Selasa, 10 September 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jokowi Minta Masukan Pakar dan Menteri soal Revisi UU KPK

Posted: 10 Sep 2019 10:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku telah meminta masukan dan pendapat dari para pakar serta menteri terkait mengenai revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi atau Undang-Undang KPK.

Menurut dia, masukan dari para pakar tersebut sangat penting agar dirinya memiliki gambaran saat melihat Daftar Inventaris Masalah (DIM).

"Sudah mulai sejak hari Senin, sudah kita maraton minta pendapat para pakar, kementerian, semuanya secara detail, sehingga begitu DIM nanti kita lihat, saya sudah punya gambaran," jelas Jokowi di Ji-Expo Kemayoran Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa dirinya baru menerima DIM revisi UU KPK dari Menkumham pada Rabu pagi. Jokowi akan mempelajarinya sebelum mengirimkan surat presiden (surpres) ke DPR.

"Saya pelajari hari ini. Pelajari dulu. Secepat-cepatnya. Kita ini baru melihat DIM-nya dulu. Nanti kalau surpres kita kirim, besok saya sampaikan. Nanti materi-materi apa yang perlu direvisi," kata Jokowi.

Sebelumnya, semua Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyepakati revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU KPK) sebagai usulan DPR.

Materi muatan revisi UU KPK tersebut meliputi perubahan status kepegawaian para pegawai KPK menjadi ASN, kewenangan penyadapan, pembentukan Dewan Pengawas, KPK tunduk pada Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana, peralihan pelaporan LHKPN, serta kewenangan KPK untuk menghentikan perkara.

KPK Percaya Jokowi

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, RUU KPK berpotensi melemahkan lembaga yang kini dia pimpin dalam memberantas tindak pidana korupsi.

Agus menyadari RUU KPK inisiatif DPR tersebut tidak akan menjadi UU jika Jokowi menolak. Karena UU dibentuk berdasarkan persetujuan DPR dan presiden.

"KPK percaya Presiden akan tetap konsisten dengan pernyataan yang pernah disampaikan bahwa Presiden tidak akan melemahkan KPK," kata Agus dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis 5 Agustus 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Brexit Tanpa Perjanjian, Ratu Elizabeth II Setujui RUU No-Deal

Posted: 10 Sep 2019 10:21 PM PDT

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II pada Senin, 9 September 2019 memberikan persetujuannya bagi sebuah RUU yang akan mencegah Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, menarik Inggris keluar dari Uni Eropa (Brexit) tanpa perjanjian apapun pada 31 Oktober mendatang.

Keputusan Ratu dibuat setelah parlemen Inggris pada minggu lalu menolak usaha Johnson untuk mengeluarkan Inggris dari Uni Eropa dengan atau tanpa perjanjian dengan kelompok itu. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Selasa, 10 September 2019.

Apabila anggota parlemen menolak usulnya untuk mengadakan pemilihan dini, Johnson mengatakan, kegiatan parlemen akan ditangguhkan selama lima minggu, sampai Ratu Elizabeth II memberikan pidato tahunannya tentang rencana legislatif pemerintah untuk tahun depan.

Parlemen Inggris, pada Selasa kemarin, secara resmi telah ditangguhkan (prorogued) selama lima pekan hingga 14 Oktober 2019.

Pembekuan sementara merupakan keputusan dari Boris Johnson pada awal September ini, di mana ia bertujuan ingin mempercepat Brexit (keluarnya Inggris dari Uni Eropa) yang memiliki tenggat waktu pada 31 Oktober 2019.

Penangguhan parlemen dilakukan untuk memangkas kerja parlemen dalam menegosiasikan Brexit, nilai sejumlah politikus oposisi, seperti dikutip dari BBC.

Namun, Johnson mengatakan bahwa kabinetnya akan menggunakan waktu pembekuan Parlemen untuk tetap melanjutkan negosiasi kesepakatan dengan Uni Eropa (UE). Di sisi lain, ia juga "bersiap seandainya kita pergi (keluar dari UE) tanpa satupun (kesepakatan)."

Kelompok oposisi di parlemen telah berupaya membalikkan keadaan. Pada 3 September, parlemen mengadakan voting untuk membahas RUU pengunduran tenggat waktu Brexit serta RUU no-deal Brexit (atau Brexit tanpa kesepakatan apapun dengan Uni Eropa, di mana Inggris keluar dengan 'tangan hampa').

Namun, Johnson --yang berambisi menyegerakan Brexit, termasuk jika itu terjadid tanpa kesepakatan-- juga telah menyiapkan langkah perlawanan.

Ia mengumumkan pemilihan umum sela untuk parlemen lebih awal --yang merupakan hak prerogatif PM-- pada Oktober. Harapannya, pemilu sela mampu mengubah komposisi jumlah legislator di parlemen agar semakin banyak dari mereka yang mendukung no-deal Brexit.

Nahas, kelompok oposisi kembali mengadakan voting di parlemen dengan hasil mayoritas menolak (mosi) pelaksanaan pemilu sela pada awal pekan ini. Secara keseluruhan, 293 anggota parlemen memberikan suara untuk menolak pemilu sela.

Kekisruhan telah memicu PM Johnson mengadakan rapat darurat kabinet dalam waktu dekat.

Situasi Brexit Saat Ini

Warga mengambil gambar mural seorang pria yang tengah menghancurkan salah satu dari 12 bintang kuning bendera Uni Eropa di dinding kawasan Dover, Inggris, Senin (8/5). Mural karya seniman jalanan Banksy itu berjudul 'Brexit'. (DANIEL LEAL-OLIVAS/AFP)

Saat ini, UU yang telah disetujui parlemen sebelumnya menyatakan bahwa negara itu akan meninggalkan Uni Eropa pada tanggal 31 Oktober 2019, terlepas dari apakah akan dicapai kesepakatan atau tanpa kesepakatan dengan organisasi multilateral itu.

'Tanpa kesepakatan' atau no-deal Brexit adalah skenario ketika Inggris keluar dari Uni Eropa tanpa meneken bentuk kerja sama adaptif apapun dengan negara anggota UE.

Kondisi itu akan membuat London harus bernegosiasi 'dari nol', termasuk persoalan ekonomi dan perdagangan (menggunakan standarisasi World Trade Organization atau WTO), dengan negara-negara tetanga di Eropa daratan.

Tetapi undang-undang baru, yang diberikan persetujuan kerajaan pada hari Senin, mengubah itu, dan akan memaksa perdana menteri untuk mencari penundaan hingga 31 Januari 2020.

PM Johnson mengatakan bahwa kabinetnya akan menggunakan waktu pembekuan Parlemen untuk tetap melanjutkan negosiasi kesepakatan dengan UE.

"Tidak peduli berapa banyak perangkat yang diciptakan Parlemen ini untuk mengikat tangan saya, saya akan berusaha untuk mendapatkan kesepakatan untuk kepentingan nasional," katanya.

"Pemerintah ini tidak akan menunda Brexit lebih jauh."

Tetapi dia diperingatkan bahwa mengabaikan undang-undang yang baru dapat menimbulkan tantangan hukum (termasuk membuka diskusi mosi tidak percaya untuk melengserkan PM), sementara beberapa menteri menyebutnya "buruk" dan mengatakan mereka akan "menguji sampai batas" apa yang dituntut dari mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Miniseri SCTV Gadis Pemimpi Episode Rabu, 11 September 2019

Posted: 10 Sep 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gadis Pemimpi masih berlanjut. Rabu sore ini bercerita tentang hubungan Ale dan Cahaya makin mesra. Cahaya  semakin bahagia karena perekonomian keluarganya makin membaik berkat usaha minimarket Ale. Cintia lega, karena Dimas aman dari Cahaya. Padahal diam-diam Dimas belum menyerah, saat ini Dimas sedang mengumpulkan nyali untuk merebut Cahaya dari Ale.

Dimas selalu jeli mengamati hubungan Cahaya dan Ale. Kalau ada celah sedikit, Dimas langsung masuk. Misalnya hari ini, Ale sudah mau berangkat temani Cahaya kasih kejutan ultahnya Pak Abadi. Tapi tiba-tiba teman genk motor Ale datang, mereka ngabarin ada teman mereka yang dikeroyok genk musuh. Ale langsung ikut mereka menyerbu markas musuh untuk balas dendam. Gadis Pemimpi masih berlanjut...

Dimas langsung gercep menemui Cahaya, ikut memberikan kejutan dan merayakan ultah Pak Abadi. Cahaya yang kecewa sama sikap Ale, agak terhibur dengan kehadiran Dimas. Apalagi Dimas pandai mengambil hati Pak Abadi, Jalu dan Intan. Bahkan Dimas mentraktir mereka di restoran mahal.

Disitu Pak Abadi bilang ke Cahaya, kalau Dimas-lah yang menebus sertifikat toko waktu itu. Cahaya kaget dan jadi merasa tak enak pada Dimas. Tapi Dimas bilang, nggak usah dipermasalahkan lagi. Dimas mau kembalikan sertifikat toko itu, tapi Cahaya nolak, biar bagaimana pun dia akan tebus sertfikat itu dengan mencicil.

Makin seru Gadis Pemimpi....

Bu Dewi

Miniseri SCTV Gadis Pemimpi, episode perdana tayang Senin (2/9/2019) pukul 15.25 WIB (Dok Starvision)

Rupanya Cintia tahu Dimas masih usaha sama Cahaya. Cintia lalu ngadu ke Bu Dewi, kalau Ale membelikan ruko dan modalin Cahaya buka minimarket. Bu Dewi langsung panas, dan tanya soal ini ke Dimas. Dan, Dimas mengaku dia-lah yang diminta Ale untuk belikan ruko. Dimas bilang, semua pakai dana kantor, sertifikatnya pun atas nama kantor, belum sempat dibalik nama.

Hari itu juga Bu Dewi menyuruh orangnya untuk menutup paksa minimarket Cahaya. Pak Abadi kaget, bingung dan panik saat orang-orang suruhan Bu Dewi menutup paksa minimarketnya, apalagi saat itu sedang ramai pembeli. Pak Abadi menelepon Cahaya yang sedang di kantor. Cahaya panik dikabari begitu.

Tiba-tiba Bu Dewi datang, langsung menunding Cahaya memanfaatkan Ale untuk membobol uang perusahaan. Cahaya nggak paham apa maksud Bu Dewi. Lalu, Bu Dewi memperlihatkan sertifikat ruko minimarket yang masih atas nama perusahaan. Bu Dewi akan sita ruko itu karena berarti aset perusahaan. Cahaya syok...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Cantik Bunda Sarita, Ibu Shafa Harris yang Didekati Vicky Prasetyo

Posted: 10 Sep 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembawa acara kondang, Vicky Prasetyo, baru-baru ini dikabarkan kembali dekat dengan wanita. Mantan suami Angel Lelga ini diketahui memang sedang single. Dikenal sebagai pembawa acara dan pelawak, Vicky Prasetyo sering dianggap sosok yang mudah bergaul.

Duda kelahiran 18 April 1984 ini dikabarkan tengah mendekati seorang wanita cantik. Wanita tersebut adalah Sarita Abdul Mukti. Lewat sebuah acara yang tayang di stasiun televisi swasta, Vicky Prasetyo bahkan dipertemukan dengan Bunda Sarita, sapaan akrab ibunda dari Shafa Harris tersebut. 

Kabarnya, janda Faisal Harris tersebut kini tengah menjadi incaran Vicky Prasetyo. Hal ini lantaran Vicky yang dikabarkan terus mengirim pesan singkat kepada Bunda Sarita melalui pesan media sosial Instagram. Kabar tersebut pun diakui oleh Bunda Sarita. Wanita yang sudah memiliki 4 anak itu mengatakan bahwa benar ia menerima DM dari Vicky Prasetyo namun tak dibalasnya. 

Bunda Sarita adalah sosok janda kaya. Ia juga dikenal sebagai wanita sosialita dan memiliki bisnis. Berikut ini 6 potret cantiknya Bunda Sarita yang kerap berpenampilan mewah dilansir dari Instagram @queen_saritaabdulmukti oleh Liputan6.com, Rabu (11/9/2019). 

 

 

1. Bunda Sarita adalah sosok wanita sosialita yang dan punya usaha bisnis.

Kabar Vicky Prasetyo dekati Bunda Sarita yang merupakan ibunda dari Shafa Harris. (Sumber: Instagram/@queen_saritaabdulmukti)

2. Ia bercerai dengan Faisal Haris pada akhir tahun 2018 yang kabarnya karena ada kehadiran orang ketiga yaitu Jennifer Dunn.

Kabar Vicky Prasetyo dekati Bunda Sarita yang merupakan ibunda dari Shafa Harris. (Sumber: Instagram/@queen_saritaabdulmukti)

3. Menjadi janda bukan berarti kehidupan Bunda Sarita menjadi terpuruk, ia tetap tampil glamor.

Kabar Vicky Prasetyo dekati Bunda Sarita yang merupakan ibunda dari Shafa Harris. (Sumber: Instagram/@queen_saritaabdulmukti)

4. Wanita yang sudah memiliki 4 anak ini sering memamerkan koleksi tas mewah serta outfitnya.

Kabar Vicky Prasetyo dekati Bunda Sarita yang merupakan ibunda dari Shafa Harris. (Sumber: Instagram/@queen_saritaabdulmukti)

5. Ia dan anaknya tinggal di rumah super mewah dengan gaya vintage serta mobil mewah.

Kabar Vicky Prasetyo dekati Bunda Sarita yang merupakan ibunda dari Shafa Harris. (Sumber: Instagram/@queen_saritaabdulmukti)

6. Selain itu, Bunda Sarita juga sering mengajak anak-anaknya liburan ke luar negeri.

Kabar Vicky Prasetyo dekati Bunda Sarita yang merupakan ibunda dari Shafa Harris. (Sumber: Instagram/@queen_saritaabdulmukti)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecerobohan Ederson Buat Timnas Brasil Takluk dari Peru

Posted: 10 Sep 2019 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Timnas Brasil menyerah 0-1 dari Peru dalam laga persahabatan di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Rabu (11/8/2019). Sebuah gol Peru dalam pertandingan di stadion Memorial Coliseum itu dicetak Luis Abram di menit 85.

Kekalahan ini bagi timnas Brasil membuat catatan impresif tak terkalahkan di 17 laga putus. Timnas Brasil terakhir kali kalah pada perempat final Piala Dunia 2018 melawan Belgia.

Timnas Brasil sedikit tertekan di babak pertama. Di luar dugaan, Peru bermain terbuka dan memaksa Brasil bertahan.

Peluang pertama Peru datang di menit ke-14. Zambrano mencoba meneruskan umpan tendangan bebas namun hanya berbuah tendangan sudut.

Di menit ke-20, giliran Brasil yang mengancam gawang Peru. Bekerjasama dengan Roberto Firmino, David Neres nyaris mencetak gol usai mengecoh kiper Peru, Gallese.

Saat hampir melewati garis gawang, tekel Advincula menghalau bola keluar. Skor pun tetap 0-0 untuk kedua tim.

Skor ternyata bertahan hingga turun minum setelah timnas Brasil dan Peru tak mampu memaksimalkan sejumlah peluang yang didapat.

Babak Kedua

Timnas Brasil saat meladeni Peru di California, Amerika Serikat dalam laga persahabatan (AFP/Mark Ralston)

Pertandingan babak kedua tak berubah banyak dibanding babak pertama. Demi menambah serangan, Neymar dimasukkan oleh pelatih timnas Brasil, Tite.

Selain Neymar, Tite juga memasukkan gelandang muda Real Madrid, Vinicius Junior. Masuknya kedua pemain ini menambah kreativitas serangan Selecao -julukan timnas Brasil.

Aksi Neymar dan Vinicius sempat merepotkan lini belakang Peru di menit 75. Neymar melakukan aksi invididu usai menerima operan Vinicius.

Bintang PSG itu pun harus dijatuhkan bek Peru di kotak terlarang. Meskipun demikian, wasit tidak menghadiahkan penalti lantaran menganggap bukan pelanggaran.

Petaka bagi Brasil datang di menit 85. Kiper Brasil, Ederson gagal menangkap bola tendangan bebas pemain Peru. Bola lebih dulu disambar Luis Abram yang langsung mengarahkannya ke gawang lewat sundulan.

Kebobolan satu gol, timnas Brasil berusaha keras mengejar ketinggalan. Sayang, tambahan waktu tiga menit tak mampu dimaksimalkan Neymar dan kawan-kawan untuk memaksakan hasil imbang.

Susunan Pemain

Susunan Pemain

Brasil: Ederson, Fagner, Alex Sandro, Marquinhos, Eder Militao, Coutinho, Allan, Casemiro, Firmino, Richarlison, David Neres.

Peru: Gallese, Zambrano, Advincula, Trauco, Abram, Yotun, Tapia, Aquino, Flores, Costa, Ruidiaz.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berpotensi Mengancam Kebebasan Pers, IJTI Tolak RKUHP

Posted: 10 Sep 2019 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) sedang membahas Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP). Diketahui, penetapan RKUHP ini akan dilakukan pada akhir September 2019.

Merespons atas penetapan RKUHP yang akan dilakukan DPR RI, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) pun menolak.

Menurut Ketua Umum IJTI Yadi Hendriana, ada sejumlah pasal dalam RKUHP](4038034 "") dinilai mengacam kebebasan pers di Tanah Air.

Pasal-pasal tersebut di antaranya yang mengatur tentang pemidanaan terhadap pelaku yang menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong yang mengakibatkan keonaran atau kerusuhan dalam masyarakat.

"Kemudian pasal yang mengatur tentang pemidanaan pelaku yang menyiarkan berita tidak pasti, berlebihan atau tidak lengkap," ujar Yadi melalui keterangan tertulisnya, Rabu (11/9/2019).

 

6 Sikap IJTI

Dengan begitu, Yadi menegaskan, IJTI mengeluarkan 6 sikap menyikapi segera ditetapkannya RKUHP. Sikap pertama, kata dia, menolak pengesahan RKUHP menjadi Undang-Undang.

"Kedua, meminta Presiden Jokowi tidak menandatangani RKUHP karena bertentangan dengan kebebasan pers di Tanah Air. Ketiga, meminta DPR tidak memaksakan diri untuk mengesahkan RKUHP akhir bulan ini," ucapnya.

Lalu keempat, sambung Yadi, RKUHP rawan digunakan oleh sejumlah pihak untuk mengkriminalisasi jurnalis dan pers. Sikap kelima, lanjut dia, sejumlah pasal dalam RKUHP tidak sejalan dengan Undang-Undang Pers yang menjamin kemerdekaan pers di Tanah Air.

"Sikap keenam, demokrasi yang tengah tumbuh dan berkembang harus dijaga bersama dengan menjamin kebebasan pers serta kebebasan berekspresi bagi publik," pungkas Yadi.

 

(Jagat Alfath Nusantara)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPPOD Ungkap Temuan Masalah OSS di Pusat dan Daerah

Posted: 10 Sep 2019 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) masih menemukan sejumlah masalah terhadap Sistem Pelayanan Perizinan Terintegrasi Berbasis Elektronik atau Online Single Submission (OSS) di beberapa daerah dan pusat. Dari hasil studi dilakukan terdapat tiga aspek yang berperan pada sukses atau gagalnya implementasi OSS, yakni regulasi, sistem, dan tata laksana.

"Dalam studi dilakukan dari Mei sampai Juli 2019 oleh kami ditemukan beberapa kondisi saya rasa cukup menghambat di level pusat dan daerah yaitu regulasi, sistem, dan tata laksana," kata Peneliti KPPOD, Boedi Reza, dalam diskusi media di Jakarta, Rabu (11/9).

Boedi menjelaskan pada aspek regulasi di pusat, Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria atau NSPK sektoral yang idealnya menjadi petunjuk teknis pelayanan izin, tidak konkrit menerjemahkan PP Nomor 24 tahun 2018 tentang OSS ke dalam prosedur yang mudah diikuti.

Sebagai contoh, kata dia untuk mendapatkan Izin Usaha Industri (IUI), pelaku usaha diharuskan mendaftar lagi ke aplikasi. Padahal PP 24 Tahun 2018 jelas tidak mempersyaratkan hal tersebut. Implikasinya terjadi berbagai macam variasi pada SOP pelayanan izin di berbagai daerah.

Selain NSPK, kesalahan OSS juga tergambar dalam persoalan disharmoni PP 24 Tahun 2018 dengan UU Nomor 15 Tahun 2017 tentang Penanaman Modal dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah. Di mana, disharmoni di sini menyangkut kewenangan memberi izin yang sebelumnya di tangan kepala daerah sekarang berpindah ke lembaga OSS.

"Kami juga temui terdapat disharmoni PP 24, terlihat kurang pada empat poin di daerah kelembagaan dan kewenangan, mereka masih bingung siapa yang memiliki kewenangan Nomor Izin Berusaha (NIB), karena izin tersebut juga terkait dengan tanggungjawab lembaga penerbitnya. Kalau ada masalah siapa yang disalahkan," jelas dia.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Kementerian ESDM Alihkan Izin Pembangunan Pembangkit Listrik ke OSS

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution resmi meluncurkan sistem perizinan terintegrasi secara elektronik (online single submission/OSS) di Jakarta. Foto: Merdeka.com/Anggun P Situmorang.

Kementerian ESDM kini mengalihkan izin membangun pembangkit tenaga listrik melalui online single submission/OSS Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang dapat diakses di http://oss.go.id. Hal ini untuk mempermudah dan percepat layanan.

"Ada enam izin ketenagalistrikan secara umum yang sudah masuk OSS, juga empat izin tambahan bagi pembangkit panas bumi, semuanya sekarang sudah diproses melalui OSS," kata Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, dalam laman Setkab, Jumat (10/5/2019).

Pengalihan perizinan pembangunan pembangkit tenaga listrik dari Kementerian ESDM ke OSS BKPM itu dilakukan Kementerian ESDM merespons arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta izin dipangkas lagi saat meresmikan forum perencanaan Musrenbangnas 2019 dan RKP 2020 di Hotel Shangri-La, Jakarta Selatan pada Kamis 9 Mei 2019.  

Agung mengatakan, perizinan pembangunan pembangkit tenaga listrik yang ditangani oleh Kementerian ESDM melalui OSS pun hanya dua izin saja yaitu izin usaha penyediaan tenaga listrik (IUPTL) dan izin usaha jasa penunjang tenaga listrik (IUJPTL).

Agung menuturkan, perizinan ini diperlukan agar pembangunan pembangkit tenaga listrik dapat memenuhi aspek keselamatan ketenagalistrikan karena listrik selain bermanfaat juga berbahaya.

"IUPTL dan IUJPTL ini segera dapat diberikan kepada pengembang melalui sistem OSS setelah pengembang menyampaikan komitmen untuk memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 39 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Bidang Ketenagalistrikan," terang Agung, mengutip laman Setkab, Jumat (10/5/2019).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tersertifikasi, Insinyur RI Kini Bebas Bekerja di Negara ASEAN

Posted: 10 Sep 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, insinyur asal Indonesia yang telah tersertifikasi oleh ASEAN Federation of Engineering Organizations (AFEO) kini bisa bekerja di negara Asia Tenggara lain.

Dia mengatakan, insinyur yang sudah memegang sertifikat tersebut berarti sudah mendapat pengakuan kompetensi dan remunerasi. Secara status, profesi yang diembannya juga telah setara dengan insinyur dari negara ASEAN lain.

"Jadi lulusan insinyur Indonesia yang sudah certified sebagai insinyur berdasarkan undang-undang keinsinyuran yang sudah ada, itu kerja di mana saja sudah diakui," ungkap Menteri Basuki di sela-sela Konferensi Organisasi Insinyur se-ASEAN (Cafeo37) di Jakarta International-Expo (JI-Expo) Kemayoran, Rabu (11/9/2019).

"Misalnya, insinyur Indonesia kerja di Filipina, remunerasinya sudah di remunerasi Asean, bukan indonesia lagi. Semua sudah ada standarnya," dia menambahkan.

Untuk saat ini, ia menyebutkan, pemerintah masih menghimpun database berapa jumlah insinyur asal Tanah Air yang telah tersertifikasi. Demi meraih titel tersebut, lanjutnya, para akademisi yang bergelut di bidang teknik harus menempuh jalur pendidikan lagi untuk menjadi insinyur.

"Jadi S.T, sarjana teknik itu harus menempuh lagi pendidikan untuk menjadi insinyur. Jadi kaya (gelar) doktor, begitu sudah diwisuda doktor belum jadi doktor. Dia baru sarjana kesehatan. 2 tahun lagi koas, baru dia dilantik sebagai doktor," tuturnya.

"Termasuk nanti yang vokasi-vokasi, politeknik, dia mendapat training lagi untuk menjadi insinyur profesional. Kalau itu sudah ada, sudah didapat, maka dia berlaku (sertifikasinya) terutama di ASEAN," dia menandaskan.

Insinyur Afghanistan Belajar soal Infrastruktur ke RI

Pekerja melakukan proses pembangunan kontruksi jalur rel dwi ganda di Jakarta, Jumat (13/4). Penyelesaian proyek infrastruktur jalur DDT Manggarai- Cikarang ini ditargetkan lebih cepat dari target awal tahun 2022. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Keberhasilan Indonesia dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur dalam beberapa dekade terakhir, khususnya pada 4 tahun belakangan ini telah mendapatkan apresiasi dari berbagai negara di dunia.

Kemampuan dan pengalaman para insinyur Indonesia dinilai sudah cukup memadai untuk berbagi pengalaman dengan negara lain, salah satunya dengan Afghanistan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Luar Negeri menyelenggarakan kegiatan International Workshop on Infrastructure Development for Afghanistan: Sharing The Best Practices To Achieve Sustainable Development Goals (SDGs) yang berlangsung 27-31 Agustus 2018 di Jakarta. Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Afghanistan.

Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian PUPR, Selasa (28/8/2018), sebanyak 9 insinyur Afghanistan yang pejabat tingkat menengah setara direktur dan kepala dinas di negara tersebut menjadi peserta pelatihan tersebut. 

Direktur Kerjasama Teknik, Ditjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Mohammad Syarif Alatas saat membuka acara tersebut mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut kunjungan Presiden Joko Widodo ke Afghanistan pada tanggal 29 Januari 2018 yang menunjukan bahwa Indonesia memiliki komitmen kuat dalam membantu pembangunan Afghanistan.

Pada pelatihan ini, Indonesia akan berbagi pengalaman dan metode dalam pembangunan infrastruktur khususnya di bidang jalan, mulai dari kebijakan, manajemen konstruksi, skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU) dalam pembangunan jalan dan penyusunan studi kelayakan jalan tol.

Narasumber adalah para ahli yang berasal dari Kementerian PUPR, Komite Percepatan Penyediaan infrastruktur Prioritas (KPPIP), PT Jasa Marga, dan BUMN Karya yakni PT Waskita Karya dan PT Wika Beton. PT Waskita Karya akan berbagi pengalaman mengenai proses pembangunan Jembatan Kalikuto dan PT Wika Beton mengenai teknologi konstruksi dan pengaspalan jalan.

Para peserta juga akan melakukan kunjungan lapangan ke proyek konstruksi jalan tol. Kerjasama Indonesia dan Afghanistan diharapkan terus meningkat di masa mendatang dengan bidang yang lebih luas seperti pertanian, pendidikan, perdagangan, dan sektor konstruksi. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari komitmen dan partisipasi aktif Indonesia mempromosikan kerjasama teknik dalam rangka Kerjasama Selatan-Selatan.

Selain itu sebagai sesama negara berkembang merupakan upaya mencapai Sustainable Development Goals (SDGs). Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Lolly Martina Martief dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jalan, Perumahan, Permukiman, dan Pengembangan  Infrastruktur Wilayah Thomas Setiabudi Aden menyampaikan melalui kerjasama pelatihan ini  akan menjadi pondasi untuk kerjasama yang lebih meningkat di masa depan serta merupakan simbol persahabatan antara masyarakat Indonesia dengan Afghanistan.

Selain Afghanistan, Kementerian PUPR juga pernah memberikan pelatihan konstruksi kepada negara Timor Leste dan Palestina. Ajmal Wahidi, salah seorang peserta berterima kasih kepada Pemerintah dan rakyat Indonesia penyelenggaraan pelatihan infrastruktur ini.

Menurutnya kemampuan dalam membangun dan memelihara infrastruktur khususnya jalan sangat dibutuhkan guna meningkatkan perekonomian di Afghanistan.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Plt Sekretaris DPPKAD Kudus Akhmad Sofyan Kembali Diperiksa KPK

Posted: 10 Sep 2019 10:15 PM PDT

Plt Sekretaris DPPKAD Kabupaten Kudus Akhmad Sofyan berjalan akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/9/2019). Akhmad Sofyan diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap pengisian jabatan perangkat daerah Kabupaten Kudus tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Plt Sekretaris DPPKAD Kabupaten Kudus Akhmad Sofyan berjalan akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/9/2019). Akhmad Sofyan diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap pengisian jabatan perangkat daerah Kabupaten Kudus tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Plt Sekretaris DPPKAD Kabupaten Kudus Akhmad Sofyan dikawal petugas akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/9/2019). Akhmad Sofyan diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap pengisian jabatan perangkat daerah Kabupaten Kudus tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Plt Sekretaris DPPKAD Kabupaten Kudus Akhmad Sofyan dikawal petugas akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/9/2019). Akhmad Sofyan diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap pengisian jabatan perangkat daerah Kabupaten Kudus tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Plt Sekretaris DPPKAD Kabupaten Kudus Akhmad Sofyan tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/9/2019). Akhmad Sofyan diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap pengisian jabatan perangkat daerah Kabupaten Kudus tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Plt Sekretaris DPPKAD Kabupaten Kudus Akhmad Sofyan tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/9/2019). Akhmad Sofyan diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap pengisian jabatan perangkat daerah Kabupaten Kudus tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Plt Sekretaris DPPKAD Kabupaten Kudus Akhmad Sofyan berjalan akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/9/2019). Akhmad Sofyan diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap pengisian jabatan perangkat daerah Kabupaten Kudus tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Plt Sekretaris DPPKAD Kabupaten Kudus Akhmad Sofyan berjalan akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/9/2019). Akhmad Sofyan diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap pengisian jabatan perangkat daerah Kabupaten Kudus tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap Buchtar Tabuni, Wakil Ketua United Liberation Movement for West Papua

Posted: 10 Sep 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jayapura - Wakil Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Buchtar Tabuni ditangkap dan telah ditetapkan sebagai tersangka.

Kapolda Papua Irjen Polisi Rudolf Rodja di Jayapura, Rabu (11/9/2019) seperti dikutip Antara mengatakan, Buchtar ditangkap pada Senin (9/9) lalu di salah satu tempat di kawasan di Waena, Papua.

Saat ini yang bersangkutan masih diperiksa penyidik di Mapolda Papua.

Ketika ditanya tentang pasal yang disangkakan, Kapolda Papua mengatakan, Buchtar Tabuni dikenakan pasal makar. Namun tidak tertutup kemungkinan akan dikenakan pasal lainnya.

Sebelumnya, penyidik Polda Papua sudah menetapkan dua mantan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai tersangka, yakni mantan Ketua BEM Fisip Uncen dengan inisial FBK dan Ketua BEM USTJ, yaitu AG.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Fungsi Bronkus dan Bronkiolus pada Sistem Pernapasan, Jaga Kesehatannya

Posted: 10 Sep 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sistem pernapasan terbagi ke dalam beberapa organ dengan menjalankan fungsinya masing-masing. Salah satu bagian dari sistem pernapasan yang memiliki peranan penting adalah bronkus dan bronkiolus. Nampaknya mirip, namun ternyata fungsi bronkus dan bronkiolus ini berbeda. 

Bronkus dan bronkiolus merupakan dua jenis struktur tubular yang terjadi sebelum alveoli di saluran pernapasan. Perbedaan utama antara bronkus dan bronkiolus adalah struktur dan fungsinya. Fungsi bronkus dan bronkiolus ini berbeda, dimana bronkus melakukan, menghangatkan, dan membersihkan udara di saluran pernapasan. Sedangkan bronkiolus berfungsi sebagai konduksi serta peryikaran gas.

Karena fungsi bronkus dan bronkiolus sangat berperan penting dalam sistem pernapasan baik manusia atau hewan dengan paru-paru, maka penting untuk menjaga kesehatannya.

Berikut ini Liputan6.com, Rabu (11/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa fungsi bronkus dan bronkiolus lainnya yang perlu diketahui agar kamu semakin bisa menjaga salah satu organ dari sistem pernapasan ini.

Mengenal tentang Bronkus dan Bronkiolus

Paru-paru (Sumber: iStockphoto)

Sebelum masuk membahas tentang fungsi bronkus dan bronkiolus, mari mengenal apa itu bronkus dan bronkiolus terlebih dahulu. Kedua organ ini merupakan bagian penting dalam sistem pernapasan.

Bronkus merupakan cabang batang tenggorokan yang terletak setelah tenggorokan (trachea) sebelum paru-paru. Bronkus adalah saluran udara yang memastikan udara masuk dengan baik dari trakea ke alveolus. Selain sebagai jalur masuk dan keluarnya udara, bronkus juga berfungsi untuk mencegah infeksi.

Hal ini dikarenakan bronkus memiliki lapisan berbagai jenis sel, termausk sel yang bersilia (berbulu) dan berlendir. Sel-sel inilah yang nantinya menjebak bakteri pembawa penykait untuk tidak masuk ke dalam paru-paru.

Sedangkan bronkiolus adalah cabang dari bronkus. Bronkiolus berfungsi untuk menyalurkan udara dari bronkus ke alveoli. Selain itu, bronkiolus juga berfungsi untuk mengontrol jumlah udara yang masuk dan keluar saat proses bernapas berlangsung.

Tanpa adanya bronkiolus atau bronkiolus mengalami gangguan dan juga kerusakan, maka proses pernapasan manusia dan hewan berparu-paru akan terganggu.

Fungsi Bronkus dan Bronkiolus

Paru Paru (iStockphoto)

Menyalurkan Udara dari Bronkus ke Alveoli

Fungsi bronkus dan bronkiolus yang pertama adalah menyalurkan udara dari bronkus ke dalam alveoli.

Seperti yang telah diketahui bahwa proses pernapasan perlu melalui beberapa organ terlebih dahulu sampai akhirnya diterima oleh paru-paru. Ya, mulai dari mulut dan hidung, kemudian menuju kerongkongan, trakea, dan terakhir paru-paru.

Bronkus merupakan percabangan dari trakea, dan di ujung bronkus terdapat percabangan lagi yang dikenal dengan bronkiolus. Nah, supaya udara masuk ke dalam tubuh bisa diteruskan ke dalam alveoli atau alveolus yang berada di dalam paru-paru, maka udara harus melewati saluran bronkiolus terlebih dahulu.

Dapat dikatakab bahwa bronkiolus ini merupakan sebuah batas antara alveoli di dalam paru-paru manusia dengan bronkus yang menjadi percabangan dari trakea.

Mengontrol Jumlah Udara

Fungsi bronkus dan bronkiolus berikutnya adalah membantu mengontrol jumlah udara yang didistribusikan melalui paru-paru. Saat kamu menarik napas, pemilik paru-paru tidak bisa mengontrol seberapa banyak udara yang akan ditarik masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, kondisi udara yang bermacam-macam bisa memengaruhi jumlah pasokan udara atau oksigen yang dihirup masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, mengoptimalkan udara yang masuk ke dalam paru-paru sangat dibutuhkan yaitu melalui bronkiolus ini.

Fungsi bronkus dan bronkiolus di sini akan membantu mengatur jumlah udara dan juga oksigen yang akan masuk ke dalam paru-paru, sesuai dengan kebutuhan dari paru-paru itu sendiri.

Jadi, walaupun kamu sudah menghirup udara sebanyak mungkin, tidak semua udara tersebut masuk ke dalam paru-paru. Karena udara dikontrol terlebih dahulu oleh organ bronkiolus ini.

Fungsi Bronkus dan Bronkiolus Lainnya

Bertanggungjawab dan Memastikan Udara Mencapai Paru-paru dan Dibawa ke Mulut

Bronkus memiliki tanggungjawab untuk mengatur berapa banyak udara yang bisa diizinkan untuk masuk ke paru-paru, memastikan bahwa oksigen sampai ke paru-paru dna juga memastikan bahwa karbondioksida berhasil dikeluarkan kembali melalui mulut atau hidung.

Membantu Mengeluarkan Debu dan Partikel Asing dari Paru-paru

Fungsi bronkus lainnya adalah menghalau dan menyapu keluarnya debu, iritasi, dan mukosa atau dahak yang belebihan. Hal ini bekerja pada silia atau bulu-bulu halus yang terletak di dinding bronkus. Apabila silia pada bronkus kamu rusak, maka risiko penyakit bronkitis bisa muncul.

Menghasilkan Dahak untuk Mencegah Peradangan pada Bronkus

Dinding bronkus yang menhasilkan dahak memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan saluran pernapasan. Dahak yang dihasilkan dinding bronkus ini dapat mencegah debu dan partikel berbahaya lainnya yang menyababkan peradangan atau iritasi.

Dahak mencegah debu agar tidak masuk ke dalam paru-paru. Apabila terjadi iritasi maka akan menyebabkan bronkus menghasilkan lebih banyak dahak sehingga tubuh akan berusaha mengeluarkannya dengan cara batuk.

 

Penyakit Pernapasan yang Perlu Diwaspadai

Pneumonia

Bronkitis

Penyakit pada sistem pernapasan yang terganggu pertama adalah bronkitis. Bronkitis merupakan penyakit pernapasan yang terjadi akibat infeksi saluran pernapasna atas dan biasanya disebabkan oleh virus.

Pneumonia

Penyakit ini merupakan gangguan pernapan yang menyebabkan bagian terkecil dari paru-paru yaitu bronkiolus dan jaringan alveolar mengalami peradangan.

Asma

Biasanya penyakit ini disebabkan karena peradangan pada saluran pernapasan. Akibatknya, saluran napas membengkak dan menyempit sehingga menghalangi jalannya udara yang seharusnya mengalir ke paru-paru.

Tuberkulosis

Penyakit ini merupakan infeksi bakteri yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan merusak jaringa tubuh manusia. Bakteri ini dapat ditularkan melalui saluran udara. TBC biasanya menyerang paru-paru, namun bisa juga menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung, dan organ lainnya.

Cara Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan

Menghirup Udara Segar (Foto: Unsplash/ @elidefaria)

Hindari Merokok

Cara menjaga kesehatan sistem pernapasan yang pertama adalah dengan tidak merokok. Hal ini dikarenakan merokok merupakan faktor penyebab utama munculnya penyakit paru-paru seperti kanker paru dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Selain tidak atau berhenti merokok, kamu juga dianjurkan untuk menghindari paparan asap rokok. Penting, karena perokok pasif yang menghirup asap rokok juga memiliki risiko penyakit yang sama dengan perokok aktif.

Menghindari Polusi Udara

Polusi udara bisa mengiritasi atau menghancurkan jaringan paru-paru. Selain itu, polusi udara pada tingkatan yang rendah dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan.

Rajin Mencuci Tangan

Penting untuk mencuci tangan baik sebelum maupun sesudah makan atau sesudah buang air. Hal ini penting untuk dilakukan untuk menghindari risiko terinfeksinya virus dan bakteri.

Rajin Olahraga

Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga secara rutin bisa menjaga kesehatan paru-paru. Selain itu, manfaat olahraga lainnya adalah bisa menjaga kestabilan emosi dan membantu mengelola stres. Kamu bisa menerapkan olahraga secara rutin minimal 30 menit setiap harinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Akan Sikapi RUU KPK Dua Hari ke Depan

Posted: 10 Sep 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengklaim baru menerima Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) terkait revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia menjelaskan, dirinya akan mempelajari hal tersebut selama satu sampai dua hari ke depan.

"Jadi baru saya terima DIM-nya tadi. Akan saya pelajari hari ini. Sementara itu dulu, saya pelajari," kata Jokowi di Jiexpo, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Dia mengaku akan secepatnya mengungkapnya sikapnya terkait hal tersebut. Setelah itu, dia akan mengirim surat presiden (supres) kepada DPR. Sebelumnya, dia menjelaskan sudah mengkaji bersama para menteri dan sudah mengetahui gambaran dari revisi UU tersebut.

"Udah, udah mulai sejak mulai hari senin. Kita maraton pendapat dari para pakar dan para kementerian, semuanya secara detail. Sehingga begitu DIM nanti kita lihat, saya sudah punya gambarannya," ungkap Jokowi.

"Secepat-cepatnya. Kita ini baru melihat DIM-nya, nanti memang surpres kita kirim. Besok saya sampaikan. Materi-materi apa yang diterima perlu direvisi," lanjut Jokowi.

Sebelumnya Presiden Jokowi telah membaca draft Revisi UU Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jokowi meminta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly untuk mempelajari naskah Revisi UU KPK yang diusulkan DPR.

"Saya diberikan draf revisi UU KPK untuk saya pelajari, itu saja dulu. Kami akan pelajari dulu. Kami lihat nanti seperti apa," ujar Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (6/9/2019).

 

Pelajari Lebih Lanjut

Menurut dia, ada beberapa poin dalam revisi UU KPK yang menjadi perhatian Jokowi. Kendati begitu, Yasonna enggan menyebutkan apa hal yang menjadi fokus Jokowi tersebut.

"Kami harus mempelajari dulu. Pokoknya ada concern ini harus dipelajari, hati-hati," kata dia.

Yasonna memastikan Jokowi belum mengirimkan surat presiden (supres) ke DPR. Pemerintah, kata dia, akan terlebih dahulu membaca draft Revisi UU KPK tersebut, sebelum memberikan tanggapan ke DPR.

"Sampai sekarang belum. Kami harus baca dulu kan, ada beberapa (catatan)," tuturnya.

 

Sumber: Merdeka.com

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kritik Kinerja Agus Rahardjo Cs, Capim Nawawi: Kerja di KPK seperti Pulang Dugem

Posted: 10 Sep 2019 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango mengaku ingin sekali menjadi pimpinan di lembaga antirasuah. Dia menyatakan siap menjadi garda terdepan dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

"Saya ini gregetan, penasaran saja gitu. Di lembaga yang segalanya luar biasa, dukungan publik luar biasa hanya prestasi kerjanya biasa-biasa saja," ujar Nawawi dalam fit and proper test di hadapan Komisi III DPR RI, Rabu (11/9/2019).

Nawawi yang kini berprofesi sebagai hakim Pengadilan Tinggi Denpasar, Bali mengaku siap melepas jabatannya sebagai hakim demi menjadi pimpinan KPK periode 2019-2023.

"Kalau terpilih di KPK hanya kerja empat tahun, enggak bisa kembali lagi saya, ketika saya mundur saya enggak bisa balik lagi ke MA," kata Nawawi.

Ngebet menjadi pimpinan KPK, Nawawi menyebut kinerja KPK era Agus Rahardjo cs ini seperti olahraga di treadmil, jalan di tempat. Hal tersebut menurut dia terbukti dari indeks persepsi korupsi KPK yang stagnan.

"Dari luar terlihat lari kencang, padahal jalan di tempat. Kok kinerja kayak orang pulang dari dugem. Di Ambon sana, orang pulang tengah malam, jalan sempoyongan, enggak sampai-sampai," kata dia.

5 Capim

Sejumlah Capim KPK melihat daftar nama di Pusdiklat Kemensetneg, Jakarta, Minggu (28/7/2019). Tes psikologi ini diikuti oleh 104 peserta setelah melalui proses seleksi pada tes administrasi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

DPR akan mulai melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK). Fit and proper test capim KPK tersebut akan dimulai pada pukul 10.00 WIB, Rabu (11/9/2019).

Uji kelayakan dan kepatutan ini dibagi dua sif. Pada sif pertama, 5 capim KPK akan meyakinkan anggota Komisi III DPR bahwa mereka laik menjadi pimpinan lembag antirasuah. Lima calon lainnya bakal mendapat giliran setelahnya.

Pada hari ini, lima capim yang akan menjalani fit and proper test adalah Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Sigit Danang Joyo, Nurul Ghufron, dan I Nyoman Wara.

Setiap capim akan diberikan waktu selama 90 menit untuk menjalani fit and proper test di hadapan Komisi III DPR. Sementara itu, ada sejumlah kriteria yang menjadi penilaian untuk para capim KPK saat fit and proper test nanti.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hadir Pemeriksaan Polisi, Ketua Umum FPI Minta Dijadwalkan Ulang

Posted: 10 Sep 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sugito Atmo Pawiro, Kuasa Hukum Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Ahmad Sobri Lubis mengatakan, kliennya saat ini sedang berada di Aceh. Oleh karena itu, ia tak dapat memenuhi panggilan polisi karena memang sedang melakukan kegiatan safari dakwah.

"Beliau kembali hari Jumat (13 September 2019). Kita minta jadwalkan ulang," kata Sugito saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Ia mengaku telah menerima surat dari penyidik Subdit Keamanan Negara (Kamneg) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya. Namun, dia tak paham atas pemanggilan tersebut.

"Ini perkara yang mana ya? Malah bertanya ke saya. Kalau makar 17 April Ustadz Sobri enggak ada di tempat, jadi enggak tahu," ungkapnya.

Meski begitu, Sugito memastikan Sobri bakal hadir saat panggilan kedua. Pada panggilan berikutnya, ia akan mempertanyakan kepada polisi terkait kasus yang menyeret Ketum FPI tersebut.

"Sepulang dari Aceh kita akan datang untuk klarifikasi perkara yang mana. Insyaallah kita akan tetap datang. Kita akan tetap punya iktikad baik dengan permasalahan ini," ungkapnya.

 

Dipanggil Polisi

Sebelumnya, Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Ahmad Sobri Lubis dijadwalkan diperiksa oleh penyidik pada hari ini pukul 10.00 WIB.

Ia sedianya akan dimintai keterangan sebagai saksi terkait laporan polisi bernomor LP/B/0391/IV/2019/Bareskrim tertanggal 19 April 2019 atas dugaan tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara/makar.

Perkara itu terkait peristiwa yang terjadi di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu, 17 April 2019. Pelapor dalam kasus itu yakni Supriyanto, yang melapor ke Bareskrim dan saat ini telah dilimpahkan kasusnya ke Polda Metro Jaya.

 

Sumber: Merdeka.com

Reporter: Nur Habibie

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inspirasi Potongan Rambut untuk Musim Panas ala Kim Kardashian

Posted: 10 Sep 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kim Kardashian menampilkan potongan rambut baru saat menjadi bintang tamu dalam sebuah acara talkshow di televisi. Potongan tersebut bisa menjadi inspirasi bagi Anda agar tidak kegerahan dalam musim kemarau seperti saat ini.

Kim mengunggah potongan rambut model bob pendek lewat Insta Story pada Selasa, 10 September 2019. Sebelum itu, ia sempat mengunggah survei apakah rambutnya boleh dipotong lebih pendek atau tidak.

"Haruskah saya memotong rambut saya?" tulis Kim yang duduk di kursi sembari selfie.

Meski banyak pengikutnya yang menjawab tidak, ibu empat anak itu tetap membiarkan penata rambutnya, Chris Appleton, memotong rambutnya hingga dua inci. Rambut itu kemudian dicatok lurus dan diberi sentuhan agar lebih berkilau.

Dilansir dari InStyle, Selasa, 10 September 2019, potongan rambut bob menjadi tren gaya rambut pada 2019. Selain Kim Kardashian, sederet pesohor Hollywood juga menerapkan model serupa dengan beragam gaya, misalnya supermodel asal Inggris Cara Delevigne dan Ivanka Trump.

 

 

Sempat Pakai Ekstensi

Potongan rambut baru Kim Kardashian. (dok. Insta Story Kim Kardashian/Dinny Mutiah)

Kim tampil dengan gaya rambut baru tak lama setelah mengumumkan ia mengidap lupus. Sebelumnya, ia memakai ekstensi dengan panjang untuk tampilan kuncir kuda tinggi.

Pemilik KKW Beauty itu sebenarnya pernah menampilkan gaya rambut serupa sebelum memasang ekstensi. Namun, potongannya sedikit lebih panjang, yakni menyentuh bahu dengan gaya sleek belah tengah.

Kali ini, rambut bobnya dipotong lurus di atas bahu dengan ujung rambut diblow masuk. Kim tetap mempertahankan belahan tengah yang membuatnya tampak lebih muda dari sebelumnya. (Ossid Duha Jussas Salma)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dukung Operasional, Polri Tambah Helikopter Bell 429

Posted: 10 Sep 2019 10:01 PM PDT

Polisi memeriksa helikopter Bell 429/P-3203 di Hanggar 3 Ditpoludara Korpolairud Polri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/9/2019). Penambahan helikopter tersebut untuk mendukung tugas-tugas operasional Polri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Polisi memeriksa helikopter Bell 429/P-3203 di Hanggar 3 Ditpoludara Korpolairud Polri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/9/2019). Penambahan helikopter tersebut untuk mendukung tugas-tugas operasional Polri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Polisi memeriksa helikopter Bell 429/P-3203 di Hanggar 3 Ditpoludara Korpolairud Polri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/9/2019). Penambahan helikopter tersebut untuk mendukung tugas-tugas operasional Polri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Polisi memeriksa helikopter Bell 429/P-3203 di Hanggar 3 Ditpoludara Korpolairud Polri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/9/2019). Penambahan helikopter tersebut untuk mendukung tugas-tugas operasional Polri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Polisi memeriksa helikopter Bell 429/P-3203 di Hanggar 3 Ditpoludara Korpolairud Polri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/9/2019). Penambahan helikopter tersebut untuk mendukung tugas-tugas operasional Polri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Polisi memeriksa helikopter Bell 429/P-3203 di Hanggar 3 Ditpoludara Korpolairud Polri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/9/2019). Penambahan helikopter tersebut untuk mendukung tugas-tugas operasional Polri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Polisi memeriksa helikopter Bell 429/P-3203 di Hanggar 3 Ditpoludara Korpolairud Polri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/9/2019). Penambahan helikopter tersebut untuk mendukung tugas-tugas operasional Polri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Polisi memeriksa helikopter Bell 429/P-3203 di Hanggar 3 Ditpoludara Korpolairud Polri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/9/2019). Penambahan helikopter tersebut untuk mendukung tugas-tugas operasional Polri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Polisi memeriksa helikopter Bell 429/P-3203 di Hanggar 3 Ditpoludara Korpolairud Polri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/9/2019). Penambahan helikopter tersebut untuk mendukung tugas-tugas operasional Polri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Polisi memeriksa helikopter Bell 429/P-3203 di Hanggar 3 Ditpoludara Korpolairud Polri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/9/2019). Penambahan helikopter tersebut untuk mendukung tugas-tugas operasional Polri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penampakan bagian dalam helikopter Bell 429/P-3203 di Hanggar 3 Ditpoludara Korpolairud Polri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/9/2019). Penambahan helikopter tersebut untuk mendukung tugas-tugas operasional Polri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penampakan bagian dalam helikopter Bell 429/P-3203 di Hanggar 3 Ditpoludara Korpolairud Polri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/9/2019). Penambahan helikopter tersebut untuk mendukung tugas-tugas operasional Polri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Polisi memeriksa helikopter Bell 429/P-3203 di Hanggar 3 Ditpoludara Korpolairud Polri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/9/2019). Penambahan helikopter tersebut untuk mendukung tugas-tugas operasional Polri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Polisi memeriksa helikopter Bell 429/P-3203 di Hanggar 3 Ditpoludara Korpolairud Polri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/9/2019). Penambahan helikopter tersebut untuk mendukung tugas-tugas operasional Polri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab Usai Jenguk Habibie: Kondisi Beliau Membaik

Posted: 10 Sep 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Quraish Shihab dan sang anak, Najwa Shihab datang bersama menjenguk Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie. Pantauan Liputan6.com di lokasi, mereka datang sekira pukul 10.00 WIB.

Usai menjenguk sekira satu jam, Quraish menuturkkan kondisi Habibie dalam kondisi yang terus membaik. Dia mengaku diperkenankan masuk dan berkomunikasi langsung dengan Habibie.

"Ngobrol itu kalau dua jalur, beliau itu merespons, mendengar, menunjukkan pemahaman atas apa yang saya sampaikan tapi tidak berbicara secara langsung. Responnya melihat, bibir, boleh jadi mencucurkan air mata," kata Quraish di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Kendati demikian, Quraish berpesan untuk terus menyampaikan doa untuk kesehatan Habibie agar terus bisa membaik.

"Yang penting doanya ya, jangan sampai lupa jangan putus doa," Quraish menandasi.

Masalah dengan Jantung

Thareq Kemal Habibie, putra Presiden ke-3 Republik Indonesia Baharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie mengatakan, ayahandanya memang mempunyai masalah jantung sejak masih muda.

"Bapak saya memang dari dulu, semenjak muda punya masalah dengan jantung. Otomatis setelah menua, jantungnya sangat melemah," ucap Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Dia menyebut, akhir-akhir ini, BJ Habibie punya aktifitas yang padat. Salah satunya, bertemu dengan banyak orang. Di sanalah, jantungnya mengalami gangguan.

"Dengan dikasih aktifitas yang tinggi, tidak dikasih waktu istirahat, badannya memberontak. Karena badan akan meminta istirahat. Jadilah ada masalah dengan jantung," jelas Thareq.

Salah satunya, masih kata dia, yang membuat BJ Habibie sakit, karena lupa bahwa badannya tak kuat seperti dulu dalam bertukar pikiran dengan banyak orang.

"Beliau beraktivitas sangat banyak dan sangat tinggi. Sehingga beliau suka lupa bahwa beliau itu sudah 80-an. Karena beliau otaknya masih jalan. Tapi sesuai dengan natural manusia, badan tidak akan selalu ikut," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Meme Kocak Netizen Liat iPhone 11 Punya Tiga Kamera

Posted: 10 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple iPhone 11 resmi dirilis. Untuk versi Pro dan Pro Max, Apple membekali varian ini dengan tiga lensa kamera utama. Selain dua lensa wide angle dan ultra wide angle, juga terdapat satu lensa telephoto.

Untuk soal harga, iPhone 11 Pro akan dibanderol mulai dari USD 999. Sementara harga iPhone 11 Pro Max mulai dari USD 1199.

Meski tampilan baru iPhone 11 Pro dan Pro Max tampak menjanjikan, bukan warganet namanya jika tidak nyinyir terhadap hal-hal yang sedang ramai dibicarakan. Tak butuh waktu lama, warganet segera membuat meme-meme kocak terkait kamera iPhone 11 Pro dan Pro Max yang berjumlah tiga itu.

Berikut beberapa di antaranya:

1. Makin lama makin penuh deh dengan kamera

Doc: Twitter.com/@ScotchandSoba_

2. Jadi kayak kompor modern gitu ya

Doc: Twitter.com/@giewahyudi

3. Nah kalau yang ini pura-puranya lagi masak

Doc: Twitter.com/@giewahyudi

4. Buat menumis juga bisa

Doc: Twitter.com/@giewahyudi

5. Atau mau masak aer?

Doc: Twitter.com/@giewahyudi

6. Pura-puranya pakai kamera iPhone 11 Pro

Doc: Twitter.com/@SnazzyQ

7. Mirip sih bentuk lubangnya

Doc: Twitter.com/@9gag

8. Lha, malah jadi kaya dadu gini

Doc: Twitter.com/@_Hrst

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Australia Sarankan India Tak Pakai Teknologi Huawei

Posted: 10 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Australia secara resmi menyarankan India untuk melarang penggunaan produk Huawei sebagai pendukung jaringan telekomunikasinya. Demikian disampaikan di surat-surat kabar Australia.

Mengutip laman Reuters, Rabu (11/9/2019), pemerintah Australia, dalam hal ini direktorat antiespionase siber (ASD) menyarankan India tak memakai teknologi jaringan milik Huawei.

Saran ini dilayangkan ketika delegasi Australia mengunjungi New Delhi pada pekan lalu. Demikian menurut koran The Australian Financial Review dan The Australian.

"Para pejabat India tertarik untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana pemerintah Turnbull sampai pada keputusan untuk melarang Huawei dan berbagai diskusi telah diadakan mengenai masalah ini," kata media Australia, merujuk pada langkah PM Malcolm Turnbull di 2018.

Sekadar informasi, dalam kunjungannya, delegasi Australia dipimpin oleh duta besar Australia untuk masalah keamanan siber Tobias Feakin.

India Berkonsultasi dengan AS Soal Huawei

Device Laboratory milik Huawei di Beijing, Tiongkok. Liputan6.com/Andina Librianty

"Dijelaskan secara terperinci mengapa vendor berisiko tinggi tak boleh dipakai di jaringan 5G Australia," kata koran tersebut.

India disebut-sebut juga telah berkonsultasi dengan pemerintah Amerika Serikat mengenai langkah pelarangan Huawei. Sayangnya, koran tersebut tak memerinci sumber yang mereka kutip.

Sekadar informasi, pada 2018 Australia menjadi negara pertama yang melarang penggunaan teknologi Huawei untuk jaringan 5G mereka. Tiongkok mengkritik langkah Australia ini terkait dengan masalah politik.

Sayangnya, email berisi permintaan konfirmasi ke pihak Huawei ini tidak terkirim. Sementara pemerintah Australia tidak segera mendapatkan tanggapan.

(Tin/Why)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Susi Klaim Proses Perizinan di KKP Sudah Baik

Posted: 10 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengklaim bahwa proses perizinan di lingkungan kementeriannya sudah cukup baik dan mudah. Bahkan, kata dia sudah tidak ada lagi para pengusaha yang mengeluhkan masalah perizinan.

"(Pengusaha masih mengeluhkan?) Tidak ada, semua sudah online," kata dia di Jakarta, seperti ditulis Rabu (11/9).

Menteri Susi mengatakan, dengan perizinan secara online yang dilakukan di lingkungan kementeriannya, maka semakin memudahkan para pengusaha untuk proses izin. Tak sampai di situ, pelonggaran yang diberikan para pengusaha pun sejauh ini juga sudah cukup optimal.

"Sekarang sudah online, udah mudah. Asing sudah tidak boleh masuk, kelonggaran yang luar biasa itu. Kalau ada, berarti ada yang tidak benar di dokumen mereka," jelas Menteri Susi.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah pengusaha mengeluhkan sulitnya mengurus Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI). Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Koperasi Mina Sumitra, Darto.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Menteri Susi: KKP Satu-satunya Kementerian yang Turunkan Anggaran

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti saat berbicara pada talkshow Mari Jaga Laut Masa Depan Bangsa di Hall B JCC, Jakarta, Sabtu (6/4). Menteri Susi menghimbau masyarakat, khususnya komunitas pecinta laut untuk terus menjaga keberlangsungan kehidupan di laut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebut kementeriannya berhasil melakukan penghematan anggaran karena tata kelola yang efisien. Ini diungkap Menteri Susi untuk mematahkan anggapan bahwa anggaran KKP besar tetap punya Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang kecil.

Anggaran Kementerian KKP memang terus turun dari tahun 2015 yang tercatat sekitar Rp 10 triliun. Untuk tahun 2020, KKP mengajukan Rp 6,4 triliun saja.

"Anggaran KKP itu adalah satu-satunya kementerian yang anggaran turun. Dari 9 triliun ke Rp 6 triliun. Bukan diturunin, tapi kita melakukan efisiensi dan self-blocking," ujar Menteri Susi pada Senin (9/9/2019) di Kementerian KKP, Jakarta.

Menteri Susi menyebut pendapatan pajak sektor perikanan pada 2014 hanya Rp 851 miliar, sementara tahun 2018 sudah Rp 1,6 triliun. Sebelum pemerintahan Joko Widodo, PNBP KKP ini cuman Rp 300 miliar. Mulai tahun kemarin sudah mencapai hampir Rp 1 triliun.

Susi juga kembali mengungkit bahwa dalam empat tahun kementeriannya mengembalikan anggaran ke negara hingga Rp 9,4 triliun.

"Jadi PNBP naik, pajak naik, tapi anggarannya turun bahkan melakukan self-blocking," ujar Susi.  

Menteri Susi Bakal Pangkas Jumlah PNS KKP, Ini Alasannya

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berjoget baby shark dance saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara' sebagai wadah bersama untuk para pemerhati laut di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengungkapkan, masih ada sejumlah pekerjaan rumah yang perlu dibenahi di kementerianya selama menjabat hampir 5 tahun lamanya. Salah satunya ialah berkaitan dengan restrukturisasi organisasi dari KKP.

"Yang sudah direncanakan dan dibicarakan Pak Presiden belum selesai tu adalah restrukturisasi organisasi KKP, baru penggabungan dua Dirjen jadi satu. Golden handshake itu juga diperbaiki, kurangi jumlah PNS di KKP karena dengan kemajuan teknologi, PNS kan memang harus dikurangi," tuturnya kepada Liputan6.com, Senin (8/7/2019).

Susi Pudjiastuti menjelaskan, ke depan KKP akan merekrut PNS dengan lulusan cumlaude. Hal ini guna menyaring sumber daya manusia di kementerianya agar semakin unggul. 

"Kemudian rekrut yang cumlaude-cumlaude, refresh better quality SDM KKP supaya lebih baik, restrukturisasi organisasi itu dalam internal kkp," terangnya.

Selain itu, tata kelola perikanan tangkap dan perizinan menurutnya masih menjadi fokus pemerintah yang perlu ditingkatkan.

"Perikanan tangkap tata kelola masih harus dibenahi, perizinan, alokasi. Jangan sampai laut RI dikuasai 10 ribu kapal tapi sebenarnya orang-orangnya itu-itu saja. Jangan sampai destructive fishing hancurkan terumbu karang," kata dia.

"Kemudian keberlanjutan, pemerataan dan konservasi-konservasi wilayah perairan yang memang sudah dialokasikan negara untuk komitmennya kepada PBB. Bangun sdm, poltek-poltek tambahan, karena itu sumber pekerjaan baru," tambah Susi Pudjiastuti. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Badak Lampung Vs Persela Lamongan, Duel Dua Tim Papan Bawah

Posted: 10 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebelum memasuki putaran kedua Shopee Liga 1 2019, Badak Lampung Vs Persela Lamongan akan menjalani laga tunda. Laga ini seharusnya dimainkan pada 3 Agustus 2019 lalu. Namun, duel itu diundur karena tuan rumah Badak Lampung tak bisa menggelar laga kandang saat itu.

Persela Lamongan akan meladeni Perseru Badak Lampung dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019, Rabu (11/9/2019) di stadion Patriot. Kedua tim sangat membutuhkan poin lantaran sedang berada di papan bawah. Duel sengit Peseru Badak Lampung menghadapi Persela Lamongan sesuai jadwal akan dimulai pada pukul 15.30 WIB. 

Dalam Pertandingan ini akan kedua tim akan berusaha keras untuk memenangkan laga. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, prediksi Badak Lampung Vs Persela Lamongan, duel dua tim papan bawah, Rabu (11/9/2019).

Duel Dua Tim Papan Bawah

Alex Goncalves, striker Persela, saat melawan Kalteng Putra di Stadion Surajaya, Lamongan (11/7/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Saat ini kedua tim sama-sama berada di papan bawah klasemen sementara Shopee Liga 1 2019. Badak Lampung kini berada di peringkat ke-14, sementara Persela satu strip di bawahnya. Kedua tim pun hanya berjarak satu poin. Jika kedua tim sama-sama ingin keluar dari zona papan bawah, mau enggak kedua tim harus tampil maksimal untuk  meraih kemenangan.

Kabar mengejutkan datang dari Badak Lampung FC, ia mendatangkan pemain asal Serbia Bojan Malisic. Sebelumnya, dia merupakan stoper Persib Bandung yang kemudian jadi korban kebijakan pelatih Robert Alberts.

 Sedangkan dari Persela Lamongan sendiri  striker Alex Goncalves, sempat dikabarkan absen saat Persela melawat ke markas Badak Lampung. Dia mendapatkan larangan bertanding untuk duel tunda pekan ke-12 Shopee Liga 1 2019.

Prediksi Badak Lampung Vs Persela Lamongan

Perseru Badak Lampung FC Shopee Liga 1 2019 (Bola.com/Adreanus Titus)

Laga ini diprediksi akan berlangsung keras. Pelatih dari Badak Lampung Milan Petrovic mengatakan bahwa timnya siap tempur untuk menghadapi Persela Lamongan. Lini belakanh Badak Lampung FC diprediksi harus bekerja keras untuk menghalau serangan dari Persala Lamongan.

Pelatih Persela, Nilmaizar, target kemenangan dipasang karena pihaknya ingin memperbaiki posisi. Apalagi jarak dengan Badak Lampung di papan klasemen tidak terlalu jauh. Oleh karena itu para pemain dari Persela Lamongan akan menargetkan kemenangan. Dia berjanji untuk menampilkan kemampuan terbaiknya untuk bisa meraih hasil maksimal.

Link Live Streaming

Nilmaizar, pelatih Persela. (Bola.com/Aditya Wany)

Live streaming Shopee Liga 1 2019 Perseru Badak Lampung vs Persela Lamongan akan disiarkan langsung Vidio.com pukul 15.30 WIB. Kamu bisa menyaksikannya melalui live streaming di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Mistis Pemuda Jember Melihat Karnaval di Hutan Angker

Posted: 10 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jember - Setelah dilakukan pencarian selama dua hari, seorang pelajar yang dinyatakan hilang dan tersesat dalam hutan angker di perkebunan Dusun Durjo, Desa Karang Pring, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, Jawa Timur, akhirnya ditemukan di pinggir sungai tanpa mengenakan baju, Selasa (10/9/2019).

MNA (17), pelajar, warga Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari, ditemukan dalam kondisi linglung, berbicara sendiri, tidak ingat untuk pulang. Menurut Kapolsek Sukorambi, AKP Ribut Budiono, MNA hilang saat berburu ayam hutan, di kawasan hutan angker perkebunan Dusun Durjo, Desa Karang Pring, Kecamatan Sukorambi, Minggu, 8 September 2019.

Dia berburu bersama dengan dua orang temannya, HR (20) dan W (25), yang masih tetangganya dengan membawa senapan angin. Ketiganya berangkat pagi-pagi sekali dan tiba di perkebunan Durjo, sekitar pukul 07.00 WIB.

"Namun korban baru dilaporkan hilang, keesokan harinya, pada hari Senin (9/9/2019), ke Mapolsek Sukorambi," tutur Ribut kepada Liputan6.com, Selasa(10/9/2019). Saat memasuki kawasan sepi perkebunan Durjo, lanjut Ribut, kedua temannya yang lebih dewasa, H dan W, mengingatkan kepada korban, tentang etika berburu di hutan angker tersebut.

Mereka menjelaskan jangan kencing sembarangan di bawah pohon rindang dan berbicara sembarangan. Kedua temannya berkeyakinan, ada implikasi tertentu, bagi pelanggarnya. Namun korban, tidak percaya.

"Dia malah menantang dan kencing sembarangan di bawah pohon dan terus ngomel di bawah pohon," ujar Ribut.

Usai berburu, sekitar pukul 14.30 WIB, Minggu, ketiganya langsung pulang. Sesampai di pertigaan jalan baru perhutani, motor yang dikendarai H dan W, mogok. Sedangkan korban terus berangkat, meninggalkan kedua temannya.

 

Peristiwa Mistis

Ilustrasi hutan (iStock)

Setelah sepeda motornya hidup, kedua temannya berangkat mengejar korban. Namun, korban tidak terkejar. Kedua temannya, mengira korban sudah pulang dan sampai ke rumahnya.

Namun, hingga malam hari, MNA belum sampai ke rumahnya, yang jaraknya sekitar 20 kilometer dari hutang angker itu. Karena belum pulang, pihak keluarga dan kedua teman korban, kembali ke tempat semula, meminta bantuan warga sekitar untuk mencari korban di kawasan hutan.

"Karena hingga satu hari dilakukan pencarian, tidak ketamu, kasus tersebut akhirnya dilaporkan ke Mapolsek Sukorambi," ucap Mantan Kapolsek Sumber Jambe, kepolisian resort Jember ini.

Berdasarkan laporan itu, mulai sekitar pukul 19.WIB, Polsek Sukorambi bekerjasama dengan Basarnas juga dibantu warga setempat dan keluarga korban, mencari keberadaan korban di tengah hutan gelap. Setelah dilakukan pencarian, korban akhirnya berhasil ditemukan.

"Korban baru ditemukan sekitar pukul 09.00 WIB, dalam kondisi setengah sadar, Selasa (10/9/2019)," kata Ribut.

Saat ditemukan, korban bercerita telah mengalami peristiwa mistis di tengah hutan. "Saya diajak bermain oleh seseorang, karena ada karnaval," ujar MNA, saat diinterogasi Kapolsek Sukorambi.

Peristiwa itu, terjadi setelah buang air kecil di bawah pohon. Bahkan, dia juga mengaku bertempur dengan seseorang usai bermain.

"Tentu saja pengakuan korban, tidak masuk akal, karena tempat tersebut tempat sepi, tidak ada orang dan tidak ada keramaian," katanya. Namun, menurut keterangan temannya, korban ngomel sendiri dan mengalami perubahan sikap, usai kencing sembarangan di bawah pohon. "Mungkin korban, dibawa makhluk halus, di tengah hutan," imbuhnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NCT Dream Datang ke Indonesia, Lee Jeong Hoon: Bertemu Saudara Jauh

Posted: 10 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Group Idol K-Pop NCT Dream kembali menyambangi Indonesia. Kali ini, mereka tidak datang diam-diam seperti saat menyambangi kantor SM Entertainment, beberapa waktu lalu.

Kehadiran NCT Dream di Ecovention Ecopark, Ancol, untuk menjadi bintang tamu di acara Koream Wave 2019.

Lee Jeong Hoon, telah mengabadikan kehadiran Haechan, Renjun, Chenle, Jaemin, Jeno, dan Jisung melalui sebuah video singkat, yang diunggah di akun Instagram, Selasa (10/9/2019).

Dalam video berdurasi sangat singkat itu, Lee Jeong Hoon tak begitu jelas memperlihatkan wajah-wajah personel NCT Dream

 

Saudara Jauh

NCT Dream (Foto: Instagram/@leejeonghoon)

Sepertinya, Lee Jeong Hoon memang sengaja mengambil gambar tak jelas untuk memberi tebakan pada warganet.

"Ayo tebak ini siapa??? Hahahah bertemu saudara jauh nih hehe," tulis Lee Jeong Hoon sebagai keterangan.

Seperti diketahui, Lee Jeong Hoon, menjadi salah satu host acara Korean Wave 2019 bersama Ivan Gunawan, Indra Herlambang, dan Zara JKT48.

 

Histeris

NCT Dream (Instagram/ nct_dream)

Tak sedikit warganet yang histeris melihat video tersebut. Mereka melontarkannya di kolom komentar.

"Omaygattt oppaaaa!!!" tulis akun @mariasmrngkr.

"Huaaa salam cinta buat echannnnnnn❤," lanjut akun @inierrr_ dengan emotikon sedih.

"Tau gak oppa ,bnyak bngt czennie di FX mall sudirman di kantor SM Town yg nunggu dri pagi sampe skrng, dan NCT Dream ga ksini," timpal akun @ditanuna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Usai Dihajar Thailand

Posted: 10 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia telah melakoni dua pertandingan di kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G. Sayangnya, Tim Garuda selalu kalah.

Parahnya, dua kekalahan itu diderita pasukan Simon McMeneny di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, yang merupakan markas Timnas Indonesia.

Yang pertama, Timnas Indonesia takluk 2-3 dari rival abadi Malaysia pada 5 September lalu. Kemudian kemarin (10/9/2019), Timnas Indonesia menyerah 0-3 dari Thailand.

Namun, perjalanan Evan Dimas dan kawan-kawan belum berakhir. Masih ada enam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 yang harus dijalani.

Berikutnya, Timnas Indonesia harus menjalani pertandingan tandang pertama di kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup. Tim Garuda harus menyambangi markas Uni Emirat Arab (UEA).

 

Tandang ke UEA

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, saat melawan Malaysia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia takluk 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Timnas Indonesia melawat ke UEA pada 10 Oktober 2019. Setelah itu, giliran Timnas Indonesia kembali memainkan laga kandang untuk menjamu Vietnam.

Setelah itu, dua laga tandang harus dilakoni pasukan Simon McMenemy. Berikut jadwal Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022 setelah lawan Thailand.

Jadwal Timnas Indonesia

Jadwal Timnas Indonesia

10 Oktober 2019

Uni Emirat Arab Vs Timnas Indonesia

15 Oktober 2019

Timnas Indonesia Vs Vietnam

19 November 2019

Malaysia Vs Timnas Indonesia

26 Maret 2020

Thailand Vs Timnas Indonesia

31 Maret 2020

Timnas Indonesia Vs Uni Emirat Arab

4 Juni 2019

Vietnam Vs Timnas Indonesia

Saksikan video pilihan di bawah ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terlihat Mirip, Polisi Ini Ternyata Tilang Ayah Kandungnya

Posted: 10 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bojonegoro - Untuk mengingatkan pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas, polisi rutin melakukan razia. Beragam cara dilakukan pelanggar agar tak mendapatkan tilang, tak terkecuali mengaku kenal dengan petugas kepolisian.

Namun, hal tersebut tentu tak bisa menjadi alasan pelanggar bebas dari tilang yang telah ditetapkan.

Salah satu contoh nyata diberikan petugas kepolisian asal Bojonegoro, Jawa Timur. Dilansir @fakta.indo, Rabu (11/9/2019), terlihat sebuah foto memperlihatkan petugas tengah melakukan tilang pada seorang pria paruh baya.

Terlihat sangat mirip, pelanggar tersebut ternyata ayah kandung petugas yang melakukan tilang. Hal tersebut tentu bisa menjadi pelajaran, karena semua pelanggar harus mendapat sanksi tegas.

"Seorang Ayah terjaring razia dan diperiksa oleh anaknya yang tengah bertugas merazia para pengendara kendaraan bermotor. Bapak itu kaget ternyata yang memeriksa dirinya adalah anaknya sendiri. Tidak marah ataupun sambat, bapak tersebut pun menerima diperiksa oleh anaknya sendiri," tulis keterangan foto.

 

Komentar Warganet

Hal itu tentu menarik beragam komentar dari pengguna media sosial, salah satunya datang dari akun Instagram @r_adrianss.

"Itu yang namanya menegakkan hukum tanpa pandang bulu. Dan bapaknya pun bersedia di periksa krn kan belum tentu salah. Namanya juga razia. Santuy," tulisnya.

"Harusnya mmng sperti itu profesionalitas kerja, gk pandang bulu dan harus adil," tulis akun @rd_dhika.

"Baguslah py bapak yg pth hukun dan anak menjalankan tgs dengan benar," tulis @ratnabaiti9gmail.com9.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Ringkus Pembuat Minuman Keras Ilegal di Sidoarjo

Posted: 10 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Satuan Reserse Kriminal Polresta Sidoarjo, Jawa Timur, membekuk dua orang yang diduga membuat minuman keras jenis arak secara ilegal. Kegiatan tersebut  cukup meresahkan masyarakat.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Zain Dwi Nugroho mengatakan, dua orang yang berhasil dibekuk masing-masing berinisial NS dan PM.

"Keduanya tinggal di Desa Sumorame, Candi Sidoarjo, saat memproduksi minuman arak tersebut," ujar dia dilansir Antara, Rabu (11/9/2019).

Dia menuturkan, modus operandi yang dilakukan oleh para tersangka yaitu membuat minuman keras berupa arak dari air rendaman gula yang dicampur dengan ragi, sehingga hasil fermentasi tersebut yang dijadikan arak.

"Terungkapnya kasus ini berasal dari maraknya penjualan minuman keras jenis arak itu di Sidoarjo. Kemudian oleh anggota ditelusuri dari mana datangnya barang tersebut," ujar dia.

Ia menuturkan, petugas berhasil menyita beberapa barang bukti di antaranya 180 kardus yang berisi arak siap kirim yang masing-masing kardus berisi 12 botol ukuran 1,5 liter.

"Selain itu juga 20 drum bahan baku yang sudah dicampur, 20 sak gula pasir, 10 plastik berisi botol kosong, 20 tabung LPG ukuran 3 kilogram dalam keadaan kosong, mesin penyedot, mesin penyulingan," ujar dia.

Ia mengatakan, para pelaku ini dijerat dengan pasal 204 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman pidana penjara 15 tahun, pasal 62 Jo pasal 8 ayat (1) huruf a UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman hukuman pidana penjara 5 tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2 miliar.

"Tersangka juga dijerat dengan pasal 140 Jo Pasal 86 ayat (2) UU No. 12 tahun 2012 tentang Pangan dengan ancaman hukuman penjara 2 tahun atau denda paling banyak Rp4 miliar dan pasal 142 Jo Pasal 91 ayat (1) UU No. 2 tahun 2010 tentang Pangan dengan ancaman hukuman penjara 2 tahun atau denda paling banyak Rp4 miliar," ujar dia.

Omzet Rp 50 Juta per Bulan

Ilustrasi Foto Minuman Keras Vodka (iStockphoto)

Omzet produksi minuman keras jenis arak yang dibuat oleh industri rumahan di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, diperkirakan mencapai Rp50 juta setiap bulan.

Zain mengatakan, nilai tersebut didapatkan dari pengakuan tersangka yang mengatakan kalau untuk setiap satu botol minuman keras yang diproduksi dijual Rp20 ribu.

"Dari pembongkaran kasus ini terungkap kalau hasil produksi minuman keras jenis arak tersebut mencapai Rp 50 juta per bulan," ujar dia dilansir Antara, Rabu, 11 September 2019.

Ia mengatakan, hasil produksi minuman keras itu dijual ke beberapa kabupaten/kota di Sidoarjo. di antaranya di Sidoarjo, Gresik, Mojokerto dan juga Surabaya.

"Pekerjanya hanya dua orang dengan tujuan untuk mengelabuhi masyarakat kalau di tempat itu digunakan sebagai industri rumahan pembuatan minuman keras jenis arak," ujar dia.

Ia mengatakan, waktu pendistribusiannya juga dilakukan pada malam dan pagi hari, supaya masyarakat tidak curiga. "Oleh karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat supaya melaporkan kepada petugas kepolisian setempat jika mengetahui ada hal-hal yang mencurigakan," ujar dia.

Sebelumnya, petugas Satuan Reserse Kriminal Polresta Sidoarjo Jawa Timur membekuk dua orang yang diduga memproduksi minuman keras jenis arak secara ilegal, karena cukup meresahkan masyarakat. Kapolresta Sidoarjo saat dikonfirmasi mengatakan, dua orang yang berhasil dibekuk masing-masing berinisial NS dan PM.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenpora Buka Kegiatan Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda

Posted: 10 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam, membuka Pelatihan Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda di Auditorium II Kampus III UIN Wali Songo, Semarang, Selasa (10/9) pagi. Niam menyampaikan, menumbuhkan wirausaha itu salah satu kata kuncinya adalah komitmen dari diri kita sendiri.

"Setiap kita itu memiliki berbagai potensi yang salah satunya adalah potensi menjadi wirausaha. Bahkan sejatinya wirausaha itu bagi seorang muslim adalah fitroh, ibadah itu perlu harta pakaian misalnya begitu juga dengan syariat zakat. Melalui kegiatan ini diharapkan menjadikan pemuda sadar akan potensinya dan berkomitmen untuk mengaktualisasikan potensinya tersebut," katanya. 

"Wirausaha itu bukan sekedar dagang tapi merupakan proses kreatif dan inovatif yang dikonversi menjadi nilai-nilai ekonomis. Kata kuncinya adalah kreatif dan inovatif, ditambah adaptif terhadap perubahan. Terakhir saya yakin bahwa para mahasiswa UIN Wali Songo akan menjadi pionir dalam menyongsong perubahan sehingga tidak menjadi fosil atau mati sebelum mati," katanya.

Sebelumnya Rektor UIN Walisongo Semarang Imam Taufiq dalam sambutan pengantarnya mengatakan sangat senang karena mahasiswa UIN Walisongo yang berkeinginan menjadi wirausaha gayung bersambut dengan program pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Saat ini sudah bukan zamannya mahasiswa itu bercita-cita menjadi PNS atau pegawai tetapi ada pilihan keren yang berkontribusi dalam kemandirian ekonomi yaitu menjadi wirausaha. Sebagai tauladan dan contoh kita dalam berwirausaha adalah Nabi Muhamad SAW sendiri dan Khadijah istri beliau yang sukses sebagai wirausahawati," katanya

Hadir dalam acara pembukaan Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Imam Gunawan, perwakilan dari Kemenkop UMKM, Kemenko Perekonomian, Kemenko PMK, Para Wakil Rektor UIN Wali Songo, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah dan Kota Semarang serta para pejabat struktural dari Kemenpora.

Kegiatan pelatihan ini akan dilaksakan selama satu hari penuh dan diikuti oleh 500 peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Provinsi Jawa Tengah. Peserta akan memperoleh materi dari berbagai narasumber seperti akademisi, pengusaha, praktisi dan Kemenpora. Selanjutnya 5 (lima) peserta terbaik akan memperoleh bantuan permodalan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Motif Penyebaran Video Porno Selingkuh di Sumedang

Posted: 10 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beredar video syur pasangan selingkuh di Sumedang, Jawa Barat. Polisi kini mengejar pelaku penyebaran yang didduga karena motif dendam.

VIDEO: Pelaku Video Syur 'Vina Garut' Positif Mengidap HIV

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diklaim Aman, Rokok Elektrik Tetap Bisa Rusak Saluran Napas

Posted: 10 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan rokok elektrik sebagai salah satu strategi alternatif mengurangi kecanduan rokok konvensional saat ini bukan hal baru. Meski begitu, para dokter meminta agar masyarakat lebih waspada dengan produk-produk semacam ini.

Dokter spesialis paru Fitriani Taufik mengatakan bagi orang yang mengisap rokok elektrik maupun orang di sekitarnya, tetap ada dampak bagi kesehatan yang bisa timbul.

"Walaupun itu bukan asap tapi uap, saluran napas bisa iritasi sehingga pertahanan sel saluran napas terpengaruh," kata Fitriani dalam konferensi pers di Jakarta beberapa waktu lalu, ditulis Selasa (10/9/2019).

Seseorang yang saluran napasnya terkena iritasi, maka bisa berimplikasi pada infeksi saluran napas, paru-paru, hingga kekambuhan pada penderita asma.

"Bahkan ada penelitian yang menyatakan itu berpotensi memicu terjadinya asma," kata Fitriani menjelaskan.

Meski Ada yang Bisa Berhenti Merokok, Itu Belum Bisa Digeneralisir

Ilustrasi Rokok Elektrik atau Vape (iStockphoto)

Untuk mereka yang menghirup uapnya, rokok elektrik juga dinilai berbahaya. Hal ini juga karena zat yang terkandung dalam uap itu sendiri.

"Uap itu kan isinya macam-macam, itu kan sifatnya iritasi. Apalagi pada orang-orang yang daya tahan saluran napasnya tidak terlalu bagus tentu dia akan lebih rentan," kata Fitriani yang juga tergabung di Perhimpunan Dokter Paru Indonesia ini.

Untuk itu, Fitriani tidak menyarankan seorang perokok konvensional untuk berpindah ke rokok elektrik. Meski memang ada mereka yang berhasil hingga berhenti merokok, tapi hal itu belum bisa digeneralisir.

"Mungkin memang bisa pakai rokok elektrik untuk sementara buat berhenti, tapi itu kan kasus per kasus, tidak mengesampingkan bahwa ada yang berhasil dengan cara itu, tapi kalau dokter merekomendasikan untuk digunakan ya tidak mungkin," tegasnya.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lithuania Vs Portugal: Cristiano Ronaldo Ogah Pikirkan Ballon d'Or

Posted: 10 Sep 2019 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo mengaku tak pernah memikirkan gelar individu sepanjang kariernya. Pemain Juventus itu hanya fokus untuk meraih trofi bersama tim yang dibelanya.

Ronaldo berpeluang untuk menjadi pemain terbaik dunia pada tahun ini. Hal ini tidak lepas dari raihan 28 golnya musim lalu bersama Juventus sekaligus membawanya jadi juara.

Musim ini Ronaldo tetap menunjukkan kualitasnya. Meski telah berusia 34 tahun ia sudah mencetak satu gol dan membawa Juventus di papan atas Serie A.

Bersama timnas Portugal, Cristiano Ronaldo juga jadi andalan. Terbaru ia mampu mencetak empat gol dan membawa negaranya menang 5-1 atas Lithuania.

Tak heran Cristiano Ronaldo pun dijagokan untuk meraih Ballon d'Or keenam kalinya.

 

 

Komentar Ronaldo

Pemain Portugal, Willjam Carvalo berusaha menyundul bola dari kawalan pemain Lithuania, Karolis Laukzemis  selama pertandingan grup B Kualifikasi Euro 2020 di stadion LFF di Vilnius (10/9/2019). Portugal menang telak atas Lithuania 5-1. (AFP Photo/Petras Malukas)

"Seperti yang selalu saya bilang, gelar individu tak pernah saya pikirkan. Ini adalah konsekuensi dari apa yang tim menangkan," kata Ronaldo seperti dilansir Goal International.

"Meraih gelar individu memang bagus, saya tak bisa mungkiri itu. Namun yang terpenting adalah membantu tim," kata Ronaldo menambahkan.

"Saya bahagia bisa terus mencetak gol bagi Portugal. Namun kami harus segera melupakan ini dan menatap laga selanjutnya."

Jadwal Juventus

Jadwal Juventus

Sabtu, 14 September 2019

20.00 WIB, Fiorentina Vs Juventus

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Revisi UU KPK, Jokowi: Jangan Sampai Independensi Terganggu

Posted: 10 Sep 2019 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mempelajari beberapa poin krusial dalam revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia berharap jangan sampai revisi tersebut kinerja KPK akan dibatasi dan independensinya terganggu.

"Saya melihat, saya ingin melihat dulu DIM-nya. Jangan sampai adanya pembatasan-pembatasan yang tidak perlu. Sehingga independesi dari KPK ini jadi terganggu," kata Jokowi di Jiexpo, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Dia meminta waktu satu dan dua hari ke depan untuk mempelajarinya. Dia pun berharap secepatnya dapat menentukan sikap.

"Intinya ke sana tapi saya akan melihat dulu satu per satu akan kita pelajari, diputusin baru kita sampaikan. Kenapa ini ya, kenapa ini tidak karena tentu saja ada yang setuju ada yang tidak setuju," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah membaca draf Revisi UU Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jokowi pun meminta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly untuk mempelajari naskah Revisi UU KPK yang diusulkan DPR.

"Saya diberikan draf revisi UU KPK untuk saya pelajari, itu saha dulu. Kami akan pelajari dulu. Kami lihat nanti seperti apa," ujar Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 6 September 2019.

 

Jokowi Fokus ke Sejumlah Hal

Pegawai KPK saat Aksi Selamatkan KPK di hari bebas kendaraan bermotor kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (8/9/2019). mereka mendesak Presiden Jokowi untuk tidak mengesahkan revisi UU KPK dan mengajak masyarakat mengawasi jalannya seleksi capim KPK. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Menurut dia, ada beberapa poin dalam revisi UU KPK yang menjadi perhatian Jokowi. Kendati begitu, Yasonna enggan menyebutkan apa hal yang menjadi fokus Jokowi tersebut.

"Kami harus mempelajari dulu. Pokoknya ada concern ini harus dipelajari, hati-hati," kata dia.

Yasonna memastikan Jokowi belum mengirimkan surat Presiden (supres) ke DPR. Pemerintah, kata dia, akan terlebih dahulu membaca draf revisi UU KPK tersebut, sebelum memberikan tanggapan ke DPR.

"Sampai sekarang belum. Kami harus baca dulu kan, ada beberapa (catatan)," tuturnya.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak Hatttrick ke-8, Pelatih Portugal Sebut Cristiano Ronaldo Terbaik di Dunia

Posted: 10 Sep 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Lisbon - Cristiano Ronaldo muncul sebagai pahlawan saat Portugal menggulung Lithuania 5-1 dalam pentas Kualifikasi Euro 2020, Rabu (11/9/2019) dinihari WIB. Empat gol dilesakkannya ke gawang lawan.

Ronaldo masing-masing mencetak empat gol itu di menit ke-7, 61, 65, dan 76. Gol di menit ke-65 menandai hattrick kedelapan Ronaldo selama memperkuat timnas Portugal.

Torehan itu pun membuat Ronaldo mendapat pujian dari sang pelatih, Fernando Santos. "Ini jelas menjadi bukti bahwa dia (Ronaldo, red) adalah pemain terbaik di dunia," ujar Santos seperti dilansir Sportskeeda.

"Tidak ada stadion di dunia yang tidak memberi tepuk tangan bagi Ronaldo. Dia terbaik di dunia," kata Santos menambahkan.

Secara keseluruhan, empat gol yang dibuat Cristiano Ronaldo menempatkannya sebagai pencetak gol terbanyak di Kualifikasi Euro 2020. Total, Ronaldo telah membuat 25 gol sepanjang fase itu.

Bukan hanya itu, Cristiano Ronaldo juga kini telah mencetak total 93 gol bagi Selecao das Quinas -julukan timnas Portugal. Namanya pun tercantum sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah timnas Portugal.

 

 

Tak akan Berakhir

Cristiano Ronaldo (AP Photo/Daniel Cole)

Santos menambahkan, ia memprediksi kesuburan Ronaldo mencetak gol belum akan berakhir dalam waktu dekat. Menurutnya, akan sangat aneh jika Ronaldo tak mencetak gol dalam setiap pertandignan.

"Mereka bilang, ini akhirnya. Tidak, bukan. Anda harus berhati-hati karena ini tak pernah berakhir," ujar Santos.

Peringkat Kedua

Kemenangan 5-1 atas Lithuania membuat Portugal berada di tempat kedua Grup B Kualifikasi Euro 2020. Juara bertahan Euro ini telah mengemas 8 poin dari empat pertandingan.

Portugal sendiri sebetulnya telah memastikan satu tempat di putaran final Euro 2020. Pasalnya, mereka telah menjuarai UEFA Nations League.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenazah Eks Presiden Robert Mugabe Diterbangkan ke Zimbabwe dari Singapura

Posted: 10 Sep 2019 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Singapura - Jenazah mantan presiden Zimbabwe selama tiga dekade, Robert Mugabe diterbangkan dari Singapura pada Rabu (11/9/2019). Keponakannya mengatakan jasad pria 95 tahun itu menuju tanah kelahirannya untuk dimakamkan.

Channel News Asia melaporkan bahwa pada Rabu pagi, sebuah mobil jenazah yang mengangkut mendiang Robert Mugabe meninggalkan ruang duka Singapura Casket menuju bandara diiringi pengawalan polisi.

"Sebuah pesawat yang membawa mantan pemimpin dan delegasi Zimbabwe berangkat tak lama setelah itu," kata keponakannya, Adam Molai mengatakan kepada AFP.

"Rombongan sudah pergi," katanya melalui telepon dari pesawat saat lepas landas, dengan latar belakangan suara pesawat.

Delegasi Zimbabwe tiba pada Selasa 10 September, menghadiri misa Katolik pribadi untuk Robert Mugabe di ruang duka yang dipimpin pendeta dari tanah kelahiran sang mendiang.

 

Disemayamkan

Mantan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe tiba untuk memberikan suara dalam pemilihan umum negara itu di TPS distrik Highfield, Harare, Senin (30/7). Mugabe pertama kalinya menggunakan hak pilihnya setelah dilengserkan November 2017. (AFP/Zinyange AUNTONY)

Setibanya di Zimbabwe, jasad Robert Mugabe akan dibawa langsung ke desanya di Kutama, Distrik Zvimba di barat ibu kota Harare.

Pada Kamis dan Jumat, 12-13 September, jenazah tersebut akan dibawa ke Stadion Rufaro di Kota Mbare Harare. Saat itu, publik diperkenankan memberikan penghormatan terakhir.

Stadion berkapasitas 35.000 tempat duduk itu adalah tempat Mugabe dilantik sebagai presiden. Saat itu Perdana Menteri Kolonial Rhodes Ian Smith menyerahkan negara tersebut kepadanya.

Di sana Mugabe mengibarkan bendera Zimbabwe yang baru dan menyalakan api kemerdekaan pada 18 April 1980 - membawa harapan bagi era baru setelah perang gerilya yang panjang.

Pemakaman resmi akan diadakan pada Sabtu 14 September, di National Sports Stadium, Harare yang berkapasitas 60.000 kursi. Sejumlah pemimpin asing diperkirakan hadir.

Dia akan dimakamkan pada hari Minggu tetapi lokasinya belum dipublikasikan.

Keluarga Mugabe dan pemerintah Mnangagwa sepertinya berselisih apakah jenazah Mugabe akan dimakamkan di wisma miliknya di barat laut Harare, atau di sebuah kuil untuk pahlawan pembebasan di ibu kota.

Seorang kerabat mengatakan bahwa sejalan dengan adat Shona asli, kepala tradisional dari Zvimba akan mengambil keputusan akhir terkait lokasi pemakaman mantan pemimpin Zimbabwe tiga dekade tersebut.

Akhir Hayat Mugabe

Presiden Emmerson Mnangagwa berhasil memenangkan pemilu presiden Zimbabwe, yang merupakan pertama kalinya pasca-pemerintahan diktator Robert Mugabe. (AFP)

Mugabe, seorang pemimpin gerilya yang berkuasa setelah kemerdekaan Zimbabwe dari Inggris dan terus memerintah selama 37 tahun sampai ia digulingkan pada tahun 2017, meninggal pada hari Jumat, dalam usia 95 tahun.

Kesehatannya memburuk setelah ia digulingkan oleh militer dan mantan loyalis pada November 2017, mengakhiri aturan yang membuat ekonomi negara hancur.

Dia meninggal setelah menerima perawatan di rumah sakit Singapura selama beberapa bulan, dan sebuah delegasi termasuk Wakil Presiden Kembo Mohadi melakukan perjalanan ke negeri Singa dengan penerbangan charter.

Simak pula video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proyek Pengembangan Pelabuhan Benoa Dukung Konektivitas Tol Laut

Posted: 10 Sep 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno meninjau proyek pengembangan Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali yang digagas oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). Para pemimpin adat setuju dengan pengembangan proyek tersebut.

Menurutnya, proyek pengembangan Pelabuhan Benoa harus bermanfaat untuk warga sekitar dan sudah menjadi fokus pemerintah dalam meningkatkan konektivitas dalam mendukung industri logistik Indonesia.

"Pembangunan proyek ini harus bisa bermanfaat untuk kepentingan nasional. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab BUMN dalam mendukung program tol laut," ujar Menteri Rini yang dikutip dari keterangan tertulis Rabu (11/9/2019).

Rini menegaskan dengan adanya pembangunan pelabuhan, akan meningkatkan pariwisata Pulau Bali. Demi mendukung pariwisata, Pelindo melakukan pengerukan dan pendalaman alur atau low water spring. Agar kapal pesiar dapat bersandar lebih banyak lagi dan dapat mendatangkan wisatawan luar negeri.

Rini meminta masyarakat adat Pulau Bali ikut menjadi pengawas proyek pengembangan tersebut. Sehingga budaya dan adar istiadat tetap terjaga. Para nelayan pun akan lebih mudah melaut dengan pengerukan kanal dalam proyek Pelabuhan Benoa ini.

Pelindo juga meningkatkan kapasitas gedung terminal penumpang yang mulanya berkapasitas 900 orang, menjadi 3.500 orang dalam bangunan seluas 5.600 meter persegi. Rencana penyelesaian bangunan akan selesai semester II 2019.

Area berputar kapal juga diperlebar sehingga kapal dengan radius putar lebih panjang, akan menjadi lebih aman. Dari 300 meter menjadi 420 meter. Rini berharap Pelabuhan Benoa bisa menjadi home port cruise. Tentunya akan berdampak positif bagi perekonomian di Bali.

Penataan Zona Perikanan

Pelindo III bertemu Gubernur Bali bahas reklamasi Pelabuhan Benoa

Dalam pembangunan Pelabuhan Benoa, Pelindo menggandeng PT Yodya Karya (Persero) sebagai pengawas pembangunan. Sejauh ini sejak Agustus 2019 kemajuan telah mencapai 95 persen. Target selesai pada 2020.

Pelindo III juga melakukan penataan kembali zona perikanan di sisi barat pelabuhan dan zona BBM dan gas di sisi timur. Saat ini Pelindo III sedang membuat jalur kanal untuk akses kegiatan nelayan dan pengairan mangrove di sekitar dumping area.

Selain itu disiapkan lapangan parkir untuk nelayan dengan base camp serta pembuatan area Melasti untuk kegiatan upacara dan tempat melarung abu jenazah.

"Kami optimis ke depan dengan pengembangan Pelabuhan Benoa. Dampak positif yang bisa dirasakan secara langsung adalah lapangan pekerjaan akan bertambah, secara tidak langsung menyumbang pendapatan negara melalui kegiatan ekspor dan impor, dan pada akhirnya ini membawa dampak yang luar biasa bagi perekonomian sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bali," kata Direktur Utama Pelindo III Doso Agung.

Rini juga menyempatkan hadir dalam Upacara Guru Bendu Pinduka sebagai tanda dimulainya pembangunan fasilitas pemelastian untuk desa adat Pedungan.

 

Reporter: Chrismonica

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak 4 Gol untuk Portugal, Cristiano Ronaldo Pecahkan Rekor Kualifikasi Euro

Posted: 10 Sep 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Lisbon - Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo mencetak empat gol untuk Portugal ketika melawan Lithuania dalam pertandingan kualifikasi Euro 2020, Rabu (11/9/2019) dini hari WIB. Portugal menang 5-1 atas tuan rumah Lituania.

Berkat 4 gol itu, Cristiano Ronaldo menjadi pemain paling produktif dalam sejarah kualifikasi Euro. Satu go Portugal lainnya ke gawang Lituania disarangkan William Carvalho.

"Saya bersenang-senang, tetapi hal yang sama berlaku untuk seluruh tim," kata Cristiano Ronaldo setelah pertandingan, seperti dilansir Football Italia.

"Saya bahagia dan saya menikmati diri saya sendiri, bukan karena saya mencetak gol tetapi lebih karena level yang telah kami mainkan dalam beberapa tahun terakhir," ucap eks pemain Real Madrid ini.

Ronaldo mencetak quattrick ke gawang Lituania, yang membuat koleksinya mencapai 93 gol dari 159 pertandingan bersama Timnas Portugal. Cristiano Ronaldo juga memecahkan rekor gol kualifikasi Euro dengan 24 gol.

Pemain berusia 34 tahun itu melampaui torehan mantan striker Republik Irlandia, Robbie Keane dalam gol kualifikasi Euro. Rekor sebelumnya dipegang Robbie Keane dengan 23 gol.

 

Kalahkan Serbia

Penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo borong empat gol saat Portugal mengalahkan Lithuania 5-1. (AFP)

"Itu terserah kepada saya untuk terus membantu tim nasional Portugal. Kami mengatasi pertandingan tersulit, yaitu mengalahkan Serbia," kata Ronaldo.

"Hari ini penting untuk memberikan kemenangan lain. Sekarang semuanya terbuka: kami memiliki dua pertandingan berikutnya, satu di kandang dan satu lagi tandang. Saya pikir memenangkan salah satu saja sudah cukup untuk lolos," terangnya.

Koleksi Hattrick

Prestasi itu juga menambah koleksi hattrick Ronaldo. Sepanjang kariernya bersama Timnas Portugal, Ronaldo telah delapan kali untuk Portugal dan yang ke-54 dalam karier sepak bola profesionalnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bella dan Gigi Hadid Tampil dengan Lingerie Seksi di Show Savage x Fenty NYFW

Posted: 10 Sep 2019 09:45 PM PDT

Model Gigi Hadid berpose saat tiba menghadiri Savage X Fenty Show yang disuguhkan oleh Amazon Prime Video di Brooklyn, New York (10/9/2019). Gigi Hadid tampil cantik memakai korset hitam dengan jeans biru muda. (AFP Photo/Dimitrios Kambouris)

Model Gigi Hadid berpose saat tiba menghadiri Savage X Fenty Show yang disuguhkan oleh Amazon Prime Video di Brooklyn, New York (10/9/2019). Gigi Hadid tampil cantik memakai korset hitam dengan jeans biru muda. (AFP Photo/Dimitrios Kambouris)

Model Gigi Hadid saat tiba menghadiri Savage X Fenty Show yang disuguhkan oleh Amazon Prime Video di Brooklyn, New York (10/9/2019). Gigi Hadid tampil cantik memakai korset hitam dengan jeans biru muda. (AFP Photo/Dimitrios Kambouris)

Model Gigi Hadid saat tiba menghadiri Savage X Fenty Show yang disuguhkan oleh Amazon Prime Video di Brooklyn, New York (10/9/2019). Gigi Hadid tampil cantik memakai korset hitam dengan jeans biru muda. (AFP Photo/Dimitrios Kambouris)

Model Bella Hadid berpose saat tiba menghadiri Savage X Fenty Show yang disuguhkan oleh Amazon Prime Video di Brooklyn, New York (10/9/2019). Bella Hadid tampil seksi mengenakan bra renda dengan setelan jas hijau. (AFP Photo/Dimitrios Kambouris)

Model Bella Hadid berpose saat tiba menghadiri Savage X Fenty Show yang disuguhkan oleh Amazon Prime Video di Brooklyn, New York (10/9/2019). Bella Hadid tampil seksi mengenakan bra renda dengan setelan jas hijau. (AFP Photo/Dimitrios Kambouris)

Model Bella Hadid berpose saat tiba menghadiri Savage X Fenty Show yang disuguhkan oleh Amazon Prime Video di Brooklyn, New York (10/9/2019). Bella Hadid tampil seksi mengenakan bra renda dengan setelan jas hijau. (AFP Photo/Dimitrios Kambouris)

Model Bella Hadid berpose saat tiba menghadiri Savage X Fenty Show yang disuguhkan oleh Amazon Prime Video di Brooklyn, New York (10/9/2019). Bella Hadid tampil seksi mengenakan bra renda dengan setelan jas hijau. (AFP Photo/Dimitrios Kambouris)

Model Gigi Hadid berpose saat tiba menghadiri Savage X Fenty Show yang disuguhkan oleh Amazon Prime Video di Brooklyn, New York (10/9/2019). Gigi Hadid tampil cantik memakai korset hitam dengan jeans biru muda. (AFP Photo/Dimitrios Kambouris)

Model Gigi Hadid berpose saat tiba menghadiri Savage X Fenty Show yang disuguhkan oleh Amazon Prime Video di Brooklyn, New York (10/9/2019). Gigi Hadid tampil cantik memakai korset hitam dengan jeans biru muda. (AFP Photo/Dimitrios Kambouris)

Model Gigi Hadid berpose saat tiba menghadiri Savage X Fenty Show yang disuguhkan oleh Amazon Prime Video di Brooklyn, New York (10/9/2019). Gigi Hadid tampil cantik memakai korset hitam dengan jeans biru muda. (AFP Photo/Dimitrios Kambouris)

Model Gigi Hadid berpose saat tiba menghadiri Savage X Fenty Show yang disuguhkan oleh Amazon Prime Video di Brooklyn, New York (10/9/2019). Gigi Hadid tampil cantik memakai korset hitam dengan jeans biru muda. (AFP Photo/Dimitrios Kambouris)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sesmenpora: Persahabatan Pemuda Indonesia-Malaysia Harus Dijaga

Posted: 10 Sep 2019 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sesmenpora Gatot S Dewa Broto hari Selasa (10/9) sore didampingi Asdep Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Wisler Manalu menerima delegasi Indonesia Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP) di ruang sidang lantai 3 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Program IMYEP telah berlangsung sejak tahun 1979 dengan tujuan mempererat hubungan kerjasama kedua negara dan meningkatkan kualitas sumber daya pemuda kedua negara. Tahun ini mengangkat tema Culture Heritage and Creative Economy.

Sesmenpora dalam kesempatan itu menekankan bahwa Indonesia-Malaysia adalah bersahabat satu rumpun. "Kegiatan ini adalah kesempatan yang baik dan bagus karena pada umumnya tokoh-tokoh dan pemimpin bangsa adalah mereka yang pernah mendapatkan aktivitas serupa," ujarnya usai menerima kunjungan delegasi IMYEP.

Menurutnya, bangsa Indonesia diakui para delegasi Malaysia telah mengalami kemjuan pesat misalnya dari pendapatan perkapitanya, dan merasa bangga karena pada 2050 Bahasa Melayu akan menjadi salah satu bahasa yang digunakan di kawasan Asean.

"Dari kalangan pemudalah harus kita mulai tanamkan tentang rasa persahabatan, pernik-pernik masalah adalah suatu hal yang wajar di kedua negara ini tapi melalui para duta-dutanya bisa menjadi agen perubahan yang baik untuk memperkenalkan negara satu dengan yang lain dengan baik," tutur Sesmenpora.

Asdep Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Wisler Manalu dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini diawali dari Kemendiknas. Ada beberapa tahun vakum pada tahun 2016 hingga 2018 dan kemudian dimulai lagi pada tahun 2019 ini. "Kegiatan ini diikuti 18 pemuda Indonesia yang mewakili beberapa provinsi dan 18 pemuda Malaysia," ujarnya.

"Fase di Indonesia dilakukan di Yogyakarta dan Jakarta. Di Jakarta telah mengadakan orientasi, city tour dan home stay selama tiga hari dua malam dan tiga hari empat malam di Malaysia untuk melakukan diskusi dan kunjungan-kunjungan sesuai temanya Warisan Budaya dan Ekonomi Kreatif," kata Wisler.

Pimpinan delegasi Malaysia Nurdiana Nahdirah berharap program IMYEP ini dapat terus dilaksanakan hingga tahun-tahun mendatang. "Terima kasih atas diterimanya kunjungan kami ini kami bangga sebagai tamu. Untuk program ini kami mengharapkan agar Indonesia dan Malaysia terus bersama melakukan program ini di tahun-tahun mendatang," harapnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Optimisme Perbankan Salurkan Pembiayaan KPR Dari Banyak Katalis

Posted: 10 Sep 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perbankan sudah bisa merasa optimis dalam melanjutkan pembiayan KPR, sebab banyak katalis positif pada properti. Ada dua faktornya yaitu penurunan BI 7DRRR menjadi 5% dan berlanjutnya program Nawa Cita. 

Sejumlah katalis positif bagi industri perbankan diharapkan bisa mulai menunjukkan tanda-tandanya hingga akhir tahun ini untuk masuk ke sektor properti.

Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank BTN, Oni Febriarto Raharjo mengungkapkan setidaknya ada dua faktor yang menjadi katalis positif bagi bisnis Bank.

Pertama, kata Oni, penurunan BI 7DRRR yang telah dikeluarkan Bank Indonesia hingga dua kali menjadi 5,5%. Pasalnya Oni menilai kebijakan itu memberikan angin segar bagi perbankan di saat mengetatnya likuiditas pada awal semester II/2019.

Faktor kedua adalah terbentuknya kabinet baru sebentar lagi yang akan terealisaikan setelah pemilu presiden usai, Berlanjutnya kepemimpinan petahana untuk 5 tahun ke depan yang dapat mengkonfirmasi program Nawa Cita akan dipertahankan. Diantaranya Program Sejuta Rumah. Dengan demikian, perbankan dapat menyalurkan kredit pendukung sektor properti dari hulu hingga hilir.

Per Juli 2019, Bank BTN telah menyalurkan pembiayaan perumahan untuk Program Sejuta Rumah sebanyak 503.974 unit dengan nilai kredit sebesar Rp43,64 Triliun. Dengan rincian untuk KPR sebanyak 135.893 unit dan dukungan kredit konstruksi belum KPR 368.081 unit. Khusus untuk segmen subsidi, Bank BTN telah menyalurkan pembiayaan perumahan sebanyak 111.823 unit dalam bentuk KPR dan sebanyak 251.550 unit.

Simak selengkapnya: Cara Pengajuan KPR Subsidi

Dengan pencapaian ini Bank BTN telah mencapai 63% dari target total tahun ini yang dipatok sebanyak 800.000 unit baik untuk pembiayaan perumahan subsidi maupun non subsidi. Apalagi Bank BTN juga mendapat limpahan kuota sebanyak sekitar 2.467 unit.

Namun, bagi pengembang sektor properti belum tumbuh signifikan karena permintaan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) juga belum tinggi. Direktur Marketing Pollux Properti Maikel Tanuwijaya menekankan masih adanya jeda dari penurunan suku bunga ke penurunan suku bunga kredit KPR oleh perbankan.

Kepala Riset Koneksi Kapital Indonesia Alfred Nainggolan justru menilai penurunan suku bunga acuan tidak serta merta bisa menjadi faktor pendorong sektor properti. Alasannya, berkaca pada 2013 lalu, suku bunga acuan yang naik 175 basis poin, tetapi industri properti tetap tumbuh di angka 20,8%.

Karyawan kontrak mau nyicil rumah? Cek caranya di sini

Dia menilai, masih berat bagi industri pada semester kedua tahun ini untuk bisa bangkit. Hal ini jika menilik pada penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang juga melambat. Melambatnya permintaan kredit disebabkan karena permintaan (demand) kredit properti masih terbatas, apalagi untuk hunian mewah (high rise building) seperti kondomium dan apartemen yang sifatnya untuk investasi jangka panjang.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa permintaan kredit properti untuk pasar menengah ke bawah tetap ada seperti program sejuta rumah yang digagas pemerintah. Hal ini sekaligus memberikan retensi terhadap potensi sektor ini untuk rebound.

Head of Research dan Direktur Savills Indonesia Anton Sitorus mengatakan bahwa naik turunnya suku bunga acuan tidak bisa langsung terlihat di sektor properti. Alasannya karena properti bukan termasuk sektor yang likuid.

"Buktinya dari 2017 suku bunga itu rendah, tapi kondisinya sampai sekarang tetap sama saja. Jadi, karena banyak faktor. Bisa saja memberi pengaruh kalau perubahannya besar,"tekannya.

Cek simulasi perhitungan kredit rumah idaman melalui Kalkulator KPR dari Rumah.com!

Temukan beragam tips, panduan, dan informasi seputar properti di Panduan Rumah.com

Hanya rumah.com yang Percaya Anda semua bisa punya rumah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Irish Bella dan Ammar Zoni Kompak Rehat Syuting Sinetron

Posted: 10 Sep 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sudah lebih dari 22 minggu Irish Bella hamil bayi kembar buah pernikahannya dengan Ammar Zoni. Demi kebaikan calon anaknya, Ibel membuat keputusan tak terduga yang didukung sang suami.

Irish Bella dan Ammar Zoni kompak sama-sama memutuskan untuk istirahat sejenak dari kegiatan syuting. Ibel pun mengaku saat ini hanya ingin fokus merawat janin yang sedang dikandungnya.

"Kita mau fokus dulu ngurusin anak, sambil kita istirahat sejenak karena banyak juga yang kita persiapkan," kata Irish Bella melalui kanal Youtube-nya.

Mengutarakan dukungannya atas keputusan Irish Bella tersebut, Ammar Zoni pun mengaku bahwa ia sedang melepaskan pikirannya dari urusan syuting sinetron. Setelah Cinta Suci di SCTV yang mempertemukan mereka habis masa tayangnya, pasangan ini belum berakting kembali. 

Banyak yang Diurus

Irish Bella dan Ammar Zoni Maternity Shoot (Instagram/dierabachir)

"Kalau saat ini enggak sih, belum (syuting sinetron), karena banyak yang harus kami urusi. Yang paling penting, kami mengurusi si kembar. Jadi kami enggak mikirin untuk sinetron dulu. Masa kita mau ngehibur mereka semua, kita hibur dulu dong diri kita dan keluarga kecil kita," terang Ammar Zoni.

Irish Bella dan Ammar Zoni menikah pada 28 April 2019 di Pine Hill Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Pernikahan mereka sempat ditayangkan secara live di SCTV. Adik kandung Irish Bella, Sean Ivan de Beule, bertindak sebagai wali nikah. Sembari menjabat tangan Ammar Zoni, Sean mengucapkan kalimat ijabnya.

Namun, dalam ucapan ijab pertama, Ammar Zoni sempat kesulitan ketika menyebut nama ayah kandung Irish Bella, sehingga ijab kabul pun diulang kedua kalinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wacana Wagub DKI Jakarta Lebih dari Satu, PSI Kaji Dasar Hukum

Posted: 10 Sep 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DPRD DKI Jakarta mewacanakan penambahan jumlah wakil gubernur (wagub) lebih dari satu. Wacana ini muncul dalam rapat, namun masih menjadi usulan individu, bukan usulan resmi fraksi.

Terkait wacana ini, Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan mengkaji dari sisi aturan atau dasar hukumnya.

"Kalau kami melihatnya ini masih sebatas wacana. Dan kami juga lagi pelajari aturannya. Sejauh ini baru seperti itu. Karena itu kan tidak akan masuk dalam pembahasan tata tertib. Jadi kami dalam proses pendalaman terhadap dasar hukum. Kalau berwacana kan boleh saja," jelas Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Idris Ahmad, dihubungi Merdeka, Rabu (11/9/2019).

Jika dasar hukumnya membolehkan, Idris mengatakan hal yang kemudian harus jadi pertimbangan jika wagub ditambah adalah kebutuhan demi optimalisasi kinerja pemerintahan. Jika memang benar dibutuhkan dua wagub, menurutnya tak masalah.

"Kalau peraturan membolehkan dasar kebutuhannya apa? Apakah memang akan mengoptimalkan kinerja dari pemerintah daerah atau enggak. Pertimbangannya itu," tutur dia.

"Sekarang kita belum mendapat kepastian, kita akan konsultasi sebenarnya memungkinkan enggak secara hukum. Kalau pun misalnya hukum membolehkan, apa benar-benar dibutuhkan untuk mengoptimalkan kinerja dari pemerintah daerah," imbuhnya.

 

Dibahas Lebih Lanjut

Idris menegaskan, dasar hukumnya harus kuat baru kemudian bisa dibahas lebih lanjut.

"Jadi pada prinsipnya PSI akan mempertanyakan apakah dasar hukumnya kuat dan apakah benar-benar bisa meningkatkan kinerja dari pemerintah daerah yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Dia mengatakan, wagub yang tidak terpilih berdasarkan proses Pemilu akan dipilih melalui mekanisme di DPRD.

"Jadi partai pengusung yang sebelumnya mengusulkan akan menyerahkan namanya, nanti akan dibentuk tim panitia pemilihan, dibentuk tata tertibnya terus juga nanti ada pemilihan oleh anggota DPRD," pungkasnya.

 

Sumber: Merdeka.com

Reporter: Hari Ariyanti

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini yang Akan Didalami DPR Dalam Fit and Proper Test Capim KPK

Posted: 10 Sep 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi III DPR RI melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kepada lima calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK). Kelima capim yang mengikuti fit and proper test hari ini adalah Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Sigit Danang Joyo, dan I Nyoman Wara.

Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu menyampaikan, beberapa hari yang lalu, pihaknya telah menerima hasil profile assesment yang dilalukan oleh panitia seleksi (pansel) saat seleksi.

Menurut Masinton, hari ini Komisi III DPR akan mendalami profile assesment dari para capim. Sebelumnya, Komisi III DPR sudah lebih dulu meminta pada capim KPK untuk membuat makalah.

"Sekarang saat pelaksanaan uji kelayakan ini kami akan melakukan pendalaman baik terkait profile assesment yang dari Pansel, kemudian terkait dengan makalah," ujar Masinton, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Usai menjalani fit and proper test, para capim akan menandatangani kontrak politik yang sudah dibuat oleh Komisi III DPR. Penandatanganan itu dilakukan agar para capim tetap mematuhi Undang-undang.

"Tanda tangan itu menekankan supaya taat dan patuh pada Undang-undang dasar dan perundangan agar tetap menjaga integritas dan mempunyai komitmen tinggi pemberantasan korupsi, itu aja kok," kata dia.

Menurut Wakil Ketua Komisi III DPR Herman Hery, komisi yang membidangi hukum itu akan mendalami visi misi serta makalah yang telah dibuat oleh seluruh capim KPK.

"Kami akan melakukan pendalaman terkait dengan makalah serta komitmen mereka terhadap agenda pemberantasan korupsi melalui KPK," kata Herman, di Kompleks Parlemen.

 

Pertimbangkan Masukan Masyarakat

Pekerja membersihkan debu yang menempel pada tembok dan logo KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Pemerintahan Provinsi Papua mendapat skor terendah yaitu 52,91. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Selain itu, kata Herman, seluruh masukan yang disampaikan masyarakat sipil juga akan menjadi masukan dan pertimbangan bagi Komisi III DPR saat menentukan pilihan terhadap lima dari 10 capim KPK jilid V.

"Tentu masukan dari masyarakat sipil akan menjadi pertimbangan kami," tegasnya.

Kata Herman, seluruh anggota Komisi III DPR akan diberi kebebasan menggunakan haknya yang diatur oleh konstitusi untuk menguji para kandidat Capim KPK.

"Saya kira pertanyaannya akan bebas saja ya. Seluruh anggota memiliki hak untuk bertanya tanpa ada intervensi dari pihak manapun," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuki Hari ke-10, BJ Habibie Masih Dirawat Intensif di RSPAD Gatot Subroto

Posted: 10 Sep 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki hari ke-10 dirawat, kondisi kesehatan Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie membaik. Meski, kondisinya relatif sama dengan Selasa 10 September 2019 malam.

"Kalau ada setiap perubahan pasti akan diinformasikan dan dishare secepatnya, kurang lebih masih sama seperti semalam (membaik)," kata cucu BJ Habibie, Melanie Subono lewat pesan singkat diterima, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Sebelumnya, anak ke-3 Habibie, Thareq Kemal mengatakan, kondisi sang ayah terus membaik. Kendati masih ditempatkan di ruang intensif.

Lewat jumpa pers disampaikan Thareq semalam, sakit yang dialami oleh BJ Habibie lebih disebabkan oleh faktor kelelahan. Faktor usia sang ayah yang sudah memasuki usia senja 83 tahun juga mempengaruhi sakitnya.

 

44 Dokter

BJ Habibie Pamer Jari Keliling yang Sudah Dicelupin Tinta Warna Biru di TPS 10 (Foto: Khairuni Cesario/Liputan6.com)

Sementara itu, pemerintah sendiri telah mengerahkan tim dokter kepresidenan sebanyak 34 orang. Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama, mengatakan total ada 44 orang dokter yang mengawal Habibie selama perawatan, terdiri dari 34 tim panel ahli, dan 10 tim dokter pribadi.

"34 di bidang macam-macam, jantung, otak dan sebagainya lengkap. Semua spesialis kedokteran lengkap di sana ada 34 orang, dan 10 orang dokter pribadi," jelas Setya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 9 September 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awalnya Hanya Bercanda saat SMP, Akhirnya Pasangan Ini Nikah Beneran

Posted: 10 Sep 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jodoh itu memang tidak ada yang tahu ya, karena pada dasarnya rejeki, jodoh dan maut telah diatur sang pencipta. Meskipun demikian, jodoh bisa datang dari mana saja, bisa dari teman masa kecil, bisa dari orang yang enggak sengaja dikenal atau bahkan bisa jadi teman kantor. 

Belakangan ini banyak muncul di media sosial kisah cinta yang berawal dari bercanda waktu kecil. Bercanda biasanya dimulai dengan keisengan bermain jodoh-jodohan antara seseama teman. Tak ayal, keisengan bermain jodoh-jodohan juga diselingi dengan praktik nikah untuk lucu-lucuan.

Dalam praktik nikah inilah para pasangan cilik yang iseng dan bercanda melangsungkan pernikahan ala orang dewasa. Tapi, siapa sangka bercanda praktik nikah yang mereka lakukan tersebut malah akhirnya menjadi kenyataan.

Seperti kisah pasangan yang baru-baru ini viral saat SMP awalnya cuma bercanda menikah dengan temannya. Namun, enam tahun kemudian pasangan ini malah nikah beneran.

Berikut Liputan6.com rangkum dari akun Facebook Agus Gunawan, awalnya hanya becanda nikah saat SMP, akhirnya malah nikah beneran, Rabu (11/9/2019).

Becandaan Nikah Saat SMP, Akhirnya Malah Nikah Beneran

Pada waktu kecil kita sering mendapat nasehat agar jangan becandaan yang kelewat batas.  Banyak orang tua atau teman-teman bilang 'jangan suka bercanda begitu, nanti kejadian beneran lho'. Namun, nasehat itu malah terjadi beneran oleh pasangan yang tengah viral karena becandaan nikah saat SMP. Akhirnya, pasangan ini malah menikah beneran.

Kisah ini diceritakan oleh sebuah akun Facebook yang bernama Agus Gunawan. Dalam postingan yang ia unggah pada 5 September 2019 lalu ini memperlihatkan dua buah foto. Dalam foto pertama nampak Agus Gunawan sewaktu SMP iseng praktek nikah dengan pasangannya, namun dalam foto kedua menunjukkan bahwa mereka bener-benar melangsungkan pernikahan secara sah.

"fto atas pas jamannya smp mungkin itu 6thn yg lalu. iyh itu cuman karna keisengan kita dan temen2. alhamdulilah fto yg kedua.kita sudah sah."

fto atas pas jamannya smp mungkin itu 6thn yg lalu. iyh itu cuman karna keisengan kita dan temen2. alhamdulilah fto yg...

Posted by Agus Gunawan on Wednesday, 4 September 2019

Viral di media sosial

Kisah pasangan Agus Gunawan yang berawal dari iseng saat SMP ini viral di media sosial. Dalam postinggannya, Agus juga mengingatkan bahwa untuk selalu menjaga komitmen dengan pasangannnya. Menjalin hubungan yang lama bukan berarti hanya menjaga jodoh orang lain aja. Agus sudah membuktikan bahwa hubungan yang serius bisa terjalin dengan komitmen yang baik.

Kisahnya inipun mendapat respon yang beragam dari netizen. Banyak yang kagum dengan komitmen pasangan ini. Sampai saat ini postingan Aguspun sudah mendapat 9 ribu like dan 3 ribu komentar.

"Langgeng Terus Sayang" oleh Abas Good Sleep Zahraa

"subhanallah oleh DewiiDewita

"Mantap... Emoga langgeng ya" oleh Eva Santi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSSI Segera Evaluasi Simon McMenemy Sebagai Pelatih Timnas Indonesia

Posted: 10 Sep 2019 09:35 PM PDT

Jakarta - Timnas Indonesia menelan dua kekalahan beruntun di kandang pada Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Hasil itu membuat pelatih Simon McMenemy berada dalam tekanan dan posisinya segera dievaluasi PSSI.

"Menunggu laporan dari McMenemy dulu. Nanti juga ada Direktur Teknik PSSI, Danurwindo yang membuat laporan kepada Komite Eksekutif (Exco) PSSI," ujar Gusti Randa, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Harian PSSI, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Gusti Randa menyaksikan langsung saat Timnas Indonesia dibantai Thailand 0-3 pada partai kedua Grup G di SUGBK, Selasa (10/9/2019). Pada partai sebelumnya melawan Malaysia, 5 September 2019, Andritany Ardhiyasa dan kolega kalah 2-3.

Saat di pengujung laga kontra Thailand, sayup-sayup seruan 'Simon Out' dari suporter Timnas Indonesia menggema. Tak menyanggah, Gusti Randa mengakui mendengar teriakan tersebut.

"Tentu (seruan Simon Out) nanti akan saya bawa ke dalam rapat Exco. Silakan Exco menentukan ke depan seperti apa. Ini bagian dari evaluasi," imbuh Gusti Randa.

Adakan Rapat Exco

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, saat laga melawan Malaysia pada laga perdana Grup G Penyisihan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Indonesia kalah 2-3. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gusti Randa memastikan pihaknya akan mengadakan rapat Exco dalam waktu dekat. Ia masih belum tahu kapan waktunya pelaksanaannya. Yang pasti, bakal berlangsung pada bulan ini.

Satu di antara pokok pembahasan rapat Exco nanti ialah mereview kinerja McMenemy di Timnas Indonesia.

"Rapat Exco dalam waktu dekat karena kami juga sambil menunggu sanksi FIFA imbas kerusuhan suporter ketika melawan Malaysia."

"Kami akan evaluasi karena pada Oktober 2019, Timnas Indonesia akan menghadapi dua laga melawan Uni Emirat Arab (UEA) dan Vietnam," tuturnya.

Disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa / Editor Aning Jati, Published 11/09/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertarungan Sengit PSM Makassar vs PSIS Semarang, Waspadai Ancaman Tim Tamu

Posted: 10 Sep 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Putaran kedua Shopee Liga 1 2019 bergulir pertengahan pekan ini. Sejumlah laga besar hadir memanaskan persaingan kompetisi sepak bola paling bergengsi di Tanah Air. Duel PSM Makassar vs PSIS Semarang di Stadion Andi Mattalatta mengawali putaran kedua.

PSIS Semarang harus menyambangi markas PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, dalam pertandingan tunda pekan ke-11 Shopee Liga 1 2019, Rabu (11/0/2019) sore WIB. Tampil di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, PSM Makassar jadi tim menakutkan musim ini.

Apalagi, tuan rumah punya tren bagus saat melakoni pertandingan di depan pendukungnya sendiri. Dari sembilan laga terakhir di Shopee Liga 1 2019, PSM Makassar berhasil menyapu bersih kemenangan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber prediksi pertarungan Sengit PSM Makassar vs PSIS Semarang, Rabu (11/9/2019).

Pertarungan Sengit PSM Makassar vs PSIS Semarang

Gelandang PSM Makassar, Raphael Maitimo, saat melawan Persija Jakarta pada laga Liga 1 2019 di SUGBK, Jakarta, Rabu (28/8). Kedua tim bermain imbang 0-0. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic menyiapkan strategi untuk mengamankan tiga poin di markas sendiri. Dari tujuh partai kandang, mereka selalu membuat tamu bertekuk lutut. Fakta inilah yang membuat Juku Eja dijagokan menang saat menjamu PSIS Semarang pada laga tunda pekan ke-11 Shopee Liga 1.

PSM pun berambisi untuk melanjutkan catatan apik itu ketika menghadapi PSIS Semarang. Tambahan tiga poin bakal membuat posisi PSM di klasemen sementara Liga 1 terdongkrak naik. Saat ini, mereka berada di peringkat delapan dengan nilai 23, tertinggal dua poin dari Persebaya Surabaya yang menghuni urutan lima.

Ancaman Tim Tamu

Logo PSIS Semarang. (Bola.com/Dody Iryawan)

PSIS saat ini sedang dalam tren minor. Laskar Mahesa Jenar belum pernah meraih kemenangan dalam tujuh pertandingan terakhir di Liga 1 musim ini, dengan perincian lima kekalahan dan dua hasil imbang. Hasil tersebut membuat PSIS kini menghuni peringkat 13 klasemen sementara Liga 1 dengan nilai 16. Mereka hanya unggul satu angka atas Barito Putera yang menempati posisi 16, atau batas akhir zona merah.

Oleh karena itu PSM Makassar harus mewaspadai ancaman tim tamu. PSIS punya potensi membuat kejutan. Darije merujuk sukses PSIS menahan imbang 1-1 tuan rumah Arema FC pada 31 Agustus 2019. Pelatih PSIS, Bambang Nurdiansyah mengungkapkan skuatnya akan mengandalkan permainan kolektif untuk meredam agresivitas PSM Makassar.

Link Live Streaming

Live streaming Shopee Liga 1 2019 PSM Makassar vs PSIS Semarang akan dimulai pukul 15.30 WIB di Indosiar. Anda dapat menyaksikannya pertandingan panas tersebut di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bus Transjakarta Tabrak Separator

Posted: 10 Sep 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bus Transjakarta mengalami kecelakaan tunggal di jalan S. Parman Slipi Jakarta Barat. Bus menabrak separator hingga mengalami kerusakan parah di bagian depan, petugas menderek bus ke kantor Ditlantas Polda Metro Jaya.

VIDEO: Penampakan Bus Transjakarta Terbengkalai di Pool PPD

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaji Cristiano Ronaldo di Juventus 3 Kali Lipat dari Bintang Top Serie A

Posted: 10 Sep 2019 09:32 PM PDT

Turin - Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, tercatat sebagai pemain dengan bergaji tertinggi di Liga Italia Serie A. Bahkan, jumlah yang diterima Ronaldo tiga kali lipat lebih besar dibandingkan bintang-bintang top di Serie A. 

Seperti dilansir Gazzetta dello Sport, kapten Timnas Portugal itu menerima bayaran 31 juta euro (Rp 481 miliar) dari Juve. Rekan setim CR7 di I Bianconeri, Matthijs de Ligt, berada di peringkat kedua. 

Namun, selisih gaji De Ligt dengan Cristiano Ronaldo terpaut cukup jauh, bahkan hingga tiga kali lipat. Bek Timnas Belanda itu mendapatkan gaji 8 juta euro (Rp 124 miliar) plus bonus 4 juta euro (Rp 62 miliar) dari manajemen Juventus.  

Sementara itu, posisi ketiga dihuni rekrutan anyar Inter Milan, Romelu Lukaku. Penyerang Timnas Belgia tersebut mendapat gaji 7,5 juta euro (Rp 116 miliar) plus bonus 1,5 juta euro (Rp 23 miliar). 

Selanjutnya, Gonzalo Higuain berada diurutan keempat daftar pemain dengan gaji tertinggi di Serie A. Striker asal Argentina itu mendapat gaji hingga 7,5 juta euro. 

Pemain Juventus mendominasi daftar pesepak bola dengan gaji tertinggi di Serie A. Selain Cristiano Ronaldo, Matthijs de Ligt, dan Gonzalo Higuain, bintang I Bianconeri lainnya yang menghuni daftar ini adalah Paulo Dybala, Adrien Rabiot, Aaron Ramsey, Miralem Pjanic, Douglas Costa, Mario Mandzukic, dan Sami Khedira yang berturut-turut menempati peringkat lima hingga 11. 

Daftar Pesepak Bola dengan Gaji Tertinggi di Serie A

  1. Cristiano Ronaldo (Juventus): 31 juta euro
  2. Matthijs de Ligt (Juventus): 8 juta euro (bonus 4 juta euro)
  3. Romelu Lukaku (Inter Milan): 7,5 juta juta euro (bonus 1,5 juta juta euro)
  4. Gonzalo Higuain (Juventus): 7,5 juta euro
  5. Paulo Dybala (Juventus): 7,3 juta euro
  6. Adrien Rabiot (Juventus): 7 juta (bonus 2 juta euro)
  7. Aaron Ramsey (Juventus): 7 juta euro
  8. Miralem Pjanic (Juventus): 6,5 juta euro
  9. Douglas Costa (Juventus): 6 juta euro
  10. Mario Mandzukic (Juventus): 6 juta euro
  11. Sami Khedira (Juventus): 6 juta euro
  12. Gianluigi Donnarumma (AC Milan): 6 juta euro
  13. Kalidou Koulibaly (Napoli): 6 juta euro

Sumber: Sportbible

Disadur dari: Bola.com (Hesti Puji Lestari/Rizki Hidayat, Publised 11-09-2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Kaji Penghapusan PPN Kayu Log

Posted: 10 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemerintah kali ini sedang membahas usulan para pengusaha mebel dan produk kayu untuk menghapus pajak pertambahan nilai kayu bulat. Darmin menjelaskan pengusaha mengeluhkan soal pajak yang dipatok 10 persen.

"Masa kayu log kena PPN (pajak pertambahan nilai) sehingga pengolah kayu harus bayar PPN 10 persen sehingga kita pasti dikurangi harganya. Nah, kalau itu tadi, Menperin katakan sedang dibahas dengan Kemenkeu," kata Darmin di Kantor Presiden usai rapat terbatas, Rabu (11/9).

Presiden Joko Widodo juga kata Darmin sudah mencatat beberapa masukan tersebut. Dan berupaya kata dia akan terus mendorong percepatan ekspor mebel, produk kayu, dan rotan. Menurut Darmin, perkembangan ekspor kayu dan produk kayu mengalami pertumbuhan cukup signifikan sekitar 32 persen dalam lima tahun terakhir.

"Kalau dilihat perkembangan ekspor kayu produk kayu, terutama yang namanya produk kayu, 5 tahun terakhir pertumbuhannya sangat cepat, 32 persen-an. Nah, kayu produk kayu ada 3 kelompok," ungkap Darmin.

"Paling tidak pertama adalah kayu gergajian, atau kayu olahan. Yang diproses sederhana. Kedua, produk kayu yang sudah diproses lebih jauh, namun dipisahkan khusus mebel. Furnitur. 2 tahun terakhir ini ekspor mereka melambat," tambah Darmin.

Dia menjelaskan proses percepatan ekspor mebel tersebut akan terus dibahas. Dan targetnya diupayakan minggu depan.

"Ini proses yang ditempuh, baik penyederhanaan besar-besaran, maupun membangun ekosistem investasi. Tidak sekadar penyederhanaan perizinan. Bisa juga DNI masuk, bisa juga perizinan masuk," kata Darmin.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

 

Daya Saing Produk Mebel

Aneka furniture dan mebel di pamerkan dalam Trade Expo Indonesia 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/10). TEI 2016 menjadi media bagi pengusaha dalam dan luar negeri untuk memamerkan dan mempromosikan produk mereka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya diketahui Presiden Joko Widodo meminta agar produk mebel Indonesia memiliki daya saing ditengah perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

"Sore ini saya ingin lebih menkokretkan lagi kebutuhan-kebutuhan yang ada terutama dalam peningkatan ekspor mebel, dan produk-produk kayu dna rotan dari negara kita,'' kata Jokowi saat buka rapat terbatas di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (10/9).

Dia menjelasakan daya saing permebelan akan mendapat peluang besar. Hal itu terlihat kata dia, dari informasi yang didapat dari World Bank bahwa mebel, produk kayu dan rotan adalah kesempatan besar untuk masuk ke pasar terutama yang berkaitan dengan perang dagang.

Sebab itu kata dia, ingin ada tindakan konkret dan policy dari kementerian yang meberikan dukungan terhadap itu. Sehingga apa yang diinginkan para pengusaha terutama pengusaha rotan dan mebel akan direalisasikan.

"Nanti nanti bisa kita realisasikan, ini berangkat dari informasi yang saya terima dari pasar Tiongkok yang dulu ditinggalkan karena perang dagang. Inilah yang jadi kesempatan kita," ungkap Jokowi.

Diketahui Kementerian Perindustrian mencatat, sepanjang 2018, kontribusi industri furnitur terhadap PDB industri nonmigas sebesar 1,36%. Di samping itu, pertumbuhan sektor industri furnitur di Indonesia memperlihatkan tren positif.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Tahun Baru Islam, Banyuwangi Kembali Gelar Festival Muharam

Posted: 10 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memperingati Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar Festival Muharam. Festival ini diisi dengan pawai ta'aruf yang dimeriahkan 4000 siswa dan guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Banyuwangi. Ribuan peserta tersebut dilepas Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko dari depan Gedung Seni Budaya (Gesibu), Selasa (10/9/2019).  

Wabup Yusuf mengatakan, pawai ini merupakan ajang positif yang bisa memperkuat persaudaraan sesama muslim. Selain juga sebagai syiar Islam yang damai dan aman. "Dengan berkumpul dan melakukan pawai bersama, ukuwah islamiyah kita akan semakin kuat. Kegiatan semacam ini harus terus dilakukan agar umat muslim di Banyuwangi semakin kompak dan menjunjung tinggi sikap menghormati terhadap agama lain," ujar wabup.

"Tak hanya itu, pawai taaruf juga menjadi ajang konsolidasi dan silaturahmi antar MI se-Banyuwangi," imbuhnya.

Siang itu, jalan di depan Gesibu disesaki ribuan siswa dan guru MI se-Banyuwangi. Mengenakan atribut Islam, mulai peci, sarung, baju ihrom, hingga surban, ribuan siswa dan guru ini tampak antusias mengikuti festival tahunan yang telah memasuki tahun ke-4 tersebut.

Riskina (9) diantaranya. Salah satu peserta dari khafilah Kecamatan Banyuwangi ini mengaku senang bisa menjadi peserta pawai. "Bangga bisa mewakili sekolah tampil di festival ini, apalagi ini Bulan Muharam senang sekali bisa memperingatinya dengan cara yang berbeda," kata Kina.

Pawai taaruf ini diikuti 4000 peserta dari MI yang ada di 25 kecamatan se-Banyuwangi. Masing-masing kecamatan mengirimkan satu kafilah atau grup. Mereka pawai mengelilingi kota Banyuwangi sejauh 3,5 kilometer start dari depan Gesibu tepat pukul 15.00 WIB dan finish di depan kantor Pemkab Banyuwangi.

Mereka tampil keren dengan kostum dan asesoris yang bernuansa islami. Salah satunya, replika ka'bah raksasa. Pawai ini semakin meriah dengan hadirnya 50 unit drumband yang mengiringi setiap kafilah. Ditambah lagi penampilan drama kolosal dan satu unit drumband etnik yang tampil membuka acara.

Selain Festival Muharam dengan pawai taarufnya, peringatan Tahun Baru Islam di Banyuwangi juga dimeriahkan dengan Festival Anak Yatim yang akan digelar besok Rabu, 11 September 2019 di Pendopo Kabupaten. Dalam festival tersebut, selama sehari penuh ribuan anak yatim akan dikumpulkan dan diajak bersenang-senang menikmati aneka wahana permainan dan kuliner yang telah disiapkan khusus untuk mereka.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat Perseteruannya dengan Nikita Mirzani, Elza Syarief Muntah-Muntah

Posted: 10 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hingga kini, perseteruan Nikita Mirzani dengan Elza Syarief masih berlangsung. Bahkan, Elza sudah melaporkan Nikita Mirzani ke Bareskrim Mabes Polri.

Meski kejadian tersebut sudah hampir dua minggu berlalu, namun Elza Syarief mengaku masih sakit secara psikis.

"Perbuatan mereka itu membuat saya jadi korban, dan traumatik psikologisnya. Terus terang kalau saya mengingat kejadian itu luar biasa deh sakitnya," ungkap Elza Syarief yang tak bisa menahan air mata, dilansir dari tayangan Silet, Selasa (10/9/2019).

Tak sampai di situ saja, pengacara kondang ini juga membuat suaminya ketakutan. "Kondisi saya enggak bisa makan. kalau ingat itu muntah-muntah, sampai suami ketakutan lihat saya muntah-muntah," lanjutnya. 

Akan Diperiksa

Elza Syarief

Merasa kondisi psikologisnya terganggu, Elza Syarief akan menjalani pemeriksaan terkait traumanya tersebut.

"Saya masih belum bisa mengatasi itu, kesedihan itu. Dan saya memang akan melakukan pemeriksaan psikologi sampai di mana trauma ini terjadi pada diri saya," sambungnya.

Percaya Hukuman Allah

Elza Syarief (Fathan Rangkuti/Bintang.com)

Atas kejadian tersebut, Elza Syarief bukan saja percaya akan hukum yang berlaku di Indonesia tapi juga kuasa Tuhan.

"Begitu tak punya hatinya dia, tapi saya percaya sama Allah semua akan pada waktunya mereka akan dapat punishment dari Allah. Membuat orang sakit, dan mereka merasa enteng aja, 'Oh ini cuma berdebat saja'. Kalau lihat kejadian hampir dua minggu saya masih sakit. Kok dia enggak merasakan, so sorry kek, apa kek," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: