Rabu, 04 November 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Baru Sembuh dari Covid-19, Ini 4 Cara Membangun Kembali Stamina Anda

Posted: 04 Nov 2020 11:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Covid-19 tak hanya mengganggu kehidupan jutaan orang, tetapi juga berdampak pada kesehatan dan kebugaran fisik mereka. Sementara beberapa orang telah lolos dari virus mematikan ini, yang lain masih berjuang dengan perawatan pasca-Covid mereka.

Selain mengalami sakit fisik dan mental yang tak terhitung banyaknya, pasien juga berjuang untuk mendapatkan kembali energi dan kekuatannya, yang bisa memakan waktu lama. Seiring waktu, terbukti dengan jelas bahwa kesehatan otot sangat penting untuk pemulihan setelah Covid-19.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membangun kembali stamina Anda pasca-Covid-19 seperti dilansir dari TimesofIndia.

 

1. Aktivitas fisik adalah suatu keharusan

Ilustrasi latihan kebugaran. (Sumber Pixabay)
Ilustrasi latihan kebugaran. (Sumber Pixabay)

Meski Covid menyebabkan kelelahan dan ketidakaktifan yang berkepanjangan, virus ini dapat memicu dan mempercepat hilangnya kekuatan otot dan energi secara alami. Selain itu, ini juga menyebabkan perubahan metabolisme, kesehatan, kekebalan tubuh, dan fungsi organ dalam.

Oleh karena itu, aktivitas fisik menjadi salah satu aspek terpenting dalam proses pemulihan. Jangan memaksakan diri tetapi mencoba dan bergerak sebanyak yang Anda bisa, karena ini akan membantu fungsi tubuh Anda kembali ke bentuk normalnya.

 

2. Lakukan latihan berbasis resistensi

ilustrasi hiit workout/Photo by MAX LIBERTINE on Unsplash
ilustrasi hiit workout/Photo by MAX LIBERTINE on Unsplash

Jika Anda ingin membangun kekuatan core dan otot Anda, maka fokuslah pada latihan berbasis resistensi. Ini tak hanya akan menantang tubuh Anda, tetapi akan membantu Anda mendapatkan kembali kekuatan otot secara efisien.

Tekankan lebih banyak pada otot kaki dan paha Anda karena ini adalah area yang kehilangan vitalitas maksimalnya selama sakit.

 

3. Tambahkan protein ke dalam makanan Anda

Ilustrasi sumber protein (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi sumber protein (Sumber: Pixabay)

Setelah Covid menyebabkan hilangnya nafsu makan, banyak nutrisi penting yang hilang dalam prosesnya. Oleh karena itu, protein sangat penting untuk membangun otot yang kuat dan stabil.

Inilah yang akan mengembalikan energi dalam tubuh Anda dan juga membantu memproduksi antibodi dan sel sistem kekebalan. Ini tak hanya akan meremajakan tubuh Anda, tapi juga memberikan Anda kekuatan untuk menjalankan fungsi sehari-hari Anda.

 

4. Vitamin dan mineral penting selama masa pemulihan

ilustrasi vitamin/copyright Pixabay
are-medical-208541.jpg

Vitamin dan mineral yang berbeda memainkan peran penting dalam pembentukan kekuatan otot. Ini juga merupakan aspek yang sangat penting dari sistem kekebalan.

Oleh karena itu, menurut banyak ahli gizi, seseorang yang baru sembuh dari penyakit Covid-19 harus mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Joe Biden Jadi Calon Presiden Amerika Serikat, Intip Koleksi Mobilnya

Posted: 04 Nov 2020 11:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan umum Presiden Amerika Serikat (AS) tinggal menunggu proses penghitungan suara. baik petahana, Donald Trump ataupun penantang, Joe Biden sama-sama mengklaim kemenangan, dan siap jadi pemimpin ke-46 negara adidaya tersebut.

Berbicara mengenai sosok Joe Biden, ternyata politikus dari Partai Demokrat ini memiliki selera yang cukup bagus untuk otomotif.

Melansir Autoblog, Joe Biden sendiri merupakan anak dari pengusaha dealer mobil di Negeri Paman Sam. Jadi, tidak heran darah otomotif cukup kental mengalir di darah pria berusia 77 tahun ini.

Joe Biden sendiri sangat menggemari mobil klasik. Berbeda dengan lawan politiknya, Donald Trump yang sangat menggemari supercar mewah, dari jenama ternama seperti Ferrari, McLaren, Mercedes-Benz, dan lainnya.

Joe Biden setidaknya punya dua koleksi keren di garasi rumahnya, yaitu Chevrolet Corvette Stingray 1967. Mobil berkelir hijau ini, didapatkan dari sang ayah, saat pernikahan Joe Biden pada Agustus 1967.

Mobil ini, cukup sering muncul di media, dan salah satunya di acara otomotif milik Jay Leno pada 2016.

Harga mobil Joe Bidenini juga cukup mahal untuk saat ini, tapi saat pertama membelinya mobil ini hanya berbanderol US$5.600 atau setara dengan Rp81 jutaan. Tapi harga saat ini, mobil tersebut senilai US$78 ribu dolar atau setara dengan Rp1,1 miliaran.

Pontiac Firebird

Intip koleksi Mobil Keren Joe Biden (businessinsider)
Intip koleksi Mobil Keren Joe Biden (businessinsider)

Sedangkan mobil kedua yang dimiliki Joe Biden, adalah Pontiac Firebird (Trans Am). Mobil ini sempat terkenal di film action comedy, Smokey and The bandit pada 1977.

Mobil ini juga memiliki sejarah yang cukup penting, karena pada 2009, mobil ini sempat viral, karena terlihat Joe Biden bertelanjang dada, bertato, dan tengah mencuci mobil tersebut di komplek Gedung Putih, saat ia menjadi Wakil Presiden Barack Obama.

Keuntungan Indonesia Bila Joe Biden Memenangkan Pemilu Amerika

Pemerintahan AS selama empat tahun terakhir menggelorakan proteksionisme dan pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Menurut pendukung Donald Trump, kepemimpinan presiden AS tersebut telah membawa keuntungan bagi rakyat Amerika, termasuk mengurangi ketergantungan terhadap impor negara lain.

Dikutip dari The Diplomat, Rabu (4/11/2020), wilayah Asia Tenggara atau yang disebut sebagai Indo-Pasifik akan mempengaruhi kebijakan domestik AS, hal tersebut juga ditambah dengan masuknya peran China pada wilayah ini. 

Trump disebut melakukan sebuah "Inkoherensi" pada kebijakan luar negeri AS, yakni telah menjanjikan dukungan yang kuat kepada mitra Asia Tenggara untuk memperkuat tekad mereka dalam melawan kekuatan China yang berkembang. Hal ini hanya untuk membuat mereka gagal untuk berhadapan dengan urusan diplomatik yang lebih penting. 

Tahun-tahun Trump dikatakan tidak baik bagi Departemen Luar Negeri AS dan karier Petugas Layanan Luar Negeri yang telah lama mewakili kepentingan dan nilai-nilai Amerika kepada dunia. 

Harapan lain datang dari Joe Biden, ia diperkirakan dapat membangun kembali hubungan ekonomi dan diplomatik dengan wilayah Asia Tenggara, termasuk dengan Indonesia.   

Rencana Kebijakan Multilateral Biden pada Asia Tenggara

Dalam program Inspirato Liputan6.com bertajuk "Kondisi AS Setelah Pilpres 2020", peneliti Hubungan Internasional CSIS, Andrew W Mantong mengatakan, Joe Biden dapat membawa keuntungan bagi wilayah Indo-Pasifik. Ia diduga akan memimpin AS sama seperti gaya kepemimpinan Presiden Obama, di mana kerja sama multilateral akan diwujudkan.

Hal yang mungkin dapat terwujud adalah lebih banyaknya investasi dalam diplomasi antara AS dan Indo-Pasifik termasuk Indonesia. Bila Biden menang, ia dinilai akan mulai memperbaiki banyak kekurangan yang terjadi selama beberapa tahun terakhir.

Sebagai anggota lama Komite Hubungan Luar Negeri Senat, Biden dinilai akan mempelopori kebangkitan Departemen Luar Negeri AS. Dalam hal kebijakan Asia-nya, Biden akan memimpin "penyeimbangan kembali", yang perumusan dan penerapannya akan memperhatikan kepentingan kawasan dengan lebih serius.

Penasihat senior Biden, Anthony Blinken mengatakan bahwa "Joe Biden akan muncul dan mengeluarkan ASEAN dalam masalah kritis". Lebih banyak diplomasi tidak selalu menjanjikan lebih banyak keefektifan, tetapi hal itu akan memunculkan kepastian bahwa kebijakan AS diformulasikan dengan lebih akurat dan tentu melibatkan negara-negara di Asia Tenggara.

 

Reporter: Ruben Irwandi 

Infografis Trump Vs Biden Klaim Kemenangan Pemilu AS 2020

Infografis Trump Vs Biden Klaim Kemenangan Pemilu AS 2020 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Trump Vs Biden Klaim Kemenangan Pemilu AS 2020 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Baik dari Uji Klinis Vaksin Covid-19 di Bandung

Posted: 04 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 Sinovac yang dilakukan di Bandung, Jawa Barat, masih berlangsung dan telah banyak yang mendapatkan suntikan kedua. Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fakultas Kedokteran Unpad Kusnandi Rusmil mengatakan sepanjang dilakukan uji coba tidak ditemukan hal-hal yang menakutkan atau membahayakan.

Kusnandi menyebut, uji klinis fase tiga ini sudah ada 1.620 relawan yang mendapatkan suntikan pertama dan 1.580 yang disuntik kedua.

"Sampai sejauh ini dari yang sudah suntikan kedua, keluhan oleh karena suntikan itu bisa dibilang minimal. Paling panas badan sedikit, nyeri di tempat suntikan seperti kita imunisasi biasa," kata dia di Bandung, Kamis (5/11/2020).

Guru Besar Bidang Ilmu Kesehatan Anak ini menerangkan soal perbandingan reaksi uji klinis vaksin yang ia lakukan sebelumnya. Dia berpendapat reaksi vaksinasi Covid-19 kali ini relatif lebih aman.

"Dibandingkan dengan penelitian saya waktu penelitian tetanus dan pertusis, ini kelihatannya lebih ringan reaksinya. Waktu saya uji klinis vaksin tetanus, pertusis, dan difteri, itu lebih tinggi panasnya. Kalau ini sepertinya di bawah itu," ungkap Kusnandi.

Dalam uji klinis vaksin Covid-19 kali ini, Kusnandi menemukan efek samping sudah hilang dalam waktu paling lama 2 x 24 jam. Dan efek tersebut tidak membahayakan.

"Pada umumnya dalam dua hari menghilang, jadi di tempat suntikan demam. Pada umumnya pada hari kedua ketiga hilang. Dan itu tidak terjadi pada semuanya hanya 20 persen relawan saja," beber Kusnandi.

Ia pun berharap para relawan tidak mengalami efek samping yang berat selama menjalani proses uji klinis. "Saya berharap selama uji klinis ini tidak terjadi apa-apa dan sampai sekarang selama ini normal-normal saja," ujarnya.

Kusnandi mengakui sebanyak 17 relawan uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 Sinovac di Bandung keluar atau drop out dari keikutsertaannya. Belasan orang itu tidak lagi menjadi objek penelitian untuk tahap berikutnya.

"Jadi yang mengundurkan diri ada yang pindah kerja, ada yang sakit, tapi sakitnya itu tidak berhubungan dengan imunisasi," ucap Kusnandi.

Kusnandi menjelaskan, ada beberapa relawan yang mengalami sakit tifus dan ada yang flu berat usai menerima vaksinasi pertama. Sehingga, terhadap relawan tersebut pihaknya tidak bisa memberikan injeksi vaksin yang kedua.

"Kalau sudah lewat suntikan kedua enggak bisa kan, berarti drop out. Sementara kita (peneliti) perlunya yang dua kali suntik. Tapi karena dia mundur sehingga tidak bisa ikut suntikan kedua," tuturnya.

Meski ke-17 relawan sudah dinyatakan keluar, Kusnandi menyatakan bahwa kondisi mereka tetap dipantau.

"Walaupun demikian dia tetap dipantau kesehatannya sampai akhir dan dia dapat asuransi yang berlaku sampai akhir penelitian," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Resmi Resesi Ekonomi, Bakal Berlanjut ke Depresi?

Posted: 04 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2020 minus 3,49 persen. Sebelumnya, pada kuartal II 2020 juga tercatat minus 5,32 persen. Dari data tersebut, Peneliti Indef, Bhima Yudhistira memastikan bahwa Indonesia resmi resesi ekonomi.

"Indonesia sudah resmi resesi," kata Bhima kepada merdeka.com, Jakarta, Kamis (5/11/2020).

Bhima menjelaskan, resesi yang terjadi saat ini sebenarnya hanya hanya mengafirmasi kembali ekonomi sedang berada dalam tekanan yang cukup berat. Hal yang menjadi pertanyaan saat ini apakah resesi ekonomi ini akan masuk dalam tahap depresi.

"Yang menjadi pertanyaan besar apakah ekonomi Indonesia akan masuk dalam depresi, yakni resesi ekonomi yang berlanjut dalam satu tahun ke depan?" ungkap dia.

Resesi ekonomi dapat mengarah pada depresi ekonomi. Kondisi ini akan terjadi jika pertumbuhan PDB masih negatif hingga tahun 2021.

Akibatnya, kata Bhima akan ada gelombang kebangkrutan massal perusahaan dalam negeri. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pun tak lagi bisa dihindarkan di berbagai sektor.

"Situasi ini akan mengarah pada gelombang kebangkrutan massal perusahaan di dalam negeri," kata dia.

Begitu pun dengan angka kemiskinan akan meningkat akibat pengangguran jika resesi ekonomi berlanjut ke depresi. Jumlah orang miskin baru diperkirakan akan naik.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Indonesia Resmi Resesi, Ini Penyebabnya

Pejalan kaki melintasi lajur penyebrangan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (23//9/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resesi pada kuartal III-2020, perekonomian Indonesia akan mengalami kontraksi hingga minus 2,9 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Pejalan kaki melintasi lajur penyebrangan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (23//9/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resesi pada kuartal III-2020, perekonomian Indonesia akan mengalami kontraksi hingga minus 2,9 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020 terkontraksi minus 3,49 persen secara year on year (yoy). Kontraksi ini lebih baik dibandingkan posisi pada kuartal II-2020 yang tercatat minus 5,32 persen. Dengan demikian, Indonesia resemi masuk ke jurang resesi.

Kepala BPS, Suhariyanto mengungkapkan, ada beberapa faktor penyebab terjadinya resesi.

Secara umum faktor PDB pada kuartal III memang tidak berubah, di mana 64,13 persen PDB kita berasal dari lima sektor yakni industri, pertanian, perdagangan, kontruksi, dan pertambangan.

Sementara, dari 17 lapangan usaha yang ada, tujuh sektor masih tumbuh positif meskipun masih mengalami perlambatan. Ketujuhnya adalah pertanian, infokom, administrasi, pemerintahan, jasa pendidikan, real estate, jasa kesehatan dan pengadaan air.

Adapun sektor yang paling tinggi tumbuhnya adalah jasa kesehatan dan kegiatan sosial. Di mana, pada kuartal III ini tumbuh sebesar 15,33 persen. Kemudian sektor yang juga tumbuh tinggi yang menempati posisi kedua adalah informasi dan komunikasi yang tumbuh 10,61 persen.

"Kemudian disusul oleh pengadaan air, pengelolaan sampah dan limbah masih tumbuh 6,04 persen," kata dia di Kantor BPS, Jakarta Pusat, Kamis (5/11/2020).

Dia melanjutkan, pada kuartal III ini 10 sektor mengalami kontraksi, tetapi tidak sedalam kontraksi yang terjadi pada kuartal III tahun lalu.

Misalnya saja untuk industri, pada kuartal kedua yang lalu itu tumbuh minus 6,19 persen. Tetapi pada kuartal III industri ini tumbuh minus 4,31 persen.

Kemudian, untuk akomodasi makan dan minum masih ada kontraksi, tetapi kontraksinya hanya separuh dari kuartal II yang lalu. Di mana pada kuartal II kemarin akomodasi makan dan minum mengalami kontraksi 22,0 persen, namun pada kuartal III ini kontraksi jauh lebih landai yaitu sebesar 11,85 persen.

"Jadi kembali tujuh sektor masih positif, 10 sektor masih mengalami kontraksi tetapi kontraksinya tidak sedalam kontraksi seperti pada triwulan ke-2 tahun 2020," jelas dia.

Sementara, jika melihat beberapa sektor yang mempunyai peran besar kepada resesi Indonesia, untuk industri pengolahan mengalami perbaikan. Di mana industri pengolahan di kuartal II lalu mengalami kontraksi minus 6,9 persen, namun pada triwulan ketiga ini mengalami perbaikan yakni kontraksinya sebesar minus 4,31 persen.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Selidiki Dugaan Aksi Pencabulan Terhadap 11 Anak di Bandar Lampung

Posted: 04 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polres Bandar Lampung melakukan penyelidikan terkait kasus dugaan pencabulan terhadap 11 korban anak di Bandar Lampung. Menyusul diterima laporan terkait dugaan aksi tersebut.

"Kami sudah terima terima dari keluarga korban tanggal 3 November," kata Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Rezky Maulana saat dikonfirmasi Kamis (5/11/2020). 

Kendati demikian, Rezky menyampaikan pihaknya masih melakukan pengembangan untuk mengungkap kasus pencabulan yang diduga mencapai 11 korban. Sementara ini laporan yang diterima polisi baru dua korban.

"Laporan ke polisi baru dua anak kita lagi cari perkemabangan 11 orang itu siapa saja," ujarnya.

Atas hal itu, kata Rezky, pihaknya saat ini sedang mendalami laporan itu dengan memanggil para pelapor dan korban untuk dimintai klarifikasi apakah benar terjadi tindakan pencabulan.  

"Kami masih mencari fakta perbuatan pidana yang terjadi dan sudah lakukan permintaan keterangan terhadap anak yang di duga menjadi korban. Semalam 4 anak yang sudah dimintai keterangan," ujarnya. 

 

Klarfikasi kepada Korban

Ilustrasi pencabulan. Foto: Ist/Kriminologi.id
Ilustrasi pencabulan. Foto: Ist/Kriminologi.id

Sementara, untuk terduga pelaku sendiri polisi akan memintai klarifikasi untuk melihat lebih jelas apakah benar melakukan perbuatan yang dilaporkan oleh para korban tersebut.

"Nanti terduga tersangkanya kita lihat, kita klarifikasi dulu baru, baru kita gelar perkara. Yang jelas harapan kita ini kasus biar jelas dulu. Masyarakat tahunya 11 anak, dan disebut predator, tapi ini kan masih kita dalami jadi tunggu dulu," pungkasnya.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Media Sosial Sebut Komitmen Berantas Hoaks Selama Pemilu AS, Simak Penelusurannya

Posted: 04 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan YouTube berkomitmen untuk memberantas hoaks di ruang digital, terlebih saat pemilihan umum (pemilu) Amerika Serikat (AS), yang saat ini sudah dilaksanakan.

Pemberantasan hoaks yang dimaksud Facebook, Twitter, hingga YouTube adalah tuduhan tidak mendasar dan pernyataan prematur tentang kemenangan salah satu kandidat calon, sebagai contoh di pemilu AS.

Kendati demikian, seorang asisten profesor jurnalisme dan media di University of North Carolina, Shannon McGregor, mengatakan kalau publik tidak melihat apa yang diharapkan dari janji para raksasa media sosial.

Disebutkan McGregor, seperti dikutip dari Latin Post, khususnya di Facebook, masih ada banyak hoaks yang bertebaran di ruang digital itu.

Lalu, apakah benar para raksasa media sosial menepati janjinya untuk memberantas hoaks selama pemilu?

 

Facebook

Logo Facebook. (Sumber Pixabay)
Logo Facebook. (Sumber Pixabay)

Dikutip dari Latin Post, Facebook memberlakukan langkah-langkah tertentu untuk mencegah informasi yang salah, seperti membiarkan pengguna mematikan semua iklan politik di situs platform mereka. Ada juga layanan mematikan berbagi foto di Instagram menjelang periode pemilu.

Dikutip dari The Verge, wakil Presiden Facebook untuk urusan global, Nick Clegg mengatakan, platform mereka sudah menggunakan kecerdasan buatan untuk menghapus banyak kiriman dan akun palsu. Untuk memverifikasi sebuah informasi, Facebook bermitra dengan 70 outlet media, lima di antaranya di Prancis.

"Orang-orang beralih ke Grup Facebook untuk terhubung dengan orang lain dengan minat yang sama. Tetapi, mereka tetap harus mengikuti aturan yang diterapkan Facebook untuk semua," katanya.

Salah satu hoaks yang baru dihilangkan oleh Facebook adalah foto Joe Biden, salah satu kandidat Presiden AS, yang mendukung aborsi lima menit sebelum kelahiran. Jika bayi itu selamat, bisa saja dibunuh jika disetujui oleh orang tuanya.

 

 

Twitter

Ilustrasi Twitter (Foto: Pixabay)
Ilustrasi Twitter (Foto: Pixabay)

Seperti Facebook, Twitter melarang iklan politik, yang dianggap sebagai salah satu keputusan terberat perusahaan. Twitter juga berjanji menghapus kicauan yang melanggar aturan mereka.

Teranyar, Twitter telah menandai cuitan tentang Joe Biden yang diedit seakan-akan lupa nama daerah di mana ia kampanye. Video itu ternyata sudah dilihat lebih dari 1 juta kali di Twitter sejak muncul akhir pekan lalu.

Dalam video asli yang belum diedit, tanda di depan dan di belakang Biden saat d atas panggung bertuliskan "Teks MN ke 30330" - memperjelas bahwa acara tersebut di Minnesota.

Namun dalam video palsu, tanda-tanda di atas panggung diedit menjadi "Tampa, Florida," dan "Teks FL ke 30330." Video itu dibagikan di Twitter oleh seseorang yang menuduh Biden melupakan peristiwa itu.

Twitter pun melabeli kicauan itu sebagai informasi yang berpotensi menyesatkan. Kicauan itu juga disembunyikan dari pandangan warganet.

Seorang pakar media sosial, Jennifer Grygiel, seperti dikutip dari Latin Post, menyebut hal yang dilakukan Twitter kurang efektif.

"Ketika sebuah tweet, pada dasarnya, sudah go public. Itu artinya sudah membawa kekuatan penuh dari dampak reaksi pasar," ujarnya.

 

Google dan YouTube

Google / Sumber: Pixabay
Google / Sumber: Pixabay

Untuk sementara, Google juga melakukan kebijakan yang sama seperti Facebook dan Twitter, yakni melarang iklan politik. Platform layanan video mereka juga melarang video yang mempromosikan konspirasi palsu.

Namun di YouTube, video tentang Donald Trump yang memenangkan pemilu tidak dihapus karena tak melangar kebijakan. Bahkan, YouTube, dalam laporan The Verge, masih mengizinkan orang melihat video itu, meski proses penghitungan belum selesai.

 

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beckham Tak Kaget Bayu Fiqri Gabung Persib

Posted: 04 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha mengaku tak terkejut dengan bergabungnya bek Tim Nasional Indonesia U-19 Bayu Fiqri ke tim Maung Bandung. Bayu yang merupakan rekan satu tim Beckham di Timnas U-19 sering bertanya tentang sepak bola di Bandung.

"Sebelumnya sudah tahu bakal gabung dan Bayu juga nanya ke Beckham tentang Persib bagaimana. Kalau Persib kata Beckham welcome saja, maksudnya harus banyak belajar juga," ujar dia di Bandung, Rabu (4/11/2020).

Seiring kedatangan Bayu, pemilik nomor punggung 7 di Persib ini sangat senang rekannya di timnas U-19 bisa bergabung bersama Pangeran Biru. Apalagi sosok Bayu menurut Beckham bisa berkembang lebih baik di Persib.

"Bagus lah dia prospeknya juga bagus,. Dia pemain tim nasional, jadi menurut saya bisa untuk masa depan Persib juga," ucapnya.

Beckham juga menyarankan Bayu jangan cepat terbuai dengan pujian yang datang dari Bobotoh. Ia meminta agar Bayu tetap merendah dan menunjukan kualitasnya sebagai pemain belakang kala berseragam Persib.

"Tentunya dia nanya nanya Persib bagaimana, karena tahu lah Bobotohnya banyak. Jadi jangan terlalu terbuai sama pujian," ujar dia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Review Realme Narzo 20 Pro: Ponsel Gaming dengan Pengisian Baterai Super Cepat

Posted: 04 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Realme pada hari ini mengumumkan kehadiran Narzo 20 Pro di Indonesia. Smartphone ini diklaim sebagai pilihan terbaik untuk gaming smartphone dengan harga Rp 3 jutaan.

Tim Tekno Liputan6.com sudah mencoba smartphone ini selama beberapa hari sebelum diumumkan di Tanah Air. Varian yang kami review memiliki RAM 8GB dengan memori internal 128GB. Balutan warnanya adalah Hitam Ninja, varian lain yang akan dijual di pasar adalah White Knight.

Desain

Pada bagian depan Narzo 20 Pro terdapat layar 6.5 inci (2.400 x 1.080 piksel) dengan lubang kamera pada sudut kiri atas. Refresh rate yang disuguhkan 90Hz.

Smartphone ini memiliki satu tombol di sisi kanan dengan dual fungsi, yaitu sebagai pemindai sidik jari dan untuk tombol power. Sementara tombol volume dan slot dual Nano-SIM berada di sisi kiri.

Salah satu keunikan desain Realme Narzo 20 Pro, yaitu memiliki desain pola V yang dapat berubah saat terkena cahaya di bagian belakangnya.

Cover belakangnya mengkilap, sehingga sayangnya membuat bekas noda muda tertinggal dan membekas. Untuk mengatasinya, Realme memberikan casing gratis di dalam kotak penjualan Narzo 20 Pro.

Smartphone ini memiliki berat 191 gram dan dimensi 162.3 x 75.4 x 9.4 mm.

Performa

realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)
realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Realme menegaskan keunggulan Narzo 20 Pro sebagai gaming smartphone di rentang harga Rp 3 jutaan. Smartphone ini mengadopsi prosesor gaming MediaTek Helio G95, dan dengan realme UI berbasis pada Android 10.

Tim Tekno Liputan6.com mencoba bermain beberapa gim, yaitu PUBG Mobile dan Genshin Impact.

Mengingat spesifikasi RAM dan memori internal yang besar, gim ini cukup nyaman untuk memainkan kedua gim tersebut. Genshin Impact membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar yakni 6,65GB.

Selama mencoba kedua gim, pengalaman yang dirasakan cukup memuaskan. Tidak ada lag yang ditemukan selama bermain. Kami memainkan PUBG Mobile pada pengaturan grafis HD.

Sayangnya, perangkat mulai terasa menghangat setelah bermain sekira 30 menit. Bahkan ketika memainkan gim Genshin Impact selama lebih dari satu setengah jam mulai dari mengunduh file internal hingga bermain, layar pun terasa hangat. Hal ini cukup mengganggu jika Narzo 20 Pro digunakan untuk bermain gim dalam waktu lama.

Keunggulan utama lain yang ditawarkan adalah dukungan 65W SuperDart Charge, yang dapat mengisi daya baterai 4.500 mAh dalam waktu singkat. Perangkat terisi 100 persen dalam waktu sekira 38-40 menit.

Kemampuan tersebut tentu menjadi salah satu nilai jual utama bagi Narzo 20 Pro. Hal ini salah satunya untuk mendukung pengalaman bermain gim dengan Narzo 20 Pro.

Berikut skor realme Narzo 20 Pro di benchmark platform Geekbench:

Secara keseluruhan, performa Narzo 20 Pro cukup memuaskan. Ketika membuka berbagai aplikasi secara bergantian juga berjalan degan mulus tanpa lag.

Kamera

realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)
realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Kendati diunggulkan sebagai gaming smartphone, kamera narzo 20 Pro pun bisa dilirik.

Realme melengkapi smartphone ini dengan empat kamera belakang. Masing-masing dengan kamera utama 48MP, 8MP lensa ultra-wide, dan dua 2MP masing-masing merupakan lensa B&W portrait dan macro. Sementara kamera depannya dengan 16MP.

Kamera utama 48MP memiliki detail yang baik. Warna-warnanya pun terlihat tajam dan natural. Hasil kamera belakang pun terlihat baik, terutama di kondisi cahaya terang. Namun memang masih ada noise ketika foto diperbesar, terutama foto di kondisi kurang cahaya.

Tidak ada yang istimewa dengan foto pada malam hari dengan smartphone ini.

Penggunaan Night mode cukup membantu dengan membuat foto tampak lebih terang dan detail. Kamera belakang Realme narzo 20 Pro juga memiliki fitur ultra-macro.

Kesimpulan:

realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)
realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Realme Narzo 20 Pro dilengkapi dengan performa baik karena mampu menjalankan berbagai aplikasi dan gim berukuran besar tanpa masalah. Kapasitas baterainya pun besar dengan pengisian daya yang cepat.

Dari sisi kamera, kualitas foto low-light memang tidak begitu baik. Cover belakang pun mudah meninggalkan bekas noda.

Kendati demikian, Realme Narzo 20 Pro bisa menjadi pertimbangan bagi konsumen, terutama yang menginginkan gaming smartphone dengan harga terjangkau.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Tersorot, Ini 6 Potret Kebersamaan Umar Lubis dan Istri

Posted: 04 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi penikmat sinetron tentunya sudah tak asing lagi dengan nama Umar Lubis. Pria kelahiran 14 Juli 1973 ini sudah malang melintang di dunia hiburan sejak 2002 dengan membintangi sinetron Permaisuri Hatiku. Sejak saat itu wajahnya sering menghiasi sinema di dunia pertelevisian.

Hingga kini Umar Lubis telah membintangi lebih dari 30 judul sinetron. Sinema terbaru yang ia bintangi adalah sinetron Dari Jendela SMP. Menyandang sebagai selebriti populer, kehidupan pribadi Umar Lubis rupanya jarang tersorot oleh media.

Apalagi kehidupan rumah tangganya dengan Ravelra Ruth Supit yang jauh dari gosip miring. Seperti diketahui, Umar Lubis menikah dengan adik dari Jennifer Jill ini pada 1996. Dari pernikahannya itu, keduanya telah dikaruniai empat orang anak. Sudah 24 tahun membina rumah tangga, kehidupan keluarga ini terlihat tetap harmonis.

Meski jarang tersorot, keduanya kerap membagikan momen mesra di Instagram masing-masing. Berikut potret kebersamaan Umar Lubis dan istri, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (5/11/2020).

1. Umar Lubis mempersunting Ravelra Ruth Supit pada 1996. Hingga kini kehidupan rumah tangganya terlihat harmonis.

Umar Lubis dan Ravelra Ruth Supit (Sumber: Instagram/umaylubis)
Umar Lubis dan Ravelra Ruth Supit (Sumber: Instagram/umaylubis)

2. Meski jarang tersorot oleh media, keduanya kerap membagikan momen mesra di Instagram masing-masing.

Umar Lubis dan Ravelra Ruth Supit (Sumber: Instagram/umaylubis)
Umar Lubis dan Ravelra Ruth Supit (Sumber: Instagram/umaylubis)

3. Sudah 24 tahun mengarungi bahtera rumah tangga, Umar Lubis dan istri tak pernah diterpa gosip miring.

Umar Lubis dan Ravelra Ruth Supit (Sumber: Instagram/umaylubis)
Umar Lubis dan Ravelra Ruth Supit (Sumber: Instagram/umaylubis)

4. Momen manis pesinetron ini rayakan ulang tahun sang istri, tampak begitu romantis.

Umar Lubis dan Ravelra Ruth Supit (Sumber: Instagram/umaylubis)
Umar Lubis dan Ravelra Ruth Supit (Sumber: Instagram/umaylubis)

5. Sudah dua dekade jadi pasangan suami istri, keduanya terlihat masih bak ABG pacaran.

Umar Lubis dan Ravelra Ruth Supit (Sumber: Instagram/umaylubis)
Umar Lubis dan Ravelra Ruth Supit (Sumber: Instagram/umaylubis)

6. Meski memiliki kesibukan, Umar Lubis dan istri menyempatkan waktu untuk liburan bersama.

Umar Lubis dan Ravelra Ruth Supit (Sumber: Instagram/umaylubis)
Umar Lubis dan Ravelra Ruth Supit (Sumber: Instagram/umaylubis)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ade Londok Minta Maaf Usai Menjatuhkan Malih Tong Tong, Kapok Jadi Artis Ingin Balik Ke Bandung Ngejahit

Posted: 04 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sejak populer gara-gara video viral Odading Mang Oleh yang rasanya anj**ng banget dan bikin konsumennya kayak Iron Man, Ade Londok mengisi sejumlah acara di stasiun televisi.

Salah satunya di program In The Kost yang tayang di salah stau stasiun televisi swasta. Di situ, akting Ade Londok diadu dengan Malih dan Tukul Arwana. Ade Londok memerankan hansip.

Dikisahkan dalam episode itu, Malih dan Tukul Arwana bersaing jadi ketua RT. Saat Malih hendak duduk, tanpa sepengetahuannya, Ade Londok menggeser kursi. Malih Tong Tong pun terjatuh. Insiden ini ramai dibahas warganet dan berbuntut panjang.

 

Sekalipun Itu Penghinaan

Malih. (Foto: YouTube Deddy Corbuzier)
Malih. (Foto: YouTube Deddy Corbuzier)

Malih yang jadi bintang tamu Podcast di kanal YouTube Deddy Corbuzier baru-baru ini, menyatakan unek-unek. "Yang namanya komedi seperti itu. Apa yang kita kerjakan jangan sampai penonton tahu. Itu komedi," beri tahu Malih yang tak mau mengambil hati.

"Buat saya itu enggak jadi masalah sekali pun itu penghinaan barangkali memang benar seperti itu ngapain kita harus marah," ia menyambung. "Tapi yang saya katakan di sini, mereka mau cari lucu malah enggak lucu. Ini kan susah, malah jadi satu penghinaan," Malih melanjutkan.

Kenapa Ayah Harus Begitu?

Ade Londok. (Foto: Instagram @m.adelondok)
Ade Londok. (Foto: Instagram @m.adelondok)

Menghalalkan segala cara agar penonton tertawa, dalam pandangan Malih, bukan hal bagus. Lucu tak harus mencaci atau menghina lawan main. Malih menyatakan, Ade Londok telah minta maaf. Saat acara itu disiarkan, keluaga Malih mempertanyakan aksi Ade Londok.

"Sampai saya di rumah, orang perempuan (tanya) itu kenapa ayah harus begitu? Namanya cari makan, risiko. Jadi kita menutupi hal-hal itu kepada keluarga," aku Malih. "Bahaya sih enggak mungkin tapi sedikit ada satu penghinaan," timpalnya.

Enggak Mau Jadi Artis

Ade Londok. (Foto: YouTube Sambal Lalap)
Ade Londok. (Foto: YouTube Sambal Lalap)

Terpisah, Ade Londok di hadapan pewarta menyampaikan permohonan maaf kepada Malih. Tampaknya, insiden melawak di stasiun televisi membuatnya trauma. Ade Londok berencana balik lagi menjadi penjahit di Kosambi, Bandung.

"Enggak mau jadi artis, Mang Ade kapok, ampun. Pusing Mang Ade. Sudah, Mang Ade mau ngejahit lagi di Kosambi," ungkap Ade Londok. Sebelumnya, ia minta maaf kepada publik atas gaya melawak yang menjatuhkan komedian senior Malih.

Mang Ade Salah

Malih Tong Tong (via Liputan6.com)
Malih Tong Tong (via Liputan6.com)

"Mang Ade salah. Mang Ade mohon maaf kepada semuanya," ujarnya dengan raut serius. Ia tak bermaksud menghina. Di hadapan media, Ade Londok tampak kehabisan kata dan berulang kali minta maaf kepada masyarakat.

"Terutama ke Pak Haji (Malih) mohon maaf. Mang Ade kalau ada kontaknya dari kemarin (pasti minta maaf). Dicari kontaknya, Mang Ade belum ada kontaknya. Mang Ade minta maaf sekali," urai Ade Londok, dilansir dari kanal YouTube Sambal Lalap, 4 November 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Intip Produksi Peti Mati di Tengah Konflik Armenia dan Azerbaijan

Posted: 04 Nov 2020 11:00 PM PST

Seorang pria membuat peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)
Seorang pria membuat peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)

Seorang pria membuat peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)

Seorang pria membuat peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)
Seorang pria membuat peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)

Seorang pria membuat peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)

Seorang pria membuat peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)
Seorang pria membuat peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)

Seorang pria membuat peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)

Seorang pria membuat peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)
Seorang pria membuat peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)

Seorang pria membuat peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)

Seorang pria membuat peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)
Seorang pria membuat peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)

Seorang pria membuat peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)

Seorang pria memoles peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)
Seorang pria memoles peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)

Seorang pria memoles peti mati di bengkel furnitur yang mengalihkan bisnisnya ke produksi peti mati di tengah konflik militer antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah yang memisahkan diri Nagorno-Karabakh, di ibu kota provinsi yang disengketakan, Stepanakert (4/11/2020). (AFP/Karen Minasyan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Staf Ahli Menkes: Kepemimpinan Jadi Kunci Atasi Pandemi COVID-19

Posted: 04 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Probolinggo Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI H. M. Subuh menekankan, kunci mengatasi pandemi COVID-19, salah satunya dari kepemimpinan.

"Kepemimpinan merupakan kunci dalam mengatasi pandemi, bagaimana bersama-sama membuat kebijakan, melakukan analisis dan langkah-langkah strategis, baik dengan Gubernur Bupati/Wali Kota juga tenaga kesehatan," tegas Subuh saat berdiskusi di Pendopo Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (4/11/2020).

Lebih lanjut, Subuh kembali menegaskan, pentingnya 3 Early dalam penanganan COVID-19, yaitu sistem peringatan dini (early warning system), deteksi dini (early detection), dan diagnosis dini (early diagnostics).

"Tracing (pelacakan kontak) adalah hal penting yang harus dilakukan. Namun, ada 3 hal yang perlu kita perhatikan. Pertama, early warning system, yang mana edukasi masyarakat, bila terjadi gejala, harus segera ke puskesmas," tegas Subuh.

"Kemudian early detection, setelah masyarakat yang merasakan gejala COVID-19 pergi ke puskemas, kita melakukan pemeriksa suhu dengan alat pengukur suhu. Saya sarankan menggunakan pengukur suhu pulse oximeter. Yang ketiga, early diagnostics."

 

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.</p

Terus Berupaya Sehatkan Masyarakat

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meninjau pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka di SMKN 2 dan SMAN 2 Kota Probolinggo, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meninjau pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka di SMKN 2 dan SMAN 2 Kota Probolinggo, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari menanggapi arahan Subuh yang juga Ketua Tim Taskforce Wilayah Jawa Timur. Puput menyampaikan, pemerintah daerah akan berupaya semaksimal mungkin menekan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Probolinggo.

"Kami telah membentuk Satgas COVID-19 Kabupaten Probolinggo, insha Allah dari awal Maret 2020 sampai hari ini, kami terus semangat dan berikhtiar, bagaimana menyehatkan masyarakat Kabupaten Probolinggo," ujar Puput dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

"Kami juga sudah melakukan 3T, yakni pemeriksaaan (testing), pelacakan kontak (tracing), dan perawatan (treatment), dan berbagai kebijakan dalam menangani COVID-19, tinggal kami tingkatkan lagi."

Kabupaten Probolinggo pada 3 November 2020, berada pada posisi ke-7 penyumbang kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah Jawa Timur, dengan 1.342 kasus Positif. Dari angka tersebut, 53 kasus masih dirawat dan menjalani isolasi, 1.215 kasus sembuh, dan 74 kasus meninggal dunia.

Perkembangan per 4 November 2020, kasus konfirmasi positif di Kabupaten Probolinggo sebesar 1.347 orang, 1.221 sembuh, dan 75 kematian akibat COVID-19.

Bantuan Kabupaten Probolinggo

Bantuan termometer. Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Bantuan termometer. Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kementerian Kesehatan melalui Tim Taskforce Wilayah Jawa Timur juga memberikan bantuan kepada Kabupaten Probolinggo, antara lain:

Coolbox 3 buah

Ice Gell 10 pack

Thermometer Stainless 3 buah

• Masker kain berlogo 200 pcs

• Buku Panduan COVID-19 revisi ke-5 sejumlah 5 buah

• Buku saku 12 buah

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mampukah Internet Indonesia Bantu Percepat Penanganan Covid-19?

Posted: 04 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Banyak layanan berbasis internet mengalami peningkatan traksi secara signifikan sejak pandemi Covid-19. Beberapa diantaranya bermanfaat untuk penanganan Covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarik Menarik Hak Milik Monas Antara Pemprov DKI dan Kemensetneg

Posted: 04 Nov 2020 10:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memiliki keinginan yang sama untuk memajukan Monumen Nasional (Monas). Oleh karena itu, keduanya ingin mengelola Monas yang selama ini menjadi simbol Ibu Kota.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Kemensetneg dan Pemprov DKI Jakarta.

Pada rapat yang digelar secara daring pada, Rabu 4 November 2020 itu, Kemensetneg dan Pemprov DKI sama-sama tengah mengajukan kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) agar sertifikat tanah Monas dimiliki oleh mereka.

Kemensetneg sempat mengatakan kepada KPK, tanah pada kawasan Monas belum bersertifikat. Kawasan Monas masih berada dalam pengelolaan Pemprov DKI yang tiap tahunnya telah mengeluarkan biaya perawatan dan pemeliharaan untuk area tersebut.

Hal itu dibenarkan Kepala Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta Pujiono. Dia menyebut, Gubernur DKI telah mengirim surat kepada Presiden untuk melakukan penyertifikasian Monas atas nama Pemprov DKI.

"Selanjutnya, gubernur sudah pula menyampaikan surat usulan pensertifikasian Monas kepada BPN," ujar Pujiono.

Upaya penyertifikasian tanah Monas juga pernah dilakukan Kemensetneg. Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama menyampaikan, pada 23 September 2020, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta.

Pada pertemuan tersebut disepakati perlu ada koordinasi antara Kemensetneg, BPN, dan Pemprov DKI Jakarta terkait hak atas Monas.

Setya mengatakan, pada 24 Juli 2019, Kemensetneg telah mengirimkan surat permohonan kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN untuk menerbitkan hak atas tanah Monas dengan sertifikat hak pakai atas nama Kemensetneg.

Bahkan, pada 9 Agustus 2017, Kemensetneg sudah melakukan pengukuran bersama yang melibatkan Kementerian ATR/BPN dan Pemprov DKI Jakarta. Berdasarkan hasil pengukuran awal tim Kantor Pertanahan BPN Jakarta Pusat, luas kawasan Monas adalah 734.828 hektar.

"Berdasarkan pertemuan dengan Deputi Pencegahan KPK pada 19 Oktober 2020, Pemprov DKI Jakarta menyerahkan sepenuhnya proses sertifikasi apabila akan dilakukan atas nama Kemensetneg," kata Setya.

"Namun, perlu dilakukan beberapa hal. Satu, koordinasi antara Kemensetneg dengan Pemprov DKI dan BPN. Dua, dirumuskan alas hukum sebagai dasar sertifikasi dan dasar penarikan surat permohonan Pemprov DKI Jakarta kepada Presiden," Setya menambahkan.

 

Soal Pengelolaan

Setya mengungkapkan Setneg juga mengusulkan agar rencana pengelolaan kawasan Monas dilakukan dengan mekanisme pinjam pakai antara pihaknya dan Pemprov DKI Jakarta. Artinya, tanah Monas menjadi aset negara, dalam hal ini dalam penguasaan Kemensetneg, yang dipinjampakaikan kepada Pemprov DKI Jakarta selama lima tahun dan dapat diperpanjang.

Menanggapi usulan Kemensetneg, Kepala Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta Dwi Budi Martono mengutarakan bahwa bila kawasan Monas akan dikerjasamakan antara Kemensetneg dan Pemerintah DKI, mekanisme yang bisa dianjurkan adalah penerbitan Hak Pengelolaan (HPL) atas nama pemerintah pusat, dalam hal ini Kemensetneg.

Lalu, untuk Pemerintah DKI bisa mendapatkan Hak Guna Bangunan (HGB) bila akan dipakai untuk usaha pengelolaan Monas.

"Jadi, sarannya adalah penerbitan HPL atas nama pemerintah pusat, Kemensetneg. Dua, di atas HPL itu diberikan HGB atas nama Pemprov DKI Jakarta, instansi yang ditunjuk, mungkin bisa BUMD," Budi menyarankan.

Menerima saran BPN, Setya meminta semua pemangku kepentingan mengambil jalan moderat seperti yang diusulkan Kepala Kanwil BPN DKI, yakni penerbitan HPL atas nama pemerintah pusat dan HGB atas nama Pemprov DKI Jakarta.

"Selanjutnya, Kemensetneg akan mengajukan dua permohonan kepada BPN, yaitu pengukuran dan SK pemberian hak," kata Setya.

 

Pesan KPK

Melihat tarik menarik sertifikasi tanah Monas, KPK yang diwakili Satuan Tugas (Satgas) Koordinasi Pencegahan Wilayah II hanya meminta percepatan sertifikasi tersebut. KPK berharap Monas tetap dikuasai negara, bukan pihak ketiga.

"Bagi KPK, intinya adalah bahwa aset tanah negara, termasuk tanah Monas, harus dikuasai oleh negara. Jangan sampai aset negara dikuasai oleh pihak lain. Oleh karena itu, fokusnya adalah agar ada percepatan sertifikasi aset, sehingga aset dapat diselamatkan dan dikelola oleh negara," ujar penanggung jawab Satgas Wilayah II KPK Basuki Haryono.

Hadir dalam rakor adalah Sekretaris Kemensetneg, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi DKI Jakarta, Inspektur Kemensetneg, Kepala Biro Umum Kemensetneg, Kepala Bagian Barang Milik Negara (BMN) Kemensetneg, Kepala Kantor Pertanahan BPN Jakarta Pusat, Asisten Deputi Perekonomian, Kepala Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta, dan Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Resesi Ekonomi, Apa Dampak Langsung buat Masyarakat?

Posted: 04 Nov 2020 10:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020 minus 3,49 persen yang membuat Indonesia masuk ke jurang resesi ekonomi. Sebelumnya pada kuartal II-2020 juga mengalami kontraksi sebesar 5,23 persen.

Mengacu pada data tersebut, Peneliti Indef, Bhima Yudhistira menilai Indonesia resmi mengalami resesi. Resesi ekonomi ini tentunya akan berdampak langsung bagi masyarakat.

Bhima menjabarkan, dampak langsung yang akan terasa yaitu turunnya pendapatan kelompok masyarakat kalangan menengah dan bawah secara signifikan. Sehingga jumlah orang miskin baru akan bertambah.

"Turunnya pendapatan di kelompok masyarakat menengah dan bawah secara signifikan. (Sehingga) akan ada orang miskin baru," kata Bhima di Jakarta, Kamis (5/11/2020).

Bhima melanjutkan, akibat resesi ekonomi ini, desa akan jadi tempat migrasi pengangguran. Mereka datang dari kawasan industri karena gelombang PHK massal.

Angkatan kerja baru pun makin sulit bersaing. Sebab lowongan pekerjaan menurun. Sisi lain jika ada perusahaan mencari pekerja baru akan memprioritaskan karyawan lama yang sudah berpengalaman.

"Perusahaan kalaupun lakukan recruitment akan prioritaskan karyawan lama yang sudah berpengalaman," kata dia.

Dalam kondisi ini, masyarakat pun cenderung berhemat. Mereka akan menahan diri untuk membeli barang sekunder dan tersier.

Fokus masyarakat hanya pada barang kebutuhan pokok dan kesehatan. Lebih jauh, konflik sosial di masyarakat bisa meningkat karena ketimpangan semakin lebar.

"Orang kaya bisa tetap survive selain karena aset masih cukup juga karena digitalisasi," kata dia.

Sementara kelas menengah rentan miskin. Sebab tidak semua pekerjaan mereka dapat dilakukan di rumah. Di saat yang bersamaan pendapatan menurun.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Indonesia Resesi, Pengangguran Bertambah 2,67 Juta Orang

Pejalan kaki melintasi lajur penyebrangan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (23//9/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resesi pada kuartal III-2020. Kondisi ini akan berdampak pada pelemahan daya beli hingga PHK. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Pejalan kaki melintasi lajur penyebrangan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (23//9/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resesi pada kuartal III-2020. Kondisi ini akan berdampak pada pelemahan daya beli hingga PHK. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, sektor ketenagakerjaan masih terdampak akibat pandemi Covid-19. Hingga Agustus 2020, jumlah pengangguran di seluruh Tanah Air bertambah sebanyak 2,67 juta orang menjadi total 9,77 juta orang.

Namun demikian, Kepala BPS Kecuk Suhariyanto menyampaikan, terdapat tiga sektor yang tetap menyerap jumlah tenaga kerja paling banyak. Ketiga sektor itu yakni pertanian (29,76 persen), perdagangan (19,23 persen), dan industri pengolahan (13,61 persen).

"Ada tiga sektor yang menyerap banyak tenaga kerja, yaitu pertanian, perdagangan dan industri pengolahan," kata Suhariyanto dalam sesi teleconference, Kamis (5/11/2020).

Menurut dia, pandemi Covid-19 turut menimbulkan pergeseran di sisi permintaan (demand) pada ketiga sektor tersebut. Pertanian mengalami pergeseran demand sebesar 2,23 persen, sementara perdagangan sebesar 0,46 persen.

"Kemudian untuk perdagangan eceran 0,48 persen. Untuk jasa lainnya tipis, demikian jasa kesehatan dan informasi komunikasi," ungkap Suhariyanto.

Sebagai catatan, per Agustus 2020 terdapat penduduk usia kerja sebanyak 203,97 juta orang. Jumlah angkatan kerja mengalami pertambahan sebanyak 2,36 juta orang, sehingga total penduduk bekerja sebanyak 128,45 juta orang.

"Pengangguran masih didominasi di perkotaan atau sebesar 8,98 persen dibanding pedesaan 4,71 persen," tukas Suhariyanto.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skenario Terburuk: Jika Tak Ada Pemenang di Pemilu AS 2020, DPR Ambil Alih

Posted: 04 Nov 2020 10:51 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C - Dunia sedang menanti presiden baru Amerika Serikat. Hingga kini, tidak ada pemenang telak dalam pemilu AS 2020. 

Donald Trump sempat menyatakan dirinya menang, tetapi terjadi fenomena flip ketika negara bagian Wisconsin dan Michigan dimenangkan Joe Biden berdasarkan hasil hitung cepat. 

Kini, Joe Biden memiliki 264 suara elektor. Ia hanya butuh enam suara untuk meraih angka 270 elektor untuk menang di pemilu AS

Baca: Cara memahami pemilu AS.

Joe Biden perlu menang di Nevada agar meraih enam elektor di negara bagian itu. Saat ini, Biden unggul di Nevada. 

Akan tetapi, 270 elektor merupakan jumlah minimal. Ada kemungkinan ada elektor berkhianat dan tidak memberikan suaranya ke presiden yang terpilih di negara bagian mereka.

Orang itu disebut faithless elector. Apabila ada satu saja faithless elector, maka Joe Biden bakal kekurangan suara minimum. 

Pada  pemilu AS 2016, ada tujuh faithless elector.

Bila itu terjadi tahun ini dan tak ada capres meraih 270, selanjutnya hasil pemilu akan diputuskan oleh DPR AS. Ini penjelasannya:

DPR Memilih Presiden

Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi merobek naskah pidato kenegaraan Presiden Donald Trump dalam Kongres di Capitol Hill, Washington, Selasa (4/2/2020). Pelosi adalah salah satu tokoh terdepan di balik proses pemakzulan yang dilayangkan kepada Trump. (AP Photo/Alex Brandon)
Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi merobek naskah pidato kenegaraan Presiden Donald Trump dalam Kongres di Capitol Hill, Washington, Selasa (4/2/2020). Pelosi adalah salah satu tokoh terdepan di balik proses pemakzulan yang dilayangkan kepada Trump. (AP Photo/Alex Brandon)

Menurut situs pemilu 270toWin, bila tidak ada satu kandidat yang meraih 270 suara elektor, maka DPR akan memilih presiden. Delegasi tiap negara bagian mendapat satu suara.

Jumlah minimal untuk memenangkan pemilu via DPR adalah mendapatkan 26 suara.

Saat ini, Ketua DPR adalah Nancy Pelosi dari Partai Demokrat. 

Aturan ini berdasarkan Amandemen Konstitusi ke-12. Sejak itu, pernah ada satu presiden yang terpilih via DPR, yaitu John Quincy Adams. 

Situs resmi sejarah DPR AS menyebut Adams kalah dari Andrew Jackson, tetapi Jackson tak mendapat mayoritas suara elektor. 

John Quncy Adams lantas terpilih menjadi presiden keenam AS, meski perolehan suaranya kalah dari Andrew Jackson.

 

Solusi untuk Joe Biden

Ilustrasi Pilpres AS, Donald Trump Vs Joe Biden. (Liputan6.com/Trie Yasni)
Ilustrasi Pilpres AS, Donald Trump Vs Joe Biden. (Liputan6.com/Trie Yasni)

Solusi terbaik bagi Joe Biden adalah harus memenangkan lebih dari 270 elektor, sehingga Nevada saja tidak cukup. Ia bisa mendapatkan suaranya dari Georgia, Pennsylvania, dan North Carolina. 

Saat ini, Donald Trump masih unggul di tiga daerah tersebut. 

Joe Biden juga harus melindungi suaranya di Arizona dan Michigan. Kubu Trump hingga kini yakin bahwa mereka akhirnya menang di dua wilayah itu setelah perhitungan lengkap. 

Tim hukum Trump sudah bergerak untuk memeriksa suara. Trump juga sudah menyebut akan membawa sengketa pemilu ke Mahkamah Agung. 

Peta Hasil Pemilu AS 2020:

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Resesi, Pengangguran Bertambah 2,67 Juta Orang

Posted: 04 Nov 2020 10:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, sektor ketenagakerjaan masih terdampak akibat pandemi Covid-19. Hingga Agustus 2020, jumlah pengangguran di seluruh Tanah Air bertambah sebanyak 2,67 juta orang menjadi total 9,77 juta orang.

Namun demikian, Kepala BPS Kecuk Suhariyanto menyampaikan, terdapat tiga sektor yang tetap menyerap jumlah tenaga kerja paling banyak. Ketiga sektor itu yakni pertanian (29,76 persen), perdagangan (19,23 persen), dan industri pengolahan (13,61 persen).

"Ada tiga sektor yang menyerap banyak tenaga kerja, yaitu pertanian, perdagangan dan industri pengolahan," kata Suhariyanto dalam sesi teleconference, Kamis (5/11/2020).

Menurut dia, pandemi Covid-19 turut menimbulkan pergeseran di sisi permintaan (demand) pada ketiga sektor tersebut. Pertanian mengalami pergeseran demand sebesar 2,23 persen, sementara perdagangan sebesar 0,46 persen.

"Kemudian untuk perdagangan eceran 0,48 persen. Untuk jasa lainnya tipis, demikian jasa kesehatan dan informasi komunikasi," ungkap Suhariyanto.

Sebagai catatan, per Agustus 2020 terdapat penduduk usia kerja sebanyak 203,97 juta orang. Jumlah angkatan kerja mengalami pertambahan sebanyak 2,36 juta orang, sehingga total penduduk bekerja sebanyak 128,45 juta orang.

"Pengangguran masih didominasi di perkotaan atau sebesar 8,98 persen dibanding pedesaan 4,71 persen," tukas Suhariyanto.

Indonesia Resmi Resesi, Ekonomi Minus 2 Kuartal Berturut-Turut

Pemandangan deretan gedung dan permukiman di Jakarta, Rabu (1/10/2020). Meski membaik, namun pertumbuhan ekonomi kuartal III 2020 masih tetap minus. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pemandangan deretan gedung dan permukiman di Jakarta, Rabu (1/10/2020). Meski membaik, namun pertumbuhan ekonomi kuartal III 2020 masih tetap minus. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2020 minus 3,49 persen. Dengan begitu, Indonesia resmi resesi setelah mencatatkan pertumbuhan ekonomi negatif sdalam dua kuartal berturut-turut.

Catatan ini sesuai banyak perkiraan bahwa Indonesia akan jatuh ke lubang resesi pada kuartal ketiga. Bahkan, angka tersebut lebih tinggi dari ramalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang minus 3 persen.

"Ekonomi Indonesia pada triwulan ketiga secara tahunan (year on year/yoy) masih mengalami kontraksi sebesar 3,49 persen," jelas Kepala BPS Kecuk Suhariyanto, Kamis (5/11/2020).

Namun demikian, Suhariyanto mengatakan, jika dibanding pencapaian di kuartal II 2020, pertumbuhan ekonomi nasional masih tumbuh lebih bagus di kuartal III ini.

"Sehingga secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan I-III 2020 itu masih mengalami kontraksi sebesar 2,03 persen," jelasnya.

Suhariyanto menambahkan, pertumbuhan ekonomi kuartal III yang minus 3,49 persen juga masih lebih baik dibanding triwulan kedua yang terkontraksi 5,32 persen.

"Artinya terjadi perbaikan dan tentunya kita berharap di kuartal IV situasi akan menjadi membaik. Apalagi dengan adanya pelonggaran PSBB," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Solok Berguru Inovasi Program Pro-rakyat Pemkot Bengkulu

Posted: 04 Nov 2020 10:45 PM PST

Liputan6.com, Bengkulu - Pejabat Wali Kota Solok Asben Hendri mengaku terkesan dan takjub dengan berbagai inovasi program-program dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu di antaranya program Gerakan Peduli Yatim (GPY), Gerakan Peduli Siswa (GPS), HD Oto, dan lainnya. Hal ini ia ungkapkan saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Bengkulu yang berlangsung di Balai Kota, Senin (2/11/2020).

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka studi komparasi Pemerintah Kota Solok terkait program-program Pemkot Bengkulu yang pro rakyat.

"Hadirnya kita di sini karena kita tertarik dengan beberapa program Pemkot Bengkulu yang luar biasa. Suksesnya Kota Bengkulu kita dapat lihat dari prestasi yang mereka dapatkan. Nah, hal seperti ini perlu kami pelajari dan ditiru. Karena program-program Pemkot Bengkulu ini dapat dijadikan dan layak menjadi rujukan nasional," ujar Asben.

Kehadiran Pejabat Wali Kota Solok Asben Hendri beserta istri dan rombongan tim Pengerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Solok disambut hangat dengan tari persembahan khas Bengkulu dan disambut langsung oleh Pelaksana Tugas Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi beserta istri dan tim PKK Kota Bengkulu beserta para pejabat eselon II dan III Pemkot Bengkulu.

"Program Pemkot Bengkulu ini sangat berdampak untuk masyarakat. Sesuai dengan visi-misinya untuk memberi kebahagiaan di tengah masyarakat ternyata Pemkot Bnegkulu bukan hanya sekadar omongan semata. Semua telah ditunjukkan melalui program-program yang prorakyat," tambahnya.

Menurut Asben, semua program Pemkot sangat menarik ditiru dan dikembangkan lagi di Kota Solok.

"Program-program Pemkot Bengkulu sangat menarik perhatian kita. Seperti program gerakan peduli yatim (GPY). Ini sebuah program kemanusian yang benar-benar luar biasa. Tanpa kita bayangkan Pemkot Bengkulu memiliki program ini dan terus memperhatikan kehidupan anak yatim di Kota Bengkulu setiap bulannya. Dan para pejabatnya diwajibkan mengangkat anak yatim menjadi anak asuhnya," jelasnya.

Tak hanya itu saja, Asben juga takjub dengan program HD Oto yang bisa digunakan masyarakat untuk pernikahan.

"Ini saya baru dengar mobnas Wali Kota dan Wakil Wali Kota dapat digunakan masyarakat. Saya benar-benar takjub sekali dengan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bengkulu yang menjalankan visi-misinya dengan baik untuk kebahagiaan warga Kota Bengkulu. Di Bengkulu sudah pasti orang kaya banyak, tetapi mereka tidak bisa membeli mobil pelat merah. Jadi dengan dapat menggunakan mobnas ini menjadi suatu kebanggaan sendiri. Ini sebuah inovasi yang sangat baik," dia memungkasi.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Atta Halilintar Terbaring Lemah Hingga Harus Diinfus di Rumah

Posted: 04 Nov 2020 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta YouTuber kondang Atta Halilintar membagikan kondisinya terkini lewat Instagram pribadinya. Tampak kekasih Aurel Hermansyah ini terbaring lemah di kasurnya. terlihat pula selang infus menancap di tangan kanannya.

"I'm human too. i'll be back stronger. Promise!" tulis Atta Halilintar di Instagram pada Rabu (5/11/2020).

Meski tak menyebutkan secara spesifik penyebab dirinya sakit, banyak netizen yang berspekulasi jika YouTuber kelahiran 1994 ini sakit akibat kelelahan. Sebagai kekasihnya, Aurel pun juga menemani Atta Halilintar meski hanya melalui video call. Anak sulung Anang Hermansyah ini turut mendoakan sang kekasih agar lekas sembuh. 

Lewat channel YouTube bertajuk "ATTA Mengigil Sakit. Mpok NUR Sedih" yang tayang pada Rabu (4/11/2020) ini tampak Atta membagikan momen dirinya dirawat di rumah. Tim medis datang ke kediamannya, memeriksa hingga memasang infus. 

Berikut ini Liputan6.com rangkum, 6 potret Atta Halilintar sakit dan dirawat di rumah sampai harus diinfus yang dilansir dari channel YouTube miliknya, Kamis (5/11/2020).

1. Dalam video berdurasi lebih dari 12 menit itu memperlihatkan Atta Halilintar dikompres dengan kain di bagian kepalanya.

Atta Halilintar terbaring sakit sampai diinfus. (Sumber: Instagram/@attahalilintar)
Atta Halilintar terbaring sakit sampai diinfus. (Sumber: Instagram/@attahalilintar)

2. Terbaring sakit di kasur, Aurel tetap menemani sang kekasih meski hanya lewat video call.

Atta Halilintar terbaring sakit sampai diinfus. (Sumber: Instagram/@attahalilintar)
Atta Halilintar terbaring sakit sampai diinfus. (Sumber: Instagram/@attahalilintar)

3. Tubuhnya lemah terbaring di kasur, dokter pun akhirnya memasang infus.

Atta Halilintar terbaring sakit sampai diinfus. (Sumber: Instagram/@attahalilintar)
Atta Halilintar terbaring sakit sampai diinfus. (Sumber: Instagram/@attahalilintar)

4. Tak menyebutkan penyebab sakitnya, banyak netizen yang berspekulasi jika Atta sakit lantaran kelelahan.

Atta Halilintar terbaring sakit sampai diinfus. (Sumber: Instagram/@attahalilintar)
Atta Halilintar terbaring sakit sampai diinfus. (Sumber: Instagram/@attahalilintar)

5. Putra sulung dari sebelas bersaudara ini tampak mendapatkan perawatan medis di rumahnya.

Atta Halilintar terbaring sakit sampai diinfus. (Sumber: Instagram/@attahalilintar)
Atta Halilintar terbaring sakit sampai diinfus. (Sumber: Instagram/@attahalilintar)

6. Unggahannya ini pun langsung banjir doa agar YouTuber yang terkenal dengan jargon Asiap ini segera pulih kembali.

Atta Halilintar terbaring sakit sampai diinfus. (Sumber: Instagram/@attahalilintar)
Atta Halilintar terbaring sakit sampai diinfus. (Sumber: Instagram/@attahalilintar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melly Goeslaw Siap Dikomplain karena Pamerkan Video Klip Tanpa Hijab

Posted: 04 Nov 2020 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Melly Goeslaw tengah membantu seorang gadis bernama Sasa, yang membutuhkan perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Dan Melly berterima kasih kepada orang-orang yang bisa melancarkan usahanya tersebut akhirnya Sasa bisa dipindahkan dari RSUD Depok ke RSCM.

Rupanya, Sasa merupakan gadis berkebutuhan khusus yang sempat menjadi model di video klip Melly Goeslaw untuk lagu soundtrack "Moga Bunda Disayang".

Melly Goeslaw hanya ingin menunjukkan rupa Sasa, karena pada unggahan sebelumnya tak diperlihatkan oleh penyanyi sekaligus pencipta lagu ini.

Tanpa Hijab

Melly Goeslaw. (Foto: Instagram @melly_goeslaw)
Melly Goeslaw. (Foto: Instagram @melly_goeslaw)

Dalam video klip tersebut, terlihat Melly Goeslaw tak mengenakan hijab. Ia hanya memakai atasan lengan panjang berwarna putih.

Rambutnya dikuncir satu. Dalam video tersebut tampak Melly bercakap-cakap dengan Sasa.

Siap Dikomplain

Melly Goeslaw (Foto: Instagram/@melly_goeslaw)
Melly Goeslaw (Foto: Instagram/@melly_goeslaw)

Dalam keterangan, istri Anto Hoed ini menjelaskan bahwa video klip yang diperlihatkan tersebut memang sudah lama kala ia belum menutup auratnya secara utuh. Dan ia terima konsekuensinya.

"Skrg sy paham maksud dari Allah mempertemukan kami waktu itu. Video ini tentunya dibuat saat sy blm berhijab, dan skrg diposting pasti banyak yang komplen," tulisnya.

Tak Masalah

Meski begitu, wanita kelahiran Jakarta, 7 Januari 1974 ini mengaku tak masalah dikomplain banyak orang.

"gak apa2 manusia memang gudangnya komplen kok, sedangkan Allah maha mempertimbangkan . Belajarlah dari Salsa yang meski tidak bisa melihat , tp sesungguhnya dia bisa lebih melihat dan merasakan lebih dari manusia yang diberikan indera penglihatan cukup baik," lanjutnya. 

Minta Unfollow

Dengan legawa, Melly Goeslaw bahkan mempersilakan warganet untuk tak mengikuti Instagram miliknya.

"Video ini sy posting untuk pembelajaran kita bersama , yang tidak sepakat dengan sy, waktu dan tempat untuk unfollow sy persilahkan," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persiapan Anies Baswedan untuk Antisipasi Banjir Jakarta

Posted: 04 Nov 2020 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan saat ini pihaknya terus melakukan sejumlah antisipasi banjir saat musim hujan. Salah satunya yakni dengan mengeruk sungai hingga waduk di wilayah ibu kota.

"Curah hujan tinggi kita lakukan antisipasi dengan kerukan waduk-waduk itu intensif sekali. Anda bisa saksikan waduk-waduk Jakarta pengerukannya intensif sekali," kata Anies di di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (5/11/2020).

Lalu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan jajarannya juga melakukan pembersihan saluran-saluran air. Kemudian melakukan koordinasi kegiatan antarinstansi pemerintah.

Anies Baswedan mengatakan kapasitas saluran air yang ada di Jakarta hanya dapat menampung curah hujan sebanyak 100 mm per hari.

"Karena itu kita sampaikan jajaran bila hujan di bawah 100 mm per hari tidak boleh banjir, karena itu kapasitas kita. Bila di atas itu apalagi bila awal tahun sampai 377 itu 3,5 kali lipat dari kapasitas drainase," jelasnya.

Banjir Segera Surut

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan, genangan air di Jakarta bisa surut tak lebih dari 6 jam. Hal ini disampaikan Anies saat apel siap siaga banjir di di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (4/11/2020).

Karena itu, dia meminta jajaran Pemprov DKI Jakarta bersiap dan bekerja keras agar target tersebut tercapai.

"Genangan bisa surut dalam waktu kurang dari 6 jam, tanggung jawab kita menyiapkan seluruh kekuatan untuk bisa mengeringkan dalam waktu kurang dari 6 jam," kata Anies.

Dia menyampaikan hal ini, berkaca pada awal tahun 2020. Di mana, pada Januari adalah bulan dengan intensitas curah hujan tinggi dan rawan banjir, oleh karena itu semua pihak harus bersiap.

"Mau tidak mau air akan tergenang, terjadilah banjir," ungkap Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ternyata Ini Kriteria Hunian Nyaman bagi Ekspatriat

Posted: 04 Nov 2020 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ekspatriat dan pasangan muda atau milenial, ternyata mengincar hunian berkonsep unit condovilla atau low-rise apartment. Meskipun berada di tengah kawasan mewah, hunian minimalis namun berfasilitas lengkap ini menjadi pilihan utama.

Alasan suasana hunian mirip dengan kampung halaman di negara masing-masing, menjadi alasan banyaknya ekspatriat terlihat menghuni kawasan condovilla. Seperti di Rainbow Springs Condovillas yang dikembangkan Summarecon Serpong, kawasan tersebut digandang-gandang mirip hunian beberapa daerah di Eropa.

"Ya memang, terinspirasi dari kawasan hunian beberapa daerah di Eropa atau low rise residential. Yaitu bangunan bertingkat dengan dukungan landscape hijau yang dilengkapi fasilitas luar ruang untuk interaksi sosial bagi para penghuninya," tutur Magdalena Juliati selaku Executive Director Summarecon Serpong, Kamis (5/11/2020).

Kawasan tersebut sebenarnya sudah ada sejak 5 tahun lalu atau 2015, di tahun pertama penjualannya tersebut banyak ekspatriat yang membeli. "Sudah ditempati, beberapa penghuni juga terlihat dari kalangan ekspatriat," ujarnya.

Pada tahun yang sama, unit yang sudah dipasarkan Summarecon Serpong sebanyak 540 unit dari 27 tower. Dari total tersebut 95 persen sudah terjual, 85 persen diantaranya sudah dilakukan proses serah terima. Untuk tahun ini, ada 120 unit dari 6 tower yang dijual seharga Rp 1,4 miliar.

"Karena di tengah pandemi, jadi kita masih secara virtual,"kata Magdalena.

 

Genjot Bisnis Properti, Summarecon Kembangkan Kota Mandiri di Bogor

Summarecon Bogor
Summarecon Bogor

PT Summarecon Agung Tbk kembali memperkenalkan pengembangan kawasan terbarunya. Berbekal pengalaman 45 tahun dalam mengembangkan kawasan berskala kota di Kelapa Gading, Serpong, Bekasi, Bandung, dan Makassar, kini Summarecon hadir di Bogor, Jawa Barat.

"Sebagai pengembang properti terkemuka, Summarecon tidak akan pernah berhenti untuk memberikan kontribusi kepada negeri. Di saat pandemi ini, kami terus menjalankan kegiatan usaha, agar perekonomian tetap terus berjalan. Saat ini unit usaha pengembangan properti kami di Serpong, Bekasi, Bandung, dan Makassar terus meluncurkan produk-produk baru dan kami bersyukur hasilpenjualan sangat memuaskan," kata Presiden Direktur PT Summarecon Agung Tbk Adrianto P. Adhi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (29/9/2020).

"Hari ini kami secara resmi mengenalkan pengembangan terbaru yang segera akan menjadi salah satu icon dan signature Summarecon, yaitu Summarecon Bogor. Kami optimis, peluncuran Summarecon Bogor juga akan disambut baik oleh masyarakat," lanjut dia.

Summarecon Bogor memiliki luas 500 hektar, sangat ideal untuk dikembangkan sebagai kota mandiri. Hadir di lokasi yang sangat strategis, bersisian dengan Kota Bogor, dan dapat dijangkau melalui akses langsung pintu tol Bogor Selatan yang terhubung dengan Tol Jagorawi, serta dapat pula diakses dari kota Bogor. Summarecon akan mengembangkan kota baru di Bogor karena kawasan ini memiliki potensi yang luar biasa baik dari alam maupun pasarnya.

"Summarecon Bogor memiliki konsep yang berbeda, yaitu kami membangun kota mandiri yang baru untuk first home family, agar hidup dengan environment yang baru, yaitu pemandangan yang indah, udara yang sehat dan segar, dan juga akses yang sangat baik. Dengan demikian penghuni bisa menikmati cara dan gaya hidup yang baru. New City, New Environment, New Life," ungkap Direktur Summarecon Herman Nagaria.

Pengembangan Summarecon Bogor akan sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini yaitu hidup di lingkungan yang sehat dalam harmoni keseimbangan alam. Dengan ketinggian 300-500 meter di atas permukaan laut, ditambah dengan saleable yang hanya 38 persen (pada umumnya saleable di dataran rendah sekitar 60 persen), memungkinkan penghuni di Summarecon Bogor dapat menikmati manfaat lingkungan dan udara yang sehat juga iklim yang sejuk.

Kelebihan lainnya adalah pemandangan 4 gunung, yaitu Gunung Salak, Gunung Gede, Gunung Pangrango dan Gunung Pancar serta diapit dua lapangan golf 63 holes dengan luas kurang lebih 210 hektar yang tentunya menambah area terbuka hijau dan pemandangan lapangan golf yang indah.

Peluncuran Summarecon Bogor akan berlangsung bersamaan dengan penjualan perdana The Agathis Golf Residence yang memiliki konsep arsitektur tropical colonial, terinspirasi bangunan bersejarah di kota Bogor.

Sementara klaster lainnya yang ditawarkan adalah The Mahogany Residence yang memiliki desain tropical dengan nuansa modern. Seluruh tipe hunian ditawarkan Summarecon Bogor dengan kualitas terbaik, ceiling tinggi, penataan ruang yang efisien untuk memaksimalkan pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang baik.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Video Ini Pengerjaan PLTU Morowali oleh TKA China

Posted: 04 Nov 2020 10:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cek Fakta Liputan6.com mendapati video yang diklaim pengerjaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Morowali oleh Tenaga Kerja Asing (TKA) China.

Klaim video pengerjaan PLTU Morowali oleh TKA China diunggah akun Facebook Indra Lestari, pada 3 November 2020. Video yang diunggah menampilkan proses pembangunan sebguah infrastruktur.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Video dibawah ini menggambarkan tentang pekerjaan pertaruhan nyawa. Inilah sebagian dari pekerjaan pembangunan PLTU Morowali yg dikerjakan -/+ 500 TKA China.. sudah ditawarkan kpd pekerja lokal tetapi ga ada yg sanggup/mau... jadi mohon tidak menghakimi dan langsung menyalahkanmn pemerintah tanpa paham akar masalah. Anda mau bertaruh nyawa dan adrenali tinggi, toh dulu dibuka kesempatan kpd warga lokal namun tidak berani, nah apa harus dipaksa? Lihat video itu sampai tuntas baru paham. Terimakasih."

Benarkah klaim video pengerjaan PLTU Morowali oleh TKA China? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video pengerjaan PLTU Morowali oleh TKA China, dengan menggunakan Google Image.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "さすが中国、スケールが違う!峡谷での橋建設がスリル満点" dimuat situs videoclip.club, pada 9 Juli 2020.

Situs videoclip.club menyebutkan, pembangunan jembatan di jurang Cina telah menjadi topik hangat di Internet. Ini adalah jembatan yang membentang di ngarai yang melintasi provinsi Sichuan, Yunnan, dan Kishu, dan berada lebih dari 150 meter di atas permukaan air.

Dalam artikel tersebut, terdapat tautan YouTube. Namun, tidak bisa memutar video.

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search, dengan menjadikan keterangan daris situs videoclip.club "150 meter bridge construction work" sebagai kata kunci pencarian.

Penelusuran mengarah pada akun Youtube milik stasiun televisi China, CGTN, berjudul "Chinese workers build bridge 150 meters above a canyon" diunggah, pada 14 Mei 2019.

Video yang diunggah akun Youtube CGTN identik dengan klaim video pengerjaan PLTU Morowali oleh TKA China pada bagian awal dan akhir.

 

 

 

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Para pekerja terlihat membangun jembatan di atas ngarai setinggi 150 meter di barat daya China. Setelah selesai, jembatan itu akan menghubungkan provinsi Yunnan dan Sichuan, meningkatkan sistem transportasi lokal".

Penelusuran dilanjutkan dengan menangkap layar video saat kendaraan mengangkut material infastruktur menggunakan YAndex.

 

 

 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Гигант шамол генераторлари парракларини ташиш жараёни тасвирга туширилди" atau "Proses pengangkutan sayap generator angin raksasa" yang di muat situs m.kun.uz, pada 1 September 2016.

Artikel situs m.kun.uz memuat video kendaraan yang mengangkut barang yang identik dengan klaim video pengerjaan PLTU Morowali oleh TKA China.

 

 

Situs m.kun.uz menyebutkan, para ahli dari China International Marine Containers telah merilis video yang menunjukkan bagaimana bilah generator angin raksasa diangkut ke daerah pegunungan. Beberapa truk yang dirancang khusus membawa sayap sepanjang 35 meter saat memutar.

Video itu diposting di saluran YouTube perusahaan, video itu menggambarkan turbin angin 1,5 Mega Watt (MW)  milik General Electric. Komponennya diangkut secara teratur dengan kontainer di pegunungan Provinsi Yunnan Cina selatan. Energi angin adalah salah satu industri yang tumbuh paling cepat di banyak negara. Hampir setengah dari pembangkit listrik baru yang dibangun di Amerika Serikat pada tahun 2015 menggunakan tenaga angin. Efisiensi mereka telah mencapai titik tertinggi dalam sejarah.

Penelusuran dilanjutkan dengan menangkap layar video pada cuplikan benda putih yang sedang diangkat menggunakan Google Image.

 

 

 

 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "[SALAH] Video "sebagian pekerjaan pembangunan PLTU Morowali"  yang dimuat situs turnbackhoax.id, pada 17 Mei 2020.

Situs turnbackhoax.id menyebutkan, material pada alat tersebut merupakan rotor generator pada pembangkit listrik tenaga angin bukan PLTU.

 

 

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video pengerjaan PLTU Morowali oleh TKA China tidak benar.

Klaim video tersebut palsu, tidak menampilkan pengerjaan PLTU Morowali. Sebagian video  menampilkan pengerjaan proyek jembatan yang membentang di ngarai yang melintasi provinsi Sichuan, Yunnan, dan Kishu. Video lainnya menampilkan proses pembangunan pembangkit listrik energi angin atau Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB)>

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam  cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Asing Sebut Pemilu AS 2020 Serupa Pilpres Jokowi Vs Prabowo

Posted: 04 Nov 2020 10:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang dosen dan pengamat Asia Tenggara di Australian National University mengomentari cuitan pengguna Twitter yang mengatakan bahwa pemilu AS yang mempertemukan Donald Trump dan Joe Biden mirip dengan pemilihan presiden di Indonesia.

Hal ini bermula dari cuitan seorang Kepala Biro Washington untuk media Australia bernama David Lipson.

Lewat akun Twitter-nya @davidlipson ia mengatakan "Saat ini terasa seperti politik Indonesia".

Cuitan dari Lipson kemudian mendapat reaksi dari Ross Tapsell yang merupakan dosen di Australian National University (ANU). Bagi Taspell, apa yang terjadi saat ini belum bisa dibilang sama jika Donald Trump belum diangkat jadi Menteri Pertahanan jika pemilu AS dimenangkan oleh Biden.

"Benar. Tapi ini belum seperti politik Indonesia yang sebenarnya. Kecuali Trump menjadi Menteri Pertahanan Biden," tulis @RossTapsell.

Hingga saat ini, berdasarkan hasil survei dari AP posisi Joe Biden berada di atas angin dengan jumlah electoral collage 264 -- hampir menyentuh 270 apabila ia membuat peta Nevada menjadi biru pekat.

Posisi menjanjikan ini dicapai oleh Biden setelah memenangkan negara bagian Wisconsin dan Michigan.

Sementara itu, Donald Trump masih mengumpulkan 214 electoral collage dengan posisi unggul sementara di 4 negara bagian sisa versi AP pada pemilu AS.

Yaitu, Pennsylvania, North Carolina, Georgia dan Alaska.

Biden Butuh 6 Electoral Collage untuk Jadi Presiden

Joe Biden, calon presiden AS penantang Donald Trump pada pemilu November 2020 mendatang. (AP Photo/Matt Rourke)
Joe Biden, calon presiden AS penantang Donald Trump pada pemilu November 2020 mendatang. (AP Photo/Matt Rourke)

Mantan Wakil Presiden Joe Biden unggul di Pemilu Amerika Serikat (AS) 2020. Ia kini hanya butuh memenangkan satu negara bagian, yakni Nevada. 

Nevada memiliki enam suara elektoral. Jika Biden menang, maka ia mendapatkan total 270 elektoral dari seluruh negara bagian. Saat ini, Joe Biden sudah unggul di Nevada. 

Berdasarkan data AP, Joe Biden berhasil membalikan keadaan di Michigan dan Wisconsin yang sebelumnya dikuasai Donald Trump. Tim Trump sedang berupaya mengadakan hitung ulang (recount). 

Masih ada beberapa negara bagian vital lain yang hasilnya belum jelas, yaitu Pennsylvania, North Carolina, dan Georgia. Sementara Trump masih unggul di empat negara bagian tersebut. 

Beberapa media AS telah menyatakan Arizona dimenangkan oleh Joe Biden, tetapi kubu Donald Trump optimistis Arizona pada akhirnya akan dimenangkan oleh Trump setelah perhitungan lengkap selesai. 

Tim Joe Biden sudah yakin bahwa kubu mereka akan menang di Pemilu AS 2020. Rencananya, Donald Trump akan membawa sengketa pemilu ini ke Mahkamah Agung.

Peta Pemilu AS 2020:

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

INFOGRAFIS: 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

Posted: 04 Nov 2020 10:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak Maret 2020. Berdasarkan laporan Johns Hopkins University, Kamis (5/11/2020), kasus positif Covid-19 di dunia mencapai 47,9 juta.

Dalam beberapa bulan terakhir pandemi Covid-19 mengancam dunia. Bukan hanya mengancam kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental setiap individu.

Semakin meluas dan bertambahnya jumlah pasien positif Covid-19 jelas menimbulkan rasa panik dan takut. Bila tak dapat dikendalikan, tekanan itu akan berdampak negatif bagi kesehatan mental.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan mental saat pandemi Covid-19? Simak dalam Infografis berikut ini:

Infografis

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

YUK DIKUTI

Banner Ingat Pesan Ibu (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Ingat Pesan Ibu (Liputan6.com/Abdillah)

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Video Pilihan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat Sebut Perang Data dan Fakta di Debat Perdana Pilkada Surabaya

Posted: 04 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam menilai debat publik perdana Pilkada Surabaya 2020 menampilkan perang data dan fakta.

Ada pun debat publik perdana yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat digelar pada Rabu, 4 November 2020.

"Pak Machfud (Cawali Surabaya Machfud Arifin) mencoba memancing emosi Pak Eri (Cawali Surabaya Eri Cahyadi) dan membuat Pak Eri kesulitan menjawab pertanyaannya. Namun serangan itu tak tercapai, karena Pak Eri menjawabnya dengan kalem dengan disertai data-data," kata Surokim di Surabaya, Kamis, (5/11/2020), seperti dikutip dari Antara.

Ia mencontohkan, pada saat pasangan calon Machfud-Mujiaman berulang kali menyampaikan data jumlah korban meninggal dunia karena COVID-19, kemudian dijawab oleh Eri Cahyadi dengan mengungkapkan data secara umum penanganan COVID-19 di Surabaya sudah sesuai jalur.

"Pak Eri menjawab bahwa kasus aktif sekarang 79 orang, sedangkan yang meninggal dunia karena ada komorbid atau penyakit bawaan. Kemudian yang sembuh juga semakin bertambah dengan data yang lengkap. Terlihat Pak Eri bisa menahan emosi di panggung dan mematahkan serangannya Pak Machfud. Pak Eri kuat di data, lebih menguasai data," ujar dia.

Selain itu, Machfud menilai penanganan COVID-19 di Surabaya tidak terintegrasi sejak awal sehingga korban kasus COVID-19 di Surabaya mencapai 1.160 orang dan masuk zona hitam. Bahkan di tingkat RT juga tak terkoordinasi dengan baik, sehingga ada RT yang sampai nombok Rp30 juta untuk biaya menangani COVID.

Namun, Eri tidak memungkiri, berdasarkan data Satgas COVID-19 terdapat 16 ribu terkonfirmasi positif dan 1.071 di antaranya meninggal dunia.

Namun, ia menyangkal penanganan COVID-19 di Surabaya tidak terintegrasi karena angka kesembuhan mencapai 15 ribu pasien dan terus meningkat. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) tersebut menilai gaya Eri tidak dibuat-buat, tampil kalem apa adanya.

Sedangkan Armuji tampil dengan karakter khas Arek Suroboyo. Sedangkan MA dan Mujiaman bergaya ofensif. Surokim juga tidak mengelak apa yang disampaikan Eri Cahyadi terkesan sebagai petahana, dan memuji Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, sedangkan Machfud berada di posisi penantang.

Kendati demikian, sikap tersebut justru menjadi poin positif bagi Eri Cahyadi-Armuji karena nama besar Risma yang masih disukai masyarakat Kota Pahlawan.

"Kepuasan warga terhadap Bu Risma semakin meningkat, yakni dari 82 persen menjadi 90 persen," katanya mengutip hasil riset terbaru.

Pada debat berikutnya, Surokim berharap masing-masing paslon bisa menyajikan data-data yang akurat tidak sekadar pernyataan-pernyataan pandangan mata.

"Secara keseluruhan, pada debat pertama ini sudah menarik dan positif. Dibanding debat pertama yang diikuti daerah lain, Surabaya yang paling menarik," ujar dia.

Pilkada Surabaya

Setelah libur Lebaran agak-agaknya aroma liburan sudah mulai tercium. Katanya Pilkada 27 Juni jadi hari libur lho. (Ilustrasi: Liputan6.com/Yoshiro)
Setelah libur Lebaran agak-agaknya aroma liburan sudah mulai tercium. Katanya Pilkada 27 Juni jadi hari libur lho. (Ilustrasi: Liputan6.com/Yoshiro)

Diketahui Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji. Paslon nomor urut 01 tersebut diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI.

Selain itu mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik non parlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Sedangkan pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dengan nomor urut 02 diusung koalisi delapan partai yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat dan Partai Nasdem serta didukung partai non-parlemen yakni Partai Perindo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hore, Guru Honorer Kemendikbud dan Kemenag Bakal Dapat Subsidi Gaji

Posted: 04 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan pemerintah akan memperluas program penyaluran subsidi gaji untuk guru honorer. Subsidi ini diberikan untuk guru honorer Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag).

"Subsidi gaji  akan diperluas pada guru honorer di Kemendikbud dan Kementerian Agama," kata Airlangga, Kamis (5/11/2020).

Airlangga mengatakan, para guru honorer tersebut akan mendapatkan subsidi gaji yang berasal dari dana program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Namun dia tidak menjelaskan realisasi program bantuan tersebut.

Saat ini dari target 15,7 juta penerima subsidi gaji, telah terealisasi sebanyak 12,2 juta pekerja dari gelombang I-IV. Realisasi penyaluran sebesar Rp 14,6 triliun dari total anggaran 14,8 triliun.

Sementara itu realisasi program Kartu Prakerja sudah ada 5,59 juta penerima dari total 35,1 juta pendaftar. Dari jumlah tersebut sudah ada 4,6 juta yang menyelesaikan program dan masih ada 3,8 juta yang dalam proses pelatihan.

 

Jawa Barat

Data yang diterima Airlangga, Jawa Barat menjadi provinsi yang paling banyak menerima program Kartu Prakerja sebanyak 14,8 persen. Disusul Jawa Timur sebanyak 11,96 persen dan DKI Jakarta sebanyak 10,45 persen.

Jawa Barat dan Jawa Timur menjadi penerima program Kartu Prakerja karena dua provinsi tersebut merupakan kawasan industri. Selama pandemi ini dia menilai banyak pekerja yang terdampak.

"Jabar dan Jatim ini jadi yang tertinggi karena memang provinsi tersebut banyak kawasan industri yang terdampak," kata dia.

Dia menambahkan pada program penyaluran bantuan presiden produktif, telah tersalurkan sebesar Rp 22,1 triliun dari total anggaran Rp 28,8 triliun. Pada program ini sudah ada 9,2 juta pelaku usaha mikro yang menerima bantuan dari target 12 juta penerima.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Siap-Siap, Subsidi Gaji Gelombang II Cair Akhir Pekan Ini

Para pekerja menyelesaikan proyek Tol Becakayu di Jalan Ahmad Yani, Senin (26/10/2020). Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bantuan subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan gelombang kedua akan cair pada awal November 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Para pekerja menyelesaikan proyek Tol Becakayu di Jalan Ahmad Yani, Senin (26/10/2020). Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bantuan subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan gelombang kedua akan cair pada awal November 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Tim Satuan Tugas Pemulihan dan Trasnformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN) memastikan bantuan subsidi gaji gelombang II akan segera dicairkan dalam waktu dekat ini.

Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin mengatakan, bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji gelombang kedua tersebut akan mulai tersalurkan di akhir pekan ini.

"Rencana akhir minggu ini gelombang kedua akan salurkan subsidi gaji kepada 12,4 juta penerima," ujar Budi dalam sesi teleconference, Rabu (4/11/2020).

Budi menyampaikan, total pagu anggaran yang dipersiapkan untuk subsidi gaji ini sebesar Rp 30 triliun. Nominal tersebut telah terpangkas separuhnya pada sesi penyaluran di gelombang pertama.

"Dalam 1,5 bulan ini akan kita selesaikan setengahnya lagi. Ini merupakan program utama yang kita kejar," seru Budi.

Seperti diketahui, program bantuan subsidi gaji ini merupakan bantuan dari pemerintah kepada para pekerja formal dengan upah di bawah Rp 5 juta per bulan. Para penerimanya merupakan peserta aktif yang terdata sebagai peserta di BPJS Ketenagakerjaan.

Bantuan ini diberikan selama dua gelombang, yakni sebesar Rp 1,2 juta per masing-masing gelombang, atau sekitar Rp 600 ribu per bulan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tulisan Nyeleneh di Rental PS Ini Bikin Tepuk Jidat

Posted: 04 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Media sosial tidak hanya menjadi media komunikasi saja. Media sosial juga digunakan untuk berbagi konten-konten yang mengundang gelak tawa. Seperti konten yang menunjukkan beberapa tulisan nyeleneh di rental PlayStation (PS).

Ya, PS merupakan permainan game konsol yang memiliki banyak peminat. Keseruan main PS membuat game ini dibikin bisnis rental dengan cara pembayaran melalui hitungan per jam. Banyak anak-anak menghabiskan waktu untuk melepas penat dengan bermain game di rental PS.

Banyak tulisan nyeleneh yang ada di rental PS. Mulai dari tulisan playstation malah jadi plestisen hingga imbauan cara memakai stik yang benar, menjadi bukti nyelenehnya tulisan di rental PS. Saking nyelenehnya, tulisan di rental PS ini sampai viral di medsos.

Penasaran kan apa saja tulisan nyeleneh yang ada di rental PS? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, tulisan nyeleneh yang ada di rental PS, Kamis (5/11/2020).

1. Main plestisen dulu yuk Kak!

6 Tulisan Nyeleneh di Rental PS Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: me.me)
6 Tulisan Nyeleneh di Rental PS Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: me.me)

2. Kalau main PS harap tahan emosinya ya.

6 Tulisan Nyeleneh di Rental PS Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: 1cak.com)
6 Tulisan Nyeleneh di Rental PS Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: 1cak.com)

3. Hayo siapa yang kalau main PS stiknya dicocol, dijepit atau dipiting?

6 Tulisan Nyeleneh di Rental PS Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: 1cak.com)
6 Tulisan Nyeleneh di Rental PS Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: 1cak.com)

4. Tempat main PS anak-anak yang rajin belajar nih.

6 Tulisan Nyeleneh di Rental PS Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: 1cak.com)
6 Tulisan Nyeleneh di Rental PS Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: 1cak.com)

5. Nah, kalau kamu rajin salat berjamaah bisa dapet bonus waktu main PS lho!

6 Tulisan Nyeleneh di Rental PS Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: me.me)
6 Tulisan Nyeleneh di Rental PS Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: me.me)

6. Penjaga rental PS pun juga minta dingertiin.

6 Tulisan Nyeleneh di Rental PS Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: me.me)
6 Tulisan Nyeleneh di Rental PS Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: me.me)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Tak Kaget Indonesia Masuk ke Jurang Resesi

Posted: 04 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020 minus 3,49 persen (year on year/yoy), dengan kata lain Indonesia resesi.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, para pengusaha tidak terlalu kaget dengan pernyataan Indonesia resesi. Hal ini lantaran sesuai dengan prediksi sebelumnya.

"Ini bukan output yang mengagetkan karena sudah bisa kita prediksi sebelumnya, dan kami tetap positif bahwa di kuartal IV dan kedepannya akan lebih baik karena faktor-faktor ekonomi yang cukup mendukung," kata Shinta kepada Liputan6.com, Kamis (5/11/2020).

Faktor pendukung tersebut diantaranya, adanya peningkatan produktivitas dalam jangka pendek. Ini misalnya dorongan normalisasi ekonomi yang lebih kuat dari berbagai partner dagang di Asia Pasifik, konsumsi akhir tahun, proyeksi peningkatan distribusi stimulus untuk korporasi.

Serta proyeksi pengendalian pandemi yang lebih positif. Itu karena temuan vaksin yang mendukung normalisasi ekonomi, dan sebagainya.

"Di kuartal IV ini kami harap pemerintah bisa bekerja lebih keras lagi untuk memacu normalisasi ekonomi dan peningkatan confidence, konsumsi masyarakat juga, menggenjot stimulus baik supply maupun demand," jelasnya.

Dia mengatakan, kondisi kita sangat jauh berbeda dengan China yang bisa keluar dari krisis dalam 1 kuartal karena supporting faktor-nya tidak sama. Selain itu, kemampuan ekonomi Indonesia tidak sekuat China untuk membendung pandemi.

"Confidence pasar global terhadap iklim usaha Indonesia dan level produktivitas ekonomi kita juga lebih rendah," ujarnya.

Oleh karena itu, jika Indonesia tidak bekerja keras menciptakan iklim ekonomi yang positif dipastikan resesi akan berkelanjutan..

Dia juga mengusulkan agar pemerintah terus menerus menstimulasi kegiatan ekonomi masyarakat dan pelaku usaha, serta terus meningkatkan produktivitas di sektor-sektor ekonomi yang masih potensial di saat krisis.

Lalu, kondisi technical recession ini bisa berkepanjangan karena cukup sulit bagi Indonesia untuk bisa memacu kinerja dan produktivitas ekonomi nasional selama pandemi masih berlangsung.

"Karena kenyataannya peningkatan confidence konsumsi masyarakat tidak bisa diciptakan hanya dengan stimulus-stimulus konsumsi," pungkasnya.

Indonesia Resmi Resesi, Ekonomi Minus 2 Kuartal Berturut-Turut

Pedagang berjualan makanan ringan di bantaran Kanal Banjir Barat dengan latar belakang gedung pencakar langit di Jakarta, Kamis (6/8/2020). BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia Kuartal II/2020 minus 5,32 persen akibat perlambatan sejak adanya pandemi COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pedagang berjualan makanan ringan di bantaran Kanal Banjir Barat dengan latar belakang gedung pencakar langit di Jakarta, Kamis (6/8/2020). BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia Kuartal II/2020 minus 5,32 persen akibat perlambatan sejak adanya pandemi COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2020 minus 3,49 persen. Dengan begitu, Indonesia resmi resesi setelah mencatatkan pertumbuhan ekonomi negatif sdalam dua kuartal berturut-turut.

Catatan ini sesuai banyak perkiraan bahwa Indonesia akan jatuh ke lubang resesi pada kuartal ketiga. Bahkan, angka tersebut lebih tinggi dari ramalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang minus 3 persen.

"Ekonomi Indonesia pada triwulan ketiga secara tahunan (year on year/yoy) masih mengalami kontraksi sebesar 3,49 persen," jelas Kepala BPS Kecuk Suhariyanto, Kamis (5/11/2020).

Namun demikian, Suhariyanto mengatakan, jika dibanding pencapaian di kuartal II 2020, pertumbuhan ekonomi nasional masih tumbuh lebih bagus di kuartal III ini.

"Sehingga secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan I-III 2020 itu masih mengalami kontraksi sebesar 2,03 persen," jelasnya.

Suhariyanto menambahkan, pertumbuhan ekonomi kuartal III yang minus 3,49 persen juga masih lebih baik dibanding triwulan kedua yang terkontraksi 5,32 persen.

"Artinya terjadi perbaikan dan tentunya kita berharap di kuartal IV situasi akan menjadi membaik. Apalagi dengan adanya pelonggaran PSBB," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jelang Hari Lajang, Perusahaan di China Mulai Siapkan Penjualan

Posted: 04 Nov 2020 10:30 PM PST

Para pekerja mengemas produk di sebuah perusahaan di wilayah Tonglu, Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China, 4 November 2020. Sejumlah perusahaan mulai bersiap untuk penjualan Hari Lajang, sebuah festival belanja daring (online) mendatang. (Xinhua/Xu Junyong)
Para pekerja mengemas produk di sebuah perusahaan di wilayah Tonglu, Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China, 4 November 2020. Sejumlah perusahaan mulai bersiap untuk penjualan Hari Lajang, sebuah festival belanja daring (online) mendatang. (Xinhua/Xu Junyong)

Para pekerja mengemas produk di sebuah perusahaan di wilayah Tonglu, Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China, 4 November 2020. Sejumlah perusahaan mulai bersiap untuk penjualan Hari Lajang, sebuah festival belanja daring (online) mendatang. (Xinhua/Xu Junyong)

Seorang staf bekerja di gudang sebuah perusahaan di Kota Pengcheng, Handan, Provinsi Hebei, China, 4 November 2020. Sejumlah perusahaan mulai bersiap untuk penjualan Hari Lajang, sebuah festival belanja daring (online) mendatang. (Xinhua/Hao Qunying)
Seorang staf bekerja di gudang sebuah perusahaan di Kota Pengcheng, Handan, Provinsi Hebei, China, 4 November 2020. Sejumlah perusahaan mulai bersiap untuk penjualan Hari Lajang, sebuah festival belanja daring (online) mendatang. (Xinhua/Hao Qunying)

Seorang staf bekerja di gudang sebuah perusahaan di Kota Pengcheng, Handan, Provinsi Hebei, China, 4 November 2020. Sejumlah perusahaan mulai bersiap untuk penjualan Hari Lajang, sebuah festival belanja daring (online) mendatang. (Xinhua/Hao Qunying)

Seorang staf mengabadikan foto produk di Kota Pengcheng, Handan, Provinsi Hebei, China, 4 November 2020. Sejumlah perusahaan mulai bersiap untuk penjualan Hari Lajang, sebuah festival belanja daring (online) mendatang. (Xinhua/Hao Qunying)
Seorang staf mengabadikan foto produk di Kota Pengcheng, Handan, Provinsi Hebei, China, 4 November 2020. Sejumlah perusahaan mulai bersiap untuk penjualan Hari Lajang, sebuah festival belanja daring (online) mendatang. (Xinhua/Hao Qunying)

Seorang staf mengabadikan foto produk di Kota Pengcheng, Handan, Provinsi Hebei, China, 4 November 2020. Sejumlah perusahaan mulai bersiap untuk penjualan Hari Lajang, sebuah festival belanja daring (online) mendatang. (Xinhua/Hao Qunying)

Seorang pengrajin membuat ukiran di atas pelat tembaga di sebuah perusahaan di Kota Jinzhou, Shijiazhuang, Provinsi Hebei, China, 3 November 2020. Sejumlah perusahaan mulai bersiap untuk penjualan Hari Lajang, sebuah festival belanja daring (online) mendatang. (Xinhua/Pu Dongfeng)
Seorang pengrajin membuat ukiran di atas pelat tembaga di sebuah perusahaan di Kota Jinzhou, Shijiazhuang, Provinsi Hebei, China, 3 November 2020. Sejumlah perusahaan mulai bersiap untuk penjualan Hari Lajang, sebuah festival belanja daring (online) mendatang. (Xinhua/Pu Dongfeng)

Seorang pengrajin membuat ukiran di atas pelat tembaga di sebuah perusahaan di Kota Jinzhou, Shijiazhuang, Provinsi Hebei, China, 3 November 2020. Sejumlah perusahaan mulai bersiap untuk penjualan Hari Lajang, sebuah festival belanja daring (online) mendatang. (Xinhua/Pu Dongfeng)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendapatan XL Axiata selama 9 Bulan Pertama 2020 Capai Rp 19,66 Triliun

Posted: 04 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata melalui periode sembilan bulan pertama 2020 (9M) dengan mencatatkan pertumbuhan kinerja positif. Hal ini dibuktikan dengan total pendapatan sebesar Rp 19,66 Triliun, naik 5 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Meski industri sedang cukup berat, XL Axiata berhasil meningkatkan pendapatan layanan sebesar Rp 18,3 triliun, naik 8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Layanan data juga masih menjadi tulang punggung pendapatan XL Axiata dengan kontribusi sebesar 92 persen atau setara Rp 16,77 T. Pendapatan dari layanan data naik 12 persen dibanding periode yang sama tahun 2019.

Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, pandemi berdampak pada daya beli masyarakat dan hal ini dirasakan oleh semua operator.

"Turunnya daya beli masyarakat ternyata tidak menurunkan intensitas kompetisi di industri. Semua operator justru berlomba menawarkan berbagai produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekaligus sesuai kemampuan beli masyarakat," kata Dian, dalam keterangan XL Axiata, Kamis (5/11/2020).

Salah satu pendorong kinerja XL Axiata adalah produk yang lebih terjangkau dan bonus yang banyak. Tak hanya mendorong penjualan, perusahaan juga melakukan efisiensi di semua lini bisnis.

"Hasilnya kami masih mampu meraih pertumbuhan di periode sembilan bulan tahun ini," tutur Dian.

Sepanjang 9M 2020, XL Axiata meraih EBITDA sebesar Rp 9,9 triliun, meningkat 34 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Perusahaan mencatatkan laba bersih Rp 2,1 triliun. Sementara laba bersih pada kuartal ketiga 2020 tercatat sebesar Rp 331 miliar.

Selain itu, beban usaha sepanjang 9M 2020 pun menurun 14 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu. Ada beberapa faktor yang membuat beban usaha turun, salah satunya beban infrastruktur yang lebih rendah 28 persen akibat penggunaan IFRS16.

Beban usaha juga berkurang karena biaya interkoneksi dan biaya langsung lainnya turun 24 persen dibandingkan tahun lalu. Hal ini terutama karena interkoneksi yang lebih rendah, sebagai dampak dari turunnya trafik layanan suara.

Faktor terakhir adalah karena biaya pemasaran turun 6 persen dibanding tahun lalu, karena banyaknya promosi di saluran digital.

Trafik Data Naik Hampir 2 Kali Lipat

Presdir sekaligus CEO XL Axiata Dian Siswarini (Foto: XL Axiata)
Presdir sekaligus CEO XL Axiata Dian Siswarini (Foto: XL Axiata)

XL Axiata juga mencatatkan peningkatan trafik data hingga 47 persen (dari 2.386 Petabyte menjadi 3.496 Petabyte) dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Jika dihitung per kuartal, kuartal ketiga 2020 ini trafik data meningkat 4 persen dibandingkan kuartal lalu. Peningkatan trafik data didukung oleh bertambahnya jumlah pelanggan menjadi 56,9 juta, naik dari kuartal lalu yang sebanyak 55,7 juta.

Meningkatnya trafik data juga tidak terlepas dari penetrasi smartphone pelanggan yang meningkat tipis dari 87 persen di kuartal 2 menjadi 88 persen pada kuartal 3 2020.

Selain itu rerata pendapatan per pelanggan (ARPU) pun naik dari Rp 34 ribu menjadi Rp 36 ribu pada tahun ini.

XL Axiata juga menghadirkan sejumlah layanan baru seperti Fitur Xtra Unlimited Turbo dan Unlimited 1 jam untuk pelanggan prabayar XL, paket Edupack untuk pelanggan Axis, dan myPrio x unlimited untuk pelanggan pascabayar Prioritas.

Perusahaan juga memanfaatkan teknologi digital IT, artificial intelligence, dan data analytics untuk mengidentifikasi kebutuhan tiap segmen pelanggan atas layanan komunikasi data. Hal ini mendorong perusahaan mengambil keputusan lebih tepat dalam pembuatan produk baru sesuai dengan karakter pengguna.

Bangun Jaringan

Seorang petugas di menara BTS berupaya memperkuat jaringan XL di sepanjang tol baru untuk keperluan mudik 2017 (Sumber: XL Axiata)
Seorang petugas di menara BTS berupaya memperkuat jaringan XL di sepanjang tol baru untuk keperluan mudik 2017 (Sumber: XL Axiata)

Dalam kondisi pandemi, XL Axiata juga terus membangun jaringan. Akhir September 2020, XL Axiata telah memiliki lebih dari 142 ribu BTS, meningkat 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dari total tersebut, 53.055 merupakan BTS 4G dengan cakupan 458 kota/kabupaten di hampir semua provinsi.

XL Axiata juga melanjutkan proses fiberisasi jaringan untuk meningkatkan kualitas jaringan di sejumlah area. Dengan kapasitas lebih besar, pengalaman live streaming video pelanggan pun bisa ditingkatkan.

Salah satu yang meningkatkan saldo kas adalah penjualan menara. Di mana, free cash flow XL Axiata kini ada di posisi Rp 4,8 triliun, meningkat 162 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

XL Axiata juga mencatat, tidak memiliki pinjaman dalam USD, 59 persen di antaranya berbunga floating dan masa jatuh tempo tidak bersamaan.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Berhasil Sembuh, Ini Pesan Penting Penyintas Covid-19

Posted: 04 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Usai jalani masa isolasi selama 10 -14 hari, sejumlah pasien covid-19 di Tangerang berhasil sembuh. Mereka punya pesan penting untuk warga agar terhindar dari paparan covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Irwansyah Kena Fitnah, Zaskia Sungkar: Allah Selalu Dekat Justru Mungkin Gue yang Menjauh DariNya

Posted: 04 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sengketa bisnis antara Irwansyah dan seorang klien yang terjadi tahun lalu menyisakan luka mendalam hati Zaskia Sungkar. Hingga awal November 2020, Zaskia Sungkar masih berdoa agar Allah membuat hatinya ikhlas.

"Itu kan masalah perusahaan yang tidak harus kita share. Dan sebenarnya itu masalah simpel, yang benar-benar simpel, kalau misal mau diselesaikan di RUPS profesional. RUPS saja selesai," Zaskia Sungkar menjelaskan.

Zaskia Sungkar dan Irwansyah menyesalkan tindakan rekan bisnis mereka yang kala itu roadshow di televisi dan media lain. Menurut Zaskia Sungkar dan Irwansyah, itu tidak menyelesaikan masalah.

Hidup Adalah Ujian

Zaskia Sungkar dan Irwansyah. (Foto: Instagram @zaskiasungkar15)
Zaskia Sungkar dan Irwansyah. (Foto: Instagram @zaskiasungkar15)

Tertimpa masalah tak membuat Zaskia Sungkar dan Irwansyah berprasangka buruk kepada Sang Khalik. "Alhamdulillah sih enggak, gue selalu merasa dekat justru mungkin yang jauh gue," Zaskia Sungkar menyambung.

Hidup adalah ujian. Ujian tak hanya kesusahan. Sesuatu yang indah seperti harta, pasangan, atau bakat juga ujian. Saat manusia lupa bersyukur, kenikmatan hidup menjadi ujian.

Gue Dikasih Ujian Berat

Zaskia Sungkar dan Irwansyah. (Foto: YouTube Daniel Mananta Network)
Zaskia Sungkar dan Irwansyah. (Foto: YouTube Daniel Mananta Network)

Penjelasan ini terekam dalam video "Melalui Cobaan, Irwansyah dan Zaskia Sungkar Menjadi Lebih Strong!" yang dipublikasikan di kanal YouTube Daniel Mananta Network, Rabu (4/11/2020). 

"Jadi pas kemarin gue dikasih ujian berat, di situ gue mikir, iya kemarin pas gue dikasih ujian yang indah-indah gue malah jauh sama Allah. Ibadahnya kurang. Pas Allah kasih ujian yang enggak enak, ayo balik lagi gitu," aku Zaskia Sungkar.

Allah Dekat Dengan Kita

Zaskia Sungkar dan Irwansyah. (Foto: Instagram @irwansyah_15)
Zaskia Sungkar dan Irwansyah. (Foto: Instagram @irwansyah_15)

Lolos dari sengketa bisnis yang menjelma kasus hukum, perspektif Zaskia Sungkar dalam memandang hidup berubah. Keyakinannya bahwa Allah maha melihat dan mendengar pun menguat.

"Dengan kita merasa Allah tuh dekat sama kita, kita makin takut segala sesuatu apapun. Merasa diamati, Allah maha segalanya. Tuhan itu paling besar. Jadi merasa apapun tindakan kita, apapun langkah kita, semuanya dipantau," ulas Zaskia Sungkar. 

Jangan Sampai Hilang...

Zaskia Sungkar dan Irwansyah. (Foto: Instagram @zaskiasungkar15)
Zaskia Sungkar dan Irwansyah. (Foto: Instagram @zaskiasungkar15)

Irwansyah mengamini pendapat istri. Kini, Irwansyah dan Zaskia Sungkar berupaya menjaga perasaan itu di hati mereka. Jangan sampai menjauh dari Sang Khalik saat ujian telah teratasi.

"Perasaan itu jangan sampai hilang karena di saat kita mau berbuat sesuatu yang dosa yang enggak baik sama orang, menyakiti orang, di situ kita merasa ada yang memantau. Ada pegangan hidup buat kita," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditemukan Klaster Pilkada Penyebaran COVID-19 di Tarakan

Posted: 04 Nov 2020 10:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Khairul mengatakan saat ini ditemukan klaster pilkada dalam penyebaran COVID-19 di daerah itu.

"Laporan dari Dinas Kesehatan ada ditemukan klaster pilkada," kata Khairul di Tarakan, Kamis (5/11/2020).

Khairul mengatakan, selama tahapan pilkada pasangan calon kerap melakukan kampanye tatap muka yang menimbulkan kerumunan dan tak mematuhi protokol kesehatan. Meskipun sebenarnya selama ini sudah ada komitmen dari pasangan calon agar berkampanye dengan menerapkan protokol kesehatan.

 

"Sebenarnya tugas utama ada di KPU dan Bawaslu. Semoga tidak terjadi ledakan," kata Khairul seperti dikutip dari Antara.

Selain ditemukan klaster pilkada, juga sudah ditemukan klaster rumah ibadah. Hal ini perlu menjadi perhatian karena sebelumnya tidak ada.

Saat ini jumlah kumulatif kasus konfirmasi positif COVID -19 di Tarakan mencapai 381 orang. Pada 31 Juli 2020 jumlah kasus 87 orang, jadi penambahannya hampir 300 orang dalam kurun waktu tiga bulan. 

"Tiap bulan penambahannya hampir 100 orang (positif COVID-19), dulu masih dari pelaku perjalanan, sekarang hampir 70 persen dari transmisi lokal," kata Khairul.

Diikuti 3 Pasangan Calon

Pada Pilgub Kaltara 2020 ini ada tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati di Kaltara nomor urut satu yakni Udin Hiangio-Undunsyah, nomor urut dua yakni Irianto Lambrie-Irwan Sabri dan nomor urut tiga yakni Zainal Arifin Paliwang- Yansen Tipa Padan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perhatian, Biaya Umrah Naik hingga 50 Persen

Posted: 04 Nov 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Arab Saudi kembali membuka perjalanan umrah. Ini menjadi angin segar bagi agen perjalanan haji dan umrah yang ada di Indonesia. Bahkan, Garuda Indonesia langsung menyatakan kesiapannya melayani penerbangan umrah dengan protokol kesehatan yang ketat.

Sayangnya, di saat yang sama, biaya umrah naik. Bahkan diklaim kenaikannya bisa mencapai 50 persen.

"Kami memperkirakan kenaikan paket bisa mulai 30 persen sampai dengan 50 persen," kata Ketua Umum Serikat Penyelenggara Umrah dan Haji (Sapuhi) Syam Resfiadi kepada Liputan6.com, Kamis (5/11/2020).

Dia menjelaskan, kenaikan biaya umrah ini disebabkan beberapa hal. Pertama, sesuai ketentuan Pemerintah Arab Saudi, hunian kamar hotel hanya dibatasi maksimal dua orang. Kedua, transportasi berupa bus juga dibatasi kapasitasnya hanya 20-25 tempat duduk dengan maksimal kapasitas 49 tempat duduk.

Faktor ketigaa, harga visa juga mengalami kenaikan. Kemudian keempat, Vat atau PPn kini dikenakan 30 persen. Sedangkan yang kelima, harga tiket penerbangan juga mengalami kenaikan.

"Contoh harga referensi umrah Kemenag sejak 2 tahun lalu adalah Rp 20 juta, namun hari Senin yang lalu kita hitung bersama menjadi Rp 26 juta. Itu dengan pelayanan minimal bintang 3," ceritanya.

Umrah Kembali Dibuka, Menhub Minta Jemaah Tetap Disiplin Protokol Kesehatan

Jemaah umrah asal Indonesia saat berada di bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (1/11/2020). Sementara itu Kementerian Agama memastikan jamaah Indonesia mulai bertolak ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah umrah di dua kota suci Mekah dan Madinah mulai hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Jemaah umrah asal Indonesia saat berada di bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (1/11/2020). Sementara itu Kementerian Agama memastikan jamaah Indonesia mulai bertolak ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah umrah di dua kota suci Mekah dan Madinah mulai hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyambut baik telah dibukanya kembali penerbangan umrah dari Indonesia oleh Pemerintah Arab Saudi mulai, Minggu, 1 November 2020 ini.

Dia pun mendoakan para Jemaah dapat menjalankan ibadah umrah dengan mabrur dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Kami turut senang dengan dibukanya kembali penerbangan umrah dari Indonesia. Kami meminta para jemaah tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan saat menggunakan pesawat maupun saat beribadah. Semoga ibadahnya mabrur dan tetap sehat," jelas Budi di Jakarta, Minggu (1/11/2020).

Adapun, pemerintah Arab Saudi saat ini telah memberlakukan pemberian alokasi visa umroh saat dalam sistem e-umroh.

Berdasarkan informasi dari Atase Perhubungan Indonesia di Jedah, untuk sementara yang diizinkan membawa umrah adalah maskapai asal Arab Saudi yaitu Saudi Airlines, yang berlaku untuk semua negara asal Jemaah yang disinggahi maskapai tersebut seperti di Timur Tengah, Eropa, Amerika Serikat, Asia, dan Afrika.

Langkah ini sebagai uji coba Pemerintah Saudi untuk mempermudah kontrol pemberlakuan protokol kesehatan. Uji coba dilakukan selama November-Desember.

Kementerian Perhubungan sendiri telah berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan juga dengan Otoritas Penerbangan Arab Saudi, agar maskapai penerbangan nasional dapat juga mengangkut penerbangan umroh, dan dapat disertakan ke dalam sistem e-umroh.

Sebagai informasi, penerbangan umrah perdana yang ditutup sejak 8 bulan lalu ini dioperasikan oleh maskapai Saudia nomor penerbangan SV 817 rute Jakarta - Jeddah dengan jadwal keberangkatan pukul 10.45 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta dan landing pada pukul 16.30 waktu setempat.

Adapun, jumlah jemaah umrah asal Indonesia yang ikut di dalam penerbangan dengan pesawat berbadan lebar (wide body) Boeing 777-300 ini ialah sebanyak 253 orang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tayangan Ajwa TV, Konten Islami Cermin Indahnya Islam Kini Hadir di Vidio dan Nexparabola

Posted: 04 Nov 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berita terbaru yang di industri pertelevisian. Masyarakat kini bisa menyaksikan tayangan Ajwa TV melalui beberapa platform, antara lain via online di aplikasi Vidio dan jaringan Pay TV Nexparabola di channel 10.

Sekedar informasi Ajwa TV merupakan channel televisi terbaru yang menghadirkan berbagai konten Islami dengan mengusung nilai-nilai Islam yang sejuk, damai, indah dan rahmatan lil aalamin.

Nama Ajwa sendiri diambil dari jenis kurma favorit Nabi Muhammad SAW. Kudapan buah ini diyakini bermanfaat untuk kesehatan serta menghindarkan dari segala macam jenis penyakit sehingga seperti namanya.

Alhasil Ajwa TV diharapkan mampu memberikan banyak manfaat, penawar pengaruh negatif dan tuntunan kehidupan bagi ummat Muslim di tanah air.

 

Bisa Dinikmati

Logo baru Vidio.com
Logo baru Vidio.com

Ajwa TV selama ini bisa dinikmati melalui antena parabola dengan satelit parameter: Satelit Telkom 4, Polarisasi V, Frekuensi 3900 Mhz, Symbol Rate 29.800, FEC 3/4, ModulasiDVBS2-8PSK.

Da, sejak resmi mengudara tepat pada Maulid Nabi Muhammad SAW pekan lalu (Kamis, 12 Rabiul Awal1442 H/ 29 Oktober 2020), performa Ajwa TV unggul 92.1% sampai 95% dibanding channel religi lainnyadi siaran Live Streaming aplikasi Vidio.

Harsiwi Achmad selaku Direktur SCM mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas sambutan positif dari masyarakat Indonesia di pekan pertama Ajwa TV beroperasi.

"In syaa Allah hasil menggembirakan ini menjadi penyemangat Ajwa TV untuk terusmenyempurnakan tayangannya sehingga mampu menjadi alternatif utama bagi ummat Muslim Indonesiamencari tontonan yang sarat tuntunan Islami." tutur Harsiwi.

 

Acara Live

Setiap harinya Ajwa TV menayangkan LIVE azan dan sholat 5 waktu dari Masjid Istiqlal, masjid kebanggaan Muslimin Indonesia. Tayangan LIVE dari kota suci Makkah hadir mulai pukul 01.00 hingga 03.30 WIB.

Tilawah ayat-ayat suci Al Quran dalam program 30 Hari 30 Juz pada pukul 03.30 WIB dan 16.00 WIB, serta episode terbarunya yang tayang pukul 23.30 WIB.

 

Primetime

Pemirsa Ajwa TV dimanjakan dengan rangkaian program fresh pada slot primetime setiap harinya selepas Magrib. Acaranya antara lain:

- Muslim Update, berita-berita Islami terbaru disajikan eksklusif setiap Senin-Minggu pukul 18.30 WIB

- Nawaitu Surga yang hadir setiap Senin – Selasa pada pukul19.30-20.30 WIB, akan memberikan pencerahan melalui tausiyah dari Ustadz yang memiliki keilmuantinggi sekaligus populer.

- Tafsir Al Quran untuk menggali ilmu-ilmu yang terkandung di dalamnya setiap Jumat – Minggu masih di slot jam yang sama pada pukul 19.30-20.30 WIB.

- Indonesia Mengaji pada Rabu – Kamis pukul 19.30-20.30 WIB. Acara ini bagi yang ingin belajar fasih membaca Al Quran.

- Syair Syiar, tayang setiap Senin – Kamis di paruh waktu pukul 20.30-21.00 WIB, keindahan Islam dilantunkan melalui lagu berlirik penuh makna.

- Muslim Masa Kini setiap Jumat – Minggu pada pukul 20.30-21.00 WIB tentang ragam tips, info, update, terkait lifestyleMuslim kekinian

Berbagai program religi yang fenomenal seperti Para Pencari Tuhan Jilid 1, Pintu Berkah, Mamah Dan AA Beraksi, Mutiara Hati Quraish Shihab, Kata Ustad Solmed, Festival Ramadan dan masih banyak lainnya juga akan mewarnai jam-jam lain khusus bagi pemirsa setia Ajwa TV.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belanja Pemerintah untuk Bansos di Kuartal III 2020 Naik 246,5 Persen

Posted: 04 Nov 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan, realisasi belanja pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di kuartal III 2020 naik signifikan dibanding triwulan sebelumnya. Terutama belanja untuk bantuan sosial (bansos).

Kepala BPS Kecuk Suhariyanto menyampaikan, belanja negara pada kuartal ketiga ini tercatat sebesar 28,16 persen dari pagu anggaran, meningkat dari triwulan III 2019 yang 22,75 persen.

"Jadi kalau lihat realisasi belanja negara ini terutama disebabkan oleh naiknya realisasi belanja pemerintah pusat serta transfer ke daerah dan dana desa," jelasnya, Kamis (5/11/2020).

Suhariyanto mengatakan, realisasi belanja pemerintah pusat mengalami lonjakan yang sangat tinggi. Ini tercermin dari pertumbuhan belanja barang 47,8 persen dan belanja hibah dan bantuan sosial (bansos) yang naik tinggi sekali hingga 246,5 persen.

"Tentunya realisasi APBN ini akan berpengaruh positif pada konsumsi pemerintah dan untuk membantu konsumsi rumah tangga," sambung dia.

Selain belanja negara, BPS juga mencatat sejumlah kenaikan pada kuartal III 2020. Seperti realisasi penanaman modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang naik secara kuartalan sebesar 8,9 persen, dan tumbuh 1,6 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Kemudian produksi mobil juga membaik, yakni sebanyak 113.563 unit atau naik 172,78 persen dibanding kuartal II 2020. Namun secara year on year masih turun 68,47 persen.

Secara wholesale, angka penjualan mobil bahkan menunjukan kenaikan lebih tinggi hingga 362,17 persen di triwulan ketiga tahun ini. Namun masih turun 59,3 persen secara tahunan.

"Penjualan motor wholesale juga naik 190,75 persen secara Q2Q (dari kuartal II 2020), namun turun 46,14 persen secara yoy," ujar Suhariyanto.

Pemerintah Perpanjang Bansos Tunai sampai Akhir 2021

Pekerja mengemas paket bantuan sosial (bansos) di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Pemerintah pusat menyalurkan paket bansos selama tiga bulan untuk mencegah warga mudik dan meningkatkan daya beli selama masa pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pekerja mengemas paket bantuan sosial (bansos) di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Pemerintah pusat menyalurkan paket bansos selama tiga bulan untuk mencegah warga mudik dan meningkatkan daya beli selama masa pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara memastikan akan memperpanjang program bantuan sosial (bansos) tunai atau BST bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19 hingga 2021.

Juliari menyampaikan, ia telah mendapat instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tetap melanjutkan sejumlah program bansos tunai pada kurun waktu Januari-Juni 2021. Tapi khusus untuk bansos tunai yang bersifat reguler, pemerintah disebutnya akan mengalokasikan bantuan tersebut hingga Desember 2021.

"Beberapa program akan langsung kita jalankan juga di Januari 2021. Baik yang sifatnya reguler yaitu PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non-Tunai), dan juga yang bantuan sosial tunai. Kita akan jalankan di bulan Januari 2021," jelasnya, Rabu (4/11/2020).

"Untuk yang reguler tentunya sepanjang tahun, Januari-Desember 2021 dengan indeks dan target yang sama. Namun yang bansos tunai saat ini memang masih kita anggarkan dari Januari ke Juni saja," dia menekankan.

Senada, Kepala Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas PEN) Budi Gunadi Sadikin menuturkan, Jokowi sedari awal memang konsisten memberikan arahan agar semua rakyat yang terkena dampak pandemi paling besar harus dibantu.

"Jadi saya rasa, baik penyerapan sampai Desember maupun tahun depan kita akan tetap fokus agar program-program di dalam kategori perlindungan sosial, baik itu yang ada di Kemensos, Kemenaker, maupun kementerian/lembaga lain," tuturnya.

Selanjutnya, Budi mengatakan, Jokowi juga mengarahkan pemerintah untuk mengejar UMKM dalam memberikan bansos. Sebab, UMKM menyerap sekitar 90 persen dari tenaga kerja nasional, dan menyumbang kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) hingga 50 persen lebih.

"Jadi kita juga akan konsisten mengejar ini. Kebetulan program UMKM yang kedua setelah program perlindungan sosial, dan rencananya tahun depan akan kita kejar terus," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Oknum Berseragam Brimob Tega Lempar Anak Kucing ke Parit

Posted: 04 Nov 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Video seorang pria berseragam brimob lempar kucing ke parit viral di media sosial. Pelaku itu menggenggam seekor anak kucing berwarna putih. Tiba-tiba ia berjalan dan langsung melempar anak kucing itu ke parit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan: Keterisian Tempat Tidur Isolasi Pasien Covid-19 Capai 50 Persen

Posted: 04 Nov 2020 10:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan saat ini ketersediaan tempat tidur isolasi dan ICU di 98 rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 terus mengalami perubahan.

"Sejauh ini ICU itu 58 persen, kemudian untuk rawat inap sekitar 50an persen," kata Anies di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (5/11/2020).

Selain itu, dia menyatakan untuk tempat tidur isolasi di hotel milik pemerintah terisi sebanyak 21 persen. Jadi sekitar 79 persen masih dapat menampung pasien Covid-19.

"Jadi secara kesiapan ketersediaan ada, tapi kan ini bukan seperti hotel makin tinggi okupansi makin senang. Kalau RS kita maunya lebih rendah," jelasnya.

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta membuka rekrutmen relawan untuk penanggulangan virus corona atau Covid-19 di Ibu kota. Relawan tersebut nantinya ditugaskan sebagai pelacak kontak (contact tracer) dan petugas data (data manager).

Pendaftaran Relawan

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia menyatakan relawan yang dibutuhkan yakni sebanyak 1.545 orang.

"Mereka akan menjalankan tugas sampai akhir Desember 2020," kata Dwi aat dihubungi Liputan6.com, Selasa (3/11/2020).

Untuk pendaftaran relawan tersebut dapat dilakukan dengan mengisi formulir, mengunggah ijazah terakhir, dan surat keterangan sehat paling lambat 4 November pukul 23.59 WIB.

Pendaftaran relawan Pelacak Kontak dapat diakses melalui tautan http://bit.ly/PendaftaranTenagaTracerCovid19DKI.Sedangkan untuk relawan Petugas Data melalui http://bit.ly/PendaftaranDataManajerCovid19DKI.

Sedangkan untuk hasil seleksi akan diumumkan melalui kanal resmi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta pada 6 November 2020.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemilu AS Curi Perhatian Netizen, Tagar Trump Vs Biden Jadi Trending Topic di Twitter

Posted: 04 Nov 2020 10:12 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C. - Momen pilpres AS 2020 sedang berlangsung, Donald Trump dan Joe Biden kini bersaing ketat mengumpulkan suara elektoral. Suasana persaingan juga memanas ketika Trump menuding adanya kecurangan dalam penghitungan suara.

Persaingan keduanya telah menarik perhatian media-media di dunia, bahkan media sosial pun juga turut diramaikan oleh netizen yang tertarik pada momen ini. Salah satunya adalah Twitter.

Dikutip dari Twitter, Kamis (5/11/2020), tagar #TrumpvsBiden masuk dalam jajaran daftar trending topic dunia. Hal ini menandakan bahwa netizen Twitter dunia juga turut memberi perrhatian pada pilpres AS 2020.

 

Kicauan mulai dari dukungan kepada capres pilihan hingga saling mengejek dapat dilihat di linimasa trending #TrumpvsBiden. Kedua capres juga turut membuat kicauan melalui akun mereka masing-masing menggunakan tagar tersebut.

Kicauan mereka dikomentari oleh netizen dan mendapat likes hingga ribuan kali. Tagar #TrumpvsBiden juga jadi sorotan melalui isu politik yang tren lebih dulu melalui hashtag #USElection2020.

Selain #TrumpvsBiden yang jadi trending topic Twitter, tagar Nevada juga menjadi tren. 

Tidak hanya mengenai pembicaraan yang serius, netizen juga turut mengunggah meme seputar pilpres AS. Meme tersebut menarik simpati netizen lainnya dan membuat linimasa semakin ramai.

Alasan Tagar Nevada Masuk ke Dalam Trending Twitter

Trending Twitter (Tangkapan layar Twitter).
Trending Twitter (Tangkapan layar Twitter).

Nevada disebut menjadi negara bagian yang menjadi penentu kemenangan Donald Trump atau Joe Biden. Sebelumnya, tim Donald Trump telah meminta penangguhan penghitungan suara di Nevada dengan tuduhan indikasi kecurangan.

Jika Biden memperoleh enam suara elektoral di Nevada atau bahkan unggul di Pennsylvania, maka dia akan meraih 270 suara elektoral. Dengan kata lain, ia dapat menggeser Trump dari gedung putih.

Situasi yang menegangkan di Nevada, membuat netizen dunia ikut berkomentar atas hal tersebut. Salah satu komentar datang dari akun bernama Josh Barro (@jbarro), ia turut mengomentari tudingan tim Trump terhadap penghitungan di Nevada.

"Ini seperti alur serial Veep, mereka mencoba untuk meminta penghitungan ulang di Nevada dan kemudian mereka menyadari bahwa penghitungan ulang akan berdampak buruk bagi mereka," tulisnya dalam kicauan.

"Pemilihan ini jelas merupakan hal yang paling menegangkan malam ini," tulis akun @ToriCalbo_ dalam kicauannya.

"Nevada akan mengirim Trump untuk berkemas," tulis akun @J3busMat01.

Terlepas dari pro dan kontra dalam penghitungan Nevada, negara bagian itu tetap melanjutkan proses penghitungan dan Biden dalam posisi menang tipis dari Trump.

 

Reporter: Ruben Irwandi

Peta Hasil Pemilu AS 2020

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

377 Rumah di Kawasan Candi Borobudur Disulap Jadi Homestay

Posted: 04 Nov 2020 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperbaiki kualitas rumah untuk pengembangan usaha pondok wisata (homestay) dan usaha pariwisata lainnya di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Candi Borobudur.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur merupakan salah satu prioritas dalam penataan KSPN. Pembangunan infrastruktur pada setiap Bali Baru ini juga direncanakan secara terpadu, baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, hingga sanitasi.

"Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities (fasilitas) dan event, baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul. Prinsipnya adalah merubah wajah kawasan dilakukan dengan cepat, terpadu, dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional," imbuh Menteri Basuki, Kamis (5/11/2020).

Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III Daerah Istimewa Yogyakarta, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR pada 2020 telah mengalokasikan peningkatan kualitas rumah untuk pengembangan usaha pondok wisata (homestay) dan usaha pariwisata lainnya di kawasan Candi Borobudur melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Alokasi dana untuk program yang dikenal dengan sebutan bedah rumah ini terdiri dari dua jenis, yakni sebesar Rp 43,35 miliar untuk perbaikan dan pengembangan rumah yang memiliki fungsi usaha, dan Rp 12,25 miliar untuk untuk perbaikan dan pengembangan rumah tanpa fungsi usaha.

Program BSPS di KSPN Candi Borobudur tersebut dialokasikan untuk peningkatan kualitas rumah dengan fungsi homestay dan usaha pariwisata lainnya sebanyak 377 unit, serta peningkatan kualitas rumah tanpa fungsi usaha di koridor sebanyak 350 unit yang tersebar di 15 desa/kelurahan.

 

Konsep Klaster

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di wisata Candi Borobudur, Rabu (10/6).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di wisata Candi Borobudur, Rabu (10/6).

Hingga saat ini tercatat progres pembangunan tahap 1 sebanyak 80 unit berjalan dengan rutin dan mengalami progres yang signifikan dari tiap pekannya. Dengan rata-rata progres dari masing-masing desa dengan rincian Kelurahan Mendut sebesar 73,33 persen, Desa Wanurejo 80,58 persen, Desa Borobudur 90,91 persen, dan Desa Karangrejo 84,24 persen.

Selanjutnya dari ketiga desa/kelurahan pada tahap 2 dan 3 percepatan dengan total 36 unit homestay, sudah dimulai pengerjaan penggalian pondasi pada 3 desa/kelurahan, yakni Borobudur, Mendut-Bojong dan Candirejo.

Konsep pengembangan pondok wisata tersebut berupa rumah mengelompok (kluster) yang dilengkapi jalan setapak antar rumah/jalan lingkungan yang menghubungkan satu rumah dengan yang lain, penerangan jalan setapak/lingkungan, taman, drainase, jaringan air bersih, tempat pembuangan sampah, dan tempat duduk di taman.

Selain berbentuk kluster, pengembangan pondok wisata juga akan dibuat dengan konsep koridor yang dilengkapi parkir motor, deret warung, dan deret hunian. Konsep koridor tersebut mengadopsi budaya setempat yang salah satunya diterapkan di Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tenaga Ahli KSP: Pemerintah Libatkan Organisasi Keagamaan soal Kehalalan Vaksin Covid-19

Posted: 04 Nov 2020 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melibatkan berbagai organisasi keagamaan untuk memastikan kehalalan vaksin virus Corona atau Covid-19. Untuk itu, masyarakat diminta tidak mudah terprovokasi terhadap penolakan vaksin, sebelum ada pernyataan resmi dari lembaga rerkait.

"Pemerintah ingin ada keterbukaan informasi terkait produksi vaksin," ujar Tenaga Ahli Utama Kedeputian V Kantor Staf Presiden (KSP) Rumadi Ahmad melalui keterangan resmi di Jakarta, Kamis (5/11/2020).

Ketua Lajnah Kajian Pengembangan Sumberdaya Manusia (LAKPESDAM) NU ini meyakini, para ulama mempunyai perangkat keilmuan untuk tidak menghalangi penggunaan vaksin, jika yang tersedia belum bisa dipastikan kehalalannya. Namun, pada prinsipnya segala sesuatu yang masuk dan dikonsumsi umat Islam sangat penting memastikan kehalalan.

"Tapi dalam keadaan darurat, jika belum ada obat yang lain, Islam tidak melarang mengkonsumsi obat tersebut," jelas Rumadi.

Pernyataan Rumadi merujuk pada hukum Islam mengenai teori darurat atau nadhariyat ad-darurah. Ada juga pembahasan tentang rukhsah atau kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT. Kemudahan itu sebagai jalan bagi umat Islam jika dihadapkan pada situasi yang mengancam jiwa, hal yang sangat dilindungi Islam.

"Para ulama Indonesia pasti sangat memahami hal tersebut dan akan memberi panduan yang memudahkan, bukan mempersulit," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjelaskan, vaksin yang tidak berlabel halal bisa digunakan oleh masyarakat, namun harus mendapatkan ketetapan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ma'ruf menyinggung ketika vaksin meningitis pada tahun 2010 tersedia di Indonesia belum mendapatkan sertifikasi kehalalan.

Saat itu, MUI menetapkan keputusan haram terhadap vaksin meningitis buatan Glaxo Smith Kline dari Belgia.

"Seperti (vaksin) meningitis itu ternyata belum ada yang halal, tetapi kalau itu tidak ada atau kalau tidak digunakan vaksin akan timbul kebahayaan akan timbulkan penyakit berkepanjangan, maka bisa digunakan secara darurat," ucap Ma'ruf Amin pada pertengahan Oktober lalu.

Jokowi Ajak Dokter hingga Apoteker Bantu Program Vaksinasi Covid-19

Petugas kesehatan menyuntik pasien saat simulasi vaksin COVID-19 di Puskesmas Tapos, Depok, Jawa Barat, Kamis (22/10/2020). Pemkot Depok menggelar simulasi vaksin COVID-19 dalam rangka persiapan vaksinasi yang rencananya akan dilaksanakan bulan November 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas kesehatan menyuntik pasien saat simulasi vaksin COVID-19 di Puskesmas Tapos, Depok, Jawa Barat, Kamis (22/10/2020). Pemkot Depok menggelar simulasi vaksin COVID-19 dalam rangka persiapan vaksinasi yang rencananya akan dilaksanakan bulan November 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak para dokter, perawat, apoteker, dan profesi lainnya membantu menyukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Apoteker Indonesia secara virtual, Kamis (5/11/2020).

"Saya mengajak peran serta dalam rantai produksi, distribusi, dan pelayanan vaksinasi dengan memberikan pelatihan teknis terkait penanganan vaksin, serta bisa berperan menjadi promotor dan memberikan edukasi tentang vaksin," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

Dia turut mengajak semua pihak untuk bersama-sama melakukan reformasi sistem kesehatan nasional secara besar-besaran. Reformasi tersebut mencakup kemandirian obat dan bahan baku obat yang diharapkan dapat segera dicapai.

Jokowi mengatakan, sekitar 90 persen obat dan bahan baku obat masih mengandalkan impor. Padahal, Indonesia sangat kaya dengan keberagaman hayati baik di daratan maupun di lautan.

"Hal ini jelas memboroskan devisa negara, menambah defisit neraca transaksi berjalan, dan membuat industri farmasi dalam negeri tidak bisa tumbuh dengan baik," ujar Jokowi.

Untuk itu, Jokowi meminta agar kemandirian dalam industri obat-obatan dan alat kesehatan menjadi prioritas bersama. Hal ini dilakukan dengan cara-cara yang luar biasa di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vanessa Angel Hadapi Vonis Hakim di PN Jakarta Barat

Posted: 04 Nov 2020 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artis Vanessa Angel akan menjalani sidang vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Barat atas kasus psikotropika pada hari ini, Kamis (5/11/2020).

Antara melansir, Kamis, Juru Bicara Pengadilan Negeri Jakarta Barat Eko Aryanto membenarkan agenda tersebut.

Sebelumnya, Vanessa Angel dituntut hukuman 6 bulan penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

"Tuntutan enam bulan dengan denda Rp 10 juta subsider tiga bulan kurungan," ujar Kasi Intel Kejaksaan Negeri Jakarta Barat Edwin Beslar.

Jaksa menyatakan Vanessa Angel terbukti bersalah atas kepemilikan psikotropika berupa 20 butir pil xanax yang didapatkannya dengan resep dokter kedaluwarsa.

 

Tak Mau Pisah dengan Anak

Vanessa melanggar Pasal 62 UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika junto Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2018 tentang Perubahan Penggolongan Psikotropika dalam Lampiran Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika.

Vanessa Angel mengaku tak mau terpisah dengan anaknya yang masih bayi meski menghadapi tuntutan hukuman enam bulan penjara.

"Saya cuma bisa berdoa, semoga aku dan anak aku tidak dipisahkan. Bagaimanapun aku seorang ibu," ujar Vanessa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Harga dan Spesifikasi Lengkap Honda Vario 125

Posted: 04 Nov 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Skutik Honda Vario 125 merupakan salah satu motor yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Harga terjangkau dipadu dengan desain modern menjadi daya tarik utamanya.

Harga Vario 125 yang ditawarkan saat ini bisa menjadi pertimbangan ketika Anda sedang mencari calon tunggangan dengan peruntukkan kegiatan sehari-hari. Harga Vario 125 yang ditawarkan, rasanya sebanding dengan apa yang didapatkan. Baik kualitas produksi motor atau performa yang dihasilkan.

Mungkin Anda masih menimbang pilihan harga Honda Vario 125 yang paling cocok. Tapi tenang saja, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi dari situs PT Astra Honda Motor, mengenai harga Vario 125 berikut spesifikasi lengkapnya.

Harga Vario 125 Terbaru

Terhitung sejak bulan April 2020, masih tidak nampak perubahan harga Honda Vario 125. Kendati demikian, layak untuk diapresiasi dan patut disyukuri para konsumen setia Honda. Sebab, hal ini menjadi bukti bahwa produk Honda selalu stabil dari segi harga.

Harga Vario 125 yang tertera di bawah ini, merupakan harga untuk OTR DKI Jakarta. Harga tersebut bisa saja berubah tergantung di mana tempat membelinya. Honda sendiri hanya menyediakan dua varian pada Vario 125, yaitu tipe CBS dan CBS-ISS dengan empat pilihan warna. Berikut daftar harganya:

1. Vario 125 CBS Advance Black Rp 20.600.000

2. Vario 125 CBS Advance Red Rp 20.600.000

3. Vario 125 CBS-ISS Advance Matte Black Rp 21.505.000

4. Vario 125 CBS-ISS Advance Matte Blue Rp 21.505.000

5. Vario 125 CBS-ISS Advance White Rp 21.505.000 

Fitur Honda Vario 125 Terbaru

Tidak lengkap tentunya jika tidak membahas mengenai beragam fitur yang disematkan pada Vario 125. Simak bergam fitur unggulannya:

1. Full Digital Panel Meter yang menyediakan informasi lengkap tentang kondisi motor.

2. Lampu full LED dengan tampilan futuristik.

3. Rak depan ganda yang berfungsi menaruh barang seperti botol, koin, dan barang lainnya.

4. Anti-Theft Alarm dan Answer Back System yang membuat kendaraan semakin aman.

5. Pengaman kunci kontak otomatis yang menambah keamanan motor dari pencurian.

6. Rem CBS (Combi Brake System) merupakan teknologi khas Honda, membuat pengereman optimal.

7. Kapasitas bagasi 18 Liter yang cukup untuk menyimpan helm.  

Spesifikasi Honda Vario 125

Memang, dari segi performa rasanya tidak perlu diragukan lagi, Honda selalu menempatkan produknya dengan kemampuan yang amat sangat baik. Bahkan sampai saat ini masih banyak Honda Vario yang notabene keluaran lama, namun masih handal diajak berkendara jauh dan melewati berbagai rute ekstrim. Berikut spesifikasi Honda Vario 125 baru:

Mesin

Tipe Mesin: 4-Langkah, SOHC, eSP, Pendinginan Cairan

Sistem Suplai Bahan Bakar: PGM-FI (Programmed Fuel Injection)

Diameter X Langkah: 52,4 x 57,9 mm

Tipe Tranmisi: Otomatic , V - Matic

Daya Maksimum: 8,2 kW (11,1 PS) / 8.500 rpm

Torsi Maksimum: 10,8 Nm (1,1 kgf.m) / 5.000 rpm

Tipe Starter: Elektrik

Tipe Kopling: Automatic Centrifugal Clutch Dry Type

 

Rangka dan Kaki-Kaki

Tipe Rangka: Underbone

Tipe Suspensi Depan: Telescopic

Tipe Suspensi Belakang: Swing Arm dengan suspensi Tunggal

Ukuran Ban Depan: 80/90 - 14M/C 40P Tubeless

Ukuran Ban Belakang: 90/90 - 14M/C 46P Tubeless

Rem Depan: Cakram Hidrolik, Piston Tunggal

Rem Belakang: Tromol

 

Dimensi dan Berat

Panjang X Lebar X Tinggi: 1919 x 679 x 1062 mm

Tinggi Tempat Duduk: 769 mm

Jarak Sumbu Roda: 1.280 mm

Jarak Terendah Ke Tanah: 132 mm

Curb Weight: 111 kg

 

Kapasitas

Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 5,5 liter

Kapasitas Minyak Pelumas: 0,8 liter pada Penggantian Periodik

 

Kelistrikan

Tipe Baterai Atau Aki: MF 12V-5 Ah

Sistem Pengapian: Full transisterized

Tipe Busi: NGK CPR9EA-9 / Denso U27EPR9

Tips Membeli Honda Vario 125 Baru

Review motor di internet

Dengan berkembangnya zaman, Anda bisa mengetahui berbagai kelemahan dan kelebihan dari Vario 125. Hal ini penting agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

 

Sesuaikan kemampuan

Walau sangat suka motor tersebut, sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Meskipun secara dana sudah mampu menebus Vario 125 yang diinginkan, jangan paksakan membeli secara tunai jika setelahnya Anda tidak lagi memiliki uang.

 

Survey dealer

Sebelum membeli, jangan hanya cek di satu dealer saja. Sebab promo pada tiap dealer di daerah Anda bisa berbeda-beda, meskipun merek dan jenis Vario 125 yang dijual sama.

 

Perhitungkan biaya lainnya

Anda juga perlu memikirkan berbagai perlengkapan keselematan sebelum memutuskan membeli motor. Selain itu, biaya perawatan juga perlu dipikirkan agar motor selalu dalam kondisi prima.

Dengan mengikuti tips di atas, setidaknya bisa meringankan Anda untuk mendapatkan motor impian.

Sumber: Hot Liputan6.com ditayangkan 04 Nov 2020, 17:10 WIB
Penulis: Fakhriyan Ardyanto

Infografis Gerakan 3T dan Jurus Jitu Landaikan Kasus Covid-19

Infografis Gerakan 3T dan Jurus Jitu Landaikan Kasus Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Gerakan 3T dan Jurus Jitu Landaikan Kasus Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Punya Tanaman Janda Bolong, Ulah Anak Ini Malah Bikin Ngakak Ibunya

Posted: 04 Nov 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di saat industri pariwisata tengah lesu, hal itu tidak berlaku bagi pengusaha tanaman hias yang omsetnya semakin tinggi. Banyaknya waktu yang bisa dihabiskan di dalam rumah, orang-orang mulai mencari hobi baru dengan bercocok tanam.

Kini, hobi berkebun banyak digandrungi kaum wanita dan pria yang dianggap sebagai hiburan di kala kepenatan menghantui akibat pekerjaan.

Tumbuhan monstera atau yang akrab dengan sebutan janda bolong merupakan salah satu tanaman hias yang paling banyak peminatnya. Saking populernya, harga tumbuhan dengan daun berlubang itu dibanderol hingga mencapai Rp 90 juta per pot. 

Harganya yang mahal membuat salah seorang ibu mengurungkan niat untuk membeli tanaman itu. Tak enak hati, anaknya pun memikirkan segala agar keinginan sang ibu bisa terwujud.

Lewat unggahan Tiktok @princess_belleeee memperlihatkan bagaimana dirinya berkreasi mengubah bentuk tanaman lain milik ibunya hingga menyerupai tanaman janda bolong. 

"Kasih suprise buat mama terzheyenk," tulis narasi di video tersebut. 

Menggunting daunnya

(@princess_belleeee/tiktok.com)
(@princess_belleeee/tiktok.com)

Ide cemerlang akan datang bila kita memiliki usaha dan niat yang baik, apalagi tujuannya untuk membahagiakan orangtua. Seperti yang dilakukan anak perempuan yang tidak diketahui identitasnya, dia mengubah penampilan tumbuhan keladi milik ibunya agar lebih estetik. Mengingat, sang ibu hobi berkebun semenjak pandemi virus global.

Dengan kresiasinya, anak itu menggunting tanaman keladi di bagian daunnya dengan membentuk lubang. Tidak sembarangan, lubangan tersebut dibuatnya secara berderet hingga bentuknya persis seperti tanaman hias janda bolong.

Sontak, ulah anaknya membuat sang ibu terkejut dan tak kuasa menahan tawa. Akhirnya, tanaman yang diidam-idamkan kini tepat berada di depannya. 

@princess_belleeee

Jalur alternatif ya bund 😂 ##tanaman ##tanamanhias ##tanamanviral ##jandabodong ##fyp ##foryoupage

♬ Dominique Koplo - Yofve Chandraseto

Respon Warganet

Petani merawat tanaman hias Monstera Adansonii Variegata atau Janda Bolong seharga Rp 150 juta di Sawangan, Depok, Senin (5/10/2020). Tingginya permintaan ekspor ke Singapura, Jerman, Kanada, Belanda, Belgia, Inggris, AS dan Korsel menyebabkan mahalnya harga Janda Bolong. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petani merawat tanaman hias Monstera Adansonii Variegata atau Janda Bolong seharga Rp 150 juta di Sawangan, Depok, Senin (5/10/2020). Tingginya permintaan ekspor ke Singapura, Jerman, Kanada, Belanda, Belgia, Inggris, AS dan Korsel menyebabkan mahalnya harga Janda Bolong. (merdeka.com/Arie Basuki)

Ide kreatif sang anak mendapat antusiasme dari warganet. Sebagian dari mereka ada yang merasa iba dan beinisiatif untuk memberikan tanaman monstera tersebut. Dan sebagian lagi, dibuat terheran-heran dengan hasil lubangan yang dibuatnya yang nampak seperti aslinya.

"Gw punya janda bolong mau minta bundd 😂😂😂😂😂🤣🤣🤣," tulis akun @Who i am 🤡🔫.

"Janda bolong dengan kearifan lokal😭👍," sahut akun @Shintaa.

"Ebused gw baru mau megang aje udah d getok ama mak gw, lah ini d bolongin apa kbr nasib gw 😭," ucap akun @cotton candy.

"Yaampun ngakak banget, bolongnya natural ya moms😂😂," balas akun @lisaaa.

"Itu mah duda bolonggg mbaaaa😳," kata akun @gilangrslln.

Penulis 

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengadang Serbuan Miras dan Rokok Ilegal Impor Masuk Tanah Air

Posted: 04 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Cilegon - Sebanyak 12.590.968 batang rokok ilegal, 255 bungkus tembakau iris, 152 bungkus tembakau molasses, 1.256 botol miras impor, dan 4.920 miras tradisional dimusnahkan di Pelabuhan Indah Kyat, Kota Cilegon, Banten.

Barang seperti miras dan rokok, ada yang berasal dari Singapura kemudian disimpan dalam gudang di wilayah Banten. Namun, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai (Kanwil DJBC) Banten, belum menelusuri siapa importirnya.

"Total nilainya Rp13,8 miliar, kerugian negara Rp8,2 miliar. Memang dari sitaan ini ada barang impor dari Singapura masuk pelabuhan tikus kita dan kita lakukan penindakan. Barang-barang tersebut mereka menyimpannya di gudang-gudang. Yang jadi tersangkanya pemilik gudangnya, karena masuknya dari pantai timur Sumatera," kata Kepala Kanwil DJBC Banten, Mohammad Aflah Farobi, di Pelabuhan Indah Kiyat, Kota Cilegon, Banten, Rabu (04/11/2020).

Barang tanpa cukai dan izin masuk itu dimusnahkan dengan cara dibakar untuk rokok, sedangkan miras dilindas menggunakan alat berat.

Barang impor tanpa izin masuk hingga tanpa cukai dikirim melalui pelabuhan tikus yang ada di Banten. Ada juga pengirimannya menggunakan jasa transportasi umum untuk mengelabui petugas bea cukai hingga kepolisian.

"Dari lima penyelidikan ada tiga tersangka dan rata-rata dari tersangka itu ancaman hukumannya 1,5 tahun penjara. Tetapi yang satu sedang proses penyidikan. Dan untuk itu kita memerlukan kerja sama dengan kejaksaan untuk membuat berkas dibawa ke persidangan," terangnya.

Kapolda Banten, Irjen Pol Fiandar mengklaim sudah memperketat pengawasan pelabuhan tikus di pesisir Banten, untuk mencegah penyelundupan. Satuan Polair Polda Banten juga selalu berpatroli, untuk mempersempit penyelundup mengirimkan barangnya.

"Kita melakukan pencegahannya dengan memberdayakan masyarakat sekitar pantai atau pelabuhan. Kita juga bekerja sama dengan Banbinsa TNI untuk ikut memantau dan melakukan pelaporan terhadap situasi yang mencurigakan. Juga kita melakukan patroli Polair yang diduga menjadi daerah pelabuhan tikus," kata Kapolda Banten, Irjen Pol Fiandar, di tempat yang sama, Rabu (04/11/2020).

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Muhadjir dan Menkes Terawan Resmikan Gedung Isolasi COVID-19 di Gombong Jateng

Posted: 04 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Gombong Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meresmikan Gedung Isolasi COVID-19 RS PKU Muhammadiyah Gombong, Kebumen, Jawa Tengah pada Selasa, 3 November 2020.

Peresmian gedung isolasi menjadi salah satu upaya mempercepat penanganan pasien COVID-19 di Kabupaten Kebumen. Upaya ini sebagai komitmen pemerintah untuk meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan dalam penanganan COVID-19.

Muhadjir dan Terawan memberikan apresiasi kepada pengelola PKU Muhammadiyah atas tersedianya gedung isolasi COVID-19 terpadu.

"Apresiasi yang tinggi kepada pengelola PKU Muhammadiyah Gombong, atas peran menghadirkan unit layanan kesehatan rujukan yang berkualitas serta memiliki komitmen, layanan ini ditujukan untuk semua lapisan masyarakat," terang Muhajir saat meresmikan Gedung Isolasi COVID-19 RS PKU Muhammadiyah Gombong, ditulis Kamis (5/11/2020).

Terawan juga berharap RS PKU Muhammadiyah dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan menerapkan pilar utama keselamatan pasien.

"Semoga RS PKU Muhammadiyah bisa menjadi rujukan COVID-19 dengan kualitas pelayanan optimal. Dan apa yang telah dibangun ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya secara maksimal," harapnya.

 

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Kapasitas Tempat Tidur dan Bantuan Medis

Menkes Terawan Agus Putranto turut memberikan bantuan kepada RS PKU Muhammadiyah Gombong dan pemerintah daerah Kabupaten Kebumen saat meresmikan Gedung Isolasi COVID-19 RS PKU Muhammadiyah Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (3/11/2020). (Kementerian Kesehatan RI)
Menkes Terawan Agus Putranto turut memberikan bantuan kepada RS PKU Muhammadiyah Gombong dan pemerintah daerah Kabupaten Kebumen saat meresmikan Gedung Isolasi COVID-19 RS PKU Muhammadiyah Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (3/11/2020). (Kementerian Kesehatan RI)

RS PKU Muhammadiyah Gombong saat ini memiliki kapasitas 9 tempat tidur ruang ICU, 45 tempat tidur di lantai satu, dan 45 tempat tidur di lantai dua, yang dilengkapi dengan tekanan negatif, hepafilter, dan magnehelic.

Setelah meresmikan gedung isolasi, Muhadjir dan Terawan turut memberikan bantuan kepada RS PKU Muhammadiyah Gombong dan pemerintah daerah Kabupaten Kebumen.

Dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, bantuan kepada RS berupa 1 unit ventilator, 1 unit ventilator ICU, alat pelindung diri (APD) lengkap 500 pcs, masker medis 1.000 pcs, masker N95 5.000 pcs, dan masker KF 94 10.000 pcs. 

Bantuan tersebut diberikan secara langsung oleh Terawan kepada Direktur RS PKU Muhammadiyah Gombong yang disaksikan oleh Terawan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Untuk bantuan kepada pemerintah daerah Kabupaten Kebumen berupa 4 unit ventilator ICU, 9 box APD (324 pcs), masker N95 5.000 pcs, dan masker KF 94 sebanyak 10.000 pcs. Bantuan diterima langsung oleh Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz.

Infografis Lockdown Bukan Lagi Cara Utama Cegah Covid-19

Infografis Lockdown Bukan Lagi Cara Utama Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Lockdown Bukan Lagi Cara Utama Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Felicya Angelista Saat Pakai Gaun, Elegan dan Anggun

Posted: 04 Nov 2020 10:00 PM PST

Akan segera menikah, Felicya menjalani pemotretan prewedding dengan Caesar Hito. Di pemotretan kali ini, keduanya tampil bak pengantin. Feli tampak anggun dan cantik dengan gaun berwarna putih. Sedangkan hito terlihat gagah dengan setelan jas berwarna hitam. (Liputan6.com/IG/@felicyangelista_)
Akan segera menikah, Felicya menjalani pemotretan prewedding dengan Caesar Hito. Di pemotretan kali ini, keduanya tampil bak pengantin. Feli tampak anggun dan cantik dengan gaun berwarna putih. Sedangkan hito terlihat gagah dengan setelan jas berwarna hitam. (Liputan6.com/IG/@felicyangelista_)

Akan segera menikah, Felicya menjalani pemotretan prewedding dengan Caesar Hito. Di pemotretan kali ini, keduanya tampil bak pengantin. Feli tampak anggun dan cantik dengan gaun berwarna putih. Sedangkan hito terlihat gagah dengan setelan jas berwarna hitam. (Liputan6.com/IG/@felicyangelista_)

Berbagai gaya telah dicoba oleh pesinetron cantik ini. Tak hanya gaya kasual di keseharian, pesona Felicya Angelista begitu elegan dengan gaun berwarna pink. Ditambah makeup flawless dan penataan rambut yang rapi, dirinya makin memesona.  (Liputan6.com/IG/@felicyangelista_)
Berbagai gaya telah dicoba oleh pesinetron cantik ini. Tak hanya gaya kasual di keseharian, pesona Felicya Angelista begitu elegan dengan gaun berwarna pink. Ditambah makeup flawless dan penataan rambut yang rapi, dirinya makin memesona. (Liputan6.com/IG/@felicyangelista_)

Berbagai gaya telah dicoba oleh pesinetron cantik ini. Tak hanya gaya kasual di keseharian, pesona Felicya Angelista begitu elegan dengan gaun berwarna pink. Ditambah makeup flawless dan penataan rambut yang rapi, dirinya makin memesona. (Liputan6.com/IG/@felicyangelista_)

Sebagai publik figur, seleb 26 tahun ini selalu memperhatikan penampilannya di setiap momen. Seperti ketika menjalani pemotretan ini, ia tampak cantik dengan gaun berwarna putih. Tak sedikit orang yang menyebut pesona Felicya bak wanita Korea. (Liputan6.com/IG/@fdphotography90)
Sebagai publik figur, seleb 26 tahun ini selalu memperhatikan penampilannya di setiap momen. Seperti ketika menjalani pemotretan ini, ia tampak cantik dengan gaun berwarna putih. Tak sedikit orang yang menyebut pesona Felicya bak wanita Korea. (Liputan6.com/IG/@fdphotography90)

Sebagai publik figur, seleb 26 tahun ini selalu memperhatikan penampilannya di setiap momen. Seperti ketika menjalani pemotretan ini, ia tampak cantik dengan gaun berwarna putih. Tak sedikit orang yang menyebut pesona Felicya bak wanita Korea. (Liputan6.com/IG/@fdphotography90)

Gaun berwarna krem dengan perpaduan emas ini membuat penampilan Felicya Angelista semakin memukau. Lengkap dengan hiasan mahkota di kepala, tunangan Caesar Hito ini terlihat seperti ratu kerajaan. Ia terlihat begitu elegan dan anggun. (Liputan6.com/IG/@felicyangelista_)
Gaun berwarna krem dengan perpaduan emas ini membuat penampilan Felicya Angelista semakin memukau. Lengkap dengan hiasan mahkota di kepala, tunangan Caesar Hito ini terlihat seperti ratu kerajaan. Ia terlihat begitu elegan dan anggun. (Liputan6.com/IG/@felicyangelista_)

Gaun berwarna krem dengan perpaduan emas ini membuat penampilan Felicya Angelista semakin memukau. Lengkap dengan hiasan mahkota di kepala, tunangan Caesar Hito ini terlihat seperti ratu kerajaan. Ia terlihat begitu elegan dan anggun. (Liputan6.com/IG/@felicyangelista_)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pembukaan Sao Paulo Fashion Week

Posted: 04 Nov 2020 10:00 PM PST

Penari tampil dalam acara pembukaan Sao Paulo Fashion Week di Sao Paulo, Brasil, Rabu (4/11/2020). Even dan karya dalam pagelaran tersebut dipertontonkan secara daring atau online terkait pencegahan COVID-19. (AP Photo/Marcelo Chello)
Penari tampil dalam acara pembukaan Sao Paulo Fashion Week di Sao Paulo, Brasil, Rabu (4/11/2020). Even dan karya dalam pagelaran tersebut dipertontonkan secara daring atau online terkait pencegahan COVID-19. (AP Photo/Marcelo Chello)

Penari tampil dalam acara pembukaan Sao Paulo Fashion Week di Sao Paulo, Brasil, Rabu (4/11/2020). Even dan karya dalam pagelaran tersebut dipertontonkan secara daring atau online terkait pencegahan COVID-19. (AP Photo/Marcelo Chello)

Penari tampil dalam acara pembukaan Sao Paulo Fashion Week di Sao Paulo, Brasil, Rabu (4/11/2020). Even dan karya dalam pagelaran tersebut dipertontonkan secara daring atau online terkait pencegahan COVID-19. (AP Photo/Marcelo Chello)
Penari tampil dalam acara pembukaan Sao Paulo Fashion Week di Sao Paulo, Brasil, Rabu (4/11/2020). Even dan karya dalam pagelaran tersebut dipertontonkan secara daring atau online terkait pencegahan COVID-19. (AP Photo/Marcelo Chello)

Penari tampil dalam acara pembukaan Sao Paulo Fashion Week di Sao Paulo, Brasil, Rabu (4/11/2020). Even dan karya dalam pagelaran tersebut dipertontonkan secara daring atau online terkait pencegahan COVID-19. (AP Photo/Marcelo Chello)

Penari tampil dalam acara pembukaan Sao Paulo Fashion Week di Sao Paulo, Brasil, Rabu (4/11/2020). Even dan karya dalam pagelaran tersebut dipertontonkan secara daring atau online terkait pencegahan COVID-19. (AP Photo/Marcelo Chello)
Penari tampil dalam acara pembukaan Sao Paulo Fashion Week di Sao Paulo, Brasil, Rabu (4/11/2020). Even dan karya dalam pagelaran tersebut dipertontonkan secara daring atau online terkait pencegahan COVID-19. (AP Photo/Marcelo Chello)

Penari tampil dalam acara pembukaan Sao Paulo Fashion Week di Sao Paulo, Brasil, Rabu (4/11/2020). Even dan karya dalam pagelaran tersebut dipertontonkan secara daring atau online terkait pencegahan COVID-19. (AP Photo/Marcelo Chello)

Model mengenakan kreasi dari koleksi Alexandre Herchcovitch yang diproyeksikan pada sebuah gedung selama Sao Paulo Fashion Week, Rabu (4/11/2020). Perancang busana meninggalkan catwalk dan mengandalkan teknologi digital untuk memamerkan karya koleksi spring/summer mereka. (AP Photo/Marcelo Chello)
Model mengenakan kreasi dari koleksi Alexandre Herchcovitch yang diproyeksikan pada sebuah gedung selama Sao Paulo Fashion Week, Rabu (4/11/2020). Perancang busana meninggalkan catwalk dan mengandalkan teknologi digital untuk memamerkan karya koleksi spring/summer mereka. (AP Photo/Marcelo Chello)

Model mengenakan kreasi dari koleksi Alexandre Herchcovitch yang diproyeksikan pada sebuah gedung selama Sao Paulo Fashion Week, Rabu (4/11/2020). Perancang busana meninggalkan catwalk dan mengandalkan teknologi digital untuk memamerkan karya koleksi spring/summer mereka. (AP Photo/Marcelo Chello)

Model mengenakan kreasi dari koleksi Alexandre Herchcovitch yang diproyeksikan pada sebuah gedung selama Sao Paulo Fashion Week, Rabu (4/11/2020). Perancang busana meninggalkan catwalk dan mengandalkan teknologi digital untuk memamerkan karya koleksi spring/summer mereka. (AP Photo/Marcelo Chello)
Model mengenakan kreasi dari koleksi Alexandre Herchcovitch yang diproyeksikan pada sebuah gedung selama Sao Paulo Fashion Week, Rabu (4/11/2020). Perancang busana meninggalkan catwalk dan mengandalkan teknologi digital untuk memamerkan karya koleksi spring/summer mereka. (AP Photo/Marcelo Chello)

Model mengenakan kreasi dari koleksi Alexandre Herchcovitch yang diproyeksikan pada sebuah gedung selama Sao Paulo Fashion Week, Rabu (4/11/2020). Perancang busana meninggalkan catwalk dan mengandalkan teknologi digital untuk memamerkan karya koleksi spring/summer mereka. (AP Photo/Marcelo Chello)

Gambar model di atas catwalk diproyeksikan pada sebuah gedung selama Sao Paulo Fashion Week di Sao Paulo, Brasil, Rabu (4/11/2020). Perancang busana meninggalkan catwalk dan mengandalkan teknologi digital untuk memamerkan karya koleksi spring/summer mereka. (AP Photo/Marcelo Chello)
Gambar model di atas catwalk diproyeksikan pada sebuah gedung selama Sao Paulo Fashion Week di Sao Paulo, Brasil, Rabu (4/11/2020). Perancang busana meninggalkan catwalk dan mengandalkan teknologi digital untuk memamerkan karya koleksi spring/summer mereka. (AP Photo/Marcelo Chello)

Gambar model di atas catwalk diproyeksikan pada sebuah gedung selama Sao Paulo Fashion Week di Sao Paulo, Brasil, Rabu (4/11/2020). Perancang busana meninggalkan catwalk dan mengandalkan teknologi digital untuk memamerkan karya koleksi spring/summer mereka. (AP Photo/Marcelo Chello)

Gambar model di atas catwalk diproyeksikan pada sebuah gedung selama Sao Paulo Fashion Week di Sao Paulo, Brasil, Rabu (4/11/2020). Perancang busana meninggalkan catwalk dan mengandalkan teknologi digital untuk memamerkan karya koleksi spring/summer mereka. (AP Photo/Marcelo Chello)
Gambar model di atas catwalk diproyeksikan pada sebuah gedung selama Sao Paulo Fashion Week di Sao Paulo, Brasil, Rabu (4/11/2020). Perancang busana meninggalkan catwalk dan mengandalkan teknologi digital untuk memamerkan karya koleksi spring/summer mereka. (AP Photo/Marcelo Chello)

Gambar model di atas catwalk diproyeksikan pada sebuah gedung selama Sao Paulo Fashion Week di Sao Paulo, Brasil, Rabu (4/11/2020). Perancang busana meninggalkan catwalk dan mengandalkan teknologi digital untuk memamerkan karya koleksi spring/summer mereka. (AP Photo/Marcelo Chello)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mi Ayam Favorit Warga Jember Seharga Hanya Rp4 Ribu, Apa Istimewanya?

Posted: 04 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak gemar menyantap mi ayam? Comfort food satu ini tentu sudah jadi favorit hampir semua kalangan masyarakat. Kendati penjajanya begitu mudah ditemui, bagi warga Jember, Mie Ayam Talangsari Bu Pon yang sudah lebih dari 10 tahun berjualan tetap jadi primadona.

Tak hanya nikmat, harga seporsinya terbilang murah, yakni Rp4 ribu. Tak heran jika banyak yang mengantre untuk mencicipi kenikmatan mi ayam legendaris satu ini. Banyak warga Jember yang sudah lama berlangganan mi ayam buatan Bu Pon, termasuk food vlogger asal Surabaya yang kerap disapa Koko Buncit ini.

Pria kelahiran Jember ini mengaku sudah berlangganan mi ayam tersebut sejak masih duduk di bangku SMP, tepatnya di tahun 2007. "Tahu mi ayam itu dari temanku yang rumahnya daerah sana. Dulu kan zaman sekolah di Jember nggak ada duit, belinya yang Rp2 ribu-an," ceritanya pada Liputan6.com, Kamis (5/11/2020).

Dalam video yang diunggah ke YouTube, kedai mi ayam yang berlokasi di Jalan Sunan Giri (depan) nomor 33A, Jember ini terlihat ramai pelanggan dan tak jarang banyak yang mengantre. Ia mengatakan, mi ayam milik Bu Ponirah dulu sempat dihargai Rp1 ribu, naik jadi Rp2 ribu, hingga tahun ini bertahan di harga Rp4 ribu.

Menurut pemilik akun Instagram @kokobuncit itu, satu porsi mi ayam Bu Pon sudah setara dengan seporsi mi ayam di Surabaya yang harganya tiga kali lipat. Pelanggan yang kurang puas dengan porsinya juga dapat menambah dua hingga empat ribu rupiah lagi untuk memperbanyak porsi mi.

Pilihan menu mi basah dan mi kering juga dapat disesuaikan dengan keinginan dan selera para pelanggan. Tak hanya berjualan mi, mereka juga menjajakan berbagai jenis satai, seperti satai hati (ayam) dengan harga Rp500--Rp1 ribu. Biasanya satai disediakan dalam jumlah ratusan, tapi sering kali sudah ludes menjelang sore hari.

Cita Rasa Tak Berubah

Tampilan mie ayam Bu Pon jadi langganan warga Jember (dok. Instagram @kokobuncit/https://www.instagram.com/p/CHHbr0ADEuN/?igshid=17l29spl9gitd/Brigitta Bellion)
Tampilan mie ayam Bu Pon jadi langganan warga Jember (dok. Instagram @kokobuncit/https://www.instagram.com/p/CHHbr0ADEuN/?igshid=17l29spl9gitd/Brigitta Bellion)

Belasan tahun berlangganan di kedai Mie Ayam Talangsari Bu Pon, food vlogger Surabaya ini mengatakan bahwa cita rasa mi langganannya itu tak berubah. "Nggak pernah (berubah). Dari dulu sampai sekarang rasanya mirip," imbuhnya.

Ia mengaku dapat menghabiskan dua porsi sekaligus saking enak rasanya, plus harga yang murah. Berbeda dengan mi ayam lain, tekstur mie yang ditawarkan lebih tebal, dipadukan dengan ayam suwir di atasnya.

Kedai ini buka setiap hari, mulai pukul 10.30 WIB, dan tutup pukul 22.00 WIB. Pemiliknya mengaku bahwa dagangannya sering sudah terlebih dahulu habis jauh sebelum pukul 10 malam. Saking ramai, setiap harinya mereka dapat menghabiskan 50 kilogram tepung untuk pembuatan mi.

Kedai mi ayam tersebut akan segera membuka cabang lainnya di Jalan Sabtuan, Jember. "Untuk mi ayam harga (Rp)empat ribu, rasanya itu sudah okay banget. Rasa adonan mi, tekstur, dan cita rasa mi ayamnya itu dapet banget. Jadi, menurutku perlu dicoba," ujar pemilik akun YouTube Koko Buncit tersebut. (Brigitta Valencia Bellion)

Kuliner khas lebaran di berbagai negara. (Liputan6.com/Infografis)
Kuliner khas lebaran di berbagai negara. (Liputan6.com/Infografis)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

snkjaya mengatakan...

info Berita Otomotif terhangat lainya lihat di Otoloka.id