Selasa, 24 September 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kasus Penyerangan Dua Pemain Arsenal Mulai Disidangkan

Posted: 24 Sep 2019 11:11 PM PDT

Liputan6.com, London - Dua orang telah ditangkap terkait penyerangan terhadap dua pemain Arsenal, Mesut Ozil dan Sead Kolasinac. Kasus mereka sudah disidangkan dan tinggal menunggu vonis hakim. 

Ozil dan Kolasinac diserang dua orang tak dikenal saat berkendara di Platts Lane, London Utara, Juli lalu. Kolasinac sempat bertarung melawan kedua pelaku. Sementara, Ozil beserta istri memilih kabur dan meminta bantuan ke salah satu restoran di dekat lokasi kejadian. 

Tidak ada korban dalam insiden ini. Namun upaya perampokan tersebut telah menyisakan trauma bagi kedua pemain. Tidak satupun pemain yang mau mengungkit insiden itu lagi. 

Akibat kejadian ini, mereka terpaksa absen pada laga pembuka Arsenal pada Premier League musim ini. Ozil dan Kolasinac diizinakn tidak tampil saat The Gunners bertemu Newcastle. 

Seperti dilansir ESPN, polisi telah menangkap para pelaku, yakni Ashley Smith (30) dan Jordan Northover (26). Menurut keterangan resmi polisi, keduanya didakwa atas upaya perampokan dan penyerangan bersenjata di muka umum.

Smith, dalam sidang 5 September lalu juga didakwa atas kepemilikan ganja. Smith telah dikembalikan ke tahanan dan akan menjalani sidang lanjutan di Snaresbrook, 3 Oktober lalu. Sementara rekannya, Northover bakal dihadirkan di pengadilan Highbury, hari ini. 

 

 

 

Minta Bantuan

Sead Kolasinac dan Mesut Ozil. (dok. Arsenal FC)

Penyerangan terhadap Ozil dan Kolasinac sebelumnya sempat terekam sejumlah kamera pengawas (CCTV). Dalam video-video yang beredar di media sosial terlihat Kolasinac berkelahi dengan para pelaku. Dengan tangan kosong dia menghadapi keduanya. 

Sementara Ozil memutuskan tetap bertahan di mobil. Sumber ESPN menyebutkan, Ozil berusaha melindungi istrinya yang juga ikut dalam mobil tersebut. Mereka kemudian kabur dengan memacu mobilnya ke salah satu restoran Turki yang ada di dekat lokasi kejadian. 

Mengetahui insiden yang menimpa Ozil, pengunjung dan petugas restoran berhamburan ke luar. Mereka berusaha mengejar para pelaku yang memutuskan kabur melarikan diri. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ini Orang yang Berhak Menjadi Dewan Pengawas KPK

Posted: 24 Sep 2019 11:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menkumham, Yasonna Laoly paparkan pihak yang bisa jadi Dewan Pengawas KPK.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa Surabaya di Gedung DPRD Masih Kondusif

Posted: 24 Sep 2019 11:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Massa aksi unjuk rasa berasal dari mahasiswa di kampus swasta dan negeri di Surabaya, Jawa Timur sudah memadati lokasi di depan Gedung DPRD Jawa Timur (Jatim) di Jalan Indrapura.

Mengutip dari instagram @bpblinmas.surabaya, Rabu (25/9/2019), sampai saat ini aksi masih berjalan dengan kondusif hingga artikel ini dibuat. Massa yang melakukan aksi unjuk rasa terdiri dari berbagai kampus swasta dan negeri di Surabaya, Jawa Timur.

Massa tersebut menuntut untuk dibatalkannya revisi KUHP dan UU KPK. Selain itu, massa juga menilai beberapa rancangan undang-undang yang dinilai kontroversi jika memang disahkan.

Adapun aksi unjuk rasa oleh mahasiswa di Surabaya ini akan berlangsung hingga Kamis, 26 September 2019.

Gelar Demo pada 26 September 2019

Sebelumnya, mahasiswa dari sejumlah kampus di Surabaya, Jawa Timur akan menggelar aksi gabungan pada Kamis, 26 September 2019. Aksi gabungan tersebut terdiri dari mahasiswa dan masyarakat.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya,  M.Luthfi Hardiawan menuturkan, ada delapan isu yang ditekankan dalam aksi gabungan tersebut. Hal itu antara lain menolak RUU KUHP, UU KPK, RUU Pertanahan, RUU Ketenagakerjaan, mendukung RUU penghapusan kekerasan seksual (RUU PKS).

Selain itu, menolak dwifungsi aparat, menyelesaikan kebakaran hutan dan lahan serta menolak represifitas aparat atas kemanusiaan di Papua.

Aksi gabungan ini akan diikuti sejumlah BEM se-Surabaya. "Sejauh ini yang sudah fix dari Unair, UINSA, Ubhara, PPNS PENS, dan masih masih banyak. Redaksional tuntutannya sedang dirumuskan," kata dia saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (25/9/2019).

Ia menambahkan, tuntutan ini juga berkaitan dengan proses sejumlah rancangan undang-undang (RUU) yang kilat dan pasal-pasal yang dirasa sangat aneh.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korea Open 2019: Greysia/Apriyani Melangkah ke Babak Kedua

Posted: 24 Sep 2019 11:07 PM PDT

Incheon - Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, mengawali kiprahnya di Korea Open 2019 dengan hasil positif. Keduanya berhasil melewati hadangan Hsu Ya Ching/Hu Ling Fang dan lolos ke babak kedua.

Menjalani pertandingan babak pertama Korea Open 2019 di Incheon Airport Skydome, Rabu (25/9/2019) pagi WIB, Greysia/Apriyani tampil dominan. Hanya dalam waktu 33 menit, Greysia/Apriyani menang 21-18, 21-15 atas Hsu/Hu.

Hasil ini memperpanjang dominasi pasangan unggulan kelima tersebut atas Hsu/Hu. Dari tiga pertemuan terakhir kontra Hsu/Hu, Greysia/Apriyani selalu meraih kemenangan.

Sebelumnya, Greysia/Apriyani menang 21-9, 21-18 di Indonesia Master 2019 dan mengalahkan Hsu/Hu 21-18, 21-15 pada ajang Jerman Terbuka.

"Kami mempersiapkan diri pada babak pertama ini. Terus juga menjaga hawanya untuk mau menang terus di lapangan," kata Greysia.

"Kami harus tetap siap terus dan waspada untuk melawan siapapun. Yang pasti kami mau maju (di Korea Open 2019)," lanjut Greysia Polii kepada Badmintonindonesia.org.

Lawan Berikutnya

Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, berhasil melenggang ke babak kedua China Terbuka 2019 setelah mengalahkan Chloe Birch/Lauren Smith dengan skor 21-18 dan 21-15 pada Rabu (18/9/2019). (dok. PBSI)

Pada babak kedua, Greysia/Apriyani masih menunggu lawan antara pasangan Jepang, Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata, melawan Catherine Choi/Josephine Wu asal Kanada.

Menghadapi Sakuramoto/Takahata, Greysia/Apriyani menang 3-0, sedangkan dengan Choi/Wu mereka belum pernah bertemu.

"Setiap lawan memiliki tantangan tersendiri untuk dihadapi. Meskipun kami unggulan tetap tidak boleh lengah. Fokus step by step. Kami harus lebih pintar lagi mainnya dan inisiati-inisiatif di lapangan harus ditingkatkan lagi," kata Apriyani.

Disadur dari Bola.com (Rizki Hidayat/Wiwig Prayugi, published 25/9/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terbesar di China, Bandara Seluas 100 Kali Lapangan Bola Resmi Dibuka

Posted: 24 Sep 2019 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Daxing - Bandara besar baru Beijing, Daxing International, secara resmi dibuka oleh Presiden China Xi Jinping pada Rabu (25/9/2019). Channel News melaporkan, peresmian itu dilakukan menjelang peringatan 70 tahun Republik Rakyat Tiongkok.

Bandara berbentuk bintang laut, yang terletak di selatan ibu kota, akan membantu mengurangi kepadatan pengguna pada Bandara Internasional ibu Kota yang ada di timur laut Beijing, di mana kendala kapasitas sering menyebabkan keterlambatan penerbangan.

Terletak 46 km selatan alun-alun Tiananmen, bandara baru akan beroperasi dengan kapasitas penuh pada tahun 2025. Empat landasan pacu itu berpotensi menerima 72 juta penumpang per tahun.

Menurut desainernya, Pada tahun 2040, hub ini diperkirakan berkembang menjadi delapan landasan pacu termasuk salah satunya untuk penggunaan militer, dan akan dapat menyambut 100 juta penumpang per tahun - yang akan menjadikannya terminal tunggal terbesar di dunia dalam hal kapasitas perjalanan.

Transportasi udara berkembang pesat di China karena standar kehidupan meningkat seiring dengan keinginan masyarakat untuk bepergian. Dalam hal ini akan melewati AS untuk menjadi pasar penerbangan terbesar di dunia pada pertengahan 2020-an, menurut Asosiasi Transportasi Udara Internasional.

"Negara ini akan mendapat 1,6 miliar perjalanan pesawat setiap tahun dari 2037 - satu miliar lebih banyak dari pada 2017," demikian menurut perkiraan organisasi tersebut.

Ibu kota China - dengan 21 juta penduduknya - diperkirakan menyambut 170 juta penumpang pada tahun 2025, terbelah antara kedua bandara.

 

Seluas 100 Kali Lapangan Sepakbola

Pejabat pabean berkeliling Terminal Bandara Internasional Daxing Beijing, China, Selasa (9/7/2019). Bandara Internasional Daxing Beijing menerapkan desain ruang terbuka. (GREG BAKER/AFP)

Dengan luas 700.000 meter persegi - sekitar ukuran 100 lapangan sepakbola - struktur baru akan menjadi salah satu terminal bandara terbesar di dunia.

Bangunan ini dirancang oleh arsitek Anglo-Irak Zaha Hadid, yang meninggal pada 2016, bersama dengan anak perusahaan teknik Aeroports de Paris.

Di dalamnya, bandara tersebut menonjol karena memiliki garis melengkung dan penggunaan cahaya tingkat terendah karena menggunakan bukaan di atap bangunan.

Di bawah terminal adalah stasiun kereta api dan jalur metro yang akan memungkinkan wisatawan mencapai pusat kota dalam 20 menit atau lebih.

Proyek ini menelan biaya 120 miliar yuan (US $ 17,5 miliar), atau 400 miliar jika termasuk jalur kereta api dan jalan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konsumen Mitsubishi Bisa Booking Servis Melalui Aplikasi Gojek

Posted: 24 Sep 2019 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melihat kebutuhan pemilik kendaraan, Mitsubishi secara resmi menjalin kerja sama dengan Gojek. Melalui salah satu layanan aplikasinya, konsumen Mitsubishi bisa melakukan booking servis dan tanya jawab seputar kendaraan.

"Karena kita mencoba mendekatkan atau mengetahui konsumen itu butuhnya apa. Setelah kita mapping akhirnya kita ketemu itu, di Go Auto ada function service marketplace, kita bisa mendaftarkan dealer di situ dan konsumen bisa booking atau tanya jawab," ujar Ronald Reagan, Head After Sales Marketing and Development Dept PT MMKSI.

Telah berlangsung selama satu bulan, layanan ini baru bisa dinikmati pelanggan di wilayah Jakarta Selatan. Meski demikian, Ronald menegaskan di bulan Desember pihaknya akan melakukan perluasan wilayah.

"Nanti kita di Desember ini akan buka untuk Jabodetabek. Di fiskal year 2020 di bulan April kita daftarkan semua dealer yang ada di Indonesia," ujarnya.

Ronald juga menegaskan kemudahan yang diberikan kepada konsumen merupakan inovasi yang diperlukan saat ini.

"Memang ke depan konsumen maunya lebih mudah dengan satu gadget bisa melakukan apa saja. Kita melihat ada kesempatan untuk bisa mengeksplor lebih," tuturnya.

 

Servis di Rumah

Saat disinggung bisakah mekanik Mitsubishi menyambangi lokasi pemilik kendaraan yang butuh melakukan servis melalui aplikasi ini, Ronald mengaku saat ini hal tersebut masih belum terpenuhi.

"Saat ini yang baru kita lakukan itu adalah customer melakukan booking untuk melakukan pekerjaan (servis) di dealer. Tapi nanti di fase 2 kita akan ekspansi servisnya. Kalau sekarang kita lebih prioritaskan konsumen yang mau melakukan booking," ujar Ronald.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Spanyol: Granada Kejutkan Real Madrid dan Barcelona

Posted: 24 Sep 2019 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Bukan Barcelona, Real Madrid atau Atletico Madrid yang menduduki puncak klasemen Liga Spanyol. Ya, Granada muncul sebagai kejutan dengan menyingkirkan tiga tim terbesar Negeri Matador tersebut.

Granada sudah bermain enam pertandingan, dengan hasil 3 kali menang, 2 imbang, dan 1 kalah. Di posisi puncak, mereka telah mengemas 11 poin.

Capaian ini tentu mengejutkan banyak pihak. Maklum, Granada biasanya hanya berkutat di papan bawah klasemen Liga Spanyol.

Selain karena performa impresif, Granada juga 'terbantu' oleh start buruk Real Madrid dan Barcelona.

Real Madrid baru mengantongi tiga kemenangan dari lima partai. Mereka duduk di peringkat ketiga dengan 11 poin, namun kalah selisih gol dari Granada.

Sementara itu, Barcelona baru tiga kali menang dari enam laga. Sisanya, Lionel Messi dan kawan-kawan kalah 2 kali, dan imbang 1 kali.

Berikut Klasemen Liga Spanyol selengkapnya.

Klasemen Liga Spanyol

Reaksi gelandang Barcelona, Ivan Rakitic (kiri) dan rekannya, Gerard Pique setelah pemain Granada, Ramon Azeez mencetak gol pada laga pekan kelima La Liga di Stadion Nuevo Los Cármenes, Sabtu(21/9/2019). Barcelona tumbang dalam lawatannya ke markas tim promosi, Granada 0-2. (JORGE GUERRERO/AFP)

Untuk klasemen Liga Spanyol, silakan klik di sini..

Jadwal Liga Spanyol

Kamis 26 September 2019

00.00 WIB, Leganes vs Athletic Bilbao

00.00 WIB, Mallorca vs Atletico Madrid

01.00 WIB, Valencia vs Getafe

02.00 WIB, Real Madrid vs Osasuna

Jumat 27 September 2019

00.00 WIB, Eibar vs Sevilla

01.00 WIB. Celta Vigo vs Espanyol

Saksikan video menarik di bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukungan Orangtua hingga Ada Anak STM, 4 Fakta Menarik Demo Mahasiswa di Depan Gedung DPR

Posted: 24 Sep 2019 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aksi yang dilakukan oleh para mahasiswa dan beberapa pihak lainnya, seperti serikat petani Indonesia dan para buruh di depan gedung DPR/MPR sukses menjadi buah bibir.

Aksi yang dilakukan mahasiswa dilakukan untuk menuntut 4 tuntutan, seperti RUU KUHP, UU KPK, Undang-undang pertanahan, dan yang terakhir Undang-undang ketenagakerjaan.

Maraknya pemberitaan oleh media mengenai demo mahasiswa, juga menjadi sorotan kaum milenial. Berikut beberapa fakta yang terjadi yang perlu kamu ketahui:

1. Bukan Hanya Awkarin, Masyarakat Ikut Bagikan Logistik

Momen Awkarin bagikan nasi kotak untuk peserta aksi di DPR (Sumber: Instagram/awkarin)

Awkarin yang membagi-bagikan nasi kotak ini sempat menjadi perbincangan para warganet. Namun, menurut salah satu akun Twitter @Kanat20 mengatakan bahwa bukan hanya Awkarin yang membagi-bagikan makanan dan minuman kepada para mahasiswa. 

2. Almamater Bukan Penghalang untuk Menolong

Akun Twitter @Kanat20 juga membagikan video yang ia ambil secara langsung saat salah satu mahasiswa dengan menggunakan almamater hijau tidak sadarkan diri dan dibantu oleh mahasiswa lainnya yang berbeda warna almamaternya. Hal ini menunjukan bahwa apapun universitasnya, warna apapun almamaternya itu bukan penghalang untuk saling tolong menolong satu sama lain.

 

 

3. Dukungan dari Orangtua

Aksi demo selasa kemarin juga menunjukan bagaimana para mahasiswi ikut ambil bagian dalam demo tersebut. Salah satu akun Twitter @Kanat20 juga mengatakan bahwa mereka tidak merasa lelah saat mendapatkan semangat serta restu dari kedua orangtuanya.

 

4. Anak STM Turun Ke Jalan

Sumber : Twitter

 

Aksi mahasiswa yang turun berdemo ke jalan tersebut ternyata mengetuk hati siswa STM untuk turut berpartisipasi. Bahkan, beberapa STM yang biasa dikenal selalu bentrok bila bertemu, bersatu untuk mendukung aksi demo mahasiswa ke DPR tersebut.

 

Penulis : Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Ridwan Kamil Foto Bareng dengan Sang Putri, Tulisan di Kausnya Bikin Salah Fokus

Posted: 24 Sep 2019 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikenal kerap mengunggah deretan potret melalui akun Instagram pribadi. Tak hanya dirinya, tetapi sang istri, Atalia Praratya juga tak jarang membagikan momen-momen dalam berbagai kesempatan.

Sebut saja potret yang mengabadikan istri Ridwan Kamil tersebut bersama sang putri, Camillia Laetitia Azzahra, atau yang akrab disapa Zara. Potret ini menampilkan hangatnya kebersamaan mereka.

Atalia terlihat tampil dalam balutan baju lengan panjang warna hitam. Pada bagian tengah baju terdapat keterangan yang ditulis dalam warna kuning berbunyi "Kamu Keren Bekerja Karena Cinta".

Perempuan berusia 45 tahun itu juga melengkapi penampilan dengan mengenakan jilbab cokelat muda. Meski tampil dalam polesan makeup natural, ibu dua anak ini tetap terlihat cantik.

"Mini me, yang sudah tidak mini lagi. Kenapa tiba2 sudah sebesar ini. Padahal baru kemarin dipangku2. Love u so much @camilliazr #sicinta Time goes fly," tulisnya dalam unggahan pada 24 September 2019.

Sementara, buah hati kedua Ridwan Kamil dan Atalia, Zara tampil dalam balutan baju lengan panjang hitam yang dipadu dengan kemeja garis-garis paduan warna ungu muda dan pink. Ia juga memakai jilbab warna ungu muda dan kacamata.

Kekompakan Atalia dan Zara

Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya dan sang putri, Camillia Laetitia Azzahra. (dok. Instagram @ataliapr/https://www.instagram.com/p/B2yL2ElH7X_/Putu Elmira)

Hangatnya kebersamaan Atalia dan Zara juga tampak dari potret lain. Salah satunya yang diunggah pada pertengahan Agustus lalu yang bertepatan dengan ulang tahun sang putri melalui akun Instagram pribadi istri Ridwan Kamil tersebut.

"Selamat ulang tahun zarakuuu.Tetaplah ceria seperti arti dari namamu. Dan tetaplah menjadi perempuan sholehah, terpelajar yang membanggakan keluarga. Aamiinn. Love u zaraaaLove u indonesiaaa." tulis Atalia pada 17 Agustus 2019 lalu.

Dalam potret, Atalia mengenakan busana hitam dengan sentuhan hiasan pada bagian tengah dan memakai jilbab coklat muda. Nuansa jilbab senada juga dikenakan oleh sang putri.

Namun penampilan yang berbeda adalah ketika Zara mengenakan atasan berbahan brokat dan hiasan manis di bagian tengah. Keduanya tampil cantik, di mana Atalia dalam polesan lipstik pink, sedangkan Zara bernuansa nude brown.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fortnite Gandeng Batman untuk Crossover Terbaru

Posted: 24 Sep 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira bagi penggemar DC Comics terkhusus yang menyukai Batman. Salah satu gim battle royale terbesar, Fortnite, bekerja sama dengan DC Comics untuk mewujudkan crossover Fortnite x Batman.

Crossover ini resmi dimulai Sabtu (21/9/2019) yang bertepatan dengan hari Batman sedunia, sekaligus juga perayaan 80 tahun Batman. Hari Batman ini diperingati setiap Sabtu di pekan ketiga bulan September.

Fortnite memunculkan beberapa fitur yang mengambil tema pahlawan kelelawar ini, mulai dari lokasi, perlengkapan, hingga kostum.

Kostum yang diperkenalkan di crossover ini adalah kostum Batman versi komik dan film Dark Knight yang diperankan oleh Christian Bale. Tidak hanya Batman, Fortnite juga membawa karakter Catwoman.

Salah satu lokasi di Fortnite yang bernama Tilted Town disulap menjadi lokasi versi mini dari Gotham City.

Namun di lokasi ini tidak terdapat gua milik Batman yang seperti ada di film maupun komik, tetapi pemain akan dapat melihat lampu sorot yang membuat lambang Batman di langit.

Perubahan Detail Lokasi

Lokasi ini menjadi dunia tersendiri dari kian banyak lokasi yang terdapat pada peta Fortnite. Pasalnya, ketika pemain memasuki lokasi ini, glider yang digunakan akan berubah menjadi jubah milik Batman.

Selain itu, terdapat dua senjata baru yang bisa didapatkan di lokasi ini, yaitu batarang dan grapnel gun.

Barang-barang di pembaruan ini kebanyakan harus dibeli, tetapi beberapa di antaranya bisa didapatkan dengan cara menyelesaikan tantangan yang ditawarkan Fortnite sebagai berikut:

1. Menggunakan batarang pada musuh hingga menimbulkan kerusakan sebesar 250.

2. Menyalakan tiga bat signal berbeda di luar kota Gotham.

3. Menggunakan grapnel gun pada tiga pertandingan berbeda.

4. Mematikan tabung gas Joker yang ditemukan di tiga lokasi berbeda.

5. Menyerang musuh dalam waktu 30 detik dengan menggunakan grapnel gun.

6. Menyalakan bat signal, menggunakan grapnel gun, dan menyerang musuh dengan menggunakan batarang.

Dengan menyelesaikan enam tantangan ini, pemain akan mendapatkan glider bertemakan Catwoman. Tantangan ini akan ada hingga tanggal 1 Oktober nanti, sedangkan crossover ini akan selesai pada tanggal 6 Oktober 2019.

(Keenan Pasha/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Managemen Garuda Indonesia Cabut Logo di Armada Sriwijaya Air

Posted: 24 Sep 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Garuda Indonesia Group memutuskan untuk mencabut logo Garuda Indonesia pada armada Sriwijaya Air, menindaklanjuti perkembangan yang terjadi atas dispute kerja sama Manajemen (KSM) Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Air Group.

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia M. Ikhsan Rosan mengungkapkan, Pencabutan logo Garuda Indonesia pada armada Sriwijaya Air tersebut merupakan upaya dalam menjaga brand Garuda Indonesia Group, khususnya mempertimbangkan konsistensi layanan Sriwijaya Air Group yang tidak sejalan dengan standarisasi layanan Garuda Indonesia Group sejak adanya dispute KSM tersebut.

"Perlu kiranya kami sampaikan, pencabutan logo Garuda Indonesia tersebut semata-mata dilakukan untuk memastikan logo Garuda Indonesia sesuai dan menjadi representasi tingkat safety dan layanan yang di hadirkan dalam penerbangan," jelas Ikhsan.

Ikhsan juga menekankan, hal tersebut sangat disayangkan, khususnya mengingat perkembangan atas situasi yang terjadi. Yang dianggap tidak sesuai dengan komitmen KSM antara Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Air Group.

"Pencabutan logo Garuda Indonesia tersebut kami lakukan melalui pertimbangan masak, agar kiranya komitmen kerja sama manajemen antara Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Air Group benar benar dipahami oleh pihak-pihak terkait," tegasnya.

Adapun pencabutan logo Garuda Indonesia pada armada Sriwijaya Air tersebut saat ini sedang sedang dalam proses pengerjaan.

Garuda Indonesia Gandeng KPK Cegah Praktek Korupsi

(Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Maskapai plat merah, Garuda Indonesia, gandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan forum Profesional Berintegritas (PROFIT) dan Sosialisasi Program Pengendalian Gratifikasi yang dihadiri seluruh jajaran dewan direksi dan komisaris.

Garuda Indonesia berkomitmen untuk memperkuat penegakan budaya kerja profesional berintegritas dalam tata kelola pencegahan korupsi dan sistem manajemen anti suap serta gratifikasi melalui sinergi bersama dengan KPK.   

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengungkapkan, pihaknya siap menjalankan usaha dengan bersih dan penuh integritas, yang merupakan hal mutlak bagi entitas bisnis agar dapat terus tumbuh berkelanjutan (sustainable), menguntungkan (profitable), serta memiliki keunggulan bersaing (competitive advantage) jangka panjang.

"Pelaksanaan forum ini turut sejalan dengan upaya kami dalam menerapkan kebijakan strategis serta business proses perusahaan yang senantiasa mengedepankan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dalam memupuk budaya kerja professional yang berintegritas," tutur Ari di Jakarta, (13/9/2019).

Ari turut mengimbau seluruh jajarannya untuk menekankan pentingnya agar dapat memahami, merenung dan berfikir akan kecukupan pada diri. Hal itu menjadi prinsip dasar dari upaya pencegahan tindakan-tindakan yang mencederai komitmen GCG perusahaan.

"Kami percaya pemahaman menyeluruh atas landasan GCG merupakan platform penting dalam penerapan budaya kerja profesional yang berintegritas. Untuk itu, kami harapkan keterlibatan langsung manajemen secara pro aktif, dapat menjadi value tersendiri dalam penerapan prinsip kerja berintegritas bagi seluruh jajaran karyawan Garuda Indonesia," kata Ari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rotasi Skuat, Real Madrid Layak Beri Kesempatan 3 Pemain Ini Tampil Penuh

Posted: 24 Sep 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid sudah bersiap lagi untuk menghadapi pertandingan La Liga berikutnya. Los Blancos akan menghadapi Osasuna, Kamis dini hari WIB (26/9/2019) di Santiago Bernabeu.

Real Madrid sejauh ini telah memainkan empat pertandingan, tiga pertandingan liga dan satu di Liga Champions. Mereka belum kehilangan satu pertandingan pun di La Liga, tapi pertandingan pertama mereka di babak penyisihan grup di Liga Champions sangat mengecewakan.

Setelah kemenangan 1-0 yang luar biasa melawan Sevilla di Sanchez Pizjuan, Real Madrid kembali ke kandang untuk menjadi tuan rumah bagi tim yang baru dipromosikan, Osasuna.

Dengan jadwal dan perjalanan yang padat, starting XI tim asuhan Zinedine Zidane harus dirotasi untuk memastikan kebugaran pemain. Dan, laga melawan Osasuna datang pada waktu yang tepat.

Zidane harus menggunakan kesempatan ini untuk memainkan pemain yang sering duduk di bangku cadangan. Berikut adalah tiga pemain Real Madrid  yang harus diturunkan pelatih asal Prancis itu.

Vinicius Junior

2. Vinicius Junior (Real Madrid) – Pemain berdarah Brasil itu mampu tampil memukau saat menjalani laga El Clasico perdana nya. Penyerang muda berusia 18 tahun ini digadang-gadang jadi bintang masa depan Los Blancos. (AFP/Gabriel Bouys)

Vinicius telah bermain dalam lima dari enam pertandingan Real Madrid musim ini, namun hanya satu laga bermain 90 menit penuh. Dari kemungkinan gameplay 540 menit, Vinicius hanya bermain 219 menit.

Dapat dimengerti bahwa pemain berusia 19 tahun ini belum memiliki peran awal bersama Real Madrid. Karenanya, pertandingan tengah pekan mendatang ini merupakan peluang besar.

Vinicius memiliki masa depan yang cerah di depannya, tetapi itu hanya bisa terjadi jika dia diberi kesempatan untuk bermain dengan rekan satu timnya. Dengan banyak langkah dan energi, Vinicius akan menjadi ancaman bagi pertahanan Osasuna.

Federico Valverde

Federico Valverde. (Ist)

Federico Valverde adalah salah satu dari sedikit pemain di Real Madrid yang tidak mendapatkan banyak perhatian. Dengan penjualan Marcos Llorente ke rival sekota Atletico Madrid, Federico sekarang adalah cadangan alami untuk Casemiro.

Pertandingan melawan Osasuna ini adalah kesempatan sempurna untuk memberikan kesempatan Valverde bermain penuh di awal pertamanya di musim 2019-2020.

Dengan hanya 22 menit bermain dalam dua pertandingan musim ini, seperti Vinicius, sangat penting baginya untuk diberi waktu bermain. 90 menit bermain akan memberi kesempatan pemain muda itumenunjukkan kepada Zidane bahwa dia memang memiliki pilihan yang bisa diandalkan.

Luka Jovic

Pemain baru Real Madrid, Luka Jovic berpose di lapangan Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol (12/6/2019). Pemain asal Serbia Luka Jovic dikontrak Real Madrid selama enam tahun. (AP Photo/Manu Fernandez)

Luka Jovic yang baru dibeli belum banyak beraksi karena cedera. Tapi, kondisi penyerang tengah Serbia itu sudah mulai fit.

Terbukti bahwa Real Madrid membutuhkan striker cadangan, dan itu tidak mengurangi kinerja 30 gol Karim Benzema yang luar biasa di musim lalu. Madrid membutuhkan pilihan kedua yang berkualitas.

Satu-satunya cara bagi Jovic untuk meningkatkan dan menemukan ritme dalam skuat ini adalah dengan mendapatkan menit bermain. Pertandingan besok adalah peluang sempurna untuk itu. Musim lalu, sang striker mencetak 27 gol dan tujuh assist untuk Eintracht Frankfurt.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Nila Ungkap Kemajuan Layanan Kesehatan Indonesia di Sidang Umum PBB

Posted: 24 Sep 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, New York Di hadapan Sidang Umum PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) pada Senin (23/9/2019) waktu setempat, Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengungkapkan, kemajuan akses layanan kesehatan Indonesia yang mengaplikasikan sistem Universal Health Coverage (UHC).

Sistem UHC bertujuan memastikan setiap orang memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan yang dibutuhkan, tanpa mengalami kesulitan keuangan.

Melalui sistem UHC, Indonesia sudah menerapkan Skema Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sejak 2014. Kehadiran JKN semakin memperkuat program kesehatan masyarakat.

"UHC di Indonesia memberikan dampak positif bagi pendorong keberhasilan pembangunan yang inklusif, membangun keadilan dan kesejahteraan," kata Nila yang menghadiri Sidang Umum PBB di New York, Amerika Serikat, sesuai keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Rabu (25/9/2019).

Kolaborasi multi-sektor, dinilai penting, baik pemerintah pusat dan daerah, bisnis, dan masyarakat sipil serta berbagai pemangku kepentingan lainnya.

"Mari kita bekerja bersama-sama dan mendukung agar Indonesia dapat mencapai UHC secara berkelanjutan," lanjut Nila.

Intervensi Kesehatan

Menteri Kesehatan Nila Moeloek bersama Menko PMK Puan Maharani menghadiri sidang pleno High Level Meeting on Universal Health Coverage (HLM UHC) di New York, Amerika Serikat pada Senin (23/9/2019). (Dok Humas Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI)

Delegasi Indonesia pada pertemuan Sidang Umum PBB juga dihadiri Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Ia menyampaikan Indonesia berupaya intensif mencapai UHC berkelanjutan.

"Caranya, kami memperkuat tata kelola dan akuntabilitas belanja kesehatan, diversifikasi dasar pendapatan JKN dan menerapkan insentif terhadap intervensi kesehatan yang hemat biaya, seperti Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)," tegasnya.

"Itu termasuk mengembangkan strategi investasi jangka panjang untuk pendidikan, regulasi, rekrutmen, dan retensi tenaga kesehatan untuk melayani masyarakat terpencil dan yang kurang terlayani."

Menko Puan juga mengajak seluruh negara yang hadir untuk memperkuat kolaborasi global.

Ia berharap, Sidang Umum PBB ini dapat menghasilkan pernyataan sikap konkrit untuk mencapai jaminan kesehatan universal dan Target Pembangunan Berkelanjutan/SDGs bagi seluruh negara anggota PBB.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komitmen Pemdaprov Jabar Benahi Sungai Kalimalang

Posted: 24 Sep 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat paham betul bahwa Tanah Pasundan merupakan daerah dengan jalur hidrologi terbesar di Indonesia karena berlimpah sungai, danau, waduk, situ, dan saluran multifungsi.

Guna memaksimalkan potensi tersebut, Pemdaprov Jabar berupaya mengembangkan objek wisata air sebagai unggulan. Salah satu langkah yang ditempuh Pemdaprov Jabar adalah melakukan Revitalisasi dan Penataan Sempadan Saluran Kalimalang di Kota Bekasi.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Prov. Jabar Linda Al Amin mengatakan, pengembangan wisata air dilakukan guna meningkatkan kepariwisataan Jabar dan melestarikan budaya Tanah Pasundan yang tidak lepas dari air.

"Pengembangan destinasi wisata air pun ini diharapkan dapat meningkatkan kebanggaan warga Bekasi, karena akan memiliki sempadan saluran sebagai ruang publik di tengah kota yang tertata dan terpelihara dengan baik," kata Linda.

Revitalisasi dan Penataan Sempadan Saluran Kalimalang akan dilakukan pada 2019 dan 2020. Pada 2019, penataan akan fokus pada pembangunan di bagian luar badan air yang meliputi Taman Seni, dan Taman Timur dan Promenade Sejarah.

Sedangkan pada 2020, bakal dibangun zona bermain anak, kolam dangkal anak, ruang ngariung, taman flora musiman, tanggul penahan tanah, jalan inspeksi, taman lampu, dan jembatan penyeberangan.

"Untuk pembiayaan telah dianggarkan dalam APBD 2019 sebesar Rp 4,6 Miliar untuk penataan sempadan sisi utara Saluran Kalimalang dan RAPBD 2020 sebesar Rp 26 Miliar untuk penataan sempadan sisi selatan Saluran Kalimalang," kata Linda.

Selain itu, Linda memastikan bahwa penataan sempadan Saluran Kalimalang tidak akan mengganggu pemeliharaan Sumber Daya Air dan dilakukan sesuai dengan regulasi.

Linda bahkan berharap, dengan penataan sempadan Saluran Kalimalang, kepedulian masyarakat Bekasi terhadap fungsi dan kelestarian Sumber Daya Air meningkat.

"Pembangunan ini dapat meningkatkan fungsi dan kelestarian Sumber Daya Air serta kepedulian masyarakat dalam memelihara Sumber Daya Air. Masyarakat diharapkan tidak lagi membuang sampah dan limbah ke Saluran Kalimalang," ucap Linda mengakhiri.

Groundbreaking penataan sempadan Saluran Kalimalang akan dilakukan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada Rabu (25/9/19).

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Polisi Kejar Mahasiswa Masuk Masjid di Makassar

Posted: 24 Sep 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Viral video sejumlah Polisi melakukan pengejaran terhadap sejumlah orang yang diduga mahasiswa ke dalam sebuah masjid. Aksi pengejaran ini pun dibenarkan oleh Polda Sulawesi Selatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonton BTS Nyanyikan Hey Jude, Paul McCartney Keluarkan Respons Kocak

Posted: 24 Sep 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Saat ini, mungkin hanya sedikit orang yang belum pernah mendengar nama BTS dan Paul McCartney. Namun mempertemukan dua nama populer di industri musik ini dalam satu kalimat, tampaknya masih jarang terjadi.

Setidaknya hal langka ini terjadi dalam episode terbaru talk show kondang The Late Show with Stephen Colbert. Video cuplikan tayangan ini diunggah pada Selasa (24/9/2019), dengan menampilkan bintang tamu penyanyi legendaris Paul McCartney.

Dalam acara bincang-bincang ini, sang personel The Beatles tak hanya berbicara mengenai diri dan kariernya. Sang pembawa acara, Stephen Colbert, juga memperlihatkan video singkat saat BTS menjadi bintang tamu talk show ini pada Mei lalu.

Kala itu, BTS sempat ditanya apa lagu The Beatles favorit mereka. J-Hope langsung berdiri dengan semangat dan memimpin rekan-rekannya untuk menyanyikan bagian "Na-na-na-na Hey Jude" dari lagu ini.

Seperti apa reaksi Paul McCartney?

Respons Paul McCartney

Paul McCartney melihat BTS menyanyikan penggalan lagu Hey Jude (YouTube/ The Late Show with Stephen Colbert)

Saat klip ini diputar, Paul McCartney tampak mengamati dengan seksama dan sesekali ikut menganggukkan kepala seiring dengan musik. Saat video singkat itu berakhir, pelantun "Yesterday" ini lantas bertepuk tangan.

Saat ditanya apa pendapatnya melihat BTS memilih untuk langsung menyanyikan lirik lagu di bagian "Na na na na", Paul McCartney memberikan jawaban dengan nada guyon.

"Liriknya gampang," katanya, seraya bergaya seakan memilah-milah bagian "Na na na na" di lagu ini.

Tahu BTS

Paul McCartney (Owen Sweeney/Invision/AP)

Selain mengomentari soal cover lagu "Hey Jude" ini, Paul McCartney juga sempat ditanya apa ia mengetahui tentang BTS. Dengan mantap, penyanyi 77 tahun ini mengiyakan.

Stephen Colbert, lantas mengatakan, "BTS adalah hal terbesar di planet ini sekarang."

"Ya, itu yang kudengar," kata Paul McCartney menjawab.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asuransi Perjalanan Traveloka Hadirkan 'Perlindungan' Saat Traveling

Posted: 24 Sep 2019 10:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tiket pesawat checklist. Akomodasi checklist. Perlengkapan yang dibutuhkan untuk liburan chekclist. Biaya selama lain selama liburan chekclist. Asuransi perjalanan?

Hmm, asuransi perjalanan merupakan hal yang paling sering dilupakan ketika hendak liburan atau traveling. Tak sedikit yang menganggap bahwa asuransi perjalanan merepotkan proses perencanaan perjalan.

Padahal pendapat atau penilaian itu tidak tepat. Asuransi perjalanan atau asuransi travel justru memberikan sejumlah manfaat yang memudahkan perjalananmu di destinasi wisata.

Untungnya sekarang ada Traveloka Protect. Ini merupakan produk asuransi yang menawarkan perlindunganmu selama traveling, yaitu asuransi perjalanan dan asuransi jiwa.

Dan inilah yang menarik dari Traveloka Protect, kemudahan dalam genggaman. Ya, dengan memanfaatkan teknologi produk asuransimu bisa didapatkan dari aplikasi Traveloka versi terbaru.

Jadi, apa saja keuntungan dari asuransi perjalanan Traveloka ini?

1. Perlindungan Keterlambatan Penerbangan

No more stress! Jika terjadi penundaan atau bahkan pembatalan penerbangan atau segala gangguan yang terjadi pada rencanamu ditanggung hingga Rp7,5 juta.

2. Cakupan Kecelakaan Diri

Dengan asuransi perjalanan online, kamu akan terlindungi sepenuhnya ketika menghadapi situasi yang tak diharapkan. Kecelakaan yang terjadi saat perjalanan ditanggung hingga Rp15 juta.

3. Pertanggungan Biaya Medis

Jika sakit dan perlu perawatan medis selama liburan, pasti sangat membuatmu tak nyaman dan menyebalkan. Perawatan darurat adalah hal yang tidak menyenangkan, terutama ketika harus membayar biaya rumah sakit yang mahal. Tapi tenang saja, karena ada tanggungan biaya pengobatan hingga Rp500 juta

4. Perlindungan Bagasi Hilang

Sudah mendarat, tapi tidak menemukan bagasi Anda? Tidak usah panik! Segala barang yang hilang atau rusak dapat diklaim hingga Rp15 juta.

5. Asuransi Visa Schengen

Jika kamu membuat itinerary perjalanan ke Eropa, asuransi adalah salah satu hal yang wajib dalam pengajuan visa schengen. Nah asuransi visa schengen bisa kamu dapatkan di Traveloka. Kini kamu bisa menikmati perjalanan bebas khawatir karena terlindungi, tanpa harus repot. Informasi lengkap klik di sini.

6. Layanan Pengaduan Pelanggan 24 Jam, 1 Minggu

Untungnya, Traveloka memiliki layanan yang tidak pernah libur dan tersedia dalam empat opsi, yaitu, Email, Live Chat, Virtual Assistant, Call Center. Kamu bisa cek di sini.

7. Keamanan Transaksi adalah yang Utama

Dengan berbagai macam produk yang tersedia di Traveloka terus meningkatkan level keamanan agar lebih baik. Sekarang, Traveloka memiliki opsi komplit yang mendukung keamanan pelanggan dalam melakukan transaksi. Opsi tersebut adalah notifikasi login, Autentikasi dua faktor, Autentikasi biometrik, nonaktifkan akun, traveloka secret code. Cari informasi lengkap di halaman ini.

Jadi memang persiapan matang perlu dilakukan untuk melakukan berbagai aktivitas travel, baik itu urusan bisnis, keperluan keluarga, pendidikan, atau sekadar jalan-jalan.

Travel insurance sangat diperlukan untuk mengantisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi, sehingga perjalananmu berjalan aman, nyaman, dan tanpa kendala berarti. Yuk mulai lindungi dirimu dan keluarga dengan asuransi perjalanan online yang memberikan perlindungan komprehensif!

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahasiswa Surabaya Gelar Aksi Unjuk Rasa di Depan Gedung DPRD

Posted: 24 Sep 2019 10:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan mahasiswa di Surabaya, Jawa Timur mulai menggelar aksi demo pada Rabu (25/9/2019) di depan Gedung DPRD Jawa Timur Jalan Indrapura. Aksi gabungan besar demo mahasiswa se-Surabaya akan digelar pada Kamis, 26 September 2019.

Mengutip instagram sits_dishubsurabaya, ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi melintas menggunakan kendaraan bermotor menuju ke Jalan Indrapura kantor DPRD Provinsi. Saat ini, jajaran kepolisian dan petugas pemerintah kota Surabaya sudah bebeberapa titik untuk mengamankan unjuk rasa.

Diperkirakan sekitar 1.500 mahasiswa menggelar aksinya pada Rabu pekan ini. Aksi mahasiswa itu berasal dari sejumlah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Surabaya seperti Universitas Dr Soetomo Surabaya (Unitomo) dan Universitas 17 Agustus 1945.

Dishub Surabaya pun mengimbau masyarakat untuk menghindari jalan-jalan ini karena ada aksi demo mahasiswa Surabaya. Masyarakat diimbau untuk hindari rute jalan Ahmad Yani (Royal Plaza), DTC-Joyoboyo, dan Darmo-Simpang Polisi Istimewa.

Polda Jatim Terjunkan 700 Personel

Kepolisian Daerah Jawa Timur (Jatim) menerjunkan sebanyak 700 personel untuk mengamankan aksi demonstasi mahasiswa menolak pengesahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) di Surabaya, Jawa Timur.

"Ada 700 personel untuk hari ini. Ada beberapa anggota di Malang, saya siapkan juga. Memang Malang dan Surabaya ini menjadi atensi khusus," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di depan Gedung DPRD Jatim di Surabaya, seperti dilansir Antara, Rabu (25/9/2019).

Ia menuturkan, kedatangannya ke Gedung DPRD Jatim untuk mengecek ulang kesiapan dan kelengkapan anggotanya. Terutama mengecek penggunana senjata oleh anggotanya.

"Kami cek tadi satu per satu, bagaimana cara penggunaannya. Kapan saat menggunakan gas air mata dan kami cek tidak ada yang membawa senjata, baik itu karena maupun tajam," ujar dia.

Selain itu, pihaknya juga mengecek kondisi psikologi dan kesehatan dari anggota yang diterjunkan untuk mengawal aksi mahasiswa. Hal ini dilakukan agar emosi polisi tidak mudah terpancing.

"Ini untuk meyakinkan mereka polisi psikologisnya harus betul-betul siap, sial dalam artian tidak terpancing emosional. Dan kami sudah perintahkan anggota provos, untuk semua mengawasi anggota yang memang melaksanakan pengawasan, jangan sampai nanti mahasiswanya, peserta demonya tertib, anggota saya tidak tertib atau mungkin sebaliknya," ujar dia.

Polda Jatim menuturkan, akan mengawal mahasiswa hingga dapat menyampaikan aspirasi dengan baik. Akan tetapi, Luki mengimbau mahasiswa untuk melakukan aksi sesuai aturan yang ada.

Ia berharap unjuk rasa dilakukan dengan tertib agar tidak hal yang tidak diinginkan. Hal ini menunjukkan Jawa Timur adalah cinta damai.

"Alhamdullilah kemarin dari beberapa kota kita bisa melihat tidak ada anarkis, masyarakat Jawa Timur cinta kedamaian. Masyarakat Jawa Timur terkenal dengan guyp dan rukunnya," ujar dia.

Polda Jatim juga akan menyiapkan pasukan Asmaul Husna dengan mengedepankan polisi wanita pada aksi demonstrasi mahasiswa di depan Gedung DPRD Jatim pada Kamis 26 September 2019.

"Kami ke depankan polwan besok kalau dalam jumlah besar. Mudah-mudahan dengan tampilnya polwan polwan yang nanti di depan, ini akan mendinginkan nanti pasukan anggota di belakang," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Nenek Makan Siang Bersama Cucunya Walau Terhalang Pagar Ini Bikin Haru

Posted: 24 Sep 2019 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kasih sayang orang tua kepada anaknya memang tak ada habisnya. Tak ada satupun orang tua yang tak menyayangi buah hatinya dan membiarkan anaknya menderita. Tak heran jika orang tua selalu melakukan segala usaha agar anaknya dapat hidup bahagia.

Maka dari itu, anak-anak sering kali ditanamkan untuk selalu memberikan rasa hormat, menghargai kepada orang tua. Tak hanya orang tua saja, anak-anak juga diwajibkan untuk menghormati dan menghasihi orang yang lebih tua seperti kakek dan nenek.

Ada sebagian anak yang hidup sejak kecil serta dirawat dengan kakek dan neneknya. Peran kakek dan nenek yang menggantikan pekerjaan sebagai orang tua juga wajib dihormati. Sama seperti orang tua, tak ada kakek atau nenek yang ingin melihat cucunya menderita dan berharap bisa hidup bahagia. 

Seperti yang dilakukan seorang nenek yang mendadak viral di media sosial ini. Seorang netizen asal Malaysia berhasil mengabadikan momen di mana seorang nenek yang diketahui mengantarkan makanan kepada cucunya di sekolah setiap hari. Aksi yang diambil dari salah seorang netizen ini pun menyebar di media sosial dan menarik perhatian para netizen yang terharu dengan perjuangan nenek itu. 

Makan Siang Bersama Meski Tak Diizinkan Masuk

Nenek ini setiap hari antarkan makanan cucunya saat istirahat sekolah, bikin terharu. (Sumber: World of Buzz)

Seorang netizen bernama Aisyah Alawi adalah orang yang membagikan foto momen haru antara sorang nenek dan cucunya lewat grup di Facebook. Dalam foto yang dibagikan, ia mengunggah foto yang menampilkan seorang nenek yang membawa makanan.

Diketahui nenek itu membawa makanan untuk cucunya ketika jam istirahat tiba. Nenek dan cucunya itu duduk di bawah pohon rindang yang terpisah oleh pagar jaring sekolah. Meski terhalang pagar, keduanya tampak menikmati makan siang bersama.

Lewat akun Viral Malaysia menuliskan, "Cinta seorang nenek untuk cucunya. Dia bisa mengantarkan makanan ke sekolah selama waktu istirahat sekolah, yang menarik perhatian netizen." dikutip dari World of Buzz.

Postingan ini kemudian ramai diperbicangkan netizen. Beberapa netizen bertanya kenapa nenek itu tak masuk ke dalam sekolah untuk menemui cucunya. Alih-alih berhasil masuk, diketahui bahwa nenek itu tak diizinkan oleh penjaga sekolah.

Tak Diizinkan Masuk ke Sekolah

Setelah ditelusuri, netizen yang memosting pertama kali yaitu Aisyah Alawi menuliskan bahwa nenek itu mengantarkan makanan untuk cucunya lewat pagar sekolah dan duduk bersama lantaran tak diizinkan oleh penjaga sekolahnya meski hanya di halaman depan.

"Saya berhasil bertanya mengapa dia tidak masuk sekolah, tetapi seorang wanita lain mengatakan kepada saya bahwa keamanan sekolah telah menolak masuknya, yang membuat saya bertanya-tanya mengapa dia ditolak. Bagaimanapun, dia mengirimkan makanan kepada cucunya dan dia melakukan ini setiap hari," tulis Aisyah dikutip dari Viral Malaysia.

Meski dilarang oleh penjaga, nenek itu sepertinya tetap berusaha agar cucunya tak kelaparan di sekolah. Maka dari itu, nenek tersebut mengantarkan makanan hanya lewat pagar sekolah yang berdekatan dengan lapangan bola setiap hari. 

Netizen yang melihat ini pun hanya bisa berkomentar dan mendoakan agar sang nenek selalu sehat. Hal ini lantaran diduga sekolah itu memang memiliki peraturan yang ketat. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditemukan Kritis, Faisal Amir Mahasiswa Peserta Demo DPR Sudah Siuman

Posted: 24 Sep 2019 10:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Faisal Amir, mahasiswa Universitas Al-Azhar Indonesia ditemukan dalam kondisi kritis saat kericuhan antara demonstran dengan aparat keamanan pecah di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta dan sekitarnya, Selasa 24 September 2019.

Mahasiswa berusia 21 tahun itu terpisah dari rekan-rekannya yang berpencar saat dibubarkan paksa oleh aparat kepolisian. Sekitar pukul 18.00 WIB, Faisal ditemukan dalam kondisi kritis dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Pelni, Jakarta.

"Saya dapat kabar jam 18.00 WIB hari Selasa, dari temannya bahwa Faisal di rumah Sakit Pelni. Saya berangkat ke rumah sakit. Kondisinya sudah tidak sadar. Dan dokter sudah menunggu untuk tanda tangan persetujuan operasi," ujar ibu Faisal, Siti Asmah Ratu Agung saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (25/9/2019).

Asmah menuturkan, putranya mengalami pendarahan di selaput otak dan batok kepalanya hingga harus segera diambil tindakan operasi. Selain itu, tim dokter juga mengoperasi tulang bahu yang patah.

Operasi berlangsung sejak Selasa pukul 21.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB pagi tadi. Saat ini, kondisi Faisal sudah berangsur membaik dan mulai siuman.

"Kata dokter (luka akibat) benturan benda tumpul yang sangat keras. (Saat ini) sudah operasi, sudah saar. Tapi dikasih obat tidur supaya tenang," tuturnya.

 

Hoaks Meninggal

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Sebelumnya sempat beredar kabar adanya mahasiswa yang meninggal karena mengikuti demo di depan Gedung DPR pada Selasa 24 September 2019. Kabar itu dinyatakan tidak benar alias hoaks.

Mahasiswa tersebut adalah Faisal Amir dari Universitas Al-Azhar Indonesia. Dia ditemukan kritis, Selasa malam 24 September 2019. Kondisinya kini stabil setelah menjalani operasi dan perawatan.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Al-Azhar Indonesia, Yusuf Hidayat menjelaskan kronologi kejadian. Saat itu Faisal sedang mencari teman-teman yang ketinggalan rombongan.

Tapi, malah kawan-kawannya yang menemukan Faisal di dekat lokasi proyek pembangunan, Senayan Jakarta Pusat. Kondisinya penuh luka.

"Iya benar. Faisal merupakan mahasiswa Fakultas Hukum semester tujuh. Jadi menurut keterangan mahasiswa, Faisal ditemukan di lokasi proyek di antara DPR dan Flyover di bassement. Keadaannya kritis, ada luka di bagian kepala," kata Faisal saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (25/9/2019).

Saat ini, Faisal masih dalam perawatan medis di Rumah Sakit Pelni. Faisal pun harus menjalani serangkaian operasi. Meski kondisinya sudah stabil.

"Semalam setengah 2 dioperasi. Alhamdulilah masa kritisnya sudah lewat. Tadi pagi juga operasi bahunya. Sekarang lagi istirahat," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sejumlah Fasilitas Umum Rusak Akibat Demo

Posted: 24 Sep 2019 10:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlahfasilitas umumrusak akibat demo mahasiswa yang berakhir rusuh kemarin. Kerusakan terlihat pada Pos Polsi yang dibakar massa dan kerusakan pada separator Busway.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ADB Ramal Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5,1 Persen di 2019

Posted: 24 Sep 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asian Development Bank (ADB) merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 menjadi sebesar 5,1 persen dari sebelumnya 5,2 persen. Tidak hanya tahun ini, ADB juga merevisi target pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan menjadi 5,2 persen.

Direktur ADB untuk Indonesia, Winfried Wicklein mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagian besar masih disumbang oleh konsumsi.

"Konsumsi yang kuat akan membuat Indonesia mampu meneruskan pertumbuhan ekonominya baik tahun ini dan tahun depan," ujarnya di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (25/9).

Winfried mengatakan, laju penumbuhan tahun ini yang sedikit lebih lambat mencerminkan penurunan ekspor dan melemahnya investasi domestik.

Meski demikian, investasi diperkirakan akan terus membaik menjelang akhir tahun, seiring dengan kemajuan pembangunan proyek-proyek strategis nasional untuk meningkatkan jaringan infrastruktur.

"Fundamental perekonomiannya masih solid, dengan posisi fiskal yang dikelola dengan baik, harga-harga yang stabil, dan cadangan devisa pada posisi yang cukup aman. Diperlukan investasi yang lebih kuat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, dengan fokus pada daya saing dan pengembangan sumber daya manusia sebagai kuncinya," jelasnya.

 

Kawasan Asia

Gedung bertingkat mendominasi kawasan ibu kota Jakarta pada Selasa (30/7/2019). Badan Anggaran (Banggar) DPR bersama dengan pemerintah menyetujui target pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di kisaran angka 5,2% pada 2019 atau melesat dari target awal 5,3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia yang sedang berkembang masih cukup kuat, tetapi prospeknya kini meredup dan risiko terhadap perekonomian di kawasan ini terus naik seiring melemahnya perdagangan dan investasi.

ADB memperkirakan pertumbuhan ekonomi 45 negara yang menjadi bagian dari kawasan Asia yang sedang berkembang sebesar 5,4 persen tahun ini pada tahun 2020. Perkiraan baru yang Iebih rendah tersebut mencerminkan turunnya prospek perdagangan internasional, sebagian karena memburuknya ketegangan perdagangan antara Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dengan Amerika Serikat (AS).

"Kemudian juga disebabkan melambatnya pertumbuhan ekonomi di sejumlah perekonomian negara maju dan perekonomian besar di kawasan Asia yang sedang berkembang, termasuk RRT, India, Republik Korea, dan Thailand," tandasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Pemindahan Ibu Kota Tak Mampu Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Pemandangan gedung-gedung bertingkat di Ibukota Jakarta, Sabtu (14/1). Hal tersebut tercermin dari perbaikan harga komoditas di pasar global. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira, mengatakan bahwa pemindahan ibu kota tidak akan berdampak pada peningkatan ekonomi secara luas.

Berdasarkan kajian Indef pemindahan ibu kota hanya akan berdampak pada wilayah Kalimantan Timur. Sementara untuk wilayah Kalimantan secara keseluruhan tidak akan berdampak. Apalagi secara nasional.

"Tapi satu kalimantan pun tidak bergerak naik, karena adanya pembangunan ibu kota baru apalagi pertumbuhan ekonomi secara nasional," kata dia, di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Sementara jika menilik sektor, tidak semua sektor akan menggeliat karena pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. "Justru hasil riset kita menemukan ada distorsi terhadap sektor yang memproduksi barang atau tradeable, yang naik cuma properti, spekulan tanah, kontruksi administrasi pemerintahan itu naik tapi yang lain tambang kebun itu justru kontraksi turun," jelas dia.

Selain itu, pemindahan ibu kota akan menimbulkan munculnya tambahan biaya bagi pelaku usaha. Biaya tersebut, disebut dengan biaya koordinasi. "Ada masalah koordinasi baru, dimana kalau pusat pemerintahan pindah sementara pusat ekonomi/bisnis jauh, berapa ongkos untuk koordinasi misalnya, sedangkan pelaku bisnis ada di Jakarta," ujarnya.

"Nah ini kan ada biaya baru, pastinya ini dibebankan kepada pelaku usaha sehingga otomatis bukan menumbuhkan tapi jadi beban atau operasional cost pelaku usaha," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Jatim Terjunkan 700 Personel Amankan Aksi Mahasiswa di Surabaya

Posted: 24 Sep 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Jawa Timur (Jatim) menerjunkan sebanyak 700 personel untuk mengamankan aksi demonstasi mahasiswa menolak pengesahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) di Surabaya, Jawa Timur.

"Ada 700 personel untuk hari ini. Ada beberapa anggota di Malang, saya siapkan juga. Memang Malang dan Surabaya ini menjadi atensi khusus," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di depan Gedung DPRD Jatim di Surabaya, seperti dilansir Antara, Rabu (25/9/2019).

Ia menuturkan, kedatangannya ke Gedung DPRD Jatim untuk mengecek ulang kesiapan dan kelengkapan anggotanya. Terutama mengecek penggunana senjata oleh anggotanya.

"Kami cek tadi satu per satu, bagaimana cara penggunaannya. Kapan saat menggunakan gas air mata dan kami cek tidak ada yang membawa senjata, baik itu karena maupun tajam," ujar dia.

Selain itu, pihaknya juga mengecek kondisi psikologi dan kesehatan dari anggota yang diterjunkan untuk mengawal aksi mahasiswa. Hal ini dilakukan agar emosi polisi tidak mudah terpancing.

"Ini untuk meyakinkan mereka polisi psikologisnya harus betul-betul siap, sial dalam artian tidak terpancing emosional. Dan kami sudah perintahkan anggota provos, untuk semua mengawasi anggota yang memang melaksanakan pengawasan, jangan sampai nanti mahasiswanya, peserta demonya tertib, anggota saya tidak tertib atau mungkin sebaliknya," ujar dia.

Kawal Mahasiswa

Polda Jatim menuturkan, akan mengawal mahasiswa hingga dapat menyampaikan aspirasi dengan baik. Akan tetapi, Luki mengimbau mahasiswa untuk melakukan aksi sesuai aturan yang ada.

Ia berharap unjuk rasa dilakukan dengan tertib agar tidak hal yang tidak diinginkan. Hal ini menunjukkan Jawa Timur adalah cinta damai.

"Alhamdullilah kemarin dari beberapa kota kita bisa melihat tidak ada anarkis, masyarakat Jawa Timur cinta kedamaian. Masyarakat Jawa Timur terkenal dengan guyp dan rukunnya," ujar dia.

Polda Jatim juga akan menyiapkan pasukan Asmaul Husna dengan mengedepankan polisi wanita pada aksi demonstrasi mahasiswa di depan Gedung DPRD Jatim pada Kamis 26 September 2019.

"Kami ke depankan polwan besok kalau dalam jumlah besar. Mudah-mudahan dengan tampilnya polwan polwan yang nanti di depan, ini akan mendinginkan nanti pasukan anggota di belakang," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Stabil, 74 Pendemo yang Dirawat di RSPP Dipulangkan

Posted: 24 Sep 2019 10:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Kurniawan Iskandar merilis jumlah mahasiswa yang luka akibat demo di DPR, Selasa Rabu 24 September 2019. Saat ini total korban luka berjumlah 90 orang, dengan kategori dua orang mengalami luka berat. Namun nama dan identitas tidak dipublikasikan rinci.

"Dua orang benar-benar harus diobservasi ketat, karena trauma tumpul, karena kompresi tulang kepala di daerah varietal kanan, ujar Kurniawan di RSPP, Jakarta Selatan, Rabu (25/9/2019).

Kurniawan menyatakan, 90 pasien korban luka diklaster dalam tiga kategori, merah untuk luka berat, kuning untuk luka sedang, dan hijau untuk luka ringan.

Untuk kategori hijau, terdapat 74 orang dengan kondisi cukup stabil, kesadaran penuh. Sehingga pihak rumah sakit dapat memulangkannya jika sudah diperiksa menyeluruh dan dinyatakan sehat.

Kemudian, untuk kategori kuning, rumah sakit merawat 14 pasien. Mereka membutuhkan observasi mendalam karena terkena dampak gas air mata dan beberapa mengalami trauma tumpul.

"Saat ini mereka kita rawat di ICU. Kita observasi dengan cermat. Apabila ada kondisi-kondisi tertentu, kita mungkin akan dilanjutkan dengan tindakan," Kurniawan menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Faisal, Korban Demo Mahasiswa di DPR Alami Pendarahan Otak

Posted: 24 Sep 2019 10:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswa Universitas Al Azhar, Faisal Amir, menjadi korban kerusuhan demo di DPR. Faisal masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Pelni Petamburan, Jakarta. Kini, Faisal dirawat di ICU.

"Kondisi terakhir pasien cukup baik, progres cukup memuaskan, tapi masih dalam keadaan yang tidak stabil sehingga pasien masih membutuhkan pengawasan di ICU," ungkap Direktur RS Pelni dr Dewi Fankhuningdyah seperti dilansir Antara, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, Faisal dibawa sekitar pukul 19.00 WIB, Selasa, 24 September 2019 oleh sesama mahasiswa dan pekerja konstruksi di dekat lokasi dia ditemukan.

RS Pelni langsung melakukan tindakan operasi karena ditemukan pendarahan di daerah kepala, juga patah di bahu kanan. Operasi itu berjalan dengan lancar.

Pihak RS sendiri mengaku belum dapat menentukan secara pasti penyebab luka-luka yang dialami oleh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Al Azhar tersebut.

 

Komnas HAM Temui

Mahasiswa mengibarkan bendera Merah Putih saat demonstrasi menolak pengesahan RUU KUHP dan revisi UU KPK di depan Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Mahasiswa lari tunggang langgang setelah aparat kepolisian menembakkan gas air mata dan water cannon. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sementara itu, Komisioner Komnas HAM Amiruddin Al Rahab telah mengunjungi Faisal dan bertemu keluarganya ingin memastikan keadaan sebenarnya setelah banyak beredar kabar di media sosial dan aplikasi percakapan.

"Mudahan-mudahan kondisinya bisa membaik dengan cepat untuk memberikan keterangan apa yang dialami saudar Faisal, sehingga semuanya bisa ketahuan," ucap Amiruddin.

Sebelumnya, beredar luas di media sosial bahwa kondisi mahasiswa korban demontrasi DPR tersebut memburuk dan merupakan korban meninggal dari demo yang terjadi di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat pada Selasa.

Ribuan mahasiswa datang berunjuk rasa menentang pengesahan beberapa undang-undang yang dianggap bermasalah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkumham: Tak Ada Lagi Kesempatan DPR Sekarang Ketok RUU KUHP

Posted: 24 Sep 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menkumham Yasonna H Laoly menegaskan RUU KUHP telah disepakati untuk ditunda. Sehingga, tak ada lagi kesempatan untuk disahkan.

"Presiden beberapa waktu lalu sudah mengatakan RUU KHUP itu akan diputuskan pada periode yang akan datang. Dan ini sudah dikomunikasikan dengan DPR RI. DPR juga sudah setuju, bahkan tidak jadi di Bamus," kata Yasonna di kantornya, Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Hal senada diungkapkan Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto. Dia membenarkan apa yang disampaikan oleh Yasonna. Bahwa itu sudah kesepakatan hasil lobi seluruh fraksi.

"Kalau kemarin, kesepakatan lobi, begitu kesepakatannya," tegas Utut.

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP ini menuturkan, secara teoritis pengesahan RUU KUHP memang bisa dilakukan. Tapi tidak ada akan disahkan di akhir periode DPR sekarang.

"Enggaklah (disahkan DPR periode ini). Kalau peluang, teoritis ada. Tapi kan sebelum masa sidang ditutup pasti ada (secara teoritis). Tapi kemarin sudah sepakat," pungkasnya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikuti Keseruan Live Streaming Bersama para Cast Film Love For Sale 2

Posted: 24 Sep 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah penantian lama para penggemar film Love For Sale 2 tidak perlu khawatir, pasalnya film ini akan ditayangkan pada 31 Oktober 2019 mendatang.

Film ini masih disutradarai oleh Andibachtiar Yusuf dan juga masih menampilkan akting salah satu pemain di film pertama yaitu Della Dartyan. Aktris muda berbakat ini masih memainkan peran sebagai Arini di film Love For Sale.

Pada teaser film ini, Arini berkunjung kerumah Indra Tauhid, temannya saat masih duduk di bangku kuliah. Kunjungan Arini ke rumah Indra adalah untuk mencari paviliun yang disewakan. Disanalah Arini bertemu oleh seorang ibu dan dia mengaku pernah dekat dengan Indra Tauhid.

Nah, ingin lihat bagaimana keseruan para pemain film Love For Sale 2 ini? Yuk, langsung saja simak sinemania Love For Sale 2 Bareng Dorothea Ayu & Djati Darma pada, Rabu 25 September 2019 pukul 14.00 WIB hanya di Vidio dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Berjibaku Membersihkan Coretan Sisa Demo Mahasiswa di Kawasan DPR

Posted: 24 Sep 2019 10:39 PM PDT

Petugas PPSU mengecat coretan yang mengotori tembok di kawasan Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9/2019). Demonstrasi mahasiswa yang berujung ricuh yang berujung kerusuhan tersebut menyebabkan fasilitas umum rusak dan penuh coretan yang dibuat oleh pendemo. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Petugas PPSU mengecat coretan yang mengotori tembok di kawasan Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9/2019). Demonstrasi mahasiswa yang berujung ricuh yang berujung kerusuhan tersebut menyebabkan fasilitas umum rusak dan penuh coretan yang dibuat oleh pendemo. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori tembok di kawasan Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9/2019). Demonstrasi mahasiswa yang berujung ricuh yang berujung kerusuhan tersebut menyebabkan fasilitas umum rusak dan penuh coretan yang dibuat oleh pendemo. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori tembok di kawasan Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9/2019). Demonstrasi mahasiswa yang berujung ricuh yang berujung kerusuhan tersebut menyebabkan fasilitas umum rusak dan penuh coretan yang dibuat oleh pendemo. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Petugas PPSU mengecat coretan yang mengotori tembok di kawasan Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9/2019). Demonstrasi mahasiswa yang berujung ricuh yang berujung kerusuhan tersebut menyebabkan fasilitas umum rusak dan penuh coretan yang dibuat oleh pendemo. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Petugas PPSU mengecat coretan yang mengotori tembok di kawasan Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9/2019). Demonstrasi mahasiswa yang berujung ricuh yang berujung kerusuhan tersebut menyebabkan fasilitas umum rusak dan penuh coretan yang dibuat oleh pendemo. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori tembok di kawasan Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9/2019). Demonstrasi mahasiswa yang berujung ricuh yang berujung kerusuhan tersebut menyebabkan fasilitas umum rusak dan penuh coretan yang dibuat oleh pendemo. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori tembok di kawasan Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9/2019). Demonstrasi mahasiswa yang berujung ricuh yang berujung kerusuhan tersebut menyebabkan fasilitas umum rusak dan penuh coretan yang dibuat oleh pendemo. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Petugas PPSU mengecat coretan yang mengotori tembok di kawasan Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9/2019). Demonstrasi mahasiswa yang berujung ricuh yang berujung kerusuhan tersebut menyebabkan fasilitas umum rusak dan penuh coretan yang dibuat oleh pendemo. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Petugas PPSU mengecat coretan yang mengotori tembok di kawasan Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9/2019). Demonstrasi mahasiswa yang berujung ricuh yang berujung kerusuhan tersebut menyebabkan fasilitas umum rusak dan penuh coretan yang dibuat oleh pendemo. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori tembok di kawasan Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9/2019). Demonstrasi mahasiswa yang berujung ricuh yang berujung kerusuhan tersebut menyebabkan fasilitas umum rusak dan penuh coretan yang dibuat oleh pendemo. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Petugas PPSU membersihkan coretan yang mengotori tembok di kawasan Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9/2019). Demonstrasi mahasiswa yang berujung ricuh yang berujung kerusuhan tersebut menyebabkan fasilitas umum rusak dan penuh coretan yang dibuat oleh pendemo. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Latihan Anak TK Ini Bikin Orang Dewasa Mikir Keras, Ini Jawabannya

Posted: 24 Sep 2019 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Orang dewasa pasti berfikir kalau buku latihan untuk tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) pasti sangat mudah. Namun, dalam beberapa kasus, mereka justru tidak mampu menjawabnya secara tepat dan benar. Meski sudah duduk di bangku perkuliahan, bukan tidak mungkin ada orang dewasa yang kesulitan untuk menyelesaikan soal yang diberikan kepada murid TK

Memang jarang terjadi, namun belakangan ini soal latihan untuk anak TK sedang viral di sosial media. Meski terlihat sederhana, namun banyak orang dewasa yang gagal menjawabnya.

 

Tak sedikit  juga orang yang berfikir keras mengerjakan tersebut, dan bertanya-tanya apa maksud dan jawaban dari soal tersebut. Menariknya, ada juga yang berkomentar apa benar ini soal untuk anak TK, mengapa susah sekali? 

Pasalnya, orang dewasa pun dibuat bingung dan kewalahan menjawab soal tersebut. Apa kamu juga merasa bingung? Setelah viral di media sosial, akhirnya seseorang menemukan jawabannya.

Penasaran seperti apa jawaban soal tersebut? Dilansir dari World of Buzz, berikut Liputan6.com ulas soal anak TK yang bikin orang dewasa bingung, Rabu (25/9/2019).

Tugas murid TK yang bikin orang dewasa bingung

Viral, Soal Anak TK Ini Bikin Orang Dewasa Mikir Keras (sumber: Twitter/amldrss)

Pada soal tesebut terdapat nama benda yang harus dicocokkan dengan bentuk kotak di sampingnya, seperti nama benda dengan bahasa Inggris seperti fish, bag, pen dan lain sebagainya.

Menariknya, banyak orang dewasa yang bingung dengan jawaban dari soal tersebut. Meski terlihat sederhana, namun banyak orang dewasa yang gagal menjawabnya.

Jawaban soal

Viral, Soal Anak TK Ini Bikin Orang Dewasa Mikir Keras  (Sumber; World of Buzz)

Melihat banyak orang yang bingung dengan soal untuk murid Tk tersebut, seorang warganet dengan akun twitter @tayaslipa akhirnya memecahkan soal tersebut dan menjelaskannya ke warganet.

Setelah ditelaah, soal tersebut meminta kamu untuk mencocokkan bentuk kata dengan bentuk kota di sampingnya. Ya, semudah dan sederhana itu, namun orang dewasa sukses dibikin pusing tujuh keliling.

Dilansir dari World of Buzz, latihan ini memang digunakan untuk anak pra sekolah atau Taman Kanak-Kanak, karena pada tingkat tersebut mereka masih belajar cara menulis huruf A-Z.

Latihan ini disebut pengenalan kata yang akan melatih cara menulis yang benar untuk anak-anak. Contoh sederhananya seperti huruf b, d, f, h, k untuk panjang ke atas, sedangkan huruf g, j, p, q, y lebih panjang ke bawah.

Komentar netizen

Diunggah oleh akun twitter @amldrss pada Jumat (20/9/2019) soal tersebut menjadi perbincangan di dunia maya. Hingga berita ini ditulis, cuitan tersebut sudah mendapatkan retweet sebanyak 17,5 rb dan 10,3 rb like. 

Merasa kesusahan dan kewalahan, tak sedikit juga orang yang meninggalkan komentar di akun tersebut. 

"Kalau soal ini keluar dalam ujian pekerjaan, bisa-bisa aku tak kerja" @choqkodok

" Ini kalau guru enggak menjelaskan ke aku, anakku tanya. Mau jawab apa, tak bisa jawab"  @haziq_amirul

"Anak kecil aja lebih pinter dari aku, *menangis" @farhgreen

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati 70 Tahun Hubungan Diplomatik, KBRI Ankara Kolaborasikan Tarian Saman dan Sema

Posted: 24 Sep 2019 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Turki - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Turki di Hotel JW Marriot Ankara, Turki pada Sabtu 21 September 2019.

Tari Samansema turut dipertunjukkan dalam acara tersebut. LM Iqbal dan Agung Gunawan selaku koreografer mengaku terinspirasi dari dua tarian bernuansa mistis sufisme.

Tari Samansema  merupakan tarian gabungan dua negara, Tari Saman dari Aceh dan Tari Sema dari Turki. Tari tersebut berupaya untuk menceritakan proses sufisme turut mencerahkan dan membangkitkan sejarah dua negara tersebut.

Acara dihadiri oleh Ketua Parlemen Turki, Mustafa Sentop bersama dengan 500 orang lainnya yang berasal dari beragam kalangan. Mulai dari kalangan diplomatik, komunitas bisnis, hingga pejabat pemerintahan Turki.

Sambutan KBRI

Pembukaan Acara Peringati 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Turki di Ankara, Sabtu (21/9/2019) (Liputan6.com/KBRI Ankara)

Sekretaris II Sosial Budaya KBRI Ankara, Haviz Aprilian menyampaikan wejangan filosofis pada tarian Samansema yang ditampilkan. 

"Pesan moral dari tarian ini adalah hubungan kedua negara di masa mendatang harus membawa dampak membangkitkan dan mencerahkan," kata Haviz.

"Hal tersebut untuk kemajuan kemajuan kedua bangsa," tutup Haviz dalam pesan yang disampaikan.

Kolaborasi Budaya Indonesia-Turki

Pertunjukkan Seni Indonesia Peringati 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Turki di Ankara, Sabtu (21/9/2019) (Liputan6.com/KBRI Ankara)

Tari Samansema dipentaskan 16 penari dari sejumlah sanggar di Turki. Para penari tersebut telah mengikuti kursus Tari Musim Panas yang diadakan oleh KBRI Ankara pada lebih kurang satu bulan terakhir.

Sementara itu, alat musik Suling Sema dari Turki dan Rebab dari Indonesia juga turut menjadi bagian dalam kolaborasi yang dipertunjukkan. 

Pada kesempatan tersebut juga diluncurkan logo peringatan yang dikomposisikan dari motif ukiran Bali dan motif ornamen khas Ottoman berupa bunga tulip. 

Hubungan diplomatik Indonesia dengan Turki secara resmi dimulai sejak tahun 1950. 

Namun, catatan sejarah menunjukkan bahwa berbagai kesultanan di Indonesia, baik di Jawa maupun Sumatera, sudah memiliki interaksi dengan kesultanan Ottoman/Usmaniyah sejak abad ke-15. 

Jejak interaksi tersebut salah satunya terlihat dari berbagai praktek sufisme yang masih tumbuh subur di Indonesia dan di Turki hingga dewasa ini.

 

Reporter: Hugo Dimas

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Qualcomm Lanjutkan Kerja Sama dengan Huawei

Posted: 24 Sep 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm kembali berbisnis dengan Huawei. Menurut CEO Qualcomm, Steve Mollenkopf, Qualcomm telah melanjutkan kerja sama dengan perusahan asal Tiongkok tersebut.

Dilansir GSM Arena, Rabu (25/9/2019), Mollenkopf mengatakan Qualcomm tidak hanya sekedar kembali menjual produknya kepada Huawei.

Perusahaan juga sedang mencari cara untuk mengamankan kesepakatan jangka panjang dengan Huawei. Sayangnya, ia tidak mengungkapkan jenis produk yang dijual kepada Huawei.

Huawei memang memproduksi chipset miliknya sendiri. Namun, perusahaan masih menggunakan komponen dari Qualcomm untuk perangkat-perangkatnya.

Pada 2018 saja, Huawei menghabiskan sekitar USD 11 miliar untuk berbisnis dengan perusahaan-perusahaan Amerika Serikat (AS), termasuk Qualcomm, Intel, dan Micron.

Seperti diketahui sebelumnya, Huawei saat ini berada di dalam daftar hitam perdagangan AS, sehingga tidak bisa menggunakan berbagai produk asal negara tersebut. Kebijakan tersebut termasuk tidak bisa menggunakan layanan-layanan Google untuk flagship smartphone terbaru, Mate 30.

Kementerian Perdagangan AS pada Juli lalu mengumumkan akan mulai mengeluarkan lisensi khusus untuk perusahaan yang ingin melanjutkan hubungan bisnis dengan Huawei.

Salah satu poin utamanya adalah perusahaan AS hanya akan diizinkan untuk menjual komponen yang tersedia luas, sebuah kategori yang di dalamnya termasuk chipset mobile.

Huawei pada Agustus 2019 mendapatkan perpanjangan baru selama 90 hari untuk perjanjian lisensi perdagangan sementara dengan perusahaan-perusahaan AS. Pada bulan tersebut, dilaporkan lebih dari 130 perusahaan AS mengusahakan agar mendapatkan lisensi khusus tersebut.

Huawei Mate 30 Meluncur Tanpa Google Play Store

Huawei Mate 30 Series. Liputan6.com/Ilyas Praditya

Lebih lanjut, Huawei telah mengumumkan seri Mate 30, di Jerman, Kamis (19/9/2019). Smartphone ini hadir dengan kemampuan yang menarik termasuk empat kamera belakang, tapi tanpa dukungan penuh dari Android.

Dilansir Cnet, Huawei Mate 30 berbasis pada Android open source, yang artinya tetap berfungsi seperti perangkat Android. Namun smartphone tersebut tidak memiliki berbagai layanan atau aplikasi Google, termasuk Maps, Chrome, dan yang paling penting Play Store.

Google Play Store merupakan bagian penting dari lisensi Google Mobile Service (GMS). Lisensi ini dimiliki hampir sebagian besar handset berbasis Android di luar Tiongkok, untuk mengakses berbagai aplikasi.

Absennya layanan dan aplikasi Google tersebut disebabkan Huawei masih berada di dalam daftar hitam perdagangan AS. Hal ini membuat perusahaan tidak bisa berbisnis dan menggunakan layanan perusahaan-perusahaan AS, termasuk Google.

The Verge melaporkan, ketidakhadiran layanan Google pada seri Mate 30 disampaikan langsung oleh CEO divisi produk konsumen Huawei, Richard Yu, saat mengumumkan seri Mate 30.

"Kami tidak bisa menggunakan inti Google Mobile Service (GMS), tapi bisa menggunakan Huawei Mobile Services (HMS). Hal ini karena larangan AS, yang membuat ponsel-ponsel tersebut tidak dapat menggunakan GMS. Sehingga membuat kami menggunakan HMS yang menjalankan App Gallery Huawei pada seri ponsel Mate 30," jelas Yu.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Minta Maskapai Tak Pasang Harga Tiket yang Beratkan Masyarakat

Posted: 24 Sep 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengharapkan maskapai-maskapai dapat berdiskusi satu sama lain. Hal ini perlu demi tercapainya harga tiket pesawat yang terjangkau.

"Saya berharap hentikan perselisihan tapi juga jangan sama-sama bikin suatu harga yang membuat masyarakat sulit," kata dia, dalam Panel Diskusi bertajuk 'Polemik dan Prospek Industri Aviasi: Harga Tiket, Kompetisi, dan Efisiensi', di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (25/9).

Menhubpun meminta semua pihak yang memiliki kepentingan dalam industri penerbangan dapat menyikapi berbagai persoalan yang terjadi dengan baik.

"Saya sepakat bahwa bagaimanapun kita bermasalah, sebaiknya kita dalam menyikapi selalu cool," ungkapnya.

Budi menegaskan, jika setiap persoalan yang muncul tidak disikapi, didiskusikan dengan kepala dingin demi menemukan dicari jalan keluarnya. Sebab sebagai industri yang menjadi pusat perhatian masyarakat, persoalan di industri penerbangan bisa menimbulkan dampak yang besar.

"Selalu jangan berapi-api, jangan emosional. Apalagi yang namanya industri aviasi selalu menjadi panggung kalau ada satu berita akan viral kemana-mana," tandas Menhub.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Pemerintah Bakal Hapus Kebijakan Tiket Pesawat Murah

Banner Infografis Harga Tiket Pesawat Bakal Turun? (Liputan6.com/Triyasni)

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pemerintah akan menghapus kebijakan penyediaan tiket pesawat murah Selasa, Kamis, Sabtu pukul 10.00 sampai pukul 14.00 waktu setempat. Sebab setelah diterapkan, kebijakan ini tidak bisa dilakukan untuk jangka panjang.

"Flight murah hari tertentu Selasa, Kamis, Sabtu, jam tertentu. Kita sudah pelajari dan itu tidak bisa sustainable," ujar Menko Darmin saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Dia mengatakan, sebagai pengganti kebijakan ini pemerintah akan membuat kebijakan baru agar harga tiket terjangkau namun tidak memberatkan maskapai penerbangan. Berbagai aspek akan dikaji kembali bersama pihak maskapai.

"Kalau mau sustainable, tapi jangan terlalu tinggi, kita harus benahi dari berbagai segi. Jadi kita akan sedang menelurusi mana yang perlu dibenahi," jelasnya.

Mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut melanjutkan, dalam kebijakan baru nantinya, pemerintah tidak akan lagi memberi kompensasi atau insentif baru bagi maskapai. Dia merasa insentif yang saat ini telah ada, sudah cukup.

"You kalau pakai kompensasi lagi siapa yang mau kompensasi lagi? masa iya ambil sini taro sana. Ya nggak sustainable. Yang dicari sekarang adalah solusi yang sustainable yang bisa terus menerus tanpa kemudian ada yang mengorbankan," tandasnya.  

Pemerintah Kaji Kawasan Ekonomi Khusus Industri Penerbangan

Pesawat maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemerintah terus berupaya menyediakan tiket pesawat murah untuk masyarakat. Caranya adalah dengan membantu menekan pengeluaran maskapai.

Sekretaris Kemenko Perekonomian, Susiwijono mengungkapkan saat ini pemerintah tengah mengkaji kemungkinan dibuatnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk industri penerbangan.

Dia menyebutkan dua grup maskapai nasional yakni Garuda Indonesia Group dan Lion Air Group telah membuka peluang untuk sinergi dalam hal pemeliharaan pesawat (Maintenace, Repair, and Overhaul/MRO).

"Kalau misalnya Lion dan Garuda bisa menyatu, kami bisa fasilitasi tidak hanya insentif fiskal, tetapi juga non fiskal," kata dia, di kantornya, Senin (22/7/2019).

Dia menjelaskan saat ini, Lion Air Group sudah memiliki dan tengah mengembangkan pusat MRO mereka di Batam, Kepulauan Riau melalui anak usahanya Batam Aero Technic (BAT). MRO tersebut berdiri di atas lahan seluas 30 hektare (Ha). 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inter Milan Jarang Mainkan Sanchez, Conte Tak Pentingkan Individu

Posted: 24 Sep 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Manajer Inter Milan, Antonio Conte, itu masih belum memberi kejutan kepada pemain anyarnya Alexis Sanchez. Pemain Cile tersebut didatangkan Inter dari Manchester United (MU) musim panas lalu.

Antonio Conte mengatakan bahwa Sanchez masih belum siap untuk memulai laga penuh bersama Inter Milan. Dan, Conte tidak akan menempatkan Sanchez di tim hanya untuk kepentingan individu.

Sanchez bergabung dengan Inter dengan status pinjaman selama satu musim dari MU. Sebelumnya, ia menjalani musim yang suram di Old Trafford akibat masalah bentuk dan kebugaran.

Sanchez masuk di 10 menit terakhir saat Inter menang 1-0 atas Udinese tepat setelah jeda internasional. Tapi, ia gagal turun dari bangku cadangan di laga Liga Champions melawan Slavia Praha dan juga pada pertandingan derby Milan pada Sabtu.

Berbicara menjelang pertemuan laga Serie A dengan Lazio, Conte mengatakan Sanchez masih belum siap untuk bermain di timnya. "Baginya itu sepadan dengan kata-kata yang saya berikan untuk orang lain," kata mantan manajer Chelsea itu dalam konferensi pers.

"Ketika saya melihat pemain yang siap, mereka akan dimasukkan [ke dalam XI]. "Saya harus bekerja demi Inter, bukan individu," ujar pelatih Inter Milan itu.

Cukup Senang

Pelatih Inter Milan, Antonio Conte melihat para pemainnya berlatih selama sesi latihan di Appiano Gentile, Italia (16/9/2019). Inter Milan akan bertanding melawan Slavia Praha pada grup F Liga Champions di Giuseppe Meazza, Italia. (AFP Photo/Miguel Medina)

Meskipun Sanchez belum bisa menunjukkan aksinya, Conte mengklaim bahwa ia sudah cukup senang dengan pasukannya, termasuk beberapa tambahan baru.

"Dari [Romelu] Lukaku, saya telah mengatakan jauh dan luas tentang apa yang saya pikirkan, menurut saya berlebihan untuk mengulanginya lagi," katanya.

"Untuk gelandang, di sisi lain, saya senang: di luar mereka ada yang mencetak gol, semakin banyak panah yang kami miliki di busur kami, itu semakin baik," ujar Conte.

Banyak Peningkatan

Sementara itu, Lukaku mengaku amat membutuhkan sosok pelatih seperti Conte. Meski belum lama dilatih, mantan pemain MU itu langsung merasakan banyak peningkatan selama berkarier di Italia.

Lukaku telah membukukan dua gol dari empat pertandingan yang dilakoninya di Serie A. Sebelumnya, dia menyumbangkan satu gol saat menjamu Lecce pada 27 Agustus 2019. Namun, ternyata ada sosok Conte di balik performa Lukaku musim ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berbikini, Gisella Anastasia dan Gempi Kompak Berburu Bintang Laut

Posted: 24 Sep 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gisella Anastasia dan putrinya, Gempita Nora Marten, sempat menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi Nusa Dua, Bali, beberapa waktu lalu. Keduanya terlihat menikmati waktu dengan bermain-main di pantai.

Bahkan, Gisella Anastasia dan Gempita terlihat kompak saat keduanya sama-sama mencari bintang laut. Potret tersebut diunggah Gisel melalui Instagram @gisel_la belum lama ini.

Gisel terlihat seksi dengan bikini dengan punggung terbuka. Sementara Gempi tampak menggemaskan dengan bikini anak-anak yang dikenakannya sambil dihiasi sebuah topi bundar.

"The tan will fade, but the memories will last a lifetime❤," tulis Gisella Anastasia dalam keterangan salah satu rangkaian foto di Instagram.

Anak Pantai

Gisella Anastasia bersama Gempi (Instagram/gisel_la)

Gisel juga meluapkan kebahagiaan yang dirasakannya saat melihat putrinya bermain di pantai pada hari itu. "Jadi anak pantai hampir sehariaan....super senang," tulisnya di unggahan lain.

Bahkan, Gisel mengaku bahwa sepulang dari sana, ia sempat lupa dengan segala hal saking larut dengan kebahagiaan.

"Krn udh seru dan heboh sendiri seharian☺️," ungkapnya.

Komentar Gading Marten

Gempi dan Gisel (Sumber: Instagram/gisel_la)

Bahkan, kebahagiaan bukan cuma dirasakan Gisel dan Gempi. Aktor Gading Marten yang juga ayah kandung Gempi ikut mengungkapkan kebahagiaan melihat putrinya punya waktu untuk bermain di pantai.

"Gayamuu mpiiii ahhhahahahh emesh," tulis Gading Marten di salah satu komentar foto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kabar Mahasiswa Tewas Saat Demo Ternyata Hoaks

Posted: 24 Sep 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beredar kabar seorang mahasiswa tewas setelah mengikuti demonstrasi di epan gedung DPR. Kabar tersebut dibantah pihak keluarga, korban kini sudah siuman dan sedang menjalani perawatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Kembali Melemah Usai Demo Mahasiswa

Posted: 24 Sep 2019 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Rabu ini.

Mengutip Bloomberg, Rabu (25/9/2019), rupiah dibuka di angka 14.120 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.113 per dolar AS. Menjelang siang, Di siang hari, rupiah terus melemah ke 14.139 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.120 per dolar AS hingga 14.141 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,88 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok 14.134 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.099 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah masih melanjutkan pelemahan pasca aksi demo besar-besaran mahasiswa Selasa kemarin.

"Aksi demo ini membuat sentimen negatif di pasar baik indeks maupun rupiah mengalami tekanan pelemahan," kata Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih dikutip dari Antara.

Tuntutan mahasiswa dalam aksi demo yang dilakukan di beberapa daerah kemarin termasuk di Jakarta akhirnya didengar. Pemerintah dan DPR memutuskan menunda pengesahan sejumlah rancangan undang-undang (RUU) dan akan meninjau kembali pasal-pasal yang bermasalah dan menyosialisasikan kepada masyarakat.

Ada empat RUU yang menjadi tuntutan yaitu RUU Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP), RUU Pemasyarakatan, RUU Pertanahan, dan RUU Minerba dan beberapa RUU lain yang sebenarnya sudah disahkan yaitu RUU KPK, RUU Sumber daya air, RUU MD3, dan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual.

Namun terjadi aksi kekerasan depan Gedung DPR kemarin yang memicu pembakaran sejumlah fasilitas publik.

Dari eksternal, Pimpinan Partai Demokrat di Kongres AS Nancy Pelosi mengumumkan isyarat kemungkinan pemakzulan (impeachment) terhadap Presiden Trump terkait penyalahgunaan dana sebesar 400 juta dolar AS yang semestinya untuk membantu Ukraina namun digunakan untuk menjelek-jelekan lawan politiknya Joe Biden yang kemungkinan maju melawan Trump dalam Pemilihan Presiden November 2020 nanti.

Ketidakpastian politik tersebut menjadi sentimen negatif, ditambah beberapa data ekonomi AS seperti keyakinan konsumen juga turun dan harga rumah yang disurvei untuk 20 kota hanya naik 2 persen pada Juli, yang terendah sejak tujuh tahun terakhir, dan dibawah ekspektasi konsensus 2,2 persen.

"Ditambah lagi, pernyataan Trump yang tidak menginginkan bad deals dari kesepakatan dagang AS-China yang mestinya akan diselesaikan pada akhir bulan ini," kata Lana.

Lana memperkirakan nilai tukar rupiah hari ini akan bergerak melemah di kisaran 14.120 per dolar AS hingga 14.150 per dolar AS.

Pemerintah Prediksi Rupiah Melemah ke 14.400 per Dolar AS di 2020

Sejumlah uang kertas rupiah ditunjukkan petugas di Bank BUMN, Jakarta, Selasa (17/4). Rupiah hari ini diperdagangkan dengan kisaran Rp 13.766 -Rp 13.778 per dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pemerintah memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan melemah pada tahun depan. Hal tersebut terjadi karena adanya gejolak ekonomi dunia.

Dalam pidato Nota Keuangan di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa target ekonomi masih akan tinggi, tetapi untuk nilai tukar rupiah akan melemah.

Ia menyebut target pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 adalah 5,3 persen. Sumber pertumbuhan ekonomi tahun depan ditekankan pada sektor konsumsi. 

"Pertumbuhan ekonomi akan berada pada tingkat 5,3 persen dengan konsumsi dan investasi sebagai motor penggerak utamanya. Inflasi akan tetap dijaga rendah pada tingkat 3,1 persen untuk mendukung daya beli masyarakat," ujar dia.

Jokowi menyebut nilai tukar rupiah akan melemah menuju 14.400 per dolar AS. Ia menyebut hal itu diakibatkan kondisi ekonomi global yang volatile alias penuh ketidakpastian.

Meski sedang ada disrupsi dagang, Jokowi yakin Indonesia akan tetap menjadi primadona investasi. Pasalnya, Indonesia memiliki telah mendapatkan citra positif dan iklim investasi akan terus dijaga.

"Pemerintah yakin investasi terus mengalir ke dalam negeri, karena persepsi positif atas Indonesia dan perbaikan iklim investasi," ujar Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main Film, Novita Dewi Dapat Nasihat dari Aktor Senior Cok Simbara

Posted: 24 Sep 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Novita Dewi menjajal peruntungan di layar lebar. Pemilik album Terbaik Kedua ini membintangi film Horas Amang: Tiga Bulan Untuk Selamanya.

Dalam film itu Novita Dewi memerankan Tarida, salah satu anak Amang (Cok Simbara). Sebenarnya, ini bukan kali pertama Novita Dewi ditawari main film.

Sudah dua kali ia diajak ke layar lebar namun Novita Dewi menolak dengan alasan tak percaya diri. Kali ketiga ditawari main film, Novita Dewi tak kuasa untuk menolak. 

"Diberi kesempatan kali ketiga oleh Tuhan kalau saya menolak kesannya saya tidak menerima kehendak-Nya. Lagipula produser juga meminta single baru saya, Hanya Kamu dijadikan soundtrack. Saya pikir ini kesempatan yang baik," beri tahu Novita Dewi kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta Selatan, baru-baru ini.

 

 

 

Minder

Novita Dewi. (Ist)

Kali pertama bertemu Cok Simbara di lokasi syuting, pelantun "Sampai Habis Air Mataku" minder berat. "Saya kalau minder diam dan berdoa dalam hati agar jangan dihantui rasa tidak percaya diri," imbuhnya. 

Usai syuting Novita Dewi menyimpulkan main film dengan aktor senior tak semengerikan yang ia bayangkan. Cok Simbara justru memberi masukan agar performa Novita Dewi di depan kamera makin meyakinkan. Ada satu nasihat Cok Simbara yang membekas di benaknya.

 

 

Nasihat Cok Simbara

Cok Simbara (Herman Zakharia/Liputan6.com)

"Dia bilang jika ingin terlihat natural saat berakting menangis atau tertawa, diam sejenak, pejamkan mata, bayangkan momen tersedih yang pernah kamu alami. Kembalilah ke masa itu, dapatkan kembali emosinya lalu perlihatkan di depan kamera," kenangnya. 

Novita Dewi membantah film Horas Amang: Tiga Bulan Untuk Selamanya menandai ia hijrah ke layar lebar. Menurut dia aktivitas manggung berjalan seperti biasa. "Album Terbaik Kedua baru dirilis tahun lalu. Sekarang saya rilis single demi single dulu. Itu sebabnya, lagu 'Hanya Kamu' yang jadi soundtrack film ini saya rilis dalam format single," sambung Novita Dewi. Ia menambahkan, "Saya harap film ini menginspirasi anak muda tentang pentingnya keluarga sebagai sistem pendukung." (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terjadi Lagi, Emak-Emak Nekat Naik Motor di Jalan Tol

Posted: 24 Sep 2019 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Jalan tol secara umum hanya dapat digunakan oleh kendaraan yang memiliki roda empat atau lebih. Untuk kendaraan roda dua, mengacu pada pasal 38 Undang-Undang no 44 tahun 2009 tentang jalan tol, hanya boleh memasuki jalan bebas hambatan apabila terdapat jalur khusus.

Saat ini, jumlah tol dengan jalur khusus kendaraan roda dua masih sangat sedikit, salah satunya di tol Suramadu dan Bali Mandara. Hal ini berarti jalan tol lainnya melarang masuknya kendaraan roda dua.

Namun, peraturan tersebut nampaknya tidak berlaku pada emak-emak yang satu ini. Dilansir akun Facebook yang bernama Galaxi Gala Nonni, terdapat video yang memperlihatkan seorang wanita mengendarai kendaraan roda dua di jalan tol yang disinyalir berada di daerah Surabaya pada Selasa (24/9/2019).

Berkendara dengan kecepatan yang cukup tinggi, pengendara motor ini bahkan beberapa kali bermanuver dengan berpindah jalur dan mendahului beberapa kendaraan roda empat.

Meskipun sudah diperingatkan oleh si pengambil video, nampaknya wanita tersebut tidak mengacuhkan hal tersebut dan tetap meluncur di jalan tol.

 

Komentar Warganet

Kejadian unik tersebut mendapatkan beragam tanggapan dari warganet.

"Emak emak lagi test drive," ucap akun Darrel Gumilar.

"Bener-bener membahayakan itu, pengamanan gatenya gimana ya?" ucap akun Ferdiansyah.

"Ibu-ibu mah bebas," ucap akun Nina Kusuma Wardani.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Kecelakaan di Catalunya Penyebab Dovizioso Gagal Saingi Marquez

Posted: 24 Sep 2019 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Aragon - Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso, meyakini bahwa asanya meraih gelar dunia MotoGP musim ini mulai sirna sejak ia terlibat dalam kecelakaan beruntun dengan Valentino Rossi dan Maverick Vinales di Catalunya, Spanyol, yakni insiden yang disebabkan oleh Jorge Lorenzo di Tikungan 10 pada Lap 2.

Sebelum tiba di Catalunya kala itu, Dovizioso mengoleksi 103 poin, hanya tertinggal 12 poin dari Marquez. Sayangnya, kecelakaan itu membuatnya harus mengakhiri balapan tanpa poin. Marquez yang meraih kemenangan justru pulang dengan keunggulan 37 poin darinya.

"Saya bukan orang yang suka cari alasan dan saya ogah jadi begitu. Tapi saat mengalami gagal finis yang tak disebabkan oleh Anda sendiri, maka ini mengubah segalanya. Sebelum Barcelona, kami memang tertinggal, tapi dekat (margin 12 poin). Tapi insiden di sana membuat kami 'lumpuh'," tutur Dovizioso kepada Motorsport.

Meski begitu, Dovizioso tak menutup-nutupi fakta bahwa ia dan Ducati tak sekuat di MotoGP 2017 dan MotoGP 2018, saat mereka lebih konsisten menantang Marquez. Musim ini, Dovizioso baru mengasapi Marquez di Qatar dan Austria. Usai menang di Austria, ia bahkan gagal finis lagi setelah tertabrak motor Fabio Quartararo di Silverstone, Inggris.

"Kami memang sudah tak lagi dekat dengan Marc seperti tahun lalu. Kami hanya mampu menantangnya sesekali di pertengahan musim ini, kemudian kecelakaan di Silverstone terjadi," ungkap rider Italia ini, yang sudah tertinggal 98 dari Marquez menjelang MotoGP Thailand di Buriram pada 4-6 Oktober mendatang.

Mencari Solusi

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, saat menjuarai MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (10/3/2019). (Twitter/MotoGP)

"Tapi saya tak mau bilang bahwa tanpa dua insiden itu saya bisa menantang Marc, karena kami hanya finis di depannya di Austria. Inilah realitanya, dan kami harus lebih baik di beberapa aspek. Tapi, saat ini takkan ada yang bisa mengalahkan Marc, jadi kami semua harus mencari beberapa solusi," ujarnya.

Dengan keunggulan poin yang masif ini, Marquez pun berpeluang besar mengunci gelar dunia di Thailand, asal finis dua poin atas Dovizioso. Dovizioso sendiri yakin langkah Marquez bakal sulit dijegal, namun mengaku takkan menyerah sampai akhir.

Tak Mustahil

"Bakal sangat sulit, tapi tak ada yang mustahil. Jadi kami akan mencoba sampai akhir. Kami tak terlalu optimistis di Aragon, dan sesi latihan juga tak terlalu baik. Tapi pada akhirnya kami finis kedua dan ini bukti kami tak boleh menyerah. Kami paham apa yang sedang terjadi, dan kami bekerja dengan tenang," terangnya.

Sumber: Motorsport

Disadur dari Bola.net (Anindhya Danartikanya, published 25/9/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Jorge Lorenzo Mengeluh Motor Honda Dirancang Hanya untuk Marc Marquez

Posted: 24 Sep 2019 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Aragon - Pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo, mengakui bahwa motor RC213V sangat bersimpangan dengan gaya balapnya yang terkenal halus. Meski begitu, kepada GPOne, ia menyatakan bahwa hal ini tak berarti dirinya ogah-ogahan dalam beradaptasi bersama Honda di MotoGP 2019.

Sejak bergabung dengan Honda akhir tahun lalu, Lorenzo tak pernah menemukan kecocokan dengan RCV, bahkan hingga kini belum juga masuk ke posisi 10 besar dalam satu pun balapan MotoGP. Belum lagi proses adaptasinya terhalang oleh berbagai cedera yang merundung.

Selain mengakui bahwa proses adaptasinya berjalan rumit dan butuh waktu panjang, Lorenzo menyatakan bahwa RCV memang dirakit untuk Marc Marquez, mengingat dialah satu-satunya pembalap yang mampu menaklukkan motor itu, sementara rider Honda lainnya kesulitan.

"Honda motor yang sangat menuntut fisik, sangat kaku, dan didesain untuk mengerem agresif dan masuk ke tikungan dengan cepat. Motor ini dirakit sesuai karakter Marc, dan dimodifikasi demi memenuhi kebutuhannya. Sebagai pebalap yang smooth seperti saya, ini bukan motor yang mudah," ujarnya.

Lorenzo pun mulai merasa ketidakcocokannya dengan RCV semakin terasa pada masa-masa uji coba pramusim MotoGP 2019, ketika Honda diketahui berusaha menambah tenaga pada mesin, menyaingi keunggulan yang selama ini dikenal dimiliki oleh mesin Ducati.

"Masalah dimulai pada motor 2019, saat Honda mencari lebih banyak tenaga. Marc mampu mengambil keuntungan tanpa terlalu banyak tertinggal di tikungan berkat gaya balapnya. Saya sudah menyadari ada yang salah dalam uji coba pramusim, tapi sudah terlambat untuk memperbaikinya," ungkapnya.

Berpikir Positif

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, . (AFP/Jean-Francois Monier)

Di lain sisi, Lorenzo mengaku tetap berpikir positif. Ia memaklumi bila Honda lebih mementingkan masukan dari Marquez, yang merupakan rider nomor satu mereka. Meski begitu, ia yakin Honda juga tengah berusaha membantunya mencari solusi agar lebih menyatu dengan RCV.

"Tim kami selalu mendengarkan Marc soal pengembangan motor, karena ia adalah yang tercepat. Saya tahu saya harus beradaptasi, tapi saya juga yakin Honda merupakan pabrikan hebat yang ingin memuaskan kami berdua, tak di semua area, melainkan di suatu area," pungkas Lorenzo.

Peluang Marquez

Ketika Marquez berpeluang besar mengunci gelar dunianya yang kedelapan di MotoGP Buriram, Thailand, dua pekan mendatang, Lorenzo masih berada di peringkat 19 pada klasemen pembalap dengan koleksi 23 poin.

Sumber: GPOne

Disadur Bola.net (Anindhya Danartikanya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Keluhkan Masih Tingginya Harga Gas Industri

Posted: 24 Sep 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menyoroti ketersediaan gas bumi sebagai salah satu komponen terbesar dari proses industri, baik itu sebagai bahan baku maupun energi. Pasalnya harga gas bumi di Indonesia masih relatif mahal untuk menopang daya saing.

"Para pelaku usaha menanyakan kembali bagaimana kebijaksanaan dan keberpihakan pemerintah dalam menetapkan harga gas yang sampai saat ini belum ada kepastian. Padahal apabila pasokan gas dalam negeri berdaya saing maka sektor industri manufaktur diharapkan akan tumbuh 6 persen-7 persen," kata Johnny Darmawan sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia yang dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (25/9/2019)

Johnny mengatakan, gas sangat berperan dalam pengoperasian sektor industri karena biaya gas bumi memberikan kontribusi 20 hingga 30 persen.

Harapan dunia usaha pernah mencuat pasca terbitnya Perpres No 40./2016 tanggal 3 Mei 2016 tentang penetapan harga gas bumi. Namun setelah 3 tahun harga jual gas industri masih tetap tinggi.

Presiden mengatur agar harga gas bagi tujuh sektor industri, yakni industri pupuk, petrokimia, oleochemical, industri baja, industri keramik, industri kaca, dan industri sarung tangan karet ditetapkan menjadi USD 6 per MMBTU. Tetapi hal tersebut hanya diimplementasikan pada perusahaan BUMN.

"Perusahaan swasta di sektor industri petrokimia pengolah migas, keramik, kaca, baja, oleokimia, pulp & Kertas serta makanan dan minuman sampai saat ini belum mendapatkan penurunan harga gas," tutur Johnny.

Menurut Johnny, kondisi persaingan semakin ketat, sementara sektor industri telah terbebani dengan biaya investasi yang besar dan mahalnya harga gas menyebabkan biaya produksi industri di Indonesia lebih mahal dibandingkan luar negeri.

Johnny menjelaskan, sektor industri pengguna gas bumi merupakan penggerak perekonomian nasional dari devisa perolehan ekspor, pajak, dan penyerapan tenaga kerja langsung lebih dari 8,5 juta orang.

Terdapat dua kebijakan turunan yang mendukung Perpres No. 40/2016. Pertama, Permen ESDM No.58/2017 tentang Harga Jual Gas Bumi Melalui Pipa Pada Kegiatan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi. Kedua, PP No.48/2019 tentang Besaran dan Penggunaan Iuran Badan Usaha Dalam Kegiatan Usaha Penyediaan dan Pendistribusian Bahan Bakar Minyak dan Pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa.

"Dengan adanya dua dukungan kebijakan tersebut, harusnya harga gas industri sudah turun dan berdaya saing sebagaimana amanat Perpres No. 40/2016. Pelaksanaan kebijakan tersebut sangat ditunggu oleh para pelaku usaha, karena keberpihakan pemerintah akan menjadi dasar yang kuat dalam pembangunan industri di Indonesia," jelas Johnny.

 

Reporter: Chrismonica

Harga Gas RI Lebih Murah Dibandingkan Malaysia dan Thailand

Pekerja merawat jaringan pipa gas milik Perusahaan Gas Negara (PGN) di Jakarta, Rabu (21/9/2016). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, harga gas industri di Indonesia relatif stabil dan kompetitif dibanding dengan negara di kawasan Asia Tenggara. Hal ini dampak dari berbagai kebijakan yang dikeluarkan sejak terbitnya payung hukum berupa Peraturan Presiden Nomor 40 tahun 2016 tentang Penetapan Harga Gas Bumi dan produk hukum turunannya.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mencoba membuktikan, dengan membandingkan harga gas di tiga negara Asia Tenggara yang memiliki perkonomian kuat. Thailand mematok harga gas di hulu sebesar USD 5,5 per MMBTU dan Malaysia sebesar USD 4,5 per MMBTU. 

Sementara harga gas di Singapura jauh di atas USD 15 per MMBTU. Bahkan kalau dibandingkan dengan Tiongkok yang ekonominya kian menggeliat harga gas di hulu telah mencapai USD 8 per MMBTU.

"Kalau kita lihat lebih detail perbandingan dari titik referensi yang sama, harga hulu di Indonesia sebesar USD 5,3 per MMBTU, ini terbilang kompetitif," kata Agung, di kutip dari situas resmi Kementerian ESDM, di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Agung melanjutkan, jika dicermati lebih lanjut, harga gas Malaysia memang lebih rendah. Rendahnya harga gas di Malaysia ditopang dari struktur biaya pembentukan gas yang menerapkan Regulation Below Cost (RBC). 

"Sistem RBC menuntut adanya penerapan subsidi sehingga membuat harga gas di Malaysia lebih murah," jelas Agung.

Sementara di Thailand dan Tiongkok menjalankan model indeksasi ke harga minyak. Artinya, harga gas akan mengikuti pergerakan harga minyak (gas pipa). Jika harga minyak naik, maka harga gas akan naik. Begitu pula sebaliknya. 

"Skema ini mendorong tingginya tingkat fluktuasi sehingga menyebabkan ketidakstabilan harga gas," ungkap Agung.

Harga Gas di Indonesia

Ilustrasi tambang migas  (iStockPhoto)

Indonesia sendiri, lanjut Agung, menerapkan skema Regulation Cost of Services (RCS). Jadi, penetapan harga gas berdasarkan keekonomian di setiap mata rantai. Skema ini cocok diterapkan di Indonesia karena tidak mengikuti harga minyak dan tidak menimbulkan volatilitas. 

"Ini yang membuat harga gas di Indonesia cukup stabil," tegasnya.

Kestabilan harga gas terlihat pada catatan harga gas pipa domestik dari 2008 hingga April 2019. Pada 2008, gas pipa domestik sebesar USD 4.83 per MMBTU. Sementara, pada April 2019 sebesar USD 5,87 per MMBTU. Dalam kurun 11 tahun, gas pipa domestik hanya terkoreksi sebesar USD 1,04 per MMBTU. Kalau dibandingkan dengan pergerakan ICP dalam kurun waktu yang sama, fluktuasi ICP punya selisih USD 34,58 per barrel. 

Menurut Agung, pemerintah akan terus mendorong struktur biaya energi di Indonesia makin kompetitif, sehingga harga gas di level plant gate bisa lebih rendah dari rata-rata biaya sekarang, yaitu sebesar USD 9 per MMBTU. 

"Kami terus mencari formula baru untuk menekan harga gas sampai ke tingkat akhir pengguna," tandasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wiranto Pastikan Keadaan Kondusif Saat Pelantikan Presiden

Posted: 24 Sep 2019 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelantikan anggota DPR periode 2019-2024 akan dilakukan pada 1 Oktober 2019. Kemudian pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019.

Jelang pelantikan, kondisi nasional Indonesia kian menghangat. Mulai dari permasalahan kebakaran hutan dan lahan, kondisi keamanan di Papua, hingga polemik perundang-undangan.

Menko Polhukam Wiranto menyadari akan hal tersebut. Dia menegaskan, situasi pelantikan akan berjalan aman dan kondusif.

Namun, dia memberi sinyal ada pihak-pihak yang ingin mengacaukan situasi. Dia meminta jangan ada yang terpancing.

"Kalau ditanya aman apa tidak? Ya Insyaallah terjaga. Karena itu, proses yang sudah melalui jalan panjang. Rakyat sudah mengakui. Kita harus konsisten. Jangan mudah terpancing oleh pihak-pihak tertentu yang ingin mengacaukan," kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Selasa 24 September 2019. 

Dia menjelaskan, demokrasi Indonesia melalui kontestasi Pemilu 2019 sudah dijalankan dengan baik. Bahkan semua proses hukum sudah selesai diperkarakan melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

"Artinya, proses hukum tertinggi di Indonesia sudah memutuskan siapa pemenang dari proses Pemilu, Pilpres yang dimenangkan Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin. Kewajiban kita semua untuk menjaga proses ini sampai ujung, yakni pelantikan Presiden dan DPR," ungkap Wiranto.

Jangan Buat Kacau

Menko Polhukam Wiranto memberi keterangan usai rapat koordinasi tertutup di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Rapat membahas RUU KUHP, Papua dan Papua Barat, serta kebakaran hutan dan lahan (karhutla). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Karena itu, dia meminta jangan ada pihak-pihak mengacaukan proses pelantikan.

"Membuat onar, membangun opini-opini, mendelegitimasi pemerintah yang ujung-ujungnya, diduga mengacaukan proses pelantikan DPR dan Presiden," tutur Wiranto.

"Karena itu, saya mengimbau masyarakat jangan mudah terprovokasi, jangan mudah dipancing, jangan mudah dikompori untuk masuk pada kegiatan yang inkonstitusional. Kegiatan yang justru menodai demokrasi kita," pungkas Wiranto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tempat Wisata di Brebes yang Memesona, dari Alam hingga Peninggalan Sejarah

Posted: 24 Sep 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Brebes adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Tempat wisata di Brebes bisa jadi pilihan liburan di kawasan pantura. Brebes merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Barat. Brebes juga dikenal sebagai penghasil telur asin dan bawang merah. Tempat wisata ini dapat menjadi pilihan rekreasi saat akhir pekan atau bagi Anda yang sedang mudik melewati jalur pantai utara.

Wilayah Brebes sebagian besar berupa dataran rendah meski beberapa wilayah juga merupakan dataran tinggi. Di sebelah utara, Brebes berbatasan langsung dengan laut Jawa. Kondisi geografis Brebes yang beragam membuat tempat wisata di Brebes juga terdiri dari banyak pilihan.

Anda bisa mengunjungi beragam tempat wisata mulai dari pegunungan, pantai, hutan mangrove, hingga situs peninggalan sejarah. Tempat wisata di Brebes juga dapat dengan mudah diakses menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

Tempat wisata di Brebes tak pernah sepi pengunjung terutama saat masa liburan. Tak jarang tempat wisata di Brebes menjadi tujuan persinggahan bagi para pemudik yang melewati jalur pantura. Berikut 6 tempat wisata di Brebes yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/9/2019).

Agrowisata Kaligua

Ilustrasi kebun teh (sumber: iStockphoto)

Di bagian Selatan Brebes, Anda bisa menikmati keindahan dataran tinggi yang sejuk. Salah satu destinasi wisata alam di daerah ini adalah Agrowisata yang terletak Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Di sini pengunjung bisa menyaksikan hamparan perkebunan teh yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah.

Perkebunan teh Kaligua berada pada ketinggian 1.200 - 2.050 meter dari permukaan laut. Kondisi udara sangat dingin, berkisar 8-22 °C pada musim penghujan dan mencapai 4-12 °C pada musim kemarau. Tempat wisata di Brebes ini terletak di lereng barat Gunung Slamet.

Dari perkebunan teh ini wisatawan dapat menikmati keindahan salah satu puncak gunung Slamet, yaitu puncak Sakub. Jika cuaca bersabat, dari perkebunan ini juga akan terlihat pemandangan Gunung Ceremai, wilayah Tegal, serta Cilacap.

Pabrik Gula Jatibarang

Pabrik Gula Jatibarang (sumber: wikipedia)

Pabrik Gula Jatibaranga dalah pabrik gula peninggalan Belanda di Hindia Belanda yang dibangun tahun 1842. Kini Pabrik Gula Jatibarang dikelola oleh PTPN IX (Persero). Pabrik Gula Jatibarang merupakan pabrik gula terbesar yang ada di Brebes.

Kini sebagian wilayah Pabrik Gula Jatibarang dijadikan tempat wisata menarik. Salah satu bangunan terbesarnya yang bernama Besaran dijadikan museum untuk mengedukasi pengunjung. Di tempat wisata di Brebes ini juga terdapat wahana wisata Kereta tebu yang dulunya merupakan lokomotif dan lori pengangkut tebu.

Arsitektur khas Belanda di Pabrik Gula Jatibarang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tak jarang banyak orang berfoto dengan latar belakang bangunan.

Hutan Mangrove Pandansari

Jelajah hutan mangrove di Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi, menjadi primadona baru wisata di Kabupaten Brebes, Jateng. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

Hutan Mangrove Pandansari menjadi destinasi wisata baru di Brebes. Di sini pengunjung bisa menikmati kerimbunan hutan mangrove atau pepohonan bakau. Lokasi ini memang merupakan kawasan konservasi hutan mangrove yang kemudian dimanfaatkan sebagai destinasi wisata.

Hutan Mangrove Pandansari berada di Pandansari, Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Di sini wisatawan bisa berkeliling hutan mangrove menggunakan perahu sekitar 15 menit dari dermaga. Wisata Hutan Mangrove Pandansari ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Mangrove Pandansari. Tiket masuk menuju tempat ini juga cukup terjangkau yaitu antara Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu.

Ranto Canyon

Ranto Canyon. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

Ranto Canyon berlokasi di esa Winduasri, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Di kalangan warga Brebes, Ranto Canyon merupakan objek wisata eksotis nan ekstrem. Wisata ini menawarkan sejuknya hawa pegunungan dan pemandangan indah di antara tebing-tebing terjal.

Tempat wisata di Brebes ini memiliki trek sepanjang 769 meter. Di tengah perjalanan, wisatawan akan menemui air terjun yang jatuh dari dari ketinggian 20 meter. Trek di Ranto Canyon cukup ekstrem sehingga perlu berhati-hati saat melewatinya. Wisatawan yang ingin mencoba track Ranto Canyon cukup pemandu Rp 30 ribu per orang lengkap dengan fasilitas sewa helm dan pelampung gratis.

Pantai Randusanga

Pengunjung bermain air di Pantai Randusanga Indah, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (2/7). Pantai Randusanga Indah ini juga menjadi tujuan wisata warga sekitar Brebes untuk mengisi waktu liburan lebaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pantai Randusanga terletak di Randusanga Kulon sekitar 7 KM ke arah utara dari jalan raya Pantura kota Brebes. Di sepanjang jalan menuju pantai Randusanga akan banyak ditemui perkebunan bawang merah dan tambak - tambak yang digunakan untuk budidaya bandeng dan rumput laut.

Pantai Randusanga kini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Brebes dan menjadi destinasi andalan di Brebes. Fasilitas yang disediakan di pantai ini juga tergolong lengkap dengan permainan anak, pemandian, panggung gembira, arena balap motor (grass track), camping ground, kafe, rumah makan, dan pusat oleh-oleh.

Waduk Malahayu

Waduk Malahayu (Foto: Istimewa/Fajar Eko Nugroho)

Waduk Malahayu merupakan waduk peninggalan masa Kolonial Belanda. Fungsi utama waduk ini adalah sebagai saluran irigasi pertanian daerah setempat. Selain digunakan sebagai sarana air irigasi pertanian, Waduk Malahayu juga menjadi tempat rekreasi yang banyak dikunjungi wisatawan.

Di tempat wisata di Brebes ini pengunjung bisa menyaksikan panorama alam pegunungan dan perbukitan yang indah, dikelilingi hutan jati yang luas. Hutan jati ini juga dijadikan sebagai bumi perkemahan. Pengunjung juga bisa berkeliling waduk dengan perahu yang tersedia.

Waduk Malahayu juga mempunyai cerita rakyat yang berkembang hingga kini. Bagi pasangan pengantin baru yang berkunjung harus membasuh muka dengan air waduk, karena dipercaya akan langgeng dalam mengarungi maghligai rumah tangga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zendaya Ubah Warna Rambut 4 Kali dalam Tiga Bulan

Posted: 24 Sep 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah tampilan warna rambutnya berubah-ubah, di atas karpet merah Emmy Awards 2019, Zendaya tampil mengejutkan dengan warna rambut merahnya.

Seakan-akan bernostalgia, bintang film series Euphoria ini kembali mengubah rambutnya berwarna merah persis seperti pada Juli 2019. Saat itu, rambutnya dicat untuk pemotretan film debutnya, Spider-Man: Far From home.

Zendaya sudah beberapa kali mengubah warna rambutnya dalam beberapa bulan ini. Sejak Juli, ia mewarnai rambutnya menjadi merah terang, kemudian berganti pirang, cokelat keemasan, sebelum kembali memerahkan warna rambutnya untuk acara terbesar di sembilan televisi di Amerika.

Warna asli rambut aktris berusia 23 tahun itu sebenarnya cokelat. Warna itu pula yang ditampilkannya saat menghadiri gelaran New York Fashion Week 2019 beberapa minggu lalu.

Perubahan warna rambut yang relatif singkat itu membuatnya dijuluki bunglon. Meski demikian, warna yang dipilihnya tak pernah gagal, selalu menyatu dengan warna kulitnya yang kecokelatan.

Salah Kira

Zendaya (dok Instagram @zendaya/https://www.instagram.com/p/B2X9W7HAXey/Ossid Duha Jusas Salma)

Perubahan warna rambut kembali ke merah mengundang respons dari para fans. Mereka heboh menanyakan apakah rambut itu akan permanen atau hanya sementara saja.

Rambut merahnya ini membuat para fansnya mengira kalau ia akan menjadi peran Ariel di film The Little Mermaid yang akan dibuat dalam versi live action oleh Disney yang diadaptasi dari film kartun 'The Little Mermaid'. Padahal, peran itu sudah jatuh ke tangan aktris Halle Bailey.

Namun dengan cepat ia mengonfirmasi dan membalas tweet fansnya dengan mengatakan, "Aku mewarnainya, semi permanen."

Ia mengaku warna rambutnya itu akan memudar jika dicuci hanya menggunakan tangan saja. Ia ingin mengistirahatkan rambut cokelatnya sebentar. Kita lihat saja seberapa lama Zendaya mempertahankan warna tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Siswa Bersihkan Sampah Sisa Demo Mahasiswa di DPR

Posted: 24 Sep 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Akibat demo mahasiswa yang berakhir rusuh kemarin. Siswa dan guru SMAN 24 bergotong royong membersihkan sampah di lingkungan sekolah. Sekolah terdampak langsung larena letaknya disebelah gedung MPR/DPR

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembalinya Kukang Muka Geni ke Hutan Talaga Bodas Garut

Posted: 24 Sep 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Untuk pertama kali sejak berhasil direhabilitasi, seekor kukang Jawa bermuka geni atau wajah api, kembali dilepasliarkan PT Pertamina (Persero) di kawasan Hutan Telaga Bodas, Garut, Jawa Barat, Senin malam, 23 September 2019.

Salah satu hewan endemik Jawa Barat itu, langsung memanjat dan bergelayut di pohon untuk menemukan kembali rumah barunya, saat pertama kali keluar dari kandang buatan yang dibawa petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Garut, Jawa Barat.

PT Pertamina (Persero) Terminal BBM Bandung Group menggandeng Yayasan Muka Geni dan BKSDA, untuk melestarikan salah satu hewan mungil dan lucu yang dilindungi tersebut.

"Langkah ini menjadi salah satu upaya melestarikan satwa yang nyaris punah," ujar Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina Marketing Operation Region III, Dewi Sri Utami, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/9/2019).

Menurutnya, kegiatan pelepasliaran kukang Jawa merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan, sebagai upaya mendukung pelestarian keragaman hayati. "Kukang Jawa ini merupakan satwa endemik di Jawa Barat," kata dia.

Seperti diketahui, Kukang Jawa atau Nyticebus javanicus merupakan satu satwa endemik yang dilindungi pemerintah, melalui Undang-undang No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam beserta ekosistemnya.

Bahkan, badan konservasi dunia International Union Conservation Nation (IUCN) memasukkan primata beracun itu dalam kategori kritis atau terancam punah. Sedangkan, Convention On International Trade In Endagered Species of Wild Fauna and Flora (CITES), memasukkan kukang dalam kategori apendix I, atau dilarang dalam segala bentuk perdagangan internasional.

Saat ini, keberadaannya terancam punah akibat perburuan dan diperjualbelikan di pasar gelap sebagai hewan peliharaan atau untuk pengobatan. 

Secara fisik Kukang Jawa memiliki bentuk wajah khas, mata kuning bercahaya, dengan dahi dihiasi pola berlian keputihan membentuk garis bercabang tiga. Satu garis ke arah hidung, dan dua garis di antara mata serta telinga. 

Kondisi Kukang Tanpa Gigi Lengkap

Nampak seekor Kukang Jawa langsung memanjat dan bergelayut di pohon setelah dilepasliarkan di hutan alam Talaga Bodas, Garut, Jawa Barat (Liputan6.com/Jayadi Supriyadin)

Kepala Seksi V BKSDA Garut, Purwontono, menambahkan lembaganya mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut dia, kegiatan itu cukup positif sebagai ikhtiar mempertahankan kukang Jawa di alam liar.

"Tentunya kami berharap kerja sama tidak hanya sampai di sini, sehingga terus berkesinambungan," kata dia.

Hal senada disampaikan Dendy, anggota Yayasan Muka Geni. Menurut dia, kegiatan pelepasliaran tidak hanya terhenti saat kukang dilepasliarkan, tetapi berlanjut hingga pemantauan selama beberapa bulan, untuk memastikan kondisi kukang agar bisa bertahan di hutan.

"Kukang yang dilepasliarkan adalah kukang yang masih lengkap memiliki gigi," kata dia.

Sebagian besar kukang direhabilitasi dalam keadaan gigi tidak utuh, setelah dilakukan pemotongan paksa oleh warga, sehingga dibutuhkan perawatan khusus. "Agar kondisinya kembali pulih," kata dia.

Kebiasaan pemotongan gigi kukang, ujar dia, sengaja dilakukan warga untuk menghindari ancaman gigitan yang membahayakan dan air liur yang beracun.

"Makanya meski dilepas mereka tidak memiliki pertahanan hidup di alam, sehingga kami pelihara di sekitar hutan sebagai bahan studi pengenalan bagi masyarakat," kata dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Ikut Aksi Demo, Mahasiswi Ini Review Ketahanan Makeup yang Dipakai

Posted: 24 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan mahasiswa melakukan aksi demonstrasi pada Selasa (24/9/2019). Hal ini dilakukan atas penolakan Revisi UU KUHP dan UU KPK yang dinilai kontroversial. Tidak hanya di Jakarta, aksi ini juga dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa di beberapa daerah di Indonesia seperti Bandung, Purwokerto, Jogja, Malang hingga Makassar.

Banyak foto dan juga video tentang aksi mahasiswa tersebut yang beredar di media sosial terlebih Twitter. Tidak hanya itu, banyak pula mahasiswa yang membagikan pengalaman mereka saat turun ke jalan.

Namun ada satu mahasiswa yang nampaknya cukup menarik perhatian publik usai ikut aksi demo tersebut. Melalui Twitter, pemilik akun @badgaldidi tersebut justru me-review ketahanan makeup yang dia kenakan saat menjalankan aksi demonstrasi.

Dalam sebuah utas yang dibuatnya tersebut, mahasiswi bernama Didi ini menyebutkan beberapa merek makeup yang dia kenakan dan menjelaskan ketahanannya satu per satu.

Review makeup

Ilustrasi kosmetik/produk makeup. (Foto: Shutterstock.com/Africa Studio)

Dirinya memulai utas tersebut dengan me-review ketahanan foundation yang dikenakanannya. Dia bahkan merekomendasikan merek tersebut lantaran dikatakan masih bagus dikenakanan meski terkena panas dalam waktu cukup lama.

"Maybelline superstar foundation sebagus itu gengs. Demo dari pagi sampe sore, base makeup masih flawless, full coverage dan ga berat. Minyakan dikit sih tapi wajar karena panas. Very recommended buat demo," tulisnya.

Selain foundation, dirinya juga menjabarkan ketahanan produk makeup lain mulai dari eyeliner, pensil alis, blush on, highlighter, mascara hingga lipstik.

"Tadi lipstik pake Emina lip cream shade pumpkin spice. Sengaja pake warna nude biar terlihat pucat pasi agar dpr nya merasa iba... Huft ini lipstik bikin bibir kering kerontang ngelopek2 padahal dah pake lipbalm. Cocok untuk cosplay orang sakit, sayang dpr nya ga peduli. Wkwk," tambahnya.

 

Merekomendasikan beberapa produk makeup

Viral

foto: twitter/@badgaldidi

Utas yang dibuatnya tersebut lantas berhasil mencuri perhatian warga Twitter lainnya. Review-nya tersebut bahkan telah disukai oleh lebih dari 26 ribu pengguna Twitter lainnya. Tentu saja banyak pula yang memberikan komentarnya.

"Demo boleh panas2an tapi flawless teteup," komentar akun @indaahmegawati.

"Get ready with me: demo edition," tulis @thefunkiestfit.

"Iya kan ga lucu mba pas demo teriak: WOY GUA TOUCH UP DULU BENTAR," timpal @Cikeleta2.

Sementara akun @paringgae menulis, "Awas aja kalo nanti ada beauty blogger yg bikin tutorial make up untuk demo dpr."

"bukan lagi waterproof atau kissproof, ini DEMOPROOF yhaaa," tambah @avocadeh.

Saksikan video pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 8 Pasangan Bukan Suami Istri Terjaring Razia Gabungan di Tuban

Posted: 24 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Petugas gabungan Satpol PP, TNI, Polri serta BNN Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menggelar razia ke sejumlah hotel kelas melati yang ditengarai sering menjadi lokasi mesum.

Dari 10 hotel yang menjadi target operasi, petugas berhasil menjaring delapan pasangan bukan suami istri yang ditemukan di kamar hotel, saat operasi gabungan.

Delapan pasangan tersebut tidak dapat menunjukkan identitas resmi, mereka ditemukan petugas tengah asyik berduaan di kamar hotel, dan langsung digelandang petugas ke truk Satpol PP. Selain pasangan bukan suami istri, petugas menemukan satu penghuni hotel yang positif mengkonsumsi narkoba, dari hasil tes urine yang dilakukan petugas BNNK.

Pelaku langsung dikirim ke kantor BNNK Tuban, untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan, operasi gabungan ini, sengaja digelar untuk mencegah dan memberantas penyakit masyarakat untuk menciptakan lingkungan aman dan kondusif.

"Kegiatan razia gabungan dari unsur TNI, Polri, Satpol PP dan BNNK dengan sasaran tempat-tempat penginapan, hotel dan kos-kosan. Kemudian kita dapati delapan pasang dari beberapa tempat penginapan atau hotel, kita amankan dan dibawa ka kantor Pol PP untuk diadakan pemeriksaan lebih lanjut, dan dari delapan pasang ini ada beberapa yang mengaku sudah menikah siri, namun akan kita buktikan," kata Joko Herlambang, Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Tuban.

Selanjutnya, delapan pasangan bukan suami istri itu akan diperiksan lebih lanjut. Jika terbukti salah satunya pekerja seks komersial, akan dilakukan pembinaan, tetapi apabila tidak terbukti, maka orang tua atau keluarga mereka akan dipanggil untuk menjamin perbuatan serupa tidak terulang kembali, demikian diberitakan pada Fokus, Selasa, 24 September 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tebus Obat di Apotek, Pasien Berhak Bertemu Apoteker

Posted: 24 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekretaris Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Dra R Dettie Yuliati M.Si Apt mengatakan bahwa pasien yang akan menebus obat di apotek punya hak bertemu apotekernya.

Selama ini, apoteker selalu berada di sebuah ruangan untuk meracik obat. Sementara yang menerima resep dari pasien adalah tenaga teknis kefarmasian. Jika pun pasien ingin bertemu dengan apoteker, tidak ada yang melarang.

"Misalnya kita sudah diberi resep, resep ini mau kita tebus di apotek, jangan lupa tanyakan 'saya ingin bertemu apotekernya'. Boleh, enggak ada larangannya," kata Dettie dalam diskusi media Optimalisasi Peran Apoteker untuk Menjamin Pengobatan Rasional dan Cost-Effective di Cikini, Jakarta Pusat pada Selasa, 24 September 2019.

Keberadaan apoteker di apotek, lanjut Dettie, agar pasien bisa berkonsultasi menanyakan obat yang akan dimakannya. Itu penting sekali.

 

Gunanya Apoteker Saat Pasien Akan Menembus Obat

Ilustrasi Foto Obat, Obat Generik, Obat PCC (iStockphoto)

Sebab, minimal pasien mendapatkan informasi tentang obat tersebut sebanyak dua kali. Pertama, ketika pasien datang ke dokter. Saat bertemu dengan dokter, pasien pun boleh bertanya mendalam mengenai diagnosis penyakitnya dan obat yang harus dibeli.

Setelah mendapatkan resep, Dettie mengatakan bahwa tak jarang pasien lupa sama resep yang telah dituliskan dokter. Ditambah pula dengan tulisan yang sulit dibaca dan dipahami.

"Kita bisa tanyakan ke apotekernya. Setelah obat diterima oleh tenaga teknis kefarmasian, bilang, 'Saya bisa enggak ketemu dengan apotekernya karena saya ingin lebih jelas lagi mengenai obat yang akan saya konsumsi," ujarnya.

Menurut Dettie, itu adalah kewajiban pasien. Pasien berhak untuk bertemu dengan apoteker.

Karena sekarang apoteker dituntut untuk ada di pra-sarana pelayanan kesehatan guna melayani masyarakat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Smart TV Anyar Xiaomi Dukung Resolusi 8K, Berapa Harganya?

Posted: 24 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi baru saja mengumumkan berbagai perangkat terbarunya di acara yang digelar pada Selasa (24/9/2019) kemarin.

Selain mengumumkan Mi 9 Pro 5G dan Mi Mix Alpha, Xiaomi juga secara resmi mengumumkan seri smart TV terbaru yang diberi nama Mi TV Pro.

Adapun Mi TV Pro bakal dijual dalam tiga varian berdasarkan ukuran layarnya, seperti 43 inci, 55 inci, dan 65 inci.

Tidak seperti seri Mi TV sebelumnya, Xiaomi memasukkan smart TV teranyarnya ini ke dalam kategori perangkat kelas atas atau premium.

Selain bodi berbahan aluminium, serat karbon, dan besi, Mi TV Pro hadir dengan panel layar yang sudah mendukung resolusi 8K.

Dikutip dari laman Gizchina, Rabu (25/9/2019), Mi TV Pro hadir dengan prosesor Amlogic T972 quad-core A55, dikombinasikan dengan RAM 2GB, dan memori internal sebesar 32GB.

Xiaomi bakal menjual Mi TV Pro ini mulai dari Rp 3 jutaan (43 inci), Rp 4,8 jutaan (55 inci), dan Rp 6,7 jutaan (65 inci).

Pre-order Mi TV Pro saat ini baru tersedia untuk pasar Tiongkok, dengan penjualan pada 27 September 2019.

Xiaomi Ungkap Mi 9 Pro 5G

Sesuai janji, Xiaomi juga telah mengumumkan kehadiran smartphone 5G kedua mereka, yakni Mi 9 Pro 5G. Berbagai bocoran informasi dan prediksi tentang smartphone terbaru Xiaomi ini ternyata benar.

Namun, ada informasi tentang perangkat teranyar milik perusahaan yang belum diketahui, yakni harganya.

Pada peluncurannya kemarin, perusahaan asal Tiongkok tersebut mengonfirmasi Mi 9 Pro 5G bakal menjadi smartphone 5G termurah di pasaran saat ini.

Xiaomi Mi 9 Pro 5G mengandalkan prosesor Snapdragon 855+ dengan varian RAM 8GB dan 12GB, dan layar OLED berukuran 6,4 inci mendukung resolusi 1080p. Demikian yang dikutip dari laman Gizchina, Rabu (25/9/2019).

Dengan kemampuan hardware kelas atas, kira-kira berapa harga Mi 9 Pro 5G ini dijual di pasaran nanti?

Mi 9 Pro 5G akan dijual seharga Rp 7,3 jutaan, Rp 7,5 jutaan, Rp 8,1 jutaan, atau Rp 8,5 jutaan untuk varian RAM 8GB dan memori 128GB, 8GB dan 256GB, 12GB dan 256GB, atau 12GB dan 512GB.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: