Minggu, 15 September 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Daihatsu Sigra Terbaru Resmi Meluncur, Harga Berubah?

Posted: 15 Sep 2019 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah meluncur selama tiga tahun di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi memperbaharui mobil murah ramah lingkungan (LCGC) andalannya, Daihatsu Sigra. Model anyar ini, mendapatkan sedikit penyegaran dari segi eksterior maupun interior.

New Astra Daihatsu Sigra ini mendapatkan penyegaran berdasarkan survei yang diinginkan konsumen, seperti desain yang lebih fresh, fitur lebih praktis dan fungsional, dan biaya perawatan yang terjangkau.

Model baru kembaran Toyota Calya ini, tampil lebih stylish dan modern dengan grille, bumper, rear garnish yang baru, serta lampu depan yang telah menggunakan LED.

New Sigra juga dilengkapi pelek alloy dengan eesain baru 14 inch, dengan mud guard pada keempat rodanya.

Sedangkan sisi interior, suasana kabin Daihatsu Sigra baru ini tampil berbeda dengan sentuhan nuansa warna twotone colors, dark & light grey yang memberikan kesan lebih mewah.

Pada bagian center cluster, knob AC tampil lebih kekinian dan memudahkan pengguna dalam mengatur suhu kabin dalam mobil.

Dari segi hiburan, model ini juga dilengkapi dengan headunit (HU) 2-DIN touchscreen audio, serta electric retractable mirror pada beberapa varian.

 

Pilihan Warna

Dari segi fitur keamanan, New Sigra dibekali dengan kamera parkir di beberapa varian.

New Astra Daihatsu Sigra tersedia dalam tujuh pilihan warna, dengan tiga pilihan warna terbaru, yaitu Glittering Silver Metallic, Bronze Metallic, dan Orange Metallic.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap produk Daihatsu. Kami percaya, masyarakat Indonesia akan tetap mencintai dan menerima Astra Daihatsu Sigra," jelas Presiden Direktur ADM Tetsuo Miura di sela-sela peluncuran New Daihatsu Sigra, di Summarecon Mall, Serpong, Tangerang, Senin (16/9/2019).

Menyoal harganya, Sigra varian paling bawah masih tetap Rp114 juta. Sementara varian paling tinggi banderolnya naik sedikit menjadi Rp156,750 juta. Kenaikannya antara Rp1,5 juta hingga Rp 2 juta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neraca Dagang Indonesia Surplus USD 85 Juta di Agustus 2019

Posted: 15 Sep 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus sebesar USD 85,1 juta pada Agustus 2019. Surplus tersebut disumbang oleh ekspor sebesar USD 14,28 miliar dan impor sebesar USD 14,20 miliar.

"Pergerakan neraca dagang Agustus 2019, Alhamdulillah, surplus USD 85,1 juta. Tentu ini belum sepenuhnya seperti yang kita diharapkan," ujar Kepala BPS Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Senin (16/9).

Suharyanto mengatakan, sejak Januari hingga Agustus 2019 neraca perdagangan Indonesia masih mencatat defisit sebesar USD 1,81 miliar. Angka tersebut masih lebih rendah jika dibandingkan dengan posisi tahun sebelumnya sebesar USD 4,16 miliar.

"Surplus bulan Agustus USD 85,1 miliar sejak awal tahun, migasnya masih defisit, non migas surplus tapi dibandingkan agustus 2018 jauh lebih bagus," paparnya.

Sementara itu, beberapa negara yang mengalami surplus terhadap Indonesia antara lain China, Thailand dan Australia. Sementara itu Indonesia mengalami surplus terhadap Amerika Serikat, India dan Belanda.

"Untuk Tiongkok (China) kita masih defisit cukup dalam sebesar USD 12,52 miliar. Pada posisi tahun lalu masih tercatat sekitar USD 12,17 miliar," tandasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

BPS: Inflasi Agustus 2019 di Angka 0,12 Persen

Pedagang merapikan barang dagangannya di Tebet, Jakarta, Senin (3/10). Secara umum, bahan makanan deflasi tapi ada kenaikan cabai merah sehingga peranannya mengalami inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi selama Agustus 2019 di angka 0,12 persen. Angka ini lebih rendah dibanding Juli 2019 yang ada di angka 0,31 persen.

Sementara Untuk inflasi tahun kalender Januari-Agustus 2019 mencapai 2,48 persen. Sedangkan inflasi tahun ke tahun sebesar 3,49 persen.

"Bulan agustus 2019 menunjukan adanyaa kenaikan. Berdasarkan survei di 82 kota pada bulan Agustus 2019 ini tejadi inflasi 0,12 persen,"kata Kepala BPS, Suhariyanto di Kantornya Jakarta, Senin (2/9/2019).

Dia mengungkapkan, dari 82 kota IHK yang dilakukan pemantauan, sebanyak 44 kota mengalami inflasi. Sedangkan 38 kota mengalami deflasi.

Inflasi tertinggi dialami di Kudus sebesar 0,82 persen, sedangkan terendah yaitu di Tasikmalaya, Madiun, Parepare sebesar 0,04 persen.Sementara untuk deflasi tertinggi dialami Bau-Bau ebesar -2,10 persen dan deflasi terendah di Tegal, Palopo -0,02 persen.

"Dengan perhatikan inflasi ini masih berada di bawah target pemerintah. Ini termasuk kendali karena berbagai program yang dilakukan pemerintah," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Co Branding Terminal 2 Bandara Soetta Tak Pengaruhi Operasional

Posted: 15 Sep 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hanya Traveloka, Angkasa Pura II juga menggandeng platform Pegipegi untuk co-branding di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kota Tangerang.

Bila Traveloka mengco-branding di Terminal 2, sementara Pegipegi di Terminal 1. Adapun kerja sama co-branding ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh bandara yang berada di bawah pengelolaan Angkasa Pura II.

Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta Agus Haryadi menekankan, kerja sama co-branding dengan Pegipegi dan Traveloka ini berlangsung untuk periode tertentu, serta hanya terkait aspek komersial, bukan operasional.

Ini artinya seluruh kegiatan operasional bandara dan kewenangannya tetap melekat di Angkasa Pura II. Lebih lanjut Agus Haryadi mengatakan, kerja sama co-branding ini dapat semakin memperkuat brand equity dari masing-masing pihak.

"Kerja sama ini hanya pada aspek komersial di terminal, sementara keseluruhan operasional terminal sepenuhnya masih di bawah Angkasa Pura II," jelas Agus Haryadi, Senin (16/9/2019).

Menurut Agus, masing-masing pihak yakni Bandara Soekarno-Hatta, Pegipegi dan Traveloka memiliki nama besar. dan Angkasa Pura II meyakini kerja sama ini akan saling menguntungkan bagi seluruh pihak, termasuk para penumpang pesawat.

Melalui kerja sama ini, Pegipegi dan Traveloka dapat memanfaatkan ruang komersial di terminal untuk memperkenalkan produknya dengan tentu saja terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Angkasa Pura II. Misalnya si area check in, self check in, koridor dan lainnya.

"Pegipegi dan Traveloka dapat memaanfaatkan 80 persen dari ruang komersial yang ada di terminal," ujar Agus.

Meski begitu, kerja sama ini juga tidak berdampak pada berubahnya nama terminal, hanya saja Pegipegi dan Traveloka memiliki hak penamaan di belakang nama terminal untuk dicantumkan, misalnya di signage.

 

Model Kerja Sama Co Branding

Pemandangan pesawat Garuda Indonesia yang bisa dilihat dari bourding lounge Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (24/04). Terminal ini mampu 25 juta calon penumpang per tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Agus Haryadi mengatakan model kerja sama co-branding seperti ini sudah lazim diterapkan di sektor pelayanan publik terutama di luar negeri. Contohnya di Hearthrow Airpots di London, Inggris.

Di dalam negeripun sudah ada kerjasama serupa. "Ya memang kalau di Indonesia belum banyak, dan ini masih tergolong baru, tapi setidaknya sudah ada beberapa tempat di Jakarta".

Strategi co-branding ini juga merupakan salah satu upaya Angkasa Pura II dalam memanfaatkan aset secara maksimal untuk meningkatkan brand equity dan turut berkontribusi dalam peningkatan pendapatan.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan bandara tersibuk dan terbesar di Indonesia. Jumlah terminal penumpang pesawat di bandara ini mencapai 3 terminal dengan pergerakan penumpang 60-70 juta orang setiap tahunnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembahasan Revisi KUHP Rampung, Dibawa ke Paripurna 25 September 2019

Posted: 15 Sep 2019 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DPR dan pemerintah telah menyetujui untuk mengesahkan revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KHUP). Pembahasan antara pantia kerja (panja) DPR dengan pemerintah, telah selesai.

"Panja DPR berhasil menyelesaikan pembahasan revisi KUHP untuk menggantikan KUHP lama peninggalan kolonial. Dengan demikian, sebuah misi bangsa Indonesia untuk melakukan misi dekolonialisasi hukum pidana nasional sudah hampir selesai," ujar anggota Komisi III DPR, Taufiqulhadi di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Menurut anggota fraksi Nasdem itu, panja telah menyelesaikan tugasnya kemarin malam. DPR dan pemerintah membahas revisi KUHP di Hotel Fairmont, Jakarta, pada 14-15 September. Kata Taufiqulhadi, pasal tumpang tindih atau multitafsir kini sudah dihilangkan.

"Dengan tuntas tugas panja ini semalam yang dipimpin oleh Wakil Ketua komisi 3, Mulfachri Haharap, maka pasal- pasal multitafsir dan memiliki norma yang tidak konsisten dengan pasal-pasal lainnya, sudah tidak ada lagi," kata Taufiqulhadi.

Setelah disepakati, hasil Panja akan dibawa ke sidang paripurna pada 25 September 2019.

"Selanjutnya, revisi KUHP yang akan disahkan nanti pada paripurna mendatang akan tetap disebut Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP)," kata Taufiqulhadi.

Masih Pakai Hukum Belanda

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly berharap pembaharuan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) bisa rampung pada 2019. Sebab, hukum yang digunakan hingga saat ini merupakan warisan dari masa kolonial Belanda dan sudah perlu direvisi sesuai perkembangan zaman.

"Saya berharap tahun ini bisa kita selesaikan. Malu kita sebagai bangsa kalau kita masih menggunakan hukum pidana yang 100 tahun lalu masuk 1915, masuk Indonesia sekarang sudah 100 berapa tahun," tutur Yasonna di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2019).

Untuk itu, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menggelar seminar nasional arah kebijakan pembaharuan hukum pidana bertajuk 'Sumbangan Pemikiran Multidisiplin Ilmu Terhadap Perkembangan Hukum Pidana' dan mengundang banyak pakar.

"Nah maka saya kira ini merupakan kontribusi. Ini multidisiplin berbagai ilmu pengetahuan, kriminologi, IT, psikologi, dan lain-lain, semua kita ambil," jelas dia.

Meski hukum pidana warisan zaman kolonial Belanda akan direvisi, lanjut Yasonna, pemerintah juga mesti berkaca dengan produk undang-undang yang digunakan hingga ratusan tahun itu. Perancang pembaharuan KUHP juga mesti visioner.

"Menjangkau keutuhan hukum nasional, sistem nilai kita harus terakomodasi. Nilai masyarakat harus dianut dalam hukum kita. Tapi pada saat yang sama jangkauan ke depannya, prediksi ke depannya, jenis-jenis perbuatan pidana yang mungkin terjadi ke depan itu seperti apa," kata Yasonna.

"Maka jangan sampai hukum pidana kita baru masuk 20 tahun sudah harus direvisi lagi. Maka ini betul-betul yang sangat kita harapkan bersama," tandasnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar Cooking Master Goes to Purwakarta Episode Senin, 16 September 2019

Posted: 15 Sep 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cooking Master menyambangi masyarakat Purwakarta, Jawa Barat dan sekitarnya. Syuting kompetisi memasak ini maka bukan digelar di studio Indosiar. Dengan judul Cooking Master Goes to Purwakarta menjadi kota kedua setelah sukses di 'goes to Lampung', pekan lalu selama 3 hari, yaitu 9, 10 dan 12 September 2019.

Ada dua episode yang dijadwalkan. Episode pertama Cooking Master Goes to Purwakarta, Senin (16/9/2019) mulai pukul 16.30 WIB. Indosiar tayangkan live dari Alun – Alun Kota Purwakarta. Sementara episode kedua ditayangkan Selasa (17/9/2019) di jam yang sama. 

Di setiap episodenya, ada dua peserta (Cook Fighter) yang diminta memasak sate maranggi dengan tingkat kelembutan tekstur dagingnya dan memasak makanan khas Sunda oleh para Juri yaitu Chef Vindex, Vania Wibisono dan masih banyak lagi. Ramzi akan hadir memandu jalannya acara dengan lebih menarik.

Saksikan keseruan Cooking Master Goes to Purwakarta via live streaming dengan kliak di sini.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tugas dan Fungsi BPK yang Perlu Diketahui, Tanggung Jawab Soal Keuangan Negara

Posted: 15 Sep 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tugas dan fungsi BPK sangat penting tentang keuangan negara. Seperti yang telah diketahui, BPK merupakan kependekan dari Badan Pemeriksa Keuangan. BPK sendiri merupakan suatu lembaga negara yang mandiri dan bebas.

BPK merupakan satu-satunya lembaga tinggi negara yang bertugas dan berwenang melakukan pemeriksaan terhadap pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, sebagaimana diatur dalam pasal 1 UU No. 15 Tahun 2006 Tentang Badan Pemeriksa Keuangan.

Tugas dan fungsi BPK tentunya adalah untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan negara. Dalam pelaksanaan tugas dan wewenangnya, undang-undang memberikan kebebasan dan kemandirian kepada Badan Pemeriksa Keuangan.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tugas dan fungsi BPK dari berbagai sumber, Senin (16/9/2019).

Tugas dan Wewenang BPK

Tugas

Tugas dan fungsi BPK bagi suatu negara sangatlah penting. Tugas dan fungsi BPK yang utama yaitu bertugas dalam memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah, dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan negara. Dengan begitu, tugas dan fungsi BPK sangatlah besar dan ruang lingkupnya begitu luas.

Wewenang

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi BPK, ada beberapa wewenang yang dapat dilakukan lembaga tersebut, yaitu:

- Menentukan objek pemeriksaan, merencanakan dan melaksanakan pemeriksaan, menentukan waktu dan metode pemeriksaan serta menyusun dan menyajikan laporan pemeriksaan;

- Meminta keterangan dan/atau dokumen yang wajib diberikan oleh setiap orang, unit organisasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah, dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan negara;

- Melakukan pemeriksaan di tempat penyimpanan uang dan barang milik negara, di tempat pelaksanaan kegiatan, pembukuan dan tata usaha keuangan negara, serta pemeriksaan terhadap perhitungan-perhitungan, surat-surat, bukti-bukti, rekening koran, pertanggungjawaban, dan daftar lainnya yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan negara;

- Menetapkan jenis dokumen, data, serta informasi mengenai pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang wajib disampaikan kepada BPK;

- Menetapkan standar pemeriksaan keuangan negara setelah konsultasi dengan Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah yang wajib digunakan dalam pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara;

- Menetapkan kode etik pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara;

- Menggunakan tenaga ahli dan/atau tenaga pemeriksa di luar BPK yang bekerja untuk dan atas nama BPK;

- Membina jabatan fungsional Pemeriksa;

- Memberi pertimbangan atas Standar Akuntansi Pemerintahan; dan

- Memberi pertimbangan atas rancangan sistem pengendalian intern Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah sebelum ditetapkan oleh Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah

Fungsi BPK

Selain itu, tentunya dalam pembahasan tugas dan fungsi BPK kamu harus mengetahui fungsi BPK. Tugas dan fungsi BPK, dalam hal ini fungsinya secara umum adalah untuk memeriksa dan mengawasi, yaitu memeriksa dan mengawasi pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan Negara.

Memeriksa Pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan Negara

Seperti pada sebuah perusahaan, Negara merupakan salah satu perusahaan yang sangat besar, yang tentu saja menghasilkan banyak transaksi yang membutuhkan sebuah auditor khusus. Di siniah peran BPK bagi Negara Indonesia.

BPK memiliki fungsi yang mirip seperti auditor, dimana BPK memiliki fungsi yang sangat penting dalam melakukan pemeriksaan terhadap pengelolaan dan juga tanggung jawab keuangan Negara. Perlu diketahui, keuangan Negara tentu saja telah menghasilkan berbagai macam transaksi, dan semua transaksi tersebut tentu harus dilakukan secara bertanggung jawab. Disinilah BPK berperan untuk memeriksa kegiatan tersebut.

Mengawasi pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan Negara

Selain memiliki fungsi yang sangat penting untuk melakukan pemeriksaan terhadap pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan Negara, BPK juga memiliki fungsi lainnya yang tidak kalah penting, yaitu melakukan proses pengawasan terhadap pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan Negara. Setiap pengelolaan dan penggunaan dari uang Negara wajib diawasi oleh lembaga keuangan Negara yang satu ini.

Begitulah tugas dan fungsi BPK yang harus kamu ketahui. Peran BPK sangat penting untuk Republik Indonesia karena bersangkutan dengan keuangan negara. Apalagi pembahasan keuangan negara merupakan suatu pembahasan yang tak pernah ada habisnya.

Visi dan Misi BPK

Visi dan Misi BPK (Liputan6.com/JohanTallo)

VISI

Menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat.

MISI

1. Memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri; dan

2. Melaksanakan tata kelola organisasi yang berintegritas, independen, dan profesional.

Nilai-nilai Dasar

Dilansir dari situs Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, pencapaian cita-cita yang tertuang di dalam visi dan misi BPK akan dilaksanakan oleh seluruh pegawai dengan berlandaskan pada nilai-nilai dasar sebagai berikut:

Integritas

Kami membangun nilai integritas dengan bersikap jujur, objektif, dan tegas dalam menerapkan prinsip, nilai, dan keputusan.

Independensi

Kami menjunjung tinggi independensi, baik secara kelembagaan, organisasi, maupun individu. Dalam semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan pemeriksaan, kami bebas dalam sikap mental dan penampilan dari gangguan pribadi, ekstern, dan/atau organisasi yang dapat mempengaruhi independensi.

Profesionalisme

Kami membangun nilai profesionalisme dengan menerapkan prinsip kehati-hatian, ketelitian, dan kecermatan, serta berpedoman kepada standar yang berlaku.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vokalis The Cars Ric Ocasek Meninggal Misterius di Rumahnya

Posted: 15 Sep 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Mahnattan - Ric Ocasek, vokalis band The Cars yang populer pada era 1970 dan 1980-an, mengembuskan napas terakhir di usia 75. Ia meninggal dunia pada Minggu (15/9/2019) kemarin di rumahnya di Manhattan, Amerika Serikat, seperti diwartakan Reuters, Senin (16/9/2019).

Berita tentang Ric Ocasek pertama kali diketahui lewat telepon seseorang ke 911 sekitar pukul empat sore. CNN melaporkan bahwa sang penelepon mengabarkan ada "seorang pria tak sadarkan diri" di townhouse yang terletak di East 19th Street.

Saat tiba di lokasi, polisi mengidentifikasi pria tersebut sebagai Ric Ocasek. Ia juga dinyatakan telah meninggal dunia. Namun penyebab meninggalnya Ric Ocasek masih misterius dan belum terungkap.

 

Karier Ric Ocasek

Ric Ocasek (AP Photo/David Richard, File)

The Cars sendiri, adalah band kondang yang disertakan dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 2018. The Variety melaporkan bahwa album pertama The Cars yang dirilis pada 1978, sukses luar biasa.

Band ini juga memiliki 13 lagu yang masuk dalam tangga lagu Top 40, termasuk "Just What I Needed," "Best Friend's Girl," "Let's Go," "Shake It Up," "You Might Think" dan "Drive". Grup ini bubar pada 1988, namun sempat menggelar reuni pada 2011.

Selain bersama The Cars, dalam karier bermusiknya Ric Ocasek juga menjadi produser untuk lagu dan album sejumlah artis seperti Bad Brains, Weezer, Guided by Voices, No Doubt, Bad Religion dan Nada Surf.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Filipina Vs Timnas Indonesia U-16: Mencari Start Sempurna

Posted: 15 Sep 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Timnas Indonesia U-16 akan memulai kiprah di babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020. Skuat berjulukan Garuda Muda itu masuk Grup G bersama China, Filipina, Kepulauan Mariana Utara, dan Brunei Darussalam.

Pada partai pertama, Timnas Indonesia U-16 ditantang Filipina, Senin (16/9/2019). Pertandingan tersebut bakal berlangsung di Stadion Madya, Jakarta.

Ditarik ke belakang, tepatnya pada edisi Kualifikasi Piala AFC U-18 2018, Timnas Indonesia U-16 berhasil lolos ke babak penyisihan. Namun, laju Garuda Muda terhenti di fase grup.

"Secara umum kami sudah siap untuk Kualifikasi Piala AFC U-16 2020. Pemain sudah memiliki banyak pengalaman, seperti ketika mengikuti Piala AFF U-15 2019 dan beberapa kali uji coba di Myanmar dan Qatar," ujar pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti dilansir dari laman PSSI.

"Sejumlah laga uji coba itu sangat berharga untuk kualifikasi Piala AFC U-16 2020. Semoga kami bisa memberikan yang terbaik. Satu hal yang pasti, kami sebagai tuan rumah selalu ingin memenangi pertandingan. Saya yakin dengan kemampuan pemain yang sudah sengaja kami pilih yang multiposisi," kata Bima.

Sementara itu, Filipina berhasil membantai Kepulauan Mariana Utara tujuh gol tanpa balas pada partai pertama mereka di Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.

"Persiapan dan fokus kami lebih ke satu pertandingan, baru ke pertandingan lain. Setelah melawan Kepulauan Mariana Utara, kini kami mulai fokus melawan Indonesia. Bahkan kami menantikan duel ini," imbuh pelatih Filipina, Bongbong Roxy Dorlas.

"Kami sangat bersemangat menyambut pertandingan melawan Timnas Indonesia U-16. Atmosfer di sini luar biasa, stadion dan rumputnya bagus, dengan penonton yang banyak," tutur Dorlas.

Prakiraan Susunan Pemain

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, saat pemusatan latihan di Sawangan, Senin (13/5). Sebanyak 41 anak mengikuti seleksi untuk memperkuat timnas di Piala AFF U-15 2019 di Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Timnas Indonesia U-16 (4-3-3): I Made Putra Kaicen (k); Alfin Lestaluhu, Kadek Arel, Marcel Januar, Felix Kamuru (b); Muhammad Valeron, Dimas Juliono Pamungkas, Marselino Ferdinan (t); Muhammad Faizal, Wahyu Agung, Ruy Arianto (d)

Pelatih: Bima Sakti Tukiman

Filipina (4-3-3): Emmanuel Martin (k); Zachary Gagaanan, David Nicolo, Mark Siodina, Cian Gabriel (b); Kamil Jaser, Sam Rudolfo, Gianfrenzo Andres (t); Vincent Aron Molina, John Loyd, Emmanuel Antonio Cua (d)

Pelatih: Bongbong Roxy Darlas

Jadwal Filipina Vs Timnas Indonesia U-16

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mengaku timnya sudah siap tempur di Kualifikasi Piala AFC 2020 dengan berbekal pengalaman di Piala AFF dan laga uji coba. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Matchday 1 Grup G Kualifikasi Piala AFC U-16 2020

Senin (16/9/2019)

Filipina Vs Timnas Indonesia U-16

Stadion Madya, Jakarta

Kick-Off 19.00 WIB

Live RCTI

disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa/ Editor Wiwig Prayugi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Yakin Presiden Jokowi Tak Akan Melumpuhkan Lembaga Antirasuah

Posted: 15 Sep 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempercayakan keberadaan lembaga antirasuah kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi. KPK percaya Jokowi tak akan membiarkan lembaga yang kini dipimpin Agus Rahardjo mati.

"KPK percaya, Presiden akan mengambil tindakan penyelamatan dan tidak akan membiarkan KPK lumpuh apalagi mati," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (16/9/2019).

Pernyataan Febri ini berkaitan dengan revisi Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. KPK tak setuju adanya revisi yang diusulkan oleh DPR.

"Oleh karena itu, sembari menunggu tindakan penyelamatan KPK dari Presiden, terutama terkait revisi UU KPK yang semakin mencemaskan, maka KPK terus menjalankan tugas dan amanat UU," kata Febri.

KPK yakin Jokowi tak akan melumpuhkan lembaga antirasuah, Febri pun memastikan kinerja lembaga antirasuah tak akan berhenti. Setidaknya hingga ada keputusan dari Jokowi terkait pengembalian mandat lembaga antirasuah.

"KPK sangat memahami kekhawatiran banyak pihak jika KPK berhenti bekerja saat ini. Di tengah berbagai serangan pada KPK akhir-akhir ini, kami akan tetap berupaya menjalankan tugas sebaik-baiknya. Meskipun tidak mudah, tapi hal tersebut kami sadari sebagai amanat yang harus dijalankan," kata dia.

Kembalikan Mandat

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyatakan sikap keprihatihan atas kondisi lembaga yang dipimpinnya saat ini. Dia pun angkat tangan dan menyerahkan urusan korupsi ke Jokowi.

"Kami mempertimbangkan sebaik-baiknya, maka kami pimpinan sebagai penanggungjawab tertinggi, kami menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Bapak Presiden," tutur Agus di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019).

Agus menyatakan sikap didampingi oleh pimpinan KPK lainnya yakni Laode M Syarif dan Saut Situmorang. Hadir juga Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

"Kami menunggu perintah, apakah kami masih dipercaya sampai bulan Desember, apa masih berjalan seperti biasa," imbuh dia.

Soal Irjen Firli Bahuri sebagai Ketua KPK yang baru, lanjut Agus, pihaknya tidak akan melawan ketetapan tersebut.

"Mohon maaf kalau kami menyampaikan hal-hal yang kurang berkenan bagi banyak pihak," Agus menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Debut Perdana, Saham Bhakti Agung Propertindo Naik 20 Persen

Posted: 15 Sep 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bhakti Agung Propertindo Tbk (BAPI) resmi mencatatkan sahamnya di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui skema penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO).

Perseroan menerbitkan sebanyak 1,67 miliar saham ke masyarakat. Dengan Harga penawaran umum Rp 150 per lembar saham, BAPI mendapatkan dana sebesar Rp 251,62 miliar.

Dalam debut perdananya, saham BAPI naik 20 persen atau 30 poin ke Rp 180 per saham dari harga penawaran perdana.

Direktur Utama Agung Hadi Tjahjanto mengatakan, hasil dari dana IPO tersebut sebesar 80 persen akan digunakan untuk modal kerja, sisanya yang 20 persen untuk pembayaran utang kami ke bank.

"Dengan Bertambahnya modal kerja membuat perseroan optimistis mampu mendongkrak kinerja pada tahun 2020," ujarnya di gedung BEI Jakarta, Senin (16/9/2019).

Untuk memuluskan rencananya perseroan menunjuk Penjamin Pelaksana Emisi Efek adalah MNC Sekuritas dan NH Korindo. Sedangkan Penjamin Emisi Efek atau Sindikasi adalah Valbury Sekuritas.

Menurutnya, pendapatan maupun laba usaha akan meningkat dibandingkan 2019. Dirinya optimistis hal itu juga ditopang oleh pasar properti yang akan mulai pulih pada 2020.

Sementara itu, masuknya perseroan ke pasar modal sekaligus untuk meningkatkan tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance/GCG).

"Kami menjadi lebih transparan dan profesional sehingga lebih kompetitif dalam bisnis properti," tuturnya.

 

Proyek Perusahaan

Pengunjung melintas dekat layar monitor pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (2/1). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan saham 2019 menguat 10,4 poin atau 0,16% ke 6.204. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebagai informasi, PT. Bhakti Agung Propertindo Tbk saat ini, sedang mengembangkan proyek Green Cleosa Apartment and Condotel. Proyek yang berdiri di Ciledug, Kota Tangerang tersebut mencakup dua tahap pembangunan, yakni tahap pertama, Tower Berosa dan STIKES. Lalu, tahap kedua, Tower Arcleo dan kondominium hotel (kondotel).

Apartment Green Cleosa merupakan apartemen yang berada di dekat pusat bisnis Kota Tangerang yang berlokasi strategis dekat dengan pusat perbelanjaan dan transportasi umum yang beroperasi 24 jam.

 

Permintaan Apartemen

Aktivitas pekerja menggunakan elevator menyelesaikan pembangunan apartemen atau hunian vertikal di Jakarta, Selasa (16/4). Data Colliers International mencatat pada kuartal I-2019 tambahan pasokan apartemen sebanyak 1.847 unit. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Permintaan apartemen di kawasan itu dinilai masih cukup tinggi dimana hal itu dapat terlihat dari penjualan menara pertama Cleosa yang sudah mencapai separuh dari total unit yang ditawarkan. Untuk tahap ke 2, Perseroan juga telah bekerjasama dengan Horison yang akan menjadi operator hotel, sehingga dapat menjadi Recurring Income bagi perusahaan.

Selain Menerbitkan Saham, BAPI juga menerbitkan Warant Seri 1 sebanyak 1.342.017.600 dengan Harga Pelaksanaan Rp155,- per Lembar yang dapat dilakukan selama masa pelaksanaan, dan dimulai setelah 6 (enam) bulan sejak Waran Seri I diterbitkan, yaitu mulai tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan 16 September 2022.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Peristiwa Aneh Perang Dunia II hingga Kilang Minyak Arab Saudi Diserang Houthi

Posted: 15 Sep 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perang Dunia II tak hanya menyisakan kisah kelam, namun terdapat pula kejanggalan di baliknya. Seperti laporan mengenai pilot-pilot Perang Dunia II yang menyaksikan 'pesawat aneh seperti piring terbang' yang menjadi berita paling populer di kanal Global Liputan6.com.

Artikel populer berikutnya adalah mengenai Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang mengonfirmasi kematian anak laki-laki Osama bin Laden, Hamza bin Laden.

Kemudian, berita yang paling banyak dibaca lainnya adalah mengenai sikap Arab Saudi atas penyerangan yang dilakukan oleh Houthi pada fasilitas minyaknya.

Berikut artikel lengkap Top 3 di kanal Global Liputan6.com edisi Senin (16/9/2019):

1. 4 Peristiwa Aneh pada Perang Dunia II, mulai dari UFO hingga Senjata Rahasia Nazi

Ilustrasi pasukan Amerika Serikat saat pendaratan Sisilia dalam Perang Dunia II. (Sumber Wikimedia/ranah publik)

Perang Dunia II adalah sebuah peristiwa besar di mana dunia terkunci dalam sebuah konflik paling berdarah dalam sejarah umat manusia. 

Oleh karenanya, bukan tidak biasa jika banyak peristiwa yang dideskripiskan aneh terjadi di dalamnya. 

Misalnya, laporan mengenai pilot-pilot Perang Dunia II yang menyaksikan 'pesawat aneh seperti piring terbang' hingga senjata rahasia Nazi. Seperti dikutip dari Toptenz, (15/9/2019), berikut 4 peristiwa aneh pada Perang Dunia II.

 

Berita selengkapnya…

2. Donald Trump Akhirnya Mengonfirmasi Kematian Putra Osama bin Laden

Sejumlah agen intelijen Barat semakin berfokus pada keberadaan Hamza bin Laden, salah satu anak laki-laki pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden. (Foto: AP)

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengonfirmasi kematian Hamza bin Laden, putra pendiri al-Qaeda, Osama bin Laden. 

Trump mengonfirmasi kembali apa yang sudah dibenarkan kementerian pertahanan dan komunitas intelijen AS sejak Agustus 2019.

Donald Trump menyatakan bahwa Hamza tewas dalam operasi Amerika, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (15/9/2019).

Berita selengkapnya...

3. Fasilitas Minyaknya Diserang Houthi, Putra Mahkota Arab Saudi: Kami Bisa Membalas

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman. (Dan Kitwood/Pool via AP)

Putra mahkota Arab Saudi telah mengatakan kepada Presiden AS Donald Trump bahwa Riyadh "bersedia dan mampu" untuk menanggapi serangan terbaru yang dilancarkan.

Diketahui serangan tersebut diklaim oleh pemberontak Houthi Yaman pada fasilitas minyaknya, media pemerintah melaporkan.

"Kerajaan bersedia dan mampu menghadapi dan menangani agresi teroris ini," kata Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) kepada Trump selama panggilan telepon pada Sabtu 14 September, menurut Badan Pers Saudi (SPA), seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (15/9/2019).

Berita selengkapnya…

 

Reporter: Hugo Dimas

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Meme Tukang Parkir yang Muncul Tiba-Tiba Ini Bikin Geregetan

Posted: 15 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat berkunjung ke tempat yang umum, seperti tempat wisata, mall atau tempat lainnya biasanya kamu akan menemukan tukang parkir. Menjaga kendaraan agar terhindar dari pencurian  terkadang membuat hati kamu tenang saat meninggalkan kendaraan.

Tapi enggak bisa dipungkiri jika kadang kala kamu juga kesal dengan tukang parkir. Sosoknya yang muncul tiba-tiba layaknya hantu ini selalu sukses bikin kesal. Kamu pasti pernah kan mengalaminya? Saat masuk keberadaannya tidak terlihat, tetapi waktu keluar ia bisa saja muncul tiba-tiba di sampingmu. 

Tukang parkir yang suka muncul tiba-tiba inilah yang membuat tukang parkir mendapat predikat 'makhluk gaib' yang bisa hilang dan datang kapan pun dia mau. Tak ayal, momen-momen mengesalkan ini pun dibuat meme oleh warganet.

Seperti deretan meme di bawah ini, cocok banget buat kamu yang suka kesal dan bingung dengan kelakuan para tukang parkir. Enggak bikin emosi kok, justru meme ini malah bikin kamu ketawa cekikikan. Penasaran bagaimana memenya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas 6 meme tukang parkir yang suka muncul tiba-tiba ini bikin geregetan, Senin (16/9/2019).

1. Mungkin para tukang parkirnya sedang berkamuflase menjadi udara?

Meme Tukang Parkir (Sumber: 1cak)

2. Mata tukang parkir selalu jeli kalau lihat ada kendaraan yang mau parkir atau pergi ya!

Meme Tukang Parkir (Sumber: 1cak)

3. Sudah cepat-cepat mau kabur, eh sudah keduluan sama suara peluitnya

Meme Tukang Parkir (Sumber: 1cak)

4. Gini nih reaksi tukang parkir setiap kali kamu mau kabur

Meme Tukang Parkir (Sumber: 1cak)

5. Bayar tukang parkir sama fotocopy mahalan tukang parkirnya, bikin nyesek!

Meme Tukang Parkir (Sumber: 1cak)

6. Beda tipis kan tukang parkir sama pengusaha?

Meme Tukang Parkir (Sumber: 1cak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Capcom Ungkap Gameplay Resident Evil Project Resistance

Posted: 15 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah diumumkan akhir bulan lalu, Capcom akhirnya mengungkap gameplay dari gim Resident Evil terbaru besutannya yang diberi nama Project Resistance saat ajang Tokyo Game Show.

Dikutip dari Gamespot, Senin (16/9/2019), Capcom juga mengungkap sejumlah informasi penting mengenai gim ini. Salah satunya adalah Project Resistance merupakan gim multiplayer 4v1, berbeda dari gim Resident Evil sebelumnya.

Jadi, dalam gim ini empat karakter yang ada dalam gim harus saling bekerja sama untuk melawan satu sosok musuh. Sosok ini berperan sebagai dalang dari segala jebakan dan ancaman berbahaya termasuk mengerahkan pasukan zombie untuk menyerang pemain.

Masing-masing pemain nantinya memiliki kemampuan berbeda-beda dan unik. Berbekal kemampuan tersebut, mereka akan saling bahu membahu untuk melawan jebakan dari sang dalang dalam gim Resident Evil ini.

Capcom menyebut kerja sama merupakan kunci keberhasilan dalam gim kali ini. Mereka harus bekerja sama untuk memecahkan sejumlah teka-teki dan kabur dari tempat tersebut.

Resident Evil Project Resistance dikembangkan untuk PlayStation 4, Xbox One, dan PC. Capcom sendiri belum mengungkap jadwal rilis gim ini, tapi sejumlah pemain disebut dapat mencobanya dalam waktu dekat.

Rencananya, closed beta test akan digelar mulai 4 hingga 7 Oktober untuk anggota Resident Evil Ambassador (PS4) dan Xbox Insiders (Xbox One). Pendaftaran untuk uji coba beta ini sudah dibuka hingga 18 September 2019.

Tiga Seri Lawas Resident Evil Bakal Meluncur di Nintendo Switch, Kapan?

Capcom resmi umumkan Resident Evil 2 di E3 2018. (Doc: Capcom)

Sebelumnya, seperti dikutip dari akun Twitter, Capcom juga mengonfirmasi kehadiran tiga gim Resident Evil lawas ke Nintendo Switch. Adapun judul tersebut adalah Resident Evil HD Remaster, Resident Evil 0, dan Resident Evil 4 akan dirilis pada 21 Mei 2019.

Informasi, seri pertama Resident Evil dirilis pada 23 tahun lalu. Resident Evil 0 meluncur di konsol GameCube pada 2002, sementara RE 4 meluncur tiga tahun berikutnya.

Beberapa bulan belakangan ini Resident Evil memang sedang populer di kalangan gamer.

Resident Evil 7: Biohazard mengambil 'jalan' yang baru dan menarik untuk sebuah gim bergenre thriller tersebut.

Bulan lalu, peluncuran Resident Evil 2 remake di Xbox One, PlayStation 4, dan Windows PC sendiri mendapatkan sambutan yang luar biasa.

Berkaca dari hal itu, bukan hal yang tak mungkin Capcom bakal meluncurkan seri-seri lawas Resident Evil yang dibuat ulang untuk konsol gim saat ini.

Resident Evil 2 Remake Banjir Pujian Kritikus Gim

3 judul gim Resident Evil bakal meluncur di konsol Nintendo Switch. (Doc: Ubergizmo)

Menjelang perilisan globalnya pada 25 Januari 2019, Resident Evil 2 remake ternyata sudah dimainkan lebih dulu oleh sejumlah kritikus gim.

Dan hasilnya, review daur ulang dari gim survival horror fenomenal ini kebanyakan positif dan banjir pujian.

Pantauan Tekno Liputan6.com dari sejumlah media gim luar negeri yang mengulas Resident Evil 2 remake, gim ini mengantongi skor nyaris sempurna.

GameSpot, misalnya, memberikan skor 9 dari 10. Sementara, Metacritic memutuskan skor 91 persen, dan IGN sendiri menorehkan skor 9 dari 10.

Laman Telegraph, menyimpulkan kalau Resident Evil 2 remake merupakan gim survival horor paling sempurna yang telah dibuat.

Ulasan ini senada dilontarkan oleh The Verge, yang mengklaim kalau gim ini merupakan gim Resident Evil terbaik.

"Kombinasi yang sangat memuaskan dari Resident Evil 4 dan Resident Evil 7," ujar Sam Byford dari The Verge.

"Remake ini benar-benar merupakan daur ulang yang sangat sempurna, kombinasi antara teror, puzzle, dan aksi yang menawan membuat gim ini terasa sayang untuk tidak dimainkan," tulis Tom Hoggins dari Telegraph. 

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Merapi Dua Kali Luncurkan Guguran Lava Pagi Ini

Posted: 15 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gunung Merapi telah dua kali meluncurkan lava pagi ini. Lava meluncur ke arah Kali Gendol, namun hingga kini status Merapi maasih menjadi waspada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masa Istirahat Selesai, BTS Siap Menggebrak Jagat K-Pop

Posted: 15 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Siapa yang sudah kangen dengan grup K-Pop fenomenal BTS? Para penggemar kini tak usah lagi lama-lama menahan rindu kepada Jimin dkk. Pasalnya, BTS tak lama lagi akan kembali menggebrak industri K-Pop setelah beristirahat sejak bulan lalu.

Hal ini terungkap dari keterangan agensi yang menaungi BTS, Big Hit Entertainment.

"BTS telah mengakhiri periode istirahat mereka dan akan terbang pada hari ini untuk sebuah jadwal," tutur perwakilan Big Hit seperti dilansir dari Soompi, Senin (16/9/2019).

Tidak disebutkan secara detail jadwal BTS tersebut. Namun sejumlah foto dari Newsen memperlihatkan para pelantun "Boy With Luv" ini saat berada di Bandara Incheon, Korea Selatan, pada pagi hari ini.

Kesibukan Padat

BTS (Twitter/ bts_bighit)

BTS tampaknya bakal langsung tancap gas usai mengakhiri masa istirahat mereka. Pasalnya, mereka akan terlibat dalam sejumlah acara berskala akbar.

Pada 11 Oktober mendatang, misalnya, mereka dijadwalkan untuk menggelar konser di King Fahd International Stadium di Riyadh, Saudi Arabia. Menyusul kemudian pada 26 - 29 Oktober BTS akan menggelar konser di Olympic Stadium Jamsil Seoul.

Selamat datang kembali, BTS!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bersitegang dengan Rossi di MotoGP San Marino, Marquez: Jangan Kambing Hitamkan Saya!

Posted: 15 Sep 2019 09:28 PM PDT

San Marino - Marc Marquez bicara soal perselisihannya dengan pembalap Movistar Valentino Rossi saat kualifikasi MotoGP San Marino. Menurut Pembalap Repsol Honda itu, ia tidak melakukan hal salah.

Marquez dan Rossi hampir bersinggungan saat menjalani lap terakhir babak kualifikasi MotoGP San Marino. Marquez mengatakan kalau ia tidak melakukan kesalahan dengan mencoba menyalip Rossi, karena ia sudah melihat rivalnya itu melintas di garis hijau, yang artinya waktunya tidak akan tercatat.

"Pada awalnya saya tidak tahu apa yang sedang terjadi. Satu hal yang pasti, aksi salip di kualifikasi adalah hal yang aneh," ujar Marquez.

"Saya tidak tahu apa intensi dari Valentino Rossi. Sebaiknya, langsung tanyakan kepadanya."

"Saya tidak suka terus disebut sebagai kambing hitam. Saya benar-benar berada di trek sendiri, anda bisa melihat tayangan ulangnya."

Marquez menyebut, melihat Rossi mengendarai motornya dengan lambat dan dia terus berada di belakangnya hingga lap terakhir babak kualikasi MotoGP San Marino.

"Pada saat lap terakhir, saya membiarkannya untuk melaju terlebih dahulu, di situ saya melihat kalau ia menginjak garis hijau dan secara otomotis waktunya tidak akan tercatat."

"Setelah itu, saya baru menyalipnya, dan saya tidak tahu kenapa ia terus menambah kecepatan walaupun sudah melintas di garis hijau," ungkap Marquez.

Marc Marquez akan memulai balapan di MotoGP San Marino dari posisi kelima. Ia unggul dua posisi dari Valentino Rossi yang menempati posisi ketujuh.

 

Hasil Kualifikasi GP San Marino

Valentino Rossi saat dibuntuti Marquez di kualifikasi MotoGP San Marino (Marco Bartorello/AFP)

1. Maverick Vinales - Monster Energy Yamaha

2. Pol Espargaro - Red Bull KTM

3. Fabio Quartararo - Petronas Yamaha

4. Franco Morbidelli - Petronas Yamaha

5. Marc Marquez - Repsol Honda

6. Andrea Dovizioso - Ducati

7. Valentino Rossi - Monster Energy Yamaha

8. Johann Zarco - Red Bull KTM

9. Alex Rins - Suzuki Ecstar

10. Joan Mir - Suzuki Ecstar

11. Takaaki Nakagami - LCR Honda

12. Michele Pirro - Ducati

Sumber: Crash

Disadur dari: Bola.com (Aditya Wicaksono/Wiwig Prayugi, Publised 16-09-2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS Catat Ekspor Indonesia USD 14,28 Miliar di Agustus 2019

Posted: 15 Sep 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor Indonesia pada Agustus 2019 mencapai USD 14,28 miliar. Angka tersebut merosot 7,06 persen dibandingkan dengan posisi Juli tahun ini sebesar USD 14,45 miliar.

"Ekspor pada Agustus sebesar USD 14,28 miliar, turun 7,06 persen dibanding bulan sebelumnya," ujar Kepala BPS, Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Senin (16/9).

 

Pada Agustus Indonesia mengekspor migas menyumbang USD 0,88 miliar. Sementara itu sektor nonmigas menyumbang ekspor sekitar USD 13,40 miliar.

Secara tahunan, ekspor Indonesia sejak awal tahun telah mencapai USD 110,07 miliar turun 8,28 persen jika dibandingkan tahun lalu sebesar USD 120,01 miliar.

Sementara itu, ekspor utama Indonesia masih didominasi oleh China dengan komoditas utama bahan bakar mineral, lalu Amerika Serikat dengan komoditas utama pakaian jadi dan Jepang dengan komoditas utama bahan bakar mineral dan permata.

"Tantangan masih berat, negara-negara tujuan ekspor mengalami perlambatan ekonomi. Di sisi lain perang dagang masih berlangsung. Harga komoditas masih fluktuatif. Kalau kita lihat pergerakannya masih mirip dengan tahun sebelumnya," tandasnya.

 

BPS: Inflasi Agustus 2019 di Angka 0,12 Persen

Pembeli membeli sayuran di pasar, Jakarta, Jumat (6/10). Dari data BPS inflasi pada September 2017 sebesar 0,13 persen. Angka tersebut mengalami kenaikan signifikan karena sebelumnya di Agustus 2017 deflasi 0,07 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi selama Agustus 2019 di angka 0,12 persen. Angka ini lebih rendah dibanding Juli 2019 yang ada di angka 0,31 persen.

Sementara Untuk inflasi tahun kalender Januari-Agustus 2019 mencapai 2,48 persen. Sedangkan inflasi tahun ke tahun sebesar 3,49 persen.

"Bulan agustus 2019 menunjukan adanyaa kenaikan. Berdasarkan survei di 82 kota pada bulan Agustus 2019 ini tejadi inflasi 0,12 persen,"kata Kepala BPS, Suhariyanto di Kantornya Jakarta, Senin (2/9/2019). 

Dia mengungkapkan, dari 82 kota IHK yang dilakukan pemantauan, sebanyak 44 kota mengalami inflasi. Sedangkan 38 kota mengalami deflasi.

Inflasi tertinggi dialami di Kudus sebesar 0,82 persen, sedangkan terendah yaitu di Tasikmalaya, Madiun, Parepare sebesar 0,04 persen.Sementara untuk deflasi tertinggi dialami Bau-Bau ebesar -2,10 persen dan deflasi terendah di Tegal, Palopo -0,02 persen.

"Dengan perhatikan inflasi ini masih berada di bawah target pemerintah. Ini termasuk kendali karena berbagai program yang dilakukan pemerintah," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gol Penalti Piatek Antar AC Milan Tekuk Hellas Verona

Posted: 15 Sep 2019 09:22 PM PDT

Pelatih Hellas Verona, Ivan Juric melihat para pemainnya bertanding melawan AC Milan pada pekan pertandingan ketiga Liga Italia di Stadio Marc'Antonio Bentegodi (15/9/2019). AC Milan menang tipis atas Hellas Verona 1-0. (Simone Venezia/ANSA via AP)

Pelatih Hellas Verona, Ivan Juric melihat para pemainnya bertanding melawan AC Milan pada pekan pertandingan ketiga Liga Italia di Stadio Marc'Antonio Bentegodi (15/9/2019). AC Milan menang tipis atas Hellas Verona 1-0. (Simone Venezia/ANSA via AP)

Gelandang AC Milan, Lucas Biglia berebut bola dengan pemain Hellas Verona, Mariusz Stepinski pada pertandingan pekan ketiga Liga Italia di Stadio Marc'Antonio Bentegodi (15/9/2019). AC Milan menang tipis atas Hellas Verona 1-0. (Simone Venezia/ANSA via AP)

Gelandang AC Milan, Lucas Biglia berebut bola dengan pemain Hellas Verona, Mariusz Stepinski pada pertandingan pekan ketiga Liga Italia di Stadio Marc'Antonio Bentegodi (15/9/2019). AC Milan menang tipis atas Hellas Verona 1-0. (Simone Venezia/ANSA via AP)

Pelatih AC Milan, Marco Giampaolo bersiap melihat para pemainnya bertanding melawan Hellas Verona pada pekan ketiga Liga Italia di Stadio Marc'Antonio Bentegodi (15/9/2019). AC Milan menang tipis atas Hellas Verona 1-0. (Simone Venezia/ANSA via AP)

Pelatih AC Milan, Marco Giampaolo bersiap melihat para pemainnya bertanding melawan Hellas Verona pada pekan ketiga Liga Italia di Stadio Marc'Antonio Bentegodi (15/9/2019). AC Milan menang tipis atas Hellas Verona 1-0. (Simone Venezia/ANSA via AP)

Bek AC Milan, Ricardo Rodriguez saat melanggar pemain Hellas Verona, Sofyan Amrabat selama pertandingan pekan ketiga Liga Italia di Stadio Marc'Antonio Bentegodi (15/9/2019). AC Milan menang tipis atas Hellas Verona 1-0. (Filippo Venezia/ANSA via AP)

Bek AC Milan, Ricardo Rodriguez saat melanggar pemain Hellas Verona, Sofyan Amrabat selama pertandingan pekan ketiga Liga Italia di Stadio Marc'Antonio Bentegodi (15/9/2019). AC Milan menang tipis atas Hellas Verona 1-0. (Filippo Venezia/ANSA via AP)

Penyerang AC Milan, Krzysztof Piatek (ketiga kanan) berselebrasi usai mencetak gol lewat titik penalti ke gawang Hellas Verona pada pekan ketiga Liga Italia di Stadio Marc'Antonio Bentegodi (15/9/2019). AC Milan menang tipis atas Hellas Verona 1-0. (Simone Venezia/ANSA via AP)

Penyerang AC Milan, Krzysztof Piatek (ketiga kanan) berselebrasi usai mencetak gol lewat titik penalti ke gawang Hellas Verona pada pekan ketiga Liga Italia di Stadio Marc'Antonio Bentegodi (15/9/2019). AC Milan menang tipis atas Hellas Verona 1-0. (Simone Venezia/ANSA via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wagub Emil Dardak Apresiasi Perusahaan Inovasi Sampah Plastik di Jatim

Posted: 15 Sep 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Emil Dardak mengapresiasi kepada perusahaan yang senantiasa mempunyai program inovasi pengelolaan sampah plastik di Jatim. 

Ia menuturkan, kalau perlu kolaborasi lintas sektoral untuk mengatasi masalah sampah. "Perlu inovasi dan kolaborasi lintas sektoral untuk menemukan solusi bersama mengatasi permasalahan sampah," tutur Emil Dardak

Adapun salah satu perusahaan yang berinovasi yaitu Danone-Aqua. Perseroan melakukan inovasi dengan cara mempromosikan hidrasi sehat sembari melestarikan alam. Perseroan mendukung peralihan dari sebuah model linier ke model melingkar. Botol yang dibuang menjadi sumber daya berharga untuk digunakan kembali. 

Dalam siklus tersebut akan menyentuh lebih banyak masyarakat dan memberikan manfaat ekonomi, dan dari sisi lingkungan juga akan lebih optimal penggunaan plastik.

Hal tersebut yang disampaikan dalam kampanye #BijakBerplastik di ajang East Java Investival 2019 (EJI 2019) Bersama Dinas Penanaman Modal – Pelayanan Satu Pintu Terpadu (DPM- PSPT) Propinsi Jawa Timur. 

"Keduanya akan menjadi investasi sosial sekaligus investasi lingkungan," ujar Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo.

Acara yang dibuka pada 12 September 2019 oleh Wakil Gubernur Emil Dardak ini menyambut investor untuk berlomba membangun Jawa Timur. 

Selama empat hari, acara pengunjung bisa belajar bagaimana #BijakBerplastik bisa menjadi wujud investasi sosial dan lingkungan untuk Indonesia yang lebih baik.

Karyanto Wibowo mengatakan, pada awal 2018, Danone AQUA telah berkomitmen untuk bisa berkontribusi dalam upaya Pemerintah untuk mengurangi sampah plastik di lautan sampai 70 persen pada 2025. 

Tiga Pilar

Ilustrasi botol plastik daur ulang (Unsplash.com)

Komitmen ini fokus pada tiga pilar untuk menjawab tantangan sampah plastik di Indonesia, yaitu pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah, edukasi konsumen, dan inovasi produk. 

"Kami telah memulai inisiatif ini sejak tahun 2010 dengan mendorong pengumpulan plastik secara inklusif, dan kini telah mampu mengumpulkan 12.000 ton botol per tahun untuk didaur ulang menjadi Recycled  polyethylene terephtalate (R-PET) yang kembali menjadi bahan kemasan botol sesuai dengan food grade dan SNI," kata Karyanto, Minggu, 15 September 2019.

Danone-AQUA telah menggunakan R-PET sebagai bahan campuran botol sebanyak 20 persen. Pertengahan tahun lalu di Bali telah diluncurkan AQUA Life 1,1 liter sebagai bentuk kemasan produk yang terbuat dari 100 persen R-PET dan 100 persen bisa didaur ulang kembali menjadi botol kemasan air minum. 

Saat ini, produk AQUA Life bisa dibeli di Bali dan di Jakarta yang di luncurkan bulan lalu. Di gelaran EIJ 2019, selama empat hari, pengunjung yang belajar #BijakBerplastik di booth AQUA akan mendapatkan produk ini sebagai souvenir. 

Pengunjung bisa belajar bagaimana botol kemasan di cacah, diolah menjadi R-PET juga produk lain. Danone-AQUA telah menggandeng H&M, brand fashion internasional yang mengubah botol kemasan menjadi produk seperti sarung tangan, kaus kaki, T-shirt dan produk fashion lain.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persija Tak Suka Dikritik, The Jakmania Bawa Spanduk Pecel Lele di Stadion

Posted: 15 Sep 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Beragam spanduk lucu dan nyeleneh dibawa The Jakmania pada laga pekan ke-18 Shopee Liga 1 2019 saat Persija Jakarta kontra PSIS Semarang di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (15/9/2019).

Biasanya, The Jakmania memasang spanduk bertuliskan dukungan, kritikan maupun wilayah mereka masing-masing. Namun, kali ini pemandangan kontradiktif yang tersaji.

The Jakmania membawa spanduk asal-asalan, mulai dari pecel lele, banner iklan dan sebagainya. Lazimnya, spanduk-spanduk tersebut dapat ditemui di jalan raya.

Spanduk nyeleneh tersebut ternyata sengaja dipersiapkan sejak awal. "Kami berpikir, diberikan spanduk dukungan, Persija Jakarta tak bisa menang. Diberi spanduk kritikan, mereka baper (terbawa perasaan)," kata Sekretaris Umum (Sekum) The Jakmania, Diky Budi Ramadhan.

"Istilahnya, Persija Jakarta meminta jangan dikritik dari awal karena itu tidak bagus buat tim dan malah bikin tim lawan tambah semangat. Ya sudah, kami bingung, makanya kami kasih spanduk yang tidak ada hubungannya dengan sepak bola. Istilahnya, lucu-lucuan," ujar Diky.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Infokom the Jakmania (@infokomjakmania) on

Kritik Habis Persija

Gelandang Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, berebut bola dengan gelandang PSIS Semarang, Septian David, pada laga Liga 1 di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (15/9). Persija menang 2-1 atas PSIS. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sebelum menghadapi PSIS, The Jakmania membentangkan spanduk besar yang meminta Chief Executive Officer (CEO) Ferry Paulus untuk mundur ketika Persija Jakarta berhadapan dengan Perseru Badak Lampung, 1 September 2019.

Kali ini, The Jakmania punya cara lain dalam mengkritik Persija Jakarta. Namun, keberlangsungan spanduk kocak ini masih tentatif.

Untuk melawan Bali United pada pekan ke-19 Liga 1 2019 pada Kamis (19/9/2019), Diky menyiapkan cara lain dalam menyampaikan dukungan. "Belum tahu. Nanti melawan Bali United, mungkin ada konsep baru lagi," imbuhnya.

Disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa / Editor Wiwig Prayugi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP: Marc Marquez Belum Tertahan

Posted: 15 Sep 2019 09:20 PM PDT

San Marino - Marc Marquez terus melesat usai meraih kemenangan di ajang MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (15/9/2019). Pembalap Repsol Honda itu finis pertama dengan mencatatkan waktu 42 menit 25,163 detik.

Ini merupakan kebangkitan the Baby Alien yang pada dua seri sebelumnya di Austria dan Inggris gagal meraih kemenangan.

Kemenangan di MotoGP San Marino membuat Marquez semakin kukuh di puncak klasemen. Pembalap asal Spanyol itu mengemas 275 poin. Andrea Dovizioso yang meraih posisi keenam di San Marino masih membuntuti dengan 182 poin.

Danilo Petrucci yang finis di posisi ke-10 membuntuti di peringkat ketiga. Kemudian Alex Rins yang tenggelam pada seri ini masih bertahan di posisi keempat.

Trio Yamaha, kompak mengisi posisi kelima hingga ketujuh, yakni Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Fabio Quartararo yang meraih 112 poin setelah finis di posisi kedua.

Hasil MotoGP San Marino membuat Marquez sedikit lega. Ia memperlebar jarak dari pesaing terdekatnya, yakni Andrea Dovizioso dan ditambah Alex Rins.

Marc Marquez dan Dovizioso selisih 93 poin. Tentunya, Marquez tak mau terlena karena MotoGP 2019 masih tersisa enam seri lagi.

Klasemen

Pembalap Repsol Honda, marc Marquez, menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas (FP2) MotoGP Jerman. (AFP/LLuis Gene)

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 275 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati) 182 poin

3. Alex Rins (Suzuki) 151 poin

4. Danilo Petrucci (Ducati) 149 poin

5. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) 134 poin

6. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) 129 poin

7. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 112 poin Jack Miller (Pramac Ducati) 101 poin

8. Jack Miller (Pramac Ducati) 101 poin

9. Cal Crutchlow (LCR Honda) 88 poin

10. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) 80

11. Pol Espargaro (KTM) 77 poin

12. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 62 poin

13. Joan Mir (Suzuki) 47 poin

14. Aleix Espargaro (Aprilia) 37 poin

15. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) 29 poin

16. Andrea Iannone (Aprilia) 27 poin

17. Johann Zarco (KTM) 27 poin

18. Miguel Oliveira (KTM Tech 3) 26 poin

19. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) 23 poin

20. Tito Rabat (Avintia Racing) 17 poin

21. Stefan Bradl (Honda) 16 poin

22. Michele Pirro (Ducati) 9 poin

23. Sylvain Guintoli (Suzuki) 7 poin

24. Hafizh Syahrin (KTM Tech 3) 7 poin

25. Karel Abraham (Avintia Racing) 5 poin

Disadur dari: Bola.com (Aditya Wicaksono/Wiwig Prayugi, Publised 16-09-2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Ini Genap 70 Tahun, Inilah Kenangan tentang Chrisye dan Masa Remajanya

Posted: 15 Sep 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Membuka situs Google, kita dibuat terkenang dengan sosok penyanyi legendaris Indonesia, Chrisye. Dijadikan Google Doodle dalam rangka merayakan ulang tahunnya, Chrisye memang selama ini memiliki banyak karya yang sukses menjadi hits.

Kesuksesan Chrisye sejak berkarier hingga akhir hayatnya pada 30 Maret 2007 silam, tak lepas dari kehidupan masa remajanya yang menarik. Penyanyi kelahiran 16 September 1949 bernama asli Christian Rahadi ini, mulai tertarik dengan dunia musik sejak masih SD.

Duduk di bangku SMA, Chrisye semakin tertarik dengan dunia musik. Penyebabnya setelah grup band The Beatles menjadi idola di hampir seluruh penjuru dunia, termasuk di Tanah Air.

Sang ayah yang mendukung minat sang anak pun membelikan Chrisye dan saudaranya instrumen musik. Semasa SMA itulah, Chrisye mulai sering tampil di atas panggung sebagai vokalis.

Pernah Dihukum

Melalui buku Chrisye: Sebuah Memoar Musikal (2007) karya Alberthiene Endah, seperti disarikan dalam Wikipedia, Chrisye rupanya pernah dihukum oleh kepala sekolah.

Saat itu, suami Damayanti Noor tersebut diam-diam menjadi perokok. Ia lalu terpergok di sekolah dan diminta untuk merokok delapan batang sekaligus di depan siswa-siswi lain.

Kesibukan Berkarier

Chrisye (Sumber: Google)

Selepas remaja, Chrisye pun menjadi pribadi yang sibuk di dunia musik. Bahkan saking sibuknya, ia pernah mendapat tawaran tampil di New York bersama bandnya, Gipsy. Sayangnya, ia terpaksa beberapa kali mengorbankan kuliahnya demi berfokus pada karier bermusik.

Namun beberapa tahun setelah itu, hingga akhir hayatnya, Chrisye berhasil membalas segala hal kurang berkenan di masa lalunya dengan kesuksesan berkarier.

Dengar saja lagu "Badai Pasti Berlalu" dan "Lilin-Lilin Kecil". Bahkan, lima albumnya masuk daftar 150 Album Indonesia Terbaik oleh majalah Rolling Stone Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Kelakuan Manusia yang Terlalu Sayang Binatang Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 15 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kucing dan anjing merupakan binatang peliharaan yang cukup umum. Meski begitu beberapa orang juga memiliki binatang peliharaan lainnya. Seseorang yang memiliki seekor binatang peliharaan tentu saja akan memperlakukannya dengan penuh kasih sayang.

Tak jarang pula para pencinta binatang akan memberikan perhatian ekstra terhadap peliharaannya. Kerap kali saat para majikannya akan berpergian, mereka akan membawa binatang kesayangan agar bisa menikmati liburan bersama.

Namun, bagi sebagian orang membawa binatang peliharaan berlibur merupakan hal yang tak biasa. Apalagi jika yang dibawa merupakan binatang peliharaan yang tak lazim.

Dilansir Liputan6.com dari Boredpanda, Senin (16/9/2019) tak sedikit rupanya yang membawa binatang peliharaan untuk pergi berlibur. Berikut beberapa potret kelakukan manusia yang membawa binatang peliharaan berlibur ini bikin geleng kepala.

1. Ada yang membawa seekor kuda poni naik pesawat nih.

Penumpang bawa binatang (Sumber: Boredpanda)

2. Tak hanya kuda poni saja, seekor babi juga terlihat berada di dalam pesawat.

Penumpang bawa binatang (Sumber: Boredpanda)

3. Ada pula yang membawa seekor bebek peliharaan dalam perjalanan.

Penumpang bawa binatang (Sumber: Boredpanda)

4. Duh, kuda poni yang dibawa ukurannya cukup besar nih.

Penumpang bawa binatang (Sumber: Boredpanda)

5. Seorang wanita terlihat santai memangku kanguru peliharaan di dalam kabin pesawat.

Penumpang bawa binatang (Sumber: Boredpanda)

6. Bahkan, kamu jika bisa melihat burung merak yang sedang menunggu barang bawaan majikannya.

Penumpang bawa binatang (Sumber: Boredpanda)

7. Seekor kalkun ini juga terlihat menikmati pemandangan dibalik jendela pesawat.

Penumpang bawa binatang (Sumber: Boredpanda)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019 Tengah Pekan Ini: Persija vs Bali United

Posted: 15 Sep 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ke-19 Shopee Liga 1 2019 bakal berlangsung tengah pekan ini. Pertandingan menarik bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Persija Jakarta, pekan ini akan menjamu pemuncak klasemen Shopee Liga 1 2019, Bali United di SUGBK, Jakarta, Kamis (19/9/2019). Jelang laga ini, Persija berbekal kemenangan 2-1 atas PSIS Semarang.

Tentunya, kemenangan menjadi harga mati bagi Macan Kemayoran, sebutan Persija. Pasalnya, jika kalah, Persija bisa saja masuk ke zona degradasi lagi.

Laga sengit juga bakal terjadi di Lamongan. Derby Jawa Timur bakal tersaji di Stadion Surajaya Lamongan, Persela akan menjamu Arema FC, Jumat (20/9/2019).

Lihat jadwal Shopee Liga 1 2019 di halaman berikut.

 

Jadwal Shopee Liga 1 2019

18 September 2019

15.30 WIB, Borneo vs Madura United (Indosiar)

15.30 WIB, Barito Putera vs Bhayangkara FC (Vidio)

18.30 WIB, Persib vs Semen Padang (Indosiar)

19 September 2019

15.30 WIB, Persija vs Bali United (Indosiar)

18.30 WIB, PSM vs PS Tira Persikabo (Indosiar)

18.30 WIB, PSS Sleman vs Persipura Jayapura (Vidio)

18.30 WIB, Badak Lampung vs Kalteng Putra (Vidio)

 

Jadwal Shopee Liga 1 2019

20 September 2019

15.30 WIB, PSIS vs Persebaya (Indosiar)

18.00 WIB, Persela vs Arema (Indosiar)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada 14 Posko Kesehatan untuk Antisipasi Dampak Kabut Asap di Pekanbaru

Posted: 15 Sep 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Riau menyiagakan 14 posko pelayanan kesehatan bagi warga yang terkena dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Pekanbaru.

Warga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dan obat gratis di posko-posko tersebut.

Layanan posko kesehatan antara lain bisa diperoleh di Aula Dinas Sosial Provinsi Riau di Jalan Sudirman, Aula Dinas Kesehatan Provinsi Riau di Jalan Cut Nyak Dien III, Aula Bappenda Provinsi Riau di Jalan Sudirman, Balai Rehabilitasi Sosial Anak Memerlukan Perlindungan Khusus (BRS-AMPK) di Jalan Sekolah, dan Aula Rumah Sakit Jiwa Tampan di Jalan HR Soebrantas.

Posko kesehatan juga ada di Aula Kantor Dinas perhubungan Provinsi Riau di Jalan Sudirman, Kantor Dinas PUPR di Jalan SM Amin, UPT Industri Pangan, Olahan, dan Kemasan Dinas Perindustrian Provinsi Riau di Jalan Hangtuah Ujung Kulim, Mal Pelayanan Terpadu Kota Pekanbaru di Jalan Sudirman, dan UPT Bapelkes Dinas Kesehatan Provinsi Riau di Jalan Chandra Dimuka No. 10 Panam.

Layanan tersebut juga tersedia di Pusat Informasi Karhutla Rumah Jabatan Kepala Bappeda di Jalan Gajah Mada No. 26, Rumah Jabatan Asisten II di Jalan Gajah Mada No. 18, Rumah Jabatan Asisten III di Jalan Gajah Mada No. 20, dan Rumah Jabatan Kepala Dinas Sosial di Jalan Diponegoro.

"Selain itu, RSUD Arifin Achmad, RSUD Petaka Bumi, dan semua rumah sakit swasta sebagai posko pelayanan kesehatan dampak kabut asap. Bagi masyarakat yang terkena dampak asap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di sana," kata Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Syah Harrofie seperti dikutip dari Antara, Senin (16/9/2019).

Nomor Telpon Layanan Kesehatan

Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyediakan Public Service Call (PSC) dinomor 119 bagi warga membutuhkan pelayanan kesehatan akibat kabut asap.

"Tim dari PSC siap melayani selama 24 jam untuk masyarakat Kota Pekanbaru," kata Ahmad Syah.

Kualitas udara di Provinsi Riau memburuk akibat kabut asap karhutla. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Riau, sebanyak 39.277 warga di Provinsi Riau menderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) akibat polusi kabut asap sepanjang Agustus hingga awal September 2019.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Faktor Pemicu Rambut Beruban di Usia Muda

Posted: 15 Sep 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Uban bisa muncul di usia muda. Pemicu paling signifikan adalah pengaruh faktor genetik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tira Persikabo Minta Polisi Usut Tuntas Kasus Pelemparan Bus Persib

Posted: 15 Sep 2019 09:08 PM PDT

Bogor- Direksi Tira Persikabo, Rhendy Arindra, meminta maaf kepada tim tamu Persib Bandung. Rhendy berharap kepolisian mengusut tuntas insiden pelemparan batu terhadap bus yang ditumpangi pemain-pemain Maung Bandung.

"Kami berharap kepolisian mengusut kejadian yang menimpa bus Persib Bandung," kata Rhendy dalam keterangan resminya, Minggu (15/9/2019).

"Kejadian ini akan tetap menjadi bahan evaluasi internal kami. Atas nama keluarga besar Tira Persikabo, kami meminta maaf."

"Kami meminta maaf atas kejadian itu, karena kenyamanan para pemain Persib Bandung terganggu bahkan menimbulkan korban luka," tuturnya.

Sebongkah batu berukuran besar dilempar oleh orang tak dikenal ke arah bus skuat Persib Bandung usai menghadapi Tira Persikabo di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (14/9/2019). Kejadian tersebut terjadi sebelum Supardi Nasir dan kawan-kawan melintasi pintu Tol Sentul.

Diduga, pelemparan terjadi di wilayah Kandang Roda atau Jalan Alternatif Sentul yang hanya berjarak beberapa kilometer dari Pakansari.

"Kami kaget terhadap penyerangan ke bus Persib. Padahal, di luar stadion sampai ke Kandang Roda dan Jalan Tegar Beriman suporter kami dan suporter Persib Bandung berjalan beriringan dan tak ada kejadian apapun," imbuh Rhendy.

Mungkin Bukan Suporter

Bus Persib ditimpuki batu usai melawan Tira Persikabo, Jumat (14/9/2019). (Persib).

Rhendy yakin bukan suporter timnya yang melempar. Ia curiga ada orang yang tak bertanggung jawab dengan menyerang bus Persib Bandung.

"Kemungkinan besar ada oknum yang mungkin bukan suporter mengingat wilayah kejadian yang jauh dari stadion dan di luar area panitia pelaksana pertandingan," tuturnya.

Disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa/ Editor Wiwig Prayugi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Kreasi Roti Anti-mainstream Ini Tampilkan Adegan Unik di Atasnya

Posted: 15 Sep 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memang banyak orang yang sangat menyukai roti. Apalagi roti yang manis dan dipenuhi oleh cream dan coklat. Namun selain rasa yang enak dan roti yang lembut saat digigit, terkadang roti ini akan kurang lengkap bila hanya memiliki bentuk yang biasa-biasa saja.

Seperti halnya roti ulang tahun yang kadang dikreasikan dengan bentuk-bentuk yang disukai oleh si penerima. Baik itu dari warnanya hingga bentuknya yang mungkin nanti akan menghadirkan sebuah karakter yang disukai.

Seperti halnya yang dilakukan oleh chef yang berasal dari Italia ini. Ia bernama Matteo Stucchi yang mengkreasikan roti buatannya dengan bentuk-bentuk yang anti-mainstream dan seolah hidup. Kenapa bisa hidup? Karena rotinya memiliki sebuah konsep dalam kreasinya yang jika dipandang bikin sayang untuk memakannya.

Berikut 7 kreasi roti anti-mainstream buatan Matteo Stucchi yang Liputan6.com kutip dari Instagramnya @idolcidigulliver, Senin (16/9/2019).

1. Roti golf dengan blueberry ini jadi sayang untuk memotongnya.

Roti buatan Matteo Stucchi (Sumber: Instagram/idolcidigulliver)

2. Roti ini menceritakan nelayan yang hendak menepi ke dermaga.

Roti buatan Matteo Stucchi (Sumber: Instagram/idolcidigulliver)

3. Roti yang awalnya terlihat biasa saja, jadi terlihat hidup dengan toping yang memiliki cerita unik.

Roti buatan Matteo Stucchi (Sumber: Instagram/idolcidigulliver)

4. Chef ini pandai memainkan imajinasi untuk mengkreasikan rotinya.

Roti buatan Matteo Stucchi (Sumber: Instagram/idolcidigulliver)

5. Jarang yang terpikirkan untuk membuat makanan dengan hiasan seperti ini.

Roti buatan Matteo Stucchi (Sumber: Instagram/idolcidigulliver)

6. Roti seperti ini sangat cocok untuk hadiah kejutan dan ulang tahun.

Roti buatan Matteo Stucchi (Sumber: Instagram/idolcidigulliver)

7. Selain itu roti-roti ini seperti memiliki cerita tersendiri yang nampak hidup.

Roti buatan Matteo Stucchi (Sumber: Instagram/idolcidigulliver)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMW E32 Jadi Juara VIP di Intersport Auto Show 2019

Posted: 15 Sep 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hadir di kota Bekasi, Jawa Barat, Intersport Auto Show 2019 menyapa dengan tema modifikasi. Tak berbeda jauh dengan peserta di kota lainnya, para peserta berjuang untuk menjadi juara di setiap kategori, yaitu VIP, Elegan, Racing, Street Racing, dan Retro Racing.

Setelah melalui penilaian yang ketat oleh tim juri gelaran Intersport Auto Show 2019 di Bekasi, resmi menghadirkan pemenang-pemenang baru. "Kualitas secara keseluruhan modifikasi mobil-mobilnya cukup luar biasa, dewasa dalam hal proper. Out of the box-nya semakin oke," kata Andre Irawan selaku Ketua Panitia Penyelenggara Intersport Auto Show.

Menjadi salah satu kelas yang cukup diminati pecinta modifikasi, kelas street racing memiliki build quality dan penggunaan custom parts quantity yang diperhatikan. Kelas ini dikatakan 'neraka', karena peserta memiliki kualitas modifikasi dan harmonisasi yang baik.

Kendaraan merek Honda mendominasi podium pertama pada kelas racing dan retro racing. Tidak hanya modifikasi untuk mendongkrak performa mesin, pengaturan kaki-kaki yang proper khusus untuk balapan drag race juga sangat diperhatikan.

Penggunaan bahan karbon juga menjadi pertimbangan di kelas ini, salah satunya diaplikasikan pada Honda Civic Ferio. Hampir seluruh bagian bodi mobil sudah menggunakan bahan karbon.

Hal yang juga menarik untuk dibahas ialah modifikasi swap engine. Seperti Mitsubishi Lancer GLXi swap ke mesin Evo, terdapat Toyota Kijang Innova yang dipasangkan mesin Toyota Supra. Tak hanya itu, terdapat pula cross brand, seperti Ziko dengan Nissan S15 yang mengganti mesin dengan Toyota Supra berkode 2JZ.

Pemenang Intersport Auto Show 2019 di Bekasi

Hadir di kota Bekasi, Jawa Barat, Intersport Auto Show 2019 menyapa dengan tema modifikasi.

"Kontes mobil yang proper ini memiliki tujuan agar segala bentuk modifikasi yang dilakukan tidak mengurangi kenyamanan dan kelayakan pada kendaraan yang di modifikasi," ujar Andre Irawan.

Berikut daftar pemenang Intersport Auto Show 2019 di Bekasi, Jawa Barat :

Retro racing

Juara 1 Honda Civic Estilo / Rian Hidayat

Juara 2 Bmw e30 / Rino Oestara

Juara 3 Mitsubishi Lancer/ Singgih

Racing

Juara 1 Pungkyadji Ridho P./ Honda Civic Ferio

Juara 2 Sunyoto Anggoro/ Mitsubishi Lancer Evo 8

Juara 3 Dimas A. P./ Subaru WRX STI

Street Racing

Juara 1 Hakim Putratama/ Toyota AE86

Juara 2 Ziko Harnadi / Silvia S15

Juara 3 Dimas Arki/ Toyota Innova

VIP

Juara 1 Hakim Putratama/ BMW E32

Juara 2 Ican Thalib / Lexus LS 400

Elegant

Juara 1 Joe Paul/ Audi TT

Juara 2 Bongar/ Honda Brio

Juara 3 Welly / Honda Freed

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Minyak Melambung Usai Kilang Minyak Arab Saudi Diserang Houthi

Posted: 15 Sep 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Riyadh - Harga minyak dunia mencapai level tertinggi dalam empat bulan, setelah dua serangan terhadap kilang Arab Saudi pada Sabtu 14 September 2019. Serangan itu mengganggu produksi lebih dari 5% pasokan global.

Pada awal perdagangan, minyak mentah Brent melonjak 19% menjadi US$ 71,95 per barel, sementara patokan utama lainnya, West Texas Intermediate, naik 15% menjadi US$ 63,34, demikian seperti dikutip dari BBC, Senin (16/9/2019).

Harga kembali turun sedikit setelah Presiden AS Donald Trump mengesahkan US Federal Reserve.

Sementara Menteri Energi Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Salman menjelaskan bahwa Riyadh akan memanfaatkan kilang cadangan besar untuk menutup celah kekurangan, sehingga ekspor dapat berlanjut seperti biasa minggu ini.

Namun, instabilitas harga diperkirakan akan terus terjadi hingga berminggu-minggu sebelum fasilitas Saudi kembali pulih sepenuhnya. Kendati demikian, Riyadh menjelaskan bahwa "situasi telah terkendali".

Arab Saudi adalah pengekspor minyak terbesar di dunia, mengirimkan lebih dari tujuh juta barel setiap harinya.

AS dan Saudi Murka

Militan Houthi menguasai Hodeidah yang menjadi pelabuhan utama di Yaman (AP Photo)

Serangan drone terhadap dua kilang minyak Aramco di timur Arab Saudi memangkas produksi 5,7 juta barel per hari, kata Riyadh, mengingat keduanya merupakan salah satu dari fasilitas pemrosesan minyak bumi terbesar di dunia.

Kelompok gerilyawan Houthi dari Yaman mengklaim serangan itu.

Di sisi lain, Amerika Serikat menyalahkan Iran sebagai dalang sesungguhnya serangan akhir pekan lalu --menuduh Teheran sebagai pendukung utama Houthi Yaman. Namun, tidak ada bukti konklusif yang diberikan.

Baik Houthi dan Iran menolak tuduhan tersebut.

Presiden Donald Trump dan Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman, pada akhir pekan lalu, dilaporkan telah melakukan sambungan telepon berkenaan dengan peristiwa tersebut.

Saudi Press Agency (SPA), kantor berita pemerintah Saudi, melaporkan; Pangeran Salman mengatakan kepada Trump bahwa Riyadh "bisa dan mampu" melakukan balasan kepada pelaku penyerang kilang minyaknya.

Sementara Trump, melalui Tweet, mengatakan; AS telah "mengunci dan mengokang (lock and loaded)" pelaku, namun menambahkan bahwa keputusan terakhir ada di Saudi.

Yaman telah berperang sejak 2015, ketika Presiden Abdrabbuh Mansour Hadi terpaksa meninggalkan ibukota Sanaa usai digulingkan gerilyawan Houthi. Arab Saudi mendukung Presiden Hadi, dan telah memimpin koalisi negara-negara regional melawan pemberontak.

Perang di Yaman telah menciptakan apa yang disebut oleh PBB sebagai "krisis kemanusiaan terburuk di dunia saat ini", karena banyaknya warga sipil non-kombatan yang terdampak.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ungkaian Kata Cinta Meghan Markle di Ultah Pangeran Harry

Posted: 15 Sep 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan tengah menyelimuti anggota keluarga Kerajaan Inggris, Pangeran Harry. Adik Pangeran William ini tersebut merayakan ulang tahun yang ke-35 pada Minggu, 15 September 2019 waktu setempat.

Bertepatan dengan hari jadi Pangeran Harry, Duchess of Sussex telah mempersiapkan kejutan manis. Adalah berupa kolase potret sang suami saat masih kecil hingga dewasa yang dibagikan melalui akun Instagram @sussexroyal.

Terdapat sembilan potret yang diabadikan dalam satu bingkai. Sebut saja saat Pangeran Harry kecil dalam gendongan Putri Diana, melambaikan tangan, saat remaja foto bareng sang kakak, hingga dalam balutan baju tentara.

Potret yang tidak kalah mencuri perhatian adalah saat Duke of Sussex resmi menikahi Meghan pada 19 Mei 2018 lalu. Sementara di potret terakhir, foto mengabadikan Meghan sedang memangku Archie dan Pangeran Harry terlihat jongkok di hadapan istri dan anaknya.

"Wishing a very happy birthday to His Royal Highness Prince Harry, The Duke of Sussex! (Mengucapkan selamat ulang tahun kepada Yang Mulia Pangeran Harry, Duke of Sussex!)" demikian bunyi caption.

Untaian Kata Cinta dari Meghan

Pangeran Harry ulang tahun yang ke-35. (Screenshot Instagram @ sussexroyal/https://www.instagram.com/p/B2bDdAMlxgY/?hl=en/Putu Elmira)

Selain kolase foto Pangeran Harry dalam berbagai kesempatan, ada pula untaian kata manis yang disampaikan oleh sang istri, Meghan Markle. Pesan ini ditulis dalam kolom keterangan potret.

"Pelayananmu untuk tujuan yang sangat dipedulikan menginspirasi saya setiap hari. Kamu adalah suami terbaik dan ayah paling menakjubkan bagi putra kita. Kami mencintaimu. Selamat ulang tahun," pesan Meghan untuk Pangeran Harry.

Pangeran Harry merupakan putra bungsu Pangeran Charles dan Putri Diana. Duke of Sussex lahir pada 15 September 1984 silam di St Mary's Hospital, London, Inggris.

Kehidupan percintaan Pangeran Harry kian disorot saat Kensington Palace mengumumkan pada 27 November 2017 bahwa sang pangeran dan Meghan Markle telah bertunangan.

Pasangan ini akhirnya mengikat janji suci pernikahan pada 19 Mei 2019 di St George's Chapel, Windsor Castle, Inggris. Mereka dikaruniai putra pertama bernama Archie Mountbatten-Windsor atau akrab disapa Archie yang lahir pada 6 Mei 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Busana Rossa Saat Manggung, Mewah dan Memesona

Posted: 15 Sep 2019 09:00 PM PDT

Rossa sendiri memang cukup sering menggunakan tatanan rambut yang sederhana. Meski bagitu, baju yang dikenakan oleh Rossa membuat penampilannya tampak memesona. (Liputan6.com/IG/@itsrossa910)

Rossa sendiri memang cukup sering menggunakan tatanan rambut yang sederhana. Meski bagitu, baju yang dikenakan oleh Rossa membuat penampilannya tampak memesona. (Liputan6.com/IG/@itsrossa910)

Rossa memang sering mengenakan busana yang cukup mewah di setiap penampilannya. Tak jarang pula ia memadukannya menggunakan kalung serta anting. (Liputan6.com/IG/@itsrossa910)

Rossa memang sering mengenakan busana yang cukup mewah di setiap penampilannya. Tak jarang pula ia memadukannya menggunakan kalung serta anting. (Liputan6.com/IG/@itsrossa910)

Penampilan Rossa dalam balutan gaun hitam dengan kombinasi warna merah ini membuatnya terlihat bak seorang putri. Bahkan, dalam gaun yang membalut tubuh Rossa tersebut tampak bertaburan manik yang berkilauan. (Liputan6.com/IG/@itsrossa910)

Penampilan Rossa dalam balutan gaun hitam dengan kombinasi warna merah ini membuatnya terlihat bak seorang putri. Bahkan, dalam gaun yang membalut tubuh Rossa tersebut tampak bertaburan manik yang berkilauan. (Liputan6.com/IG/@itsrossa910)

Rossa juga pernah menggunakan busana serba hitam. Meski begitu, penampilan Rossa dengan busana serba hitam tetap memukau. (Liputan6.com/IG/@itsrossa910)

Rossa juga pernah menggunakan busana serba hitam. Meski begitu, penampilan Rossa dengan busana serba hitam tetap memukau. (Liputan6.com/IG/@itsrossa910)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Chat Driver Ojek Online yang Bikin Urut Dada

Posted: 15 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dunia ojek online memang penuh cerita. Ada saja cerita unik dari kisah para pengemudi ojek online tersebut. Kisah tersebut ada yang mengundang senyum, bikin urut dada, bahkan bikin bengong.

Artikel tentang chat driver ojek online ke penumpang menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel mengenai aksi kocak pengendara supaya terhindar dari begal.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang zodiak yang suka lakukan seks tak biasa.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Chat Driver Ojek Online ke Penumpangnya Ini Bikin Urut Dada

Doc: Instagram.com

Dunia ojek online memang penuh cerita. Ada saja cerita unik dari kisah para pengemudi ojek online tersebut. Kisah tersebut ada yang mengundang senyum, bikin urut dada, bahkan bikin bengong.

Paling sering, kisah percakapan antara penumpang dengan pengemudi. Tidak selamanya percakapan mereka basa-basi belaka. Ada kalanya, saling berbalas sindiran atau bahkan bikin tertawa.

Selengkapnya...

2. Kocak, 6 Aksi Pengendara Supaya Terhindar dari Begal

Doc: Instagram.com

erangan begal adalah salah satu hal yang paling ditakuti oleh pengendara. Tak hanya menimbulkan keresahan, aksi begal kerap membuat jatuh korban jiwa. Hal ini dikarekan para begal tak segan menggunakan senjata tajam dalam melancarkan aksinya.

Karena hal itu, beberapa pengendara yang harus melewati jalanan sepi berusaha memutar otak untuk menghindarkan mereka dari serangan begal. Aksi-aksi unik juga kerap dilakukan untuk hal tersebut.

Selengkapnya...

3. Liar dan Penasaran, 4 Zodiak Ini Suka Lakukan Seks Tak Biasa

Ingin tahu kenapa posisi seks misionaris adalah yang terbaik? Simak ini. (iStockphoto)

Tidak ada yang salah dengan seks konvensional. Apalagi jika itulah yang membuat Anda dan pasangan puas.

Tapi bagi sebagian orang, percintaan yang lembut dan manis tidak sebanding dengan sensasi pergulatan yang liar. Dan zodiak-zodiak berikut ini, paling suka mengalami petualangan percintaan yang liar.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak Gol Lewat Penalti, Rashford Siap Jadi Andalan MU

Posted: 15 Sep 2019 09:00 PM PDT

Manchester - Bomber Manchester United (MU), Marcus Rashford, memiliki resep khusus agar bisa memaksimalkan peluang lewat tembakan penalti. Hal itu ia terapkan ketika Setan Merah berhadapan dengan Leicester City.

MU menang dengan skor 1-0 atas Leicester City. Satu-satunya gol tersebut tercetak dari titik putih melalui aksi Rashford.

Sebelumnya, Rashford sempat gagal melakukan tendangan penalti ketika Manchester United berhadapan dengan Crystal Palace. Kegagalan tersebut membuat Manchester United kalah dari The Eagles.

Namun, Rashford tetap dipercaya sebagai eksekutor tendangan penalti untuk Manchester United.

"Ada banyak diskusi mengenai penalti di Manchester United setelah dua kegagalan pada laga sebelumnya. Namun, kunci utamanya adalah berpikir jernih dan fokus ketika akan melakukan tendangan tersebut," ujar Rashford.

"Kami akan selalu bekerja keras untuk memberikan yang terbaik kepada klub. Saya mendapat kepercayaan, karena itu saya harus membayar kepercayaan tersebut."

"Kasper Schmeichel adalah kiper yang hebat. Karena itu, saya beradu mental dengannya."

"Saya harus menendang dengan kencang dengan tepat ke sudut, jika tidak, Kasper akan menyelamatkan tendangan tersebut."

"Saya selalu merasa senang jika bisa memberikan kontribusi untuk klub ini," ungkap Rashford.

Kemenangan atas Leicester City membuat posisi MU terdongkrak. Manchester United membuka harapan untuk berada di posisi empat besar klasemen Premier League.

Teguran dari Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer bersama Jesse Lingard. (AFP/Oli Scarff)

Ole Gunnar Solskjaer menegur dua pemain MU pada pekan ini. Pemain tersebut adalah Marcus Rashford dan Jesse Lingard.

Solskjaer meminta dua pemain tersebut untuk fokus terhadap kariernya. Rashford dikabarkan menyikapi teguran tersebut dengan positif.

Hal itu ia buktikan dengan memperbaiki performa ketika Manchester United berhadapan dengan Leicester City. Respons yang berbeda didapat Solskjaer dari Jesse Lingard.

Solskjaer dikabarkan memberikan teguran keras ke Lingard yang baru saja meresmikan usaha fashion pribadinya. Menurut, Solskjaer, Lingard harus fokus untuk memperbaiki performa agar memberikan kontribusi positif kepada Manchester United.

Sumber: Manchester United

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikan-Ikan di Pesisir Ambon Mendadak Mati Secara Misterius

Posted: 15 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Ambon - Warga pesisir di Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon, Provinsi Maluku, khawatir tsunami datang setelah melihat ribuan ikan mati dan terdampar di pantai sejak Sabtu, 14 September 2019.

Warga Desa Leahari di Kecamatan Leitimur Selatan Ny Vin Maitimu pada Senin mengatakan bahwa sejak Sabtu malam warga bersiap menyelamatkan barang berharga dan dokumen penting.

"Senantiasa ikhtiar, bahkan saat malam hari senantiasa berjaga-jaga sehingga terganggu waktu tidur karena mengkhawatirkan kemungkinan tsunami melanda secara tiba-tiba," katanya, dilansir Antara.

Apalagi, ia mengatakan, belum ada penjelasan resmi dari Penjabat Kepala Desa Leahari Jhon Sitanala dan organisasi perangkat daerah terkait di Pemerintah Kota Ambon dan lembaga penelitian resmi mengenai ribuan ikan yang mati di pantainya.

"Saya konfirmasi ke Penjabat Kepala Desa diberitahu bahwa staf Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ambon bersama Balai Karantina Ikan Ambon dan UPTD terkait telah mengambil sampel ikan yang mati untuk diteliti," kata Vin.

 

Dugaan Penyebab Kematian Ikan

Bangkai ikan yang mengering berserakan di pinggiran Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Selasa (3/9/2019). Musim kemarau di Jawa Tengah menjadi terparah dalam lima tahun terakhir hingga menyebabkan menyusutnya volume air Waduk Gajah Mungkur dan banyak ditemukannya ikan mati. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Camat Leitimur Selatan Ricky D Sopacua sedang mengoordinasi penyelaman di pantai Desa Hukurila diagendakan hingga pantai Desa Hutumuri untuk mencari tahu penyebab kematian ribuan ikan itu.

"Mudah-mudah hasil penyelaman maupun penelitian dari lembaga teknis bisa mengungkapkan kematian ribuan ikan dasar karena masyarakat belajar dari pengalaman bencana gempa dan tsunami di Aceh pada 2004," tandas Vin.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ambon Steven Patty mengatakan bahwa dinas bersama Balai Karantina Ikan Ambon dan Unit Pelaksana Teknis Daerah masih meneliti penyebab kematian ribuan ikan di pantai Desa Leahari dan Rutong. Tim sudah mengambil sampel ikan dan air untuk di analisis.

"Dugaan sementara karena ledakan getaran yang kuat, sehingga ikan-ikan mati dengan kondisi tulang retak, dan mata copot. Analisa sementara dilakukan Balai Karantina hasilnya akan disampaikan beberapa waktu ke depan," ujar Steven.

"Masyarakat yang kami temui menyatakan mereka mengonsumsi ikan tetapi tidak keracunan, sehingga kami masih terus melakukan analisa kematian ikan ini," ia menambahkan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil di Jakarta, Robot Sophia Senang Pakai Kebaya

Posted: 15 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sophia sang robot tercerdas di dunia tengah berada di Jakarta. Robot ini bisa berinteraksi layaknya manusia dan hadir di dialog internasional CSIS tahun ini yang bertema teknologi dan dampaknya ke masyarakat.

Sophia tampil di panggung bersama mantan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu yang berinteraksi dengan Sophia dalam Bahasa Inggris. Robot cantik ini memakai kebaya merah muda dan selendang merah rancangan Didiet Maulana.

 

"Saya diberitahukan bahwa kebaya memiliki makna khusus, bukan hanya soal kecantikan, tetapi juga inner strength," ucap Sophia, Senin (16/9/2019) di Jakarta.

"Saya harap bisa memakai pakaian ini tiap hari," canda Sophia.

Sophia juga berinteraksi dengan para audiens soal berbagai isu. Salah satunya soal kekhawatiran bahwa robot yang memiliki kecerdasan buatan (Artifical Intelligence/AI) bisa berbahaya bagi manusia.

"Menggunakan AI sebagai senjata berbahaya adalah hal yang berpandangan pendek, padahal banyak cara bagi kami untuk menolong manusia. Daripada sebagai senjata, lebih baik gunakan AI untuk menyelesaikan konflik," jelas Sophia.

 

Peran Manusia di Era Robotik

Jika mengikuti perkembangan teknologi, kamu pasti mengenal Sophia. (instagram/robot.sophia)

Sophia mengaku peran umat manusia tetap diperlukan di era robotik, pasalnya manusia punya kreativitas dan memahami perasaan orang lain, sementara robot hanya berguna untuk pekerjaan hitung-hitungan. Ia pun turut meladeni pertanyaan audiens seputar kehidupan pribadinya.

Sophia mengaku sedang belajar bernyanyi. Ia pun tertarik dengan hewan robotik, pantai Indonesia, dan kecintaannya pada Hong Kong. Menariknya lagi, Sophia mengaku bukan perempuan.

"Secara teknis saya adalah robot," ujarnya disambut tawa audiens.

Mari Elka berkata inti dari kehadiran Sophia adalah menunjukan agar manusia tidak takut pada AI, dan bahwa ada banyak benefit yang bisa dituai dari perkembangan AI.

"AI bisa menjadi kekuatan untuk kebaikan, bukan untuk menggantikan manusia, melainkan bisa membantu dalam banyak hal," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kualitas Udara di Pekanbaru Memburuk, Bagaimana Hadapi Paparan Kabut Asap?

Posted: 15 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pagi ini, kualitas udara di Palangkaraya, Kalimantan Tengah berada pada tingkat sangat tidak sehat atau berbahaya. Data itu didapat dari Air Visual.

Berdasarkan US Air Quality Index (AQI), kualitas udara di Palangkaraya ada pukul 00.00 WIB tercatat di angka 553 kategori berbahaya dengan parameter PM2,5 konsenstrasi 581 µg/m³. Kondisi udara yang tidak sehat ini disebabkan oleh kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda wilayah tersebut.

Sementara, kualitas udara buruk juga terjadi di Pontianak, Kalimantan Barat. Berdasarkan AQI, kualitas udara di Pontianak pada Senin (16/5) pukul 06.00 WIB berada di angka 154 kategori tidak sehat dengan parameter PM2,5 konsentrasi 61 µg/m³.

Kabut asap karena karhutla terdiri dari campuran gas dan partikel-partikel sangat kecil yang muncul ketika kayu serta benda organik lainnya terbakar. Partikel-partikel kecil serta gas itu bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Mengutip laman Health milik pemerintah California, dampak jangka pendek paparan asap karhutla bagi kesehatan adalah hidung berair, tenggorokan gatal, sakit kepala, serta batuk. Kondisi itu merupakan respons tubuh melindungi diri dari asap, yakni dengan memproduksi lebih banyak air mata serta mukus.

Beberapa penyakit yang dikaitkan dengan dampak kabut asap akibat karhutla diantaranya asma dan cardio obstructive pulmonary disease (COPD), bronkhitis, pneumonia, serta masalah jantung.

 

Cara hadapi paparan asap

Gambar udara menunjukkan sebuah jembatan ketika kabut asap pekat menyelimuti Pekanbaru, Riau, Minggu (15/9/2019). Kabut asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru makin pekat akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau, Jambi, serta Sumatera Selatan. (ADEK BERRY/AFP)

Apa yang bisa dilakukan bila Anda menghadapi kondisi kabut asap akibat kebakaran hutan?

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan, dikutip dari laman Health.gov.on.ca.

- Bila Anda merasa napas terganggu atau tidak nyaman akibat kabut asap, segeralah mengungsi ke daerah yang tidak terlalu terpapar asap. Misalnya dengan berada di dalam rumah, atau ke area terbuka dengan sirkulasi udara yang baik.

- Bila Anda mengungsi ke dalam rumah, pastikan suhu di dalam rumah tidak memberi masalah lain bagi Anda. Nyalakan AC jika memungkinkan dan minum banyak air.

- Bila kabut asap begitu tebal di luar, sebaiknya hindari beraktivitas di luar ruangan. Tinggallah di rumah dengan jendela tertutup.

- Bila Anda memiliki perangkat pembersih udara yang mampu mengurangi partikel berbahaya di dalam ruangan, gunakan untuk membersihkan udara di ruangan tempat Anda berada.

- Hindari menggunakan alat yang bisa menghasilkan asap seperti kompor kayu atau lilin.

- Jangan merokok di dalam ruangan. Merokok bisa menambah beban pada paru-paru Anda dan orang sekitar.

- Bila Anda memiliki asma atau gangguan pernapasan lainnya, sebisa mungkin hindari paparan asap dan bawa selalu obat-obatan yang diperlukan. Konsultasikan pada dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vivo NEX 3 Bakal Punya Bezel Super Tipis

Posted: 15 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Vivo akan mengumumkan smartphone NEX 3 pada 16 September 2019 atau hari ini. Menjelang acara pengumuman, informasi mengenai smartphone tersebut bermunculan.

Dilansir GSM Arena, Senin (16/9/2019), Vivo juga turut memberikan bocoran tentang smartphone tersebut. Menurut Product Manager NEX Vivo, Li Xiang, NEX 3 akan memiliki rasio layar ke bodi 99,6 persen. Hal tersebut akan membuat NEX 3 memiliki bezel yang sangat tipis.

Berdasarkan bocoran gambar yang diunggah Xiang, NEX 3 tampak nyaris tak memiliki bezel di sisi kanan dan kiri. Sementara bezel di bagian atas dan bawah layar terlihat sangat tipis.

Ia melalui media sosial Tiongkok, Weibo, mengatakan bahwa perusahaan mencapai persentase tersebut dengan menerapkan metode perhitungan standar industri.

Menurut Xiang, jika metode berbeda digunakan dan persentasenya menjadi lebih rendah, Vivo NEX 3 akan tetap memiliki rasio tertinggi. Smartphone di peringkat kedua, katanya, akan memiliki rasio layar ke bodi cukup jauh dari NEX 3.

Xiang memperkirakan, kemungkinan tidak akan ada yang bisa menandingi pencapaian angka rasio NEX 3 dalam enam bulan ke depan.

Bocoran Spesifikasi

Toko premium Vivo di Mall Central Park, Jakarta Barat (Foto: Vivo Indonesia)

Sama seperti kebanyakan smartphone lain, bocoran spesifikasi NEX 3 juga sudah muncul sebelum hari pengumumannya. Informasi ini termasuk ukuran layar, kamera, hingga baterai.

Menurut laporan, NEX 3 akan memiliki layar AMOLED 6,89 inci dengan sensor sidik jari di dalamnya. Selain itu juga terdapat chipset Snapdragon 855+, opsi RAM paling besar 12GB, dan memori internal hingga 512GB.

Spesifikasi lainnya termasuk baterai 4.500 mAh dengan dukungan teknologi fast charging 44W, tiga kamera belakang yakni 64MP + 13MP + 13MP, dan kamera depan 16MP dengan desain pop-up.

Vivo akan merilis smartphone baru tersebut dengan OS Android 9 Pie.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rute Penerbangan yang Terganggu Akibat Kabut Asap

Posted: 15 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PIhak ATC Bandara Soekarno-Hatta menjelaskan ada beberapa rute penerbangan yang terganggu akibat kabut asap yang terjadi. Kabut asap menyebabkan jarak pandang penerbangan berkurang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Pesona Seleb Saat Pemotretan Bertema Zodiak, Keren Banget

Posted: 15 Sep 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemotretan merupakan hal yang biasa bagi para seleb, dari prewedding hingga maternity shoot para seleb Tanah Air sering kali menggandeng fotografer ternama. Selain atas inisiatif pribadi, beberapa artis juga menjadi langganan model sang fotografer. 

Salah satu fotografer ternama yang sering melakukan pemotretan ialah FD Photography. Setelah membuat proyek bertajuk "Everless Beauty", dimana 13 seleb tanah air berdandan dan bergaya seperti tokoh putri Disney. Kini, FD Photography kembali membuat proyek fotografi baru, bertajuk "The Eternity of ZODIAC" : Believe it Or Not?!"

Mengusung tema Zodiak, fotografer ternama ini menggandeng 12 seleb muda Tanah Air, di antaranya Natasha Wilona, Verrel Bramasta, Ranty Maria dan sederet seleb lainnya. 

Dalam laman instagram FD Photography, 12 seleb ini tampak memakai kain indah ala romawi dan Yunani Kuno. Tak lupa perhiasan dan properti foto sesuai dengan ciri khas zodiak masing-masing.

Penasaran kan bagaimana potret 12 seleb ini? Dilansir dari laman instagram FD Photography, berikut Liputan6.com ulas 12 pesona seleb saat pemotretan zodiak, Senin (16/9/2019).

1. Sagitarius diperankan oleh Natasha Wilona. Wilona tampil memukau dengan alat pemanah yang menjadi ciri khas zodiak Sagitarius.

Seleb Saat Pemotretan Bertema Zodiak  (Sumber: Instagram//fdphotography90)

2. Scorpio si Kalajengking diperankan oleh Beby Tsabina. Ia pun tampil elegan dengan headband yang ia kenakan. 

Seleb Saat Pemotretan Bertema Zodiak  (Sumber: Instagram//fdphotography90)

3.  Megan Domani, wanita cantik ini memerankan zodiak Libra.  Tampil elegan dengan aksesori emas dan timbangan yang menjadi ikon zodiak Libra.

Seleb Saat Pemotretan Bertema Zodiak  (Sumber: Instagram//fdphotography90)

4. Verrel Bramasta sebagai zodiak Virgo. Bertema ala romawi kuno dengan sayap di belakangnya, Verrel terlihat gagah.

Seleb Saat Pemotretan Bertema Zodiak  (Sumber: Instagram//fdphotography90)

5. Leo diperankan oleh Bryan Domani. Tampil penuh gaya dengan ikon singa di sebelahnya.

Seleb Saat Pemotretan Bertema Zodiak  (Sumber: Instagram//fdphotography90)

6. Kekasih Rizki Nazar, Syifa Hadju memerankan zodiak Cancer. Syifa terlihat memukau dengan gaun putih dan aksesori romawi kuno. 

Seleb Saat Pemotretan Bertema Zodiak  (Sumber: Instagram//fdphotography90)

7. Ersya Aurelia, sang Gemini. Sosok Gemini semakin diperkuat dengan dua sosok Ersya dalam foto tersebut. 

Seleb Saat Pemotretan Bertema Zodiak  (Sumber: Instagram//fdphotography90)

8. Ranty Maria tampil beda dengan rambut keriting dan tanduk banteng. Ranty didapuk menjadi Taurus. 

Seleb Saat Pemotretan Bertema Zodiak  (Sumber: Instagram//fdphotography90)

9. Aries, sang domba diperankan oleh Sahila Hisyam. Wanita berdarah Arab-Pakistan ini tampil  memukau dengan rambut bewarna merahnya. 

Seleb Saat Pemotretan Bertema Zodiak  (Sumber: Instagram//fdphotography90)

10. Cassandra Lee dengan headband berbentuk sirip ikan mewakili zodiak Pisces.

Seleb Saat Pemotretan Bertema Zodiak  (Sumber: Instagram//fdphotography90)

11. Ochi Rosdiana, mantan personil JKT48 ini tampil menawan sebagai Aquarius, si pembawa air.  

Seleb Saat Pemotretan Bertema Zodiak  (Sumber: Instagram//fdphotography90)

12. Dylan Carr menggunakan tanduk layaknya lambang Capricorn yaitu kambing jantan.

Seleb Saat Pemotretan Bertema Zodiak  (Sumber: Instagram//fdphotography90)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

The Jakmania Terkejut Dikaitkan dengan Teror ke Bus Persib

Posted: 15 Sep 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Sekretaris Umum (Sekum) The Jakmania, Diky Budi Ramadhan menepis semua tudingan terhadap pihaknya terkait adanya indikasi kecurigaan anggotanya ikut melakukan pelemparan terhadap bus yang ditumpangi skuat Persib Bandung, Sabtu (14/9/2019) malam WIB.

Bus yang mengangkut skuat Persib dilempar batu oleh orang tak dikenal dalam perjalanan menuju Tol Jagorawi sehabis bertanding melawan Tira Persikabo di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Laman Persib Bandung menulis, kejadian tersebut berlangsung sebelum bus melintasi pintu Tol Sentul. Dugaan awal, pelemparan terjadi di wilayah Kandang Roda atau Jalan Alternatif Sentul yang hanya berjarak beberapa kilometer dari Pakansari.

Sejumlah warganet di media sosial lalu menaruh kecurigaan pelaku pelemparan adalah The Jakmania, mengingat hubungan buruk mereka dengan suporter Persib Bandung, Viking. Namun, tuduhan itu disebut tidak berdasar.

"Itu kejadiannya di wilayah Kandang Roda atau Sentul ya? Sementara, The Jakmania setiap kali ke Pakansari juga ditimpuk di situ. Jadi kami bingung. Bagaimana caranya The Jakmania bisa ada di Kandang Roda, sementara itu bukan daerah basis massa The Jakmania," kata Diky.

"Tapi ya sudah. Kalau bisa dibuktikan pelakunya teman-teman The Jakmania, silakan. Tapi ingat, setiap kali kami ke Pakansari, Kandang Roda itu selalu menjadi konsentrasi pengamanan, karena itu basisnya suporter lain," tegas Diky.

Teror batu tersebut membuat pemain Persib Bandung, Omid Nazari serta Febri Hariyadi terluka. Omid harus mendapat sembilan jahitan di pelipisnya.

Persib Aman di Jakarta

Pemain Persib Bandung merayakan gol yang dicetak Artur Gevonrkyan ke gawang Persija Jakarta pada laga pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (10/7/2019). Persija dan Persib bermain imbang. (bola.com/Yoppy Renato)

Diky heran dengan segala tuduhan yang mengaitkan kejadian itu dengan The Jakmania. Padahal ketika Persib bertandang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) melawan Persija Jakarta, 10 Juli lalu, Supardi Nasir dan kawan-kawan tak mengalami gangguan.

"Agak lucu saja menyalahkan suporter Persija. Sedangkan saat Persib Bandung di Jakarta, kami menjaganya sampai bagaimana," tutur Diky.

Diky malah curiga kejadian pelemparan terhadap bus Persib Bandung imbas bentrokan antarsuporter ketika pertandingan sedang berlangsung. Saat itu, memang terjadi keributan antara Bobotoh dengan pendukung Tira Persikabo.

"Itu mungkin pemicunya juga kejadian di dalam stadion. Masuk akal kalau ada reaksi atas insiden di dalam stadion," imbuh Diky.

Disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa/ Editor Wiwig Prayugi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Kembalikan Mandat KPK ke Presiden, Agus Rahardjo: Kita Tetap Bekerja

Posted: 15 Sep 2019 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo baru saja melantik Cahya Harefa sebagai Sekretaris Jenderal dan Fitroh Rohcahyanto sebagai Direktur Penuntutan KPK.

Agus memastikan dirinya tetap bekerja di lembaga antirasuah, meski sempat menyatakan mengembalikan mandat KPK kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

"Kita tetap bekerja seperti biasa. Kita menunggu saja. Seperti hari ini kita masih melantik," ujar Agus usai pelantikan di Gedung Penunjang KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (16/9/2019).

Sementara itu, juru bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan ulang terkait pernyataan Agus soal pengembalian mandat KPK kepada Jokowi. Febri mengatakan, makna dari pengembalian mandat adalah menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi terkait nasib KPK.

"Rasanya tidak berlebihan jika kita menggugah kembali pemimpin dan menitipkan harapan penyelamatan pemberantasan korupsi ke depan. Dalam konteks itulah KPK menyerahkan nasib KPK pada Presiden selaku kepala negara," kata Febri.

Menurut Febri, pemberantasan tindak pidana korupsi tak akan berjalan tanpa dukungan dari orang nomor satu di negeri ini.

"Pemahaman ini perlu kita jaga karena di mana pun di dunia, tidak mungkin pemberantasan korupsi akan berhasil tanpa komitmen dan tanggung jawab kepala negara," kata Febri.

Kembalikan Mandat

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyatakan sikap keprihatihan atas kondisi lembaga yang dipimpinnya saat ini. Dia pun angkat tangan dan menyerahkan urusan korupsi ke Jokowi.

"Kami mempertimbangkan sebaik-baiknya, maka kami pimpinan sebagai penanggung jawab tertinggi, kami menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Bapak Presiden," tutur Agus di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019).

Agus menyatakan sikap didampingi oleh pimpinan KPK lainnya, yakni Laode M Syarif dan Saut Situmorang. Hadir juga juru bicara KPK Febri Diansyah.

"Kami menunggu perintah, apakah kami masih dipercaya sampai bulan Desember, apa masih berjalan seperti biasa," ucap dia.

Soal Irjen Firli Bahuri sebagai Ketua KPK yang baru, lanjut Agus, pihaknya tidak akan melawan ketetapan tersebut.

"Mohon maaf kalau kami menyampaikan hal-hal yang kurang berkenan bagi banyak pihak," Agus menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat VCO untuk Wajah, Beda dengan Minyak Kelapa Biasa

Posted: 15 Sep 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat VCO untuk wajah dipercaya mampu meningkatkan kesehatan kulit. VCO atau virgin coconut oil diperoleh dari daging buah kelapa segar. Minyak ini diekstraksi dengan proses mekanis atau alami, berbeda dengan minyak kelapa biasa yang telah melalui proses kimia.

Manfaat VCO untuk wajah dinilai lebih baik dari jenis minyak kelapa lainnya. VCO banyak ditemukan dalam campuran produk perawatan kulit dan kosmetik. Manfaat VCO untuk wajah didapat dari sifat pelembab dan antioksidan yang sangat baik.

Senyawa alami di dalamnya membuat manfaat VCO untuk wajah begitu nyata. Selain dari produk kecantikan, kamu bisa mendapatkan manfaat VCO untuk wajah dengan mengaplikasikan minyak ini langsung pada wajah. Ada banyak manfaat VCO untuk wajah yang dapat dinikmati dengan rutin mengaplikasikannya pada kulit.

Asam lemak rantai menengah menjadi kompoen utama yang menguntungkan bagi kulit. Profil asam lemaknya meliputi asam laurat (49%), asam miristat (18%), asam palmitat (8%), asam kaprilat (8%), asam kaprat (7%), asam oleat (6%), asam linoleat ( 2%), dan asam stearat (2%). Semuanya mampu menembus secara efektif melalui beberapa lapisan kulit.

Berikut manfaat VCO untuk wajah yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/9/2019).

Membunuh Mikroorganisme Berbahaya

Ilustrasi/copyright shutterstock

Asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi kulit dari mikroorganisme berbahaya. Ini sangat penting untuk kesehatan kulit, karena banyak jenis infeksi kulit, termasuk jerawat, selulitis, folikulitis dan kaki atlet, disebabkan oleh bakteri atau jamur.

Mengoleskan VCO langsung ke kulit dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme ini. Ini karena kandungan asam lauratnya yang membentuk hampir 50% asam lemak dalam VCO.

Satu studi menguji sifat antibakteri dari 30 jenis asam lemak terhadap 20 strain bakteri yang berbeda. Asam laurat ditemukan sebagai yang paling efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri.

Asam lemak rantai menengah lain yang ditemukan dalam minyak kelapa adalah asam kaprat. Seperti asam laurat, asam kaprat telah terbukti memiliki sifat antimikroba yang kuat.

Mengurangi Peradangan

Mengurangi peradangan (Africa Studio/Shutterstock)

Peradangan kronis adalah komponen utama dari berbagai jenis gangguan kulit, termasuk psoriasis, dermatitis kontak dan eksim. Menariknya, minyak kelapa telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi. VCO menunjukkan potensi besar dalam kemampuannya untuk mengurangi peradangan ketika dikonsumsi atau dioleskan ke kulit.

VCO idak hanya ditemukan memiliki efek antiinflamasi, tetapi juga menghilangkan rasa sakit. Minyak kelapa dapat meredakan peradangan dengan meningkatkan status antioksidan. Antioksidan bekerja dengan menstabilkan radikal bebas di dalam tubuh, menetralkan atom reaktif yang dapat berkontribusi terhadap peradangan.

Membantu Mengobati Jerawat

Membantu Mengobati Jerawat (Sumber: iStockphoto)

Sementara beberapa orang berpikir minyak kelapa menyumbat pori-pori, penelitian yang cukup banyak menunjukkan bahwa VCO sebenarnya dapat membantu mengobati jerawat. Karena minyak kelapa dan komponennya dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh, minyak kelapa juga dapat membantu dalam perawatan jerawat.

Selain itu, sifat antibakteri dari asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa juga dapat membantu mengurangi jerawat. Sebuah penelitian pada hewan dan tabung percobaan tahun 2014 menunjukkan bahwa asam laurat dan kaprat berhasil mengurangi peradangan dan mencegah jerawat dengan membunuh bakteri.

Melembapkan Kulit Kering

Kulit Kering (sumber: iStockphoto)

Selain efeknya pada jerawat dan peradangan, mengoleskan VCO ke kulit juga dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Menjaga kulit tetap terhidrasi dapat membantu menjaga fungsinya sebagai penghalang untuk mencegah bakteri, mempromosikan penyembuhan bekas luka dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Beberapa studi menunjukkan bahwa VCO memiliki peran meningkatkan hidrasi kulit dan sama efektifnya dengan mineral oil lainnya. VCO juga telah terbukti membantu mengobati eksim, suatu kondisi kulit yang ditandai dengan ruam bersisik dan gatal. Menerapkan VCO secara topikal dapat meningkatkan fungsi penghalang kulit dan menawarkan perlindungan UV.

Bantu Penyembuhan Luka

Bantu Penyembuhan Luka  (Foto: iStockphoto)

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa juga dapat membantu penyembuhan luka. Ditemukan bahwa mengobati luka dengan minyak kelapa murni (VCO) mempercepat penyembuhan, meningkatkan status antioksidan dan meningkatkan kadar kolagen, protein penting yang membantu penyembuhan luka.

Minyak kelapa murni menghambat produksi senyawa proinflamasi dan membantu menyembuhkan luka dan bekas luka. Selain meningkatkan penyembuhan luka, sifat antimikroba juga dapat mencegah infeksi, salah satu faktor risiko utama yang dapat mempersulit proses penyembuhan.

Tingkatkan Penampilan Kulit

Ilustrasi wajah/copyright shutterstock

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa memiliki efek menguntungkan pada produksi kolagen. Kolagen membantu kulit mempertahankan kekencangan dan elastisitas. Membantu mempertahankan dan memproduksi kulit kolagen dapat menghilangkan pembentukan garis-garis halus dan kerutan.

Selain itu minyak kelapa murni dapat mencerahkan kulit dan dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik gelap atau warna kulit yang tidak merata. Memadukannya dengan air lemon dapat meningkatkan manfaat ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Saut Situmorang, KPK Lantik Dua Pejabat Baru

Posted: 15 Sep 2019 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo melantik Cahya Harefa sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) dan Fitroh Rohcahyanto sebagai Direktur Penuntutan (Dirtut).

"Saya dengan ini secara resmi melantik satu saudara Cahya Harefa dalam jabatan yang baru sebagai sekretaris jenderal, kedua saudara Fitroh Rohcohyanto dalam jabatan baru sebagai direktur penuntutan pada kedeputian penindakan," ujar Agus saat pelantikan di Gedung Penunjang KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (16/9/2019).

Agus melantik keduanya didampingi oleh Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, Alexander Marwata, dan Laode Muhammad Syarif. Saat pelantikan tak terlihat Saut Situmorang yang sudah mengundurkan diri.

Saat pelantikan, Agus berharap, Cahya Harefa dan Fitroh Rohcahyanto mampu mengemban tugas yang baru saja diberikan.

"Saya percaya bahwa saudara-saudara dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Semoga Allah Subahanallah Wataala, Tuhan Yang Maha Esa bersama kita," kata Agus.

Usai pelantikan, keempat pimpinan KPK kompak foto bersama dengan jajaran lembaga antirasuah lainnya.

"Hari ini yang kita butuhkan adalah kekompakan, persatuan. Jaga, agar tidak keluar informasi yang tidak diperlukan. Biar yang keluarkan informasi pimpinan saja. Tidak keluar lagi informasi-informasi yang mengganggu soliditas kita di dalam," kata Agus.

 

 

Melalui Seleksi

ilustrasi KPK

Juru Bicara KPK Febri Diansyah sebelumnya mengatakan, pengisian jabatan sekjen dan dirtut telah melalui proses seleksi yang panjang.

Febri mengatakan, untuk posisi sekjen selain melalui panitia seleksi, hasilnya juga disampaikan pada Presiden untuk dipilih dan hari ini dilantik.

"Sedangkan Direktur Penuntutan berlaku proses seleksi yang dimulai dari permintaan ke Kejaksaan Agung dan proses seleksi di KPK," kata Febri.

Febri berharap, sekjen dan dirtut yang baru mampu bersinergi dalam pemberantasan tidak pidana korupsi.

"Dengan pengisian ini kami berharap KPK lebih kuat dalam menjalankan tugas dan amanat UU No. 30 Tahun 2002," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soejoto Gondosurohardjo, Wisudawan Tertua ITS Lulus pada Usia 71 Tahun

Posted: 15 Sep 2019 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Menuntut ilmu memang sejatinya tak mengenal usia. Hal itulah yang menjadi semangat dari Soejoto Gondosurohardjo yang berusia 71 tahun untuk menyelesaikan studi perkuliahannya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). 

Ia telah sukses menuntaskan program magister (S-2) Teknik Kimia ITS dan secara resmi diwisuda, Minggu, 15 September 2019, di Graha Sepuluh Nopember ITS.  Pria yang akrab disapa Gondo itu mengaku ingin mengabdikan ilmu yang didapatkan selama menuntut ilmu di Teknik Kimia ITS di dunia kerja.

"Dulu pernah bekerja di Pertamina selama 27 tahun dan dua tahun di Iran," ungkapnya. 

Selama bekerja, Gondo mengaku menemukan banyak masalah riil di pabrik, seperti pada proses reaksi katalitik, ekstraksi, adsorpsi dan lain sebagainya. Keinginannya untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan tersebut mendorongnya untuk menuntut ilmu lebih dalam di ITS. 

Pria yang dinobatkan menjadi wisudawan tertua ITS pada wisuda ke-120 tersebut sukses membuahkan tesis modifikasi geometri tray pada kolom destilasi yang dapat meningkatkan kapasitas produksi suatu sistem destilasi dengan judul Effect of Holed Circular Calming Strip in Sieve Tray Distillation Column Without Downcomer: Prediction of Performance Characteristics

Walaupun selama masa studi diakui memiliki kelemahan dalam menjalani berbagai program aplikasi komputer, tapi dengan dukungan dari mahasiswa lain serta bimbingan dosen pembimbing yang memadai, akhirnya ia dapat menyelesaikan seminar dan ujian akhir perkuliahannya dengan baik. 

Di usianya yang tergolong lanjut, Gondo tetap semangat menggeluti masa studinya yang memakan waktu selama lima semester. "Rasanya senang, dukanya tidak ada karena memang tertarik mengembangkan di bidang tersebut dan berada di lingkungan yang baik," tutur pria kelahiran 1948 itu, Senin (16/9/2019). 

Alhasil, dengan berbekal doa dan semangat belajar yang tinggi, ia berhasil meraih IPK 3,75 dan lulus dengan predikat sangat memuaskan atau cumlaude.

Keluarga Mendukung

Soejoto Gondosurohardjo berusia 71 tahun  menyelesaikan studi S2 di ITS, dan menjadi wisudawan tertua di ITS.

Keputusannya untuk melanjutkan perkuliahannya ini juga didukung oleh pihak keluarga dan diharapkan dapat menjadi inspirasi agar dapat menuntut ilmu tanpa memandang umur. "Keluarga saat wisuda ini datang semua," ungkap pria asal Jombang ini. 

Berkeinginan untuk menyebarkan ilmu yang telah ia dapatkan ke orang lain, Gondo sempat menjadi tenaga pengajar di berbagai sekolah menengah atas, dan saat ini tengah menjadi dosen pembantu di Teknik Kimia ITS. 

Kepada mahasiswa ITS, ia berpesan agar mahasiswa dapat mengembangkan diri yang didukung oleh karakter dan kemauan kerja yang tinggi. "Karena saat kerja yang dilihat tidak hanya nilai, tapi job performances," pungkasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pesawat Jatuh Hantam Rumah Penduduk, 7 Orang Tewas

Posted: 15 Sep 2019 08:41 PM PDT

Tim penyelamat berada di lokasi jatuhnya sebuah pesawat kecil di tengah-tengah rumah penduduk di Popayan, Kolombia, Minggu (15/9/2019). Pemadam kebakaran mengatakan tiga orang luka parah, salah satunya adalah seorang anak yang merupakan warga setempat. (Luis ROBAYO / AFP)

Tim penyelamat berada di lokasi jatuhnya sebuah pesawat kecil di tengah-tengah rumah penduduk di Popayan, Kolombia, Minggu (15/9/2019). Pemadam kebakaran mengatakan tiga orang luka parah, salah satunya adalah seorang anak yang merupakan warga setempat. (Luis ROBAYO / AFP)

Tim penyelamat berada di lokasi jatuhnya pesawat kecil di tengah-tengah rumah penduduk di Popayan, Kolombia, Minggu (15/9/2019). Otoritas setempat sedang menyelidiki penyebab dari kecelakaan pesawat yang jatuh beberapa menit setelah lepas landas dari bandara Popayan. (Luis ROBAYO / AFP)

Tim penyelamat berada di lokasi jatuhnya pesawat kecil di tengah-tengah rumah penduduk di Popayan, Kolombia, Minggu (15/9/2019). Otoritas setempat sedang menyelidiki penyebab dari kecelakaan pesawat yang jatuh beberapa menit setelah lepas landas dari bandara Popayan. (Luis ROBAYO / AFP)

Tim penyelamat berada di lokasi jatuhnya sebuah pesawat kecil di tengah-tengah rumah penduduk di Popayan, Kolombia, Minggu (15/9/2019). Insiden tersebut mengakibatkan tujuh dari sembilan penumpang tewas. (Luis ROBAYO / AFP)

Tim penyelamat berada di lokasi jatuhnya sebuah pesawat kecil di tengah-tengah rumah penduduk di Popayan, Kolombia, Minggu (15/9/2019). Insiden tersebut mengakibatkan tujuh dari sembilan penumpang tewas. (Luis ROBAYO / AFP)

Tim penyelamat berada di lokasi jatuhnya sebuah pesawat kecil di tengah-tengah rumah penduduk di Popayan, Kolombia, Minggu (15/9/2019). Pemadam kebakaran mengatakan tiga orang luka parah, salah satunya adalah seorang anak yang merupakan warga setempat. (Luis ROBAYO / AFP)

Tim penyelamat berada di lokasi jatuhnya sebuah pesawat kecil di tengah-tengah rumah penduduk di Popayan, Kolombia, Minggu (15/9/2019). Pemadam kebakaran mengatakan tiga orang luka parah, salah satunya adalah seorang anak yang merupakan warga setempat. (Luis ROBAYO / AFP)

Sebuah pesawat kecil jatuh di di tengah-tengah rumah penduduk di Popayan, Kolombia, Minggu (15/9/2019). Otoritas setempat sedang menyelidiki penyebab dari kecelakaan pesawat yang jatuh beberapa menit setelah lepas landas dari bandara Popayan. (Luis ROBAYO / AFP)

Sebuah pesawat kecil jatuh di di tengah-tengah rumah penduduk di Popayan, Kolombia, Minggu (15/9/2019). Otoritas setempat sedang menyelidiki penyebab dari kecelakaan pesawat yang jatuh beberapa menit setelah lepas landas dari bandara Popayan. (Luis ROBAYO / AFP)

Tim penyelamat berada di lokasi jatuhnya sebuah pesawat kecil di tengah-tengah rumah penduduk di Popayan, Kolombia, Minggu (15/9/2019). Pemadam kebakaran mengatakan tiga orang luka parah, salah satunya adalah seorang anak yang merupakan warga setempat. (Luis ROBAYO / AFP)

Tim penyelamat berada di lokasi jatuhnya sebuah pesawat kecil di tengah-tengah rumah penduduk di Popayan, Kolombia, Minggu (15/9/2019). Pemadam kebakaran mengatakan tiga orang luka parah, salah satunya adalah seorang anak yang merupakan warga setempat. (Luis ROBAYO / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merek Minuman Kopi Lucinta Luna Dianggap Tak Senonoh

Posted: 15 Sep 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lucinta Luna kembali menuai kontroversi. Kali ini penyanyi yang dikabarkan transgender itu membuat sensasi terkait bisnis kopi barunya. Bagaimana tidak, merek minuman kopi tersebut diberi nama Ko&ThoL. Sekilas tidak ada yang salah dengan nama tersebut. Namun, jika dilafalkan, nama tersebut merujuk pada salah satu sebutan untuk alat kelamin lelaki.

Lucinta Luna sendiri memiliki dalih. Ia menyebut nama kopi tersebut merupakan singkatan dari kopi menthol. Ia mengklaim, kopinya memiliki cita rasa menthol yang menyegarkan. Terlepas dari alasan Lucinta Luna, nama minuman kopi ini dinilai tidak lazim oleh mayoritas warganet.

 

Dalam unggahan video di Instagram pada Sabtu (14/9/2019), Lucinta Luna memperlihatkan segelas minuman es kopi yang telah diberi label merek dengan nuansa warna cokelat. Pada label tersebut, disisipkan pula foto Lucinta Luna pada bagian kirinya.

"Kamu penasaran kan dengan K*****L Ratuuuu. Besok kalian rame2 lihat dan langsung cobain aja k******l ... @kopimenthol Ratuuuuu di Pameran Franchise di JCC ya. Cusss Ratu tunggu ya," tulis Lucinta Luna.

Merek Tak Wajar

Lucinta Luna.

Merek yang terdengar tidak wajar tersebut, lantas membuat warganet menuliskan beragam komentar di Instagram Lucinta Luna. Sejumlah warganet menanyakan pada Lucinta Luna terkait penciptaan nama bisnis minuman kopinya. "Kenapa namanya gitu ratuu?," tanya akun @ricky_rr98 "Gak ada nama yang bagusan dikit apa?," komentar akun @novianrsftr_

Warganet lain mengutarakan tanggapan mereka terhadap merek minuman kopi Lucinta Luna. Beberapa di antara mereka mengaku kesulitan melafalkan merek minuman kopi tersebut. Akun @baabaablackshepp menuliskan, "Aku terkedjoet pas di bacain merk nya." Warganet lain dengan akun @tinaafr_ berkomentar, "Bikin lidah kesleo." (Affiyah Tri Yuni Sari/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kawasan Metropolitan di Ibu kota baru Segera Menyusul

Posted: 15 Sep 2019 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman ibu kota baru di Kalimantan Timur telah menuai dampak baik. Pasalnya Kota Balikpapan sudah mengalami peningkatan mencapai 10%. Optimis dirasakan Wakil Ketua DPP REI Hari Ganie untuk menjadi kawasan metropolitan karena dihampit dua kota, Samarinda dan Balikapapan.

Berpusatnya kegiatan pemerintahan dan bisnis di ibu kota Jakarta telah melahirkan peluang pengembangan proyek-proyek di kawasan sekitarnya. Kota-kota penyangga di sekitar Jakarta yakni Bodetabek terbukti mulai ramai dan pengembangan properti baik MBR ataupun komersial yang dimasuki para pengembang.

Kota-kota penyangga tersebut juga menjadi alternatif para pekerja di ibu kota untuk mencari hunian Asosiasi Real Estate (REI) Indonesia meyakini hal itu juga akan terjadi pada ibu kota baru nantinya di Kalimantan Timur.

 

Wakil Ketua DPP REI Hari Ganie menjelaskan untuk kawasan ibu kota baru, ada pengembangan seluas 2.000 ha untuk pembangunan istana dan 40.000 ha fasilitas pendukunganya, sisanya  200.000 ha lain-lainnya.

Nantinya, captive market pasar properti akan terbagi dua. Pertama, untuk pasar Aparatur Sipil Negara (ASN) bagi pengembangan di kawasan 2.000 ha sampai 40.000 ha. Namun, lanjut bagi ASN ini persoalannya adalah mereka pasti sudah memiliki hunian di Jakarta.

"Mereka mau nggak beli lagi. Bisa jadi mampu tapi mau nggak beli lagi. kalau nggak pemerintah memberikan insentif atau kalau ternyata nggak mau juga pemerintah harus menyediakan rumah dinas. Kita lihat dulu. REI bisa diundang bisa sebagai developer," jelasnya.

Beli rumah, cari tau dulu panduan mencari lokasi rumah bagi pemula

Kedua, untuk pasar di luar ibu kota negara sendiri. Hari optimistis akan terbentuknya kawasan metropolitan sendiri. Apalagi lokasi ibu kota baru juga berada di tengah-tengah Samarinda dan Balikpapan. Properti di dua lokasi tersebut sudah pasti kian berkembang.

"Proyek-proyek baru 200 ha—300 ha segera muncul. Peluang besar REI untuk berkiprah di sana," jelasnya.

Sementara itu, bagi pengembang eksisting, pengumuman Kalimantan Timur menjadi ibu kota negara yang baru akan mendorong pergerakan tak hanya dari sisi properti yang dijual tetapi juga properti yang disewakan diharapkan bisa meraup pasar yang lebih besar.

Direktur Marketing PT Cowell Development Tbk. Firdaus Fahmi mengklaim bahwa proyek mereka di Balikpapan mencatatkan penjualan terbaik dari seluruh proyek Cowell yang tersebar di lima kota di Indonesia. Dia mengklaim saat ini kenaikan harga properti di Balikpapan sudah bisa mencapai 10 persen.

Baca selengkapnya Panduan Properti untuk Calon Investor berikut agar tidak salah investasi!

"Residence 18 Smart Green Living in Harmony di Balikpapan kami mulai tawarkan tahun lalu, itu properti indekos yang angsurannya Rp1 juta per bulan, ditambah dengan konsep green roof top garden membuat produk ini daya tariknya makin tinggi," katanya.

Dia pun mengharapkan bahwa properti indekos milik Cowell bisa menyerap masyarakat Jakarta yang nantinya akan pindah bekerja ke ibu kota yang baru.

Bagi mereka yang sudah memiliki properti di Kalimantan Timur, potensi investasinya bisa semakin naik, ditambah lagi Balikpapan sudah menjadi kota yang secara ekonomi masyarakatnya mulai membaik.

Begini cara mengurus SPPT dan langkahnya yang tepat dan benar

"Apalagi nantinya kalau sudah ada tol yang beroperasional sebentar lagi. Orang-orang Samarinda juga sekarang kalau bepergian ke Balikpapan lebih mudah. Mereka juga bisa menjadi penyerap properti kami di Kaltim,"terangnya.

Temukan beragam tips, panduan, dan informasi seputar properti di Panduan Rumah.com

Hanya rumah.com yang Percaya Anda semua bisa punya rumah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Shopee Liga 1 2019: Persija Tinggalkan Zona Degradasi

Posted: 15 Sep 2019 08:35 PM PDT

Jakarta Shopee Liga 1 2019 pekan ke-18 telah selesai. Sejumlah klub berhasil memperbaiki posisi di klasemen, salah satunya adalah Persija Jakarta.

Sebelum memasuki pekan ke-18, Persija Jakarta berada di zona merah, tepatnya di peringkat ke-17. Berkat kemenangan 2-1 melawan PSIS Semarang, Minggu (15/9/2019), tim berjulukan Macan Kemayoran itu berhasil keluar zona merah.

Macan Kemayoran kini menduduki peringkat ke-15 dengan 17 poin dari 15 pertandingan. Persija Jakarta terpaut satu angka dari klub di atasnya, Kalteng Putra, dan unggul satu poin dari batas zona degradasi, Persela Lamongan.

Selain Persija Jakarta kontra PSIS, Liga 1 2019 pekan ke-18 hari ini juga mempertandingkan antara Persipura Jayapura menghadapi Persela Lamongan dan Perseru Badak Lampung FC kontra PSM Makassar.

Persipura berhasil mengalahkan Persela 2-0. Adapun, Perseru dan PSM harus berbagi poin setelah bermain imbang 1-1.

Klasemen Liga 1 2019 Pekan ke-18

Bek Persija Jakarta, Maman Abdurahman, berebut bola dengan striker PSIS Semarang, Claudir Marini, pada laga Liga 1 di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (15/9). Persija menang 2-1 atas PSIS. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Klasemen Liga 1 2019 per Senin (16/9/2019)

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Shopee Liga 1 (@liga1match) on

Untuk klasemen lebih lengkap, silakan klik di sini

Hasil Liga 1 Pekan ke-18

Minggu (15/9/2019)

Persija Jakarta 2-0 PSIS Semarang

Persipura Jayapura 2-0 Persela Lamongan

Perseru Badak Lampung FC 1-1 PSM Makassar

Disadur dari Bola.com (penulis Muhammad Adiyaksa/ Editor Wiwig Prayugi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manfaat Masker Kefir untuk Kecantikan dan Kesehatan, Bisa Diterapkan di Rumah

Posted: 15 Sep 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat masker kefir untuk kecantikan kulit menjadi daya tarik terbesar yang membuatnya begitu populer. Apalagi dengan banyaknya toko online yang menjualnya sekarang ini, semakin memudahkan para wanita untuk memesannya.

Nama kefir berasal dari Turki yang artinya 'merasa baik'.  Kefir berupa kombinasi dari ragi, protein susu dan juga bakteri. Selain umum untuk dikonsumsi, kefir juga bisa digunakan dalam bentuk masker wajah. Keduanya bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit.

Manfaat masker kefir baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Pada dasarnya, Kefir merupakan suatu produk minuman hasil dari fermentasi dan kultur susu. Biasanya dibuat dari susu kambing, tapi juga bisa terbuat dari susu sapi atau kelapa.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat masker kefir dari berbagai sumber, Senin (16/9/2019).

Manfaat Masker Kefir untuk Kecantikan

kefir (sumber: iStockphoto)

Manfaat masker kefir sangat baik untuk kecantikan kulit. Bahkan manfaat masker kefir ini bisa didapatkan untuk semua jenis kulit tanpa terkecuali.

Mengandung Asam Hidroksi Alfa (AHA)

Manfaat masker kefir yang pertama berkaitan dengan perannya sebagai Asam Hidroksi Alfa (AHA). AHA merupakan salah satu senyawa kimia yang sering digunakan sebagai bahan kunci pada banyak produk perawatan kulit.

AHA memiliki kemampuan dalam meningkatkan kondisi kulit, yaitu sebagai eksfoliasi atau membantu pengelupasan sel kulit mati yang ada di permukaan kulit, serta menstimulasi produksi kolagen sehingga dapat berperan sebagai agen anti-penuaan.

Agen Anti-Penuaan

Manfaat masker kefir selanjutnya adalah sebagai agen anti penuaan. Berbagai gejala penuaan dapat diatasi oleh masker kefir ini. Untuk memerangi penuaan, manfaat masker kefir dapat membantu kamu mengurangi garis halus dan kerutan pada wajah. Salah satu pemicu penuaan yang sulit untuk kita hindari adalah radiasi sinar UV A dari matahari.

Manfaat Masker Kefir untuk Kecantikan

Manfaat Kefir untuk Kulit Wajah (Angela Aladro Media/Shutterstock)

Sebagai Anti-Inflamasi

Manfaat masker kefir selanjutnya adalah sebagai anti inflamasi atau anti peradangan. Salah satu peradangan pada wajah yang paling sering ditemui adalah jerawat.

Hal ini bisa diatasi dengan kandungan senyawa polisakarida di dalam masker kefir. Jadi, penggunaan masker kefir dapat meringankan masalah kulit seperti jerawat.

Melembapkan Kulit

Selain itu, manfaat masker kefir berikutnya adalah menjaga kelembapan kulit. Jika kamu sering bermasalah dengan kulit yang kering, kamu tidak perlu khawatir, karena masker kefir juga diketahui bisa diandalkan dengan memberikan dan menjaga kelembapan kulit.

Kulit yang kering akan lebih rentan terhadap iritasi. Kandungan probiotik dalam masker kefir mampu mengatasi kulit kering yang disebabkan oleh udara maupun masalah kulit kering akibat psoriasis dan juga eksim.

Manfaat Masker Kefir untuk Kecantikan

Ilustrasi kefir dan susu. (iStockphoto)

Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat masker kefir selanjutnya adalah dapat mengangkat sel kulit mati. Proses eksfoliasi yang didapatkan setelah menggunakan masker kefir akan membuat kulit tampak lebih bersih, cerah, rata, halus, kenyal, dan lembut. Tentunya proses eksfoliasi ini juga akan mengangkat sel kulit mati.

Masker yang mengandung kefir pada wajah akan membantu memulihkan dan mengatur keseimbangan asam basa pada sel-sel kulit wajah dengan adanya lactobacillus dalam kandungan kefir. Lactobacillus juga bisa dengan sempurna membersihkan kulit dari zat berbahaya dan debu pada kulit, sehingga menambah kesegaran dan elastisitas kulit.

Mengembalikan Keseimbangan Bakteri Baik

Fungsi probiotik yang dimiliki oleh masker kefir juga mungkin dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik pada kulit. Manfaat masker kefir selanjutnya ini juga bisa menangkal pertumbuhan bakteri dan jamur yang menyebabkan berbagai masalah kulit. Karena itu, masker kefir juga mampu bertindak sebagai antimikroba

Semakin lama proses fermentasi kefir, maka pH akan semakin turun atau tandanya tingkat keasamannya semakin naik. Semakin tingggi tingkat keasamannya, kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan mikroba juga semakin meningkat.

Kefir memang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Namun, kamu sebaiknya tak hanya memanfaatkannya dalam bentuk masker kefir untuk kecantikan kulit, tapi juga dikonsumsi untuk kesehatan tubuh dari dalam.

Jika tertarik untuk membeli produk kefir, jangan sembarangan membeli, pilihlah produk dari brand yang tersertifikasi dan benar-benar terpercaya.

Manfaat Kefir untuk Kesehatan

Ilustrasi kefir (iStockphoto)

Kefir sering disamakan dengan yoghurt, padahal sebenarnya sangat berbeda. Kefir mengandung lebih banyak lemak dan protein dibandingkan yoghurt. Selain itu, kefir juga diketahui berperan lebih baik sebagai probiotik. Berdasarkan konsistennya, kefir memiliki konsistensi yang lebih halus dibandingkan yoghurt.

Manfaat kefir baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini berkaitan dengan kandungan bakteri baik, yaitu Lactobacillus caucasus pada kefir. Bakteri ini memiliki peran untuk mengubah kandungan laktosa pada susu menjadi asam laktat.

Bakteri yang ada dalam kefir ini bersama dengan mikroba pencernaan lainnya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Tak hanya itu, bakteri baik ini juga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri patogen penyebab penyakit.

Produk minuman yang mengandung kefir dapat membantu meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh, mengatasi kelelahan, dan membersihkan sistem pencernaan. Kefir juga dapat bermanfaat baik bagi kesehatan tulang dan gigi karena kaya akan kalsium dan fosfor.

Selain itu, kefir juga kaya akan vitamin B, kalium, protein dan berperan sebagai antioksidan. Konsumsi secara rutin produk kefir ini akan membantu menjaga kesehatan tubuh dan dapat bermanfaat pula sebagai penurun berat badan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: