Jumat, 27 September 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Seharga LCGC, Siapa Pembeli Vespa GTS Super Tech 300?

Posted: 27 Sep 2019 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Piaggio Indonesia telah meluncurkan satu model kelas premiumnya, Vespa GTS Super Tech 300. Skuter ikonik asal Italia ini mendapatkan banyak ubahan dibanding sebelumnya, terutama dari segi fitur yang lebih canggih, dan juga mesin yang benar-benar baru.

Dengan berbagai pembaharuan tersebut, Vespa GTS Super Tech 300 ini ditawarkan dengan harga yang mirip dengan mobil murah ramah lingkungan (LCGC), yaitu Rp 152,9 juta on the road (OTR) Jakarta. Lalu, dengan banderol yang cukup mahal tersebut, siapa pembeli motor ini?

Dijelaskan Marco Noto La Diega, President Director PT Piaggio Indonesia, target pasar untuk motor ini pastinya konsumen yang merupakan pecinta atau yang mengapresiasi Vespa. Artinya, calon konsumen ini biasanya sudah memiliki model Vespa sebelumnya.

"Selain itu, karena ini Vespa dengan bodi besar, pastinya yang bisa mengendalikan motor besar. Terlebih, dengan mesin baru, pastinya memang untuk orang-orang yang biasanya meng-handle motor cc besar. Biasanya memang untuk penggunaan touring, tapi juga bisa di dalam kota," tegas Marco, di sela-sela peluncuran Vespa GTS Super Tech 300, di Plaza Senayan beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Robby Gozal, PR and Communications Manager PT Piaggio Indonesia menjelaskan, ada juga konsumen yang memang bukan pengguna Vespa yang tertarik untuk membeli GTS Super Tech 300 ini. Biasanya, orang-orang yang memang pengguna motor gede (moge), yang berniat membeli sebuah skuter.

"Kebanyakan yang main moge, ingin punya skuter, dan dilihat kapasitas mesinnya besar, 300cc dan terlebih lagi Vespa, dan motor hobi juga," jelas Robby saat media test ride Vespa GTS Super tech 300 di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Spesifikasi

Sebagai informasi, Vespa GTS Super Tech 300 ini paling ditonjolkan adalah mesin baru, yaitu 300 High Performance Engine (HPE). Dengan jantung penggerak tersebut, motor ini mampu menghembuskan daya hingga 23 Tk.

Vespa GTS Super Tech 300 juga dilengkapi dengan kontrol traksi elektronik ASR, dual ABS (Anti-lock Braking System) dan dilengkapi layar digital TFT full-color 4,3 inci yang bekerja dengan sistem konektivitas smartphone Vespa MIA melalui bluetooth Smart Dash.

Dengan fitur tersebut, memungkinkan pengendara untuk memberikan perintah suara, menerima panggilan, mengatur notifikasi pesan yang masuk, dan sistem navigasi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Polwan Cantik Bagi-bagi Bunga Bikin Adem Demonstrasi Mahasiswa

Posted: 27 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pemalang - Aksi simpatik ditunjukkan kepolisian saat mengamankan demonstrasi mahasiswa menolak RKUHP di Pemalang dan Cilacap, Jawa Tengah.

Di Pemalang, sebanyak 80 mahasiswa anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Pemalang Cabang Pekalongan dan Aliansi Masyaraat Pemalang menggelar aksi damai di depan Gedung DPRD Kabupaten Pemalang, Jumat (27/09/2019).

Dalam pengamanan aksi demonstrasi ini, kepolisian mengedepankan pendekatan persuasif. Pengamanan dipimpin langsung oleh Kapolres Pemalang, AKBP Yoga Darmawan.

"Upaya persuasif dikedepankan dalam pengawalan dan pengamanan kegiatan tersebut, kami menugaskan seluruh Polwan Polres Pemalang sebagai tim negosiator," katanya, dalam keterangan tertulisnya.

Bahkan, dalam pengamanan itu, para polwan membagikan bunga kepada demonstran RKUHP. Bunga itu, kata Kapolres, adalah simbol kebersamaan dan kekompakan masyarakat dan Polri.

Di sela kegiatan, Polwan Polres Pemalang tampak memberikan setangkai bunga mawar kepada mahasiswa yang mengikuti aksi damai.

"Polri bersama seluruh masyarakat untuk berkerja sama dalam mewujudkan Pemalang yang aman, damai dan kondusif," ucapnya.

Sebanyak 40 mahasiswa lantas masuk ke ruang sidang dan ditemui oleh pimpinan DPRD. Selama beberapa waktu, mereka beraudiensi dengan para pimpinan DPRD Pemalang.

Kristanto mengapresiasi peserta demonstrasi yang mampu menjaga situasi tetap aman dan kondusif. Demonstrasi menolak RKUHP ini berakhir pukul 15.25 WIB.

Aksi Simpatik Polres Cilacap dalam Pengamanan Demonstrasi Tolak RKUHP

Polres Cilacap mengedepankan pendekatan persuasif dalam demonstrasi menolak RKUHP di Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Polres Cilacap/Muhamad Ridlo)

Aksi simpatik juga dilakukan oleh Kepolisian Resor Cilacap, sehari sebelumnya, Kamis, 26 September 2019. Polwan membagikan air mineral dan permen sebagai bentuk pengamanan yang humanis.

Aksi damai tersebut digelar oleh Aliansi Mahasiswa untuk menolak RKUHP yang dinilai jauh dari nilai-nilai dan semangat demokrasi. Demonstran juga menuntut seluruh anggota dewan untuk merealisasikan janji serta menjadi penyambung lidah rakyat.

Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto mengatakan, sebanyak 500 personel gabungan yang terdiri dari Polres, Polsek, Brimob Banyumas dan Satpol PP Linmas Cilacap diterjunkan untuk pengamanan demonstrasi ini.

Kapolres menjamin pengamanan dan pengawalan akan dilakukan secara humanis. Dia menegaskan bahwa kepolisian melakukan pendekatan persuasif dan humanis dalam pengamanan demonstrasi ini.

Dalam pengamanan aksi demonstrasi tersebut, Polres menerjunkan polwan di garda depan sebagai tim negosioator. Para Polwan berhadapan langsung dan berkomunikasi dengan massa.

"Mari kita saling bergandeng tangan menjaga kemanan dan ketertiban jangan sampai aksi damai ini disusupi oleh provokator yang akan merugikan kita semua," ucap Djoko, di depan demonstran.

Pengamanan di lapis berikutnya adalah tim pengendali massa dari Sabhara dan Brimob. Demonstrasi berjalan damai dan tertib hingga usai.

"Pengamanan aksi damai kami laksanakan dengan cara humanis terhadap siapa pun yang melakukan aksi demonstrasi agar tercipta kondisi akan aman, tertib dan terkendali," dia menjelaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Aksi Usil Teman Saat Lagi Santai Ini Kocak Tapi Juga Bikin Emosi

Posted: 27 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Teman yang baik itu biasanya selalu ada saat kita dalam kondisi apapun. Entah saat bahagia maupun saat sedih ataupun berduka. Karena teman yang baik, tidak akan pernah meninggalkan sahabatnya dalam keadaan bagaimanapun.

Selain itu, teman yang baik bukanlah orang yang suka 'jaim' atau pura-pura baik dengan kawannya. Biasanya teman yang baik tidak akan segan untuk berbuat usil kepada yang lainnya. Keusilan teman ini biasanya didasari oleh rasa becanda dan kedekatan saja.

Oleh karena itu, teman yang usil ini biasanya teman yang paling dekat dan selalu ada dalam keadaan suka dan duka. Meski terkadang sifat usil teman ini terkadang ada yang bikin emosi dan marah. Namun, semuanya akan kembali dengan tawa dan bahagia.

Seperti tingkah usil teman yang kocak banget ini, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 6 aksi usil teman saat lagi santai yang kocak tapi juga bikin emosi, Sabtu (28/9/2019).

1. Sungguh dorongan yang sangat tidak bermanfaat dari teman.

Aksi 'Usil' Teman Saat Lagi Santai Ini Kocak Tapi Juga Bikin Emosi (sumber:indomeme.com)

2. Kan udah dibilang, kalau lagi kumpul sama teman jangan pernah tidur duluan.

Aksi 'Usil' Teman Saat Lagi Santai Ini Kocak Tapi Juga Bikin Emosi (sumber:instagram/detektif_receh)

3. Gara-gara ikut teman panjat pagar saat sekolah, jadinya dipotong rambut deh.

Aksi 'Usil' Teman Saat Lagi Santai Ini Kocak Tapi Juga Bikin Emosi (sumber:instagram/awreceh.id)

4. Kalau kalian punya teman kayak gini, berarti kalian selalu bahagia.

Aksi 'Usil' Teman Saat Lagi Santai Ini Kocak Tapi Juga Bikin Emosi (sumber:instagram/lucu.terus.id)

5. Akibat terlalu percaya, jadinya gini.

6. Ini nih yang terkadang merusak pertemanan.

View this post on Instagram

😂 pantas banyak afk

A post shared by Enjoy aja yuk sob! 😊 (@ngakakkocak) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbang Lawan PFA U-13, Pelatih Bali United Putri Tetap Puas

Posted: 27 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Tim Bali United putri terus mematangkan skuatnya jelang kompetisi resmi Liga 1 yang akan segera bergulir. Terkait dengan persiapan itu, pasukan Serdadu Tridatu putri menggelar laga latih tanding dengan Paradise Football Academy U-13.

Laga yang diselenggarakan di Lapangan Yoga Perkanthi itu berkesudahan imbang. Bali United Putri dan Paradise Football Academy U-13 hanya mampu berbagi angka 2-2.

Bali United putri harus tertinggal lebih dulu sebelum akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada babak pertama.

Memasuki babak kedua, sejumlah peluamg berhasil diciptakan, namun lagi-lagi armada Serdadu Tridatu putri harus tertinggal, sebelum akhirnya bisa menyamakan kedudukan.

Meski berakhir tanpa pemenang, pelatih Bali United putri, Sandhika Pratama mengaku cukup puas dengan permainan anak asuhnya. "Kami sudah melakukan latihan 10 hari, tim ini baru terbentuk. Untuk hasil lawan PFA bisa menjadi tolak ukur kami untuk perbaiki tim," katanya.

Banyak Kekurangan

Paradise Football Academy U-13 (Dewi Divianta)

Kendati begitu, Sandhika mengakui masih banyak yang perlu dibenahi dari Srikandi Serdadu Tridatu. Utamanya pada saat transisi bertahan-menyerang, begitu juga sebaliknya. "Masih banyak kekurangan, tapi akan segera kita perbaiki. Tiga hal dalam sepakbola yakni menyerang, bertahan dan transisi akan kita perbaiki," katanya.

Sandhika memastikan timnya sudah solid dan siap untuk mengarungi Liga 1. "Tim sudah siap rilis. Kita ada empat pemain yang dipanggil Timnas Putri," ujarnya.

Evaluasi

Di sisi lain, pelatih PFA, Anak Agung Ngurah Wahyu Giri Rahita berharap uji coba ini dapat membantu persiapan Bali United putri dalam mengarungi Liga 1. "Mereka bermain baik dan maksimal, berimbang dari segi permainan," katanya.

"Kita tim PFA ke depannya dari hasil ini akan evaluasi peningkatan lebih baik lagi untuk anak-anak utamanya progresnya. Semoga Bali United putri sukses nanti saat liga sudah mulai dan meraih hasil maksimal," ucapnnya. (Dewi Divianta)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Leony Vitria Pamit dari Media Sosial, Ada Apa?

Posted: 27 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lama tak terdengar kabarnya, mantan artis cilik Leony mendadak pamit. Leony pamit dari media sosial yang selama ini digelutinya. Bukan tanpa alasan, sosok Leony sendiri diketahui memutuskan untuk hidup tenang, jauh dari sorotan publik. 

Leony yang merupakan mantan personel Trio Kwek Kwek menuliskan ucapan syukur karena dirinya baru saja berulang tahun, Jumat (20/9/2019).

"Resmi 32! Merasa sangat dicintai dan diberkahi. Aku dikelilingi teman dan keluarga yang sungguh keren. Terima kasih banyak buat semua kue, hadiah dan juga ucapan ulang tahunnya," tulis Leony pada caption foto postingannya.

Meski sudah tak pernah muncul di layar kaca, namun segala aktivitas Leony masih bisa dipantau lewat akun media sosialnya. Namun bertepatan dengan ultahnya yang ke-32 kemarin, wanita bernama lengkap Leony Vitria Hartanti itu memberikan pengumuman mengejutkan.

"Sekarang aku mau mulai detox dari media sosial. Aku tak tahu, mungkin saja untuk sebulan. Aku log out sekarang. Nb: Usia 32 dan masih belum mau pakai bulu mata palsu," tutup Leony.

 

Galang #SaveLaguAnak

6 Potret Terbaru Leony Trio Kwek Kwek, Makin Imut di Usia ke-32 Tahun (sumber: Instagram.com/leonyvh)

Leony sendiri dalam beberapa waktu terakhir diketahui sibuk menggalang kampanye #SaveLaguAnak bersama sederet mantan peynanyi cilik Tanah Air. Tak menutup kemungkinan jika dirinya bakal lebih banyak fokus untuk menjalankan misi mulianya tersebut. 

Sementara itu, Leony hingga postingan terakhirnya diketahui sedang berada di Jepang. Seperti diketahui, adik kandungnya yang bernama Cynthia memang sudah sejak lama tinggal di Negeri Sakura tersebut.

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Situasi Wamena Tak Lekas Pulih, Perhimpunan Dokter Minta Tenaga Kesehatan Dievakuasi

Posted: 27 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika situasi Wamena, Papua tak kunjung pulih, maka Kementerian Kesehatan RI harus mengevakuasi seluruh tenaga kesehatan dari lokasi rawan kerusuhan. Hal tersebut disampaikan Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) dan Masyarakat Hukum Kesehatan Indonesia (MHKI).

"Kalau situasi pemulihan tidak juga terwujud, kami mendesak Kementerian Kesehatan untuk mengevakuasi seluruh tenaga kesehatan, khususnya yang bertugas di daerah rawan," tegas Ketua Umum PDEI​​​​​ Adib Khumaidi melalui keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Sabtu (28/9/2019).

Desakan untuk mengevakuasi seluruh tenaga kesehatan di Wamena jika situasi tak segera kondusif itu juga merupakan bagian dari taggapan PDEI dan MHKI dalam menyikapi kematian dr Soeko Marsetiyo. Dokter 53 tahun itu meninggal saat aksi demonstrasi berujung kerusuhaan di Wamena pada Senin, 23 September 2019.

Akibat demonstrasi anarkis, puluhan dokter yang bertugas di Wamena meminta dievakuasi.

"Memang benar dokter-dokter yang bertugas di Wamena minta dievakuasi karena ketakutan. Bahkan ada yang sudah tiba di Jayapura," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Papua Silvanus Sumule di Jayapura.

Permintaan untuk Tidak Melukai Tenaga Kesehatan

PDEI dan MHKI meminta seluruh pihak agar tidak melukai tenaga kesehatan. (iStockphoto)​

PDEI dan MHKI juga meminta seluruh pihak agar tidak memperlakukan dokter, dokter gigi, dan tenaga kesehatan lainnya secara tidak manusiawi. Apalagi tindakan buruk yang mengakibatkan mereka kehilangan nyawa.

"Kami juga meminta semua pihak untuk tidak membuat dokter maupun tenaga kesehatan mengalami perlukaan, bahkan kematian," jelas Ketua Umum MHKI Mahesa Paranadipa.

Pernyataan tegas dan desakan PDEI dan MHKI juga didorong oleh adanya UU Nomor 39 tahun 1999 terkait Hak Asasi Manusia. Desakan pemulihan situasi di Wamena bertujuan menjamin keamanan dan keselamatan bagi seluruh petugas kesehatan serta sarana prasarana kesehatan.

"Adanya situasi yang aman membuat para petugas kesehatan bisa kembali memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat," Mahesa melanjutkan.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Demo Wartawan Tuntut Pengusutan Penganiayaan Jurnalis di Makassar

Posted: 27 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan wartawan dari berbagai media Surabaya, menggelar aksi solidaritas di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya. Mereka berorasi dan membentangkan berbagai poster, menuntut Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengusut tuntas peristiwa penganiayaan terhadap wartawan di Makassar, saat melakukan peliputan demonstrasi mahasiswa menolak RUU KUHP di Gedung DPRD Makassar.

Dalam aksinya, para awak media ini menggelar aksi teatrikal, yang menggambarkan tindak kekerasan terhadap wartawan, dan tabur bunga sebagai simbol matinya kebebasan pers di Indonesia. Padahal sesuai Undang-Undang nomor 40 tahun 1999, Profesi Wartawan dilindungi hukum.

Dalam orasinya, jurnalis Surabaya juga meminta Kepala Polisi menangkap dan mengadili oknum polisi yang terlihat jelas menganiaya, beberapa wartawan saat meliput demo ricuh di Makassar, hingga mengakibatkan luka-luka di kepala dan harus dirawat di rumah sakit, demikian dilansir Liputan6, 26 September 2019.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gejolak Rupiah Bakal Gerus Untung Pengusaha di Akhir 2019

Posted: 27 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gejolak nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS diperkirakan masih menjadi ancaman pada semester II 2019. Ancaman ini akan menggerus laba para pengusaha hingga akhir tahun.

"Nilai tukar dolar Amerika Serikat berkaitan erat dengan produk barang-barang konsumsi yang bergantung pada impor hingga di atas 50 persen. Setiap terjadi depresiasi rupiah, maka margin laba perusahaan akan tergerus," tulis DBS Group Research seperti yang dikutip Liputan6.com, Jumat (27/9/2019).

Untuk mengantisipasi hal ini, DBS menyarankan para pengusaha untuk meningkatkan inovasinya ke sisi online. Saat ini penjualan online di Indonesia tengah mengalami pertumbuhan yang pesat.

Penjualan online atau e-commerce saat ini, dinilai sudah menjadi bagian penting dalam industri ritel di Indonesia. Jumlah orang yang berbelanja online terus meningkat dan masih akan tetap tumbuh dalam beberapa tahun ke depan.

Penyebabnya, dalam research tersebut dikatakan adalah karena harga yang ditawarkan lebih murah, nyaman, menghemat waktu, bisa memilih lebih banyak produk dan penjual, serta meningkatnya jumlah pengguna internet dan telepon pintar.

 

Data Pertumbuhan

Ilustrasi belanja online. Sumber foto: unsplash.com/Mein Deal.

Penjualan ritel melalui internet di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Pada 2018, penjualan e-commerce naik menjadi 4 persen dari total penjualan ritel di Tanah Air. Bandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 3,4 persen.

Selama periode 2007 hingga 2018, total penjualan online rata-rata tumbuh sebesar 25,3 persen per tahun. Penjualan online ini tentu saja jauh melampaui rata-rata penjualan offline yang tumbuh 9 persen per tahun di periode yang sama.

"Penjualan ritel internet di Indonesia diperkirakan akan terus tumbuh, karena didukung oleh pembangunan infrastruktur, tinggginya tingkat penetrasi telepon pintar, dan meningkatnya populasi penduduk berpenghasilan menengah," lanjut research tersebut.

Para pemain e-commerce tidak hanya menjual produk lewat platform Tokopedia, Shopee, Lazada, Zalora, Blibli, atau Bukalapak saja, tapi juga menjual produk lewat media sosial, seperti Instagram.

Ekonomi AS Tumbuh, Rupiah Tertekan ke 14.197 per Dolar AS

Teller menunjukkan mata uang dolar AS di penukaran uang di Jakarta, Rabu (10/7/2019). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup stagnan di perdagangan pasar spot hari ini di angka Rp 14.125. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali bergerak melemah pada perdagangan Jumat ini.

Mengutip Bloomberg, Jumat (27/9/2019), rupiah dibuka di angka 14.188 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.165 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.188 per dolar AS hingga 14.197 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,38 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.197 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.162 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan melemah pasca rilis data pertumbuhan ekonomi AS.

"Perkembangan ekonomi AS masih terlihat solid dan belum menunjukkan potensi resesi yang kuat," kata ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih dikutip dari Antara.

Pengumuman ke-3 angka pertumbuhan ekonomi AS untuk triwulan II 2019 tercatat 2 persen (yoy), tidak berubah dari pengumuman ke-2 sebelumnya, namun melambat dibandingkan triwulan I 2019 yang tercatat 3,1 persen (yoy).

Perlambatan tersebut karena turunnya belanja konsumsi personal (personal consumption expenditure) dan ekspor.

Lana memperkirakan nilai tukar rupiah hari ini akan bergerak di kisaran 14.150 per dolar AS hingga 14.180 per dolar AS.

"Pagi ini mata uang kuat Asia dolar Hong Kong dan dolar Singapura dibuka melemah terhadap dolar AS, yang bisa menjadi sentimen pelemahan rupiah, tetapi kemungkinan rupiah justru akan menguat secara teknikal karena sudah melemah tiga hari berturut-turut," kata Lana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ikuti Jejak Sang Ibu, Pangeran Harry Susuri Ladang Ranjau di Angola

Posted: 27 Sep 2019 10:00 PM PDT

Mendiang Putri Diana berjalan di tengah-tengah ladang ranjau Huambo, Angola, 15 Januari 1997. Putri Diana rela berjalan di antara ranjau darat aktif untuk membantu kampanye Palang Merah yang melarang penggunaan ranjau darat di seluruh dunia. (John Stillwell/PA via AP, File)

Mendiang Putri Diana berjalan di tengah-tengah ladang ranjau Huambo, Angola, 15 Januari 1997. Putri Diana rela berjalan di antara ranjau darat aktif untuk membantu kampanye Palang Merah yang melarang penggunaan ranjau darat di seluruh dunia. (John Stillwell/PA via AP, File)

Pangeran Harry berjalan di tengah-tengah ladang ranjaudi Dirico , Angola, 27 September 2019. Ladang ini dibersihkan oleh Halo Trust, badan amal Inggris yang bertujuan menghilangkan puing-puing yang ditinggalkan oleh perang, khususnya ranjau darat. (Dominic Lipinski/Pool via AP)

Pangeran Harry berjalan di tengah-tengah ladang ranjaudi Dirico , Angola, 27 September 2019. Ladang ini dibersihkan oleh Halo Trust, badan amal Inggris yang bertujuan menghilangkan puing-puing yang ditinggalkan oleh perang, khususnya ranjau darat. (Dominic Lipinski/Pool via AP)

Pangeran Harry meledakkan ranjau darat dari jarak jauh ketika ia mengunjungi ladang ranjau darat di Provinsi Dirico, Angola, Jumat, 27 September 2019. Pangeran Harry menelusuri kembali jejak almarhum ibunya ketika ia mengunjungi ladang ranjau di Angola. (Dominic Lipinski/Pool via AP)

Pangeran Harry meledakkan ranjau darat dari jarak jauh ketika ia mengunjungi ladang ranjau darat di Provinsi Dirico, Angola, Jumat, 27 September 2019. Pangeran Harry menelusuri kembali jejak almarhum ibunya ketika ia mengunjungi ladang ranjau di Angola. (Dominic Lipinski/Pool via AP)

Pangeran Harry mengenakan masker pelindung saat berada di ladang ranjau darat di Provinsi Dirico, Angola 27 September 2019. Cucu Ratu Elizabeth II tengah melakukan kunjungan resmi kerajaan ke Benua Afrika bersama sang istri, Meghan Markle dan putranya, Archie. (Dominic Lipinski/Pool via AP)

Pangeran Harry mengenakan masker pelindung saat berada di ladang ranjau darat di Provinsi Dirico, Angola 27 September 2019. Cucu Ratu Elizabeth II tengah melakukan kunjungan resmi kerajaan ke Benua Afrika bersama sang istri, Meghan Markle dan putranya, Archie. (Dominic Lipinski/Pool via AP)

Mendiang Putri Diana mengenakan masker tersenyum saat berjalan di tengah-tengah ladang ranjau Huambo, Angola, 15 Januari 1997. (John Stillwell/PA via AP, File)

Mendiang Putri Diana mengenakan masker tersenyum saat berjalan di tengah-tengah ladang ranjau Huambo, Angola, 15 Januari 1997. (John Stillwell/PA via AP, File)

Pangeran Harry mengenakan masker berjalan di tengah-tengah ladang ranjaudi Dirico , Angola, 27 September 2019. (Dominic Lipinski/Pool via AP)

Pangeran Harry mengenakan masker berjalan di tengah-tengah ladang ranjaudi Dirico , Angola, 27 September 2019. (Dominic Lipinski/Pool via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Huawei Mate 10 Bakal Dapat EMUI 10

Posted: 27 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Huawei sedang bersiap untuk merilis user interface atau antarmuka versi terbaru, EMUI 10, untuk sejumlah produknya. Selain Mate 20 dan dan Honor 20, Mate 10 dilaporkan akan mendapatkan EMUI 10.

Dilansir dari GSM Arena, Sabtu (28/9/2019), Huawei mengumumkan smartphone Mate 10 akan mendapatkan EMUI 10 berbasis Android 10. Pengumuman tersebut disampaikan di forum resmi Huawei.

Para pemilik Mate 10, Mate 10 Pro, dan Mate 10 Porche Design, yang sudah menjalankan EMUI 9.1.0.321 bisa bergabung dalam proses pengujian versi beta EMUI 10. Untuk saat ini, hanya perangkat Tiongkok yang bisa mencicipi versi beta tersebut.

Nomor model untuk perangkat-perangkat tersebut adalah ALP-AL00, ALP-TL00 (Mate 10), BLA-AL00 (Mate 10 Pro), dan BLA-TL00 (Mate 10 Porsche Design).

Huawei hanya memilih dua ribu pengguna untuk setiap model perangkat. Perekrutan sudah dimulai dan akan berlanjut sampai 7 Oktober 2019. Seratus orang pertama akan diumumkan pada 30 September, sisanya pada pertengahan Oktober 2019.

Huawei Mate 30 Meluncur Tanpa Google Play Store

Huawei Mate 30 Series. Liputan6.com/Ilyas Praditya

Lebih lanjut, Huawei telah mengumumkan seri Mate 30, di Jerman, Kamis (19/9/2019). Smartphone ini hadir dengan kemampuan yang menarik termasuk empat kamera belakang, tapi tanpa dukungan penuh dari Android.

Dilansir Cnet, Huawei Mate 30 berbasis pada Android open source, yang artinya tetap berfungsi seperti perangkat Android. Namun smartphone tersebut tidak memiliki berbagai layanan atau aplikasi Google, termasuk Maps, Chrome, dan yang paling penting Play Store.

Google Play Store merupakan bagian penting dari lisensi Google Mobile Service (GMS). Lisensi ini dimiliki hampir sebagian besar handset berbasis Android di luar Tiongkok, untuk mengakses berbagai aplikasi.

Absennya layanan dan aplikasi Google tersebut disebabkan Huawei masih berada di dalam daftar hitam perdagangan AS. Hal ini membuat perusahaan tidak bisa berbisnis dan menggunakan layanan perusahaan-perusahaan AS, termasuk Google.

The Verge melaporkan, ketidakhadiran layanan Google pada seri Mate 30 disampaikan langsung oleh CEO divisi produk konsumen Huawei, Richard Yu, saat mengumumkan seri Mate 30.

"Kami tidak bisa menggunakan inti Google Mobile Service (GMS), tapi bisa menggunakan Huawei Mobile Services (HMS). Hal ini karena larangan AS, yang membuat ponsel-ponsel tersebut tidak dapat menggunakan GMS. Sehingga membuat kami menggunakan HMS yang menjalankan App Gallery Huawei pada seri ponsel Mate 30," jelas Yu.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Berkat Tas Ramah Lingkungan, Mahasiswa Dapat Beasiswa

Posted: 27 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang mahasiswa Universitas Gunadarma Jakarta memenangkan beasiswa sebesar Rp 20 juta lewat kompetisi desain tas ramah lingkungan. Hadiah ini ia dapatkan dari kontes yang diadakan oleh Sony Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5.500 Pengungsi Korban Kerusuhan Wamena Butuh Bantuan

Posted: 27 Sep 2019 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 5.500 pengungsi korban kerusuhan Wamena di markas Komando Distrik Militer 1702 Jayawijaya membutuhkan bantuan pakaian, makanan, dan barang-barang keperluan anak serta perempuan.

Komandan Distrik Militer 1702 Jayawijaya Letkol Inf Candra Dianto di Jayapura, Sabtu, mengatakan bahwa warga yang mengungsi di markas Kodim umumnya hanya membawa baju di badan saat berusaha menghindari dampak kerusuhan di Wamena.

Sementara bantuan pangan pokok dari pemerintah untuk pengungsi korban kerusuhan Wamena, menurut dia, saat ini baru difokuskan ke satu posko pengungsian.

"Kami minta informasi ini disebarkan seluas-luasnya agar banyak pihak yang tergerak untuk membantu para korban yang kini tengah mengungsi," kata Candra seperti dikutip Antara, Sabtu (28/9/2019).

"Bantuan dari Pemerintah Provinsi Papua hanya tersalur ke posko pengungsian Gedung Okumarek yang dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya," ia menambahkan.

Komando Distrik Militer 1702 Jayawijaya, menurut dia, sampai sekarang hanya mengandalkan bantuan logistik yang masih tersedia di markas.

"Pengungsi tidak mau ke Okumarek. Warga maunya di Kodim, sementara dapur lapangan Pemda ada di Okumarek," ujar Candra.

Selain makanan dan pakaian, ia menambahkah, pengungsi membutuhkan susu untuk balita, popok bayi, dan pembalut untuk perempuan.

Perantau Sumbar

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyerukan agar masyarakat provinsi itu, baik yang berada di kampung halaman maupun yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia, untuk ikut membantu kepulangan perantau dari Wamena, Jayawijaya, Papua.

"Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Sumbar sudah mulai pengumpulan bantuan. Diharapkan ASN di kabupaten dan kota juga mengikuti. Masyarakat di kampung dan di rantau juga bisa mengirimkan bantuan," kata Irwan di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (28/9/2019).

Menurut dia, kepedulian semua pihak sangat diharapkan karena biaya pemulangan dari perantau itu cukup besar. Berdasarkan informasi dari Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Papua, Zulhendri Sikumbang, sementara ini ada sekitar 327 kepala keluarga perantau di Wamena yang ingin pulang.

Dengan estimasi tiga orang per keluarga, ada 900 orang lebih yang harus dibantu kepulangannya. Harga tiket pesawat dari Papua-Padang diperkirakan Rp 5 juta per orang. Jadi setidaknya butuh Rp 4,5 miliar anggaran untuk membantu pemulangan perantau itu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Selain Petisi Aktivis HAM, Muncul Petisi Tolak BPJS Naik

Posted: 27 Sep 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini muncul petisi di change.org untuk bebaskan aktivitas. Selain soal aktivis juga muncul petisi 'Jangan Naikkan Iuran BPJS Kesehatan'.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penahanan 40 Mahasiswa Tersangka Kerusuhan di DPRD Sumut Ditangguhkan

Posted: 27 Sep 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Medan - Seluruh mahasiswa yang ditetapkan tersangka oleh Polda Sumut terkait aksi unjuk rasa berakhir ricuh di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, pada Selasa, 24 September 2019, ditangguhkan penahanannya.

Penangguhan terhadap 40 mahasiswa ini dilakukan setelah Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, menggelar pertemuan tertutup di Markas Polrestabes Medan, Jalan HM Said, bersama unsur-unsur pimpinan kampus.

Agus mengatakan, dalam pertemuan itu terjadi kesepakaan untuk saling berkoordinasi dan berpartisipasi memberikan pemahaman kepada para mahasiswa agar menjaga kondusifitas.

"Kami sudah mendengarkan komitmen dari para pimpinan perguruan tinggi yang akan menyampaikan kepada para mahasiswanya untuk cooling down," kata Agus, Jumat (27/9/2019).

Jenderal bintang dua itu menyebut, salah satu alasan penangguhan penahanan, dikarenakan ada agenda ujian tengah semester. "Akan kita tangguhkan," ujarnya.

Penangguhkan penahanan terhadap puluhan mahasiswa disambut baik jajaran pimpinan kampus yang hadir.

Rektor UMSU, Agussani menyebut, para pimpinan kampus akan menggelar pertemuan dengan para mahasiswa masing-masing untuk menyampaikan hal-hal yang menurut mereka sangat penting demi menjaga kondusifitas.

"Ini bentuk pasang badan dan tanggung jawab atas mahasiswa. Kami juga meminta agar mahasiswa memahami posisi kami, agar tidak lagi melakukan hal-hal yang merusak kondusifitas," ungkapnya.

Dalam hasil pertemuan tersebut, para mahasiswa yang diamankan dan telah ditetapkan tersangka akan ditangguhkan pada Sabtu, 28 September 2019.

Hadir dalam pertemuan, Rektor Unimed, Syamsul Gultom, Rektor UMSU, Agussani, Wakil rektor I USU, Prof. Rosmayati, Wakil Rektor I Universitas Pancabudi, Bakti Alamsyah, Wakil Rektor III UIN Sumut, Prof. Amroeni Drajat, Wakil Rektor III Universitas Medan Area (UMA) Muazul dan petinggi universitas lainnya.

Sebelumnya dalam unjuk rasa yang berakhir ricuh, polisi menangkap 55 orang. Kemudian 40 mahasiswa ditetapkan tersangka. Sementara seorang yang diamankan DPO tersangka kasus terorisme.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Sampdoria vs Inter Milan: La Beneamata di Puncak Penampilan

Posted: 27 Sep 2019 09:35 PM PDT

Genoa - Inter Milanbakal tandang ke markas Sampdoria di Stadio Comunale Luigi Ferraris, pada laga pekan keenam Serie A, Sabtu (28/9/2019). Sedang dalam kondisi onfire, La Beneamata berpeluang meraih tujuh kemenangan beruntun di liga.

I Nerazzurri tampil impresif pada awal musim ini. Mulai ditangani Antonio Conte sejak musim panas 2019, Inter Milan berhasil menyapu bersih kemenangan dalam lima laga terakhir di Serie A 2019-2020.

Hasil tersebut membuat Inter Milan nyaman bercokol di puncak klasemen sementara liga dengan nilai 15. Mereka unggul dua angka atas Juventus di posisi kedua, dan 12 poin atas Sampdoria yang menempati dasar klasemen.

Bersua Il Samp, La Beneamata memiliki kans untuk mempertahankan torehan gemilang tersebut. Dalam empat laga terakhir melawan Sampdoria pada partai kandang maupun tandang, Inter Milan berhasil menyapu bersih kemenangan.

Andai berhasil mengalahkan Sampdoria, Inter bakal merengkuh tujuh kemenangan beruntun di Serie A, dengan perincian enam laga didapat pada musim ini dan satu pertandingan pada musim lalu.

"Tidak ada yang siap untuk kalah, kami memiliki keinginan besar untuk memenangkan seluruh pertandingan di dalam kepala kami. Rentetan kemenangan kami menjadi sebuah fakta penting, karena ini merupakan hasil dari kerja keras yang kami kerjakan serta komitmen yang diberikan para pemain," ujar pelatih Inter Milan, Antonio Conte.

"Namun, kami harus melanjutkan perjuangan dengan kemauan dan hasrat yang sama serta terus mencoba meningkatkan diri agar bisa mendapatkan hasil bagus secara berkelanjutan. Itu menjadi penting jika kami ingin berada di puncak klasemen," lanjut Conte.

Meski begitu, Sampdoria harus tetap diwaspadai. Anak asuh Eusebio Di Francesco itu bertekad untuk keluar dari zona merah, sekaligus memberi kekalahan perdana buat Inter.

Kemenangan 1-0 atas Torino pada laga kandang terakhir di Serie A (22/9/2019), menjadi modal berharga Il Samp untuk membungkam Inter Milan.

Prakiraan susunan pemain:

Sampdoria (3-4-1-2): Emil Audero; Bartosz Bereszynski, Omar Colley, Vasco Regini; Fabio Depaoli, Albin Ekdal, Karol Linetty, Nicola Murru; Gianluca Caprari; Fabio Quagliarella, Emiliano Rigoni.

Pelatih: Eusebio Di Francesco

Inter Milan (3-5-2): Samir Handanovic; Diego Godin, Stefan de Vrij, Milan Skriniar; Antonio Candreva, Matias Vecino, Marcelo Brozovic, Stefano Sensi, Kwadwo Asamoah; Lautaro Martinez, Alexis Sanchez.

Pelatih: Antonio Conte

Statistik dan catatan pertemuan kedua tim

Head to head kedua tim:

  • 18/02/19 Inter Milan 2 - 1 Sampdoria (Serie A)
  • 23/09/18 Sampdoria 0 - 1 Inter Milan (Serie A)
  • 18/03/18 Sampdoria 0 - 5 Inter Milan (Serie A)
  • 25/10/17 Inter Milan 3 - 2 Sampdoria (Serie A)
  • 04/04/17 Inter Milan 1 - 2 Sampdoria (Serie A)

Lima pertandingan terakhir Sampdoria:

  • 26/08/19 Sampdoria 0 - 3 Lazio (Serie A)
  • 02/09/19 Sassuolo 4 - 1 Sampdoria (Serie A)
  • 14/09/19 Napoli 2 - 0 Sampdoria (Serie A)
  • 22/09/19 Sampdoria 1 - 0 Torino (Serie A)
  • 26/09/19 Fiorentina 2 - 1 Sampdoria (Serie A)

Lima pertandingan terakhir Inter Milan:

  • 02/09/19 Cagliari 1 - 2 Inter Milan (Serie A)
  • 15/09/19 Inter Milan 1 - 0 Udinese (Serie A)
  • 17/09/19 Inter Milan 1 - 1 Slavia Praha (Liga Champions)
  • 22/09/19 AC Milan 0 - 2 Inter Milan (Serie A)
  • 26/09/19 Inter Milan 1 - 0 Lazio (Serie A)

Persentase menang:

Sampdoria 40 - 60 Inter Milan

Disadur dari Bola.com (Rizki Hidayat / Benediktus Gerendo Pradigdo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemnaker Luncurkan Layanan Sistem Informasi Ketenagakerjaan

Posted: 27 Sep 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan meluncurkan Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker), sebuah platform berbasis onlin e untuk menyikapi tuntutan perubahan dunia yang mengarah pada otomasi dan digitalisasi.

"Sisnaker ini penting sebagai salah satu bentuk pelayanan Kemenaker dalam memberikan single service. Ini lantaran core bisnis Kemnaker adalah pelayanan dan perlindungan tenaga kerja dan stakeholder terkait., " kata Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri dalam sambutan peluncuran Sisnaker dan pameran foto jejak kinerja Kemnaker. di Jakarta pada Jumát (27/9/2019).

Hanif mengatakan, Sisnaker merupakan suatu ekosistem digital yang menjadi platform bagi segala jenis layanan publik dan aktivitas bidang ketenagakerjaan, baik di pusat maupun daerah.

"Sisnaker ini memungkinkan seluruh sistem informasi yang ada di seluruh kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dapat bekerja sama secara lintas batasan organisasional," kata Hanif.

Maka dari itu, kata Hanif, Sisnaker ini sangat penting untuk memastikan agar masyarakat bisa mendapatkan layanan, baik dalam rangka mengakses seluruh layanan yang ada di Kemnaker.

"Selain berimplikasi pada efektifitas dan efisiensi pelayanan yang ada, Sisnaker juga akan meningkatkan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta pengendalian pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia sebagai satu kesatuan pasar kerja nasional," jelasnya.

Sisnaker terdiri dari 16 layanan terpadu ketenagakerjaan, yang mencakup 12 layanan teknis ketenagakerjaan dan 4 layanan pendukung. Seluruh layanan tersebut terintegrasi dalam satu domain website Kemnaker, www.kemnaker.go.id

Adapun, 12 layanan teknis ketenagakerjaan tersebut adalah layanan pelatihan kerja, layanan pemagangan, layanan penggunaan tenaga kerja asing, layanan wajib lapor ketenagakerjaan di perusahaan, layanan kelembagaan, sertifikasi, karirhub, standardisasi kompetensi kerja nasional Indonesia, produktivitas, peraturan perusahaan dan perjanjian kerja bersama (PP dan PKB), izin K3 dan SMK3, serta layanan bantuan. Sedangkan 4 layanan pendukung lainnya adalah aplikasi pengadaan, berita, data informasi, dan regulasi ketenagakerjaan.

Hanif mengatakan, kehadiran Sisnaker ini sangat penting agar masyarakat bisa mendapat pelayanan yang baik, prima, dan real time untuk bisa mengakses seluruh pelayanan Kemnaker.

"Semua ini dilakukan secara terintegrasi dengan kementerian/lembaga terkait. Saya minta seluruh jajaran di Kemnaker untuk segera menyelesaikan proses integrasinya. Jangan sampai ada platform yang beda-beda. Ke depan harus dipastikan terus berjalan, kita mulai dengan pelayanan tunggal," katanya.

Sekjen Kemnaker, Khairul Anwar, menambahkan, dengan Sisnaker, tata kelola ketenagakerjaan akan semakin transparan dan terpercaya karena menggunakan data yang sama sebagai "1 single source of truth". Komunikasi dan koordinasi internal dan eksternal juga akan semakin baik dengan adanya Sisnaker.

"Digitalisasi yang direspon dengan cerdas ini,  membuat kita mampu meningkatkan kinerja organisasi dengan cara lebih produktif, hemat biaya dan waktu, "  ujarnya. 

Sisnaker juga telah diintegrasikan dengan K/L terkait, diantaranya  BPJS Ketenagakerjaan; Ditjen Dukcapil, Kemendagri untuk akses data Kependudukan; Online Single Submission (OSS) dari BKPM; Ditjen Imigrasi, Kemenkumham; dan DItjen Perbendaharaan, Kemenkeu, dll.

Sekjen Khairul berharap, seluruh stakeholders dapat memanfaatkan layanan dalam Sisnaker ini. Sebab, Sisnaker sudah berorientasi pada tersedianya kebutuhan data ketenagakerjaan secara nasional yang akan menjadi rujukan bagi seluruh stakeholders. 

"Untuk itu diperlukan peran serta atau partisipasi stakeholders (masyarakat, lembaga pelatihan, perusahaan, dinas ketenagakerjaan dan sebagainya) untuk mendukung berjalannya Sisnaker ini," katanya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Aksi Ekstrem Siswa Saat Kerjakan Tugas di Sekolah

Posted: 27 Sep 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masa sekolah nampaknya menjadi momen yang akan selalu diingat semua orang. Bagaimana tidak, ada begitu banyak kenangan yang dilakukan bersama dengan sahabat masa itu. Ya, tentu banyak dari kamu yang pernah melakukan kenakalan saat masa sekolah, bukan?

Artikel tentang tingkah tak biasa siswa di sekolah menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan kisah-kisah romantis yang muncul saat demo mahasiswa.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang aksi netizen pasang badan untuk Awkarin.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 6 Tingkah Tidak Biasa Siswa di Sekolah, Kocak tapi Kelewat Ekstrem

foto: 1cak

Memang sudah hal yang lumrah bagi anak sekolah bertingkah nyeleneh dan kadang bikin guru tak habis pikir dibuatnya.

Tidak hanya kocak, terkadang hal-hal tersebut justru kelewat ekstrem. Tidak heran banyak dari mereka yang kena omel guru. Namun tidak sedikit yang kini justru kangen dengan momen tersebut ya.

Selengkapnya...

2. 5 Cerita Romantis Mahasiswa yang Bersemi di Kala Demo, Bikin Baper

(lawanpatriarki/instagram.com)

Aksi yang dilakukan oleh mahasiswa pada hari Selasa (24/9/19) di depan gedung DPR memberikan banyak cerita tersendiri. Banyak kejadian yang dinilai merugikan karena terjadinya bentrok mahasiswa dengan pihak aparat kepolisian.

Namun, di tengah ramainya perbincangan mengenai aksi pada Selasa lalu nyatanya selalu ada hal menarik untuk dibahas. Baru-baru ini banyak beredar kisah romantis yang terjadi antar mahasiswa saat melakukan aksi. 

Selengkapnya...

3. Ananda Badudu Sempat Ditangkap, Netizen Pasang Badan Buat Awkarin

Aksi Awkarin di Tengah Aksi Massa. (instagram.com/awkarin)

Setelah pihak kepolisian menangkap Ananda Badudu karena mentransfer dana kepada mahasiswa yang melakukan demo Selasa lalu, kini yang kembali menjadi sorotan adalah sikap Awkarin. Pada aksi tersebut, Awkarin diketahui membagikan 3.000 nasi kotak kepada para mahasiswa yang melakukan demo di depan gedung DPR.

Warganet menganggap bahwa sikap Awkarin dan Ananda Badudu juga memiliki kesamaan. Mereka berharap bahwa siapapun yang membagikan kebaikan kepada orang lain tidak perlu dihukum layaknya orang yang bersalah.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ORungutan Run 2019 Tanpa Kabut Asap di Ibu Kota Orangutan Dunia

Posted: 27 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jam menunjukkan pukul 06.00 WIB. Situasi cukup terang meski langit mendung. Kabut asap yang dikhawatirkan tak nampak.

Orang-orang berkaus ORungutan Run 2019 sudah berkerumun di Taman Kota Pangkalan Bun. Totalnya, berdasarkan pernyataan Wabup, mencapai 1.200 orang.

Meski begitu, mereka sama-sama bersemangat. Bahkan, para pelari sudah menggelar pemanasan bersama jelang lari lima kilometer memutari sebagian pusat kota.

Acara lari amal demi mendukung pelestarian orangutan itu sebenarnya nyaris tak jadi digelar. Surat permohonan pemunduran jadwal bahkan sudah diajukan. Namun, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) meyakinkan situasi lingkungan bakal kondusif.

"Penerbangan masih lancar, tidak ada close. Relatif aman. Walau kegiatan ini sempat diusulkan ditunda, saya sampaikan ke manajemen, cuaca masih mendukung," kata Bupati Kobar Nurhidayah usai membuka acara, Sabtu (28/9/2019).

Orangutan jadi andalan utama pariwisata di Kotawaringin Barat dengan Pangkalan Bun sebagai tempat transitnya. Nurhidayah menyebut 60 persen pemasukan daerah dari sektor pariwisata, disumbang dari wisata ke Taman Nasional Tanjung Puting. Utamanya yang datang adalah turis dari Eropa.

"Target 2018 kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara mencapai 18 ribu. Kita harap dengan digelar event seperti ini baik untuk promosi daerah. Jadi, tahun depan, kita targetkan 50 ribu wisatawan mancanegara maupun domestik datang ke sini," ujarnya.

Ajang lari yang perdana digelar itu sudah dirancang sejak setahun lalu. Para pelari yang terlibat tak hanya dari warga lokal, tapi juga dari 14 kabupaten/kota di Kalimantan Tengah, bahkan dari Pulau Jawa.

Direktur Marketing NAM Air Tubagus Irfan sebagai sponsor acara tersebut mengatakan gelaran itu merupakan bentuk komitmen melestarikan satwa langka, khususnya orangutan. Di sisi lain, ia berharap ajang itu bisa mendukung pengembangan pariwisata di Pangkalan Bun dan sekitarnya.

"Kami sempat khawatir banyak asap, tapi pas landing malah ada hujan. Dan pagi ini, cuacanya bersahabat sekali," ujarnya.

Sementara itu, Yayah Diasmono, Direktur Utama Bank Kalteng, juga sebagai sponsor acara tersebut menegaskan akan menjadikan ORungutan Run sebagai agenda tahunan.

Ancaman Kabut Asap

Boneka orangutan. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Meski menyebut kabut asap tak terlalu memengaruhi kondisi lingkungan di Kobar, bukan berarti bencana tersebut tak terjadi di wilayah itu. Nurhidayah menyebut sekitar dua persen warga menderita ISPA gara-gara kabut asap yang sempat muncul, beberapa waktu lalu. Namun, ia meyakinkan kabut asap tak memengaruhi kondisi orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting.

Sekitar tiga pekan lamanya, hujan tak turun sama sekali. Cuaca sangat panas itu memantik api di sejumlah titik di lahan gambut. Di sisi lain, ia mengakui masih ada warga yang membakar lahan untuk menanam sayur hingga merambat ke tempat lebih luas.

"Ada pula yang buang puntung rokok sembarangan. Pas lagi jalan, asal buang ke lahan gambut, ya langsung terbakar," imbuhnya.

Ia mengaku tim terpadu sudah dikerahkan untuk menyosialisasikan larangan membakar lahan dan membuang puntung rokok sembarangan, terutama memasuki musim kemarau. Di sisi lain, penindakan pada pembakar lahan juga berusaha ditegakkan meski ia mengaku tak tahu pasti berapa kasus pembakaran yang diselesaikan.

Tapi, warga tetap ada yang membandel. Menurutnya, ajakan warga mengolah lahan tanpa membakar tak sebegitu efektif, lantaran kurangnya bantuan peralatan yang tersedia. Pemkab mengaku hanya mampu menyediakan sedikit alat berat yang digunakan masyarakat harus bergiliran.

"Karena lahan gambut dan luas, mereka tidak bisa pakai pacul. Mereka butuh alat berat. Kita minta solusi dari pemerintah pusat, terutama dari sektor Kementerian Pertanian agar bisa support alat pertanian supaya warga bisa mengolah lahan tanpa membakar," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Seleb Tanah Air Ini Undang Artis Dunia di Pesta Hari Spesialnya, Seru Banget

Posted: 27 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari ulang tahun dan pernikahan biasanya menjadi hari yang paling spesial dalam hidup. Biasanya, hari ulang tahun atau pernikahan adalah saat yang ditunggu-tunggu karena perayaan keduanya identik dengan pesta, kado dan kejutan. Belum lagi ucapan selamat dan doa-doa yang diberikan dari orang sekitar hingga orang spesial, membuat hari tersebut terasa begitu spesial.

Tak heran jika banyak orang menginginkan pesta mereka dibuat seindah dan spesial mungkin. Tak tanggung-tanggung bahkan sebagian dari orang ingin merayakan hari spesial dengan konsep yang meriah dan mewah. Hal ini juga dilakukan oleh para selebritis Tanah Air. Tak hanya mewah dan mengundang rekan seprofesinya, mereka juga mengundang artis dunia.

Pesta berkonsep mewah dan mengundang artis dunia memang bukan perkara yang sulit untuk beberapa selebritis Tanah Air ini. Terkenal tajir melintir, demi meriahkan pesta di hari spesial, seleb Tanah Air ini mengundang artis dunia seperti Michael Buble, Keith Martin, hingga Calum Scott. Pesta meriah pada hari spesial dengan menghadirkan para artis dunia sukses menjadi perhatian publik.

Kira-kira siapa saja selebritis Tanah Air yang mengundang artis dunia ke pesta hari spesialnya? Berikut 6 seleb Tanah Air yang undang artis dunia ke pesta hari spesial yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (28/9/2019).

1. Agnez Monica

Penyanyi Agnez Mo berpose saat menghadiri iHeartRadio Music Awards 2019 di Los Angeles, California, AS, Kamis (14/3). Agnez Mo berhasil menyabet gelar juara kategori Social Star Award. (CHRIS DELMAS/AFP)

Mantan artis cilik Agnez Monica memang sudah terkenal sebagai salah satu seleb Tanah Air yang sudah go international. Di perayaan hari ulang tahunnya yang ke 33 tahun tahun ini, Agnez diketahui mengundang beberapa artis dunia untuk hadir di pestanya di Los Angeles.

Agnez Mo mengundang beberapa temannya baik dari kalangan selebritis maupun bukan. Artis dunia yang tampak hadir di pesta ulang tahun pelantun 'Matahariku' ini adalah Jordin Sparks dan Jason Derulo.

 

2. Liliana Tanoesoedibjo

Lihat penampilan sempurna bak putri raja dari Liliana Tanoesoedibjo saat merayakan ulang tahunnya yang ke 50, penasaran?

Liliana Tanoesoedibjo dikenal merupakan istri dari pengusaha kaya sekaligus politikus, Hary Tanoesoedibjo. Tepat pada 15 Maret 2019 lali, Liliana Tanoesoedibjo merayakan hari ulang tahunnya yang ke-52. Ualng tahun mewah ini dirayakan di Grand Hyatt Jakarta, pesta ulang tahun istri Hary Tanoesoedibjo tersebut dihadiri para pengusaha dan selebriti.

Tak hanya artis-artis ngetop Tanah Air saja yang diundang, namun Liliana Tanoesoedibjo juga secara khusus mendatangkan Calum Scott. Calum Scott merupakan penyanyi asal Inggris, yang namanya kini tengah populer di industri musik dunia. Liliana Tanoesoedibjo mendatangkan Calum Scott, khusus untuk bernyanyi di hari ulang tahunnya.

3. Jennifer Ipel

Seleb Tanah Air Ini Undang Artis Dunia di Pesta Hari Special (sumber : Instagram/@andarmustafa)

Belum lama ini ulang tahun ke-49 Jennifer Ipel berhasil mengejutkan dan membuat iri netizen. Jennifer Ipel diketahui mendapat sebuah kejutan ulang tahun dari para sahabat dan keluarga. Ulang tahun Jennifer ini dirayakan di sebuah restoran China dan tampak sederhana dan hanya dihadiri keluarga serta sahabat.

Namun perharian publik dibuat gagal fokus oleh kehadiran penyanyi legendaris dunia, Keith Martin. Keith Martin hadir secara eksklusif dengan membawakan beberapa lagu hits. Keith Martin juga tak segan mengajak para tamu untuk berduet bersama.

4. Clarissa Herliana Tanoesoedibjo

Keluarga Hary Tanoesoedibjo nampaknya memang sering mengundang artis dunia ke pesta-pesta special keluarganya. Setelah Liliana Tanoesoedibjo, kini giliran Clarissa Herliana Tanoesoedibjo yang mengundang artis dunia ke pesta ulang tahunnya.

Tak kalah dari sang ibu, putri ke-empat Hary Tanoesoedibjo, juga pernah menghadirkan penyanyi dunia saat pesta ulang tahunnya. Diketahui Clarissa mengundang Far East Movement sebagai pengisi acara ulang tahunnya yang ke-17 pada 2013 lalu.

5. Amanda Winarko

Pernikahan Amanda Winarko Crazy Rich Sampoerna (Sumber: Instagram/maisyarahjohan)

Amanda Winarko yang merupakan putri eks Komisaris PT HM Sampoerna, Seotajahjono Winarko juga menggelar pesta pernikahan mewah pada Juni lalu. Pesta pernikahan mewah Amanda Winarko dan Kelvin Sebastian ini berlangsung di Monte-Carlo, Monaco.

Pada pernikahan yang digelar mewah tersebut, keduanya mengundang Michael Buble sebagai pengisi acara. Melantunkan lagu-lagu hits miliknya, suara merdu Michael Buble menambah kesan romantis pada acara tersebut.

6. Kezia Toemion

Aditya Trihatmanto dan Kezia Toemion gelar resepsi mewah di Villa de Leon, Amerika Serikat. (dok. Instagram @frankhutapea/https://www.instagram.com/p/Bv-ygl4Bif6/Putu Elmira)

Pernikahan putra bungsu Bambang Trihatmodjo dari pernikahannya dengan Halimah, Aditya Trihatmanto dan Kezia Toemion pada 9 April 2019 lalu berhasil menjadi sorotan publik. Tak hanya digelar di Jakarta keduanya juga menggelar resepsi bertema internasional party di The Beverly Hills Hotel, Los Angeles.

Pada momen resepsi ini dihadiri anak-anak pejabat Tanah Air. Selain itu, Kezia dan Aditya juga mengundang penyanyi dunia Nelly sebagai pengisi acara. Kehadiran pelantun lagu Dilemma tersebut menambah kemeriahan resepsi pernikahan Kezia dan Adit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bupati Gresik Tegaskan SK Kenaikan Pangkat PNS Gratis

Posted: 27 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Gresik - 340 pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, Jawa Timur mendapatkan kenaikan pangkat pada periode 1 Oktober 2019. Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto mengingatkan PNS Pemkab Gresik yang naik pangkat agar memakai Surat Keputusan Kenaikan Pangkat (SKPP) sebaik-baiknya.

Sambari juga menegaskan, kalau kenaikan pangkat PNS gratis dan tidak dipungut uang di Gresik. Oleh karena itu, ia juga ingin pemberian SKPP tersebut langsung diberikan kepada masing-masing PNS.

"Saya ingin penyerahan SKKP ini langsung diterima oleh masing-masing PNS dari Badan Kepegawaian Daerah. Saya tidak ingin ada suara-suara di luaran kalau setiap kenaikan pangkat ada yang bayar dan ada yang mengeluarkan uang sebagai tanda terima kasih. Di Gresik semuanya gratis, baik itu SK kenaikan pangkat atau naik jabatan. Kami tidak pernah menarik uang, dan haram bagi kami," ujar Sambari, ditulis Sabtu (28/9/2019).

Ia juga mengingatkan kepada PNS yang naik pangkat agar SKKP ini untuk disimpan dan dipergunakan sebaik-baiknya. Sambari mengimbau PNS tidak memakai SKPP untuk menambah utang di bank.

"Jangan setelah menerima SKKP lalu menambah hutangnya di bank. Saya enggak yakin kalau SK yang sebelumnya itu masih disimpan di rumah. Jangan-jangan SK yang dulu sudah dijaminkan ke bank yang satu, dan SKKP yang ini juga siap dijaminkan juga. Awas jangan sampai hal ini terjadi," ujar Sambari.

Bupati Gresik ini menuturkan, PNS harus bisa mengatur gaya hidup. Kalau mendapat hasil kecil kebutuhannya harus kecil.

"Atau juga bisa mendapat penghasilan yang besar, anda juga harus menekan kebutuhan agar ada kelebihan untuk ditabung. Jangan sampai penghasilannya kecil tapi kebutuhannya besar, hal ini jangan sampai terjadi," ujar dia.

Rincian PNS Naik Pangkat

Sementara Kepala BKD Gresik Nadlif kepada Kepala Bagian Humas dan Protokol Sutrisno mengatakan, jumlah PNS yang naik pangkat pada periode 1 Oktober 2019 ini sebanyak 340 orang.

Rinciannya, 86 PNS struktural dan 254 PNS fungsional. Kalau diklasifikasikan pada golongan kepangkatannya, PNS yang naik pangkat tersebut masing-masing 34 PNS golongan II, 225 PNS golongan III dan 81 PNS golongan 4.

"Ada 8 orang PNS yang tertunda SKKP nya karena, SKKP tersebut diproses di Jakarta. SKKP PNS dengan golongan IV/c harus di proses di Jakarta. Tentu enggak lama lagi bakal keluar," tutur Nadlif.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Persela Lamongan Vs Bhayangkara FC di Vidio.com

Posted: 27 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Lamongan - Persela Lamongan dihadapkan pada duel krusial melawan Bhayangkara FC pada laga pekan ke-21 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, Lamongan, Sabtu (28/9/2019). Klub berjuluk Laskar Joko Tingkir mengemban misi meraih poin penuh demi menjauhi zona degradasi.

Tim asuhan pelatih Nilmaizar itu hanya mampu mengemas 19 poin dari 20 laga yang sudah dimainkan. Dengan jumlah tersebut, Persela saat ini berada pada situasi sulit, yakni menghuni peringkat ke-15 alias batas aman terakhir di klasemen Shopee Liga 1 2019.

"Ini pertadingan yang sangat krusial buat Persela. Kami hanya satu setrip di atas zona degradasi," kata Nilmaizar kepada bola.com

Namun demikian, Bhayangkara FC tak ingin begitu saja memberi poin kepada Persela. Pelatih Bhayangkara, Paul Munster sudah bertekad meraih tiga poin di laga ini.

"Kami ingin meraih kemenangan di sini. Semua pemain yang saya bawa untuk melawan Persela dalam kondisi yang bagus," kata Paul Munster.

Live streaming Shopee Liga 1 2019 Persela Lamongan vs Bhayangkara FC akan dimulai pukul`18.30 WIB di Vidio.com. Dapatkan link live streaming di halaman berikutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Persela Lamongan vs Bhayangkara FC, silakan klik di sini...

Prakiraan susunan pemain

Persela Lamongan (4-2-3-1): Dwi Kuswanto (kiper), Samsul Arifin, Mochammad Zaenuri, Arif Satria, Eky Taufik (belakang) Kei Hirose, Lucky Wahyu, Izmy Hatuwe, Sugeng Efendi, Rafinha (tengah) Alex Goncalves (depan)

Pelatih: Nilmaizar (Indonesia)

Bhayangkara FC (4-2-3-1): Wahyu Tri (kiper) Alsan Sanda, Jajang Mulyana, Anderson Salles, Bagas Adi Nugroho (belakang), Lee Yoo-joon, Teuku Ichsan, Wahyu Subo Seto, Adam Alis, Bruno Matos (tengah), Dendy Sulistyawan (depan)

Pelatih: Paul Munster (Irlandia Utara)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Wajah Kinclong, Bikin Chika Jessica Makin Percaya Diri

Posted: 27 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Chika Jessica, kecantikan merupakan hal wajib sebagai seorang selebritas. Dengan wajah yang cantik, mantan kekasih Deddy Corbuzier itu merasa lebih percaya diri tiap kali muncul di layar kaca.

Rupanya Chika Jessica memiliki jadwal rutin dalam melakukan perawatan tubuh. Dia mempercayakan sahabatnya, dr. Fera Susanti untuk memoles wajahnya menjadi lebih kinclong. Dengan tipe wajah yang kering, Chika Jessica menggunakan metode khusus triple hydration.

"Aku melakukan perawatan baby stem cell dan triple hydration. Memang sangat aku perlukan karena tipe muka aku sangat kering," ungkap Chika Jessica di Klinik Kecantikan Athena Gading Serpong, Tangerang, Jumat (27/9/2019).

"Jadi perawatan ini untuk melembapkan dalam satu kali, tindakan bisa untuk seterusnya. Di dalamnya itu Hyaluronic acid, untuk membantu merangsang pertumbuhan kolagen supaya wajah lebih moisturize dan lebih lembap. Sesuai dengan namanya, perawatan ini untuk orang yang kulitnya kering atau butuh kelembapan khusus. Supaya flek berkurang maka kulit harus dilembapkan," imbuh dr. Fera Susanti.

 

Awalnya Chika Jessica sempat ragu karena istilah beauty is pain alias cantik membutukan proses yang menyakitkan. Namun keraguan itu sirna setelah diyakinkan dr. Fera. Chika Jessica pun mengaku puas karena kulit wajahnya segar dan tak lagi kering.

"Pas pengerjaannya nyaman banget, karena dianestesi sebelumnya jadi enggak ada berasa sakit. Aku merasa kulitku tambah glowing, kayak pakai bedak dan tambah percaya diri saja gitu," ungkap Chika Jessica.

Chika Jessica dan dr. Fera Susanti (istimewa)

Baby Stem Cell

Chika Jessica (Istimewa)

Selain itu, dr. Fera Susanti pun menjelaskan metode baby stem cell yang juga digunakan Chika Jessica. Metode yang menggunakan plasenta bayi itu, kata dr. Fera, jauh lebih murah ketimbang melakukan perawatan wajah instan.

"Jadi ini dari plasenta bayi manusia, baby stem cell ini banyak dikembangkan di banyak negara seperti Jepang dan Singapura. Kalau kita yang dari Jepang, ada laboratorium khusus untuk mengerjakan ekstrak plasenta untuk baby stem cell. Soal harga, triple hydration Rp 9 juta dan baby stem cell Rp 5 juta. Kami sedang ada promo treatment keduanya cuma Rp 10 juta, bisa hemat Rp 4 juta ya," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank BRI dan Traveloka Akan Luncurkan PayLater Card

Posted: 27 Sep 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Jalin kerja sama dengan Traveloka untuk peluncuran PayLater Card. Kerja sama itu bertujuan menawarkan solusi yang inovatif bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan akses terhadap produk finansial. Simak video berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Massa Mujahid 212 Puji Demo Mahasiswa dan Pelajar

Posted: 27 Sep 2019 09:27 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Massa aksi Mujahid 212 terus menyuarakan sejumlah aspirasinya di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Orator di atas mobil komando juga sempat menyinggung soal petugas ambulans milik Pemprov DKI Jakarta yang menjadi korban dalam unjuk rasa beberapa hari lalu.

"Medis itu dalam perang sekalipun dilindungi. Medis oleh aparat kita, menyebar hoaks ambulans kita membawa batu, membawa bensin," kata orator dengan pengeras suara, Sabtu (28/9/2019).

Orator itu juga menyerukan dukungan terhadap unjuk rasa mahasiswa dan pelajar di depan gedung DPR, Jakarta Pusat.

"Hidup mahasiswa, hidup STM," teriaknya.

Pantauan Liputan6.com, massa yang datang dari arah Bundaran Hotel Indonesia (HI) tertahan di kawasan Patung Kuda yang mengarah ke depan Istana Merdeka.

Sejumlah atribut dan poster-poster seruan juga mewarnai aksi ini.

Sementara itu, Ketua panitia aksi Mujahid 212 Edy Mulyadi mengatakan, titik kumpul aksi berada di Bundaran HI mulai pukul 08.00 WIB dan bergerak menuju Istana.

"Kami ingin kembali menegaskan, bahwa umat Islam bersama arus besar perubahan yang digelorakan mahasiswa dan para pelajar SMU. Kami ingin memberikan kontribusi maksimal untuk perubahan Indonesia menjadi lebih baik," kata Edy dalam keterangan sehari sebelumnya, Jumat (27/9/2019).

Aparat Dinilai Represif

Edy kemudian menuturkan empat isu yang akan diangkat Mujahid 212 saat demo. Salah satunya mengenai sikap aparat yang dinilainya represif saat menghadapi demo mahasiswa.

"Pertama, aksi mahasiswa masih dihadapi oleh aparat dengan sikap represif hingga menimbulkan korban luka, hilang, bahkan ada yang meninggal dunia," kata Edy.

Kedua, munculnya aksi para pelajar sebagai sebuah fenomena yang sebelumnya tidak pernah terjadi dalam ekskalasi politik di negeri ini. Dia mengatakan, aksi yang berlangsung spontan dan tanpa komando itu pun berakhir ricuh dan berujung diamankannya ratusan pelajar oleh aparat.

"Ketiga, kerusuhan di Wamena, Papua, dengan korban puluhan jiwa dan eksodus warga pendatang keluar dari wilayah tersebut," ucapnya.

Keempat, masalah bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang tidak ditangani cepat oleh pemerintah telah menyebabkan ratusan ribu warga terkena pekatnya asap dan menderita ISPA hingga merenggut korban jiwa.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Sheffield United vs Liverpool: Tekad The Reds Lanjutkan Start Sempurna

Posted: 27 Sep 2019 09:20 PM PDT

Sheffield - Liverpool bakal tandang ke Bramall Lane untuk meladeni tantangan tim promosi Sheffield United pada pekan ke-7 Premier League 2019/20, Sabtu (28/9/2019) malam WIB.

Di 15 pertandingan terakhir di pentas Premier League, Liverpool selalu mengantungi kemenangan. Menghadapi Sheffield United yang berstatus klub promosi, The Reds berhasrat kuat memperpanjang rekor sempurna.

Sheffield dan Liverpool sama-sama turun di babak ketiga Piala Liga pada tengah pekan ini. Sheffield tersingkir usai kalah 0-1 menjamu Sunderland, sedangkan pasukan Jurgen Klopp melenggang berkat kemenangan 2-0 di kandang MK Dons melalui gol-gol James Milner dan Ki-Jana Hoever.

Sebelumnya, di Premier League pekan lalu, Sheffield meraih menang impresif 2-0 atas tuan rumah Everton lewat bunuh diri Yerry Mina dan gol Lys Moussett. Sementara itu, Liverpool menang 2-1 di markas Chelsea melalui gol-gol Trent Alexander-Arnold dan Roberto Firmino.

Liverpool belum pernah meraih kemenangan tandang Premier League di Bramall Lane, sekali kalah dan dua kali imbang dalam tiga laga. The Reds punya kapasitas untuk mematahkan catatan negatif tersebut, sekaligus melanjutkan start sempurna mereka.

Komposisi Pemain dan Statistik

Penyerang Liverpool, Firmino (kedua kiri) berselebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Chelsea pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London (22/9/2019). Liverpool menang tipis atas Chelsea 2-1. (AP Photo/Frank Augstein)

Prakiraan Susunan Pemain 

  • Sheffield United (3-5-2): Henderson; O'Connell, Egan, Basham; Stevens, Fleck, Norwood, Lundstram, Baldock; Robinson, McBurnie
  • Manajer: Chris Wilder
  • Liverpool (4-3-3): Adrian; Robertson, van Dijk, Matip, Alexander-Arnold; Wijnaldum, Fabinho, Henderson; Mane, Firmino, Salah
  • Manajer: Jurgen Klopp

Head to Head

  • Pertemuan: 6
  • Sheffield menang: 2
  • Gol Sheffield: 5
  • Imbang: 2
  • Liverpool menang: 2
  • Gol Liverpool: 8

Rekor 5 Pertemuan Terakhir

  • 24-02-2007 Liverpool 4-0 Sheffield (EPL)
  • 19-08-2006 Sheffield 1-1 Liverpool (EPL)
  • 22-01-2003 Liverpool 2-0 Sheffield (Piala Liga)
  • 09-01-2003 Sheffield 2-1 Liverpool (Piala Liga)
  • 02-04-1994 Liverpool 1-2 Sheffield (EPL)

 

Sumber asli: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, Published 27-09-2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layanan Perbankan BRI di Wamena Tetap Normal

Posted: 27 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terusmemberikan layanan operasional perbankan pasca kerusuhan yang terjadi di Wamena. Sejak Senin (23/09). PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terusmemberikan layanan operasional perbankan pasca kerusuhan yang terjadi di Wamena. Sejak Senin (23/09)Kantor Cabang BRI Wamena beroperasi dengan pelayanan terbatas dan Rabu (25/9) sudah beroperasi secara penuh. Sementara 8 mesin ATM BRI dan 1 mesin CRM BRI di wilayah Wamena tidak terganggu dan dapat terus digunakan oleh masyarakat.

Adapun ATM dan CRM BRI di Wamena yang telah beroperasi secara normal berlokasi di Hotel Grand Santika, RSUD Wamena, Bandara Wamena, ATM BRI Unit Harapan, ATM BRI Unit Nayak dan Galeri ATM BRI Wamena. Sementara itu, 2 ATM BRI mengalami rusak berat dan 4 ATM BRI tidak dapat beroperasi karena matinya aliran listrik.

Corporate Secretary Bank BRI Hari Purnomo menyampaikan bahwa Bank BRI telah membentuk tim task force khusus dalam rangka menjaga keoptimalan seluruh jaringan kantor dan elektronik BRI di wilayah Wamena.

"Bank BRI berkomitmenuntuk selalu  memberikan pelayanan perbankan  kepada masyarakat secara prima sebagai dukungan agar ekonomi di Wamena kembali menggeliat," imbuh Hari.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Sumbar Serukan Warganya Bantu Kepulangan Perantau dari Wamena

Posted: 27 Sep 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyerukan agar masyarakat provinsi itu, baik yang berada di kampung halaman maupun yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia, untuk ikut membantu kepulangan perantau dari Wamena, Jayawijaya, Papua.

"Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Sumbar sudah mulai pengumpulan bantuan. Diharapkan ASN di kabupaten dan kota juga mengikuti. Masyarakat di kampung dan di rantau juga bisa mengirimkan bantuan," kata Irwan di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (28/9/2019).

Menurut dia, kepedulian semua pihak sangat diharapkan karena biaya pemulangan dari perantau itu cukup besar. Berdasarkan informasi dari Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Papua, Zulhendri Sikumbang, sementara ini ada sekitar 327 kepala keluarga perantau di Wamena yang ingin pulang.

Dengan estimasi tiga orang per keluarga, ada 900 orang lebih yang harus dibantu kepulangannya. Harga tiket pesawat dari Papua-Padang diperkirakan Rp 5 juta per orang. Jadi setidaknya butuh Rp 4,5 miliar anggaran untuk membantu pemulangan perantau itu.

Dikutip dari Antara, Irwan mengatakan, Pemprov Sumbar sudah membuka rekening khusus untuk membantu perantau di Wamena tersebut. Siapa pun yang bersedia membantu bisa mengirimkan bantuan ke rekening Bank Nagari 2101.0210.07340-3 atas nama Sumbar Peduli Sesama.

Nasib perantau Minang di Wamena saat ini, katanya, masih simpang siur. Informasi terakhir sebagian besar termasuk wanita dan anak-anak masih bertahan di tenda-tenda pengungsian.

Untuk memastikan kondisinya Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit bersama sejumlah perwakilan OPD langsung diutus ke Papua untuk memastikan hal itu. Rombongan itu juga membawa sedikit bantuan yang sempat terkumpul sebelum keberangkatan.

"Dari hasil pertemuan nanti diharapkan akan didapat informasi pasti kondisi dan berapa orang warga Sumbar di sana yang ingin pulang namun tidak punya biaya lagi," kata Irwan.

Korban Asal Sumbar

Sebelumnya kerusuhan di Wamena mengakibatkan 28 orang tewas. Sepuluh di antaranya berasal dari Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Delapan dari sepuluh jenazah itu sudah dipulangkan dan dikuburkan di kampung halaman. Namun, kondisi perantau di Wamena masih simpang siur. Banyak informasi tidak jelas menyebar melalui pesan WA dan media sosial.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Berantai untuk Pelajar STM Gelar Aksi Demo di Palembang

Posted: 27 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Rencana aksi demonstrasi yang akan dilakukan para pelajar STM atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) gagal dilakukan, pada Kamis (26/9/2019) pagi.

Aparat kepolisian ternyata bertindak gesit dengan menjaring para pelajar STM, yang sedang berkumpul di beberapa titik Kota Palembang.

Di antaranya di Jalan Lapangan Hatta dan taman Kambang Iwak, di Jalan Tasik Palembang. Para pelajar STM ini digiring ke pos polisi, di dekat Jembatan Ampera. Setelah didata, mereka dibawa ke Polresta Palembang dan bisa bebas setelah dijemput kepala sekolahnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel, Widodo mengatakan, puluhan siswa yang diamankan di Polresta Palembang, sudah dijemput kepala sekolahnya masing-masing pada Kamis sore.

"Kemarin sudah pulang semua, dijemput kepala sekolahnya di Polresta Palembang. Tidak ada satu pun yang berada di sana," ujarnya kepada Liputan6.com, Jumat (27/9/2019).

Dari puluhan pelajar STM yang berkumpul untuk menggelar aksi demo seperti di Jakarta, ada beberapa pelajar yang mendapatkan pesan berantai. Pesan berbentuk flyer tersebut, bertuliskan 'Seruan Solidaritas Palembang Menggugat'.

Dalam pesan berantai tersebut berisi tentang ajakan para pelajar di Palembang, untuk turun ke jalan, meninggalkan kelas dan sekolah. Karena nasib mereka dan orangtuanya terancam oleh rezim orde baru.

Bahkan dalam pesan berantai ini, para pelajar diwajibkan menggunakan seragam sekolah, membuang badge sekolah dan membawa poster tututan pendidikan.

"Saya juga menerima (pesan) itu pada Rabu (25/9/2019) malam. Saya langsung kirim ke seluruh kepala sekolah. Agar anak muridnya, termasuk pelajar STM diedukasi untuk tidak terbujuk ajakan tersebut," ucapnya.

Disdik Sumsel juga sudah menyebarkan himbauan ke kepala sekolah di Sumsel, untuk memastikan anak muridnya mengikuti Proses Belajar Mengajar (PBM) di sekolah pada Kamis pagi.

Pelajar STM Ditangkap

Pesan berantai yang tersebar satu hari sebelum puluhan pelajar STM di Palembang berkumpul merencanakan demo (Liputan6.com / Nefri Inge)

Jika salah satu muridnya tidak hadir, langsung hubungi wali murid dan memastikan jika siswanya dalam pantauan. Jika jam pelajaran kosong, para guru harus inisiatif mengisi dengan kegiatan, agar para murid tidak bolos sekolah.

"Ternyata masih saja ada anak yang diluar kendali kita. Mereka keluar dari rumah, tapi tidak ke sekolah. Ada yang sudah keluar sekolah di jam pelajaran. Mereka berkumpul ramai-ramai dan akhirnya ditangkap polisi," ucapnya.

Jika aksi demo pelajar memang benar terjadi kemudian hari, Disdik Sumsel berjanji akan mengawal. Terlebih jika ada tuntutan yang disampaikan, bersama Gubernur Sumsel Herman Deru, mereka akan menyampaikannya ke DPRD Sumsel.

"Tapi ini bukan waktunya demo. Nanti kalau sudah dewasa, sudah mengerti masalah. Ini ngerti aja lagi enggak," ujarnya.

Afis, pelajar STM di Palembang yang terjaring razia mengungkapkan, awalnya dia tidak ada niat untuk ikut berdemo bersama teman-temannya. Saat dia melewati kawasan lapangan hatta, dia dipanggil teman-temannya.

"Saya dipanggil, diajak untuk nongkrong bareng. Baru saja duduk, tiba-tiba ada polisi datang dan menangkap. Mau bagaimana lagi, mau kabur juga tidak bisa," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukacita Perhimpunan Dokter atas Kematian dr Soeko Marsetiyo

Posted: 27 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) turut berduka atas kepergian dokter Soeko Marsetiyo dalam usia 53 tahun. Ia meninggal saat peristiwa kerusuhan di Wemana, Papua pada 23 September 2019.

Dokter Soeko telah mengabdikan diri puluhan tahun melayani kesehatan masyarakat di daerah pedalaman Wamena. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Aloysius Giyai di Jayapura, dokter Soeko bersedia mengemban tugas puluhan tahun di Kabupaten Tolikara, Papua.

"Selama mengemban tugas, dokter Soeko melayani masyarakat tanpa membedakan suku, agama, dan ras. Sungguh menimbulkan keprihatinan bagi semua pihak, dokter Soeko mengalami kejadian tragis yang mengakibatkan kematian," ucap Ketua Umum PDEI​​​​​ Adib Khumaidi melalui keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Sabtu (28/9/2019).

Dukacita kematian dokter Soeko juga datang dari Masyarakat Hukum Kesehatan Indonesia (MHKI). PDEI dan MHKI prihatin dengan kondisi Wamena yang belum kondusif.

"Kami turut berdukacita mendalam atas kematian dokter Soeko dan sangat prihatin dengan kondisi Wamena. Berdasarkan informasi terakhir dari sejawat di sana, kondisi belum kondusif, masyarakat dan petugas-petugas kesehatan masih mengungsi di rumah sakit daerah," kata Ketua Umum MHKI Mahesa Paranadipa.

Segera Lakukan Pemulihan

Pemulihan situasi agar petugas kesehatan aman menjalankan tugas. (Foto: Pexels.com/Raw Pixel)

Menyikapi kematian dokter Soeko Marsetiyo terkait UU Nomor 39 tahun 1999 mengenai Hak Asasi Manusia, PDEI dan MHKI memberikan pernyataan tegas.

Mereka mendesak pemerintah, baik pusat maupun daerah serta aparat keamanan agar segera melakukan pemulihan kondisi di Wamena.

"Pemulihan ini dengan pendekatan persuasif agar situasi kembali aman. Tentunya, tetap meningkatkan keamanan bagi seluruh petugas kesehatan dan sarana prasarana kesehatan di sana," Adib menegaskan.

Menurut Mahesa, dengan situasi yang kembali aman maka para petugas kesehatan pun dapat memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Meilany Chandrawaty, Ibunda Roy Kiyoshi yang Jarang Terekspos

Posted: 27 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presenter sekaligus praktisi supranatural, Roy Kiyoshi beberapa waktu lalu jadi perbincangan publik. Pasalnya, Roy Kiyoshi digosipkan tengah menjalin hubungan khusus dengan Evelyn Nada Anjani, mantan istri komedian Aming.

Lewat akun Instagram masing-masing, Roy Kiyoshi dan Evelyn Nada Anjani kompak mengunggah momen kebersamaan mereka. Sontak kabar tersebut cukup mengejutkan publik lantaran Aming mengaku masih ada perasaan untuk Evelyn.

Kendati demikian, Roy Kiyoshi tampaknya tak ambil pusing dengan status hubungan Evelyn dan Aming. Baru-baru ini, Roy Kiyoshi juga diundang aktor yang merangkap YouTuber, Boy William untuk tampil di konten videonya.

Keduanya berbincang tentang banyak hal, salah satunya mengenai prediksi menurut penerawangannya. Terlepas dari kemampuannya melihat hal-hal di luar nalar manusia, Roy Kiyoshi merupakan sosok pria yang dekat dengan keluarga, khususnya sang ibunda, Meilany Chandrawaty.

Meski kedekatan keduanya jarang tersorot, hubungan ibu dan anak ini sering mendapat pujian netizen. Terutama sosok Meilandy Chandrawaty yang juga berpenampilan modis seperti sang anak. Untuk itu, berikut Liputan6.com sajikan 6 potretnya seperti yang telah dihimpun dari akun Instagram @lanychandrawaty, Sabtu (28/9/2019).

1. Ini dia sosok Meilany Chandrawati. Gayanya seperti anak muda, bukan?

Meilany Chandrawaty - ibunda Roy Kiyoshi (Sumber: Instagram/lanychandrawaty)

2. Meilany Chandrawaty adalah istri dari Hasan Anwar.

Meilany Chandrawaty - ibunda Roy Kiyoshi (Sumber: Instagram/lanychandrawaty)

3. Meski sudah berstatus ibu dua anak, Ibu Lany tetap modis bak ABG.

Meilany Chandrawaty - ibunda Roy Kiyoshi (Sumber: Instagram/lanychandrawaty)

4. Meilany Chandrawaty seringkali bertemu dengan para selebriti, seperti Jessica Iskandar dan Inul Daratista.

Meilany Chandrawaty - ibunda Roy Kiyoshi (Sumber: Instagram/lanychandrawaty)

5. Potret keluarga Roy Kiyoshi saat berlibur bersama.

Meilany Chandrawaty - ibunda Roy Kiyoshi (Sumber: Instagram/lanychandrawaty)

6. Nampaknya Meilany Chandrawaty sudah merestui hubungan sang anak dan Evelyn Nada Anjani.

Meilany Chandrawaty - ibunda Roy Kiyoshi (Sumber: Instagram/lanychandrawaty)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Cari Untung, Pesona Nusa Dua Fiesta di Bali Anggarkan Rp 3 Miliar

Posted: 27 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) kembali menggelar Pesona Nusa Dua Fiesta di Bali. Acara akan diselenggarakan pada 25-27 Oktober 2019.

Tahun ini, ITDC menargetkan 15 ribu pengunjung, bertambah 5.000 pengunjung dari realisasi tahun 2018. Anggarannya pun bertambah dari Rp 2,5 miliar menjadi Rp 3 miliar.

Managing Director ITDC The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita, berkata uang tersebut merupakan investasi untuk menggairahkan kesenian di Bali. Masalah keuntungan finansial pun tidak diutamakan.

"Event ini sebetulnya semi-komersil. Kami lebih menunjukan, mengangkat aktivitas budaya dan seni kemudian memberikan atraksi atau event ke wisatawan," ujar Ardita pada Jumat (27/9/2019) di Jakarta.

ITDC merupakan BUMN pengembang kawasan pariwisata Nusa Dua, Bali, dan Mandalika. Ardita berkata pengembangan berjalan positif meski ia enggan bicara banyak.

Untuk wilayah Nusa Dua, tahun lalu berhasil mendapat kunjungan dari satu juta turis. Ardita berkata kegiatan Nusa Dua Fiesta juga membantu menambah turis ke wilayah Nusa Dua serta menambah tingkat kepuasan kunjungan mereka. 

NDF ini juga diselenggarakan di wilayah The Nusa Dua, yaitu sebuah kawasan pariwisata terintegrasi di Bali yang didukung lebih dari 5.000 kamar tidur dan sarana konferensi yang menampung lebih dari 10 ribu delegasi. 

Gelaran Nusa Dua Fiesta 2019 Bidik 15 Ribu Wisatawan

Beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menggelar Pesona Nusa Dua Fiesta 2019 di Bali.

Beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menggelar Pesona Nusa Dua Fiesta 2019 di Bali. Acara ini akan menawarkan pagelaran musik dan budaya untuk memikat 15 ribu pengunjung.

Sesuai dengan tema, kompetisi body painting level internasional akan menjadi andalan acara ini. Musisi Bali dan lokal pun akan diundang untuk meramaikan acara seperti Padi Reborn dan Hivi.

"Ini merupakan kegiatan yang ke-23, jadi dari segi usia sedang hot. Jadi mulai matang dan membentuk lebih bagus, dan format menuju profesional dan layak distandarkan menjadi even internasional," ujar Managing Director Kawasan Pariwisata The Nusa Dua, Indonesia Tourism Corporation (ITDC), I Gusti Ngurah Ardita, Jumat (27/9/2019), di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta.

Beragam kegiatan yang menarik bagi turis anak muda dan keluarga juga disiapkan adalah Tari Pendet 100 penari anak, LED Magician, Parade Ngelawang, Colossal Dance, Fashion Carnaval, Make Up Challenge, Kids Station, Cooking Competition, dan Cover Song Creativity.

Kegiatan ini memberi kesempatan bagi turis untuk berbelanka produk kerajinan dan menikmati sajian kuliner yang memadukan budaya tradisional dan modern di lokasi acara: Peninsula Island.

Dampak Ekonomi

Wisatawan asing berjalan di sekitar Pantai Nusa Dua, Bali setelah gempa bumi, Senin (6/8). Aktivitas pantai Nusa Dua Bali masih ramai wisatawan asing setelah adanya gempa 7 pada skala richter yang berpusat di Lombok NTB. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Plt. Asisten Deputi Usaha Energi Logistik, Kawasan dan Pariwisata I Kementerian BUMN Haryo Indratno menyebut, pariwisata bisa menjadi alternatif ekonomi yang baik agar Indonesia tak tergantung ke sektor komoditas. Ia pun menegaskan bahwa situasi Bali kondusif meski ada kontroversi politik terkait RUU KUHP.

"Mohon sampaikan bahwa Bali aman," tegas Haryo.

Acara ini dikembangkan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation. Bank Mandiri dan Novotel turut terlibat pada festival ini.

Tiket presale juga bisa dibeli di situs nusaduafiesta dengan harga Rp 40 ribu per hari.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Google Hapus 29 Aplikasi Jahat dari Play Store

Posted: 27 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang 29 aplikasi jahat yang dihapus paksa oleh Google dari Play Store, mencuri perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (27/9/2019).

Selain itu, dua artikel lain yang mencuri perhatian, termasuk perayaan ulang tahun Google ke-21, dan layar Galaxy Fold kembali rusak setelah satu hari dipakai.

Tanpa panjang lebar, simak berita selengkapnya:

1. Google Hapus 29 Aplikasi Jahat yang Sudah Diunduh 10 Juta Kali di Play Store

Sebanyak 29 aplikasi jahat ditemukan di toko aplikasi Google Store. Jika dijumlah, total unduhan ke-29 aplikasi itu bisa mencapai 10 juta kali.

Hal tersebut berdasarkan laporan dari Quick Heal Security Labs yang dipublikasikan belum lama ini. Belakangan setelah laporan dipublikasikan, Google langsung menghapus ke-29 aplikasi jahat.

Mengutip laman Gadget NDTV, Jumat (27/9/2019), salah satu aplikasi jahat dalam daftar telah di-instal hingga 5 juta kali. Dari ke-29 aplikasi jahat, 24-nya masuk dalam kategori "HiddAd."

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Google Rayakan Ulang Tahun ke-21 dengan Foto Komputer Lawas di Doodle

Google merayakan ulang tahunnya yang ke-21 tahun pada Jumat (27/9/2019).

Perayaan ulang tahun raksasa internet asal Amerika Serikat ini dilakukan dengan memajang Google Doodle di laman muka pencarian Google hari ini.

Dalam Google Doodle edisi ulang tahun ini, perusahaan memasang sebuah foto retro satu set komputer model lama. Layar komputer dektop itu menampilkan laman pencarian Google lawas dengan logo lamanya.

Baca Selengkapnya di Sini

3. Baru Satu Hari Dipakai, Layar Samsung Galaxy Fold Kembali Rusak

Samsung seharusnya sudah meluncurkan smartphone layar lipat pertamanya, Galaxy Fold, pada awal tahun ini.

Karena ada beberapa masalah terhadap daya tahan layar saat digunakan, Samsung memutuskan untuk menarik perangkat tersebut dari dan berusaha memperbaiki masalah.

Usai diperbaiki, perusahaan asal Korea Selatan itu sudah menjual Galaxy Fold ke pasar Korea Selatan, dilanjutkan ke Amerika Serikat dan Inggris.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Shopee Liga 1 2019 Barito Putera Vs Persebaya Exclusive di Vidio

Posted: 27 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Martapura - Barito Putera akan menghadapi Persebaya Surabaya di pekan ke-21 Shopee Liga 1 2019. Kedua tim dijadwalkan berjumpa di Stadion Demang Lehman, Martapura, Sabtu malam WIB (28/9/2019), dan akan disiarkan Indosiar.

