Minggu, 08 November 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ridwan Kamil Ingin Mobil Listrik Jadi Kendaraan Dinasnya, Ini Respon Hyundai

Posted: 08 Nov 2020 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan tengah menyiapkan kebijakan baru terkait penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan dinasnya di masa mendatang.

"Pemprov Jabar sedang menyusun kebijakan. Sekarang produksi (mobil listrik) sudah massal, maka mulai tahun depan itu pembelian mobil dinas wajib mobil listrik dan motor listrik," terang Ridwan Kamil seperti dikutip dari Liputan6.com (4/11).

Secara spesifik, Ridwan Kamil ingin menggandeng Hyundai dalam pengadaan mobil listrik bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Terkait hal tersebut, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) pun memberi tanggapan.

"Kalau saya mengutip pernyataan pak Ridwan Kamil, pertimbangannya karena efisiensi. Kalau menggunakan electric vehicle, untuk menempuh 300 km hanya membutuhkan uang Rp50 ribu. Sedangkan di mobil konvensional bisa Rp200-300 ribu," terang Erwin Djajadiputra, Sales Director PT HMID.

Ia pun mengungkap kesiapan dari HMID untuk menyediakan mobil listrik bagi Pemprov Jawa barat.

 

RK Sempat Mencoba Hyundai Ioniq

Tapi, Erwin belum menerima konfirmasi terkait jumlah kendaraan ramah lingkungan yang dipesan. Ini juga tak terlepas dari keinginan pabrikan asal Korea Selatan itu untuk masuk ke pasar fleet.

Sebelumnya, Ridwwan Kamil sempat menjajal langsung Hyundai Ioniq saat melakukan kunjungan kerja ke Garut.

Dari pengalaman tersebut, muncul gagasan bahwa mobil listrik akan segera menjadi kendaraan dinas bagi Aparatur Sipil Negara (AS) di Pemprov Jawa Barat.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Dalami Dugaan Korupsi Pembangunan Gereja di Mimika Papua

Posted: 08 Nov 2020 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus mendalami kasus dugaan korupsi terkait proyek pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 Tahap I tahun anggaran 2015 di Mimika, Papua.

Untuk mendalami kasus tersebut, tim penyidik KPK menjadwalkan memeriksa enam saksi, antara lain Sekda Kabupaten Mimika 2014-2015 Ausilius You, Kadis Pendapatan Kabupaten Mimika tahun 2013-2015 Cheryl Lumenta, Asisten Daerah Bidang Kesra Kabupaten Mimika tahun 2015-2017 Alfred Duow, Kadis Sosial Kabupaten Mimika tahun 2014-2015 Gerrit Jan Koibur, Kepala Cabang PT Darma Abadi Consultant Muhammad Natsar, dan Direktur PT Kuala Persada Papua Nusantara M. Ilham Danto.

"Hari ini, Senin (9/11/2020) bertempat di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Papua, tim penyidik KPK mengagendakan pemeriksaan saksi-saksi dugaan tindak pidana korupsi terkait proyek pembangunan Gereja," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (9/11/2020).

Diberitakan sebelumnya, KPK membenarkan tengah melakukan penyidikan kasus dugaan korupsi terkait proyek pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 Tahap I tahun anggaran 2015 di Mimika, Papua.

"Bahwa benar saat ini KPK sedang melakukan penyidikan atas dugaan tindak pidana korupsi terkait proyek pembangunan Gereja Kingmi Mile 32," ujar Plt Juru Bicara bidang Penindakan KPK Ali Fikri ketika dikonfirmasi, Rabu 4 November 2020.

 

Kumpulkan Bukti

Ali mengatakan, tim penyidik saat ini tengah mengumpulkan barang bukti serta meminta keterangan para saksi yang dianggap mengetahui kasus tersebut.

Namun begitu, Ali menyampaikan KPK belum bisa mengungkap lebih detail mengenai pihak-pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

"Kami saat ini belum dapat menyampaikan detail pihak-pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka, karena sebagaimana telah kami sampaikan bahwa kebijakan pimpinan KPK terkait ini adalah pengumuman tersangka akan dilakukan saat upaya paksa penangkapan atau penahanan telah dilakukan," kata Ali.

Ali berjanji akan membuka informasi terkait kasus ini lebih dalam saat terjadi upaya penangkapan paksa atau saat akan menahan para tersangka.

"Perkembangan berikutnya nanti akan kami sampaikan kepada rekan-rekan semua," kata Ali.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Debat Palson di Pilkada Riau Dilakukan Tanpa Panelis

Posted: 08 Nov 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menyatakan dalam debat pasangan calon (paslon) peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 digelar tanpa panelis untuk mencegah munculnya klaster baru COVID-19.

"Aturan peniadaan panelis dalam debat paslon sesuai PKPU tentang Perubahan atas Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Waki Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Nonalam Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)," kata Komisioner KPU Riau Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan SDM Nugroho Noto Susanto, di Pekanbaru, Senin (9/11/2020).

Dia menjelaskan, hal itu bertujuan untuk mencegah munculnya klaster baru COVID-19 pada Pilkada 2020, sehingga pelaksanaan debat kandidat pilkada 9 daerah di Riau digelar terbatas.

Sebagai penggantinya, kata dia, materi debat ditetapkan setelah KPU provinsi atau KPU kabupaten/kota berkoordinasi dengan partai politik atau gabungan partai politik, pasangan calon, dan tim kampanye.

"Tema spesifik setiap debat disusun bersama dengan tim penyusun materi sesuai dengan bidang keahliannya, baik dari kalangan profesional, akademisi maupun tokoh masyarakat," kata Nugi seperti dikkutip dari Antara.

Ia mengatakan, pada intinya yang mendalami visi misi dan program calon adalah moderator.

"Karena sudah ada tim perumus yang bertugas menyusun pertanyaan untuk diajukan moderator," kata Nugroho.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Peserta Terbatas

Dia mengatakan debat yang nantinya digelar dalam ruangan atau studio akan dihadiri oleh peserta yang terbatas, dan harus sesuai protokol kesehatan COVID-19.

"Yang hadir dalam debat paslon, ditambah dua orang perwakilan Bawaslu Riau atau kabupaten/kota serta empat orang tim kampanye dan lima orang anggota KPU kabupaten/kota, dengan wajib menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Serba Hitam, Ratu Elizabeth II Kenakan Masker untuk Pertama Kali

Posted: 08 Nov 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga kerajaan Inggris tiada henti jadi sorotan publik, tak terkecuali dengan Ratu Elizabeth II. Ratu berusia 94 tahun ini terlihat mengenakan masker untuk pertama kalinya saat tampil di publik selama masa pandemi corona Covid-19.

Kala itu, Ratu Elizabeth II memakai masker menjelang Remembrance Sunday di Westminster Abbey. Adapun peringatan tersebut adalah hari di mana Inggris memberikan penghormatan kepada para pendahulu yang wafat karena perang.

"Ratu menandai peringatan ke-100 tahun penguburan Prajurit Tak Dikenal di Westminster Abbey minggu ini, dalam penghormatan pribadi menjelang Remembrance Sunday," kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari CNN, Senin (9/11/2020).

Istri Pangeran Philip tersebut tampak mengenakan masker warna hitam dengan tepi warna putih. Masker itu diyakini dibuat oleh Angela Kelly, penasihat pribadi dan kurator Ratu Elizabeth II, uang mendesain banyak pakaian raja menurut PA Media.

Makam Prajurit Tidak Dikenal adalah tempat peristirahatan tentara Inggris tak dikenal yang wafat dalam Perang Dunia I. Situs ini menjadi simbol berkabung nasional usai perang dan telah mempertahankan pentingnya peringatan di tahun-tahun berikutnya.

Pada peringatan ini, Ratu tampil serba hitam, mulai dari warna mantel, sarung tangan, topi, hingga tas tangannya. Pada sisi kiri atas mantel, turut disematkan pula bunga poppy warna merah.

Ratu Elizabeth II mengenakan topi bundar yang kerap digunakan oleh para bangsawan Inggris. Ratu juga terlihat memakai kalung mutiara kesayangannya.

 

Sempat Tak Pakai Masker

Ratu Elizabeth II tak pakai masker di kunjungan perdana di masa pandemi. (dok. Instagram @theroyalfamily/https://www.instagram.com/p/CGXP2DNngfr/)
Ratu Elizabeth II tak pakai masker di kunjungan perdana di masa pandemi. (dok. Instagram @theroyalfamily/https://www.instagram.com/p/CGXP2DNngfr/)

Sementara pada Oktober lalu, Ratu Elizabeth II muncul pada acara kerajaan pertamanya sejak masa pandemi. Namun, kala itu Ratu tidak mengenakan masker wajah meski virus tengah menyebar.

Di Inggris, masker wajib dikenakan di sebagian besar lingkungan dalam ruangan. Ratu dipotret di taman sains Porton Down di Inggris selatan bersama cucunya Pangeran William, yang juga tidak mengenakan masker.

Menjaga jarak diberlakukan di acara tersebut dan semua orang yang ditemui Ratu dinyatakan negatif dari virus corona Covid-19. Istana Buckingham menyebut Ratu memutuskan untuk tidak memakai masker setelah berkonsultasi dengan petugas medis dan ilmuwannya sendiri di Porton Down.

Keluarga kerajaan secara langsung terkena pandemi pada Maret lalu ketika Pangeran Charles, putra tertua Ratu Elizabeth, dinyatakan positif. Kantornya mengumumkan diagnosis pada saat itu dan kerajaan menyelesaikan masa isolasi diri di Skotlandia. Ia lalu menyebut hanya mengalami gejala ringan.

Pekan lalu terungkap bahwa Pangeran William, pewaris takhta kedua, juga dinyatakan positif Covid-19 pada awal masa pandemi, menurut BBC, mengutip sumber istana. Namun tidak jelas kapan tepatnya William terinfeksi.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mitos dan Fakta Seputar Mengisi BBM

Posted: 08 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mengisi bahan bakar minyak  merupakan aktivitas rutin pengguna kendaraan, informasi tentang pengisian BBM pun beredar di tengah masyarakat. Namun, informasi tersebut belum tentu benar bahkan hanya mitos.

Kita pun perlu memastikan kebenaran informasi yang diterima sebelum mempercayainya agar tidak dirugikan, baik dari sisi waktu ataupun biaya.

Bersumber dari Liputan6.com, berikut mitos dan fakta seputar pengisian BBM pada kendaraan:

 

1. Menggoyangkan Kendaraan Saat Mengisi Bahan Bakar

Mitos lainnya adalah menggoyang-goyangkan kendaraan agar bensin terisi lebih penuh. Meski jarang ditemui kasusnya, cara demikian masih ada yang melakukannya.

"Begitu juga dengan menggoyangkan mobil agar bensin terisi lebih banyak hanyalah mitos. Faktanya kelebihan bensin bisa mengalir masuk dan merusak arang tabung (charcoal canister), atau mengalir kembali ke tangki pom. Kedua trik ini bukan membawa keuntungan malah membuat rugi," kata Gervi Irsyadi, Regional Sales Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI).

 

2. Mengisi Bahan Bakar Saat Malam Hari Dapat BBM Lebih Banyak

Banyak yang beranggapan mengisi bensin saat malam hari bisa mendapatkan BBM lebih banyak.

Ada yang beralasan mengisi bensin siang hari maka bahan bakar akan menguap. Pandangan tersebut berangkat dari efek pemuaiannya yang lebih cepat karena bensin ditempatkan di dalam tangki berbahan logam.

Namun tidak sedikit yang beranggapan bahwa mengisi bahan bakar di pagi hari juga akan menguntungkan karena bensin biasanya lebih "kental" di pagi hari. Jadi saat udara memanas, bensin akan mencair dan pemilik kendaraan akan lebih banyak mendapatkan bensin.

"Wah, sepertinya trik ini kayaknya banyak dicoba. Tapi, sayangnya trik itu hanyalah mitos belaka. Bensin tidak dapat mengental atau mencair seperti cairan lainnya," tutur Gervi.

 

3. Isi Bensin Beroktan Tinggi

Mobil performa tinggi yang kencang meminum bensin dengan oktan yang tinggi. Mungkinkah mengkonsumsi bensin beroktan tinggi membuat Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander jadi lebih kencang pula?

Begini, mobil performa tinggi memang wajib memakai bensin dengan oktan tinggi untuk mencegah terjadinya proses pembakaran yang prematur di ruang bakar atau lazim disebut 'ngelitik'.

Ngelitik atau knocking ini bila dibiarkan dalam waktu yang lama dapat menimbulkan banyak penyakit bagi mobil. Misalnya, kerusakan katup, kerusakan dinding ruang bakar karena tergesek oleh piston, banyaknya deposit karbon di ruang bakar akibat bahan bakar yang tak terbakar dan yang paling arah, ganti mesin.

Namun mayoritas mobil pada umumnya di perkotaan tak membutuhkan bensin dengan oktan tinggi. Bahkan faktanya, hampir semua produsen mobil di Indonesia, menguji terlebih dahulu performa setiap mobil yang mereka produksi menggunakan BBM (Bahan Bakar Minyak) dengan oktan rendah.

Kebanyakan mobil memakai mesin dengan rasio kompresi 9:1 sampai 10:1. Untuk rasio ini bensin dengan oktan 88-92 sudah cukup. Bensin jenis Premium dari Pertamina memiliki nilai oktan 88, Pertalite memiliki RON (Research Octane Number) 90 dan Pertamax 92.

Jadi, jangan kaget kalau Anda sudah merogoh kocek ekstra untuk membeli bensin jenis Pertamax Turbo dengan RON 98 namun performa LCGC (Low Cost Green Car) kesayangan Anda tak lebih baik dari city car bermesin lebih besar.

 

4. Isi Bensin Sebelum Habis

Kalau mesin kehabisan bensin lalu mogok, itu benar. Tapi kalau kehabisan bensin bisa menimbulkan kerusakan mesin, itu salah! Ada yang beranggapan kalau bensin habis atau terlalu sedikit di tangki, bisa masuk angin. Kebanyak mobil sekarang telah mengadopsi sistem injeksi. Sistem ini dilengkapi regulator yang mengatur tekanan bahan bakar.

Pada situasi terburuk saat bensin di tangki habis, dan tekanan fuel pump (pompa bensin) turun dari normal, maka regulator memberikan sinyal ke ECU (Electronic Control Unit) untuk memerintahkan fuel pump berhenti bekerja.

Selain itu, ada juga yang menyebut kalau sisa bensin sedikit maka kotoran di tangki tersedot dan membuat filter bahan bakar cepat kotor dan bahkan membuat salurannya tersumbat. Perlu diketahui, hampir semua mobil dengan sistem injeksi menyedot bahan bakar di bagian terendah tangki bensin.

Mengapa? Di beberapa negara Eropa dengan suhu yang sangat dingin, sering terjadi bensin di tangki membeku. Biasanya yang paling pertama membeku di bagian atas seperti layaknya air di danau yang membeku terlebih dahulu di bagian permukaannya.

Begitupun dengan mobil, meski bensin di permukaan membeku biasanya bagian dasarnya masih cair. Jadi kalau tangki bensin Anda kotor, saat tangki penuh bensin pun kotoran bisa saja tersedot ke saluran bensin.

Tapi bukan berarti baik membiarkan mobil sering kehabisan bensin. Karena merepotkan Anda sendiri, harus mencari SPBU terdekat dengan berjalan kaki. Intinya jangan terlalu paranoid mengenai beberapa mitos pengisian bensin ini. 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deep Learning Bantu Deteksi Aneurisma Otak Lebih Akurat

Posted: 08 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Deep Learning dapat membantu dokter mendeteksi aneurisma otak pada proses CT Angiography .

Menurut sebuah penelitian yang terbit di jurnal Radiology, CT Angiography biasanya merupakan opsi pertama untuk mengevaluasi aneurisma otak. Pemeriksaannya sangat akurat, tetapi aneurisma otak mungkin saja terabaikan pada tahap evaluasi awal karena ukurannya yang kecil dan kompleksitas pembuluh darah di otak.

"Aneurisma otak adalah salah satu lesi kecil yang mungkin terabaikan pada penilaian rutin gambar radiologis," ujar peneliti senior Xi Long, Ph.D., dari Department of Radiology di Tongji Medical College's Union Hospital di Wuhan, Tiongkok dikutip dari Eurekalert, Senin (8/11/2020).

Deep Learning menawarkan potensi luar biasa sebagai alat tambahan untuk menafsirkan aneurisma otak secara lebih akurat. Deep Learning dilatih pada gambar-gambar yang sudah ada dan mempelajari kelainan yang mungkin sulit dilihat oleh pengamat manusia.

Di bidang radiologi, Deep Learning baru-baru ini telah digunakan dalam berbagai peran membantu ahli radiologi, seperti mendeteksi tuberkulosis pada rontgen dada.

Algoritma

Dalam studi ini, Long dan rekannya mengembangkan algoritma yang berfungsi otomatis seutuhnya dan sangat sensitif. Ia mampu mendeteksi aneurisma otak pada gambar CT angiografi.

Para peneliti menggunakan CT angiogram dari lebih dari 500 pasien untuk melatih sistem Deep Learning. Selanjutnya, mereka melakukan pengujian pada 534 CT angiogram yang mencakup 649 aneurisma.

Hasilnya, algoritma Deep Learning ini mendeteksi 633 dari 649 aneurisma otak dengan sensitivitas 97,5 persen. Tak hanya itu, para peneliti juga menemukan delapan aneurisma baru yang terlewatkan pada tahap evaluasi awal.

Tingkatkan Kinerja

Analisis statistik mengungkapkan bahwa bantuan Deep Learning dapat meningkatkan kinerja para ahli radiologi. Peningkatan paling terlihat pada ahli radiologi yang kurang berpengalaman.

"Sistem yang dikembangkan telah menunjukkan kinerja yang sangat baik dalam mendeteksi aneurisma," kata Long. "Kami menemukan beberapa aneurisma yang diabaikan oleh pembaca manusia pada laporan awal, tetapi berhasil digambarkan oleh sistem ini."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Sembuh dari COVID-19, Ini yang Dilakukan Motivator Tung Desem Waringin Agar Tetap Sehat

Posted: 08 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Motivator Tung Desem Waringin mengungkapkan apa saja yang ia rasakan, serta perubahan dalam gaya hidupnya, usai beberapa waktu lalu sempat terkena COVID-19 dan dinyatakan sembuh.

Dalam live streaming Bincang Editor Liputan6.com, Tung Desem Waringin bercerita dia diminta untuk lebih waspada setelah dinyatakan sembuh dari COVID-19. Hal ini karena dalam beberapa kasus, paru-paru penyintas dilaporkan tidak bisa pulih sepenuhnya.

Penulis buku Life Revolution tersebut pun menceritakan bahwa ia bertanya pada banyak dokter spesialis paru-paru. Hingga akhirnya, ada seorang dokter yang mengatakan bahwa cacat atau tidaknya paru-paru usai terkena COVID-19 tergantung dua hal.

"Satu, jumlah sakit Anda di paru-paru itu rusaknya berapa persen, kalau sudah di atas 50 persen, banyak cacat dalam arti tetap akan ada bekas permanennya. Yang kedua adalah tipe sel-sel tubuh Anda, kalau Anda luka itu keloid, membekas, itu paru-paru Anda cenderung cacat walau pun cuma 5 atau 10 persen," kata Tung Desem Waringin menirukan dokternya.

"Tetapi kalau sifat Anda tidak keloid dan kurang dari 5 persen, bisa kok sembuh," kata Tung Desem Waringin pada Senin (9/11/2020).

Tung Desem Waringin pun percaya atas saran dokter yang mengatakan bahwa tubuh manusia bisa memulihkan dirinya sendiri, asalkan kerusakannya tidak parah. "Yang paling penting latihan bertahap, gizinya cukup, suplemennya cukup, dan latihanlah bertahap," katanya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ingin Punya Perut Kotak-Kotak

Motivator Tung Desem Waringin saat berbagi pengalaman-pengalaman hidupnya dalam Emtek Goes to Campus 2018 di Universitas Kristen Petra, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/11). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Motivator Tung Desem Waringin saat berbagi pengalaman-pengalaman hidupnya dalam Emtek Goes to Campus 2018 di Universitas Kristen Petra, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/11). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ia menceritakan, usai dipulangkan setelah dirawat karena COVID-19, ia merasa engap ketika melakukan treadmill selama 5 menit. Jantungnya pun berdegup kencang.

Namun secara bertahap, ia menaikkan intensitas latihannya dan mencoba mengatur interval selama dirinya berolahraga. Hal ini pun membantunya untuk lebih mampu melakukan aktivitas fisik dengan lebih maksimal saat ini.

Bahkan, Tung mengatakan saat ini ia sedang ingin membuat "kotak-kotak" di perutnya. "Jadi saya tidak pernah perutnya 'kotak-kotak' biasanya one pack bukan six pack, sekarang empat di atas sudah mulai, bawahnya masih ada lemak bandel ini," selorohnya.

Tung Desem Waringin pun mengajak agar para penyintas COVID-19 untuk tetap berolahraga. Sementara, bagi pasien yang dalam proses pemulihan, ia tidak menyarankan untuk aktivitas fisik berat, namun wajib untuk tetap bergerak.

"Jadi kondisinya luar biasa dengan latihan terus dan gizi yang cukup, tidur yang cukup, pikiran yang gembira, percaya ini bisa dilatih membaik. Apakah semua orang akan baik? Belum tentu, itu hak Tuhan, tetapi kita layak berusaha."

Selain itu, Tung Desem Waringin menceritakan bahwa dirinya juga melakukan perubahan pola makan. Diungkapkannya bahwa saat ini, dia lebih banyak mengonsumsi sayur-sayuran segar dengan bermacam-macam warna dan tidak terlalu sering mengonsumsi nasi. Hanya sesekali saja ia mengonsumsi makanan seperti soto, ayam bakar, atau gudeg, untuk memanjakan mulut.

Infografis 4 Hal Positif untuk Kesembuhan Pasien Covid-19

Infografis 4 Hal Positif untuk Kesembuhan Pasien Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 4 Hal Positif untuk Kesembuhan Pasien Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BRI dan BenihBaik.com Jalankan Program Satu Keluarga Satu Pohon di Banyumas

Posted: 08 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat desa dalam program Satu Keluarga Satu Pohon. Program ini dijalankan di Desa Tamansari, Cikadang, dan Rancamaya, Kabupaten Banyumas.

BRI menyerahkan 4.320 bibit pohon durian jenis Bawor kepada masyarakat desa Taman Sari, Kecamatan Karanglewas, Banyumas, Jawa Tengah. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Kepala Cabang BRI Purwokerto Oloan Susanto Nasution di Gedung Olah Raga (GOR) Purwokerto. Desa Tamansari mendapatkan 2.000 pohon, Desa Cikidang 1.150 pohon, dan Desa Rancamaya sebanyak 1.170 pohon.

Penyerahan bibit pohon ini disaksikan Andy F Noya, CEO & Founder BenihBaik.com, Ir. Achmad Husein, Bupati Banyumas, Camat Cilongok dan Karanglewas, Kepala Desa Tamansari, Cikidang dan Rancamaya.

 

Andy F Noya, founder BenihBaik.com mengajak BRI untuk membantu merealisasikan program yang diharapkan membantu perekonomian masyarakat ini. Gayung bersambut, BRI sebagai bank yang sedang sangat agresif dalam pemberdayaan masyarakat pun antusias dengan program ini.

Penggalangan donasi ini tidak akan berhenti di sini, masyarakat bisa membantu dengan berdonasi melalui BenihBaik.com hingga akhir tahun 2020 ini untuk memenuhi sisa kebutuhan bibit pohon.

"Terima Kasih atas kepercayaan BRI kepada BenihBaik.com dan warga Desa Tamansari, Cikadang, dan Rancamaya," jelas Andy dalam keterangan tertulis, Senin (9/11/2020).

Dukungan BRI ini bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya BRI juga mendukung program penanaman pohon di Kalimantan, program apresiasi guru dan beberapa program lain. Program ini sangat unik, penanaman pohon durian untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

"Memang kita tahu, pohon ini memerlukan kesabaran untuk berbuah, perlu waktu agar bisa berbuah dengan baik namun karena pohon ini tidak asing bagi masyarakat di sini maka kami yakin pohon durian ini merupakan sumber penghasilan baru bagi masyarakat. " kata Andy F Noya.

Cepat Berbuah

BRI mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat desa dalam program  Satu Keluarga, Satu Pohon di Desa Tamansari, Cikadang, dan Rancamaya, Kabupaten Banyumas.
BRI mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat desa dalam program Satu Keluarga, Satu Pohon di Desa Tamansari, Cikadang, dan Rancamaya, Kabupaten Banyumas.

Pohon durian jenis bawor yang merupakan khas Banyumas dipilih karena masyarakat sudah familiar dengan tanaman ini sehingga mudah merawatnya.

Tanaman ini juga cepat berbuah, sehingga hasilnya bisa menambah penghasilan tiap keluarga dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan termasuk menambah gizi keluarga, pendidikan, kesehatan, maupun kebutuhan yang lain.

Banyumas termasuk salah satu kabupaten termiskin di Indonesia dengan tingkat kemiskinan di atas rata-rata angka provinsi dan nasional, atau di atas angka 9 persen. Dengan adanya program satu keluarga satu pohon, yang nantinya akan digulirkan ke desa-desa lain diharapkan bisa membantu perekonomian keluarga.

Program Satu keluarga satu pohon ini sedianya merupakan program desa yang akan dibiayai oleh Bumdes setempat dengan membagikan 13 ribu bibit pohon, namun karena pandemi covid-19 melanda maka program ini tidak bisa dilaksanakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Keramaian Pasar Jelang Perayaan Diwali di India

Posted: 08 Nov 2020 10:00 PM PST

Orang-orang mengenakan masker saat mereka berbelanja menjelang Diwali atau tradisi perayaan festival cahaya di Mumbai, India, Minggu (8/11/2020). Pemerintah memperingatkan akan ada lebih dari 10 ribu kasus yang muncul setelah Festival Diwali dilakukan. (AP Photo/Rajanish Kakade)
Orang-orang mengenakan masker saat mereka berbelanja menjelang Diwali atau tradisi perayaan festival cahaya di Mumbai, India, Minggu (8/11/2020). Pemerintah memperingatkan akan ada lebih dari 10 ribu kasus yang muncul setelah Festival Diwali dilakukan. (AP Photo/Rajanish Kakade)

Orang-orang mengenakan masker saat mereka berbelanja menjelang Diwali atau tradisi perayaan festival cahaya di Mumbai, India, Minggu (8/11/2020). Pemerintah memperingatkan akan ada lebih dari 10 ribu kasus yang muncul setelah Festival Diwali dilakukan. (AP Photo/Rajanish Kakade)

Pembeli memadati area pasar antara Teen Darwaja dan Kuil Bhadrakali menjelang Diwali, Festival Cahaya Hindu, di Ahmedabad, India, Minggu (8/11/2020). India saat ini menjadi negara kedua yang paling parah terdampak virus corona atau Covid-19 setelah Amerika Serikat. (SAM PANTHAKY/AFP)
Pembeli memadati area pasar antara Teen Darwaja dan Kuil Bhadrakali menjelang Diwali, Festival Cahaya Hindu, di Ahmedabad, India, Minggu (8/11/2020). India saat ini menjadi negara kedua yang paling parah terdampak virus corona atau Covid-19 setelah Amerika Serikat. (SAM PANTHAKY/AFP)

Pembeli memadati area pasar antara Teen Darwaja dan Kuil Bhadrakali menjelang Diwali, Festival Cahaya Hindu, di Ahmedabad, India, Minggu (8/11/2020). India saat ini menjadi negara kedua yang paling parah terdampak virus corona atau Covid-19 setelah Amerika Serikat. (SAM PANTHAKY/AFP)

Pembeli memadati area pasar antara Teen Darwaja dan Kuil Bhadrakali menjelang Diwali, Festival Cahaya Hindu, di Ahmedabad, India, Minggu (8/11/2020). Pemerintah memperingatkan akan ada lebih dari 10 ribu kasus yang muncul setelah Festival Diwali dilakukan. (SAM PANTHAKY/AFP)
Pembeli memadati area pasar antara Teen Darwaja dan Kuil Bhadrakali menjelang Diwali, Festival Cahaya Hindu, di Ahmedabad, India, Minggu (8/11/2020). Pemerintah memperingatkan akan ada lebih dari 10 ribu kasus yang muncul setelah Festival Diwali dilakukan. (SAM PANTHAKY/AFP)

Pembeli memadati area pasar antara Teen Darwaja dan Kuil Bhadrakali menjelang Diwali, Festival Cahaya Hindu, di Ahmedabad, India, Minggu (8/11/2020). Pemerintah memperingatkan akan ada lebih dari 10 ribu kasus yang muncul setelah Festival Diwali dilakukan. (SAM PANTHAKY/AFP)

Pembeli memadati area pasar antara Teen Darwaja dan Kuil Bhadrakali menjelang Diwali, Festival Cahaya Hindu, di Ahmedabad, India, Minggu (8/11/2020). India saat ini menjadi negara kedua yang paling parah terdampak virus corona atau Covid-19 setelah Amerika Serikat. (SAM PANTHAKY/AFP)
Pembeli memadati area pasar antara Teen Darwaja dan Kuil Bhadrakali menjelang Diwali, Festival Cahaya Hindu, di Ahmedabad, India, Minggu (8/11/2020). India saat ini menjadi negara kedua yang paling parah terdampak virus corona atau Covid-19 setelah Amerika Serikat. (SAM PANTHAKY/AFP)

Pembeli memadati area pasar antara Teen Darwaja dan Kuil Bhadrakali menjelang Diwali, Festival Cahaya Hindu, di Ahmedabad, India, Minggu (8/11/2020). India saat ini menjadi negara kedua yang paling parah terdampak virus corona atau Covid-19 setelah Amerika Serikat. (SAM PANTHAKY/AFP)

Pembeli memadati area pasar antara Teen Darwaja dan Kuil Bhadrakali menjelang Diwali, Festival Cahaya Hindu, di Ahmedabad, India, Minggu (8/11/2020). Pemerintah memperingatkan akan ada lebih dari 10 ribu kasus yang muncul setelah Festival Diwali dilakukan. (SAM PANTHAKY/AFP)
Pembeli memadati area pasar antara Teen Darwaja dan Kuil Bhadrakali menjelang Diwali, Festival Cahaya Hindu, di Ahmedabad, India, Minggu (8/11/2020). Pemerintah memperingatkan akan ada lebih dari 10 ribu kasus yang muncul setelah Festival Diwali dilakukan. (SAM PANTHAKY/AFP)

Pembeli memadati area pasar antara Teen Darwaja dan Kuil Bhadrakali menjelang Diwali, Festival Cahaya Hindu, di Ahmedabad, India, Minggu (8/11/2020). Pemerintah memperingatkan akan ada lebih dari 10 ribu kasus yang muncul setelah Festival Diwali dilakukan. (SAM PANTHAKY/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ungkap 6 Kepribadian Seseorang dari Cara Bicara, Kamu yang Mana?

Posted: 08 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setiap individu memiliki kepribadian dan sifatnya masing-masing. Ada orang yang memiliki kepribadian terbuka, suka bergaul dan ada pula yang tertutup serta penyendiri. Kepribadian seseorang juga dapat terbentuk dari berbagai hal, seperti pengalaman, pelajaran hidup dan lain sebagainya.

Namun rupanya kepribadian seseorang dapat diungkap melalui banyak cara. Mulai dari melihat dari cara berjalan, bentuk bibir hingga cara berbicara. Ada berbagai cara bicara yang digunakan manusia untuk berkomunikasi. Berbagai cara bicara tersebut dapat menggambarkan kepribadian seseorang.

Jadi jika kamu ingin menebak kepribadian seseorang, kamu dapat melihat dari caranya berbicara. Seperti berbicara dengan lantang, lembut, pelan dan lain sebagainya. Cara ini memang tidak selalu akurat, namun tak ada salahnya untuk dicoba hanya sebagai pengalaman baru dan referensi semata.

Penasaran seperti apa? Berikut 6 cara bicara yang dapat ungkap kepribadian seseorang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (9/11/2020).

1. Berbicara cepat

Ungkap 6 Kepribadian Seseorang dari Cara Bicara, Kamu yang Mana? (Sumber: Unsplash)
Ungkap 6 Kepribadian Seseorang dari Cara Bicara, Kamu yang Mana? (Sumber: Unsplash)

Orang yang sering bicara secara cepat atau tempo yang tergesa-gesa biasanya adalah orang yang ingin didengarkan. Orang ini Seringkali tak punya waktu banyak untuk bicara. Selain karena sibuk hal itu juga karena ia tidak terlalu mendominasi suatu percakapan.

Terkadang ada yang memotong pembicaraannya sehingga ketika memiliki kesempatan untuknya bicara, ia berusaha secepat mungkin menyampaikan pendapatnya. Berbicara dengan cepat seringkali membuat apa yang dimaksud oleh orang ini jadi tidak tersampaikan dengan baik

2. Berbicara Lantang

Ungkap 6 Kepribadian Seseorang dari Cara Bicara, Kamu yang Mana? (Sumber: Pexels)
Ungkap 6 Kepribadian Seseorang dari Cara Bicara, Kamu yang Mana? (Sumber: Pexels)

Orang yang sering bicara dengan suara lantang atau keras, biasanya adalah sosok yang ingin mendominasi atau memimpin. Ia ingin didengarkan saat mengeluarkan pendapat. Ia memang memiliki sifat pemimpin namun terkadang juga hanya bentuk dari rasa egoisnya.

Seringkali orang yang bicara dengan suara lantang adalah pribadi yang tegas. Namun bisa juga sebaliknya, orang yang suka bicara lantang adalah sosok yang ingin mendapat perhatian. Ia juga haus akan pujian dan dukungan dari orang sekitar. Hal itulah yang membuat dirinya sering berbicara dengan suara lantang.

3. Berbicara dengan lembut

Ungkap 6 Kepribadian Seseorang dari Cara Bicara, Kamu yang Mana? (Sumber: pexels.com/pixabay)
Ungkap 6 Kepribadian Seseorang dari Cara Bicara, Kamu yang Mana? (Sumber: pexels.com/pixabay)

Orang-orang yang bicara dengan kata-kata lembut biasanya terlalu memikirkan apa pendapat orang tentang dirinya. Ia berusaha membangun kesan yang baik sehingga orang-orang menyukainya. Namun seringkali, ia juga punya maksud tersembunyi saat hendak membangun citra yang baik.

Maksud tersembunyi itu bisa bertujuan baik dan mungkin juga bertujuan buruk. Tergantung dengan watak orang tersebut. Faktor ekspresi wajah bisa menjadi petunjuk untuk mempertimbangkan hal tersebut.

4. Berbicara dengan suara pelan

Ungkap 6 Kepribadian Seseorang dari Cara Bicara, Kamu yang Mana? (Sumber: unsplash.com/Ben White)
Ungkap 6 Kepribadian Seseorang dari Cara Bicara, Kamu yang Mana? (Sumber: unsplash.com/Ben White)

Orang-orang yang sering bicara dengan suara pelan biasanya adalah sosok yang kurang percaya diri. Orang ini sering merasa minder sehingga berpikiran lebih baik memelankan suara. Sifatnya yang kurang percaya diri itu seringkali membuatnya susah untuk bergaul dengan lingkungan baru.

Seseorang yang berbicara dengan suara pelan adalah sosok yang cenderung pemalu. Seringkali ketika bicara ia juga menundukkan kepala dan enggan menatap lawan bicaranya.

5. Berbicara dengan lambat

Ungkap 6 Kepribadian Seseorang dari Cara Bicara, Kamu yang Mana? (Sumber foto: pexels.com)
Ungkap 6 Kepribadian Seseorang dari Cara Bicara, Kamu yang Mana? (Sumber foto: pexels.com)

Orang-orang yang berbicara dengan lambat memang terkesan kurang pintar. Namun mungkin saja sebaliknya, orang yang bicara lambat cenderung adalah pribadi yang pemikir dan cerdas. Orang ini memiliki pikiran yang aktif dan mempertimbangkan dengan baik dalam menyampaikan maksud dan pendapatnya.

Orang yang baru pertama kali mengenalnya mungkin mengira ia adalah orang yang bodoh karena bicaranya lambat. Namun sebenarnya ia hanya sedang sibuk dalam pikirannya.

6. Bicara sarkas

Ungkap 6 Kepribadian Seseorang dari Cara Bicara, Kamu yang Mana? (Sumber foto: unsplash.com)
Ungkap 6 Kepribadian Seseorang dari Cara Bicara, Kamu yang Mana? (Sumber foto: unsplash.com)

Meski terdengar kasar dan tidak sopan, namun orang yang sering berkata-kata sarkas ternyata memiliki mental dan fungsi otak lebih baik dibanding orang yang tidak suka dengan kata-kata kasar atau sarkas. Selain itu, orang sarkas memiliki kepribadian yang blak-blakan, apa adanya dan biasanya memiliki karakter yang kuat serta suka mendominasi.

Namun sayangnya ia sulit mengontrol perkataannya saat emosi. Ia tidak segan berbicara sarkas dan kasar meskipun kepada lawan bicara yang lebih tua darinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Tes Swab Warga Garut Lampaui Target WHO, Lalu?

Posted: 08 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Garut - Sesuai arahan Kementerian Kesehatan RI, Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Garut, Jawa Barat mencatat, lebih dari 34 ribu warga Garut, telah melakukan swab tes atau tes usap.

Capaian ini bahkan melebihi acuan badan kesehatan dunia WHO (World Health Organization) yang menetapkan target di angka 27 ribu.

"Jadi kami sudah melebihi daripada enam ribu lebih," ujar Bupati Garut, Rudy Gunawan, selaku Ketua Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19, Jumat (6/11/2020).

Menurutntya, pelaksanaan tes usap bagi masyarakat, dinilai penting di tengah ancaman meningkatkan klaster baru saat ini. Selain klaster pesantren, klaster lain seperti perkantoran hingga tenaga kesehatan di institusi kesehatan, mulai terjangkit Covid-19.

Dalam prakteknya, uji usap dilakukan bagi masyarakat yang telah bepergian dari dan keluar Kota Garut, termasuk di kecamatan yang sudah masuk zona merah Covid-19.

"Jadi tracing yang akan dilakukan bilamana ada satu keluarga yang positif, maka yang kontak erat yang gaul setiap hari lebih dari pada dua hari itu dilakukan tracing, meskipun tanpa gejala," kata dia.

Saat ini, tersediaan PCR (Polymerase Chain Reaction) yang biasa digunakan dalam kegiatan tes usap, masih tersedia sesuai dengan kebutuhan.

"Kami mendapatkan bantuan dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan Pemda pun menyediakan dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah)," ujar Bupati Garut.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tak Akan Berhenti

Seperti diketahui, Swab dan PCR tak terpisahkan dalam metode tes untuk mendiagnosa pasien Covid-19. Swab adalah cara untuk memperoleh bahan pemeriksaan dengan cara mengusap rongga nasofarings dengan menggunakan alat seperti  kapas lidi khusus.

Sementara PCR, merupakan metode pemeriksaan virus SARS Co-2 dengan mendeteksi DNA virus. Uji ini mampu mendiagnosa apakah seseorang positif atau tidak SARS Co-2. Pemeriksaan PCR dinilai lebih akurat dibanding rapid test. 

Meskipun jumlah warga yang telah mengikuti tes usap melampaui target WHO, Rudy menegaskan tes PCR tak akan berhenti.

"Tdak ada pemberhentian tes PCR, cuman tes PCR itu hanya diberlakukan kepada mereka yang kontak erat," ujarnya.

Untuk itu, di tengah ancaman timbulnya klaster baru Covid-19, Rudy memastikan pelaksanaan tes usap atau swab tes akan tetap dilakukan sesuai instruksi pemerintah.

"Jadi dari protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh Menteri Kesehatan terbaru, bahwa swab dilakukan kepada yang kontak yang sangat erat dan yang mempunyai gejala," kata dia.

Data terbaru tim gugus tugas penanggulangan Covid-19 Garut mencatat, total kasus Covid-19 di Garut mencapai 12.534 kasus, dari jumlah itu sebanyak 915 kasus terdeteksi positif virus corona. Rinciannya, sebanyak 287 Kasus isolasi RS/perawatan, 611 Kasus sembuh dan 17 Kasus meninggal.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top Skor Liga Champions: Striker Juventus Ganggu Posisi Bomber MU

Posted: 08 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Liga Champions 2020-2021 telah merampungkan matchday ketiga. Ada beberapa kejutan yang tercipta. Kejutan juga terjadi pada daftar pencetak gol terbanyak sementara.

Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Robert Lewandowski yang biasanya merajai daftar top skor Liga Champions kini terpental dari posisi teratas.

Messi baru membuat tiga gol di Liga Champions. Sedangkan Ronaldo malah nihil karena baru main sekali setelah sempat terpapar Covid-19. Adapun Lewandowski membuat dua gol.

Pemuncak daftar top skor sementara Liga Champions dihuni empat muka baru yakni Diogo Jota dari Liverpool, Alvaro Morata (Juventus), Erling Haaland (Borussia Dortmund) dan Marcus Rashford (Manchester United).

Haaland, Rashford, Jota dan Morata sama-sama membuat empat gol di Liga Champions 2020-2021. Hanya Rashford yang tak membuat gol di matchday kelima.

Rashford dan MU menelan pil pahit di matchday kelima Liga ChampionsMU kalah 1-2 ketika dijamu Istanbul Basaksehir.

 

 

Daftar

ilustrasi Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)

Daftar Top Skor Liga Champions

4 Gol

Diogo Jota

Erling Haaland

Marcus Rashford

Alvaro Morata

3 Gol

3 Gol

Alassane Plea

Duvan Zapata

Lionel Messi

Ferran Torres

Timo Werner

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anya Geraldine Lapor ke Pihak Cyber Crime Soal Hoax Video Syur Miripnya

Posted: 08 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anya Geraldine tertimpa hoax video syur mirip dirinya. Potongan gambar dari video panas itu sendiri telah menyebar di dunia maya pada Senin (9/11/2020) pagi.

Dengan cepat Anya Geraldine pun memberi klarifikasi. Ia tak habis pikir mengapa ada orang yang berani mengatakan bahwa pelaku video syur itu dirinya.

"Oh ada yang sebar hoax mentang2 lagi ada yang viral. Ada akun yang promo terus kmn2 bilang org yg mirip gue itu gue, bener kepengen di laporin polisi? Gak bener deh kelakuan lo," kata dia di Twitter, Senin (9/11/2020) siang.

Berselang beberapa menit kemudian, Anya Geraldine mengunggah tangkapan layar percakapan WhatsApp yang menunjukkan bahwa kasus ini telah dilaporkan kepada pihak berwajib.

Lapor ke Cyber Crime

[Foto: Twitter Anya Geraldine]
[Foto: Twitter Anya Geraldine]

"Lagi contact combes cyber. Udah gue contact langsung digas. Mereka juga udh tau," begitu isi percakapan WhatsApp nya. 

Menyertai foto tangkapan layar tersebut, Anya Geraldine pun memberi peringatan kepada pihak-pihak yang merasa telah menyebarkan hoax video syur ini.

Hati-Hati!

Dari banyaknya gaya yang ia bagikan, Anya sering memakai baju warna putih yang bikin dirinya semakin memesona. Meskipun hanya kaos santai. (Liputan6.com/IG/@anyageraldine)
Dari banyaknya gaya yang ia bagikan, Anya sering memakai baju warna putih yang bikin dirinya semakin memesona. Meskipun hanya kaos santai. (Liputan6.com/IG/@anyageraldine)

"Be careful buat yang ngerasa udah spread hoax, cm mau bilang hati2 aja Smiling face with halo bersyukur aku punya tmn pd baik suka bantu kalau ada masalah, apalagi yang jatohnya fitnah. you're in serious trouble," tuturnya.

Inisial RS

Salah satu rekan Anya Geraldine, Chef Arnold Poernomo memberi dukungan dan pembelaan. Sang koki juga menyeret bama seseorang berinisial RS.

"Tinggal WA gw! Namanya RS udh siap untuk diciduk. Jgn macem macem ama tmn gw!" kata Chef Arnold di kolom komentar cuitan Anya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Calon Pengantin Perempuan Pingsan Saat Foto Pre Wedding, Ini Dia Penyebabnya

Posted: 08 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Video calon pengantin perempuan pingsan saat foto pre wedding viral di media sosial. Terjadi saat sepasang calon pengantin melakukan foto pre wedding di atas bukit. Terlihat calon pengantin laki-laki menggendong pasangannya yang pingsan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Tahun Berkarya dengan Memadukan Seni Lukis Lampion dan Batik Tulis

Posted: 08 Nov 2020 09:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pekalongan, Solo, dan Cirebon adalah tiga kota yang menjadi pusat batik terbesar di Indonesia. Melihat fakta bahwa batik menjadi warisan budaya tak benda atau Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO, 

Batik merupakan warisan budaya tak benda atau Intangible Cultural Heritage (ICH) yang ditetapkan UNESCO pada 2009. Jika ditelusuri, tiga kota terbesar batik ada di Pekalongan, Solo, dan Cirebon. 

Meski tiga kota itu paling dikenal, namun hampir setiap daerah memiliki motif batik. Salah satunya adalah Gresik. Ya, Gresik kini punya batik dengan desain unik yang dihadirkan oleh Nur Kholis. 

Nama usaha yang didirikan Nur Kholis adalah Batik Bangsawan. Pria kelahiran 1981 ini mengaku bahwa kotanya bukan daerah yang memiliki akar pembatikan. 

Namun Nur Kholis yakin bahwa daerahnya bisa menciptakan motif batik yang unik dan dapat diterima pasar. Tak muluk-muluk, Nur Kholis membuat usaha batik ini dengan harapan ingin menyelamatkan tradisi Damar Kurung yang melegenda di Gresik, dari kepunahan. Juga memberi peluang agar anak-anak dapat terlibat langsung pada proses membatik sejak dini. 

"Damar Kurung adalah seni menghias lampion dengan objek lukis kegiatan masyarakat urban sehari-hari, seperti bermain layangan, kenduri, pencak silat, tilik orang sakit, keramaian pasar malam, dan lainnya," kata Nur Kholis. 

Oleh karena itu, Nur Kholis pun mulai merintis usahanya dengan menggabungkan teknik membatik tulis dengan tradisi Damar Kurung.

Modal Rp10 Juta Omzet Capai Rp100 Juta

Nur Kholis mendirikan usaha Batik Bangsawan dibantu oleh sang istri. Pada Februari 2011, mereka memutuskan menggelontorkan tabungan pribadi sebesar Rp10 juta. 

Untuk meneruskan operasional, salah satunya menyewa toko, Nur Kholis juga melakukan pinjaman ke bank. Dari hasil pinjaman itu, Nur Kholis kini bisa menciptakan KAWULO ALIT yang menjadi motif batik khas Gresik (desain terdaftar). 

Motif batik ini berisi 50 lebih fragmen atau penggalan cerita rakyat, seperti anak bermain layangan, bermain odong-odong, kemeriahan pasar malam, para petani, buruh, pedagang asongan, penjual gorengan, orang kenduri, pertandingan pencak silat, dan kehidupan lainnya.

Dari banyaknya fragmen yang ditampilkan, usaha Nur Kholis pun berdampak positif pada kehidupan sosial di daerahnya. Ya, Nur Kholis kini mempekerjakan 13 karyawan, di antaranya: 

  • 4 orang pembatik tulis 2 orang pembatik cap yang digaji dengan rentang gaji Rp1,2-1,5 juta
  • 4 orang aktif penjahit yang digaji disesuaikan dengan banyaknya orderan dengan rata-rata Rp1,2-1,5 juta
  • 1 orang penjaga toko yang digaji dengan rentang gaji Rp1,2-1,5 juta
  • 2 orang online store yang digaji disesuaikan dengan banyaknya orderan untuk fotografer produk, admin dan kurir, bayarannya dalam satu sesi adalah Rp200-500 ribu

Penghasilan untuk karyawan itu ternyata masih diluar bonus.

Target Pasar yang Meluas

Meski didirikan pada 2009, namun Batik Bangsawan berhasil memperluas target pasarnya. Awalnya pada 2011 target pasar Batik Bangsawan adalah menengah ke bawah. Mereka dapat membeli motif batik khas Gresik ini secara offline. 

Namun ternyata, peminat Batik Bangsawan makin banyak. Alhasil Batik Bangsawan juga dipasarkan secara online. Bahkan kini, pemasaran dilakukan untuk pasar menengah ke atas yang dijangkau melalui kegiatan direct selling ke perusahaan dan penjualan online di website yang dimulai pada 2016, dan Facebook, Instagram serta marketplace dimulai tahun ini.

Keberhasilan Nur Kholis mempertahankan usahanya patut diapresiasi. Dari modal sebesar Rp10 juta dan pinjaman bank, Nur Kholis berhasil meraup omzet Rp25 juta-Rp100 juta per bulan. 

Bahkan kini Batik Bangsawan memiliki aset perusahaan seperti mobil operasional, peralatan untuk online shop, dua tempat workshop batik cap dan batik tulis di Lamongan. Meski demikian toko dan tempat produksi masih menyewa.

Dengan semua kerja kerasnya selama ini, Nur Kholis pun berkomitmen untuk terus membangun gagasan kreativitas batik tulis yang baru. 

"Jadi, baik dalam konsep desain dan SDM dilibatkan, serta membangun basis online yang kuat untuk menjangkau pasar lebih luas," katanya. 

Nah jika kamu tertarik membeli produk lokal karya anak bangsa, segera kunjungi e-commerce ini atau website Batik Bangsawan. Follow juga akun Instagram @batik.bangsawan

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stafsus Angkie Yudistia: Yogyakarta adalah Kota yang Ramah Terhadap Penyandang Disabilitas

Posted: 08 Nov 2020 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menuju Hari Disabilitas Internasional 3 Desember mendatang Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia Gelar Lokakarya di Yogyakarta. Dalam acara tersebut ia menyebut Presiden Joko Widodo telah memberikan perhatian lebih terhadap penyandang disabilitas.

Pernyataan staf khusus yang juga menyandang disabilitas tuli tersebut didasari oleh adanya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

"Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas telah menjamin pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam segala aspek kehidupan seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan, politik, pemerintahan, kebudayaan, pariwisata, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi," kata Angkie dalam acara yang digelar pada Senin (9/11/20) tersebut.

Ia menambahkan, sepanjang 2019 sampai 2020 terdapat 6 peraturan turunan yaitu Peraturan Pemerintah dan dua Peraturan Presiden yang merupakan peraturan turunan dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016.

"Ini menjadi bukti bahwa Bapak Presiden Joko Widodo pada saat ini memberikan perhatian lebih terhadap penyandang disabilitas. Salah satunya Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2020 tentang Akomodasi Layak Bagi Peserta Didik Penyandang Disabilitas."

Sesuai dengan aturan tersebut, akomodasi yang layak adalah modifikasi dan penyesuaian yang tepat untuk menjamin pelaksanaan semua hak asasi manusia dan kebebasan fundamental untuk penyandang disabilitas berdasarkan kesetaraan, khususnya dalam bidang pendidikan.

"Penyediaan akomodasi yang layak di bidang pendidikan bertujuan untuk menjamin terselenggaranya dan terfasilitasinya pendidikan untuk peserta didik penyandang disabilitas seluruh jalur, jenjang, dan jenis pendidikan baik secara inklusi maupun secara khusus oleh pemerintah pusat dan daerah."

Yogyakarta Sebagai Kota Ramah Disabilitas

Dalam kesempatan yang sama, Angkie juga menjelaskan alasannya menggelar rangkaian lokakarya peringatan Hari Disabilitas Internasional di Yogyakarta.

Menurutnya, ada beberapa indikasi yang menunjukkan bahwa Yogyakarta adalah kota yang ramah terhadap penyandang disabilitas.

"Yang pertama dengan disahkannya Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2019 tentang Pemajuan, Perlindungan, dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas. Dari segi jumlah sekolah inklusi di Yogyakarta hingga 2019 telah berjumlah 67 sekolah inklusi dan ditargetkan hingga 85 sekolah inklusi pada 2022."

Selain itu, pemerintah Yogyakarta sudah membentuk kecamatan inklusi secara bertahap sejak 2017. Hingga akhir 2019 sudah ada 10 kecamatan yang inklusi dari 14 kecamatan yang ada.

"Ditargetkan seluruh kecamatan di Yogyakarta menjadi kecamatan inklusi di 2021 mendatang," pungkasnya.

Infografis Disabilitas

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apa yang Terjadi Bila Donald Trump Menolak Tinggalkan Gedung Putih?

Posted: 08 Nov 2020 09:52 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C. - Presiden Donald Trump telah menyatakan tidak akan menerima hasil Pemilu Presiden Amerika Serikat 2020 jika dia kalah. Lalu muncul pertanyaan, bagaimana jika ia dinyatakan kalah secara resmi namun tetap tidak ingin meninggalkan Gedung Putih.

Dalam satu skenario, bila Joe Biden menang dengan selisih yang cukup lebar di negara bagian sehingga hasil pemilu yang sebenarnya tidak diragukan lagi, maka akan menentang pernyataan Trump yang mengatakan ia hanya akan kalah bila dicurangi.

Menurut Amandemen ke-20, jika Trump kalah dalam pemilihan, masa jabatannya akan berakhir pada 20 Januari 2021, di mana dia secara resmi akan menyerahkan kewenangan panglima tertinggi AS kepada Biden.

"Bahkan jika ia tidak setuju dengan hasilnya, hampir pasti ia akan dikeluarkan dari Gedung Putih," ujar Robert Shapiro, seorang profesor dan mantan direktur pelaksana Institut Penelitian dan Kebijakan Sosial dan Ekonomi Universitas Columbia.

Dikutip dari Livescience, Senin (9/11/2020), segala kemungkinan dapat terjadi dalam beberapa waktu ke depan. Trump mungkin secara resmi kalah dalam pemilihan, lalu setuju untuk meninggalkan jabatannya atau ia mungkin bisa bertahan di kantornya.

Trump akan Menempuh Langkah Pengadilan

Presiden Donald Trump meninggalkan podium usai berbicara tentang hasil Pilpres AS 2020 di Gedung Putih, Kamis (5/11/2020). Hingga saat ini proses penghitungan suara pemilihan presiden Amerika masih berlangsung, namun perolehan suara Trump maupun Joe Biden masih bersaing ketat. (AP Photo/Evan Vucci)
Presiden Donald Trump meninggalkan podium usai berbicara tentang hasil Pilpres AS 2020 di Gedung Putih, Kamis (5/11/2020). Hingga saat ini proses penghitungan suara pemilihan presiden Amerika masih berlangsung, namun perolehan suara Trump maupun Joe Biden masih bersaing ketat. (AP Photo/Evan Vucci)

Trump telah berulang kali mengatakan di depan umum bahwa dia mengharapkan dapat memenangkan pemilihan melalui pertempuran pengadilan (sebagai upaya banding dari kemenangan dalam pemungutan suara).

Hal itu bukan yang pertama terjadi. Dalam pemilihan presiden AS 2000, Gubernur Texas George W. Bush mengalahkan Wakil Presiden Al Gore, bukan dengan jelas memiliki suara terbanyak yang mendukungnya, tetapi dengan lebih efektif melawan pertempuran di pengadilan setelah hasil Florida yang begitu kabur.

Namun baik Bush maupun Gore tidak menyebut penyimpangan hukum sebelum pemilu benar-benar terjadi (tidak seperti Trump). Gore berjuang untuk melakukan penghitungan ulang, sedangkan Bush berjuang untuk menghentikan penghitungan ulang.

Trump sendiri telah melakukan upaya sebelum hari pemilihan untuk mencegah orang memberikan suara di negara bagian yang jadi kunci. Pengacara Republikan telah menyebar ke seluruh negeri untuk mempersulit pemungutan suara, namun sejauh ini langkah itu tidak berhasil.

Undang-undang federal mengatakan bahwa negara bagian harus menyelesaikan pilihan pemilih mereka pada 8 Desember. Lalu pada 14 Desember, lembaga pemilihan memberikan suara mereka. Pada saat itu, proses penghitungan telah selesai.

Jika lebih banyak suara Trump, dia akan mendapatkan pelantikan kedua. Jika lebih banyak suara untuk Biden, dia akan menjadi presiden terpilih yang sah di luar jangkauan gugatan pengadilan. 

Kandidat Presiden AS Selalu Menerima Hasil Pemilu

Foto 11 Maret 2020, Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat (AS). Presiden AS Donald Trump pada Rabu (11/3) mengatakan negaranya akan menangguhkan semua perjalanan dari negara-negara Eropa, kecuali Inggris, selama 30 hari dalam upaya memerangi virus corona Covid-19. (Xinhua/Liu Jie)
Foto 11 Maret 2020, Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat (AS). Presiden AS Donald Trump pada Rabu (11/3) mengatakan negaranya akan menangguhkan semua perjalanan dari negara-negara Eropa, kecuali Inggris, selama 30 hari dalam upaya memerangi virus corona Covid-19. (Xinhua/Liu Jie)

Meskipun Trump telah menolak untuk berkomitmen pada transfer kekuasaan secara damai, dia belum secara eksplisit mengatakan dia akan menolak hasil bahkan pada saat ini. Hal ini akan menjadi yang pertama dalam sejarah Amerika.

Ditanya apakah ada presiden yang pernah mengisyaratkan penolakan untuk menerima hasil pemilu, Bruce Schulman, seorang sejarawan di Universitas Boston, mengatakan tidak ada.

"Tidak ada preseden yang benar-benar seperti itu," ujar Schulman.

Pada 1824, Andrew Jackson, John Quincy Adams, Henry Clay dan William Crawford semuanya mencalonkan diri sebagai presiden, tidak ada yang memenangkan pemilihan mayoritas di perguruan tinggi dan DPR memilih Adams sebagai presiden.

Kontes kongres 1876 berakhir ketika Republikan Rutherford B. Hayes berjanji kepada Kongres Demokrat bahwa ia akan mengakhiri Rekonstruksi sebagai imbalan atas suara mereka. Itu tetap menjadi salah satu peristiwa paling penting dalam sejarah Amerika. Tetapi dalam kasus ini, yang kalah tetap menerima hasil akhirnya.

 

Bagaimana jika Trump Tetap Tidak Menerima Hasil Pemilu?

Ekspresi Presiden AS Donald Trump saat menghadiri National Prayer Breakfast atau Sarapan Doa Nasional di sebuah hotel di Washington DC (8/2). (AFP Photo/Mandel Ngan)
Ekspresi Presiden AS Donald Trump saat menghadiri National Prayer Breakfast atau Sarapan Doa Nasional di sebuah hotel di Washington DC (8/2). (AFP Photo/Mandel Ngan)

Dalam lembaran hukum, tidak banyak yang bisa dilakukan Trump untuk mempertahankan kekuasaannya.

"Biden pergi ke Gedung Putih dan Dinas Rahasia mengawal Trump keluar, itulah yang akan terjadi. Semua pegawai negeri pemerintah, setiap pegawai Amerika Serikat melapor kepada Joe Biden pada saat itu," imbuh Saphiro, seorang pakar politik asal AS.

Seorang sejarawan Universitas Stanford Jonathan Gienapp mengatakan, penolakan Trump untuk berkomitmen pada transfer kekuasaan secara damai membuat kekuatan institusi Amerika dipertanyakan.

Konstitusi sendiri tidak memiliki perlindungan langsung untuk memastikan perdamaian dan sebaliknya mengasumsikan bahwa setiap orang yang terlibat dalam pemilu memiliki komitmen yang sama untuk mematuhi hasil.

"Kami memiliki lembaga yang dapat dipanggil untuk menengahi perselisihan atau menolak perampasan kekuasaan yang melanggar hukum, tetapi perlindungan yang akan memutuskan masalah lebih bersifat politis daripada konstitusional," tambahnya.

"Pada akhirnya, transisi akan terjadi dan pemerintahan baru segera terwujud, lalu pemerintahan lama harus pergi," imbuh Shapiro.

 

Reporter: Ruben Irwandi

Peta Hasil Pemilu AS 2020

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ajukan Eksepsi: Irjen Napoleon Sebut Dakwaan Jaksa Rekayasa Perkara Palsu

Posted: 08 Nov 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Irjen Napoleon Bonaparte mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas dakwaan kasus suap penghapusan status red notice Djoko Tjandra yang dibacalan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada, Senin 2 November 2020 kemarin.

Menurut tim kuasa hukum Napoleon, dakwaan jaksa penuntut umum yang menyebut Napoleon menerima suap dari Djoko Tjandra terkait penghapusan red notice adalah rekayasa palsu.

"Bahwa perkara pidana yang melibatkan klien kami, Irjen Napoleon Bonaparte dalam hal penerimaan uang sejumlah SGD 200 ribu dan USD 270 ribu untuk pengurusan penghapusan red notice adalah merupakan rekayasa perkara palsu," ujar Santrawan Paparang, tim kuasa hukum Napoleon di Pengadilan Tipikor, Senin (9/11/2020).

Santrawan menyatakan demikian bukan tanpa alasan. Menurutnya, kuitansi atau bukti penerimaan uang dari Djoko Tjandra tidak ada hubungannya dengan Napoleon. Jaksa menyebut, uang dari Djoko Tjandra diterima Napoleon melalui Tommy Sumardi.

Menurut Santrawan, bukti soal penerimaan uang terhadap kliennya tak kuat lantaran hanya berdasarkan kesaksian dari satu orang, yakni keterangan dari Tommy Sumardi.

"Bahwa tidak ada keterangan kesaksian yang termuat di dalam keseluruhan berita acara pemeriksaan (BAP) dari saksi Djoko Soegiarto Tjandra yang menerangkan keterlibatan langsung maupun tidak langsung Irjen Napoleon Bonaparte terhadap penyerahan dan penerimaan uang sebagaimana kwitansi tanda terima," kata dia.

Dia menerangkan, kwitansi tanda terima uang yang diterjma Tommy Sumardi dari Djoko Tjandra berturut-turut pada 27 April 2020 sebesar SGD 100 ribu, 28 April sebesar SGD 200 ribu, 29 April sebesar USD 100 ribu, 4 Mei 2020 sebesar USD 150 ribu, 12 Mei sebesar USD 100 ribu, dan 22 Mei 2020 sebesar USD 50 ribu.

"Maka seharusnya demi hukum di dalam kuitansi tanda terima uang wajib dicatat maksud penerimaan uang yang diterima Tommy Sumardi dari Djoko Tjandra akan dipergunakan untuk kepentingan apa," kata dia. 

Tim kuasa hukum juga menjelaskan uang USD 20 ribu yang dijadikan barang bukti oleh penuntut umum bukan dari Tommy Sumardi, melainkan dari istri Brigjen Prasetijo Utomo. Uang itu diperuntukkan buat barang bukti di Propam Polri.

"Bahwasanya uang USD 20 ribu adalah uang milik sah dari istri Brigjen Prasetijo Utomo dalam bentuk mata uang rupiah di mana ketika itu Divisi Propam Polri meminta kepada Brigjen Prasetijo Utomo agar menyiapkan barang bukti uang USD 20 ribu, dan mengingat karena ia Brigjen Prasetijo tak memiliki uang, maka Brigjen Prasetijo menulis sepotong surat kepada istrinya dengan meminta uang sejumlah USD 20 ribu," paparnya.

Oleh karena itu, dia menilai uang USD 20 ribu yang dijadikan barang bukti untuk kasus kliennya cacat hukum. Dia membantah uang itu penerimaan dari Tommy Sumardi, melainkan uang istri Brigjen Prasetijo yang dipinjam oleh Divisi Prompam untuk barang bukti.

"Bahwa dengan demikian, keberadaan barang bukti uang USD 20 ribu yang oleh penyidik Tipikor Bareskrim Polri dijadikan barang bukti dalam berkas perkara klien kami terdakwa Irjen Napoleon adalah melawan hukum, cacat hukum, tidak sah berkekuatan hukum dan batal demi hukum dengan segala akibatnya," kata dia.

 

Urus Status Red Notice

Kejaksaan Agung (Kejagung) menyampaikan tanggapannya terkait beredarnya foto yang menunjukkan momen diduga jamuan makan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan terhadap terdakwa kasus Djoko Tjandra yakni Irjen Napoleon Bonaparte dan Brigjen Prasetijo Utomo.
Kejaksaan Agung (Kejagung) menyampaikan tanggapannya terkait beredarnya foto yang menunjukkan momen diduga jamuan makan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan terhadap terdakwa kasus Djoko Tjandra yakni Irjen Napoleon Bonaparte dan Brigjen Prasetijo Utomo.

Diberitakan sebelumnya, mantan Kadiv Hubinter Irjen Napoleon Bonaparte menerima sejumlah uang untuk mengurus status red notice Djoko Tjandra.

"Telah menerima pemberian atau janji yaitu terdakwa Irjen Pol Napoleon Bonaparte menerima uang sejumlah SGD 200 ribu dan USD 270 ribu," kata jaksa saat pembacaan dakwaan.

Jaksa menyebut, Irjen Napoleon menerima aliran uang tersebut langsung dari terdakwa Tommy Sumardi dengan maksud supaya pegawai negeri atau penyelenggara negara tersebut berbuat atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatannya, untuk menghapus nama Djoko Tjandra dari Daftar Pencanan Orang (DPO) yang dicatatkan di Direktorat Jenderal Imigrasi.

Dengan cara, Terdakwa Irjen Napoleon Bonaparte memerintahkan penerbitan surat yang ditujukan kepada Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI yaitu surat nomor B/1000/IV/2020/NCB-Div HI, tanggal 29 April 2020, surat nomor: B/1030/V/2020/NCB-Div HI tanggal 04 Mei 2020, surat nomor 8 1036/V/2020/NCB-Div HI tgi 05 Mei 2020.

"Yang dengan surat-surat tersebut pada tanggal 13 Mei 2020, pihak Imigrasi melakukan penghapusan status DPO atas nama Joko Soegiarto Tjandra dari sistem Enhanced Cekal System (ECS) pada Sistim Informasi Keimigrasian (SIMKIM) Direktorat Jenderal Imigrasi," jelas dia.

Jaksa menegaskan, perbuatan tersebut mengakibatkan terhapusnya status DPO Djoko Tjandra pada sistem ECS Imigrasi. Sebagai polisi, Irjen Napoleon Bonaparte seharusnya melakukan penangkapan terhadap Djoko Tjandra jika masuk ke Indonesia.

"Petugas juga mesti menjaga informasi Interpol hanya untuk kepentingan kepolisian dan penegakan hukum serta tidak menerima pemberian berupa hadiah dan atau janji-janji," jaksa menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pedagang Pecel Lele Bertahan di Masa Pandemi Berkat Banpres Produktif

Posted: 08 Nov 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku UMKM Pecel lele dan gado-gado Iis Suminar mengaku senang mendapatkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif UMKM sebesar Rp 2,4 juta Oktober lalu. Sehingga usahanya bisa bertahan dan berkembang di masa pandemi covid-19.

"Alhamdulillah setelah ada bantuan UMKM Saya bersyukur saya bisa memperlebar tempat untuk usaha tambahan saya menambahkan usaha gorengan, dan saya memanfaatkan sayur yang ibu saya jual tidak terbuang sia-sia," kata Iis, dalam dialog produktif bersama FMB9ID_IKP, Senin (9/11/2020).

Awalnya ia mendapat informasi melalui media sosial terkait banpres tersebut, lalu ia bergegas ke bank di dekat rumahnya yakni di Cibinong, Bogor, untuk menanyakan lebih lanjut terkait bantuan tersebut.

Saat kedatangannya yang pertama ia bertanya kepada pihak bank untuk memastikan apakah ia layak mendapatkan banpres, ternyata setelah dicek Iis layak. Kemudian Iis mengajukan ke pihak desa untuk mendapatkan dana UMKM, dengan membawa KK, KTP, dan SKU.

Di hari berikutnya ia datang lagi ke bank untuk mengurus buku rekening dan ATM, agar dana tersebut bisa dicairkan. Setelah mengurus, ia diminta oleh pihak bank untuk menunggu selama seminggu, dan akhirnya dana tersebut telah cair di rekening Iis.

"Bantuannya Rp 2,4 juta Saya menerima bulan Oktober. Lumayan sulit pertama harus mempunyai ATM saya akan jual gado-gado tidak pernah memegang ATM atau apapun jadi saya harus mengajukan ATM ke bank," jelasnya.

Dirinya mengaku sangat bersyukur mendapatkan Banpres, sehingga usahanya bisa berkembang dan bisa dibelanjakan untuk kebutuhan berdagang, seperti membeli minyak goreng, gula aren, dan lainnya.

Sementara ia tidak membeli sayur dipasar untuk membuat gado-gado, melainkan ia membeli sayuran milik ibunya yang juga pedagang. Namun selama pandemi yang membeli sayuran menurun karena ada kebijakan PSBB, maka dirinya berinisiatif untuk memanfaatkan dan membeli sayur milik ibunya.   

 

Bantuan Kredit

Pecel Lele (Sumber: Wikipedia)
Pecel Lele (Sumber: Wikipedia)

Tak berhenti disitu, Iis mendapatkan informasi terkait tawaran bantuan kredit usaha Ultra mikro dari BRI yang berjumlah Rp 10 juta. Awalnya ia ragu untuk menerima tawaran tersebut, lantaran jumlahnya yang cukup besar, kata Iis.

Namun, akhirnya setelah berpikir Panjang ia menerima tawaran bantuan kredit usaha dari BRI. Dirinya yakin uang tersebut bisa menambah modal usahanya dan semakin maju.

"Alhamdulillah sekarang semakin maju, saya ambil saja uang itu saya gunakan untuk memperbesar tempat pecel itu kan sebelumnya sempit untuk menyimpan peralatan kemudian saya juga menambah tempat untuk dagang gorengan," jelasnya.

Untuk penyicilannya pihak bank BRI memberikan keringanan 3 bulan gratis pencicilan, setelahnya barulah dirinya mencicil. Iis mengambil cicilan selama 21 bulan dengan jumlah setoran Rp 509.000, menurutnya cicilannya ringan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

60 Kata-Kata Bijak Islami Motivasi yang Menyejukkan Hati

Posted: 08 Nov 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menenangkan diri bagi umat Islam sebenarnya bisa dilakukan dengan salat, membaca Al-Qur-an, dan zikir. Meski begitu, menyimak kata-kata bijak Islami motivasi juga bisa dijadikan pilihannya.

Kumpulan kata-kata bijak Islami motivasi ini tak hanya membahas persoalan akhirat, tetapi juga kental dengan duniawinya. Mulai dari ketakutan, kekhawatiran, kesabaran, rasa syukur, dan masih banyak lagi lainnya.

Kata-kata bijak Islami motivasi kali ini berasal dari ayat suci Al-Qur'an, Hadits, dan para ulama. Tak sekadar indah dan dalam maknanya, tetapi begitu menyejukkan hati.

Berikut Liputan6.com ulas kata-kata bijak Islami motivasi dari berbagai sumber, Selasa (9/11/2020).

Kata-Kata Bijak Islami Motivasi

Ilustrasi Al-Qur'an | Credit: freepik.com
Ilustrasi Al-Qur'an | Credit: freepik.com

1. Ketahuilah bahwa rasa syukur merupakan tingkatan tertinggi, dan ini lebih tinggi daripada kesabaran, ketakutan (khauf), dan keterpisahan dari dunia (zuhud). – Imam al-Ghazali

2. Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih. – QS. Ibrahim: 7

3. Rahasia kebahagiaan itu ada dalam 3 hal: Bersabar, Bersyukur dan ikhlas.

4. Selalu ada lebih banyak hal yang patut untuk disyukuri daripada mengeluh. Alhamdulillah.

5. Jika Allah memberi kamu nikmat sepotong roti saja, syukurilah itu, karena Allah tidak membuat kamu meminta-minta kepada orang lain untuk mendapatkan itu.

6. Jika kita saja tidak merasa bersyukur atas apa yang sudah kita miliki, lalu apa yang membuat kita berpikir bahwa kita akan bahagia dengan memiliki yang lebih banyak?

7. Barangsiapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak. (HR. Ahmad)

8. Bersyukurlah jika Allah memberimu ujian hidup, karena dengan demikian, Allah memberikanmu kesempatan untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi.

9. Tidaklah ada dari manusia melainkan: diuji dengan keselamatan agar diketahui bagaimana syukurnya, atau diuji dengan sebuah bencana agar diketahui bagaimana sabarnya. – Ibnu Qayyim

10. Mengeluh hanya akan membuat hidup kita semakin tertekan, sedangkan bersyukur akan senantiasa membawa kita pada jalan kemudahan.

Kata-Kata Bijak Islami Motivasi

Ilustrasi Al-Qur'an | Credit: freepik.com
Ilustrasi Al-Qur'an | Credit: freepik.com

11. Orang berilmu pengetahuan ibarat gula yang mengundang banyak semut. Dia menjadi cahaya bagi diri dan sekelilingnya." - Abdullah Gymnastiar

12. Jangan melibatkan hatimu dalam kesedihan atas masa lalu atau kamu tidak akan siap untuk apa yang akan datang. –Ali bin Abi Thalib

13. Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. – (Q.S At-Talaq: 4)

14. Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak. HR. Ahmad

15. Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, sesungguhnya dia pasti melihatmu. (HR Muslim)

16. Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan. (HR At-Thabrani dan Al-Bazzar)

17. Jangan sekali-kali merasa malu memberi walaupun sedikit, sebab tidak memberi sama sekali pasti lebih sedikit nilainya.

18. Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya. Dan laksanakanlah urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok. (HR. Ibnu Asakir)

19. Orang yang cerdas adalah orang yang mengendalikan dirinya dan bekerja untuk kehidupan setelah kematian. (HR. Tirmidzi)

20. Angin tidak berhembus untuk menggoyangkan pepohonan, melainkan menguji kekuatan akarnya.

Kata-Kata Bijak Islami Motivasi

Ilustrasi Al-Qur'an | Credit: freepik.com
Ilustrasi Al-Qur'an | Credit: freepik.com

21. Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui. (Q.S al-Ankabut 64)

22. Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini. – Hasan al Bashri

23. Hidup tanpa Allah ibarat sebuah pensil tumpul, ia tidak memiliki titik.

24. Hidup adalah sebuah perjalanan, yakni perjalanan dari Allah yang kemudian kembali lagi kepada Allah.

25. Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini. – Ali bin Abi Thalib

26. Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan. – `Amr ibn Abdullah

27. Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan hanya kepada-Nya lah kamu akan dikembalikan. – (Q.S Yunus: 56)

28. Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga dan gegabah; dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu. – Ali bin Abi Thalib

29. Apa yang ada di dunia ini tidak lain hanyalah mimpi yang dialami oleh orang yang sedang tidur? Dia merasakan kesenangan di dalamnya selama beberapa saat, dan kemudian terbangun untuk menghadapi kenyataan. – Hasan Al-Bashri

30. Dunia ini penjara bagi orang beriman dan surga bagi orang kafir. – Hadis

Kata-Kata Bijak Islami Motivasi

Ilustrasi Al-Qur'an | (sumber: Pixabay)
Ilustrasi Al-Qur'an | (sumber: Pixabay)

31. Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam. (Abu Hamid Al Ghazali)

32. Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar. (Nabi Muhammad SAW)

33. Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam. Abu Hamid Al Ghazali

34. Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik. Ali bin Abi Thalib

35. Kalau impianmu tak bisa membuatmu takut, mungkin karena impianmu tak cukup besar. (Muhammad Ali)

36. Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam. (Abu Hamid Al Ghazali)

37. Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu. (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

38. "Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik." (Ali bin Abi Thalib)

39. Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Al Insyirah 5)

40. Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu. (Ali bin Abi Thalib)

Kata-Kata Bijak Islami Motivasi

Ilustrasi Al-Qur'an | Pexels
Ilustrasi Al-Qur'an | Pexels

41. Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain. - Jalaludin Rumi

42. Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu. - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah

43. Janganlah engkau berduka atas apa yang telah terjadi, karena tidak ada apapun di dunia ini yang abadi. (Imam Syafi'i)

44. Kesabaran itu bermahkotakan keimanan. Orang yang kehilangan kesabarannya sama dengan tidak beriman. Nabi bersabda bahwa Allah tidak memberikan iman kepada orang yang bersifat pemarah.

45. Jangan hanya berterima kasih kepada Allah ketika semuanya berjalan baik, terima kasih kepada-Nya bahkan ketika segala sesuatunya terasa sulit.

46. Setiap napas baru yang Allah izinkan untuk kamu ambil bukan hanya berkah, tetapi juga tanggung jawab.

47. Kebanyakan dari kita tidak mensyukuri apa yang sudah kita miliki, tetapi kita menyesali apa yang belum kita capai.

48. Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan kesulitan bersama kemudahan. (HR Tirmidzi)

49. Apabila sesuatu yang kau senangi tidak terjadi maka senangilah apa yang terjadi. – Ali bin Abi Thalib

50. Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. (QS Al Insyirah 5)

Kata-Kata Bijak Islami Motivasi

Ilustrasi Al-Qur'an | Credit: freepik.com
Ilustrasi Al-Qur'an | Credit: freepik.com

51. Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat kebaikan. (Q.S Huud: 115)

52. Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. (Q.S Al-Baqarah: 153)

53. Memang sangat sulit untuk bersabar, tetapi menyia-nyiakan pahala dari kesabaran itulah yang lebih buruk. - Abu Bakar

54. Jika kamu mampu bersabar sebentar pada saat dirimu marah, maka hal itu dapat menghindarkanmu dari ribuan penyesalan di masa yang akan datang. - Ali bin Abu thalib

55. Ketika kamu terpancing untuk kehilangan kesabaran terhadap seseorang, coba pikirkanlah betapa Allah telah bersabar terhadapmu sejauh ini.

56. Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat.

57. Bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. (Q.S Luqman:17)

58. Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan datang kemudahan. (HR. Tirmidzi)

59. Sabar bukanlah bersikap pasif dan menunggu datangnya sebuah keajaiban, akan tetapi sabar adalah melakukan segala kemungkinan untuk mengubah situasi yang sedang menimpamu, kemudian serahkan sisanya kepada Allah.

60. Petunjuk tidak bisa dicapai kecuali dengan pengetahuan dan arah tujuan yang benar tidak bisa dituju kecuali dengan kesabaran. - Ibnu Taimiyah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stafsus Milenial Jokowi Jelaskan Soal Viral Surat Perintah untuk Mahasiswa

Posted: 08 Nov 2020 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Staf Khusus Milenial Presiden Jokowi, Aminuddin Ma'ruf, angkat bicara mengenai surat perintah yang ditunjukkan kepada Dewan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (DEMA PTKIN).

Dia menuturkan, surat tersebut sesuai dengan ketentuan operasional prosedur berlaku.

"Merujuk kepada SOP Penerimaan Tamu di Lingkungan Istana Negara. Maka, diperlukan surat tersebut sebagai pemberitahuan dari setiap unit kerja di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara yang akan melaksanakan kegiatan di lingkungan Istana Negara," kata Aminuddin dalam keterangan tertulis diterima, Senin (9/11/2020).

Dia menyayangkan, viralnya surat tersebut beserta seluruh isinya. Sebab menurut anak buah Jokowi ini, surat tersebut bersifat internal dan hanya untuk keperluan kordinasi pihak terkait di Kompleks Istana.

"Surat tersebut bersifat internal untuk keperluan koordinasi di Internal Istana, Setpres dan Setkab. Salah satunya digunakan untuk mendapatkan fasilitas rapid test bagi tamu," jelas dia.

Kendati demikian, pembantu milenial Presiden Jokowi ini membenarkan, bahwa dirinya akan menerima perwakilan Dewan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Hal itu sesuai dengan apa yang tertuang dalam surat tersebut.

"Saya memang akan menerima perwakilan dari aliansi mahasiswa DEMA PTKIN (Dewan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) Se Indonesia sesuai yang tertera di surat," dia menandasi.

 

Dikritik Ombudsman

Presiden Joko Widodo mengenalkan staf khusus di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Staf khusus baru kalangan milenial Mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia/PMII Aminuddin Ma'ruf, Peraih beasiswa kuliah di Oxford Billy Gracia Yosaphat Mambrasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Joko Widodo mengenalkan staf khusus di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Staf khusus baru kalangan milenial Mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia/PMII Aminuddin Ma'ruf, Peraih beasiswa kuliah di Oxford Billy Gracia Yosaphat Mambrasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Adrianus Meliala mengkritisi penerbitan surat perintah yang dikeluarkan Staf Khusus (Stafsus) milinial Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Aminuddin Ma'ruf.

Surat perintah itu ditujukan Aminuddin kepada Dewan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (DEMA PTKIN).

Hal yang disorot Adrianus yakni soal kewenangan Aminuddin dalam menerbitkan surat perintah. Menurut Adrianus, ada kesalahan penulisan serta penggunaan dasar hukum yang kurang tepat dalam surat perintah tersebut.

"Staf khusus bisa saja menerima dan berdialog dengan pengurus DEMA PTKIN, namun tidak bisa menerbitkan surat yang isinya perintah," ujar Adrianus dalam keterangannya, Senin (9/11/2020).

Menurut Adrianus, surat yang sifatnya berisi perintah itu lazimnya diterbitkan dalam hubungan koordinasi atasan dan bawahan. Sementara hubungan Stafsus Jokowi dengan DEMA PTKIN, menurut Adrianus, setara.

Adrianus menjelaskan, yang berwenang menerbitkan surat perintah atau penugasan adalah pimpinan dari satuan kerja, bukan stafsus yang secara administratif bertanggung jawab kepada Sekretariat Kabinet sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2012 yang telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2018.

Adrianus menyesalkan adanya kesalahan penulisan, salah ketik, dan penggunaan dasar hukum yang kurang tepat dalam surat perintah tersebut yang berpotensi maladministrasi.

Menurut Adrianus, seharusnya Aminuddin berkaca pada kesalahan Stafsus Andi Taufan Garuda Putra terkait surat menyurat terhadap camat di seluruh Indonesia. Menurut Adrianus, kesalahan-kesalahan tersebut bisa saja mencoreng wajah Presiden Jokowi.

"Kesalahan tersebut dapat berpengaruh pada kehormatan Presiden," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Damri Buka Rute Baru Blok M Square - Bandung

Posted: 08 Nov 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Damri yang merupakan Badan Usaha Milik Negara sektor transportasi darat resmi membuka trayek baru Jakarta menuju Bandung dan sebaliknya. Rute ini adalah layanan point to point dengan pemberhentian Jakarta di Blok M Square dan Bandung di Festival Citylink dan Kebon Kawung.

Layanan ini beroperasi setiap hari terjadwal dari Blok M Square - Bandung pukul 07.00 WIB dan 17.00 WIB, sedangkan dari Bandung - Blok M Square pukul 08.00 WIB dan 18.00 WIB dengan menggunakan armada HiAce.

"Pada tahap awal pengoperasian trayek baru ini, Damri memberikan tarif promo sebesar Rp. 100.000," kata Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis, Sandry Pasambuna, Senin (9/11/2020).

Sandry menjelaskan, Damri hadir dengan armada bus sehat yang memberikan pelayanan terbaik dengan mengutamakan 4K yaitu Keselamatan, Keamanan, Kenyamanan dan Kesehatan Penumpang & Pramudi yang dituangkan dalam Standar Operasional Prosedur (SOP).

Selanjutnya bus dilengkapi dengan protokol kesehatan untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19 diantaranya penyemprotan desinfektan, penerapan physical distancing, didukung dengan pengecekan suhu tubuh.

Selain Damri juga menyediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan, serta penggunaan alat pelindung diri kepada petugas di lapangan dan awak kendaraan.

"Dalam memudahkan pelanggan untuk mendapatkan tiket layanan ini, dapat mengakses langsung melalui DAMRI Apps atau tiket.damri.co.id," pungkasnya.

Damri Semprotkan Disinfektan Guna Cegah Virus Corona

Mengusung tema Bersama BUMN lindungi Negeri ini juga dilakukan di 34 Provinsi di Indonesia dengan menggandeng BUMN pada disetiap provinsi dan kabupaten. (Liputan6.com/Tyas Titi Kinapti)
Mengusung tema Bersama BUMN lindungi Negeri ini juga dilakukan di 34 Provinsi di Indonesia dengan menggandeng BUMN pada disetiap provinsi dan kabupaten. (Liputan6.com/Tyas Titi Kinapti)

Sebelumnya, Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) atau Jawatan Angkutan Motor Republik Indonesia merupakan salah satu perusahaan milik pemerintah (BUMN) yang ikut melakukan upaya pencegahan virus corona atau Covid-19.

Ya, berbagai upaya preventif pun dilakukan oleh pihak DAMRI sejak Rabu (4/3) hingga hari ini dan seterusnya. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Umum DAMRI, Nico R Saputra.

Nico menjelaskan, Perum DAMRI menyediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) di Pool DAMRI dan beberapa armada bus yang beroperasi. Layanan itu sebagai upaya Perum DAMRI mengimbau para penumpang dan seluruh stakeholder untuk menjaga kebersihan dan mencegah penyebaran virus corona.

Selain penyediaan hand sanitizer, DAMRI juga melakukan pengadaan sabun cuci tangan di lingkungan kantor pusat, kantor cabang, pool DAMRI, termasuk armada bus yang beroperasi.

Tak hanya itu saja, petugas dan pramudi DAMRI juga dianjurkan menggunakan masker selama beroperasi. Nah untuk meminimalisir kekhawatiran para penumpang, DAMRI juga membagikan masker gratis pada penumpang, di beberapa pool DAMRI dan armada bus.

Untuk kenyamanan dan keamanan para penumpang, DAMRI juga rutin melakukan pembersihan dan penyemperotan disinfektan dalam beberapa bus DAMRI.

"Seluruh karyawan dan stakeholder di lingkungan Perum DAMRI berupaya mencegah penyebaran virus ini secara bertahap, serta memohon dukungan dari para penumpang untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan," tutup Nico.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis FTV 3xtraOrdinary di SCTV: Beli Rumah Dapat Pujaan Hati, Senin 9 November 2020

Posted: 08 Nov 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta FTV 3xtraOrdinary Senin (9/11/2020) siang ini bercerita tentang sosok Hana ang sungguh tidak rela rumahnya dijual tidak peduli berapa banyak utang Agus, papanya .Sudah beberapa kali renternir datang menagih utang dan Agus benar-benar ketakutan hingga tanpa peduli pendapat Hana, ia pun menjual rumahnya dengan murah kepada Andre, pemuda yang ia temui tanpa sengaja sedang tanya-tanya ke tetangga sebelah yang kebetulan rumahnya sedang dijualjuga.

Cerita FTV 3xtraOrdinary ditayangkan mulai pukul 14.30 WIB. Masih berlanjut. Andre sebenarnya tidak ingin membeli rumah karena malas mengurusnya sendiri secara ia tidak punya pacar juga. Tapi ibunya, Donna memaksa. Katanya dari pada uangnya hilang untuk bayar kontrakan tiap tahun mending beli rumah sekalian walau hanya kecil.

Alhasil Andre harus mengikhlaskan semua uangnya untuk membeli rumah Agus. Ia sadar harga yang ditawarkan Agus benar-benar murah. Jadi sebelum Agus berubah pikiran maka Andre pun membayar lunas rumahnya. Andre sudah siap-siap pindahan rumah ditemani Dona yang memang berniat membantu Andre bersih-bersih dan menata rumah.

Sesampainya di rumah Agus betapa terkejutnya Andre melihat Hana yang langsung nyamperin dan ngelabrak dirinya, katanya ia menipu Agus dengan menghipnotisnya bahwa tidak mana mungkin rumah mewah dijual murah seperti itu. Andre ikutan nyolot karena dituduh yang tidak-tidak hingga akhirnya ia tahu Hana adalah anak Agus.

FTV 3xtraOrdinary selanjutnya....

Bersikukuh

Logo SCTV
Logo SCTV

Hana bersikukuh tidak mau mengemasi barangnya dan meninggalkan rumah itu. Andre sudah mengancam akan melaporkannya ke polisi tapi Hana mengabaikannya. Hhingga ketika Andre benar-benar menghubungi kantor polisi Hana langsung menangis.

Katanya ini rumah semenjak ia bayi dan di sini banyak kenangan ibunya yang sudah meninggal, ia tidak bisa tinggal di rumah baru yang tidak ada kenangan apa-apa.

Dona yang mendengarnya pun tidak tega hingga ia pun membantu Hana membujuk Andre supaya membiarkan Hana ikut tinggal di sini sebagai pembantu secara Andre juga tidak bisa bersih-bersih rumah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djoko Tjandra Bakal Bersaksi di Persidangan Jaksa Pinangki

Posted: 08 Nov 2020 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Djoko Soegiarto Tjandra akan dihadirkan sebagai saksi dalam sidang kasus pengurusan fatwa untuk terdakwa Pinangki Sirna Malasari. Selain Djoko Tjandra, saksi lainnya yang akan dihadirkan yakni Rahmat, dan seorang jaksa bernama Claudia.

"Djoko Tjandra, Rahmat dan Claudia (saksi untuk terdakwa Pinangki Sirna Malasari)," kata tim kuasa hukum Jaksa Pinangki, Aldres Napitupulu saat dikonfirmasi, Senin (9/11/2020).

Diketahui, Jaksa Pinangki didakwa menerima uang senilai USD 500 ribu dari komitmen fee USD 1 juta. Uang tersebut diterima Pinangki dari Djoko Tjandra untuk mengurus fatwa di Mahkamah Agung (MA).

Fatwa MA diperlukan agar Djoko Tjandra bisa lepas dari eksekusi pidana penjara kasus korupsi hak tagih Bank Bali. Kesaksian Djoko Tjandra dalam perkara ini dinilai penting untuk menguatkan dakwaan terhadap Pinangki.

Sementara itu, Rahmat merupakan orang yang diduga memperkenalkan Pinangki kepada Djoko Tjandra.

Dalam dakwaan Pinangki, pada 12 November 2019 Pinangki bersama Rahmat menemui Djoko Tjandra di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dakwaan untuk Jaksa Pinangki

Tersangka dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang terkait kepengurusan fatwa untuk Djoko Tjandra di Mahkamah Agung, Pinangki Sirna Malasari bersiap menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (30/9/2020). Sidang beragenda pembacaan eksepsi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Tersangka dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang terkait kepengurusan fatwa untuk Djoko Tjandra di Mahkamah Agung, Pinangki Sirna Malasari bersiap menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (30/9/2020). Sidang beragenda pembacaan eksepsi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pinangki didakwa melanggar Pasal 5 ayat 2 jo. Pasal 5 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Selain itu, Pinangki juga didakwa melanggar Pasal 3 Undang-Undang No. 8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Untuk pemufakatan jahat, Pinangki didakwa melanggar Pasal 15 Jo Pasal 5 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Jo. Pasal 88 KUHP.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LPKR Raih Penghargaan di Ajang Indonesia Property Awards 2020

Posted: 08 Nov 2020 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Langkah inovasi dan pembangunan properti yang dilakukan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) menuai apresiasi. Kali ini, LPKR menyabet berbagai award pada ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards 2020.

Pengembang ini meraih award untuk kategori Best Mixed Use Developer and Best Condo Development (Indonesia) untuk proyek properti Orange County. Penghargaan diberikan dalam ajang penghargaan yang disiarkan secara global melalui AsiaPropertyAwards.com, 5 November 2020 lalu. 

Selain kemenangan di kategori terjangkau, PT Lippo Karawaci Tbk menang atas pengembangan kota mandiri Lippo Village dan proyek smart office / home office SOHO Flex / Space.

Sementara itu, anak usaha LPKR yakni PT Lippo Cikarang Tbk meraih kemenangan untuk pengembangan perumahan Waterfront Estates. LPKR juga meraih Penghargaan Best Affordable Condo Development melalui proyek properti Embarcadero.

CEO LPKR John Riady menyampaikan, award tersebut menjadi bukti bahwa inovasi yang dihadirkan perusahaan, mampu diterima oleh masyarakat luas, sekaligus juga diapresiasi oleh khalayak global, dan berbagai lembaga di sektor properti yang kredibel.

"LPKR akan terus menghadirkan proyek properti sesuai kebutuhan masyarakat dan juga memberikan kualitas terbaik dari setiap proyek properti yang dikelola perusahaan," ucap John, dalam keterangannya, Senin (9/11/2020).

AsiaPropertyAwards memberikan penghargaan kepada properti di hampir 40 kategori kompetitif yang mencerminkan rangkaian lengkap segmen pasar.

Penghargaan tahun ini mewakili berbagai macam demografi, yang mengakui kepemilikan rumah dan kebutuhan investasi para pencari properti di berbagai lokasi di seluruh nusantara.

CEO dari PropertyGuru Group, Hari V. Krishnan mengatakan, apa yang diraih oleh pengembang seperti LPKR dalam award kali ini menjadi bukti bahwa perusahaan telah berhasil menghadirkan properti yang dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk para generasi milenial.

Perusahaan mampu terus berinovasi di tengah situasi bisnis yang penuh tantangan. Penghargaan dilakukan dengan seleksi ketat dan transparan.

"Selamat kepada para pemenang dan penerima penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2020. Keragaman penghargaan tahun ini menawarkan visibilitas dan representasi untuk jenis rumah dan pembangunan yang dicari oleh berbagai generasi Indonesia di berbagai strata ekonomi - menghadirkan cerminan yang lebih akurat dari denyut nadi pasar, " ujar Hari.

Selain LPKR, pada ajang itu Sinar Mas Land meraih Pengembangan Perumahan Terbaik (Indonesia) untuk Caelus di Greenwich Park BSD City.

Kemudian, Agung Sedayu Group, memenangkan Best Township Masterplan Design untuk usahanya bersama Salim Group, PIK 2 Sedayu Indo City. Agung Sedayu Group juga meraih penghargaan Desain Interior Hotel Terbaik untuk HARRIS Suites Puri Mansion.

Selain pasar Jakarta dan Surabaya yang matang, penghargaan juga menyasar pengembangan properti di sekitar Bali, Lombok, Makassar, dan Indonesia Raya. GandaLand menerima penghargaan Best Low Rise Residential Development (Bali) untuk proyek Lavaya Residence & Resort Bali.

Mewakili pasar Lombok, Torok Hill Resort oleh Invest Islands memenangkan penghargaan Pengembangan Hotel Mendatang Terbaik. Sedangkan proyek Bandung Hegarmanah Residence oleh PT Hegar Amanah Jaya Bersama dinobatkan sebagai Best Condo Development (Greater Indonesia).

 

Penuh Tantangan

Lippo Karawaci
Lippo Karawaci

John memastikan, meski situasi ekonomi penuh tantangan akibat pandemi Covid-19, kinerja perusahaan dan berbagai proyek properti yang dijalankan tetap berjalan dan diselesaikan tepat waktu.

LPKR tetap membukukan pendapatan sebesar Rp 8,58 triliun, lebih stabil jika dibandingkan dengan tahun lalu, meski dari sisi EBITDA naik sebanyak 40,4 persen.

Pendapatan pada sembilan bulan 2020 menjadi Rp 2,37 triliun dari Rp1,71 triliun pada sembilan bulan di 2019.

Marketing sales naik sebesar 100 persen (year on year/yoy) pada sembilan bulan 2020 menjadi Rp 2,28 triliun dari Rp 1,14 triliun pada sembilan bulan 2019. Hal ini didorong peluncuran perumahan terjangkau di level Holdco.

"Bisnis properti terus menunjukkan kemampuan untuk bertahan yang ditunjukkan dengan marketing sales sembilan bulan di periode 2020 yang meningkat 100 persen menjadi Rp 2,28 triliun dari Rp 1,14 triliun pada periode yang sama tahun lalu," ujar John.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menang Pemilu Amerika, Joe Biden - Kamala Harris Rilis Situs Transisi Kekuasaan

Posted: 08 Nov 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C - Joe Biden menang Pemilu Amerika 2020. Ia bersama wakilnya Kamala Harris juga sudah menyampaikan pidato kemenangan di Delaware, Michigan pada Sabtu 7 November 2020 waktu setempat.

Lalu langkah apa yang akan Joe Biden lakukan selanjutnya?

Mengutip VOA Indonesia, Senin ((9/11/2020), Joe Biden dari Partai Demokrat, yang diproyeksikan sebagai pemenang pemilihan presiden AS setelah mengalahkan Presiden Donald Trump dari Partai Republik, Minggu 8 November, mulai melakukan persiapan guna mengambil alih pemerintahan ketika dilantik pada 20 Januari.

Presiden terpilih Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris meluncurkan sebuah situs bagi transisi kekuasaan. Mereka mengatakan akan segera fokus pada pandemi Virus Corona COVID-19, resesi di ekonomi terbesar di dunia akibat pandemi, perubahan iklim dan rasisme sistemik.

"Kami siap memimpin dari Hari Pertama, memastikan agar pemerintahan Biden-Harris mampu menghadapi tantangan paling mendesak: melindungi dan menjaga kesehatan bangsa, memperbarui peluang menuju kesuksesan, memajukan kesetaraan rasial, dan melawan krisis iklim." 

Mereka menyatakan. "Kita berdiri bersama sebagai satu Amerika. Kita akan bangkit lebih kuat dibandingkan sebelumnya."

Para pembantu Biden mengatakan bahwa pada hari-hari pertamanya menjabat, Biden mengatakan AS akan bergabung lagi dalam perjanjian iklim Paris dan perjanjian nuklir Iran, serta bergabung lagi dalam Organisasi Kesehatan Sedunia (World Health Organization/WHO). Sebelumnya Trump telah menarik AS keluar dari ketiganya.

Joe Biden berencana mencabut larangan masuknya warga dari sejumlah negara mayoritas Muslim, dan untuk memberlakukan kembali program yang memungkinkan anak-anak muda, seringkali disebut "Dreamers," untuk tetap berada di AS. Anak-anak muda itu pada umumnya dibawa masuk secara ilegal ke AS oleh orangtua mereka sewaktu masih kecil.

Transisi Kekuasaan di AS Kerap Picu Pergeseran Kebijakan

Ilustrasi Pilpres AS 2020, Gedung Putih. (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi Pilpres AS 2020, Gedung Putih. (Liputan6.com/Abdillah)

Transisi kekuasaan di AS seringkali membawa pergeseran kebijakan. Namun, peralihan dari Trump ke Biden bisa jadi pergeseran paling besar dalam sejarah politik modern AS.

Hingga Minggu 8 November, Trump masih menolak untuk mengaku kalah atau menelepon Biden.

Trump menyengketakan hasil pemilu lewat jalur hukum. Ia mengklaim, tanpa bukti, bahwa telah terjadi penyimpangan dalam penghitungan suara di beberapa negara bagian dimana Biden menang tipis. Tim kampanye Trump akan mengajukan sejumlah gugatan hukum lagi mulai Senin 9 November.

Peta Pemilu AS 2020 Versi VOA:

Infografis Trump Vs Biden Klaim Kemenangan Pemilu AS 2020

Infografis Trump Vs Biden Klaim Kemenangan Pemilu AS 2020 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Trump Vs Biden Klaim Kemenangan Pemilu AS 2020 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fantastis, 3 Mobil Konsep Ini Terjual Rp210 Miliar

Posted: 08 Nov 2020 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mobil konsep biasanya jarang dijual untuk konsumen umum. Namun, sekalinya terjual rupanya memiliki harga yang tidak pernah terduga sebelumnya.

Misalkan saja 3 mobil konsep Alfa Romeo Berlina Aerodinamica Tecnica (BAT), BAT 5, BAT 7, dan BAT 9d laku dengan harga sangat tinggi.

Dilansir dari Carbuzz, rumah lelang RM Sotheby mengatakan seseorang telah membayar USD 14.840.000 atau Rp 210 miliar (Kurs USD 1 = Rp 14.214) untuk membeli ketiganya.

Harga itu disebut menjadi rekor untuk produksi Alfa Romeo selama pascaperang. Harga itu juga disebut setara dengan hampir 200 unit Alfa Romeo Giulia Quadrifoglio terbaru saat ini.

Ketiga mobil konsep yang laku mahal tersebut dirancang dengan aerodinamika terbaik. BAT 5 lahir tahun 1953, kemudian BAT 7 tahun 1954. 

 

Kemampuan Mobil Konsep

BAT 5 dibekali kemampuan untuk meminimalkan gangguan aliran udara pada kecepatan tinggi. Sedangkan BAT 7 dilengkapi dengan ekor melengkung dengan koefisien hambatan 0,19.

Sementara itu, BAT 9d diluncurkan pada tahun 1955. Mobil konsep ini memiliki ekor mirip BAT 7 tapi dibuat lebih kecil.

BAT 9d memiliki gril berbentuk V. Model Alfa Romeo modern masih menggunakan desain ini sampai sekarang.

Sumber: Otosia.com

Mobil Konsep Renault Le 5, Calon Rival MINI Cooper?

Desainer grafis asal Italia, Marco Maltese mencoba mendesain ulang Renault Le 5 (Carscoops)
e mencoba mendesain ulang Renault Le 5

Menjadi salah satu mobil ikonik di Eropa, Renault 5 memiliki penggemar setia hingga saat ini. Melihat peluang ini, desainer grafis asal Italia, Marco Maltese mencoba mendesain ulang mobil hatchback tersebut.

Seperti dilansir Carscoops, Senin (2/11/2020), bila model aslinya terlihat cukup sederhana, beragam perubahan dilakukan Maltese agar mobil tersebut tampak lebih modern.

Meski demikian, konsep Le 5 tetap mempertahankan garis klasik pada kendaraan. Hasilnya, mobil tersebut terlihat lebih futuristis.

Pada bagian depan, mobil konsep ini menampilkan lampu LED dengan desain berlubang yang khas. Tepat di bawahnya terdapat gril yang tertutup.

Dari sisi desain, mobil ini mengisyaratkan powertrain elektrik, dan intake udara yang sporty dengan aksen emas sebagai kendaraan masa depan yang canggih.

Pada bagian samping terdapat tampilan mencolok dengan menampilkan kap lebih pendek, dan side skirts aerodynamics. Renault Le 5 ini juga memiliki pilar A gelap yang mampu menciptakan tampilan layaknya rumah kaca.   

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

INFOGRAFIS: 9 Waktu Tepat Cuci Tangan Hindari Covid-19

Posted: 08 Nov 2020 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Cara mencegah paparan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di antaranya mencuci tangan dengan benar. Menjaga kesehatan dan kebersihan diri memang penting diperhatikan masyarakat.

Bukan hanya menangkal penularan Covid-19. Mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas juga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan dan penyakit.

Penting diperhatikan pula mengenai waktu tepat dan krusial untuk mencuci tangan. Ini seperti direkomendasikan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC.

Bagaimana rincian waktu yang tepat mencuci tangan demi menghindari penularan Covid-19? Simak dalam Infografis berikut ini:

Infografis

Infografis 9 Waktu Tepat Cuci Tangan Hindari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 9 Waktu Tepat Cuci Tangan Hindari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

YUK DIIKUTI

Banner Ingat Pesan Ibu (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Ingat Pesan Ibu (Liputan6.com/Abdillah)

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Video Pilihan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkot Surabaya Masih Kaji Rencana Penerapan Sekolah Tatap Muka

Posted: 08 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot Surabaya) menyatakan hati-hati untuk menerapkan sekolah tatap muka meski pelaksanaan tes usap COVID-19 dilakukan kepada semua guru.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara menuturkan, Satgas COVID-19 Surabaya, Dinas Kesehatan dan Pendidikan masih merapatkan dari 18 sekolah yang dapat dijadikan uji coba sekolah tatap muka.

Ia menuturkan, dinas pendidikan akan menyetor nama-nama murid dari 18 sekolah yang dapat diujikan sekolah tatap muka. Jika sekolah tatap muka diberlakukan kemungkinan baru siswa kelas IX SMP.

Selain itu, Pemkot Surabaya juga melihat kondisi perkembangan COVID-19 di Kota Pahlawan."Kami melihat dulu perkembangan kondisi COVID-19 seperti apa. Karena kami melihat COVID-19 ini fluktuaktif. Kondisi COVID-19 ini sangat mudah menular sekali," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Senin (9/11/2020).

Ia menuturkan, meski seluruh guru sudah melakukan tes usap COVID-19 bukan berarti sekolah tatap muka digelar. Penerapan sekolah tatap muka, Febriadhitya menegaskan melihat kondisi COVID-19 di Surabaya.

"Semua juga tergantung kedisiplinan kita karena jangan sampai kita lengah, meski beberapa hari ini 100 kelurahan nol kasus COVID-19. Kita harus tetap disiplin," kata dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Masyarakat Diminta Komitmen Terapkan Protokol Kesehatan

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Febriadhitya meminta masyarakat untuk komitmen menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

"Yang sulit juga hadapi orang tidak percaya dengan COVID-19, atau menganggap COVID-19 tidak ada. Padahal bisa saja orang tanpa gejala dan tidak menerapkan protokol kesehatan," ujar dia.

Pemkot Surabaya Gelar Tes Usap COVID-19 bagi Guru

Tes usap COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur (Foto: Dok Humas Pemkot Surabaya)
Tes usap COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur (Foto: Dok Humas Pemkot Surabaya)

Sebelumnya, Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya melalui Dinas Kesehatan mencatat sebanyak 21 ribu lebih guru sudah melakukan tes swab atau tes usap COVID-19. Rincian guru itu antara lain sekitar 14 ribu merupakan guru SD dan guru SMP sekitar 7 ribuan.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara menuturkan, tes usap COVID-19 juga untuk petugas sekolah seperti petugas kebersihan, keamanan, dan tata usaha serta petugas lainnya.

"Khusus guru SMP semuanya 7.407 guru yang dites swab, hasilnya yang positif 180 guru dan yang negatif 7.101 guru. Bagi yang positif langsung kami rawat dan saat ini mereka sudah sembuh semuanya. Kemudian sisanya sebanyak 126 guru masih dinyatakan invalid, sehingga mereka akan dites kembali untuk memastikan kesehatannya," ujar Febri, seperti dikutip dari Antara, Jumat, 6 November 2020.

Langkah selanjutnya, kata Febri, Pemkot Surabaya masih akan memformulasikan sekolah tatap muka. Nantinya, kata dia, Dinas Pendidikan Surabaya akan menyampaikan nama-nama siswa dari 18 sekolah yang akan mengikuti uji coba sekolah tatap muka.

"Jadi, awalnya 21 sekolah yang akan dilakukan uji coba sekolah tatap muka, tapi setelah dilakukan assessment, hanya sekitar 18 sekolah yang bisa dijadikan uji coba sekolah tatap muka itu," tutur dia.

Menurut Febri, kemungkinan besar yang akan mengikuti uji coba sekolah tatap muka itu kelas IX SMP. Nantinya, Dinas Pendidikan akan menyetorkan nama-nama siswa kelas IX yang berasal dari 18 sekolah itu.  

"Setelah itu, Satgas COVID-19 dan Dinas Kesehatan serta Dinas Pendidikan akan merapatkan secara teknis uji coba sekolah tatap muka itu. Tentunya, nanti siswa-siswa ini akan dilakukan tes swab terlebih dahulu. Ketika siswa itu dites swab, orang tuanya akan menyesuaikan atau akan dites swab juga," kata dia.  

Oleh karena itu, ia kembali memastikan uji coba sekolah tatap muka itu akan dilakukan terlebih dahulu bagi siswa kelas IX SMP. Sedangkan bagi tingkat SD, masih akan dirapatkan lebih lanjut.  

"Jadi, ayo kita terus jaga protokol kesehatan kapan pun dan di mana pun berada supaya pandemi ini bisa segera hilang dari Kota Surabaya," tutur dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Model Nyentrik Dylan Sada Meninggal Dunia, Ucapan Duka Banjiri Linimasa

Posted: 08 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Model nyentik Indonesia Dylan Sada meninggal dunia Senin (9/11/2020) pagi. Kabar duka tersebut pertama kali dibagikan adik Dylan Sada, Dimas Radityo melalui unggahan Story Instagram-nya.

Dalam unggahannya, akun @dimsrads mengumumkan bahwa Dylan Sada atau pemilik nama asli Aldila Wulandari telah berpulang selama-lamanya.

"Innalillahi wa innalilahi rokiun. Telah meninggal dengan tenang, Aldila Wilandari @dylan_Sada, Senin 9 November 2020 jam 7 waktu setempat," tulis @dimsrads.

Dimas juga meminta publik mendoakan dan dibukakan pintu maaf untuk almarhum Dylan Sada.

"Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya atas segala khilaf dan kesalahan almarhum dan mohon doa semoga almarhum wafat dalam keadaan husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan kesabaran. Amin YRA. Yang berduka cita, kel Pranadjaja," lanjut @dimsrads.

Ucapan Duka

Lewat Instagram Dimas Radityo, ia membagikan kabar duka sang kakak. (Sumber: Instagram/@dylan_sada)
Lewat Instagram Dimas Radityo, ia membagikan kabar duka sang kakak. (Sumber: Instagram/@dylan_sada)

Kabar kepergian Dylan Sada sontak mengundang perhatian publik, khususnya para pengguna jejaring sosial. Pantauan Citizen-Liputan6.com, sejak kabar duka itu beredar di media sosial, selebritas Tanah Air membanjiri unggahan Instagram Dylan Sada dengan ucapan belasungkawa.

"Rest in peace Dylan," tulis penyanyi @andienaisyah.

"Rest in peace love," duka @tarabasro.

"Dylann. rest in peace angel," kata @evacelia.

"Rest In Peace Dylan," tulis @ayladimitri.

"Rest in peace beautiful angel," duka @cindercella.

Sementara itu, banyak warganet di lini masa Twitter merasa kaget dan tidak percaya dengan kabar duka itu. 

"Dylan Sada meninggal woyy. sedih bgttt, rest in peace strong girl," tulis akun @punishmeplss.

"OMG seriusannn dylan sada meninggal??? RIP beautiful soul, you'll be missed," kata akun @dheadittya.

"Kaget Dylan Sada meninggal. Rest in peace, beautiful soul," sahut akun @hanapus.

 

Belum Diketahui Penyebab Meninggalnya

Dylan Sada menghembuskan napas terakhirnya di usia 36 tahun. Namun, hingga kini belum jelas apa penyebab model yang tinggal di Amerika Serikat itu meninggal dunia. 

Banyaknya publik yang merasa kehilangan sosoknya, perbincangan mengenai kepergian Dylan Sada pun menjadi topik yang banyak dibahas warganet.

Kata kunci Dylan Sada bahkan berada di jajaran trending topic teratas Twitter kawasan Indonesia. 

Pernah Menjadi Korban Kekerasan yang Dilakukan Pasangannya

Pada tahun 2018, nama Dylan Sada sempat ramai diperbincangkan. Dalam akun Instagram pribadinya dengan nama @dylan_sada, dia menunjukkan video mengenai kekerasan yang dialaminya.

Dia bahkan memperlihatkan secara detail luka dan lebam pada bagian wajah, bibir, lidah, tangan hingga kakinya.

Dylan Sada bahkan memberikan alasan mengapa dirinya mengunggah video mengerikan yang terjadi pada dirinya.

"Satu-satunya alasan mengapa saya mengunggah ini karena saya tidak ingin orang lain mengalami hal yang sama, seperti saya yang menderita seperti ini," tulis Dylan dalam keterangan videonya.

Kekerasan yang dialaminya diduga dilakukan oleh pasangannya sendiri. Dia mengaku bahwa kekerasan tersebut membuatnya ingin berpisah dengan kekasihnya itu.

"Ketika penganiayaan fisik pertama kali terjadi, saya mengatakan bahwa saya ingin meninggalkannya. Tapi saya dianiaya secara verbal, saya takut." 

Peristiwa tersebut sengaja ia sembunyikan. Dia bahkan tidak bisa melakukan pemotretan dan beralasan mengalami kecelakaan demi menutupi kejahatan yang dilakukan pasangannya itu.

"Saya bahkan harus berbohong kepada agensi model bahwa saya mengalami kecelakaan yang melukai wajah saya," lanjut Dylan Sada.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Percepat Pemulihan Ekonomi Daerah, OJK Kini Punya Kantor di NTB

Posted: 08 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso meresmikan Kantor OJK Nusa Tenggara Barat di Kota Mataram. Keberadaan kantor ini, sebagai upaya memperkuat peran lembaga ini dalam mengawasi sektor jasa keuangan dan menggerakkan perekonomian daerah NTB.

"Semoga kantor OJK ini memberikan manfaat lebih besar lagi untuk masyarakat NTB. Kantor ini harus menjadi pusat sinergi OJK, Pemda, Industri Jasa Keuangan dan masyarakat untuk bersama membangun NTB," kata Wimboh Santoso saat peresmian Kantor OJK NTB, Senin (9/11/2020).

Peresmian Kantor OJK NTB yang dilakukan dengan protokol kesehatan Covid 19, dihadiri juga Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Anggota Komisi XI DPR RI Wartiah.

Menurut Wimboh, peran Kantor OJK di daerah juga harus menjadi pusat literasi dan inklusi keuangan. Sehingga masyarakat bisa semakin mudah mendapatkan akses keuangan yang murah dan menguntungkan.

Keberadaan kantor juga melindungi masyarakat dari berbagai produk investasi dan keuangan ilegal yang berpotensi merugikan.

Menurut dia, Bank Wakaf Mikro bisa menjadi contoh upaya meningkatkan pembiayaan bagi usaha mikro yang sangat mudah dan murah serta bisa dikembangkan di berbagai daerah termasuk NTB yang baru memiliki satu BWM.

Gubernur NTB menyampaikan keberadaan kantor OJK baru di NTB diharapkan bisa meningkatkan kontribusi OJK dalam membangun perekonomian NTB termasuk dengan meningkatkan inklusi keuangan di masyarakat NTB.

"Literasi keuangan menjadi tantangan, karena banyak masyarakat NTB masih buta keuangan. Kehadiran OJK yang handal diharapkan bisa meningkatkan kontribusinya bagi NTB," katanya.

Anggota Komisi XI DPR RI Wartiah mengharapkan keberadaan kantor baru OJK bisa meningkatkan kinerja OJK dalam membangun ekonomi daerah seperti dengan menambah jumlah BWM yang sangat dibutuhkan masyarakat.

 

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso meresmikan Kantor OJK Nusa Tenggara Barat di Kota Mataram, Senin (9/11/2020). Dok OJK
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso meresmikan Kantor OJK Nusa Tenggara Barat di Kota Mataram, Senin (9/11/2020). Dok OJK

Sehari sebelumnya saat dialog dengan Gubernur NTB di kawasan Mandalika Wimboh menawarkan upaya pemulihan ekonomi NTB melalui pembangunan kluster-kluster ekonomi yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

Sehingga hal ini bisa meningkatkan nilai ekonomi dari produk yang dihasilkan dan bisa menarik perhatian sektor jasa keuangan seperti perbankan ataupun pasar modal.

"Pertemuan ini untuk melihat ruang-ruang yang OJK bersama industri jasa keuangan bisa bantu ekonomi NTB bangkit, karena dampak pandemi ini harus diatasi dengan kebijakan yang tidak biasa," jelas Wimboh.

Menurutnya, pemulihan ekonomi nasional bisa dipercepat dengan mendorong bergeraknya perekonomian di daerah yang masih memiliki banyak potensi sektor ekonomi untuk dikembangkan.

Data IJK yang beroperasi di NTB antara lain 31 Bank Umum, 32 BPR, 33 Perusahaan Asuransi (termasuk BPJS), 32 Perusahaan Pembiayaan, 3 Modal Ventura, 2 Dana Pensiun, 2 Usaha Pergadaian, 2 Perusahaan Penjaminan, 5 Sekuritas 5 dan 3 Bank Wakaf Mikro.

Sampai September 2020, pertumbuhan kredit di NTB masih tumbuh positif 21,22 persen, sementara aset tumbuh 21,27 persen dan DPK tumbuh 7,91 persen.

Tingginya pertumbuhan kredit di NTB berasal dari kontribusi kredit konsumsi dengan porsi sebesar 43 peren kredit ke sektor pertambangan dan penggalian sebesar 23 persen, dan kredit ke sektor perdagangan besar dan eceran sebesar 22 persen. Sedangkan NPL perbankan tumbuh rendah melandai 1,35 persen (yoy) di September.

Sebelum ke NTB, Ketua Dewan Komisioner OJK terlebih dahulu mengunjungi Labuan Bajo, NTT dan Bali untuk berdialog dengan Gubernur setempat untuk mendengar langsung kondisi perekonomian di dua daerah tersebut dan menawarkan upaya solutif untuk memulihkan perekonomian dari dampak pandemi Covid 19.

Kepada Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Gubernur I Wayan Koster, Wimboh menawarkan bantuan untuk pendampingan dari OJK dalam membangun skema ekosistem perekonomian yang bisa dihubungkan dengan sektor jasa keuangan sehingga bisa mempercepat pemulihan ekonomi daerah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manufaktur Mobil Mewah Bentley Siap Banting Setir Produksi Kendaraan Listrik di 2030

Posted: 08 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan manufaktur mobil mewah, Bentley, mengumumkan rencana mengeluarkan produk eksklusif kendaraan hybrid pada tahun 2025. Perusahaan akan memproduksi model kendaraan elektrik di 2030.

Bentley yang saat ini dimiliki Volkswagen, akan menawarkan dua model kendaraan hybrid mulai tahun depan. Untuk produksi mobil dengan tenaga full listrik sendiri diekspektasi akan dikeluarkan pada 2025. Satu-satunya mobil dengan model Hybrid yang dimiliki Bentley sendiri, sejauh ini hanya Bentyaga SUV.

"Masa depan dari Bentley seluruhnya adalah tenaga listrik," ujar kepala insinyur dari Bentley, Mattias Rabe.

Keputusan tersebut pun merupakan langkah besar yang diambil perusahaan manufaktur mobil tersebut. Rencananya tersebut dibuat untuk mengikuti langkah dan tren dari para perusahaan manufaktur mobil lainnya yang mulai beralih dari produksi mesin konvensional menjadi kendaraan tenaga listrik, seperti melansir CNBC, Senin (9/11/2020).

"Dalam waktu satu dekade, Bentley akan mengubah bisnisnya dari 100 tahun perusahaan manufaktur mobil mewah, menjadi perusahaan produksi mewah yang jauh lebih ramah lingkungan dan bisa menjadi contoh bagi para produsen kendaraan lain," ujar CEO Bentley, Adrian Hallmark.

Dia juga  menambahkan bahwa perusahaannya saat ini sedang mengincar untuk bisa mencapai "carbon free" di tahun 2030.

 

 

 

 

Target Jualan Tahun Ini

Mobil-mobilan Bentley Continental GT skala 1:8 (Carscoops)
Mobil-mobilan Bentley Continental GT skala 1:8 (Carscoops)

Selain itu, Hallmark juga menyatakan bahwa perusahaan akan berada di posisi "Breakeven", walaupun banyak disrupsi signifikan dari operasi produksi perusahaan akibat pandemi Covid-19.

"Memang semuanya itu belum dipastikan, tapi itu pastinya jadi misi kami," jelas Hallmark.

Perusahaan diharapkan bisa mencapai 10.000 angka penjualan untuk tahun ini, sedikit lebih rendah dari penjualan kendaraan di tahun 2019 sebesar 11.006.

Pada musim panas sendiri, Bentley mengumumkan akan 1.000 pekerja, dimana angka tersebut mencapai seperempat total tenaga kerja melalui program "Pelepasan Sukarela".

Rencana bisnis yang tergelicir akibat pandemi dari Covid-19, menjadi latar belakang keputusan perusahaan tersebut.

Reporter: Yoga Senjaya Putra

 

Tonton Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pernyataan Gisel Usai Video Syur Mirip Dirinya Beredar

Posted: 08 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini beredar di sosial media video syur mirip artis Gisella Anastasia atau Gisel dengan seorang pria.

Nama Gisel bahkan sampai trending topic di Twitter. Tak sedikit warganet yang meyakini wanita dalam video panas itu adalah Gisel.

Warganet menyimpulkan setelah mencocokkan desain kamar serta gordennya. Terkait masalah ini, Gisel angkat bicara. Jika sebelumnya ia memberi jawaban mengambang, kini kekasih Wijin itu menyanggah.

"Yang tahu aku ya tahulah, cuma ada saja kalau yang enggak terlalu dekat, 'Itu tuh kamar kamu banget tuh, gordennya', kan sedih. Aku enggak mungkinlah ngapa-ngapain di kamarku. Biasa tidur sama Gempi," ujar Gisel dikutip dari YouTube Cumi-Cumi, Minggu, 8 November 2020.

Ini bukanlah pertama kalinya video syur mirip Gisel beredar. Karena itu, ia merasa sangat sedih, terlebih terkait dampaknya terhadap sang anak.

"Sebenarnya sedih sih, sedih. Berkali-kali lagi kan, cuma kasihan kalau anak-anak gimana kalau ngelihat, kayaknya langganan banget," kata Gisel.

Berikut berbagai pernyataan Gisel udai video syur miliknya beredar dihimpun Liputan6.com:

 

1. Tak Mungkin Aneh-Aneh di Dalam Kamar

Gisel dan Gempi (Instagram @gisela_la)
Gisel dan Gempi (Instagram @gisela_la)

Nama Gisel sampai jadi trending topic di Twitter usai video syur mirip dirinya beredar di sosial media. Tak sedikit warganet yang meyakini wanita dalam video panas itu Gisel.

Warganet menyimpulkan setelah mencocokkan desain kamar serta gordennya. Terkait masalah ini, Gisel kembali bersuara. Jika sebelumnya ia memberi jawaban mengambang, kini kekasih Wijin menyanggah.

"Yang tahu aku ya tahulah, cuma ada saja kalau yang enggak terlalu dekat, 'Itu tuh kamar kamu banget tuh, gordennya', kan sedih. Aku enggak mungkinlah ngapa-ngapain di kamarku. Biasa tidur sama Gempi," kata dia dikutip dari YouTube Cumi-Cumi, Minggu, 8 November 2020.

 

2. Sempat Malas Menanggapi

Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)
Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)

Gisel mengungkapkan reaksinya saat pertama kali mendengar kehebohan video syur mirip dirinya tersebut.

"Sudah dengar banget, 'Ha, again?' gitu. Jadi sebenarnya malas, sih nanggepinnya. Cuma kan dari kalian (media) dan teman-teman enggak mungkin juga untuk enggak jawab terus," ucap dia.

 

3. Liburan Terganggu

Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)
Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)

Tak dipungkiri permasalahan ini membuat mood Gisel terganggu. Padahal, dirinya sedang liburan bersama anak, kekasih, juga sahabat-sahabat selebritas di Nihi Sumba, NTT.

"Sebenarnya mah agak enggak happy ya. Ini bukan kali pertama jadi yang kemarin saja kita masih proses, jadi ya sudah. Jadi sedikit (terganggu) ini liburannya, kaget," terang dia.

4. Bukan Pertama Kali dan Pikirkan Anak

Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)
Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)

Untuk kali kedua, Gisel digempur isu video syur. Yang pertama, terjadi pada 2019. Kala itu, dengan cepat ia membantah dan melaporkan ke pihak berwajib.

Baru-baru ini ia dihantam isu serupa. Terkait masalah ini tentu saja Gisel sangat bersedih. Ia khawatir bila ada anak-anak menonton video yang tersebar luas di medsos itu.

"Sebenarnya sedih sih, sedih. Berkali-kali lagi kan, cuma kasihan kalau anak-anak gimana kalau ngelihat, kayaknya langganan banget," kata Gisel.

 

5. Hanya Mirip

Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)
Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)

Tak banyak yang bisa dilakukan Gisel saat ini selain menghadapinya. Dia mengaku banyak wanita yang memiliki wajah mirip dengannya.

"Enggak apa-apa kan aku yang tahu, maksudnya kehidupannya kan kita yang jalani. Enggak mau bikin runyam semuanya. Kalau kayak gitu, yang mukanya kayak aku juga kan banyak, jadi ya enggak mau... ya itu sudah pernahlah. Sudah lewat itu," tutur dia.

Ia juga tak bisa membungkam warganet yang berkomentar mengenai video mirip dirinya itu. Sebab, warganet punya ruang untuk mengutarakan opini.

"Kalau netizen ya bebas kan selalu diberi tempat, jadi ya mau gimana. Yang bisa aku lakukan cuma menjalani saja, membuktikan kalau memang... Ya aku berusaha menjadi yang terbaiknya diri aku saja," ucap dia.

"Soalnya yang kemarin sudah diproses, juga ya sudah kayak gitu, sambil masih nunggu, ada lagi, ya sudahlah," jelas Gisel.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Airasia Luncurkan Unlimited Pass, Bayar Rp 1,5 Juta Bisa Terbang Sepuasnya

Posted: 08 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai AirAsia meluncurkan AirAsia Unlimited Pass untuk menawarkan kesempatan terbang rute domestik berkali-kali. Calon penumpang cukup membeli satu pass dengan harga Rp 1,5 juta.

langkah maskapai ini menawarkan layanan Unlimited Pass untuk meningkatkan minat dan animo masyarakat dalam bepergian dengan menggunakan angkutan udara.

Senior Marketing Manager Airasia.com Indonesia Priska Lampangateia mengatakan, Unlimited Pass dapat dibeli mulai 9 hingga 15 November 2020 untuk periode penukaran 9 November 2020 sampai 16 Mei 2021. Untuk periode penerbangan mulai 23 November 2020 hingga 31 Mei 2021.

"Jadi dengan menggunakan Unlimited Pass ini pengguna bisa terbang sepuasnya keliling Indonesia dalam kurun waktu 6 bulan ke depan," ujar Priska dalam konferensi pers virtual, Senin (9/11/2020).

Priska melanjutkan, tiket penerbangan AirAsia yang dibeli menggunakan AirAsia Unlimited Pass sudah termasuk jatah bagasi gratis 15 Kg per penerbangan domestik

"Pelanggan hanya perlu membayar pajak bandara yang gratis di 13 bandara hingga 31 Desember 2020, Iuran Wajib Jasa Raharja (IWJR), produk tambahan seperti tambah bagasi, pilih kursi dan makananpra-pesan, atau biaya lainnya," lanjutnya.

 

Bisa Terbang Berkali-Kali

Doc: Istimewa
Doc: Istimewa

Dengan penawaran ini, pelanggan bisa melakukan terbang berkali-kali ke beragam destinasi domestik favorit di Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Bali, Lombok, dan lainnya.

Pemesanan tiket penerbangan dengan AirAsia Unlimited Pass harus dilakukan setidaknya 14 hari sebelum tanggal keberangkatan penerbangan.

Jadwal penerbangan yang tersedia untuk dipesan oleh pemegang AirAsia Unlimited Pass adalah yang terdapat tanda 'Diskon 100 Persen'. Harga yang ditampilkan adalah pajak bandara dan biaya yang dibayar untuk rute tersebut.

"Jika salah satu jadwal penerbangan yang dipilih tidak memiliki tanda 'Diskon 100 Persen', artinya AirAsia Unlimited Pass tidak tersedia untuk penukaran pada tanggal tersebut atau tanggal yang dipilih termasuk dalam periode embargo," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Rilis Galaxy M21S, Usung Sedikit Perbedaan dari Galaxy M21

Posted: 08 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung akhirnya memperkenalkan galaxy M21S ke publik. Smartphone ini diperkenalkan setelah sebelumnya perusahaan merilis Galaxy M21 pada Maret 2020.

Kendati hadir sebagai versi terbaru, perbedanaan Galaxy M21S dan Galaxy M21 ternyata tidak terlalu signifikan. Perbedaan yang paling terlihat adalah kamera yang ada di versi Galaxy M21S.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (9/11/2020), Galaxy M21S hadir dengan peningkatan kemampuan di sektor kamera, dengan lensa utama kamera belakang bersolusi 64MP dan kamera depan beresolusi 32MP.

Sementara Galaxy M21 memiliki lensa utama kamera belakang beresolusi 48MP dan kamera depan 20MP. Adapun dua lensa lain yang ada di kamera belakang masih sama, yakni lensa ultrawide 8MP dan depth sensor 5MP.

Beralih ke spesifikasi, keduanya terbilang mirip. Samsung Galaxy M21S dibekali chipset Exynos 9611, layar Super AMOLED 6,4 inci, baterai berkapasitas 6.000mAh dengan dukungan fast charging 15W, dan pemindai sidik jari di belakang.

Smartphone ini menjalankan Android 10 dan memiliki RAM 4GB yang dipadukan ROM 64GB. Pengguna nantinya masih dapat memperluas kapasitas penyimpanan dengan kartu microSD hingga 1TB.

Untuk diketahui, Samsung Galaxy M21S sendiri merupakan rebranding dari Galaxy F41 yang diperkenalkan beberapa waktu lalu. Smartphone ini hadir dengan dua pilihan warna, yakni hitam dan biru.

Galaxy M31 Dapat Pembaruan ke One UI 2.5

Tampilan muka Samsung Galaxy M31. Dok: Iskandar
Tampilan muka Samsung Galaxy M31. Dok: Iskandar

Di sisi lain, Samsung kembali merilis pembaruan untuk produknya. Kali ini, perusahaan merilis pembaruan software ke One UI 2.5 untuk Galaxy M31.

Dilansir GSM Arena, Sabtu (7/11/2020), firmware itu memiliki build number M315FXXU2ATJ9, dan sudah hadir untuk pengguna Galaxy M31 di India. Peluncurannya akan dirilis ke lebih banyak pasar dalam waktu dekat.

Pembaruan tersebut juga hadir dengan patch keamanan Oktober. Sejumlah peningkatan pun hadir dengan One UI 2.5.

Peningkatan tersebut termasuk perombakan Samsung Keyboard, dan pesan SOS dengan berbagi lokasi. Selain itu, juga ada peningkatan performa kamera dan kontrol gesture di launcher pihak ketiga.

Sambut Ulang Tahun ke-51, Samsung Rilis Galaxy Buds Edisi Khusus

Galaxy Buds Live tampil dengan warna eksklusif Mystic Blue. (Foto. Samsung)
Galaxy Buds Live tampil dengan warna eksklusif Mystic Blue. (Foto. Samsung)

Samsung beberapa hari lalu menandai kiprah perusahaan yang kini berusia 51 tahun. Untuk merayakan hari jadinya, Samsung Electronic menghadirkan Galaxy Buds Live edisi khusus dalam jumlah terbatas.

Galaxy Buds Live khusus ini hadir dengan warna Mystic Blue. Menurut Product Marketing Manager Samsung Mobile SEIN, Leo Hendarto Marathon, warna baru ini membuat penggunanya tampil stylish sekaligus mendapat pengalaman audio yang apik.

"Selama 51 tahun, Samsung senantiasa percaya bahwa teknologi diciptakan untuk mempermudah penggunanya dalam menjalankan keseharian mereka. Berdasarkan filosofi itu, Samsung selalu berpegang pada kebutuhan dan masukan konsumen di seluruh dunia," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (1/11/2020).

Galaxy Buds Live edisi khusus ini tersedia secara eksklusif dalam jumlah terbatas di toko online Samsung.com dengan harga Rp 2.599.000.

Pembelian hingga 10 November 2020 akan mendapatkan cashback Rp 400.000, jika disertai pembelian smartphone atau tablet tertentu.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beri Dampak Langsung untuk MU, Bruno Fernandes Dibandingkan dengan 2 Legenda Klub

Posted: 08 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bruno Fernandes sudah menjadi idola penggemar Manchester United (MU) dalam waktu singkat. Sejak tiba di Old Trafford pada Januari 2020, gelandang asal Portugal itu telah membuat dampak langsung.

Bruno Fernandes membantu MU finis di posisi ketiga Liga Inggris setelah 18 laga tidak terkalahkan. Dia juga membawa MU lolos ke semifinal Liga Europa.

Pemain berusia 26 tahun tersebut telah menampilkan performa baiknya dari musim lalu hingga musim ini. Dia mencetak dua gol dan satu assist saat MU mengalahkan Everton 3-1, Sabtu (7/11/2020) lalu.

Saat ini, Bruno Fernandes telah mencetak 13 gol dalam 21 penampilannya bersama MU di Liga Inggris. Karena itu, dampaknya tidak perlu lagi dipertanyakan.

 

 

 

Pujian Phil Neville

Gelandang Manchester United (MU) Bruno Fernandes, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Everton pada laga lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium, Sabtu (7/11/2020) malam WIB. Manchester United menang 3-1 atas Everton. (Paul Ellis/Pool via AP)
Gelandang Manchester United (MU) Bruno Fernandes, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Everton pada laga lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium, Sabtu (7/11/2020) malam WIB. Manchester United menang 3-1 atas Everton. (Paul Ellis/Pool via AP)

Mantan bek MU Phil Neville memuji performa Bruno Fernandes. Bahkan, Phil menilai pemain Timnas Portugal tersebut telah membuat dampak seperti Wayne Rooney dan Cantono meski bermain bersama dengan rekan yang kurang bagus.

"Anda berpikir setelah gol pertamanya, assist, dan pengaruh yang dia buat, Anda berpikir, "Di mana penurunan itu datang?" Bisakah dia melakukannya di musim kedua? Dia melakukannya dengan lebih baik, '' kata Phil seperti dilansir media Inggris.

"Ketika dia berbicara, dia berbicara seperti pemain Manchester United, dia berbicara seperti kapten Manchester United, dia berbicara seperti seorang pemimpin, dia berbicara seperti seseorang yang ingin menang. Saya pikir dia adalah pemain spesial."

Pengaruh Besar

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, berebut bola dengan gelandang Everton, Allan, pada laga lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium, Sabtu (7/11/2020) malam WIB. Manchester United menang 3-1 atas Everton. (Paul Ellis/Pool via AP)
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, berebut bola dengan gelandang Everton, Allan, pada laga lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium, Sabtu (7/11/2020) malam WIB. Manchester United menang 3-1 atas Everton. (Paul Ellis/Pool via AP)

"Anda telah melihat pemain yang datang ke Manchester United selama 10, 15 tahun terakhir, saya rasa tidak ada yang memiliki pengaruh sebesar itu dalam waktu sesingkat dia," ucap Phil.

"Mungkin Rooney, mungkin Cantona, nama-nama seperti itu, saya pikir dia juga memiliki pengaruh yang sama."

"Statistiknya, golnya, assistnya, penampilannya. Rooney masuk dan mencetak hattrick di pertandingan pertamanya, Cantona masuk, mengangkat kerah bajunya dan berkata, "Saya adalah pemain Manchester United", tambah Phil.

"Jenis dampak yang dia miliki, bahkan dalam tim yang mungkin tidak sebaik tim yang dimainkan Rooney dan Cantona."

 

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan Video Bruno Fernandes di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dokter Pribadi Ungkap Kondisi Maradona Usai Jalani Operasi Otak

Posted: 08 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pekan lalu legenda sepak bola Diego Maradona jalani operasi otak karena ada gumpalan darah di kepalanya. Bagaimana kondisinya saat ini?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Membuat Kue Ulang Tahun yang Enak dan Mudah Dipraktikkan

Posted: 08 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kue ulang tahun yang enak tentunya bisa kamu terapkan di rumah. Saat seseorang yang kamu sayang berulang tahun, tidak ada salahnya membuat kue yang enak di hari spesialnya. Daripada membeli di toko, tentunya membuat kue ulang tahun sendiri lebih berkesan.

Cara membuat kue ulang tahun yang enak tidak begitu sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan dan mengikuti langkah-langkah yang sederhana. Membuat kue ulang tahun sendiri juga membuat kamu bisa berkreasi sesuai selera.

Cara membuat kue ulang tahun yang sederhana tapi enak tidaklah sulit. Walaupun terlihat sederhana dan tidak sebagus jika memesannya di toko kue, kerja keras kamu untuk membuat kue tentunya dapat membuat orang yang kamu sayang terharu dan dan bahagia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/11/20200 tentang cara membuat kue ulang tahun.

Kue Ulang Tahun Sederhana

Ilustrasi ulang tahun (ist)
Ilustrasi ulang tahun (ist)

Bahan-bahan:

- 4 butir telur

- 150 gr gula pasir

- 1 sdt sp/tbm/ovalet

- 100 gr tepung terigu protein sedang

- 30 gr cokelat bubuk

- 60 gr dark cooking chocolate

- 20 gr butter/margarin

- 80 ml minyak sayur/minyak goreng

- Loyang bulat 18 cm

- Butter cream secukupnya (sebagai olesan)

- Compound lemon parut secukupnya (sebagai topping)

Cara membuat kue ulang tahun sederhana:

1. Lelehkan/tim dark cokelat dan butter, setelah meleleh angkat, tambahkan minyak, aduk rata, disisihkan.

2. Campur, terigu dan cokelat bubuk, aduk rata, sisihkan. Panaskan kukusan.

3. Dalam wadah, mixer telur, gula pasir dan SP dengan kecepatan tinggi hingga putih kental berjejak selama 10 menit, matikan mixer.

4. Tambahkan campuran tepung dua tahap sambil diayak, aduk dengan spatula hingga rata. Masukkan lelehan cokelat, aduk dengan teknik aduk lipat hingga rata

5. Masukkan ke loyang yang telah dioles margarin/alas kertas baking. Kukus dengan api sedang cendrung kecil selama 30 menit

6. Tes tusuk, angkat, keluarkan dari loyang, tunggu dingin. Oles permukaan cake dengan butter cream, beri topping sesuai selera, siap disajikan.

Kue Ulang Tahun Blackforest Mini Bites

ilustrasi kue black forest/Photo by Quang Nguyen Vinh from Pexels
ilustrasi kue black forest/Photo by Quang Nguyen Vinh from Pexels

Bahan-bahan:

- Kuning telur 3 butir

- Telur utuh 3 butir

- Gula pasir 85 gr

- Emusilfier 1/2 sdt

- Tepung terigu protein rendah 50 gr

- Maizena 10 gr

- Cokelat bubuk 25 gr

- Kental manis 2 sdm

- Pasta blackforest 1/2 sdt

- Rhum (sesuai selera) 1 sdt

- Butter 75 gr , lelehkan

Cara membuat kue ulang tahun blackforest mini bites:

1. Langkah pertama adalah memanaskan terlebih dahulu oven dengan suhu 160 derajat Celcius.

2. Campurkan telur, gula pasir dan SP dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan kental berjejak menggunakan mixer.

3. Masukkan campuran terigu, cokelat bubuk dan maizena yang sudah diayak, mixer dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata.

4. Matikan mixer, tuang kental manis, rhum, pasta blackforest, dan mentega cair, aduk dengan teknik melipat dengan spatula hingga tercampur rata.

5. Tuangkan ke loyang berukuran 22x22x5 cm yang sudah dioles margarin kemudian alasi dengan baking paper, jangan lupa untuk mengoleskan margarin di bagian pinggirnya juga dan tabur tipis terigu.

6. Masukkan ke dalam oven dan panggang hingga matang.

7. Dinginkan kue di atas cooling rack, setelah itu oles dengan butter cream, potong dan hias sesuai selera.

Kue Ulang Tahun Bolu Kukus

Ilustrasi bolu kukus coklat (Photo by Daria Shevtsova on Pexels)
Ilustrasi bolu kukus coklat (Photo by Daria Shevtsova on Pexels)

Bahan-bahan:

- Telur 3 butir

- Gula pasir 110 gr

- SP 1 sdt

- Garam 1/2 sdt

- Vanili 1 sdt

- Terigu pro sedang 175 gr

- Susu bubuk 15 gr yang sudah diayak jadi satu, lalu sisihkan.

- Margarin cair 70 gr

- Santan kental 150 ml

10. Pewarna makanan sesuai selera

Cara membuat kue ulang tahun bolu kukus:

1. Panaskan alat kukus dengan menggunakan api sedang.

2. Olesi loyang dengan minyak lalu taburi terigu sedikit saja secara merata, dan sisihkan.

3. Kocoklah bahan sampai putih dan mengental.

4. Bagi menjadi menjadi beberapa bagian, tambahkan pewarna dan aduk secara merata.

5. Tuang selang-seling adonan di satu titik, sampai adonan habis.

6. Kukus selama kurang lebih 25-30 menit menggunakan api sedang hingga matang.

Kue Ulang Tahun Brownies Kukus

Ilustrasi kue brownies kukus | Polina Tankilevitch dari Pexels
Ilustrasi kue brownies kukus | Polina Tankilevitch dari Pexels

Bahan-bahan:

- Telur 6 butir

- Gula pasir 225 gr

- Emulsifier 1/2 sdt

- Tepung terigu 125 gr

- Cokelat bubuk 50 gr

- Minyak sayur 175 gr

- DCC 100 gr yang sudah dicincang dan dilelehkan

- Kental manis cokelat 75 gr

Cara membuat kue ulang tahun brownies kukus:

1. Langkah pertama adalah memanaskan kukusan terlebih dahulu, Jika Anda memakai dandang biasa, jangan lupa untuk bungkus tutupnya dengan kain.

2. Siapkan loyang berukuran 20x20 cm, olesi dengan margarin dan alasi kertas baking, lalu oles kembali. Sisihkan.

3. Campurkan dan ayak tepung terigu serta cokelat bubuk, kemudian sisihkan.

4. Lalu, campurkan minyak sayur dan DCC lekeh, kemudian sisihkan.

5. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier hingga memiliki tekstur yang mengembang dan kental.

6. Masukkan campuran terigu dan cokelat bubuk, aduk secara merata atau kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah

7. Tuangkan campuran minyak sayur dan DCC leleh ke dalam adonan.

8. Aduklah kembali dengan spatula hingga tercampur sempurna.

9. Ambil sedikit adonan sekitar 100 gr, kemudian campurkan dengan kental manis, sisihkan.

10. Tuang setengah adonan sisa ke dalam loyang, kukus selama sekitar 10-15 menit, gunakan api sedang agar brownies tak menggelombang.

11. Buka tutup kukusan dan tuang adonan yang sudah dicampur kental manis. Kukus dengan waktu selama 5 menit.

12. Terakhir tuang sisa adonan dan kukus hingga matang sekitar 25 menit, lakukan tes dengan menusuknya.

13. Angkat dan kue ulang tahun siap dihias.

Kue Ulang Tahun Bolu Jadul

Ilustrasi kue ulang tahun
Ilustrasi kue ulang tahun

Bahan-bahan:

- Margarin 100 gr

- Kuning telur

- Telur utuh

- Tepung segitiga 80 gr

- Gula pasir 80 gr

- SP 5 gr

- Susu bubuk 15 gr

- Maizena 10 gr

Cara membuat kue ulang tahun bolu jadul:

1. Kocoklah telur, gula, SP hingga mengembang kental berjejak.

2. Masukkan bahan tepung dengan mengayak sebanyak 3 kali proses, campurkan dengan spatula.

4. Masukkan margarin.

5. Tuangkan pada loyang berukuran 20 cm yang sudah dioles dan ditabur terigu.

6. Kukus selama 50 menit dengan suhu 160 derajat Celcius

7. Saat bolu matang, Anda bisa mengeluarkannya dan dinginkan di cooling rak.

Bahan Cream:

1. Margarin 200 gr

2. Tepung gula

3. Cokelat bubuk 2 sdm dan tambahkan sedikit kopi nescafe instan

Cara Membuat:

1. Kocok terlebih dahulu margarin sampai benar creamy, baru Anda dapat memasukkan gula tepung serta pasta, kocok hingga rata.

2. Cream siap dioleskan kepada kue.

3. Kue ulang tahun siap disajikan.

Kue Ulang Tahun Sponge Cake

ilustrasi sponge cake/Photo by Karly Gomez on Unsplash
ilustrasi sponge cake/Photo by Karly Gomez on Unsplash

Bahan-bahan:

- 2 butir telur utuh

- 3 butir kuning telur

- 65 gr gula

- 40 gr terigu kunci

- 10 gr cokelat bubuk

- 8 gr maizena

- 8 gr susu bubuk

- 1 sdt pasta cokelat

- 75 gr mentega cair

- Sejumput garam

Cara membuat kue ulang tahun sponge cake:

1. Panaskan oven 180-190 derajat Celcius

2. Kocok semua bahan, menjadi satu sampai menggembang fluffy ribbon stage.

3. Masukkan campuran mentega cair + susu, aduk balik dengan spatula sampai benar-benar rata dan tidak ada sisa cairan di dasar mangkuk

4. Panggang 20-25 menit. Setelah matang keluarkan dari loyang, biarkan dingin.

Kue Ulang Tahun Cream Brulee

Bahan-bahan:

- 4 butir telur

- 50 gr gula pasir

- 1/2 sdt Sp

- 50 gr terigu

- 20 gr cokelat bubuk

- 1 sdt maizena

- 1/2sdt vanili

- 37 gr butter (lelehkan)

- 30 gr dark cooking chocolate (lelehkan)

Cara membuat kue ulang tahun cream brulee:

1. Pertama, campurkan butter leleh dan cokelat leleh, kemudian sisihkan.

2. Campurlah semua bahan, kecuali butter dan cokelat leleh. Kocok semuanya secara merata sampai adonan mengembang dan kental.

3. Tuangkan campuran butter dan cokelat sedikit demi sedikit, aduk kembali adonan.

4. Lalu, tuang ke dalam loyang bulat dengan ukuran diameter 16 cm, pastikan sudah dioles margarin dan dialasi kertas roti.

5. Panggang selama 35-40 menit menggunakan suhu 180 derajat Celcius sampai bolu matang.

Cara membuat cream:

- Panaskan terlebih dahulu susu cair (65 ml) dan whipped cream cair (125 ml) dengan api sedang selama 3 menit.

- Matikan api dan masukkan nestle docello (50 gr) creme brulee kemudian aduk secara rata.

Cara membuat cokelat mousse:

- Kocok secara rata whipped cream (100 ml) dan dark cokelat (100 gr) hingga tercampur sempurna.

Cara Membuat Chocolate Ganache:

-  Haluskan cokelat (50 gr), lalu masukkan whipped cream cair, aduk hingga kental.

Penyelesaian:

1. Siapkan loyang yang dapat dibongkar pasang dengan ukuran diameter 14 cm.

2. Belah kue menjadi dua bagian.

3. Taruh 1 layer cake didasar loyang, siramlah secara merata bagian atas kue dengan sedikit susu cair agar selalu moist.

4. Tuang cream brulee, lapisi dengan cokelat mousse dan tutup lagi dengan 1 layer cake, kemudian tuangkan chocolate ganache di atasnya.

5. Simpan di lemari pendingin atau kulkas selam minimal 4 jam atau bisa semalaman.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Syur Mirip Gisel Bikin Geger, Hotman Paris: Yang Lalai Menyimpan Hingga Tersebar Bisa Kena Pasal

Posted: 08 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sepanjang pekan lalu Gisella Anastasia alias Gisel menjadi gunjingan khalayak gara-gara video syur berdurasi belasan detik seorang perempuan mirip dirinya tersebar di jagat maya.

Gisel telah menyampaikan klarifikasi. Bintang film Cek Toko Sebelah ini bingung dan sedih lantaran ketap dijadikan objek isu video panas. Ini bukan kali pertama Gisel tersandung video panas.

Oktober 2019, video panas mirip Gisel tersebar dan dilaporkan ke kepolisian. Kasus ini sampai ke telinga Hotman Paris. Hotman Paris menyampaikan peringatan keras buat cewek di video itu.

 

Siapkan Tim Pengacaramu

Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)
Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

Peringatan ini disampaikan presenter Hotman Paris Show dan Hotroom lewat video berdurasi 58 detik yang diunggah di akun Instagram terverifikasi Hotman Paris, Sabtu (7/11/2020).

"Dalam dua hari ini tersebar video porno yang diduga, katanya, diduga itu adalah seorang artis cewek terkenal. Pokoknya cewek tersebut hati-hati, persiapkan tim pengacara kamu," katanya.

AR, LM, dan CT

Unggahan Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)
Unggahan Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

Hotman Paris lantas memberi contoh kasus serupa yang menggemparkan Tanah Air belasan tahun silam. Kala itu, vokalis band papan atas terlibat skandal video panas yang melibatkan dua aktris cantik ternama.

"Karena apa, dulu pernah ada contoh kasus puluhan tahun lalu, aktor penyanyi AR dan dua cewek LM sama CT yang salah satu klien saya," urai pengacara kelahiran Sumatra Utara, 20 Oktober 1959.

 

Lalai Menyimpan Sehingga Tersebar

Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)
Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

"Ternyata sudah ada contoh putusan pengadilan bukan hanya yang menyebarkan pornografi yang kena tapi juga yang lalai, lalai menyimpan sehingga tersebar," terang Hotman Paris.

Ia menambahkan, pisau hukum siap menyongsong orang yang lalai menyimpan video panas sehingga tersebar yakni pasal 27 ayat 1 Undang-undang ITE dan Undang-undang Pornografi. 

Jangan Sampai Anda Kena

Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)
Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)

"Jangan sampai anda kena lalai menyimpan pornografi. Sudah pernah ada contoh kasus dihukum sampai Mahkamah Agung. Membuat dan lalai menyimpan, hati-hati. Belum tentu menyebarkan. Harusnya menyebarkan, tapi sudah ada contoh kasus," pungkasnya.

Bersama video ini, Hotman Paris mencuit status teks, "Lalai simpan vidio porno dan tersebar bisa dihukum? Azaz praduga tdk bersalah tetap di utamakan! Apakah cuma mirip wajah dgn artis tsb? Perlu pembuktian."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tekan Pengangguran, Pemerintah Diminta Siapkan Anggaran Jamsos Lebih Besar

Posted: 08 Nov 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Abra el Talattov menyarankan agar Pemerintah segera memitigasi dampak covid-19 agar angka pengangguran tidak meningkat.

"Dampak negatif yang sudah terjadi adalah lonjakan pengangguran, ini sangat tinggi sekali tingkat pengangguran kita meningkat sekitar 2,6 persen dari Agustus 2019 ke Agustus 2020," kata Abra kepada Liputan6.com, Senin (9/11/2020).

 Jumlah pengangguran dampak covid-19 yang telah mencapai angka 2,56 juta menyebabkan pula daya beli masyarakat tersebut akan menurun, konsumsi rumah tangga di kuartal IV dan tahun depan juga belum tentu bisa pulih, kata Abra.

Selain itu, tingginya tingkat pengangguran ini juga akan memicu para pekerja lain yang masih eksis di pekerjaannya cenderung akan menahan tabungan mereka.

Lantaran mereka was-was apakah kedepannya mereka akan di PHK atau dirumahkan oleh pabrik atau perusahaannya masing-masing, sehingga itu akan menjadi pemicu pekerja untuk menahan tabungan.

Ditambah dampaknya selain pengangguran yang meningkat adalah rata-rata upah pekerja /buruh selama setahun ini juga menurun 5,2 persen. Sehingga pendapatan mereka berkurang, otomatis konsumsinya juga berkurang.

"Karena pengangguran ini punya konsekuensi terhadap lonjakan tingkat kemiskinan juga. Ketika tingkat kemiskinan meningkat maka akan menjadi beban bagi masyarakat dan menjadi tambahan beban bagi pemerintah," ujarnya.

Ia menyarankan agar Pemerintah mengalokasikan anggaran jaminan sosial lebih besar lagi baik di tahun ini maupun tahun mendatang. Sebab dampak jangka pendek telah dirasakan yakni meningkatnya jumlah pengangguran, dan dampak jangka panjangnya bisa sebabkan angka kemiskinan meningkat.

Selain itu pemerintah harus memikirkan bagaimana memitigasi atau memulihkan daya beli pekerja yang mengalami pengurangan jam kerja. Karena hingga saat ini terdapat 24,03 juta pekerja yang mengalami pengurangan jam kerja.

"Nah berkurangnya jam kerja ini mereka punya konsekuensi berkurangnya upah. Jadi sebenarnya kita tidak bisa melihat angka pengangguran saja," pungkasnya.   

Menko Airlangga Sebut UU Cipta Kerja Bakal Rangkul 9,7 Juta Pengangguran

Sejumlah pencari kerja memadati arena Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Sejumlah pencari kerja memadati arena Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka pengangguran pada Agustus 2020 bertambah 2,67 juta orang. Alhasil, jumlah angkatan kerja di Indonesia yang menganggur menjadi 9,77 juta orang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memandang, pandemi Covid-19 berkepanjangan memang telah menekan sektor lapangan kerja.

Menurut perhitungannya, jumlah pengangguran saat ini masih sekitar 5 persen dari total angkatan tenaga kerja di Indonesia.

"Kemudian tentu pekerja informasi masih tinggi. Dan juga terkait yang masuk ke lapangan kerja tahun ini 2,9 persen, dimana itu 1,7 persen lulusan perguruan tinggi dan 1,3 persen adalah lulusan SMK. Itu yang perlu dicarikan jalan keluar," paparnya dalam sesi teleconference, Kamis (5/11/2020).

Menurut dia, Undang-Undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja yang telah dituangkan ke dalam UU Nomor 11 Tahun 2020 dapat memberikan jalan keluar dari berbagai permasalahan di atas.

"Nah ini satu yang didorong dalam UU Cipta Kerja, agar mereka bekerja dipermudah dan mereka untuk masuk ke sektor usaha juga disimplifikasi," ujar Airlangga.

Pengangguran Terbuka

Sejumlah pencari kerja memadati arena Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Sejumlah pencari kerja memadati arena Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Kepala BPS Kecuk Suhariyanto mengatakan, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Tanah Air yang sebesar 9,77 juta jiwa pada Agustus 2020 merupakan imbas dari pandemi Covid-19. Secara grafik, angka tersebut mengalami kenaikan 5,32 persen menjadi 7,07 persen.

"Sehingga dengan pandemi bisa dilihat tingkat pengangguran terbuka di Indonesia pada Agustus 2020 mengalami kenaikan 5,23 persen menjadi 7,07 persen, atau terjadi kenaikan sebesar 2,67 juta orang," jelasnya.

Berdasarkan lokasi, jumlah pengangguran di kota mengalami peningkatan lebih tinggi dibandingkan di desa. Tingkat pengangguran di kota naik 2,69 persen, sementara di desa hanya 0,79 persen.

Peningkatan TPT ini terjadi lantaran adanya kenaikan jumlah angkatan kerja per Agustus 2020 sebesar 2,36 juta orang menjadi 138,22 juta jiwa. Meski terjadi kenaikan tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) sebesar 0,24 persen poin menjadi 67,77 persen, namun terjadi penurunan jumlah penduduk yang bekerja.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tom Hanks Perankan Kyle Kidd di News of the World, Disebut untuk Incar Piala Oscar Tahun Depan

Posted: 08 Nov 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tom Hanks salah satu legenda hidup Hollywood. Nyaris tidak pernah tampil buruk di layar lebar, Tom Hanks enam kali beroleh nominasi Oscar sejak kali pertama masuk bursa Academy Awards pada 1989.

Desember 2020, Tom Hanks merilis film anyar News of the World yang digadang-gadang jadi performa terbaik berikutnya dari sang aktor. Dalam karya sineas Paul Greengarass, Tom Hanks memerankan Captain Jefferson Kyle Kidd. 

Sejumlah kritikus menilai Kidd digunakan Tom untuk mengincar Oscar tahun depan. Ini bukan kali pertama Paul Greengrass mengarahkan Tom Hanks. Pada 2013, keduanya berkolaborasi di Captain Phillips yang diganjar setengah lusin nominasi Oscar termasuk Film Terbaik.

 

Seorang Pendongeng

Poster film News of the World. (Foto: Universal Pictures/ IMDb)
Poster film News of the World. (Foto: Universal Pictures/ IMDb)

"Saya suka mendengarkan cerita yang bagus seperti saya suka menceritakannya. Itulah mengapa saya sangat senang bermain Kidd. Dia adalah seorang pendongeng," terang Tom Hanks dilansir dari video yang diunggah akun Twitter terverifikasi UIP Movies Indonesia.

Tom Hanks menggambarkan Kyle Kidd sebagai pribadi dengan motivasi jelas, emosional, terkenal, dan tergerak mengejar kebenaran. Ia hidup di era dunia dibayangi Perang Saudara dan diwarnai kekalahan, pertikaian, juga amarah.

Tersurut Welas Asih

Tom Hanks dalam News of the World. (Foto: Universal Pictures/ IMDb)
Tom Hanks dalam News of the World. (Foto: Universal Pictures/ IMDb)

Suatu hari, Kyle Kidd bertemu anak perempuan bernama Johanna Leonberger (Helena Zengel) yang terpisah dari keluarganya. Interaksi mereka yang semula berjarak menjadi intens.

"Tersulut oleh welas asih kepada anak itu, Kyle Kidd berupaya mengembalikannya ke keluarganya," papar bintang film Cast Away dan Saving Private Ryan. Tom Hanks menyebut kisah News of the World menyentuh.

 

Dalam Perang

Tom Hanks dalam News of the World. (Foto: Universal Pictures/ IMDb)
Tom Hanks dalam News of the World. (Foto: Universal Pictures/ IMDb)

"Dalam perang, dia (Kyle Kidd -red.) melihat banyak orang menyerah pada rasa takut. Dia melihat kehidupan yang paling kejam dan dia sudah muak," aktor kelahiran California, 9 Juli 1956, menyambung.

Tom Hanks membedah naskah News of the World dengan detail untuk memahami kepribadian dan latar belakang Kyle Kidd. Menurutnya, Kyle Kidd di masa lalu pernah diselamatkan. Karenanya, ia ingin menyelamatkan Johanna. 

Tujuan Yang Sebenarnya

Tom Hanks dalam News of the World. (Foto: Universal Pictures/ IMDb)
Tom Hanks dalam News of the World. (Foto: Universal Pictures/ IMDb)

"Anak ini memberinya tujuan yang sebenarnya. Pesan utamanya, ketika Anda memiliki banyak cinta dalam hidup, Anda akan baik-baik saja. Itu cinta murni untuk manusia lain," Tom Hanks mengakhiri.

Skenario News of the World digarap Paul Greengrass dan Luke Davies berdasarkan novel Paulette Jiles. Film ini dijadwalkan pencinta sinema pada Desember 2020 termasuk di Indonesia. Semoga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Enggan Gugat UU Cipta Kerja ke MK, Mahasiswa Bakal Kembali Unjuk Rasa

Posted: 08 Nov 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar demonstrasi menolak Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja atau UU Cipta Kerja pada Selasa 10 November 2020.

Hal itu terlihat dalam akun Instagram BEM SI di @bem_si pada Senin (9/11/2020). Terkait hal tersebut, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) BEM SI, Andi Khiyarullah, membenarkan rencana tersebut.

Meski demikian, pihaknya masih berdiskusi mengenai tuntutan yang akan disampaikan, selain UU Cipta Kerja tersebut.

"Ini masih dikonsolidasikan, seruan aksi pun belum kita layangkan," kata Andi kepada Liputan6.com.

Dia pun menuturkan, pihaknya masih belum mengambil opsi mengajukan uji materi atau judicial review (JR) UU Cipta Kerja ke Mahkamah Konstitusi.

Dirinya mengklaim, sudah memperhitungkan peluang lolosnya jika menggunakan jalur konstitusional tersebut.

"Belum-belum. Ya kita sudah tahu kalau ke MK itu (potensi menangnya) berapa persen gitu," tukas Andi.

 

 

Buruh Lebih Dulu

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) kembali akan menggelar demontrasi menolak undang-undang Cipta Kerja.

Mereka dikabarkan akan menggelar demonstrasi di depan Gedung DPR RI, Senin (9/11/2020). Kepolisian pun disiagakan untuk mengawal aksi unjuk rasa.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, personel gabungan yang dikerahkan untuk mengamankan demo berjumlah 2.295 personel. Mereka terdiri dari unsur Polri, TNI dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

"Kita siagakan 2.295 personel gabungan TNI, Polri, dan Dishub," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (9/11/2020).

Yusri mengharapkan, demontrasi berjalan tertib. Bagi buruh yang akan menyampaikan aspirasinya agar memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dylan Sada Meninggal, Ini 5 Fakta Sosoknya yang Pernah Jadi Korban Kekerasan

Posted: 08 Nov 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka meninggalnya model Dylan Sada membuat terkejut banyak pihak. Pemilik nama asli Aldila Perez atau yang dikenal dengan nama panggung Dylan Sada, meninggal dunia pada Senin (9/11/2020) pagi ini tepatnya pukul 07.00 waktu setempat. 

Ia dikenal sebagai seorang model asal Indonesia yang lebih banyak berkarir di luar negeri. Kabar duka ini disampaikan oleh musisi Dimas Radityo melalui postingan Instagram story-nya beberapa saat lalu.

Nama Dylan Sada beberapa waktu lalu juga sempat menuai perhatian netizen usai menyampaikan pengalaman pahit yang pernah ia alami. Model nyentrik ini pernah menjadi korban kekerasan pasangannya dan menjadi korban pelecehan ayah kandungnya.

Pengakuan Dylan Sada ini pun membuat sosoknya dikenal masyarakat Tanah Air. Tak sedikit netizen memberikan dukungan dan semangat kepada sang model. Tak heran, kabar meninggalnya Dylan Sada kali ini cukup membuat heboh. 

Berikut ini Liputan6.com rangkum 5 fakta sosok Dylan Sada model nyentrik yang uasi dikabarkan meninggal dunia, dirangkum dari berbagai sumber, Senin (9/11/2020).

1. Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Dylan Sada diumumkan melalui media sosial oleh Dimas Radityo. Melalui Instagram dengan nama @dimsrads, Dimas membagikan informasi terkait meninggalnya Dylan Sada.
Kabar meninggalnya Dylan Sada diumumkan melalui media sosial oleh Dimas Radityo. Melalui Instagram dengan nama @dimsrads, Dimas membagikan informasi terkait meninggalnya Dylan Sada.

Lewat unggahan Instargam Stories Dimas Radiyto @dimsrads membagikan postingan kabar saudaranya yakni Dylan Sada telah meninggal dunia pada Senin (9/11/2020) pagi.

"Innalilahi wa innalilahi rojiun, telah meninggal dengan tenang, ALDILA WULANDARI @dylan_sada Senin, 9 November 2020 jam 7 waktu setempat," tulis Dimas Radityo.

"Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya atas segala khilaf dan kesalahan almarhumah dan mohon doa semoga almarhumah wafat dalam keadaan husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan kesabaran.. Aamiin YRA. Yang berduka cita, Keluarga Pranadjaja," tambahnya. 

2. Model Nyentrik

Dylan Sada ©instagram/dylan_sada
Dylan Sada ©instagram/dylan_sada

Dylan Sada selama ini dikenal sebagai seorang model dengan gaya nyentrik dan seksi yang sukses berkarier di New York, Amerika Serikat. Tak jarang ia tampil berani dalam berpose di depan kamera sebagai seorang model profesional.

Di Instagram miliknya, wanita asal Jakarta ini kerap membagikan berbagai hasil pemotretannya. Tak jarang Dylan Sada kerap bergaya nyentik dari mulai pakaian hingga riasan wajahnya.

3. Korban Pelecehan Ayah Kandung

Dylan Sada jadi korban kekerasan.  (Sumber Foto: Instagram/Dylan Sada)
Dylan Sada jadi korban kekerasan. (Sumber Foto: Instagram/Dylan Sada)

Pada Maret 2018 lalu, Dylan Sada membuat publik terkejut usai menuturkan pengakuannya. Ia ternyata memiliki kenangan buruk dengan ayahnya. Hal itulah yang membuat Dylan Sada memutuskan untuk meninggalkan Indonesia lantaran perilaku yang dilakukan ayah kandungnya saat masih kecil.

Lewat akun Instagram pribadinya, ia mengaku pernah mendapatkan pelecehan seksual dari ayah kandungnya. Akibatnya ia pernah mencoba bunuh diri sebanyak 5 kali. 

"Saya dilecehkan secara seksual oleh ayah kandung saya saat masih muda, sulit untuk percaya bahwa saya masih mengingatnya dengan jelas. Saya tahu itu salah bahkan saat itu juga tapi saya masih muda, saya takut dan malu untuk menceritakan kepada siapapun, jadi saya menguburnya." tulisnya.

Ia juga menjelaskan bagaimana perjuangannya untuk megnhadapi kenyataan pahit tersebut. Ia menghimbau bagi siapapun yang bernasib sama dengannya untuk meminta bantuan dan berbicara dengan orang lain. Alih-alih hanya diam dan menguburnya justru membuat semuanya mejadi sulit.

4. Dapat Kekerasan dari Pasangan

Dylan Sada mengalami kekerasan dalam hubungannya ©instagram/dylan_sada
Dylan Sada mengalami kekerasan dalam hubungannya ©instagram/dylan_sada

Tak hanya menjadi korban pelecehan sang ayah, Dylan Sada juga membuat netizen terkejut setelah diketahui menjadi korban kekerasan dalam hubungan. Model cantik ini mendapatkan tindakan kekerasan dari pasangannya beberapa waktu silam, tepatnya pada 2018. 

Namun, Dylan Sada bangkit dan menyuarakan apa yang menimpanya. Ia mengunggah beberapa video bukti memar-memar yang ada di wajah dan tubuhnya di Instagram. Dylan menyebut bahwa kekerasan yang ia alami bukan hanya sekali ini terjadi.

Pasangannya kerap melakukan kekerasan kepada dirinya, namun Dylan tidak bisa melawan dan selalu jadi korban ketika ingin berpisah dari pasangannya.

"Saya diikat dan wajah saya disikut hingga menyebabkan luka pada lidahku. Rambut saya ditarik begitu keras, lalu saya dibanting ke lantai. Saya juga memiliki benjolan besar di kepala, sehingga saya harus melakukan CT scan," kata Dylan.

5. Dikenal Sosok yang Ramah

Credit: via instagram.com/dylan_sada/ssm
Credit: via instagram.com/dylan_sada/ssm

Kabar meninggalnya model asal Indonesia yang sukses berkarier di New York ini tentu meninggalkan rasa sedih bagi siapapun yang mengenalnya. Kolom komentar unggahan terakhir Dylan Sada pun dibanjiri doa dan kalimat duka.

Beberapa netizen yang pernah bertemu dengannya menuliskan jika Dylan Sada adalah sosok yang baik dan ramah. Kisah perjalanan hidupnya yang tak mudah membuat orang lain terinspirasi dan menjadi motivasi.

Tak hanya netizen sejumlah artis Tanah Air juga turut menuliskan kalimat duka untuk sang model. Mulai dari Tara Basro, Melanie Putria, Kallula, Andien dan masih banyak lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Risma Sebut Eri Cahyadi Ikut Merancang Pembangunan Surabaya

Posted: 08 Nov 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyebut calon wali kota Eri Cahyadi ikut merancang pembangunan Ibu Kota Provinsi Jawa Timur selama selamamenjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeko) Surabaya.

Risma mengaku telah mengetahui betul kemampuan Eri Cahyadi sejak awal menjadi aparatur sipil negara (ASN) sampai menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya.

"Dia orangnya inovatif, bertanggung jawab, dan berani membela kepentingan orang banyak. Dia selama ini ikut merancang dan menjalankan program pemerintah kota, saya tahu betul kualitasnya," ujar Risma di Surabaya, Senin (9/11/2020).

Pernyataan tersebut disampaikan Risma setiap kali melakukan kampanye untuk memenangkan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji. Terakhir dilakukan saat kampanye di kawasan Babatan, Wiyung, Surabaya, Minggu (8/11/2020).

Risma bersyukur, saat ini Surabaya sudah makin berkembang, tidak hanya dari sisi infrastruktur kota yang kian baik dan modern, tetapi juga diiringi dengan berbagai program sosial dan pendidikan serta kesehatan yang bermutu.

"Ke depan itu semua harus diteruskan, diperbaiki apa yang masih kurang, misalnya masih ada beberapa spot yang banjir," katanya seperti dikutip dari Antara.

Risma juga mengajak semua warga hidup rukun. Menurut dia, Surabaya adalah rumah besar yang ramah bagi semua umat beragama, seperti di kawasan Babatan, Wiyung, yang sejak lama harmonis. Di sana ada berbagai rumah ibadah, mulai masjid, gereja, hingga pura.

Pada kesempatan tersebut, Risma juga meminta maaf atas masih adanya kekurangan dalam memimpin Surabaya selama 10 tahun terakhir.

"Saya beberapa bulan lagi selesai. Saya masih terus bekerja menyelesaikan beberapa hal yang kurang, seperti sekarang kami bekerja mengantisipasi datangnya musim hujan, semuanya untuk warga Surabaya. Saya juga mohon dimaafkan karena pasti ada kekurangan dalam memimpin kota ini 10 tahun terakhir," kata Risma.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Wali Kota yang Diingikan Warga Surabaya

Ketua Harian DPP Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) Eko Purwanto yang saat itu bersama Risma mengatakan bahwa sambutan warga saat kampanye luar biasa.

"Rupanya warga ingin wali kota yang bisa meneruskan kebaikan Bu Risma, bukan orang yang ingin menghentikan program-program baik dari Bu Risma," ujarnya.

Diketahui Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Eri Cahyadi dan Armuji. Paslon nomor urut 01 tersebut diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI.

Selain itu, mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik nonparlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dengan nomor urut 02 diusung koalisi delapan partai, yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat, dan Partai Nasdem serta didukung Partai Perindo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

De Liput: Kebiasaan Baru Sekolah Tatap Muka

Posted: 08 Nov 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sekolah Tatap Muka sudah mulai digelar di sejumlah wilayah. Lili dan Putra pun mulai mencari informasi terkait kebiasaan baru yang akan diterapkan di sekolah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengembang Properti Optimis Ekonomi Indonesia Segera Pulih dari Resesi

Posted: 08 Nov 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia sudah dipastikan berada dalam kondisi resesi, setelah pemerintah resmi mengumumkan bahwa pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III-2020 kembali mengalami kontraksi sebesar 3,2 persen.

Kendati begitu, sejumlah pengembang properti nasional optimistis perlemahan ekonomi akan segera pulih. Berbagai langkah kebijakan stimulus dalam Program Pemulihan Ekonomi (PEN) yang semakin digencarkan oleh pemerintah, menjadi alasan utama adanya kepercayaan diri para pelaku usaha termasuk property devepor saat menghadapi kondisi resesi seperti sekarang ini.

Direktur Eksekutif PT Hong Kong Kingland, Jiko Tandijono mengatakan perlemahan ekonomi akibat Pandemi Covid-19 tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan hampir seluruh negara di dunia mengalaminya. Ketimbang meratapi kondisi, lebih baik tetap optimis menjalani aktivitas bisnis.

"Pasang surut adalah hal biasa dalam bisnis. Karena itu, kami tetap menjalankan proses pembangunan Apartment Kingland Avenue, seperti sekarang ini kami mulai mengerjakan konstruksi struktur atas tower kedua, The Fritz," katanya dikutip Senin (9/11/2020).

Pandemi Covid-19, lanjut Jiko, menuntut pengembang properti untuk terus berinovasi agar dapat beradaptasi dengan berbagai situasi dan kondisi. Salah satu inovasi yang dilakukan Kingland Avenue adalah menampilkan desain unit apartment sesuai dengan standar kesehatan Covid-19, seperti lokasi kamar mandi bedekatan dengan pintu masuk serta ukuran jendela lebih lebar untuk sirkulasi udara maksimal.

"Desain seperti ini sangat sesuai denga standar kesehatan Covi-19. Sebab, saat penghuni masuk apartemen bisa langsung cuci tangan," imbuhnya. Jiko mengklaim, sejak awal pandemi hingga sekarang permintaan unit-unit hunian pada Kingland Avenue tidak pernah surut. Buktinya, penjualan The Fritz Tower sudah mencapai 60 persen dari total 700 unit yang ditawarkan.

"Dengan harga mulai dari Rp400 jutaan, konsep desain arsitekur bertema Scandinavian Kontemporer pada The Fritz, sangat cocok dengan kebutuhan konsumen yang didominasi kaum millennial dan Gen Z dimana kedua generasi ini memiliki kecenderungan gaya hidup dinamis dan praktis," pungkas Jiko Tandijono.

Resesi, Ekonomi Indonesia Lebih Baik Dibanding Singapura

Pejalan kaki di salah satu JPO Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (5/11/2020). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020 minus 3,49 persen, Indonesia dipastikan resesi karena pertumbuhan ekonomi dua kali mengalami minus. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Pejalan kaki di salah satu JPO Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (5/11/2020). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020 minus 3,49 persen, Indonesia dipastikan resesi karena pertumbuhan ekonomi dua kali mengalami minus. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi terkontraksi 3,49 persen di kuartal III 2020.  Dengan pengumuman tersebut, Indonesia resmi resesi karena pada kuartal II ekonomi Indonesia juga tumbuh negatif 5,32 persen.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Abra el Talattov mengatakan, meskipun pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III minus lagi dan akhirnya dinyatakan resesi, Indonesia lebih baik dibanding negara lain yang sudah duluan resesi.

"Kalau dibandingkan dengan negara lain misalnya dibandingkan dengan Singapura, Indonesia lebih baik dimana Singapura minus 7 persen. Kita lebih baik minus 3,49 persen," kata Abra kepada Liputan6.com, Minggu (8/11/2020).

Tapi jika dibandingkan dengan negara Vietnam tentu jauh, kata Abra, kuartal III Vietnam tumbuh positif 2,6 persen, dan Tiongkok kuartal III tumbuh positif 4,9 persen.

Vietnam dan Tiongkok berhasil bisa mencapai pertumbuhan positif karena penanganan covid-19 di negara mereka cukup efektif. Sedangkan untuk Indonesia penanganan fundamental covid-19 belum mencapai puncak.

"Penanganan covid-19 belum mencapai puncak, kita gelombang pertama belum melalui, jadi itu yang menjadi persoalan kita," jelasnya.

Ia pun mengkhawatirkan pola penanganan covid-19 yang belum efektif ini akan berlanjut di kuartal IV. Lantaran hal itu terbukti kasus covid-19 di Indonesia hingga kuartal III masih di kisaran 3.000-4.000 kasus, sehingga mempengaruhi daya beli masyarakat yang semakin menurun.

"Saya khawatir pola ini akan berlanjut di kuartal IV, karena tidak cukup ada suatu faktor yang bisa mendorong masyarakat untuk berbelanja lebih banyak lagi di kuartal IV nanti," ujarnya.

Apalagi vaksin yang dijanjikan Pemerintah bisa didistribusikan di bulan November ini ternyata meleset dari target awal. Bahkan sampai Desember pun belum tentu terjadi pendistribusiannya, hal itu juga menyebabkan confidence masyarakat untuk perekonomian di kuartal IV masih akan berat dan bisa saja tetap berada jurang resesi.

Indonesia Resmi Resesi, Ekonomi Minus 2 Kuartal Berturut-Turut

Pejalan kaki bersiap menyeberang di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (23//9/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resesi pada kuartal III-2020, perekonomian Indonesia akan mengalami kontraksi hingga minus 2,9 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Pejalan kaki bersiap menyeberang di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (23//9/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resesi pada kuartal III-2020, perekonomian Indonesia akan mengalami kontraksi hingga minus 2,9 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2020 minus 3,49 persen. Dengan begitu, Indonesia resmi resesi setelah mencatatkan pertumbuhan ekonomi negatif sdalam dua kuartal berturut-turut.

Catatan ini sesuai banyak perkiraan bahwa Indonesia akan jatuh ke lubang resesi pada kuartal ketiga. Bahkan, angka tersebut lebih tinggi dari ramalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang minus 3 persen.

"Ekonomi Indonesia pada triwulan ketiga secara tahunan (year on year/yoy) masih mengalami kontraksi sebesar 3,49 persen," jelas Kepala BPS Kecuk Suhariyanto, Kamis (5/11/2020).

Namun demikian, Suhariyanto mengatakan, jika dibanding pencapaian di kuartal II 2020, pertumbuhan ekonomi nasional masih tumbuh lebih bagus di kuartal III ini.

"Sehingga secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan I-III 2020 itu masih mengalami kontraksi sebesar 2,03 persen," jelasnya.

Suhariyanto menambahkan, pertumbuhan ekonomi kuartal III yang minus 3,49 persen juga masih lebih baik dibanding triwulan kedua yang terkontraksi 5,32 persen.

"Artinya terjadi perbaikan dan tentunya kita berharap di kuartal IV situasi akan menjadi membaik. Apalagi dengan adanya pelonggaran PSBB," ujar dia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Imbang Lawan Verona, Ibrahimovic Kapok Jadi Eksekutor Penalti

Posted: 08 Nov 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Striker Zlatan Ibrahimovic gagal mencetak gol dari titik putih penalti pada laga AC Milan vs Verona, Minggu (8/11/2020). Tendangan Ibra pada menit ke-66 masih membentur mistar gawang tim tamu. 

Laga lanjutan Liga Italia Serie A itu berakhir tanpa pemenang. AC Milan vs Verona ditutup dengan skor 2-2. 

Bermain di kandang sendiri, Stadion San Siro, Milan, Minggu (8/11/2020), AC Milan sempat tertinggal 0-2 lewat gol Barack dan bunuh diri Carabia. Beruntung Rosssoneri akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui bunuh diri Giangiacomo Magnani dan gol Ibrahimovic pada masa injury time.

Kegagalan penalti dalam laga AC Milan vs Verona membuat Ibrahimovic kapok. Mantan pemain Manchester United itu enggan mengambil tugas yang sama pada laga-laga berikutnya.  

"Jujur, saya sangat marah karena hasil imbang hari ini tidak cukup baik," katanya kepada Sky Sport seperti dilansir dari Football Italia. "Kami punya banyak peluang, penalti saya gagal dan saya pikir saya akan menyerahkan tugas itu kepada (Frank) Kessie," beber pemain bertubuh jangkung itu.

 

Kegagalan Ketiga

Striker AC Milan Zlatan Ibrahimovic gagal mencetak gol dari tendangan penalti saat melawan Hellas Verona pada pekan kedelapan Liga Italia di San Siro, Senin (9/11/2020) dini hari WIB. (AP Photo/Antonio Calanni)
Striker AC Milan Zlatan Ibrahimovic gagal mencetak gol dari tendangan penalti saat melawan Hellas Verona pada pekan kedelapan Liga Italia di San Siro, Senin (9/11/2020) dini hari WIB. (AP Photo/Antonio Calanni)

Wajar sebenarnya bila Ibra kapok menjadi eksekutor penalti AC Milan. Sebab, ini menjadi kali ketiga secara beruntun pemain asal Swedia tersebut gagal mencetak gol dari titik putih.

"Kami kebobolan dua gol, dan berhasil membalasnya, kami maju dan yang paling penting kami tidak kehilangan rasa percaya diri. Melihat persaingan di papan klasemen saat ini, kami ingin memenangkan semua pertandingan," kata Ibra menambahkan.

 

Belum Terkalahkan

Sundulan striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, mampu dihadang oleh kiper Hellas Verona, Marco Silvestri, dalam sebuah pertandingan Liga Italia Serie A 2020/2021 pekan ke tujuh, Senin (9/11/2020). (AP Photo/Antonio Calanni)
Sundulan striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, mampu dihadang oleh kiper Hellas Verona, Marco Silvestri, dalam sebuah pertandingan Liga Italia Serie A 2020/2021 pekan ke tujuh, Senin (9/11/2020). (AP Photo/Antonio Calanni)

AC Milan sampai saat ini masih berada di puncak klasemen Serie A. Rossoneri memimpin dengan 17 poin dari 7 laga. Sementara di urutan kedua menyusul Sassuolo dengan selisih 2 poin.

Klasemen Liga Italia

 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terpilih Jadi Presiden AS, Ini Daftar Prioritas Utama Kerja Joe Biden Saat Menjabat

Posted: 08 Nov 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih AS Joe Biden menjadikan penanggulangan pandemi Virus Corona COVID-19 sebagai prioritas utama setelah kemenangannya atas Donald Trump, kata timnya.

Saat mengumumkan langkah pertama dalam rencana transisinya, timnya mengatakan akan ada lebih banyak pengujian yang dilakukan dan orang Amerika akan diminta untuk memakai masker.

Mengutip BBC, Senin (9/11/2020), ia juga akan fokus pada ekonomi, mengatasi rasisme dan perubahan iklim.

Selain itu, agenda Biden dilaporkan juga termasuk serangkaian perintah eksekutif, perintah tertulis yang dikeluarkan oleh presiden kepada pemerintah federal yang tidak memerlukan persetujuan kongres yang bertujuan untuk membalikkan kebijakan Trump yang kontroversial. 

Menurut media AS, Biden akan bergabung kembali dengan perjanjian iklim Paris, yang secara resmi ditinggalkan AS pada hari Rabu di bawah keputusan Donald Trump.

Biden juga dilaporkan akan membalikkan keputusan untuk mundur dari Organisasi Kesehatan Dunia. Dia juga akan mengakhiri larangan bepergian bagi warga dari tujuh negara mayoritas Muslim.

Tak hanya itu, dia juga akan memulihkan kebijakan era Obama yang memberikan status imigrasi kepada migran tidak berdokumen yang memasuki AS sebagai anak-anak.

 

Waktu untuk Sembuhkan AS

Presiden terpilih Joe Biden (kedua kanan) dan istrinya Jill Biden (kanan) bersama Wakil Presiden terpilih Kamala Harris (kedua kiri) dan suaminya Doug Emhoff (kiri) saat menyampaikan pidato kemenangan Pilpres AS 2020 di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7/11/2020). AP Photo/Andrew Harnik, Pool)
Presiden terpilih Joe Biden (kedua kanan) dan istrinya Jill Biden (kanan) bersama Wakil Presiden terpilih Kamala Harris (kedua kiri) dan suaminya Doug Emhoff (kiri) saat menyampaikan pidato kemenangan Pilpres AS 2020 di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7/11/2020). AP Photo/Andrew Harnik, Pool)

Dalam pidato pertamanya sebagai presiden terpilih pada hari Sabtu, Biden mengatakan ini adalah "waktu untuk menyembuhkan" AS dan berjanji "untuk tidak memecah belah tetapi untuk menyatukan" negara. 

Berbicara kepada pendukung Trump secara langsung, dia berkata: "Kami harus berhenti memperlakukan lawan kami sebagai musuh."

Dia dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris telah meluncurkan situs web untuk transisi.

Presiden terpilih itu juga berjanji akan melakukan perubahan besar dalam cara Gedung Putih menangani virus corona setelah Trump berulang kali mengecilkan bobotnya dan menolak langkah-langkah kesehatan masyarakat termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak sosial.

Tim Biden mengatakan akan memastikan semua orang Amerika memiliki akses ke pengujian reguler dan gratis dan memberikan "panduan berbasis bukti yang jelas, konsisten" kepada komunitas.

Biden juga menginginkan aturan yang mewajibkan penggunaan masker di seluruh negeri, yang menurutnya akan menyelamatkan ribuan nyawa. Dia berencana untuk meminta setiap orang Amerika untuk memakai masker ketika mereka berada di sekitar orang-orang di luar rumah mereka sendiri dan ingin gubernur negara bagian dan otoritas lokal mewajibkan ini.

Hingga terpilih kemarin, Presiden terpilih secara teratur tampil di depan umum dengan mengenakan masker sementara Trump kerap enggan melakukannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Alasan Mengapa Harus Pakai Mobil Listrik di Jakarta

Posted: 08 Nov 2020 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mobil listrik disebut sebagai salah satu cara untuk menekan tingginya emisi. Bahkan di beberapa negara, mobil listrik sudah digunakan dan penjualannya meningkat. 

Ya menggunakan mobil listrik selain hemat bahan bakar, pastinya juga ramah lingkungan. Nah kira-kira, hal mendasari apalagi ya yang mengharuskan kita menggunakan mobil listrik di Jakarta? Berikut alasannya: 

1. Suara Lebih Senyap

Mobil listrik cenderung memiliki suara yang lebih senyap dibanding mobil konvensional. Itu karena mobil ini ditenagai oleh penggerak listrik murni. 

2. Lebih Irit

Untuk mobil listrik yang hadir di Indonesia, tak sepenuhnya mengandalkan listrik untuk pasokan tenaga. Itu karena Indonesia belum memiliki infrastruktur pengisian listrik alias charging station layaknya di luar negeri. 

Ada mobil listrik yang ditenagai oleh mesin motor listrik namun untuk pengisiannya disokong oleh mesin konvensional. Dengan kata lain, motor listrik mendapatkan pasokan tenaga dari baterai. 

Sementara untuk mengisi baterai, mendapatkan suplai energi dari mesin bensin. Nah di sinilah iritnya! Bahan bakar (bensin) digunakan hanya untuk charge baterai untuk mengalirkan listrik ke mesin motor.

Dengan pengaturan waktu yang optimal untuk memastikan mesin bensin hanya bekerja saat diperlukan, maka mobil tidak hanya senyap saat dioperasikan, melainkan juga efisien bahan bakar.

3. Hadirkan Banyak Fitur Keamanan

Mobil listrik yang hadir di Indonesia sangat mementingkan kebutuhan para penggunanya. Oleh karena itu, banyak inovasi fitur yang ditawarkan dari sisi keamanan dan kenyamanannya. 

Misalnya saja, ada fitur Intelligent Cruise Control (ICC) yang merupakan fitur yang memiliki sensor di bagian depan mobil untuk membantu mengendalikan jarak dengan kendaraan di depannya. 

Intelligent Around View Monitor uang merupakan fitur canggih yang menggunakan empat kamera dengan situasi split-screen close-ups di depan, belakang, kiri, dan kanan. Jadi kamu dapat dengan mudah memarkir kendaraan karena mendapat tampilan dari arah atasw secara 360 derajat. 

Juga adanya fitur ternyaman di mobil listrik seperti One Pedal yang memungkinkan pengemudi berakselerasi dan mengerem hanya dengan satu pedal saja. 

Dengan fitur satu pedal, mau berkendara di ibu kota dengan kondisi macet atau sekadar liburan ke luar kota ke jalan berliku, nggak jadi masalah. Selain irit bahan bakar, tentunya kamu jadi makin nyaman dan anti pegel. 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tung Desem Waringin: 10 Tips Sehat dan Sembuh dari COVID-19

Posted: 08 Nov 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Motivator Tung Desem Waringin terinfeksi COVID-19 pada Maret 2020. Dia mengalamai kesulitan bernapas hingga harus menggunakan masker oksigen.

Setelah menjalani perawatan selama lebih dari sepekan, Tung Desem dinyatakan sembuh dan perbolehkan pulang pada 10 April 2020. Hadir dalam acara Bincang Editor Liputan6.com: Misteri COVID-19 di Tubuh Pasien, Senin (9/11/2020), Tung Desem berbagi pengalamannya menjalani perawatan hingga dinyatakan sembuh.

Menurutnya, kunci utama pulih dari COVID-19 adalah hati yang gembira. Tung Desem pun menyebut, bahwa kondisi bahagia berperan penting dalam penyembuhan bukanlah omong kosong belaka, ada banyak penelitian ilmiah yang mendukung hal tersebut.

Selain menjaga hati tetap gembira dan berpikir positif, Tung Desem merinci sepuluh hal lain yang membuatnya sehat dan sembuh dari COVID-19.

Berikut ke-10 tips dari Tung Desem Waringin:

1. Kehendak Tuhan

"Doa dan percaya Tuhan pasti menginginkan kita menjadi lebih baik dari kejadian ini."

2. Pengobatan Dokter

Menurutnya, meski saat itu hingga sekarang obat khusus COVID-19 belum ditemukan, dokter-dokter kini jauh lebih berpengalaman menangani pasien COVID-19.

"Sekarang dokter-dokter jauh lebih berpengalaman."

 

Minum Air Hangat

Ilustrasi Air Putih Credit: pexels.com/LisaFotius
Ilustrasi Air Putih Credit: pexels.com/LisaFotius

3. Minum air hangat minimal 30cc /kg berat badan

"Jadi kalau berat badan 80 kg, maka 80×30 cc = 2.400 cc. Atau 2,4 liter. Ini sangat penting. Karena tubuh kurang air 4 persen jadi lemas. Kurang 7 peren jadi sakit. Kurang air 20 persen, mati. Apalagi COVID-19 mengentalkan darah."

Tung Desem pun berpesan agar rumah sakit mengukur dan mewajibkan pasien minum air putih hangat.

4. Pernapasan Wim Hof

Tung Desem mengatakan, teknik pernapasan Wim Hof membantu kadar oksigen naik dan CO2 tutun.

"Darah jadi lebih alkali dan imun tubuh baik. Hati jadi tenang, panik hilang. Ini ilmiah, ada bukti-bukti penelitiannya."

Tung Desem mengatakan, aplikasi mengenai teknik pernapasan Wim Hof bisa diunduh gratis di Playstore/Appstore.

"Mestinya rumah sakit dan para dokter mempelajari hal ilmiah ini dan mewajibkan di jam-jam tertentu untuk pasien melakukan (latihan) pernapasan," imbuhnya.

Stop WA Grup dan TV

Produk virgin coconut oil (VCO) Coco Waka berasal dari Wakatobi, Sulawesi Tenggara. (Liputan6.com/Putu Elmira)
Produk virgin coconut oil (VCO) Coco Waka berasal dari Wakatobi, Sulawesi Tenggara. (Liputan6.com/Putu Elmira)

5. Minum Virgin Coconut Oil

Minum virgin coconut oil (VCO) murni dari hasil cold press membantunya pulih dari COVID-19.

"Yang 100 persen murni dan dari hasil cold press. Sehari awal jam 04.00 pagi, perut kosong, dua sendok makan dengan air hangat. Terus jam 10.00, saya minum 125 cc (setengah botol). Langsung sering ke belakang, keluar air dan minyak kuning-kuning, rasanya plong dan bersih. Lega dan nyaman. Detoks," tuturnya.

Di hari-hari berikutnya, Tung Desem mengonsumsi 5 sendok makan VCO. Dalam beberapa hari, menurutnya proses detoks masih terus terjadi dan mereda sendiri.

"VCO juga anti-inflamasi. Membunuh bakteri dan virus. Sekarang sedang dalam penelitian untuk jadi obat COVID-19. Mestinya dokter-dokter Indonesia juga meneliti hal ini, bukan hanya obat-obatan yang mahal saja."

 

6. Stop WA Grup dan TV

"Fokus ke video-video lawak dan nyanyi-nyanyi gembira. Hati yang gembira adalah obat. Obat yang manjur. Kalau benar semangat dan hati yang gembira membuat orang lebih sehat. Sebenarnya sudah banyak penelitian kok, tinggal cari dan diaplikasikan," ucapnya.

Bahkan Tung Desem merekomendasikan agar dokter dan rumah sakit menjadwalkan pasien untuk nonton lawak, nyanyi gembira, berdoa, bahkan berjoget ria.

Punya Harapan

Ilustrasi pengharapan. (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi pengharapan. (Sumber: Pixabay)

7. Minum Vitamin

"Minum vitamin D3 dan Zinc, vitamin C, B kompleks, E dan K2, serta Alpha Meta (rajin beras merah)."

8. Punya Goal dan Harapan

"Menurut buku  Man's Search for Meaning karya Viktor E. Frankl yang lolos 4 Camp Nazi, satu-satunya yang sangat membuat kemungkinan hidup paling besar adalah ketika kita masih punya goal, HARAPAN, atau sesuatu yang kita inginkan. Saya tulis dan bayangkan hal-hal yang saya mau lakukan kalau saya sembuh. Pasien perlu diwajibkan dan diminta menulis serta membayangkan."

Ndableg

Ilustrasi Meminta Bantuan Sahabat Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Meminta Bantuan Sahabat Credit: pexels.com/pixabay

9. Ndableg/Tangguh

"Ternyata di buku tersebut (Man's Search for Meaning), bahwa orang yang berkeluh kesah mati duluan dibanding yang tangguh. Tentu saja kita boleh curhat yang kita rasakan kepada profesional, dokter dan suster. Namun, cukup di situ saja. Tidak perlu ke semua orang."

10. Membantu orang lain

"Ternyata orang-orang yang fokusnya bukan kepada sakitnya sendiri, malah fokus membantu orang lain, dia malah jadi lebih sehat. Maka walau saya di rumah sakit, saya organise kegiatan amal, bantu kasih makan, bantu sebarkan hand sanitizer, kumpulkan dana, seminar bareng-bareng dengan 15 pembicara untuk menyumbang Alat Perlindungan Diri Dokter Suster dan Aparat Kesehatan lainnya."

 

 

Infografis 3K

Infografis Perilaku 3K Bantu Kesembuhan Pasien Covid-19 Lebih Cepat. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Perilaku 3K Bantu Kesembuhan Pasien Covid-19 Lebih Cepat. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: