Senin, 02 September 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Timnas Indonesia vs Malaysia: Andik dan Saddil Bakal Pegang Peran Penting

Posted: 02 Sep 2019 09:35 PM PDT

Jakarta - Andik Vermansah dan Saddil Ramdani bakal jadi dua pemain kunci saat Timnas Indonesia duel lawan Malaysia di laga pertama Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Kamis (5/9).

Andik pernah lima tahun berkarier di Malaysia bersama Selangor FA pada 2014-2017 dan Kedah FA pada 2018. Sementara Saddil, saat ini berkiprah di Pahang FA.

Khusus Saddil, McMenemy berharap gelandang berusia 20 tahun ini dapat tampil impresif sebab pengalamannya di level internasional telah banyak meskipun usianya masih sangat muda. Setahun belakangan, pemain asal Raha, Sulawesi Tenggara tersebut pernah membela Persela Lamongan, Timnas Indonesia U-19, Timnas Indonesia U-22, dan Pahang FA.

"Sangat penting pengalaman Andik dan Saddil. Seperti diketahui, Saddil lebih tepatnya sudah bermain pada empat tim yang berbeda setahun belakangan. Dan pengalamannya sangat penting," ujar McMenemy setelah latihan Timnas Indonesia di SUGBK, Senin (2/9/2019).

Mulanya, McMenemy tak memanggil Saddil ke Timnas Indonesia. Namun, cedera Greg Nwokolo berbuah berkah untuknya.

"Kami tahu Saddil masih sangat muda. Kemarin ketika Greg Nwokolo cedera, kami akhirnya punya kesempatan untuk memanggil Saddil ke sini," kata McMenemy.

Latihan Terbuka

Pemain Timnas Indonesia, Febri Haryadi, menggiring bola saat latihan jelang laga kualifikasi Piala Dunia di SUGBK, Jakarta, Senin (2/9). Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Untuk pertama kalinya pada pemusatan latihan (training centre), McMenemy menggelar latihan terbuka yang dapat ditonton di SUGBK, Selasa (2/9/2019). Dua pekan sebelumnya, latihan tim berjulukan Skuat Garuda itu dilangsungkan tertutup.

"Tujuan latihan hari ini tentunya pengingatan. Pertama-tama adalah pengingatan untuk mengingatkan teman-teman akan pentingnya pertandingan melawan Malaysia," imbuh McMenemy.

"Ketika melawan Malaysia, kami menguasai bola. Kami mau kita mengontrol pertandingan. Kami akan mencoba menyerang mereka dan menciptakan peluang. Ini adalah rumah kami, ini Jakarta, ini adalah SUGBK," tutur arsitek berusia 41 tahun ini.

Sumber: Bola.com

Disadur dari: Bola.com (Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi, Published 03-09-2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Manis Acha Septriasa dan Putrinya, Tak Gunakan Jasa Baby Sitter

Posted: 02 Sep 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Acha Septriasa mulai dikenal luas oleh publik saat membintangi film berjudul Heart pada tahun 2006 silam. Sejak itu kariernya bisa dibilang semakin mentereng. Acha Septriasa sering didapuk menjadi pemeran utama wanita dalam film layar lebar. Bahkan wanita kelahiran 1 September 1989 ini beberapa kali masuk dalam nominasi dan mendapatkan penghargaan festival film untuk perannya.

Kendati aktif menjalani karier sebagai seorang aktris, Acha Septriasa cukup tertutup mengenai kehidupan pribadinya. Meski begitu pada tahun 2016 lalu dirinya sempat membuat heboh netizen atas pernikahannya dengan pria bernama Vicky Kharisma. Acha Septriasa menikah dengan Vicky Kharisma pada 11 Desember 2016. Acha Septriasa sendiri memilih untuk menetap di Australia menemani sang suami yang memang telah lebih dulu tinggal di Australia karena pekerjaan. Semenjak menikah Acha Septriasa juga memilih mengurangi kegiatan di dunia hiburan Tanah Air.

Kehidupan pernikahan Acha Septriasa dengan Vicky Kharisma pun jauh gosip miring. Kini, keduanya pun telah dikaruniai seorang putri bernama Bridgia Kalina Kharisma. Acha Septriasa pun semakin jarang terlihat di layar lebar setelah memiliki seorang putri yang lahir pada 21 September 2017 lalu di Sydney, Australia.

Menariknya, Acha mengaku bahwa ia mengurus anaknya seorang diri selama tinggal di Negeri Kanguru. Ia dan suami rupanya telah bersepakat untuk tak menggunakan jasa baby sitter.

Meski jarang memperlihatkan kebersamaannya dengan sang putri tercinta, Acha Septriasa sering mengunggah berbagai momen di akun Instagram pribadinya. Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @septriasaacha, Selasa (3/9/2019) berikut ini beberapa momen kebersamaan Acha Septriasa dan sang putri.

1. Acha Septriasa cukup sering mengunggah momen bersama sang putri di akun Instagram pribadinya.

Acha Septriasa (Sumber: Instagram/septriasaacha)

2. Dirinya memang sering menghabiskan waktu dengan Bridgia Kalina Kharisma.

Acha Septriasa (Sumber: Instagram/septriasaacha)

3. Bahkan beberapa waktu lalu saat Acha mendapat kejutan pesta ulang tahun, Acha mengajak serta sang putri di acara tersebut.

Acha Septriasa (Sumber: Instagram/septriasaacha)

4. Kesibukan Acha Septriasa saat ini bukan lagi soal kariernya akan tetapi untuk suami dan anak pertamanya.

Acha Septriasa (Sumber: Instagram/septriasaacha)

5. Tak jarang foto bersama sang anak yang diunggah Acha melalui akun Instagram pribadinya mencuri perhatian netizen.

Acha Septriasa (Sumber: Instagram/septriasaacha)

6. Tak sedikit netizen yang menganggap jika anak dari Acha Septriasa ini sangat menggemaskan.

Acha Septriasa (Sumber: Instagram/septriasaacha)

7. Acha juga sering menghabiskan waktu berdua bersama putrinya.

Acha Septriasa (Sumber: Instagram/septriasaacha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Korban Ejekan Rasis, Romelu Lukaku Minta Pemain Bersatu

Posted: 02 Sep 2019 09:35 PM PDT

Milan - Penyerang Inter Milan, Romelu Lukaku, mengalami peristiwa tidak mengenakkan pada pekan kedua Serie A 2019-2020. Saat bertanding melawan Cagliari, akhir pekan kemarin, ada sekumpulan fans tim lawan yang berlaku rasial kepadanya.

Insiden itu terjadi saat Romelu Lukaku akan mengeksekusi penalti pada menit ke-72. Sejumlah suporter di belakang gawang Cagliari kemudian membuat suara-suara yang mirip dengan monyet.

Ejekan pendukung Cagliari itu langsung mengundang reaksi keras dari netizen. Banyak yang mengecam kelakuan barbar fans tersebut.

Penyerang Timnas Belgia itu mengaku geram ejekan rasial masih kerap terjadi di sepak bola. Lukaku meminta aksi tak terpuji tersebut untuk segera dihentikan.

Kemudian banyak juga yang mengecam otoritas liga Italia. Pihak Serie A dianggap tidak niat untuk memerangi kasus rasialisme. Romelu Lukaku akhirnya angkat bicara soal kasus tersebut. 

 

 

Kecaman Lukaku

Ekspresi Romelu Lukaku saat memperkuat Inter Milan pada laga kontra Lecce di San Siro, Selasa (27/8/2019) dini hari WIB. (AFP/Miguel Medina)

Mantan penyerang Manchester United itu mengecam sikap pihak federasi, tak hanya di Italia, yang seakan membiarkan aksi tersebut. Lukaku mengungkapkan uneg-unegnya tersebut melalui akun Instagram-nya.

"Banyak pemain pada bulan lalu menderita pelecehan rasial. Saya juga mengalaminya kemarin. Sepak bola adalah permainan yang bisa dinikmati oleh semua orang dan kami tidak boleh menerima segala bentuk diskriminasi yang akan memalukan olahraga ini."

"Saya harap federasi sepakbola di seluruh dunia bereaksi keras terhadap semua kasus diskriminasi!! Platform media sosial (Instagram, Twitter, Facebook) perlu bekerja lebih baik juga dengan klub sepak bola, karena setiap hari Anda melihat setidaknya komentar rasial di bawah unggahan seseorang yang warna kulitnya tidak putih."

"Kami sudah mengatakannya selama bertahun-tahun dan masih belum ada aksi... Saudara-saudara, ini 2019, alih-alih maju, kita malah alami kemunduran dan saya pikir sebagai pemain kami perlu (bersatu) dan membuat pernyataan tentang masalah ini untuk jaga agar olahraga ini bersih dan menyenangkan untuk semua orang," tulis Lukaku.

Bukan yang Pertama Kalinya

Ekspresi penyerang Juventus Moise Kean saat bertanding melawan Cagliari dalam lanjutan Liga Italia di Sardegna Arena, Cagliari, Italia, Selasa (2/4). Juventus menang dengan skor 2-0. (Marco BERTORELLO/AFP)

Kasus rasial sudah kesekian kalinya yang terjadi, khususnya di Eropa. Di Cagliari, dengan kasus Lukaku itu, berarti fans mereka sudah tiga kali terlibat tindakan rasial.

Setidaknya itu yang menjadi viral. Sebelumnya mereka juga pernah menjadikan penyerang muda Juventus, Moise Kean, sebagai korbannya.

Selain itu, pemain Juventus lainnya juga pernah jadi korban suporter Cagliari. Pemain itu adalah gelandang asal Prancis, Blaise Matuidi.

Kasus lain yang serupa juga pernah menimpa Sulley Muntari. Demikian juga dengan mantan penyerang Inter Milan lainnya asal Kamerun, Samuel Eto'o.

Sumber asli: Instagram

Disadur dari: Bola.com (Penulis Rizki Hidayat / Editor Wiwig Prayugi, published 03/09/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keberhasilan BNP2TKI Cetak 9.894 Wirausaha Baru

Posted: 02 Sep 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lapangan kerja di dalam negeri yang tak cukup luas mengakibatkan sebagaian masyarakat, mencari peruntungan ke luar negeri. Ya, mereka mencari alternatif pekerjaan di luar negeri untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

Mengetahui bahwa mendapatkan pekerjaan menjadi hak setiap masyarakat, maka pemerintah pun melakukan kewajibannya. Adalah menjamin dan melindungi masyarakat sebelum berangkat, selama di negara penempatan sampai setelah pulang kembali ke Tanah Air.

Oleh karena itu, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) secara bertahap memberikan pelatihan keriwausahaan bagi PMI purna dan keluarganya. Pelatihan yang menjadi bentuk perlindungan setelah bekerja di luar negeri itu dikemas dalam Program Pemberdayaan Terintegrasi.

Direktur Pemberdayaan BNP2TKI, A. Gatot Hermawan menjelaskan, dalam upaya meningkatkan kesejahteran PMI Purna dan keluarganya maka perlu diberikan pembekalan kewirausahaan dengan pemberdayaan terintegrasi.

"Program ini bertujuan untuk dapat memanfaatkan penghasilan yang diperoleh selama bekerja di luar negeri agar dapat dimanfaatkan untuk usaha produktif bukan untuk keperluan yang sifatnya konsumtif," jelas Direktur Pemberdayaan BNP2TKI, Selasa (3/9) di Jakarta.

Ia menambahkan, program pemberdayaan terintegrasi diperuntukan untuk PMI Purna dan keluarganya, serta memberikan peluang agar lebih produktif dalam memanfaatkan uang penghasilan dan kemampuan yang ada. Diharapkan melalui program ini, dapat meningkatkan kesejahteraan PMI dan keluarganya dan PMI yang bersangkutan tidak kembali bekerja di luar negeri.

Menurut Gatot, program Pemberdayaan Terintegrasi yang dilakukan BNP2TKI melalui BP3TKI/LP3TKI seluruh Indonesia menitikberatkan pada empat bidang program yaitu ketahanan pangan, ekonomi kreatif, pariwisata, dan jasa. Pada kegiatan ini, peserta akan diberikan edukasi keuangan dan edukasi kewirausahaan termasuk didalamnya praktek dalam mengolah bahan.

Cetak 9.894 Wirausaha

Pada 2015-2018, BNP2TKI melakukan pemberdayaan bagi PMI Purna dan keluarganya sebanyak 25.198 orang di seluruh Indonesia.

Pelatihan yang diberikan antara lain aneka pangan, minuman herbal, kuliner, toko kelontong, ternak ayam, ternak sapi, ternak kambing, ternak lele, ternak ikan mas, kerajinan bambu, rotan dan sebagainya.

Hingga 2019, BNP2TKI berhasil mencetak sebanyak 9.894 orang wirausaha baru dari program pelatihan tersebut. Hal itu menjadi pencapaian BNP2TKI dalam target RPJMN.

Seperti Nurchaeti, PMI Purna dari Singapura yang kini sudah menjadi pengusaha sukses. Usaha yang dirintis Nurchaeti dengan keripik buahnya kini telah menembus pasar lokal baik supermarket maupun hypermart.

Bahkan kripik buah Nurchaeti telah di expor ke berbagai negara seperti Singapura, Brunei Darussalam, Abudhabi, Qatar, Belgia, Jerman, Paris dan Belanda.

Titi panggilan akrabnya, sangat berterimakasih kepada BNP2TKI yang telah memberikan fasilitasi berupa jaringan, pelatihan dan edukasi sehingga usahanya bisa maju dan berkembang.

"Bagi PMI purna yang sudah membentuk usaha akan difasilititasi, seperti berkoordinasi antar instansi terkait dengan Dinas Koperasi dan UKM untuk membentuk Koperasi, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Dinas Kesehatanan dan MUI dalam mengajukan permohonan perijinan usaha (Ijin Usaha), Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), Sertifikat Halal agar produk tersebut secara legal dan memenuhi persyaratan layak sebagai makanan yang dapat dikonsumsi masyarakat," jelasnya

Dengan begitu, lanjut Titi, produk yang dihasilkan mempunyai nilai jual dan mudah dipasarkan ke toko seperti supermarket, indomart, alfamart, alfamidi dan toko-toko lainnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketegangan AS-China Kembali Tekan Rupiah

Posted: 02 Sep 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan selasa pekan ini. Nilai tukar rupiah melemah seiring masih besarnya sentimen ketegangan dagang Amerika Serikat dan China.

Mengutip Bloomberg, Selasa (3/9/2019), rupiah dibuka di angka 14.216 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.194 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.216 per dolar AS hingga 14.230 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melmasih mampu menguat 1,12 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.217 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.190 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah melemah seiring masih besarnya sentimen ketegangan dagang Amerika Serikat dan China.

"Mata uang negara berkembang cenderung melemah seiring masih besarnya sentimen hindar aset berisiko dibalik memburuknya ketegangan dagang AS-China pasca kedua negara tersebut menaikkan tarif impor," kata Kepala Riset Monex Investindo Future Ariston Tjendra dikutip dari Antara.

Ariston mengemukakan, ketegangan perang dagang kembali memanas setelah AS menaikkan barang-barang dari China sebesar 15 persen dan China juga membalas dengan menaikkan tarif minyak mentah AS.

Selain itu, lanjut dia, penguatan dolar AS juga ditopang oleh meningkatnya tekanan jual pada mata uang euro yang disebabkan tingginya ekspektasi bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) akan melakukan pelonggaran moneter serta ketidakpastian kepergian Inggris dari Uni Eropa (Brexit).

 

Data Ekonomi AS

Karyawan menghitung uang kertas rupiah yang rusak di tempat penukaran uang rusak di Gedung Bank Indonessia, Jakarta (4/4). Selain itu BI juga meminta masyarakat agar menukarkan uang yang sudah tidak layar edar. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Selanjutnya, ia mengatakan, pasar akan menantikan perilisan data-data ekonomi AS mulai dari data Manufaktur hingga data penggajian non pertanian (non farm payrolls/NFP) versi ADP (Automatic Data Processing).

"Jika data ekonomi AS mengalami perbaikan maka dolar AS akan mempertahankan penguatannya dalam beberapa hari kedepannya," katanya.

 

Sentimen Dalam Negeri

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat, Jakarta, Kamis (23/10/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sementara sentimen dari dalam negeri, menurut Ariston, relatif kondusif setelah data inflasi Agustus yang relatif terjaga.

"Data inflasi Agustus yang terjaga menahan tekanan rupiah lebih dalam," katanya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Agustus 2019 terjadi inflasi sebesar 0,12 persen. Dengan demikian, laju inflasi tahun kalender Januari-Agustus 2019 tercatat sebesar 2,48 persen dan inflasi tahun ke tahun (yoy) sebesar 3,49 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Olah TKP Tabrakan Beruntun, Arus Kendaraan di Tol Cipularang Dialihkan

Posted: 02 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi melakukan olah TKP kecelakaan maut di KM 91 tol Cipularang hari Selasa (3/9/2019). Arus kendaraan di tol dari arah Bandung menuju Jakarta dialihkan ke jalan arteri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merasa Tak Pernah Sudutkan Ayah, Vanessa Angel Siap Klarifikasi Isu Miring

Posted: 02 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan Vanessa Angel dan ayahnya, Doddy Sudrajat, dikabarkan tidak harmonis. Sang ayah mengaku telah diputus akses komunikasinya oleh Vanessa Angel, salah satunya adalah akun Instagram-nya telah diblok oleh Vanessa Angel. 

Sebaliknya, Vanessa Angel mengaku tidak pernah sama sekali menyudutkan sang ayah. Yang membuatnya kecewa, adalah beredarnya berita yang merugikan dirinya.

Hal itu disampaikan Vanessa Angel melalui unggahan di Instagram Story-nya beberapa waktu lalu.

"Sedih ya.. Gak pernah sekalipun aku sampai detik ini membuat pernyataan yg menyudutkan ayahku, tapi media & netijen seolah lebih tau akan hidupku, seolah mereka ingin aku & ayahku tidak bersatu," tulis Vanessa Angel.

Klarifikasi

Vanessa Angel. (Liputan6/cpm/IG/vanessaangeloficial)

Terkait hal tersebut, Vanessa Angel menyatakan tidak akan tinggal diam. Vanessa Angel siap memberikan klarifikasi menyoal gosipnya dan sang ayah dalam waktu dekat.

"Ok mungkin sudah cukup diamku, hari rabu nanti ku kan klarifikasi semua berita berita miring tentang diriku.. bismillah," lanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Kembali Olah TKP Kecelakaan Maut Tol Cipularang Siang Ini

Posted: 02 Sep 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi kembali melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan maut Tol Cipularang KM 91.400, Purwakarta, Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menyampaikan, olah TKP dilakukan sejak pagi.

Secara teknis dilaksanakan oleh Ditlantas Polda Jawa Barat bersama Korlantas Polri dan Satlantas Polres Purwakarta.

"Iya benar olah TKP, langsung saja ke lokasi," tutur Trunoyudo saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (3/9/2019).

Rekayasa lalu lintas pun dilakukan untuk kelancaran olah TKP. Pihak terkait seperti Jasa Marga turut bekerjasama membantu rekayasa lalu lintas di tol.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, rekayasa lalu lintas dengan metode contra flow dilakukan sejak pukul 09.20 WIB tadi. 

"Dimulai sejak KM 96 sampai dengan KM 90. Selain itu, pengalihan arus lalu lintas juga diberlakukan.

Bagi pengguna jalan dari arah Bandung ke arah Jakarta dapat keluar di GT Cikamuning dan masuk kembali lagi ke Jalan Tol Cipularang melalui GT Jatiluhur," kata Heru dalam keterangannya.

Satu WNA jadi Korban

Kondisi kendaraan usai terlibat  kecelakaan maut di ruas Tol Cipularang Kilometer 92, Purwakarta, Jawa Barat, Senin (2/9/2019). Polisi melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kemacetan akibat kecelakaan maut Cipularang. (Liputan6.com/Abramena)

Data yang berhasil dihimpun, total korban berjumlah 36 orang. Delapan di antaranya dinyatakan meninggal dunia, tiga luka berat dan 25 lainnya mengalami luka ringan.

Korban kecelakaan Tol Cipularang dievakuasi terbagi ke tiga rumah sakit dalam penanganan medisnya, yaitu RS MH Thamrin, RS Siloam, dan RS Bayu Asih.

Kabid Pelayanan Medis RS MH Thamrin Purwakarta, dr Jamal Abdul Naser mengatakan korban kecelakaan Tol Cipularang ini luka-luka karena terbentur benda keras.

"Ya korban luka berat mengalami luka bakar, cedera kepala berat, dan patah tulang. Yang lainnya luka ringan dan luka sedang ada yang patah tulang bahu, atau cedera ringan di kepala," kata Jamal.

Seorang Warga Negara Asing (WNA) tercatat menjadi korban luka berat karena mengalami luka bakar.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun ke-58, Ini 7 Potret Transformasi Iwan Fals

Posted: 02 Sep 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 3 September 2019, legenda hidup musik Tanah Air Iwan Fals berulang tahun ke-58. Iwan Fals merupakan musisi yang mulai muncul di belantika musik nasional sejak 1970 hingga sekarang. Iwan Fals selalu berani mengutarakan berbagai pandangannya tentang polemik sosial di Indonesia. 

Banyak karya yang sudah Iwan Fals ciptakan. Iwan Fals mengawali karier dengan bergabung dengan band bernama Amburadul bersama teman-temannya Toto Gunarto, Helmi Bahfen, dan Bambang Bule. Namun sayang, lagu-lagu bersama band Amburadul tidak laris di pasaran.

Pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto mulai naik daun setelah bekerja sama dengan produsen musik dari Jakarta bernama Musica Studio. Lagu-lagu Iwan Fals mulai dikenal publik dan memiliki segmen pasarnya sendiri. Kacamata Iwan Fals dalam bermusik memang unik, ia sering mengutarakan pesan sosial dari lirik-lirik lagunya, seperti lagu Surat Untuk Wakil Rakyat yang rilis tahun 1987.

Terlepas dari karya-karya melegenda Iwan Fals, Iwan Fals merupakan sosok yang ramah terhadap publik. Penampilannya di atas panggung maupun di luar panggung selalu menjadi panutan. Berikut Liputan6.com rangkum dari KapanLagi.com, potret transformasi Iwan Fals dari muda hingga sekarang, Selasa (3/9/2019).

1. Pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto memulai debut albumnya tahun 1975 bersama band Amburadul.

Ulang Tahun ke-58, Ini 7 Potret Transformasi Iwan Fals (sumber: KapanLagi.com)

2. Sepanjang kariernya, Iwan Fals sudah membuat 45 judul album. Album terakhir Iwan Fals berjudul SATU yang rilis tahun 2015.

Ulang Tahun ke-58, Ini 7 Potret Transformasi Iwan Fals (sumber: KapanLagi.com)

3. Tidak hanya aktif membuat lagu, Iwan Fals juga memiliki bakat akting. Ia pernah bermain di 3 judul film. Terakhir ia membintangi film berjudul Kekasih yang tayang tahun 2008.

Ulang Tahun ke-58, Ini 7 Potret Transformasi Iwan Fals (sumber: KapanLagi.com)

4. Iwan Fals memiliki istri bernama Rosanna yang ia nikahi tahun 1980.

Ulang Tahun ke-58, Ini 7 Potret Transformasi Iwan Fals (sumber: KapanLagi.com)

5. Dari pernikahannya dengan Rosanna, Iwan Fals dikarunai 3 orang anak bernama Galang Rambu Anarki, Annisa Cikal Rambu Bassae dan Raya Rambu Robbani. Sayangnya anak pertama bernama Galang Rambu meninggal dunia di usia 15 tahun.

Ulang Tahun ke-58, Ini 7 Potret Transformasi Iwan Fals (sumber: KapanLagi.com)

6. Iwan Fals memiliki 3 keluarga fans yakni Fals Mania FC-SI (Fama), Ormas Oi (Oi) dan Komunitas Tiga Rambu (K3R).

Ulang Tahun ke-58, Ini 7 Potret Transformasi Iwan Fals (sumber: KapanLagi.com)

7. Di usianya yang ke-58, Iwan Fals tetap eksis muncul di berbagai acara. Iwan bahkan turut mendukung film Bumi Manusia dengan menyanyikan soundtracknya yang berjudul Ibu Pertiwi.

Ulang Tahun ke-58, Ini 7 Potret Transformasi Iwan Fals (sumber: KapanLagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tawuran dalam Karnaval di Blitar

Posted: 02 Sep 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Inilah yang terjadi dalam karnaval memperingati hari kemerdekaan ke-74 di Blitar. Aksi tawaran ini diunggah warganet dan mendadak viral di masyarakat.

Tawuran ini diduga terjadi karena kesalahpahaman antara penonton dan peserta karnaval.  Peserta karnaval langsung menghampiri penonton dan mencekik.Lalu memukul secara bergantian. Danang Wismanto, pemuda (22) menjadi korban pengeroyokan. Warga melihat kejadian ini prihatin apalagi terjadi saat peringatan hari kemerdekaan.

"Saat ini penanganan sudah dilakukan.  Korban sudah kita visum, sudah ambil keterangan awal. Korban sudah laporkan ke Mapolsek dan tindaklanjuti secara profesional," ujar AKBP Anissulah M.RIdha, Kapolres Blitar, demikian seperti ditayangkan dalam program Liputan6.

Polisi menduga aksi tawaran dipicu peserta menenggak minuman keras sebelum karnaval.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 9 Fitur Android 10 yang Dinanti Para Pengguna Smartphone

Posted: 02 Sep 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Android 10 atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Android Q diumumkan Google hingga beberapa versi Beta. Menurut rumor yang beredar, sistem operasi anyar tersebut akan mulai digulirkan pada hari ini, 3 September 2019.

Dengan beberapa perkembangan, fitur-fitur baru selalu ditambahkan dalam setiap pembaruannya, sehingga pengguna dapat lebih nyaman memakai sistem operasi ini.

Terkini, Android 10 menawarkan fitur-fitur baru sebagaimana dilansir Android Central dan Trusted Review, Selasa (3/9/2019). Berikut sembilan di antaranya:

1. Dark Mode Lebih Menyeluruh

Fitur terbaru ini dapat membuat antarmuka smartphone menjadi versi yang lebih gelap dari sebelumnya.

Google juga menggunakan application programming interface (API) baru sehingga nanti aplikasi-aplikasinya akan ikut menggunakan mode gelap ketika mode ini diaktifkan

2. Fitur Live Caption yang Memberikan Subtitle Secara Langsung

Tidak perlu khawatir untuk tidak dapat mendengar suara dari video yang disetel di tempat yang berisik.

Dengan fitur ini, Android 10akan memberikan semacam subtitle secara langsung kepada video atau audio yang sedang disetel. Fitur ini nantinya tidak membutuhkan koneksi internet

 

3. Home Button Tersembunyi

Android 10. Dok: cnet.com

Pada sistem operasi sebelumnya, tombol utama terlihat berada di bawah ponsel. Namun untuk kali ini, tombol utama tidak akan terlihat sehingga menciptakan kesan bersih dan luas pada antarmuka ponsel.

Tombol utama hanya akan muncul ketika pengguna membuka sebuah aplikasi.

4. Perubahan dalam Perizinan Aplikasi yang Memberi Opsi Baru pada Pengguna

Kali ini, Android 10 akan lebih menjaga privasi dari penggunanya dengan memberikan opsi tambahan terhadap perijinan aplikasi.

Apabila sebelumnya perizinan permintaan lokasi hanya terdapat dua opsi, yaitu izinkan dan tidak izinkan. Maka kali ini terdapat opsi ketiga, yaitu izinkan apabila aplikasi sedang digunakan.

 

5. Fitur SharingShortcuts yang Membuat Pembagian File Lebih Mudah

Android 10. Dok: youtube.com

Sebelumnya, antarmuka untuk membagikan file sangatlah 'penuh' dengan berbagai macam pilihan aplikasi, tetapi sekarang Google menyediakan fitur yang bernama SharingShortcuts yang dapat membuat pengguna membagikan file ke suatu aplikasi dengan lebih cepat dan spesifik

6. Opsi Tema Baru yang Memiliki Warna-Warna Lucu

Dalam Android 10 ini pengguna diberikan kebebasan untuk memilih warna antarmuka-nya.

Warna-warna yang disediakan pun cukup beragam mulai dari warna dasar biru, hitam, hijau, ungu hingga warna-warna khusus seperti coklat (Cinnamon), biru (Ocean), ungu (Space) dan pink (Orchid).

 

7. Fitur Bubbles yang Memberikan Kemudahan untuk Balas Pesan

Android 10. Dok: theverge.com

Apabila notifikasi pada sebelumnya muncul seperti gelembung pada layar, kali ini notifikasi pesan tersebut dapat dibalas secara langsung dengan menarik gelembung tersebut kebawah, ini akan membuka isi dari percakapan tersebut sehingga memudahkan pengguna untuk membalas pesan sembari membuka aplikasi lainnya.

8. Menjaga Privasi Terhadap Pencurian Data via Wi-Fi

Dalam hal ini Android 10 akan membatasi aplikasi-aplikasi yang dapat mengakses International Mobile Equipment Identity (IMEI), nomor serial dan data pribadi lainnya.

Ini juga memberi pengguna perlindungan saat menggunakan jaringan Wi-Fi dengan mengacak alamat perangkat Media Access Control (MAC)

 

9. Mode Fokus yang Membuat Pengguna Tak Terganggu

Android 10. Dok: mashable.com

Android 10 memperkenalkan mode baru yang dapat membantu pengguna untuk fokus terhadap pekerjaannya, mode ini dinamakan "Focus Mode".

Dalam mode ini, pengguna dapat memilih aplikasi-aplikasi yang menurutnya mengganggu dan Android 10 akan menonaktifkannya untuk sementara.

(Keenan Pasha/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menanti Duel Pertama Nadal vs Federer di AS Terbuka

Posted: 02 Sep 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, New York - Skenario pertemuan pertama Rafael Nadal dan Roger Federer di AS Terbuka semakin terbuka. Keduanya berpotensi bertemu di final.

Nadal mengikuti jejak Federer dengan mencapai delapan besar AS Terbuka 2019 usai mengalahkan Marin Cilic 6-3, 3-6, 6-1, 6-2 di Arthur Ashe Stadium, Senin (2/9/2019) atau Selasa pagi WIB.

Selanjutnya dia bertemu Diego Schwartzman dengan Federer meladeni Grigor Dimitrov. Jika berjaya, Nadal bakal bersua pemenang Matteo Berrettini vs Gael Monfils. Sementara Federer menghadapi pemenang duel Stan Wawrinka vs Daniil Medvedev.

Meski total mengoleksi 38 gelar Grand Slam (Federer 20, Nadal 18), kedua petenis belum pernah bertarung di AS Terbuka. Mereka tercatat sudah bersua 14 kali di Grand Slam. Rinciannya, empat kali di Australia Terbuka dan Wimbledon, serta enam kali di Prancis Terbuka.

Di Grand Slam, Nadal unggul 10-4 serta 24-16 dalam total rekor pertemuan. Namun, Federer memimpin 11-9 pada laga di lapangan keras.

Berjuang Keras

Petenis Spanyol, Rafael Nadal melakukan servis ke arah petenis Kroasia, Marin Cilic pada babak keempat turnamen AS Terbuka 2019 di Arthur Ashe Stadium, Senin (2/9/2019). Nadal membutuhkan waktu 2 jam 48 menit untuk menghentikan Cilic dengan skor 3-6, 6-3, 6-1, 6-2. (AP/Seth Wenig)

Nadal harus kerja keras untuk menyingkirkan Cilic. Namun, dia sukses memenangkan partai usai mengubah strategi menyusul kekalahan di set kedua.

"Dia menekan, bermain lebih agresif, dan pengembalian bolanya sangat kencang di set kedua. Saya harus melakukan sesuatu jika tidak mau tumbang. Saya mulai mengembalikan servisnya ke dalam lapangan dan itu memberikan perbedaan," ungkap Nadal, dilansir BBC.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Momen Langka Kelahiran Bayi Panda di Berlin

Posted: 02 Sep 2019 09:18 PM PDT

Salah satu bayi panda kembar yang baru lahir menjalani perawatan pertama mereka di Kebun Binatang Berlin, Senin (2/9/2019). Momen ini tergolong langka dan menjadi momen pertama dalam sejarah untuk kelahiran bayi panda kembar di Jerman. (Zoo Berlin/Zoologischer Garten Berlin via AP)

Salah satu bayi panda kembar yang baru lahir menjalani perawatan pertama mereka di Kebun Binatang Berlin, Senin (2/9/2019). Momen ini tergolong langka dan menjadi momen pertama dalam sejarah untuk kelahiran bayi panda kembar di Jerman. (Zoo Berlin/Zoologischer Garten Berlin via AP)

Salah satu bayi panda kembar yang baru lahir menjalani perawatan pertama mereka di Kebun Binatang Berlin, Senin (2/9/2019). Meng Meng, telah melahirkan dua ekor bayi pada Sabtu (31/8) malam dengan bobot masing-masing 136 gram dan 186 gram. (Zoo Berlin/Zoologischer Garten Berlin via AP)

Salah satu bayi panda kembar yang baru lahir menjalani perawatan pertama mereka di Kebun Binatang Berlin, Senin (2/9/2019). Meng Meng, telah melahirkan dua ekor bayi pada Sabtu (31/8) malam dengan bobot masing-masing 136 gram dan 186 gram. (Zoo Berlin/Zoologischer Garten Berlin via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP 2019: Marquez Makin Jauh Ungguli Dovizioso

Posted: 02 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez terus meninggalkan para rivalnya di klasemen MotoGP 2019 jelang balapan di Sirkuit Misano, San Marino pada 15 September mendatang. Marquez nyaman di puncak sendirian dengan mengoleksi 250 poin setelah 11 seri.

The Baby Alien masih dibuntuti rider Ducati, Andrea Dovizioso, yang menempati posisi kedua. Sejauh ini, Marquez unggul 78 atas Dovizioso di klasemen MotoGP 2019.

Rider Suzuki Ecstar asal Spanyol, Alex Rins, yang memenangi balapan MotoGP Inggris, langsung merangsek ke urutan klasemen MotoGP 2019 jelang seri ke-12.

Legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi, tercecer di posisi keenam dengan koleksi 116 poin. Rekan setimnya di Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, juga sama-sama mendulang 116 poin.

Sementara itu, rekan setim Dovizioso, Danilo Petrucci, berada di peringkat keempat dengan 145 poin. Jack Miller yang mengendarai motor Pramac Ducati menduduki urutan ketujuh di klasemen MotoGP 2019. Berikut klasemen MotoGP 2019 hingga seri ke-11 jelang balapan di Sirkuit Misano.

Klasemen MotoGP 2019

Marc Marquez jauh ungguli Andrea Dovizioso di klasemen MotoGP 2019 (JAVIER SORIANO / AFP)

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 250 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati) 172 poin

3. Alex Rins (Suzuki) 149 poin

4. Danilo Petrucci (Ducati) 145 poin

5. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) 116 poin

6. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) 116 poin

7. Jack Miller (Pramac Ducati) 94 poin

8. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 92 poin

9. Cal Crutchlow (LCR Honda) 88 poin

10. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) 69

11. Pol Espargaro (KTM) 68 poin

12. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 62 poin

13. Joan Mir (Suzuki) 39 poin

14. Aleix Espargaro (Aprilia) 33 poin

15. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) 29 poin

16. Andrea Iannone (Aprilia) 27 poin

17. Miguel Oliveira (KTM Tech 3) 26 poin

18. Johann Zarco (KTM) 22 poin

19. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) 21 poin

20. Stefan Bradl (Honda) 16 poin

21. Tito Rabat (Avintia Racing) 14 poin

22. Michele Pirro (Ducati) 9 poin

23. Sylvain Guintoli (Suzuki) 7 poin

24. Hafizh Syahrin (KTM Tech 3) 6 poin

25. Karel Abraham (Avintia Racing) 4 poin

 

Jadwal MotoGP

Jumat (6/9/2019)

MotoGPFree Practice 1 (14.00 - 15.40 WIB)

MotoGPFree Practice 2 (19.10 - 19.55 WIB)

Sabtu (7/9/2019)

MotoGPFree Practice 3(14.00 - 15.40 WIB)

MotoGPFree Practice 4 (18.30 - 19.00 WIB)

MotoGPKualifikasi 1 (19.10 - 19.25 WIB)

MotoGPKualifikasi 2 (19.35 - 19.50 WIB)

Minggu (8/9/2019)

MotoGPWarm Up (14.40 - 15.00 WIB)

MotoGP Race (19.00 WIB)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

56 Haji Ini Menjadi Penutup Kepulangan Jemaah Haji Khusus ke Tanah Air

Posted: 02 Sep 2019 09:15 PM PDT

Fokus, Arab Saudi - Pemulangan terakhir 56 orang jemaah haji khusus ke Tanah Air dilakukan di Bandara Prince Muhammad Bin Abdul Aziz, Madinah, pada Minggu malam, 2 Agustus kemarin. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (3/9/2019), mereka menjadi penutup kepulangan jemaah haji peserta Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang tahun ini berjumlah total 16.800 orang.

Tim pengawasan haji khusus juga memberikan evaluasi khusus kepada 20 perusahaan swasta PIHK.

Evaluasi itu terkait beberapa pelanggaran dari segi pelayanan haji khusus selama pelaksanaan ibadah haji khusus tahun ini.

"Akomodasi baik itu hotel maupun rumah transit, lalu ada beberapa juga catatan kecil terkait di Madinah khususnya di hotel-hotel," ucap Kabid Pengawasan PIHK PPIH Abdul Muhyi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Ide Kocak Saat Kepepet Ini Bikin Ngakak, Kreatif Abis

Posted: 02 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar ide-ide kreatif terkadang datang saat sedang terdesak. Otak seperti dipacu untuk berpikir keras guna memecahkan permasalahan yang tengah dialami. Ada kalanya solusi itu muncul tak terduga. Bahkan sering kali membuat orang lain keheranan.

Saat terdesak memang otak kita seperti bisa menemukan cara-cara kreatif. Tak hanya itu, solusi itu juga terbukti berfungsi dengan tepat.Terdesak oleh keadaan, berbagai benda baru dapat tercipta sekaligus menjadi solusi cerdas di saat kepepet.

Seperti kelakuan orang-orang yang punya cara kreatif untuk menyelesaikan masalah ini. Mereka pun sepertinya sangat paham apa arti dari peribahasa "tak ada rotan, akar pun jadi". Berikut Liputan6.com rangkum 7 ide kocak saat kepepet yang bikin ngakak dan kreatif abis, Selasa (3/9/2019).

1. Saat lupa bawa hijab, plastik kresek bisa jadi solusi.

2. Cadar istri pun bisa dijadikan masker oleh abang driver ojek online.

Ide Kocak Saat Kepepet Ini Bikin Ngakak, Kreatif Abis (sumber:Instagram/dramaojol.id)

3. Saat tidak ada teman yang mau mengalah untuk foto bersama.

Ide Kocak Saat Kepepet Ini Bikin Ngakak, Kreatif Abis (sumber:Twitter/ asyraffakla)

4. Lagi buru-buru nih, jadi pakai kayu aja dulu.

Ide Kocak Saat Kepepet Ini Bikin Ngakak, Kreatif Abis (sumber:1cak.com)

5. Gurita Hp versi low budget.

Ide Kocak Saat Kepepet Ini Bikin Ngakak, Kreatif Abis (sumber:Instagram/dramaojol.id)

6. Mau enggak mau harus kayak gini.

Ide Kocak Saat Kepepet Ini Bikin Ngakak, Kreatif Abis (sumber:1cak.com)

7. Pengganti tripod, cukup dengan tas dan tumpukan buku saja bisa kok.

Ide Kocak Saat Kepepet Ini Bikin Ngakak, Kreatif Abis (sumber:Twitter/ Twitter/@surxyx__)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN: Kabar Pemadaman Listrik Sebagian Jakarta Hoaks

Posted: 02 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya‎ (Disjaya) menyatakan, kabar perencanaan pemadaman listrik di sebagian wilayah Jakarta pada Selasa (3/9/2019) adalah tidak benar atau hoax.

General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya M Ikhsan Asaad mengatakan, PLN tidak memiliki jadwal terencana pemadaman listrik pada hari ini, untuk pengerjaan meleliharaan jaringan.

"Kami nggak ada perencanaan pemadaman hari ini, apalagi pemeliharan jaringan," kata Ikhsan, di Kantor PLN Disjaya, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Menurut Ikhsan, surat pemberitahuan pemadaman listrik yang beredar ‎bukan dikeluarkan PLN secara resmi. Dia pun menyatakan kabar pemadaman listrik adalah tidak benar atau hoax.

"Surat itutidak benar hoax, kami tidak mengeluarkan surat secara resmi," tuturnya.

 

Surat Beredar

Pasukan Elit PLN saat beraksi di Menara Sutet Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Dalam surat pemberitahuan yang diperoleh Liputan6.com, surat yang dilayangkan PLN Area Ciracas tersebut memberitahukan pemadaman di wilayah Ciracas, Cibubur dan Cipayung dilakukan pada Selasa (3/9/2019) dan Rabu (4/9/2019) sejak pukul 09.00 sampai selesai.

Dalam surat tersebut mengungkapkan penyebab pemadaman yaitu pelaksanaan pemeliharaan jaringan 20 kilo Volt (KV) yang disebabkan ‎overload.

Ikhsan menjelaskan, jika PLN melakukan pemadaman ‎akan ada batas waktu, selain itu untuk pemadaman di wilayah industri akan dilakukan malam hari dan di wilayah pelanggan rumah tangga waktunya hanya sebentar.

"Jadi nggak selama itu, itu hoax nggak benar," tandasnya.

 

Cegah Mati Lampu Lagi, PLN Ingin Bangun Jaringan Listrik Bawah Laut

Seorang Pasukan Elit PLN saat beraksi di Menara Sutet Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menggelar pertemuan dengan Plt. Dirut PLN (Persero), Sripeni Inten Cahyani. Pembahasan masih berkaitan dengan insiden listrik padam yang terjadi beberapa waktu silam.

Luhut mengatakan, dalam pertemuan tersebut Sripeni juga mengutarakan keinginan PLN membangun kabel listrik bawah laut Jawa-Sumatera. Diharapkan dengan rencana tersebut, sistem jaringan kelistrikan PLN jadi lebih aman dibandingkan jika dibangun di atas tanah.

"Kabel laut dari Sumatera ke sini (Jawa), pengalaman kemarin kan (listrik padam). Dulu dibatalin, sekarang ya saya bilang kalau memang bagus jalanin saja," kata dia, saat ditemui, di kantornya, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Luhut menegaskan, dia menyambut baik rencana tersebut. Diharapkan pembangunan jaringan kabel bawah laut tersebut tidak saja mengamankan jaringan listrik, tapi juga memiliki nilai estetika.

"Saya lihat Bu Inten itu boleh sih, dia udah tahu apa yang mau dianu (dilakukan), misalnya dia 'Kalau boleh Pak, kami sedang merencanain kabel sebanyak mungkin di bawah supaya jangan berantakan seperti sekarang'. Kan bagus 5 tahun ke depan gimana," jelas Luhut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surabaya Bakal Selesaikan Penanganan Kawasan Kumuh di 21 Kelurahan

Posted: 02 Sep 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Surabaya berencana menyelesaikan penanganan kawasan kumuh skala lingkungan lokasi prioritas di 21 keluarahan.

Selain itu, Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya  menyatakan, luas kawasan kumuh di Surabaya tinggal 43,46 hektare pada 2019.

"Rencana aksi tersebut akan menyelesaikan (penanganan) sisa kawasan kumuh tahun 2019 seluas 43,46 hektare," tutur dia seperti melansir Antara, Selasa (3/9/2019).

Ia menuturkan, Pemerintah Kota Surabaya telah menetapkan beberapa kawasan prioritas peningkatan kualitas perumahan dan permukiman melalui Surat Keputusan Wali Kota Surabaya Tahun 2015.

"Pemkot Surabaya mempunyai konsen yang cukup besar dalam peningkatan kawasan permukiman," tutur dia.

Ia menuturkan, Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia sehingga membutuhkan rencana strategi, kebijakan dan program khusus untuk menuntaskan penanganan kawasan kumuh.

"Suatu perencanaan yang benar-benar mengarah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar dia.

Penangawasan kawasan kumuh kota merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Surabaya mencapai target 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak (100.0.100).

Command Center 112 Surabaya Menarik Perhatian PLN hingga Perguruan Tinggi

Suasana di dalam ruangan Command Center di gedung Polrestabes Surabaya. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyediakan layanan Command Center 112 yang dapat digunakan masyarakat untuk melapor keadaan darurat.

Layanan nomor tanggap darurat ini merupakan integrasi pelayanan dengan lintas sektor. Tak heran inovasi Pemkot Surabaya ini menarik perhatian banyak pihak. 

Command Center 112 dibuat atas keinginan langsung Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Ia ingin Surabaya memiliki layanan pengaduan dari masyarakat agar mendapat respons secara cepat, maksimal dan siaga 24 jam. Dari keinginan tersebut, muncullah inovasi Command Center 112 ini.

Melansir surabaya.go.id, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika di Indonesia, Cahyo Utama menuturkan, Command Center ini merupakan integrasi pelayanan lintas sektor.

Sektor tersebut di antaranya DP5A, DKRTH, DPUBM, LINMAS, SATPOL PP, DISHUB, DINSOS, PMK serta dibantu oleh Kepolisian. Dengan adanya nomor tanggap darurat 112 ini, masyarakat dapat melaporkan jika terjadi keadaan darurat atau bencana dan membutuhkan bantuan.

Cahyo mencontohkan, dengan peristiwa kebakaran. Ia menyampaikan melalui layanan telepon ini, tak hanya petugas PMK saja yang datang, melainkan terdapat pula sektor lain.

"Contohnya jika terjadi kebakaran, yang datang ke lokasi kejadian tidak hanya petugas dari PMK untuk memadamkan api, namun PDAM dan DKRTH juga akan ke lokasi kebakaran untuk menyediakan mobil tangki yang akan mengambil air di sekitar lokasi kebakaran. Dispenduk Capil juga akan datang ke lokasi kebakaran untuk mendata kependudukan korban. Dinsos juga akan datang untuk memberikan kebutuhan logistik bagi korban jadi ada integrasi antara satu OPD dengan lainnya," ujar Cahyo.

Maret 2019 lalu, layanan Command Center 112 milik Pemkot Surabaya ini mendapat penghargaan dari asosiasi global Contact Center World. Penghargaan ini diberikan karena Command Center 112 dinilai sebagai program sukses untuk studi kasus call center layanan kedaruratan terbaik di bawah 10 menit.

Berbagai inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya ini menarik berbagai pihak untuk berkunjung. Salah satunya PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Universitas Andalas yang Jumat 30 Agustus 2019 datang ke Surabaya.

Ketua rombongan PT PLN, Tisna Gunawan menyampaikan tujuan kunjungannya memang untuk mendapat gambaran Command Center di Surabaya mengenai agaimana pemanfaatannya, penyediaan sarana dan prasarana, pengelolaan personel serta management pengelolaannya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Nursyam Kasubag Data Bagian Perencanaan BPPK Universitas Andalas. Pihaknya juga ingin mengetahui lebih dalam terkait penyatuan penyajian data yang tersedia, proses penerimaan pengaduan serta penanganan keluhannya.

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Sosok Rayouf Alhumedhi, Remaja Penggagas Emoji Hijab

Posted: 02 Sep 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Chatting tanpa menggunakan emoji rasanya pasti kurang afdol. Fitur emoji ini diciptakan untuk memberi kemudahan saat kamu ingin mengekspresikan sesuatu kepada lawan bicaramu dalam chat. Emoji atau emotikon merupakan sebuah unicode yang sering kita dapati saat menggunakan smartphone. Emoji sendiri telah menjadi bahasa universal tidak resmi dalam komunikasi kita sehari-hari.

Hal ini lah yang mendasari remaja asal Arab Saudi untuk menggagas emoji yang bisa mempresentasikan dirinya. Rayouf Alhumedhi sadar betul soal kekuatan emoji sebagai bahasa komunikasi baru di era teknologi digital seperti sekarang ini. Sayangnya, ia tak menemukan emoji yang mampu merepresentasikan dirinya dan perempuan-perempuan lainnya yang mengenakan hijab.

Ia merasa, seharusnya ada emoji yang bisa merepresentasikan dirinya dan ratusan juta perempuan muslim lain di seluruh dunia. Remaja 18 tahun itu pun merasa kesusahan berekspresi ketika mengobrol dengan teman-temannya via aplikasi chatting. Hal ini mendorong Alhumedhi membuat paket emoji hijab.

Dari sini lah mulai muncul idenya untuk menggagas pembuatan emoji hijab pada 2016, seperti Liputan6.com lansir Emirates Woman, Selasa (3/9/2019). Seolah memang sudah takdir, idenya disambut baik oleh The Unicode Consortium, sebuah organisasi yang mengelola pengembangan emoji salah satunya untuk device Apple. Penasaran dengan sosok Rayouf Alhumedhi?

Berikut sosok Rayouf Alhumedhi yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/9/2019).

1. Setahun setelah mengajukan gagasan ke perusahaan The Unicode Consortium, emoji hijab gagasan Rayouf resmi diluncurkan di berbagai platform.

Rayouf Alhumedhi, Remaja Penggagas Emoji Hijab (sumber: instgram/@rayoufalhumedhi)

2. Saat pengajuan proposal ke The Unicode Consortium, Rayouf bahkan mendesak agar dibuat emoji yang mirip dengannya dan mengadopsi warna kulit dari berbagai ras di seluruh dunia.

Rayouf Alhumedhi, Remaja Penggagas Emoji Hijab (sumber: instgram/@rayoufalhumedhi)

3. Rayouf Alhumedhi merupakan wanita asal Arab Saudi yang kini menetap di Jerman.

Rayouf Alhumedhi, Remaja Penggagas Emoji Hijab (sumber: instgram/@rayoufalhumedhi)

4. Bukan wanita biasa, Rayouf ternyata pernah masuk daftar 'The 30 Most Influential Teens of 2017' versi majalah Time.

Rayouf Alhumedhi, Remaja Penggagas Emoji Hijab (sumber: instgram/@rayoufalhumedhi)

5. restasi Rayouf dalam menggagas pembuatan emoji hijab terjadi saat dia masih berusia 18 tahun dan bersekolah di Vienna International School.

Rayouf Alhumedhi, Remaja Penggagas Emoji Hijab (sumber: instgram/@rayoufalhumedhi)

6. Diketahui kini Rayouf melanjutkan pendidikannya di Stanford University, jurusan ekonomi. Keren ya Rayouf ini.

Rayouf Alhumedhi, Remaja Penggagas Emoji Hijab (sumber: instgram/@rayoufalhumedhi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Falsafah Jawa Pantang Menikah di Bulan Suro

Posted: 02 Sep 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Suro merupakan bulan yang dikeramatkan oleh orang Jawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Kemeja yang Dikenakan Olla Ramlan Bisa Buat Beli Sepeda Motor

Posted: 02 Sep 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Olla Ramlan kembali menjadi perhatian publik saat liburan di Prancis. Sebelumnya, istri Muhammad Aufar Hutapea itu juga ramai dibicarakan saat memutuskan untuk mengenakan hijab.

"Pertama kali travelling jauh sendiri... only with my good friends. Tanpa keluarga, tanpa manager, tanpa asisten... BismiLLAH I can... yes, I can! Thank you suamiku yang sdh mengizinkan... @aufar.hutapea," tulis Olla akhir Agustus 2019 lalu.

Kali ini, penampilan Olla kembali menjadi sorotan karena memakai barang-barang mewah. Bukan hanya pakaian, tapi juga tasnya yang harganya selangit.

Dalam salah satu unggahannya, Olla memakai tas Hermes, warna hitam dan cokelat. Penampilan Olla tersebut membuat banyak warganet berdecak kagum.

Selain tas, kemeja lengan panjang biru dengan detail garis-garis dengan tulisan Balenciaga pada bagian bahu kiri yang dikenakan Olla Ramlan, misalnya, harganya pun bisa untuk membeli sebuah sepeda motor, yakni lebih dari Rp17 juta.

Mampir di Italia

Harga kemeja yang dikenakan Olla Ramlan sangat fantastis (Dok.Instagram/@fashion_ollaramlanaufar/https://www.instagram.com/p/B1xdaybAgSP/Komarudin)

 Selain ke Perancis, Olla juga mengunggah saat berada di Milan, Italia. Penampilan Olla, tak jauh berbeda saat di Paris. Semua yang dikenakan barang-barang mewah, mulai dari sepatu, jeans, juga tas.

Dalam salah satu unggahannya, Olla mengumumkan jika dirinya sedang merancang tas yang segera beredar. Tas tersebut terbuat dari kulit buaya.

"Coming Soon! Olla Ramlan's personally designed bag using original Croco embossed leather. Her name is Viola ladies!💋 (Segera datang! Tas yang dirancang secara pribadi oleh Olla Ramlan menggunakan kulit timbul Croco asli. Namanya adalah Viola)," tulis Olla.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Orang Tewas, 13 Ribu Rumah Hancur Akibat Badai Dorian Terjang Bahama

Posted: 02 Sep 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Nassau - Lima orang dilaporkan tewas di Bahama, ketika Badai Dorian, kategori 5 dalam skala Saffir-Simpson, menghantam negara itu pada Senin 2 September 2019 waktu lokal.

Perdana Menteri Bahama, Hubert Minnis mengatakan kematian itu dikonfirmasi di Kepulauan Abaco di timur laut, yang terdampak paling parah akibat badai.

Sekitar 13.000 rumah dikhawatirkan rusak atau hancur, menurut Palang Merah Internasional, seperti dikutip dari BBC, Selasa (3/9/2019).

Badai Dorian, topan Atlantik terkuat kedua dalam catatan badan cuaca, masih masuk dalam kategori "sangat berbahaya" usai menghantam Bahama, kata Minnis.

Ia menambahkan bahwa laporan kehancuran di Kepulauan Abaco "belum pernah terjadi sebelumnya".

Abacos adalah rumah bagi sekitar 17.000 orang. Tidak jelas berapa banyak yang mengabaikan perintah evakuasi dan permohonan dari pejabat untuk meninggalkan daerah dataran rendah beberapa hari sebelum badai.

Jumlah korban jiwa diperkirakan meningkat.

Departemen Pembangunan Internasional Inggris mengatakan akan mengirim tiga pakar kemanusiaan ke Bahama untuk meninjau kemungkinan pemberian bantuan pasca-badai Dorian.

Badai Terparah dalam Sejarah Bahama

'Mata' badai Dorian (Luca Parmitano / ESA / ISS / Twitter)

Gambar-gambar yang beredar menunjukkan genangan banjir, mobil terbalik dan pohon-pohon yang patah di sejumlah titik di negara Karibia itu.

Video dan laporan saksi mata melukiskan gambaran banjir besar dan meluas, dengan keluarga yang panik melarikan diri ke atap mereka untuk menghindari air bah yang meninggi.

Clint Watson, seorang jurnalis yang berbasis di ibu kota Nassau, mengatakan orang-orang di Grand Bahama dihantam "hujan dengan intensitas sangat deras" dan memposting video online yang memperlihatkan air naik ke jendela loteng mereka.

Media lokal melaporkan bahwa bandara internasional juga tergenang air.

Dorian adalah badai paling kuat yang menghantam dalam sejarah Bahama modern dan kemudian akan bergerak dengan status masih "sangat berbahaya" ke pantai timur Amerika Serikat, menurut para peramal cuaca.

Masih Kategori Berbahaya Jelang Menuju AS

Gambar satelit GOES-16 dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menunjukkan Dorian, badai Kategori 1, melintasi AS dan Kepulauan Virgin Britania Raya. (NOAA via AP)

Badai itu menghantam Bahama sebagai badai kategori lima, tetapi sekarang telah melemah ke kategori empat dengan angin berkelanjutan berkekuatan hingga 240 km/jam --kata Pusat Badai Nasional AS (NHC) dalam pembaruan terbaru.

Namun Dorian akan tetap masuk dalam kategori "badai yang kuat selama beberapa hari ke depan" --termasuk ketika badai itu diperkirakan mendarat di pesisir timur Negeri Paman Sam pada pertengahan pekan ini.

NHC mengatakan bahwa hanya sedikit penyimpangan di jalur badai yang dapat membawa Dorian langsung ke pantai timur Florida, yang sudah diperkirakan akan menghadapi gelombang badai yang mengancam jiwa dan angin berbahaya selama beberapa hari ke depan.

Negara bagian AS di Florida, Georgia, Utara, dan Carolina Selatan semuanya telah menyatakan status darurat jelang kedatangan badai Dorian.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suap Pengisian Jabatan, Bupati Kudus Jalani Pemeriksaan Lanjutan

Posted: 02 Sep 2019 09:03 PM PDT

Bupati Kudus Muhammad Tamzil akan menjalani pemeriksaan olanjutan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (3/9/2019). Muhammad Tamzil diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap pengisian jabatan perangkat daerah Kabupaten Kudus tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Kudus Muhammad Tamzil akan menjalani pemeriksaan olanjutan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (3/9/2019). Muhammad Tamzil diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap pengisian jabatan perangkat daerah Kabupaten Kudus tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Kudus Muhammad Tamzil berjalan akan menjalani pemeriksaan olanjutan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (3/9/2019). Muhammad Tamzil diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap pengisian jabatan perangkat daerah Kabupaten Kudus tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Kudus Muhammad Tamzil berjalan akan menjalani pemeriksaan olanjutan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (3/9/2019). Muhammad Tamzil diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap pengisian jabatan perangkat daerah Kabupaten Kudus tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Kudus Muhammad Tamzil dikawal dua petugas akan menjalani pemeriksaan olanjutan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (3/9/2019). Muhammad Tamzil diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap pengisian jabatan perangkat daerah Kabupaten Kudus tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Kudus Muhammad Tamzil dikawal dua petugas akan menjalani pemeriksaan olanjutan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (3/9/2019). Muhammad Tamzil diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap pengisian jabatan perangkat daerah Kabupaten Kudus tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Kudus Muhammad Tamzil dikawal dua petugas akan menjalani pemeriksaan olanjutan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (3/9/2019). Muhammad Tamzil diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap pengisian jabatan perangkat daerah Kabupaten Kudus tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Kudus Muhammad Tamzil dikawal dua petugas akan menjalani pemeriksaan olanjutan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (3/9/2019). Muhammad Tamzil diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap pengisian jabatan perangkat daerah Kabupaten Kudus tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Garansi 3 Tahun, Berapa Harga Baterai Motor Listrik Gesits?

Posted: 02 Sep 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Motor listrik buatan anak bangsa, Gesits resmi meluncur pada ajang otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Berstatus off the road, harga yang ditawarkan untuk satu unit motor mencapai Rp24,95 juta.

Salah satu komponen yang menjadi sorotan karena memiliki harga yang mahal ialah baterai. Meski Gesits memberikan garansi hingga 3 tahun, berapa harga baterai apabila konsumen harus menggantinya?

Menanggapi hal tersebut, Harun Sjech, CEO Gesits Technologies Indo (GTI) mengaku harga untuk satu buah baterai saat ini lebih dari Rp5 juta.

"Harga itu Rp5 jutaan. Hanya saja baterai itu kan cenderung turun, mungkin 3 tahun lagi harganya enggak sampai segitu," kata Harun di Monas, Jakarta.

Agar tak terlalu memberatkan konsumen, Harun menegaskan pembelian baterai Gesits menggunakan sistem tukar tambah.

"Garansi 3 tahun. Nanti akan tukar tambah, jadi baterai lama tukar yang baru karena baterai itu setelah 3 tahun enggak total mati, jadi masih bisa dipakai. Hanya saja setelah 3 tahun jaraknya menjadi lebih pendek dan konsumen bisa melakukan tukar tambah," ujar Harun.

Swap Baterai

Sebelumnya, Gesits mengaku siap melakukan sistem swap baterai untuk memudahkan konsumen yang tak memiliki waktu untuk melakukan pengisian daya.

Namun, hal itu nampaknya masih menjadi wacana karena Harun mengaku untuk melakukan sistem itu membutuhkan investasi cukup besar dan penyediaan baterai lebih banyak dibandingkan jumlah kendaraan yang beredar.

"Memang sementara sistem swap itu tetap masih dalam target kita. Saat ini kita jual masih dengan baterai, karena swap itu butuh investasi yang jauh lebih besar. Tapi sebenarnya motor kita ini sudah didesain swap ready jadi baterainya bisa diganti," tutur Harun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PODCAST: Mengenal Cerita Rakyat Calon Arang

Posted: 02 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap daerah di Indonesia memiliki cerita rakyat. Hal ini menjadi kekayaan seni dan budaya masyarakat Indonesia, salah satunya cerita rakyat soal Calon Arang.

Cerita rakyat yang mungkin populer didengar dan dibaca mengenai Sangkuriang yang merupakan cerita rakyat dari Jawa Barat, legenda Keong Emas , cerita rakyat dari Jawa Timur, dan Kisah Rara Jonggrang. Selain itu, ada juga cerita rakyat yang populer di masyarakat Jawa Timur dan Bali yaitu Calon Arang.

Calon Arang ini tak kalah menariknya dengan cerita rakyat dari daerah lain di Indonesia. Bahkan Calon Arang ini merupakan salah satu cerita rakyat yang diadaptasi ke berbagai jenis genre mulai dari pertunjukan tari, drama, kartun animasi, novel hingga film.

Cerita rakyat Calon Arang ini berkembang di Jawa terutama Jawa Timur dan Bali. Kisahnya tertulis dalam naskah lontar bertarikh 1540 M. Dalam tradisi Bali, kisah calon arang dipertahankan dalam grubug atau geguritan yaitu tradisi lisan yang dihidupkan dari mulut ke mulut.

Lalu bagaimana kisah Calon Arang ini? Pesan apa yang bisa dipetik dari cerita rakyat Calon Arang? Bagaimana sosok Calon Arang dikisahkan dalam sebuah novel yang diadaptasi juga oleh Pramoedya Ananta Toer ini?

Berikut cerita lengkapnya:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Penyakit yang Biasa Muncul di Musim Kemarau

Posted: 02 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Musim kemarau tak hanya hadir dengan cuaca panas dan kekeringan, melainkan juga kerap diiringi oleh sejumlah penyakit yang mengintai. Ada penyakit tertentu yang cenderung muncul hanya di musim kemarau.

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. Dr . dr Ari Fahrial Syam SpPD, setidaknya ada tiga penyakit yang harus diwaspadai masyarakat saat kemarau tiba. Berikut penjelasannya.

1. Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

ISPA menjadi penyakit yang paling umum menyerang di musim kemarau. Jumlah debu akan meningkat seiring hujan yang lama tak turun. Hal ini berpotensi menyebabkan debu mengiritasi saluran pernapasan sehingga terjadi infeksi saluran pernapasan atas. Hal itu ditandai dengan munculnya gangguan kesehatan pada tenggorokan, pita suara, dan amandel.

Guna mencegah penyakit ini terjadi, Ari menyarankan agar masyarakat menggunakan masker saat sedang berada di jalan, terutama ketika berkendara. Selain itu, penting untuk rutin membersihkan rumah agar minim dari debu.

Diare

2. Diare

Diare menjadi penyakit paling umum kedua yang sering muncul di musim kemarau. Kualitas air menjadi terganggu sehingga pasokan air terbatas. Selain itu, jumlah debu yang banyak menyebabkan makanan, terutama yang dijajakan di pinggir jalan mudah terkontaminasi debu. Kondisi yang tidak higienis itu memicu terjadinya diare.

Agar tak sakit gara-gara diare, Ari menyarankan untuk meminimalisasi makan di pinggir jalan. Jika makan di pinggir jalan pastikan bersih. 

"Jika makan di pinggir jalan pintar-pintarlah pilih yang tempat makan yang peralatannya dicuci bersih. Pastikan juga makanannya tertutup sehingga minim debu. Lalu, kalau minum lebih baik pilih air dalam kemasan dibandingkan gelas yang kita tidak tahu pasti kebersihannya, ungkap dokter Ari.

Ari menyarankan lebih baik membawa bekal makan dari rumah yang diketahui kebersihannya. Jangan lupa perbanyak minum air putih tidak dingin. Perbanyak konsumsi buah dan sayur agar daya tahan tubuh lebih kuat.

Dalam pengalaman Ari berpraktik sebagai dokter sehari-hari, diare dan ISPA paling mendominasi di musim kemarau. "Tadi praktik, pasien sakit diare dan ISPA mendominasi," tulisnya dalam pesan singkat yang diterima Liputan6.com pada Selasa (2/9/2019).

3. Demam berdarah

Sebenarnya ini penyakit yang datang dalam setiap tahun. Menjaga kebersihan lingkungan adalah salah satu cara agar terhindar dari penyakit ini.

Saksikan juga video menarik berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Posted: 02 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia segera memulai perjuangan menuju Piala Dunia 2022. Anak asuh Scott McMenemy bakal melakoni dua pertandingan pada bulan ini.

Berdasar undian yang berlangsung 17 Juli lalu, Timnas Indonesia masuk Grup G pada putaran kedua kualifikasi zona Asia. Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan bersaing melawan Uni Emirat Arab, Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Setelah tidak ambil bagian pada penyisihan Piala Dunia 2018 mengikuti karena sanksi FIFA, Timnas Indonesia bakal menggunakan kesempatan ini untuk mengukur kekuatan di antara tim-tim terbaik Asia.

Tim Garuda setidaknya bakal berusaha mencapai putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022, menyamai capaian partisipasi terakhir di 2014 meski ketika itu kompetisi menggunakan format berbeda.

Untuk itu, Timnas Indonesia wajib memenangkan dua laga awal. Berikut jadwalnya:

Jadwal Timnas

Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang dicetak Beto Goncalves ke gawang Vanuatu ada laga persahabatan di SUGBK, Jakarta, Sabtu (15/6). Indonesia menang 6-0 atas Vanuatu. (Bola.com/Yoppy Renato)

Kamis, 5 September 2019

19:30 WIB: Indonesia vs Malaysia

Venue: Stadion Utama Gelora Bung Karno

 

Selasa, 10 September 2019

19:30 WIB: Indonesia vs Thailand

Venue: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Harga Tiket

VIP Barat: Rp1 juta

VIP Timur: Rp750 ribu

Kategori 1: Rp350ribu

Kategori 2: Rp175 ribu

Kategori 3: Rp125 ribu

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agustus 2019, Inflasi DKI Jakarta Turun di 0,17 Persen

Posted: 02 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penurunan tekanan inflasi di DKI Jakarta kembali berlanjut pada bulan Agustus 2019. Inflasi IHK pada bulan Agustus 2019 tercatat sebesar 0,17 persen (mtm), kembali menurun dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 0,25 persen (mtm) pada Juli.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Hamid Ponco Wibowo menjelaskan lebih rendahnya tekanan inflasi dibandingkan bulan sebelumnya didorong oleh penurunan inflasi pada kelompok pengeluaran Bahan Makanan dan kelompok pengeluaran Pendidikan, Rekreasi, dan Olahraga, serta deflasi yang masih berlanjut pada kelompok pengeluaran Transpor, Komunikasi, dan Jasa Keuangan.

"Kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan inflasi adalah kelompok Makanan Jadi, Minuman, Rokok dan Tembakau, Perumahan, Air, Listrik, Gas dan Bahan Bakar, Sandang, dan Kesehatan," kata dia dalam keterangannya, Selasa (3/9/2019).

Dengan perkembangan tersebut, inflasi IHK tahun kalendar sampai dengan Agustus 2019 tercatat sebesar 2,55 persen (ytd), atau secara tahunan sebesar 3,62 persen (yoy), lebih tinggi dari bulan sebelumnya sebesar 3,48 persen (yoy).

"Inflasi tersebut masih terkendali sehingga pada akhir tahun 2019, tingkat inflasi Jakarta diprakirakan tetap mendukung pencapaian sasaran inflasi nasional sebesar 3,5±1 persen," tambahnya.

Penurunan tekanan inflasi bulan Agustus 2019 disumbang oleh berkurangnya tekanan inflasi pada kelompok Bahan Makanan. Kelompok ini mengalami inflasi sebesar 0,38 persen (mtm), lebih rendah dibandingkan dengan inflasi pada bulan Juli 2019 yang sebesar 0,86 persen (mtm).

Lebih rendahnya inflasi kelompok ini disumbang oleh deflasi pada subkelompok padi-padian, umbi-umbian dan hasilnya, seperti pada komoditas beras dan bihun.

Selain itu, tingkat inflasi pada subkelompok bumbu-bumbuan juga mengalami perlambatan. Namun demikian, tingkat inflasi pada subkelompok daging dan hasil-hasilnya mengalami kenaikan yaitu mencapai 2,9 persen (mtm), yang bersumber dari inflasi komoditas daging ayam ras yaitu sebesar 5,11 persen (mtm).

"Hal ini terutama disebabkan oleh berkurangnya pasokan anak ayam ras pedaging atau day old chick (DOC)," jelas Hamid.

 

Kelompok Transportasi

Aktivitas bus Transjakarta di Halte Harmoni, Jakarta, Rabu (2/1). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menargetkan 231 juta pelanggan pada tahun 2019. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Deflasi pada kelompok pengeluaran Transpor, Komunikasi, dan Jasa Keuangan terus berlanjut sehingga turut berkontribusi pada rendahnya inflasi. Kelompok ini pada bulan Agustus 2019 kembali mengalami deflasi, yaitu sebesar -0,50 persen (mtm), lebih dalam dari deflasi bulan sebelumnya yang tercatat -0,27 persen (mtm).

Berlanjutnya deflasi pada kelompok Transpor disebabkan oleh deflasi pada komoditas-komoditas transportasi umum, antara lain pada tarip angkutan udara sejalan dengan kebijakan penurunan tarip batas atas (TBA) tiket pesawat oleh Pemerintah.

Namun demikian, tekanan inflasi pada kelompok pengeluaran Sandang mengalami peningkatan pada bulan Agustus 2019. Inflasi kelompok Sandang meningkat dari 0,44 persen (mtm) pada Juli 2019 menjadi 1,20 persen (mtm) di bulan Agustus. Hal tersebut disebabkan oleh inflasi komoditas emas perhiasan sejalan dengan meningkatnya harga emas di pasar global.

Inflasi pada komoditas emas perhiasan pada Agustus 2019 tercatat sebesar 4,02 persen (mtm), lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi pada bulan Juli 2019 sebesar 1,24 persen (mtm). Emas menjadi penyumbang terbesar inflasi Agustus yakni mencapai 0,09% dari inflasi IHK sebesar 0,17 persen (mtm).

Memerhatikan berbagai perkembangan harga di pasar serta bauran kebijakan pemerintah, inflasi pada September 2019 dan keseluruhan tahun diprakirakan tetap terkendali.

 

Penguatan Korodinasi

Ilustrasi Bank Indonesia

Tingkat permintaan masyarakat diprakirakan tidak akan mengalami peningkatan signifikan, sejalan dengan tidak adanya momen tertentu yang signifikan dapat mendorong konsumsi. Mulai normalnya pasokan beberapa bahan pokok utama juga berkontribusi terhadap stabilitas inflasi.

Faktor-faktor tersebut diprakirakan dapat menyebabkan tekanan inflasi cenderung lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya. Penguatan koordinasi antara Bank Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat melalui TPID, dan forum-forum yang ada akan terus ditingkatkan.

Hal tersebut perlu dilakukan mengingat pengendalian harga memerlukan kerjasama dan sinkronisasi langkah kebijakan dari tingkat pusat hingga daerah, serta komitmen yang kuat dalam implementasi kebijakan yang telah diputuskan. Dengan berbagai upaya tersebut diharapkan inflasi DKI Jakarta tahun 2019 dapat tetap terjaga dan mendukung capaian sasaran inflasi nasional sebesar 3,5±1 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Memanggang Daging

Posted: 02 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap hari banyak olah memilih makanan berbahan dasar daging untuk disantap. Ada beragam jenis olahan daging yang menjadi favorit banyak orang, salah satunya ialah daging panggang.

Sayangnya meski kerap menyantap olahan daging yang dipanggang, masih banyak yang melakukan kesalahan ketika memanggang daging.

Artikel tentang deretan kesalahan yang sering dilakukan orang saat memanggang daging menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang momen kebaktian tutup peti di depan masjid yang sempat ramai diperbincangkan beberapa waktu lalu.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang deretan hal yang bisa menjadi penyebab munculnya keringat berlebih.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Perhatikan 9 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memanggang Daging

Daging Panggang  / Sumber: iStockphoto

Daging adalah makanan yang akrab bagi non-vegetarian. Daging mentah dapat dimasak dengan berbagai cara, mulai dari rebus, goreng, hingga panggang. Salah satu cara memasak daging yang paling sulit adalah dengan cara dipanggang.

Berikut adalah sembilan kesalahan yang sering dilakukan saat memanggang daging yang dilansir dari APnews.

Selengkapnya...

2. Viral Kebaktian Tutup Peti di Pelataran Masjid, Menag Beri Apresiasi

Kebaktian tutup peti di depan Masjid Darussalam. Itu dilakukan karena peti tidak dapat memasuki gang menuju rumah. (Sumber: Facebook Jeferson Goeltom)

Keberagaman perlu diiringi toleransi agar tercipta kerukunan. Itu pula yang tampak dari foto kebaktian tutup peti di depan masjid yang sempat ramai diperbincangkan beberapa waktu lalu.

Foto itu diunggah di akun Facebook Jeferson Goeltom, Senin (26/8/2019). Jeferson memotret momen itu ketika proses kebaktian tutup peti saudaranya.

Selengkapnya...

3. Jangan Anggap Remeh Keringat Berlebih, 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Ilustrasi Foto Pria Berkeringat (iStockphoto)

Keringat berlebihan tidak dianggap berbahaya jika ada alasan yang jelas untuk itu, seperti cuaca panas atau berolahraga. Dalam kasus seperti ini, tubuh Anda hanya melakukan proses alami termoregulasi.

Namun, jika Anda berkeringat dalam situasi di mana orang lain tidak, maka Anda mungkin memiliki beberapa penyebab tersembunyi dari keringat berlebih tersebut. Berikut alasan-alasan tersebut dan gejala-gejalanya.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 700 Ribu Lebih Orang Sudah Menonton Gundala

Posted: 02 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Film Gundala sukses mencuri perhatian masyarakat sejak awal perilisannya. Terbukti empat hari dirilis film Gundala telah ditonton 700 ribu lebih penonton.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bercak Merah di Wajah Jessica Iskandar Mulai Menghilang

Posted: 02 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu Jessica Iskandar mengaku sedang mengalami masalah dengan kulit wajahnya. Wajah Jessica Iskandar sempat terlihat merah seperti terbakar.

Jessica Iskandar sendiri sempat panik dan meminta tips dari warganet terkait masalahnya itu. Malahan, karena masalah tersebut Jessica Iskandar sampai-sampai mendapat pantangan-pantangan.

"Aku ijin dari kerja, ga boleh kena make up, ga boleh kena matahari semenjak tragedi muka aku bercak merah.. doain cepat kembali normal ya..😭," tulis Jessica Iskandar beberapa waktu lalu.

Namun untungnya, saat ini wajah Jessica Iskandar sudah semakin membaik. Terbukti dari unggahan Jessica Iskandar pada Senin (2/9/2019).

 

Membaik

Perbandingan wajah Jessica Iskandar. (instagram.com/inijedar)

Jessica Iskandar mengunggah sebuah foto yang menampilkan perbandingan gambar wajahnya saat masih rusak, dengan kondisi wajahnya saat ini.

Jessica Iskandar juga mengingatkan masyarakat untuk selalu hati-hati saat memilih tindakan yang melibatkan kulit wajah.

"Berkat doa semuanya, wajah ini perlahan kembali dan bisa beroperasi segera. Tips aku kalian harus hati-hati dalam melakukan tindakan apapun," tulis Jessica Iskandar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sampah Menumpuk di Kampung Bengek, Anies Baswedan Ingin Ubah Aturan

Posted: 02 Sep 2019 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan prihatin dengan tumpukan sampah yang terjadi di Kampung Bengek, Penjaringan, Jakarta Utara. Dia pun menyayangkan banyaknya aturan di Jakarta yang diperlakukan justru seperti anjuran.

"Banyak sekali aturan kita itu lebih seperti anjuran. Tidak menaklukan. Jadi kalau ada orang yang melanggar maka tidak ada disinsentif," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta, Selasa (3/9/209).

Tumpukan sampah tersebut berasal dari pemukiman liar di Kampung Bengek yang didirikan di atas lahan milik PT Pelindo. Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Utara pun kesulitan membersihkannya lantaran belum berkoordinasi dengan pemilik lahan.

Anies menyatakan, kejadian ini jugalah mengapa akan ada banyak aturan yang diubah di Jakarta. Dia ingin agar sanksi yang tegas diberikan kepada pihak yang melanggar aturan.

"Kita nanti akan review, bila melakukan pelanggaran maka akan ada sanksi yang kuat sehingga orang akan melakukan kegiatan dengan disiplin, termasuk soal ini," tuturnya.

"Aturan apa yang bisa kita ubah untuk bisa memaksa, karena kalau tidak memaksa maka secara aturan belum tentu kita dapat memberikan sangsi," dia mengakhiri.

 

Viral di Media Sosial

Tak hanya sampah plastik, kasur bekas hingga limbah rumah tangga terkumpul menjadi satu. Kendati begitu, warga yang tinggal di rumah panggung itu tidak terganggu dengan adanya tumpukan sampah.

Mereka masih beraktivitas dan bercengkrama satu sama lain. Rumah panggung yang ditinggali rata-rata tak berukuran besar dan saling berdempatan.

Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Slamet Riyadi menyatakan rumah-rumah panggung tersebut berdiri di atas tanah aset milik salah satu perusahaan negara.

Dia menyebut kawasan tersebut memiliki penjagaan dari petugas keamanan dari perusahaan.

Setelah video tersebut ramai di masyarakat, petugas Penanganan Prasaran dan Sarana Umum ( PPSU) dari kelurahan dan kecamatan mulai dikerahkan ke lokasi untuk membersihkan sampah.

"Kita memang agak susah masuk ke dalamnya, selama ini kita tidak diperkenan masuk ke aset dia (BUMN). Kita mencoba datang ke lokasi ijin, baru kita bisa angkut sampah yang ada di dalam," kata Slamet kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (1/9/2019).Sampah masih menjadi masalah di Jakarta. Seperti halnya di Kampung Bengek, Penjaringan Utara yang videonya viral di media sosial.

Video itu memperlihatkan sejumlah rumah panggung dengan bahan tripleks dan kayu berdiri di atas genangan air yang penuh tumpukan sampah. Bahkan, sampah itupun sampai menutup jalan menuju rumah-rumah warga.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Misi Bali United di Trofeo Hamengkubuwono X Cup 2019

Posted: 02 Sep 2019 08:55 PM PDT

Jakarta - Bali United tidak mau istirahat pada jeda Shopee Liga 1 2019. Klub asal Pulau Dewata itu menerima undangan mengikuti Trofeo Hamengkubuwono X Cup 2019.

Pada laga tersebut, Bali United akan menghadapi PSIM Yogyakarta dan Timnas Indonesia U-22. Laga Trofeo Hamengkubuwono X Cup 2019 merupakan turnamen yang diselenggarakan untuk memperingati HUT ke-90 PSIM.

Turnamen ini menggunakan format segitiga. Setiap tim akan saling bertemu dalam pertandingan berdurasi 3x45 menit. Apabila ada hasil pertandingan yang berakhir imbang, langsung dilanjutkan ke adu penalti.

Pelatih Stefano Cugurra Teco menyebut Trofeo Hamengkubuwono X Cup 2019 merupakan turnamen yang positif. Bali United diakui Teco akan memanfaatkan turnamen tersebut untuk memantangkan persiapan menuju putaran kedua Shopee Liga 1 2019.

"Saya rasa Trofeo Hamengkubuwono X cukup positif. Kami punya waktu 15 hari sebelum melawan Bhayangkara FC pada putaran kedua kompetisi. Jadi,, kami menggunakan trofeo ini sebagai persiapan melawan Bhayangkara FC," kata Teco seperti dikutip situs resmi klub, Senin (2/9/2019).

Selain itu, Teco juga menganggap turnamen Trofeo Hamengkubuwono X sebagai kesempatan untuk membantu persiapan Timnas Indonesia U-22. Seperti diketahui, pasukan Indra Sjafri akan tampil di SEA Games 2019 yang digelar 30 November-11 Desember 2019.

"Selain persiapan untuk tim pada putaran kedua, kami juga ikut Trofeo nanti untuk membantu persiapan Timnas Indonesia U-22. Semoga saja trofeo ini bisa bermanfaat untuk Bali United, Timnas U-22, dan juga tuan rumah PSIM," kata pelatih berpaspor Brasil itu.

Tekad Mempertahankan Puncak

Selebrasi striker Bali United, Ilija Spasojevic, ke gawang Arema di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar (24/8/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Bali United tampil gemilang sepanjang putaran pertama Shopee Liga 1 2019. Pasukan Tridatu itu berhasil mengumpulkan 40 poin dalam 16 laga yang sudah dimainkan.

Jumlah tersebut membuat Bali United kini menjadi pemuncak klasemen sementara. Ilija Spasojevic dkk. unggul tujuh poin dari Tira Persikabo yang berada di peringkat kedua, hasil 17 kali bermain.

Jadi, ujian Bali United akan terasa berat untuk mempertahankan posisi puncak. Apalagi musim 2019 masih menyisakan 18 laga lagi buat klub yang bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, tersebut.

 

Disadur dari: Bola.com

(Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Aning Jati, published 2/9/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manfaat Green Coffee Bean untuk Kesehatan, Perhatikan Jumlah Asupannya

Posted: 02 Sep 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat green coffee bean masih menjadi perdebatan panjang hingga saat ini. Walaupun begitu, sudah banyak masyarakat yang telah mengenal manfaat green coffee bean sebagai salah satu bahan penurun berat badan yang sangat ampuh.

Manfaat green coffee bean sebagai cara efektif untuk menurunkan berat badan dikarenakan memiliki kandungan asam klorogenat yang masih sangat tinggi. Hal ini dikarenakan pada green coffee bean belum memasuki proses pemanggangaan. Sehingga kandungan asam tersebut masih sangat tinggi.

Agar kamu tidak kehilangan manfaat green coffre bean ini, kamu perlu memperhatikan jumlah asupannya. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kafein dan asam klorogenat yang masih sangat tinggi.

Untuk membahas lebih jauh seputar green coffee bean, berikut Liputan6.com, Selasa (3/9/2019) telah merangkumnya dari berbagai sumber. Mulai dari mengenal tentang green coffe bean, manfaat green coffee bean, hingga efek yang dirasakan jika mengonsumsinya secara berlebih.

Mengenal Green Coffee Bean

Kopi Hijau (Sumber: Pixabay)

Kopi identik dengan bijinya yang berwarna hitam. Namun berbeda dengan green coffee bean atau kopi hijau ini. Disebut dengan kopi hijau dikarenakan kondisi kopi ini masih berwarna hijau akibat belum dipanggang atau diproses.

Pada green coffee bean ini masih memiliki kadar asam klorogenant yang sangat tinggi, sehingga dianggap dapat memengaruhi metabolisme dan kadar gula darah yang kemudian dapat membantu program penurunan berat badan.

Ya, pada kopi yang belum memasuki proses pemanggangan maka tidak akan kehilangan asam klorogenatnya. Nah, maka tidak heran kalau kandungan zat asam klorogenat pada green coffee bean masih sangat tinggi. Kandungan inilah yang dipercaya sangat ampuh untuk menurunkan berat badan tanpa berolahraga sekalipun. Itulah salah satu manfaat green coffee bean yang sangat unggul.

Inilah alasan kenapa mengonsumsi kopi biasa tidak akan seefektif mengonsumsi green coffee bean untuk menurunkan berat badan. Walaupun terkenal dengan manfaat green coffee bean untuk menurunkan berat badan secara efektif, kamu perlu sangat berhati-hati dalam mengonsumsinya. Pasalnya kopi ini akan memberikan efek negatif apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Manfaat Green Coffee Bean untuk Kesehatan

Kopi Hijau

Green coffee bean merupakan jenis kopi yang belum memasuki proses pemanggangan. Karena proses pemanggangan pada biji kopi bisa mengurangi jumlah asam klorogenat. Itulah yang menyebabkan tingkat asam klorogenat pada green coffee bean sangat tinggi dibandingkan dengan jenis kopi biasanya (yang sudah dipanggang).

Nah, adanya asam kloregenat yang tinggi inilah ada manfaat green coffee bean untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat green coffee bean untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan asam klorogenat pada green coffee bean punya kemampuan untuk memengaruhi penyerapan glukosa di dalam tubuh, sehingga menjaga kadar glukosa darah serta mengatur metaboliesme yang terjadi di tubuh.

Kafein dan asam klorogenat sebagai senyawa utama untuk menurunkan berat badan. Asam klorogenat yang terdapat pada green coffee bean yang belum dipanggang ini dapat dicerna dan diserap oleh manusia sama seperti yang terdapat pada ekstraknya.

Manfaat green coffee bean bisa dirasakan pada orang dengan obesitas, dikarenakan mampu menurunkan berat badan sebanyak 2,5 sampai 3,7 kilogram dengan mengonsumsi lima kali dalam sehari yang dilakukan selama 12 minggu.  

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bukan hanya menurunkan berat badan saja yang menjadi manfaat green coffee bean ini. Melainkan asam klorogenatnya juga dapat mengurangi tekanan darah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi per hari menunjukkan penurunan tekanan darah.

Selama ini, belum ada efek samping yang dilaporkan oleh pasien, sehingga minuman ini dapat disebut sebagai cara yang aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Manfaat Green Coffee Bean untuk Kesehatan Lainnya

Kaya Kandungan Antioksidan

Salah satu kandungan kopi adalah antioksidan yang dapat megurangi efek radikal bebas yang merusak sel tubuh kita. Jadi dengan minum kopi secara cukup, sebenarnya kopi itu menyehatkan.

Selain itu berdasar hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, salah satu jenis antioksidan yang ada dalam biji kopi terutama green coffee bean secara nyata dapat mencegah perkembangan beberapa jenis sel kanker.

Mengatasi Penyakit Alzheimer

Manfaat lain dari green coffee bean adalah mampu mengatasi penyakit Alzheimer. Penyakit ini merupakan kelainan mental akibat rusaknya saraf otak. Nah, dengan mengonsumsi green coffee bean secara ruitn akan mamou membantu mengatsi penyakit Alzheimer.

Efek Samping Mengonsumsi Terlalu Banyak

Konsumsi Kopi Hijau ©Shutterstock

Hingga kini manfaat green coffee bean layaknya dua sisi mata uang yang tidak bisa terlepaskan. Untuk menghindari sisi negatif dan memperoleh manfaatnya, kamu perlu memperhatikan porsi dalam mengonsumsinya. Ya, kamu bisa mengonsumsinya secara bijak dan tidak berlebihan.

Walaupun green coffee bean dikenal memiliki segudang manfaat, ternyata green coffee bean juga memiliki sisi negatifnya. Hal ini dikarenakan green coffee bean memiliki kandungan kafein yang kurang baik bagi tubuh. Namun, selama kamu mengonsumsi dalam dosis yang tepat, memungkinkan kopi ini masih aman untuk dikonsumsi.

Kamu bisa mengonsumsi green coffee bean maksimal 490 mg per hari selama maksimal 12 minggu. Hal ini sangat penting diperhatikan mengingat kandungan kafein pada green coffee bean sama dengan kopi biasanya. Memang, kafein dikenal memiliki manfaat untuk mengubah mood atau perasaan seseorang. Namun green coffee juga memiliki dampak negatif.

Ya, berlebihan dalam mengonsumsi green coffee bean bisa mengakibatkan munculnya penyakit hipertensi hingga stroke. Bukan hanya itu saja, efek samping dari green coffee bean bila dikonsumsi secara berlebihan juga dapat membuat sakit kepala, rasa cemas, gelisah hingga penyakit jantung.

Hal ini dikarenakan meminum banyak kafein akan memberi efek jantung berdetak lebih kencang dan memicu penyakit jantung. Oleh karena itu, buat kamu yang ingin mengonsumsi green coffee bean untuk menurunkan berat badan, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Apalagi jika kamu menderita penyakit tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awas Macet, Ada Perbaikan di Tol Cikampek KM 26

Posted: 02 Sep 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan pemeliharaan jalan dengan metode rekonstruksi rigid. Pemeliharaan ini untuk meningkatkan kualitas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Dikutip dari keterangan Jasa Marga, Selasa (3/9/2019), pada pekan ini pekerjaan rekonstruksi dilakukan selama lima hari kerja yang dimulai Senin, 2 September 2019 pukul 10.00 WIB, hingga Jumat, 4 September 2019 pukul 05.00 WIB.

Pekerjaan rekonstruksi dilakukan pada dua titik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, dengan rincian sebagai berikut:- Lajur 2 Km 26+529 sampai dengan Km 26+460, dengan panjang penanganan 69 meter - Lajur 2 Km 26+400 sampai dengan KM 26+291, dengan panjang penanganan 109 meter.

Jasa Marga bersama Kepolisian mengantisipasi potensi kepadatan yang mungkin terjadi dengan menyiapkan mitigasi risiko melalui pengaturan lalu lintas berupa sistem buka tutup lajur 1 di lokasi pekerjaan.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas yang mungkin terjadi, Jasa Marga bersama dengan Kepolisian juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas contraflow di titik awal Km 29+000 sampai dengan Km 25+000 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

 

Koordinasi

PT Jasa Marga (Persero) Tbk rutin melakukan pemeliharaan jalan dengan metode rekonstruksi rigid setiap pekannya dalam rangka meningkatkan kualitas jalan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Selain itu, Jasa Marga juga telah berkoordinasi dengan pihak Manajemen Konstruksi (MK) untuk pengaturan jadwal dengan proyek lainnya yang ada di koridor Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Guna memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign (VMS) di Jalan Tol Cikampek arah Cikampek.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Penyebab Badan Mudah Pegal dan Cara Mengatasinya

Posted: 02 Sep 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan mudah pegal terkadang sering dialami oleh banyak orang, namun tidak jarang orang-orang tersebut mengetahui penyebabnya. Jika kamu tidak mengetahui penyebab badan mudah pegal, tentunya kamu juga akan semakin sulit untuk menemukan cara untuk mengatasinya.

Kebanyakan orang mengalami badan pegal ini setelah beraktivitas seharian. Badan pegal dan nyeri biasanya disebabkan oleh kurangnya waktu tidur, pola diet yang salah, banyaknya aktivitas, stres dan lain-lain.

Penyebab badan mudah pegal dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat, konsumsi obat-obatan, dan akibat kondisi kesehatan tertentu. Oleh karena itu, dengan mengetahui penyebab badan mudah pegal yang dialami, kamu bisa menemukan cara untuk mengatasinya dengan baik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/9/2019) tentang penyebab badan mudah pegal dan cara mengatasinya.

Kelainan pada otot

Kelainan pada otot (Sumber: iStockphoto)

Penyebab badan mudah pegal yang pertama adalah adanya kelainan pada otot. Beberapa masalah kelainan otot meliputi kram, keseleo, peradangan otot, hingga gangguan otak menerima sinyal rasa sakit yang ditandai dengan nyeri tulang dan otot. Kamu harus berhati-hati bila mudah mengalami rasa pegal dan nyeri.

Penumpukan asam laktat

Penyebab badan mudah pegal selanjutnya adalah penumpukan asam laktat. Penumpukan asam yang terbentuk di dalam otot saat seseorang membutuhkan banyak energi ini biasanya terjadi setelah melakukan olahraga berat atau aktivitas berat lainnya. Melakukan pekerjaan fisik yang berat setiap hari, latihan otot di gym, hingga olahraga marathon dapat menjadi pemicu penumpukan asam laktat.

Stres

Ilustrasi stres (iStockphoto/hobo_018)

Selain itu, pennyebab badan mudah pegal juga bisa dipengaruhi oleh kondisi mental. Gangguan pada kesehatan mental atau stres juga dapat menjadi penyebab badan mudah pegal. Hal ini karena orang yang memiliki banyak masalah cenderung mudah panik dan stres, yang membuat otot-otot jadi menegang. Hal inilah yang nantinya menyebabkan badan menjadi mudah pegal.

Konsumsi obat-obatan tertentu

Penyebab badan mudah pegal selanjutnya adalah karena efek samping obat-obat tertentu. Sebut saja obat anti kolesterol seperti statin (atorvastatin, fluvastatin, lovastatin, pravastatin, rosuvastatin, dan simvastatin). Oleh karena itu, kamu juga perlu memperhatikan konsumsi obat-obatan untuk penyakitmu, agar bisa mengatasinya dengan baik.

Cara Mengatasi Badan Mudah Pegal

Ilustrasi peregangan (iStock)

Melakukan Peregangan  

Cara mengatasi badna mudah pegal yang pertama adalah dengan melakukan peregangan. Secara prinsip, semakin lentur otot, maka semakin berkurang kemungkinan otot tersebut menjadi kaku. Jadi, kamu bisa melakukan kegiatan yang bisa melenturkan otot, yaitu peregangan. Hal ini mudah dilakukan karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Berenang

Ilustrasi berenang. Sumber foto: unsplash.com/Haley Phelps.

Melakukan olahraga juga bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi badan mudah pegal. Kamu bisa melakukan olahraga jenis apa saja asalkan dilakukan dengan tepat untuk mengatasi bdan mudah pegal.

Namun, berenang merupakan jenis olahraga yang paling efektif untuk mengurangi pegal. Manfaat ini bisa dimanfaatkan jika kamu melakukannya secara rutin. Selain itu, dalam memilih tempat berenang, lebih baik berenang di kolam renang indoor untuk mengurangi paparan udara dingin dan angin yang dapat menyebabkan rasa pegal dan nyeri.

Pijat

Ilustrasi pijat (iStockphoto)

Cara mengatasi badan mudah pegal yang sudah cukup banyak diketahui dan disenangi adalah pijat. Namun, sebaiknya kamu hanya melakukan pijat pada beberapa bagian tubuh saja seperti pada tangan dan kaki. Bagian tubuh yang tidak boleh dipijat adalah tulang belakang, dimulai dari leher hingga tulang ekor.

Hal ini dikarenakan kamu dan orang yang memijat belum tentu mengetahui kesehatan tulang belakang kamu. Hal ini bisa menyebabkan pergeseran tulang hingga saraf terjepit. Jadi, sebaiknya kamu memastikan kondisimu terlebih dahulu dan melakukan pijat di tempat terpercaya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konser Iwan Fals, Panitia Wajib Bikin Kegiatan Tanam Pohon

Posted: 02 Sep 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama besar Iwan Fals selalu menarik perhatian penggemarnya. Tak salah kalau akhirnya seorang promotor muda, Lisa Desila dari Reka Kreasi Production bakal membuat sebuah konser Iwan Fals bertajuk 'Karya Semesta' di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Jawa Barat, 8 November 2019 mendatang.

Iwan Fals dengan lagu-lagunya memang dikenal sebagai musisi legendaris. Lagu-lagunya menginspirasi banyak orang baik kalangan tua maupun muda. 

"Saya tertarik untuk menggelar konser dengan Iwan Fals karena beliau sosok yang inspiratif. Beliau saya anggap bisa membawa kedamaian dan kesejukan pasca terbelahnya masyarakat dalam Pilpres kemarin. Jadi kami berharap konsernya nanti akan membawa kesejukan dan kebersamaan juga bisa menyatukan kita semua," ujar Lisa Desila saat jumpa pers di Pasar Alam Vida, Bekasi, Sabtu (31/8/2019).

Dalam kesempatan itu, konser eksklusif Iwan Fals juga akan dijadikan sebagai ajang untuk memberikan pengertian kepada masyarakat mengenai kepedulian terhadap lingkungan.

[bacajuga:Baca Juga](4052500 4052459 4048830

"Sosok Iwan Fals yang kita tahu juga peduli terhadap masalah masalah sosial, termasuk peduli terhadap lingkungan alam. Jadi beliau saya anggap orang yang pas untuk memberi message  kepada masyarakat luas. makanya sebelum konser ini kita akan ada serangkaian  kegiatan positif, salah satunya  menanam pohon, agar alam kita tetap lestari," ujarnya.

 

Syarat Konser

Iwan Fals siap menggelar konser Karya Semesta

Iwan Fals sendiri sepakat untuk ikut ambil bagian dalam konser ini karena pihak penyelenggara mau terlibat aktif dalam acara yang peduli terhadap lingkungan hidup. Pihak Iwan Fals mensyaratkan harus ada aktivitas sosial, salah satunya adalah menanam pohon.

"Terus terang, kita ini hidup bersama alam jadi tak ada alasan untuk merusak alam,  kita wajib menjaga alam kita yang katanya menjadi paru-paru dunia ini. Jadi saya pikir menanam pohon bisa menjadi salah satu cara kita melestarikan dan menjaga alam," ujar Iwan Fals.

 

Pesan Edukatif

Iwan Fals siap menggelar konser Karya Semesta

Tidak seperti konser-konser pada umumnya, Konser Karya Semesta ini dikemas dengan sangat edukatif, selain diawali dengan rangkaian kegiatan seperti menanam pohon, dalam konsernya nanti Iwan Fals juga mengajak para fansnya, serta semua penonton yang hadir untuk menjaga kebersihan.

"Konser ini kita kemas penuh dengan pesan, selain menanam pohon yang kita lakukan hari ini, saya juga akan mengajak para penonton yang hadir untuk menjaga kebersihan. Jadi usai konser nanti saya minta semua penonton tak meninggalkan sampah apapun, jadi kita punguti secara bersama sama," ujar Iwan Fals.

Ketika ditanya  soal lagu lagu apa saja yang akan dibawakan nanti, Iwan Fals menjelaskan,"Saya sudah persiapkan beberapa  lagu tentang alam, di antaranya 'Isi rimba',  'Tanam siram' dan tentunya lagu-lagu cinta juga. Itu penting kalau kita nggak punya cinta gimana pohon bisa tumbuh. Tapi ada juga mungkin nanti lagu Bento dan lain-lain," pungkas Iwan Fals.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Petugas Dilarang Bersihkan Sampah Kampung Bengek

Posted: 02 Sep 2019 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sampah yang menumpuk di kawasan Kampung Bengek tadinya akan dibersihkan oleh petugas, namun pihak pengelola melarang karena belum memberikan izin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan Timnas Indonesia, Pemain Malaysia Tidak Menumpang Rantis

Posted: 02 Sep 2019 08:35 PM PDT

Kuala Lumpur - Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) memastikan seluruh pemain Timnas Malaysia akan menaiki bus saat melawan Timnas Indonesia. Pernyataan FAM ini seolah menegaskan Timnas Malaysia tidak akan menumpang kendaraan taktis (rantis) jenis barracuda sebagai moda transportasi dari hotel menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Kepastian tersebut disampaikan Presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin, kepada media massa di Kuala Lumpur, Senin (2/9/2019). Meski begitu, Datuk Hamidin memastikan pihak Indonesia tetap menyiagakan barracuda buat Timnas Malaysia untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"FAM juga sudah mengambil langkah proaktif. Kami dan Polis Diraja Malaysia (PDRM) telah dua kali bersurat dengan PSSI dan pihak keamanan di sana," ujar Datuk Hamidin seperti dikutip dari Berita Harian.

"Jadi, dengan jaminan yang diberikan PSSI dan pihak kepolisian setempat, Insyaallah semuanya aman. Pada hari ini, tim keamanan yang merupakan gabungan dari FAM serta PDRM juga sudah bertolak ke Jakarta untuk memantau tahapan rancangan keamanan untuk tim serta suporter (Malaysia)," lanjut Hamidin.

Sebelum bertolak ke Jakarta, FAM serta pemain Timnas Malaysia berkumpul dalam acara pengajian di kediaman Datuk Hamidin Mohd Amin, untuk mendoakan keamanan dan keberhasilan tim Harimau Malaya jelang membuka kampanye di Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Selain itu, Datuk Hamidin mengingatkan seluruh pemain Timnas Malaysia untuk tak terganggu dengan isu keamanan selama berada di Jakarta. Ia berharap, pemain bisa fokus selama 90 menit pertandingan.

"Sudah pasti akan ada provokasi dari pihak media dan suporter (Indonesia), tapi saya harap semua pemain hanya fokus pada pertandingan," ujarnya.

"Kita tahu stadion mereka akan dipenuhi pendukung tuan rumah, tapi saya yakin, mengacu pada rekor pertemuan kita dengan mereka di sana cukup baik. Kita pernah menang saat Piala AFF, juga meraih medali emas SEA Games di sana," ucapnya.

Bukan Perang

Timnas Malaysia dalam sesi pemusatan latihan. (Bola.com/Dok. FAM)

Sebelum kepastian dari FAM pada hari ini, PSSI melalui Marshal Masita (Deputi Sekjen), sudah menjelaskan PSSI tak ingin pemain Timnas Malaysia menaiki kendaraan taktis (rantis).

PSSI memahami rivalitas Malaysia dengan Indonesia. Namun, induk tertinggi sepak bola Indonesia itu ingin membuktikan pertandingan dapat berjalan aman dan nyaman bagi tim tamu.

"Kami tak ingin dibuat mencekam. Karena kalau dibuat mencekam, naik (rantis) barracuda, seakan-akan mau perang. Tidak, jangan. Kami bersyukur sekali Polda Metro Jaya sudah bantu kami karena mereka juga tahu ini laga penting. Sudah lama juga tak bertemu Malaysia," kata Marshal beberapa waktu lalu.

Sumber: Berita Harian

Disadur dari: Bola.com (Penulis Aning Jati / Editor Wiwig Prayugi, published 03/09/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Kecelakaan Beruntun Tol Cipularang Bikin Warganet Terpukul

Posted: 02 Sep 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan beruntun di Tol Cipularang membuat warganet terpukul. Warganet menyampaikan ungkapan duka cita dan doa mereka untuk korban.

Berita ini pun menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Senin (2/9/2019) kemarin.

Informasi lain yang juga menuai perhatian datang dari Realme yang masuk lima besar ponsel terlaris di Indonesia.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Duka dan Doa Warganet untuk Korban Kecelakaan Beruntun Tol Cipularang

Kecelakaan beruntun di Tol Cipularang KM 91, Purwakarta, Jawa Barat, menyisakan duka bagi banyak orang. Kejadian ini menarik perhatian masyarakat Indonesia, termasuk pengguna internet.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Senin (2/9/2019), Cipularang merupakan salah satu topik populer Indonesia trend di Twitter pada hari ini. Warganet menyampaikan ungkapan duka cita dan doa mereka untuk korban.

Selain itu, juga ada pesan agar para pengguna jalan selalu berhati-hati. Berikut beberapa twit tersebut:

Baca selengkapnya di sini

2. Geser Advan, Realme Masuk 5 Besar Vendor Smartphone Terlaris di Indonesia

Realme masuk dalam lima besar vendor smartphone dengan penjualan terbanyak di Indonesia. Informasi ini berdasarkan laporan lembaga riset pasar IDC untuk penjualan smartphone Indonesia per kuartal 2 2019.

Berdasarkan laporan tersebut, Realme berada di posisi ke-5 vendor smartphone paling laris di Tanah Air dengan pangsa pasar 6,1 persen.

Pangka pasar Realme pada kuartal kedua ini meningkat cukup signifikan, sebab pada kuartal pertama 2019, Realme menguasai 1,4 persen market share smartphone Tanah Air. Sementara pada kuartal keempat 2018, Realme menguasai 1,6 persen pangsa pasar.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Huawei Bakal Umumkan Mate 30 pada 19 Septembar 2019

Foto render Huawei Mate 30 Pro muncul di internet. (Doc: SlashLinks)

Huawei dipastikan bakal mengumumkan smartphone teranyarnya, Mate 30, pada 19 September 2019.

Digelar di Munich, Jerman, Huawei mengonfirmasi kehadiran smartphone penerus Mate 20 tersebut di akun Twitter resmi perusahaan.

Dikutip dari akun Twitter Huawei, Senin (2/9/2019), perusahaan mengunggah sebuah video singkat; tagline "Rethink Possibilities" disertai tanggal dan tempat lokasi peluncuran seri Mate 30.

Baca selengkapnya di sini

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Foto Kocak Saat Orang Berpakaian Tak Lazim Ini Bikin Ketawa Geli

Posted: 02 Sep 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seiring perkembangan zaman, tren gaya busana juga ikut berubah. Model potongan pakaian mulai dari atasan, bawahan sampai sepatu kini pasti sangat berbeda dari 10 tahun lalu. Selain itu, pilihan warna dalam berpakaian juga punya tren.

Selain mengikuti tren, lazimnya ornag-orang mempunyai referensi sendiri terkait gaya berpakaiannya. Ada yang suka berpakaian rapi dan klimis, ada juga yang suka bergaya acak-acakan dan tampil seadanya. Ada yang suka mix and match pakaian sehingga tampil lebih menarik, namun tak sedikit hasil padu padan outfitnya malah menjadi lucu dan terkesan nyeleneh bagi orang lain.

Ada juga orang yang sengaja berpakaian nyeleneh atau bisa dibilang tak lazim. Sehinga dengan pakaian tersebut nampak aneh namun juga bisa bikin ketawa geli. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 6 foto kocak saat orang berpakaian tak lazim ini bikin ketawa geli, Selasa (3/9/2019).

1. Enggak kebayang kalau kamu besar nanti trus liat foto ini, senang gak ya?

Foto Kocak Saat Orang Berpakaian Tak Lazim Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:Instagram/ngakakkocak)

2. Power Ranger pink lagi berkamuflase nih.

Foto Kocak Saat Orang Berpakaian Tak Lazim Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:Instagram/ngakakkocak)

3. Spiderman versi kearifan lokal.

Foto Kocak Saat Orang Berpakaian Tak Lazim Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:Instagram/ngakakkocak)

4. Lebih baik beda daripada harus sama.

Foto Kocak Saat Orang Berpakaian Tak Lazim Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:Instagram/ngakakkocak)

5. Lagi cosplay Kakashi dari film Naruto.

Foto Kocak Saat Orang Berpakaian Tak Lazim Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:Instagram/ngakakkocak)

6. Ceritanya lagi dikasih perban.

Foto Kocak Saat Orang Berpakaian Tak Lazim Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:Instagram/ngakakkocak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: Sopir Truk Terguling Penyebab Kecelakaan Maut Cipularang Meninggal Dunia

Posted: 02 Sep 2019 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi masih menyelidiki kecelakaan maut di Tol Cipularang KM 91.400, wilayah Sukatani, Purwakarta. Sopir truk yang diduga menjadi penyebab terjadinya tabrakan beruntun itu tidak kabur, melainkan turut menjadi satu dari delapan korban meninggal dunia.

"Saya klarifikasi tidak ada sopir yang kabur. Sopir yang pertama meninggal dunia atas nama DH, supir dari truk yang terguling," tutur Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (3/9/2019).

Menurut Trunoyudo, sopir kendaraan di belakang truk tersebut yakni S selamat atas kejadian itu. Dia kini dirawat di Rumah Sakit Thamrin.

"Sedang dilakukan pemeriksaan oleh pihak polres," jelas dia.

Data terakhir, lanjut Trunoyudo, korban meninggal dunia akibat kecelakaan di Tol Cipularang sebanyak delapan orang dengan 28 korban luka-luka.

"Nanti kita lihat dari hasil keterangan (korban) dan hasil tim olah TKP atau melalui metode TAA (Traffic Analysis Accident)," Trunoyudo menandaskan.

Libatkan 21 Kendaraan

Kecelakan beruntun terjadi di Tol Cipularang arah Jakarta. Kecelakaan yang melibatkan 21 kendaraan tersebut terjadi Senin (2/9/2019) siang, pukul 12.30 WIB di Kilometer 91.400.

Para korban kecelakaan Tol Cipularang tersebut kini dilarikan ke sejumlah rumah sakit yang ada di Purwakarta.

"RS Thamrin, Bayu Asih, Siloam, Bhakti Husada," jelas dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Posting Foto Bareng, Inul Daratista dan Ayu Ting Ting Dibilang Mirip

Posted: 02 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pedangdut Inul Daratista dan Ayu Ting Ting bertemu dalam acara talkshow di salah satu stasiun televisi swasta. Inul Daratista kemudian mengabadikan momen tersebut dengan berfoto bersama Ayu Ting Ting.

Foto yang baru saja diunggah Inul Daratista dalam akun Instagramnya @inul.d, menyita perhatian warganet. Dalam foto yang ia ambil bersama Ayu Ting Ting, terlihat persamaan model rambut keduanya.

Pada foto tersebut, Inul Daratista dan Ayu Ting Ting sama-sama memiliki gaya rambut keriting. Hanya saja, Inul Daratista memiliki rambut yang lebih pendek dan warna rambut yang lebih terang dibanding Ayu Ting Ting.

"Duo kriting. Si cantik nan ayu @ayutingting92," tulis Inul Daratista dalam keterangan foto yang diunggahnya pada Senin (2/9/2019). 

Inul Daratista dan Ayu Ting Ting juga terlihat memakai riasan wajah dengan warna yang senada.

 

Komentar Warganet

Inul Daratista dan Ayu Ting Ting (Instagram)

Melihat foto yang diunggah Inul Daratista, banyak dari warganet yang mengomentari kemiripan Inul Daratista dan Ayu Ting Ting. Beberapa warganet bahkan menganggap kedua penyanyi dangdut ini seperti anak kembar. 

Akun @halimahsatriawan menuliskan, "Bagai pinang dibelah dua."

Sementara itu, akun @inokwaitatiri meninggalkan komentar, "Atur make up nya bisa mirip???"

Warganet lain dengan akun @sitihayatii75 membalas, "Duo cantiik sama rambut kriting dn wajah jga mirip y."

Tak hanya itu, beberapa warganet juga menilai Inul Daratista tampak seumuran dengan Ayu Ting Ting. Inul Daratista menuai pujian dari warganet karena tampilannya yang terkesan awet muda.

"Kaya seumuran. Mba inulnya yg awet muda nihh," tutur akun @titamaretsa

Akun @kasihatin_arema berkomentar, "Mbak inul koyo se umuran ayu. H H H ......"

"Mirip banget..seumuran yakk" timpal akun @zalinaraynewyllie13

 

(Affiyah Tri Yuni Sari/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak Penawaran KPR Khusus Milenial dari 3 Bank Ini

Posted: 02 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Generasi milenial disebut sulit untuk memiliki rumah. Alasannya, gaji yang pas-pasan tidak sebanding dengan harga rumah yang kian melambung. 

Hal ini tentu saja menjadi peluang yang empuk bagi industri perbankan. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan berbagai keistimewaan bagi milenial pun ditawarkan.

Pada 2020 sebanyak 34 persen penduduk Indonesia merupakan milenial dan meningkat di tahun 2024 yaitu 282 juta orang dan terus meningkat di tahun 2045 yaitu 317 juta orang . Maka dari itu perbankan mulai merilis produk KPR untuk milenial.

Bagi milenial yang ingin punya rumah, perbandingan ini bisa dijadikan acuan untuk memilih:

BTN

Nasabah melakukan transaksi di ATM Bank BTN, Jakarta, Jumat (22/7). Bank BTN siap menampung dana repatriasi dari kebijakan penghapusan pajak (tax amnesty) yang mulai diberlakukan pemerintah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT Bank Tabungan Negara atau yang dikenal BTN merilis produk KPR. Sesuai dengan sasaranya yaitu milenial, BTN membuat judul produk KPR dengan nama KPR Gaeesss mulai Oktober 2018 lalu.

BTN memberikan penawaran dan pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan, antara lain:

- Uang muka lebih terjangkau

- Biaya provisi (balas jasa) lebih rendah

- Pengajuan lebih mudah

- Pilihan tenor lebih panjang hingga 30 tahun

Konsumen tidak perlu mengendapkan dananya di rekening dalam KPR. Bunga yang diberikan fixed rate yaitu 8,25 persen dalam 2 tahun. Selain itu milenial bisa mengambil KPR Gaeesss di daerah mereka berdomisili.

Bank Mandiri

Nasabah bertransaksi di anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Mandiri di Mal Pondok indah 2, Jakarta, Sabtu (20/7/2019). Sejumlah nasabah Bank Mandiri mengeluhkan perubahan drastis saldo di rekening yang mengalami pengurangan dan ada juga yang mengalami penambahan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Berbeda dengan BTN, Bank Mandiri tidak memberikan nama yang produk bagi milenial. Bank Mandiri menawarkan fasilitas sebagai berikut:

- Limit kredit mulai dari Rp 200 juta hingga Rp 5 miliar

- Suku bunga fixed rate sebesar 6,5 persen untuk 5 tahun pertama dan dilanjutkan dengan suku bunga floating sebesar 12,5 persen

- Tenor pinjaman panjang hingga 30 tahun

KPR dari Bank Mandiri ini berfokus pada rumah dengan harga kisaran Rp 400 juta sampai Rp 500 juta.

BCA

Kantor PT Bank Central Asia Tbk (BCA). saat ini transpormasi digital BCA melalui internet dan mobile banking, dan berbagai aplikasi, fitur, alat pembayaran nontunai.

Bank BCA yang merupakan bank swasta menyediakan beberapa fasilitas. Berupa suku bunga pada 2 tahun pertama sebesar fixed rate 4,24 persen, dan dilanjutkan dengan fixed rate 6,25 persen untuk tahun ketiga.KPR milenial untuk cocok untuk milenial dengan penghasilan tetap.

Beberapa fasilitas yang diberikan oleh tiga bank di atas, diharapkan dan diyakini akan meningkatkan minat masyarakat terutama milenial yang cenderung apatis dalam pembelian rumah.

Reporter: Chrismonica

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos PSG Hanya Akan Lepas Neymar dengan Harga Rp 4,6 Triliun

Posted: 02 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Paris- Paris Saint-Germain (PSG) akhirnya tak melepas Neymar ke klub manapun.Setelah menjadi spekulasi transfer selama satu musim terakhir, Neymar bertahan di klub asal Prancis itu.

Bos PSG, Nasser Al Khelaifi mengungkapkan harga Neymar memang tidak murah. Dia mengucapkan hal ini saat bertemu kapten PSG, Thiago Silva.

Al Kheilaifi mengatakan, PSG hanya akan melepas Neymar dengan transfer 300 juta euro (Rp 4,6 Triliun). Dia kabarkan merasa malu saat Neymar menyatakan hengkang.

Al Kheilaifi pun lalu menginstruksikan kepada direktur sport PSG, Leonardo agar memberi tekanan kepada Barcelona. Dia siap melepas Neymar asal dibeli Rp 4,,6 triliun.

"Ya, Neymar bisa pergi. Tapi hanya kalau ada tawaran besar tiba: 300 juta euro," kata Al Kheilaifi seperti dikutip as.

 

Pembicaraan dengan Barcelona

3. Neymar (Paris Saint Germain) – Mantan pemain Barcelona ini adalah pesepakbola termahal di dunia. Pria asal Brasil ini menerima bayaran tertinggi di Ligue 1 dengan mendapat 3,06 juta euro per bulan di klub Paris. (AFP/Lionel Bonaventure)

Sebelumnya memang ada pertemuan antara Leonardo dengan jajaran direktur Barcelona. Pada pertemuan pertama, Barcelona menawarkan Philippe Coutinho plus uang cash.

Namun saat itu, PSG merasa uang yang ditawarkan belum cukup besar. PSG seperti sengaja mematok harga mahal.

Klub asal Paris itu tak mau transfer terjadi. Apalagi mereka tahu Barcelona baru saja belanja besar saat membeli Antoine Griezmann.

 

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gabung Galatasaray, Radamel Falcao Disambut Meriah Suporter

Posted: 02 Sep 2019 08:30 PM PDT

Striker Kolombia Radamel Falcao menyapa para suporter Galatasaray saat tiba di Bandara Ataturk di Istanbul (1/9/2019). Mantan striker Manchester United dan Chelsea ini dikontrak Galatasaray dengan transfer senilai 50 juta poundsterling. (AFP Photo/Yasin Akgul)

Striker Kolombia Radamel Falcao menyapa para suporter Galatasaray saat tiba di Bandara Ataturk di Istanbul (1/9/2019). Mantan striker Manchester United dan Chelsea ini dikontrak Galatasaray dengan transfer senilai 50 juta poundsterling. (AFP Photo/Yasin Akgul)

Suporter Galatasaray berkumpul saat mereka menunggu kedatangan striker Kolombia Radamel Falcao di Bandara Ataturk di Istanbul (1/9/2019). Galatasaray mengontrak Falcao selama tiga tahun. (AFP Photo/Yasin Akgul)

Suporter Galatasaray berkumpul saat mereka menunggu kedatangan striker Kolombia Radamel Falcao di Bandara Ataturk di Istanbul (1/9/2019). Galatasaray mengontrak Falcao selama tiga tahun. (AFP Photo/Yasin Akgul)

Suporter Galatasaray berkumpul saat mereka menunggu kedatangan striker Kolombia Radamel Falcao di Bandara Ataturk di Istanbul (1/9/2019). Galatasaray mengontrak Falcao selama tiga tahun. (AFP Photo/Yasin Akgul)

Suporter Galatasaray berkumpul saat mereka menunggu kedatangan striker Kolombia Radamel Falcao di Bandara Ataturk di Istanbul (1/9/2019). Galatasaray mengontrak Falcao selama tiga tahun. (AFP Photo/Yasin Akgul)

Suporter Galatasaray berkumpul saat mereka menunggu kedatangan striker Kolombia Radamel Falcao di Bandara Ataturk di Istanbul (1/9/2019). Galatasaray mengontrak Falcao selama tiga tahun. (AFP Photo/Yasin Akgul)

Suporter Galatasaray berkumpul saat mereka menunggu kedatangan striker Kolombia Radamel Falcao di Bandara Ataturk di Istanbul (1/9/2019). Galatasaray mengontrak Falcao selama tiga tahun. (AFP Photo/Yasin Akgul)

Suporter Galatasaray berkumpul saat mereka menunggu kedatangan striker Kolombia Radamel Falcao di Bandara Ataturk di Istanbul (1/9/2019). Galatasaray mengontrak Falcao selama tiga tahun. (AFP Photo/Yasin Akgul)

Suporter Galatasaray berkumpul saat mereka menunggu kedatangan striker Kolombia Radamel Falcao di Bandara Ataturk di Istanbul (1/9/2019). Galatasaray mengontrak Falcao selama tiga tahun. (AFP Photo/Yasin Akgul)

Striker Kolombia Radamel Falcao membentangkan syal klub barunya saat tiba di Bandara Ataturk di Istanbul (1/9/2019). Pemain 33 tahun ini dibeli Galatasaray dari klub Prancis, AS Monaco. (AFP Photo/Yasin Akgul)

Striker Kolombia Radamel Falcao membentangkan syal klub barunya saat tiba di Bandara Ataturk di Istanbul (1/9/2019). Pemain 33 tahun ini dibeli Galatasaray dari klub Prancis, AS Monaco. (AFP Photo/Yasin Akgul)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Rafael Nadal Rebut Tiket Perempat Final AS Terbuka

Posted: 02 Sep 2019 08:28 PM PDT

Petenis Spanyol, Rafael Nadal melakukan servis ke arah petenis Kroasia, Marin Cilic pada babak keempat turnamen AS Terbuka 2019 di Arthur Ashe Stadium, Senin (2/9/2019). Nadal membutuhkan waktu 2 jam 48 menit untuk menghentikan Cilic dengan skor 3-6, 6-3, 6-1, 6-2. (AP/Seth Wenig)

Petenis Spanyol, Rafael Nadal melakukan servis ke arah petenis Kroasia, Marin Cilic pada babak keempat turnamen AS Terbuka 2019 di Arthur Ashe Stadium, Senin (2/9/2019). Nadal membutuhkan waktu 2 jam 48 menit untuk menghentikan Cilic dengan skor 3-6, 6-3, 6-1, 6-2. (AP/Seth Wenig)

Petenis Spanyol, Rafael Nadal mengembalikan bola ke arah petenis Kroasia, Marin Cilic pada babak keempat turnamen AS Terbuka 2019 di Arthur Ashe Stadium, Senin (2/9/2019). Nadal lolos ke perempat final AS Terbuka setelah laga berdurasi 169 menit dengan skor 6-3, 3-6, 6-1, 6-2. (AP/Seth Wenig)

Petenis Spanyol, Rafael Nadal mengembalikan bola ke arah petenis Kroasia, Marin Cilic pada babak keempat turnamen AS Terbuka 2019 di Arthur Ashe Stadium, Senin (2/9/2019). Nadal lolos ke perempat final AS Terbuka setelah laga berdurasi 169 menit dengan skor 6-3, 3-6, 6-1, 6-2. (AP/Seth Wenig)

Petenis Spanyol, Rafael Nadal melakukan servis ke arah petenis Kroasia, Marin Cilic pada babak keempat turnamen AS Terbuka 2019 di Arthur Ashe Stadium, Senin (2/9/2019). Nadal membutuhkan waktu 2 jam 48 menit untuk menghentikan Cilic dengan skor 3-6, 6-3, 6-1, 6-2. (AP/Seth Wenig)

Petenis Spanyol, Rafael Nadal melakukan servis ke arah petenis Kroasia, Marin Cilic pada babak keempat turnamen AS Terbuka 2019 di Arthur Ashe Stadium, Senin (2/9/2019). Nadal membutuhkan waktu 2 jam 48 menit untuk menghentikan Cilic dengan skor 3-6, 6-3, 6-1, 6-2. (AP/Seth Wenig)

Petenis Spanyol, Rafael Nadal mengembalikan bola ke arah petenis Kroasia, Marin Cilic pada babak keempat turnamen AS Terbuka 2019 di Arthur Ashe Stadium, Senin (2/9/2019). Nadal lolos ke perempat final AS Terbuka setelah laga berdurasi 169 menit dengan skor 6-3, 3-6, 6-1, 6-2. (AP/Seth Wenig)

Petenis Spanyol, Rafael Nadal mengembalikan bola ke arah petenis Kroasia, Marin Cilic pada babak keempat turnamen AS Terbuka 2019 di Arthur Ashe Stadium, Senin (2/9/2019). Nadal lolos ke perempat final AS Terbuka setelah laga berdurasi 169 menit dengan skor 6-3, 3-6, 6-1, 6-2. (AP/Seth Wenig)

Petenis Spanyol, Rafael Nadal meluapkan kegembiraan usai meraih poin dari petenis Kroasia, Marin Cilic pada babak keempat turnamen AS Terbuka 2019 di Arthur Ashe Stadium, Senin (2/9/2019). Nadal membutuhkan waktu 2 jam 48 menit untuk menghentikan Cilic dengan skor 3-6, 6-3, 6-1, 6-2. (AP/Seth Wenig)

Petenis Spanyol, Rafael Nadal meluapkan kegembiraan usai meraih poin dari petenis Kroasia, Marin Cilic pada babak keempat turnamen AS Terbuka 2019 di Arthur Ashe Stadium, Senin (2/9/2019). Nadal membutuhkan waktu 2 jam 48 menit untuk menghentikan Cilic dengan skor 3-6, 6-3, 6-1, 6-2. (AP/Seth Wenig)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemimpin Hong Kong Bantah Bocoran Info yang Sebut Dirinya Akan Mundur

Posted: 02 Sep 2019 08:27 PM PDT

Liputan6.com, Hong Kong - Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam mengatakan dia tidak pernah berniat untuk mengundurkan diri.

Penegasan itu mengemuka untuk membantah beredarnya bocoran info berupa rekaman audio yang mengindikasikan bahwa Lam akan mundur dari kursinya.

Pada konferensi pers pada Selasa 3 September 2019, dia mengatakan dirinya "tidak pernah mengajukan pengunduran diri" kepada pemerintah China.

Lam menanggapi kabar tentang sebuah bocoran rekaman pertemuan pribadi pada Senin 2 September, di mana dia terdengar mengatakan akan mengundurkan diri jika dia bisa, demikian seperti dikutip dari BBC, Selasa (3/9/2019).

Meski demikian, sang kepala eksekutif tidak membantah keaslian audio yang diterbitkan oleh kantor berita Reuters kemarin.

Dalam rekaman itu, dia terdengar menyalahkan dirinya sendiri karena memicu krisis politik di Hong Kong, mengatakan bahwa dia tidak bisa dimaafkan telah menyebabkan kekacauan besar seperti itu.

"Jika saya punya pilihan, hal pertama adalah berhenti, setelah membuat permintaan maaf yang dalam, dan kemudian mundur," kata suara dalam rekaman yang diduga sebagai Lam.

Pada konferensi pers pada Selasa, pemimpin Hong Kong itu mengatakan, "sama sekali tidak dapat diterima" bahwa pernyataannya yang dibuat secara pribadi telah direkam dan disebarluaskan oleh media.

Tidak Mempertimbangkan Mengundurkan Diri

Presiden China Xi Jinping (kanan) dengan pemimpin Hong Kong Carrie Lam (kiri). (AP)

Pada konferensi pers Selasa 3 September pagi waktu setempat, Carrie Lam menegaskan bahwa "Saya tidak pernah mengajukan pengunduran diri kepada Pemerintah Pusat (Beijing, China)."

"Saya bahkan belum merenungkan untuk membahas pengunduran diri dengan Pemerintah Pusat."

Ia juga membantah tudingan yang menyebut bahwa Beijing menghalang-halanginya untuk mundur, demi menghindari gambaran kelemahan Tiongkok pada isu demonstrasi Hong Kong tahun ini.

"Pilihan untuk tidak mengundurkan diri adalah pilihan saya sendiri," katanya, menegaskan dia ingin "untuk membantu Hong Kong dalam situasi yang sangat sulit dan untuk melayani orang-orang Hong Kong".

Lam mengatakan pemerintahnya "sangat cemas" tentang kekerasan di kota itu dan dia merasa "kebanyakan orang Hong Kong tidak ingin melihatnya".

"Jadi tujuan kita bersama adalah untuk menghentikan kekerasan ini, sehingga masyarakat dapat segera kembali ke perdamaian," katanya, berjanji untuk bekerja menuju lebih banyak dialog dengan pengunjuk rasa.

Sekilas Protes Hong Kong

Pengunjuk rasa menghindari gas air mata yang ditembakan oleh polisi anti huru hara di luar gedung Dewan Legislatif, Hong Kong, Rabu (12/6/2019). Polisi Hong Kong telah menggunakan gas air mata ke arah ribuan demonstran yang menentang RUU ekstradisi yang sangat kontroversial. (AP Photo/Vincent Yu)

Hong Kong berada pada pekan ke-14 rangkaian demonstrasi.

Protes dipicu oleh perubahan undang-undang yang akan memungkinkan ekstradisi ke daratan Cina, tetapi sejak itu meluas untuk memasukkan permintaan penyelidikan independen terhadap kebrutalan polisi dan tuntutan prinsip demokrasi yang lebih besar.

Terbaru, protes pada dua pekan lalu menyaksikan beberapa kekerasan terburuk dalam beberapa minggu antara pengunjuk rasa dan polisi.

Para pengunjuk rasa melemparkan bom molotov, menyalakan api dan menyerang gedung parlemen kota sementara polisi menggunakan gas air mata, peluru karet, meriam air dan menembakkan tembakan peringatan langsung.

Pada Senin 2 September 2019, ribuan siswa sekolah menengah dan universitas memboikot kelas dan berkumpul di pusat kota untuk menggelar demonstrasi lanjutan.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Persahabatan Chelsea Islan dengan Pevita Pearce, Selalu Kompak

Posted: 02 Sep 2019 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Chelsea Islan dan Pevita Pearce, aktris cantik Tanah Air yang memiliki banyak penggemar. Keduanya kerap sekali terlibat dalam proyek yang sama. Baru-baru ini mereka terlibat dalam proyek Jagat Sinema Bumi Langit. Pevita Pearce didaulat menjadi Sri Asih, sementara Chelsea Islan memerankan karakter Tira.

Sebelum dipercaya memerankan karakter Jagat Sinema Bumi Langit, Chelsea Islan dan Pevita Pearce pernah terlibat bermain di satu film. Mereka berdua beradu akting di film horor yang disutradarai Timo Tjahjanto berjudul Sebelum Iblis Menjemput. Chelsea memerankan karakter Alfie, sementara Pevita memerankan karakter Maya.

Sering sekali terlibat dalam beberapa projek, membuat keduanya sering sekali mengunggah potret kebersamaan mereka di Instagram. Mulai dari syuting bersama di Sebelum Iblis Menjemput hingga pernah terlibat dalam sesi pemotretan. Kebersamaan keduanya sukses membuat netizen gagal fokus.

"Kalo disuruh milih pevita atau chelsea, pasti saya milih... mendekatkan diri pada tuhan, biar disurga punya bidadari kaya begini" ujar netizen dengan akun @rizkihp (18/8/2019).

Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @pevpearce dan @chelseaislan, potret kebersamaan Chelsea Islan dan Pevita Pearce, Selasa (3/9/2019).

1. Dari segi usia, Pevita lebih tua dua tahun dari Chelsea Islan yang berumur 24 tahun.

5 Potret Persahabatan Chelsea Islan dengan Pevita Pearce, Selalu Kompak (sumber: Instagram.com/chelseaislan)

2. Keduanya sama-sama berdarah blasteran. Chelsea Indonesia-Amerika, sementara Pevita Indonesia-Wales.

5 Potret Persahabatan Chelsea Islan dengan Pevita Pearce, Selalu Kompak (sumber: Instagram.com/pevpearce)

3. Pevita dan Chelsea pernah terlibat dalam satu sesi pemotretan.

5 Potret Persahabatan Chelsea Islan dengan Pevita Pearce, Selalu Kompak (sumber: Instagram.com/chelseaislan)

4. Keduanya pernah beradu akting di film Sebelum Iblis Menjemput yang tayang 9 Agustus 2018 lalu.

5 Potret Persahabatan Chelsea Islan dengan Pevita Pearce, Selalu Kompak (sumber: kapanlagi.com)

5. Kalau Chelsea dan Pevita berpenampilan kayak gini, masih pada suka enggak ya?

5 Potret Persahabatan Chelsea Islan dengan Pevita Pearce, Selalu Kompak (sumber: Instagram.com/chelseaislan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Cek Fakta] Hoaks Obat Progesterex dan Rohypnol Dipakai Pelaku Perkosaan

Posted: 02 Sep 2019 08:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah obat bernama Progesterex Rohypnol membuat penasaran para warganet di Facebook. Sebabnya, obat ini disebut-sebut digunakan oleh para pelaku perkosaan untuk melancarkan aksi.

Disebutkan bahwa Rophynol tersebut dapat menyebabkan korbannya ingat apa yang telah terjadi. Sedangkan Progesterex akan membuat si wanita korban perkosaan tidak akan hamil. Kabar ini diunggah oleh akun Facebook Islam Itu Indah pada 21 September 2018 lalu.

"Waspada PEREMPUAN ATTENTION _!!!"Yang punya ANAK gadis, ADIK perempuan, KAKAK perempuan atau ANDA sendiri,Saya mendapat informasi penting dari seorang kawan. Telah beredar sebuah obat baru yang bernama "Progesterex" (you may check the internet for the availability). Obat ini adalah pil kecil yang digunakan untuk mensterilisasi. Obat ini sekarang dipakai oleh parapemerkosa pada perayaan pesta, Pub, Discotique untuk memperkosa dan mensterilisasi korbannya. Obat ini biasanya digunakan bersamaan dengan Rohypnol (Roofies) semacam obat bius, pembeliannya harus menggunakan resep dokter. Rohypnol ini semacam effervescent tablet yang cepat larut didalam air. Pelaku hanya tinggal memasukan Rohypnol dan Progesterex kedalam minuman dan Korban tidak akan pernah ingat apa yang telah terjadi pada malam/pagi/siang/ sore itu dan Progesterex akan membuat si wanita TIDAK AKAN HAMIL, sehingga si pemerkosa akan tetap bebas berkeliaran. Tetapi yang perlu diperhatikan, EFFECT PROGESTEREX GAK SEMENTARA. Progesterex dibuat untuk mensterilkan kuda, jerapah dan binatang besar lainnya. Setiap wanita yang telah meminumnya TIDAK AKAN PERNAH MENGANDUNG LAGI SEUMUR HIDUPNYA. Jadi BERHATI-HATILAH dimanapun anda berada dan jangan menerima minum dari sembarang orang yang tidak anda kenal dengan baik. Kalau bisa share sekarang !! PEDULI PEREMPUAN Harap Di Share ke teman-teman yang lain karena sangat bermanfaat!! Berbagi itu indah ({}) *ini info bermanfaat" Meneruskan Informasi "Yang punya ANAK gadis, ADIK perempuan, KAKAK perempuan atau ANDA sendiri, semua yang berbau PEREMPUAN," tulis akun facebook Islam Itu Indah.

Konten yang diunggah akun facebook Islam Itu Indah telah 43 ribu kali dibagikan dan mendapat 1.900 komentar warganet.

 

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri, kabar tentang obat Progesterex dan Rohypnol yang digunakan para pelaku perkosaan ternyata tidak benar.

Fakta ini sebagaimana dikutip dari situs Badan Penanggulangan Obat dan Makanan (BPOM) dalam situs resminya pom.go.id dengan judul artikel PENJELASAN BADAN POM TERKAIT ISU PENYALAHGUNAAN OBAT "PROGESTEREX".

Sehubungan dengan beredarnya pemberitaan di media sosial terkait peredaran dan penyalahgunaan obat baru dengan nama "Progesterex", Badan POM telah melakukan penelusuran terkait obat tersebut dan menyatakan bahwa pemberitaan tersebut adalah HOAX.

Berdasarkan data registrasi obat di Badan POM, Progesterex tidak terdaftar sebagai obat di Badan POM. Penelusuran lebih lanjut menemukan bahwa obat Progesterex tidak pernah terdapat di dunia nyata. Sementara Rohypnol, yang disebutkan dalam pemberitaan dikonsumsi bersamaan dengan Progesterex untuk mensterilisasi perempuan, pernah terdaftar di Badan POM sebagai obat impor pada tahun 1981 namun tidak pernah didaftarkan ulang. Dengan kata lain, jika saat ini terdapat produk Rohypnol di pasaran berarti produk ilegal.

Berdasarkan hasil pengawasan Badan POM selama tahun 2010-2016, tidak pernah ditemukan produk ilegal atas nama Progesterex dan Rohypnol, serta belum pernah ada laporan penyalahgunaan keduanya.

Masyarakat dihimbau agar tidak perlu resah dengan informasi yang menyesatkan berupa pesan berantai yang dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jadilah konsumen cerdas dengan selalu melakukan Cek "KLIK" (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) sebelum membeli dan mengonsumsi produk Obat dan Makanan. Pastikan kemasannya dalam kondisi utuh, baca informasi pada label, pastikan memiliki izin edar dari Badan POM, dan tidak melebihi masa kedaluwarsa. Belilah obat di sarana resmi seperti apotek dan toko obat berizin. Untuk obat keras hanya boleh dibeli di apotek dengan resep dokter. Penggunaan obat yang benar dapat ditanyakan kepada dokter atau apoteker.

Apabila menemukan produk yang mencurigakan, masyarakat dapat menghubungi Contact Center HALO BPOM 1-500-533 (pulsa lokal), SMS 0812-1-9999-533, e-mail: halobpom@pom.go.id, atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.

 

Kesimpulan

Obat bernama progesterex ternyata tidak pernah ada di dunia nyata. Klaim efek dari obat tersebut patut dipertanyakan kebenarannya.

Sementara obat Rohypnol merupakan obat yang pernah didaftarkan pada 1981. Namun kini keberadaan obat tersebut dilaporkan tidak lagi beredar di pasar Indonesia. Narasi yang disampaikan akun facebook Islam Itu Indah tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan
Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

Sepatah kata cukup untuk orang bijak.