Minggu, 01 September 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kelemahan Malaysia Saat Kalah dari Yordania Harus Dimanfaatkan Timnas Indonesia

Posted: 01 Sep 2019 09:48 PM PDT

Jakarta - Malaysia takluk 0-1 dari Yordania di laga uji coba, Stadion Nasional, Bukit Jalil, Kuala Lumpur (30/8/2019). Hasil ini menyisakan pekerjaan rumah bagi pelatih mereka, Tan Cheng Hoe.

Seperti diketahui, uji coba itu menjadi pemanasan Timnas Malaysia jelang dua laga awal penyisihan Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, melawan Timnas Indonesia (5/9/2019) dan Uni Emirat Arab (10/9/2019).

Seusai pertandingan, Tan Cheng Hoe menuturkan beberapa hal yang jadi sorotannya dari tim asuhannya selama pertandingan. Ada hal positif serta kekurangan yang dilihat pelatih asal Kedah itu selama tim asuhannya meladeni Yordania.

Di sisi lain, pernyataan Tan Cheng Hoe ini bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia untuk menyiapkan antisipasi permainan Tim Harimau Malaya saat kedua negara bentrok di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Kami memulai babak pertama dengan pelan. Di babak kedua, kami menekan keras untuk menyamakan skor, sayangnya kami gagal," ujar Cheng Hoe, dikutip dari New Straits Times.

"Secara keseluruhan, kami perlu konsisten dalam permainan kami jika ingin naik ke level selanjutnya."

"Tapi, kami harus bermain seperti itu selama 90 menit, tak hanya 45 menit. Saya pikir semuanya tahu bagaimana kami bermain… Intensitas tinggi dan memainkan tempo, itulah sebabnya pemain kami harus cukup baik menguasai daripada kehilangan bola," imbuh asisten pelatih Timnas Malaysia di Piala AFF 2010 itu.

Catatan buat Beberapa Pemain

Timnas Malaysia dalam sesi pemusatan latihan. (Bola.com/Dok. FAM)

Tan Cheng Hoe tak butuh waktu lebih lama lagi untuk menentukan skuat final. Setelah uji coba melawan Yordania, dia merilis 24 pemain Timnas Malaysia yang disiapkannya untuk melawan Indonesia.

Ia masih akan mencoret satu pemain, sesuai kuota yang diizinkan 23 pemain saja, setelah melihat kondisi terkini Mohamadou Sumareh. Pemain naturalisasi itu masuk daftar 24 pemain, namun kondisinya masih akan dipantau hingga sebelum pertandingan lantaran cedera yang dialaminya.

Untuk 24 pemain itu, Tan Cheng Hoe masih memiliki catatan. Ia menilai beberapa pemain masih butuh peningkatan performa, meski sudah dipastikan masuk skuat final.

"Duet Adam (Nor Azlin) dan Shahrul Saad perlu sedikit ditingkatkan karena mereka adalah pertahanan terakhir. Ketika kami kehilangan bola, mereka harus cepat memimpin untuk mendapatkan bola kembali," ucap pelatih berusia 51 tahun itu.

Sumber: New Straits Times

Disadur dari: Bola.com (Penulis Aning Jati/Editor Wiwig Prayugi, published 02-09-2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemain Naturalisasi Malaysia Tidak Sabar Bertemu Timnas Indonesia

Posted: 01 Sep 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Kekuatan Timnas Malaysia berpeluang meningkat saat bersua Timnas Indonesia di putaran babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Minggu ini. Pemain naturalisasi, Mohamadou Sumareh yang sempat cedera kini sudah kembali berlatih bersama skuat Harimau Malaya.

Seperti dikutip dari Bernama dilansir Utusan.my, kondisi pemain berusia 27 tahun itu sudah membaik. Sebelumnya, pemain berusia 27 tahun itu mengalami cedera paha dan harus absen saat Timnas Malaysia tampil di Piala Malaysia dan beruji coba melawan Yordania. 

Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, pihaknya saat ini masih terus memantau kondisi kesehatan Sumareh. Cheng Hoe mulai bernapas lega karena pemain klub Pahang FA tersebut meunjukkan peningkatan dalam sesi laihan bersama pemain-pemain lainnya.

"Saya sedang memantau perkembangan Sumareh dan sepertinya beliau menunjukkan tanda positif untuk pulih. Kami harap dia pulih saat bertemu Timnas Indonesia nanti," kata Cheng Hoe. 

Sumareh juga tidak sabar untuk kembali memperkuat Timnas Malaysia. Apalagi, dalam duel yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), nanti, Malaysia bakal bermain di bawah tekanan publik tuan rumah yang piawai meruntuhkan mental lawan. 

"Saya berharap bisa segera tampil lagi setelah absen dalam dua laga Piala Malaysia dan kekalahan 0-1 dalam laga persahabatan dari Yordania," kata Sumareh menambahkan. 

"Melawan Indonesia di depan ribuan pendukung tuan rumah tidak mudah dan sudah pasti akan sengit, tapi saya yakin bersama rekan-rekan bisa meraih hasil positif," bebernya. 

Sumareh merupakan satu dari empat pemain naturalisasi yang memperkuat timnas Malaysia saat bertemu Timnas Indonesia. Pemain asal Gambia tersebut resmi berganti paspor pada bulan April 2018 lalu setelah bermain di Liga Malaysia selama hampir lima tahun. 

Sumareh berposisi di sisi sayap. Pemain berpostur 179 cm itu dikenal lincah dan memiliki kemampuan menggiring bola yang baik. Kemampuan ini membuatnya dijuluki 'Keli Boy' oleh para pendukung Pahang FA, klub yang telah diperkuatnya sejak 2017 lalu.  

 

Bawa 24 Pemain

Timnas Malaysia saat menjalani sesi latihan resmi di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (29/8/2019). (Bola.com/Dok. FAM)

Indonesia dan Malaysia berada di Grup G pada babak kualifikasi Piala Dunai 2022 zona Asia. Di grup ini juga bergabung Uni Emirat Arab (UEA), Timnas Thailand, dan timnas Vietnam. 

Pelatih Cheng Hoe telah menyiapkan 24 pemain yang akan bertolak ke Jakarta. Cheng Hoe juga yakin, pasukannya mampu meredam tekanan dari para pendukung timnas Indonesia. Apalagi, sebagian besar pasukannya sudah terbiasa menghadapi tekanan penonton. 

Usai pertemua dengan Indonesia, Malaysia selanjutnya akan berhadapan dengan Uni Emirat Arab (UEA) pada laga kedua yang berlangsung di Stadion Bukti Jalil, 10 September 2019.

Jadwal Pertandingan

Kamis (5/9/2019)19:30 WIB: Indonesia vs Malaysia (RCTI)

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Seleb Cantik Gendong Anak, Mama Idaman Banget

Posted: 01 Sep 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang ibu pastinya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi wanita. Apalagi ibu adalah sosok yang sangat berjasa karena telah mengandung, bertaruh nyawa melahirkan, merawat, mendidik. Hal ini juga yang sedang dirasakan oleh para seleb cantik Tanah Air yang kini telah berstatus sebagai ibu.

Bahkan banyak diantara para seleb cantik ini memutuskan untuk vakum dari dunia hiburan dan menikmati statusnya sebagai ibu muda. Senang karena telah menjadi ibu banyak para seleb cantik yang sering membagikan momen bahagianya bersama sang anak.

Tak jarang para seleb ini juga berbagi momen perkembangan sang buah hati kepada para penggemar. Para seleb ini pun kerap membagikan momen kebersamaannya bersama sang buah hati. Gelar ibu yang mereka sandang, tak mengurangi pesona walaupun telah memilih vakum layar kaca.

Para seleb ibu muda ini biasanya tak segan memajang foto-foto saat menggendong anak di akun media sosial mereka. Tentu hal itu menuai pujian dari para penggemarnya di Instagram. Para netizen menilai aura keibuan dari para seleb ini justru terpancar dan membuat mereka makin cantik. Penasaran dengan gaya para seleb catik menggendong anak?

Berikut 6 gaya seleb cantik gendong anak yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (2/9/2019).

1. Walaupun sudah mau punya adik, koko Raphael masih suka di gendong mami Sandra Dewi. Walaupun sedang mengandung anak kedua tak membuat Sandra Dewi kehilangan momen gendong Raphael.

Gaya Seleb Cantik Gendong Anak (sumber: instagram/@sandradewi88)

2. Begini manjanya Sekala Bumi minta gendong mama Ayudia saat jalan-jalan di Korea Selatan. Lucu banget ya Sekala sekarang sudah besar.

Gaya Seleb Cantik Gendong Anak (sumber: instagram/@ayudiac)

3. Kalau ini gaya Bjorka sama Ibu lagi berenang di Kapal Pesiar. Gimana Ibu Sabai dan Bjorka asyik banget ya liburannya.

Gaya Seleb Cantik Gendong Anak (sumber: instagram/@sabaidieter)

4. Ada 2 cewek cantik lagi jalan-jalan nih. Baby Suri lagi nemenin mama Putri Marino belanja.

Gaya Seleb Cantik Gendong Anak (sumber: instagram/@putrimarino)

5. Begini gaya Atika Hasiholan saat gendong Salma jalan-jalan di pinggir pantai di Thailand. Salma nyaman banget ya.

Gaya Seleb Cantik Gendong Anak (sumber: instagram/@riodewanto)

6. Walaupun sudah umur 3 tahun, begini momen manja Nastusha minta gendong mami Chelsea Olivia. Senang ya bisa quality time sama mami.

Gaya Seleb Cantik Gendong Anak (sumber: instagram/@chelseaoliviaa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laris Manis di Korsel, Novel Karya Goo Hye Sun Bakal Dirilis di Indonesia

Posted: 01 Sep 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Aktris cantik Goo Hye Sun membawa kabar baik bagi para penggemar di tengah kasus perceraiannya dengan Ahn Jae Hyun. Tak hanya jago dalam berakting, Goo Hye Sun juga dikenal dengan keahliannya dalam menulis buku.

Goo Hye Sun mengumumkan kepada publik bahwa ia akan menerbitkan bukunya di Indonesia. Novel berjudul Tears are Heart-Shaped ini sebelumnya telah memasuki daftar buku best-seller di Korea.

Pada Sabtu (13/8/2019), Goo Hye Sun mengunggah foto dirinya sembari memegang novel Tears are Heart-Shaped di tangannya.

Melalui akun Instagram pribadinya @kookoo900, Goo Hye Sun menuliskan, "Setelah masuk ke dalam daftar buku best-seller, telah diputuskan bahwa novel 'Tears are Heart-Shaped' akan diekspor ke Indonesia."

Tears are Heart-Shaped bercerita tentang seorang perempuan bernama Soju yang memiliki kepribadian tak terduga. Meski begitu, seorang pria bernama Sang Shik jatuh cinta pada pesona Soju. 

Antusiasme Penggemar Tanah Air

Goo Hye Sun. (via. AllKpop)

Menanggapi kabar perilisan tersebut, banyak dari penggemar Goo Hye Sun yang turut bergembira. Kolom komentar Instagram Goo Hye Sun dipenuhi dukungan dari para penggemar.

Akun @ryanti_queen berkomentar, "Yeay,,, masuk ke Indonesia. Tetap semangat ya, oun."

"Wah ke Indonesia. Harus beli," tulis akun @yunna9914

Penggemar Korea

Goo Hye Sun (Instagram/ kookoo900)

Tak hanya dari Indonesia, penggemar Goo Hye Sun dari Korea pun turut memberikan dukungan terhadap perilisan buku tersebut.

"Selamat, Hye Sun! Kami akan mendukungmu dalam segala hal yang kamu lakukan!" ujar akun @my.lui_

"Kamu terlihat cantik dan keren !! Aku akan selalu mendukung dan terus mendukungmu," timpal akun @y_s_bin_

 Meski Goo Hye Sun telah mengumumkan perilisan novelnya di Indonesia, belum dapat dipastikan mengenai jadwal perilisan novel tersebut. Terkait bahasa yang akan digunakan pun belum dapat dikonfirmasi.

 

(Affiyah Tri Yuni Sari/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diduga Ikut Demo Papua Merdeka, 4 WN Australia di Sorong Dideportasi

Posted: 01 Sep 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Imigrasi mendeportasi empat warga negara Australia. Mereka diduga ikut dalam aksi Papua Merdeka, 27 Agustus 2019. 

Kepala Sub Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi, Sam Fernando, membenarkan pendeportasian itu oleh pihaknya.

"Benar (informasi tersebut)," ucap Sam kepada Liputan6.com, Senin (2/9/2019).

Meski demikian, Sam belum merinci dugaan keterlibatan aksi empat warga negara asing itu di Papua Barat.

"Keterangan resmi belum kami rilis," ujar Sam.

Deportasi dilakukan hari ini, Senin 2 September 2019, pukul 07.00 WIT, di Bandara DEO kota Sorong, Papua Barat, dengan menggunakan pesawat Batik Air ID 6197.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Martinez: Romelu Lukaku Tak Dihormati di Liga Inggris

Posted: 01 Sep 2019 09:35 PM PDT

Milan - Pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez, menilai Romelu Lukaku tidak mendapat penilaian yang obyektif di Liga Inggris. Menurut dia, Lukaku adalah pemain yang memberikan kontribusi positif untuk semua tim yang ia perkuat.

Romelu Lukaku mengakhiri kariernya di Premier League dengan hijrah ke Inter Milan pada bursa transfer musim panas 2019. Hal itu menandai berakhirnya petualangan Lukaku di Inggris selama delapan musim.

Selama di Premier League, Lukaku mendapat kritikan yang beragam. Kritikan tersebut semakin mengalir deras ketika ia bergabung bersama Manchester United.

Lukaku dianggap sebagai pembelian mahal. Namun, Martinez membantah hal tersebut.

"Romelu Lukaku tidak mendapat apresiasi yang pantas di Premier League. Padahal, ia merupakan satu di antara striker terbaik ketika masih berkarier di Premier League," ujar Martinez.

"Terlalu banyak yang mendikte permainan Romelu. Ia dinilai kurang tajam sebagai pemain nomor 9, tidak andal bola-bola atas, tidak memiliki kontrol bola yang baik, dan masih banyak lagi."

"Romelu adalah striker yang hebat menurut saya. Ia adalah pencetak gol yang ulung. Jangan lupa, ia masih berusia 26 tahun."

"Romelu Lukaku adalah pemain tim, ada hal lain yang bisa ia tonjolkan jika tidak mencetak gol. Namun tetap saja, ia adalah pencetak gol terbanyak untuk timnas Belgia, jadi ia tak memerlukan pembuktian apa pun," ungkap Martinez.

Romelu Lukaku menunjukkan performa yang menjanjikan bersama Inter Milan. Ia diharapkan menjadi mesin gol utama Nerazzurri mulai musim 2019-20.

Prestasi Romelu Lukaku

Romelu Lukaku bersama Antonio Conte. (AP Photo/Luca Bruno)

 Romelu Lukaku memiliki catatan yang impresif selama berkarier di Premier League. Ia mencataktan 113 gol dari 252 pertandingan.

Statistik itu memberikan bukti kalau Manchester United yang tidak bisa mengoptimalkan kemampuan Lukaku. Selain itu, Lukaku juga merupakan top scorer timnas Inggris.

Romelu Lukaku mencetak 48 gol dari 81 penampilan bersama timnas Belgia. Hingga saat ini, Lukaku masih menjadi andalan di lini serang Belgia.

Sumber: Football Italia

Disadur dari: Bola.com (Penulis Adityta Wicaksono, published 02/09/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Bahaya Menggunakan Celana Jeans Ketat Bagi Kesehatan

Posted: 01 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jeans merupakan salah satu jenis celana yang banyak dipilih oleh orang-orang sebagai bagian dari pakaian untuk memenuhi kebutuhan penampilan. Tak jarang pengguna jeans memilih celana yang cukup ketat. Padahal, memilih mengenakan celana jeans yang ketat bisa membahayakan kesehatan.

Celana jeans yang ketat kerap dipilih karena bisa menunjang penampilan karena memberikan efek kaki yang lebih panjang. Namun sayangnya, apabila kamu memilih untuk mengenakannya setiap hari, ada konsekuesi kesehatan yang diterima.

Pasalnya, pada penggunaan celan jenas yang ketat bisa menghambat aliran darah ke otot-otot di tungkai sehingga menyebabkan pembengkakan otot dan kompresi saraf. Tak hanya itu, ada beberapa bahaya menggunakan celana jeans ketat yang bisa terjadi.

Berikut ini Liputan6.com, Senin (2/9/2019) telah merangkum dari beberapa sumber beberapa bahaya menggunakan celana jeans ketat bagi kesehatan.

Saraf Terjepit

Ilustrasi./Copyright snapwiresnaps.tumblr.com/post/113968548048/chelsea

Penggunaan celana jeans yang terlalu ketat bisa menekan bagian pangkal paha dan mengganggu fungsi saraf lateral femoral cutaneous yang melewati pangkal paha ke paha bagian atas, baik pada laki-laki maupun perempuan.

Bahaya menggunakan celana jeans ketat bisa menyebabkan saraf tersebut terjebak di bagian bawah sebuah jaringan ikat sehingga saraf tertekan. Kondisi ini sering dikenal dengan sebutan saraf terjepit.

Terganggunya Fungsi Otot

Ilustrasi memakai celana jins. (via: bravonet.ro)

Penggunaan celana jeans yang ketat bisa menyebabkan seseorang memiliki gangguan pada fungsi ototnya. Hal ini dibuktikan dengan sebuah kasus yang terjadi pada seorang perempuan yang tidak dapat berdiri kembali setelah posisi jongkok dalam waktu yang cukup lama. Tidak bisa berdiri setelahnya ini dikarenakan menggunakan celana jeans yang terlalu ketat.

Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata perempuan tersebut mengalami sindrom kompartemen, yaitu otot tungkai mengalami tekanan berlebihan mengakibatkan gangguan pada fungsi normalnya.

Tidak Seimbangnya Bakteri pada Vagina

Bahaya Menggunakan Celana Jeans Ketat Bagi Kesehatan (NamtipStudio/Shutterstock)

Bagi perempuan yang kerap menggunakan celan jeans ketat satu kali atau lebih dalam seminggu maka akan memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena vaginosis bakterialis atau kondisi ketidakseimbangan bakteri pada vagina.

Normalnya, pada vagina perempuan mengandung bakteri baik serta bakteri jahat. Bakteri baik akan mengendalikan pertumbuhan bakteri buruk. Tetapi, karena dipengaruhi oleh suatu hal maka perempuan yang menderita vaginosis bakterialis memiliki jumlah pertumbuhan bakteri buruk yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan bakteri baiknya.

Gejala yang paling umum terjadi akibat vaginosis bakterialis adalah keputihan yang berbau. Warna keputihan bisa ke abu-abuan hingga kuning. Sebuah tanda vaginosis bakterialis adalah bau amis yang mungkin akan menjadi lebih bau saat kamu berhubungan seksual. Vaginosis bakterialis terjadi tanpa adanya gejala apapun pada hampir setengah dari perempuan yang menderita.

Memicu Penurunan Sperma

Bahaya Menggunakan Celana Jeans Ketat Bagi Kesehatan (via: Lookbookindonesia)

Tidak hanya mengancam perempuan, pada laki-laki pun juga tak terlepas dari bahaya menggunakan celana jeans yang ketat. Pemakaian celana jeans ketat bisa menyebabkan area testis menjadi lebih panas.

Nah, apabila suhu testis terlalu panas, maka kondisi inilah yang nantinya akan mengganggu testis untuk menghasilkan sperma dalam jumlah yang ideal. Oleh karena itu, hindari penggunaan celana jeans yang ketat.

Timbul Kurap

Bahaya Menggunakan Celana Jeans Ketat Bagi Kesehatan(Foto: iStockphoto)

Muncul kurap biasanya diderita oleh laki-laki, tetapi apabila kamu perempuan yang selalu menggunakan celana jeans ketat dan tidak menjaga kebersihannya, maka kurap bisa juga terjadi.

Ruam merah dan gatal biasanya dimulai dari pangkal paha. Jika tidak segera diobati, maka jamur kurap dapat menyebar ke paha, bokong, hingga anus. Pada kebanyakan kasus, kurap dapat diobati dengan krim antijamur OTC.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ambisi Berlayar Nonstop Selama 245 Hari

Posted: 01 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kapal penumpang berambisi pecahkan rekor dunia berlayar di laut tanpa henti selama 245 hari. Pelayaran dimulai dari Greenwich Inggris hari Minggu (1/9/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengembangan Kendaraan Listrik Harus Diprioritaskan untuk Angkutan Umum

Posted: 01 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Transportasi sekaligus Ketua Bidang Advokasi dan Permasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) pusat Djoko Setijowarno menilai, pengembangan kendaraan listrik yang kini gencar digiatkan pemerintah seharusnya lebih berprioritas pada angkutan publik dibanding moda pribadi.

Dia mengapresiasi penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan yang dianggapnya cukup positif untuk menekan polusi sekaligus mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Namun, ia melanjutkan, kebijakan pengembangan kendaraan listrik semestinya secara simultan mampu mengurangi kemacetan lalu lintas, menekan angka kecelakaan, serta mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

"Oleh karena itu, insentif pengembangan transportasi umum menggunakan kendaraan bermotor listrik harus diberikan lebih besar ketimbang insentif pengembangan untuk kendaraan pribadi listrik. Jika benar-benar serius, untuk transportasi umum harus lebih diprioritaskan," ungkapnya dalam sebuah pesan tertulis kepada Liputan6.com, Senin (2/9/2019).

"Kalau tidak begitu, polusi berkurang, namun kemacetan tak berkurang, hanya berganti moda. Tidak mengurangi mobilitas menggunakan kendaraan pribadi. Terlebih, tujuan dari menggunakan energi tidak dari fosil bukan hanya mengurangi polusi udara, namun dapat pula mengurangi kemacetan dan menekan angka kecelakaan," tambahnya.

Selain itu, ia meneruskan, apabila pemerintah juga ingin mendorong pengembangan sepeda listrik maka perlu ada pembatasan kecepatan. Dia mengatakan, kapasitas silinder dibuat kurang dari 100 sentimeter kubik, sehingga akselerasinya tidak secepat sepeda motor yang ada sekarang.

"Tujuannya adalah untuk menekan angka kecelakaan, sekaligus mengondisikan pengendara agar menggunakan transportasi umum untuk perjalanan jarak jauh, sudah tidak memakai sepeda motor lagi," jelas dia.

 

 

Hemat Konsumsi BBM

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/FeryPradolo)

Kebijakan pemerintah juga disebutnya harus mencakup aspek penghematan pemakaian bahan bakar minyak (BBM). Daerah-daerah di Indonesia yang selama ini sulit mendapatkan BBM seharusnya didorong sekalian untuk langsung memanfaatkan listrik sebagai energi penggerak kendaraan di daerah tersebut.

"Penggunaan kendaraan elektrik seperti itu sudah dilakukan di Asmat, Papua. Gugusan pulau-pulau kecil atau daerah kepulauan, kawasan pariwisata dapat didorong. Seperti kawasan wisata Pulau Gili Trawangan di Lombok, tidak mengijinkan kendaraan bermotor beroperasi, sepeda listrik boleh dipakai. Wilayah pulau-pulau kecil, daerah terdepan dan terpencil, didorong pemakaian kendaraan bermotor listrik," tuturnya.

Djoko juga menekankan, kepentingan riset dan pengembangan kendaraan bermotor listrik di berbagai perguruan tinggi dan lembaga terkait hendaknya harus ditumbuhkan. Dia menyatakan, riset kendaraan elektrik sudah lama dilakukan di banyak perguruan tinggi.

"Indonesia bukan sekedar menjadi pasar kendaran bermotor listrik, namun dengan ketersediaan sumber daya alam yang ada dan sumber daya manusia yang mumpuni harus bisa memproduksi sendiri kendaraan bermotor listrik. Indonesia harus berdaulat kendaraan bermotor listrik. Bukan hanya untuk kebutuhan dalam negeri, namun bisa diekspor le luar negeri," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Xperia 2 Akan Muncul di IFA 2019 Curi Perhatian

Posted: 01 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski kalah pamor dengan Samsung, Oppo, Huawei, Xiaomi, dan Apple, Sony ternyata tidak ingin patah arang. Terbukti, perusahaan asal Jepang itu dikabarkan bakal meluncurkan smartphone teranyarnya, yaitu Xperia 2.

Artikel tentang Xperia 2 yang bakal diumumkan pada IFA 2019, curi perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga jadi perhatian, termasuk perpindahan ibu kota dapat menjadi momen menuju Indonesia cerdas, dan hacker bisa bobol WhatsApp di iPhone.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Sony Akan Ungkap Xperia 2 di IFA 2019

Xperia 2. (Doc: Xperia Blog)

Deretan lini smartphone Sony Xperia memang kalah populer di pasaran dengan berbagai seri ponsel pintar besutan Samsung, Oppo, Xiaomi, dan Huawei.

Meski begitu, perusahaan asal Jepang tersebut tidak ingin patah arang dari pesaingnya.

Oleh karena itu, Sony kabarnya akan memperkenalkan smartphone flagship teranyarnya di ajang tahunan IFA 2019, yakni Xperia 2.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Jadi Momentum Menuju Indonesia Cerdas

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, dan Ketua Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas ITB, Prof Suhono Harso Supangkat, hadiri Diskusi Nasional Inovasi Cerdas Perancangan dan Perencanaan Ibu Kota Negara belum lama ini. (Doc: Istimewa)

Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan lokasi ibu kota baru bakal berlokasi di Kalimantan Timur, tepatnya di Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara.

Terkait rencana tersebut, Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas ITB pun menanggapinya dengan sejumlah usulan untuk pemerintah.

"Kami mengusulkan perpindahan ibu kota ke Kalimantan Timur dapat menjadi momentum untuk menuju Indonesia Cerdas," kata Ketua Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas ITB Prof Suhono Harso Supangkat dalam keterangan (1/9/2019).

Baca selengkapnya di sini

3. Ups, Hacker Bisa Bobol WhatsApp di iPhone

WhatsApp. telegraph.co.uk

Mengunjungi sebuah website rupanya bisa membuat iPhone dibobol hacker. Tidak hanya itu, menurut peneliti Google, cukup memungkinkan bagi hacker untuk mengakses pesan-pesan terenskripsi yang ada di iPhone tersebut.

Dengan kata lain, pesan di aplikasi WhatsApp, Telegram, iMessage, dan lain-lain yang dipasang di iPhone ternyata dapat dibobol oleh hacker.

Ini jadi sebuah pengingat iOS juga bisa disusupi oleh malware tersembunyi yang membuka enkripsi, menguasai sistem operasi dan semua yang ada di dalamnya.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inul Daratista Curhat Pernah Diajak Tidur Produser di Awal Karier

Posted: 01 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Inul Daratista curhat soal romantika berkarier di industri musik dangdut. Dikenal sebagai Ratu Ngebor yang mencetak banyak hit dan sukses berbisnis rumah karaoke, Inul Daratista menyebut jalan yang dilewatinya tak mudah.

Inul Daratista menceritakan, tahun 2002, ia tiba di Jakarta untuk mengadu nasib. Seorang produser mengajaknya rekaman dan syuting video klip. Usai merekam lagu dan syuting, sang produser dan pencipta lagu minta "bonus."

"(Produser dan pencipta lagu mengajak) bancakan alias diperawani ramai-ramai. Aku telepon Mas Adam dan kutanya, 'Bagaimana kalau aku pulang dan sudah tidak perawan? Apakah kamu mau sama aku?' (Terlalu lugu)," cerita Inul Daratista di Instagram, Minggu (1/9/2019) kemarin.

Adam menyerahkan keputusan pada Inul. Pelantun "Masa Lalu" ini lantas teringat sang ayah yang menentang mimpinya terjun ke dunia dangdut. Kala itu, Inul Daratista hendak membuktikan kepada ayahnya bahwa ia bisa jadi penyanyi dangdut yang membanggakan.

"Aku sudah janji aku akan tunjukkan sama dia suatu saat akan bangga padaku, tapi tidak dengan cara gila, naif, murah! Aku takar imanku sampai di mana, aku kuat apa tidak. Punya album, perawan hilang, tapi lagu tidak meledak, yang rugi gue," ia menukas. 

Diusir

Inul Daratista (Instagram/ inul.d)

Inul Daratista lantas menolak tawaran mesum itu. Ia pulang kampung dengan bus. "Dan aku dikasih amplop sambil diusir," tutur Inul Daratista. Tuhan membuka jalan lain. Ia populer lewat VCD bajakan yang merekam aksinya menggoyang panggung. Sejumlah produser hingga stasiun televisi pun meminangnya.

Awalnya, Inul Daratista ogah berkarier di Jakarta. Lalu ia berpikir, tak semua pedangdut daerah bisa berkarier di Ibu Kota lengkap dengan kontroversinya.

Di Jakarta, kondisi ekonomi Inul Daratista berubah drastis. "Ekonomiku tiba-tiba drastis naik. Sedih iya karena pro kontra yang membuat (aku) akhirnya bisa berpikir dengan logika dan nyata bahwa jika mau menjadi hebat harus penuh liku-liku, mau susah, kerja keras, putar otak, sombong di depan orang tua mengatakan aku baik-baik saja agar emak bapak tidak kepikiran," beber Inul Daratista.

Ingin Bikin Ayah Bangga

Inul Daratista (Nurwahyunan/Fimela.com)

Ia menyatakan tak sekali pun orangtua menemaninya manggung. "Aku yakin mereka tak mampu melihat anaknya sesusah itu. Pernah suatu ketika aku bertiga saja dan mendengar orang tua bilang, 'Maaf ya, Nak, kami bukan orang kaya. Kalau kita kaya mungkin kamu tidak harus kerja sampai sebegitunya," ungkap Inul yang menyebut kerja dari pangggung ke panggung adalah pengabdian kecil untuk membantu keluarga.

"(Saat itu aku yakin) suatu saat aku akan bikin bapak bangga sama aku dan aku akan baik-baik saja," pungkasnya.

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapendam Cendrawasih: Kondisi di Papua Sudah Normal, Internet Masih Mati

Posted: 01 Sep 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Lektol Cpl Eko Daryanto mengatakan, kondisi terkini di Papua sudah normal pascakerusuhan yang terjadi pada Kamis, 28 Agustus 2019.

"(Kondisi) sudah normal dan kondusif," kata Eko saat dikonfirmasi, Senin (2/9/2019).

Meski demikian, dia menuturkan sejauh ini internet masih mati. Sehingga, kebanyakan hanya menggunakan jaringan wifi.

"Internet masih shutdown. Hanya bisa wifi," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto memastikan akses internet di Papua dan Papua Barat akan segera normal kembali. Terlebih menurutnya, kondisi terakhir di sana sudah kondusif.

"Bisa (dibuka), dibuka pasti. Pasti dibuka. Saya katakan bahwa kalau sudah damai memang untuk apa kita blocking medsos," tutur Wiranto.

Aparat Keamanan Akan Dikurangi

Wiranto menyebut, situasi yang aman juga akan mempengaruhi jumlah aparat keamanan di Papua. "Kalau sudah damai untuk apa aparat keamanan ramai-ramai di sana? Enggak ada," jelas dia.

Hanya saja, lanjutnya, sejumlah pertimbangan masih tetap dilakukan. Termasuk membaca situasi awal pasca-kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

"Tunggu dulu ini kan baru mulai damai, mulai aman. Sabar, dari tadi sabar, tenang, kan begitu," Wiranto menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fashion Show Tunggal Perfect10n Rayakan 10 Tahun Perjalanan Hian Tjen

Posted: 01 Sep 2019 09:21 PM PDT

Jakarta Merayakan 10 tahun perjalanan kariernya, Hian Tjen menggelar fashion show tunggal bertajuk Perfect10n di Raffles Hotel, Jakarta beberapa waktu lalu. Kesan Couturier yang melekat pada dirinya masih begitu kental dengan rangkaian koleksi busana yang ditampilkan.

Melewati 10 tahun perjalanan kariernya, Hian Tjen mampu bertahan dengan rumah modenya sendiri sejak 2008. Mengingat ia hadir di saat banyak desainer yang memilih berkarya dengan bisnis ready to wear yang dianggap lebih visioner. Sementara bisnis made to measure sering diidentikan dengan penjahit rumahan.

Namun ia membuktikannya dan kini dirinya dikenal sebagai sebagai desainer muda Indonesia yang fokus pada perancangan adibusana. 

Masuk dalam koleksi couture 2019/2020, Hian Tjen berpegang pada prinsip berkarya yang menciptakan desain klasik dan refined. Sentuhan feminin dan elegan begitu dominan dalam suguhan rancangan busana.

 

 

Terinspirasi dari The Amish

Intip rangkaian koleksi Hian Tjen dalam rangka 10 tahun perjalanannya di industri fashion (Foto: Hian Tjen)

Prinsip ini dielaborasikan dengan desain koleksi yang terinspirasi dari perempuan dalam komunitas Amish, atau yang lebih dikenal dengan The Amish. Kelompok perempuan tradisional ini bermula pada era Anabaptis Jerman-Swiss sekitar tahun 1600-an. Gaya busana yang polos mencerminkan ikon plain people pada komunitas ini.

Konsep tradisionalis, konvensional, dan klasik inilah yang diadaptasi Hian Tjen dalam 50 rancangan busananya. Tetap relevan dengan gaya hidup saat ini beserta kebutuhan konsumen modernnya.

Adaptasi ini diterjemahkan dalam permainan bahan dan eksplorasi teknik detail yang rumit. Seperti embroidery, quilting, beadings, pleats, atau cross stitch. Semua elemen diaplikasikan dalam karya busana yang tidak terlalu berat.

Hian Tjen pun rela mengolah bahan untuk memberikan karakter khusus ke dalam rancangan busananya. Ia membuat ilustrasi tangan yang menggambarkan budaya sehari-hari perempuan Amish di atas kain dengan teknik tenun yang diproduksi di Italia.

 

Perpaduan siluet dan warna

Intip rangkaian koleksi Hian Tjen dalam rangka 10 tahun perjalanannya di industri fashion (Foto: Hian Tjen)

Selain itu, Hian Tjen juga bereksperimen pada volume dan bentuk. Beberapa bagian didramatisasi pada lengan, bahu, maupun bawahan. Puff Sleeves dijadikan sebagai focal point untuk atasan dengan ujung lengan yang mengerucut. Beberapa rok pun dibuat menggelembung ketika dipadukan dengan atas yang pas siluet tubuh.

Lyon Lace dipadu dengan tulle, Wool dengan jacquard maupun sulaman klasik Eropa. Semua dikombinasikan dalam perspektif Hian Tjen akan perempuan independen dan modern.

Soal pemilihan warna, Hian Tjen memilih warna broken white, cream, abu-abu, hijau lumut, hingga nude yang merepresentasi warna gaya hidup The Amish.

 

Intip rangkaian koleksi Hian Tjen dalam rangka 10 tahun perjalanannya di industri fashion (Foto: Hian Tjen)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Momen Kedekatan Al Ghazali dengan Sang Bunda Maia Estianty

Posted: 01 Sep 2019 09:20 PM PDT

Pemilik nama lengkap Ahmad Al Ghazali Kohler ini juga berbakat menjadi Disk Jockey (DJ). Skill DJ-nya ditularkan oleh sang bunda Maia Estianty. (Liputan6.com/IG/@alghazali7)

Pemilik nama lengkap Ahmad Al Ghazali Kohler ini juga berbakat menjadi Disk Jockey (DJ). Skill DJ-nya ditularkan oleh sang bunda Maia Estianty. (Liputan6.com/IG/@alghazali7)

Al Ghazali mengawali karier sebagai pemain band bersama dengan kedua adiknya, El dan Dul. Band yang dibentuk oleh Ahmad Dhani ini diberi nama The Lucky Laki. Band The Lucky Laki sempat naik daun berkat lagu Bukan Superman. (Liputan6.com/IG/@alghazali7)

Al Ghazali mengawali karier sebagai pemain band bersama dengan kedua adiknya, El dan Dul. Band yang dibentuk oleh Ahmad Dhani ini diberi nama The Lucky Laki. Band The Lucky Laki sempat naik daun berkat lagu Bukan Superman. (Liputan6.com/IG/@alghazali7)

Tak hanya bermusik, karier Al juga merambah ke dunia akting. Al sudah membintangi 4 judul film. Terakhir ia membintangi film berjudul '13: The Haunted' yang tayang tahun 2018 lalu. Di film tersebut, Al beradu akting dengan Mikha Tambayong dan Valerie Thomas. (Liputan6.com/IG/@alghazali7)

Tak hanya bermusik, karier Al juga merambah ke dunia akting. Al sudah membintangi 4 judul film. Terakhir ia membintangi film berjudul '13: The Haunted' yang tayang tahun 2018 lalu. Di film tersebut, Al beradu akting dengan Mikha Tambayong dan Valerie Thomas. (Liputan6.com/IG/@alghazali7)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSG Minta Suporternya Tak Cemooh Neymar

Posted: 01 Sep 2019 09:20 PM PDT

Paris - Perwakilan PSG telah bertemu dengan suporter garis klub untuk berdiskusi mengenai situasi Neymar. Les Parisiens disebut memohon agar suporter tidak lagi melayangkan ejekan kepada pemain asal Brasil itu.

PSG sempat berdiskusi dengan Barcelona untuk membahas transfer Neymar. Namun, kedua klub tidak mencapai kata sepakat.

Kondisi itu membuat Neymar berpeluang besar bertahan di PSG. Sebelumnya, Neymar sempat mengatakan kalau ia tidak lagi berminat untuk membela PSG.

Hal itu membuat suporter Le Parisiens geram. Mereka melayangkan ejekan untuk Neymar pada laga pekan pertama Ligue 1 yang dilakoni PSG.

Mereka menyebut Neymar sebagai pengkhianat dan menyuruhnya untuk segera angkat kaki dari klub. Namun, PSG tak menemukan klub yang bisa menebusnya.

PSG meminta uangnya sebesar 222 juta euro untuk kembali. Harga tersebut merupakan harga yang dibayarkan PSG ketika mendatangkan Neymar pada 2017.

Setelah negosiasi tak membuahkan hasil, Neymar berpeluang besar kembali disertakan ke skuat PSG. Karena itu, manajemen klub meminta suporter untuk fokus memberi dukungan kepada klub.

 

Batal Karena Ousmane Dembele

Pemain  Barcelona, Ousmane Dembele. (AFP/Josep Lago)

Kegagalan Barcelona untuk memulangkan Neymar disebutkan karena Ousmane Dembele. Pemain asal Prancis itu menolak untuk bergabung ke PSG sebagai bagian dari transfer Neymar.

Sebelumnya, Barcelona mengajukan tawaran sebesar 100 juta euro ditambah Ousmane Dembele dan Nelson Semedo. PSG sempat tertarik, namun Dembele merusak jalannya negosiasi.

Dembele merasa masih bisa menjadi andalan di Barcelona walaupun sering menepi karena cedera. Saat ini, Dembele juga masih menjalani proses pemulihan cedera.

Sumber: AS

Disadur dari: Bola.com (Penulis Adityta Wicaksono, published 02/09/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Episode Perdana Golden Memories Asia 2019 Ditayangkan Live Indosiar Malam Ini

Posted: 01 Sep 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indosiar menyajikan kompetisi baru yang diberi embel-embel Asia. Setelah keberhasilan Dangdut Academy Asia atau DAA dalam beberapa musik, kini hadir Golden Memories Asia

Episode perdana Golden Memories Asia 2019, ditayangkan Senin (2/9/2019) malam. Pada penayangan nanti malam digelar babak drawing untuk penempatan babak-babakl bagi 24 peserta dari 6 negara, yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Philipina, Siangapura dan Timor Leste. 

Perkenalan para peserta kepada wartawan Ibukota, sudah digelar Kamis (29/8/2019) siang, dalam kemasan press conference di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat. Golden Memories (Gomes) digelar sudah dua kali di Indonesia dengan embel-embel Gomes Vol 1 dan Vol 2. Masing-masing kompetisi ini menghasilkan juara Shelley dan Vanda. Dan kini, ajang tersebut dibawa ke tingkat Asia.

Golden Memories Asia 2019, menjadi andalan penayangan talent search terbaru Indosiar. "Episodenya nggak banyak ketimbang kompetisi yang lain seperti Dangdut Academy atau D'Star yang baru habis minggu lalu," papar Harsiwi Achmad, Direktur SCM, di Jakarta, Kamis lalu.

6 Negara

Press Conference Golden Memories Asia 2019 di Indosiar, Kamis (29/8/2019)

Peserta berasal dari 6 negara. Selain Indonesia sebagai tuang ada beberapa negara lain dari Asia Tenggara. Yaitu Brunei Darussalam, Malaysia, Philipina, Singapura dan Timor Leste. Masing-masing negara mengirimkan 4 peserta yang berlaga. Kebanyakan dari mereka adalah penyanyi yang sudah punya nama alias populer di negara masing-masing. 

"Kami bekerjasa sama dengan sejumah pihak untuk audisi peserta. Dan, memang mereka rata-rata adalah penyanyi profesioal yang sudah punya nama di negara masing-masing," tambah Harsiwi Achmad. Dari Indonesia yang ikut adalah Joy Tobing, Lucky Octavian, Shelley Gomes dan Vanda Gomes. 

Untuk memberikan gambaran lagu-lagu lama apa saja yang bakal dibawakan peserta, Harsiwi menjelaskan. "Periode lagu-lagunya dari tahun 70-an, sampai awal tahun 2000-an. Kami juga ingin menyasar penonton milenial, nanti tidak menutup kemungkinan ada penyanyi atau band anak muda yang mengisi acara dengan aransmen lagu-lagu yang terkini," kata Harsiwi.

Band yang akan mengiringi peserta berlaga adalah Oni & Friends. "Saya percaya Oni bisa membuat aransemen menarik," tambah Harsiwi.

Komentator

Press Conference Golden Memories Asia 2019 di Indosiar, Kamis (29/8/2019)

Menguatkan bahwa kompetisi ini memiliki kredibitas kuat dipilihlah sejumlah komentar dan juri yang berkompetensi. Dari Indonesia, ada komentator, Hetty Koes Endang, Iis Sugianto, Ruth Sahanaya dan Soimah.

Sementara dewan juri adalah Berlian Hutauruk dan Harvey Malaiholo. Dan, tiap negara juga memiiki juri yang merupakan penyanyi dan musisi kondang. Dari Malaysia misalnya ada Sheila Majid. Dan, Singapura Najib Ali, yang di Indonesia dikenal sebagai host ajang Asia Bagus, beberapa tahun silam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PT Kencana Energi Lestari Bakal Bangun PLTM di Tanah Toraja

Posted: 01 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Kencana Energi Lestari (Tbk) berencana membangun pembangkit tenaga air yakni Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) di Tanah Toraja, Sulawesi Selatan. Sejauh ini, perseroan sudah punya satu PLTA berkapasitas 18 megawatt (mw) dan akan meresmikan PLTA kedua mereka di Bengkulu.

"PLTA kedua itu 21 megawatt yang akan segera akan segera operasional commisioning dalam waktu dekat ini di Bengkulu. Yang ketiga itu (PLTM) ada di Sulawesi, di Tanah Toraja, sebesar 10 mw. Mudah-mudahan tahun 2021 akan beroperasi juga yang satu ini," ujar Direktur Utama PT Kencana Energi Lestari Tbk Henry Maknawi pada Senin (2/9/2019) pada jumpa pers di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta.

PT Kencana Energi Lestari Tbk bergerak di sektor green energy, yakni pembangkit tenaga air dengan total kapasitas produksi 49 mw. Itu terdiri atas PLTA Pakkat di Sumatera Utara yang beroperasi sejak awal 2018 dengan kapasitas 18 mw dan PLTA Air Putih di Bengkulu yang sedang dalam proses comissioning memiliki kapasitas 21 mw.

Target net profit perseroan tahun ini adalah USD 10 juta. Pendapatan perseroan tercatat mengalami peningkatan pada tiga bulan pertama 2019 yakni sebesar USD 5,68 juta atau naik 3,37 persen dari periode sama di tahun lalu yakni USD 5,5 juta.

PT Kencana Energi Lestari juga memililki kontrak penyediaan listrik jangka panjang (Power Purchase Agreement) dengan PLN. Perseroan pun percaya target tahun ini tercapai mengingat sejauh ini tak ada masalah dari segi arus kas atau segi operasional lain.

"Selama ini tidak ada hambatan apa-apa semua tercapai dengan baik. Baik dari segi CF, control operasional cost, semua tercapai sesuai dengan rencana," ukar Direktur Keuangan PT Kencana Energi Lestari Tbk Giat Widjaja.

30 Persen Listrik Jakarta Dipasok Pembangkit Ramah Lingkungan

Selain PLTGU Tanjung Priok untuk mengantisipasi krisis listrik di Jawa juga disiapkan beberapa proyek pembangkit listrik tambahan seperti PLTGU Muara Karang, PLTGU Muara Tawar dan PLTGU Grati, Jakarta, Kamis (4/9/2014) (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Karang memiliki peran penting dalam pasokan listrik Jakarta. Di sisi lain infrastruktur ini termasuk pembangkit listrik ramah lingkungan.

General Manager PJB UP MKR Rahmat Azwin mengemukakan bahwa PLTGU Muara Karang dikelola anak Perusahaan PLN yaitu PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB). PLTGU ini memiliki total kapasitas 1.600 Megawatt (MW) yang terdiri dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap 4-5 2X200 MW, PLTGU Blok I berkapasitas 500 MW dan PLTGU Blok II 700 MW.

"Total daya yang dapat dihasilkan adalah sebesar 1.600 Megawatt," kata Rahmat, di PLGU Muara Karang, Jakarta, Rabu (31/7/2019).

Rahmat melanjutkan, Pasokan listrik dari PLTGU Muara Karang memenuhi 30 persen kebutuhan listrik Jakarta atau sekitar 5.500 MW. Mulai beroperasi tahun 1979, PLTGU Muara Karang terus berkembang. Hingga saat ini, setiap tahunnya berhasil membangkitkan energi listrik rata-rata 7.900 GWh yang disalurkan melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV ke sistem interkoneksi Jawa Bali.

"30 persen dari Muara Karang, begitu besar perannya kami mengelola dengan baik," tuturnya.

Vice President Public Relations PLN Dwi Suryo mengungkapkan, Unit Pembangkit (UP) Muara Karang berperan besar terhadap listrik di Jawa. Terutama tempat - tempat VVIP di DKI Jakarta seperti Istana Negara, Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma, serta Gedung MPR DPR.

Ramah Lingkungan

Petugas melakukan pemeliharaan rutin di Unit Pembangkitan Muara Karang, Jakarta, Rabu (31/7/2019). Setiap tahun UP Muara Karang membangkitkan energi listrik rata-rata 7.900 GWh yang disalurkan melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV ke sistem interkoneksi Jawa Bali. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lebih lanjut Dwi menjelaskan bahwa UP Muara Karang merupakan pembangkit yang sangat ramah lingkungan. Dalam pengelolaannya, kegiatan operasi dari UP Muara Karang ini memiliki berbagai keunggulan, diantaranya adalah mampu menjaga kesiapan ketersediaan, Equivalent Availability Factor 90,81 persen.

"Pembangkit-pembangkit di UP MKR ini merupakan pembangkit yang ramah lingkungan, mampu mengendalikan emisi pembangkit di tahap yang aman, menunjukkan kinerja pembangkit di Ibu Kota ini menjadi bukti peran aktif PLN dalam mendukung Jakarta aman polusi." tutup Dwi. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juan Mata Minta MU Manfaatkan Kecepatan Daniel James

Posted: 01 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Juan Mata telah meminta Pelatih Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer, untuk lebih mempercayai Daniel James di tim inti. Mata terkesan dengan James.

Pemain berusia 21 tahun itu mencetak gol indah dalam pertandingan kontra tuan rumah Southampton akhir pekan lalu dalam laga pekan keempat Liga Inggris 2019-2020, yang berakhir imbang 1-1.

Daniel James sudah mencetak tiga gol dari empat pertandingan yang telah dilakoni MU musim ini di Liga Inggris. Padahal, dia merupakan pemain anyar Setan Merah, yang didatangkan dari Swansea City musim panas tahun ini.

"(Itu) gol yang sangat bagus, hasil akhir yang fantastis. Dia (Daniel James) pemain yang sangat pekerja keras," jelas Mata kepada MUTV, seperti dilansir Tribal Football.

"Dia memberi kami banyak hal di sayap dan bahkan di babak kedua ketika semua orang sedikit lelah, dia masih berlari dan memberikan umpan silang yang sangat berbahaya," ucap pemain MU berusia 31 tahun itu.

 

Kecepatan James

Gelandang Manchester United (MU), Juan Mata, terkesan dengan kecepatan Daniel James.  (AFP/Oli Scarff)

Mata berharap James terus berkembang bersama MU musim ini. Dia menganggap pemain asal Wales itu punya kelebihan dalam kecepatan di lapangan.

"(Saya) sangat bahagia untuknya dan mudah- mudahan dia bisa melakukannya (mencetak gol) berkali-kali," kata eks pemain Chelsea ini.

Ambil Keuntungan

"Sepak bola lebih mudah bukan, jika Anda secepat itu? Dia mengambil keuntungan dari itu," ujar Juan Mata.

"Dia bertanding satu lawan satu dan sangat sulit bagi bek untuk melepaskan bola darinya. Kami perlu lebih banyak memanfaatkannya," terangnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolri dan Panglima TNI Akan Berkantor di Papua Sampai Kondisi Aman

Posted: 01 Sep 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan terbang menuju Papua dan Papua Barat. Mereka akan berdialog dengan tokoh masyarakat Papua dan Papua Barat.

"Tujuannya untuk menjamin keamanan agar situasi dan kondisi kembali kondusif walaupun saat ini relatif kondusif. Jadi semua masyarakat Papua maupun Papua Barat dapat beraktifitas seperti sedia kala dan juga melakukan kepastian pelaksanaan penegakan hukum disitu," kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal, Jakarta, Senin (2/9/2019).

Rencananya, Kapolri bersama dengan Panglima TNI akan berkantor di Papua dan Papua Barat hingga kondisi dianggap stabil dan aman.

"Insya Allah 4-10 hari di situ, tergantung situasi dan kondisi Papua dan seluruh wilayah Indonesia, karena tanggungjawab Kapolri dan Panglima TNI," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan, kondisi di Papua dan Papua Barat sudah mulai kondusif, stabil dan aman. Hal itu karena, pihaknya telah menerjukan ribuan personel gabungan TNI-Polri.

"Jadi sekali lagi kondisi di Papua sekarang sudah relatif jauh lebih stabil, lebih aman, dan saya sudah menggelar bersama Panglima sudah menggelar kekuatan tambahan hampir lebih kurang 6.000 untuk Papua dan Papua Barat," tegas Tito.

"Kalau kurang akan saya tambah lagi, saya dengan pak panglima sudah komitmen, kurang akan tambah lagi sampai situasi aman dan kita akan berangkat ke sana untuk jaga keamanan," sambungnya.

Pastikan Kondisi Aman

Ia bersama dengan panglima berada di Papua dan Papua Barat selama satu minggu. Karena, dirinya ingin memastikan kalau kondisi di sana sudah mulai membaik.

"Saya akan paling tidak mungkin 4-5, hari seminggu akan ada di situ, sampai situasi benar-benar aman. Kalau tidak, saya akan menambahkan pasukan dan kalau ada yang melakukan kerusuhan kita akan tegakkan hukum pada mereka," pungkasnya.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kemesraan Joaquin Phoenix ‘Pemeran Joker’ dan Rooney Mara, Sweet Banget

Posted: 01 Sep 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Joaquin Phoenix baru-baru ini tengah membuat heboh penggemar film keluaran Warner Bros dan DC Films. Joaquin Phoenix diketahui memerankan karakter musuh besar Batman, Joker di film dengan judul Joker.

Film Joker merupakan proyek Joker Origin Story, sebuah film spin-off mengenai musuh bebuyutan Batman. Film yang ditayangkan pada 31 Agustus 2019 di acara Festival Film Venice ke-76 di Italia ini berhasil membuat penonton terkesima.

Selain itu, Joaquin Phoenix juga menjadi perbincangan hangat pecinta film dengan kehadirannya di red carpet Festival Film Venice ke-76. Penampilan Joaquin Phoenix menjadi sorotan lantaran sangat berbeda dengan sosok Joker yang ia perankan.

Tak cuma itu, kehadiran sang kekasih Rooney Mara menambah kehebohan Festival Film Venice. Hubungan keduanya memang dikenal sebagai hubungan seleb Hollywood yang romantis. Keduanya tak pernah malu untuk memamerkan dukungannya satu sama lain di depan publik.

Berikut 6 potret kemesraan Joaquin Phoenix Pemeran Joker dan Rooney Mara yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (2/9/2019).

1. Tampak semakin romantis, ternyata kini Joaquin Phoenix dan Rooney Mara diketahui telah melansungkan pertunangan. Keduanya juga berencana untuk menlanjutkan ke jenjang pernikahan.

Potret Kemesraan Joaquin Phoenix 'Pemeran Joker' dan Rooney Mara (sumber: instagram/@rooneymaradaily)

2. Joaquin Phoenix dan Rooney Mara diketahui telah 3 tahun berpacaran sebelum akhirnya memutuskan untuk bertunangan dan diketahui publik pada Juni 2019.

Potret Kemesraan Joaquin Phoenix 'Pemeran Joker' dan Rooney Mara (sumber: instagram/@rooneymaradaily)

3. Rooney dan Joaquin dilaporkan menjalani "upacara pemberkatan" rahasia pada Juni 2019 untuk membuktikan komitmen mereka satu sama lain.

Potret Kemesraan Joaquin Phoenix 'Pemeran Joker' dan Rooney Mara (sumber: instagram/@rooneymaradaily)

4. Hubungan antara aktor 44 tahun dan aktris 34 tahun ini disadari semakin serius sejak Rooney memutuskan pindah ke Los Angeles.

Potret Kemesraan Joaquin Phoenix 'Pemeran Joker' dan Rooney Mara (sumber: instagram/@rooneymaradaily)

5. Rooney dan Joaquin diketahui mulai dekat sejak proyek film yang mereka bintangi di tahun 2016 yaitu Mary Magdalene.

Potret Kemesraan Joaquin Phoenix 'Pemeran Joker' dan Rooney Mara (sumber: instagram/@rooneymaradaily)

6. Setelah itu keduanya mengumumkan menjadi pasangan saat berada di Festival Film Cannes 2017 dan memamerkan kemesraannya dengan bergandengan tangan.

Potret Kemesraan Joaquin Phoenix 'Pemeran Joker' dan Rooney Mara (sumber: instagram/@rooneymaradaily)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Ajak Peserta Program Sail Nias 2019 Jadi Pelopor Perubahan dan Kebaikan

Posted: 01 Sep 2019 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menpora Imam Nahrawi didampingi Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Pemuda I Gusti Putu Raka Pariana memberikan pembekalan kepada peserta Program Sail Nias Tahun 2019 di KRI Tanjung Kambani, Dermaga JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (1/9) Sore. Di hadapan peserta Menpora mengatakan bahagia bisa milihat langsung putra-putri terbaik maritim yang berada di KRI Tanjung Kambani ini.

"Saya bahagia bisa melihat langsung putra-putri terbaik maritim yang mengikuti program ini. Program ini pasti akan berdampak positif, tidak hanya bagi kalian yang ikut tetapi juga akan berdampak positif bagi teman-teman kalian," ujarnya.

"Dari KRI ini akan lahir putra-putri terbaik maritim yang akan terus mengkokohkan NKRI. Dan dari KRI ini juga akan lahir putra putra terbaik yang bangga dengan negara maritim ini dan bangga untuk menjadi bagian terpenting untuk masa depan Indonesia," tambahnya.

Masih katanya, pasti sebagian bertanya, kenapa hari ini kita berada KRI ini. "Kalian berada sini kerena kalian harus tahu bahwa ribuan pulau diikat dengan kuat oleh maritim. Dari Sabang sampai Merauke sambung menyambung menjadi satu karena diikat oleh kekuatan maritim. Makanya kita harus jaya di laut, darat dan udara," lanjutnya.

Menurutnya, dimana pun kita berada dalam kondisi apapun dan situasi apapun NKRI harga mati. Indonesia ada dalam jiwa raga kita dan merah putih harus kita tinggikan setinggi-tingginya melampaui bendara negara lain. Indonesia Raya harus kita kumandangkan sesering mungkin di belahan bumi ini. Ini penting sebagai bagian rasa syukur kita hidup di Indonesia," ucapnya.

Menpora pun mengajak para peserta untuk menjadi pelopor perubahan dan penggerak kebaikan. "Mari selepas ini kalian harus menjadi pelopor perubahan dan penggerak kebaikan. Kalian akan mengisi pembangunan ini dengan hal-hal yang positif, konstruktif dan produktif. Dan kalian harusenghargai setiap perbedaan yang ada," tutupnya .

Sail Nias 2019 akan menempuh perjalanan laut dari tanggal 2 sampai dengan 21 September 2019. Rute yang akan di tempuh peserta KPN yakni, Jakarta, Sibolga- Nias Selatan- Lampung- Jakarta.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Tipe-Tipe Kepribadian Berdasarkan Tinggi Badan Seseorang

Posted: 01 Sep 2019 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki tubuh tinggi tentu idaman hampir semua individu. Ya, tubuh yang tinggi tentu akan membuat seseorang tampil makin percaya diri, bukan?

Bicara soal tinggi badan, ada yang merasa nyaman dengan tinggi badannya saat ini. Namun, ada juga yang kurang percaya diri. Alhasil, bagi para kaum hawa, memakai sepatu hak tinggi menjadi salah satu cara yang paling instan ditempuh untuk membuatmu jadi lebih semampai.

Artikel tentang menebak kepribadian seseorang dari tinggi badannya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang ice breaking kocak dari guru bikin siswa ga bosan belajar.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang pria buncit yang jadi berotot setelah rutin olahraga 4 menit.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Tinggi Badan

Photo by raj jariwala on Unsplash

Tinggi badan bagi wanita berhubungan langsung dengan kepercayaan diri. Semakin tinggi badan, semakin tinggi pula kepercayaan diri.

Selain itu, tinggi badan juga erat kaitannya dengan kepribadian. Berikut penjelasan kepribadian yang dimiliki berdasarkan tinggi badan.

Selengkapnya...

2. Ajak Ice Breaking Kreatif, Guru Ini Bikin Siswa Enggak Bosan Belajar

Petunjuk ice breaking kegiatan belajar. (Sumber: Twitter @potekboiii)

Tidak sekadar mengajar, guru tampaknya memang perlu membuat suasana belajar lebih mengasikan. Hal itu pun dilakukan seorang guru di SMAN 1 Godean, Muhammad Azis Fajri.

Guru mata pelajaran agama itu membuat ice breaking yang unik. Cara kreatif guru itu pun dibagikan salah satu siswanya melalui akun Twitter @potekboiii.

Saat pelajaran, tiba-tiba Azis bercerita dan meminta siswa mengecek kursi. Lalu mereka mendapatkan selembar kertas.

Selengkapnya...

3. Rutin Olahraga Tiap Hari Selama 4 Menit, Pria Buncit Sukses Miliki Tubuh Berotot

(@hiiragisensei/twitter.com)

Memiliki tubuh ramping dan berotot menjadi impian hampir seluruh pria. Tentu tidak mudah mendapatkan tubuh yang diimpikan, bukan? Namun, pria di Jepang ini bertekad demi miliki tubuh bugar dan kuat.

Pria bernama Hiragii Sensei itu berbagi rahasia kebugarannya di akun Twitter-nya @hiiragisensei pada 25 Agustus 2019. Dalam unggahannya, ia menunjukkan transformasi yang sangat mengesankan. Ia mengatakan bahwa dirinya hanya melakukan empat menit pelatihan High Intensity Interval Training (HIIT) setiap hari selama lima bulan.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS: Inflasi Agustus 2019 di Angka 0,12 Persen

Posted: 01 Sep 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi selama Agustus 2019 di angka 0,12 persen. Angka ini lebih rendah dibanding Juli 2019 yang ada di angka 0,31 persen.

Sementara Untuk inflasi tahun kalender Januari-Agustus 2019 mencapai 2,48 persen. Sedangkan inflasi tahun ke tahun sebesar 3,49 persen.

"Bulan agustus 2019 menunjukan adanyaa kenaikan. Berdasarkan survei di 82 kota pada bulan Agustus 2019 ini tejadi inflasi 0,12 persen,"kata Kepala BPS, Suhariyanto di Kantornya Jakarta, Senin (2/9/2019).

Dia mengungkapkan, dari 82 kota IHK yang dilakukan pemantauan, sebanyak 44 kota mengalami inflasi. Sedangkan 38 kota mengalami deflasi.

Inflasi tertinggi dialami di Kudus sebesar 0,82 persen, sedangkan terendah yaitu di Tasikmalaya, Madiun, Parepare sebesar 0,04 persen.Sementara untuk deflasi tertinggi dialami Bau-Bau ebesar -2,10 persen dan deflasi terendah di Tegal, Palopo -0,02 persen.

"Dengan perhatikan inflasi ini masih berada di bawah target pemerintah. Ini termasuk kendali karena berbagai program yang dilakukan pemerintah," pungkasnya.

 

Survei BI

Pedagang merapikan barang dagangannya di Tebet, Jakarta, Senin (3/10). Secara umum, bahan makanan deflasi tapi ada kenaikan cabai merah sehingga peranannya mengalami inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya berdasarkan, survei pemantauan harga Bank Indonesia (BI) memproyeksikan inflasi di bulan Agustus berada di kisaran angka 0,15 persen. Sementara, secara tahunan inflasi berada pada angka 3,47 persen year on year (yoy).

"Berdasarkan survei pemantauan harga sampai dengan minggu keempat dipekrirkan bulan Agustus inflasi 0,15 persen mtm," kata Gubernur BI, Perry Warjiyo saat ditemui usai shalat jumat di Mesjid BI, Jumat (30/8).

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepincut Wuling Almaz, Intip Rincian Biaya Servisnya

Posted: 01 Sep 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Servis berkala mobil adalah proses yang tak boleh dilewatkan. Kenapa? Karena berkaitan erat dengan performa kendaraan. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan Wuling Almaz, tentu biaya servis masuk ke dalam perhitungan.

Kapan waktu yang tepat servis? Paling mudah, sesuaikan dengan jumlah odometer kendaraan. Misal lakukan pengecekan mulai jarak pemakaian 5.000 km, 10.000 km dan kelipatan berikutnya.  

Tapi, biaya itu hanya kisaran untuk perawatan rutin. Bukan kerusakan yang diakibatkan oleh human error atau kelalaian pengguna. Dan Wuling mengklaim, memberikan perincian biaya servis yang lebih murah dari kompetitornya. Menurut pabrikan, perbandingan biaya servis mobil Wuling dengan brand lain dalam 100.000 km pertama bisa mencapai 41 %.

Saat ini, Wuling memiliki sekitar 93 dealer yang beroperasi melayani masyarakat. Hingga akhir tahun ini, mereka menargetkan membangun hingga 120 dealer. Termasuk untuk layanan perawatan kendaraan (aftersales). Jadi konsumen seharusnya bisa mudah menjangkau layanan itu. Nah, berikut ini daftar biaya servis Wuling Almaz.

 

5.000 Km - 20.000 Km

Pemilik SUV Wuling Almaz pada servis 5.000 km dan 20.000 km dikenai biaya servis mobil sebesar Rp 693.819. Dengan perincian jasa perbaikan, oli mesin, seal oil pan dan filter A5M oil.

30.000 Km

Kemudian untuk jarak pemakaian 30.000 km. Anda harus mengeluarkan biaya sedikit lebih mahal Rp 933.365. Makin banyak peranti yang harus diganti. Itu meliputi jasa perbaikan, oli mesin, seal oil pan, filter A5M oil dan filter A5M pass compt air.

40.000 Km

Ongkos semakin bertambah kala servis ke 40.000 km. Pemilik membayar Rp 1.447.910 dengan perincian jasa perbaikan, oli mesin, seal-oil pan, filter A5M-oil, element pendingin udara (AC), coolant-Eng 4 L, Filter A5M fuel dan spark plug A5M.

 

50.000 Km

Lalu pada servis selanjutnya 50.000 km. Ongkos yang Anda keluarkan tidak terlalu banyak. Pasalnya sudah ada beberapa part yang diganti dan masih layak pakai. Besarannya Rp 562.910, meliputi jasa perbaikan, oli mesin, seal oil pan dan filter A5M oil.

60.000 Km

Waktunya servis saat odometer menunjukkan 60.000 km. Pemilik Wuling Almaz mengeluarkan dana Rp 1.314.910. Dana ini digunakan untuk membayar jasa perbaikan, oli mesin, seal oil pan, filter A5M oil, CVT oil, filter A5M pass compt air dan fluid hyd brake.

70.000 Km

Memasuki penggunaan 70.000 km. Biaya servis mobil Wuling jauh lebih murah dari sebelumnya. Hanya Rp 562.910. Dipakai untuk jasa perbaikan, oli mesin, seal oil pan dan filter A5M oil saja.

80.000 Km

Yang terakhir, saat Almaz dipakai sejauh 80.000 km. Duit yang dikeluarkan Rp 1.447.910 untuk jasa perbaikan, oli mesin, seal oil pan, filter A5M oil, element A/CL, coolant-Eng 4 L, Filter A5M fuel dan spark plug A5M. Sebetulnya, bila mobil digunakan dengan baik, maka perawatan rutin Wuling Almaz tergolong ramah di kantong.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Waspada Hacker Saat Gunakan WiFi Publik

Posted: 01 Sep 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan WiFi publik tidak selalu aman. Sebab sangat rentan disusupi hacker untuk mengambil alih perangkat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Inikah Lokasi Cerita KKN Desa Penari?

Posted: 01 Sep 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Viral cerita tentang KKN di Desa Penari membuat warganet penasaran di manakah lokasi sebenarnya Desa Penari. Lalu,, apakah ini lokasi Desa Penari yang sesungguhnya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Model Cilik Penyandang Disabilitas Bersiap Debut di New York Fashion Week 2019

Posted: 01 Sep 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keterbatasan fisik tak menghalangi semangat model cilik penyandang disabilitas bernama Daisy May untuk tampil di kancah dunia. Bocah yang hidup dengan dua kaki diamputasi ini bakal tampil di New York Fashion Week.

Dilansir dari CNN, Senin (2/9/2019), model cilik berusia sembilan tahun ini terlahir dengan hemimelia fibula, di mana sebagian atau seluruh tulang fibula di kaki tak ada. Kelainan itu membuat kedua kakinya terpaksa diamputasi ketika berusia 18 bulan.

Setelah itu, Daisy May menerima kaki palsu dan menggunakannya untuk membantu berjalan dan bergerak. Kini, sang model cilik siap melangkah di peragaan busana dunia.

Anak asal Birmingham, Inggris ini terpilih untuk tampil di Lulu et Gigi Couture, setelah sebelumnya tampil mewakili brand ini di London Kids' Fashion Week. Brand ini didirikan oleh desainer Eni Hegedus-Buiron 50 tahun lalu dan menghadirkan pakaian untuk anak-anak.

Ayah Daisy May, Alex Demetre menyebutkan ia selalu memberikan dukungan untuk sang buah hati mengejar mimpi. Salah satu di antaranya ketika jadi model cilik.

"Dia (Daisy) menginspirasi saya dengan menunjukkan saya siapa dirinya. Dia menjalani hidup dengan senyum dan melakukan hal-hal luar biasa. Apapun itu, seperti menari, menyanyi, dia anaka yang sangat spesial," kata Alex pada CNN

Pengalaman Jadi Model Cilik

Daisy May, model cilik penyandang disabilitas yang bakal tampil di New York Fashion Week. (dok. Instagram @daisymay_demetre/https://www.instagram.com/p/B0naCJBJiAp/Putu Elmira)

Daisy akan tampil di New York Fashion Week pada 8 September 2019 di New York, Amerika Serikat. Peragaan busana kelas dunia ini akan berlangsung hingga Sabtu, 14 September 2019 mendatang.

Sang model cilik terjun di dunia permodelan sejak 18 bulan lalu. Daisy sempat bekerja untuk beragam brand ternama, mulai dari Nike, River Island, dan beberapa high street brand di Inggris.

Di usianya yang ke-9 tahun, Daisy May juga telah menorehkan prestasi lain. Ia bahkan dinobatkan sebagai Child of Courage di Pride of Birmingham Awards.

Saat ini, Daisy berada di bawah naungan Zebedee Management. Sedangkan, sang model cilik juga punya akun Instagram pribadi @daisymay_demetre dengan lebih dari 19,8 ribu followers dan akun ini dijalankan oleh sang ayah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Dirjen Kefarmasian, Kasus Obat Kedaluwarsa Jangan Terulang Lagi

Posted: 01 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan Dra. Engko Sosialine Magdaline mengaku prihatin atas kasus pemberian obat kedaluwarsa terhadap ibu hamil di Puskesmas Kamal Muara, Jakarta. Dia pun mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk evaluasi. 

"Kami prihatin atas kejadian ini, semua orang tidak menginginkan kejadian ini apalagi ibu hamil dan petugas Puskesmas," katanya di Gedung Kemenkes, Jakarta, Jumat (30/8/2019).

Engko berharap ke depannya tidak terjadi lagi hal-hal serupa kasus tersebut dalam pelayanan yang dilakukan oleh seluruh Puskesmas.

Menurutnya, pemberian obat kedaluwarsa ini tidak serta merta disebabkan oleh kelalaian atau kesengajaan petugas. Perlu evaluasi secara mendalam terhadap kasus tersebut. Selain itu, Engko menambahkan, Kemenkes pun sudah menerbitkan Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas berdasarkan Permenkes nomor 74 tahun 2016. 

Dalam menangani kasus obat kedaluwarsa di Puskesmas Kamal Muara, Kemenkes berkoordinasi dengan Dinkes DKI Jakarta. Semua SOP sudah dimiliki setiap Puskesmas. Namun perlu monitoring dan evaluasi apakah SOP tersebut sudah benar-benar diterapkan. Engko mengatakan, hal itu terkait dengan persoalan kualitas dalam pelayanan.

 

 

 

Evaluasi Seluruh Puskesmas di DKI Jakarta

Engko mengatakan, ada istilah first expired first out dalam SOP kefarmasian. Artinya obat yang kedaluwarsanya lebih cepat harus lebih dahulu digunakan. Sementara yang sudah kedaluwarsa harus dipisahkan sehingga tidak terjadi kesalahan di pelayanan kefarmasian.

"Kami terus koordinasi dengan teman-teman di Dinkes DKI Jakarta bahwa saat ini masih terus dilakukan evaluasi. Ini perlu langkah lebih lanjut dan ini adalah kewenangan dari Dinkes Provinsi DKI Jakarta," ucapnya dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com.

Dinkes DKI Jakarta, lanjut Engko, tidak hanya melakukan evaluasi di Puskesmas Kamal Muara saja, namun juga di semua Puskesmas di wilayah DKI Jakarta.

"Ini langkah baik, artinya perbaikan dilakukan terus menerus dan saya apresiasi pada Dinkes Provinsi DKI Jakarta semua Puskesmas di wilayahnya dimonitoring dan dievaluasi lagi apakah pelayan kesehatan termasuk pelayanan kefarmasian sudah dilakukan sesuai dengan kaidah-kaidah atau standar dalam Permenkes 74 tahun 2016," katanya.

Engko menambahkan hal penting yang bisa diambil dari kasus ini adalah menjadikannya pembelajaran. Artinya setiap tugas dilakukan sesuai SOP, dan meminta Puskesmas untuk mengantisipasi agar kasus ini tidak terulang kembali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Filosofi Hidup Janda dalam Ketan Jando, Kuliner Khas Desa Muara Jambi

Posted: 01 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jambi - Desa Muara Jambi yang berada di sekitar komplek percandian Muara Jambi di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, kaya akan budaya dan makanan tradisional. Salah satunya adalah makanan tradisional berbahan dasar beras pulut yang diberi nama ketan jando.

Nama makanan tradisional ini terbilang cukup unik karena dalam bahasa Melayu Jambi, jando berarti 'janda', atau sebutan untuk seorang perempuan yang ditinggal suaminya. Lantas, apakah ketan jando ini dimasak oleh seorang janda?

Menurut Roy dari Padmasana, sebuah kelompok yang konsen terhadap pelestarian sejarah dan budaya di Desa Muara Jambi, asal mula nama ketan jando karena warga menyebut ketan yang disajikan itu sangat sederhana seperti seorang janda yang hidup seorang diri di kampung.

"Karena itulah disebut ketan jando, tidak banyak ragam jenisnya, atau hanya ketan dan cocolan sambal, yang masak bukan janda," kata Roy kepada Liputan6.com, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Selain itu, nama ketan jando, kata Roy, mempunyai makna yang cukup dalam. Ketan jando bisa juga diartikan sama halnya seperti seorang janda yang selalu mengonsumsi makanan sederhana tanpa lauk yang mewah karena tidak ada suami yang mencarikan nafkah. Sama seperti halnya ketan jando yang disajikan dengan cocolan sambal teri di atas selembar daun pisang.

"Bisa dicicipi, rasanya juga sederhana, tapi tetap enak dan mengenyangkan," ujar Roy saat menawarkan sajian kudapan ketan jando itu dalam sebuah pertunjukan Baselang T'ngah Laman di Desa Muara Jambi.

Heri salah seorang warga Kota Jambi yang datang dalam sebuah pertunjukan kreasi karya seni itu sempat mencicipi ketan jando. Menurut dia, kudapan khas ini memiliki rasa yang sederhana dengan cocolan sambal ikan teri.

"Sajian makanan ketan jando memang rasanya sederhana betul, tapi tetap enak dan bikin kenyang," katanya.

Sementara itu, komposisi untuk pembuatan ketan jando ini cukup mudah, antara lain beras ketan. Kemudian cabai, tomat, garam, teri dan minyak sayur untuk sambalnya.

Sedangkan, untuk memasak ketan jando ini yang pertama beras ketan dicuci terlebih dahulu, dan kemudian dimasukan ke dalam panci penanak. Untuk mendapatkan hasil rasa yang enak dianjurkan menanak menggunakan tungku api.

Kemudian untuk pembuatan sambal teri sebagai cocolan ketan jando ini juga cukup mudah, atau sama seperti membuat sambal pada umumnya.

 

Disajikan Saat Gotong Royong

Tips membuat bubur ketan hitam./Copyright shutterstock.com

Makanan ketan jando ini biasanya disajikan ketika ada proses Baselang Kayu Bakar, atau kegiatan gotong royong mencari kayu bakar oleh masyarakat di kampung. Gotong royong mencari kayu bakar ini adalah awal dari rangkaian menyongsong pesta pernikahan.

Masyarakat di Desa Muara Jambi memang sudah dikenal dengan sifat gotong royongnya, termasuk gotong royong membantu mencari kayu bakar yang akan digunakan memasak untuk pesta pernikahan. Saat gotong royong itulah, tuan rumah yang punya hajat akan menyediakan makanan ketan jando yang sederhana itu.

Biasanya makanan ketan jando ini, disajikan dengan paduan minuman air dari rebusan pohon spang. Ketan jando dan air spang, keduanya menjadi pemersatu masyarakat di Desa Muara Jambi saat ada kegiatan gotong-royong.

Namun, seiring berjalannya waktu dan untuk tetap melestarikan kuliner khas ini, ketan jando juga menjadi andalan untuk disajikan kepada wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Muara Jambi. Keberadaan desa wisata tersebut, kian populer karena langsung berada di sekitar komplek percandian Muara Jambi, yang merupakan kompleks percandian terluas di Asia Tenggara.

Jadi untuk bisa menikmati ketan jando dan menjelajah keunikan budaya dan sejarah percandian Muara Jambu, wisatawan bisa berkunjung ke Desa Wisata Muara Jambi. Desa ini bisa tempuh perjalanan darat sekitar 40 menit dari Bandara Sultan Thaha Jambi.

"Sekarang tidak mesti saat ada acara gotong-royong, ketan jando juga disajikan kepada wisatawan yang menginap di home stay di Desa Muara Jambi," Roy memungkasi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rombak Tampilan Lagi, Video di Play Store Berjalan Otomatis

Posted: 01 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google akhirnya resmi memperkenalkan tampilan baru Play Store. Tampilan antarmuka Play Store kini tampak lebih bersih dan premium dengan mengambil gaya Material Design.

Tidak hanya itu, Google juga memperbarui tampilan video yang ada dalam Play Store. Dikutip dari GSM Arena, Senin (2/9/2019), mulai saat ini, video yang ada di informasi sebuah aplikasi akan diputar secara otomatis.

Dengan cara ini, Google menyebut pihaknya ingin membantu pengguna untuk menemukan konten yang diinginkannya secara lebih cepat.

Sebagai bagian dari keputusan ini, Google pun meminta agar pengembang yang mengambil video dari YouTube menyetop monetisasinya.

Maksudnya, video yang ditampilkan di Play Store sebaiknya tidak menampilkan iklan. Sebab, hal itu dapat membingungkan pengguna yang melihatnya.

"Jika videomu dimonetisasi, konten tersebut dapat menampilkan iklan YouTube. Hal ini tentu membingungkan pengguna. Saat menjelajah Google Play, kami ingin mereka melihat aplikasimu, bukan iklan orang lain," tulis Google dalam pernyataannya.

Oleh sebab itu, Google memberi waktu para pengembang untuk menghentikan monetisasi dari video yang ada di Play Store hingga 31 Oktober. Cara lain yang dapat dilakukan adalah memasukkan video lain yang memang tidak dimonetisasi.

Video yang diputar secara otomatis ini sebenarnya sudah diterapkan perusahaan pada layanan YouTube. Saat ini, video yang ada feed Home YouTube dapat berjalan secara otomatis, meski pengguna belum memilih untuk memutarnya.

Google Perbarui Antarmuka Play Store, Begini Penampilannya

Google Play Store di Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidaya

Sekadar informasi, Google memang telah merombak tampilan Play Store. Perubahan pertama yang kami temukan adalah warna hijau action bar dihilangkan, kini semua UI Play Store didominasi warna putih.

Tak hanya itu, tombol masing-masing menu--Games, Apps, Movies, dan Books--pun dipindah lokasinya ke bagian bawah aplikasi.

Jika diperhatikan, kamu kini tak lagi menemukan tombol tab Music.

Google juga melakukan pembaruan desain ikon aplikasi sehingga tampak lebih besar, khususnya untuk tombol instal.

Selain perubahan UI, Google tidak menambahkan sejumlah fitur baru ke dalam Play Store.

So, apakah UI Google Play Store kamu sudah yang baru?

Jangan panik, kamu bisa coba tutup aplikasi Google Play Store dan menunggu beberapa detik agar tampilan barunya aktif secara otomatis.

Beli Aplikasi dan Gim di Play Store Pakai Gopay

Tips Terhindar Dari Aplikasi Jahat di Play Store (iStockphoto)

Dompet digital milik Gojek yaitu Gopay kini menjadi satu opsi alat pembayaran baru di Google Play Store.

Saat ini, terdapat sekitar 150 juta pengguna internet di Indonesia dan 90 persen di antaranya adalah pengguna smartphone. Sebanyak 91 persen pengguna smartphone di Indonesia menggunakan sistem operasi Android.

Dengan kehadiran Gopay di Google Play, pengguna Android di Indonesia ini bisa semakin mudah berbelanja aplikasi atau melakukan in-app purchase di Google Play tanpa menggunakan kartu kredit.

SVP Digital Product GoPay, Timothius Martin mengatakan, kerja sama antara Gopay dan Google Play ini merupakan kolaborasi Google Play yang pertama dengan platform uang elektronik di Indonesia.

Gopay akan melengkapi jenis opsi pembayaran di Google Play yang mana selama ini kartu kredit paling umum digunakan. Padahal, baru sebagian kecil saja masyarakat Indonesia yang memiliki kartu kredit.

"Di sini, kami ingin memberikan akses yang lebih mudah bagi mereka yang tidak punya kartu kredit agar tetap bisa menikmati berbagai aplikasi dan hiburan yang tersedia di Google Play," tutur Timothius, Selasa (30/9/2019).

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proyek Jalan Pintas Mengwitani-Singaraja Bali Rampung Akhir 2019

Posted: 01 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan jalan pintas atau shorcut di ruas jalan Mengwitani-Singaraja yang berada di Kabupaten Buleleng dan Tabanan, Bali akan rampung pada Desember 2019.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ruas jalan ini merupakan jalur wisata yang padat dengan geometri jalan yang berkelok-kelok dan tanjakan/turunan curam, sehingga sering macet dan membuat penggunanya mabuk darat.

"Jalan Denpasar-Singaraja banyak sekali tikungan sehingga sering macet dan mengakibatkan pengendara mabuk darat. Kementerian PUPR dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten sepakat untuk membuat shortcut (jalan pintas). Ada 10 shortcut yang rencananya akan dibangun," jelas dia dalam sebuah keterangan tertulis, Senin (2/9/2019).

 

Menurut informasi yang diberikan Kementerian PUPR, jalan baru yang dibangun memangkas jumlah kelokan seperti di shortcut 5 dan 6 yakni dari 15 tikungan menjadi 5 tikungan serta memperbaiki tingkat kemiringan jalan dari semula 8-12 derajat menjadi maksimal 6 derajat. Dengan demikian meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara terutama bagi bus-bus pariwisata.

Saat ini, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII tengah menyelesaikan pembangunan shortcut di 4 lokasi yakni shortcut 3, 4, 5 dan 6 yang ditargetkan selesai sesuai kontrak pada Desember 2019.

Pembangunan shortcut 5 dan 6 sepanjang 1.950 meter dengan nilai kontrak multiyears 2018-2019 sekitar Rp 140,6 miliar yang dikerjakan oleh kontraktor PT Adhi Karya dan PT Cipta Strada lewat skema Kerja Sama Operasa (KSO).

Di shortcut 5 dan 6 tersebut terdiri dari pembangunan jembatan sepanjang 210 meter dan jalan 1.740 meter, dengan progresnya sudah mencapai 74 persen.

Shortcut 3 sepanjang 480 meter dibangun dengan anggaran Rp 12,1 miliar oleh kontraktor lokal PT Aditya Sinar Pratama dan progres 71 persen. Pembangunan shortcut 4 sepanjang 1.096 meter dengan anggaran Rp 116,2 miliar oleh kontraktor PT Nindya Karya. Terdapat pembangunan dua buah jembatan yakni sepanjang 198 meter dan 287 meter. Progresnya sudah mencapai 23 persen.

Seluruh ruas jalan pintas akan dibangun dengan lebar jalan 7 meter dan bahu jalan dua meter dan dilengkapi lampu penerang jalan. Nantinya, apabila jalan pintas sudah selesai, jalan lama tetap difungsikan dan akan dilakukan manajemen lalu lintas menjadi satu arah.

 

Dilengkapi dengan Ornamen Budaya Lokal

Anak-anak mengarak Ogoh-Ogoh selama atraksi Karnaval Seni Budaya Lintas Agama di kawasan Jalan Pemuda  Semarang, Minggu (25/3). Lima ogoh-ogoh yang didatangkan dari Bali ikut memeriahkan acara ini. (Liputan6.com/Gholib)

Sebagai jalur wisata, Menteri Basuki mengutarakan akan membangun area pandang agar orang dapat menikmati pemandangan Bali yang indah ini.

"Jalan dan jembatan juga akan dilengkapi dengan ornamen budaya lokal sehingga infrastrukturnya juga indah," ungkap dia.

Sementara Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengapresiasi pembangunan jalan pintas ini, karena hal ini karena bisa mengurangi kesenjangan ekonomi antara Bali selatan dan Bali utara. Ditambahkannya, dengan jalan shortcut ini, jarak tempuh antara Buleleng dengan Denpasar bisa lebih efisien dalam segi waktu.

"Kabupaten Buleleng yang berada di Bali Utara terkenal dengan wisata lumba-lumba di kawasan Pantai Lovina. Selain itu juga Danau Buyan di Buleleng diapit oleh Danau Tamblingan di sisi barat dan Danau Beratan di sisi timur menjadi destinasi wisata," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang MotoGP Misano, Fisik Dovizioso Pulih Tapi Kecepatan Motor Belum

Posted: 01 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bologna- Andrea Dovizioso sudah bisa membalap dengan normal usai terjatuh di MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone akhir pekan lalu. Pembalap asal Italia itu sudah mengikuti tes dua hari di Misano bersama Ducati.

Hasil dua kali tes di sirkuit Misano yang bakal jadi tempat balapan MotoGP Italia dua pekan mendatang cukup buruk. Dovizioso hanya berada di posisi ke-17.

Dia lebih lambat 1,860 detik dari Fabio Quartararo yang jdi penyebabnya tabrakan di MotoGP Inggris lalu. Lalu apa kata Dovizioso soal ini?

"Akselerasi saya lebih lambat dibandingkan pembalap lain. Marquez dan Fabio sepertinya lebih baik. Sejak grip sangat kecil, saya harus bekerja keras saat membalap," katanya seperti dikutip Motorsport.

"Saya kesulitan dengan motor. Ini tidak mudah. Meski begitu, saya mulai paham banyak hal dan ini penting untuk melakukan tes tertentu agar bisa punya ide jelas saat balapan."

 

 

Yamaha Mulai Bersaing

2. Andrea Dovizioso (Ducati) - 116 poin. (AFP/Lluis Gene)

Ducati belakangan punya penyakit buruk saat hari Jumat dan Sabtu, tapi memperbaikinya saat balapan. Menurut Dovizioso, hal itu disebabkan dia dan tim masih mengenal motor yang dipakai.

"Lawan kami juga sudah banyak berbenah. Untunglah, tim dan saya tahu betul karakter motor dan bisa benahi sehingga kompetitif di balapan," ujarnya.

"Faktor penting lainnya Yamaha saat ini lebih baik dibandingkan 2018. Mereka kerja keras untuk mengimbangi kami dan Honda."

Dia tak menyangkal Yamaha bisa menang di MotoGP Misano. "Namun saya masih ada di grup yang cepat lah," katanya.

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikarunia Anak Kedua, Ini 6 Potret Cella Kotak dan Keluarga Kecilnya

Posted: 01 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Band Kotak menjadi salah satu band papan atas Tanah Air yang telah lama memberikan warna musik bagi masyarakat. Tak hanya suara Tantri sebagai vokalis wanita yang memiliki suara unik dengan genre rock, Cella Kotak sebagai gitaris juga memiliki peran penting serta Chua sang bassis. 

Pada hari Minggu, 1 September 2019 kemarin kabar gembira datang dari sang gitaris Cella Kotak. Ia resmi menjadi ayah dari dua buah hati. Ya, istri dari pemilik nama lengkap Mario Marcella Handika Putra yaitu Carolyna Dewi baru saja melahirkan buah hatinya yang kedua bernama Irama Jazzy Rosanna Anacarla.

Kabar gembira itu pun disampaikan Cella lewat akun Instagram pribadinya. Anak keduanya berjenis kelamin perempuan menjadi pelengkap keluarga kecil Cella dan istrinya.

Sebelumnya, Cella telah dikarunai putra yang Birama Bluesy Gibson Anacarla. Sebelum kelahiran anak keduanya, keluarga kecil Cella pun tampak harmonis dan seru. Berikut ini 6 potret keluarga kecil Cella Kotak dan istrinya, dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (2/9/2019). 

1. Lewat Instagram pribadinya, Cella memosting foto pertama anak keduanya yang baru saja lahir nih!

Cella, gitaris band Kotak baru saja dikaruniai anak kedua. (Sumber: Instagram/@cellanadalam)

2. Menjelang kelahiran anak keduanya, Cella mengabadikan foto bersama istri dan anak pertamanya yang kompak dengan konsep klasik

Potret kebersamaan Cella dengan istri dan anak pertamanya. (Sumber: Instagram/@cellanadalam)

3. Istri Cella merupakan seorang dokter gigi lho!

Potret kebersamaan Cella dengan istri dan anak pertamanya. (Sumber: Instagram/@cellanadalam)

4. Cella dan istrinya saat merayakan ulang tahun Gibby yang menginjak usia ke-2 nih!

Potret kebersamaan Cella dengan istri dan anak pertamanya. (Sumber: Instagram/@carolynadewi)

5. Wah, Gibby bakal jadi penerus Cella jadi gitaris nih sepertinya!

Potret kebersamaan Cella dengan istri dan anak pertamanya. (Sumber: Instagram/@carolynadewi)

6. Asyik banget nih liburan naik mobil jeep

Potret kebersamaan Cella dengan istri dan anak pertamanya. (Sumber: Instagram/@carolynadewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badai Dorian Bikin Bahama Babak Belur, Dihantam Angin Ribut 285 Km per Jam

Posted: 01 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Nassau - Badai Dorian yang kuat menghantam kepulauan Karibia di Bahama pada akhir pekan, Minggu 2 September 2019 waktu lokal.

Masuk dalam kategori 5 atau yang terparah dalam skala Saffir-Simpson, badai Dorian menyebabkan banjir dan kerusakan akibat hujan deras yang disertai angin ribut, demikian seperti dari BBC, Senin (3/9/2019).

Angin tercatat mencapai kekuatan 285 km per jam di Bahama.

Lonjakan badai "mengancam jiwa" juga diperkirakan terjadi di beberapa tempat, para pejabat memperingatkan.

Banjir Besar dan Angin Ribut

Wilayah kepulauan Abaco dilaporkan berada di bawah air setelah badai menghantam Elbow Cay Bahama pada Minggu siang kemarin.

Badai juga menghantam pulau Grand Bahama dengan angin kencang dan curah hujan deras.

Penduduk Bahama memposting rekaman di media sosial yang menunjukkan air banjir melanda beberapa rumah setelah angin kencang menghancurkan atap rumah mereka. Video-video juga menunjukkan kapal-kapal terbalik mengambang di genangan air yang penuh dengan puing-puing.

Pada hari Minggu, direktur Pusat Badai Nasional AS (NHC) Ken Graham mengatakan Bahama akan berada dalam kondisi badai besar selama 10 jam atau lebih.

Pihak berwenang menutup beberapa bandara di pulau-pulau terpencil selama Badai Dorian, tetapi bandara internasional utama tetap buka pada hari Minggu.

Segera ke AS

Penampakan Badai Dorian dari Twitter NOAA

Badai Dorian bergerak perlahan ke barat dan mungkin menghantam daerah-daerah pesisir timur AS.

Negara bagian AS di Florida, Georgia, Utara, dan Carolina Selatan semuanya telah menyatakan keadaan darurat.

Dorian akan bergerak lebih dekat ke pantai timur Florida pada Senin malam dan sampai Selasa malam waktu setempat.

Presiden Donald Trump sendiri telah membatalkan perjalanan yang direncanakan ke Polandia dan bertemu dengan pejabat manajemen darurat.

Dia mengatakan kepada wartawan pada hari Minggu bahwa badai "terlihat mengerikan" dan pantai timur AS "pada akhirnya akan terkena dampak dan beberapa di antaranya sangat, sangat parah".

Presiden Trump juga telah mengeluarkan keadaan darurat federal untuk Florida, dan gubernur negara bagian itu, Ron DeSantis, telah mengaktifkan 2.000 tentara Garda Nasional, dengan 2.000 lainnya dalam siaga.

Perintah evakuasi telah diberikan di wilayah pesisir Florida dan Carolina Selatan.

Objek wisata populer, termasuk Disney World di Orlando, mengatakan mereka "memantau" badai tersebut. Kota pantai Miami juga telah memerintahkan penghapusan skuter sewa listrik dari jalanan untuk menghindari mereka terlempar akibat angin ribut.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecelakaan Mobil, Kevin Hart Alami Cedera Serius

Posted: 01 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, California - Aktor dan komedian Kevin Hart mengalami kecelakaan mobil di Calabasas, California, Amerika Serikat, pada Minggu (1/9/2019) pagi waktu setempat. Dilaporkan CNN, ada dua orang lain yang terlibat dalam kecelakaan lalu-lintas ini.

Menurut laporan dari Patroli Lalu Lintas California, Kevin Hart mengalami cedera punggung serius dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Hal serupa juga dialami oleh sopir mobilnya, Jared Black.

Jared Black diketahui mengendarai mobil milik Kevin Hart, yakni Plymouth Barracuda tahun 1970. Di tengah perjalanan ia kehilangan kontrol atas mobil tersebut, keluar dari jalan, dan jatuh dari sisi jalan yang menurun.

Jared Black dan seorang penumpang lainnya sempat terperangkap dalam mobil tersebut. Sementara Kevin Hart keluar dan menuju ke rumah yang letaknya dekat dengan lokasi kecelakaan untuk mencari pertolongan.

Polisi menyimpulkan bahwa Jared Black tidak berada dalam pengaruh alkohol saat kecelakaan terjadi. Sementara Variety mengabarkan bahwa cedera yang dialami aktor Jumanji: Welcome to the Jungle ini tak membahayakan nyawanya.

Baru Dibeli

Kevin Hart dan mobil Plymouth Barracuda  miliknya. (Sumber: Instagram/ kevinhart4real)

Sementara itu, CNN melaporkan bahwa Plymouth Barracuda milik Kevin Hart itu ia beli pada Juli lalu untuk ultahnya ke-40. Ia sempat memamerkan mobil klasik ini di akun Instagram miliknya.

"Menambah otot lagi di keluargaku untuk usiaku yang ke-40....selamat datang 'Menace'," tulis Kevin Hart pada Juli lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua The Jakmania Minta Nirwan Bakrie Selamatkan Persija

Posted: 01 Sep 2019 08:55 PM PDT

Jakarta - Seiring dengan derasnya desakan mundur terhadap Ferry Paulus, Ketua The Jakmania, Tauhid Indrasjarief, punya solusi. Ia berharap Grup Bakrie sebagai pemilik Persija Jakarta untuk turun tangan.

"Saya berharap Bakrie turun tangan. Jangan cuma kasih pion-pionnya saja yang mengurusi Persija," kata pria yang karib dipanggil Bung Ferry.

"Pak Nirwan (Bakrie) langsung pun tak apa-apa. Paling tidak, ayo manajemen bicara. Maunya dibawa ke mana klub ini. Ini Persija lho. Satu-satunya klub yang tak pernah degradasi, satu-satunya klub yang pernah 11 kali juara Liga Indonesia, pakai satu bintang kan cuma Persija sebetulnya," ujar Ferry.

Ferry Paulus, yang menduduki posisi sebagai Chief Executive Officer (CEO) Persija, bak menjadi bulan-bulanan The Jakmania saat pertandingan menjamu Perseru Badak Lampung FC pada laga pekan ke-17 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (1/9/2019).

Banyak The Jakmania membentangkan spanduk permintaan mundur terhadap Ferry Paulus dan tuntutan itu disuarakan pula lewat nyanyian sepanjang pertamdingan.

Tekanan dari suporter Persija bahkan memaksa mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut, meninggalkan kursinya di Stadion Patriot saat turun minum.

Gede Widiade Tak Mungkin Kembali

Mantan Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sejak musim ini, Ferry Paulus bersama Kokoh Afiat mengambil alih posisi Gede Widiade sebagai pengendali Persija. Di era Gede, tim berjulukan Macan Kemayoran itu menikmati kesuksesan besar dengan meraih tiga trofi sekaligus pada musim lalu.

Ketika disinggung mengenai kemungkinan Gede Widiade kembali ke Persija, Ferry pesimistis.

"Tapi, susah ya. Kalau keinginan pasti ada. Cuma susah. Biar bagaimana kan ini punya Bakrie," tutur Ferry.

Sebagai solusi awal, Ferry ingin manajemen Persija pada era Ferry Paulus untuk terbuka dan mengajak The Jakmania berdiskusi. Ia merasa saat ini manajemen Macan Kemayoran lebih tertutup dibandingkan ketika dipegang Gede.

"Manajemen tak pernah menanggapi. Saya sudah berulang kali minta bertemu. Paling tidak, ayo kita redam suara-suara ini. Mereka (manajemen) lihat, ada spanduk besar kritikan, tapi di belakang itu, mereka (suporter) tetap bernyanyi. Berarti mereka (suporter) cinta. Kritik itu bukan benci. Mereka tetap nyanyi sekuat tenaga. Ingin bangkitkan semangat lagi. Dengan cara, ayo deh, ngobrol," ucap Ferry.

Disadur dari: Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa, published 02/09/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disebut Jadi Lokasi KKN di Desa Penari, Ini 5 Wisata Mistis di Banyuwangi

Posted: 01 Sep 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah horor KKN di Desa Penari belakangan ini menjadi salah satu topik yang paling sering dibicarakan di media sosial khususnya Twitter. Banyak netizen yang berlomba-lomba melakukan analisis demi menemukan lokasi KKN tersebut. Dan Banyuwangi menjadi salah satu tempat yang diduga sebagai lokasi KKN di Desa Penari.

Efek viralnya kisah horor tersebut lantas membuat semua orang mencari tahu tentang Banyuwangi. Mulai dari budaya tarian, hutan-hutan hingga tempat wisata yang lokasinya dianggap sebagai lokasi KKN di Desa Penari.

Banyak hutan yang disebut oleh netizen, mulai dari Alas Purwo, Alas Gumitir, Hutan Djawatan, sampai Rowo Bayu yang berada di tengah hutan. Padahal tempat-tempat itu kini sudah terbuka menjadi tempat wisata.

Daripada mengaitkan semua lokasi menjadi cerita horor , kamu bisa mencoba menjelajahi wisata yang dianggap mistis tersebut untuk menguji nyalimu. Berikut 5 wisata mistis di Banyuwangi, Jawa Timur yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (2/9/2019).

1. Wisata Rowo Bayu

Wisata Rowo Bayu (Sumber: Bumn.go.id)

Wisata Rowo Bayu adalah destinasi wisata hutan dan danau asri. Wisata ini terletak di Dusun Sambungrejo, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

Di Banyuwangi tersimpan kepingan misteri sejarah Kerajaan Blambangan yang merupakan sebuah kerajaan Hindu terakhir di Pulau Jawa.Konon, Rowo Bayu menjadi tempat favorit untuk bermeditasi pada masa Prabu Tawang Alun.

Rowo Bayu juga erat dengan nilai sejarah. Kini, selain sebagai destinasi wisata alam, tempat ini juga menjadi wisata spiritual. Tidak jarang pengungung yang datang dengan melakukan spiritual di sekitar petilasan Prabu Tawang Alun.

2. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo merupakan hujan hujan dataran rendah dengan rata-rata curah hujan 1.000-1.500 ml per tahun. Alas Purwo terkenal karena memiliki pesona pantai yang asyik untuk berselancar.

Tak hanya itu, Alas Purwo juga dikenal sebagai hutan paling angker di Jawa. Tempat ini dulunya adalah tempat berkumpulnya para jin. Bahkan beberapa paranormal menuturkan terdapat kerajaan jin di sana.

Tak jarang para penduduk melihat penampakan seperti genduruwo hingga kuntilanak. Banyak cerita bahwa pohon-pohon yang tumbuh di Alas Purwo, terkadang menimbulkan masalah. Misalnya seperti membuat tersesat atau diculik oleh jin.

3. Keraton Macan Putih

Keraton Macan Putih (Sumber: jatimprov.go.id)

Keraton Macan Putih adalah salah satu wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata ini merupakan wisata bersejarah.

Tak hanya itu, wisata Keraton Macan Putih juga menyimpan cerita mistis yang dapat menguji nyali kamu. Terletak di Kecamatan Kabar, tempat wisata ini beberapa abad lalu digunakan sebagai ibukota Kerajaan Blambangan. 

Penduduk sekitar menganggapnya sakral karena dipercaya sebagai tempat Prabu Tawang Alun muksa atau menghilang kembali ke sisi Tuhan dan yang tertinggal hanyalah seekor macan putih gaib sebagai penjaga tempat ini.

4. Goa Istana, sebagai tempat semedi Bung Karno bertemu Nyi Roro Kidul

Goa Istana, sebagai tempat semedi Bung Karno bertemu Nyi Roro Kidul (Sumber: kemdikbud.go.id)

Wisata Goa Istana menyimpan banyak kisah misteri yang akan membuatmu merinding. Goa yang berada di Alas Purwo ini dulu dijadikan tempat semedi Bung Karno.

Goa Istana, bukan tempat pertapaan biasa. Di goa inilah Bung Karno bertemu dengan Nyi Roro Kidul sang penguasa Laut Selatan. Menurut beberapa paranormal, goa ini dijaga oleh dua prajurit dan dipercata sebagai pusat dunia gaib Alas Purwo.

5. Watu Dodol

Watu Dodol (Sumber: kemdikbud.go.id)

Wisata Watu Dodol dulunya adalah sebuah bunker milik Jepang yang dijadikan tempat untuk mengintai kapal-kapal milik musuh. Katanya, di dalam bunker terdapat lorong gelap yang bisa menembus ke Alas Purwo yang menghubungkan ke dunia gaib.

Selain itu, Patung Gandrung yang ada di bagian atasnya sering terlihat bergerak dan menari saat malam hari. Ada sebuah sumur kecil yang dipercaya sebagai tempat kelahiran Sunan Giri.

Tak hanya itu, dulu di tempat ini ada seorang dukun yang digantung hidup-hidup.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BP Batam Siap Lakukan Uji Bahan Baku Limbah Plastik

Posted: 01 Sep 2019 08:47 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Untuk memastikan limbah plastik yang masuk ke Kota Batam terkontaminasi B3 atau limbah B3, maka berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31/M-DAG/PER/5/2016 Pasal 4 huruf b (tidak terkontaminasi B3 dan/atau Limbah B3), huruf c (tidak bercampur dengan limbah lainnya yang tidak diatur Peraturan Menteri ini), perlu dilakukan uji laboratorium. 

Terkait hal itu sebagai laboratorium yang telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan Nomor LP-746-IDN, maka Laboratorium Uji BP Batam dapat melakukan pengujian limbah ataupun bahan baku scrap plastik tersebut.

Kepala Seksi Pengujian Mutu (Kepala Laboratorium Uji) Badan Pengusahaan (BP) Batam Afuan mengatakan, di samping dapat melakukan pengujian scrap terkontaminasi, dan pengujian RoHS pada komponen elektronika serta pendukungnya, Laboratorium Uji BP Batam juga dapat melakukan pengujian limbah industri.

"Laboratorium Uji BP Batam dapat melakukan pelayanan pengujian bagi industri dalam memenuhi ketentuan pengaturan, sehingga para pengguna jasa laboratorium yang berada di Batam tidak perlu lagi mengirimkan sampel ke laboratorium di luar Kota Batam," kata Afuan.

Menurut Afuan, untuk memberikan pelayanan terbaik Laboratorium Uji BP Batam menerapkan standar jaminan mutu yang mengacu kepada ISO 17025, di mana metode pengerjaannya mengacu kepada Standar Internasional IEC62321 maupun SNI.

"Laboratorium Uji BP Batam juga didukung dengan instrumentasi kimia yang canggih dan terkalibrasi secara reguler," kata Afuan.

Afuan menambahkan Jasa Analisa yang dapat dilayani meliputi parameter-parameter dalam bidang, antara lain

Analisa parameter Restriction of Hazardous Substances Directive (ROHs), yaitu analisa bahan materil berbahaya (Pb, Cd, Hg, dan Cr6) yang tidak boleh terdapat dalam peralatan listrik dan elektronik.

Kepala Laboratorium Uji BP Batam juga menegaskan bahwa instrumen kimia yang dimiliki Laboratorium Uji BP Batam saat ini dalam kondisi baik dan terkalibrasi.

Instrumen itu berupa:

  1. X-Ray untuk Pengujian kwantitatif dengan cara screening semua unsur logam seperti Fe (Besi), Zn (Seng), Cl (Klor), Si (Silikon), Pb (Timbal), Cd (Cadmium), Hg (Merkuri), Ca (Kalsium), P(Fosfor), (Al (Alumunium), Mg (Magnesium), Ar (Arsen), K (Kalium), Ti (Titanium), Ar (Argon), Mn (Mangan), Cr (Krom), Cu (Tembaga), N (Nitrogen), dan semua unsur kimia lainnya.
  2. Mercury Analyzer untuk Melakukan pengujian Hg (Mercury)
  3. HVG-I (Hydride Vapor Generator)
  4. AAS (Atomic Absorbtion Spectrophotometer) untuk Pengujian Kualitatif logam berat Pb (Lead) dan Cd (Cadmium)
  5. UV-Vis Spectrophotometer untuk Pengujian Kualitatif Cr6+ (Chromium Hexavalent)
  6. FTIR (Forier Tnasform Infra Red)  untuk screening Senyawa PBB (Polybrominated biphenyls), dan PBDe (Polybrominated diphenyl ethers) untuk mengetahui jenis polimer sesuai dengan library yang ada pada alat.
  7. Microwave Digestion untuk preparasi sampel (Destruksi Basah)
  8. Grinding untuk Polimer
  9. GCMS (Gas Chromatography Mass Spectrometer)
    • untuk Analisa Azo dan Phatalat
    • olyBrominated Biphenyls (PBBs), dan PolyBrominated Diphenyl Ethers (PBDEs)
  10. ICP-OES untuk pengujian unsur

Adapun alamat Laboratorium Uji BP Batam berlokasi Parkway Street Batam Centre 29461 (Kawasan Politeknik Negeri Batam), dengan nomor telefon atau faksimile 0778-469566, 469856 ext. 1088 dan e-mail: lab_ujibpbatam@yahoo.co.id.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TNI Sebut Polisi Cari Penipu Demonstran di Papua

Posted: 01 Sep 2019 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 300 pelaku aksi demo pada Kamis (29/8/2019) yang berasal dari masyarakat pegunungan di Papua merasa ditipu oleh koordinator aksi massa yang berakhir ricuh dan anarkis.

Mereka berkomitmen tidak akan lagi ikut dalam aksi demo dalam bentuk apapun di Papua.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Lektol Cpl Eko Daryanto mengatakan, info tersebut didapatkannya dari para aksi.

"Itu pernyataan mereka (yang merasa ditipu)," kata Eko kepada Liputan6.com, Senin (2/9/2019).

Dia menuturkan, info tersebut didalami oleh pihak kepolisian. Adapun itu akan ditanyakan kepada 28 orang yang ditahan.

"Info tersebut sedang didalami oleh polisi dari pengembangan 28 orang yang ditahan," ujarnya.

Merasa Ditipu

Menurut Eko, 300 orang yang merupakan bagian dari massa pendemo sepakat untuk tidak mau lagi ikut-ikutan aksi demo massa dalam bentuk apapun.

Kelompok massa pendemo ini merasa telah ditipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan isu rasisme di Papua.

"Selama tiga hari mereka bersembunyi di wilayah sekitar Kelurahan Numbay Distrik Jayapura Selatan, mereka tidak berani kembali ke daerah Abepura dan Waena dengan alasan takut mendapat aksi balasan dari masyarakat yang telah menjadi korban aksi penjarahan, pembakaran, pelemparan maupun pengrusakan oleh mereka pada waktu melakukan aksi demo yang berujung rusuh dan anarkis sehingga menimbulkan kerusakan dan kerugian material di sepanjang jalan Waena - Jayapura," kata Eko.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Boyong Ante Rebic, AC Milan Kirim Andre Silva ke Frankfurt

Posted: 01 Sep 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Milan - AC Milan tinggal menunggu waktu untuk memboyong Ante Rebic dari Eintracht Frankfurt. Striker Timnas Kroasia itu direkrut lewat skema barter.

Frankfurt mendapatkan Andrea Silva dari AC Milan sebagai gantinya. Rebic sendiri telah tiba di Kota Milan untuk menjalani tes medis bersama I Rossoneri.

Dia mendarat di Milan pada Minggu (1/9/2019) malam waktu setempat. AC Milan meminjam Rebic selama dua tahun dengan opsi permanen sebesar 25 juta euro.

"Saya sangat senang berada di sini. Forza Milan!" kata Rebic, seperti dilansir Tribal Football.

Sementara untuk kesepakatan Andre Silva belum terungkap secara jelas. Tapi, striker asal Portugal itu sendiri sudah menuju ke Kota Frankfurt untuk tes medis.

Konfirmasi Transfer

Andre Silva dipinjamkan AC Milan ke Eintracht Frankfurt. (Photo by MIGUEL MEDINA / AFP)

Direktur Olahraga Frankfurt, Fredi Bobic, mengonfirmasi transfer Andre Silva dari AC Milan. Silva diyakini tidak akan mendapat halangan untuk bergabung dengan klub Bundesliga itu.

"Kedua klub (AC Milan dan Frankfurt) telah mencapai kesepakatan," ujar direktur olahraga mereka Fredi Bobic.

Berjalan Baik

"Jika semuanya berjalan dengan baik, Silva akan menjadi pemain Eintracht Frankfurt dan Rebic akan pergi ke Milan," ungkapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Kejutan Ulang Tahun Acha Septriasa, Jauh dari Kata Mewah

Posted: 01 Sep 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris Acha Septriasa baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-30. Wanita yang memiliki nama asli Jelita Septriasa ini mendapatkan kejutan ulang tahun dari suami tercinta Vicky Kharisma saat tengah malam. Acha Septriasa mendapatkan sebuah kue coklat dari sang suami lengkap dengan tulisan "Happy Birthday Babe".

Acha Septriasa juga mengunggah foto dirinya dan sang suami bersama kue ulang tahunnya di akun Instagram pribadinya. Wanita yang pernah bermain dalam film 99 Cahaya Di Langit Eropa ini juga mendapatkan kejutan ulang tahun dari teman-teman terdekatnya.

Pesta kejutan untuk Acha Septriasa sendirn jauh dari kata mewah. Meski begitu, dirinya tetap terlihat bahagia dalam setiap foto yang diunggah oleh Acha Septriasa di akun Instagram @septriasaacha.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @septriasaacha, berikut ini beberapa potret kejutan ulang tahun Acha Septriasa yang ke-30, Senin (2/9/2019).

1. Pada foto unggahannya bersama sang suami, dirinya juga menambahkan caption berisi "Dirty 30th nd i love you 3000"

Acha Septriasa (Sumber: Instagram/septriasaacha)

2. Kejutan ulang tahun untuk Acha Septriasa dilakukan oleh teman-teman terdekatnya

Acha Septriasa (Sumber: Instagram/septriasaacha)

3. Menggunakan sebuah dress sederhana berwarna biru, penampilan Acha terlihat menawan

Acha Septriasa (Sumber: Instagram/septriasaacha)

4. Tentu saja kebersamaan Acha dengan teman-temannya ini menjadi kenangan tersendiri yang tak terlupakan

Acha Septriasa (Sumber: Instagram/septriasaacha)

5. Meski jauh dari kata mewah akan tetapi kebahagiaan dari Acha dan temannya sangat terlihat

Acha Septriasa (Sumber: Instagram/septriasaacha)

6. Acha mengunggah beberapa foto saat dirinya diberi kejutan ulang tahun di akun Instagram pribadinya

Acha Septriasa (Sumber: Instagram/septriasaacha)

7. Sang anak juga turut menemani Acha Septriasa pada acara tersebut

Acha Septriasa (Sumber: Instagram/septriasaacha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Ospek Minum Air Ludah, DPR Usul Dibentuk Unit Pelaporan Bullying

Posted: 01 Sep 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudin menilai perlu pembentukan suatu unit di sekolah atau kampus untuk melaporkan perbuatan perundungan atau bullying.

Hal itu ia katakan terkait dengan adanya kegiatan orientasi sekolah dan pengenalan kampus (Ospek) di Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara, yang menyuruh mahasiswa baru meminum air sudah diludahi.

"Untuk jangka panjang pun di sekolah-sekolah maupun di perguruan tinggi juga ada satu unit semacam unit pengaduan di mana mahasiswa dan siswa yang mengalami tindakan-tindakan kekerasan dan kekhawatiran seperti bullying itu bisa, bisa mengadukannya," kata Hetifah pada merdeka.com, Senin (2/9/2019).

Menurutnya jika ada unit khusus pelaporan bullying akan mempermudah korban mengadu. Terlebih lagi korban kerap kali takut untuk melaporkan pada pihak yang berwajib.

"Jadi kalaupun kepada guru ataupun kepada dosen siapa jelas kalau mau hotline nomor teleponnya berapa dan nanti juga tentu saja pengaduan itu disertai juga informasi yang terbuka gitu dia mau mengajukannya biasanya korban itu suka takut ya dia lebih baik diam padahal ternyata korbannya banyak," ungkapnya.

Setelah membuat unit, lanjut Hetifah, diperlukan penanganan yang tepat dari pihak sekolah atau kampus terhadap keamanan korban. Sehingga korban merasa aman saat mengadu ke unit tersebut.

"Jangan nanti ditekan lagi sama pihak kampus misalnya 'ah kamu ngadu-ngadu' jadi pengaduan itu memang mekanisme yang harus diciptakan handlingnya gimana menghandling suatu pengaduan secara bijak seperti apa, jadi berkelanjutan, engga orang 'ah kalau nanti ngadu resikonya untuk kita sendiri'," ucapnya.

Kecam Ospek di Universitas Khairun

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kementerian Riset Teknologi dan pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), mengecam orientasi studi dan pengenalan kampus (Ospek) di Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara. Pasalnya, dalam kegiatan tersebut sejumlah mahasiswa baru dipaksa berjalan jongkok dan meminum air ludah.

"Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menentang segala bentuk perpeloncoan dan kekerasan di lingkungan pendidikan," dikutip dari akun resmi Ditjen_Belmawa, Minggu (1/9).

Ditjen Belmawa menegaskan tindakan perpeloncoan atau hal-hal lain yang berbau kekerasan di lingkungan pendidikan dilarang keras. Pelaku atau pun pihak-pihak yang terlibat harus mendapatkan sanksi tegas.

"Ayo bersama kita bangun wajah pendidikan Indonesia menjadi lebih baik. Menjadi generasi yang tidak hanya cerdas pikiran dan pengetahuan, namun juga cerdas dalam berperilaku dan bermasyarakat." ucapnya.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shopee Liga 1: Bomber Asing Kuasai Daftar Pencetak Gol Terbanyak di Paruh Pertama

Posted: 01 Sep 2019 08:35 PM PDT

Lamongan - Shopee Liga 1 2019 telah mencapai pekan ke-17. Daftar pencetak gol terbanyak sementara sampai tengah musim ini dikuasai oleh para bomber asing.

Penyerang Persela Lamongan, Alex Goncalves, menjadi pemain paling subur pada putaran pertama Shopee Liga 1 2019. Pemain berpaspor Brasil itu mampu bersaing dan mencetak 15 gol dalam 15 laga yang dimainkannya.

Hal itu berarti Alex mencetak rataan satu gol setiap pertandingan. Jumlah tersebut cukup baik untuk pemain yang jadi pendatang baru di Liga 1 2019.

Sementara itu, penyerang Persija Jakarta, Marko Simic, berada di posisi kedua dengan raihan 12 gol. Bomber berpaspor Kroasia itu mencetak 12 gol dalam 14 laga yang dimainkan bersama tim Macan Kemayoran.

Nama baru yang juga meramaikan papan atas klasemen pencetak gol adalah Ciro Alves. Striker milik Tira Persikabo itu mencetak 11 gol dalam 17 laga bersama skuat asuhan pelatih Rahmad Darmawan itu.

Sementara gelandang Arema, Makan Konate, berada di urutan keempat dengan jumlah 10 gol. Pemain asal Mali hanya unggul satu gol dari Yevhen Bokhashvili (PSS Sleman) dan Ilija Spasojevic (Bali United), yang sama-sama mencetak sembilan gol pada putaran pertama Shopee Liga 1 2019.

Namun, daftar pencetak gol pada putaran pertama ini kurang adil jika dijabarkan dan dijadikan acuan. Penyebabnya adalah karena masih banyak tim yang belum genap menyelesaikan 17 laga pada putaran pertama Shopee Liga 1 2019.

Pemain Lokal Bersaing Sumbang Assist

Rizky Pora, gelandang sekaligus kapten Barito Putera. (Bola.com/Aditya Wany)

Sedangkan ersaingan untuk daftar pencetak assist terasa lebih ketat. Ada tiga pemain yang berada di daftar atas, yakni Ciro Alves (Tira Persikabo), Sylvano Comvalius (Bali United), dan Makan Konate (Arema)

Ketiganya sama-sama mencetak tujuh assist pada putaran pertama. Adapun di posisi kedua ada nama gelandang Kalteng Putra, Diogo Campos, Rizky Pora (Barito Putera), dan Fadhil Sausu (Bali United), yang sama-sama menyumbang enam assist.

Di urutan ketiga dihuni lima pemain yang sama-sama menyumbang lima assist. Mereka adalah Flavio Beck (Bhayangkara FC), Wawan Febrianto (Tira Persikabo), Kei Hirose (Persela Lamongan), Paulo Sergio (Bali United), dan Riko Simanjuntak (Persija Jakarta).

Disadur dari: Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap, published 02/09/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menuju Haornas 2019, Kemepora Gelar Festival Tingkat Nasional Senam Bugar Lansia Indonesia

Posted: 01 Sep 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September 2019. Menuju hari bersejarah dunia olahraga Indonesia itu, Staf Ahli Hukum Olahraga mewakili Menpora, membuka Festival Tingkat Nasional Senam Bugar Lansia Indonesia, di Halaman Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (1/9) Pagi. Budaya hidup sehat dan bugar harus terus digalakkan dan ditingkatkan, apalagi bagi kaum yang menuju lanjut usia, karena lansia harus tetap produktif.

Festival ini, selain mengawali rangkaian kegiatan Bulan September sebagai Bulan Olahraga yang didalamnya ada Haornas, dimaksudkan pula untuk terus mengajak masyarakat khususnya para lansia yang menurut data BPS tahun 2019 ini mencapai 25,9 juta jiwa (9,7%), untuk terus produktif berdaya guna dalam pembangunan nasional.

"Lansia harus terus produktif dan meningkatkan produktivitasnya sehingga keikutsertaan dalam pembangunan bangsa tetap terjaga," kata Staf Ahli Samsudin.

Salah satu upaya meningkatkan produktivitas adalah melalui olahraga. Adapun olahraga yang paling cocok dalam rentan usia lansia adalah senam kebugaran. Dalam hal ini Kemenpora terus mendorong dengan melahirkan Senam Ayo Olahraga 1 Menit dan Senam Bugar Lansia Indonesia Seri 2.

"Kemenpora telah memprakarsai Senam Ayo Olahraga 1 Menit yang bisa dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja, cocok untuk para lansia," tambahnya.

Peserta festival ini terdiri dari perwakilan daerah-daerah di Indonesia serta dari klub-klub senam lansia Jakarta dan sekitarnya. Hadir, Asdep Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Aris Subiyono, Asdep Sentra dan SKO Bayu Rahardian, Sesdep Pengembangan Pemuda Amar Ahmad, Ketua DWP Kemenpora Titin Isnanta sekaligus Ketua Pelaksana, dan para pengurus Lansia Nasional serta daerah.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polda Jawa Timur Tetapkan Tersangka Baru soal Kasus Dugaan Ujaran Rasis

Posted: 01 Sep 2019 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik polda Jawa Timur kembali menetapkan satu tersangka baru kasus dugaan ujaran rasis di Asrama Mahasiswa Papua. Tersangka baru berinisial SA merupakan satu dari enam saksi yang sudah diajukan permohonan cekal oleh pihak kepolisian kepada pihak imigrasi.

Penetapan tersangka juga berdasarkan pemeriksaan dua saksi serta rekaman video yang sudah dijadikan alat bukti oleh polisi. "Saat ini baru akan bertambah lagi, rekaman dan data forensik. Sudah disampaikan pihak kapolda. Nanti akan diberitahukan," ujar Wakapolda Brigjen Pol Toni Harmanto, seperti ditayangkan dalam program Liputan6, ditulis Senin (2/9/2019).

Sebelumnya Polda Jawa Timur menetapkan Tri Susantik, korlap aksi di Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya sebagai tersangka kasus dugaan ujaran rasis.

Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Jawa Timur saat hadiri acara di Ancol, Jakarta. Penetapan tersangka diperkuat sejumlah bukti di antaranya bukti video, unggahan di media sosial dan keterangan saksi yang diperiksa penyidik. Hingga saat ini penyidikan masih berlangsung, tak tertutup kemungkinan aka nada tersangka lain dalam kasus ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Hang Nadim Batam Terima Penghargaan Anugerah Pariwisata 2019

Posted: 01 Sep 2019 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau memberikan apresiasi kepada Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam. Penghargaan Anugerah Pariwisata 2019 kepada Bandara Hang Nadim Batam disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Arif Fadillah yang diterima oleh General Manager Bidang Komersil BUBU Hang Nadim Batam, Benny Syahroni mewakili Direktur BUBU Hang Nadim Batam, dalam acara Malam Anugerah Pariwisata Kepulauan Riau (MAP Kepri) Tahun 2019 di Hotel Pasific Palace, Batam, Sabtu malam (31/8).

Penghargaan yang diberikan kepada Bandara Internasional Hang Nadim Batam adalah untuk kategori "Supporting Sector of Riau Islands Tourism" (Sektor Pendukung Wisata Kepulauan Riau).

Sebagai salah satu gerbang masuknya wisatawan mancanegara ke Kepri, khususnya Batam, Bandara Hang Nadim Batam memiliki peran yang besar. Atas penghargaan tersebut, General Manager Bubu Hang Nadim Batam, Benny Syahroni menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada Bandara Hang Nadim Batam sebagai salah satu sektor pendukung meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara di Kepri, khususnya Batam.

"Penghargaan ini memotivasi kami, karyawan Hang Nadim Batam untuk bekerja dan berinovasi lebih baik, meningkatkan kredibilitas BUBU Hang Nadim dengan inovasi layanan kepada masyarakat," kata Benny Syahroni.

Dikatakannya, BP Batam berencana akan mengembangkan fasilitas infrastruktur di Bandara Hang Nadim Batam dengan membangun terminal 2 pada tahun 2020 setelah ada pemenang tender KPBU tahun 2019. "Ke depan terminal 2 ini, akan dikembangkan menjadi bandara modern dan akan men-support peningkatan pariwisata Kepri, khususnya Batam," kata Benny.

MAP Kepulauan Riau Tahun 2019, merupakan upaya membangkitkan partisipasi masyarakat dan pelaku pariwisata untuk aktif berperan dalam mempertahankan dan mengembangkan pariwisata, serta mendukung perkembangan ekonomi kreatif di Kepulauan Riau.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata RI, Guntur Sakti, yang hadir pada malam tersebut, dalam sambutannya mengatakan bahwa Kepri pada periode Januari sampai dengan Juli 2019, tercatat sebagai gerbang nomor dua masuknya kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Di mana, Bali merupakan penyumbang nomor 1 dengan pintu masuk Bandara Ngurah Rai.

"Empat pintu masuk wisatawan mancanegara di Kepri, yakni Batam, Bintan, Karimun, dan Tanjung Pinang. Tentunya di Batam memiliki lima entry point (titik masuk) tersendiri, yakni 4 terminal ferry dan 1 bandar udara (Bandara Hang Nadim Batam)," ungkap mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kepulauan Riau itu.

Guntur Sakti mengungkapkan bahwa berdasarkan data yang diterima dari Badan Pusat Statistik (BPS) capaian wisman ke Indonesia pada tahun 2018, yakni 15,8 juta orang. Untuk proyeksi perolehan devisa di sektor pariwisata untuk Indonesia pada tahun 2019 sudah mencapai angka 19,29 Miliar US Dollar.

Menurutnya, penyumbang devisa terbesar di Indonesia, setelah CPO dan Batu Bara, yakni pariwisata.

"Menjadikan pariwisata sebagai mesin penggerak ekonomi di Provinsi Kepulauan Riau salah satu program yang bagus," katanya.

Pembukaan MAP KEPRI ini ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Sekertaris Daerah Provinsi Kepri, Arif Fadillah.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sega Umumkan Yakuza 7, Perkenalkan Karakter dan Sistem Bertarung Baru

Posted: 01 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sega baru saja mengumumkan seri gim Yakuza terbarunya, yaitu Ryu ga Gotoku 7: Hikari to Yami no Yukue atau dalam terjemahan barat menjadi, Yakuza 7: Whereabouts of Light and Darkness.

Dilansir dari The Verge, Senin (2/9/2019), Yakuza 7 bakal memperkenalkan sejumlah pembaruan dari seri-seri gim sebelumnya.

Adapun Yakuza 7 akan memperkenalkan beragam hal baru, seperti karakter utama, latar belakang, dan sistem bertarung.

Sebelum diberi judul saat ini, Sega menambahkan kata "Shin" di depan judul gim Ryu Ga Gotoku. Shin sendiri dalam hal ini berarti "new" atau baru.

Pada seri-seri Yakuza sebelumnya, gamer diperkenalkan oleh karakter protagonis yang bernama Kazuma Kiryu. Dalam Yakuza 7 ini, bakal diperkenalkan oleh karakter baru, yakni Ichiban Kasuga.

Kasuga juga merupakan mantan anggota Yakuza dari keluarga Arakawa generasi ketiga Klan Tojo, yang dipenjara karena kejahatan yang tidak pernah dilakukannya.

 

Pindah Lokasi Cerita

Yakuza 7. (Doc: Sega)

Yakuza 7 kali ini menceritakan perjalanan Kasuga setelah 18 tahun di penjara, dan menemukan dirinya disambut secara dingin oleh bos dari keluarga Arakawa.

Selain itu, pengembang juga "memindahkan" lokasi cerita di dalam gim ini dari Tokyo ke kota pelabuhan dekat dengan Yokohama.

Game Watch menyebutkan, lokasi peta di dalam gim Yakuza 7 ini bakal tiga kali lebih besar dari area Kamurocho di dalam gim Yakuza sebelumnya.

 

Perubahan Besar dalam Sistem Bertarung

Bocoran gameplay Yakuza 7. (Doc: Sega)

Namun, perubahan terbesar di dalam gim Yakuza 7 ini adalah sistem bertarungnya.

Pada seri-seri sebelumnya, Sega memperkenalkan sistem bertarung keroyokan (action brawl) dan bebas menggunakan berbagai barang disekitar.

Kini, gamer bakal menemukan sistem bertarung turn based (bergantian) seperti dalam gim Persona atau Final Fantasy.

Yakuza 7 dijadwalkan rilis pada PS4 di Jepang 16 Januari 2020, dan meluncur secara global beberapa bulan berikutnya.

(Keenan Pasha/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Perpres, PLN Semangat Bangun Fasilitas Pengisian Energi Mobil Listrik

Posted: 01 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) mengaku jadi lebih semangat membangun infras‎truktur pengisian energi kendaraan listrik, setelah pemerintah memberikan kepastian dengan penerbitan Perturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan pengembangan kendaraan listrik.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya M Ikhsan Asaad ‎mengatakan, PLN saat ini sedang melakukan tender alat pengisian energi kendaraan listrik. Hal ini menunjukkan semangat PLN dalam mendukung pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

"Saya dalam waktu dekat menyiapkan, kita lagi tender, dengan keluarnya Perpres kita semakin semangat," kata Ikhsan, di Jakarta, Senin (2/9/2019).

Menurut Ikhsan, ‎PLN akan menyediakan tiga jenis fasilitas pengisian energi kendaraan listrik atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), yaitu satu uniti SPKLU pengisian sangat cepat (ultra Fast Charging) kapasitas 125 kilo Watt (KW) dengan waktu pengisian selama 25 menit.

Kemudian tiga unit SPKLU pengisian cepat (fast charging) dan 15 SPKLU pengisian normal.

‎"Tender pengadaan ini sedang disiapkan. ‎Rencananya oktober ini sudah kita luncurkan," ujarnya.

Agar memudahkan pemasangan SPKLU, PLN meminta izin Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ‎untuk menempatkan SPKLU di area publik, hal ini guna memudahkan masyarkat mengakses fasilitas tersebut.

Saat ini PLN sudah membangun 7 ribu Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang juga bisa dimanfaatkan untuk pengisian energi kendaraan listrik, 1.900 di antaranya terdapat di DKI Jakarta.

"Kita progres minta izin pak gubernur pasang di jalan biar ‎masyarakat gampang," tandasnya.

PLN Siapkan 1.922 Stasiun Pengisian Daya Mobil Listrik di Jakarta

Pengemudi mobil Blue Bird BYD e6 A/T tengah mengisi daya listrik di pool Blue Bird, Jakarta, Selasa (23/4). Terdapat dua jenis mobil listrik yang digunakan Blue Bird yakni BYD e6 A/T untuk taksi reguler atau Blue Bird dan Tesla Model X 75D A/T untuk taksi eksekutif atau Silverbird. (Liputan6.com/Ang

PT PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) telah menyiapkan fasilitas pengisian kendaraan listrik dengan menyediakan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang tersebar di Jakarta.

Senior Manager General Affairs PLN UID Jakarta Raya Tris Yanuarsyah mengatakan, sampai saat ini fasitas pengisian kendaraan listrik berupa SPLU sudah mencapai 1.922 unit.

Sebagian lokasi SPLU sudah dapat dicek di Google Maps dengan keyword SPLU PLN. Sedangkan sisanya masih dalam tahap proses input tagging ke Google Maps.

"Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan evaluasi demand di masyarakat," kata Tris, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Jika masyarakat ingin menggunakan listrik dari SPLU, ditambahkan Yanuarsyah, masyarakat dapat mengisi token berdasarkan nomor meter yang ada di SPLU PLN. Kemudian, pengendara tinggal memasukkan nomor token yang didapatkan ke SPLU tersebut.

"Untuk model saat ini, kami masih memanfaatkan mekanisme yang sama dengan meter listrik prabayar yang menggunakan token," tuturnya.

   

Akan Terus Disesuaikan

Stasiun Penyedia Listrik Umum PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) bisa dipakai untuk isi ulang motor listrik (Foto: M Luthfi)

Menurut Tris, PLN Disjaya akan terus menyesuaikan model dan teknologi dari unit SPLU dengan kebutuhan masyarakat. "Untuk kedepan, kami juga akan mengembangkan teknologi pembelian token SPLU dengan cara tap NFC atau dengan dukungan teknologi fintech," tambahnya.

PLN Disjaya pun berencana akan membangun stasiun pengisian kendaraan listrik yang didukung dengan teknologi pengisian cepat (fast charging) di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta pada 2019.

"Lokasinya saat ini masih dalam tahap analisa kebutuhannya, bisa saja ditempatkan di halaman parkir hotel, pusat perbelanjaan, atau gedung perkantoran," tandasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Lawas Sandra Dewi, Sudah Cantik dan Memesona Sejak Dulu

Posted: 01 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris cantik Sandra Dewi adalah sosok wanita yang terkenal memiliki paras memesona. Pemilik nama lengkap Monica Nicholle Sandra Dewi Gunawan Basri ini dikenal sebagai brand ambassador beberapa produk baik di Indonesia maupun Asia Tenggara.

Wanita yang lahir di Pangkal Pinang pada 8 Agustus 1983 ini kini tengah sibuk mengurus buah hatinya yaitu Raphael Moeis yang lahir tahun 2017. Ia menikah dengan sosok pria bernama Harvey Moeis pada tahun 2016 lalu setelah menjalin hubungan selama 6 tahun. 

Sebelum menikah dengan Harvey Moeis, Sandra Dewi adalah artis yang sangat tertutup mengenai kehidupan pribadinya, termasuk perihal hubungan asmaranya. Bintang sinetron ini tak pernah mengumbar kisah cintanya kepada publik.

Aktif di dunia hiburan Tanah Air sejak tahun 2007, paras cantik Sandra Dewi ternyata memang telah menarik perhatian masyarakat sejak dulu. Berikut ini 6 potret lawasnya menjadi bukti bahwa cantiknya Sandra Dewi bahkan tak lekang hingga kini bahkan setelah menikah dan memiliki buah hati, dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (2/9/2019). 

1. Sandra Dewi cantik saat menggunakan poni yang menutupi keningnya

Potret jadul Sandra Dewi yang sudah cantik sedari dulu. (Sumber: Kapanlagi)

2. Ia juga tampak pas nih dengan rambut pendeknya, makin imut ya

Potret jadul Sandra Dewi yang sudah cantik sedari dulu. (Sumber: Kapanlagi)

3. Masih menggunakan poni, kini ia menata poninya ke samping dan membiarkan rambut panjangnya tergerai

Potret jadul Sandra Dewi yang sudah cantik sedari dulu. (Sumber: Kapanlagi)

4. Sandra Dewi memang selalu cocok dengan makeup apapun ya!

Potret jadul Sandra Dewi yang sudah cantik sedari dulu. (Sumber: Kapanlagi)

5. Tak lagi berponi yang menutupi keningnya, Sandra Dewi semakin terlihat segar

Potret jadul Sandra Dewi yang sudah cantik sedari dulu. (Sumber: Kapanlagi)

6. Ini momen tahun 2013 saat Sandra Dewi bersama kekasihnya Harvey Moeis yang kini menjadi suaminya

Potret jadul Sandra Dewi yang sudah cantik sedari dulu. (Sumber: Instagram/@sandradewi88)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia vs Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Posted: 01 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia berlaga lagi di kualifikasi Piala Dunia 2022. Di laga pertama, Merah Putih bakal menghadapi musuh bebuyutan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Timnas Indonesia berada di grup E bersama negara-negara kuat di Asia Tenggara dan juga bagian Asia lainnya. Indonesia satu grup dengan Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab dan Vietnam.

Tiga lawan sudah biasa jadi lawan Timnas Indonesia. Maka itu, Indonesia bisa berharap saat melawan Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Meski laga-laga itu tidak gampang dan sama sulitnya saat Timnas Indonesia menghadapi Uni Emirat Arab. Yang pasti perjalanan Garuda masih panjang untuk bisa tembus Piala Dunia 2022 di Qatar.

Kemenangan lawan Malaysia bisa menjadi modal positif bagi skuat asuhan Simon McMenemy. Berikut jadwal Timnas Indonesia melawan Malaysia:

 

Jadwal Timnas Indonesia

19:30 WIB: Indonesia vs Malaysia (RCTI)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Untung Kadu mengatakan...

Kabar Baik, Semuanya.
Nama saya Untung Kadu. Saya tinggal di kota bernama Padang di Indonesia, saya juga dari Indonesia. Saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada Legit dan pemberi pinjaman kredit nyata yang telah mengubah hidup suami saya dan saya dari rumput menjadi anugerah. Saya dulunya adalah wanita miskin, tetapi dia telah mengubah saya menjadi orang kaya sekarang, karena saya sekarang dapat membanggakan hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.
Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar jumlah total Rp8.700.100, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi Saya memutuskan Untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja menerima pinjaman online, kami membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mrs. REBACCA ALMA yang merupakan CEO dari Rebacca Alma Loan Company.
Saya mengajukan jumlah pinjaman (Rp 520.000.000) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena kenyataan bahwa tidak ada jaminan yang diperlukan untuk pinjaman transfer, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam dan 20 menit pinjaman disimpan ke rekening bank saya.
Jadi saya ingin menasihati siapa pun yang membutuhkan pinjaman untuk segera menghubungi dia melalui: rebaccaalmaloancompany@gmail.com Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa agar Tuhan memberkatinya dan juga keluarganya untuk hal-hal baik yang dia lakukan telah dilakukan dalam hidupku. Ini adalah ibu Whatsapp Number +14052595662
Anda juga dapat menghubungi saya di untungkadum@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan di sini adalah email dari teman saya yang merujuk saya ke Rebacca Alma Loans rahimteimuri97@gmail.com Dia memperkenalkan saya kepada Ibu Rebacca. Anda juga dapat menghubunginya untuk mendapatkan lebih banyak arahan. Tuhan memberkati Anda semua dan semoga beruntung saat Anda mendapatkan milik Anda.