Barito Putera ingin memanfaatkan status sebagai tim tuan rumah untuk memutus catatan negatif di Shopee Liga 1 2019. Sebelumnya, Laskar Antasari menelan dua kekalahan beruntun, masing-masing takluk 1-4 dari Bhayangkara FC (18/9/2019) an 0-1 dari Persija Jakarta (23/9/2019).

Hasilnya, Barito Putera masih tertahan di zona merah atau zona degradasi. Dengan mengemas 16 poin dari 20 pertandingan, Barito menduduki posisi ke-17 klasemen sementara.

Laga ini juga menjadi momen emosional bagi pelatih Barito Putera Djadjang Nurdjaman. Sosok yang akrab disapa Djanur itu sebelumnya menangani Persebaya di putaran pertama Shopee Liga 1 2019.

Namun, asisten pelatih Persebaya, Bejo Sugiantoro menyebut pihaknya tidak perlu takut dengan keberadaan Djanur di tim lawan. Duel ini tetap akan menjadi sajian menarik dan pertarungan sengit kedua tim.

Bejo sadar Persebaya akan lebih dijagokan jika mengacu pada klasemen sementara. Persebaya kini menghuni peringkat keenam dengan 30 poin dari 20 pertandingan.

Selain di Indosiar, Anda juga bisa menyaksikan laga Barito Putera Vs Persebaya secara eksklusif di Vidio Premier dengan berlangganan di link berikut ini.....

Prakiraan Susunan Pemain

Barito Putera (4-3-3): Muhammad Riyandi (kiper); Gavin Kwan, Cassio de Jesus, Dandi Maulana, Rony Beroperay (belakang); Evan Dimas, Kosuke Uchida, Sackie Doe (tengah); Rizky Pora, Fransisco Torres, Samsul Arif (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Abu Rizal, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (belakang); Rachmat Irianto, Aryn Williams, Diogo Campos (tengah); Oktafianus Fernando, David da Silva, Irfan Jaya (depan)

Pelatih: Wolfgang Pikal

 

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampilan Enerjik Bebe Rexha di Rock in Rio

Posted: 27 Sep 2019 09:00 PM PDT

Penyanyi AS Bebe Rexha saat tampil di atas panggung Rock in Rio, di Olympic Park, di Rio de Janeiro, Brasil (27/9/2019). Festival Rock in Rio yang berlangsung seminggu ini dihadiri bintang-bintang internasional. (AFP Photo/Mauro Pimentel)

Penyanyi AS Bebe Rexha saat tampil di atas panggung Rock in Rio, di Olympic Park, di Rio de Janeiro, Brasil (27/9/2019). Festival Rock in Rio yang berlangsung seminggu ini dihadiri bintang-bintang internasional. (AFP Photo/Mauro Pimentel)

Penyanyi AS Bebe Rexha saat menyapa penonton selama festival Rock in Rio, di Olympic Park, di Rio de Janeiro, Brasil (27/9/2019). lebih dari 700.000 penonton dan tindakan sosial termasuk pelestarian Amazon menyaksikan festival tersebut. (AP Photo/Leo Correa)

Penyanyi AS Bebe Rexha saat menyapa penonton selama festival Rock in Rio, di Olympic Park, di Rio de Janeiro, Brasil (27/9/2019). lebih dari 700.000 penonton dan tindakan sosial termasuk pelestarian Amazon menyaksikan festival tersebut. (AP Photo/Leo Correa)

Aksi panggung penyanyi AS Bebe Rexha saat tampil pada festival Rock in Rio, di Olympic Park, di Rio de Janeiro, Brasil (27/9/2019). Bebe Rexha tampil enerjik bersama para penari samba di atas panggung. (AFP Photo/Mauro Pimentel)

Aksi panggung penyanyi AS Bebe Rexha saat tampil pada festival Rock in Rio, di Olympic Park, di Rio de Janeiro, Brasil (27/9/2019). Bebe Rexha tampil enerjik bersama para penari samba di atas panggung. (AFP Photo/Mauro Pimentel)

Aksi panggung penyanyi AS Bebe Rexha menari bersama penari samba pada festival Rock in Rio, di Olympic Park, di Rio de Janeiro, Brasil (27/9/2019). Festival Rock in Rio yang berlangsung seminggu ini dihadiri bintang-bintang internasional. (AP Photo/Leo Correa)

Aksi panggung penyanyi AS Bebe Rexha menari bersama penari samba pada festival Rock in Rio, di Olympic Park, di Rio de Janeiro, Brasil (27/9/2019). Festival Rock in Rio yang berlangsung seminggu ini dihadiri bintang-bintang internasional. (AP Photo/Leo Correa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonton Trailer Habibie & Ainun 3, Putra Sulung BJ Habibie Menangis

Posted: 27 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Film Habibie & Ainun 3 akan tayang di bioskop Tanah Air pada Desember 2019. Film karya Hanung Bramantyo ini dibintangi Maudy Ayunda, Jefri Nichol, dan Reza Rahadian. Kamis (26/9/2019), rumah produksi MD Pictures meluncurkan trailer dan poster resmi Habibie & Ainun 3.

Acara itu dihadiri anak-anak dan cucu BJ Habibie. Usai menonton trailer Habibie & Ainun 3, putra sulung BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie tampak tak kuasa menahan haru. Matanya berkaca-kaca, saat trailer diakhiri dengan dokumentasi pernyataan cinta BJ Habibie.

"Terus terang saya menangis, terus terang ini sangat berat," ungkap Ilham Akbar Habibie yang tak mampu menahan air mata. Ia lantas tersedu-sedu. Seorang kerabat memberinya tisu untuk menyeka air mata yang membasahi pelupuk.

Sambil menyeka air mata, Ilham Akbar Habibie mempersilakan produser Manoj Punjabi menyampaikan keterangan di depan awak media. "(Habibie & Ainun 3) adalah dedikasi untuk Pak Habibie almarhum. Ini bukan sekadar film melainkan segalanya untuk Pak Habibie," beri tahu Manoj di Epicentrum XXI Jakarta Selatan.

Warisan untuk Indonesia.

(Bayu Herdianto/KapanLagi.com)

Manoj Punjabi berharap film Habibie & Ainun (2012), Rudy Habibie (2016), dan Habibie & Ainun 3 menjadi warisan BJ Habibie untuk Indonesia.

Dua hari sebelum Presiden ketiga Republik Indonesia itu mangkat, Manoj Punjabi menghubungi Ilham Akbar Habibie. Ia ingin menjenguk BJ Habibie.

"Waktu itu Ilham bilang saya harus menjenguk sekarang. Saat bertemu saya, Pak Habibie bilang, 'Inilah saatnya, sekarang.' Saya bilang tidak," cerita Manoj Punjabi.

Ia pun memberi tahu BJ Habibie, trailer dan poster film telah siap.

Tak Sempat Menonton

Cucu Pak Habibie, Tifani Habibie ikut bermain dalam film Habibie & Ainun 3 (Liputan6.com/Instagram/habibieainunmovie)

Mendengar itu, wajah BJ Habibie tampak bungah.

"Pak Habibie bilang pengin menonton filmnya. Sayang tidak terkabul. Saat mendengar soal film ini wajahnya kembali cerah dan air mukanya tampak bahagia. Saya sudah menganggap BJ Habibie seperti orang tua sendiri," pungkas Manoj Punjabi.

Habibie & Ainun 3 nantinya mengisahkan masa muda dan perjuangan Hasri Ainun hingga akhirnya bertemu BJ Habibie. Ainun muda diperankan Maudy Ayunda. Ia pula yang menyanyikan lagu tema film bertajuk "Kamu dan Kenangan." (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Taliban Ancam Serang Pilpres Afghanistan, Ribuan Pengaman Siaga

Posted: 27 Sep 2019 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Kabul - Pemungutan suara dalam rangka pemilihan presiden (pilpres) Afghanistan sedang berlangsung. Aktivitas itu dilakukan di tengah keamanan tinggi dan ancaman dari Taliban.

Puluhan ribu anggota keamanan Afghanistan dikerahkan di seluruh negeri untuk melawan gerilyawan Taliban yang bersumpah untuk menyerang tempat pemungutan suara.

"Voting telah dimulai di seluruh negeri, dan kami senang orang-orang sudah berada di garis besar di pusat-pusat pemungutan suara menunggu untuk memberikan suara mereka," ujar Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum Independen Zabi Sadaat mengatakan kepada AFP seperti dikutip dari BBC, Sabtu (28/9/2019).

Pemungutan suara kedua ini sempat ditunda setelah pembicaraan damai Taliban-AS buntu awal bulan ini.

Dua kandidat utama dalam pilpres kali ini adalah petahana, Ashraf Ghani, dan Pemimpin Eksekutif Afghanistan, Abdullah Abdullah. Mereka telah berbagi kekuasaan sejak 2014.

Delapan belas orang - termasuk mantan panglima perang, mantan mata-mata dan anggota-anggota pemerintahan komunis negara itu - awalnya mengajukan diri untuk bertarung dalam pemilihan, tetapi lima orang di antaranya mundur.

Tidak ada satu wanita pun yang mencalonkan diri sebagai presiden.

Peran Penting Pemimpin Afghanistan Selanjutnya

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani (AP/Wakil Kohsar)

Presiden Afghanistan berikutnya akan memimpin negara yang hancur akibat perang empat dekade. Konflik terus membunuh ribuan orang setiap tahun, menarik pasukan dari seluruh dunia.

Hampir dua dekade sejak komunitas internasional melakukan intervensi, AS telah berusaha untuk menegosiasikan diakhirinya konflik dengan Taliban. AS saat ini memiliki sekitar 14.000 tentara di Afghanistan, dan ada ribuan lainnya dari negara-negara seperti Inggris, Jerman dan Italia -- mereka di sana sebagai bagian dari misi NATO untuk melatih, memberi nasihat dan membantu pasukan keamanan negara.

Itu berarti siapa pun yang terpilih sebagai presiden dalam pemilihan keempat sejak pasukan pimpinan AS menggulingkan Taliban pada tahun 2001, memiliki peran kunci untuk dimainkan pada momen penting dalam sejarah negara itu.

Namun, Taliban saat ini menolak untuk bernegosiasi langsung dengan pemerintah Afghanistan, mengatakan itu tidak sah. Terlebih lagi, kelompok militan mengatakan hanya akan memulai negosiasi dengan pihak berwenang Afghanistan setelah kesepakatan dengan AS disepakati.

Jadi siapa yang duduk di kepala pemerintahan Afghanistan mungkin bukan perhatian utama AS - tetapi penting bagi orang-orang yang terjebak dalam baku tembak antara tentara, Taliban dan pemberontak lainnya.

Penelitian BBC menemukan rata-rata 74 pria, wanita dan anak-anak tewas dalam konflik setiap hari selama bulan Agustus di seluruh Afghanistan. Seperlima dari mereka yang tewas adalah warga sipil.

Menurut PBB, lebih banyak warga sipil terbunuh oleh pasukan Afghanistan dan AS pada paruh pertama tahun ini daripada oleh pemberontak. Perdamaian - dan kemampuan presiden baru untuk menegosiasikannya - akan menjadi harapan bagi banyak warga.

 

 

Rakyat Afghanistan Tak Antusias

Penyaluran kotak suara untuk Pilpres Afghanistan (AFP / Farid Zahir)

Presiden Afghanistan dipilih melalui sistem pemilihan langsung dua putaran. Sebuah putaran kedua akan digelar jika tidak ada kandidat yang menerima lebih dari 50% suara.

Hasilnya akan jatuh tempo tiga pekan kemudian. Babak kedua, jika perlu, akan diadakan pada bulan November.

Hampir 5.000 TPS akan dibuka pada Sabtu 28 September untuk mereka yang memberikan hak pilihnya. Ratusan lagi dimaksudkan untuk dibuka, tetapi akan tetap ditutup pada hari itu karena alasan keamanan.

Sebuah sistem pemungutan suara biometrik - berdasarkan sidik jari - akan digunakan di seluruh negeri untuk mencoba menghindari penipuan ketika orang-orang memberikan suara mereka.

Para pejabat pemilihan mengungkapkan pada hari Jumat sebelum pemilihan bahwa hanya setengah dari kotak suara telah mencapai TPS. Mereka mengatakan bahwa mereka yakin semua akan mencapai tujuan mereka pada Sabtu pagi.

Tahun Ini Kurang Antusias

Lima tahun lalu, pemilihan presiden tercoreng oleh tuduhan penipuan dan kecurangan dalam pemilihan. Butuh berbulan-bulan untuk benar-benar mencapai hasil, dengan kesepakatan antara dua pesaing utama dinegosiasikan oleh AS berakhir dengan National unity government atau Pemerintah Persatuan Nasional --  pemerintahan koalisi besar yang terdiri dari seluruh partai (seluruh partai besar) dalam legislatur, yang biasanya dibentuk pada masa perang atau masa darurat nasional lainnya.

Rakyat Afghanistan sepertinya tak berharap banyak bahwa segalanya akan lebih baik saat ini.

Dari populasi sekitar 37 juta, kurang dari 10 juta terdaftar untuk memilih - dan bahkan lebih sedikit lagi yang diperkirakan memberikan suara. Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh Transparent Election Foundation of Afghanistan menemukan lebih dari setengah responden tidak berencana untuk memilih.

Hal ini sebagian karena ancaman kekerasan dari Taliban, yang mengatakan mereka akan menyerang tempat pemungutan suara dan telah menargetkan demonstrasi pemilihan umum.

Ada juga wilayah besar negara itu di bawah kendali Taliban, di mana pemerintah Kabul memiliki sedikit atau tanpa kekuasaan, dan pemilihan tidak mungkin dilakukan.

Tetapi kurangnya antusiasme yang dirasakan di antara para pemilih juga disebabkan oleh perasaan bahwa hal-hal yang mungkin tidak berubah menjadi lebih baik - tidak terbantu oleh fakta bahwa dua pria yang sama yang bertarung selama berbulan-bulan untuk mendapatkan posisi teratas pada tahun 2014, adalah orang yang sama berebut jabatan tersebut sebelumnya.

Keduanya dituduh melakukan korupsi saat menjabat.

Sementara itu, pengangguran mencapai sekitar 25%, menurut PBB, dan hampir 55% orang Afghanistan hidup di bawah garis kemiskinan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Persela vs Bhayangkara FC: Misi Jauhi Zona Degradasi

Posted: 27 Sep 2019 08:55 PM PDT

Lamongan - Persela Lamongan bakal menjamu Bhayangkara FC pada laga pekan ke-21 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, Lamongan, Sabtu (28/9/2019). Laskar Joko Tingkir mengemban misi raih kemenangan demi menjauhi zona degradasi.

Persela Lamongan sampai saat ini terbilang belum mampu menemui konsistensi di Shopee Liga 1 2019. Tim asuhan pelatih Nilmaizar itu hanya mampu mengemas 19 poin dari 20 laga yang sudah dimainkan.

Dengan jumlah tersebut, Persela saat ini berada pada situasi sulit, yakni menghuni peringkat ke-15 alias batas aman terakhir di klasemen.

Nilmaizar sadar tim asuhannya berada pada posisi yang tak ideal. Pelatih asal Sumatra Barat itu menegaskan tak ada kata lain anak asuhnya, selain tak wajib mengalahkan Bhayangkara FC.

"Ini pertadingan yang sangat krusial buat Persela. Kami hanya satu setrip di atas zona degradasi," kata Nilmaizar.

"Tim pelatih dan pemain bertekad bagaimana caranya kami bisa memenangi pertandingan melawan Bhayangkara FC," imbuh Nilmaizar.

Sementara itu, Bhayangkara FC juga mengemban misi penting dalam lawatannya ke Lamongan. The Guardians saat ini juga belum pada posisi aman di klasemen sementara.

Juara Liga 1 2017 itu menghuni peringkat ke-11 dengan jumlah 23 poin. Pelatih Paul Munster bertekad membawa timnya kembali ke jalur kemenangan setelah pada laga terakhir hanya mampu bermain imbang.

"Kami ingin meraih kemenangan di sini. Semua pemain yang saya bawa untuk melawan Persela dalam kondisi yang bagus," kata Paul Munster.

Hanya, Bhayangkara FC tak datang dengan kekuatan penuh ke markas Persela. Paul Munster tak membawa Hedipo Gustavo, yang diklaim mengalami masalah pada kesehatannya.

Sementara itu, Persela dipastikan kehilangan Demerson Silva dalam laga melawan Bhayangkara FC. Pemain asal Brasil itu belum pulih dari cedera paha yang dialaminya.

Laga ini merupakan pertemuan ke-10 antara Persela Lamongan dan Bhayangkara FC. Persela meraih dua kemenangan, Bhayangkara FC meraih lima kemenangan, dan dua laga berakhir imbang.

Data dan Fakta

Prakiraan susunan pemain

Persela Lamongan (4-2-3-1): Dwi Kuswanto (kiper), Samsul Arifin, Mochammad Zaenuri, Arif Satria, Eky Taufik (belakang) Kei Hirose, Lucky Wahyu, Izmy Hatuwe, Sugeng Efendi, Rafinha (tengah) Alex Goncalves (depan)

Pelatih: Nilmaizar (Indonesia)

Bhayangkara FC (4-2-3-1): Wahyu Tri (kiper) Alsan Sanda, Jajang Mulyana, Anderson Salles, Bagas Adi Nugroho (belakang), Lee Yoo-joon, Teuku Ichsan, Wahyu Subo Seto, Adam Alis, Bruno Matos (tengah), Dendy Sulistyawan (depan)

Pelatih: Paul Munster (Irlandia Utara)

Head to head

  • 26/6/2019 - Bhayangkara FC 3-1 Persela Lamongan (Liga 1 2019)
  • 16/9/2019 - Persela Lamogan 2-0 Bhayangkara FC (Liga 1 2018)
  • 23/4/2018 - Bhayangkara FC 1-1 Persela Lamongan (Liga 1 2018)
  • 14/3/2018 - Persela Lamongan 1-0 Bhayangkara FC (Pertandingan Persahabatan)
  • 25/1/2018 - Persela Lamongan 1-1 Bhayangkara FC (Piala Presiden 2018)

Lima laga terakhir Persela Lamongan

  • 24/9/2019 - Madura United 2-1 Persela Lamongan (Liga 1 2019)
  • 20/9/2019 - Persela Lamongan 2-0 Arema FC (Liga 1 2019)
  • 15/9/2019 - Persipura Jayapura 2-0 Persela Lamongan (Liga 1 2019)
  • 11/9/2019 - Perseru Badak Lampung 1-1 Persela Lamongan (Liga 1 2019)
  • 1/9/2019 - PSM Makassar 2-1 Persela Lamongan (Liga 1 2019)

Lima laga terakhir Bhayangkara FC

  • 22/9/2019 - Bhayangkara FC 1-1 Borne FC (Liga 1 2019)
  • 18/9/2019 - Barito Putera 1-4 Bhayangkara FC (Liga 1 2019)
  • 13/9/2019 - Bhayangkara FC 0-0 Bali United (Liga 1 2019)
  • 31/8/2019 - Bhayangkara FC 0-2 Persebaya Surabaya (Liga 1 2019)
  • 25/8/2019 - Kalteng Putra 3-2 Bhayangkara FC (Liga 1 2019)

Prediksi Bola.com

Persela Lamongan 50-50 Bhayangkara FC

Disadur dari Bola.com (Zulfirfaud Harahap/ Aning Jati)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

16 Ribu Aparat Gabungan Amankan Aksi Mujahid 212

Posted: 27 Sep 2019 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menyebut, sebanyak 16 ribu personel gabungan TNI dan Polri siaga mengamankan aksi Mujahid 212 di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

"Kita sudah menyiapkan personel pengamanan, jumlahnya 16.000 personel gabungan ya," kata Argo saat dikonfirmasi, Sabtu (28/9/2019).

Sedangkan pantauan Liputan6.com di lokasi, ribuan masyarakat mulai memadati kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Mereka rata-rata mengenakan pakaian putih dan membawa sejumlah atribut.

Sementara itu, Ketua panitia aksi Mujahid 212 Edy Mulyadi mengatakan, titik kumpul aksi berada di Bundaran HI mulai pukul 08.00 WIB dan bergerak menuju Istana.

"Kami ingin kembali menegaskan, bahwa umat Islam bersama arus besar perubahan yang digelorakan mahasiswa dan para pelajar SMU. Kami ingin memberikan kontribusi maksimal untuk perubahan Indonesia menjadi lebih baik," kata Edy dalam keterangan sehari sebelumnya, Jumat (27/9/2019).

Edy kemudian menuturkan empat isu yang akan diangkat Mujahid 212 saat demo. Salah satunya mengenai sikap aparat yang dinilainya represif saat menghadapi demo mahasiswa.

"Pertama, aksi mahasiswa masih dihadapi oleh aparat dengan sikap represif hingga menimbulkan korban luka, hilang, bahkan ada yang meninggal dunia," kata Edy.

Kedua, munculnya aksi para pelajar sebagai sebuah fenomena yang sebelumnya tidak pernah terjadi dalam ekskalasi politik di negeri ini. Dia mengatakan, aksi yang berlangsung spontan dan tanpa komando itu pun berakhir ricuh dan berujung diamankannya ratusan pelajar oleh aparat.

Rusuh di Wamena

"Ketiga, kerusuhan di Wamena, Papua, dengan korban puluhan jiwa dan eksodus warga pendatang keluar dari wilayah tersebut," ucapnya.

Keempat, masalah bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang tidak ditangani cepat oleh pemerintah telah menyebabkan ratusan ribu warga terkena pekatnya asap dan menderita ISPA hingga merenggut korban jiwa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Dorong Peningkatan SDM Diaspora Berstandar Internasional

Posted: 27 Sep 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri mengapresiasi pihak swasta yakni Yayasan Marianna dalam meningkatkan sumber daya manusia diaspora yang unggul dan berstandar internasional.

Hal ini diungkapkan oleh Staf Ahli Bidang Sosial Kemenlu, Dewi Savitri Wahab dalam acara kerjasama Indonesia Diaspora Network dengan University of Western Australia di Hotel Sari Pasific, Jakarta Pusat, Jumat kemarin.

Dewi Savitri Wahab mengaprisiasi program yang dilakukan oleh Yayasan Marianna sejalan dengan pemerintah dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM)

"Banyak temen-temen Diaspora yang melakukan kegiatan seperti ini hanya saja berbeda. Misalnya beberapa teman-teman di eropa yang melakukan pelatihan di restoran yang ada di luar negeri sudah banyak dilakukan. Dan saat ini dilakukan di Indonesia merupakan sesuatu yang luar biasa," kata Dewi di Jakarta, seperti ditulis Sabtu (28/9/2019).

Menurut dia, kegiatan yang dilakukan oleh yayasan Marianna dalam keikutsertaannya meningkatkan SDM Indonesia sejalan dengan program Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

"Kementerian Luar Negeri siftnya hanya mendukung dan memfasilitasi melalui konsulat jenderal yang ada di luar negeri. Dan ini merupakan kolaborasi antara Diaspora dengan Pemerintah dalam hal ini Kementerian Luar Negeri, ini diharapkan kita bisa mengolaborasidan menjadi contoh bagi Diaspora yang lain," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Marianna, Nahot Parsadaan Napitupulu mengatakan, pihaknya selalu mengutamakan perkembangan SDM khususnya putra putri Indonesia menjadi lebih unggul dan memenuhi standar internasional.

Dalam hal ini, Yayasan Marianna berperan perkembangan pembekalan sumber daya manusia untuk menjadi lebih unggul. Khususnya untuk menciptakan tenaga kerja di bidang kejurusan kesehatan, enjinering dan pendidikan.

"Kita lebih menekankan pada pembekalan Bahasa Inggris kepada masyarakat lokal. Contohnya yang pernah kita lakukan kepada masyarakat di daerah Samosir dan Danau Toba. Mereka kita bekali edukasi bahasa Inggris, sehingga dapat mendatangkan turis yang lebih banyak ke daerah tersebut." kata Nahot.

Nahot juga mengatakan, pemerintah Indonesia, dan Australia bekerjasama tidak hanya terbatas pada pembekalan materi, namun juga diiringi dengan penguasaan praktek bahasa Inggris serta kerja praktek di Australia.

"Intinya kita patut berbangga, bahwa Diaspora Indonesia memberikan perhatian khusus tentang hal ini. Kita patut apresiasi program pemerintah Indonesia," ucapnya.

Pemerintah Diminta Bentuk Badan Nasional Diaspora

Dino Patti Djalal saat melakukan wawancara khusus bersama Liputan6.com di Bengkel FPCI, Kuningan, Jakarta Selatan, 20 Maret 2019. (Liputan6.com/Afra Augesti)

Chairman of the Board of Trustess IDN-Global Dino Patti Djalal menyampaikan sejumlah aspirasi dari diaspora Indonesia. Salah satunya usul agar pemerintah dapat membentuk Badan Nasional Diaspora.

"Aspirasi pertama, bentuk Badan Nasional Diaspora di Indonesia," kata dia, dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-5 (CID-5), di Jakarta, Sabtu (10/8).

Badan ini dinilai penting, karena dapat menjadi koordinator diaspora Indonesia. Menurut dia selama ini perhatian pemerintah masih terfokus pada TKI.

"TKI hanya sepertiga atau seperempat dari jumlah diaspora, yang non-TKI, yang profesional, yang dokter, yang guru, yang dosen, dan sebagainya. Siapa yang ngurus," ungkapnya.

Kerena itu dia pun mengharapkan pemerintah dapat menyiapkan sebuah wadah khusus untuk mengurus diaspora Indonesia.

"Usulan kita Badan Nasional TKI direvisi menjadi Badan Nasional TKI dan Diaspora Indonesia," tandasnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Barito Putera vs Persebaya: Reuni Djanur

Posted: 27 Sep 2019 08:35 PM PDT

Martapura - Laga Barito Putera vs Persebaya Surabaya bakal tersaji dalam pekan ke-21 Shopee Liga 1 2019. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Demang Lehman, Martapura, Sabtu malam (28/9/2019).

Barito Putera, yang berstatus sebagai tim tuan rumah, sedang dalam upaya bangkit. Laskar Antasari menelan dua kekalahan beruntun, masing-masing takluk 1-4 dari Bhayangkara FC (18/9/2019) an 0-1 dari Persija Jakarta (23/9/2019).

Barito Putera juga masih di zona merah atau zona degradasi. Dengan baru mengemas 16 poin dari 20 pertandingan, Barito terpaksa ,menduduki posisi ke-17 klasemen sementara.

Pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman, tak ingin timnya kembali menelan kekalahan untuk kali ketiga secara beruntun. Dia meminta Rizky Pora dkk. bangkit dan mengalahkan skuat Bajul Ijo.

"Posisi kami sedang tidak bagus, karena di zona degradasi sehingga di setiap pertandingan kami memerlukan kemenangan. Dari tiga laga, kami dua kali kalah, ini situasi tidak bagus. Kami bertekad tidak kalah lagi dan berharap dapat tiga poin," ucap pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Dari catatan pertemuan kedua tim, Barito Putera sebenarnya lebih unggul dari Persebaya. Dalam tiga pertemuan terakhir, Barito Putera bahkan belum terkalahkan. Musim lalu, mereka dua kali menekuk Persebaya. Musim ini, kedua tim bermain imbang 2-2 (9/7/2019).

Catatan itu terjadi saat Djanur masih berstatus sebagai pelatih Persebaya, sedangkan Barito ditangani Yunan Helmi. Kedua pelatih itu kini sama-sama berada di Laskar Antasari.

Sebelum menduduki kursi pelatih Barito Putera, Djanur adalah pelatih Persebaya. Ia gabung Laskar Antasari sejak September 2018. Dia kemudian dipecat manajemen Bajul Ijo pada 10 Agustus 2019 karena rentetan hasil buruk.

Bukan Keuntungan

Duel dua pemain sayap, Irfan Jaya (hijau) dan Rizki Pora (hitam), dalam laga antara Persebaya Surabaya kontra Barito Putera di laga tunda pekan keempat Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (9/7/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Tak heran, ajang ini diprediksi menjadi pelampiasan buat Djanur. Mayoritas pemain Persebaya saat ini merupakan pemain pilihan Djanur. Jadi, dia sangat paham seluk beluk tim asal Kota Pahlawan itu.

Tetapi, pelatih berusia 60 tahun itu menolak anggapan ia bakal mudah menundukkan Persebaya dengan latar belakang itu. Menurutnya, hal itu juga bukan keuntungan buatnya.

"Di era sepak bola sekarang tidak harus tahu karena status sebagai mantan pelatih. Saya pikir, pelatih Persebaya juga tahu kami. Bisa belajar dari video, pasti tahu kekurangan tim lawan, jadi tidak bisa dibilang sebuah keuntungan, sama-sama saling tahu. Pelatih Persebaya tahu, kami juga tahu," ucap Djanur.

Di sisi lain, asisten pelatih Persebaya, Bejo Sugiantoro menyebut pihaknya tidak perlu takut dengan keberadaan Djanur di tim lawan. Duel ini tetap akan menjadi sajian menarik dan pertarungan sengit kedua tim.

"Kami tidak khawatir. Saya respek dengan coach Djanur, dan pemain akan kerja keras untuk mendapat poin di kandang Barito Putera," ucapnya.

Bejo sadar Persebaya akan lebih dijagokan jika mengacu pada klasemen sementara. Persebaya kini menghuni peringkat keenam dengan 30 poin dari 20 pertandingan.

Curi Poin

Duel Irfan Jaya (Persebaya) vs Roni Beroperay (Barito Putera) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (9/7/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Persebaya juga bakal kian menakutkan karena dalam tiga laga terakhir, selalu mencuri poin. Terakhir bertandang, mereka mempermalukan PSIS Semarang dengan skor 4-0 (20/9/2019).

Hal itu tentu kontras dengan situasi Barito Putera. Klub asal Banjarmasin itu selalu dipermalukan dalam dua laga kandang terakhir, masing-masing kalah 0-4 dari Persipura Jayapura (23/8/2019) dan 1-4 dari Bhayangkara FC (18/9/2019).

"Kami tidak menilai hasil kandang dari Barito. Mereka tim bagus, ada Evan Dimas, Bayu Pradana, dan Rizky Pora. Pemain-pemain berkualitas di Indonesia. Yang jelas kami datang untuk curi poin besok," ucap Bejo.

"Dalam setiap pertandingan, Persebaya selalu memiliki target. Entah seri atau bahkan mendapat tiga poin. Kami datang ke Martapura dalam kondisi siap," tegas pelatih berusia 42 tahun tersebut.

Prakiraan Susunan Pemain

Barito Putera (4-3-3): Muhammad Riyandi (kiper); Gavin Kwan, Cassio de Jesus, Dandi Maulana, Rony Beroperay (belakang); Evan Dimas, Kosuke Uchida, Sackie Doe (tengah); Rizky Pora, Fransisco Torres, Samsul Arif (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Abu Rizal, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (belakang); Rachmat Irianto, Aryn Williams, Diogo Campos (tengah); Oktafianus Fernando, David da Silva, Irfan Jaya (depan)

Pelatih: Wolfgang Pikal

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Menkumham Yasonna Laoly Mundur dari Kabinet Kerja

Posted: 27 Sep 2019 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly kirim surat pengunduran diri ke Presiden Jokowi. Langkah Yasonna ini diambil untuk menghindari rangkap jabatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasca Gempa, Pasokan Listrik di Ambon Mulai Pulih

Posted: 27 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) telah berupaya memulihkan sistem kelistrikan pasca gempa Ambon dan sekitarnya. Secara bertahap, sistem kelistrikan di daerah yang terdampak gempa tersebut sebagian sudah mulai normal kembali.

General Manager Romantika Dwi Juni Putra mengatakan, saat ini sistem kelistrikan di Ambon sendiri yang masih terus dilakukan pemulihan yakni di daerah Hirnala, Negeri Waai, Batu Dua Pantai, hingga Negeri Liang. Hal ini dikarenakan banyaknya infrastruktur kelistrikan pada jalur tersebut yang mengalami kerusakan, mulai dari trafo hingga tiang.

"Kami membutuhkan waktu untuk dapat memperbaikinya dimana kondisi hari ini Ambon juga diguyur hujan," kata Romantika, di Jakarta, Minggu (28/9/2019).

Sebelumnya pada hari Rabu (26/9/2019), PLN berhasil memulihkan sistem kelistrikan yang sempat terganggu pasca gempa di wilayah Kota Ambon dan sekitarnya. Terdapat dua penyulang yang menyalurkan listrik mengalami gangguan sehingga menyebabkan padam sebesar 16 MW.

Romantika juga menambahkan, pada Jumat (27/9/2019) per 12.30 WIT PLN berhasil memulihkan 100 persen sistem kelistrikan di Kairatu, Seram Bagian Barat yang sebelumnya juga mengalami gangguan akibat gempa serta mengakibatkan kerusakan pada infrastruktur kelistrikan disana.

"Kami mengirimkan juga tenaga dari Piru dan Masohi untuk membantu percepatan penormalan di Kairatu yang alhamdulillah kini sudah normal kembali, dimana sebelumnya infrastruktur kelistrikan disana juga banyak yang mengalami kerusakan hingga ada Jaringan Tegangan Rendah (JTR) yang terbakar," tambahnya.

 

Percepatan Pemulihan di Haruku

Pasukan Elit PLN saat beraksi di Menara Sutet Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Percepatan pemulihan kelistrikan juga dilakukan oleh PLN di Haruku. Hingga pukul 15.30 WIT Jumat (27/9/2019), secara bertahap PLN telah memulihkan kembali sistem kelistrikan disana yang kini menyisakan sebagian Desa Kailolo, Desa Kabauw, Desa Rohmoni, Desa Haruku dan Desa Oma dimana terdapat 1 buah Tiang Tegangan Menengah TM yang patah, 1 buah trafo jatuh, 8 buah trafo miring dan 3 buah tiang JTR jatuh.

Di samping itu, PLN juga membantu menyediakan listrik guna penerangan di lokasi-lokasi pengungsian khususnya di Rumah Sakit yang ada di kota Ambon, seperti di RSU Kudamati dan RSU Tulehu.

"Kami terus berupaya untuk segera menormalkan kembali sistem kelistrikan yang terganggu akibat bencana gempa ini. Kami juga memohon dukungan dan doa dari masyarakat agar kami dapat segera menyelesaikan pekerjaan kami guna kembali menerangi daerah-daerah yang terdampak padam," tandasnya.

BNPB: 15 Ribu Warga Masih Mengungsi Akibat Gempa Ambon

Foto: Abdul Karim/ Liputan6.com

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan, gempa dengan magnitudo 6,5 di Ambon pada Kamis kemarin telah mengakibatkan 23 orang meninggal dunia dan 15 ribu warga masih mengungsi.

"BPBD Provinsi Maluku mencatat, hingga Kamis (26/9/2019) pukul 21.53 WIT jumlah korban meninggal dunia 23 orang, yang terbanyak di Kabupaten Maluku Tengah yaitu 14 orang dan hingga kini belasan ribu orang masih mengungsi," kata Agus melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (27/9/2019).

Dia lebih lanjut mengatakan, sekitar 15.000 warga masih mengungsi karena rumah mereka rusak dan mengantisipasi gempa susulan yang bisa membahayakan bangunan tempat tinggal.

Selain di Kabupaten Maluku Tengah, korban meninggal juga terdapat di Kota Ambon (enam orang), dan Kabupaten Seram Bagian Barat (tiga orang). BPBD Provinsi Maluku juga melaporkan lebih dari 100 orang luka-luka.

Menurut dia, korban meninggal dan luka-luka disebabkan tertimpa reruntuhan bangunan karena gempa yang mengguncang. Korban luka-luka terbanyak ada di Kabupaten Maluku Tengah, yaitu lebih dari 100 orang di Desa Liang.

"Di Kota Ambon, lima orang luka dan telah mendapatkan perawatan medis, sedangkan di Kabupaten Seram Bagian Barat satu orang di Desa Waisama juga mengalami luka," tutur Agus seperti dikutip Antara.

Gempa dengan magnitudo 6,5 yang sebelumnya dilaporkan magnitudo 6,8 mengguncang wilayah Maluku pada Kamis pagi atau pukul 06.46 WIB pada kedalaman 10 kilometer di 40 kilometer Timur Laut Ambon.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Aksi Bapak-bapak Saat Naik Kendaraan Ini Bikin Tepuk Jidat

Posted: 27 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika emak-emak dikenal sebagai salah satu ratu jalanan karena sikapnya yang luar biasa saat berkendara. Maka setidaknya, raja jalanan sangat pantas disematkan kepada bapak-bapak yang membawa kendaraan.

Setidaknya, istilah raja jalanan dan ratu jalanan ini cukup untuk menyebutkan aksi nyeleneh para orang tua saat berkendara. Jika di media sosial sudah banyak aksi emak-emak yang bawa kendaraan dengan tingkahnya, ternyata bapak-bapak juga mempunyai aksi nyeleneh saat berkendara.

Bapak-bapak juga dikenal dengan mampu melakukan aktivitas tak terduga saat berada di atas motor. Mulai aksi bapak-bapak yang terbilang absurd dan nyeleneh, hingga berbagai kelakuan bapak-bapak saat berkendara yang membuat gelak tawa.

 Berikut Liputan6.com rangkum 6 aksi bapak-bapak saat naik kendaraan yang bikin tepuk jidat, Sabtu (28/9/2019).

1. Soal ahli keseimbangan saat berkendara, bapak-bapaklah juaranya.

View this post on Instagram

Bapak ini mengajarkan arti keseimbangan dalam hidup

A post shared by receh twitter video (@guyonankekinian) on

2. Ada lawannya enggak nih?

Aksi Bapak-bapak Saat Naik Kendaraan Ini Bikin Tepuk Jidat (Sumber: Facebook/Kementerian Humor Indonesia)

3. Tolong jangan sampai rem mendadak ya pak.

Aksi Bapak-bapak Saat Naik Kendaraan Ini Bikin Tepuk Jidat (Sumber: Facebook/Kementerian Humor Indonesia)

4. Skil ini hanya dimiliki oleh bapak-bapak.

Aksi Bapak-bapak Saat Naik Kendaraan Ini Bikin Tepuk Jidat (Sumber: Facebook/Kementerian Humor Indonesia)

5. Bapak malah atraksi nih.

Aksi Bapak-bapak Saat Naik Kendaraan Ini Bikin Tepuk Jidat (Sumber: Facebook/Kementerian Humor Indonesia)

6. Hati-hati, kira-kira nanti turunnya gimana ya?

Aksi Bapak-bapak Saat Naik Kendaraan Ini Bikin Tepuk Jidat (Sumber: Facebook/Kementerian Humor Indonesia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hubungan Tak Harmonis, Rencana Transfer Manchester United Terancam Batal

Posted: 27 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Selama beberapa pekan terakhir ini, nama Erling Braut Haland selalu dikait-kaitkan dengan Manchester United (MU). Performa sang striker musim ini bersama Red Bull Salzburg membuatklub Liga Inggris ini tertarik merekrutnya.

Sejauh ini Haland sudah mencetak 17 gol dan lima assist dari 10 penampilan. Dan, sebenarnya Manchester United telah lama mengamatinya, tapi dia baru membuka pintu untuktransfer ke Inggris di masa depan.

Pemain berusia 19 tahun itu juga memuji manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. Pasalnya, mantan manajer Molde itu pernah membantu membimbingnya di awal kariernya.

Pemain internasional Norwegia ini adalah impian Solskjaer. Tapi, timnya mungkin akan menghadapi hambatan dalam menyelesaikan transfer.

Haland selama ini mempercayakan Mino Raiola sebagai agenny. Dan, menurut situs web Italia, agen super itu dapat 'mempersulit rencana Manchester United untuk menandatangani kliennya.

Hubungan Buruk

2. Mino Raiola - Agen pemain yang sempat bersitegang dengan petinggi AC Milan yang menolak Donnarumma dilepas. Raiola merupakan nagosiator yang cerdas.  (AFP/Valery Hache)

Itu karena United memiliki hubungan yang buruk dengan Raiola setelah saga Paul Pogba di musim panas lalu. Pemenang Piala Dunia ingin pergi, tetapi klub enggan membiarkangelandang mendapatkan apa yang diinginkannya.

Hal ini juga akan membuat Manchester United dapat mengubah rencana mereka untuk HÃ¥land, karena mereka harus berurusan dengan Raiola.

Pembelaan

Saat mengurus Pogba, Mino Raiola, sempat memberikan pembelaan mengenai situasi kliennya di Manchester United. Menurutnya, Pogba sudah memberikan segalanya untuk klub tersebut dan harusnya menghormati keinginan pemain tersebut.

Pogba telah menyatakan keinginannya untuk meninggalkan Manchester United. Ia berharap bisa bergabung dengan Juventus atau Real Madrid.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nia Ramadhani Ngaku Pernah Pukul Anaknya

Posted: 27 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan keluarga Nia Ramadhani yang harmonis ternyata menyimpan cerita mengejutkan di baliknya. Salah satunya adalah pengakuan Nia yang pernah memukul Mikhayla, anak pertamanya.

Namun, Nia Ramadhani punya alasan mengapa ia sampai memukul putrinya itu. Rupanya, Mikhayla pernah melakukan kesalahan hingga membuat Nia naik pitam.

Kisah yang tak banyak diketahui orang tersebut, dibeberkan oleh Mikhayla saat ia menjadi bintang tamu di acara Ngopi Dara yang dibawakan oleh Nia Ramadhani.

Dalam acara itu, Mikhayla ditanya mengenai momen apa yang membuatnya takut saat ibundanya marah-marah. Mikhayla lalu menjawab, "Pas mama pukul Mikha, pas Mikha masih kecil," Mikha menyahut.

Membenarkan

6 Gaya Fashion Mikhayla Zalindra, Anak Sulung Nia Ramadhani yang Modis Banget (sumber: Instagram.com/mikhayla_bakrie)

Nia Ramadhani lantas membenarkan kisah yang disampaikan putrinya itu. Nia pun menjabarkan cerita dan alasan dirinya berani ringan tangan kepada putrinya.

"Kan habis dari kamar mandi, habis dicebokin. Sudah gitu dia (Mikha) lari, kan capek ya habis dari basah-basahan. Akhirnya, 'Kamu sini (dipukul),'" terang Nia Ramadhani.

Selama ini, Nia Ramadhani memang dikenal mendidik anak-anaknya dengan cukup keras. Namun hebatnya, Mikha hingga kini telah mendapatkan banyak prestasi.

"Lihat dong sekarang anaknya, pinter banget. Dia sangat berprestasi dan sangat membanggakan," Nia menjelaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Keji, 4 Gajah Tewas Diracun di Sri Lanka

Posted: 27 Sep 2019 08:30 PM PDT

Penduduk desa berdiri di sebelah mayat gajah yang sedang berbaring di ladang dekat desa Sigiriya, sekitar 177 km utara ibukota Kolombo (27/9/2019). Mereka diduga diracun oleh para petani yang tidak suka oleh kehadiran gajah-gajah yang aktivitasnya membuat lahan perkebunan mereka rusak. (AFP/STR)

Penduduk desa berdiri di sebelah mayat gajah yang sedang berbaring di ladang dekat desa Sigiriya, sekitar 177 km utara ibukota Kolombo (27/9/2019). Mereka diduga diracun oleh para petani yang tidak suka oleh kehadiran gajah-gajah yang aktivitasnya membuat lahan perkebunan mereka rusak. (AFP/STR)

Penduduk desa berdiri melihat mayat gajah yang sedang berbaring di ladang dekat desa Sigiriya, sekitar 177 km utara ibukota Kolombo (27/9/2019). Kabarnya, hampir 200 gajah sudah terbunuh setiap tahunnya di Sri Lanka. (AFP/STR)

Penduduk desa berdiri melihat mayat gajah yang sedang berbaring di ladang dekat desa Sigiriya, sekitar 177 km utara ibukota Kolombo (27/9/2019). Kabarnya, hampir 200 gajah sudah terbunuh setiap tahunnya di Sri Lanka. (AFP/STR)

Mayat Gajah terlihat terbaring di ladang dekat desa Sigiriya, sekitar 177 km utara ibukota Kolombo (27/9/2019). Empat gajah ditemukan tewas pada 27 September di Sri Lanka tengah, dengan polisi mencurigai binatang tersebut diracun penduduk desa yang marah. (AFP/STR)

Mayat Gajah terlihat terbaring di ladang dekat desa Sigiriya, sekitar 177 km utara ibukota Kolombo (27/9/2019). Empat gajah ditemukan tewas pada 27 September di Sri Lanka tengah, dengan polisi mencurigai binatang tersebut diracun penduduk desa yang marah. (AFP/STR)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengenal Crowdfunding yang Bikin Ananda Badudu Diperiksa

Posted: 27 Sep 2019 08:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jumat (27/9/2019) pagi Ananda Badudu dijemput tim Polda Metro Jaya. Ia sempat ditangkap karena transfer dana mahasiswa untuk aksi demo lewat galang dana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yusril Diminta Segera Siapkan Calon dari PBB untuk Pilkada 2020

Posted: 27 Sep 2019 08:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) terpilih, Yusril Ihza Mahendra diminta bergerak cepat menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 2020.

Pimpinan sidang Muktamar ke-5 PBB, Afriyansah Ferry Noor mengatakan, pihaknya meminta ketua terpilih untuk bergerak cepat menjelang Pilkada serentak 2020 mendatang, salah satunya mempersiapkan kepala daerah dengan mengutamakan koalisi pendukung parpol Jokowi.

"PBB dan parpol pendukung lainnya harus bersatu terutama untuk menyamakan visi dan misi ke depan di daerahnya masing-masing," kata Ferry, Jumat (27/9/2019).

Yusril yang pernah menjadi kuasa hukum Jokowi dalam Pemilu 2019 juga diminta merangkul partai pendukung Jokowi dalam menghadapi perhelatan Pilpres 2024.

Untuk jangka panjangnya, kata Ferry, pihaknya akan mempersiapkan kader terbaik milik PBB yaitu Yusril Izha Mahendra untuk menyongsong Pilpres 2024.

Untuk mendukung itu, PBB sendiri akan mempersiapkan infrastruktur partai yang baik karena selama dua tahun belakangan ini kami memantau infrastruktur yang ada di partai melemah.

Pembenahan infrastruktur itu, kata Ferry, akan dilakukan dari tingkat pusat, provinsi, tingkat kota, kabupaten, hingga ke tingkat desa dan kelurahan.

"Karena selama pemantau ini memang lemahnya infrastruktur DPP PBB di daerah masing sangat minim untuk menunjang. Itu yang harus dibenahi dalam menyongsong pemilu 2024 mendatang," jelas Ferry seperti dikutip Antara.

Bisa Mendulang Suara

Dengan pembenahan itu juga, tambah dia, PBB ingin mendulang suara lebih agar bisa mengisi parlemen karena perolehan tahun 2014 PBB mendapatkan suara 1,8 juta dengan akumulasi 1,4 persen, dan tahun ini turun menjadi 1,1 persen.

"Penurunan itu pun disebabkan oleh banyak hal, terutama tidak solidnya pendukung presiden. Ditambah lagi pemilu kemarin serentak sehingga partai tidak kompak dan menyebabkan perpecahan terjadi," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDAM Surabaya Tunda Pemindahan Pipa di Jalan Wonokromo

Posted: 27 Sep 2019 08:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PDAM Surya Sembada mengumumkan penundaan rencana pekerjaan rehabilitasi pipa D450 di Jalan Wonokromo, Surabaya pada Sabtu 28 September 2019 pukul 22.00 WIB. Sebelumnya pemindahan pipa ini dalam rangka mendukung pelebaran jalan di Wonokromo.

Manager TU dan Humas PDAM Surya Sembada Surabaya, Adi Nugroho menuturkan, penundaan pemindahan pipa di Wonokromo karena ada hal teknis pekerjaan yang harus dikaji ulang agar lebih cermat sehingga dampak bisa dikendalikan.

Pemindahan pipa perlu dilakukan mengingat pipa PDAM Surya Sembada berada di atas permukaan tanah. Adi menambahkan, kalau pipa tersebut tidak dipindahkan akan mengganggu proyek pelebaran jalan.

Pihaknya belum bisa memastikan hingga kapan penundaan pemindahan pipa itu dilakukan. "Belum bisa dipastikan, menunggu info dari tim teknis," ujar Adi saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Sabtu (28/9/2019).

Adapun jika pemindahan pipa dilakukan akan berdampak terhadap aliran air di sekitar lokasi pemindahan pipa. Adi menyebutkan daerah yang akan terkena dampaknya di Ketintang, Pagesangan, Injoko, Gayung, Kebonsari, Gayungan, Manunggal, Surabaya.

PDAM Surya Sembada Selesaikan Pekerjaan Koneksi Jaringan Pipa di Bukit Darmo

Pemindahan utilitas di bawah Jalan Yos Sudarso, Surabaya, Jawa Timur (Foto:Liputan6.com/Dian Kuarniawan)

Sebelumnya, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya menyatakan kalau pekerjaan koneksi jaringan pipa berdiameter 200 mm ke 150 mm di Jalan Raya Bukit Darmo Pertigaan HR.Muhammad Surabaya sudah selesai dilakukan. Saat ini dalam tahap normalisasi.

Manajer Tata Usaha dan Humas PDAM Surabaya, Adi Nugroho menuturkan, pekerjaan koneksi jaringan pipa di Darmo sudah selesai pukul 03.00, Kamis (19/9/2019). Saat ini dalam tahap normalisasi. Ia mengatakan, bila pelanggan membutuhkan air bisa dapat gratis dengan menghubungi call center.

Ia menuturkan, pihaknya mengerjakan koneksi jaringan pipa berdiameter 200 mm ke 150 mm di Jalan Raya Bukit Darmo Pertigaan HR.Muhammad Surabaya dilakukan malam hari ketika kebutuhan air sudah minim. Adapun pekerjaan itu berdampak terhadap 300 pelanggan. "Kami harapkan tidak mengganggu kebutuhan pelanggan," ujar dia.

Sebelumnya, PDAM Surabaya menyatakan kalau melakukan koneksi jaringan pipa berdiameter 200 mm ke 150 mm di Jalan Raya Bukit Darmo Pertigaan HR.Muhammad Surabaya.

Dengan ada pekerjaan itu aliran air akan mengecil sampai tidak keluar di kawasan HR Muhammad sisi selatan, Putat Gede Barat, Putat Gede Timur, Pradah Kali Kendal, Dukuh Kawal Kali Kendal, dan wilayah sekitarnya. PDAM Surabay pun meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah dari Borneo FC, Persija Soroti Kinerja Wasit

Posted: 27 Sep 2019 08:10 PM PDT

Jakarta - Persija Jakarta takluk 0-1 dari Borneo FC di Stadion Segiri dalam laga pekan ke-21 Shopee Liga 1 2019, Jumat (27/9/2019) malam. Usai kekalahan tersebut, Persija Jakarta yang diwakili pelatih caretaker Sudirman dan pemain Dany Saputra kompak menyorot kinerja wasit.

Persija Jakarta takluk 0-1 dari Borneo FC lewat gol tunggal Lerby Eliandry yang melakukan sontekan dengan kepalanya, memanfaatkan bola sepakan mantan pemain Persija, Renan Silva. Kekalahan ini memperpanjang hasil minor Persija, terutama ketika menjalani laga tandang pada musim ini.

Pelatih caretaker Persija, Sudirman, tak menyalahkan pemainnya atas kekalahan yang dialami Macan Kemayoran. Pelatih berlisensi A AFC ini justru menyoroti kinerja wasit yang dianggap cukup merugikan timnya dalam pertandingan tersebut.

"Alhamdulillah sudah selesai meski kami belum dapat hasil yang maksimal. Namun, setidaknya para pemain punya motivasi tinggi untuk bermain. Pertandingan berjalan bagus, di mana kedua tim bermain terbuka dan banyak peluang tercipta," ujar Sudirman seperti dilansir situs resmi klub.

"Hanya disayangkan keputusan wasit masih diperdebatkan, seperti adanya handball dan anggapan offside. Keputusan itu mengganggu mental dan konsentrasi para pemain saya. Akhirnya rasa percaya diri tidak muncul," lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan pemain Persija, Dany Saputra. Pemain yang mengisi pos sayap pertahanan Macan Kemayoran ini menilai ada sejumlah pelanggaran yang dilakukan tim tuan rumah tapi dibiarkan oleh sang pengadil lapangan.

"Ada beberapa pelanggaran yang semestinya kami dapatkan, tapi wasit tidak memberikannya kepada kami. Itu saja," ujar pemain Persija Jakarta itu.

 

Berharap Wasit Lebih Berintegritas

Kekecewaan terhadap kinerja wasit benar-benar disuarakan oleh Persija usai kekalahan di kandang Borneo FC itu. Sudirman menegaskan dirinya berharap wasit-wasit di Liga 1 bisa memperlihatkan integritas yang lebih baik dalam memimpin pertandingan, termasuk di laga berikutnya yang dijalani oleh Persija Jakarta.

"Saya berharap wasit bisa lebih menjunjung rasa fairplay, agar kami pun bisa lebih menerima keputusan meski harus kalah. Kami tahu di dalam sepak bola kalah tidak kalah, menang, atau bermain imbang," tegas Sudirman.

Beruntung bagi Persija, meski harus menelan kekalahan di Samarinda, Macan Kemayoran tidak langsung kembali ke zona bahaya. Persija kini tetap berada di peringkat ke-13 dengan 20 poin, meski mungkin saja posisinya masih bisa tergeser oleh Persela Lamongan dan Kalteng Putra yang belum memainkan laga pekan ke-21 mereka.

Sumber: Persija

DIsadur dari Bola.com (Benediktus Gerendo Pradigdo / Aning Jati)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: