Jumat, 20 September 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Mengenal China, Pesaing Kuat Timnas Indonesia U-16 di Kualifikasi Piala AFC 2020

Posted: 20 Sep 2019 09:35 PM PDT

Jakarta - Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi China pada laga terakhir kualifikasi Piala AFC U-16 2020. Kedua tim bakal bentrok pada laga pamungkas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (22/9/2019), untuk bersaing predikat juara Grup G.

Laga tersebut sangat krusial buat China dan Timnas Indonesia U-16. Peraih predikat juara Grup G akan mendapatkan tiket langsung tampil di Piala AFC U-16 2020 yang digelar di Bahrain pada 16 September - 3 Oktober 2020.

Sedari awal, China memang sudah diprediksi bakal menjadi pesaing terkuat Timnas Indonesia U-16 di Grup G. Hal itu langsung dibuktikan dengan laju mulus yang dimiliki China Junior Team itu.

China menjadi tim produktif dengan torehan 28 gol dalam tiga laga yang dimainkan. China menjadi satu-satunya kontestan di Grup G yang gawangnya belum kebobolan.

Catatan tersebut dikumpulkan berkat kemenangan 7-0 atas Brunei Darussalam (14/9/2019), menang 6-0 melawan Filipina (18/9/2019), dan membantai Kepulauan Mariana Utara dengan skor 15-0 (20/9/2019).

Keganasan China tak terlepas dari peran tangan dingin Antonio Puche. Strategi apik pelatih asal Spanyol itu mampu diaplikasikan dengan baik oleh Zeng Yaozhang, Huang Peizhao, Cui Xinglong, yang tampil tajam dalam tiga laga China di kualifikasi Piala AFC U-16 2019.

Selain itu, China juga memiliki barisan pertahanan yang sukar ditembus. Menggunakan skema 3-5-2, lini belakang China dikawal Li Suda, Ailikuti Aishajiang, dan Zhang Yixuan.

Penampilan apik bek-bek tersebut membuat gawang China menjadi tak terjamah. Selain itu, di bawah mistar gawang juga ada kiper Li Hao yang tampil apik.

Bisa dipastikan laga melawan China akan berlangsung sengit. Namun, Timnas Indonesia U-16 wajib memetik kemenangan untuk bisa menjadi juara Grup G di kualifikasi Piala AFC U-16 2020.

Bukan Misi Mudah

Pemain Timnas Indonesia U-16 saat melawan Filipina pada laga babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Senin (16/9/2019). Indonesia menang 4-0 atas Filipina. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Timnas Indonesia U-16 harus mampu tampil menekan lebih dulu. Hal itu dilakukan agar China tak bisa mengembangkan permainan.

Jika China berhasil menguasai pertandingan, skema terbaik adalah bertahan. Sebab, kemenangan dengan 1-0 gol saja sudah cukup untuk mengantarkan Timnas Indonesia U-16 menjadi juara Grup G.

Namun, Timnas Indonesia U-16 tak boleh bermain aman untuk mengandalkan jalur peringkat kedua terbaik. Hal itu diprediksi terlalu berisiko karena harus bersaing dengan kontestan lain, meski secara agresivitas gol Timnas Indonesia U-16 unggul.

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap / Editor Aning Jati, Published 21/09/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Haru di Balik Film Pendek Mamaku Seorang Monster

Posted: 20 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - "Mamaku kayak monster hijau yang di film," begitu narasi pembuka di film pendek berjudul "Mamaku Seorang Monster" persembahan Olay. Bersama ucapan tersebut, disertakan gambar si anak memvisualisasikan ibunya sebagai monster hijau lewat coretan krayon.

Bocah perempuan ini mengatakan, orang di kantor takut pada ibunya, bahkan anjing liar pun tak berani. Tapi, seiring narasi, ada pesan haru dan asa disisipkan sang buah hati pada sosok ibunya yang menjalani peran ganda setelah ayah tiada.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Liputan6.com, Kamis, 19 September 2019, film yang telah diunggah di YouTube ini dijadikan Olay sebagai cara mengapresiasi tak sedikit perempuan yang menjalani peran ganda.

Pasalnya, demi berperan sebagai ibu juga ayah, perempuan harus berjuang lebih keras dan membutuhkan dukungan dari keluarga dan orang-orang sekitar. Film pendek ini sekaligus sebagai bentuk penghargaan pada semangat para perempuan Indonesia untuk tampil berani dan percaya diri dengan multi peran yang dijalani.

"Wanita-wanita Indonesia ini hebat, terutama mereka yang memainkan peran ganda dalam kehidupan keseharian. Pada kampanye #BeranidiSegalaUsia, kami ingin menunjukkan bahwa kami selalu ada mendukung mereka agar selalu tampil berani dan percaya diri," kata Senior Communications Manager P&G Indonesia Ovidia Nomia.

Tantangan yang Dihadapi Setiap Hari

Ririn Ekawati dan sang buah hati. (dok. Olay Indonesia)

Model dan aktris yang menjalani peran ganda, Ririn Ekawati, angkat bicara soal tantangan jadi ibu sekaligus ayah bagi buah hatinya. "Banyak sekali, apalagi ketika mendengar stigma masyarakat yang masih melihat sebelah mata pada peran ini," tuturnya.

Tapi, setelah dijalani, Ririn malah makin yakin dan mengatakan akan terus bertahan menjalani peran ganda bagi dua anaknya. Karenanya, ia mengaku harus selalu tampil berani dan percaya diri kapan dan di mana pun.

Dukungan atas semangat ini diperlihatkan Olay dengan menggandeng Lazada dalam melakukan sebuah kolaborasi dalam Super Brand Day Campaign pada 7 Oktober 2019. Kampanye itu juga mengirim pesan bahwa setiap perempuan berhak menjaga rutinitas perawatan kulit agar tetap percaya diri dalam menjalankan aktivitas sehingga dapat menampilkan peran terbaik dan menginspirasi generasi berikutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Pertama Tayang, Film Hayya The Power Of Love 2 Raih 93 Ribu Penonton

Posted: 20 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kejutan datang dari film Hayya The Power of Love 2. Tayang di bioskop mulai Kamis (19/9/2019), Hayya The Power of Love 2 merangkul nyaris 100 ribu penonton. Data ini kami dapat dari Associate Producer sekaligus pemain film Hayya The Power of Love, Asma Nadia. Dihubungi Showbiz Liputan6.com, Jumat (20/9/2019) sore, Asma Nadia menjelaskan, "Hari pertama penayangan alhamdulillah 93 ribu penonton lebih." 

Jumlah penonton Hayya The Power of Love 2 kemudian disebar dalam bentuk infografik di jagat maya. "Terima kasih, 93.276 orang telah menjaga Hayya di hari pertama. Ayo terus jaga Hayya di bioskop," demikian pengumuman yang tertera di infografik.

Film Hayya The Power Of Love 2 diperkuat sejumlah bintang di antaranya Fauzi Baadila dan Ria Ricis. Film ini mengisahkan Rahmat (Fauzi) yang dalam proses hijrahnya memutuskan menjadi relawan kemanusiaan di tempat pengungsian perbatasan Palestina. 

Di daerah itu Rahmat bertemu gadis kecil berusia sekitar 5 tahun bernama Hayya (Amna Shahab). Hayya anak yatim piatu korban konflik di Palestina. Faktor cerita, kedekatan isu Palestina dengan masyarakat Indonesia, dan kehadiran Ria Ricis diduga membuat Hayya The Power of Love 2 disambut publik. Dengan meraih 93 ribu penonton pada hari pertama penayangan, Asma Nadia mengklaim per Jumat, jumlah layar film Hayya The Power of Love 2 ditambah.

 

Tambah Layar

Hayya: The Power of Love 2 (Instagram/ hayyathemovie)

"Di Jakarta, hari pertama 12 layar. Per Jumat, jadi 29 layar di jaringan bioskop XXI. Di Bandung dan kota-kota lain jumlah layar juga ditambah, Allah Maha Baik," urai Asma Nadia. Dalam kesempatan itu ia menambahkan, inti Hayya The Power of Love 2 adalah kemanusiaan. 

"Seperti yang dulu saya sampaikan, tema besar film ini kemanusiaan. Untuk peduli dengan sesama manusia di Palestina kan tidak harus menganut agama tertentu. Kemanusiaan dikenal di agama mana pun. Ini tema universal," pungkasnya.(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agar Bernilai Ekonomi, Pemerintah Dorong Konten Medsos yang Kreatif

Posted: 20 Sep 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Generasi muda Indonesia sebagai mayoritas pengguna media sosial saat ini sudah mulai cenderung menggunakan dunia maya untuk kepentingan yang positif. Ini berarti konten negatif di saluran informasi di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook kini mulai perlahan berkurang.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Direktur Pengelolaan Media Kementrian Komunikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Sumiati dalam acara Flash Posting bertajuk Optimis Saja di Medan, Jumat, kemarin.

"Generasi muda sudah mulai banyak yang mendiskusikan program pemerintah lewat Instagram, Twitter, dan Facebook. Ini secara tidak langsung mengembangkan talenta lewat memberikan kabar kepada sesama, ikut membantu mendiseminasi program pemerintah. Ini hal yang positif dan memberikan sumbangsih pada negara," ujar dia.

Ia menilai, program kampanye bermedia sosial positif yang terus dilakukan pemerintah sudah mulai menunjukkan hasil yang baik. Kemenkominfo memang selama ini terus melakukan kegiatan yang melibatkan kelompok milenal agar ikut memerangi konten negatif, hoax, dan informasi yang menyebabkan disintegrasi bangsa.

"Pemerintah berkewajiban merancang kegiatan yang diisi oleh milenial, menjaga anak-anak muda sebagai bagian dari percepatan pembangunan sumber daya manusia,"tambah Sumiati.

Kemenkominfo, lanjutnya, akan terus berkampanye penggunaan media sosial dengan bijak. Media sosial harus dimanfaatkan sebagai wadah berkreasi positif sehingga bisa bernilai ekonomi. Penyebaran konten kreatif juga akan menginspirasi masyarakat untuk melakukan sesuatu yang positif.

Salah satunya melalui kegiatan Flash Blogging sebagai ajang kreativitas menciptakan generasi muda yang optimis, berpikiran positif, religius, menjunjung nasionalisme, kebhinnekaan, serta menjadi pengguna media sosial yang bertanggungjawab.

Pemerintah Dorong Penggunaan Medsos yang Bernilai Ekonomi

Ilustrasi Media Sosial. (sumber: Pexels)

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong penggunaan media sosial (medsos) tidak hanya sebatas saling berkomunikasi dan berinteraksi semata, tetapi juga harus diisi dengan kreativitas agar bernilai ekonomi.

Hal itu disampaikan oleh Plt Direktur Pengelolaan Media Kemenkominfo, Nurlaili pada acara Flash Posting di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat (9/8/2019), kemarin. 

"Eksis di media sosial itu harus dilakukan dengan kreatif, agar bernilai ekonomi. Jadi media sosial terjauh dari konten negatif, karena penggunanya semuanya kreatif dan produktif," kata Nurlaili dalam keterangan tertulis.

Menurutnya, anak-anak muda memiliki kemampuan berinovasi dan berkreasi mengembangkan ekonomi diri bahkan ekonomi negara." Kreativitas sudah tentu akan mendorong inovasi yang menciptakan nilai tambah lebih tinggi, bisa menopang pembanguna ekonomi bangsa," ujarnya.

Pemerintah, lanjutnya, sangat berkewajiban menjaga semangat para anak-anak muda pengguna media sosial untukmenopang percepatan pembangunan. Media sosial menurutnya harus menjadi ajang bagi anak muda Indonesia menunjukkan talenta, tidak sekedar menjadi tempat sharing informasi semata.

"Banyak sekali anak muda kita yang asal sharing, tidak bertanggung jawab (di media sosial). Kewajiban kami dari Kemenkominfo untuk membangun optimisme dan mengajak anak-anak muda berfikiran positif dalam menggunakan mediasosial," tegasnya.

Kementerian Kominfo kali ini menggelar kembali ajang membangu kreativitas anak-anak muda melalui kegiatan Flash Posting bertajuk Optimis Saja. Kegiatan ini sebagai ajang kreativitas menciptakan generasi muda yang optimis, berpikiran positif, religius, menjunjung nasionalisme, kebhinnekaan, serta menjadi pengguna media sosial yang bertanggungjawab.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Karyawan Facebook Bunuh Diri Sedot Perhatian

Posted: 20 Sep 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang karwayan Facebook bunuh diri melompat dari lantai empat, menyedot perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga menyedot perhatian datang dari Menkominfo yang akan mempertemukan Lion Group dan Amazon Web Service terkait kebocoran data penumpang.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Karyawan Facebook Bunuh Diri di Kantor Pusat

Seorang karyawan Facebook dilaporkan tewas bunuh diri di kantor pusat perusahaan di Menlo Park, California, Amerika Serikat (AS). Pihak kepolisian Menlo Park telah mengonfirmasi kabar tewasnya karyawan tersebut.

Dikutip dari CNBC, Jumat (20/9/2019), seorang pria lompat dari lantai empat di sebuah gedung di kampus . Ia meninggal dunia di tempat kejadian.

"Ketika Menlo Park Officer dan Menlo Park Fire Protection District tiba di tempat kejadian, korban sudah tidak merespons. Paramedis mencoba memberikan bantuan, tapi tidak bisa menyelamatkan korban," ungkap Menlo Park Police Department pada Kamis (19/9/2019).

Baca selangkapnya di sini

2. Data Penumpang Bocor, Menkominfo Pertemukan Lion Group dan Amazon Web Service

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menegaskan pihaknya akan mempertemukan Lion Group dengan penyedia layanan cloud Amazon Web Service (AWS).

Pertemuan ini terkait dengan kebocoran data puluhan juta penumpang yang terjadi di dua maskapai di bawah naungan Lion Group yakni Malindo Air dan Thai Lion Air.

"Kami pastikan, minggu depan sudah mengetahui kepastiannya (mengenai kebocoran data), karena Kemkominfo telah mengirim surat kepada Amazon Web Service dan Kemkominfo telah mengundang Lion Group," kata Rudiantara di Kantor Kemkominfo, Jakarta, Kamis (19/9/2019) malam.

Baca selangkapnya di sini

 

3. Huawei Mate 30 Meluncur Tanpa Google Play Store

Huawei Mate 30 Series. Liputan6.com/Ilyas Praditya

Huawei telah mengumumkan seri flagship terbaru, Mate 30, di Jerman, Kamis (19/9/2019). Smartphone ini hadir dengan kemampuan yang menarik termasuk empat kamera belakang, tapi tanpa dukungan penuh dari Android.

Dilansir Cnet, Jumat (20/9/2019), Huawei Mate 30 berbasis pada Android open source, yang artinya tetap berfungsi seperti perangkat Android. Namun smartphone tersebut tidak memiliki berbagai layanan atau aplikasi Google, termasuk Maps, Chrome, dan yang paling penting Play Store.

Absennya layanan dan aplikasi Google tersebut disebabkan Huawei masih berada dalam daftar hitam perdagangan Amerika Serikat (AS). Hal ini membuat perusahaan tidak bisa berbisnis dan menggunakan layanan perusahaan-perusahaan AS, termasuk Google.

Baca selangkapnya di sini

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Mata Minus pada Anak dan Cara Mengatasinya Agar Tak Semakin Parah

Posted: 20 Sep 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kondisi mata minus bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak. Penyebab mata minus pada anak masih belum dipastikan secara jelas. Namun, ada beberapa kemungkinan penyebab mata minus pada anak bisa terjadi di antaranya karena faktor keturunan (genetik) atau bahkan faktor eksternal. 

Mata minus atau rabun jauh merupakan salah satu gangguan kesehatan mata yang menyebabkan penderitanya tidak bisa melihat objek jarak jauh dengan jelas. Bagi orang tua, penting untuk mengetahui penyebab mata minus pada anak sedini mungkin. Hal ini berguna agar anak tidak mengalami kondisi mata minus sejak kecil.

Pasalnya, anak yang sejak dini sudah terjangkit mata minus akan sangat mengganggu aktivitas yang sedang aktif-aktifnya. Apabila kondisi mata minus tidak diatasi dengan baik, maka memungkinkan juga kondisinya semakin parah.

Untuk itu, bagi para orang tua penting untuk lebih peka terhadap kondisi anak apabila telah terlihat gejala mata minus. Berikut ini Liputan6.com, Sabtu (21/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber membahas seputar mata minus pada anak. Di sini telah terangkum penyebab mata minus pada anak, gejala mata minus, serta cara mengatasi agar kondisinya tidak semakin parah.

Mengenal tentang Mata Minus pada Anak

Mata Minus pada Anak

Sebelum masuk mengenal tentang penyebab mata minus pada anak, sebaiknya penting untuk mengetahui apa itu mata minus. Sebenarnya mata minus adalah salah satu kondisi terkait gangguan penglihatan. Kondisi ini merupakan salah satu gangguan refraksi dalam mata yang paling sering ditemui.

Mata minus bisa terjadi karena ada sinar yang masuk ke dalam mata, yang diproteksikan pada satu titik di depan retina. Mata minus atau rabun jauh merupakan salah satu gangguan kesehatan mata yang menyebabkan penderitanya tidak bisa melihat objek jarak jauh dengan jelas. Mata minus ini bisa terjadi pasa siapa saja, termasuk anak-anak.

Enggak jarang mata minus cukup sulit untuk diketahui atau samar apabila terjadi pada anak-anak. Padahal, apabila orang tua tidak memahami gejala atau tanda yang dirasakan anak dengan mata minus bisa mengganggu aktivitasnya dan bisa memperparah kondisinya.

Mata minus pada anak bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab, di antaranta keturunan, kebiasaan buruk saat membaca buku, atau kebiasaan menggunakan gadget dalam waktu yang lama.

Penyebab Mata Minus pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Mata Minus pada Anak  (Foto: visionbeyond2020.com)

Saat ini penyebab mata minus pada anak belum dipastikan secara jelas. Ada beberapa kemungkinan penyebab mata minus pada anak bisa terjadi di antaranya karena faktor keturunan atau bahkan faktor eksternal.

Penyebab mata minus pada anak karena keturunan apabila Anda menderita mata minus atau rabun jauh. Maka kemungkinan anak terjangkit atau menderita mata minus sangat besar. Terlepas dari faktor bawaan, mata minus juga bisa terjadi oleh faktor eksternal.

Faktor eksternal penyebab mata minus pada anak biasanya diakibatkan oleg kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Misalnya saja anak terbiasa melihat benda apapun yang didekatkan ke matanya seperti membaca buku, bermain gadget, dan lain sebagainya. Apabila kebiasaan buruk ini dibiarkan dalam jangka waktu lama maka bisa merusak mata anak.

Penyebab lainnya, anak terlalu sering main di dalam ruangan. Padahal, mata yang terkena paparan sinar cahaya alami sanghat penting untuk mencegah mata minus pada anak. Untuk itu, Anda perlu membantu anak untuk melakukan kegiatan di luar ruangan.

Anak yang terbiasa mendapatkan cahaya yang minim atau bahkan gelap dalam melakukan aktivitasnya, juga memungkinkan anak terjangkit mata minus. Hal ini dikarenakan mata perlu bekerja ekstra saat pencahayaan ruangan kurang. Begitu juga dengan pencahayaan yang terlalu terang, juga tidak baik untuk penglihatan anak.

Selain beberapa kebiasaan sehari-hari yang kurang baik tersebut, anak yang kurang mengonsumsi sayur, buah, dan makanan sehat lainnya juga bisa menjadi faktor penyebab mata minus pada anak.  

Gejala Mata Minus pada Anak yang Umum Dirasakan

Mata Minus pada Anak

Kesulitan Melihat Benda yang Jauh

Bagi orang tua, tanda yang sangat mudah dikenali apabila anak sedang mengalami mata minus adalah sering mengeluh kesulitan melihat benda yang jaraknya jauh. Mengeluhnya anak yang sedang menderita mata minus akan semakin sering apabila kondisi minusnya sudah tergolong tinggi.

Kalau anak Anda sudah merasakan keluhan dalam melihat benda yang jauh, maka Anda perlu bersegera untuk memeriksakannya ke dokter mata. Apabila tidak disegerakan, ditakutkan akan memperburuk kondisi matanya.

Anak Sering Memicingkan Mata

Selain mengeluh kesulitan untuk melihat benda yang jaraknya cukup jauh, tanda atau gejala lainnya yang bisa segera orang tua waspadai pada anak selanjutnya adalah anak suka memicingkan mata. Ya, kalau Anda sering mendapati anak memicingkan mata saat membaca, menonton, atau melihat benda yang jaraknya jauh, maka Anda perlu mewaspadainya.

Pasalnya, kebiasaan memicingkan mata saat melihat ini bisa menjadi tanda kalau anak mengalami rabun jauh. Jangan membiarkan kondisi ini, karena anak mungkin berisiko terkena gangguan kesehatan mata lainnya seperti berkedip dalam waktu yang sering.

Mengeluh Pusing Terlalu Sering

Akibat kesulitan melihat, membuat mata sang anak menjadi lelah. Hal ini membuat anak sering merasakan sakit kepala. Apabila ini dibiarkan, sakit kepala yang dirasakannya bisa mengganggu aktivitasnya.

Cara Mengatasi Mata Minus pada Anak Agar Tak Semakin Parah

Penyebab Mata Minus pada Anak (Ilustrasi/iStockphoto)

Biasakan Menggunakan Kacamata Minus

Penderita mata minus biasanya akan dianjurkan untuk menggunakan kacamata minus. Penggunaan kacamata minus berguna untuk mencegah bertambahnya minus pada mata.

Apabila anak Anda yang sudah dideteksi menderita mata minys dan tidak rutin memakai kacamata, maka akan membuat matanya terus-terusan menyesuaikan penglihatan. Makin jarang anak menggunakan kacamata minusnya, maka makin cepat juga pertambahan minus matanya.

Anda bisa memilihkan anak kacamata yang memiliki tali. Hal ini berguna agar kacamata tidak mudah terjatuh atau hilang. Pilihlah kacamata yang bisa menggantung di leher. Selain itu, pilih juga model kacamata yang disukai anak, agatr anak tertarik menggunakannya.

Konsumsi Makanan Bergizi

Memberikan anak makanan yang bergizi merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatannya, khususnya kesehatan matanya. Anda bisa memilihkan makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan matanya seperti wortel, sayuran hijau, serta buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti jeruk dan lemon.

Anda juga bisa memberikan anak makanan dengan kandungan omega-3 seperti ikan makerel dan sarden.

Pastikan Penerangan Selalu Cukup

Anda juga perlu memastikan kalau anak mendapatkan cahaya yang cukup di setiap kegiatannya. Hal ini berguna untuk mencegah minus mata pada anak menjadi bertambah atau semakin parah.

Apabila anak ingin membaca, pastikan tempat yang digunakan untuk membaca mendapatkan pencahayaan yang baik agar otot-otot mata bekerja secara normal. Apabila pencahayaan yang didapatkan kurang, maka bisa membuat otot-otot mata anaka bekerja lebih keras untuk menangkap objek.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-16 vs China: Bima Sakti Berharap Suporter Merahkan SUGBK

Posted: 20 Sep 2019 09:20 PM PDT

Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti berharap seluruh masyarakat untuk datang dan memerahkan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (22/9/2019). Menurutnya, kehadiran suporter bakal menambah motivasi pemainnya.

Timnas Indonesia U-16 akan melakoni laga pamungkas penyisihan Grup G kualifikasi Piala AFC U-16 2020 melawan China. Laga ini krusial karena akan memperebutkan predikat juara Grup G.

Saat ini China menjadi pemuncak klasemen sementara dengan sembilan poin. China hanya unggul selisih gol dari Timnas Indonesia U-16, yang berada di peringkat kedua dengan jumlah poin sama.

"Saya berharap penonton bisa hadir memberikan dukungan karena kekuatan ke-12 adalah suporter. Pemain juga berharap dengan banyaknya suporter bisa lebih berjuang dan bersemangat lagi," kata Bima Sakti.

Laga nanti juga akan menjadi pengalaman perdana buat pemain Timnas Indonesia U-16 bermain di SUGBK. Bima Sakti berharap anak asuhnya bisa cepat beradaptasi dengan lapangan di stadion kebanggaan Indonesia itu.

"Memang sebagian dari pemain Timnas Indonesia U-16 ini baru pertama kali bermain di SUGBK. Oleh sebab itu, kami mendapatkan official training pada malam hari. Semoga mereka bisa cepat beradaptasi, terutama dengan lampu," ujar Bima Sakti.

Sambut Antusias

Timnas Indonesia U-16 berselebrasi saat melawan Brunei Darussalam di Stadion Madya, Jakarta, dalam penyisihan Grup G kualifikasi Piala AFC U-16 2020, Jumat (20/9/2019). (Bola.com/Yoppy Renato)

Bek Timnas Indonesia U-16, Kadek Arel Priyatna, menyambut antusias laga terakhir penyisihan Grup G kualifikasi Piala AFC U-16 2020 yang digelar di SUGBK. Menurut Kadek, ia bersemangat akan bermain di stadion berkapasitas hampir 80 ribu itu.

"Laga hari Minggu nanti sangat saya nantikan karena sejak kecil saya ingin bermain di SUGBK. Semoga kami mendapatkan hasil yang terbaik," ucap Kadek.

Timnas Indonesia U-16 wajib memetik kemenangan untuk menjadi juara Grup G. Jika meraih hasil imbang atau kalah, pasukan Garuda Muda masih berpeluang lolos dengan mengandalkan jalur runner-up terbaik dalam klasemen kecil.

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap / Aning Jati, Published 21/09/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: NIKI Meriahkan Smartfren Wow Concert 2019

Posted: 20 Sep 2019 09:11 PM PDT

Penyanyi Nicole Zefanya atau NIKI menghibur penonton pada Konser

Penyanyi Nicole Zefanya atau NIKI menghibur penonton pada Konser

Penyanyi Nicole Zefanya atau NIKI menghibur penonton pada Konser

Penyanyi Nicole Zefanya atau NIKI menghibur penonton pada Konser

Penyanyi Nicole Zefanya atau NIKI menghibur penonton pada Konser

Penyanyi Nicole Zefanya atau NIKI menghibur penonton pada Konser

Penyanyi Nicole Zefanya atau NIKI menghibur penonton pada Konser

Penyanyi Nicole Zefanya atau NIKI menghibur penonton pada Konser

Penyanyi Nicole Zefanya atau NIKI menghibur penonton pada Konser

Penyanyi Nicole Zefanya atau NIKI menghibur penonton pada Konser

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Gaya Hijab Inka Christie, Lady Rocker yang Memesona

Posted: 20 Sep 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang menyukai lagu rock Indonesia, tentu tak asing dengan nama Inka Christie. Wanita yang memiliki nama asli Rinni Chries Hartono ini memang cukup dikenal sebagai salah satu penyanyi rock Indonesia era 90-an. 

Lama tak terdengar kabarnya, beberapa waktu lalu Inka Cristie datang dengan kabar cukup mengejutkan. Lady rocker ini telah resmi menyandang status sebagai seorang istri dari pria bernama Sandiego Africo. Inka Cristie dan sang suami melangsungkan pernikahan pada 27 April 2019 di Bandung, Jawa Barat.

Meski sempat vakum dari industri musik Indonesia, akan tetapi akhir-akhir ini Inka Cristie beberapa kali muncul di layar kaca. Wanita yang populer setelah mengeluarkan single berjudul Cinta Kita bersama Amy Search di tahun 1991, hingga kini masih tetap eksis sebagai seorang lady rocker.

Meski dikenal sebagai lady rocker akan tetapi penampilan Inka Christie dengan hijab membuat dirinya semakin memesona. Wanita kelahiran Bandung, 20 Januari 1975 ini mulai mantap mengenakan hijab pada tahun 2015 lalu. Penampilan Inka Christie saat mengenakan hijab pun mendapat banyak dukungan. Bahkan, gaya hijab dari Inka Christie ini terlihat kekinian namun tetap menampilkan gaya boyish khas lady rocker.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @inka_christie99, Sabtu (21/9/2019) berikut ini beberapa gaya hijab dari Inka Christie yang tetap terlihat memesona.

1. Inka Christie memang cukup sering tampil dengan gaya boyish.

Inka Christie (Sumber: Instgram/inka_christie99)

2. Meski tampil berhijab, namun saat di atas panggung gaya lady rocker tetap melekat di diri Inka Chritie.

Inka Christie (Sumber: Instgram/inka_christie99)

3. Ia juga sering menambahkan topi sebagai pelengkap penampilannya.

Inka Christie (Sumber: Instgram/inka_christie99)

4. Meski sering tampil khas seorang lady rocker, tapi penampilan Inka Christie dengan gaun dan hijab model sederhana ini terlihat memesona.

Inka Christie (Sumber: Instgram/inka_christie99)

5. Gaya hijab yang sering dikenakan oleh Inka juga terbilang simple bagi seorang lady rocker.

Inka Christie (Sumber: Instgram/inka_christie99)

6. Ia juga beberapa kali tampil dengan hijab syari.

Inka Christie (Sumber: Instgram/inka_christie99)

7. Saat pernikahannya dengan Sandiego Africo gaya hijab yang dikenakan Inka pun terbilang sederhana namun dilengkapi dengan aksesoris kepala.

Inka Christie (Sumber: Instgram/inka_christie99)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pengertian red notice Interpol, Status Veronica Koman

Posted: 20 Sep 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Veronica Koman resmi dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh Polda Jatim. Ia menjadi tersangka dalam kasus hoaks dan provokasi tentang Papua.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

YLBHI: Bila RUU KUHP Disetujui, Lapas Akan Penuh

Posted: 20 Sep 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) menuai pro dan kontra. Ketua YLBHI Asfinawati mengatakan banyak pasal-pasal karet dalam rancangan tersebut. Jika rancangan tersebut disahkan, masyarakat akan banyak terjerat dan membuat lapas penuh.

"Kira-kira kalau ini diberlakukan, maka bayangan saya akan banyak yang orang masuk penjara, harapan lapas untuk mengurangi tidak akan terjadi," kata Asfinawati saat diskusi dengan tema 'Mengapa RKUHP ditunda?' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (21/9/2019).

Dia menilai, revisi yang berbau kolonial tersebut penting dilakukan. Tetapi meski revisi kali ini buatan anak bangsa, rasanya sama seperti peraturan kolonial

"Apakah artinya menggantinya hukum bangsa sendiri seperti hukum kolonial rasanya juga kolonial. Itu menindas. Menindas kebebasan berpendapat seperti yang lain-lain," ungkap Asfinawati.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga menunda pengesahan RKUHP tidak dilakukan DPR pada periode ini. Dan dibahas kembali pada periode selanjutnya yang akan dilantik pada 1 Oktober nanti.

"Pengesahannya tidak dilakukan oleh DPR periode ini. Saya berharap DPR juga mempunyai sikap yang sama sehingga pembahasan RUU KUHP bisa dilakukan oleh DPR RI periode berikutnya," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9/2019).

 

Dikaji Ulang

Massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sipil untuk Keadilan dan Demokrasi menggelar aksi saat car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/9/2019). Massa mengatakan RUU KUHP berpotensi digunakan untuk mengkriminalisasi korban kekerasan seksual. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Alasannya ada 14 pasal yang membutuhkan pengkajian ulang. Tetapi Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut enggan membeberkan fokus dalam pasal yang harus dikaji.

Dia pun memerintahkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly untuk meminta masukan dari berbagai kalangan.

"Saya saat ini masih fokus kepada RUU KUHP, yang lain menyusul. Karena ini yang dikejar oleh DPR, kurang lebih ada," kata Jokowi.

 

Reporter: Intan Umbari

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Menteri Pendidikan Victoria Australia Penasaran dengan SMPN 2 Sleman

Posted: 20 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - James Merlino, Menteri Pendidikan negara bagian Victoria Australia duduk di antara sejumlah siswi SMPN 2 Sleman yang sedang asyik membatik. Ia pun ikut menorehkan canting ke selembar kain, membentuk pola daun. Sayangnya, lilin yang digunakan terlalu banyak. Warnanya pun merembes keluar dari pola.

"Saya minta maaf membuat kain kalian berantakan," ujar Merlino, Jumat (20/9/2019).

Ia melanjutkan percakapan dengan mereka. Tidak sepenuhnya, para murid bisa menjawab, walaupun mereka mengerti maksud dari tamu asingnya itu. Merlino banyak bertanya seputar batik. Para guru yang membantu menjelaskan.

Merlino tidak sendirian datang ke SMPN 2 Sleman. Ia bersama dengan empat orang anak buahnya yang juga bekerja di bidang pendidikan di Victoria Australia. Mereka adalah Chris Carpenter, Jenny Atta, Brett Stevens, dan Sophie Colquitt.

Kedatangannya ke Yogyakarta, khususnya Sleman, merupakan yang pertama kali. Ia penasaran dengan sistem pendidikan di SMPN 2 Sleman.

Merlino banyak mendengar sistem pembelajaran di sekolah ini mirip dengan metode pembelajaran di sekolah-sekolah negara asalnya. Rasa keingintahuannya semakin kuat setelah mengetahui SMPN 2 Sleman ternyata terletak di pinggiran, bukan di wilayah perkotaan layaknya sekolah favorit kebanyakan.

"Sama sekali tidak mengecewakan, sekolah ini jadi contoh gerakan sekolah menyenangkan, saya senang melihat kolaborasi sistem pembelajaran seperti ini, siswa senang terus dan mereka selalu siap belajar di sekolah," tuturnya.

Ia melihat pendidikan dan sistem pembelajaran di SMPN 2 Sleman tidak jauh berbeda dengan sekolah-sekolah di Victoria, Australia. Menurut Merlino, akademik memang penting, tetapi yang tidak kalah penting adalah kemampuan siswa mengenal jati diri dan mengembangkan kapasitas serta mengekspresikan dirinya.

Merlino yang memiliki kerja sama dengan Sultan HB X dalam bidang pendidikan mengetahui Yogyakarta adalah 'Kota Pelajar'. Meskipun demikian, ia enggan mengomentari sistem pendidikan di Indonesia secara umum.

 

Pendidikan yang Egaliter

Menteri Pendidikan Victoria Australia James Merlino mengunjungi SMPN 2 Sleman karena rasa penasaran (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Pendiri Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Muhammad Nur Rizal mengungkapkan, gerakan ini bermula dari keinginan memberikan kesempatan pendidikan berkualitas untuk seluruh orang di Indonesia.

"Kesempatan mendapatkan pendidikan berkualitas bukan milik anak orang kaya saja, kaum marjinal juga bisa," ujarnya.

Metode yang diterapkan tidak hanya mengajarkan pengetahuan, melainkan membuat pengetahuan bernilai tambah sehingga berguna bagi kehidupan. GSM juga tidak mengadopsi mentah-mentah pendidikan barat.

Rizal menuturkan GSM mengambil sari sistem pendidikan global yang dikaitkan dengan konteks lokal atau keindonesiaan. Dalam sistem ini tidak ada kompetisi karena bersifat kolaboratif.

"Kolaborasi dan kualitas akan tercermin dalam lingkungan pendidikan yang sehat, mental guru, dan cara mengajar, mengajar juga bukan hanya isi pelajaran, tetapi juga mengedepankan minat dan ketertarikan siswa terhadap suatu bidang," kata Rizal.

 

Perbup GSM

Menteri Pendidikan Victoria Australia James Merlino mengunjungi SMPN 2 Sleman karena rasa penasaran (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

GSM digagas pertama kali oleh Muhammad Nur Rizal dan sang istri, Novi Poespita Candra pada September 2013. Platform GSM terbukti mampu meningkatkan kualitas guru serta ekosistem pendidikan di sekolah-sekolah pinggiran.

Sejauh ini, GSM telah menyebarkan pengaruh ke berbagai area di Indonesia, termasuk Yogyakarta, Semarang, Tebuireng, Tangerang, hingga beberapa kota di Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Di Sleman sendiri terdapat 48 sekolah model yang sudah menyebarkan imbasnya kepada lebih dari ratusan sekolah.

Secara teknis, metode pembelajaran yang diterapkan mengutamakan karakter dam empati. Pembelajaran di kelas tidak melulu satu arah dengan banyak pekerjaan rumah, namun juga turun langsung ke lapangan. Misal, pelajaran Sosiologi, siswa tidak dicecar dengan hafalan, melainkan mendatangi langsung perangkat desa untuk melihat kinerja dan persoalan di masyarakat.

Tidak hanya itu, GSM juga menerapkan zona emosi setiap pagi sebelum pelajaran dimulai. Para siswa diminta mengekspresikan emosinya sehingga teman-teman sekelasnya bisa ikut merasakan apa yang sedang dialami.

GSM memberikan pelatihan cuma-cuma kepada guru dan kepala sekolah yang ingin menerima perubahan sudut pandang tentang pembelajaran.

Nuraini, salah satu siswi kelas IX SMPN 2 Sleman mengaku sejak GSM diberlakukan satu tahun lalu di sekolahnya, suasana di kelas berubah.

"Tidak tegang, lebih cair, pekerjaan rumah juga berkurang banyak karena lebih banyak turun langsung dan diskusi," ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sleman Sri Winanti menyambut baik gerakan akar rumput ini.

"Kami juga berjanji akan menerbitkan Perbup GSM," tuturnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Nila Singgung Orangtua yang Bawakan Bekal Anak Nasi dengan Mi

Posted: 20 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek dalam banyak kesempatan mengingatkan pentingnya asupan gizi sehat dan seimbang. Namun, Nila masih kerap melihat orangtua membekali makanan anak ke sekolah dengan asupan terlalu banyak karbohidrat yakni nasi disandingkan dengan mi.

"Saya pernah lihat di sekolah, saya tanya pada orangtua apakah anak-anak suka sarapan pagi atau tidak, mereka jawab suka," kata Nila. 

"Waktu saya lihat isi bekalnya ternyata nasi dan mie goreng," lanjut Nila dalam Sosialisasi Kebijakan Kementerian Kesehatan terkait Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Jakarta, Jumat (20/9/2019).

Padahal, nasi dan mie goreng mengandung kalori dan karbohidrat yang tinggi. Mencampurkan kedua menu tersebut bukan pilihan yang tepat karena bisa menyebabkan kegemukan maupun obesitas.

"Obesitas sebenarnya dapat kita cegah sebelum muncul. Terdapat tiga faktor yang memicu timbulnya obesitas yaitu masakan rumahan, restoran, dan cara bagaimana makanan tersebut diolah," ucap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Upaya Kesehatan Masyarakat (Balitbangkes), Doddy Izwardy di kesempatan yang sama.

Doddy menambahkan, tiga faktor tersebut dapat ditentukan berdasarkan tiga kandungan di dalamnya yakni garam, gula, lemak. Apabila makanan dengan ketiga kandungan ini diberikan terus menerus, maka anak bisa cenderung menolak diberikan buah atau sayur.

Hasil Riskesdas Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tahun 2018 yang menunjukkan 95,9 persen orang Indonesia tidak menyukai buah dan sayur.

"Kita kan harus makan yang baik, segar, sehat, baik. Tapi ternyata orang di negara kita ini malah 95 persen gak suka sayur," tambah Nila lagi.

Konsep Isi Piringku

Sosialisasi kampanye 'Isi Piringku' yang digencarkan Kementerian Kesehatan RI juga merambah situs anak remaja. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Kemenkes mengajak seluruh masyarakat untuk mengubah pola makan sehari-hari agar menjadi lebih sehat dan seimbang. Caranya dengan menerapkan konsep Isi Piringku.

"Piring makanan yang ideal dan sehat seharusnya berisi 1/2 piring buah dan sayur, 1/2 piring lagi berisi 1/3 lauk pauk, dan 2/3 makanan pokok," ucap Nila.

Bagi balita dan usia sekolah, konsumsi buah dan sayur idealnya adalah 300 hingga 400 gram perhari. Sedangkan untuk remaja dan dewasa, konsumsi buah dan sayur yang dibutuhkan adalah 400 hingga 600 gram perhari.

 

Penulis: Diviya Agatha

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bobol Gawang Real Madrid, Eks Striker MU Siap Selebrasi

Posted: 20 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid- Duel Real Madrid melawan Sevilla pada Minggu (22/9/2019) bakal menampilkan banyak pertemuan antara kawan dan lawan. Sevilla yang dilatih Julen Lopetegui tentu memendam hasrt untuk mempermalukan mantan klubnya itu.

Seperti diketahui, masa Lopetegui di Real Madrid begitu kelam. Dia dicopot dari jabatannya karena gagal memberikan hasil bagus.

Satu lagi mantan pemain yang menanti duel melawan Real Madrid yaitu Javier Hernandez. Striker asal Meksiko yang pernah main di Madrid dan Manchester United itu siap rayakan gol kalau menjebol gawang Los Blancos.

Hernandez melewati masa yang suram di Real Madrid. Dia hanya menjadi penghangat bangku cadangan saat dipinjamkan MU pada 2014-2015.

"Kalau saya bermain dan cetak gol, saya akan merayakannya, seperti saya merayakan gol melawan mantan klub," kata pemain yang juga dijuluki Chicarito seperti dikutip Marca.

 

 

Bukan Kurang Hormat

Penyerang baru Sevilla, Javier Hernandez 'Chicharito' berpose dengan jersey klub barunya selama presentasi resminya di Sport City of Sevilla (2/9/2019). Eks penyerang Manchester United dan Real Madrid ini digaet Sevilla dengan mahar yang dikabarkan mencapai 8 juta euro. (AFP Photo/Cristina Quicler)

Hernandez mengatakan sikapnya itu bukan berarti dirinya kurang hormat dengan Real adrid.

"Ini bukan soal kurang respek, merayakan gol bukan berarti Madrid tidak lagi klub spesial buat saya," ujarnya.

Hernandez mencetak gol pertamanya untuk Sevilla di Liga Europa. Dia menyumbang gol saat Sevilla bungkam Qarabag 3-0.

"Ini tendangan bebas pertama di karier saya dimana berbuah gol. Saya habiskan berbulan-bulan untuk melatih ini. Saya bilang mengapa tidak?" ujarnya.

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu Kota Baru Bakal Punya Dua Jembatan Panjang di Atas Laut

Posted: 20 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai kawasan calon ibu kota baru.

Penetapan calon ibu kota baru di wilayah tersebut juga nantinya akan ditopang oleh keberadaan dua jembatan panjang yang membelah lautan, yakni Jembatan Pulau Balang dan Jembatan Tol Balikpapan-Penajam Paser Utara.

 

Untuk Jembatan Pulau Balang sepanjang 1.750 meter, pengerjaan proyeknya telah dilakukan sejak September 2015. Proyek dengan kontrak tahun jamak senilai Rp 1,3 triliun ini ditargetkan penyelesainnya pada Februari 2021.

Di sisi lain, pemerintah juga telah melakukan prakualifikasi lelang untuk pengerjaan Jembatan Tol Balikpapan-Penajam Paser Utara sepanjang 7,35 km.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengestimasikan, tahap konstruksi jalan to di ibu kota baru yang menelan investasi sebesar Rp 15,53 triliun tersebut dapat berlangsung pada 2020 mendatang.

"Lelang sudah jalan. Sudah ada pemasukan dokumen. Sekarang tinggal evaluasi kemudian negosiasi. Kalau saya sih optimis tahun depan sudah mulai," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, seperti dikutip Sabtu (21/9/2019).

 

Tol Balikpapan-Penajam Paser Utara

Jalan tol Balikpapan - Samarinda Kaltim. (Liputan6.com/Abelda Gunawan)

Adapun pada proses prakualifikasi lelang Tol Balikpapan-Penajam Paser Utara Agustus lalu, sejumlah perusahaan dalam dan luar negeri telah menunjukan minat untuk ikut serta dalam konstruksi proyek ini.

Perusahaan-perusahaan itu antara lain PT Hutama Karya (Persero), PT Waskita Toll Road, PT Tol Teluk Balikpapan, China Road and Bridge Corporation, China Communications Construction Engineering Indonesia, dan China Construction Eight Engineering Division Corp LTD.

Secara desain, Danang menjelaskan, jembatan tol ini modelnya bakal mirip dengan Tol Surabaya-Madura (Suramadu), yang memiliki suspension bridge untuk bisa dilalui kapal feri di bawahnya.

Dengan terbangunnya Tol Balikpapan-Penajam Paser Utara, ia melanjutkan, itu bisa memangkas waktu tempuh antara dua kota tersebut dari 3-4 jam (jalur darat) atau 1 jam (menggunakan kapal feri) menjadi sekitar 15 menit.

"Kalau lewat darat kan lama, kalau muter di pesisir cukup banyak makan waktu. Jadi ada advantage-nya juga. Tinggal melihat apakah masyarakat mau membayar sejumlah tarif yang dikenakan itu," tukas Danang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Fakta Unik One Piece: Stampede yang Tayang di Bioskop

Posted: 20 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi kalian pecinta film Anime Jepang One Piece tentu tahu bahwa anime karya Eiichiro Oda ini sedang tayang di bioskop. Nampaknya tak lengkap jika belum mengetahui deretan fakta film tersebut sebelum menontonnya di bioskop ya.

Deretan fakta menarik dari film One Piece: Stampede menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang deretan potret kamar mandi tak terawat yang bikin elus dada melihatnya.

Sementara artikel tentang respon kocak warganet soal lagu yang sedang viral di Twitter berjudul 'Salah Apa Aku' menjadi yang terpopuler ketiga.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Tayang di Bioskop, 4 Fakta One Piece: Stampede Ini Harus Kamu Ketahui

One Piece: Stampede. (Toei)

Film Anime Jepang yaitu One Piece: Stampede yang baru saja rilis pada tanggal 18 September 2019 lalu sukses menarik perhatian. Film bergenre petualangan aksi ini berhasil menjadi trending di Twitter Indonesia dan mendapatkan respon positif dari para penonton.

Film anime karya Eiichiro Oda ini sudah lebih dulu melakukan perilisan di Jepang yaitu pada tanggal 9 Agustus lalu, One Piece: Stampede sengaja dirilis untuk merayakan ulang tahun ke-20 Eiichiro Oda sebagai Penulisnya.

Selengkapnya...

2. Bikin Elus Dada, 6 Potret Kamar Mandi Tak Terawat

Doc: Instagram.com

Meski hanya berfungsi sebagai tempat membersihkan badan, kamar mandi juga harus membuat nyaman. Kebersihan kamar mandi hendaknya dijaga agar tidak menimbulkan perasaan jijik saat akan memakainya.

Namun demikian, tidak semua orang peduli akan hal tersebut. Ada saja orang-orang yang malas membersihkan kamar mandi sehingga kerap terjadi hal-hal yang tak diinginkan di kamar mandi.

Selengkapnya...

3. Viral Lagu 'Entah Apa yang Merasukimu', Begini Respon Kocak Netizen

Band asal Sumatera Selatan, Ilir7. (Liputan6.com / Adrian Martinus Tunay)

Pada hari ini 20 September 2019 lirik lagu dari Band ILIR7 sukses puncaki hastag di twitter. Lagu yang sudah dirilis beberapa waktu lalu oleh ILIR7 Band dengan judul 'Salah Apa Aku' menjadi viral di media sosial terutama Tiktok.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Momen Lamaran Vicky Prasetyo dan Sahila Hisyam, Iva Lola Diminta Sabar

Posted: 20 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Langkah Vicky Prasetyo untuk mempersunting Sahila Hisyam sepertinya harus tertunda. Pasalnya, momen sakral lamaran Vicky Prasetyo dengan Sahila Hisyam yang digelar pada Jumat (20/9/2019) itu tidak berjalan mulus.

Di tengah-tengah prosesi lamaran Vicky Prasetyo dan Sahila Hisyam itu, tiba-tiba hadir seorang wanita yang sempat dekat dengan Vicky Prasetyo, yaitu Iva Lola. Dalam kesempatan itu mantan personel Trio Macan itu mengungkapkan bahwa dirinya sempat diajak menikah beberapa waktu yang lalu oleh Vicky Prasetyo.

Alhasil, suasana lamaran Vicky Prasetyo dan Sahila Hisyam itu pun memanas. Vicky Prasetyo dan Iva Lola sempat terlibat perdebatan yang cukup sengit.

Bahkan Iva Lola sampai-sampai pingsan dan dilarikan ke rumah sakit untuk ditangani. Tak lama setelah kejadian tersebut, Iva Lola mengunggah sebuah foto ke Instagramnya. Di unggahan tersebut, Iva Lola menuangkan perasaannya.

"Yang terjadi biarlah terjadi... Tak perlu kau tangisi," tulis Iva Lola.

 

Dukungan

Sahila Hisyam - Vicky Prasetyo (Foto: Instagram/@vickyprasetyo777 @sahilahisyam)

Unggahan tersebut pun langsung dihujani komentar dukungan dari warganet. Mereka menyerukan agar Iva Lola bisa melupakan pengalaman pahitnya bersama dengan Vicky Prasetyo.

"Sabar yaa ka.. moga alloh pertemukan jodoh yg terbaik untuk ka @ivalola.ilo ...aamiin🤲🏻," tulis @dini_mamana_fadlil.

"Semangat trus iva lola..semoga semua nya indah pada waktu nya..amin..," timpal @kamarulaku.

"Semangat kakak... Pasti di pertemukan dengan yang lebih baik suatu saat nanti...amin," tambah @turnipbettylusiana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

'Penyerbuan' Area 51 di Nevada Gagal Terwujud, Orang Tak Percaya Alien?

Posted: 20 Sep 2019 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Kota Carson - Kekhawatiran tentang ribuan orang yang menggeruduk Area 51 pada Jumat, 20 September 2019, tidak berdasar. Tidak ada perwujudan kampanye "Storm Area 51, They Can't Stop All Of Us".

Sejak dini hari, hanya beberapa belas individu yang dilaporkan tiba di pangkalan militer rahasia Amerika Serikat itu, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (21/9/2019).

Tak ada satupun yang mencoba memasuki situs tersebut. Namun, ada satu pria yang ditangkap petugas berwenang sekitar, karena dia buang air kecil di dekat gerbang fasilitas. Selain itu, seorang wanita ditahan karena alasan yang tidak diungkapkan.

Laporan media lokal mengatakan, mereka datang dengan menaiki kontainer dan truk dari berbagai wilayah di luar Nevada. Setelah itu, mereka juga mendirikan kemah dekat Rachel dan Hiko, yang jumlahnya tidak lebih dari 150 orang.

Mereka berada di sana untuk memenuhi seruan 'penyerbuan' area yang terlarang, di mana kecurigaan mereka mencuat bahwa pemerintah AS menyembunyikan UFO dan alien di balik tempat itu. 

Namun, acara tersebut sebenarnya adalah lelucon di internet yang menjadi viral. Melalui unggahan di Facebook, seorang mahasiswa yang menggagas kegiatan tersebut, Matty Roberts, mengundang orang-orang untuk menerobos ke lokasi misterius itu pada 20 September, pukul 03.00 waktu lokal.

"Kalau kita lari dengan gaya Naruto, kita bisa bergerak lebih cepat daripada peluru mereka," tulis deskripsi acara itu, merujuk pada karakter komik Jepang yang dikenal berlari dengan tangan terbentang ke belakang dan kepalanya ke depan, demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia.

Roberts menyampaikan kepada Los Angeles Times, "Saya memicu sebuah gerakan itu ketika saya dilanda kebosanan pada pukul 02.00 pagi."

Idenya disambut luas oleh warganet. Lebih dari 2,1 juta pengguna Facebook menegaskan untuk hadir. Anehnya, sejak viral, Roberts malah menarik diri dari laman yang dibuatnya dan dari acara yang ia canangkan.

Alasannya, dia khawatir dengan keselamatan orang-orang, sebab kawasan Area 51 tidak dilengkapi infrastruktur untuk mendukung puluhan ribu pengunjung.

Area 51 adalah nama umum dari sarana Angkatan Udara AS yang sangat rahasia yang berlokasi di Nevada Test and Training Range.

Secara resmi, lokasi itu disebut Homey Airport atau Groom Lake, dinamai sesuai dengan dataran garam yang terletak di sebelah lapangan terbangnya.

Tak Sesuai dengan Dunia Maya

Ilustrasi UFO di tengah malam. (Sumber Max Pixel untuk ranah publik via Creative Commons)

Area 51 telah lama dikabarkan menyimpan rahasia tentang kehidupan di luar Bumi. Namun, rambu peringatan di sekitar Area 51 memperjelas bahwa tidak ada pelanggar yang akan ditoleransi apabila menjajal untuk menerobos masuk.

Angkatan Udara AS memperingatkan, "Area 51 adalah temapt latihan terbuka Angkatan Udara AS, dan kami akan mencegah siapa pun dari mencoba datang ke daerah tempat kami melatih angkatan bersenjata Amerika."

Meskipun banyak antisipasi seputar penyerbuan tersebut, hanya ada sekitar 75 orang yang muncul di gerbang depan Area 51 dan tidak ada yang berusaha masuk.

Uniknya, mereka yang menyambangi Area 51 sangat totalotas. Mereka mengenakan kostum ala alien dan makhluk ekstraterestrial lain sembari memegang plakat.

"Saya sedikit kecewa karena hanya sedikit orang yang datang, tidak seperti yang digembor-gembor di Facebook," ujar salah satu alien enthusiast Nathan Brown, yang rela berkendara sejauh lebih dari 700 mil dari Portland, mengatakan kepada surat kabar Las Vegas, Review-Journal.

 

Tentang Area 51

Ilustrasi Alien (iStockphoto)

Area 51 dibangun selama Perang Dingin antara AS dan Uni Soviet sebagai fasilitas pengujian dan pengembangan untuk pesawat. Kerahasiaan di sekitar situs ini telah membantu memicu banyak teori konspirasi.

Yang paling terkenal adalah klaim bahwa situs itu menampung pesawat ruang angkasa alien dan tubuh pilotnya setelah jatuh di Roswell, New Mexico, pada tahun 1947.

Di satu sisi, pemerintah AS mengatakan tidak ada alien dan UFO yang jatuh, itu hanya balon udara.

Orang lain mengklaim telah melihat UFO di atas atau di dekat situs, sementara beberapa mengatakan mereka telah diculik oleh alien, dan bahkan bereksperimen, sebelum dikembalikan ke Bumi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Granada vs Barcelona: Perbaiki Rekor Tandang

Posted: 20 Sep 2019 08:55 PM PDT

Granada - Barcelona akan bertandang ke markas Granada pada laga pekan kelima Liga Spanyol di Estadio Nuevo Los Carmenes, Minggu (22/9/2019) dini hari WIB. Barca mengincar poin penuh dalam pertandingan ini, sekaligus memperbaiki tren minor pada partai tandang.

Barcelona tidak mampu memetik hasil bagus dalam enam laga terakhir di markas lawan. Dari enam pertandingan itu, Barcelona hanya mampu meraih tiga hasil imbang dan menelan tiga kekalahan.

Terakhir kali Blaugrana meraih kemenangan di kandang lawan terjadi pada 23 April 2019. Saat itu, Tim Catalan mampu membungkam Deportivo Alaves dengan skor 2-0.

Bersua Granada, Barcelona memiliki peluang untuk menyudahi hasil kurang memuaskan tersebut. Pasalnya, El Barca mampu menyapu bersih kemenangan dalam enam pertemuan sebelumnya melawan Granada.

Andai meraih tiga poin, Barcelona berpeluang memperbaiki posisi di klasemen sementara La Liga. Saat ini, mereka berada di urutan lima dengan nilai tujuh, terpaut tiga poin dari Sevilla yang menempati posisi teratas.

"Kami belum mencapai hasil yang bagus pada laga tandang, kami tidak melakukannya dengan baik dan kami berharap bisa mengubah dinamika itu. Dalam alasan seperti ini, perburuan gelar liga dimainkan," ujar pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

Kendati begitu, Granada harus tetap diwaspadai. Runner-up Segunda Division musim lalu tersebut berhasil meraih kemenangan dalam dua laga terakhir, yakni kontra Espanyol (3-0) dan Celta Vigo (2-0).

Hasil tersebut membuat Granada kini menghuni peringkat enam dengan tujuh poin. Mereka hanya kalah selisih gol dari Barcelona yang berada di atasnya.

Prakiraan susunan pemain:

Granada (4-2-3-1): Rui Silva; Victor Diaz, Domingos Duarte, German Sanchez, Carlos Neva; Yangel Herrera, Angel Montoro; Antonio Puertas, Carlos Fernandez, Darwin Machis; Roberto Soldado.

Pelatih: Diego Martinez (Spanyol)

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Junior Firpo; Frenkie de Jong, Ivan Rakitic, Sergi Roberto; Ansu Fati, Luis Suarez, Antoine Griezmann.

Pelatih: Ernesto Valverde (Spanyol)

Statistik dan catatan pertemuan kedua tim:

Head to head kedua tim:

  • 03/04/17 Granada 1 - 4 Barcelona (La Liga)
  • 30/10/16 Barcelona 1 - 0 Granada (La Liga)
  • 14/05/16 Granada 0 - 3 Barcelona (La Liga)
  • 09/01/16 Barcelona 4 - 0 Granada (La Liga)
  • 28/02/15 Granada 1 - 3 Barcelona (La Liga)

Lima pertandingan terakhir Granada:

  • 0/08/19 Granada 2 - 1 Sevilla (Laga Persahabatan)
  • 18/08/19 Villarreal 4 - 4 Granada (La Liga)
  • 24/08/19 Granada 0 - 1 Sevilla (La Liga)
  • 02/09/19 Espanyol 0 - 3 Granada (La Liga)
  • 15/09/19 Celta Vigo 0 - 2 Granada (La Liga)

Lima pertandingan terakhir Barcelona:

  • 17/08/19 Athletic Bilbao 1 - 0 Barcelona (La Liga)
  • 26/08/19 Barcelona 5 - 2 Real Betis (La Liga)
  • 31/08/19 Osasuna 2 - 2 Barcelona (La Liga)
  • 15/09/19 Barcelona 5 - 2 Valencia (La Liga)
  • 18/09/19 Borussia Dortmund 0 - 0 Barcelona (Liga Champions)

Persentase menang:

Granada 45 - 55 Barcelona

Disadur dari Bola.com (Penulis Rizki Hidayat / Editor Yus Mei Sawitri, Published 21/09/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampilan Enerjik Chung Ha di Smartfren WOW Concert

Posted: 20 Sep 2019 08:51 PM PDT

Penyanyi asal Korea Chung Ha menghibur penonton pada Konser

Penyanyi asal Korea Chung Ha menghibur penonton pada Konser

Penyanyi asal Korea Chung Ha (tengah) menghibur penonton pada Konser

Penyanyi asal Korea Chung Ha (tengah) menghibur penonton pada Konser

Penyanyi asal Korea Chung Ha menghibur penonton pada Konser

Penyanyi asal Korea Chung Ha menghibur penonton pada Konser

Penyanyi asal Korea Chung Ha (tengah) menghibur penonton pada Konser

Penyanyi asal Korea Chung Ha (tengah) menghibur penonton pada Konser

Penyanyi asal Korea Chung Ha (tengah) menghibur penonton pada Konser

Penyanyi asal Korea Chung Ha (tengah) menghibur penonton pada Konser

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kriminal Surabaya Sepekan: Penangkapan Bandar Sabu hingga Penyelundupan Satwa Langka

Posted: 20 Sep 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kasus kriminal terungkap pada pekan ini di Surabaya dan sekitarnya. Kasus tersebut mulai dari narkoba, penyelundupan satwa langka asal Papua, dan penipuan.

Awal pekan ini, Satresnarkoba Polrestabes Surabaya mengamankan dua warga Sidoarjo yang terlibat dalam jaringan narkotika jenis sabu sebanyak 4,7 kilogram (kg). Penangkapan dua warga ini usai mengembangkan pengungkapan kasus narkotiba jenis sabu sebelumnya. Polisi mendapatkan informasi akan ada pengiriman sabu dalam jumlah besar dari Jakarta ke Surabaya.

"Pada saat itu kiriman sabu yang akan diedarkan di Surabaya masuk melalui jalur darat," tutur Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol, Sandi Nugroho di Mapolrestabes Surabaya.

Selain itu, pihak kepolisian juga membongkar kasus pemerasan dengan modus penyebaran foto tanpa busana di media sosial. Kasus ini terbongkar usai tiga korban pemerasan melapor ke Satreskrim Polres Ngawi, Jawa Timur.

Kasus ini terungkap usai selama dua pekan terakhir jagat media sosial Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Hal ini lantaran sebuah foto tanpa busana beredar di grup facebook Ngawi.

Tak hanya itu, aparat Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) menggagalkan penyelundupan ratusan satwa langka dan dilindungi asal Papua yang dibawa menggunakan kapal laut tujuan Surabaya, Jawa Timur.

Berikut berita kriminal yang sita perhatian pada pekan ini yang dirangkum pada Sabtu, (21/9/2019):

1.Polrestabes Surabaya Tangkap Bandar dan Kurir Sabu 4,7 Kg Asal Sidoarjo

 Satresnarkoba Polrestabes Surabaya menangkap dua warga Sidoarjo, yang terlibat dalam jaringan narkotika jenis sabu sebanyak 4,7 kilogram (kg).

Warga tersebut adalah seorang bandar berjenis kelamin perempuan berinisial SN (28) dan kurir laki-laki berinisial DI (37).  Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol, Sandi Nugroho menyampaikan modus operandi tersangka adalah berdasarkan pengembangan pengungkapan kasus narkotika jenis sabu sebelumnya. Pihaknya mendapatkan informasi akan ada pengiriman sabu dalam jumlah besar dari Jakarta ke Surabaya. 

"Pada saat itu kiriman sabu yang akan diedarkan di Surabaya masuk melalui jalur darat," tutur Sandi di Mapolrestabes Surabaya, Selasa, 17 September 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

2. Polisi Ungkap Kasus Korban Pemerasan yang Diimingi-imingi Pekerjaan

 Pihak kepolisian membongkar kasus pemerasan dengan modus penyebaran foto tanpa busana di media sosial. Kasus ini terbongkar usai tiga korban pemerasan melapor ke Satreskrim Polres Ngawi, Jawa Timur.

Sebelumnya, selama dua pekan terakhir jagat media sosial Kabupaten Ngawi, Jawa Timur geger. Hal ini lantaran sebuah foto tanpa busana beredar di grup-grup facebook Ngawi. Misal di Info Cegatan Ngawi (ICN).

"Memang dalam dua pekan terakhir ini viral foto bugil. Yang upload adalah akun facebook dengan id Nha Fitiriana," kata Kapolres Ngawi, AKBP Pranata Hutajulu, Selasa, 17 September 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

Polisi Jatim Gagalkan Penyelundupan Satwa Langka

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

3.Polisi Jatim Gagalkan Penyelundupan 147 Satwa Langka

Penyelundupan ratusan satwa langka dan dilindungi asal Papua yang dibawa menggunakan kapal laut tujuan Surabaya, Jawa Timur digagalkan oleh aparat Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim).

Wakil Direktur (Wadir) Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polda Jatim Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Kobul Syarin Ritonga mengatakan, terdapat 147 satwa yang diamankan. Mayoritas adalah burung berbagai jenis.

"Dari 147 satwa yang kami amankan, 145 di antaranya adalah burung, serta tiga lainnya adalah tanduk rusa," ujar dia kepada wartawan di Surabaya, Kamis, 19 September 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

4. Polisi Tangkap Dua Pelaku Pembobol Branks di Madiun

Meski sempat buron beberapa minggu, lima pelaku pembobol brankas uang sebesar Rp 200 juta,  di sebuah gudang di Madiun, Jawa Timur, akhirnya ditangkap. Pelaku, disergap usai melakukan aksinya di wilayah Wonogiri, Jawa Tengah, berikut tayangan videonya pada Liputan6, 18 September 2019.

Inilah dua dari lima pelaku pembobol gudang PT. BMP, di Madiun, Jawa Timur, pada 1 September lalu, yang berhasil menggondol uang dalam brankas sebesar Rp 200 juta. Pelaku adalah IA (39),  warga Kabupaten Lumajang, dan LH (36), warga Gresik.

Kedua pelaku ditangkap bersama rekannya satu komplotan, yang kini ditahan di Polres Ponorogo dan Wonogiri, Jawa Tengah. Sementara satu tersangka masih dalam pengejaran polisi.

Berita selengkapnya baca di sini

5. Satgas Anti Judi Polres Jember Tangkap 10 Pelaku Judi Pilkades

Sebanyak 10 pelaku judi diamankan Tim Satgas Anti Judi, yang dibentuk Polres Jember dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2019.

Para pelaku dibekuk di tiga titik tempat dilaksanakannya proses Pemilihan Kepala Desa di Jember, di antaranya di Kecamatan Wuluhan, Gumukmas, dan Kecamatan Balung. Berikut tayangan videonya pada program Fokus, Senin, 16 September 2019.

Para pelaku tertangkap tangan saat saling bertaruh menentukan siapa pemenang dalam Pilkades, dengan total uang taruhan Rp 55 juta. Tak hanya dari Jember, sebagian petaruh yang diringkus juga berasal dari kabupaten tetangga, yakni Kabupaten Lumajang.

Berita selengkapnya baca di sini

Penipuan

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

6. TNI AL Gadungan Tipu Pengusaha Rental Alat Musik di Surabaya

 Seorang pecatan Dinas Perhubungan Laut, dibekuk, Satreskrim Polrestabes Surabaya, karena menipu pengusaha rental alat musik. Modusnya, tersangka mengaku perwira TNI AL berpangkat Letkol, dan meminjam alat musik berikut sound system-nya. Oleh pelaku, semua alat itu dijual kepada seorang penadah, dengan harga puluhan juta rupiah.

WJ, warga Teluk Kumai Surabaya ini, harus berurusan dengan Satreskrim Polrestabes Surabaya. Pria pecatan Dinas Perhubungan Laut itu, diringkus polisi, karena menipu dan menggelapkan alat musik, serta perangkat sound system, sehingga korban mengalami kerugiaan hingga Rp 97 juta.

Untuk memuluskan aksinya, pelaku mengaku anggota TNI Angkatan Laut. Tak tanggung-tanggung, pelaku juga mengenakan pakaian seragam TNI AL dengan pangkat Perwira Menengah, yakni Kolonel. Demikian seperti yang tayang pada program Fokus, Senin, 16 September 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

7. Polisi Pasuruan Amankan Bandar di Rumahnya, Sita 50 Gram Sabu

Satuan Reserse Narkoba Polres Pasuruan, menggerebek dan meringkus seorang bandar sabu. Dari dalam kamar rumahnya, Polisi menemukan sabu seberat 50 gram dan disita sebagai barang bukti. Sebelumnya, Polisi juga telah membongkar satu jaringan narkoba jenis sabu dan pil (LL), dengan 11 tersangka.

Dalam sebuah video amatir terekam, saat polisi menggerebek rumah pelaku JM, di Desa Lemahbang, Kecamatan Sukorejo, Pasuruan, yang diduga sebagai bandar sabu pada Selasa siang.

Saat digeledah di kamar pelaku, polisi menemukan 50 gram sabu. Penggerebekan rumah tersangka, merupakan hasil pengembangan dari penangkapan sebelumnya terhadap sejumlah bandar narkoba dan pengedar sabu yang dilakukan Satuan Reserse Narkoba Polres Pasuruan.

Berita selengkapnya baca di sini

8. Ditinggal Ziarah Wali Songo, Pencuri Jarah Rumah Warga di Ponorogo

 Aksi pencurian rumah kosong kembali terjadi di Ponorogo, Jawa Timur. Kali ini rumah milik warga yang tengah ditinggal ziarah wali, dibobol maling. Perhiasan 1,5 ons dan uang tunai puluhan juta rupiah raib, berikut liputan video-nya.

Mendapat laporan, sejumlah polisi dari Sektor Balong dan Resor Ponorogo, langsung ke lokasi kejadian. Di rumah Damiyati, warga Desa Ngampel, Kecamatan Balong, Ponorogo. Selain melakukan olah Tempat Kejadian Perkara, polisi juga meminta keterangan sejumlah saksi, sebelumnya rumah korban dibobol pencuri saat ditinggal pergi wisata ziarah Wali Songo.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Aragon: Latihan Bebas 3 dan Kualifikasi

Posted: 20 Sep 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Aragon - Marc Marquez makin mendekati tangga juara MotoGP  2019. Pembalap Repsol Honda ini unggul sendirian dengan margin 93 poin atas rival terdekat Andrea Dovizioso.

Marquez kemungkinan akan melanjutkan dominasinya saat menjalani MotoGP Aragon akhir pekan ini. Apalagi, Marquez punya rekor sempurna di sirkuit yang masuk kalender MotoGP sejak 2010 lalu itu.

Dia menang empat kali di sirkuit ini yaitu pada 2013, 2016, 2017 dan 2018. Jadi siapa yang bisa hentikan Marquez? Dengan keuntungan poin seperti sekarang, Marquez bisa mengunci gelar juara sebelum atau saat MotoGP Jepang digelar.

Andrea Dovizioso sebagai rival terdekat sepertinya masih kesulitan untuk mengejar Marquez. Akhir pekan lalu di MotoGP San Marino, Dovizioso gagal meraih podium dan hanya finis di posisi keenam.

Dengan tambahan 10 poin, posisinya untuk mengejar gelar juara semakin jauh. Kalau kembali gagal meraih podium, Marquez bisa saja mengunci gelar saat MotoGP Thailand berlangsung pada Oktober nanti.

Bagaimana jadwal MotoGP akhir pekan ini? Berikut detailnya:

Jadwal MotoGP

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez merayakan kemenangan MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (15/9/2019). (AP Photo/Antonio Calanni)

 

 Sabtu (21/9/2019)

14:55-15:40: Latihan Bebas 3

18:30-19:00: Latihan Bebas 4

19:10-19:25: Kualifikasi 1

19:35-19:50: Kualifikasi 2

Jadwal MotoGP

 

Minggu (22/9/2019)

14:30-14:50: Warm Up

18:00 : Balapan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Airnaf Bantu Pencarian Pesawat Hilang Kontak di Papua

Posted: 20 Sep 2019 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Timika - Jajaran Air Navigation (Airnav) Indonesia Kantor Cabang Sentani memberikan dukungan penuh operasi pencarian pesawat Twin Otter DHC 6 seri 400 dengan nomor registrasi PK-CDC milik PT Carpediem Air yang hilang kontak di pedalaman Papua sejak Rabu 18 September 2019.

General Manajer Airnav Indonesia Kantor Cabang Sentani, Suwandi kepada Antara di Timika, Sabtu (21/9/2019), mengatakan pencarian pesawat hilang kontak tersebut telah dilakukan selama tiga hari berturut-turut secara maksimal dengan mengerahkan sejumlah armada pesawat maupun helikopter dari Timika, namun hingga kini belum juga ditemukan.

"Kita semua sama-sama berdoa untuk memberikan keteduhan bagi keluarga penumpang dan awak pesawat ini. Inilah kondisi geografis Papua. Mudah-mudahan tim pencari terlindungi dan Tuhan memberikan cuaca yang bagus sehingga semuanya bisa mendapatkan jalan terbaik dan ditemukan dalam keadaan selamat," kata Suwandi.

Suwandi menambahkan, kontak terakhir pesawat Twin Otter PK-CDC dengan menara pengawas di Bandara Timika belum tentu mencerminkan lokasi kecelakaan pesawat tersebut mengingat kendala geografis di Papua yang cukup berat.

Komandan Pangkalan TNI AU Yohanes Kapiyau Timika, Letkol Penerbang Sugeng Sugiharto menyebutkan pesawat nahas tersebut melaporkan posisi terakhirnya di titik 37,5 notical mile pada radial 56 derajat pada menit 01.59 UTC.

Namun, dua menit setelah itu pesawat tidak terdeteksi lagi. Pesawat lalu terdeteksi kembali pada ketinggian 14.200 kaki, di kawasan tebing pegunungan.

"Posisi tersebut mengindikasikan pesawat mengalami insiden di lokasi 15 mile dari Ilaga, Kabupaten Puncak, atau sekitar 42,5 mile dari Timika. Kami memprediksi posisi pesawat berada di tebing. Pencarian selanjutnya kita fokus ke lembah di bawah tebing tersebut," lanjut Letkol Sugeng.

Mengangkut Beras

Pesawat Twin Otter DHC6-400 dengan nomor registrasi PK-CDC milik PT Carpediem Air itu hilang kontak dalam penerbangan dari Timika menuju Ilaga pada Rabu 18 September 2019 sekitar pukul 10.56 WIT.

Pesawat yang mengangkut beras dengan kapasitas 1.700 kilogram milik Perum Bulog itu dikemudikan Kapten Pilot Dasep Ishak dengan Copilot Yudra Tetuko dan mekanik Ujang Suhendar membawa serta seorang penumpang yaitu Bharada Hadi Utomo, anggota Brimob yang bertugas di Ilaga.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Foto Raditya Dika Ini Kocak Banget, Sempat Jadi Tren

Posted: 20 Sep 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Raditya Dika dikenal sebagai komika, penulis, sutradara dan aktor berbakat. Raditya mengawali karier di dunia entertain sebagai penulis buku. Buku pertamanya berjudul 'Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh' pada tahun 2005. Buku tersebut berisi tentang cerita kehidupannya semasa kuliah di Australia. 

Buku pertama Radit laris manis di pasaran dan menjadi best seller di toko buku. Setelah itu Radit rajin berkarya lagi sebagai penulis. Hingga sekarang, Raditya Dika sudah menelurkan 8 judul buku. Judul buku Radit yang terakhir diterbitkan berjudul 'Ubur-ubur Lembur' yang terbit tahun 2018.

Selain menjadi penulis, komika Raditya Dika juga melebarkan sayap ke stand up comedy. Radit dianggap sebagai pelopor awal stand up comedy di Indonesia. Hal tersebut membuat Raditya Dika kini sering dipercaya menjadi juri di ajang kompetisi stand up comedy.

Tak hanya menjadi komika, pria kelahiran 28 Desember 1984 juga menjadi aktor dan sutradara. Total ada 16 judul film yang pernah melibatkan sosok Raditya Dika.

Karya-karya Raditya Dika di dunia hiburan Tanah Air memang patut diacungi jempol. Suami Anissa Aziza selalu bisa mencuri perhatian publik. Terlebih lagi, Raditya Dika merupakan sosok yang terkenal humoris. Seperti yang sering ia lakukan di Instagram dengan mengunggah gaya foto yang nyeleneh abis.

Penasaran kan bagaimana gaya foto kocak seorang komika Raditya Dika? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @raditya_dika, gaya kocak Raditya Dika saat berfoto, Sabtu (21/9/2019).

1. Mendekatkan wajah ke kamera dan berekspresi sok imut pernah dilakukan pemilik nama lengkap Dika Angkasaputra Moerwani Nasution.

6 Gaya Foto Raditya Dika Ini Kocak Banget, Sempat Jadi Tren (sumber: Instagram.com/raditya_dika)

2. Pria berusia 34 tahun terlihat sangat kocak saat pamer perut buncitnya di pinggir kolam renang.

6 Gaya Foto Raditya Dika Ini Kocak Banget, Sempat Jadi Tren (sumber: Instagram.com/raditya_dika)

3. Ini dia foto yang sempat menjadi tren. Foto mencium ubin ala Raditya Dika yang banyak ditiru oleh netizen.

6 Gaya Foto Raditya Dika Ini Kocak Banget, Sempat Jadi Tren (sumber: Instagram.com/raditya_dika)

4. Ingin menunjukkan senyum lebar terbaiknya, malah membuat suami dari Anissa Aziza ini terlihat begitu kocak.

6 Gaya Foto Raditya Dika Ini Kocak Banget, Sempat Jadi Tren (sumber: Instagram.com/raditya_dika)

5. Raditya Dika memanyunkan bibirnya ke depan makanan. Ekspresif banget ya.

6 Gaya Foto Raditya Dika Ini Kocak Banget, Sempat Jadi Tren (sumber: Instagram.com/raditya_dika)

6. Raditya Dika ikut membuat selfie dengan pamer tinta Pemilu 2019.

6 Gaya Foto Raditya Dika Ini Kocak Banget, Sempat Jadi Tren (sumber: Instagram.com/raditya_dika)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkumham Sebut Pasal Larangan Mempertunjukkan Alat Kontrasepsi Demi Lindungi Anak

Posted: 20 Sep 2019 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menkumham Yasonna Laoly menjelaskan, pasal kontroversi yakni larangan mempertunjukkan alat kontrasepsi dalam Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) merupakan bentuk perlindungan terhadap anak supaya terhindar dari seks bebas.

"Tidak dipidana jika yang melakukan hal tersebut adalah relawan yang kompeten yang ditunjuk oleh pejabat yang berwenang," jelas Yasonna di Kantor Kemenkumham, Jakarta Selatan, Jumat, 20 September 2019.

Pasal ini, lanjut Yasonna, juga mengecualikan mereka yang sedang menjalankan program KB, pencegahan penyakit menular, kepentingan pendidikan, dan untuk ilmu pengetahuan.

Kata Menkumham, ancaman mengenai hal ini lebih rendah dibandingkan pasal yang menyangkut hal sama di KUHP berlaku.

Adapun bunyi Pasal mengenai ini dalam RKUHP diatur dalam Pasal 414 yang berbunyi: Setiap orang yang secara terang terangan mempertunjukkan, menawarkan, menyiarkan tulisan, atau menunjukkan untuk dapat memperoleh alat pencegah kehamilan kepada Anak dipidana dengan pidana denda paling banyak kategori I.

Jokowi Minta Tunda Pengesahan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meminta agar pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) KUHP ditunda. Setidaknya, ada 14 pasal yang dinilai Jokowi harus dibahas lebih lanjut bersama DPR maupun kalangan masyarakat.

"Tadi saya melihat materi-materi yang ada, substansi-substansi yang ada, ada kurang lebih 14 pasal. Nanti ini yang akan kami komunikasikan baik dengan DPR maupun dengan kalangan masyarakat yang tidak setuju dengan materi-materi yang ada," jelas Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Jumat (20/9/2019).

Kendati begitu, Jokowi tak merinci 14 pasal yang harus ditinjau ulang. Penundaan pengesahan RKUHP ini dilakukan setelah Jokowi mendapat masukan dari berbagai kalangan.

Dia menilai bahwa diperlulan pembahasan mendalam terhadap pasal-pasal tersebut. Jokowi pun memerintahkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly untuk menyampaikan sikap pemerintah kepada DPR.

"Saya perintahkan Menkumham kembali jaring masukan-masukan dari berbagai kalangan masyarakat sebagai bahan sempurnakan RUU KUHP yang ada," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Juventus Vs Hellas Verona: Wajib 3 Poin

Posted: 20 Sep 2019 08:35 PM PDT

Turin - Juventus akan kedatangan Hellas Verona pada pekan keempat Liga Italia. Juventus yang memulai dua pertandingan terakhir tanpa kemenangan, bertekad mendulang tiga poin dalam laga di Allianz Stadium, Sabtu (21/9/2019).

Juventus hanya mampu meraih hasil imbang dari dua pertandingan tersebut. Pekan lalu, tampil untuk pertama kalinya didampingi sang pelatih Maurizio Sarri, Juventus bermain tanpa gol melawan Fiorentina.

Pada laga berikutnya, mereka memetik hasil 2-2 saat melawat ke markas Atletico Madrid di Estadio Wanda Metropolitano, dalam pertandingan pertama Grup D Liga Champions, Rabu (18/9/2019).

Meladeni Hellas Verona di Turin, Juventus pantang kembali gagal mengamankan poin penuh. Kemenangan wajib diraih agar tak semakin menjauh dari Inter Milan.

Saat ini, Juve berada di peringkat ketiga klasemen sementara Serie A dengan nilai tujuh. Mereka terpaut dua poin dari Inter yang menghuni posisi teratas.

Jika menilik komposisi skuat, I Bianconeri jauh lebih kuat daripada Verona. Sarri pun diprediksi akan mengandalkan Paulo Dybala, Federico Bernardeschi, dan Cristiano Ronaldo untk membobol gawang tim tamu.

Sementara itu, Hellas Verona mengawali kiprahnya di Serie A musim ini dengan hasil imbang 1-1 kontra Bologna. Setelah itu, mereka meraih kemenangan perdana berkat gol tunggal Matteo Pessina ke gawang tuan rumah Lecce pada pekan kedua.

Akan tetapi, Verona kemudian kalah 0-1 ketika menjamu AC Milan pada pekan ketiga. Bersua Juventus, Verona bertekad mencuri poin kendati hal tersebut bukan perkara mudah.

 

 

Prakiraan susunan pemain:

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny; Danilo, Leonardo Bonucci, Matthijs de Ligt, Alex Sandro; Emre Can, Rodrigo Bentancur, Blaise Matuidi; Federico Bernardeschi, Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Maurizio Sarri (Italia)

Hellas Verona (3-4-2-1): Marco Silvestri; Amir Rrahmani, Marash Kumbulla, Koray Gunter; Darko Lazovic, Miguel Veloso, Sofyan Amrabat, Marco Faraoni; Mattia Zaccagni, Valerio Verre; Gennaro Tutino.

Pelatih: Ivan Juric (Kroasia)

Statistik dan catatan pertemuan kedua tim

Head to head kedua tim:

  • 19/05/18 Juventus 2 - 1 Hellas Verona (Serie A)
  • 31/12/17 Hellas Verona 1 - 3 Juventus (Serie A)
  • 09/05/16 Hellas Verona 2 - 1 Juventus (Serie A)
  • 06/01/16 Juventus 3 - 0 Hellas Verona (Serie A)
  • 30/05/15 Hellas Verona 2 - 2 Juventus (Serie A)

Lima pertandingan terakhir Juventus:

  • 18/08/19 Triestina 0 - 1 Juventus (Laga Persahabatan)
  • 24/08/19 Parma 0 - 1 Juventus (Serie A)
  • 01/09/19 Juventus 4 - 3 Napoli (Serie A)
  • 14/09/19 Fiorentina 0 - 0 Juventus (Serie A)
  • 19/09/19 Atletico Madrid 2 - 2 Juventus (Liga Champions)

Lima pertandingan terakhir Hellas Verona:

  • 04/08/19 SPAL 0 - 0 Hellas Verona (Laga Persahabatan)
  • 19/08/19 Hellas Verona 1 - 2 Cremonese (Coppa Italia)
  • 26/08/19 Hellas Verona 1 - 1 Bologna (Serie A)
  • 02/09/19 Lecce 0 - 1 Hellas Verona (Serie A)
  • 16/09/19 Hellas Verona 0 - 1 AC Milan (Serie A)

Persentase menang:

Juventus 60 - 40 Hellas Verona

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Gia Yuda Pradana, Published: 20/9/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Ateez Guncang Panggung Smartfren WOW Concert 2019

Posted: 20 Sep 2019 08:31 PM PDT

Boy Band asal Korea Ateez menghibur penonton pada Konser

Boy Band asal Korea Ateez menghibur penonton pada Konser

Boy Band asal Korea Ateez menghibur penonton pada Konser

Boy Band asal Korea Ateez menghibur penonton pada Konser

Boy Band asal Korea Ateez menghibur penonton pada Konser

Boy Band asal Korea Ateez menghibur penonton pada Konser

Boy Band asal Korea Ateez menghibur penonton pada Konser

Boy Band asal Korea Ateez menghibur penonton pada Konser

Boy Band asal Korea Ateez menghibur penonton pada Konser

Boy Band asal Korea Ateez menghibur penonton pada Konser

Boy Band asal Korea Ateez menghibur penonton pada Konser

Boy Band asal Korea Ateez menghibur penonton pada Konser

Boy Band asal Korea Ateez menghibur penonton pada Konser

Boy Band asal Korea Ateez menghibur penonton pada Konser

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rossa Basah Basahan di Smartfren WOW Concert 2019

Posted: 20 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rossa kembali naik ke panggung Smartfren WOW Concert 2019. Mengenakan busana pink, penyanyi berusia 40 tahun ini membawakan lagu "Body Speak".

Menariknya adalah, di akhir lagu Rossa bernyanyi di bawah derasnya air. Seluruh tubuhnya pun menjadi basah.

Penampilan spesial Rossa ini sukses membuat penonton terpukau. Tampaknya, mereka tak menyangka jika Rossa bakal Basah-Basahan di atas panggung.

Sebelumnya dalam konferensi pers, Rossa mengungkap bahwa hujan-hujanan di atas panggung belum pernah ia lakukan sepanjang karier. Ia memang sengaja menyuguhkan penampilan spesial di Smartfren WOW Concert 2019.

"Ini sesuatu show yang beda dan ini kali pertama aku melakukan nyanyi sambil hujan-hujanan," papar Rossa dalam konferensi pers di SCTV Tower, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).

Sebelumnya Rossa telah membawakan dua lagu terhits, "Pudar" dan "Tegar". Selain bernyanyi, ia juga menari bersama para penari latar di panggung Smartfren WOW Corcert 2019 di Istora Senayan, Jakarta, yang disiarkan live SCTV, Jumat (20/9/2019) malam.

Penyanyi Rossa memberikan  keterangan pers menjelang

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lahan Dikuasai Swasta, Pembangunan Ibu Kota Baru Bakal Mandek?

Posted: 20 Sep 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penguasaan lahan oleh pihak swasta dinilai tidak akan menghambat proses pembangunan [ibu kota baru](https://www.liputan6.com/bisnis/read/4067870/headline-swasta-kuasai-sebagian-lahan-ibu-kota-baru-bagaimana-upaya-pembebasannya?source=search ""). Terlebih lahan negara tersebut hanya dimanfaatkan oleh swasta dengan skema konsesi sebagai Hutan Tanaman Industri (HTI).

Wakil Ketua Umum REI Bidang Tata Ruang, Kawasan Properti Ramah Lingkungan, Hari Ganie mengatakan, jika lahan di [ibu kota baru](https://www.liputan6.com/bisnis/read/4067794/menteri-atr-tak-ada-ganti-rugi-lahan-sukanto-tanoto-di-ibu-kota-baru?source=search "") merupakan tanah negara, maka pemerintah bisa saja sewaktu-waktu mengambil kembali lahan tersebut.

"Memang konsensesi itu HTI yang setiap saat aturannya bisa dicabut oleh negara untuk kepentingan yang lebih besar. Pemindahan ibu kota negara ini menjadi kepentingan tertinggi. Jadi HTI bisa dicabut," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta.

Menurut Hari, nantinya tinggal bagaimana pemerintah dan pihak swasta pemegang hak konsesi untuk membicarakan masalah pengembalian lahan ini.

"Tinggal bagaimana diatur nanti kapan lahan itu bisa dikuasai lagi oleh negara, bisa disesuaikan dengan masterplan pembangunan ibu kota baru. Mungkin ada (kompensasinya). Tapi intinya negara bisa ambil kembali lahan itu," kata dia.

Hari juga yakin proses pembangunan ibu kota baru bisa berjalan sesuai target tanpa terhalang pembebasan lahan. Terlebih, pembangunan ibu kota baru sendiri akan dilakukan secara bertahap.

"Itu kan dalam masterplan lahan sebesar 2.000 ha untuk pusat pemerintahan, 400 ribu ha untuk fasilitas penunjangnya dan 200 ribu ha yang dengan zona hutan dan lain-lain. Yang 2.000 ha itu mungkin tidak langsunng semuanya terbangun. Jadi disesuaikan dengan masterplan mana duluan yang akan dibangun. Jadi bisa diatur kok itu, demi kepentingan negara apapun bisa karena itu kan hak konsesi saja," tandas dia.

 

Benarkah Tanah di Ibu Kota Baru Dikuasai Sukanto Tanoto?

Maket Ibu Kota baru (dok Kementerian PUPR)

Nama Sukanto Tanoto mendadak disorot publik karena disebut sebagai pemilik sebagian besar lahan di wilayah ibu kota baru di Kalimantan Timur. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berkata lahan tersebut adalah kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) yang bisa diambil kembali oleh pemerintah.

Menurut Forbes, Sukanto Tanoto adalah miliarder dengan kekayaan USD 1,3 miliar atau Rp 18,3 triliun (USD 1 = Rp 14.092).  

"Saya baru dikasih tahu resmi bahwa tanah itu sebagian besar tanah HTI miliknya Sukanto Tanoto, HTI yang setiap saat bisa diambil oleh pemerintah," ungkap Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia MS Hidayat pada Rabu, 18 September 2019, di Jakarta.

Pihak Tanoto mengakui lokasi pemilihan ibu kota baru di Kalimantan Timur akan berpengaruh ke bisnis mereka. Sebab, lokasi ibu kota baru ada di area PT ITCI Hutani Manunggal (IHM) yang merupakan memasok bahan baku ke anak perusahaan RGE Group milik Tanoto.

"Menurut informasi yang kami terima, lokasi yang akan dipilih berada di dalam area PT ITCI Hutani Manunggal (IHM) yang merupakan mitra pemasok strategis dengan kontribusinya signifikan bagi PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP)," ujar Corporate Affairs Director APRIL Group Agung Laksana seperti ditulis Kamis (19/9/2019).

RAPP merupakan anak usaha APRIL Group. APRIL Group sendiri adalah bagian RGE Group yang Sukanto Tanoto dirikan pada tahun 1973.

Meski Kadin menyebut tanah itu bisa diambil pemerintah demi ibu kota baru, pihak APRIL Group berharap meminta pemerintah turut memberi jalan keluar pada masalah ini. 

"Tentu saja rencana Pemerintah ini akan berpengaruh bagi kegiatan operasional, namun kami percaya Pemerintah akan memberikan pertimbangan dan solusi mengenai hal ini," ujar Agung.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Striker Arsenal Sarankan The Gunners Jual Mesut Ozil

Posted: 20 Sep 2019 08:30 PM PDT

London - Manajemen Arsenal disarankan untuk menjual Mesut Ozil ke klub lain. Namun jika gagal, Arsenal harus bisa mengembalikan performa terbaik Ozil. Saran ini disampaikan mantan penyerang The Gunners, Paul Mariner.

Tim Meriam London sudah sering diminta untuk melepas gelandang asal Jerman itu. Pasalnya, Mesut Ozil kesulitan untuk memperlihatkan peforma terbaiknya bersama Arsenal, terutama pada laga-laga besar dan krusial.

Namun, The Gunners malah memberikan kontrak baru kepada Mesut Ozil. Bahkan, nilai kontrak Ozil menjadi satu di antara yang paling besar di Premier League.

Meski dibayar mahal, Mesit Ozil tetap tak bisa menampilkan performa terbaiknya secara konsisten. Manajer Arsenal, Unai Emery, awalnya sempat coba memaksimalkan talenta si pemain. Akan tetapi, Emery kemudian lebih sering mencadangkan Ozil.

Oleh karena itu, menjual mantan pemain Real Madrid tersebut merupakan pilihan ideal buat Arsenal. Sebab, tidak masuk akal mempertahankan pemain yang lebih sering menghuni bangku cadangan.

Apalagi, Ozil juga menghabiskan banyak duit. Namun, jika ternyata memang tak ada klub yang berminat, Emery harus bisa mendongkrak penampilan gelandang berusia 30 tahun tersebut.

"Jika ada minat (dari klub lain), biarkan dia pergi dan minta orang lain membayar gajinya," ucap Mariner pada ESPN.

"Jika Ozil tidak pergi, Anda harus bisa mengembalikan penampilannya. Sesederhana itu. Anda harus masuk ke sebuah ruangan bersamanya, berbicara dengannya, membuatnya menjadi pemain Arsenal," tuturnya.

"Arsenal tidak dapat menemukan siapa pun saat ini yang ingin mengeluarkannya dari tim mereka, jadi Anda harus membawanya kembali ke tim Anda," sambung Mariner.

 

Bukan Perkara Mudah

4. Mesut Ozil (Arsenal) - Raja assist adalah julukan untuk pemain asal Jerman ini dengan performa konsisten di setiap musimnya dengan mencatatkan 71 asisst dari 196 laga yang dilakoninya. (Photo by Adrian DENNIS / AFP)

Paul Mariner menambahkan untuk mengembalikan Ozil ke performa terbaiknya memang bukan perkara mudah. Jika memang Emery tak bisa melakukannya, dia harus mencari pemain lain untuk menggantikan peran Mesut Ozil.

"Ini sangat sulit, jika seorang pemain tidak tampil bagus, sangat sulit untuk memengaruhinya. Pada saat ini, jika dia terus tampil seperti sekarang ini, Anda harus segera menemukan pemain lain untuk tampil, bukan dirinya," sambung Mariner.

"Temukan para pemain yang berkomitmen, dan temukan sistem yang cocok dengan para pemain itu," tambahnya.

Pada musim ini, Mesut Ozil hanya bermain sebanyak satu kali bagi Arsenal. Dia dimainkan sebagai starter pada laga melawan Watford.

Sumber asli: ESPN

Disadur dari Bola.com (Rizki Hidayat /Aning Jati)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Penyakit yang Ditandai dengan Mimisan, Waspadai

Posted: 20 Sep 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mimisan merupakan masalah kesehatan yang ditandai dengan adanya perdarahan dari hidung. Kondisi ini bisa terjadi dikarenakan pecahnya pembuluh darah di dalam hidung. Mimisan bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. 

Penyebab mimisan bisa terjadi pun beragam. Mulai dari yang ringan seperti terjadi benturan hingga pertanda adanya penyakit serius di tubuh. Umumnya, mimisan dapat berhenti dengan sendirinya tanpa perlu melakukan perawatan medis yang cukup serius.

Namun, pada kondisi mimisan yang terlalu sering atau berkepanjangan, maka penderitanya perlu waspada. Pasalnya, mimisan yang kamu alami ini bisa saja merupakan salah satu gejala dari adanya penyakit yang berbahaya.

Berikut ini Liputan6.com, Sabtu (21/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa penyakit yang ditandai dengan mimisan yang berkala atau terlalu sering.

Kanker Darah atau Leukemia

Ilustrasi kanker darah/copyright shutterstock

Penyakit leukemia atau yang biasa dikenal dengan kanker darah, merupakan penyakit yang menyerang sel-sel darah putih (leukosit) di dalam tubuh. Penyakit ini menyerang sumsum tulang yang menimbulkan produksi sel-sel darah putih secara abnormal.

Penderita leukemia biasanya mengalami gejala seperti mudah lelah, lemah, pusing, sakit kepala, sesak napas, kulit pucat, mudah terkena berbagai infeksi, demam, mudah memar atau berdarah, mudah mimisan, gusi rentan berdarah, pembengkakan, dan nyeri sendi.

Ada beberapa komplikasi yang biasa terjadi pada penderita leukemia. Komplikasi yang terjadi ini berhubungan dengan menurunnya fungsi sel darah putih di dalam tubuh penderita leukemia, di antaranya infeksi berat (sepsis).

Tak hanya itu, apabila fungsi trombosit menurun, juga dapat terjadi pendarahan di berbagai area tubuh, seperti otak, paru, dan pencernaan. Pada komplikasi infeksi yang berat dan perdarahan pada leukemia dapat mengancam nyawa penderitanya.

Hemofilia

Hemofilia (ANURAK PONGPATIME/Shutterstock)

Hemofilia merupakan penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan protein. Ya, protein sangat dibutuhkan dalam proses pembekuan darah apabila terjadi perdarahan sehingga sering disebut juga sebagai faktor pembekuan.

Pada keadaan normal, protein yang menjadi faktor pembeku darah akan membentuk jarring penahan di sekitar sel darah, sehingga ketika mimisan terjadi darah akan membeku dengan cepat dan perdarahan pun berhenti.

Tetapi, pada penderita hemophilia, kekurangan protein ini bisa mengakibatkan perdarahan berkepanjangan. Penderita hemofilia yang sedikit kekurangan protein pembeku darah, biasanya akan mengalami perdarahan karena terbentur atau iritasi. Penderita yang banyak kekurangan protein pembeku darah, biasanya akan mengalami perdarahan spontan tanpa penyebab.

Polip Hidung

Polip Hidung

Mimisan yang terjadi secara terus-menerus juga bisa menjadi tanda adanya penyakit polip hidung. Penyakit ini merupakan pertumbuhan jaringan pada dinding dalam rongga hidung. Jaringan ini sifatnya lunak, tidak sakit, dan bukan kanker.

Bentuk dari polip ini menggantung menyerupai tetesan air mata. Hingga kini masih belum diketahui secara jelas apa penyebab penyakit polip hidung. Namun, polip hidung dikaitkan dengan proses peradangan kronis di hidung.

Gejala umum yang biasa dirasakan oleh penderita polip hidung adalah hidung tersumbat, hidung berair, indera penciuman dan perasa menjadi berkurang, mimisan, mendengkur saat tidur, dan akumulasi lendir di tenggorokan.

Nah, apabila gejala ini tidak segera ditangani, maka polip hidung dapat menimbulkan komplikasi yang bisa mengancam jiwa, yaitu akan menyumbat jalan napas ketika tidur.

Koarktasio Aorta

Koarktasio Aorta  (iStock)

Penyakit yang ditandai dengan mimisan yang berkepanjangan selanjutnya adalah koarktasio aorta. Ini merupakan penyakit kelainan jantung bawaan yang terjadi pada bagian pembuluh darah besar yang keluar dari jantung, yaitu aorta. Kelainan ini menimbulkan penyempitan pada aorta.

Penyempitan bisa terjadi pada satu lokasi atau lebih di sepanjang aorta. Hal ini membuat aliran darah yang keluar dari jantung menuju seluruh peredaran darah tubuh menjadi terhambat. Kondisi inilah yang membuat otot ventrikel kiri jantung harus bekerja lebih keras dalam memompa darah keluar dari jantung. Apabila dibiarkan, kondisi ini akan berpotensi memicu gagal jantung.

Gejala yang terjadi pada penyakit ini bergantung pada parahnya penyempitan pada aorta. Pada bayi baru lahir, umumnya tidak menunjukkan gejala. Kalaupun ada, gejala yang ditunjukkan seperti sesak napas, kesulitan menerima makanan, berkeringat banyak, tekanan darah tinggi, hingga gagal jantung.

Sementara penderitanya anak yang lebih besar dan orang dewasa, koarktasio aorta dapat menimbulkan gejala seperti tangan dan kaki teraba dingin, mimisan, nyeri dada, nyeri kepala, sesak napas, tekanan darah tinggi, pusing, hingga pingsan.

Idiopathic Thrombocytopenic Purpura (ITP)

Idiopathic Thrombocytopenic Purpura (ITP) (Sumber: iStockphoto)

Penyakit ini merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan gangguan pembekuan darah. Pada ITP, sistem kekebalan tubuh berlaku salah dengan menghancurkan trombosit tubuh sendiri. Padahal, trombosit dibutuhkan untuk proses pembekuan darah. Penderita ITP mudah mengalami perdarahan atau memar secara berlebihan.

Gejala penyakit ITP yang biasa dirasakan adalah mudah memar secara berlebihan, perdarahan sulit berhenti, bintik-bintik merah keunguan di bawah kulit, mimisan, urine atau tinja berdarah, gusi mudah berdarah, dan perdarahan menstruasi secara berlebihan. Komplikasi dari ITP yang mengancam jiwa adalah ketika perdarahan sudah terjadi di otak.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Kelab Malam Dadakan, Tempat Pesta Juara F1 GP Singapura

Posted: 20 Sep 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Singapura- Momen juara bagi seorang pembalap, terutama di ajang jet darat Formula 1 (F1), sangatlah berharga. Kemenangan sudah pasti dirayakan dengan meriah, suka cita, dan penuh dengan kemewahan.

Hal itulah yang membuat pihak Singapura menyulap sebuah ballroom di Hotel The Ritz-Carlton menjadi sebuah kelab malam dadakan. Kelab malam itu diberi nama The Podium Lounge, yang dibuat khusus untuk merayakan pesta juara pembalap F1.

Tak sembarang orang bisa masuk dan merasakan pesta juara yang memenangkan balapan di Sirkuit Jalanan Marina Bay. Hanya tamu VIP dan golongan atas yang bisa merasakannya.

Beruntung bagi Liputan6.com yang mendapat undangan dari Singapore Tourism Board. Tim kanal Bola Liputan6.com bisa mengintip kelab malam dadakan super mewah ini.

Di dalamnya ada banyak hal menarik, mulai dari toko marchandise, game virtual, pertunjukkan fashion show, hingga live music dengan disc jockey ternama di Singapura.

Banyak tamu VIP yang terlihat di The Podium Lounge, usai hari pertama F1 GP Singapura, Jumat (20/9/2019), mulai dari beberapa tim mekanik peserta F1 hingga salah satu personel Spice Girl, Melanie C, yang terlihat menggunakan baju berwarna pink.

The Podium Lounge merupakan tempat istimewa karena pada tahun 2018, pembalap Mercedes, Lewis Hamilton berpesta di tempat ini usai memenangkan F1 GP Singapura.

Formula 1 2019 GP Singapura yang berlangsung pada Minggu (22/9/2019) bukan hanya sekadar balapan biasa. Pemerintah Singapura menjadikannya sebagai pesta rakyat dan juga dimanfaatkan untuk menyedot wisatawan asing.

 

Diperluas

The Podium Lounge, tempat pesta juara F1 GP Singapura (Liputan6.com/Cakrayuri Nuralam)

Singapura memperluas ajang F1 pada tahun ini. Tidak hanya berada di Sirkuit Jalanan Marina Bay, tapi juga ke Orchad Road dan Kampong Glam. Mereka mengusung tema perayaan F1 dengan cita rasa lebih lokal.

Aktivitas yang berada di sekitar Sirkuit Marina Bay berlangsung selama seminggu, 13 hingga 22 September, puncak dari gelaran F1 Singapura. Tak hanya balapan, Singapore Tourism Board juga memanfaatkannya untuk menyedot wisatawan asing melihat ke berbagai tempat wisata di Singapura seperti Clarke Quay hingga Bandara Jewel Changi.

Singapore Tourism Board juga dibantu pihak kepolisian Singapura untuk menunjukkan lokasi-lokasi menarik di sana. Wisatawan asing juga bisa bermain go-kart di Orchard Road agar bisa merasakan adrenalin menjadi pembalap seperti Lewis Hamilton dan kawan-kawan.

Simulator balap dan mobil balap McLaren dan Red Bull juga akan tampil di sepanjang Orchard Road selama tiga hari, saat F1 Singapura berlangsung. Sementara Jewel menyelenggarakan kegiatan ramah anak seperti realitas virtual dan permainan balap kendali jarak jauh yang sudah berakhir pada 17 September.

Setelah gelaran F1 berakhir, kehidupan malam di Clarke Quay akan terklihat jelas dengan berbagai live musik yang diisi penyanyi dan band top dunia seperti Red Hot Chilli Peppers hingga Gwen Stefani. (Laporan Cakrayuri Nuralam langsung dari Singapura)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi AC Milan vs Inter Milan: Bidik Kemenangan Perdana

Posted: 20 Sep 2019 08:10 PM PDT

Milan - AC Milan akan menjamu Inter Milan pada laga pekan keempat Liga Italia di San Siro, Minggu (22/9/2019) dini hari WIB. I Rossoneri yang belum pernah menang kontra Inter di liga, bertekad mendulang tiga poin.

AC Milan tercatat tak bisamenaklukkan I Nerazzurri dalam enam pertandingan sebelumnya di Liga Italia. Perinciannya tiga hasil imbang dan tiga kalah

Terakhir kali AC Milan berhasil membungkam Inter Milan terjadi pada musim 2015-2016. Melakoni laga pekan ke-22 Serie A pada 1 Februari 2016, Milan menang tiga gol tanpa balas atas Il Biscione.

Untuk itu, AC Milan berambisi menyudahi hasil minor tersebut. Kemenangan beruntun dalam dua laga terakhir di Serie A musim ini, menjadi modal berharga Milan untuk memetik tiga poin dalam laga bertajuk Derby della Madonnina tersebut.

Namun, Inter Milan bukan lawan yang begitu saja mudah untuk ditaklukkan. Sejak diasuh Antonio Conte pada awal musim ini, Inter tampil impresif.

Mereka belum terkalahkan dalam empat pertandingan yang sudah dijalani pada musim 2019-2020. Dari empat laga tersebut, tiga di antaranya berakhir dengan kemenangan dan itu terjadi di Serie A.

Hasil tersebut membuat Inter Milan nyaman bercokol di puncak klasemen sementara dengan nilai sembilan. Mereka unggul tiga poin atas AC Milan yang berada di peringkat ketujuh.

Prakiraan susunan pemain:

AC Milan (4-3-1-2): Gianluigi Donnarumma; Andrea Conti, Mateo Musacchio, Alessio Romagnoli, Ricardo Rodriguez; Franck Kessie, Lucas Biglia, Hakan Calhanoglu; Lucas Paqueta; Suso, Krzysztof Piatek.

Pelatih: Marco Giampaolo (Italia)

Inter Milan (3-5-2): Samir Handanovic; Diego Godin, Stefan de Vrij, Milan Skriniar; Danilo D'Ambrosio, Matias Vecino, Marcelo Brozovic, Stefano Sensi, Kwadwo Asamoah; Romelu Lukaku, Lautaro Martinez.

Pelatih: Antonio Conte (Italia)

Statistik dan catatan pertemuan kedua tim:

Head to head kedua tim:

  • 18/03/19 AC Milan 2 - 3 Inter Milan (Serie A)
  • 22/10/18 Inter Milan 1 - 0 AC Milan (Serie A)
  • 04/04/18 AC Milan 0 - 0 Inter Milan (Serie A)
  • 28/12/17 AC Milan 1 - 0 Inter Milan (Coppa Italia)
  • 16/10/17 Inter Milan 3 - 2 AC Milan (Serie A)

Lima pertandingan terakhir AC Milan:

  • 11/08/19 Feronikeli 0 - 2 AC Milan (Laga Persahabatan)
  • 18/08/19 Cesena 0 - 0 AC Milan (Laga Persahabatan)
  • 25/08/19 Udinese 1 - 0 AC Milan (Serie A)
  • 31/08/19 AC Milan 1 - 0 Brescia (Serie A)
  • 16/09/19 Hellas Verona 0 - 1 AC Milan (Serie A)

Lima pertandingan terakhir Inter Milan:

  • 11/08/19 Valencia 1 - 1 Inter Milan (Laga Persahabatan)
  • 27/08/19 Inter Milan 4 - 0 Lecce (Serie A)
  • 02/09/19 Cagliari 1 - 2 Inter Milan (Serie A)
  • 15/09/19 Inter Milan 1 - 0 Udinese (Serie A)
  • 17/09/19 Inter Milan 1 - 1 Slavia Praha (Liga Champions)

Persentase menang:

AC Milan 50 - 50 Inter Milan

Sumber: Bola.com (Penulis Rizki Hidayat / Aning Jati, Published 21/09/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru Irish Bella dan Ammar Zoni Lakukan Maternity Shoot, Pamer Hasil USG

Posted: 20 Sep 2019 08:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pesinetron Irish Bella dan Ammar Zoni memang tengah menantikan kelahiran sang buah hati. Meski sempat mengalami pendarahan, akan tetapi kondisi  kehamilan bayi kembar Irish Bella baik-baik saja. Menjalani kehamilan pertama dan dikaruniai anak kembar tentu saja menjadi hal yang sangat membahagiakan bagi Irish Bella dan Ammar Zoni. 

Pasangan selebriti ini kerap melakukan pemotretan demi mengabadikan momen bahagia tersebut. Terbaru, Irish Bella dan Ammar Zoni melakukan maternity shoot sambil memamerkan foto hasil USG. Saat ini kehamilan Irish Bella telah memasuki usia 25 minggu atau mulai memasuki bulan ke-7.

Bukan hanya foto hasil USG saja yang menjadi sorotan netizen. Pasalnya, pada foto tersebut, Ammar Zoni terlihat mewarnai rambutnya sehingga tampak mencolok.

Meski begitu, dalam maternity shoot terbarunya, keduanya memilih untuk menggunakan nuansa yang cukup kalem. Foto Irish Bella dan Ammar Zoni tersbeut juga diunggah oleh sang fotografer, Fandy Susanto di akun Instagram @fdphotography90.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @fdphotography90, Sabtu (21/9/2019) berikut ini beberapa potret terbaru Irish Bella dan Ammar Zoni saat melakukan maternity shoot sambil menunjukan foto hasil USG.

1. Irish Bella dan Ammar Zoni terlihat memamerkan hasil foto USG bayi kembar mereka.

Irish Bella dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/fdphotography90)

2. Keduanya pun terlihat bahagia saat menunjukkan foto USG bayi kembar mereka.

Irish Bella dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/fdphotography90)

3. Meski beberapa waktu lalu Irish Bella sempat mengalami pendarahan, akan tetapi hal tersebut tak memengaruhi kondisi sang janin.

Irish Bella dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/fdphotography90)

4. Memasuki usia kehamilan 7 bulan tentu saja membuat perut wanita cantik ini semakin terlihat membesar. Apalagi janin yang dikandung Irish Bella kembar.

Irish Bella dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/fdphotography90)

5. Irish Bella juga selalu terlihat bahagia saat melakukan maternity shoot.

Irish Bella dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/fdphotography90)

6. Kelahiran sang buah hati tentu saja sangat dinantikan oleh Irish Bella dan Ammar Zoni.

Irish Bella dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/fdphotography90)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kecelakaan Truk di Jalur Pantura Tuban, Pengemudi Terjepit di Kabin

Posted: 20 Sep 2019 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Diduga akibat pecah ban, kecelakaan terjadi di jalur Pantura Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Kali ini truk tronton oleng ke kiri dan menghantam truk gandeng yang parkir.

Akibatnya sopir truk sempat terjepit dalam kabin yang ringsek, berikut diberitakan pada program Fokus, Jumat, 20 September 2019. Proses evakuasi sopir truk yang terjepit kabin, berlangsung dramatis dan memakan waktu lebih dari satu jam.

Bahkan Polisi Satlantas Tuban, mendatangkan alat berat forklift, untuk melepaskan kedua truk. Kecelakaan ini terjadi di jalur Pantura Tuban, tepatnya di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis siang.

Sebuah truk tronton angkutan semen mengalami pecah ban, sehingga oleng ke kiri dan menghantam truk gandeng yang terparkir di tepi jalan nasional.

Sebelumnya, truk yang dikemudikan Mustofa (53), warga asal Gresik melaju dari arah Gresik dengan kecepatan tinggi, saat tiba di lokasi tiba-tiba ban depan kiri pecah. Sehingga kecelakaan tidak dapat dihindari, truk tronton nopol  W 9799 UG oleng kiri, dan menghantam truk gandeng nopol H 1866 EA yang parkir.

Tidak ada korban jiwa, meski pengemudi truk terjepit di dalam kabin. Setelah sopir truk dapat dievakuasi, korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah dr. R. Koesma, untuk dilakukan perawatan medis. Korban mengalami luka ringan, akibat terjepit kabin yang ringsek.

Akibat kejadian itu, arus lalu lintas mengalami kemacetan, hingga proses evakuasi berhasil dilakukan, dan truk ringsek ditepikan agar tidak menggangu arus lalu lintas. Untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan, polisi dari satuan lalu intas langsung terjun ke lokasi kejadian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Rossa Hujan-Hujanan di Panggung Smartfren Wow Concert 2019

Posted: 20 Sep 2019 08:04 PM PDT

Diva Tanah Air, Rossa menghibur penonton pada Konser

Diva Tanah Air, Rossa menghibur penonton pada Konser

Penyanyi Rossa menghibur penonton pada Konser

Penyanyi Rossa menghibur penonton pada Konser

Diva Tanah Air, Rossa menghibur penonton pada Konser

Diva Tanah Air, Rossa menghibur penonton pada Konser

Penyanyi Rossa menghibur penonton pada Konser

Penyanyi Rossa menghibur penonton pada Konser

Diva Tanah Air, Rossa menghibur penonton pada Konser

Diva Tanah Air, Rossa menghibur penonton pada Konser

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Sejarah Pariwisata Bali dari Masa ke Masa

Posted: 20 Sep 2019 08:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bali menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal, baik oleh masyarakat Indonesia maupun di wisatawan mancanegara. Keindahan Bali membuat munculnya banyak komentar bahwa tak lengkap berkunjung ke Indonesia tanpa ke Bali. Hingga banyak orang yang menyebut Bali sebagai 'sorga wisata'.

Nyoman Sukma Arida, dosen pariwisata Universitas Udayana, Bali mengatakan, pada 1920-1930 Ubud mulai menjadi desa tempat mukim beberapa seniman pelukis dan penulis Barat.

"Puri Ubud menyediakan tempat tinggal mereka. Hal ini lama-lama diikuti oleh beberapa warga yang membuka homestay," ujar Nyoman saat dihubungi Liputan6.com, Jumat, 20 September 2019.

Jauh sebelumnya, seperti ditulis antropolog asal Prancis, Michel Picard, dalam buku Bali: Pariwisata Budaya dan Budaya Pariwisata mengungkapkan, asal-usul pariwisata Bali karena keterbukaan pulau itu terhadap dunia luar.

Langkah awal pariwisata Nusantara dimulai pada 1908 saat jatuhnya raja Bali terakhir di hadapan tentara kolonial Belanda. Pada tahun itu, perwakilan berbagai bank, perusahaan asuransi, perkeretaapian, serta maskapai pelayaran, di antaranya KPM atau Maskapai Pelayaran Kerajaan.

Maskapi tersebut menikmati posisi monopoli jalur-jalur pelayaran antarpulau mendirikan di Batavia suatu asosiasi yang mengatur lalulintas pariwisata di Hindia Belanda.

Menurut Picard, wisatawan baru mulai berdatangan di Bali secara khusus pada 1924, setelah dibuka suatu pelayaran mingguan antara Singapura, Batavia, Semarang, dan Surabaya ke Buleleng (pelabuhan Singaraja) dan ke Makassar.

KPM bersedia menerima penimpang di atas kapal-kapal yang sebelumnya dikirim ke Buleleng untuk mengangkut kopra, kopi, sapi, dan terutama babi. Hal terakhir ini menyebabkan jalur pelayaran, yang nama resminya adalah Bali Express.

Lima Bali Baru

Sekitar 150 peserta dari 30 delegasi Pertemuan Pimpinan Pramuka se-Asia Pasifik ke-9 mengaku terpesona dengan keindahan alam Pulau Dewata.

KPM membuka Bali Hotel sebagai pengganti pesanggrahan Denpasar pada 1928. Setelah itu, pesanggrahan Kintamani dibenani, khusus buat wisatawan yang ingin menikmati keindahan Danau Batur yang memesona. Selanjutnya dibuka jalur penerbangan antara Surabaya dan Bali pada 1933.

Picard menulis, pada 1934 dibuka pelayaran bolak-bali setiap hari dengan kapal feri antara Gilimanuk, di pengujung barat Bali dan Banyuwangi di pengujung timur Pulau Jawa. Pada tahun itu jumlah kunjungan wisatawan mencapai 3 ribu per tahun.

Seiring waktu berjalan, pada 1963 Presiden Soekarno meminta untuk membangun sebuah hotel bergengsi di Pantai Sanur, yaitu Hotel Bali Beach dan diresmikan pada 1966.

Selama Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) I, ungkap Picard, jumlah kunjungan wisatawan meningkat dari 51 ribu pada 1968 menjadi 270 ribu pada 1973. Untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, sejak Repelita V pada 1989 usaha promosi digencarkan dengan kampanye Sadar Wisata dengan Sapta Pesona-nya, yaitu keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahtamahan, dan kenangan.

Sementara itu, kunjungan wisatawan ke Bali mencapai angka 2,5 juta pada 1994. Berdasarkan data statistik, Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, jumlah kunjungan wisatawan ke Bali terus meningkat. Pada 2018, jumlah wisatawan ke Bali mencapai 6 juta lebih.

Selain berperan sebagai  etalase maupun sebagai teladan buat pembangunan pariwisata Indonesia, Bali juga sebagai umpan merangkap pusat penyebaran wisatawan asing ke seluruh Nusantara. Salah satunya dengan program pengembangan pembangunan lima pariwisata,  Bali baru atau destinasi wisata superpriioritas, yang meliputi Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amazon Siap Gunakan 100.000 Van Listrik untuk Pengantaran Barang

Posted: 20 Sep 2019 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan Amazon melakukan pemesanan 100.000 unit van listrik yang akan digunakan sebagai armada pengantaran barang. Van listrik ini akan diproduksi oleh Rivian, startup kendaraan listrik.

Amazon sendiri merupakan salah satu dari beberapa perusahaan yang memberikan investasi sebesar total 700 juta dollar kepada startup tersebut.

Dilansir insideevs, kendaraan listrik ini akan mulai digunakan pada tahun 2021. Amazon mengatakan bahwa 10.000 unit akan digunakan pada tahun 2022, sementara keseluruhan 100.000 unit akan sepenuhnya beroperasi di tahun 2024.

Belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai spesifikasi van listrik Amazon ini. Dari segi bentuk, konsep van ini terlihat imut dengan lampu depan bulat serta bodi yang bongsor. Namun, beberapa komponen disinyalir sama dengan produk Rivian yang akan diluncurkan terlebih dahulu yaitu R1T pickup dan R1S. Kedua model tersebut direncanakan mulai dijual di akhir 2020.

 

Wujud Kepedulian Amazon

Penggunaan van listrik sebagai armada pengantaran merupakan salah satu bagian kepedulian Amazon terhadap lingkungan. Van listrik ini diperkirakan mampu mencegah empat juta metrik ton karbon mencapai atmosfer di tahun 2030.

Pada tahun 2030, Amazon akan menggunakan 100 persen energi terbarukan untuk infrastruktur globalnya. Rencananya, 80 persen dari rencana tersebut akan tercapai pada tahun 2024.

Penulis: Khema Aryaputra

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Dokter-Dokter Cantik Banjarnegara Blusukan ke Desa Saat Kemarau

Posted: 20 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Banjarnegara - September dalam pranata mangsa Jawa disebut sebagai mangsa ketelu, atau ketiga. Ketiga, diartikan sebagai puncak kering pada kemarau panjang.

Aliran sungai terputus, sumur kandas hingga dasar, dan mata air mengering. Ini lah periode ketika hewan, tumbuhan, hingga manusia benar-benar dicekam musim.

Kemarau tak sekadar kekeringan serta krisis air bersih. Dalam periode puncak kemarau, muncul pula penyakit-penyakit yang dipicu cuaca panas, berdebu, kebersihan air, hingga kekurangan minum.

Paling dekat dan sering didapati pada kemarau panjang adalah infeksi saluran napas akut (ISPA). Selanjutnya, rentetan penyakit lainnya, seperti diare, mengintai warga yang mengonsumi air tak sehat.

Tak berbeda dengan wilayah lain, masyarakat Banjarnegara, Jawa Tengah pun dicekam kemarau dan mengalami krisis air bersih. Kekeringan terus meluas seturut puncak kemarau kali ini.

Kondisi ini lah yang lantas memantik Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Banjarnegara berupaya membantu meringankan pederitaan masyarakat. Organisasi para dokter ini menggelontorkan 225 ribu liter air bersih di kabupaten yang berada di lereng Gunung Dieng ini.

Para dokter cantik pun tak segan turun langsung menyalurkan air dari tangki ke ember dan wadah air yang disiapkan masyarakat. Mereka bersua lansung dengan masyarakat yang sekain waktu mengalami krisis air bersih.

Koordinator Pengabdian Profesi IDI cabang Banjarnegara dr Jalu Trasnolo Bangun mengatakan, ratusan ribu liter air yang setara dengan kurang lebih 45 tangki air bersih itu disebar di 44 desa yang berada di 12 wilayah Banjarnegara, pada kemarau panjang ini.

"Kegiatan ini kami lakukan selama 15 hari, satu hari kita kirim sekitar 15 ribu liter bagi masyarakat yang membutuhkan," ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pengobatan Gratis IDI Banjarnegara

Ilustrasi – Klinik utama PKU Muhammadiyah Purbalingga menggelar pengobatan gratis, di Dusun Pangabean, Desa Candinata, Kecamatan Kutasari, Agustus 2018. (Foto: Liputan6.com/Dinkominfo PBG/Muhamad Ridlo)

Dia menerangkan, IDI menaruh perhatian lebih kepada terjaganya kebutuhan dasar manusia. Air bersih merupakan kebutuhan vital. Krisis air bersih dikhawatirkan menyebabkan kesehatan warga terganggu.

Penyaluran air bersih ini juga merupakan bagian dari pengabdian masyarakat dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) IDI ke-69.

Panitia lainnya, dr Aida Fitriani mengemukakan, selain droping air, IDI juga menggelar pengobatan gratis di Dusun Linggasari Desa Kebondalem, Kecamatan Bawang, Banjarnegara. Pengobatan gratis ini dikunjungi oleh ratusan warga.

"Banyak warga yang merespon baik kegiatan kita, keluhan warga bervariasi, dari gatal, rheumatik, hipertensi dan sebagainya," ucap Aida.

Ketua IDI Banjarnegara dr Agus Ujianto SpB menyatakan, dua persoalan kesehatan, jasmani dan rohani merupakan pondasi penting untuk bangsa yang majemuk ini. Kondisi kesehatan yang baik akan menciptakan masyarakat yang produktif.

Di luar itu, permasalahan yang ada di masyarakat yang penting dan menjadi perhatian IDI di antaranya persoalan kesehatan politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya, bahkan kesehatan dalam pertahanan dan keamanan.

Sebab itu, IDI mesti bergandeng tangan dengan pihak lain untuk program-program kemanusiaan, mulai dengan TNI, Polri, pemerintahan, tak terkecuali dengan organisasi jurnalis.

"Menuju beberapa program di lapangan, kita harus menggandeng sejumlah institusi, organisasi profesi serta komunitas komunitas yang menjadi mitra kita. Hari ini di sejumlah titik kita melakukan bakti sosial, sebagai wujud nyata sebagai bentuk pengabdian untuk masyarakat," Agus menjelaskan.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Arif Rachman mengungkapkan ribuan jiwa di 28 desa di 10 kecamatan wilayah Banjarnegara mengalami krisis air bersih.

Sebanyak 5.496 keluarga atau 23.487 jiwa di Banjarnegara mengalami krisis air bersih. Hingga saat ini, BPBD telah mengirimkan sebanyak 637 tangki air bersih atau setara dengan 3.185.000 liter.

"Jumlah pengiriman per hari kurang lebih 12 rit atau sekitar 60 ribu liter air bersih," kata Arif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penanganan Penyakit Jantung Bawaan pada Anak Bisa Tanpa Bedah

Posted: 20 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penanganan penyakit jantung bawaan (PJB) pada anak bisa dilakukan tanpa bedah. Intervensi tersebut termasuk kemajuan dalam bidang intervensi kardiologi anak (interventional pediatric cardiology).

Artinya, sebagian anak penderita PJB tidak perlu lagi menjalani operasi atau pembedahan terbuka.

"Sejak dekade terakhir, metode pilihan utama untuk menangani kasus PJB tertentu dengan prosedur intervensi menggunakan kateter (transcatheter closure)," ujar dokter spesialis penyakit jantung Radityo Prakoso dalam konferensi pers"24th ASEAN Federation Cardiology Congress (AFCC) di BSD City Tangerang, Jumat (20/9/2019).

Intervensi PJB ini menggunakan kateter, sehingga risiko atau komplikasi operasi relatif lebih rendah. Masa rawat di rumah sakit dan waktu pemulihan pasien PJB anak juga lebih singkat dan biaya lebih murah.

 

 

Kasus Penyakit Jantung Bawaan di Indonesia

Radityo menerangkan, angka kejadian penyakit jantung bawaan berdasarkan laman Heart.org diperkirakan mencapai 43.200 kasus dari 4,8 juta kelahiran hidup (9 banding 1.000 kelahiran hidup) setiap tahunnya.

"Penyakit jantung bawaan itu dialami sejak lahir. Karena pembentukan struktur jantung tidak sempurna," ujar Radityo.

"Tinggi juga kasus penyakit jantung bawaan di Indonesia, mencapai 43.000-an kelahiran per tahun," terangnya.

Kelainan ini terjadi pada dinding jantung, katup jantung maupun pembuluh darah yang ada di dekat jantung. Akibatnya, gangguan aliran darah di dalam tubuh pasien tersumbat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berat Badan Jadi Alasan Danilo Petrucci Melempem di Paruh Kedua MotoGP 2019

Posted: 20 Sep 2019 08:00 PM PDT

Jakarta - Pembalap Mission Winnow Ducati Danili Petrucci mengakui berat badan sebagai penyebab penurunan kinerja pada MotoGP 2019. Dengan bobot mencapai 80 kg, performanya di lintasan kerap terpengaruh. 

"Saya memiliki ukuran dan berat badan yang lebih besar dari pesepakbola atau pembalap lainnya. Saat ini, saya punya berat badan 80kg. Tidak ada pembalap yang bisa melaju cepat dengan berat badan itu," kata Petrucci jelang MotoGP Aragon. 

Penampilan Petrucci menurun pada putaran kedua MotoGP 2019. Rider asal Italia itu selalu finis di luar lima besar dalam empat balapan terakhir.

Danilo Petrucci baru meraih tiga podium dengan satu kemenangan, yakni pada MotoGP Italia, 2 Juni lalu. Meski demikian, ia masih berada di peringkat ketiga klasemen sementara pembalap dengan raihan 151 poin. 

Sejumlah pengamat menilai konsistensi menjadi satu di antara alasan Petrucci bisa menempati posisi tiga besar di klasemen MotoGP 2019. Selain itu, Petrucci juga menjadi satu di antara pembalap yang belum pernah terjatuh pada musim ini.

Bukan Hanya Berat Badan

Pebalap Ducati, Danilo Petrucci, melakukan selebrasi usai menjuarai MotoGP Italia 2019 di Sirkuit Mugello, Minggu (2/6). Petrucci berhasil menuntaskan balapan 23 lap dengan catatan waktu 41 menit 33,794 detik. (AP/Antonio Calanni)

Melansir dari sumber yang sama, Petrucci mengaku bukan hanya berat badan yang membuat peformanya menurun. Ia yakin sejumlah aspek lain juga berpengaruh besar terhadap performanya.

Misalnya saja settingan Desmosedici GP19 yang disebut kalah kualitas dibandingkan Honda RC213V milik Marc Marquez. Meski demikian, Petrucci optimistis tampil baik pada MotoGP Aragon akhir pekan nanti.

"Saya hanya ingin melakukan yang terbaik akhir pekan nanti. Saya ingin belas dendam karena sering finis di luar lima besar," katanya.

 

 

Sumber asli: Tuttomotoriweb

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Hesti Puji Lestari/Editor: Rizki Hidayat, published 20/9/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AWS: Seluruh Data Penumpang Malindo dan Thai Lion Air Aman

Posted: 20 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyedia layanan penyimpanan cloud Amazon Web Service (AWS) angkat bicara terkait dengan kebocoran data penumpang dua maskapai di bawah Lion Group.

Mengutip laman ZDNet, Sabtu (21/9/2019), AWS Singapura menyebut, seluruh server yang berisi data penumpang Malindo Air sudah aman "tanpa kerentanan lebih lanjut."

AWS juga menyebut, "Tidak ada informasi pembayaran yang bocor."

Konfirmasi dari AWS ini menyusul berbagai laporan yang menyebut adanya kebocoran data personal milik 21 juta penumpang Malindo Air dan Thai Lion Air.

Sementara itu, sebelumnya Lion Group menyebutkan, konsultan forensik dan data juga telah telah ditunjuk untuk menilai infrastruktur keamanan data secara keseluruhan dengan fokus pada perlindungan data penumpang di semua platform.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) meminta penjelasan kepada pihak Lion Group terkait dengan kasus kebocoran data penumpang mereka.

Direktur Jenderal Aptika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, pihaknya menerima klarifikasi dari Lion Group terkait adanya data breach di Malindo dan Thai Lion Air yang operasionalnya di Malaysia.

"Berapa jumlahnya belum diketahui, sedang diinvestigasi. Sudah dilaporkan ke otoritas Malaysia karena kejadian ini lokasinya di sana. Kami menunggu hasil investigasi," kata Semuel di Jakarta, Kamis malam.

Sementara, Managing Director Lion Group Daniel Putut Kuncoro Adi menyebut, pihak Lion Group langsung bertindak mengontak penyedia layanan cloud dan administrator untuk melakukan langkah pengamanan.

Jadi Korban

Managing Director Lion Group Daniel Putut Kuncoro Adi dan Dirjen Aptika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan tentang kasus kebocoran data penumpang Lion (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

"Kami menjadi korban di sini. Begitu informasi ini viral, kami langsung menghubungi administrator (penyedia layanan cloud), dan kami langsung mengamankan. Dan saat ini tidak terjadi leaks," kata Daniel.

Daniel juga memastikan hingga saat ini data penumpang maskapai milik Lion Group sudah tak bisa diakses lagi oleh pihak yang tidak berkepentingan.

Sebagai langkah penanganan, Lion Group juga telah mengambil langkah hukum dengan melaporkan kejadian ini ke otoritas Malaysia.

"Kami sampaikan ke Dirjen Semuel, kami ambil langkah hukum di Malaysia. Jadi ketika berita ini viral, kami langsung ambil legal action dan kini dalam proses investigasi," ujar Daniel.

Belum Diketahui Ada Data Pelanggan Indonesia yang Bocor

Passport/unsplash

Sejauh ini juga belum diketahui apakah ada data orang Indonesia yang ikut bocor dalam kasus pelanggaran data ini.

Lion Group berkomitmen untuk memberikan informasi kepada Kemkominfo mengenai perkembangan investigasi kasus pelanggaran data pelanggan di Malaysia.

Sementara itu, Semuel menyebut, jika diperlukan, pemerintah Indonesia juga bisa melakukan joint investigation dengan otoritas Malaysia untuk menangani masalah ini.

"Kalau memang dibutuhkan joint investigation, bisa kami lakukan," tutur Semuel.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapten Kartini, Srikandi di Bidang Maritim Paling Inspiratif di 2019

Posted: 20 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dan Woman In Maritam Indonesia (WIMA) memberikan penghargaan kepada anggota WIMA Indonesia yang dianggap paling berperan dan berjasa di dunia maritim Indonesia.

Gelar Srikandi di Bidang Maritim Paling Inspiratif Tahun 2019 dberikan kepada Kapten Entin Kartini, nakhoda perempuan pertama di Indonesia yang dinilai memiliki kontribusi besar dalam dunia maritim serta mampu menginspirasi banyak orang.

 

Lahir di Sumedang, 25 Desember 1946, Kapten Kartini memulai kariernya di PT Pelni pada tahun 1971. Dan pada tahun 1991, dia berhasil meniti karier sampai jenjang tertinggi dengan dipercayai menakhodai KM AWU milik PT Pelni dan melayarkannya dari Jerman ke Indonesia.

Salah satu putri terbaik Indonesia lulusan Akademi Ilmu Pelayaran Jakarta ini juga berhasil menyelesaikan pendidikan S3 Manajeman Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Darma bakti Kapten Kartini tak hanya di saat usia produktif saja. Di usianya kini yang menginjak 71 tahun, Kartini tetap aktif sebagai pengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Akademi Maritim Djadayat, ITL Trisakti dan di beberapa tempat mengajar short course untuk pelaut.

Kemenhub Dapat Tambahan Anggaran Rp 441,5 Miliar di 2020

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (kiri) menggunakan pakaian adat saat mengikuti rapat kerja bersama Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (3/9/2019). Dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan, ASN di Kemhub wajib menggunakan pakaian adat tiap Selasa. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendapatkan tambahan anggaran sebesar Rp 441,5 miliar untuk Tahun Anggaran 2020. Tambahan tersebut diperuntukan untuk membangun infrastruktur transportasi di 10 destinasi wisata prioritas yang di dalamnya termasuk empat destinasi pariwisata super prioritas dan satu destinasi pariwisata unggulan.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi V DPR-RI Tentang Penyesuaian RKA K/L Kementerian Perhubungan, Senin (16/9).

"Dengan adanya penambahan anggaran tersebut, Pagu Alokasi Anggaran TA 2020 Kemenhub menjadi sebesar Rp 43,11 triliun dari Pagu Anggaran sebelumnya sebesar Rp 42,67 triliun" ucap Menhub Budi.

Tambahan anggaran sebesar Rp 441,5 milyar tersebut dialokasikan untuk pengembangan infrastruktur transportasi di lima destinasi wisata super prioritas yaitu Danau Toba dengan total anggaran Rp 109,2 miliar, Labuan Bajo sebesar Rp 207,6 miliar, dan destinasi Mandalika sebesar Rp 26,5 miliar. Kemudian, untuk 1 (satu) destinasi wisata unggulan yaitu di Likupang sebesar Rp 40 milyar.

Lalu, untuk 6 (enam) destinasi wisata prioritas yaitu Morotai sebesar Rp 18,5 miliar, Wakatobi sebesar Rp 19,7 miliar, Borobudur sebesar Rp 4,05 miliar, Tanjung Kelayang sebesar Rp 5 miliar, Tanjung Lesung sebesar Rp 5,4 miliar, dan Bromo-Tengger-Semeru sebesar Rp 5,5 miliar.

"Tambahan anggaran kami usulkan sebagai dukungan Kemenhub untuk meningkatkan aksesibilitas pada daerah pariwisata baik destinasi super prioritas maupun destinasi prioritas" pungkas Menhub Budi Karya.

Dengan begitu total dukungan Kemenhub pada lima destinasi pariwisata super prioritas menjadi sebesar Rp 2,95 triliun, sedangkan pada enam destinasi pariwisata prioritas menjadi sebesar Rp 228,95 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Pose Kocak Orang Saat Ketiduran, Bikin Malu Sendiri Lihatnya

Posted: 20 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan kebutuhan pokok semua orang yang harus dipenuhi setiap harinya. Tidur menjadi waktu untuk tubuh beristirahat dari aktivitas yang telah dilakukan seharian penuh.

Idealnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam setiap harinya. Namun seringkali durasi tersebut tak terpenuhi lantaran banyaknya hal yang harus dilakukan.

Kurangnya waktu tidur tersebut terkadang membuat banyak orang mengantuk di siang hari sehingga menghambat aktivitas. Misalnya saja, tentu banyak kalian yang tak sengaja tertidur padahal sedang melakukan sesuatu.

Tak jarang juga saking lelahnya banyak orang yang ketiduran dengan pose yang sangat nyeleneh. Contohnya saja seperti deretan pose kocak orang saat ketiduran yang dikutip dari Boredpanda ini.

Duh kok bisa masuk ke dalam situ sih?

foto: Boredpanda

Mungkin rasanya seperti tidur di atas kasur ya

foto: Boredpanda

Posisinya seperti sedang melakukan gerakan yoga

foto: Boredpanda

Apa enggak pegal ya?

foto: Boredpanda

Saat ngantuk berat tapi tak ada kasur

foto: Boredpanda

Ketika mau tidur di kantor tapi tak mau ketahuan bos

foto: Boredpanda

Lah kok bisa begitu ya?

foto: Boredpanda

Melihatnya saja pegal

foto: Boredpanda

Kenapa kepalanya harus masuk ke sela kursi sih?

foto: Boredpanda

Jadi begini cara pramugari tidur di pesawat?

foto: Boredpanda

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Suami Lulu Tobing Gelar Lamaran dengan Gadis Makassar

Posted: 20 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar baik datang dari mantan suami Lulu Tobing, Danny Bimo Hendro Utomo. Putra Tutut Soeharto itu telah menggelar acara lamaran pada 14 September 2019.

Momen kebahagiaan itu diungkap Tutut Soeharto lewat akun Instagram pribadinya, Jumat (20/9/2019). Tutut memajang beberapa foto lamaran yang dilakukan mantan suami Lulu Tobing tersebut.

"Alhamdulillah..., pada tanggal 14 September 2019, anak saya Danny Bimo Hendro Utomo, telah melamar gadis dari Makassar bernama Raiyah Chitra Caesaria. Putri bapak. H. Andi Abdussalam Tabusalla dan ibu Hj. Andi Dalaisya Rifai," tulis Tutut Soeharto diakses Showbiz Liputan6.com dari Instagram, Sabtu (21/9/2019).

Dalam beberapa slide foto, tampak Danny Bimo Hendro Utomo menggelar lamaran dengan gadis asal Makassar bernama Raiyah Chitra Caesaria. Dengan adanya lamaran ini, Danny segera menyusul Lulu Tobing yang telah menikahi Bani M. Mulya pada 24 Agustus 2019 lalu.

Doa Restu

Mantan suami Lulu Tobing, Danny Bimo Hendro Utomo, menggelar lamaran. (Instagram: @tututsoeharto)

Di akhir unggahan, Tutut mengungkapkan harapannya agar rencana pernikahan Danny dan Raiyah dapat segera direalisasikan dan berjalan lancar.

"Mohon doa restu para sahabat, semoga anak-anak kami dapat melangsungkan pernikahannya dengan khidmat di hari yang baik, dan menjadi pasangan sehidup semati yang diridhoi dan dirahmati Allah SWT. Serta mendapatkan karunia anak-anak yang soleh maupun solehah.. Aamiin," dia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Akibat Kabut Asap, Beberapa Burung Jatuh dari Langit

Posted: 20 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabut asap yang melanda daerah Sumatera dan Kalimantan akibat kebakatan hutan dan lahan tidak hanya berdampak pada manusia saja. Beberapa burung berjatuhan dari langit. Momen ini diabadikan oleh seorang aktivis penggerak lingkungan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Perdamaian Internasional 2019, Aksi Iklim untuk Kesejahteraan Jadi Sorotan

Posted: 20 Sep 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - International Day of Peace atau Hari Perdamaian Internasional telah ditetapkan di seluruh dunia pada 21 September. Majelis Umum PBB menyatakan tujuannya yaitu sebagai hari yang ditujukan untuk memperkuat cita-cita perdamaian, baik di dalam maupun di antara semua bangsa dan masyarakat.

Negara-negara Anggota PBB mengadopsi 17 Suistainable Development Goals pada 2015. Mereka memahami bahwa tidak mungkin untuk membangun dunia yang damai, jika langkah-langkah tidak diambil untuk mencapai pembangunan ekonomi dan sosial untuk semua orang di mana pun, dan memastikan bahwa hak-hak mereka dilindungi.

Dikutip dari laman UN pada Sabtu (21/9/2019), 17 Suistainable Development Goals ini mencakup berbagai masalah, termasuk kemiskinan, kelaparan, kesehatan, pendidikan, perubahan iklim, kesetaraan gender, air, sanitasi, energi, lingkungan, dan keadilan sosial.

Di tahun ini, Hari Perdamaian Sedunia memiliki tema 'Aksi Iklim untuk Perdamaian' dengan latar belakang terfokus pada pentingnya memerangi perubahan iklim, sebagai cara untuk melindungi dan mempromosikan perdamaian di seluruh dunia. Hal ini juga sesuai dengan 17 Suistainable Development Goals poin 13 terkait aksi iklim.

Seperti diketahui, perubahan iklim merupakan ancaman nyata bagi perdamaian dan keamanan internasional. Bencana alam merusak tiga kali lebih banyak orang daripada konflik, memaksa jutaan orang meninggalkan rumah mereka dan menyelamatkan diri ke tempat lain.

Kemudian, salinisasi air dan tanaman juga membahayakan ketahanan pangan hingga menimbulkan dampak terhadap kesehatan masyarakat yang meningkat.

Sejarah Penetapan Tanggal

Ilustrasi (iStock)

Hari Perdamaian Sedunia bertepatan dengan pembukaan Majelis Umum PBB pada 1981 melalui sebuah resolusi PBB.

Peringatan ini pertama kalinya dilakukan pada 1982, Selasa ketiga bulan September, hingga pada 21 September 2002, ditetapkanlah menjadi tanggal permanen untuk Hari Perdamaian Internasional.

Dengan menetapkan tanggal pasti tersebut, majelis menyatakan bahwa pada momen tersebut juga menjadi hari gencatan senjata global dan tanpa kekerasan, seperti yang dilansir dari Time and Date.

PBB memberikan tujuan perdamaian dunia dan mendorong orang untuk bekerja sama. Sejak awal, Hari Perdamaian menandai kemajuan pribadi dan masyarakat dunia menuju perdamaian.

Perayaan yang Digelar

Ilustrasi perdamaian (iStockphoto)

Selain itu, banyak masyarakat yang mengambil bagian dalam berbagai kegiatan dan menyelenggarakan acara-acara dengan tema 'perdamaian'. Acara tersebut bervariasi, mulai dari pertemuan antar pribadi hingga konser publik dan forum yang melibatkan khalayak luas.

Seperti sebuah organisasi Roots & Shoots, yaitu program lingkungan dan kemanusiaan internasional untuk kaum muda --menunjukkan dukungan mereka untuk acara tersebut setiap tahun.

Orang-orang muda yang ikut dalam Roots & Shoots, juga memiliki kegiatan seperti membuat boneka merpati raksasa dari bahan-bahan daur ulang dan menerbangkan merpati di komunitas mereka.

Lalu, masyarakat dari berbagai latar belakang agama dan spiritual juga berkomitmen untuk menyelenggaran Hari Perdamaian Internasional. Tak hanya itu, beberapa kelompok lain mengamati keheningan pada siang hari di setiap zona waktu di seluruh dunia di hari tersebut.

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Inter Milan Belum Tergoyahkan di Puncak

Posted: 20 Sep 2019 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Liga Italia baru memainkan satu pertandingan di pekan keempat hingga Sabtu (21/9/2019) pagi WIB. Inter Milan belum tergoyahkan di puncak klasemen.

Inter Milan mengoleksi sembilan poin dari tiga pertandingan. Di pekan keempat ini, Inter Milan akan bertemu rival sekota AC Milan di kandang lawan.

La Benemata unggul dua poin dari Juventus di puncak klasemen Liga Italia. Juventus sendiri pada pekan ketiga ini gagal menang. Mereka harus puas bermain imbang tanpa gol kala dijamu Fiorentina. Situasi makin buruk karena tiga pemain Juventus cedera di laga ini.

Perubahan hanya terjadi di papan tengah. Cagliari merangsek ke posisi delapan dengan koleksi enam poin. Cagiliari menang 3-1 atas Genoa dini hari tadi.

Namun posisi Cagliari terancam karena 18 tim lain belum bertanding di Liga Italia pekan keempat.

Klasemen Liga Italia

Untuk melihat klasemen Liga Italia silakan klik disini...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Monyet Buas yang Serang Bocah 7 Tahun di Bogor Ditangkap

Posted: 20 Sep 2019 07:43 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Monyet liar yang meresahkan warga di Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, akhrinya tertangkap. Monyet jenis ekor panjang ini masuk ke dalam perangkap yang dipasang petugas Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Bidang Wilayah I Bogor.

"Iya Jumat jam 9 pagi kemarin monyet itu masuk dalam kandang jebakan yang kita pasang, sore ini akan kita ambil," kata Penyidik Kehutanan BKSDA Bogor, Sudrajat, Sabtu (21/9/2019).

Monyet liar warna abu-abu itu ditangkap di sekitar lokasi bocah perempuan berusia tujuh diserang binatang omnivora hingga mengalami luka parah di paha, betis, punggung, dan tangan.

"Monyet itu akan kami bawa ke kantor BKSDA untuk dikarantina setelah itu dilepasliarkan kembali ke habitatnya," kata dia.

Menurutnya, monyet yang melukai anak kecil ini berasal dari kawasan perbukitan yang berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Setiap musim kemarau, monyet ekor panjang ini kerap turun turun gunung untuk mencari makanan karena sumber makanan satwa liar itu habis akibat mengalami kekeringan.

"Biasanya pada musim kemarau makanan di atas gunung dan hutan sulit didapat, jadi binatang ini turun gunung," ungkap Sudrajat.

Keberadaan monyet liar ini meresahkan warga khususnya anak-anak di Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor. Apalagi, monyet tersebut telah menyerang seorang anak perempuan bernama Elis Susilawah hingga mengalami luka-luka.

"Monyet ini sangat buas. Setelah tertangkap dalam kandang jebakan pun masih terus mau menyerang siapapun yang mendekatinya," terang Plt Kades Kalong Sawah, Tata.

Untuk mencegah kejadian serupa, pihak kepolisian kemudian meminta bantuan petugas BKSDA memburu monyet-monyet yang tengah kelaparan itu.

Perburuan Moyet

Petugas BKSDA pun memasang kandang jebakan diantara pohon-pohon besar. Seekor monyet akhirnya berhasil ditangkap setelah masuk kandang jebakan, Jumat pagi tadi.

Sebelumnya, Elis Susilawah seorang bocah perempuan berusia tujuh tahun mengalami luka luka pada bagian paha, betis, dan punggung karena diserang seekor monyet liar pada Rabu (17/9/2019).

Bocah yang duduk bangku kelas 1 SD ini diserang seekor monyet liar ketika hendak menyusul teman-temannya bermain di dekat hutan. Di tengah perjalanan, anak itu tiba-tiba diserang seekor monyet berukuran besar yang sudah mengincarnya dari atas pohon besar.

Tubuh anak itu digigit dan dicakar beberapa kali hingga terluka parah. Saat ini, korban masih masa pemulihan setelah menjalani operasi di RSUD Leuwiliang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bus Wisata Berisi Turis China Terguling di Utah, 4 Tewas

Posted: 20 Sep 2019 07:42 PM PDT

Bus wisata berisi turis China mengalami kecelakaan di dekat Taman Nasional Bryce Canyon, barat daya Utah, Amerika Serikat, Jumat (20/9/2019). Total terdapat 30 orang, termasuk sopir di dalam bus yang kecelakaan saat sedang melaju menuju taman nasional. (Spenser Heaps/The Deseret News via AP)

Bus wisata berisi turis China mengalami kecelakaan di dekat Taman Nasional Bryce Canyon, barat daya Utah, Amerika Serikat, Jumat (20/9/2019). Total terdapat 30 orang, termasuk sopir di dalam bus yang kecelakaan saat sedang melaju menuju taman nasional. (Spenser Heaps/The Deseret News via AP)

Kondisi bus wisata berisi turis China yang mengalami kecelakaan di dekat Taman Nasional Bryce Canyon, barat daya Utah, Amerika Serikat, Jumat (20/9/2019). Di tengah perjalanan, bus keluar dari jalan raya dan terguling menabrak pagar pengaman. (Spenser Heaps/The Deseret News via AP)

Kondisi bus wisata berisi turis China yang mengalami kecelakaan di dekat Taman Nasional Bryce Canyon, barat daya Utah, Amerika Serikat, Jumat (20/9/2019). Di tengah perjalanan, bus keluar dari jalan raya dan terguling menabrak pagar pengaman. (Spenser Heaps/The Deseret News via AP)

Petugas medis memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan bus wisata berisi turis China di dekat Taman Nasional Bryce Canyon, barat daya Utah, Jumat (20/9/2019). Dari total korban luka, beberapa dari mereka dibawa ke rumah sakit dengan helikopter. (Spenser Heaps/The Deseret News via AP)

Petugas medis memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan bus wisata berisi turis China di dekat Taman Nasional Bryce Canyon, barat daya Utah, Jumat (20/9/2019). Dari total korban luka, beberapa dari mereka dibawa ke rumah sakit dengan helikopter. (Spenser Heaps/The Deseret News via AP)

Pihak berwenang berada di lokasi kecelakaan sebuah bus wisata berisi turis China di dekat Taman Nasional Bryce Canyon, barat daya Utah, Amerika Serikat, Jumat (20/9/2019). Hingga saat ini otoritas Utah belum mengumumkan penyebab pasti kecelakaan. (Spenser Heaps/The Deseret News via AP)

Pihak berwenang berada di lokasi kecelakaan sebuah bus wisata berisi turis China di dekat Taman Nasional Bryce Canyon, barat daya Utah, Amerika Serikat, Jumat (20/9/2019). Hingga saat ini otoritas Utah belum mengumumkan penyebab pasti kecelakaan. (Spenser Heaps/The Deseret News via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: