Jumat, 06 September 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


3 Hal tentang A, Pameran Pria di Video Vina Garut yang Meninggal Hari Ini

Posted: 06 Sep 2019 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pemeran dari video syur Vina Garut, A (31) alias Raya meninggal dunia, Sabtu (7/9/2019) dini hari. 

Kasat Reskrim Polres Garut, AKP Maradona Armin Mappaseng melalui Kanit PPAnya, Aiptu Cecep Wawan Rustandi membenarkan meninggalnya A alias Raya.

"Meninggalnya tadi subuh sekitar pukul 03.00. Untuk lokasi dimana meninggalnya dan penyebabnya kita kurang tahu. Hanya mendapatkan laporannya saja," ujar Maradona soal pemeran pria video Vina Garut tersebut, Sabtu (7/9/2019).

Beberapa hari lalu, Raya dilarikan ke RSUD dr Slamet Garut. Raya harus segera mendapatkan perawatan intensif karena kondisi kesehatannya terus turun.

Pengacara Raya, Soni Sonjaya mengatakan, kliennya telah beberapa hari ini mendapatkan perawatan.

Dia menyebut, setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus asusila terkait video Vina Garut, Raya menderita komplikasi penyakit.

Berikut ini hal-hal terkait Raya, salah satu pemeran dalam video Vina Garut:

 

Dimakamkan Hari Ini

Sejak munculnya kasus Video Vina Garut, Sat Reskrim Garut, nampak lebih sibuk melayani wartawan  (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Ketua Rukun Warga 015, Desa Sirnajaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Anwar Yunus menyebut bahwa A (31) alias Raya akan dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Desa Sirnajaya. Lokasi tersebut dipilih karena perumahan tempat Raya tinggal belum memiliki TPU.

"Di sini memang belum punya TPU karena belum ada yang mewakafkan tanah untuk jadi tempat pemakaman. Jadinya jenazah akan dimakamkan di TPU Desa Sirnagalih, Kecamatan Tarogong Kaler," kata Anwar, Sabtu (7/9).

Anwar menyebut hingga Sabtu pagi jenazah Raya masih berada di rumah orang tuanya di Perumahan al Qautsar, Rt 003/015, Desa Sirnagalih, Kecamatan Tarogong Kaler. Ia memastikan bahwa jenazah Raya akan dimakamkan hari ini.

"Tetapi proses pemakaman masih menunggu kedatangan dari pihak Polres Garut karena yang bersangkutan ini kan sedang berkaitan dengan pihak kepolisian. Yang melaporkan kepada pihak polres juga tentang meninggalnya Raya itu saya," katanya.

 

Stroke dan Komplikasi

Penyidik polres Garut tengah melakukan pemeriksaan terhadap AK, salah satu tersangka video Vina Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

A alias Raya sendiri diketahui merupakan salah satu pemeran pria yang ada dalam video Vina Garut .Raya merupakan mantan suami dari V (19), satu-satunya wanita yang ada di dalam video yang menghebohkan dan sempat trending di media sosial twitter.

Selama proses pemeriksaan sendiri oleh pihak kepolisian. Raya tidak sempat ditahan karena kondisinya yang tengah sakit komplikasi.

Pekan lalu, Raya pun sempat mendapatkan perawatan di RSUD dr Slamet Garut karena sakit yang dideritanya itu.

"Sekarang kondisinya semakin tidak bagus sehingga harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Klien saya ini juga kan diketahui terkena stroke," ujar pengacaranya, Soni saat ditemui di Garut, Minggu (1/9/2019).

 

Meninggal di Rumah Orangtua

Ilustrasi Pornografi (iStockphoto)​

Ketua Rukun Warga 015 Anwar menerima informasi dari Ketua RT 003 tentang meninggalnya Raya. Dia pun langsung melaporkan kepada kepolisian.

"Ketua RT sendiri mengetahui Raya meninggal dari keluarganya," ucap Anwar.

Dia mengatakan Raya meninggal dunia di rumah orangtuanya di perumahan Al Qautsar, bukan di rumah sakit. Ia mengaku mengetahui bahwa Raya sempat dirawat di RSUD dr Slamet Garut karena penyakitnya.

"Tetapi itu dirawatnya tidak lama. Hanya beberapa hari saja dirawatnya lalu kembali ke sini dan dirawat lagi oleh ibunya di rumah," kata Anwar.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Penampakan Buaya Kali Comal Pemalang

Posted: 06 Sep 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Pemalang - Akhir-akhir ini, warga Pemalang, Jawa Tengah, khususnya yang berada di di bantaran Kali Comal dibikin heboh oleh munculnya isu penampakan buaya di sungai besar ini. Kabar itu meruap di berbagai linimassa, terutama Facebook.

Kali Comal merupakan sebuah sungai besar yang bermuara di pantai utara. Kali Comal, konon merupakan habitat buaya sejak masa silam. Terlebih, ekosistem muara Kali Comal adalah mangrove yang memungkinkannya menjadi habitat buaya.

Gambar yang beredar, nampak dua buaya berenang di perairan yang bening. Bening, diidentikkan dengan kemarau dan membuat warganet semakin yakin bahwa buaya tersebut benar-benar nyata.

Salah satunya diunggah di grup Pekalongan Info. Admin Pekalongan Info mengunggah peringatan agar warga Mojo, Kecamatan Comal, Pemalang berhati-hati lantaran ada informasi kemunculan buaya di kawasan ini.

Ia juga mengunggah sejumlah foto. Dua di antaranya adalah foto polisi, TNI, dan sejumlah pria berbaju batik dan dinas yang nampak sedang mengamati Sungai Comal.

"Himbauan untuk warga Mojo, Comal, Pemalang dan sekitarnya. yang sering melakukan aktivitas di sungai, mohon agar berhati-hati karena di sungai comal tepatnya desa Kauman baru-baru ini ada warga yang melihat buaya di daerah tersebut," tulisnya, dikutip Liputan6.com, Jumat malam, 6 Jumat 2019.

Rupanya, unggahan penampakan buaya ini cukup menarik perhatian warganet. Sejak pertama kali diunggah pada 3 September 2019, unggahan ini telah dibagikan sebanyak 100 kali dan mendapat tanggapan sebanyak 986 kali.

Unggahan soal Buaya kali Comal ini juga memancing banjir komentar. Namanya warganet, bebas saja menuliskan apa saja. Ada yang mengaku khawatir dan resah, namun banyak pula yang menanggapinya dengan jenaka.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Respons Pemerintah Perihal Isu Penampakan Buaya

Foto buaya yang diunggah di berbagai linimassa dan disebut berada di aliran Kali Comal, Pemalang. (Foto: Liputan6.com/Istimewa/Muhamad Ridlo)

Bahkan ada pula yang mengusulkan agar Panji, yang kondang dengan aksi petualangannya di televisi, diundang untuk menangkap buaya ini. Warganet lainnya menanggapi agar digelar sayembara penangkapan buaya.

"Ngadake sayembara ra mint men gagiyak ketangkep. ojo mung peringatan tok.nek wes berkembang biak selod ngelu, '(Selenggarakan sayembara tidak Min, biar cepat tertangkap. Jangan Cuma peringatan saja. Kalau sudah berkembangbiak semakin merepotkan)'," tulis akun Bhara Mahessa.

Meski belum jelas kebenarannya, Pemerintah Kecamatan Comal pun turun tangan. Seperti video yang diunggah oleh beberapa pengguna Facebook, pria yang disebut sebagai Camat Comal mengimbau agar warga berhati-hati.

Ia juga meminta agar Forum Komunikasi Pemerintah Kecamatan Comal dan pemerintah desa di aliran sekitar aliran Sungai Comal memasang papan peringatan keberadaan buaya.

Ia juga sempat menyebut bahwa ada tiga ekor buaya yang dilaporkan. Dua ekor buaya dewasa dengan ukuran kisaran empat meter, serta seekor buaya kecil, diduga anakan.

"Jangan sampai jatuh korban," ucapnya, dalam video tersebut.

Menanggapi kabar kemunculan buaya di Kali Comal ini, Kepala pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemalang, Wismo belum bisa memastikan keberadaan buaya ini.

Namun begitu, ia manyatakan bakal berkorrdinasi dengan muspika dan PSDA kali Comal untuk memastikan keberadaan buaya. Lantas, jika memang benar-benar ada buaya, pemerintah akan memperingatkan masyarakat warga disekitar Kali Comal untuk waspada.

"Dan segera lapor bila melihat lagi penampakan buaya. Jangan terpengaruh berita hoaks," ucap Wismo, lewat pesan singkatnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Gundala, Ini 5 Akting Terbaik Abimana Aryasatya

Posted: 06 Sep 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Abimana Aryasatya panen pujian berkat performanya di Gundala. Memerankan Sancaka alias Gundala, Abimana Aryasatya melakukan transformasi fisik.

Salah satunya menurunkan berat badan hingga 12 kilogram. Baru turun 8 kilogram, Abimana Aryasatya setop.

Kepada Showbiz Liputan6.com, Abimana Aryasatya menyatakan, "Kalau dipaksakan turun 4 kilogram lagi, nanti pipi saya terlihat kempot, terlalu cekung, malah kayak (maaf) pencandu narkoba."

Ini bukan kali pertama Abimana Aryasatya tampil meyakinkan. Sebelum Gundala, setidaknya ada 5 film yang menampilkan akting keren Abimana Aryasatya. Apa saja? 

1. Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 1 (2016)

Poster Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 . Foto: Instagram

Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 1 menuntut ayah 4 anak ini mengubah fisik dengan mengenakan prostetis dan gigi palsu. Ia pun menjelma menjadi komedian legendaris Wahyu Sardono alias Dono.

"Ketika syuting di hutan, ada adegan Abimana menginjak kakinya sendiri. Lalu saya menoleh ke arahnya. Saat itu yang saya lihat bukan Abimana melainkan almarhum Dono. Itu bikin saya merinding. Akting Abimana benar-benar mengalihkan perhatian saya," beri tahu Tora Sudiro, pemeran Indro.

Lewat film ini, Abimana Aryasatya diganjar nominasi Piala Citra Pemeran Utama Pria Terbaik. Ia menang di ajang Indonesia Box Office Movie Awards untuk kategori yang sama.

2. Belenggu (2013)

Belenggu (2013).

Salah satu film Indonesia terbaik pada tahunnya, diganjar 13 nominasi Piala Citra termasuk Pemeran Utama Pria Terbaik untuk Abimana.

Performanya sebagai Elang bagaikan detak jatung yang menghidupkan Belenggu bahkan sejak menit awal. Thriller psikologis ini menampilkan Elang di dalam mobil ditemani dua mayat.

Lalu misteri demi misteri meneror penonton. Konfirmasi atas apa yang menimpa Elang muncul di menit-menit akhir. Elang poros sekaligus titik balik Belenggu. Sebuah performa yang sangat layak diapresiasi.

3. Catatan Harian Si Boy (2011)

Catatan Harian Si Boy ialah sebuah film drama Indonesia

Memerankan Andi, sahabat Satrio (Ario Bayu), Abimana Aryasatya mencuri perhatian berkat intepretasinya terhadap sejumlah dialog penting yang efektif membimbing penonton ke puncak konflik.

Film ini dibekali skrip yang luwes mengeksplorasi sejumlah karakter terutama Andi dan Herry (Albert Halim) layaknya Tom dan Jerry. Abimana sejak awal muncul dengan emosi yang bergejolak.

Walhasil, ia konsisten menyita perhatian pencinta film. Tokoh Andi memuluskan jalan Abimana meraih sejumlah pemeran utama di industri film.

4: Alif, Lam, Mim (2015)

Di film arahan sutradara Anggy Umbara ini, Lio (Alif) bersama Abimana Aryasatya (Lam) dan Agus Kuncoro (Mim) berperan sebagai tiga sahabat dari satu perguruan silat yang dibesarkan bersama di satu pesantren. (Galih W. Satria/Bintang.com)

Trio Fajar, Bonty, dan Anggy Umbara membangun era baru sebuah negeri yang mengerucut pada tiga tokoh yakni Alif (Cornelio Sunny), Herlam (Abimana Aryasatya) dan Mimbo (Agus Kuncoro).

Dengan motivasi dan pola pikir berbeda, mereka menempuh jalan hidup yang unik. Tanpa mengesampingkan performa Agus dan Sunny, Abimana mengirim emosi dari hati yang membuat Herlam terasa hangat sekaligus powerful.

Aktingnya membawa keseimbangan bagi dua tokoh lain. Ia mengusung elemen drama serta ciamik dari aspek koreografi.

5. Haji Backpacker (2014)

Poster film Haji Backpacker. Foto: Falcon Pictures

Sebuah perjalanan spiritual yang jauh dari kesan mengglorifikasi keyakinan tertentu dan tak jua menyepelekan pilihan hidup maupun budaya lain.

Haji Backpacker menyajikan Mada yang mencari jati diri dan memaknai iman dengan nyaris sempurna. Di tangan Abimana, Mada membuat penonton bersimpati sekaligus tersentuh.

Ia juga jadi umpan sehingga Laudya Cynthia Bella dan Laura Basuki tampil meyakinkan di sini. Sayang, film ini tak mampu melenggang ke tangga box office lantaran dirilis berbarengan dengan Annabelle.

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Catatan Minor Simon McMenemy Saat Malaysia Permalukan Timnas Indonesia

Posted: 06 Sep 2019 11:00 PM PDT

Jakarta- Timnas Indonesia membuat fans Garuda kecewa karena tersingkir di penyisihan Piala AFF 2018. Bima Sakti saat itu disebut-sebut gagal total untuk mewarisi strategi Luis Milla yang tak melanjutkan kontraknya di Indonesia.

Simon McMenemy didatangkan PSSI untuk memperbaiki keadaan. Wajar jika masyarakat kecewa. Pasalnya Timnas Indonesia yang ditukangi Alfred Riedl di Piala AFF 2016 berstatus runner-up turnamen. Selepas itu, Tim Garuda asuhan Luis Milla tampil memesona di SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. Di tangan Bima performa timnas melorot.

Keputusan PSSI menunjuk dirinya gegabah, mengingat jam terbang sebagai pelatih kepala Bima amat minim. Walau selama dua tahun terakhir ia jadi asisten Luis Milla.

Simon datang untuk mengembalikan trek timnas. Pelatih asal Skotlandia itu, beberapa tahun terakhir berkecimpung di dunia sepak bola Indonesia. Ia sukses mengantar klub kuda hitam Bhayangkara FC juara Liga 1 2017.

Start Simon lumayan bagus di awal masa tugasnya. Di tiga uji coba internasional, Timnas Indonesia mengantungi dua kemenangan. Melawan Myanmar, timnas menang 2-0. Bersua Vanuatu Evan Dimas dkk. unggul 6-0.

Hanya tetap ada catatan, saat meladeni Yordania, Tim Merah-Putih asuhan Simon kalah 1-4.

"Saya butuh waktu untuk membangun soliditas Timnas Indonesia. Laga uji coba hanya bagian mencobai pemain, hasil akhir pertandingan bukan target utama," ujar Simon.

Target Simon adalah Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang juga sekaligus menjadi Kualifikasi Piala Asia 2023.

Dan mengawali Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G, Timnas Indonesia kalah 2-3 melawan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2019) malam. Hasil negatif yang tak diharapkan, jika melihat sejarah panjang rivalitas kedua negara di persaingan sepak bola internasional.

Timnas Indonesia tampil bagus di babak pertama, dengan keunggulan 2-1. Namun, begitu memasuki paruh kedua situasi berubah. Malaysia mendikte permainan Indonesia. Skor berbalik di pengujung laga.

Bola.com memberi catatan berkaitan performa Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Malaysia. Simak detailnya di bawah ini:

Sistem Bola Direct

Striker Timnas Indonesia, Beto Goncalves beraksi pada laga kontra Malaysia pada laga Grup G Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/9/2019). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Simon melakukan perubahan sistem permainan Timnas Indonesia secara draktis. Jika di era Luis Milla dan Bima Sakti timnas bermain dalam tempo lambat dengan penekanan operan pendek merapat ala Spanyol, sekarang Tim Merah-Putih bermain lebih direct (langsung) ala-ala kebanyakan negara Britania Raya.

Sistem permainan ini dipakai Alfred Riedl dan berjalan cukup baik. Di mana saat transisi bertahan ke menyerang, pemain belakang langsung menyodorkan umpan-umpan jauh yang dimakan dua sayap sisi ofensif.

Saat menghadapi Malaysia, skenario model ini cukup berjalan baik di babak pertama. Alberto Goncalves mencetak gol lewat bantuan dua duo winger, Andik Vermansah dan Saddil Ramdani.

Mobilitas duet sayap, Andik Vermansah-Saddil Ramdani, membuat permainan menyerang Timnas Indonesia lebih variatif pada paruh pertama laga. 

Keduanya jadi sosok yang berani memegang bola dan kemudian melakukan aksi dribel untuk menusuk ke jantung pertahanan Malaysia. Pasokan bola-bola silang yang mereka geber kerapkali menghadirkan kepanikan di poros belakang Harimau Malaya.

Peran keduanya pun amat krusial saat melakukan permainan menyerang kombinasi dengan Beto dan Stefano.  Andik dan Saddil seperti tahu benar menempatkan bola daerah buat Beto serta Stefano.

Permainan keduanya lebih hidup karena lini pertahanan Malaysia banyak memunculkan area kosong. Jarak antarbek terlalu renggang. Ditambah lagi bek-bek Malaysia lemah di kecepatan.

 

 

Sistem Permainan Lini Depan yang Menjanjikan

Penyerang Timnas Indonesia, Alberto Goncalves berselebrasi bareng Andik Vermansah usai membobol gawang Malaysia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang dihelat di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9/2019). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Alberto Goncalves kembali menujukkan kapasitasnya sebagai mesin gol andalan Timnas Indonesia. Semenjak jadi bagian Tim Merah-Putih asuhan Luis Milla di Asian Games, striker Brasil berusia 34 tahun itu konsisten mencetak gol-gol penting bagi timnas.

Saat menghadapi Malaysia, Beto bermain dinamis. Ia tidak statis berada di tengah. Bomber kelahiran 31 Desember 1980 itu, seringkali bergerak ke sisi melebar kanan dan kiri untuk memecah konsentrasi bek-bek Malaysia.

Saat Beto bermain melebar, Stefano Lilipaly selalu siap sedia menutup posisi kosong yang ditinggalkan koleganya.

Sejak jadi bagian Timnas Indonesia di Piala AFF 2016, pemain yang satu ini selalu dimaksimalkan memainkan banyak peran. Ia selalu tampil sama bagus sebagai gelandang serang, sayap, penyerang bunglon.

Lilipaly bisa sedikit tenang untuk naik karena duo gelandang tengah, Zulfiandi dan Evan Dimas, bermain solid melapis pertananan.

Sayang memasuki babak kedua, Beto dan Lilipaly jarang mendapat pasokan bola sehingga mereka mati kutu.

 

Sistem Tiga Bek yang Tak Berjalan Mulus

Gelandang Timnas Indonesia, Zulfiandi, menjatuhkan striker Malaysia, Muhammad Syafiq, pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/Peksi Cahyo)

Simon membuat kejutan dengan menduetkan Hamsamu Yama dan Manahati Lestusen di jantung pertahanan Timnas Indonesia. Ia memilih menyimpan bek kaya pengalaman, Victor Igbonefo.

Sistem pertahanan Timnas Indonesia yang digeber Simon agak unik. Skema dasar 4-2-3-1 seringkali berubah menjadi 3-4-3. 

Timnas Indonesia bermain dengan sistem tiga bek, Hansamu, Manahati, dan Ricky Fajrin. Bek sayap kanan, Yustinus Pae sering didorong membantu serangan.

Pada babak pertama, para bek bisa mengawal lini pertahanan dengan baik, karena Malaysia tidak dalam posisi menekan. Begitu babak kedua situasi berubah.

Tim Harimau Malaya bermain lebih ofensif. Trio bek Timnas Indonesia seringkali dibuat keteteran menghadapi tekanan bertubi-tubi, terutama dari sisi kanan pertahanan yang ditinggalkan Yustinus Pae.

Kondisi diperparah saat Ricky Fajrin ditarik keluar karena cedera. Penggantinya Ruben Sanadi yang secara harafiah merupakan bek sayap, kesulitan bermain sebagai stoper. Dua gol terakhir Malaysia lahir karena keroposnya sisi kiri pertahanan Tim Merah-Putih.

Duet Gelandang Bertahan yang Tak Ideal

Para pemain Malaysia merayakan gol yang dicetak oleh Mohamadou Sumareh ke gawang Indonesia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia takluk 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pakem formasi dasar 4-2-3-1 menempatkan duet Evan Dimas dan Zulfiandi di area gelandang bertahan. Mereka jadi sosok pertama yang diharapkan bisa menyetop laju serangan Malaysia dari sektor tengah.

Keduanya tampil mobil di babak pertama, namun begitu stamina habis situasi menjadi tak terkendali. Keputusan Simon menarik Zulfiandi dan menggantikannya dengan Rizky Pellu dipertanyakan.

Keseimbangan sisi defensif lini kedua tetap tak tercapai, karena Evan Dimas sejatinya tidak kuat bermain bertahan. Situasinya akan lain jika Pellu yang berduet dengan Zulfiandi.

Malaysia pun cukup cerdik membaca situasi. Mereka tak memaksakan diri menyerang dari area tengah, tapi cenderung memberi tekanan di dua sisi sayap, di mana dua sisi ini sering bolong ditinggal Ruben Sanadi dan Yustinus Pae.

Kondisi bisa beda jika dua gelandang bertahan mau bermain agresif melebar untuk menghambat pergerakan lini ofensif Harimau Malaya.

 

Kiper yang Tengah Ada di Level Permainan Terbaik

Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa gagal mengantisipasi bola dari Timnas Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/9/2019). (Bola.com/Peksi Cahyo)

Suka atau tidak harus diakui Timnas Indonesia kehilangan besar sosok Kurnia Meiga. Kiper yang menderita sakit misterius merupakan pengawal gawang utama Tim Merah-Putih yang tangguh, terutama menghadapi persaingan level Asia Tenggara.

Andritany Ardhiyasa sejatinya bukan kiper buruk. Sejak 2011, ia merupakan pelapis urnia Meiga, baik di level timnas U-23 maupun senior.

Dibanding Meiga, Andritany punya kelemahan dalam membaca permainan. Ia seringkali salah mengambil keputusan. Hal itu tampak jelas di laga Timnas Indonesia melawan Malaysia.

Kiper Persija itu jadi kambing hitam dua gol terakhir Malaysia. Pergerakannya yang salah membuat gawang Tim Garuda dengan mudah dijebol kubu lawan.

Agak mengherankan juga Simon McMenemy memainkannya sebagai penjaga gawang utama. Performa Persija Jakarta tengah merosot di Liga 1, Andritany jadi salah satu pemain berapor jelek di Tim Macan Kemayoran.

Disadur dari Bola.com (Penulis/Editor: Ario Yosia, published 7/9/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setiap Hari, Bandung Ekspor 1 Ton Sayuran ke Singapura

Posted: 06 Sep 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Produk sayuran dari Kabupaten Bandung dan Bandung Barat, Jawa Barat rupanya telah jadi andalan pasokan ke Singapura. Ini ditandai dengan dua ekspotir yakni PT PAP dan IEA Corporation, yang hampir setiap hari mengirimkan rata-rata 1 ton berbagai jenis sayuran ke Negeri Singa melalui Bandar Udara Soekarno-Hatta.

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian Ali Jamil mengatakan, pasar produk pertanian khususnya hortikultura berupa sayuran dan buah-buahan terbuka luas di Singapura.

"Jenis yang kerap dikirim adalah selada air, jamur, buncis, lobak, bit, labu siam, waluh lokal, dan kentang.Tidak hanya sayuran asal Provinsi Jawa Barat, tapi juga asal Kepulauan Riau Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan lainnya," ungkap dia lewat sebuah keterangan tertulis, Sabtu (7/9/2019).

Guna menjaga agar barang kiriman tetap segar hingga ke negeri tujuan, ia menyatakan, pihaknya memberikan perlakuan khusus untuk produk pertanian yang mudah rusak atau perishable.

"Pemeriksaan di gudang pemilik dan pengawasan oleh petugas karantina di kargo kita siapkan. Ini untuk pastikan sayuran ini sehat dan segar sehingga memiliki daya saing," ujar dia.

Jamil juga menambahkan bahwa pengiriman produk hortikultura ini dapat melalui dua metoda pengiriman, yakni melalui Bandar Udara Soekarna-Hatta atau lewat Pelabuhan Laut Tanjung Priok.

"Penggunaan dua metode pengiriman barang tersebut disesuaikan dengan tingkat ketahanan masing-masing komoditas yang diekspor," katanya.

 

Kualitas

Ilustrasi sayuran (dok. Pixabay.com/congerdesign/Putu Elmira)

Dia mengungkapkan, ekspor sayuran ini semakin membuktikan bahwa pemerintah berkomitmen meningkatkan produksi dan kualitas komoditas sayuran. Tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri, namun sanggup mengisi pasar luar negeri.

"Ekspor ini kita jaga, kita tingkatkan 3K-nya, kualitas, kuantitas dan kontuinitasnya. Ini membuktikan produk pertanian Indonesia makin diakui dan diterima di luar negeri," tegas dia.

Adapun pada Jumat (6/9/2019) kemarin, Barantan juga melepas ekspor beberapa produk pertanian lainnya yakni buah mangga sebanyak 1,6 ton tujuan Singapura dan Oman, berbagai bibit tanaman hias sebanyak 141,3 ribu batang ke Belanda.

Juga komoditas asal hewan berupa Sarang Burung Walet (SBW) sebanyak 51,5 kg, telur Hatching Eggs (HE ) sejumlah 60,5 ribu butir, serta ular jali sebanyak 1.000 ekor. Total nilai ekspor produk pertanian kali ini mencapai Rp 2,2 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahama Porak-Poranda Diterjang Badai Dorian, Bantuan Dunia Mulai Mengalir

Posted: 06 Sep 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Nassau - Bahama mendapatkan perhatian dari berbagai negara di dunia, sebab kepulauan ini terkena dampak terparah Badai Dorian. Tim-tim pencarian dan penyelamatan internasional menyebar di seluruh Pulau Abaco dan Grand Bahamas.

Para kru tersebut telah mulai membersihkan jalan dari puing-puing untuk mendirikan pusat distribusi makanan dan air darurat. Kapal-kapal penjaga pantai dan Angkatan Laut Kerajaan Inggris pun berlabuh di Bahama untuk ikut menolong.

Sementara itu, PBB juga mengirim banyak makanan siap saji dan peralatan komunikasi satelit. Perusahaan pelayaran Royal Caribbean dan Walt Disney, yang biasanya membawa wisatawan untuk berlibur ke resor Bahama, meminjamkan kapal mereka untuk mengirimkan makanan, air, lampu senter, dan bantuan penting lainnya.

Perdana Menteri Bahama, Hubert Minnis, menyebut kerusakan yang disebabkan oleh Badai Dorian merupakan salah satu krisis terbesar dalam sejarah negaranya. Demikian seperti dilansir VOA Indonesia, Jumat (6/9/2019).

Pada Kamis malam, 5 September 2019, jumlah korban tewas di Bahama dilaporkan meningkat menjadi 30 orang, dengan seluruh desa dan pelabuhan 'musnah' dari peta.

Masih Banyak Jasad atau Korban yang Belum Ditemukan

'Mata' badai Dorian (NOAA)

Miami Herald melaporkan kapal bantuan besar pertama dengan makanan dan persediaan lainnya tiba di Bahama barat laut pada hari Kamis. Sebuah kapal pesiar Royal Caribbean membawa perbekalan, yang kemudian dikirim ke darat dengan kapal tunda.

Penjaga Pantai AS mengatakan telah menyelamatkan total 135 orang pada Kamis pagi. Para pejabat mengatakan sebagian besar transportasi melibatkan pengambilan yang terluka ke tempat mereka dapat menerima perawatan.

Sejauh ini ribuan orang masih terlantar tanpa tempat berlindung, air bersih, atau makanan di seluruh Bahama. Di Pulau Abaco, orang-orang yang selamat berkerumun di bagian kiri bandara menunggu untuk diselamatkan karena hampir separuh bangunan rumah penduduk di Abaco dan Grand Bahama rusak atau hancur.

Bahkan di tempat yang biasa disebut The Mudd, kawasan imigran Haiti menetap, jasad-jasad begeletakkan di antara puing-puing.

Satu-satunya bandara internasional Bahama, di Freeport Grand Bahama, mengalami kerusakan parah akibat badai, membuatnya lebih sulit untuk mendapatkan pasokan bantuan ke pulau itu. Terminal utama masih berdiri tetapi banyak dinding yang runtuh.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anak Legenda Timnas Brasil Meninggal saat Bermain Bola

Posted: 06 Sep 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Legenda timnas Brasil dan AC Milan, Marcos Cafu, tengah dilanda musibah. Putra pertamanya, Feliciano de Moraes, meninggal dunia pada Rabu (4/9/2019). Feliciano terkena serangan jantung ketika sedang bermain bola.

VIDEO: Viral, Ayah Meninggal di Hari Pernikahan Anaknya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu Koma 3 Bulan Melahirkan Bayi Perempuan

Posted: 06 Sep 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita asal Ceko melahirkan seorang bayi perempuan pada 15 Agustus 2019. Kehamilan wanita ini tidak biasa karena saat mengandung dia koma selama 117 hari hingga hari sang bayi dilahirkan lewat operasi caesar.

Awalnya, wanita ini mengalami serangan strok pada awal April. Serangan tersebut membuat otaknya mengalami pendarahan berat dan tak lagi berfungsi.

Ibu tersebut dirawat Brno's University Hospital selama 117 hari. Selama itu, segala alat bantu dipasang di tubuhnya. Obat dan nutrisi juga dimasukkan melalui infus agar kehamilannya bisa dipertahankan.

Segala usaha tim dokter berhasil. Janin ibu bertahan dan bisa dilahirkan melalui operasi caesar di usia kehamilan 34 minggu. Bayi tersebut memiliki bobot 2,1 kg dan kini sudah bersama sang ayah seperti dikutip laman New York Times.

 

Ilustrasi Bayi (iStockphoto)

Setelah sang bayi lahir, alat-alat untuk menunjang kehidupannya dilepas dan ia meninggal dunia.

"Ini sebuah kasus yang luar biasa, seluruh keluarga bekerja sama. Tanpa mereka hasilnya tak akan seperti ini," ujar Pavel Ventura, Kepala Divisi Obstetri dan Ginekologi Brno's University Hospital, seperti dikutip dari Asiaone.

 

Penulis: Mutia Nugraheni/Dream.co.id

Saksikan juga video menarik berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kendaraan Antariksa India Vikram Chandrayaan-2 Hilang Kontak

Posted: 06 Sep 2019 10:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - India tengah bersiap untuk mengukuhkan diri sebagai negara keempat yang mampu mendarat di permukaan Bulan. Negara itu telah meluncurkan misi eksplorasi bulan yang diberi nama Chandrayaan-2.

Namun dari laporan terbaru, impian India tersebut dapat saja kandas. Alasannya, lander Chandrayaan-2, yakni Vikram, dilaporkan telah kehilangan kontak dengan kru darat saat berada di permukaan Bulan.

Dikutip dari Engadget, Sabtu (7/9/2019), badan antariksa India saat ini sedang mengolah data yang sudah tersedia terlebih dulu.

Indian Space Research Organisation (ISRO) sendiri menyebut Chandrayaan-2 saat ini masih berada di dalam orbit Bulan.

Perlu diketahui, Vikram merupakan lander atau kendaran ruang angkasa yang ditujukan untuk lebih dulu mendarat ke permukaan Bulan. Setelah Vikram mendarat, nantinya dilanjutkan dengan robot jelajah (rover) Pragyaan.

Untuk sekarang, belum dapat dipastikan seperti apa kelanjutan dari misi ini. Terlebih, ISRO mengaku pihaknya masih harus mengumpulkan dan menganalisis data dari Vikram terlebih dulu.

Sekadar informasi, Vikram dijadwalkan menginjakkan kakinya di Bulan pada Sabtu dini hari, sekitar pukul 01.00 waktu India atau 02.00 WIB. Namun saat berada di ketinggian 2,1 km dari permukaan Bulan, lander itu kehilangan kontak.

Informasi Seputar Vikram

Vikram harus mendarat di dataran tinggi di antara dua kawah, Manzinus C dan Simpelius N, yang berada sekitar 70 derajat sebelah selatan, pada 6 September. Foto tersebut adalah GSLV MK-III. (ISRO)

Rencananya, Vikram, yang namanya diambil dari Bapak Program Penelitian Ruang Angkasa India Dr Vikram A. Sarabhai, akan mendarat di dataran tinggi yang berada di antara dua kawah pada garis lintang sekitar 70 derajat selatan Bulan.

Vikram membawa tiga muatan ilmiah untuk melakukan eksperimen sains di permukaan dan bawah permukaan Bulan. Demikian seperti dikutip dari India Today, Jumat (6/9/2019).

Detik-detik sebelum mendarat (touchdown), Indian Space Research Organisation (ISRO) merilis video untuk menjelaskan bagaimana mesin tersebut akan mendarat.

Badan antariksa pemerintah India ini menyampaikan, Vikram sudah dilengkapi dengan tiga kamera, yakni Lander Position Detection Camera (LPDC), Lander Horizontal Velocity Camera (LHVC) dan Lander Hazardous Detection and Avoidance Camera (LHDAC).

Selain itu, ada pula dua KA Band Altimeter-1, sebuah KA Band Altimeter-2, dan Laser Altimeter (LASA) yang digunakan untuk mempelajari topografi atau bentuk permukaan sebuah planet. LASA akan beroperasi melalui pengorbit yang berputar di sekitar Bulan di atas Vikram.

Spesifikasi Lander

Vikram Lander dijadwalkan menapaki Bulan pada 7 September 2019 dini hari, sekitar pukul 01.00 waktu India atau 02.00 WIB. (Foto: ISRO)

Vikram mempunyai lima mesin 800N Liquid thruster, sensor untuk mendarat, dan panel surya. Instrumen ini nantinya akan mengaktifkan empat mesinnya di empat sisi.

Setelah itu, Absolute Navigation Phase, KA Band-1, Laser Altimeter, dan Lander Position Detection Camera akan diaktifkan.

Semua ini untuk memastikan bahwa Vikram telah diposisikan di ruang yang tepat di atas permukaan Bulan untuk mendarat dengan sempurna di tanah satelit alami Bumi.

Lander Position Detection Camera akan dihidupkan dan dua mesin akan dinyalakan.

ISRO kemudian akan mengontrol proses pendaratan Vikram dari Bumi dengan menyalakan mesin pusat, agar bisa mendarat dengan mulus. Setelah touchdown, tiga payload --Chaste, Rambha dan Ilsa-- akan dikerahkan.

Setelah mendarat, Pragyaan akan dilepaskan untuk melakukan penyelidikan yang intens dari tanah Bulan dengan dua muatannya.

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chinese Taipei Open 2019: Greysia / Apriyani Tersingkir di Semifinal

Posted: 06 Sep 2019 10:52 PM PDT

Taipei - Langkah ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, di Chinese Taipei Open 2019 kandas di babak semifinal, Sabtu (7/9/2019).

Harapan Greysia/Apriyani melangkah ke final kandas setelah pada laga di Taipei Arena takluk dari ganda Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai. Mereka kalah dalam pertarungan ketat tiga gim 18-21, 21-12, 17-21. 

Kekalahan ini sebenarnya cukup mengejutkan. Greysia/Apriyani lebih difavoritkan karena menempati unggulan pertama pada turnamen Chinese Taipei Open 2019. Pasangan lawan didapuk sebagai unggulan keempat.  

Dari rekor pertemuan, Greysia/Apriyani juga sangat superior atas Kititharakul/Prajongjai. Empat kali bertemu, semuanya berhasil dimenangi Greysia/Apriyani. 

Namun, ganda Thailand itu akhirnya bisa menyudahi rentetan hasil buruk kontra Greysia/Apriyani. Kali ini, mereka berhasil menang dan melenggang ke final Chinese Taipei Open 2019

Jalannya Pertandingan

Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu.  (PBSI)

Pertandingan antara kedua pasangan berjalan alot sejak gim pertama. Kitiharakul/Prajongjai berusaha bermain agresif sejak awal untuk memegang kendali permainan. 

Upaya mereka berhasil. Sepanjang gim pertama, Greysia/Apriyani lebih sering tertekan menghadapi tekanan ganda Thailand. 

Memasuki gim kedua, Greysia/Apriyani berhasil bangkit. Mereka gantian mendikte permainan sehingga unggul dalam perolehan poin. Gim kedua dimenangi ganda Indonesia 21-12. 

Pada gim penentuan, Greysia/Apriyani gagal mempertahankan momentum. Mereka kembali tertekan dan akhirnya dipaksa menyudahi laga dengan kekalahan 17-21. Asa melaju ke partai puncak Chinese Taipei Open 2019 kandas sudah. 

Disadur dari Bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Harga Mobil Esemka dan Spesifikasi Terbaru September 2019

Posted: 06 Sep 2019 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo akhirnya telah meresmikan pabrik mobil Esemka yang berada di Boyolali, Jawa Tengah pada Jumat (6/9/2019).  Esemka merupakan produk mobil hasil rakitan siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang kemudian terus diperbarui. Pihaknya bekerja sama dengan institusi serta industri dalam negeri dan beberapa perusahaan lokal dan nasional. 

Pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) yang berada di kawasan Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Pabrik Esemka telah lolos  Sertifikat Uji Tipe sebagai syarat agar produksinya dapat dipasarkan dari Kementerian Perhubungan. 

Banyak orang penasaran dengan mobil esemka ini. Berikut spesifikasi dan harga mobil Esemka bagi yang berminat untuk membeli mobil hasil rakitan anak bangsa ini. Dilansir dari Otosia oleh Liputan6.com, Sabtu (7/9/2019), berikut ini secara detail spesifikasi, harga hingga review mobil Esemka

Spesifikasi Mobil Esemka

Mobil Esemka berlogo Pindad (ist)

Ada 8 tipe mobil Esemka yang sudah siap produksi dan masuk pasar otomotif Tanah Air. Ke-8 mobil tersebut adalah mobil Esemka Bima 1.3 (4x2) MT, Bima 1.8D (4x2) M/T, Niaga 1.0 (4x2) M/T, Digdaya 2.0 (4x2) M/T, dan Borneo 2.7D (4x2) M/T, Bima 1.0 (4x2) MT dan Bima 1.3 L (4x2) MT, serta Garuda 2.0 (4x4) MT.

Spesifikasi dan harga mobil Esemka sampai saat ini masih belum ada keterangan lebih lanjut. Namun, untuk detail eksterior salah satu varian sudah pernah tertangkap kamera di jalanan. Mobil Esemka tersebut adalah Garuda 1.

Mobil Esemka satu ini sering dianggap sama dengan mobil asal China Foday Landfort. Lantaran desain keduanya sangat mirip dan hanya dibedakan dari emblem saja. Untuk spesifikasi Foday Landfort ditopang dengan mesin bensin 2.378cc Mitsubishi 4G69S4N, serta D19TCID1 Diesel Turbocharged 1.9 liter. Pada mesin bensin bisa menghasilkan tenaga sebesar 100 kw pada 5.250 rpm dengan torsi puncak 200 Nm pada 3.000 rpm.

Dari sisi mesin diesel, mobil Foday Landfort bisa menghasilkan tenaga sebesar 100 kw pada 4.000 rpm dengan torsi puncak yang bisa dicapai sebesar 300 Nm pada 1.800-2.800 rpm. 

Sejauh ini spesifikasi secara umum bisa dilihat dari meyamakan dengan mobil Foday Landfort. Belum ada spesifikasi secara rinci karena harus menunggu peluncurannya yang kemungkinan segera dilakukan.

Harga Mobil Esemka Garuda 1 Bulan September 2019

Esemka Garuda 1 comot desain mobil Cina? (istimewa)

Ketertarikan masyarakat Indonesia dengan mobil Esemka memang sangat besar. Hal ini tak lepas dari 8 mobil Esemka yang sudah memenuhi syarat laik jalan. Salah satu produk mobil yang berhasil menarik perhatian antusias masyarakat yaitu mobil Esemka Garuda 1.

Sudah menarik perhatian sejak 2018, mobil Esemka Garuda 1 ini merupakan mobil SUV dengan desain gahar yang nantinya akan menantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, serta Nissan Terra. Mobil Esemka varian ini memiliki keuntungan yang tak dimiliki mobil SUV lainnya, yaitu soal harga. 

Perkiraan harga mobil Esemka Garuda 1 ketika sudah diluncurkan nanti akan lebih murah dibandingkan 3 mobil SUV yang telah disebutkan tadi. Melihat spesifikasi Esemka Garuda 1 dengan mobil China Foday Landfort yang mirip, bisa jadi jika ada kemungkinan harga mobil Esemka tidak akan berbeda jauh dengan mobil Foday Landfort. Harga mobil Foday Landfort untuk varian tertinggi kini dibanderol Rp325 jutaan.

Perkiraan harga mobil Esemka sebesar Rp325 jutaan cukup masuk akal. Kondisi ini tak lepas dari status mobil Esemka yang diproduksi sendiri oleh anak bangsa. 

Harga Mobil Esemka Bima September 2019

Mobil Esemka. (Sumber: Dream)

Selain Garuda 1, mobil Esemka Bima 1.2 M/T juga masuk dalam daftar pengenaan pajak kendaraan bermotor baru yang dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri. Dalam Peraturan Menteri Perdagangan RI atau Permendagri Nomor 14 Tahun 2019, selain ada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), adanya  biaya balik nama juga tercantum. Untuk harga mobil Esemka Bima ini dibanderol sekitar Rp95 jutaan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bersama Anggota DPR, Abraham Samad Bahas KPK Adalah Kunci

Posted: 06 Sep 2019 10:47 PM PDT

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana saat diskusi bertema KPK adalah Kunci yang digelar di Jakarta, Sabtu (7/9/2019). Diskusi membahas polemik revisi UU KPK dan dampaknya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana saat diskusi bertema KPK adalah Kunci yang digelar di Jakarta, Sabtu (7/9/2019). Diskusi membahas polemik revisi UU KPK dan dampaknya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Anggota Komisi III DPR Fraksi PKS, M Nasir Djamil saat diskusi bertema KPK adalah Kunci yang digelar di Jakarta, Sabtu (7/9/2019). Diskusi membahas polemik revisi UU KPK dan dampaknya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Anggota Komisi III DPR Fraksi PKS, M Nasir Djamil saat diskusi bertema KPK adalah Kunci yang digelar di Jakarta, Sabtu (7/9/2019). Diskusi membahas polemik revisi UU KPK dan dampaknya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan Ketua KPK periode 2011-2015, Abraham Samad (kiri) saat diskusi bertema KPK adalah Kunci yang digelar di Jakarta, Sabtu (7/9/2019). Diskusi membahas polemik revisi UU KPK dan dampaknya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan Ketua KPK periode 2011-2015, Abraham Samad (kiri) saat diskusi bertema KPK adalah Kunci yang digelar di Jakarta, Sabtu (7/9/2019). Diskusi membahas polemik revisi UU KPK dan dampaknya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan Ketua KPK periode 2011-2015, Abraham Samad (kanan) saat diskusi bertema KPK adalah Kunci yang digelar di Jakarta, Sabtu (7/9/2019). Diskusi membahas polemik revisi UU KPK dan dampaknya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan Ketua KPK periode 2011-2015, Abraham Samad (kanan) saat diskusi bertema KPK adalah Kunci yang digelar di Jakarta, Sabtu (7/9/2019). Diskusi membahas polemik revisi UU KPK dan dampaknya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Anggota Komisi III DPR Fraksi PKS, M Nasir Djamil saat diskusi bertema KPK adalah Kunci yang digelar di Jakarta, Sabtu (7/9/2019). Diskusi membahas polemik revisi UU KPK dan dampaknya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Anggota Komisi III DPR Fraksi PKS, M Nasir Djamil saat diskusi bertema KPK adalah Kunci yang digelar di Jakarta, Sabtu (7/9/2019). Diskusi membahas polemik revisi UU KPK dan dampaknya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Anggota Komisi III DPR Fraksi PDI-Perjuangan, Arteria Dahlan (kiri) saat diskusi bertema KPK adalah Kunci yang digelar di Jakarta, Sabtu (7/9/2019). Diskusi membahas polemik revisi UU KPK dan dampaknya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Anggota Komisi III DPR Fraksi PDI-Perjuangan, Arteria Dahlan (kiri) saat diskusi bertema KPK adalah Kunci yang digelar di Jakarta, Sabtu (7/9/2019). Diskusi membahas polemik revisi UU KPK dan dampaknya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Sakit Maag dan Gejalanya, Dilengkapi Cara Mengatasi dengan Tepat

Posted: 06 Sep 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab sakit maag bisa beragam. Maag sendiri merupakan istilah umum untuk menggambarkan gangguan pada lambung, yang dalam dunia medis disebut dyspepsia. Gangguan maag merupakan salah satu masalah yang sangat umum terjadi pada orang Indonesia. 

Gangguan sakit maag merupakan rasa tidak nyaman pada perut bagian atas atau sekitar ulu hati yang sifatnya berulang dan kronik. Kondisi ini tidak mengancam nyawa. Namun bila berlangsung terus-menerus dapat memengaruhi kualitas hidup penderita.

Penyebab sakit maag dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah faktor gaya hidup yang tidak sehat, faktor kondisi medis atau kesehatan, hingga faktor efek samping penggunaan obat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (7/9/2019) tentang penyebab sakit maag

Gejala Sakit Maag

Sakit Mag (Syida Productions/shutterstock)

Gejala maag yang paling sering timbul adalah:

- Rasa tidak nyaman atau nyeri di perut bagian atas (sekitar ulu hati)

- Rasa panas seperti terbakar di dada

- Perut kembung

- Sering bersendawa

- Cepat kenyang saat makan

Sebagian orang juga mengalami rasa mual, muntah, kehilangan nafsu makan hingga penurunan berat badan

Penyebab Sakit Maag (Faktor gaya hidup tidak sehat)

pola makan (Matthew Ennis/Shutterstock)

Langsung berbaring setelah makan

Penyebab sakit maag yang pertama terkait dengan faktor gaya hidup tidak sehat adalah langsung berbaring setelah makan. Makanan membutuhkan waktu dan proses untuk bisa sampai di dalam sistem pencernaan.

Jadi, berikan jeda waktu sekitar 2-3 jam setelah makan apabila kamu ingin tidur. Jika dipaksakan langsung berbaring setelah makan, maka akan memicu asam lambung naik. Karena naiknya asam lambung ini lah maag terjadi.

Makan terlalu banyak dan cepat

Makan dalam porsi yang terlalu banyak, apalagi dengan terburu-buru bisa berisiko meningkatkan asam lambung yang kemudian menjadi penyebab sakit maag. Usahakan untuk makan dengan porsi secukupnya atau sedikit, tapi dengan frekuensi yang lebih sering dalam sehari. Perhatikan juga supaya tidak makan dengan cepat-cepat.

 

Penyebab Sakit Maag (Faktor gaya hidup tidak sehat)

Minum alkohol berlebihan dan Merokok

Minuman beralkohol dapat menimbulkan iritasi sekaligus mengikis lapisan lambung sedikit demi sedikit. Akibatnya, sistem pencernaan biasanya mejadi lebih rentan terhadap efek samping dari peningkatan produksi asam lambung.

Kondisi ini sering kali berujung pada gangguan pencernaan berupa gastritis atau radang lambung, yang nantinya menjadi penyebab sakit maag. Selain minuman beralkohol, minuman bersoda dan kafein juga bisa menyebabkan sakit maag.

Selain itu, penyebab sakit maag juga bisa terjadi karena merokok. Merokok bisa memperlambat waktu pengosongan perut yang dapat memicu kenaikan asam lambung sebagai penyebab sakit maag.

Mengonsumsi makanan pedas, berlemak, dan berminyak

Makanan pedas, gorengan, dan makanan berlemak yang banyak mengandung cabai, lemak, dan minyak dapat merangsang peningkatan produksi asam pada lambung. Selain itu, makanan berlemak membuat seseorang rentan mengalami gangguan pencernaan sebagai penyebab sakit maag.

Asupan lemak yang berlebihan dapat membuat proses pencernaan makanan menjadi lambat. Secara otomatis, waktu pengosongan pada lambung juga menjadi lebih lama daripada seharusnya.

Penyebab Sakit Maag (Faktor Kondisi Medis)

Penyebab Sakit Maag (Faktor Kondisi Medis) (Sumber: istockphoto)

Penyebab sakit maag selanjutnya terkait dengan kondisi medis dan penyakit seseorang. Berikut beberapa kondisi medis yang menyebabkan sakit maag:

- Radang lambung atau gastritis. Kondisi ini dikarenakan adanya peradangan pada lapisan kulit di dalam lambung.

- Refluks asam lambung (GERD). Refluks asam lambung atau GERD adalah kondisi ketika asam lambung, yang seharusnya ada di dalam sistem pencernaan, justru naik ke atas. Akibatnya, menimbulkan iritasi, nyeri hingga sensasi terbakar (heartburn) pada ulu hati, dada, serta kerongkongan.

- Radang pankres. Terjadi ketika pankreas mengalami peradangan sehingga menimbulkan infeksi, kerusakan jaringan, hingga perdarahan pada kelenjar.

- Tukak lambung, yakni adanya luka atau lubang kecil pada dinding perut.

- Kanker perut atau kanker lambung. Kanker perut terjadi saat muncul pertumbuhan tumor atau sel kanker ganas pada bagian dinding lambung.

Penyebab Sakit Maag (Efek Samping Obat)

Ilustrasi obat (Foto: Unsplash.com/Freestocks)

Beberapa jenis obat dapat menjadi penyebab sakit maag. Misalnya, obat pereda nyeri atau non-steroid anti-inflamasi yang meliputi aspirin, ibuprofen dan naproxen, berisiko menipisikan dinding pada lapisan lambung, sehingga membuatnya mudah mengalami iritasi. 

Selain itu, jenis obat-obatan lainnya seperti, estrogen dan kontrasepsi oral, obat steroid, obat penyakit tiroid, obat yang memiliki kandungan nitrat di dalamnya, dan jenis antibiotik tertentu, juga dapat menjadi penyebab sakit maag.

Cara Mengatasi Sakit Maag

Ilustrasi Sakit Maag (iStockphoto)

-Berhenti merokok

-Hindari menggunakan pakaian yang ketat di sekitar dada

-Kurangi berat badan

-Menghindari Stres

-Mengonsumsi Obat Maag

-Mengubah pola makan

Membatasi makanan-makanan yang menyebabkan maag seperti yang telah disebutkan sebelumnya dapat mengatasi sakit maag. Selain itu, makan lebih sering dalam porsi yang lebih kecil juga bisa menjadi solusi. Setelah makan, dianjurkan untuk menunggu 2–3 jam sebelum berbaring.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat, 7 Kolaborasi Epik yang Akan Ada di Soundrenaline 2019 Akhir Pekan Ini

Posted: 06 Sep 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Festival musik terbesar Soundrenaline 2019 digelar akhir pekan ini. Soundrenaline 2019 dihelat di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Sabtu-Minggu, 7-8 September 2019.

Seperti gelaran-gelaran sebelumnya, Soundrenaline 2019 ini akan kembali menyajikan penampilan yang luar biasa. Akan ada 7 kolaborasi yang wajib disaksikan dalam festival musik ini.

Jelang acara digelar, pihak Soundrenaline 2019 menginfokan kolaborasi-kolaborasi spesial yang akan dihadirkan.

"Akan ada kolaborasi antar musisi dari genre dan generasi yang berbeda. Bahkan antar musisi dan kreator dari bidang visual sehingga penampilan mereka di atas panggung akan lebih spektakuler dan mampu menghadirkan timeless festival experience," kata Widi di Bali, Jumat (6/4/2019).

 

 

Kolaborasi Musik

Soundrenaline 2019 digelar di Garuda Wishnu Kencana, Bali, Sabtu-Minggu, 7-8 September 2019

Kolaborasi-kolaborasi unik tersebut di antaranya adalah Maliq & D'Essentials yang bakal berkolaborasi dengan Indra Lesmana, Rekti THE S.I.G.I.T dan Tuan Tigabelas. Mereka tampil membawakan lagu-lagu Maliq & D'Essentials bahkan beberapa lagu hits dengan genre berbeda.

Selain itu, ada kolaborasi dari grup musik Fourtwnty. Di Soundrenaline 2019, mereka bakal membawa orkestra mini dengan komposisi seperti string section, selo, biola, dan paduan suara. Tak cukup sampai di situ, ada juga kolaborasi Mocca dan Ardhito Pramono.

Yang lebih menarik lagi, ada kolabirasi grup band Seringai dengan sekelompok marching band. Kolaborasi Seringai dengan marching band pasti bakal menarik disaksikan di Soundrenaline 2019. Kolaborasi antar musisi yang disebut "Ngamen Bersama Musisi Soundrenaline di Area Festival" juga akan meramaikan Soundrenaline 2019.

Kolaborasi Seni

Soundrenaline 2019 digelar di Garuda Wishnu Kencana, Bali, Sabtu-Minggu, 7-8 September 2019

Selain kolaborasi antar musisi, ada juga kolaborasi karya seni dari seniman-seniman ternama, seperti patung Penari Baris Tunggal, karya Agus Mediana dan I Putu Edi Kharisma. Karya keduanya yang bertema 'Penjaga Jaman' merupakan patung penari baris tunggal dengan perwujudan dari berbagai simbol seni Bali.

Yang terakhir, ada seniman asal Yogyakarta, Uji 'Hahan' kembali berkarya di Soundrenaline dengan menciptakan sebuah monumen setinggi 10,8 meter bertajuk 'Tapi Jadi Epik'.

Kolaborasi juga dihasilkan dengan membawa karya-karya lintas bidang yaitu musik, visual art, fotografi/video, dari sembilan finalis kompetisi kreatif Go Ahead Challenge 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Haornas 2019: Menyamakan Persepsi Esport sebagai Olahraga Lewat Simposium

Posted: 06 Sep 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Banjarmasin- Esport menjadi salah satu cabang olahraga yang mendapatkan persepsi yang beragam di masyarakat.Kemenpora melalui Deputi Pembudayaan Olahraga pun menggelar Simposium untuk mengupas segala hal tentang Esport dengan tema "Interpretasi Esport Dalam Wacana Keolahragaan Nasional", Sabtu (7/9/2019).

Simposium Esport merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang berlangsung di Banjarmasin. Puncak kegiatan sendiri akan digelar pada Minggu besok di ikon kota Banjarmasin, Menara Pandang Siring.

Simposium ini merupakan lanjutan Kajian Lintas Perspektif Esport Dalam Paradigma Keolahragaan Indonesia, yang sebelumnya telah dilakukan FGD di Yogyakarta dan Bekasi dengan mengundang Akdemisi Olahraga, Akademisi Ekonomi, Kesehatan, Industri, Standarisasi Keolahragaan (BSANK), dan Organisasi Esport (IESPA). Simposium dilaksanakan sebagai bentuk respons kemenpora terhadap perkembangan Esport di Indonesia dengan segala pro dan kontranya.

Selain itu, simposium Esport ini akan menjadi bahan telaah terhadap fenomena maupun konsep Esport. Ini nantinya bisa salah satu dasar pertimbangan pengambilan kebijakan terhadap pengembangan keolahragaan.

"Semua harus ada aturannya. Esport sudah menjadi olahraga prestasi. Maka itu lewat forum ini, harus ada standar kompetisi dan standar pembinaan. Tugas pemerintah hanya menggerakkan saja, tergantung hasil di simposium ini," ujar Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta.

Sementara itu, atlet Esport Indonesia, Richard Permana tidak membantah ada dampak negatif dari Esport. Meski begitu dia mengaku banyak hal positif lain yang bisa dipetik dari Esport.

"Bagi saya Esport itu memang bikin candu. Tapi dalam hal ini Esport membuat saya candu belajar, belajar dari gamer yang lebih hebat ketimbang saya," katanya yang mengaku sudah 19 tahun berkecimpung di Esport.

Richard juga membantah orang yang memainkan Esport cenderung menjadi agresif. Atlet yang pernah juara di Counter Striker Global Offensive (CSGO) ini mengatakan itu hanya terjadi pada segelintir orang saja.

"Agresif? Saya sudah main Esport selama 19 tahun dan kebanyakan game tembak-tembakan, tapi selama ini saya tidak agresif. Bahkan saya juga tak mau agresif saat berinteraksi di media sosial," ujarnya.

 

Dua Sesi

Giring Nidji, mantan vokalis Nidji yang kini aktif di Esport,diundang Kemenpora di Simposium Esport (dok: Kemenpora)

Kegiatan Simposium berlangsung dalam 2 (dua) sesi dengan pembahasan yang berbeda. Pada sesi pertama membahas tentang Esport Dalam Perspektif Keolahragaan dan sesi kedua tentang Tantangan dan Peluang Masyarakat Dalam Perkembangan Esport.

Narasumber yang memberikan paparan dari berbagai macam keilmuan yaitu Ilmu Keolahragaan, Sosiologi, Kesehatan, Ekonomi Bisnis, Teknologi, Psikologi, Standarisasi Keolahragaan, dan Esport. Sedangkan Narasumber non Panelis dari unsur Budaya dan Fatwa Agama (MUI).

Peserta yang diundang berasal dari beberapa Kementerian terkait, Organisasi Olahraga, Perguruan Tinggi, Komunitas Games, Pemain Esport, Penyelenggara Turnamen, dan unsur – unsur lainnya. Moderator yang mengarahkan sesi diskusi kegiatan ini adalah Dr. Sony Teguh Trilaksono, MBA dari BSANK dan Aryo Moendanton dari Anak muda.net yang juga eks Direktur Akreditasi INAPGOC.

Diskusi berjalan dalam dua bentuk yaitu diskusi diantara para panelis dan diskusi terbuka dengan peserta, dimana moderator memberi kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan atau komentar guna mendapatkan perspektif yang lebih luas tentang masalah yang dibahas.

 

Jadi Rumusan

Sesi terakhir dari kegiatan simposium adalah penyampaian rumusan oleh Tim Perumus yang telah dibentuk dan mengikuti FGD sebelumnya.

Output kegiatan simposium adalah dapat merumuskan beberapa hal seperti dasar pemikiran lintas perspektif esport dalam perspektif epistemologi olahraga, merumuskan analisa dampak (positif maupun negatif) yang ditimbulkan dari perkembangan Esport, dan merumuskan bahan referensi dan argumentasi guna menjawab berbagai macam opini di masyarakat terkait Esport.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sisi Lain Andar Situmorang, Lawan Seteru Hotman Paris

Posted: 06 Sep 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak beberapa waktu terakhir, nama Andar Situmorang menjadi perhatian warganet. Ribut-ributnya dengan pengacara nyentrik Hotman Paris Hutapea terkait kasus pornografi, membuat nama Andar jadi bahan perbincangan.

Seperti diketahui, Andar Situmorang menunjuk Farhat Abbas sebagai pengacara untuk memperkarakan Hotman Paris. Dalam laporannya, ia menuding Hotman telah menyebarkan konten pornografi lewat Instagram pribadi.

Menilik ke belakang, Andar Situmorang bukan lawan baru Hotman Paris. Sekitar empat tahun lalu, keduanya terlibat saling sindir saat Andar melaporkan Inul Daratista ke polisi.

Hotman Paris yang menjadi kuasa hukum Inul, meragukan kapabilitas Andar Situmorang sebagai pengacara. "Kita juga heran, Inul saja tidak kenal dengan dia. Kalau disejajarkan di televisi, wajah dia dan Hotman ya saya cuma bilang 'Hello Andar' (lebih ganteng Hotman)," ceplos Hotman Paris Hutapea di SPKT Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (13/11/2015).

"Coba rekam gaya bicara dia di televisi. Anda bisa simpulkan sendiri orang seperti apa dia. Yang jelas dia enggak punya Bentley (mobil mewah) kali ya?" sambung Hotman sembari bergegas masuk ke mobil mewahnya tersebut.

Sindiran Hotman Paris itu sempat direspons oleh Andar Situmorang. Dia bahkan menyebut Hotman Paris dengan plesetan rubbish yang berarti sampah.

"Saya datang, karena saya dengar Ainur Rokhimah alias Inul dan Hotman Rubbish (sampah) ke sini. Ternyata saya dilaporkan, dan saya buat laporan balik. Tuduhannya laporan palsu. Dia orang terbodoh di dunia, tapi tak apalah. Apalagi ITE lagi," balas Andar Situmorang kala itu. 

Tuduhan Pengacara Gadungan

Andar Situmorang (Andy Masela/bintang.com)

Sosok Andar Situmorang cukup menarik perhatian banyak orang. Selama ini Andar kerap muncul dengan pernyataan yang cukup sensasional. Tak ayal banyak yang meragukan status profesional Andar Situmorang sebagai pengacara.

Kepada Showbiz Liputan6.com, Jumat (6/9/2019), Andar Situmorang merespons tuduhan warganet yang menyebutnya sebagai pengacara gadungan. Menurutnya, pernyataan itu keluar dari mulut orang yang tidak mengenal dekat dirinya.

"Kalau soal itu (dituding pengacara gadungan) saya enggak anggap-lah. Saya memang sejak 2000-an, enggak pernah lagi berperkara. Pasti teman-teman (media) enggak pernah lihat saya pakai dasi mendampingi orang di pengadilan kan?" Andar Situmorang membuka pernyataan.

Ia menambahkan, "Saya sejak 2000 itu lebih ke usaha-usaha saja. Jadi fokusnya memang sebagai pengusaha, enggak sebagai pengacara."

Meski begitu, Andar Situmorang mengaku dirinya masih berstatus sebagai pengacara resmi. Dari data yang dihimpun Liputan6.com, Andar merupakan anggota PERADI dengan nomor induk anggora E 94.10375.

"Intinya saya pengusaha, tapi masih berstatus pengacara. Kalau tidak percaya, bisa dicek ke PERADI, saya sampai detik ini masih anggota PERADI," tutup Andar Situmorang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Transformasi Ria Irawan, dari Kecil hingga Kini

Posted: 06 Sep 2019 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Artis senior Ria Irawan dikenal sebagai salah satu survivor penyakit kanker. Ria, dinyatakan terkena kanker getah bening di tahun 2009 dan dinyatakan bebas kanker pada 2017 lalu. 

Setelah dinyatakan sembuh dari penyakit ganas tersebut, Ria Irawan pun sempat kembali beraktivitas sebagai artis. Bahkan, ia sempat membintangi film layar lebar berjudul Wedding Agreement.

Namun, kini artis senior Ria Irawan, sedang berjuang kembali melawan kanker. Sejak beberapa waktu lalu kondisi kesehatannya menurun dan saat ini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo RSCM Jakarta.

Sebelum terserang kanker, artis Ria Irawan punya bakat akting yang sudah tidak diragukan lagi. Ria bermain film sejak usianya masih muda. Namanya kian melejit setelah memerani beberapa film di Indonesia.

Ria juga dikenal sebagai wanita yang kuat dan juga suka bekerja keras. Berikut potret transformasi Ria Irawan dari muda hingga saat ini berjuang melawan kanker yang dirangkum Liputan6.com, Sabtu (7/9/2019).

1. Ira Irawan terjun ke dunia hiburan sejak masih kecil dan membintangi iklan permen

(Sumber: Instagram/@riairawan)

2. Selain dikenal sebagai artis, ia juga dikenal sebagai penyanyi

(Sumber: Instagram/@riairawan)

3. Ria Irawan juga membintangi beberapa drama musikal

(Sumber: Instagram/@riairawan)

4. Ria Irawan divonis terkena kanker getah bening di tahun 2009

(Sumber: Instagram/@riairawan)

5.Pada tahun 2017 Ria Irawan dinyatakan sembuh dan bebas dari penyakit kanker getah bening

(Sumber: Instagram/@riairawan)

6. Ria Irawan saat sembuh dari penyakit kanker, kembali beraktivitas sebagai artis dan membintangi film Koboy Kampus

(Sumber: Instagram/@riairawan)

7. Kini Ria Irawan sedang berjuang kembali melawan kanker dan sedang dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo

Ria Irawan (Foto: Instagram/@mayk_wongkar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Tangkap Begal yang Sering Beraksi di Pasuruan

Posted: 06 Sep 2019 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah buron empat bulan, anggota kawanan begal sadis yakni RH, AH, dan FZ akhirnya diringkus anggota Resmob Polres Pasuruan. Ketiganya merupakan residivis yang berulangkali keluar masuk penjara karena kasus yang sama.

Pimpinan komplotan begal, FZ, terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena berusaha melawan dan kabur, saat ditangkap di rumahnya di Kecamatan Winongan Pasuruan. Dua pelaku lainnya, RH dan AH, ditangkap di sebuah warung di wilayah Kecamatan Pasrepan Pasuruan.

Ketiga tersangka dikenal sadis dalam beraksi, dan tega melukai bahkan membunuh korbannya jika berani melawan. Ketiganya kerap beraksi di wilayah timur dan selatan Kabupaten Pasuruan, di antara di wilayah Kecamatan Pasrepan, Grati, Winongan, Purwosari dan Purwodadi.

"Terkait dengan begal motor sering kali kejadian di timur Pasuruan. Berhasil ungkap empat tersangka begal motor ini di enam TKP. Satu masih pencarian. Senjata digunakan pada saat mereka ketemu korban lakukan ancaman, kalau melawan siap melukai," ujar Kompol Supriyono, seperti ditayangkan dalam program Liputan6 yang diunggah pada 5 September 2019.

Dari tangan para tersangka, polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti di antaranya, empat unit sepeda motor hasil begal, pedang, serta celurit, yang kerap digunakan pelaku untuk beraksi.

Yuk saksikan videonya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk, Ikuti Eksklusif Live Streaming Behind The Stage ON OFF Festival 2019 di Sini

Posted: 06 Sep 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - ON OFF Festival ini diselenggarakan oleh Famous All Star yang bekerjasama dengan layanan video streaming pertama milik bangsa yakni Vidio. 

Festival ini menampilkan sejumlah kreator serta artis lokal maupun internasional. ON OFF Festival akan berlangsung selama dua hari yakni pada 7 sampai 8 September 2019 yang dihelat di Istora Senayan.

Festival meriah ini diisi oleh sejumlah penyanyi dan kreator di antaranya Krunk, Kown Twins, Gamaliel, The Overtunes, Bayu Skak, hingga boygrup Winner dari Korea sebagai bintang tamu.

Buat Anda yang penasaran dengan kemeriahan Behind the Stage ON OFF Festival 2019? langsung saja saksikan live streamingnya pada 7 dan 8 September 2019, pukul 15.00 WIB hanya di Vidio dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Selebrasi Neymar Usai Cetak Gol Penyelamat Brasil

Posted: 06 Sep 2019 10:10 PM PDT

Penyerang Brasil, Neymar Jr berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Kolombia selama laga uji coba di Hard Rock Stadium, Florida (7/9/2019). Brasil dan Kolombia bermain imbang 2-2. (AFP Photo/Rhona Wise)

Penyerang Brasil, Neymar Jr berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Kolombia selama laga uji coba di Hard Rock Stadium, Florida (7/9/2019). Brasil dan Kolombia bermain imbang 2-2. (AFP Photo/Rhona Wise)

Penyerang Brasil, Neymar Jr berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Kolombia selama laga uji coba di Hard Rock Stadium, Florida (7/9/2019). Gol neymar pada menit ke-58 ini menjadi penyelamat Brasil. (AFP Photo/Rhona Wise)

Penyerang Brasil, Neymar Jr berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Kolombia selama laga uji coba di Hard Rock Stadium, Florida (7/9/2019). Gol neymar pada menit ke-58 ini menjadi penyelamat Brasil. (AFP Photo/Rhona Wise)

Penyerang Brasil, Neymar Jr memeluk pelatih Tite usai mencetak gol ke gawang Kolombia selama laga uji coba di Hard Rock Stadium, Florida (7/9/2019). Gol neymar pada menit ke-58 ini menjadi penyelamat Brasil. (AFP Photo/Rhona Wise)

Penyerang Brasil, Neymar Jr memeluk pelatih Tite usai mencetak gol ke gawang Kolombia selama laga uji coba di Hard Rock Stadium, Florida (7/9/2019). Gol neymar pada menit ke-58 ini menjadi penyelamat Brasil. (AFP Photo/Rhona Wise)

Penyerang Brasil, Neymar Jr menggiring bola dari kawalan gelandang Kolombia Wílmar Barrios selama laga uji coba di Hard Rock Stadium, Florida (7/9/2019). Brasil dan Kolombia bermain imbang 2-2. (AP Photo/Lynne Sladky)

Penyerang Brasil, Neymar Jr menggiring bola dari kawalan gelandang Kolombia Wílmar Barrios selama laga uji coba di Hard Rock Stadium, Florida (7/9/2019). Brasil dan Kolombia bermain imbang 2-2. (AP Photo/Lynne Sladky)

Penyerang Brasil, Neymar Jr mencium kepala bek Dani Alves saat berselebrasi mencetak gol ke gawang Kolombia selama laga uji coba di Hard Rock Stadium, Florida (7/9/2019). Gol neymar pada menit ke-58 ini menjadi penyelamat Brasil. (David Santiago/Miami Herald via AP)

Penyerang Brasil, Neymar Jr mencium kepala bek Dani Alves saat berselebrasi mencetak gol ke gawang Kolombia selama laga uji coba di Hard Rock Stadium, Florida (7/9/2019). Gol neymar pada menit ke-58 ini menjadi penyelamat Brasil. (David Santiago/Miami Herald via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kucing Kesayangan Mati, Pria Ini Habiskan Rp 500 Juta untuk Kloning

Posted: 06 Sep 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kucing menjadi salah satu binatang peliharaan yang sering kali dipilih. Memiliki bulu lembut, wajah yang menggemaskan serta tingkah yang lucu membuat kucing disukai anak-anak bahkan hingga orang dewasa. 

Konon katanya, kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun sebelum masehi. Maka tak heran jika kucing adalah binatang yang sebagian besar jinak. Memelihara kucing bahkan sering kali menimbulkan rasa kasih sayang yang luar biasa bahkan dirawat serta diajak berbicara selayaknya manusia.

Bagi pecinta kucing yang telah merawatnya sejak kecil, kehilangan bintaang kesayangannya tentu menjadi kesedihan tersendiri. Rasa kehilangan yang mendalam bahkan seolah seperti kehilangan anggota keluarga. 

Mungkin inilah yang dirasakan oleh Huang Yu, pria asal Tiongkok yang kehilangan kucing kesayangannya bernama Garlic. Pria pengusaha berusia 22 tahun ini kemudian mengubur kucing kesayanganya tersebut di halaman rumahnya.

Setelah berjam-jam dan masih merasakan kehilangan yang mendalam, Huang Yu kemudian melakukan aksi tak terduga untuk mendapatkan kucingnya kembali.

 

Kloning dengan Biaya Hampir Rp 500 Juta

Pria asal Tiongkok ini rela habiskan ratusan juga untuk kucingnya yang mati. (Sumber: The New York Times)

Dilansir dari The New York Times oleh Liputan6.com, Sabtu (7/9/2019) Huang Yu kemudian mengambil langkah tak biasa akibat merasa kesedihan ditinggal mati kucing kesayangannya. Saat masih merasakan duka, ia mengingat sebuah artikel yang ia baca tentang kloning anjing di Tiongkok.

"Dalam hati saya, Garlic tidak tergantikan," kata Huang, yang telah menggali makam kucingnya dan memasukkannya ke dalam lemari es sebagai persiapan untuk mengkloningnya.

"Garlic tidak meninggalkan apa pun untuk generasi mendatang, jadi aku hanya bisa berusaha untuk mengkloning." lanjutnya. 

Dengan ide yang ada dipikirannya, Huang Yu kemudian membawa kucingnyayang sudah mati ke sebuah perusahaan bernama Sinogene. Sinogene adalah sebuah perusahaan kloning hewan peliharaan komersial yang berbasis di Beijing. Untuk mengkloning kucing kesayangannya tersebut, Huang Yu harus merogoh kocek hingga hampir 500 juta.

 

Tiongkok Jadi Negara yang Berhasil Kloning Hewan

Pria asal Tiongkok ini rela habiskan ratusan juga untuk kucingnya yang mati. (Sumber: The New York Times)

Keberhasilan mengkoling Garlic, menjadi pencapaian baru oleh perusahaan asal Tiongkok ini. Kepala Eksekutif Sinogene Mi Jidong mengatakan perusahaan memutuskan untuk mulai mengkloning hewan peliharaan pada tahun 2015 setelah melakukan survei sekitar 1.000 orang yang mengajukan permintaan tersebut. 

Perusahaan itu telah mengkloning lebih dari 40 ekor anjing dengan biaya masing-masin sekitar US$ 53.000 atau lebih dari Rp 748 juta, beberapa hewan peliharaan dan lainnya untuk kepentingan penelitian medis.

"Tiongkok bisa mengubah kloning hewan peliharaan menjadi bisnis yang layak. Anjing dan kucing duplikat belum benar-benar ada diluar negara di Amerika Serikat dan di tempat lain," kata para ahli, dikutip dari The New York Times.

Menurut Mr. Mi Jidong, kepala eksekutif Sinogene mengatakan lebih dari 100 orang telah menyimpan sampel DNA hewan peliharaan mereka untuk mengantisipasi pembuatan klon.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bersama Inter Milan, Romelu Lukaku Ogah Mundur Lawan Rasisme

Posted: 06 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Milan- Striker Inter Milan, Romelu Lukaku ogah mundur untuk melawan rasisme di sepak bola Italia. Dia akan melakukan ini selama membela Inter Milan.

Dia akan membantu Inter Milan untuk melawan rasisme yang menjadi penyakit akut di Liga Italia. Apalagi I Nerazurri merupakan klub yang sudah diidamkannya untuk bergabung di Italia.

Lukaku seakan ingin menjawab ajakan eks striker Chelsea, Demba Ba. Ba beberapa waktu lalu meminta seluruh pemain berkulit hitam meninggalkan sepak bola Italia.

Lukaku mulai nyetel dengan Inter Milan sejak kepindahannya dari Manchester United pada 8 Agustus lalu. Dia sudah mencetak dua gol di dua laga beruntun.

Namun di sisi lain, striker anyar Inter Milan yang dibeli 69 juta euro ini mendapatkan ejekan rasis saat akan mengeksekusi penalti lawan Cagliar. Lukaku mengacuhkannya dan sukses eksekusi penalti.

 

 

Inginkan Inter Milan

Menarik untuk dinantikan bagaimana peran dari Romelu Lukaku untuk membawa Inter Milan kembali berjaya di Serie A. Inter Milan memang merupakan klub yang memiliki daya tarik bagi striker-striker top dunia. (AFP/Franck Fife)

Lukaku mengatakan tak pernah memikirkan soal rasisme di italia. Saat memilih Inter Milan, dia semata-mata hanya ingin memikirkan aspek olahraga.

"Pertama-tama, gabung Inter Milan itu keputusan olahraga saya karena ini klub yang ingin saya gabung di Italia. Pelatih juga sangat penting, karena saya tahu mereka bagus," ujar Lukaku seperti dikutip Football Italia.

"Saya pikir Italia negeri yang indah dan saya bahagia bisa menemukan budaya berbeda. Penting untuk tidak hanya main di Liga berbeda tapi juga pelajari budaya berbeda di hidup."

Program Anti Rasis

Inter Milan sudah memiliki program anti rasis dengan nama BUU atau Brothers Universally United. Lukaku sangat kagum dengan program ini.

"Ini inisiatif hebat dari klub. Kalau mereka butuh bantuan saya, saya pasti bantu. Tapi untuk saat ini, saya tidak fokus dengan apa yang terjadi di sekitar saya," ujarnya.

"Kalau saya dengar ejekan rasis, saya akan melawannya. Tapi sekarang, semua orang baik kepada saya. Saya hanya ingin fokus di lapangan sepak bola."

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berhaji Tanpa Visa, Ratusan WNI Dideportasi Arab Saudi

Posted: 06 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Madinah - Pemerintah Arab Saudi mendeportasi 181 warga negara Indonesia (WNI) yang ditangkap karena berhaji tanpa visa haji dan tesrekh haji. Mereka ditangkap sebelum pelaksanaan wukuf di Arafah ( 9 Dzulhijjah/10 Agustus).

Selama bulan Agustus 2019, WNI yang telah dideportasi lebih dari 1.200 orang, dan 600 di antaranya berhaji tanpa visa haji dan tesrekh haji.

"Diperkirakan masih banyak WNI yang selesai berhaji yang tidak menggunakan visa haji dan diperkirakan akan menemui masalah saat kepulangan nanti, " kata Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah Mohamad Hery Saripudin, seperti dikutip Sabtu, (7/9/2019).

Dia mengingatkan, bahwa calon haji Indonesia jangan mudah tergiur rayuan bisa berangkat haji tanpa antri. Sebelum berangkat ke Tanah Suci, lanjut Hery, jemaah haji harus memastikan dirinya menggunakan visa haji.

Bukan visa kerja, visa ziarah, atau visa event/season. Visa tersebut dipastikan akan menghadapi masalah pada saat kepulangan ke tanah air, karena melanggar aturan keimigrasian Arab Saudi.

Lebih lanjut, dia WNI tersebut dideportasi oleh pemerintah Saudi dengan biaya pemerintah Saudi. Sebelum dideportasi, yang bersangkutan "menginap" dulu di rumah tahanan.

Sanksi yang kena deportasi, nama yang bersangkutan masuk dalam daftar tangkal (black list) tidak dapat masuk ke Arab Saudi untuk waktu sekitar 5-7 tahun (tergantung tingkat kesalahan).

"Kita bekerjasama dengan pihak terkait di tanah air untuk mengambil tindakan tegas kepada agen yang sudah melakukan penipuan hanya untuk keuntungan mereka sendiri tanpa memperhatikan kepentingan dan keselamatan jemaahnya,'' tegas Hery.

Menurut dia, KJRI akan mengawal dan memberikan pelayanan serta perlindungan kepada mereka sesuai dengan peraturan yang berlaku sebagai bentuk kehadiran negara di tengah-tengah warganya.

 

Kronologi

Sebelumnya, diberitakan bahwa 181 WNI diamankan aparat berwenang Arab Saudi sebelum pelaksanaan puncak ibadah haji. Mereka digrebek di apartemen dan di sebuah penampungan di Mekah. Dan ditahan di rumah detensi imigrasi (Tarhil) Syumaisi karena akan melaksanakan ibadah haji tanpa visa haji dan surat izin (tasrekh) berhaji.

Ditemukan pula, puluhan WNI yang terlunta-lunta seusai melaksanakan ibadah haji karena tidak memiliki tiket pulang. Dan juga, WNI yang terkatung-katung kepulangannya karena diberangkatkan dengan visa kerja dan tidak diuruskan exit permitnya oleh perusahaan/travel yang memberangkatkan. Akibatnya, mereka tertahan di bandara.

Hasil berita acara pemeriksaan (BAP) Tim Pelayanan dan Pelindungan Warga (Yanlin) KJRI Jeddah, menyebutkan, sebagian besar dari 181 orang itu mengaku tertipu tawaran berhaji oleh seorang oknum dari travel yang ikut terjaring dalam operasi.

Oknum itu juga dimasukkan ke dalam sel tahanan imigrasi Arab Saudi.Konjen RI Jeddah Mohamad Hery Saripudin menyesalkan berulangnya peristiwa penahanan terhadap WNI karena hendak berhaji di luar prosedur atau ketentuan yang telah ditetapkan Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia.

Musim haji tahun ini, kata Konjen Hery, jumlah WNI yang diamankan pihak keamanan Arab Saudi kian meningkat dibanding tahun sebelumnya. Kebanyakan mereka adalah korban penipuan dari oknum yang mengaku menguruskan Haji ONH Plus. Tetapi, ternyata visa yang digunakan untuk memberangkatkan mereka bukan visa haji.

"Perkiraan saya masih ada di luar sana orang kita yang masih belum bisa pulang karena terkendala visa," kata Konjen.Pelaksana Fungsi Konsuler-1 yang merangkap Koordinator Yanlin KJRI Jeddah, Safaat Ghofur, menyebutkan KJRI hingga saat ini telah memberikan pendampingan terhadap 201 orang WNI.

"195 telah berhasil dipulangkan ke Indonesia. Sisanya hingga saat ini masih diupayakan agar bisa segera dipulangkan juga," kata Safaat.

"Terdapat lima orang jemaah tertunda pemulangannya karena tidak memiliki tiket pulang. Mereka korban penipuan oleh oknum travel," jelas Safaat.

Staf Teknis/Konsul Imigrasi Ahmad Zaeni yang melakukan BAP terhadap para korban di Tarhil mengungkapkan, para WNI itu dijanjikan oleh oknum travel akan dihubungkan dengan muassasah selaku penyedia paket haji, termasuk tasrekh, tenda Arafah-Mina, katering dan transportasi.

"Dari keterangan mereka, biayanya antara Rp60-200 juta per orang. Penawaran itu menyebar dari orang ke orang," kata Zaeni.

Muchamad Yusuf, Konsul Tenaga Kerja, yang turut terjun ke lapangan, mengidentifikasi berbagai jenis visa yang digunakan oleh para oknum untuk memberangkatkan korban. Para korban kebanyakan diberangkatkan dengan visa kerja musiman (amil musim). Dan yang lainnya, dengan visa turis untuk menghadiri event (ziarah fa'aliat), visa kunjungan pribadi (ziarah syakhsiah), visa umrah, dan sisanya berstatus mukim.

"Sesuai ketentuan Pemerintah Arab Saudi, setiap warga negara asing yang masuk dengan visa kerja harus memperoleh exit permit dari penanggung jawab (majikan) yang tertera di visa pekerjanya," kata Yusuf.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Aman Berpindah Jalur di Jalan Raya

Posted: 06 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang sudah biasa berkendara di jalan tol, berpindah jalur dari jalur lambat ke jalur cepat bukan hal yang sulit. Namun, bagi sebagian orang yang tak terbiasa, berpindah jalur merupakan hal yang sulit dilakukan. Nah, bagi Anda yang merasa demikian, berikut langkah mudah yang bisa dilakukan.

Pertama, memastikan marka jalan. Apakah marka jalannya sudah sesuai atau mengizinkan untuk berpindah jalur. Langkah pertama ini, sayangnya sering tak diindahkan pengemudi. Padahal fungsi marka jalan sangatlah penting, agar pengguna jalan tetap aman. Bila marka jalannya berbentuk garis-garis putus, berarti mobil boleh berpindah jalur.

Langkah selanjutnya, menyalakan lampu sein sesuai arah yang dituju. Dengan menyalakannya berarti Anda memberikan informasi kepada pengemudi lain. Perlu diketahui, setelah menyalakan lampu sein, bukan berarti Anda mempunyai hak untuk langsung berpindah.

"Waktu kita kasih sein itu, sebenarnya kita minta izin. Kita tidak punya hak. Boleh atau tidak tergantung dari kendaraan yang di belakang," jelas Sony Susmana, founder SDCI (Safety & Defence Consultant Indonesia) kepada OTO.com.

Sembari lampu sein menyala, perhatikan kondisi sekitar melalui kaca spion sebelum berpindah jalur. Proses ini juga bisa dibantu melalui kaca spion tengah. Tetapi peran utama tetap melalui spion samping, karena cakupannya lebih luas.

Menghitung Jarak Kendaraan

Dilansir dari conduitefacile.com (13/11), terdapat formula untuk mengetahui jarak kendaraan di belakang berdasarkan visibilitas di spion. Jika mobil terlihat sepenuhnya dengan ukuran kecil di dalam spion, berarti jaraknya aman. Namun, bila mobil di samping belakang hanya terlihat sebagian, berarti jaraknya sudah terlalu dekat.

Anda juga bisa melakukan head atau shoulder check. Ini merupakan tindakan sederhana yang dapat meningkatkan keamanan ketika hendak berpindah jalur. Pengemudi cukup memalingkan muka ke arah samping sambil melirik ke area samping. Tindakan ini untuk melengkapi proses pemeriksaan kondisi sekitar. Pasalnya, kaca spion tetap memiliki area buta atau blind spot, dan itu dapat diatasi dengan head check.

Proses pemeriksaan kondisi sekitar perlu kehati-hatian. Anda harus melakukannya dengan cepat, sambil tetap memperhatikan jalan di depan. Selain itu, pastikan memegang roda kemudi dengan kuat dan stabil. Agar mobil tidak bergerak keluar jalur saat Anda sibuk mengecek.

Langkah terakhir, menentukan waktu yang tepat. Apakah mobil di belakang mengizinkan untuk berpindah jalur? Jika tidak, tunggu sampai mobil itu melewati Anda. Atau dalam kasus tertentu, Anda perlu menambah kecepatan agar dapat berpindah jalur di depan, lantaran mobil di samping tak mau beranjak dari posisinya.

 

Kaca Jendela Bersih

Jangan lupa selalu memastikan kaca jendela bersih. Soalnya, kaca jendela yang kotor, menghalangi visibilitas terhadap spion samping. Makanya mencuci kendaraan secara rutin penting.

Bila Anda berkendara dengan penumpang, mintalah bantuannya untuk memastikan kondisi. Cara ini lebih baik dalam mengatasi blind spot, sehingga proses manuver atau berpindah jalur bisa lebih aman.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dulu Bus Tingkat Macito Antar Wisatawan, Kini Teronggok di Parkiran Stadion

Posted: 06 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Dua unit bus Malang City Tour (Macito) terparkir di salah satu sudut Stadion Gajayana, Kota Malang. Sudah satu bulan lebih bus tingkat tanpa atap dengan warna khas hijau itu teronggok begitu saja di halaman stadion.

Bus Macito sementara ini tidak lagi beroperasi menyusuri jalan–jalan ruas utama Kota Malang, persisnya sejak 1 Agustus lalu. Padahal, sebelumnya saban hari bus tingkat ini selalu mengantar wisatawan keliling kota, sedari pagi sampai sore.

"Waduh sayang sekali tidak beroperasi. Padahal ingin naik bus, selama ini belum sempat naik," kata Arifina, salah seorang warga Malang, Jumat, 6 September 2019.

Bus Macito selama ini sudah jadi salah satu ikon wisata di Kota Malang. Disediakan oleh pemerintah kota sebagai fasilitas umum untuk pelesir menyusuri kota tanpa dipungut biaya sepeser pun. Sering pula tamu pemkot diajak berkeliling kota dengan bus tersebut.

Titik awal bus biasanya dimulai dari Alun-Alun Tugu. Kadang juga mulai berjalan dari kandangnya di kawasan bekas Taman Rekreasi Kota Malang, belakang balai kota. Mengantar wisatawan lokal maupun mancanegara berkeliling sudut kota.

Arifina maupun wisatawan lain harus gigit jari, tidak lagi bisa merasakan sensasi naik bus wisata ini keliling kota. Mereka harus bersabar hingga ada kebijakan lebih lanjut dari pemerintah kota tentang bus tersebut.

"Semoga bisa kembali beroperasi, sayang kalau tidak dimanfaatkan untuk kepentingan umum," tutur Arifina.

Pemerintah Kota Malang sendiri tidak dapat memastikan kapan bus tingkat hibah dari program tanggung jawab sosial salah satu perusahaan itu kembali beroperasi. Sebab bus itu sejak awal diresmikan sampai hari ini tidak memenuhi sejumlah persyaratan layak jalan.

Penyebab Berhenti

Dua unit bus tingkat Macito yang kini terparkir di halaman Stadion Gajayana Malang karena sudah berhenti beroperasi karena tidak dilengkapi surat izin (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Bus Malang City Tour atau Macito mulai beroperasi akhir Desember 2014 silam. Hasil sumbangan salah satu perusahaan di Malang. Segera setelah diresmikan, bus tingkat tanpa atap ini jadi salah satu daya tarik wisatawan.

Ironisnya, selama itu pula ternyata bus tersebut tidak memiliki kelengkapan surat. Penyebabnya, model bus tingkat dengan atap terbuka itu dinilai berbahaya. Karena itu pula Dirjend Perhubungan sejak awal sampai hari ini tidak mengeluarkan surat.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, bus Macito akan tetap beroperasi. Namun, harus ada penyesuaian bentuk kerangka kendaraan, misalnya dikembalikan sesuai standarnya agar bisa mendapat surat izin beroperasi.

"Akan disesuaikan. Nanti bisa dipotong, atasnya akan dipendekkan sedikit sesuai standarnya," kata Sutiaji.

Karena itu pula sejak awal diresmikan bus tidak mengantongi surat izin karena tidak sesuai standar. Pemerintah kota semula menoleransi dengan tetap mengoperasikan bus itu meski tidak punya surat izin.

"Jadi sementara ini dihentikan dulu sampai semua penyesuaian selesai maupun izinnya ada. Kita sebelumnya sudah terlalu lama menoleransi," kata Sutiaji.

Meski demikian, pemerintah kota tidak dapat memastikan kapan penyesuaian bentuk maupun surat izin selesai. Selama itu belum rampung, bus akan tetap terparkir di halaman Stadion Gajayana Kota Malang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ragam Komentar Pedagang dan Pembeli Soal Ponsel BM

Posted: 06 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Peraturan terkait pemblokiran ponsel black market alias ponsel BM melalui nomor Identitas Peralatan Bergerak Internasional (IMEI) hingga kini belum diterbitkan pemerintah.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kemkominfo, Ismail, menuturkan pihaknya masih terus menggodok aturan pemblokiran ponsel BM tersebut.

Berkaitan dengan hal ini tim Merdeka.com menemui beberapa pedagang ponsel di pusat perbelanjaan Jakarta Pusat. Dodit, salah satu penjual ponsel di sana menanggapinya dengan santai. Sebab, barang-barang yang dijualnya merupakan produk-produk resmi yang datang langsung dari perusahaan.

"Kami enggak mungkin bohongin sih. Ada segelnya, ada kartu garansinya, kami jelasin semua ke pelanggan kalau kami jual ponsel resmi, bukan ponsel BM," ujar Dodit.

Dodit pun menjelaskan perbedaan antara ponsel BM dengan yang resmi.

"Kalau ponsel BM dan KW, kartu garansi enggak ada, dari segi charger juga bukan charger bawaan. Charger-nya itu buatan Vietnam yang bukan bulat tapi gepeng," tutur Dodit.

Sementara itu, Adi, penjual smartphone di pusat perbelanjaan ponsel yang sama, membeberkan ciri-ciri ponsel BM dan KW dari sisi kualitasnya.

"Contohnya kalau ponsel tahan air, yang ponsel BM dan KW tidak. Dari segi kecerahan layar, kalo AMOLED kan terang dan adaptif sedangkan yang KW lebih redup. Software-nya sendiri kan rakitan, jadi pasti ada kendala di sana," tutur Adi.

 

Peredaran Ponsel BM

Barang bukti diperlihatkan saat rilis penyelundupan perangkat telekomunikasi elektronik, Jakarta, Kamis (29/8/2019). Polda Metro Jaya mengamakan 5.572 HP berbagai merek dari China ke Jakarta tanpa membayar pajak dengan nilai kerugian negara ditaksir Rp4,5 triliun. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Menurut beberapa penjual di sana, sirkulasi peredaran ponsel BM sendiri tidak di pusat penjualan ponsel besar. Hendra, penjual lain, mengatakan bahwa ponsel BM bisa didapatkan melalui pemesanan sendiri pada pihak ketiga sebagai perakit.

Dodit juga menambahkan dirinya pernah menemukan sejumlah ponsel BM yang dijual secara online.

Dari segi pasar, tidak semua ponsel akan memiliki versi BM-nya sendiri. Adi mengatakan bahwa penjualan ponsel BM biasanya akan didapati pada ponsel-ponsel kelas atas atau high end seperti Samsung Galaxy S8 ke atas.

"Kalau mid dan low end enggak ada BM-nya. Nanti rugi," pungkasnya.

 

Komentar Pembeli

Barang bukti diperlihatkan saat rilis penyelundupan perangkat telekomunikasi elektronik, Jakarta, Kamis (29/8/2019). Polda Metro Jaya mengamakan 5.572 HP berbagai merek dari China ke Jakarta tanpa membayar pajak dengan nilai kerugian negara ditaksir Rp4,5 triliun. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Tidak hanya penjual, para pelanggan sendiri juga lebih menyukai ponsel resmi ketimbang BM dan KW. Ketika ditanya, mereka memberi jawaban yang berbeda-beda meskipun intinya sama.

Ada yang sekadar menyukai barang asli dan ada yang memahami dampak kepemilikan ponsel BM dan KW.

"Takutnya kena blokir pas peraturan IMEI jalan," kata Indra, seorang pelanggan.

"Kalau BM nanti pas hapenya kenapa-kenapa enggak bisa digaransikan," tutur Ninik, pelanggan lain.

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengakuan Raffi Ahmad Soal Pernah Naksir Desy Ratnasari

Posted: 06 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di sebuah program acara, Desy Ratnasari mengungkap bahwa dahulu, Raffi Ahmad pernah memberinya buket bunga berukuran besar. Kebetulan, saat itu penerimanya adalah anak Desy Ratnasari.

Pengakuan Desy Ratnasari membuat sejumlah orang menduga bahwa di masa lalu, Raffi Ahmad pernah naksir dengan wanita 45 tahun itu. Maklum, saat pacaran dengan Yuni Shara, Raffi sempat dicap sebagai pria penyuka wanita yang lebih tua.

Raffi Ahmad pun meluruskan spekulasi tersebut. Ia tak menaruh hati pada Desy Ratnasari, suami Nagita Slavina ini mengaku hanya mengagumi wanita berhijab itu.

"Ya ngefans kalo sama Desy Ratnasari, ya kan kadang kalau teman-teman artis ada yang ulang tahun aku catat dari senior sampai junior. Kadang asisten aku atau orang kantor kirim bunga atau apa," ucap Raffi Ahmad di SCBD, Jakarta Selatan, Jumat (6/9/2019). 

Hal Biasa

Desy Ratnasari. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Jadi menurut Raffi Ahmad, saling mengirim bunga atau bingkisan di sana-saat tertentu adalah hal yang biasa bagi sejumlah selebritas.

"Jadi memang kirim bunga itu bukan spesifik tapi kan ya memang aku ngasih tau ke asisten atau orang kantor 'Ya kalau ada yang ulang tahun kirim bunga'," Raffi Ahmad mengakhiri.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada 2 Jembatan Kembar di Pontianak

Posted: 06 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung konektivitas Kota Pontianak yang berkembang pesat dari sisi jumlah penduduk maupun aktivitas perekonomian. Dukungan tersebut dilakukan melalui pembangunan duplikasi Jembatan Landak dan Jembatan Kapuas yang lokasinya masing-masing berada di samping jembatan eksisting.

Kehadiran duplikasi Jembatan Landak sepanjang 504 meter diharapkan dapat mengurangi kemacetan akibat tingginya volume lalu lintas. Pembangunan duplikasi Jembatan Landak sangat penting tidak hanya untuk lalu lintas harian warga, namun juga sebagai akses angkutan logistik ke bagian utara Kalimantan Barat karena keberadaannya tidak jauh dari kawasan industri di pesisir Sungai Kapuas.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, lembangunan duplikasi Jembatan Landak dilakukan melalui proses kolaborasi antara Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak.

Porsi Kementerian PUPR adalah pembangunan bentang tengah sepanjang 387 meter. Sementara jalan pendekat (oprit) sisi selatan sepanjang 73 meter dan oprit sisi utara sepanjang 44 meter yang dikerjakan oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XX Pontianak telah rampung 100 persen.

"Untuk jalan akses menuju jembatan menjadi tanggung jawab Pemkot, dimana saat ini masih ada tanah yang belum dibebaskan. Disampaikan Pak Gubernur dan Walikota, pengadaan tanah akan selesai pada Oktober 2019," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/9/2019).

 

Proses Pembangunan

Kementerian PUPR melakukan duplikasi Jembatan Landak dan Jembatan Kapuas di Pontianak. (Dok Kementerian PUPR).

Adapun proses pembangunan jembatan telah dimulai sejak Desember 2016, ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kementerian PUPR dan Pemkot Pontianak. Dalam perjanjian tersebut disepakati bahwa Kementerian PUPR akan membuat Detail Engineering Design (DED) dan selanjutnya melaksanakan pembangunan jembatan tersebut.

Sementara konstruksi fisik duplikasi Jembatan Landak dimulai pada 2017 dengan kontrak tahun jamak 2017-2019 senilai Rp 89,71 miliar.

Pemkot Pontianak sendiri telah membuat Feasibility Study (FS) dan Amdal pada 2015, serta melakukan pembebasan lahan dan pembangunan jalan akses sepanjang 800 meter sejak 2017.

 

Jembatan Kapuas

Kementerian PUPR melakukan duplikasi Jembatan Landak dan Jembatan Kapuas di Pontianak. (Dok Kementerian PUPR).

Selain itu, Kementerian PUPR juga akan membangun duplikasi Jembatan Kapuas sepanjang 703,7 meter sebagai satu kesatuan sistem arus lalu lintas keluar masuk Pontianak. Jarak antara Jembatan Landak dengan Jembatan Kapuas sekitar 2,5 km.

Lebih lanjut, Menteri Basuki menyatakan, apabila duplikasi Jembatan Landak sudah selesai dan digunakan, diperkirakan kemacetan akan bergeser ke Jembatan Kapuas eksisting.

"Untuk itu kita buat duplikasi Jembatan Kapuas yang rencananya akan dimulai tahun 2020 ini dengan pekerjaan desain dan Amdalnya. Sehingga pada 2021-2022 bisa kita mulai konstruksinya," seru dia.

 

Antisipasi Kepadatan

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto menambahkan, rencana lokasi pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas akan sejajar dengan Jembatan Kapuas yang telah ada sekarang.

"Tingkat kepadatan lalu lintas di Kota Pontianak terus mengalami kenaikan. Sebagai upaya mengatasinya, kita melakukan beberapa langkah, diantaranya pelebaran jalan dan pembangunan duplikasi jembatan," ujar Sugiyartanto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Hadapi Pasien Demensia yang Ajukan Pertanyaan Sama Berulangkali

Posted: 06 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bosan dan jenuh, dua hal itu bisa dialami seseorang saat menghadapi pasien demensia. Penurunan daya ingat pasien demensia membuat mereka lupa apa yang dilakukan. Seringkali mereka mengajukan pertanyaan yang sama berulangkali.

"Contohnya, pasien demensia bertanya, 'Saya tadi sudah makan belum?' Nanti 2 atau 5 menit kemudian, mereka pun kembali menanyakan pertanyaan yang sama. Pertanyaannya sama terus. Kalau kita enggak sabar ya bisa membuat marah dan stres sendiri," ungkap dokter spesialis kejiwaan konsultan Tribowo Tuahta Ginting dalam siaran Live Streaming Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, ditulis Sabtu (7/9/2019).

Untuk menghadapi pasien demensia, anggota keluarga si pasien harus sabar dan mau merawat. Hal tersebut dinilai penting karena banyak anggota keluarga yang akhirnya menjadi jenuh dan bosan menghadapi salah satu anggota keluarga yang didera demensia.

"Bahkan mereka jadi stres dan depresi sendiri. Ya, karena pasien demensia juga kan sulit dikasih tahu. Mereka pun mengalami perubahaan kepribadian, lupa urutan mencuci tangan dan aktivitas lain. Ada anggota keluarga yang malah capek berulangkali ditanya terus," lanjut Bowo, sapaan akrabnya.

Hindari Beragumentasi

Hindari berargumentasi dengan pasien demensia. (dok. Pexels.com/Putu Elmira)

Bowo memberikan tips supaya anggota keluarga mampu dan siap mental menghadapi salah satu anggota keluarga yang demensia. Pertama, kita harus menyediakan kebutuhan utama pasien dengan baik.

Entah mengatasi masalah lapar, seperti ketersediaan makanan serta menangani nyeri. Mereka biasanya rentan dengan kondisi nyeri.

"Kedua, hindari berargumentasi. Enggak usah dijawab terus menerus pertanyaannya. Pertanyaannya pun sama. Kalau dijawab terus, kita sendiri yang enggak sabar. Awalnya sih sabar menjawab. Lama-lama dia terus tanya, kita bisa marah sendiri nantinya," tambah dokter yang berpraktik di RS Persahabatan Jakarta.

"Ketika kita terlihat marah. Kemungkinan pasien demensia bisa depresi dan ikut terpancing emosi atau marah."

Ciptakan Suasana Tenang

Foto: Dian Kurniawan/ Liputan6.com.

Ketiga, coba bantu pasien demensia mengalihkan perilaku. Pasien demensia suka mondar-mandir tidak jelas. Mereka kerap tidak bisa diam.

Akan sangat berbahaya bila mereka keluar rumah. Mereka bisa tidak tahu arah pulang karena lupa alamat rumah. Maka, alihkan fokus mereka dengan aktivitas lain, seperti main teka-teki.

Keempat, ciptakan suasana tenang dan tidak berisik. Hal ini agar mereka tidak terganggu secara emosi, lanjut Bowo.

Konsultasi Rutin

Konsultasi rutin untuk pasien demensia. (Ilustrasi Lansia/iStockphoto)

Kelima, jangan anggap apapun yang dilakukan pasien demensia itu sengaja.

"Kadang keluarga tidak bisa menerima apa yang dilakukan anggota keluarganya yang demensia. Pada pasien demensia yang kondisinya sudah parah, mereka bahkan bisa buang air besar sembarangan (BAB). Lupa bagaimana caranya BAB," Bowo menjelaskan.

"Melihat BAB sembarangan, ada penilaian, 'Oh, sengaja atau pura-pura' saja. Jangan menganggap begitu agar kita tidak stres sendiri."

Keenam, perlu membawa anggota keluarganya yang demensia berkonsultasi rutin ke dokter. Saat konsultasi, kita dapat membahas permasalahan apa saja yang menjadi kendala sehingga perawatan terhadap pasien demensia berjalan baik.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rayouf Alhumedhi, Remaja Dibalik Terciptanya Emoji Hijab

Posted: 06 Sep 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menurut Rayouf Alhumedhi, seharusnya ada emoji di aplikasi chatting yang bisa mewakili dirinya dan muslimah lainnya di seluruh dunia. Inilah yang mendorong Rayouf untuk menciptakan emoji hijab. Idenya muncul pada 2016 dan disambut baik oleh The Unicode Consortium, sebuah organisasi yang mengelola pengembangan emoji yang salah satunya untuk device Apple.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Ungkap Identitas Mobil yang Terbakar di Kecelakaan Maut Tol Cipularang

Posted: 06 Sep 2019 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi berhasil mengindentifikasi empat kendaraan yang terlibat kecelakaan di Tol Cipularang.  Data ini akan mempermudah Tim Disaster Victim Identification (DVI) mengetahui indentitas empat korban yang hingga kini belum dikenali.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, seluruh kendaraan telah terindentifikasi. 

Disebutkan Trunoyudo, totalnya ada 20 kendaraan yang mengalami kerusakaan. Empat kendaraan kondisinya rusak parah karena terbakar.

"Empat kendaraan yang terbakar yakni Toyota Rush Nomor Polisi D 1268 AHK, Daihatsu Alya Nomor Polisi B 1802 BYQ, Mazda Nomor Polisi B 411 AT, Ligth Truk Nomor Polisi D 8349 XI," ucap Trunoyudo dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Sabtu (7/9/2019).

Trunoyudo menyebut, pendataan kendaraan ini salah satu cara untuk mempercepat proses pencarian identitas terhadap empat jenazah.

"Iya. Itu salah satu caranya," ucap dia.

 

Ungkap Identitas Korban

Polisi memeriksa kendaraan usai terjadi kecelakaan maut di ruas Tol Cipularang Kilometer 92, Purwakarta, Jawa Barat, Senin (2/9/2019). Dalam kecelakaan tersebut sejumlah kendaraan terbakar. (Liputan6.com/Abramena)

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, Polda Jawa Barat sedang meneliti kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan Cipularang. Hal itu untuk membantu membongkar identitas korban.

"Nomor rangka, nomor mesinnya dulu dilihat. Nanti apabila diketahui untuk korban ini ditemukan di kendaraan mana. Kemudian kendaraan itu nanti dicek lagi nomor rangka, nomor mesinnya benarkah muncul siapa pemiliknya. Di situ akan didalami, akan diinfokan kepada pihak-pihak yang memang sebagai database memiliki data tersebut," ucap Dedi di Mabes Polri, Jumat (6/9/2019).

Berikut data-data kendaraan yang terlibat kecelakaan di Tol Cipularan beberapa waktu lalu.

 

1. Kendaraan Dump Truck No Pol : B 9769 UIT

2. Kendaraan Dump Truck No. Pol. B 9410 UIU 

3. Kendaraan toyota Fortuner Putih No Pol. B 1126 BJJ

4. Kendaraan Truck Box Putih No. Pol. B 9478 GCB

5. Kendaraan Daihatsu  Xenia No Pol. H 8670 KY

6. KendaraanTruck Hino No Pol : B 9714 UYY

7. kendaraan Bus Po Budiman No Pol : Z 7867 HC

8. kendaraan Toyota Avanza Hitam No pol : D 1780 UM

9. Kendaraan Mitsubishi Box No. Pol. T 9441 E 

10. Kendaraan Hyundai Tucson No. Pol. B 12 AY

11. Kendaraan Bus Po Primajasa No Pol : B 7983 TGA

12. Kendaraan  Toyota Avanza Hitam No. Pol. D 1889 YS

13. Kendaraa Toyota Avanza Biru No. Pol D 1306 KM 

14. Kendaraan Toyota  |Fortuner  Putih No Pol. A 1535 ZZ

15. Kendaraan Avanza Hitam No. Pol. B 1516 KIU

16. Kendaraan Nissan Livina No Pol. B 2966 BFR.

17. Kendaraan Toyota Rush No. Pol. D 1268 AHK (terbakar)

18. Kendaraan Daihatsu Alya No Pol : B 1802 BYQ (terbakar)

19. Kendaraan Mazda No.Pol B 411 AT (terbakar)

20. Kendaraan Ligth Truk No. Pol. D 8349 XI(terbakar)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Mendarat di Bulan, Lander Vikram Hilang Kontak

Posted: 06 Sep 2019 09:56 PM PDT

Liputan6.com, New Delhi - India kehilangan kontak dengan pendarat Bulan (lunar lander) Vikram, Jumat, 6 September 2019, ketika robot ini bersiap untuk menapakkan kakinya di dekat kutub selatan Bulan pada Sabtu dini hari.

Menit yang panjang dan menegangkan dilaporkan terjadi di dalam ruang pusat kendali misi untuk Indian Space Research Organisation (ISRO), yang merancang pesawat ruang angkasa Chandrayaan-2.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, tiba di Satish Dhawan Space Center di Sriharikota, sekitar setengah jam sebelum pendaratan Vikram dijadwalkan berlangsung.

Pengumuman hilang kontak itu datang pada jam 16:48 EDT (03.48 WIB) dari K. Sivan, direktur ISRO. "Pendaratan Vikram sudah disesuaikan dengan rencana. Kinerja normal diamati hingga ketinggian 2,1 kilometer," kata Sivan dalam sebuah pengumuman di ruang kontrol.

"Selanjutnya, komunikasi dari pendarat ke stasiun di Bumi terputus. Data sedang dianalisis," lanjutnya, seperti dikutip dari Space.com, Sabtu (7/9/2019).

Modi menyampaikan sepatah kata setelah Sivan. Ia tidak ingin para ilmuwan ISRO yang tertunduk lesu di ruang kendali misi, patah arang. "Hadapilah," tegasnya.

"Apa yang sudah kita lakukan, tidaklah kecil," tambah Modi. "Saya mendoakan yang terbaik untuk kalian."

Sivan belum dapat menentukan kapan ISRO dapat memberikan kabar terbaru tentang nasib Vikram. Menurut data yang ditunjukkan selama manuver, ketinggian terendah yang dilaporkan adalah 0,2 mil (0,33 kilometer) di atas permukaan Bulan.

Tetap Melanjutkan Penelitian Terjadap Bulan

Vikram harus mendarat di dataran tinggi di antara dua kawah, Manzinus C dan Simpelius N, yang berada sekitar 70 derajat sebelah selatan, pada 6 September. Foto tersebut adalah GSLV MK-III. (ISRO)

Chandrayaan-2 terdiri dari tiga komponen, yakni pengorbit (orbiter), pendarat (lander) bernama Vikram dan penjelajah (rover) bernama Pragyan.

Semuanya diluncurkan secara serentak ke Bulan pada 22 Juli di atas roket Geosynchronous Satellite Launch Vehicle Mark III (GSLV Mk III).

Chandrayaan-2 membutuhkan waktu hampir 7 minggu untuk tiba di tujuannya. Sementara itu, pesawat antariksa ini sampai di orbit Bulan pada 20 Agustus, dan Vikram mulai memisahkan diri dari pengorbit pada 2 September untuk bersiap turun ke permukaan Bulan.

Vikram dan Pragyan dirancang untuk menghabiskan satu hari di Bulan --sekitar 14 hari di Bumi-- guna melakukan penyelidikan permukaan Bulan dengan berbagai instrumen ilmiah yang diborong. Kedua robot tersebut diperkirakan 'mati' di sekitar kutub selatan Bulan, karena mereka tidak dirancang untuk tahan terhadap suhu dingin di Bulan.

Misi Selanjutnya

Chandrayaan-2 memiliki tiga modul, Orbiter, Lander yang disebut Vikram, dan Rover yang disebut Pragyan, yang berarti 'kebijaksanaan' dalam bahasa Sansekerta. Foto ini menunjukkan Pragyan saat memasuki Vikram. (ISRO)

Terlepas dari gagalnya Pragyan dan Vikram, pengorbit (orbiter) Chandrayaan-2 akan terus mempelajari Bulan selama sekitar satu tahun. Dari ketinggian sekitar 62 mil (100 kilometer) di atas permukaan Bulan, pengorbit menggunakan delapan instrumen dan kamera ilmiah untuk mempelajari satelit alami Bumi dari jauh.

Di satu sisi, misi pertama ke Bulan yang pernah dilakukan India sebelumnya, Chandrayaan-1, pun gagal untuk mencapai Bulan.

Pesawat tersebut diluncurkan pada 2008 dan hanya terdiri dari sebuah pengorbit (berhasil melakukan penelitian penting di Bulan) dan sebuah penabrak (impactor). Chadrayaan-1 beroperasi selama sekitar 10 bulan.

Meski Chandrayaan-2 memiliki beberapa kesamaan dengan Chandrayaan-1, tetapi ia membawa teknologi baru yang lebih baik, yang sedang diuji ISRO untuk misi planet masa depan -- seperti rencana ke Mars.

India sudah mengumumkan rencana tentatif untuk meluncurkan misi Bulan ketiga yang disebut Chandrayaan-3 pada tahun 2024. Seperti Chandrayaan-2, misi itu akan menyertakan sebuah penjelajah Bulan (lunar rover).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Darmian: Pindah MU Langkah Penting dalam Karier Saya

Posted: 06 Sep 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Matteo Darmian mengaku tak menyesal bergabung ke MU. Walaupun tak pernah mencapai puncak performa, namun bek asal Italia itu mengaku banyak belajar selama di Old Trafford.

Darmian bergabung ke MU sejak tahun 2015. Saat itu MU membelinya dengan harga 12,7 juta pound sterling dari Torino.

Ia juga membantu MU meraih dua gelar. Yakni Piala FA musim 2015/16 dan Liga Europa musim 2016/17.

Selama empat musim, Darmian bermain dalam 92 laga di semua kompetisi dan mencetak sebuah gol. Sayangnya dalam dua musim terakhir namanya tersingkir dari tim utama.

Darmian pun akhirnya meninggalkan MU musim panas ini. Ia dikontrak Parma dan dikontrak hingga empat tahun ke depan.

 

 

Komentar Darmian

Bek Manchester United, Matteo Darmian, membuang bola saat melawan Blackburn pada laga Piala FA di stadion Ewood Park, Blackburn, Minggu (19/2/2017). (AFP/Oli Scarff)

"Bermain untuk klub sebesar MU merupakan kebanggaan. Pindah ke MU merupakan langkah penting dalam karier saya," ujar Darmian seperti dilansir Manchester Evening News.

"Tentu saja pindah ke MU merupakan keputusan yang mudah saat itu. Saya ingin mencari tantangan baru dan berkembang di dalam dan luar lapangan," ujarnya menambahkan.

"Satu-satunya alasan saya meninggalkan MU adalah ingin bermain rutin. Selama 1,5 musim terakhir saya jarang bermain sebagai starter."

Jadwal Liga Inggris

Jadwal Liga Inggris

Sabtu, 14 September 2019

18.30 WIB, Liverpool vs Newcastle United

21.00 WIB, Brighton Albion vs Burnley FC

21.00 WIB, Manchester United vs Leicester City

21.00 WIB, Sheffield United vs Southampton

21.00 WIB, Tottenham Hotspur vs Crystal Palace

21.00 WIB, Wolverhampton vs Chelsea

23.30 WIB, Norwich City vs Manchester City

Minggu, 15 September 2019

20.00 WIB, Bournemouth vs Everton

22.30 WIB, Watford vs Arsenal

Selasa, 17 September 2019

02.00 WIB, Aston Villa Vs West Ham

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi III: Revisi UU Bukti DPR Support Kerja KPK

Posted: 06 Sep 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi III DPR dari F-PDI Perjuangan Arteria Dahlan menyebut, pihaknya merasa disudutkan dengan isu-isu yang menyatakan revisi UU KPK hanya untuk melemahkan KPK.

"DPR selalu disudutkan, disalahkan. Padahal kami hanya merespon keinginan KPK sendiri," kata Arteria di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (7/9/2019).

Permintaan revisi UU itu menurutnya berasal dari pimpinan KPK pada November 2015 lalu, DPR hanya menindaklanjuti saja.

"DPR secara tegas meminta penjelasan KPK terkait dukungan legislasi macam mana dalam meningkatkan tugas, fungsi KPK.

"Tidak hanya pencegahan tapi pemberantasan. Ini bukti kami selalu mensupport KPK. Kami lakuakn penguatan anggaran legislasi," jelas dia.

Arteria menyatakan, salah satu tujuan utama revisi UU KPK adalah untuk meningkatkan sinergi antara lembaga penegak hukum pemerintah pusat.

"Agar KPKbisa bersinergi dengan isntitusi penegak hukum lain, kita minta betul dalam UU sangat jelas bahwa lembaga pemerintah pusat perlu ditingkatkan sinergiritasnya. Agar apa? Agar bisa berdaya guna dan tujuan utamanya lagi ada kesetaran kewenangan," jelasnya.

 

Kesetaraan Kewenangan

Para Pegawai KPK ramai-ramai berkumpul di Gedung KPK untuk menyatakan penolakan akan rencana DPR melakukan revisi UU KPK.

Harapan DPR, kata Arteria, adalah adanya kesetaran wewenang antara KPK dan Kepolisian atau Kejaksaan, maka kekuatan pemberantasa korupsi ketiga lembaga itu bisa sama.

"Semuanya kalau dikasih fasilitas yang sama saya yakin, musah-mudahan kekuatan bisa sama," ucapnya.

Dia membantah adanya upaya melemahkan KPK oleh DPR RI.

"Melemahkan?Apa iya DPR gila, daan persepsi apa kota melemahkan. Bagian mana melemahkan? Semuanya eksis, bahkan penguatan KPK," tandas dia. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

M. Ridho Jawab Permintaan Warganet Jadi Kiper Timnas Indonesia Gantikan Andritany

Posted: 06 Sep 2019 09:35 PM PDT

Jakarta - Masyarakat Indonesia masih kecewa dengan penampilan buruk Timnas Indonesia dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Skuat Garuda takluk 2-3 dari Malaysia dalam putaran kedua Grup G di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Pencinta sepak bola nasional sekaligus mayoritas mengambinghitamkan penjaga gawang Andritany Ardhiyasa sebagai biang kekalahan. Sebagai kiper sekaligus kapten Timnas Indonesia, pemain milik Persija Jakarta itu dinilai tidak becus mengawal gawangnya sendiri sehingga kebobolan tiga kali.

Warganet kemudian ramai-ramai menyebut beberapa sosok kiper yang lebih layak di bawah mistar Timnas Indonesia. Satu di antara nama yang cukup banyak disebut adalah Muhammad Ridho Djazulie, kiper Madura United.

Ridho sudah membaca di berbagai kolom komentar dan linimasa media sosial soal permintaan tersebut. Tetapi, dia juga tidak bisa berbuat apa-apa karena bukan menjadi penentu pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia.

"Saya juga membaca di Instagram, banyak komentar-komentar yang masuk ke akun saya. Kebanyakan bilang 'ganti Ridho saja'. Sebenarnya, boleh-boleh saja mereka bilang seperti itu. Tapi, saya sebagai pemain merasa tidak etis dengan munculnya itu," kata Ridho kepada Bola.com, Jumat (6/9/2019).

"Kita semua sama-sama orang Indonesia dan harus mendukung siapapun pemain yang dipanggil (Timnas Indonesia) karena itu yang terbaik bagi coach Simon. Saya juga selalu mendukung siapapun yang bermain," imbuh mantan kiper Borneo FC tersebut.

Ridho membela Timnas Indonesia tahun lalu. Dia tercatat hanya membukukan satu penampilan, yaitu saat beruji coba kontra Hong Kong pada 16 Oktober 2018. Namanya juga masuk Skuat Garuda di Piala AFF 2018, tetapi tak pernah diturunkan.

Ikut Kecewa

Muhammad Ridho Djazulie, kiper Madura United. (Bola.com/Aditya Wany)

Kiper berusia 27 tahun itu memiliki kerap impresif bersama Laskar Sape Kerrab. Dia kerap melakukan penyelamatan penting memblok tembakan lawan. Namun, namanya tidak termasuk Skuat Indonesia, kalah dari Andritany, Angga Saputra, dan Teja Paku Alam.

Pemain asli Pekalongan itu juga tak bisa menyembunyikan kekecewaannya melihat Timnas Indonesia gagal memetik kemenangan kontra Malaysia. Ridho yakin rekan-rekannya yang berada di Tim Garuda akan segera berbenah.

Timnas Indonesia masih dijadwalkan menjalani laga kedua Grup G dengan menjamu Thailand di SUGBK, Selasa (10/9/2019). Ridho juga tak akan mamaksakan diri bisa gabung Timnas Indonesia.

"Soal hasil, kita semua pasti kecewa. Saya sebagai pemain, suporter, sekaligus warga negara Indonesia, pasti merasa kecewa. Semua pemain pasti akan introspeksi diri. Insyaallah, laga melawan Thailand bisa membalas, setelah kalah melawan Malaysia," ucap Ridho.

"Saya mengapresiasi semua orang yang mendukung saya agar bisa masuk ke Timnas Indonesia lagi. Tapi, saya akan serahkan kepada coach Simon karena semua wewenang dari dia. Yang penting, saya fokus di klub, memberikan yang terbaik untuk Madura United," tuturnya.

Disadur dari Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Pria Ketahuan Bonceng Wanita Idaman Lain Gara-Gara Surat Tilang Elektronik

Posted: 06 Sep 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di berbagai negara termasuk Indonesia, saat ini telah diberlakukan tilang elektronik yang tentunya memudahkan polisi merekam pengendara yang melanggar lalu lintas.

Nantinya pihak kepolisian akan mengirimkan surat tilang ke alamat pelanggar lalu lintas beberapa hari setelahnya. Dalam surat tersebut terdapat foto-foto saat pengendara melanggar lalu lintas yang ditangkap oleh kamera CCTV.

Artikel tentang pria ketahuan bonceng wanita lain karena surat tilang elektronik menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan aksi kocak perempuan yang meniru pose model terkenal.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang zodiak yang senantiasa dihantui masa lalu.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Gara-Gara Surat Tilang Elektronik, Pria Kepergok Istri Bonceng Wanita Lain

Foto: brilio

Baru-baru ini seorang pria asal Thailand, mengalami kejadian apes lantaran surat tilang elektronik. Selain tertangkap melanggar lalu lintas, dirinya juga ketahuan selingkuh melalui foto yang ada di surat tilang tersebut.

Selengkapnya...

2. Tirukan Pose Para Model, Aksi Kocak Wanita Ini Bikin Ketawa Geli

Foto: IG @renata_neia

Sebagian besar dari kamu tentu seringkali terkesima melihat pose-pose model di hadapan kamera. Tak sedikit pula yang berandai-andai bisa memiliki tubuh seindah model-model tersebut, bukan?

Rupanya hal ini juga dirasakan seorang wanita asal Brasil bernama Renata Neia. Renata lantas memiliki ide unik untuk berpose bak model-model tersebut.

Selengkapnya...

3. 5 Zodiak Ini Senantiasa Dihantui Bayang-Bayang Masa Lalu

ilustrasi/copyright unsplash.com/Laura Chouette

Saat sebuah hubungan berakhir, Anda mungkin akan mulai memikirkan apa yang baik dalam hubungan tersebut dan apa yang menyebabkannya berakhir. Bagi sebagian orang, hal tersebut akan membuat mereka mencari cara untuk melanjutkan hidup.

Di sisi lain, ada juga orang-orang yang terjebak dengan bayang-bayang masa lalu tersebut dan memilih untuk tetap berada dalam kegagalan masa lalu tersebut. Beberapa zodiak faktanya sering dihantui oleh masa lalu dan tak bisa berpaling.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita di India Lahirkan Anak Kembar pada Usia Pernikahan ke-54 Tahun

Posted: 06 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mangayamma, seorang wanita berusia 74 tahun di negara bagian India, Anthar Pradesh, baru-baru ini menjadi wanita tertua dalam sejarah melahirkan, setelah berhasil melahirkan bayi perempuan kembar melalui prosedur IVF (in vitro fertilisation, IVF) atau sering disebut bayi tabung. Berita tentang seorang wanita 74 tahun melahirkan itu cukup menghebohkan di antara dokter di India.

Wanita India itu menikahi Yaramati Sitarama Rajarao, seorang petani dari desa Nelaparthipudi, pada 1962. Tetapi meskipun mengunjungi banyak dokter dan kuil, pasangan itu tak kunjung melahirkan selama 54 tahun pernikahan mereka, seperti dikutip Oddity Central, Jumat 6 September 2019.

Mangayamma ingat orang-orang memandangnya seolah-olah ia telah melakukan semacam dosa. Beberapa menyebutnya dikutuk, tetapi untungnya suaminya yang menemani memberinya kekuatan. Bahkan setelah mencapai menopause sekitar 25 tahun yang lalu, wanita itu masih memiliki keinginan kuat untuk melahirkan.

Tahun lalu, setelah melihat seorang tetangga berusia 55 tahun hamil melalui fertilisasi in-vitro, ia dan suaminya memutuskan untuk menjalani prosedur tersebut.

Dokter di Ahalya Nursing Home mengungkapkan bahwa tak setiap hari mereka didekati oleh wanita berusia 74 tahun yang ingin hamil, yang membuat kasus Mangayamma jauh lebih istimewa. Mereka melakukan semua tes yang diperlukan dan menyimpulkan bahwa ia bisa menjalani IVF karena ia tidak menderita diabetes maupun tekanan darah.

Dokter juga meminta Mangayamma untuk menjalani konseling psikologis, untuk memastikan bahwa ia memahami apa yang ia hadapi dan bahwa ia tetap kuat secara mental selama kehamilan.

 

10 Dokter Pantau Kesehatan Mangayamma

Seorang wanita India melahirkan anak kembar setelah 54 tahun pernikahannya (Dok.YouTube/TNIE Videos)

Terlepas dari usianya, Mangayamma mengandung dalam siklus pertama prosedur IVF, dan selama sembilan bulan, total 10 dokter memantau kesehatan secara umum, nutrisi, dan kesehatan jantung, memastikan kehamilannya berjalan semulus mungkin.

Kemarin, Kamis, 5 September 2019, wanita berusia 74 tahun itu menjadi yang tertua di dunia yang melahirkan, setelah melahirkan anak perempuan kembar yang sehat. Rekor sebelumnya ditetapkan pada 2016, ketika Daljinder Kaur yang berusia 70 tahun melahirkan bayi laki-laki, juga melalui IVF.

"Saya sangat senang. Tuhan telah menjawab doa-doa kami, " jelas Mangayamma kepada wartawan," Kami adalah pasangan paling bahagia di dunia saat ini. Kami punya anak sendiri. "

"Karena rahmat Tuhan dan dokter, saya sekarang menjadi ayah dua anak perempuan yang bangga," tambah suami berusia 80 tahun Mangayamma. "Saya sangat senang. Setelah 54 tahun, Tuhan telah menjawab doa-doa kami. "

Dokter mengatakan bahwa salah satu faktor utama untuk keberhasilan perawatan IVF adalah kesehatan fisik ibu yang sehat. Setelah seksio C hari Kamis, baik Mangayamma dan putri kembarnya dilaporkan dalam keadaan sehat, tetapi tetap di rumah sakit untuk observasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

It Chapter 2: Melawan Rasa Takut, Membakar Masa Lalu sambil Menatap ke Depan

Posted: 06 Sep 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - It Chapter 2 sebagaimana penduhulunya, It (2017), tak pernah bisa ringkas dalam bertutur. Film ini berdurasi nyaris 3 jam, mirip It, yakni 2 jam 15 menit. Dibutuhkan tenaga ekstra buat menyelami teror, motivasi antarkarakter, hingga makna yang hendak ditransfer It Chapter 2.

Bukan berarti It Chapter 2 bertele-tele dan melelahkan. Mati-matian menghindari bosan, mati-matian pula menceritakan dengan detail kehidupan setiap karakter, It Chapter 2 mampu menebar teror dan menabur haru di pengujung kisah.

It mengisahkan teror mengerikan pada 1989 yang dialami sekumpulan bocah, yakni Bill (Jaeden Martell), Richie (Finn Wolfhard), Beverly (Sophia Lillis), Ben (Jeremy Tay Laylor), Mike (Chosen Jacobs), Eddie (Jack Dylan Grazer), dan Stanley (Wyatt Oleff).

It Chapter 2 berselang dua puluh tujuh tahun berlalu sejak kejadian di It, anak-anak itu telah meninggalkan kota Derry dan berkarier. Kecuali Mike (Isaiah) yang masih menetap di Derry. Sebagian teman-teman Mike bahkan telah berumah tangga. Derry kembali diguncang teror. Sejumlah warganya menghilang misterius.

Mike yang curiga menghubungi satu per satu kawan lama: Beverly (Jessica), Bill (James), Ben (Jay), Richie (Bill), Eddie (Ransone), dan Stanley (Andy). Stanley tak bisa datang. Reuni pertama di rumah makan diwarnai kepanikan akibat halusinasi kiriman Pennywise (Bill).

Lewat momen itu, Pennywise mengirim pesan Stanley tak kan datang. Beverly menghubungi Stanley. Dari ujung telepon, istri Stanley mengabari suaminya bunuh diri di kamar mandi. Beverly syok berat. Pennywise memulai teror bahkan sejak ia dan teman-temannya belum tiba di Derry. 

Kilas Balik

It Chapter Two (Warner Bros.)

It Chapter 2 menarik berkat keluwesan Andy mengeksekusi genre horor dengan alur maju mundur. Para jagoan kita telah dewasa. Bukan berarti It Chapter 2 kehilangan momen serunya masa kecil.

Kilas balik dihadirkan untuk mengingatkan penonton sejumlah komponen, dari dialog hingga properti, yang kemudian menjadi penting di ujung kisah. Unsur nostalgia ini yang bikin durasi It Chapter 2 tak bisa ringkas. Andy menciptakan mesin waktu berbasis hal yang paling ditakuti setiap karakter. Bagi kami, ini daya tarik sekaligus titik lemah.

Daya tarik, karena Anda bisa kangen-kangenan dengan pemain cilik berikut kepolosan mereka. Kelucuan di beberapa alur kisah baik efektif mencairkan suasana. Setidaknya, kilas balik memungkinkan Anda menarik napas sejenak sambil mengingat detail para tokoh.

Masalahnya, tiap tokoh punya jenis ketakutan berbeda. Dari takut rahasia terbongkar hingga kelamnya masa lalu keluarga. Ragam ketakutan dari receh hingga akut membuat alur It Chapter 2 bergulir ugal-ugalan. Kadang terasa biasa saja, kadang menggigit.

Rasa Takut

It Chapter Two (Warner Bros.)

Ini yang membuat naskah It Chapter 2 sepintas kurang solid. Apalagi, Andy punya tafsir maupun intepretasi berbeda untuk setiap masa lalu tokoh. Kilas balik tak bisa ditawar, apalagi diakali.

Mengingat, It dan It Chapter 2 bukan horor bertema generik. Stephen King hendak bicara ketakutan yang menghantui. Ketakutan yang mewujud dan dalam hal ini, rasa takut divisualkan sebagai badut. Badut memanfaatkan hal yang Anda takutkan sebagai senjata mematikan.

Untuk melibas rasa takut, It Chapter 2 memperlihatkan ritual. Berhasil atau tidak, silakan tonton sendiri. Yang pasti, It Chapter 2 sama seperti pendahulunya, memaknai hantu dan teror secara personal. Itu sebabnya, akhir film ini memperlihatkan proses masing-masing tokoh memulihkan diri.

Akhir film digarap sedetail konflik. Ini yang patut diapresiasi dari seorang Andy. Tak seperti horor pada umumnya yang membuat adegan akhir mengambang, berlagak misterius, atau terjebak klise happy ending, It Chapter 2 menangani tiap tokoh dengan teliti.

Belajar Beranjak

Film It: Chapter Two. (Foto: imdb.com)

Semua bermula dari pemahaman Andy bahwa setiap manusia unik. Ada yang takut badut, ada yang parno melihat ular, atau seperti saya, histeris melihat kecoa terbang. Sentuhan personal terhadap tiap tokoh membuat It Chapter 2 tampak paripurna dalam mengawali kisah, melanjutkan konflik, dan mencarikan solusi.

Tak heran jika beberapa penonton menangis atau setidaknya berkaca-kaca di ujung cerita. It Chapter 2 bukan film yang mengalirkan cerita dengan mulus. Penokohanlah yang menyelamatkan film ini dari caci maki. 

Dari It Chapter 2 dan badut Pennywise jahanam itu, kita belajar tentang beranjak alias move on. Pertama, lawan rasa takut. Jangan biarkan ia menjajah hati dan pikiran karena akan memengaruhi pola pikir. Kedua, mengubur kenangan atau masa lalu. Yang tak kalah penting, menatap ke depan.

Berharap sekali setelah Pengabdi Setan yang memborong 7 Piala Citra, Indonesia bisa memproduksi horor bermakna sedalam It Chapter 2. Sudah saatnya, kita menolak terjebak horor generik yang isinya orang iseng, kaget, lalu mati konyol. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ducati Hadir Kembali di Bandung Melalui Seimos Moto

Posted: 06 Sep 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Ducati hadir kembali di kota Bandung sebagai pop up store melalui Seimos Moto yang baru saja diresmikan hari ini (7/9)

Dengan memegang konsep one stop shopping, Seimos Moto yang berlokasi di Mohammad Toha No. 187 ini menawarkan aksesori dan sparepart dari beragam brand.

Yoppy Saputra, Pemilik Seimos Moto berharap ke depannya Seimos bisa memberikan layanan yg terbaik untuk semua konsumen, dengan menyediakan barang-barang yang berkualitas dan hasil yang terbaik.

"Yang paling penting bisa bikin customer paham tentang motornya, dengan mengedukasi dan pengenalan produk, sehingga mereka bisa tahu pasang sesuatu itu bukan hanya sekedar gaya," jelas Yoppy.

Seimos Moto menyediakan 3 unit Ducati yang bisa dicoba oleh konsumen. "Kami menghadirkan tiga unit Ducati untuk test ride. Test ride ini rencananya akan diselenggarakan sampai tanggal 11 September 2019," terangnya.

Faby Tsui selaku Chief Operating Officer PT Cakra Motor Sports yang membawahi Ducati Indonesia, mengatakan, " Di Bandung banyak konsumen potensial Ducati. Jadi konsumen Ducati tak perlu jauh-jauh ke Jakarta. Karena kita support Seimos Moto sepenuhnya."

Fasilitas Lain

Seimos Moto (ist)

Fasilitas lainnya yang ada di Seimos Moto adalah restaurant untuk mengisi perut konsumen yang sedang belanja atau menunggu motornya di-service.

Tak hanya itu, Seimos Moto juga menghadirkan detailing untuk Yamaha Nmax, Piaggio, PCX dan motor-motor lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ricuh di GBK, PSSI Merasa Sudah Ikuti Prosedur Keamanan Jelang Indonesia Vs Malaysia

Posted: 06 Sep 2019 09:20 PM PDT

Jakarta - Buntut dari tindakan memalukan yang dilakukan sejumlah suporter Timnas Indonesia dalam laga melawan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (5/9/2019), membuat PSSI harap-harap cemas.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, mengaku pihaknya siap dengan kemungkinan terburuk akibat kejadian tersebut.

Indonesia kini mendapatkan sorotan internasional akibat ulah oknum suporter sepak bola yang barbar. Hal itu terjadi dalam pertandingan pembuka Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Laga memang sudah berlangsung panas sejak awal. Hal itu bermula dari teror verbal yang dilancarkan oknum suporter Timnas Indonesia yang mengepung tribune pendukung Malaysia.

Puncaknya adalah ketika Malaysia mampu mencetak gol penyeimbang menjadi 2-2 pada menit ke-66. Gol tersebut menjadi sumber awal masalah.

Pada menit ke-71, wasit harus menghentikan pertandingan ketika oknum suporter Timnas Indonesia masuk untuk menyerang tribune suporter Malaysia.

Suporter Timnas Indonesia memanjat pembatas untuk menghampiri suporter Malaysia saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Lemparan objek keras hingga bom asap mulai menghujani tribune suporter Malaysia. Tak cukup sampai di situ, kericuhan kembali pecah seusai laga di luar stadion. Suporter yang sudah menanti pendukung Malaysia di luar stadion kini bentrok dengan petugas keamanan.

"Mengenai insiden yang kemarin, bagaimana nanti tindak lanjutnya, itu sudah ada regulasi yang mengatur. Bukan siapa yang melaporkan baru ada tindak lanjutnya. Ini adalah pertandingan internasional telah diatur regulasi, di mana match commissioner yang akan menindaklanjuti kepada FIFA," kata Ratu Tisha kepada wartawan, Jumat (6/9/2019).

"Sebagai satu organisasi olahraga, prinsip kami adalah fairplay, yang artinya bisa menerima kekalahan dan menghargai kemenangan. Kalau kita salah, ya kami harus akui kesalahan itu," tegas Ratu Tisha. 

Kejadian ini tentu saja sangat merugikan buat PSSI dan Timnas Indonesia. Apalagi PSSI sedang mengupayakan untuk memenangi bidding menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Sudah Melakukan Pencegahan

Suporter Timnas Indonesia turun ke lapangan ketika melawan Malaysia saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). (Bola.com/Peksi Cahyo)

Ratu Tisha menyebut, sebelum menggelar laga Timnas Indonesia versus Malaysia, pihaknya sudah melakukan persiapan dan koordinasi yang matang. Bentuknya adalah dengan mengadakan pertemuan dengan Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dan Kepolisian dari kedua negara. 

"PSSI dan FAM telah bekerja sama untuk menyukseskan pertandingan kemarin sejak dua bulan lalu. Bahkan, telah menggelar dua pertemuan penting," ucap Ratu Tisha.

"Yang pertama antara federasi dengan federasi. Kemudian yang kedua dengan petugas kepolisian antara Kepolisian Diraja Malaysia dan Kepolisian Republik Indonesia. Jadi, saya rasa persiapan kami sudah mengikuti semuanya," ucap Ratu Tisha.

Namun, pada akhirnya kericuhan tak bisa terhindar. Kejadian ini tentu mencoreng muka Indonesia dan juga PSSI karena gagal memberikan jaminan keamanan terhadap suporter Malaysia.

Disadur dari Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya yang Paling Efektif

Posted: 06 Sep 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gusi berdarah merupakan masalah gigi dan mulut yang sangat sering dialami. Banyak orang yang menganggap masalah gusi berdarah ini merupakan hal sepele dan bisa sembuh sendiri. Padahal, jiak tidak ditangani dengan baik, hal ini dapat menyebabkan infeksi yang berbahaya. 

Penyebab gusi berdarah dapat terjadi karena penggunaan alat pembersih gigi yang salah, pola hidup yang tidak sehat, hingga penyakit. kamu bisa mengatasi gusi berdarah ini dengan berbagai cara yang dapat dilakukan di rumah.

Penyebab gusi berdarah dan cara mengatasinya perlu diketahui agar kamu dapat menghindarinya. Dengan mengetahui penyebab-penyebab gusi berdarah, kamu bisa menghindari terjadinya maslaah tersebut. Saat masalah ini terjadi, kamu juga bisa mengetahui cara mengatasinya yang paling efektif dan sederhana.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (7/9/2019) tentang penyebab gusi berdarah dan cara mengatasinya

Penyebab Gusi Berdarah (Penggunaan Alat Kebersihan Gigi)

Gusi berdarah saat menggosok gigi. (Foto: Amoils)

Terlalu Keras Menyikat Gigi

Penyebab gusi berdarah yang pertama adalah terlalu keras menyikat gigi. Penyebab yang satu ini adalah yang paling banyak diketahui. Gusi yang terdiri dari jaringan lunak yang tipis bisa luka bila terkena gesekan atau benturan yang begitu keras.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara menyikat gigi dengan benar agar terhindar dari gusi berdarah. Selain itu, gunakan juga sikat gigi yang berbulu lembut, sehingga tidak rentan menyebabkan gusi berdarah.

Jarang Menyikat Gigi

Tidak disangka, jarang menyikat gigi ternyata juga merupakan salah satu penyebab gusi berdarah. Hal ini ternyata berkaitan dengan penumpukan plak pada gigi. Semakin jarang kamu menggosok gigi, lapisan plak yang menutupi permukaan gigi akan makin menebal dan mengeras. Plak yang tidak dibersihkan ini menjadi pemicu peradangan pada gusi yang menyebabkannya berdarah.

Penggunaan Benang Gigi yang Tidak Tepat

Penggunaan benang gigi yang salah juga bisa menjadi salah satu penyebab gusi berdarah. Teknik menggunakan benang gigi yang benar adalah, pertama selipkan benang di antara sela gusi dan gigi dengan perlahan. Benang jangan ditarik kencang agar muat masuk ke celahnya.

Lalu tekan dan geser benang secara perlahan. Setelah itu, lepaskan benang dengan lembut. Jangan langsung menarik benang. Selanjutnya kumur-kumur untuk membilas gigi yang sudah dibersihkan.

Penyebab Gusi Berdarah (Pola Hidup Tidak Sehat)

rokok/copyrigt: unsplash/phillipe goulet

Kekurangan Vitamin C dan Vitamin K

Selain itu, penyebab gusi berdarah berikutnya adalah kekurangan vitamin C dan K. Vitamin C dan K adalah dua vitamin yang penting untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

Vitamin C berperan untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga akan lebih kuat melawan bakteri penyebab infeksi gusi. Sementara itu, vitamin K dibutuhkan tubuh untuk proses pembekuan darah. Tanpa asupan vitamin K yang cukup, kamu akan lebih mudah berdarah meski hanya dari luka gores kecil.

Merokok

Merokok juga merupakan salah satu penyebab gusi berdarah. Risiko ini muncul karena rokok mengandung racun dan bahan kimia berbahaya yang dapat memicu maraknya pertumbuhan bakteri jahat dalam mulut. Gusi akan lebih mudah terkena infeksi yang dapat menyebabkan peradangan, gusi bengkak, hingga berdarah.

Penyebab Gusi Berdarah (Kondisi Tubuh)

Radang Gusi (Stegano Garau/Shutterstock)

Diabetes

Penyebab gusi berdarah selanjutnya adalah terserang diabetes. Kadar gula darah tinggi dapat melemahkan sistem imun untuk melawan bakteri dalam mulut. Hal tersebut menyebabkan plak gigi akan semakin mudah terbentuk yang kemudian membuat gusi menjadi meradang dan terinfeksi.

Perubahan Hormon

Penyebab gusi berdarah satu ini biasanya terjadi pada wanita. Perubahan hormon yang dialami perempuan selama masa puber, kehamilan, menstruasi, hingga menopause dapat memengaruhi kondisi gusi dan mulut secara menyeluruh. Karena hal inilah, wanita lebih rentan mengalami penyakit gusi daripada pria.

Radang Gusi atau Gingivitis

Radang gusi atau gingivitis penyebab gusi berdarah yang cukup sering terjadi. Gingivitis disebabkan oleh penumpukan plak yang menutupi permukaan gigi. Jika Dibiarkan terus, plak dapat mengeras dan berubah menjadi karang gigi.

Lambat laun, karang gigi dapat menyebabkan peradangan pada jaringan gusi di sekitarnya sehingga membuatnya rentan berdarah. Untuk menghindari gingivitis ini, kamu harus merawat gigi dengan baik setiap harinya.

Cara Mengatasi Gusi Berdarah: Kumur Air Garam

Kumur Air Garam (Alexeysun/Shutterstock)

Salah satu cara mengatasi gusi berdarah yang sudah lama dipercaya masyarakat adalah dengan cara berkumur dengan larutan air garam. Sifat anti-inflamasi dan antiseptik pada garam mampu meredakan pembengkakan dan infeksi yang menyebabkan gusi berdarah.

Berkumurlah dengan segelas air hangat yang sudah dicampurkan dengan 1/2 sendok teh garam. Kumur-kumur di seluruh penjuru rongga mulut dan buang airnya, jangan ditelan. Lakukan rutin tiga sampai empat kali sehari hingga masalah mereda.

Cara Mengatasi Gusi Berdarah: Kompres Es Batu

kumur air dingin (Sumber Foto: today.com)

Cara mengatasi gusi berdarah selanjutnya dapat dilakukan dengan berkumur dengan air dingin. Suhu dingin dari air dapat menghentikan pendarahan pada gusi.

Selain itu, kamu juga bisa menempelkan es batu yang dibungus kain tipis pada bagian yang bermasalah. Kompres selama 15-20 menit. Jika ingin diulang, beri jeda 10 menit dulu sebelum mulai mengompres lagi.

Cara Mengatasi Gusi Berdarah: Makanan Makanan Bergizi

Ilustrasi Vitamin C / Sumber: iStock

Makan makanan bergizi, terutama dengan memenuhi asupan vitamin C dan vitamin K merupakan salah satu cara mengatasi gusi berdarah.

Vitamin C membantu menguatkan sistem imun, sehingga peradangan yang dialami cepat membaik. Sementara vitamin K dapat membantu mempercepat pembekuan darah.

Asupan vitamin C didapatkan dari buah segar seperti jeruk, mangga, jambu biji, atau stroberi. Sedangkan vitamin K didapatkan dari sayuran hijau seperti ayam, brokoli, dan sawi hijau.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan cara menggosok gigi yang benar. Jangan menggosok gigi terlalu kuat, pelan-pelan saja sesuai dengan cara yang benar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ICW: Capim KPK Tidak Berintegritas Bakal Tersandera

Posted: 06 Sep 2019 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Koordinator Divisi Hukum dan Peradilan Indonesian Corruption Watch (ICW) Tama S Langkun mengingatkan agar Presiden Jokowi mendengar masukan masyarakat dalam memilih calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berintegritas. 

Dalam diskusi dengan tema "KPK dan Revisi Undang-Undangnya" Tama menjelaskan integritas para capim adalah hal yang wajib dimiliki supaya saat menjabat sebagai pimpinan, KPK tidak tersandera kepentingan tertentu.

"Indikator utamanya adalah integritas. Karena bisa jadi nanti (capim KPK terpilih tidak berintegritas) di kemudian hari bakal tersandera," ujar Tama, Jakarta Pusat, Sabtu (7/9/2019).

Dia mengingatkan Jokowi agar memperhatikan integritas para capim KPK. Sebab selama ini, imbuh Tama, komisi anti rasuah itu kerap kali mendapat serangan yang memperlemah dalam upaya pemberantsan korupsi.

Selain itu, menurut Tama seruan masif dan keras masyarakat yang peduli dengan pemberantasan korupsi kerap kali diabaikan oleh DPR.

Padahal, KPK adalah lembaga independen yang bertanggung jawab penuh kepada masyarakat, sehingga seharusnya masyarakat punya ruang penuh untuk memberikan masukan.

"Publik punya ruang besar untuk memberikan masukan. Ini prosesnya sudah di DPR, kritik publik tidak dapat tanggapan positif," tandasnya.

Berubah Status Kelembagaan

Pegawai KPK menggelar aksi menolak revisi UU KPK, Jumat (6/9/2019). (Liputan6.com/Delvira Chaerani Hutabarat)

Sebagaimana diketahui, seluruh fraksi di DPR setuju RUU KPK menjadi pembahasan bersama pemerintah.

Keputusan ini menuai kritik keras karena dianggap memperlemah kinerja KPK. Misalnya, KPK berwenang menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3), ini dikhawatirkan menjadi lahan kepentingan bagi para pelaku korupsi. 

Status kelembagaan KPK juga akan berubah dari lembaga independen menjadi lembaga eksekutif. Hal yang dianggap melemahkan juga adalah keharusan mendapat izin saat melakukan penyadapan. 

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aturan Baru, Pakai Seragam Ketat Bisa Dipenjara

Posted: 06 Sep 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Thailand tetapkan aturan baru bagi para pelajar terkait modifikasi seragam ketat dan rok pendek.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IPO dan Penerbitan Sukuk Ramaikan BEI pada Awal September

Posted: 06 Sep 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pencatatan perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) kembali ramai pada awal September 2019. Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), sejumlah perusahaan tercatat menawarkan saham perdana kepada publik di awal bulan ini.

Pada Senin 2 September 2019, PT Kencana Energi Lestari Tbk melakukan pencatatan saham perdana di papan utama BEI. Perusahaan tersebut merupakan emiten ke-33 yang masuk ke dalam pasar modal pada tahun ini.

Sehari berikutnya, pada Selasa 3 September 2019, Obligasi Berkelanjutan Indonesia Eximbank IV Tahap VI Tahun 2019 dan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan Indonesia Eximbank I Tahap IV Tahun 2019 yang diterbitkan oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia di BEI.

Obligasi Berkelanjutan Indonesia Eximbank IV Tahap VI Tahun 2019 dicatatkan dengan nilai nominal sebesar Rp 1 triliun. Sementara untuk Sukuk Mudharabah Berkelanjutan Indonesia Eximbank I Tahap IV Tahun 2019 dicatatkan dengan nilai nominal sebesar Rp 150 miliar.

Hasil pemeringkatan untuk obligasi ini adalah idAAA, dan Sukuk Mudharabah adalah idAAA(sy) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Bertindak sebagai wali amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Total emisi obligasi dan sukuk yang sudah tercatat sepanjang 2019 yakni 73 emisi dari 41 emiten senilai Rp 86,10 triliun. Dengan pencatatan ini, maka total emisi obligasi dan sukuk yang tercatat di BEI berjumlah 416 emisi dengan nilai nominal outstanding sebesar Rp 441,14 triliun dan USD 47,5 juta, diterbitkan oleh 119 emiten.

Sedangkan untuk Surat Berharga Negara (SBN) yang tercatat di BEI berjumlah 102 seri dengan nilai nominal Rp 2.625,62 triliun dan USD 400 juta. Serta Efek Beragun Aset (EBA) sebanyak 10 emisi senilai Rp 8,31 triliun.

BEI: Perusahaan Kecil yang Melantai di Bursa Efek Bakal Naik Kelas

Suasana di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (2/11/2015). Pelemahan indeks BEI ini seiring dengan melemahnya laju bursa saham di kawasan Asia serta laporan kinerja emiten triwulan III yang melambat. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnyam, Direktur Penilaian Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna mengatakan, sebuah perusahaan berskala kecil-menengah yang tercatat sebagai emiten di Papan Akselerasi nantinya bisa promosi dan naik tingkat ke level yang lebih tinggi.

"Jika perusahaan masuk ke papan akselerasi, tidak selamanya dia di papan akselerasi. Bisa promosi. Once persyaratannya sudah memenuhi syarat masuk ke Papan Pengembangan atau Papan Utama, dia bisa promosi," ujar dia di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, pada Rabu 31 Juli 2019. 

Sebagai informasi, BEI telah menetapkan aturan mengenai Papan Akselerasi melalui Peraturan I-V yang dikeluarkan pada 22 Juli 2019. Rencananya, lahan ini sudah mulai bisa berlaku efektif bagi para stakeholder di pasar modal nasional pada Kuartal IV 2019.

Nyoman melanjutkan, perusahaan dengan aset skala kecil atau menengah yang berminat mencatatkan diri di BEI juga sudah dapat melakukan proses pendaftaran pencatatan di Papan Akselerasi.

"Proses pencatatan secara umum tidak berbeda dengan proses pencatatan di Papan Utama maupun Papan Pengembangan, yaitu dengan melakukan pendaftaran ke OJK untuk penawaran umum dan permohonan pencatatan ke Bursa," tuturnya.

Dia juga menceritakan, small medium enterprise yang sudah masuk sebagai perusahaan tercatat di bursa saham nantinya memiliki kesempatan untuk dapat lebih mengembangkan bisnisnya, serta berpotensi membuka relasi kerjasama dengan perusahaan besar asing.

Oleh karenanya, ia berharap, perusahaan kecil dan menengah dapat terfasilitasi serta mampu untuk tumbuh berkembang setelah mencatatkan sahamnya di BEI dan mendapatkan pendanaan di pasar modal.

"Kita mengajak perusahaan kecil menengah naik level. Ini peningkatan kualitas," pungkas dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gadjian, Cara Gajian Kekinian

Posted: 06 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Gadjian, startup yang bergerak di bidang pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis cloud, membuka kantor perwakilan di Bandung, Jawa Barat. Aplikasi mobile ini dirancang khusus untuk membantu para pemilik usaha dan praktisi SDM dalam mengelola karyawan.

CEO Gadjian Afia Fitriati mengatakan, kehadiran Gadjian di Jawa Barat diharapkan dapat mendukung pekerjaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) melalui digitalisasi administrasi sehingga membantu perusahaan agar lebih mudah berkembang.

"Kami melihat perusahaan kecil dan menengah di Bandung dan Jawa Barat ini pada umumnya sangat besar untuk mendukung peningkatan perekonomian daerah. Sehingga kami berharap dapat membantu mengembangkan potensi ini," kata Afia di Bandung, Kamis (5/9/2019).

Kantor perwakilan Gadjian di Bandung berada di kawasan Dago, yang cukup dekat dengan pusat kota. Afia menuturkan, ekspansi di Jawa Barat dilakukan melalui dua aplikasi yakni aplikasi penggajian karyawan Gadjian dan aplikasi absensi karyawan Hadirr.

Aplikasi Gadjian diluncurkan pertama kali pada Mei 2016. Ini adalah aplikasi SaaS (Software as a Service) bersistem cloud, di mana Gadjian menawarkan layanan pengelolaan administrasi SDM untuk UMKM.

Aplikasi yang diberi nama GadjianKu ini merupakan penyempurnaan dari dashboard karyawan Gadjian yang sebelumnya hanya bisa diakses melalui browser. Pengguna GadjianKu dapat merasakan kemudahan mengunduh slip gaji, melakukan pengajuan dan persetujuan cuti, memantau catatan kehadiran, dan memperbarui data pribadi.

Sedangkan Hadirr diluncurkan pada 17 Oktober 2017. Aplikasi ini baru saja meluncurkan tiga fitur terbaru yang semakin memudahkan karyawan untuk melakukan absensi.

Dengan ketiga fitur tersebut, pengusaha maupun human resource (HR) perusahaan yang menggunakan aplikasi absensi Hadirr tidak perlu lagi khawatir karyawan tidak melakukan absensi. Data absensi karyawan juga disajikan dan direkap secara real-time sehingga penilaian performa karyawan dari data absensi akan semakin akurat.

"Sejak launching sampai saat ini aplikasi Gadjian dan Hadirr telah melayani ribuan perusahaan di Indonesia. Untuk Gadjian, tipe perusahaannya kecil menengah, mulai dari yang awalnya memiliki 6 orang karyawan sampai yang paling besar 500 karyawan. Sedangkan Hadirr sudah mencapai 1.000 karyawan lebih," ujar Afia.

Bagi perusahaan yang ingin menggunakan jasa aplikasi Gadjian, ada dua layanan yang ditawarkan. Pertama, paket standar dengan harga Rp12.500 per karyawan per bulan.

Sedangkan layanan kedua atau premium dikenakan tarif Rp20.000 per karyawan per bulan. Adapun, layanan premium yang bisa dinikmati ialah mencakup pengurusan BPJS, pajak penghasilan PPh 21 dan pencatatan kasbon.

"Harga ini tentu sangat terjangkau dibanding harus menginstall software bahkan di antara apilkasi sejenis," ujar Afia.

Adapun layanan Hadirr, paket aplikasi pencatatan absensi karyawan ini hanya Rp10.000 per karyawan per bulan. Lewat aplikasi ini, perusahaan yang memiliki karyawan dengan mobilitas tinggi tidak perlu kesulitan untuk merekam absensi karyawan.

Afia menjelaskan, karyawan cukup melakukan absensi melalui Hadirr dengan konfirmasi lewat swafoto yang dilengkapi teknologi pemindai wajah dan pengecekan melalui sistem GPS yang terhubung dari komputasi awan dengan basis Google Map.

Menurut Afia, beberapa perusahaan ada yang mengambil dua aplikasi sekaligus untuk mempermudah pekerjaan HR. Dengan memakai aplikasi tersebut, perusahaan lebih fokus terhadap pengembangan produk dan SDM.

Bahkan aplikasi Hadirr, kata Afia, sudah dipakai untuk instansi pemerintah daerah Kabupaten Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara. Dengan adanya aplikasi tersebut, PNS yang tidak melakukan absensi tidak mendapatkan tunjangan kehadiran.

Selain itu, aplikasi Gadjian dan Hadirr dijamin keamanannya. Karena server yang digunakan juga menggunakan kualitas terbaik.

"Untuk penghitungannya pasti mengacu pemerintah (pajak dan BPJS). Server kita juga menggunakan Amazon Web Service (AWS) karena payroll harus secure. Jadi kita tidak bisa memakai data pelanggan kita," ujarnya.

Hadirkan Sarana Edukasi

Gadjian menghadirkan sarana edukatif berupa Gadjian Academy yang digelar sebulan sekali. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Selain mengembangkan aplikasi, Gadjian juga menyediakan sarana belajar ilmu pengelolaan SDM melalui unit yang diberi nama Gadjian Academy. Di Bandung, Gadjian Academy sudah menggelar dua sesi kelas dengan peserta dari sekitar 50 perusahaan.

Gadjian Academy sudah diselenggarakan sejak 2017 lalu. Sekurangnya 800 perusahaan yang tersebar di Jabodetabek telah mengikuti kegiatan belajar ilmu pengelolaan SDM yang dikelola Gadjian tersebut.

"Untuk di Bandung, peminat Gadjian Academy juga berasal dari kota-kota lain di Jawa Barat. Kita ingin gelar satu kali dalam sebulan," kata Afia.

Para peserta Gadjian Academy yang kebanyakan pemilik UMKM biasanya belajar dari pakar dan praktisi SDM. Mereka berdiskusi mengenai berbagai topik seputar pengelolaan SDM perusahaan dan pengembanhan bisnis.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Susan Bachtiar, Tomboi Sedari Muda dan Menyukai Taekwondo

Posted: 06 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Model kawakan Susan Bachtiar ikut bermain di film Bebas garapan Mira Lesmana dan Riri Riza.

Di film yang merupakan adaptasi dari sinema Korea berjudul Sunny, Susan Bachtiar berperan sebagai Kris (dewasa), ketua geng yang gahar dan sangat melindungi teman-temannya.

Selama ini, publik lebih mengenal bintang iklan produk kecantikan ini sebagai wanita anggun dan pendiam. Namun, siapa sangka bahwa Susan Bachtiar aslinya sosok yang tomboi.

"Makanya, aku enggak ada persiapan apa-apa saat mau syuting film Bebas. Kayak diri sendiri saja meskipun pas SMA bukan kepala geng," kata Susan kepada Health Liputan6.com belum lama ini.

 

Susan Bachtiar Suka Taekwondo

Susan Bahctiar di Preskon Film

Dari kecil, Susan lebih menyukai taekwondo dan basket dibanding olahraga yang lain.

"Aslinya saya kayak di film, bukan seperti orang yang pikir selama ini, yang duduk manis lalu feminim," katanya.

"Mungkin karena efek produk yang mengontrak saya sehingga terbangun image (citra) yang seperti itu. Saya juga engga mau nge-build image seperti itu sebenarnya," Susan Bachtiar menambahkan.

Susan, mengaku, memilih bela diri untuk memproteksi diri. Selain karena dia memang suka kegiatan yang sering dilakukan anak laki-laki.

"Sebagai anak perempuan, terus saya punya empat kakak perempuan, pengin saja bisa melindungi teman-teman dan melindungi kakak. Ya, hampir sesuai karakter di film Bebas ini," ujarnya.

Susan Bachtiar (Nurwahyunan/bintang.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Elza Syarief Adukan Hotman Paris Show ke Dewan Pers

Posted: 06 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Elza Syarief mengadukan Hotman Paris Show ke Dewan Pers, Jumat (6/9/2019). Laporan ini adalah buntut dari perseteruan Elza Syarief vs Nikita Mirzani di acara talkshow tersebut. 

Dari aduan itu, Elza Syarief berharap dewan pers akan menelaah apakah episode yang dimaksud memuat unsur pelanggaran kode etik ataukah tidak.

"Tujuan saya untuk melaporkan peristiwa yang memojokan saya dan tidak benar. Di situ juga akan membicarakan adakah pelanggaran kode etik. Itu kan pembicaraanya tertutup dan rahasia," ujar Elza Syarief saat ditemui di kantor Dewan Pers, Jakarta Pusat, Jumat (6/9/2019).

Bersama Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Dewan Pers akan mendaklanjuti aduan yang dibuat pengacara kondang tersebut. Dari penelusuran itu nantinya akan diketahui siapa yang bersalah.

"Saya enggak tahu ini kesalahan produser atau siapa, biar aja ini menjadi penulusuran KPI, kan kalau HP yang dilempar itu terlepas bisa berbahaya," jelas Elza Syarief.

 

Harga Diri

[Foto: Instagram ]

Lebih lanjut, Elza Syarief merasa harga dirinya telah diinjak-injak oleh Nikita Mirzani. 

"Kalau semua perempuan ditanya pasti semua menangis. Dua puluh tahun saya menjaga prestige saya tapi tiba-tiba mau dihancurkan sama orang yang tidak sepadan dari umur dan attitude," ia menandaskan. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP San Marino: Menanti Kebangkitan Dovizioso

Posted: 06 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Misano- Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso harus bangkit secepatnya di MotoGP San Marino, di Sirkuit Misano pada pekan mendatang. Maklum poinnya kini semakin tertinggal dari Marc Marquez dan dia punya modal karena juara tahun lalu di sini.

Meski begitu, ini tentu bukan hal yang mudah bagi Ducati. Soalnya selain Honda yang sukses di Misano pada 2015 dan 2017, saingan juga datang dari Suzuki dan Yamaha.

Pertarungan sengit diprediksi akan terjadi di MotoGP San Marino pada 15 September 2019. Potensi kejutan juga bisa terjadi seperti ketika pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, mengalahkan Marquez saat MotoGP Inggris 2019.

Fabio Quartararo dari Petronas Yamaha SRT, dinilai salah satu yang bisa bersinar di MotoGP San Marino 2019. Hal itu karena Quartararo menjadi yang tercepat dalam tes di Sirkuit Misano pekan lalu.

Para pembalap seakan kompak tidak membiarkan Marquez kembali finis terdepan di sisa MotoGP musim ini. Berikut jadwal MotoGP San Marino 2019 di Sirkuit Misano.

Jadwal MotoGP San Marino

Marc Marquez dan Andrea Dovizioso (JAVIER SORIANO / AFP)

Jumat (13/9/2019)

MotoGP, Free Practice 1 (14.00 - 15.40 WIB)

MotoGP, Free Practice 2 (19.10 - 19.55 WIB)

Sabtu (14/9/2019)

MotoGP, Free Practice 3(14.00 - 15.40 WIB)

MotoGP, Free Practice 4 (18.30 - 19.00 WIB)

MotoGP, Kualifikasi 1 (19.10 - 19.25 WIB)

MotoGP, Kualifikasi 2 (19.35 - 19.50 WIB)

Minggu (15/9/2019)

MotoGP, Warm Up (14.40 - 15.00 WIB)

MotoGP, Race (19.00 WIB)

Klasemen MotoGP

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 250 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati) 172 poin

3. Alex Rins (Suzuki) 149 poin

4. Danilo Petrucci (Ducati) 145 poin

5. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) 116 poin

6. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) 116 poin

7. Jack Miller (Pramac Ducati) 94 poin

8. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 92 poin

9. Cal Crutchlow (LCR Honda) 88 poin

10. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) 69

11. Pol Espargaro (KTM) 68 poin

12. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 62 poin

13. Joan Mir (Suzuki) 39 poin

14. Aleix Espargaro (Aprilia) 33 poin

15. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) 29 poin

16. Andrea Iannone (Aprilia) 27 poin

17. Miguel Oliveira (KTM Tech 3) 26 poin

18. Johann Zarco (KTM) 22 poin

19. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) 21 poin

20. Stefan Bradl (Honda) 16 poin

21. Tito Rabat (Avintia Racing) 14 poin

22. Michele Pirro (Ducati) 9 poin

23. Sylvain Guintoli (Suzuki) 7 poin

24. Hafizh Syahrin (KTM Tech 3) 6 poin

25. Karel Abraham (Avintia Racing) 4 poin

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kirim Pesan WhatsApp Makin Mudah dengan Google Assistant

Posted: 06 Sep 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kemampuan Google Assistant sebagai asisten virtual cukup membantu pengguna Android. Dengan perintah suara, pengguna dapat mengakses layanan yang ada di perangkat miliknya.

Untuk itu, Google kerap meningkatkan kemampuan asisten virtual tersebut guna mendukung lebih banyak layanan di Android. Salah satunya yang dilakukan baru-baru ini dengan mendukung aplikasi WhatsApp.

Dikutip dari Phone Arena, Sabtu (7/9/2019), kini pengguna oerangkat Android dapat berkirim pesan melalui WhatsApp yang dilakukan dengan perintah suara lewat Google Assistant.

Nantinya, pengguna tinggal mengucapkan 'Ok Google, send WhatsApp message', setelah itu pengguna tinggal mengucapkan pesan yang ingin dikirimkan ke penerima.

Tidak hanya pesan teks, pengguna juga dapat memanfaatkan Google Assistant untuk melakukan panggilan suara dan video. Pengguna hanya tinggal menyesuaikan perintah suara menjadi, 'Hey Google, WhatsApp Video (nama penerima panggilan)'.

Namun sebelum melakukan perintah di atas, pastikan pengguna yang ingin dihubungi sudah memiliki akun WhatsApp. Meski terkesan sederhana, kehadiran fitur ini dapat dikatakan makin mengukuhkan kemampuan Google Assistant sebagai asisten virtual.

Untuk sekarang, sejumlah pengguna Android melaporkan belum dapat memakai fitur ini. Karenanya, ada kemungkinan integrasi WhatsApp dan Google Assistant ini digulirkan secara bertahap.

Pengguna WhatsApp Bisa Pesan Tiket Pesawat

WhatsApp. telegraph.co.uk

Sebelumnya, WhatsApp juga dapat digunakani untuk memesan tiket pesawat langsung melalui chat. Namun untuk saat ini, baru tiket pesawat Spirit Airlines saja yang dapat bisa dipesan dari WhatsApp.

Spirit Airlines merupakan maskapai penerbangan bertarif rendah. Layanan pembelian tiket lewat WhatsApp ini bisa dilakukan mulai pekan depan pada 1 September 2019.

Mengutip laman Fox Business, Kamis (28/8/2019), maskapai bermarkas di Miramar, Florida, Amerika Serikat ini mengizinkan pengguna pesan tiket lewat WhatsApp, tetapi calon penumpang bakal dikenai biaya USD 25 untuk setiap pemesanan tiket.

Editor Senior Bidang Aviasi di laman Skift Brian Sumers mengatakan, cukup mahalnya biaya pemesanan tiket lewat WhatsApp itu tidaklah mengherankan .

"Saya tidak heran kalau Spirit (Airlines) menambah biaya pemesanan untuk tiap transaksi. Selama bertahun-tahun, maskapai ini ingin keluar dari bisnis dengan memesan agen perjalanan untuk penumpang dan itu mahal," kata Sumers.

Sementara itu, dalam pernyataannya, Spirit mengatakan, penambahan biaya itu bukan mengenai beban, melainkan untuk menghadirkan pengalaman dan kemudahan untuk calon penumpang.

"Para pelanggan mengatakan, mereka lebih memilih untuk berkomunikasi dengan layanan yang nyaman dan familiar seperti WhatsApp," tutur Vice President Sales and Marketing Spirit Airlines Bobby Schroeter.  

Upaya Memudahkan Konsumen

Ilustrasi cara kunci WhatsApp (Sumber:Pixabay)

Dia menyebut, penggunaan WhatsApp untuk memesan tiket merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk meningkatkan pengalaman para penumpang.

Fitur WhatsApp ini dirancang dengan bantuan dari perusahaan teknologi global LiveStream, yang menghubungkan calon penumpang dengan perusahaan lewat chatbot.

Chatbot inilah yang akan menyediakan informasi dasar mengenai rencana perjalanan sebelum menghubungkan kustomer dengan agen Spirit.

Kemudian, chatbot akan mengirimkan tautan yang membawa konsumen ke luar dari aplikasi WhatsApp dan menyelesaikan proses reservasi.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dakota Johnson Tampil Seksi dengan Gaun Hitam di TIFF 2019

Posted: 06 Sep 2019 09:00 PM PDT

Aktris Dakota Johnson tiba menghadiri pemutaran film

Aktris Dakota Johnson tiba menghadiri pemutaran film

Aktris Dakota Johnson berpose di karpet merah saat menghadiri pemutaran film

Aktris Dakota Johnson berpose di karpet merah saat menghadiri pemutaran film

Aktris Dakota Johnson berpose di karpet merah saat menghadiri pemutaran film

Aktris Dakota Johnson berpose di karpet merah saat menghadiri pemutaran film

Aktris Dakota Johnson turun dari mobil menghadiri pemutaran film

Aktris Dakota Johnson turun dari mobil menghadiri pemutaran film

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: