Kamis, 05 September 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kuartet Penyerang Timnas Indonesia Cuma Bagus di Babak Pertama

Posted: 05 Sep 2019 10:30 PM PDT

Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy menyajikan kejutan dengan memasukkan nama pemain belia, Saddil Ramdani, saat bersua Malaysia di laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Kamis (5/9/2019) malam WIB.

Bermain dengan skema 4-2-3-1, Saddil yang selama ini jadi andalan Timnas Indonesia U-23 berduet dengan Andik Vermansah di dua sisi melebar ofensif.

Di sisi lain, Simon menempatkan Alberto "Beto" Goncalves sebagai ujung tombak tunggal, dibayangi Stefano Lilipaly sebagai penyerang lubang.

Kombinasi ofensif yang melibatkan empat pemain sukses menghancurkan lini pertahanan Malaysia Memanfaatkan sistem bertahan blok tinggi, pemain bertahan Tim Harimau Malaya dibuat kelipungan menghadapi empat penyerang cepat.

Kehadiran Saddil membuat lini sayap Tim Merah-Putih lebih agresif. Ia menyumbang assist cantik ke Beto, yang membuka keran gol Timnas Indonesia.

Andik Vermansah bermain tak kalah ciamik. Ia penyumbang assist gol kedua Beto yang jadi sosok menakutkan bagi kubu lawan sepanjang laga. 

Sayang kinerja memesona keempat pemain hanya bertahan selama 45 menit saja. Memasuki paruh kedua permainan mereka tak berkembang. Terutama saat Malaysia bermain lebih menyerang untuk mengejar skor.

Skor akhir 2-3 terasa mengecewakan bagi anak-anak Timnas Indonesia yang tampil bagus di awal laga.

Kombinasi Beto dan Lilipaly

Pemain Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly (kanan) bersama Alberto Goncalves merayakan gol ke gawang Timor Leste pada laga penyisihan grup B Piala AFF 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Selasa (13/11). Indonesia unggul 3-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Alberto Goncalves kembali menujukkan kapasitasnya sebagai mesin gol andalan Timnas Indonesia. Semenjak jadi bagian Tim Merah-Putih asuhan Luis Milla di Asian Games, striker Brasil berusia 34 tahun itu konsisten mencetak gol-gol penting bagi timnas.

Saat menghadapi Malaysia, Beto bermain dinamis. Ia tidak statis berada di tengah. Bomber kelahiran 31 Desember 1980 itu, seringkali bergerak ke sisi melebar kanan dan kiri untuk memecah konsentrasi bek-bek Malaysia.

Saat Beto bermain melebar, Stefano Lilipaly selalu siap sedia menutup posisi kosong yang ditinggalkan koleganya.

Sejak jadi bagian Timnas Indonesia di Piala AFF 2016, pemain yang satu ini selalu dimaksimalkan memainkan banyak peran. Ia selalu tampil sama bagus sebagai gelandang serang, sayap, penyerang bunglon.

Lilipaly bisa sedikit tenang untuk naik karena duo gelandang tengah, Zulfiandi dan Evan Dimas, bermain solid melapis pertananan.

Sayang memasuki babak kedua, Beto dan Lilipaly jarang mendapat pasokan bola sehingga mereka mati kutu.

 

Dua Sayap Ganas

Gelandang Timnas Indonesia, Saddil Ramdani, mengontrol bola saat melawan Thailand pada laga PSSI 88th U-19 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018). Kedua negara bermain imbang 2-2. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Mobilitas duet sayap, Andik Vermansah-Saddil Ramdani, membuat permainan menyerang Timnas Indonesia lebih variatif pada paruh pertama laga. 

Keduanya jadi sosok yang berani memegang bola dan kemudian melakukan aksi dribel untuk menusuk ke jantung pertahanan Malaysia. Pasokan bola-bola silang yang mereka geber kerapkali menghadirkan kepanikan di poros belakang Harimau Malaya.

Peran keduanya pun amat krusial saat melakukan permainan menyerang kombinasi dengan Beto dan Stefano.  Andik dan Saddil seperti tahu benar menempatkan bola daerah buat Beto serta Stefano.

Permainan keduanya lebih hidup karena lini pertahanan Malaysia banyak memunculkan area kosong. Jarak antarbek terlalu renggang. Ditambah lagi bek-bek Malaysia lemah di kecepatan.

Sadar Andik atau Saddil amat berbahaya, memasuki babak kedua Malaysia membatasi ruang gerak kedua pemain. Mereka tak dibiarkan sering menguasai bola. Strategi itu efektif mengurangi daya ledak Timnas Indonesia

 

 

Transisi Bertahan Menyerang yang Baik

Bek Timnas Indonesia, Hansamu Yama, mengamati rekannya saat melawan Thailand pada laga Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11). Thailand menang 4-2 dari Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Permainan ofensif Timnas Indonesia bisa berjalan mulus karena bantuan lini belakang yang bermain taktis, terutama saat transisi bertahan ke menyerang.

Empat bek timnas, Yustinus Pae, Manahati Lestusen, Hamsamu Yama, Riky Fajrin, tak pernah lama memegang bola. Demikian pula sang penjaga gawang, Andritany Ardiyasa.

Timnas Indonesia bermain lebih direct (langsung), mengandalkan umpan-umpan jarak jauh sepertiga lapangan area Malaysia. Sistem permainan ini menyulitkan Malaysia mematikan pergerakan pemain Tim Garuda di area sektor tengah.

Dua gelandang tengah, Evan Dimas dan Zulfiandi bisa dibilang jarang menguasai bola. Sepanjang 45 menit pertama keduanya lebih berperan menutup ruang pertananan dari lini kedua.

Sayang pada babak kedua barisan lini belakang gagal menjaga konsistensi permainan. Tekanan tiada henti yang dilakukan Malaysia, membuat ketenangan para bek terganggu. Seperti halnya Malaysia pada babak pertama, bek-bek Timnas Indonesia sering menciptakan lubang karena sistem permainan cenderung renggang. Jarak antarbek terlalu jauh, memudahkan kubu lawan menggeber permainan kombinasi.

Sumber: Bola.com

(Penulis: Ario Yosia, published 6/9/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyakit Kanker Usus Ibunda Kiki Farrel Kembali Muncul

Posted: 05 Sep 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ibunda Kiki Farrel, Dahlia, kembali harus menjalani perawatan lantaran sakit kanker usus yang pernah dideritanya. Pada Juli 2019 lalu, ia harus dirawat di rumah sakit selama dua minggu.

Sakit kanker usus ibunda Kiki Farrel kembali kambuh pada April lalu. Keluarga tak berpikir sakit lamanya kembali datang.

"Dikira sakit biasa tiba-tiba berdarah. Awalnya dikasih obat biasa, tapi nggak sembuh-sembuh. Akhirnya dicek lagi ternyata penyakit lamanya muncul lagi," kata Kiki Farrel, di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2019).

Kiki Farrel tak berpikir mengenai sakit lama sang ibu karena wanita yang kerap disapa Mama Dahlia ini masih beraktivitas seperti biasa. 

 

Tanda-Tanda

Kiki Farrel (Instagram)

Padahal, diakui Kiki Farrel tanda-tanda kanker usus kembali menyerang tubuh sang ibunda sudah terlihat.

"Jadi tiap hari tuh BAB (Buang Air Besar) nya sakit. Bisa dua hari enggak BAB karena sakit. Tapi mama masih bisa aktivitas," sambungnya.

 

Tak Ingin Terlambat

Kiki Farrel, kini idola para wanita. Kariernya diawali dengan mengikuti agensi yang dibawahi Arzeti Bilbina, hingga ia mengikuti ajang pencarian bakat Super Mama Seleb Show. Sejak itu, berbagai tawaran berdatangan kepadanya. (Instagram/Farrelicious)

Kiki Farrel tak ingin membuat kesalahan untuk kedua kalinya, ia langsung bertindak. Mama Dahlia langsung menjalani kemoterapi.

Kini, kondisi Mama Dahlia sudah membaik dari sebelumnya. "Mama sudah bisa aktivitas di rumah, tapi untuk jalan-jalan keluar belum bisa," papar Kiki Farrel.

(Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Jadi Mualaf, Ini 7 Potret Terbaru Pesinetron Giovanni Tobing

Posted: 05 Sep 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pesinotron Giovanni Tobing rupanya telah menjadi seorang mualaf sejak beberapa tahun lalu. Tentu saja kabar Giovanni tersebut cukup mengejutkan netizen.

Kabar jika Giovanni Tobing telah menjadi mualaf diketahui dari unggahan sebuah akun YouTube Vertizone TV. Pada video yang diunggah pada Selasa (3/9/2019) kemarin, terlihat Giovanni yang tengah mengajukan pertanyaan kepada Ustaz Abdul Somad. Sebelumnya, ia juga mengakui jika telah memeluk agama Islam setelah menikah.

"Hari ini, hari pertama saya ikut pengajian musawarah langsung diberi kesempatan untuk bertanya. Saya seorang mualaf, saya memeluk Islam setelah menikah. Dan saya merasa Islam suatu agama yang luar biasa," ujar Giovanni Tobing pada channel YouTube Vertizobe TV pada Jumat (6/9/2019).

Pada acara kajian musyawarah bersama Ustaz Abdul Somad, pengakuan pria 35 tahun tersebut tentu saja menjadi sorotan. Bahkan, Giovanni juga mengakui, jika dirinya masih mempelajari dan memperdalam ilmu agama. Ia juga mulai membiasakan untuk salat lima waktu sehari.

"Waktu sebelum memeluk agama Islam, saya ake gereja pun setahun sekali sudah syukur. Tapi saya bertransformasi menjadi seseorang yang berusaha menjadi lebih baik di Islam, sampai bisa shalat lima waktu mempelajari yang lain," tambahnya.

Tentu saja pengakuan Giovanni Tobing tersebut mendapatkan tanggapan positif dari netizen. Bahkan, tak sedikit pula yang mendoakan Giovanni Tobing agar istiqomah.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @giovanni_tobing, berikut ini beberapa potret Giovanni Tobing yang telah memeluk agama Islam, Jumat (6/9/2019).

1. Meski disibukkan dengan kegiatan syuting, akan tetapi Giovanni tetap menyempatkan waktu untuk keluarga tercinta.

Giovanni Tobing (Sumber: Instagram/giovanni_tobing)

2. Ia juga sering menunjukan kekompakan bersama keluarga.

Giovanni Tobing (Sumber: Instagram/giovanni_tobing)

3. Pengakuan Giovanni yang telah menjadi mualaf ini pun menjadi sorotan netizen.

Giovanni Tobing (Sumber: Instagram/giovanni_tobing)

4. Meski sempat menjadi perbincangan, akan tapi pria yang akrab disapa Gio ini tak terlalu memusingkannya.

Giovanni Tobing (Sumber: Instagram/giovanni_tobing)

5. Dalam pengakuannya, Giovanni mulai menjadi mualaf ketika menikah dengan Dewi Arini.

Giovanni Tobing (Sumber: Instagram/giovanni_tobing)

6. Keduanya pun sering mengunggah momen bersama di akun Instagram masing-masing.

Giovanni Tobing (Sumber: Instagram/giovanni_tobing)

7. Pengakuan Giovanni yang telah menjadi mualaf ini pun mendapatkan doa dari para netizen.

Giovanni Tobing (Sumber: Instagram/giovanni_tobing)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peran Big Data di Industri Migas

Posted: 05 Sep 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi digital mulai melahirkan momentum baru, salah satunya big data. Sata ini data menjadi bagian penting dalam menunjang kegiatan operasi hulu minyak dan gas bumi (migas). Mulai dari eksplorasi, produksi, hingga pascaproduksi.

Saking besarnya dan kompleksnya data, penggunaan big data, proses analisis serta seluruh komponen penunjangnya sangat membantu industri ini. Big data bahkan diklaim sangat efektif untuk menghindari kesalahan dalam kegiatan operasi hulu migas.

CEO BigJava Ruli Harjowidianto mengatakan semua sumber data di industri migas harus diolah dan didigitalisasikan secara menyeluruh, mulai dari downstream, midstream hingga upstream.

"Masih banyaknya perusahaan asing yang mengelola sumber data yang sangat sensitif, menjadi tantangan bagi BigJava untuk ikut terjun sebagai perusahaan nasional yang fokus mengelola big data analytic untuk industri migas," kata Ruli dalam pernyataannya, Jumat (6/9/2019).

Di gelaran IPA Convention & Exhibition di JCC Jakarta, baru-baru ini, Ruli menjelaskan setidaknya ada tiga fenomena pengelolaan big data yang ada di industri yakni upstream, midstream, dan downstream.

"Rata-rata, perusahaan pengolahan big data saat ini lebih banyak berkutat pada level upstream ketimbang midstream maupun mownstream. BigJava akan fokus menggarap segmen downstream," ucapnya menandaskan.

BigJava sendiri memiliki social network analytics dan juga oilficial intelligent yang diklaim mampu memproses data dengan lebih maksimal dan menghasilkan output akurat.

 

Manfaat Big Data Bagi Perusahaan

Ruli Harjowidianto, CEO BigJava di gelaran   IPA Convention & Exhibition. Dok: BigJava

Efisiensi penggunaan teknologi big data analytic dilihat dari sisi biaya yang dikeluarkan dan hasil yang didapat sangatlah besar.

Misalnya di bidang Migas, pada sisi upstream, biaya yang dikeluarkan untuk mengeksplorasi suatu tempat sangat besar, dan resiko kegagalan juga besar dikarenakan tidak adanya data mengenai keadaan setempat dan catatan dari daerah sekitar pada waktu sebelumnya.

Sementara dengan menggunakan teknologi big data, dapat diperkirakan dan dihindari resiko kegagalan dari sebuah eksplorasi.

Perbandingan nilai investasi sebuah sistem teknologi big data, dengan biaya eksplorasi sebuah sumur tanpa teknologi big data adalah bagai membandingkan hidup dengan smartphone dan hidup tanpa smartphone di zaman sekarang.

Di sisi teknologi, BigJava mengkustomisasi serta mengembangkan sendiri semua tools yang diperlukan untuk mengelola big data.

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 5 Komplotan Begal di Medan Diringkus

Posted: 05 Sep 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polrestabes Medan berhasil meringkus lima dari enam tersangka komplotan begal yang selalu beroperasi dikawasan Kota Medan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Akan ke Denmark, Hadiri Diskusi Soal Iklim

Posted: 05 Sep 2019 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berkunjung ke Denmark selama dua hari pada 10 hingga 12 Oktober 2019 mendatang. Kunjungan itu dilakukan Anies dalam rangka diskusi forum tentang iklim.

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri DKI Jakarta, Muhammad Mawardi mengonfirmasi rencana tersebut. Ia mengatakan saat ini, Anies masih mengumpulkan segala bahan untuk diskusi tersebut sekaligus mengurus perizinan ke pemerintah pusat.

"Iya tentang masalah climate matching tapi ini masih dalam proses mengumpulkan bahan mengkoordinasikan, dan kita lagi menunggu proses perizinannya kan kita harus izin ke pemerintah pusat," kata Mawardi di Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Dalam akun Instagram nya, Anies Baswedan menuturkan Pemprov DKI Jakarta akan menghadiri diskusi panel yang bertajuk 'Bersihkan Udara, Atasi Bencana Iklim' di Balai Kota DKI. Tujuannya untuk mengumpulkan praktik-praktik, baik ide-ide terkait dengan perbaikan kualitas udara.

Dalam unggahannya ia menyebutkan pertemuan tersebut akan menjadi ajang bagi kota-kota dunia untuk berbagi pengalaman dan menyatakan komitmen percepatan aksi-aksi iklim dan perbaikan kualitas udara.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Janji Tindak Tegas Suporter Perusuh di Laga Timnas Indonesia vs Malaysia

Posted: 05 Sep 2019 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi, akhirnya bertemu dengan Menpora Olahraga Malaysia, Syed Saddiq usai kericuhan yang mewarnai duel Timnas Indonesia vs Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Kamis (5/9/2019). Dalam pertemuan ini, Imam menyampaikan permintaan maaf atas insiden itu. 

Seperti dilansir Antara.com, pertemuan berlangsung di hotel yang tidak jauh dari GBK. Hadir juga Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto dan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

"Kehadiran saya untuk menyampaikan langsung permohonan maaf atas nama masyarakat dan pemerintah Indonesia atas peristiwa tidak mengenakkan atas ulah oknum suporter yang semalam kita lihat bersama," kata Imam dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Imam berharap dengan pertemuan kemarin bisa mempersatukan kembali persahabatan di antara suporter Indonesia dan Malaysia. Imam juga menyatakan bahwa pemerintah Indonesia akan segera mengirimkan surat permohonan maaf kepada pemerintah Malaysia sebelum timnas Indonesia bertandang ke Malaysia pada November mendatang.

Imam juga berjanji akan bekerjasama dengan PSSI untuk menindak tegas para perusuh. 

 

Disambut Positif

Menpora Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, harus dievakuasi akibat kerusuhan saat sedang menonton laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Timnas Indonesia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Kehadiran Imam disambut positif Menpora Malaysia, Syed Saddiq. Meski begitu, ia tetap meminta agar suporter yang membuat kerusuhan ditindak tegas aparat kepolisian Indonesia.

"Kami ucapkan terima kasih atas pendirian tegas Pak Imam sendiri sudah pastikan bahwa keadilan akan datang. Dia juga telah terhubung dengan pihak polisi untuk memastikan tindakan tegas yang akan diambil," kata Syed Saddiq.

"Kita pastikan bahwa Malaysia dan Indonesia akan tetap bersama. Kita sahabat serumpun. Kita akan pastikan bahwa silaturahim akan terjaga walaupun tindakan tegas akan diambil, tapi kita tetap bersama dalam menyelesaikan ini," katanya menambahkan.

 

 

 

Ganggu Konsentrasi Pemain

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, memeluk Beto Goncalves, usai ditaklukkan Malaysia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia takluk 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Timnas Indonesia dan Malaysia bertemu pada laga grup G babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022. Dalam duel ini, ratusan pendukung Malaysia hadir langsung di SUGBK. 

Kericuhan kemudian pecah di dalam maupun luar lapangan. Diawali dengan aksi sejumlah pendukung Indonesia yang turun hingga ke pinggir lapangan, kericuhan kemudian menyasar suporter tim tamu. Mereka melakukan provokasi terhadap suporter Harimau Malaya.

Tidak hanya itu, sebagian di antara perusuh juga melempari mereka dengan berbagai benda. Akibat insiden ini, pertandingan terpaksa dihentikan selama 10 menit. Menpora Malaysia yang sebelumnya berada di tribune penonton Malaysia pun dievakuasi aparat. 

Kericuhan ini ikut mempengaruhi permainan timnas Indonesia. Striker Timnas Indonesia, Alberto Beto Goncalves mengaku mental mereka drop akibat insiden memalukan itu. Dalam duel ini, Timnas Indonesia akhirnya kalah dengan skor 2-3 dari Harimau Malaya. 

"Kami sudah fokus dengan pertandingan. Tiba-tiba ada masalah (yang membuat pertandingan dihentikan) dan itu membuat kami langsung down," kata Beto.

Usai pertandingan, kericuhan kembali pecah di luar stadion. Aparat yang berjaga terlibat bentrok dengan suporter yang berusaha memprovokasi suporter Timnas Malaysia. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Liburan Shanju Eks JKT48 di Bangkok, Bikin Netizen Gagal Fokus

Posted: 05 Sep 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Shania Junianatha atau akrab disapa Shanju, eks member JKT48 yang sekarang tengah berlibur ke Bangkok Thailand. Hal tersebut diketahui dari unggahan Shanju di Instagram pribadinya. Shanju mengunjungi beberapa destinasi wisata di Bangkok, Thailand.

Bangunan-bangunan megah di Wat Pho dikunjungi eks member JKT48 generasi pertama. Shanju tampak antusias dan terlihat begitu ceria saat sedang berada di sana.

Namun, cerianya Shanju malah membuat netizen gagal fokus. Netizen malah banyak menyebut nama Jonathan Christie di kolom komentar Instagramnya.

"Kalo liat shanju foto semua badan jadi Inget kriteria cw yg di sukain ama jojoQ:((" tulis akun @safiradw (6/9/2019).

Terlepas dari kabar kedekatan Shanju dengan Jojo, berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @shanju, potret gaya liburan Shanju di Bangkok, Jumat (6/9/2019).

1. Dengan memakai pakaian kuning cerah, perempuan kelahiran Solo ini menikmati berlibur di Wat Pho.

6 Gaya Liburan Shanju Eks JKT48 di Bangkok, Bikin Netizen Gagal Fokus (sumber: Instagram.com/shanju)

2. Dara cantik berusia 21 tahun ini selalu menampilkan wajah ceria di berbagai kesempatan.

6 Gaya Liburan Shanju Eks JKT48 di Bangkok, Bikin Netizen Gagal Fokus (sumber: Instagram.com/shanju)

3. Shanju resmi lulus dari JKT48 pada 17 November 2018 lalu. Kini Shanju lebih memilih fokus kuliah

6 Gaya Liburan Shanju Eks JKT48 di Bangkok, Bikin Netizen Gagal Fokus (sumber: Instagram.com/shanju)

4. Postingannya liburan di Bangkok membuat netizen gagal fokus. Netizen banyak memuji Jojo tidak salah memilih Shanju sebagai teman dekatnya.

6 Gaya Liburan Shanju Eks JKT48 di Bangkok, Bikin Netizen Gagal Fokus (sumber: Instagram.com/shanju)

5. Shanju memang memiliki postur tubuh yang tinggi semampai

6 Gaya Liburan Shanju Eks JKT48 di Bangkok, Bikin Netizen Gagal Fokus (sumber: Instagram.com/shanju)

6. Bangunan di Phra Maha Chedi Si Ratchakan menjadi saksi makin memesonanya seorang Shania Junianatha

6 Gaya Liburan Shanju Eks JKT48 di Bangkok, Bikin Netizen Gagal Fokus (sumber: Instagram.com/shanju)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Telur Ayam di Pasar Slipi Dipatok Rp 26 Ribu per Kg

Posted: 05 Sep 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga telur ayam masih terpantau stabil di Pasar Slipi. Pedagang mengaku ada fluktuasi harga, tetapi kenaikan tidak signifikan. Harga telur pun terpantau antara Rp 23.500 hingga Rp 26 ribu per kilogram (kg).

"Telur kayaknya ada kenaikan sedikit. Telur ayam negeri biasanya 218 ribu sekarang Rp 220 ribu per peti. Jualnya sekitar Rp 25 ribu - Rp 26 ribu per kg," ujar Hj. Sumiyem (63) kepada Liputan6.com, Jumat (6/9/2019), di Pasar Slipi Jakarta Barat.

Untuk jenis telur lain, telur ayam kampung jual seharga Rp 3.000 per kg dan telur bebek Rp 10 ribu tiga atau Rp 3.500 per butir. Sedikit kenaikan juga terjadi pada telur puyuh.

"Telur puyuh turun naik, Rp 33 ribu per kg. Rp 5.000 dapat sepuluh. Ini naik juga, biasanya Rp 30 ribu per kg," kata Sumiyem yang terkadang memberi diskon ke pelanggannya.

Harga telur juga tak berbeda di Toko Syawal yang menjual di kisaran Rp 25 ribu. Namun, ada juga Toko Adam yang masih menjual telur ayam negeri di harga Rp 23.500.

"Telur ayam negeri Rp 23.500. Kalau telur ayam kampung Rp 2.500 satuan," jelas penjaga Toko Adam.

Harga Telur Ayam Terpantau Stabil di Pasar Grogol

Pekerja memberi pakan di kandang ternak ayam telur di Cibeber, Cianjur, Jawa Barat, Rabu (30/11). Peternakan ayam tersebut memproduksi telur ayam mencapai satu ton telur per hari dari 20 ribu ekor ayam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, harga telur ayam di Pasar Grogol, Jakarta Barat, terpantau stabil yaitu di kisaran harga Rp 25 ribu per kilogram (kg). Harga itu masih sama dari bulan lalu ketika naik dari Rp 23 ribu ke Rp 25 ribu. Pedagang di sana menyebut tak ada perubahan sebelum dan sesudah Idul Adha.

"Harga masih stabil. Telur Rp 25 ribu per kg, yang pecah beda sedikit jadi Rp 23 ribu per kg," ujar Ahmad Narto (50) kepada Liputan6.com, Senin (19/8/2019) di Pasar Grogol. 

Toko Arie tempat Ahmad Narto berbisnis juga menjual telur per partai yang berisi 15 kg yang dijual seharga Rp 23 ribu per kg. Telur ayam kampung Rp 2.220 per butir, sementara ayam kampung merah dijual Rp 2.500 per butir, sama seperti telur bebek, dan telur puyuh Rp 33 ribu per kg.

"(Omzet) masih standar. Ini (di pasar) enggak begitu ramai juga, karena kita dari pelanggan aja yang banyak," ujar Ahmad ketika ditanya soal pemasukan usai Idul Adha.

Penjual lain Imam (26) menjelaskan hal serupa. Ia berkata tidak ada perubahan signifikan dalam harga atau penjualan usai Idul Adha.

"Harga telur ayam Rp 24 ribu - Rp 25 ribu. Kemarin sudah nyentuh Rp 24 ribu, naik turun kisaran segitu," ucapnya.

Untuk telur bebek ia jual Rp 3.000 per butir, telur ayam kampung seharga Rp 2.200 dan Rp 2.500 yang berwarna merah. Terakhir, telur puyuh ia jual seharga Rp 32 ribu per kg dan telur pecah Rp 22 ribu per kg.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Miniseri SCTV Gadis Pemimpi Episode Jumat, 6 September 2019

Posted: 05 Sep 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ikuti kelanjutan Gadis Pemimpi. Cahaya bingung, kok ada Ale di foto keluarga Dimas. Tiba-tiba Ale muncul, Ale juga bingung ngapain Cahaya di rumahnya. Cahaya bilang dia mau menemui Dimas bos-nya. Bersamaan dengan itu, Dimas keluar kamar. Dimas panik, kekhawatirannya terjadi juga, Cahaya bertemu Ale.

Cerita Gadis Pemimpi masih berlanjut. Ale protes ke Dimas, kenapa nggak bilang kalah Cahaya kerja di kantornya. Dimas mengalihkan pembicaraan dan langsung menandatangani dokumen yang dibawa Cahaya, lalu Dimas menyuruh Cahaya langsung kembali ke kantor. Ale menawarkan diri mengantar Cahaya dengan motornya, tapi Cahaya nolak karna dia kesini naik mobil kantor.

Tiba-tiba Pak Surya dan Bu Dewi datang, Ale dengan pede langsung mengenalkan Cahaya sebagai pacarnya. Cahaya langsung menyangkal, tapi Ale bilang ke mama dan papanya kalau mereka sebenarnya sepakat backstreet, duuh.. makin gondok lah Cahaya sama jawaban Ale yang ngarang banget.

Dimas dalam hati makin panik, soalnya Pak Surya mengatakan, jika Ale mau jadi direktur utama, maka Cahaya-lah yang jadi sekretarisnya. Bagaimana kelanjutan miniseri Gadis Pemimpi selanjutnya?

 

Masuk Kantor Lagi

Miniseri SCTV Gadis Pemimpi, episode perdana tayang Senin (2/9/2019) pukul 15.25 WIB (Dok Starvision)

Dimas bertekad harus gerak cepat mendapatkan Cahaya. Untungnya sampai saat ini Ale belum nyadar kalau Dimas juga naksir Cahaya. Besoknya Dimas memutuskan mulai masuk kantor lagi. Dimas mulai berani terang-terangan memberi perhatian pada Cahaya di depan para karyawannya. Cahaya jadi galau kardna bingung harus pilih siapa, Dimas atau Ale?

Dinda meledek Cahaya yang ke-GR-an, soalnya kan baik Dimas dan Ale belum resmi nembak Cahaya. Tapi Dinda dukung Cahaya pilih Ale saja, soalnya kalau pilih Dimas, sama saja bangunin macan tidur alias si Cintia. Cintia pun tak tinggal diam untuk menyingkirkan Cahaya dari kantor Dimas. Cintia memanfaatkan kecerobohan Cahaya agar Cahaya selalu bikin kesalahan fatal bagi perusahaan, tapi saat Cahaya mau dipecat, Cahaya dibelain sama Ale. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Pencemaran Nama Baik, Gus Nur Dituntut 2 Tahun Penjara

Posted: 05 Sep 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Terdakwa kasus pencemaran nama baik dan fitnah melalui video vlog Sugik Nur Raharja alias Gus Nur dituntut dua tahun kurungan penjara dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis 5 September 2019.

"Meminta majelis hakim menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Sugi Nur Raharja alias Gus Nur selama dua tahun penjara dengan perintah ditahan," ujar Jaksa Oki Muji Astuti dalam persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya, seperti dilansir Antara, Jumat (6/9/2019).

Dalam membacakan surat tuntutannya, jaksa menilai ada enam unsur sebagaimana dalam surat dakwaannya, yakni unsur barang siapa, unsur kesengajaan, unsur tanpa hak, unsur mendistribusikan, unsur informasi elektronik atau dokumen elektronik, unsur memiliki penghinaan dalam pencemaran nama baik.

"Jaksa tidak menemukan alasan pembenar atau pemaaf sebagaimana dalam dakwaan Pasal Pasal 45 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik," ujar dia.

Ia menuturkan, alasan yang memberatkan dalam surat tuntutannya karena perbuatan terdakwa telah membuat orang atau kelompok merasa dihina atau tercemar dan terdakwa tidak menyesali perbuatannya atau pencemaran nama baik.

"Sedangkan hal yang meringankan terdakwa berlaku sopan selama persidangan dan mengakui perbuatannya," ujar dia.

Menanggapi tuntutan itu, penasihat hukum terdakwa yakni Andry Ermawan mengatakan, akan melakukan pledoi bersama dengan terdakwa. "Selain tim kuasa hukum, terdakwa juga akan mengajukan sendiri nota pembelaannya. Kami minta waktu dua minggu majelis," tutur dia.

Ketua majelis hakim Slamet Riyadi akan melanjutkan sidang dengan agenda mendengarkan nota pembelaan dari terdakwa pada Kamis,19 September 2019. "Baik, memang juga mengajukan pembelaan sendiri, sidang ditunda sampai Hari Kamis, tanggal 19 September," ujar dia.

Saat GP Ansor, Banser dan FPI Bertemu di PN Surabaya Kawal Sidang Gus Nur

Sebelumnya, ruang tunggu Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis, 13 Juni 2019, dipadati ratusan Banser NU, GP Ansor dan puluhan Front Pembela Islama (FPI).

Kedatangan mereka ini untuk memantau persidangan kasus pencemaran nama baik dengan terdakwa Sugi Nur Raharja alias Gus Nur di Ruang Cakra.

Dari pantauan suarasurabaya.net di lokasi, sejumlah personel kepolisian tampak bersiaga melakukan pengamanan.

Mulai dari luar gerbang Pengadilan Negeri Surabaya, di ruang tunggu atau di tengah-tengah massa yang melihat persidangan melalui layar monitor, dan juga pengamanan di dalam ruang sidang.

Yunianto Wahyudi Kepala Satuan Koordinasi Wilayah Banser Jatim mengungkapkan, kedatangan kelompok massa dari Banser ini bukan dalam rangka melakukan aksi. Melainkan, hanya mengawal Kiai NU yang hari ini menjadi saksi dalam persidangan.

"Salah satunya Kiai Nuruddin Ar Rahman dari Bangkalan. Beliau masuk Rais Suriah PWNU Jatim. Kami berinisiatif memperjuangkan harkat dan martabat NU," ungkapnya.

Tidak hanya dari Surabaya, dia juga menyebut Banser NU yang mengawal kiai pada sidang Gus Nur ini datang dari Sidoarjo dan Gresik. Terkait adanya massa FPI, pihaknya tetap akan menjaga kondusifitas.

"Kami prinsipnya kalau ditantang ya kami ikut terlibat. Kalau kami menjaga kondusifitas, tidak ada mengolok-olok dan dingin Insya Allah Banser tertib," kata dia.

 

FPI Dukung Gus Nur

Sementara itu, Agus Fahruddin Wali Laskar FPI Surabaya mengatakan, kedatangan puluhan massa FPI ini untuk memberikan dukungan moril kepada Gus Nur. Pihaknya berharap, sidang ini berjalan tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

"Saya yakin, terutama kepada kepolisian, mereka akan menjaga kondusifitas Surabaya dan kami datang ke sini niatnya memberikan support saja tidak ingin ramai," kata dia.

Ia juga memastikan pihaknya tidak akan memancing provokasi kepada Banser maupun GP Ansor.

"Insya Allah tidak sampai. Saya juga sudah titip Kapolsek terus Kasat Intel mereka menjamin. Tidak akan ada provokasi," pungkasnya.

Gus Nur ditetapkan tersangka oleh Polda Jatim atas kasus pencemaran nama baik. Kasus ini bermula ketika Gus Nur merekam atau membuat sebuah video dan mengunggahnya ke media sosial.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hendropriyono: Tindak Tegas Pengacau yang Ganggu Ketenangan di Papua

Posted: 05 Sep 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Kepala Badan Inteligen Nasional (BIN) Jenderal TNI Purnawirawan A.M. Hendropriyono meminta agar masyarakat hati-hati menyikapi kondisi di Papua. Terlebih lagi, kemajuan teknologi informasi membuat arus informasi mengalir deras.  

Dalam sebuah forum patriotik untuk Papua dan Papua Barat yang digelar di salah satu hotel di kawasan Jakarta Selatan, Hendropriyono menegaskan pentingnya pengawasan dan tindakan tegas. Khususnya bagi pengacau yang berupaya mengganggu ketenangan di Papua dan Papua Barat.

"Seleuruh eleman bangsa Indonesia, terutama kaum muda yang berasal dari Papua dan juga dari daerah-daerah lain untuk bangkit melawan hoaks. Di era reformasi ini ada sisi-sisi gelap yang saya lihat, yaitu perang informasi. Terus menerus dari waktu ke waktu tanpa jeda. Fitnah memfitnah dan penggalangan opini masuk semua. Ini digunakan oleh orang-orang yang punya kepentingan," ungkap Hendropriyono, seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (6/9/2019).

"Dan hoaks ini dalam membentuk opini yang menyesatkan. Hanya bisa dillawan dengan suatu gerakan semesta. Semua harus melawa. Karena sasaran dari hoak itu tidak terbatas," tambahnya. 

Hendropriyono pun mengecam adanya upaya yang dimaksudkan untuk mengganggu kedaulatan bangsa dengan menyebarkan berita bohong atau hoaks.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Liburan Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair di Amerika, Bak ABG

Posted: 05 Sep 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Amerika Serikat nampaknya menjadi negara andalan Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair untuk menikmati momen liburan mereka. BCL diketahui memang sering berada di Amerika Serikat, entah bersama teman-teman atau keluarga. Setelah beberapa waktu lalu sempat menghabiskan waktu di Amerika Serikat bersama teman-temannya.

Baru-baru ini wanita 36 tahun ini kembali berada di Amerika bersama sang suami. Berbeda dari sebelumnya gaya liburan Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair ini kembali menjadi sorotan. Netizen berhasil dibuat iri dengan momen liburan pasangan yang menikah tahun 2008 ini, pasalnya keduanya kini sedang berlibur tanpa sang buah hati.

Gaya liburan keduanya jadi sorotan lantaran masih sweet bak ABG pacaran walaupun sudah 11 tahun menikah. Hal ini diketahui dari foto unggahan pelantun lagu hits berjudul 'Sunny' di akun Instagram, Kamis (5/9/2019). Dalam foto tersebut terlihat keduanya tengah menghabiskan waktu berdua untuk berkencan di Los Angeles.

Layaknya ABG pacaran, keduanya menghabiskan waktu di Los Angeles dengan jalan-jalan dan makan siang bersama menggunakan dress code senada. Berikut 6 gaya liburan Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair di Amerika yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/9/2019).

1. Begini gaya liburan Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair bak ABG Hollywood. Keduanya tampak sedang jalan-jalan di kota LA.

Gaya Liburan Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair di Amerika (sumber: instagram/@bclsinclair)

2. Pakaian yang dikenakan pasangan ini saat berada di Amerika Serikat cukup menarik perhatian. Tampak keduanya mengenakan pakaian simple dan sederhana serba hitam.

Gaya Liburan Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair di Amerika (sumber: instagram/@bclsinclair)

3. Begini sweet-nya makan pasangan pemeran 'Saus Kacang' saat sedang menikmati liburan musim panas di Los Angeles, Amerika Serikat.

Gaya Liburan Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair di Amerika (sumber: instagram/@bclsinclair)

4. Keduanya juga menyempatkan diri menghabiskan waktu bersama untuk makan siang romatis di salah satu restoran di LA.

Gaya Liburan Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair di Amerika (sumber: instagram/@bclsinclair)

5. Tak hanya berdua, di hari berikutnya mereka terlihat sedang double date bersama saudara Ashraf di Nobu, Malibu.

Gaya Liburan Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair di Amerika (sumber: instagram/@bclsinclair)

6. Kalau ini gaya kencan Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair di Lanikai Beach, Kailua.

Gaya Liburan Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair di Amerika (sumber: instagram/@bclsinclair)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Uut Permatasari Saat Antar Anak ke Sekolah, Santai dan Cantik

Posted: 05 Sep 2019 10:10 PM PDT

Penampilan glamor Uut Permatasari seakan menghilang dari jagat hiburan dan kini ia menjadi ibu bhayangkari. (Liputan6.com/IG/@uutpermatasari)

Penampilan glamor Uut Permatasari seakan menghilang dari jagat hiburan dan kini ia menjadi ibu bhayangkari. (Liputan6.com/IG/@uutpermatasari)

Uut Permatasari juga terlihat sangat menikmati kehidupannya menjadi seorang ibu sekaligus istri. (Liputan6.com/IG/@uutpermatasari)

Uut Permatasari juga terlihat sangat menikmati kehidupannya menjadi seorang ibu sekaligus istri. (Liputan6.com/IG/@uutpermatasari)

Uut Permatasari kerap membagikan momen bersama dengan putra semata wayangnya. (Liputan6.com/IG/@uutpermatasari)

Uut Permatasari kerap membagikan momen bersama dengan putra semata wayangnya. (Liputan6.com/IG/@uutpermatasari)

Uut Permatasari tiap hari mengantarkan anaknya pergi ke sekolah. Penampilannya pun cukup santai dan sangat jauh dari kesan glamor. (Liputan6.com/IG/@uutpermatasari)

Uut Permatasari tiap hari mengantarkan anaknya pergi ke sekolah. Penampilannya pun cukup santai dan sangat jauh dari kesan glamor. (Liputan6.com/IG/@uutpermatasari)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kilas Balik Esemka di Indonesia

Posted: 05 Sep 2019 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Esemka kembali menjadi topik hangat karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi rencananya akan hadir pada Launching Produk dan Fasilitas Produksi PT. Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Sudah lama menjadi perbincangan, Esemka merupakan gagasan pemilik bengkel Kiat Motor Sukiyat. Berawal dari membantu siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), keinginannya menghadirkan mobil karya anak bangsa penuh drama dan lika-liku.

Pernah melembungkan nama Jokowi ketika masih menjabat sebagai Walikota Surakarta pada 2012, nama Esemka kembali redup.

Lama tak terdengar kabarnya, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), perusahaan gabungan antara PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), sebagai produsen Esemka mendapat izin produksi pada 2016.

Februari 2017, beredar kabar bahwa Esemka akan diluncurkan bersamaan dengan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Saat itu, Managing Director PT ACEH, Hosea Sanjaya, mengungkapkan sedang melakukan berbagai persiapan.

"Sekarang masih Februari, sebelum akhir Maret 2017 kami akan buat keputusan tentang schedule peluncuran dan juga tentang (keikutsertaan) di GIIAS," ucap Hosea dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Selasa, (14 Februari 2017).

Meski demikian, setelah 2017 berlalu, belum ada informasi lebih lanjut mengenai peresmian Esemka.

 

Delapan Mobil Esemka Lakukan Uji Tipe

Pada Oktober 2018, Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJ-SKB) Caroline Noorida mengatakan, ada delapan tipe mobil Esemka yang sudah melakukan pengujian di BPLI-SKB dan waktu pengujiannya berbeda-beda.

Menurutnya, BPLI-SKB sudah memberikan lulus uji tipe pada lima mobil Esemka pada Fabruari dan Maret 2016, yaitu Bima 1.3 (4×2) M/T, Bima 1.8D (4×2) M/T, Niaga 1.0 (4×2) M/T, Digdaya 2.0 (4×2) M/T, dan Borneo 2.7D (4×2) M/T.

"Tiga lagi mohon menjadi info ter-update, mobil barangnya dua, Bima 1.0 (4×2) MT dan Bima 1.3 L (4×2) MT, sedangkan mobil penumpang satu yaitu tipe Garuda 2.0 (4×4) MT. Total ada delapan (ditambah hasil uji di 2016)," ujar Caroline kepada Liputan6.com, Sabtu (13 Oktober 2018).

Menandatangani Letter of Intens

Esemka kembali menyita perhatian setelah resmi menandatangani letter of intens dengan beberapa perusahaan komponen dalam negeri di kantor Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada Agustus 2019.

Dijelaskan Presiden Direktur PT SMK, Eddy Wirajaya, dengan adanya kesepakatan ini, kami mengundang perusahaan komponen untuk menawarkan produknya, dan apakah ada yang cocok dengan produk yang bakal diproduksi di Boyolali, Jawa Tengah ini.

"Saat ini kami tetap on progress, menyiapkan fasilitas (perakitan), dan tipe kendaraannya," jelas Eddy di sela-sela pameran komponen otomotif dalam negeri di Kantor Kemenperin, Jakarta Selatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangkok Kembali Duduki Peringkat Pertama Kota Tujuan Turis di Dunia

Posted: 05 Sep 2019 10:03 PM PDT

Bangkok - Ibu Kota Thailand, Bangkok, menyisihkan Paris dan London sebagai kota paling populer di dunia untuk dikunjungi, menurut sebuah survei yang dirilis pada Rabu, 4 September 2019. Hal itu menjadi berita baik untuk Thailand setelah pemerintah mengkhawatirkan penurunan kedatangan orang asing.

Dikutip dari Antara, Jumat (6/9/2019), Bangkok dinobatkan sebagai kota yang paling banyak dikunjungi selama empat tahun berturut-turut, dengan sekitar 22,8 juta pengunjung, dalam laporan peringkat tahunan oleh MasterCard Inc.

Paris dan London berada di peringkat kedua dan ketiga, masing-masing dengan sekitar 19,1 juta kunjungan, disusul oleh Dubai dengan 15,9 juta kunjungan.

Peringkat berikutnya adalah Singapura dan Kuala Lumpur yang menempati peringkat keempat dan kelima. Dengan begitu, ada tiga kota di Asia Tenggara yang masuk dalam 10 besar. Lainnya terdiri dari New York, Istanbul, Tokyo, dan Antalya, Turki.

Pemeringkatan disusun berdasarkan penelitian oleh pihak ketiga, analisis kepemilikan, dan data publik di 200 kota tujuan. Studi menunjukkan jumlah pengunjung internasional di 200 kota tersebut, tumbuh 76 persen dalam 10 tahun terakhir.

Meski Bangkok lama berjaya di puncak daftar, industri pariwisata Thailand menghadapi angin sakal, dengan penurunan kunjungan sebesar 1,03 persen tahun-ke-tahun pada Mei, sebelum pulih untuk tumbuh 0,89 persen pada Juni dari tahun sebelumnya. Pariwisata menyumbang sekitar 12 persen ekonomi Thailand.

 

 

Di Antara Turis Tiongkok dan India

Kota Bangkok dianggap oleh sebagian wisatawan sebagai kota paling bau di dunia, akibat aroma yang dikeluarkan oleh buah durian yang dianggap terlalu menyengat.(Istimewa)

Pertumbuhan ekonomi China yang melemah dan kecelakaan kapal tahun lalu menyebabkan penurunan kedatangan orang-orang Tiongkok di Thailand pada paruh pertama tahun ini. Namun, penurunan jumlah pengunjung dari China sebagian diimbangi oleh kedatangan orang India.

Thailand mengharapkan untuk menyambut dua juta wisatawan India pada 2019, gubernur pada Otoritas Pariwisata Thailand, Yuthasak Supasorn, mengatakan kepada Reuters, seraya menambahkan ini satu tahun lebih awal dari target.

Pada Agustus, pemerintah memperpanjang pengabaian biaya 2.000 baht (65 dolar AS) untuk visa- pada-kedatangan bagi wisatawan dari 18 negara, termasuk mereka yang datang dari China dan India.

Kepala Eksekutif Minor Hotels, Dilip Rajakrier berpendapat dalam sebuah surat elektronik, pertumbuhan kelas menengah yang tumbuh dan meningkatnya populasi orang kaya serta meningkatnya maskapai penerbangan berbiaya rendah akan membuat perjalanan lebih mudah diakses.

"Mengingat hanya kurang dari 10 persen dari total populasi China yang memiliki paspor dewasa ini. Potensi pasar China tidak akan pernah pudar," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kucing Peliharaan Mati, Jutawan Pilih Mengkloningnya Sebesar Rp 494 Juta

Posted: 05 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria memilih untuk mengkloning kucing peliharaannya yang telah mati. Huang Yu patah hati setelah kucing kesayangannya, Garlic, mati.

Berjam-jam kemudian, setelah menguburkan kucingnya di taman dekat rumah, ia mengingat sebuah artikel yang ia baca tentang kloning anjing di Tiongkok. Pengusaha berusia 22 tahun itu kemudian kembali menggali bangkai Garlic dan meletakkannya di lemari es untuk persiapan di kloning.

"Bagiku, Garlic tak tergantikan. Ia tak meninggalkan apapun untuk generasi masa depan, jadi aku memilih untuk mengkloningnya," ungkap Huang seperti dilaporkan oleh The Straits Times.

 

Selanjutnya

Gambar pada 2 September 2019 memperlihatkan anak kucing hasil kloning bernama Garlic di perusahaan China, Sinogene, di Beijing. Perusahaan Sinogene memasang tarif 250.000 yuan atau sekitar Rp500 juta untuk mengkloning Garlic yang baru lahir pada 21 Juli lalu tersebut. (STR/AFP)

Huang kemudian membawa kucingnya yang telah mati itu ke Sinogene, sebuah perusahaan kloning hewan peliharaan komersial yang berbasis di Beijing. Setelah merogoh kocek US$ 35.000 atau sekitar Rp 494 juta dan tujuh bulan menunggu, Huang mendapatkan Garlic kembali. Ini kemudian diklaim sebagai kucing kloning pertama di Cina.

Kloning hewan peliharaan tidak dibatasi di Tiongkok. Tapi, Garlic adalah kucing pertama yang dikloning oleh China. Ini memperkuat posisi negara itu di antara negara-negara yang pernah melakukan kloning seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Korea Selatan.

 

Selanjutnya

Gambar pada 2 September 2019 memperlihatkan anak kucing hasil kloning bernama Garlic di perusahaan Sinogene di Beijing. Dengan hasil ini, Sinogene menjadi perusahaan berbasis di China yang berhasil menciptakan kucing kloning untuk pertama kalinya. (STR/AFP)

Kepala Eksekutif Sinogene Mi Jidong mengatakan perusahaan memutuskan untuk mulai mengkloning hewan peliharaan pada tahun 2015 setelah melakukan survei sekitar 1.000 orang yang mengajukan permintaan tersebut. Perusahaan itu telah mengkloning lebih dari 40 ekor anjing dengan biaya masing-masin sekitar US$ 53.000 atau lebih dari Rp 748 juta, beberapa hewan peliharaan dan yang lainnya untuk penelitian medis.

 

Selanjutnya

Gambar pada 2 September 2019 memperlihatkan anak kucing hasil kloning bernama Garlic di perusahaan China, Sinogene, di Beijing. Untuk mengkloning hewan peliharaan seperti kucing dan anjing, Sinogene memasang tarif 250 ribu hingga 380 ribu yuan. (STR/AFP)

Pengetahuan genetika Tiongkok berkembang pesat. Sejak para ilmuwan Cina mengkloning seekor kambing betina pada tahun 2.000, hingga kini mereka telah berhasil memproduksi klon primata pertama di dunia, mengedit embrio monyet untuk memasukkan gen yang terkait dengan autisme dan penyakit mental, serta menciptakan anjing super kuat. Tahun lalu, negara itu bahkan mengejutkan dunia setelah seorang ilmuwan mengumumkan bahwa ia telah menciptakan bayi yang diedit secara genetik pertama di dunia.

 

Selanjutnya

Gambar pada 2 September 2019 memperlihatkan anak kucing hasil kloning bernama Garlic di perusahaan Sinogene di Beijing. Seorang pria China, Huang Yu (23) meminta bantuan perusahaan Sinogene untuk menghidupkan kembali kucingnya yang mati 7 bulan lalu dengan kloning. (STR/AFP)

Kloning hewan peliharaan sebagian besar tidak diatur dan kontroversial di mana hal itu dilakukan, tapi di Cina hambatannya sangat rendah. Banyak orang Cina beranggapan bahwa menggunakan hewan untuk penelitian medis atau pengujian kosmetik adalah sesuatu yang kejam atau bahwa kloning hewan peliharaan berpotensi menimbulkan masalah. Juga tidak ada hukum yang menentang kekejaman terhadap hewan di sana.

Para kritikus berpendapat bahwa kloning hewan peliharaan tidak efisien dan tidak manusiawi. Tidak jelas apa yang akan terjadi pada hewan yang dihasilkan atau dampaknya ketika mereka bercampur dengan kumpulan gen yang lebih luas. Beberapa kritikus berpendapat uang sebesar itu lebih baik dihabiskan untuk merawat hean yang ada.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Korban Tabrak Lari, Kasubbag Humas Polres Langkat Tewas

Posted: 05 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Medan - Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas Polres Langkat, AKP Arnold Hasibuan, menjadi korban tabrak lari. Akibatnya, perwira polisi ini meninggal dunia di lokasi kejadian.

Kasubbid Penerangan Masyarakat Bidang Humas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan mengatakan, Arnold menjadi korban tabrak lari tidak jauh dari Mapolda Sumut, tepatnya di Jalan Sisingamangaraja Km 10, Kelurahan Timbang Deli, Kota Medan.

Saat itu Arnold berkendara dari rumahnya di Kompleks GMI, Limau Manis, Tanjung Morawa, Deli Serdang, hendak menuju Mapolres Langkat di Stabat, Langkat. Arnold mengendarai sepeda motor Honda Verza hitam BK 4079 AEU.

"Anak korban mengatakan, Arnold berangkat dari rumah pukul 05.30 WIB tadi tujuan Polres Langkat," kata MP Nainggolan, Kamis (5/9/2019).

Tabrak lari ini diperkirakan terjadi sekitar pukul 06.10 WIB. Arnold ditemukan telah berada di badan jalan dengan kondisi kepala pecah dan telah meninggal dunia di tempat. Dari penyelidikan sementara, tidak ada saksi yang melihat kejadian.

MP Nainggolan menjelaskan, dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan kerusakan kendaraan, korban diduga diserempet dari sebelah kiri. Kondisi kendaraan yang dipakai korban terlihat stang sepeda motor bengkok ke depan.

"Kasus kecelakaan lalu lintas ini masih ditangani Polsek Patumbak. Barang bukti telah diamankan. Korban dibawa ke RS Mitra Medika," MP Nainggolan menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Kalah dari Malaysia, Ini Jadwal Timnas Indonesia di Pra Piala Dunia 2022

Posted: 05 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia mengawali Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan sangat buruk. Tim asuhan Simon McMenemy itu harus menelan kekalahan di partai kandang.

Ya, Timnas Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (8/9/2019). Padahal, Skuat Garuda sempat unggul dua kali melalui sepasang gol yang dicetak Alberto Goncalves.

Namun, Malaysia berhasil mencetak tiga gol balasan melalui Mahamadou Sumareh (dua gol), dan Syafiq Ahmad. Kekalahan tersebut membuat Timnas Indonesia berada di dasar klasemen Grup G.

Selain kalah, duel ini sempat terhenti pada menit ke-72. Penyebabnya, ada oknum suporter Timnas Indonesia masuk ke lapangan karena ingin melancarkan serangan kepada pendukung Malaysia yang datang ke SUGBK.

Kendati demikian, perjuangan Timnas Indonesia belum selesai. Sebab, dalam beberapa hari ke depan, Skuat Garuda kembali menjalani laga kandang melawan Thailand.

 

Jadwal Timnas Indonesia

Selasa, 10 September 2019

Timnas Indonesia vs Thailand

Venue: Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta

Pukul: 19.30 WIB

Live: TVRI dan Mola TV

 

Perkiraan Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; Andhika Wijaya, Yanto Basna, Hansamu Yama, Ricky Fajrin; Zulfiandi, Evan Dimas; Saddil Ramdani, Andik Vermansah, Stefano Lilipaly; Alberto Goncalves.

Thailand (4-3-3): Kawin Thamsatchanan; Theerathon Boonmatan, Tristo Do, Adisorn Promrak, Chinnaphat Leah; Sarat Yuyen, Thitiphan Phuangchan, Pithiwat Sukchitamkul; Chanathip Songkrasin, Peeradon Suamsarami, Supachai Chaideet.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Usul Subsidi Energi pada 2020 Dipangkas Rp 12 Triliun

Posted: 05 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Rapat kerja ini membahas Postur Sementara RUU APBN 2020.

Dalam rapat tersebut Sri Mulyani mengusulkan, subsidi energi turun Rp 12 triliun tahun depan. "Untuk 2020, belanja negara berubah. Pertama, subsidi energi turun Rp 12,6 triliun," ujar Sri Mulyani saat memberikan paparan di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) pemerintah sebelumnya menargetkan subsidi energi Rp 137,5 triliun, lalu direvisi turun menjadi Rp 125,3 triliun. Adapun pertimbangan penurunan tersebut karena ICP diprediksi akan turun.

"Subsidi turun akibat penurunan ICP dan penajaman sasaran pelanggan 900 VA. Sementara itu, anggaran kurang bayar juta turun," jelas Sri Mulyani.

Dengan adanya revisi tersebut maka belanja di 2020 diproyeksi akan turun dari sebelumnya Rp 2.528 triliun dari sebelumnya Rp 2.549 triliun. Dengan adanya asumsi tersebut terdapat selisih Rp 11,6 triliun.

"Belanja akan turun Rp 11,2 triliun, pendapatan naik Rp 11,6 triliun. Dari sisi pembiayaan anggaran sama dengan usulan nota keuangan tidak ada perubahan defisit. Dari perubahan pendapatan dan belanja kami usul ke banggar dan para anggota pertama defisit dipertahankan sesuai RUU," tandasnya.

Reporter: Anggun P Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Pemerintah Telah Habiskan Rp 68,11 Triliun untuk Subsidi Energi

Petugas mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke kendaraan konsumen di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (2/7). PT Pertamina (Persero) secara resmi menaikkan harga Pertamax Cs akibat terus meningkatnya harga minyak dunia. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Kementerian Keuangan mencatat realisasi belanja subsidi sampai dengan akhir Juli 2019 tercatat sebesar Rp 92,20 triliun. Angka tersebut mencapai 41,10 persen dari pagu yang ditetapkan dalam APBN.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, realisasi belanja subsidi tersebut meliputi subsidi energi Rp 68,11 triliun dan subsidi non-energi Rp 24,09 triliun.

"Realisasi belanja subsidi sampai dengan akhir Juli 2019 lebih tinggi Rp 0,94 triliun atau 1,03 persen dibandingkan realisasi belanja subsidi pada periode yang sama tahun 2018," ujarnya di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Selain membelanjakan subsidi energi, pemerintah juga menggelontorkan Rp 75,08 triliun untuk bantuan sosial hingga Juli 2019. Angka tersebut 73,6 persen dari pagu atau meningkat sebesar 33,5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. 

"Meningkatnya realisasi belanja bantuan sosial tersebut menunjukkan bentuk keberpihakan pemerintah kepada masyarakat miskin untuk dapat memenuhi kebutuhan pokoknya sejak awal tahun," jelas Askolani.

Bantuan sosial ntara lain melalui pencairan Program Keluarga Harapan (PKH), penyaluran bantuan premi bagi PBI JKN tahun 2019, realisasi bantuan pangan, dan realisasi Bansos lainnya seperti Program Indonesia Pintar (PIP) dan Bidikmisi.

Program bantuan sosial yang telah dilaksanakan pemerintah secara tepat waktu memberi andil dalam penurunan kemiskinan dan ketimpangan. Sebagai informasi, persentase penduduk miskin turun menjadi 9,41 persen pada Maret 2019, menurun 0,25 poin dibandingkan periode September 2018.

Sementara itu, tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk yang diukur dengan rasio ketimpangan (GINI) turun menjadi 0,382 atau menurun 0,002 poin dibandingkan periode September 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Safron, Rempah Termahal Dunia Incaran Jemaah Haji

Posted: 05 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Madinah - Berbelanja oleh-oleh sebagai buah tangan seakan menjadi keharusan bagi jemaah haji saat kembali ke Tanah Air.

Kurma, pakaian, tasbih sudah lumrah dibeli dari Tanah Suci. Kini, ada satu lagi buah tangan yang jadi incaran jemaah haji, yakni bumbu atau rempah bernama safron.

Safron memang bisa didapatkan cukup mudah di Arab Saudi. Beberapa toko menyediakan tanaman yang konon merupakan bumbu termahal di dunia.

Fauzan Adiman, warga Indonesia yang sedang tinggal di Arab Saudi menuturkan, jika safron di Arab Saudi awalnya dikenal sebagai rempah atau bumbu masakan.

Meski kini fungsinya kian meluas sebagai bahan pengobatan tradisional (herbal) dan kosmetik.

Safron yang dijual di Arab Saudi merupakan impor dari Iran dan Afghanistan. Kerap ada juga merek dari Spanyol. Namun sering itu hanya akal-akalan pedagang agar produk Iran bisa masuk dengan memakai nama negara lain.

Menurut dia, kualitas dari produksi safron Iran dan Afghanistan sedikit beda. Itu karena faktor cuaca dan iklim lokasi tanam Safron.

"Memang yang sudah terkenal di masyarakat produk Iran," jelas dia.

Dia mengaku, safron kini banyak menjadi incaran jemaah haji Indonesia. Mereka memanfaatkannya sebagai minuman herbal. 

Safron dipercaya mengandung beberapa manfaat. Seperti antioksidan, meningkatkan stamina, mencegah depresi. Serta bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti diabetes dan memiliki komponen anti-kanker. 

Sebagai minuman herbal, cukup mengambil 3 helai safron yang kemudian dimasukkan ke dalam segelas air. Tunggu beberapa menit hingga air berubah warna menjadi kuning.

Setelah itu air safron siap  diminum. Bagi yang suka bisa menambahkan ke dalamnya madu sebagai campuran.

 

Safron sebenarnya bisa didapatkan di Indonesia, tapi tentu harus merogoh kocek tak sedikit. Sementara di Arab Saudi, safron bisa didapatkan dengan harga lebih murah. 

Mahalnya harga safron bukan tanpa alasan. Itu karena proses tanam dan produksinya yang tak mudah.

"1 hektar hanya menghasilkan 1 kg. Panennya pun masih manual dan hanya 2 sampai 3 kali setahun,"jelas Fauzan.

Harga safron bervariasi tergantung pembeli menemukan toko yang bisa menawarkan harga dengan semurah-murahnya. Pembelian safron berlaku secara hitungan gram. Kisarannya 10 riyal hingga 45 riyal per gram. 

Namun, saat membeli safron pembeli harus teliti. Fauzan sempat menemukan safron palsu. Mahalnya harga bumbu rempah ini, menjadi pemicu ada pihak tak bertanggung jawab ingin mengambil untung.

Fauzan memberi sedikit tips membedakan safron palsu dan asli. Bisa diketahui saat memasukkannya ke dalam air. Safron asli akan berwarna kuning, sementara yang lain biasanya merah menyala.

Kemudian bisa dicium dari bau. Safron memiliki bau harum rempah, sementara yang palsu tidak. Saat disentuh pun ada perbedaan. Safron asli tak bisa hancur sementara yang palsu sagat mudah hancur.

Haji bernama Damar Galih, sengaja membeli safron sebagai minuman herbal. "Saya beli sekitar 50 Riyal," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seluruh Fraksi DPR Setujui 4 dari 6 Poin Revisi UU KPK

Posted: 05 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh fraksi di DPR menyetujui revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Para anggota dewan menyetujui empat dari enam poin revisi UU KPK.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (6/9/2019), dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Wakil Ketua Utut Adiyanto, kesepuluh juru bicara fraksi langsung menyerahkan pendapat tertulis kepada pimpinan.

Sejumlah poin utama dari enam poin revisi itu di antaranya adalah mengenai kedudukan KPK yang bersifat independen dan kewenangan penyadapan oleh KPK yang baru dapat dilakukan setelah mendapat izin dari dewan pengawas.

Terkait persetujuan DPR atas revisi undang-undang KPK, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan kinerja KPK saat ini dinilai sudah baik.

"Itu inisiatif dari DPR. Saya belum tahu isinya. Tapi yang jelas buat saya KPK telah bekerja dengan baik," ucap Jokowi. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pin Khusus Ibu Hamil, Bantu Bumil Dapat Kursi di KRL

Posted: 05 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Drama ibu hamil (bumil) mendapatkan kursi di Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line bakal berkurang sebab PT KCI meluncurkan pin khusus ibu hamil. Bila bumil menggunakan pin ini maka bisa mempermudah pelanggan KRL lain mengetahui bahwa wanita tersebut sedang hamil lalu bisa mendapatkan tempat duduk.

"Tidak hanya kursi prioritas, namun juga kursi umum. Petugas juga akan sigap ketika ibu hamil membutuhkan kursi di dalam KRL," kata VP Corporate Communication PT KCI Anne Purba dalam pesan teks kepada Liputan6.com pada Rabu (5/9/2019).

Untuk mendapatkan pin khusus ibu hamil, pengguna jasa KRL terlebih dahulu mendaftar secara daring. Selain itu bisa juga mendaftar ke petugas passanger service di Stasiun Bekasi, Stasiun Bogor, Stasiun Juanda, Stasiun Duri, Stasiun Sudirman, dan Stasiun Tanah Abang.

Saat Liputan6.com mendatangi Stasiun Sudirman, terlihat ada booth pendaftaran untuk mendapatkan pin khusus ibu hamil. Ada juga form yang harus diisi mulai dari no KTP hingga keterangand dokter atau bidan mengenai usia kehamilan dan tanggal prediksi kelahiran. 

Tempat pendaftaran untuk mendapatkan pin khusus ibu hamil di Stasiun Sudriman Jakarta. (Foto: Benedikta Desideria/Liputan6.com)

Awal Mula Kehadiran Pin Khusus Ibu Hamil

Penumpang KRL Commuter Line menunggu waktu pemberangkatan di Stasiun Jatinegara Jakarta, Minggu (4/8/2019). Listrik padam yang melanda Jakarta dan  sekitarnya mengakibatkan penumpang KRL Commuter Line telantar lantaran kereta berhenti beroperasi. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pin khusus ibu hamil diluncurkan tepat di Hari Pelanggan Nasional pada Rabu, 4 September 2019. Kehadiran pin khusus ibu hamil ini berawal dari diskusi antara PT KCI dengan komunitas kereta. Banyak ibu hamil muda yang secara fisik tidak terlihat hamil kesulitan mendapatkan kursi, bahkan kursi prioritas sekalipun.

"Pin khusus ibu hamil ini bermula dari diskusi yang dilakukan PT KCI dengan komunitas KRL karena banyaknya keluhan ibu hamil yang tidak mendapatkan kursi, terutama untuk ibu hamil pada trimester pertama," tutur Anne.

Antusias pengguna KRL pun cukup tinggi untuk mendapatkan pin khusus ibu hamil. Sampai saat ini, kata Anne, pendaftaran melalui daring sudah mencapai 283 orang per Kamis, 5 September 2019.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

181 WNI Diringkus Otoritas Arab Saudi Gara-Gara Tertipu Visa Haji

Posted: 05 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jeddah - 181 Warga Negara Indonesia (WNI) diamankan aparat berwenang Arab Saudi di Makkah sebelum masuk waktu pelaksanaan ibadah haji. Mereka ditahan di rumah detensi imigrasi (Tarhil) Syimaisi.

Penangkapan ini dilakukan lantaran mereka kedapatan hendak melaksanakan ibadah haji tanpa berbekal visa haji dan surat izin (tasrekh) berhaji. Sebagian besar WNI tersebut digrebek di apartemen dan sebagian lagi di sebuah penampungan di Makkah. 

Berdasarkan hasil berita acara pemeriksaan (BAP) yang dilakukan oleh Tim Pelayanan dan Pelindungan Warga (Yanlin) KJRI Jeddah, sebagian besar dari 181 WNI itu mengaku tertipu tawaran haji yang dilakukan seorang oknum dari agen perjalanan (travel) --pelaku ikut terjaring dalam operasi dan dimasukkan ke dalam sel tahanan imigrasi Arab Saudi.

Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin, menyesalkan berulangnya kasus semacam ini: WNI yang melakukan haji atau ingin berhaji di luar prosedur atau ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia.

Musim haji tahun ini, kata Konjen Hery, jumlah WNI yang diamankan pihak keamanan Arab Saudi kian meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Kebanyakan mereka adalah korban penipuan dari oknum yang mengaku menguruskan Haji ONH Plus, tetapi ternyata visa yang digunakan untuk memberangkatkan mereka bukan visa haji.

"Perkiraan saya, masih ada di luar sana orang kita yang masih belum bisa pulang karena terkendala visa," tutur Hery dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (6/9/2019).

Karena hal itu, ia berharap agar para pelaku penipuan dan jaringan-jaringannya segera ditindak tegas, guna mencegah terulangnya kembali modus pembohongan serupa.

Hery juga mengimbau agar calon jemaah lebih berhati-hati terhadap pihak-pihak yang menjanjikan dapat memberangkatkan haji dengan cepat.

Calon jemaah diminta secara aktif memeriksa izin travel atau perusahaan penyelenggara ibadah haji dengan otoritas terkait di Tanah Air.

Pendampingan KJRI

Ilustrasi jemaah haji wukuf di Arafah, Makkah. (Liputan6.com/Anri Syaiful)

Sementara itu, Pelaksana Fungsi Konsuler-1 yang merangkap Koordinator Yanlin KJRI Jeddah, Safaat Ghofur, menyebutkan KJRI hingga saat ini telah memberikan pendampingan terhadap 201 orang WNI.

"195 telah berhasil dipulangkan ke Indonesia. Sisanya, hingga saat ini, masih diupayakan agar bisa lekas dipulangkan juga," ucap Safaat melalui keterangan tertulis dari KJRI Jeddah.

"Ada lima orang jemaah tertunda pemulangannya karena tidak memiliki tiket pulang. Mereka korban penipuan oleh oknum travel," lanjutnya.

Staf Teknis/Konsul Imigrasi, Ahmad Zaeni yang melakukan BAP terhadap para korban di Tarhil, mengungkapkan bahwa para WNI tersebut dijanjikan oleh oknum travel akan dihubungkan dengan muassasah selaku penyedia paket haji, termasuk tasrekh, tenda Arafah-Mina, katering dan transportasi.

"Dari keterangan mereka, biayanya antara 60-200 juta per orang. Penawaran itu menyebar dari orang ke orang," terang Zaeni.

Muchamad Yusuf, Konsul Tenaga Kerja yang turut terjun ke lapangan, mengidentifikasi berbagai jenis visa yang digunakan oleh para oknum untuk memberangkatkan korban.

Disebutkan Yusuf bahwa para korban kebanyakan diberangkatkan dengan visa kerja musiman (amil musim). Lainnya diberangkatkan dengan visa turis untuk menghadiri event (ziarah fa'aliat), visa kunjungan pribadi (ziarah syakhsiah), visa umrah, dan sisanya berstastus mukim.

"Sesuai ketentuan Pemerintah Arab Saudi, setiap warga negara asing yang masuk dengan visa kerja harus memperoleh exit permit dari penanggung jawab (majikan) yang tertera di visa pekerjanya," imbuh Yusuf.

KJRI Jeddah kini tengah berkoordinasi dengan instansi terkait di Indonesia untuk menindaklajuti kasus ini.

Tertahan di Bandara

Jemaah haji yang dipulangkan dari Arab Saudi tiba di Bandara King Abdulaziz, Jeddah. Dok Daker Bandara

Menurut keterangan dari KJRI Jeddah, selain WNI yang diringkus otoritas, ada juga puluhan WNI yang terlunta-lunta usai melaksanakan ibadah haji karena tidak memiliki tiket pulang.

Ada pula yang proses pemulangan ke Indonesia tidak jelas, karena diberangkatkan dengan visa kerja dan tidak diuruskan exit permit-nya oleh perusahaan atau agen perjalanan yang memberangkatkan, sehingga mereka tertahan di bandara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya di Indonesia, Barbie Kumalasari Dihujat hingga ke Luar Negeri

Posted: 05 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Barbie Kumalasari menyadari dirinya kerap menjadi bahan bullying di media sosial. Apa pun pemberitaan tentangnya banyak dikomentari negatif oleh warganet.

Salah satu contohnya adalah ketika video rekaman lagu Barbie Kumalasari beredar ke publik. Suara Barbie Kumalasari begitu dicemooh banyak orang.

Bahkan tidak hanya di Indonesia saja, Barbie Kumalasari juga mengatakan bahwa bullying yang ia dapat itu sampai ke luar negeri. Hal itu disampaikannya saat menjadi bintang tamu dalam acara untuk konten video YouTube milik Boy William.

"Satu Indonesia ya, semuanya. Dan itu sampai ke luar negeri juga, teman-teman gue yang di luar negeri (bilang) 'Gila lo, Kum, hebat banget bisa sampai tetap kuat (di-bully)' walaupun orang tuh hujatnya sudah sampai seluruh Indonesia," kata Barbie Kumalasari dalam video yang diunggah pada Rabu (4/9/2019). 

Senang Dihujat

(Deki Prayoga/Bintang.com)

Namun Barbie Kumalasari menegaskan dirinya tidak ambil pusing terkait masalah tersebut. Yang terpenting baginya, pekerjaan yang dilakukan masih tetap bisa diselesaikan dengan baik.

"Malah gue senang (kalau) gue dihujat, dibilang gue orang miskin, alhamdulillah. Yang penting project-project gue, anak buah gue banyak, kerjaan gue bagus, gue tetap settle," kata Barbie Kumalasari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 2 WNA India Selundupkan Sabu ke Bali

Posted: 05 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Satuan Resnarkoba Polresta Denpasar bersama CTOC Polda Bali menangkap dua Warga Negara Asing (WNA) asal India yang kedapatan membawa sabu seberat 3 kilogram. Kedua tersangka tersebut bernama Manjet Singh (23) dan Harvinder Singh (26).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suap Izin Reklamasi, Gubernur Nonaktif Kepri Nurdin Basirun Diperiksa KPK

Posted: 05 Sep 2019 09:59 PM PDT

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (kanan) akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/9/2019). Nurdin diperiksa sebagai saksi untuk tersangka pengusaha Abu Bakar terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (kanan) akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/9/2019). Nurdin diperiksa sebagai saksi untuk tersangka pengusaha Abu Bakar terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (tengah) akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/9/2019). Nurdin diperiksa sebagai saksi untuk tersangka pengusaha Abu Bakar terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun (tengah) akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/9/2019). Nurdin diperiksa sebagai saksi untuk tersangka pengusaha Abu Bakar terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/9/2019). Nurdin diperiksa sebagai saksi untuk tersangka pengusaha Abu Bakar terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/9/2019). Nurdin diperiksa sebagai saksi untuk tersangka pengusaha Abu Bakar terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/9/2019). Nurdin diperiksa sebagai saksi untuk tersangka pengusaha Abu Bakar terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/9/2019). Nurdin diperiksa sebagai saksi untuk tersangka pengusaha Abu Bakar terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/9/2019). Nurdin diperiksa sebagai saksi untuk tersangka pengusaha Abu Bakar terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur nonaktif Kepulauan Riau Nurdin Basirun akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/9/2019). Nurdin diperiksa sebagai saksi untuk tersangka pengusaha Abu Bakar terkait aliran suap izin lokasi rencana reklamasi di wilayah Kepulauan Riau. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Biasa, Seniman Ini Buat Lukisan di Kaca dengan Dipecahkan

Posted: 05 Sep 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seorang seniman, tentunya dibutuhkan imajinasi dan kreativitas untuk menghasilkan suatu karya seni yang indah dan bernilai. menghasilkan karya seni yang luar biasa dan bikin takjub menjadi kepuasan tersendiri bagi para penciptanya. 

Salah satu hasil karya seni yang hingga kini terus mengalami perubahan dan perkembangan yaitu karya seni lukis. Jika dulu lukisan hanya dapat diciptakan lewat media kanvas, cat minyak atau cat air serta alat pendukung lainnya, kini banyak seniman yang terus membuat gebrakan baru di dunia seni lukis. 

Seperti melukis dengan cara baru yaitu melukis di kaca. Terdengar biasa mungkin jika melukis di media kaca. Namun, salah satu seniman ini tak membutuhkan cat untuk menghasilkan lukisan di kaca. Ia beranggapan semakin banyak keterampilan teknis yang dimiliki, semakin baik utntuk dapat mempresentasikan ide-idenya.

Ia adalah seniman bernama Simon Berger. Seniman satu ini tak membutuhkan kanvas dan cat, melainkan alat pahat dan palu serta dinding kaca. Dengan barang-berang tersebut ia mampu menghasilkan karya seni lukisan di kaca yang bakal bikin takjub. 

Belajar dari Menjadi Seniman Kayu

Seniman buat lukisan di kaca dengan dipecahkan, hasilnya bikin takjub. (Sumber: Boredpanda)

Dilansir dari Boredpanda oleh Liputan6.com, Jumat (6/9/2019) Simon Berger mengtaakan bahwa kaca adalah bahan yang memiliki begitu banyak potensi dalam seni. 

"Menggunakan pengalaman pengerjaan saya, saya telah menemukan teknik yang mungkin paling unik di seluruh dunia." ungkapnya dikutip dari Boredpanda. 

Awalnya ia menjadi seorang tukang kayu yang melatihnya soal karya artistik. Itu adalah pengalaman pertamanya dalam menciptakan seni artistik yang berasal dari kayu. Ia mulai bereksperimen dengan kayu dan mulai mencoba dengan bahan-bahan lainnya, salah satunya kaca.

Lukisannya benar-benar bikin takjub.

Seniman buat lukisan di kaca dengan dipecahkan, hasilnya bikin takjub. (Sumber: Boredpanda)

Setelah menyadari jika kaca cocok sebagai media ekspreimennya, ia melanjutkan dengan berani mencoba membuat potret model di sebuah toko di pinggir jalan. Ia pun mulai berkeliling mencari dinding kaca yang cocok untuk ia garap.

Simon Berger kemudian membuat sketsa garis-garis pada panel kaca. Dari sana, ia mulai menandai tempat-tempat yang  ingin ia "hancurkan". Kaca terbaik untuk proyek-proyek ini adalah sesuatu yang tidak pecah segera setelah dipukul. Seperti kaca depan mobil.

"Wajah manusia selalu membuat saya terpesona," ungkapnya. 

Setelah membuat karya seninya di sebuah kaca toko, hasil lukisannya pun membuat pra pengunjung takjub. Meski sekilas terlihat abstrak, para pengunjung mulai menyadari bahwa itu adalah potret wajah manusia. 

Gelar Pameran

Seniman buat lukisan di kaca dengan dipecahkan, hasilnya bikin takjub. (Sumber: Boredpanda/drsimon)

Tak hanya pernah melukis pada umumny ayang menggunakan kanvas dan cat, Simon Berger juga memiliki pengalaman dengan memahat kayu hingga melukis di kaca yang membuatnya semakin dikenal. 

Ia bahkan sukses menggelar sebuah pameran di galeri Philipp Brogli Artstübli di Basel, Swiss. Di webnya, banyak netizen yang mengomentari hasil karya seninya yang luar biasa. 

"Ini adalah vandalism dilevel tinggi," tulis seorang netizen. 

"Usaha memecahkan kaca dengan luar biasa!!" timpal lainnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duel Cile vs Argentina Berakhir Sama Kuat

Posted: 05 Sep 2019 09:51 PM PDT

Los Angeles - Timnas Cile bermain imbang tanpa gol dengan Argentina pada laga persahabatan di LA Memorial Coliseum, Jumat (6/9/2019) pagi WIB.

Selepas pertandingan ini, Cile akan bersua Honduras di Estadio Olimpico Metropolitano, San Pedro Sula pada 11 September 2019. Pada hari yang sama, Argentina menghadapi Meksiko di Alamodome, San Antonio, Texas.

Pertandingan berjalan ketat sejak bola digulirkan. Akan tetapi, hingga laga memasuki menit ke-20, tidak ada peluang bagus yang didapatkan kedua tim.

Pada menit ke-23, Argentina memiliki kans untuk membobol gawang Cile lewat aksi Paulo Dybala. Namun, bola hasil tembakan Dybala masih dapat digagalkan kiper.

Cile baru mengancam gawang Tim Tango pada menit ke-40. Sayangnya, bola hasil tendangan Charles Aranguiz mampu dihentikan kiper Argentina, Agustin Marchesin. Sampai turun minum, skor 0-0 tetap bertahan.

Pada paruh kedua, pertandingan masih berjalan menarik. Cesar Pinares nyaris membawa Cile memecah kebuntuan pada menit ke-60. Akan tetapi, bola hasil tendangan Pinares masih menerpa mistar gawang.

Lima menit jelang waktu normal berakhir, giliran Lucas Martinez yang memiliki peluang untuk menjaringkan bola ke dalam gawang Cile. Namun, bola hasil sundulan Martinez yang memanfaatkan umpan dari Alexis Mac Allister digagalkan tiang gawang.

Memasuki menit-menit akhir, kedua tim berupaya untuk mencetak gol. Namun, hingga laga berakhir, Timnas Cile 0 Argentina 0.

 

Susunan pemain:

Timnas Cile (4-2-3-1): 1-Claudio Bravo; 4-Oscar Opazo, 16-Sebastian Vegas, 5-Paulo Diaz, 6-Alfonso Parot; 20-Charles Aranguiz, 24-Claudio Baeza (21-Tomas Alarcon 55'); 18-Angelo Sagal (25-Diego Rubio 46'), 8-Cesar Pinares, 7-Alexis Sanchez; 11-Eduardo Vargas (10-Diego Valdes 66').

Pelatih: Reinaldo Rueda (Kolombia)

Timnas Argentina (4-3-3): 12-Agustin Marchesin; 24-Gonzalo Montiel, 19-Nicolas Otamendi, 2-Lucas Martinez, 3-Nicolas Tagliafico (8-Marcos Acuna 75'); 15-Rodrigo De Paul (13-Nicolas Dominguez 67'), 5-Leandro Paredes, 20-Giovani Lo Celso (29-Exequiel Palacios 53'); 21-Paulo Dybala (28-Alexis Mac Allister 70'), 22-Lautaro Martinez, 9-Joaquin Correa (17-Lucas Alario 57').

Pelatih: Lionel Scaloni (Argentina)

Wasit: Jair Marrufo (Amerika Serikat)

Sumber: Bola.com

(Penulis: Rizki Hidayat, published 6/9/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Dating Resmi Rilis di 20 Negara

Posted: 05 Sep 2019 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat diuji selama hampir satu tahun, Facebook akhirnya merilis layanan cari jodoh besutannya. Layanan bernama Facebook Dating ini kini dipastikan sudah tersedia di 20 negara.

Dikutip dari The Verge, Jumat (6/9/2019), layanan ini hadir di Brasil, Amerika Serikat, Kanada, Kolumbia, Chile, Ekuador, Guyana, Laos, Malaysia, Meksiko, Paraguay, Peru, Filipina, Singapura, Suriname, Thailand, Uruguay, dan Vietnam.

Nantinya, pengguna yang ingin menjajal layanan ini dapat membuat profil baru yang berbeda dari akun Facebook miliknya atau memanfaatkan akun yang sudah ada.

Menurut Facebook, layanan ini akan memasangkan seseorang berdasarkan preferensi yang ditunjukkanya di profil, hal-hal yang disukai, termasuk aktivitasnya di media sosial tersebut.

Layanan ini dipastikan bebas iklan dan tidak ada opsi berbayar. Product Manager Facebook Nathan Sharp menuturkan kunci layanan ini adalah percakapan, sehingga pengguna tidak perlu menggeser layar atau memainkan gim terlebih dulu.

Facebook Dating juga terintegrasi dengan fitur Group and Events. Dengan kata lain, saat seseorang dalam sebuah grup membuat akun Dating atau berencana menghadiri acara yang sama, pengguna dapat mengetahuinya.

Fitur di Facebook Dating

Ada sejumlah kata yang boleh dan tidak boleh diucapkan saat bertemu untuk pertama kali dengan seseorang yang Anda kenal dari aplikasi kencan

Selain itu, Facebook juga berencana mengintegrasikan Dating dengan Instagram. Jadi, pengguna nantinya dapat menyertakan Stories--baik dari Facebook dan Instagram--ke profil Dating-nya.

Untuk menunjang keamanan penggunanya, Facebook juga menyertakan fitur khusus. Dengan fitur ini, pengguna dapat berbagi informasi mengenai kencan yang ditemuinya dari layanan Dating.

Seluruh informasi itu akan dikirimkan ke orang terdekat, baik teman atau keluarga, melalui Facebook Messenger. Pengguna juga dapat berbagi Live Location untuk memberikan informasi real-time lokasi kencan untuk sementara waktu.

Adapun layanan Dating akan tersedia untuk wilayah Eropa pada awal tahun depan. Facebook mengaku optimistis dengan layanan ini, sebab perusahaan menyebut riset menujukkan 40 persen pengguna aplikasi kencan saat ini masih belum puas dengan layanan yang dipakainya.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Workshop Digital Experience Digi-X, Yuk! Eksplorasi Bersama Para Ahli

Posted: 05 Sep 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berbagi pengetahuan tentang teknologi dan digital ke pelosok negeri menjadi semangat Digi-X. Yuk! bereksplorasi bersama para ahlinya.

Di era digital, banyak yang masih membuat konten bergaya lama. Berfokus pada konten TV dan radio. Apalagi belum ada sekolah konten digital yang diisi para ahli.

Melalui Digi-X yakni Digital Experience, eksplorasi dilakukan bersama para ahlinya. Persembahan Liputan6.com ini melibatkan jurnalis berpengalaman. Beranggotakan pakar di media sosial, bisnis, dan digital.

Workshop Digital Bersama Para Ahli edisi perdana berlangsung dua hari pada 9-10 September 2019. Pesertanya dari Krakatau Industri Estate Cilegon. Berlangsung di KLY Office, Gondangdia, Jakarta Pusat.

Kurikulum Workshop Digital meliputi jurnalisme digital, mobile journalism atau mojo, video animation dan infographics, video content marketing, digital marketing, SEO, presenting dan vlogging, cek fakta, dan digital trending.

Workshop Digi-X ini terbuka untuk pemerintah, pelajar, perusahaan, dan publik. Peserta bakal mendapat sertifikat. Jadi, mari bergabung dan bereksplorasi bersama para ahli di Digi-X.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tetapkan 4 dari 6 Orang yang Diamankan sebagai Tersangka Pemalakan di Tanah Abang

Posted: 05 Sep 2019 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mengamankan enam orang yang diduga pelaku pemalakan di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Empat orang di antaranya telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pemalakan yang viral tersebut.

"Total, kita sudah amankan 6 pelaku ya. Sudah kita periksa dan yang 4 pelaku sudah cukup bukti untuk kita tetapkan tersangka," kata Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Harry Kurniawan saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Sementara itu, Kapolsek Tanah Abang, AKBP Lukman Cahyono membenarkan terkait pemalakandan penangkapan tersebut. 

"Betul ada 6 pelaku namun 4 nya sudah tersangka," ujar Lukman.

Sebelumnya beredar video aksi pemalakan di Blok F Tanah Abang. Video yang diunggah akun Instagram @koalisipejalankaki itu menunjukkan beberapa orang menghentikan mobil dan meminta sejumlah uang secara paksa.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bungkam Armenia, Timnas Italia dan Mancini Cetak Rekor di Kualifikasi Piala Eropa

Posted: 05 Sep 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Yerevan - Timnas Italia mencatat 100 rekor kemenangan untuk kali pertama pada lima pertandingan Kualifikasi Piala Eropa. Tim racikan Roberto Mancini itu mencatat lima kemenangan beruntun untuk kali pertama dalam sejarah.

Kemenangan kelima Timnas Italia diraih atas Armenia pada laga lanjutan Grup J Kualifikasi Piala Eropa 2020. Gli Azzurri menang 3-1 di Vazgen Sargsyan Republican Stadium, Kamis (5/9/2019) malam WIB.

Lima kemenangan itu diraih dengan mencetak 16 gol dan cuma kemasukan dua gol. Hasilnya, Timnas Italia memimpin Grup J dengan 15 poin.

Tak hanya Timnas Italia, Roberto Mancini juga mencatat rekor. Dia menjadi pelatih Timnas Italia pertama yang memenangkan lima pertandingan Kualifikasi Piala Eropa secara berturut-turut.

Pelatih Timnas Italia sebelumnya, Azeglio Vicini (1986-1987) dan Antonio pada 2014 menorehkan empat kemenangan beruntun. Conte juga membawa Italia lolos ke Piala Eropa 2016.

 

 

Tertinggal Lebih Dulu

Selebrasi striker Italia Andrea Belotti (AP)

Bertandang ke kandang Armenia, Timnas Italia tertinggal lebih dulu pada menit ke-11. Gawang Gianluigi Donnarumma dibobol Alexander Karapetyan usai memaksimalkan umpan Tegran Barseghyan.

Italia baru bisa menyamakan skor di menit ke-28 melalui Andrea Belotti. Italia kemudian mencetak dua gol lagi di babak kedua melalui Lorenzo Pellegrini dan Belotti.

 

Hasil Lengkap Kualifikasi Piala Eropa 2020:

Armenia 1-3 Italia

Rep Irlandia 1-1 Swiss

Gibraltar 0-6 Denmark

Rumania 1-2 Spanyol

Norwgia 2-0 Malta

Faroe 0-4 Italia

Israel 1-1 Makedonia

Finlandia 1-0 Yunani

Bosnia 5-0 Liechtenstein

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segudang Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan yang Tak Terduga, Kaya Nutrisi

Posted: 05 Sep 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salak merupakan salah satu buah yang memiliki penampilan yang cukup sederhana dan kurang meyakinkan. Namun siapa sangka kalau buah dengan kulitnya yang bersisik ini memiliki manfaat buah salak untuk kesehatan.

Pada daging buahnya yang berwarna putih serta ada biji berwarna coklat di dalamnya, membuat sebagian tidak meyakini adanya manfaat buah salak untuk kesehatan. Ya, ternyata buah yang memiliki kulit ari pada daging buahnya ini menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Hal ini dikarenakan salak mengandung banyak nutrisi yang baik untuk mencukupi dan menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini, Liputan6.com, Jumat (6/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh yang bisa kamu dapatkan.

Kandungan Nutrisi pada Buah Salak

Salak (Shutterstock)

Adanya manfaat buah salak untuk kesehatan dikarenakan buah ini memiliki segudang nutrisi yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Kandungan buah salah terdiri dari zat makro, zat gizi mikro, dan juga serat.

Buah salak kaya akan kandungan zat besi dan ini berarti salak baik untuk dikonsumsi bagi penderita anemia defisiensi besi. Selain itu, salak juga banyak mengandung vitamin A, vitamin B2 (riboflavin), vitamin C, dan karbohidrat.

Tidak hanya itu, masih ada kandungan nutrisi pada buah salak lainnya seperti kalsium, fosfor, potasium, protein, lemak, dan serat. Perlu diketahui juga bahwa buah salak tidak mengandung kolesterol sehingga sangat aman untuk dikonsumsi bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi.

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Ilustrasi penyakit jantung (foto: shutterstock)

Menjaga Kesehatan Mata

Manfata buah salak untuk kesehatan yang pertama adalah bisa membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan buah salak mengandung vitamin A yang di dalamnya terdapat beta karoten. Di mana beta karoten yang terdapat pada buah salak memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Kamu bisa merasakan manfaat buah salak untuk kesehatan dengan cara mengonsumsinya secara rutin. Jadi, tak hanya wortel saja yang bisa bantu mencukupi asupan kebutuhan vitamin A kamu.

Menjaga Kesehatan Jantung

Buah salak sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan salak tidak mengandung kolesterol. Inilah yang membuat buah salak sangat baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu, buah salak juga kaya akan kandungan antioksidan yang bisa membantu tubuh untuk mengatur regulasi air di dalam tubuh. Regulasi ini sangat penting untuk kesehatan jantung dan metabolisme tubuh.

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Daya Ingat (ImageFlow/Shutterstock)

Meningkatkan Daya Ingat

Buah pengingat merupakan salah satu sebutan untuk buah salak ini. Ya, manfaat buah salak untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa membantu meningkatkan daya ingat kamu. Hal ini dikarenakan adanya kandungan potassium dan pectin tinggi, mmebuat salah mampu meningkatkan fungsi kognitif tubuh dan meningkatkan memori.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah salak juga mampu membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan buah salak memiliki kandungan senyawa polifenol dan flavonoid yang berlimpah dalam buah ini yang dapat membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Selain itu, adanya kandungan zat beta karotene yang merupakan antiksidan baik untuk mencegah penyakit kardiovaskuler, stroke, hingga kanker.

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Berat Badan Berlebih (foto: shutterstock)

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah salak untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa membantu menurunkan berat badan yang berlebih. Hal ini dikarenakan salak memiliki kandungan serat dan antioksidan. Maka tak heran, bagi sebagian orang telah mencoba dan memasukkan salak ke dalam menu dietnya.

Selain itu, kalisum dan karbohidrat pada buah salak bisa memenuhi kebutuhan energi dan stamina ketika menjalani program diet.

Melancarkan Pencernaan

Buah salak bisa membantu melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan. Kamu bisa merasakan manfaat buah salak untuk kesehatan ini dengan mengonsumsi daging salak beserta kulit arinya. Pasalnya, kulit ari buah salak sama-sama mengandung nutrisi padat yang terdiri dari serat, kalsium, tanin, saponin, flavonoid, dan beta karoten.

Dimana semua nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Misalnya saja serat yang ada pada buah salak ini bisa membantu mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa, racun, dan kandungan lainnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh kamu.

Alhasil, buah ini dapat membantu kamu untuk terhindar dari sembelit. Begitu juga dengan kandungan nutrisi tanin, yang memiliki efek antimikroba alami dalam usus sehingga bisa diamnfaatkan sebagai obat diare alami. Selain itu, tanin juga bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jaksa Eka Safitra Diperiksa KPK Soal Kasus Suap Proyek Lelang Yogyakarta

Posted: 05 Sep 2019 09:43 PM PDT

Jaksa Kejari Yogyakarta, Eka Safitra tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/9/2019). Eka Safitra diperiksa sebagai tersangka kasus suap terkait lelang proyek Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Jaksa Kejari Yogyakarta, Eka Safitra tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/9/2019). Eka Safitra diperiksa sebagai tersangka kasus suap terkait lelang proyek Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Jaksa Kejari Yogyakarta, Eka Safitra keluar dari mobil untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jumat (6/9/2019). Eka Safitra diperiksa sebagai tersangka kasus suap terkait lelang proyek Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Jaksa Kejari Yogyakarta, Eka Safitra keluar dari mobil untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jumat (6/9/2019). Eka Safitra diperiksa sebagai tersangka kasus suap terkait lelang proyek Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Jaksa Kejari Yogyakarta, Eka Safitra tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/9/2019). Eka Safitra diperiksa sebagai tersangka kasus suap terkait lelang proyek Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Jaksa Kejari Yogyakarta, Eka Safitra tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/9/2019). Eka Safitra diperiksa sebagai tersangka kasus suap terkait lelang proyek Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Perlambatan Ekonomi, Pemerintah Harus Kurangi Defisit Transaksi Berjalan

Posted: 05 Sep 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo A Chavez bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara beberapa hari lalu. Pertemuan ini membahas kondisi perekonomian global.

Salah satu isu yang disoroti ialah pertumbuhan ekonomi global yang cenderung melambat serta dampaknya ke negara-negara kawasan Asia seperti Indonesia.

Dikutip dari bahan presentadi Bank Dunia, Jumat (6/9/2019), ekonomi global tengah melambat dan meningkatkan risiko resesi bagi sejumlah negara besar, tak terkecuali Amerika Serikat (AS) sendiri.

Tak hanya itu, perang dagang AS-China juga turut memperparah kondisi geopolitik dan pertumbuhan ekonomi global saat ini. Indonesia, terdampak signifikan akibat perlambatan ekonomi ini.

Pemerintah tidak hanya perlu mengurangi defisit transaksi berjalan atau Current Account Deficit (CAD) untuk memitigasi ancaman perlambatan ekonomi global, tetapi juga perlu meningkatkan arus modal asing ke dalam negeri atau Foreign Direct Investment (FDI).

Bank Dunia memperkirakan CAD Indonesia di akhir 2019 sebesar USD 33 miliar, naik dari tahun sebelumnya yang sebesar USD 31 miliar. Dengan pertumbuhan FDI Indonesia yang juga lesu, FDI Indonesia diperkirakan hanya tumbuh sebesar USD 22 miliar.

Sebab itu, Indonesia setidaknya dinilai membutuhkan USD 16 miliar per tahun aliran dana masuk atau pembiayaan eksternal untuk menutup gap defisit ini.

 

Materi Presentasi

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves saat memberikan pemaparan dalam Indonesia Economic Quarterly, Jakarta, Selasa (17/1). Potensi bagi Indonesia untuk tumbuh secara inklusif memiliki peluang yang cukup besar.(Liputan6.com/Angga Y)

Saat dikonfirmasi, pihak Bank Dunia tidak membenarkan bahwa materi yang beredar merupakan laporan resmi yang dirilis World Bank. Itu merupakan bahan usulan yang disampailan ke Jokowi di Istana pada Senin (2/9).

"Itu bukan official report dari Kami, karena kami tidak pernah merilis dan kami pun tak bisa bertindak lebih terkait laporan yang sudah beredar," ujar pihak World Bank saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (6/9/2019).

"Itu bahan presentasi yang disampaikan kepada Presiden Jokowi dan merupakan bahan kompilasi. Kami menyayangkan jika sudah ada yang mengatasnamakan 'laporan resmi World Bank', karena itu bukan laporan, melainkan bahan presentasi semata," lanjut dia.

Adapun dalam materi ini juga diprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan semakin tertekan sepanjang tahun di tengah perlambatan ekonomi global. Tekanan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia juga disebabkan oleh lemahnya produktivitas dan pertumbuhan tenaga kerja yang melambat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

The Dark Crystal: Age of Resistance, Serial Animasi Netflix yang Banjir Pujian

Posted: 05 Sep 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Netflix kembali hadirkan serial animasi berjudul The Dark Crystal: Age of Resistance. Serial animasi ini sudah dapat dinikmati mulai Jumat (30/8/2019). Season pertama The Dark Crystal: Age of Resistance akan berjumlah 10 episode dengan durasi masing-masing episode sekitar 60 menit.

The Dark Crystal: Age of Resistance merupakan prekuel dari film The Dark Crystal pada 1982. The Dark Crystal: Age of Resistance mengambil latar sebuah dunia bernama Thra. Mengisahkan tentang tiga Gelfling yang menemukan kekuatan sebuah rahasia yang menakutkan.

Rahasia menakutkan itu berkaitan dengan kekuatan Skeksis yang apabilan tidak digunakan dengan baik dapat berbahaya. Lalu para Gelfing melakukan perjalanan untuk menyalakan api pemberontakan. Tujuannya supaya mereka dapat menyelamatkan dunia mereka.

The Dark Crystal: Age of Resistance disutradarai oleh sutradara kondang, Louis Leterrier. Pemeran The Gelfing akan disuarakan oleh Taron Egerton, Anyta Taylor-Joy, dan Nathalie Emmanueal. 

Pameran Boneka

The Dark Crystal: Age of Resistance. (Netflix)

The Dark Crystal: Age of Resistance tidak seperti film animasi lainnya yang menampilkan teknik-teknik apik CG. Semua karakter dalam serial animasi The Dark Crystal: Age of Resistance adalah sebuah puppet atau boneka. Proses membuat karakter dengan boneka adalah sebuah hal yang rumit.

Dilansir dari The Verge, penulis sekaligus produser Jeffrey Addiss mengatakan ini adalah sebuah terobosan yang luar biasa. Para kru membangun dan menciptakan sendiri dunia yang ditampilkan.

Lebih jauh lagi, serial ini menuai banyak pujian dari para kritikus. Di Rotten Tomatoes, The Dark Crystal: Age of Resistance mendapat skor total 86 persen hingga tulisan ini dibuat. Dari 56 ulasan, hanya delapan kritikus yang mencerca serial ini.

(Maria Advensiani/mgg)

The Dark Crystal: Age of Resistance. (Netflix)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Revisi UU KPK, Istana Minta Publik Tidak Khawatir

Posted: 05 Sep 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DPR sepakat merevisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Banyak pro kontra dalam revisi tersebut. Staf Ahli Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Ifdhal Kasim pun meminta kepada publik agar tidak khawatir.

Sebab kata dia, dalam pembahasan revisi UU KPK tersebut, pemerintah akan memberikan pandangan. Jika pemerintah setuju kata dia, baru akan dilanjutkan ketahap selanjutnya yaitu membuat panitia kerja dan panitia khusus untuk mengkaji.

"Menurut saya ini, kan kalau kita ngerti tata cara proses pembahasan UU di DPR, harusnya kekhawatiran itu tidak diperlukan. Karena pemerintah sendiri belum merespons, belum memberi pandangan umum," kata Ifdhal di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (6/9/2019).

Dia juga mengklaim hingga saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mendapatkan naskah rancangan tersebut. Sebab itu, Ifdhal meminta kepada publik agar menunggu.

"Karena ini merupakan inisiatif DPR, mereka tentu di akhir sidang ini coba mengangkat lagi bagaimana memutuskan ini. Bukan berarti harus diketok. karena itu harus ada pendapat pemerintah juga terhadap RUU inisiatif DPR. Kemudian kan belum pernah juga dibahas daftar inventaris masalahnya apa, DIM-nya. Jadi itu masih jauh itu," ungkap Ifdhal.

Sebelumnya KPK menganggap rencana DPR tersebut sebagai tanda-tanda 'matinya' lembaga antirasuah itu.

"Tentu ini merupakan lonceng kematian bagi KPK sekaligus memupus harapan rakyat akan masa depan pemberantasan korupsi," kata Ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo Harahap.

Yudi menyebut, saat ini tidak ada masalah krusial di KPK sehingga harus ada kebutuhan revisi UU KPK. Justru saat ini KPK sedang giat memberantas korupsi terbukti dalam dua hari ada tiga operasi tangkap tangan (OTT).

dalam pembahasan revisi UU KPK tersebut, pemerintah akan memberikan pandangan. Sementara, Masyarakat sipil pegiat anti korupsi terus menyuarakan penolakan mereka terhadap pembahasan tersebut.

Sikap Presiden Joko Widodo pun dinantikan masyarakat, mau tidaknya mendengar usulan masyarakat sipil yang mengatakan revisi UU KPK Nomor 20 Tahun 2002 hanya akan memperlemah taji komisi anti rasuah tersebut.

Peneliti dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mengingatkan Jokowi agar tak lupa jabatannya sebagai presiden dua periode atas kehendak rakyat.

Sehingga, imbuh Lucius, penolakan masif terhadap revisi undang-undang KPK oleh masyarakat harus diperhatikan oleh Jokowi dengan cara tidak mengirimkan surat presiden (Surpes) ke DPR sebagai bentuk persetujuan pemerintah membahas RUU KPK.

"Saya kira presiden bisa melakukan penolakan menandatangani Surpres untuk membahas RUU Ini. Ini bagian dari tanggung jawab moral presiden untuk memastikan teladannya membangun pemerintahan bebas korupsi akan terwujud," ujar Lucius.

Tuntutan ke Presiden Jokowi

Sementara, Masyarakat sipil pegiat anti korupsi terus menyuarakan penolakan mereka terhadap pembahasan tersebut.

Sikap Presiden Joko Widodo pun dinantikan masyarakat, mau tidaknya mendengar usulan masyarakat sipil yang mengatakan revisi UU KPK Nomor 20 Tahun 2002 hanya akan memperlemah taji komisi anti rasuah tersebut.

Peneliti dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mengingatkan Jokowi agar tak lupa jabatannya sebagai presiden dua periode atas kehendak rakyat.

Sehingga, imbuh Lucius, penolakan masif terhadap revisi undang-undang KPK oleh masyarakat harus diperhatikan oleh Jokowi dengan cara tidak mengirimkan surat presiden (Surpes) ke DPR sebagai bentuk persetujuan pemerintah membahas RUU KPK.

"Saya kira presiden bisa melakukan penolakan menandatangani Surpres untuk membahas RUU Ini. Ini bagian dari tanggung jawab moral presiden untuk memastikan teladannya membangun pemerintahan bebas korupsi akan terwujud," ujar Lucius.

Reporter: Intan Umbari Prihatin, Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP San Marino: Peluang Dovi Juara

Posted: 05 Sep 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Andrea Dovizioso bakal menjadi unggulan dalam MotoGP San Marino. Maklum, pembalap Ducati itu berstatus sebagai juara bertahan di sana.

Namun, balapan dipastikan tidak akan berjalan mudah bagi Ducati. Sebab, Honda juga punya catatan bagus kala mengaspal di Sirkuit Misano, di mana Marc Marquez menang pada 2017 dan 2015.

Pertarungan sengit diprediksi akan terjadi di MotoGP San Marino pada 15 September 2019. Potensi kejutan juga bisa terjadi seperti ketika pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, mengalahkan Marquez saat MotoGP Inggris 2019.

Fabio Quartararo dari Petronas Yamaha SRT, dinilai salah satu yang bisa bersinar di MotoGP San Marino 2019. Hal itu karena Quartararo menjadi yang tercepat dalam tes di Sirkuit Misano pekan lalu.

Para pembalap seakan kompak tidak membiarkan Marquez kembali finis terdepan di sisa MotoGP musim ini. Berikut jadwal MotoGP San Marino 2019 di Sirkuit Misano.

 

 

Jadwal MotoGP

2. Andrea Dovizioso (Ducati) - 116 poin. (AFP/Lluis Gene)

Jumat (13/9/2019)

MotoGP, Free Practice 1 (14.00 - 15.40 WIB)

MotoGP, Free Practice 2 (19.10 - 19.55 WIB)

Sabtu (14/9/2019)

MotoGP, Free Practice 3(14.00 - 15.40 WIB)

MotoGP, Free Practice 4 (18.30 - 19.00 WIB)

MotoGP, Kualifikasi 1 (19.10 - 19.25 WIB)

MotoGP, Kualifikasi 2 (19.35 - 19.50 WIB)

Minggu (15/9/2019)

MotoGP, Warm Up (14.40 - 15.00 WIB)

MotoGP, Race (19.00 WIB)

Klasemen MotoGP

Klasemen MotoGP

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 250 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati) 172 poin

3. Alex Rins (Suzuki) 149 poin

4. Danilo Petrucci (Ducati) 145 poin

5. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) 116 poin

6. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) 116 poin

7. Jack Miller (Pramac Ducati) 94 poin

8. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 92 poin

9. Cal Crutchlow (LCR Honda) 88 poin

10. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) 69

11. Pol Espargaro (KTM) 68 poin

12. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 62 poin

13. Joan Mir (Suzuki) 39 poin

14. Aleix Espargaro (Aprilia) 33 poin

15. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) 29 poin

16. Andrea Iannone (Aprilia) 27 poin

17. Miguel Oliveira (KTM Tech 3) 26 poin

18. Johann Zarco (KTM) 22 poin

19. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) 21 poin

20. Stefan Bradl (Honda) 16 poin

21. Tito Rabat (Avintia Racing) 14 poin

22. Michele Pirro (Ducati) 9 poin

23. Sylvain Guintoli (Suzuki) 7 poin

24. Hafizh Syahrin (KTM Tech 3) 6 poin

25. Karel Abraham (Avintia Racing) 4 poin

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Dias Kinanthi, Adik Andien Aisyah yang Keluar Kuliah Kedokteran demi Passion

Posted: 05 Sep 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini Dias Kinanthi berhasil menyita perhatian publik. Dias Kinanthi adalah adik dari Andien Aisyah yang menjadi perbincangan hangat publik lantaran salah jurusan kuliah. Meski tak terjun di dunia hiburan, wanita cantik ini juga memiliki bakat dan kecerdasan luar biasa tak kalah dari kakaknya. Bahkan, dia telah menyelesaikan program master di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Indonesia.

Sosok Dias dikenal sebagai wanita yang cerdas. Bukan hanya dikenal peduli dengan lingkungan hijaber satu ini juga sangat peduli dengan isu-isu kemanusiaan. Dias Kinanthi, adik kandung penyanyi Andien Aisyah ini kini sudah sukses menjadi diplomat. Di balik kesuksesannya menjadi diplomat ternyata Dias pernah mengalami salah jurusan kuliah dan nekat keluar demi passion-nya.

Adik kandung Andien ini awalnya adalah mahasiswa jurusan kedokteran dan nekat keluar saat ia dia semester 4. Dengan modal nekat, ia banting setir jadi mahasiswi Sastra Jerman. Dias sebetulnya lebih menyukai pelajaran yang berbau filsafat, sejarah, dan sosial. Sempat ada pergolakan batin di diri Dias, apalagi dengan stigma masyarakat tentang pendidikan yang sedang ia jalani dan jumlah uang yang tidak sedikit pula untuk sampai di posisi tersebut.

Pernah mengalami momen penuh perjuangan di masa perkuliahan, Dias tak pernah menyerah untuk mengejar passion-nya. Berikut enam potret Dias Kinanthi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/9/2019).

1. Dias mengaku sempat takut untuk bicara kepada orangtuanya mengenai keinginannya keluar dari fakultas kedokteran. Namun akhirnya, Dias berani mengungkapkan keinginannya kepada orangtuanya dan berniat membayar kuliah dengan uangnya sendiri.

Potret Dias Kinanthi, Adik Andien Aisyah yang Keluar Kuliah Kedokteran Demi Passion (sumber: instagaram/@diaskinanthi)

2. Datang dari keluarga yang cukup, ia lebih memilih untuk mandiri berkerja di dua tempat sekaligus saat menjadi mahasiswi sastra Jerman.

Potret Dias Kinanthi, Adik Andien Aisyah yang Keluar Kuliah Kedokteran Demi Passion (sumber: instagaram/@diaskinanthi)

3. Saat itu, ia bekerja menjadi guru bahasa jerman untuk ABK di Tanjung Priuk, dan menjadi editor di Ciracas.

Potret Dias Kinanthi, Adik Andien Aisyah yang Keluar Kuliah Kedokteran Demi Passion (sumber: instagaram/@diaskinanthi)

4. Pindah jurusan, membuatnya jadi lebih aktif di luar perkuliahan. Ia bahkan pernah dikirim ke Rusia dalam misi sosial untuk membantu pendidikan dan pembinaan anak-anak kurang mampu.

Potret Dias Kinanthi, Adik Andien Aisyah yang Keluar Kuliah Kedokteran Demi Passion (sumber: instagaram/@diaskinanthi)

5. Kini Dias bekerja di bidang multilateral di Jenewa, Swiss. Tugasnya menangani beberapa badan PBB di antaranya WHO, ILO, dan UNESCO.

Potret Dias Kinanthi, Adik Andien Aisyah yang Keluar Kuliah Kedokteran Demi Passion (sumber: instagaram/@diaskinanthi)

6. Bukan hanya menjadi diplomat, Dias juga sering menjadi guru bagi anak-anak pemulung di Jakarta. Keren sekali ya Dias Kinanthi ini.

Potret Dias Kinanthi, Adik Andien Aisyah yang Keluar Kuliah Kedokteran Demi Passion (sumber: instagaram/@diaskinanthi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Veronica Koman Selama Jadi Aktivis Hukum

Posted: 05 Sep 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Veronica Koman kembali menjadi sorotan masyarakat setelah terseret dalam kasus kerusuhan Papua. Perempuan kelahiran Medan ini ditetapkan menjadi tersangka oleh Polri.

Polri menyatakan, Veronica Koman diduga menyebarkan berita bohong atau hoaks dan provokasi terkait kasus Papua tempo hari. Di kalangan aktivis, nama Veronica sebenarnya tidak asing. Banyak aksi yang telah ia lakukan untuk warga yang membutuhkan bantuan hukum. Berikut ini ulasan aksi Veronica Koman sebagai aktivis hukum:

- Aksi Membela Ahok

Veronica Koman menjadi salah satu aktivis yang gencar membela mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang saat itu tersandung penistaan agama. Veronica menolak Ahok dipidana. Bersama pendukung lainnya, Veronica menuntut Ahok untuk dibebaskan. 

Dalam aksi ini, ia menyebut pemerintahan Jokowi lebih parah dibandingkan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Atas tindakan tersebut, pada Mei 2017 Veronica dilaporkan ke polisi. Sebenarnya pernyataan tersebut Veronica ungkapkan untuk mengkritisi pasal yang dikenakan kepada Ahok, sehingga divonis dua tahun penjara. Menurut Veronica, pasal yang digunakan adalah pasal karet.

- Konsisten Bela Papua

Telah lama Veronica Koman menjadi aktivis yang membela Papua. Ia seringkali menjadi advokat untuk mendampingi aktivis Papua saat berurusan dengan penegak hukum. Selain menjadi aktivis, ia juga tercatat sebagai pengacara publik di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. Ia bekerja sebagai pengacara yang mengadvokasi isu minoritas dan kelompok rentan, pencari suaka hingga aktivis Papua. 

Seperti pada 2015 lalu, Veronica sempat mendampingi dua mahasiswa Papua. Dua mahasiswa tersebut menjadi tersangka ketika terlibat kericuhan dengan polisi saat demonstrasi menuntut kebebasan berekspresi di Jakarta. Veronica terus konsisten membela rakyat Papua yang memerlukan bantuan hukum.

- Dukungan untuk Pencari Suaka

Aksi lain dari Veronica Koman adalah memberi bantuan hukum kepada pencari suaka. Dalam hal ini banyak klien Veroncia yang berasal dari Afghanistan dan Iran yang terdampar di Indonesia. Veronica membantu mereka agar mendapat status pengungsi sesuai dengan hukum pengungsi internasional di UNHCR (komisioner tinggi PBB untuk pengungsi).

Di luar itu, Veronica juga tak jarang memberikan bantuan hukum kepada kaum miskin yang buta hukum dengan cuma-cuma.

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Novita Hardini, Istri Bupati Trenggalek yang Memesona

Posted: 05 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mochammad Nur Arifin resmi dilantik menjadi Bupati Trenggalek pada bulan Mei lalu menggantikan Emil Dardak. Selain itu kehidupan pribadi pria yang akrab disapa Gus Ipin ini kerap mencuri perhatian publik. Salah satunya adalah sosok istri yang memesona, Novita Hardini.

Novita Hardini dikenal dengan sosok perempuan muda yang cerdas dan cantik. Tak hanya itu, ia juga kerap mendampingi sang suami di berbagai kegiatan.

Selain mendampingi suaminya, sebagai Ibu Bupati Trenggalek Novita Hardini juga memiliki kesibukan lainnya. Mulai dari mengadakan pertemuan-pertemuan penting mendukung gerakan pelaku usaha kreatif, hingga menjadi pembicara dalam berbagai acara.

Meski mempunyai banyak kesibukan, wanita kelahiran 22 November 1990 ini juga tetap menjadi seorang ibu yang telaten. Berikut potret istri Bupati Trenggalek, Novita Hardini yang dirangkum Liputan6.com, Jumat (6/9/2019).

1. Novita Hardini mendampingi sang suami di berbagai kegiatan

Novita Hardini (Sumber: Instagram/@novitamochamad)

2. Novita Hardini bersih-bersih sampah di pantai bersama komunitas motor

Novita Hardini (Sumber: Instagram/@novitamochamad)

3. Bupati Trenggalek mengenakan baju kompakan dengan keluarga, harmonis banget

Novita Hardini (Sumber: Instagram/@novitamochamad)

4. Potret selfie Novita Hardini yang mencuri perhatian

Novita Hardini (Sumber: Instagram/@novitamochamad)

5. Tak hanya cantik, Novita Hardini juga suka beraktivitas olahraga air

Novita Hardini (Sumber: Instagram/@novitamochamad)

6. Meski sibuk, Novita Hardini meluangkan waktu bersama anak-anaknya

Novita Hardini (Sumber: Instagram/@novitamochamad)

7. Novita Hardini dan sang suami saat bermain ke wisata alam

Novita Hardini (Sumber: Instagram/@novitamochamad)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Video Gisella Anastasia Asyik Joget di Kelab Malam

Posted: 05 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gisella Anastasia kembali menjadi pembicaraan. Semenjak berpisah dari Gading Marten dan menjalin asmara dengan Wijin, Gisella Anastasia sering sekali mendapat kritikan dari warganet.

Kali ini, Gisella Anastasia kedapatan tengah asyik berjoget menikmati lantunan musik di sebuah kelab malam. Momen tersebut diabadikan dan diunggah ke dalam Instagram Story oleh akun @yansensetiawan.

Dalam video tersebut, Gisella Anastasia terlihat sedang berjoget dengan seorang pria sambil memegang sebuah gelas berisi minuman. Rupanya video tersebut viral dan diunggah ulang oleh beberapa akun gosip di Instagram.

Tak heran, Gisella Anastasia pun langsung menuai banyak kritikan dari warganet. Terbukti dari kolom komentar unggahan video tersebut dalam di akun Instagram @tantee_reempong_oficiall. 

 

Dibela dan Diingatkan

(Instagram: @tantee_reempong_oficiall)

Banyak warganet yang kemudian mengait-ngaitkan hal ini dengan putri Gisella Anastasia, Gempita Nora Marten. Tidak sedikit pula yang mendukung Gisella Anastasia meskipun ia terlihat asyik dugem, selama tidak melupakan kewajibannya mengurus sang putri.

"Biarin aja sih.. Mau ngedugem kek yg penting ga lupa urus anak.. Banyak aja tuh yg ga kenal dugem tp anaknya blepetan kmn mn.. Dia 'me time' nya begitu ya so what?! Dinyinyirin mulu ih..," bela akun @thata_saragi.

"Tapi gempi pinter lho .....jd ya ga masalah juga sih selama bisa ngurus anak," timpal @reemafawazzz.

"biasa aja sih netizen, ketauan yg suka nyinyir pasti kurang piknik 🤣😂 yg penting anak keurus, tanggung jawab udah selesai ga ada salahnya have fun cuk, duh kalian ini kayak tetangga di rumah deh..," timpal @d_maspratiwi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Demi Kelly Clarkson, Dwayne Johnson Tinggalkan Bulan Madunya

Posted: 05 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dwayne Johnson tinggalkan bulan madunya demi menjadi tamu pertama di acara Kelly Clarkson Show.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di GBK Ricuh

Posted: 05 Sep 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan kualifikasi piala dunia 2022 antara Timnas Indonesia dan Malaysia ricuh, kericuhan terjadi di dalam dan di luar stadion GBK. Ratusan suporter melempari aparat keamanan dengan batu dan benda tumpil.

VIDEO: Jadwal Siaran Langsung Indonesia vs Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi, India Punya Kantor Konfederasi Industri Pertama di Jakarta

Posted: 05 Sep 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada acara yang diadakan 5 September 2019 malam, Menteri Luar Negeri India S Jaishankar memimpin acara peresmian kantor cabang Perwakilan Confederation of Indian Industry (CII) atau Konfederasi Industri India di Jakarta.

Pengumuman untuk membuka kantor perwakilan CII di Jakarta dibuat selama kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi pada Mei 2018 lalu.

Thomas Trikasih Lembong selaku Ketua Dewan Koordinasi Investasi Indonesia juga hadir pada acara peresmian kantor cabang CII tersebut.

CII yang didirikan pada 1895 adalah organisasi non-pemerintah, nirlaba, dipimpin oleh industri dan dikelola oleh industri, yang memainkan peran proaktif dalam proses pembangunan India. CII bekerja untuk menciptakan dan mempertahankan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan India, industri mitra, Pemerintah, dan masyarakat sipil, melalui proses konsultasi dan konsultatif.

Perdana Menteri India, Narendra Modi dan Presiden Indonesia Joko Widodo, menegaskan untuk memperkuat koperasi di antara negara Indonesia dan India. Dan dengan dibangunnya CII akan memperkuat nilai dalam hubungan industrial.

Indonesia dapat Menggunakan CII untuk Mengeksplorasi Koperasi

Pembangunan Kantor CII India di Jakarta

Pada acara ini Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar mengatakan bahwa Indonesia bisa menggunakan CII untuk meningkatkan kerna sama dengan India.

"Indonesia bisa menggunakan CII untuk mengeksplorasi kerja sama industri dengan India. CII akan membantu memperbesar hubungan industri India dan Indonesia." ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pembangunan ini menjadi hal yang penting karena bisa memperkuat hubungan kemitraan Indonesia dan India, dan mendorong semakin banyaknya kerja sama antara kedua negara.

Selain itu, pengesahan berdirinya CII juga bertepatan dengan 70 tahun hubungan diplomatik RI dan India.

Dalam acara ini Thomas Trikasih Lembong, sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia mengikut sertakan diri bahkan mendukung pembangunan dan pengembangan CII di Indonesi.

"Saya senang akhirnya Indonesia dan India bisa menjadi pasangan bisnis industri dengan dibangunnya CII ini," ujarnya dalam pidatonya pada acara tersebut.

Menurut Thomas, dengan berjalannya hubungan ini bahkan bisa memperbaiki defisit perdagangan bilateral yang dialami oleh kedua belah pihak.

 

Reporter: Windy Febriana

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unggahannya Sempat Bikin Heboh, 7 Gaya Asha Shara Saat Kenakan Hijab

Posted: 05 Sep 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu unggahan dua foto di akun Instagram pribadi Asha Shara sempat membuat heboh netizen. Pasalnya, dalam foto yang diunggah olehnya memperlihatkan foto dirinya dari samping tanpa menggunakan hijab.

Foto Asha Shara tanpa mengenakan hijab tersebut diunggah dua kali. Yaitu pada hari Sabtu (30/8/2019) serta pada hari Senin (2/9/2019) lalu. Karena kedua foto itulah banyak netizen yang mempertanyakan apakah Asha Shara telah melepas hijabnya.

Sempat membuat heboh, Asha Shara pun akhirnya memberikan klarifikasi kepada awak media atas dugaan dari kabar mengenai Asha Shara yang lepas hijab. Asha pun membantah jika dirinya lepas hijab.

Pasalnya saat ditemui oleh awak media di Kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis (5/9/2019) kemarin, dirinya masih terlihat mengenakan hijab. Ia juga membantah jika foto yang diunggah tersebut hanya untuk mencari sensasi publik.

"Sumpah enggak ada niat buat nyari sensasi. Memang benar-benar pure itu foto lama dan aku tulis caption yang memang sama dengan mimik yang aku tunjukkan. Biar nyambung," ujar Asha Shara. Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @ashasyara, Jumat (6/9/2019) berikut ini beberapa gaya Asha Shara saat mengenakan hijab.

1. Asha Shara diketahui telah berhijab sejak tahun 2018 lalu.

Asha Shara (Sumber: Instagram/ashasyara)

2. Ia pun selalu menggunakan model hijab sederhana dalam kegiatan sehari-hari.

Asha Shara (Sumber: Instagram/ashasyara)

3. Penampilan hijab Asha Shara sendiri selalu terlihat elegan.

(Instagram/ashasyara)

4. Saat menghadiri sebuah acara, Asha terlihat menggunakan hijab yang simple.

(Instagram/ashasyara)

5. Sebelum menggunakan hijab, Asha cukup sering dan dikenal dengan penampilannya yang seksi.

Asha Shara (Sumber: Instagram/ashasyara)

6. Asha juga sering mengunggah foto dirinya di berbagai aktivitas pada akun Instagram pribadinya.

Asha Shara (Sumber: Instagram/ashasyara)

7. Meski foto saat tak mengenakan hijab sempat membuat heboh, tapi Asha mengaku tak akan menghapusnya di media sosial.

Asha Shara (Sumber: Instagram/ashasyara)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Suap Antar-BUMN, Direktur Keuangan PT INTI Diperiksa KPK

Posted: 05 Sep 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan KorupsiD (KPK) mengagendakan pemeriksaan Direktur Keuangan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) Tri Hartono Rianto dan Direktur Utama PT Era Bangun Jaya, Eddy BJ Si‎hombing terkait kasus dugaan suap proyek pengerjaan Baggage Handling System (BHS).‎

Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK, Chrystelina GS mengatakan, Tri Hartono dan Eddy akan diperiksa KPK untuk tersangka Andra Y Agussalam (AYA).

"Tri Hartono dan Eddy BJ Sihombing akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AYA," kata Chrystelina saat dikonfirmasi, Jumat (6/9/2019).

Selain itu, penyidik juga memanggil Account Manager Jaya Teknik Indonesia, Nandi Alieftiawan dan CEO PT Tridharma Kencena, Hendrik Leonardus dan President Director PT SOG Indonesia, Sanny Jauwhannes.

Diketahui, Andra ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK setelah terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu (31/7/2019) Saat itu Andra menjabat Direktur Keuangan PT AP II.

Andra diduga menerima suap dari Taswin Nur, yang diduga tangan kanan pejabat pejabat PT INTI.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suporter Timnas Indonesia Ricuh, Imam Nahrawi Temui Menpora Malaysia

Posted: 05 Sep 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (RI), Imam Nahrawi menyesalkan kericuhan yang mewarnai pertandingan timnas Indonesia melawan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Kedua tim bertemu pada pertandingan grup G babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. 

Kericuhan pecah di dalam maupun luar stadion. Polisi bahkan harus melepaskan gas air mata untuk membubarkan massa yang berusaha menyerang suporter Malaysia usai laga. Kericuhan juga sempat membuat pertandingan babak kedua terhenti hingga 10 menit. 

Insiden ini berlangsung saat skor pertandingan masih imbang 2-2. Beberapa pendukung timnas Indonesia turun ke lapangan dan melakukan provokasi kepada suporter lawan. Mereka juga melemparkan berbagai benda ke arah para pendukung Harimau Malaya. 

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq yang sebelumnya berada di tribune pendukung Malaysia pun harus dievakuasi oleh aparat demi alasan keamanan. 

Kericuhan ini ikut mempengaruhi permainan timnas Indonesia. Striker Timnas Indonesia, Alberto Beto Goncalves mengaku mental mereka drop akibat insiden memalukan itu. Dalam duel ini, Timnas Indonesia akhirnya kalah dengan skor 2-3 dari Harimau Malaya. 

 

Menpora Malaysia, Syed Saddiq, dievakuasi karena serangan suporter Timnas Indonesia saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

"Kami sudah fokus dengan pertandingan. Tiba-tiba ada masalah (yang membuat pertandingan dihentikan) dan itu membuat kami langsung down," kata Beto.

Usai laga, kericuhan kembali pecah di luar stadion. Suporter yang hendak memprovokasi pendukung Malaysia terlibat bentrok dengan aparat keamanan. Pihak panitia juga terpaksa menahan kepulangan ratusan suporter Malaysia menunggu suasana kembali kondusif. 

 

Menpora Temui Menpora

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi turun dari mobil setibanya di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (24/1). Menpora Imam memenuhi panggilan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap terkait dana hibah Kemenpora ke KONI. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Merespons kejadian ini, Menpora Imam Nahrawi, menurut Antara.com, langsung menemui Menpora Malaysia. Imam ingin meminta maaf secara langsung kepada Saddiq.  Pertemuan dilakukan di salah satu hotel di seputaran SUGBK, Senayan, pada Kamis malam.

"Kehadiran saya untuk menyampaikan langsung permohonan maaf atas nama masyarakat dan pemerintah Indonesia atas peristiwa tidak mengenakkan atas ulah oknum suporter yang semalam kita lihat bersama," kata Imam dalam jumpa pers di Jakarta, keesokan harinya. 

Dalam acara tersebut hadir juga Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto dan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Tak Mampu Tutup Defisit

Posted: 05 Sep 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Rizal Taufikurahman mengatakan, kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) untuk golongan I dan golongan II akan berdampak pada daya beli masyarakat.

Implikasinya, daya beli masyarakat yang menjadi anggota BPJS Kesehatan kelas I dan II akan turun karena adanya kenaikan iuran.

"Daya belinya akan turun terhadap barang dan jasa lain sebesar kenaikan itu, dimana jika pendapatannya tidak naik seiring dengan kenaikan iuran BPJS Kesehatan," tuturnya kepada Liputan6.com, Jumat (6/9/2019).

Rizal menjelaskan, memang kenaikan iuran sebesar 100 persen dapat mengurangi beban BPJS Kesehatan selama ini. Namun, jika dihitung dari beban yang dipikul sekarang oleh BPJS, menurutnya hal ini masih jauh dari kurang.

"Agar tidak terjadi permasalahan baru BPJS Kesehatan ke depan dalam melayani masyarakat, tentu pemerintah perlu mencari alternatif solusi dalam pelayanan kesehatan," ujarnya.

"Artinya, Pemerintah harus mencarikan dana segar atau talangan untuk supaya bisa BPJS Kesehatan kembali pulih. Permasalahan yang muncul adalah darimana dananya? Salah satunya dengan merealokasikan dana subsidi yang alokasinya masih kurang produktif untuk menutupi kekurangan ini," kata dia.

Wamenkeu: Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Bakal Atasi Defisit

Suasana pelayanan BPJS Kesehatan di Jakarta, Rabu (28/8/2019). Menkeu Sri Mulyani mengusulkan iuran peserta kelas I BPJS Kesehatan naik 2 kali lipat yang semula Rp 80.000 jadi Rp 160.000 per bulan untuk JKN kelas II naik dari Rp 51.000 menjadi Rp110.000 per bulan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya, Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 2020. Tidak tanggung-tanggung kenaikan nantinya mencapai 100 persen dari angka saat ini.

Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo mengaku optimis adanya kenaikan iuran tersebut akan membuat kondisi keuangan BPJS Kesehatan berangsur pulih. Dengan demikian, tidak akan lagi terjadi defisit.

"Iya Insya Allah tidak ada lagi (defisit)," kata Mardiasmo saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, pada Rabu 28 Agustus 2019.

Mardiasmo mengatakan, selain kenaikan iuran tersebut ada hal lain yang harus didorong dalam menutup lubang defisit tersebut. Caranya dengan perbaikan seluruh sistem terhadap BPJS Kesehatan.

"Jadi dihitung bagaimana penyesuaian iuran penerima bantuan iuran (PBI), baik pusat maupun daerah, Khusus Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) swasta dan sebagainya, agar defisit bisa ditutup. Tapi dengan gover yang bagus," kata dia.

Di sisi lain, kerja sama antara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan BPJS Kesehatan juga perlu ditingkatkan. Di mana BPJS Kesehatan harus berperan agresif dalam melakukan penarikan iuran, sedangkan Kemenkes sendiri mengecek kondisi rumah sakit

"Jadi semuanya lah keroyok, termasuk peran pemda. Nah, saldo defitisnya baru ditutup denga kenaikan iuran," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut