Senin, 23 September 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kulit, Perhatikan Cara Penggunaan yang Tepat

Posted: 23 Sep 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kondisi kulit yang sehat. Beberapa di antaranya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami, yang telah dipercaya mampu membantu mengatasi masalah kulit dengan aman. Salah satu bahan alami tersebut adalah buah belimbing wuluh. Kamu bisa merasakan segudang manfaat belimbing wuluh untuk kulit.

Ya, siapa sangka buah kecil dengan rasa yang asam ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Manfaat belimbing wuluh untuk kulit merupakan salah satu yang dicari banyak orang. Terdapatnya manfaat belimbing wuluh untuk kulit ini dikarenakan memiliki kandungan nutrisi yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

Berikut ini Liputan6.com, Selasa (24/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kulit yang bisa kamu coba dan rasakan sendiri. Namun, penggunaannya harus dalam batas yang normal dan tetap menjaga kebersihan saat menggunakannya.

Kandungan Nutrisi pada Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh. (istimewa)

Sebelum membahas tentang manfaat belimbing wuluh untuk kulit, penting untuk mengetahui kandungan nutrisi hebat yang ada di dalamnya. Dengan adanya nutrisi yang terkandung di dalam belimbing wuluh ini bisa menhasilkan manfaat yang luar biasa.

Belimbing wuluh mengandung berbagai macam nutirisi yang ternyata sangat diperlukan untuk tubuh. Beberapa di antaranya adalah mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral. Untuk kandungan vitaminnya sendiri, belimbing wuluh memiliki vitamin berupa vitamin A, C, dan B kompleks.

Sedangkan pada kandungan mineralnya, terdapat fosfor, kalsium, dan zat besi. Selain itu, belimbing wuluh juga mengandung antioksidan yang memiliki segudang manfaat untuk kulit khususnya. Terakhir, kandungan zat bersifat astringen juga ada di dalam belimbing wuluh.

Manfaat Belimbung Wuluh untuk Kulit Wajah dan Tubuh

Ilustrasi masker wajah (iStockphoto/Csaba Toth)

Meringankan Kondisi Berjerawat pada Wajah

Manfaat belimbing wuluh untuk kulit yang pertama adalah mampu menringankan kondisi jerawat di wajah. Hal ini ddikarenakan belimbing wuluh memiliki kandungan asam oksalat yang bisa mengurangi jerawat di wajah kamu.

Penggunaan belimbing wuluh untuk perawatan kulit wajah dengan menjadikannya masker. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, sebelum membuat masker wajah dari belimbing wuluh ini harus memastikan kehigienisan alat dan bahan yang digunakan. Hal ini berguna agar tidak memunculkan iritasi setelah pemakaiannya.

Cara membuat masker dari belimbing wuluh adalah dengan menghaluskan buahnya. Setelah itu aplikasikan pada wajah seperti menggunakan masker pada umumnya. Kemudian diamkan beberapa menit hingga masker mengering. Lalu bilas dengan air bersih.

Kamu bisa menerapkan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Mencerahkan Wajah

Manfaat belimbing wuluh untuk kulit wajah selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah membuat wajah menjadi cerah. Adanya kandungan tinggi vitamin C pada belimbing wuluh mampu membuat kulit wajah kamu menjadi lebih cerah.

Selain itu, flek hitam juga bisa berkurang dan menjaga kulit tetap kencang. Hal ini dikarenakan adanya produksi kolagen (zat yang dibutuhkan untuk menjaga warna kulit).

Untuk mendapatkan manfaatnya ini, kamu bisa membuat racikannya sendiri di rumah. Cara membuat dan mengaplikasikannya sama dengan membuat belimbing wuluh menjadi masker di atas.

 

Manfaat Belimbung Wuluh untuk Kulit Lainnya

Mengecilkan Pori-pori

Buat kamu yang memiliki masalah pada pori-pori yang besar, kamu bisa mencoba untuk menggunakan perawatan wajah dengan belimbing wuluh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan yang dapat membunuh bakteri jahat penyebab jerawat dan pori-pori besar yang menyebabkan produksi sebum berlebih.

Untuk bisa mendapatkan khasiatnya, kamu bisa menggunakan belimbing wuluh untuk dijadikan masker wajah. Cara pembuatan dan pengaplikasiannya masih sama dengan yang sebelumnya. Penggunaannya secara rutin bisa membuat kulit wajah kamu menjadi halus.

Mengatasi Penuaan Dini

Buah belimbing wuluh sangat kaya akan vitamin C dan A, yang bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas. Adanya kandungan mineral dan vitamin ini juga berfungsi untuk mengurangi tampilan garis halus dan kerutan pada wajah. Oleh karena itu, kulit akan terasa lebih kencang dan lebih awet muda.

Mengurangi Rasa Gatal Karena Gigitan Serangga

Manfaat belimbing wuluh untuk kulit lainnya adalah bisa meringakan rasa gatal saat terkena gigitan serangga. Kamu bisa menjadikannya sebagai pasat untuk digunakan pada kulit yang terasa gatal.

Namun, bukan bagian buahnya yang digunakan melainkan daun dari belimbing wuluhnya. Pasta atau adonan yang dibuat dari daun belimbing wuluh ini sudah dikenal sejak dulu ampuh untuk meringankan gatal karena gigitan serangga.

Cara membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu menumbuk daun belimbing hingga halus. Setelahnya, kamu bisa mengaplikasikannya ke bagian titik gatal yang terkena serangga.

Hentikan Penggunaan Apabila Terjadi Iritasi

Ilustrasi masker wajah dengan bahan alami. (boldsky.com)

Di balik manfaat belimbing wuluh untuk kulit yang bisa kamu coba, harus kamu perhatikan penggunaannya. Ketika menggunakan belimbing wuluh untuk dijadikan masker wajah, ada beberapa orang yang merasakan kemerahan, mengelupas, atau gatal pada kulitnya. Apabila kamu mengalami iritasi atau alergi seperti ini, kamu perlu menghentikan penggunaannya.

Perawatan wajah dengan menggunakan bahan alami seperti ini memang rentan memberikan efek iritasi pada penggunanya. Hal ini biasanya disebabkan karena penggunaan bahan-bahan yang digunakan seringkali tidak higienis.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan masker yang sudah dalam bentuk sachetan atau produk yang dijual bebas dalam bentuk kemasan. Apabila terjadi permasalahan kulit lebih lanjut, kamu disarankan untuk segera memeriksakan keluhannya ke dokter spesialis kulit dan kelamin guna mendapatkan penanganan yang tepat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Akui Akses Internet di Indonesia Belum Merata

Posted: 23 Sep 2019 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengakui bahwa pembangunan infrastruktur digital seperti internet di Indonesia sejauh ini belum cukup merata. Sebab, banyak beberapa daerah yang kini masih kesulitan untuk mendapatkan akses internet.

"Beberpa kota di Indonesia belum memiliki kondisi yang penting ini karena infrastruktur belum stabil, beberapa kota juga masih butuh akses internet," kata Sri Mulyani di acara GrabFor Good di Jakarta, Selasa (24/9).

Sri Mulyani mengatakan selama ini pemerintah tengah fokus dalam menggenjot target rasio elektrifikasi mencapai 100 persen pada akhir tahun 2019. Di mana per Juni 2019, rasio elektrifikasi sudah mencapai 98,81 persen. Namun, upaya itu menurutnya percuma saja, apabila tidak dibarengi dengan pembangunan akses internet.

 

"Kalau dalam listrik pemerintah targetkan 100 persen rasio elektrifikasi di Indonesia. Jadi masyarakat punya akses listrik di mana pun di Indoneisa. Tapi kalau punya listrik tapi kalau tidak punya internet jadi kamu juga facing a handicap?," kata dia.

Sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam upaya pemerataan pembangunan teknologi digital seperti akses internet yakni dengan pembangunan Palapa Ring untuk di Indonesia bagian barat dan timur. Dengan begitu, seluruh masyarakat dapat mendapatkan akses internet.

"Oleh karena itu agar masyarakat Indonesia bsia mendapatkan manfaat maksimal dari pembangunan teknologi digital ini kita harus meyakinkan seluruh bagian dari Indonesia bisa terhubung dengan internet," tandas Sri Mulyani.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengklaim bahwa seluruh pembangunan Palapa Ring telah rampung. Bahkan, kata dia, seluruh tiga segmen Palapa Ring yakni Paket Barat, Tengah, dan Timur sudah dilakukan ujicoba.

"Sudah. Sudah selesai. Kemarin uji coba pada tanggal 31 Agustus untuk video conference," jelasnya.

Dilanjutkannya, antara Palapa Ring paket Barat, Tengah, dan Timur, sudah dilakukan integrasi atau saling keterhubungan

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Sri Mulyani: Akuntan Tak Bisa Digantikan Robot

Sri Mulyani pada rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali. Dok: am2018bali.go.id

Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan pentingnya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi perkembangan teknologi digital. Dengan demikian SDM Indonesia selalu mampu bersaing.

Dia menjelaskan, teknologi digital tidak hanya membawa dampak positif. Teknologi digital juga dapat mengganti tenaga kerja manusia dengan robot.

Sebagai contoh, dia menyebut bidang akuntansi merupakan salah satu bidang yang berpotensi digantikan oleh robot.

"Misalnya anda yang akuntansi, pekerjaan akuntansi sangat mungkin bisa digantikan Artificial Intelegence dan robot," kata dia, dalam acara Wisuda PKN STAN, di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (19/9).

Di hadapan tantangan tersebut, dia berpesan kepada generasi muda agar terus mengasah kemampuan dan kreativitasnya. "Artinya anda semua harus merasa anda lebih baik dari robot apapun untuk ciptakan ganti pekerjaan anda," tegasnya.

Jika tidak demikian, maka SDM Indonesia terutama para pengelola keuangan akan kalah bersaing dan tergerus dalam perkembangan teknologi digital.

"Manusia lebih baik dari robot, tapi bukan kepastian yang mutlak. Kalau kita tidak asah kemampuan dan kreativitas, maka anda akan mudah digantikan mesin," tandas Sri Mulyani.  

Sri Mulyani Bangga Banyak Mahasiswa Berprestasi STAN dari Indonesia Timur

Menkeu Sri Mulyani (kiri) dan Menkominfo Rudiantara saat memberi keterangan terkait pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Bali, Senin (8/10). Hingga hari ini jumlah peserta yang mendaftar sudah mencapai 34 ribu orang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Keuangan Sri Mulyani menghadiri acara Wisuda Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. Acara wisuda diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten.

Dalam sambutannya, Sri Mulyani menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang diraih oleh seluruh wisudawan-wisudawati. Secara khusus, dia menyampaikan apresiasi terhadap wisudawan-wisudawati yang masuk STAN lewat lajur afirmasi.

Apresiasi dia sampaikan lantaran mahasiswa jalur afirmasi tersebut dapat menyelesaikan pendidikan dengan nilai yang memuaskan. "Yang masuk lewat jalur afirmasi 31 orang," kata dia, di ICE BSD, Kamis (19/9/2019).

Ke-31 mahasiswa tersebut, kata dia, berasal dari beberapa wilayah di Indonesia timur, yakni Papua dan Papua Barat. Selain itu ada yang berasal dari Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

"Hasil belajar baik, dengan rata-rata hasil prestasi kumulatif 3,37," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Suasana Depan Gedung DPR, Polisi Pasang Kawat Berduri Tambahan

Posted: 23 Sep 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menambahkan lapisan kawat berduri di halaman DPR guna mencegah massa aksi bertindak rusuh. Awalnya, hanya ada pagar beton dan dua selongsong kawat berduri.

Namun, seiring bertambahnya massa, polisi menambah jumlah kawat berduri menjadi tiga selongsong.

Pantauan Liputan6.com, beton-beton yang awalnya digunakan sebagai pengaman di DPR justru disingkirkan oleh polisi. Tinggi kawat berdiri sekitar 1,5 meter yang tersisa.

Pukul 11.30 WIB, Selasa (24/9/2019), sejumlah mahasiswa dari berbagai universitas, termasuk UIN Sunan Gunung Jati Bandung, Universitas Trisakti, Universitas Terbuka, dan Universitas Negeri Jakarta mulai tiba di DPR.

 

Belum ada tanda-tanda penutupan Jalan Gatot Subroto di depan Gedung DPR. Lalu lintas masih ramai lancar.

Suasana di depan gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, jelang aksi unjuk rasa mahasiswa, Selasa (24/9/2019). (Liputan6.com/Yopi Makdori)

Menuntut pembatalan rancangan UU KUHP dan revisi UU KPK

Mahasiswa datang dengan membawa papan-papan yang bertuliskan tuntutan terhadap DPR untuk membatalkan Rancangan UU KUHP dan revisi UU KPK. (Foto: Liputan6/Yopi Makdori)

3 Kawat Berduri Ditumpuk

Tiga kawat berduri ditumpuk di depan gedung DPR/MPR. (Liputan6.com/Yopi Makdori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaun Seksi Emilia Clarke di Emmy Awards 2019 Terinspirasi Jennifer Lopez

Posted: 23 Sep 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Emilia Clarke turut hadir dan memeriakan ajang Emmy Awards 2019 yang digelar di Microsoft Theater, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu, 22 September 2019, waktu setempat. Kala itu, penampilannya sukses jadi sorotan.

Dilansir dari Vogue, Selasa (24/9/2019), bintang serial Game of Thrones ini memakai gaun deep-V berbelahan dada rendah dari Valentino Haute Couture. Gaunnya panjang menjuntai ke lantai dalam balutan warna biru dongker.

Outfit tersebut ternyata terinspirasi dari gaun Jennifer Lopez yang pertama digunakan pada 19 tahun lalu. Emilia Clarke pun mengakui hal itu melalui unggahan di akun Instagram pribadinya.

"@jlo just as heads up you have inspired this years lewk. (@jlo sebagai informasi, Anda telah menginspirasi tampilan tahun ini)" tulis Emilia pada 23 September 2019.

Sebelumnya, JLo tampil di runway koleksi Spring 2020 Versace di Milan Fashion Week. Pelantun On the Floor itu memakai gaun sifon sutra berbelahan dada rendah dari Versace yang pernah dikenakan pada 23 Februari 2000 di Grammy Awards.

Aksi Jennifer Lopez sukses membuat heboh runway Versace dengan gaun hijau legendaris itu. Saking ikoniknya, gaya super seksinya juga berhasil menginspirasi penampilan Emilia.

Di Balik Gaya Seksi Emilia Clarke

Emilia Clarke di Emmy Awards 2019 terinspirasi gaun Jennifer Lopez (Instagram (@emilia_clarke)

Outfit seksi Emilia Clarke di Emmy Awards 2019 juga didukung oleh pemakaian aksesori. Perempuan berusia 32 tahun tersebut mengenakan perhiasan dari David Webb dan platform heels dari Jimmy Choo.

Penampilan aktris asal Inggris di ajang Emmy Awards ke-71 tidak lepas dari peran para tim yang 'merangkai' penampilannya. Masih melalui akun Instagram pribadi, ia juga menyampaikan rasa bahagia.

"I am one lucky lady to have the best glam squad ever invented (Aku perempuan beruntung yang memiliki pasukan glamor terbaik yang pernah ditemui)" jelas Emilia Clarke.

Gaya seksi Emilia di Emmy Awards di-styling oleh stylist Petra Flannery. Lalu, rambut ditata oleh hairstylist Jenny Cho, makeup oleh makeup artist profesional Jillian Dempsey, serta didukung oleh nail artist Jenna Hipp.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PM India Hadir di Texas, Ikut Kampanye Donald Trump dan Bawa Isu Kashmir

Posted: 23 Sep 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Houston - Perdana Menteri India, Narendra Modi, hadir dalam sebuah kampanye Donald Trump di Houston, Texas, pada Minggu, 22 September 2019.

Dalam rapat umum tersebut, ia bahkan berpidato untuk menyuarakan tindakan pemerintahnya di Kashmir dan menuduh Pakistan menyembunyikan para teroris.

"Apakah itu serangan 9/11 di Amerika atau serangan 26/11 di Mumbai, di mana komplotannya ditemukan? Waktunya telah tiba untuk perang melawan terorisme dan mereka yang mendukung terorisme," katanya dikutip dari The Guardian, Selasa (24/9/2019).

"Saya ingin menekankan di sini bahwa Presiden Trump berdiri teguh menentang hal tersebut."

Donald Trump duduk di barisan depan ketika Modi mengatakan kepada massa yang bersorak-sorai di atrium tentang keputusannya untuk menghapus semua otonomi dari Kashmir yang dikelola India dan berupaya untuk membawa kemajuan dan hak yang lebih baik bagi rakyatnya.

Namun di satu sisi, India tengah menghadapi kritik internasional atas apa yang terjadi di Kashmir. Ribuan orang dilaporkan ditahan dan akses ke layanan seluler atau internet diputus bagi jutaan orang di sana.

Kehadiran Narendra Modi di Texas menandai pertama kalinya ia membahas keputusan untuk menghapus status khusus Kashmir di panggung dunia dan mengikuti retorika sengit berbulan-bulan dari Pakistan.

Ia pun mengklaim wilayah yang disengketakan itu dan berusaha untuk mengangkat isu ini ke PBB.

Selain itu, Trump pun menyampaikan di hadapan para pendukungnya bahwa ia berkomitmen untuk melindungi "warga sipil tak berdosa dari ancaman terorisme Islam radikal."

Howdy Modi

PM Narendra Modi (MONEY SHARMA / AFP)

Sekitar 50.000 orang India-Amerika menghadiri reli bertajuk "Howdy Modi!" tersebut. Donald Trump, yang diperkenalkan oleh Modi sebagai "teman saya, seorang teman India, seorang presiden Amerika yang hebat", mendapat tepuk tangan meriah di acara di Houston, kubu Demokrat di Texas yang didominasi Republik.

Modi, yang terpilih kembali sebagai PM India pada tahun ini dengan suara mayoritas, menikmati dukungan luas di antara orang India, baik di dalam maupun luar negeri, terutama di kalangan kelas menengah, kata Manoj Joshi, seorang peneliti di Observer Research Foundation --thinktank yang berbasis di New Delhi.

"Dia sangat populer, terutama ketika menyangkut diaspora India di AS di mana terdapat banyak diaspora Gujarati, dari negara bagian asalnya," ucap Joshi. 

Rapat umum tersebut diadakan ketika Kashmir masih berada di bawah tekanan. Di luar stadion tempat "Howdy Modi" digelar, pengunjuk rasa menuduh pemerintah PM India ini melakukan pelanggaran HAM terhadap penduduk Kashmir.

Modi menyampaikan pidato di Houston hanya beberapa hari sebelum pertemuan Majelis Umum PBB di New York dibuka, di mana perdana menteri Pakistan, Imran Khan, juga hadir. 

Meskipun penghapusan status khusus Kashmir sedang menghadapi pertentangan besar, tetapi Modi mendapat dukungan secara luas di tempat lain di India.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Volume Semburan Lumpur di Perumahan Kutisari Surabaya Berkurang

Posted: 23 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Volume semburan lumpur bercampur gas yang keluar di Perumahan Kutisari Indah Utara III/19, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Surabaya, Jawa Timur pada Selasa pagi ini mulai berkurang.

Semburan lumpur bercampur gas mulai terjadi pada Senin, 23 September 2019 di depan halaman rumah milik Liswati, warga Perumahan Kutisari Indah Udara III/19, Surabaya, Jawa Timur.

"Tadi pagi ke sana. Saya lihat sudah berkurang volumenya, tapi masih keluar," ujar salah seorang warga setempat yang juga Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD Surabaya William Wirakusuma kepada Antara di Surabaya yang dikutip Selasa (24/9/2019).

Dia menuturkan, semburan lumpur Selasa pagi ini tidak seperti yang terjadi pada Senin siang hingga malam pada 23 September 2019.

"Saya bisa lihat perbedaan semburan lumpur yang kemarin dan yang sekarang," ujar dia.

Saat ditanya apakah pemilik rumah diungsikan untuk sementara waktu sejak Senin malam 23 September 2019, Sekretaris DPD PSI Surabaya itu, mengatakan pihaknya masih melihat pemilik rumah di kediamannya pada Selasa pagi. "Sepertinya tidak mengungsi. Tapi gak tahu kalau pagi-pagi balik ke rumahnya," tutur dia.

William mengatakan, kondisi di sekitar semburan lumpur saat ini aman terkendali sehingga warga setempat tidak perlu khawatir. Apalagi, kata dia, semburan lumpur seperti itu sering terjadi di kawasan Kutisari, Surabaya. "Sepertinya aman, tapi supaya lebih jelasnya tanya ke Dinas Lingkungan Hidup," kata dia.

Semburan Lumpur Terjadi pada 23 September

Salah satu pegawai Bagian SDM PT Klasik Prima Karpet, Waskita, pada kesempatan sebelumnya mengatakan dirinya dipanggil pimpinan PT Klasik Prima Karpet, Lisawati, untuk mengecek adanya semburan lumpur di rumah dinasnya di Kutisari Indah Utara III/19, sekitar pukul 13.00 WIB.

"Setelah saya lihat ternyata ada semburan lumpur. Saya mencoba menghambat dengan menutup lubang semburan lumpur dengan plastik. Ternyata bisa tersumbat, tapi kemudian pindah ke titik lain. Saya tutup lagi, tapi pindah ke titik lainnya. Saya simpulkan kalau saya tutup berulang-ulang akan muncul di tempat yang lain juga," ujarnya.

Mendapati hal itu, Waskito menghentikan menutup semburan lumpur tersebut dan kemudian melaporkan kejadian tersebut ke pihak RT dan RW. Beberapa jam kemudian, datang pihak kepolisian, kelurahan, kecamatan, dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya.

"Mereka mau membantu memikirkan solusinya," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anji Bakal Bikin Video Khusus Bila Atta Halilintar Tembus 20 Juta Subscribers

Posted: 23 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Atta Halilintar baru saja menambah subscribers-nya menjadi 19 juta. Ini pencapaian yang luar biasa bagi YouTuber nomor satu di Asia ini.

Pria yang kerap memakai headband ini mengumumkannya di akun Instagram, Senin (23/9/2019). Atta Halilintar mengunggah foto wajahnya serta angka yang menunjukkan banyaknya subscribers.

Dalam keterangan yang ditulis, Atta Halilintar mengingatkan kerja keras tak akan membohongi hasil. Untuk itu, sebaiknya jangan hanya bicara saja.

Atta Halilintar menulis, "19.000.0000 M Subs! ❤ Seberapa banyak orang coba jatuhin kamu! Maju Terus! Action Terus! Jangan kebanyakan Ngomong doang apalagi kalau Jelekin orang. Karna semua akan tiba waktunya km Berhasil dalam hidup kamu. Atau berakhir di tempat yang tidak baik."

 

Banjir Dukungan

Atta Halilintar (Foto: Instagram/@attahalilintar)

Pencapaian yang didapat Atta Halilintar, menjadi perhatian teman-teman selebritas. Mereka ikut bahagia dengan kerja keras anak sulung ini.

"Ashiaapp mantaap taaa!" tulis El Rumi, putra kedua Ahmad Dhani dan Maia Estianty.

"Aku bagilah....," timpal Robby Purba.

"Gokiilll broo, jumlah subscriber elo lebih banyak dari jumlah penduduk Negara Belanda, jadi kalo elo kumpulin semua subscriber trus ajak ke Belanda bisa bikin negara baru bro," lanjut Denny Cagur.

"Kereeen bangeet taa sukses trrus ...@attahalilintar," sambung Elly Sugigi.

 

Bikin Video Khusus

(Muhammad Akrom Sukarya/Kapan Lagi)

Di kolom komentar, Anji juga ikut bangga atas hasil yang diraih Atta Halilintar. Ia menunggu Atta meraih 20 juta subscribers .

"Ayo cepat 20 juta. Gue mau bikin video khusus buatlo," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di AS, Menteri Jonan Pamerkan Penggunaan Energi Terbarukan Indonesia

Posted: 23 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memamerkan keberhasilan Indonesia dalam melakukan transisi energi fosil ke energi yang ramah lingkungan di New York, AS.

Di sana, Jonan tengah menghadiri Energy Action Forum "Accelerating the Energy Transition on the Road to 2020 and Beyond" bersama dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

‎Jonan mengatakan, langkah strategis pertama adalah kemudahan akses energi dan keterjangkauan masyarakat dalam mendapatkan energi merupakan prioritas.

Hal ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals /SDG) 7, yaitu memastikan akses ke energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern. Untuk itu, Indonesia sangat berkomitmen untuk memperhatikan aksesibilitas dan keterjangkauan sebagai semangat dalam proses transisi energi.

"Menyediakan energi dengan harga terjangkau adalah kunci transisi yang sukses. Kami juga memastikan tidak ada seorangpun yang tertinggal. Transisi energi harus sejalan dengan dua aspek ini," kata Jonan, dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Jonan menjelaskan, meskipun sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia saat ini pemerataan kelistrikan Indonesia (rasio elektrifikasi) mencapai 98,81 persen, dengan target ‎99 persen pada akhir 2019.

"Target kami adalah untuk mencapai rasio elektrifikasi 99 persen pada akhir 2019, dan lebih jauh lagi, pada 2020, kami berharap dapat menyediakan listrik untuk semua rumah tangga di seluruh negeri dengan cara yang terjangkau," jelas Jonan.

Langkah Berikutnya

Teknisi melakukan perawatan panel pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di atap Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (6/8/2019). PLTS atap yang dibangun sejak 8 bulan lalu ini mampu menampung daya hingga 20.000 watt. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Jonan melanjutkan langkah berikutnya adalah komitmen untuk mempercepat pengembangan energi terbarukan dan meningkatkan porsinya dalam bauran energi nasional. 

Sementara yang ketiga adalah pemanfaatan kemajuan teknologi untuk memperluas akses energi, namun tetap mempertahankan keterjangkauan dan mengakomodasi energi terbarukan ke dalam sistem.

"Kami mencari teknologi yang sesuai dengan kondisi geografis Indonesia. Sebagai Negara Kepulauan, kami membutuhkan sistem yang independen. Kami harus membangun sistem yang lengkap di setiap pulaunya, yaitu pembangkit listrik dan transmisi," papar Jonan.

Transisi energi di setiap negara, menurut Jonan, memiliki keunikan tersendiri, karena terkait dengan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing negara.

Di Indonesia misalnya, yang merupakan negara produsen minyak kelapa sawit terbesar, telah menerapkan Biodiesel 20 persen atau B20, yang terdiri dari 20 persen Fatty Acid Methyl Esters (FAME) dan 80 persen minyak diesel (CN 48) untuk seluruh kebutuhan bahan bakar diesel, dan tahun 2020 nanti akan ditingkatkan menjadi B30.

"Dengan menggunakan biodiesel itu lebih bersih, lebih hijau, dan berkelanjutan untuk mengurangi emisi karbon di sektor transportasi," tegas Jonan.

 

Penyederhanaan Regulasi

Menteri ESDM Ignasius Jonan (kedua kiri) menghadiri pemakaman almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Untuk mempercepat transisi energi, selain menggunakan biodiesel, Menteri ESDM juga menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia telah memperkenalkan mekanisme pemberian insentif penggunaan kendaraan berbahan bakar listrik sebagai sarana transportasi publik maupun pribadi. Diiharapkan akan menimbulkan minat masyarakat menggunakan kendaraan berbahan bakar listrik.

Inisiatif lainnya yang dilakukan pemerintah Indonesia adalah dengan melakukan penyederhanaan regulasi maupun peraturan.

"Yang tak kalah penting adalah kolaborasi antar negara untuk saling membantu mempercepat adopsi kemajuan teknologi yang terjangkau untuk semua. Pencapaian target Paris Agreement kami akan lebih tinggi dengan dukungan internasional," pungkas Jonan.

Sebagai informasi, The Energy Action Forum merupakan bagian dari Energy Track of the United Nation (UN) Climate Action Summit. Acara ini diselenggarakan oleh UN Secretary-General's Climate Action Summit Team, bersama-sama dengan anggota koalisi UN Energy Transition Track; Denmark, Ethiopia, Palau, Italia, Indonesia, Kolombia, Maroko, Sustainable Energy for All, International Energy Agency (IEA) dan World Bank

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemotor Ngebut dan Emak-Emak Belok Tabrakan, Siapa yang Salah?

Posted: 23 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Waspada dan berhati-hati adalah kunci untuk berkendara dengan aman. Salah satunya dengan berkendara dalam batas kecepatan wajar serta menggunakan penanda seperti lampu sein untuk berkomunikasi dengan pengendara lain dan mencegah tabrakan.

Namun, tidak semua orang berkendara sesuai dengan standar keamanan. Beberapa orang enggan atau lupa untuk menaati peraturan sehingga akhirnya berkendara secara ugal-ugalan. Padahal gaya berkendara yang tidak sesuai dengan peraturan dapat membahayakan diri sendiri dan juga pengendara lainnya seperti video berikut.

Dilansir akun Instagram @fakta.jakarta, terdapat sebuah video yang menunjukkan sebuah kejadian di jalan raya. Dalam video tersebut terlihat seorang wanita sedang mengendarai motor dan ingin berbelok ke arah kanan. Tanpa menggunakan lampu sein, pengendara tersebut langsung mengambil arah kanan. Sayangnya, dari belakang datang pengendara motor yang melaju kencang dan akhirnya tabrakan tidak terhindarkan.

Meskipun terjatuh seusai tabrakan, pengendara wanita yang ditabrak baik-baik saja dan bisa kembali berdiri. Sementara, pengendara yang menabrak tidak diketahui keadaannya.

 

Komentar Warganet

Kejadian ini membuat perdebatan dari warganet di kolom komentar. Beberapa akun menyalahkan si pengendara wanita dikarenakan tidak menengok dan tidak memberikan lampu sein. Sedangkan, beberapa lainnya menyalahkan si penabrak karena berkendara dengan kecepatan tinggi.

"Salah si ibu, karena belok kanan tapi beluau ambil dari sisi kiri. Walaupun sudah aba2 sein, tetep harus cek spion juga liat belakang. Motor dibelakang mobil, mana tau kalo dia dari kiri langsung belok kanan gtu," ucap @nathan_christiawan.

"Yang ngebut salah, yang cewenya bener udh pelan2 mau belok, atur batas kecepatan saat di jalan raya jangan seenaknya sendiri naik motor dengan kecepatan yang berlebihan karna ini bukan lomba balapan ini jalanan umum," ucap @m_rosyad_22.

"Yang salah dua-duanya. Yg satu main belok tanpa lihat spion, yg satunya lagi ngebut dijalannya membahayakan pengguna jalan lainnya,"ucap @lexius1980.

Penulis: Khema Aryaputra

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Ayu Ting Ting Saat Pakai Hot Pants, Stylish Bak ABG

Posted: 23 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru saja berlibur bersama keluarga di Labuan Bajo, Ayu Ting Ting pun dalam beberapa waktu terakhir ini mengunggah keseruannya saat liburan. Dalam liburan kali ini Ayu Ting Ting cukup banyak mengajak anggota keluarga dan kerabatnya. Selain itu, ia pun juga mengajak anak perempuannya Bilqiz Khumairah Razak.

Menyusuri perairan Nusa Tenggara Timur tentu sangat seru dengan naik kapal pinisi. Selain itu, busana yang dipakai Ayu TingTing pun adalah pakaian kasual dan celana pendek atau hot pants. Dalam foto-foto liburannya ke Labuan Bajo yang diunggah pun Ayu Ting Ting banyak sekali memperlihatkan ia sedang memakai celana pendek.

Namun memang, sebelum liburan pun Ayu Ting Ting juga kerap mengenakan celana pendek dalam beberapa kali kesempatan. Tak hanya untuk kegiatan sehari-hari, namun dalam acara tertentu pun Ayu kerap mengenakan hot pants. 

Berikut 6 gaya Ayu Ting Ting saat pakai hot pants yang Liputan6.com kutip dari Instagram @ayutingting92, Selasa (24/9/2019)

1. Liburan ke Labuan Bajo dengan kenakan pakaian kasual dan hot pants

Ayu Ting Ting liburan ke Labuan Bajo (Sumber: Instagram/ayutingting92)

2. Memang nyaman mengenakan hot pants saat sedang cuaca cerah dan dikenakan saat liburan.

Ayu Ting Ting liburan ke Labuan Bajo (Sumber: Instagram/ayutingting92)

3. Saat liburan ke Singapura di malam hari pun Ayu tampak cantik mengenakan celana pendek

Ayu Ting Ting liburan ke Labuan Bajo (Sumber: Instagram/ayutingting92)

4. Dalam keseharian saat jalan-jalan pun Ayu juga tampak gemar menggunakannya

Ayu Ting Ting liburan ke Labuan Bajo (Sumber: Instagram/ayutingting92)

5. Ayu Ting Ting pun pernah saat manggung menggunakan hot pants

Ayu Ting Ting liburan ke Labuan Bajo (Sumber: Instagram/ayutingting92)

6. Dalam kegiatan memperingati 17 Agustus kemarin, saat Ayu ikuti lomba Agustusan ia pun juga kenakan hot pants

Ayu Ting Ting liburan ke Labuan Bajo (Sumber: Instagram/ayutingting92)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11 Poster Kocak Demo Mahasiswa Tolak RUU KUHP, Lucu tapi Bikin Baper

Posted: 23 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswa dari berbagai kota turun ke jalan menyampaikan seruan aspirasi pada Senin (23/9/2019). Berbagai draf Rancangan Undang-undang (RUU) yang telah disahkan dan akan segera disahkan dipermasalahkan oleh mahasiswa mulai dari RUU KPK yang telah disahkan, RUU KUHP, RUU Ketenagakerjaan, RUU Permasyarakatan, hingga RUU Pertanahan.

Belum lagi masalah asap di Riau dan Jambi yang belum kunjung usai. Aksi mahasiswa terlihat di Jakarta, Jogjakarta, Malang, Bandung, Samarinda, dan kota-kota lain di Indonesia.

Di Jogjakarta, ajakan aksi didengungkan dengan tagar #GejayanMemanggil yang mengajak seluruh mahasiswa di Jogjakarta untuk ikut menyuarakan aspirasi.

Senin (23/9/2019), aksi dilaksanakan Simpang Tiga Colombo, Gejayan, Daerah Istimewa Jogjakarta. Salah satu cara mahasiswa menyampaikan aspirasi adalah dengan menggunakan poster dan spanduk. Tulisan berupa isi hati dan keresahan para mahasiswa, dan tidak jarang tulisan pada beberapa poster tersebut lucu.

Berikut adalah beberapa poster lucu dari aksi #GejayanMemanggil, seperti merangkum dari Twitter.

1. Gedung Jadi Warung Pecel

twitter @shntxx

2. DPR atau Afgan?

twitter @arikriuh

3. Dendam Kepada Mantan

twitter @DimastyoMA

4. Introvert Ikut Demo

twitter @lunadputeri

5. Korufci

twitter @thedufresne

6. Bantuan Skripsi

twitter @nagametropolis

7. Lagu yang Masih Terngiang-ngiang

twitter @lativahhay

8. Lebih Enak Rebahan

twitter @stenlistrau

9. Peluang Bisnis

twitter @idoskuy

10. Sebenarnya Mager

twitter @thedufresne

11. Kesal sama mantan

(lawanpatriarki/instagram.com)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Spanyol Tengah Pekan Ini: Barcelona vs Villarreal

Posted: 23 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta La Liga Spanyol sedang menjalani laga midweek atau tengah pekan dengan sorotan bakal tertuju kepada Barcelona. Klub asal Katalunya itu menuai kekalahan lawan tim promosi Granada pada akhir pekan kemarin.

Tengah pekan ini, Barcelona bakal menghadapi Villarrel. Terbalik dengan laga tandang, Barcelona justru sempurna di laga kandang.

Barcelona menang dengan skor sama-sama 5-2 lawan Real Betis dan Valencia pada laga kandang. Lalu apakah hal sama terjadi lawan Villarreal?

Barcelona hingga pekan kelima baru meraih 7 poin. Mereka berada satu poin di bawah Villarreal yang meraih 8 poin.

Selain Barcelona, masih banyak laga lain yang juga bakal berlangsung di La Liga hingga akhir pekan nanti. Berikut jadwal lengkap La Liga:

 

Jadwal Lengkap

Reaksi gelandang Barcelona, Ivan Rakitic (kiri) dan rekannya, Gerard Pique setelah pemain Granada, Ramon Azeez mencetak gol pada laga pekan kelima La Liga di Stadion Nuevo Los Cármenes, Sabtu(21/9/2019). Barcelona tumbang dalam lawatannya ke markas tim promosi, Granada 0-2. (JORGE GUERRERO/AFP)

Rabu (25/9/2019)

00:00 WIB Real Valladolid vs Granada

01:00 WIB Real Betis vs Levante

02:00 WIB Barcelona vs Villarreal

 

Kamis (26/9/2019)

00:00 WIB Leganes vs Athletic Bilbao

00:00 WIB Mallorca vs Atletico Madrid

01:00 WIB Valencia vs Getafe

02:00 WIB Real Madrid vs Osasuna

Jadwal La Liga

Jumat (27/9/2019)

00:00 WIB Eibar vs Sevilla

01:00 WIB Celta Vigo vs Espanyol

02:00 WIB Real Sociedad vs Deportivo Alaves

 

Sabtu (28/9/2019)

00:00 WIB Villarreal vs Real Betis

18:00 WIB Athletic Bilbao vs Valencia

21:00 WIB Getafe vs Barcelona

23:30 WIB Granada vs Leganes

 

Minggu (29/9/2019)

02:00 WIB Atletico Madrid vs Real Madrid

17:00 WIB Espanyol vs Real Valladolid

19:00 WIB Eibar vs Celta Vigo

21:00 WIB Deportivo Alaves vs Mallorca

23:30 WIB Levante vs Osasuna

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhir Pelarian Buron Tersangka Video Syur Vina Garut

Posted: 23 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Setelah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) beberapa pekan, tersangka D, salah seorang pelaku adegan video syur Vina Garut, akhirnya berhasil ditangkap Jajaran Resmob, Polres Garut, Jawa Barat.

"Pelaku ditangkap kemarin sekitar pukul 14.30 kemarin di Bandung," ujar Kasatreskrim Polres Garut, AKP Maradona Armin Mappaseng, kepada Liputan6.com, Selasa (24/9/2019).

Armin mengatakan, penangkapan salah satu pelaku video Vina Garut butuh waktu lama lantaran pelaku sangat licin dan kerap berpindah-pindah tempat.

"Mulai Bandung kadang masuk Garut," ujarnya.

Namun, sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya jajaran Resmob Garut berhasil melacak keberadaan tersangka D, hingga akhirnya ditangkap tanpa melakukan perlawanan.

"Untuk pengunggah pertama video masih penanganan dan itu masih konsep dugaan," katanya menambahkan.

Armin menyatakan, tersangka D merupakan salah satu dari tiga pelaku laki-laki yang terlibat dalam adegan asusila Vina Garut. Sedangkan ihwal penggugah video, lembaganya menduga almarhum AK adalah orang yang pertama kali menyebarkannya.

"Dugaan tersebut disebabkan dalam hp AK almarhum inilah semua video ada," kata dia.

Dugaan itu semakin kuat saat ponsel milik AK diamankan, seluruh aktivitas akun Twitter penyebar ikut berhenti dengan sendiri.

"Pembuktian secara pasti harus menunggu pembuktian dari digital forensic polda," katanya.

 

Tersangka Lain

Armin juga mengatakan, saat ini pihaknya masih mengejar satu pelaku lainnya. "Inisialnya belum bisa disampaikan, sebab statusnya masih dalam pengejaran," katanya menegaskan.

Dalam penanganan kasus asusila yang cukup menghebohkan itu, polisi telah menetapkan VN (19) dan pria berinisial WW (41). Keduanya diancam Pasal 34 juncto Pasal 8 Undang-Undang RI Nomor 44 Tahun 2008 tentang pornografi, dengan ancaman enam tahun penjara.

Mereka kini tengah menunggu proses persidangan di pengadilan, setelah berkas keduanya dilimpahkan dua pekan lalu.

Seperti diketahui VN, merupakan mantan istri AK alias Rayya (31), tersangka lainnya yang meninggal dunia beberapa waktu lalu. Meskipun AK wafat, proses hukum dua tersangka lainnya, yakni VN dan WW (41), tetap berjalan.

Untuk kepentingan penyelidikan kasus video vina Garut, VN masih dititipkan di lapas kelas II B Garut, sementara WW dan tersangka baru D, berada di rumah tahanan Polres Garut.

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terduga Teroris Cilincing Beli Bahan Bom Secara Online

Posted: 23 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi mengungkap cara teruga teroris di Cilincing mendapatkan bahan pembuat bom. Pelaku ternyata membeli elemen bom secara online.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hujan Deras Turun di Jambi, Satgas Karhutla: Alhamdulillah

Posted: 23 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jambi Hujan deras yang mengguyur Jambi kemarin (23/9/2019), disambut gembira dari salah seorang satuan tugas (satgas) pemadam kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Sambil membentangkan kedua lengan, tubuhnya dibasahi guyuran air hujan.

Posisi tubuh satgas karhutla berseragam oranye yang hujan-hujanan membelakangi kamera. Kemudian ia membalikkan tubuhnya ke hadapan kamera.

Ucapan syukur pun datang dari satgas karhutla yang mengambil video rekannya tersebut.

"Alhamdulillah, hujan turun di Desa Pematang Rahim, (yang berada) di lokasi kebakaran hutan dan lahan," ucapnya dalam sebuah video berdurasi 5 detik yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Selasa (24/9/2019).

Suasana hujan deras tampak jelas pada video rekaman. Hamparan tanah basah dengan genangan air. Embusan angin yang mengiringi hujan makin memperkuat suasana betapa hujan turun dengan deras.

Intensitas Hujan

Satgas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mengucapkan syukur saat hujan deras turun di Jambi kemarin (23/9/2019). (Printscreen Video Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Penantian hujan deras berkat keberhasilan proses teknologi hujan buatan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, pesawat Hercules bermuatan 4 ton kapur tohor (bahan kimia yang bisa menghilangkan kabut asap) terbang menuju Jambi pada 14.30 WIB.

Awan berpotensi hujan akhirnya terbentuk, yang mana mendukung penyemaian garam untuk menurunkan hujan.

"Lalu pukul 15.30 Wib, hujan turun dengan intensitas ringan hingga lebat di daerah Betara Kabupaten Tanjab Barat dan Sabak, Tanjab Timur, Provinsi Jambi. Hujan deras juga turun di Desa Pematang Rahim, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjab Timur," kata Pelaksana Harian Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tagar Hidup Mahasiswa Bergelora di Twitter

Posted: 23 Sep 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para mahasiswa dari berbagai universitas menggelar demonstrasi sejak kemarin, Senin (23/9/2019), hingga hari ini di depan Gedung DPR, dan DPRD di berbagai kota di Indonesia.

Mereka menyuarakan penolakan terhadap Revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberatasan Tindak Pidana Korupsi (KPK), dan Revisi Undang-Undang KUHP (RUU KUHP).

Aksi unjuk rasa tersebut menyita banyak perhatian, termasuk di ranah internet. Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Selasa (24/9/201), saat berita ini ditulis, #HidupMahasiswa menduduki posisi puncak Indonesia trends pada hari ini di Twitter.

Selain itu, tagar tersebut juga berada di peringkat 8 topik terpopuler di dunia alias worldwide trends Twitter.

Berbagai foto tentang demontrasi di berbagai kota, termasuk di depan DPR menghiasi lini masa Twitter. Para pengguna Twitter juga menyuarakan dukungan mereka kepada para mahasiswa dengan kalimat "Semangat adek2."

Berikut beberapa kicauan terkait unjuk rasa mahasiswa tersebut:

"Merinding liat tweet-tweet di tagar #HidupMahasiswa dan melihat orang-orang yg turun aksi. For those who join the protest, please stay safe! We're all in the same boat. #HIDUPRAKYATINDONESIA#RakyatDukungAksiMahasiswa," tulis pengguna dengan akun @tikaadhani.

"Kawan-kawan mahasiswa yang sejak kemarin menyuarakan aspirasi masyarakat, selamat berjuang!#HidupMahasiswa #HidupRakyatIndonesia#MosiTidakPercaya," kicau @fujivineyard.

"Buat adek2 mahasiswa semangat demonya hari ini. Jangan lupa yang membahas RUU KPK itu pemerintah dan DPR. jadi jangan cuma DPR yang jadi sasaran tembak," demikian twit dari @eryghifar.

"Ada harapan besar yang merepresentasikan suara rakyat. Semangat adek2 ku, tolak segala bentuk politisasi dan aji mumpung partai X," tulis @abifazari.

Mahasiswa Mulai Padati Depan Gedung DPR

Mahasiswa Universitas Bung Karno berjalan menuju Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, memprotes revisi UU KPK. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)

Suasana di depan Gedung DPR/MPR mulai dipadati mahasiswa pagi ini, Selasa (24/9/2019). Mereka datang dengan membawa papan-papan yang bertuliskan tuntutan terhadap DPR untuk membatalkan revisi UU KUHP dan UU KPK.

Tak hanya itu, dari pantauan Liputan6.com, para petugas kemanan pun mulai bersiap siaga mengamankan demonstrasi.  Beberapa kendaraan taktis pun terlihat terparkir di depan gerbang Gedung DPR/MPR yang menghadap ke arah Jalan Gatot Subroto.

Sementara itu, kondisi lalu lintas di depan Gedung DPR terlihat ramai lancar. Belum ada tanda-tanda penutupan jalan di sekitar lokasi. Titik kemacetan terpantau di sekitar Stasiun Palmerah, yang tak jauh dari lokasi demonstrasi.

Beberapa mahasiswa terlihat datang dari stasiun tersebut dan memilih berjalan ke lokasi aksi.

Ratusan mahasiswa sebelumnya memadati gedung DPR/MPR pada Senin 23 September 2019. Aksi penolakan RUU KUHP dan UU KPK tersebut berlangsung hingga malam.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buwas: Ada yang Tak Ikhlas Bulog Dapat Titah Salurkan Raskin

Posted: 23 Sep 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Perum Bulog Budi Waseso kembali mengeluhkan adanya beberapa oknum yang tidak senang Bulog diberikan wewenanang penyaluran beras sebagai Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau beras miskin (raskin).

Pria yang akrab disapa Buwas ini mengatakan, pihak-pihak tersebut kemudian ramai menyerang Bulog dengan membuat kabar negatif terkait beras yang disalurkan.

"Begitu Bulog mendapatkan perintah untuk menyalurkan BPNT, bahkan Pak Presiden (Jokowi) dan Mensos (Agus Gumiwang Kartasasmita) sudah mengatakan 100 persen berasnya dari Bulog, faktanya di lapangam kan tidak ikhlas semua. Dan saya sudah mengatakan pasti Bulog diserang dengan membuat berita-berita yang negatif tentang Bulog," ungkapnya di Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Ucapan ini sejalan dengan apa yang dilontarkannya beberapa waktu lalu, bahwa perusahaan yang dibawahinya diserang mafia penyaluran BPNT dengan menyebar kabar bahwa kualitas beras Bulog buruk.

Menurutnya, ada pihak yang ingin menjatuhkan Bulog dalam membongkar praktik mafia penyaluran BPNT dengan menyalurkan beras kualitas rendah yang dibungkus karung beras berlabel Bulog.

 

Tunggu Penyelidikan

Dirut Perum Bulog Budi Waseso memberi penjelasan kepada Komisi IV DPR saat rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (20/6/2019). Rapat membahas RKA Kementerian dan Lembaga Tahun 2020, evaluasi pelaksanaan anggaran triwulan I dan kinerja Bulog selama tahun 2018. (Liputan6.com/JohanTallo)

Menindaki kasus ini, Buwas menyatakan, Bulog tinggal menunggu hasil penyidikan guna memberantas oknum mafia tersebut. Dia pun meminta pegawainya untuk terus bekerja sesuai dengan tugasnya.

"Pasti Bulog diserang dengan buat berita-berita negatif, seperti beras Bulog bau dan lajn-lain. Ini di-setting. Cyber crime sudah bekerja, tinggal tunggu hasil," sebut dia.

"Ini harus dilawan, dengan cara kerja nyata dan ini dibuktikan pada hari ini (operasi pasar). Sehingga peran Bulog sesuai undang-undang bisa dibuktikan. Mohon agar setiap tim yang akan bergerak jaga kekompakan. Semoga kerja keras bisa jadi ibadah yang bermakna bagi kita semua," tandasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Minuman Tradisional Indonesia Penuh Cita Rasa Khas, Wajib Coba

Posted: 23 Sep 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Minuman tradisional Indonesia pastinya punya beragam rasa dan jenis. Tiap daerah memiliki minuman khasnya tersendiri. Kekayaan budaya Indonesia dapat tercermin dari warisan kuliner salah satunya minuman tradisional khas Indonesia. Beberapa minuman sudah terkenal dan populer di Indonesia. Minuman tradisional Indonesia ini punya keunikan rasa dan bahan.

Beberapa minuman tradisional Indonesia bahkan terbuat dari beragam rempah kuat khas Nusantara. Tak ayal minuman tradisional Indonesia ini punya cita rasa unik yang tak ditemukan pada minuman di negara lain. Minuman tradisional Indonesia ini sudah ada sejak zaman nenek moyang dan terus dilestarikan hingga saat ini.

Minuman tradisional Indonesia juga terdiri dari berbagai jenis mulai dari minuman hangat hingga minuman dingin menyegarkan. Minuman tradisional ini dapat dengan mudah ditemui di tiap daerah asalnya. Berikut 10 minuman tradisional Indonesia yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa(24/9/2019).

Minuman hangat khas Indonesia

Wedang Uwuh merupakan minuman berkhasiat yang terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia.

Wedang Ronde

Wedang Ronde merupakan bentuk percampuran budaya kuliner warga Tionghoa dengan budaya lokal Indonesia. Wedang berasal dari istilah Jawa yang merujuk pada minuman panas. Sementara ronde merupakan tepung ketan yang dicampur sedikit air, dibentuk menjadi bola dan direbus. Biasanya air jahe dicampur dengan gula kelapa atau aren, diberi taburan kacang tanah goreng, potongan roti, kolang-kaling, dan sebagainya. Bulatan Ronde biasa diisi kacang manis tumbuk.

Wedang Uwuh

Wedang uwuh merupakan minuman khas dari Yogyakarta. Uwuh dalam bahasa Jawa berarti sampah, ini karena rempah dalam wedang jika dicampurkan di dalam gelas maka pada permukaan akan tampak seperti tumpukan sampah. Minuman tradisional Indonesia ini mempunyai perpaduan rasa antara manis dan pedas, berwarna merah cerah, dan mempunyai wangi yang khas. Bahan wedang uwuh antara lain adalah jahe, secang, cengkih, kayu manis, pala, sereh, kapulaga, dan gula batu.

Minuman tradisional Indonesia

Minuman khas Sulawesi, sarabba (sumber: iStock)

Sarabba

Makassar juga memiliki minuman tradisional menghangatkan yaitu Sarabba. Minuman ini terbuat dari jahe, kuning telur, gula aren, santan, dan merica bubuk. Sarabba berkhasiat untuk memulihkan stamina, mengusir flu, menghangatkan badan, dan mengeluarkan angin. Di Sulawesi, minuman tradisional Indonesia ini menjadi teman makan aneka gorengan, terutama pisang goreng.

Bajigur

Bajigur dikenal sebagai minuman tradisional khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat. Bahan utama minuman ini adalah gula aren dan santan. Bajigur juga kerap ditambah jahe, garam, dan bubuk vanili untuk menambah kenikmatan. Seringkali juga ada tambahan kolang-kaling pada sajiannya. Dulunya bajigur dijual dengan pikulan atau gerobak dorong. Kini, bajigur juga banyak tersedia dalam kemasan instan.

Minuman tradisional Indonesia untuk menghangatkan badan

Bir Pletok

Mina Sarua

Mina Sarua adalah minuman tradisional khas Bima, Nusa Tenggara Barat. Mina Saura merupakan campuran berbagai bahan seperti rempah, tape ketan, dan ampas ketan yang biasa disebut galendo. Rempah yang digunakan adalah jahe, kunyit, cabe jawa, merica, gula merah dan kayu manis. Mina Sarua bisa meningkatkan kebugaran tubuh, mengurangi rasa pegal, mengobati masuk angin, mengobati maag, dan menambah nafsu makan.

Bir Pletok

Bir Pletok merupakan minuman khas Betawi yang sudah ada sejak zaman kolonial. Meski bernaman bir, minuman ini tidak mengandung alkohol. Bir pletok terbuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Bir pletok juga biasanya ditambahkan kayu secang untuk memberi warna merah saat diseduh. Masyarakat Betawi banyak mengonsumsi minuman tradisional Indonesia ini pada malam hari sebagai penghangat tubuh.

Minuman tradisional Indonesia dengan cita rasa manis

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Es Cendol

Cendol merupakan minuman khas Sunda. Dulunya buliran cendol terbuat dari tepung hunkwe, namun kini cendol terbuat dari tepung beras. Minuman tradisional Indonesia ini biasanya disajikan beraama gula merah cair, santan dan es. Es cendol memiliki rasa manis dan gurih. Di Sunda, cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras dengan pewarna daun suji sehingga menbentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya.

Es Dawet

Sekilas dawet mirip dengan cendol, keduanya memang memiliki persamaan. Jika es cendol berasal dari Sunda, es dawet berasal dari Jawa, tepatnya Banjarnegara. Es cendol dulunya terbuat dari tepung hunkwe, sementara dawet terbuat dari tepung beras ataupun tepung beras ketan. Baik dawet maupun cendol, keduanya sama-sama disajikan bersama gula merah cair, santan, dan es.

Minuman tradisional Indonesia yang segar

Seorang pedagang menggelar legen dagangan sadapan nira di taman Arek Lancor, Pamekasan, Madura, Jatim. (Antara)

Es Teler

Indonesia juga punya koktail buah yang dikenal dengan es teler. Minuman tradisional ini berasal dari Jawa Tengah tepatnya kabupaten Sukoharjo. Es teler berisi buah-buahan seperti alpukat, nangka, kelapa muda, dan cincau yang disajikan sengan santan, susu kenyal manis, dan sirup cocopandan.

Legen

Legen banyak ditemui di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Minuman tradisional Indonesia ini diambil dari bagian pohon siwalan. Legen berasal dari kata legi yang berarti manis. Sulur bunga siwalan dipotong sedikit demi sedikit untuk disadap airnya dan ditampung pada sebuah tabung yang terbuat dari potongan bambu. Air ini yang kemudian dijadikan minuman segar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Konflik dengan Mourinho, Begini Penjelasan Gelandang MU

Posted: 23 Sep 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Juan Mata membantah punya hubungan buruk dengan eks manajer MU, Jose Mourinho. Ia mengaku selalu menghormati The Special One yang pernah membuangnya dari Chelsea.

MU membeli Juan Mata pada Januari 2014. Harganya pun cukup mahal yakni mencapai 37,1 juta pound sterling (Rp 649 miliar).

Keberhasilan MU merekrut Mata memang karena Mourinho. Saat itu Mourinho yang masih menangani Chelsea tak pernah memainkan Mata.

Menariknya kedua sosok tersebut kembali bertemu enam bulan kemudian. Pasalnya, Mourinho direkrut MU menggantikan Louis van Gaal.

Tak pelak banyak yang menyebut keduanya tak bakal akur di MU. Namun akhirnya Mata justru menjadi bagian penting dari Setan Merah di bawah asuhan Mourinho.

 

 

Komentar Mata

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho memberikan masukan kepada Juan Mata saat melawan Swansea pada laga Premier League di Old Trafford, (31/3/2018).  Manchester United menang 2-0. (Anthony Devlin/PA via AP)

"Banyak spekulasi soal masa depan saya yang diberitakan media.Saya dikabarkan tak punya masa depan di era Mourinho dan lain sebagainya," ujar Mata seperti dilansir Manchester Evening News.

"Saat di Chelsea saya memang jarang dimainkan Mourinho. Namun jujur saja saya tak punya masalah pribadi dengannya," kata pemain asal Spanyol itu menambahkan.

"Kami juga tak membahas apa yang terjadi di Chelsea. Yang jelas saya selalu profesional dan berpikir positif, terbukti semua berjalan baik."

Jadwal Piala Liga Inggris

Jadwal babak ketiga Piala Liga Inggris

Rabu, 25 September 2019

01.45 WIB, Watford Vs Swansea

01.45 WIB, Colchester United Vs Tottenham

01.45 WIB, Portsmouth Vs Southampton

01.45 WIB, Preston North End Vs Manchester City

01.45 WIB, Luton Town Vs Leicester

01.45 WIB, Arsenal Vs Nottingham Forest

01.45 WIB, Crawley Town Vs Stoke

01.45 WIB, Sheffield Vs Everton

Kamis, 26 September 2019

01.45 WIB, Wolverhampton Vs Reading

01.45 WIB, Oxford Vs West Ham

01.45 WIB, Brighton Vs Aston Villa

01.45 WIB, Sheffield Vs Sunderland

01.45 WIB, Burton Albion Vs Bournemouth

01.45 WIB, MK Dons Vs Liverpool

01.45 WIB, Chelsea Vs Grimsby

02.00 WIB, MU Vs Rochdale

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hendak Demo di DPR, Bus Mahasiswa Disetop Polisi

Posted: 23 Sep 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lima bus rombongan mahasiswa asal Semarang, Jawa Tengah dihentikan Polisi Brebes. Dua dari lima harus diganti karena tidak memiliki surat-surat yang lengkap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tampil Seksi, Penyerang AS Sabet Pemain Wanita Terbaik FIFA 2019

Posted: 23 Sep 2019 09:45 PM PDT

Penyerang Amerika Serikat, Megan Rapinoe memberi sambutan usai menerima penghargaan pemain Wanita FIFA Terbaik 2019 di teater La Scala Milan, Italia utara (23/9/2019). Di acara tersebut Rapinoe tampil seksi mengenakan gaun hitam dengan belahan dada rendah. (AP Photo/Antonio Calanni)

Penyerang Amerika Serikat, Megan Rapinoe memberi sambutan usai menerima penghargaan pemain Wanita FIFA Terbaik 2019 di teater La Scala Milan, Italia utara (23/9/2019). Di acara tersebut Rapinoe tampil seksi mengenakan gaun hitam dengan belahan dada rendah. (AP Photo/Antonio Calanni)

Penyerang Amerika Serikat, Megan Rapinoe (kedua kanan) mengangkat trofi pemain Wanita FIFA Terbaik 2019 saat berpose bersama Rose Lavelle, Alex Morgan dan Marta teater La Scala Milan, Italia utara (23/9/2019). (AFP Photo/Marco Bertorello)

Penyerang Amerika Serikat, Megan Rapinoe (kedua kanan) mengangkat trofi pemain Wanita FIFA Terbaik 2019 saat berpose bersama Rose Lavelle, Alex Morgan dan Marta teater La Scala Milan, Italia utara (23/9/2019). (AFP Photo/Marco Bertorello)

Penyerang Amerika Serikat, Megan Rapinoe memberi selamat kepada pemain terbaik FIFA 2019, Lionel Messi di teater La Scala Milan, Italia utara (23/9/2019). Rapinoe menyabet gelar The Best FIFA Women's Player 2019. (AFP Photo/Marco Bertorello)

Penyerang Amerika Serikat, Megan Rapinoe memberi selamat kepada pemain terbaik FIFA 2019, Lionel Messi di teater La Scala Milan, Italia utara (23/9/2019). Rapinoe menyabet gelar The Best FIFA Women's Player 2019. (AFP Photo/Marco Bertorello)

Penyerang Amerika Serikat, Megan Rapinoe bersama Alex Morgan berpose saat tiba menghadiri penghargaan sepak bola FIFA Terbaik, di teater La Scala Milan, Italia utara (23/9/2019). Rapinoe tampil seksi mengenakan gaun hitam dengan belahan dada rendah. (AP Photo/Luca Bruno)

Penyerang Amerika Serikat, Megan Rapinoe bersama Alex Morgan berpose saat tiba menghadiri penghargaan sepak bola FIFA Terbaik, di teater La Scala Milan, Italia utara (23/9/2019). Rapinoe tampil seksi mengenakan gaun hitam dengan belahan dada rendah. (AP Photo/Luca Bruno)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR: Jokowi Ingin Pasal Penghinaan Presiden Dihapus dari RUU KUHP

Posted: 23 Sep 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi III Erma Suryani Ranik mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta secara khusus salah satu pasal dalam RUU Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) untuk dihapus. Erma menyebut pasal itu tentang penghinaan presiden.

Hal tersebut, menurut dia, disampaikan Jokowi dalam pertemuan dengan pimpinan DPR, pimpinan fraksi, dan Komisi III di Istana Merdeka, Senin (23/9/2019) kemarin. Erma mengatakan, Jokowi merasa tidak perlu ada pasal penghinaan presiden.

"Di rapat itu, Pak Presiden Jokowi secara khusus menyebut pasal penghinaan terhadap presiden, Beliau mengatakan bahwa saya sendiri tidak merasa perlu ada pasal itu," ujar Erma di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2019).

Namun, Erma beda pendapat dengan Jokowi. Menurut dia, pasal penghinaan itu diperlukan. Kata politikus Demokrat itu, DPR membuat RUU KHUP bukan hanya untuk Presiden Jokowi.

"Pak Presiden mengatakan begitu, tapi kan kami bikin, sekali lagi kami bikin RUU KUHP bikin undang-undang di negara ini bukan untuk satu orang, bukan untuk satu partai tapi untuk Indonesia," ujar Erma.

Dia menilai, Presiden harus dijaga kehormatannya. Ditambah, Presiden bisa langsung melaporkan penghinanya dengan pasal tersebut.

"Apa mau dihina kehormatannya. Apa mau misalnya saya dihina nanti saya suruh fans club saya ngadukan, mau begitu?" ucap Erma.

Pada kesempatan yang sama, Erma juga menegaskan tidak akan mengesahkan RUU Pemasyarakatan (RUU Pas) dalam rapat paripurna hari ini. Hal itu dilakukan DPR setelah Jokowi meminta empat RUU termasuk RUU Pas ditunda pengesahannya.

Dia menjelaskan, RUU Pas adalah turunan dari RUU KUHP. Sehingga jika RUU KUHP ditunda maka tidak akan bisa mengesahkan RUU PAS.

"RUU PAS itu, kenapa ada RUU Pas karena RUU KUHP itu adalah kita sebutnya induk dari sistem peradilan pidana kita. Kalau RUU KUHP-nya ditunda, kan ingat di KUHP itu ada pidana kerja sosial siapa yang ngawasin orang-orang Pas ini," ungkap Erma.

KUHP Induk Undang-undang

Erma menjelaskan, RUU KUHP adalah induk dalam undang-undang. Karena itu jika RUU KUHP belum disahkan maka RUU Pas tidak bisa disahkan.

"Ada pidana penjara, pidana mati contohnya, pidana mati kan alternatif jadi kalau ada terpidana divonis pidana mati kemudian dia berkelakuan baik bisa diubah hukumannya," ucapnya.

Sebelumnya, telah meminta agar empat RUU dan revisi undang-Undang untuk ditunda. Jokowi ingin, rancangan UU tersebut dibahas bersama DPR periode 2019-2024.

Jokowi mengungkap ini dalam rapat konsultasi bersama pimpinan DPR siang tadi. Rapat itu dihadiri langsung oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo dan sejumlah pimpinan fraksi.

"Intinya tadi saya meminta agar pengesahan untuk RUU Pertanahan pertama, kedua RUU Minerba, ketiga RUU KUHP, kemudian yang keempat RUU Pemasyarakatan, itu ditunda pengesahannya," jelas Jokowi saat jumpa pers di Istana Negara, Senin (23/9).

 

Reporter: Ahda Bayhaqi dan Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal 3 Wakil Indonesia di Korea Terbuka 2019 Hari Ini

Posted: 23 Sep 2019 09:35 PM PDT

Incheon - Para pebulutangkis terbaik Indonesia akan kembali berburu gelar pada turnamen  Korea Terbuka 2019. Mereka bakal memulai perjuangan pada babak pertama di Incheon, Selasa (24/9/2019). 

Tantangan berat dihadapi ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow di babak pertama turnamen Korea Terbuka 2019 ini. Mereka langsung diadang lawan sulit, yaitu pasangan nomor satu dunia, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. 

Kedua pasangan belum pernah bertemu di turmamen resmi BWF. Namun, di atas kertas Zheng/Huang jelas difavoritkan memenangi pertandingan ini. 

Selain punya rekor sulit dikalahkan, Zheng/Huang juga baru saja menjuarai China Open 2019. Di sisi lain, langkah Tontowi/Winny pada China Terbuka terhenti di perempat final. 

Total hanya tiga wakil Indonesia yang turun bertanding pada babak pertama hari ini. Dua wakil lainnya adalah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. 

Berikut jadwal wakil Indonesia di Korea Terbuka 2019: 

 

Jadwal

Pasangan Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.  (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

14.00 WIB Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) Vs Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow (Indonesia)

14.00 WIB Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Indonesia) Vs Marcus Ellis/Lauren Smith 

15.30 WWIB Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia) Vs Ko Sung-hyun/Eom Hye-won

 

Sumber: Bola.com

Disadur dari: Bola.com (Yus Mei Sawitri/Aning Jati, Published 24-09-2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seniman Ini Hiasi Dinding dengan 440 Pasang Sepatu, Alasan di Baliknya Bikin Terenyuh

Posted: 23 Sep 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) bukanlah hal baru lagi, hampir setiap negara memiliki kasus KDRT. Banyak sekali kekerasan dalam rumah tangga yang meninggalkan trauma tersendiri bagi korbannya. Kekerasan dalam rumah tangga pun banyak macamnya, mulai dari kekerasan verbal hingga fisik. Walaupun bisa juga menimpa lelaki namun sebagian besar, wanita yang menjadi korban. 

Namun masalah kekerasan dalam rumah tangga ini tidak mudah untuk ditangani, karena tidak semua orang akan mudah untuk mengungkapkan apa yang dialaminya. Biasanya korban akan bungkam karena takut dan malu atas apa yang telah ia alami. Kejadian KDRT ini pun juga banyak terjadi di negara Turki.

Sampai-sampai ada seorang seniman bernama Vahit Tuna, yang membuat sebuah karya seni untuk memperingati korban KDRT yang pada umumnya adalah wanita di sebuah bangunan yang ada di pusat kota Turki. Melansir dari boredpanda, Selasa (24/9/2019) 40% dari perempuan di Turki telah mengalami kekerasan dalam rumah tangga. Dalam beberapa kasusnya ada pula yang berakhir tragis hingga berakibat kematian.

Berawal dari sinilah Vahit Tuna seorang seniman Turki pun membuat karya seni untuk memperingatinya. Berikut ulasan mengenai seniman hiasi dinding dengan 440 pasang sepatu yang Liputan6.com lansir dari boredpanda, Selasa (24/9/2019).

Peringati korban kekerasan dalam rumah tangga

Vahit Tuna (Sumber: Instagram/yankoseprojesi)

Melansir dari boredpanda, Selasa (24/9/2019) kekerasan dalam rumah tangga adalah kasus yang cukup banyak teradi di seluruh penjuru dunia. Dalams setiap kasusnya, wanitalah yang biasanya menjadi korban kekerasan.

Mengenai masalah di Turki sendiri, terdapat kurang lebih 40% dari perempuan yang ada telah mengalami kekerasan dalam rumah tangga. Selain itu beberapa kasus malah berakhir tragis hingga kematian. Berawal dari sinilah, Vahit Tuna sang seniman membuat sebuah karya seni untuk meningkatkan sebuah kesadaran dan memperingati korban yang meninggal akibat kekerasan dalam rumah tangga.

 

Alasan pemilihan sepatu hak tinggi

Hiasan sepatu di bangunan Turki (Sumber: Instagram/yankoseprojesi)

Pemilihan 440 pasang sepatu yang ditata dalam sebuah dinding di pusat kota turki adalah untuk gambarkan, 440 korban wanita meninggal akibat dibunuh oleh suaminya. Data ini diambil pada jumlah korban kekerasan dalam rumah tangga di Turki pada tahun 2018.

Memilih sepatu yang memiliki hak tinggi adalah sebuah simbol kekuatan wanita yang ia harapkan dimiliki oleh setiap wanita di dunia. Sepatu yang dipajang pun bukanlah milik para korban. Selain itu kenapa semuanya memiliki hak dan bukan sepatu flat atau yang lain karena sebuah alasan estetika. Selain itu, simbol sepatu yang ada di Turki adalah dapat menggambarkan seseorang yang sudah meninggal apabila sepatu orang yang meninggal tersebut diletakan di luar, atau sebuah simbol berkabung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Lelang Proyek Tol Ibu Kota Baru, Nilainya Rp 15 Triliun

Posted: 23 Sep 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melelang Jalan Tol Balikpapan-Penajam Paser Utara Tengah yang akan menjadi penghubung menuju lokasi Ibu Kota Baru. Adapun total nilai proyek ditawarkan mencapai Rp 15 triliun.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, proyek jalan tol tersebut akan dibangun dengan panjang sekitar 10 kilometer (Km). Sementara, sebagian ruas tol akan dibangun di atas sungai dengan panjang mencapai 7 Km.

Danang menjelaskan proses lelang tol tersebut kini sudah masuk penawaran. Di mana jalan tol tersebut diprakarsa oleh PT Waskita Toll Road yang saat ini prosesnya sudah sampai dalam tahap evaluasi penawaran.

"Sekarang dalam proses untuk evaluasi akhir pengumuman pertama pemenang lelang, kalau hanya satu berarti kita langsung negosiasi," jelas dia sperti ditulis Selasa (24/9/2019).

Danang berharap pengumuman lelang akan selesai pada tahun ini. Dengan demikian, proses pengadaan lahan hingga kontruksi sudah bisa dilakukan di awal tahun 2020. Mengingat, sejauh ini kata dia, belum ada kompetitor dari Waskita Road dalam tender tersebut.

"Sejauh ini yang jelas prakarsa ikut dong, kalau kita pantau di lapangan hanya pemain nasional yang ikut tender itu. Tapi kita masih belum final kita lakukan evaluasi hasil tender kita," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Pemerintah Siapkan Rp 2 Triliun Bangun Ibu Kota Baru di 2020

Jalan tol Balikpapan - Samarinda Kaltim. (Liputan6.com/Abelda Gunawan)

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp2 triliun di 2020 untuk pemindahan ibu kota. Anggaran tersebut tersebar di 5 kementerian.

"Sudah ada, totalnya sekitar Rp2 triliun yang tersebar di beberapa kementerian. Ada 5 atau 6 ya," ujar Bambang saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, pada Senin 23 September 2019. 

Terkait lahan ibu kota baru yang saat ini dikuasai oleh perusahaan milik Sukanto Tanoto, dia menyebut pemerintah tak menyiapkan anggaran untuk pengambilalihan. Sebab, lahan itu merupakan lahan milik pemerintah.

"Tidak ada ganti rugi, maksudnya tidak ada transaksi ganti rugi atau jual beli lahan terkait penarikan konsesi tersebut," jelasnya.

"Itu adalah konsesi hutan tanaman industri (HTI) di atas lahan milik negara, dan ketika mereka mendapatkan konsesi sudah tahu konsekuensinya suatu saat konsesinya bisa diambil oleh negara, apabila negara membutuhkan," sambungnya.

Adapun investasi yang ada di lahan tersebut saat ini, akan menjadi pembicaraan antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Sukanto Tanoto.

"Iya itu LHK yang tahu bagaimana prosedurnya, tapi intinya kami tidak melakukan jual beli lahan di situ, karena tanahnya milik negara," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Medan Terjal Sulitkan Petugas Padamkan Api Hutan Merbabu

Posted: 23 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Api masih berkobar di kawasan hutan gunung Merbabu. Upaya pemadaman api terus dilakukan namun petugas terkendala medan yang sulit di lokasi kebakaran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raih 19 Juta Subscribers, Atta Halilintar Ingatkan untuk Jangan Cuma Banyak Omong

Posted: 23 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyaknya masalah yang tengah dihadapi Atta Halilintar tak membuatnya gentar. Ia terus saja berkarya.

Buktinya, kini Atta Halilintar telah mendapatkan pencapaian baru untuk konten YouTube-nya. YouTuber nomor satu di Asia ini mengumumkannya melalui akun Instagramnya, Senin (23/9/2019).

Ya, subscribers Atta Halilintar terus bertambah, kini sudah menyentuh angka 19 juta.

Ia mengunggah foto dirinya dan angka subscribers yang dilengkapi dengan caption, "19.000.0000 M Subs! ❤"

 

Sindir Siapa?

Atta Halilintar (Foto: Instagram/@attahalilintar)

Atta Halilintar juga mengingatkan agar maju terus meski diterpa masalah. Ia juga menyebut jangan selalu menjelekkan orang lain. Siapa yang ia sindir?

"Seberapa banyak orang coba jatuhin kamu! Maju Terus! Action Terus! Jangan kebanyakan Ngomong doang apalagi kalau Jelekin orang," tambahnya.

Terima Kasih

Atta Halilintar. (Sumber: YouTube/Atta Halilintar)

Pencapaian tersebut membuat Atta Halilintar bahagia. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada penggemar video-videonya.

"Thank u God ❤ Thank u Indonesia Thank u juga Negara2 Lain yang terus menunggu Video2 aku ❤," sambungnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Spesifikasi Mi 9 Pro 5G Curi Perhatian

Posted: 23 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jelang peluncuran Mi 9 Pro yang bakal Xiaomi umumkan pada hari ini, informasi tentang spesifikasi perangkat tersebut bocor di internet.

Artikel yang mengungkap deretan fitur andalah yang bakal hadir di Mi 9 Pro tersebut, menuai perhatian pembaca Tekno Liputan6.com, Senin (24/9/2019) kemarin.

Informasi lain yang cukup populer, termasuk bos Gojek Vietnam mengundurkan diri, dan video tentang seorang pria hilang selama 22 tahun ditemukan kembali menggunakan Google Earth.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Ini Spesifikasi Mi 9 Pro 5G yang Bakal Xiaomi Umumkan Besok

Xiaomi dijadwalkan bakal meluncurkan smartphone teranyarnya, Mi 9 Pro 5G pada 24 September 2019.

Jelang peluncurannya, Lei Jun, CEO dan co-founder Xiaomi baru saja mengonfirmasi perangkat tersebut hanya akan meluncur di pasaran dalam varian 5G.

Tak hanya itu, informasi lebih detail tentang smartphone terbaru milik perusahaan asal Tiongkok tersebut muncul ke permukaan.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Bos Gojek Vietnam Mengundurkan Diri

Gojek Vietnam yang memiliki nama lokal GoViet mengumumkan manajer umumnya, Christy Le, memutuskan untuk meninggalkan perusahaan.

Le diketahui bergabung dengan perusahaan pada April 2019 atau sekitar lima bulan lalu.

Mengutip laman Deal Street Asia, Senin (23/9/2019), Le akan aktif mengundurkan diri mulai bulan depan, tanpa mengumumkan siapa yang bakal mengganti posisinya.

Baca selengkapnya di sini

3. VIDEO: Pria Hilang 22 Tahun Ditemukan Lewat Google Earth

Seorang pria Amerika Serikat hilang selama 22 tahun hingga akhirnya ditemukan berkat bantuan Google Earth.

Ia di temukan meninggal di dalam mobilnya yang tenggelam di sebuah danau.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gowes Tiga Pilar Lintasi Jembatan Suramadu Bersama Gubernur Jatim

Posted: 23 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan warga Jawa Timur, bersepeda bareng atau Gowes Tiga Pilar dengan melintas Jembatan Suramadu bersama Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim, dan Pangdam V/Brawijaya.

Tarian dari Papua, mengiringi pemberangkatan peserta gowes di Bangkalan Madura dan berakhir di Kodam V/Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur berikut liputan videonya, Senin, 23 September 2019.

Tarian tradisional, khas Papua mengawali acara "Ngonthel Bareng Jogo Jawa Timur Menuju Indonesia Maju". Dipilihnya tarian dari Papua untuk membuktikan Papua tetap menjadi bagian NKRI.

Ribuan peserta dilepas Kapolda Jatim Irjen. Pol. Luki Hermawan bersama Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Pangdam V/Brawijaya, Mayjen. TNI Wisnoe Prasetja Boedi antusias bersepeda, melintasi Jembatan Terpanjang di Indonesia ini. Uniknya lagi, para peserta sepeda mengenakan pakaian adat dari 34 provinsi di Indonesia. Sebagai wujud Bhinneka Tunggal Ika.

Para peserta dari perwakilan jajaran Polres se-Jawa Timur, komunitas sepeda onthel, dan masyarakat Jatim bersepeda melintasi Jembatan Suramadu dari sisi utara Suramadu, Kabupaten Bangkalan dan berakhir di Kodam V/Brawijaya.

Selain untuk menunjukkan soliditas antara Forkopimda dengan masyarakat Jawa Timur, kegiatan ini sekaligus membuktikan bahwa, Jawa Timur tetap aman dan kondusif meski sempat mencuat kasus SARA soal Papua.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Persebaya Surabaya Vs Bali United Exclusive di Vidio

Posted: 23 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Duel akbar akan tersaji di Gelora Bung Tomo saat tuan rumah, Persebaya Surabaya menjamu Bali United, Selasa (24/9/2019) WIB. Kedua tim sudah tak terkalahkan dalam lima laga terakhir.

Dalam lima laga terakhir masing-masing, Persebaya meraih 3 kemenangan dan 2 imbang. Sementara, Bali United lebih mentereng dengan 4 kemenangan, dan 1 imbang.

Situasi itu lah yang diprediksi membua laga hari ini bakal berlangsung seru. Baik Persebaya maupun Bali United pastinya tak ingin catatan positif itu tercoreng.

Di tabel klasemen, Bali United masih berada di puncak dengan 44 poin. Bajul Ijo -julukan Persebaya- menempati peringkat ke-5 dengan 29 poin.

Pada pertemuan pertama di Bali, Persebaya Surabaya harus menyerah 1-2 dari Serdadu Tridatu -julukan Bali United. Tak heran, Persebaya pun pastinya ingin balas dendam.

Selain di Indosiar, Anda juga bisa menyaksikan laga Persebaya Surabaya vs Bali United secara eksklusif di Vidio Premier dengan berlangganan di link berikut ini.....

Perkiraan Pemain

Wolfgang Pikal memimpin latihan Persebaya di Lapangan Polda Jatim. (Bola.com/Aditya Wany)

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Mokhamad Syaifuddin, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (belakang); Aryn Williams, Rachmat Irianto, Fandi Eko (tengah); Diogo Campos, David da Silva, Osvaldo Haay (depan)

Asisten pelatih: Bejo Sugiantoro

Bali United (4-2-3-1): Wawan Hendrawan (kiper); Dias Angga, Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin (belakang); Fadil Sausu, Brwa Nouri; Melvin Platje, Paulo Sergio, Stefano Lilipaly (tengah); Ilija Spasojevic (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kawasan Sekitar Gedung DPR Jadi Sasaran Coret-coretan

Posted: 23 Sep 2019 09:28 PM PDT

Coret-coretan menghiasi tembok di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Coret-coretan menghiasi tembok di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Coret-coretan menghiasi tembok di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Coret-coretan menghiasi tembok di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengendara melintasi dekat coret-coretan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana(KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengendara melintasi dekat coret-coretan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana(KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Coret-coretan menghiasi tembok di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Coret-coretan menghiasi tembok di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengendara melintasi dekat coret-coretan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana(KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengendara melintasi dekat coret-coretan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana(KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengendara melintasi dekat coret-coretan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana(KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengendara melintasi dekat coret-coretan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana(KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengendara melintasi dekat coret-coretan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana(KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengendara melintasi dekat coret-coretan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana(KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Coret-coretan menghiasi tembok di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Coret-coretan menghiasi tembok di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Coret-coretan menghiasi tembok di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Coret-coretan menghiasi tembok di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus yang menolak pengesahan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tercoreng oleh aksi coret-coretan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Lagu 'Entah Apa yang Merasukimu', Ini Sosok Penyanyi Aslinya yang Ganteng

Posted: 23 Sep 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini masyarakat Indonesia tengah ramai memutar sebuah lagu dengan lirik yang khas. Lagu dengan lirik "entah apa yang merasukimu" ini banyak diunggah di media sosial. Selain itu, lagu ini kerap dijadikan backsound dari video singkat nan lucu buatan warganet di aplikasi berbagi video musik, TikTok.

Hampir semua kalangan mengenal lirik lagu ini. Mulai dari siswa sekolah hingga orang dewasa seperti terkena demam lagu ini. Namun, masih banyak yang belum tahu bahwa judul lagu ini sebenarnya bukanlah "entah apa yang merasukimu", melainkan berjudul " Salah Apa Aku".

Sebenarnya lagu ini aslinya bukanlah remix seperti yang viral di media sosial saat ini. Lagu ini dinyanyikan oleh Ilir7 Band. Lagu yang awalnya memainkan musik dengan tempo pelan dan lirih kemudian viral di media sosial setelah di-remix dengan musik DJ dan suara burung gagak.

Tak ayal sosok band di balik lagu viral ini mendapat perhatian dari netizen. Salah satunya ialah vokalis dari band Ilir7 yang memiliki wajah yang ganteng.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber sosok vokalis dari lagu "entah apa yang merasukimu" yang ganteng abis, Selasa (24/9/2019).

1. ILIR7 merupakan band yang mempopulerkan lagu dengan lirik

Viral Lagu Entah Apa yang Merasukimu, Ini Sosok Vokalisnya yang Ganteng Abis (sumber:Instagram/ilir7band)

2. Lagu ILIR7 Band yang aslinya berjudul 'salah apa aku' ini sedang viral di media sosial

Viral Lagu Entah Apa yang Merasukimu, Ini Sosok Vokalisnya yang Ganteng Abis (sumber:Instagram/ilir7band)

3. ILIR7 sendiri merupakan band yang berasal dari Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

Viral Lagu Entah Apa yang Merasukimu, Ini Sosok Vokalisnya yang Ganteng Abis (sumber:Instagram/ilir7band)

4. Band ini memiliki anggotak 4 orang, yakni Ave (vokal), Vic (basa), Zinc (gitar), dan Richi (drum).

Viral Lagu Entah Apa yang Merasukimu, Ini Sosok Vokalisnya yang Ganteng Abis (sumber:Instagram/ilir7band)

5. Sosok vokalisnya sendiri, Ave sangat populer berkat wajahnya yang ganteng.

Viral Lagu Entah Apa yang Merasukimu, Ini Sosok Vokalisnya yang Ganteng Abis (sumber:Instagram/ilir7band)

6. Tidak hanya di Indonesia, Vokalis ILIR7 Band ini juga terkenal di Malaysia.

Viral Lagu Entah Apa yang Merasukimu, Ini Sosok Vokalisnya yang Ganteng Abis (sumber:Instagram/ilir7band)

7. Ave sudah memiliki istri yang bernama Veerra Aan.

Viral Lagu Entah Apa yang Merasukimu, Ini Sosok Vokalisnya yang Ganteng Abis (sumber:Instagram/ilir7band)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 TKI Ditahan di Singapura, Diduga Mendanai Terorisme dan Mendukung ISIS

Posted: 23 Sep 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Singapura - Tiga pekerja migran Indonesia ditahan oleh otoritas Singapura atas tuduhan mendanai terorisme, kata Kementerian Dalam Negeri Singapura (MHA) dalam siaran pers, Senin 23 September 2019.

Anindia Afiyantari (30), Retno Hernayani (36), dan Turmini (31) ditahan atas dugaan pelanggaran Undang-Undang Keamanan Dalam Negeri Singapura (ISA). Surat penangkapan atas ketiganya telah dirilis oleh otoritas pada September ini.

Mereka telah bekerja sebagai pekerja rumah tangga di Singapura selama antara 6 - 13 tahun ketika mereka ditangkap, kata MHA seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (24/9/2019).

Anindia dan Retno pertama kali bertemu di sebuah pertemuan sosial di Singapura selama hari libur mereka, sementara Turmini terhubung dengan mereka di media sosial.

"Seiring waktu, mereka mengembangkan jaringan kontak online asing yang pro-militan, termasuk 'pacar online' yang berbagi ideologi pro-ISIS dengan mereka," kata MHA.

Anindia dan Retno ingin melakukan perjalanan ke Suriah dan bergabung dengan ISIS. Perempuan yang pertama juga siap untuk mengangkat senjata bagi kelompok teror di Suriah dan menjadi pembom bunuh diri --jelas MHA.

Sementara Retno bercita-cita untuk tinggal di antara militan ISIS di Suriah dan berpartisipasi dalam konflik di sana --lanjut Kemendagri Singapura.

Kedua wanita itu juga didorong oleh kontak online mereka untuk bermigrasi ke Filipina selatan, Afghanistan atau Afrika untuk bergabung dengan kelompok simpatisan ISIS di daerah-daerah itu.

MHA mengatakan Retno percaya bahwa umat Islam berkewajiban untuk melakukan perjalanan ke zona konflik lainnya seperti Palestina dan Kashmir untuk berperang melawan "musuh-musuh Islam".

Sedangkan Turmini percaya sumbanganya akan memberikannya tempat di surga, kata MHA.

Ketiga wanita itu "secara aktif digalakkan" untuk secara online mendukung ISIS, dan masing-masing mempertahankan beberapa akun media sosial untuk mengirim materi propaganda ISIS.

Mereka juga menyumbangkan dana kepada entitas yang berbasis di luar negeri untuk tujuan terkait terorisme, seperti untuk mendukung kegiatan ISIS dan kelompok teroris yang berbasis di Indonesia Jemaah Anshorut Daulah (JAD), yang berafiliasi dengan ISIS --lanjut Kemendagri Singapura.

 

Teradikalisasi Tahun Lalu

Ilustrasi bendera Singapura - Portrait (Wikimedia Commons)

Ketiga perempuan itu diradikalisasi tahun lalu setelah mereka menemukan materi online terkait ISIS.

Mereka menjadi yakin bahwa ISIS berjuang untuk Islam dan penggunaan kekerasan terhadap "orang-orang kafir" dibenarkan, dan semakin diradikalisasi setelah bergabung dengan beberapa kelompok dan saluran media sosial media pro-Islam, menurut MHA.

"Mereka tertarik pada visual kekerasan yang disebarluaskan pada platform-platform ini, seperti serangan bom ISIS dan video pemenggalan kepala, serta propaganda daur ulang tentang kemenangan masa lalu ISIS di medan perang," katanya.

Mereka juga dipengaruhi oleh khotbah online para pengkhotbah radikal Indonesia.

"Fakta bahwa ketiga individu dalam kasus ini diradikalisasi pada tahun 2018, pada saat wilayah fisik ISIS telah berkurang secara signifikan, menyoroti daya tarik abadi ideologi kekerasan ISIS," kata MHA.

Perempuan ke-4 Sempat Ditangkap, tapi...

Ilustrasi ISIS (Liputan6.com/Abdillah)

Perempuan Indonesia ke-4, yang juga bekerja sebagai pekerja migran, turut ditangkap oleh otoritas Singapura sebagai bagian dari pengembangan penyelidikan.

Namun, aparat tidak menemukannya telah teradikalisasi. Akan tetapi, ia tidak melaporkan radikalisasi kenalannya yang lain kepada pihak berwenang meskipun perempuan itu mengetahuinya.

Sejak itu, perempuan ke-4 tersebut telah dideportasi ke Indonesia.

Sejak 2015, 19 pekerja rumah tangga asing yang teradikalisasi - termasuk Anindia, Retno dan Turmini - telah terdeteksi di Singapura.

Tidak satu pun dari mereka diketahui memiliki rencana untuk melakukan tindakan kekerasan di Singapura, tetapi radikalisasi dan hubungan mereka dengan teroris di luar negeri telah menjadikan mereka ancaman keamanan bagi negara Negeri Singa, kata MHA.

16 pekerja rumah tangga yang sebelumnya teradikalisasi semuanya dipulangkan setelah investigasi selesai.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester City Cetak Banyak Gol Lawan Watford, Manajer Liverpool Tak Peduli

Posted: 23 Sep 2019 09:20 PM PDT

Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku tak peduli dengan keganasan Manchester City di Liga Inggris. Tim asuhan Josep Guardiola itu melumat Watford 8-0 akhir pekan lalu. Klopp menyebut, yang terpenting dalam perburuan titel Premier League adalah poin, bukan gaya bermain. 

Kemenangan telak itu sempat membawa City menipiskan jarak dengan Liverpool menjadi dua poin. Namun, The Reds kembali unggul lima poin setelah sukses mengalahkan Chelsea 2-1 di Stamford Bridge. 

Jurgen Klopp mengaku melihat cuplikan pertandingan Manchester City kontra Watford setelah sesi latihan pada Sabtu. Saat dimintai komentar tentang kemenangan telak The Citizen tersebut, Klopp memberikan jawaban panjang lebar. 

"Saya ingin melihat gol-golnya. Saya melihat ringkasan 2 menit 50 detik setelah kami berlatih. Saya melihat delapan gol dan tiga kerja sama tim. Saya harus melihat pertandingan menyeluruh untuk memahaminya," kata Klopp, seperti dilansir Four Four Two, Senin (23/9/2019). 

"Jika itu bisa terjadi melawan sebuah tim, maka itu juga bisa terjadi saat melawan Manchester City. Beberapa tahun lalu kami juga pernah kalah 0-5." 

"Tipe sepak bola seperti itu tak banyak tim bisa memainkannya. Tapi, kami bermain dengan cara sendiri. Kami berusaha memenangi pertandingan. Pada akhirnya, kami butuh poin, tak ada persaingan dalam hal-hal teknis. Ini tentang poin," ucap Jurgen Klopp. 

 

 

Emoh Bicarakan Pacuan Gelar

Para pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Trent Alexander Arnold ke gawang Chelsea pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, London, Minggu (22/9). Chelsea kalah 1-2 dari Liverpool. (AFP/Olly Greenwood)

Meskipun posisi pertama dan kedua klasemen dihuni Liverpool dan City, Jurgen Klopp menepis anggapan pacuan juara Premier League akan kembali hanya melibatkan dua tim tersebut. 

"Saya tak melihat pacuan juara hanya dua tim. Pada momen ini kami tak harus berpikir tentang itu. Ini baru pekan keenam, kami harus membicarakan 32 pertandingan lainnya. Saya rasa pembicaraan ini terlalu dini," kata Klopp. 

Kinerja Liverpool pada Premier League musim ini masih tanpa cela. The Reds berhasil menyapu bersih kemenangan pada enam liga pertama musim ini, termasuk pada big match melawan Chelsea. 

Sumber: Four Four Two

Disadur dari: Bola.com (Yus Mei Sawitri/Aditya Wicaksono, Published 23-09-2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Karakter Luna dalam Heart Vidio Original Series

Posted: 23 Sep 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak tahu film Heart yang dibintangi Nirina Zubir, Irwansyah, dan Acha Septriasa ini? Kisah cinta anak muda ini penuh lika-liku dan kerap membuat para penonton baper.

Namun berbeda dengan film Heart sebelumnya, kali ini Vidio menghadirkan Heart Vidio Original Series yang menggandeng aktris serta aktor muda berbakat. Mereka adalah Michelle Ziudith (Rachel), Achmad Megantara (Farel), dan Aurora Ribero (Luna).

Nah, kali ini Vidio akan mengulik karakter-karakter dari Heart Vidio Original Series. Salah satunya adalah Luna, si gadis cantik, feminin dan lembut yang mampu memikat hati Farel.

Ingin tahu apa saja fakta menarik karakter Luna dalam Heart Vidio Original Series? Yuk, simak selengkapnya di channel News360 di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Tangkap Tiga Direksi Perum Perindo Saat Rapat di Bogor

Posted: 23 Sep 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan sembilan orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar di DKI Jakarta dan Bogor, Jawa Barat, pada Senin, 23 September 2019.

Tiga dari sembilan orang yang diamankan adalah jajaran direksi BUMN dari Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo). Ketiganya dicokok saat menggelar rapat di Bogor.

"Saya tidak tahu persis ya rapat apa di Bogor, tapi memang ada kegiatan rapat di Bogor dan kami amankan sejumlah direksi dan pegawai Perum Perindo dari sana," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Berdasarkan situs resminya, Perum Perindo memiliki tiga direksi, yakni Direktur Utama (Dirut) Risyanto Suanda, Direktur Keuangan (Dirkeu) Arief Goentoro, dan Direktur Operasional (Dirops) Farida Mokodompit.

Selain mengamankan sembilan orang, tim penindakan KPK juga mengamankan USD 30 ribu, atau setara Rp 400 juta. Uang itu diduga fee untuk para Direksi Perum Perindo.

"Ketika transaksi terjadi kami amankan uang sekitar USD 30 ribu itu dari pihak pemberi dan perantara. Diduga itu diperuntukkan untuk pejabat di BUMN," kata Febri.

 

Terkait Impor Ikan Salem

Pekerja membersihkan debu yang menempel pada tembok dan logo KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Pemerintahan Provinsi Papua mendapat skor terendah yaitu 52,91. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sebelumnya, Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan sembilan orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di DKI Jakarta dan Bogor. Tiga orang di antaranya adalah jajaran direksi Perum Perikanan Indonesia (Perum Perindo).

Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif menyebut, penangkapan berkaitan dengan suap impor ikan. 

"Kami konfirmasi, hari ini ada tim yang bertugas di Jakarta menindaklanjuti Informasi terkait dugaan akan terjadinya transaksi antara pihak swasta yang bergerak di bidang importir ikan dengan pihak Direksi BUMN di bidang perikanan," ujar Laode Syarif saat dikonfirmasi, Senin (23/9/2019).

Selain mengamankan sembilan orang, tim penindakan juga mengamankan sejumlah uang yang diduga bagian dari tindak pidana suap.

"Tim mengamankan barang bukti berupa uang sebesar USD 30 ribu atau lebih dari Rp 400 juta," kata Laode Syarif.

Dia mengatakan, diduga uang tersebut merupakan fee jatah kuota impor ikan jenis tertentu yang diberikan Perum Perindo pada pihak swasta. Salah satu jenis ikan yang teridentifikasi saat ini adalah ikan jenis frozen pacific mackerel atau ikan salem.

"KPK berupaya untuk tetap melaksanakan tugas pemberantasan korupsi di tengah berbagai upaya melemahkan dan memangkas kewenangan KPK," kata Laode Syarif.

Sesuai dengan hukum acara yang berlaku, KPK diberikan waktu paling lama 24 jam untuk menentukan status hukum perkara ini dan status hukum pihak-pihak yang diamankan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Tawarkan Investasi Maritim ke Belanda

Posted: 23 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Belanda terus meningkatkan kerjasama antar kedua negara melalui peluang perdagangan dan investasi dalam sektor maritim guna mendukung peningkatan perekonomian Indonesia.

Demikian yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut yang diwakili oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha saat memenuhi undangan Kamar Dagang dan Industri Indonesia di acara Indonesia – The Netherlands Business And Investment Forum On Infrastructure And Maritime hari ini, Senin (23/9) di Rotterdam, Belanda.

Toha menjelaskan Indonesia sebagai negara maritim menjadi lokasi strategis dalam rute perdagangan dunia mengingat 90 persen perdagangan internasional melalui jalur laut dan sebagian besar melewati wilayah perairan Indonesia.

Saat ini pelayanan transportasi laut domestik masih terpusat pada wilayah yang memiliki aktifitas ekonomi tinggi yaitu di wilayah barat Indonesia.

Untuk itu, diperlukan upaya pengembangan kawasan pertumbuhan ekonomi di wilayah timur Indonesia dengan didukung pelayanan transportasi laut sebagai tulang punggung distribusi logistik yang menghubungkan wilayah barat dan timur Indonesia. Dengan begitu, mampu menurunkan biaya logistik guna mempercepat pemerataan perekonomian.

Pada tahun 2018, Indeks Performa Logistik atau Logistics Performance Index (LPI) Indonesia menempati posisi 46 dengan skor 3,15. Posisi ini naik dari peringkat sebelumnya pada tahun 2016, yaitu posisi ke-63 dengan skor 2,98.

"Peningkatan tersebut sejalan dengan peningkatan kualitas infrastruktur Indonesia yang juga mengalami kenaikan. Dengan kata lain, pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan selama kurun waktu empat tahun terakhir, terbukti memberikan dampak yang positif," ujar Arif dalam keterangannya, Selasa (24/9/2019).

"Karena dengan dibangunnya infrastruktur yang handal, merupakan kunci utama dalam meningkatkan daya saing Indonesia, yang diyakini mampu mendorong pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB)," tambahnya. 

 

Kontribusi Sektor Maritim Perlu Ditingkatkan

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (25/10). Kebijakan ISRM diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan dan efektifitas pengawasan dalam proses ekspor-impor. (Liputan6.com/Immaniel Antonius)

Namun di sisi lain, sebagai negara maritim terbesar yang 2/3 luas wilayahnya terdiri dari laut, kontribusi sektor maritim terhadap perekonomian Indonesia masih perlu terus ditingkatkan.

Menurut data BPS 2018, kontribusi sektor kelautan terhadap PDB nasional masih berada di bawah 15 persen, atau hanya sekitar 13,32 persen. Kecilnya kontribusi maritim mengindikasikan bahwa Indonesia masih dapat mengeksplorasi lebih jauh potensi maritimnya.

Pemerintah Indonesia terus melakukan berbagai langkah konkrit, untuk meningkatkan perekonomian nasional melalui transportasi laut. Hal ini dapat terlihat dengan adanya peningkatan volume ekspor dan impor barang dalam kurun waktu 4 tahun terakhir yang melalui 4 (empat) Pelabuhan Utama, yaitu Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Makassar.

Tentunya hal itu dilakukan dengan didukung oleh kebijakan yang menunjang kemudahan dalam berinvestasi, antara lain deregulasi perizinan dan implementasi Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS).

"Dengan demikian, Indonesia menawarkan peluang berbisnis dan berinvestasi ditengah iklim politik yang stabil, keamanan negara yang semakin baik. Untuk itu, para pengusaha di Belanda didorong untuk berinvestasi di Indonesia khususnya di bidang Infrastruktur dan maritim," tutup Arif.

Proyek Pengembangan Pelabuhan Benoa Dukung Konektivitas Tol Laut

Menteri BUMN Rini Soemarno meninjau proyek reklamasi Pelabuhan Benoa

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno meninjau proyek pengembangan Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali yang digagas oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). Para pemimpin adat setuju dengan pengembangan proyek tersebut.

Menurutnya, proyek pengembangan Pelabuhan Benoa harus bermanfaat untuk warga sekitar dan sudah menjadi fokus pemerintah dalam meningkatkan konektivitas dalam mendukung industri logistik Indonesia.

"Pembangunan proyek ini harus bisa bermanfaat untuk kepentingan nasional. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab BUMN dalam mendukung program tol laut," ujar Menteri Rini yang dikutip dari keterangan tertulis Rabu (11/9/2019).

Rini menegaskan dengan adanya pembangunan pelabuhan, akan meningkatkan pariwisata Pulau Bali. Demi mendukung pariwisata, Pelindo melakukan pengerukan dan pendalaman alur atau low water spring. Agar kapal pesiar dapat bersandar lebih banyak lagi dan dapat mendatangkan wisatawan luar negeri.

Rini meminta masyarakat adat Pulau Bali ikut menjadi pengawas proyek pengembangan tersebut. Sehingga budaya dan adar istiadat tetap terjaga. Para nelayan pun akan lebih mudah melaut dengan pengerukan kanal dalam proyek Pelabuhan Benoa ini.

Pelindo juga meningkatkan kapasitas gedung terminal penumpang yang mulanya berkapasitas 900 orang, menjadi 3.500 orang dalam bangunan seluas 5.600 meter persegi. Rencana penyelesaian bangunan akan selesai semester II 2019.

Area berputar kapal juga diperlebar sehingga kapal dengan radius putar lebih panjang, akan menjadi lebih aman. Dari 300 meter menjadi 420 meter. Rini berharap Pelabuhan Benoa bisa menjadi home port cruise. Tentunya akan berdampak positif bagi perekonomian di Bali.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Jessica Mila, 5 Artis Ini Rela Bertambah Gemuk Demi Peran

Posted: 23 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang aktor atau aktris selain punya kemampuan akting yang mumpuni dalam bermain peran. Mereka juga dituntut untuk totalitas dalam menjalankan peran. Seperti yang dilakukan oleh Jessica Mila

Dara cantik kelahiran 3 Agustus 1992 ini rela menaikkan berat badannya hingga 10 kilogram, demi film terbarunya "Imperfect". 

Dalam film terbaru besutan Ernest Prakasa ini, ia memerankan karakter perempuan bertubuh gemuk. Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan penampilan Jessica Milla yang selalu terlihat ramping dan langsing. Teasaer film 'imperfect" yang resmi dirilis di YouTube pada Kamis (19/9/2019) sukses bikin warganet pangling dengan sosok Jessica Mila

Tak sedikit juga warganet yang berdecak kagum, karena transformasi Jessica Mila. Nyatanya, tak hanya Jesscia Milla saja yang rela menambah berat badan demi tuntutan perat. Sederet selebriti ini, juga rela menaikkan berat badan bahkan ada yang hingga 28 kilogram loh!

Siapa saja mereka? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas 5 artis yang rela bertambah gemuk demi tuntutan peran, Selasa (24/9/2019).

1. Reza Rahardian

Selain Jessica Milla, 5 Artis Ini Rela Gemuk Demi Tuntutan Peran

Siapa yang tidak kenal dengan aktor tampan Reza Rahardian? Pemiik nama lengkap Reza Rahadian Matulessy ini sudah membintangi sejumlah film. Dari beberapa film yang ia perankan, pria 32 tahun ini pernah menaikkan berat badannya saat bermain dalam film My Stupid Boos pada tahun 2016 lalu. 

Berperan sebagai bos yan gendut dengan perut buncit, Reza menaikkan berat badannya hingga 7 kilogram. Tak sia-sia, dalam peran tersebut Reza mendapat penghargaan sebagai Pemeran utama pria terbaik pada Festival Film Indonesia 2016 lalu.

2. IU

Selain Jessica Milla, 5 Artis Ini Rela Gemuk Demi Tuntutan Peran

Drama Dream High tentu sudah tidak asing lagi buat kamu para pencinta drama korea. Diperankan oleh Suzy, Taecyeon, IU, Wooyoung, Eunjung dan Kim Soo-hyun, drama ini menjadi drama yang sangat populer pada kala itu.

Yang tak kalah mencuri perhatian ialah, IU. Berperan sebagi Kim Pil-suk, siswi yang bertubuh gemuk namun punya suara yang merdu. Punya badan yang ramping, IU pun rela menggemukkan badannya. Penampilan IU yang berbeda dalam drama tersebut sukses membuat para penggemar pangling.

3. Lee Yerim

Selain Jessica Milla, 5 Artis Ini Rela Gemuk Demi Tuntutan Peran

Enggak cuma IU, Lee Yerim pemeran Kim Taehee di drama My ID is Gangnam Beauty juga tampil menggemaskan dengan pipi yang lebih chubby. Meski hanya sedikit muncul dalam drama, demi peran ini Kim Taehee menaikkan berat badannya sampai 9 kilogram loh.

 

4. Aamir Khan

Selain Jessica Milla, 5 Artis Ini Rela Gemuk Demi Tuntutan Peran

Pencinta film Bollywood tentu sudah tidak asing lagi dengan Aamir Khan. Pria berusia 54 tahun ini telah memerankan sejumlah film dan memenangkan sejumlah penghargaan.

Salah satu film yang sukses mencuri perhatian ialah perannya di film Dangal. Dalam film tersebut, pria kelahiran 1965 ini berperan sebagai Mahavir Singh Phogat, seorang pegulat senior di India. 

Demi tuntutan peran tersebut, Aamir harus menambah berat badannya hingga 28 kilogram. Ia juga tak menggunakan bantuan kostum atau wardrobe untuk membuatnya terlihat gemuk lho.

 

5. Charlize Theron

Selain Jessica Milla, 5 Artis Ini Rela Gemuk Demi Tuntutan Peran

Aktris Amerika, Charlize Theron juga pernah menambah berat badannya sebanyak 22 kilo untuk perannya dalam film Tully.

Dalam film itu terlihat bagaimana Theron dikenal sebagai sosok yang doyan makan dengan adegan memegang keju pada tengah malam.

Dalam sebuah wawancara, Charlize Theron mengaku kesulitan untuk menurunkan berat badannya kembali normal. Butuh waktu sekitar enam bulan, agar tubuhnya kembali ramping. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajemen MU Bela Diri Dituduh Hanya Fokus Cari Keuntungan

Posted: 23 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) menelan kekalahan 0-2 dari tuan rumah West Ham dalam laga keenam Liga Inggris 2019 -2020, Minggu (23/9/2019). Hasil itu membuat MU banjir kritik.

Fans Setan Merah kecewa karena perbaikan tidak kunjung dilakukan manajemen klub. Menurut sebagian besar fans, MU kini hanya fokus menambah pundi-pundi uang keuntungan dari bisnis mereka.

Namun, kritik itu langsung dijawab oleh manajemen MU, yang dipimpin Sang CEO, Ed Woodward. Dalam pernyataan yang dirilis, manajemen MU mengklaim tetap berkomitmen untuk meraih trofi di level tertinggi.

Saat ini, MU berada di peringkat kedelapan klasemen sementara Liga Inggris. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer baru mendulang delapan poin dari enam pertandingan.

MU tertinggal 10 poin dari Liverpool, yang berstatus pemuncak klasemen sementara. Kritik juga karena kegagalan klub dalam bursa transfer, yang tidak memboyong pemain-pemain yang dibutuhkan.

Klub yang bermarkas di Old Trafford ini sudah tidak pernah lagi menjuarai Liga Inggris sejak 2013. Bahkan, musim ini MU tidak lolos ke kompetisi elite Liga Champions.

Namun, anggapan MU lebih mementingkan komersial dibanding skuat di lapangan dibantah manajemen. Itu terbukti dengan gelontoran 145 juta pound sterling untuk membeli Harry Maguire, Aaron Wan-Bissaka dan Daniel James pada musim panas lalu.

Investasi Besar

Para Pemain Manchester United (MU). (AP Photo/Dave Thompson)

"Kami berkomitmen untuk memposisikannya secara benar dan ada investasi besar di area ini, menempatkan bagian rekrutmen kami di sebuah posisi yang membuat manajer mendapatkan pemain yang diinginkan," bunyi pernyataan dari hasil rapat manajemen MU.

"Proses ini secara signifikan lebih efektif dari pada empat sampai lima tahun lalu," lanjutnya.

Manajemen MU menyebut komitmen semua orang di klub adalah memenangkan trofi di level tertinggi. Oleh karena itu, untuk mewujudkannya, klub berinvestasi besar pada skuat dan akan terus melakukannya.

Prioritas Utama

"Pada saat bersamaan, muncul sejumlah talenta menawan dari tim muda dan akademi kami, yang juga hasil investasi yang terus meningkat di area ini selama lima tahun terakhir," bunyi pernyataan itu lagi.

"Sukses kami dalam komersial membantu mendorong investasi tersebut, tapi prioritas utama adalah fokus mencapai sukses di lapangan. Perlu digarisbawahi, kami tidak mencari atau membeli pemain berdasarkan daya tarik komersial," sambungnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ada Demo, Lalu Lintas di Depan DPR Macet

Posted: 23 Sep 2019 09:10 PM PDT

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarat, Selasa (24/9/2019). Kemacetan tersebut diakibatkan aksi demo yang dilakukan mahasiswa dengan buruh tani. (liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarat, Selasa (24/9/2019). Kemacetan tersebut diakibatkan aksi demo yang dilakukan mahasiswa dengan buruh tani. (liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarat, Selasa (24/9/2019). Kemacetan tersebut diakibatkan aksi demo yang dilakukan mahasiswa dengan buruh tani. (liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarat, Selasa (24/9/2019). Kemacetan tersebut diakibatkan aksi demo yang dilakukan mahasiswa dengan buruh tani. (liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarat, Selasa (24/9/2019). Kemacetan tersebut diakibatkan aksi demo yang dilakukan mahasiswa dengan buruh tani. (liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarat, Selasa (24/9/2019). Kemacetan tersebut diakibatkan aksi demo yang dilakukan mahasiswa dengan buruh tani. (liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarat, Selasa (24/9/2019). Kemacetan tersebut diakibatkan aksi demo yang dilakukan mahasiswa dengan buruh tani. (liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarat, Selasa (24/9/2019). Kemacetan tersebut diakibatkan aksi demo yang dilakukan mahasiswa dengan buruh tani. (liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarat, Selasa (24/9/2019). Kemacetan tersebut diakibatkan aksi demo yang dilakukan mahasiswa dengan buruh tani. (liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarat, Selasa (24/9/2019). Kemacetan tersebut diakibatkan aksi demo yang dilakukan mahasiswa dengan buruh tani. (liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahasiswa Soloraya Bergerak Gelar Demo Besar-besaran

Posted: 23 Sep 2019 09:06 PM PDT

Solo - Soloraya bergerak, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Solo dan sekitarnya turun ke jalan menuntut pemerintah dan DPR menunda pengesahan RKUHP, penyelesaian masalah kebakaran hutan, hingga protes pelemahan UU KPK. 

Tak hanya itu, aksi longmarch mahasiswa dari Manahan menuju kantor DPRD Kota Solo melintasi Jalan Adisucipto, Solo, Selasa (24/9/2019) itu juga menyuarakan penyelesaian soal Papua.

Arus lalu lintas Jalan Adi Sucipto ditutup lantaran masa longmarch menutup kedua jalur jalan. Polisi memasang kawat berduri di depan gerbang masuk kompleks DPRD untuk mengantisipasi terjadinya bentrok.

Sehari sebelumnya beredar poster ajakan kuliah di jalanan dan menggelar aksi dari Stadion Manahan ke Kantor DPRD Kota Solo, Selasa (24/9/2019). Poster itu sengaja disebar untuk mengajak mahasiswa beraksi menentang RKUHP dan UU KPK.

Rencana aksi tersebut dibenarkan salah satu penggagas aksi dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo sekaligus Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Muhammad Iqbal UNS Solo, Syeh Adni. Dia menjelaskan aksi turun ke jalan tersebut murni inisiatif mahasiswa tanpa campur tangan pihak mana pun.

"Benar akan ada aksi dari mahasiswa (hari ini). Aksi ini murni dari mahasiswa tanpa infiltrasi dari pihak manapun," katanya seperti dikutip laman Solopos.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Bahaya Menggunakan WiFi Gratisan di Tempat Umum, Harus Diwaspadai

Posted: 23 Sep 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan internet yang semakin meningkat, berbanding lurus dengan minat untuk menggunakan WiFi. Ya, WiFi gratis kerap dicari bagi sebagian orang guna menghemat atau mengurangi pengeluaran paket data. Maka enggak heran saat ini banyak ditemui tempat-tempat yang menyediakan fasilitas berupa free WiFi atau WiFi gratis.

Tanpa mengurangi jumlah paket data yang telah dimiliki, penggunaan WiFi gratis sangat menguntungkan bagi beberapa orang yang sangat membutuhkan. Apalagi koneksi WiFi yang cenderung kencang, makin membuat orang betah berlama-lama berselancar di internet dengan tujuannya masing-masing.

Namun, di balik keuntungan yang dirasakan pengguna WiFi, siapa sangka kalau ada bahaya yang mengintai dari penggunaan WiFi gratis di tempat umum ini. Salah satu bahayanya adalah data-data kamu mudah dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Apabila kamu tidak berhati-hati, maka kebiasaan kamu saat berselancar di internet bisa menyebabkan kamu kena hack. Memangnya ada bahaya apa saja dari pemakaian WiFi gratis yang ada di tempat umum?

Berikut ini Liputan6.com, Selasa (24/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa bahaya menggunakan WiFi gratis di tempat umum tanpa adanya pengamanan yang kuat.

Akun Media Sosial Rentan Dibajak

Ilustrasi WiFi. (Doc: Getty Images)

Penggunaan WiFi gratisan yang ada di tempat umum bisa memicu terjadinya pembajakan oleh orang yang tak dikenal. Orang tersebut akan membajak akun media sosial yang kamu miliki.

Enggak hanya membatas status, pelaku peretasan juga dapat memanfaatkan data kamu untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab seperti menipu orang, mengambil orang dari akun online digital kamu, dan tindakan jahat lainnya.

Mendapat Serangan dari MitM

Ilustrasi wifi (Sumber: Pexels)

Pengguna WiFi gratisan yang ada di tempat umum juga rentan terkena ancaman melalui serangan dari Man-in-the-Midhhle (MitM). Ini merupakan bentuk dari penyadapan. Di mana ketika sebuah komputer atau ponsel tersambungkan dengan internet, maka data akan dikirmkan dari perangkat tersebut ke sebuah layanan atau situs web.

Nah, disinilah mulai muncul kerentanan dapat memungkinkan pihak ketiga untuk masuk di tengah-tengah transmisi tersebut dan melihat apa yang sedang kamu lakukan. Sehingga membuat data yang kamu kirim atau gunakan selama mengakses di WiFi gratis di tempat umum ini bisa mengetahui semua aktivitas, password, dan data pribadi kamu.

Virus Malware

Ilustrasi malware. (Doc: Science ABC)

Selain rentan data dan informasi dicuri, bahaya lain yang mengintai perangkat kamu adalah infeksi virus seperti malware. Malware bisa menyusup ketika kamu menggunakan WiFi gratisan di tempat umum. Hal ini dikarenakan adanya celah keamanan dan kelemahan yang ditemukan dalam sistem operasi dan program perangkat lunak, para penyerang ini dapat memyusupkan malware ke dalam komputer kamu tanpa sepengetahuan kamu sama sekali.

Biasanya ini dilakukan dengan cara membuat iklan palsu. Nah, saat kamu membukanya, maka malware menyerang perangkat kamu. Selain berpotensi memberikan akses ke peretas untuk mencuri data, pelaku juga bisa merekam suara dan mengetahui gerak-geraku.

Adanya WiFi Kloning

Wifi | unsplash.com/@paul_

WiFi bisa diduplikasi. Ya, orang bisa menduplikasi WiFi yang sudah ada sebelumnya. Orang-orang ini akan meniru nama dan SSID atau jaringan dari WiFi yang terpercaya. Tujuan dilakukannya ini adalah untuk menyadap para pengguna WiFi untuk mendapatkan informasi pribadi seperti nama, password, dan lain sebagainya.  

Cara mudah mengenali adanya WiFi kloning adalah perlu mencurigai jika koneksi WiFi kecepatannya lambat.

Rentan Terserang Worm

WiFi

Worm merupakan bentuk virus. Mirip dengan virus yang biasa ada di komputer. Kalau vorus pada komputer membutuhkan program agar bisa bekerja, namun lain halnya dengan worm.

Worm merupakan serangan yang bisa bergerak sendi untuk menginfeksi perangkat kamu. Ya, ketika kamu telah tersambung ke jaringan WiFi umum, tanpa persiapan keamanan yang benar, maka worm bisa bekerja ke dalam perangkat kamu dari perangkat lain yang tersambung ke jaringan yang sama.

Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat yang kamu gunakan. Oleh karena itu, penting unutk melindungi perangkat dengan menggunakan VPN untuk melindungi kita saat sedang online. Apabila tidak, risiko perangkat menjadi rusak sangat tinggi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Kejar Pelaku Hoaks Rasisme Pemicu Kerusuhan di Wamena

Posted: 23 Sep 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aparat TNI-Polri masih melakukan penjagaan terhadap masyarakat di Wamena, Papua, yang mengungsi akibat kerusuhan yang terjadi Senin, 23 September 2019. Pihak kepolisian pun kini mengejar pelaku pembuat dan penyebar berita bohong alias hoaks rasisme yang menyulut insiden tersebut.

"Saat ini kami masih mencari pelaku yang memberikan keterangan palsu atau hoaks, sehingga terjadinya mobilisasi massa yang mengakibatkan pembunuhan, penganiyaaan, dan pembakaran sejumlah kantor pemerintah, fasilitas umum, dan permukiman warga," tutur Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal dalam keterangannya, Selasa (24/9/2019).

Dia menyebut, pihaknya sudah mengonfirmasi video rasisme tersebut ke pihak sekolah dan guru.

"Terkait dengan isu ucapan rasisme itu tidak benar. Kami juga sudah menanyakan kepada pihak sekolah dan guru dan kita pastikan tidak ada kata-kata rasis," jelas Kamal.

Atas peristiwa itu, 22 warga sipil meninggal dunia dan 72 orang luka-luka. Di antara mereka ada yang tewas di kediamannya yang dibakar massa saat kerusuhan terjadi.

"Kami harap masyarakat di Wamena dan di Tanah Papua tidak mudah untuk terprovokasi isu yang belum tentu kebenarannya," tegas Kamal.

Dia juga merinci dampak kerusuhan di Wamena. Selain puluhan warga sipil meninggal dunia, lainnya juga terpaksa harus mengungsi dengan penjagaan aparat TNI-Polri.

"Meninggal dunia 22 orang, luka-luka 72 orang," tutur Kamal.

Sementara kerusakan fasilitas umum dan pribadi pun terbilang parah. Massa membakar rumah, kendaraan, hingga kantor pemerintahan.

 

Kerugian Akibat Aksi Anarkistis

Kerugian Materil tercatat kerusakan mobil 80 unit, motor 30 unit, rumah dan toko 150 unit. Kemudian kantor pemerintah ada lima bangunan yang dirusak, yakni Kantor Bupati, Kantor PLN, Kantor Kejaksaan, Kantor Urusan Agama (KUA), dan Kantor BLH.

Akibatnya, warga ketakutan dan diungsikan ke empat tempat.

"Di Polres Jayawijaya, Kodim 1702/Jwy, Gedung DPRD Jayawijaya, dan Gedung Oikumerek Asso Wamena," jelas Kamal.

Kejadian ini bermula saat sekelompok massa dan pelajar SMA PGRI menyambangi sekolah Yayasan Yapis pada Senin 23 September 2019 sekitar pukul 07.00 WIT. Dengan massa sekitar 200 orang itu, mereka melakukan unjuk rasa lantaran termakan isu hoaks rasisme. Aksi tersebut pun akhirnya berujung pada tindakan anarkistis.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tips Mengatasi Kecanduan Mi Instan

Posted: 23 Sep 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kelebihan mi instan bisa membahayakan tubuh. Mulai dari kekurangan nutrisi hingga penyakit jantung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda Supra GTR150 Resmi Bersolek, Harganya?

Posted: 23 Sep 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meghadirkan new Honda Supra GTR150 dengan beberapa perubahan dari sisi tampilan. Dengan mengusung konsep baru, desain yang disematkan pada motor bebek tersebut diklaim lebih agresif dan sporty.

Perubahan new Honda Supra GTR150 dapat ditemukan pada front cover dan tailight. Desain berbeda pun terlihat pada fender belakang karena disandingkan dengan lampu sein terpisah.

Selain perubahan konsep dan desain, new Honda Supra GTR150 juga mendapat pembaruan fitur karena terdapat full digital panelmeter.

"Kami berharap model ini dapat semakin dicintai generasi muda yang menyukai kecepatan dan ingin selalu tampil beda. New Honda Supra GTR150 juga tetap memiliki performa mesin yang bertenaga tinggi namun tetap nyaman untuk dikendarai sehari-hari," kata Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya.

Terkait dapur pacu, new Honda Supra GTR150 mengusung mesin 150cc DOHC 4-valve dengan transmisi 6 kecepatan sehingga mampu menyemburkan tenaga hingga 16 Tk pada 9.000 rpm.

Tak hanya itu, akselerasi motor pabrikan otomotif Jepang ini diklaim responsif karena mampu menempuh jarak 0-200 meter hanya dalam 10,7 detik dan kecepatan maksimum hingga 122 km/jam.

 

Harga

Dengan metode R40 new Honda Supra GTR150 diklaim mampu hemat bahan bakar karena mampu mencapai 42,2 km/liter.

Di samping itu, new Honda Supra GTR150 juga hadir dengan fitur unggulan seperti LED headlight yang telah mengalami perubahan garnis.

Hadir dengan warna matte red dan matte silver, tipe exclusive dipasarkan dengan harga Rp23,6. Sementara untuk tipe sporty, terdapat pilihan warna spartan red dan gun black yang dipasarkan dengan harga Rp23,4. Seluruh harga ditawarkan dengan status OTR (On The Road) DKI Jakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenpora Bahas Piala Dunia Basket 2023

Posted: 23 Sep 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dukungan persiapan terkait penyelenggaraan piala dunia bola basket 2013 dilakukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Oleh karena itu, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto memimpin rapat pembahasan dukungan tersebut, di Ruang Rapat Lantai 3, Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (23/9).

Itu karena Indonesia menjadi tuan rumah tengah dalam mempersiapkan segala hal yang diperlukan. Dalam rapat itu hadir sejumlah pejabat Kemenpora, pengurus Perbasi, Kemenkeu, dan Setkab.

Dalam rapat tersebut, Sesmenpora mengatakan, sangat diperlukan sinergi demi suksesnya kegiatan itu."Rapat ini sangat penting sekali. Persiapan sudah bagus. Perlu adanya sinergitas yang baik," kata Sesmenpora mengawali sambutannya.

Sesmenpora berharap, persiapan tersebut bisa dilakukan dengan baik. Kemudian, terkait venue, Kemenpora akan berkoordinasi dengan kementerian terkait.

"Untuk venue mengenai kelengkapannya nanti kita akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR. Semoga persiapan tidak mepet. Juga, nantinya kita akan intensif melakukan sosialisasi. Kita berharap kita bisa sukses menjadi tuan rumah yang baik nantinya," jelas Sesmenpora.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Feminin dengan Rambut Pendek, Kim Kardashian Pakai Rok Mini Ketat

Posted: 23 Sep 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan Kim Kardashian memang selalu menjadi sorotan dan menarik perhatian. Ia juga dikenal punya selera fesyen yang glamor dan penuh sensasi.

Kali ini, tetap menonjolkan kesan seksi pada siluet tubuhnya, Kim menampilkan busana rok mini dengan nuansa blink-blink berkilauan.

Penampilan itu terlihat saat Kim menghadiri acara makan malam peluncuran Koleksi KKW x Winnie di L'Avenue di Saks Fifth Avenue, New York, Amerika Serikat, baru-baru ini.

Kim mengenakan rok mini pendek yang super ketat. Dia memilih rok mini koleksi Versace dengan gaya vintage. Hal itu terlihat dari unggahan di akun Instagramya pada 20 September 2019.

Kim terlihat begitu anggun dan feminin dengan taburan kemilau pada rok mini. Penampilan perempuan 38 tahun ini terlihat cantik dan segar dengan makeup yang memesona.

Sementara para model yang hadir sibuk dengan celana ketat dan gaun pesta, Kim justru dengan simpel memasangkan kilauan roknya dengan kemeja hitam. Ia menggabungkan tampilannya dengan sandal PVC berujung persegi yang trendi.

Penata Rambut Kim Kardashian

Kim Kardashian memakai rok mini ketat rancangan Versace. (dok. Instagram @kimkardashian/https://www.instagram.com/p/B2emD1ugllw/Henry)

Ada satu hal lagi yang mengesankan dari penampilan Kim pada malam itu, yakni tatanan rambutnya. Kim membuat rambutnya terlihat pendek.

Dilansir dari eonline, 20 September 2019, penampilan beda ibu dari empat anak ini adalah berkat kreasi Chris Appleton. Chris merupakan penata rambut Kim yang sering melakukan berbagai variasi potongan rambut yang unik.

Menurut Chris, dia mengubah Kim dengan rambut terpendek yang pernah dimiliki istri Kanye West tersebut tanpa menghilangkan kesan feminin pada dirinya.

Ia juga mengungkapkan kalau dalam beberapa kesempatan rambut Kim Kardashian meminta rambutnya terlihat pendek. Namun bila esok harinya ia ingin tampil lagi dengan rambut panjang, itu cukup dipanjangkan dengan ekstensi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Shopee Liga 1 Madura United vs Persela di O Channel

Posted: 23 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Madura United bakal menyambut kedatangan Persela Lamongan di ajang Shopee Liga 1 2019 2019. Pertandingan ini akan digelar di markas mereka di Gelora Bangkalan.

Bagi Madura United, laga ini tentu harus mereka jadikan sebagai ajang kebangkitan. Maklum, di pertandingan sebelumnya, mereka kalah 1-2 dari Borneo FC.

Kemenangan juga penting bagi Madura United untuk bersaing terus di papan atas klasemen Shopee Liga 1.

Di sisi lain, Persela datang dengan percaya diri. Pasalnya, di laga sebelumnya, di ajang Shopee Liga 1 2019, mereka baru mengalahkan tim kuat Arema FC 2-0.

Kemenangan ini pun sukses mengangkat Persela dari zona degradasi. Kini, tim asuhan Nilmaizar ini berada di posisi ke-14 dengan 19 poin dari 19 pertandingan.

Live Streaming O Channel Madura United vs Persela di Shopee Liga 1 dimulai pukul 18.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming O Channel Madura United vs Persela di Shopee Liga 1 di halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming O Channel Madura United vs Persela di Shopee Liga 1 silakan klik di sini....

Prediksi Susunan Pemain

Madura United (4-4-2): Muhammad Ridho Djazulie (k); Marckho Meraudje, Ante Bakmaz, Jaimerson Xavier, Andik Rendika Rama (b); Zulfiandi, Asep Berlian, Andik Vermansah, Diego Assis (t); Alberto Goncalves, Aleksandar Rakic (d)

Pelatih: Rasiman

Persela Lamongan (4-5-1): Dwi Kuswanto (k); Birrul Walidan, M. Zaenuri, Arif Satria, Eky Taufik (b); Kei Hirose, Lucky Wahyu, Izmy Hatuwe, Sugeng Efendi, Rafinha (t); Alex Dos Santos (d)

Pelatih: Nilmaizar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muncul Semburan Minyak di Kutisari Surabaya, PGN Pastikan Tak Ada Jaringan Pipa

Posted: 23 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Rumah yang dihuni pasangan Lisawati dan Setiawan di Jalan Kutisari Indah Utara III/19 Surabaya, mengeluarkan semburan lumpur bercampur minyak bumi mentah dan gas metana, sejak pukul 13.00 WIB, Senin, 23 September 2019.

Titik semburan yang berada di halaman rumah korban, sementara ini hanya ditampung dalam karung plastik. Sebab dikhawatirkan kalau tidak dibuang, minyak mentah bercampur lumpur itu bisa membanjiri rumah tersebut.

Sejumlah instansi pemerintah yang terdiri dari PGN, Dinas LH Surabaya, Kecamatan Tenggilis, Kelurahan Kutisari, Polsek Tenggilis, Koramil Tenggilis serta Satpol PP dan BPB Linmas Surabaya, berada di lokasi karena semburan itu tak berhenti.

"Tim Penanganan Gangguan PGN sudah mendatangi lokasi, bergerak memeriksa dengan alat detektor gas," tutur Sales Area Head PGN Surabaya, Misbachul Munir.

Dia menyampaikan, memang terbukti di lokasi terdapat methane, tapi di lokasi itu tidak ada jaringan pipa PGN di area perum Kutisari.

"Bahkan menurut warga, area perum Kutisari diduga bekas pengeboran minyak pertamina," ujar dia.

Sementara itu, karyawan bagian Sumber Daya Manusia PT Klasik Prima Karpet, Waskito mengatakan, awal mulanya penunggu rumah melaporkan adanya lubang di halaman rumah tersebut yang mengeluarkan semburan kecil berupa gelembung seperti lumpur.

"Saya mendapat laporan itu langsung meluncur ke rumah dinas ini. Awalnya kami menutup satu lubang dengan cara menyumbatnya menggunakan karung palstik. Semburan itu tidak mampet tapi justru muncul di titik lain," katanya.

"Itu juga kami lakukan dengan cara sama dan tetap saja muncul lubang baru. Akhirnya kami biarkan dan kami laporkan ke kelurahan dan kecamatan," Waskito menambahkan.

Sedangkan pihak Dinas LH Surabaya masih berjaga di lokasi. Dinas LH Surabaya bersama pihak ESDM Provinsi Jatim akan menangani lebih lanjut. 

Semburan Lumpur Keluar di Perumahan Kutisari Surabaya

Sebelumnya, Warga Perumahan Kutisari Indah Utara, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya dihebohkan oleh semburan lumpur yang keluar dari di depan pekarangan rumah seorang warga pukul 13.00 WIB, Senin 23 September 2019.

"Semburan lumpur pertama kali ditemukan sekitar pukul 13.00 WIB," kata seorang pegawai Bagian SDM PT Klasik Prima Karpet, Waskita, saat ditemui wartawan di lokasi kejadian, dikutip dari Antara.

Menurut dia, pada awalnya dipanggil oleh pimpinan PT Klasik Prima Karpet, Lisawati, untuk mengecek adanya semburan lumpur di rumah dinasnya di Kutisari Indah Utara III/19. Mendapati hal itu, ia langsung menuju lokasi kejadian.

"Setelah saya lihat ternyata ada semburan lumpur. Saya mencoba menghambat dengan menutup lubang semburan lumpur dengan plastik. Ternyata bisa tersumbat, tapi kemudian pindah ke titik lain. Saya tutup lagi, tapi pindah ke titik lainnya. Saya simpulkan kalau saya tutup berulang-ulang akan muncul di tempat yang lain juga," ujarnya.

Mendapati hal itu, Waskito berhenti menutup semburan lumpur tersebut dan kemudian melaporkan kejadian tersebut ke pihak RT dan RW. Beberapa jam kemudian datang pihak kepolisian, kelurahan, kecamatan dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya.

"Mereka membantu memikirkan solusinya," kata dia.

Penjelasan Ahli

Waskito menjelaskan, di kawasan Kutisari Indah memang dahulunya sering terjadi semburan lumpur, biasanya terjadi di saluran air umum maupun di tanah kapling milik warga.

"Bahkan warga sering mengambilnya untuk bahan minyak mentah dengan cara memakai handuk atau rumput alang-alang. Teknisnya memisahkan menjadi minyak saya tidak tahu," katanya.

Saat ditanya dominan mana antara gas dan minyak atas semburan lumpur tersebut, Waskito mengatakan, petugas Perusahaan Gas Negara (PGN) menyampaikan ada unsur gas metan dan juga unsur minyaknya.

"Tapi baunya tidak begitu menyengat. Saya mencoba tangan saya masuk ke dalam lubang lumpur, tapi tidak ada rasa panas atau gatal," katanya.

Sementara itu, Camat Tenggilis Mejoyo, Ahmad Daya Prasetyono mengatakan pihaknya belum bisa memberikan penjelasan terkait hal tersebut karena saat ini masih diselidiki pihak Dinas Lingkungan Hidup Surabaya dan pihak terkait.

"Jangan saya, nanti humas pemkot yang memberikan penjelasan," katanya singkat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua dari 3 Orang di Dunia Berpikir Demensia Bagian dari Proses Penuaan

Posted: 23 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hasil survei tentang sikap dan perilaku umum tentang demensia mengungkapkan, dua pertiga orang (dua dari tiga orang) masih berpikir, demensia adalah bagian alami dari proses penuaan. Padahal, pandangan tersebut keliru. 

Demensia merupakan kondisi penurunan daya ingat dan cara berpikir. Dalam hal ini, demensia termasuk salah satu gangguan otak yang bisa makin parah seiring usia.

Berdasarkan laporan Alzheimer's Disease International (ADI) berjudul Attitudes to Dementia, salah satu hasil yang mengkhawatirkan, yakni masih ada orang di dunia yang berpikir bahwa demensia bagian dari penuaan.   

"Pemahaman tentang penyakit ini masih rendah. Rasa takut terkena demensia juga tinggi secara global," tulis CEO Alzheimer's Disease International Paola Barbarino, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Selasa (24/5/2019).

Yang juga perlu diperhatikan, demensia menjadi penyebab kematian nomor 5 di dunia. Survei demensia ini melibatkan sekitar 70.000 orang dari 155 negara. Analisis data dilakukan oleh London School of Economics dan Political Science (LSE) UK, mitra dari Alzheimer's Disease International.

Orang dengan Demensia Meningkat

Dua janda lanjut usia, warga Kampung Krajaan Pawanda, Desa Medang Asem, Kecamatan Jayakerta, Karawang, terpaksa harus tinggal dan hidup bersama kambing. (Liputan6.com/ Abramena)

Dari laporan survei, jumlah Orang Dengan Demensia (ODD) saat ini diperkirakan lebih dari 50 juta. Jumlah ini diprediksi akan meningkat menjadi 152 juta pada tahun 2050. 

"Ada sekitar 23 juta orang dengan demensia di Asia Pasifik, 1,2 juta di Indonesia, yang akan bertambah menjadi 4 juta pada tahun 2050," lanjut Paola.

Responden dari survei meliputi Orang Dengan Demensia (ODD), family caregivers, perawat, praktisi kesehatan, dan masyarakat umum.

Merasa Diabaikan

Foto: Dian Kurniawan/ Liputan6.com.

Laporan survei juga menemukan, sekitar 50 persen Orang Dengan Demensia merasa diabaikan oleh para praktisi kesehatan (dokter dan perawat). Sedangkan 33 persen orang berpikir, jika mereka terkena demensia, mereka tidak akan didengarkan oleh para praktisi profesional kesehatan maupun dokter. 

Menariknya, 95 persen responden berpikir, mereka dapat terkena demensia dalam hidupnya. Kemudian lebih dari dua pertiga orang (69,3 persen) akan mengambil tes profil genetik untuk mengetahui, apakah mereka berisiko terkena demensia atau tidak.    

Ketika seseorang kena demensia, dukungan yang tepat akan mampu mendorong mereka menjalani hidup dengan baik.

"Yang pasti ketika Orang Dengan Demensia dan keluarga pendamping dipersiapkan dengan baik dan mendapat dukungan penuh. Rasa tenteram dan terberdayakan dapat dirasakan orang dengan demensia," Paola menambahkan.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: