundang untuk berwisata ke Provinsi Gyeonggi dengan mengikuti kompetisi tersebut.

"Kami menyelenggarakan kompetisi video pendek dengan konten bebas, yang menunjukkan impian dan keinginan untuk jalan-jalan mengunjungi Provinsi Gyeonggi, di Korea Selatan," ujar pihak Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) dalam keterangan tertulisnya yang dimuat Liputan6.com, Minggu (29/9/2019).

Gyeonggi menawarkan berbagai destinasi wisata favorit seperti Makam Penguasa Dinasti Joseon, Everland, Korean Folk Village, Pulau Nami, lokasi syuting drama "Dae Jang Geum" dan "The Moon That Embraces The Sun", hingga Demilitarized Zone (DMZ) yang dapat mewujudkan mimpi orang-orang yang ingin berkunjung ke Korea.

"Peserta yang ikut serta minimal berusia 18 tahun dan dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan mengisi formulir dan menyertakan link video. Syarat dan ketentuan dapat dilihat dari website Korean Cultural Center Indonesia (id.korean-Kulture.org)," Jelas Korean Cultural Center Indonesia (KCCI).

Pemenang berkesempatan untuk melihat keindahan Provinsi Gyeonggi di musim dingin tahun ini. Tak hanya itu pemenang akan merasakan pengalaman terbang ke Korea menggunakan tipe pesawat terbaru Asiana Airlines untuk rute Seoul-Jakarta, yaitu Airbus A350. Kompetisi ini terbuka untuk umum. 

 

Jalan-Jalan Ke Korea Selatan Bebas Biaya Visa

Ilustrasi visa paspor. (auroratravel.asia)

Dalam rangka merayakan "ASEAN-Republic of Korea Commemorative Summit" yang diselenggarakan pada 25-26 November 2019 di Busan, pemerintah Korea Selatan membebaskan biaya visa bagi warga negara ASEAN, termasuk Indonesia, untuk tahun ini.

Menurut perwakilan dari KTO, aturan baru ini berlaku selama tiga bulan, mulai dari Oktober hingga Desember 2019.

"Ini bukan bebas visa, tapi bebas biaya visa. Berlakunya mulai 1 Oktober sampai 31 Desember 2019," kata Nina, salah satu perwakilan KTO dalam jumpa pers di kantor Korea Culture Center (KCC) Indonesia di kawasan SCBD, Jakarta, Jumat, 27 September 2019.

Saat ini di Indonesia, minat WNI untuk mengunjungi Korea Selatan semakin meningkat setiap tahun. Pada tahun 2018, Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia telah menerbitkan total 157,924 visa dan berdasarkan jumlah visa yang diterbitkan terdapat peningkatan sebanyak 15% setiap tahun.

Selain itu, maasih dalam rangka untuk meramaikan perayaan tersebut, KTO Jakarta juga mengadakan aktivitas daring berjudul "20 Days Challenge" di situs web resminya www.akudankorea.com. Hadiah utamanya berupa tiket pesawat gratis ke Korea Selatan dari maskapai Asiana Airlines.

Peserta yang mengikuti kompetisi itu diwajibkan untuk mengunggah foto atau video ke akun Instagram mereka selama 20 hari berturut-turut, sejak dibukanya K-Festival 2019 pada 1 Oktober.

 

Reporter: Yuliasna

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kediamannya Terbakar, Opick Tengah Berada di Luar Kota

Posted: 28 Sep 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kediaman Opick di bilangan Cakung, Jakarta Timur, disebut-sebut mengalami kebakaran. Kabar tersebut bermula dari unggahan sebuah akun berita di Instagram pada Minggu (29/9/2019) pagi.

Belakangan, diketahui bahwa hanya sedikit bagian rumah saja yang mengalami kebakaran, yaitu bagian ruko di lingkungan kediaman Opick.

Hal itu disampaikan Opick saat dihubungi melalui sambungan telepon.

"Bukan rumah tempat saya tinggal. Itu ruko, memang ada di lingkungan kediaman saya," kata Opick kepada Showbiz Liputan6.com, Minggu pagi.

Penyanyi lagu religi ini menjelaskan, ruko itu berlantai 2. "Lantai 1 biasa tempat anak-anak (komunitas Tombo Ati atau management) nongkrong. Di atas gudang buat menyimpan barang. Sudah ndak apa-apa. Sudah padam. Jangan dibesarkan-besarkan lah beritanya. Alhamdulillah tidak ada apa-apa. Aman," tambah si Tombo Ati ini. 

Di Pati

Rumah Opick Kebakaran. (instagram.com/warung_jurnalis)

Saat kejadian, Minggu pagi, Opick tidak sedang berada di kediamannya itu. Opick saat ini tengah berada di Pati, Jawa Tengah. Sementara di lokasi hanya ada anak-anak santri Opcik dan anggota keluarganya yang lain.

"Saya di Pati, enggak ada di rumah. (Di sana) ada kakak saya, ada santri, banyak," ungkap Opick.

Rambut Rasulullah

Opick pulang dari Turki dan mendapatkan helas rambut Rasulullah dari ulama di sana (dok Istimewa)

Opick menjelaskan ada sejumlah warganet yang menanyakan tentang nasib helai rambut Rasulullah, yang kini disimpannya. Seperti diketahui, Opick mengaku menerima beberapa helai rambut Nabi Muhammad dari ulama Turki, beberapa bulan lalu. 

"Alhamdulillah aman. Ini kan saya keliling kota termasuk sekarang di Pati untuk membawa helain rambut Rasulullah," papar Ayah 5 anak ini.

Opick pulang dari Turki dan mendapatkan helas rambut Rasulullah dari ulama di sana (dok Istimewa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warna Kulit Berubah Keabu-abuan, Jaden Smith Tak Jadi Vegan Lagi

Posted: 28 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Musisi dan aktor Jaden Smith sudah cukup lama menerapkan diet tanpa asupan produk hewani. Pilihan Jaden sempat membuat kedua orangtuanya khawatir.

Rasa khawatir itu ternyata terbukti. Dilansir dari Metro, 26 September 2019, Will Smith dan Jada Pinkett Smith mengintervensi saat melihat Jaden terlihat sangat kurus dan tidak sehat.

Bukan itu saja, kulitnya menjadi keabu-abuan.  Berbicara di Facebook Watch show Red Table Talk, Will mengatakan ada lingkaran hitam di bawah mata Jaden dan kulitnya menjadi abu-abu.

Melihat kondisi tersebut, mereka menyadari kalau pria 21 tahun itu kekurangan gizi akibat penerapan diet yang kurang baik.

Dalam talkshow tersebut, Jada membicarakan tentang hidup sehat dengan diet vegan yang dijalani seluruh keluarganya, termasuk anak-anak mereka. Namun khusus untuk Jaden, diet tersebut sempat membuatnya jadi tidak sehat.

"Will dan aku melakukan sedikit intervensi pada Jaden karena dia sekarang vegan. Dia ternyata tidak mendapatkan cukup protein. Dia terlihat kekurangan cairan, dia menyusut, dia tidak mendapatkan cukup nutrisi," jelas aktris 48 tahun itu.

Menurut Will Smith, putranya memiliki lingkaran gelap di bawah mata. "Ada sedikit warna keabu-abuan di kulitnya. Kami jadi sangat khawatir. Tapi sekarang dia sudah jauh lebih baik," kata pemain film Suicide Squad itu.

Pola Makan Buruk

Jaden Smith (Sumber: Instagram/c.syresmith)

Usai ditanyai oleh kedua orangtuanya, Jaden menyadari kekeliruannya dan mengaku ia kini bukan vegan lagi. Dia memilih menjadi seorang vegetarian sehingga bisa tetap mengonsumsi produk olahan hewan seperti susu dan keju.

"Aku menjadi vegan selama seminggu lebih tapi selama setahun ini aku menjadi vegetarian," ucap kakak dari Willow Smith ini.

Jaden mengakui tubuhnya dulu terlihat tidak sehat karena pola makannya yang buruk sebagai vegan. Dia sering melewatkan waktu makan sehingga membuat dirinya kekurangan nutrisi.

"Aku biasanya hanya makan dua kali sehari atau bahkan sekali. Mungkin hanya satu kali makan dengan porsi besar, selebihnya hanya porsi kecil," ucap pemain film 'The Karate Kid' itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar Bali United vs Kalteng Putra di Shopee Liga 1

Posted: 28 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bali United masih nyaman di puncak klasemen Shopee Liga 1 2019. Dengan 45 poin dari 19 pertandingan, Serdadu Tridatu cukup nyaman terhindar dari kejaran para rival.

Peluang mereka untuk tersus menabung poin pun terbuka. Pasalnya, malam ini mereka akan turun gelanggang menghadapi tim yang relatif bisa mereka kalahkan, Kalteng Putra.

Apalagi, di laga ini, Bali United akan bermain di kandang sendiri, Stadion Kapten I Wayan Dipta. Tiga poin pun seperti jadi harga mutlak.

Namun begitu, Bali United tetap harus waspada. Sebab, Kalteng Putra bukan tak mungkin membuat kejutan. Sebab, mereka terus termotivasi untuk keluar dari zona degadasi yang saat ini membelenggu.

Live Streaming Indosiar Bali United vs Kalteng Putra akan dimulai pukul 18.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Indosiar Bali United vs Kalteng Putra pada halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Indosiar Bali United vs Kalteng Putra silakan klik di sini...

Prediksi Susunan Pemain

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (kiper), Dias Angga Putra, Willian Pacheco, Haudi Abdillah, Ricky Fajrin (belakang) Brwa Nouri, Fadhil Sausu, Paulo Sergio (tengah) Stefano Lilipaly, Melvin Platje, Ilija Spasojevic (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco (Brasil)

Kalteng Putra (4-3-3): Reky Rahayu (kiper), Wasyiat Hasbullah, Rafael Bonfim, OK John, Kevin Gomes (belakang) Takuya Matsunaga, Pandi Lestaluhu, I Gede Sukadana (tengah), Yohanes Pahabol, Patrich Wanggai, Eydison (depan)

Pelatih: Gomes de Oliviera (Brasil)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kyuhyun Super Junior Pamer Rambut Baru di SKF Indonesia 2019

Posted: 28 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kyuhyun Super Junior memberikan satu kejutan untuk penggemarnya saat tampil di Super K-Pop Festival atau SKF Indonesia 2019, Sabtu (28/9/2019) di Indonesia Convention Exhibition, BSD Tangerang. Ia muncul dengan rambut baru berwarna pink bersemu oranye.

"Bagaimana rambut saya?" tanya Kyuhyun Super Junior di sela penampilannya dalam SKF Indonesia 2019 yang digelar oleh Cana Global Media dan NK Mulsan ini.

Rupanya rambut baru Kyuhyun Super Junior ini ada kaitannya dengan rencana comeback grupnya pada bulan depan.

"Kami sedang menyiapkan lagu baru karena itu aku ganti penampilan dan warna rambut. Setelah ganti warna rambut langsung ketemu fans Indonesia," tutur maknae Super Junior ini lewat bantuan penerjemah.

Di SKF Indonesia 2019, Kyuhyun membawakan sejumlah lagu-lagu solonya. Sebagian besar merupakan lagu ballad seperti "A Million Pieces" dan "Aewol-ri", atau "Time With You" yang mid-tempo. Alhasil, penonton pun terbawa dengan nuansa sendu lagu-lagu ini.

Ajak Penonton Bercanda

Kyuhyun Super Junior dalam SKF Indonesia 2019 hari pertama.

Namun bukan Kyuhyun namanya bila ia tak menampilkan canda. Saat sesi monolog, Kyuhyun sempat mencela dirinya sendiri.

"Ini kan festival, tapi lagu saya ballad semua...Enggak seru ya? Rasanya ngantuk enggak sih?" tanya Kyuhyun yang ramai-ramai dijawab "tidak" oleh penonton.

Setelahnya, Kyuhyun Super Junior malah membanggakan dirinya, tentu dengan nada guyon. "Sebenarnya saya jago nyanyi, jago nge-dance. Tapi kali ini izinkan saya mempersembahkan suara saya yang indah ini," kata Kyuhyun disambut tawa penonton.

"Saya memang Super Junior, tapi kalau saya sendirian memang agak menyedihkan seperti ini," tutur Kyuhyun, yang lagi-lagi membuat penonton terbahak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Kasus Kekerasan Terhadap Jurnalis Terjadi Selama Demo Tolak RUU KUHP

Posted: 28 Sep 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Koordinator Bidang Advokasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Sasmito Madrin mengatakan, dalam sepekan terakhir atau sejak demo tolak RUU KPK dan RUU KUHP bergulir pada tanggal 23 September lalu, tercatat ada 10 kasus kekerasan jurnalis di berbagai daerah Indonesia.

"10 kasus kekerasan pada aksi 24-26 September," katanya, usai Aksi Jalan Mundur AJI di CFD Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019).

Dari 10 kasus kekerasan itu, lanjutnya, sembilan kasus di antaranya diduga dilakukan oleh polisi. AJI berharap, polisi bisa menindaklanjuti kasus kekerasan terhadapa jurnalis selama sepekan terakhir.

"Kemudian kita juga mendorong kasus-kasus kekerasan yang diduga dilakukan polisi ada 9 kasus yang kita lihat pelakunya itu diduga dari kepolisian. Kita berharap pihak kepolisian mengusut kasus ini tanpa ada laporan pun itu harus diusut, karena kekerasan terhadap jurnalis bukan delik aduan. Jadi teman-teman kepolisian bisa langsung mengusut tanpa adanya laporan," kata Sasmito.

Sasmito mendesak Polisi menghentikan semua teror kepada jurnalis seluruh Indonesia. "Salah satunya di Papua, ada koresponden Jakarta Post rumah digeledah hanya untuk mencari jurnalis yang lain. Kami mendesak polisi menghentikan semua teror," tegasnya.

Selain itu, AJI juga meminta perusahaan media memberikan pendampingan bagi para pekerja atau jurnalisnya.

"Tapi kita juga mendorong perusahaan media untuk aktif mengadvokasi jurnalisnya yang menjadi korban. Di samping polisi aktif, perusahaan media juga harus aktif melaporkan kasus ini. Bukan sebagai kasus etik, tapi sebagai kasus pelanggaran pidana sesuai Undang-Undang Pers," Sasmito menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

CEO Biz Forum Puji Kinerja Kementerian Pariwisata

Posted: 28 Sep 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata di bawah kepemimpinan Arief Yahya, terbukti telah melakukan kinerja yang luar biasa. Institusi ini telah menjadi mesin penghasil devisa, serta menggerakkan ekonomi hingga ke daerah-daerah.

Pendiri sekaligus Ketua Umum CEO Biz Forum (CBF) Jahja B Soenarjo mengatakan, Arief Yahya telah menggalakkan destinasi-destinasi wisata unggulan di banyak wilayah. Kota-kota di Indonesia pun ikut bergairah dengan pertumbuhan wisata kuliner sebagai bagian dari leisure economy.

"Saya sudah lama mengenal seorang Arief Yahya. Sejak dulu, ia memang selalu bekerja dengan prinsip 3S. Yaitu solid, speed, and smart. Ternyata 3S juga menjadi napas budaya Kemenpar, sehingga cepat merespons setiap perubahan. Bukan lagi mengambil peluang, tetapi menciptakan peluang," ujarnya, Sabtu (28/9).

Diakui Jahja, ada banyak strategi atau langkah produktif yang telah dilakukan Arief Yahya untuk memajukan pariwisata di Tanah Air. Antara lain pengenalan 10 destinasi wisata prioritas, bahkan hingga ke mancanegara. Hal itu menjadi salah satu gebrakan luar biasa sehingga pariwisata Indonesia banyak dilirik turis asing.

Adapun 10 destinasi prioritas yang dimaksud adalah Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur dan kawasan Joglosemar (Jogjakarta, Solo, Semarang), Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Morotai (Maluku Utara), dan Wakatobi (Sulawesi Tenggara).

"Tak kalah keren adalah konsep sinergi pentahelix (unsur pembangunan Jawa Barat). Dengan konsep tersebut, seluruh stakeholder secara aktif betul-betul dilibatkan. Bahkan yang tidak terpikirkan oleh kami dari kalangan pengusaha, adalah adanya GenPI. Belum pernah ada sebelumnya di departemen-departemen seperti ini, melibatkan dan memberdayakan secara langsung generasi muda," ungkapnya.

Kemudian komponen 3A (atraksi, aksesibilitas dan amenitas) yang sudah dilaksanakan dan disosialisasikan sampai ke bawah. Walaupun para pelaksana yang ada di daerah belum sepenuhnya memahami dan mengikuti kecepatan ritme kerja seorang Arief Yahya, tetapi ini justru menjadi tantangan baginya untuk menunjukkan kekuatan leader.

"Harus diakui, baru kali ini Kemenpar bisa menghasilkan devisa yang cukup signifikan. Saya rasa ini akan terus bertumbuh dan meningkat. Saya harap apa yang dilakukan Arief Yahya akan menjadi semangat dan budaya yang terus digaungkan di Kemenpar," tegasnya.

Berdasarkan data tahun 2018, devisa yang dihasilkan dari sektor pariwisata mencapai USD 17 miliar. Angka itu telah mengalahkan crude palm oil (CPU) atau minyak kelapa sawit, juga minyak dan gas (migas).

Peluang pariwisata Indonesia memang sangat besar untuk menjadi yang terbaik di dunia. Bukti paling aktual, Indonesia masuk deretan 6 besar negara terindah versi publisher ternama dari UK, Rough Guides. Indonesia juga menempati nomor 7 dan menjadi satu-satunya negara ASEAN yang lolos top 10 versi Lonely Planet.

"Segudang penghargaan yang didapat dari dalam dan luar negeri, menjadi bukti kepiawaian beliau membawa pariwisata Indonesia ke kancah dunia. Beliau adalah menteri yang sangat paham 'marketing'. Ia menyadari bahwa branding bukan sekadar 'creating a brand'. Tetapi lebih ke communicating a brand. Sehingga, digandenglah ratusan mereka-merek potensial untuk mengusung Wonderful Indonesia melalui program co-branding," tandasnya.

Menyinggung soal pergantian kabinet baru, Jahja mengaku sangat mendukung Arief Yahya menjabat kembali sebagai Menpar. Ia mengaku memiliki beberapa program untuk mendukung pariwisata Indonesia yang tidak lepas dari sektor-sektor lain seperti UKM.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bali United Vs Kalteng Putra: Misi Sapu Bersih Laga Kandang

Posted: 28 Sep 2019 09:20 PM PDT

Gianyar - Bali United akan memaksimalkan laga ini untuk memperpanjang tren kemenangan kandang saat menjamu Kalteng Putra pada pekan ke-21 Shopee Liga 1 2019 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (29/9/2019).

Sampai bergulirnya pekan ke-21, Bali United menjadi satu-satunya klub Liga 1 2019 yang belum terkalahkan di kandang. Hebatnya, Bali United menyapu bersih semua laga kandang dengan kemenangan.

Bali United sukses meraih poin sempurna 27 berkat kemenangan sembilan laga kandang. Artinya, jumlah tersebut lebih setengahnya dari raihan poin Bali United sejauh ini yang menyentuh angka 27.

Selain menjaga rekor kemenangan kandang, poin sempurna juga dibutuhkan untuk memperkukuh posisi Bali United di puncak klasemen. Pasukan Stefano Cugurra Teco sejauh ini unggul sembilan poin dari Tira Persikabo yang membayangi di peringkat kedua.

Demi mengamankan poin penuh, pelatih Stafano Cugurra Teco masih akan mengandalkan skema 4-3-3. Trio Stefano Lilipaly, Melvin Platje, Ilija Spasojevic akan diplot di lini depan untuk menghancurkan barisan pertahanan Kalteng Putra.

Sementara itu, catatan kandang milik Bali United tentu menjadi motivasi tersendiri buat Kalteng Putra. Armada Gomes de Oliviera itu bertekad memutus rantai negatif mereka di kandang lawan.

Kalteng Putra tercatat meraih tujuh kekalahan beruntun dalam laga tandang musim ini. Dengan demikian, Kalteng Putra bakal tampil habis-habisan untuk meraih kemenangan atau minimal mencuri poin dari markas Bali United.

Di sisi lainnya, Kalteng Putra membutuhkan tambahan poin untuk bisa melangkah dari zona degradasi. Seperti diketahui, Laskar Isen Mulang saat ini berada di peringkat 16 dengan raihan 19 poin.

Kalteng Putra diyakini akan tampil menyerang sejak awal. Pelatih Gomes de Oliviera mempercayakan misi tersebut pada trio Yohanes Pahabol, Patrich Wanggai, dan Eydison di lini depan.

Misi membawa pulang poin tentu bukan hal yang mustahil buat Kalteng Putra. Pada pertemuan pertama, Kalteng Putra berhasil merepotkan Bali United dan memaksa laga berakhir imbang 2-2.

Data dan Fakta

Prakiraan susunan pemain

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (kiper), Dias Angga Putra, Willian Pacheco, Haudi Abdillah, Ricky Fajrin (belakang) Brwa Nouri, Fadhil Sausu, Paulo Sergio (tengah) Stefano Lilipaly, Melvin Platje, Ilija Spasojevic (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco (Brasil)

Kalteng Putra (4-3-3): Reky Rahayu (kiper), Wasyiat Hasbullah, Rafael Bonfim, OK John, Kevin Gomes (belakang) Takuya Matsunaga, Pandi Lestaluhu, I Gede Sukadana (tengah), Yohanes Pahabol, Patrich Wanggai, Eydison (depan)

Pelatih: Gomes de Oliviera (Brasil)

Head to head

  • 26/6/2019 - Kalteng Putra 2-2 Bali United (Liga 1 2019)

Lima pertandingan terakhir Bali United

  • 24/9/2019 - Bali United 1-1 Persebaya Surabaya (Liga 1 2019)
  • 19/9/2019 - Persija Jakarta 0-1 Bali United (Liga 1 2019)
  • 13/9/2019 - Bhayangkara FC 0-0 Bali United (Liga 1 2019)
  • 28/8/2019 - Bali United 2-1 Borneo FC (Liga 1 2019)
  • 24/8/2019 - Bali United 2-1 Arema (Liga 1 2019)

Lima pertandingan terakhir Kalteng Putra

  • 24/9/2019 - Kalteng Putra 0-0 PSIS Semarang (Liga 1 2019)
  • 19/9/2019 - Perseru Badak Lampung 2-1 Kalteng Putra (Liga 1 2019)
  • 13/9/2019 - Kalteng Putra 1-1 Persebaya Surabaya (Liga 1 2019)
  • 1/9/2019 - Madura United 2-1 Kalteng Putra (Liga 1 2019)
  • 25/8/2019 - Kalteng Putra 3-2 Bhayangkara FC (Liga 1 2019)

Prediksi Bola.com

Bali United 60-40 Kalteng Putra

 

Sumber: Sky Sports

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap / Editor Aning Jati, Published 29/09/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kediaman Opick Tombo Ati Kebakaran

Posted: 28 Sep 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar kurang mengenakkan datang dari Opick. Kediamannya di kawasan Cakung, Jakarta Timur dikabarkan mengalami kebakaran. Berita tentang kebarkaran rumah Opick diketahui melalui unggahan sebuah akun berita di Instagram yaitu @warung_jurnalis.

"Kebakaran di Komplek Pertamina ,Jalan Arun Raya No.80,Kampung Kandang Besar,Pulogebang,Cakung,Jaktim,Minggu (29/9/19) pagi sekitar pukul 09.15 WIB. Rumah tinggal (markas tombo ati )yang terbakar. Situasi pendinginan namun tdk membahayakan .Enam unit mobil damkar di terjunkan," tulis akun tersebut pada Minggu (29/9/2019).

Saat dikonfirmasi, Opick membenarkan kejadian tersebut. Hanya saja ia menegaskan bahwa yang terbakar hanya sedikit bagian dari ruko yang berada di depan lingkungan tempat tinggalnya.

"Oh enggak, cuma ruko ada ruko di depan kecil, dan itu kebakaran satu lantai, enggak apa-apa," kata Opick saat dihubungi tim Showbiz Liputan6.com.

 

Penyebab

Rumah Opick Kebakaran. (instagram.com/warung_jurnalis)

Opick mengatakan bahwa kebakaran tersebut berasal dari korsleting listrik. Beruntung, saat ini kebakaran sudah dapat diatasi.

"(Gara-garanya) korslet, enggak apa-apa, semuanya udah beres," lanjut Opick.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi Menikah, Ini 7 Momen Kemesraan G.O MBLAQ dan Choi Ye Seul

Posted: 28 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu anggota dari boygroup asal Korea Selatan yaitu MBLAQ memberikan kabar bahagia. G.O dan kekasihnya Choi Ye Seul resmi menikah pada Sabtu (28/9/2019). Anggota MBLAQ yang dibentuk oleh Rain di bawah J.Tune Camp ini menikahi kekasihnya setelah 2 tahun berpacaran. 

Sebelumnya, G.O MBLAQ dan Choi Ye Seul diketahui memiliki hubungan spesial pada Januari 2018 lalu. Saat kabar tersebut beredar, perwakilan dari G.O pun membenarkannya. Mereka memberikan pernyataan bahwa G.O dan Choi Ye Seul telah menjalin hubungan yang serius selama 6 bulan. G.O bahkan secara pribadi menyampaikan kabar kencannya lewat Instagram karena saat itu ia masih menjalani wajib militer.

Dilansir dari Soompi oleh Liputan6.com, Minggu (29/9/2019) G.O MBLAQ dan Choi Ye Seul kini telah resmi menjadi suami istri. Pasangan yang berbeda 7 tahun ini, menggelar pernikahan mereka secara pribadi dan tertutup. Tak hanya itu acara resepsi itu hanya berskala kecil dengan mengundang sekitar 70 tamu saja. 

Banyak didukung penggemar sejak berpacaran, berikut ini 7 potret kemesraan G.O MBLAQ dan Choi Ye Seul dilansir dari akun Instagram keduanya oleh Liputan6.com, Minggu (29/9/2019). 

1. G.O MBLAQ dan Choi Ye Seul telah resmi menikah Sabtu, 28 September 2019.

Pasangan artis Korea Selatan, G.O MBLAQ dan Choi Ye Seul gelar pernikahan dengan sederhana kemarin. (Sumber: Instagram/yeseul0104)

2. Keduanya menggelar acara secara tertutup dengan mengundang orang-orang terdekat.

Pasangan artis Korea Selatan, G.O MBLAQ dan Choi Ye Seul gelar pernikahan dengan sederhana kemarin. (Sumber: Instagram/@jung_g_o)

3. Mereka memutuskan menikah setelah berpacaran selama 2 tahun.

Pasangan artis Korea Selatan, G.O MBLAQ dan Choi Ye Seul gelar pernikahan dengan sederhana kemarin. (Sumber: Instagram/@jung_g_o)

4. Meski Choi Ye Seul lebih muda 7 tahun dari G.O, keduanya menjalin hubungan secara serius.

Pasangan artis Korea Selatan, G.O MBLAQ dan Choi Ye Seul gelar pernikahan dengan sederhana kemarin. (Sumber: Instagram/yeseul0104)

5. Bahkan kabarnya G.O sering mendatangi rumah orang tua Choi Ye Seul dan liburan bersama.

Pasangan artis Korea Selatan, G.O MBLAQ dan Choi Ye Seul gelar pernikahan dengan sederhana kemarin. (Sumber: Instagram/@jung_g_o)

6. Kabar kencan mereka terungkap setelah menjalin 6 bulan pacaran saat G.O sedang wajib militer.

Pasangan artis Korea Selatan, G.O MBLAQ dan Choi Ye Seul gelar pernikahan dengan sederhana kemarin. (Sumber: Instagram/yeseul0104)

7. G.O sendiri yang langsung mengonfirmasi kencan mereka lewat unggahan di Instagramnya.

Pasangan artis Korea Selatan, G.O MBLAQ dan Choi Ye Seul gelar pernikahan dengan sederhana kemarin. (Sumber: Instagram/yeseul0104)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Harus Serius Permudah Investasi untuk Hadapi Krisis Global

Posted: 28 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta Kamdani mengungkapkan, pengusaha pada dasarnya telah menyiapkan sejumlah antisipasi guna menghadapi ancaman resesi global.

Tetapi, kata dia, mereka juga butuh bantuan pemerintah dalam menyediakan kebijakan yang memantik iklim bisnis bagi pelaku ekonomi. Terutama melihat beberapa negara besar telah lebih dulu terjerembab di lubang resesi.

"Setidaknya untuk bisnis-bisnis yang berorientasi ekspor, yang memang bisa menjadi sangat rentan colapse bila terjadi krisis global dengan terus menerus melakukan efisiensi produksi dan berupaya mendiversifikasi pasar ekspor," tuturnya kepada Liputan6.com, Minggu (29/9/2019).

"Hanya saja langkah ini tidak bisa maksimal karena secara umum tingkat efisiensi pelaku usaha sangat tergantung terhadap kebijakan-kebijakan yang mengikat kegiatan usaha di sektor masing-masing," lanjut dia.

Misalnya saja, sebagai eksportir, lanjut dia, pengusaha tidak bisa memangkas biaya pengurusan izin impor atas input produksi bila aturan impornya tetap sama. Maka perlu memperkecil risiko pada faktor ekonomi perusahaan yang paling rentan terkena krisis.

"Jadi memang kami betul-betul meminta agar Pemerintah untuk lebih serius melakukan efisiensi kebijakan agar punya antisipasi krisis global," tegasnya.

Hal serupa juga diungkapkan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi S Lukman. Menurutnya, saat ini memang masih banyak sejumlah peraturan perizinan yang tumpang tindih di tingkat pusat dan daerah.

"Jadi memang rencana Pemerintah untuk menyatukan banyaknya aturan lewat skema Omnibus Law sangat baik untuk pertumbuhan ekonomi, terutama daya tarik bagi investor," jelasnya.

Waspadai Resesi Global, Jokowi Bakal Pangkas Regulasi Investasi

Presiden Joko Widodo didampingi Kepala Staf Kepresiden Moeldoko dan Mensesneg Pratikno menyampaikan keterangan terkait revisi UU KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/9/2019). Jokowi menyatakan mendukung sejumlah poin dalam draf revisi UU KPK. (Liputan6.com/HO/Kurniawan)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memimpin rapat terbatas yang membahas masalah Penataan dan Persyaratan Penanaman Modal, di Kantor Presiden, Jakarta, pada Rabu 25 September 2019 siang.

Dikutip dari laman Setkab, dalam pengantarnya, Jokowi menyampaikan bahwa berdasarkan informasi-informasi yang diterimanya, dalam kondisi ekonomi global yang melambat, (saat ini) banyak negara-negara lain sudah masuk kepada resesi.

Oleh sebab itu, Presiden mengingatkan, bahwa semua berpacu dengan waktu dan harus bergerak dengan cepat dengan pemangkasan, dengan penyederhanaan dari regulasi-regulasi yang menghambat. 

Pada rapat yang lalu, Jokowi mengingatkan, dirinya sudah menyampaikan banyak apa yang ingin dilakukan pemerintah, terutama dalam memberikan jaminan dan kepastian hukum bagi kegiatan penanaman modal di Indonesia.

"Hari ini supaya progresnya lebih tajam, jangan sampai mengulang apa yang sudah kita bicarakan pada rapat yang lalu," tegas Presiden Jokowi.

Turut hadir dalam Ratas kali ini Menko Perekonomian Darmin Nasution, Gubernur BI Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisaris OJK Wimboh Santoso, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, KSP Moeldoko, Menkeu Sri Mulyani, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono,

Kemedian, Menaker Hanif Dhakiri, Menperin Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Rini Soemarno. Hadir pula Mendag Enggartiasto Lukita, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menhan Ryamizard Ryacudu, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Menpar Arief Yahya, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil,

Juga dihadiri Menteri KUKM AAGN Puspayoga, Menkumham Yasona Laoly, Jaksa Agung Prasetyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BKPM Thomas Lembong, Wamen ESDM Archandra Tahar, Wamenlu AM Fachir, dan eselon satu di Lingkungan Lembaga Kepresidenan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bebaskan Syafruddin Temenggung, Hakim Kasasi Terbukti Melanggar Etik

Posted: 28 Sep 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Agung (MA) menjatuhkan sanksi etik terhadap hakim ad hoc Tindak Pidana Korupsi, Syamsul Rakan Chaniago. 

Syamsul diketahui merupakan hakim kasasi yang menangani kasus dugaan korupsi perkara korupsi penghapusan piutang Bantuan Langsung Bank Indonesia (BLBI) terhadap BDNI dengan terdakwa mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), Syafruddin Arsyad Temengung (SAT).

Juru Bicara (MA), Andi Samsan Nganro menyatakan, Syamsul terbukti melanggar kode etik dan perilaku hakim.

"Sudah diputuskan oleh tim pemeriksa MA dengan putusan bahwa saudara Syamsul Rakan Chaniago dipersalahkan," kata Andi Samsan seperti dikutip dari Antara, Minggu (29/9/2019).

Pada 9 Juli 2019 lalu, majelis kasasi yang terdiri atas hakim Salman Luthan selaku ketua dengan anggota hakim Syamsul Rakan Chaniago dan Mohamad Asikin memutuskan Syafruddin Temenggung tidak melakukan tindak pidana sehingga harus dikeluarkan dari tahanan.

"Hakim Syamsul Rakan Chaniago masih tercantum atas namanya di kantor lawfirm walau yang bersangkutan sudah menjabat sebagai hakim ad hoc Tipikor pada MA," tambah Andi.

Selain itu, Syamsul juga diketahui berhubungan dan mengadakan pertemuan dengan pengacara Syafruddin Temenggung. Sebagai hakim yang tengah menangani sebuah perkara, seharusnya Syamsul tidak berhubungan dengan pihak yang berperkara.

"Yang bersangkutan bertemu dengan saudara Ahmad Yani, salah seorang penasihat hukum terdakwa SAT di Plaza Indonesia pada 28 Juni 2019 pukul 17.38 WIB sampai dengan pukul 18.30 WIB, padahal saat itu yang bersangkutan duduk sebagai hakim anggota pada majelis hakim terdakwa SAT," jelas Andi.

Atas alasan tersebut Syamsul Rakan Chaniago dikenakan sanksi etik. Hukuman nonpalu itu efektif sejak Syamsul menerima pemberitahuan dari MA.

"Sebagai terlapor yang bersangkutan dikenakan sanksi sedang berupa hakim non palu selama 6 bulan sebagaimana diatur dalam Pasal 21 huruf b Peraturan Bersama Ketua MA dan Ketua KY No. 02/PB/MA/IX/2012 - 02 /BP/P-KY/09/2012," jelas Andi.

 

 

Putusan MA

Mantan Kepala BPPN, Syafruddin Arsyad Temenggung memberi salam saat meninggalkan rumah tahanan KPK, Jakarta, Selasa (7/9/2019). Sebelumnya, Mahkamah Agung mengabulkan permohonan kasasi yang diajukan Syafruddin Arsyad Temenggung dalam kasus korupsi SKL BLBI. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Seperti diketahui, MA mengabulkan kasasi yang diajukan terdakwa kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Syafruddin Arsyad Temenggung oleh Mahkamah Agung (MA).

Dengan demikian, Syafruddin Temenggung bebas dari jerat hukum. Putusan tersebut termaktub dalam amar putusan No. 1555K/PID.SUS-TPK/2019.

Sebelumnya Kepala Biro Hukum dan Humas MA Abdullah mengatakan, berdasarkan putusan, Syafruddin harus dilepaskan dari segala tuntutan hukum. Selain itu, kemampuan, harkat dan martabat Syafruddin harus dipulihkan. Kemudian terdakwa juga dikeluarkan dari tahanan. Di sisi lain, ia menyebutkan, dalam putusan kasasi itu tidak bulat. Sebab, ada dissenting opinion di dalamnya.

Putusan tersebut termaktub dalam amar putusan No. 1555K/PID.SUS-TPK/2019. Sebelumnya Kepala Biro Hukum dan Humas MA Abdullah mengatakan, berdasarkan putusan, Syafruddin harus dilepaskan dari segala tuntutan hukum.

Selain itu, kemampuan, harkat dan martabat Syafruddin harus dipulihkan. Kemudian terdakwa juga dikeluarkan dari tahanan. Di sisi lain, ia menyebutkan, dalam putusan kasasi itu tidak bulat. Sebab, ada dissenting opinion di dalamnya.

"Dalam putusan tersebut, ada dissenting opinion. Jadi tidak bulat. Ketua majelis sependapat dengan judex factii dengan pengadilan tingkat banding. Hakim Anggota I, Chaniago, berpendapat bahwa perbuatan Terdakwa perbuatan hukum perdata," ujar Abdullah dalam konferensi pers di Gedung MA, Selasa (9/7/2019).

"Hakim Anggota II, berpendapat terdakwa perbuatan tersebut merupakan ranah hukum administrasi," sambungnya.

Syafruddin Temenggung mengajukan kasasi setelah Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memperberat hukumannya menjadi 15 tahun penjara dari vonis 13 tahun penjara yang dijatuhkan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

Mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) itu pada putusan sebelumnya dianggap terbukti merugikan negara sekitar Rp 4,58 triliun terkait penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) BLBI kepada Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Salah Taruh Barang di Swalayan Ini Sekilas Sama Tapi Bikin Kesal

Posted: 28 Sep 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbelanja kebutuhan sehari-hari memang nyaman bila berbelanja di tempat yang menjual barang secara lengkap seperti swalayan. Namun terkadang, pilihan tempat ini pun tergantung kebutuhan. Bila hanya untuk membeli bumbu masakan tentu lebih efisien membeli di warung dekat rumah.

Kalau untuk kebutuhan bulanan yang biasanya dibeli secara banyak, orang lebih banyak membelinya langsung di pasar atau swalayan. Memasuki sebuah swalayan pasti akan melihat rentetan produk kebutuhan sehari-hari, seperti shampo, sabun hingga kebutuhan pokok lainnya.

Penempatan barangnya pun disesuaikan dengan jenisnya dan mereknya, sehingga memudahkan pembeli untuk mencari dan memilihnya. Namun terkadang dalam penempatan barang seperti ini pun bisa saja terjadi sebuah kesalahan. Jadi ketika dari jauh terlihat tulisan di atasnya tentang kebutuhan sekolah, namun yang ada malah pisau yang membuat bingung pembeli.

Harusnya lebih mudah untuk menemukan, namun malah harus bertanya dengan pramuniaga untuk bertanya di mana barang yang diinginkan. Berikut 6 potret salah taruh barang di swalayan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (29/9/2019).

1. Ketika ingin mencari peralatan sekolah, namun yang dipajang malah minuman

Salah taruh barang di swalayan (Sumber: Cheezburger)

2. Ingin membeli shampo, tapi kok di tengah-tengah produk ada kecap?

Salah taruh barang di swalayan (Sumber: Instagram/receh.id)

3. Ketika tempat untuh buah semangka jadi tempat untuk bawang bombay

Salah taruh barang di swalayan (Sumber: boredpanda)

4. Apakah kecap bisa digunakan untuk sabun mandi juga?

Salah taruh barang di swalayan (Sumber: Instagram/receh.id)

5. Timun ini jadi hadiah Valentine?

Salah taruh barang di swalayan (Sumber: boredpanda)

6. Pisau kini telah berubah menjadi peralatan untuk sekolah

Salah taruh barang di swalayan (Sumber: boredpanda)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Pakai Hak Jawab di Majelis Umum PBB Usai Vanuatu Angkat Isu Papua

Posted: 28 Sep 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, New York - Indonesia menggunakan hak jawab (rights of reply) di Majelis Umum PBB ke-74/2019 usai delegasi Vanuatu mengangkat isu Papua pada pidato di sidang majelis.

Pada 28 September 2019, Perdana Menteri Vanuatu Charlot Salwai Tabismasmas berpidato di hadapan majelis bahwa "para pemimpin dunia harus membantu orang-orang Papua Barat."

"Kami (juga) mengecam pelanggaran hak asasi manusia terhadap masyarakat adat Papua Barat," lanjut Tabismasmas seperti dikutip dari SBS Australia, Sabtu (29/9/2019).

Menteri Luar Negeri Vanuatu, Ralph Regenvanu menambahkan pada kesempatan terpisah di sela rangkaian agenda Majelis Umum, "Kami sangat khawatir karena saat ini sedang ada krisis yang terjadi."

Vanuatu juga mendesak agar negara Pasifik besar, khususnya Australia, "bertindak secara substansial terhadap isu Papua Barat."

Hak Jawab Delegasi Indonesia

Menggunakan hak jawab (rights of reply) atas pernyataan PM Vanuatu di Sidang Majelis Umum PBB, delegasi Indonesia menyebut komentar negara Pasifik itu sebagai langkah tak bertanggungjawab berselubung "motif".

"Kami mempertanyakan motif dan langkah Vanuatu yang tidak bertanggungjawab," kata Rayyanul Sangaji, delegasi Perwakilan Tetap RI untuk Markas PBB New York, kepada Majelis Umum PBB pada 28 September 2019, seperti dikutip dari webtv.un.org, Sabtu (29/9/2019).

"Mereka menyoroti isu hak asasi manusia di Papua, tapi motif mereka sebenarnya adalah mendukung kelompok separatisme Papua," lanjut Rayyanul.

Sebagai informasi, Vanuatu merupakan tempat berdiri dan rumah bagi United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) pimpinan Benny Wenda sejak 7 Desember 2014.

"Vanuatu menjual janji palsu ... dan langkah provokasinya yang berlanjut telah memicu konflik."

"Provokasi Vanuatu (yang menyulut konflik) telah menyebabkan kerusakan infrastruktur di Papua, ratusan rumah terbakar, fasilitas publik rusak, dan nyawa warga sipil yang tak bersalah hilang," --mereferensi demo berujung rusuh di Wamena pada awal pekan ini.

Delegasi Indonesia juga menekankan kepada Majelis bahwa "Kami telah berkomitmen mempromosikan dan melindungi hak seluruh rakyat Indonesia, termasuk orang Papua."

Rayyanul juga mendesak Vanuatu "untuk kembali membaca dan memahami fakta-fakta legal dan sejarah" agar tidak mengulangi "kesalahan yang sama, lagi dan lagi" --mereferensi pada langkah Vanuatu yang telah menggunakan Sidang Majelis Umum PBB untuk mengangkat isu Papua selama beberapa tahun terakhir.

"Papua, sejak deklarasi kemerdekaan Indonesia, adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang diperkuat dengan Resolusi Majelis Umum PBB 2504," kata Rayyanul.

Delegasi Indonesia juga meminta agar semua negara untuk menghormati "kedaulatan dan integritas teritorial" serta mendesak untuk tidak mencampuri persoalan domestik negara lain.

Telah Diperkirakan

Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI (kredit: Kemlu.go.id)

Langkah Vanuatu yang kembali menggunakan platform Majelis Umum PBB tahun ini untuk 'mengusik' Indonesia soal isu Papua, adalah aksi yang telah diperkirakan.

Pelaksana tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, pada 25 September 2019, memprediksi bahwa mungkin ada satu-dua negara yang mengangkat isu Papua dan Papua Barat di sidang majelis umum.

"Selama rangkaian sidang Majelis Umum PBB (2019), tidak sama sekali ada agenda atau pembahasan (khusus) soal Papua," kata Faizasyah pada sela-sela agenda di Jakarta, Rabu (25/9/2019).

"(Namun) hanya satu negara Pasifik itu sebenarnya yang selama ini usil dengan mengangkat isu Papua (di Majelis Umum PBB). Kalau (ada) diangkat (isu Papua), Indonesia punya hak untuk menjawab (right of reply), memberikan tanggapan dan meluruskan apabila ada hal-hal yang (dibahas di majelis umum) mengaitkan dengan kepentingan politik domestik negara itu."

Tahun lalu, ketika Vanuatu membahas isu Papua di Sidang Majelis Umum PBB ke-73, delegasi Indonesia menggunakan right of reply sebanyak dua kali untuk mengecam langkah negara Pasifik tersebut, sekaligus "memberikan penjelasan tentang keadaan yang sebenarnya" di Bumi Cendrawasih.

"Meskipun disamarkan dengan keprihatinan hak asasi manusia yang berbunga-bunga, niat dan tindakan tunggal Vanuatu secara langsung menantang prinsip-prinsip hubungan persahabatan yang disepakati secara internasional antara negara, kedaulatan dan integritas teritorial," kata delegasi Indonesia di PBB, Aloysius Selwas Taborat dalam penyampaian right of reply kedua kepada Vanuatu pada Oktober 2018 --seperti dikutip dari the Guardian.

Aloysius mengatakan, Vanuatu berulang kali mendukung gerakan separatis dan dia mempertanyakan perilakunya sebagai "negara yang taat hukum internasional".

"Dukungan yang tidak dapat dimaafkan ini bagi individu separatis jelas ditunjukkan dengan dimasukkannya sejumlah orang dengan catatan kriminal serius dan agenda separatis dalam delegasi mereka ke PBB."

Taborat mengatakan bahwa rakyat Papua telah "sekali dan untuk semua menegaskan kembali Papua adalah bagian yang tidak dapat dibatalkan dari Indonesia" dan bahwa itu "final, tidak dapat dibalikkan dan permanen", merujuk pada Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera atau Act of Free Choice) 1969 yang diadopsi menjadi Resolusi Majelis Umum PBB 2504.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Bocoran Bentuk iPhone 2020 Bikin Penasaran

Posted: 28 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja meluncurkan seri iPhone 11 dua pekan lalu di berbagai negara di dunia. Informasi terkini, perusahaan akan meluncurkan iPhone 2020 dengan layar lebih besar dan tanpa notch.

Artikel tentang iPhone 2020 yang bakal menjadi penerus trio iPhone 11 ini mencuri perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (28/9/2019).

Dua artikel lain yang mencuri perhatian, antara lain Huawei Mate 10 bakal dapat update EMUI 10, dan Google rilis dataset untuk membantu peneliti mendeteksi deepfake.

Tanpa panjang lebar, simak berita selengkapnya:

1. iPhone 2020 Punya Layar Lebih Besar dan Tanpa Notch?

Apple baru dua minggu lalu menjual trio smartphone teranyarnya, iPhone 11, di berbagai negara di dunia.

Menurut laporan terkini, perusahaan bentukkan Steve Jobs tersebut akan meluncurkan iPhone 2020--belum nama resmi--dengan desain baru.

Salah satu perubahan besar dari iPhone seri terkini adalah frame metal bodi di sisi ponsel, mirip dengan desain iPhone 4 dan iPhone 4s.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Huawei Mate 10 Bakal Dapat EMUI 10

Huawei sedang bersiap untuk merilis user interface atau antarmuka versi terbaru, EMUI 10, untuk sejumlah produknya. Selain Mate 20 dan dan Honor 20, Mate 10 dilaporkan akan mendapatkan EMUI 10.

Dilansir dari GSM Arena, Sabtu (28/9/2019), Huawei mengumumkan smartphone Mate 10 akan mendapatkan EMUI 10 berbasis Android 10. Pengumuman tersebut disampaikan di forum resmi Huawei.

Para pemilik Mate 10, Mate 10 Pro, dan Mate 10 Porche Design, yang sudah menjalankan EMUI 9.1.0.321 bisa bergabung dalam proses pengujian versi beta EMUI 10.

Baca Selengkapnya di Sini

3. Google Rilis Dataset untuk Bantu Peneliti Deteksi Deepfake

Maraknya penipuan dengan menggunakan teknologi deepfake membuat sejumlah perusahaan rugi besar. Salah satu kejadiannya adalah ketika satu perusahaan di Inggris.

Perusahaan itu hampir mengirim uang sejumlah hampir 250 ribu USD atau setara Rp 3,5 miliar karena tertipu transaksi yang dijalankan dengan teknlogi deepfake.

Hal ini mendorong Google untuk merilis dataset yang dapat digunakan oleh peneliti untuk mencari cara menangkal penipuan melalui teknologi ini dengan menemukan modus-modus tertentu.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar: PSS Sleman vs Madura United di Shopee Liga 1

Posted: 28 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Sleman - PSS Sleman siap membuktikan diri lebih superior dalam pertemuan kedua melawan Madura United pada pekan ke-21 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (29/) sore WIB.

Tim Elang Jawa mampu mempermalukan Madura United di kandang mereka di Pamekasan. Gol tunggal Irkham Zahrul Mila membuat PSS pulang dengan torehan tiga poin dari kandang lawan (31/7/2019).

PSS Sleman kembali punya kesempatan mengatasi Laskar Sape Kerrab. Apalagi kali ini PSS akan tampil di hadapan pendukung sendiri yang memenuhi tribun Stadion Maguwoharjo.

Namun, sebelum itu, PSS wajib bangkit setelah menelan kekalahan telak 0-4 dari Arema FC (24/9/2019). Kekalahan terburuk yang sejauh ini yang diterima Brian Ferreira dkk.

PSS Sleman juga makin waspada karena Madura United datang ke Sleman dengan kekuatan penuh. Tim asuhan Rasiman ini bisa menurunkan semua pemain yang diinginkan tanpa ada yang absen terkena hukuman akumulasi kartu atau cedera. Situasi ini tentu sangat menguntungkan buat Laskar Sape Kerrab. Apalagi tim tamu juga berambisi meneruskan catatan kemenangan setelah menang 2-1 atas Persela Lamongan (24/9/2019).

Link Live Streaming

Untuk link live streaming PSS Sleman vs Madura United, silakan klik di sini..

Prediksi Susunan Pemain

PSS Sleman: Derry, Gufron, Ikhwan, Bagus; Brian, Batata, Saimima; Rangga, Yevhen, Haris.

Madura United (4-3-3): Marckho, Jaimerson, Bakmaz, Rendika; Diego, Zulfiandi, Abimanyu; Beto, Rakic, Andik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk Bersama Mengakhiri 'Tradisi' Tahunan Kabut Asap

Posted: 28 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bangka - Kabut asap yang menutupi di sebagian wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung seakan menjadi "tradisi" tahunan yang terjadi setiap di musim kemarau akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Berbagai pihak sudah berusaha dengan maksimal, baik dengan melakukan pencegahan mau pun penanganan karhutla di wilayah rawan ancaman kebakaran. Namun upaya tersebut ternyata dianggap belum memberikan hasil maksimal dengan dibuktikan masih terjadinya kasus yang sama bahkan di wilayah yang sama juga.

Di wilayah hukum Polres Bangka, personel Kepolisian Sektor Merawang bahkan melakukan sosialisasi langsung ke tengah masyarakat termasuk pemasangan spanduk yang berisikan larangan pembakaran di kawasan rawan kebakaran.

"Sosialisasi tersebut diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan hutan dari ancaman kebakaran," kata Kapolsek Merawang, Iptu Yuhda Prakoso dilansir Antara.

Namun, kerja keras pihak kepolisian sektor tersebut terkesan tidak mendapat apresiasi dari sebagian masyarakat dengan dibuktikan masih terjadinya kebakaran di kawasan Lintas Timur Sungailiat yang masuk wilayah Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Menurut Sopian, salah seorang warga Merawang, khusus pada 10 September 2019, pihaknya mencatat adanya belasan hektare lahan yang mengalami kebakaran di kawasan Lintas Timur yang merupakan sebagian kawasan gambut.

Kebakaran lahan tersebut menimbulkan dampak pula munculnya asap tebal yang menutupi ruas jalan hingga berjarak sekitar dua kilometer sehingga sangat berbahaya bagi pengguna jalan.

Penyebab Karhutla

Ilustrasi Kebakaran Hutan (iStockphoto)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan, penyebab munculnya karhutla itu diduga ulah oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab yang sengaja membakar lahan untuk dijadikan lokasi perkebunan.

Disebabkan kebakaran tersebut memunculkan asap yang cukup tebal, para petugas dan relawan di lapangan selalu mengalami kesulitan untuk memadamkan api yang sangat mudah merambat ke lahan lainnya.

Ditambah dengan keberadaan angin yang cukup kencang, api tersebut sangat mudah membakar lahan dan hutan lainnya karena pohon-pohon atau semak belukar yang sudah mengering akibat musim kemarau yang melanda Bangka Belitung belakangan ini.

"Api dengan sangat mudah merambat lahan yang dipenuhi semak belukar yang mengering, karena tiupan angin pantai yang cukup kencang," tuturnya.

Sementara Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melalui dinas berwenang telah berhasil menangani 94 titik karhutla di daerah itu mulai 1 Januari sampai 31 Agustus 2019.

Menurut Kabid Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Hutan Satpol PP Kabupaten Bangka, Achmad Fauzi, dalam kurun waktu delapan bulan tersebut, pihaknya sudah berhasil menangani sebanyak 94 titik karhutla yang tersebar disejumlah tempat.

Dari 94 titik api yang berhasil dipadamkan itu, tercatat seluas 300,5 hektare lahan mengalami kerusakaan dengan sebagian besar diduga akibat unsur sengaja oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab.

"Lahan yang terbakar mencapai kurang lebih 300,5 hektare tersebut berdasarkan dari catatan hasil kebakaran lahan di lapangan mulai dari 0,5 hektare, 0.75 hektare sampai yang lebih luas," ucapnya, menjelaskan.

Fauzi menambahan, lahan yang paling luas terbakar berada di kawasan hutan produksi Lintas Timur serta sejumlah tempat lainnya seperti di Kecamatan Sungailiat dan di Kecamatan Belinyu.

Menyikapi karhutla yang semakin mengkhawatirkan, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan meminta masyarakat untuk tidak lagi membakar lahan dan hutan guna mengurangi asap karhutla yang akan mengganggu kesehatan.

Untuk menghindari ancaman penyakit, terutama infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), masyarakat Bangka Belitung disarankan untuk menggunakan masker.

"Saat ini asap dari Sumatera dan Kalimatan sudah mulai menyelimuti Pulau Bangka dan Belitung, sehingga diharapkan masyarakat menggunakan masker untuk mencegah berbagai penyakit akibat asap tersebut," ujar Gubernur Babel. 

Pemicu Karhutla Lain

ilustrasi kebakaran hutan (sumber: iStockophoto)

Gubernur menjelaskan, potensi dan penyebab munculnya karhutla cukup banyak karena bukan karena ulah masyarakat saja yang bermaksud untuk membuka lahan.

Karhutla juga bisa dipicu hal-hal lain, misalnya, botol dalam kemasan masih ada airnya kemudian terkena sinar matahari sehingga bisa mengakibatkan panas dan terbakar, lalu terbakarnya lahan kering itu juga bisa menyebabkan kebakaran dalam areal yang lebih luas.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III HAS Hanandjoeddin Tanjung Pandan, Charles Siregar mengatakan, sebagian wilayah di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur sudah diselimuti kabut asap karhutla yang diduga kiriman dari wilayah di Kalimantan.

Selain disebabkan oleh kiriman asap dari Kalimantan, kabut asap karhutla yang melanda Pulau Belitung itu juga karena kebakaran hutan dan lahan di daerah setempat.

Merambah ke fishing ground

Kabut asap dari karhutla di wilayah daratan tidak hanya mengakibatkan asap tebal yang menganggu pengendara di jalan umum, tetapi juga sudah merambah di wilayah penangkapan ikan (fishing ground) bagi nelayan di Kabupaten Bangka.

Kasatpolair Polres Bangka AKP Elpiadi mengakui kabut asap sudah masuk di kawasan perairan laut atau di wilayah penangkapan ikan.

"Kami belum bisa memastikan jarak pandang di perairan laut, tetapi kabut asap sudah masuk di kawasan penangkapan ikan oleh nelayan," jelasnya.

Dia mengkhawatirkan jika kabut asap semakin tebal, akan memengaruhi jarang pandang bagi nelayan yang melakukan aktivitas penangkapan mau pun bagi kapal angkutan lainnya.

Salah satu warga Sungailiat, Yuswara menilai petugas pemadam kebakaran bekerja sudah cukup maksimal melakukan pemadaman api dengan sigap.

"Saya menilai, petugas Damkar bekerja sudah cukup baik, setiap mendapat laporan kebakaran langsung datang ke tempat kejadian perkara," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Selamatkan Hutan Indonesia di Bundaran HI

Posted: 28 Sep 2019 09:00 PM PDT

Masyarakat yang tergabung dalam organisasi LGN Jakarta melakukan aksi saat CFD di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). Aksi tersebut sebagai bentuk protes kepada pihak terkait untuk menuntaskan bencana kebakaran hutan yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Masyarakat yang tergabung dalam organisasi LGN Jakarta melakukan aksi saat CFD di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). Aksi tersebut sebagai bentuk protes kepada pihak terkait untuk menuntaskan bencana kebakaran hutan yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Masyarakat yang tergabung dalam organisasi Lingkar Ganja Nusantara (LGN) Jakarta melakukan aksi yang bertajuk Selamatkan Hutan Indonesia pada Car Free Day di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019).  (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Masyarakat yang tergabung dalam organisasi Lingkar Ganja Nusantara (LGN) Jakarta melakukan aksi yang bertajuk Selamatkan Hutan Indonesia pada Car Free Day di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Masyarakat yang tergabung dalam organisasi LGN Jakarta melakukan aksi saat CFD di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). Aksi tersebut sebagai bentuk protes kepada pihak terkait untuk menuntaskan bencana kebakaran hutan yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Masyarakat yang tergabung dalam organisasi LGN Jakarta melakukan aksi saat CFD di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). Aksi tersebut sebagai bentuk protes kepada pihak terkait untuk menuntaskan bencana kebakaran hutan yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Masyarakat yang tergabung dalam organisasi Lingkar Ganja Nusantara (LGN) Jakarta melakukan aksi yang bertajuk Selamatkan Hutan Indonesia pada Car Free Day di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019).  (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Masyarakat yang tergabung dalam organisasi Lingkar Ganja Nusantara (LGN) Jakarta melakukan aksi yang bertajuk Selamatkan Hutan Indonesia pada Car Free Day di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Masyarakat yang tergabung dalam organisasi LGN Jakarta melakukan aksi saat CFD di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). Aksi tersebut sebagai bentuk protes kepada pihak terkait untuk menuntaskan bencana kebakaran hutan yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Masyarakat yang tergabung dalam organisasi LGN Jakarta melakukan aksi saat CFD di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). Aksi tersebut sebagai bentuk protes kepada pihak terkait untuk menuntaskan bencana kebakaran hutan yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Masyarakat yang tergabung dalam organisasi Lingkar Ganja Nusantara (LGN) Jakarta melakukan aksi yang bertajuk Selamatkan Hutan Indonesia pada Car Free Day di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019).  (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Masyarakat yang tergabung dalam organisasi Lingkar Ganja Nusantara (LGN) Jakarta melakukan aksi yang bertajuk Selamatkan Hutan Indonesia pada Car Free Day di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Hasto Wardoyo Beri Obat Pengurang Nyeri Menstruasi ke Pasien Laki-Laki

Posted: 28 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Maumere - Banyak hal yang diluruskan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), Hasto Wardoyo di perayaan Hari Kontrasepsi Sedunia 2019 di Maumere, Nusa Tenggara Timur belum lama ini.

Hasto cukup sering mendengar perihal keengganan wanita menggunakan alat kontrasepsi, karena takut tidak menstruasi.

Mereka juga masih berpikir bahwa haid itu berarti mengeluarkan darah kotor. Apabila darah yang kotor itu tidak cepat-cepat disingkarkan, bisa mengakibatkan sekujur tubuh terasa sakit, bahkan parahnya ada yang percaya bisa menyebabkan kanker.

"Bukan, menstruasi itu bukan darah kotor. Itu mitos," kata Hasto di Ballroom Hotel Sylvia, Kabupaten Sikka, Maumere, Nusa Tenggara Timur pada Jumat, 27 September 2019.

Hasto menjelaskan bahwa menstruasi adalah mengelupasnya rahim seorang perempuan. Karena mengelupas, sudah pasti berdarah. Dan darahnya keluar lewat bawah.

 

Cerita Hasto Wardoyo

Dalam sebuah kesempatan, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo meluruskan sebuah mitos yang menyebut menstruasi adalah darah kotor. Menstruasi terjadi karena mengelupasnya rahim, yang menyebabkannya berdarah. Namun, tidak lantas disebut darah kotor (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

Hal ini, kata Hasto, sama seperti pemberian obat pengurang rasa sakit. Hasto pun jadi teringat saat dia masih menjadi dokter puskesmas di Kalimantan.

Antalgin atau Levorphanol adalah salah satu obat pengurang rasa sakit. Menurut cerita Hasto, dia cukup sering memberikan ini kepada beragam pasien.

Dari pasien yang mengalami nyeri akibat menstruasi, sampai pasien yang datang karena sakit kepala.

"Orang sakit menstruasi saya kasih antalgin, ada yang datang sakit kepala saya kasih antalgin. Pasien protes," kata Hasto.

Pasien protes karena Hasto meresepkan obat yang sama dengan yang menstruasi dan yang tidak. Padahal, obat tersebut memiliki fungsi yang sama, untuk mengurangi rasa sakit. Sayangnya, pasien tidak mengetahui hal tersebut.

Bahkan, masih menurut Hasto, pernah suatu ketika obat antalgin tersebut habis. Yang tersisa hanya 'obat perempuan' feminax.

Feminax yang orang awam tahu adalah obat untuk mengatasi nyeri haid. Sedangkan bagi seorang dokter, feminax merupakan obat yang mengandung Paracetamol. Paracetamol sendiri bekerja untuk mengurangi rasa nyeri.

"Feminax itu kan intinya analgetik. Analgetik itu pengurang rasa sakit," katanya.

"Ada orang kesandung kakinya, saya sudah enga punya obat lagi, saya kasih saja itu, padahal laki-laki dan sembuh," Hasto melanjutkan.

Saat memberikan obat tersebut, Hastu sudah terlebih dahulu mengganti 'kulitnya'. Sebab, kalau kemasan tidak diganti, pasien tersebut tidak akan percaya bahwa obat tersebut mujarab untuk mengurangi rasa sakit yang dia alami.

"Jadi sebenarnya, banyak ilmu-ilmu yang mengasyikkan kalau dipelajari. Ilmu yang praktis-praktis saja. Kaya darah menstruasi, tapi orang menganggap itu darah kotor. Padahal sama saja dengan darah yang keluar lewat hidung. Pun dengan obat," katanya.

Simak Video Menarik Terkait Hasto Wardoyo

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Kelakuan Nyeleneh Siswa Kerjakan Tugas

Posted: 28 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengerjakan soal yang diberikan guru tentu menjadi hal yang biasa dikerjakan siswa. Sayangnya tak semua bisa menjawabnya dengan baik, terlebih di saat ujian. Oleh karena itu tak jarang dari mereka yang mengerjakan ujian dengan jawaban ngaco.

Artikel tentang deretan kelakuan nyeleneh siswa ketika kerjakan tugas sekolah menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang 6 zodiak yang kerap membicarakan hal negatif kepada orang lain. Sementara artikel ketiga terpopuler tentang deretan orang yang berpakaian mirip benda sehari-hari.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 6 Kelakuan Nyeleneh Siswa Kerjakan Tugas dari Guru, Bikin Garuk Kepala

Doc: Instagram.com

Tugas yang diberikan oleh guru di sekolah sering menjadi salah satu syarat mendapatkan nilai yang bagus. Bila nilai-nilai tersebut dikalkulasikan, maka itu akan menjadi penentu apakah siswa tersebut memenuhi syarat lulus atau kenaikan.

Namun bagaimana bila tidak mengetahui jawaban dari tugas yang diberikan? Setidaknya siswa tersebut telah mendapat validasi dari usaha yang dilakukan.

Selengkapnya...

2. 6 Zodiak Tukang Gosip yang Suka Bicarakan Hal Negatif

Jangan curhat sama zodiak ini, nanti curhatamu 'bocor'. (Via: zodiacfire.com)

Ada orang-orang yang memang suka menghabiskan waktu dengan omong kosong rendahan. Ya, gosip adalah sesuatu yang kadang sulit kita abaikan. Terlebih jika topiknya menarik.

Beberapa zodiak suka membesar-besarkan gosip yang tengah dibicarakan. Berhati-hatilah dengan mereka. Berikut zodiak-zodiak tersebut seperti dilansir dari Yourtango.

Selengkapnya...

3. Menipu Mata, 6 Pakaian Orang Ini Mirip Benda Sehari-hari

Doc: Instagram.com

Tanpa disadari, pakaian yang kamu pakai bisa saja mirip dengan benda-benda di sekitarmu. Hal-hal konyol ini bisa terjadi kapan saja.

Kamuflase seperti ini biasanya hanya disadari mereka yang memiliki mata tajam. Tak percaya, lihat kamuflase-kamuflase berikut ini seperti dihimpun dari berbagai sumber.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Kali Gagal, Tata Janeeta Takut Menikah Lagi

Posted: 28 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Tata Janeta kini menyandang status janda setelah resmi bercerai dengan Mehdi Zati pada 26 Juni 2019. Buat Tata Janeta, ini merupakan kedua kalinya ia gagal membina rumah tangga, setelah sebelumnya ia juga pernah menikah dengan  Efran Fitrianto namun harus berakhir dengan perceraian.

Kembali gagal berumah tangga, menyisakan trauma dalam diri Tata Janeta. Sehingga saat ini dirinya mengaku nyaman dengan kesendirian.

"Sekarang lagi enggak ada yang dekat. Semuanya teman. Masih trauma (gagal mempertahankan biduk pernikahan)," kata Tata Janeeta di kawasan  Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (27/9/2019).

 

 

 

Takut Nikah Lagi

Eksklusif Tata Janeta dan Mehdi Zati (Fotografer: Adrian Putra, Wardrobe: Minimal, Stylist: Indah Wulansari, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Dalam hati yang terdalam, Tata Janeeta  tak mau lagi merasakan perceraian dan menginginkan Mehdi Zati sebagai pelabuhan terakhirnya. Namun semuanya itu sirna dan ia harus menerima kenyataan pahit bercerai dengan pria asal Iran, sehingga ia mengaku takut untuk menikah lagi.

 "Kan enggak mau gagal ya. Cuma sekarang masih takut memulai hubungan lagi. Apalagi nikah. Itu yang gua takut," ujar Tata Janeta.

Anak

Tata Janeta (Deki Prayoga/bintang.com)

Tata Janeeta juga berhati-hati dengan asmara, lantaran tak mau dengan mudah gonta-ganti pasangan. Ia tak mau menjadi cerminan buruk buat kedua anaknya.

"Kalau mau dekat sama orang, gue agak menunggu. Gue punya dua anak. Kalau gonta-ganti pasangan kan sama saja mengajarkan jelek ke anak," kata Tata Janeeta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih PSIS Berharap Dukungan Suporter Tak Jadi Beban

Posted: 28 Sep 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Magelang- PSIS Semarang akan melakoni pertandingan pekan ke-21 Shopee Liga 1 2019 dengan menjamu Badak Lampung FC di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Minggu (29/9/2019).

Jelang pertandingan, pelatih PSIS Semarang, Bambang Nurdiansyah, meminta anak asuhnya bermain lepas ketika menghadapi Perseru Badak Lampung FC. Banur tidak ingin Laskar Mahesa Jenar kembali kalah di kandang.

PSIS memiliki rekor yang kurang bagus ketika bermain di Stadion Moch. Soebroto, Magelang. Dari 8 laga kandang, PSIS kalah sebanyak lima kali, sisanya dua kali menang dan satu kali seri.

Banur menduga tekanan dari suporter yang membuat catatan PSIS di kandang sangat buruk. Sehingga dia mewanti-wanti agar dukungan dari suporter tidak dijadikan beban.

"Saya mau garis bawahi, mental anak-anak ketika main home, saya mau mereka main lepas, main senang, main gembira," ungkap pelatih PSIS ini.

Tampil Lepas

"Dalam artian suporter itu, jadikan motivasi, bukan jadi beban, kalau main di kandang," sambungnya.

Banur meyakini, jika pemainnya mampu tampil lepas dan bermain bagus melawan Badak Lampung, hasilnya akan maksimal.

Tekad untuk Menang

Sementara itu, gelandang PSIS Semarang, Heru Setiawan, bertekad untuk mengamankan poin penuh di kandang. Pasalnya, mereka butuh tambahan angka untuk memperbaiki posisi.

"Kami harus memenangkan pertandingan besok untuk mengakhiri rentetan hasil negatif di kandang dan untuk memperbaiki klasemen," jelasnya.

Disadur dari Bola.net (penulis Mustopa El Abdy, published 29/9/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atlet Nasional Tercecer, Frans Watopa Rebut Juara Rhino Cross Triathlon 2019

Posted: 28 Sep 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Pandeglang- Atlet asal TNI AD, Daeniel Frans Watopa berhasil menjadi juara pada kejuaraan trilomba Rhino Cross Triathlon yang berlangsung di Tanjung Lesung, Pandeglang, Minggu (29/9/2019). Dia berhasil mencatatkan waktu terbaik 1 jam 55 menit 13 detik pada kejuaraan yang melombakan renang, bersepeda dan lari ini.

Posisi dua diisi Ady Akhmad Jukardi dari Jawa Barat dengan catatan waktu 1 jam 55 menit 18 detik. Kejutan terjadi karena juara dua tahun beruntun Muhamad Taufik yang juga atlet nasional hanya finis di posisi ketiga untuk Rhino Cross Triathlon tahun ini.

Taufik tertinggal cukup jauh dari dua besar. Atlet nasional ini catatkan waktu 2 jam 7 menit 31 detik.

Strategi matang berhasil menjadi kunci kemenangan Frans Watopa. Dia memanfaatkan keunggulannya di renang dan lari sehingga unggul 5 detik saja dari Ady Jukardi.

"Nggak ada pikiran bisa menang, paling posisi dua dan tiga. Namun ternyata saya bisa," kata Frans.

"Saya andalkan renang dan lari. Awalnya saya juga atlet lari. Saya harus mematangkan lagi renang dan bersepeda agar lebih bersaing lagi ke depannya. Di triathlon, saya baru satu tahun ini berlatih di Jepara."

Setelah mengikuti Rhino Cross Triathlon, Frans Watopa akan mengikuti kejuaraan di Pariaman dan Bima."Buat saya, trek bersepeda menantang sekali. Banyak tanjakan dan kontur tanah membuat berat," ujarnya.

Sejak pukul 7.00 pagi WIB, 63 peserta yang ikut Rhino Cross Triathlon sudah bersiap. Dimulai dengan renang, peserta melanjutkan dengan bersepeda dan lalu diakhiri lari.

 

Rutin Berlatih

Frans mengatakan rutin berlatih jadi alasan dia bisa bersaing dan bahkan juara di Rhino Cross Triathlon. Padahal, dia baru pertama kali ikut kejuaraan cross country seperti ini.

"Saat pertama kali lihat trek, saya kaget sekali. Saya tak menyangka bisa juara," ujarnya.

Sementara Ady Jukardi mengakui keunggulan Frans. Dia juga sempat ketinggalan jauh di renang.

"5 km masih bersama saat lari, tapi power lawan saya sangat kuat. Makanya saya berpikir posisi dua saja sudah beruntung," ucapnya.

Untuk kelas Bull, Febram Yulkhairil berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 jam 8 detik. Dalam waktu satu jam, dia berhasil menjadi yang tercepat pada kategori yang melombakan 500 meter renang, 10 km bersepeda dan 5 km lari.

Rhino Cross Triathlon melombakan dua kategori yaitu Rhino dan Bull. Rhino melombakan 1 km renang, 20 km berspeda dan 10 km lari.Rhino Cross Triathlon sudah berlangsung selama tiga tahun berturut-turut.

"Lewat Festival Tanjung Lesung, kami akan menunjukkan kepada masyarakat kalau Tanjung Lesung dan Banten pada umumnya sudah aman," ujar Managing Director PT Banten West Java, Rully Lasahido.

Untuk penyelenggaraan Rhino Cross Triathlon tahun ini, peserta memang berkurang. Selain karena masih ada pengaruh dari Tsunami tahun lalu, banyak peserta juga yang bentrok dengan kejuaraan lari yang lain.

 

Hasil Lengkap

Hasil Lengkap Rhino Cross Triathon

Kategori Rhino

Men Open:

1. Frans Watopa ( Jepara Team)

2. Ady Akhmad Jukarti (Mahkota Triathlon)

3. M Taufik (Or_Endurance)

4. Jung Kie (Bangka Triathlon Club)

5. Deddy Risdianto 

 

Men Master

1. Oky Rahmat (Or Endurance Herbalife)

2. Suwito Giat (Ortisegihteam)

3. Karnadi 

4. Solihin

5. Jasper Bouman

 

Kategori Bull (500 meter renang, bersepeda 10 km, lari 5 km)

Men Open

1. Febram Yulkhairil

2. Edwar Supriyanto

3. Leorudolf Zeca

4. Jhony YipWang

5. Advis Akbari

 

Men Master

1. Tjenantonio Chandra

2. Arief Lubis

3. Susanto

4. Liesenjayahonggo Linando

5. Rendy Hassan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerusuhan di Wamena, Buat Bidan Ketakutan dan Minta Pulang

Posted: 28 Sep 2019 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meninggalnya dr Soeko Marsetiyo, dokter yang telah mengabdi di Wamena, Jayawijaya, selama 15 tahun akibat kerusuhan pada 25 September 2019 lalu, membuat tenaga medis lainnya minta dipulangkan, termasuk juga para bidan.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Emi Nurjanti menyampaikan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan IBI di Papua dan Papua Barat terkait jumlah bidan yang meminta dievakuasi.

"Data yang kami punya tidak memilah mana yang asli Papua dan pendatang," ujar Emi seperti dikutip JawaPos.com, Minggu (29/9/2019).

Emi menyebut, diharapkan data sudah final besok Senin 30 September 2019. Dengan begitu, IBI bisa langsung memetakan dan menghubungi bidan yang bersangkutan.

"Selama ini bidan yang ke Papua biasanya dari program Nusantara Sehat," ucap Emi.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati menambahkan, setelah peristiwa kerusuhan yang menewaskan dr Soeko Marsetiyo, pihakya segera melakukan pendataan jumlah tenaga medis di Papua dan Papua Barat.

"Kemenkes akan menyurati panglima TNI untuk membantu dan melindungi tenaga kesehatan di Papua dan Papua Barat," ungkapnya.

Kondisi Wamena Berangsur Normal

Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal mengungkapkan bahwa pelayanan umum di Wamena berangsur normal. Tidak ada lagi mobilisasi massa. Menurut dia, jumlah pengungsi lebih dari 8 ribu orang.

"Itu pengungsi yang karena rumahnya terbakar atau sebagainya," ucap dia.

Menurut Kamal, kerusuhan terjadi karena adanya sekelompok orang berseragam sekolah yang mencoba masuk ke SMA PGRI Wamena. Namun, usia mereka diperkirakan lebih dari 25 tahun.

"Mereka mengajak demonstrasi dan melakukan aksi kekerasan," ujarnya. 

Polda Papua memiliki saksi seorang siswa yang dipukuli karena menolak ikut demonstrasi. "Memang ada kemungkinan kelompok ini KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) dan mereka menyebar hoaks guru rasis di SMA tersebut," katanya.

Terkait kasus kerusuhan yang menyebabkan meninggalnya dr Soeko Marsetiyo itu, Polda Papua telah menetapkan tiga tersangka. Mereka diduga terlibat dalam aksi brutal yang juga mengakibatkan tewasnya 31 warga sipil.

"Tapi, kalau gembongnya belum ya," ucap Kamal.

Polda Papua kini berfokus mencegah adanya kelompok tertentu yang memanfaatkan isu rasisme untuk membuat kerusuhan. Pertemuan dengan 90 tokoh adat dan gereja digelar.

"Tujuannya untuk meminta agar masyarakat menahan diri bila mendapatkan informasi rasisme kembali," imbuhnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Makanan untuk Jaga Kesehatan Pernapasan, Bersihkan Paru-Paru

Posted: 28 Sep 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menghirup polusi udara, asap rokok, dan racun lainnya dapat merusak paru-paru dan menganggu fungsi kesehatan secara keseluruhan. Menjaga paru-paru tetap bersih penting bagi semua orang. Pernapasan sehat khususnya harus dimiliki oleh orang yang merokok, orang yang sering terpapar polusi udara, dan mereka yang memiliki kondisi kronis yang memengaruhi sistem pernapasan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan polusi udara menghasilkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun. Maka dari itu penting menjaga kesehatan pernapasan dalam keadaan apapun. Kesulitan bernapas pastinya menjadi gangguan yang menyiksa. Menjauhi polusi saja belum cukup.

Anda mungkin perlu mengonsumsi sejumlah makanan yang dapat mendukung sistem pernapasan sehat. Selalu waspada dan menjaga paru-paru pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat adalah cara mencegah infeksi pernapasan yang paling mudah.

Berikut 6 makanan yang dapat mendukung kesehatan sistem pernapasan seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (29/9/2019).

Teh Hijau

Ilustrasi Teh Hijau (iStockphoto)

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari penghirupan asap.

Teh hijau mengandung quercetin, antioksidan yang bertindak sebagai antihistamin alami. Antihistamin membantu memperlambat pelepasan histamin dan bahan kimia inflamasi lainnya dalam tubuh yang dapat menyebabkan gejala alergi pernapasan.

Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum. Air panas juga baik untuk menenangkan tenggorokan dan melindungi paru-paru dari iritasi dengan mengeluarkan selaput lendir.

Ikan berlemak

Ilustrasi Foto Ikan Salmon (iStockphoto)

Ikan berlemak seperti salmon hasil tangkapan liar, mackerel, gurame, dan haddock kaya akan asam lemak omega-3 EPA dan DHA. Ini dikenal sebagai PUFA atau asam lemak tak jenuh ganda karena mengandung lebih dari satu ikatan rangkap dalam struktur kimianya.

PUFA memiliki sifat antiinflamasi, antikanker, antioksidan, dan pelindung paru-paru. Mengonsumsi ikan berlemak atau mengonsumsi suplemen minyak ikan dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Menurut laporan Journal of Immunology di University of Rochester, tikus yang menghirup turunan omega-3 dan menemukan omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan dan melawan infeksi bakteri umum yang ditemukan pada orang yang hidup dengan penyakit paru-paru. Para ilmuwan percaya ini bisa memiliki implikasi yang menjanjikan pada manusia.

Jahe

Ilustrasi wedang jahe./Copyright shutterstock.com

Jahe adalah salah satu solusi rumah tepercaya untuk mengobati pilek dan sakit tenggorokan. Para ilmuwan telah menemukan bahwa jahe mengandung senyawa bioaktif, gingerol. Dan senyawa inilah yang bertanggung jawab untuk rasa jahe yang menyengat. Gingerol juga membantu mencegah asma, pilek, migrain, dan hipertensi.

Karena sifat anti-inflamasinya, jahe akan membantu membersihkan paru-paru Anda secara alami. Jahe membantu memecah lendir, sehingga tubuh lebih mudah mengeluarkan udara. Jahe juga membantu meningkatkan sirkulasi ke paru-paru dan mengurangi peradangan.

Bawang Putih

Bawang putih. (iStockphoto)

Allicin adalah fitonutrien utama dalam bawang putih yang bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatannya. Ini memiliki sifat antimikroba, antikanker, dan penurun tekanan darah.

Ilmuwan Cina menemukan bahwa konsumsi bawang putih memiliki efek positif pada pasien dengan gangguan paru-paru dan kanker paru-paru. Sebuah studi dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention menemukan bahwa orang yang makan bawang putih lebih kecil kemungkinannya terkena kanker paru-paru. Terlebih lagi, perokok yang makan bawang putih mentah memiliki risiko kanker paru-paru 40 persen lebih rendah.

Apel

Ilustrasi buah apel (iStock)

Apel kaya akan sumber antioksidan dan fitokimia (seperti katekin, asam klorogenik, dan phloridzin) yang membantu mengurangi risiko asma, kanker, peradangan, dan penyakit kardiovaskular. Apel dikemas dengan asam fenolik dan flavonoid yang dikenal untuk mengurangi peradangan di saluran udara, penyebab umum dari asma dan mengi.

Apel sarat dengan nutrisi, energi tinggi, serat tinggi, makanan rendah kalori. Flavonoid dan beragam vitamin, serta antioksidan, khususnya vitamin C, membantu tubuh mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan sistem pernapasan yang sehat. Ketika fungsi pernapasan sehat, tubuh dapat melawan penyakit paru-paru dan mencegahnya secara alami.

Kacang dan Biji-bijian

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/thananya

Biji-bijian dan kacang-kacangan memiliki dua kesamaan, mereka adalah sumber protein yang hebat dan sifat anti-inflamasi. Mengonsumsi makanan ini dapat mengurangi peradangan, kolesterol, dan tekanan darah dan mengelola adipositas visceral.

Menurut American Cancer Society, kacang-kacangan dapat mendukung kesehatan paru-paru. Kacang tanah, polong, kedelai, dan kacang lainnya adalah sumber antioksidan baik melawan radikal bebas yang dapat merusak paru-paru.

Kacang dan biji-bijian memberi tubuh dosis vitamin E, yang membantu mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menciptakan sel darah merah yang memberikan lebih banyak oksigen ke tubuh. Suplai oksigen yang stabil mencegah pembuluh darah di paru-paru dari konstriksi dan membantu pernapasan yang lebih baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembali ke Timnas Indonesia, Abduh Lestaluhu Akan Mengendalikan Emosi

Posted: 28 Sep 2019 08:35 PM PDT

Bogor - Abduh Lestaluhu kembali dipanggil PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Uni Emirat Arab, Kamis (10/10/2019). Bek Tira Persikabo tersebut berjanji akan mengendalikan emosinya jika dipercaya bermain bersama Tim Merah Putih.

Pemanggilan Timnas Indonesia ini jadi yang pertama setelah hampir setahun buat Abduh Lestaluhu. Pemain asal Tulehu, Maluku, itu terakhir kali membela Timnas Indonesia pada Oktober 2018.

Ketika itu, Abduh Lestaluhu dipercaya bermain selama 31 menit pada laga persahabatan melawan Hong Kong. Abduh mengaku senang bisa kembali dipercaya untuk memperkuat Timnas Indonesia.

"Tentu saya bersyukur dan berterima kasih karena dipanggil lagi untuk memperkuat Timnas Indonesia di bawah asuhan coach Simon McMenemy. Ini menjadi motivasi saya untuk lebih baik kedepannya," kata Abduh kepada wartawan di Cibinong, Jumat (28/9/2019).

"Era pelatih Simon ini banyak hal positif yang bisa diambil. Seperti harus mengontrol emosi dalam setiap pertandingan. Ini menjadi poin penting, kami harus tetap menjaga emosi agar bisa konsisten bersama Timnas Indonesia," ujar Abduh Lestaluhu.

Laga melawan Uni Emirat Arab sangat krusial buat Timnas Indonesia. Mereka wajib memenangi pertandingan untuk bisa menjaga peluang lolos ke Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023.

Tambahan Kekuatan

Striker Bhayangkara FC, Ramiro Fergonzi , berebut bola dengan bek Tira Persikabo, Abduh Lestaluhu, pada laga Liga 1 2019 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2019). Kedua tim bermain imbang 1-1. (Bola.com/Yoppy Renato)

Kehadiran Abduh Lestaluhu menjadi tambahan amunisi buat Timnas Indonesia, khususnya di lini belakang. Musim ini, Abduh berhasil menjadi sosok penting di balik kesuksesan Tira Persikabo melejit ke papan atas Shopee Liga 1 2019.

Bersama Tira Persikabo, Abduh Lestaluhu tampil sebanyak 20 kali musim ini. Abduh juga sukses mencetak sebiji gol dalam 1.798 menit bermain.

Abduh Lestaluhu pertama kali memperkuat Timnas Indonesia pada 2016. Sejauh ini, pemain berpostur 168 cm itu sudah mengemas 12 caps dalam 941 menit bermain untuk Tim Garuda.

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap / Editor Benediktus Gerendo Pradigdo, Published 28/09/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Co-Branding BNI dan Citilink Ditargetkan Bisa Akuisisi 7 Juta Konsumen

Posted: 28 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Perseri) Tbk (BNI) yakin dengan adanya kerja sama co-branding dengan maskapai penerbangan PT Citilink Indonesia akan mampu mengakuisisi lebih dari 7 juta konsumen kedua perusahaan BUMN tersebut. Kerja sama co-branding ini sebenarnya pernah dilakukan BNI dengan maskapai plat merah lain.

Vice President Product Management Division BNI J Donny Bima Herjuno mengatakan, kerja sama co-branding dengan Garuda Indonesia sudah lebih dulu dilakukan pada 2012 dan 2016.

"2012 itu untuk co-branding kartu kredit, sementara 2016 untuk kartu debit," tuturnya seperti ditulis Minggu (29/9/2019).

Sejauh ini, jumlahnya mencapai 80 ribu kartu untuk co-branding kartu kredit dan sektar 50 ribu untuk kartu debit.

untuk kerja sama kali ini bersama Citilink, Donny mengaku yakin BNI dan Citilink bisa menggaet atau mengakuisisi sekitar 7 juta konsumen. Namun untuk tahun pertama, BNI menargetkan sekitar 100 ribu kartu.

"Kenapa lebih tinggi, sebab kami melihat kaum milenial yang gemar traveling ini belum memiliki kartu debit yang co-branding seperti ini. Mereka juga akan melihat banyak manfaatnya dalam satu kartu ini," tuturnya.

Sebab, dalam satu kartu, ternyata banyak manfaat yang bisa diperoleh, terutama sesuai dengan gaya hidup kaum milenial. Dimana mereka menyukai transaksi yang bersifat cassless dan promo menarik yang digemari milenial.

"Mereka akan menabung sekitar 6 bulan atau 1 tahun sebelum berangkat, kemudian beli tiket dan lainnya. Tergantung tujuan traveling mereka ke mana," ujar Donny.

BNI dan Citilink Kerjasama Hadirkan Co-Branding Kartu Debit

Kartu Debit BNI Citilink | Vinsesia Dianawanti/Fimela.com

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan PT Citilink Indonesia berkolaborasi, hadirkan produk baru Kartu Co-Brand Debit BNI Citilink. Produk ini sebagai solusi bagi milenial bila ingin melakukan travelling.

Kartu yaang diluncurkan langsung di kantor BNI Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta itu, dihadiri Direktur Bisnis Konsumer BNI Anggoro Eko Cahyo, Direktur Niaga Citilink Indonesia Benny Rustanto, serta jajaran Direksi dan Pimpinan BNI dan Citilink Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Anggoro mengutarakan beberapa keuntungan bila nasabah terutama kaum milenial, memiliki kartu tersebut. "Dengan memiliki Kartu Co-Brand Debit BNI Citilink, nasabah BNI yang juga menjadi member Citilink akan memperoleh berbagai benefit, antara lain diskon pembelian tiket hingga 30 persen, diskon pre-book meals hingga 30 persen," ujarnya, Sabtu (28/9/2019). 

Kemudian, adapula bonus BNI yang disiapkan, sepertu bonus 7300 BNI Poin+, dan berbagai failitas lainnya. Pada kesempatan yang sama, BNI dan Citilink mengajak para nasabah milenial untuk menggunakan Kartu Co-Brand Debit BNI Citilink pada Travelling & Shopping Experience dalam penerbangan Citilink dari Jakarta menuju Denpasar, Bali.

Anggoro juga menambahkan nasabah milenial akan experience pembelian merchandise onboard di dalam pesawat Citilink dengan Kartu Co-Brand Debit BNI Citilink yang juga berfungsi sebagai BNI TapCash. "Di Denpasar nanti, setelah mendarat, nasabah milenial akan langsung mencoba manfaat diskon berbelanja di salah satu toko souvenir dan restoran fine dining populer lainnya," tuturnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manggung di SKF Indonesia 2019, Tiffany Young Ungkap Pesan Penuh Cinta

Posted: 28 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tiffany Young tampil bersinar di Super K-Pop Festival atau SKF Indonesia 2019 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang, Sabtu (28/9/2019). Anggota SNSD yang kini sibuk bersolo karier itu tetap tampil energik dan atraktif, meski SKF Indonesia 2019 diawali keterlambatan hingga satu jam.

Tiffany Young tampil di keempat setelah Nu'Est, Apink, dan Ha Sung Woon. Dalam festival musik yang digelar Cana Global Media dan NK Mulsan ini, ia membawakan sejumlah lagu hitsnya. Wanita 30 tahun ini membuka penampilannya dengan "I Just Wanna Dance" yang mengentak, dan menyisipkan sepotong bagian lagu Rihanna "Please Don't Stop The Music" di tengahnya.

Setelahnya ia membawakan "Heartbreak Hotel", "Lips on Lips", dan tentu saja hits terbarunya, "Magnetic Moon". Selain lagu-lagunya sendiri, Tiffanny Young juga membawakan cover lagu Shawn Mendes "In My Blood".

Berbeda dengan penampilan artis sebelumnya yang penuh dengan koreografi, wanita yang dikenal dengan eye smile-nya ini terbilang hanya menampilkan koreografi untuk dua lagu, "I Just Wanna Dance" dan "Magnetic Moon". Tapi ketiadaan koreografi ini tak membuat penampilan Tiffany membosankan, justru sebaliknya.

Ia menjadi lebih leluasa menjelajahi seluruh penjuru panggung untuk berinteraksu dengan hadirin, hal yang tidak terlalu banyak dilakukan penampil sebelumnya. Alhasil, penonton tambah antusias saat Tiffany Young tersenyum manis atau melambaikan tangan ke arah mereka.

 

Terima Kasih

Tiffany Young di Super K-Pop Festival Indonesia 2019 hari pertama.

Dalam salah satu bagian, Tiffany Young juga sempat berinteraksi dengan penonton. Dengan bahasa Inggris, ia memuji antusiasme penonton.

"Aku menunggu-nunggu hari kedatanganku ke Jakarta. Aku ingin berterima kasih kepada kalian yang datang ke sini. Untuk energi kalian yang benar-benar indah," tuturnya.

Ia juga mengucap terima kasih atas dukungan penggemar. "Terima kasih atas cinta yang tak bersyarat, yang menginspirasiku untuk terus melanjutkan semua ini dan terus berlari," tuturnya.

Pesan Tiffany

Tiffany Young di Super K-Pop Festival Indonesia 2019 hari pertama.

Tak hanya terima kasih, Tiffany Young juga memberi pesan menyentuh kepada penggemar.

"Aku ingin mengatakan, aku harap aku bisa menginspirasi kalian semua untuk menyebarkan hal positif dan cinta, dan terus berlari, berjuang, bersinar, untuk hidup penuh cinta," tutur Tiffany Young. Pesan ini disambut sorak sorai para penonton.

"Pesan yang paling penting, adalah menyebarkan hal positif dan kumandangkan suara kalian," tutur Tiffany.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Persaingan Inter Milan dan Juventus Mulai Memanas

Posted: 28 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Persaingan memperebutkan puncak klasemen Liga Italia semakin seru. Juventus dan Inter Milan saling berpacu demi menjadi yang terbaik setiap pekannya.

Pada pekan ke-6 Inter Milan masih menjadi pemuncak klasemen usai menang 3-1 atas Sampdoria, Sabtu 28 September 2019. Tiga gol Inter disarangkan oleh Stefano Sensi (20'), Alexis Sanchez (22'), dan Roberto Gagliardini (61').

Sementara itu, satu gol Sampdoria dibuat oleh Jankto di menit ke-55. Tambahan tiga poin membuat Inter Milan mengemas 18 poin.

Inter Milan unggul dua poin dari pesaing terdekat mereka, Juventus. Bianconeri sendiri mengantongi 16 poin setelah menang 2-0 atas SPAL kemarin malam.

Di sisi lain, AC Milan masih tercecer di peringkat ke-12 dengan 6 poin. Dari lima pertandingan, Rossoneri baru menang dua kali dan kalah tiga kali.

AC Milan berkesempatan memperbaiki peringkat mereka di klasemen Liga Italia jika menang atas Fiorentina, Senin (30/9/2019) dinihari nanti WIB. Pertandingan tersebut bakal berlangsung di San Siro, markas AC Milan.

Berikut klasemen Liga Italia selengkapnya

 

Klasemen Liga Italia

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai membobol gawang SPAL pada laga Serie A di Stadion Allianz, Sabtu (28/9). Juventus menang 2-0 atas SPAL.  (AP/Alessandro Di Marco)

Untuk klasemen Liga Italia selengkapnya, silakan klik di sini...

Hasil Lengkap Liga Italia Tadi Malam

Juventus 2-0 SPAL

(Pjanic 45', Ronaldo 78')

Sampdoria 1-3 Inter Milan

(Inter: Sensi 20', Alexis Sanchez 22', Gagliardini 61' | Sampdoria: Jankto 55')

Sassuolo 1-4 Atalanta

(Sassuolo: Defrel 62' | Atalanta: Gomez 6', Gosens, 13', Dario Gomez 29', Zapata 35')

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Terlihat, Ini 7 Potret Terbaru Billa Barbie yang Semakin Cantik

Posted: 28 Sep 2019 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat dengan Billa Barbie, sosok wanita cantik yang dulu sempat viral pada tahun 2016 karena penampilannya bak boneka 'Barbie'. Pemilik nama asli Shabilla Inaya Fitri ini  menjadi selebgram yang kerap diundang dalam berbagai acara talkshow di stasiun televisi pada awal-awal kemunculannya.

Gadis kelahiran 1999 asal Cikarang ini pun sempat menjadi sosok yang viral karena paras cantikny. Tak hanya diundang talkshow saja, namun Billa Barbie pun sempat bermain di layar lebar bersama dengan Reza Rahardian. Ia bermain film berjudul Benyamin Biang Kerok pada tahun 2018 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Kini paras cantik Billa Barbie pun sudah sangat jarang muncul di layar kaca, namun kamu masih bisa menyaksikannya di channel YouTubenya bernama Bibi Channel. Selain itu ia pun sering mengunggah aktivitasnya melalui media sosial Instagramnya di @saybillaaa_.

Berikut 7 potret terbaru Billa Barbie yang semakin cantik seperti Liputan6.com kutip dari akun Instagram @saybillaaa_, Minggu (29/9/2019).

1. Begini potret terbaru Billa Barbie yang semakin cantik

Billa Barbie (Sumber: Instagram/saybillaaa_)

2. Pemilik nama asli Shabilla Inaya Fitri ini kerap disapa Billa Barbie

Billa Barbie (Sumber: Instagram/saybillaaa_)

3. Kini meski jarang terlihat Billa Barbie terlihat semakin cantik

Billa Barbie (Sumber: Instagram/saybillaaa_)

4. Begini penampilannya ketika memakai hijab, semakin menawan

Billa Barbie (Sumber: Instagram/saybillaaa_)

5. Billa Barbie kini sering membuat konten di channel YouTubenya

Billa Barbie (Sumber: Instagram/saybillaaa_)

6. Penampilannya ketika sedang memakai kebaya, cantik memesona banget nih

Billa Barbie (Sumber: Instagram/saybillaaa_)

7. Tanpa makeup, Billa Barbie tetap terlihat cantik

Billa Barbie (Sumber: Instagram/saybillaaa_)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terus Bertambah, Ini Identitas 30 Korban Meninggal Gempa Maluku

Posted: 28 Sep 2019 08:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah korban jiwa akibat gempa bumi di Maluku terus bertambah. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, hingga Minggu (29/9/2019) pukul 08.00 WIB, korban meninggal dunia mencapai 30 orang, sedangkan luka-luka sebanyak 156 orang.

"Pendataan akan terus dilakukan oleh BPBD Provinsi Maluku, BPBD Kota Ambon, BPBD Kabupaten Seram Bagian Barat dan BPBD Kabupaten Maluku Tengah," ujar Plt Kapusdatinmas BNPB Agus Wibowo kepada wartawan.

Selama proses evakuasi, BNPB mengirimkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk membantu dan mendampingi BPBD Provinsi dan Kabupaten Kota di Maluku, agar penanganan usai bencana berlangsung baik.

"Wali Kota Ambon pada tanggal 27 September 2019 (mengeluarkan) Surat Keputusan No 711 Tahun 2019 tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Gempabumi Kota Ambon Tahun 2019 mulai tanggal 26 September sd 9 Oktober 2019," kata Agus.

Selanjutnya Wali Kota Ambon juga mengeluarkan Surat Keputusan No 712 Tahun 2019 tentang Pembentukan Pos Komando Tanggap Darurat Bencana (Posko PDB) gempa bumi Kota Ambon, Maluku.

 

Identitas Korban Jiwa

Dalam memantau korban terdampak gempa Ambon, Kepala BNPB Doni Monardo hari ini hari ini (27/9/2019) menuju RSUD dr. H. Ishak Umarella, yang mana rumah sakit tersebut tidak berfungsi karena dindingnya retak. (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Berikut identitas korban meninggal akibat gempa bumi di Maluku

Kota Ambon. Meninggal dunia 10 orang, terluka 31:

1. JN (balita)

2. Mateis Pieter Frans

3. HI. Kebo

4. Narti Rumain

5. Frans Massi

6. Messy Lethora

7. AM (balita)

8. Jahia

9. M Zulkarnaen Holle

10. F (balita)

Kabupaten Seram Bagian Barat. Meninggal dunia 6 orang, 17 orang terluka.

1. Samsia

2. Johan Pelana

3. Neles Kainama

4. Petronela Sahetapy

5. Karel Muster

6. Tuniasu

Kabupaten Maluku Tengah. Meninggal dunia 14 orang, terluka 108 orang.

1. Hamid Waitawa

2. Aisa Maruapey

3. La Nai

4. Tine Tuasela

5. Minggus Souhoka

6. Sami Kadidu

7. Halima Samuel

8. Wa Ona

9. Hasam Laisow

10. Hamid Laisow

11. La Ode Ana Gani

12. Mansur Marasabessy

13. Nabir Bugis

14. Salbia Olong

 

Reporter: Ya'cob Billiocta

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kasus Dandhy Laksono, AJI Jakarta Gelar Aksi Jalan Mundur di CFD

Posted: 28 Sep 2019 08:15 PM PDT

Jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menunjukkan poster saat menggelar aksi pada Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). Dandhy Laksono ditangkap atas dugaan ujaran kebencian berdasarkan SARA karena cuitannya di Twitter. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menunjukkan poster saat menggelar aksi pada Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). Dandhy Laksono ditangkap atas dugaan ujaran kebencian berdasarkan SARA karena cuitannya di Twitter. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menunjukkan poster saat menggelar aksi pada Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). Polisi menjeratnya dengan UU ITE atas cuitan Dandhy soal isu Papua. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menunjukkan poster saat menggelar aksi pada Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). Polisi menjeratnya dengan UU ITE atas cuitan Dandhy soal isu Papua. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menunjukkan poster saat menggelar aksi menuntut pencabutan status tersangka Dandhy Dwi Laksono pada Car Free Day di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menunjukkan poster saat menggelar aksi menuntut pencabutan status tersangka Dandhy Dwi Laksono pada Car Free Day di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) memainkan kentongan saat menggelar aksi menuntut pencabutan status tersangka Dandhy Dwi Laksono pada Car Free Day di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) memainkan kentongan saat menggelar aksi menuntut pencabutan status tersangka Dandhy Dwi Laksono pada Car Free Day di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah Jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) membentangkan spanduk dan poster saat menggelar aksi menuntut pencabutan status tersangka Dandhy Dwi Laksono pada Car Free Day di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019).

Sejumlah Jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) membentangkan spanduk dan poster saat menggelar aksi menuntut pencabutan status tersangka Dandhy Dwi Laksono pada Car Free Day di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/9/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Ganti Cover Jok Mobil, Ini Panduannya

Posted: 28 Sep 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain memperindah tampilan interior, pemakaian sarung jok (cover jok) juga membantu melindungi cover jok mobil bawaan pabrik. Hal tersebut membuat banyak pemilik kendaraan berburu aksesori ini.

Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum menyematkan cover jok pada mobil kesayangan.

Berikut beberapa panduan yang perlu diperhatikan, seperti dilansir Suzuki Indonesia, Minggu (29/9/2019).

Pemilihan Bahan

Perhatikan kualitas bahan yang dipilih. Umumnya, pemilik kendaraan memilih bahan kulit asli dan semi kulit (kulit sintetis) sebagai cover jok mobil.

Untuk bahan dasar kulit asli, harga yang ditawarkan tentu lebih mahal. Meski demikian, kualitas yang didapatkan sudah pasti lebih baik. Memiliki banyak kelebihan, bahan kulit dinilai lebih nyaman, lebih lembut serta tampak lebih mewah.

Pemilihan Model

Model cover jok mobil umumnya menyesuaikan dengan keinginan pemilik kendaraan dan kondisi interior. Karena itu, Anda harus memperhatikan dengan baik detail model yang diinginkan, seperti motif jahitan dan pemilihan warna. Hal ini dilakukan agar sesuai dengan kondisi kabin mobil.

Pilih Merek dan Bengkel Jok Terpercaya

Merek cover jok mobil juga sebaiknya dijadikan pertimbangan, karena berpengaruh pada umur pemakaian. Pemilik kendaraan bisa bertanya terlebih dulu ke beberapa kerabat yang pernah melakukan modifikasi jok mobil.

Anda juga bisa langsung bertanya pada bengkel pembuat cover jok terpercaya. Pastikan bengkel jok mobil yang Anda pilih memiliki kualitas menjahit.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zidane Sebut 2 Faktor Kegagalan Real Madrid Kalahkan Atletico

Posted: 28 Sep 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid gagal taklukkan Atletico Madrid di laga lanjutan La Liga. Real Madrid dan tuan rumah harus puas bermain imbang dalam duel yang digelar di Estadio Wanda Metropolitano, Sabtu (28/9/2019) atau Minggu dinihari WIB.

Usai laga pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengaku tidak terlalu puas dengan hasil imbang ini. Dia yakin timnya layak meraih kemenangan.

Sebagaimana wajarnya, duel bertajuk El Derbi Madrileno itu berjalan sengit. Kali ini, dua tim kuat ini bertemu dalam pekan ke-7 La Liga 2019/20, Madrid tentu mengincar kemenangan sebagai pemuncak klasemen.

Sayangnya, harapan skuad Zidane tidak terwujud. Real Madrid memang berhasil tampil dominan, tapi Atleti bertahan dengan kuat. Duel-duel fisik menghiasi sepanjang pertandingan.

Layak Menang

Atletico Madrid Vs Real Madrid (AFP / Javier Soriano)

Bagi Zidane, permainan Madrid pada pertandingan tersebut terbagi dalam dua hal. Mereka bisa bertahan dengan kuat dan mencegah lawan mengembangkan permainan, tapi Madrid kehilangan sentuhan istimewa di lini serang.

"Kami layak mendapatkan lebih dari satu poin. Saya harus memberi selamat kepada para pemain sebab kami tampil solid sekali lagi," tutur Zidane di Realmadrid.com.

"Kami berhasil menorehkan clean sheet dan kami tampak dalam performa yang bagus saat bertahan. Kami masih membutuhkan sedikit sentuhan di lini serang tetapi kami sedang mengusahakan itu."

Kualitas Atletico

Lebih lanjut, Zidane juga mengakui kekuatan Atleti pada pertandingan tersebut. Tim asuhan Diego Simeone itu memang tidak bermain sebaik biasanya, tapi tetap saja Atleti menyuguhkan pertahanan kukuh yang sulit ditembus.

"Ketika skor masih 0-0 Anda selalu bisa bermain lebih berisiko dan kami fokus pada hal itu, saya yakin kami akan mewujudkan banyak hal positif," sambung Zidane.

"Kami menghadapi lawan yang berusaha membungkam setiap opsi serangan kami. Kami bisa saja mendapatkan tiga poin hari ini."

Penyelamatan Oblak

Lebih lanjut, jika diminta membuat ringkasan tentang pertandingan tersebut, Zidane tahu hanya ada satu momen yang wajib dibahas. Yakni penyelamatan Jan Oblak atas sundulan Karim Benzema yang seharusnya bisa berbuah gol.

"Pertandingan ini tergantung pada penyelamatan Jan Oblak terhadap sundulan Benzema yang sangat bagus," lanjut Zidane.

"Kami menghadapi kiper yang sangat bagus dan Anda harus menerima itu," pungkasnya.

 

Sumber: Realmadrid

Disadur dari Bola.net (penulis Richard Andreas, published 29/9/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa 6,7 Magnitudo Guncang Melonguane Sulawesi Utara

Posted: 28 Sep 2019 08:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa dengan magnitudo 6,7 mengguncang Melonguane, Sulawesi Utara pada Minggu (29/9/2019) pagi.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi sekira pukul 09.02 WIB. Lokasi gempa berada di 5,73 Lintang Utara, 126,59 bujur timur, tepatnya 192 kilometer barat laut Melonguane.

Gempa magnitudo 6,7 itu diketahui berada di kedalaman 121 kilometer.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Surabaya: Petrokimia Gresik Kembali Buka Lowongan Kerja

Posted: 28 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Untuk Anda yang merupakan lulusan minimal Diploma 3, dan sedang membutuhkan pekerjaan, jangan khawatir. Di Gresik, Jawa Timur, ada peluang untuk bergabung menjadi Pahlawan Solusi Agroindustri bersama Petrokimia Gresik.

Petrokimia Gresik adalah sebuah industri bagian dari PT. Pupuk Indonesia Group. Usaha ini bergerak di bidang produsen pupuk dan bahan kimia untuk solusi agroindustri.

Petrokimia Gresik membuka lowongan kerja bagi lulusan D3 menyedot perhatian pembaca di Surabaya. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di Surabaya? Berikut tiga artikel terpopuler yang dirangkum pada Minggu, (29/9/2019):

1.Petrokimia Gresik Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3, Berminat?

Untuk Anda yang merupakan lulusan minimal Diploma 3, dan sedang membutuhkan pekerjaan, jangan khawatir.

Di Gresik, Jawa Timur, ada peluang untuk bergabung menjadi Pahlawan Solusi Agroindustri bersama Petrokimia Gresik.

Petrokimia Gresik adalah sebuah industri bagian dari PT. Pupuk Indonesia Group. Usaha ini bergerak di bidang produsen pupuk dan bahan kimia untuk solusi agroindustri.

Berita selengkapnya baca di sini

2. 6 Potret Rumah Via Vallen di Kampung Halaman, Banyak Koleksi Boneka

Siapa sih yang tak mengenal pedangdut kondang Via Vallen? Wanita bernama lengkap Maulidia Octavia itu bahkan disebut-sebut sebagai pedangdut dengan bayaran termahal.

Nama Via Vallen melejit di industri hiburan Tanah Air sejak dirinya menyanyikan cover lagu berjudul Sayang. Namun, jauh sebelum namanya dikenal masyarakat luas, Via Vallen sudah lebih dahulu menjadi primadona warga Jawa Timur, khususnya kota Sidoarjo.

Ya, Via sudah malang melintang menghibur masyarakat lewat suaranya yang merdu dari panggung ke panggung. Hingga pada akhirnya, dirinya melebarkan sayap di industri hiburan hingga sukses membawakan lagu tema Asian Games 2018.

Berita selengkapnya baca di sini

3.Petugas Evakuasi 17 Drum Berisi Lumpur Encer dari Semburan di Kutisari Surabaya

Sebanyak 17 drum yang berisi cairan lumpur yang sudah mencair dievakuasi petugas gabungan dari rumah pasangan Lisawati dan Setiawan di Jalan Kutisari Indah Utara III/19, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu pekan ini.

HRD PT Classic Prima Karpet, Waskito menyampaikan, dirinya bersama lurah, camat dan petugas PGN, datang ke Tempat Kejadian Perkara (TKP), sekitar pukul 07.30 WIB.

"Pukul tiga sore tadi, ada 17 drum yang sudah dipindahkan ke tempat lain, tempatnya sudah ditentukan oleh pak camat setempat, tidak jauh dari TKP," tutur Waskito saat dikonfirmasi Liputan6.com, melalui pesan singkat, Sabtu, 28 September 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setiya, Bocah Obesitas asal Karawang Meninggal Dunia

Posted: 28 Sep 2019 08:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Karawang - Setiya Putra (7) bocah obesitas berbobot 110 Kilo gram asal Dusun Cilempung, Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang, meninggal dunia, Sabtu (28/9/2019) malam sekitar pukul 21.00 WIB.

Setiya diduga meninggal akibat sesak napas yang dideritanya selama tiga hari terakhir.

"Sakit sesak napas selama 3 hari terakhir, akibatnya susah bernapas, "kata Sarli, Ayah Setiya Putra, Minggu (29/9/2019).

Dia menerangkan selama pemeriksaan medis di Puskesmas dan observasi di RSUD Karawang, bobot badannya naik.

"Bobot badanya naik sekitar 10 Kilo, dari 100 menjadi 110 Kilo gram, " terangnya.

Sarli mengatakan, selama tiga hari terakhir tidak ada aktivitas yang dilakukan Setiya seperti biasanya. Ia hanya tidur dan makan sambil terus mengeluhkan sesak napas dan sering nyeri.

"Malam memgeluh sakit mau dibawa ke rumah sakit keburu meninggal," katanya.

Setiya menderita obesitas sejak empat tahun terakhir. Di usianya yang baru menginjak tujuh tahun, berat badan Setya sudah mencapai seratus kilogram.

Setiya adalah anak keempat dari pasangan Sarli dan Komariah warga Kampung Cilempung, Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Akibat obesitas, Setiya hanya bisa tidur dengan posisi duduk.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Pasha, Cucu BJ Habibie yang Tampan dan Kuliah Konstruksi Pesawat 

Posted: 28 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat trailer dan poster resmi film Habibie & Ainun 3 diperkenalkan di Epicentrum XXI Jakarta, keluarga almarhum BJ Habibie turut menyaksikan. Anak dan cucu BJ Habibie hadir.

Yang menyita perhatian publik yakni Muhammad Pasha Nur Fauzan, anak kedua Ilham Akbar Habibie. Muhammad Pasha Nur Fauzan dikenal kalem dan tampan.

Ia kuliah di Illinois Institute of Technology, belajar konstruksi pesawat terbang, mengikuti jejak BJ Habibie. Publik menggelari Muhammad Pasha Nur Fauzan sebagai The Next BJ Habibie.

Ditanya soal kecintaan terhadap pesawat terbang, Muhammad Pasha Nur Fauzan menjawab, "(Saya kuliah konstruksi pesawat) karena saya suka dan ini passion saya."

Ilham Akbar Habibie menambahkan, Pasha tak pernah dipaksa keluarga untuk mempelajari konstruksi pesawat. "Saya sudah ingatkan, 'Pasha kalau kamu tidak suka jangan, kamu harus kuliah di bidang yang kamu suka.' Ternyata dia suka. Kami bisa bayangkan ke depan seperti apa kemajuan teknologi kedirgantaraan," ujarnya kepada Showbiz Liputan6.com, baru-baru ini.

Melanjutkan Karya BJ Habibie

Pasha, cucu BJ Habibie (Foto: Instagram/@hehepash)

Ilham Akbar Habibie mencontohkan, di era ayahnya belum ada drone. Di zaman ia kuliah drone mulai dibuat. Di era Pasha kini, drone tampak dominan.

Selain itu ada pesawat elektrik dengan teknologi yang makin aman dan ramah lingkungan. Terkait sebutan The Next Habibie, Pasha merespons, "Saya berusaha semaksimal mungkin untuk melanjutkan kerja dan karya BJ Habibie."

Pasha kemudian teringat momen beberapa hari yang lalu, saat ia dan ayahnya berada di rumah sang kakek. Mereka membuka sejumlah kardus dan menemukan foto kenangan.

Mirip

Pasha, cucu BJ Habibie (Foto: Instagram/@hehepash)

Di antara tumpukan foto itu ada foto Ilham Akbar Habibie saat berusia 23 tahun yang wajahnya mirip Pasha.

"Dia bertanya itu foto siapa, saya bilang itu saya. Kok mukanya sama persis dengannya. Saya bilang kalau dulu saya mirip dengannya saat muda dan bukan tidak mungkin di masa tua nanti ia akan mirip saya," Ilham Akbar Habibie menukas.

Pasha diharapkan menyelesaikan kuliah tahun depan dan merintis karier profesional dulu sebelum melanjutkan pendidikan. Kakak Pasha, Nadia, kini bekerja di perusahaan rintisan di Jakarta.

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Umumkan Android 10 Go, Lebih Aman dan Cepat

Posted: 28 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja mengumumkan versi terbaru dari Android Go yang hadir dengan sejumlah peningkatan. Bagi kamu yang belum mengenalnya, Android Go merupakan sistem operasi mobile yang ditujukan untuk perangkat dengan spesifikasi terbatas.

Dikutip dari The Verge, Minggu (29/9/2019), Android 10 (Go Edition) ini hadir dengan peningkatan mulai dari kecepatan dan keamanan. Dalam versi terbaru ini, transisi aplikasi dapat dilakukan dengan lebih cepat dengan penggunaan memori lebih efisien.

Menurut Google, aplikasi yang diluncurkan di Android 10 (Go Edition) ini lebih cepat 10 persen dari versi sebelumnya. Tidak hanya itu, Google juga memperbarui sistem keamanan di sistem operasi ini.

Lewat Android 10 Go, perusahaan untuk kali pertama membekalinya dengan Adiantum. Sekadar informasi, Adiantum merupakan standar enkripsi baru dari Google yang ditujukan untuk perangkat kelas bawah.

Adapun sistem ini pertama kali diperkenalkan pada awal 2019. Google menuturkan, Adiantaum memiliki kemampuan lima kali lebih cepat dari sistem enkripsi AES yang biasanya ada di perangkat Android kebanyakan.

Sejak diperkenalkan pada 2018, Google menuturkan Android Go sudah digunakan di 1.600 perangkat yang berasal dari 500 manufaktur dan tersedia di lebih dari 180 negara.

Sistem operasi ini dapat ditemukan di sekitar 80 persen perangkat Android entry level. Google menuturkan perangkat pertama yang menjalankan Android 10 Go akan mulai diperkenalkan menjelang akhir tahun ini.

Google Resmi Gulirkan Android 10

Android 10. Dok: 9to5google.com

Google akhirnya resmi menggulirkan Android 10 sebagai sistem operasi mobile terbaru besutannya. Sebelumnya, versi terbaru ini memiliki nama Android Q, sesuai pola penamaan alfabetis Android.

Seperti biasanya, deretan smartphone yang dapat menjajal Android 10 paling awal adalah lini Pixel. Dikutip dari Phone Arena, Rabu (4/9/2019), seluruh model Pixel dipastikan mendapatkan pemutakhiran ke Android 10 pada 3 September.

Dengan kata lain, model Pixel pertama hingga lini Pixel 3a dapat langsung merasakan Android 10. Model lain yang dipastikan mendapat kesempatan ini adalan Essenstial Phone, meski baru berlaku untuk model terpilih.

Informasi Seputar Android 10

Android 10 yang baru saja dirilis oleh Google (sumber: Google)

Sementara menurut Google, rekanan manufaktur lain akan mendapatkan Android 10 pada akhir tahun ini. Namun, tidak ada informasi mengenai manufaktur atau model smartphone yang dimaksud.

Android 10 sendiri hadir dengan sejumlah peningkatan fitur, mulai dari teknologi, sistem keamanan dan privasi, termasuk desain. Salah satu fitur yang tersedia adalah dukungan bawaan untuk perangkat layar lipat.

Selain itu, navigasi berbasis gestur juga tampil baru dan membuat pengalaman memakai smartphone lebih baik. Fitur lain yang tidak kalah ditunggu-tunggu kehadirannya di Android adalah Dark Mode.

Beberapa pembaruan yang juga hadir di Android paling anyar ini adalah peningkatan fitur adaptive battery, update sistem dan keamanan yang lebih cepat, termasuk kontrol privasi yang lebih menyeluruh. 

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berusia 96 Tahun, Nenek Ini Jadi Model Tertua di Asia

Posted: 28 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada umumnya seorang model berusia 20 hingga 30 tahun. Beberapa lainnya mungkin masih bisa eksis di usia 40an. Namun bagaimana jadinya jika seorang nenek yang hampir berusia 100 tahun menjadi seorang model?

Hal ini yang dialami oleh perempuan asal Hong Kong bernama Alice Pang. Nenek berusia 96 tahun ini adalah seorang model yang mendapat gelar tertua di Asia.

Alice memulai kariernya di dunia model tiga tahun lalu atau saat dirinya berusia 93 tahun. Dikutip dari Odditicentral, awalnya Alice memang gemar mengenakan pakaian yang glamor. 

foto: Oddity central

Suatu ketika sang cucu melihat ada iklan yang mencari model busana dengan jenjang usia di atas 65 tahun. Tanpa pikir panjang dirinya langsung mengirimkan foto Alice. Tak berselang lama, Alice pun langsung diundang untuk agenda pengambilan gambar.

Jadi model brand ternama dunia

foto: Oddity central

Alice memang tak memiliki pengalaman di dunia model, namun dirinya mengaku mencoba untuk belajar hingga semakin hari ketertarikannya terhadap modeling mulai tumbuh.

"Pada awalnya, saya tidak tahu bagaimana cara menjadi model sehingga manajer saya mengajarkan saya banyak hal, dan gadis-gadis itu membantu meriasi wajah saya," ujar Alice.

Kini wanita yang usianya hampir satu abad tersebut telah menjalani karirnya sebagai model untuk banyak produk mulai dari iklan kosmetik, kamera, hingga bisnis. Tak tanggung-tanggung dirinya juga kerap menjadi model untuk merek ternama dunia seperti Gucci, Ellery, atau Valentino.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Real Madrid Tahan Imbang Atletico di Wanda Metropolitano

Posted: 28 Sep 2019 08:00 PM PDT

Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak berusaha menangkap bola saat bertanding melawan Real Madrid pada lanjutan La Liga di stadion Wanda Metropolitano, Spanyol (28/9/2019). Madrid dan Atletico bermain imbang 0-0. (AP Photo/Bernat Armangue)

Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak berusaha menangkap bola saat bertanding melawan Real Madrid pada lanjutan La Liga di stadion Wanda Metropolitano, Spanyol (28/9/2019). Madrid dan Atletico bermain imbang 0-0. (AP Photo/Bernat Armangue)

Penyerang Atletico Madrid, Angel Correa (tengah) menggiring bola dari kejaran bek Real Madrid, Sergio Ramos (kanan) selama pertandingan lanjutan La Liga di stadion Wanda Metropolitano, Spanyol (28/9/2019). Madrid dan Atletico bermain imbang 0-0. (AP Photo/Bernat Armangue)

Penyerang Atletico Madrid, Angel Correa (tengah) menggiring bola dari kejaran bek Real Madrid, Sergio Ramos (kanan) selama pertandingan lanjutan La Liga di stadion Wanda Metropolitano, Spanyol (28/9/2019). Madrid dan Atletico bermain imbang 0-0. (AP Photo/Bernat Armangue)

Pemain Atletico Madrid, Jose Gimenez berusaha mengontrol bola dari kawalan bek Real Madrid, Raphael Varane  selama pertandingan lanjutan La Liga di stadion Wanda Metropolitano, Spanyol (28/9/2019). Madrid dan Atletico bermain imbang 0-0. (AP Photo/Bernat Armangue)

Pemain Atletico Madrid, Jose Gimenez berusaha mengontrol bola dari kawalan bek Real Madrid, Raphael Varane selama pertandingan lanjutan La Liga di stadion Wanda Metropolitano, Spanyol (28/9/2019). Madrid dan Atletico bermain imbang 0-0. (AP Photo/Bernat Armangue)

Bek Real Madrid, Raphael Varane berusaha mengontrol bola saat bertanding melawan Atletico Madrid pada pertandingan lanjutan La Liga di stadion Wanda Metropolitano, Spanyol (28/9/2019). Madrid dan Atletico bermain imbang 0-0. (AP Photo/Bernat Armangue)

Bek Real Madrid, Raphael Varane berusaha mengontrol bola saat bertanding melawan Atletico Madrid pada pertandingan lanjutan La Liga di stadion Wanda Metropolitano, Spanyol (28/9/2019). Madrid dan Atletico bermain imbang 0-0. (AP Photo/Bernat Armangue)

Penyerang Atletico Madrid, Diego Costa berebut bola udara dengan bek Real Madrid, Dani Carvajal pada pertandingan lanjutan La Liga di stadion Wanda Metropolitano, Spanyol (28/9/2019). Madrid dan Atletico bermain imbang 0-0. (AP Photo/Bernat Armangue)

Penyerang Atletico Madrid, Diego Costa berebut bola udara dengan bek Real Madrid, Dani Carvajal pada pertandingan lanjutan La Liga di stadion Wanda Metropolitano, Spanyol (28/9/2019). Madrid dan Atletico bermain imbang 0-0. (AP Photo/Bernat Armangue)

Penyerang Real Madrid, Gareth Bale mengumpan bola saat bertanding melawan Atletico Madrid pada pertandingan lanjutan La Liga di stadion Wanda Metropolitano, Spanyol (28/9/2019). Madrid dan Atletico bermain imbang 0-0. (AP Photo/Bernat Armangue)

Penyerang Real Madrid, Gareth Bale mengumpan bola saat bertanding melawan Atletico Madrid pada pertandingan lanjutan La Liga di stadion Wanda Metropolitano, Spanyol (28/9/2019). Madrid dan Atletico bermain imbang 0-0. (AP Photo/Bernat Armangue)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalau Menstruasi itu Darah Kotor, Kepala BKKBN: Bawa ke Tukang Cuci Darah

Posted: 28 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Maumere - Kaum Hawa sering dihantui rasa takut saat menstruasi tidak juga datang. Banyak dari mereka yang masih berpikir bahwa telat datang bulan bisa menyebabkan darah jadi kotor.

Dan bila darah kotor itu tidak cepat-cepat dikeluarkan bisa mengakibatkan sekujur tubuh terasa sakit. Bahkan ada juga yang menyebut dapat menyebabkan kanker.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), Hasto Wardoyo pun coba meluruskan hal tersebut saat memimpin rapat telaah tengah tahun, yang masuk ke dalam rangkaian kegiatan Hari Kontrasepsi Sedunia 2019 di Ballroom Hotel Sylvia, Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat, 27 September 2019.

Hasto mengatakan bahwa menstruasi bukan darah kotor. Dan kalau tidak menstruasi, bukan berarti darah menjadi kotor dan mengendap.

"Jawabannya mitos. Saya bertanggung jawab kalau itu salah," kata Hasto Wardoyo.

 

Menstruasi Darah Kotor itu Salah Besar

Dalam sebuah kesempatan, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo meluruskan sebuah mitos yang menyebut menstruasi adalah darah kotor. Menstruasi terjadi karena mengelupasnya rahim, yang menyebabkannya berdarah. Namun, tidak lantas disebut darah kotor (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

Mantan Bupati Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Sehingga dia bisa memastikan bahwa anggapan menstruasi itu darah kotor adalah salah besar.

"Menstruasi hanya mengelupasnya rahim perempuan. Karena mengelupa, otomatis berdarah," kata Hasto.

Menurut Hasto, darah pada dasarnya tidak harus keluar. Contohnya saja orang dengan menopause. Tidak lagi menstruasi bukan berarti darahnya mengendap.

"Darahnya tetap berputar selama 24 jam itu. Tetap sehat," ujarnya.

 

Kalau Menstruasi itu Darah Kotor, Bawa ke Tukang Cuci Darah

Ilustrasi darah menstruasi (iStockphoto)

Hasto mengingatkan jangan punya pendapat dan anggapan bahwa menstruasi itu darah kotor. Jalan darahnya yang kotor, mungkin iya. Akan tetapi tidak dengan darah itu sendiri.

"Karena yang mengelupas rahim, darah yang keluar lewat bawah. Kalau yang mengelupas hidung, keluarnya lewat atas, lewat hidung," kata Hasto.

Pernyataan ini untuk menjawab sejumlah pertanyaan dari para peserta yang masih berpikir untuk menggunakan alat kontrasepsi. Mereka takut kalau menggunakan alat-alat kontrasepsi seperti IUD, suntikan berjangka, atau implan tidak akan menstruasi lagi, dan hal-hal yang ditakutkan ini terjadi.

"Itu bukan darah kotor. Kalau darah kotor, dibawa ke tukang cuci darah," kata Hasto.

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Shopee Liga 1 2019 PSIS Semarang Vs Badak Lampung di Vidio.com

Posted: 28 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Semarang - PSIS Semarang melakoni pertandingan pekan ke-21 Shopee Liga 1 2019 dengan menjamu Badak Lampung FC di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Minggu (29/9/2019). Laga melawan Badak Lampung boleh jadi ajang penuntasan rasa penasaran PSIS.

PSIS Semarang belum pernah menang di putaran kedua musim ini. Mahesa Jenar -julukan PSIS- baru memetik satu poin dalam tiga laga di putaran kedua Shopee Liga 1 2019.

PSIS kalah dari Persija Jakarta (1-2), dihajar Persebaya Surabaya (0-4), dan terakhir bermain imbang melawan Kalteng Putra (1-1).PSIS sangat penuh membutuhkan poin penuh karena berada dalam zona berbahaya.

Posisi PSIS cukup rawan melorot ke lubang degradasi lantaran baru mengoleksi poin 20. Pelatih PSIS, Bambang Nurdiansyah berharap timnya bisa bermain maksimal demi tiga poin.

"Saya berharap pemain bisa tampil lepas. Aspek mental sangat berpengaruh. Main dengan rileks, happy, untuk taktik sudah kami siapkan untuk laga," ujar Bambang Nurdiansyah kepada bola.com.

Live streaming Shopee Liga 1 2019 antara PSIS Semarang vs Badak Lampung akan dimulai pukul 15.30 WIB. Dapatkan link live streaming di halaman berikutnya.

Link Live Streaming

Untuk link live streaming PSIS Semarang vs Badak Lampung, silakan klik di sini...

Prediksi Susunan Pemain

PSIS Semarang (4-3-3): Jandia Eka Putra (kiper); Frendi Saputra, Wallace Costa, Rio Saputro, Safrudin Tahar (belakang); Heru Setyawan, Finky Pasamba, Septian David Maulana (tengah); Claudir Marini Jr, Hari Nur Yulianto, Bruno Silva

Pelatih: Bambang Nurdiansyah

Badak Lampung FC (4-4-2): Yoewanto Stya Beny (kiper); Antony Paul Golec, Bojan Malisic, Kurniawan Karman, Reva Adi Utama (belakang); Saepuloh Maulana, Akbar Tanjung, Fernandinho, Marcus Vinicius Vidal (tengah); Talaohu Abdul Musafri, Suhandi (depan)

Pelatih: Milan Petrovic

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makam Bayi Romani Ditemukan di Ceko, Bekas Kamp Nazi Era Perang Dunia II

Posted: 28 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Praha - Kuburan seorang wanita dan bayi Romani yang meninggal sebagai tahanan selama Perang Dunia II ditemukan di Republik Ceko.

Kerangka tersebut, yang ditemukan di bekas kamp konsentrasi Nazi, menunjukkan wilayah itu diduga digunakan untuk memenjarakan bagsa Romani.

Kuburan-kuburan itu berada di antara lebih dari 300 korban orang Romani yang diperkirakan berada di lokasi kamp, ​​dekat Desa Lety, sekitar 40 mil (65 kilometer) barat daya Praha.

Keberadaan kamp Lety telah lama menjadi masalah politik di Republik Ceko modern. Beberapa politikus, mungkin berusaha untuk membungkam tuduhan kolaborasi Ceko dengan diktator Jerman, Adolf Hitler, pada masa pertempuran.

Meski banyak pejabat yang mengonfirmasi bahwa wilayah tersebut tidak pernah digunakan sebagai kamp konsentrasi untuk memenjarakan orang-orang Romani, tetapi makam yang baru ditemukan ini menunjukkan bahwa kamp Lety memang dipakai untuk membantai mereka di bawah hukum rasial Nazi.

Ilmuwan mengira, korban meninggal akibat penyakit menular yang mematikan atau kelaparan selama Holocaust.

"Ini adalah situs pertama yang dapat dihubungkan dengan Holocaust Romani," kata arkeolog Pavel Vareka dari University of West Bohemia yang memimpin penggalian tersebut untuk Museum Budaya Romani Republik Ceko, dikutip dari Live Science, Sabtu (28/9/2019).

Sekitar 1.300 orang Romani diperkirakan telah dipenjara di kamp Lety selama Perang Dunia II. Lebih dari 327 di antaranya tewas di sana, termasuk 241 anak-anak. Sekitar 500 orang dideportasi ke kamp kematian Auschwitz di Polandia, lapor Kantor Berita Ceko, CTK.

Vareka mengatakan kepada Live Science, kuburan yang baru digali itu diperiksa tanpa menghilangkan kerangka manusia yang ada didalamnya, untuk menghormati praktik budaya Romani.

"Kami memiliki kesepakatan dengan kerabat yang masih hidup bahwa tidak akan ada pengangkatan tulang dari liang lahat, sehingga korban akan beristirahat dengan tenang di mana mereka dimakamkan," tutup Vareka.

Sepintas Tentang Bangsa Romani

Pengemis Gypsy dan anaknya di anak tangga sebuah gereja Ortodoks Rusia di Sofia, Bulgaria. (Creative Commons)

Etnis Romani tidak berhubungan dengan kota atau orang Roma, negara atau bangsa Romawi kuno, dan negara atau bangsa Romania.

Bahasa, kebudayaan, dan nenek moyang orang Romani bisa ditelusuri ke India bagian utara, kira-kira 1.000 tahun silam. Orang Romani masih dianggap sebagai kelompok yang nomaden, meskipun faktanya mereka sekarang telah tinggal di rumah permanen.

Penyebaran orang Romani begitu luas, tidak hanya di sebelah selatan dan sebelah timur Eropa, melainkan juga di benua Amerika dan di Timur Tengah.

Alasan mereka meninggalkan India kurang jelas. Beberapa pakar percaya bahwa nenek moyang mereka bisa jadi adalah perajin dan penghibur yang bergabung dengan pasukan prajurit yang meninggalkan Tanah Airnya setelah konflik-konflik militer.

Apapun alasannya, orang Romani tiba di Eropa sebelum tahun 1300 Masehi melalui Persia dan Turki.

Di Eropa, opini populer tentang orang Romani berkisar antara dua hal yang sangat ekstrem. Di satu pihak, mereka diidolakan dalam dalam beberapa novel dan film sebagai kaum pengembara yang ramah dan santai, yang tidak segan-segan menyatakan perasaan suka dan duka melalui nyanyian dan tarian.

Namun di lain pihak, mereka dijelek-jelekan sebagai orang yang tidak bisa dipercaya, misterius, dan suka curiga. Selamanya, mereka dianggap orang luar yang terasing dan terpisah dari masyarakat di sekitarnya.

Di berbagai tempat di dunia, orang Romani disebut Gipsi, Gypsy, Gipsy, Gypsi, Gitanos, Zigeuner, Tsigani, atau Cigany. Istilah-istilah ini bisa dianggap berkonotasi negatif.

Sejarah Kamp Lety

Sinti dan Romani lainnya akan dideportasi dari Jerman, 22 Mei 1940. (Public Domain)

Cekoslovakia atau Czecho-Slovakia (kini sudah jadi Ceko dan Slovakia) diserang oleh tentara Nazi pada Maret 1939, yang sebagian menyebabkan pecahnya Perang Dunia II pada September di tahun itu.

Bagian Ceko dari Cekoslovakia diperintah oleh Jerman hingga 1945 sebagai Protektorat Bohemia dan Moravia, sementara Slovakia menjadi negara terpisah di bawah kendali Jerman.

Undang-undang ras Nazi diberlakukan di Nuremburg pada tahun 1935, mengklasifikasikan Romani sebagai "musuh negara berbasis ras," bersama dengan orang Yahudi dan orang kulit hitam. Sebagai akibatnya, puluhan ribu orang Romani dipaksa masuk ke kamp konsentrasi di wilayah-wilayah yang diduduki Nazi.

Sejarawan memperkirakan, sekitar seperempat juta orang terbunuh dalam genosida Romani di Cekoslovakia, yang disebut sebagai porajmos dalam bahasa Romani, menurut Live Science.

Kamp di Lety dibangun beberapa minggu, sebelum invasi Jerman, sebagai "kamp kerja" bagi para penjahat. Namun tempat itu pertama kali digunakan di bawah Nazi untuk memenjarakan Romani pada akhir 1942.

Lebih dari 200 Romani meninggal karena kelaparan dan penyakit di kamp Lety sebelum Mei 1943, ketika ditutup di tengah kekhawatiran merebaknya wabah tipus, kata arkeolog Pavel Vareka dari University of West Bohemia. Kamp kemudian dibakar.

"Dua deportasi besar dari ratusan tahanan Romani ke kamp kematian Nazi di Auschwitz terjadi sebelum peristiwa tersebut," imbuh Vareka.

Investigasi Arkeologi

Makam ibu dan bayi Bangsa Romani yang meninggal di kamp Nazi di Ceko pada era Perang Dunia II. (Kredit: Pavel Vareka dari University of West Bohemia)

Penggalian dimulai pada tahun 2016. Waktu itu, tim Vareka tidak diizinkan untuk mengakses tanah yang dulunya ditempati oleh industri peternakan babi tersebut, yang dibangun di atas bekas kamp pada tahun 1970-an.

"Situasi berubah pada tahun lalu, ketika pemerintah Ceko membeli seluruh lahan pertanian," tutur Vareka.

Dua kuburan Romani --satu berisi kerangka seorang wanita muda berusia kurang dari 40 tahun, dan satu lagi berisi tulang-tulang bayi baru lahir-- ditemukan dalam beberapa minggu terakhir selama penggalian.

Kuburan-kuburan itu terletak di sudut barat daya makam, dan enam situs kuburan lainnya telah diidentifikasi di sana oleh survei geofisika non-invasif.

Pertanian industri di situs itu sekarang sedang dibongkar, meskipun bangunannya telah menghancurkan banyak nilai arkeologis. Para arkeolog kemungkinan akan menyelidiki bagian-bagian bekas kamp.

Tim peneliti juga bakal terus menggali tumpukan limbah kamp, di mana beberapa artefak pribadi dari tahanan telah ditemukan, termasuk manik-manik, kancing pakaian dan pecahan cermin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Sepenggal Kisah Hartono Sumarsono, Sang Kolektor Batik

Posted: 28 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bentuk rasa cinta anak bangsa pada warisan budaya dan tradisi Tanah air dapat diwujudkan dalam beragam hal. Seperti Hartono Sumarsono, seorang kolektor batik yang begitu jatuh hati dengan kain berbagai motif dan warna tersebut.

Bagi Hartono, batik telah menjadi ciri khas Indonesia, terlebih ketika UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia. Sebagai warga negara Indonesia, ia sangat mencintai barang-barang seni dan batik ia pilih sebagai koleksi utama.

Kecintaannya pada batik tumbuh pada 1983 silam dengan mulai membeli batik. Tak hanya itu, hatinya pun tergugah lewat ungkapan para pedagang yang menjual barang-barang antik.

"Pertama-tama suka dengan keramik-keramik Cina dan saya belanja itu di Jalan Surabaya, Menteng. Di sana, pedagang-pedagang Minang menceritakan alangkah sayangnya batik-batik kita dibawa oleh orang-orang mancanegara. Kemungkinan suatu hari batik yang bagus itu tak ada di Indonesia lagi," ungkap Hartono kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

 

Koleksi batik Hartono Sumarsono, sang kolektor batik. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Kata-kata para pedagang tersebut berhasil membuat Hartono berpikir. Terlebih ia berdagang batik, meski yang dijual itu tekstil motif batik. Bermulai dari momen tersebut, ia pun mulai mengoleksi ragam batik. Lantas, apa koleksinya yang paling langka?

"Yang sangat langka itu bed cover. Kalau saya berpikir tentang bed cover itu kemungkinan besar dimiliki seorang kapiten karena sangat jarang sekali sudah 35 tahun mengoleksi batik nggak pernah melihat orang menjual bed cover semacam itu," lanjutnya.

Penelusuran Hartono kian merasuk pada motif-motif yang dihadirkan di batik. Arti batik, sambungnya, begitu penuh arti seperti simbol-simbol hewan sangat luar biasa yakni sebagai doa, harapan, dan nasehat orangtua kepada keturunannya.

Hal awal yang membuat Hartono jatuh hati dengan batik dan ingin membelinya, tidak lain mencari yang betul-betul halus. Saat ini, koleksinya yang mencapai 1000 koleksi batik tersebut mayoritas dari batik pesisir.

"Pesisir dari banyak tempat, dari Cirebon, Pekalongan, Tegal, Kudus, Lasem, Sidoarjo, Madura, Banyumas. Belakangan, saya mengoleksi batik-batik dari saudagar batik dari Solo," jelasnya.

Batik yang cantik ternyata memiliki musuh yang sangat dihindari oleh para kolektor, termasuk Hartono. "Musuh utama dari batik itu adalah ngengat, ngengat datang kalau tempatnya lembap biasanya langsung bolong. Sekarang pakai AC supaya udaranya kering," ungkap Hartono.

Ada kisah pilu yang menimpa Hartono terkait kain batik koleksinya yang menjadi sasaran ngengat. Momen itu terjadi pada tahun 90-an ketika ia agak bosan hingga tidak membuka lemari selama tiga tahun.

"Ada (yang) langsung bolong. Ada 1,5 sentimeter dan itu batik Belanda bukan batik biasa makanya jadi ingat," ungkap Hartono.

Pengaruh Negara Lain pada Batik Indonesia

Hartono Sumarsono, sang kolektor batik. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Berdasarkan koleksi buku pertama batik pesisir, Hartono Sumarsono menyebut ada beberapa negara yang memengaruhi batik Indonesia. Salah satu di antaranya Batik Besurek.

"Batik ini adalah pengaruh dari Arab. Kalau kita tahu dari zaman abad ke berapa orang-orang Arab datang ke Indonesia dan di dalam akulturasi pun terjadi di batik seperti ini. Banyak Batik Besurek seperti ini ditemukan di daerah Bengkulu," jelasnya.

Ada pula pengaruh dari India pada Batik Jlamprang. Batik ini diambil dari patola karena di India sejak 200 tahun lalu muncul motif-motif patola semacam Batik Jlamprang.

"Di pekalongan ini dinamakan Jlamprang, patola memengaruhi batik di Jogja namanya Nitik. Tenun di NTT di Sumba itu banyak motif-motif India yang mempengaruhi tenun-tenun disana," tambahnya.

Ada pula orang Belanda bernama Nyonya Meyer membuat batik yang sangat langka yakni motif wayang. Tak sekadar motif wayang, tetapi ada cerita di baliknya yakni mengenai Arjuna Wiwaha atau perkawinan dengan tujuh bidadari.

"Ada batik bed cover yang motifnya dipengaruhi oleh Cina. Ini sangat identik dengan batik yang dipengaruhi Cina namanya Bangbiru dasarnya broken white, dengan warna merah dan biru. Ini sangat identik dengan batik-batik Lasem," jelasnya.

Ragam gambar yang ada di batik ternyata memiliki banyak makna mendalam. Sebut saja sepasang kera mempunyai arti generasi yang akan datang akan lebih baik dari generasi sekarag. Ada pula ikan berkepala naga yang melambangkan fighting spirit.

"Rusa ini artinya berpenghasilan baik. Ini kayak kalong ini artinya rezeki, kalau burung Hong ini lambang wanita utama. Kalau bunga teratai itu lambang hati yang suci. Jadi semua hewan-hewan di sini mempunyai makna, ayam tentang kerajinan, kuda ini tentang kecepatan," tutur Hartono.

Batik Hokokai hingga Kisah Sampek Engtay

Koleksi batik Hartono Sumarsono, sang kolektor batik. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Sementara Batik Jawa Hokokai dipengaruhi oleh bangsa Jepang ketika menjajah Indonesia pada 1942. Hartono meneliti koleksinya, tidak ada batik semacam Jawa Hokokai yang hadir dengan satu kelebihan.

"Dari warnanya yaitu, warna kuning yang sangat menonjol, dan juga motif bunga sakura yang jarang dibatik oleh orang-orang Indonesia dan sangat berbeda sekali dengan batik yang pernah ada di Indonesia. Begitu meriahnya." ungkapnya.

Kala itu, orang-orang Jepang menyuruh orang Pekalongan membuat batik tersebut. Bukan untuk dibawa kembali ke Negeri Sakura, tetapi untuk diberikan kepada orang-orang Indonesia yang berjasa pada Jepang.

"Makannya orang Jepang sendiri pun tidak mengerti batik Jawa Hokokai seperti apa. Ada satu lagi yang sangat menarik walaupun batik ini dipengaruhi oleh Jepang tapi pembuatnya adalah orang-orang Cina," lanjutnya.

Satu koleksi Hartono yang memiliki nilai historis yang luar biasa dan sangat langka yakni Sampek Engtay. Kisah di Cina tersebut sangat termasyur itu layaknya Romeo dan Juliet.

"Ini yang sekar jagadnya yang di bawahnya cerita Sampek Engtay itu sendiri. ada meraknya ada gundukannya itu kuburan dari Sampek, nah kalau kita mengingat cerita dari Sampek Engtay sendiri kasih tak sampai," kata Hartono.

Ia berkisah singkat mengenai Sampek Engtay, di mana Engtay adalah seorang perempuan dari keturunan berada, sementara Sampek adalah pemuda yang miskin. Sampek bersekolah, sedangkan Engtay tidak menuntut ilmu karena ia perempuan. Namun akhirnya ia diperbolehkan orangtuanya ke sekolah dengan pakaian pria.

Koleksi batik Hartono Sumarsono, sang kolektor batik. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

"Nah di sekolah Engtay jatuh cinta sama Sampek, tapi Sampek tidak mengerti kalau Engtay itu wanita. Ketika orang tua Engtay tahu, kalau Engtay punya pacar akhirnya ia dipanggil pulang. Saat itu Sampek ikut sampai ke dekat rumahnya Engtay," ungkapnya.

Saat Hartono bertandang ke Hangzhou, Cina, sekitar 6--7 tahun lalu, ia diceritakan bahwa saat ingin berpisah, Sampek dan Engtay bolak-balik jembatan hingga 18 kali. Hal tersebut saking beratnya untuk berpisah, demikian ia dikisahkan oleh warga setempat kala itu.

"Ketika Engtay sampai rumahnya orang tuanya menjodohkan dengan seorang bupati. Engtay menantang keras, tetapi akhirnya harus menikah dengan itu. Ketika Sampek kembali ke sekolahnya, Engtay memberikan tanda untuk diberikan kepada Sampek kalau dia sudah kembali. Ternyata kaget kalau Engtay itu perempuan langsung Sampeknya bingung. Lalu akhirnya, dia menyusul ke rumahnya Engtay," tambahnya.

Sesampai di rumah Engtay, ia mengatakan menikah. Kala itu, Sampek tidak tahan hingga meninggal dunia. Saat Sampek tiada, Engtay dilanda kesedihan yang mendalam. Saat dipaksa menikah dengan pria pilihan sang ayah, Engtay menyebut ia ingin pergi ke tempat kekasihnya dan ingin berdoa terlebih dahulu di kuburan Sampek.

"Bapaknya menentang karena apa ya nggak mungkin masak pengantin mau sembahyang di kuburan. Tapi ibunya Engtay uda biarin aja kasih aja. Supaya beres urusan. Akhirnya, dia ini diberikan kesempatan untuk berdoa, makanya di sini gundukan melambangkan Engtay yang sedang berdoa di kuburannya Sampek. Ketika dia berdoa itu ada gempa bumi, tanah terbelah, kuburanya terbelah langsung Engtay terjun ke dalam, masuk tertutup lagi kuburannya. Terus muncullah sepasang kupu-kupu, keluar kupu-kupu ini. Ya itulah cerita Sampek Engtay, kasih tak sampai," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kerap Resahkan Warga, Pocong Diserang Pakai Petasan

Posted: 28 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga ini punya cara unik untuk mengusir pocong. Dengan menggunakan petasan, pocong berhasil lari terbirit-birit. Ini dilakukan warga karena pocong telah membuat resah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Jalan Mundur, Solidaritas untuk Dandhy Dwi Laksono

Posted: 28 Sep 2019 07:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta menggelar akasi jalan mundur mengelilingi Bundaran HI, pada Car Free Day, Minggu (29/9/2019). Aksi ini sebagai simbol mundurnya nilai demokrasi di Indonesia.

Perwakilan AJI Jakarta, Jackson Simanjuntak menyatakan, aksi tersebut juga merupakan bentuk solidaritas dan desakan agar polisi segera mencabut status tersangka terhadap jurnalis yang juga aktivis Dandhy Dwi Laksono.

"Kita dari AJI melakukan aksi solidaritas untuk mendesak polisi segera menghentikan kasus anggota AJI Jakarta, Dandhy Dwi Laksono. Kita merasa apa yang dilakukan terhadap Dandhy jauh dari apa yang kita harapkan dari demokrasi kita. Pertama cara penangkapan yang sangat bertentangan," kata Jackson di CFD Bundaran HI, Minggu (29/9/2019).

AJI menilai, sikap polisi yang menjerat Dandhy sebagai tersangka pelanggaran Undang-undang ITE adalah ancaman terhadap kebebasan berekspresi. 

"Kami merasa penangkpan Dandhy bentuk kemunduran demokrasi, karena itu kita jalan mundur sebagai simbol," ucap Jackson.

Pada kesempatan itu, rombongan AJI membawa spanduk berisi tuntutan mereka. Di antaranya stop semua kekerasan oleh polisi, cabut status tersangka Dandhy, penjara hanya untuk koruptor bukan untuk orang yang berpandangan lain, dan Dandhy tidak menyebarkan kebencian.

Dandhy Dijemput Polisi

Dandhy Laksono saat diperiksa polisi di kediamannya di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (27/9/2019)

Sebelumnya, jurnalis sekaligus aktivis Dandhy Laksono ditangkap pada, Kamis 26 September 2019. sekira pukul 23.00 WIB, di Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat.

Saat itu, Dandhy Laksono baru tiba di kediamannya. Selang beberapa lama kemudian, terdengar ada tamu yang menggedor-gedor pagar rumah dan langsung dibuka oleh Dandhy.

Dandhy akhirnya menjalani pemeriksaan atas tuduhan menyebar kebencian di Polda Metro Jaya. Dia diperiksa selama 4 jam.

Menurut keterangan Tim Penasihat Hukum, Feri Kusuma, pemeriksaan kliennya dimulai pada pukul 01.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB.

Selama berada di ruang penyidik, kata Feri, kliennya ditanyakan seputar cuitan di media sosial.

"Ada 14 pertanyaan. Semuanya soal cuitan Dandhy tentang Papua," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran di Lahan Bandara Kertajati, 2 Penerbangan Sempat Dipindahkan

Posted: 28 Sep 2019 07:45 PM PDT

 

 

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengimbau kepada seluruh penyelenggara bandar udara (bandara) untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan personel terhadap hal-hal yang dapat menjadi kendala jalannya operasional penerbangan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono mengungkapkan hal tersebut usai terjadinya kebakaran di sekitar wilayah Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Isnin menyampaikan, kewaspadaan dan kesiapsiagaaan tersebut diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan mengganggu jalannya operasional penerbangan.

"Kami mengimbau kepada penyelenggara bandara, untuk melakukan pengawasan secara terus menerus untuk mengamankan bandara demi terciptanya keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan," katanya dikutip dari Antara, Minggu (29/9/2019).

Isnin mengungkapkan kebakaran terjadi di ujung landas pacu (runway) 32 Bandara Internasional Kertajati dan dapat dipadamkan oleh Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemandam Kebakaran (PKP-PK).

"Walau sempat dua maskapai divert menuju Bandara Soekarno Hatta, namun saat ini operasional penerbangan, takeoff dan landing sudah dapat dilakukan karena kebakaran telah dapat diantisipasi dengan cepat," kata Isnin.

Selain itu, Isnin menambahkan, berdasarkan informasi lanjutan, kebakaran yang terjadi tidak meluas, karena petugas dengan sigap berhasil memadamkan api.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan terus memantau dan berkoordinasi dengan Kantor Otoritas Bandar Udara wilayah I Soekarno-Hatta, penyelenggara bandar udara dan aparat kepolisian untuk memastikan penyebab kebakaran.

Lahan Kawasan Bandara Internasional Kertajati Majalengka Terbakar

Ilustrasi Kebakaran (iStockphoto)​

Badan Penanggulan Bencana Daerah Jawa Barat menyatakan kebakaran melanda wilayah lahan Bandara Internasional Jawa Barat, di Dusun Pejaten, Desa Kertajati, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Sabtu (28/9/2019).

"Benar, Sabtu siang sekitar pukul 13.00 WIB telah terjadi kejadian kebakaran lahan tepatnya di wilayah Bandara Kertajati," kata Manager Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Provinsi Jawa Barat, Budi Wahyu, Sabtu malam.

Ia mengatakan, untuk dampak dari kebakaran Iahan yang terjadi ini yaitu di lahan ilalang di kawasan Bandara Internasional Kertajati dan untuk luas area yang terbakar hingga saat ini belum terdata. 

"Untuk jumlah luas area yang terbakar hingga saat ini masih dalam penyelidikan," kata dia dilansir Antara.

Ia mengatakan, telah dilakukan sejumlah upaya untuk memadamkan api di lokasi tersebut dan hingga saat ini BPBD Jawa Barat telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Majalengka.

"Dan BPBD Kabupaten Majalengka juga telah menurunkan tim assessment dan berkoordinasi dengan pihak BIJB, pemadam kebakaran, PT Pertamina, TNI dan polisi untuk memadamkan api bersama secara manual," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, juga dilakukan sekat bakar agar api tidak merambat ke area gedung Bandara Internasional Kertajati.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Daffa Wardhana, Putra Marini Zumarnis yang Berprestasi di Australia

Posted: 28 Sep 2019 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal aktris senior Marini Zumarnis? Aktris berwajah keibuan yang terkenal dengan perannya sebagai bidadari ini, telah melekat di ingatan masyarakat.

Sinetron Bidadari yang menjadi tontonan favorit masyarakat pada tahun 2000-an, membuat Marini Zumarnis punya banyak penggemar. Wanita kelahiran Jakarta, 24 Maret 1976 ini telah dikenal sebagai aktris sejak 1995.

Marini yang merupakan keturunan Bugis dan Minang ini menikah pada 1998 silam. Ia dipersunting oleh Denny Wardhana tepatnya pada 28 Februari 1998. Dari pernikahannya tersebut, ia dikaruniai putra bernama Mohammad Daffa Wardana.

Daffa kini sedang menempuh pendidikan kuliahnya di Negeri Kanguru. Selama menimba ilmu di sana, Daffa termasuk mahasiswa yang berprestasi.

Tak hanya berprestasi, Daffa juga punya pesona yang tak kalah dengan ibunya. Berikut ini 6 potret Mohammad Daffa Wardana, putra Marini Zumarnis dilansir dari akun Instagramnya oleh Liputan6.com, Minggu (27/9/2019).

1. Daffa Wardhana adalah putra Marini Zumarnis yang kini berusia 21 tahun.

Pesona Daffa Wardhana, putra Marini Zumarnis yang berprestasi. (Sumber: Instagram/@daffawardhana)

2. Daffa kini tengah disibukkan menimba ilmu di University of Melbourne, Australia.

Pesona Daffa Wardhana, putra Marini Zumarnis yang berprestasi. (Sumber: Instagram/@daffawardhana)

3. Di Negeri Kanguru itu, mantan kekasih Chelsea Islan ini mengukir prestasi lewat cabang olahraga Brazilian Jiu Jitsu.

Pesona Daffa Wardhana, putra Marini Zumarnis yang berprestasi. (Sumber: Instagram/@daffawardhana)

4. Tak hanya itu, cowok 21 tahun ini juga hobi banget main basket.

Pesona Daffa Wardhana, putra Marini Zumarnis yang berprestasi. (Sumber: Instagram/@daffawardhana)

5. Hingga kini, Daffa tak menunjukkan ketertarikannya untuk terjun ke dunia hiburan seperti ibunya.

Pesona Daffa Wardhana, putra Marini Zumarnis yang berprestasi. (Sumber: Instagram/@daffawardhana)

6. Meski begitu, ia mengikuti kelas akting dengan beberapa kali ikut teater bersama teman-temannya.

Pesona Daffa Wardhana, putra Marini Zumarnis yang berprestasi. (Sumber: Instagram/@daffawardhana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: